Senin, 15 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dipuji, Pria Ini Berani Kembalikan Sampah yang Dibuang Polisi

Posted: 15 Jan 2018 10:00 PM PST

Fenomena membuang sampah sembarangan sudah menjadi hal yang biasa terjadi dalam masyarakat Indonesia. Kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, membuat banyak orang merasa tak bersalah dengan membuang sampah sembarangan di jalan.

Akan lebih miris lagi jika, oknum polisi yang seharusnya menjadi teladan yang baik, malah ketahuan ikut-ikutan membuang sampah sembarangan.

Kejadian polisi membuang sampah itu sempat terekam dan dibagikan oleh akun twiter @Lime_return pada Minggu (14/1/2018) yang lalu. Dalam rekaman yang berdurasi 14 detik itu, terlihat seorang pria dengan kaos putih tanpa ragu memungut sampah yang berasal dari mobil polisi.

Setelah ia mengambilnya, pemuda berambut gondrong itu berjalan ke arah mobil polisi di depannya lalu memberikan kembali sampah yang telah dibuang dari mobil polisi.

 

 

Pria yang mengenakan kaos putih tanpa ragu kembalikan sampah yang telah dibuang polisi. Source: Lime_return/Twitter

Diketahui bahwa kejadian tersebut terjadi di Jalan Kramat Raya di Jakarta Pusat.

Aksi berani pria itu ternyata berhasil menarik perhatian waganet. Bahkan, rekaman tersebut telah mencapai sembilan ribu lebih retweet dan hampir mencapai enam ribu like di Twitter. 

Warganet yang melihat rekaman tersebut memberikan komentar dan respon mereka kepada pria dalam rekaman. Kebanyakan respon warganet bernada positif dan memberikan pujian kepada pria tersebut.

 

Kemudian tak sedikit juga warganet memberikan sindiran kepada pihak polisi. Beberapa cuitan di antaranya, bahkan men-tag akun resmi pihak kepolisian secara langsung melalui twitter.

 

Nah, bagaimana tanggapanmu terhadap kejadian ini?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bobotoh Dipastikan Banjiri Laga Persib Vs Sriwijaya FC

Posted: 15 Jan 2018 10:00 PM PST

Gong Piala Presiden 2018 ditabuh hari ini di Gelora Bandung Lautan Api (GLBA), sore ini. Tuan rumah Persib Bandung akan berhadapan dengan Sriwijaya FC di laga pertama Grup A.

Sekitar 30 ribu penonton diperkirakan bakal membanjiri laga ini. Maklum, bobotoh Persib memang dikenal sebagai suporter yang militan. Apalagi, laga ini digelar di kandan sendiri.

Animo sangat besar bobotoh, terlihat dari minat membeli tiket yang disediakan oleh panitia penyelenggara dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, stok tiket yang disediakan nyaris habis.

Diprediksi bakal membludak, General Coordinator Panpel Persib, Budhi Bram Rachman memberikan imbauan. Suporter yang tidak memiliki tiket untuk tidak datang ke stadion lantaran panpel tidak menjual tiket di venue acara.

"Antusiasme sangat bagus mungkin banyak faktor seperti pengen tahu komposisi tim musim ini di Piala Presiden. Pembukaan juga di sini dan benar-bener pengen nikmati permainan Persib," ujar Budhi.

"Pastinya diimbau kepada masyarakat dan suporter yang tidak punya tiket untuk tidak memaksakan datang ke stadion karena tidak ada penjualan tiket," jelas dia.

 

Laga Persib vs Sriwijaya FC diprediksi berlangsung seru. (Yoppy Renato/ Liputan6.com)

Selain itu, suporter juga harus datang ke stadion lebih cepat. Pasalnya, pintu masuk akan ditutup 10 menit setelah kick off dan diimbau pukul setengah jam sebelum kick off telah memasuki stadion.

Sementara untuk suporter yang membawa kendaraan terutama roda empat atau lebih dipastikan tidak bisa menggunakan jalur tol. Sebab, panpel tidak membuka akses jalan tol yang biasa digunakan.

"Tidak ada akses tol tolong diumumkan akses tol itu tertutup jadi harus pakai jalan alternatif dan berbarengan sama yang lain."

Panitia penyelenggara juga mengimbau penonton agar tidak membawa benda-benda yang memang dilarang dibawa ke stadion. Seperti, flare, misalnya.

Sebab, jika ditemukan, mereka akan mengambil tindakan tegas. "Intinya gak boleh dan bakal ditindak sesuai aturan," ujar Budhi. (Kukuh Saokani / Bandung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Becak Akan Kembali Hidup di Jakarta

Posted: 15 Jan 2018 10:00 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menghidupkan kembali becak di Ibu Kota.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkulai Setelah Digigit Kelelawar, Bocah 6 Tahun Positif Rabies

Posted: 15 Jan 2018 10:00 PM PST

Bocah laki-laki berumur enam tahun dari Florida, AS, harus berjuang agar tetap hidup setelah terserang rabies. Ryker Roque mengalami halusinasi dan kejang setelah digigit kelelawar.

Kedua dampak itu baru Ryker rasakan setelah beberapa minggu kemudian. Melihat kondisi si Kecil yang mendadak seperti itu, orangtuanya bergegas membawa Ryker ke rumah sakit, dan dimasukkan ke ruang gawat darurat.

Rabies di Amerika Serikat dianggap kejadian yang sangat langka. Menurut CDC, hanya ada tiga kasus yang dilaporkan pada 2015. Gejala rabies, seperti yang dialami Ryker, nyaris membuat nyawa pasien tidak tertolong.

Dokter yang menangani Ryker belum menyerah. Mereka melakukan eksperimental dengan pengobatan tersebut yang dijuluki "The Milwaukee Protocol". Setelah diberi obat penyembuh rabies, kondisi Ryker kembali membaik.

 

 

Rabies

Pengobatan The Milwaukee Protocol ini pertama kali diujicobakan ke manusia pada 2004. Pada banyak kasus, pengobatan ini biasa dilakukan pada saat pasien rabies dalam keadaan koma. 

Seperti dikutip dari situs Medscape pada Selasa, 16 Januari 2018, dokter kemudian mengobati dengan memberikan obat antiviral koktail.

Dokter anak di Children's Hospital of Wisconsin, Rodney Willoughby, mengatakan, obat ini tidak hanya berguna mengobati rabies saja, tapi juga bisa diberikan pada pasien Ebola.

 

Sudahkan anjing Anda divaksin rabies tahun ini? (Foto: dogvacay.com)

Pengobatan rabies yang diperoleh Ryker bertujuan membangun sistem kekebalan tubuh pasien.

"Intinya, kami memberikan kesempatan lebih banyak pada pasien untuk melawan virus mereka sendiri," kata Willoughby.

Respons kekebalan tubuh yang dibangun pasien sendiri akan lebih efektif. Ini satu-satunya pengobatan terkait dengan pemulihan infeksi rabies pada orang yang belum divaksinasi.

Pejabat kesehatan setempat mengatakan, kemungkinan bertahan hidup dari rabies sangat buruk. Bagi siapa saja yang terkena gigitan binatang liar, seperti kelelawar harus mendapatkan bantuan medis segera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bitcoin, Halal atau Haram?

Posted: 15 Jan 2018 09:55 PM PST

Bagi masyarakat Indonesia yang menganut Islam, sebagian di antara kita mungkin bertanya-tanya, bagaimana sebetulnya kedudukan Bitcoin menurut hukum Islam, baik sebagai alat tukar maupun untuk investasi? Apakah halal atau haram?

Menjawab hal itu, Tekno Liputan6.com mengutip tulisan Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat periode 2015-2020, KH Cholil Nafis, Selasa (16/1/2017).

Dalam tulisan yang dimuat di blog pribadinya, cholilnafis.com, pria kelahiran Sampang, Jawa Timur itu memaparkan, "Sebagian ulama mengatakan, Bitcoin sama dengan uang karena menjadi alat tukar yang diterima oleh masyarakat umum, standar nilai dan alat saving. Namun ulama lain menolaknya sebagai pengakuan masyarakat umum karena masih banyak negara yang menolaknya."

Jangankan di Indonesia, di luar negeri pun kehadiran Bitcoin masih memicu pro dan kontra. Mulai dari politikus, kalangan perbankan, pengusaha hingga petinggi perusahaan teknologi ternama dunia, ramai-ramai mengomentari Bitcoin.

KH Cholil Nafis yang merupakan anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) periode 2015-2020 juga menukil definisi uang dari kitab Buhuts fi al-Iqtishad al-Islami.

"ุงู„ู†ู‚ุฏ ู‡ูˆ ูƒู„ ูˆุณูŠุท ู„ู„ุชุจุงุฏู„ ูŠู„ู‚ูŠ ู‚ุจูˆู„ุง ุนุงู…ุง ู…ู‡ู…ุง ูƒุงู† ุฐู„ูƒ ุงู„ูˆุณูŠุท ูˆุนู„ู‰ ุฃูŠّ ุญุงู„ ูŠูƒูˆู†"

"Uang: segala sesuatu yang menjadi media pertukaran dan diterima secara umum, apa pun bentuk dan dalam kondisi seperti apa pun."

Kemudian mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu mengemukakan kutipan fatwa Dewan Syariah Nasional yang berbunyi, "Transaksi jual beli mata uang adalah boleh dengan ketentuan: tidak untuk spekulasi, ada kebutuhan, apabila transaksi dilakukan pada mata uang sejenis, nilainya harus sama dan tunai (attaqabudh). Jika berlainan jenis, harus dengan kurs yang berlaku saat transaksi dan tunai."

Dengan demikian, lanjut KH Cholil, kedudukan Bitcoin sebagai alat tukar menurut hukum Islam adalah boleh, tetapi dengan syarat harus ada serah terima (taqabudh) dan sama kuantitasnya jika jenisnya sama.

"Jika jenisnya berbeda, disyaratkan harus taqabudh secara hakiki atau hukmi; ada uang, ada Bitcoin yang bisa diserahterimakan," terang pria yang menyelesaikan pendidikan PhD di University of Malaya, Malaysia pada 2010 tersebut.

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Mengenai permasalahan Bitcoin sebagai aset untuk investasi, KH Cholil menekankan bahwa ini cenderung termasuk gharar, yaitu spekulasi yang dapat merugikan orang lain.

Pernyataan KH Cholil soal hukum Bitcoin ternilai Bitcoin yang jauh melampaui mata uang konvensional tidak hanya membuat Bitcoin sebagai mata uang kripto menarik perhatian masyarakat, tetapi juga sebagai aset untuk investasi.

"Keberadaannya tak ada aset pendukungnya, harga tak bisa dikontrol, dan keberadaannya tak ada yang menjamin secara resmi, sehingga kemungkinan besar banyak spekulasi ialah haram," tegas KH Cholil.

Dengan demikian, berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut di atas, ia mengatakan hukum Bitcoin sebagai alat tukar adalah mubah (boleh) bagi mereka yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya.

Namun hukum Bitcoin sebagai investasi menjadi haram karena nyatanya Bitcoin diperlakukan sebagai alat spekulasi, bukan untuk investasi, atau dengan kata lain, hanya menjadi alat permainan untung-rugi, bukan suatu bisnis yang menghasilkan.

Infografis bitcoin (Liputan6.com/Triyasni)

Bank Indonesia (BI) dengan tegas melarang penggunaan Bitcoin dalam setiap transaksi di Indonesia. Salah satu faktor , yaitu tingginya fluktuasi yang dimiliki Bitcoin.

Hal ini kemudian membuat Bank Indonesia menyisipkan penegasan mengenai pelarangan penggunaan bitcoin ini dalam dua Peraturan Bank Indonesia, yaitu PBI 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran dan dalam PBI 19/12/PBI/2017​ tentang Penyelenggaraan Teknologi Finansial.

Direktur Eksekutif Pusat Program Transformasi Bank Indonesia (PPTBI) Onny Widjanarko membuktikan risiko Bitcoin tersebut.

"Risiko secara konvertibilitas itu tidak ada jaminan ditukarkan dengan fiat money, apalagi dengan volatilitas harga yang tinggi," kata Onny di Gedung Bank Indonesia, Senin (15/1/2018).Ia menyebutkan, saat ini Bitcoin memang memiliki nilai paling tinggi di antara 1.400 virtual currency atau mata uang digital yang ada di dunia. Per satu Bitcoin kini nilainya Rp 193,8 juta dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 240 miliar.

Dari chart harga yang ditampilkan Onny, harga Bitcoin yang disebutkan sebelumnya jauh berbeda jika dibandingkan dengan harga satu hari sebelumnya Rp 194,1 juta. Bahkan jika dibandingkan harga 13 Januari 2018, saat ini ada di Rp 203,7 juta.

Tingginya fluktuasi harga tersebut karena nilainya ditentukan pada harapan penawaran dan permintaan di masa mendatang (spekulatif),

Dari data tersebut menunjukkan fluktuasi harga Bitcoin sangat berisiko. Hal inilah yang menyebabkan Bank Indonesia (BI) terus melarang penggunaan Bitcoin tersebut.

"Tidak hanya itu, Bitcoin juga berisiko terhadap stabilitas sistem keuangan apabila terjadi bubble burst karena terdapat interaksi antara virtual currency dan ekonomi riil," pungkasnya.

(Isk/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIDA Dimulai, Dewan Dangdut Bacakan Ikrar Adil dan Tak Memihak

Posted: 15 Jan 2018 09:50 PM PST

"Konser Selamat Datang" jadi pembuka dimulainya Liga Dangdut Indonesia (LIDA). Berlangsung Senin (15/1/2018) tadi malam mulai pukul 19.00 WIB, konser yang dipandu Irfan Hakim, Ramzi, Arie Kriting, dan Upiak Isil ini memperkenalkan 170 peserta atau duta dangdut dari 34 provinsi.

Tak hanya itu, "Konser Selamat Datang" juga jadi ajang perkenalan untuk para juri atau di LIDA disebut dengan Dewan Dangdut. Dewan Dangdut sendiri akan bertugas untuk memberikan masukan, kritik, dan ilmu kepada para duta dangdut di LIDA.

Ada enam orang yang ditasbihkan sebagai Dewan Dangdut LIDA. Mereka adalah Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Iyeth Bustami, Soimah, Nassar, dan Samuel Wattimena. Selain mereka, juga ada Dedi Puja yang akan jadi pelatih untuk aksi panggung dan koreografi, serta Adibal sebagai pelatih vokal untuk para duta dangdut.

 

Ikrar Dewan Dangdut LIDA mengharuskan mereka bisa bertindak adil dan tidak memihak kepada siapa pun. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Keenam Dewan Dangdut dipilih selain karena sudah berkecimpung lama di dunia musik dangdut, tapi juga dinilai akan mampu memberi penilaian adil tanpa melihat asal-usul para duta dangdut. Ini seperti Ikrar LIDA untuk Dewan Dangdut yang mereka bacakan tadi malam.

Ikrar Dewan Dangdut mengharuskan mereka bisa bertindak adil dan tidak memihak kepada siapa pun, meski satu daerah dengan mereka. Ini dilakukan agar para Dewan Dangdut bisa menjalankan tugas mereka, karena mereka (adalah) Indonesia.

 

Ikrar Dewan Dangdut LIDA mengharuskan mereka bisa bertindak adil dan tidak memihak kepada siapa pun. (Adrian Putra/Bintang.com)

Perlu diketahui, para Dewan Dangdut memang berasal dari berbagai daerah. Soimah menyebut dirinya dari Pati, Jawa Tengah, sementara Nassar dari Jawa Barat, Iyeth Bustami dari Riau, Rita Sugiarto dari Jawa Tengah, dan Elvy Sukaesih dari DKI Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Presiden 2018 Bakal Beri Dampak Besar untuk Persib

Posted: 15 Jan 2018 09:45 PM PST

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, menilai ajang Piala Presiden 2018 bakal memberikan dampak besar untuk anak-anak asuhannya. Dia menargetkan hasil maksimal bisa diraih Persib.

Sebagai tim dengan komposisi mayoritas pemain anyar, diakui Persib masih perlu proses adaptasi. Apalagi Mario Gomez juga baru menangani Hariono dan kawan-kawan selama sebulan lebih, sehingga masih butuh membangun chemistry.

"Besok turnamen (Piala Presiden) yang penting, turnamen yang penting di Indonesia. Kami berharap bisa mendapat hasil yang bagus dan memberi dampak bagus juga bagi tim," kata Mario Gomez kepada wartawan.

"Sebab, kami punya banyak pemain baru dan lawan yang akan kami hadapi nanti adalah tim yang bagus, untuk kami mengukur kekuatan juga," jelasnya.

Persib menghadapi Sriwijaya FC sore ini WIB di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung dalam laga penyisihan Grup A Piala Presiden 2018. Sriwijaya bukan lawan yang asing bagi Maung Bandung, apalagi Laskar Wong Kito diperkuat eks bintang Persib, Makan Konate.

Selain itu, Mario Gomez dan arsitek Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan (RD) sempat bertemu saat keduanya melatih klub liga Malaysia. Mario Gomez menukangi Johor Darul Ta'zim dan RD menangani T-Team.

Pelatih asal Argentina itu sukses dua kali mempecundangi RD. Namun, Mario Gomez enggan membandingkan sukses itu dengan situasi sekarang bersama Persib.

"Sekarang momen yang berbeda, karena ketika saya bersama Johor di Malaysia, kami menjuarai liga domestik dan merekrut beberapa pemain lokal, kami berkembang, kami menjuarai super league, LC Cup dan Charity Cup," tutur Mario Gomez.

"Saya sekarang melatih di Persib, kami punya pemain bagus, kami ambil beberapa pemain baru, dan masih mencari 1-2 pemain dan harus berusaha untuk tampil maksimal musim depan," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Baru Selesai Dipugar, Museum Bahari Terbakar

Posted: 15 Jan 2018 09:45 PM PST

Museum Bahari, Jakarta, baru saja selesai pemugaran pada November lalu. Namun, api melahap sebagian gedung tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OSO: Saya Mundur atau Mereka Berhenti

Posted: 15 Jan 2018 09:40 PM PST

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau OSO menegaskan, tidak ada konflik internal di partainya. Dia menyebut pihak yang membuat konflik itulah yang akan dipecat.

"Enggak ada konflik, yang bikin konflik itu kita pecat," kata OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018).

Dia mengaku dalam situasi tahun politik seperti saat ini, terdapat beberapa pihak yang ingin mengecilkan Partai Hanura. Bahkan, saat mereka gagal akan berpindah ke partai lain.

"Jelang tahun pemilu ada niat orang-orang tertentu ingin mengecilkan Hanura. Itulah sekarang, mereka rusak dulu partai kita. Tapi kita tak sebodoh itu," ujar OSO.

Menkumham Yasonna Laoly (kedua kiri) bersama Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menunjukan keputusan struktur organisasi Partai Hanura usai memberikan keterangan pers di kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu (2/1). (Liputan6.com/Johan Tallo)

OSO menyebut terdapat pihak-pihak yang merusak marwah partai tidak layak untuk tetap dipertahankan.

"Enggak sulit, sederhana saja. Saya mundur atau mereka berhenti, gitu aja," tegasnya.

Oesman Sapta menyatakan telah berkomunikasi dengan Wiranto. Bahkan, dia menyetujui pernyataan Wiranto untuk bekerja berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

"Sudah, sudah ngomong sama Wiranto, jawabnya ya sesuai dengan AD/ ART," ucap OSO.

Saksikan vido pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Impor Baru Calon Bintang di Piala Presiden 2018

Posted: 15 Jan 2018 09:40 PM PST

Klub-klub peserta Liga 1 menjadikan Piala Presiden 2018 ajang melihat kemampuan pemain-pemain asing anyar mereka. Banyak di antara pemain yang didaftarkan sebagai bagian skuat, statusnya masih seleksi.

Jika dinilai kualitasnya kurang memuaskan mereka batal mendapatkan kontrak. Hal ini terjadi di dua edisi Piala Presiden sebelumnya.

Walau boleh mendaftarkan enam orang pemain, di tiap pertandingan klub hanya boleh menampilkan empat legiun impor (satu Asia).

Kehadiran para ekspatriat sudah barang tentu menambah seru persaingan Piala Presiden 2018 yang akan diikuti 20 klub. Mereka jadi figur yang bisa mengerek jumlah penonton.

Dengan kemampuan di atas rata-rata pemain lokal, pemain asing mendongkrak performa tim yang dibelanya saat mengarungi persaingan ketat turnamen. Tengok saja aksi Makan Konate yang memesona saat mengantar Persib Bandung jadi jawara Piala Presiden 2015. Demikian pula Esteban Vizcarra kala membantu Arema FC menjadi trofi Piala Presiden edisi 2017.

Pada Piala Presiden 2017 pemain-pemain asing yang beredar mayoritas muka lawas. Mereka hanya berganti klub.

Ada juga muka-muka baru. Bola.com mencatat ada lima pemain asing yang punya kans menjadi bintang ajang Piala Presiden 2018. Siapa saja mereka?

Bek asing anyar Persib Bandung, Bojan Malisic, mengungkap sudah tidak sabar beraksi bersama Tim Maung Bandung di hadapan ribuan bobotoh.

Pada Selasa (16/1/2017) Persib akan menjalani laga melawan Sriwijaya FC pada laga perdana penyisihan Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Pelatih Mario Gomez memberi sinyal bakal memberi debut pada bek asal Serbia ini pada pertandingan ini.

Bojan menegaskan dirinya sangat termotivasi menghadapi laga perdana nanti meski bertajuk turnamen pramusim. "Saya siap sama seperti semua pemain. Saya sangat termotivasi dan fokus untuk laga mendatang dan berharap kami bisa menang," ujar Bojan.

Soal kemungkinan duetnya dengan Achmad Jufriyanto, pemain yang akrab disapa Mali ini menegaskan siap bermain maksimal terlepas siapa pemain yang akan ditandemkan dengannya di lini belakang. Ia memastikan siap memberikan yang terbaik buat Persib.

"Saya tidak tahu siapa yang akan bermain. Itu semua pelatih yang akan menentukan dan saya masih belum tahu apa-apa. Yang pasti dia (Achmad Jufriyanto), pemain bagus. Saya berharap kami bisa saling mendukung dan bekerja sama dengan baik di setiap pertandingan," lanjut Bojan.

 

SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno) kini telah resmi dengan penampilan barunya. Peresmiannya bertepatan dengan laga Timnas Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1/2018) Banyak fasilitas baru yang dihadirkan di SUGBK. Salah satu di antaranya seperti kursi yang single seat dengan nomor. Hal ini berarti para suporter harus duduk sesuai dengan nomor, baris, dan zona yang telah tertera di karcis masing-masing. Selain itu, lampu 3.500 lux dihadirkan di dalam stadion. Lampu sekitar 640 LED dengan cahaya terangnya memanjakan suporter di dalam stadion dan masyarakat yang menyaksikan pertandingan di layar televisi. Semua itu tak lengkap rasanya bila tidak melihat SUGBK dari luar atau bahkan kejauhan. Kini, stadion yang telah berumur 55 tahun ini akan terlihat gemerlap dengan tata lampu merah dan putih yang menyala dan melingkari stadion di bagian luar. Mari kita jaga bersama! #SUGBK #StadionUtamaBungKarno #GeloraBungKarno #Stadion #Indonesia

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

Bek 33 tahun ini berharap dirinya bisa selalu fit dan sehat sehingga ketika dipercaya pelatih, langsung siap bermain. "Saya pernah bilang saat pertama datang ke Persib, saya berharap selalu sehat dan bisa terus bermain baik di lapangan. Harapan saya buat Persib, semoga bisa mendapatkan trofi juara," ungkap Bojan.

Sepanjang kariernya yang dimulai sejak 2002, Malisic sudah bermain di berbagai klub berbeda di Eropa dan Asia. Total dia sudah bermain di tujuh klub berbeda sebelum gabung ke Persib.

Pada 2011, dia menjadi bagian dari Nasaf Qarshi saat menjuarai AFC Cup. Saat memperkuat klub Hong Kong, South China AA, dia pun didapuk menjadi kapten tim.

Tiga tahun memperkuat South China, Bojan Malisic terpilih sebagai pemain terbaik Hong Kong Premier League 2015 versi fans. Dia juga dua kali masuk Best XI musim 2015 dan 2016.

Reputasi itu membuat Mario Gomez tak ragu-ragu menggaet sang stoper. Ia dinilai sosok yang pas menggantikan peran bek asal Montenegro, Vladimir Vujovic, yang memutuskan hengkang dari Tim Maung Bandung pada musim 2018 ini. "Saya yakin Bojan bisa membuat pertahanan Persib kokoh. Sebagai seorang bek, visi bermainnya amat bagus," tutur Gomez.

 

Manajemen Persija Jakarta tanpa ragu-ragu memilih sosok Marko Simic menggantikan figur Bruno Lopez buat mengarungi pentas Liga 1 2018. Pemain asal Kroasia itu mendapatkan durasi kontrak selama dua musim bersama klub berjulukan Macan Kemayoran itu.

Marko Simic juga sudah melakukan tanda tangan kontrak bersama dengan Direktur Utama Persija, Gede Widiade, dan agennya, Gabriel Budi, di Jakarta, Kamis (28/12/2017). Pemain berposisi striker itu menjadi pemain asing pertama yang dikontrak tim ibu kota.

"Kami mengikat kerja sama dengan Marko Simic selama dua musim, tetapi ada syarat-syarat khusus yang dicantumkan secara detail di kontrak," kata Gede, Kamis (28/12/2017).

Sebelumnya mantan pemain Timnas U-21 Kroasia itu memperkuat salah satu klub asal Malaysia, Melaka United.

Simic diharapkan mampu menjawab keraguan manajemen Persija untuk bisa menjadi mesin gol utama Tim Macan Kemayoran. Sepeninggal Lopez dan Reinaldo Costa (cedera parah), Persija hanya punya sosok Bambang Pamungkas sebagai tukang gedor utama.

Memasuki usia 38 tahun produktivitas Bepe mulai menurun. Persija butuh sosok predator yang konsisten menjebol gawang lawan.

Simic didatangkan tidak harus menjalani proses seleksi terlebih dahulu seperti para pemain asing yang saat ini masih menjalani trial di Persija, yakni Junior Timbo, Faysal Shayesteh, Hermes Palomino, dan Jaimerson da Silva Xavier.

Catatan statistif Simic musim 2017 cukup oke, walau main untuk dua tim pada dua level kompetisi Liga Malaysia.

Simic pada awal 2017 sampai tengah musim bermain untuk Negeri Sembilan FA pada kasta kedua Liga Malaysia atau Liga Premier Malaysia. Dari 13 kali main, dia mencetak tujuh gol. Ia juga menyumbang dua gol dari enam penampilan di Piala Malaysia.

Selanjutnya Melaka United meminangnya pada jendela transfer kedua Liga Malaysia. Di klub baru yang berlaga di Liga Super Malaysia 2017, sang bomber mencetak gol dalam sembilan kali main sebagai starter.

Simic juga selalu tampil prima sepanjang 90 menit.Dia juga pernah tampil pada Piala FA Malaysia 2017 bersama Melaka United dan bermain sebanyak enam kali serta menyumbang satu gol.

Pilihan Persija terbukti tepat. Di tiga pertandingan pemanasan jelang Piala Presiden 2018 striker kelahiran 23 Januari 1988. Ia diharapkan bisa konsisten saat memasuki persaingan keras turnamen. 

 

Teka-teki soal striker pengganti Pavel Purishkin di PSM Makassar akhirnya terjawab. Pada jumpa media di Hotel Colonial, Makassar, Senin (27/11/2017), Munafri Arifuddin, CEO PSM, mengungkapkan manajemen sudah menjalin kesepakatan dengan Bruce Jose Djite, striker berstatus warga negara Australia.

"Pekan lalu dia sudah menjalani tes medis di Makassar. PSM memilih striker ini berdasarkan masukan dari pemandu bakat kami," ujar Munafri.

Berdasarkan penelusuran Bola.com, Bruce terakhir memperkuat Suwon, klub Korea Selatan. Striker berusia 30 ini pernah memperkuat Timnas Australia pada kualifikasi Piala Dunia 2010.

Bruce juga disebut punya kelebihan pada kecepatan, kuat dan jago dalam duel bola atas. Kelebihan ini yang diperlukan Tim Juku Eja.

Bruce Djite sendiri mengaku banyak mengali informasi tentang Juku Eja dari Sergio van Dijk, eks penyerang Persib Bandung. Keduanya pernah bermain bersama di Adelaide United, klub Liga Super Australia pada 2011-2013.

"Sergio bilang PSM adalah salah satu klub besar Indonesia dan memiliki suporter yang fanatik. Dia juga bilang, bermain di kompetisi Indonesia sangat berbeda dengan Australia," ujar Bruce pada jumpa media di Hotel Aryaduta Makassar, Rabu (3/1/2017).

 Bruce mengungkapkan, sebelum resmi menentukan pilihan ke PSM, dirinya sudah pernah ke Indonesia pada November 2017 untuk bertemu dengan Munafri Arifuddin (CEO PSM) dan Robert Alberts (pelatih PSM).

"Keduanya meyakinkan saya bahwa PSM adalah plihan tepat untuk melanjutkan karier saya di sepak bola," kata Bruce.

Menurut Bruce, sangat manusiawi bila seorang pemain memilih klub yang sangat membutuhkan dirinya. "Itu kesan awal yang saya dapatkan setelah bertemu dengan pihak PSM," ujar Bruce yang kelahiran 25 March 1987 itu.

Robert amat yakin Bruce akan menjadi figur penting di sektor depan PSM, sekalipun rekor gol sang pemain di klub terakhir tak terlalu istimewa. Ia hanya mencetak 11 gol pada periode 2016-2017.

Namun, pelatih asal Belanda itu tidak hanya melihat dari satu sisi. Jam terbang tinggi Bruce di Timnas Australia, mulai dari level U-20 hingga level senior menunjukkan kalau pemain gres PSM ini punya aura kebintangan. Ia dinilai bukan pemain sembarangan.

Guna mengerek prestasi di musim 2018 Mitra Kukar menggaet pemain jebolan Premier League, Danny Guthrie. Ia diikat kontrak setahun oleh manajemen Tim Naga Mekes.

Guthrie merupakan produk akademi Liverpool, dan mengawali karier profesionalnya bersama The Reds. Pemain yang biasa beroperasi sebagai gelandang tengah ini juga sempat berkostum Southampton, Newcastle United, Bolton Wanderes, dan Fulham.

Terakhir, pemain yang pernah dipanggil Timnas Inggris U-16 ini memperkuat Blackburn Rovers pada 2015-2017. Di kompetisi tertinggi Inggris, Premier League, total Guthrie membuat 103 penampilan.

Guthrie merupakan pemain asing kedua yang dikontrak Mitra Kukar. Setelah sebelumnya, mereka mengontrak bek Mauricio Leal. Kehadiran gelandang berusia 30 tahun tersebut diharapkan dapat membuat kreativitas tim lebih baik.

Ia dinilai sosok pengganti sepadan marquee player, Mohamed Sissoko, yang memutuskan hengkang dari Tenggarong usai Liga 1 2017 berakhir.

Di usia yang terhitung belum uzur, Guthrie diyakini bakal bisa beradaptasi dan jadi bintang baru di perhelatan sepak bola Tanah Air. Nilai pasar gelandang kelahiran 18 April 1987 itu menembus 750 ribu euro atau setara Rp 12 miliar.

 

 

Sriwijaya FC merekrut penyerang Timnas Tajikistan, Manuchekhr Dzhalilov. Rekrutan tersebut boleh dibilang istimewa bagi Laskar Wong Kito.

Dzhalilov berstatus sebagai pemain terbaik Piala AFC 2017. Ia mencatatkan namanya menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Tajikistan dalam tiga musim beruntun.

Dzhalilov mengatakan bahwa ia tertarik bermain di Sriwijaya FC karena tim ini memiliki ambisi untuk menjadi juara sekaligus memiliki sejarah sebagai pelanggan gelar di pentas elite sepak bola Indonesia. Selain itu, a juga ingin mewujudkan keinginan istri tercinta untuk melancong keliling dunia.

Dzhalilov dan Mahabbat baru menikah dua bulan lalu. Sang istri pun saat ini tengah hamil muda.

Bersama Sriwijaya FC, pemain berusia 27 tahun ini berharap bisa meraih sukses menjadi pencetak gol terbanyak Liga 1 Indonesia dan membawa Sriwijaya FC juara musim ini.

Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 akan jadi ajang pemanasan baginya untuk mempertontonkan kualitasnya di hadapan pendukung setia Laskar Wong Kito.

Saat ini Sriwijaya FC yang ditukangi Rahmad Darmawan memiliki 6 pemain asing. Selain Manucechr Dzalilov ada juga Yu Hyun-koo, Makan Konate, Mamadou Ndiaye, Alberto Goncalves, dan Esteban Viscarra. Dua nama terakhir tengah menurus naturalisasi menjadi WNI.

Dzhalilov hingga saat ini jadi pelanggan Timnas Tajikistan. Di awal karier profesionalnya bomber kelahiran 27 September 1990 sempat bermain di klub elite Rusia, Lokomotiv Moscow.

Sang pemain diragukan bisa beradaptasi cepat karena kendala bahasa. Di awal masa bergabung di Sriwijaya FC ia didampingi penerjemah.  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenang Dolores O'Riordan dengan 6 Lagu Hit The Cranberries

Posted: 15 Jan 2018 09:40 PM PST

Para pencinta musik di seluruh dunia dikejutkan dengan meninggalnya vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan, di sebuah hotel di London, Inggris, pada Senin (15/1/2018) waktu setempat.

Kala itu Dolores O'Riordan sedang menjalankan sesi rekaman. Hingga akhirnya pada Senin pukul 09.05 pagi pihak kepolisian menemukan jenazah Dolores setelah mendapat panggilan untuk memeriksa Hotel Park Lane di Westminster.

Dolores O'Riordan (AP Photo/Kin Cheung)

Mengingat kembali kiprah Dolores O'Riordan, ia bergabung dengan The Cranberries pada 1990, setahun setelah dibentuknya band yang juga terdiri atas Noel Hogan, Mike Hogan, dan Fergal Lawler itu.

Setelah kesuksesan single "Zombie", The Cranberries sempat dikritik penggemar karena mereka tak lagi melantunkan lagu-lagu cinta, melainkan sosial-politik. Band ini pun bubar pada 2003 dan kembali bangkit pada 2009.

Tentunya, sudah sangat banyak lagu-lagu hit The Cranberries yang dinyanyikan oleh suara indah dan khas Dolores O'Riordan. Namun begitu, terdapat beberapa lagu yang membuat kita sulit melupakannya. Apa saja itu? Simak selengkapnya.

 

Cuplikan video musik The Cranberries - Zombie

Meskipun bukan penggemar The Cranberries, tentunya "Zombie" bukanlah lagu yang asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Teriakan kata "zombie" di reffrain lagu ini seolah menghipnotis para pendengarnya.

Ironisnya, lagu ini membuat The Cranberries dikritik oleh para penggemarnya karena "Zombie" diciptakan sebagai wujud protes para personelnya terhadap serangan bom di Warrington, Inggris, pada 1993 yang menewaskan dua orang anak.

The Cranberries. (Twitter)

"Linger" merupakan salah satu dari sekian banyak lagu The Cranberries yang mengusung tema cinta dengan irama romantis nan riang. Isi liriknya sendiri menggambarkan pengalaman Dolores saat mengalami ciuman pertama.

Awalnya, lagu ini diciptakan oleh vokalis pertama The Cranberries, Niall Quinn. Namun, ketika Dolores masuk, ia mengubah total liriknya dan mengganti dengan pengalamannya saat jatuh cinta dengan seorang tentara.

The Cranberries. (People)

Lagu "Ode To My Family" berisi tentang hasrat Dolores untuk merasakan kehidupan sederhana sebagai anak-anak setelah mencapai kesuksesan. Komposisi aransemen lagunya pun dibuat oleh Dolores sendiri.

Video musik lagu ini dibuat dalam format hitam putih dan ditangani oleh sutradara yang juga menggarap video musik "Zombie".

The Cranberries. (standard.co.uk)

Memiliki irama yang cepat, "Animal Instinct" merupakan salah satu lagu yang lirik dan notasinya juga mudah diingat oleh para pendengarnya. Pasalnya, di bagian reffrain, Dolores berkali-kali menyebutkan kata "animal instinct".

Namun sayangnya, lagu ini menjadi single yang pertama kali gagal meraih tangga lagu Top 40 di Inggris.

The Cranberries

Seperti "Zombie" dan "Animal Instinct", lagu "Just My Imagination" juga memiliki pengulangan kata judulnya di bagian reffrain.

Maka, bisa dibilang lagu berirama ceria ini pun sulit untuk kita lupakan dari ingatan setelah mendengarkannya.

Vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan. (OLIVIA HARRIS/AFP)

Sesuai dengan kabar terbaru, "When You're Gone" tampaknya cocok dinyanyikan oleh para penggemar The Cranberries yang baru saja kehilangan sosok Dolores O'Riordan untuk selama-lamanya.

Seperti halnya video musik lagu "Ode To My Family", "When You're Gone" juga memiliki video musik dengan format hitam putih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MACAN, Museum Kekinian Paling Laik Instagram di Jakarta

Posted: 15 Jan 2018 09:40 PM PST

Kalo mendengar kata museum, pasti yang terlintas di kepala kita adalah gedung tua bersejarah yang berisi koleksi-koleksi dari jaman dahulu kata. Mayoritas yang datang ke museum pun pelajar berseragam dengan buku tugas dari sekolah. Wah, kalo itu yang ada di benak kamu tentang kata museum sepertinya kamu harus mencoba datang ke museum MACAN. Ini adalah salah satu tempat liburan kaum millennials yang sedang nge-hits di Jakarta.

Ini bukan sebuah museum yang mengkoleksi semua barang tentang macan atau harimau lo, tapi nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini menampilkan 90 karya seniman Indonesia dan internasional. Dikurasi bersama oleh Agung Hujatnika dan Charles Esche, karya-karya yang ditampilkan mengeksplorasi narasi sejarah seni Indonesia dengan dunia dalam kurun waktu 178 tahun.

Museum yang instragramable ini di buka sejak 4 November 2017. Setiap Sabtu dan Minggu ada berbagai kegiatan seperti tur museum yang akan di pandu tim Museum. Karya yang banyak mendapat perhatian adalah ruangan yang paling hits untuk berfoto, 'Infinity Mirrored Room' karya seniman Jepang, Yayoi Kusama. Ruangan ini dipenuhi dengan pantulan cahaya lampu pada tiap sisi ruangan dan berulang tak terhingga.

Untuk masuk dan melihat karya dari museum MACAN ini, kamu harus membeli tiket dengan harga untuk dewasa Rp 50.000, pelajar & lansia Rp 40.000, dan anak-anak sebesar Rp 30.0000.

Museum MACAN terletak di Wisma Akr, Jl. Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jam operasional museum dari pukul 10.00-19.00 WIB, dan buka dari hari Selasa sampai Minggu. Untuk selengkapnya bisa cek di SINI.

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habib Abdurrahman Kwitang, Pengusaha yang Juga Juru Dakwah

Posted: 15 Jan 2018 09:35 PM PST

Al Habib Abdurahman bin Muhammad bin Ali Habsyii meninggal dunia di Rumah Sakit Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin, 15 Januari 2018 pukul 20.15 WIB. Ia mengembuskan napas terakhir setelah lama terserang penyakit komplikasi.

Putra Habib Abdurrahman, Habib Ali, meminta doa dari semua umat Islam atas kepergian ayahandanya. Selain itu, ia berharap kesalahan-kesalahannya juga dimaafkan.

"Saya minta supaya segenap muslimin ya yang tahu, yang mendengar, mohon mendoakan almarhum semoga diampuni segala kesalahan-kesalahannya," ujar Habib Ali di rumah duka, Kwitang, Senin malam, 15 Januari 2018.

Habib Abdurrahman wafat dalam usia 75 tahun. Ia merupakan putra kedua dari tujuh bersaudara. Ayahandanya, Habib Muhammad bin Ali Al Habsyi, merupakan dari kalangan ulama yang menjadi pemimpin masjid Kwitang, Jakarta Pusat.

Dari berbagai sumber yang dikutip Liputan6.com, Jakarta, Selasa (16/1/2018), Habib Muhammad yang lahir lahir 29 April 1942 itu meneruskan jejak ayahandanya, Habib Ali al Habsyi, menjadi pemimpim Masjid Ar Riyadh Kwitang atau Jami Kwitang, Jakarta Pusat, sejak 1968 hingga 1993.

Setelah meninggal, estafet kepemimpinan masjid tersebut dilanjutkan Habib Abdurrahman. Ia memimpin sejak 1993 hingga 2017.

Hingga kini, Masjid Jami Kwitang ramai dikunjungi umat Islam. Jemaah yang hadir tak hanya dari Jabodetabek, tapi juga dari mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Yaman.

Mereka mengikuti pengajian yang rutin digelar setiap hari Minggu pagi, ataupun sekadar berziarah ke makam Habib Ali Al Habsyi dan Habib Muhammad Al Habsyi yang dimakamkan bersebelahan dengan Masjid Kwitang.

Bahkan, tak sedikit para tokoh nasional yang telah menyambangi kediaman Habib Abdurrahman di Kwitang itu. Mereka di antaranya Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno, Anies Baswedan, dan banyak tokoh lainnya.

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono turut hadir melayat melayat jenazah almarhum Habib Abdurrahman atau Habib Kwitang di Majelis Ta'lim Habib Ali Al Habsyi Kwitang, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Hanz)

Habib Abdurrahman lebih banyak belajar dengan ayahandanya. Selain itu, ia juga menekuni ilmu agama yang diajarkan oleh sang kakek, Habib Ali Al Habsyi.

Kecintaannya pada ilmu agama ia gali dengan menempuh pendidikan di pesantren Jawa Timur. Selama enam tahun, ia menimba ilmu agama di Pondok Pesantren Darunnasihin Lawang, Malang, Jawa Timur.

Setelah itu, dengan ditemani ayahandanya, Habib Abdurrahman mulai berdakwah di depan jemaah masjid Raya Kwitang. Habib yang kala itu berusia 33 tahun baru pertama kali tampil di depan jemaah. Selanjutnya ia mulai terbiasa tanpa ditemani sang ayah.

Selain menjadi dai, ia juga pernah menjadi kontraktor bangunan rumah, gedung, serta pedagang berbagai kayu. Di antaranya kayu jati, kayu garut, dan lain sebagainya.

Sementara kehidupan keluarganya, Habib Abdurahman menjalin ikatan suci dengan gadis pujaannya bernama Syarifah Muznah binti Umar. Wanita itu juga berasal dari kalangan pengusaha.

Dari hasil pernikahannya pada tahun 1966 itu, ia dikaruniai tujuh putra-putri. Mereka di antaranya adalah Khadijah Farhana, Habib Ali Abdurrahman Al Habsyi, dan Syarifah Najwa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukti-Bukti Perjalanan Bupati Cantik Talaud ke Amerika Serikat

Posted: 15 Jan 2018 09:31 PM PST

Nama Sri Wahyumi Manalip mencuat ketika kabar dirinya diberhentikan dari jabatan Bupati Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), heboh di media massa. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri dengan Nomor 131.71-17 yang isinya memberhentikan sementara Bupati Talaud, Sri Wayuni Manalip.

Dengan SK tersebut, Sri Wahyumi berstatus bupati nonaktif selama tiga bulan.

Alasan dijatuhkannya sanksi tersebut kepada Bupati Talaud itu, karena Sri Wahyumi terbukti meninggalkan tanggung jawab sebagai bupati selama tiga minggu karena pergi ke luar negeri, yakni Amerika Serikat tanpa izin.

Sri Wahyumi diketahui melakukan perjalanan ke luar negeri pada 20 Oktober 2017. Dia berangkat ke luar negeri tanpa izin Gubernur Sulut dan Mendagri dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar tiga minggu. Dia baru kembali ke Tanah Air, pada 13 November 2017. 

Sri Wahyumi mengaku dirinya bertolak ke AS atas undangan Presiden Amerika Serikat untuk menjadi salah satu Duta Indonesia dari enam peserta yang didaulat mengikuti program IVLP (International Visitor Leadership Program) 2017.

Bupati Talaud yang aktif di media sosial ini juga mengunggah sejumlah foto selama dia berada di Negeri Paman Sam. Berikut foto-foto perjalanannya di AS:

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Dalam akun Instagram sri_manalip, Sri Wahyumi mengunggah foto tangkapan layar (capture) berita dari sebuah media pada tanggal 14 Oktober 2017.

Dalam foto tangkapan layar itu disebutkan bahwa Sri Wahyumi mendapatkan undangan sebagai salah satu Duta Indonesia dari enam peserta yg didaulat mengikuti program IVLP (International Visitor Leadership Program) 2017.

Dari media itu, disebutkan bahwa program ini murni dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat. Program kerja sama ini adalah agenda yang dilaksanakan tiap tahun dan dengan peserta yang berbeda sesuai kompetensi, kinerja, dan prestasi masing-masing.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Sri Wahyumi bertolak dari Tanah Air pada 21 Oktober 2017. Dari gambar yang diunggahnya pada 22 Oktober 2017, terlihat dia bersama duta dari Indonesia lainnya untuk program IVLP baru mendarat di Negeri Paman Sam.

"Terimakasih Tuhan 24 hours di udara boleh tiba dengan selamat di Washington Dc bersama rombongan IVLP International Visitor Leadership Program 2017", tulis Sri Wahyumi dalam akun Instagramnya.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Pada unggahan foto ini, Sri Wahyumi ingin menunjukkan dirinya tengah melalui rentetan jadwal dalam program IVLP. Banyak yang menyukai foto itu. Sejumlah pendukungnya pun memberikannya semangat dalam kolom komentar di foto itu.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Tidak hanya itu, dia juga mengunggah foto dengan salah satu petinggi di sektor kelautan  Amerika Serikat. Hal ini terkait dengan Talaud yang merupakan salah satu kawasan terluar di Indonesia.

Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi. Wilayah ini adalah kawasan paling utara di Indonesia timur. 

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah foto-foto kegiatannya di AS dalam program IVLP. Dalam foto-fotonya, terlihat dia bertolak ke Florida melalui Portland. 

Dia melakukan sejumlah pertemuan dan kunjungan untuk studi banding bidang kelautan. "Breakwater perikanan dan research development center," tulis dia dalam keterangan salah satu fotonya.

Selain itu, dia juga mengunjungi pelabuhan di Settle. "Bersama Mr.Ray Giometti Manager Fisherman's Maritime Industrial Center Port Of Seattle," tulis Sri Wahyumi dalam keterangan foto lainnya.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mendapatkan penghargaan dari pemerintahan Florida. Dalam penghargaan tersebut tertulis dia diberikan penghargaan "Honorary Citizen" dari pemerintah Pensacola, sebuah kota di Florida.

"Terimakasih buat penghargaan yang telah di berikan kepada saya...," tulis Sri Wahyumi.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Dalam akun Instagramnya, Sri Wahyumi juga memperlihatkan kegiatannya bersama anggota IVLP di Hawaii.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Berbagai komentar datang dari warganet. Kebanyakan komentar itu memberikan dukungan dan semangat kepada bupati cantik itu agar bisa terus meraih prestasi.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Persib Vs Sriwijaya FC

Posted: 15 Jan 2018 09:30 PM PST

Gong Piala Presiden 2018 ditabuh hari ini. Di Stadion Gelora Bandung Lautan Apti, Bandung, ajang pramusim ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan laga pertama antara tuan rumah Persib vs Sriwijaya FC. Laga ini dipastikan berlangsung seru karena mempertemukan dua tim dengan nama besar.

Selain itu, bagi pemain baru Sriwijaya FC, Konate Makan, laga ini dipastikan akan bernilai emosional. Pasalnya, dia pernah menjadi idola bobotoh Persib.

Selain live di Indosiar, laga Persib vs Sriwijaya juga dapat disaksikan secara live streaming di Liputan6.com.

Live streaming Persib vs Sriwijaya FC dapat Anda saksikan mulai pukul 15.30 WIB, di halaman selanjutnya.

Untuk link live streaming Persib vs Sriwijaya FC, silakan klik di sini...

Selasa, 16 Januari

15.30 WIB, Persib vs Sriwijaya FC (Indosiar)

19.30 WIB, PSM Makassar vs PSMS Medan (Indosiar)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 9 Lagu Terbaik The Cranberries Sepanjang Masa

Posted: 15 Jan 2018 09:30 PM PST

Meninggalnya vokalis band The Cranberries, Dolores O'Riordan, secara mendadak di London pada Senin, 15 Januari 2018, membuat pencinta musik dunia berduka. Vokalis dengan suara khas--bahkan disebut paling mudah diingat--itu meninggal di usia 46, ketika tengah melakukan proses rekaman, tulis laman independent.co.uk.

 

Bersama The Cranberries, Dolores telah berhasil menjual lebih dari 40 juta album di seluruh dunia. Mereka juga menelurkan cukup banyak lagu populer yang terus diingat hingga saat ini.

Dari debut memukau pada lagu "Linger" hingga lirik penuh kritik cerdas pada lagu "Zombie", berikut sembilan lagu terbaik yang pernah dinyanyikan Dolores bersama The Cranberries.

Liputan6.com mengutip dari Independent, Selasa (15/1/2018), sekaligus memberikan tiga alasan perempuan bernama lengkap Dolores Mary Eileen O'Riordan itu sebagai musikus legendaris dunia.

Cuplikan video musik The Cranberries - Zombie

Zombie

Sejatinya, lagu ini terinspirasi oleh serangan bom di Irlandia Utara pada 1993 yang menewaskan seorang balita berusia 3 tahun dan seorang anak laki-laki berusia 12 tahun.

Oleh banyak kritikus musik dunia, lagu ini disebut sebagai lagu The Cranberries paling berkesan sepanjang masa.

Dolores dianggap mampu menghadirkan nuansa "sakit" pada lirik yang berisi tentang gambaran kerasnya dunia di bawah pengaruh perang.

Ode To My Family

Ditulis berdua oleh Dolores dan Noel Hogan, lagu ini memiliki nada yang jauh berbeda dengan lagu "Zombie", Lagu ini konon diciptakan atas memori masa kecil Dolores bersama orangtuanya.

Berbicara pada majalah Hot Press pada 1994, Dolores menyebut lagu ini sebagai ungkapan rindu atas memori bersama keluarganya yang seakan terengut bersama dengan popularitasnya di dunia musik.

Salvation

Bisa jadi ini merupakan lagu paling kontroversial yang pernah dinyanyikan Dolores bersama The Cranberries. Lagu bertempo cepat ini kerap diasosiasikan dengan meningkatnya penyalahgunaan obat-obatan terlarang di Irlandia pada medio 1996-1997.

Namun, Dolores menyangkal tuduhan negatif tersebut. Ia berdalih lagu terkait sebagai penggambaran keprihatinan terhadap realitas kehidupan anak muda Irlandia saat itu.

The Cranberries

Linger

Lagu yang dirilis pada 1993 silam ini membuka gerbang kesuksesan The Cranberries di kancah musik global, dan kian populer ketika dinyanyikan dalam serangkaian tur di Amerika Serikat (AS) bersama band Suede. Lagu yang dirilis ulang pada 1994 itu diakui oleh Dolores bercerita tentang pengalaman "ciuman pertama" yang dialaminya.

Dreams

Dolores mengajak kekasihnya saat itu, Mike Mahoney, sebagai penyanyi latar di lagu yang diciptakan pada awal mula The Cranberries terbentuk, 1991. Lagu ini berhasil menjadi lagu tema dari beberapa serial televisi dan film kenamaan saat itu, seperti "My So-Called Life" dan "You've Got Mail".

When You're Gone

Publik mengakui bahwa Dolores memiliki kontrol suara yang mengagumkan. Pada bagian intro lagu ini, Dolores mampu hadirkan nuansa bluesy doo-wops, yakni teknik vokal rhythm berbasis musik blues yang dipopulerkan komunitas Afro-Amerika sejak era 1940-an.

Menariknya, pada petikan gitar di bagian menjelang akhir lagu, Dolores mampu mengubah irama menjadi sebuah senandung yang meneduhkan.

Dolores O'Riordan, vokalis The Cranberries. (NME)

Away

Dibandingkan dengan hits milik The Cranberries lainnya, lagu ini memang tidak mampu menjadi penanda di eranya. Namun, jangan salah, lagu ini justru menjadi lagu yang kerap dipilih sebagai pemungkas di hampir setiap konser yang digelar oleh The Cranberries.

Tidak ada alasan jelas hingga kini, tapi banyak pengamat musik mengibaratkan lagu ini layaknya "lagu pendinginan". Menariknya lagi, tempo lagu ini tidaklah begitu menyejukkan yang banyak orang kira.

Just My Imagination

Pada lagu ini, Dolores berhasil membawakan nuansa satir tentang kegagalan menggapai harapan. Meskipun berisi lirik kekecewaan, olah vokal Dolores mampu membuatnya terdengar optimistis.

Konon, oleh banyak orang di medio menjelang akhir dekade 90-an, lagu ini kerap dijadikan lagu tema patah hati.

Bandingkan dengan lagu-lagu bertema patah hati di masa kini, "Just My Imagination" bisa dikatakan sebagai sebuah 'penyemangat', dibandingkan irama yang mendayu.

Animal Instinct

Dolores adalah satu dari sedikit penyanyi wanita yang sukses membangun band rock papan atas dunia, dengan cukup banyak lagu bertema masa kecil dan kasih sayang ibu.

Lagu "Animal Instinct" ditulis Dolores untuk mengingat momen anak pertamanya lahir di tengah-tengah masa vakum pasca-rilis album Bury The Hatchet. "Saya menemukan kebahagian, jadi saya mulai kembali bernyanyi," ujar Dolores dalam sebuah wawancara terkait lagu ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baim Wong Menggoda Mantan Kekasih, Masih Cinta?

Posted: 15 Jan 2018 09:30 PM PST

Baim Wong dan Pica Priscilla sudah cukup lama berpisah setelah menjalin asmara pada 2013 silam. Dan dikabarkan Pica telah menikah dengan pria bule.

Sementara, Baim Wong hingga kini masih saja menjomblo. Jalinan asmaranya dengan Vebby Palwinta pun tak berujung di pelaminan.

Meski telah putus dari Pica Priscilla, Baim Wong masih suka kepo dengan kegiatan sang mantan. Seperti baru-baru ini, pemain film Jakarta Undercover ini mengomentari foto yang diunggah di Instagram Pica.

Dalam gambar tersebut terlihat Pica tersenyum ke arah kamera. Dia tampak baru mandi, dan mengenakan kaus hitam bergambar topeng.

"Good night may the force be with you," tulis Pica sebagai keterangan foto.

Baim Wong yang melihatnya pun langsung berkomentar, "ANEEHHH TAMBAH JELEK."

 

 

 

 

Baim Wong hina mantan pacarnya, Pica Priscilla (Foto: Instagram)

Agaknya Baim Wong menggoda sang mantan. Tapi, seperti tak terima dengan pernyataan Baim Wong, Pica Priscilla pun menjawab di kolom komentar miliknya. Pernyataan Pica ini pun sepertinya juga becanda.

"@baimwong maaf siapa ya," tulis Pica Priscilla

Baim Wong dan Pica Priscilla [Foto: Hernowo Anggie/Liputa6.com]

Pernyataan Baim Wong untuk Pica Priscilla ini pun tak dianggap serius oleh warganet. Agaknya mereka becanda. Mereka justru menilai kalau Baim masih punya perasaan dengan wanita yang beda keyakinan ini.

"@baimwong duhhh ada yg kangen tuch," tulis akun @bee15nath.

"@baimwong lain Di bibir lain Di hati nih...pdhal dlm hatinya tmbh cantik...," lanjut akun @hannatjahjadi.

"@baimwong masih cinta sama @picapriscilla," timpal akun @lysa_sesilia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bapeten Buka Lowongan Kerja Non-PNS, Cek Persyaratannya!

Posted: 15 Jan 2018 09:30 PM PST

Bagi Anda yang ingin mencoba berkarier di Instansi Pemerintah, ada baiknya untuk segera mempersiapkan diri. Pasalnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) sedang membuka lowongan kerja hingga 17 Januari 2018.

Bapeten memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) melalui seleksi penerimaan Tahun Anggaran 2018 dengan jumlah formasi 5 orang.

Melansir laman resmi Bapeten, Selasa (16/1/2018), berikut formasi, unit kerja, persyaratan khusus, persyaratan umum pendaftaran, dokumen pendaftaran yang dilampirkan, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain:

Formasi

1. Pengadministrasi Barang Milik Negara (Kode: PBMN) - 1 orang

Unit kerja: Bagian Rumah Tangga dan Pengamanan Biro Umum

Persyaratan khusus:

- Pria/wanita;

- Pendidikan minimal D3 Jurusan Akuntansi/Manaejemen;

- Ketelitian dan kecermatan;

- Mempunyai kemampuan mengoperasikan Ms. Office.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

Unit kerja:

Bagian Data dan Informasi - Biro Perencanaan

Persyaratan Khusus:

- Pria;

- Pendidikan D3/S1 Jurusan T.Komputer/T.Informatika;

- Paham perancangan dan implementasi infrastruktur/jaringan;

- Familiar Sistem operasi Server (Linux dan windows);

- Memiliki kemampuan mengkonfigurasi jaringan (Router, firewall, server, proxy, VPN, Vlan, etc);

- Memahami teknologi virtualisasi;

- Mahir melakukan troubleshooting clinet, server dan jaringan.

3. Assisten Jaminan Mutu (Kode: AJM) - 1 orang

Unit kerja:

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsigaan Nuklir

Persyaratan khusus:

- Pria/wanita;

- Pendidikan minimal S1 Jurusan Fisika Medis;

- Mempunyai kemampuan mengoperasikan minimal Ms. Office.

Unit kerja: Direktorat Keteknikan dan Kesiapsigaan Nuklir

Persyaratan khusus:

- Pria;

- Pendidikan minimal D3 Jurusan Teknik Elektro/T.Komputer/Ilmu Komputer;

- Menguasai jaringan komputer database dan oracle;

- Berbahasa Inggris aktif;

- Mempunyai kemampuan mengoperasikan minimal Ms. Office.

5. Assisten Kehumasan (Kode: AK) - 1 orang

Unit kerja: Biro Hukum dan Organisasi

Persyaratan khusus:

- Pria/wanita;

- Pendidikan S1 Jurusan Ilmu Komunikasi/Hubungan Internasiona/Manajemen Informatika/Teknik Informatika;

- Aktif di media sosial Facebook, Twitter, dan IG;

- Memiliki ketertarikan dalam menulis, hubungan media cetak/elektronik lainnya dan teknik fotografi dasar;

- Diutamakan berbahasa Inggris;

- Memiliki kemampuan mengoperasikan minimal Ms. Office.

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Sehat jasmani dan rohani;

3. Berkelakuan baik;

4. Usia untuk semua formasi:

a. Minimal 20 tahun pada tanggal 1 Februari 2018;

b. Maksimal 28 tahun pada tanggal 1 Februari 2018;

5. Untuk pelamar D3/S1 merupakan lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi terakreditasi minimal B yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT);

6. Untuk lulusan D3/S1, Indeks Prestasi (IP) minimal 2,75;

7. Diutamakan bagi yang berpengalaman dan dibuktikan dengan Ijazah, Sertifikat, Piagam, atau yang sejenis;

8. Berorientasi pada pelayanan prima;

9. Berkepribadian baik, kreatif, dan berintegrasi tinggi;

10. Siap bekerja di bawah tekanan dan ditugaskan di lapangan.

1. Surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 yang ditujukan langsung kepada:

Tim Seleksi

Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN)

Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Tahun Anggaran 2018

2. Daftar Riwayat Hidup (CV);

3. Pasfoto terbaru berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 2 buah;

4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku/Surat Keterangan dari DUKCAPIL setempat;

5. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai;

6. Semua persyaratan dimasukkan dalam amplop dengan menuliskan nama peserta dan Kode Formasi pada Amplop halaman depan dan dikirimkan dengan alamat:

Kepala Biro Umum

Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Jalan Gajah Mada No. 8 Jakarta Pusat 10120

1. 3-17 Januari 2018: Pembukaan dan Pengiriman Berkas

2. 19 Januari 2018: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

3. 22 Januari 2018: Seleksi Tes Tertulis, pukul 08.00 s.d. selesai di Lantai 8 Gedung B Kantor BAPETEN, Jalan Gajah Mada No. 8 Jakarta Pusat

4. 23-24 Januari 2018: Seleksi Bidang dan Wawancara, pukul 08.00 s.d. selesai di Lantai 8 Gedung B Kantor BAPETEN, Jalan Gajah Mada No. 8 Jakarta Pusat

5. 26 Januari 2018: Pengumuman Hasil Seleksi Akhir

6. 29-31 Januari 2018: Pembekalan dan Petandatanganan kontrak

7. 1 Februari 2018: Aktif bekerja

Lain-lain:

1. Berkas lamaran yang diterima Tim Seleksi menjadi milik Tim Seleksi dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar;

2. Peserta seleksi penerimaan PPNPN - Badan Pengawas Tenaga Nuklir tidak dipungut biaya apapun;

3. Lamaran yang disampaikan di luar jadwal waktu yang ditentukan dinyatakan tidak berlaku;

4. Keputusan Tim Seleksi Penerimaan PPNPN Badan Pengawas Tenaga Nuklir bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas Saham ke Publik, Valuasi Xiaomi Bisa Capai Rp 1.000 Triliun

Posted: 15 Jan 2018 09:30 PM PST

Xiaomi dikabarkan akan segera melakukan penawaran umum saham perdana (IPO, Initial Public Offering) dalam waktu dekat.

Bahkan, vendor smartphone asal Negeri Tirai Bambu tersebut diketahui telah menunjuk beberapa perusahaan broker internasional seperti Morgan Stanley, Goldman Sachs, hingga Credit Suisse untuk persiapan IPO.

Menurut keterangan yang dilansir Business Insider pada Selasa (16/1/2018), jika memang lancar proses IPO bisa saja berlangsung pada pertengahan 2018.

Dan bila berhasil, valuasi perusahaan bisa meroket hingga US$ 100 miliar (lebih dari Rp 1.000 triliun). Untuk diketahui, valuasi Xiaomi sendiri sudah mencapai US$ 45 miliar (Rp 599 triliun) pada 2014.

Namun hingga kini, perusahaan yang kerap dijuluki "Apple-nya Tiongkok" tersebut masih belum memilih perusahaan mana yang akan menjadi penjamin emisi dan lokasi agar bisa melantai di bursa. Jika IPO berhasil, valuasi Xiaomi bisa berpotensi menyalip nilai IPO terbesar Alibaba.

CEO Xiaomi, Lei Jun. (Liputan6.com/ Corry Anestia)

Xiaomi sendiri tak dimungkiri menjadi salah satu 'pemain' besar di industri perangkat teknologi Tiongkok. Untuk urusan smartphone, Xiaomi berada di peringkat keempat brand terbesar Tiongkok. Posisi pertama direngkuh Huawei, diikuti Oppo dan Vivo.

Perangkat teknologi Xiaomi dengan desain minimalis dan antarmuka yang eye catchy tak ubahnya membuat perusahaan kerap dijuluki menjiplak Apple.

Namun asumsi miring tersebut tidak membuat Xiaomi goyah. Buktinya hingga sekarang, Xiaomi berhasil mengapalkan puluhan juta unit smartphone-nya ke beberapa negara besar.

Founder & CEO Xiaomi, Lei Jun melihat-lihat produk Xiaomi di Authorized Mi Store yang baru dibuka di Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/9). (Doc: Xiaomi)

Untuk diketahui, Xiaomi mengalami pertumbuhan 102,6 persen sejak Q3 2016 sampai Q3 2017. Pangsa pasar juga naik dua kali lipat dari 3,7 persen menjadi 7,4 persen. 

Selain itu, Xiaomi juga memperlihatkan kesuksesannya di pasar internasional, termasuk di Indonesia. Xiaomi saat ini termasuk dalam daftar lima besar manufaktur top di 14 negara termasuk India, Indonesia, Malaysia, Rusia, Mesir, dan empat wilayah Uni Eropa.

Seiring dengan pertumbuhan pangsa pasar, Xiaomi terus berusaha membuat jajaran produknya menggaet lebih banyak konsumen. Dua smartphone terbarunya, Redmi 5 dan Redmi 5 Plus, diharapkan juga dapat memikat hati konsumen.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Penyebab 28 Juta Orang di Indonesia Menderita Insomnia

Posted: 15 Jan 2018 09:30 PM PST

Seorang dokter menguak fakta soal jumlah penderita insomnia di Indonesia. Dari hasil temuannya, ada 10 persen penderita dari populasi penduduk Indonesia atau sekitar 28 juta orang.

"Insomnia bukanlah penyakit melainkan suatu gejala kelainan yang ada dalam tidur, kesulitan atau gangguan tidur. Insomnia terjadi karena masalah psikologis misalnya seperti kecemasan, depresi, dan stres yang berkepanjangan," kata dokter Welly, seperti dikutip dari AntaraNews di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Selain faktor psikologis, Welly juga mengatakan insomnia terjadi karena gaya hidup buruk seperti pola tidur yang tidak teratur, sering mengonsumsi alkohol dan minuman yang berkafein.

Welly melanjutkan, insomnia ditandai dengan karakteristik berupa kesulitan memulai tidur, tidak mampu tidur terlelap, bangun terlalu pagi dan sering terbangun di malam hari, sehingga mengganggu kualitas dan kuantitas tidur itu sendiri.

"Setiap individu dapat mengalami dan menderita insomnia. Hal itu dapat berlangsung sementara atau dalam jangka panjang. Kalau yang sementara hanya berlangsung beberapa hari, sementara insomnia kronis ditandai dengan kesulitan tidur minimal tiga hari per minggu selama satu bulan atau lebih," kata Welly.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)

Welly juga mengatakan wanita lebih dominan menderita insomnia dari pria, karena faktor hormonal, mudah depresi, cemas, karena wanita lebih memiliki rasa peka dibandingkan pria dan cenderung melakukan aktivitas hingga larut malam.

"Insomnia dapat digolongkan secara primer dan sekunder. Insomnia primer yakni tidak mampu tidur, bukan disebabkan oleh masalah kesehatan, sedangkan insomnia sekunder ditandai gangguan kesehatan, yang memengaruhi waktu tidur. Gangguan sekunder ini sering disebut juga insomnia komorbiditas," ujar Welly.

Insomnia yang berkepanjangan juga dapat membahayakan kesehatan. Bila sudah kronis dan tidak terkontrol akan timbul penyakit seperti gangguan pernapasan, hipo atau hipertensi, kanker dan stroke.

"Untuk itu, pengobatan pada insomnia kronis dapat dilakukan secara non-farmakologis dan farmakologis, dengan tujuan utama meningkatkan atau memperbaiki fase tidur," lanjut Welly.

 

 

10 Cara Mudah Mengatasi Insomnia. (Foto: images.medicaldaily.com)

Kali ini ia merinci pengobatan insomnia secara non-farmakologis, apa saja?

1. Mengubah jam tidur menjadi teratur

Hal ini bisa dengan minum susu sebelum tidur dan menciptakan suasana kamar senyaman mungkin.

2. Berbaring di tempat tidur saat benar-benar mengantuk

Hindari berbagai aktivitas yang mengganggu jadwal tidur seperti nonton televisi dan memainkan telepon.

3. Terapi relaksasi

Caranya bisa dengan melakukan meditasi atau yoga.

4, Hipnosis

5. Konseling

Sedangkan terapi farmokologis pada insomnia kronis bisa diperoleh dengan obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter dan dengan resep dokter. 

(Arnaz F Firman/AntaraNews)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketok Magic ala Bule Tanpa Rahasia, Begini Prosesnya

Posted: 15 Jan 2018 09:26 PM PST

Tak ada satu pun orang yang menginginkan mobilnya mengalami penyok atau ringsek akibat kecelakaan. Namun demikian, jika itu terjadi maka pilihan yang harus ditempuh dijual dengan harga murah atau reparasi namun harganya cukup menguras kantong.

Nah, bicara soal reparasi, kali ini sebuah bengkel milik seorang pria asal Rusia, Arthur Tussik memperlihatkan secara langsung bagaimana cara dia merekontruksi sebuah mobil BMW X5 yang rusak tak karuan, khususnya pada bagian depan.

Seperti dilansir Motor1, Selasa (16/1/2018), aksi Tussik membedah mobil BMW X5 itu juga sengaja direkam video sehingga memperlihatkan bagaimana dia membongkar, menjelaskan secara rinci saat dia memotong hingga mengembalikannya menjadi BMW X5 seutuhnya.

Menariknya, ternyata Tussik memperbaiki mobil tersebut sendiri. Hal ini jelas betapa istimewanya dia memperbaiki mobil tersebut.

Untuk memperbaiki BMW X5 ini dia menghabiskan waktu selama sembilan hari kerja. Di mana lima hari untuk mengerjakan bagian logam ditambah pengecatan dan empat hari pengerjaan tambahan lainnya.

Karena pengambilan gambar menggunakan timelapse maka hal ini memberikan efek yang begitu cepat dalam proses perbaikan. Mau tahu bagaimana Tussik memperbaikinya, lihat videonya di bawah ini:

 

 

Mekanik asal Rusia, Arthur Tussik,  mendokumentasi proses perbaikan mobil BMW 7 series yang sudah ringsek pasca kecelakan menjadi baru. (Carscoops)

Aksi Arthur Tussik memperbaiki mobil ringsek memang bukan pertama kali. dia juga sangat berpengalaman meski mobil tersebut rusak parah

Sebelumnya Tussik sempat mendokumentasi proses perbaikan mobil BMW 7 series yang sudah ringsek pasca kecelakaan dan menyulapnya hingga mirip mobil terbaru. Demikian dikutip Carscoops.

Dari video yang diunggahnya itu, Tussik mengembalikan mobil mewah buatan Jerman tersebut secara seksama secara bergantian hingga terlihat mulus.

Bahkan saat mobil telah selesai di permak dan disandingkan dengan mobil baru, maka hasilnya sangat mirip, serta tak mengira bahwa mobil tersebut ternyata telah digunakan dan mengalami kecelakaan.

Mau tahu prosesnya, lihat videonya di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto: Rhoma Irama Akan Laporkan Bawaslu ke DKPP

Posted: 15 Jan 2018 09:25 PM PST

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman akan memperjuangankan hak politiknya pascadinyatakan tidak lolos verifikasi oleh Bawaslu. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman akan memperjuangankan hak politiknya pascadinyatakan tidak lolos verifikasi oleh Bawaslu. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan memperjuangankan hak politiknya yang berdasarkan undang-undang. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan memperjuangankan hak politiknya yang berdasarkan undang-undang. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan melaporkan Bawaslu ke DKPP terkait dugaan pelanggaran kode etik. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan melaporkan Bawaslu ke DKPP terkait dugaan pelanggaran kode etik. (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama memberi salam Idaman saat sesi foto di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan melaporkan Bawaslu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (Liputan6.com/JohanTallo)

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama memberi salam Idaman saat sesi foto di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan melaporkan Bawaslu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya U-19 Tunjuk Eks Pemain Tangani Tim U-19

Posted: 15 Jan 2018 09:20 PM PST

Persebaya mulai menyiapkan tim U-19 yang akan bertarung di Liga 1 U-19 2018. Manajemen tim resmi menunjuk legenda Persebaya, Bejo Sugiantoro sebagai pelatih kepala tim U-19. Pria berusia 40 tahun itu diperkenalkan oleh manajemen klub dalam jumpa pers di Cafe Excelso, kawasan HR Muhammad, Surabaya, Senin sore (15/1/2018).

Presiden Klub Persebaya, Azrul Ananda, mengaku serius untuk membangun Persebaya di beberapa kelompok usia. Baginya, Persebaya U-19 nanti akan menjadi dasar pondasi untuk tim utama. Sebab, dalam menangani tim tersebut Bejo akan berkoordinasi dengan pelatih kepala Persebaya, Angel Alfredo Vera.

"Tentunya tidak bisa instan, kami harus membangun pondasi ini dengan dipikir baik-baik. Kami di Persebaya ingin spesial. Mas Bejo akan menjadi pelatih U-19, tetapi di sisi lain menjadi scouting untuk mencari bibit masa depan, khususnya di Surabaya," kata Azrul.

Bejo pun mengaku sangat tersanjung dengan tugas yang akan diembannya. Eks penggawa Timnas Indonesia sebenarnya cukup berpengalaman sebagai pelatih. Musim lalu, dia menangani Persik Kediri yang berkompetisi di Liga 2.

"Terima kasih kepada Pak Azrul telah mempercayakan kepada saya. Visi misi saya, satu berdasarkan obyektifitas potensi pemain. Saya punya pegangan, bukan katanya, tapi kenyataannya pemain itu bagus. Potensi pemain di kompetisi internal juga bagus," ungkap pria yang turut membawa Persebaya menjuarai Ligina 1996/1997.

Sejauh ini, pihaknya akan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh kompetisi internal Persebaya. Dalam kompetisi tersebut, terdapat 20 klub internal yang jelas punya banyak pemain berbakat.

"Sementara kami cari internal dulu. Karena muaranya Persebaya harus berjiwa Surabaya. Saya percaya dengan kemampuan anak-anak Surabaya. Kita harus berani menampilkan bibit muda," imbuh Bejo.

Di sisi lain, Manajer Persebaya, Chairul Basalamah menyatakan membuka pintu selebar-lebarnya kepada seluruh pihak yang ingin bergabung dengan Persebaya. Salah satu pintu masuk itu adalah dengan bergabung salah satu klub internal.

"Kita investasinya di anak-anak muda mulai sekarang. Kalau ada pemain dari Surabaya dan tumbuh seperti dulu, maka harus kita siapkan sekarang. Kami ingin teratur dan membuka selebar-lebarnya siapa saja untuk menjadi pemain Persebaya," ujar Chairul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Pahit dan Manis dalam Hidup Dolores O'Riordan

Posted: 15 Jan 2018 09:20 PM PST

Kabar mengenai kematian vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan, jelas mengagetkan para penggemarnya di seluruh dunia. Apalagi, kepergian wanita 46 tahun tersebut begitu mendadak dan belum diungkap penyebabnya.

Hingga kini, yang diketahui publik hanya Dolores O'Riordan ditemukan tak bernyawa di sebuah kamar hotel di London yang disewanya, pada Senin (15/1/2018). Ia dikabarkan berada di kota itu untuk menjalani sebuah sesi rekaman.

Karena itu, yang bisa dilakukan para penggemar selain mengucap belasungkawa, adalah mengenang kehidupan sang vokalis bersuara khas tersebut.

Sepanjang hidupnya, Dolores O'Riordan memang telah merasakan manis maupun getirnya dunia. Dan sebagai seorang selebritas, hal ini pun mau tidak mau terungkap ke hadapan publik. Liputan6.com merangkum beberapa di antaranya:

 

Sepanjang hidupnya, Dolores O'Riordan memang telah merasakan manis maupun getirnya dunia.

The Cranberries bisa jadi tak akan seterkenal sekarang bila tak ada Dolores O'Riordan. Awalnya, band ini memiliki nama The Cranberry Saw Us dan vokalis bernama Niall Quinn. Namun kurang dari setahun band ini berjalan, Quinn memilih untuk hengkang.

The Cranberries lantas mengadakan audisi, dengan menyebar pamflet di penjuru Limerick. Iklan ini kemudian dilihat Dolores yang masih berusia 18 tahun. Setelah menyanyikan lagu "Linger" versi kasar, Dolores langsung diajak bergabung menjadi vokalis band ini.

Singkat kata, debut mainstream band ini pada 1992 meledak. Dolores dan potongan pixy hair-nya menjadi ikon band ini. The Cranberries mengumumkan hiatus pada 2003, dan sempat menggelar reuni dan mengeluarkan materi baru pada 2009.

 

Sepanjang hidupnya, Dolores O'Riordan memang telah merasakan manis maupun getirnya dunia. (MIGUEL GUTIERREZ / AFP)

Dolores O'Riordan, dibesarkan dalam keluarga Katolik Roma yang taat. "Aku adalah penganut dalam berbagai hal, namun bukan yang konvensional. Banyak hal yang kupelajari, dan kubawa sampai hari ini—salah satunya adalah kita harus membiarkan setiap orang menjadi dirinya sendiri," tuturnya dalam sebuah wawancara dengan The Independent pada 2007 lalu.

Ia bahkan telah tiga kali tampil di hadapan Paus Benediktus XVI dalam konser Natal di Vatikan pada 2001, 2002, dan 2005.

"Aku girang saat berada di dalam (Vatikan) dan saat aku bertemu Paus yang sangat menyenangkan dan terlihat agung. Aku tergila-gila padanya. Kurasa ia sangat peduli pada kaum miskin dan ia senang bertemu dengan orang-orang," katanya.

 

Dolores O'Riordan (Foto: Instagram)

Kesuksesan Dolores O'Riordan di bidang musik jelas menjadi magnet pundi-pundi uang yang masuk ke kantungnya. Lihat saja, album debut The Cranberries, Everybody Else is Doing It, So Why Can't We? adalah salah satu album tersukses dalam sejarah Irlandia.

Pada 2006, Dolores bahkan masuk dalam daftar 10 wanita terkaya di Irlandia.

Pada 2008, meski sudah melewati masa jayanya, The Independent mencatat bahwa Dolores O'Riordan masih bisa menjual lebih dari 600 ribu keping album solonya, Are You Listening?.

 

Dolores O'Riordan - Don Burton. (Independent.ie)

Pada 1994, Dolores O'Riordan menikah dengan sang kekasih, Don Burton, mantan manajer tur band Duran Duran. Dari pernikahan ini, Dolores dikaruniai tiga orang anak.

Sayang, pada 2014,  setelah 20 tahun menikah, keduanya kemudian bercerai. Ibu Dolores menyebutkan bahwa perpisahan ini membuat putrinya tersebut merasa terpukul dan stres. Bahkan Dolores sampai harus berada di bawah pengawasan dokter secara ketat setiap hari.

 

Sepanjang hidupnya, Dolores O'Riordan memang telah merasakan manis maupun getirnya dunia. (GUILLAUME SOUVANT / AFP)

Stres karena perceraian tersebut ternyata membawa sebuah petaka bagi Dolores. Sebelum berada di bawah pengawasan dokter, Dolores sempat mengamuk dalam sebuah penerbangan. Ia menyerang seorang pramugari dan menyeruduk serta meludahi petugas yang hendak mengamankannya.

Beruntung, Dolores hanya dikenai hukuman denda sebesar 6 ribu euro.

Setelah insiden ini, Dolores kemudian didiagnosa menderita gangguan bipolar. Hikmahnya, Dolores merasa mendapat bantuan terhadap kondisnya mentalnya ini.

"Aku ingin berterima kasih pada dokter yang telah menolongku mengembalikan kesehatan mentalku," tutur Dolores usai persidangan terakhir kasusnya pada 2016, seperti dilansir dari Telegraph.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Museum Bahari Terbakar, Anies Tinjau Langsung

Posted: 15 Jan 2018 09:20 PM PST

Anies Baswedan bersama Wali Kota Jakarta Utara, meninjau langsung lokasi kebakaran di Museum Bahari, Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Emirat: Jet Tempur Qatar Cegat Pesawat Emirates dan Etihad

Posted: 15 Jan 2018 09:15 PM PST

Di tengah krisis diplomatik negara-negara Teluk, Uni Emirat Arab mengklaim bahwa jet tempur Qatar telah mencegat dua pesawat maskapai penerbangan komersial Etihad dan Fly Emirates di ruang udara internasional, saat terbang menuju Bahrain.

Media pemerintah UEA WAM News Agency merilis klaim tersebut, mengutip pernyataan dari Direktur Jenderal Civil Aviation Authority Emirat (GCAA), Saif Al Suwaidi pada 15 Januari 2018.

Suwaidi mengatakan, pencegatan itu terjadi sekitar pukul 10.30 - 11.00 pagi waktu setempat. Demikian seperti dilansir The Washington Post (16/1/2018).

Ia melanjutkan, radar Bahrain serta para awak dan penumpang di dalam pesawat kedua maskapai itu turut mendeteksi jet Qatar yang dimaksud.

"(Jet itu) merupakan ancaman yang jelas dan eksplisit terhadap nyawa warga sipil yang tak berdosa," lanjut Suwaidi.

Klaim Tak Detail

WAM News Agency tidak mengidentifikasi lebih detail mengenai motif, kronologi, dan jenis pesawat yang terlibat dalam klaim insiden tersebut.

GCAA juga belum memberikan tanggapan ketika dimintai keterangan oleh kantor berita Amerika Serikat The Associated Press.

Dua maskapai terkait, Etihad (Abu Dhabi) dan Fly Emirates (Dubai) belum memberikan komentar balasan terkait klaim insiden itu.

Kendati demikian, Kementerian Luar Negeri Bahrain mengklaim bahwa pesawat Fly Emirates yang terlibat dalam insiden itu memiliki nomor penerbangan EK 837.

Penerbangan Fly Emirates EK 837 itu dijadwalkan terbang meninggalkan Dubai pada 8.20 pagi, Senin 16 Januari 2018 waktu setempat. Namun, pesawat itu dilaporkan terlambat satu jam untuk melakukan lepas landas.

Pesawat itu terbang melintas di atas perairan internasional di dekat ujung utara Qatar, dan dijadwalkan tiba di Bahrain 46 menit setelah lepas landas.

Itulah rute standar semua penerbangan pesawat komersial UEA sejak krisis diplomatik Qatar yang pecah pada tahun 2017.

 

Pesawat Fly Emirates (Wikimedia Commons)

Kementerian Luar Negeri Qatar, dalam sebuah pernyataan Senin malam kemarin, menyebut tuduhan UEA sebagai "klaim yang benar-benar salah".

"(Lewat insiden itu) tampaknya UEA berusaha mengalihkan perhatian dari isu lain," tambah keterangan dari Kemlu Qatar.

Laporan Pihak Ketiga

Laporan pihak ketiga menyangsikan dugaan insiden tersebut.

FlightRadar24, sebuah situs pelacak pesawat terbang yang populer, tak menunjukkan gejala perubahan rute yang tak biasa antara kedua maskapai relasi penerbangan UEA dan Bahrain itu.

"Tampaknya tidak ada penyimpangan dari pola rute dan pendekatan standar dalam penerbangan tersebut," juru bicara FlightRadar24 Ian Petchenik mengatakan kepada AP.

Combined Air Operations Center Al Udeid, gugus tugas Angkatan Udara Amerika Serikat di Qatar juga mengaku tak memiliki laporan tentang klaim insiden tersebut, kata Letnan Kolonel Damien Pickart, juru bicara CAOC.

Namun, Pickart memperingatkan bahwa pasukan AS tidak secara rutin memantau penerbangan dan operasi Angkatan Udara Qatar.

 

Pemutusan hubungan diplomatik oleh sejumlah negara Arab terhadap Qatar memicu krisis Timur Tengah. (Liputan6.com/Infografis)

Klaim insiden tersebut dapat meningkatkan ketegangan antara Qatar dan empat negara Arab yang telah memboikotnya selama berbulan-bulan; di antaranya UEA, rumah bagi bandara internasional tersibuk di dunia.

Selain UEA, negara lain yang ikut melakukan pemboikotan dan blokade darat-laut-udara dengan Qatar meliputi; Arab Saudi, Mesir, dan Bahrain.

Dugaan insiden tersebut juga dapat mempengaruhi perjalanan penerbangan jarak jauh, karena berbagai bandara di wilayah tersebut merupakan titik transit.

Sementara itu, di sisi lain, klaim insiden tersebut juga terjadi usai Qatar mengajukan keluhan kepada PBB terkait pesawat militer UEA yang diduga melanggar wilayah udara internasionalnya pada Desember 2017 lalu -- di tengah krisis diplomatik Negara-Negara Teluk Arab.

UEA membantah tuduhan tersebut.

Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash menulis pada hari Jumat di Twitter bahwa keluhan yang diajukan Qatar "salah dan membingungkan," tanpa menjelaskan lebih jauh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Presiden 2018: RD Puji Pemain Muda Persib

Posted: 15 Jan 2018 09:15 PM PST

Sriwijaya FC bakal menjalani laga perdana penyisihan grup A Piala Presiden 2018 menghadapi tuan rumah Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, Selasa (16/1/2018).

Meski sedikit tidak diunggulkan, tim berjuluk Laskar Wong Kito cukup optimis mampu mengamankan angka saat menghadapi klub asuhan Roberto Carlos Mario Gomez.

Secara kekuatan, Persib tidak bisa dipandang sebelah mata. Setiap tahunnya skuat Maung Bandung selalu menjadi salah satu unggulan juara.

Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan mengatakan, Persib tidak banyak melakukan perombakan tim musim ini sehingga kekompakan lebih terjaga.

Selain itu, tim juara ISL 2014 tersebut memiliki banyak pemain muda berkualitas seperti Febri Hariyadi, Henhen Herdiana dan Gian Zola.

 

 

Mario Gomez yang kini melatih Persib dinilai mirip mantan pelatih Timnas Indonesia (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Sosok Roberto Carlos Mario Gomez dianggap mampu memberikan sentuhan baru. Dia bisa membuat Persib kembali disegani setelah musim lalu meraih prestasi minor.

"Persib saat ini kita tahu sudah mendatangkan satu pelatih yang tepat menurut saya, kemudian skuat pemain yang dibawanya pun punya kualitas yang baik dan pemain Persib notabene tidak banyak berubah."

"Talenta muda mereka sangat bagus ya, ada Febri kemudian ada Zola. Saya lihat permainannya sangat luar biasa. Ada beberapa pemain asing yang juga kualitasnya sangat baik. Artinya, Persib selalu tim besar, tim yang sangat sulit sekali untuk ditaklukan apalagi main di depan bobotoh," kata dia saat jumpa pers di Hotel Grand Tjokro, Kota Bandung, Senin (15/1/2018)

Sriwijaya FC tak akan bermain bertahan lawan Persib. RD, sapaan Rahmad Darmawan bakal menginstruksikan anak asuhnya untuk bisa tampil terbuka dan mengimbangi Persib Bandung.

"Tapi situasi ini sangat baik untuk tim saya, bahwa tim saya ini sedang berproses menuju lebih baik lagi. Dan kita akan mencoba untuk mengimbangi kekuatan Persib," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Yakin Program Padat Karya Angkat Daya Beli Masyarakat

Posted: 15 Jan 2018 09:15 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap program padat karya (cash for work) yang dicanangkan pemerintah pada tahun ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat di wilayah pedesaan.

‎Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat meninjau pembangunan saluran irigasi tersier 130 hektare yang terletak di Dukuh Lo, Kecamatan Lebak Siu, Kabupaten Tegal.

Pembangunan saluran irigasi tersebut merupakan salah satu implementasi program cash for work Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Setahun yang lalu sudah direncanakan tapi baru saja ini, seminggu dimulai membuat irigasi tersier," ujar dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Jokowi meyakini jika program padat karya yang dicanangkan pemerintah akan memberikan manfaat yang beragam bagi masyarakat.

"Saya kira ini banyak manfaatnya, menambah uang beredar di masyarakat, dan kita harapkan tingkat konsumsi, daya beli masyarakat desa semakin naik," kata dia.

Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar adalah salah satu manfaat yang diungkapkan Jokowi melalui program ini. Contohnya dengan pembangunan saluran irigasi tersier yang dikerjakan oleh sekitar 150 hingga 160 petani setempat.

"Untuk tukangnya Rp 100 ribu, untuk pembantunya Rp 80 ribu. Ini standar di Tegal dan sekitarnya, dibayar seminggu sekali. Saya tadi minta sama Pak Menteri, kalau bisa setiap hari dibayar, tapi ini yang sudah berjalan memang mingguan," ucap dia.

Sebelumnya, dalam sidang kabinet paripurna pada 6 Desember 2017 lalu, Jokowi telah menginstruksikan jajarannya untuk segera memulai pelaksanaan program padat karya di sejumlah daerah di Tanah Air.

Mulai dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, hingga Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Saya minta Januari (2018) sudah bisa kita lihat di lapangan, sudah dimulai. Kita harapkan dengan (program) ini akan ada peningkatan daya beli masyarakat di desa," tandas Jokowi.

Tonton Video Pilihan Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSIS Rekrut Gilang Ginarsa

Posted: 15 Jan 2018 09:12 PM PST

PSIS tak lagi mencari pemain di sektor bek sayap. Hal tersebut dilakukan setelah manajemen PSIS berhasil merekrut eks pemain sayap Madura United, Gilang Ginarsa.

Mantan pemain Sriwijaya FC itu direkomendasi pelatih Subangkit setelah mengikuti latihan selama dua hari. Kini, PSIS memiliki empat pemain di posisi bek sayap setelah sebelumnya terdapat Fendry Syahputra, Akbar Riansyah, dan Safrudin Tahar.

''Untuk pos bek sayap saat ini sudah komplet. Saya tinggal berkonsentrasi mencari bek lokal dan sisa pemain asing yakni satu kuota bebas dan satu kuota Asia,'' kata Subangkit, Selasa (16/1/2018).

Total hingga saat ini sudah 22 pemain yang diikat manajemen, termasuk dua pemain asing, Petar Planic (stoper) dan Ibrahim Conteh (gelandang).

Hadirnya Gilang bagi PSIS cukup melegakan. Apalagi mereka akan menghadapi Piala Presiden 2018. Tim kebanggaan masyarakat Kota Semarang itu akan bertemu Arema FC, Persela Lamongan, dan Bhayangkara FC di Grup E.

''Setidaknya kami memiliki banyak opsi di sektor wing back. Apalagi di Piala Presiden maupun kompetisi nanti intensitas pertandingan akan tinggi,'' ujar mantan pelatih Mitra Kukar tersebut.

Pelatih yang membawa PSIS promosi itu saat ini masih memantau dua performa bek tengah lokal. Mereka adalah Dede Surdani dan M Syukron. ''Saya ingin nantinya di lini belakang bisa memainkan tiga bek atau empat bek, tergantung kebutuhan di lapangan,'' tegasnya.

Pembaca Bola.com bisa menyaksikan pertarungan Piala Presiden 2018 melalui livestreaming di Bola.com, Vidio.com, dan Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caisar dan Indadari Resmi Bercerai

Posted: 15 Jan 2018 09:10 PM PST

Indadari akhirnya resmi menyandang status sebagai janda dari Caisar. Gugatan cerai yang dilayangkan Indadari, 4 September 2017 lalu, dikabulkan pihak Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Selasa (16/1/2018).

Sidang yang berlangsung secara tertutup tersebut beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari Indadari. Sementara pihak Caisar lagi-lagi tak menghadiri persidangan.

Indadari akhirnya hadir di sidang mediasi gugatan perceraiannya dengan Caisar

Setelah sempat keluar ruangan sidang selama beberapa saat, Indadari dan pengacaranya, Jamaludin Fakaubun, kembali masuk untuk mendengarkan putusan. Hakim pun mengabulkan gugatan cerai Indadari terhadap Caisar secara verstek.

Usai sidang, Indadari yang mengenakan gamis dan cadar bernuansa hitam tampak tenang. 

"Kayak setahun ya (sidang) dari 2017. Alhamdulillah lancar hari ini putus juga, lega," ucap Indadari.

Meski melewati kegagalan rumah tangga untuk yang kedua kalinya, Indadari tak mau terpuruk. Ia percaya bahwa takdir Tuhan yang digariskan kepadanya selalu baik.

"Alhamdulillah, kata Allah kan la tahzan, jangan bersedih. Enggak boleh sedih, jangan sedih," kata Indadari.

Caisar dan Indadari. (Istimewa)

Ibu dua anak itu pun memastikan dirinya akan melangkah maju dalam menjalani hidup ke depan.

"Harus dong, harus move on. Enggak boleh terjebak sama masa lalu. Hidup itu masih panjang, jadi selagi masih ada hari, usia, cari pahala yang banyak. Enggak boleh terjebak masa lalu. Gimana mau pulang ke surga kalau begitu," ungkap Indadari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Akan Batalkan HGB, Ketua DPRD Minta Jangan Cari Penyakit

Posted: 15 Jan 2018 09:08 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersikeras agar izin Hak Guna Bangunan (HGB) pulau-pulau reklamasi dibatalkan oleh badan Pertanahan Nasional (BPN). Menurutnya, izin pulau reklamasi cacat administrasi.

Ketua DPRD DKI Jakarta Presetyo Edi Marsudi angkat bicara soal rencana Anies tersebut. Ia meminta Anies menghargai kebijakan pemerintah pusat yang sudah memberikan izin reklamasi.

"Soal HGB hargailah pemerintah pusat, Presiden sudah memberikan sertifikat, bagaimana kebijakan gubernur sekarang," kata Prasetyo di Gedung DPRD DKI, Selasa (16/1/2018).

Prasetyo meminta Anies tidak mencari kesalahan-kesalahan gubernur terdahulu. Ia menyarankan Anies fokus bekerja dengan program tidak mencari masalah, dengan terus mengubah kebijakan yang sudah ada.

"Gubernur kan ada diskresi, Gubernur jangan cari penyakit gubernur lama, ayo ke depan, ayo kerja. Jangan cari masalah atau kesaahan gubernur lama. Kalau ngorek-ngorek, gubernur sebelum-sebelumya juga punya masalah," ucap dia.

 

Sejumlah warga memadati kawasan Muara Angke untuk melihat proses reklamasi di Jakarta, Minggu (17/4). Lokasi yang dulunya mejadi tempat nelayan mencari ikan berubah menjadi dataran dari proyek Reklamasi Teluk Jakarta. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Politikus PDIP itu menyarankan Anies memperbaiki kebijakan yang belum sempurna, namun tidak mengubah kebijakan yang sudah baik.

"Mungkin yang kurang baik yang diperbaiki, bukan yang baik dihancurkan," jelas Prasetyo.

Sebelumnya, Anies menjelaskan cacat administrasi saat penerbitan HGB. Ia menyebut, izin tersebut diterbitkan sangat cepat.

Selain itu, kata Anies, belum ada Perda Zonasi reklamasi, namun HGB sudah dikeluarkan.

"Di area itu ada enggak pulau. Enggak ada, itu bukan pulau, itu namanya pantai. Anda lihat kawasan strategis provinsi yang ada itu pantai A-E. Itu adalah namanya ya nama teknisnya pantai yang tersambungkan dengan daratan, itu nama teknisnya. Cuman ketika di peta di tuliskan P, kita terbiasa membaca P itu adalah pulau," kata Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyian Rhoma Irama Usai Idaman Gagal Ikut Pemilu 2019

Posted: 15 Jan 2018 09:07 PM PST

Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama mengungkap kekecewaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hal ini terkait kegagalan partainya ikut Pemilihan Umum 2019 karena terjegal di verifikasi faktual.

"Kami Partai Idaman merasa kecewa terhadap kinerja KPU dan Bawaslu sampai saat ini," ujar Rhoma saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta Timur, Selasa (16/1/2018).

Rhoma menduga, partainya sengaja dijegal untuk tidak lolos ke kontestasi politik 2019. Karenanya, dugaan ini akan diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

"Jelas ada unsur diskriminatif ke kami. Like and dislike, langkah kami berikutnya akan laporan ke DKPP pelanggaran kode etik," tegas Rhoma.

Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama memberi salam Idaman saat sesi foto di Kantor DPP Partai Idaman, Jakarta, Selasa (16/1). Partai Idaman menyatakan akan melaporkan Bawaslu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). (Liputan6.com/JohanTallo)

Menurut Raja Dangdut itu, putusan Mahkamah Konstitusi nomor 53 tentang verifikasi Parpol (Pasal 173 UU Pemilu) memutuskan bahwa verifikasi faktual harus berkeadilan.

Faktanya, klaim Rhoma, banyak parpol dengan data tidak sempurna, manipulatif, dan bahkan oleh partai eksisting sekali pun, malah diloloskan oleh KPU ke verifikasi tahapan selanjutnya yakni faktual.

"Kita kemukakan judikasi dan mediasi ini di Bawaslu, bahwa KPU abai akan hal ini. Bila Partai Idaman ada kekurangan kelengkapan dokumen dan tidak lolos, maka seharusnya hal yang sama juga berlaku terhadap partai lain dong," Rhoma menutup.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sisi Menarik Museum Bahari, dari Arsitektur hingga Kegunaannya

Posted: 15 Jan 2018 09:05 PM PST

Kawasan Kota Tua menjadi salah satu destinasi wisata paling digemari wisatawan mancanegara yang datang ke Jakarta. Bukan tanpa sebab, di kawasan ini banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri hingga kini.

Selain ada Museum Fatahillah yang awalnya merupakan gedung Balai Kota dan diresmikan oleh Gubernur Jenderal Abraham Van Riebeeck pada 1710, kawasan ini juga punya beragam bangunan bersejarah lainnya, antara lain Gedung Raad van Justitie yang kini menjadi  Museum Keramik dan Seni Rupa, serta Museum Bahari yang awalnya adalah gedung penyimpanan komoditas perdagangan VOC.

Di antara ketiganya, Museum Bahari yang paling banyak terlupakan karena lokasinya yang berjauhan dengan Taman Fatahillah. Setelah beberapa kali beralih fungsi, mulai dari gudang penyimpanan barang VOC, pada masa penjajahan Jepang gedung ini difungsikan sebagai gudang logistik tentara Jepang.

Pasca-kemerdekaan, gedung ini sempat digunakan PLN dan PTT sebagai gudang. Baru pada 1967, bangunan ini dipugar dan direvitalisasi sebagai bangunan cagar budaya. Pada Juli 1927, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Bahari Indonesia.

Di Museum Bahari sendiri tersimpan berbagai peninggalan budaya bahari masyarakat Indonesia dari masa ke masa. Mulai dari perahu nelayan tradisional dan modern (bentuk asli dan miniatur), folklore dan lagu-lagu masyarakat pesisir, hingga beragam alat penunjang pelayaran dan maket Pulau Onrust yang bersejarah.

 

Petugas pemadam kebakaran memadamkan sisa api yang membakar Museum Bahari, Jakarta Utara, Selasa (16/1). Museum Bahari adalah salah satu dari delapan museum di bawah pengawasan Dinas kebudayaan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ira, Direktur Eksekutif Pusat Dokumentasi Arsitektur, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (16/1/2018) mengatakan, gedung Museum Bahari punya catatan menarik. Komplek bangunan ini telah diubah beberapa kali sampai 1759. Catatan Heuken (2000: 36-37) menunjukkan, angka tahun perbaikan, perluasan, atau penambahan gudang dapat dilihat di atas beberapa pintu museum, misal tahun 1718, 1719, atau tahun 1771.

"Melihat posisi Batavia sebagai semacam 'head quarters' untuk kawasan Asia Tenggara saat itu, bandar besar pengumpul rempah-rempah dan komoditas lainnya, tentu Museum Bahari kala itu punya peran penting dalam sejarah perdagangan dan maritim," ungkap Ria.

Lebih jauh Ria mengatakan, bangunan gedung Museum Bahari juga punya struktur yang unik. Sistem strukturnya berupa balok-balok kayu besar yang ujungnya dipasang besi, seperti huruf Y terbalik, sebagai pengaku.

"Dengar kabar museum ini terbakar, mudah-mudahan masih bisa direvitalisasi. Kalau datanya cukup, tidak masalah untuk revitalisasi. Tentu harus ada kajian dulu, apakah materialnya yang tersisi masih layak digunakan secara kelaikan struktur. Yang susah itu mencari kayu pengganti, karena kayu lama ukurannya besar-besar sekali, belum tentu stok kayu ukuran besar masih ada," ungkap Ria menambahkan.

Museum Bahari kebakaran. (Istimewa/petugas Museum Bahari)

Sementara itu, Edi Ketua Backpacker Jakarta, saat dihubungi Liputan6.com mengatakan, musibah kebakaran menjadi pengingat dinas dan pihak terkait untuk lebih memperhatikan dan menjaga situs bersejarah Ibu Kota. 

"Harapan saya segera ditindak dan diselidiki apakah ada unsur kesengajaan, kelalaian, apa memang musibah. Yang paling penting, semua benda yang ada di museum bisa diselamatkan terlebih dahulu," ungkap Edi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain PSPS, Klub Peserta Piala Presiden Lulus Verifikasi BOPI

Posted: 15 Jan 2018 09:05 PM PST

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan surat bernomor SR.SB.003/BOPI/KU/I/2018 mengenai rekomedasi penyelenggaraan pertandingan sepak bola Piala Presiden 2018. Dalam keputusannya, BOPI memberikan rekomendasi kepada PSSI sebagai penyelenggara Piala Presiden 2018. Namun, BOPI hanya menuliskan 19 peserta dari total 20 peserta yang seharusnya menjadi peserta.

PSPS Riau tidak ada dalam daftar klub peserta Piala Presiden 2018 yang lolos verifikasi BOPI. Namun, dalam catatan khusus yang dituliskan di akhir surat, BOPI menuliskan hal terkait PSPS Riau dalam poin keempat dan kelima.

"Khusus klub PSPS Pekanbaru tidak memenuhi syarat karena belum memiliki badan hukum yang disahkan oleh Kemkumham RI," tulis BOPI dalam poin keempat catatan khusus yang ditandatangani Ketua Umum BOPI, Mayjen (Purn) M. Noor Aman pada 15 Januari 2018.

"Untuk klub PSPS Pekanbaru apabila dapat memenuhi pengesahan badan hukum dari Kemkumham RI sebelum kick-off, maka akan dilakukan adendum dari ketentuan sebelumnya," dalam poin kelima.

Meski hanya PSPS Riau yang gagal memenuhi verifikasi BOPI, tidak semua klub lolos begitu saja. Kalteng Putra yang menjadi pengganti Persipura Jayapura, dan PSMS Medan masih harus menyerahkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

Dalam poin kedua catatan khusus surat keputusan BOPI terkait Piala Presiden 2018 itu, Kalteng Putra disebutkan masih harus melengkapi berkas Surat Izin Tempat Usaha (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sementara di poin ketiga, PSMS Medan disebutkan masih harus melengkapi TDP dan SIUP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Malaria Impor Ditemukan di Bogor

Posted: 15 Jan 2018 09:03 PM PST

 

Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, menemukan kasus malaria impor yang diderita salah satu warga di perumahan Loji, Kecamatan Bogor Barat.

"Kami menyebutkan malaria impor karena berasal dari luar Kota Bogor. Pasien digigit nyamuk malaria saat melakukan kunjungan di Papua," kata Dwi Susanto, pengelola program Malaria, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Senin.

Dwi menjelaskan pasien seorang dosen diketahui menderita Malaria Tertiana dari laporan masyarakat ke Dinkes Kota Bogor pada 3 Januari 2018 lalu.

Temuan ini merupakan kasus pertama malaria impor yang ditangani Dinkes Kota Bogor. Tahun sebelumnya kasus malaria impor cukup banyak ditemukan yakni 15 kasus di tahun 2017 dan 2016.

"Rata-rata semua yang terkena malaria digigitnya di luar Bogor. Mereka mendatangi daerah yang endemis malaria, seperti wilayah Indonesia Timur, dan Barat yakni Papua, NTB, sebagian Sumatera," katanya.

Pasien malaria impor tersebut telah mendapatkan perawatan medis. Hasil uji laboratorium menunjukan positif plasmodium vivax atau terdapat parasit penular malaria.

Awalnya pasien tidak terdeteksi malaria, pihak rumah sakit di Bogor menyatakan terkena DBD. Namun pasien mengeluhkan gejala demam, berkeringat dan menggingil. Setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium baru diketahui terdapat parasit malaria.

Menurut Dwi, jika pasien tidak tertangani sesuai prosedur tetap penanganan malaria. Maka dapat menularkan penyakit serupa ke lingkungan terdekatnya, terutama keluarganya.

"Jika pasien malaria digigit oleh nyamuk, lalu nyamuk yang menggigitnya menggigit orang lain lagi, atau berkembang biar, maka potensi penularan bisa terjadi," katanya.

 

Mengingat Hari Malaria Sedunia (HMS) yang jatuh pada 25 April 2016 mendatang, Kemenkes kembali ingatkan bahayanya malaria.

Untuk mengantisipasi penularan malaria lebih luas, Dinas Kesehatan Kota Bogor mengimbau rumah sakit dan puskesmas bila menemukan pasien dengan gejala demam, berkeringat dan menggigil, dapat menanyakan riwayat bepergian ke mana dan terkena gigitan nyamuknya di mana.

Pasien malaria impor yang diketahui positif malaria tersebut bepergian ke daerah Korowi, Broven Digul, Papua, untuk keperluan penelitian selama bulan September, Oktober dan awal Desember.

"Ketika berada di Papua penah digigit nyamuk. Lalu pulang ke Bogor dalam kodisi sakit, setelah diuji lab ternyata positif malaria," kata Dwi.

Langkah antisipatif yang dilakukan Dinkes mencegah penularannya, pasien dalam waktu satu kali 24 jam harus mendapat obat antimalaria. Parasit malaria jika tidak diobati dapat berkembang ke stadium yang lebih tinggi.

Yang dikhawatirkan jika terdapat nyamuk Anopheles vektor penular malaria, bisa menularkan ke yang lain. "Untungnya di Kota Bogor tidak ada nyamuk Anopheles, jadi tidak endemik," katanya.

Dwi menambahkan tahun 2014 Kota Bogor telah menerima sertifikat bebas malaria. Sehingga wajib menatalaksana semua kasus malaria sesuai standar Kementerian Kesehatan. ( Laily Rahmawaty /AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kenakan Seragam Dishub, Anies Baswedan Tinjau Kebakaran Museum Bahari

Posted: 15 Jan 2018 09:02 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). Anies datang menggenakan pakaian Dishub ditemani pejabat Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). Anies datang menggenakan pakaian Dishub ditemani pejabat Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, Jakarta Utara, Selasa (16/1). 21 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan si jago merah yang melahap bersejarah tersebut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, Jakarta Utara, Selasa (16/1). 21 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan si jago merah yang melahap bersejarah tersebut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). Anies datang menggenakan pakaian Dishub ditemani pejabat Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). Anies datang menggenakan pakaian Dishub ditemani pejabat Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan pejabat Pemprov DKI Jakarta saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan pejabat Pemprov DKI Jakarta saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan pejabat Pemprov DKI Jakarta saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan pejabat Pemprov DKI Jakarta saat meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (16/1). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, Jakarta Utara, Selasa (16/1). 21 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan si jago merah yang melahap bersejarah tersebut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran Museum Bahari, Jakarta Utara, Selasa (16/1). 21 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan si jago merah yang melahap bersejarah tersebut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlian 'Terbesar dalam Sejarah' Ditemukan, Harganya?

Posted: 15 Jan 2018 09:02 PM PST

Sebuah berlian sebesar bola golf ditemukan di pegunungan Lesotho di Afrika Selatan. Berlian ini diklaim sebagai berlian terbesar sepanjang sejarah.

Gem Diamonds -- produsen berlian global terkemuka dengan operasi penambangan berlian di Lesotho dan Botswana -- menemukan bongkahan batu berlian 910 karat yang ukurannya dua setara dengan dua bola golf.

Perusahaan yang berpusat di London, Inggris itu menemukannya di tambang Letseng, tambak milik Gem Diamonds.

Ini adalah berlian berwarna D tipe IIa (D colour Type Ila), artinya berlian tersebut memiliki sedikit atom nitrogen atau tidak ada sama sekali, membuatnya menjadi salah satu batu termahal.

Sementara itu, berlian ini diklaim sebagai terbesar kelima sepanjang sejarah penemuan.

Berlian seukuran bola golf ditemukan di Lesotho, Afrika Selatan. (AFP/The Independent)

Tambang Letseng terkenal karena ukuran dan kualitas berlian yang dihasilkannya, serta memiliki harga jual rata-rata tertinggi di dunia.

Gem Diamonds pernah menjual batu berlian 357 karat seharga US$ 19,3 miliar pada tahun 2015 dan pada tahun 2006 menemukan batu berlian 603 karat di Lesotho Promise.

"Berlian berkualitas tinggi dan luar biasa ini adalah yang terbesar yang pernah ditambang sampai saat ini. Penemuan ini juga menyoroti kualitas tak tertandingi dari tambang Letseng," kata Kepala Eksekutif Gem Diamonds, Clifford Elphick, dilansir The Independent, Senin (15/1/2018).

Gem Diamonds tidak mengatakan medium penjualan berlian itu atau mengenai harganya. Mereka hanya menjelaskan, nilai jual berlian akan ditentukan dari ukuran dan kualitas batu yang telah dipoles yang biasa dipecah darinya.

 

 

Berlian seukuran bola golf ditemukan di Lesotho, Afrika Selatan. (AFP/The Independent)

Sebagai contoh, Lucara Diamond -- produsen berlian yang bermarkas di Vancouver, Kanada -- menjual sebuah berlian 1.109 karat seharga US$ 53 miliar tahun 2015, namun mereka hanya bisa mendapatkan US$ 63 juta untuk pecahan berlian tersebut dengan kadar 813 karat.

"Harga berlian sangat bervariasi dan didorong oleh banyak faktor," kata Ben Davis, seorang analis di Liberum Capital Markets.

"Tapi dengan asumsi bahwa tidak ada inklusi besar yang bisa ditembus melalui penjualan berlian, kami memperkirakan harga jualnya (berlian sebesar bola golf) US$ 40 juta," imbuhnya.

Penemuan terakhir Gem Diamonds yaitu dua buah batu berlian, masing-masing 117 karat dan 110 karat.

Penemuan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan pendapatan perusahaan tersebut, setelah tahun lalu turun ke titik terendah, yang memaksa Gem Diamonds menutup tambang barunya di Botswana.

Rencananya, Gem Diamonds akan menjual batu berlian "bola golf" tersebut pada pukul 9:30 pagi di London, Inggris.

Penemuan besar itu akan meningkatkan kepercayaan investor bahwa perusahaan tersebut mampu mengatasi kekurangan stok berliannya.

Gem Diamonds menemukan setidaknya tujuh batu berlian dengan kadar lebih besar dari 100 karat pada 2017 dan lima tahun sebelumnya. Perusahaan ini juga menemukan selusin batu berlian lebih dari 100 karat pada tahun 2015.

Berlian terbesar yang ditemukan adalah Cullinan 3.106 karat, di dekat Pretoria, Afrika Selatan, pada tahun 1905. Lasedi La Rona 1.109 karat yang menjadi terbesar kedua, ditemukan di Lucara. Excelsior 995 karat dan Star of Sierra Leone 969 karat, masing-masing menjadi yang terbesar ketiga dan keempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Ketua Komisi Dakwah MUI Soal Hukum Bitcoin

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Per Senin (15/1/2018) pukul 12.06 Waktu Eropa Tengah, nilai 1 Bitcoin setara dengan US$ 13.795. Kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 231,8 miliar. Adapun transaksi hariannya menyentuh angka US$ 264 ribu.

Sebagai mata uang kripto (cryptocurrency), yang bisa dibilang sangat baru bagi masyarakat Indonesia, hingga saat ini Bitcoin masih menuai pro dan kontra.

Terutama masyarakat Indonesia yang menganut Islam, sebagian di antara kita mungkin bertanya-tanya, bagaimana sebetulnya kedudukan Bitcoin menurut hukum Islam, baik sebagai alat tukar maupun untuk investasi? Apakah boleh ataukah haram?

Menjawab hal itu, Tekno Liputan6.com mengutip tulisan Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat periode 2015-2020, KH Cholil Nafis.

Dalam tulisan yang dimuat di blog pribadinya, cholilnafis.com, pria kelahiran Sampang, Jawa Timur itu memaparkan, "sebagian ulama mengatakan, Bitcoin sama dengan uang karena menjadi alat tukar yang diterima oleh masyarakat umum, standar nilai dan alat saving. Namun ulama lain menolaknya sebagai pengakuan masyarakat umum karena masih banyak negara yang menolaknya."

Apa yang diungkapkan KH Cholil memang betul. Jangankan di Indonesia, di luar negeri pun kehadiran Bitcoin masih memicu perdebatan. Mulai dari politikus, kalangan perbankan, pengusaha hingga petinggi perusahaan teknologi ternama dunia, ramai-ramai mengomentari Bitcoin.

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

"Saya dapat mengatakan dengan pasti bahwa (tren) mata uang kripto akan berakhir buruk," kata miliuner Waren Buffett dalam sebuah wawancara kepada CNBC, sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Komentar senada juga muncul dari Peter Thiel, pria yang mendirikan sistem pembayaran PayPal bersama dengan CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk.

"Dulu PayPal bertujuan untuk menciptakan mata uang baru. Kami gagal melakukannya dan hanya mampu membuat sistem pembayaran baru. Saya pikir Bitcoin telah berhasil pada tingkat (menciptakan) mata uang baru, tetapi di sisi sistem pembayaran masih ada kekurangan. Bitcoin masih sangat sulit untuk digunakan dan itu adalah tantangan terbesarnya," kata pria berdarah Jerman tersebut dikutip dari Crypto Coin News.

Kembali ke kedudukan Bitcoin menurut Islam, KH Cholil Nafis yang merupakan anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) periode 2015-2020 juga menukil definisi uang dari kitab Buhuts fi al-Iqtishad al-Islami.

"ุงู„ู†ู‚ุฏ ู‡ูˆ ูƒู„ ูˆุณูŠุท ู„ู„ุชุจุงุฏู„ ูŠู„ู‚ูŠ ู‚ุจูˆู„ุง ุนุงู…ุง ู…ู‡ู…ุง ูƒุงู† ุฐู„ูƒ ุงู„ูˆุณูŠุท ูˆุนู„ู‰ ุฃูŠّ ุญุงู„ ูŠูƒูˆู†"

"Uang: segala sesuatu yang menjadi media pertukaran dan diterima secara umum, apa pun bentuk dan dalam kondisi seperti apa pun."

Kemudian mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu mengemukakan kutipan fatwa Dewan Syariah Nasional yang berbunyi, "transaksi jual beli mata uang adalah boleh dengan ketentuan: tidak untuk spekulasi, ada kebutuhan, apabila transaksi dilakukan pada mata uang sejenis, nilainya harus sama dan tunai (attaqabudh). Jika berlainan jenis, harus dengan kurs yang berlaku saat transaksi dan tunai."

Dengan demikian, lanjut KH Cholil, kedudukan Bitcoin sebagai alat tukar menurut hukum Islam adalah boleh, tetapi dengan syarat harus ada serah terima (taqabudh) dan sama kuantitasnya jika jenisnya sama.

"Jika jenisnya berbeda, disyaratkan harus taqabudh secara hakiki atau hukmi; ada uang, ada Bitcoin yang bisa diserahterimakan," terang pria yang menyelesaikan pendidikan PhD di University of Malaya, Malaysia pada 2010 tersebut.

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Guna menjelaskan lebih terperinci, KH Cholil juga mengutip kitab Futuh al-Buldan, yang menyebutkan,

"ูˆู‚ุฏ ู‡ู…َ ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡- ุจุงุชุฎุงุฐ ุงู„ู†ู‚ูˆุฏ ู…ู† ุฌู„ุฏ ุงู„ุจุนูŠุฑ. ูˆู…ุง ู…ู†ุนู‡ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุฅู„ุง ุฎุดูŠุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุจุนูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุงู†ู‚ุฑุงุถ"

"Bahwa Umar bin Khattab berkeinginan membuat uang dari kulit unta. Namun rencana ini diurungkan karena khawatir unta akan punah."

Mengenai kutipan tersebut, KH Cholil menyebut bahwa walau Umar bin Khattab mengurungkan rencananya, ada pelajaran yang bisa dipetik, yakni para sahabat mengakui kebolehan dalam memproduksi mata uang dengan bahan selain dari emas dan perak.

Malik bin Anas, pendiri Mazhab Maliki yang lebih dikenal dengan sebutan Imam Malik dalam kitab Al-Mudawwanah Al-Kubra mengatakan,

" ู„ูˆ ุฃู† ุงู„ู†ุงุณ ุฃุฌุงุฒูˆุง ุจูŠู†ู‡ู… ุงู„ุฌู„ูˆุฏ ุญุชู‰ ุชูƒูˆู† ู„ู‡ู… ุณูƒุฉ ูˆุนูŠู† ู„ูƒุฑู‡ุชู‡ุง ุฃู† ุชุจุงุน ุจุงู„ุฐู‡ุจ ูˆุงู„ูˆุฑู‚ ู†ุธุฑุฉ"

"Andaikan orang-orang membuat uang dari kulit dan dijadikan alat tukar oleh mereka, maka saya melarang uang kulit itu ditukar dengan emas dan perak dengan cara tidak tunai".

"Inilah yang menjadi dasar para ulama bahwa mata uang tidak harus berbahan emas dan perak," tegas KH Cholil.

Beralih ke permasalahan Bitcoin sebagai aset untuk investasi, KH Cholil menekankan bahwa ini cenderung termasuk gharar, yaitu spekulasi yang dapat merugikan orang lain.

Pernyataan KH Cholil soal hukum Bitcoin nilai Bitcoin yang jauh melampaui mata uang konvensional tidak hanya membuat Bitcoin sebagai mata uang kripto menarik perhatian masyarakat, tetapi juga sebagai aset untuk investasi.

"Keberadaannya tak ada aset pendukungnya, harga tak bisa dikontrol, dan keberadaannya tak ada yang menjamin secara resmi, sehingga kemungkinan besar banyak spekulasi ialah haram," tegas KH Cholil.

Dengan demikian, berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut di atas, ia mengatakan hukum Bitcoin sebagai alat tukar adalah mubah (boleh) bagi mereka yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya.

Namun hukum Bitcoin sebagai investasi menjadi haram karena nyatanya Bitcoin diperlakukan sebagai alat spekulasi, bukan untuk investasi, atau dengan kata lain, hanya menjadi alat permainan untung-rugi, bukan suatu bisnis yang menghasilkan.

(Why/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Facebook dan Twitter Terdepak dari Kursi Direksi Disney

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Bos yang juga COO Facebook Sheryl Sandberg serta CEO Twitter Jack Dorsey kini tidak lagi duduk di kursi direksi perusahaan hiburan Disney.

Laporan yang dirilis Disney untuk Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mengungkap, alasan di balik keluarnya dua nama eksekutif ini adalah untuk menghindari konflik kepentingan.

Setelah meninggalkan kursi direksi Disney, Sandberg dan Dorsey juga tidak akan dipindah ke posisi lain di perusahaan tersebut.

"Mengingat bisnis kami yang makin berkembang, seperti halnya bisnis pimpinan saudara Sandberh dan Dorsey, maka semakin sulit untuk mereka menghindari konflik yang berkaitan dengan urusan dewan. Untuk itu, dua nama tersebut juga tidak akan diikutkan untuk pemilihan ulang direksi," kata juru bicara Disney seperti tertera dalam laporan, dilansir dari CNN, Selasa (16/1/2018)

Sandberg telah bergabung dengan direksi Disney sejak 2010. Sementara Dorsey masuk dalam jajaran petinggi perusahaan di tahun 2013.

Perluasan usaha yang dilakukan Facebook dan Twitter dalam beberapa tahun belakangan digadang-gadang juga menjadi penyebab mundurnya Sandberg dan Dorsey. Facebook dan Twitter mulai merambah ke dunia hiburan dengan bekerja sama dengan beberapa televisi swasta.

 

Twitter telah memasuki bisnis penyiaran olahraga, yang berpotensi menimbulkan konflik dengan anak perusahaan Disney, ESPN. Selain bermitra dengan NFL, perusahaan arahan Jack Dorsey tersebut juga mengumumkan bahwa pihaknya sedang melakukan livestreaming game WNBA tahun lalu.

Twitter juga mengumumkan rencan untuk meluncurkan jaringan berita 24/7 dalam kemitraan dengan Bloomberg. Kerjasama ini akan mulai berjalan di tahun 2018.

Sementara Facebook baru saja meluncurkan fitur 'Watch' di media sosial miliknya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton dan merekam video termasuk beberapa pertandingan basket ternama.

Sayangnya terkait dengan hal ini, pihak Twitter dan Facebook menolak untuk berkomentar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah 2 Hari Pedagang Ayam di Garut Mogok Jualan

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Akibat pasokan yang berkurang, harga daging ayam di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus meroket hingga Rp 50 ribu per kilogram dalam satu pekan terakhir.

"Saya biasa menjual Rp 27 ribu per kilo, sekarang kami jual di angka Rp 45 ribu - Rp 47 ribu, bahkan ada yang Rp 50 ribu," ujar Itang (48), salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Induk Ciawitali, Garut, Selasa (16/1/2018).

Menurut Itang, meroketnya harga daging ayam dalam sepekan terakhir di Kabupaten Garut itu disebabkan minimnya pasokan ayam hidup yang berasal dari kandang peternak.

"Banyak peternak gagal panen, ayamnya kecil dan mati ,sehingga pasokan berkurang," kata dia.

Buruknya kualitas ayam DOC (Day Old Chicken) serta pakan yang diberikan, kata dia, diduga menjadi penyebab buruknya panen ayam yang dihasilkan peternak. "Sekarang mau jualan dari mana, ayamnya saja sulit," ujarnya.

Akibat minimnya pasokan daging ayam yang masuk ke pasar, harga daging ayam terus meroket. Biasanya, harga ayam potong berada di kisaran Rp 27 ribu - Rp 28 ribu per kilogram. Saat ini, daging ayam dijual di antara Rp 40 ribu - Rp 45 ribu per kilogram.

"Kalaupun tetap jualan untungnya sangat kecil, sebab harga beli mahal," kata dia.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pasar Induk Ciawitali Garut Yayat Supriyatna mengakui, akibat minimnya pasokan daging ayam yang masuk, sekitar seratus pedagang ayam di pasar induk Ciawitali, Garut memilih untuk tidak berjualan.

"Tapi, infonya besok sudah ada yang mau jualan," kata dia.

Menurutnya, seretnya pasokan ayam ke pedagang akibat banyaknya peternak ayam yang gagal panen. Banyak DOC dan pakan yang diberikan pihak perusahaan tidak sesuai dengan harapan peternak.

"Ini murni gagal panen bukan karena permainan spekulan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lapangan, beberapa pedagang ayam di pasar tradisional Garut lebih memilih meliburkan diri. Gerobak jualan daging ayam milik pedagang ayam di Pasar Induk Ciawitali, Pasar Kojengkang Suci, hingga Pasar Baru Garut kosong melompong.

 

 

Pekerja mengambil karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (15/1). Wagub Sandiaga Uno mengatakan Pemprov DKI akan selalu membeli beras Sulawesi dan Banten karena lebih memprioritaskan beras dari petani. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tidak hanya pedagang daging ayam, sejumlah pedagang beras di Pasar Induk Ciawitali, mulai mengeluhkan kerugian akibat turunnya daya beli masyarakat usai kenaikan beras yang terjadi dalam sepekan terakhir.

"Jarang yang beli satu karung, paling beberapa kilo," ujar Uum Sumiyati, salah seorang pedagang beras di Pasar Ciawitali, Kabupaten Garut.

Menurutnya, semua jenis beras yang biasa dijual terjadi kenaikan sebesar 15 persen dalam sepekan terakhir. Kenaikan itu, ujar dia, akibat kurangnya pasokan dari petani di berbagai daerah Jawa Barat.

"Ongkos kirim dari agen naik, jadi tidak bisa menjual dengan harga normal," ujarnya. Ia menyebutkan, beras kualitas eksklusif jenis Sarinah dari semula Rp 11 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram, beras dari Banjar yang semula Rp 10 ribu menjadi Rp 11 ribu per kilogram, dan beras kualitas rendah dari Rp 9.500 menjadi Rp 11 ribu per kilogram.

"Kami para pedagang berharap harga turun, karena adanya kenaikan ini penjualan jadi berkurang," tuturnya.

Rani, salah seorang pembeli beras di Pasar Ciawitali mengatakan, akibat kenaikan harga yang cukup tinggi, ia mengaku hanya membeli beras dengan eceran. "Sekarang harga satu karung harganya mahal, makanya beli eceran dulu, sebab belum beli kebutuhan lainnya," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kaki Bau Tewaskan Ikan, Sendirian dalam Pesawat

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Bau kaki memang sangat mengganggu dan bisa bikin malu. Apalagi, jika bau kaki itu bisa tercium orang yang berada di sekitar.

Bahkan, bukan hanya manusia yang terganggu dan dirugikan oleh bau busuk dari kaki. Hewan pun bisa merasakan akibatnya.

Seperti yang terjadi di Tiongkok ketika seorang pria melakukan terapi spa ikan. Tak disangka-sangka, semua ikan mati, sesaat setelah kaki pria itu masuk dalam kolam.

Artikel tersebut pun menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel seputar pesawat komersil yang hanya ditumpangi satu orang menempati urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel tentang makanan berkarbohidrat tinggi selain beras, pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Gara-Gara Kaki Bau Busuk, Pria Ini Tewaskan Semua Ikan di Spa

Mengalami bau pada kaki tentunya menjadi hal menyebalkan. Selain menganggu, bau kaki juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Hal tersebut yang membuat seorang pria asal Tiongkok memutuskan untuk merawat dirinya setelah sepuluh tahun sibuk bergelut dengan pekerjaan. Pria berumur 35 tahun itu sebenarnya memiliki masalah yang amat serius pada bau di kakinya.

Selengkapnya...

Ilustrasi pesawat (iStock)

Apa jadinya kalau kamu punya kesempatan untuk naik pesawat pribadi? Wah, pastinya hal yang pertama harus dilakukan adalah selfie.

Hal tersebut pun dilakukan perempuan bernama Beth VerSteeg. Beruntungnya, dia berhasil menaiki pesawat komersil seorang diri layaknya menaiki jet pribadi. 

Keberuntungan yang dialaminya bermula dalam sebuah insiden penerbangan yang dibatalkan oleh sebuah maskapai. Namun, pihak maskapai tersebut mengganti penerbangan Beth dengan pesawat keberangkatan selanjutnya, di mana pesawat itu dikhususnya untuk kru dan awak kabin. Pesawat itu dijadwalkan akan berangkat tengah malam.

Selengkapnya...

Sukun (Daily Mail)

Kebiasaan mengonsumsi nasi putih cukup terasa berat bagi masyarakat saat harga beras naik. Padahal, Indonesia memiliki pangan lokal lain yang merupakan sumber karbohidrat.

Untuk itu, kebiasaan makan nasi dan sugesti hanya nasilah yang menjadi sumber energi harus diubah. Masih banyak makanan lain yang bisa menjadi sumber karbohidrat. Tidak percaya? Berikut 10 pangan lokal yang dapat Anda jadikan sebagai pengganti beras.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boaz Resmi Gabung Borneo FC untuk Piala Presiden 2018

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Boaz Solossa resmi berkostum Borneo FC untuk Piala Presiden 2018. Keputusan itu diambil setelah Persipura Jayapura tidak ambil bagian di Piala Presiden 2018.

Borneo melalui akun media sosial mereka mengumumkan resmi menggaet Boaz. Bukan hanya Boaz, bek Persipura, Ricardo Salampessy, juga memilih Borneo FC untuk mengarungi Piala Presiden 2018.

"Welcome Back The Greatest Talent Ever Boaz Solossa. Saatnya Mengukir Gelar Juara Bersama Borneo FC di Piala Presiden 2018," tulis pernyataan di akun Twitter resmi Borneo FC.

"Welcome Home, Ricardo Salampessy. Salah satu pemain belakang terbaik di Indonesia yang pada tahun 2016 lalu turut menjadi bagian sejarah Borneo FC meraih gelar juara Piala Gubernur Kaltim 2016," tambah akun @PusamaniaBorneo itu.

 

Ini bukan pertama kalinya striker Timnas Indonesia itu bergabung dengan Borneo FC. Pada Piala Presiden 2015, Boaz juga bermain untuk Borneo FC.

Kala itu, Boaz membela Borneo FC dengan alasan yang sama yakni Persipura absen di Piala Presiden 2015. Boaz membawa Borneo FC ke babak perempat final, sebelum disingkirkan Persib Bandung.

Sebelumnya, Borneo FC juga telah resmi memperpanjang kontrak Lerby Eliandry. Penyerang Timnas Indonesia itu dikontrak Pesut Etam dengan durasi dua tahun.

Borneo FC tergabung di Grup D Piala Presiden 2018 bersama Bali United, PSPS Riau, dan Persija Jakarta. Grup D sendiri akan memainkan seluruh pertandingan di markas Bali United, Stadion I Wayan Dipta, Gianyar. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Kedua, Fly Over Pancoran Mulai Ramai Dilintasi

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Sejumlah kendaraan melintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah kendaraan melintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengendara motor melintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengendara motor melintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah kendaraan mlintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah kendaraan mlintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Suasana di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Fly Over Pancoran telah dibuka pada 15 Januari 2018. Kepolisian dan Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan sebagai upaya mengurangi kemacetan di jalan protokol ibu kota. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Suasana di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Fly Over Pancoran telah dibuka pada 15 Januari 2018. Kepolisian dan Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan sebagai upaya mengurangi kemacetan di jalan protokol ibu kota. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah kendaraan mlintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah kendaraan mlintas di Fly over Pancoran, Jakarta, Selasa (16/1). Flyover Pancoran dinilai mampu mengurangi kemacetan lalu lintas di perempatan Pancoran hingga 50 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Curhat Saksi, Malaikat Penolong Korban Gedung BEI

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Artikel seputar ambruknya salah satu balkon gedung BEI pada Senin siang (15/1/2018) mendapat perhatian paling besar dari pembaca kanal Health. Akibat kecelakaan yang terjadi di Gedung Bursa Efek Indonesia baru saja mengalami keruntuhan, puluhan orang mengalami luka ringan sampai luka berat. Ada cuplikan kisah menarik dari Fransiskus Asisi Wiyono, saksi mata yang menolong korban dengan sigap.

Sementara itu artikel soal minuman bagus penurun gula darah menjadi artikel kedua populer setelah cerita saksi sekaligus malaikat penolong di gedung BEI. Diet tak seimbang dan konsumsi makanan manis berlebihan dinilai jadi pemicunya. Penasaran, minuman apa ya?  

Artikel ketiga populer dihuni oleh kesalahan di pagi hari yang bikin program turun berat badan jadi gagal total. Kebiasaan di pagi hari memainkan peran penting untuk melangsingkan badan. Kita cari tahu yuk apa saja kesalahan yang menjadi biang keladinya.   

Berikut Top 3 Health:

1. Curhat Seorang Saksi, Malaikat Penolong Korban Gedung BEI

Lantai balkon gedung BEI (Bursa Efek Indonesia) baru saja mengalami keruntuhan. Dilaporkan kejadian tersebut terjadi pada pukul 11.45 WIB.

Melalui media sosial Facebook, seorang karyawan swasta, Fransiskus Asisi Wiyono menuliskan pengalamannya saat berada di lokasi. Pria yang akrab disapa Pak Wi ini menjadi saksi dari tragedi runtuhnya lantai balkon tower 2 gedung BEI.

Selengkapnya..

Saat ini, menderita gula darah tinggi sudah jadi hal biasa, paling sering karena konsumsi makanan manis berlebihan, dan diet yang tidak seimbang pada umumnya. Itulah mengapa penting untuk menemukan cara untuk menurunkan gula darah Anda.

Kadar glukosa tinggi dalam darah bisa menyebabkan pre-diabetes atau diabetes. Yang kedua adalah penyakit kronis yang bisa dicegah jika Anda mengendalikan berat badan Anda, dan mengambil tindakan untuk menurunkan gula darah Anda.

Selengkapnya..

Tahukah bahwa Anda mungkin membuat kesalahan yang mencegah penurunan berat badan? Percaya atau tidak, kebiasaan di pagi hari memainkan peran yang sangat penting bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan dengan sehat.

Untuk alasan ini, penting untuk mengidentifikasi mereka dan, tentu saja, mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya sebelum menjadi hambatan.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Maling Mobil Tabrak Mobil Lain Saat Melarikan Diri

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Kamera dashboard mobil merekam detik-detik kecelakaan mengerikan di Queensland.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Manfaat Jamur untuk Membuat Anda Awet Muda

Posted: 15 Jan 2018 09:00 PM PST

Jamur merupakan makanan yang banyak digunakan sebagai bahan makanan yang lezat. Dari mulai sup jamur, campuran pasta hingga dikonsumsi secara langsung. Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata jamur memiliki manfaat dalam hal kecantikan?

Dilansir dari laman hellomagazine.com, jamur merupakan jenis makanan yang mengandung antioksidan tingkat tinggi yang bisa membantu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat stres dan radikal bebas. Akademisi di Penn State menemukan bahwa jamur yang biasa dikonsumsi sehari-hari mengandung ergothioneine dan glutathionedalam jumlah tertinggi, di mana kedua hal tersebut merupakan antioksidan penting yang baik bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Robert Beelman juga menyatakan bahwa, ketika tubuh seseorang menggunakan makanan untuk menghasilkan energi, ia juga menyebabkan stres oksidatif yang merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Namun dengan menambahkan antioksidan dari makanan seperti jamur, tubuh tersebut dapat melindungi diri dari stres oksidatif.

 

Ilustrasi Foto Jamur (iStockphoto)

Di antara beberapa jamur yang digunakan untuk memasak, telah diuji bahwa jamur jenis Porcini yang sangat populer di Italy ini memiliki tingkat ergothioneine dan glutathione paling tinggi dibandingkan jenis lainnya. Beelman pun menegaskan bahwa penelitian selanjutnya yang Ia lakukanakan menunjukkan bagaimana peran ergothioneine dan glutathioneyang terdapat pada jamur dalam mengurangi kemungkinan penyakit neurodegenerative, seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

 

Jamur, Makanan Kerajaan Peningkat Stamina

Untuk merasakan manfaatnya, jangan ragu untuk memasukkan jamur sebagai menu sehari-hari. Namun tetap ingat untuk mengontrolnya dalam jumlah yang normal, ya. Selamat mencoba!

(Rizqi Rosmalawati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oesman Sapta Odang: Munaslub Harus Seizin Saya

Posted: 15 Jan 2018 08:56 PM PST

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengomentari wacana Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang muncul dari kader partainya. Ia mengatakan ada syarat yang harus dipenuhi untuk menggelar Munaslub.

"Itu harus seizin saya sebagai ketua umum," kata Oesman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018).

Desakan Munaslub di tubuh Hanura tak lain bertujuan mendongkel OSO dari kursi ketua umum. OSO menyatakan akan memecat sejumlah kader terkait pembangkangan itu.

OSO belum mau mengungkap siapa saja anggotanya yang menurutnya melakukan kesalahan dengan ganjaran pemecatan. Naman-namanya akan ia umumkan nanti.

Beberapa pengurus Hanura mengajukan mosi tidak percaya atas kepemimpinanya. OSO justru kasihan dengan beberapa pengurus daerah.

"Ada yang dikasih duit, ada yang disuruh tandatangan secara paksa. Jadi hal-hal yang begitu merusak martabat partai dan itu dapat dibuktikan," ujar OSO.

 

Sarifuddin Sudding

Sebelumnya, Pengurus Hanura menunjuk Marsekal Madya (Purn) Daryatmo sebagai Pelaksana Tugas ketua Umum Hanura. Menurut Sekjen Hanura, Sarifudin Sudding, penunjukan Plt menyusul mosi tidak percaya yang diajukan pengurus Hanura kepada ketua umum saat ini, Oesman Sapta Odang (Oso).

Mosi tidak percaya diduga disebabkan mandeknya komunikasi di internal Hanura. Selain itu, oso dinilai tidak mengakomodasi kepentingan daerah.

Sebagai tindak lanjutnya, Ketua DPP Partai Hanura Dossy Iskandar mengatakan akan menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

"Kalau pengganti di tengah jalan, melalui munaslub. Diatur dalam AD/ART," ujar Dossy di Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

Menurut Dossy, jika Ketua Umum melanggar AD/ART maka harus dinonaktifkan dalam rapat partai dan diganti melalui munaslub. Munaslub ini juga harus dihadiri oleh 2/3 DPD dan DPC.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Akan Buat Pergub Atur Operasional Becak

Posted: 15 Jan 2018 08:54 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menghidupkan kembali becak di Jakarta. Untuk mendukung kebijakannya, Anies berencana membuat peraturan gubernur (pergub) soal becak.

Menurut dia, Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum yang melarang operasional becak tidak perlu diubah. Hal ini cukup diatur melalui pergub.

"Enggak (ubah perda). Nanti kita atur dari pergub saja," kata Anies di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Menurut dia, becak hanya akan beroperasi di jalanan kampung. Oleh karena itu, dia yakin aturan baru itu tidak akan melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007.

"Kita tidak pernah merencanakan becak di jalan raya. Becak ini di dalam kampung, angkutan kampung, angkutan lingkungan. Dan kita tahu persis yang namanya penumpang itu akan memilih modanya. Jadi kalau tidak ada kebutuhan, tidak ada artinya. Kenapa becak ini ada di banyak tempat, terutama di Jakarta Utara? Karena di sana ada kebutuhan," kata Anies.

 

Becak di Jakarta (Liputan6.com/Muslim AR)

Mantan Mendikbud itu memastikan tidak akan ada kesemrawutan meski becak dihidupkan kembali. "Enggak (semrawut), enggak akan keluar (jalan kampung)," kata Anies.

Anies kembali menyebut kebijakannya itu untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh warga.

"Kenapa saya melakukan ini? Kita ingin jakarta kota berkeadilan. Memberi kesempatan untuk semua Kota ini juga milik mereka yang masih miskin,"ujar Anies.

"Abang becak yang selama ini bekerja di kampung, mereka juga ingin hidup sejahtera dan bisa mendapatkan pengjasilan yang baik. Nah, kita mengatur untuk itu. Jadi jangan kita berpandangan bahwa abang becak itu pengin jadi abang becak, tidak. Mereka juga kalau bisa dapat pekerjaan lain, mungkin mereka akan cari pekerjaan lain," ucap Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyeleneh, Mobil Asal Bandung Ini Tidak Ada Bagian Belakangnya

Posted: 15 Jan 2018 08:54 PM PST

Kreativitas dari seorang modifikator memang tidak ada habisnya. Mulai dari ubahan kendaraan yang sederhana, ekstrim, sampai nyentrik dan nyeleneh.

Salah satunya, modifikasi Toyota Vios yang muncul di Bandung, Jawa Barat ini. Mobil tersebut menjadi heboh, karena memiliki tampang yang nyeleneh dengan bagian yang sama depan-belakangnya.

Dari foto-foto yang tersebar di dunia maya lewat grup pesan elektronik, terlihat bagian belakang sedan berkelir orange ini dipotong, dan diganti bagian kap dua-duanya. Terlihat juga, mobil ini memiliki setir di kedua sisi. Namun, belum diketahui pasti, apakah kedua setir tersebut berfungsi semua atau tidak.

 

Belum ada informasi detail terkait modifikasi nyeleneh asal Bandung ini. Namun ketika ditanyakan ke beberapa modifikator asal Kota Kembang ini mengaku baru pertama kali melihat mobil nyeleneh tersebut, baik di jalan ataupun di kontes modifikasi.

"Wih, belum pernah lihat tuh. Gokil juga mobilnya," celoteh Arie, Owner Bengkel Modifikasi Galaxy Bandung, kepada Liputan6.com, lewat pesan elektronik, Selasa (16/1/2018).

Selain itu, Yulio Yunus, seorang modifikator asal bandung juga mengaku tidak pernah tau keberadaan mobil muka dua ini.

"Waduh, gak tahu tuh," pungkasn pria yang juga sering menjadi juri kontes modifikasi.

Modifikasi nyentrik anak band dilengkapi satu set drum.

Modifikasi memang mampu membuat daya tarik tersendiri saat berada di jalanan. Hanya saja, kendaraan yang diubah harus nyentrik, terlihat tak biasa atau justru sedap dipandang mata.

Seperti modifikasi yang dibuat seorang pria dan sempat direkam pengguna jalan lain. Dalam video yang kini beredar di media sosial, seorang pria bermain drum di tengah jalan.

Tidak disebutkan di mana kejadiannya, hanya saja orang yang melihat kejadian langka ini pasti tertarik untuk menikmatinya. Satu set drum ada di bagian depan motor dan satu set sound system di belakang.

Ya, mungkin saja si rider yang satu ini adalah seorang drummer, dan sangat tak ingin lepas dari hobinya memukul alat musik jenis perkusi tersebut.

Lihat saja ulahnya, dalam video yang direkam pengendara mobil, dia masih menyempatkan diri memukul drum di saat lampu merah.

Tidak disebutkan apa jenis motor yang digunakan. Hanya saja, sepeda motor ini telah mendapatkan roda tambahan agar sang rider bisa duduk manis di atas motor dan memainkan drum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI Tanggung Sementara Biaya Berobat Korban Balkon Ambruk

Posted: 15 Jan 2018 08:52 PM PST

PT Busa Efek Indonesia (BEI) akan menanggung sementara biaya pengobatan dan perawatan para korban ambruknya balkon Tower II di Gedung BEI, Jakarta.

Manajemen BEI akan berbicara dengan pihak asuransi dan pengelola gedung. Demikian disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat.

"Semua biaya di-handling oleh bursa terlebih dulu. Nanti kita akan bicara dengan pihak asuransi dan pihak gedung," kata dia di BEI Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Samsul mencatat, total jumlah korban sebanyak 97 orang. Dari situ, 51 di antaranya masih dirawat di rumah sakit.

"Dari 51 itu 26 harus dioperasi hari ini, sisanya dirawat. Kami akan terus memperhatikan teman-teman, terutama dari mahasiswa," dia menambahkan.

Meski demikian, pihaknya tak membeberkan berapa total biaya perawatan korban. Sejauh ini, komunikasi terhadap keluarga korban juga tengah dilakukan.

Samsul menilai, hal ini tidak akan menimbulkan komplain dari keluarga karena hal ini murni kecelakaan.

"Kami kira enggak, ini kan accident ya, dan ini kecelakaan dan tentunya enggak ada yang memprediksi kejadian ini enggak bisa terjadi di gedung semegah ini kan. Ini murni kecelakaan," tukas dia.

Tonton Video Pilihan di Bawah Ini:

Aktivitas pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) tetap berlangsung hari ini (16/1/2018) pasca-ambruknya selasar atau balkon Tower II gedung BEI. Manajemen BEI menegaskan, peristiwa ini terjadi ini bukan karena struktur utama gedung (main structure).

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat mengatakan, manajemen BEI telah mendapat konfirmasi pengelola gedung sehingga pencatatan saham bisa terlaksana.

"Jadi untuk kegiatan hari ini, kemarin sore kita mendapatkan konfirmasi dari pihak gedung, secara main structure gedung ini tidak ada persoalan. Kejadian kemarin terjadi di secondary structure," kata dia di BEI, Jakarta, Selasa ini.

Samsul menambahkan, BEI tetap melaksanakan kegiatan pencatatan saham seizin dari pengelola gedung. "Kami tidak akan melaksanakan acara hari ini tanpa surat konfirmasi dari penyelenggara gedung," ujar dia.

Sejalan dengan itu, Samsul mengatakan, pihak pengelola gedung juga mengantisipasi supaya peristiwa serupa tidak kembali terjadi. Karena itu, selasar untuk Tower I pun tidak digunakan terlebih dahulu.

"Karyawan mungkin sebagian merasa trauma, tapi sudah yakinkan tempat-tempat yang rawan tidak digunakan dulu hari ini sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," dia menambahkan.

Sementara, bagi karyawan yang ingin melakukan kegiatan di Tower II harus mendapat izin dari pengelola gedung.

"Semua yang masuk ke Tower II harus melalui persetujuan dari pihak gedung. Jadi dengan kawalan pihak gedung, ada yang mau beresin uangnya, ada yang mau apa, pihak perbankan, semua harus melalui pengawalan pihak gedung," kata Samsul.

Sebagai tambahan, PT LCK Global Kedaton Tbk menjadi emiten pertama tahun ini. Saham perseroan tercatat dengan kode saham LCKM.

Pada debut perdana, saham perseroan dibuka pada level Rp 312 atau naik Rp 104 (50 persen) dibanding harga penawaran sebesar Rp 208.

Saham perseroan berada pada level tertinggi Rp 312 dan terendah Rp 312. Saham perseroan ditransaksikan di BEI sebanyak 1 kali dengan volume 1. Nilai transaksi saham Rp 31.200.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: