Senin, 17 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ini yang Membuat KasmaRUN 2018 Wajib Diikuti

Posted: 17 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bingung mau tahun baruan dimana? Atau mau mencari aktivitas seru di tahun baru? tidak usah bingung, mending ikutan KasmaRUN 2018 and The New Year Eve Party di Lagoi Bay, Bintan. Ada 5K Fun Run bertema "The Journey of Love" yang siap menemani tahun baruan Anda.

Acara ini didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Karena, banyak wisatawan Singapura dan Malaysia yang juga akan ikut meramaikan event yang digelar tepat pada 31 Desember ini.

"Ini merupakan event sport tourism bergaya millenial. Sebuah 'colour fun run' yang mengasikkan. Terlebih juga banyak hiburan lainnya yang siap memanjakan wisatawan. Target kita menyasar wisatawan border area, yaitu Singapura dan Malaysia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (16/12).

Di event ini, peserta bukan hanya bisa lari sambil bermain taburan serbuk warna. Berbagai hiburan menarik juga akan dipersembahkan. Seperti DJ Performance, Led Dance, Games, Foam Party, Colour Party, Bazaar, Live Music, Laser Party hingga pesta kembang api. Yang pasti pada event ini Anda akan menemukan teman-teman baru yang menyenangkan.

"Pasti menyenangkan. Sport tourism digabungkan dengan perayaan pergantian tahun. Jadi silahkan daftarkan diri Anda. Rasakan sensasi berbeda di KasmaRUN 2018 and The New Year Eve Party," ucap Menpar.

Lebih asiknya lagi, nantinya peserta lari dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Single (#Lovemyself), Couple (#Loveyou), dan Family (#LoveFamily). Para peserta pun akan melewati beberapa zona unik dan menarik. Dimana zona tersebut ialah perwakilan dari benua-benua di dunia. Dari mulai zona Amerika, zona Afrika, zona Australia, serta zona Asia. Ada pula zona door prize box diakhir perjalanan.

Selain itu, para pelari pun akan mengenakan baju dengan status cinta yang menarik. Hastag cinta seperti #Lovemyself, #Loveyou, dan #Lovefamily akan menjadi penanda para peserta. Selain itu, peserta juga mendapatkan tas, headband, kacamata, tiket doorprize, akses masuk ke Festival Area dan Lagoi Bay Lantern Park.

"Yang pasti ini akan spektakuler. Kita juga akan tebar branding Wonderful Indonesia juga di acara tersebut. Ini akan menjadi sarana promosi yang pas untuk menyasar wisman negeri tetangga," ujar Plt Deputi Pengembangan Pemasaran I Pariwisata Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani.

Terpisah Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Iyung Masruroh mengatakan, promosi gencar menyasar wisman di perbatasan merupakan langkah strategis mengejar target 20 juta wisman di tahun 2019. Pasalnya wisman Perbatasan dapat diperoleh dengan relatif mudah dan cepat. Kontribusinya pun signifikan terhadap total kunjungan wisman dan manfaat lainnya. Apalagi Indonesia berbatasan lansung dengan beberapa negara.

"Benchmarking-nya pun ada. Eropa misalnya. Kunjungan wisman ke Paris bisa menembus 60 juta, Madrid 50 juta, London 40 juta dalam setahun mayoritas dari crossborder area. Ini yang kita terus garap. Bukan hanya di Kepri tetapi disemua pintu masuk lainnya," terang Masruroh.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Ujaran Kebencian Soal Palestina, Akun Anak PM Israel Diblokir Facebook

Posted: 17 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Tel Aviv - Putra Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, Facebook telah memblokir akunnya selama 24 jam setelah dirinya mengunggah postingan --yang dinilai kontroversial-- soal Palestina dan muslim.

Pekan lalu, Facebook menghapus sebuah unggahan Yair Netanyahu yang menyerukan "pembalasan dendam" untuk dua tentara Israel yang dibunuh oleh seorang Palestina.

Dalam postingannya, pemuda 27 tahun itu mengatakan dia akan lebih suka jika "semua muslim meninggalkan tanah Israel". Unggahan itu kemudian dihapus oleh Facebook.

Merespons tindakan tersebut, Yair Netanyahu menyebut Facebook telah bertindak menjadi "polisi atas pendapat seseorang". Tapi, pihak media sosial besutan Mark Zuckerberg menuduh Yair mengutarakan ujaran kebencian, demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (19/12/2018).

Pada Minggu 16 Desember, Yair Netanyahu juga mengunggah status ke Twitter untuk mengekspresikan kemarahannya pada larangan 24 jam dari Facebook, menyindir langkah itu dengan menyebutnya "luar biasa".

Twit-nya termasuk screenshot dari unggahannya di Facebook yang telah dihapus. Isinya berupa seruan untuk membalas kematian para prajurit Israel yang diduga ditembak dan dibunuh oleh seorang Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel pada Kamis 13 Desember.

Di dalamnya ia memperingatkan bahwa "tidak akan pernah ada kedamaian dengan monster-monster dalam bentuk manusia itu, yang menyebut diri mereka 'Palestina' sejak 1964," ujar Yair, mereferensi tahun berdirinya Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

"Pemikiran polisi progresif radikal di Facebook juga telah merisak saya!" lanjut Yair dalam postingannya.

"Hamas, Hizbullah dan rezim Iran memiliki halaman resmi di Facebook. Ada juga halaman tanpa akhir yang menyerukan penghancuran Israel dan pembunuhan orang-orang Yahudi. Ribuan pelaku kekerasan, ekstremis dan sayap kiri membuat postingan terhadap saya dan keluarga saya, termasuk ancaman fisik kekerasan dan ancaman pembunuhan tidak bermoral."

"(Tapi) semua itu tidak melanggar aturan komunitas Facebook."

Ini bukan pertama kalinya unggahan Yair menuai kontroversi. Tahun lalu, ia menarik kritik luas setelah dia mengunggah meme mencemooh beberapa pengkritik ayahnya, salah satunya miliarder George Soros. Miliarder itu sendiri dituduh oleh kelompok Anti-Defamation League sebagai anti-Semit.

Tanggapan dari Facebook

Seorang juru bicara Facebook mengatakan Yair Netanyahu telah "mengunggah beberapa postingan, di antaranya merupakan ujaran kebencian," dan itu, kata Facebook, telah melanggar aturan standar komunitasnya.

"Karena itu, konten tersebt dihapus dari platform kami seperti yang kami lakukan untuk siapa pun yang memposting konten serupa tentang setiap karakteristik yang dilindungi."

"Setelah ini, Yair Netanyahu memutuskan untuk membagikan screenshot dari postingan yang dihapus dan memanggil orang untuk membagikannya - dengan konten tulisan yang sama berupa ujaran kebencian lagi."

Juru bicara itu mengatakan Facebook akan terus menegakkan kebijakannya.

"Selain itu, kami ingin menekankan bahwa kami tidak pernah menghapus posting karena mengkritik perusahaan dan klaim bahwa kami menyensor kritik terhadap perusahaan di platform itu jelas tidak benar."

 

Simak video pilihan berikut:

Pelaku Penembakan Telah Ditangkap

Bendera Israel berkibar di dekat Gerbang Jaffa di Kota Tua Yerusalem (20/3). Gerbang Jaffa adalah sebuah portal yang dibuat dari batu yang berada dalam deret tembok bersejarah Kota Lama Yerusalem. (AFP Photo/Thomas Coex)

Sejauh ini pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan telah menahan "40 tersangka pelaku serangan teror."

IDF menyatakan melalui Twitter pada Jumat 14 Desember 2018 bahwa 37 tahanan di antaranya "diketahui sebagai anggota Hamas".

Menurut cuitan di Twitter tersebut, penangkapan mereka menyusul "serangan penembakan" pada Kamis 13 Desember 2018 yang menewaskan dua tentara IDF dan mencederai beberapa lainnya.

Kantor berita Associated Press melaporkan bahwa para tahanan adalah "aktivis Hamas, termasuk anggota parlemen" yang ditangkap dalam penggerebekan Kamis malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cara Gampang Bikin Instagram Best Nine 2018

Posted: 17 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa, menjelang akhir tahun, pengguna Instagram dapat merangkum foto-foto terpopulernya selama setahun terakhir. Tak terkecuali untuk tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Suntikan Dana, Pembesut Pokemon Go Kini Bernilai Rp 58 Triliun

Posted: 17 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembesut Pokemon Go, Niantic, belum lama ini baru saja mengantongi suntikan dana sebesar US$ 200 juta.

Dengan suntikan dana sebesar itu, kekayaan Niantic kini bertambah dan menjadi senilai US$ 4 miliar atau setara dengan Rp 58 triliun!

Ini bukan pertama kalinya Niantic mengantongi dana segar. Pada 2017 misalnya, mereka juga mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 200 juta, yang membuat valuasi perusahaan menjadi US$ 2,7 miliar.

Dilansir Polygon pada Selasa (10/12/2018), suntikan dana terbaru tersebut, menandakan kalau investor masih percaya dengan Niantic, walau pada kenyataannya pamor Pokemon Go sudah mulai meredup jika dibandingkan pada 2016 lalu.

Namun setidaknya, Pokemon Go masih berada di dalam daftar 200 aplikasi yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat (AS).

Kalau dibandingkan dengan Epic Games--pengembang Fortnite--jumlahnya bisa sebesar US$ 4 miliar pada awal 2018. Nah, bedanya, saat mendapatkan suntikan dana pada akhir Oktober 2018, valuasi pembesut Fortnite ini melonjak menjadi US$ 15 miliar.

Sekadar kilas balik, Epic Games sendiri baru saja merilis Fortnite pada 2012, yang mana saat itu valuasinya 'cuma' US$ 660 juta.

Niantic dan Epic Gamess sendiri bukanlah perusahaan publik yang mana sahamnya bisa dijual secara bebas.

Hal tersebut kontras dengan Take-Two Interactive, induk perusahaan 2K Games dan Rockstar, yang kini nilainya US$ 11,7 miliar, Electronic Arts yang nilainya US$ 24,2 miliar, serta Activision Blizzard yang nilainya US$ 36,4 miliar.

Segera Hadir, Modus Pertarungan Antar Pemain di Pokemon Go!

Niantic Labs persiapkan uji coba tahap beta untuk Pokemon Go (Gamerant)

Kabar soal modus pertarungan antar pemain di Pokemon Go sudah muncul beberapa kali.

Sayangnya, Niantic sebagai pengembang belum pernah mengumumkan secara resmi kehadiran modus tersebut.

Namun dari pernyataan terbaru perusahaan, modus tersebut kelihatannya akan datang sebentar lagi. Hal ini diketahui dari cuitan akun resmi Pokemon Go beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (3/12/2018), akun resmi Pokemon Go menuliskan tweet yang mengajak pemain bersiap-siap karena dalam waktu dekat modus Trainer Battles akan hadir di gim tersebut.

Tidak diungkapkan lebih detail mengenai jadwal peluncuran modus ini di Pokemon Go. Ada kemungkinan modus baru akan menyambangi pemain pada akhir 2018.

Kehadiran modus ini jelas membawa napas baru di Pokemon Go. Alasannya, lambat laun animo pemain gim ini terus berkurang, sehingga kedatangan modus baru tentu dapat menaikkan kembali pamor Pokemon Go.

Terlebih, modus ini merupakan salah satu yang ditunggu pemain setia Pokemon Go. Hal itu bukannya tanpa alasan karena pemain dapat diajak merasakan pertarungan antar Pokemon dengan orang lain.

Oleh sebab itu, patut ditunggu seperti apa konsep pertarungan antar pemain yang akan ditawarkan Niantic. Jadi, bagi kamu penggemar Pokemon Go, bersiaplah untuk kedatangan modus anyar ini.

Pemain Pokemon Go Bisa Saling Bertukar Monster

Niantic Labs gelar event berburu telur untuk menyambut Paskah. (Doc: Niantic Labs)

Mulai Juni 2018, Niantic juga sudah memastikan diri akan menggulirkan fitur pertukaran koleksi monster antar pemain.

Kendati demikian, fitur ini masih terbatas pemain di level tertentu. Dari akun Twitter Pokemon Go, fitur ini baru tersedia untuk pemain di level 30 hingga 40.

Proses pemberian hadiah atau penjualan Pokemon ini tak dapat dilakukan begitu saja. Pengembang menerapkan sistem pertemanan untuk para pemain Pokemon Gosebelum mereka dapat mencicipi fitur tersebut.

Jadi, pemain harus menjalin hubungan dengan pemain lain untuk dapat berkirim item atau sekadar berbagi bonus. Hubungan pertemanan antar pemain juga dibagi dalam beberapa tingkat, mulai dari Good Friend hingga Best Friend.

Adapun pemain akan menggunakan stardust sebagai alat pembayaran. Niantic sendiri sudah lama mengungkap akan merilis fitur ini, tapi nyatanya baru saat ini meluncur.

Sepi Pemain, Pokemon Go Tetap Untung Rp 11 Triliun

Seorang anak laki-laki mengenakan topi Pikachu dalam Festival Pokemon Go, di Giant Park, Chicago, Sabtu (22/7). Festival ini diadakan dalam rangka perluncuran produk baru Pokemon Go oleh sebuah pengembang game mobile Niantic. (AP/Erin Hooley)

Pokemon Go sendiri saat ini memang sudah tidak terlalu populer lagi, berbeda saat gim ini meluncur di iOS dan Android pada Juli 2016.

Meski begitu, laporan akhir tahun yang diterbitkan perusahaan analisis industri, SuperData Research, Kamis (1/2/2018), menyebutkan Pokemon Go ternyata cukup sukses di 2017.

SuperData Research memperkirakan gim Pokemon Go tetap meraup untung sebesar US$ 890 juta atau sekitar Rp 11 triliun sepanjang 2017.

"Berdasarkan pendapatan itu, Pokemon Go berada di posisi kesembilan di dalam daftar 10 gim mobile teratas di 2017," tulis laporan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai dari Ganja hingga Kebebasan Pers, Ini Pertanyaan 5 Besar Kontestan Miss Universe 2018

Posted: 17 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Catriona Gray berhasil meraih gelar Miss Universe 2018 yang diadakam di Bangkok, Thailand pada Minggu, 16 Desember lalu. Kemenangan Gray merupakan kali keempat bagi perwakilan dari negara tetangga Indonesia, Filipina di kontes kecantikan wanita sedunia ini.

Selain sebagai kontes kecantikan, Miss Universe sendiri seringkali menjadi kontes kecerdasan para perempuan. Tidak hanya menunjukkan seberapa anggun mereka dalam balutan kostum-kostum ndah, mereka juga mendapat pertanyaan yang menguji seberapa jauh pengetahuan dan kecerdasan.

Dikutip dari philstar.com pada Selasa (18/12/2018), lima kontestan teratas diberikan pertanyaan individu untuk menentukan tiga besar yang masuk ke final. Kemudian, tiga kontestan terakhir juga akan mendapatkan pertanyaan yang menentukan siapa pemenang Miss Universe.

Dari ganja, kebebasan pers, hingga feminisme, berikut ini lima pertanyaan yang diajukan pada lima besar kontestan Miss Universe 2018.

 

1. Catriona Gray (Filipina)

Senyum Miss Filipina, Catriona Gray setelah dinobatkan sebagai Miss Universe 2018 pada babak grand final di Bangkok, Senin (17/12). Catriona Gray berhasil mengalahkan 93 kontestan lainnya dan menyabet mahkota Miss Universe 2018. (Lillian SUWANRUMPHA/AFP)

Pertanyaan: "Kanada baru-baru ini bergabung dengan Uruguay sebagai negara kedua di dunia yang melegalkan ganja. Apa pendapat Anda tentang regularisasi ganja?"

Jawaban: "Saya ingin itu digunakan untuk keperluan medis, tetapi tidak untuk penggunaan rekreasi. Karena saya pikir jika orang berdebat tentang itu, bagaimana dengan alkohol dan rokok? Semuanya baik tetapi dalam jumlah moderat.

 

2. Sthefany Gutierrez (Venezuela)

Miss Venezuela Sthefany Gutierrez, finalis Miss Universe 2018. (dok.Instagram @sthefanygutierrez1/https://www.instagram.com/p/BqvODWBj3q8/Henry

Pertanyaan: "Apa yang Anda katakan kepada seseorang yang percaya bawhwa kontes kecantikan adalah kuno dan melawan gerakan feminis?"

Jawaban: "Saat ini, kita hidup di era yang sangat maju. Kontes kecantikan tidak hanya tentang cantik, mereka tentang sensitivitas dan memiliki hati. Dan dalam kontes kecantikan, kita dapat menunjukkan bahwa wanita seperti saya bisa mencapai impian yang kita miliki di dunia."

 

3. Tamaryn Green (Afrika Selatan)

Miss Filipina, Catriona Gray dan Miss Afrika Selatan, Tamaryn Green menunggu pengumuman pemenang pada babak grand final Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand, Senin (17/12). Catriona Gray dinobatkan sebagai Miss Universe 2018. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Pertanyaan: "Apakah menurut Anda, negara-negara harus membatasi jumlah imigran yang diizinkan melintasi perbatasan mereka?"

Jawaban: "Saya pikir setiap negara harus memiliki aturan dan regulasi mereka sendiri, tetapi untuk masyarakat yang berkembang dan bagi kita semua untuk berdiri bersama, kita harus memahami bahwa kita semua manusia. Kita harus terbuka untuk mencintai, menerima, satu sama lain."

 

4. Rico Kiara Ortega (Puerto Rico)

Te propusiste poner el nombre de Puerto Rico en alto y lo lograste. ¡Eres nuestra reina! #MissUniversePR

Posted by Miss Universe Puerto Rico on Sunday, 16 December 2018

Pertanyaan: "Mengapa kebebasan pers penting?"

Jawaban: "Pers ada untuk memberi informasi pada kita, tugas mereka dalah memberi kita berita tentang apa yang terjadi di dunia saat ini. Mereka harus memiliki kebebasan penuh untuk bisa melaporkan dengan tepat apa yang terjadi. Tanpa melupakan bahwa mereka harus besimpati karena ada banyak orang yang menderita di dunia."

 

5. H'Hen Nie (Vietnam)

H'Hen Nie, Miss Vietnam (Dok.Instagram/@hhennie.official/https://www.instagram.com/p/BrJqTpWBsv1/Komarudin)

Pertanyaan: "Gerakan #MeToo telah memicu dialog global. Sebagai tanggapan, ada yang mengatakan dunia sudah terlalu politis? Menurut Anda, apakah gerakan #MeToo sudah terlalu jauh?"

Jawaban: "Saya pikir tidak sejauh itu. Melindungi perempuan dan hak-haknya adalah hal yang benar untuk dilakukan. Perempuan membutuhkan perlindungan dan hak."

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taspen Tambah Kepemilikan Saham di Bank Mantap

Posted: 17 Dec 2018 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Taspen menambah kepemilikan sahamnya di Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap).‎ Saat ini porsi kepemilikan saham Taspen di Bank Mantap menjadi 48,416 persen, naik 40 persen dari sebelumnya.

Kenaikan kepemilikan saham ini mengurangi porsi saham yang dimiliki Bank Mandiri di Bank Mantap. Sebelumnya, Bank Mandiri menguasai 59,44 persen, kini turun menjadi 51,077 persen.

"Ini peluang bagi PT Taspen. Jadi kerelaan dari Bank Mandiri untuk memberi porsi lebih besar pada Taspen," ujar Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Dia mengungkapkan, salah satu alasan Taspen meningkatkan porsi sahamnya yaitu agar pelayanan yang diberikan Bank Mantap terhadap nasabah pensiunan semakin baik. Saat ini sekitar 90 persen nasabah Bank Mantap merupakan para pensiunan.

"Pertama, kinerja yang baik. Kedua, kita punya harapan agar kesejahteraan para pensiunan juga meningkat. Kesejahteraan meningkat instrumennya bank, karena bank yang melayani, bank yang memberi pinjaman. Kita ingin agar pelayanannya baik dan pinjaman bunganya juga turun," jelas dia.

Menurut Iqbal, selama ini Taspen menyalurkan dana pensiun yang cukup besar tiap bulannya, yaitu sekitar Rp 7 triliun Dana pensiun tersebut menjadi potensi besar untuk disimpan di Bank Mantap.

"Kita tiap bulan menyalurkan pensiunan Rp 7 trilun, itu ada potensi tabungan di dalamnya," kata dia.

Selain itu, Taspen juga ingin mendorong para pensiunan untuk menjadi pelaku usaha. Oleh sebab itu, Bank Mantap diharapkan bisa menyalurkan kredit lebih besar kepada para pensiunan dengan bunga yang terjangkau.

"Kita juga tidak bisa menutup mata jika pensiunan membutuhkan dana jangka pendek dan segera. Kemudian, kita ingin agar ada muncul pensiunan yang berwirausaha. Ini ingin kita kembangkan," tandas dia.

Bank Mantap Dapat Suntikan Dana Rp 500 Miliar

Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Bank Mandiri dan Taspen sepakat memperkuat struktur permodalan dengan penambahan modal sebesar Rp 500 miliar untuk Bank Mantap. Bank ini merupakan bank patungan hasil sinergi kedua BUMN tersebut.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Sulaiman A Arianto mengatakan, penambahan modal ini dibutuhkan untuk mengimbangi pertumbuhan bisnis Bank Mantap. Pertumbuhan aset pada 2017 mencapai 85 persen yoy dan risiko terjaga dengan NPL di bawah 0,7 persen.

"Penguatan modal ini dapat meningkatkan size Bank Mantap yang saat ini masuk ke bank BUKU ‎II. Peningkatan ini dapat mendorong Bank Mantap mengoptimalkan potensi pasar yang masih sangat besar sehingga mampu mendorong bisnis perseroan," ujar dia di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro menyatakan, penambahan modal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) melalui program pembiayaan perumahan untuk ASN dan kredit pensiunan sampai usia 75 tahun oleh Bank Mantap.

‎"Penambahan modal Taspen di Bank Mantap ini merupakan wujud nyata Taspen dalam membesarkan Bank Mantap untuk menjadi bank berskala nasional dan menjadi The Best Pension Bank in Indonesia," kata dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baliho Demokrat Dirusak, Ma'ruf Amin: Jangan Bikin Kesimpulan Sendiri

Posted: 17 Dec 2018 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin meminta publik mempercayakan penanganan kasus perusakan baliho Partai Demokrat di Pekanbaru, Riau. Dia meminta semua pihak menahan diri.

"Kita serahkan ke proses hukum aja. Jangan kita membuat kesimpulan yang belum jelas," kata Ma'ruf di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Ia meyakini, kepolisian bisa bersikap objektif dalam menangani kasus ini. Dia juga mendukung pelakunya cepat ditindak.

"Kita percayalah alat penegak hukum kita, polisi kita, objektif. Siapa saja yang merusak harus ditindak," ujar Ma'ruf.

Diberitakan sebelumnya, atribut Demokrat dirusak oleh orang tak bertanggung jawab di Pekanbaru, Riau pada Sabtu dini hari 15 Desember 2018. Komandan Kogasma DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengutuk kejadian tersebut.

 

Diduga Terorganisasi

Dia menyebut, perusakan itu dilakukan oleh kelompok yang terorganisasi.

"Baliho dan atribut Partai Demokrat di Pekan Baru, Riau, oleh sekelompok orang terorganisasi," kata pria yang akrab disapa AHY itu dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Sabtu.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) pun turun ke lapangan dan melihat langsung lokasi penemuan atribut yang rusak.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hadiah Spesial untuk Ibu Hasil Karya Sendiri, Buat yuk!

Posted: 17 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain hari ulang tahun, hari Ibu juga merupakan momen yang tepat untuk memberikan hadiah kepada sang bunda. Menjelang hari ibu, pasti banyak ide untuk memberikan kado untuk sang bunda. Toko-toko pun sudah mulai memberikan ide kado untuk ibu melalui dagangannya.

Daripada kamu merogoh kantong yang dalam untuk menghadiahi ibumu, berikan saja lima hadiah buatan tangan ini. Dilansir dari situs hellogiggles.com, kamu bisa membuat kado-kado ini. Ibumu pasti akan menyukainya, apalagi kamu membuatnya dengan sepenuh hatimu.

 1. Air Mawar

 

Air mawar buatan sendiri. (dok. instagram.com/epicfaylure/https://www.instagram.com/p/BHHFYcjjcAb/Esther Novita Inochi)

Air mawar sangat cocok untuk kulit apapun. Hadiahkan air mawar dengan kemasan botol semprot untuk sang bunda pakai sebagai penyegar mukanya. Cara buatnya gampang kok. Rendam kuncup bunga mawar yang dikumpulkan di dalam air. Kemudian, ambil kuncup mawar tersebut dan masukkan ke dalam pot, lalu siram dengan air bekas rendaman tadi.

Air tersebut kemudian direbus hingga mendidih, jangan lupa kecilkan apinya. Selanjutnya, diamkan selama 30-40 menit dan saring airnya. Masukkan air mawar tersebut ke dalam kemasan botol semprot, tambahkan sedikit gliserin. Hias botolnya dan air mawar siap diberikan pada Hari Ibu.

2. Menghias Cermin

 

Hias cermin ibumu dengan bunga-bunga kesukaannya. (dok. instagram.com/jadorelebonbon/https://www.instagram.com/p/Bo0zuJEAbJp/Esther Novita Inochi)

Kalau kamu tidak sempat untuk membeli kado, hias saja cermin yang biasa ia pakai untuk berdandan dengan bunga-bunga. Dengan menambahkan bunga di cerminnya, ibumu pasti akan merasa semakin cantik ketika berdandan.

Caranya gampang, ambil bunga-bunga, terus rangkaikan di sebagian pinggir cermin ibumu. Simpel sih, tapi jadi lebih indah, kan? Ini enggak cuma berlaku di cermin dinding saja, tapi juga di cermin yang biasa ibumu bawa, lho.

 

 

3. Lilin Foto Orang Terkasih

Hias lilinmu dengan fotomu sendiri untuk sang bunda. (dok. instagram.com/qiqiqreations.com/https://www.instagram.com/p/Brgvxk9nSNn//Esther Novita Inochi)

Kamu bisa lho, menghias lilin dengan fotomu atau saudaramu untuk dihadiahkan kepada ibumu. Cukup bermodalkan kertas printer dan kertas tisu, kamu sudah bisa membuat lilinnya.

Caranya, lapisi kertas printer dengan kertas tisu, kemudian tempel dengan selotip. Cetak foto yang hendak digunakan, pastikan foto itu tepat mengenai tisunya.

Ambillah lilin berbentuk kotak, kemudian tempelkan fotonya di salah satu sisinya. Lapisi dengan kertas perkamen dan panaskan dengan hair dryer. Lilin untuk ibu siap dihadiahkan.

4. Lilin aromaterapi

 

Buat llin aromaterapimu sendiri (dok. instagram.com/the_soul_soother_holistic/https://www.instagram.com/p/BrQC3A0g7W0/Esther Novita Inochi)

Membuat lilin aromaterapi sebetulnya tidak susah, kok. Malahan kamu bisa membuatnya dengan menggunakan bahan yang ada dan memberikannya kepada ibumu.

Tanyakan ibumu ia suka aroma apa, kemudian kamu buat aroma lilinnya. Kamu hanya perlu bunga favorit ibumu, lilin tak terpakai, sumbu lilin dan wadah mini. Caranya mudah, hancurkan lilin yang yang kamu kumpulkan, kemudian lelehkan.

Di wadah mini yang sudah kamu bersihkan, taruh dulu sumbu lilin dan bunga-bungaannya, kemudian tuangkan lelehan lilin tersebut. Biarkan hingga membeku. Kemudian, bungkus lilin aromaterapinya secantik mungkin dan berikan pada ibumu.

 

 

5. Foto Bersama dengan Pose Masa Kecil

Ulangi momen masa kecilmu dengan foto terkini dan gaya yang sama (dok. instagram.com/saiyami/https://www.instagram.com/p/BUzFKpflE4G/Esther Novita Inochi)

Masih ingatkah dengan tren remake foto masa kecil kalian bersama saudara-saudari kalian? Nah, kamu juga bisa membuatnya sebagai hadiah untuk sang bunda.

Berposelah dengan gaya yang sama dengan foto masa kecilmu, kemudian sandingkan kedua foto tersebut. Niscaya hadiah ini akan membuat sang bunda terharu melihatnya.

Jadi, sudah tahu kan mau hadiahkan apa kepada ibumu? (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Dilempari Batu, Ruben Onsu Sempat Ingin Mengungsi

Posted: 17 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ruben Onsu kembali mendapatkan perlakuan tidak mengenakan dari seseorang yang tidak dikenalnya.

Setelah beberapa bulan mengalami kejadian mistis di rumahnya, kini rumah Ruben Onsu dilempari batu disertai surat ancaman.

Karena kejadian tersebut Ruben Onsu sempat berkeinginan untuk mengungsi karena nyawa dan anggota keluarganya terancam. Namun setelah berkonsultasi dengan polisi niatnya itu urung dilakukan.

"Ada pertanyaan dari Ruben ke polisi, malam ini aman nggak di rumah? Apakah perlu mengungsi? Tapi Pak Polisi bilang, pelaku nggak mungkin datang lagi malam ini," ujar Minola Sebayang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (18/12/2018).

Membuat Takut

(Instagram/ruben_onsu)

Menurut pihak kepolisian, Ruben Onsu tak perlu takut dengan ancaman tersebut. Sebab pelamparan batu yang dibarengi dengan surat ancaman, adalah salah satu bentuk shockterapi yang dilakukan oleh pelaku buat Ruben Onsu dan keluarga.

"Itu sebagai bentuk shockterapi, intimidasi, hanya teror untuk memunculkan rasa takut," ujar Minola Sebayang.

Syok

Ruben Onsu (Deki Prayoga/bintang.com)

Diakui Minola Sebayang, Ruben Onsu dan keluarga mengaku syok dengan kejadian ini. Terlebih kejadian tersebut berlangsung di malam hari sekitar pukul 23.25 wib, Senin (17/12/2018).

"Pasti mereka syok semua ya," kata Minola Sebayang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Turki Berjanji Usir Militan Kurdi dari Perbatasan Suriah

Posted: 17 Dec 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji pada Senin 17 Desember, bahwa pemerintahannya akan mengusir milisi Kurdi --yang dipandang sebagai teroris oleh Ankara-- dari wilayah perbatasan dengan Suriah, jika AS gagal memastikan kelompok pemberontak itu meninggalkan sisi timur Sungai Eufrat.

Ancaman itu muncul setelah Erdogan berbicara di telepon dengan Presiden AS Donald Trump pada Jumat 14 Desember, yang menyatakan bahwa keduanya setuju untuk memastikan "koordinasi lebih efektif" antara operasi militer mereka di Suriah.

Dikutip dari The Straits Times pada Selasa (18/12/2018), pembicaraan di atas dilakukan menyusul ancaman oleh Erdogan pada pekan lalu, untuk melancarkan serangan terhadap milisi Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang didukung AS di sebelah timur Sungai Eufrat, dalam "beberapa hari ke depan".

"Saya berbicara dengan Trump. Para teroris harus meninggalkan sebelah timur Eufrat. Jika mereka tidak pergi, kami akan mengusirnya," kata Erdogan saat berpidato di provinsi Konya di Turki tengah.

Turki memandang YPG sebagai "cabang teroris" dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang, di mana kerap melancarkan pemberontakan sejak 1984.

Meskipun Erdogan mengatakan bahwa Turki bisa memulai operasi militer "setiap saat", namun belakangan dia menunjukkan kesempatan untuk bernegosiasi dengan AS.

"Karena kami adalah mitra strategis dengan Amerika, maka kami harus melakukan apa yang diperlukan," kata Erdogan.

Namun dia menambahkan bahwa AS "harus memenuhi janji". Sayangnya, Erdogan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang pernyataan terakhirnya tersebut.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Kompleksitas Konflik di Perbatasan Turki-Suriah

Isikli Tosun Baba (60) melambaikan bendera saat pasukan Turki bergerak melewatinya di Oncupinar, Kilis, Turki, Minggu (28/1). Aksi itu dilakukan untuk mendukung serangan pasukan Turki ke kantung Kurdi di Afrin, Suriah. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Sementara itu, YPG diketahui telah mengawal AS dalam memerangi ISIS di Suriah, bersama dengan koalisi Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang dipimpin oleh Kurdi.

Tetapi dukungan AS terhadap YPG telah memperkeruh hubungan dengan para sekutunya di NATO, terutama sejak Washington mendirikan pos pengamatan di Suriah utara, untuk mencegah pertikaian antara pasukan Turki dan YPG.

Di lain pihak, Turki meluncurkan dua operasi militer untuk membantu pemberontak Suriah dalam merebut wilayah yang dikuasai ISIS pada Agustus 2016, dan mencaplok klaim kekuasaan YPG pada Januari 2018.

Serangan pertama di Suriah Utara berlangsung hingga Maret 2017 dengan menargetkan ISIS di perbatasan Turki-Suriah, sekaligus untuk menghentikan YPG mendapatkan lebih banyak wilayah.

Adapun serangan kedua berakhir pada Maret 2018, setelah pemberontak yang didukung Turki berhasil menguasai wilayah Afrin yang dikuasai YPG di Suriah barat laut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Berkomitmen Larang Penerimaan Gratifikasi

Posted: 17 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Gubernur dan seluruh pegawai Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk tidak menerima dan/atau meminta hadiah atau gratifikasi dalam bentuk apapun, baik secara langsung maupun tidak langsung dari seluruh pemangku kepentingan yang berhubungan dengan BI.

Menurut Direktur Eksekutif, Agusman, komitmen tidak menerima gratifikasi ini sejalan dengan prinsip tata kelola lembaga publik yang baik (Good Public Governance) serta penerapan Kode Etik Anggota Dewan Gubernur dan Peraturan Disiplin Pegawai BI.

"Bank Indonesia sangat menghargai dukungan dari seluruh pemangku kepentingan terhadap komitmen ini, dengan tidak memberikan hadiah ataupun gratifikasi dalam bentuk apapun baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Anggota Dewan Gubernur dan pegawai Bank Indonesia, dalam kesempatan apapun termasuk dalam rangka perayaan hari raya keagamaan," papar Agusman, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Agusman menegaskan, jika pihak-pihak yang disebutkan di atas diketahui menerima hadiah atau gratifikasi dalam bentuk apapun, masyarakat dapat melaporkan hal tersebut melalui Whistleblowing System Bank Indonesia di web Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/wbsbi atau untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Surat: WBS-BI ‪Jl. M.H Thamrin No.2 Jakarta 10350

Faksimile: (+62)21 2310 689

E-mail: wbsbi@bi.go.id

SMS: (+62)811 86 927 24 (WBSBI)

Telepon: (+62)21 2981 7752

Di akhir, BI mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat dalam mewujudkan komitmen ini.

Gedung BI Raih Penghargaan Bangunan Publik Terbaik di Jakarta

Kabar membanggakan datang dari Bank Indonesia, kali ini bukan karena kebijakan mereka, melainkan pencapaian di bidang arsitektur. Gedung fasilitas sosial (fasos) Bank Indonesia yang terletak di komplek perkantoran Bank Indonesia meraih penghargaan sebagai bangunan publik terbaik dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta untuk kategori Bangunan Publik.

Anugerah diberikan pada acara malam penghargaan IAI Jakarta 2018 yang mengangkat tema "Merayakan Arsitektur yang Humanis, Resilien dan Kontributif" pada Jumat (14/12/2018) di Jakarta, seperti dikutip pernyataan BI.

Penghargaan IAI Jakarta 2018 merupakan ajang penghargaan tertinggi yang diberikan untuk karya arsitektur anak bangsa. Penghargaan tersebut diberikan dengan mempertimbangkan bangunan fasos BI yang memiliki beberapa nilai lebih.

Ada tiga faktor yang membuat bangunan BI itu spesial. Pertama, perpaduan bangunan klasik dan modern yang diperuntukkan sebagai fasilitas sosial namun tetap harmoni dengan arsitektur bangunan utama lingkungan kantor karya arsitek Silaban yang mengusung unsur klasik dipadukan dengan fasad bangunan modern.

Gedung BI raih penghargaan dari Ikatan Arsitek Indonesia. Dok: Bank Indonesia

Kedua, aspek fungsional bangunan sebagai fasilitas olah raga, seni dan budaya serta aktivitas sosial pegawai, koperasi dan pusat bisnis (business center), organisasi kepegawaian dan istri pegawai, dan tempat penitipan anak (baby day care). Hal ini menjadi penunjang keseimbangan pekerjaan dan kehidupan (work life balance) keluarga besar Bank Indonesia dan masyarakat sekitar.

Ketiga, bangunan yang unik yang mengusung gaya desain arsitektur peralihan dari Belanda ke Indonesia. Keempat, adopsi teknologi energi terbarukan (renewable energy) dengan penggunaan solar cell untuk mengakomodasi sebagian kebutuhan penerangan gedung.

Penghargaan ini diharapkan dapat semakin memotivasi dan menginspirasi BI dan lembaga lainnya untuk menciptakan bangunan tidak semata-mata memiliki keindahan dari sisi arsitektur, tapi juga memiliki nilai guna yang optimal, serta mampu memanfaatkan sumber energi yang cepat dipulihkan secara alami dan berkelanjutan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Ultah Putra Krisdayanti, Kahiyang Ayu Perlihatkan Wajah Anak

Posted: 17 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Krisdayanti belum lama ini menggelar pesta ulang tahun putra bungsunya, Kellen. Tak sedikit selebritas yang diundangnya, termasuk Kahiyang Ayu.

Memiliki kekayaan berlimpah, dengan predikat anak presiden, Kahiyang Ayu tak ingin berubah menjadi orang lain. Ia menghadiri ulang tahun anak Krisdayanti dengan tampil sederhana.

Pakaian yang dikenakan Kahiyang Ayu juga tak terlihat glamor. Ia hanya mengenakan kaus hitam, yang dipadukan celana panjang putih serta kemeja motif loreng.

Meski begitu, Kahiyang Ayu tetap terlihat cantik dengan riasan wajah tipis. Ia berpose bersama keluarga Krisdayanti juga Yuni Shara.

Banjir Pujian

Kahiyang Ayu hadiri pesta ulang tahun putra Krisdayanti. (dok. Instagram @krisdayantilemos/https://www.instagram.com/p/BrbbEncA_Kh/Asnida Riani)

Tak sedikit warganet yang kaget akan kehadiran Kahiyang Ayu di sana. Penampilan putri semata wayang Presiden Jokowi ini bikin salah fokus.

"Salfok sama mbak Kahiyang @ayanggkahiyang," tulis akun @anitasakulmangi83.

"Mb ayang sangat sederhana sekali...," tambah akun @ziaharkham.

Hal senada juga dikatakan akun @ariyati_sutopo, "Sederhananya mbak @ayanggkahiyang , kecantikan putri solo, yg apa adanya tapi bersaja, salut..."

Perlihatkan Wajah Anak

[Foto: Instagram Kahiyang]

Dalam pose yang diunggah Krisdayanti di akun Instagramnya, terlihat Kahiyang Ayu menggendong buah hatinya, Sedah Mirah.

"Lucu ya anak mba @ayanggkahiyang akhirnya bisa liat wajah anknya," ujar akun @lilhys.w.

"MasyaaAllah..babynya mbak ayang..," timpal akun @reniraminan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miedz Legnica vs Lechia Gdansk Imbang, Klub Egy Maulana Tetap di Puncak Klasemen

Posted: 17 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Legnica - Lechia Gdansk harus puas membawa pulang satu poin usai mengunjungi markas Miedz Legnica dalam lanjutan Ekstraklasa atau kompetisi kasta teratas Liga Polandia, Selasa (18/12/2018) di Stadion Stadion im. Orla Bialego. Laga berakhir imbang 0-0.

Meski demikian, Lechia Gdansk masih tetap memuncaki klasemen Ekstraklasa. Lechia Gdansk mengumpulkan 39 poin dari 19 pertandingan yang telah dilakoni.

Lechia Gdanks memimpin tiga poin atas Legia Warsawa, yang menduduki posisi kedua di klasemen Ekstraklasa. Kompetisi teratas Polandia itu masih 11 pertandingan lagi musim ini.

Sayangnya, dalam pertandingan melawan Miedz Legnica tersebut, bintang muda Indonesia, Egy Maulana Vikri, tidak tampil. Bahkan, Egy Maulana juga tidak masuk dalam daftar pemian yang dibawa Lechia Gdansk ke markas Miedz Legnica.

Pelatih Lechia Gdansk, Piotr Stokowiec, masih belum memberi kesempatan untuk Egy Maulana debut di kompetisi resmi bersama tim utama. Selama ini, ia memang belum pernah diturunkan di tim utama Lechia Gdansk, meski sempat beberapa kali duduk di bangku cadangan.

Terus Berkembang

Egy Maulana Vikri bermain impresif saat Lechia Gdansk II mengalahkan GKS Kolbudy 5-0, Sabtu (11/8/2018) waktu setempat. (Twitter Lechia Gdansk)

Egy Maulana lebih sering turun bersama Lechia Gdanks II, yang tampil di IV Liga atau kasta kelima Polandia. Mengenai potensi Egy Maulana debut, asisten pelatih Lechia Gdansk, Lukasz Smolarow, memberi penjelasan.

Menurut Smolarow, Egy Maulana punya peluang semakin besar melakoni debut dengan tim utama Lechia Gdansk. Menurut dia, pemain berusia 18 tahun itu terus berkembang.

Semakin Dekat

"Egy terus diawasi staf pelatih sehingga dia dapat beradaptasi dengan pertandingan tim utama. Dalam beberapa laga terakhir, dia telah bersama skuat utama. Dia sudah semakin dekat dengan debutnya," terang Smolarow, seperti dilansir Sportowefakty.

Saksikan video menarik di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka untuk Umum

Posted: 17 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Kebun Raya Bogor sempat menutup seluruh kawasan untuk pengunjung. Hal itu disebabkan adanya angin kencang yang terjadi di Bogor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjebak di Laut Lepas, 8 Orang Ini Bisa Selamat Berkat iPhone

Posted: 17 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Okinawa - Sebuah cuitan Twitter berisi rekaman video, baru saja di-posting oleh siaran berita Today Show.

Dalam video tersebut tampak wanita bernama Rachel Neal, bersama kekasih serta beberapa orang lainnya selamat berkat sebuah iPhone.

Ceritanya, Rachel dan teman-temannya tengah menyewa kapal untuk berlayar ke sebuah pulau di lepas pantai Okinawa, Jepang.

 

Namun, saat perjalanan pulang, kapal yang ditumpangi terjebak ombak besar.

Total, ada delapan orang menggantungkan hidupnya pada jaket pelampung dan melompat dari kapal.

Untungnya, Rachel yang merupakan asisten khusus di Federal Emergency Agency (FEMA) membawa tas berisi sejumlah peralatan saat kondisi darurat. Salah satunya adalah smartphone miliknya dan milik sang kekasih.

Sayangnya, saat pertama mencoba menghubungi kontak bantuan dengan smartphone sang kekasih, perangkat mati karena terlalu banyak terkena air laut.

Meski begitu, saat dicoba dengan iPhone milik Rachel--yang juga dalam kondisi basah terendam air--mereka berhasil menghubungi kontak bantuan.

Sebagaimana dilansir Phone Arena, Selasa (18/12/2018), 90 menit setelah menghubungi kontak bantuan, petugas penyelamat Jepang akhirnya datang mengevakuasi delapan turis tersebut.

 

Tak Diketahui iPhone Model Apa

iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR di iBox (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Tidak diketahui model iPhone apa yang menyelamatkan delapan turis tersebut, tetapi diketahui kalau perangkatnya memiliki sertifikat IP.

Sekadar diketahui, versi iPhone 7 hingga iPhone XR masing-masing dilengkapi sertifikat IP67.

Artinya, model-model tersebut bisa bertahan di air dengan kedalaman 3 kaki maksimal 30 menit.

Sementara, iPhone XS dan iPhone XS Max didukung dengan sertifikat IP68 yang membuat perangkat bisa bertahan di kedalaman 5kaki selama 30 menit.

Tak Dirancang Tahan Air Laut

Teknologi 3D touch di perangkat iPhone 6S dan 6S Plus (sumber : wired.com)

Kendati demikian, rating IP memang bukan dirancang agar perangkat bisa bertahan saat terkena air garam.

Oleh karenanya, kasus yang dialami Rachel dan teman-temannya sangat tak biasa.

Dia menyebut, hingga saat ini perangkat iPhone yang menyelamatkan nyawanya itu masih dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Drawing Liga Champions 16 Besar, Banyak Pertandingan Besar

Posted: 17 Dec 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Drawing babak 16 besar Liga Champions telah dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss, Senin (17/12/2018) petang WIB. Pengundian ini untuk menentukan tim-tim mana saja yang akan saling berhadapan di babak 16 besar nanti.

Seperti yang sudah diketahui, fase grup Liga Champions sudah resmi berakhir minggu lalu. Sebanyak 16 tim dinyatakan lolos untuk masuk ke fase gugur Liga Champions musim ini dari total 32 tim yang bertanding pada 8 grup Liga Champions musim ini.

Dari hasil drawing Liga Champions, sebanyak 16 tim yang lolos ke babak knock out Liga Champions, telah mendapatkan lawan masing-masing. Hasil drawing Liga Champions juga menghasilkan pertandingan-pertandingan kejutan.

Di antaranya yang menjadi sorotan tajam adalah Manchester United dan Liverpool. Dua tim Inggris tersebut akan bertemu lawan yang berat di 16 besar Liga Champions. Manchester United akan menghadapi Paris Saint-Germain, sedangkan Liverpool akan bertemu dengan Bayern Munich.

Ujian Berat MU dan Liverpool

Gelandang Manchester United, Paul Pogba (AP/Dave Thompson)

Dari delapan jadwal pertandingan babak 16 besar hasil drawing Liga Champions, sorotan tertuju pada dua klub asal Inggris, Liverpool dan Manchester United. Pasalnya dua tim tersebut harus bertemu lawan yang berat.

Dari hasil drawing Liga Champions, Liverpool akan menghadapi tim kuat Jerman, Bayern Munchen. Pertemuan keduanya akan berjalan sengit. Mengingat kedua tim sudah lima kali juara Liga Champions.

Meski sedikit terseok di Liga Jerman, Bayern tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Tim arahan Niko Kovac itu tak terkalahkan selama fase grup.

Tapi Liverpool sendiri performanya sedang bagus. Dari 17 pertandingan di Liga Inggris , The Reds belum pernah terkalahkan.

Laga ini juga bakal menjadi pertaruhan nama besar Mohamed Salah di Liverpool dan Robert Lewandowski di Bayern. Sementara itu pelatih Liverpool Jurgen Klopp sudah 16 kali kalah dari Bayern Munchen. Dia hanya meraih kemenangan pada delapan kesempatan dan lima kali imbang.

Sementara MU, sebagai runner-up Grup H, dipertemukan dengan PSG yang finis sebagai juara Grup C. Raksaka Prancis itu lolos usai mengungguli Liverpool dan Napoli di grupnya.

Pertandingan melawan PSG akan menjadi ujian bagi MU. Pasalnya, performa Setan Merah sedang tidak konsisten, sedangkan PSG begitu perkasa di Ligue 1.

Kendati demikian, jika menengok rekam jejaknya, Manchester United masih bisa menggantungkan harapan. MU tidak pernah kalah dari tim Prancis pada babak gugur kompetisi Eropa. Rekor mereka adalah menang sembilan dan imbang tujuh kali.

Cristiano Ronaldo mimpi buruk Atletico Madrid

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo bertepuk tangan usai bertanding melawan Torino dalam Serie A Italia di Stadion Olimpiade, Turin, Italia, Sabtu (15/12). Gol Ronaldo ke gawang Torino menjadi gol ke-5.000 Juventus di Serie A. (Marco BERTORELLO/AFP)

Hasil drawing Liga Champions 16 besar juga menciptakan big match lainnya, antara Atletico Madrid dan Juventus. Atletico akan menghadapi mimpi buruknya, Cristiano Ronaldo. Dari rekor pertemuan keduanya, Atletico selalu kesulitan menaklukan Ronaldo.

Ronaldo mencetak empat gol dalam enam pertandingan Liga Champions melawan Atletico. Tiga gol di antaranya ia buat saat Atletico berhadapan dengan Real Madrid di semifinal 2016/2017. Total Cristiano Ronaldo sudah menghasilkan 22 gol ke gawang Atletico Madrid.

Ajax Amsterdam akan menjadi batu hambatan pertama sang juara bertahan

Bek Real Madrid, Sergio Ramos, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Valladolid pada laga La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (3/11). Madrid menang 2-0 atas Valladolid. (AFP/Javier Soriano)

Sementara itu, dari hasil drawing Liga Champions 16 besar, juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, akan menerima tantangan dari Ajax Amsterdam. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan klasik antara dua klub top Eropa tersebut.

Di atas kertas, Madrid akan lebih diunggulkan. Namun, Ajax tidak bisa diremehkan. Acuannya, selama penyisihan grup, Ajax tidak pernah kalah dengan meraih 3 kemenangan dan 3 kali imbang. Dua hasil imbang di antaranya diperoleh saat bermain 1-1 dan 3-3 dengan tim kuat Bayern Munchen di Grup E

Real Madrid memenangkan enam duel terakhir melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions, dengan catatan gol 20-2.

Hasil Drawing Liga Champions 16 Besar

Manchester City yang berstatus sebagai juara Grup F bertemu dengan wakil Jerman, Schalke, yang merupakan runners up Grup D.

Rival sekota The Citizens, Manchester United, menghadapi satu di antara klub yang difavoritkan juara, PSG. Laga tersebut akan menjadi tantangan terbesar The Red Devils karena performa mereka kurang memuaskan pada fase grup.

Wakil Italia, Juventus, menghadapi lawan yang berat, yaitu wakil Spanyol, Atletico Madrid. Cristiano Ronaldo akan menjadi sorotan karena sejarahnya sebagai pemain Real Madrid.

Wakil Italia lainnya, AS Roma, dari hasil drawing Liga Champions 16 besar akan menghadapi wakil Portugal, FC Porto. Roma mendapat tuntutan dari suporter untuk mengejar prestasi di kompetisi Eropa.

Raksasa asal Jerman, Bayern Munchen, akan bertanding melawan Liverpool. Pertemuan antara Bayern Munchen dan Liverpool tersebut menjadi yang paling ditunggu karena performa keduanya sedang on fire pada musim 2018-19 ini.

Barcelona akan menghadapi Olympique Lyon yang berpeluang tampil mengejutkan. Barcelona berupaya mengejar gelar Liga Champions pada musim 2018-19 dan Lyon akan menjadi batu hambatan pertama Blaugrana. Dari rekam jejaknya, Lyon sudah enam kali kalah dari Barcelona. Mereka menjadi salah satu tim dengan hasil negatif terbanyak melawan El Azulgrana, sama seperti Werder Bremen

Klub kuda hitam asal Inggris, Tottenham Hotspur, akan bertanding melawan Borussia Dortmund. Kedua klub memiliki kekuatan yang hampir seimbang.

Sementara itu, dari hasil drawing Liga Champions 16 besar, juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, akan menerima tantangan dari Ajax Amsterdam.

Selengkapnya, berikut adalah hasil drawing Liga Champions 16 besar

Schalke vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus

Manchester United vs PSG

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Olympique Lyon vs FC Barcelona

AS Roma vs FC Porto

Ajax Amsterdam vs Real Madrid

Liverpool vs Bayern Munchen

Jadwal Liga Champions Babak 16 Besar

Ada sejumlah kriteria dalam penentuan lawan di babak 16 besar ini. Yang pertama, tim yang berstatus sebagai juara grup akan menghadapi tim yang berstatus sebagai runner up grup. Tim-tim yang berasal dari federasi yang sama tidak bisa bertemu pada babak 16 besar ini. Selain itu tim-tim yang berasal dari grup yang sama tidak bisa bertemu di fase 16 besar nanti.

Pada perdelapan final Liga Champions, para runner-up putaran sebelumnya akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu. Mereka kemudian bertamu ke markas para jawara grup mempertaruhkan tiket ke babak delapan besar.

Leg pertama berlangsung pada 12-13 dan 19-20 Februari 2019. Sedangkan duel kedua berlangsung 5-6 dan 12-13 Maret.

Dalam acara drawing Liga Champions 16 besar tersebut, pihak UEFA mengumumkan bahwa pada babak 16 besar nanti, teknologi Video Assistance Reference atau VAR resmi diterapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Vicky Prasetyo: Angel Lelga Jadi Tersangka

Posted: 17 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penggerebekan yang dilakukan Vicky Prasetyo, di kediaman Angel Lelga berbuntut panjang. Lantaran, peristiwa ini sudah ditangani pihak berwajib, Polres Jakarta Selatan.

Vicky Prasetyo menuduh sang istri, Angel Lelga, telah berselingkuh dengan seorang pria.

Vicky Prasetyo meyakini Angel Lelga telah melakukan zina. Dan kini, status Angel Lelga pun tak terbantahkan lagi.

"Kan dia bilang, 'Seribu persen saya tidak terbukti'. Tapi akhirnya menjadi tersangka, itu berarti ada bukti petunjuk dari visum atau apa. Berarti dia melakukan perzinaan," ungkap Vicky Prasetyo, beberapa waktu lalu.

Tersangka

(Instagram/vickyprasetyo777)

Vicky Prasetyo menjelaskan Angel Lelga tampak panik setelah mengetahui telah menjadi tersangka.

Angel Lelga sempat tak terima, namun Vicky Prasetyo menunjukkan surat penetapan tersangka mantan istri Rhoma Irama tersebut.

"Dia (Angel) enggak bisa menahan kepanikan saat status tersangka sudah melekat dalam diri dia. Jadi seperti itu sih," jelas Vicky Prasetyo. 

Pernyataan Vicky Prasetyo ini dibenarkan oleh tim kuasa hukumnya, Salahudin Pakayo SH.

"Iya udah jadi tersangka sejak 26 November 2018. Bahwa penyidik kepolisian telah memberitahukan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, pemberitahuan tentang penyidikan. Dan menetapkan dua orang tersangka, atas nama Angel Lelga dan Fiki Alman," ujarnya, seperti dilansir dari tayangan infotaiment Selebrita Pagi, episode akhir pekan lalu.

Berterima Kasih

(Instagram/vickyprasetyo777)

Pria asal Bekasi ini sangat berterima kasih kepada polisi karena sudah bertindak cepat dan sudah menaikan status Angel Lelga menjadi tersangka.

"Saya harus mengapresiasi bahwa pihak yang berwajib sangat bagus gitu loh. Cepat semua perkara ini ada dokter forensik kan, semuanya ada," pungkas Vicky Prasetyo. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI: Politisasi Poligami Bisa Memecah Belah Persatuan

Posted: 17 Dec 2018 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta tidak ada politisasi isu SARA untuk kepentingan politik. Ia khususnya menyoroti isu poligami yang kini mengemuka.

Beberapa waktu lalu, Partai Solidaritas Indonesia menyatakan menolak poligami. Partai baru itu juga ingin merevisi UU Perkawinan, sehingga menutup peluang poligami.

Menurut Zainut Tauhid, poligami merupakan fenomena sosial yang tidak bisa dimungkiri. Hal itu juga bersentuhan dengan keyakinan dan syariat agama Islam.

"Ketika hal itu dieksploitasi untuk kepentingan politik maka dipastikan menimbulkan ketersinggungan dan melukai perasaan umat Islam," kata Zainut lewat keterangan tertulis diterima, Selasa (18/12/2018).

Ia menerangkan, dalam pemahaman umat Islam, poligami adalah sebuah hal yang diyakini dan diimani bahwa memiliki istri lebih dari satu adalah salah satu syariat yang terdapat dalam ajaran Islam.

Namun, saat hal itu sudah dipolitisasi, poligami bisa menjadi isu yang membenturkan, memecah belah persatuan dan kesatuan antar keyakinan.

"Hal itu rentan menimbulkan konflik dan mengganggu harmoni kehidupan antar umat beragama," jelas dia.

 

Hindari Politik Adu Domba

MUI mengajak semua pihak, khususnya para elit politik, menghindari cara berpolitik demikian. Kepada KPU dan BAWASLU, MUI meminta untuk bertindak tegas kepada para peserta Pemilu yang melakukan hal tersebut.

"Jadi hindari politik SARA sehingga Pemilu berjalan dengan damai, bersih dan dan aman," Zainut menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2019, Pemerintah Incar Penerimaan Negara Rp 500 Miliar dari Cukai Plastik

Posted: 17 Dec 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso menargetkan, penerimaan cukai plastik dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 500 miliar. Angka ini sama seperti target penerimaan cukai plastik pada 2018.

"Kalau kita lihat rencana pemerintah sudah digulirkan sejak beberapa tahun lalu. Di 2017 malah sudah disiapkan target penerimaannya Rp 1 triliun di APBN. Di 2018 disiapkan Rp 500 miliar, dan tahun depan juga sama Rp 500 miliar untuk cukai plastik," ujar Susiwijono di Kantornya, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Susiwijono mengatakan, penerimaan cukai plastik ini seiring dengan rencana pemerintah mengenakan cukai untuk kemasan plastik atau lebih dikenal dengan kantong belanja plastik. Hingga kini aturannya masih terus dimatangkan. 

"Kenapa pemerintah menyiapkan rencana pungutan cukai terhadap plastik. Secara karakteristik dan sifat, undang-undang menegaskan mengenai barang dan sifat dan karakternya yang bisa dipungut cukai," ujar dia.

Susiwijono melanjutkan, pemilihan kantong plastik untuk dikenai cukai dengan mempertimbangkan penggunaannya yang cukup besar di Indonesia. Sementara, setelah digunakan akan menimbulkan masalah baru yaitu penumpukan sampah. 

"Barang yang dikarakteristiknya perlu dilakukan pengendalian untuk konsumsi, pengawasan terhadap peredaran, dan barang yang pemakaiannya bisa timbulkan dampak negatif baik masyarakat atau lingkungan hidup," kata dia. 

Oleh karena itu, Susiwijono menambahkan, pengenaan cukai plastik tidak hanya untuk menambah pendapatan negara. Akan tetapi lebih kepada upaya pemerintah mengendalikan masalah akibat semakin tingginya sampah plastik di Indonesia. 

"Jadi cukai bukan semata untuk penerimaan. Tapi tujuan utamanya adalah pengawasan produksi, dan pemakaiannya menimbulkan dampak negatif. Ini lumayan tepat untuk produk plastik," tutur dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

2,13 Juta Ton Sampah Plastik Tiap Tahun Cemari Indonesia

Seorang pria memancing di pantai Laut Tengah di Beirut, Lebanon di antara berbagai sampah plastik. (AP)

Sebelumnya, Guru Besar Pengelolaan Udara dan Limbah Institut Teknologi Bandung (ITB), Enri Damanhuri, mengungkapkan tiap tahun sekitar 44 persen sampah plastik alias 2,13 juta ton cemari lingkungan.

Adapun dari total sampah plastik nasional, baru 36 persen yang dapat diambil dan dikumpulkan Dinas Kebersihan dan Dinas Lingkungan Hidup dan dibuang ke TPA.

Selanjutnya, baru 20 persen yang masuk ke dalam sistem informal, seperti bank-bank sampah untuk didaur ulang (recycle).

"Sebanyak 44 persen yang lari ke lingkungan. Besar sekali. Kenapa? Karena rate collection kita rendah. 2,13 juta ton per tahun itu bocor kemana-mana. Dan di situlah persoalan utama," kata dia, di Tangerang Selatan, Senin 10 Desember 2018.

"Kalau kita naik kereta api dari mulai Karawang sampai Jakarta, kanan kiri, tempat sampah sudah. Karena memang rendah sekali," imbuh dia.

Dia mengatakan, idealnya dalam pengelolaan sampah, tidak ada yang tanpa dapat dikumpulkan. Pengumpulan sampah oleh dinas kebersihan maupun upaya daur ulang sampah plastik harus terus ditingkatkan.

"Harus pengelolaan oleh dinas ditambah recycle 100 persen. Tidak boleh ada yang terbuang. Tidak boleh ada celah masuk. Kalau kita mau memperhatikan kurangi (porsi sampah yang terbuang tanpa dikelola). Kemana? Ke sistem (Pengelola sampah) kota yang memang rendah," tegasnya.

Pemerintah juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengumpulan dan penanganan sampah plastik hingga ke daerah. "Terutama daerah yang tidak tersentuh dengan sistem pengelolaan kota," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Menarik tentang Soe Hok Gie

Posted: 17 Dec 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 17 Desember, mengingatkan pada sosol aktivis Soe Hok Gie. Jika masih hidup, usianya genap 75 tahun, pada Senin kemarin.

Sehari sebelum dia berulang tahun, pria yang lahir di Jakarta itu meregang nyawa di tempat kesukaannya, gunung.

Gie menutup usianya pada 16 Desember 1969 atau di usianya yang ke-26 ketika mendaki Gunung Semeru, Jawa Timur. Gas beracun mencekiknya pada pendakian terakhirnya tersebut.

Namun, kisah kehidupan dan perjuangan Soe Hok Gie dalam mengkritisi pemerintah tak pernah dilupakan. Justru, perjuangannya menggempur kekuasaan Orde Lama dengan serangkaian demonstrasi setelah G30S atau Gerakan 30 September, semakin populer ketika dia sudah tiada.

Pada 2005, Riri Riza mengabadikan kisahnya dalam film Gie. Aktor Nicholas Saputra didapuk memerankan lelaki berperawakan kecil tersebut mampu merebut hati masyarakat.

Buku hariannya, terbit dengan judul Catatan Seorang Demonstran, semakin banyak dibaca usai film itu beredar.

Setidaknya, ada 4 fakta menarik menurut Liputan6.com dari sosok Soe Hok Gie. Berikut keempat fakta tersebut:

 

1. Pintar Ungkapkan Sarkasme

Ilustrasi bedak yang jatuh. (via: istimewa)

Cerdas, termasuk dalam mengungkapkan sarkasme. Itulah Soe Hok Gie.

Sebelum mendaki Semeru, Soe Hok Gie mengirim bedak, gincu atau lipstik, dan cermin kepada 13 aktivis mahasiswa yang menjadi anggota DPR setelah Orde Baru berkuasa. Dia berharap mereka bisa berdandan dan tambah cantik di hadapan penguasa.

Gie kecewa dengan teman-teman mahasiswanya yang sudah berkantor di DPR. Mereka dianggap sudah melupakan rakyat dan lebih mementingkan kedudukannya di parlemen.

Buat Gie, aktivis mahasiswa sebagainya hanya menjadi kekuatan moral, bukan pelaku politik praktis.

Dalam surat pengantar kiriman, 12 Desember 1969, ia menulis, "Bekerjalah dengan baik, hidup Orde Baru! Nikmati kursi Anda--tidurlah nyenyak."

 

2. Produktif Menulis

Soe Hok Gie | Via: aktual.com

Soe Hok Gie adalah penulis yang produktif. Artikel-artikelnya tersebar di Harian KAMI, Kompas, Sinar Harapan, Mahasiswa Indonesia, dan Indonesia Raya.

Ia menulis di rumah orangtuanya di Jalan Kebon Jeruk IX, dekat Glodok, Jakarta Barat. Gie menulis di kamar belakang yang temaram, berteman nyamuk, dan ketika kebanyakan orang telah larut dalam mimpi.

Pemuda kurus ini banyak dikagumi lantaran tulisan-tulisannya. Namun, ada juga yang tak suka. Suatu kali, Gie dikirimi surat kaleng oleh seseorang yang mengaku pecinta Bung Karno.

Rupanya pengirim surat gusar dengan kritik-kritik Gie dalam mingguan Mahasiswa Indonesia. Surat itu berisi umpatan berbau rasial.

 

3. Bijak

Ilustrasi. (Istimewa)

Bijak. Sikap ini ditunjukkan Soe Hok Gie ketika menyikapi Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Gie gencar mengkritik PKI dan perilaku politiknya. Tapi, dia menjadi salah seorang intelektual yang pertama-tama mengecam pembunuhan massal terhadap kader dan simpatisan PKI menyusul peristiwa G30S.

Dia menuliskannya dalam esai berjudul Di Sekitar Peristiwa Pembunuhan Besar-besaran di Bali.

Gie juga mengritik stigmatisasi kader PKI. Misalnya, terkait surat "bersih diri". 

"Bahkan anak-anak SD kelas V dan IV (umur 12-14 tahun) harus punya surat "bersih diri" (bersih dari apa?). Tiga tahun yang lalu mereka baru berusia 9-11 tahun. Ini benar-benar keterlaluan," tulis Gie dalam Surat Tidak Terlibat G30S yang dimuat di Kompas, 29 April 1969.

4. Pecandu Mendaki Gunung

Pengunjung mengamati sejumlah gambar dan kutipan tokoh pejuang Indonesia Pramoedya Ananta Toer, Soe Hok Gie & I Gede Raka yang terbuat dari stensil di kawasan Jalan Ganeca, Bandung, Jabar. (Antara

Gie tewas karena menghirup asap beracun saat menuju ke puncak Gunung Semeru. Cuaca memang buruk pada saat itu. Kabut gelap menyelimuti Mahameru. 

Dia bersama salah satu rekan seperjalanannya, Idhan Lubis, tiba-tiba kejang dan meninggal dunia.

Namun, dia meninggal di tempat yang dicintainya, gunung, di usia yang masih muda. 

Ya, dia merupakan pecandu naik gunung, bukan hanya sekadar rekreasi.

Uniknya, ia menyukai baris-baris puisi dari dari seorang filsuf Yunani, "Nasib terbaik adalah tidak pernah dilahirkan. Yang kedua, dilahirkan tapi mati muda. Yang tersial adalah berumur tua. Berbahagialah mereka yang mati muda."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Anjing Pitbull Serang Satpam, Nyaris Tewas Karena Digigit

Posted: 17 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Herman, seorang satpam atau satuan pengamanan di Kompleks Rajawali Sawah Besar, hampir tewas digigit seekor anjing jenis pitbull. Anjing berwarna hitam tersebut milik salah seorang penghuni kompleks tempat Herman bertugas.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirza Maulana membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, pemilik anjing pitbull tak terima ditegur oleh satpam kompleks lantaran anjing tersebut jalan-jalan di sekitaran komplek tidak diikat.

"Intinya pemilik anjing tidak terima ditegur satpam kompleks karena anjingnya dibawa jalan-jalan tanpa diikat lehernya karena di daerah situ banyak orang olahraga," kata Mirza saat dikonfirmasi, Minggu (16/12).

Lalu, Herman pun diserang oleh anjing pitbull tersebut hingga mengalami luka-luka di tubuhnya. Saat kejadian, pemilik anjing sempat menarik tubuh anjingnya itu. Tapi, anjing itu tetap menyerang Herman dengan ganasnya.

"Korban mengalami luka di betis kaki, panggung, leher dan dada akibat digigit anjingnya," ujarnya.

Kendati demikian demikian, pemilik anjing telah bersepakat untuk berdamai kepada Herman agar permasalahan tersebut tak diteruskan ke jalur hukum. "Kedua belah pihak sudah sepakat menyelesaikan secara kekeluargaan difasilitasi oleh aparat desa dan bhabinkamtibmas Polsek Sawah Besar," tandasnya.

 

3 Fakta Pitbull Serang Satpam Kompleks di Sawah Besar

Ilustrasi pitbull (iStock)

Anjing tersebut milik salah seorang penghuni kompleks tempat Herman bertugas. Menurut Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirza Maulana, pemilik pitbull tak terima ditegur satpam kompleks lantaran anjingnya jalan-jalan di sekitaran kompleks tanpa diikat.

"Intinya pemilik anjing tidak terima dtegur satpam kompleks karena anjingnya dibawa jalan-jalan tanpa diikat lehernya karena di daerah situ banyak orang olahraga," kata Mirza saat dikonfirmasi, Minggu, 16 Desember 2018.

Lalu, Herman pun diserang pitbull tersebut hingga mengalami luka-luka di sekujur tubuhnya.

Berikut 3 fakta anjing pitbull seram satpam yang dihimpun Liputan6.com.

1. Pemilik Pitbull Tak Terima Ditegur

Kejadian seekor anjing jenis pitbull menyerang seorang satpam komplek hanya karena hal sepele. Kejadian nahas tersebut terjadi pada pagi hari. Herman ketika itu memulai aktivitas menyirami pepohonan. Saat tengah menyirami pepohonan, Herman melihat seseorang berjalan dengan anjing peliharaannya tanpa menggunakan tali kekang.

Herman kemudian lantas menegur pemilik anjing, bahwa setiap anjing yang melewati perumahan tersebut haruslah dipakai rantai atau tali pengekang lantaran, biasanya, banyak orang berolahraga. Namun, si pemilik anjing malah emosi saat ditegur dan mengatakan bahwa dia adalah pemilik anjing tersebut, sehingga anjingnya nurut meski tanpa pengikat.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirza Maulana mengatakan, pemilik pitbull tak terima ditegur satpam kompleks lantaran anjingnya jalan-jalan di sekitaran kompleks tanpa diikat.

"Intinya pemilik anjing tidak terima ditegur satpam kompleks karena anjingnya dibawa jalan-jalan tanpa diikat lehernya karena di daerah situ banyak orang olahraga," kata Mirza.

2. Satpam Luka-Luka

Usai menegur majikan dan diserang pitbull, Herman pun mengalami luka-luka di tubuhnya. Saat kejadian, pemilik anjing sempat menarik tubuh anjingnya, tapi tetap menyerang Herman dengan ganas.

Herman meminta pemilik anjing beserta anjingnya keluar dari portal perumahan. Namun, pemilik anjing marah bahkan sempat mendorong Herman usai ditegur.

Pemilik anjing lalu memanggil anjingnya. Beberapa saat kemudian anjing itu berada di dekat Herman dan mengitarinya. Setelah pemilik anjing menunjuk ke arah Herman, pitbull tersebut seketika menerjangnya dengan ganas.

Saat Herman masih terus berlari menghindari kejaran dan gigitan anjing, seorang warga keluar dari rumah untuk menolongnya. Sebelum menolong Herman, ia sempat adu mulut dengan pemilik anjing. Namun, pemilik anjing masih terus ngotot.

"Korban mengalami luka di betis kaki, panggung, leher dan dada akibat digigit anjingnya," ujar Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirza Maulana.

3. Sepakat Berdamai

Kendati demikian demikian, pemilik anjing jenis pitbull telah bersepakat untuk berdamai kepada satpam bernama Herman itu agar permasalahan penyerangan tak diteruskan ke jalur hukum.

"Kedua belah pihak sudah sepakat menyelesaikan secara kekeluargaan difasilitasi oleh aparat desa dan bhabinkamtibmas Polsek Sawah Besar," Mirza memungkasi.

 

Anjing Pitbull Serang Satpam di Kompleks Sawah Besar Usai Cekcok dengan Majikannya

Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirza Maulana membenarkan terkait kejadian tersebut. Ia mengatakan, pemilik pitbull tak terima ditegur satpam kompleks lantaran anjingnya jalan-jalan di sekitaran kompleks tanpa diikat.

"Intinya pemilik anjing tidak terima dtegur satpam kompleks karena anjingnya dibawa jalan-jalan tanpa diikat lehernya karena di daerah situ banyak orang olahraga," kata Mirza saat dikonfirmasi, Minggu (16/12/2018).

Lalu, Herman pun diserang pitbull tersebut hingga mengalami luka-luka di tubuhnya. Saat kejadian, pemilik anjing sempat menarik tubuh anjingnya, tapi tetap menyerang Herman dengan ganas.

"Korban mengalami luka di betis kaki, panggung, leher dan dada akibat digigit anjingnya," ujarnya.

Kendati demikian demikian, pemilik anjing telah bersepakat untuk berdamai kepada Herman agar permasalahan tersebut tak diteruskan ke jalur hukum.

"Kedua belah pihak sudah sepakat menyelesaikan secaea kekeluargaan difasilitasi oleh aparat desa dan bhabinkamtibmas Polsek Sawah Besar," Mirza memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mandi Sebelum Tidur dan Pagi Hari Punya Manfaat Berbeda, Cek di Sini

Posted: 17 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada orang-orang yang biasa mandi sebelum tidur tapi ada pula yang memilih untuk langsung tidur baru keesokan harinya mandi. Pilihan yang Anda ambil, ternyata terdapat pertimbangan masing-masing.

Mandi di malam hari sebelum tidur atau keesokan harinya, ditentukan oleh gaya hidup seseorang. Sebuah penelitian di Universitas Harvard, mengungkap momen yang tepat untuk mandi.

Mandi di pagi hari disebut penting untuk dilakukan saat menghadapi pekan yang berat dan banyak masalah. Shelley Carson, seorang peneliti dan pengajar psikologi di Universitas Harvard menyebutkan bahwa mandi di pagi hari dapat meningkatkan kreativitas, terutama di tempat kerja. Cara ini membuat seseorang menjadi lebih kreatif karena tubuh jadi rileks tapi tetap terjaga.

"Bila kamu menghadapi masalah yang perlu dipecahkan secara kreatif tapi pikiranmu sudah mampat, maka kamu dapat merilekskan otakmu sambil tanpa sengaja tetap membuatnya terjaga," jelas Carson.

Ketika sedang santai, proses kognitif di otak juga menjadi santai, diperbaharui, dan mengalami regenerasi. Hal ini menyebabkan solusi yang tetap bisa tiba-tiba muncul ke dalam otak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Spon Mandi (iStockphoto)

Sama seperti mandi pagi, mandi di malam hari jug punya manfaat lain. Membasuh diri di malam hari dapat membantu menetralkan suhu tubuh sehingga tubuh lebih santai dan lebih mudah tidur.

Peranan mandi terhadap tidur yang nyenyak itu juga diungkapkan oleh Christopher Winter, MD dari American Academy of Sleep Medicine.

"Pendinginan secara cepat usai mandi dapat menjadi salah satu sebab kantuk yang alami. Ini dapat membuat tubuh berpikir bahwa inilah saat untuk tidur," ungkap Winter.

Mandi juga dapat mengurangi tingkat kortisol yang mendorong stres. Inilah kenapa mandi memiliki khasiat tersendiri baik di pagi atau malam hari.

Reporter: Rizky Wahyu Permana

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Memukau, Ini Sosok Mojang Jajaka Purwakarta Terpilih 2018

Posted: 17 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Purwakarta - Dari 12 pasang Mojang dan Jajaka (Moka) yang masuk ke tahap grand final, terpilih lah 6 pasang Moka sebagai Mojang dan Jajaka unggulan Kabupaten Purwakarta. Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Purwakarta berlangsung Sabtu malam, 15 Desember 2018 lalu, di Bale Sawala Yudhistira.

Sebanyak 12 pasang Mojang dan Jajaka yang masuk ke tahap Grand Final merupakan hasil seleksi dari 109 peserta. Dengan melewati berbabagai tahapan, di antaranya karantina indoor dan outdoor, city tour, dan unjuk kemampuan.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengungkapkan, mojang dan jajaka yang berhasil masuk grand final mengemban tugas menjadi duta wisata, seni, dan budaya Kabupaten Purwakarta.

"Tentu mereka harus berperan aktif memberikan kontribusi terbaik untuk Purwakarta," ungkap Heri dalam keterangan resmi dari Dinas Komunikasi dan Informasi Purwakarta.

Berdasarkan penilaian objektif, maka terpilih 6 pasangan mojang dan jajaka unggulan. Keluar sebagai juara pertama, Mojang Pinilih Maria Sonya Meidika, pelajar kelas XI SMAN 2 Purwakarta asal Kecamatan Purwakarta dan Jajaka Pinilih Alvin Febriant Syanyanto, pelajar kelas XII SMAN 3 Purwakarta asal Kecamatan Purwakarta.

 

Pemenang Lainnya Adalah...

Juara 2 (Seni Budaya)

Gita SriWahyuni

M. Kahfi Eldyasya

 

Juara 3 (Pariwisata)

Lia Salsabila

Bayu Lesmana

 

Mojang Jajaka Mimitran (Persahabatan)

Amalia Rakhman

Yusril Nursyahid

 

Mojang Jajaka Kameumeut (Favorit)

Fina Aliyah Budiman

Muhammad Luthfi

 

Mojang Jajaka Kewes (Photogenic)

Ersa Bella Paramitha

Hendrik Hendarto

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transformasi Pakaian Wanita Uighur yang Kini Dipaksa Masuk Kamp Pendidikan

Posted: 17 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Zaman berbeda, gaya berbusana bisa berbeda pula. Dalam rilis video bertajuk '100 Years of Uyghur Fashion', fotografer asal Uighur, Kurbanjan Samat menampilkan perkembangan pakaian wanita Uyghur selama satu abad terakhir.

Tak hanya itu, Samat menyatakan reproduksi video ini pun berdasarkan dokumen sejarah dan foto-foto lama di Uighur. Ia sengaja ingin membawa mode pakaian ini terlahir kembali.

"Pakaian-pakaian ini terlahir melalui catatan sejarah, buku-buku dan foto-foto lama," tulis Kurbanjan di saluran YouTube-nya yang ditonton lebih 10 ribu kali, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (18/12/2018). Berikut ini perbedaan pakaian wanita Uighur satu abad terakhir.

1910 – 1930: Tradisional

Pada 1910-an, wanita Uighur mengenakan pakaian berbahan kaftan sutra dan gaun panjang. Konon, hanya wanita berstatus sosial tinggi saja yang mengenakan gaun sutra Etles panjang. Gaun ini dipadankan dengan kalung serta celana panjang dengan bordiran emas di balik gaunnya.

Selanjutnya, 1920-an, para wanita Uighur tampaknya suka mengenakan topi bulu dan gaun rajut putih panjang. Model gaun seperti ini umumnya dikenakan oleh wanita yang telah menikah. Bahan sutra tetap dipertahankan wanita Uyghur.

Dekade 1930, gaya pakaian perempuan Uighur masih dipengaruhi oleh Manchu, etnis minoritas yang mendirikan Dinasti Qing (1644-1911). Topi, manset, dan kerah dirajut indah dengan bordiran. Para wanita mengenakan rok semata kaki, dipadu dengan anting dan kalung berjurai gaya Asia Tengah, serta topi bulu menjulang.

 

 

 

 

 

1940 – 1960: Disrupsi

Busana perempuan Uighur pada 1950. (dok.akun Youtube Kurbanjan Samat/Alfarisi Maulana)

Pada 1940-an, gaya berbusana perlahan berubah. Para wanita mulai mengenakan gaun yang lebih pendek, lebih ketat, dan lebih santai. Pada masa ini, memakai rompi di atas gaun Etles adalah hal yang trendi. Topi bermotif bunga pun berganti dengan ikat kepala.

Sejak pembebasan Xinjiang pada 1949, juga pembentukan Wilayah Otonomi Xinjiang Uyghur pada 1955, mobilitas rakyat di Xinjiang semakin terbuka. Kontak budaya pun tak dapat dihindari dari wilayah sekitar.

Alhasil, pada 1950-an, banyak wanita Uyghur sadar pendidikan. Kostum itu terinspirasi dari sebuah foto lama guru wanita di Tacheng, Xinjiang. Pada masa itu, pakaian sangat dipengaruhi oleh Uni Soviet. Ciri itu terlihat dari rok renda berkelim serta sepatu bulat. Wanita Uyghur pun sudah mengenakan pakaian yang lebih terbuka.

1970 – 1990: Punk

Busana perempuan Uighur pada 1980. (dok.akun Youtube Kurbanjan Samat/Alfarisi Maulana)

Selama 1970-an, wanita Uighur gemar mengenakan gaun polkadot berlengan gembung. Dekade selanjutnya, era 1980-an mode payet dan rambut keriting menjadi pilihan. Pada akhir 1990, celana jins, jaket kulit, dan sepatu karet kerap terlihat di Xinjiang. Wanita Uigur mulai mengadopsi tren busana internasional.

Busana perempuan Uighur pada 2017. (dok.akun Youtube Kurbanjan Samat/Alfarisi Maulana)

2000: Abad Baru

Wanita Uighur menjadi lebih terbuka dan mulai menerima gaya busana yang lebih berani. Celana legging, gaun ketat, dan blus tanpa lengan, menjadi populer di kalangan mereka. Lebih lanjut, pada 2010-an, masyarakat mulai menyadari pentingnya melindungi dan mewariskan budaya tradisional, sehingga nostalgia pun muncul dalam pakaian yang menggabungkan elemen tradisional Uighur.

Pada 2017, wanita Uighur dinilai memiliki pergaulan yang lebih luas. Hal ini terlihat pada acara pesta dan jamuan di Xinjiang. Gaun malam yang terbuka menjadi busana pilihan wanita Uyghur dan menanggalkan unsur tradisional. (Alfarisi Maulana)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Raih Gelar Miss Universe, Kontestan Transgender Asal Spanyol Tetap Cetak Sejarah

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kontestan asal Spanyol Angela Ponce tak memenangkan gelar Miss Universe 2018 tapi tetap berhasil mencetak sejarah. Dia menjadi transgender pertama yang mengikuti kontes kecantikan kelas dunia tersebut.

"Saya tidak perlu memenangkan Miss Universe," kata Ponce setelah dirinya gagal masuk ke 20 besar, dikutip dari New York Post pada Selasa (18/12/2018).

"Saya hanya perlu berada di sini," imbuhnya.

Ponce mengatakan, keberadaannya di Miss Universe 2018 untuk mewakili keragaman manusia di dunia. Dia ingin agar suatu hari nanti orang-orang bisa hidup dalam dunia yang memiliki kesetaraan bagi semua manusia.

"Mudah bagi kita semua untuk memahami bahwa kita manusia dan kita harus membuat hidup menjadi lebih mudah bersama-sama. Kenyataan itu akan berubah bagi banyak orang," kata Ponce dalam sebuah segmen khusus.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Tanggung jawab besar

Miss Spanyol Angela Ponce dalam balutan gaun malam pada babak penyisihan Miss Universe 2018 di Bangkok, (13/12). Angela Ponce menoreh sejarah sebagai  kontestan transgender pertama yang secara terbuka menjadi wakil di Miss Universe (AP/Gemunu Amarasinghe)

Kepada CNN, kontestan 27 tahun itu mengatakan bahwa dia memiliki tanggung jawab besar sebagai peserta Miss Universe transgender pertama. Selain itu, dia juga berbicara tentang apa arti menjadi seorang transgender.

"Kendala pertama yang saya hadapi adalah lahir ke dunia yang tidak siap untuk orang-orang transgender," katanya seperti dikutip laman standard.co.uk.

"Saya selalu mengatakan bahwa ini bukan tentang Anda merasa seperti wanita. Anda sudah menjadi wanita," kata Ponce pada CNN.

Larangan keikutsertaan transgender dalam Miss Universe sudah dicabut pada 2012. Namun, belum ada yang berhasil mencapai babak final seperti Ponce.

Di bawah aturan baru, perempuan yang bersaing dalam Miss Universe hanya diminta untuk belum menikah dan belum mempunyai anak. Selain itu, batasan usianya adalah 18 hingga 28 tahun.

Tahun 2018, gelar Miss Universe berhasil diraih oleh Catriona Gray asal Filipina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Mantap Dapat Suntikan Dana Rp 500 Miliar

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri dan Taspen sepakat memperkuat struktur permodalan dengan penambahan modal sebesar Rp 500 miliar untuk Bank Mantap. Bank ini merupakan bank patungan hasil sinergi kedua BUMN tersebut.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Sulaiman A Arianto mengatakan, penambahan modal ini dibutuhkan untuk mengimbangi pertumbuhan bisnis Bank Mantap. Pertumbuhan aset pada 2017 mencapai 85 persen yoy dan risiko terjaga dengan NPL di bawah 0,7 persen.

"Penguatan modal ini dapat meningkatkan size Bank Mantap yang saat ini masuk ke bank BUKU ‎II. Peningkatan ini dapat mendorong Bank Mantap mengoptimalkan potensi pasar yang masih sangat besar sehingga mampu mendorong bisnis perseroan," ujar dia di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro menyatakan, penambahan modal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) melalui program pembiayaan perumahan untuk ASN dan kredit pensiunan sampai usia 75 tahun oleh Bank Mantap.

‎"Penambahan modal Taspen di Bank Mantap ini merupakan wujud nyata Taspen dalam membesarkan Bank Mantap untuk menjadi bank berskala nasional dan menjadi The Best Pension Bank in Indonesia," kata dia.

 

 

Rasio Kecukupan Modal Bank Mantap Jadi 19,83 Persen

Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mantap Josephus K Triprakoso mengungkapkan, suntikan modal tersebut merupakan indikator jika perusahaan induk percaya terhadap kinerja dan layanan Bank Mantap. 

Pada saat yang sama, komposisi kepemilikan di Bank Mantap berubah menjadi 51,077 persen kepemilikan Bank Mandiri dan 48,416 persen kepemilikan Taspen.

Perubahan komposisi ini diharapkan dapat memperkuat komitmen dari Pemegang Saham Pengendali (PSP) untuk terus memajukan Bank Mantap.

"Dengan penambahan modal ini, rasio kecukupan modal (CAR) Bank Mantap mencapai 19,83 persen dan dapat mendukung ekspansi bisnis di sektor layanan digital serta penambahan jaringan kantor di tahun 2019," ungkap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berapa Harga Asli Mini Cooper Rp 12 Ribu?

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, seorang peserta ajang Serbu Seru yang diselenggarakan Bukalapak berhasil mendapatkan Mini Cooper senilai Rp 12.000. Mobil mewah tersebut pun sudah diterima oleh sang pemenang.  

 

Tentu harga asli mobil asal Inggris tersebut bukan sebesar Rp 12.000. Bahkan harga die-cast-nya pun melebihi nominal tersebut. Lantas berapa kah harga asli dari Mini Cooper?

Di Indonesia, Mini memiliki beberapa model atau gaya body, mulai dari 3-pintu, 5-pintu, Cabrio (atap terbuka), Clubman, dan Countryman. Model tersebut dipecah menjadi beberapa varian, yaitu Cooper, Cooper S, dan John Cooper Works (JCW) yang berperforma tinggi.

Nah, Mini Rp 12 ribu tersebut adalah model 3-pintu dengan varian Cooper yang dibanderol Rp 720 juta berstatus on the road Jakarta. Varian termahal dari model 3-pintu adalah JCW Rebel Green dengan harga Rp 1,065 miliar.

Untuk model 5-pintu dibanderol Rp 750 juta (Cooper) hingga 995 juta (Cooper S Red Hot). Mini Cabrio dibanderol Rp 810 juta (Cooper) hingga Rp 1,110 miliar (JCW). Clubman dibanderol Rp 815 juta (Cooper) hingga Rp 1,280 miliar (JCW). Countryman dibanderol Rp 699 juta (Cooper) hingga Rp 1,250 miliar (JCW). Semua harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Serah Terima Mini Cooper Rp 12 Ribu, Dedi Bingung Bayar Pajaknya

Beberapa waktu lalu, seorang peserta ajang Serbu Seru yang diselenggarakan Bukalapak berhasil mendapatkan Mini Cooper senilai Rp 12.000. Mobil mewah tersebut pun sudah diterima oleh sang pemenang.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (17/12/2018), keberuntungan berpihak pada Dedi Haryadi, seorang pengemudi ojek daring yang berhasil memenangkan hadiah mobil mewah sebagai hadiah utama.

 

 
 

 

Sebelumnya, Dedi tidak pernah menyangka bahwa dirinya bisa memiliki sebuah mobil mewah Mini Cooper seharga Rp 12.000. Dedi mengaku hanya iseng ketika mengikuti ajang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).  

Dedi ingin menggunakan mobil tersebut untuk berjalan-jalan dengan keluarganya. Namun, Dedi juga masih kebingungan bagaimana cara membayar pajak mobil mewah yang tentunya sangat mahal.

 
 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Peluang AC Milan Jauhi Lazio

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus masih memuncaki klasemen Liga Italia dengan raihan 46 poin. Si Nyonya Tua, julukan Juventus, unggul delapan angka dari Napoli.

Persaingan ketat terjadi di posisi empat besar dalam klasemen Liga Italia. Ya, AC Milan mengumpulkan 26 poin, hanya unggul satu angka dari Lazio.

Namun, pada Selasa (18/12/2018) atau Rabu dini hari WIB, AC Milan punya peluang menjauhi Lazio. AC Milan akan menghadapi Bologna di Stadion Renato Dall'Ara.

Di atas kertas, AC Milan punya peluang besar meraih kemenangan. Sebab, dalam lima pertemuan terakhir, AC Milan selalu mengalahkan Bologna, tiga di antaranya di laga tandang.

Posisi Bologna sendiri saat ini sedang terpuruk. Mereka berada di papan bawah dalam klasemen Liga Italia, tepatnya pada urutan ke-18 dnegan raihan 11 poin.

Lihat klasemen Liga Italia di halaman selanjutnya.

Klasemen Liga Italia

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Real Madrid Siap Taklukkan Khasima di Semifinal Piala Dunia Antarklub 2018

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Pemain Real Madrid melakukan pemanasan saat sesi latihan tim di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). Real Madrid akan berhadapan dengan Kashima Antlers, di Stadion Zayed Sport City, Abu Dhabi. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Pemain Real Madrid melakukan pemanasan saat sesi latihan tim di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). Real Madrid akan berhadapan dengan Kashima Antlers, di Stadion Zayed Sport City, Abu Dhabi. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Gelandang Real Madrid, Isco mengontrol bola saat latihan di stadion New York University Abu Dhabi (17/12). Pertemuan Kashima vs Madrid di semifinal tahun ini merupakan partai ulangan dari final Piala Dunia Antarklub 2016. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Gelandang Real Madrid, Isco mengontrol bola saat latihan di stadion New York University Abu Dhabi (17/12). Pertemuan Kashima vs Madrid di semifinal tahun ini merupakan partai ulangan dari final Piala Dunia Antarklub 2016. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale saat mengikuti sesi pelatihan tim di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). Madrid akan bertanding melawan Kashima Antlers pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2018. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale saat mengikuti sesi pelatihan tim di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). Madrid akan bertanding melawan Kashima Antlers pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2018. (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari melihat pemainnya berlatih jelang menghadapi Kashima Antlers pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari melihat pemainnya berlatih jelang menghadapi Kashima Antlers pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Gelandang Real Madrid, Luca Modric berebut bola dengan Toni Kroos saat latihan jelang menghadapi Kashima Antlers pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Gelandang Real Madrid, Luca Modric berebut bola dengan Toni Kroos saat latihan jelang menghadapi Kashima Antlers pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 di stadion New York University Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (17/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aparat Pupus Harapan Cari 14 Orang Terjebak di Tambang Lubang Tikus India

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Meghalaya - Beberapa hari setelah dimulainya pencarian terhadap belasan penambang yang terjebak dalam sebuah tambang 'lubang tikus' di Meghalaya, India, aparat mulai pupus harapan karena belum menemukan satupun tanda-tanda kehidupan dari para korban.

Ketika satu penambang-pun belum ditemukan, aparat dikejutkan usai memahami informasi terbaru, bahwa ada seorang lagi yang ikut terjebak di dalam tambang tersebut. Ini menjadikan total korban bertambah menjadi 14 orang, dari yang semula 13, ketika kasus tersebut mencuat.

Menyusul informasi tersebut, kini aparat mengkhawatirkan bahwa jumlah orang yang terperangkap mungkin jauh lebih banyak dari angka awal.

"Penambang lain hilang dan dia harus berada di tambang itu. Namanya adalah Abdul Kalam Sheikh. Dia berasal dari Magurmari di perbukitan Garo Barat. Ini sekarang menjadi 14. Kami mencoba untuk memastikan apakah ada lebih banyak orang yang terperangkap," kata Inspektur Polisi Sylvester Nongtnger, seperti dikutip dari NDTV, Selasa (18/12/2018).

Para penambang terjebak di dalam gua sejak Kamis 14 Desember 2018, saat hujan deras selama lebih dari empat jam, membuat parit besar yang berada di lokasi tambang tidak kuat menampung aliran air.

Akibatnya, luapan air memasuki daratan di kedua sisi parit, termasuk yang menyasar ke arah "lubang tikus" di dekatnya.

Puluhan petugas penyelamat dari Dinas Tanggap Bencana India terus berupaya memompa keluar air dari lubang tambang liar tersebut. Hingga berita ini ditulis, hal itu belum membuahkan hasil. Belum ada tanda-tanda kehidupan dari para korban.

Pada Senin 17 Desember, aparat mengerahkan tim penyelam dari National Disaster Response Force (NDRF) untuk menyelam ke air sedalam 21 meter. Namun, tim penyelam hanya mampu mencapai kedalaman 9 meter.

Sebuah tim ahli dari firma Coal India.ltd juga ikut membantu proses pencarian.

Namun dalam lima hari terakhir, tim penyelamat hanya dapat menemukan tiga helm yang diduga digunakan oleh para korban saat memasuki tambang sebelum terperangkap.

Sejak awal proses pencarian, aparat mengerahkan tiga pompa untuk menyedot air keluar. Pemerintah akan menambah jumlahnya untuk meningkatkan efektifitas operasi.

Sementara itu, NDRF meningkatkan kapabilitas upaya pencarian mereka, dengan telah mengerahkan penyelam berperangkat SONAR dan lampu berkaliber tinggi.

"Air masih mengalir di dalam tambang, yang telah menjadi rintangan terbesar. Kami juga tidak menyadari berapa banyak saluran yang ada di dalam tambang karena tidak ada peta yang tersedia. Ini membuat operasi sangat menantang," kata SK Shastri, komandan batalion 1 NDRF India kepada NDTV.

"Ruang di luar poros tambang sangat sempit. Perhatian utamanya adalah untuk memompa keluar air terlebih dahulu," tambahnya.

Batalion yang dipimpin oleh Shastri telah melakukan banyak operasi yang sukses di masa lalu, tetapi, kasus yang satu ini adalah yang paling sulit.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Praktik Terus Berlanjut Meski Dilarang

Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Otoritas hukum India melarang penambangan batubara secara liar di Meghalaya, terutama yang membentuk "lubang tikus" karena berisiko.

Larangan tersebut mulai berlaku pada 2014, setelah aktivis lingkungan menuduh para penambang liar bertanggung jawab atas pencemaran air yang parah di sekitar lokasi tambang.

Namun, praktik ini terus berlanjut, dengan penduduk setempat secara ilegal mengekstraksi batubara di bawah tanah, dengan membuat akses lubang tikus yang berbahaya.

Akses itu melibatkan penggalian lubang di sisi bukit, dan kemudian menggali terowongan horisontal berdiameter kecil ke dalam tanah untuk mencapai lapisan batu bara.

Sedikitnya 15 penambang tewas setelah mereka terperangkap di dalam lubang-lubang tikus yang tergenang banjir di lokasi lain di Meghalaya pada 2012. Seluruh jasad mereka tidak pernah ditemukan hingga saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo: Manusia Jangan Takut dengan Robot

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan di era yang serba teknologi, masyarakat tak perlu khawatir bila pekerjaannya digantikan oleh robot.

Justru, ujarnya, kita harus sigap menyiapkan diri untuk bisa menguasai teknologi.

"Kita perlu menyiapkan diri untuk menguasai teknologi terutama di erat saat ini yaitu era Revolusi Industri 4.0. Tidak perlu takut untuk digantikan oleh robot karena pekerjaan yang bersifat intelligence itu akan tetap dilakukan oleh manusia," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Senin (17/12/2018)

Pria yang karib disapa Chief RA tersebut juga mengungkap fakta di mana Indonesia masih kurang memiliki SDM yang terampil di bidang digital. Karena itu, pihaknya menyiapkan program Digital Talent Scholarship.

"Ini untuk menghasilkan SDM yang sesuai standar internasional. Termasuk ke depannya teknologi robotik," katanya.

Dalam acara yang digelar Pusat Robot Indonesia untuk mengenalkan Robot Service Artificial Intelligence itu, Rudiantara membuka acara secara resmi dengan menekan tombol pada robot Alice yang mampu berkomunikasi.

Ada lima robot yang diluncurkan hari ini dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada robot yang memiliki kemampuan mengantarkan makanan, pelayanan pelanggan (customer service), pemetaan lokasi, hingga pendamping belajar.

Robot Bakal Gantikan Separuh Pekerjaan Manusia pada 2025

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Prediksi mengenai fungsi robot yang kian canggih di masa depan, memang sudah banyak dibahas.

Terbaru, ada laporan dari World Economic Forum (WEF) yang menyebut robot ternyata dapat menggantikan hampir separuh pekerjaan.

Dikutip dari The Guardian, Kamis (20/9/2018), menurut WEF, ada 133 juta pekerjaan yang tercipta karena perkembangkan teknologi. Namun, 75 juta pekerjaan tersebut tidak akan dilakukan oleh manusia.

Laporan WEF ini menunjukkan bahwa teknologi baru seperti robot, memiliki kemungkinan mengganggu dan menciptakan pekerjaan baru.

Fase ini sama seperti saat adanya industri revolusi yang dimulai dengan mesin uap dan listrik.

Adapun studi dilakukan dalam bentuk survei kepada sejumlah eksekutif perusahaan yang mewakili 15 juta pekerja dari 20 negara berbeda.

Kendati demikian, Ketua WEF Klaus Schwab menyebut laporan tersebut bukan merupakan kesimpulan terakhir.

Oleh sebab itu, laporan ini mengungkap ada tantangan mendesak bagi pekerja untuk melakukan pelatihan ulang, termasuk membuat perlindungan bagi pekerja yang kemungkinan terancam.

"Ini adalah seruan untuk pemerintah, pebisnis, pendidik, dan pribadi untuk sama-sama mengambil keuntungan dari kesempatan yang makin cepat tertutup untuk menciptakan masa depan pekerjaan yang lebih baik untuk semua," tulis Schawab dalam studi tersebut.

Laporan juga sejalan dengan sejumlah pernyataan petinggi perusahaan yang mengklaim lebih dari setengah pekerjaan di dalam perusahaannya dapat digantikan robot pada 2025.

Beberapa pekerjaan yang dimaksud adalah akuntan dan layanan data kepegawaian.

Sebelumnya, WEF juga sempat merilis laporan dengan hasil serupa pada tahun lalu. Saat itu, laporan menyorot otomatisasi yang terjadi di sejumlah industri akan mengancam pekerja di bidang pertambangan hingga perusahaan teknologi informasi.

Bukti Kalau Robot Tak Ancam Karyawan Jadi Pengangguran

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Kendati demikian, tidak seluruh sepakat dengan pandangan bahwa robot akan menggantikan manusia. Firma konsultan PwC, baru saja merilis laporan teranyarnya yang menyatakan peluang kerja baru justru akan muncul dengan kemajuan perkembangan robot.

Mereka mencontohkan penerapan robot dan kecerdasan buatan di Inggris malah akan menggantikan beberapa pekerjaan, seperti transportasi atau manufaktur.

Di situ, kecerdasan buatan akan menciptakan setidaknya 38 persen pekerjaan transportasi dan 30 persen manufaktur.

Akan tetapi, di sektor lain, kecerdasan buatan justru menciptakan lapangan kerja. Contohnya di sektor kesehatan, kecerdasan buatan akan menciptakan 34 persen pekerjaan di sektor pekerjaan. Dia hanya mengambil alih 12 persen pekerjaan manusia di sektor ini.

"Secara absolut, sekitar tujuh juta pekerjaan akan diproyeksikan pindah ke kecerdasan buatan. Tapi, kecerdasan buatan akan membuat 7,2 juta pekerjaan baru. Jadi, ada 200 ribu pekerjaan baru yang akan dibuat oleh AI," tulis laporan tersebut.

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD) mengatakan, ada 14 persen pekerjaan di negara anggota OECD yang terganti dengan robot tahun ini.

PwC dan OECD mengatakan sektor yang akan diuntungkan dari kecerdasan buatan adalah pendidikan, pekerjaan yang berkaitan dengan teknis dan sains, akomodasi dan jasa makanan, serta informasi dan komunikasi. Alasannya, pekerjaan ini lebih kompleks dan tugasnya lebih khusus.

Sementara, sektor yang mendapatkan pengaruh buruk dari kecerdasan buatan adalah keuangan dan asuransi, ritel, konstruksi, administrasi publik, transportasi, serta manufaktur.

Kecerdasan Buatan Bakal Kuasai Dunia pada 2045

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Ray Kurzweil, Director of Engineering Google, dikenal sebagai sosok yang selalu akurat dengan berbagai prediksi teknologi.

Dari 147 prediksi yang ia lontarkan sejak 1990 silam, hampir semua terbukti benar. Prediksi terbaru Kurzweil ini berkutat pada isu kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) yang bakal menguasai dunia dalam waktu 28 tahun lagi, lebih tepatnya pada 2045.

Kurzweil mengungkap, dalam kurun waktu 28 tahun ke depan, kecerdasan buatan akan berkembang dan hadir dalam beberapa 'wajah'.

Salah satu yang bakal kentara adalah robot berbasis kecerdasan buatan. Dengan demikian, ia menyebut singularitas antara kecerdasan buatan dan manusia akan semakin dekat seiring berkembangnya teknologi.

"Singularitas akan terjadi secara utuh pada 2045. Nanti, pada 2029 komputer juga akan memiliki tingkat kecerdasan setara dengan manusia," ujar Kurzweill dalam wawancaranya dengan SXSW seperti dilansir Futurism, Rabu (11/10/2017).

"Ini bukan skenario masa depan, tetapi kenyataan. Sekarang saja kecerdasan buatan sudah memimpin beberapa platform. Ia bekerja seperti otak, menghubungkan berbagai perangkat pintar dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia," sambungnya.

Berbeda dengan beberapa petinggi perusahaan teknologi yang khawatir akan dominasi kecerdasan buatan di dunia, Kurzweil justru merasa tidak demikian. Malah, ia mengaku tak sabar menanti 'ledakan' singularitas di masa depan.

"Singularitas adalah kesempatan bagi umat manusia untuk bekerja lebih baik. Yang sebenarnya terjadi sekarang kan kecerdasan buatan memberikan tenaga kepada kita, membantu kita, memudahkan semua," papar Kurzweil.

"Mereka juga membuat kita lebih pintar. Kecerdasan buatan mungkin tak ada di dalam badan kita, tapi mulai 2030 saya yakin mereka bisa menghubungkan neocortex kita--bagian otak manusia yang bekerja untuk berpikir--ke cloud," ujarnya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Ulama Malang Meninggal Saat Ceramah

Posted: 17 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang ulama, KH Buchori Amin meninggal dunia saat memberikan ceramah di Pondok Pesantren Al Islahiyah Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontrak Wanna One Habis 31 Desember 2018, tapi...

Posted: 17 Dec 2018 08:52 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Perjalanan Wanna One, grup yang terbentuk dari ajang Produce 101 Season 2, kini telah mendekati akhir. Swing Entertainment, agensi yang menaungi Yoon Ji Sung dkk, telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai berakhirnya kontrak Wanna One.

Sebelum pengumuman ini dikeluarkan, ramai spekulasi yang menyebutkan bahwa Wanna One akan memperpanjang kontraknya. Ada pula isu yang mengatakan bahwa sebagian anggota Wanna One akan memperpanjang kontraknya, sementara yang lain kembali ke agensi masing-masing.

"Halo, ini Swing Entertainment. Kami mengumumkan bahwa 31 Desember 2018, adalah tanggal kontrak Wanna One dijadwalkan berakhir," tutur perwakilan Swing Entertainment, seperti dilansir dari Soompi, 18/12/2018).

Namun, bukan berarti penggemar akan melihat kesebelas anggota Wanna One untuk terakhir kalinya pada 31 Desember. Pasalnya, Kang Daniel cs masih akan memiliki kegiatan bersama hingga Januari 2019 mendatang.

Perjalanan Baru

Wanna One. (Foto: soompi.com)

"Selama periode setelah kontrak berakhir, kami akan menyelesaikan aktivitas resmi Wanna One seperti acara penghargaan dan diakhiri dengan konser pada Januari mendatang," tutur perwakilan Swing menambahkan.

Terakhir, agensi ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Wanna One.

"Kamu berterima kasih kepada fans lokal dan mancanegara yang mencintai Wanna One, dan memohon dukungan dan apresiasi karena mereka menyelesaikan promosi mereka dan memulai perjalanan baru."

Gocheok Skydome

Sejak debut pada 2017, Wanna One memang sudah mencuri perhatian publik. Belum genap 1 tahun sejak debut, mereka sudah menyabet banyak penghargaan dan mempunyai banyak penggemar. (Foto: Soompi.com)

Swing Entertainment juga telah mengumumkan tanggal konser perpisahan Wanna One di akun media sosial resminya. Konser bertajuk "Wanna One Concert Therefore" ini akan diselenggarakan pada 24-27 Januari 2019 di Gocheok Skydome, Seoul.

Venue ini, adalah tempat yang sama dengan konser showcase perdana saat Wanna One debut pada 7 Agustus 2017 lalu.

Konser perpisahan Wanna One (Twitter WannaOne_twt - https://twitter.com/WannaOne_twt/status/1074877030901006336)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hancur Akibat Perang, Masjid Bersejarah Kota Mosul Kembali Dibangun

Posted: 17 Dec 2018 08:51 PM PST

Sisa-sisa menara miring

Sisa-sisa menara miring

Orang-orang menghadiri upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan kembali Masjid Agung al-Nuri di Mosul, 16 Desember 2018. Bangunan bersejarah ini hancur tahun lalu dalam pertempuran sengit antara pasukan Irak dengan ISIS. (Zaid AL-OBEIDI/AFP)

Orang-orang menghadiri upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan kembali Masjid Agung al-Nuri di Mosul, 16 Desember 2018. Bangunan bersejarah ini hancur tahun lalu dalam pertempuran sengit antara pasukan Irak dengan ISIS. (Zaid AL-OBEIDI/AFP)

Upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan kembali Masjid Agung al-Nuri yang ikonik di Kota Tua Mosul, 16 Desember 2018. Bangunan bersejarah ini hancur tahun lalu dalam pertempuran sengit antara pasukan Irak dengan ISIS. (Zaid AL-OBEIDI/AFP)

Upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan kembali Masjid Agung al-Nuri yang ikonik di Kota Tua Mosul, 16 Desember 2018. Bangunan bersejarah ini hancur tahun lalu dalam pertempuran sengit antara pasukan Irak dengan ISIS. (Zaid AL-OBEIDI/AFP)

Sebuah batu yang diletakkan untuk menandai dimulainya pembangunan kembali Masjid Agung al-Nuri di Mosul, 16 Desember 2018. Bangunan bersejarah ini hancur tahun lalu dalam pertempuran sengit antara pasukan Irak dengan ISIS. (Zaid AL-OBEIDI/AFP)

Sebuah batu yang diletakkan untuk menandai dimulainya pembangunan kembali Masjid Agung al-Nuri di Mosul, 16 Desember 2018. Bangunan bersejarah ini hancur tahun lalu dalam pertempuran sengit antara pasukan Irak dengan ISIS. (Zaid AL-OBEIDI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikap The Fed Bikin Rupiah Menguat ke 14.480 per Dolar AS

Posted: 17 Dec 2018 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa ini. Sentimen sikap The Fed itu dampaknya lebih besar terhadap pasar valas di dalam negeri. 

Mengutip Bloomberg, Selasa (18/12/2018), rupiah dibuka di angka 14.561 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.580 per dolar AS. Menjelang siang, penguatan rupiah berlanjut ke level 14.481 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.480 per dolar AS hingga 14.561 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,84 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di level 14.523 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.617 per dolar AS.

Analis Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail, mengatakan bahwa mata uang dolar AS cenderung bergerak melemah terhadap hampir semua mata uang dunia, termasuk rupiah seiring ekspektasi pasar terhadap sikap Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) yang dovish.

"Jelang rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada pekan ini, ekspektasi pasar semakin kuat bahwa The Fed akan memberikan arah kebijakan moneter yang kurang agresif atau dovish pada 2019 menyusul melambatnya pertumbuhan ekonomi AS," katanya dikutip dari Antara.

Sentimen sikap The Fed itu dampaknya lebih besar terhadap pasar valas di dalam negeri. Sentimen negatif dari dalam negeri yakni mengenai naiknya defisit neraca perdagangan Indonesia November 2018.

"Rupiah kemungkinan akan bergerak di kisaran 14.500 per dolar AS hingga 14.550 per dolar AS dengan peluang menguat," katanya.

Analis Valbury Asia Futures, Lukman Leong, mengatakan bahwa sebagian pelaku pasar uang masih merespons positif fundamental ekonomi nasional sehingga rupiah mengalami apresiasi terhadap dolar AS.

"Pasar masih merespons data ekonomi seperti terjaganya inflasi, cadangan devisa meningkat, serta sejumlah paket kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah," ujarnya.

Jokowi: Jangan Kaget Kalau Rupiah Terus Menguat

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan terus menguat. Itu didukung dengan berbagai sentimen positif yang telah dibangun perlahan oleh pemerintah.

"Saya sangat berbahagia sekali bahwa satu tahun belakangan ini konsolidasi sektor fiskal, moneter, dan pelaku-pelaku usaha industri pasar itu berjalan dengan baik. Konsolidasi seperti ini kalau terus dilakukan akan membuahkan hasil yang konkret," ucapnya di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, pada Senin 3 Desember 2018.

Menurut Jokowi, pemerintah akan terus mengoptimalkan potensi domestik untuk merespons ketidakpastian global. Terutama dalam upayanya mengatasi pelebaran defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

"Kita juga kan produsen terbesar kelapa sawit di dunia, produksi CPO kita 42 juta ton per tahun. Ini kita usahakan hilirisasi untuk Biosolar 20 (B20). Kita wajibkan penggunaannya, berapa juta ton yang bisa kita hemat. Setelah itu kita akan mengejar b80 lalu b100. Sekali lagi, ini akan mengurangi CAD karena impor solar bisa dikurangi dan dihilangkan," ujarnya.

"Kemudian pembangunan infrastruktur. Selama 4 tahun terakhir ini, kita melihat, kita telah banyak membangun baik airport, pelabuhan, jalan tol, pembangkit listrik, banyak sekali," ia menambahkan. 

Kata Jokowi, upaya-upaya tersebut dalam rangka membangun kepercayaan (trust) kepada para investor.

"Kalau hal seperti ini bisa kita kerjakan. Ini jadi pondasi kita untuk bersaing dengan negara-negara maju. Dan setelah infrastruktur, kita akan masuk ke pembangunan Sumber Daya Alam (SDA). Butuh sekolah vokasi yang membutuhkan standard internasional, upgrade anak-anak muda kita," ungkapnya.

Jokowi pun menekankan, dengan maraknya sentimen positif baik dari sisi internal maupun eksternal (global) yang kini datang, maka hal tersebut akan membentuk rupiah untuk semakin menguat.

"Jadi yang kita bangun adalah trust, kepercayaan. Kita mengelola fiskal sangat hati-hati. Yang saya dengar arus modal sudah kembali masuk, jadi jangan kaget kalau dolar nanti turun terus," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Honda: Marc Marquez Pembalap MotoGP yang Nyaris Sempurna

Posted: 17 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Cervera - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyanjung Marc Marquez usai kerjasama musim perdana mereka di MotoGP berjalan sukses. Puig terkesan dengan cara kerja dan talenta yang dimiliki pembalap asal Spanyol tersebut.

Puig mengaku baru setahun belakangan ini benar-benar menyaksikan performa Marc Marquez dari dekat. Dia menilai, Repsol Honda akan sangat sulit mendominasi MotoGP tanpa pembalap sekelas Marc Marquez di tim mereka.

Mantan manajer pribadi Dani Pedrosa ini memprediksi Marc Marquez masih akan berkembang pesat, mengingat usianya baru menginjak 25 tahun. Puig tak sabar melihat aksi pembalap MotoGP berjuluk The Baby Alien itu selama bertahun-tahun mendatang.

"Tak ada yang sempurna, tapi dia (Marquez) cukup dekat. Kesempurnaan adalah usaha menjadi yang terbaik, dan dia sempurna," terang Puig, kepada La Vanguardia, seperti dilansir Motorsport.

"Seberapa jauh dia mampu lebih baik lagi? Dengan tahun-tahun di depannya, dia masih memiliki ruang untuk berkembang," kata pria berusia 51 tahun ini.

Belajar dari Kesalahan

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig (Foto: Solomoto)

Menurut Puig, Marquez pembalap yang mau belajar dari kesalahan sehingga kariernya terus meningkat. Puig menyatakan, faktor itulah yang membuat juara dunia balap motor tujuh kali itu berbeda dengan pembalap lain.

"Marquez berevolusi. Saya tidak pernah melihat pembalap papan atas mau mengakui kesalahan. Marc justru sebaliknya, dia tahu kapan melakukan kesalahan dan dia belajar dari sana. Dalam kehidupan, Anda belajar dari kesalahan, dan Marc melakukannya," beber Puig.

5 Gelar MotoGP

Marquez telah lima kali menyabet gelar juara dunia di kelas MotoGP. Sementara di kelas Moto3 dan Moto2, pembalap kelahiran Cervera, Katalan ini masing-masing mengoleksi satu gelar juara dunia. 

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPPTKG: Guguran Lava Gunung Merapi Tidak Berpotensi Jadi Lahar Dingin

Posted: 17 Dec 2018 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, guguran lava Gunung Merapi yang terjadi Minggu, 16 Desember 2018 malam tergolong kecil. Guguran lava ini tidak berpotensi menjadi lahar dingin.

Lahar dingin adalah lava yang bercampur dengan air dingin atau lumpur dingin

Saat ini, lanjut Hanik, volume kawah Merapi mencapai 10 juta meter kubik. Sedangkan untuk volume kubah lava di Merapi baru mencapai 350 ribu meter kubik, dengan pertumbuhannya hanya sekitar 2-3 ribu meter kubik per harinya.

"Tidak ada potensi (lahar dingin Gunung Merapi). Jadi bukan sesuatu hal yang luar biasa (guguran lava), dan pertumbuhan kubah lava juga masih rendah kan. Masih sekitar 2 ribu, 3 ribu per hari. Jadi belum ada perubahan aktivitas yang signifikan," kata Hanik, Senin, 17 Desember kemarin.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik, dan paling penting tidak gampang percaya pada isu yang tak jelas sumber dan kebenarannya.

"Sekali lagi, ini volumenya kecil sekali. Saya ingatkan bahwa pertumbuhan kubah lava Merapi (biasanya) 20 ribu meter kubik per hari, ini hanya 3 ribu. Bahkan 2016 itu sampai ratusan ribu meter kubik per hari. Jadi artinya ini masih sangat kecil," tutup Hanik, seperti dilansi dari Antara.

Masih Akan Terjadi

Gunung Merapi memuntahkan abu vulkanik terlihat di Cangkringan, Yogyakarta, (1/6). Gunung Merapi kembali meletus mengeluarkan abu mencapai ketinggian sekitar 6 kilometer (4 mil) dan berlangsung dua menit. (AP Photo/Slamet Riyadi)

Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida di Yogyakarta juga mengatakan, guguran itu masih akan muncul selama masih ada pertumbuhan kubah lava di gunung teraktif di Indonesia itu.

"Selama kubah lava masih tumbuh, guguran masih akan terjadi," kata Hanik, Senin (17/12/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arti Penghargaan Internasional Bagi Marion Jola

Posted: 17 Dec 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Marion Jola kembali menorehkan prestasi di dunia musik, tidak tanggung-tanggung, kali ini Lala, panggilan akrabnya, menjadi pemenang dalam kategori 'Best New Asian Artist Indonesia' di 2018 MAMA (Mnet Asian Music Awards) yang baru saja berlangsung di Dongdaemun Design Plaza, Seoul, Korea Selatan, 10 Desember yang lalu.

Marion Jola yang juga menjadi salah satu penampil dalam acara tersebut mengaku tidak menyangka sama sekali bisa mendapat penghargaan internasional, apalagi usia karir musik profesionalnya belum genap setahun.

Di bawah bendera Universal Music Indonesia, Marion Jola merilis single debutnya bersama Rayi Putra berjudul "Jangan'" ciptaan Lale Iman Nino, pada 8 Juni 2018.

Single "Jangan" berhasil menduduki berbagai tangga lagu tanah air dan video klip nya sudah ditonton lebih dari 36 juta kali di kanal Youtube. Kemudian pada 20 September 2018, Lala kembali memanjakan penggemarnya lewat single "So in Love".

 

Lengkap

[Marion Jola saat menerima piala penghargaan di MAMA 2018/ Foto: Potongan tayangan MAMA 2018]

"Aku bersyukur banget kepada Tuhan Yesus atas berkatnya, terima kasih untuk keluargaku, tim, manajemen aku Star Media Nusantara, Label aku Universal Music Indonesia, dan semua yang ada dibalik lagu Jangan, terima kasih juga untuk semua Lavers diluar sana yang selalu mendukung aku, dan yang tidak kalah penting, terma kasih 2018 MAMA!" ucap Lala, sapaan akrabnya, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Menjadi pemenang 'Best New Asian Artist Indonesia' seolah melengkapi pencapaian dirinya yang baru saja mendapatkan penghargaan musik tertinggi tanah air dalam kategori 'Pendatang Baru Terbaik – Terbaik' Anugerah Musik Indonesia 2018 beberapa bulan yang lalu.

Menariknya 'Best New Asian Artist' baru dikategorikan pada gelaran MAMA tahun ini dengan beberapa pemenang dari negara lain yang juga diumumkan pada kesempatan tersebut.

 

Motivasi

Marion Jola

"Pokoknya terima kasih banyak atas penghargaannya, suatu kehormatan untuk aku bisa berdiri disini bersama bintang-bintang besar lainnya. Aku benar-benar bahagia dan bersyukur banget, so Thank You again, I love you all," tambahnya.

Mendapat penghargaan internasional tak lantas membuat dirinya jemawa. Menurut Lala hal ini justru menjadi motivasi bagi dirinya untuk selalu belajar dan bisa terus menghasilkan karya terbaik dalam industri musik tanah air maupun dunia.

"Yang pasti, aku ngga akan berhenti sampai sini. Penghargaan yang aku dapat itu jadi tanggung jawab aku untuk terus membuktikan bahwa memang aku layak untuk mendapatkan gelar ini dengan menghasilkan karya yang lebih baik dan lebih baik lagi," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Pengaruh China, India Kucurkan Dana Senilai Rp 20,2 Triliun ke Maladewa

Posted: 17 Dec 2018 08:39 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Pemerintah India menawarkan bantuan senilai US$ 1,4 miliar (setara Rp 20.3 triliun) ke Maladewa untuk pembangunan infrastruktur, termasuk sistem air dan pembuangannya.

Menurut para analis, kebijakan India itu berupaya melawan dominasi China di Maladewa dan mengurangi tekanan terhadap utang kepada Tiongkok yang kian besar.

Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan bantuan, yang mencakup campuran pinjaman lunak, pertukaran mata uang dan jalur kredit, setelah pembicaraan di sela-sela kunjungan Presiden Maladewa Ibrahim Mohamed Solih, awal pekan ini.

Dikutip dari The Straits Times pada Selasa (18/12/2018), PM Modi mengatakan pada hari Senin bahwa dia telah berdiskusi dengan Presiden Solih tentang keinginan India untuk memperdalam hubungan baik dengan Maladewa.

Pertemuan di India merupakan kunjungan resmi pertama Solih ke luar negeri sejak dilantik sebagai presiden Maladewa pada November lalu.

Sejak itu, Maladewa perlahan menjauh dari China, yang kian menekan di balik pemberian utang jutaan dolar AS.

Pemerintah Maladewa sebelumnya, yang dipimpin oleh Abdulla Yammen, telah mempererat hubungan ke China dengan mengorbankan jalinan relasi panjang terhadap India.

Namun, dalam konferensi pers pada Senin 17 Desember, Modi seakan lupa terhadap apa yang telah dilakukan Maladewa sebelumnya. Dia memilih menyampaikan tanggapan positif terhadap kunjungan Solih.

"India akan selalu bersama Anda. Saya senang mengumumkan bahwa untuk pembangunan sosial dan ekonomi Maladewa, kami menyediakan US$ 1,4 miliar dalam bentuk dukungan anggaran, pealihan mata uang, dan konsensi," jelas Modi dengan bangga.

Pernyataan bersama yang dirilis setelah pembicaraan kedua pemimpin negara mengatakan bantuan akan diberikan kepada "berbagai bidang kerja sama pembangunan, termasuk keterlibatan sektor swasta dalam pembangunan perumahan dan infrastruktur, sistem air dan pembuangan kotoran di pulau-pulau terpencil, kesehatan, pendidikan dan pariwisata".

Maladewa, sebuah kepulauan dengan lebih dari 1.192 pulau atol dan populasi 400.000 orang, terletak strategis di tengah Samudra Hindia dan telah menjadi pusat adu pengaruh antara China dan India.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Mengembalikan Hubungan Baik dengan India

Ibrahim Mohamed Solih (ketiga dari kiri) dan Faisal Naseem berhasil memenangkan pemilu Maladewa secara mengejutkan pada Minggu, 24 September 2018 (AP/Mohaed Haruhaan)

Secara tradisional, Maladewa selalu mendahulukan kebijakan pro-India. Namun, ketika negara kepulauan itu dipimpin oleh Abdulla Yameen, pengaruh China semakin diterima secara luas, terutama karena besarnya bantuan pinjaman yang dijanjikan oleh Beijing.

China menghabiskan jutaan dolar AS untuk meningkatkan infrastruktur Maladewa. Proyek-proyek itu mencakup Jembatan Persahabatan China-Maladewa senilai US$ 200 juta (setara Rp 2,8 triliun) yang menghubungkan ibukota Male dengan bandara internasional di Pulau Hulhule.

Sementara itu, Solih telah mengisyaratkan bahwa dia akan mengembalikan hubungan baik dengan India, dan meninjau kembali keputusan yang diambil oleh rezim sebelumnya, termasuk penandatanganan perjanjian perdagangan bebas dengan China.

"Saya telah melakukan diskusi ekstensif dengan Perdana Menteri Modi tentang cara-cara untuk lebih meningkatkan hubungan yang kuat antara India dan Maladewa, serta menegaskan kembali komitmen bersama kami untuk demokrasi, pembangunan dan perdamaian," jelas Solih.

Kedua negara juga sepakat untuk memperkuat kerja sama maritim di Wilayah Samudra Hindia "melalui patroli terkoordinasi dan pengawasan udara, pertukaran informasi dan pembangunan kapasitas".

Namun para analis mengatakan kehadiran China akan berlanjut di Maladewa, yang akan terus menyaksikan dua raksasa Asia saling berebut pengaruh.

"Seperti yang kita lihat di Sri Lanka, tidak ada satu pun proyek China yang dapat digulirkan. Beberapa di Maladewa telah selesai. Orang Tiongkok akan tetap tinggal, tetapi Maladewa akan lebih sensitif terhadap kepentingan keamanan India," kata S .D. Muni, seorang pakar Asia Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Indonesia Tidak Akan Punah, Memangnya Hewan Purba?

Posted: 17 Dec 2018 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin tidak percaya ucapan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto bahwa Indonesia bakal punah. Sebab, kata Ma'ruf, Indonesia bukan hewan purba.

"Indonesia tidak akan punah, memang hewan purba? Saya kira Indonesia ke depan makin kuat," kata Ma'ruf di rumahnya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Ketua Majelis Ulama Indonesia itu percaya Indonesia sudah ke arah yang benar selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Saat ini, kata Ma'ruf sudah tertanam tonggak-tonggak kepemimpinan yang baik.

"Tinggal pada waktu periode yang ke-2 itu memperbesar, menambah, dan melakukan penyesuaian-penyesuaian, dan membuat lompatan-lompatan lebih besar," kata Ma'ruf.

Di bawah kepemimpinan Jokowi, Ma'ruf Amin menyebut Indonesia tidak bakal punah. Dia bakal melanjutkan pembangunan yang ada jika terpilih.

"Karena itu kita yakin tidak akan punah, dan akan semakin kuat. Insha Allah 2024 kalau Pak Jokowi sama saya terpilih, bisa akan tinggal landas menuju kemandirian," kata Ma'ruf Amin.

"Apalagi dukungan relawan-relawan yang banyak, yang makin hari makin banyak lagi yang bergabung untuk memenangkan pasangan capres 01 Jokowi-Ma'ruf di 2019," tandasnya.

Peramal?

Sementara, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Arya Sinulingga menilai cara Prabowo Subianto menjalankan politik tidak sehat. Yaitu dengan menakuti masyarakat sampai menyebut Indonesia bakal punah bila dirinya tidak terpilih.

"Emang beliau siapa sampai bisa seperti itu? Peramal? Atau dukun? Kecuali memang dukun lah ya. Dukun pun dukun dari mana? Ini yang kita herankan gitu. Jangan lah kampanye-kampanye yang ga sehat seperti itu," ujar Arya.

Cara menakut-nakuti itu, kata dia mirip dengan Donald Trump dalam Pilpres AS 2016.

"Apa dasarnya bahwa Indonesia akan punah kalau beliau kalah. Ini kan hitungannya dari mana? Kita ini semua baik-baik aja, jangan menakut-nakuti lah. Kita berkembang dengan sangat baik juga Indonesia ini," ucapnya.

Politisi Perindo itu meminta tak perlu pemilu diisi dengan ketakutan dan sandiwara. Menurut Arya, masyarakat bakal makin kesal dengan sikap Prabowo.

"Pemilu itu ya yang sehat lah dan kita tahu masyarakat makin lama akan makin kesel gitu dengan sikap Pak Prabowo yang menunjukan bahwa indonesia akan hancur kalau beliau ga menang," pungkasnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdagang di Trotoar Jatinegara, PKL Menangis saat Ditertibkan Petugas

Posted: 17 Dec 2018 08:37 PM PST

Liputan6SCTV, Jakarta - Penertiban yang dilakukan Satpol PP terhadap trotoar di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, diwarnai tarik menarik barang dagangan antara petugas dengan pedagang kaki lima (PKL). Kendati pedagang memprotes penertiban, petugas mengangkut barang dagangan yang berada di fasilitas umum tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (18/12/2018), petugas tetap mengejar mereka terhadap PKL yang bersembunyidi sebuah lahan proyek. Petugas juga menegur mandor proyek yang membiarkan PKL bersembunyi di lahan proyek.

Saat peristiwa terjadi, ada seorang PKL yang menangis dan memohon agar gerobaknya tidak diangkut. Namun hal itu tidak menyurutkan petugas untuk menjalankan tugasnya. Terkait penertiban trotoar, Pemprov DKI juga akan melakukan langkah relokasi serta menyediakan tempat bagi PKL yang tidak mengganggu ketertiban umum.

Penertiban disekitar kawasan Jatinegara itu juga menyasar penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang berkeliaran. Tiga PMKS yang berada dibawah fly over, ditangkap petugas dan diserahkan ke Panti Sosial Bina Insan Cipayung, Jakarta Timur. Penertiban sesuai Perda DKI tentang ketertiban umum tersebut sebagai respon petugas dari laporan masyarakat. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atletico Madrid vs Juventus, Ronaldo Punya Catatan Bagus

Posted: 17 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Juventus akan menghadapi Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2018/19. Atletico merupakan musuh lama Cristiano Ronaldo semasa masih berseragam Real Madrid.

Ronaldo adalah eks mesin gol Real Madrid yang sejak musim ini telah berseragam Juventus. Selama masih memperkuat Real Madrid, superstar Portugal itu telah berkali-kali tampil dalam derby melawan Atletico.

Ronaldo juga punya catatan bagus melawan Atletico. Sepanjang kariernya, Ronaldo telah menyarangkan total 22 gol ke gawang Los Colchoneros.

Gawang Atletico adalah target terfavorit ketiga Ronaldo. Apakan tren positif ini akan terulang kala Ronaldo sudah berpindah klub?

 

 

Ronaldo vs Atletico

Aksi Cristiano Ronaldo melakukan duel udara kontra Young Boys pada laga lanjutan Liga Champions yang berlangsung di stadion Stade de Suisse, Swiss, Kamis (13/12). Juventus kalah 1-2 atas Young Boys. (AFP/Fabrice Coffrini)

Ronaldo telah mengukir 22 gol dalam 31 penampilan melawan Atletico di semua kompetisi. Itu termasuk empat gol dalam enam penampilan melawan mereka di Liga Champions.

Ronaldo mencetak satu gol untuk membantu Real mengalahkan Atletico 4-1 lewat extra time di final Liga Champions 2013/14. Dia juga mencetak hat-trick saat Real menang 3-0 pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2016/17 (agregat 4-2).

Cristiano Ronaldo vs Atletico:

Penampilan - 31

Menang - 15

Imbang - 8

Kalah - 8

Gol - 22

Lawan Favorit

Atletico adalah salah satu tim yang gawangnya paling sering dibobol oleh Ronaldo sepanjang kariernya (22 kali). Hanya melawan Getafe (23) dan Sevilla (27) dia telah mencetak gol lebih banyak.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Ingin Produsen Tingkatkan Nilai Tambah Batu Bara

Posted: 17 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menginginkan perusahaan batu bara tidak hanya menggali dan menjual saja, tetapi juga meningkatkan nilai tambah.

Jonan mengatakan, negara lain telah meningkatkan nilai tambah batu bara, di antaranya China mengubah batu bara menjadi bahan bakar jet sehingga harganya lebih murah ketimbang Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Untuk di China ini ada batu bara diubah jadi jet fuel sehingga kompetisinya akan jadi murah‎," kata Jonan, saat menghadiri IEA Coal Forecast to 2023, di kawasan binis Kuningan, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Menurut Jonan, di Indonesia bisa diterapkan peningkatan nilai tambah batu bara, dengan mengubah menjadi dimethyl ether (DME‎), untuk menggantikan bahan baku Liquified Petroleum Gas (LPG) yang saat ini sebagian berasal dari impor untuk memenuhi kebutuhan konsumi.

‎"Ini yang sederhana bikin DME dulu buat pengganti LPG," tutur dia.

Jonan‎ pun menegaskan, produsen batu bara Indonesia menerapkan peningkatan nilai tambah, sehingga tidak lagi melakukan galian lalu menjualnya di pasar dalam negeri maupun ekspor. 

"Saya enggak tahu, dulu waktu mulai usaha itu gali dan jual. Ini Perhapi ini gunanya apa? Orang enggak sekolah tambang saja bisa gali tambang. Ini yang penting sekali, harus ada nilai tambahnya," ujar dia.

 

100,37 Juta Ton Batu Bara Diserap di Dalam Negeri

Ilustrasi Foto Pertambangan (iStockphoto)

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, realisasi penyerapan batu bara dalam negeri (domestic market obligation/DMO) sampai akhir November sebanyak 100,37 juta ton. Mayoritas digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi pembangkit listrik.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan,‎ realisasi penyerapan batu bara di dalam negeri sampai November 2018 mencapai 88 persen dari target 2018 sebesar 114 juta ton.

"Saya yakin target tersebut bisa tercapai," kata Agung di Jakarta, Rabu 12 Desember 2018.

Agung mengungkapkan, batu bara dalam negeri paling banyak diserap sektor kelistrikan untuk bahan bakar pembangkit sebanyak 82,3 juta ton. Sedangkan sisanya untuk industri lain seperti tekstil, semen maupun briket sebanyak 18,07 juta ton.

"Mayoritas diserap sektor kelistrikan, sisanya digunakan industri tekstil, semen atau briket, tuturnya.

Menurut Agung,‎ alokasi batu bara dalam negeri berasal dari 25 persen produksi  perusahaan Pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) dan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

"PKP2B dan IUP diwajibkan menyisihkan 25 persen produksinya untuk DMO," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Surat Ancaman di Balik Insiden Pelemparan Batu Rumah Ruben Onsu

Posted: 17 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum selesai teror mistis yang dialaminya, Ruben Onsu kembali mendapatkan ancaman dari seseorang yang tak dikenal. Senin (17/12/2018) malam sekitar pukul 23.25 wib, rumah Ruben Onsu dilempari batu sehingga membuat kaca salah satu kamar pecah.

Ternyata dalam batu tersebut terdapat secarik kertas, yang berisi ancaman buat Ruben Onsu dan seisi rumah.

"Ada batu dan ada tulisan berupa ancaman buat Ruben Onsu," ujar Minola Sebayang, kuasa hukum presenter ini saat dihubungi melalui sambungan telpon, Selasa (18/12/2018).

Isi Ancaman

Ruben Onsu masih kuliah. (Instagram/ruben_onsu)

Namun sayangnya Minola Sebayang tidak bisa menjelaskan isi dari surat ancaman tersebut. Sebab saat ini polisi masih mendalami motif pengerusakan dan ancaman yang ditujukan kepada Ruben Onsu dan keluarga.

"Karena masih ditangani oleh pihak kepolisian, Polsek Pesanggrahan. Pak Kanit minta jangan dulu disampaikan. Masih penyelidikan," tambah Minola Sembayang.

Pemeriksaan Polisi

Saat ini pihak Ruben Onsu tengah menunggu tindak lanjut kepolisian terkait masalah ini. Rencananya polisi juga akan kembali menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), guna penyelidikan lebih lanjut.

"Kami masih menunggu dari kepolisian. Semalam sudah ada olah TKP, tapi rencananya hari ini ada olah TKP lagi. Tetangga akan ditanya juga soal kejadian semalam," papar Minola.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemakaman Yahudi di Prancis Dicoret-coret Lambang Nazi

Posted: 17 Dec 2018 08:30 PM PST

Sejumlah batu nisan dan monumen Holocaust yang dicoret-coret dengan simbol swastika nazi di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Aksi vandalisme ini diketahui dilakukan Selasa di pemakaman Yahudi Herrlisheim. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Sejumlah batu nisan dan monumen Holocaust yang dicoret-coret dengan simbol swastika nazi di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Aksi vandalisme ini diketahui dilakukan Selasa di pemakaman Yahudi Herrlisheim. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Seorang wanita berjalan di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12).  Aksi vandalisme ini dilakukan beberapa jam sebelum seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di pasar Natal Strasbourg. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Seorang wanita berjalan di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Aksi vandalisme ini dilakukan beberapa jam sebelum seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di pasar Natal Strasbourg. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Seorang pria melihat batu nisan yang dicoret-coret lambang swastika nazi di pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Pihak berwenang belum mengatakan apakah ada hubungan antara aksi vandalisme dengan serangan tersebut. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Seorang pria melihat batu nisan yang dicoret-coret lambang swastika nazi di pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Pihak berwenang belum mengatakan apakah ada hubungan antara aksi vandalisme dengan serangan tersebut. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Seorang wanita berjalan di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12).  Sebanyak 37 batu nisan dirusak dengan lambang swastika Nazi yang dicat semprot dan grafiti lainnya. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Seorang wanita berjalan di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Sebanyak 37 batu nisan dirusak dengan lambang swastika Nazi yang dicat semprot dan grafiti lainnya. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fokus Pertama Miss Universe 2018 Catriona Gray

Posted: 17 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Catriona Gray terpilih menjadi Miss Universe 2018. Setelah teprilih ia akan fokus pada penyebaran informasi tentang HIV/AIDS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program 20 Ribu Talenta Digital Indonesia Mulai Dilirik Swasta

Posted: 17 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menggelar program pendidikan sumber daya manusia (SDM) mumpuni di teknologi digital (talenta digital) untuk 20 ribu orang pada 2019.

Tahun ini, pendidikan talenta digital dimulai dengan 1.000 peserta, hal tersebut dilakukan untuk menyiapkan Indonesia guna menghadapi era revolusi Industri 4.0.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengungkapkan arti penting peningkatan kuantitas dan kompetensi SDM yang memiliki keahlian teknis agar mampu bersaing di era revolusi Industri 4.0.

Ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pun, menjadi perhatian serius Pemerintahan Kabinet Kerja.

"Isu nomor satu di Indonesia adalah masalah talenta SDM. Microsoft, Cisco, kesulitan mencari teknisi, Saya akhirnya membuat program Digital Talent Scholarship di Indonesia. Tahun ini, kita mulai dengan 1.000 peserta yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, " ungkap Rudiantara, saat berkunjung ke Binar Academy dan Techpolitan di The Breeze, BSD, Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.

 

Memperbaiki Produktivitas

Menkominfo Rudiantara. Liputan6.com/Andina Librianty

Menurut Rudiantara, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus berupaya untuk memperbaiki produktivitas, di antaranya melalui peningkatan kualitas tenaga kerja.

Salah satunya melalui peningkatan ketrampilan kerja dengan sertifikasi tenaga kerja yang dilatih.

"Bahkan, di pesantren-pesantren nantinya ada Balai Laithan Kerja, atau BLK untuk membekali para santri dengan keterampilan teknis," tutur pria yang karib disapa Chief RA ini.

Program Beasiswa Digital Talent (Digital Talent Scholarship) yang dikelola Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemkominfo, ditargetkan untuk mempersiapkan peserta menghadapi revolusi Industri 4.0.

Era tersebut membutuhkan SDM dengan bidang keahlian teknis keamanan siber (cyber security), komputasi awan (cloud computing), analisa data besar (big data analytics), kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan bisnis digital (digital business).

 

Sejalan dengan Beberapa Program Swasta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seusai menyambangi gedung KPK di Jakarta, Rabu (3/10). Menkominfo Rudiantara menyatakan kehadirannya untuk berdiskusi dengan KPK terkait barang bukti elektronik. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Program pemerintah itu sejalan juga dengan beberapa program pihak swasta, yang terus mengembangkan kiprahnya di dunia pendidikan khususnya teknologi.

Bahkan pihak swasta siap mendukung program pemerintah tersebut, dengan menyediakan talent pool bagi pengembangan SDM Digital.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan, hal tersebut senada dengan tujuan pemerintah dalam program 20 ribu orang talenta digital.

"Mengapa kami bilang jalan beriringan, sebab saat ini kami juga terlibat dalam membangun sarana dan prasarana untuk mendorong riset, inovasi produk dan startup berbasis digital technology," ujarnya.

 

Sillicon Valley Indonesia

Ilustrasi meeting startup generasi milenial (iStockphoto)

Hal itu dilakukan bersama ITB dan Kemenristekdikti, serta bisa dikolaborasikan dengan Kominfo.

Bahkan, saat ini sudah bekerja sama dengan Kemenristekdikti melalui Puspitek, dengan menyediakan lahan 15 hektar untuk membangun hilirisasi, pusat riset, inovasi serta startup, yang didukung puluhan universitas.

Apalagi BSD juga sedang membangun Digital Hub, sebuah kawasan "Silicon Valley-nya Indonesia", tempat berkumpulnya para perusahaan berbasis digital & beberapa talent pool untuk SDM di bidang digital seperti Apple Developer, Purwadhika IT School, Techpolitan, dan terakhir yang baru buka adalah Binar Academy yang kini semuanya berada di kawasan Green Office Park, BSD, Kabupaten Tangerang.

Di tempat yang sama, Irawan Harahap, selaku Digital Hub Project Leader, BSD City menerangkan, rencana perusahaan untuk menjadikan BSD City sebagai Silicon Valley di Indonesia sangat serius, dan untuk mewujudkan itu, perlu membangun sebuah ekosistem digital yang memadai, termasuk adanya talent pool.

"Oleh karena itulah, BSD bekerjasama dengan perusahaan perusahaan teknologi ternama seperti Apple dan Huawei, startup seperti Qlue dan Bilna, untuk membuka kantor di BSD City," pungkasnya.

(Pramita Tristiawati/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto Soal Perusakan Atribut PDIP dan Demokrat: Saya Tak Asal Bicara

Posted: 17 Dec 2018 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Wiranto menengaskan, adanya oknum partai yang merusak baliho dan atribut Demokrat dan PDIP merupakan hasil dari penyelidikan kepolisian berdasarkan bukti-bukti yang didapat.

"Saya sebagai Menko Polhukam tentu tidak sembarangan bicara, tapi berdasarkan laporan-laporan hasil penyelidikan aparat kepolisian di lapangan," kata Wiranto di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Informasi yang disampaikan tersebut, Wiranto melanjutkan, didapat dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui penyelidikan resmi kepolisian.

"Laporannya seperti itu, adapa adanya. Bukan saya ngarang," kata Wiranto.

Dari laporan yang dilansir tersebut, Wiranto berharap tidak ada asumsi yang berkembang di masyarakat terkait perusakan atribut partai tersebut.

"Tujuan saya adalah agar masalah ini segera tidak menjadi masalah, tidak berkembang lagi, biar polisi yang melakukan penyelidikan, diusut," ujar Wiranto.

Dia berharap dari penyelidikan tersebut dapat menjadi terang benderang persoalan yang sebenarnya terjadi. Sehingga, pesta demokrasi berjalan aman dan lancar.

"Pemilu ini bukan tempat memecah belah, konflik," kata Wiranto.

Sebelumnya, Wiranto menyebut oknum Demokrat dan PDIP terlibat dalam perusakan atribut kampanye Demokrat.

Dalam konferensi persnya, Wiranto didampingi Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

"Nah ternyata dari Pak Kapolri cepat sekali mengusut itu ternyata memang perbuatan oleh oknum-oknum tertentu, dari partai tertentu, baik partai PDIP maupun Demokrat ada. Oknum itu sudah ditangkap," kata Wiranto.

Wiranto menambahkan, pelaku bergerak atas inisiatif sendiri, sehingga bukan atas arahan pimpinan partai mereka. Ia menduga motif pelaku melakukan tindakan tersebut hanya untuk mencari perhatian dari pimpinan partai politik masing-masing.

 

Tantang Wiranto Buktikan Tudingan

SBY saat melihat baliho dan atribut Partai Demokrat yang dirusak. (dok Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat)

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean meminta Menko Polhukam Wiranto membuktikan pernyataan yang mengatakan baliho Demokrat dirusak oleh kadernya sendiri.

"Saya minta Wiranto membuktikan tuduhannya, jika tidak, ini adalah fitnah dan pencemaran nama baik," kata Ferdinand melalui keterangan tertulisnya pada merdeka.com, Selasa 18 Desember 2018.

Menurutnya tidak ada kader dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang melakukan hal semacam itu. Justru Ferdinand menilai saat ini ada indikasi kader Demokrat akan di kriminalisasi.

"Tidak ada kader Demokrat yang melakukan perusakan baliho. Yang ada saat ini kader kami justru ada indikasi akan dikriminalisasi," ungkapnya.

Ferdinand menilai kasus ini sengaja dipaksakan seolah-olah dilakukan oleh Partai Demokrat. Karena itu, ia menilai ucapan Mantan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) era Orde Baru itu tidak benar.

"Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada kader Demokrat yang melakukan perusakan balihoJustru saat ini kader kami ada indikasi akan dikriminalisasi merusak baliho caleg PDIP," ucapnya.

 

SBY: Seolah Memvonis PDIP dan Demokrat Bersalah

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi lokasi perusakan atribut Partai Demokrat di Pekanbaru, Riau, Sabtu (15/12/2018). (Ist)

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) tak setuju dengan pernyataan Menko Polhukam Wiranto terkait perusakan atribut partai di Riau. SBY sangat yakin tahu siapa dalang perusakan foto, baliho dan bendera partainya di Riau.

"Maaf, saya punya pendapat yang berbeda dengan Pak Wiranto (pemerintah). Perbedaan pendapat ini bukan kejahatan. Ini hak warga negara," tulis SBY dalam akun Twitter-nya, dikutip merdeka.com, Selasa (18/12).

SBY mengaku telah mencari kebenaran siapa pelaku utama perusakan alat peraga kampanye milik partainya. SBY tak ingin Demokrat dan PDIP sebagai pihak yang tersudutkan menjadi korban prilaku orang tak bertanggung jawab.

"Informasi & kesaksian di lapangan yang kami dapatkan, baik PDIP maupun PD bukanlah 'master-mind' & inisiator dari kasus perusakan atribut," tulis dia.

Dia pun menyayangkan pernyataan Wiranto yang menyebut perusakan atribut itu akibat ulah oknum dari Demokrat dan PDIP. SBY yakin kedua partai itu tidak terlibat.

"Kesimpulan politik yang salah (sementara proses hukum sedang berjalan) bisa rugikan nama baik PDIP & PD di musim kampanye ini," jelas SBY lagi.

Dalam cuitannya, SBY juga menyinggung Presiden Jokowi. Dia yakin orang yang tengah berkuasa itu tak turut campur dalam insiden ini.

"Saya yakin & tahu Presiden Jokowi tak memiliki keterlibatan apapun. Pengungkapan yang jujur & lengkap justru akan 'selamatkan' beliau," tutur SBY.

Dia menegaskan, Partai demokrat cinta damai. Tak berniat buat polarisasi. Dalam kasus ini, pihaknya hanya ingin mendapatkan keadilan.

"Justru dengan kesimpulan Menko Polhukam yang seolah 'memvonis PDIP & PD bersalah' kami akan gelar rapat Selasa, 18 Desember 2018," katanya.

"Setelah itu, kami akan sampaikan pernyataan pers (seperti yang disampaikan Menko Polhukam hari ini) agar diketahui rakyat Indonesia," tutup SBY.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Anggap Enteng, Manchester City Siap Kerja Keras Lawan Schalke

Posted: 17 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City tak akan anggap enteng Schalke, lawan mereka di babak 16 besar Liga Champions. Kepastian ini didapatkan usai pengundian 16 besar Liga Champions yang berlangsung Senin (17/12) malam WIB kemarin.

Laga tersebut memang baru dilangsungkan pada Februari 2019 nanti tetapi Manchester City harus mempersiapkan diri mulai sekarang.

Man City memang lebih diunggulkan di atas kertas. Kekuatan skuat Man City jelas jauh lebih baik dari komposisi skuat Schalke. Namun, direktur sepak bola Man City, Txiki Begiristain membantah anggapan tersebut.

Txiki dengan tegas mengatakan bahwa siapa pun lawan di fase gugur Liga Champions jelas merupakan lawan yang sulit, tak ada tim yang mudah. Melawan tim Jerman tak pernah mudah bagi tim-tim Inggris termasuk Manchester City.

 

 

Sangat Sulit

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, menyundul bola ke gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (7/4/2018). Manchester City takluk 2-3 dari Manchester United. (AP Photo/Matt Dunham)

Sebelumnya, Man City sudah melawan tim Jerman lainnya di fase grup musim ini: Hoffenheim. Pengalaman inilah yang membuat Txiki yakin laga kontra Schalke nanti akan berjalan sulit.

"Kami sudah sangat menderita melawan Hoffenheim di fase grup [dua kali menang dengan skor 2-1] dan kami tahu betapa sulitnya laga ini nanti," ungkap Txiki di Sky Sports.

"Mereka [Schalke] sedikit kesulitan di liga, mungkin karena mereka tampil sangat baik di Liga Champions."

Ambisi

Schalke finis di posisi kedua Grup D dengan 11 poin, di bawah FC Porto. Man City sendiri masih memiliki ambisi tinggi musim ini. Mereka berjanji akan tampil sebaik mungkin di Premier league.

"Kami tak bisa membiarkan mereka bermain cepat. Kami harus tampil bagus di kotak penalti dan berusaha mengontrol pertandingan. Kami akan mencoba menguasai bola."

"Kami senang dan percaya diri dan hal yang terpenting adalah kami akan mencoba melaju sejauh mungkin di kompetisi ini," sambungnya.

"Suatu hari nanti kami akan begitu dekat dengan Liga Champions - sesegera mungkin! Saya berharap waktu itu segera tiba."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SM Entertainment Mengenang Setahun Kepergian Jonghyun SHINee

Posted: 17 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Gangnam - Setahun telah berlalu setelah Jonghyun SHINee pergi untuk selamanya. Walau begitu sosok Jonghyun SHINee yang penuh bakat dan baik hati masih dikenang oleh penggemar serta orang-orang yang dulu dekat dengannya.

Jonghyun SHINee membuat dunia berduka saat ia meninggal pada 18 Desember 2018. Vokalis utama SHINee yang juga penyanyi solo itu menghembuskan nafas terakhir setelah tak mampu bertahan dari keracunan karbon monoksida yang dihirupnya untuk menghadiri hidup.

Member SHINee, Key, memposting sebuah video di akun Instagram-nya. Video itu diambil kala Key tengah berada di sebuah latihan untuk konser SHINee. Jauh di belakangnya ada Jonghyun dan Taemin yang tengah istirahat. 

Jonghyun tampak melihat ke arah kamera dan senyum-senyum. 

 

Fans Senang

Kabarnya comeback ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun SHINee yang ke-10. Tak hanya comeback, mereka juga akan menggelar fanmeet pada 27 Mei 2018 di Hwajeong Gymnasium. (Foto: Soompi.com)

Video tanpa caption yang diunggah Key ini membuat fans senang bisa melihat senyum Jonghyun lagi. Walaupun tetap sedih karena tak akan bisa lagi melihat indahnya senyum di wajah pelantun lagu "Lonely" itu.

Senin (17/12/2018), Shiny Foundation, yayasan yang didirikan oleh keluarga Jonghyun untuk membantu anak muda yang butuh bantuan di bidang seni, mengadakan 1st Shiny Arts Festivals dengan tema 'The Stories You Left Behind, The Stories We Will Continue to Write (cerita yang kamu tinggalkan, cerita yang kami lanjutkan) di SMTOWN Coex Artium. 

 

Taeyeon dan Yoona Hadir

Seperti dilansir dari Allkpop, sederet sahabat Jonghyun pun datang di acara tersebut. Tiga member SHINee (kecuali Onew yang sedang wajib militer), Taeyeon dan Yoona dari Girls Generation, serta Yeri Red Velvet hadir di acara festival untuk Jonghyun ini.

SM Entertainment juga mengunggah sebuah video untuk mengenang sosok Jonghyun yang berbakat. Video berisi foto-foto dari mendiang ini pun diakhiri dengan tulisan, 'Jonghyun. Kami mengenangmu. Kami akan mencintaimu selamanya. Dari keluarga SMTOWN'. (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: