Kamis, 27 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


FOTO: Memantau Aktivitas Gunung Anak Krakatau Lewat Seismograf

Posted: 27 Dec 2018 10:15 PM PST

Petugas memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau lewat seismograf di sebuah pos pengamatan di Carita, Banten, Kamis (27/12). Status Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada level II menjadi siaga level III. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Petugas memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau lewat seismograf di sebuah pos pengamatan di Carita, Banten, Kamis (27/12). Status Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada level II menjadi siaga level III. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Petugas memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau lewat seismograf di sebuah pos pengamatan di Carita, Banten, Kamis (27/12). Naiknya status Gunung Anak Krakatau membuat radius bahaya diperluas menjadi 5 kilometer. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Petugas memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau lewat seismograf di sebuah pos pengamatan di Carita, Banten, Kamis (27/12). Naiknya status Gunung Anak Krakatau membuat radius bahaya diperluas menjadi 5 kilometer. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Petugas memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau lewat seismograf di sebuah pos pengamatan di Carita, Banten, Kamis (27/12). Peningkatan status Gunung Anak Krakatau lantaran masih berlangsung erupsi di kawah gunung. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Petugas memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau lewat seismograf di sebuah pos pengamatan di Carita, Banten, Kamis (27/12). Peningkatan status Gunung Anak Krakatau lantaran masih berlangsung erupsi di kawah gunung. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AAJI Optimistis Jiwasraya Mampu Selesaikan Masalah Klaim Polis

Posted: 27 Dec 2018 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) optimistis kasus tunda bayar klaim produk JS Saving Plan dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan dapat diselesaikan oleh manajemen baru perseroan yang telah bertugas. 

AAJI juga meyakini, kondisi keuangan Jiwasraya masih sehat, apalagi Jiwasraya merupakan salah satu perusahaan BUMN.

"AAJI lihatnya nasabah enggak perlu khawatir yang penting sabar saja, akan dibereskan kok itu. Kami optimis masalah itu akan selesai," kata Ketua Bersama AAJI Wiroyo Karsono di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Dia menuturkan, manajemen baru saat ini merupakan orang-orang yang berpengalaman di industri asuransi, diyakini akan mampu memberikan solusi dan menyelesaikan masalah tersebut cepat atau lambat.

"Sekarang mereka sudah punya manajemen baru dan saya yakin manajemen baru merupakan orang-orang yang sudah ngertilah, bagaimana solusinya, letak masalahnya dimana, solusinya apa. Tapi dengan manajemen yang baru sudah ditunjuk, sudah masuk, sudah bertugas, sebagian besar orang berpengalaman, saya pikir enggak ada masalahlah ke depannya," ujar Wiroyo.

Seperti diketahui, sebagai quick win strategy dalam menyelesaikan pembayaran JS Saving Plan, manajemen Jiwasraya menawarkan opsi roll over (perpanjangan) dengan bunga sebesar 7 persen per tahun dibayar di muka. Selain itu, perseroan juga secara intens melakukan pendekatan dengan seluruh mitra dan nasabah pemegang JS Saving Plan.

Sebelumnya, Kepala Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Riswinandi pun menyampaikan optimisme yang sama. Ia menilai manajemen Jiwasraya memiliki komitmen yang baik untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

"Jadi dalam hal ini kita sampaikan Jiwasraya dan pemegang saham cukup bertanggung jawab dengan pemegang polis. Yang enggak melanjutkan itu pun ditawarkan juga insentif, tapi memang disepakati pembayarannya disesuaikan dengan restrukturisasi perusahaan," tutur dia.

 

Restrukturisasi Jadi Jalan Jiwasraya Bayar Tunggakan Pencairan Polis Asuransi

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Sebelumnya, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) saat ini tengah menyelesaikan kasus tunggakan bayar polis untuk salah satu produknya JS Saving Plan yang diluncurkan pada 2015.

Menanggapi hal itu, Pengamat Asuransi senior, Irvan Rahardjo menilai kasus tunda bayar polis JS Saving Plan yang tengah dihadapi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih dapat diselesaikan dengan melakukan restrukturisasi.

"Masih bisa (diselesaikan), dengan reaktivasi aset-aset non produktif seperti gedung-gedung tua di lokasi strategis bisa di sekuritisasi atau di kerjasamakan BOT," ujar Irvan di Jakarta, Selasa 25 Desember 2018.

Selain melakukan reaktivasi aset, Irvan bilang, manajemen Jiwasraya juga harus melakukan pemetaan ulang terhadap profil risiko nasabah dan membentuk perhitungan aktuarial cadangan yang sesuai.

Hal ini harus dilakukan seiring dengan rencana manajemen yang akan memanfaatan teknologi informasi dalam menjual produk-produknya.

"Hitungan saya, digitalisasi juga dapat mengurangi biaya intermediary," tambah Irvan.

Seperti diketahui, sebagai quick win strategy dalam menyelesaikan pembayaran JS Saving Plan manajemen Jiwasraya menawarkan opsi roll over dengan bunga sebesar 7 persen per tahun dibayar di muka.

Selain itu, perseroan juga secara intens melakukan pendekatan dengan seluruh mitra dan nasabah pemegang JS Saving Plan.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK, Riswinandi mengungkapkan tawaran roll over Jiwasraya memperoleh animo positif dari para nasabah.

"Sekarang ini tren untuk memperpanjang (roll over) meningkat tapi pembayaran disesuaikan dengan restrukturisasi manajemen dan pemegang saham. Jadi memang yang utama dilakukan yakni bagaimana membangun komunikasi dengan bank dan sosialisasi mendengarkan saran dan keluhan pemegang polis," ujar Riswinandi beberapa waktu lalu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia di Balik Diadopsinya Mesin BMW oleh Toyota Supra

Posted: 27 Dec 2018 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota diketahui berkolaborasi dengan BMW dalam mengembangkan mobil sport. Salah satu karya hasil kolaborasi itu adalah mesin yang digunakan oleh BMW Z4.

Mesin 3.0L inline 6-silinder itulah yang juga akan menjadi jeroan Toyota Supra generasi kelima. Meskipun mesin itu akan tetap di-tune oleh Toyota untuk disesuaikan dengan gayanya, tapi penggunaan mesin ini seolah Toyota tak mau mengembangkan mesin sendiri.

Pada wawancara dengan Autonews Eropa, Chief Engineer Toyota Supra, Tetsuya Tada mengatakan bahwa keputusan ini bukan tanpa alasan. Menurutnya keputusan ini juga ada hubungannya dengan permintaan konsumen.

Hal yang paling utama saat Toyota memutuskan membangkitkan Supra kembali adalah melanjutkan mesin 6-silinder. Berdasarkan hasil survey konsumen, hal ini adalah suatu keharusan, mengingat keempat generasi sebelumnya memiliki mesin inline 6-slilinder.

Toyota Supra juga disebut bukan akan menjadi volume maker bagi Toyota sendiri. Didukung alasan bisnis itulah, mesin BMW Z4 roadster menjadi pilihan yang paling logis bagi Toyota.

Menggunakan mesin hasil kerjasama dengan BMW akan lebih mudah daripada mengembangkan mesin inline 6-silinder sendiri.

 

Selanjutnya

Mesin asal Bavarian ini disetel oleh para insinyur Toyota untuk Supra. Seperti transmisi 8-percepatan dan chassisnya. Beberapa hari lalu Toyota juga memamerkan suara mesin Supra, sebelum diluncurkan di Detroit bulan depan.

Toyota pun telah mengonfirmasi bahwa Supra akan memiliki tenaga lebih dari 300 hp, tapi unit mesin 3.0L itu harusnya mampu lebih dari itu, minimal 382 hp dan torsi 369 lb-ft, sama seperti pada Z4 M40i.

Kabarnya, Toyota juga akan menghadirkan versi mesin lebih kecil, yakni menggunakan mesin 2.0L 4-silinder yang bertenaga 262 Tk, seperti yang dilansir dari Carbuzz. Bisa jadi versi entry level ini akan memiliki harga yang lebih murah.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai dan Pahami, 4 Level Tingkat Aktivitas Gunung Berapi

Posted: 27 Dec 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Status gunung anak krakatau telah ditingkatkan ke level 3 yaitu siaga. Zona berbahaya juga telah diperluas dari 2 kilometer menjadi 5 kilometer dari puncak kawah.

Menurut researchgate, keruntuhan erupsi di sayap gunung anak krakatau dengan hipotetis 0,280 km3 yang terarah ke barat daya akan memicu gelombang awal setinggi 43 meter yang akan mencapai pulau Sertung, Panjang, dan Rakata dalam waktu kurang dari 1 menit dengan amplitudo 15-30 meter. Peringatan dini dari pemantauan terus dilakukan untuk mengetahui tingkat aktivitas gunung api.

Secara umum, terdapat 4 level gunung api. Apa saja? Seperti dilansir dari akun Instagram @pvmbg_kesdm, ini dia.

1. Level 1

Level 1 menandakan aktivitas gunung berapi yang normal. Pada level ini, gunung api aktivitasnya berfluktuasi tapi tidak mengalami peningkatan. Ancaman bahaya yang dapat terjadi berupa gas beracun di area kawah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2. Level 2

Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, naik status dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II). (Liputan6.com/Ola Keda)

Waspada merupakan arti dari level ini. Pada level ini, gunung api tersebut mulai mengalami peningkatan aktivitas, bisa dapat berupa erupsi. Ancaman bahaya pada level ini adalah erupsi di sekitar kawah.

 

3. Level 3

Konferensi pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Status Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada level II menjadi siaga level III. (Liputan6.com/JohanTallo)

Level ini berarti siaga. Pada level ini, aktivitas gunung api makin meningkat dan kemungkinan erupsi terjadi lebih besar. Ancaman pada level ini yakni erupsi yang meluas tapi tidak mengancam pemukiman penduduk.

 

4. Level 4

Aktivitas Gunung Sinabung yang kembali memuntahkan asap dan abu vukanik ke udara di Karo, Sumatera Utara, (18/1). Gunung api berstatus Awas level 4 itu kembali erupsi dengan semburan abu vulkanik setinggi 3.500 meter. (AFP Photo/YT Haryono)

Level ini berarti awas. Pada tahap ini, aktivitas gunung api terus meningkat dan erupsi terjadi. Ancaman bahaya erupsi dapat meluas dan mengancam pemukiman penduduk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Abdul Rachman Saleh Malang Bakal Lebih Menggeliat

Posted: 27 Dec 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Malang - Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang, Jawa Timur, bakal menambah jam operasional. Itu merupakan hasil kesepakatan perpanjangan kerjasama pengelolaan bandara antara Pemprov Jawa Timur dan otoritas Landasan Udara Abdul Rachman Saleh.

Bandar Udara Abdul Rachman Saleh Malang berdiri di atas lahan seluas 27,4 hektare milik Landasan udara TNI AU. Kedua belah pihak meneken perpanjangan kerja sama pengelolaan bandara. Kerja sama diperbarui tiap 2 tahun sekali, sejak resmi beroperasi 4 tahun silam.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Raden Bagus Fattah Jasin mengatakan, klausul dalam perjanjian baru itu 95 persen di antaranya masih sesuai dengan kesepakatan yang lama dan ada beberapa pembaruan.

"Ada beberapa penambahan klausul perjanjian, misalnya soal pendapatan yang diterima bandara," kata Jasin usai penandatanganan kerja sama di Malang, Rabu 26 Desember 2018.

Pendapatan bandara tak boleh lagi langsung dibelanjangkan atau disumbangkan, tapi harus masuk kas daerah lebih dulu. Klausul baru lainnya, jam operasional mulai 07.00 hingga 17.00 WIB, atau lebih panjang beberapa jam dibanding sebelumnya.

Jumlah penumpang yang keluar masuk melalui bandara ini pada 2018 diperkirakan bisa mencapai 1,2 juta penumpang. Pendapatan bandara setiap tahunnya mencapai Rp 9 miliar. Status bandara itu sendiri ada di bawah kendali Kementerian Perhubungan.

Ada wacana mengubah status bandara ini menjadi internasional. Lantaran tingginya minat penerbangan di bandara yang berada di wilayah Kabupaten Malang tersebut. Namun, rencana pengubahan status itu butuh kajian khusus.

"Ketika ada sebuah isu yang dikehendaki oleh publik dan tak bisa dihindari lagi maka biar ada di Kemenhub karena status bandara ada di kementerian itu," papar Jasin.

Penerbangan Militer

Komandan Lanud Abdul Rachman Saleh Malang, Marsekal Pertama TNI Andi Wijaya (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Wacana perubahan status Bandar Abdulrachman Saleh Malang menjadi bandara internasional itu sendiri disikapi Lanud Abdulrachman Saleh dengan berhati-hati. Otoritas pangkalan udara itu meminta ada kajian ulang yang bersifat menyeluruh.

"Coba dikaji sisi ekonomisnya, katanya pernah ada kajian dan sebenarnya tak ekonomis jika jadi penerbangan internasional," kata Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama TNI Andi Wijaya.

Lanud tak ada masalah dengan dikelolanya bandara sebagai penerbangan sipil. Sebab, itu bagian dari pelayanan publik. Namun, jika diubah statusnya jadi bandara internasional tentu lain soal. Di Lanud sendiri ada 3 skadron udara yakni Skadron 4, 21 dan 32.

Juga jadi area latihan penerbangan TNI AU yang dibagi jadi beberapa area. Dengan semakin tingginya aktivitas penerbangan sipil, dikhawatirkan menggangu latihan. Apalagi bandara untuk penerbangan sipil pasti akan terus berkembang.

"Kami bisa berlatih di atas landasan penerjun atau barang di pangkalan dengan melihat waktu penerbangan sipil. Tapi kalau makin padat, tentu latihan makin sulit," ucap Andi.

Maka harus ada solusi, misalnya dengan mengatur jadwal penerbangan. Namun, pada saat tertentu dan TNI AU butuh latihan khusus dan masif, maka penerbangan sipil bisa ditunda. Ini harus dimaklumi pengelola bandara untuk penerbangan sipil.

"Harus ada win-win solution, penekanannya walau ada kegiatan penerbangan sipil tetap tak mengurangi dari sisi pertahanan dan keamanan," ujar Andi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Penyebab Seseorang Sakit Leukemia?

Posted: 27 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dian Pramana Poetra bukan seniman pertama yang meninggal karena leukemia. Salah satu tipe kanker darah ini merupakan salah satu penyakit mematikan yang belum jelas penyebabnya.

Melansir Mayo Clinic pada Jumat (28/12/2018), para ilmuwan belum memahami benar tentang penyebab sesungguhnya dari leukemia. Walaupun begitu, ada kemungkinan hal tersebut berkembang karena kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Secara umum, leukemia terbentuk ketika beberapa sel darah mengalami mutasi pada DNA mereka. Selain itu, ada kemungkinan perubahan lain dalam sel yang belum sepenuhnya dimengerti, yang mungkin saja berkontribusi pada leukemia.

Kelainan tertentu menyebabkan sel tumbuh, membelah lebih cepat dan terus hidup ketika sel normal akan mati. Seiring berjalannya waktu, sel-sel abnormal ini akan menekan sel darah sehat di sumsum tulang. Akibatnya, sel darah putih, darah merah, dan trombosit yang sehat menjadi lebih sedikit.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Faktor risiko

Ilustrasi sel darah merah (iStock)

Mengutip Klikdokter.com, dr. Adeline Jaclyn mengatakan, walaupun belum diketahui secara umum penyebab mutasi DNA di sum-sum tulang, namun ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang lebih rentan terkena leukemia.

1. Genetik

Adeline mengatakan, DNA sel tubuh pada beberapa orang lebih rentan mengalami kelainan. Umumnya, hal itu terjadi pada beberapa anak yang keluarganya memiliki riwayat kanker jenis apapun.

"Selain itu, beberapa penyakit genetik juga dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami leukemia. Penyakit tersebut antara lain sindrom Down dan sindrom Wiskott-Aldrich."

2. Gaya hidup

Kebiasaan merokok, obesitas, konsumsi alkohol, paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa meningkatkan rsiko kanker. Faktor-faktor ini lebih banyak menyebabkan kanker darah di usia dewasa ketimbang anak-anak.

3. Lingkungan

Menurut Adeline, faktor lingkungan seperti radiasi, senyawa kimia, polusi udara, hingga kemoterapi yang merupakan perawatan kanker bisa memicu timbulnya sel kanker itu sendiri. Namun, kemungkinannya kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Anggota Exco PSSI yang Diduga Terlibat Pengaturan Skor

Posted: 27 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PSSI ternyata masih belum bisa memperbaiki sepak bola Indonesia. Hal itu terbukti dari masih maraknya kasus pengaturan skor yang menimpa kompetisi sepak bola di Indonesia.

Bahkan, para petinggi PSSI diduga malah terlibat dalam pengaturan skor tersebut. Pemerintah pun sampai membentuk Satgas (Satuan Petugas) Antimafia Bola Polri untuk memberantas pengaturan skor dalam pertandingan sepak bola di Tanah Air.

Ini menjadi ironi, para pengurus PSSI yang seharusnya memajukan sepak bola Indonesia malah ikut menghancurkannya. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi terbukti tidak dapat mengontrol bawahannya.

Terbongkarnya kasus pengaturan skor berawal dari acara di salah satu stasiun tv swasta, Mata Najwa dengan tema "PSSI Bisa Apa Jilid 2". Salah satu saksi mengungkapkan bagaimana dia dimintai uang agar klubnya bisa promosi.

Sebelumnya di acara Mata Najwa, Manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indaryani, menyebut sosok-sosok yang terlibat dan di antaranya terdapat nama sejumlah Exco PSSI.

Satgas Antimafia Bola Polri melaksanakan tugas setelah menerima pengaduan dari pihak-pihak yang merasa dirugikan. Berikut 3 anggora Exco PSSI yang diduga terlibat pengaturan skor. 

 

1. Johar Lin Eng

Johar Lin Eng, Exco PSSI yang ditangkap Satgas Antimafia Bola Polri (Foto: Istimewa)

Anggota Exco PSSI Johar Lin Eng ditangkap Satgas Antimafia Bola Polri setelah dilaporkan terlibat dalam pengaturan skor pertandingan. Pengaduan tersebut mengungkapkan bahwa terdapat pihak-pihak yang meminta uang agar klub dapat promosi dari Liga 3 ke Liga 2.

Johar Lin Eng ditangkap di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/12/2018). Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengurus Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah langsung dibawa ke Polda Metro Jaya.

Johar, yang menjabat sebagai Komite Sepak Bola ini menawari Ayah Lasmi, Budhi Sarwono, yang juga mantan ketua Askab PSSI Banjarnegara, untuk menjadi tuan rumah babak 32 besar Liga 3 2018.

Syaratnya, Budhi harus menyetor dana sebesar Rp 500 juta. Lasmi juga menyimpan bukti transfer uang sejumlah Rp 25 juta kepada Johar.

2. Hidayat

Hidayat (kanan) saat menyatakan mundur dari Exco PSSI. (Bola.net/Fitri Apriani)

Sebelum nama Johar Lin Eng disebut, nama Exco PSSI lainnya, Hidayat lebih dulu disebut dalam dugaan pengaturan skor. Nama Hidayat disebut dalam acara Mata Najwa PSSI Bisa Apa Jilid 1

Hidayat menjabat sebagai Ketua Komite Pengembangan Sepakbola Usia Muda. Keterlibatan Hidayat dalam pengaturan skor diungkap oleh manajer Madura FC, Januar Herwanto.

Hidayat telah dihukum Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dengan larangan tiga tahun berkecimpung di dunia sepakbola dan dua tahun tidak boleh menyaksikan pertandingan di stadion secara langsung. Juga, beserta denda Rp 150 juta.

Sebelum PSSI mengumumkan hukuman kepadanya, Hidayat lebih dulu melakukan konferensi pers perihal pengunduran dirinya dari Exco PSSI pada 3 Desember 2018.

3. Papat Yunisal

Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia, Papat Yunisal (dua dari kiri). (Liputan6.com/Indra Pratesta)

Masih dari keterangan Lasmi di acara Mata Najwa, yang menyebut keterlibatan anggota Exco PSSI, Papat Yunisal. Papat menjabat sebagai Ketua Komite Sepakbola Wanita.

Lasmi menyebut Papat bisa melancarkan Persibara naik kasta ke Liga 2 dengan berkontribusi terhadap Timnas Putri.

Kontribusi tersebut berupa pendanaan kepada Timnas Putri U-16, yang membutuhkan dana. Lasmi disodori proposal sebesar Rp 300 juta dengan imbalan klubnya promosi ke Liga 2 dan menjadi manajer Timnas U-16.

Papat diketahui juga menjabat sebagai wakil komisi studi strategis dan wakil ketua komite medis. Di Komite Sepakbola Wanita, Papat didampingi Verry Mulyadi, yang merupakan wakilnya.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cerita Seru di Balik Pernikahan Sederhana Miley Cyrus - Liam Hemsworth

Posted: 27 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Setelah menjalani hubungan putus-nyambung selama bertahun-tahun, Liam Hemsworth dan Miley Cyrus akhirnya mengikat janji sehidup semati pada Minggu (23/12/2018) lalu.

Berbeda dengan seleb Hollywood lain yang menggelar pernikahan mewah, pasangan ini memilih untuk menyelenggarakannya secara sederhana. Bahkan dalam resepsi di rumah Miley Cyrus dan Liam Hemsworth di Tennessee, Amerika Serikat, mereka hanya mengundang sahabat dan kerabat dekat.

"Pernikahan mewah tak penting bagi Liam dan Miley. Yang terpenting keluarga mereka bisa hadir," tutur seorang sumber yang dekat dengan kedua mempelai, kepada E! News.

Meski sederhana, tapi ada banyak cerita menarik dari pernikahan Miley Cyrus - Liam Hemsworth. Apa saja?

1. Keakraban Keluarga Kedua Mempelai

Suasana pernikahan Liam Hemsworth dan Miley Cyrus. (Instagram/conradjackcarr)

Kerabat dekat Miley Cyrus yakni ibu, ayah, dan kakak-adiknya tentu tak melewatkan momen istimewa di hidup pelantun "Wrecking Ball" ini. Begitu juga dengan dua abang Liam Hemsworth yang juga berprofesi sebagai aktor, Luke dan Chris Hemsworth.

Dari sejumlah video yang beredar di media sosial, anggota keluarga kedua mempelai terlihat berbaur dengan akrab. Dalam sebuah video misalnya, mereka terlihat berdiri berjajar dan meminum alkohol berbarengan dari gelas-gelas yang ditempelkan di atas sebilah papan.

2. Tanpa Alas Kaki

Miley Cyrus dan Liam Hemsworth (Instagram/ mileycyrus- https://www.instagram.com/p/Br3VI2CBJkJ/)

Dalam acara ini, Miley Cyrus mengenakan gaun pengantin dari Vivienne Westwood yang harganya mencapai US$ 8.600 atau sekitar Rp 125 juta. Meski mengenakan gaun cantik, Miley Cyrus ternyata memilih untuk nyeker. Hal ini, terlihat dari salah satu video yang ia unggah di Instagram Story.

3. Foto dari HP Jadul

Suasana Pernikahan Miley Cyrus - Liam Hemsworth (Instagram/ billyraycyrus - https://www.instagram.com/p/Br6FBq2h0Tt/?utm_source=ig_embed)

Billy Ray Cyrus, ayah Miley, rupanya punya cara kocak dalam mengabadikan momen bahagia putrinya. Bukan dengan kamera canggih beresolusi tinggi, ia justru menggunakan gawai jadul.

"Pernikahan belum lengkap tanpa foto dari ayah yang diambil dari kamera blackberry jadul. Sungguh bahagia melihatmu senang," tuturnya dalam keterangan foto.

Entah benar-benar diambil dengan kamera jadul atau hanya menggunakan filter, foto yang diambil penyanyi country ini memang memiliki resolusi rendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SMP di Pedalaman Gorontalo Gelar Ujian Semester Berbasis Android

Posted: 27 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Era digitalisasi membawa angin segar bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama di daerah yang sulit terjangkau atau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). 

Pemanfaatan teknologi, seperti internet dan smartphone sudah mulai merambah ke daerah terpencil yang jauh dari perkotaan.

Hal ini dapat dibuktikan dengan terselenggaranya Ujian Semester Berbasis Android (USBA) di SMP Negeri 12 Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Pada 13 Desember 2018, SMP Negeri 12 Wonosari untuk pertama kalinya di Indonesia melakukan Ujian Semester Berbasis Android (USBA). Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara mewajibkan siswa untuk membawa smartphone berbasis Android yang disambungkan dengan koneksi server.

" Begitu perangkat terkoneksi, maka akan  terhubung dengan server pengawas, sehingga jika ada siswa yang keluar dari aplikasi server sebelum merampungkan ujian, akan terdeteksi langsung," kata Ahman, Kepala Sekolah SMP N 12 Wonosari dalam keterangannya, Jumat (28/12/2018).

SMP N 12 Wonosari berada di lokasi yang jauh terpencil bahkan nyaris terisolir. Pelaksanaan USBA menunjukkan terpencil bukan halangan untuk tidak memanfaatkan kemajuan teknologi.  

USBA Masih Asing di Perkotaan

Ujian Semester Berbasis Andoid. Dok: Telkomsat

USBA sendiri masih asing dilakukan di daerah perkotaan, tetapi pelaksanaannya pertama kali dilakukan di daerah terpencil. Ujian Semester Berbasis Android (USBA) tidak jauh berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kesamaan dari kedua pelaksanaan ujian tersebut adalah dapat memperlihatkan hasil ujian secara langsung. UNBK pernah dilaksanakan di SMP N 12 Wonosari, namun dengan peminjaman perangkat komputer. USBA menjadi jalan terbaik, karena tidak mengharuskan sekolah meminjam perangkat.

Para siswa dapat menikmati kemajuan teknologi dengan cara yang lebih praktis hanya dengan menggunakan smartphone Android milik masing-masing.

 

Teknologi di Balik USBA

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Kesuksesan pelaksanaan USBA ini, terwujud atas bantuan perangkat server dari Telkom Indonesia. USBA menggunakan jaringan internet melalui media satelit (VSAT IP) MangoeSky.

"Jaringan internet yang difasilitasi MangoeSky dapat menjadi jalan keluar terbaik untuk sekolah, UMKM, maupun masyarakat yang ingin tetap mendapatkan internet didaerah rural dan terpencil," ujar Hari Usmayadi selaku VP Segment 2 Telkomsat.

Pihak SMP N 12 Wonosari mengaku puas dengan jaringan internet MangoeSky yang sudah memfasilitasi pelaksanaan ujian.

Para siswa juga turut senang atas pemanfaaatan teknologi yang bisa mereka rasakan sekali pun berada di daerah terpencil.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Lolai, Negeri di Atas Awan Milik Toraja

Posted: 27 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Toraja Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Toraja memiliki banyak destinasi keren. Salah satunya Lolai. Destinasi ini belakangan sedang hits di media sosial. Lolai dikenal sebagai Negeri di Atas Awan Toraja.

Lolai berada di kawasan Toraja Utara. Pesonanya tak terbantahkan. Atmosfer paginya begitu luar biasa. Gulungan kabut tebal lembut menyentuh kulit. Belum lagi kicauan burung-burung yang terdengar begitu merdu di telinga.

"Pesona Toraja itu bukan saja tentang budayanya saja. Wisatanya tak hanya masuk ke gua kuburan. Pesona alamnya juga tak kalah magisnya. Sangat berkelas seperti di Lolai ini," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (27/12).

Suguhan pemandangan alam di tempat ini seolah tak ada habisnya. Wisatawan bisa melihat hamparan persawahan yang menghijau. Makin elok dengan barisan perbukitan yang membentang gagah seolah menantang. Dan jika beruntung, wisatawan dapat melihat gundukan awan putih yang memesona. Hal ini sesui dengan julukan Negeri di Atas Awan yang disandang Lolai.

Sunrise Lolai juga juara. Panoramanya dijamin bisa membuat pikiran segar. Tak sedikit wisatawan yang datang sejak jam 04.00 pagi. Hal ini membuktikan jika sunrise di tempat ini memang luar biasa. Apalagi sambil ditemani oleh harumnya secangkir kopi Toraja yang dapat dinikmati di kafe setempat.

"Modal Toraja sudah kuat dengan akar budayanya yang mendunia. Tinggal aksesibilitasnya yang perlu di tingkatkan. Saya yakin jika Bandara Buntu Kunik sudah selesai pasti perkembangan pariwisata Toraja makin cepat. Karena atraksi serta amenitasnya sudah mumpuni," ungkap Arief Yahya.

Kuatnya amenitas ini terlihat hingga ke Lolai. Bagi wisatawan yang tidak ingin terburu-buru melihat arak-arakan awan pagi, Lolai menyediakan beragam pilihan penginapan. Ada yang mengusung konsep modern, adapula tradisional. Namun agar lebih merasakan suasana Toraja, alangkah baiknya memilih penginapan yang berbentuk rumah tradisional Tongkonan.

Biaya menginap di sana pun cukup murah, berkisar antara Rp100.000 – Rp200.000 per malam. Jaringan internet pun sudah menjangkau destinasi ini. Jadi wisatawan dapat langsung memposting fotonya ke media sosial tanpa harus menunggu sampai ke kota.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Toraja merupakan paket lengkap eksotisme Sulawesi. Bagaikan Bali, kekuatan alam dan budayanya sangatlah kuat. Bahkan Toraja sangat disukai wisatawan asal Eropa.

"Experience yang ditawarkan Toraja ini luar biasa. Apalagi dengan kuatanya budaya pemakaman serta upacara adat Rambu Solo. Di sini wisatawan tanpa bosan bisa tinggal sekitar 1 minggu. Mereka bisa kunjungi spot lain yang tak kalah menariknya di Toraja. Silahkan kunjungi dan buktikan sendiri eksotisme Toraja," pungkas Rizki.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Buron, Penyelundup 1 Ton Sabu Ditangkap

Posted: 27 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat buron ke beberapa negara, seorang penyelundup 1,032 ton narkoba jenis sabu akhirnya ditangkap petugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Lanjutkan Penguatan Jelang Libur Panjang

Posted: 27 Dec 2018 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menjelang libur panjang. Hal itu didorong dari dolar Amerika Serikat yang tertekan lantaran kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi AS imbas shutdown atau penutupan pemerintahan AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), Jumat (28/12/2018), rupiah menguat 21 poin atau 0,1 persen ke posisi 14.542 terhadap dolar AS dari posisi perdagangan Kamis 27 Desember 2018 di posisi 14.563 per dolar AS.

Data Bloomberg pun menunjukkan rupiah menguat pada awal sesi perdagangan. Rupiah menguat 8 poin menjadi 14.553 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin 14.561 per dolar AS. Kini rupiah bergerak di kisaran 14.551 per dolar AS.

Sepanjang Jumat siang ini, rupiah bergerak di kisaran 14.538-14.553 per dolar AS. Dengan penguatan tersebut membuat, koreksi rupiah terhadap dolar AS sebesar 7,29 persen.

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransu menuturkan, rupiah menguat lebih didorong sentimen eksternal. Hal itu dipicu dari dolar AS yang tertekan karena pemerintahan AS shutdown. Hal itu dapat membuat pertumbuhan ekonomi AS akan terpangkas.

"Selain itu wall street bergejolak, hal itu menunjukkan kecenderungan investor khawatir terhadap perlambatan ekonomi AS. Ini membuat dolar AS tertekan," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Selain itu, dari sentimen internal juga sepi. Ini karena momen menyambut libur panjang sehingga perdagangan sepi. Putu prediksi, nilai tukar rupiah bergerak di kisaran 14.490-14.560 per dolar AS menjelang akhir pekan ini. "Dari dalam negeri minim sentimen. Perdagangan sepi," kata Putu.

 

Rupiah Kembali Menguat pada Perdagangan Kemarin

Petugas menghitung uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Rupiah kembali ke posisi 14.500 per dolar.

Mengutip kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah menguat 39 poin atau 0,26 persen ke posisi 14.563 per dolar AS pada 27 Desember 2018 dari posisi 26 Desember 2018 di posisi 14.602 per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat 15 poin atau 0,10 persen ke posisi 14.562 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin di kisaran 14.577.

Pada Kamis siang, rupiah bergerak di posisi melemah ke posisi 14.580 per dolar AS. Sepanjang Kamis pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.557-14.585 per dolar AS. Dengan penguatan tersebut membuat rupiah melemah 7,58 persen terhadap dolar AS pada 2018.

Mengutip laman Antara, Analis Monex Investindo Futures Putu Agus Pransuamitra menuturkan, rilis data tingkat keyakinan konsumen Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian pelaku pasar.

"Jika data tingkat keyakinan konsumen AS dirilis lebih rendah dari perkiraan, dolar AS kemungkinan akan kembali tertekan," tutur dia.

Ia menambahkan, pelaku pasar juga dibayangi kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi AS akibat shutdown pemerintahan sehingga pergerakan dolar AS tertahan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Anak Krakatau, Ini Daftar Gunung Pemicu Tsunami di Dunia

Posted: 27 Dec 2018 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Anak Krakatau (GAK) dari waspada menjadi siaga. Langkah ini diambil menyusul intensitas Gunung Anak Karakatau yang kian aktif.

Menurut Sekretaris Badan Geologi Antonius Ratdomopurbo, erupsi Gunung Anak Krakatau tidak berpotensi tsunami. Hal ini dilihat dari karakteristik erupsi, yaitu tipe strombolian, di mana magma yang keluar setelah gelegar mengalir pelan-pelan menyentuh air.

"Hal itu tidak menimbulkan tsunami," kata Antonius dalam keterangan pers di Gedung ESDM, Jakarta Pusat, Kamis 27 Desember.

Antonius menambahkan, yang perlu diwaspadai adalah longsoran lereng Gunung Anak Krakatau. Tsunami bisa terjadi bila ada material dalam jumlah massif yang masuk ke dalam air.

Sebelumnya, pada 22 Desember 2018, terjadi tsunami Selat Sunda yang diyakini dipicu aktivitas Gunung Anak Krakatau. Gelombang deras dan tinggi menghantam sejumlah wilayah di Banten dan Lampung.

Kompilasi data ilmiah yang dihimpun oleh Pusat Riset Gabungan Komisi Eropa atau Joint Research Centre di European Commision, kembali menguatkan korelasi aktivitas Anak Krakatau, yang aktif sejak Juni 2018 lalu, dengan tsunami Selat Sunda. 

Tak hanya Anak Krakatau yang bisa memicu tsunami, sejumlah gunung di dunia juga tercatat pernah memicu munculnya gelombang gergasi. Berikut di antaranya menurut dokumen riset milik European Commision:

 

Simak video pilihan berikut: 

6 Gunung Pemicu Tsunami Dahsyat

Kendaraan melintas di antara puing-puing setelah tsunami menerjang kawasan Anyer, Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Aktivitas erupsi gunung berapi pemicu tsunami tidak hanya terjadi pada Gunung Anak Krakatau yang menimbulkan korban jiwa lebih dari 400 orang, dan seribuan lainnya terluka.

Ada beberapa tragedi serupa lainnya turut memicu gelombang raksasa, yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dalam jumlah besar. Bahkan, ada di antaranya yang mampu menghancurkan sebuah peradaban.

Berikut adalah daftar singkat mengenai deretan erupsi gunung berapa yang pernah memicu gelombang tsunami dahsyat:

  • Letusan Gunung Oshima-Oshima di Pulau Hokkaido, Jepang, pada 1741, memicu gelombang tsunami ke banyak desa nelayan di pesisir selatan pulau tersebut, dan menyebabkan 1.467 orang tewas. Konon, di sinilah istilah tsunami pertama kali disebut, di mana merujuk pada nelayan yang biasanya tidak menyadari gelombang tsunami di laut terbuka, dan hanya melihat kerusakan di pantai.
  • Pada 1792, letusan Gunung Unzen di Jepang menghasilkan tanah longsor yang memicu tsunami setinggi 165 kaki, atau setara 50,2 meter. Korban tewas akibat bencana itu diperkirakan lebih dari 15.000 orang, yang sekaligus menjadikannya letusan gunung berapi paling mematikan dalam sejarah Jepang.
  • Erupsi dahsyat Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat pada 1815, memuntahkan aliran awan panas yang sangat cepat ke pesisir, sehingga memicu gelombang setinggi lebih dari 10 meter. Jangkauannya diperkirakan mencapai lebih dari 100 kilometer, dan menewaskan lebih dari 10 ribu orang
  • Letusan Gunung Krakatau pada 1883 menyebabkan aliran piroklastik --awan paans-- yang memasuki air, sehingga memicu lonjakan cepat dari runtuhnya kolom erupsi. Hal itu menghasilkan gelombang tsunami setinggai 120 kaki (setara 36 meter), yang menewaskan lebih dari 26.000 orang dan banyak desa pesisir hancur.
  • Erupsi Gunung Iliwerung di selatan Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur, memicu gelombang tsunami dahsyat pada 1979 lalu. Runtuhnya lereng gunung api itu menyebabkan gelombang tsunami setinggi sembilan meter, dan menewaskan lebih 500 orang.
  • Pada 1980, erupsi Gunung St Helens di Washington, AS, memicu kolapsnya bagian lereng gunung dan longsor ke Spirit Lake dan memicu tsunami setinggi 780 kaki atau 237 meter.

Ini Daftar Lengkapnya

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Tsunami yang menerjang wilayah Selat Sunda, Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan merusak ratusan bangunan dan kapal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Daftar gunung pemicu tsunami di dunia (Credit: European Commision's Joint Research Centre)

Insiden tsunami yang dipicu aktivitas gunung pertama yang tercatat menimpa Santorini di Yunano pada 1638 Sebelum Masehi yang diyakini mengakhiri peradaban Kreta (Crete).

Juga ada dua kali letusan Vesuvius di Italia pada tahun 79 dan 1631 Masehi.

Yang menarik, daftar 18 gunung pertama yang aktivitasnya bisa memicu tsunami (lihat tabel di atas), Indonesia mendominasi.

Pertama adalah Tambora di Indonesia yang mengalami erupsi dahsyat pada 1815, kemudian Gunung Ruang pada 1871 yang memicu gelombang gergasi setinggi 26 meter.

Lalu, erupsi dahsyat Gunung Krakatau pada 1883. Kala itu, letusan memicu tsunami setinggi 40 meter dan berkontribusi pada banyaknya jumlah korban jiwa yang ditimbulkan: 36 ribu orang.

Kemudian, pada 1928, longsor vulkanik Gunung Paluweh memicu tsunami setinggi 10 meter dan menewaskan 150 orang. 

 

Daftar gunung pemicu tsunami di dunia (Credit: European Commision's Joint Research Centre)Daftar kedua, yang merupakan lanjutan, terdiri atas 15 insiden tsunami akibat aktivitas vulkanik. Dua di antaranya ada di Indonesia.

Pada 1979, longsor Gunung Iliwerung di Nusa Tenggara Timur memicu tsunami setinggi 9 meter dan menewaskan 500 orang.

Sementara, pada 1983, terjadi letusan bawah laut Gunung Iliwerung yang menewaskan sejumlah orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonaktif dari Kepengurusan, Putra Jaya Tegaskan PAN Tetap Solid

Posted: 27 Dec 2018 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putra Jaya Husin menegaskan tak aktifnya dia dalam kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) bukan karena ada sesuatu di internal partai berlambang matahari putih itu. Dia mengatakan internal PAN baik-baik saja.

"Saya tegaskan, bahwa nonaktif saya dari PAN sama sekali tidak ada kaitannya dengan isu perpecahan di Internal PAN. Tidak ada Perpecahan di Internal PAN, PAN tetap solid," ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (28/12/2018).

Menurut dia, ketidakaktifannya dalam kepengurusan PAN bukan karena isu yang berkembang, yakni soal ketidakpuasan dengan kepemimpinan Zulkifli Hasan.

Putra Jaya merupakan Sekretaris Dewan Kehormatan PAN. Namun, dia memilih untuk tidak aktif dari kepengurusan partai tersebut.

"Kendati telah nonaktif dari PAN, namun saya memiliki kedekatan personal dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Bapak Amien Rais. Sampai saat ini saya selalu berkonsultasi dengan Bapak Amien Rais dalam menjalani aktivitas politik saya," kata dia.

 

Masih Dukung Prabowo-Sandiaga

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) memberikan pidato usai mengambil nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan nomor urut 02. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, Putra Jaya menegaskan masih mendukung Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Dan tetap terus berjuang bersama-sama Partai Koalisi dalam memenangkan Pasangan Prabowo-Sandi pada Pemilu 2019," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Dian Pramana Poetra, Musikus dengan Lagu-lagu Populer Tak Terlupakan

Posted: 27 Dec 2018 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tanah Air kembali kehilangan musikus senior. Kabar duka datang dari musikus senior Dian Pramana Poetra. Setelah lama berjuang melawan kanker darah stadium 4, Dian Pramana Poetra mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (27/12/2018) malam di kediamannya di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan. 

Jenazah Dian Pramana Poetra direncanakan dimakamkan di pemakaman masjid Ibaddaruchman, Kelapa Dua, Ciracas, Jakarta Timur, pada Jumat (28/12/2018) usai salat Jumat.

Semasa hidupnya, Dian Pramana Poetra dikenal sebagai musikus jenius yang melahirkan banyak karya. Baik yang dinyanyikan sendiri, maupun dibawakan oleh penyanyi lainnya.

Profil Dian Pramana Poetra

Bakat Dian Pramana Poetra mulai terlihat saat mengikuti ajang festival Lomba Cipta Lagu Remaja 1980. Dalam ajang tersebut Dian meraih juara tiga lewat lagu "Pengabdian". Sejak itu, sosok Dian dikenal sebagai seorang penyanyi dan pencipta lagu.

Album pertamanya rilis pada tahun 1983 dengan tajuk Indonesian Jazz Vocal. Setelah itu ia secara konsisten menelurkan album. Karya-karyanya tertuang dalam album Intermezzo (1984), Kau Seputih Melati (1986), Biru (1988), 5 Menit Lagi (1988), dan Gadis di Cafetaria (1989). 

Selain bersolo karier, Dian Pramana Poetra juga pernah berduet dengan Deddy Dhukun yang terkenal dalam grup bernama 2D. Di antara lagunya yang populer dan meledak di pasaran yaitu "Keraguan" yang diciptakan oleh 2D sendiri.

Terbentuknya 2D pun terbilang cukup unik. Sebab, kebersamaan Deddy dan Dian justru diawali perkelahian dalam menentukan konsep musik yang diusung. Deddy ingin musik yang komunikatif dan merakyat, sedangkan Dian keukeuh dengan gaya jazz yang dan terbilang segmented di era itu. 

Sempat tarik ulur pendapat, akhirnya Dian menyetujui konsep Deddy. Dia menilai, perlu membuat lagu komersil dan mudah dicerna masyarakat luas. Alhasil grup asal Jakarta ini sukses menghipnotis penikmat musik lewat karya-karyanya. 

Tidak sedikit karya 2D yang meledak, mengingat musikalitas dua personelnya yang sangat mumpuni. Salah satunya lagu Masih Ada. Karya 2D ini melejit dan sempat dirilis ulang oleh penyanyi lain. 

Album yang dikeluarkan Dian saat bersama 2D diantaranya adalah Keraguan (1987), Masih Ada (1989), Sebelum Aku Pergi (1996), serta Dua Sisi (2013). 

Sebelumnya ia pernah membentuk trio K3S (Kelompok 3 Suara) bersama Deddy Dhukun dan Bagoes A. Ariyanto. Trio ini juga sempat mengeluarkan beberapa buah album yang cukup dikenal pada masanya.

Kehidupan pribadi Dian Pramana Poetra

Dian Pramana Poetra lahir di Medan, Sumatera Utara, 2 April 1961. Bakat musiknya mengalir dari ayahnya yang juga seorang pemusik jazz. 

Ia terlahir dari pasangan yang mewariskan darah seni keroncong dari ibunya, Sumiati Sutiko, dan jazz dari sang ayah, Hadi Suwito.

Di mata adiknya, Ika Ratih Puspa, Dian termasuk sosok perfeksionis dan rajin membantu ibunya memasak saat kecil. Sebelum berangkat ke sekolah, ia bahkan sudah membantu mengiris bawang. 

"Saat pulang sekolah pun kita suka membantu ibu," ungkap Dian dalam acara 'Satu Jam Lebih Dekat' yang diunggah ke YouTube pada 8 Agustus 2015 lalu. 

Dian menikah dengan Indy. Dari pernikahannya ia dikarunia 5 anak.

Dian idap kanker stadium 4

Selain para penyanyi era 80-an, konser yang digagas oleh 2D (Deddy Dhukun dan Dian Permana) itu juga akan ada spesial performance dari pejabat. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Menurut rekan duetnya di grup 2D, Deddy Dhukun, kondisi Dian Pramana Poetra mulai melemah ketika akan berangkat menuju Banyuwangi beberapa waktu lalu saat akan mengisi acara.

"Kemarin itu mau show ultah Banyuwangi, dipercayakan 2D. Sampai airport bilang lemas badannya, enggak kuat berdiri, duduk di kursi dorong bawa ke emergency. Dokter bilang enggak apa-apa, tapi kondisi lemas. Maksain berangkat ke sana, mungkin karena rasa tanggung jawab sebagai artis," ujar rekan duet Dian Pramana Poetra, Deddy Dhukun, saat dihubungi oleh awak media, Rabu (26/12/2018).

"Sakitnya sudah agak lama, cuma dia enggak pernah ngerasain penyakitnya, kita sebagai teman-teman kasih tahu untuk periksa ke dokter," tuturnya. 

Sebelumnya, rekan duet Dian Pramana Poetra di 2D, Deddy Dhukun, menyampaikan kepada wartawan bahwa Dian mengidap kanker stadium 4. Bahkan saat sedang kritis, kondisi hemoglobin Dian Pramana Poetra hanya 4.

Setelah dirawat di RSIA Hermina, Jatinegara, Jakarta Timur, Dian Pramana Poetra bahkan sampai terbaring lemah dan tidak bisa melakukan apa-apa. Ia juga diketahui mengidap leukemia dan menderita stroke.

Kabar meninggalnya Dian Pramana Putra membuat sejumlah musisi berduka dan merasa kehilangan, sebut saja Adie MS, David Naif, Armand Maulana, Rio Febrian dan yang lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Baju Adat dan Tutup Kepala Jokowi Saat Datang ke Tana Toraja

Posted: 27 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Festival Lovely December 2018 yang digelar di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu, 23 Desember 2018. Saat itu, ia mengenakan busana adat setempat berwarna putih lengkap dengan ikat kepala.

Baju adat dengan sarung motif senada yang dikenakan Jokowi ternyata disebut seppa tallung buku. Untuk melestarikannya, para ASN Tana Toraja wajib mengenakan baju ini setiap Sabtu.

Biasanya, baju tersebut berbentuk kemeja lengan pendek. Namun, baju yang dikenakan Jokowi saat itu berlengan panjang dengan aksen motif garis-garis vertikal berwarna dominan ungu pada bagian depan dan kerah.

Sementara, tutup kepala yang dikenakan Jokowi lebih kental dengan budaya khas Makassar, Pasapu namanya. Aksesori tersebut terbuat dari serat kayu atau lontar yang dipintal menjadi kain.

Masing-masing kain dibuat dalam bentuk segi empat dengan panjang kira-kira satu meter. Sebelum digunakan, kain ini harus diberi kanji terlebih dahulu agar dapat tegak di atas kepala.

Untuk membuat lipatan Pasapu, kain dilipat secara diagonal, lalu bagian bawah segitiga dilipat kembali seperti membentuk kapal, dan diikatkan di kepala dengan pola ikatan berada di sebelah kanan kepala.

Ola, seorang petugas Museum La Galigo saat ditemui Liputan6.com, Selasa, 20 Maret 2017, mengatakan, awalnya Pasapu digunakan banyak orang, mulai dari tentara, orang yang sedang berburu, hingga orang-orang di kalangan kerajaan. "Sultan Hasanuddin salah satu orang di kalangan kerajaan yang suka pakai Pasapu," ungkap Ola.

Namun, seiring berjalanannya waktu, Pasapu kini hanya digunakan dalam upacara-upacara adat, perlengkapan tarian tradisional, dan dikenakan saat menyambut tamu yang datang dari jauh.

"Pasapu sendiri melambangkan kejantanan. Untuk itu, tutup kepala ini harus berdiri dengan baik karena Pasapu dikenakan di kalangan raja-raja terdahulu, sama juga dengan Sultan Hasanuddin," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Mengecewakan Kalau Betul Ada Mafia Skor Sepak Bola di Indonesia

Posted: 27 Dec 2018 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persepakbolaan Indonesia yang dinodai oleh dugaan mafia skor, ternyata menjadi perhatian calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dia mengaku kecewa jika dugaan mafia skor tersebut benar adanya. Menurut dia, sepak bola di Indonesia tak akan maju dengan adanya hal serupa.

"Wah, mengecewakan betul kalau pengaturan skor itu benar-benar terjadi. Tidak akan maju sepak bola nasional kita kalau benar terjadi pengaturan skor," ujar Kiai Ma'ruf di kediamannya, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Dia prihatin, jika sepak bola dijadikan mesin judi. Seharusnya, Indonesia mencontoh Amerika Latin dan Eropa dalam membangun prestasi yang beriringan dengan pengembangan bisnisnya.

"Kalau kita amati di Amerika Latin dan Eropa selain mengejar prestasi, sepak bola juga menjadi bisnis yang tanpa merusak mutu permainan," jelas Ma'ruf.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh punggawa sepak bola Indonesia mengambil hikmah dari dugaan mafia skor di sepak bola nasional. Dia juga mengajak semua pihak untuk kembali memikirkan mengharumkan sepak bola Indonesia yang berprestasi.

"Harapan saya jangan ada lagi pengaturan skor. Kalau bisa sepak bola Indonesia dimulai dengan pemilihan pemain berbakat secara baik. Ditambah dengan pelatih yang pintar dan berkualitas yang bisa memberikan metode pelatihan bola yang baik. Mari jadikan sepak bola Indonesia menarik," kata Ma'ruf Amin.

 

3 Tersangka

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin saat Ngopi Bareng di kediamannya di Jalan Situbondo, Jakarta, Rabu (12/12). Ma'ruf Amin berencana membagikan bola ketika memulai kunjungannya ke berbagai daerah. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Polisi menetapkan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Lin Eng sebagai tersangka kasus mafia skor pertandingan. Selain Johar Lin Eng, polisi menetapkan Anggota Komisi Wasit, P dan anaknya A sebagai tersangka dalam skandal pengaturan skor sepak bola itu.

"Sudah tersangka, sudah. Sudah kami tangkap berarti tersangka ya," ujar Argo.

Menurut dia, penangkapan dilakukan usai menerima laporan bahwa adanya dugaan pengaturan skor di liga 2 dan liga 3 sepak bola Indonesia di Jawa Tengah khususnya.

Usai menerima laporan tersebut, kepolisian langsung memeriksa 11 saksi. Setelah mendengar keterangan dari para saksi, polisi meningkatkan status perkara ini menjadi penyidikan.

Sebelumnya, Johar Lin Eng ditangkap pada saat mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 09.55 WIB. Usai menangkap Johar, tim bergerak ke daerah Semarang, dan mengamankan P.

"Penyidik juga menangkap di daerah Pati inisial A (Anik) itu," ucap Argo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Target Penyaluran KUR Naik Jadi Rp 140 Triliun di 2019

Posted: 27 Dec 2018 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyepakati target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2019 sebesar Rp 140 triliun. Angka ini meningkat dibandingkan target KUR 2018 yang hanya Rp 123 triliun.

"Komite pun menyepakati plafon penyaluran KUR tahun 2019 sebesar Rp 140 triliun. Bunganya tetap 7 persen," kata Deputi Bidang Koordinasi Makro dan Keuangan, Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir saat ditemui di Kantornya, Jakarta, seperti ditulis Jumat (28/12/2018).

Pertimbangan komite melihat pertumbuhan ekonomi 2018 yang diperkirakan mencapai 5,2 persen. Kemudian pertumbuhan kredit UMKM sebesar 8,48 persen (yoy) serta ingkat inflasi sampai dengan September 2018 yang masih terjaga ditingkat 2,88 persen.

"Dengan elastisitas daripada pertumbuhan dengan permintaan kredit dikisaran 1,25 persen maka kita perkirakan 12 persen pertumbuhan KUR-nya. maka jatuh dia Rp 140 triliun," katanya.

Di samping itu, Iskandar mengatakan untuk anggaran pembayaran bunga pada 2019 ditetapkan sebesar Rp 11,989 triliun. Dirinya pun memastikan sebanyak 60 persen alokasi KUR pada 2019 akan dimanfaatkan untuk sektor produksi antara lain pertanian, perikanan, industri, konstruksi, dan jasa-jasa.

"Jadi ketentuan baru plafon Rp 140 triliun. KuR produksi diwajibkan 60 persen untuk tahun 2019," imbuhnya.

Kemudian, dalam rangka memperluas penyaluran KUR, Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM mengusulkan adanya skema KUR untuk Pensiunan. "KUR ini akan diberikan kepada para pensiunan atau pegawai pada Masa Persiapan Pensiun (MPP) yang mempunyai usaha produktif," pungkas Iskandar.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Realisasi Penyaluran KUR Rp 118 Triliun per 30 November 2018

Pengrajin membuat sovenir papan seluncur di Bali, Senin (15/10). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta pelaku usaha sektor pariwisata dapat memanfaatkan KUR dengan bunga 7%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Iskandar juga mencatat realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sampai dengan 30 November 2018 sebesar Rp 118 triliun atau setara dengan 95,7 persen. Di mana, target penyaluran pada 2018 sebesar Rp 123,801 triliun.

"(Realisasi sekarang) Rp 118,4 triliun per akhir November. kita perkirakan nanti masih ada sekitar Rp 1,6 sampai Rp 2 triliun lagi lah realisasinya (sampai akhir tahun)," kata dia.

Iskandar mengatakan, dari realisasi tersebut, rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) tercatat sebesar 1,39 persen. "Luar biasa, NPL-nya 1,39 peesen (30 November). Ini kita perkirakan realisasinya Rp 120 triliunan untuk tahun ini bahkan itu informasi beberapa bank banyak permintaan di akhir tahun sampai dia ngerem," imbuhnya.

Adapun penyaluran KUR masih didominasi untuk skema KUR Mikro 65,8 persen kemudian diikuti dengan skema KUR kecil 33,9 persen dan KUR TKI 0,3 persen.

Berdasarkan wilayah, penyaluran KUR didominasi di Pulau Jawa, dengan porsi penyaluran sebesar 55 persen, diikuti dengan Sumatera 19,3 persen dan Sulawesi 11.1 persen. Kinerja penyaluran KUR per provinsi tersebut sesuai dengan sebaran UMKM di Indonesia.

Sementara itu, jika dilihat dari sektor ekonomi, penyaluran KUR untuk sektor produksi terus berjalan untuk mengejar target sebesar 50 persen di tahun 2018. Hingga 30 November 2018 tercatat porsi penyaluran KUR sektor produksi pertanian, perikanan, industri, konstruksi, dan jasa-jasa sebesar 45,6 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Berhasil Raih 13 PROPER Emas dan 69 PROPER Hijau

Posted: 27 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pertamina berhasil raih 13 Proper Emas pada Malam Penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) periode 2017-2018. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Dalam sambutannya, Siti menyambut baik pencapaian Pertamina yang tahun ini mengalami peningkatan prestasi dan mendominasi perolehan penghargaan.

"Jika ada kategori juara, juaranya adalah Pertamina. Penilaian ini adalah suatu kebanggaan bagi perusahaan," ujarmya.

Menurut Siti, lingkungan yang baik akan menguntungkan semua pihak, baik secara kehidupan maupun kesehatan. Tidak hanya memberi keuntungan bagi masyarakat, tetap juga bagi perusahaan karena kenyamanan kerja yang baik akan menimbulkan berbagai penghematan.

PROPER merupakan program penilaian dari pemerintah kepada perusahaan tentang kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER-LH).

Program PROPER menjadi salah satu program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dikembangkan sejak 2002. Program ini bertujuan mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup serta mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi. 

Pelaksanaan evaluasi industri PROPER periode 2017-2018 dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama-sama dengan Provinsi. Mekanisme evaluasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu evaluasi melalui verifikasi lapangan dan mekanisme penilaian mandiri.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina, Heru Setiawan, mengatakan bahwa PROPER sejalan dengan strategi Pertamina untuk menjadikan pengelolaan lingkungan sebagai sikap hidup dalam unit operasi. Dengan begitu, perusahaan bisa mencapai operational excellence dan efisiensi.

"Penghargaan PROPER Emas peningkatannya luar biasa, dari 11 menjadi 13 PROPER Emas. Peningkatan ini adalah hasil nyata perubahan budaya tersebut," ujarnya.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) telah menjadi bagian dari operational excellence PT Pertamina (Persero). Penekanan aspek pengelolaan lingkungan tidak hanya terimplementasi sebagai budaya semata, tetapi telah menjadi sikap hidup Pertamina dengan menjalani prinsip beyond culture. Dengan operasi yang optimal, perusahaan dapat menekan biaya dan melakukan efisiensi.

Prinsip beyond culture Pertamina pun akhirnya terbukti dari dominasi perusahaan dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) periode 2017-2018, yakni sebanyak 13 PROPER Emas dari total 20 PROPER Emas yang diberikan pemerintah tahun ini. Selain emas, Pertamina juga memborong 69 PROPER Hijau dari 155 PROPER Hijau.

Perusahaan yang mendapatkan peringkat Proper Emas dan Hijau berarti telah berhasil taat terhadap peraturan perundangan, seperti pelaksanaan dokumen lingkungan/studi lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian emisi udara, dan pengelolaan limbah B3. Juga telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik, melakukan program-program inovasi yang menggunaan sumber daya energi secara efisien, menurunkan emisi gas rumah kaca, melakukan konservasi air, dan berhasil menurunkan dan memanfaatkan limbah B3.

Selain itu, perusahaan dengan Proper Emas dan Hijau juga berarti telah berhasil dalam pengelolaan sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, serta melakukan upaya pemberdayaan masyarakat yang baik.

 

Proper Emas diantaranya diperoleh PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ), JOB Talisman Jambi Merang, PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, PT Pertamina EP Field Rantau, PT Pertamina EP Field Tarakan, PT Pertamina EP Field Tambun, PT Pertamina EP Field Subang, Refinery Unit II Sei Pakning, Refinery Unit VI Balongan, Terminal BBM Bandung Group, Terminal BBM Surabaya Group, Terminal BBM Rewulu, dan Terminal BBM Boyolali.

                                                                         

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dian Pramana Poetra Meninggal, Rekan-Rekan Musikus Berduka

Posted: 27 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Musikus Dian Pramana Poetra mengembuskan napas terakhirnya pada Kamis (27/12/2018) pada pukul 20.50 WIB. Dian meninggal dunia di usia 57 tahun di kediamannya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Kabar ini bukan saja membuat keluarga, dan kerabat, berduka, tapi juga rekan-rekan musikus. Mereka begitu bersedih atas berpulangnya Dian Pramana Poetra ke pangkuan Illahi akibat kanker darah yang telah menggerogoti tubuhnya.

Para musikus ini mendoakan Dian Pramana Poetra melalui media sosial. Seperti Addie MS mengunggah foto kebersamaannya dengan Dian Pramana Poetra di akun Instagramnya.

"Selamat jalan, Dian Pramana Putra..Innalillahi wa inna ilaihi rojiun... Telah pergi, Dian Pramana Putra bin Hadi Suwito

Pada hari ini 27/12/2018, jam 20.50 WIB

Jenazah disemayamkan di rumah duka Jl. Tebet Barat VI H no. 3 Tebet

Semoga semua amal ibadahnya diterima Allah SWT, diampuni semua dosa2nya dan dimaafkan segala salah dan khilafnya.

Aamiin ya Robbal Alamiin," tulis Addie MS sebagai keterangan foto. 

Kenang Lagu Dian Pramana Poetra

Nia Daniaty

Sementara, Piyu Padi dan Nia Daniaty menuliskan lirik lagu Dian Pramana Poetra yang sempat hits di era 1980-an sebagai tanda kehilangan. 

"Haruskah kuteteskan air mata dipipi #ripDianPP #RIPdianPramanaPoetra," begitu cuitan Piyu di akun Twitternya.

Sedangkan Nia Daniaty, mengunggah sebuah video musik Dian Pramana Poetra berjudul "Kau Seputih Melati". Dalam cuitannya, Nia juga menulis, "Kau Seputih Melati Dian PP ... this song has touch many people . Thank You #RIPDianPramanaPoetra #Indonesia80's #dianpramanaputra."

 

Terima Kasih

(Instagram/melly_goeslaw)

Ucapan kesedihan atas kepergian Dian Pramana Poetra turut menghiasi Instagram Melly Goeslaw. Selain berduka, Melly juga berterima kasih atas kiprah pelantun "Masih Ada" ini di blantika Musik Indonesia.

"Selamat jalan Mas Dian PP semoga amal ibadah diterima olehnya, dan diampuni segala dosa. Terima kasih sudah melahirkan karya-karya indah untuk musik Indonesia Alfatihah," Tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkait Kasus Pengaturan Skor, Lasmi Indriyani Tolak Panggilan PSSI

Posted: 27 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan manajer Persibara Banjarnegara, Lasmi Indriyani menolak hadiri panggilan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, terkait pengaturan skor pada Jumat (28/12/2018).

Dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Risha, pada 24 Desember 2018, Lasmi Indriyani dipanggil untuk dimintai pertanggungjawaban atas pernyataannya di media on line dan acara Mata Najwa.

Dalam acara Mata Najwa, Lasmi Indriyani bersama Bupati Banjarnegara, menyebut anggota Exco PSSI, Johar Ling Eng meminta uang Rp 500 juta agar bisa menjadi tuan rumah fase gugur Liga 3. Johar Ling Eng sendiri sudah diamankan Polda Metro Jaya pada Kamis (27/12/2018).

Karena hal tersebut, Komdis PSSI memanggil Lasmi. Namun, melalui kuasa hukumnya, Boyamin Saiman, Lasmi enggan memenuhi panggilan tersebut.

"Surat hanya ditandatangani oleh Sekjen tanpa adanya tandatangan Ketua Umum PSSI (Edy Rahmayadi) atau setidak-tidaknya tidak ditembuskan sebagai laporan kepada Ketum PSSI sehingga Kami menganggap surat tersebut kurang layak," kaya Boyamin dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com. 

Bukan Bagian dari PSSI

Tak hanya itu, Boyamin juga mengatakan, Lasmi punya alasan lain menolak panggilan PSSI. Sebab, dia sudah tidak terlibat dalam dunia sepak bola lagi.

"Lasmi Indriyani adalah bukan pengurus atau organ apapun di PSSI. Dulu pernah jadi manajer, tapi sekarang sudah bukan manajer lagi karena seluruh event sudah selesai sehingga klien menganggap dirinya sudah mantan manajer."

"Karena sudah mantan manajer maka merasa tidak punya kewajiban untuk tunduk dengan PSSI," ucap Bonyamin menegaskan.

 

Contoh Ratu Tisha

Ketidakhadiran Lasmi, kata Boyamin, meniru sikap Ratu Tisha, yang tidak memenuhi panggilan Bareskrim Polda Metro Jaya, pekan lalu, juga terkait kasus pengaturan skor.

"Ratu Tisha, sepengetahuan kami tidak hadir atas panggilan dari Bareskrim, sehingga perkenankan Kami mencontoh atas tindakan tersebut. Kami juga tidak bersedia hadir atas panggilan PSSI tersebut," ucapnya mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 2019 KAI akan Ganti Ratusan Kereta Tua

Posted: 27 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 PT KAI berencana mengganti ratusan kereta yang telah berusia di atas 30 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instagram Uji Coba Feed Horizontal, Pengguna Protes

Posted: 27 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Oktober 2018, Instagram dilaporkan akan mengujicoba feed secara horizontal dalam tab explore di aplikasinya.

Namun pada Kamis malam (27/12/2018), sejumlah pengguna sudah mengalami perubahan tampilan pada aplikasi Instagram-nya.

Menurut laporan, mereka mengeluhkan tampilan feed Instagram-nya berubah drastis menjadi horizontal.

Jika sebelumnya pengguna mengeksplor feed mereka dengan menge-scroll layar ke bawah, pengguna kini harus menge-swipe ke kanan untuk mengeksplor posting di feed terbaru kali ini. Cara kerjanya mirip seperti dengan menge-swipe posting Instagram Stories.

Instagram sendiri akhirnya merespons mengapa feed horizontal tersebut muncul di sebagian pengguna.

Head of Product Instagram Adam Mosseri dalam Twitter-nya menjelaskan, feed horizontal tersebut ternyata cuma 'uji coba kecil' yang digulirkan ke sebagian pengguna secara random.

Dalam kesempatan yang sama, Instagram juga mengungkap ujicoba ini mengakibatkan bug yang pada akhirnya sebagian besar pengguna mengalami hal tersebut.

"Karena bug, sejumlah pengguna mengalami perubahan pada feed mereka. Kami dengan segera memperbaiki isu ini dan keadaan sudah kembali normal. Kami minta maaf untuk kebingungan ini," ujar Instagram dalam akun resmi Twitter-nya.

Namun hingga berita ini naik, uji coba tersebut sudah rampung dan tampilan Instagram kembali ke seperti sedia kala.

Instagram Uji Fitur Tab Pemisah Posting Lama dan Baru

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Pada Juli 2018, Instagram sempat meluncurkan fitur "You're All Caught Up".

Fitur ini diklaim membantu pengguna mengetahui apakah dirinya sudah melihat seluruh unggahan.

Pasalnya, dengan algoritma yang ada sekarang, feed pengguna tak diurutkan sesuai waktu saat konten diunggah.

Namun belum lama ini, media sosial berbagi foto dan video milik Facebook tersebut justru baru saja menguji fitur yang terbilang kontradiktif dengan fitur You're All Caught Up.

Dilansir Android Police, Rabu (17/10/2018), Instagram tengah menguji fitur antarmuka terbaru, di mana nantinya pengguna akan memiliki tab khusus untuk memisahkan posting terbaru dan lama saat menge-scroll lini masa.

Tab ini, jika memang benar akan hadir, akan terpisah dengan tab utama yang biasanya dieksplor pengguna.

Belum bisa dipastikan kapan fitur tab terpisah ini akan dirilis Instagram.

Yang pasti, jika benar hadir, pengguna akan memiliki dua tab terpisah yang akan memungkinkan mereka untuk mengeksplor posting baru dan lama dalam dua lini masa yang berbeda.

Instagram Segera Rilis Fitur Reaksi ala Facebook untuk Stories

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Facebook bekerja keras membuat Instagram tetap dilirik oleh para pengguna dengan aktif merilis berbagai firur baru. Setelah beberapa waktu lalu merilis stiker Questions, kini perusahaan dilaporkan akan segera merilis fitur baru lainnya.

Dilansir Phone Arena, Jumat (20/7/2018), Instagram tengah menyiapkan fitur reaksi untuk konten Stories. Fitur ini disebut akan segera dirilis jika proses pengujian berjalan lancar dan mendapatkan tanggapan positif.

Sejumlah pengguna Instagram kemungkinan saat ini bisa menggunakan fitur tersebut. Pasalnya, fitur reaksi tersebut sedang dalam proses pengujian di beberapa negara.

Fitur reaksi di Instagram Stories (Foto: Twitter @wongmjane)

Fitur reaksi ini sejatinya mirip seperti yang dimiliki Facebook. Seperti diketahui, pengguna Facebook bisa memberikan berbagai reaksi pada berbagai konten yang diunggah di layanan tersebut, seperti status dan foto.

Adapun fitur reaksi yang tersedia untuk Stories antara lain ikon tepuk tangan, tertawa, mata love, wajah dengan mulut terbuka, menangis dan api.

Fitur reaksi ala Facebook ini tersedia dalam versi stabil Instagram, 54.0.0.14.82.

Namun, versi ini tidak bisa diakses oleh semua orang karena masih dalam proses pengujian.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Muamalat Ikut Biayai Tol Balikpapan-Samarinda Rp 300 Miliar

Posted: 27 Dec 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk ikut serta dalam pembiayaan sindikasi proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur. Jalan tol ini merupakan yang pertama dibangun di Pulau Kalimantan.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, fungsi intermediasi perseroan tetap berjalan dengan baik yang sejalan dengan likuiditas yang terjaga. Dalam sindikasi ini pihaknya berkomitmen mengucurkan dana sampai dengan Rp 300 miliar.

"Melalui keikutsertaan Bank Muamalat dalam sindikasi ini kami optimistis kedepannya dapat lebih ekpansif lagi. Tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengacu pada risk appetite perseroan di setiap segmen," kata dia dalam keterangannya, Jumat (28/12/2018).

Secara total ada 14 lembaga keuangan yang terlibat dalam proyek ini, masing-masing 12 bank dan 2 lembaga pembiayaan. Total kredit sindikasi yang dikucurkan senilai Rp6,98 triliun. Pembiayaan jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini juga salah satunya dilakukan dengan skema pembiayaan syariah.

 

Proyek Jasa Marga

Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan beroperasi 2019. (Foto: Jasa Marga)

Proyek yang dikerjakan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) ini membutuhkan investasi sekitar Rp 9,9 triliun dengan komposisi pendanaan 70 persen pembiayaan dan 30 persen ekuitas perusahaan.

Untuk diketahui, sebelumnya Bank Muamalat Indonesia menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) melakukan sindikasi pembiayaan untuk proyek pembangungan jalan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja), Jawa Barat. Total plafon proyek ini sebesar Rp834 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bogor Kota Lakukan Deklarasi Pemilu Damai 2019

Posted: 27 Dec 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Polresta Bogor Kota, Polda Jawa Barat menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2019. Deklarasi itu digelar bersama sejumlah unsur yang terdiri atas KPU, Bawaslu, Partai Politik, Forkopimda Kota Bogor, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan mahasiswa, dan LSM.

Acara tersebut dibuka oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto yang optimistis pelaksanaan Pemilu 2019 di Jawa Barat, khususnya di Kota Bogor berjalan aman, tertib, dan lancar.

"Di tahun 2018 ini banyak acara besar terselenggara, seperti Asian Games, dilanjut Asian Para Games yang semuanya berjalan lancar, begitu juga dengan Pemilu 2019 ini kita harapkan begitu," ujar Agung, seperti dikutip dari Antara, Jumat (28/12/2018).

Agung mengatakan, situasi Pemilihan Presiden saat ini ada dua calon presiden yang tentunya menciptakan dualisme di masyarakat. Situasi-situasi ini, kata dia, harus bisa diatasi agar dualisme tidak memicu konflik.

"Tokoh agama sebagai mesin pendingin (cooling system), menyampaikan kepada masyarakat dalam setiap pertemuan, agar situasi tetap sejuk," kata Agung.

Agung kemudian mengingatkan tantangan derasnya arus informasi melalui media sosial, sehingga memerlukan kedewasaan diri untuk menyaring informasi yang benar-benar teruji kebenarannya.

Ia juga mengingatkan, adanya potensi-potensi konflik, bila terjadi akan sulit untuk mengembalikan ke kondisi semula, sehingga harus diantisipasi jangan sampai pecah konflik akibat Pemilu.

"Contoh di Maluku pernah terjadi konflik, sulit sekarang mempersatukan, bahkan rumah-rumah terpisah. Masyarakat Jabar tentu tidak mau adanya potensi konflik tersebut," kata Agung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Pemilu Terberat

Badut berbentuk kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), ondel-ondel, dan marching band ikut meramaikan pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebutkan, masyarakat internasional menilai Pemilu di Indonesia sebagai pemilu tersulit dan terberat yang pernah ada di dunia.

"Tetapi, dengan kesulitan tersebut, sejarah mencatat sekelumit, atau serumit apapun pemilu di Indonesia, berjalan dengan damai dan lancar. Banyak di negara lain pemilunya lebih sederhana, tapi rusuh, pemilunya simple tapi 'chaos' (kacau)," kata Bima.

Bima mengatakan, jika semua orang yang hadir dalam deklarasi damai ini sepakat untuk menjalankan Pemilu yang damai, maka Kota Bogor akan damai. Dia mnilai, semua itu bisa tercapai dengan adanya kepercayaan.

Dan, kata dia, hasil survei menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap demokrasi terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2009 tingkat kepercayaan masyarakat 70 persen, lalu di Pemilu 2014 meningkat menjadi 76 persen, dan tahun ini naik signifikan 83 persen.

"Tingkat kepercayaan ini terbilang tinggi di dunia, banyak negara lainnya seperti di Afrika punya persoalan terhadap kepercayaan," jelas Bima.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Idrus Marham Segera Jalani Persidangan di Tipikor

Posted: 27 Dec 2018 09:23 PM PST

Mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham (rompi oranye) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Berkas perkara Idrus Marham terkait kasus suap pembangunan PLTU Riau-1 telah lengkap atau P21 dan siap untuk disidangkan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham (rompi oranye) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Berkas perkara Idrus Marham terkait kasus suap pembangunan PLTU Riau-1 telah lengkap atau P21 dan siap untuk disidangkan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham tiba untuk menandatangani berkas P21 di gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Idrus Marham segera menjalani sidang perdana terkait kasus suap kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham tiba untuk menandatangani berkas P21 di gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Idrus Marham segera menjalani sidang perdana terkait kasus suap kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham (rompi oranye) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Berkas perkara Idrus Marham terkait kasus suap pembangunan PLTU Riau-1 telah lengkap atau P21 dan siap untuk disidangkan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekjen Golkar, Idrus Marham (rompi oranye) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Berkas perkara Idrus Marham terkait kasus suap pembangunan PLTU Riau-1 telah lengkap atau P21 dan siap untuk disidangkan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Sinetron Hits yang Pernah Dibintangi Steve Emmanuel

Posted: 27 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Steve Emmanuel dibekuk polisi karena kasus dugaan kepemilikan narkoba di Kondominium Kintamani, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018). Mantan kekasih Andi Soraya itu mengaku telah menggunakan kokain sejak 2008.

Dalam penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan narkotika jenis kokain dari tangan Steve Emmanuel. Polres Jakarta Barat berhasil mengamankan barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari tangan Steve Emmanuel.

Steve Emmanuel mengaku menyelundupkan kokain tersebut dari Belanda. Bobot kokain yang dikategorikan banyak itu membuatnya juga diduga sebagai pengedar. Namun hal itu masih didalami lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

jauh sebelum itu, nama Steve Emmanuel sering menghiasi layar kaca. Selain memiliki wajah tampan, Steve juga dikenal dengan aktingnya di beberapa sinetron top. Berikut empat sinetron yang nge-hits saat dibintangi Steve Emmanuel.

Siapa Takut Jatuh Cinta

Steve Emmanuel (Fajarina Nurin/Liputan6.com)

Drama yang tayang pada 2002 ini diadaptasi dari cerita Meteor Garden yang sebelumnya telah sukses di Taiwan. Di situ Steve berperan sebagai salah satu anggota geng pria tampan yang menjadi pusat perhatian di kampusnya.

Menceritakan seorang gadis pemberani yang berkuliah di universitas mahal dan dengan keunikan dirinya membuat ketua geng penguasa kampus jatuh hati padanya. Sinetron ini semakin sempurna dengan lakon sederet aktor lainnya seperti Roger Danuarta, Indra L. Bruggman dan Jonathan Frizzy.

Buku Harian Nayla

Steve Emmanuel (Foto: Istihanah Soejoethi)

Sinetron bergenre religi Nasrani ini telah tayang pada 2006. Drama yang diadaptasi dari drama Jepang yang berjudul 1 Litre of Tears itu turut melibatkan Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie.

Mengisahkan gadis periang dengan kehidupan sederhana. Namun kebahagiaan itu seketika hilang saat ia divonis terkena penyakit Ataksia Spinoserebelar yang membuatnya tak bisa berjalan.

Impian Cinderella

Steve Emmanuel (Nurwahyunan/Bintang.com)

Serial garapan rumah produksi SinemArt ini ditayangkan pada 2006. Selain Steve Emmanuel, drama ini juga dibintangi oleh Indra L. Bruggman, Nana Mirdad dan Nadia Saphira.

Serupa dengan judulnya, sinetron ini bercerita tentang seorang gadis yang memiliki ibu tiri dan saudara tiri. Tak lama ayahnya meninggal dan meninggalkan banyak utang, membuat ia harus kerja keras dan memimpikan menikah dengan pria kaya raya untuk mengubah kehidupannya.

Seindah Senyum Winona

Steve Emmanuel (Nurwahyunan/bintang.com)

Setelah beberapa tahun absen dari dunia akting, Steve kembali ke dunia sinetron bersama Velove Vexia, Dude Harlino dan Giovani L. Tobing. Drama ini ditayangkan pada 2010.

Mengisahkan seorang pria yang tengah bimbang antara harus menaati perintah orangtuanya atau menikahi wanita yang dicintainya. Orangtuanya menentang pernikahan mereka karena keluarga kekasihnya tersebut sudah bangkrut. (Lavenia/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mantan Anggota DPRD Sumut Tonnies Sianturi Jalani Pemeriksaan KPK

Posted: 27 Dec 2018 09:15 PM PST

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diduga menerima suap persetujuan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diduga menerima suap persetujuan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diduga menerima suap persetujuan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara Tonnies Sianturi tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/12). Tonnies diduga menerima suap persetujuan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Relawan Pertamina Hulu Energi Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 27 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) telah turun untuk menyalurkan bantuan kepada korban tsunami Selat Sunda. Para relawan berangkat langsung dan dilepas oleh Direktur Utama PHE, Meidawati (26/12/2018) bertempat di lobi kantor PHE jalan TB Simatupang.

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), melalui Tim Emergency Response & Crisis Management (ERCM) dan CSR PHE Peduli, juga turut berkontribusi untuk penanggulangan pasca bencana tsunami Selat Sunda. Sebanyak 31 relawan yang terdiri dari tenaga kesehatan dan tim logistik berangkat ke lokasi bencana.

"Tugas yang diemban oleh Tim Emergency Response & Crisis Management adalah tugas mulia, karena membantu banyak korban terdampak tsunami. Saya juga berpesan kepada teman-teman untuk menjaga kesehatan dan juga keselamatan" tegas Meidawati.

Bantuan tahap pertama yang diserahkan berupa obat-obatan, perlengkapan medis juga kebutuhan logistik bagi korban bencana tsunami Selat Sunda, yaitu makanan, susu, selimut, perlengkapan mandi serta perlengkapan memasak yang dibawa oleh 7 truk pengangkut. Ditambah berbagai kendaraan operasional lapangan, total armada yang diberangkatkan dari PHE berjumlah 15 unit kendaraan.

Berkoordinasi dengan BNPB, ESDM dan SKK Migas, Tim ERCM PHE akan mendistribusikan bantuan ke 3 titik yakni posko Pertamina Peduli Tanjung Gerem, Posko Desa Taman Jaya dan Posko Desa Cigarombong Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang.

Selain membawa misi penyerahan bantuan, para relawan juga akan melakukan survey kondisi untuk penentuan langkah bantuan lanjutan baik jangka pendek maupun jangka panjang kepada korban tsunami Selat Sunda. Nantinya bantuan tahap pertama akan disusul dengan tahap selanjutnya, sehingga secara berkesinambungan PHE turut berperan dalam penganggulangan bencana tsunami Selat Sunda.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 429 orang tewas yang tersebar di 5 kabupaten yaitu Serang, Pandeglang, Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus dengan korban terbanyak dari Kabupaten Pandeglang.

Karyawan RSUD Tarakan Korban Tsunami Dapat Santunan Total Rp 286,5 Juta

Kendaraan melintas di antara puing-puing setelah tsunami menerjang kawasan Anyer, Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebanyak 55 karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat, menjadi korban tsunami Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Direktur Utama Bank DKI Wahyu Widodo menyerahkan bantuan atau santunan untuk pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta Pusat yang menjadi korban Tsunami di Pantai Anyer baik yang meninggal ataupun luka-luka. 

"Baru ter-update jumlah korban meninggal tercatat sebanyak 26 (korban), tapi ternyata nambah menjadi 27 orang. Total bantuan dari karyawan Bank DKI Rp 286,5 juta," kata Wahyu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Dia menjelaskan, korban meninggal dunia diberikan santunan masing-masing sebesar Rp 7,5 juta sedangkan korban yang luka-luka diberikan bantuan sebesar Rp 3 juta.

"Kami berusaha untuk bisa membantu dalam bentuk apa yang bisa kami bantu. Jangan dilihat jumlahnya, sebagai rasa empati dari kami sebagai sesama bagian dari Pemprov DKI," ucapnya.

Sebelumnya, saat peristiwa tsunami sekitar 80 karyawan RSUD Tarakan tengah mengikuti acara gathering di Pantai Carita, Banten. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ban Kempis Berisiko Meledak, Ini Alasannya

Posted: 27 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada yang ingin mengalami ban meledak saat dalam perjalanan. Hal tersebut pasti membahayakan dan menghambat perjalanan.

Biasanya, ban meledak disebut lantaran kebanyakan udara. Menurut laman resmi Nissan, hal itu salah pengertian.

Ban meledak saat berkendara sebagian besar terjadi bukan kerena kelebihan udara, tapi justru karena kekurangan tekanan udara.

Saat kempis, ada bagian dinding ban yang mengalami tekanan berlebihan dari bibir pelek yang ditekan ke bawah oleh bobot mobil.

Tekanan itu bisa menimbulkan gesekan dan panas lebih tinggi dari biasanya, kemudian akhrinya bisa menjadi penyebab pecah ban. Lain halnya dengan pecah ban karena kelebihan udara, maka pecahnya pasti langsung terurai.

Supaya terhindar dari insiden tak menyenangkan ini, ada baiknya untuk menggunakan ukuran tekanan udara yang direkomendasikan pabrikan.

Sumber: Otosia.com

 

 

3 Cara Mudah Merawat Ban

 Ban satu-satunya bagian dari mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal atau tanah. Selain menopang daya angkut, ban juga dapat berperan untuk menstabilitas laju kendaran hingga menjadi faktor penting dalam keselamatan.

Karenanya, ban wajib diperhatikan kondisinya. Masalah yang sering timbul mulai dari kondisi tekanan angin kurang atau berlebihan, aus hingga mengalami kerusakan.

 

 
 

 

Perlu dicatat tekanan angin dalam ban bisa jadi masalah, karena secara alamiah tekanan angin pada ban bisa berkurang 1-2 psi per bulan. demikian dilansir Car Care Council, Jumat (19/10/2018).

Berikut ini beberapa masalah pada ban yang bisa Anda selesaikan sendiri menurut Kevin Rohlwing, Senior VP of Training, Tire Industry Association.

Baca selengkapnya di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:tukang tambal ban wanita_130604b.mp4]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Kisah Hidup Pria Malaysia Ini Menginspirasi Banyak Orang

Posted: 27 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengalaman hidup adalah pelajaran yang sangat berharga. Hal ini nampaknya dibuktikan oleh seorang pria asal Malaysia, Azwan Ali. Mengawali kariernya sebagai seorang petugas keamanan atau sekuriti, Azwan kini menjadi berhasil meraih mimpinya sebagai ahli IT.

Azwan menjadi perbincangan usai mengunggah fotonya di akun Twitternya. Pada foto tersebut terlihat dua foto dirinya dengan mengenakan pakaian berbeda. Satu saat dirinya mengenakan seragam sekuriti, sementara yang satu lagi foto dirinya dengan menggunakan baju toga saat lulus sebagai mahasiswa Informasi Teknologi.

Pria berusia 22 tahun ini juga menceritakan perjalanan hidupnya yang sangat menginspirasi banyak orang. Nyatanya sebelum meraih gelarnya sebagai lulusan IT, Azwan telah melakukan berbagai macam pekerjaan. Mulai dari petugas keamanan, tukang cuci piring di food court hingga bekerja di minimarket.

"Saya mencoba beberapa pekerjaan paruh waktu. Saya pernah bekerja sebagai tukang cuci piring di food court, saya juga pernah menjaga minimarket. Ketika liburan semester saya juga kerja paruh waktu untuk patroli di sekitar rumah sebagai petugas keamanan" ujar Azwan seperti dikutip dari World of Buzz.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Demi Pengalaman

kisah pria malaysia menginspirasi (foto: Twitter/@azwant)

Hal ini dilakukan Azwan bukan karena dirinya memiliki masalah keuangan. Azwan sengaja melakukannya demi mendapat pengalaman.

"Saya tak memiliki masalah keuangan, saya hanya ingin memiliki pengalaman. Banyak dari kita yang menganggap pekerjaan mereka mudah padahal membutuhkan tanggung jawab yang besar" tambah Azwan.

Azwan kemudian menghimbau kepada publik agar jangan menilai pekerjaan-pekerjaan tersebut sebelah mata. Hal tersebut lantaran dibutuhkan kerja keras serta kejujuran untuk melakukannya. Kini Azwan telah menyelesaikan studinya dan bekerja sebagai analis IT di sebuah perusahaan minyak dan gas multinasional di Johor, Malaysia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rangkaian Keseruan Festival Lovely December 2018 di Tana Toraja yang Dihadiri Jokowi

Posted: 27 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Festival Lovely December 2018 kembali digelar. Kali ini, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menjadi tuan rumah festival yang digelar tahunan itu. Dimulai sejak 4 Desember 2018, festival ini memiliki sederet agenda seru yang sempat diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi datang ke festival pada Minggu, 23 Desember 2018. Ia yang hadir dengan busana adat Toraja antusias menyaksikan atraksi budaya yang ditampilkan dalam festival tersebut.

"Sudah lama saya ingin ke Toraja, daerah wisata yang terkenal dengan kekayaan budayanya di dataran tinggi Sulawesi Selatan. Baru di akhir tahun 2018 ini, keinginan saya itu tercapai," ujarnya melalui akun Instagram @jokowi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, Lovely December merupakan festival tahunan yang menggabungkan kekuatan seni budaya Tana Toraja dengan berbagai atraksi seni, kuliner, dan turisme. Kegiatan ini termasuk dalam daftar '100 Wonderful Event Indonesia 2018' Kementerian Pariwisata.

"Lovely December sudah pasti menjadi menu wajib untuk disambangi. Apalagi saat ini juga ada Kemilau Toraja sebagai penggabungan Lovely December. Dijamin acaranya makin paten," ujarnya.

Acara dimulai dengan event Getaran Sukma Ilahi, 1-9 Desember 2018, yakni sebuah prosesi panggilan beribadah bagi seluruh pemeluk agama. Kegiatannya, yaitu membunyikan lonceng, bedug, dan gendang di rumah-rumah ibadah sebagai refleksi Getaran Sukma Ilahi.

Selanjutnya, ada Festival Kopi Toraja yang dihelat pada 8-9 Desember 2018 di Kawasan Agrowisata Pango-Pango, Tana Toraja. Sementara, para penyuka bersepeda diwadahi dengan kegiatan Jelajah Sepeda Wisata pada 14-15 Desember 2018. Kegiatan ini mengambil start di Buntu Burake.

Ada pula Mebale dan Melendong. Kegiatan ini digelar di area Persawahan Mandetek Makale Utara pada 18 Desember 2018, dilanjutkan dengan pameran kerajinan rakyat dan Festival Kuliner Tradisional. Event tersebut digelar di Taman Rakyat Kolam Makale pada 19-20 Desember 2018.

 

Puncak Festival

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Perayaan Natal Oikumene Tator dan Lovely December di Plaza Kolam Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Pada 20-22 Desember 2018 digelar Safari Natal. Acaranya berupa pertemuan masyarakat dan diaspora Toraja yang diselenggarakan di empat zona kecamatan, yaitu Lion Tondok Iring, Bittuang, Ge'tengan Mengkendek, dan Ratte Buttu Bonggakaradeng.

"Ada berbagai kesenian rakyat Setra berbagai atraksi yang digelar pada Safari Natal ini," terang Arief.

Kemeriahan berlanjut pada 22 Desember 2018. Jejak dan Jelajah Wisata One Day Trail Adventure menjadi sajian yang sayang dilewatkan, terutama bagi para pencinta olahraga ekstrem. "Mengambil titik start kolam Makale dan finish di Buntu Burake, kegiatan ini akan membawa peserta menikmati keindahan alam Tana Toraja," ujar Menpar.

Agenda berikutnya adalah Uji Nyali Burake dan Lomba Foto Tana Toraja yang dihelat pada 23 Desember 2018. Acara ini sekaligus meluncurkan wahana Anjungan Kaca Patung Yesus Buntu Burake.

Perayaan Natal makin meriah di Tana Toraja karena ada Toraja Ring Road Christmas Day Toraja 100, Jelajah Alam Moxart Trail, dan Diaspora Toraja 100 yang digelar bersamaan pada 26 Desember 2018.

Kegiatan berlanjut pada 26-27 Desember 2018 dengan agenda Festival Tenun Toraja, parade seni, dan berbagai atraksi lainnya. Kegiatan ini nantinya dipusatkan di Tammuan Mali dan Pasar Seni.

"Puncak acara nantinya akan digelar pada 28 Desember 2018 di Taman Rakyat Kolam Makale. Acara ini akan dibarengi oleh Natal Oikumene," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jembatan Ampera Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Posted: 27 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Jembatan Ampera yang menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir Palembang akan ditutup sekitar empat jam pada 31 Desember 2018 atau saat malam tahun baru.Jembatan Ampera akan ditutup pada 31 Desember 2018 mulai pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari 2019 pukul 02.00 WIB.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan atau beraktivitas diimbau untuk memperhatikan waktu penutupan jembatan dan memanfaatkan jembatan alternatif Musi II," kata Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono HB, di Palembang, Kamis (27/12/2018), dilansir Antara.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kota Palembang sepakat menutup jalur lalu lintas di jembatan Ampera pada malam Tahun Baru 2019 untuk memberikan kesempatan warga kota yang ingin menikmati suasana pergantian tahun di atas ikon Bumi Sriwijaya itu.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, di atas jembatan Ampera dipadati warga yang akan menanti detik-detik pergantian tahun serta menikmati pesta kembang api yang diluncurkan dari kawasan Benteng Kuto Besak dan kapal yang berlayar di Sungai Musi.

Dengan dilakukan penutupan jembatan itu, diharapkan aktivitas masyarakat yang akan merayakan pesta pergantian tahun berjalan dengan aman dan tertib karena tidak ada kendaraan yang melintas.

Untuk mengatur lalu lintas di kawasan jembatan Ampera dan sekitarnya, serta mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada malam pergantian tahun, ditugaskan 1.483 personel gabungan TNI/Polri termasuk regu penembak jitu (sniper) dan dari instansi di jajaran Pemkot Palembang.

Selain mengatur lalu lintas dan mencegah timbulnya gangguan kamtibmas di sekitar kawasan Ampera, pihaknya juga berupaya melakukan pengamanan pada 31 titik pusat kegiatan masyarakat serta yang rawan kemacetan dan kejahatan.

Melalui pengaturan arus lalu lintas dan pengamanan pada kawasan yang berpotensi terjadinya gangguan kamtibmas, diharapkan tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak kegembiraan warga kota pada malam tahun baru, kata Kapolresta.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Masih Bisa Meledak Bersama MU

Posted: 27 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Paul Pogba meledak bersama Manchester United (MU) setelah Jose Mourinho dipecat sebagai manajer. Dalam dua pertandingan terakhir di Liga Inggris, dia terlibat empat gol Setan Merah, sebutan MU.

Dalam dua pertandingan di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, Pogba mampu mencetak dua gol dan dua assist. Teranyar, dia mampu mencetak dua gol saat MU menang 3-1 atas Huddersfield Town, Rabu (26/12/2018).

Performa Pogba ini berbeda jauh saat MU di bawah asuhan Mourinho. Gelandang asal Prancis itu hanya mencetak satu gol dan tiga assist dari 12 pertandingan.

Performa ciamik Pogba ini mendapat pujian dari rekan setimnya, Nemanja Matic. Gelandang asal Serbia ini optimistis Pogba bisa lebih meledak lagi bersama Setan Merah.

"Seperti yang saya katakan dalam wawancara sebelumnya, Pogba sangat penting bagi MU. Perlahan, pertandingan demi pertandingan, dia bisa tampil lebih baik lagi," kata Matic, seperti dikutip dari Four Four Two.

 

 

 

Bisa Meningkat

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, melakukan selebrasi usai membobol gawang Huddersfield pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu (26/12). Manchester United menang 3-1 atas Huddersfield. (AP/Martin Rickett)

Gelandang berusia 30 tahun itu melanjutkan, Pogba bisa menjadi orang yang memimpin kesuksesan MU di masa depan. Pogba diyakini Matic bisa menjadi pemain yang bisa menjadi pembeda hasil pertandingan.

"Pogba bermain bagus saat melawan Huddersfield. Namun, saya pikir dia berbuat lebih banyak lagi," ucap mantan gelandang Chelsea tersebut.

"Kepercayaan diri untuk pertandingan berikutnya, dia akan lebih baik. Pogba perlu tahu dia bisa meningkat. Dia harus tahu dirinya sangat penting untuk tim," ujarnya menegaskan.

 

Statistik Pogba

Berikut statistik Paul Pogba sejak bersama MU pada 9 Agustus 2016:

Usia: 25 tahun

Main: 117

Menit bermain: 9.203

Gol: 22

Assist: 24

Kartu kuning: 19

Kartu merah: 1

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Setahun, Donald Trump Sudah Tutup Pemerintahan AS Tiga Kali

Posted: 27 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Penutupan pemerintahan Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan tutup hingga tahun depan. Pasalnya, saat ini sudah menjelang libur tahun baru Senator dan tak ada jadwal voting.

Dilaporkan CNBC, Jumat (28/12/2018), sejauh ini Kongres masih belum memecahkan impasse perihal tuntutan Presiden Donald Trump untuk anggaran tembok di perbatasan selatan AS. Uang yang diminta Trump sebesar USD 5 miliar.

Hanya ada beberapa regulator yang kembali ke Washington dari liburan mereka pada Kamis (27/12/2018) waktu setempat. Presiden Trump juga baru kembali dari kunjungan Natal ke markas militer AS di Irak.

Sesi senat selanjutnya adalah tanggal 2 Januari 2019. Para regulator akan mendapat pemberitahuan dalam 24 jam sebelum adanya pemungutan suara untuk mengakhiri penutupan pemerintahan.

Penutupan pemerintahan tahun ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, pemerintahan tutup pada Januari (3 hari) dan Februari (1 hari).

Kini, penutupan dipastikan terjadi lebih lama karena Presiden Trump berjanji akan menunggu selama mungkin sampai mendapat duit tembok.

Menurutnya, tembok di perbatasan selatan bisa menghemat anggaran untuk menangkal imigran gelap dan penyelundup narkoba.

Berseberangan, politisi Partai Demokrat tegas menolak pembangunan tembok. Aksi saling menyalahkan pun terjadi antara kubu Trump dan Partai Demokrat terkait siapa yang paling bersalah akibat penutupan pemerintahan.

"Penutupan ini dapat sepenuhnya dihindari. Sekarang, ratusan ribu pegawai federal harus melewati liburan tanpa gaji karena @realdonaldtrump ngambek karena tembok bodohnya. (Ini) upaya terkini Partai Republik untuk memecah dan mendistraksi kita," ujar Senator Elizabeth Warren.

Dana Tembok Perbatasan Belum Disetujui, Donald Trump: Pemerintah Terus Tutup

Donald Trump telah mengancam penutupan sangat lama terhadap pemerintah AS apabila pendanaan untuk pembangunan tembok perbatasan tidak direstui. (AP File)

 Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa government shutdown atau keputusan untuk menutup pemerintahan, akan tetap dilanjutkan sampai legislator AS meenyetujui tuntutannya untuk mendanai tembok yang telah lama dijanjikan di perbatasan AS-Meksiko.

Dalam penampilan Hari Natal di Kantor Oval Gedung Putih waktu setempat, Trump menyatakan pembelaan panjang dari keinginannya untuk membangun tembok, dengan mengatakan itu adalah satu-satunya cara untuk menghentikan fenomena kriminalitas di perbatasan, seperti peredaran narkoba dan penyelundupan manusia.

"Kita tidak bisa melakukannya tanpa penghalang. Kita tidak bisa melakukannya tanpa tembok," katanya, seperti dikutip dari ABC.net.au.

Trump mengatakan, dia menginginkan tembok yang digagasnya ada pada "waktu pemilu" tahun 2020. Janji tembok perbatasan adalah komponen utama dalam kampanye presiden Trump pada tahun 2016.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda kapan pemerintah akan dibuka. Saya dapat mengatakan kepada Anda bahwa itu tidak akan terbuka sampai kita memiliki tembok atau pagar, apa pun yang mereka ingin menyebutnya," kata Trump, mengkritik para legislator Partai Demokrat yang beroposisi, yang saat ini menguasai DPR AS (House of Commons).

House of Commons memiliki kewenangan untuk menyetujui anggaran pemerintah AS.

Demokrat menentang pengeluaran uang untuk pembangunan tembok. Mereka lebih suka untuk menyekat perbatasan AS-Meksiko dengan pagar, teknologi alternatif, atau cara lain selain 'tembok Trump' untuk mengontrol akses di perbatasan.

Sementara itu, Trump berargumen bahwa Demokrat menentang pembangunan tembok hanya karena ia yang menggagasnya --mengisyaratkan bahwa jika gagasan pembangunan tembok diusulkan oleh politisi lain, legislator Demokrat mungkin akan menyetujuinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Khofifah Bocorkan Daerah Minim Suara Jokowi di Jatim

Posted: 27 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Khofifah Indar Parawansa menyebut ada beberapa daerah di Jawa Timur yang menurut survey belum dimenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Foto Baru, Nikita Mirzani Resmi Buka Hijab?

Posted: 27 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani memang tidak pernah lepas dari kontroversi. Setelah beberapa waktu lalu sempat menuai banyak pujian karena memutuskan diri untuk berhijab, kali ini sebaliknya.

Nikita Mirzani kembali jadi bulan-bulanan warganet karena mengunggah sebuah foto tanpa hijab di Instagramnya pada Kamis (27/12/2018). Nikita Mirzani diketahui sedang berada di luar negeri.

Dalam foto tersebut, Nikita Mirzani membiarkan rambutnya terurai. Banyak yang kemudian mempertanyakan kapan Nikita Mirzani mengambil momen tersebut. Tidak sedikit yang meyakini bahwa foto tersebut merupakan foto lama saat Nikita Mirzani belum berhijab.

"Kakak foto waktu kapan itu??" tanya @sartikarv_ dalam kolom komentar.

Namun rupanya anggapan tersebut dipatahkan sendiri oleh Nikita Mirzani dalam kolom komentar tersebut. Ia mengaku foto yang diunggahnya tersebut adalah foto baru.

 

Pertanyaan

Aktris Nikita Mirzani usai sidang isbat dan perceraian pernikahan sirinya dengan Dipo Latief di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (29/8). Nikita merasa sudah tidak ada alasan lagi untuk mempertahankan pernikahannya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jawaban Nikita Mirzani kemudian mengundang pertanyaan lain dari warganet apakah Nikita Mirzani akan kembali tampil dengan tanpa hijab.

"udh buka hijab yahh," tebak @ayya_eyelashbjm.

"Ka di buka hijab nya ya???" tanya @shity_aditiya.

Selain pertanyaan-pertanyaan tersebut, banyak juga yang mencibir Nikita Mirzani karena sikapnya tersebut.

 

Diatur

Nikita Mirzani

Menyusul komentar-komentar negatif dari warganet, Nikita Mirzani mengunggah sebuah Instagram Story. Ia merasa hidupnya diatur oleh warganet.

"CUMA DI NEGARA GUE AJA LOH HIDUP GUE DIATUR SAMA NETIZEN... SERU SIH.... KEEP GOING DEH," tulis Nikita Mirzani.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

🖤🍼🌚

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nikita Mirzani (@nikitamirzanimawardi_17) pada

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Trafo Meledak, Cahaya Biru Muncul di Langit Malam New York

Posted: 27 Dec 2018 08:54 PM PST

Cahaya biru di atas langit malam New York terlihat dari Manhattan Brough, Kamis (27/12). Ledakan yang cahayanya menerangi langit New York itu diketahui berasal trafo listrik perusahaan Con Edison di Astoria, distrik Queens.  (AP/Jay Reeves)

Cahaya biru di atas langit malam New York terlihat dari Manhattan Brough, Kamis (27/12). Ledakan yang cahayanya menerangi langit New York itu diketahui berasal trafo listrik perusahaan Con Edison di Astoria, distrik Queens. (AP/Jay Reeves)

Cahaya biru di atas langit malam New York terlihat dari Upper West Side, borough Manhattan, Kamis (27/12). Ledakan yang cahayanya menerangi langit New York itu berasal trafo listrik perusahaan Con Edison di Astoria, distrik Queens.  (APCraig Ruttle)

Cahaya biru di atas langit malam New York terlihat dari Upper West Side, borough Manhattan, Kamis (27/12). Ledakan yang cahayanya menerangi langit New York itu berasal trafo listrik perusahaan Con Edison di Astoria, distrik Queens. (APCraig Ruttle)

Petugas penegak hukum berjaga di depan perusahaan Con Edison setelah ledakan trafo listrik di distrik Queens, New York, Kamis (27/12). Ledakan itu menyebabkan cahaya biru menerangi langit New York dan membuat kegemparan di media sosial. (AP/Craig Ruttle)

Petugas penegak hukum berjaga di depan perusahaan Con Edison setelah ledakan trafo listrik di distrik Queens, New York, Kamis (27/12). Ledakan itu menyebabkan cahaya biru menerangi langit New York dan membuat kegemparan di media sosial. (AP/Craig Ruttle)

Departemen Kepolisian New York (NYPD) berjaga di depan perusahaan Con Edison, distrik Queen setelah ledakan trafo listrik, Kamis (27/12). Ledakan menyebabkan cahaya biru menerangi langit New York dan membuat kegemparan di media sosial. (AP/Craig Ruttle)

Departemen Kepolisian New York (NYPD) berjaga di depan perusahaan Con Edison, distrik Queen setelah ledakan trafo listrik, Kamis (27/12). Ledakan menyebabkan cahaya biru menerangi langit New York dan membuat kegemparan di media sosial. (AP/Craig Ruttle)

Suasana di depan gerbang perusahaan Con Edison, distrik Queen setelah ledakan trafo listrik pada Kamis (27/12). Ledakan itu menyebabkan cahaya biru menerangi langit malam New York dan membuat kegemparan di media sosial. (AP/Craig Ruttle)

Suasana di depan gerbang perusahaan Con Edison, distrik Queen setelah ledakan trafo listrik pada Kamis (27/12). Ledakan itu menyebabkan cahaya biru menerangi langit malam New York dan membuat kegemparan di media sosial. (AP/Craig Ruttle)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo Cabut Layanan First Media dan Bolt Hari Ini

Posted: 27 Dec 2018 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemkominfo) akhirnya mengakhiri penggunaan pita frekuensi 2.3GHz dari PT First Media Tbk (KBLV) dan PT internux (Bolt).

Keputusan ini diambil setelah sebelumnya dilakukan penundaan pencabutan izin frekuensi pada dua perusahaan tersebut demi pelanggan.

Menurut Dirjen SDPPI (Kemkominfo) Ismail, pengakhiran penggunaan pita frekuensi ini dilakukan karena kedua perusahaan tidak dapat membayar kewajiban Biaya Hak Penggunaan Spektrum Radio pada negara.

Selain First Media dan Bolt, penghentian juga berlaku untuk PT Jasnita yang memiliki tunggakan serupa

"Dengan dua Keputusan Menteri Kominfo, mulai Jumat 28 Desember 2018, kedua operator telekomunikasi itu secara resmi tidak lagi dapat menggunakan pita frekuensi radio 2.3Ghz untuk layanan telekomunikasi," tutur Ismail dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Adapun pencabutan ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 1012 Tahun 2018 untuk PT Internux. Sementara keputusan untuk PT First Media Tbk dituangjan dalam Keputusan Nomor 1011 Tahun 2018.

Untuk melaksanakan keputusan itu, kedua operator tersebut diharuskan melakukan shutdown terhadap core radio network operator center (NOC). Dengan kata lain, kedua perusahaan tersebut tidak dapat lagi melayani pelanggan memakai pita frekuensi radio 2.3GHz.

 

 

Keputusan Bolt

Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Secara terpisah, Bolt juga secara resmi mengakui akan menghentikan layanannya. Langkah ini diambil menyusul adanya tunggakan utang izin penggunaan frekuensi 2.3Ghz yang tak dibayar Bolt hingga tenggat waktu pembayaran berakhir.

Dalam keterangan tertulis Bolt yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (28/12/2018), Direktur Utama PT Internux Dicky Mochtar memastikan, meski layanan 4G LTE perusahaan telah berhenti, segala hak pelanggan akan tetap dipenuhi perusahaan. 

"Kami sudah menerima Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika terkait hal ini. Menyikapi surat tersebut, Bolt mendukung keputusan Kominfo dan sepenuhnya bekerjasama untuk menyesuaikan layanan 4G LTE di Jabodetabek, Banten, dan Medan terhitung sejak diterimanya Surat Keputusan tersebut," kata Dicky.

Meski tutup layanan, Bolt berkomitmen mengutamakan kepentingan dan pemenuhan hak pelanggannya. 

Bolt pun mengucapkan terima kasih kepada Menkominfo dan pelanggan karena telah setia menjadi pelanggan.

Ucapkan Terima Kasih ke Pelanggan

Seorang teknisi sedang mengecek BTS berteknologi 4G milik XL di Mataram. (Doc: XL Axiata)

"Bolt bersyukur telah menjadi satu-satunya operator Broadband Wireless Access (BWA) yang melakukan roll out secara masif dan melayani Pelanggan dengan menghadirkan akses internet cepat 4G LTE," ujar Dicky.

Dalam keterangannya, Dicky menyebut, komitmen untuk memperhatikan pelanggan ditunjukkan dengan pihak Bolt yang mematuhi keputusan Kemkominfo.

Tercatat, sejak 17 November 2018, Bolt berkoordinasi dengan Kemkominfo untuk menjaga kepentingan konsumen dan sejak tanggal 21 November 2018 tidak lagi menerima pembelian pulsa (top up).

"Bolt pasti akan memenuhi kewajibannya kepada seluruh Pelanggan aktif Bolt, baik prabayar maupun pascabayar," ucap Dicky.

Bolt Tunggak Utang Lebih dari Rp 300 Miliar

Internux selaku penyelenggara layanan Bolt dengan cakupan wilayah Jabodetabek dan Banten sebelumnya dikabarkan tak mampu membayar tunggakan izin penggunaan frekuensi.

Total tunggakan pokok dan denda sebesar Rp343.576.161.625. First Media dan Internux berada di bawah naungan Lippo Group.

Pencabutan Izin dilakukan setelah pemegang Izin Pita Frekuensi Radio (IPFR) diberikan tiga kali surat peringatan, dan tidak melunasi seluruh BHP Frekuensi Radio untuk IPFR tahunan berikut dendanya sampai dengan bulan ke 24 sejak tanggal jatuh tempo BHP Frekuensi Radio terutang, yaitu selambat-lambatnya pada 17 November 2018.

Untuk diketahui, siang ini, Jumat (28/12/2018), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menggelar konferensi pers tentang bagaimana nasib Bolt ke depannya. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsisten Kelola Lingkungan, PTBA Sukses Raih Proper Emas 6 Kali Beruntun

Posted: 27 Dec 2018 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Konsistensi dan keseriusan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam mengelola lingkungan yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan kembali mendapat apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) kategori Emas kepada PTBA yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya kepada Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (27/12).

Penghargaan diraih atas kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat. Pencapaian ini sekaligus menempatkan PTBA sebagai satu-satunya perusahaan tambang batu bara yang berhasil meraih Proper Emas sebanyak 6 kali berturut-turut sejak 2013. Selain itu, Proper Hijau yang diraih pada penghargaan kali ini merupakan Proper Hijau pertama yang diraih oleh Unit Peltar PTBA. Kementerian LHK juga memberikan Proper Emas kepada Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE).

PROPER merupakan program penilaian kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan, kinerja produksi, serta pembangunan hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER-LH).

 

Efisiensi Energi

Berbagai inovasi dan efisiensi terus dilakukan oleh PTBA. Salah satu inovasi yang dilakukan di Unit UPTE adalah efisiensi energi melalui inovasi Power Plant berbasis Waste Coal. Dengan teknologi Circulating Fluidezed Bed (CFB) pada PLTU Mulut Tambang, batu bara limbah dan batu bara kalori rendah digunakan sebagai bahan bakar PLTU milik sendiri.

Melalui inovasi ini, perusahaan dapat mengurangi ketergantungan suplai listrik dari PT PLN (Persero), sehingga produksi tetap terjaga. Sementara itu, excess power sebesar 10,2 juta kWh/bulan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan peningkatan rasio elektrifikasi di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Sementara di Unit Peltar, melakukan inovasi dengan memodifikasi sistem quadroll crusher (peremuk batubara). Inovasi dilakukan melalui modifikasi aliran umpan batubara ke quadroll crusher dengan mengganti deflector chute menjadi screen sizer. Melalui inovasi ini akan menaikkan loading rate dengan waktu yang singkat, serta pencapaian target operasi dan keuntungan sesuai dengan yang direncanakan.

 

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin

PTBA juga menerapkan sistem manajemen energi dengan Manajer Energi dan Auditor Energi yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta melakukan audit energi secara berkala.

Pengurangan Limbah B3 dan Gas Rumah KacaUntuk mengurangi limbah B3, PTBA menerapkan inovasi oil refinery di Unit UPTE. Oli yang berasal dari workshop PTBA akan melalui proses penyaringan, sehingga dapat digunakan kembali secara optimal sesuai dengan kapasitasnya. Hingga Juni 2017, oli bekas yang dikirim ke tempat pembuangan mengalami penurunan hingga 64,73%.

Di sisi lain, penggunaan sumber energi sel surya untuk Tower Dispatcher juga mampu mengurangi penggunaan bahan bakar solar yang berpotensi sebagai gas rumah kaca. Program ini terbukti berhasil mengurangi konsumsi BBM sebanyak 2.384.640 liter dengan potensi gas rumah kaca dapat dihilangkan sampai 6.361,27 ton CO2e per tahun.

Sementara itu, untuk mengurangi limbah B3 di Unit Peltar diterapkan program double advantage oil preparation dengan cara memanaskan oli dari trafo pada suhu tertentu untuk membuang kandungan air dan melakukan penyaringan untuk membuang kotoran yang terkandung di dalamnya. Dengan cara ini, tidak ada lagi oli bekas yang dihasilkan dari oli trafo dan dapat memperpanjang umur oli. Melalui program ini, oli dari trafo yang sebelumnya menghasilkan limbah oli bekas kini menjadi zero waste.

Pemberdayaan Masyarakat

PTBA melakukan berbagai program kegiatan pemberdayaan masyarakat di Unit UPTE. Salah satunya program keberlanjutan ekonomi di Desa Pelakat, Semende Darat Ulu, Muara Enim. Program ekonomi terpadu Desa Gemilang Pelakat bertujuan menciptakan Desa Gemilang Pelakat sebagai sentra industri kopi dan hasil pertanian. Di Desa Pelakat, PTBA membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) untuk membantu kebutuhan listrik masyarakat. Tak hanya itu dibentuk pula kelembagaan masayarakat seperti koperasi, Saung Ilmu dan Rumah Kopi.

Sebagai upaya untuk mengurangi polusi dan menyerap CO2, Unit Peltar melakukan penanaman bambu pada ketinggian 2 mdpl dengan jenis bambu terbanyak pada kondisi tanah yang ekstrim di kawasan Pelabuhan Batubara. Hingga Juni 2018, total jumlah bambu yang ditanam sejumlah 8.387 batang. Konservasi bambu ini memberikan peranan yang baik dalam mitigasi penyerapan emisi karbon.

Diraihnya PROPER Emas untuk keenam kalinya ini, tentu menjadi motivasi bagi PTBA untuk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar, membangun hubungan yang harmonis di tengah-tengah lingkungan yang lestari, serta memberi manfaat seluas-luasnya kepada pemangku kepentingan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Kotak Hitam Penyelamat Ifan Seventeen Terombang-ambing 2 Jam di Laut

Posted: 27 Dec 2018 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di tengah duka yang merundung, Ifan Seventeen masih sempat mengunggah sejumlah foto, untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah menolongnya dari keganasan tsunami Selat Sunda.

Pada Jumat, 28 Desember 2018, suami dari mendiang Dylan Sahara itu menggunggah empat foto di akun Instagram pribadinya @ifanseventeen . Foto pertama, Ifan berpose bersama dua orang pria dan kotak berwarna hitam.

Ifan Seventeen menyebut dua orang pria yang berdiri di sampingnya dan kotak hitam itu sebagai 'tiga penyelamat' sewaktu bencana tsunami Selat Sunda yang melanda kawasan Anyer dan sekitarnya pada Sabtu, 22 Desember 2018.

"Sebenarnya Allah mengirimkan tiga penyelamat waktu bencana kemarin. Yang pertama, kotak hitam di tengah yang Allah kirimkan sebagai penyambung nyawaku, saat aku terkatung-katung di tengah laut selama dua jam, dengan jarak hampir 1 km dari bibir pantai bersama tiga orang lainnya. Walaupun sudah setengah mengapung, tapi masih mampu menjadi sandaran jari-jari kami saat kami benar-benar kelelahan dan kehabisan napas,"

tulis Ifan Seventeen sebagai keterangan foto tersebut dikutip Liputan6.com pada Jumat, 28 Desember 2018.

 
 
 
View this post on Instagram

Sebenernya Allah mengirimkan tiga penyelamat waktu bencana kemarin. Yang pertama, kotak hitam ditengah yang Allah kirimkan sebagai penyambung nyawaku saat aku terkatung2 ditengah laut selama 2 jam, dengan jarak hampir 1km dari bibir pantai bersama 3 orang lainnya Walaupun sudah setengah mengapung, tapi masih mampu menjadi sandaran jari-jari kami saat kami benar2 kelelahan dan kehabisan nafas • Yang kedua dan ketiga adalah mas @episoemarna (kanan) dan bang @yusrankiyut (kiri), pertemuan tak sengaja di tengah jalan dan di ruang igd rumah sakit, ditengah kebingunganku, tanpa kendaraan, tanpa arah, tanpa uang sepeserpun yang aku pegang waktu itu. Dengan keadaan yang tidak saling kenal, mereka dengan ikhlas memberikan waktu mereka 2 hari full, dari mengantarkanku kemanapun, memberikanku makanan, meminjamkan sarung dan pakaian, tas, obat2an, jaket yang mereka pakai saat aku kedinginan, menyebarkan data kepada relawan tentang ciri-ciri istriku, sampai memberikan support moril dalam proses pencarian istri dan drummerku selama disana. Mas Epi, bang Yusron, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan mas Epi dan bang Yusron, ga akan cukup aku yang ngebales 🙏🏼 • Ya Allah ya Tuhanku, terimakasih atas kesempatan yang telah Engkau berikan, semoga semua yang selamat selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan semua yang telah wafat diterima disisiMu yang paling mulia ya Allah, Al-fatihah.

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on

 

Dua Orang Penyelamat Ifan Seventeen

Doa bersama untuk Seventeen Band dan Ifan Seventeen (Deki Prayoga/Fimela.com)

Sementara dua orang pria tersebut, diketahui bernama Epi Soermana (kanan) dan Yusran (kiri). Ifan Seventeen bercerita, pertemuan dengan dua orang baik itu terjadi tanpa sengaja di tengah jalan dan di ruang Instalasi Gawat Darurta (IGD) sebuah rumah sakit.

"...Di tengah kebingunganku, tanpa kendaraan, tanpa arah, tanpa uang sepeserpun yang aku pegang waktu itu. Dengan keadaan yang tidak saling kenal, mereka dengan ikhlas memberikan waktu mereka dua hari full, dari mengantarkanku ke mana pun, memberikanku makanan, meminjamkan sarung, pakaian, tas, obat-obatan, jaket yang mereka pakai saat aku kedinginan,"

ujar Ifan.

Tak hanya itu, keduanya pun ikut menyebarkan data kepada relawan lain tentang ciri-ciri Dylan Sahara yang menghilang, sampai akhirnya ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia. Termasuk mencari drummer band Seventeen.

"Mas Epi, bang Yusron, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan mas Epi dan bang Yusron, enggak akan cukup aku yang ngebales,"

katanya.

Ifan Seventeen tak lupa memanjatkan rasa terima kasihnya kepada Allah SWT, atas kesempatan hidup yang diberikan kepadanya.

"...Semoga semua yang selamat selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan semua yang telah wafat, diterima di sisiMu yang paling mulia ya Allah, Al-fatihah,"

tulis Ifan sebagai penutup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Kerahkan 6.800 Petugas Kebersihan di Malam Tahun Baru

Posted: 27 Dec 2018 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta berencana mengerahkan 6.800 petugas kebersihan pada malam tahun baru 2018. Sehingga diharapkan hari pertama tahun 2019, Jakarta bersih dari sisa perayaan pergantian tahun.

"Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Bahkan, kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji Di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Dia menjelaskan petugas tersebut akan membersihkan sampah-sampah setelah puncak pergantian tahun, mulai pukul 00.30 WIB. Targetnya, pada pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah terangkut.

Isnawa juga mengimbau kepada para pedagang kaki lima dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di bahu jalan dapat segera meninggalkan lokasi.

"Ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan wilayah. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP untuk menertibkan PKL," ucapnya.

 

 

Sejak Sore dan Tersebar

Dia menyebut ribuan petugas tersebut disiagakan sejak 31 Desember 2018 sore dan menyebar di seluruh lokasi yang menjadi pusat keramaian perayaan.

Untuk Jakarta Pusat, yakni Jalan Thamrin berupa acara nikah masal dan tausyiah akbar Aa Gym, Kawasan Monas, Bundaran HI, Jalan Benjamin Sueb Kemayoran, Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Jakarta Selatan di Kawasan Situ Babakan, Kemang Raya, Kuningan Epicentrum dan Ragunan," ujar dia.

Lalu, Jakarta Barat di Kawasan Kota Tua, Mangga Besar dan sekitar Kantor Walikota Jakarta Barat dan Perkantoran CNI. Dan Jakarta Utara di Kawasan Danau Sunter, Kelapa Gading dan Ancol.

"Jakarta Timur di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mesjid At-Tin dan sekitaran Walikota Jakarta Timur," jelas Isnawa.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Enggartiasto: Indonesia Jangan Sampai Dikuasai Produk Impor

Posted: 27 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa produk kreatif Indonesia harus didukung agar bisa menjadi raja di dalam negeri. Oleh karena itu, ia meminta komitmen agar pemerintah pusat dan daerah terus mendukung produk Indonesia menjadi raja di negeri sendiri.

"Diharapkan produk-produk inovatif dapat mengisi kebutuhan pasar domestik. Pemerintah akan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) agar dapat dijual di ritel-ritel modern," tegas Enggar dalam keterangan tertulis, Jumat (28/12/2018).

Menurut Enggartiasto, produk-produk kreatif dapat mengisi kebutuhan pasar domestik yang selama ini diisi oleh produk barang jadi impor dengan harga yang lebih mahal.

Tentunya, ia melanjutkan, di satu sisi impor tidak bisa dihentikan lantaran Indonesia belum bisa memproduksi sendiri beberapa barang yang harus diimpor tersebut, terutama jika bahan baku yang diperlukan adalah produk impor.

"Saya mengharapkan ada lebih banyak produk yang memiliki kekayaan local content, sehingga biaya produksinya juga lebih murah," ujar Enggartiasto.

Dia yakin bahwa dengan harga yang kompetitif, berbagai produk kreatif bisa semakin sukses di pasar domestik. Hal lain yang harus diperhatikan yakni peningkatan kapasitas mesin produksi agar volume produksi meningkat.

 

Butuh Promosi

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita saat kuliah umum di Politeknik Negeri Padang, Kamis (13/12).

Selain itu, promosi produk juga menjadi hal yang krusial sehingga masyarakat dapat yakin dan setia menggunakan suatu produk tertentu. Penguatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai sertifikasi penjamin kualitas.

Lebih lanjut, Enggar juga mengimbau agar masyarakat terus menumbuhkan kecintaan terhadap produk dalam negeri.

"Pelaku usaha dalam negeri juga harus dapat menciptakan posisi pasar sehingga memiliki signifikansi sebagai satu-satunya produk yang diingat konsumen," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Johan Lin Eng Ditangkap, PSSI Semarang Minta Diusut Tuntas

Posted: 27 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PSSI Semarang mendukung penuh pengusutan mafia pengaturan skor. Penangkapan Johar Lin Eng oleh Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Polri diharapkan bisa membuka tabir gelar sepak bola Indonesia.

Johar Lin Eng merupakan anggota Exco PSSI, yang juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah. Johar Lin Eng ditangkap Satgar Antimafia Bola Polri di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/12/2018), sekitar pukul 10.12 WIB.

"Saya sudah dengar (penangkapan Johar Lin Eng), ikut prihatin," kata Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Semarang Supriyadi di Semarang, Kamis malam, menanggapi penangkapan Johar Lin Eng, seperti dilansir Antara.

"Semoga bisa membuka tabir gelap persepakbolaan di Tanah Air, khususnya sepak bola di Jateng agar tidak ada lagi gangguan dalam proses pembinaan asosiasi di kabupaten/kota," ujarnya.

Penangkapan Johar terkait dugaan keterlibatan dalam kasus pengaturan skor pertandingan sepak bola di Indonesia. Johar Lin Eng diketahui sudah lama malang-melintang di persepakbolaan Indonesia.

Nama Johar mulai ramai dibicarakan publik sepak bola sejak mantan Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Banjarnegara yang juga Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengaku pernah diminta uang oleh Johar untuk menjadi tuan rumah Liga 3 2018.

Dituduh Perantara

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris besar (Kombes) Pol Argo Yuwono, menjelaskan penangkapan tersangka pengaturan skor Johar Lin Eng. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Johar juga dituduh menjadi perantara dengan mafia sepak bola berinisial Mr P. Pengakuan itu dilontarkan Budhi dalam program acara talkshow Mata Najwa pada Rabu (9/12/2018).

"Waktu itu saya ditawari oleh Asprov Pak Johar Lin Eng agar Banjarnegara menjadi tuan rumah untuk 32 besar Liga 3 2018."

"Tapi dimintakan uang sebesar Rp500 juta. Kalau saya catat, dalam waktu enam bulan itu saya total mengeluarkan Rp1,3 miliar," kata Budhi dalam acara tersebut.

Supriyadi berharap kasus tersebut diusut tuntas agar kompetisi sepak bola di Tanah Air dapat berjalan secara adil dan sportif. Dia merasa selama ini kasus pengaturan skor sulit dibuktikan.

Mencium Baunya

"Selama ini kita hanya bisa mencium baunya saja dan merasakan ketika kompetisi digulirkan. Tetapi, sulit untuk membuktikannya," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang itu.

Bahkan, kata dia, para pelaku mafia pengaturan skor itu berarti sudah mengetahui lebih dulu siapa-siapa yang bakal menjadi juara sebelum kompetisi diputar.

"Kalau ini dibiarkan, mana mungkin daerah yang benar-benar ingin memajukan sepak bola secara `fair` bisa berkembang? Kalau justru dihancurkan oknum-oknum yang bermain di balik kompetisi," ungkap Supriyadi.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direktur Hulu Pertamina Sapa Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 27 Dec 2018 08:36 PM PST

Liputan6.com, Pandelang Hari beranjak gelap ketika Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan H Samsu menyambangi Posko Pertamina Peduli di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Selasa (25/12). Posko ini berdiri sejak Minggu (23/12/2018), sehari setelah tsunami melanda Banten dan Lampung.

Didampingi Vice President CSR Pertamina Agus Mashud dan Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati, Dharmawan menyerahkan bantuan Pertamina untuk masyarakat terdampak yang mengungsi di beberapa titik di desa tersebut.

Melalui Posko Pertamina Peduli, sudah disalurkan bantuan berupa air mineral, beras, makanan instan, biskuit, makanan bayi, selimut, serta keperluan wanita dan bayi. Pertamina juga melengkapi bantuannya dengan peralatan masak seperti panci besar serta kompor untuk operasional dapur umum. Selain itu, Pertamina juga telah memberikan 20 tabung Bright Gas 5,5 kg dan 25 tabung Elpiji 12 kg untuk posko BUMN Peduli.

"Semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat untuk warga di sini," harap Dharmawan.

Posko Pertamina Peduli didirikan di atas bukit Desa Sukarame. Lokasi ini milik Perhutani dan dimanfaatkan oleh masyarakat terdampak untuk mengungsi. Awalnya sekitar 400-500 pengungsi yang ada di sini, kemudian saat ini sudah bertambah menjadi 1200 orang.

"Posko ini untuk memudahkan kami memberikan bantuan kepada para pengungsi yang jumlahnya semakin bertambah," ujar Dharmawan.

Dharmawan berpesan agar para pengungsi dapat saling membantu dan menjaga satu sama lain. Ia juga mendoakan para pengungsi selalu dalam kondisi sehat. Tak lupa, ia memberikan motivasi kepada para pengungsi agar selalu semangat dalam menatap kehidupan selanjutnya.

Untuk memperluas cakupan bantuan, Pertamina akan membuat empat dapur umum di Desa Sukarame, karena merupakan salah satu lokasi terdampak bencana cukup parah.

Keesokan harinya, Rabu (26/12), Dharmawan melanjutkan pemantauan penyaluran bantuan ke salah satu daerah terdampak bencana tsunami Banten di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Desa Sumber Jaya, Pandeglang Banten.

Didampingi oleh Emergency Response Team (ERT) PT Pertamina Hulu Mahakam, salah satu anak usaha hulu Pertamina, Dharmawan menyisir bagian pantai dan melihat langsung lokasi terdampak, diiringi rintik hujan. Kecamatan Sumur merupakan salah satu wilayah terparah yang terdampak tsunami Banten karena lokasinya persis berada di pesisir pantai.

Sebagai informasi, ERT adalah tim reaksi cepat (Quick Response Team), beranggotakan 20 orang yang telah diterjunkan untuk membantu evakuasi korban tsunami di wilayah Banten. Tim ini terdiri dari 13 rescuer, 5 dokter, dan 2 orang logistik.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekrut De Jong, Barcelona Batal Boyong Adrien Rabiot?

Posted: 27 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona santer dikaitkan dengan gelandang PSG, Adrien Rabiot. Dia disebutkan akan mengisi slot pemain tengah Barcelona musim ini.

Kedekatan Barcelona dengan Rabiot terus menjadi bahan perbincangan dalam beberapa pekan terakhir. Namun Eric Abidal selaku direktur olahraga masih belum ingin berbicara banyak soal kemungkinan transfer tersebut.

Belum lama ini, Rabiot memutuskan untuk tidak lagi menambah masa abdinya kepada PSG. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah menyatakan bahwa dirinya tidak akan memperpanjang kontrak dan siap hengkang pada akhir musim nanti.

Setelah pernyataan itu tersebar, Barcelona terus dikabarkan sedang berupaya untuk mendatangkan Rabiot ke Nou Camp. Tak hanya itu, Juventus juga diyakini masih tertarik dengan pemain yang dulunya pernah mereka kejar sewaktu masih belia dulu.

Namun terlalu penuhnya lini tengah bisa membuat Barcelona batal memboyong Rabiot. Apalagi dikabarkan Barcelona dikabarkan lebih tertarik boyong Frenkie de Jong.

 

Soal Rabiot, Barcelona Bungkam

Aksi pemain PSG, Adrien Rabiot (tengah) melewati adangan pemain Angers, Thomas Mangani pada lanjutan Ligue 1 Prancis di Raymond Kopa Stadium, Angers, (4/11/2017). PSG menang telak 5-0. (AP/David Vincent)

Ada banyak rumor yang menguak perihal kepindahan Rabiot ke Barcelona, publik pun dibuat menunggu dengan kepastiannya. Namun Abidal, saat memperkenalkan Jeison Murillo sebagai pemain anyar Blaugrana, ogah berbicara banyak.

"Rabiot? Ini bukanlah hari yang bagus untuk membicarakan soal ini. Ini adalah harinya Murillo," ujar Abidal seperti yang dikutip dari Goal.

"Kami masih memantau bursa transfer untuk melihat siapa yang bisa ditawar dan apa yang kami butuhkan untuk menutupinya," lanjutnya.

Soal Pemain yang Pergi

Sedangkan untuk pemain yang hengkang, Abidal juga masih bungkam. Tetapi, pria asal Prancis tersebut meyakini bahwa akan ada pemain yang pergi, terutama mereka yang tidak mendapat menit bermain sesuai dengan keinginannya musim ini.

"Pemain yang pergi? Tergantung pada pemainnya sendiri dan beberapa dari mereka membutuhkan menit bermain yang lebih banyak," tambahnya.

"Kami akan segera berbincang dengan mereka dan mengambil keputusan," tandasnya.

Beberapa pemain, seperti Malcom dan Arturo Vidal, beberapa kali dikabarkan gerah karena lebih banyak menjadi penghias di bangku cadangan. Yang lebih parahnya, kedua pemain tersebut merupakan rekrutan Barcelona pada bursa transfer lalu.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 6,1 di Manokwari Selatan Tidak Berpotensi Tsunami

Posted: 27 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitudo 6,1 yang mengguncang Manokwari Selatan, Papua Barat, tidak berpotensi tsunami. Guncangan terjadi pukul 10.00 WIB, Jum'at (28/12/2018). Pusat gempa terjadi di kedalaman 26 kilometer.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Dalam keterangan tertulis, dia menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

Kondisi terakhir yang dihimpun BNPB, gempa dirasakan cukup kuat selama 6 detik di Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Manokwari.

Posisi gempa berjarak 55 km Tenggara Manokwari Selatan. Pusat gempa berada di kedalaman Kilometer.

Masyarakat sempat panik dan keluar bangunan. Saat ini, nelayan dan warga berkumpul di kantor Bupati / lapangan Kabupaten Manokwari.

(Liputan6.com/Rifqi Aufal Sutisna)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dian Pramana Poetra di Mata Ita Purnamasari

Posted: 27 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kepergian Dian Pramana Poetra untuk selama-lamanya, pada Kamis (27/12/2018), membuat Ita Purnamasari kaget. Dirinya tak pernah tahu, pelantun "Masih Ada" ini memiliki penyakit berbahaya.

Ita Purnamasari mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya musikus senior Dian Pramana Poetra setelah berjuang melawan kanker darah stadium 4.

"Yang pasti saya dan Mas Dwiki kaget tadi malam pas dikabari teman-teman. Kami sangat sedih. Apalagi kami juga enggak pernah dengar almarhum Mas Dian Pramana Poetra sakit," terang Ita Purnamasari saat dihubungi Antara, Jumat (28/12/2018).

 

Sahabat

Dian Pramana Poetra (Foto: Instagram)

Bagi istri Dwiki Dharmawan, sosok Dian Pramana Poetra seperti sahabat. Ia juga beberapa kali berkolaborasi dengan bapak satu anak ini.

"Kalau saya beberapa kali pernah sepanggung dengan beliau. Yang paling berkesan saat acara di TVRI, sekitar beberapa tahun lalu. Kami sepanggung dengan penyanyi lainnya, seperti Vina Panduwinata, Trie Utami, Deddy Dhukun, Fariz RM, dan Mus Mujiono," lanjutnya. 

Kenangan

Ita Purnamasari

Ita Purnamasari punya satu kenangan yang tak terlupakan terhadap Dian Pramana Poetra. Musikus bertangan dingin ini menciptakan lagu untuk albumnya.

"Pada tahun 1996, beliau menciptakan lagu buat album saya. Judulnya "Tiada Yang Seperti Kamu", lagunya bagus banget. Mas Dian itu orangnya asyik banget, dan karya-karyanya bagus," tuturnya. (Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beredar Rekaman Soundcheck Terakhir Seventeen di Banten

Posted: 27 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar viral di media sosial band Seventeen melakukan check sound sebelum akhirnya tergulung tsunami Selat Sunda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akses Tak Merata, 11 Persen Wilayah di Indonesia Kesulitan Sinyal

Posted: 27 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Program Merdeka Sinyal yang dicanangkan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) tampaknya memiliki sejumlah tantangan. Salah satunya adalah akses telekomunikasi yang masih belum merata di nusantara.

Terbukti, saat ini masih ada sekitar 11 persen wilayah di Indonesia yang belum tersentuh sinyal. Wilayah blank spot tersebut, berlokasi di 5.300 desa yang ada di seluruh Indonesia, sedangkan 3.500 di antaranya ada di Papua.

Agar dapat menggeber pemerataan akses telekomunikasi ini, Direktur Utama BAKTI Anang Latief, mengakui butuh dana yang lebih banyak dari yang sekarang ini, di mana ada dari dana USO yang disetor oleh operator.

"Saat ini operator mempunyai kewajiban untuk menyetor dana USO sebesar 1,25 persen dari total revenue. Sulit mewujudkan kalau cuma 1,25 persen untuk membangun infrastruktur di 5000 desa lebih," ujar Anang pada diskusi akhir tahun yang digelar SelularID di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Karenanya, lanjut Anang, BAKTI kini tengah mencari solusi bagaimana pembiayaan ini bisa bertambah tanpa membebani operator mengingat saat ini kondisi operator tengah tergerus pemasukannya.

Skema Pemerataan Akses Telekomunikasi

Media Gathering Indonesia Merdeka Sinyal (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Dalam memeratakan akses telekomunikasi, BAKTI tak bertindak sebagai operator. Justru, pihaknya menawarkan skema kepada operator untuk mempercepat meratanya akses telekomunikasi.

"Kami bangun infrastruktur yang nantinya akan digunakan oleh operator. Kami jamin infrastruktur yang dibangun memiliki SLA yang sesuai dengan standar operator," terang Anang.

Kamilov Sagala, Pengamat Telekomunikasi, pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa tergerusnya revenue operator tak lepas dari lemahnya regulasi di sektor telekomunikasi.

"Lemahnya regulasi membuat OTT merajalela dan akhirnya menggerus pendapatan operator," kata Kamilov.

Aturan mengenai OTT ini disampaikan Kamilov tidak kunjung terbit sejak Menkominfo Rudiantara dilantik.

"Seharusnya bisnis BAKTI ini bukan dari operator tapi dari OTT," tegas Kamilov.

 

Jangan Sampai Maladministrasi

Direktur Utama BAKTI Anang Latif (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Alamsyah Saragih, Anggota Ombudsman RI, juga menekankan peran BAKTI yang tadinya pelaksana USO menjadi semi penyelenggara telekomunikasi harus dibuat aturan bagaimana interaksinya dengan operator yang ada.

"Jangan sampai dalam menjalankan tugasnya melakukan pemerataan akses telekomunikasi terjadi maladministrasi," pungkas Alamsyah.

Ombusdman sendiri akan memantau dan mengawal semua proses. Keputusan baik skema bismis maupun tata cara pperasional yang dihasilkan BAKTI, jangan sampai ada maladministrasi apalagi berbenturan dengan operasional.

Pasalnya, operator di lapangan bisa menyebabkan kerugian negara, bahkan potensi kerugian lainnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: