Rabu, 05 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jaga Netralitas ASN, Bawaslu Gandeng Tim Cyber Crime Mabes Polri

Posted: 05 Dec 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat (Bawaslu Jabar) mengawasi ketat aktivitas aparatur sipil negara (ASN) jelang Pemilu 2019. Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan.

Dia menjelaskan, alasan pengawasan ketat tersebut lantaran pelaksanaan pesta demokrasi di Jabar terbilang banyak hingga menempati posisi tiga teratas. Menurut Abdullah, pemantauan akan dilakukan sampai media sosial atau medsos.

"ASN menempati posisi yang strategis dan berpengaruh terhadap jalannya pesta demokrasi. Di Pilgub Jabar (2018) saja, terdapat puluhan kasus pelanggaran yang melibatkan ASN, mulai pejabat pemerintahan hingga aparatur desa," ujar Abdullah, Rabu 5 Desember 2018.

Dia menilai, ASN harus tahu batasan dalam Pemilu, di antaranya tidak terlibat dalam tim pemenangan serta tidak mengambil tindakan atau keputusan yang dapat menguntungkan salah satu peserta Pemilu.

"Hingga secara personal tidak menunjukkan sikap politik, baik secara terbuka atau melalui simbol-simbol," ucapnya.

Abdullah mengaku, pihaknya juga bekerja sama dengan Tim Cyber Crime Mabes Polri memantau aktivitas ASN di media sosial untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak patut dilakukan ASN, seperti memunculkan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), ujaran kebencian, dan penyebaran berita bohong (hoaks).

Jika batasan-batasan tersebut dilanggar, lanjut dia, ASN harus siap-siap menerima sanksi sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, mulai dari sanksi pidana hingga sanksi kepegawaian.

Pihaknya pun menyatakan, siap merekomendasikan sanksi kepada Komisi ASN maupun Inspektorat bagi ASN yang melanggar.

"Jadi, bagi ASN yang melakukan satu tindakan tidak netral atau memberikan keuntungan kepada salah satu peserta Pemilu, maka akan terima konsekuensi yang sangat serius," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Perlu Partisipasi Pemilih

Wakil Ketua DPD RI. Darmayanti Lubis berharap seluruh alat kelengkapan memaksimalkan waktu yang ada untuk menyelesaikan rangkaian tugas.

Selain itu, Abdullah berharap pemahaman pentingnya partisipasi terhadap Pemilu dari kaum perempuan meningkat. Bukan hanya partisipasi dalam hal menggunakan hak pilih, tapi juga level partisipasi dalam melakukan fungsi pengawasan.

Menurutnya, problem besar kepemiluan adalah menghadapi politik transaksional atau politik uang. Pihaknya mengajak kaum perempuan untuk menolak praktik kotor sekaligus menemukan para pihak yang melakukannya.

"Perempuan dan organisasi organisasi perempuan yang memang memiliki satu struktur dan basis massa yang cukup besar. kita ingin bersinergi mewujudkan bahwa Pemilu ke depan yang bersih berkualitas," pungkas Abdullah.

 

Reporter : Aksara Bebey

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Sri Mulyani soal Harga BBM pada 2019

Posted: 05 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Nusa Dua - Pemerintah berjanji tidak akan membuat distorsi ekonomi besar terkait putusan besaran harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 2019.

Daya beli masyarakat, kesehatan fiskal negara dan Pertamina akan menjadi pertimbangan utama pemerintah dalam menentukan harga BBM tahun depan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani sadar, di tengah ketidakpastian global saat ini, ekonomi Indonesia bergantung besar salah satunya pada daya beli masyarakat. Konsumsi masyarakat sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi.

"Kita akan mencari keseimbangan. Keseimbangan Pemerintah Jokowi sekarang menjaga momentum daya beli masyarakat. Survei terakhir daya beli cukup solid," ujar dia di Bali, Kamis (6/12/2018).

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga mempertimbangkan kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nantinya. "Kita berusaha tidak membuat distorsi banyak," ujar dia.

Sebelumnya, ekonom Faisal Basri menyatakan siapapun presiden terpilih pada 2019, kenaikan harga BBM dan tarif listrik tidak bisa dielakkan. Menurut dia, jika Jokowi terpilih kembali, kenaikan akan dilakukan pertengahan tahun. Sementara, jika Prabowo terpilih, kenaikan terjadi di akhir tahun.

 

Reporter: Harwanto Bimo P.

Sumber: Merdeka.com

 

Pertamina Belum Berencana Turunkan Harga BBM Bersubsidi

Mesin pengisian ulang bahan bakar minyak di salah satu SPBU, Jakarta, Selasa (15/3). Pertamina menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) umum Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertalite Rp 200 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) belum berencana menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi. Padahal pemerintah telah memanggil Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut untuk menyesuaikan harga BBM nonsubsidi dengan kondisi harga minyak dunia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina belum menurunkan harga BBM nonsubsidi meski ada beberapa badan usaha lainnya yang telah menurunkan harga.

‎"Nanti saja (menurunkan harga)," kata Nicke, di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Pertamina akan mengambil keputusan penurunan harga di saat yang tepat. Keputusan tersebut merupakan aksi koorporasi karena BBM nonsubsidi. Dia pun tidak ingin cepat mengambil keputusan.

"Ya enggak apa-apa nanti saja, itu business decission. Kami akan mengambil keputusan di saat yang tepat," tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memanggil badan usaha penjual Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk membahas penurunan harga menyesuaikan dengan kondisi harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, ‎Kementerian ESDM telah mendapat komitmen penurunan harga BBM non subsidi, setelah memanggil badan usaha penjual BBM non subsidi yaitu PT Pertamina (Persero), AKR Corporindo, Shell Indonesia, Total Oil Indonesia, Vivo dan Garuda Mas.

Namun, penurunan harga tidak bisa langsung dilakukan, karena menunggu stok minyak yang dibeli sebelum harga turun. Dia pun belum bisa menyebutkan jadwal penurunan harganya.

"Saya sudah memanggil Pertamina, AKR, Shell, Total, Vivo, Garuda Mas. Kalau kapan tanya mereka masing-masing," tuturnya.

Menurut Djoko, pemerintah telah mengatur besaran keuntungan penjualan BBM non subsidi, yaitu maksimal 10 persen. Saat ini pihaknya sedang menunggu surat penetapan bes‎aran penurunan harga.

"Kalau ada kenaikan tidak boleh 10 persen, sekarang harga minyak turun, entah berapa mereka sedang hitung," tandasnya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Sukses Pangkas Penggunaan Kantong Plastik Hingga 80 Persen

Posted: 05 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Australia berhasil mengatasi isu lingkungan hidup. Dalam tiga bulan, negara tetangga Indonesia itu sukses mengurangi penggunaan kantong plastik hingga 80 persen.

Melansir New York Post pada Kamis (6/12/2018), dua jaringan supermarket terbesar di Australia, Woolworths dan Coles, mengumumkan larangan penggunaan plastik sekali pakai di toko mereka yang ada di Queensland dan Western Australian. Beberapa daerah juga telah menerapkan aturan tersebut.

Tasmania dan South Australia juga telah melarang penggunaan kantong plastik. Sementara, Victoria diperkirakan akan memberlakukan larangan ini pada 2019. Hanya New South Wales yang belum memiliki rencana peraturan tersebut. Padahal, wilayah itu merupakan yang terpadat penduduknya.

Larangan itu awalnya memang mendapat pertentangan dari masyarakat. Bahkan, seorang pembeli di Coles dilaporkan mengancam seorang karyawan dan menyerangnya karena masalah ini. Kejadian itu membuat pihak supermarket menerapkan pajak 11 sen untuk kantong plastik daur ulang berbayar.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Mencegah 1,5 miliar plastik mencemari lingkungan

Seorang pria memancing di pantai Laut Tengah di Beirut, Lebanon di antara berbagai sampah plastik. (AP)

Namun saat ini, banyak pembeli yang telah menyesuaikan diri dengan peraturan tersebut. Sebanyak 1,5 miliar plastik berhasil dicegah dari mencemari lingkungan.

"Pengecer berhak mendapatkan sejumlah besar pujian untuk memimpin salah satu perubahan paling signifikan terhadap perilaku konsumen dalam beberapa generasi. Kami juga menghargai para pembeli karena merangkul inisiatif lingkungan ini," ujar manager of industry policy di National Retail Association.

Larangan kantong plastik sendiri dilaporkan ReuseThisBag sudah berlaku setidaknya di 32 negara. Ada 18 dari negara tersebut terletak di Afrika.

Pada Juni tahun ini, Chili menjadi negara pertama yang melarang kantong plastik. Sementara di Amerika Serikat, California dan Hawaii menjadi satu-satunya negara bagian yang menerapkan larangan tersebut. Sementara, beberapa negara menerapkan program daur ulang atau penggunaan kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Jakarta, Judas Priest Siap Sapa Metalheads di Indonesia

Posted: 05 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Judas Priest siap mengguncang Jakarta. Rabu (5/12/2017), kelompok heavy metal legendaris asal Inggris itu tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangeran, Banten.

Judas Priest hadir full team, dengan formasi Rob Halford (vokal), Ian Hill (bass), Scott Travis (drum), Richie Faulkner (gitar), serta And Sneap yang mengisi tempat Glenn Tipton.

Judas Priest, yang total telah merilis 18 album akan menggelar konser dengan tajuk Judas Priest Live in Concert di Allianz Ecopark Ancol Jakarta. Gelaran konser bergengsi ini dipromotori oleh Rajawali Indonesia Communication.

"Judas Priest bersama seluruh tim telah mendarat di Jakarta. Saat kami sambut di bandara, mereka sangat terkesan bisa datang ke Indonesia," ujar Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia Communication.

Bagi Judas Priest ini rangkaian konser dunia terakhirnya dalam promosi album "Firepower" (2018) di Asia. Sebelum tiba di Indonesia, grup yang didirikan tahun 1969 ini terlebih dahulu menyapa penggemarnya di Singapura, Selasa (4/12).

Para metalheads dan penggemar Judas Priest di Indonesia pun dipastikan akan bisa menikmati hits-hits dari grup kesayangan mereka ini, yang kerap mereka bawakan di konser-konser mereka sebelumnya.

Sebut saja "Turbo Lover", "Metal Gods", "Breaking the Law", "Painkiller" serta lagu-lagu terbaru dari album Firepower, seperti "No Surender", "Lighting Striker", serta "Firepower".

Favorit Presiden Jokowi

Para personel Judas Priest saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (5/12).  (Riicom)

Judas Priest, yang sempat mendapat Grammy Award untuk lagu "Dissident Aggressor" pada 2010 ini merupakan salah satu grup metal favorit Presiden RI, Joko Widodo. Jokowi, bahkan sempat hadir menyaksikan konser mereka di Singapura, tahun 2012.

Untuk konser di Ancol sendiri, pihak Judas Priest dan promotor juga telah secara resmi mengundang Jokowi. Kabarnya, Presiden bakal berkenan hadir jika tidak bertabrakan dengan agenda kepresidenannya.

 

Persiapan Rampung

Sementara itu, Anas mengungkapkan semua persiapan untuk konser Judas Priest ini sudah hampir menginjak titik finalnya. Bahkan, untuk proses loading berbagai hal yang dibutuhkan saat konser besok sudah dieksekusi sejak minggu lalu, dansampai saat ini Ia bersama tim tidak menemukan kendala yang berarti.

"Begitupun dengan seluruh kebutuhan yang dibutuhkan oleh Judas Priest, semuanya sudah kami penuhi. Pokoknya mereka senang bisa berada di sini dan siap menggelar konsernya besok ," ungkap Anas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Klub Top Eropa Ini Perlu Pemain Baru di Bursa Transfer Januari

Posted: 05 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim dingin semakin mendekat. Klub-klub papan atas Eropa diyakini sudah memiliki rencana untuk menyambut momen tersebut.

Bursa transfer musim dingin biasanya dimanfaatkan klub-klup top Eropa untuk berbenah dengan mendatangkan pemain baru. Akan tetapi, tidak mudah untuk belanja pemain berkualitas pada bulan Januari.

Setiap klub tentunya enggan melepas pemain terbaiknya pada pertengahan musim. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau transfer musim dingin tidak seramai bursa musim panas.

Akan tetapi ada beberapa klub Eropa yang memang membutuhkan tambahan pemain pada Januari nanti. Hal itu tentu saja dimaksudkan untuk meningkatkan kekuatan skuat mereka.

Berikut ini lima klub yang membutuhkan tambahan pemain di bursa transfer musim dingin seperti dilansir Sportskeeda.

4. Tottenham Hotspur

Selebrasi para pemain Tottenham Hotspur. (AFP/Ian Kington)

Spurs secara mengejutkan tidak mendatangkan pemain selama bursa transfer musim panas. Meski punya skuat yang bagus, tidak dipungkiri bahwa Spurs masih butuh tambahan pemain. Kedatangan pemain baru bisa menambah kekuatan tim asuhan Mauricio Pochettino.

Mengingat Toby Alderweireld rentan cedera dan akan hengkang pada akhir musim, dan pemain seperti Hugo Lloris, Jan Vertonghen dan Moussa Dembele sudah berusia di atas 30, Spurs harus mengatasi masalah tersebut sehingga masa transisi mreka berlangsung dengan lancar. Setelah memenangkan 10 dari 14 pertandingan mereka di liga, Spurs harus bergerak untuk mencari pelapis yang cocok untuk Harry Kane dan pemain belakang mereka.

Spurs sudah dikaitkan dengan bek tengah Bournemouth, Nathan Ake yang tampil mengesankan di lini belakang Cherries sejak bergabung di tahun 2017. Namun, hanya waktu yang akan menjawab siapa yang bakal datang ke klub pada musim dingin.

3. Real Madrid

Real Madrid dinilai butuh mendatangkan pemain anyar musim dingin nanti. (AFP/Gabriel Bouys)

Real Madrid tidak melakukan belanja besar di musim panas. Kedatangan Mariano Diaz, Vinicius Jr. dan Alvaro Odriozola tidak mampu mengisi lubang besar yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo. Julen Lopetegui menjadi korban dan harus didepak dari Santiago Bernabeu.

Setelah Madrid menempati posisi kelima di La Liga dengan hanya mencetak 22 gol dan kebobolan 19 gol dalam hanya 14 pertandingan, pemain adalah kunci untuk membalikkan kekacauan. Pemain-pemain seperti Isco, Luka Modric, dan Gareth Bale kurang tampil maksimal dan beban mencetak gol yang hanya dibebankan kepada Karim Benzema.

Tanpa pelapis yang sepadan untuk Casemiro, pertahanan Madrid bisa ditembus dengan muda. Setelah hubungan antara Isco dan Solari dikabarkan merenggang, Madrid mungkin akan masuk bursa transfer untuk mendatangkan gelandang bertahan dan pencetak gol. Wonderkid Brahim Diaz sudah dikaitkan dengan Los Blancos dan bisa memicu kedatangan pemain lainnya di bursa transfer musim dingin.

2. Barcelona

Para pemain Barcelona merayakan gol. (AP Photo/Manu Fernandez)

Barcelona saat ini berada di puncak klasemen La Liga, tetapi jumlah kebobolan mereka musim ini cukup mengkhawatirkan. Tim Catalan sudah kebobolan 19 gol dan tiga gol lebih dari banyak dari Villarreal yang berada di peringkat 17. Cedera yang dialami pemain kunci seperti Samuel Umtiti mengakibatkan Barcelona hanya punya dua bek tengah di skuat seperti Gerard Pique dan Clement Lenglet.

Mengingat Barca hanya kebobolan 29 gol sepanjang musim 2017-18, Barca harus segera memperbaiki masalah tersebut. Kekalahan 4-3 dari Real Betis menunjukan bahwa Barcelona harus masuk ke bursa transfer.

Barcelona sudah dikaitkan dengan Branislav Ivanovic dan kapten Manchester City Vincent Kompany sebagai solusi jangka pendek untuk masalah di lini belakang mereka. Jika Barca bisa mendapatkan salah satu pemain tersebut, ia bisa menjadi pemain penting mereka untuk meraih kesuksesan.

1. Manchester United

Manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho dan Darmian (belakang). (Martin Rickett / PA via AP)

Sindrom musim ketiga kembali menyerang Jose Mourinho di Manchester United. Setelah pemain baru mereka Fred tampil mengecewakan, Mourinho harus menerima kenyataan kalau lini tengah dan lini belakang mereka cukup rapuh.

Setelah gagal mendatangkan Alderweireld dan Harry Maguire, The Special One harus mengandalkan pemain-pemain seperti Eric Bailly, Phil Jones dan Victor Lindelof. Berada di posisi ketujuh di Premier League, United sudah kebobolan 23 gol dan memiliki selisih gol -1 yang juga menunjukkan melempemnya lini depan mereka.

Meski Mourinho meraih hasil yang luar biasa melawan tim seperti Juventus dan Chelsea, dia harus mengatasi semua masalah yang muncul. Setan Merah dikabarkan siap memecahkan rekor dunia untuk bek Napoli Kalidou Koulibaly sedangkan Nathan Ake juga sudah dikaitkan dengan mereka. Setelah Alexis Sanchez terbukti menjadi pemain mahal yang gagal, ia harus belanja dengan bijak pada bursa transfer yang akan datang.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pelukan TGB dan Sandiaga di Bandara

Posted: 05 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang dan Cawapres Sandiaga Uno bertemu di Bandara. Keduanya berpelukan akrab walau berbeda pandangan politik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Xiaomi Ungkap Smartphone Kamera 48MP, Kapan Rilis?

Posted: 05 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi tengah mengembangkan teknologi kamera 'monster' untuk smartphone terbarunya.

Hal tersebut diungkap oleh co-founder sekaligus Presiden Xiaomi, Lin Bin, yang mengunggah smartphone beresolusi besar di media sosial Weibo.

Dia mem-posting cover belakang smartphone Xiaomi dengan label kamera 48MP dan menyatakan bakal dirilis pada Januari 2019. Bin mengaku telah menggunakan smartphone ini selama beberapa minggu.

"Dicoba selama beberapa minggu, tidak buruk! Dirilis pada bulan Januari," kata Lin Bin sebagaimana dilansir Slashgear, Kamis (6/12/2018).

Pada posting-an tersebut juga terlihat lampu kilat LED ganda dan lensa kamera besar di atasnya. Panel belakangnya tampak terbuat dari kaca.

Sayang, tidak terlihat secara detail apakah smartphone Xiaomi tersebut mengusung kamera ganda atau tidak. Namun kemungkinan besar akan mengadopsi kamera lebih dari satu.

Pakai Sensor Sony atau Samsung?

Kamera depan Xiaomi Mi A2 (Liputan6.com/ Yuslianson)

Xiaomi bukanlah satu-satunya vendor smartphone yang fokus pada kamera beresolusi monster. Sebelumnya, Nokia 808 PureView memiliki kamera dengan sensor 41MP dan Huawei Mate 20 Pro punya kamera 40MP (quad Bayer).

Sebagai informasi, saat ini cuma ada dua vendor teknologi yang memproduksi sensor semacam itu yaitu Sony dan Samsung.

Punya Banyak Piksel

Kamera Xiaomi Note 4

Sony IMX586 adalah sensor 48MP yang diumumkan pada Juli 2018. Ini adalah sensor berukuran 1/2 inci yang memiliki banyak piksel, masing-masing hanya berukuran 0,8μm.

Sementara Samsung Bright GM1 mengusung sensor 48MP sejak Oktober, yang juga memiliki banyak piksel berukuran 0,8μm. Demikian seperti dikutip GSM Arena.

Jenis sensor ini menggunakan pixel binnnig untuk meningkatkan kualitas gambar, tetapi jumlah pikselnya yang besar juga bisa melakukan zoom digital berkualitas tinggi.

Service Center Xiaomi Tak Lagi Terima Perbaikan Smartphone BM

Head of Xiaomi South Pacific Region dan Country Manager Indonesia, Steven Shi, ketika peluncuran Redmi Note 5, Selasa (18/4/2018). Liputan6.com/ Andina Librianty

Di sisi lain, Xiaomi mulai mejalankan langkah untuk membendung peredaran smartphone ilegal atau yang biasa disebut black market (BM).

Upaya ini dilakukan dengan cara tidak lagi menyediakan layanan servis pada smartphone BM di Mi Authorized Service Center.

"Perusahaan menyatakan komitmennya untuk memerangi pendistribusian produk tidak resmi di Indonesia dengan tidak lagi menyediakan layanan purna jual untuk produk tidak resmi di seluruh pusat servis di Indonesia," kata Xiaomi dalam pernyataan yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (4/12/2018).

Sebelumnya, Xiaomi menegaskan komitmen masuk ke pasar Indonesia dengan memenuhi peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone 4G.

Gandeng Erajaya

Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Liputan6.com/ Yuslianson

Untuk menjalankan komitmennya, Xiaomi menggandeng perusahaan manufaktur dalam negeri PT Sat Nusapersada (Sat Nusa) untuk membantu merakit produknya yang dijual di Indonesia.

Tidak hanya itu, agar kian melebarkan sayap di Tanah Air, vendor Tiongkok inipun bekerja dengan Erajaya Group selaku distributor pemasaran Xiaomi sekaligus garansi resmi perangkat melalui PT Teletama Artha Mandiri (TAM).

Oleh karena itu, ketika konsumen membeli smartphone resmi Xiaomi, pengguna akan memiliki akses ke Mi Authorized Service Centers.

Jaminan yang diberikan selama 15 bulan dan jasa mail-in-centre terbaru untuk memastikan pengalaman pengguna dengan produk Xiaomi berjalan lancar dan tanpa masalah.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Habib Bahar bin Smith Saat Penuhi Panggilan Polisi

Posted: 05 Dec 2018 09:55 PM PST

Habib Bahar bin Smith dikerumuni awak media saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith dikerumuni awak media saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith tiba di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus video ceramah yang diduga menghina Presiden Jokowi dan viral di media sosial. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith tiba di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus video ceramah yang diduga menghina Presiden Jokowi dan viral di media sosial. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith dikerumuni awak media saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith dikerumuni awak media saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith tiba di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus video ceramah yang diduga menghina Presiden Jokowi dan viral di media sosial. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Habib Bahar bin Smith tiba di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus video ceramah yang diduga menghina Presiden Jokowi dan viral di media sosial. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Daftar Hasil Tes SKD CPNS 2018 di 7 Kementerian

Posted: 05 Dec 2018 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) masih terus berlangsung dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dari berbagai instansi pusat maupun daerah.

Sampai dengan 4 Desember kemarin, tercatat 540 instansi yang terdiri dari kementerian, pemerintah daerah, berbagai badan dan lembaga, mengumumkan terkait tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Terkini, berikut daftar link 7 kementerian yang baru-baru ini mengumumkan hasil tes SKD bagai para peserta CPNS 2018.

1. Kementerian Perindustrian

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemenperin. 

2. Kementerian Kesehatan

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemenkes.

3. Kementerian Sosial

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemsos.

4. Kementerian Perdagangan

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemendag.

5. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemenko Bidang Perekonomian.

6. Kementerian Hukum dan HAM

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemenkumham.

7. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Klik di sini untuk melihat hasil di Kemendikbud.

Pada pengumuman, peserta CPNS diharapkan agar teliti memeriksa lokasi tempat melakukan tes, serta jadwal masing-masing sesi.

Perhatikan pula jadwal berlangsungnya tes dan waktu kapan harus tiba di lokasi tes, sebab keterlambatan bisa membuat peserta gugur. 

Badan dan Instansi Lainnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham melihat panduan pengisian jawaban sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berikut beberapa daftar kementerian dan instansi yang telah mengumumkan hasil SKD: 

Klik di sini untuk melihat pengumuman KY. 

Klik di sini untuk melihat pengumuman Kementerian KKP.

Klik di sini  untuk melihat pengumuman Kemensetneg.

Klik di sini untuk melihat pengumuman Kementerian ESDM.

Klik di sini untuk melihat pengumuman Kementerian BUMN.

Klik di sini atau di sini untuk melihat pengumuman Kemenkumham.

Klik di sini atau di sini  untuk melihat pengumuman Kementerian Luar Negeri.

Klik di sini untuk melihat pengumuman Perpustakaan Nasional. 

Klik di sini untuk melihat pengumuman Badan Narkotika Nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Kate Middleton Tiru Gaya Berbusana Meghan Markle

Posted: 05 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton mencoba gaya baru dalam berpenampilan yang merupakan style favorit adik iparnya, Meghan Markle. Namun, ibu tiga anak tersebut tetap menambahkan ciri khasnya dalam berbusana.

Biasanya, Kate bakal tampil dalam potongan gaun, rok, dan jaket panjang. Tapi, dalam beberapa kesempatan, perempuan 36 tahun tersebut mulai terlihat bermain dengan busana yang dikenakan. Seperti saat kunjungan dalam rangka menyebarkan semangat Natal di keluarga militer di Siprus bersama Pangeran William.

Kate Middleton tampak memakai belt bersama dengan celana berpotongan lebar warna hitam yang dipadukan baju putih dan blazer hijau olive. Dilansir dari people.com, Kamis (6/12/2018), busana itu dipadankan dengan heels dan clutch merek L.K. Bennett.

Sebelumnya, busana kasual ini pernah diperlihatkan Kate dengan memakai nazy blazer di tahun 2011 saat berangkat menuju tur ke Kanada. Blazer yang sama juga dipakai Kate saat London Olympics tahun 2012 and Commonwealth Games di Glasgow, pada 2014.

Perihal hijau olive, Duchess of Cambridge sudah beberapa kali memakai fashion item berwarna demikian. Kali pertama Kate memakai jaket hijau olive adalah saat keluarganya kembali dari kunjungan ke Kanada di tahun 2016.

Di beberapa kesempatan, busana Meghan Markle dan Kate Middleton tampak sangat kontras. Namun, di waktu lain, kedua mantu keluarga Kerajaan Inggris tersebut bisa sangat kompak.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eddie Murphy Sambut Anak ke-10

Posted: 05 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Eddie Murphy tengah berbahagia lantaran di usianya ke-57 tahun dirinya masih dikaruniai seorang bayi laki-laki. Anaknya ini menjadi anggota keluarganya ke- 10.

Bayi laki-laki yang diberi nama Max Charles Murphy lahir dengan berat tiga kilogram. Eddie Murphy memberi nama tengah bayinya sama dengan mendiang kakaknya, Charlie Murphy, yang meninggal tahun lalu karena leukemia.

Ini merupakan anak Eddie Murphy dengan tunangannya, Paige Butcher. Sebelumnya, mereka telah dikaruniai anak perempuan bernama Izzy, kini berusia dua tahun.

 

6 Tahun

Eddie Murphy dan Paige Butcher (AFP/Bintang.com)

Pemain film Dr Dolittle ini sudah sejak 2012 menjalin asmara dengan Paige Butcher. Namun, keduanya baru-baru ini mengubah statusnya menjadi tunangan.

Sebelumnya, Eddie Murphy pernah menikah dengan Nicole Mitchell pada 1993. Sayangnya, pada 2006 mereka bercerai.

 

5 Anak

Eddie Murphy memiliki anak pertama dari Paulette McNeely bernama Eric yang kini berusia 26 tahun. Setelah itu ia dikaruniai anak kedua dari hubungannya dengan Tamara Hood, anak keduanya bernama Christian kini berusia 25 tahun. (AFP/Bintang.com)

Dari pernikahan tersebut, Eddie Murphy memiliki lima anak. Namun, anak pertama Murphy justru lahir dari kekasihnya, Paulette McNeely yang diberi nama Eric Murphy, kini berusia 29 tahun.

Eddie Murphy juga sempat menjalin asmara dengan salah satu personel Spice Girls, Mel B pada 2006 hingga 2007.

Pada 2008, ia kembali dekat dengan seorang wanita bukan dari kalangan selebritas, melainkan pebisnis, Tracey Edmons.(Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Inneke Koesherawati dan Sepak Terjangnya di Lapas Sukamiskin

Posted: 05 Dec 2018 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fahmi Darmawansyah suami dari artis cantik Inneke Koesherawati, dua kali terlibat kasus korupsi. Dalam kasus terbaru, suami Inneke Koesherawati ini terlibat suap kepada Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husein, ia menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, pada Rabu (5/12/2018). 

Suami Inneke Koesherawati ini disebutkan menikmati fasilitas mewah selama menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin. Fasilitas mewah tersebut didapat suami Inneke Koesherawati ini dengan memberikan 'hadiah' fantastis kepada Wahid Husen yang saat itu menjabat Kalapas Sukamiskin. 

Fahmi Darmawansyah diberikan keleluasaan selama menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin. Selain fasilitas mewah di sel, suami Inneke Koesherawatiini membangun ruang khusus berupa bilik asmara untuk para warga binaan lapas melakukan hubungan suami istri.

Hal itu terungkap dalam sidang perdana eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen yang digelar di ruang tipikor Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Rabu (5/12/2018).

Berikut apa saja yang diberikan Fahmi pada Wahid Husen agar dapat sel penjara seperti sebuah apartemen seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/12/2018).

Suap 2 Mobil dan Uang Ratusan Juta dan Ribuan Dolar

1. Suap 2 Mobil

KPK menangkap Wahid Husen karena diduga telah menerima suap berupa mobil jenis Mitsubishi Triton Exceed warna hitam dan 1 unit Mitsubihi Pajero Sport Dakkar warna hitam dari suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawangsa.

"Diduga pemberian dari Fahmi tersebut terkait fasilitas sel atau kamar yang dinikmati oleh Fahmi dan kemudahan baginya untuk dapat keluar masuk tahanan (Lapas Sukamiskin)," terang Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. 

Pasca tertangkapnya Wahid, posisi pelaksana harian Kalapas Sukamiskin langsung diisi Kepala Divisi Lapas Kanwil Kemenkumham Jabar Alfi Jahrin.

2. Uang Ratusan Juta dan Ribuan Dolar

Di kediaman Wahid, tim KPK mengamankan uang Rp 20.505.000, USD 1.410, catatan-catatan penerimaan uang dan dokumen terkait pembelian dan pengiriman mobil. Sementara dari rumah stafnya, Hendry Saputra, KPK menyita uang Rp 27.255.000.

Dari sel suami Inneke Koesherawati yang digeledah, pada Sabtu (21/7/2018) dini hari, penyidik KPK juga menemukan Rp 139.300.000 dan catatan sumber uang. Semua uang itu untuk bisa merasakan sel tahanan bagaikan seperti di dalam rumah.

Sel Mewah dan Perlakuan Berbeda

 3. Sel Fahmi dari Hasil Suap 

Layaknya apartemen, itulah kesan pertama saat penyidik KPK melihat sel napi khusus kasus korupsi di Lapas Sukamiskin yang dihuni suami Inneke Koesherawati.

Dalam video seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (22/7/2018), terlihat kamar terpidana korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla, Fahmi Darmawangsa dilengkapi fasilitas pendingin udara (AC), televisi, rak buku, lemari es, dan kamar mandi dengan toilet duduk.

Tak ketinggalan spring bed dan washtafel juga melengkapi fasilitas di sel suami Inneke Koesherawati ini. Video tersebut ditayangkan dalam konferensi pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang dilakukan di Lapas Sukamiskin.

4. Harga Sel Mewah Lapas Sukamiskin

Jual beli sel tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung sebenarnya telah lama terjadi. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, tarif sel mewah berkisar Rp 200-500 juta. 

"Sejauh ini informasi yang kami peroleh, tarif berkisar Rp 200-500 juta. Jadi, jika sudah menempati ruangan lalu mau nambah apa lagi, ada (biaya) tambahan lagi," ujar Saut dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018). Saut meyakini, bisnis kotor tersebut tidak hanya terjadi di sel Fahmi Darmawangsa.

5. Dapat Perlakuan Berbeda 

Selain membeli sel tahanan dengan harga ratusan juta rupiah, Lapas Sukamiskin juga memberi perlakuan berbeda pada napi koruptor dan narapidana umum. Para narapidana bisa keluar masuk Lapas Sukamiskin jika memberi uang pelicin.

Inneke Koesherawati Ditangkap KPK dan Ditetapkan Sebagai Saksi

Inneke Koesherawati ditahan oleh Komisi Pemberantan Korupsi (KPK), terkait kasus suap Lapas Sukamiskin. Istri terdakwa korupsi Fahmi Darmawasyah ditangkap di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018) dini hari.

Selain Inneke Koesherawati, lima orang juga diamankan oleh KPK terkait kasus yang sama yakni Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, beserta istri. Hendri JFU driver kalapas, Fahmi Darmawansyah (suami Inneke Koesherawati), dan Ander (Napi Tipikor tamping Fahmi). 

Dari keenam orang yang diamankan, KPK menetapkan empat orang tersangka. Lantas, bagaimana status Inneke Koesherawati dalam kasus tersebut?

"Sementara ini masih ditetapkan sebagai saksi," ujar Thony Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK saat rillis kasus suap Lapas Sukamiskin di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018).

Pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap Inneke Koesherawati, lantaran ia dicurigai ikut membantu dalam kasus suap tersebut. Terlebih suaminya, Fahmi telah ditetapkan menjadi tersangka.

"Kita masih mencurigai adanya keterlibatan IK dalam kasus ini," pungkas Laode M Syarief.

KPK Ingin Koruptor Ditahan di Nusakambangan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengkaji membuat lembaga pemasyarakatan (lapas) khusus para narapidana korupsi. Bahkan, KPK ingin para terpidana korupsi itu ditahan di Lapas Nusakambangan.

Hal ini disampaikan menyusul terungkapnya praktik suap yang terjadi di Lapas Sukamiskin terkait izin keluar masuk dan fasilitas mewah untuk para narapidana korupsi. 

"Kayaknya (Lapas khusus) perlu dikaji. Bahkan kami di KPK dan Pak Saut kalau bisa di (Lapas) Nusakambangan saja sekalian," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief saat dikonfirmasi, Minggu (22/7/2018).

Menurut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang praktik dugaan suap pengadaan fasilitas mewah bagi para koruptor bukanlah hal baru di Lapas Sukamiskin.

Hal itu, kata dia terlihat dari penjelasan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen saat diperiksa oleh penyidik KPK. 

"Kalau kita melihat bagaimana kronologi terjadinya seseorang yang mendapat dua mobil itu prosesnya itu, kalau lihat dari cerita yang kita pantau dari kemarin pagi sampai hari ini memang ada kesan itu sudah terbiasa," jelas Saut.

Saut berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi di lapas atau rutan manapun. Saut menilai sistem tata kelola penjara harus diperbaiki agar peristiwa tersebut tak terulang kembali. 

"Diharapkan ke depan ini tidak terulang lagi. Tetapi kalau tata kelola penjara yang baik seperti apa, kita memberikan masukan," ucap dia.

Sebelumnya, KPK menemukan kamar-kamar mewah bagi narapidana kasus korupsi. Selain itu, KPK juga menemukan adanya sel yang penghuninya sedang tidak berada di dalam Lapas, yakni Fuad Amin dan Tubagus Chaeri Wardana.

Atas kejadian tersebut, KPK menetapkan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen sebagai tersangka. Selain Wahid, KPK juga menetapkan orang kepercayaan Wahid bernama Hendri Saputra, dan dua narapidana yang diduga sebagai penyuap, yakni Fahmi Darmawansyah dan Andre.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri: Penjual Blangko E-KTP Online Anak Mantan Pejabat

Posted: 05 Dec 2018 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arief Fakrulloh mengaku telah mengantongi identitas penjual blangko e-KTP online. Ia mengungkapkan, pelaku adalah anak dari eks pejabat di daerah.

Zudan menjamin tak ada penjebolan terhadap sistem di Dukcapil. Hal ini masuk kategori pidana umum.

"Ada seorang anak mengambil blangko yang dibawa oleh anaknya yang kebetulan Kepala Dinas Dukcapil di Kabupaten Tulang Bawang Lampung. Ayahnya sekarang sudah pensiun. Ini blangko yang dicetak Februari dan dikirim ke daerah pada Maret," kata Zudan di dalam Rapat Komisi II, Kamis (6/12/2018).

Di tempat yang sama, Menteri Dalan Negeri Tjahjo Kumolo mengaku tidak sulit untuk mengidentifikasi pelaku. Pihak kepolisian juga tengah memproses kasus tersebut.

"Karena udah terdata lengkap, ayahnya sudah ketangkap, anaknya sudah ketangkap, yah Pak Dirjen juga lapor ke Kepolisian," ucapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini menegaskan kasus itu adalah tindak pidana. Dia juga membantah bahwa ada kerusakan pada sistem pangkalan data e-KTP Kemendagri.

"Ada berita yang menyatakan bahwa sistem database kita hancur, berita tersebut tidak benar, yang benar adalah ada anak oknum pejabat dukcapil di Lampung mencuri 10 kartu untuk dijual, ini merupakan tindak pidana," ucapnya.

 

Penjualan Online

Sebelumnya, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali berhasil mengungkap kasus yang berindikasi pidana berupa Penjualan Blangko e-KTP secara online. Kejadian serupa juga pernah terjadi pada Juli lalu.

Zudan mengatakan, pengungkapan ini diawali dengan indivasi yang diperoleh dari media tentang beredarnya blangko KTP-el yang diperjualbelikan melalui pasar online. Kemudian dilakukan penelusuran melalui koordinasi dengan perusahaan pencetak blangko e-KTP dan dengan toko penjual online.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Gelar Persemayaman Nasional Terakhir untuk Presiden George HW Bush

Posted: 05 Dec 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Upacara persemayaman nasional terakhir untuk mendiang Presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush, telah digelar pada Rabu 5 Desember 2018 di National Cathedral di Washington DC.

Eulogi (pidato pemakaman) utama disampaikan putra mendiang, Presiden ke-43 AS George W Bush, yang menggambarkan almarhum sebagai "pria bijaksana dan ayah terbaik", demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/12/2018).

Semua presiden AS yang masih hidup, hadir dalam upacara persemayaman nasional itu, mulai dari Presiden ke-39 Jimmy Carter, Presiden ke-42 Bill Clinton, Presiden ke-44 Barack Obama, dan Presiden ke-45 Donald Trump.

Dalam pidatonya, George W Bush mengatakan ayahnya telah mengajarinya bahwa "pelayanan publik itu mulia dan perlu".

"Dia menerima kegagalan adalah bagian dari menjalani kehidupan yang utuh, tetapi mengajarkan kita untuk tidak pernah didefinisikan oleh kegagalan. Dia menunjukkan kepada kita bagaimana kemunduran dapat membuat kita kuat," ujarnya.

Suaranya mengharu di akhir pidato, George W Bush berkata, "Seorang pria yang hebat dan mulia, ayah terbaik yang bisa dimiliki seorang putra atau putri."

Pangeran Wales, Kanselir Jerman Angela Merkel, Raja Yordania Abdullah II, dan mantan perdana menteri Inggris John Major termasuk di antara tokoh-tokoh dunia yang hadir di sana untuk memberi penghormatan.

Sejarawan presiden, Jon Meacham menggambarkan Bush senior sebagai "tentara-beralih-ke-negarawan" terakhir bagi bangsa AS. Ia menceritakan bagaimana pengalaman Bush senior sebagai pilot AL AS semasa Perang Dunia II dan bertahan hidup setelah pesawatnya ditembak jatuh di Pasifik.

"Hidupnya adalah upaya abadi untuk membuktikan dirinya laik menerima keselamatannya pada pagi yang jauh itu (saat Perang Dunia II)," katanya.

Mantan Perdana Menteri Kanada Brian Mulroney memuji peran George HW Bush dalam menavigasi akhir Perang Dingin.

"Ketika George Bush menjadi presiden Amerika Serikat, setiap kepala pemerintahan di dunia tahu bahwa mereka berurusan dengan seorang pria, pemimpin sejati, orang yang terhormat, teguh dan berani," katanya.

Mantan Senator Wyoming, Alan Simpson mengatakan, Bush memiliki kredo sederhana: "Apa yang akan kita lakukan tanpa keluarga dan teman?"

Rabu 5 Desember telah dinyatakan sebagai hari berkabung nasional - banyak kantor pemerintah dan bursa saham AS ditutup.

Setelah upacara pemakaman, peti jenazah George HW Bush yang terbungkus bendera dibawa dari katedral oleh petugas kehormatan militer dan kemudian diterbangkan ke Houston, Texas dan tiba pada 23.00 GMT.

 

Simak video pilihan berikut:

Dimakamkan Berdampingan dengan Barbara Bush

Presiden AS Donald Trump bersama mantan presiden Barack Obama, mantan presiden Bill Clinton dan mantan presiden Jimmy Carter menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan George HW Bush di Katedral Nasional Washington, Rabu (5/12). (AP/Alex Brandon, Pool)

Usai disemayamkan, Bush senior akan dimakamkan pada Kamis 6 Desember 2018 di negara bagian tanah kelahirannya, Texas, tepatnya di George HW Bush Presidential Library and Museum. Istrinya, Barbara, yang tutup usia lebih dulu pada delapan bulan lalu, juga dimakamkan di sana.

Pada akhir hayatnya, Bush senior telah menerima pengobatan penyakit Parkinson dan sempat dirawat di rumah sakit dengan infeksi darah pada bulan April.

Dia meninggal di usia 94 tahun di Houston, Texas, pada 30 November 2018 malam waktu setempat.

Pesawat kepresidenan AS akan diterbangkan dari Washington DC untuk membawa jasad mantan presiden Bush senior ke Houston untuk dimakamkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

78 Napi Lapas Banda Aceh Belum Kembali, Satu di Antaranya Pembunuh Sadis

Posted: 05 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Dari 113 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A Banda Aceh yang kabur pada Kamis, 29 November lalu, 34 di antaranya tertangkap saat lari, satu menyerahkan diri, sisanya masih berkeliaran.

Hingga saat ini, polisi terus menelusuri jejak 78 napi yang masih buron sejak peristiwa yang terjadi pada Magrib itu. Mereka sudah dimasukkan Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, mengatakan pihaknya juga sudah merilis sejumlah nama dan foto para napi yang kabur tersebut melalui media sosial, seperti Facebook, dan Instagram milik Polresta Banda Aceh.

Polresta Banda Aceh juga melakukan patroli demi mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan mengingat sisa napi yang kabur berpotensi menyebabkan terganggunya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Dan, tentunya itu juga ada tugas kepolisian, karena itu potensial menimbulkan gangguan kamtibmas, sehingga kita sebagai polisi tetap meningkatkan patroli dalam rangka mengantisipasi dan menemukan yang bersangkutan," ujar Trisno, kepada Liputan6.com, Kamis (6/12/2018) pagi.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Para saksi yang sudah diperiksa sebanyak 14 orang, seluruhnya berasal dari Lapas Kelas II A Banda Aceh.

"Fokusnya melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana yang dilakukan. Kita masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Sekitar 14 orang saksi dari petugas lapas," ujarnya.

 

Pembunuh Sadis Masih Buron

Ilustrasi Bebas Dari Penjara (iStockphoto)

Para napi yang berhasil ditangkap dan menyerahkan diri akan diperiksa untuk mendalami siapa sang dalang di balik peristiwa itu. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan siapa saja yang memprovokasi. Di dalam pemeriksaan awal, diduga provokatornya terdiri dari beberapa orang.

"Untuk mengungkap apakah terjadinya provokasi ada atau tidak. Dari hasil pemeriksaan awal, dimungkinkan diprovokasi oleh beberapa orang. Nanti akan kita buat penilaian dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan bukti-bukti yang ada," jelas dia.

Ada 35 napi yang sebelumnya diamankan di kantor polisi, saat ini sudah berada di lapas. Pengamanan dipusatkan di luar menyusul situasi di dalam lapas sudah kondusif saat ini.

"Kalau di dalam kemarin sudah kondusif, ya. Kalau di dalam sekarang kan tanggung jawab dari LP. Dari petugas Polri kita mengamankan di luar. Jadi, kita tidak terlibat di dalam," Trisno menandaskan.

Sebelumnya, 113 Napi Lapas Kelas II A Banda Aceh di Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, melarikan diri setelah menyerang sipir. Mereka melakukan aksinya, menjebol pintu dan jendela lapas, pada saat azan magrib berkumandang.

Di antara mereka dikabarkan, ada yang membawa senjata tajam (sajam) dan merampok sepeda motor milik seorang perempuan. Juga didengang-dengungkan, di dalam daftar napi yang kabur terdapat dua terpidana mati. Satu di antaranya diduga pembunuh sadis bernama Edy Syahputra (29), yang membunuh seorang nenek dan dua cucu di Aceh Barat Daya.

Mengenai napi buron, bertolak ke Kabupaten Aceh Barat, hingga saat ini, 12 dari 42 orang napi Lapas Kelas II B Meulaboh yang kabur pada 9 Mei 2012 lalu, hingga kini juga masih buron.

Peristiwa kaburnya 42 napi enam tahun lalu itu disertai dengan penyerangan terhadap sipir menggunakan pisau. Para napi juga menyerang dengan pisau dua napi lain yang mencoba menghalangi. Akibatnya, dua orang terluka saat itu.

Kalapas Kelas II B Meulaboh, Jumadi, kepada media mengatakan upaya pencarian masih terus dilakukan agar para napi tersebut dapat kembali melanjutkan sisa masa tahanan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelindo III dan DJP Resmikan Integrasi Data Pajak

Posted: 05 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Pelindo III (Persero) meresmikan Integrasi Data Perpajakan dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Langkah ini sebagai upaya mendukung program Integrasi Data Perpajakan dengan Direktorat Jenderal Pajak serta menindaklanjuti arahan Menteri BUMN, Rini M Soemarno.

Acara peresmian integrasi data berlangsung di hotel Sheraton, Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (6/12/2018). Peresmian dilakukan Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar sebagai Ketua Tim Integrasi Data Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Raden Setyadi Aris Handono. Dari Pelindo III diwakilkan Direktur Keuangan Iman Rachman.

Iman menyampaikan apresiasi atas bantuan DJP dalam mendukung dan menyukseskan program Integrasi Data Perpajakan PT. Pelindo III dengan DJP.

Irman berharap agar Pelindo lain yaitu I, II, dan IV dapat segera menyusul program Integrasi Data Perpajakan ini dengan DJP agar memudahkan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan yang lebih baik.

Sementara Aris Handono turut mengapresiasi langkah Pelindo III sebagai wajib pajak yang sudah melakukan Integrasi Perpajakan. Integrasi dikatakan bermanfaat untuk wajib pajak.

Integrasi Data Perpajakan ini dimulai dengan rapat koordinasi antara pihak dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KemenBUMN), dan DJP pada 26 Desember 2016.

Kementerian BUMN ikut memberikan dukungan terhadap rencana integrasi dan pertukaran data Perpajakan.

 

PT Pelindo III (Persero) meresmikan Integrasi Data Perpajakan dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dok DJP

Beberapa faktor yang melatar belakangi dukungan ini adalah karena pemegang saham terbesar di BUMN adalah pemerintah, sehingga seharusnya tidak terjadi kendala dalam hal permintaan data oleh DJP.

BUMN juga selayaknya menjadi barometer kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan. Terkait dengan pemenuhan kewajiban perpajakan, seharusnya cost of compliance Wajib Pajak BUMN rendah dengan minimnya sanksi administrasi perpajakan.

Dari rapat koordinasi tingkat tinggi tersebut akhirnya disepakati bahwa Kementerian BUMN sangat mendukung program Integrasi Data Perpajakan dengan DJP dan meminta agar BUMN segera melakukan Integrasi Data Perpajakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 2018, Pekan Terakhir Penentu Juara

Posted: 05 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juara kompetisi GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak harus ditentukan pada pekan ke-34 atau terakhir. Persija Jakarta dan PSM Makassar bersaing menjadi yang terbaik musim ini.

Dalam kompetisi Liga 1 2018 yang menyisakan satu laga lagi, Persija, yang berada di posisi teratas hanya memimpin satu poin atas PSM. Untuk alasan ini pula sejumlah laga pekan ke-34 digelar pada waktu yang bersamaan.

Namun, untuk klub yang tak terpengaruh pada hasil pekan terakhir, pertandingan digelar sehari lebih dulu. Empat partai yang dimainkan lebih dulu pada Sabtu (8/12/2018) yakni Bhayangkara FC vs Bali United dan Persib Bandung vs Barito Putera.

Lalu dua pertandingan lainnya di hari yang sama yaitu Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang dan Madura United kontra Persela Lamongan.

Pertandingan-pertandingan yang menentukan atau berpengaruh terhadap degradasi maupun juara berlangsung bersamaan. Berikut jadwal Liga 1 2018 pekan terakhir.

Jadwal Pekan Ke-34 Liga 1

liga 1

Berikut Jadwal Lengkapnya:

Sabtu (8/12/2018) Pukul 15.30 WIB

Bhayangkara FC vs Bali UnitedPersib Bandung vs Barito Putra

Sabtu (8/12/2018) Pukul 18.30 WIB

Persebaya vs PSIS SemarangMadura vs Persela Lamongan

 

Jadwal Lain

Minggu (9/12/2018)

Pukul 15.30 WIB

Borneo FC vs PS Tira

Persipura vs Perseru Serui

Arema FC vs Sriwijaya FC

Persija vs Mitra Kukar

PSM Makassar vs PSMS Medan

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Ingin Rujuk, Vicky Prasetyo Kini Mantap Ceraikan Angel Lelga

Posted: 05 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vicky Prasetyo sempat ingin mencabut gugatan talak cerainya terhadap Angel Lelga di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Hal itu karena dirinya mengaku masih cinta dengan wanita yang dinikahinya pada 9 Februari 2018 tersebut.

Namun, kini niatan itu sudah ia kubur dalam-dalam, semenjak Vicky Prasetyo menggerebek kediaman Angel Lelga yang diduga berselingkuh dengan aktor muda Fiki Alma‎n di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kini, Vicky Prasetyo ingin rumah tangganya dengan Angel Lelga segera berakhir.

"Pasti ya usai penggerebekan itu, Vicky semakin bulat menceraikan Angel. Karena ia tidak terima soal perzinaan yang dilakukan istrinya," kata kuasa hukum Vicky Prasetyo, Marlon, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). 

Segera Bercerai

Angel Lelga dan Vicky Prasetyo (Instagram/vickyprasetyo777)

Vicky Prasetyo menyampaikan kepada kuasa hukumnya agar secepat mungkin putusan cerai bisa didapatkan. Ditambah, Angel Lelga tak pernah hadir dalam persidangan.

"Pasti kami berupaya untuk mewujudkan keinginan klien kami (Vicky) untuk bercerai dari Angel. Tadi di dalam persidangan, kami memberikan bukti surat dan buku nikah kepada majelis hakim," ucapnya.

Saksi Memberatkan

(Instagram/vickyprasetyo777)

Rencananya di sidang selanjutnya, Vicky Prasetyo akan menghadirkan ‎saksi-saksi yang akan memberatkan Angel Lelga di persidangan. Sehingga persidangan bisa berjalan dengan cepat.

‎"Sidang selanjutnya (17/12/2018) kami akan membawa saksi dua orang. Tentu saksi ini akan memengaruhi hakim untuk bisa langsung memutus perkarakan gugatan cerai yang dibuat oleh Vicky," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Trump Jabat Tangan Obama, tapi Tidak dengan Clinton

Posted: 05 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kejadian unik terlihat saat Presiden Trump mendatangi acara penghormatan pada Presiden Bush. Trump hanya menyalami keluarga Obama, tapi tidak keluarga Clinton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: 5 Smartphone Termahal di Dunia 2018

Posted: 05 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lima (5) smartphone termahal di dunia, menjadi artikel paling hits di kanal Tekno Liputan6.com edisi Rabu (5/12/2018).

Selain artikel tersebut, ada dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian pembaca . Seperti lima (5) smartphone murah terbaik 2018 dan penyebab Google Maps tidak bisa dipakai di Korea Selatan.

Tanpa berpanjang lebar, langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. 5 Smartphone Termahal di Dunia 2018, Apa Saja?

Smartphone mungkin jadi salah satu barang wajib yang perlu dimiliki siapa pun di zaman sekarang ini. Orang pun biasanya membeli perangkat yang sesuai dengan kebutuhannya.

Namun demikian, ada saja perusahaan yang menghadirkan smartphone dengan harga sangat mahal yang terbuat dari bahan-bahan premium.

Batu berlian, safir, emas, perak, jadi bahan yang biasa dipakai pada smartphone-smartphone premium tersebut. Banderol harga yang disematkan pun tak sebatas puluhan juta, tetapi bisa mencapai miliaran.

Selengkapnya baca di sini

2. 5 Smartphone Murah Terbaik 2018

2018 menjadi tahun yang sangat dinamis, di mana sejumlah vendor smartphone berlomba-lomba untuk menawarkan perangkat berkualitas dengan spesifikasi mumpuni, namun dengan harga yang ramah di kantong.

Samsung Note 9, Huawei P20 Pro, dan iPhone XS memang smartphone dengan spesifikasi kelas wahid tahun ini.

Akan tetapi, untuk membawa pulang salah satu dari ketiga smartphone tersebut, kamu perlu menguras tabungan hingga belasan juta rupiah.

Agak kantong kamu enggak cekak, berikut adalah 5 smartphone murah terbaik 2018 versi Tekno Liputan6.com.

Selengkapnya baca di sini

3. Terungkap, Ini Penyebab Google Maps Tak Bisa Dipakai di Korea Selatan

Tahukah kamu, kalau ternyata Google Maps tidak bisa digunakan secara maksimal di Korea Selatan?

Ya, usut punya usut, pemerintah Korea Selatan sempat menolak permintaan Google untuk memberikan peta detail negara Kpop tersebut.

Selengkapnya baca di sini 

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Stiker Kalimat Kocak di Helm Ojek Online

Posted: 05 Dec 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara pengemudi ojek online menghibur penumpangnya. Salah satunya, dengan stiker lucu yang sengaja ditempel di helm.

Terkadang, kalimat di stiker-stiker tersebut sangat lucu. Tidak percaya? Berikut contohnya seperti dilansir dari berbagai sumber.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1. Pakai dangdutan emang mahal banget sih jadinya

Doc: Instagram.com/@newdramaojol.id

2. Enggak ah, Mas. Takut baper

Doc: Instagram/@lambeonline

3. Semangat ya, Mas

Doc: Instagram/@lambeonline

4. Wow, ternyata abang driver-nya YouTuber

Doc: Instagram/dramaojol.id

5. Takut tapi mau ya

Doc: Instagram/dramaojol.id

6. Kok ga ada yang ke pengajian?

Doc: Instagram/dramaojol.id

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri: Tim e-KTP Dipalak di Papua, Tiap Gerombolan Minta Rp 5 Juta

Posted: 05 Dec 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo angkat bicara mengenai tragedi pembunuhan 19 pekerja proyek Istaka Karya yang sedang membangun jembatan dari Kali Yigi-Kali Auruk di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Menurutnya, di Papua memang ada gerombolan yang sering melakukan tindak pelanggaran hukum.

Tjahjo sedikit bercerita terkait salah satu tindak pelanggaran hukum di Papua. Kata dia, tim e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri atau Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kerap dipalak oleh gerombolan di Papua.

"Fokus kami adalah meminta Pemda di Papua, secara komprehensif enggak ada masalah, tapi urusan gerombolan ini, tim e-KTP kami aja dipalak kok, setiap tiga kilo ada gerombolan datang, bayar Rp 5 juta," kata Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Politikus PDI Perjuangan ini berharap gubernur ataupun tokoh adat untuk bisa membantu pelaksanaan program pembangunan pemerintah baik pusat atau daerah. Termasuk salah satu caranya dengan menjaga keamanan di beberapa lokasi di Papua.

"Programnya wali kota bupati soal keamanan. Ya kita sikat sama-sama, enggak boleh dua orang atau gerombolan pun yang mengganggu konsolidasi pembangunan infrastruktur yang ada di semua daerah," ungkapnya.

Nduga Rawan

Dia menjelaskan, memang Nduga rawan dengan konflik. Kata Tjahjo, itu terjadi karena faktor geografis dan sosialisasi.

"Enggak ada masalah, memang Nduga sejak dulu, urusan pilkada ya ruwet, saya kira karena faktor geografis, faktor sosialisasi, itu aja," ujarnya.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emtek Group Silaturahmi dengan KSAU di Mabes TNI Cilangkap

Posted: 05 Dec 2018 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Elang Mahkota Teknologi atau lebih dikenal dengan Emtek melakukan audiensi dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Pertemuan tersebut sebagai bentuk silaturahmi antar lembaga.

Sejumlah petinggi Emtek hadir dalam kunjungan tersebut. Di antaranya adalah Direktur Utama Indosiar Imam Sudjarwo, Corporate Secretary SCM Gilang Iskandar, Pjs Pemred SCTV dan Indosiar Gafar Yutadi, dan Direktur Konten Kapanlagi Youniverse (KLY) Wens Manggut.

Direktur Utama Indosiar Imam Sudjarwo menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dan penerimaan dari KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

"Kehadiran kami di sini, pertama, kita silaturahmi dengan jajaran KSAU dan staf. Kedua, kami ingin memberikan informasi seperti apa Emtek itu. Ketiga, mungkin barangkali ada yang bisa dikerjasamakan," tutur Imam di Kantor KSAU Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (6/12/2018).

Pertemuan tersebut, lanjut Imam, tentunya untuk memelihara dan kembali membangun kerjasama antara Emtek dan Angkatan Udara yang memang sudah terjalin selama ini. Baik terkait kegiatan jurnalistik maupun aktivitas yang sifatnya strategis dari Angkatan Udara.

"Kita bisa melanjutkan bakti sosial ke daerah-daerah terpencil yang selama ini kita sudah kerjakan bersama dan akan kita lanjutkan di masa-masa yang akan datang," jelas Imam.

Emtek juga membuka diri menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik bersama TNI AU.

"Nanti dari angkatan udara bersama-sama berlatih di Emtek. Jadi mudah-mudahan ke depan kerjasama itu akan terus terbangun. Baik Emtek maupun Angkatan Udara, sehingga kita ada sinergi untuk membangun bangsa ini," kata Imam.

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna menambahkan, Emtek tentu menjadi partner dalam membuka informasi ke masyarakat terkait kinerja mereka. Beberapa kali kegiatan kemanusiaan dilakukan dan itu tidak lepas dari kerjasama dengan media.

"Hampir setiap tahun kami melaksanakan bakti sosial, khususnya kesehatan. Dan tiap tahun di Emtek juga terkait hal ini ada, sehingga kita bisa bekerjasama ke depan yang lebih baik," ujar Yuyu.

Emtek juga memiliki Yayasan Amal dan Peduli Kasih yang biasa terjun di bidang kemanusiaan. Kesamaan program tersebut diharapkan dapat bersinergi untuk membantu masyarakat di berbagai pelosok negeri.

"Kemudian kami juga ke depan kami ingin bertukar pikiran tentang bagaimana cara peliputan dan sebagainya antara Dinas Penerangan Angkatan Udara dengan Emtek ini, sehingga nanti kita bisa bertukar pengalaman kemudian saling bertukar pengetahuan dan sebagainya," Yuyu menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Camila Cabello Ajak Joy Red Velvet Duet?

Posted: 05 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Gangnam - Sejumlah Idol K-Pop terus membuktikan kepiawaian bermusik dengan aksi kolaborasi dengan musisi kelas dunia.

Hal tersebut juga terjadi dengan member Red Velvet. Sebelumnya, Wendy, personel Red Velvet mendapat kesempatan berduet dengan musisi bersuara emas, John Legend.

Karya duet tersebut pun mendapat sambutan meriah dari para penggemar. Mereka berharap terjadi kolaborasi menarik lainnya, termasuk saat mereka berusaha 'menjodohkan' Joy Red Velvet dengan Camila Cabello.

Baru-baru ini fans memention nama Camila Cabello di Twitter. Ia menyertakan sebuah video di mana Joy mengungkap keinginannya berkolaborasi dengannya.

 

Joy Nyanyikan Lagu Havana

Joy Red Velvet (Foto: Twitter/RVsmtown)

Tak sebatas itu, dalam video tersebut fans juga mencantumkan dance sexy Joy membawakan lagu "Havana".

Para member Red Velvet lain tampak terkejut, hingga tak berani melihatnya secara penuh.

 

Tanggapan Camila Cabello

Penyanyi Camila Cabello dianugerahi sebagai Lagu Pop/Rock Terfavorit untuk lagu 'Havana' pada American Music Awards 2018 di Los Angeles, Selasa (9/10). Cabello berhasil mengalahkan penyanyi pria Drake dan Ed Sheeran. (Frederick M. Brown/Getty Images/AFP)

Melihat video tersebut Camila Cabello menunjukkan reaksi yang lucu. Para penggemar tak menyangka pelantun Havana tersebut akan antusias berkolaborasi dengan Joy.

"Joy!! Kau sangat lucu. Suatu saat kita harus membawakan lagu ini bersama," tulis Camila Cabello. Akankah kolaborasi dua artis cantik ini segera terwujud? (Fimela.com/ Nizar Zulmi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Arema FC vs Sriwijaya FC, Ada Mafia Bola di Laga Terakhir Liga 1 2018?

Posted: 05 Dec 2018 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi mengundur jadwal pertandingan Arema FC vs Sriwijaya FC pada pekan ke-34 Liga 1 2018. Menurut jadwal semula, laga terakhir kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu digelar pada Jumat (7/12/2018). Namun dengan perubahan jadwal, duel Arema FC vs Sriwijaya FC akan terjadi pada Minggu (9/12/2018) di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Namun, jelang pertandingan Arema FC vs Sriwijaya FC di laga akhir Liga 1 2018 tersebut, konsentrasi Arema terusik. Pasalnya, sang calon lawan, Sriwijaya FC, melaporkan kepada PSSI dalam laga itu ada upaya untuk pengaturan skor.

Kapten tim Sriwijaya FC, Yu Hyun-Koo, mengaku diminta pihak yang tidak disebutkan agar mengalah ketika melawan Arema di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Pemain asal Korea itu berupaya disuap dengan nominal Rp400 juta jika timnya mengalah dalam laga terakhir Liga 1 tersebut.

Arema FC Terusik

Arema FC pun mengaku tidak nyaman dengan munculnya mafia bola jelang pertandingan terakhir Liga 1 2018 antara Arema FC vs Sriwijaya FC tersebut. Asisten Pelatih Arema FC, Kuncoro, langsung menampik keras timnya tersangkut uji coba penyuapan. Menurutnya, Arema FC sama sekali tak pernah tersangkut dengan hal-hal curang.

Media officer Arema, Sudarmaji, pun meminta agar manajemen Sriwijaya FC lebih transparan kepada publik terkait pihak mana yang ingin melakukan pengaturan skor.

"Saya berterima kasih kepada Sriwijaya yang sudah melaporkan persoalan tersebut. Tapi, Arema juga meminta mereka untuk transparan ke publik terkait siapa yang coba untuk melakukan pengaturan skor," ujar Sudarmaji sebagaimana dikutip dari Bola.com 

Dengan tidak jelasnya pihak mana yang ingin meminta Sriwijaya FC saat Arema FC vs Sriwijaya FC nanti, kini dugaan justru mengarah kepada Arema.

"Hal ini menimbulkan sebuah kecurigaan dan kebencian tentunya jika tidak diungkap secara jelas. Karena itu, kami berharap segera dibuka pihak mana yang meminta Sriwijaya FC untuk mengalah," imbuhnya.

Pelatih Arema, Milan Petrovic, juga mengaku tidak akan membantu satu di antara klub untuk lepas dari zona degradasi. Dia menginginkan Arema tetap menyapu bersih dengan posisi yang lebih baik. 

"Kami respek dengan semua lawan. Tapi, Arema punya peluang untuk berada di posisi lima besar," kata pelatih asal Slovenia itu.

Sriwijaya FC Tak Peduli

Sementara dari pihak Sriwijaya FC mengaku tak peduli dengan adanya permintaan tersebut. Mereka memilih fokus pada laga terakhir Liga 1 Arema FC vs Sriwijaya FC tersebut. Sriwijaya FC fokus untuk membidik tiga poin saat menghadapi tuan rumah Arema FC akhir pekan ini. Laga Arema FC vs Sriwijaya FC ini sangat penting bagi Laskar Wong Kito dalam usahanya untuk tetap bertahan di katas tertinggi Liga Indonesia ini.

Asisten Manajer Sriwijaya FC, Achmad Haris memberikan klarifikasi bahwa dirinya tidak peduli dengan situasi ini dan mencoba untuk mengarahkan timnya fokus pada laga terakhir Liga 1 melawan Arema FC pada Minggu (9/12/2018).

"Hyun-koo memang pernah dihubungi. Tapi kami tidak peduli soal itu, kami tidak terpengaruh," ujar Haris. 

Pada kesempatan ini, Haris juga membantah bahwa ia pernah membeberkan berita percobaan suap ini ke awak media. Haris menyebut bahwa ia hanya mencoba untuk mengonfirmasi pertanyaan dari awak media mengenai percobaan praktik kotor ini kepada Hyun-koo.

PSSI Belum Terima Aduan

Terkait percobaan adanya match fixing jelang pertandingan Arema FC vs Sriwijaya FC, PSSI belum menerima laporan dari Sriwijaya FC.

"Belum. Berita itu sudah saya baca, terus saya cek ke sekretariat, dan sekretariat belum ada," ujar Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo sebagaimana dikutip dari Bola.net

Lebih lanjut, gatot meminta Sriwijaya FC melapor ke PSSI jika dugaan suap itu benar terjadi.

"Kami tunggu laporan saja, benar tidak, kan dia yang bilang pemainnya diduga ada penyuapan kan supaya bermain jelek dan kalah. Ya sudah mana buktinya, serahkan saja ke kami," tutur Gatot. 

"Nanti itu dilaporkan ke Komdis. Biar Komdis yang bekerja seperti kasusnya Pak Hidayat," imbuhnya.

Sriwijaya FC Harus Menang

Kapten Sriwijaya FC Yu Hyun Koo membantah telah menerima suap mafia bola untuk mengalah melawan Arema FC (Liputan6.com / Nefri Inge)

Saat ini Sriwijaya FC berada di peringkat ke-14 dengan 39 poin. Untuk menjaga eksistensi demi berlaga di Liga 1 musim depan mereka harus menang dalam pertandingan Arema FC vs Sriwijaya FC nanti. Mengingat raihan 39 poin milik Laskar Wong Kito rentan terkejar tim yang ada di bawahnya.

Saat kontra Arema FC nanti, Sriwijaya FC butuh kemenangan untuk mengamankan posisinya agar tidak terdegradasi musim depan. Poin yang dimiliki saat ini sama milik Perseru Serui yang ada di zona degradasi.

 

Arema Amankan Posisi

Arema FC Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Arema FC saat ini berada di papan tengah klasemen, mengusur Barito Putera dari posisi tujuh klasemen usai mengalahkan PS Tira. Arema FC berhasil mengoleksi 47 poin.  Dari 33 pertandingan, Arema FC 13 kali menang, imbang 8 kali dan kalah 12 kali.

Ketimbang memikirkan kabar upaya suap calon lawannya, Arema memiliki hal lebih penting untuk dilakukan. Tim Singo Edan sedang berupaya menutup kompetisi dengan kemenangan demi peluang masuk lima besar di klasemen akhir. 

"Kami ingin memungkasi kompetisi musim ini dengan kemenangan. Ini adalah masalah harga diri. Terlebih lagi, ini pertandingan kandang kami. Kami ingin mengulang hasil positif, seperti ketika bisa menang 3-0 di kandang Sriwijaya, pada pertemuan pertama lalu," tutur General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Janjikan Pengawasan Ketat Utang BUMN

Posted: 05 Dec 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Nusa Dua - Menteri Keuangan Sri Mulyani janjikan pengawasan ketat utang badan usaha milik negara (BUMN) yang saat ini mencapai Rp 5.217 triliun. Alasan Sri Mulyani, sebagai agen pembangunan, keberadaan BUMN sangatlah penting untuk dijaga eksistensinya.

"Kita bersama menteri BUMN akan terus memonitor karena mereka agent of development," ujar dia di Bali, Kamis (6/12/2018).

Dia menuturkan, kesehatan neraca keuangan BUMN perlu dijaga juga karena sebagian besar perusahaan pelat merah tersebut kepemilikannya didominasi oleh pemerintah.

Selain itu, beberapa BUMN turut mendapat penjaminan oleh negara. "Kita memberi injeksi likuiditas juga," ucapnya.

Namun, Sri Mulyani juga mengingatkan masyarakat tidak hanya berfokus pada aspek utang BUMN. "Jika utang besar namun ekuitasnya lebih besar sebenarnya tidak masalah. Jadi masalah jika yang terjadi sebaliknya," ujar dia.

 

Reporter: Harwanto Bimo P.

Sumber: Merdeka.com

 

Utang BUMN Capai Rp 5.217 Triliun hingga Kuartal III 2018

Petugas menata tumpukan uang kertas di ruang penyimpanan uang

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat utang BUMN sebesar Rp 5.217 triliun per kuartal III-2018. Utang ini naik drastis jika dibandingkan dengan posisi pada 2016 sebesar Rp 2.263 triliun.

Deputi Bidang Restrukturisasi Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengatakan, bersamaan dengan pertumbuhan utang, aset BUMN juga tumbuh menjadi Rp 7.718 triliun per September 2018.

"Neraca BUMN pertumbuhan aset 3 tahun terakhir Rp 6.524 meningkat jadi Rp 7.200 lagi, jadi Rp 7.718 triliun. Gimana utang awalnya Rp 2.263 jadi Rp 4.830 dan kemudian kuartal-III akhir September 2018 utang BUMN meningkat level Rp 5.271 triliun," ujarnya.

Aloysius menjelaskan, utang sebesar Rp 5.271 didominasi oleh utang perbankan dengan catatan Rp 3.300 triliun yang didominasi oleh Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai 74 persen. Kemudian, sektor non perbankan mencatat utang sebesar Rp 1.960 triliun.

"Sektor non keuangan total utang per September Rp 1.960 triliun. Paling banyak didominasi sektor migas Rp 522 triliun dan kelistrikan Rp 543 triliun. Selebihnya BUMN memainkan peran penting di infrastruktur sehingga ini disertai utang BUMN konstruksi," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen Dukcapil Bongkar Penjualan Blangko e-KTP Lewat Online

Posted: 05 Dec 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengungkap kasus yang berindikasi pidana berupa Penjualan Blangko KTP-el (dokumen negara) di pasar online.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, informasi awal diperoleh dari media tentang beredarnya blangko KTP-el tersebut.

"Selanjutnya berdasarkan informasi itu dilakukan penelusuran melalui koordinasi dengan perusahaan pencetak blangko KTP-el dan dengan toko penjual online. Pada saat ini sudah dapat diidentifikasi siapa pelaku yang menawarkan dan di mana lokasi barang itu diperoleh," ucap Zudan dalam keterangannya, Kamis (6/12/2018).

Melalui penelusuran lebih lanjut, Ditjen Dukcapil berhasil mengindentifikasi pelaku secara rinci, sampai foto wajah yang bersangkutan.

"Sejalan dengan itu, kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Sesuai Pasal 96 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan perbuatan tersebut merupakan tindakan pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 Tahun dan denda paling banyak 1 miliar rupiah," ungkap Zudan.

Dia menjelaskan, bahwa setiap blangko e-KTP memiliki nomor UID atau nomor identitas Chip yang khas yang membedakan satu dengan yang lain. Nomor ini tercatat secara sistematis sehingga dapat diketahui dengan mudah keberadaan blangko KTP-el.

 

Lacak Identitas Pelaku

Ilustrasi E-KTP. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

"Hal inilah yang memberikan petunjuk asal blangko KTP-el yang diperjualbelikan tersebut, di mana posisinya saat ini dan kemana blangko KTP-el tersebut di distribusikan serta oknum yang melepaskannya ke pasar," ungkap Zudan.

Terkait indentitas pelaku, masih kata dia, pengungkapannya menjadi mudah karena database kependudukan telah menyimpan data perseorangan penduduk, termasuk data biometrik bagi penduduk dewasa. Di samping itu dengan adanya registrasi kartu prabayar yang mengaitkannya dengan data kependudukan memudahkan dalam melacak pelaku. Karena posisi pelaku dapat diketahui dengan mudah melalui titik koordinatnya.

"Dirjen Dukcapil meminta kepada semua toko online dan pihak lain yang masih menawarkan penjualan blangko KTP-el untuk menghentikan praktik-praktik yang berindikasi pidana ini karena ancaman pidana yang berat dan dapat mengganggu kondusivitas dan stabilitas negara," pungkas dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Direktur Program SCM Beri Materi Pertelevisian ke Peserta EGTC 2018

Posted: 05 Dec 2018 09:13 PM PST

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad saat memberikan materi tentang dunia pertelevisian di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). Harsiwi juga mengenalkan beberapa program produksi SCM. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad saat memberikan materi tentang dunia pertelevisian di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). Harsiwi juga mengenalkan beberapa program produksi SCM. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad memberikan materi tentang dunia pertelevisian kepada peserta EGTC 2018 Bandung di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad memberikan materi tentang dunia pertelevisian kepada peserta EGTC 2018 Bandung di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad berinteraksi dengan peserta EGTC 2018 Bandung di sela-sela memberikan materi tentang dunia pertelevisian di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad berinteraksi dengan peserta EGTC 2018 Bandung di sela-sela memberikan materi tentang dunia pertelevisian di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad memberikan materi tentang dunia pertelevisian pada peserta  EGTC 2018  di Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). Harsiwi juga mengenalkan beberapa program produksi SCM. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad memberikan materi tentang dunia pertelevisian pada peserta EGTC 2018 di Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). Harsiwi juga mengenalkan beberapa program produksi SCM. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad memberikan materi tentang dunia pertelevisian kepada peserta EGTC 2018 Bandung di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Direktur Program SCM, Harsiwi Achmad memberikan materi tentang dunia pertelevisian kepada peserta EGTC 2018 Bandung di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkacamata Hitam, Habib Bahar Penuhi Panggilan Polisi

Posted: 05 Dec 2018 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Habib Bahar bin Smith memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Mabes Polri. Dia akan menjalani pemeriksaan terkait ceramahnya yang diduga menghina Presiden Joko Widodo dan ujaran kebencian.

Pantauan merdeka.com, Kamis (6/12/2018), ia datang menumpangi mobil Fortuner berwarna hitam sekitar pukul 11.27 WIB.

Kedatangannya di Bareskrim Polri dengan menggunakan gamis berwarna putih, memakai kacamata hitam, kopiah putih yang ditutupi sorban berwarna cokelat, disambut oleh Front Pembela Islam (FPI) dan sejumlah orang lainnya.

Saat mendampingi Habib Bahar bin Smith, sejumlah orang yang mengawalnya itu langsung berteriak-teriak dan mengucapkan takbir. Saat itu juga sempat terjadi dorong-dorongan antara awak media yang ingin mengabadikan gambar kedatangan Habib Bahar dengan sejumlah massa yang mengawal Habib Bahar.

"Takbir, takbir, Allahu Akbar. Jangan takut, Allah bersama Habib," teriak sejumlah massa pengawal Habib Bahar setibanya Habib Bahar di Kantor Bareskrim di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat.

Sampai saat ini, sejumlah massa pengawal atau pendamping Habib Bahar bin Smith masih berada di Bareskrim sambil menunggu menjalani proses pemeriksaan.

Pelaporan

Pemanggilan Habib Bahar sebelumnya diagendakan Senin 3 Desember 2018. Namun, pada dia tak datang dengan alasan tak menerima surat pemeriksaan.

Pelaporan terhadap Habib Bahar dilakukan di Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya. Pasalnya, dalam hal ini, pelaporan tersebut lantaran salah satu materi ceramah Habib Bahar di Tangerang, beberapa waktu lalu, dinilai telah menghina Presiden Jokowi.

Sekjen Jokowi Mania Laode Kamaruddin melaporkan Habib Bahar bin Smith ke Bareskrim Polri atas dugaan kejahatan terhadap penguasa umum dan ujaran kebencian. Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/B/1551/XI/2018/BARESKRIM tanggal 28 November 2018.

Habib Bahar dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 207 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP, UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 dan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Indivasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perpres Turun, Bus Listrik Moeldoko Siap Produksi Massal

Posted: 05 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) perusahaan bus listrik milik Jendral TNI (Purn) Moeldoko menyatakan diri sudah membuktikan produk bus buatan anak bangsa sudah 100 persen menggunakan listrik.

Moeldoko juga mengatakan, jika Peraturan Presiden tentang kendaraan listrik keluar, maka bus MAB akan jadi mobil nasional.

"Yang sudah dipesan beberapa unit. Rahasia bos (jumlah dan siapa pemesannya)," ucap Mantan Panglima TNI kepada wartawan di gedung BPPT RI, Thamrin, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Moeldoko tak menampik, jika Perpres kendaraan listrik disetujui, maka hal itu akan membuat banyaknya pesanan.

Pembuktian bus MAB yang sempat dipajang Gaikindo Indonesia Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa lalu, ternyata digunakan untuk konvoi dari gedung BPPT Thamrin Jakarta, menuju Balai Besar Teknologi Konversi Energi, Serpong.

Dia juga mengatakan, bus listrik yang dikembangkan bagian bodinya bersama perusahaan Karoseri New Armada tersebut baru berstatus prototype kedua.

"Untuk prototype ketiga nanti akan kita luncurkan kembali dan setelah itu mass product (produksi massal). Semua itu sudah disiapkan. Dan mudah-mudahan setelah nanti turunnya Perpres semuanya akan berjalan baik," terangnya.

 

Perpres Kendaraan Listrik Ditargetkan Rilis Awal 2019

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko menyatakan Peraturan Presiden terkait kendaraan listrik ditargetkan segera keluar pada awal 2019.

Hal inipun diungkapkan sang Moledoko saat turut meresmikan stasiun pengisian daya (charging station) untuk kendaraan listrik di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI).

Menurut Moeldoko tahapan Perpres soal kendaraan listrik sudah dilakukan mulai dari Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian dan akan diselaraskan di Kemaritiman.

"Targetnya awal 2019, makin cepat makin bagus. Karena sesungguhnya sudah menggeliat mobil listrik di Indonesia," ucap Moeldoko, 

Moeldoko menyatakan, sejumlah instansi guna mendukung fasilitas kendaraan listrik sudah dilakukan, termasuk BPPT yang baru saja meresmikan dua stasiun pengisian listrik.

Nantinya, lanjut Moeldoko, fasilitas-fasilitas seperti stasiun pengisian daya listrik akan berdiri bertahap dan dimasifkan sesuai titik atau lokasi yang menjadi prioritas kendaraan listrik seperti statiun kereta, hingga pusat perbelanjaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Busana Jennie BLACKPINK di MMA 2018 Jadi Sorotan, Kenapa?

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum bila penampilan member BLACKPINK hampir selalu menarik perhatian tak sedikit pasang mata. Tak terkecuali saat Jisso, Jennie, Lisa, dan Rose manghadiri Melon Music Awards (MMA) 2018 di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan, Sabtu, 1 Desember 2018.

Tampil ke depan publik dengan tema busana berbeda, masing-masing personel girlband yang berada di bawah naungan YG Entertainment ini disoroti, tak terkecuali Jennie. Perempuan yang baru saja melakukan debut solo ini disebut salah kostum.

Anggapan itu muncul, lantaran dalam deretan rekaman video di dunia maya, Jennie terlihat kurang nyaman dengan celana hitam super pendek yang dikenakan. Ia terus memandangi bawahan yang dikenakan dengan raut wajah dinilai resah.

Bersama dengan celana super pendek, pemilik nama Jennie Kim ini tampak memakai atasan yang memperlihatkan bagian perut rampingnya. Sebagaimana ditulis akun Instagram @iamygfashionblackpink, beberapa waktu lalu, one-shoulder top yang dipakai merupakan keluaran Monse.

Atasan beraksen glitter tersebut dibanderol 990 dolar Amerika atau setara Rp 14,4 juta. Sementara kesan glamor ditampilkan lewat pakaian, nuansa seksi diperjelas Jennie dengan riasan wajah yang dipoleskan.

Kompak dengan member BLACKPINK lain, Jennie tampak memoleskan lipstik merah di bibirnya. Sedangkan keseluruhan makeup Jennie, seperti biasa, terkesan flawless dengan sentuhan glowing dan riasan mata tidak terlalu bold.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket Duel Pamungkas Liga 1, Persija vs Mitra Kukar

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta akan menjamu Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018) pada pekan ke-34 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Laga ini sangat krusial untuk Macan Kemayoran.

Tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu butuh kemenangan untuk menjadi juara Liga 1 2018. Mengingat laga ini akan menjadi sejarah, panitia pelaksana pertandingan (panpel) Persija akan menjual semua tiket.

Ya, panpel Persija akan menjual tiket sesuai dengan jumlah kursi penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 77 ribu. Tiket pertandingan Persija kontra Mitra Kukar akan didistribusikan dengan dua cara, yakni dijual secara online dan melalui Pengurus Pusat (PP) Jakmania.

Panpel Persija juga memastikan, tidak ada penjualan tiket melalui on the spot. Nantinya, penukaran tiket yang dibeli secara on line bisa dilakukan di Blok S. Penukaran tiket bisa dilakukan di hari pertandingan pada pukul 09.00 WIB - 16.00 WIB.

Ketua Panpel Persija, Budi Saputra meminta Jakmania untuk berperilaku baik sebelum, selama, dan sesudah laga. Itu dilakukan demi kelancaran pertandingan.

"Yang perlu saya sampaikan adalah dalam mendapatkan restu bermain di SUGBK tentunya dengan syarat yang pertama diharapkan kepada pendukung Persija Jakarta dan Jakmania dapat menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan," katanya.

 

Harga Tiket Persija

Berikut harga tiket pertandingan Persija vs Mitra Kukar yang dijual secara on line:

VVIP: Rp 500 ribu

VIP : Rp 250 ribu

Kategori 1: Rp 150 ribu

Kategori 3 (umum): Rp 75 ribu

*Dapat dibeli di loketpersija.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semasa Hidup Nh Dini Ajak Masyarakat Rajin Membaca, Ini 4 Manfaatnya

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semasa hidup sastrawan Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin atau Nh Dini sosok yang dikenal aktif meningkatkan minat literasi. Salah satu caranya dengan mendirikan taman baca anak-anak.

Nh Dini mendirikan taman baca atau perpustakaan bernama Pondok Baca di Semarang, Jawa Tengah seperti ikutip dari badanbahasa.kemdikbud.go.id. Dengan kehadiran taman baca ini, novelis "La Barka" ini berharap minat membaca di masyarakat bisa meningkat sejak dini. 

Nampaknya, ajakan Nh Dini relevan di tengah gaya hidup masyaraat yagn seakan tak bisa lepas dari perangkat elektronik. Beragam keuntungan pun bakal didapat dengan rajin membaca buku. 

Dilansir dari standard.co.uk pada Kamis (6/12/2018), membaca juga punya efek positif bagi kesehatan. 

"Efek penyembuhan dari buku yang bagus mungkin tidak tampak seperti ide yang revolusioner, tetapi banyak orang masih sama sekali tidak menyadari dampak yang telah terbukti dari kekuatan membaca dan kesehatan mereka," kata Kepala Eksekutif The Reading Agency Sue Wilkinson. 

Berikut manfaat tak terduga dari rajin membaca:

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

1. Menurunkan stres dan depresi

Ikuti tiga cara berikut agar Anda tetap terus tertarik untuk membaca beragam buku. (Foto: iStockphoto)

Penelitian menemukan bahwa orang yang rajin membaca buku, melaporkan tingkat stres dan depresi lebih rendah. Mereka juga mengalami perasaan relaksasi yang lebih kuat dibandingkan menonton televisi atau membuka Instagram.

"Membaca terbukti 68 persen lebih baik dalam mengurangi tingkat stres daripada mendengarkan musik, 100 persen lebih efektif daripada minum secangkir teh, 300 persen lebih baik daripada jalan-kalan dan 700 persen lebih dari bermain gim," kata Wilkinson.

 

2. Memperpanjang umur

Untuk Menjadikan Anak Jenius Tidak Cukup Hanya dengan Perbanyak Baca Buku, tapi Juga Melakukan Hal yang Lain (Ilustrasi/iStockphoto)

Peneliti dari Yale University School of Public Health, Amerika Serikat menemukan, orang dewasa yang membaca tiga setengah jam dalam seminggu atau lebih, memiliki kemungkinan memiliki umur lebih panjang daripada yang tidak.

Rupanya, membaca meningkatkan konektivitas antara sel-sel otak, yang bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif yang berisiko memperpendek usia kehidupan.

 

3. Mencegah demensia

Ilustrasi Otak (iStockPhoto)

Membaca memperlambat penurunan kognitif untuk membantu mencegah penyakit seperti demensia atau Alzheimar. Studi tahun 2013 di Rush University Medical Center, Chicago, AS telah membuktikan hal tersebut.

Mereka menganalisis 295 lansia yang berumur lebih dari 89 dan otak orang-orang yang sudah meninggal. Ditemukan bahwa mereka yang kurang membaca cenderung menunjukkan pertanda demensia.

 

4. Meningkatkan kualitas tidur

Coba lakukan lima hal ini untuk mengurangi berat badan saat Anda sedang tertidur. (Foto: iStockphoto)

Penelitian di University of Sussex, Inggris menemukan, membaca sebelum tidur mampu mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Peneliti Dr. David Lewis menemukan, Anda hanya butuh enam menit untuk membaca agar tubuh lebih lemas dan pikiran lebih rileks.

Dengan begitu banyak manfaat membaca, tentu saja membaca seperti yang dianjurkan oleh Nh Dini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buaya-Buaya Muncul di Sungai Kotawaringin Timur

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena buaya menampakkan diri di permukaaan sungai-sungai di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah kembali terjadi dalam beberapa hari belakangan. Buaya juga keluyuran sampai rumah warga.

Masyarakat Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotim dikagetkan dengan bermunculannya buaya di daerah pemukiman warga, satu ekor buaya di antaranya berhasil ditangkap warga.

"Kami sudah mendapat informasi penangkapan buaya itu. Kami masih berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan setempat," kata Komandan Pos Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah di Sampit, Muriansyah di Sampit, Kamis (6/12/2018), dilansir Antara.

Muriansyah berharap warga tidak membunuh buaya tersebut. Seperti penangkapan buaya di lokasi lain sebelumnya, pihaknya mengevakuasi buaya itu untuk dilepasliarkan di hutan habitat buaya namun jauh dari permukiman penduduk.

Penangkapan buaya di Sungai Handi Sohor berawal ketika warga melihat lebih dari dua ekor buaya muncul di sungai itu. Beberapa warga kemudian berinisiatif menangkap salah satu buaya yang ukurannya tidak terlalu besar.

Berbekal tali dan kayu, warga berhasil menangkap buaya berukuran sekitar dua meter. Buaya yang terlihat memberontak itu menjadi tontonan warga, bahkan banyak yang mengabadikannya menggunakan kamera telepon seluler.

"Warga menangkap buaya itu hanya menggunakan tali sederhana. Tapi yang ditangkap itu buaya yang tidak terlalu besar," kata Kepala Sekolah SDN 6 Samuda Kota Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Akhmad Afandi yang menyaksikan kejadian saat melintas di kawasan itu.

Penangkapan buaya ini menjadi perhatian warga. Apalagi, masih ada buaya lain yang ukurannya lebih besar yang sempat terlihat muncul di kawasan itu.

Warga khawatir buaya-buaya tersebut mencelakai warga yang beraktivitas di sungai. Hingga saat ini masyarakat setempat masih banyak beraktivitas di sungai sehingga rawan menjadi korban sambaran buaya.

"Saya langsung mengingatkan murid-murid agar berhati-hati, khususnya saat beraktivitas di sungai. Ini tentu sangat mengkhawatirkan karena masyarakat masih sering beraktivitas di sungai," kata Akhmad Afandi.

Populasi buaya di Sungai Mentaya dan anak sungainya diperkirakan masih cukup banyak. Serangan buaya terhadap manusia juga masih sering terjadi sehingga membuat masyarakat cemas ketika beraktivitas di sungai.

Setiap tahun hampir selalu ada kejadian buaya menyerang manusia. Bahkan ada korban yang tidak ditemukan hingga saat ini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 di BNN

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengumumkan daftar peserta yang berhak ikut ke tahap Seleksi Kompentensi Bidang (SKB). Peserta yang lulus harus mengikuti SKB di Kantor Pusat BKN dengan sistem CAT.

Mengutip laman BNN yang berisi pengumuman, Kamis (6/12/2018), menyebut, buta warna dan gangguan kesehatan fisik yang besar seperti gagal jantung dan gagal ginjal bisa menggugurkan peserta. Untuk psikotes, gangguan kesehatan mental dapat menggugurkan peserta.

Lokasi tes SKB berada di Kantor Pusat BKN, lalu psikotes di Griya Ardya Garini di Jakarta Timur. Kemudian wawancara, praktek kerja, dan pemeriksaan kesehataan juga dilakukan di Jakarta Timur yakni di Klub Eksekutif Persada.

Kemudian ada kesempatan jasmani di Lapangan Olahraga Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK-STIK) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

BNN juga menyebutkan jika Peserta SKB diwajibkan membawa hal-hal sebagai berikut:

a. Kartu Peserta Ujian

b. ASLI KTP atau surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)

c. Berkas Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah sebagaimana disebut pada lampiran III.

Peserta harus memakai kemeja putih, bawahan gelap (celana jeans/legging tidak diperkenankan) dan sepatu vantofel hitam, kesucali ssaat Tes Kesampataan Jasmana menggunakan sepatu olahraga.

Peserta CPNS BNN pun diwajibkan hadir di lokasi tes 60 (enam puluh menit) sebelum pelaksanaan tes. Datang terlambat akan mengakibatkan gugurnya peserta.

Ingin tahu detail, Klik di sini untuk melihat pengumumannya.

Klik di sini untuk melihat jadwal.

Klik di sini untuk melihat nama-nama yang lolos.

Klik di sini untuk melihat berkas pemeriksaan kesehatan 

 

Daftar Kementerian dan Instansi yang Sudah Mengumumkan

Calon pendaftar mencoba mengakses situs Sistem Seleksi CPNS 2018 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Berikut beberapa daftar kementerian dan instansi yang telah mengumumkan hasil SKD: 

Klik di sini untuk melihat pengumuman KY. 

Klik di sini untuk melihat pengumuman Kementerian KKP.

Klik di sini  untuk melihat pengumuman Kemensetneg.

Klik di sini untuk melihat pengumuman Kementerian ESDM.

Klik di sini untuk melihat pengumuman Kementerian BUMN.

Klik di sini atau di sini untuk melihat pengumuman Kemenkumham.

Klik di sini atau di sini  untuk melihat pengumuman Kementerian Luar Negeri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR, Mendagri, KPU, dan Bawaslu Rapat Persiapan Pemilu 2019

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi II DPR menggelar rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Rapat itu membahas soal pelaksanaan Pemilu 2019.

"Sebagaimana undangan Komisi II akan dipertemukan kami dengan KPU dengan Bawaslu menyambut kesiapan pemeintah termasuk pemerintah daerah untuk menyukseskan konsolidasi pileg dan pilpres," kata Mendagri Tjahjo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Rapat dimulai pukul 10.30 WIB di Ruangan Komisi II, dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR Herman Khaeron.

Herman mengatakan, pihaknya akan meminta beberapa penjelasan terkait pelaksanaan Pemilu 2019 dan masalah e-KTP.

"Nanti kita mohon penjelasannya Pak Menteri," kata Herman.

Selain masalah pemilu dan e-KTP, Herman juga meminta beberapa penjelasan tentang data ganda. Serta hak pilih untuk penyandang disabilitas.

 

e-KTP

Sebelumnya, Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan, 6,2 juta data dari 31 juta data pemilik KTP elektronik yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah terverifikasi. Data pemilih itu nantinya dapat dimasukan dalam DPT hasil perbaikan.

"Yang lain ada yang tidak memenuhi syarat, ada yang sudah masuk dalam DPT, sehingga tidak kita masukan," katanya usai diskusi di Media Center Bawaslu, Jakarta, Rabu 5 Desember 2018.

Viryan mengatakan, 31 juta data warga yang telah memiliki KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri namun belum masuk DPT, saat ini verifikasinya hampir selesai seratus persen.

"Data hingga hari ini 98 persen, kita yakin ini bisa diselesaikan teman-teman sekalian," ucapnya.

Ia menyampaikan KPU terus berupaya memperbaiki DPT dengan menerima masukan data dari berbagai pihak. Data tersebut kemudian diverifikasi keberadaannya untuk dilakukan pencocokan dan penelitian.

"Selama benar adanya dengan semangat melindungi hak warga negara kita masukan ke dalam daftar pemilih," ujarnya.

Ia mengatakan perbaikan data DPT terus dilaksanakan, termasuk di antaranya dengan PKPU No. 11/2018 yang memungkinkan masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik masuk dalam DPT.

Mereka yang belum memiliki KTP elektronik dapat menggunakan surat keterangan Dinas Dukcapil setempat untuk dimasukan dalam DPT. Diharapkan dengan demikian DPT yang ada semakin baik.

 

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sandra Oh dan Andy Samberg jadi Host Golden Globe

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Golden Globe mengumumkan Sandra Oh dan Andy Samberg akan menjadi host pagelaran Golden Globe ke-76 yang akan dilaksanakan di California, AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 10 Vlogger Terkaya 2018, Bocah 7 Tahun Paling Tajir!

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dahulu tak ada anak yang bercita-cita jadi vlogger. Kebanyakan anak ingin jadi dokter, arsitek, engineer, dan lain-lain yang memiliki penghasilan tinggi.

Namun sejak kehadiran internet dan platform berbagi video, ada profesi baru yang tak kalah menjanjikan dibandingkan profesi-profesi di atas, yakni vlogger.

Malahan, kalau video besutanmu ditonton banyak orang, bisa jadi penghasilan yang kamu dapatkan bisa saja lebih dari gaji profesi-profesi di atas.

Lantas, [vlogger ](3019129 "")mana di dunia yang paling kaya di tahun 2018? Berikut adalah daftarnya sebagaimana dikutip dari Forbes, Kamis (6/12/2018). 

10. Logan Paul

Logan Paul merupakan salah satu vlogger dengan pendapatan paling banyak di tahun 2018. Total, pendapatannya tahun ini sebanyak US$ 14,5 juta (setara Rp 210,3 miliar).

Seperti yang sudah diketahui, Logan Paul menuai kontroversi usai menayangkan jenazah bunuh diri saat dirinya berada di Jepang. (instagram/loganpaul)

Meski begitu, sebenarnya Logan Paul pernah menjadi tokoh kontroversial lantaran isi vlog-nya yang dianggap tak pantas.

Ya, beberapa waktu lalu dia dianggap tak sopan di Jepang. Logan Paul juga menampilkan mayat korban bunuh diri saat mengunjungi hutan bunuh diri di Jepang.

Mendapatkan serangan dari warganet, dia pun meminta maaf atas hal tersebut.

 

Jacksepticeye dan Vanoss Gaming

Jacksepticeye, salah satu vlogger paling kaya di 2018 (Foto: Jacksepticeye.wikia)

8. Jacksepticeye

Penghasilan pemilik nama asli Sean McLoughlin ini mencapai US$ 16 juta (setara Rp 232 miliar) sepanjang 2018 ini.

Jacsepticeye biasanya mengunggah vlog berisi ulasan tentang video gim. Berbagai komentar buruk di kolom komentarnya tak membuat dirinya menyerah.

Bahkan, dia membuat seri untuk Disney dan mengembangkan konten eksklusif untuk platform live-streaming video, Twitch.

7. Vanoss Gaming

Vanoss Gaming yang nama aslinya Evan Vong, vlogger dengan penghasilan paling banyak di 2018 (Foto: gazettereview.com)

Pendapatan Vanoss Gaming di tahun 2018 ini mencapai US$ 17 juta (setara Rp 246,5 miliar).

Vlogger yang nama aslinya Evan Fong ini banyak mengunggah video bertema gim, salah satunya Call of Duty dan Assassin's Creed.

Dia juga berkarier di musik hip hop. Sayangnya, di dunia musik kariernya tidak sebesar saat menjadi vlogger.

Nomor 6, Penghasilan Rp 253,9 Miliar

Markiplier, salah satu vlogger paling kaya di 2018 (Foto: Variety)

6. Markiplier

Markiplier mendapatkan penghasilan sebanyak US$ 17,5 juta atau setara Rp 253,9 miliar di tahun 2018 dari saluran YouTube-nya.

Asal tahu saja, di videonya, sering ditunjukkan kalau dia main PS4-nya hampir tiap hari.

Gamer ini melakukan tur ke Amerika Utara, dikontrak oleh berbagai merek terkemuka, dan kerja sama dengan vlogger lainnya Jacksepticeye menghadirkan Cloak, sebuah lini athleisure untuk para gamers.

5. Jeffree Star

Beauti Vlogger luar negeri asli laki-laki, Jeffree Star. (Sumber foto: Instagram/jeffreestar)

Jeffree Star yang seorang penata rias ini sudah terkenal sejak zamannya MySpace. Namun siapa sangka kalau penghasilan dari saluran videonya mencapai angka US$ 18 juta atau setara Rp 261,2 juta.

Tidak hanya itu, kekayaannya juga kian banyak karena merek yang dimiliknya yakni Jeffree Star Cosmetics (produknya eye shadow, lipstik, dan lighlighter) dengan nilai penjualan US$ 100 juta per tahun.

 

Vlogger Berpenghasilan Rp 268,8 Miliar

DanTDM, salah satu vlogger paling kaya di dunia tahun 2018 ini (Foto: Minecraftmemes.com)

4. DanTDM

Saluran video DanTDM diasuh oleh pria Inggris bernama Daniel Middleton. Asal tahu saja, dia adalah seorang gamer Minecraft yang sudah bermain dengan kamera sejak enam tahun lalu.

Tak heran, penghasilannya di tahun 2018 ini mencapai US$ 18,5 juta (setara Rp 268,8 miliar) dengan jumlah pengikut 20,7 juta.

Kini, dia juga menjual merchandise berupa tas punggung, topi baseball, dan jaket. Selain itu dia juga mengadakan tour.

Sekelompok Vlogger Berpenghasilan Rp 290 Miliar

DudePerfect, salah satu saluran video yang penghasilannya paling besar di 2018 (Foto: Dudeperfect.com)

3. Dude Perfect

Saluran video Dude Perfect diasuh oleh lima orang kru, yakni Coby dan Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney. Penghasilannya di tahun 2018 mencapai angka US$ 20 juta atau setara Rp 290,7 miliar.

Saluran video ini berfokus pada sejumlah hal yang menarik penonton. Misalnya lempar bola yang memicu jatuhnya Oreo. Untuk video ini saja, Dude Perfect mendapatkan 175 juta kali views.

Vlogger Berpenghasilan Rp 312,4 Miliar

Salah satu vlogger paling kaya di dunia, Jake Paul (Foto: Hollywood Reporter)

2. Jake Paul

Jack Paul merupakan adik dari vlogger Logan Paul yang juga masuk daftar ini. Penghasilannya di tahun 2018 ini mencapai US$ 21,5 juta atau setara Rp 312,4 miliar.

Videonya banyak berisi lelucon konyol dan tayangan lagu rap.

Vlogger Paling Kaya, Anak 7 Tahun

Vlogger cilik berusia 7 tahun ini meraup  pendapatan Rp 160 miliar per tahun (Foto: Guinness World Records Kids)

1. Ryan ToysReview

Siapa yang menyangka kalau vlogger paling kaya tahun ini adalah anak berusia 7 tahun?

Ya, lewat saluran videonya, Ryan ToysReview, anak bernama Ryan ini mendapatkan penghasilan sebesar US$ 22 juta atau setara Rp 319,9 miliar.

Saluran videonya diikuti sebanyak 17 juta followers. Sesuai namanya, videonya berisi ulasan tentang mainan-mainan anak seperti Lego, kereta-keretaan, mobil-mobilan, dan lain-lain.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi HAM PBB Desak Penyelidikan Internasional atas Kasus Jamal Khashoggi

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jenewa - Kepala badan PBB untuk urusan hak asasi manusia (HAM) telah menyerukan penyelidikan internasional untuk menentukan siapa yang bertanggungjawab atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Michelle Bachelet, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) mengatakan, penyelidikan semacam itu "sangat dibutuhkan" untuk mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas "pembunuhan yang mengerikan itu", demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (6/12/2018). Namun, ia tak mengelaborasi lebih jauh mengenai tindakan selanjutnya dari PBB.

Seruan itu mengemuka setelah Turki menginstruksikan Arab Saudi untuk mengekstradisi semua tersangka dalam pembunuhan tersebut, termasuk, dua orang yang dekat dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman.

Kejaksaan Istanbul --kota yang menjadi tempat kejadian perkara pembnuhan Khashoggi-- telah mengajukan surat perintah penangkapan untuk seorang pembantu utama Pangeran Salman dan wakil kepala intelijen asing Saudi. Keduanya diduga merencanakan pembunuhan itu.

Kantor kejaksaan telah menyimpulkan ada "kecurigaan kuat" bahwa Saud al-Qahtani dan Jenderal Ahmed al-Asiri, yang dicopot dari jabatan mereka pada Oktober, berada di antara para perencana pembunuhan di konsulat Saudi di Istanbul, menurut dua pejabat Turki.

Seorang pejabat mengatakan: "Langkah jaksa penuntut untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Asiri dan Qahtani mencerminkan pandangan bahwa pemerintah Saudi tidak akan mengambil tindakan formal terhadap orang-orang itu."

Turki telah berusaha mengekstradisi 18 tersangka, termasuk di antaranya, 15 orang yang berkontribusi langsung dalam pembunuhan Khashogggi pada 2 Oktober lalu.

Pejabat Turki itu mengatakan: "Komunitas internasional tampaknya meragukan komitmen Arab Saudi untuk mengadili kejahatan keji ini. Dengan mengekstradisi semua tersangka ke Turki, di mana Jamal Khashoggi terbunuh dan dipotong-potong, pihak berwenang Saudi dapat mengatasi keraguan tersebut."

Di sisi lain, Saudi menolak untuk memenuhi permintaan Turki, dengan mengatakan bahwa belasan tersangka akan diproses hukum di dalam negeri. Saat ini, Saudi telah menahan 21 orang, dengan lima di antaranya terancam dengan hukuman mati.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan perintah untuk pembunuhan Jamal Khashoggi datang dari tingkat tertinggi pemerintah Saudi, tetapi mungkin bukan Raja Salman, menempatkan sorotan pada pewaris takhta dan penguasa de facto Saudi saat ini, Pangeran Mohammed bin Salman.

Arab Saudi mengklaim, Pangeran Salman tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu.

Setelah menawarkan banyak penjelasan yang kontradiktif, Riyadh kemudian mengatakan Jamal Khashoggi telah terbunuh dan tubuhnya terpotong ketika negosiasi untuk membujuknya untuk kembali ke Arab Saudi gagal.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Legislator AS Yakin Putra Mahkota Saudi Perintahkan Bunuh Jamal Khashogggi

US Capitol, Gedung Kongres AS (DPR dan DPD) (Wikimedia / Creative Commons)

Setelah pengarahan tertutup bersama Direktur Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA), Gina Haspel, pada 4 Desember 2018, beberapa legislator AS meyakini bahwa "mustahil" Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, tidak terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

"Saya semakin yakin dengan pandangan-pandangan sebelumnya," kata anggota Senat (upper-chamber) Bob Menendez (Republik) usai mendengar pemaparan dari Direktur CIA kemarin, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (5/12/2018).

Senator Lindsey Graham (Demokrat) mengatakan kepada wartawan, "Anda mesti buta untuk tidak sampai pada kesimpulan bahwa pembunuhan Khashoggi diatur oleh orang-orang di bawah komando Pangeran Salman."

Dia menambahkan bahwa tampaknya pemerintahan Presiden Donald Trump tidak mau mengakui bukti keterlibatan sang putra mahkota.

Senator Bob Corker (Republik), yang merupakan Ketua Komite Luar Negeri Senat AS, menggemakan komentar senada, mengatakan bahwa tidak ada keraguan dalam pikirannya bahwa Pangeran Salman memerintahkan dan mengawasi pembunuhan Khashoggi.

Laporan CIA

Apa yang dipaparkan oleh Direktur Haspel kepada Senat AS kemarin memang tidak diungkap ke publik, mengingat pertemuan itu dilaksanakan secara tertutup.

Namun, beberapa media, yang kabarnya telah membaca dokumen analisis CIA tentang pembunuhan Khashoggi, menyimpulkan bahwa Pangeran Muhammed bin Salman "mungkin memerintahkan" pembunuhan kolumnis The Washington Post itu.

CIA juga dilaporkan memiliki bukti tentang komunikasi yang dilakukan Pangeran Salman dengan Saud al-Qahtani, yang diduga melakukan pengawasan di lapangan dalam proses pembunuhan wartawan Saudi itu.

Direktur Haspel sendiri dilaporkan telah mendengar rekaman audio pembunuhan yang diperoleh oleh penyelidik Turki. Ia mendengar rekaman itu dari pejabat intelijen Turki kala melakukan kunjungan ke Ankara pada Oktober lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagu Cintaku Kandas Pengalaman Pribadi Syahrini?

Posted: 05 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini kembali menelurkan karya baru. Lagu terbarunya berjudul "Cintaku Kandas" siap dirilis ke masyarakat.

Yang menarik, lagu terbaru Syahrini justru dirilis berbarengan dengan kedekatannya bersama Reino Barack.

Semula, warganet beranggapan jika lagu baru Syahrini dibuat berdasarkan cerita kedekatannya dengan Reino Barack.

Namun, diakui Syahrini, lagu barunya tak bercerita tentang persoalan cinta pribadinya.

 

 

 

Cerita Pencipta Lagu

(Adrian Putra/Bintang.com)

"Jadi lagunya menceritakan tentang pencipta lagunya (Ade Govinda). Jadi silahkan ditanya ya ke Ade saja," kata Syahrini ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Di tempat yang sama, Ade Govinda membenarkan bahwa single ini menceritakan tentang kisah cintanya dengan seorang wanita. Namun sayang ia tak mau membahas lebih banyak.

 

Dibuat Setahun Lalu

Syahrini

"Cintaku Kandas ini udah dibuat setahun lalu, produksi juga lama, setahun lalu. Ceritanya cuma aku yang tahu tentang kandas, jadi nggak ada yang gimana-gimana sih," papar Ade Govinda di lokasi yang sama dengan Syahrini.

Ade Govinda juga menjelaskan alasannya memilih Syahrini untuk menyanyikan lagu barunya tersebut. Bagi Ade, dirinya memang ingin sekali bekerjasama dengan pemilik jargon Sesuatu itu.

"Enggak sih dari dulu kita pengen kerjasama terus pas dengerin beberapa demo lagu Syahrini langsung nyantol dan kebetulan aku juga seneng banget pas banget Cintaku Kandas itukan Syahrini banget kata-katanya, apalah kayanya semuanya udah jalannya aja udah pas," tuturnya. (Fimela.com/ Syifa Ismalia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Inneke Koesherawati Diduga Kelola Bilik Asmara Lapas, Ini Kilas Balik Kasusnya

Posted: 05 Dec 2018 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fahmi Darmawansyah, suami dari artis cantik Inneke Koesherawati, dua kali terlibat kasus korupsi. Dalam kasus terbaru, suami Inneke Koesherawati ini terlibat suap kepada Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husein, ia menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, pada Rabu (5/12/2018). 

Fahmi Darmawansyah diduga menikmati fasilitas mewah selama menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin. Fasilitas mewah tersebut didapat suami Inneke Koesherawati ini dengan memberikan 'hadiah' fantastis kepada Wahid Husen yang saat itu menjabat Kalapas Sukamiskin.

Fahmi Darmawansyah diberikan keleluasaan selama menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin. Selain fasilitas mewah di sel, suami Inneke Koesherawatiini membangun ruang khusus untuk mengakomodir warga binaan melakukan hubungan suami istri. 

Hal itu terungkap dalam sidang perdana eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen yang digelar di ruang tipikor Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Rabu (5/12/2018).

Seperti diketahui, suami dari Inneke Koesherawati itu menjalani hukuman penjara selama 2 (dua) tahun 8 (delapan) bulan sejak Juni 2017 di Lapas Sukamiskin. Ia menjadi warga binaan berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor di PN Jakarta Pusat setelah terbukti melakukan suap kepada pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Tempati Sel Nomor 11 Blok Timur

Selama menjalani masa kurungan, suami Inneke Koesherawati ini menempati sel nomor 11 blok timur bagian atas. Ia ditemani tahanan lain bernama Aldi Candra dan Andri Rahmat yang bertugas menjadi asisten pribadinya. Kamarnya dilengkapi TV kabel, AC, Kulkas, tempat tidur spring bed, furnitur dan dekorasi interior High Pressure Laminated (HPL) serta bebas menggunakan telefon genggam.

Wahid Husen yang saat itu bertugas menjadi Kepala Lapas mengetahui fasilitas tersebut, namun dibiarkan. Bahkan, suami Inneke Koesherawati ini diberikan kepercayaan mengelola kebutuhan para warga binaan Lapas Sukamiskin. Di antaranya, jasa merenovasi kamar dan pembuatan saung (gazebo).

Tak hanya itu, suami Inneke Koesherawati ini diperbolehkan membangun sendiri kebun herbal di dalam area lapas dan membangun ruangan berukuran 2 x 3 meter lengkap dengan kasur. Ruangan itu dibangun untuk keperluan melakukan hubungan suami istri 

"Ruangan itu digunakan untuk Fahmi saat dikunjungi istrinya, maupun disewakan kepada warga binaan lain dengan tarif Rp 650 ribu," kata Jaksa dari KPK, Trimulyoni Hendradi saat sidang.

Kemudahan lain yang didapatkannya adalah izin berobat ke luar Lapas secara rutin di RS Hermina Jalan Arcamanik atau RS Hermina Jalan Pasteur. Biasanya pemeriksaan dilakukan pada hari Kamis. Usai berobat, biasanya suami Inneke Koesherawati ini tak lantas kembali ke Lapas, tapi mampir ke rumah kontrakannya di Perum Permata Arcamanik, blok F No 15-16, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung.

"Izin berobat Fahmi Darmawansyah disiapkan oleh Andri Rahmat (asisten Fahmi), termasuk pengurusan biaya sopir ambulans," ucapnya. 

Kalapas Sulamiskin Tejo Harwanto menyanggah adanya ruangan khusus untuk hubungan suami istri. Tejo menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin setelah Wahid ditangkap saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

"Selama saya bertugas tidak ada ruangan yang dimaksud," ucapnya melalui pesan singkat.

Tejo menegaskan seluruh ruangan yang ada di lapas khusus koruptor tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya. "Seluruh ruangan dipergunakan sesuai peruntukannya. Tidak ada ruangan khusus tersebut," kata Tejo menegaskan.

Inneke Koesherawati Ditangkap KPK Bersama Kalapas Sukamiskin

Inneke Koesherawati sempat ditangkap bersama lima orang lainnya dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat (20/7/2018) lalu.

Inneke Koesherawati ditangkap bersama lima orang lainnya. Mereka adalah Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, terpidana kasus korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla, Fahmi Darmawansyah, Hendri (sopir), Andri (Napi Tipikor tamping Fahmmi), dan Dian Anggraini.

Kalapas Sukamiskin kini ditetapkan tersangka atas kasus pemberian fasilitas dan perizinan di dalam lapas Bandung, Jawa Barat ini. Wahid diduga telah menerima dua mobil jenis Mitsubishi Fortuner dan Mitsubishi Triton Exceed dari Fahmi terkait fasilitas sel dan kemudahan bagi suami dari Inneke Koesherawati ini untuk keluar masuk Lapas Sukamiskin.

Kabar penangkapan Inneke Koesherawati oleh KPK pertama kali didapat dari sumber Jawapos.com, Sabtu, 21 Juli 2018. Inneke Koesherawati, kata sumber tersebut, diduga turut mengetahui adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap Fahmi, suaminya. 

"Dia diduga sebagai pemberi," ungkap sumber tersebut.

Saat ditangkap Sabtu (21/7/2018) dini hari, KPK berhasil mengamankan lima orang terkait suap. Yaitu Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, WBP atas nama Andri dan Fahmi Darmawangsa, Inneke Koesherawati, dan orang kepercayaan Wahid. 

Selain mobil dan surat-suratnya, dalam penggeledahan KPK juga mengamankan uang sebesar Rp 279.920.000 dan USD 1.400. Uang tesebut juga sebagai salah satu jaminan, bahwa suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawangsa bisa mendapat kamar lebih nyaman dengan berbagai fasilitas.

Sebelum ikut terciduk KPK, rencananya Inneke Koesherawati akan menggelar jumpa penggemar dengan Marini Zumarnis di salah satu toko buku di pusat perbelanjaan di Tangerang. Hal itu terlihat dari akun Instagram pribadi Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis yang ikut mempromosikan acara tersebut.

"Hai Darl ini merupakan buku yang menceritakan kisah persahabatan Inneke Koesherawati dan Marini Zumarnis. Buku Hi Darl juga menjadi sebuah akronim untuk humbleness, inspiration, dream, awakening, relationship yang berarti kerendahan hati, inspirasi, mimpi, kebangkitan, hubungan," tulis Inneke Koesherawati pada unggahan beberapa waktu lalu.

Sebelum ditangkap KPK, Inneke Koesherawati sempat mengunggah foto di Instagram Stories-nya. Unggahan tersebut memperlihatkan penggalan hadis dan ayat Alquran.

"Pernah melihat orang yang diinginkan kebaikan malah marah-marah?! Pernah melihat orang yang ditunjukkan kepadanya jalan yang lurus malah menyombongkan diri dan menentang-nentang memilih jalan yang dimurkai Allah Ta'ala..?!," bunyi penggalan tulisan dalam Instagram Stories Inneke Koesherawati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Keji yang Dilakukan KKB pada Pekerja Trans Papua

Posted: 05 Dec 2018 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Trauma, kondisi inilah yang tengah dirasakan keempat pekerja PT Istaka Karya setelah berhasil lolos dari pembantaian maut yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Para korban dievakuasi dari Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa, 4 Desember 2018 menggunakan heli milik TNI AU dari Distrik Mbua. Mereka adalah Jimmi Aritonang, Martinus Sampe Pauliling, Ayub, dan Jefri.

Aparat juga mengevakuasi enam petugas Puskesmas Mbua dan dua guru SMP.

Guna proses pemulihan, tiga di antaranya dibawa ke RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Saat ditemukan mereka mengalami luka tembak di bagian lengan dan kaki.

Keempatnya selamat setelah berpura-pura mati saat diberondong tembakan oleh 50 orang anggota KKB.

"Sebagian pekerja tertembak mati di tempat, sebagian lagi pura-pura mati terkapar di tanah," ungkap Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam keterangannya, Rabu, 5 Desember 2018.

Berikut ini cerita kekejaman yang berhasil diungkap para pekerja proyak Trans Papua yang selamat dari pembantaian:

1. Kamp Pekerja Didatangi KKB saat Libur

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah mengembalikan senjata api milik yang dirampas dari anggota TNI yang sedang mengawal tim s...

Jimmy Aritonang, salah satu korban kekejaman KKB di Kabupaten Nduga yang lolos dari maut. Pascaperistiwa tersebut, salah satu pekerja PT Istaka Karya ini mulai memberanikan diri menceritakan kisah mengerikan yang baru dilaluinya.

Sabtu, 1 Desember 2018, dia dan puluhan pekerja jembatan dan jalan Trans Papua memutuskan untuk tidak bekerja. Karena hari itu diklaim kelompok separatis sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan dimeriahkan upacara bakar batu bersama masyarakat.

"Sekitar pukul 15.00 WIT, KKB mendatangi kemah PT Istaka Karya dan memaksa seluruh karyawan yang berjumlah 25 orang keluar. Mereka digiring dengan tangan terikat menuju Kali Karunggame dengan dikawal 50 orang pasukan KKB dengan senjata campuran standar militer," jelas Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi yang menceritakan kembali kesaksian Jimmy.

2. Pura-Pura Mati

Jalan Trans Wamena-jayapura menghubungkan 8 kabupaten di Pegunungan Tengah Papua. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Saat digiring keluar kamp dengan ditodong senjata militer, ketakutan menyelimuti para pekerja. Mereka tak bisa melawan dan hanya mampu mengikuti perintah.

Pada 2 Desember 2018, pukul 07.00 WIT, seluruh pekerja dibawa berjalan kaki dalam keadaan tangan terikat menuju Bukit Puncak Kabo. Mereka dipaksa berbaris dengan formasi lima saf dalam kondisi jalan jongkok.

Melihat korbannya tak berdaya, KKB yang kegirangan menari-nari sambil meneriakkan suara hutan khas pedalaman Papua. Tiba-tiba rentetan peluru ditembakkan ke arah para pekerja bak tawanan perang. Jenazah pun bergelimpangan.

"Sebagian pekerja tertembak mati di tempat. Sebagian lagi pura-pura mati terkapar di tanah," kata Aidi.

3. Tertangkap dan Digorok

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Melihat korbannya tewas, kelompok bersenjata ini melanjutkan perjalanan menuju bukit Puncak Kabo.

Tanpa mereka ketahui, ada 11 pekerja Trans Papua yang pura-pura mati tertembak. Salah satunya adalah Jimmy Aritonang.

Kesebelas ini lalu berusaha bangkit dan melarikan diri. Namun, aksi mereka tepergok oleh KKB lalu dikejar. Lima orang tertangkap dan digorok, sementara enam lainnya berhasil melarikan diri ke arah Mbua.

Saat ini, dua orang di antaranya belum ditemukan. Jimmy bersama tiga rekannya berhasil lolos dan selamat.

4. KKB Serang Pos TNI

Banner Infografis Penembakan 31 Pekerja di Papua. (Liputan6.com/Triyasni)

Pelarian Jimmy dan ketiga rekannya ternyata belum aman. Kelompok yang diduga didalangi Egianus Kokogaya ini mengejarnya hingga ke Distrik Mbua.

Pada 3 Desember 2018 sekitar pukul 05.00 Wit, mereka nekat menyerang Pos TNI 755/Yalet tempat para korban diamankan. Mereka menggunakan senjata standar militer campuran, berikut panah dan tombak.

Serangan diawali dengan pelemparan batu ke arah pos. Salah seorang anggota Yonif 755/Yalet atas nama Serda Handoko yang membuka jendela tertembak dan meninggal dunia. 

"Karena situasi tidak berimbang dan kondisi medan yang tidak menguntungkan, maka pada 4 Desember pukul 01.00 WIT, Danpos memutuskan untuk mundur mencari medan perlindungan yang lebih menguntungkan. Saat itulah salah seorang anggota atas nama Pratu Sugeng tertembak di lengan," ucap Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permudah Barang Masuk dan Keluar di Kawasan Berikat, BC Siapkan Sistem Baru

Posted: 05 Dec 2018 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bea Cukai akan memberlakukan secara penuh penggunaan sistem aplikasi Pemasukan dan Pengeluaran barang ke dan dari Pusat Logistik Berikat dalam rangka Ekspor dan/atau Transhipment (P3BET) pada 1 Januari 2019.

Sebelumnya, proses tersebut dilakukan dengan menggunakan dokumen pabean BC 3.3 dan P3BET secara manual. Untuk semakin memberikan kemudahan kepada pengguna jasa, meningkatkan kemudahan berusaha dan menggiatkan ekspor dalam negeri, maka Bea Cukai telah menciptakan sistem aplikasi yang terintegrasi.

Direktur Fasilitas Kepabeanan, Oentarto Wibowo menyatakan bahwa sistem aplikasi BC 3.3 dan P3BET telah selesai dibangun pada awal 2018 dan telah dilakukan uji coba dan pengimplementasian di beberapa kantor pelayanan Bea Cukai.

"Impelementasi tersebut telah dilakukan di Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Kantor Bea Cukai Tanjung Perak, Kantor Bea Cukai Bekasi, dan Kantor Bea Cukai Tanjungpinang. Secara keseluruhan prosesnya berjalan lancar dari mulai pemasukan barang ekspor ke dalam Pusat Logistik Berikat (PLB) ke pelabuhan muat dan telah mampu memberikan gambaran dan data yang diperlukan untuk pengawasan," ungkap Oentarto dalam keterangannya, Kamis (6/12/2018).

Dia mengungkapkan aplikasi ini turut mendorong berbagai kemudahan yang ditawarkan melalui PLB. Seiring dengan semangat awal dibentuknya PLB dalam mewujudkan Indonesia menjadi hub logistik nasional dan Asia Pasifik, Bea Cukai telah mengembangkan PLB untuk menjadi tempat penimbunan barang-barang yang akan didistribusikan ke dalam negeri, tidak terbatas hanya pada industri.

Ini mengingat fungsi PLB sebagai katup atas barang-barang strategis, ke depannya barang konsumsi (end-product) dapat disimpan di PLB. PLB juga diciptakan sebagai konsolidator barang ekspor, etalase barang ekspor, dan quality control bagi eksportir Industri Kecil dan Menengah (IKM).

 

Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Oentarto menambahkan bahwa nantinya para pengguna jasa akan diminta untuk melakukan registrasi dalam penggunaan aplikasi BC 3.3 ini.

"Hal ini ditujukan untuk memberikan kemudahan para pengguna jasa dalam melakukan ekspor, meningkatkan tertib administrasi, serta menjamin bahwa aplikasi ini digunakan untuk pihak yang berhak," tambah Oentarto.

Selain itu, Bea Cukai juga telah mengeluarkan aturan sebagai acuan dan dasar hukum atas pemberlakukan aplikasi ini. "Kami telah menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal nomor KEP-261/BC/2018 sebagai dasar hukum mandatory aplikasi ini," ujar dia.

Penerapan aplikasi ini diharapkan dapat semakin memudahkan para pengguna jasa dikarenakan proses manual yang sebelumnya dijalankan telah diotomasi melalui sistem sehingga prosesnya akan semakin singkat dan efisien.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Curry Mengamuk, Warriors Hajar Cavaliers

Posted: 05 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Cleveland- Golden State Warriors akhirnya kembali bertemu Cleveland Cavaliers usai final NBA Juni lalu. Warriors sukses menghajar Cavaliers pada duel di Quicken Loans Arena, Rabu (6/12/2018) pagi WIB.

Laga ini merupakan kunjungan pertama Warriors ke Cavaliers sejak final NBA. Namun kali ini Cavaliers sudah benar-benar berbeda. LeBron James sudah pindah ke Los Angeles Lakers.

Selain itu, Cavaliers juga tak diperkuat Kevin Love, JR Smith dan Kyle Korver. Dua nama pertama cedera dan diparkir. Sedangkan Korver sudah dilepas ke Utah Jazz.

Meski tak diperkuat pemain-pemain bintang, Cavaliers mampu merepotkan Warriors. Pada kuarter pertama, Cavaliers cuma tertinggal enam poin, 25-31.

Cavaliers bahkan menggila di kuarter tiga. Cavaliers berbalik unggul saat jeda setelah melesakkan 39 poin dan cuma kemasukkan 27 angka.

Warriors seperti biasanya baru bangkit di kuarter tiga. Pasukan Steve Kerr membuat 37 poin dan meredam Cavaliers dengan hanya 22 angka.

Di kuarter empat, Warriors makin tak terbendung. Point guard Stephen Curry mengamuk. Curry melesakkan sembilan poin dalam kurun waktu kurang dari satu menit pada pertengahan kuarter empat sehingga Warriors terus memperlebar margin keunggulan.

Curry dan Durant

Curry total membuat 42 poin, sembilan rebound dan tujuh assists. Dia juga melesakkan sembilan tembakan tiga angka.

Kevin Durant nyaris menorehkan triple double untuk Warriors dengan 25 angka, 10 rebound dan sembilan assits.

Di kubu Cavaliers, Tristan Thompson menyumbang 14 poin dan 19 rebound. Rookie Colin Sexton menghasilkan 20 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap Bupati Malang, KPK Periksa Tersangka Ali Murtopo

Posted: 05 Dec 2018 08:45 PM PST

Tersangka Ali Murtopo menaiki tangga untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa terkait proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2011. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo menaiki tangga untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa terkait proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2011. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo dikawal petugas saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa sebagai tersangka dugaan suap Bupati Malang Rendra Kresna. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo dikawal petugas saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa sebagai tersangka dugaan suap Bupati Malang Rendra Kresna. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa terkait proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2011. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa terkait proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang pada tahun anggaran 2011. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo dikawal petugas saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa sebagai tersangka dugaan suap Bupati Malang Rendra Kresna. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Ali Murtopo dikawal petugas saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/12). Ali Murtopo diperiksa sebagai tersangka dugaan suap Bupati Malang Rendra Kresna. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Berapa pun Biayanya, DPR Dukung TNI-Polri Kejar OPM

Posted: 05 Dec 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap TNI dan Polri bisa segera pencari pelaku pembunuhan 20 pekerja proyek pembangunan jembatan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua. DPR, kata dia, akan mendukung pembiayaan yang diperlukan oleh TNI-Polri untuk mencari pelaku.

"Sehingga kali ini enggak boleh main-main dan tidak boleh hal sepele kerahkan seluruh kekuatan yang ada. Berapa pun biayanya, DPR akan mendukung gabungan pasukan TNI-Polri untuk memburu pelaku gerombolan bersenjata yang diduga OPM," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini juga meminta TNI dan Polri tidak lembek dalam mengatasi kasus pembunuhan di Papua. Sebab, kejadian tersebut bukanlah yang pertama kali.

"Sama suara kami dari DPR bahwa kami kita minta TNI dan Polri tidak lembek menghadapi ini, karena ini bukan kejadian yang pertama. Ini di tempat yang sama terjadi hal yang sama," ucapnya.

Terkait perbedaan pandangan soal pelaku penembakan, Bamsoet merasa hal itu tidak perlu diperdebatkan. Bagi dia, yang terpenting TNI dan Polri bisa segera menangkap pelaku dan membawanya ke ranah hukum.

"Yang penting ini sikap dulu aja, ini suatu tindakan brutal penindasan atas nama kemanusiaan, enggak perlu terjebak dalam perdebatan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) dan OPM (Organisasi Papua Merdeka). TNI-Polri fokus pada perburuan pelaku dan menyeretnya ke pengadilan jika ada perlawanan hadapi dengan ketegasan," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebut korban pembunuhan di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, sebanyak 20 orang. Rinciannya 19 orang pekerja pembangunan jembatan dan 1 lainnya anggota TNI.

"Informasi sementara adalah 20 orang. Sebanyak 19 pekerja dan 1 anggota TNI yang gugur," jelas Tito saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Utang Sang Ayah, Tiffany SNSD Hidup dalam Ketakutan

Posted: 05 Dec 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Kontroversi yang kini tengah menghangat mengenai anggota keluarga para artis K-Pop yang melakukan penipuan, ternyata juga menimpa Tiffany SNSD.

Dilansir dari Soompi, Kamis (6/12/2018), ayah pelantun "I Just Wanna Dance" ini dituduh telah melakukan penipuan sebesar 35 juta won pada 2007. Bila dirupiahkan dengan kurs hari ini, maka uang ini kurang lebih setara dengan Rp 454,5 juta.

Seorang pria yang mengaku sebagai korban penipuan yang dilakukan ayah Tiffany SNSD ini, baru-baru ini membuat pengakuan tersebut. Pria itu mengatakan ia bertemu dengan ayah sang artis di Filipina, dan memberi pinjaman 35 juta won. Ayah Tiffany SNSD mengatakan ingin membeli sebuah sarana bermain golf dengan uang tersebut.

Masalahnya, hingga kini uang tersebut sama sekali tak dikembalikan. Padahal, ia sudah mencoba mengontak ayah Tiffany SNSD. Bahkan sang korban pernah diancam saat hendak meminta utang tersebut dilunasi.

Kerap Dibuat Susah

Tiffany SNSD. (Foto: instagram.com/tiffanyyoungofficial)

Setelah tuduhan ini mengemuka, Tiffany SNSD langsung mengeluarkan pernyataannya.Ternyata ia pun selama ini kerap dibuat susah oleh sang ayah,

"Sejak aku muda, aku memiliki masa kecil yang sulit karena beragam masalah ayahku. Bahkan setelah aku debut, aku menerima ancaman dari orang yang berhubungan dengan ayahku karena sejumlah masalah yang terjadi tanpa sepengetahuanku," tutur Tiffany dalam pernyataan yang dirilis agensinya, Transparent Artist.

Tiffany SNSD bahkan sering dipaksa sang ayah melunasi utangnya.

"Aku sering ditekan oleh ayahku untuk membayari utangnya. Aku berkali-kali mengambil tanggung jawab tentang hal ini karena merasa ini yang diharapkan dariku sebagai keluarga," tuturnya.

Putus Kontak

Tiffany SNSD. (Foto: instagram.com/tiffanyyoungofficial)

Wanita 28 tahun tersebut mengaku selama ini hidup dalam ketakutan, karena khawatir tingkah ayahnya ini akan mengancam grupnya. Apalagi ia sering mendapat ancaman dari sang ayah dan orang-orang di sekitarnya.

Hal ini akhirnya membuatnya mengambil langkah tegas.

"Sampai ke titik di mana aku tak tahan lagi dengan semua masalahnya, jadi aku memutuskan hubungan dengannya dan kami setuju untuk hidup sendiri-sendiri. Sudah tujuh tahun dari terahir kali aku mengontaknya," tutur Tiffany SNSD.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Resmi Kukuhkan Polda Banten Menjadi Tipe A

Posted: 05 Dec 2018 08:39 PM PST

Liputan6.com, Serang - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian resmi mengukuhkan Polda Banten dari Tipe B yang dipimpin oleh seorang Brigjen, menjadi Tipe A yang akan dipimpin oleh seorang Irjen.

"Bahwa hari ini, baru saja saya serahkan pataka Polda Banten, yang menandakan kenaikan tipologi, dari Polda tipe B menjadi tipe A," kata Kapolri dalam sambutannya di Mapolda Banten, Kamis (6/12/2018).

Tito menuturkan, Polri mengalami perjalanan panjang di Provinsi Banten untuk mendirikan sebuah kepolisian daerah. Pada sekitar tahun 2000 an, saat itu Banten baru saja berdiri dan baru ada Kepolisian Wilayah (Polwil) Banten, dengan pusat komandonya ada di Polda Jawa Barat (Jabar).

Kemudian sekitar 2005, berdirilah Polda Banten dengan Tipe C. Kapoldanya dan Wakapolda ya berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

"Saya sendiri waktu itu menjadi Kapolres di Serang. Unik juga waktu itu di tahun 2005, Kapoldanya Kombes, Wakapoldanya Kombes, saya sendiri Kombes. Kemudian naik menjadi tipe B, bintang satu," ucap Tito.

6 Polres

Polda Banten memiliki enam Polisi Resort (Polres), yakni Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak, dan Polresta Tangerang di wilayah Kabupaten Tangerang.

Polres Tangsel dan Polres Metro Tangerang di Kota Tangerang, belum bergabung ke dalam naungan Polda Banten dan masih berada di bawah komando Polda Metro Jaya (PMJ).

"Setelah diskusi panjang, akhirnya Polres Kabupaten Tangerang masuk ke Polda Banten. Duanya lagi, menunggu Kapoldanya bintang dua," kata Kapolri Tito.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri: Distrik Yigi Jadi Zona Merah Sejak Dihuni Kelompok Egianus Kogoya

Posted: 05 Dec 2018 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Distrik Yigi, lokasi pembantaian pekerja PT Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Papua semula merupakan zona aman. Namun situasi berubah setelah kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya menghuni distrik tersebut.

"Daerah kejadian, Distrik Yigi, semula aman. Tapi kelompok Egianus Kogoya pindah ke sana," ujar Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Menurut Iqbal, Egianus pindah ke Distrik Yigi karena terdesak kejaran TNI-Polri dari Distrik Kenyam, Nduga. Sejak saat itu, Distrik Yigi masuk dalam kategori zona merah dari sisi keamanan.

"(Kepindahan Egianus dan kelompoknya) karena dikejar pasukan TNI-Polri dari Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua sehingga lokasi insiden penembakan adalah zona merah," tutur dia.

Sementara itu, Kapendam 17 Cenderawasih Kolonel Infantri Muhammad Aidi mengatakan, lokasi pembunuhan di Distrik Yigi merupakan daerah terisolir. Karena itu, pihaknya kesulitan menembus lokasi pembunuhan karyawan PT Istaka Karya oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

"Jadi, itu memang kawasan terisolir. Kondisi dan medan di sana cukup berat. Dari Wamena saja, butuh waktu 8 sampai 12 jam bila melalui perjalanan darat," ujar Aidi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (4/12/2018).

Karena letaknya yang terisolir, ia tak menampik jalur di Distrik Yigi kerap dilalui kelompok bersenjata. Agar tidak terisolir, sejumlah pembangunan infrastruktur seperti jembatan dilakukan di sejumlah titik.

"Salah satu jembatan yang dibangun, yaitu jembatan yang menghubungkan Kali Yigi dan Kali Aurak. Ini jembatan yang dibangun para pekerja yang dibunuh kelompok bersenjata," kata Aidi.

Eksekusi Keji Kelompok Bersenjata

Penyanderaan terhadap pekerja PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan Trans Papua, berdasarkan kesaksian korban selamat berinisial JA, terjadi pada Sabtu, 1 Desember 2018.

Para pekerja, dalam kondisi tangan terikat, kemudian dieksekusi dengan tembakan pada keesokan paginya, Minggu 2 Desember 2018.

Empat pekerja berhasil melarikan diri dan diselamatkan TNI di Pos TNI Mbua, Kabupaten Nduga, Papua. Menurut JA, ada 19 rekan kerjanya yang tewas akibat tembakan. Sementara dua lainnya melarikan diri dan terpisah dari rombongan, sehingga tak diketahui nasibnya hingga kini.

Selain mengevakuasi korban, aparat gabungan TNI-Polri juga fokus mengejar kelompok teroris Papua tersebut. Ratusan personel gabungan telah diterjunkan ke Distrik Yigi dan Mbua, Kabupaten Nduga, Papua.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Liverpool Sesali Permainan Kasar Burnley

Posted: 05 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Jurgen Klopp kecewa berat dengan gaya permainan Burnley dalam duel yang digelar Kamis (6/12/2018). Manajer Liverpool itu menyebut Burnley bermain terlalu kasar dalam laga yang dimenangkan The Reds, 3-1.

Liverpool tertinggal satu gol terlebih dahulu di menit ke-54. Namun, skuat Liverpool langsung merespons dan mencetak dua gol di menit ke-62 dan 69. Xherdan Shaqiri akhirnya menutup kemenangan Liverpool di menit ke-90.

Burnley tampil agresif dan beberapa kali bermain kasar. Kondisi inilah yang dikeluhkan Klopp. Dia merasa wasit Stuart Attwell gagal mengontrol permainan fisik Burnley yang salah satunya menyebabkan cedera pada Joe Gomez.

Klopp memang dikenal sebagai pelatih yang blak-blakan, tegas, menunjukkan isi pikirannya. Pada pertandingan tersebut, dia beberapa kali mengonfrontasi wasit yang kurang tegas dalam membuat keputusan.

Gomez terpaksa meninggalkan lapangan dengan bantuan tandu di menit ke-23 setelah terserang benturan keras kapten Burnley, Ben Mee yang menekel dan mendorong Gomez sampai ke papan iklan. Klopp sempat berkata pada wasit untuk berhati-hati tetapi pada akhirnya cedera itu terjadi.

 

Komentar Klopp

Gelandang Liverpool, Naby Keita, berebut bola dengan bek Tottenham Hotspur, Danny Rose, pada laga Premier League di Stadion Wembley, Sabtu (15/9/2018). Tottenham Hotspur takluk 1-2 dari Liverpool. (AFP/AdrianDennis)

"Saya cukup yakin saya tidak punya banyak teman, tetapi itu bukan tugas saya. Saya mengatakannya sejak duel fisik pertama, saya tidak tahu siapa yang melakukan itu, tekel dari enam atau tujuh yard, mendapatkan bola, semua orang menyukainya, saya berkata pada wasit: 'itu bukan pelanggaran tetapi tolong katakan pada mereka tidak bisa melakukan itu'."

"Tidak ada yang bisa menghakimi itu. Anda mendapatkan bola, bagus, tetapi itu seperti bowling. Karena Anda juga melanggar pemainnya. Itu terjadi lima atau enam kali, sehingga Joe Gomez cedera," Klopp mengakhiri.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: