Rabu, 03 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sam Lowes: Rossi Pembalap Terbaik MotoGP Sepanjang Masa

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Valentino Rossi adalah contoh nyata pembalap MotoGP yang kualitasnya tak tergerus usia. Meski sudah memasuki usia senja, faktanya pembalap Movistar Yamaha itu mampu bersaing dengan pembalap-pembalap berbakat yang lebih muda.

Ya, tak akan ada yang membantah jika menyebut Rossi sebagai legenda hidup MotoGP, bahkan untuk dunia balap. Hampir sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan menggeluti motor dan lintasan. Rossi diketahui telah memulai karier balapnya sejak usia 5 tahun.

Sejak itu, sudah banyak momen manis yang dilewatinya. Tercatat, The Doctor mampu mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya adalah kelas utama atau MotoGP. Di MotoGP 2018, pembalap asal Italia itu akan berusia 39 tahun (16 Februari 2018).

Namun, sampai saat ini ia belum memutuskan apakah akan pensiun atau tidak usai MotoGP 2018. Sekadar catatan, kontraknya bersama Yamaha berakhir di musim ini. Bahkan, ia masih bernafsu meraih gelar juara dunia. Hal itu yang membuat Sam Lowes, pembalap penguji Aprilia, terkesan dengan Rossi.

"Valentino Rossi adalah idola saya. Fakta bahwa ia masih menang dalam balapan dan tetap ingin melakukan segalanya menjadikannya yang terbaik sepanjang masa," ungkap pembalap asal Inggris itu seperti dikutip Speedweek.

 

Pembalap MotoGP asal Australia, Mick Doohan. (Wikipedia)

Selain Rossi, Lowes juga mengaku sangat mengagumi Mick Doohan. Ia adalah pembalap yang mampu lima kali tampil sebagai juara dunia kelas 500cc (1994, 1995, 1996, 1997, 1998). Semua gelar itu didapat saat ia memperkuat Honda.

"Saya ingin bersaing dengan Doohan. Ia adalah pembalap yang hebat. Ia berjuang keras untuk mencapai tujuannya. Setelah cedera pada 1992, ia kembali dengan lebih kuat dari sebelumnya. Tak semua orang bisa melakukan hal seperti itu. Ia telah menjadi legenda dalam olahraga ini," jelas Lowes.

Lowes sendiri tampil mengecewakan bersama Aprilia di MotoGP 2017. Dari 18 balapan, hanya sepuluh kali ia mampu mencapai garis finis. Sisanya ia selalu gagal finis. Maklum, ia adalah pembalap dengan jumlah kecelakaan terbanyak di musim lalu.

 

125 cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

MotoGP

Balapan: 301

Menang: 89

Podium: 190

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.893

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruan Daftar! BUMN Ini Buka Lowongan Kerja Besar-besaran

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Bagi Anda yang sudah lama mendambakan untuk berkarier di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia, ada baiknya segera mempersiapkan diri. Pasalnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sedang membuka lowongan kerja besar-besaran.

BUMN yang menyelenggarakan jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang ini membuka setidaknya 23 posisi sekaligus. Pendaftaran lowongan kerja dibuka mulai dari 5 hingga 14 Januari 2018.

Sebagai BUMN, ASDP Indonesia Ferry sendiri memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan angkutan penyeberangan dan pelabuhan secara efektif dan efisien serta menjangkau seluruh wilayah nusantara dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, namun pada saat yang sama juga terus berperan positif memberikan kontribusi keuangan bagi negara dalam bentuk deviden.

Kini, dengan armada kapal sebanyak 119 unit, 35 pelabuhan dan lebih dari 4.000 profesional, ASDP Indonesia Ferry telah melayani 181 lintasan penyeberangan melalui 30 Kantor Cabang operasiona. ASDP Indonesia Ferry telah merangkai Nusantara dari Sabang sampai Merauke dan Miangas hingga Rote di di 28 Provinsi dan 95 Kabupaten.

Tertarik untuk menjadi bagian darinya? Melansir laman asdpindonesiaferry.experd.com, Kamis (4/1/2018), berikut posisi yang disediakan, persyaratan umum bagi pelamar, dan tata cara pendaftarannya:

Persyaratan Umum:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) usia maksimal 28 tahun sebelum 15 Maret 2018;

2. Sehat jasmani dan rohani serta tidak pernah mengonsumsi narkoba;

3. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kerja PT ASDP Indonesia Ferry (Persero);

4. Lulusan Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dengan akreditasi A/Balai Transportasi.

Untuk melihat persyaratan khusus tiap posisi dapat dicek di sini

 

 

1. Staf Bisnis Penyeberangan (PBP)

2. Staf Bisnis Pelabuhan (PBPL)

3. Staf Bisnis Penunjang (PBPN)

4. Staf Pemasaran dan Pengembangan Bisnis (PPPB)

5. Staf Pelayanan (PL)

6. Staf Fasilitas (PF)

7. Staf Teknologi Informasi (PTI)

8. Staf Operasional (PO)

9. Staf Teknik Kapal (PTKA)

10. Staf Teknik Pelabuhan (S1) (PTP)

11. Staf K2L (PK2L)

12. Staf Sumber Daya Manusia (PSDM)

13. Staf Manajemen Resiko (PMR)

14. Staf Pengelolaan Rantai Pasok (PRP)

15. Staf Keuangan (PKEU)

16. Staf Akuntansi (PA)

17. Staf Manajemen Aset dan Asuransi (PASS)

18. Staf Perencanaan Strategis Perusahaan dan Transformasi (PPSPT)

19. Staf Satuan Pengawasan Intern (PSPI)

20. Staf UAJ & kerjasama (CUAJ)

21. Staf Usaha Pelabuhan & Penyeberangan (Diploma) (CUPP)

22. Staf Umum (Diploma) (CUM)

23. Staf Teknik Pelabuhan (Diploma) (CTP)

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini. Ingat, pendaftaran dibuka dari 5 hingga 14 Januari 2018.

Catatan:

- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) hanya memproses kandidat yang dinyatakan sesuai dengan kualifikasi yang dipersyaratkan untuk masing-masing posisi.

- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tidak memungut biaya atau pembayaran lainnya. Segala macam permintaan pembayaran harus dianggap tidak benar. Anda tidak dipungut biaya apapun untuk proses seleksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipuji Warganet, Pesta Pernikahan Unik dari Bahan Bekas

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Konsep pernikahan unik selalu menarik untuk disimak. Kreativitas sang pengantin maupun wedding organizer seolah ditantang untuk mewujudkan konsep pernikahan yang tak biasa. Namun, bagaimana bila tak hanya unik, tapi pesta pernikahan tersebut ramah lingkungan?

Sebuah foto konsep pernikahan unik yang diunggah warganet menarik perhatian banyak orang. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Ari Gami. Menurut dia, konsep pernikahan bertema daur ulang tersebut benar-benar terjadi.

Foto yang diunggah pada Selasa (02/01/2018) itu menunjukkan dekorasi pesta yang terbuat dari bahan-bahan bekas seperti ban mobil, drum bekas, botol plastik yang dibentuk menjadi hiasan, bahkan pakaian pengantinnya sendiri juga dari bahan plastik pembungkus kopi.

Di lokasi pernikahan Pawit Wahono dan Eni Rahmawati itu tak terlihat sama sekali dekorasi lain melainkan dari bahan bekas. Ban bekas ditumpuk menjadi dua dan dicat hingga menjadi kursi bagi para tamu. Drum bekas juga dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi kursi pelaminan.

Sementara gaun mempelai wanita dan jas mempelai prianya, sengaja dibuat dari plastik pembungkus kopi. Tak tanggung-tanggung, mahkota penghias kepala mempelai wanita dan bunga di genggamannya juga terbuat dari plastik.

 

Konsep pernikahan unik yang menggunakan bahan-bahan daur ulang tersebut dipuji oleh warganet. (Doc: Facebook.com/KlikAriGami)

Konsep pernikahan daur ulang tersebut mendapat pujian dari warganet. Menurut warganet, meski terlihat sederhana, konsep pesta pernikahan yang dilaksanakan di Banjarnegara, Jawa Tengah itu amat menginspirasi karena menggunakan bahan-bahan bekas serta plastik daur ulang.

 

"Recycle for Wedding installation...

Kesederhanaan tradisi yang dibalut nuansa recycle. Menyampaikan banyak pesan dari a-z tentang edukasi sampah dalam sebuah gelaran sakral...

Selamat menempuh hidup baru untuk mas Pawit Wahono dan pasangan, semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah...

Thanks to big team#karang_taruna_pelita_mas yang berani menangkap ide gila ini..."

 

Demikian keterangan foto yang dibuat oleh Ari Gami. Di foto itu pula Ari menjelaskan proses pengerjaan konsep pernikahan daur ulang tersebut.

Konsep pernikahan unik yang menggunakan bahan-bahan daur ulang tersebut dipuji oleh warganet. (Doc: Facebook.com/KlikAriGami)

Menurut Ari, proses pengerjaannya butuh waktu selama satu bulan dengan total modal lebih-kurang 4 juta rupiah. Mengetahui modal yang keluar tak begitu besar, warganet pun semakin memuji pria itu.

"Dulu impian saya juga itu. tapi lebih ke origami dari kertas koran. ah, seandainya saya ketemu njenengan sebelum menikah, pasti jadi nyata," tulis Dani Mulyaning.

"Subhanallah....unik, antik, keren....(mantene...berani tampil beda)," ujar akun Umi Faizah.

"Keren Kang Ari....jangan beri kesempatan limbah berserakan....salam kreatif," tulis Ki Gembong Nalendro.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Lengket, Selena Gomez - Justin Bieber Berkeringat Bersama

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Selena Gomez dan Justin Bieber tampaknya tak ingin berlama-lama terpisah dari satu sama lain. Setelah merayakan pergantian tahun di Cabo San Lucas, Meksiko, keduanya kembali terlihat tampil bersama.

Hal tersebut dibuktikan melalui foto-foto yang dipublikasikan sejumlah media internasional. Dilansir dari E! News, Rabu (3/1/2018), Selena Gomez dan Justin Bieber baru saja melakukan sesi olahraga Hot Pilates bersama di West Hollywood.

Dalam foto tersebut, Selena Gomez dan Justin Bieber tampak berkeringat di sekujur tubuh. Keduanya pun kompak mengenakan pakaian bernuansa putih, kaus kaki, dan sepatu olah raga.

Justin Bieber dan Selena Gomez berolah raga bersama. [foto: eonline.com]

 

 

 

 

Justin menginginkan Selena untuk pulang bersamanya namun pelantun tembang Wolves tersebut menolaknya. (billboard)

Sesi olahraga Hot Pilates ini merupakan sesi rutin bagi Selena Gomez dan teman-temannya. Namun, pelantun "Who Says" itu sangat ingin mengajak Justin Bieber untuk ikut serta.

Menurut seorang sumber, Selena Gomez tampak sangat senang ketika Justin Bieber mengabulkan keinginannya. Pelantun "What Do You Mean?" itu pun tampak menikmati sesi olahraga tersebut.

Dilansir dari HollywoodLife, Selena Gomez mengerti kenapa ibunya tak setuju dengan hubungannya dengan Justin Bieber. (REX-Shutterstock-HollywoodLife)

Selena Gomez dan Justin Bieber tampaknya tetap ingin bersama meski hubungan mereka tak sepenuhnya disenangi oleh keluarga. Seperti yang diketahui, ibunda Selena dikabarkan tak menaruh simpati pada hubungan tersebut.

Seorang sumber bahkan sempat menyatakan bahwa ibunda Selena Gomez sempat masuk rumah sakit akibat masalah itu. Hubungan Selena Gomez dan sang ibu pun dikabarkan memburuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyeri Perut, Ada Tusuk Gigi Bersarang di Usus Besar Wanita Ini

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Ahli bedah dikejutkan dengan adanya tusuk gigi yang bersarang di usus besar seorang pasien. Pasien itu adalah seorang wanita pensiunan asal Australia yang datang dengan keluhan nyeri perut.

Nyeri perut yang dirasakan sangat menyakitkan. Dokter pun mendiagnosis penyakit pasien dengan divertikulitis akut, sebuah kondisi yang menyebabkan dinding usus besar menjadi meradang.

Untuk menyembuhkan penyakit tersebut, pasien harus dioperasi. Namun, ahli bedah terkejut karena menemukan benda asing di dalam perut pasien. Benda asing itu berupa tusuk gigi. Tusuk gigi inilah yang menyebabkan pasien berusia 70 tahun ini merasakan nyeri perut.

Sebelum operasi, wanita tersebut mengalami nyeri perut selama empat kali dalam sebulan. Saat operasi, ahli bedah menemukan bagian usus besar pasien telah membengkak.

Kondisi membengkak itu dikarenakan usus besarnya tertusuk oleh tusuk gigi. Adanya tusuk gigi tidak diketahui ahli bedah sebelumnya, dilansir dari News, Kamis (4/1/2017). Pemindaian (CT scan) rutin yang dilakukan sebelum operasi tidak mendeteksi adanya benda asing di dalam usus pasien.

Ketika disampaikan adanya tusuk gigi di dalam usus kepada pasien itu setelah operasi, pasien lansia tersebut tidak mengakui, kalau dirinya memakai tusuk gigi atau makan makanan yang disajikan dengan tusuk gigi.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

Tusuk gigi menyebabkan nyeri perut.

Laporan kasus tusuk gigi yang bersarang di usus pasien wanita tadi diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ).

Para dokter, Shanesh Kumar, Ramin Mehdipour, Asiri Arachchi dan Antony Cass, yang menangani pasien mengatakan, setengah pasien yang menelan tusuk gigi memang tidak menyadari kalau mereka telah menelan tusuk giginya.

Untuk itu, petugas medis harus mempertimbangkan untuk memeriksa benda asing pada pasien yang menderita nyeri perut. Sebelum operasi, pemeriksaan seperti endoskopi dan CT scan harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendiagnosis kondisi nyeri perut secara akurat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengharukan, Kuda Ini Jenguk Majikannya di Rumah Sakit

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Setelah terbangun dari koma, seorang gadis asal Inggris mendapat kejutan manis berupa kunjungan dari kuda kesayangannya ke rumah sakit tempat ia dirawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi Note 5 Bakal Dibekali Prosesor Snapdragon 632 dan RAM 4GB?

Posted: 03 Jan 2018 10:00 PM PST

Sebuah foto memperlihatkan penampakan smartphone yang diduga sebagai Xiaomi Redmi Note 5. Kabarnya perangkat tersebut sedang menjalani pengujian internal.

Smartphone tersebut ditengarai akan rilis pada paruh kedua tahun 2018. Mengutip laman Gizmochina, Kamis (4/1/2018), smartphone tersebut dikabarkan diperkuat dengan prosesor Snapdragon 632 yang kini belum diumumkan oleh Qualcomm.

Jika kabar itu benar, Redmi Note 5 akan menjadi smartphone pertama yang didukung oleh prosesor Snapdragon 632. Snapdragon 632 kabarnya merupakan adik dari prosesor Snapdragon 636.

Meski spesifikasinya di bawah Snapdragon 636 dengan kecepatan 1.8GHz, prosesor ini disebut-sebut akan memberikan dukungan lebih dari sisi optimisasi kamera ganda.

Redmi Note 5 sendiri diperkirakan hadir dengan layar 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9. Smartphone ini disebut-sebut akan mengusung desain full screen dengan bezel tipis. Belum lama ini, Xiaomi juga merilis smartphone bezeless, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus.

Untuk mendukung performanya, Redmi Note 5 dibekali RAM 4GB dan memori internalnya belum diketahui, tetapi kemungkinan 64GB.

Soal kemampuan fotografi, smartphone ini ditengarai memiliki kamera ganda di belakang dengan sensor 12MP. Smartphone ini diperkirakan dibanderol 1.599 Yuan atau sekitar Rp 3 jutaan.

Redmi Note 5 mulai dijual di JD.com (Sumber: Gizmochina)

Beberapa waktu lalu Xiaomi telah merilis Redmi Note 5A di Indonesia. Perangkat penerus Redmi Note 4A itu dibanderol Rp 1,5 jutaan.

Kali ini kabar dari Tiongkok menyebut Xiaomi kemungkinan segera menghadirkan Redmi Note 5, versi lebih premium dari Redmi Note 5A.

Hal tersebut diketahui dari sebuah gambar smartphone yang beredar di toko online JD.com. Sayangnya, tampak dalam gambar, Redmi Note 5 terlihat ditutup dengan sebuah kain merah sehingga bentuk fisiknya masih belum terungkap.

Mengutip Gizmochina, Kamis (16/11/2017), situs jual beli tersebut mengungkap bahwa Redmi Note 5 akan hadir dengan layar penuh, seperti yang telah diisukan sebelumnya.

Dengan bocoran di JD.com, bisa jadi Xiaomi bakal segera merilis Redmi Note 5.

Sekadar informasi, beberapa minggu lalu dua smartphone dengan code name Redmi MET7 dan Redmi MEE7 muncul di laman sertifikasi Tiongkok, TENAA.

Keduanya dipercaya merupakan Redmi Note 5 yang masing-masing memiliki perbedaan dari segi luas memori dan kapasitas penyimpanan.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Minggu Ketiga, Cerita Inikah Cinta? Makin Bikin Geregetan

Posted: 03 Jan 2018 09:50 PM PST

Memasuki minggu ketiga penayangannya, jalan cerita serial India terbaru SCTV, Inikah Cinta? makin seru saja disimak. Kisah manis benci tapi cinta antara pasangan Shlok dan Astha pun semakin sayang untuk dilewatkan pemirsa setia SCTV.

Kamis, 4 Januari 2018 ini, yang ditayangkan SCTV adalah episode ke-12 Inikah Cinta? Bagaimana kelanjutan ceritanya? Yuk, simak bocoran sinopsis Inikah Cinta? episode 12 yang akan tayang siang ini.

Anjali menangis saat melihat seorang pasangan tua yang diajak oleh Astha untuk datang ke pernikahan mereka. Hal itu mengingatkan Anjali pada orang tuanya. Anjali bertambah sedih saat melihat Shlok malah mengakui cintanya pada Astha di rumahnya.

Anjali yang marah lalu memerintahkan Astha untuk pulang saja. Anjali bahkan juga sampai menghina keluarga Astha segala. Kalindi yang geram, ikut menampar Astha saat ingin bertemu Shlok.

 

 

Anjali mengajak keluarga Astha untuk upacara Laxmi Puja. Astha mau membantu Anjali, meski pergelangankakinya yang terkilir masih sakit. Astha bahkan juga rela mendapat tinja untuknya. Anjali yang masih marah, mendadak mendorong bangku dan terus menghina Kalindi juga Astha. Astha lalu dihibur oleh Vinayak. Vinayak pun jadi mengetahui bahwa Anjali sudah bertindak kelewatan dan minta ia segera menghadapnya.

Saat melihat pohon safir Anjali tiba-tiba terbakar, Astha langsung buru-buru menyiramnya dengan air. Tapi ia malah mendapat kemarahan dan terlibat pertengkaran dengan Anjali dan Jaya. Shlok yang melihat mereka, langsung memerintahkan Jaya untuk segera meninggalkan rumahnya.

Apakah Jaya akan menerima perlakuan buruk Shlok padanya demi seorang Astha? Akankah kebencian Anjali masih akan terus menyusahkan Astha? Jangan lupa saksikan Inikah Cinta? siang ini mulai pukul 13.30 WIB, hanya di SCTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mihajlovic Jadi Tumbal Kekalahan Torino dari Juventus

Posted: 03 Jan 2018 09:50 PM PST

Kesabaran Torino terhadap kinerja Sinisa MIhajlovic habis sudah. Usai dikalahkan Juventus 0-2 dalam babak perempat final Coppa Italia, Kamis dini hari (4/1/2017), Il Granata langsung memecat pelatih 48 tahun itu.

Kekalahan dari Juventus ini membuat Torino tersingkir dari Coppa Italia. Pupus sudah harapan mereka untuk meraih satu-satunya gelar yang paling realistis mereka dapatkan musim ini.

Disebut-sebut, dalam beberapa jam ke depan Torino bakal menunjuk Walter Mazzari, eks pelatih Inter Milan dan Watford untuk menggantikan Mihajlovic.

Pergantian pelatih dilakukan secepatnya agar pelatih baru yang ditunjuk, siapapun orangnya, bisa membuat perencanaan yang lebih matang mengingat jendela transfer sedang dibuka.

Sebelumnya dipecat, dalam laga derby kontra Juventus dinihari WIB tadi, Mihajlovic sempat mendapat kartu merah akibat memprotes keputusan wasit secara berlebihan.

Ia tak terima dengan gol kedua Juventus yang dicetak Mario Mandzukic di menit ke-67. Sebab dalam tayangan ulang, Sami Khedira terlihat melakukan pelanggaran terhadap gelandangnya, Afriyie Acquah sebelum Mandzukic menceploskan bola.

Ia lantas diusir wasit karena marah-marah. Usai pertandingan, ia juga tak mau berbicara dengan para wartawan yang meliput.

Duel pemain Juventus, Giorgio Chiellini (kiri) dan pemain Torino, M'Baye Niang pada laga perempatfinal Coppa Italia di Allianz Stadium, Turin, Italia, (3/1/2018). Juventus menang 2-0. (Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

Namun terlepas dari kekalahan ini, Torino memang mencatatkan hasil kurang memuaskan dalam paruh pertama musim ini. Sempat disebut-sebut bakal jadi kuda hitam, nyatanya mereka menjalani musim dengan kepayahan.

Dari 17 laga terakhir, Andrea Belotti dan kawan-kawan hanya mampu meraih empat kemenangan, serta delapan hasil imbang dan lima kekalahan.

Jumlah kekalahan Torino memang tidak begitu banyak. Namun, hasil seri yang terlalu sering mereka dapatkan, membuat Presiden Torino, Urbano Cairo murka.

"Kami hanya berjarak dua angka dari zona Liga Eropa, tidak sepuluh. Tapi tetap ada hal yang patut disayangkan. Kami bisa meraih lebih banyak poin jika kami bisa memenangkan lebih banyak pertandingan," katanya.

 

 

Sinisa Mihajlovic. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Adapun Mihajlovic mulai melatih Torino sejak Mei 2016. Torino merupakan klub ketujuh yang ia latih dalam kariernya.

Sebelum ia sempat menukangi Inter Milan (Juli 2006-Juni 2008), Bologna (November 2008-April 2009), Catania (Desember 2009-Mei 2010), Fiorentina Juni 2010-November 2011), Sampdoria (November 2013-Juni 2015), serta AC Milan (Juni 2015-April 2016)

Kontrak Mihajlovic bersama Torino sejatinya akan habis musim panas mendatang. Dengan demikian, ia masih memiliki sisa kontrak enam bulan yang harus ditebus Torino dalam bentuk pesangon. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Berlaku 2018, UMP Bakal Genjot Daya Beli Masyarakat?

Posted: 03 Jan 2018 09:45 PM PST

Upah minimum provinsi (UMP) 2018 mulai berlaku pada 1 Januari. Ada kebijakan UMP 2018 diharapkan bisa mendorong daya beli masyarakat, khususnya buruh.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, selama ini kenaikan upah minimum terus terjadi setiap tahun. Sejak 2016, kenaikan UMP telah disesuaikan dengan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Sejauh ini peningkatan upah kita terus jadi setiap tahun, dan peningkatan upah itu sudah mengakomodir inflasi dan pertumbuhan ekonomi," ujar dia di Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Oleh sebab itu, lanjut Hanif, kenaikan UMP ini dinilai akan mendorong daya beli masyarakat di 2018. Sebab, kenaikan upah minimum tersebut lebih besar dari tingkat inflasi.

"Saya kira kontribusi peningkatan upah terhadap daya beli masyarakat cukup tinggi. Karena upahnya naik dan naiknya melebihi inflasi," ujar dia.

Berikut daftar UMP 2018 :

1. Aceh sebesar Rp 2.717.750, naik Rp 217.750 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.500.000

2. Sumatera Utara sebesar Rp 2.132.188, naik Rp 170.833 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.961.354

3. Sumatera Barat sebesar Rp 2.119.067, naik Rp 169.782 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.949.284

4. Bangka Belitung, sebesar Rp 2.755.443, naik Rp 220.770 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.534.673

5. Kepulauan Riau, sebesar Rp 2.563.875, naik Rp 205.421 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.358.454

6. Riau, sebesar Rp 2.464.154, naik Rp 197.431 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.266.722

7. Jambi, sebesar Rp 2.243.718, naik Rp 179.769 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.063.948

8. Bengkulu, sebesar Rp 1.888.741, naik Rp 151.328 atau 8,71 dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.737.412

9. Sumatera Selatan, sebesar Rp 2.595.995, naik Rp 207.995 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.388.000

10. Lampung, sebesar Rp 2.074.673, naik Rp 166.225 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.908.447

11. Banten, sebesar Rp 2.099.385, naik Rp 168.205 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.931.180

12. DKI Jakarta, sebesar Rp 3.648.035, naik Rp 292.285 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 3.355.750

13. Jawab Barat, sebesar Rp 1.544.360, naik Rp 123.736 atau 8,71 dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.420.624

14. Jawa Tengah, sebesar Rp 1.486.065, naik Rp 119.065 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.367.000

15. Yogyakarta, sebesar Rp 1.454.154, naik Rp 116.508 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.337.645

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Besaran Kenaikan UMP 2017 yang Berbeda (Liputan6.com/Trie yas)

16. Jawa Timur, sebesar Rp 1.508.894, naik Rp 120.894 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.388.000

17. Bali, sebesar Rp 2.127.157, naik Rp 170.430 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.956.727

18. Nusa Tenggara Barat, sebesar Rp 1.825.000, naik Rp 193.755 atau 11,88 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.631.245

19. Nusa Tenggara Timur, sebesar Rp 1.660.000, naik Rp 135.000 atau 8,85 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.525.000

20. Kalimantan Barat, sebesar Rp 2.046.900, naik Rp 164.000 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.882.900

21. Kalimantan Selatan, sebesar Rp 2.454.671, naik Rp 196.671 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.258.000

22. Kalimantan Tengah, sebesar Rp 2.421.305, naik Rp 193.998 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.227.307

23. Kalimantan Timur, sebesar Rp 2.543.331, naik Rp 203.775 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.339.556

24. Kalimantan Utara, sebesar Rp 2.559.903, naik Rp 205.103 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.358.000

25. Gorontalo, sebesar Rp 2.206.813, naik Rp 176.813 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.030.000

26. Sulawesi Utara, sebesar Rp 2.824.286, naik Rp 226.286 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.598.000

27. Sulawesi Tengah, sebesar Rp 1.965.232, naik Rp 157.457 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.807.775

28. Sulawesi Tenggara, sebesar Rp 2.177.052, naik Rp 174.427 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.002.625

29. Sulawesi Selatan, sebesar Rp 2.647.767, naik Rp 212.142 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.435.625

30. Sulawesi Barat, sebesar Rp 2.193.530, naik Rp 175.750 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.017.780

31. Maluku, sebesar Rp 2.222.220, naik Rp 167.667 atau 15,44 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 1.925.000

32. Papua, sebesar Rp 2.895.650, naik Rp 232.003 atau 8,71 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.663.646

33. Papua Barat, sebesar Rp 2.667.000, naik Rp 245.500 atau 10,14 persen dibandingkan UMP 2017 yang sebesar Rp 2.421.500

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Eksepsi Setya Novanto Ditolak, Ini Ekspresi Deisti Astriani Tagor

Posted: 03 Jan 2018 09:45 PM PST

Majelis Hakim membacakan putusan sela dalam kasus korupsi E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Majelis Hakim membacakan putusan sela dalam kasus korupsi E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Majelis Hakim berdikusi saat sidang pembacaan putusan sela dalam kasus korupsi E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim memutuskan kasus korupsi E-KTP dilanjutkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Majelis Hakim berdikusi saat sidang pembacaan putusan sela dalam kasus korupsi E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim memutuskan kasus korupsi E-KTP dilanjutkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Istri terdakwa kasus korupsi E-KTP Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor menghadiri sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Kamis (4/1). Deisti yang ditemani rekannya tampak serius memperhatikan jalannya persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Istri terdakwa kasus korupsi E-KTP Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor menghadiri sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Kamis (4/1). Deisti yang ditemani rekannya tampak serius memperhatikan jalannya persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Deisti Astriani Tagor, istri terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto, mendengarkan pembacaan putusan sela pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Kamis (4/1). Deisti tidak pernah absen menemani suaminya di persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Deisti Astriani Tagor, istri terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto, mendengarkan pembacaan putusan sela pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Kamis (4/1). Deisti tidak pernah absen menemani suaminya di persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Istri terdakwa kasus korupsi E-KTP Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor menghadiri sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Kamis (4/1). Deisti yang ditemani rekannya tampak serius memperhatikan jalannya persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Istri terdakwa kasus korupsi E-KTP Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor menghadiri sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Kamis (4/1). Deisti yang ditemani rekannya tampak serius memperhatikan jalannya persidangan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tebak Kepribadian dari Aroma Parfum Pilihan Anda

Posted: 03 Jan 2018 09:45 PM PST

Siapa bilang parfum favorit hanya digunakan untuk membuat aroma tubuh harum? Dilansir dari FemaleMag.com, ternyata aroma favorit bisa membaca seperti apa kepribadian Anda lho. Kok bisa? Jika Anda penasaran, mari kita coba buktikan.

Floral Flirt

Aroma bunga memang sangat menenangkan. Namun tahukah Anda, jika aroma bunga menjadi salah satu wewangian parfum favorit Anda, maka Anda bisa dikatakan adalah tipe orang yang sangat manis, lembut dan romantis.

Zesty Spirit

Parfum beraroma sitrus seperti lemon, anggur dan bergamot menunjukkan Anda adalah seseorang yang energik, riang, gembira dan memiliki daya tarik tertentu. Anda lebih senang berada di luar ruangan dengan suasana yang santai dan nyaman.

Ilustrasi Parfum (iStockphoto)​

Siapa bilang parfum beraroa gula dan rempah-rempah seperti kayu manis, kayu cendana, cengkeh dan lada hanya cocok dijadikan sebagai wewangian para pria. Jika Anda para wanita yang senang dengan aroma unik yang tradisional ini, maka Anda akan mampu menunjukkan sisi berani yang seksi dari diri Anda.

Sweetly Gourmand

Terinspirasi dari aroma makanan manis seperti permen, cokelat dan selai, mereka yang menyukai parfum dengan aroma ini adalah tipe orang yang mudah gembira dan percaya diri. Tak hanya itu mereka juga tidak takut untuk menjadi diri sendiri.

 

Ilustrasi Parfum (iStockphoto)​

Orang-orang yang terlalu sibuk berada di sebuah tempat yang tertutup biasanya cenderung menyukai aroma-aroma alami dari rumput dan dedaunan yang segar. Sehingga mereka akan mendapatkan kenyamanan yang alami dengan aroma-aroma unik ini.

Deep Woods

Parfum beraroma kayu sangat cocok bagi mereka yang sedikit lebih pendiam. Hal ini akan memberikan kenyamanan dan menjadi andalan bagi kaum pria.

*(Latifah Gusri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Ular Piton Melilit dan Menelan Posum

Posted: 03 Jan 2018 09:45 PM PST

Sebuah video mengerikan, menampilkan ular piton tengah memangsa posum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Kalah dari Korut, Seperti Apa Tombol Nuklir Donald Trump?

Posted: 03 Jan 2018 09:42 PM PST

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengawali Tahun Baru 2018 dengan retorika.

Dalam pidatonya, Kim Jong-un mengatakan bahwa ada tombol nuklir di mejanya, yang kapan pun siap meluncurkan rudal nuklirnya ke Amerika Serikat.

Tidak mau kalah, Donald Trump pun membalas lewat cuitan di akun Twitternya. Miliarder nyentrik itu mengatakan, tombol nuklir AS lebih besar, lebih kuat, dan lebih berfungsi dibanding milik Korut.

Pertanyaannya, apakah Donald Trump punya tombol nuklir?

Ternyata, Donald Trump, secara harfiah, tidak memiliki tombol nuklir.

Namun, sebagai orang nomor satu di Negeri Paman Sam, Donald Trump punya wewenang untuk meluncurkan senjata nuklir ke pihak lawan yang dianggap mengancam keselamatan AS.

Tapi, meluncurkan senjata pemusnah massal itu tak sesederhana memencet tombol untuk mengganti saluran televisi. Prosesnya melibatkan biscuits (biskuit) dan football (sepak bola). Maksudnya?

Pada 20 Januari 2017, seorang petugas militer diberi tugas membawa tas khusus yang berwarna hitam.

Segera setelah Donald Trump mengucap sumpah, menggantikan Barack Obama sebagai Presiden AS, tas itu diserahkan pada sang miliarder nyentrik.

Tas tersebut tenar dengan istilah "nuclear football", yang dibutuhkan jika AS berniat menembakkan senjata nuklir.

Secara teoritis, tas itu tak pernah meninggalkan sisi presiden. Pada Agustus 2017 lalu, seorang ahli mengatakan pada CNN bahwa bahkan saat Donald Trump sedang main golf, tas itu mengikutinya berkeliling dengan mobil golf.

 

Tas berwarna hitam ini bisa digunakan Donald Trump untuk meluncurkan senjata nuklir (AP)

Apa isi tas tersebut? Berbeda dengan bayangan banyak orang, tak ada tombol di dalamnya, apalagi jam yang bisa diatur berdetak hingga ke momentum ledakan.

Yang ada di dalam tas tersebut adalah alat komunikasi dan buku rencana perang, yang didesain untuk membuat keputusan secara cepat.

Pada 1980, Bill Gulley, mantan direktur Kantor Militer Gedung Putih mengatakan, ada tiga pilihan serangan balasan yang ada dalam tas tersebut: rare, medium, atau well done.

Sementara, 'biscuit' mewakili kartu-kartu yang berisi kode yang harus dibawa setiap saat oleh presiden. Kartu-kartu tersebut tak disimpan di dalam tas 'nuclear football'.

Jika presiden berniat memerintahkan serangan, ia akan menggunakan kode-kode tersebut untuk mengidentifikasi dirinya ke pihak militer.

Pasca-disumpah jadi presiden, ABC News bertanya ke Trump soal bagaimana perasaannya setelah menerima 'biskuit' tersebut.

"Saat mereka menjelaskan apa yang terwakili di balik itu dan kehancuran yang bisa diakibatkannya, momentum itu sangatlah serius," kata Trump. "Ini sangat, sangat menakutkan, dalam arti tertentu."

Mantan ajudan Bill Clinton, Robert "Buzz" Patterson mengklaim eks bosnya itu pernah kehilangan kode-kode tersebut saat masih menjabat sebagai presiden.

Patterson mengatakan, Clinton menyimpan 'biscuit' itu di dalam kantong celananya, ditumpuk dengan kartu kredit dan diikat karet gelang.

Pada pagi ketuka skandal seks dengan Monica Lewinsky pecah, Clinton mengaku, ia tak melihat kode-kode itu selama beberapa waktu.

Petinggi militer lain, Jenderal Hugh Shelton juga mengklaim Clinton kehilangan 'biscuit' tersebut selama beberapa bulan.

Nuclear football yang dipajang di Smithsonian Institute (Smithsonian Magazine)

Setelah mengidentifikasi dirinya dengan menggunakan kode yang ada dalam 'biscuit', presiden meneruskan perintah ke Pemimpin Kepala Staf Gabungan Militer AS (Chairman of the Joint Chiefs of Staff). -- jabatan tertinggi dalam militer Negeri Paman Sam.

Kemudian, pejabat militer tersebut meneruskannnya ke Markas Komando Strategis AS (US Strategic Command) di Pangkalan Udara Offutt, Nebraska.

Perintah lalu disampaikan ke tim di lapangan, di darat, laut, maupun udara.

Perintah untuk menembak dikirim melalui kode, yang urutannya harus sesuai dengan kode yang terkunci di brankas tim peluncur senjata nuklir.

Apakah keputusan presiden tersebut bisa dianulir para bawahannya? Jawabannya, itu mungkin terjadi.

Pada November 2017, untuk kali pertama dalam 40 tahun, Kongres AS memeriksa wewenang presiden untuk melancarkan serangan nuklir.

Salah satu ahli yang dimintai pendapat adalah C Robert Kehler, Komandan US Strategic Command dari tahun 2011-2013.

Kepada Komite Kongres, ia ditugaskan untuk melaksanakan perintah presiden untuk menembakkan senjata nuklir. Namun, Kehler menambahkan, hanya jika perintah itu legal.

Dalam kondisi tertentu, ia menjelaskan, "Saya akan mengatakan pada presiden bahwa saya belum siap memprosesnya."

Saat seorang senator bertanya, "Lalu, apa yang akan terjadi?" Kehler menjawab, "Saya tak tahu." (Ein)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

400 Meteor per Jam Hujani Indonesia pada 3 Januari Kemarin

Posted: 03 Jan 2018 09:41 PM PST

Hujan meteor mewarnai langit Indonesia pada 1-5 Januari 2017. Fenomena alam tahunan itu dapat disaksikan dengan mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia.

Meski demikian, Ketua Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengungkapkan sejumlah syarat untuk bisa menyaksikan momen tersebut. Syarat-syarat itu tergantung dari kondisi di wilayah.

"Syaratnya ada tiga. Yaitu cuaca harus cerah. Kemudian ganggguan cahaya minimum, tidak ada penghalang di arah medan pandang," ujar Djamaluddin saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Dia menambahkan, puncak hujan meteor atau Quadrantids terjadi pada pada 3 Januari 2018. Radar meteor (Meteor Wind Radar) di LAPAN Agam, Sumatera Barat mencatat jumlah meteor per jam meningkat mulai pukul 03.00 WIB.

"Puncaknya pada pukul 05.00 WIB dengan jumlah meteor sekitar 400 meteor per jam," kata Djamaluddin.

Dia mengungkapkan, waktu tersebut bersesuaian dengan mulai terbitnya radian (titik pancar) meteor Quadrantids di sekitar rasi Bootes sampai meninggi di arah Utara. Pada diagram 'Angular Distribution' terlihat sebaran sumber meteor paling banyak dari belahan Utara (belahan lingkaran atas).

Pada diagram 'Height Distrubution' terlihat sebagian besar meteor terbakar pada ketinggian sekitar 90 km.

"Pada dini hari yang cerah, hujan meteor itu tampak seperti bintang yang bergerak cepat, yaitu saat debu-debu itu terbakar sampai habis. Hanya dalam waktu beberapa detik saja," terang dia.

Hujan Meteor Geminids pada 12 Desember 2009 (AFP)

Djamaluddin menjelaskan, meteor merupakan batuan atau debu antariksa yang memasuki atmosfer bumi dan terbakar pada ketinggian 70-110 km. Pada saat tertentu, bumi berpapasan dengan gugusan debu sisa komet sehingga debu-debunya memasuki atmosfer bumi dan terbakar dalam jumlah yang banyak.

"Saat itulah pengamat bisa menyaksikan hujan meteor dengan jumlah puluhan sampai ratusan meteor per jam," kata dia yang ditulis dalam tdjamaluddin.wordpress.com.

 

Hujan meteor Geminid di Maira Valley, Italia (MARCO BERTORELLO / AFP)

Jumlah ratusan meteor per jam biasanya disebut badai meteor, pada saat tertentu setelah komet induknya melintas dekat bumi. Hujan meteor diberi nama sesuai dengan rasi bintang tempat meteor tampak terpancar.

"Titik itulah, yang disebut radian, adalah titik persinggungan atmosfer bumi dengan gugusan debu komet," terang dia.

Dia menegaskan, ada tiga hujan meteor yang tergolong kuat dengan jumlah puluhan meteor per jam. Yaitu Quadrantids, Perseids, dan Geminids.

"Karena hujan meteor adalah fenomena tahunan, kejadian setiap tahun secara umum hampir sama," ungkap Djamaluddin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Resolusi 2018, Sophia Latjuba Hanya Inginkan Ini

Posted: 03 Jan 2018 09:40 PM PST

Pergantian tahun biasanya diikuti dengan harapan yang indah pada tahun berikutnya, namun itu tak berlaku bagi Sophia Latjuba. Sophie mengakui dirinya tak memiliki resolusi.

 

 

2018 🙌🏼

A post shared by Sophia Latjuba (@sophia_latjuba88) on

 

Sophia Latjuba mengatakannya di akun Instagram, Kamis (4/1/2018). Dalam postingannya tersebut, ia memperlihatkan bentuk tubuhnya dalam balutan pakaian olahraga.

Dalam video berdurasi singkat, tampak Sophia Latjuba tengah berolahraga. Perut ratanya pun terlihat dengan jelas.

"No goals No Resolution Only Crazy Hair And Gratefulness (tak ada target tak ada resolusi, hanya rambut yang berantakan dan rasa syukur)," tulisnya dalam video tersebut.

 

 

 

 

 

Sophia Latjuba. [foto: instagram/sophia_latjuba88]

Sophia Latjuba telah melahirkan dua orang putri yang kini sudah beranjak besar. Meski begitu, bentuk tubuh kekasih Ariel NOAH ini masih bikin iri kaum Hawa.

Maklum, walau sudah berusia 47 tahun, namun perut yang dimiliki Sophia Latjuba masih rata layaknya gadis remaja. Ia tak pernah meninggalkan kegiatan yang satu ini, olahraga.

Sophia Latjuba dan Ariel NOAH

Sudah beberapa lama, Sophia Latjuba tak lagi mengunggah kebersamaannya dengan sang kekasih, Ariel NOAH. Bahkan, malam pergantian tahun keduanya tak terlihat mereka menghabiskan waktu berdua.

Benarkah Sophia Latjuba dan Ariel NOAH putus?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Tak Jelas di Arsenal, Walcott Tawarkan Diri ke AC Milan?

Posted: 03 Jan 2018 09:40 PM PST

Striker Arsenal, Theo Walcott mulai gerah terus menerus dicadangkan. Ia mulai berpikir mencari klub baru agar bisa bermain secara reguler guna mengamankan posisinya di Timnas Inggris di ajang Piala Dunia 2018.

Di Liga Inggris, ada banyak klub yang bakal dengan senang hati menampung Walcott. Di antaranya West Ham, Everton, Newcastle United, dan Southampton.

Southampton paling difavoritkan lantaran mereka memiliki kedekatan emosional dengan penyerang 28 tahun itu. The Saints (julukan Southampton) adalah klub pertama yang dibela Walcott, sebelum pindah ke Arsenal di tahun 2006. Di sana pulalah ia mengenyam pendidikan sejak kanak-kanak. 

Namun, Walcott kabarnya ingin keluar dari Liga Inggris untuk menghindari bertemu Arsenal. Dan Serie A menjadi destinasi paling memungkinkan.

Menurut Corriere dello Sport, pemain yang telah mengoleksi 47 caps dan mencetak 8 gol bersama Timnas Inggris itu kabarnya menawarkan dirinya kepada AC Milan. Ia meminta agar I Rossoneri merekrutnya di bursa transfer Januari ini. 

Sejauh ini, belum ada tanggapan dari kubu AC Milan terkait rumor ini. Namun jika keinginan Walcott benar, Diavolo bakal punya solusi atas krisis lini depan yang tengah mereka alami saat ini.

 

Theo Walcott (AP /Alastair Grant)

Seperti diketahui, meski sudah merekrut Nikola Kalinic dan Andre Silva, keran gol mereka masih seret dalam paruh pertama musim ini. Mereka baru membobol gawang lawan sebanyak 24 kali, lebih sedikit dibanding jumlah gol yang masuk ke gawang mereka (27 gol). 

Di sisi lain, selama 11 tahun membela Arsenal, karier Walcott kerap pasang surut. Banyaknya striker baru yang datang silih berganti membuatnya tak selalu mendapatkan tempat reguler dari pelatihnya, Arsene Wenger.

Celakanya, musim ini ia baru tampil dalam 13 pertandingan di semua kompetisi. Khusus di Liga Inggris, ia cuma dimainkan empat kali dan itupun selalu sebagai pemain cadangan.

 

 

Andre Silva bakal dibarter dengan The Walcott?  (AP/Antonio Calanni)

Tak lama sebelum rumor ini muncul, Arsenal dikabarkan berminat pada striker AC Milan, Andre Silva. Kiprah penyerang Portugal itu juga tidak terlalu mulus bersama I Rossoneri.

Ia masih kerap dicadangkan, terutama di Serie A. Akibatnya, ia belum mencetak satu gol pun di liga domestik. 

Dengan situasi ini, Arsenal dan AC Milan bisa mengambil jalan tengah, dengan melakukan barter pemain. Walcott ke Milan, dan Arsenal akan menampung Andre Silva.

(Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Tegang Istri Setya Novanto Dengar Putusan Sela Hakim

Posted: 03 Jan 2018 09:38 PM PST

Istri Setya Novanto, Deisti Astiani Tagor, terlihat lebih tegang sepanjang jalannya sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2017).

Kali ini Deisti duduk di barisan paling depan di sebelah kanan dari hadapan majelis hakim. Baru kali ini juga Deisti memilih duduk di sebelah kiri dari hadapan hakim. Deisti juga ditemani tiga rekannya.

Pantauan Liputan6.com, ketegangan Deisti Astiani makin terlihat sesaat majelis hakim membacakan putusan terkait diterima tidaknya keberatan yang disampaikan tim pembela suaminya.

Saat itu, majelis hakim tengah membaca beragam alasan pertimbangan sebelum memutuskan untuk melanjutkan perkara.

Istri Setya Novanto itu pun fokus menyaksikan jalannya sidang. Seringkali, Deisti mengangkat tangan kanannya untuk menyandarkan dagunya. Tak ada senyum. Hanya wajah tegang bercampur cemas yang tampak dari Komisaris PT Mondialindo itu.

 

Istri Setya Novanto saat mengikuti sidang

Malah sesekali terlihat Deisti menggigit jari-jari kukunya. Omongan ketiga rekan yang menguatkan Deisti pun tampak tak dihiraukan. Dia pun menundukkan kepala dan menarik napas saat majelis hakim memutuskan menolak keberatan tim pembela suaminya.

"Menimbang bahwa keberatan tim penasihat hukum tidak dapat diterima, maka pemeriksaan perkara ini harus dilanjutkan, " ujar Majelis Hakim Yanto dalam sidang.

Deisti memang selalu hadir dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Kedatangan Deisti dalam ruang sidang pun menjadi magnet bagi para pengunjung dan awak media yang hadir.

Gerak-gerik dan pakaian yang dikenakan istri mantan Ketua DPR RI itu juga selalu mengundang mata para pengunjung.

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menolak eksepsi dari terdakwa Setya Novanto. Keputusan tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Yanto.

"Eksepsi keberatan terdakwa Setya Novanto tidak bisa terima," ucap Yanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Atas hal tersebut, terdakwa Setya Novanto mengaku menghormati keputusan itu. Pihaknya akan mengikuti proses persidangan berikutnya yang beragendakan pemeriksaan para saksi.

"Terdakwa menghormasti putusan sela, dan akan mengikuti proses selanjutnya. Persidangan berikutnya akan berlangsung pada Kamis 11 Januari 2018 dengan agenda pemeriksaan saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum," ujar Yanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nuansa Feminin dan Romantis dalam Koleksi Busana Bramanta Wijaya

Posted: 03 Jan 2018 09:34 PM PST

Industri fashion semakin berkembang seiring dengan bermunculannya para desainer muda berbakat. Salah satunya Bramanta Wijaya yang baru saja menggelar show tunggalnya sekaligus memperingati 6 tahun berkiprah di dunia fashion Indonesia.

Rumah mode Bramanta Wijaya mengadakan show tunggal yang bertajuk Faithfully. Pesona glamor dan kemewahan dari tahun 1930-an menjadi inspirasi utama dari fashion show yang akan menampilkan gaun koleksi Spring/Summer 2018. Melalui imajinasinya, Bramanta Wijaya meramu berbagai elemen dan cutting ke dalam kreasinya musim ini.

Pecinta fashion akan diajak untuk merasakan kemegahan The Old Hollywood Glamour. Sebuah era yang dikenal akan garis rancang feminin dan romantis, dimana keindahan dari siluet tubuh wanita menjadi perhatian utama dan menandai ditinggalkannya era baju baju longgar khas 1920an.

 

 

 

Benang merah Faithfully adalah glamorama berbalut romantisme dari keindahan tubuh seorang wanita dalam balutan gaya khas Bramanta Wijaya yang simple but not plain, classic but not old. Sehingga tampilan koleksi musim panasnya bergaya sederhana dan artistik yang masih sesuai dengan garis rancangnya.

Faithfully masih mengusung ciri khas tabrak motif lace khas Bramanta Wijaya. Di beberapa rancangannya hadir teknik bordir untuk menciptakan custom lace sebagai ekspresi kebebasan. Meski sarat akan napas 1930-an, Bram turut menggabungkan sentuhan modern sebagai penguat rangkaian koleksi tersebut.

Perpaduan antara material ringan dan luxorious laces melebur satu dalam siluet yang dipadupadankan yang terdiri dari low back, capes, cloak dan beragam gaun panjang nan romantis. Koleksi ini dilengkapi detail halter neck, fringe dan ostirch fur membuat nafas klasik dari Faithfully menjadi lebih modern.

Pada koleksi ini Bramanta Wijaya mengajak para wanita untuk menikmati keindahan mimpi, merayakan kenangan bahagia, dan lamunan akan kecantikan melalui 16 gaun yang sangat memperlihatkan keunggulan workmanship.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terciduk BNN, Ini Hasil Tes Urine Istri Pejabat Gorontalo

Posted: 03 Jan 2018 09:32 PM PST

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo menggelar konferensi pers pada Rabu, 3 Januari 2017, terkait penangkapan istri pejabat daerah Kota Gorontalo yang menggunakan narkoba jenis sabu.

Kepala BNNP Gorontalo, Brigjen Pol Oneng Subroto memaparkan kelanjutan kasus penangkapan dua orang terduga pengguna narkoba yang berhasil diciduk di salah satu warung kopi (warkop) di Gorontalo, Selasa, 2 Januari 2018 malam pukul 22.30 Wita, yang salah satunya merupakan istri pejabat di Gorontalo, yakni istri wakil wali kota Gorontalo.

Menurut Subroto, kedua pelaku saat ini masih ditahan dan diamankan oleh pihak BNNP. "Mereka masih kami tahan dan kini kedua terduga belum bisa diperiksa karena masih lemah karena sempat pingsan beberapa kali usai penangkapan," ungkap Oneng.

Dari tangan kedua pelaku juga diamankan satu buah alat hisap sabu atau bong, tiga saset plastik berisi butiran kristal diduga narkoba jenis sabu, satu buah korek api gas serta enam buah telepon genggam.

"Kami sudah melakukan tes urine dan membuktikan bahwa keduanya positif mengonsumsi narkoba," ujar Oneng.

Kepala BNNP menegaskan jika penangkapan ini murni laporan masyarakat yang kemudian dilakukan penelusuran ke objek pelaku hingga dilakukan penangkapan terhadap keduanya.

"Nah, dengan adanya laporan tersebut kami lakukan penelusuran hingga sampai dengan penangkapan kepada target," ucapnya.

Oneng Subroto menyebutkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan urine, keduanya terbukti menggunakan narkoba.

"Urine keduanya positif mengandung metamfetamin, satu paket kecil kemungkinan setengah gram beratnya karena kita juga belum menimbang barang bukti yang didapat" kata Oneng Subroto.

Ilustrasi Narkoba

Meski positif mengonsumsi narkoba, tetapi Oneng menjelaskan belum ada penetapan tersangka dalam kasus ini, karena penyidik masih kesulitan melakukan pemeriksaan.

Penyebabnya keduanya masih dalam keadaan terguncang usai ditangkap, sehingga membuat penyidik belum dapat menggali informasi lebih dalam termasuk untuk mengetahui siapa pemilik dan dari mana asal narkotika didapatkan.

"Maklum karena ibu-ibu, jadi mungkin masih shock sehingga perlu didampingi dokter. rencananya hari ini kita assesment dulu, baru setelah itu kita periksa. " pungkas Brigjenpol Oneng Subroto.

Ilustrasi narkoba. (Sumber Pixabay)

Sementara itu, Salahudin Pakaya, selaku pengacara dari SD, mengungkapkan kliennya tersebut telah menunjuk sembilan orang pengacara untuk melakukan pendampingan selama menjalani proses hukum.

Ia pun meminta semua pihak untuk menghormati dan menunggu proses pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik yang terus bekerja dalam kasus ini.

"Statusnya kan belum ada. Artinya yang bersangkutan belum disebutkan sebagai tersangka atau masih dalam konteks terperiksa. Jadi mari kita tunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik," ungkap Salahudin usai menjenguk SD di ruang BNNP Gorontalo.

"Kami sebagai penasehat hukum dengan model dan cara kami akan melakukan pembelaan terhadap bersangkutan," dia menambahkan.

Dia juga mengatakan belum mengetahui apakah pihak keluarga terutama suami dari kliennya telah menjenguk atau belum selama terduga ditahan di BNNP Gorontalo. Namun demikian, ia memastikan kondisi kliennya sejauh ini dalam keadaan sehat meski sempat terguncang atas penangkapan dirinya.

"Saya kira kalau shock setiap orang secara manusiawi akan mengalami keguncangan. Itu hal yang biasa, manusiawi," Salahudin memungkasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badan Geologi Turunkan Jarak Wilayah Awas Gunung Agung Jadi 6 Km

Posted: 03 Jan 2018 09:31 PM PST

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengurangi jarak wilayah berstatus awas di sekitar Gunung Agung, Karang Asem, Bali.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengataan, PVMBG menurunkan batas radius aman untuk beraktifitas menjadi 6 kilometer (km) dari sebelumnya 8 hingga 10 km.

"Jadi ini berkurang, sebelumnya tidak boleh dihuni masyarakat 10 km dari kawah, sekarang 6 km," kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar menambahkan, ‎Gunung Agung saat ini masih berada dalam fase erupsi dengan aktifitas vulkanik yang relatif tinggi dan fluktuatif.

Berdasarkan hasil analisis data visual maupun instrumental berupa seismik, deformasi dan geokimia, saat ini Gunung Agung masih berada dalam fase erupsi, aktivitas vulkanik masih relatif tinggi dan fluktuatif.

"Material erupsi berupa lava yang mengisi kawah, hembusan atau letusan abu, dan lontaran batuan di sekitar kawah," tuturnya.

Rudy mengungkapkan, volume lava di dalam kawah sekitar 20 juta meter kubik atau sekitar 1/3 dari volume kawah atau 60 juta meter kubik. Laju pertumbuhan kubah saat ini rendah sehingga untuk memenuhi volume kawah dalam waktu singkat kemungkinannya kecil.

 

Sedangkan status kegempaan Gunung Agung hingga , Rabu (3/1/2018) pukul 18:00 WITA menunjukkan jumlah kegempaan dengan konten frekuensi tinggi maupun rendah hingga saat ini masih terus terekam mengindikasikan masih adanya tekanan dan aliran magma dari kedalaman hingga ke permukaan. 

"Namun demikian, energi gempa saat ini belum menunjukkan trend naik yang signifikan," ujarnya.

Menurut Rudy, dari data Deformasi dalam beberapa hari terakhir juga nenunjukkan tren yang stagnan yang mengindikasikan belum ada peningkatan pada sumber tekanan yang signifikan. Data geokimia terakhir menunjukkan masih adanya gas magmatik SO2 dengan flux sekitar 100-300 ton per hari.

Perkiraan Potensi bahaya saat ini berupa lontaran batu pijar, pasir, kerikil, dan hujan abu pekat juga lahar hujan. Bahaya lontaran batu, pasir, kerikil, dan abu pekat diperkirakan melanda area di dalam radius 6 km dari kawah.

Sedangkan bahaya lahar hujan akan mengikuti lembah sungai yg berhulu dari Gunung Agung bergantung pada debit air maupun volume material erupsi.

Dengan skala erupsi pada saat ini (intermittent), maka potensi bahaya awan panas kemungkinannya masih relatif kecil karena selain pertumbuhan lava yang melambat untuk memenuhi isi kawah, juga kemungkinan lain yaitu untuk mendobrak kubah lava menjadi awan panas maka diperlukan pembangunan tekanan yang cukup besar.

"Sementara itu pembangunan tekanan hingga hari ini belum menunjukkan pola peningkatan yang signifikan," ‎tutup Rudy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Livi Zheng Garap Film Kampanye untuk PBB

Posted: 03 Jan 2018 09:30 PM PST

Livi Zheng baru-baru ini menyutradarai film kampanye keanggotaan Republik Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) untuk menjadi anggota tidak tetap. Film yang berjudul Indonesia: A True Partner for World Peace ini akan dipakai untuk kampanye pemerintah RI di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, dan di perwakilan Indonesia di seluruh dunia.

Untuk pengambilan gambar film tersebut, Livi Zheng melakukan syuting mulai dari New York City, Jakarta, dan Sentul, Bogor. Di New York City, AS, Livi melakukan pengambilan gambar bersama Perwakilan Tetap RI (PTRI) untuk PBB, Wakil Tetap RI, Duta Besar Dian Triansyah Djani, dan tim PTRI di Markas Besar PBB dan di kantor PTRI.

"Di Jakarta kami syuting di Kementerian Luar Negeri untuk mengambil gambar Menteri Luar Negeri, Ibu Retno Marsudi, dan gedung bersejarah Gedung Pancasila. Sedangkan di Sentul kami syuting di Pusat Pemeliharaan Misi Perdamaian di Sentul bersama pasukan penjaga perdamaian TNI atau Kontingen Garuda TNI," jelas Livi Zheng dari keterangan pers yang diterima redaksi.

 

Livi Zheng menyutradarai Indonesia: A True Partner for World Peace yang akan dipakai untuk kampanye pemerintah RI di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. (Istimewa)

Dalam pengambilan gambar di Sentul, pasukan TNI yang dilibatkan cukup besar. Selain 850 orang personel dari Batalyon Mekanis TNI untuk misi perdamaian dan keamanan di Lebanon (UNIFIL/United Nations Interim Force in Lebanon), juga 309 personel Satuan Tugas Koordinasi Militer Sipil, dan Satuan Tugas Perlindungan atau "Force Protection Company". Personil pendukung UNIFIL lainnya seperti Satuan Tugas Masyarakat Militer atau "Military Community Outreach Unit", Satuan Tugas Polisi Militer dan Satuan Tugas Kesehatan (Indo Medic), serta Satuan Pendukung Markas Besar Pasukan atau "Force Headquarters Support Unit" ikut serta.

Livi, sutradara film Brush with Danger, yang filmnya pernah masuk seleksi nominasi Piala Oscar pada 2015, sangat senang bisa menyutradarai film kampanye negaranya. "Sebagai WNI, ini adalah sebuah kebanggaan. Harapan saya, Indonesia akan menjadi anggota DK-PBB," tuturnya Desember lalu.

Terkait film yang digarapnya itu, Livi mengaku ingin membuat sebuah film kampanye untuk Indonesia yang sinematik menggambarkan pengalaman dan kekuatan Indonesia. "Jadi, kami menggunakan teknik-teknik pengambilan gambar yang kami gunakan untuk layar lebar untuk menyampaikan sejumlah pesan. Pesan itu di antaranya bahwa Indonesia siap menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB," tambah Livi.

Livi Zheng bersama Menlu Retno LP Marsudi di kala menyutradarai Indonesia: A True Partner for World Peace yang akan dipakai untuk kampanye pemerintah RI di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. (Istimewa)

Sementara itu, menurut Menlu Retno LP Marsudi, "Jumlah perwakilan RI di luar negeri yang mencapai 132 unit, kita harapkan juga dapat membantu Indonesia memahami dengan baik situasi di lapangan." Selama ini, Indonesia sangat aktif dalam melakukan misi pemeliharaan perdamaian di negara-negara yang tergabung dalam PBB. Pasukan perdamaian Indonesia dari waktu ke waktu ikut menjaga perdamaian dunia di banyak negara. Indonesia tercatat sudah tiga kali menjadi Anggota Tidak Tetap DK-PBB, yaitu periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Menlu Retno menambahkan, postur Indonesia selama ini diharapkan dapat membuat negara-negara yang mendukung Indonesia semakin bertambah dan menjadikan RI layak sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB. "Indonesia adalah negara berpenduduk keempat terbesar dunia dan negara berpenduduk Muslim terbesar dunia. Indonesia menjadi bukti bahwa Islam, modernitas, dan penguatan perempuan dapat terjalin dalam satu harmoni," ungkapnya.

Dengan lebih dari 17 ribu pulau yang didiami oleh lebih dari 1300 kelompok etnis, tambah Menlu Retno, Indonesia merupakan model sejati bagi toleransi dan pluralisme, nilai yang senantiasa diproyeksikan oleh Indonesia dalam berhubungan dengan negara lain. Indonesia juga aktif memajukan demokrasi, antara lain lewat penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF). Selain itu, Indonesia termasuk sepuluh penyumbang terbesar bagi pasukan pemeliharaan perdamaian PBB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuci Gudang, AC Milan Lepas Lagi Bek Anyar

Posted: 03 Jan 2018 09:30 PM PST

Hasil buruk yang diperoleh dalam paruh pertama musim 2017/2018 membuat AC Milan bertindak cepat membenahi skuatnya. Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah melepas pemain-pemain yang dinilai tak memberikan kontribusi yang berarti.

Bahkan, pemain anyar yang baru direkrut musim panas lalu, pun tak luput dari rencana cuci gudang AC Milan. Salah satunya bek asal Uruguay, Mateo Musacchio.

Bek yang direkrut dari Villareal itu dengan harga 18 juta euro itu tak memenuhi harapan petinggi klub. Sempat jadi andalan di awal musim, belakangan posisinya lebih sering diisi oleh Alessio Romagnoli dan Davide Calabria.

Menurut Corriere dello Sport, Musacchio akan dijual di bursa transfer musim dingin ini, terutama jika AC Milan bisa mendapatkan bek baru yang lebih cocok dengan taktik pelatih Gennaro Gattuso.

Beberapa nama pengganti Musacchio mencuat. Salah satunya bek Genoa, Armando Izzo, yang harganya ditaksir berada di angka 15 juta euro.

Namun guna menghindari pengeluaran uang, AC Milan akan memilih mengambil jalan barter pemain dengan Genoa. Dalam hal ini, I Rossoneri akan menyerahkan Musacchio kepada Genoa.

Calcionews24 mewartakan bahwa Izzo memiliki karakter yang bakal cocok dengan tipe permainan yang diterapkan Gattuso.

Selain Izzo, bek lain yang juga masuk dalam daftar incaran AC Milan adalah Nikola Maksimovic. Bek Napoli itu dinilai cukup potensial untuk menambal lini pertahanan mereka yang kropos.

Peluang untuk mendapatkannya juga tidak sulit. Sebab, Maksimovic memang bakal dilepas oleh Napoli karena mampu bersaing dalam mendapatkan tempat reguler.

Musacchio sendiri bukan satu-satunya bek yang akan dilepas AC Milan. Sebelum dia, I Rossoneri sudah lama berniat menjual Gabriel Paletta, Gustavo Gomez, dan Cristian Zapata. Nasib tiga bek yang disebutkan terakhir ini bahkan lebih tragis dibanding Musacchio.

Paletta diperkirakan akan ditampung oleh Lazio, sedangkan Gomez akan bergabung dengan Boca Juniors. Sementara Zapata, akan menjadi opsi lain untuk dibarter dengan Izzo. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Butuh Waktu Sembuhkan Pengguna Narkoba Model Begini

Posted: 03 Jan 2018 09:30 PM PST

Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), dr Diah Setia Utami SpKJ mengatakan telah terjadi pergeseran antara pengguna narkoba zaman sekarang dan dulu.

Dahulu orang punya gambaran bahwa orang-orang yang menggunakan narkoba karena mengalami suatu stres dan trauma yang berat, sehingga mencari pelarian untuk menyelesaikan masalah dengan jadi pemakai.

Contoh, karena ada perceraian atau trauma-trauma di masa kecil yang membuat dia sulit melupakan kejadian pahit di masa lalu itu.

Namun sekarang semua sudah berubah. Sebagian besar pengguna narkoba bukan lagi karena memang dia butuh, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

"Sudah bergeser menjadi part of lifestyle. (pengguna narkoba itu beranggapan) gw enjoy kalau gw begini, apa peduli lo? Itu memang sudah jadi pilihan dia," kata Diah pada Kamis, 4 Desember 2017.

 

Illustrasi Pengguna Narkoba

Menurut Diah, pengguna narkoba seperti ini yang sulit sekali untuk disembuhkan. Melihat pasien seperti ini, lanjut Diah, rasanya resisten banget buat dia benar-benar berhenti.

"Resisten bukan cuma antibiotik, tapi narkoba banyak juga yang resisten. Berat sekali menariknya, karena butuh waktu dan di antara prosesnya itu, tak jarang dia akan kambuh dan kambuh lagi," kata Diah.

Namun, kekambuhan yang terjadi selama proses penyembuhan, dianggap oleh Diah dan rekan-rekan psikiater yang berhadapan dengan pengguna narkoba, bagian dari proses pemulihan (recovery).

"Penyakit berkaitan sama narkoba itu kronis dan kambuhan, yang diserang adalah otak. Otak adalah hardware dari manusia, pusatnya. Kalau pusat sudah ada gangguan, mau mengubahnya juga susah," kata Diah.

 

Illustrasi Pengguna Narkoba

Memasukkan pengguna narkoba ke dalam penjara pun bukan satu-satunya jalan. Terlebih bagi mereka yang menggunakan narkoba karena memang tuntutan gaya hidup.

Seperti kita tahu, di penjara saja masih banyak orang yang jualan narkoba. Bukannya sembuh, pengguna narkoba malah tambah rusak.

"Tidak selesai juga masalahnya," ujar Diah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah 11 Tahun Cita-Cita Ingin ke Mars, NASA Beri Kado Spesial

Posted: 03 Jan 2018 09:30 PM PST

Tak sedikit anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi astronot. Bahkan, ada juga yang bermimpi untuk pergi ke Planet Mars, seperti bocah yang satu ini.

Adalah Luciana Vega, bocah perempuan 11 tahun yang belum lama ini sempat viral di media sosial karena diberi hadiah khusus dari NASA karena bercita-cita ingin menjadi astronot dan pergi ke Mars. Lantas, apa alasan NASA memberikan kado spesial bagi Vega?

Menurut informasi yang dilansir Mirror, Rabu (3/1/2018), Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut menilai, cita-cita Vega untuk pergi ke Mars bisa menginspirasi 'kids zaman now'.

"Vega adalah teladan anak-anak zaman sekarang. Cita-citanya memotivasi anak-anak untuk melawan stereotip bahwa astronot itu bukan pekerjaan khusus bagi orang-orang tertentu. Asal ada niat dan bekal kesuksesan, mereka pasti bisa mencapai tujuannya," ujar NASA.

Karena itu, kado spesial yang diberikan NASA ke Vega adalah sebuah boneka dengan pakaian dan akesori astronot. Dalam hal ini, NASA bekerja sama dengan anak perusahaan Mattel, American Girl.

Uniknya, boneka ini persis mirip dengan Vega. Karena Vega adalah keturunan Chili, boneka memiliki mata coklat, kulit sawo matang, dan rambut coklat keunguan. Bahkan, boneka tersebut juga akan dijual di pasaran.

Luciana Vega, bocah 11 tahun yang bercita-cita jadi astronot NASA. (Foto: NASA)

Tak cuma boneka, NASA juga bekerja sama dengan penerbit buku untuk menerbitkan buku soal cita-cita Vega yang ingin pergi ke luar angkasa.

Buku yang ditulis oleh Erin Teagan ini juga menceritakan tentang ketertarikan Vega dengan dunia antariksa sedari kecil.

NASA mengaku produk-produk khusus Vega ini juga menjadi kampanye untuk mengajak generasi 'kids zaman now' agar bisa mewujudkan cita-citanya ke luar angkasa sebagai astronot.

NASA juga menggandeng astronot kawakan Megan McArthur, mantan ilmuwan kepala NASA Ellen Stofan, pimpinan Pusat Antariksa dan Luar Angkasa AS Deborah Barnhart serta Manajer Aliansi Strategis NASA Maureen O'Brien untuk mengalakkan kampanye ini.

Nantinya, misi khusus 'penjajahan' Planet Mars akan lebih berfokus ke penelitian lingkungan dan permukaan Mars.

Meski cita-cita Vega ingin ke Mars, pada kenyataannya NASA mengungkap Planet Merah ini tak layak huni.

Pernyataan tersebut bahkan juga didukung oleh peneliti University of Edinburgh, Inggris, yang menemukan adanya kandungan racun pada tanah di Planet Merah yang sangat berbahaya bagi manusia.

Temuan ini berdasarkan hasil riset tentang perilaku senyawa kimia tertentu dan reaksinya terhadap kehidupan organik saat radiasi ultraviolet (UV) diaktifkan. Senyawa kimia yang dimaksud adalah perklorat.

Tim peneliti, sebagaimana dikutip dari Tech Times, melakukan percobaan untuk melihat reaksi perklorat terhadap baterai Bacillus Subtilis. Hasilnya, dalam hitungan menit, bakteri tersebut langsung mati oleh perklorat yang diaktifkan lewat sinar UV tinggi.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gagal Beraksi, Pengendara Vespa 'Nyusruk' ke Semak-Semak

Posted: 03 Jan 2018 09:30 PM PST

Saat pamer keahlian di atas vespanya, pria ini malah terperosok ke dalam semak-semak. Ada-ada saja ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspresi Setya Novanto Usai Eksepsinya Ditolak Hakim

Posted: 03 Jan 2018 09:28 PM PST

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menolak eksepsi dari terdakwa Setya Novanto. Keputusan tersebut dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Yanto.

"Eksepsi keberatan terdakwa Setya Novanto tidak bisa terima," ucap Yanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Atas hal tersebut, terdakwa Setya Novanto mengaku menghormati keputusan itu. Pihaknya akan mengikuti proses persidangan berikutnya yang beragendakan pemeriksaan para saksi.

"Terdakwa menghormasti putusan sela, dan akan mengikuti proses selanjutnya. Persidangan berikutnya akan berlangsung pada Kamis 11 Januari 2018 dengan agenda pemeriksaan saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum," ujar Yanto.

Usai sidang ditutup hakim, Setya Novanto yang duduk di depan kursi terdakwa lantas berdiri. Ia kemudian menengok kanan kiri dengan wajah yang sedikit tersenyum.

Kemudian ia melangkah ke barisan meja Jaksa Penuntut Umum yang berada di sebelah kirinya. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu lantas menyalami jaksa. Dengan sesekali diselingi senyum, ia terlibat pembicaraan serius dengan salah satu jaksa. Kepala Setya Novanto pun terkadang terangguk.

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto berjalan meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Novanto‎ mengaku pasrah setelah Hakim menolak eksepsi atau nota keberatannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pembicaraan yang tidak berlangsung lama diakhiri dengan bersalaman. Setya Novanto lantas berjalan ke semua jaksa untuk menyalami mereka. Usai itu, ia meninggalkan ruangan sidang.

Dalam kasus korupsi e-KTP ini, KPK sejauh ini telah menetapkan 6 tersangka, yaitu Irman, Sugiharto, Markus Nari, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Anang Sugiana Sudiardja dan Setya Novanto.

Untuk Irman dan Sugiharto dan pengusaha Andi Narogong telah divonis. Kemudian, untuk tersangka Setya Novanto masih dalam proses persidangan. Sedang Markus Nari dan Anang Sugiana masih dalam proses penyidikan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Sepatu Sneakers yang Mendominasi Tahun 2018

Posted: 03 Jan 2018 09:26 PM PST

Tahun baru saatnya membuka lembaran baru. Itu pula berlaku pada gaya fashion Anda. Jangan sampai di tahun 2018 ini Anda terlihat membosankan. Seperti yang dilansir dari purewow.com, terdapat beberapa tren sepatu snekers yang akan mendominasi di tahun 2018 mendatang. Penasaran seperti apa? Simak rangkumannya berikut ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

Trick or cleat 🎃. #FENTYxPUMA

A post shared by PUMA (@puma) on

 Sepatu dengan sol tebal atau yang dikenal dengan Platforms akan banyak digunakan oleh sebagian besar orang di tahun 2018. Platforms tak saja berwujud sandal, namun konsep ini diadaptasi pada sepatu sneakers. Kesan sepatu yang stylish terlihat pada gaya ini. Bahkan, sepatu ini sangat tepat digunakan oleh wanita dengan bentuk tubuh apapun. Jadi, tak ada salahnya untuk menambah satu koleksi sepatu Anda di tahun 2018.

Sneakers memang kental akan kesan sporty. Tapi tak ada salahnya apabila Anda memberi sentuhan feminin pada alas kaki Anda. Aksentuasi pita besar pada sneakers seketika membuat gaya sporty Anda kian feminin. 

 

 Jika kembali ke tahun 80-90 an, sepatu sneakers memiliki desain yang besar atau dikenal dengan chunky sneakers. Tren tersebut rupanya kembali di tahun 2018. Bahkan sejumlah brand fashion ternama melansir koleksi sneakers ini.

 Sneakers dengan nuansa warna kontras juga akan banyak digunakan untuk menambah tampilan gaya. Warna-warna berani pada sneakers akan memberikan kesan playful dan sporty yang kian semarak.

 

YEEZY POWERPHASE GREY. AVAILABLE DECEMBER 9 2017.

A post shared by adidas Originals (@adidasoriginals) on

 Gaya klasik akan senantiasa hadir di setiap tahunnya. Tren ini seakan tak pernah mati dan selalu menarik minat para penggemar fashion dan sneakers. Jadi, simpanlah baik-baik sneakers bergaya klasik milik Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opick Siap Ramaikan Bursa Calon Gubernur Jawa Timur

Posted: 03 Jan 2018 09:20 PM PST

Satu lagi artis yang siap masuk ke dunia politik, yaitu Opick. Pelantun "Tombo Ati" ini disebut-sebut akan maju sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jawa Timur nanti.

Ditemui di kawasan Otista, Jakarta Timur, Opick pun menjelaskan mengenai berita yang sudah telanjur beredar itu. "Untuk cawagub Jatim itu, kiai yang mencalonkan bukan mengajukan. Jadi, mereka menganggap kalau Opick yang maju, bisa jadi jembatan semua ormas Islam ngumpul karena kita orang budaya kan bisa ke mana-mana," ujarnya, Rabu (3/1/2018).

Opick mengaku, jika memang diminta para ulama untuk maju dalam bursa pilihan tersebut dirinya siap. Walaupun, ia masih belum mengetahui siapa yang akan menjadi pasangannya dalam pesta demokrasi tersebut.

"Nanti kalau para ulama nanti minta maju ya, siap aja. Tapi saya yang jelas enggak ambisi. Saya enggk ambisi sama sekali untuk ada di pemerintahan tapi kalau seandainya Allah memang tulisannya begitu ya, harus disiapin, harus belajar bekerja berbuat secara sistem," tutur Opick.

 

Opick {Galih W Satria/Bintang.com)

Opick menganggap kesempatan berkarier sebagai pejabat publik adalah ujian dari Allah. "Ini ujian kalau sahabat nabi ditunjuk jadi pejabat itu musibah jadi harus siapin diri bener-bener bisa mengemban kepercayaan masyarakat mudah-mudahan tidak jadi," terangnya.

"Ini bukan hal yang main-main saya ini totalitas enggak bisa setengah-setengah. Kalau harus kerja berganti ini ya, mereka percaya saya habis ini masih besar nih habis itu masuk ke partai-partainya kalo enggak masuk ya, itu rejeki buat saya. Kalau masuk ya, siap-siap nambahin tahajud, wirid, sodaqoh, ilmu ini dipakai semua karena ini beban berat," jelasnya.

 

Opick (Istimewa)

Kendati begitu, Opick berharap jika memang dirinya akan berkarier di luar dunia musik, ia tak ingin kehilangan Allah.

"Mudah-mudahan mau jadi apa pun itu, satu enggak boleh kehilangan Allah. Allah harus menjadi yang utama. Jadi yang menjadikan bukan partai bukan apa tapi yang nunjuk si A si B maka Allah akan menunjuk banyak sekali bantuan untuk membantu orang itu berdiri jadi orang itu," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Gaya Balap Dovi Cocok untuk Motor Ducati

Posted: 03 Jan 2018 09:20 PM PST

Andrea Dovizioso adalah pembalap yang mengharumkan nama Ducati pada MotoGP 2018. Di tengah melempemnya performa Jorge Lorenzo, Dovi menjadi pembalap yang nyaris mempersembahkan gelar juara dunia untuk Ducati.

Tentu tak akan ada yang menyangka Dovi bakal memaksa pembalap top seperti Marc Marquez bertarung hingga seri terakhir MotoGP 2017 dalam perebutan gelar. Itu karena Dovi tak pernah terlibat persaingan gelar.

Sejak debut di MotoGP, satu-satunya prestasi yang bisa dibanggakan adalah  finis di urutan ketiga klasemen musim 2011 bersama Honda. Selain itu, Ducati juga sudah lama tak eksis dalam pertarungan dengan tim pabrikan papan atas seperti Honda dan Yamaha.

Terakhir kali Ducati tampil memukau adalah saat bersama Casey Stoner. Karenanya, banyak yang terkejut karena pembalap Italia itu tampil begitu mengesankan. Namun, hal itu tak berlaku untuk Hector Barbera, pembalap Reale Avintia di MotoGP 2017.

"Ducati sangat cocok untuk Dovi. Ia memiliki gaya balap yang selaras untuk itu. Ia mengerem dengan cara yang tepat. Saya memiliki perasaan bagus dengan ban depan dan mengerem di tikungan. Tapi ketika saya membuka gas, saya kehilangan ban depan," ujar Barbera, dilansir Speedweek.

 

Hector Barbera (dok. Crash.net)

Tak seperti Dovi, Barbera justru menjalani musim yang begitu mengecewakan pada 2017. Meski mendapatkan motor yang sama dengan Dovi, ia hanya bisa mengakhiri musim dengan duduk di urutan ke-22 klasemen.

Itu karena ia hanya meraih 28 poin dari 18 balapan. Catatan terbaiknya adalah finis urutan kesembilan MotoGP Catalunya. Musim 2018, ia pun terpaksa turun kasta untuk kembali bersaing di kelas Moto2 bersama Pons HP40.

"Pada 2016, saya sering finis di 10 besar. Saya pun mengamankan urutan keempat di Malaysia dan tiga kali di enam besar. Pada 2017 saya tak bisa melakukannya. Saya memiliki kontrak untuk 2018, tapi dengan motor yang sama. Untuk menjadi cepat, Anda harus bersenang-senang. Di kelas menengah, saya bisa berjuang untuk mendapatkan podium setiap akhir pekan," tegas Barbera.

 

125cc: 49 balapan, 5 menang, 15 podium, 9 pole, 3 fastest lap, 492 poin

250cc: 49 balapan, 4 menang, 26 podium, 4 pole, 8 fastest lap, 721 poin

MotoGP: 174 balapan, 8 menang, 41 podium, 5 pole, 4 fastest lap, 1854 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wuling Motors Masih Anteng Pakai Harga Lama

Posted: 03 Jan 2018 09:17 PM PST

Kenaikan harga di awal tahun kerap menjadi hal biasa dalam industri otomotif nasional. Hal itu bisa disebabkan beberapa faktor, mulai dari inflasi, biaya produksi, nilai tukar mata uang asing, serta penyesuaian BBN (Biaya Balik Nama).

Bahkan, salah satu raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, mengumumkan produknya mengalami kenaikan harga di Indonesia di 2018.

Kenaikan harga Toyota sangat bervariasi tergantung produk, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 32,3 juta.

Adapun untuk all new Rush dibanderol tetap sama seperti model sebelumnya atau tidak mengalami kenaikan. Bahkan untuk varian 1.5 TRD Sportivo A/T, harganya lebih rendah Rp 3 juta dibanding model sebelumnya.

Namun demikian, kenaikan harga rupanya tidak semua dilakukan merek. Misalkan pabrikan mobil asal Tiongkok, Wuling Motors masih mempertahankan harga lama.

"Bulan ini sih belum ada pengumuman tentang terkait itu. Jadi masih tetap (harga sama), belum ada pengumuman (kenaikan) harga ke saya juga," ujar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors Indonesia, kepada Liputan6.com, Kamis (4/1/2018).

Kendati demikian, Dian tak menampik, jika ke depan harga Wuling juga akan mengalami kenaikan. Hanya saja, untuk awal bulan di 2018 ini Wuling Motors belum menaikkan harga.

"Sekarang harganya sama persis, kalau ada nanti kami beritahu invoice-nya," ucapnya.

Seperti diketahui, Wuling Motors saat ini baru memiliki satu line up untuk pasar Indonesia, yaitu Wuling Confero. Mobil ini menawarkan tiga varian yaitu Confero 1.5 M/T dengan banderol Rp 128,8 juta, kemudian Confero S 1.5 C M/T seharga Rp 150,9 juta dan Confero S 1.5 L Lux++ M/T Rp 162,9 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Seorang mekanik sedang memasang ban Wuling Confero S 1.5L. (Herdi Muhardi)

PT SGMW Motors Indonesia selaku agen tunggal Wuling Motors di pasar nasional tak hanya menawarkan produk seperti Confero S yang mudah dijangkau. Akan tetapi, perusahaan asal Tiongkok ini juga menyajikan spare part dengan harga tak kalah terjangkau.

Menurut After Sales Director Wuling Motors Indonesia Taufik S Arief, semua komponen Wuling telah tersedia di 40 dealer, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimatan, Sulawesi, dan Bali.

Bahkan pada akhir 2017, dealer Wuling yang akan diresmikan mencapai 50 dealer di seluruh penjuru Tanah Air hingga akhir 2017.

"Kami punya biaya servis rata-rata harganya lebih murah 20 persen (dibanding merek lain) di kelas Low MPV," ungkap Taufik saat ditemui di kawasan Ubud, Bali, beberapa waktu lalu.

Menurut Taufik, harga yang lebih murah ini merupakan hasil studi di kuartal pertama 2017. Dengan harga lebih murah, maka hal itu memberikan efek psikologis kepada konsumen.

"Sementara kalau hanya 10 persen lebih murah, mungkin itu belum cukup terasa sebagai sesuatu yang kompetitif," kata Taufik. Tambahnya, Wuling memperhitungkannya sebagai solution for better life bagi konsumen.

Jika memang Wuling Confero S masuk dalam kelas Low MPV, itu artinya harga spare part mobil yang diproduksi di GIIC Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, itu lebih murah dari Avanza dan kawan-kawan.

Sementara itu, di tempat yang sama, Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani mengatakan, dengan dealer dan spare parts lengkap, hal tersebut merupakan bukti keseriusan Wuling di pasar otomotif nasional.

"Jika konsumen ingin melakukan servis 1.000 km, tentunya sudah bisa dilayani dengan baik oleh dealer kami," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Target Setoran Tinggi Timbulkan Pungutan Pajak Tak Adil

Posted: 03 Jan 2018 09:16 PM PST

Pengamat perpajakan, Yustinus Prastowo meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati merevisi target penerimaan pajak tahun ini yang dipatok Rp 1.424 triliun. Hal ini menyusul realisasi setoran pajak 2017 yang hanya tercapai Rp 1.147 triliun atau 89,4 persen dari target Rp 1.283,6 triliun.

"Revisi target pajak 2018 menjadi opsi yang dapat diambil agar APBN 2018 tetap kredibel dan realistis," kata dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Kritikan ini bukan tanpa alasan. Menurut Prastowo, meski tren pertumbuhan penerimaan pajak bergerak positif, namun belum cukup kuat menopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Datanya menunjukkan, pertumbuhan realisasi penerimaan pajak berturut-turut adalah 6,92 persen (2014), 8 persen (2015), 4,26 persen (2016), dan 3,75 persen. Akan tetapi jika melihat target penerimaan pajak 2018 sebesar Rp 1.424 triliun dibanding realisasi 2017 sebesar Rp 1.147 triliun, maka ada pertumbuhan sekitar 24 persen.

Prastowo lebih jauh mengatakan, kenaikan yang terlalu tinggi dan keterbatasan kapasitas rawan menggelincirkan pemerintah pada pilihan jangka pendek.

"Pada gilirannya dapat menciptakan praktik pemungutan yang tidak adil, misalnya pembayaran pajak di muka atau kontribusi di akhir tahun yang memberatkan wajib pajak, terutama Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," ujar dia.

Oleh karena itu, dia menyarankan, agar dilakukan percepatan reformasi pajak agar kapasitas institusi pemungut pajak meningkat, administrasi lebih baik, dan kepastian hukum meningkat.

Prastowo menambahkan, moderasi pemungutan pajak di 2018 menjadi pilihan bijak di tengah kondisi ekonomi yang sedang bergerak menuju pemulihan dan situasi sosial-politik yang menghangat. Meski penegakan hukum yang tegas tetap dapat dilakukan, namun sebaiknya didasarkan pada analisis risiko yang baik.

"Penerapan Compliance Risk Management (CRM) yang mampu memilah wajib pajak berdasarkan risiko akan sangat membantu upaya peningkatan kepatuhan sukarela. Perbaikan kualitas belanja APBN yang semakin baik juga akan mendorong peningkatan kesadaran dan kepatuhan pajak," jelas dia.

Dirinya menilai, meski tantangan cukup berat di tahun ini, namun pemerintah memiliki peluang untuk mengoptimalkan penerimaan pajak melalui implementasi AEoI (Automatic Exchange of Information) yang akan memberi asupan informasi keuangan yang lebih akurat dan kaya.

"Jadi perlu persiapan sungguh-sungguh baik dari segi akuntabilitas, teknis, sumber daya manusia, dan regulasi – untuk memastikan pemanfaatan data berjalan optimal dengan risiko minimal," kata Prastowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, penerimaan pajak sementara di 2017 hanya tercapai Rp 1.097,2 triliun atau 88,4 persen dari target yang dipatok Rp 1.283,6 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.

Apakah pencapaian tersebut akan mengakibatkan tunjangan kinerja (tukin) pegawai pajak dipangkas? Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 37 Tahun 2015, tukin pegawai pajak di tahun-tahun berikutnya diberikan dengan mempertimbangkan realisasi penerimaan pajak pada tahun sebelumnya.

Itu artinya, dengan realisasi penerimaan pajak sementara di 2017 yang sebesar 88,4 persen, maka tukin yang berhak diterima pegawai pajak sebesar 80 persen. Begitulah bunyi salah satu poin di Perpres 37/2015, yaitu realisasi penerimaan [pajak ]( 3212265 "")80 persen sampai kurang dari 90 persen dari target penerimaan pajak, mendapat tunjangan kinerja 80 persen.

Akan tetapi, diungkapkan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, pemotongan tukin pegawai pajak untuk tahun depan belum diputuskan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati.

"Untuk hal tersebut (tukin), menunggu perhitungan final yang resmi (penerimaan pajak) dan belum ada keputusan Menkeu," tutur Nufransa dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Sri Mulyani sebelumnya berjanji akan merevisi Perpres tukin Nomor 37 Tahun 2015 sehingga mencerminkan asas keadilan. Bukan hanya berbasis realisasi penerimaan pajak, namun berdasarkan beban kinerja dan lokasi atau wilayah kerja.

"Saya sudah mengajukan ke Presiden, dan mendiskusikannya dengan Menteri PAN-RB untuk mendesain insentif yang sesuai asas keadilan. (Itu) karena Menteri PAN-RB bertanya kenapa tidak tercapai target mau diubah, kami harus bertanggung jawab menjawabnya. Karena kami ingin menjaga semangat dan moral dari Ditjen Pajak yang sudah menjalankan tugas," paparnya.

Perubahan perpres tersebut, diakui Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto sudah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya akan diterapkan pada 2018. "Perpres sudah diteken Jokowi dan akan diterapkan mulai tahun depan," kata Hadiyanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pasrahnya Setya Novanto Eksepsi Ditolak Hakim

Posted: 03 Jan 2018 09:15 PM PST

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto mengusap wajahnya ketika mendengarkan pembacaan sela pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim memutuskan kasus korupsi E-KTP dilanjutkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto mengusap wajahnya ketika mendengarkan pembacaan sela pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim memutuskan kasus korupsi E-KTP dilanjutkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto memberikan tanggapan pada sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Setya Novanto‎ mengaku pasrah setelah Hakim menolak eksepsi atau nota keberatannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto memberikan tanggapan pada sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Setya Novanto‎ mengaku pasrah setelah Hakim menolak eksepsi atau nota keberatannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto menjalani sidang beragenda pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto menjalani sidang beragenda pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik (E-KTP), Setya Novanto menjalani sidang beragenda pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim memutuskan kasus korupsi E-KTP dilanjutkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik (E-KTP), Setya Novanto menjalani sidang beragenda pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim memutuskan kasus korupsi E-KTP dilanjutkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto berjalan meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Novanto‎ mengaku pasrah setelah Hakim menolak eksepsi atau nota keberatannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto berjalan meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Novanto‎ mengaku pasrah setelah Hakim menolak eksepsi atau nota keberatannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trafik Internet Operator Meroket di Pergantian Tahun 2018

Posted: 03 Jan 2018 09:15 PM PST

Trafik layanan data tiga operator seluler Tanah Air, yakni XL Axiata, Telkomsel, dan Tri Indonesia, melesat hingga 300 persen saat pergantian Tahun Baru 2018.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan ada peningkatan signifikan trafik data pada libur pergantian tahun 2017/2018. 

"Kenaikan trafik terjadi di sepanjang 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Selama lima hari itu, trafik data hingga pada puncak malam pergantian tahun naik mencapai 20 persen jika dibandingkan hari biasa," tuturnya.

Namun, jika dibandingkan dengan periode liburan di pergantian tahun 2016/2017, kenaikan trafik data mencapai 160 persen, sedangkan trafik 4G mencapai 300 persen. Peningkatan ini didorong oleh akses media sosial dan layanan streaming, seperti YouTube.

Sementara, trafik data Telkomsel pada momen pergantian tahun ini tercatat meningkat 42 persen mencapai 10,7 Petabyte dibandingkan hari biasa yang biasanya 7,5 Petabyte per hari. 

"Kalau dibandingkan tahun baru 2016/2017, trafik kami melonjak 151 persen. Wilayah dengan kenaikan trafik tertinggi antara lain Jawa Tengah dan Yogyakarta sebesar 56 persen dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat dan Sulawesi masing-masing 51 persen dan 50 persen," jelas Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati.

Sama seperti XL, kenaikan trafik data operator merah juga didorong ole tingginya aktivitas mengunggah foto dan video di media sosial sebanyak 35 persen serta streaming sebesar 31 persen.

Adapun, panggilan suara dan panggilan video dengan aplikasi pesan instan berkontribusi sekitar 8 persen terhadap total trafik layanan data Telkomsel. 

Sementara, penggunaan layanan seluler berbasis suara (voice) dan SMS menurun masing-masing 6 persen menjadi 1,3 miliar menit dan 5 persen menjadi 659 juts SMS.

"Meski demikian, pelanggan di beberapa wilayah masih memakai layanan ini," ungkap Adita. 

Trafik data milik operator Tri Indonesia juga mengalami peningkatan signifikan saat Natal dan pergantian tahun 2017/2018. Tercatat ada kenaikan hingga 150 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Desmond Cheung, Chief Technology Officer Tri Indonesia mengatakan bahwa kenaikan trafik ini berasal dari aktivitas media sosial, gim, aplikasi video dan messenger yang digunakan pelanggan Tri untuk mengabadikan momen hari raya Natal, perjalanan liburan, dan Tahun Baru 2018. Aktivitas ini meningkat 40 hingga 60 persen.

"Lonjakan trafik terjadi mulai H-3 di hari raya Natal dan Tahun Baru sekaligus sebagai lonjakan tertinggi di H-3 pada perayaan tersebut, yakni 9,5 persen pada Hari Natal dan melonjak 9,7 persen saat perayaan Tahun Baru jika dibandingkan dengan trafik hari biasa. Trafik data kami di hari biasa rata-rata mencapai 4.200 TB," jelas Desmond.

Untuk mengantisipasi momen ini, Tri melakukan optimalisasi dan pemantauan intensif jaringan khususnya di daerah-daerah tujuan wisata dan pusat-pusat perayaan pergantian tahun.

Kini jaringan 4G Tri telah menjangkau 234 kota dan kabupaten, sebanyak 7.300 pedesaan di Indonesia.

"Semua upaya optimalisasi layanan ini kami lakukan sebagai wujud kepedulian Tri kepada pelanggan yang akan menikmati momen kebersamaan dan perayaan baik di hari Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Batal Umumkan Cagub Sumut dan dan Jateng?

Posted: 03 Jan 2018 09:14 PM PST

PDI Perjuangan hari ini akan mengumumkan Calon Gubernur bersama Wakil Gubernurnya di 4 daerah,  yaitu Lampung, Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Papua.

Namun, dua daerah Sumut dan Jateng, dikabarkan dibatalkan. Hal ini terungkap dari Ketua DPP PDIP Komaruddin Watubun.

"Hari ini yang pasti Lampung dan Papua. Jadi Papua, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara hari ini," ucap Komaruddin di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Senada, Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga digadang-gadang maju sebagai cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat membenarkannya. Menurut dia, ini langkah yang baik untuk mencari sosok di Sumut.

"Tujuan kita untuk membangun Sumatera Utara. Kita mau yang terbaik. Yang pasti hari ini adalah Lampung, Papua, dan beberapa daerah lain. Maluku Utara, NTT," tukas Djarot.

Dia pun meminta agar seluruh pihak bersabar menunggu pengumuman tersebut.

"Tunggulah, sabar sedikit ya," Djarot menandaskan.

Politisi PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengikuti kuliah umum Sekolah Partai di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/12). 68 calon kepala daerah yang dididik untuk memiliki semangat tinggi dalam membangun daerah dan cinta tanah air. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya Djarot Saiful Hidayat disebut-sebut bakal maju di Pilkada Sumatera Utara 2018. Dia pun menyatakan siap.

"Kalau diperintahkan partai saya siap. Terkait waktunya kapan, tunggu saja besok," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Meski demikian, Djarot tak menjelaskan apakah dia memang diusung untuk Pilkada Sumut atau ada nama lain. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patung Gelandang Persib Lebih Seram dari Ronaldo

Posted: 03 Jan 2018 09:10 PM PST

Michael Essien merupakan pemain sepak bola terbaik yang pernah dimiliki Timnas Ghana. Tak ayal bila warga Ghana membuatkan patung untuk gelandang yang saat ini bermain untuk Persib Bandung.

Sayangnya, patung Essien, gelandang Persib sejak 2017, dinilai sangat buruk. Hal ini diketahui oleh unggahan warganet, George Addo Jr.

Patung gelandang berusia 35 tahun itu terdapat di pojok parkiran Kota Kumasi, Ghana. Patung Essien itu tengah mengenakan jersey biru, warna khas mantan klubnya, Chelsea, sambil menggiring bola.

"Mungkin si pematung harus membantu kita untuk memahami apa yang dibuatnya. Jika Anda berpikir (patung) Ronaldo menggerikan... Michael Essien," kicau George Adda Jr di akun Twitter pribadinya. 

Essien yang baru saja memperpanjang kontraknya bersama Persib untuk Liga 1 2018 telah mencatatkan 58 caps bersama Timnas Ghana. Dia mencetak sembilan gol untuk negaranya.

Patung ini, juga dikomentari oleh wartawan lokal Ghana yang berdomisili di Accra, Fenturo Tahirom. Dia kesal dengan bentuk patung Essien yang tidak proporsional.

"Hai Michael Essien, mari kita tuntut orang yang membuat patung ini," kicau Tahiro di Twitter miliknya.

"Hal terjelek yang pernah saya lihat. Patung ini membuat siapapun pengukir patung CR7 menjadi seperti Leonardo Da Vinci," ucap Tahiro lagi.

Sementara itu, media Inggris, The Sun, menilai patung Essien lebih buruk dari milik bintang Real Madrid sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Patung dengan bentuk kepala Ronaldo itu terdapat di Bandara Madeira.

Patung Ronaldo itu mendapat olok-olok karena terdapat keriput di bagian pipi sebelah kiri. Ronaldo sempat meminta keriput di patungnya dihilangkan. Namun, sang pemahat, Emanuel Santos enggan memenuhi permintaan Ronaldo.

"Dia meminta beberapa keriputnya dihilangkan. Dia ingin membuat patungnya terlihat lebih muda," ucap Santos.

"Saya tidak punya waktu untuk duduk dan memperbaikinya. Patung adalah patung. Kalau diubah namanya salinan," ujarnya menegaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Periksa Gubernur Sulut Terkait Kasus E-KTP

Posted: 03 Jan 2018 09:10 PM PST

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey terkait kasus e-KTP. Mantan anggota DPR itu akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari.

KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan anggota DPR Mirwan Amir dan legislator Tamsil Linrung hari ini.

"Ketiga nama tersebut dipanggil untuk diminta keterangan melengkapi berkas perkara Markus Nari," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Sebelumnya, KPK sudah memeriksa Olly, Mirwan, dan Tamsil sebagai saksi untuk sejumlah tersangka kasus megakorupsi e-KTP, yakni Irman, Sugiharto, dan Andi Narogong.

Ketiganya diduga menerima aliran dana korupsi proyek pengadaan e-KTP. Namun, ketiganya membantah terlibat kasus itu.

 

Ilustrasi KPK

Sejumlah nama yang diduga turut menerima aliran dana korupsi e-KTP menghilang di dakwaan Setya Novanto. Padahal, dalam dakwaan terdakwa lain, Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus, nama-nama itu masih ada.

Nama yang hilang itu seperti Anas Urbaningrum, Melchias Marcus Mekeng, Yasonna Laoly, Olly Dondokambey, Tamsil Linrung, Mirwan Amir, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jaksa hanya menyebut Ketua DPR nonaktif Setya Novanto menguntungkan diri sendiri; orang lain, yakni Irman, Sugiharto, Andi Agustinus, Gamawan Fauzi, Diah Anggraeni, Markus Nari, Jafar Hafsah, dan sejumlah anggota DPR; serta korporasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bareng Keluarga, Aurel Hermansyah Beri Kejutan Ultah untuk Pacar

Posted: 03 Jan 2018 09:10 PM PST

Hubungan cinta antara Aurel Hermansyah dan Rabbani Zaki tampaknya bukan perkara main-main. Pasalnya, kedua belah pihak telah mengenal dan akrab dengan keluarga besar masing-masing.

Rabbani Zaki dan Aurel Hermansyah saat merayakan ulang tahun Arsy (Instagram/@rabbanizaki)

Hal tersebut dibuktikan dengan keikutsertaan Rabbani Zaki dalam berbagai acara keluarga Aurel Hermansyah. Seperti perjalanan liburan keluarga Hermansyah ke Ubud, Bali, sejak beberapa hari lalu hingga sekarang.

Perjalanan itu pun makin terasa istimewa untuk Rabbani Zaki karena dirinya diberi kejutan ulang tahun oleh keluarga sang kekasih. Seminggu yang lalu, Aurel Hermansyah memang mengabarkan bahwa calon pilot itu tengah merayakan pertambahan umurnya.

 

 

 

 

Sudah menjalin hubungan selama satu tahun lebih, Rabbani Zaki pun juga sudah sangat akrab dengan keluarga Aurel Hermansyah. Bahkan Anang Hermansyah sebagai ayah ternyata sudah siap menikahkan mereka berdua. (Instagram/rabbanizaki)

Melalui Instagram Story-nya, Rabu (3/1/2018), Aurel Hermansyah membagikan momen spesial ketika dirinya menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk sang kekasih. Tampak pula anggota keluarga Aurel, termasuk kedua orangtua dan adik-adiknya.

Aurel Hermansyah juga menunjukkan rekaman sebelum momen manis tersebut. Mata Rabbani Zaki sengaja ditutup oleh kain putih. Aurel pun berkali-kali menggoda sang kekasih, seakan sengaja menjahili.

Setelah bernyanyi bersama dan tiup lilin, Rabbani Zaki dan keluarga Aurel Hermansyah pun makan malam bersama. Seperti yang terlihat dalam sebuah foto di laman utama Instagram anak sambung Ashanty tersebut.

"Bani's birthday dinner (Makan malam ulang tahun Bani)," tulis Aurel Hermansyah. Dalam foto itu, Rabbani Zaki tampak berpose bersama Anang Hermansyah, Ashanty, Azriel Hermansyah, Arsy, Arsya, dan sejumlah sanak keluarga Hermansyah lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Wanita Misterius Ini Jadi Simbol Demo Iran, Siapa Dia?

Posted: 03 Jan 2018 09:08 PM PST

Beberapa minggu terakhir, Iran "diserbu" ribuan demonstran. Mereka menentang pemerintah yang korup, memprotes PHK, dan memperkarakan lemahnya ekonomi negara.

Di tengah aksi demo besar-besaran itu, di media sosial beredar foto dari sesosok wanita yang mendadak ramai diperbincangkan. Wanita itu terlihat melepaskan penutup kepalanya (hijab) yang berwarna putih.

Rambut hitam panjangnya pun tergerai. Hijabnya itu lalu diikat dan dilambaikan pada sebuah tongkat yang digenggamnya. Apa yang dilakukannya itu jelas bertentangan dengan aturan yang diterapkan di Iran.

Itu memang foto asli, tapi kenyataannya gambar tersebut tidak diambil saat kerusuhan terjadi minggu ini.

Foto itu pertama kali diunggah di media sosial oleh Masih Alinejad, seorang jurnalis Iran yang berbasis di Amerika Serikat, satu hari sebelum demonstrasi dimulai.

Alinejad juga merupakan aktivis pembela hak-hak perempuan dan pendiri dua kampanye media sosial, My Stealthy Freedom and White Wednesdays. Dia mengunggah gambar wanita tersebut di halaman Instagramnya, didedikasikan untuk kampanye White Wednesday.

My Stealthy Freedom mendorong wanita-wanita Iran untuk mengunggah foto dan video diri mereka tanpa jilbab di muka umum.

Sementara White Wednesdays, yang dimulai pada 2017, menyarankan agar para wanita memakai pakaian serba putih setiap hari Rabu sebagai bentuk protes larangan mengenakan pakaian ketat di Iran.

Pada hari yang sama, wanita tersebut kembali tertangkap kamera Alinejad. Dia diketahui berada di Jalan Enghelab, sebuah jalan tersibuk di Teheran.

Pihak berwenang ibu kota telah menyatakan bahwa kini wanita yang kepergok tak mengenakan hijab di publik, tidak akan ditangkap lagi. Namun, sebagai gantinya, mereka harus mengikuti kelas pendidikan Islam.

Oleh karena itulah, para pemrotes antipemerintah semakin kecewa dengan aturan para ulama yang berkuasa. Seiring dengan demonstrasi besar-besaran di Iran, gambar dan video "wanita tak beridentitas" itu menjadi viral.

Meskipun identitas wanita muda itu tidak diketahui, dia dianggap menjadi simbol kebebasan dan harapan bagi banyak pendukung dalam demonstrasi antipemerintah. Wanita tak bernama itu kemudian dijuluki "Iran's Rosa Parks".

Ratusan pengguna media sosial juga telah mengubah avatar dan gambar profil mereka menggunakan gambar wanita berjilbab warna-warni.

Meski pihak berwenang membatasi penggunaan media sosial di Iran, beberapa video dan gambar toh akhirnya tetap tersebar juga, termasuk pemrotes yang merusak gedung pemerintahan.

Otoritas setempat memblokir akses Instagram dan Telegram sebagai upaya untuk menghentikan seruan pemrotes, karena kedua platform tersebut menjadi "jembatan" ampuh untuk melayangkan protes kepada pemerintah dan menyebarkan "virus" provokasi.

Demonstrasi di Iran yang berawal terjadi pada Kamis, 28 Desember 2017. Demo dilaporkan terjadi berlarut-larut dan menyebar ke beberapa kota (AFP)

Massa pro pemerintah Iran dilaporkan menggelar demonstrasi tandingan di berbagai penjuru negara itu. Demikian menurut laporan berbagai televisi yang dikelola pemerintah Iran pada Rabu, 3 Januari 2018 waktu setempat.

Demo tandingan itu digelar beberapa hari menyusul aksi protes yang dilakukan oleh kelompok antipemerintah yang telah terjadi sejak Kamis, 28 Desember 2017. 

Dalam berbagai tayangan TV pro pemerintah, sejumlah kelompok massa melambai-lambaikan bendera Iran dan menyerukan teriakan-teriakan yang mendukung Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Demikian seperti dikutip VOA Indonesia, Kamis (4/1/2018).

Ali Khamenei sendiri menyalahkan sejumlah pemerintah negara lain atas munculnya sejumlah protes antipemerintah itu, yang dimulai pekan lalu dan sejauh ini telah mengakibatkan 21 orang tewas.

Dalam sebuah pernyataannya yang ditayangkan televisi, Khamenei mengatakan, "Beberapa hari belakangan ini, musuh-musuh Iran menggunakan uang, senjata, politik, dan perangkat intelijen untuk menciptakan berbagai masalah di Iran."

Khamenei melanjutkan, dirinya akan berpidato guna merespons protes-protes tersebut pada saat yang tepat.

Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran menuduh AS, Inggris, dan Arab Saudi mendalangi aksi-aksi protes tersebut.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menggunakan beberapa kicauan di Twitter yang mendukung mereka yang memprotes pemerintah Iran. "Rakyat Iran akhirnya bertindak menentang rezim Iran yang korup dan brutal," kata sebuah kicauannya, Selasa, 2 Januari 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Terjerat Narkoba, Apa Kata Wakil Wali Kota Gorontalo?

Posted: 03 Jan 2018 09:03 PM PST

Wakil Wali Kota Gorontalo Charles Budi Doku menyatakan akan menaati proses hukum terkait penangkapan istrinya yang berinisial SD oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Gorontalo.

"Saya sebagai Wakil Wali Kota tetap menaati proses hukum yang berlaku. Saya juga meminta agar pihak berwenang mencari siapa pengedarnya," kata Budi Doku, Rabu, 3 Januari 2017, dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Gorontalo memiliki program untuk memberantas narkoba dan minuman keras. Walaupun itu istrinya, ia menegaskan peraturan tetap harus ditegakkan.

"Saya memohon maaf, mungkin istri saya khilaf dan ini adalah musibah. Insyaallah ada hikmah di balik peristiwa ini," kata dia.

Budi menegaskan bahwa Pemkot Gorontalo terus melawan narkoba karena sudah sangat massif. Ia juga menyatakan istrinya dijebak dalam kasus narkoba itu.

"Saat ini, istri saya sudah berada di BNNP dan sedang menunggu proses. Siapa pun dia, manusia pasti ada khilafnya dan saya kembali memohon maaf untuk itu," kata dia.

Menurut dia, tahun ini adalah tahun politik. Namun, ia tidak berprasangka bahwa apa yang terjadi di balik kejadian tersebut, dan hanya Tuhan yang tahu.

Budi Doku mengungkapkan bahwa orang yang memberikan sabu kepada istrinya adalah seseorang berinisial S. Ia mengaku memiliki bukti telepon serta pesan singkat.

"Tidak ada transaksi, tapi barang itu diberikan di mobil. Dan mereka tahu bahwa barang itu adalah barang terlarang yang diberikan kepada sopir," katanya.

 

Barang bukti kasus narkoba yang menjerat istri wakil wali kota Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

BNNP Gorontalo merilis hasil tes urine istri Wakil Wali Kota Gorontalo berinisial SD beserta rekannya, LN. Kedua perempuan itu positif telah mengonsumsi narkotika jenis sabu.

Kepala BNNP Gorontalo Oneng Subroto mengatakan penangkapan keduanya berawal saat petugas mendapat informasi bahwa ada penyalahgunaan narkoba di rumah LN, yang berada di kawasan Jalan Cokroaminoto, Kota Gorontalo, pada Selasa malam, 2 Januari 2017.

Saat digerebek sekitar pukul 22.00 WIB, anggota BNNP menemukan LN dan SD berada di dalam salah satu kamar dengan barang bukti berupa dua paket kecil sabu dan alat isapnya. Ada pula satu paket kosong yang diduga sudah habis dipakai.

"Urine keduanya positif mengandung metafetamin. Satu paket kecil kemungkinan setengah gram beratnya karena kita juga belum menimbang barang bukti yang didapat," kata Oneng di kantor BNNP Gorontalo, 3 Januari 2017.

Meski positif mengonsumsi narkotika, ia mengatakan belum ada penetapan tersangka dalam kasus ini karena penyidik masih kesulitan memeriksa keduanya. SD bahkan disebut beberapa kali pingsan.

"Maklum karena ibu-ibu, jadi mungkin masih shock sehingga perlu didampingi dokter. Rencananya hari ini kita assesment dulu, baru setelah itu kita periksa," kata Oneng.

Kepala BNNP menegaskan jika penangkapan ini adalah murni laporan masyarakat. "Dengan adanya laporan tersebut, kami lakukan penelusuran hingga sampai dengan penangkapan kepada target," ucapnya.

Sementara itu, kuasa hukum SD, Salahudin Pakaya, meminta agar semua bisa menghargai proses hukum dengan selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Saya berharap kita menghormati proses yang berlangsung di BNNP dan menghormati asas praduga tak bersalah kepada terduga," ujarnya.

Kuasa hukum istri wakil wali kota Gorontalo, Salahudin Pakaya. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Kasus warga yang terjerat narkoba mengawali pemberitaan awal tahun ini. Setelah Jennifer Dunn, ada nama pesohor di daerah Gorontalo yang juga terjerat kasus yang sama.

BNNP Gorontalo baru saja menangkap dua perempuan yang kedapatan berpesta narkoba pada Selasa malam, 2 Januari 2018. Salah seorang di antaranya diketahui merupakan istri pejabat di Kota Gorontalo.

Informasi yang diperoleh Liputan6.com, BNNP Gorontalo menangkap dua perempuan berinisial SD dan LN yang diduga sedang asyik pesta narkoba di salah satu warung kopi di Kota Gorontalo. Saat dibawa aparat, kedua terduga itu menangis sambil mengatakan narkoba itu bukan milik mereka.

Akan tetapi, BNNP belum memberikan keterangan resmi terkait penangkapan istri pejabat tersebut dan juga alat bukti yang disita. "Kami masih melakukan penyelidikan untuk keperluan pengembangan," kata seorang penyidik saat dimintai keterangan oleh wartawan.

Beberapa saat kemudian, keluarga kedua perempuan yang tersangkut kasus narkoba itu berdatangan dengan membawa perlengkapan tidur. Menurut informasi, mereka sudah ditahan BNNP untuk pemeriksaan.

Salahudin Pakaya, kuasa hukum SD, mendatangi kantor BNNP Gorontalo untuk mendampingi terduga SD yang merupakan istri salah seorang pejabat penting di Kota Gorontalo.

"Ini merupakan permintaan keluarga. Saat ini, kita diberikan waktu 3 x 24 jam, jika perlu dilakukan pengembangan maka pihak BNNP bisa menambah lagi waktu pemeriksaan selama 3 x 24 jam," kata Salahudin Pakaya.

Saksikan video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Video Mesum Bocah SD dan Wanita Dewasa yang Viral

Posted: 03 Jan 2018 09:02 PM PST

Aparat Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya tengah menyelidiki video porno yang diperankan bocah SD dengan wanita dewasa. Video mesum tersebut viral di media sosial dan telah tersebar di masyarakat melalui beberapa aplikasi pesan singkat.

"Penyidik Cyber Crime sudah menyelidiki video tersebut ya. Penyidik masih bekerja," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Setidaknya ada dua video mesum yang belakangan ini meresahkan masyarakat. Sebab, kedua video tersebut diperankan oleh bocah seusia siswa SD dengan wanita dewasa.

Salah satu video mesum terlihat dibuat di sebuah tempat penginapan di kawasan perbukitan. Belum terkonfirmasi secara pasti di mana lokasi tersebut.

Terlihat bocah dan wanita tersebut bercumbu di balkon sebuah tempat penginapan, dan berlanjut ke atas ranjang. Keduanya juga melakukan hubungan intim di ranjang dan di bak mandi.

Ilustrasi (cnnmoney.com)

Adegan tersebut direkam secara profesional. Resolusi gambarnya cukup baik.

Video kedua lebih mencengangkan lagi. Adegan mesum tersebut diperankan oleh wanita dewasa dengan dua bocah seusia siswa SD sekaligus.

Diduga kuat, aksi tersebut dilakukan di Indonesia. Sebab, terlihat ada kantong plastik khas minimarket di Indonesia terekam dalam video tersebut.

Pemeran wanita dan perekam juga terdengar berbicara dengan logat salah satu daerah di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhatikan, Rambut Bisa Jadi Indikator Kondisi Tubuh Kita

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Selain wajah, rambut juga termasuk hal yang paling diperhitungkan dalam penampilan kita. Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang lebat dan indah. Tapi yang lebih penting dari rambut yang lebat dan indah, adalah rambut yang sehat.

Rambut juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengindikasikan kesehatan kita. Oleh karenanya kelainan dalam rambut, tak boleh diabaikan. Melansir Shared, Kamis (4/1/2018), berikut ini merupakan sejumlah tanda bagaimana rambut bisa menjelaskan kesehatanmu.

1. Rambut rontok dan memutih

Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut serta rambut memutih atau beruban biasanya menjadi pertanda bahwa menjelang usia tua. Namun selain itu, ada sejumlah alasan mengapa kedua hal tersebut dapat terjadi pada rambut kita.

Menurut penelitian terbaru, pria yang mempunyai penyakit jantung kroner lebih mudah mengalami kebotakan dan beruban sebelum waktunya. Peserta yang bersangkutan dalam penelitian itu dibandingkan dengan populasi pria yang cenderung dengan jantung lebih sehat. Hasilnya kelompok yang memiliki kondisi jantung tidak sehat kerap mengalami pola kebotakan pada rambutnya.

Ilustrasi Foto Rambut Rusak dan Kering (iStockphoto)

Rambut yang kering dan rapuh terkenal sangat menganggu. Selain tak enak disentuh, rambut yang rapuh juga menandakan sepertinya Anda tak mengrus rambut dengan benar. Padahal rambut kering dan rapuh bisa jadi karena Anda lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah.

Terlalu sering terkena matahari bisa jadi salah satu penyebab utama. Orang-orang yang memiliki rambut yang tipis dan kerap terkena cahaya matahari dapat meningkatkan risiko terbakarnya kulit kepala. Oleh karena itu, untuk Anda yang cenderung memiliki jenis rambut kering dan rapuh ada baiknya menggunakan pelindung kepala seperti topi untuk menghindari hal terbakarnya rambut akibat sinar matahari.

Selain matahari, menggunakan pewarna dan berbagai pemanas rambut termasuk hair dryer juga bisa menyebabkan masalah seperti rambut kering.

3. Rambut kusam

 

Ilustrasi rambut kusam. (via: warosu.org)

Rambut bercahaya atau berkilau pasti diinginkan oleh setiap orang. Jika Anda tertarik dengan rambut seperti itu, maka ada baiknya Anda perlu mempertimbangkan pola asupan makanan. Orang-orang yang mengalami rambut kusam bisa diakibatkan karena Anda kekurangan protein, zat besi, hingga asam lemak omega 3, serta zinc.

Biasanya orang yang memiliki rambut kusam disertai dengan rontok, kerap mengalami masalah pada pola makan.

4 Makanan Penyebab Ketombe

Ketombe pada rambut menyebabkan rasa gatal dan menganggu penampilan, apalagi jika kita menggunakan pakaian berwarna hitam. Jika kamu sering kali berketombe, ada baiknya memeriksakan hal ini kepada dokter kulit karena bisa jadi permasalahannya terletak pada kulit kepala serta pola makan.

Ketombe bewarna kuning dan berminyak bisa jadi tanda dari adanya seborrheic dermatitis, atau kondisi kulit yang meradang sehingga mengakibatkan gatal yang tak nyaman di kepala serta timbulnya sisik. Dengan mengetahui masalahnya, kita pun bisa berusaha mengatasinya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Mulai Buka Usaha di 2018? Buruan Coba 5 Tips Jitu Ini

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Tahun telah berganti, tentu resolusi baru juga sudah harus dipersiapkan. Lalu, apa salah satu resolusi Anda di 2018 adalah memulai usaha?

Meski banyak yang ragu untuk memulai usaha, terlebih pada awal bisnis baru dibangun akan berhadapan dengan berbagai rintangan, namun jangan sampai mematahkan semangat kita begitu saja.

Sebagai seorang pengusaha, kita perlu menyiapkan strategi bisnis dan mental dalam menghadapi setiap rintangan atau risiko yang ada.

Membangun usaha sendiri memang tidaklah mudah, tetapi bukan hal yang juga tidak mungkin dilakukan. Siapa saja bisa sukses, asalkan usaha dibangun dengan benar.

Berikut beberapa tips jitu untuk memulai bisnis dari awal, seperti dilansir dari Laruno.com, Kamis (4/1/2018):

1. Urus izin usaha

Perizinan usaha, dokumen pajak, dan dokumen-dokumen legal lainnya yang diperlukan untuk membuat usaha harus diurus agar kelangsungan usaha di masa depan lebih mudah.

2. Perencanaan yang matang

Apakah Anda punya ide yang bagus untuk bisnis Anda? Sebelum mewujudkan ide tersebut, pastikan ide bisnis Anda tersebut relevan dan dapat diwujudkan di lokasi tempat Anda berbisnis.

Tentukan target market Anda dan kenali mereka. Lakukan pengamatan atau riset pasar, kemudian buatlah perencanaan bisnis yang tepat.

 

Setelah Anda sudah menentukan bentuk, jenis usaha, dan perencanaan bisnis yang akan dibangun, cek dukungan finansial Anda. Apakah Anda bisa berjalan dengan modal sendiri, atau memerlukan tambahan modal dana dari kredit usaha.

4. Bangun awareness

Untuk membangun awareness bisnis, sebagai langkah awal Anda bisa menentukan nama usaha, desain logo, kemudian membeli domain untuk membuat website. Agar lebih profesional, miliki alamat e-mail dengan domain perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan stakeholder lainnya.

Karena bisnis Anda baru dibangun, pilih sistem dan tools IT yang sesuai dengan jenis usaha agar bisnis Anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan demikian, biaya bisa dialokasikan lebih besar untuk promosi, membangun awareness, dan layanan pelanggan.

 Demikian beberapa tips untuk membangun bisnis dari awal. Semoga bermanfaat.

 Mau baca tips bisnis dan karir lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik tdwuniversity.com

Baca Juga: 5 hal sederhana ini memberikan efek besar pada kesuksesan bisnis Anda di sini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tembakan Tiga Angka Curry Menangkan Warriors atas Mavericks

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Stephen Curry menjadi pahlawan Golden State Warriors saat melawan Dallas Mavericks. Tembakan tiga angka Curry di detik-detik akhir memastikan Warriors menang 125-122 pada lanjutan NBA, Rabu (3/1/2018) atau Kamis (4/1/2018) pagi WIB.

Bertanding di kandang sendiri American Airlines Center, Mavericks lebih sering tertinggal sepanjang pertandingan. Namun Maveircks pantang menyerah. 

Sempat tertinggal 12 poin dengan tersisa tersisa empat menit 32 detik lagi, Mavericks perlahan bisa memangkas jarak. Jumper Harrison Barnes saat laga tersisa 39,9 detik membuat skor imbang 120-120.

Warriors kembali unggul dua poin berkat aksi Klay Thompson. Lagi-lagi Barnes membuat skor sama kuat 122-122.

Dalam situasi genting, Curry menunjukkan mental juaranya. Curry melepaskan tembakan tiga angka dengan tersisa tiga detik lagi guna membawa Warriors kembali unggul.

Mavericks gagal memaksakan overtime setelah tembakan Dennis Smith Jr saat buzzer meleset dari sasaran.

 

Curry pada laga ini total membuat 32 poin. Big four Warriors (Curry, Kevin Durant, Thompson dan Draymond Green) benar-benar bekerja keras di laga kali ini. Total mereka berempat membuat 100 angka.

Di kubu Mavericks, Wesley Matthews memimpin perolehan angka dengan 22 poin. Dwight Powell menyusul dengan 21 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wanita-Wanita Cantik Berkimono Hiasi Pembukaan Bursa Saham Tokyo

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Sejumlah wanita mengenakan busana kimono berpose setelah pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). Saham Tokyo melonjak pada hari pertama pembukaan pasar saham. (AP Photo/Kazuhiro Nogi)

Sejumlah wanita mengenakan busana kimono berpose setelah pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). Saham Tokyo melonjak pada hari pertama pembukaan pasar saham. (AP Photo/Kazuhiro Nogi)

Sejumlah wanita mengenakan busana kimono berpose setelah pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). Mereka hadir sebagai bagian dari upacara pembukaan bursa saham yang digelar setiap awal tahun. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Sejumlah wanita mengenakan busana kimono berpose setelah pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). Mereka hadir sebagai bagian dari upacara pembukaan bursa saham yang digelar setiap awal tahun. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Dua wanita berbusana kimono melihat pergerakan saham pada pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Dua wanita berbusana kimono melihat pergerakan saham pada pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Sejumlah wanita mengenakan busana kimono setelah pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). Saham Tokyo melonjak pada hari pertama pembukaan pasar saham. (AP Photo/Kazuhiro Nogi)

Sejumlah wanita mengenakan busana kimono setelah pembukaan pasar saham untuk tahun ini di Bursa Saham Tokyo, Jepang (4/1). Saham Tokyo melonjak pada hari pertama pembukaan pasar saham. (AP Photo/Kazuhiro Nogi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gubernur Kalteng, Mantan Suami Ussy Sulistiawati Akan Menikah Lagi

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Setelah rumah tangganya pernah kandas saat bersama artis Ussy Sulistiawaty, kini Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, akan melepas status dudanya pada 25 Januari mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis Histeris Jennifer Dunn Saat Diciduk Pihak Kepolisian

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Pernah merasakan hidup dibui rupanya tidak membuat Jennifer Dunn kapok. Di penghujung tahun 2017 kemarin, wanita yang akrab disapa Jedun itu kembali diciduk pihak kepolisian karena kasus narkoba.

Minggu, 31 Desember 2017, polisi menyambangi kediaman Jennifer Dunn di kawasan Bangka, Jakarta Selatan. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Jedun tampak menangis tersedu-sedu saat polisi menggeledah kamarnya.

 Artis peran dan model, Jennifer Dunn mengangkat tangan saat diperlihatkan usai penangkapan di Dirnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktris berusia 28 tahun itu bahkan duduk berlutut di hadapan seorang anggota kepolisian. Ia meminta maaf dan memohon agar tidak ditangkap.

"Aku khilaf, demi Allah. Pak tolong, kasihan mama," ujar Jennifer Dunn sambil terisak.

"Kalau kasihan jangan pakai (narkoba)," ucap petugas.

"Iya aku nyesel," kata Jennifer Dunn lagi.

 

Jennifer Dunn adalah seorang aktris yang lahir di Jakarta, 10 Oktober 1989

Pada 2005 silam, Jennifer Dunn pertama kalinya berurusan dengan pihak kepolisian atas kepemilikan ganja. Padahal saat itu usianya masih 15 tahun.

Kemudian pada 2009, Jennifer Dunn kembali berurusan dengan polisi. Ia tertangkap tangan tengah pesta seks dan narkoba.

Dan di penghujung 2017 kemarin, Jennifer Dunn memesan sabu dari seorang bandar narkoba berinisial FS yang telah lebih dulu ditangkap. Pihak kepolisian berhasil menemukan barang yang dipakai Jedun untuk mengonsumsi sabu seberat 0,5 gram di kamarnya.

 

Faisal Harris [foto: stephenlangitan.com]

Ada cerita menarik di balik drama penggerebekan rumah Jennifer Dunn. Artis yang dituding pelakor itu sempat meminta pertolongan suami sirinya, Faisal Harris.

Hal itu diungkapkan Ketua RT tempat tinggal Jennifer Dunn, M. Husni Rahman saat ditemui Liputan6.com, di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2018). Menurutnya, Jennifer Dunn langsung meminta keluarganya menghubungi seseorang yang diyakini sebagai Faisal Harris.

"Pada saat penggerebekan memang sempat hubungi Harris. Dia (Jennifer Dunn) bilang, 'coba hubungi'. Sekitar 15 menit, langsung ada yang datang. Cuma saya enggak tahu bapak itu siapa," kata M. Husni Rahman yang turut menyaksikan penggerebekan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kena Pneumonia, Bagaimana Kondisi Putra Kim Kardashian Sekarang?

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Kondisi Saint West kian membaik pasca-berjuang melawan pneumonia. Putra duo bintang Kanye West dan Kim Kardashian ini berjuang melawan penyakitnya setelah dirawat di rumah sakit selama tiga hari.

Dilansir Health, Kamis (4/1/2018), Melalui Instagramnya, Kim Kardashian mengunggah foto dirinya sedang menggendong buah hatinya.

"Putra kesayanganku sangat kuat! Setelah menghabiskan waktu tiga malam di rumah sakit dan melihat bayiku mendapatkan banyak infus dan badannya terhubung ke mesin oksigen, akhir tahun kami terasa begitu menantang. Pneumonia terasa begitu menyeramkan," tulis Kim, memberi judul foto yang diunggahnya.

Tak lupa bintang reality show tersebut mengucapkan terima kasih kepada para perawat yang telah merawat buah hatinya yang berusia dua tahun tersebut. "Mereka telah bekerja sangat keras sepanjang waktu," ujar dia.

"Kini dia di rumah dan semuanya lebih baik. Dia sangat tangguh. Aku yakin dia masih berpikir bahwa naik ambulan itu keren," imbuh Kim Kardashian.

 

Saint West (instagram/kimkardashian)

Pneumonia, penyakit yang diderita Saint, merupakan penyakit yang menyerang salah satu atau kedua paru-paru. Dilansir dari, Healthline, penyakit infeksi paru-paru tersebut disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.

Pneumonia menyerang alveoli, di mana alveoli berisi cairan. Hal inilah yang menyebabkan penderita pneumonia merasa kesulitan untuk bernapas.

Gejala yang ditimbulkan dari pneumonia, yaitu batuk berdahak, demam, berkeringat dingin, nyeri di bagian dada, dan tarikan napas yang pendek. Gejala lain sangat mungkin terjadi, bergantung pada usia dan kondisi fisik individu penderita.

Adapun pneumonia dapat diatasi dengan beberapa cara, seperti pemberian antibiotik, tidak banyak melakukan aktivitas fisik, dan jika kondisi memburuk, dapat dilakukan tindakan rawat inap di rumah sakit. Penderita dapat melakukan terapi respirasi dan terapi oksigen bila diperlukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Mengapa Warna Jeans Kebanyakan Biru

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Jeans identik dengan warna biru. Meskipun kini jeans telah diproduksi dalam berbagai warna tetapi istilah blue jeans alias jeans biru tetap paling menempel di kepala.

Jika pernah bertanya-tanya mengapa warna jeans kebanyakan biru? Ini jawabannya. Melansir dari Business Insider, Kamis (4/1/2018), warna biru pada jeans awalnya berasal dari warna cat pakaian natural indigo.

Warna tersebut dipilih karena sifatnya yang unik. Kebanyakan cat pakaian menyerap di serat katun, tetapi tidak dengan natural indigo. Warna ini hanya menempel di permukaan serat.

Maka setiap dicuci, sebagian molekul warna hilang menjadikan warna jeans unik. Istilah belel mungkin tepat untuk menggambarkan warna signature dari jeans yang sering dicuci.

 

Ilustrasi Celana Jeans  (iStockphoto)​

Warna biru pada jeans memang tidak pernah ketinggalan zaman. Sejak dulu hingga sekarang, jeans menjadi bahan yang selalu ada dan menjadikan pemakainya tampak modis.

Kini jeans dicat dengan warna indigo sintetis. Namun, cat ini sebenarnya lebih pintar daripada cat indigo natural. Sebab, cat ini hanya melekat di salah satu jeans saja.

Itu sebabnya warna jeans bagian dalam umumnya tetap putih meskipun luarnya biru. Dengan begini, cat ini dapat menghemat zat pewarna yang dibutuhkan untuk memberikan warna pada jeans.

 

Ilustrasi Celana Jeans  (iStockphoto)​

Setiap satu celana jeans membutuhkan 3-12 gram pewarna pakaian. Setiap tahun, industri cat memproduksi ratusan ribu ton zat pewarna untuk jeans. Kebanyakan digunakan pada tahun yang sama untuk memproduksi jeans.

Bayangkan, berapa banyak jeans diproduksi setiap tahunnya? Ini artinya jeans tetap tidak akan ketinggalan zaman hingga puluhan tahun mendatang, bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamu Bisa Lihat Gerhana Bulan Langka di Indonesia 31 Januari

Posted: 03 Jan 2018 09:00 PM PST

Gerhana bulan pertama yang terjadi di tahun ini akan berlangsung sebentar lagi, tepatnya pada 31 Januari 2018. Namun, gerhana kali ini tak biasa sebab terjadi pada bulan purnama kedua dalam satu bulan.

Sekadar informasi, peristiwa tersebut lebih dikenal sebagai blue moon. Uniknya, gerhana bulan semacam ini terbilang langka dan dilaporkan tak pernah terjadi dalam kurun waktu lebih dari 150 tahun terakhir.

Beruntung, Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat menyaksikan peristiwa tersebut. Dikutip dari Space, Rabu (3/1/2018), peristiwa ini juga dapat disaksikan di Asia Timur dan Tengah, Selandia Baru, dan hampir seluruh Australia.

Setelah itu, gerhana akan dapat dilihat dari wilayah Asia Barat, India, Timur Tengah, dan Eropa bagian Timur--sebelumnya berakhir bersamaan dengan munculnya bulan.

Sementara Bumi bagian timur, seperti Alaska, Hawaii, dan sebagian Kanada dapat menyaksikan gerhana bulan ini sejak awal hingga usai. Sebab, posisi bulan yang berada di horizon akan terjadi di sebagian Amerika utara dan tengah.

Menurut prediksi, seluruh fase tersebut akan terjadi selama 77 menit. Setelah tahun ini, peristiwa serupa berikutnya terjadi pada 31 Desember 2028 dan 31 Januari 2037. Keduanya merupakan gerhana bulan total.

 

Selain gerhana bulan, tahun ini juga dibuka dengan peristiwa Supermoon yang berlangsung dari 1 Januari hingga 2 Januari 2018. Supermoon sendiri merupakan fenomena saat Bulan tampak bulat menyeluruh.

Bentuknya juga lebih besar dan terang dari penampakan biasanya. Peristiwa ini juga terjadi bersamaan dengan "Lunar Perigee", atau situasi di mana Bulan dan Bumi jaraknya berdekatan.

Peristiwa Supermoon di 2017 sebetulnya baru saja terjadi pada Desember 2017. Puncak Supermoon telah terjadi pada Minggu subuh (3/12/2017) kira-kira pukul 4.00 WIB waktu Indonesia.

Jika jarak Bulan biasanya berjarak 383 km dari Bumi, saat Supermoon satelit Bumi tersebut akan berjarak lebih dekat, sekitar 357 km.

Menurut informasi yang dilansir Fox News, Bulan pada saat Supermoon akan lebih terang 30 persen dan 14 persen lebih besar. Penduduk di wilayah Asia akan melihatnya menutupi lintasan bintang Aldebaran sebelum purnama.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: