Minggu, 28 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dianggap Tak Mampu Nafkahi Anak, Ini Jawaban Sandy Tumiwa

Posted: 28 Jan 2018 09:50 PM PST

Perseteruan mantan pasangan, Tessa Kaunang dan Sandy Tumiwa semakin memanas. Seperti yang diketahui, Sandy Tumiwa sengaja menggerebek kediaman Tessa Kaunang dan menudingnya sering menginapkan kekasih.

Alasan tindakan Sandy Tumiwa itu sederhana, ia hanya ingin melindungi kedua buah hatinya dari lingkungan yang buruk. Pesinetron 36 tahun itu pun ingin merebut hak asuh anak dari Tessa Kaunang.

Namun, perkataan Sandy Tumiwa itu justru dipandang sebelah mata oleh Tessa Kaunang. Melalui Instagram pribadinya, aktris sekaligus presenter itu menuding Sandy Tumiwa tak bisa menafkahi kedua anak mereka.

Sandy Tumiwa (Deki Prayoga/bintang.com)

"Nafkahin diri sndiri ajah ga becus koq pake mo ambil alih hak asuh.. Mo ksh mkn apa tuh anak2??" ujar Tessa di Instagram pribadinya, Minggu (28/1/2017).

Sandy Tumiwa (Deki Prayoga/bintang.com)

Sandy Tumiwa jelas keberatan dengan tudingan Tessa Kaunang tersebut. Menurutnya, selama ini dirinya sudah berusaha semaksimal mungkin dan bekerja keras demi kehidupan anak-anaknya.

"Pada waktu itu, dulu kalian tahu-lah, saya lagi berusaha, tapi kan sekarang bersyukur ada saja rezeki kok," ujar Sandy Tumiwa saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/1/2018).

Sandy Tumiwa  (Deki Prayoga/Bintang.com)

Tudingan Tessa Kaunang tersebut bukannya tanpa alasan. Seperti yang diketahui, Sandy Tumiwa sempat mendekam di penjara akibat kasus penipuan yang menjeratnya pada 2016.

Setelah bebas di awal 2017 lalu, Sandy Tumiwa pun dikabarkan kehilangan sebagian besar hartanya dan tak punya pekerjaan apapun. 

Sandy Tumiwa, Tessa Kaunang dan anak-anak

Namun kini, Sandy Tumiwa mengaku sudah punya pekerjaan yang bisa menjamin kehidupan anak-anaknya. "Syuting saya film layar lebar," jawab Sandy Tumiwa.

Tak hanya itu, tawaran untuk tampil di televisi pun mulai berdatangan kembali. Karena itulah, Sandy Tumiwa optimis bisa mematahkan tudingan Tessa Kaunang soal kemampuannya menafkahi anak.

"Ya wajib (menafkahi anak), karena namanya niat baik pasti ada saja jalannya. Saya rezeki juga ada di mana saja. Di televisi, atau keluar Jawa, ada saja rezeki. Karena rezeki enggak akan ke mana," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Hasil Kunjungan Jokowi ke Bangladesh

Posted: 28 Jan 2018 09:47 PM PST

Indonesia dan Bangladesh sepakat untuk terus memperkokoh kerjasama ekonomi dan menciptakan peluang kerja sama baru.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina di Kantor Perdana Menteri Bangladesh, Dhaka, Minggu, 28 Januari 2018.

"Saya gembira dalam beberapa waktu terakhir ini, hubungan Indonesia-Bangladesh semakin intensif termasuk peningkatan kerja sama di bidang ekonomi," ujar dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Di bidang ekonomi, beberapa perkembangan positif terjadi pada kerja sama antar kedua negara. Salah satunya adalah nilai perdagangan pada 2017 yang menunjukkan peningkatan sebesar 25,96 persen atau senilai US$ 1,53 miliar.

"Saya menyambut baik kesepakatan untuk menegosiasikan PTA. Saya juga mengharapkan hambatan-hambatan perdagangan dapat dihilangkan demi arus perdagangan yang lebih besar dan saling menguntungkan," kata dia.

Di bidang energi, Indonesia dan Bangladesh penandatanganan Letter of Intent (LoI) mengenai pasokan LNG dari Pertamina ke Petrobangla. Diharapkan pengiriman LNG sudah dapat dilakukan pada tahun ini.

"Indonesia siap mendukung ketahanan energi Bangladesh antara lain melalui pasokan LNG dan batu bara," lanjut dia.

Sementara itu di bidang konektivitas, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap Bangladesh yang telah mempercaya PT INKA untuk mendukung dalam pengembangan konektivitas Bangladesh. Sudah 400 gerbong yang dipatok PT INKA ke Bangladesh.

"Saya yakin pengiriman kereta akan dapat dilakukan sesuai jadwal. Indonesia siap untuk terus mendukung pembangunan konektivitas di Bangladesh termasuk diperbaharuinya Perjanjian Transportasi Udara untuk meningkatkan frekuensi penerbangan dari 2 menjadi 10 kali seminggu," jelas dia.

Di bidang Kelautan dan Perikanan, Presiden juga menyambut gembira penandatanganan komunike bersama terkait pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregistered (IUU) Fishing.

"Pemberantasan IUU Fishing akan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan kita dan sejalan dengan komitmen kerja sama IORA sebagaimana tertuang dalam Kesepakatan Jakarta Concord," ungkap Jokowi.

 

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Presiden Jokowi juga menginginkan peran kedua negara untuk aktif dalam menggerakkan kerja sama di kawasan Samudera Hindia. Dia menilai, lingkar Samudera Hindia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

"Saya yakin Indonesia dan Bangladesh dapat berkontribusi untuk mewujudkan Kawasan Samudera Hindia yang damai, stabil, dan sejahtera," kata dia.

Jokowi juga menilai, sudah saatnya pula kerja sama di lingkar Samudera Hindia dikaitkan dengan kerja sama di Samudera Pasifik, atau kerja sama Indo-Pasifik.

Kerja sama ini juga harus didasarkan rasa saling percaya (confidence building) dan habit of dialogue. Serta dilakukan secara terbuka dan transparan, inklusif dan menghormati hukum internasional," ujar Presiden.

Untuk itu, peran IORA (Indian Ocean Rim Association) dimana Indonesia dan Bangladesh menjadi anggota sangatlah penting terutama dalam membangun arisitektur kawasan.

Berikut rincian lima bidang kerjasama hasil kunjungan Presiden Jokowi ke Bangladesh :

- MoU on Foreign Office Consultation

- Joint Communique on the cooperation to Combat IUU Fishing

.- Joint Ministerial Statement on the Launching of the Negotiations for Indonesia

-Bangladesh Prefential Trade Agreement.

- MoU antara Bangladesh Power Development Board (BPDB) dan PT Pertamina mengenai Project Integrated Power.

- LoI mengenai kesepakatan supply LNG dari Pertamina ke Petrobangla.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Diperketat, Toyota dan Honda Tunda Ekspor Mobil ke Vietnam

Posted: 28 Jan 2018 09:46 PM PST

Dua raksasa otomotif asal Jepang, Toyota dan Honda telah menunda ekspor ke Vietnam sejak awal tahun. Hal tersebut, karena adanya pemeriksaan ketat terhadap kendaraan yang diimpor ke Vietnam.

Dilansir AsianNikkei, ditulis Senin (29/1/2018), aturan tersebut dipandang sebagai proteksionisme. Hal ini menyusul penghapusan tarif impor untuk mobil dari negara Asia Tenggara, sebesar 30 persen pada 1 Januari tahun ini.

Toyota mengatakan, pihaknya telah menghentikan semua produksi untuk diekspor ke pasar Vietnam. Pembuat mobil asal Negeri Sakura ini, memang memproduksi lokal di Vietnam, namun impor juga dilakukan dari Thailand, Indonesia, dan Jepang.

Untuk impor dari tiga negara tersebut memang cukup besar, mencapai seperlima dari pangsa pasar di Vietnam atau sekitar 1.000 unit per bulan. Untuk mobil yang diimpor, seperti pikap Hilux, Yaris, Fortuner, dan merek Lexus.

"Pasar Vietnam melambat tahun lalu dengan jelas, karena konsumen menahan diri untuk tidak membeli saat menunggu penghentian tarif pada akhir 2017," jelas Presiden Toyota Motor Thailand, Michinobu Sugata.

Memang, penjualan mobil di Vietnam antara Januari hingga November merosot 10 persen, menjadi 245 ribu unit. "Kami mengantisipasi lompatan besar pada 2018, namun karena hambatan non-tarif yang ditetapkan oleh pemerintah Vietnam, kami sama sekali tidak dapat mengekspor ke pasar," tambahnya.

Untuk diketahui, peraturan yang disebut sebagai Dekrit 116 ini telah diumumkan pada Oktober 2017. Dalam peraturan tersebut, memerlukan uji emisi dan keselamatan yang harus dilakukan pada setiap batch mobil yang diimpor. Padahal sebelumnya, hanya menguji setiap model dalam pengiriman pertama.

Daya saing ekspor mobil Indonesia secara keseluruhan berada di peringkat 41 dunia, Jabar, Kamis (23/2).  Sementara Thailand berada di peringkat 34 dunia, dan Malaysia di peringkat 25 dunia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kementerian Perdagangan dan Industri Jepang di Vietnam mengatakan, satu tes emisi bisa memakan waktu hingga dua bulan dan menghabiskan biaya hingga US$10 ribu.

"Ini akan menyebabkan banyak waktu dan uang," ujarnya kepada Perdana Menteri (PM) Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, Desember tahun lalu.

Dengan begitu, setiap model yang dimpor harus mendapatkan sertifikat Vehicle Type Approval (VTA) dari otoritas negara pengekspor. Dengan VTA ini, untuk menunjukan bahwa kendaraan tersebut memenuhi standar di negara yang kendaraan tersebut bakal dijual.

Sejak keputusan tersebut, pemerintah eksporti besar seperti Jepang, Thailand, dan Amerika Serikat telah menyatakan keprihatiann kepada Vietnam. pasalnya, sudah tidak mungkin pihaknya menjual kendaraan ke Vietnam, dan keputusan tersebut dapat melanggar peraturan Organisasi Perdagangan Dunia.

Sejumlah mobil yang siap diekspor di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta, Selasa (8/8). Kemenperin mencatat ekspor mobil CBU pada Semester I tahun meningkat 20,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2016. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain Toyota, merek yang juga terpukul dengan aturan ini, adalah Honda yang berniat mengirimkan SUV andalannya, CR-V dari Thailand di awal tahun ini. Sebelumnya, pabrikan berlambang huruf H ini, merakit secara lokal CR-V di Vietnam, dengan komponen yang masih diekspor dari Thailand.

Namun, untuk menghemat biaya, akhirnya Honda memindahkan produksi sepenuhnya ke Thailand, namun hal tersebut akhirnya harus ditunda. Rencananya, Honda bakal mengimpor 10 ribu CR-V sepanjang 2018, dan meningkat 70 persen dari yang diproduksi di Vietnam tahun lalu, terlebih karena model baru yang sudah diluncurkan.

"Model CR-V terbaru sangat populer, dan kamu sudah menerima sekitar 200 pesanan," kata pemilik dealer di Hanoi, Vietnam. "Tapi, mobil-mobil itu tidak akan sampai pada April mendatang," tambahnya.

Sementara itu, untuk Mitsubishi Motor juga menghentikan produksi SUV Pajero Sport untuk pasar Vietnam di Thailand. "Kami terus meningkatkan keprihatinan kami dengan pemerintah Vietnam, sehubungan dengan dampak penting (keputusan) mengenai operasi tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Vietnam, Kamboja, laos, dan Myanmar diberi waktu dua tahun untuk menghapus semua tarif perdagangan regional, terkait barang yang disepakati anggota. Hal tersebut terungkap ketika blok 11 negara memulai ASEAN Economic Community, akhir 2015.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Takut Longsor, Warga Bogor Korban Gempa Banten Tinggal di Kebun Teh

Posted: 28 Jan 2018 09:45 PM PST

Warga berteduh dalam tenda di perkebunan teh milik PT Nirmala di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Warga khawatir akibat gempa dan hujan menimbulkan tanah longsor di desanya. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Warga berteduh dalam tenda di perkebunan teh milik PT Nirmala di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Warga khawatir akibat gempa dan hujan menimbulkan tanah longsor di desanya. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Warga membangun tenda untuk mengungsi di perkebunan teh milik PT Nirmala di Desa Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat. Dari 168 KK atau 1.081 jiwa yang mengungsi, sebagian besar adalah perempuan, anak-anak, dan lansia. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Warga membangun tenda untuk mengungsi di perkebunan teh milik PT Nirmala di Desa Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat. Dari 168 KK atau 1.081 jiwa yang mengungsi, sebagian besar adalah perempuan, anak-anak, dan lansia. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Bentuk tenda warga yang mengungsi di perkebunan teh milik PT Nirmala di Desa Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat. Mereka terpaksa meninggalkan kampungnya karena retakan bukit akibat gempa beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Bentuk tenda warga yang mengungsi di perkebunan teh milik PT Nirmala di Desa Malasari, Nanggung, Bogor, Jawa Barat. Mereka terpaksa meninggalkan kampungnya karena retakan bukit akibat gempa beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Ini Keluhan Rossi di Tes Pramusim

Posted: 28 Jan 2018 09:45 PM PST

Tim Movistar Yamaha kembali menurunkan dua pembalap terbaiknya yakni Valentino Rossi dan Maverick Vinales selama menjalani tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang. Pada hari pertama,Minggu (28/1/2018), duo joki Garpu Tala memiliki kesempatan untuk mengenal karakteristik motor YZR-M1 mereka.

Perasaan positif mulai dirasakan Rossi saat kondisi lintasan basah di pagi hari, Minggu (18/1) kemarin. Dengan menggunakan helm baru, the Doctor menyelesaikan posisinya di urutan ke-12.

Setelah kondisi lintasan mulai mengering di siang hari, Rossi yang menggunakan motor anyar M1 2018 dan dia berhasil menorehkan catatan waktu tercepat keenam 2 menit 00: 233 detik dari total 50 lap yang dilahapnya di hari pertama tes pramusim.

Faktor yang membuat Rossi tampil percaya diri di tes pramusim hari pertama yakni penggunaan sasis baru. Menurutnya, dengan sasis ini dirinya merasa lebih baik menunggangi motor.

Ini membuat Rossi tampil lebih baik ketimbang Marquez pada tes hari pertama MotoGP. Rossi harus puas berada di posisi keenam dengan perbedaan waktu 0,806 detik dari Dani Pedrosa yang menjadi tercepat di hari pertama tes pramusim MotoGP.

 

Valentino Rossi mengomentari positif sasis anyar motor Yamaha YZR-M1 yang dipakai pada tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Minggu (28/1/2018). (Twitter/Yamaha MotoGP)

Namun begitu, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Movistar Yamaha. Dia mengatakan, tim harus berkonsentrasi pada bagian elektronik.

"Kami mencoba dua mesin yang berbeda untuk memperbaiki akselerasi dan tidak begitu buruk. Begitu pula dengan kecepatan cukup bagus," ungkap Rossi seperti dikutip dari laman resmi Yamaha Racing, Senin (29/1/2018).

"Kami perlu mengerjakan barang elektronik terutama untuk menyelamatkan ban belakang. Tapi kesan pertama itu positif," tukas Rossi.

Valentino Rossi gembira dengan hasil pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (28/1/2018). (Twitter/Yamaha MotoGP)

Catatan WaktuBerikut catatan waktu tes pramusim MotoGP Sepang:

1. ^1 Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 59.427s [Lap 55/56]

2. ^1 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 1m 59.770s +0.343s [33/35]

3. ^10 Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (GP18) 2m 59.802s +60.375s [38/38]

4. ^6 Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 2m 0.123s +0.696s [29/30]

5. ^9 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 2m 0.178s +0.751s [42/43]

6. ˅5 Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 2m 0.233s +0.806s [44/50]

7. = Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 0.290s +0.863s [50/51]

8. ˅3 Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 2m 0.421s +0.994s [60/62]

9. ^3 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 0.522s +1.095s [28/38]

10. ˅1 Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 0.568s +1.141s [38/39]

11. = Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2m 0.627s +1.200s [61/63]

12. ^3 Takaaki Nakagami GBR LCR Honda (RC213V) 2m 0.664s +1.237s [63/64]

13. ˅9 Maverick ViƱales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 2m 0.714s +1.287s [55/72]

14. ^4 Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 0.866s +1.439s [34/40]

15. ˅9 Tito Rabat ESP Reale Avintia (GP17) 2m 0.912s +1.485s [66/66]

16. ˅8 Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 1.027s +1.600s [27/41]

17. ^2 Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 1.099s +1.672s [29/39]

18. ˅1 Franco Morbidelli ESP EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 2m 1.161s +1.734s [61/62]

19. ˅3 Alvaro Bautista ESP Angel Nieto Team (GP17) 2m 1.728s +2.301s [30/40]

20. = Sylvain Guintoli FRA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 1.864s +2.437s [37/58]

21. = Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 1.962s +2.535s [40/51]

22. = Yamaha Test 3 JPN Yamaha Test Rider (YZR-M1) 2m 2.044s +2.617s [26/28]

23. ^1 Yonny Hernandez COL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 2m 2.053s +2.626s [47/47]

24. ^3 Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 2m 2.088s +2.661s [46/46]

25. ˅2 Yamaha Test 2 JPN Yamaha Test Rider (YZR-M1) 2m 2.527s +3.100s [23/39]

26. ˅1 Xavier Simeon ESP Reale Avintia (GP16)* 2m 2.946s +3.519s [45/47]

27. ^1 Tom Luthi SWI EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 2m 3.732s +4.305s [57/58]

28. ˅2 Yamaha Test 1 JPN Yamaha Test Rider (YZR-M1) 2m 3.786s +4.359s [3/3]

29. = Michele Pirro ITA Ducati Test Rider (GP18) 2m 4.767s +5.340s [3/4]

30. = Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 5.932s +6.505s [7/7]

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompak, Ini Gaya John Legend dan Istri di Grammy Awards 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:45 PM PST

Pasangan romantis John Legend dan Chrissy Teigen juga terlihat pada red carpet ajang penghargaan bergengsi untuk insan musik dunia Grammy Awards 2018. Chrissy yang tengah mengandung bayi darii John Legend ini terlihat cantik dalam balutan gaun sequin silver yang memesona. Sementara sang pelantun lagu romantis, John Legend terlihat gagah mendampingi sang istri dalam balutan setelah jas hitam.

Pada Grammy Awards 2018 ini Chrissy terlihat seksi meski sedang hamil. Model cantik ini menggunakan gaun sequin silver dengan gradasi warna merah yang memberikan statement pada penampilannya. Gaun dari Yanina Couture ini memiliki aksen rufle pada bagoan perut dan dilengkapi dengan belt berwarna senada yang membuat siluet kehamilan yang indah pada bagian perut Chrissy Teigen.

Menyempurnakan penampilannya, Chrissy Teigen menggunakan aksesori anting dengan material metal senada dengan gaunnya. Sebuah clutch merah dengan aksen metal silver semakin mempercantik penampilannya.

Makeup yang digunakan Chrissy Teigen saat Grammy Awards 2018 ini terlihat flawless dengan memulas warna earth tone untuk mengimbangi rambut cokelatnya yang dibiarkan tergerai indah.

 

 

 

Sementara sang suami terlihat tampan dalam balutan setelan jas navy. Pada bagian dalam, John Legend menggunakan kemeja putih dan menambahkan dasi kupu-kupu yang membuat penampilannya semakin memukau. Berpose sembari mengelus perut sang istri, John Legend terlihat tersenyum bahagia.

Pada momen Grammy Awards ini, keduanya juga mengumumkan kabar gembira untuk jenis kelamin sang calon bayi. Lewat akun Instagram pribadinya, Chrissy Teigen membagikan fotonya dengan keterangan yang menarik perhatian masyarakat.

"Mama and her baby boy," tulisnya pada keterangan foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kritik Donald Trump, Logic Raih Standing Ovation di Grammy Awards

Posted: 28 Jan 2018 09:40 PM PST

Logic, Alessia Cara, dan Khalid, berkolaborasi dalam penampilan terakhir di Grammy Awards 2018.

Dalam perhelatan yang diadakan di Madison Square Garden, New York City, pada Minggu (28/1/2018) malam waktu setempat ini, mereka membawakan lagu "1-800-273-8255". Lagu ini, dinominasikan dalam kategori Song Of The Year, meski akhirnya dikalahkan oleh "That's What I Like" dari Bruno Mars.

Ada yang menarik saat ketiganya menampilkan lagu ini. Puluhan orang berbaju putih tiba-tiba naik ke atas panggung Grammy Awards di tengah lagu. Di pakaian mereka tertulis kalimat "You're Not Alone (Kamu Tak Sendirian)" atau susunan angka 1-800-273-8255.

 

Logic (Instagram/ logic)

Dilansir dari People, Senin (28/1/201, orang-orang berbaju putih yang hadir di panggung, adalah orang yang selamat dari percobaan bunuh diri, atau teman dan keluarga yang terkena dampak dari peristiwa bunuh diri.

Ini, adalah bagian dari kampanye pencegahan bunuh diri yang memang sesuai dengan pesan dari lagu "1-800-273-8255". Judul lagu ini sendiri, adalah nomor hotline pencegahan bunuh diri di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Logic pernah menampilkan hal serupa saat membawakan lagu ini di acara MTV VMA tahun lalu.

Logic di Grammy Awards 2018 (Billboard)

Selain pesan mengenai pencegahan bunuh diri, Logic juga menyampaikan sejumlah kritik sosial di panggung Grammy Awards.

Yang pertama adalah kritiknya terhadap Donald Trump yang menyebut negara asal para imigran sebagai sh*thole countries, atau lubang kotoran.

"Untuk semua negara indah yang dipenuhi budaya, keberagaman, dan sejarah yang bernilai ribuan tahun: kamu indah dan bukan lubang kotoran," tuturnya, disambut standing ovation dari hadirin.

Ia juga mengomentari sejumlah skandal pelecehan seksual yang dihadapi para pelaku dunia hiburan.

"Wanita adalah sama kuat dan berharganya dengan setiap laki-laki yang pernah kutemui. Dan aku ingin kalian tetap kuat dan berani menghadapi predator yang tak akan bisa mengambil hatimu yang baik dan penuh cinta. Jangan takut, kumandangkan suaramu," kata Logic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Sulsel Sosialisasikan Coklit Pilkada Serentak 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:36 PM PST

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan kembali melaksanakan sosialisasi Pilkada 2018. KPU mengajak masyarakat untuk pencocokan dan penelitian atau Coklit data pemilih apakah sudah terdaftar atau tidak.

"Sosialisasi ini sebagai penegasan kepada masyarakat agar mengetahui sebagai pemilih atau tidak, apakah sudah terdaftar atau tidak," kata Kepala Bidang Humas KPU Sulsel Asrar Marlang di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut dia, pemilihan lokasi sosialisasi Pilkada 2018 saat hari bebas berkendara di jalan Penghibur Pantai Losari Makassar adalah keputusan tepat, mengingat warga akan berkumpul untuk berkegiatan olah raga maupun mencari hiburan.

Selain itu, upaya sosialisasi tidak hanya dilakukan sekali tapi dilaksanakan berulang-ulang untuk memberikan infomasi secara komprehensif kepada masyarakat akan pentingnya menyalurkan hak pilihnya maupun memastikan sebagai pemilih salah satunya pemeriksaan Coklit.

"Pantai Losari dipilih saat hari bebas kendaraan untuk sosialisasi karena tempat berkumpulnya masyarakat, dan memastikan masyarakat jangan lupa menyalurkan hak pilihnya di Pilkada serentak 27 Juni 2018," ujar dia.

Cara sosialisasi Pilkada 2018, lanjut Asrar, dikemas dalam bentuk interaktif dengan melibatkan masyarakat yang berada di Pantai Losari untuk mengasah ingatan mereka kapan, hari apa dan kapan waktu pemilihan dan ada berapa Pilkada serentak berlangsung di provinsi Sulsel.

 

Ilustrasi Pilkada Serentak

Selain Pemilihan Gubernur Sulsel, kata Asrar, masyarakat juga diingatkan tentang Pilkada Wali Kota maupun Bupati tersebar di 12 kabupaten Kota. Sosialisasi ini pun melibatkan KPU Makassar dan KPU Kabupaten Gowa.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti permainan, selain mereka mendapat hadiah dari tim sosialisasi, mereka juga mendapat pengajaran dan informasi tentang pelaksanaan Pilkada. Ini dilakukan untuk memudahkan sosialisasi dan memudahkan ingatan masyarakat," imbuhnya, seperti dikutip dari Antara, Senin (29/2/2018).

Tidak hanya KPU Sulsel, Makassar dan Gowa, sosialisasi ini juga melibatkan komunitas dari Pergerakan Disabiltas Indonesia Untuk Kesetaraan (PerDik) Sulsel. Mereka terlihat membagi-bagikan brosur kepada pengunjung di ajungan pantai Losari.

"Sosialisasi ini kami lakukan agar masyarakat terdorong untuk menyalurkan hak pilihnya. Kami juga mengajak penyandang disabilitas lainnya menyalurkan hak pilih, tidak hanya itu kami minta KPU juga memperhatikan hak suara penyandang difabel," kata Direktur Eksekutif PerDIK, Abdul Rahman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Saya Prihatin Masih Ada Penolakan Aturan Taksi Online

Posted: 28 Jan 2018 09:33 PM PST

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku prihatin dengan masih adanya aksi penolakan mengenai Peraturan Menteri (PM) 108 Tahun 2017 yang mengatur mengenai taksi online.

Seharusnya, dikatakan Budi Karya, beberapa pihak yang masih menolak tersebut lebih memahami esensi dari peraturan tersebut, tanpa melihat dari satu sisi.

"Aturan ini dibuat kan untuk kesetaraan antara taksi online dan taksi konvensional. Mungkin salah satu harus menerima, artinya tidak semua bisa dipuaskan," kata Budi Karya di Kantor Menko Maritim, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Dia mencontohkan, seperti halnya mengenai kuota. Jika di setiap daerah kuota mengenai taksi online ini tidak dibatasi, maka akan mematikan industri taksi konvensional.

Sementara terkait tarif, Budi menyatakan, Jika tidak ada aturan mengenai batas bawah, otomatis masyarakat akan selalu memilih taksi online yang lebih murah dan ini tidak adil  bagi angkutan konvensional.

Berbagai hal yang tercantum dalam PM 108 tersebut menurutnya sudah win win solution. Dalam proses pembuatan aturan ini sudah melibatkan berbagai stakeholder, termasuk para pengusaha taksi online dan taksi konvensional.

"Saya prihatin kok masih ada yang menolak. Tapi saya membuka diri untuk diskusi," dia menegaskan.

Kalaupun ada beberapa poin dalam PM 108 belum bisa dilaksanakan para pengendara taksi online, seperti penggunaan SIM A Umum dan Uji Kir, Menhub mengaku siap membuka mediasi.

"Kalau ada hal teknis, kita bisa bicarakan, jangan langsung ngomong aturannya dihilangkan. Ini kan kewajiban pemerintah harus hadir, jadi tolong hargai kami," Budi Karya menandaskan.

Tonton Video Pilihan Ini:

Sopir taksi online berdemonstrasi di depan Istana Merdeka hari ini. Mereka berunjuk rasa untuk memprotes Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 terkait taksi online.

"Ini kami sedang bergerak ke Istana," ujar Koordinator Forum Komunikasi Pengemudi Online (FKPO), Aries Rinaldy, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Menurut dia, pendemo tidak hanya berasal dari Jabodetabek. Sopir taksi online yang berunjuk rasa juga datang dari Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

"Mungkin jumlah pesertanya ada 5.000. Dari Jogja sudah tiba, Bandung ada 50 kendaraan, sudah ada 4 bus di Istiqlal, ada perwakilan dari Surabaya, Semarang, dan Jabodetabek full tim," kata Aries.

Dia mengatakan tuntutan mereka hanya satu, yakni pencabutan Permenhub Nomor 108/2017. Dia menilai aturan tersebut salah kaprah.

"Itu sudah salah kaprah, salah sasaran terhadap driver online. Kita bukan transportasi publik, seperti yang didengungkan Kemenhub."

"Kita ini sewa menyewa yang difasilitasi dengan aplikasi. Kalau sewa menyewa, tidak perlu KIR dan bla bla bla karena sudah ada aplikasi itu dan kendaraannya banyak yang baru," lanjut Aries.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 terkait taksi online tetap berlaku mulai 1 Februari 2018, Namun begitu, para sopir taksi online berencana menggelar aksi demo untuk menolak aturan tersebut pada 29 Januari 2018.

Budi mengungkapkan, aturan ini akan tetap dijalankan dan berlaku sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pihak terkait tetap akan melakukan langkah-langkah persuasif terhadap penolakan tersebut.

"(Aturan) Harus jalan, bahwasanya usaha persuasif akan kita lakukan," ujar dia di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Menurut Budi, empat poin inti dari permehub tersebut tetap akan diberlaku. Pertama, soal kuota di mana bertujuan untuk membatasi jumlah armada taksi online dan memberikan ruang bagi moda transportasi lain.

"Tentang kuota. Sudikah kita jika online itu merajai tanpa batas kuota sehingga semua dikuasai? Kan kasihan mereka yang punya taksi satu terlibas dengan itu," kata dia.

Kedua, terkait adanya stiker pengenal dari taksi online. Stiker pengenal ini bukan hanya diberlakukan di Indonesia, tetapi juga di negara lain yang mengizinkan taksi online beroperasi.

"Soal stiker, dikomplain stiker. Tahu enggak, kalau taksi online di Inggris itu bukan stiker segini (kecil), tapi semobil-mobilnya dicat warna khusus, agar penumpang tau ini nomor identitasnya. Sehingga kalau ada apa-apa, ini bukan mobil pribadi, tiba-tiba si pengemudi katakanlah berbuat tidak senonoh, nah bisa ditangani," kata dia.

Ketiga, soal kewajiban para pengemudi taksi online untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Umum. Keempat, soal uji KIR, guna memastikan kendaraan yang digunakan layak dan memenuhi standar keamanan.

"Soal SIM, masa iya sih mau cari duit enggak mau keluarin SIM? Kemudian KIR. Masa iya sih mobil yang tidak pantas boleh beroperasi," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali United Vs Persija: Teco Tak Mau Main Lembek

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Persija Jakarta dan Bali United sudah dipastikan menjadi dua perwakilan Grup D di babak delapan besar Piala Presiden 2018. Meski begitu, kedua tim tetap mengusung target kemenangan saat berjumpa di pertandingan terakhir fase penyisihan.

Pertandingan kedua klub bakal berlangsung pada Senin (29/1/2018) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Kemenangan akan membuat Persija dan Bali United mengakhiri Grup D sebagai pimpinan klasemen.

Saat ini, kedua tim sama-sama meraup 6 poin dari dua pertandingan. Namun, Persija berada di atas Bali United pada klasemen sementara karena unggul selisih gol.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco tetap memompa motivasi anak asuhannya untuk tidak bermain setengah hati melawan Bali United. Pasalnya, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut mengusung target juara grup.

"Cukup seri kami lolos juara grup. Makanya pemain harus hati-hati dalam bermain. Hati-hati bukan bermain lembek. Tapi lebih kepada waspada dan fokus ke pertandingan. Kami ingin menang dan mental itu harus terjaga," ujar Teco.

	Persija Jakarta tengah menggelar latihan jelang menghadapi Bali United. (Dok: Media Persija)

Jelang melawan Bali United, Persija menggelar latihan di Lapangan Banteng, Kuta, Minggu (28/1/2018). Teco menginstruksikan personil Macan Kemayoran untuk bermain rileks pada pertandingan nanti.

Selain itu, Teco juga menerapkan latihan yang bervariasi. Para pemain Persija dengan enjoy melahap semua menu latihan yang diberikan Teco.

Persija tinggal membutuhkan hasil seri melawan Bali United untuk menguasai Grup D. Kalah pun tidak akan mempengaruhi posisi Macan Kemayoran di babak delapan besar.

Persija mendapat kabar baik jelang bertanding melawan Bali United. Dua penyerang Macan Kemayoran, Ivan Carlos Franca Coelho dan Rudi Widodo telah kembali bergabung ke dalam tim.

"Skuat kami sekarang sudah lengkap. Tidak ada pemain yang cedera jadi nanti pasti akan menjadi pertandingan yang menarik," ungkap Ivan Carlos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Difteri Kembali Mengganas, Status KLB Garut Diperpanjang

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan status Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri Garut diperpanjang hingga empat bulan ke depan. Keputusan ini seiring kembali mewabahnya penyakit demam dan tenggorokan mematikan tersebut.

"Kami akan pantau terus hingga tuntas," ujarnya, selepas Apel pagi di halaman Setda Garut, Senin (29/1/2018).

Menurutnya, penyebaran difteri di kabupaten Garut sudah cukup mengkhawatirkan. Awalnya Pemda Garut optimistis penyebaran difteri bakal berkurang seiring dengan menurunnya pasien terdeteksi hingga akhir tahun lalu.

Namun memasuki pekan ketiga bulan ini, lanjut bakal calon peserta Pilkada petahana tersebut, pasien terjangkit suspect difteri kembali melonjak.

"Memang sulit diprediksi, padahal kami sudah melakukan upaya vaksinasi," kata dia.

Sepanjang tahun lalu tercatat nyawa lima warga Garut melayang akibat penyakit yang diakibatkan bakteri Corynebacterium diphtheriae tersebut.

Sementara data terbaru berdasarkan buku daftar pasien penderita difteri yang dirawat di ruang Puspa Utama sejak 29 November hingga 25 Januari 2018. Tercatat jumlah kasus difteri yang dirawat secara intensif sudah mencapai 26 kasus. Dengan rinciannya, sebanyak 23 kasus positif difteri dan 3 kasus negatif.

Dengan kondisi itu ujar dia, lembaganya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk segera melakukan vaksinasi massal terhadap satu juta warga Garut yang berusia 1-19 tahun.

"Kalau vaksin bagi daerah terdampak sudah kami lakukan, termasuk petugas rumah sakit (RSUD dr. Slamet Garut)," kata dia.

Berdasarkan informasi terakhir yang diterima lembaganya. Helmi menyatakan, sesuai dengan kesiapan dan pengiriman logistik dari pemerintah pusat, program vaksinasi massal difteri untuk warga Garut diperkirakan baru terkaksana mulai Awal Februari atau pertengahan bulan depan.

"Yang tahap pertama tanggal 20-an Januari itu program inisiatif kami, kalau yang vaksin massal dari pemerintah mungkin awal bulan Februari," kata dia.

Helmi mengakui pemberantasan penyakit difteri bukan perkara mudah, apalagi Jawa Barat menjadi tiga wilayah dengan pertumbuhan penyakit difteri terbanyak sekain Banten dan DKI Jakarta.

"Yang terkena kan tidak semuanya positif, ada juga yang suspect bahkan negatif," kata dia.

 

Status KLB difteri di Garut belum dicabut (Liputan6.com / Jayadi Supriadin)

Di tengah ancaman penyebaran penyakit difteri yang cukup tinggi, lembaganya terus mengingatkan warga Garut agar cepat berkoordinasi untuk mendapatkan vaksinasi massal difteri.

Selain itu, jika warga yang memiliki keluhan demam tinggi serta sakit tenggorokan yang tidak kunjung reda, agar memeriksa kesehatannya ke puskesmas terdekat. "Apalagi jika dalam cermin terlihat bercak putih segera periksa khawatir positif," ujar dia.

Bagi warga yang terjangkit positif difteri, lembaganya menjamin seluruh biaya penanganan medis bakal diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

"Apalagi sekarang ada posko penanggulangan difteri di Jakarta tinggal koordinasi langsung kami layani," kata dia.

 

 

Status KLB difteri di Garut belum dicabut (Liputan6.com / Jayadi Supriadin)

Helmi menambahkan, seiring bertambahnya penderita difteri, stok serum difteri yang dimiliki pemda Garut tinggal 4 buah dari sebelumnya 10 buah yang didatangkan langsung dari India.

"Sebenarnya masih aman (4 seruml, tapi kalau pun kurang stok serum pemerintah pusat melimpah, kita tinggal koordinasi," ujarnya.

Saat ditanya mengenai satu petugas RSUD Garut yang positif terkena difteti, padah sudah diberikan vaksin. Helmi menyatakan jika respon tubuh terhadap vaksin yang telah diberikan berbeda.

"Reaksi vaksin itu kan tidak langsung, mungkin saja petugas saat diberikan vaksin imunitas tubuhnya belum berjalan," kata dia.

 

vaksin Difteri. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Sebelumnya, sebanyak delapan warga Garut, Jawa Barat kembali mendapatkan perawatan intensif RSUD dr. Slamet Garut, akibat terserang wabah difteri yang kembali mewabah. Satu pasien diantaranya merupakan perawat di ruang Mutiara, Rumah Sakit milik pemerintah Garut tersebut.

"Total yang masih dirawat ada delapan orang," ujar Yusuf, petugas jaga Ruang Puspa Utama RSUD dr. slamet Garut yang digunakan sebagai ruang khusus isolasi penderita Difteri, saat ditemui Liputan6.com, Minggu (28/1/2018).

Menurut Yusuf, awalnya wabah difteri mereda pada saat memasuki pekan pertama Januari tahun ini, namun memasuki pekan kedua hingga Kamis, 25 Januari 2018 lalu, gejala yang diakibatkan bakteri Corynebacterium diphtheriae tersebut kembali merajalela. "Paling banyak (dirawat) mulai sepekan terakhir," kata dia.

Kedelapan pasien difteri yang masih mendapatkan perawatan intensif antara lain, YN (20), DN (21), RD (33), PT (18), PJ (19), IL (32), BS (40) dan IN (24). "Usia pasien difteri yang masih dirawat interval 18 sampai 40 tahun," ujarnya.

Yusuf menyatakan, sebenarnya pemerintah Garut telah melaksanakan vaksinasi massal di beberapa kecamatan yang terkena suspect difteri, namun gejala difteri kembali terjadi.

"Infonya 36 kecamatan dari 42 sudah divaksin, tapi mungkin saja vaksinasi belum seluruhnya," kata dia.

Khusus ke delapan pasien yang dirawat ujar dia, Ia menyatakan ada satu pasien yang berasal dari perawat pegawai rumah sakit milik pemerintah Garut tersebut. "Awalnya mengeluh sakit tenggorokan, pas diperiksa ke lab ternyata positif difteri," kata dia.

Bagi para pasien yang tengah mendapatkan perawatan intensif kata dia, lembaganya terus memberikan antibiotik dan anti toksin difteri. "Memang itu tindakan pertama yang harus diberikan selain cek lab," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Riskesdas 2018, PDGI Ungkap Kerusakan Gigi di Indonesia

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Riskesdas atau riset kesehatan dasar kembali dilaksanakan pada tahun 2018. Riset ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik yang terintegrasi dengan Kemenkes RI (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) dan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia). Adapun PDGI untuk kali pertama berpartisipasi dalam pelaksanaan Riskesdas 2018 ini.

Ketua Pengurus Besar PDGI, Dr. drg. Hananto Seno, Sp.BM., MM, mengungkapkan pentingnya data kesehatan gigi dan mulut di Indonesia. Ini karena angka kerusakan gigi di Indonesia mencapai 4-5 gigi per orang. Data ini merujuk pada riskesdas sebelumnya, yakni tahun 2007, 2010, dan 2013.

"Padahal, dunia sudah menyatakan bahwa standar internasional 2.5 gigi per orang," ungkap Hananto saat jumpa pers pada Rapat Koordinasi Teknis Riskesdas 2018, Senin (29/1/2018).

Hananto pun mengungkapkan kerusakan gigi dapat menyebabkan penyakit katastropik seperti stroke, jantung, dan ginjal. Dia pun berterima kasih pada Menteri Kesehatan RI karena PDGI pada tahun ini diajak untuk berpartisipasi dalam Riskesdas 2018.

Pada riset dasar kesehatan kali ini, Balitbangkes (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) menggunakan metode potong lintang (Cross Sectional) dengan Kerangka sampel blok sensus dari Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) bulan Maret 2018 dari Badan Pusat Statistik. Riskesdas rencananya akan dilakukan pada bulan April-Mei 2018. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

Riskesdas rencananya akan dilakukan pada bulan April-Mei 2018.

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM (K), mengatakan riskesdas ini dilakukan karena antara kesehatan dan ekonomi memiliki hubungan timbal balik.

Nila mengungkapkan pada JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), angka penerima bayar iuran yang preminya ditanggung oleh Pemerintah yaitu sebanyak 92.4 juta jiwa.

"Pemerintah mengangkat orang yang tidak mampu untuk bisa masuk dalam akses pelayanan kesehatan," jelas Nila.

Nila mengharapkan semoga dari riskesdas ini bisa dilihat penyakit apa yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Olahraga Kuak Keberadaan Markas Militer Rahasia AS

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Pergerakan GPS lewat pelacakan panas tubuh dari FitBits, ponsel, dan perangkat pelacakan kebugaran adalah hal biasa di masa kini. Lewat aplikasi itu, pengguna dapat melihat rute mana yang ditempuh dan berapa kilometer mereka sudah berolahraga seperti jogging atau bersepeda. 

Biasanya, peta tersebut berada di ponsel masing-masing pengguna. Namun, apa jadinya jika penyedia layanan GPS itu mengunggahnya secara online memperlihatkan banyaknya gambaran aktivitas penguna di seluruh dunia. 

Itulah yang dilakukan oleh Global Heat Map, yang menerbitkan perusahaan pelacak GPS Strava. Mereka menggunakan informasi satelit untuk memetakan lokasi dan pergerakan pengguna olahraga seperti jogging, jalan kaki atau bersepeda, selama periode dua tahun.

Heat map itu memetakan  dengan cara menerangi area aktivitas di mana para pengguna bergerak. Semakin banyak orang yang bergerak di situ, semakin terang pula warnanya.

Strava mengatakan bahwa pihaknya memiliki 27 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk orang-orang yang memiliki perangkat kebugaran yang tersedia secara luas seperti Fitbit dan Jawbone, serta orang-orang yang berlangganan langsung aplikasi mobile-nya.

Peta itu memang tidak menyiarkan aktivitas pengguna secara live, tapi menunjukkan pola aktivitas akumulasi antara 2015 dan September 2017. Demikian seperti dikutip dari The Washington Post pada Senin (29/1/2018).

Masalahnya, pengguna aplikasi itu beragam profesi. Dari orang kantoran hingga militer. Dan, terkuaklah, global heat map tersebut memperjelas pola lokasi tentara yang bekerja di pangkalan militer di lokasi terpencil di seluruh dunia.

Kondisi ini jelas menjadi masalah keamanan secara global.

Sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan Eropa, di mana jutaan orang menggunakan beberapa jenis pelacak kebugaran, muncul di peta sebagai cahaya terang karena ada begitu banyak aktivitas.

Di zona perang dan gurun pasir di negara-negara seperti Irak dan Suriah, peta hampir seluruhnya gelap - kecuali beberapa pola yang tersebar. Ternyata, jika memperbesar (zoom) area tersebut rupanya itu adalah lokasi dan basis militer AS, dan juga situs-situs lain yang bersifat rahasia dan berpotensi bersifat sensitif dari segi keamanan.

Warna terang yang dihasilkan peta itu ada kemungkinan berasal dari tentara Amerika Serikat dan personil lainnya yang menggunakan pelacak kebugaran saat mereka bergerak.

Screen capture kota Damaskus, Suriah, memperlihatkan aktivitas pergerakan orang yang menggunakan layanan Strava (screen cap/STRAVA)

Kolonel Angkatan Udara John Thomas, juru bicara US Central Command, mengatakan pada hari Minggu bahwa militer AS tengah melihat implikasi dari peta tersebut.

Militer tidak menanggapi pertanyaan tentang peraturan tentang penggunaan aplikasi pelacakan kebugaran. Namun sebelumnya, Pentagon telah mendorong penggunaan Fitbits di kalangan personil militer dan pada tahun 2013 mendistribusikan 2.500 alat itu sebagai bagian dari program percontohan untuk memerangi obesitas.

Berawal dari Temuan Mahasiswa Australia

Global Heat Map mem-posting program peta secara online pada bulan November 2017. Perusahaan itu mengklaim, update peta akan 'enam kali lebih banyak data daripada sebelumnya'

Namun informasi yang dikemukakannya itu dikomentari oleh Nathan Ruser, mahasiswa Australia dan analis dari Institute for United Conflict Analysts.

Ia mendapat 'ilham' dari sang ayah yang kala itu juga melihat bagaimana pelacak itu memunculkan peta. Sang ayah berkata, "peta ini menunjukkan di mana orang kulit putih kaya berada di dunia."

"Saya langsung bertanya-tanya, apakah peta itu bisa memperlihatkan tentara AS?" kata Ruser usai sang ayah berkata seperti itu.

Pemuda 20 tahun itu langsung men-zoom Suriah.

"Pola peta yang terang di sana seperti sebuah pohon natal."

Ruser pun langsung berkicau dalam Twitter mengenai temuan itu.

Dalam Twitter-nya, Ruser mengatakan, "peta tersebut membuat pangkalan militer AS terlihat dengan jelas."

"Jika tentara menggunakan aplikasi seperti orang normal, dengan menjalankan pelacakan saat mereka melakukan latihan, ini bisa sangat berbahaya. Trek khusus ini seperti menelusuri rute jogging. Kalau saya pribadi, saya tidak mau membocorkan pola saya dengan cara seperti ini," tulis Ruser dalam Twitternya.

Para data analis, ahli militer dan mantan tentara pun langsung mencoba membuktikan pernyataan Ruser.

Adam Rawnsley, seorang jurnalis Daily Beast, melihat banyak aktivitas joging di pantai dekat markas CIA yang dicurigai di Mogadishu, Somalia.

Pengguna Twitter lainnya mengatakan bahwa dia telah menemukan lokasi sistem rudal Patriot di Yaman.

Ben Taub, seorang jurnalis dengan New Yorker, menemukan basis Operasi Khusus AS di wilayah Sahel di Afrika.

Map Strava memperlihatkan  Falkland Islands and RAF Mount Pleasant (STRAVA Heat Map/CNN)

Situs ini memang tidak mengidentifikasi identitas si pengguna aplikasi. Tapi, menunjukkan banyak lokasi yang mungkin terhubung ke lembaga bantuan, fasilitas PBB dan basis militer negara lain, "atau kelompok yang personilnya cenderung menggunakan pelacak kebugaran," kata Tobias Schneider, seorang analis keamanan internasional yang berbasis di Jerman.

"Tapi tidak sulit untuk memetakan aktivitas dalam sebuah situs militer AS, misalnya dan kemudian mengumpulkan informasi lebih lanjut," ucapnya lagi. 

Memang, lokasi sebagian besar situs tersebut dalam peta sudah jadi pengetahuan umum, seperti pangkalan udara Kandahar yang luas di Afghanistan.

Pentagon secara terbuka telah mengakui bahwa pasukan Operasi Khusus AS mempertahankan sebuah pos terdepan di Tanf di gurun Suriah dekat perbatasan Irak. Dalam peta, terlihat terang. Mungkin karena ada tentara AS yang memakai Fitbits atau perangkat serupa berjalan di sekitar atau di sekitar patroli perimeter

"Namun data tersebut juga menawarkan informasi kepada siapa saja yang ingin menyerang atau menyerang pasukan AS di atau sekitar basis. Termasuk pola aktivitas di dalam markas. " kata Schneider.

Strava Heat Map memperlihatkan Baidoa Airport di Somalia (STRAVA/CNN)

Banyak orang memakai pelacak kebugaran mereka sepanjang hari untuk mengukur jumlah langkah total mereka, tak terkecuali para tentara AS. Itu berarti peta tersebut mengungkapkan lebih dari sekedar kebiasaan berolahraga mereka.

Garis aktivitas yang keluar dari peta juga dapat mengindikasikan rute patroli. Peta Afghanistan muncul sebagai jaringan jaring laba-laba yang menghubungkan pangkalan, menunjukkan rute pasokan, seperti halnya di timur laut Suriah, di mana Amerika Serikat memelihara jaringan basis yang sebagian besar tidak terdokumentasi.

Konsentrasi cahaya di dalam sebuah pangkalan dapat menunjukkan di mana pasukan tinggal, makan atau bekerja. Itu bisa menunjukkan target yang bisa diserang musuh.

Peta strava heat map di Suriah yang menunjukkan banyaknya aktivitas pengguna (

Di sebuah lokasi di utara Suriah dekat sebuah bendungan, para analis menduga militer AS sedang membangun sebuah pangkalan. Peta tersebut menunjukkan adanya gumpalan kecil aktivitas yang disertai oleh garis intens di sepanjang bendungan di dekatnya, menunjukkan bahwa personil di lokasi joging secara teratur di kawasan bendungan itu, kata Schneider.

"Ini adalah ancaman keamanan yang jelas," kata Schneider.

"Anda bisa melihat pola hidup. Anda dapat melihat di mana orang yang tinggal di kompleks berjalan di jalan untuk berolahraga. Di salah satu basis AS di Tanf, Anda bisa melihat orang-orang berputar-putar. "

"Big OPSEC (keamanan operasi] dan PERSEC (keamanan pribadi]) gagal," tulis Nick Waters dalam Twitter, seorang mantan perwira tentara Inggris yang menunjuk lokasi bekas markasnya di Afghanistan menggunakan peta tersebut.

"Rute patroli, patroli terisolasi, banyak data intelijen yang bisa disalahgunakan."

Tak hanya markas militer AS, perimeter pangkalan utama Rusia di Suriah, Hmeimim, terlihat jelas - seperti beberapa rute patroli.

Pangkalan Rusia lainnya juga muncul, namun kata Schneider, orang Iran tidak menggunakan pelacak kebugaran atau dengan hati-hati mematikannya.

"Aplikasi dan perangkat Strava berisi opsi untuk mematikan layanan transmisi data, sehingga lebih menjadi tanggung jawab pengguna untuk memastikan keamanan tidak dilanggar, " ucap mahasiswa Australia, Ruser. "Sepertinya harus ada pengawasan yang besar," katanya.

Pernyataan Strava 

Strava mengeluarkan sebuah pernyataan yang mendesak pengguna untuk memeriksa situs web perusahaan untuk memastikan mereka memahami pengaturan privasi.

"Global Heat Map kami berasal dari gabungan dan anonim lebih dari satu miliar aktivitas pengguna yang diunggah ke platform kami," kata pernyataan tersebut.

"Peta itu mengecualikan aktivitas yang telah ditandai sebagai zona privasi pribadi pengguna. Kami berkomitmen untuk membantu orang lebih memahami pengaturan kami agar memberi mereka kendali atas apa yang ingin mereka bagikan. "

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah dengan Ayu Ting Ting, Boy William Pura-Pura Bahagia?

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Sejatinya pernikahan itu membawa kebahagiaan bagi setiap pasangan, tapi tidak dengan Boy William. Pria berusia 26 tahun itu justru tampak tak bahagia setelah menikah dengan wanita pilihan hatinya yakni Ayu Ting Ting.

 

Happy just for the camera šŸ˜‚šŸ¤Ŗ @ayutingting92 Filmed and edited: @zacalviz

A post shared by Boy William (@boywilliam17) on

Seperti yang diperlihatkan Boy William melalui Instagram pribadinya, Minggu (28/1/2018). Boy terlihat mengenakan tuxedo sementara Ayu Ting Ting tampil cantik dalam balutan gaun pengantin warna putih.

Keduanya tampak baru saja melangsungkan pernikahan. Namun alih-alih bermesraan usai menikah, Ayu Ting Ting dan Boy William justru terlihat berjalan berjauhan dan adu mulut.

 

Boy William dan Ayu Ting Ting. (Instagram/ayutingting92)

Namun ketika sadar ada kamera, Ayu Ting Ting dan Boy William pun saling mendekat dan memberikan pujian pada satu sama lain. "Oh, we are happy, it's our wedding day (kami bahagia, ini hari pernikahan kami)," ujar Boy seraya merangkul Ayu.

"He's a good husband (dia suami yang baik)," kata Ayu Ting Ting.

"She's a fantastic wife, I love her (dia istri yang luar biasa, aku mencintainya)," sahut Boy William.

 

Ayu Ting Ting dan Boy William (Instagram/ayutingting92)

Saat ditanya, Boy William dan Ayu Ting Ting pun mantap menjawab kemana mereka akan berbulan madu. "Besok, kami akan pergi ke London," ujar Boy.

Namun setelah pertanyaan berakhir, Ayu Ting Ting dan Boy William kembali menjauh. Pelantun "Sambalado" itu bahkan mengancam akan melepas cincin pernikahannya.

 

(instagram.com/ayutingting92)

Ayu Ting Ting dan Boy William juga tampak saling acuh saat berfoto di dalam mobil usai menikah. Tapi tenang dulu, apa yang mereka perlihatkan ini hanya untuk keperluan film terbaru Ayu Ting Ting. Sayangnya belum diketahui lebih lanjut apa judul film yang mereka bintangi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bruno Mars Borong 6 Piala Grammy 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Bruno Mars berhasil membawa pulang 6 piala Grammy 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nokia 7 Plus Tampil di Geekbench, Bagaimana Performanya?

Posted: 28 Jan 2018 09:30 PM PST

Kabar mengenai kehadiran Nokia 7 Plus kian santer terdengar. Terbaru, smartphone anyar dari HMD Global ini disebut sudah terpampang di situs pengukuran benchmark, Geekbench.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (29/1/2018), spesifikasi smarpthone ini cukup menjanjikan. Dari informasi di situs tersebut, Nokia 7 Plus dipersenjatai Snapdragon 660 yang dipadukan dengan RAM 4GB.

Sementara untuk sistem operasi, Nokia 7 Plus menjalankan Android 8.0.0. Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dari smartphone anyar tersebut.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang dapat diulik dari informasi tersebut. Salah satunya adalah performa chipset yang terbilang apik dengan skor 1.636 untuk tes single-core dan 5.902 untuk multi-core.

Untuk sekarang, memang belum ada informasi mengenai jadwal peluncuran smartphone tersebut. Namun, HMD Global dilaporkan bakal memperkenalkan perangkat baru di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018, yang salah satunya adalah Nokia 7 Plus.

Sekadar informasi, kabar mengenai kehadiran smartphone ini sudah terdengar sejak akhir tahun lalu. Ketika itu, Nokia 7 Plus masuk dalam daftar smartphone yang siap mendukung aplikasi kamera Nokia terbaru.

 

 

Selain Nokia 7 Plus, informasi ini dari laman deskripsi aplikasi Nokia Camera terbaru juga mengungkap sejumlah model smartphone anyar lain. Salah satunya adalah Nokia 4 yang juga akan diperkenalkan tahun ini.

Bersama dengan sejumlah model yang sempat dirumorkan sebelumnya, HMD Global setidaknya bakal memperkenalkan lima model anyar di tahun ini. Seri smartphone itu adalah Nokia 1, Nokia 4, Nokia 7 Plus, Nokia 6 2018, dan Nokia 9.

Untuk Nokia 6 2018 sendiri merupakan produk perdana yang diperkenalkan HMD Global di tahun ini. Nokia 6 2018 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 630 yang memiliki kecepatan hingga 2.2GHz.

Ada dua versi Nokia 6 2018 yang dirilis, yakni dengan memori internal 32GB dan 64GB. Keduanya sama-sama dibekali RAM 4GB.

Versi pertama dari Nokia 7 diperkenalkan tahun lalu di Tiongkok. Smartphone ini meluncur dengan layar LCD berukuran 5,2 inci dan memiliki resolusi 1.080 x 1.920 piksel.

Smartphone ini antara lain juga dilengkapi prosesor octa-core Snapdragon 630, GPU Adreno 508, dua pilihan RAM yaitu 4GB dan 6GB, serta memori internal 64GB.

Untuk pengambilan gambar dan video, HMD melengkapi Nokia 7 dengan kamera belakang 16MP dan aperture f/1,8, serta kamera depan 5MP yang dilengkapi fitur Dual-Sight.

Spesifikasi lain yang dimiliki Nokia 7 di antaranya OS Android Nougat, baterai 3.000mAh, dan earphone jack 3,5mm. HMD mengatakan Nokia 7 nantinya bisa mendapatkan pembaruan OS ke Android 8.0 Oreo.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gamawan Fauzi: Kasus E-KTP Jangan Digoreng ke SBY

Posted: 28 Jan 2018 09:29 PM PST

Mantan Mendagri Gamawan Fauzi meragukan apa yang diucapkan Mirwan Amir dalam sidang, Kamis 25 Januari 2018 lalu, yang menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan intervensi dalam proyek e-KTP.

Menurut Gamawan, saksi itu harus berkata jujur lantaran sudah disumpah. Dia menambahkan, jangan sampai penyebutan nama seseorang hanya dijadikan komoditas politik jelang pilkada.

"Saya nggak yakin. Janganlah digoreng-goreng, kasihan," kata Gamawan sesaat sebelum bersaksi di sidang e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018).

Gamawan melanjutkan, proyek e-KTP sudah menjadi program negara pada masa itu. Dengan begitu, kalaupun ada penyimpangan dan melibatkan pihak lain haruslah dibuktikan terlebih dahulu dan tidak berpolemik di luar sidang.

Dia menegaskan, tidak tahu menahu soal terkait tidaknya, baik langsung atau tidak langsung, SBY pada proyek e-KTP.

"Saya nggak tahu. Itu kan sudah masuk program negara sudah ada anggarannya. Masa dituduh jadi konsumsi politik. Ya nggak baik," ujar dia.

Gamawan Fauzi menjadi saksi dalam sidang perkara dugaan korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/3). Pada sidang yang menghadirkan enam saksi itu, Gamawan mengaku tidak menerima uang dari proyek E-KTP. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Gamawan juga menanggapi pernyataan terdakwa Andi Narogong yang seolah-olah bahwa proyek e-KTP merupakan proyek tiga partai besar.

Apalagi Partai Golkar, PDIP, dan Demokrat disebut jadi partai yang mendapat bagian dari proyek yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu.

"Narogong saja sudah jadi terpidana. Ya kalau soal warna saya nggak tahu. Kalau keterangan orang seperti itu kan dia nggak menyaksikan. Tapi kan digoreng-goreng seolah ini jadi masalah besar," dia memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Kembali Periksa Sandiaga soal Kasus Tanah Besok

Posted: 28 Jan 2018 09:29 PM PST

Polda Metro Jaya kembali akan memanggil Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno terkait kasus dugaan penggelapan uang hasil penjualan sebuah tanah di Curug, Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, Sandiaga dipanggil untuk pemeriksaan lanjutan Selasa besok, 30 Januari 2018. 

"Iya besok agendanya. Kita tunggu saja besok. Berkaitan dengan pemeriksaan atau tambahan atau pemeriksaan lanjutan," ucap Argo di Monas, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Dia menuturkan, kehadiran Sandiaga dijadwalkan siang hari. Namun, dikomunikasikan lebih lanjut melihat waktu luangnya.

"Sianglah. Nanti kita komunikasi kapan beliau senggangnya," tegas Argo.

 

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menjawab pertanyaan usai diperiksa di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis (18/11). Sandiaga Uno menegaskan dirinya tidak terlibat kasus penipuan dan penggelapan lahan di Curug Tangerang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Sandiga dan rekannya Andreas Tjahjadi dilaporkan oleh Fransiska Kumalawati ke Polda Metro Jaya, atas tuduhan penggelapan uang hasil penjualan sebuah tanah di Curug, Tangerang.

Sandiaga dan Andreas sendiri masuk ke dalam direksi sebuah perusahaan yang terlibat dalam transaksi tersebut. Andreas Tjahjadi telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selain Sandi, polisi juga sudah memeriksa beberapa saksi terkait kasus ini untuk menentukan rentetan pidana yang menjerat Andreas. Sebanyak 10 saksi sudah diperiksa untuk melengkapi kasus ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parade Gaun Menerawang Seleb Usia 40an di Grammy Awards 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:28 PM PST

Grammy Awards 2018 menjadi ajang berkumpulnya para musisi dari senior sampai junior. Begitu juga para seleb senior lainnya mendukung industri musik di penghargaan tahunan tersebut.

Senior di sini juga bisa dilihat dari segi usia. Seperti para seleb yang berusia di atas 40 tahunan namun tetap terlihat memukau saat tampil di karpet merah Grammy Awards 2018

Apalagi mereka masih percaya diri memakai busana menerawang atau detail transparan yang tidak kalah seksi dengan seleb muda lainnya. Siapa saja mereka? Lihat di sini 

Di usia 44 tahun, aktris dan supermodel Heidi Klum tampil stunning di Grammy Awards 2018. Ia memakai maxi dress siluet A dengan beberapa bagian yang tembus pandang.

 

Model, komedian, dan aktris Amerika ini juga tampil cetar di Grammy 2018. Wanita 45 tahun yang tampil di majalah Playboy ini hadir dengan gaun sequin dan aksen transparan di bagian dada. Rambutnya berwarna hijau toska dan memakai sunglasses.

Penyanyi latin yang juga menjadi pencipta lagu Despacito ini juga tampil seksi di Grammy Awards 2018. Ia memakai gaun hitam rancangan Mac Duggal berpotongan tinggi di samping dan detail rantai dan aksen transparan di bagian dada.

 

Penyanyi asal Amerika Crystal Lewis juga tampil berani dengan gaun cut hitam berbahan lace yang menerawang di usianya yang sudah 48 tahun. Aksen cut out di bagian perut juga menambah keseksiannya.

 

Presenter berita selebriti berdarah Italia-Amerika ini tak kalah tampil menawan dalam balutan dress hitam dengan beberapa aksen transparan. Dress dengan detail seperti jubah yang menjuntai menambah keseksiannya.

 

We are live on E! Grammys!

A post shared by Giuliana Rancic (@giulianarancic) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Rizieq Shihab Pulang, Polisi Koordinasi dengan Interpol?

Posted: 28 Jan 2018 09:24 PM PST

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, enggan berspekulasi soal kepulangan Rizieq Shihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu rencananya pulang ke Tanah Air pada 21 Februari 2018.

Dia pun enggan menjelaskan apakah polisi sudah berkomunikasi dengan interpol atau tidak. "Kita tunggu saja kedatangannya," ucap Argo di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Argo juga enggan berandai-andai terkait penjagaan ketat di Bandara Soekarno Hatta. Walaupun, pihak alumni 212 mengatakan, akan menyambut Rizieq Shihab dengan besar-besaran.

Menurut dia, untuk pengamanan, polisi selalu siap. Namun yang harus dipastikan, benar atau tidaknya Rizieq Shihab akan terbang ke Tanah Air dari Arab Saudi.

"Kita tunggu saja. Kebenarannya, kedatangannya," pungkas Argo.

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2). Rizieq Shihab akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan makar yang disangkakan pada Sri Bintang Pamungkas (SBP). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sembilan bulan Rizieq Shihab berada di luar negeri. Berkali-kali batal pulang, pimpinan Front Pembela Islam itu kembali dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 21 Februari 2018.

Rizieq akan menghadiri Musyawarah Nasional Persaudaraan Alumni 212 yang pertama. Ini sesuai harapan Persaudaraan Alumni 212.

Rizieq Shihab pernah disebut akan pulang pada 12 Juni 2017. Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif mengungkapkannya, Sabtu 3 Juni 2017.

Beberapa hari sebelum rencana kepulangan Rizieq, polisi disebut-sebut mulai melakukan pengetatan pengamanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal itu menyusul kabar tentang kepulangan tersangka kasus dugaan pornografi Rizieq Shihab ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Rizieq Shihab juga pernah disebut akan pulang setelah musim haji. Namun, dia membatalkan rencana tersebut.

"Nggak jadi. Katanya 'nanti dulu, masih ada yang harus saya kerjakan di sini'. Begitu kata beliau," ujar Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Pawiro, di Jakarta, Kamis 21 September 2017.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Pria Tampan dan Stylish di Grammy Awards 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:20 PM PST

Tak hanya para selebritas wanita saja yang tampil memukau dengan gaun terbaik mereka di Grammy Awards 2018 kali ini. Para musikus pria pun tak kalah tampil tampan dan menawan dengan padanan setelan jas trendi.

Merangkum dari Instagram @justjared, Senin (29/1/2018) inilah deretan para pria keren dan tentu saja stylish pada ajang penghargaan musik bergengsi Grammy Awards 2018.

1. Zayn Malik

 

#Zayn #RichardJames #Grammys #TimesUp #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Mantan personel boyband One Direction ini selalu tampil memukau para fans di berbagai kesempatan. Begitu juga saat hadir di Grammy Awards 2018 tadi malam. Zayn Malik mengenakan setelan jas berwarna pink milenial rancangan Richard James. Tak ketinggalan kaus kaki motif camoflage yang warnanya senada.

2. Nick Jonas

 

#NickJonas #JohnVarvatos #Grammys #TimesUp #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Pelantun lagu "Jealous" ini tampil sedikit kasual, tapi tetap terlihat rapi dan keren dengan jas panjang abu-abu. Nick Jonas memadukannya dengan T-shirt dan celana hitam serta kaus kaki yang warnanya selaras.

 

 

#SamSmith #Cerruti1881 #Grammys #TimesUp #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Green is a new black! Sam Smith tampil unik dan berbeda mengenakan setelan jas warna hijau tua dan sweater warna merah marun sebagai dalamannya. Sontak penampilannya ini menjadi sorotan banyak orang di Grammy Awards 2018.

4. The Chainsmoker

 

#Chainsmokers members #AndrewTaggart and #AlexPall - both in #Valentino #Grammys #TimesUp #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Anggota grup The Chainsmoker, Andrew Taggart dan Alex Pall tampil monokrom dengan setelan jas rancangan Valentino. Tak lupa menyematkan bunga mawar putih di bagian kerah jas.

 

 

#JadenSmith goes casual in #MSFTreps and #Gstar for the #Grammys red carpet #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Berbeda dengan penampilan para selebritas pria lainnya, Jaden Smith tampil lebih kasual di Grammy Awards 2018. Ia mengenakan T-shirt, jaket puffy, celana panjang berdetail patch serta sepatu sneakers.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Ajaib Gerhana Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:18 PM PST

Gerhana super blue blood moon atau gerhana bulan total bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Momen itu akan jatuh pada Rabu, 31 Januari 2018 mendatang atau bertepatan tanggal 14 Jumadil Ula 1439 H.

Atas fenomena tersebut, seluruh umat Islam dianjurkan melakukan salat sunnah gerhana bulan secara berjamaah. Mereka juga diimbau berzikir, istigfar, sedekah, dan beramal baik lainnya.

"Di samping itu, kami mengimbau agar umat Islam berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin.

Sementara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut, gerhana bulan total ini sebagai peristiwa alam yang menarik. Untuk itu, sangat disayangkan jika momen tersebut dilewatkan.

Dalam laman Lapan yang dikutip Liputan6.com, Senin (29/1/2018) terungkap keajaiban peristiwa gerhana bulan tersebut. Apa saja?

Bisa disaksikan pada 31 Januari 2018, inilah sederet fakta gerhana bulan total yang harus kamu tahu. (Ilustrasi: vox.com)

Gerhana bulan total akan berlangsung pada 31 Januari 2018. Peristiwa tersebut cukup langka karena gerhana terjadi saat Bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan bluemoon.

Fenomena supermoon terjadi ketika saat purnama berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukuran bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya.

Bluemoon adalah bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender.

 

Penampakan gerhana bulan parsial (penumbra) di langit kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (8/8). Gerhana Bulan Sebagian kali ini adalah satu-satunya gerhana yang dapat dilihat dan dinikmati masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Gholib)

Ketiga fenomena ini juga menggabungkan kejadian alam secara bersamaan, yaitu bluemoon, supermoon, dan gerhana bulan.

Bahkan, peristiwa itu disebut cukup langka. Hal ini disebabkan peristiwa ini terakhir diamati pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

 

Foto-foto Gerhana Bulan Penumbra berikut ini jelas terlihat dari beberapa wilayah di Indonesia.

Gerhana bulan terjadi ketika saat bulan purnama bumi menutupi bulan, sehingga bulan tertutupi oleh bayangan bumi. Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dengan bulan selalu berubah. Saat bulan berada di titik terdekat (perigee) dengan bumi bertepatan dengan bulan purnama terjadilah supermoon.

Fenomena yang berlangsung pada tanggal 31 Januari 2018 diawali dengan gerhana sebagian, diikuti gerhana total, gerhana parsial lagi, dan bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan bumi.

Sejumlah orang menyaksikan gerhana bulan parsial dari atas sebuah bukit di taman Tio Pio, Madrid, Senin (7/8). Gerhana bulan parsial terjadi ketika bumi bergerak di antara bulan dan matahari, tapi tidak persis dalam satu garis. (AP Photo/Francisco Seco)

Tidak seperti gerhana Matahari yang hanya bisa diamati di daerah yang sangat terbatas, gerhana bulan ini bisa diamati dari sebagian besar permukaan bumi, yaitu dari daerah Amerika Utara, Samudra Pasifik, Siberia Timur, dan Asia.

Namun, gerhana ini tidak akan kelihatan dari sebagian besar Amerika Selatan dan Afrika.

Banyak sekali fenomena alam pada bulan yang bisa dilihat dari bumi, salah satunya adalah gerhana bulan darah.

Proses gerhana Bulan ini terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap gerhana parsial, gerhana total, dan gerhana parsial. Proses gerhana berlangsung sekitar empat jam.

Untuk para pengamat di daerah Indonesia waktu Indonesia bagian barat tahap-tahap gerhana bulan ini bisa dilihat seperti berikut:

Awal gerhana parsial terjadi pada 18.48 WIB

Awal gerhana total terjadi pada 19.52 WIB

Puncak gerhana terjadi pada 20.30 WIB

Akhir totalitas terjadi pada 21.08 WIB

Akhir gerhana terjadi pada parsial 22.11 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tawa Riang Bruno Mars Borong Kategori Top Grammy Awards 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:18 PM PST

Penyanyi Bruno Mars menerima trofi Record of the Year dari Alicia Keys pada ajang Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Dengan album 24K Magic, Bruno merebut enam trofi Grammy termasuk Record of the Year. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Penyanyi Bruno Mars menerima trofi Record of the Year dari Alicia Keys pada ajang Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Dengan album 24K Magic, Bruno merebut enam trofi Grammy termasuk Record of the Year. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Penyanyi R&B, Bruno Mars mengangkat trofi Song of The Year pada ajang Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Tak kurang dari 6 piala Grammy berhasil dibawa pulang termasuk song of the year untuk That's What I Like. (Matt Sayles/Invision/AP)

Penyanyi R&B, Bruno Mars mengangkat trofi Song of The Year pada ajang Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Tak kurang dari 6 piala Grammy berhasil dibawa pulang termasuk song of the year untuk That's What I Like. (Matt Sayles/Invision/AP)

Penyanyi R&B, Bruno Mars berpose dengan trofi Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Menang di seluruh kategori yang menominasikan dirinya, Bruno menjadi artis yang memborong Grammy paling banyak malam itu. (AFP PHOTO/Don EMMERT)

Penyanyi R&B, Bruno Mars berpose dengan trofi Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Menang di seluruh kategori yang menominasikan dirinya, Bruno menjadi artis yang memborong Grammy paling banyak malam itu. (AFP PHOTO/Don EMMERT)

Bruno Mars dan kolaborasi para musisi berpose dengan trofi Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Bruno dinominasikan dalam enam kategori, dan sukses menyapu bersih seluruhnya, termasuk tiga kategori utama Grammy. (Charles Sykes/Invision/AP)

Bruno Mars dan kolaborasi para musisi berpose dengan trofi Grammy Awards 2018 di New York City, Minggu (28/1). Bruno dinominasikan dalam enam kategori, dan sukses menyapu bersih seluruhnya, termasuk tiga kategori utama Grammy. (Charles Sykes/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Diguncang Gempa, Longsor Mengancam Warga Malasari Bogor

Posted: 28 Jan 2018 09:16 PM PST

Korban gempa di Kampung Nirmala, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat terus bertambah. Mereka khawatir terjadi gempa susulan ditambah hujan deras dapat memicu bencana lanjutan, seperti tanah longsor.

Sebab, bukit yang berada di belakang pemukiman penduduk tersebut mengalami retakan akibat gempa utama pada Selasa 23 Januari.

"Sudah tiga hari ini getaran gempa sudah enggak ada. Cuma sekarang kan hujan terus-terusan, takut tiba-tiba bukit longsor karena sudah retak," ujar Memed (52), Senin (29/1/2018).

Sebagian besar warga mengungsi dengan membuat tenda sendiri-sendiri di tengah perkebunan teh milik PT Nirmala. Sebagian lainnya mengungsi di posko yang didirikan TNI/Polri maupun PMI.

Dari 168 kepala keluarga atau 1.081 jiwa yang mengungsi sebagian besar perempuan, anak-anak dan lansia. Bahkan ada pula seorang ibu yang tengah hamil usia 9 bulan, yakni Ariyani (24).

Saat ini, mereka dalam kondisi menderita. Selain minim bantuan logistik, cuaca buruk melipatgandakan derita ratusan jiwa pengungsi yang terpaksa meninggalkan kampungnya karena retakan bukit akibat gempa beberapa waktu lalu.

Hujan selama empat hari berturut-turut membuat tenda pengungsi menjadi rawa berlumpur, angin kencang merobek tenda tempat berlindung, dan membuat pengungsi menggigil kedinginan.

"Kami masih kekurangan terpal dan selimut. Bantuan terpal dari TNI dan polisi belum mencukupi," kata Pupud, Ketua RW08 Kampung Nirmala, saat dihubungi.

Tak hanya itu, para korban gempa juga harus memenuhi kebutuhan makan dan minum sendiri karena tidak tersedianya dapur umum dari pemerintah daerah. Sementara bantuan mie instan dan beras terus mengalir dari sejumlah pihak.

"Belum ada dapur umum Pak. Mereka masak sendiri-sendiri di tenda pake kayu bakar. Ada juga yang pake kompor," ungkap Pupud.

 

Pengungsian korban gempa di Kampung Nirmala, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Pupud menyebutkan, Kampung Nirmala dihuni 1081 jiwa atau 168 KK. Saat ini, warga telah meninggalkan kampung tersebut lantaran khawatir terjadinya longsor. Sebab, pasca gempa pada 23 Januari 2018 menyebabkan bukit di perkampungan tersebut retak kurang lebih sepanjang 200 meter dan lebar sekitar 20 sentimeter.

"Kalau rumah rusak akibat gempa hanya 4 unit dan 1 sekolah. Alasan mereka mengungsi karena takut longsor," kata dia.

Warga Kampung Nirmala berharap Pemerintah Kabupaten Bogor memperhatikan nasib mereka, yang sudah hampir satu minggu mengungsi di tengah perkebunan teh. Sejauh ini, pemerintah daerah masih sibuk mendata kerusakan bangunan, sementara rumah warga yang terancam longsor akibat gempa tak diperhatikan.

"Pengennya sih tetep tinggal di rumah karena lebih nyaman. Tapi gimana, masa kita harus bertaruh nyawa," terang Engkan.

Gempa Banten pada 23 Januari 2018 menyebabkan 675 bangunan di 14 wilayah kecamatan Kabupaten Bogor rusak. Korban terdampak sebanyak 656 KK atau 2.532 jiwa.

Dari jumlah tersebut 421 rusak ringan, 163 rusak sedang, 48 rusak berat, dan 43 terancam. Fasilitas umum yang rusak yaitu 8 masjid, 2 sekolah, 1 Puskesmas, 1 Ponpes, dan 1 Majelis Taklim.

Wilayah yang paling terparah yakni di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, yakni sebanyak 666 rumah rusak dan yang terdampak sebanyak 520 KK.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inzaghi Murka dengan Gol 'Tangan Tuhan' Striker Muda AC Milan

Posted: 28 Jan 2018 09:15 PM PST

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi, marah atas disahkannya gol striker muda AC Milan, Patrick Cutrone, saat kedua tim bertemu dalam lanjutan Serie A, Minggu malam (28/1/2018). Dari video tayangan ulang, terlihat bahwa bola menyentuh lengan penyerang 19 tahun itu sebelum masuk ke gawang Lazio. Namun, wasit tak menganggap itu sebagai handsball.

Gol Cutrone itu membuka keunggulan AC Milan di menit 15. Lima menit berselang, Lazio menyamakan kedudukan lewat Adam Marusic, meneruskan umpan Lucas Leiva. Namun, I Rossoneri kembali unggul 2-1 lewat tandukan Giacomo Bonaventura, memaksimalkan crossing Davide Calabria dari sayap kanan.

"Jujur, saya tidak melihat tayangan ulang itu. Dia dikasih tahu soal kesalahan itu. Di akhir laga, saya tanya langsung ke Cutrone apakah itu memang handball. Mungkin kalau saya melihat langsung tayangan itu saya akan lebih sakit lagi dari ini. Kesalahan seperti itu tidak boleh dan tidak seharusnya terjadi," ujar Inzaghi seperti dilansir Calciomercato.

Kendati demikian, Inzaghi mengakui kalau tuan rumah bermain bagus pada pertandingan tersebut, khususnya di babak pertama.

"Kami seharusnya menghindari gol kedua dan mencegah Calabria memberi umpan crossing. Kami tidak mau kalah, tapi inilah sepak bola," kata pelatih 40 tahun itu.

 

Kekalahan ini membuat Lazio gagal mengejar laju Juventus dan Napoli. Mereka masih di urutan tiga dengan 46 poin atau tertinggal 10 poin dari Juventus dan 11 poin dari Napoli.

"Milan memanfaatkan keuntungan yang mereka miliki. Gol pertama mereka seharusnya dianulir, dan pertandingan mungkin akan berakhir imbang," Inzaghi menambahkan.

 

Sementara itu, pelatih AC Milan Gennaro Gattuso juga mengakui kalau gol Cutrone semestinya dianulir. "Terus terang, awalnya saya kira itu memang sundulan. Setelah melihat lagi dari sudut yang sama, ternyata itu gol yang seharusnya dianulir," kata Gattuso.

Meski begitu, secara keseluruhan Gattuso tetap memuji penampilan anak-anak asuhnya. Ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun pertama yang diraih I Rossoneri sejak ditangani oleh Rino, sapaan Gattuso.

"Tapi, terlalu sempit kalau kita hanya membicarakan satu insiden. Ada banyak peluang yang tercipta dan kami memang beruntung kali ini," katanya.

Kemenangan ini membuat AC Milan naik ke peringkat tujuh klasemen dengan 34 poin. Diavolo terus menempel ketat Sampdoria di zona Liga Europa dengan selisih tiga angka.

(Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Hujan, Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 50 Ribu per Kg

Posted: 28 Jan 2018 09:15 PM PST

Harga cabai di pasar tradisional terus melonjak. Saat ini, harga komoditas tersebut, khususnya cabai rawit merah, telah mencapai Rp 50 ribu per kilogram (kg).

Rahayu (38), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan setelah sempat turun pada pertengahan bulan lalu, kini harga cabai kembali naik.

"Waktu akhir tahun harganya sempat naik, terus kemarin turun. Sekarang mulai naik lagi," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Rahayu mencontohkan, harga cabai rawit merah saat ini sudah berada di kisaran Rp 50 ribu per kg. Kemudian cabai merah keriting dan cabai merah besar (TW) juga naik menjadi masing-masing Rp 45 ribu per kg.

"Yang naiknya paling tinggi yang rawit merah, sudah Rp 50 ribu sekarang. Kemarin sempat Rp 55 ribu-Rp 60 ribu tapi, kan, turun. Terus sekarang naik lagi," kata dia.

Menurut Rahayu, kenaikan tersebut lantaran harga cabai di Pasar Induk Kramat Jati juga melonjak. Dia menjelaskan, saat ini harga cabai rawit merah di pasar induk tersebut berkisar Rp 40 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting dan cabai merah besar Rp 35 ribu-Rp 40 ribu per kg.

"Mungkin karena hujan terus, makanya harga naik. Di sana (Pasar Induk Kramat Jati) sudah naik harganya. Cabai kalau hujan gampang busuk," jelas dia.

Selain cabai, harga kentang juga mengalami kenaikan. Namun, kenaikan harga pada komoditas tersebut masih relatif kecil, yaitu Rp 1.000 per kg.

Berikut daftar harga cabai dan sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg

- Cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg

- Cabai merah keriting Rp 45 ribu per kg

- Cabai merah besar Rp 45 ribu per kg

- Bawang merah Rp 22 ribu per kg

- Bawang putih Rp 23 ribu pe‎r kg

- Kentang Rp 16 ribu per kg

- Kacang panjang Rp 12 ribu per kg

- Timun Rp 8.000 per kg‎

- Tomat Rp 12 ribu per kg

- Wortel Rp 10 ribu per kg.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

Badan Pusat Statisk (BPS) mencatat sampai dengan minggu ke-II Januari ini, kenaikan harga beras di pasar sudah naik sekitar 3 persen. Peningkatan tersebut dianggap BPS sudah dalam kategori mengkhawatirkan atau mencemaskan.

Kepala BPS Suhariyanto atau yang akrab disapa Kecuk mengatakan, pemerintah harus mengendalikan inflasi pada 2018 yang ditargetkan 3,5 persen. Target tersebut dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

"Pemerintah perlu mengendalikan inflasi di 2018, karena volatile food (gejolak pangan), terutama harga beras, pergerakannya sudah mencemaskan," kata dia saat Rilis Neraca Perdagangan Desember 2017 di kantornya, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Deputi Statistik Bidang Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti menambahkan, pergerakan kenaikan harga beras di pasar hingga minggu ke-II Januari 2018 sudah mencapai sekitar 3 persen. Akhir Desember lalu, kontribusi beras terhadap inflasi sebesar 0,08 persen.

"Jadi kalau tidak dikendalikan harganya, dampaknya bisa ke inflasi Januari. Karena bobot beras ke inflasi cukup tinggi, yakni 3,8 persen. Artinya kalau ada kenaikan harga beras sedikit saja, akan berpengaruh ke inflasi," dia menjelaskan.

Yunita berharap pemerintah melalui Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia (BI), dan pihak-pihak terkait lain dapat meredam gejolak harga beras, sehingga tidak terus naik. Salah satunya dengan kebijakan impor beras.

"Dengan adanya impor beras khusus 500 ribu ton akan membantu sisi suplai, karena kemarin kan sempat langka di beberapa pasar. Kalau suplai dibantu, bisa menekan harga beras," ucapnya.

Lebih jauh dia bilang, kenaikan harga beras sekitar 3 persen sampai pekan II bulan ini, sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Jadi setiap Desember-Januari itu memang trennya harga beras naik. Kenaikannya kurang lebih sama sekitar 3 persen. Sebetulnya ini keseimbangan (suplai) antardaerah yang perlu dijaga," tandas Yunita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panpel Piala Presiden Sesalkan Flare Bonek

Posted: 28 Jan 2018 09:11 PM PST

Panpel Grup C Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Geloar Bung Tomo (GBT), Surabaya, berusaha untuk bekerja dengan maksimal pada setiap laga. Tugas berat dihadapi kala laga Persebaya Surabaya vs Madura United, Minggu (28/1/2018). 

Laga ini jadi yang terbanyak dihadiri penonton, sebanyak 50 ribu penonton memadati Stadion Gelora Bung Tomo. Tiket pertandingan ini sudah sold out sejak sehari sebelum pertandingan. Dengan kapasitas stadion mencapai 55 ribu, praktis Stadion Gelora Bung Tomo tampak padat.

Panpel pun menerjunkan aparat keamanan, dengan jumlah lebih besar dibandingkan dua laga penyisihan Grup C sebelumnya. Hingga laga usai, pertandingan berjalan lancar. Tak ada insiden berarti yang terjadi.

Meski begitu, masih ada satu hal yang akan menjadi bahan evaluasi panpel. Menjelang bubaran duel Persebaya vs Madura United, Bonek di tribun utara atau yang biasa disebut Green Nord menyalakan flare.

Terdapat beberapa titik Bonek menyalakan flare di tribun utara. Mereka menyambut kemenangan tim Bajul Ijo yang sudah ada di depan mata.

Hal ini tentu saja mengganggu penonton lain. Panpel merasa insiden ini jadi pembelajaran penting karena seharusnya suporter tidak diperbolehkan membawa flare ke dalam stadion.

"Kami kecolongan saat melihat flare menyala. Beruntung aparat keamanan bergerak cepat sehingga tidak lama (flare) menyala. Ini jelas akan menjadi evaluasi kami," kata Wisnu Sakti Buana, Ketua Panpel Grup C Piala Presiden 2018.

Wisnu menyebutkan akan bekerja sama dengan pihak keamanan untuk mencegah benda-benda terlarang masuk stadion lagi. Evaluasi itu memang perlu dilakukan lantaran Persebaya akan menggunakan GBT sebagai markas di Liga 1 2018.

"Kami akan pelajari dan cermati bagaimana cara mereka membawa masuk ke stadion. Padahal, di hari pertandingan, kami sudah berusaha sterilkan. Nanti akan kami telurusi kalau perlu sampai penjualnya," imbuh pria yang juga menjabat Wakil Wali Kota Surabaya itu.

Di Liga 1, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi menerapkan sanksi bagi klub tuan rumah jika ada penonton yang menyalakan flare. Jika terus dibiarkan, sanksi terhadap Persebaya akan terus berlanjut mengingat musim lalu insiden sama juga kerap terjadi.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Minta Pemprov DKI Ikuti Aturan Perda Soal Becak

Posted: 28 Jan 2018 09:10 PM PST

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, meminta Pemprov DKI cukup mengacu ke peraturan daerah (perda) soal keberadaan becak di Ibu Kota.

"Kita mengacu dari Perda saja. Ada tidak Perdanya?" ucap Argo di Monas, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum yang berisi larangan becak, Pasal 29 ayat 1 huruf (a) menyebutkan tiap orang atau badan dilarang melakukan usaha pembuatan, perakitan, penjualan, dan memasukkan becak atau barang yang difungsikan sebagai becak dan atau sejenisnya. Pun pada huruf (b) berisi larangan mengoperasikan dan menyimpan becak dan atau sejenisnya.

Karena hal itu, dia meminta Pemprov DKI taat aturan.

"Kita minta Pemprov memperhatikan perda itu," pungkas Argo.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memanen buah naga di area pertanian kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/1). Sebelumnya, Anies bak petani memakai caping dan arit untuk memanen padi. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut keberadaan becak tidak menyalahi Perda. Menurut dia, tidak ada pelanggaran dengan Perda 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum. Sebab, dalam Perda itu yang dilarang hanya operasi becak di jalan besar.

"Mereka tidak beropreasi di jalan raya. Mereka beroperasi di jalan kampung," ujarnya.

Menurut Anies, menegaskan, usulan menghidupkan becak bukan tukang becak atau warga miskin, melainkan inisiatifnya sendiri.

"Kalau untuk membela yang miskin itu harus dikritik, bismillah saya ingin bertanggung jawab itu pada kebenaran pada Tuhan, tapi bukan (tanggung jawab) pada medsos hari ini," ujar Anies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Tusuk Gigi, Seniman Sulap Mobil Kotor Jadi Karya Seni

Posted: 28 Jan 2018 09:09 PM PST

Seorang pria asal Essex, Inggris, James Gibson punya cara unik membuat mobil kotor penuh dengan tanah menjadi sedap dipandang.

Ya, dia menciptakan karya seni luar biasa karena lukisan indah dari bodi mobil sebagai kanvas, serta debu dan cipratan tanah untuk catnya. Sedangkan kuas yang digunakan adalah jari-jemarinya, spons, robekan kertas, hingga tusuk gigi bekas cocktail.

Pria yang kini disebut seniman Van Art itu mengaku, awal mula melakukan mural pada sebuah mobil kotor telah dilakukan sekitar tahun lalu ketika dirinya terjebak macet. Demikian dilansir situs Express, Senin (29/1/2018).

"Seseorang telah menggambar wajah tersenyum di belakang sebuah truk, dan saya berpikir, 'Seseorang pasti sedang dalam mood yang baik untuk menggambar itu'. Saya melakukan beberapa hal lain di awal, tapi saat saya melanjutkan, mereka menjadi lebih detail," ucap Gibson.

Beberapa nama-nama orang terkenal pernah dilukis Gibson di mobil kotor, seperti striker Inggris Harry Kane, petinju David Haye dan Anthony Joshua, Pennywise badut dari film It, serta sang rapper Stormzy.

Bahkan, dia juga bisa melukis kondisi Perang Dunia I, Battle of the Somme disebuah mobil kotor.  Tak sampai di situ, lukisan yang satu ini sempat menjadi viral setelah diunggah ke akun Facebook dan dibagikan kembali hingga lebih dari 70.000 kali.

Mau tahu beberapa lukisan Gibson, berikut beberapa di antaranya:

Seniman Van Art James Gibson melukis potret petinju asal Inggris David Haye. (East News Press Agency)

David Haye atau pemiliki nama lengkap David Deron Haye merupakan petinju profesional asal Inggris yang telah memegang gelar juara dunia dua kali di kelas berat.

Pria kelahiran 13 Oktober 1980, adalah seorang petinju Inggris pertama yang mencapai final World Amateur Boxing Championships, di mana ia memenangkan medali perak pada 2001.

Seniman Van Art James Gibson melukis potret petinju asal Inggris Anthony Joshua . (East News Press Agency)

Anthony Joshua menjadi salah satu petinjua kelahiran Watford, Inggris, yang memiliki beberapa gelar juara kelas berat versi IBF, IBO, dan WBA. Ketangguhan Anthony di atas ring disebut-sebut merupakan penerus legenda tinju Muhammad Ali.

Joshua baru mulai bertarung pada 2007, di mana kala itu dia masih berusia 18 tahun. Hanya selang tiga tahun Joshua berhasil meraih gelar juara di turnamen ABA Championship.

Sempat dipenjara karena kepemilikan narkoba di 2012, dia sempat masuk bui. Namun demikian kemampuan tinjunya tetap terlatih. Hingga akhirnya di tahun yang sama Joshua keluar dan mengikuti Olimpiade 2012 dan berhasil mempersembahkan medali emas untuk Inggris setelah menumbangkan petinju asal Italia, Roberto Cammarelle di partai final.

Seniman Van Art James Gibson melukis potret Pennywise badut dari film It. (East News Press Agency)

Seperti pada umumnya, seorang badut pasti sangat lucu dan menghibur. Namun hal itu tidak dengan Pennywise yang tak lain adalah tokoh jahat utama dari film dan buku IT karangan Stephen King.

Pennywise dapat tergolong sebagai badut mengerikan yang suka meneror dan menculik anak-anak.

Seniman Van Art James Gibson melukis Perang Dunia I, Battle of the Somme. (East News Press Agency))

Pertempuran Somme merupakan pertempuran terbesar antara Anglo-Perancis dan Jerman dan terjadi pada tanggal 1 Juli - 18 November 1916 pada Perang Dunia I.

Pertempuran Somme disebut juga Serangan Somme, sebagai operasi militer paling berdarah dengan 1,5 juta korban di kedua belah pihak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: Saya Main Twitter di Kasur... Pagi dan Malam

Posted: 28 Jan 2018 09:05 PM PST

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengungkap secuil detail tentang salah satu kebiasaan yang sering ia lakukan sejak berkecimpung di dunia politik dan kepresidenan.

Kebiasaan tersebut, yakni bermedia sosial melalui Twitter.

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis kenamaan, Piers Morgan, yang disiarkan di media Inggris ITV, Trump mengatakan bahwa ia kerap bermain Twitter di tempat tidur, pada pagi dan malam hari.

"Kadang-kadang di tempat tidur, kerap juga saat sarapan atau makan siang atau apa pun. Namun, umumnya, pada pagi atau malam hari.... Kalau siang, saya sangat sibuk," kata Trump kepada Morgan, seperti dikutip dari media politik AS The Hill (29/1/2018).

"Kadang juga saya mendikte sesuatu hal kepada seseorang dengan cepat dan menyuruhnya untuk segera mengunggah apa yang telah saya dikte," ujar Trump.

Bagi Donald Trump, Twitter adalah salah satu medium yang kerap ia gunakan untuk berdiplomasi, mengumumkan kebijakan domestik atau luar negeri AS, serta sebagai cara untuk berkomunikasi dengan lawan-lawan politiknya, termasuk di antaranya, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Alasan lain yang membuat Trump sering mentwit adalah sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan para konstituennya serta demi menegasikan efek "fake news" -- terminologi yang digunakan Trump pribadi -- para media AS lain yang kerap mengkritisi kebijakan pemerintahannya, seperti CNN, The Washington Post, The New York Times, Time, dan lain-lain.

"Jika saya tidak memiliki bentuk komunikasi semacam itu (Twitter) saya tidak dapat mempertahankan diri saya. Saya sering mendapat pemberitaan palsu, berita yang keliru atau dibuat-buat," tambah Trump.

"Sungguh situasi yang gila justru, ketika banyak orang menunggu twit dari saya," lanjut Donald Trump.

Presiden AS Donald Trump di sela Forum Ekonomi Dunia, Davos (25/1). Dalam pertemuannya Trump mengatakan Palestina sudah 'tidak menghormati' terkait keputusan kontroversialnya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AP Photo / Evan Vucci)

Dikutip dari laman The Telegraph, Minggu, 2 Juli 2017, Trump melakukan pembelaan diri atas penggunaan jejaring media sosial miliknya. Ia mengklaim bahwa kicauan yang ia unggah bukanlah bagian dari tugasnya sebagai seorang presiden.

Pembelaan itu muncul setelah Trump mendapatkan kritik dari masyarakat luas usai ia mencemooh seorang presenter bernama Mika Brzezinski. Melalui kicauannya di Twitter, Trump menuduh Mika mengalami pendarahan parah pasca-operasi plastik. Tak berhenti di situ saja, ia juga mengejek Mika dengan sebutan "si bodoh seperti batu".

Menanggapi cercaan dari pengguna Twitter lainnya, Trump malah membalas kritikan tersebut dan memperbarui perseteruannya dengan CNN.

"Dasar media massa palsu dan penipu. Bekerja keras untuk meyakinkan orang lain agar saya tak boleh menggunakan media sosial. Tapi kalian harus ingat, saya telah memenangi pemilihan presiden 2016 lewat wawancara, pidato dan media sosial. Saya harus mengalahkan #FakeNews, tentunya kami akan tetap menang," tulis @realDonaldTrump.

"Yang menggunakan media sosial bukanlah seorang presiden, melainkan diri saya secara pribadi. Ini membuktikan bahwa saya adalah seorang Presiden Modern. Jadikan Amerika Lebih Hebat Lagi," tambahnya.

Presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump (AP Photo/Susan Walsh)

Tak hanya melakukan pembelaan diri, Trump malah membahas perselisihannya dengan media CNN.

"Saya sempat berpikir untuk mengganti nama #FakeNews CNN menjadi #FraudNewsCNN," ujar Trump.

Media tersebut kerap menjadi sasaran serangan yang dilontarkan Trump. Aksi Presiden AS itu kian menjadi-jadi setelah tiga wartawan CNN mengundurkan diri. Hal tersebut berkaitan dengan pemberitaannya tentang penyelidikan pertemuan antara Trump dan Kepala Dana Investasi Rusia sebelum pemilu.

Sementara itu, manajer kampanye Corey Lewandowski menyebut Trump seperti Ernest Hemingway (seorang novelis AS).

"Dia adalah Ernest Hemingway versi Twitter, ia telah menurunkan banyak lawan-lawannya hanya melalui kicauan Twitter saja," ujar Corey Lewandowski.

Trump memang dikenal sebagai sosok kontroversial, penggunaan Twitter miliknya menyebabkan banyak kekisruhan. Termasuk kicauannya yang menyerang Wali Kota London, Sadiq Khan pasca-serangan teror di ibu kota Inggris tersebut. Tak hanya itu, melalui Twitter jugalah ia menuduh Barack Obama telah menyadap Trump Tower kepunyaannya.

Menurutnya, Twitter adalah cara paling jitu untuk berkomunikasi dengan warganya. Sebab, ia melihat arus pemberitaan media kerap membuat pemberitaan yang bias.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik dan Menarik, Gaya Rihanna hingga Lady Gaga di Grammy 2018

Posted: 28 Jan 2018 09:01 PM PST

Grammy Awards 2018 kembali digelar di Madison Square Garden, New York, Minggu (28/1/2018) waktu setempat. Ajang penghargaan musik ini digelar untuk yang ke-60 kalinya.

Sejumlah artis dan musikus dunia tampil unik dan memukau di karpet merah Grammy Awards 2018. Ada yang tampil dengan rambut berwarna biru terang hingga kelopak mata yang mengkilap. Penasaran? Simak informasinya berikut ini!

 

#JanelleMonae #DolceGabbana #Grammys #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Janelle Monae tidak pernah takut untuk tampil berani. Ia menggunakan setelan jas bermotif floral dari Dolce Gabbana yang dipadukan dengan dasi kupu-kupu hitam, bros kecil mawar putih, dan bros Time's Up. Ia pun tampil mempesona dengan rambut blonde terang dengan potongan pixie. Yang menarik adalah warna eyeliner yang ia gunakan. Ia berani untuk menggunakan warna terang seperti hijau kebiru-kebiruan di eyeliner bawahnya.

Di usianya yang menginjak 45 tahun, tak membuat Jenny McCarthy kehilangan jiwa mudanya. Di red carpet Grammy Awards 2018, Jenny McCarthy tampil memukau dengan rambut barunya yang berwarna biru. Kepada People, Jenny mengungkapkan bahwa rambut birunya ini terinspirasi dengan lini vodka miliknya yang bernama blueberry. Ia mengatakan bahwa ia adalah pribadi yang mudah bosan sehingga membuatnya memutuskan untuk mengganti warna rambutnya.

 

#CardiB #Ashi #Grammys #TimesUp #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Sukses duet dengan Bruno Mars, Cardi B juga tampaknya sukses mencuri perhatian di red carpet Grammy Awards 2018 dengan over the top updo-nya. Cardi B mengenakan gaun putih yang tebal dan memilih updo glamor yang memiliki volume yang cukup besar. Ia menyisakan rambut di bagian depan untuk semakin mempertegas kesan glamor.

 

#kendricklamar and #rihanna for the #grammys #win = #loyalty šŸŒŸ

Sebuah kiriman dibagikan oleh NPINTLTV (@npintltv) pada

Semua mata tertuju akan perpaduan merah dan riasan monokromatik pada penampilan Rihanna. Ia pun didaulat sebagai penerima penghargaan untuk kategori Best Rap/Sung Collaboration bersama Kendrick Lamar. Hal yang menjadi bagi terfavorit pada penampilan Rihanna adalah rambut ikalnya yang sangat bervolume. Meski terlihat cukup besar, rambut ikalnya tampak halus berkat hairstylist Yusef yang membentuk rambut ikalnya dengan menggunakan alat GHD.

 

#HaileeSteinfeld #AlexandreVauthier #Grammys #TimesUp #LinkInBio

Sebuah kiriman dibagikan oleh Just Jared (@justjared) pada

Pemeran dalam film Pitch Perfect ini juga berhasil tampil memukau di karpet merah Grammy Awards 2018. Ia mengenakan gaun tube berwarna putih terang dengan potongan yang cukup tinggi di bagian depan. Meski mengenakan busana putih, Haile tidak takut memasukkan warna berani seperti ungu yang ia gunakan dalam boots-nya dan juga warna biru metalik pada matanya.

Nomasi dua kali Grammy Awards ini tampil cukup berkilau di red carpet Grammy Awards 2018. Ia menggunakan warna ungu mengkilap di bagian mata dan merah tebal di bagian bibir. Penampilan Andra terinspirasi dari gaya retro di mana ia memilih tampilan updo besar yang sangat cocok dengan busana bernuansa retro yang ia kenakan.

Penampilan Lady Gaga di karpet merah Grammy Awards 2018 membuat banyak orang jatuh cinta. Belakangan, Lady Gaga memang tampil lebih "normal" dengan menggunakan dress dan tatanan rambut yang tidak aneh-aneh ketika menghadiri sebuah acara. Sang makeup artis, Sarah Tanno mengenakan warna hitam dan nude untuk menciptakan cat eye. Lady Gaga juga tampil layaknya putri dengan tatanan rambut yang seperti ditenun oleh Frederic Aspiras. Ini merupakan motif tenunan Khaleesi yang membuat Lady Gaga tampil anggun dan cantik.

Chrissy Teigen menghadiri acara Grammy Awards 2018. (ANGELA WEISS / AFP)

Bisa dibilang penampilan Chrissy Teigen sangat sempurna untuk ukuran ibu hamil. Ia menggunakan penampilan yang flawless, tapi tetap bercahaya pada makeup-nya. Sedangkan rambut Chrissy ditata menyamping dengan sedikit gelombang untuk menciptakan kesan natural.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Minta Demo Taksi Online Tertib

Posted: 28 Jan 2018 09:01 PM PST

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, meminta aksi unjuk rasa Aliansi Driver Online berjalan tertib. Ia meminta pendemo tidak mengganggu pengguna jalan lain.

"Jadi kita mengharapkan dengan tertib," tutur Argo di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018).

Demonstrasi terakit penolakan terhadap Permenhub 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Polisi memperkirakan jumlah peserta aksi mencapai 700 orang.

"Kalau mau bertambah juga akan terima," Papar Argo.

Ia mengatakan, mereka tidak hanya berasal dari Jabodetabek saja. Ada pula pendemo yang datang dari Jawa Barat.

Aksi sendiri direncanakan dimulai pukul 11.00. Hanya saja, hingga saat ini, peserta belum memulai aksinya.

Argo mengingatkan agar aksi tidak melampaui waktu yang diizinkan. Bila tidak, polisi akan mengambil tindakan tegas.

"(Dibubarkan) sesuai UU tanggal 18.00 WIB dan mereka sudah antisipasi. Semua sesuai SOP dan sudah disiapkan semua," pungkas Argo.

 

Pengemudi transportasi online membentangkan spanduk saat menggelar aksi di depan kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (25/10). Dalam aksinya mereka menolak revisi PM 26P / 2017 terkait aturan taksi online. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta aksi rencananya akan berangkat dari Lapangan IRTI. Mereka berjalan kaki ke arah Kantor Kementerian Perhubungan.

Selanjutnya, pendemo akan menuju Taman Pandang di kawasan Monas. Polisi sudah menyiapkan antisipasi pengalihan arus lalu lintas.

"Bisa kita lakukan buka tutup. Atau contra flow atau pengalihan," ungkap Argo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batu Bara Masuk Komponen Pembentukan Tarif, Harga Listrik Naik?

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana memasukkan komponen harga batu bara dalam formula pembentukan tarif listrik. Dengan begitu, ini akan berdampak pada tarif listrik yang dibebankan ke masyartakat.

‎Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng, mengatakan, saat ini pembentukan tarif listrik mengacu pada komponen kurs dolar Amerika Serikat (AS), harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP), dan inflasi. Rencananya, komponen tersebut ditambah dengan komponen harga batu bara.

"Sekarang ICP, kurs dan inflasi, tapi nanti harus izin dulu, ada ketentuannya, ditambah faktor batu bara," kata Andy di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin (29/1/2018).

‎Menurut Andy, dengan dimasukkannya batu bara dalam komponen tarif listrik, maka konsekuensinya berpengaruh pada tarif yang dibebankan masyarakat. Jika harga batu bara naik, ini akan menyumbang kenaikan tarif listrik. Namun, dia belum bisa menyebutkan besaran porsi batu bara dalam pembentukan tarif.

‎"Ya pasti (naik). Nanti harus cari formulasi baru lagi.‎ Waduh saya belum (tahu)," ucapnya.

‎Meski ada komponen tambahan dalam formula pembentukan tarif listrik, Andy menjamin tarif listrik akan tetap terjangkau untuk masyarakat. Pasalnya, batu bara merupakan sumber energi dengan harga terjangkau.

‎"Affordable dong. Kalau batu bara kan masih affordable sampai sekarang," tutur Andy.

‎Andy mengungkapkan, jika nanti komponen harga batu bara dimasukan dalam formula pembentukan tarif listrik‎, komponen ICP tidak dihilangkan karena dijadikan acuan harga gas.

‎‎"Persentasenya sama saja. Harus dimasukkin dong ke komponen tarif listrik. Kenapa ICP? Karena gas juga. Gas ngacu ke ICP, katakanlah 24 persen," tuturnya.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

Pemerintah memutuskan untuk tidak menaikkan tarif listrik untuk semua golongan pelanggan PT PLN (Persero) baik bersubsidi atau nonsubsidi. Keputusan itu berlaku tiga bulan ke depan atau pada periode 1 Januari hingga 31 Maret 2017.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan, keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif listrik pada periode Januari sampai Maret 2018 tersebut bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Satu-satunya pertimbangan pemerintah untuk tidak menaikkan ini adalah daya beli masyarakat,"‎ kata Jonan, seperti yang dikutip di Jakarta, Senin (1/1/2018).

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengungkapkan, atas keputusan pemerintah tersebut, PLN akan meningkatkan efisiensi agar keuangan perusahaan tetap terjaga. Efisiensi yang dilakukan di antaranya dalam kegiatan produksi listrik.

"Itu banyak sekali, BBM zonasi, batu bara termasuk kualitas batu bara juga kami cari yang terbaik. Pokoknya kami lakukan efisiensi yang terbaik," tuturnya.

‎Seperti yang dikutip dari data PLN, berikut daftar tarif listrik untuk tiga bulan ke depan:

Golongan pelanggan bersubsidi:

1. Rumah tangga 450 Volt Amper (VA), tetap sebesar Rp 415 untuk pemakian listrik per kilo Watt hour (kWh).

2. Rumah tangga 900 VA tidak mampu, tetap sebesar Rp 586, untuk pemakaian listrik per kWh.

Golongan pelanggan yang tidak disubsidi, tarif listrik yang akan dikenakan sebagai berikut:

Tegangan Rendah (TR) Rp 1.467,28 per kilo kWh

Golongan 900 VA Rumah Tangga Mampu (RTM) Rp 1.352 per kWh

Tarif listrik Tegangan Menengah (TM) Rp 1.114,74 per kWh

Tarif listrik Tegangan Tinggi (TT) Rp 996,74 per kWh

Tarif listrik di Layanan Khusus Rp 1.644,52 per kWh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Pria Dikuburkan dengan Uang Rp 103 Juta

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Tiap budaya memiliki cara yang berbeda untuk menghormati mereka yang wafat. Sering pula terjadi ada permintaan khusus dari orang yang sekarat dan harus dipenuhi keluarga yang ditinggalkan.

Seorang anak berkebangsaan India menguburkan ayahnya di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan uang 30 ribu ringgit atau sekitar 103 juta rupiah. Pria yang tidak disebutkan namanya itu melakukan hal tersebut dengan tujuan membalas jasa sang ayah.

Karena tak bisa memberikan uang kepada ayahnya, pria itu menempatkan berbagai benda kesayangan sang ayah di dalam peti mati, ditambah uang sejumlah demikian. Pria tua itu menderita berbagai penyakit sebelum meninggal. Sayangnya, uang yang banyak pun tak bisa menyembuhkan penyakit pria itu.

Ketika orang tua itu meninggal, sang anak memutuskan membayar penghormatan dengan cara terbaik yang bisa ia lakukan. Salah satunya dengan mengubur sang ayah bersama uang-uang tersebut.

Kerabatnya menegaskan bahwa begitulah cara mereka menghormati orang yang telah mati. Selain memberikan uang dan pakaian kepada yang telah mati, kebiasaan tersebut juga mereka lakukan pada orang-orang yang membutuhkan dan masih hidup.

 

Kuburan di Jepang.

Melansir dari Buzzflare, foto peti jenazah dengan penutup yang bening menunjukkan lembaran uang yang menutupi mayat sebelum dikuburkan. Foto tersebut segera viral di media sosial.

Beberapa warganet percaya bahwa uang itu tidak asli. Alasannya, siapa orang waras di dunia yang benar-benar akan menguburkan sejumlah besar uang?

Akan tetapi, sebagian yang lain setengah bercanda, berharap terdapat informasi di mana makam pria itu berada. Siapa tahu mereka bisa mengambil uang itu dan memanfaatkannya ketimbang terkubur begitu saja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Barcelona Susah Payah Tundukkan Alaves

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Barcelona menang 2-1 atas Deportivo Alaves pada laga pekan ke-21 La Liga Spanyol, di Camp Nou, Minggu (28/1/2018). Barca sempat tertinggal lebih dulu, sebelum akhirnya sukses membalikkan kedudukan.

Barca ketinggalan 0-1 di babak pertama. Adalah gol dari John Guidetti yang membawa tim tamu unggul lebih dulu.

Di babak kedua, Barcelona bangkit. Luis Suarez dan Lionel Messi jadi pahlawan kemenangan Azulgrana.

Kemenangan ini membuat Barcelona masih nyaman berada di puncak klasemen sementara La Liga dengan nilai 57, unggul 11 poin atas Atletico Madrid di tempat kedua. Sementara itu, Alaves di urutan ke-17 dengan 19 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Grammy Awards 2018, Blue Ivy Tampil Menggemaskan

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Ajang Grammy Awards 2018 yang terhelat di Madison Square Garden, New York, tentu menarik banyak perhatian. Selain prestasi yang disabet para insan musik tersebut, publik juga menaruh perhatian pada penampilan para selebritas yang menakjubkan.

Salah satu yang menarik atensi ialah penampilan dari Blu Ivy. Dirinya memiliki pesona yang tak kalah dengan sang ibu, Beyonce. Pada ajang Grammy Awards 2018 tersebut, Beyonce terlihat total dengan gaya busana serba hitam. Sang Queen Bey mengenakan gaun berbahan beludru karya desainer ternama Nicolas Jebran.

Gaun hitam tersebut memiliki aksen cut out pada bagian pundak serta belahan rok yang terdapat pada sisi kanan dan kiri dari dress tersebut. Tampilannya kian dramatis dengan kacamata hitam, hiasan kepala bernuansa sama, serta anting besar bertabur berlian yang menjuntai hingga bahu dan sukses memberi pernyataan glamor pada penampilannya di ajang Grammy Awards 2018

Tak ketinggalan riasan wajahnya kian memesona dengan pulasan lipstik bernuansa ungu yang membuatnya kian terlihat dramatis.

Namun, Beyonce tak hanya mempersiapkan penampilan terbaik untuk dirinya saja. Sang buah hati, Blue Ivy juga sukses mencuri perhatian dengan gaya busananya yang menggemaskan. Seperti yang dilansir dari Harpersbazaar.com, Blue Ivy menggunakan pleated coat dress bernuansa putih. Rambutnya pun ditata bergaya updo yang semakin memperlihatkan fitur wajahnya. Gaya keseluruhannya juga disempurnakan dengan flat shoes benruansa perak serta clutch bag yang terlihat dalam genggaman Blue Ivy.

Tak heran, penampilannya kali ini menjadi topik hangat yang diperbincangkan dalam ajang penghargaan Grammy Awards 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Angelina Jolie Kunjungi Pengungsi Suriah

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Duta PBB, Angelina Jolie, mengunjungi pengungsi Suriah di Kamp Zaatari, Yordania. Ini merupakan kali kelima Jolie mengunjungi Yordania sejak pecahnya krisis Suriah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Mencegah Katarak

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Artikel seputar katarak mampu menyita perhatian terbesar dari pembaca kanal Health. Selain penyakit yang serius, katarak bisa membuat penglihatan Anda menjadi kabur dan sulit mengenali warna. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Sementara itu artikel soal kebiasaan yang membuat Anda rentan kena flu bertengger di posisi kedua artikel populer setelah info tentang katarak. Agar hidung tak tersumbat, pilek, pusing, dan demam, mulai sekarang Anda harus menghindari sederet kebiasaan buruk ini. 

Artikel ketiga populer dihuni oleh wajah remaja perempuan berusia 9000 tahun. Arkeolog Yunani merekonstruksi akhir periode Mesolitik sekitar 7000 Sebelum Masehi. Remaja bernama Avgi tinggal di masyarakat yang bertahan hidup dengan menanam dan mengolah tanah.

Berikut Top 3 Health:

1. Ingin Mencegah Katarak? Konsumsi 7 Makanan Ini

Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang serius. Pasalnya, ketika menderita penyakit katarak, penglihatan Anda jadi kabur. Selain itu, Anda menjadi sulit mengenali warna dan tidak dapat melihat dengan kontras. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Penyakit ini umumnya menyerang mereka yang lanjut usia. Meski dapat disembuhkan dengan operasi, hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup seseorang. Artinya, meski dapat melihat jelas, operasi tidak akan mengembalikan penglihatan seratus persen.

Selengkapnya..

Siapa yang mau sakit influenza atau flu? Tentu Anda tidak mau mengalami hidung tersumbat, pilek, pusing, demam yang khas gejala flu.

Sayang, ada beberapa kebiasaan yang membuat seseorang rentan terkena flu. Paling tidak ada tujuh kebiasaan yang membuat Anda rentan terkena flu. Salah satunya tak mencuci seluruh bagian tangan. Selengkapnya, seperti dilansir dari Good Housekeeping, Sabtu (27/1/2018).

Selengkapnya..

Wajah Avgi, fosil remaja perempuan berusia hampir 9.000 tahun berhasil direkonstruksi arkeolog. Ia tinggal di Yunani pada akhir periode Mesolitik sekitar 7000 Sebelum Masehi. Pada waktu itu, kawasan yang ditinggalinya sedang mengalami peralihan kelompok masyarakat.

Dari masyarakat pengumpul dan pemburu makanan, beralih ke masyarakat menetap. Cara bertahan hidup dengan menanam dan mengolah tanah.

Dalam bahasa Inggris, Avgi diterjemahkan menjadi Dawn. Arkeolog memilih nama Dawn karena Avgi dianggap hidup pada awal peradaban manusia.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal Terlarang Saat Bermain Mobile Legends, Apa Saja?

Posted: 28 Jan 2018 09:00 PM PST

Mobile Legends baru saja didapuk sebagai gim mobile paling populer sepanjang 2017. Jadi, gim tersebut menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh tahun lalu, berdasarkan laporan App Annie.

Sejak tahun lalu, gim MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ini sedang naik daun. Karena kepopuleran itu, gim ini pun selalu kedatangan pemain baru yang ingin menjajalnya.

Nah, pemain-pemain baru ini sebenarnya membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi. Selain dari sisi gameplay, tentu pemain anyar ini harus mengetahui hal-hal terlarang dalam Mobile Legends.

Akan tetapi, hal terlarang apa saja yang tak boleh dilakukan? Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tak kamu lakukan saat bermain gim besutan Moonton ini.

1. Memakai Item yang Tak Tepat

Mobile Legends bukan gim yang sekadar mengharuskan pemain saling bertarung begitu saja. Ada strategi yang harus kamu lakukan untuk meraih kemenangan.

Salah satunya adalah menggunakan item yang tepat untuk tiap karakter. Dengan item yang tepat, kamu dapat meningkatkan kemampuan hero untuk bertarung melawan musuh.

Hal penting yang perlu kamu ingat, sebaiknya hindari menutup sementara gim Mobile Legends saat sedang bertanding. Sebab, hal itu dapat mengurangi pengalaman bermain dan memengaruhi jalannya pertarungan.

Selain itu, bagi smartphone berspesifikasi rendah yang melakukan hal tersebut, ada kemungkinan akan sulit kembali ke pertandingan sehingga dianggap telah meninggalkan pertarungan.

3. Berkata Kasar pada Tim atau Musuh

Selain sisi teknis, tak lupa untuk menjaga sikap selama bermain. Alasannya, Mobile Legends merupakan gim yang dimainkan dengan kerja sama tim.

Untuk itu, sebaiknya tak berkata kasar pada musuh atau tim saat sedang bertanding. Apabila kamu masih melakukan hal itu, bukan tak mungkin, pemain lain akan melaporkan tindakan tersebut dan membuatmu dihukum.

Faktor penting lain dari Mobile Legends adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil. Karena itu, selalu pastikan untuk benar-benar mengecek kondisi jaringan saat mulai bermain.

Sebaiknya, kamu jangan bermain saat koneksi tak stabil, terutama ketika ada di Ranked Mode. Jika kamu masih melakukannya, bukan tak mungkin alur pertandingan akan berubah dan membuat timmu kalah.

5. Membunuh Lord pada Waktu yang Tak Tepat

Tak sedikit pemain di Mobile Legends berpikir dengan membunuh Lord lebih cepat, sama dengan kemenangan. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar, terlebih saat bermain Ranked Mode.

Alasannya, tim musuh dapat saja tiba-tiba melakukan serangan balik (comeback). Untuk menaklukkan Lord, pastikan setidaknya 3 hero musuh sudah mati dan tak lupa kumpulkan semua pemain di titik kumpul.

(Dam/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dengan Sayap Malaikat, Lady Gaga Bikin Semua Mata di Grammy Terpukau

Posted: 28 Jan 2018 08:50 PM PST

Penyanyi Lady Gaga membawakan lagu Joanne di panggung Grammy Awards 2018, New York,  Minggu (28/1). Seperti biasanya, Lady Gaga tampil dengan penuh penghayatan dan powerful hingga diiringi tepuk tangan meriah penonton. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Penyanyi Lady Gaga membawakan lagu Joanne di panggung Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Seperti biasanya, Lady Gaga tampil dengan penuh penghayatan dan powerful hingga diiringi tepuk tangan meriah penonton. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Aksi Lady Gaga di atas panggung ajang Grammy Awards 2018, New York,  Minggu (28/1). Kesempurnaan penampilan Gaga juga didukung oleh petikan gitar Mark Ronson hingga lagu yang dibawakan Gaga sampai menyentuh hati. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Aksi Lady Gaga di atas panggung ajang Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Kesempurnaan penampilan Gaga juga didukung oleh petikan gitar Mark Ronson hingga lagu yang dibawakan Gaga sampai menyentuh hati. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Penyanyi Lady Gaga membawakan dua lagu andalannya di panggung ajang Grammy Awards 2018, New York,  Minggu (28/1). Aksen sabrina di bagian atas dress Lady Gaga langsung menyita perhatian. (Photo by Matt Sayles/Invision/AP)

Penyanyi Lady Gaga membawakan dua lagu andalannya di panggung ajang Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Aksen sabrina di bagian atas dress Lady Gaga langsung menyita perhatian. (Photo by Matt Sayles/Invision/AP)

Penyanyi Lady Gaga tampil dengan piano putih berbalut sepasang sayap raksasa di panggung Grammy Awards 2018, New York,  Minggu (28/1). Penampilannya pun memukau dengan tantanan rambut pirang berkepang dengan tali hitam. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Penyanyi Lady Gaga tampil dengan piano putih berbalut sepasang sayap raksasa di panggung Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Penampilannya pun memukau dengan tantanan rambut pirang berkepang dengan tali hitam. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Pose penyanyi Lady Gaga seusai menyelesaikan lagunya di panggung Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Pose Gaga seperti tergeletak lemas di atas pianonya itu menjadi momen yang banyak dibicarakan di Twitter sekarang ini. (Timothy A. CLARY/AFP)

Pose penyanyi Lady Gaga seusai menyelesaikan lagunya di panggung Grammy Awards 2018, New York, Minggu (28/1). Pose Gaga seperti tergeletak lemas di atas pianonya itu menjadi momen yang banyak dibicarakan di Twitter sekarang ini. (Timothy A. CLARY/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digerebek Sandy Tumiwa, Tessa Kaunang Pilih Pindah Rumah?

Posted: 28 Jan 2018 08:50 PM PST

Sandy Tumiwa menggerebek rumah Tessa Kaunang di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (27/1/2018). Sandy Tumiwa menduga mantan istrinya itu menginapkan kekasihnya di rumah.

Tessa Kaunang pun membantah semua tuduhan Sandy Tumiwa. Dan ketika dilakukan penggerebekan, terbukti tidak ada laki-laki yang menginap di rumah Tessa Kaunang.

"Semua ruangan diputar oleh Sandy. Dia pikir mungkin (pacarnya) ngumpet di mana gitu ya, kan ada tiga lantai dan paling bawah garasi. Semua dicek, enggak ada yang dia cari," kata Tessa Kaunang di Jakarta akhir pekan lalu.

Tessa Kaunang (Nurwahyunan/Bintang.com)

Akibat penggerebekan itu, Tessa Kaunang dikabarkan mengalami trauma. Artis 41 tahun itu pun disebut-sebut akan mengajak anak-anaknya untuk pindah rumah. Benarkah?

"Gimana ya, saya bingung. Saya cuma bisa bilang bahwa selama ini saya melakukan hal yang sewajarnya. Enggak melakukan apa-apa," ucap Tessa Kaunang.

Tessa Kaunang [foto: instagram.com/thessakaunangtuiit]

Jika tak jadi pindah rumah, Tessa Kaunang juga dikabarkan akan memanggil kedua orangtuanya untuk ikut tinggal di rumah tersebut. Keberadaan orangtua itu dianggap dapat menghindari fitnah yang muncul selama ini.

"Bawa orangtua ke rumah pun enggak kayaknya. Karena kebetulan mama dan papa saya orang yang sibuk dan banyak kerjaan. Mungkin bukan antisipasi seperti itu yang harus saya lakukan," jelas Tessa Kaunang.

 

Tessa Kaunang (Liputan6.com/Panji Diksana)

"Karena kalau tiba-tiba saya bawa orangtua ke rumah, itu kayak orang ketakutan. Padahal, saya enggak melakukan apa-apa," ia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Perkembangan Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu MW

Posted: 28 Jan 2018 08:46 PM PST

Pemerintah berupaya memperbesar pasokan listrik di Indonesia melalui Program Ketenagalistrikan 35 ribu megawatt (MW). Harapannya, dengan pasokan listrik yang memadai, merata dengan harga yang terjangkau bisa meningkatkan pertumbuhan investasi dan ekonomi masyarakat.

‎Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi mengatakan, kondisi terbaru dari program ini.

Hingga 15 Januari 2018, dari Program 35 ribu MW, pembangkit yang telah beroperasi mencapai 1.358 MW, di mana 466 MW dibangun PLN. Sementara sisanya, sebesar 892 MW dari pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP).

"Pembangkit 35 ribu MW yang telah beroperasi tersebar di wilayah Sulawesi dengan total 538 MW. Disusul Sumatera 455 MW, Maluku dan Papua 135 MW, Kalimantan 126 MW. Sedangkan sisanya tersebar di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara sebesar 104 MW," kata Agung, di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Agung melanjutkan, saat ini pembangkit listrik sebesar 17.096 MW sudah memasuki tahap konstruksi. Sebesar 5.657 MW dibangun PLN dan 11.439 MW berasal dari pengembang swasta.

"Dari proyek 35 ribu MW, 17.096 MW atau sekitar 48 peren sudah masuk tahap konstruksi. Sementara 12.724 MW lainnya sudah kontrak namun belum kontruksi. Jadi yang belum melakukan kontrak atau Power Purchase Agreement (PPA) hanya 4.682 MW. Ini trennya jelas, positif. Sekitar 20 ribu MW ‎diantaranya ditargetkan beroperasi pada tahun 2019," papar Agung.

Selain proyek 35 ribu MW, terdapat juga pembangunan pembangkit yang berasal program percepatan ketenagalistrikan, Fast Track Program (FTP) tahap 1 dan 2 serta Program Reguler yang berjumlah sekitar 7.800 MW. Dari ketiga program tersebut, 6.395 MW di antaranya telah beroperasi.

Sebagaimana diketahui, program 35 ribu MW ‎sangat berkontribusi terhadap rasio elektrifikasi. Hingga akhir 2017, raihan rasio elektrifikasi nasional mencapai 95,35 persen. Angka ini lebih tinggi dari target yang ditetapkan, yaitu 92,75 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyatakan, penyederhanaan perizinan atau deregulasi pada sektor kelistrikan telah menunjukan hasil.

Arcandra menjelaskan, penyederhanaan perizinan dalam proses investasi pada sektor kelistrikan bertujuan untuk mempermudah kegiatan usaha sehingga dapat mempercepat eksekusi program yang ditargetkan pemerintah.

"Deregulasi itu tujuannya pertama harus bisa pangkas business process. Kedua harus bisa mempercepat usaha-usaha untuk mencapai target pemerintah," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Menurut Arcandra, penyederhanaan perizinan pada sektor kelistrikan yang dilakukan Kementerian ESDM saat ini telah menunjukan hasil.

Dia menyebutkan bahwa capaian pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) tahun lalu yang melebih target menjadi salah satu hasilnya. 

Rasio elektrifikasi pada 2017 ‎ditargetkan mencapai 92,75 persen, sedangkan realisasinya pencapai rasio elektrifikasi sampai akhir 2017 mencapai 95,35 persen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Paceklik Kemenangan, D'Ambrosio Tolak Menyerah

Posted: 28 Jan 2018 08:45 PM PST

Bek Inter Milan, Danilo D'Ambrosio, mengaku sangat kecewa dengan hasil imbang timnya melawan SPAL. Ia juga menuntut La Beneamata untuk segera bangkit.

Inter Milan bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah SPAL pada lanjutan pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Paolo Mazza, Minggu (28/1/2018) malam WIB.

Angka untuk La Beneamata dicetak oleh gola bunuh diri Francesco Vicari, sementara gol SPAL dilesakkan Alberto Paloschi pada injury time.

"Ini adalah momen negatif dalam hal hasil, tapi kualifikasi Liga Champions masih menjadi tujuan kami dan kami tidak dapat menyerah. Di sini, Anda selalu perlu memperjuangkan setiap bola dan kami gagal melakukannya hari ini," kata D'Ambrosio di situs resmi klub.

Inter Milan (AFP/Alberto Pizzoli)

Inter sebenarnya punya start sempurna di Serie A musim ini. Namun, La Benamata kemudian mengalami periode buruk. Dalam tujuh pertandingan terakhir di Serie A, pasukan Luciano Spalletti menderita dua kekalahan dan lima kali seri. 

"Kami tidak bisa memikirkan apa yang sedang dikatakan di tempat lain, mereka memuji Anda terlebih dahulu dan kemudian menghancurkan Anda. Poin yang telah kami dapatkan sejauh ini membuat kami berada di jalur yang tepat untuk Liga Champions, dan kami akan terus maju," D'Ambrosio menambahkan.

Dengan hasil ini, Inter Milan berada di peringkat empat klasemen Liga Serie A Italia dengan 44 poin. Ivan Perisic dan kawan-kawan terpaut dua angka dari Lazio yang tepat berada di atas mereka. Sementara SPAL terpuruk di posisi 18 klasemen dengan 17 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janda Cantik Asal Lampung Tewas Usai Kencan dengan Kapolsek

Posted: 28 Jan 2018 08:45 PM PST

Atika Mandasari (28), seorang karyawan kafe di Lampung Utara, ditemukan tewas setelah semalaman bersama Kapolsek Pugung Tampak, AKP AR. Janda satu anak warga Kota Alam, Kotabumi Selatan, Kotabumi, Lampung, itu sempat dilarikan ke rumah sakit.

Namun, nyawanya tidak tertolong. Korban meninggal karena diduga overdosis.

Kabid Propam Polda Lampung Kombes Hendra Supriatna saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah mengamankan dan memeriksa AKP AR. Kini, Kapolsek AKP AR diperiksa Propam Polda Lampung. Perwira polisi itu diduga mengetahui penyebab kematian sang janda.

"Ya, sedang kita amankan dan kini masih kami proses," ujar Kombes Hendra seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group), Jumat, 26 Januari 2018 .

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait hubungan antara AKP AR dengan wanita karyawan kafe tersebut. "Sedang kami proses. Dan saat ini kami juga berkoordinasi dengan Reserse Kriminal Polres Lampung Utara terkait dugaan pidana," ucapnya.

Atika Mandasari tewas sesaat setelah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu, Kotabumi Lampung Utara. Diduga janda itu tewas akibat overdosis setelah bepergian semalaman dengan oknum Kapolsek Pugung Tampak, AKP AR, pada Minggu (21/1) lalu.

 

Simak berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

 

Janda Cantik Tewas Usai Kencan dengan Kapolsek. (Tangkapan Layar Facebook Atika Mandasari)

Polisi menyelidiki tewasnya Atika Mandasari (28) seorang karyawan kafe di Lampung Utara. Korban diketahui semalaman bersama oknum Kapolsek Pugung Tampak, AKP AR, sebelum meninggal. Kini, AKP AR diamankan Propam Polda Lampung karena dilaporkan keluarga Atika Mandasari.

Kapolsek AKP AR diduga memiliki hubungan istimewa dengan Atika. Dia juga disebut-sebut mengetahui penyebab kematian janda anak satu itu pada Minggu, 21 Januari 2018.

Atika meninggal setelah semalaman bersama Kapolsek AKP AR. Oleh karena itu, keluarga Atika melaporkan AKP AR ke Propam. Keluarga korban meminta perwira polisi itu diperiksa.

Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol Hendra Supriatna membenarkan bahwa AKP AR telah diamankan. Bahkan, dia sedang menjalani pemeriksaan. Propam masih memeriksa AKP AR untuk mengetahui penyebab kematian Atika. Hendra menilai, AR melanggar kode etik karena berada di luar wilayah kedinasannya.

"Jadi yang bersangkutan itu telah melanggar wilayah kedinasan, dan akan mendapatkan hukuman disiplin oleh polda," tutur Hendra. Propam juga mendalami dugaan hubungan antara AKP AR dengan wanita karyawan kafe tersebut.

"Sedang kami proses. Dan saat ini kami juga berkoordinasi dengan Reserse Kriminal Polres Lampung Utara terkait dugaan pidana," ungkapnya, seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group), Jumat, 26 Januari 2018.

Atika Mandasari tewas sesaat setelah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu, Kotabumi Lampung Utara. Diduga korban tewas akibat overdosis setelah bepergian semalaman dengan oknum Kapolsek Pugung Tampak, AKP AR pada Minggu (21/1) lalu.

Atika meninggal dalam kondisi mulut berbusa. Ia beberapa kali muntah sebelum meninggal. Dia sempat memuntahkan cairan hitam. Ia juga mengalami benjolan dan luka memar di kepala.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teresa Teng, Diva Asia yang Mahir Menyanyikan Lagu Indonesia

Posted: 28 Jan 2018 08:40 PM PST

Sosoknya memang telah tiada sejak dua dekade lalu. Namun, nama Teresa Teng kembali diperbincangkan publik. Lahir di Taiwan, 29 Januari 1953, Teresa tidak hanya dikenal di negaranya, tapi di juga lingkup Asia.

Suaranya yang lembut dan melankolis sukses menggetarkan hati para pendengarnya. Selama kurang lebih 30 tahun berkarier, Teresa Teng terkenal lewat lagu-lagu tradisional dan balada romantis, sebut saja "Tian Mi Mi", "Goodbye My Love" dan masih banyak lagi.

Teresa Teng juga dikenal sebagai salah satu dari Lima Diva Agung Asia. Popularitasnya tidak lepas dari kemampuannya menyanyikan lagu-lagu bahasa Mandarin, Inggris, Jepang, Vietnam, Kanton, bahkan Indonesia.

 

Teresa Teng [foto: instagram]

Di antara lagu-lagu populernya, Teresa Teng juga sempat menelurkan album berbahasa Indonesia dibantu komposer A. Riyanto. Lagu-lagu hits Teresa diubah liriknya ke bahasa Indonesia.

Mulai dari "Goodbye My Love" atau "Selamat Jalan Kekasih" atau "HĆ© RƬ JÅ«n ZĆ i LĆ”i" yang diubah menjadi "Kapankah Kau Akan Kembali". Teresa Teng juga sempat menyanyikan lagu-lagu karya A. Riyanto, salah satunya yakni "Mimpi Sedih".

 

Teresa Teng [foto: instagram]

Jatuh bangun dirasakan Teresa Teng ketika lagu-lagunya sempat dilarang beredar di Tiongkok di era 1980-an karena alasan politis. Namun, popularitasnya justru semakin meningkat setelah rekaman suara Teresa Teng beredar luas di pasar gelap.

Sejak saat itu, lagu-lagu milik Teresa Teng juga semakin terdengar di mana-mana, mulai dari kelab malam hingga gedung-gedung pemerintahan.

 

Google Doodle Teresa Teng. Dok: Google

Tepat di hari kelahirannya, 29 Januari, Google memajang gambar animasi seorang wanita cantik yang sedang menyanyi. Di belakangnya terdapat bulan purnama yang terang benderang.

Gambar tersebut rupanya sebagai bentuk penghormatan pada mendiang Teresa Teng. Dunia ingin merayakan hari kelahirannya yang ke-65 tahun.

 

Teresa Teng [foto: instagram]

Sayangnya, Teresa Teng tak dapat meneruskan kariernya lebih lama lagi. Pada 8 Mei 1995, Teresa meninggal dunia di usia 42 tahun karena serangan asma.

Saat itu Teresa tengah berlibur di Chiang Mai, Thailand. Meski begitu, dokter dan partnernya, Paul Quilery, berspekulasi ia meninggal dunia dari serangan jantung karena efek samping akibat overdosis amfetamin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY Disebut di Sidang E-KTP, Setnov: Wah Saya Tak Ikut Campur

Posted: 28 Jan 2018 08:36 PM PST

Terdakwa kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto atau Setnov mengaku tidak tahu menahu soal munculnya nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam sidang Kamis lalu.

Menurut Setya Novanto, soal ada tidaknya keterkaitan Ketua Umum Partai Demokrat itu dalam pusaran E-KTP, hanya saksi Mirwan Amir yang tahu.

"Wah kalau itu saya nggak ikut campur, itu urusan pak Mirwan dengan Pak SBY itu," kata Setnov di ruang sidang sesaat sebelum sidang, Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018).

Mantan Ketua Umum Golkar itu menuturkan, alangkah baiknya soal keterkaitan SBY ditanyakan kembali ke Mirwan. Sebab, dia juga mengaku kaget mendengar pernyataan Mirwan dalam sidang.

"Ya, waktu itu kan Pak Mirwan sebagai Wakil Ketua di Partai Demokrat, mungkin Pak Mirwan lebih tau daripada saya. Iya saya baru tahu kemarin dan kaget juga," ujar dia.

Setnov menegaskan, dirinya tidak ada maksud menutup-nutupi soal orang-orang besar yang terlibat. Yang jelas, saat ini dirinya hanya ingin bersidang dengan baik dan mengutarakan apa yang diketahuinya soal proyek e-KTP.

"Saya baru dengar kemarin, cukup kaget juga," kata Setya Novanto.

Politisi Partai Demokrat, Mirwan Amir memberi keterangan saat menjadi saksi dalam persidangan dugaan korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (24/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nama SBY disebut dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto (Setnov). Hal itu berawal dari, penasihat hukum Novanto, Firman Wijaya bertanya kepada Mirwan Amir yang kini menjadi Ketua DPP Hanura. Firman bertanya soal apakah proyek e-KTP ada kaitannya dengan pemenangan Pemilu 2009.

"Memang itu program dari pemerintah," ujar Mirwan menjawab pertanyaan Firman di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis 25 Januari 2018.

Kemudian Firman mempertegas dengan menanyakan siapa pemegang pemerintahan pada 2009. Dengan tegas Mirwan menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat.

"Susilo Bambang Yudhoyono," kata dia.

Firman kembali bertanya apakah Mirwan Amir sempat mendapat intervensi terkait program e-KTP. Mirwan menjawab tidak. Kemudian, Firman bertanya kembali apakah Mirwan sempat berkomunikasi dengan SBY soal e-KTP.

"Tidak pernah, tapi saya dengar saran dari Pak Yusnan Solihin bahwa program e-KTP ini ada masalah. Maka dari itu Pak Yusnan membuat surat yang ditujukan kepada pemerintah. Saya juga percaya dengan Pak Yusnan kalau memang program ini tidak baik, jangan dilanjutkan," kata dia.

Mirwan menyebutkan, Yusnan Solihin yang merupakan pengusaha sekaligus politisi Partai Gerindra sudah melihat kejanggalan dalam proses e-KTP. Berdasarkan pernyataan Yusnan, Mirwan mengaku sudah menyampaikan kejanggalan e-KTP kepada SBY.

"Pernah saya sampaikan bahwa program e-KTP ini lebih baik tidak dilanjutkan," kata dia.

Mirwan mengaku menyampaikan hal tesebut langsung kepada SBY di Cikeas. Namun, SBY memerintahkan untuk melanjutkan proyek tersebut.

"Tanggapan dari Bapak SBY bahwa ini untuk menuju Pilkada, jadi proyek ini harus jalan terus," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Selebritas Ini Tampil Nyentrik di Grammy Awards 2018

Posted: 28 Jan 2018 08:36 PM PST

Berbeda dengan penghargaan Oscar, Grammy Awards 2018 sangat penuh warna dan nyentrik jika diihat dari pakaian para selebritas. Karpet merah Oscar beberapa waktu lalu memang didominasi warna hitam. Namun, Grammy justru kebalikannya.

Sejumlah selebritas yang terlihat di karpet merah mengenakan busana yang jauh dari kesan biasa. Bahkan, bisa dibilang kesan yang ditampilkan sangat unik dan kreatif. Berikut beberapa di antaranya.

1. Pink

Pelantun What About Us ini tampil tak biasa dengan gaun bulu. Warna pink bercampur biru dan hitam pun terlihat unik. Ia melengkapi penampilannya dengan belt besar berwarna hitam di Grammy Awards 2018.

 

Sejumlah selebritas yang terlihat di karpet merah Grammy Awards 2018 mengenakan busana yang jauh dari kesan biasa. (Photo: Dan MacMedan-USA TODAY NETWORK)

2. Andra Day

Day tampil dengan nuansa retro yang kental Ia mengenakan dress berbentuk jas. Warna sepatunya matching dengan lipstik merah klasiknya.

 

Sejumlah selebritas yang terlihat di karpet merah Grammy Awards 2018 mengenakan busana yang jauh dari kesan biasa.  (Photo: JASON SZENES, EPA-EFE)

3. Kesha

Penyanyi ini bergaya barat bernuansa biru. Yang mencolok dari penampilannya adalah boots glitter yang keren.

 

Sejumlah selebritas yang terlihat di karpet merah Grammy Awards 2018 mengenakan busana yang jauh dari kesan biasa. (Photo: Evan Agostini/Invision/AP)

4. Joy Villa

Meski memakai dress putih berpotongan A-line klasik. Namun, yang tidak biasa adalah gaunnya ditambahkan lukisan tangan bergambar fetus di dalam uterus. Ia juga membawa tas dengan tulisan "Choose Life".

 

Sejumlah selebritas yang terlihat di karpet merah Grammy Awards 2018 mengenakan busana yang jauh dari kesan biasa. (Photo: Dan MacMedan-USA TODAY NETWORK)

5. Patrick Starrr

Unik, sang bintang mengenakan jubah dengan warna pink dan ungu yang mencolok. Tak lupa boots dan perhiasan berwarna senada.

 

Sejumlah selebritas yang terlihat di karpet merah Grammy Awards 2018 mengenakan busana yang jauh dari kesan biasa. (Photo: Evan Agostini, Evan Agostini/Invision/AP)

6. Kali Uchis

Dengan jumpsuit metalik berwarna ungu, penyanyi ini tentu menjadi pusat perhatian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Lokasi Wajib Jika Ingin Berburu Mural di Singapura

Posted: 28 Jan 2018 08:33 PM PST

Selain pameran dan pentas seni yang digelar indoor, Singapore Art Week 2018 yang berlangsung 17 hingga 28 Januari kemarin juga menyajikan sejumlah karya seni lainnya.

Di antaranya adalah seni jalanan berupa mural. Seni corat-coret di tembok ini bisa jadi pilihan alternatif bagi mereka yang bosan tampilan karya seni yang disajikan di dalam ruangan.

Pentas seni jalanan mural tetap bisa dinikmati meski gelaran Singapore Art Week telah berakhir. Wisatawan Negeri Singa tetap menikmati beragam art street di sejumlah titik di Singapura.

Berikut empat lokasi untuk menikmati mural di Singapura yang dirangkum Liputan6.com usai mengikuti Singapore Art Week 2018:

1. Arab Street

Arab street banyak dijumpai mural dengan beragam ukuran.

Arab Road berada di kawasan Kampung Glam Singapura. Di sini kita bisa menyaksikan sejumlah mural dengan beragam ukuran sambil nongkrong di kafe dan pusat jajanan yang berjejeran di kawasan tersebut.

Sejumlah mural juga bisa dinikmati di jalan Haji Lane yang letaknya satu kawasan dengan Arab Street. Haji Lane adalah sebuah gang sempit, tapi cukup populer di kawasan ini. Mural banyak terpampang di dinding-dinding bangunan di kawasan ini.

2. Little India

Mural sapi di kawasan Little India.

Tak lengkap ke Singapura jika belum mengunjungi kawasan Little India. Di sini, selain bisa berburu segala sesuatu berbau India (makanan, suvenir, dll) juga bisa menikmati sejumlah mural epik dengan tema India.

Tepat di pintu masuk kawasan Little India dari sisi pintu MRT (Mass Rapit Transit), terpampang mural bergambar sapi dengan ukuran besar dengan warna cerah dan menarik. Tak heran mural ini kerap menjadi spot untuk berfoto bersama atau sekedar selfie.

Beragam mural lain juga bisa ditemukan di sepanjang jalan kawasan yang dikenal dengan pusat perbelanjaan Mustafa Center ini. Umumnya, mural di kawasan ini bertema tentang kehidupan dan aktivitas warga India.

3. Bunga-Kare Mural

Dua seniman Indonesia Bunga dan Kare (kiri) berpose di depan mural karya mereka.

Bunga-Kare mural merupakan mural karya dua seniman muda Indonesia, yakni Bunga Fathia dan Karinia Deagusta.

Berkolaborasi dengan seniman lokal Singapura Cino, Bunga-Kare mengkreasi sebuah mural berupa sosok pria mengenakan blangkon dengan kamera di tangan kanan dan gasing di tangan kiri.

Kamera dipilih karena tempok tempat Bunga-Kare membuat mural adalah tembok Museum Fotografi Singapura. Sedangkan blangkon dan gasing merupakan representasi budaya Indonesia.

Mural ini bisa dinikmati di kawasan Kampung Glam Singapura.

4. Gilman Barrack

Kawasan Gillman Barrack selalu ramai dengan sejumlah pentas seni.

Gillman Barrack adalah kawasan seni yang berada kawasan Alexandra. Butuh sekitar 15 hingga 20 menit dari kawasan pusat Kota Singapura.

Tempatnya yang sejuk dan banyak pepohonan, membuat Gillman Barrak cukup nyaman dijadikan tempat untuk mengeksplorasi seni.

Selain sejumlah karya seni yang ditampilkan indoor, di Gillman Barrack kita juga bisa menikmati mural seniman-seniman Singapura di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesan Marquez di Hari Pertama Tes MotoGP 2018

Posted: 28 Jan 2018 08:30 PM PST

Marc Marquez telah menjajal tiga mesin berbeda selama menjalani tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Minggu (28/1/2018). Pada hari pertama, juara dunia MotoGP musim lalu itu berhasil melahap 50 lap.

Pada sesi pagi, Marquez keluar dengan menggunakan ban basah. Saat itu, dia hanya menyelesaikan satu putaran. Setelah kondisi lintasan mulai mengering pada siang hari, pemilik nomor 93 itu menjajal mesin prototipe RC213V 2018 yang menggunakan spesifikasi mesin yang berbeda.

Hasilnya, Marquez belum menemukan keseimbangan yang tepat pada tunggangannya. Hal itu membuat pembalap asal Spanyol tercecer di urutan ketujuh dengan catatan waktu 2 menit 0,290 detik atau tertinggal 0,863 detik dari rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang menjadi tercepat pada tes pramusim hari pertama.

"Saya pikir tes pramusim ini merupakan hari yang sibuk bagi semua pembalap. Karena mereka kembali ke motor setelah musim dingin dan perlu menemukan ritme lagi serta terbiasa naik ke lintasan yang sangat menuntut, terutama di Sepang," kata Marquez, seperti dikutip dari laman resmi Repsol Honda, Senin (29/1/2018).

"Saya cukup bahagia, terutama dengan bagaimana kami memulai karena kami mengerjakan tiga motor berbeda dengan mesin yang berbeda. Satu dari tahun lalu dan dua dengan spesifikasi yang berbeda. Karena itu, hari ini cukup intens. Kami harus menyesuaikan banyak hal, yang cukup normal, tapi sejauh ini sepertinya mesin baru itu lebih baik," ujar Marquez.

 

 

KTM dipastikan tak akan merekrut pebalap top seperti Marc Marquez dan fokus pada pengembangan pebalap muda. (dok. MotoGP)

Ini baru tes pramusim pada hari pertama. Marquez berharap sisa dua tes di Sepang, tim mampu memperbaiki set up pada mesin, perangkat elektronik, aerodinamika, dan sebagainya.

"Tentu saja jika itu adalah balapan akhir pekan, saya akan habis-habisan, dan tidak masalah jika motornya gemetar dan bergerak. Tapi sekarang kami sedang dalam ujian, tetap saja kita belum siap, jadi saya menjadi lebih tenang, mencoba memahami banyak hal, memahami mesinnya, bagaimana dengan gasnya, dan kemudian menemukan batas kecepatan," ujar Marquez.

Aksi Marquez bakal kembali ditunggu di MotoGP 2018 (FIM)

Sebelumnya, Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig membocorkan rahasia mengapa Marc Marquez dapat tampil kompetitif dalam lima musim terakhir. Ia mengatakan Marquez merupakan pembalap yang tak pernah mengenal kata menyerah.

"Marquez selalu berhasil menyelamatkan situasi sulit. Secara psikologis dia tidak pernah menyerah, dan ia sangat ambisius," kata Puig, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (27/1/2018).

Sejak Marquez tiba di kelas utama MotoGP, pembalap asal Spanyol itu sukses membius penggemar dengan penampilan yang aduhai di lintasan pacuan kuda besi. Sebanyak 35 kali pemilik nomor 93 itu berhasil berdiri gagah di podium pertama.

Keberhasilan itu telah mengantarkan Marquez merebut empat gelar juara dunia di kelas MotoGP. Ini merupakan capaian yang bukan sebuah keberuntungan semata.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grab Dukung Penerapan Permenhub 108 Tahun 2017

Posted: 28 Jan 2018 08:30 PM PST

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaran Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pun menyatakan peraturan tersebut tetap berlaku mulai 1 Februari 2018. Budi menuturkan, aturan ini akan tetap dijalankan dan berlaku sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Terkait peraturan tersebut, Grab sebagai salah satu penyedia aplikasi pun memastikan akan mendukung pelaksanaan PM 108 tahun 2017. Layanan asal Malaysia itu berharap dapat bersinergi dengan pemerintah dalam implementasi aturan ini.

"Kami berharap dapat bersinergi dengan pemerintah, tidak hanya di level nasional, tapi juga jajaran pemerintah provinsi, agar implementasi aturan ini berjalan dengan lancar," tutur Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibarata, dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (29/1/2018).

Ia menyebut telah menyampaikan sejumlah kesulitan teknis yang dialami para mitra pengemudi kepada Menhub. Menurut Ridzki, Menhub menanggapi positif hal tersebut dan setuju membantu para mitra Grab mencari solusi dari permasalahan tersebut.

"Kami juga meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait agar bersama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif karena keamanan para mitra pengemudi dan masyarakat pengguna adalah prioritas utama kami," ujarnya.

Salah satu bentuk implementasi yang sudah dilakukan Grab adalah melakukan penempelan stiker angkutan sewa khusus (taksi online) di provinsi Jawa Tengah, kemarin (28/1/2018).

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, Kepala Divisi Angkutan Darat, Astri Widyani, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Tengah, AKBP Ardi, bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Karmadibrata.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, regulasi yang mengatur taksi online merupakan bentuk perlindungan pemerintah ke moda transportasi digital tersebut.

Budi Karya Sumadi berujar pemerintah sudah memberikan kesetaraan melalui penerbitan regulasi baru tentang taksi online. Hal ini juga untuk memberikan perlindungan dasar hukum untuk peng‎operasian taksi online.

"Justru dengan adanya regulasi, maka pengemudi lebih aman dan ada dasar hukum mereka mengendarai atau melakukan kegiatan itu. Kalau tidak ada dasar hukumnya, mereka bisa dikejar-kejar oleh pihak siapa pun itu," kata Budi, usai menghadiri wisuda, di Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STIP), Curug, Tangerang, Sabtu (27/1/2018).

Terkait penerapan aturan ini, sejumlah sopir taksi online berencana berdemonstrasi di depan Istana Merdeka pada Senin ini.

Mereka berunjuk rasa untuk memprotes Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Umum Tidak dalam Trayek.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dalam keterangannya, Senin (29/1/2018), berencana menerima perwakilan pengunjuk rasa pengemudi taksi online tersebut.

"Saya sudah mendapat instruksi Pak Menteri untuk persiapkan pertemuan Menhub dengan pengunjuk rasa," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhhub Budi Setiya.

Menurut Budi, Menhub berharap dengan dialog tersebut dapat menjadi momentum bagi berbagai pihak-pihak yang menolak aturan bisa memahami maksud penatapan PM 108 Tahun 2017 dan menerima pemberlakuan peraturan taksi online tersebut.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: