Selasa, 11 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Ini: Liverpool vs MU

Posted: 11 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris semakin seru dengan keberhasilan Chelsea mengalahkan Manchester City akhir pekan lalu. Dengan demikian, pimpinan klasemen pun diambil alih oleh Liverpool.

City yang sudah bertengger cukup lama di puncak klasemen akhirnya digusur Liverpool. Soalnya, Liverpool sukses kalahkan Bournemouth 4-0 di laga lain.

Kini, konstelasi pimpinan puncak klasemen Liga Inggris bisa saja berubah lagi. Soalnya, Manchester City akan menghadapi laga melawan Everton.

Sedangkan Liverpool harus menghadapi Manchester United (MU). Duel ini selalu menjadi perhatian meski MU saat ini sudah sulit berprestasi.

Jangan dilupakan pula Tottenham Hotspur dan Chelsea yang bakal terus menguntit dua besar klasemen Liga Inggris antara Liverpool dan Manchester City. Siapa yang akan ke puncak akhir pekan ini?

 

Jadwal Lengkap

Pemain Liverpool merayakannya kemenangan tim mereka setelah mengalahkan Napoli pada matchday keenam Grup C Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (11/12). Gol Mohamed Salah mengantarkan Liverpool unggul atas Napoli 1-0. (Peter Byrne/PA via AP)

Sabtu (15/12/2018)

 

19.30: Manchester City vs Everton

22.00:

Crystal Palace vs Leicester City

Huddersfield vs Newcastle United

Tottenham Hotspur vs Burnley FC

Watford FC vs Cardiff City

Wolverhampton vs Bournemouth

Jadwal Lengkap

Minggu (16/12/2018)

 00.30: Fulham Vs West Ham United

20.30: Brighton& Hove Albion vs Chelsea

20.30: Southampton vs Arsenal

23.00: Liverpool vs Manchester United

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akun Instagram Artis Cantik FTV Faye Nicole Jones Hilang

Posted: 11 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Faye Nicole Jones mendadak menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, pemain FTV ini disebut-sebut tersangkut kasus suap Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan kepada Kalapas Sukamiskin.

Faye Nicole Jones diduga merupakan sosok perempuan yang menemani Wawan, sapaan akrab adik Ratu Atut itu, saat bermalam di Hotel Grand Mercure, Bandung. Padahal, kala itu Wawan tengah menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin. 

Namun, kuasa hukum Wawan, Tubagus Sukatma, membantah dakwaan yang menyebutkan kliennya menginap di hotel bersama seorang wanita. Benarkah itu Faye Nicole Jones?

"Klien saya membantah menginap di hotel bersama seorang wanita," kata Tubagus Sukatma sebagaiman dikutip dari Merdeka.com.

Terkait pengakuan KPK akan mengeluarkan CCTV yang merekam kebersamaan Wawan dan artis wanita di hotel, Tubagus juga memastikan tak benar.

"Kan Pak Wawan sudah membantah dan saya juga heran rasanya. Enggak mungkin dakwaan nyerempet soal-soal domestik dan infotainment," jelas Tubagus.

 

Menghilang

Faye Nicole Jones yang disebut-sebut terkait dengan kasus ini pun belum angkat bicara. Sampai berita ini diturunkan, Liputan6.com, belum berhasil menghubungi ibundanya via Whatsapp. Permohonan wawancara dan klarifikasi tak berbalas. 

Agaknya pemberitaan yang masif tentang Faye Nicole Jones dalam kasus Wawan berimbas pada kehidupan pribadi dara kelahiran 9 Oktober 1999 itu. Faye Nicole Jones telah menonaktifkan akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya, diketahui Faye Nicole Jones menggunakan akun Instagram dengan nama @fayenicolee_.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, pada Rabu (12/12/2018) akun milik Faye Nicole Jones itu memang sudah tidak ditemukan di Instagram.

 

Perjalanan Karier

Faye Nicole Jones merupakan aktris berusia 19 tahun kelahiran Berlin, Jerman. Faye Nicole Jones telah membintangi puluhan judul film televisi (FTV). 

Faye Nicole Jones mengawali kariernya sebagai bintang sinetron dan model pada 2013 lalu. Mengutip dari Wikipedia, cewek kelahiran 9 Oktober 1999 ini mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai pemeran pembantu dalam sinetron Diam-Diam Suka yang ditayangkan SCTV.

Setelah sukses mencuri perhatian di sinetron tersebut, Faye Nicole Jones lantas kerap muncul membintangi banyak FTV.  Selain FTV, Faye juga sempat berperan dalam sejumlah sinetron. Sebut saja Cinta Lama Bersemi Kembali, Jomblo Pasti Berlalu, dan Pangeran Tanah Abang Penggusur Mantan.

Ia juga pernah bermain di film layar lebar pada tahun 2016 lewat peran cameo di film 2 Batas Waktu.

Selain dikenal sebagai aktris FTV, Faye Nicole Jones juga dikenal dekat dengan Vanessa Angel. Sebuah sumber mengatakan mereka sebenarnya bersaudara. Benarkah?

Yang jelas, momen-momen kebersamaan Faye Nicole Jones dengan Vanessa dalam berbagai kesempatan pun kerap dibagikan Vanessa Angel melalui akun Instagram pribadinya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Pembakaran Polsek Ciracas Terkait Anggota TNI Dikeroyok Juru Parkir

Posted: 11 Dec 2018 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto memastikan ke polisian masih menyelidiki pembakaran Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur. Polisi menelusuri apakah penyerangan ditengarai pengeroyokan anggota TNI oleh sejumlah juru parkir di kawasan Cibubur dan ditangani Polsek Ciracas.

"Itu yang masih diselidiki," kata Ari Dono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/12).

Ari Dono menyebut, jika pelaku merupakan anggota TNI maka akan diproses lebih lanjut oleh Pusat Polisi Militer TNI.

"Kalau anggota TNI melakukan tindak pidana, pelanggaran, itu yang menangani POM. TNI kan UU militer, yang menangani bukan polisi," ujar dia.

"Kalau Polisi Perkap, masyarakat UU Tindak Pidana Umum," imbuhnya.

Mantan Kapolda Sulawesi Tengah ini mengaku belum tahu apakah sudah ada saksi yang diperiksa atas kasus pembakaran Mapolsek Ciracas. "Saya belum tahu. Masih dalam proses," pungkas dia.

 

 

Meski demikian, Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis, dalam keterangannya semalam mengatakan aksi sekelompok massa tersebut terkait dengan aksi pengeroyokan sejumlah preman kepada seorang perwira pertama TNI AL.

"Dampak dari ketidakpuasan itu, sebagian massa tersebut yang kurang lebih 200 orang, merangsek masuk untuk mengecek apakah tahanan yang memukul rekan mereka itu sudah ditahan. Sudah diberikan penjelasan oleh Kapolsek dan Kapolres bahwa masih dalam pengejaran, belum dilakukan penangkapan," ujar Idham di Mapolsektro Ciracas.

Kronologi Pembakaran

Kondisi Polsek Ciracas Rabu (12/12/2018) pagi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Mapolsek Ciracas dibakar sejumlah orang pada Rabu (12/12) dini hari. Akibatnya 17 mobil dinas kepolisian rusak.

Berdasarkan kronologi, pukul 21.00-21.30 WIB massa sekitar 150 orang menggunakan sepeda motor mendatangi Polsek Ciracas. Kedatangan mereka untuk menanyakan soal pengeroyokan dua personel TNI berpakaian dinas di pertokoan Arundina Ciracas, Cibubur, Jakarta Timur.

Mereka meminta bertemu Kapolsek Ciracas untuk meminta keterangan soal penanganan pengeroyokan tersebut. Massa kemudian meninggalkan lokasi.

Pukul 22.10 WIB, massa kembali mendatangi Mapolsek Ciracas. Mereka berkumpul di depan kantor polisi itu untuk melaksanakan konsolidasi.

Tindakan anarkis mulai terjadi pukul 24.25 WIB. Massa merusak dan membakar fasilitas Polsek Ciracas dan kendaraan yang ada di sekitarnya.

Polisi Militer (POM) TNI AD turut menyelidiki dugaan keterlibatan anggotanya dalam kasus pembakaran Polsek Ciracas, Rabu (12/12) dini hari. Pembakaran kantor polisi itu dilakukan ratusan massa diduga tak puas penanganan kasus pengeroyokan anggota TNI oleh sejumlah juru parkir.

"Pom TNI AD dan Polda Metro tengah mengusut kasus pembakaran Mapolsek Ciracas apakah ada keterlibatan oknum TNI AD," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Kristomei Sianturi ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (12/12). 

Reporter: Suprihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Jual Beli Jabatan, KPK Panggil Pejabat Ditjen Otda Kemendagri

Posted: 11 Dec 2018 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Ditjen Otda Kemendagri, Makmur Marbun. Dia akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap jual beli jabatan yang menjerat Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUN (Sunjaya Purwadisastra)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (12/12/2018).

Terkait penyidikan kasus ini, penyidik juga memanggil Kepala Seksi di Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan SDM Ditjen Otda Kemendagri bernama Ade Irma serta Yunan selaku Sekretaris Pribadi Makmur Marbun. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk Sunjaya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka dugaan suap jual beli jabatan dan penerimaan gratifikasi terkait proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Sunjaya diduga menerima suap terkait jual beli jabatan senilai Rp 100 juta dari Sekretaris Dinas PUPR Gatot Rachmanto. Uang diberikan agar Sunjaya melantik Gatot dalam jabatan tersebut.

Sedangkan dugaan penerimaan gratifikasi, Bupati Cirebon Sunjaya diduga menerima uang total senilai Rp 6,4 miliar. Uang tersebut disimpan dalam rekening atas nama orang lain yang dikuasai oleh Sunjaya.

 

Pasang Tarif Jabatan

Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan korupsi Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, Jakarta, Senin (30/4/). Dalam pengeledahan rumah Mustofa, KPK benyita sejumlah mobil dan uang sebesar 4 millyar. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK menduga Sunjaya Purwadisastra memasang tarif untuk setiap jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon. Untuk tarif jabatan Camat, Sunjaya mematok harga Rp 50 juta.

"Dari kasus cirebon, KPK mengidentifikasi dugaan adanya tarif-tarif yang berbeda untuk pengisian jabatan tertentu. Misalnya, kisaran Camat Rp 50 juta, eselon 3 Rp100 juta eselon 2 Rp 200 juta," ujar Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat 26 Oktober 2018.

Febri mengatakan tarif uang dipasang Bupati Sunjaya tersebut berlaku relatif tergantung strategis atau tidaknya jabatan.

"Tarif tersebut berlaku relatif tergantung tinggi rendah dan strategis atau tidaknya jabatan di Cirebon. Kami juga menduga, penerimaan hampir selalu terjadi setelah seseorang menduduki jabatan," jelas Febri.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IMF Sebut Ekonomi Global Bakal Diterjang Badai Besar

Posted: 11 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, London - Petinggi International Monetary Fund (IMF) memepringatkan awan badai sedang mengelilingi ekonomi global. Permasalahannya adalah pemerintah dan bank sentral belum tentu dapat menghadapinya.

Dilansir dari Reuters, Rabu (12/12/2018), IMF telah mendorong pemerintah-pemerintah untuk "membetulkan atap" saat ekonomi dalam dua tahun terakhir masih cerah. Sayangnya, sampai saat ini hal itu belum berhasil dilaksanakan.

"Seperti banyak dari kalian, saya melihat terbentuknya awan badai, dan khawatir pekerjaan untuk mencegah krisis masih belum selesai," ucap First Deputy Managing Director IMF David Lipton.

"Bank-bank sentral sepertinya akan mengambil tindakan yang tidak konvensional," lanjutnya. Lipton memandang kebijakan demikian memiliki keefektifan yang jelas, dan ia pun mengungkapkan rasa khawatir mengenai kekuatan (potency) dari kebijakan moneter.

Untuk stimulus, Lipton meragukannya karena beban finansial yang dapat diciptakan. Kondisi pun dipandang berbeda dari krisis finansial pada 2008. Lipton memandang pemerintah saat ini tidak bisa bermanuver sebebas 10 tahun lalu.

Untuk ancaman jangka pendek, IMF menyebut perang dagang. IMF memperkirakan tiga per empat GDP global akan lenyap pada 2020 akibat adu tarif yang berlangsung antara Amerika Serikat dan China. Gencatan senjata antar kedua negara pun dianggap berlangsung lama.

"(Perang dagang) dapat melukai diri sendiri. Jadi penting agar gencatan senjata ini membawa menuju persetujuan yang tahan lama yang menghindari intensifikasi atau melebarnya ketegangan," jelasnya.

Sri Mulyani: Gencatan Perang Dagang AS-China Bisa Tenangkan Pasar

Menteri Keuangan Sri Mulyani  memberi paparan dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Gedung Nusantara II DPR, Kamis (31/5). Rapat terkait penyampaian kerangka ekonomi makro dan pokok kebijakan dalam RAPBN 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pertemuan G20 berhasil mencairkan suasana perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping mengambil keputusan gencatan senjata alias penundaan terhadap langkah-langkah kenaikan tarif selama 90 hari.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambut baik hasil pertemuan tersebut meskipun tidak berarti ada penurunan tarif dagang kedua negara. Menurutnya, hal ini bisa menenangkan pasar yang sebelumnya banyak diguncang ketidakpastian.

"Tidak berarti apa yang sudah dilakukan tarifnya sudah turun. Paling tidak memberikan 3 bulan atau 90 hari bagi kedua belah pihak melihat aspek kesepakatan yang bisa menenangkan dari sisi awal tahun," ujar Menkeu Sri di Ritz Carlton, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Sri Mulyani melanjutkan, pertemuan G20 juga membawa solusi bagi fluktuasi harga minyak dunia yang terus terjadi. Arab Saudi dan Rusia dalam kesempatan tersebut, bersedia melakukan diskusi mengenai ketersediaan pasokan minyak. 

"Dari sisi minyak ada Rusia ada Saudi Arabia yang mereka bisa melakukan diskusi mengenai bagaimana mereka akan melihat respons dari pasar minyak dengan adanya supply kemudian proyeksi yang ada ke depan," jelasnya.

"Ini juga memunculkan suatu stabilitas dari sisi paling tidak kepastian supply-demand. Sehingga harganya tidak velotile naik secara drastis," sambungnya.

Hal-hal positif hasil pertemuan G20 ini, kata Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, masih dibayangi oleh sejumlah resiko. Sebab, mekanisme tersebut belum dianggap sebagai suatu mekanisme yang reliable atau dapat diandalkan.

"Hal-hal positif ini masih dibayangi oleh hal-hal yang tidak pasti. Pertama, bahwa mekanisme tadi, multilateral, belum dianggap sebagai mekanisme yang reliable. Oleh karena itu, pesan dari G20 melakukan reformasi terhadap perdagangan dunia," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Penyebab Putri Masako Sang Calon Ratu Jepang Alami Depresi Berkepanjangan

Posted: 11 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Putri Masako segera menjadi permaisuri kekaisaran Jepang ketika suaminya, Putra Mahkota Naruhito, menggantikan kepemimpinan ayahnya, Kaisar Akihito. Pada April 2019 nanti, Kaisar Akihito akan turun takhta digantikan Naruhito karena faktor usia dan kesehatannya yang semakin menurun.

Masako kembali menjadi pusat perhatian karena dalam beberapa tahun terakhir ia menjalani perawatan akibat stres dan depresi. Namun diansir dari BBC, Minggu, 9 Desember 2018, pemilik nama lengkap Masako Owada ini mengatakan kesehatannya sudah mulai pulih dan mencoba untuk melakukan lebih banyak tugas kerajaan.

Dalam pernyataan yang bersamaan dengan ulang tahunnya yang ke-55 itu, Putri Masako menyampaikan sebuah komentar yang positif tentang masa depan Kekaisaran Jepang.

"Saya terkadang merasa khawatir tentang sejauh mana saya dapat melayani banyak orang. Namun saya akan berusaha melakukan yang terbaik agar bisa berkontribusi untuk kebahagiaan mereka (rakyat)," ujar Masako.

Putri Masako dan Pangeran Naruhito pertama kali bertemu dalam sebuah acara di Spanyol pada 1986. Masako yang menguasai sejumlah bahasa saat itu siap berkarier sebagai diplomat. Ia kabarnya sempat ragu saat diajak menikah oleh Naruhito.

Kariernya sebagai diplomat hanya berjalan singkat sebelum menikah dengan Naruhito pada 1993. Sang pangeran sempat berjanji akan melindungi sang istri dari berbagai tekanan sebagai anggota kekaisaran Jepang. Namun, Putri Masako banyak mengalami tekanan, terutama karena tradisi kekaisaran Jepang yang dikenal masih sangat kaku. 

Pengamat kerajaan menilai, penyebab sakitnya sang putri adalah kombinasi antara pembatasan politik dan tekanan untuk melahirkan pewaris laki-laki.  Sepert diketahui, Masako dan Naruhito mempunyai anak tunggal yaitu Aiko Princess Toshi, seorang wanita yang baru saja genap berusia 17 tahun.

Selama menjalani perawatan, Masako sempat lama tak muncul di hadapan publik.  Seiring kesehatannya yang semakin membaik, Putri Masako mulai sering tampil lagi di muka umum terutama menjelang penobatan suaminya sebagai Kaisar Jepang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro: Penyerangan Polsek Ciracas Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Posted: 11 Dec 2018 10:13 PM PST

Patroli, Jakarta - Kobaran api menghanguskan bangunan Markas Polsek Ciracas Jakarta Timur, Rabu dini hari tadi. Sejumlah motor dan kendaraan dinas polisi yang terparkir dilalap si jago merah serta dirusak massa.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (12/12/2018), peristiwa pembakaran Mapolsek merupakan bagian dari aksi penyerangan sekelompok massa yang datang pada Selasa jelang tengah malam.

Beberapa mobil pemadam kebakaran yang bergerak ke lokasi kejadian, berhasil memadamkan api satu jam kemudian. 

Dibakarnya Kantor Polsek Ciracas Jakarta Timur membuat Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya mendatangi lokasi kejadian.

"Aksi ini diduga dipicu ketiakpuasan atas kasus pengeroyokan anggota TNI yang dilakukan juru parkir, Senin, 11 Desember 2018," ungkap Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis.

Peristiwa pengeroyokan dilakukan sekelompok juru parkir di kawasan Arundina Cibubur. Kini pelaku, lanjut Idham masih dalam pengejaran polisi. 

Insiden perusakan dan pembakaran Mapolsek Ciracas berdampak pada lumpuhnya arus lalu lintas dari arah Kramat Jati menuju Ciracas Jakarta Timur dan sebaliknya. (Rio Audhitama Sihombing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosialisasi Empat Pilar Lewat Kolaborasi Wayang Kulit dan Wayang Orang

Posted: 11 Dec 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR metode pagelaran seni budaya, Senin malam (10/12/2018), di halaman Kantor Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, dikemas dalam bentuk lain dari biasanya. Mungkin layak disebut sebuah eksperimen, mengolaborasikan dua kesenian tradisional Jawa, yakni wayang kulit dan wayang wong, dalam satu panggung, satu lakon cerita, dan satu dalang. Hasilnya, sebuah tontonan yang cukup memikat.

Ide ini datang dari anggota MPR RI Kelompok DPD RI Dr. Bambang Sadono, SH., MH. Sebagai seorang yang penggemar wayang, Bambang Sadono berkehendak menghadirkan sesuatu yang beda dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR di Jepara ini. Perlu diketahui, dia pernah menghadirkan pertunjukan wayang kulit dengan dua dalang dalam satu lakon cerita. Kali ini kolaborasi wayang kulit dan wang orang. Dan, kolaborasi dua jenis kesenian ini bermain dalam lakon 'Sumpah Setyaki."

Bekerjasama dengan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Jepara dan atas masukan dari Bambang Sadono, Setjen MPR selaku pelaksana kegiatan ini menghadirkan grup wayang kulit dari Rembang dengan dalang Ki Sigit Ariyanto. Sementara untuk para pemain wayang orang dipilih mahasiswa seni tari dari Universitas Negeri Semarang (UNES). Para mahasiswa seni tari ini di bawah binaan Restu Lanjari, dosen seni tari UNES yang juga adalah istri Bambang Sadono.

Atas nama pimpinan MPR, Bambang Sadono membuka secara resmi pagelaran seni budaya di Jepara ini. Pembukaan ditandai penyerahan tokoh wayang (Setyaki) oleh Bambang Sadono kepada dalang Ki Sigit Ariyanto. Disaksikan oleh Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah, SE., MM.; Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi Biro Humas, Muhamad Jaya; Ketua PWRI Jepara HM. Suharno, SE.; Forkompimda Kab. Jepara; Camat Jepara Muhamad Syafi'I, SH., beserta Forkompimda Kecamatan Jepara; dan tokoh masyarakat, tokoh agama, serta ratusan masyarakat setempat.

Bambang Sadono dalam sambutannya menjelaskan sekilas mengenai bentuk kolaborasi pertunjukan wayang kulit dan wayang orang ini. Jadi, potongan cerita dalam wayang kulit dipadupadankan dengan wayang orang. Sehingga jalan cerita berjalan lancar, dan menyatu. Untuk melakukan ini para mahasiswa membutuhkan empat hari latihan tanpa diiringi dalang, dan sekali latihan diiringi dalang yang dilakukan beberapa saat sebelum pementasan dilaksanakan.

Selanjutnya, Bambang Sadono yang pernah menjabat Ketua Badan Pengkajian MPR ini menyatakan, pagelaran seni budaya wayang paling cocok untuk sarana sosialisasi Empat Pilar di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Selain memang digemari, wayang termasuk seni yang memasyarakat dan ceritanya mudah dicerna. Untuk itu, Bambang Sadono mengusulkan agar jumlah (kuota) pementasan seni budaya di Jawa Tengah ditambah lagi di masa mendatang.

Mengenai lakon 'Sumpah Setyaki' yang memang sengaja dipilih, karena karakter tokoh ini sangat sejalan dengan nilai-nilai Empat Pilar. Setyaki, jelas Bambang Sadono, adalah sosok pejuang yang sangat ikhlas. Dia sosok yang luar biasa, dan seorang pahlawan yang sama sekali tak punya kasus. Meski tubuhnya kecil dan berkulit hitam, dia berjuang untuk membela pemimpinnya tanpa diperintah. Jadi, "Setyaki adalah simbol seorang yang ikhlas berjuang," katanya.

Sementara Kepala Biro Humas Setjen MPR, Siti Fauziah, SE., MM., selaku panitia pelaksana dalam laporannya menyatakan, sangat menghargai upaya Bambang Sadono dalam ikut melestarikan seni budaya tradisional Jawa, khususnya wayang. Upaya menggabungkan seni wayang kulit dan wayang orang, menurut Siti Fauziah, merupakan bukti bahwa Bambang Sadono adalah pencinta seni Jawa. Dan, MPR menetapkan seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi.

Selain melalui seni budaya, dalam melakukan Sosialisasi Empat Pilar, MPR juga menggunakan berbagai cara, antara lain ToT, FGD, seminar, lomba cerdas cermat (LCC). Dan, MPR memilih pagelaran seni budaya sebagai salah satu metode sosialisasi Empat Pilar, karena ini salah satu upaya MPR menjaga seni budaya tradisional agar jangan sampai punah. Mengingat arus budaya dari luar sangat memengaruhi kehidupan anak-anak sekarang. "Kalau kita kurang hati-hati, seni budaya leluhur kita bisa punah. Karenanya perlu dilestarikan," katanya.

Sebagai warisan leluhur, seni budaya tradisional ini harus terus dijaga keberlangsungannya, karena di dalamnya mengandung tuntunan yang patut dijadikan panutan. Termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam lakon Sumpah Setyaki yang dipentas di Jepara kali ini. "Saya berharap apa yang disampaikan dalang pada malam ini bisa dihayati dan dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Siti Fauziah mengakhiri laporannya.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Bupati Jepara H. Marzuki. Dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Camat Jepara, Muhamad Syafi'I, Bupati berharap, melalui sosialisasi ini, nilai-nilai Empat Pilar benar-benar dapat merasuk ke dalam jiwa masyarakat Jepara. Serta teraktualisasi secara baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pemerintah Kabupaten Jepara juga menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kerjasama antara PWRI Kabupaten Jepara dan Setjen MPR dalam penyelenggaraan sosialisasi Empat Pilar ini. "Karena pada dasarnya Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara Repulik Indonesia, khususnya masyarakat Jepara," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Seksi, Ini Tips Kembangkan Bisnis Travel Saat ini

Posted: 11 Dec 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sektor pariwisata kini tengah menjadi primadona bagi Indonesia. Bagaimana tidak, sektor tersebut dinilai mampu mendukung penguatan cadangan devisa negara.

Dikutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada September 2018 lalu menyebutkan bahwa jumlah  kunjungan  wisatawan  mancanegara  atau  wisman ke Indonesia Juli 2018 naik 12,10 persen dibanding jumlah kunjungan pada Juli 2017, yaitu dari 1,37 juta kunjungan menjadi 1,54 juta kunjungan. Demikian pula, jika dibandingkan dengan Juni 2018, jumlah kunjungan wisman pada Juli 2018 mengalami kenaikan sebesar 16,57 persen.

Bagi sebagian orang, pertumbuhan dari data tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Maka dari itu, tidak ada salahnya membangun bisnis travel saat ini. Untuk itu, sebelum memulai bisnis tersebut, alangkah baiknya ikuti tips berikut agar bisnis semakin berkembang dan sukses. Simak tips berikut:

1. Ikuti perkembangan zaman

Media sosial di zaman sekarang ini seperti sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis dengan medium media sosial adalah langkah tepat dan efektif untuk Anda lakukan. Jelaskan keunggulan yang Anda miliki.

Buat mereka calon pelanggan tertarik dan memilih jasa travel Anda untuk destinasi yang ingin dicapai. Ingat, pastikan keunggulan yang Anda tawarkan semenarik bagi mereka. 

Pastikan juga untuk membuat ragam konten yang kiranya menarik. Tidak melulu harus menjual produk atau jasa yang Anda hendak tawarkan. Tapi sesekali berikan juga konten informatif yang terkait dengan jenis bisnis Anda, sehingga konsumen tidak merasa jenuh atau malah 'terganggu' dengan unggahan hard selling yang Anda buat.

2. Buat perencanaan matang

Setelah bisnis mulai dan berkembang, jangan sampai Anda lepas begitu saja. Perlu adanya rencana matang dan inovasi mengenai bisnis Anda. Mungkin kalau untuk bisnis travel, kamu bisa buat inovasi banyak destinasi-destinasi baru atau promo yang diberikan.

Sebagai pemilik bisnis, jika sudah berjalan, Anda cukup melakukan monitoring saja sambil terus memikirkan agar perkembangan bisnis sesuai dengan target yang ingin dicapai.

3. Pilah pilih pegawai

Pastikan untuk teliti dalam mencari karyawan yang benar-benar tepat. Sebab, kunci sukses selanjutnya berada di tangan mereka yang berkontribusi dalam pengembangan bisnis Anda.

Buat perencanaan matang.

Pastikan memilih orang yang punya komitmen, pengetahuan, inisiatif, dan bakat. Ingat, SDM adalah aset perusahaan. Memilih karyawan dan mendidiknya dengan tepat merupakan kunci utama bisnis bisa bertumbuh.

4. Perluas jaringan dan relasi

Memperkuat di sisi networking menjadi bagian yang penting dalam membangun bisnis travel Anda. ingat, sebagai pebisnis memang diharuskan untuk memperluas jaringan dan relasi seluas mungkin. Semakin besar dan luas jaringan usaha Anda maka makin tinggi pula peluang Anda untuk meraih kesuksesan usaha.

Selain membutuhkan para pekerja atau karyawan, mereka para pebisnis ini juga memerlukan pengusaha lain untuk bisa saling mendukung dan bekerjasama menumbuhkan bisnis.

5. Kualitas

Baik produk maupun jasa, kualitas adalah hal mutlak yang harus dijaga oleh setiap pebisnis. Nah, untuk travel tentu kualitas pelayanan menjadi vital. Sebuah bisnis dengan produk atau jasa yang berkualitas pastinya akan cepat mengalami perkembangan.

Memang, pada awalnya Anda harus menyiapkan dana yang besar. Namun, pikirkan jangka panjang dari semua itu. Anda tentu ingin memiliki konsumen setia, bukan?

Hal itu merujuk juga ke transportasi agar menunjang bisnis Anda, mobil misalnya. yap, saat Anda memilih travel sebagai bisnis, tentu hal pertama yang perlu dipikirkan ialah kenyamanan pelanggan.

Untuk itu, cermat memilih mobil unggulan adalah satu kunci bisnis. Salah satu mobil yang tepat untuk penunjang bisnis travel Anda ialah Toyota Hiace.

Toyota Hiace.

Mobil van komersil ini tampil dengan ekterior yang lebih mewah dan gagah. Dengan kapasitas 11 penumpang, Toyota Hiace mampu memberikan kenyamanan saat berkendara menuju destinasi wisata.

Tak hanya itu, design kursi yang lebih nyaman dan mewah, Toyota Hiace Luxury semakin memanjakan penumpang sepanjang perjalanan. Suspensi yang lembut, kebisingan rendah, dan mampu meredam getaran di dalam mobil.

Di samping memberikan kenyamanan, Toyota Hiace juga dilengkapi fitur keselamatan. Mobil tersebut memiliki SRS Airbag dan BS sebagai penunjang keselamatan. Untuk bahan bakar, Toyota Hiace memiliki konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit sehingga mampu menekan biaya operasional.

Bicara mobil tak lengkap bila tak bicara purna jualnya. Untuk Toyota Hiace Anda tak perlu ragu, Toyota Hiace memiliki 325 outlet diseluruh Indonesia. Selain itu, memiliki jangkauan yang luas, bahkan di kota kecil sekalipun.

Tak hanya itu, Toyota juga memiliki Toyota Mobile Service dengan armada operasional terlengkap, baik roda dua maupun roda empat.

Jok model Captain Seat di Toyota Hiace Luxury.

Toyota juga mempunyai 3 warna pilihan. Mulai dari silver metallic, putih, dan warna biru metallic.

Untuk harga, ada 3 tipe Toyota Hiace yang bisa menjadi lirikan para pengusaha. Pertama, tipe ST D Manual dengan harga Rp 436.250.000,00. Tipe kedua, commuter manual dengan harga Rp 471.350.000,00 dan Rp 677.650.000,00.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kodam Jaya Bakal Proses Prajurit Terlibat Pembakaran Polres Ciracas

Posted: 11 Dec 2018 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kodam Jaya akan memproses anak buahnya jika terlibat dalam pembakaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur. Namun, Kodam Jaya meminta masyarakat untuk tidak terburu-buru mengambil kesimpulan jika perusakan itu dilakukan anggota TNI.

"Kalau nanti memang ada anggota TNI yang terlibat, jelas kita akan proses dan kita tindaklanjuti dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Kolonel Inf Kristomei Sianturi, di Jakarta, Rabu (12/12).

Di sisi lain, dia menghormati penyelidikan yang dilakukan kepolisian terkait kejadian pembakaran Polsek Ciracas.

"Yang jelas, percayalah bahwa TNI dan Polri bekerja sama untuk mengungkap masalah ini," kata Kristomei.

Anggota TNI sebelumnya adu jotos dengan penjaga parkir motor di kawasan Ciracas, Jakarta Timur. Keributan itu kemudian memancing kawanan anak parkir lainnya hingga terjadi pengeroyokan.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Senin 10 Desember 2018 sekitar pukul 15.40 WIB.

"Ya benar sudah ditangani Polsek Ciracas" tutur Tony saat dikonfirmasi, Selasa (11/12/2018).

Peristiwa itu berawal saat anggota TNI Angkatan Laut (AL) Kapten Komaruddin yang berseragam dinas selesai memperbaiki motor di sebuah bengkel bersama anaknya.

 

Kronologi Kejadian

Kondisi Polsek Ciracas Rabu (12/12/2018) pagi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Ketika parkir di rumah makan, dia memeriksa kembali motor tersebut karena ada kejanggalan di bagian knalpot.

"Saat memeriksa motor, salah satu anak parkir menggeser motornya tanpa sepengetahuannya sampai kepala Kapten Komaruddin terbentur motor. Sehingga menegur anak parkir tersebut," jelas dia.

Namun, petugas parkir itu tidak terima sehingga terjadi cekcok mulut yang mengundang perhatian rekan tukang parkir lainnya. Pengeroyokan pun terjadi.

"Dikeroyok tukang parkir tujuh sampai sembilan orang," kata Tony.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap PN Jaksel, Pengacara Arif Fitrawan Jalani Pemeriksaan Perdana

Posted: 11 Dec 2018 10:05 PM PST

Pengacara Arif Fitrawan (kiri) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (kiri) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (tengah) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (tengah) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (tengah) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (tengah) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pengacara Arif Fitrawan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). Arif Fitrawan menjalani pemeriksaan perdana setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara di PN Jakarta Selatan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhatan Miris Warganet Peringati Harbolnas 12.12

Posted: 11 Dec 2018 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Indonesia, atau biasa dikenal dengan Cyber Moday atau Black Friday di negara seperti Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang.

Harbolnas merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online (daring) dengan aman dan nyaman.

Sejak beberpa waktu lalu, para e-commerce bahkan sudah meramaikan jejaring sosial dengan berbagai promo menarik yang mereka tawarkan untuk memeriahkan Harbolnas yang jatuh pada hari ini, Rabu (12/12/2018).

Siapa yang tak tergiur melihat promo besar-besaran yang ditawarkan para online shop. Publik pun merespons peringatan Harbolnas dengan berbagai komentar mengenai di Twitter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Respons Warganet

Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, hingga kini lini masa Twitter masih diramaikan dengan perbincangan Harbolnas. Banyak dari warganet senang karena diskon yang ditawarkan para online shop, tapi ada pula komentar banyolan maupun sedih karena Harbolnas jatuh di tanggal yang salah.

Saking banyaknya twit mengenai Harbolnas, topik tersebut pun menjadi perbincangan viral di lini masa. Tagar Harbolnas2018 dan Harbolnas1212 bahkan menduduki jajaran teratas trending topic Twitter kawasan Indonesia.

Tahun ini, menjadi tahun keenam peringatan Harbolnas yang sebelumnya ditujukkan untuk kampanye dengan misi memajukan industri e-commerce di Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan internet yang cukup tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Saya Tak Merasa Pantas Dipilih Sebagai Cawapres

Posted: 11 Dec 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin masih belum percaya dirinya dipilih oleh Presiden Jokowo sebagai Cawapres di Pilpres 2019. Dia bahkan merasa senang, karena bukan hanya didukung Jokowi, tapi juga parpol dan ormas NU.

"2018 mengesankan, karena tanpa diduga saya terpilih menjadi cawapres. Itu tak diduga, karena saya tak merasa pantas dipilih sebagai cawapres. Artinya dipercaya, bukan hanya oleh presiden (Jokowi), parpol pendukung, dan didukung pengurus pusat NU," ucap Ma'ruf di kediamannya, Jakarta, Rabu (12/12).

Ma'ruf merasa tahun 2018 hal yang sangat luar biasa. Sementara harapan tahun 2019, dia ingin tak hanya menjadi calon, tapi terpilih menjadi wakil presiden pada Pemilu April mendatang.

"Mudah-mudahan," imbuh pria yang akrab disapa Abah Ma'ruf itu.

Namun dia menekankan di pilpres dan pileg mendatang tidak boleh terjadi perpecahan dan semua pihak menjaga keutuhan bangsa.

Di sisi lain, diakuinya sedikit merasa kehilangan. Karena sejujurnya, Kiai Ma'ruf mengatakan dirinya sangat menikmati jabatan sebelumnya sebagai Rais Aam Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Ulama (NU). Dengan jabatan itu, dirinya bisa ceramah kemana-mana dan membimbing ratusan juga umat Islam di Indonesia.

Kiai Ma'ruf harus meninggalkan jabatan di NU karena dirinya tak bisa melawan atau melanggar aturan yang ada. Di NU, tak boleh ada rangkap jabatan. Bila di Majelis Ulama Indonesia (MUI), dimana dirinya adalah ketua umum, masih dibolehkan menjabat selama masih jadi cawapres.

"Kalau terpilih jadi wapres, saya harus melepaskan diri dari jabatan ketua umum MUI. Itu aturan saya harus pegang, harus patuh. Tidak boleh menghindar, tidak boleh merekayasa karena kita harus patuh pada aturan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Kopling Cepat Rusak

Posted: 11 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggunaan di dalam kota, dengan tingkat lalu lintas yang cukup padat, mobil bertransmisi otomatis semakin menjadi pilihan. Alasannya, tentu saja kenyamanan yang lebih jika dibandingkan menggunakan mobil kopling alias bertransmisi manual.

Namun, hal tersebut tidak serta merta menjadikan mobil yang pengemudinya mengharuskan menginjak kopling sepi peminat. Harga yang lebih murah, dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien menjadi beberapa alasan mobil manual tetap digemari.

Nah, bagi pengendara yang masih menggunakan mobil manual, keberadaan kopling tentu saja sangat penting. Komponen ini berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi, agar mobil tetap berjalan mulus. Koplung sendiri memiliki beberapa komponen penting, seperti pedal kopling, kampas kopling, kabel kopling, matahari, dan druk laher.

Agar kopling awet dan cepat rusak, ada beberapa kebiasaan buruk pengemudi yang harus dihindari, seperti dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia:

1. Melepas dan Menginjak Kopling dengan Kasar

Hal pertama yang menyebabkan kopling mudah rusak, adalah kebiasaan dalam menginjak dan melepas kopling dengan kasar dan dapat menyebabkan kopling mobil mudah rusak.

Hal tersebut, disebabkan saat melepaskan pedal kopling transmisi mobil belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling. Untuk itu, pemilik atau pengendara harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan perpindahan transmisi mobil.

Selanjutnya

Ilustrasi kopling kering pada sepeda motor (Foto: Motorcycleusa.com)

2) Injakan Setengah Kopling

Kebiasaan menginjak setengah kopling saat macet atau saat berada di tanjakan, juga menyebabkan kopling berbau menyengat. Ketika kopling diinjak setengah, maka akan mempercepat kerusakan pada kopling.

Jadi, coba hilangkan atau minimal kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan menginjak setengah kopling, supaya mobil tidak mudah rusak.

3. Terlalu Sering Menginjak Kopling

Menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan juga dapat mempercepat kerusakan kopling. Pasalnya, kebiasaan tersebut menyebabkan bantalan rilis dan pelat kopling lebih mudah aus. Pengendara atau pemilik mobil harus lebih memastikan untuk tidak selalu menginjak kopling pada saat berkendara. Terutama pada saat di tanjakan dan kemacetan.

Selanjutnya

4) Menggantung Pedal Kopling

Ketika jalan menanjak dan macet, biasanya pengendara sering menggantung pedal kopling. Hal ini akan menyebab gesekan pada kanvas kopling, serta mengakibatkan kopling cepat aus.

Jadi, pengemudi harus memperhatikan untuk tidak selalu menggantung pedal kopling agar mobil tidak mudah rusak.

5) Posisi Gigi Transmisi Tidak Sesuai dengan Percepatan Mobil

Kebiasaan menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan percepatan mobil juga dapat mempercepat masalah kerusakan kopling. Misalnya, posisi transmisi berada di gigi satu, akan tetapi kecepatan mobil berada di 30 km/jam.

Untuk itu, pengemudi juga harus lebih menyesuaikan posisi gigi transmisi dengan kecepatan mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Cuaca Ekstrem Ancam Wilayah Timur Australia, Warga Diminta Waspada

Posted: 11 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Brisbane - Topan tropis dilaporkan akan melanda negara bagian Queensland pada akhir pekan ini, di mana anginnya disebut bertiup dari Samudera Pasifik di timur laut.

Di waktu yang berdekatan, negara bagian New South Wales, Australia Selatan, Victoria dan Tasmania akan mengalami risiko banjir akibat hujan deras yang terpengaruh cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah timur Negeri Kanguru.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (12/12/2018), Biro Meteorologi Australia mengumumkan dua risiko cuaca ekstrem aan terjadi secara simultan di pantai timur Australia, di mana kondisi itu menjadi peristiwa langka yang akan menciptakan badai petir dari Queensland hingga Tasmania.

Topan Tropis Owen --nama resmi badai terkait-- mengumpulkan kekuatannya di Teluk Carpentaria. Badai yang masih berada di kategori satu itu diperkirakan akan mencapai tingkat ketiga pada Kamis pagi.

Pada Jumat nanti, badai diperkirakan akan bergerak semakin ke timur, tepatnya ke negara bagian Queensland, membawa hujan lebat yang disertai angin kencang.

Di saat yang sama, negara bagian Victoria mengalami cuaca ekstrem berupa pembentukan tekanan udara rendah sejak Selasa 11 Desember, di mana berpotensi memicu hujan dan banjir dalam beberapa hari ke depan.

Grace Legge, salah seorang ahli cuaca setempat, mengatakan intensitas hujan akan menyebar secara merata pada hari Rabu.

"Kami melihat badai petir yang parah sepanjang jalan dari bagian barat laut Australia Selatan hingga ke tenggara, melalui Victoria, dan ke timur New South Wales," ujar Legge.

Hujan mungkin berkurang intensitasnya pada hari Kamis tetapi bisa meluas hingga wilayah pedalaman.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Prediksi Curah Hujan Tinggi

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Pada hari Rabu, James Taylor, manajer divisi cuaca ekstrem pada Biro Meteorologi Australia, mengatakan beberapa bagian barat laut negara bagian Queensland mungkin memiliki hari paling basah di sepanjang 2018.

Biro tersebut memprediksi curah hujan akan tercatat 30-40 milimeter di Queensland pada Rabu dan Kamis. Legge memperingatkan warga untuk tidak nekat mengemudikan kendaraan melewati banjir.

Selain itu, otoritas terkait juga memperingatkan tentang kemungkinan hujan es di Australia Selatan.

Sementara itu, secara spesifik, kota Brisbane diperkirakan akan diguyur hujan deras, mulai dari Kamis hingga Senin esok, yang diperkirakan mencapai curah sekitar 50 milimeter pada hari Jumat.

Di lain pihak, kota Sydney akan mengalami hal serupa dari Kamis hingga Sabtu nanti, dan Melbourne diperkirakan akan menghadapi badai dari Rabu hingga Minggu, dengan potensi hujan mencapai curah 45 milimeter pada hari Kamis.

Di utara, Topan Tropis Owen masih dinilai berada pada kategori satu pada hari Rabu, pukul 07.00 pagi waktu setempat, di mana melayang sejauh 215 kilometer di lepas pantai Borroloola di Northern Territory.

Diperkirakan badai tropis tersebut membawa angin dengan kecepatan hingga 110 kilometer per jam antara kota Cape Shield di Northern Trritory hingga wilayah perbatasan negara bagian Queensland pada Rabu petang ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesaksian Warga Saat Lihat Pesawat Tergelincir di Mamberamo

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Papua - Alfa Trans Dirgantara dengan nomor lambung PK – ASE tergelincir di Bandara Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal menyebut, kecelakaan Alfa Trans Dirgantara terjadi sekitar pukul 08.15 WIT dan tak ada korban jiwa.

"Pesawat membawa 7 orang penumpang yang terdiri dari 6 orang dewasa dan 1 orang anak-anak. Pesawat lepas landas dari Bandara Sentani sekitar pukul 06.45 WIT," kata Kamal, Selasa (12/12/2018).

Menurut kesaksian warga setempat, saat landing, pesawat mendarat sudah setengah dari panjang landasan. Saat itu hujan turun dan landasan tergenang air. Pilot atas nama Kapten Tohirin tidak bisa mengendalikan pesawat dan tergelincir keluar dari area landasan.

"Saat ini pilot sedang dimintai keterangan di Pos BKO Polres Mamberamo Raya dan dikabarkan satu orang penumpang mengalami shock atas kejadian ini dan dirawat di Puskesmas setempat," kata Kamal.

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wacana Barter Alexis Sanchez dan Mesut Ozil

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Muncul wacana Manchester United (MU) dan Arsenal bakal barter pemain, yakni Alexis Sanchez dan Mesut Ozil. Legenda The Gunners, Ray Parlour, angkat bicara soal ini.

MU dan Arsenal sempat barter pemain pada Januari lalu. Ketika itu, Alexis Sanchez gabung ke Old Trafford, sementara Henrikh Mkhitaryan pindah ke Emirates Stadium.

Hal tersebut tak berbuah positif bagi MU. Sebab, Alexis Sanchez kurang tajam di Old Trafford. Kini muncul wacana barter lagi, yakni Alexis dan Ozil.

Nama terakhir sedang terpuruk di Arsenal dan bukan lagi elemen penting dalam skuat The Gunners. Namun begitu, menurut Parlour, Arsenal masih membutuhkan Ozil. Ia juga ragu MU mau menerima pemain asal Jerman tersebut.

"Saya masih berpikir Ozil adalah pemain yang sangat penting untuk skuat. Saya tidak tahu bagaimana Anda menilai harganya, karena Anda harus melihat gajinya dan dia mendapat 350 ribu pound sterling per minggu," kata Parlour kepada talkSPORT.

"Siapa yang mau membayar uang itu? Saya pikir akan sangat sulit bagi untuk membayar uang itu dalam bentuk upah. Untuk menghargai Ozil di bursa ini, saya akan mengatakan harganya sekitar 40 juta hingga 50 juta pounds."

 

 

MU Tak Butuh Ozil

(AP/Kirsty Wigglesworth)

Menurut Parlour, MU tak butuh tipe pemain seperti Ozil.

"Di mana Ozil akan bermain di sana? Apakah dia akan menjadi pemain yang mereka butuhkan? Mereka telah mencoba salah satu Alexis Sanchez, bukan? Apakah mereka akan kehilangan Sanchez dan membawa Ozil? Apakah akan ada kesepakatan barter? Saya pikir gaji akan menentukan. Saya akan terkejut jika mereka melakukannya," Parlour menambahkan.

Statistik Ozil

Ozil sendiri sudah membela Arsenal dalam 12 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Ia juga menyumbangkan empat gol dan satu assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rumah Juru Parkir Pengeroyok Anggota TNI Dirusak

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rumah juru parkir yang melakukan pengeroyokan terhadap anggota TNI di Jakarta Timur dirusak orang tak dikenal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tepati Janji, Gisel Hadir di Sidang Cerai

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sidang cerai Gisella Anastasia (Gisel) dengan Gading Marten kembali dibuka di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018). Berbeda dengan sidang sebelumnya yang tak dihadiri Gisel maupun Gading, kali ini ibu satu anak itu menepati janjinya datang ke pengadilan.

Sekitar pukul 11.27 WIB, Gisel datang dan langsung masuk ke ruang sidang. Ibunda dari Gempita Nora Marten ini tampak cantik mengenakan jumpsuit merah marun dan dipadu dengan blazer berwarna putih.

Sempat mengurai senyuman, terlihat sedikit ketegangan di wajah Gisel. Wajar, mengingat ini merupakan sidang cerai pertama dalam hidupnya.

Sayangnya tak ada kata yang terucap dari bibir Gisel. Dia menjanjikan akan berbicara banyak usai sidang berlangsung.

"Daripada jatuh, nanti habis ini saya ngomong. Ya benar, enggak enak loh," ucapnya sesaat sebelum masuk ke ruang sidang, Rabu (12/12/2018).

Gading Marten Belum Ada

Gading Marten dan Gisel

Seperti diketahui, Gisella Anastasia mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 19 November 2018 lalu. Sidang perdana pun yang digelar pada 5 Desember 2018, namun sempat tertunda lantaran ketidakhadiran kedua belah pihak.

Sampai berita ini diturunkan, sosok Gading Marten masih belum terlihat datang ke persidangan. (Galuh Esti Nugraini/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Produksi Susu di Indonesia, Pemerintah Belanda Sponsori Pendirian Desa Susu

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Demi mendukung target untuk mencapai 40 persen kebutuhan susu domestik pada 2025, pemerintah Indonesia mengembangkan cetak biru untuk menumbuhkan industri susu di Indonesia. Selain target meningkatkan konsumsi susu, produksi dan kesejahteraan peternak sapi perah lokal juga harus ditingkatkan.

Untuk itu, Pemerintah Belanda ikut mendukung adanya hal tersebut. Salah satunya dengan mensponsori didirikannya Desa Susu (Dairy Village) yang merupakan hasil kerja sama PT Frisian Flag Indonesia (FFI) dan Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang, Jawa Barat.

"Pemerintah Belanda mendukung setiap inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak di Indonesia. Peternak sapi perah telah menjadi salah satu fokus kami," ujar Counsellor for Agriculture dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Louis Beijer dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu (12/12/2018).

Beijer, mengatakan, pendirian Dairy Village tersebut akan membuka peluang baru bagi pertumbuhan industri susu dan masa depan peternakan sapi perah Indonesia. Hal tersebut akan berperan sebagai model, untuk segala aspek dari produksi yang berkelanjutan dan memungkinkan para peternak sapi lokal untuk menjalankan bisnisnya secara optimal, sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produksi susu segar mereka.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Meningkatkan produksi susu

Keberadaan Dairy Village di Ciater diharapkan mampu meningkatkan produksi dan menyejahterakan para peternak sapi perah lokal di Indonesia (Foto:Istimewa)

Desa susu yang terletak di Ciater, Jawa Barat sendiri dibangun sebagai proyek percontohan peternakan sapi perah independen untuk mengatasi tantangan peternakan sapi perah lokal.

"Lahan peternakan ini ditujukan khusus untuk peternakan sapi perah lokal dan akan dikelola langsung oleh Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara Lembang, melalui kerjasama erat dengan FFI," kata Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia Maurits Klavert.

"Kami berkeinginan untuk tumbuh lebih kuat bersama-sama melalui upaya pemberdayaan peternak sapi perah secara berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka dalam menghasilkan susu dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi, melalui konsep Dairy Village," tambah Klavert.

 

Mendapat pelatihan

Para peternak di Dairy Village akan mendapatkan pelatihan insentif yang mampu meningkatkan produksi susu (Foto: Istimewa)

Ketua KPSBU Dedi Setiadi mengatakan, pihaknya bersyukur dengan adanya kerjasama yang lebih tinggi antara KPSBU dengan FFI.

"Dairy Village adalah inisiatif dari FFI yang tidak hanya akan memberdayakan para peternak sapi perah kami, tetapi juga membawa inovasi yang akan mendorong peternak sapi perah untuk menerapkan praktik peternakan sapi perah yang baik dalam bisnis mereka," kata Dedi.

Para peternak di Dairy Village ini nantinya akan mendapatkan pelatihan intensif mengenai praktik peternakan yang baik. Selain itu, mereka juga bisa bergabung menjadi anggota koperasi di Desa Susu tersebut.

"Melalui Dairy Village, kami ingin mendukung peternak sapi perah dengan pembelajaran dan pengawasan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, sehingga dalam jangka panjang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia," tutup Maurits.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harbolnas 12.12: Bisa Dapat Mobil Mulai Rp 12 Ribu

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Harbolnas 12.12 kali ini Bukalapak menggelar program Sebu Seru. Dengan cuma Rp 12 ribu, kamu bisa membawa pulang mobil.

Dalam banner Serbu Seru yang terpampang di situs Bukalapak, terdapat Mini Cooper, Vespa S 125, dan Kawasaki Ninja 250 SL.

Khusus untuk barang Serbuan mobil dan motor, berikut ini ketentuan dan persyaratannya.

Status mobil dan motor yang diterima adalah OTR (Off The Road), sehingga semua surat-surat kelengkapan seperti BPKB, STNK, dan pajak akan ditanggung Penyerbu terpilih.

Apabila Penyerbu Harbolnas 12.12 terpilih berdomisili di Jabodetabek, barang bisa diambil 3 (tiga) hari setelah melakukan konfirmasi data diri.

Bukalapak tidak menanggung biaya perjalanan menuju/dari lokasi pengambilan barang Serbuan dan pengambilan barang Serbuan tidak dapat diwakilkan.

Untuk Penyerbu Harbolnas 12.12 terpilih yang berdomisili di luar Jabodetabek, barang akan dikirimkan sesuai ketentuan pengiriman barang Serbuan dan biaya kirim ditanggung sepenuhnya oleh Penyerbu terpilih.

 

Flash Deal Serba Rp 12 Ribu

Dian Sastrowardoyo di acara Bukalapak menyambut Harbolnas 2018. (Liputan6.com/Henry)

Selain Serbu Seru, Bukalapak juga menggelar flash sale yang menawarkan harga barang serba Rp 12 ribu.

Di program ini kamu pun bisa mendapatkan harga gadget dan aksesorisnya, hingga produk-produk fashion dan aksesorisnya dengan harga super murah.

"Ada satu catatan jika kamu ingin belanja online di promo Flash Deal Bukalapak: jangan kelamaan mikir! Kenapa? Karena stok barang yang dijual sangat-sangat terbatas. Kalau kelamaan mikir, yang ada malah kehabisan barang," demikian keterangan di situs Bukalapak.

Gratis Ongkir

Upaya Bukalapak mendorong UKM terus tumbuh, salah satunya melalui Hari Belanja Nasional atau Harbolnas Bukalapak yang berlangsung 12 Desember. Liputan6.com/Bawono Yadika

Selain itu, Bukalapak juga menawarkan gratis ongkos kirim (ongkir) 12 kali setiap hari mulai 12 Desember 2018.

Dalam program ini Bukalapak menggandeng beberapa jasa logistik, seperti J&T, Tiki, Ninja Express, Grab, Go-Send, Lion Parcel, dan Alfatrex.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Resmikan Kantor MarkPlus di Manado

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke Manado, Selasa (11/12). Misi utamanya, meresmikan Markplus Center For Tourism And Hospitality Manado Office di Rumah Alam Manado, Sulawesi Utara.

MarkPlus adalah perusahaan marketing dan consulting pionir pertama di Indonesia dan menjadi yang terbesar. Kantor pusat MarkPlus berada di Jakarta. Sedangkan MarkPlus Center For Tourism And Hospitality sebelumnya sudah berdiri di Bali. Manado menjadi kantor cabang kedua.

"Selamat buat MarkPlus Center For Tourism And Hospitality. Karena sudah memiliki Manado Office. Atau kantor cabang ke-2, setelah Bali yang diresmikan 23 Agustus 2018," tutur Menteri Pariwisata, Selasa (11/12).

Menurutnya, kehadiran MarkPlus Center For Tourism And Hospitality cukup dibutuhkan untuk turut menopang pariwisata Indonesia. Terlebih pergerakan wisatawan mancanegara mengalami kenaikan.

"Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami kenaikan hingga 100%. Berdasarkan data BPS Pada 2016 kunjungan wisman mencapai 40.624 wisman. Jumlahnya naik menjadi 79.267 wisiman pada 2017. Sedangkan hingga Oktober 2018 saja, datanya sudah mencapai 107.520 wisman," katanya.

Oleh karenanya, MarkPlus Center For Tourism And Hospitality akan membantu Kementerian Pariwisata dalam membangun citra positif pariwisata Indonesia. Terlebih Sulawesi Utara juga menjadi daerah tujuan wisata, seperti halnya Bali.

Dijelaskannya, MarkPlus Center for Tourism and Hospitality (MPCTH) turut berpartisipasi aktif dalam menguatkan pariwisata Indonesia. Caranya, dengan mengadakan diskusi pariwisata setiap tahun di Jakarta dan Bali untuk mendapatkan masukan.

"MarkPlus Center For Tourism And Hospitality juga merancang berbagai macam aktivitas dan program seperti seminar nasional terkait pasar Tiongkok, India, dan Millennial. Mereka mengundang berbagai narasumber baik dalam dan luar negeri yang memadukan perspektif Penta Helix (Akademisi, Pemerintah, Bisnis, Komunitas dan Media)," paparnya.

Mantan Dirut PT Telkom ini menambahkan, berdirinya MPCTH cabang Manado ini sesuai dengan visi dan Misi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Sebab, Gubernur Olly ingin menjadikan Provinsi Sulawesi Utara sebagai sebuah provinsi pariwisata. Karena, Sulut mempunyai Nature dan Culture yang Cantik.

"Oleh karena itu, kehadiran MPCTH sebagai partner resmi Global Sustainable Tourism Council (GSTC), dapat mendukung Sulut menjadi Sustainable Tourism Destination kelas Dunia," katanya.

Namun, Menpar mengingatkan agar Sulut juga melakukan branding. Caranya, dengan melakukan branding ala Kids Zaman Now.

"Harus berpromosi, jika ingin semakin kuat di pasar anak muda ke masa depan. Promosi yang terpaling, gunakan tema yang sedang dan akan hits di masa depan, Atau yang menjadi objek perbincangan anak2 muda. Apakah itu? Jawabannya Pariwisata," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Ungkap Cara Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS 2018

Posted: 11 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah instansi masih menggelar ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018), bahkan masih ada beberapa instansi yang belum mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Namun meski demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membocorkan cara integrasi nilai SKD dan SKB.

Sebelumnya, seperti yang telah diketahui bersama bahwa untuk menentukan yang berhak lulus jadi CPNS 2018 ialah dari hasil komulasi atau integrasi nilai SKD dan SKB CPNS 2018.

SKD dan SKB sendiri memiliki rumusan atau bobot nilai yang tidak sama. Untuk nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara SKB lebih besar, yakni bobotnya 60 persen.

Dari nilai integrasi dua tes tersebut, baru akan ditentukan siapa saja yang lulus menjadi CPNS 2018.

Untuk lebih jelasnya, BKN melalui Twitter resminya, @BKNgoid, telah memaparkan contoh cara integrasi nilai SKD dan SKB.

Menurutnya, contoh jika peserta memiliki nilai SKD 350 dan nilai SKB 200, maka nilai integrasinya sebagai berikut:

(350/500)*100*0.4 + (200/500)*100*0.6

Sementara untuk Kementerian atau Lembaga Pusat yang memakai tools lain selain CAT BKN, BKN masih belum memberi tahu.

"Ih, maksa banget. Hayoo, mau itung2an duluan ya? Coba mimin reka2 dulu ya.

Nilai SKD 350, nilai SKB 200. Maka nilai integrasi:

(350/500)*100*0.4 + (200/500)*100*0.6

Bagaimana u/ K/L pusat yg pakai tools lain selain CAT BKN? Itu PR-mu 😁

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

Ini Dia Sosok Peraih Nilai Sempurna di SKB CPNS 2018

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018) kini memasuki tahap akhir, yakni tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Dalam Ujian SKB CPNS 2018, para peserta mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat lolos dan menjadi ASN 2019. Dari hasil kerja kerasnya itu, terbukti banyak peserta yang berhasil mendapatkan nilai bagus. Salah satunya adalah Ayu Jenytia Nadly.

Mengutip Twitter resmi BKN, @BKNgoid, Senin (10/12/2018), Ayu Jenytia Nadly merupakan salah satu peserta yang berhasil mendapat nilai SKB tertinggi. Bahkan ia berhasil menempati peringkat satu (top scorer) yang meraih nilai sempurna (500) dalam SKB CPNS 2018.

Ayu merupakan peserta SKB CPNS 2018 Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk formasi Bidan Terampil. Saat ujian berlangsung, ia mendapat jadwal ujian sesi ke-9 Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Dengan begini, Ayu Jenytia Nadly menjadi top scorer SKB CPNS 2018 saat ini, terlebih untuk formasi Bidan Terampil.

"Selamat kepada Ayu Jenytia Nadly yg meraih nilsi sempurna (500) dlm SKB #CPNS2018 Sesi ke-9 Pemkab Tanggamus.

Ayu memilih formasi Bidan Terampil. Ah, mimin ingin diperiksa Mbak Ayu suatu saat. Pasti detil & teliti hehehe.

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntut Pembakaran Polsek Ciracas, Anies Panggil UPT Perparkiran DKI

Posted: 11 Dec 2018 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan angkat suara soal insiden pembakaran Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur. Lantaran, insiden diduga dipicu dari percekcokan di ranah perparkiran Jakarta, Anies menyatakan segera memanggil dinas terkait.

"Saya akan panggil khusus, UPT parkir, untuk kita bisa menertibkan perparkiran, agar tidak muncul problem," kata Anies Baswedan saat menghadiri Acara Hari Jadi Dharma Wanita Pertiwi (DWP) ke-19 di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Namun menurut Anies, terlepas dari insiden pembakaran dan aksi jotos di lahan perparkiran, dia mengimbau warga Jakarta bisa semakin dewasa dan tenang. Dengan kesadaran diri warga yang matang, Anies berharap potensi naik pitam di jalan raya bisa diredam.

"Apa pun yang terjadi di lapangan itu diperlukan kedewasaan, karena itu kita berharap di Jakarta ini, apa pun masalahnya dihadapai dengan tenang dan baik," jelas dia.

Lebih jauh, Anies menyerahkan proses hukum kepada pihak berwajib. Mantan Mendikbud ini percaya akan ada investigasi mendalam hingga menuntaskan masalah ini.

"Saya percayakan kepada aparat keamanan penegak hukum, untuk melakukan investigasi, menuntaskan persoalan ini, kami di sisi pemprov melakukan hal yang sifatnya terkait dengan ketertiban bagi masyarakat," ucap Anies Baswedan.

 

Kronologi Keributan

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Pelayanan di Polsek Ciracas lumpuh pascapembakaran oleh massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Anggota TNI sebelumnya adu jotos dengan penjaga parkir motor di kawasan Ciracas, Jakarta Timur. Keributan itu kemudian memancing kawanan anak parkir lainnya hingga terjadi pengeroyokan.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Senin 10 Desember 2018 sekitar pukul 15.40 WIB.

"Ya benar sudah ditangani Polsek Ciracas" tutur Tony saat dikonfirmasi, Selasa (11/12/2018).

Peristiwa itu berawal saat anggota TNI Angkatan Laut (AL) Kapten Komaruddin yang berseragam dinas selesai memperbaiki motor di sebuah bengkel bersama anaknya.

Ketika parkir di rumah makan, dia memeriksa kembali motor tersebut karena ada kejanggalan di bagian knalpot.

"Saat memeriksa motor, salah satu anak parkir menggeser motornya tanpa sepengetahuannya sampai kepala Kapten Komaruddin terbentur motor. Sehingga menegur anak parkir tersebut," jelas dia.

Namun, petugas parkir itu tidak terima sehingga terjadi cekcok mulut yang mengundang perhatian rekan tukang parkir lainnya. Pengeroyokan pun terjadi.

"Dikeroyok tukang parkir tujuh sampai sembilan orang," kata Tony.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Mapolsek Ciracas Diserang, Ini yang Tersisa dari Lokasi Kejadian

Posted: 11 Dec 2018 09:50 PM PST

Patroli, Jakarta - Arus lalu lintas di depan Kantor Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur, Jalan Raya Bogor yang sempat lumpuh, pagi tadi kembali normal. Beberapa petugas melakukan pengaturan arus yang biasanya setiap pagi selalu padat kendaraan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (112/12/2018), beberapa bangkai kendaraan yang dibakar dan dirusak massa masih berada di sekitar lokasi kejadian. Gerbang pintu masuk Polsek Ciracas hanya ditutupi papan tripleks.

Warga sekitar lokasi menuturkan, peristiwa yang terjadi dini hari tadi sempat membuat suasana mencekam dan ketakutan.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam Jaya menyerahkan penyelidikan kasus penyerangan dan pembakaran Mapolsek Ciracas ke pihak kepolisian.

Pagi tadi, sejumlah petugas prasarana dan sarana umum (PPSU) Pemkot Jakarta Timur melakukan pembersihan sisa-sisa puing perusakan bangunan Mapolsek. (Rio Audhitama Sihombing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Puji Satpam Saat Buka Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional

Posted: 11 Dec 2018 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional Tahun 2018. Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Satuan Pengamanan atau satpam yang selama ini berada di garda terdepan menjaga keamanan perusahaan.

"Kita tahu setiap kita masuk ke kompleks, kantor, mal ataupun hotel, yang kita temui pertama itu bukan direkturnya, bukan manajernya. Orang yang kita temui pertama adalah saudara-saudara, Anda semuanya satuan pengamanan, satpam," kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (12/12/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, menjadi satpam tidak mudah. Calon satpam harus memenuhi sejumlah persyaratan, mulai dari kesiapan fisik, kesehatan, kedisiplinan, sampai komunikatif.

Satpam, menurut Jokowi, bukan semata-mata satuan pengamanan, tetapi juga wajah-wajah paling depan dari sebuah perusahaan.

"Makanya jadi anggota satpam itu tidak mudah, saya tahu," ujar Jokowi.

Tanggung Jawab

Satpam juga memiliki tanggung jawab besar. Satpam harus melindungi dan mengamankan dari segala gangguan/ancaman baik yang berasal dari luar atau dari dalam perusahaan.

Satpam juga harus mengawasi masuk keluarnya orang atau barang dan mengawasi keadaan-keadaan atau hal-hal yang mencurigakan di sekitar tempat tugasnya.

"Jumlah-jumlah kantor, jumlah pertokoan, mal juga semakin lama semakin banyak. Kalau orang kehilangan barang di mal di pusat perbelanjaan yang dicari pertama kali mesti juga satuan pengamanan, ini pasti. Kalau ada orang sedang merasa terancam bahaya, kecopetan di kantor, di pertokoan, mungkin lebih cepat mereka berpapasan dengan satpam untuk meminta bantuan," kata Jokowi.

 

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: 5 Hoaks yang Viral Sepanjang November 2018

Posted: 11 Dec 2018 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lima (5) hoaks yang viral di sepanjang 2018, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Rabu (11/12/2018). 

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang memuncaki posisi Top 3 Tekno, di antaranya seperti lima (5) tips belanja aman di Harbolnas 2018 dan harga ROG Phone di Indonesia.

Tanpa berpanjang lebar, yuk simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. 5 Hoaks yang Viral Sepanjang November 2018

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui tim anti hoaks di bawah Ditjen Aplikasi Informatika menemukan, ada isu hoaks paling viral sepanjang November 2018.

Kelima isu tersebut banyak dibicarakan di media sosial, berikut adalah isu hoaks yang dimaksud, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari keterangan resmi Kemkominfo.

Selengkapnya baca di sini

2. Besok Harbolnas 12.12, Yuk Ikuti Tips Belanja Aman di Sini

Harbolnas 12.12 akan berlangsung besok, Rabu (12/12/2018). Festival belanja online ini selalu ditunggu-tunggu para penggila belanja online di Indonesia, setiap tahunnya saat tanggal 12 Desember.

Di ajang tahunan ini para pelaku e-Commerce menawarkan banyak diskon yang sangat menggoda.

Jangan sampai terlena, kamu sebaiknya juga berhati-hati karena biasanya ada peningkatan penipuan siber, seperti phishing saat Harbolnas 12.12.

Agar aman saat belanja di Harbolnas 12.12, ada baiknya kamu mengikuti tips dari perusahaan hardware dan software keamanan Sophos, berikut ini.

Selengkapnya baca di sini

3. Hadir di Indonesia, Berapa Harga ROG Phone?

Asus akhirnya memboyong ROG Phone di Indonesia setelah mengumumkannya pada Juni 2018. Penggunaan nama ROG berasal dari "Republic of Gamers", merek yang digunakan Asus sejak 2006 untuk PC gaming besutannya.

Asus SEA Regional Director, Jimmy Lin, mengklaim pihaknya sangat optimis dengan kualitas ROG Phone. Terlebih lagi, perusahaan asal Taiwan itu sudah cukup lama berkecimpung di industri gim dari lini bisnis ROG.

"Kami mengerti apa yang dibutuhkan pada gamer karena kami juga merupakan gamer. Kami memberikan semua yang terbaik untuk gaming ASUS," ungkap Lin dalam acara pengumuman ROG Phone, Selasa (11/12/2018).

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut BJB Ahmad Irfan Dicopot, BEI Minta Penjelasan

Posted: 11 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta penjelasan terkait pencopotan Ahmad Irfan selaku Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB).

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, BEI sudah meminta penjelasan kepada pengurus Bank BJB mengenai pencopotan tersebut.

"Jadi yang kami harapkan adalah pada saat ada informasi itu (pencopotan), sepertinya perseroan sudah sampaikan ke kami," ucapnya di Gedung BEI, Rabu (12/12/2018).

Nyoman mengetahui, Ahmad Irfan diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Bank BJB dari pemberitaan di media massa. "Berkat berita yang ada, kami sudah coba klarifikasi untuk dapat respons," ujarnya.

Ketika ditanya mengenai apakah ada prosedur BEI yang dilanggar dalam proses pencopotan itu, Nyoman masih menunggu penjelasan dari pengurus Bank BJB. "Ya kami lihat dulu jawabannya," kata dia.

Nyoman pun tidak menampik kemungkinan BEI memanggil manajemen Bank BJB untuk dimintai penjelasan terkait persoalan ini.

"Setelah itu tentunya kembali lagi secara umum kami lakukan evaluasi dan dalam hal ada sesuatu yang perlu kami bimbing ya kami lakukan pemanggilan. Jadi dari bursa sudah mintakan penjelasan background itu sudah mulai," tandasnya.

 

RUPSLB

Bank Jabar Banten (Istimewa)

Sebagai informasi, keputusan pemberhentian Ahmad Irfan dari posisinya, telah disetujui oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan yang diselenggarakan pada hari Selasa (11/12/2018).

Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku pemegang saham mayoritas di Perseroan mengungkapkan alasan kenapa Bank BJB membutuhkan sosok pemimpin baru.

"Di negara lain pembangunan itu gak hanya dari APBD, (juga) pinjam dari bank, mumpung kita punya bank sendiri yang didirikan sesuai visi misi daerah, jangan kehilangan khitahnya karena asik yang positif, lupa ada kebutuhan kita. Daerah masih miskin, infrastruktur masih jelek," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Model Boots agar Sekece Marion Jola Saat Tampil di MAMA 2018

Posted: 11 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Senin, 10 Desember 2018, Marion Jola jadi salah satu pengisi acara di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 di Seoul, Korea Selatan. Tak hanya itu, ia juga berhasil menyabet penghargaan Best New Asian Artist Indonesia.

Secemerlang prestasi tertoreh, gadis yang akrab disapa Lala ini tampil menawan pada kesempatan tersebut. Melengkapi gaun baby grey-nya, Marion memakai knee boots berbahan suede rancangan Thang Shoes.

Berbicara mengenai sepatu bot, jenisnya tak hanya seperti yang dipakai Marion Jola. Dikutip dari laman harperbazaar.com dan whowhatwear.com, Selasa, 11 Desember 2018, ada sejumlah model boots yang diminati perempuan di seluruh dunia.

Ankle boots

Sepatu ini memiliki hak ramping dan bagian depan yang agak runcing. Ankle boots cocok dipakai saat udara dingin. Anda bisa memadukan sepatu ini dengan rok ataupun celana jeans.

Moto boots

Boots ini mirip sepatu pengguna sepeda motor. Karenanya, penggunaan moto boots bakal menimbulkan kesan manly. Bagian solnya yang bergerigi membuat Anda terlihat edgy walau tidak ada hak di sepatunya. Boots ini cocok Anda padankan dengan skinny jeans.

Chelsea boots

Sepatu boots jenis ini punya hak elastis. Bagian belakangnya dilengkapi kain berbentuk lingkaran yang akan mempermudah Anda melepas sepatu ketika selesai dipakai. Walau gayanya klasik, sepatu ini bisa memberikan sedikit kesan rock 'n roll.

Boho Boots

Boots jenis ini umumnya dilengkapi detail berupa rumbai di bagian atasnya. Tipe sepatu ini sangat cocok dipadankan dengan tema busana bohemian. Boho boots cocok dipadupadankan dengan banyak, mulai dari dress putih hingga celana pendek. (Esther Novita Inochi)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungan ke Lampung Selatan, Iriana Jokowi Ajak Anak-Anak Gemari Makanan Sehat

Posted: 11 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi didampingi istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Kalla berkunjung ke Lampung Selatan. Iriana mengajak anak-anak untuk suka mengonsumsi makanan sehat, seperti makan ikan dan buah.

"Anak-anakku, ayo kita mengonsumsi makanan sehat berupa ikan dan buah. Makan ikan memiliki manfaat dan gizi tinggi bagi tubuh kita. Tapi ikan itu harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan," ujar Iriana saat mengajak anak-anak Paud untuk makan sehat berupa ikan dan buah, di Paud Ekadyasa, Natar, Lampung Selatan, Rabu (12/12/2018).

Kedatangan Iriana dan Bunda Paud Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo di Paud Ekadyasa, langsung disambut drum band cilik, tari tupping dan nyanyian selamat datang yang dilakukan anak-anak Paud Ekadyasa. Dalam kesempatan itu, Iriana dan Bunda Paud Provinsi Lampung bersama anak-anak Paud Ekadyasa mengonsumsi makanan sehat berupa ikan dalam bentuk olahan, dan buah pisang.

Tampak anak-anak sangat antusias dan gembira untuk mengonsumsi ikan olahan dan buah bersama Ibu Negara. "Tapi jangan lupa, sebelum makan berdoa terlebih dahulu," ujar Ibu Negara Iriana.

 

Bagikan Hadiah

Seperti dilansir Antara, Iriana berpesan agar anak-anak suka mengonsumsi makanan sehat berupa ikan dan buah. Tak hanya mengonsumsi makanan sehat, Iriana beserta ibu-ibu Oase menyanyikan lagu "Taman kanak-kanak dan Balonku ada Lima", bersama anak-anak Paud Ekadyasa.

Pada kesempatan itu, Iriana juga membagikan hadiah berupa tas ransel, serta memberikan alat permainan edukatif dan permainan outdoor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Tukang Parkir Pengeroyok Perwira TNI AL di Cibubur

Posted: 11 Dec 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian memastikan telah menangkap pelaku pengeroyokan anggota TNI di depan pertokoan Arundina, Cibubur, Jakarta Timur. Tukang parkir berinisial AG itu telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

"Sudah ada yang ditangkap berinisial AG (tukang parkir)," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Dedi belum bisa memastikan berapa jumlah pelaku pengeroyokan terhadap Kapten Komarudin itu. Saat ini penyidik tengah melakukan pemeriksaan intensif kepada AG sekaligus untuk mencari pelaku lainnya.

"Sementara baru satu (yang ditangkap). Namun demikian yang lain sudah diidentifikasi oleh tim, beri kesempatan tim menyelidiki peristiwa di Cibubur," tuturnya.

Cekcok antara anggota TNI Kapten Komarudin dengan tukang parkir di depan Pertokoan Arundina, Cibubur, Jakarta Timur terjadi pada Senin 10 Desember. Video keributan yang berujung pengeroyokan itu sempat viral di media sosial.

Diduga peristiwa itu yang menjadi pemicu pengerusakan dan pembakaran Mapolsek Ciracas oleh ratusan massa. Meski begitu, polisi belum bisa memastikan dan masih mendalami hubungan dua peristiwa tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernikahan Ketiga Risty Tagor Sudah Diketahui Keluarga dan Sahabat

Posted: 11 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cerai dari Stuart Collin, diam-diam Risty Tagor sudah menikah lagi. Bahkan, ia juga sudah memiliki anak ketiga berjenis kelamin perempuan yang masih berusia balita.

Risty Tagor menyematkan nama Cyila untuk bayi mungilnya itu. Hal ini ia ungkap melalui akun Instagram pribadinya.

Fotonya memperlihatkan Risty Tagor yang sedang berfoto bersama sang buah hati. Dengan mengenakan hijab, anak bungsu Risty Tagor tampak begitu cantik mewarisi garis wajah ibunya.

"Alhamdulillah.. Allah kasih kepercayaan 1 putri kecil diantara 2 laki2 hebat yg insyaAllah akan jaga cyila terus ya nak," tulis Risty Tagor sebagai keterangan, Rabu (12/12/2018).

Fitnah?

Risty Tagor. (Adrian Putra/Fimela.com)

Keputusan Risty Tagor untuk mengungkap kehidupan pribadinya adalah untuk meluruskan tudingan negatif sejumlah orang. Sebab, ia merasa berhak tak mengumbar kehidupan pribadinya kepada publik.

"Hari ini banyak yg bilang nanti jd fitnah jadi fitnah.. jawabannya cuma 1.. kalo semua keluarga besar dan banyaaaaaaak bgt sahabatku sudah tau saatku menikah," paparnya. 

"Jd fitnahnya dmn?? Yg bukan keluarga dan sahabat spertinya bukan prioritasku utk tau atau tdk," lanjut wanita berhijab tersebut.

Fokus pada Keluarga

(Instagram/ristytagor)

Baginya yang terpenting saat ini adalah mengurus keluarga kecilnya dan mengabaikan cibiran orang di luar sana.

"Di sini aku cuma bisa Bismillah fokus sm yg harus diurus Aja.. alhamdulillah masih banyak bgt yg harus diurus," ia mengakhiri pernyataan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Keunggulan Ini, Mitsubishi Xpander Dipilih Jadi Mobil Pramugari Garuda

Posted: 11 Dec 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu maskapai di Tanah Air, Garuda memilih small MPV PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Xpander sebagai kendaraan operasional. Model ini, bakal menggantikan Honda Mobilio sebagai kendaraan pengantar awak kabin dari tempat tinggal menuju bandara.

Dijelaskan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara, alasan pertama pihaknya memilih Mitsubishi Xpander karena masalah keselamatan dan keamanan.

"Sebagai airline bintang lima, standar keselamatan dan keamanan kami sangat tinggi. Tidak hanya untuk angkutan di udara, untuk memilih kendaraan di darat untuk mobilitas awak kabin kami juga pilih kendaraan yang safety," jelas Ari saat peresmian di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (11/12/2018).

Lanjut Ari, dari segi harga juga menjadi pertimbangan pihaknya memilih Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasionalnya. Meskipun begitu, pihak Garuda maupun pabrikan berlambang tiga berlian ini tidak menyebutkan nilai jual atau harga untuk kerja sama kendaraan operasional ini.

"Terakhir, pastinya kenyamanan. Karena kita ingin memberikan kenyamanan terhadap pelayanan kita, dan itu berawal dari kenyamanan awak kabin kita terlebih dahulu" tegasnya.

 

Selanjutnya

Untuk diketahui, sebelum menggunakan Mitsubishi Xpander, Garuda sempat memilih Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

Jumlah yang dipesan sendiri, sekitar 401 unit, dengan tahap pertama pengiriman sebanyak 119 unit yang dikirim Oktober 2018 dan tahap kedua pada Desember 2018 sebanyak 282 unit.

"Kalau untuk seluruh Indonesia kebutuhan sekitar 800 unit, sedangkan untuk grup Sriwijaya dan Citylink tahun depan bisa sampai 1.000 sampai 1.100 unit jadi bagaimana Mitsubishi menawarkan paket bagaimana," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Manusia Lilin Meghan Markle - Pangeran Harry yang Bikin Orang Ngeri

Posted: 11 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Berlin - Sebagai seorang pesohor, bukan hal yang aneh bila Meghan Markle dan Pangeran Harry diabadikan dalam bentuk patung lilin. Hanya saja, Museum Madame Tussauds di Berlin, Jerman, memutuskan untuk melakukan satu hal yang sedikit berbeda.

Dilansir dari E! News Rabu (12/12/2018), museum ini membuat pertunjukan menusia lilin Meghan Markle - Pangeran Harry.

Sepasang aktor dan aktris mengenakan topeng sang pangeran dan istrinya yang terbuat dari lilin. Mereka juga mengenakan sweater yang bernuansa Natal. Meghan Markle tiruan ini bahkan diperlihatkan memiliki perut buncit layaknya seorang wanita hamil.

Keduanya lantas berakting seakan tengah merayakan Hari Natal. Mulai dari membuka kado, hingga menghias pohon Natal. 

Dinilai Mengerikan

Pangeran Harry dan Meghan Markle. (DARREN ENGLAND / POOL / AFP/Asnida Riani)

Hanya saja, patung lilin ini dinilai mengerikan oleh sejumlah kalangan. Setidaknya, ini yang tecermin dari sejumlah pemberitaan tentang patung lilin ini.

E! News misalnya, menulis bahwa patung ini penuh dengan semangat perayaan, tapi terlihat menakutkan. Ace Showbiz menulis bahwa patung lilin Pangeran Harry dan Meghan Markle membawa mimpi buruk ke dalam Natal.

Hal serupa juga diungkap sejumlah media lain, seperti Pop Sugar, TMZ, Page Six, dan lainnya.

Seperti apa, patung lilinnya? Cek dalam video museum Madame Tussauds Berlin ini:

 

Posted by Madame Tussauds Berlin on Wednesday, 5 December 2018

Bukan yang Pertama

Pangeran Harry dan Meghan Markle. (Michael Bradley/Pool/AFP)

Dilansir dari People, ini bukan pertama kalinya ada manusia lilin yang menampilkan Meghan Markle dan Pangeran Harry. Agustus lalu, Madame Tussauds London juga membuat hal serupa.

Aktor dan aktris yang mengenakan topeng lilin Pangeran Harry dan Meghan Markle, berjalan-jalan di Kota London sambil membawa seekor anjing. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesaksian Warga Saat Gerombolan Rambut Cepak Rusak Polsek Ciracas

Posted: 11 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polsek Metro Ciracas, Jakarta Timur, dibakar dan dirusak orang tidak dikenal, Rabu (12/12/2018) dini hari. Peristiwa itupun menjadi tontonan warga. Sejumlah warga yang hendak mendokumentasikan peristiwa itu dilarang kelompok massa tersebut.

Sum (72), salah satunya, dia menuturkan bagaimana massa mulai memadati Polsek Metro Ciracas pada pukul 23.00 WIB. Mereka datang menggunakan sepeda motor. Motor tersebut diparkir di bahu dan badan jalan hingga areal di sekitar steril dari kendaraan.

"Orangnya datang dari arah sana (Pasar Rebo). Jumlahnya sekira 100-an. Mereka pada parkir motor semua di sini (depan Polsek Ciracas) tidak boleh ada mobil yang lewat," kata Sum, Rabu (12/12/2018).

Massa memakai pakaian bebas dan rata-rata mengenakan topi. Awalnya datang baik-baik. Di Polsek Ciracas mereka berbicara dengan suara yang agak keras

"Saya kurang begitu denger (apa yang diomongin). Soalnya tidak ada yang berani deket sih," ujar dia.

Sum melanjutkan, sekira pukul 23.30 WIB, massa mulai ada yang naik pitam. Situasi semakin tidak kondisif dan terlihat api berkobar di sekitar Polsek Ciracas.

"Warga pada diusirin. Kita paling nonton sampe jembatan sini. Kalau tidak mengerti ya gitu," ujar dia.

Saat kejadian pun warga tidak diperkenankan untuk mengabadikan dengan kamera ponselnya. Jika ada yang berani resikonya handphone akan diambil.

"Tidak boleh ada yang merekam," ucap dia.

Sum mengatakan, situasi berangsur kondusif sekitar pukul 03.00 WIB. Setelah Kapolda dan Pangdam Jaya tiba di lokasi.

"Jam 3 udah beres. Massa bubar gak tau kemana," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Nyaman di Puncak, AC Milan di Empat Besar

Posted: 11 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Juventus masih belum terkejar di klasemen Liga Italia hingga pekan ke-15. Tim asuhan Massimiliano Allegri juga belum terkalahkan oleh para pesaingnya.

Juventus menempati puncak klasemen dengan 43 poin, dari 15 pertandingan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengemas 14 kemenangan dan satu kali imbang.

Tak ayal, sinyal Juventus bakal juara Liga Italia lagi di musim ini semakin menguat. Apalagi, Juventus baru saja mengalahkan salah satu rival utamanya, Inter Milan dengan skor 1-0 pada pekan lalu.

Pada pekan ke-16, akhir pekan ini, Juventus akan melakoni Derby Turin menghadapi Torino. Di atas kertas, Juventus diunggulkan, meski laga akan berlangsung di markas Torino.

Sementara itu, peringkat kedua masih diisi Napoli yang mengemas 35 poin. Tim berjuluk Il Partenopei itu mengoleksi 11 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan.

 

Milan Mulai Merangsek

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. (AP Photo/Antonio Calanni)

Di sisi lain, AC Milan mulai menunjukkan taringnya sebagai salah satu tim papan atas di Italia. Pasukan Gennaro Gattuso yang terseok-seok di awal musim, kini berada di peringkat keempat dengan 26 poin.

Pada pekan ke-14 dan ke-15, AC Milan menang tipis atas Parma 2-1 di San Siro sebelum ditahan imbang 0-0 Torino. Pada pekan berikutnya, AC Milan akan meladeni tantangan tim tuan rumah, Bologna di Stadio Renato Dall'Ara.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya.

Klasemen Liga Italia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergoki Aksi Pencurian, Ibu Rumah Tangga di Tulungagung Tewas Dibunuh

Posted: 11 Dec 2018 09:30 PM PST

Patroli, Tulungagung - Warga Desa Panjer Rejo, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa malam, 11 Desember 2018 malam digegerkan dengan tewasnya Siti Umi Hani warga setempat.

Diduga kuat korban memergoki aksi pencurian di rumah sang kakak sehingga dihabisi pelaku. Ibu rumah tangga berusia 35 tahun tersebut ditemukan tewas di dapur rumah milik kakaknya yang berada di samping rumah korban.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (12/12/2018), jenazah korban diketahui pertama kali oleh anaknya, setelah seharian mencari keberadaan sang bunda.

Polisi yang tiba di lokasi atas laporan warga, langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). 

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan anggota Satreskrim Polres Tulungagung dalam peristiwa nahas tersebut. Seperti keset yang saat ditemukan berada menutupi wajah korban, kain lap, gelas, serta peci. Sejumlah barang milik korban diduga juga dibawa kabur pelaku.

Sehari-harinya korban mengurusi rumah sang kakak yang bekerja di Malaysia. 

Seorang saksi lain mengatakan, korban pernah bercerita jika sekitar satu pekan yang lalu dirinya memergoki orang yang akan melakukan pencurian di TKP.

Namun, sepeda motor yang hendak dibawa kabur oleh pencuri tidak bisa menyala sehingga ditinggalkan. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Ingin Industri Halal RI Pakai Fintech Syariah

Posted: 11 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Bank Indonesia (BI) bersama otoritas keuangan lainnya terus mengembangkan ekonomi syariah Indonesia untuk menguatkan industri halal Indonesia.

Untuk mempercepat hal ini, Bank Indonesiamendorong para pelaku industri memanfaatkan financial technology (Fintech) atau teknologi keuangan syariah.

Deputi Gubernur BI, Sugeng menuturkan, hadirnya fintech syariah ini sekaligus melengkapi model pembiayaan syariah yang sudah jalan dalam pengembangan rantai nilai halal (halal value chain).

"Pemanfaatan teknologi digital melalui fintech syariah menjadi salah satu peluang yang krusial bagi Indonesia untuk menjaga daya saing negara," ujar Sugeng dalam acara  Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/12/2018).

Ia menuturkan, melalui fintech syariah dapat menghasilkan pengumpulan maupun penyaluran dana sosial syariah yang lebih cepat dan efisien, dengan jangkauan yang lebih luas yang dimungkinkan melaui implementasi secara online.

Bahkan, beberapa negara yang sudah menjadi pemain di industri syariah saat ini sudah menerapkan teknologi berbasis syariah ini. Di sektor makanan halal misalnya, Uni Emirat Arab telah sangat maju dengan memanfaatkan teknologi blockchain untuk proses verifikasi produk makanan halal.

Di Thailand, yang telah mencanangkan visinya untuk menjadi dapur halal dunia, telah memanfaatkan teknologi big data untuk mempercepat proses verifikasi produk makanan halalnya.

"Indonesia sendiri, kita harus turut bergerak cepat, memanfaatkan sumber daya dan teknolgi inovasi yang harus kita optimalkan," tutur Sugeng. (Yas)

 

 

Industri Halal dan Keuangan Syariah Bakal Meningkat

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Indonesia terus meningkatkan kekuatan ekonomi syariah. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia bermimpi menjadi pemain di industri halal dan keuangan syariah dunia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Erwin Rijanto mengatakan, ke depan peluang dalam industri halal dan keuangan syariah ini diklaim sangat besar. Terbukti pasar ekonomi syariah di beberapa negara terus tumbuh.

"Pengalaman di berbagai negara menunjukkan ekonomi syariah memiliki potensi sebagai sumber pertumbuhan baru di perekonomian. Kinerja Ekonomi syariah dunia memperlihatkan potensi yang besar dan terus bertumbuh," kata Erwin dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 di Grand City, Surabaya, Rabu 12 Desember 2018.

Erwin menuturkan, berdasarkan data Thomson Reuters, estimasi nilai konsumsi masyarakat Muslim dunia pada 2017 mencapai US$ 2,1 triliun dengan total asset keuangan syariah sendiri mencapai US$ 2,4 triliun. 

Bahkan, Erwin memperkirakan pada 2023, volume industri halal dan keuangan syariah global akan tumbuh mencapai USD 6,8 triliun 

"Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, memiliki peluang besar menjadi pemain utama pada perekonomian syariah global," tegas dia.

Untuk mewujudkan berbagai potensi dan mengatasi tantangan pengembangan ekonomi syariah, Erwin menambahkan, Bank Indonesia telah menerbitkan blueprint pengembangan ekonomi syariah. Fokus strategi pengembangannya selaras dengan program nasional Pemerintah yaitu mendukung pencapaian kemandirian ekonomi nasional. 

"Strategi utama tersebut ditopang oleh tiga pilar pengembangan, yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, serta penguatan riset dan edukasi ekonomi syariah," pungkas Erwin. (Yas)

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus Polsek Ciracas Dibakar, Kodam Jaya Serahkan ke Polisi

Posted: 11 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kodam Jaya menyerahkan penyelidikan kasus pembakaran Mapolsek Metro Ciracak kepada pihak kepolsian. Kodam Berjanji memproses hukum jika ada anggotannya yang terlibat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didakwa Menggelapkan Laporan Audit 1MDB, Najib Razak Klaim Tak Bersalah

Posted: 11 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak, mengaku tidak bersalah atas dakwaan kasus penggelapan laporan audit Badan Investasi Negara Malaysia, 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB. Pengakuan itu ia sampaikan dalam persidangan yang digelar pada Rabu 12 Desember 2018 waktu setempat.

Najib didakwa karena menggunakan kapasitasnya sebagai perdana menteri --pada periode 2009-2018-- guna mendapatkan gratifikasi untuk dirinya sendiri, demi menghindari kemungkinan tindakan disipliner, perdata, atau pidana terhadapnya sehubungan dengan skandal 1MDB, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (12/12/2018).

Dia juga diduga memerintahkan 'fabrikasi' laporan audit 1MDB sebelum itu diselesaikan dan diajukan ke badan anggaran parlemen Malaysia (PAC). Najib dituduh melakukan pelanggaran itu di Kompleks Departemen Perdana Menteri antara 22 - 26 Februari 2016.

Mantan perdana menteri Malaysia itu didakwa terkait Pasal 23 (1) dari Undang-Undang Komisi Anti Korupsi Malaysia 2009. Jika terbukti bersalah, dia terancam hukuman hingga 20 tahun penjara dan denda tidak kurang dari lima kali jumlah gratifikasi, berkisar sebesar 10.000 ringgit (Rp 34,9 juta) atau lebih tinggi.

Usai persidangan, Najib membayar uang kepada pengadilan sebagai jaminan bebas bersyarat --guna mengganti penahanan-- hingga ia menghadap kembali ke meja hijau dalam waktu mendatang.

Pengadilan mengizinkan pengajuan bebas bersyarat Najib dengan jaminan 500.000 ringgit (berkisar Rp 1,7 miliar) dan memberikan nama penjamin.

Eks Bos 1MDB Juga Mengaku Tak Bersalah

Pada persidangan terpisah di hari yang sama, mantan bos 1MDB, Arul Kanda Kandasamy juga mengaku tidak bersalah setelah ia didakwa bersekongkol dengan Najib Razak dalam mengubah laporan audit akhir atas badan yang dipimpinnya dulu.

Sama seperti Najib, usai persidangan, Kandasamy membayar uang kepada pengadilan sebagai jaminan bebas bersyarat --guna mengganti penahanan-- hingga ia menghadap kembali ke meja hijau beberapa waktu mendatang.

Pengadilan mengizinkan pengajuan bebas bersyarat Kandasamy dengan jaminan 500.000 ringgit (berkisar Rp 1,7 m) dan memberikan nama penjamin.

Pendakwaan atas Najib dan Kandasamy merupakan buntut dari laporan Auditor-Jenderal Dr Madinah Mohamad, yang pada 25 November 2018, mengungkapkan bahwa laporan audit akhir pada 1MDB telah dirusak dan bahwa Najib Razak memiliki pengetahuan tentang hal itu.

Madinah juga mengungkapkan bahwa dua hal penting yang digelapkan dari laporan tersebut adalah mengenai kehadiran pengusaha buron Low Taek Jho alias Jho Low pada pertemuan dewan 1MDB serta status keuangan dana negara yang dilanda skandal.

 

Simak video pilihan berikut:

Penggelapan Laporan Audit

Mantan Perdana Menteri Najib Razak melambaikan tangan setibanya di kantor Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC), Putrajaya, Selasa (22/5). Najib hari ini menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). (AP/Sadiq Asyraf)

Auditor-Jenderal Malaysia, Madinah Mohamad menyatakan bahwa ada figur yang menghapus nama buronan 1MDB Low Taek Jho alias Jho Low dari daftar pertemuan dewan direksi.

Auditor-Jenderal juga mengatakan, ada perubahan lain dengan tujuan menggelapkan status keuangan 1MDB, demikian seperti dikutip dari The Strait Times.

Madinah mengatakan arahan untuk membuat perubahan berasal dari Shukry Salleh, mantan sekretaris pribadi utama Najib Razak, pada 26 Februari 2016.

Perintah itu dibuat dengan alasan bahwa itu adalah masalah sensitif dan mencegahnya dimanipulasi oleh oposisi Pakatan Harapan. Laporan audit akhir 1MDB telah diselesaikan dan dipresentasikan kepada Komite Akun Publik (PAC) pada tanggal 4 Maret 2016.

Sementara itu, pada 4 Desember 2018, PAC memulai penyelidikan atas dugaan pengrusakan laporan dengan memanggil mantan auditor jenderal Ambrin Buang sebagai saksi pertama.

Ambrin mempertahankan pendiriannya bahwa tidak ada perusakan laporan sebagaimana yang dinyatakan oleh Auditor-Jenderal Malaysia.

PAC akan memanggil kembali Ambrin dan tim yang membantunya menyiapkan laporan untuk pertanyaan lebih lanjut pada Januari tahun depan.

Mantan kepala sekretaris untuk pemerintahan Najib Razak, Ali Hamsa, mantan jaksa agung Apandi Ali, dan mantan ketua komisi MACC Dzulkifli Ahmad juga akan dipanggil untuk ditanyai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Ma'ruf Amin Baru Mulai Kampanye Pilpres pada Januari 2019

Posted: 11 Dec 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak masuk masa kampanye, calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin belum berkampanye. Ia mengatakan baru akan berkampanye pada Januari 2019.

Ditemui di kediamannya, Ma'ruf Amin menjelaskan, dirinya belum berkampanye hingga kini agar lebih efisien. Sebab menurutnya, saat ini merupakan tahapan pemanasan politik.

"Jadi kita panasin dulu mesinnya, kalau mesinnya sudah panas baru tinggal menggerakannya. Oleh karena itu Januari kita putar, kita gerakan mesin itu supaya efektif," ujar Ma'ruf, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Di pekan ini, Ma'ruf Amin berencana mengunjungi beberapa tempat di wilayah Jawa Barat dan Banten untuk bersilaturahim. Setelahnya, ia akan berkampanye sebagaimana dijadwalkan, pada Januari.

"Nanti hari Minggu saya ke Banten dengan beberapa cabang. Nanti saya juga akan ke Karawang, Bekasi, saya akan ke Bogor nanti akan ke Sukabumi sebelum Januari. Silaturahim dulu," ujar dia.

Ia mengaku padatnya rangkaian kunjungan untuk bersilaturahim tidak akan berdampak dengan tenaganya. Baginya, kegiatan itu sudah dilakukan sejak muda saat masih menjadi pengurus Nahdhatul Ulama.

Lagi pula, ujarnya, padatnya jadwal kunjungan dengan waktu kampanye menurut mantan Dewan Pertimbangan Presiden itu guna memastikan tidak ada kantong-kantong wilayah yang berpotensi kalah.

"Hari ini ada yang menang sedikit ada yang drop sudah tidak ada yang kalah. Karena itu bagaimana memperbesar kemenangan, membuat menang, menghindarkan kalah, tidak boleh drop, semua menang. Itu saya kira yang akan kita lakukan," tandasnya.

Kesehatan Sudah Membaik

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin saat ngobrol santai bareng wartawan di rumahnya, Jakarta, Kamis (6/12). Ma'ruf bercerita tentang dirinya yang dikabarkan jatuh sakit. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, juru bicara pasangan calon presiden-wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin, Deddy Mizwar menyebut kondisi cawapresnya saat ini sudah membaik dan dapat kembali berkampanye. Namun, dokter masih belum memperbolehkan Ma'ruf Amin berpergian lantaran kakinya terkilir.

"Jalan (bisa), cuma tidak boleh jalan sama dokter itu permasalahannya. Padahal (Ma'ruf) bisa jalan tapi tidak boleh jalan sama dokter," kata Deddy Mizwar, Minggu.

Kendati begitu, dia mengatakan Ma'ruf Amin tetap menerima Menteri Pertanian Amran Sulaiman serta perwakilan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Depok yang datang ke kediamannya. Deddy memastikan Ma'ruf segera kembali berkampanye setelah mendapatkan izin dari dokter.

"Nanti dapat dikontrol dokter, kalau sudah sehat ya sudah bisa jalan. Sekarang belum boleh jalan walaupun sudah bisa jalan, dokter bilang jangan jalan-jalan dulu," jelas Deddy.

Sebelumnya, kurang lebih sepekan terakhir, calon wakil presiden Ma'ruf Amin, tak lagi keliling berkampanye. Namun, ia membantah tengah sakit.

"Saya ini sudah lama sebenarnya kaki saya terkilir. Tapi saya (ingin) melakukan kegiatan ke daerah, tapi oleh dokter disarankan untuk istirahat beberapa waktu," ucap Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6, Ponsel Layar Lebar dengan Spek Gahar

Posted: 11 Dec 2018 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta iPhone 6 diperkenalkan Apple pada September 2014 lalu. Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, mengungkapkan bahwa ada banyak kelebihan iPhone 6 termasuk ukuran layar lebih besar, dompet digital, kamera lebih baik, dan sejumlah fitur unggulan lainnya.

Smartphone ini digadang-gadang sebagai seri iPhone terbaik yang pernah ada. Tidak ada yang menampik jika iPhone merupakan salah satu smartphone terbaik di dunia saat ini. Berbagai fitur yang dimilikinya merupakan yang terbaik di kelasnya.

Aroma premium juga sangat kuat tercium dari berbagai sisi sebagai kelebihan iPhone 6 ini. Berkat spesifikasinya yang mumpuni, meski telah 4 tahun melenggang di pasar gadget dunia, pesona iPhone 6 ini pun seolah masih melekat dihati para pecintanya.

Meskipun menyuguhkan berbagai macam kelebihan, namun bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kekurangan. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 6 yang wajib Anda ketahui jika ingin membeli ponsel ini.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6 pada sektor desain dan tampilan

sumber: CNet

Kelebihan iPhone 6 dibuat dari bahan alumunium yang kokoh dan juga mewah. Desain fisik yang ada pada spesifikasi iPhone 6 memiliki bentuk yang stylish dan berkelas. Kesan mewah pada ponsel ini tercermin dari perangkat bodinya. Ukuran Apple iPhone 6 ini adalah 138.1 x 67 mm dengan ketebalan 9.7 mm dan berat 129 gram. Dengan dimensi tersebut, iPhone 6 nyaman digenggam.

Kekurangan iPhone 6 dari segi desain dan tampilan adalah ponsel ini memiliki bezel terlalu besar. Screen to body ratio dari iPhone 6 hanyalah 65,8%, sedangkan perangkat flagship lain rata-rata di atas 70%.

Kelebihan iPhone 6 dilengkapi dengan layar yang berukuran besar yang berbeda jauh dengan Iphone 5. Hadir sebagai pembaharuan dari seri sebelumnya, layar iPhone 6 ditingkatkan menjadi 4,7 inchi. Layar tersebut dilengkapi dengan tipe layar LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Ukuran layarnya sendiri adalah 650 x 1334 pixels. Layar dengan tampilan yang indah ini pada kedalaman warnanya mencapai 326 ppi pixel density.

Kelebihan iPhone 6 juga dibekali dengan fitur multitouch sebagai navigasi layar dengan deteksi lebih dari satu jari. Handset ini sudah mendukung fitur fingerprint sensor dan Apple Pay (Visa, Mastercard, AMEX certified). Sedangkan untuk proteksi layar spesifikasi Apple Iphone 6 sudah mendapatkan fitur spesial Shatter proof glass dan Oleophobic Coating.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6 dari segi dapur pacu

iPhone 6 Plus hadir dengan bentang layar 5,5 inchi (sumber: knowyourmobile)

Dapur pacu ponsel dari Apple ini memang tidak main-main. Kelebihan iPhone 6 pada piranti CPU menggunakan Dual Core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based) dengan sokongan chipset Apple 8 yang diklaim mampu memberikan kekuatan pemrosesan 25 persen lebih cepat serta tampilan grafis yang jauh lebih baik tapi juga lebih hemat energi sampai 50 persen. Performa yang tangguh tersebut dikombinasikan dengan GPU PowerVR GX6650 yang memaksimalkan tampilan grafis menjadi 50% lebih baik. Pengguna dapat menjalankan HD Gaming yang berat sekalipus dengan lancar tanpa lag pada Iphone 6 ini.

Kekurangan iPhone 6 terletak pada prosesor yang dipakainya masih quad core.

Sementara sistem operasinya menggunakan sistem operasi buatan vendor Apple sendiri yaitu iOS 8. Sayangnya, kekurangan iPhone 6 adalah masih menggunakan RAM berukuran kecil, yakni hanya 1 GB. Untuk kegiatan multitasking, berbekal RAM tersebut dirasa kurang mendukung.

Kelebihan iPhone 6 menyediakan 3 pilihan varian alternatif memori internal mulai dari 16 GB, 64 GB, hingga kapasitas gahar yang luar biasa mencapai 128 GB.

Kekurangan iPhone 6 adalah tidak ada slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Jadi jika Anda termasuk orang yang gemar menyimpan banyak file dalam ponsel disarankan membeli iPhone 6 dengan memori internal yang besar.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6 pada sektor kamera

Kamera utama iPhone 6 Plus memiliki resolusi 8 MP (sumber: makeuseof)

Kamera primer pada iPhone 6 mengusung kekuatan lensa resolusi 8 MP. Kelebihan iPhone 6 adalah sudah menggunakan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang berfungsi untuk membuat hasil bidikan foto stabil walaupun bergerak. Kerapatan kameranya mencapai 3264 x 2448 pixels dan dapat merekam video dengan kualitas 1090p@60fps dan 720p@240fps.

Kelebihan iPhone 6 ini membawa fitur yang beraneka ragam yang siap menyempurnakan kualitas kamera seperti phase detection autofocus, dual LED flash, 1/3" sensor size, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face/smile detection, HDR. Sedangkan kekurangan iPhone 6 terletak pada kamera depan yang resolusinya masih 1.2 MP.

Namun, kamera depan tersebut sudah dilengkapi dengan fitur face detection, Face Time over Wi-Fi or Cellular.

Kekurangan iPhone 6 lainnya bisa ditemui pada sektor perekaman video. Pasalnya, iPhone 6 belum mendukung perekaman video dengan resolusi 4K. Padahal video 4K seakan sudah menjadi standar bagi smartphone papan atas saat ini. Selain itu, rekaman video dari iPhone 6 ini juga masih menggunakan suara mono.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6 dari sektor baterai

Apple Bergantung pada Layar OLED

Pada sektor daya, iPhone 6 ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1810 mAh. Kelebihan iPhone dari sektor daya tersebut dapat membuat ponsel Apple ini hidup mencapai 250 jam atau yang setara dengan 10 hari lebih pada waktu stand by. Sedangkan waktu bicara handset ini mencapai 14 jam dan untuk memainkan musik terus menerus dapat hidup selama 50 jam.

Kekurangan iPhone 6 dari segi baterai adalah menggunakan tipe non-removable atau tanam. Artinya jika baterai tersbeut bermasalah proses penggantiannya harus membongkar perangkat.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6 pada segi konektivitas dan fitur pendukung

Kelebihan Iphone 6 hadir dengan fitur koneksi yang sangat cepat baik 3G maupun 4G. Di dalam ponsel ini pengguna akan mendapatkan akses koneksi istimewa DC-HSDPA yang mencapai 42 Mbps; HSUPA berkecepatan 5.76 Mbps, sampai dengan LTE yang mempunyai kecepatan unduh 150 Mbps dan untuk upload 50 Mbps.

Sedangkan untuk konektivitas tanpa kabel ponsel ini dipersenjatai dengan tipe Wi-Fi dual band dan Wi-Fi Hotspot untuk mengakomodasi kebutuhan internet selama terdapat jaringan Wi-Fi. Selain konektivitas super cepat, kelebihan Iphone 6 ini juga disematkan fitur transfer antar perangkat yang berupa USB v2.0 , Bluetooth v4.0 , dan NFC.

Touch ID fingerprint sensor merupakan fitur terakhir yang menjadi kelebihan dari iPhone 6. Sensor sidik jari yang terletak di tombol Home ini akan memperketat sistem keamanan iPhone 6.

Dari segi fitur pendukung lainnya juga masih ditemui kekurangan iPhone 6. Meskipun sudah dilengkapi dengan NFC, namun fitur tersebut hanya dapat digunakan untuk Apple Pay saja. Padahal sebenarnya NFC dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, seperti berbagai file, identifikasi chip elektronik, dan lainnya.

Dibandingkan dengan smartphone papan atas lainnya, iPhone 6 mungkin menjadi satu-satunya yang tidak memiliki fitur standar yang lengkap. Beberapa fitur standar yang tidak ada di perangkat ini di antaranya adalah speaker stereo, FM radio, port infrared, dan wireless charging. Ini juga termasuk dalam kekurangan iPhone 6 yang wajib Anda perhatikan jika ingin membeli ponsel ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Marak Kosmetik Ilegal, BPOM dan Petugas Gabungan Gelar Razia di Pasar Baru

Posted: 11 Dec 2018 09:24 PM PST

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan) bersama Polres Jakarta Pusat, Dinas Kesehatan dan Satpol PP memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan) bersama Polres Jakarta Pusat, Dinas Kesehatan dan Satpol PP memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas Satpol PP menyita sejumlah kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas Satpol PP menyita sejumlah kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas menyita kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia BPOM bersama petugas Dinkes itu guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas menyita kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia BPOM bersama petugas Dinkes itu guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Petugas memeriksa kosmetik saat melakukan razia di pertokoan Pasar Baru, Jakarta, Rabu (12/12). Razia tersebut guna mencegah peredaran produk kosmetik yang tidak dilengkapi surat izin dan kedaluwarsa. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BWF World Tour Finals: Ahsan / Hendra Kalah pada Laga Pertama

Posted: 11 Dec 2018 09:23 PM PST

Guangzhou - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, kalah dari pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuka Watanabe, pada laga pertama Grup A BWF World Tour Finals 2018, di Guangzhou, Rabu (12/12/2018). Ganda senior Indonesia itu takluk dengan skor 4-21, 18-21. 

Kekalahan Ahsan/Hendra tak lepas dari banyaknya kesalahan sendiri yang dilakukan sepanjang laga. Mereka lebih banyak tertekan sehingga gagal mengeluarkan penampilan terbaik. Bahkan, pada gim pertama, Ahsan/Hendra hanya mendulang empat poin. 

Pada babak kedua, Ahsan/Hendra sebenarnya sempat bangkit, hingga unggul 16-13. Namun, Endo/Watanabe bermain ulet sehingga berhasil menyamakan skor menjadi 16-16. Mereka akhirnya balik unggul dan memenangi gim kedua. 

"Pertahanan lawan rapat, saat diserang balik kami tidak siap. Pada gim kedua saat kami memimpin, lawan kemudian mengubah permainan," kata Hendra tentang kekalahan mereka, dalam rilis yang diterima Bola.com

"Kondisi angin di lapangan tidak masalah, namun kondisi badan yang kurang bagus. Soal cuaca yang dingin harusnya dihadapi, bukan dijadikan alasan," imbuh Ahsan. 

Meski kalah laga pertama Ahsan/Hendra tak mau patah semangat. Mereka yakin kans melangkah ke semifinal masih bisa diperjuangkan. 

"Penyisihan grup belum selesai. Pokoknya masih punya peluang, harus berusaha dulu," tegas Ahsan. 

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih punya dua laga tersisa di Grup A BWF World Tour Finals 2018. Mereka akan menghadapi Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin dan Liao Min Chun/Su Ching Chen dari Chinese Taipei. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajak Dinar Candy Dugem, Tora Sudiro Disindir Mieke Amalia

Posted: 11 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja ulah Tora Sudiro. Komedian kocak itu disindir sang istri, Mieke Amalia, gara-gara mengajak dugem disc jockey (DJ) seksi Dinar Candy.

Cerita bermula ketika Tora Sudiro mengunggah foto istrinyadi akun Instagram. Dalam foto tersebut Mieke tampak cantik mengenakan pakaian kombinasi warna biru, putih dan merah bermotif bunga serta daun.

Pada keterangan foto, Tora Sudiro menyebut Mieke dengan panggilan My Love. Foto tersebut ternyata mengundang reaksi dari DJ Dinar Candy.

Dinar mencoba meledek Tora Sudiro karena telah memanggil sang istri dengan romantisnya. "Cieeee," komentar Dinar Candy.

Ajak Dugem

View this post on Instagram

My Love

A post shared by Tora Sudiro (@t_orasudi_ro) on

Melihat Dinar memberikan komentar, jari-jari Tora langsung bergerak lincah. Dia membalas komentar Dinar dengan sebuah ajakan dugem. "Dugem yuk," canda Tora kepada Dinar.

Tak disangka, ajakan Tora itu ternyata langsung dibalas Dinar. "Hayuk atuh om Tora," jawab Dinar.

Disindir Istri

Mieke Amalia dan Tora Sudiro [foto: instagram]

Rupanya keakraban Tora dengan Dinar diketahui Mieke. Artis yang awalnya dikenal lewat program komedi Extravaganza itu tak mau tinggal diam.

Mieke turut memberikan komentar yang cukup menggelitik. "Ehem ehem batuk sampai berdahak," ujar Mieke.

Sadar akan kehadiran Mieke di wall komentar Instagram, Tora kembali tak kalah gesit membalas komentar sang istri. "mmmm minum obat duyu tayang," balas Tora. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

36 Pegolf Tampil Bersama Justin Rose di Indonesian Master 2018

Posted: 11 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan golf internasional bertajuk "BNI Indonesian Masters 2018" kembali digelar di Royale Jakarta Golf Club, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, 13-16 Desember 2018. Sebelum event utama digelar, ada momen menarik dimana pegolf amatir berada satu grup dengan pegolf profesional dunia, Justin Rose dalam Pro-Am BNI Indonesia Master yang diselenggarakan pada Selasa (11/12/2018) kemarin.

Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni beruntung bisa berada satu kesempatan pukulan pertama (tee off) dengan Justin Rose, salah satu pemain golf papan atas dunia yang juga atlet peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

"Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi kami, bisa berada dalam satu grup bersama Justin Rose. Dia merupakan pegolf yang memiliki segudang pengalaman serta telah banyak meraih gelar sehingga ini menjadi pengalaman terbaik buat nasabah utama kami," ujar Baiquni seperti rilis yang diterima media.

Menariknya Justin Rose memberikan coaching clinic kepada 36 peserta terpilih jelang Indonesian Masters digelar. Program ini diadakan sebagai bentuk terima kasih kepada para nasabah loyal mereka.

Pengalaman bermain bersama pegolf ternama seperti Justin Rose tentu tak akan dilupakan 36 nasabah BNI terpilih karena memperoleh tips-tips bermain golf langsung dari pegolf dunia. Mereka juga akan turun pada Indonesian Masters 2018 dan akan bertanding bersama 120 pegolf profesional lain.

 

Event Ketiga

Turnamen Profesional dan Amatir membuka Indonesia Masters 2018 (istimewa)

Keikutsertaan BNI dalam kompetisi Indonesian Masters 2018 ini merupakan yang ketiga kalinya dan ini merupakan penutup seri event BNI tahun 2018 setelah mensponsori Annual Meeting IMF-World Bank Group dan Asian Games 2018.

"Kami bangga bisa berpartisipasi dalam ajang Indonesian Masters 2018, sejalan dengan misi kami ingin memajukan olahraga Indonesia. Semoga ajang BNI Indonesian Masters 2018 dapat menghasilkan pegolf Indonesia yang kelak bisa bersaing di dunia," kata Baiquni.

Tahun lalu, turnamen golf ini dimenangi oleh Justin Rose. Dia mengaku kini sudah makin mengetahui peta lapangan dan punya modal kuat untuk kembali jadi juara.

"Tapi saya akui tidak akan mudah mengulang kembali menjadi juara di Indonesian Masters tahun ini. Saat ini sudah banyak pegolf tangguh yang ikut serta. Saya hanya mau memberikan yang terbaik," kata Justin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2023, Industri Halal dan Keuangan Syariah Capai USD 6,8 Triliun

Posted: 11 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Indonesia terus meningkatkan kekuatan ekonomi syariah. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia bermimpi menjadi pemain di industri halal dan keuangan syariah dunia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Erwin Rijanto mengatakan, ke depan peluang dalam industri halal dan keuangan syariah ini diklaim sangat besar. Terbukti pasar ekonomi syariah di beberapa negara terus tumbuh.

"Pengalaman di berbagai negara menunjukkan ekonomi syariah memiliki potensi sebagai sumber pertumbuhan baru di perekonomian. Kinerja Ekonomi syariah dunia memperlihatkan potensi yang besar dan terus bertumbuh," kata Erwin dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 di Grand City, Surabaya, Rabu (12/12/2018).

Erwin menuturkan, berdasarkan data Thomson Reuters, estimasi nilai konsumsi masyarakat Muslim dunia mencapai USD 2,1 triliun pada 2017 dengan total asset keuangan syariah sendiri mencapai USD 2,4 triliun.  Bahkan, Erwin memperkirakan pada 2023, volume industri halal dan keuangan syariah global akan tumbuh mencapai USD 6,8 triliun.

"Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, memiliki peluang besar menjadi pemain utama pada perekonomian syariah global," tegas dia.

Untuk mewujudkan berbagai potensi dan mengatasi tantangan pengembangan ekonomi syariah, Erwin menambahkan, Bank Indonesia telah menerbitkan blueprint pengembangan ekonomi syariah. Fokus strategi pengembangannya selaras dengan program nasional Pemerintah yaitu mendukung pencapaian kemandirian ekonomi nasional. 

"Strategi utama tersebut ditopang oleh tiga pilar pengembangan, yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, serta penguatan riset dan edukasi ekonomi syariah," pungkas Erwin. (Yas)

 

Darmin Ingin Ekonomi Syariah Berkembang di Sektor Lain

Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan perwakilan OJK Nurhaida saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). Paket ini diharap mendorong kenaikan investasi. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonimian Darmin Nasution meminta kepada para otoritas keuangan untuk tidak hanya fokus dalam peningkatan penyaluran pembiayaan dalam meningkatkan ekonomi syariah di Indonesia. Melainkan, sektor riil juga harus dikembangkan.

Darmin mengaku, saat ini peluang itu sudah ada, dimana pembiayaan syariah mulai meningkat. Dari beberapa tahun sebelumnya hanya berada di kisaran 5 persen, namun terakhir sudah mencapai 5,9 persen.

"Perbankan (syariah) kita sebenarnya cukup siap membuka dan kembangkan pembiayaan syariah, yang justru lebih lambat berkembangnya adalah sektor riilnya syariah itu sendiri," kata Darmin di Grand City Surabaya, Rabu 12 Desember 2018.

Sektor riil syariah ini, darmin mencontohkan adalah bagaimana membangun ekonomi melalui produk-produk halal, fasion, agrobisnis, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, modal pengembangan sektor riil ini saat ini sudah ada. Yaitu fasilitas infrastruktur yang sudah dibangun besar-besaran oleh pemerintah.

Dengan itu, selain meningkatkan efisiensi logistik, akan meningkatkan daya saing produk-produk halal asal Indonesia itu sendiri.

Di sisi lain, Darmin juga berharap ekonomi pesantren terus meningkat. Karena ekonomi pesantren ini menjadi satu pendorong baru dalam peningkatan pasar dan produk syariah itu sendiri.

"Jadi jangan diselesaikan dari sudut perbankan syariah saja atau pembiayaan syariah, tapi kita bisa mendorong berbagai kegiatan. Coba saja lihat, saudara kita buka restoran halal, memng sudah halal. Hal-hal seperti ini harus dibangun," pungkas Darmin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asus Pastikan Zenfone Max Pro M2 Tak Akan Jadi Ponsel Gaib

Posted: 11 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asus menegaskan bahwa smartphone terbarunya tidak akan menjadi ponsel gaib.

Istilah ponsel gaib digunakan untuk menggambarkan sulitnya konsumen menemukan sebuah smartphone di pasar, padahal biasanya baru dirilis.

Menangapi isu ponsel gaib ini, Marketing Manager Asus Indonesia, Galip Fu, menegaskan smartphone terbaru Asus, Zenfone Max Pro M2 dan Max M2, tidak akan mengalami hal tersebut. Ia pun optimistis kapasitas produksi dapat memenuhi permintaan konsumen.

"Dari sisi pabrik sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, demikian pula dengan pengapalannya. Komitmen kami memastikan konsumen yang membeli secara offline mendapatkan harga sesuai dengan yang dijanjikan," ungkap Fu usai acara peluncuran seri Zenfone Max tersebut di kawasan Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Asus akan mulai menjual Zenfone Max Pro M2 dan Max M2 secara online pada 12 Desember 2018, sedangkan offline pada 14 Desember 2018.

Asus bekerja sama dengan e-commerce Shopee dan Lazada untuk program promosi pada 12 Desember 2018. Penjualan perdana Zenfone Max Pro M2 dan Zenfone Max M2 secara online juga digelar melalui kedua e-commerce tersebut.

Spesifikasi Zenfone Max Pro M2

Zenfone Max Pro M2. (Liputan6.com/ Andina Librianty

Zenfone Max Pro M2 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 660, serta dibekali layar FHD+ 6,3 inci dengan Corning Gorilla Glass 6.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki dua kamera utama, 12MP dan 5MP, serta kamera depan 13MP. Untuk kamera belakang, Asus menggunakan sensor Sony IXM486.

Kamera belakang Zenfone Max Pro M2 bisa merekam video 4K UHD dengan Electronic Image Stabilization (EIS).

Asus menghadirkan tiga pilihan RAM yakni 3/4/6GB, sedangkan memori internalnya terdapat dua opsi, 32GB dan 64GB.

Smartphone ini memiliki tiga slot kartu, yakni dua Nano SIM dan satu lagi untuk micro SD. Kapasitas baterainya adalah 5.000mAh.

Spesifikasi Zenfone Max M2

Asus Zenfone Max M2 (Liputan6.com/Andina Librianty)

Kemudian Zenfone Max M2, hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 632. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,3 inci, baterai 4.000mAh, serta RAM/memori internal 3GB/32GB dan 4/64GB.

Zenfone Max M2 juga memiliki tiga slot kartu. Untuk urusan pengambilan gambar, kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP dan 2MP, sedangkan kamera depan 8MP.

Smartphone ini pun memiliki fitur pemindai wajah dan sidik jari.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Ketua PN Semarang Terkait Kasus Suap Hakim

Posted: 11 Dec 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Purwono Edi Santosa terkait kasus dugaan suap putusan praperadilan kasus korupsi yang ditangani PN Semarang. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka hakim PN Semarang Lasito.

"Saksi Purwono Edi Santosa akan dimintai keterangan untuk tersangka LAS (Lasito)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (12/12/2018).

Selain ketua PN Semarang, penyidik KPK turut memanggil Anggota DPRD Kabupaten Jepara dari Fraksi PPP, Agus Sutisna. Dia juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Lasito.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang Lasito sebagai tersangka. Keduanya terlibat kasus suap terkait putusan praperadilan perkara korupsi penggunaan dana bantuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke tingkat penyidikan dan menetapkan AM dan LST sebagai tersangka," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 6 Desember 2018.

 

Diduga Beri Uang

Dia mengatakan, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi diduga memberi uang total senilai Rp 700 juta kepada Lasito. Rinciannya, Rp 500 juta dalam bentuk rupiah, dan sisanya dalam bentuk US$ dengan nilai setara Rp 200 juta.

"Diduga uang diserahkan di rumah LAS di Solo dalam bungkusan bandeng presto agar tak terlihat," kata Basaria.

Uang diberikan oleh Ahmad Marzuqi agar Hakim Lasito mengabulkan gugatan praperadilan Bupati Jepara itu. Ahmad Marzuqi sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Jawa Tengah terkait kasus korupsi penggunaan dana bantuan partai PPP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Terpal Biru Tutupi Mobil Sisa Penyerangan Polsek Ciracas

Posted: 11 Dec 2018 09:10 PM PST

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Polsek Ciracas diamuk oleh sekelompok orang tak dikenal dini hari tadi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Polsek Ciracas diamuk oleh sekelompok orang tak dikenal dini hari tadi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Sekelompok orang tak dikenal merusak sekitar 17 mobil dinas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Sekelompok orang tak dikenal merusak sekitar 17 mobil dinas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Mobil yang dirusak massa tak dikenal saat ini ditutup dengan menggunakan terpal biru. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Mobil yang dirusak massa tak dikenal saat ini ditutup dengan menggunakan terpal biru. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Pelayanan di Polsek Ciracas lumpuh pascapembakaran oleh massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas melihat melihat kondisi mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Pelayanan di Polsek Ciracas lumpuh pascapembakaran oleh massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terpal menutupi sejumlah mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Aksi massa tersebut diduga akibat tidak puas dengan penanganan kasus di Polsek Ciracas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terpal menutupi sejumlah mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Aksi massa tersebut diduga akibat tidak puas dengan penanganan kasus di Polsek Ciracas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terpal menutupi sejumlah mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Selain mobil, bangunan Polsek Ciracas juga ikut dirusak massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terpal menutupi sejumlah mobil yang dirusak di Polsek Ciracas, Jakarta, Rabu (12/12). Selain mobil, bangunan Polsek Ciracas juga ikut dirusak massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: