Rabu, 10 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: 2 Paslon Cagub-Cawagub Jatim Jalani Psikotes Hari Ini

Posted: 10 Jan 2018 10:45 PM PST

2 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur mengikuti proses psikotes di Surabaya hari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Incar Dana Abadi Rp 100 Triliun, Buat Apa?

Posted: 10 Jan 2018 10:44 PM PST

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengincar dana abadi (Sovereign Wealth Fund/SWF) senilai Rp 100 triliun dalam 10 tahun ke depan. Duit yang dipupuk ‎dari hasil investasi penerimaan negara ini bisa digunakan untuk membiayai kegiatan pendidikan dan penelitian atau riset.

"Diharapkan dalam 10 tahun ke depan, dana SWF bisa mencapai Rp 100 triliun. Penggunaannya untuk dana abadi, tidak dipakai, dan return-nya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk pendidikan dan penelitian," tuturnya saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Dana SWF merupakan dana abadi yang dimiliki pemerintah dan kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen deposito, saham, obligasi, properti, logam mulia untuk mendapatkan bunga dan pendapatan dalam bentuk lain.

Sumber dana pokok dana abadi ini, berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun penerimaan dari sumber daya alam, dan sumber penerimaan lainnya.

"Jadi nanti untuk beasiswa S2 dan S3 maupun pendidikan vokasi. Kemarin sudah dapat masukan dari menteri, presiden, dan wakil presiden di sidang kabinet. Nanti kita akan formulasikan," Sri Mulyani menambahkan.

‎Diungkapkannya, pemerintah akan membentuk satu lembaga yang akan mengelola dana SWF. Pembentukan kelembagaan tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres). Sri Mulyani berharap, pendirian lembaga pengelola dana abadi SWF akan dilaksanakan tahun ini.

"Kita sedang sampaikan nanti dalam bentuk Perpres. Pembentukannya tahun ini," ucap mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

 

Selama ini, Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah sudah memiliki Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diklaim telah memberikan beasiswa lebih dari 18 ribu beasiswa kepada masyarakat untuk bisa kuliah di dalam dan luar negeri.

‎"Kita berikan beasiswa supaya orang Indonesia bisa sekolah di luar negeri supaya tidak minder. Karena persepsinya orang Indonesia tidak bisa masuk ke universitas terbaik di dunia bukan karena masalah uang tapi intelektualnya. Tapi kalau masalah uang dihilangkan, buktinya orang Indonesia bisa tuh masuk universitas terbaik di dunia," ujarnya.

‎Menurutnya, meski LPDP memiliki dana abadi, namun peruntukkannya bukan untuk memperbaiki sekolah yang rusak. Sebab Sri Mulyani bilang, pemerintah telah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp 444 triliun di 2018. Jumlah ini 20 persen dari total APBN.

Dia menyebut, alokasi dana untuk ‎penelitian di 2018 sebesar Rp 22,1 triliun di 100 Kementerian/Lembaga.

"Kita alokasikan anggaran pendidikan Rp 444 triliun, itu sudah ada dana untuk merehab sekolah yang rusak. Jadi LPDP tidak digunakan ke ranah itu, tapi dedikasinya untuk memberikan beasiswa kepada putra putri Indonesia," jelas Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikritik karena Berbahasa Inggris, Ini Jawaban Menohok Agnez Mo

Posted: 10 Jan 2018 10:40 PM PST

Agnez Mo termasuk salah satu selebritas yang jarang membalas komentar-komentar yang memenuhi tiap unggahan di akun Instagramnya. Apalagi, bila itu adalah komentar yang bernada negatif, atau sebuah kritikan.

Namun hal berbeda terjadi baru-baru ini. Ia mengunggah video dalam bahasa Inggris di sebuah klinik kecantikan. Secara garis besar, teman Agnez Mo mengatakan bahwa pelantun "Coke Bottle" ini tak bisa berbicara dengan berbisik.

Jadi, Agnez Mo membuktikan penilaian temannya itu kepada dokter kecantikan pribadinya. Nampaknya, saat itu Agnez Mo tengah melakukan perawatan rutin.

"Seorang teman berkata padaku bahwa aku tidak bisa berbisik @jimbeanzofficial (Mungkin suaraku terlalu keras. Aku juga tidak tahu apa yang sebenarnya dia bicarakan)" tulis Agnez Mo dalam keterangan videonya dengan bahasa Inggris, Kamis (11/1/2018).

"Jadi aku akan berbisik dan mengeluarkan suara keras di saat bersamaan (Mungkin aku akan sedikit menakuti @drjasondiamond) #diamondskintightening #skintreatment #girlytime, Shout out to @patrickta" lanjutnya dalam unggahan yang sama.

Cara Agnez Mo berkomunikasi dengan teman-temannya dalam bahasa Inggris ternyata mendapat kritikan dari salah satu warganet. Teman dekat Chris Brown ini disarankan untuk tetap berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.

"Bicaralah dengan bahasa Indonesia ar nenk, kita kan orang Indonesia, meski tenar di luar ana. Hargai bangsa kita," ucap pemilik akun Instagram bernama @jiaydoang dalam kolom komentar.

Komentar tersebut langsung dijawab oleh Agnez Mo. "Patric Ta, dr jason dan Jim nggak ngerti bahasa Indonesia. Saya post ini buat mereka. Terus mereka mesti google translate dulu, gitu?" jelasnya disertai emotikon tertawa.

Sementara warganet lainnya setuju dengan penjelasan Agnez Mo. "Mau pakai bahasa apapun, I love you. Kak Agnez sangat mengispirasi," @@tulis pengguna akun @belanisazulvia94.

"WTF dude. Orang seperti kamu adalah sebab mengapa Indonesia tidak bisa maju di negara barat. @agnezmo telah melakukan apa yang dia perlu lakukan. Pikirkan saja dirimu sendiri," kata @tee_bulls dalam bahasa Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Ayah Penganiaya Bayi Gio, Ada Bisikan Gaib

Posted: 10 Jan 2018 10:31 PM PST

Panji Ardi Saputro (34) tersangka pembunuh dan penganiaya anak kandungnya yang dibanting hingga tewas di Jalan Ploso Timur VI A, Surabaya Jawa Timur ternyata menderita gangguan kejiwaan akut. Hal ini dikatakan Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan.

"Jadi tersangka ini dari hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur ternyata mengalami gangguan kejiwaan yang dinamakan psikotik akut dimana cirinya ditandai dengan ketidakmampuan individu menilai kenyataan yang terjadi, misalnya terdapat halusinasi, waham, atau perilaku kacau aneh," kata Rudi di Markas Komando Polsek Tambaksari, Rabu, 10 Januari 2018.

Meski begitu, Rudi menambahkan, polisi tetap memproses kasus penganiayaan ini dan mengganjar tersangka dengan hukuman sesuai aturan yang berlaku.

"Karena kondisi kejiwaan tersangka juga dijerat pasal 80 Undang Undang Perlindungan Perempuan dan Anak," Rudi menegaskan.

Saat berada di Polsek Tambaksari, kepada Liputan6.com, tersangka pembunuhan dan penganiayaan, Panji, justru berkilah membunuh anak kandungnya itu.

"Saya ini tidak melakukan itu, anak itu sering benturin kepala sendiri malahan. Terus saya setiap hari kalau istri saya kerja ya saya kasih botol minum anak itu malah sering lemparkan botolnya ke saya," Panji mengungkapkan.

 

Ayah Banting Anak di Surabaya. (Liputan6.com/Dhimas Prasaja)

Selain itu, Panji juga menceritakan ketika magrib, atau malam saat akan tidur, ada bisikan yang menyebutkan bahwa anaknya adalah anak grandong (hantu).

"Saya juga dengar ada bisikan dari belakang rumah dan depan rumah itu anak grandong. Ada suaranya tapi enggak ada wujudnya, ada suara motor vario, tapi saya lihat juga enggak berwujud," ucap pria lulusan SMK di Surabaya ini.

Panji juga menuduh anaknya sering berisik dan bandel. "Anak itu sering teriak-teriak kalau tak (saya) tinggal sebentar, tapi ya saya kasih minum sik rame ae," ujar tersangka Panji dengan tangan diborgol.

Gio Rosid Mawardi bayi berusia 17 bulan meninggal setelah dianiaya ayah kandungnya bernama Panji Ardi Saputro hingga tewas di Jalan Ploso Timur VI A, Surabaya, Jawa Timur. Polisi mengamankan gitar akustik kayu, 1 botol dot minum bayi, asbak rokok, dan ceceran puntung rokok serta selendang dan mukena yang diduga milik istri tersangka.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uber Pamer Konsep Mobil Terbang Perdananya

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Siapa bilang mobil terbang cuma ada di film-film fiksi ilmiah? Mungkin untuk sekarang, mobil terbang memang belum bisa digunakan. Namun setidaknya, konsepnya sudah ada. Uber bahkan memberanikan diri untuk mencoba membesutnya.

Perusahaan ride sharing yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat (AS) itu pada pekan ini telah memamerkan konsep mobil terbang perdananya di gelaran CES (Consumer Electronic Show) 2018.

Dilansir Mashable, Kamis (11/1/2018), Uber bermitra bersama perusahaan helikopter, Bell Helicopter, untuk mengembangkan konsep mobil terbang tersebut. Jadi, mobil terbang ini tidak akan tampil sebagai 'mobil', melainkan kendaraan terbang seperti helikopter.

Berbeda dengan taksi terbang startup asal Tiongkok Ehang yang bersifat otonomos dan hanya bisa dinaiki satu orang, mobil terbang Uber justru bakal menggunakan pilot khusus (meski juga ada opsi untuk menggunakannya secara otonomos). Tak cuma itu, kendaraan udara ini juga bisa digunakan hingga tiga orang.

Uber sendiri masih menutup rapat soal taksi terbangnya. Terkait di mana taksi terbang akan beroperasi, Uber enggan berkomentar. Yang pasti, mobil terbang kemungkinan akan beroperasi mulai 2020.

Mobil terbang perdana Uber yang dipamerkan di CES 2018. (Foto: The Verge)

Taksi terbang Uber sebetulnya merupakan rangkaian dari proyek transportasi udara Uber, bernama Uber Elevate. Proyek bertujuan membangun jaringan kendaraan vertical take-off and landing (VTOL), sehingga memungkinkan layanan udara dapat diakses langsung.

Selain itu, layanan ini disebut-sebut dapat menawarkan biaya lebih murah sekaligus menjadi solusi kepadatan lalu lintas jalanan. Alasannya, kendaraan udara tak memerlukan rute perjalanan, sehingga alur perjalanan dapat disesuaikan.

"Sama seperti gedung pencakar langit yang memungkinkan kota menggunakan lahan terbatas secara efisien, transportasi udara di perkotaan dapat pula mengurangi kemacetan transportasi di jalanan," ujar Uber dalam keterangannya.

Mobil terbang perdana Uber yang dipamerkan di CES 2018. (Foto: The Verge)

Ide mengenai mobil terbang sudah didengungkan Uber sejak 2016. Perusahaan yang kini digawangi Dara Khosrowshahi itu berencana menghadirkan mobil terbang yang dapat terbang dan mendarat secara vertikal di landasan pada gedung bertingkat.

Laporan Bloomberg bahkan menyebutkan Uber telah menggaet seorang veteran NASA untuk ikut mengembangkan mobil terbang. Veteran NASA bernama Mark Moore itu sudah resmi bergabung dengan Uber sekitar awal Februari 2017.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Tertekan Cukup Dalam, Dolar AS Kembali Menguat

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Kamis ini. Dolar AS mampu menguat kembali usai mengalami tekanan yang cukup dalam di Asia.

Mengutip Bloomberg, Kamis (11/1/2018), rupiah dibuka di angka 13.431 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.425 per dolar AS.

Sejak pagi jingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.404 per dolar AS hingga 13.436 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 0,97 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.427 per dolar AS. Patokan pada kamis ini menguat jika dibandingkan dengan Rabu kemarin yang ada di angka 13.449 per dolar AS.

Dolar AS mulai kembali menguat di Asia setelah mengalami tekanan yang cukup dalam pada perdagangan Rabu kemarin. Terhadap yen Jepang, dolar AS mampu naik 0,1 persen menjadi 111,54 yen.

Rabu kemarin dolar AS melemah setelah adanya kabar bahwa China akan mengurangi atau bahkan menghentikan langkah pembelian surat utang AS.

Salah satu pejabat di dalam pemerintahan China menyebutkan bahwa ada rekomendasi untuk menghentian surat utang AS. Hal tersebut juga terkait rencana China untuk menata cadangan devisa mereka.

Namun, analis Oanda Singapura Stephen Innes menjelaskan, tidak mungkin China melakukan hal tersebut. " Sangat tidak mungkin China akan menghentikan pembelian surat utang AS," jelas dia.

Saat ini, investor tengah fokus kepada rencana Bank Sentral Jepang untuk menghentikan pembelian obligasi pemeirntah Jepang dalam operasi pasar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Hotel Es 'Game of Thrones' Bikin Wisatawan Takjub

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Penggemar Game of Thrones yang telah lama bermimpi mengunjungi Seven Dynasty sekarang Anda bisa mendapatkan pengalaman hebat di sebuah hotel baru di Lapland, Finlandia.

HBO bersama CNN yang dimiliki Time Warner bekerja sama dengan Lapland Hotels SnowVillage, membangun hotel bertema Game of Thrones yang terbuat dari salju dan es.

Terletak di resor KittilΓ€, yang berjarak 200 kilometer (hampir 125 mil) di atas Lingkaran Arktik dan sekitar 90 menit dari Helsinki, hotel ini terdiri dari 24 ruangan dengan 10 di antaranya merupakan kamar untuk para tamu yang menginap.

 

Foto: Lapland Hotels

Temperatur di dalam hotel mencapai minus 5 derajat selsius, sehingga disediakan sleeping bag hangat berkualitas tinggi serta jus berry panas di pagi hari.

Para tamu disarankan agar menginap di hotel maksimal hanya satu malam karena kondisi yang dingin. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jika ingin memperpanjang masa tinggal, ada pondok kayu hangat yang disediakan SnowVillage.

 

Foto: Lapland Hotels

Para tamu juga menerima tur berpemandu di dalam SnowVillage dan sarapan prasmanan di restoran kayu. Meskipun dibangun setiap tahunnya sejak tahun 2000, namun ini adalah pertama kalinya SnowVillage memasukkan bagian bertema Game of Thrones.

Untuk biaya masuk, Anda harus merogoh kocek sebesar 18 dolar AS, sementara untuk tur berpemandu kelompok maksimal 30 orang dibebankan biaya sekitar USD 78 atau sekitar Rp 1 juta. Sedangkan SnowVillage yang diresmikan pada Desember lalu akan dibuka hingga 30 April mendatang, dengan harga penginapan mulai dari USD 200 atau sekitar Rp 2,6 juta per malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tanpa Curry dan Thompson, Warriors Takluk dari Clippers

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Golden State Warriors harus menyerah dari tamunya, Los Angeles Clippers, Kamis (11/1/2018) pagi WIB dalam laga lanjutan kompetisi NBA. Pada pertandingan NBA yang digelar di Oracle Arena itu, Warriors kalah 106-125 dari Clippers.

Bintang Warriors, Kevin Durant mencetak 40 poin dalam pertandingan itu. Namun, torehan tersebut tidak cukup membantu Warriors mengejar perolehan poin Clippers

Kekalahan Warriors kali ini dialami tanpa keberadaan sang bintang NBA, Stephen Curry, yang tidak fit. Selain itu, Klay Thompson juga absen karena sengaja diistirahatkan sang pelatih, Steve Kerr. 

Center tuan rumah, Zaza Pachulia, turut menyumbang 12 poin. Sayangnya, para pemain Warriors lainnya gagal menunjukkan kecemerlangan dan hanya mengandalkan Durant.

Guard Clippers, Lou Williams tampil sensasional dalam pertandingan kali ini. William menjaringkan 50 poin, sekaligus jadi yang tertinggi dalam laga ini.

Tyrone Wallace ikut mencetak 22 poin untuk Clippers. Kemenangan Clippers kali ini juga diraih tanpa kehadiran bintang mereka, Blake Griffin.

Meski kalah, Warriors masih memuncaki klasemen Wilayah Barat NBA. Warriors memenangi 33 pertandingan dan delapan kali takluk sejauh ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denada Dihujani Kritik karena Tampil Seksi, Ini Kata Ibunda

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Penyanyi Denada kini tengah menjadi sorotan. Sejak pindah haluan mengusung musik elektronik dan hip hop, janda satu anak itu kerap tampil seksi. Bahkan dalam videoklip terbarunya berjudul "Muftha Futha" yang dirilis 5 Januari 2018, putri Emilia Contessa ini mengenakan pakaian seksi dengan tarian yang dianggap erostis oleh sebagian warganet.

Tak sedikit yang berkomentar pedas tentang penampilan Denada dalam video singkat yang diunggahnya di Instagram. Lantas, bagaimana tanggapan Emilia Contessa terkait video klip Denada yang menuai pro dan kontra di media sosial?

"Anak saya sedang berekspresi dalam berkarya. Itu adalah seni, silakan dinikmati saja sebagai seni," ujar Emilia Contesa saat dihubungi via Whatsapp, Kamis (11/1/2017).

Tak sedikit yang berkomentar pedas tentang penampilan baru Denada.  Apa kata sang bunda, Emilia Contessa? (Instagram/denadaIndonesia)

Emilia Contessa berharap orang lain melihat ini adalah proses perubahan kehidupan seorang Denada dalam bermusik dan menjalani kehidupan. Sebab menurut Emilia, setiap manusia pasti akan berubah seiring berjalannya waktu.

"Tapi kalau itu dianggap curahan dari sebagian proses hidup anak saya, ya saya berharap kita bisa melihatnya dari sisi itu," kata Emilia Contessa.

 

Denada (Bambang E. Ros/bintang.com)

Sejak mengubah jenis musik dan penampilannya, Denada kerap jadi sasaran empuk warganet untuk dikritik. Meski begitu, Denada tak pernah menghiraukan perkataan orang lain, dan tetap nyaman dengan apa yang dilakukan. Buktinya, mantan istri Jerry Aurum masih tetap rutin mengunggah foto dan videonya di akun media sosial pribadinya.

Menurut Denada, dirinya memutuskan tampil seksi dan mengubah jalur musiknya, lantaran ingin mengekplorasi dirinya dalam bernyanyi dan bermusik."Kita bikin apa pun melakukan apa pun di dunia ini. Apalagi berbicara masalah karya, pasti ada yang suka dan nggak suka. Buat aku itu bebas," kata Denada dalam tayangan Status Selebritis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pemerkosaan Gadis Cilik Picu Kerusuhan Berdarah di Pakistan

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Dua orang demonstran dilaporkan tewas dalam sebuah kerusuhan besar yang terjadi di kota Kasur, Pakistan. Kerusuhan ini merupakan buntut dari terungkapnya kasus pemerkosaan dan pembunuhan Zainab, seorang gadis kecil berusia 7 tahun.

Dilansir dari laman BBC, jasad Zainab ditemukan di sebuah tempat pembuangan sampah setelah berhari-hari dilaporkan hilang.

 

Para demonstran tersulut emosi karena kecewa terhadap pihak berwenang yang tidak berbuat banyak terhadap serentetan kasus penculikan, pemerkosaan, dan pembunuhan.

Kepolisian Kasur mengatakan telah terjadi 12 kasus pemerkosaan serupa dalam dua tahun terakhir. Disebutkan bahwa lima kasus di antaranya saling terkait dan merujuk pada satu terduga yang masih terus diburu hingga kini.

Polisi juga mengatakan telah melakukan tes DNA terhadap 90 terduga, namun belum juga dapat menguak tersangka sesungguhnya.

 

Ilustrasi kekerasan pada anak. Sumber: Istimewa

Terbunuhnya Zainab menimbulkan kemarahan besar di seluruh penjuru Pakistan.

Para sineas film dan bintang kriket setempat menuntut pelaku untuk segera ditangkap. Pihak militer pun menawarkan bantuan kepolisian setempat dalam melakukan perburuan terhadap pelaku.

Mengutip dari laman time.com, Zainab dilaporkan hilang dalam perjalanannya menuju tempat mengaji Alquran. Jasadnya kemudian ditemukan di tempat pembuangan sampah yang berjarak sekitar 2 kilometer dari rumahnya.

Menurut keluarga korban, polisi tidak banyak melakukan upaya pencarian terkait. Justru, kerabat keluarganya lah yang berhasil menemukan rekaman CCTV yang memperlihatkan pergerakan Zainab sebelum akhirnya hilang.

"Tidak ada hasil apapun yang diberikan oleh polisi," ujar sang ayah kepada Geo TV sesaat setelah ketibaan dininya di ibukota Islamabad setelah menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi.  

"Jika polisi bertindak cepat, kemungkinan besar pelaku akan tertangkap," lanjutnya.

Ilustrasi (iStock)

Pihak berwenang setempat mengatakan bahwa insiden serupa kerap terjadi hampir setiap bulan dalam dua setahun terakhir.

Bulan lalu, seorang gadis kecial berusia 9 tahun dilaporkan hilang di pusat kota saat berjalan menuju sebuah toko yang berjarak tidak jauh dari rumahnya.

Gadis kecil tersebut berhasil kabur dan kembali ke pelukan orang tuanya, namun dalam kondisi yang sangat traumatik.

Terungkapnya kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Zainab juga turut memicu kemarah publik di jagat maya. Tanda pagar (tagar) #JusticeForZainab bahkan menjadi salah satu trending topic dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Makanan untuk si Kecil yang Aktif agar Cepat Tidur

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Tidak ada bentuk istirahat yang lebih baik daripada tidur. Tidur adalah waktu ketika tubuh tumbuh, kulit meremajakan diri, sel otak terstruktur untuk komunikasi, dan banyak lagi.

Namun bagi anak-anak, tidur tak semudah orang dewasa saat mengantuk. Mereka bahkan perlu suasana yang nyaman seperti mendengarkan dongeng, ruangan kamar yang gelap atau mungkin pengaturan suhu dan mengonsumsi makanan tertentu untuk bisa jatuh tertidur. 

Seperti diberitakan Boldsky, Selasa (9/1/2018), makanan seperti triptofan, melatonin, dan serotonin sangat baik untuk membantu anak Anda tidur. Apa saja bahan makanan yang mengandung zat-zat tadi?

1. Susu

Susu mengandung asam amino yang disebut triptofan, yang membantu anak tidur. Kalsium yang ada dalam susu juga menghasilkan lebih banyak triptofan. Dan saat susu yang diberikan hangat, suhu tubuh naik dan membuat anak mulai mengantuk.

2. Pisang

Pisang kaya akan magnesium yang bertindak sebagai relaksan otot, sehingga melemaskan seluruh tubuh. Buah ini juga mengandung hormon penginduksi tidur, melatonin dan serotonin, yang membantu mengatur siklus tidur.

3. Salmon

Salah satu pilihan terbaik di antara makanan laut yang memancing rasa kantuk pada anak adalah salmon. Mengonsumsi salmon saat makan malam akan merangsang produksi melatonin dan serotonin yang membuat anak tidur lebih mudah.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

Ilustrasi oats

Oat bukan hanya bagus untuk menjaga kesehatan jantung, tapi juga mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan sistem saraf. Terlebih lagi, oat juga mengandung konsentrasi tinggi hormon melatonin, yang membuat seseorang tertidur.

Oat juga tinggi karbohidrat, yang membantu perut terasa kenyang, sehingga bisa membantu anak tidur lebih lelap.

5. Bayam

Selain kaya akan semua vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tubuh, bayam juga mengandung asam amino triptofan tinggi. Bayam bisa dimasukkan dalam salad atau bahkan diminum sebagai jus sebelum tidur.

6. Nasi

Nasi biasanya tidak disarankan untuk makan malam karena membuat perut terlalu kenyang. Tapi jika Anda menghadapi masalah dengan pola tidur anak-anak, jangan ragu untuk menambahkan sebagian nasi ke piring makan anak.

7. Kenari

Kacang kenari bukan hanya bagus untuk otak, tapi juga membantu menurunkan berat badan. Kenari juga memiliki jumlah triptofan yang baik.

Ilustrasi nanas

Nanas mengandung melatonin yang lebih tinggi daripada gandum dan pisang. Menambahkan buah ini pada makan anak juga bisa membantunya cepat tertidur.

9. Anggur

Buah ini mengandung hormon pengatur tidur, melatonin. Sebaiknya tambahkan lebih banyak buah anggur ke salad buah.

10. Makanan berprotein rendah

Dokter menyarankan bahwa kombinasi sempurna termasuk apel dengan selai kacang, kerupuk gandum utuh dan keju, serta sereal dan susu bisa membuat anak tidur lebih lelap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenang Kematian David Bowie, Fans Fanatik Lakukan Ini

Posted: 10 Jan 2018 10:30 PM PST

Untuk mengenang dan memberikan penghormatan, penggemar David Bowie berkumpul dan menyayikan lagu miliknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tukang Sayur Keliling Terancam Punah, Ini Sebabnya

Posted: 10 Jan 2018 10:28 PM PST

Tak dapat dipungkiri bisnis online kini sedang  menjadi tren di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hanya saja, masih jarang orang percaya orang belanja online untuk membeli buah dan sayuran segar, karena tidak bisa memilih.

Padahal, dengan belanja online konsumen merasa dapat menghemat pengeluaran, dibanding harus pergi langsung ke swalayan atau toko.

Nah, ternyata kali ini sebuah perusahaan berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat baru-baru ini memperkenalkan sebuah kendaraan self-driving atau nirsopir yang cukup unik, yang disebut Robomarts.

Seperti dilansir situs robomarts.com, untuk membeli buah dan sayuran di masa depan, konsumen cukup menekan sebuah tombol di sebuah aplikasi online, dan meminta Robomart  terdekat untuk datang.

Setelah sesampainya di depan rumah, konsumen bisa langsung mengambil barang dan membayarnya.

Keberadaan Robomart ini telah dilakukan survei kepada wanita berusia 26-44 tahun di Amerika Serikat, di mana hasilnya lebih dari 85 persen membeli buah-buahan dan sayuran tidak secara online.

Benar saja alasannya selain harga jadi lebih mahal karena menggunakan jasa pengiriman, konsumen juga tidak bisa memilih. Dengan Robomart, sebanyak 65 persen konsumen akan melakukan pemesanan lebih dari sekali dalam seminggu.

Rak untuk menyimpan barang Robomart. (Robomart)

Rak-rak ini digunakan untuk menyimpan barang seperti sayuran dan buah-buahan segar yang dibutuhkan konsumen. Bagian kabin ini sudah menggunakan pendingin ruangan.

Mobil dilengkapi kaca pada bagian samping. ketika sampai di rumah konsumen, kaca akan membuka dan Anda cukup mengambil barang yang dipesan.

Anda tak bisa mencuri, karena mobil ini sudah dibenamkan pelacak, sehingga akan mudah mengetahui barang apa yang diambil dan keluar dari mobil. Tanda terima atau tagihan akan langsung diterima secara online.

Bagian tampang depan Robomart. (Robomart)

Meski tanpa sopir, mobil yang dilengkapi motor listrik ini dapat menempuh dengan jarak sekitar 120 km, dan kecepatan tertinggi hingga 40 km/jam.

Mobil ini juga diklaim telah menggunakan software tingkat tinggi, sehingga memilik perencanaan rute yang juga dapat menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Robomart. (Robomart)

Jika melihat dari samping, Robomart terlihat polos seperti kapsul dengan warna putih dan tanpa jendela.

Hingga saat ini, perusahaan tersebut masih  menunggu Izin Uji Kendaraan Otonomnya dari DMV California, dan diharapkan dapat segera mendapatkan keputusan dari pihak terkait, sehingga rencana peluncuran program percontohan di Bay Area dapat dilakukan di musim panas tahun ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coutinho Datang, Barcelona Tidak Berniat Ubah Tradisi

Posted: 10 Jan 2018 10:26 PM PST

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan pihak klub tidak akan mengubah tradisi mengorbitkan pemain dari akademi, La Masia. Namun menurut Valverde, Blaugrana juga perlu membeli pemain dari klub lain demi menjaga konsistensi bersaing di papan atas.

Kedatangan Philippe Coutinho ke Barcelona menuai beragam reaksi. Sejumlah pihak mendukung kebijakan manajemen klub menggaet gelandang Brasil itu, tetapi ada juga yang bersikap sebaliknya.

Beberapa kalangan mengkritik manajemen klub yang tidak mengikuti tradisi karena enggan memaksimalkan talenta dari La Masia. Padahal, sebelumnya Barcelona adalah tim yang kerap melahirkan para pemain terbaik dari akademi. Sebut saja, misalnya, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, hingga Lionel Messi.

"Barcelona selalu menggunakan kebijakan yang sama. Klub ini selalu pergi ke bursa transfer untuk merekrut pemain terbaik di dunia. Banyak pemain terbaik pernah bermain di Barcelona. Pada saat yang sama, kami selalu berusaha melihat ke akademi," kata Valverde.

"Generasi emas seperti Xavi dan Iniesta sulit terulang. Terkadang, lebih banyak pemain akan datang dari akademi dan begitu pula sebaliknya. Namun, kami juga perlu merekrut pemain untuk mempertahankan tim tetap ada di posisi atas," ujar Valverde.

Kehadiran sejumlah pemain-pemain berbakat La Masia seperti Messi, Xavi, hingga Iniesta, memberikan kontribusi besar terhadap prestasi Barcelona, antara lain empat trofi Liga Champions, delapan La Liga, hingga lima Copa Del Rey.

Sumber: AS

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Mesra, Nafa Urbach dan Zack Lee Balikan?

Posted: 10 Jan 2018 10:20 PM PST

Perceraian tak membuat hubungan Nafa Urbach dan Zack Lee terus memburuk. Sebaliknya, Nafa Urbach dan Zack Lee justru kembali mesra usai persidangan kasus pedofilia yang sempat mengancam buah hatinya, Mikhaela Lee Jowono.

Komunikasi yang pernah terputus akibat perceraian, kini mulai terjalin kembali. Semua itu dilakukan Nafa-Zack untuk kebaikan Mikhaela.

Nafa Urbach dan Zack Lee. (Foto: Istimewa)

"Alhamdulillah komunikasinya baik banget. (Zack) menanyakan perkembangan (Mikhaela), semuanya baik," kata sahabat sekaligus pengacara Nafa Urbach, Sandy Arifin kepada Liputan6.com, Kamis (11/1/2018).

Sandy Arifin mengaku sempat mengadakan pertemuan bersama Nafa Urbach dan Zack Lee. Dalam pertemuan itu, Nafa Urbach bahkan tak sungkan duduk berdampingan dengan Zack Lee.

"Semalam kami bertemu. Zack senang karena Mbak Nafa memaafkan terdakwa (kasus pedofilia). Selama ini Zack sendiri yang menanyakan perkembangan kasusnya juga," ujar Sandy Arifin.

Aktris Nafa Urbach tersenyum saat jumpa pers di gedung Kementerian PPPA, Jakarta, Senin (21/8). Kedatangan Nafa Urbach untuk audiensi dengan Kementerian PPPA terkait kasus foto anak dan dugaan pedofilia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hal itu pun mengindikasinya adanya dugaan cinta lama bersemi kembali alias CLBK. Lantas, apakah Nafa Urbach dan Zack Lee akan balikan?

"Saya sebagai sahabat dan pengacaranya berharap kalau ada yang terbaik, ya tentunya (bisa) untuk kembali bersatu," harapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Dokter Spesialis Tes Kesehatan 4 Paslon Pilkada Jabar 2018

Posted: 10 Jan 2018 10:18 PM PST

Empat cagub dan cawagub Pilkada Jawa Barat 2018 mengikuti tes kesehatan di Paviliun Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Kamis hari ini.

"Semua sudah datang keempat bakal paslon, total delapan orang cagub cawagub," kata Komisioner KPUD Jawa Barat Endun Abdul Haq, Bandung Kamis (11/1/2018).

Selama rangkaian tes, Abdul mengatakan, para paslon secara berurutan mendapatkan penjelasan tim dokter, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Masyarakat Psikologi (Himapi) yang ditunjuk untuk melakukan tes.

Setelah penjelasan, delapan paslon itu masuk ruangan masing-masing untuk menjalani pemeriksaan darah pasca puasa, tes urine dan tes narkoba.

"Sekarang sedang berlangsung," ucapnya.

Setelah itu, kata Abdul, seluruh paslon Pilkada Jabar kembali pemeriksaan darah dilanjut wawancara psikologi dan berakhir dengan pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim RSUP Hasan Sadikin.

Pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum mendaftar ke KPUD Jabar (Liputan6.com/ Kukuh Saokani)

"Ada 14 dokter spesialis. Rangkaian pemeriksaan full, diperkirakan pukul setengah dua siang, delapan orang ini selesai pemeriksaan," terangnya.

Sesuai tahapan aturan KPU, hasil pemeriksaan kesehatan diserahkan tim ke KPU. Lalu selanjutnya diumumkan pada 16 Januari 2018.

"KPU belim bisa menyimpulkan memenuhi syarat atau enggak meski sudah ada hasil. Nanti akan diumumkan resminya," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Setya Novanto: Ada Aktor Lebih Besar di Korupsi E-KTP

Posted: 10 Jan 2018 10:16 PM PST

Tim penasihat hukum Setya Novanto alias Setnov yakin ada aktor yang lebih besar dari kliennya dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Hal tersebut menjadi salah satu alasan Novanto mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC).

"Ya (ada) nama besar. Saya tidak tahu yang dimaksud punya status sosial atau pengaruh tertentu, kita lihat saja nanti," ujar penasihat hukum Setnov, Firman Wijaya di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Firman yakin proses persidangan akan mengungkap pemeran utama dalam proyek senilai Rp 5,9 triliun. Apalagi jika permintaan Setnov menjadi JC dikabulkan.

Firman menegaskan peran Novanto tidak menentukan dalam bancakan e-KTP. Sebab, penganggaran, perencanaaannya proyek itu sudah dirancang jauh hari.

"Dan itu ada lembaganya, ada instansinya. Kita lihat siapa inisiator proyek e-KTP ini," kata dia.

Karena itu, meski Novanto disebut salah satu aktor utama dalam proyek yang dibancak senilai Rp 2,3 triliun ini, Firman tetap berkeyakinan ada pihak lain yang jauh lebih besar perannya.

"Jadi apa yang disebut dengan berpengaruh sebenarnya pada proses penganggaran. Siapa inisiator penganggaran, ini penting, di mana proyek ini diusulkan," kata dia berteka-teki.

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penasihat Hukum Setya Novanto (Setnov) Firman Wijaya punya kekhawatiran bila kliennya menjadi justice collaborator (JC). Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek e-KTP itu sudah mengajukan diri menjadi JC kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pilihan menjadi JC bukan pilihan mudah. Karena bisa menjadi sasaran tembak dan bulan-bulanan," ujar Firman di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Ia sudah mengingatkan Novanto kemungkinan terburuk itu. Firman mengaku tengah mempersiapkan segala sesuatunya agar tak terjadi hal yang tak diinginkan terjadi pada kliennya.

"Nah ini yang kami minta, protection cooperating person itu penting dirumuskan secara jelas. Apa model perlindungan yang bisa diberikan kepada Pak Nov kalau beliau jadi JC. Itu yang utama," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkeu: Presiden Ingin Kapal Pencuri Ikan Bermanfaat Buat Rakyat

Posted: 10 Jan 2018 10:15 PM PST

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menegaskan sesuai instruksi Presiden Joko Widod‎o (Jokowi) agar kapal-kapal asing yang ditangkap di perairan Indonesia atau kapal pencuri ikan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat, terutama nelayan.

Hal ini menyusul permintaan setop penenggelaman kapal maling ikan (Illegal fishing) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Dia mengaku, saat ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan maupun Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) belum mengelola kapal-kapal asing yang terbukti ‎melakukan pencurian ikan.

"Kalau sekarang belum (dikelola DJKN/LMAN). Tapi nanti kita lihat saja, sebetulnya strategi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta bagaimana instruksi Presiden agar kapal-kapal itu bisa lebih didayagunakan‎ dan paling penting aktivitas ekonomi masyarakat, nelayan maupun industri perikanan bisa ditingkatkan‎," kata Sri Mulyani di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bahkan siap membantu Menteri Susi untuk menangani kapal-kapal pencuri ikan tersebut untuk menjadi sebuah aset negara yang memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita akan lihat saja apa yang dilakukan Bu Susi dalam menangani kapal-kapal yang melanggar atau ilegal. Bagaimana dalam peraturan penanganan asetnya, kita akan bantu sepenuhnya," kata Sri Mulyani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Penenggelaman kapal asing pencuri ikan di perairan Belawan, Sumatera Utara. (Liputan6.com/Reza Perdana)

Sebelumnya, Pemerintah menyatakan telah menyetop penenggalaman kapal-kapal pencuri ikan. Saat ini, pemerintah tengah fokus kepada investasi.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan usai rapat koordinasi dengan kementerian di bawah koordinasinya, di kantornya, Senin 8 Januari 2018.

"Perikanan sudah diberitahu, tidak ada penenggalaman kapal lagi. Cukup itu. Sekarang kita fokus bagaimana meningkatkan produksi supaya ekspor kita meningkat," kata dia.

Dia menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan supaya investasi yang mendorong kebaikan didorong. Namun, investasi tersebut, mesti memenuhi syarat.

Pertama, investasi yang masuk mesti ramah lingkungan. "Nomor dua dia boleh menggunakan tenaga asingnya selama 3-4 tahun pertama. Kenapa, kalau langsung tenaga kita, kita banyak sekali hampir 50 persen lulusan SD, jadikan enggak ada skillfull," ungkapnya.

Ketiga, investasi mesti memberi dampak dari hulu ke hilir. Serta, memberikan transfer teknologi.

"Perikanan sama saja, kalau penangkaran monggo. Kalau bikin sekarang yang menguntungkan bukan pengalengan, tapi frozen itu. Kita pengen ikan dibawa dengan kapal terbang sehingga nilainya tinggi," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Pelecehan Rasial, Gelandang Juventus Banjir Dukungan

Posted: 10 Jan 2018 10:15 PM PST

Dukungan terus mengalir bagi gelandang Juventus, Blaise Matuidi setelah mendapat perlakuan rasis saat bertanding melawan Cagliari Sabtu pekan lalu (6/1/2018). Setelah Mario Balotelli, kali ini dukungan untuk pemain Juventus tersebut datang dari mantan playmaker AC Milan lainnya, Kevin-Prince Boateng.

Boateng sendiri pernah mendapat perlakukan serupa ketika masih membela rival Juventus, AC Milan. Kejadian itu terjadi pada Januari 2013, di mana saat itu AC Milan bertanding melawan klub semi-pro, Pro Patria.

Pemain asal Ghana ini diejek dengan nyayian rasis dan akhirnya ia berjalan ke luar lapangan. Pertandingan pun sempat dihentikan kala itu.

"Saya ikut menderita untuk Blaise. Dia dihina karena warna kulitnya," ucap Boateng, seperti dikutip Football Italia.

"Coba pikirkan seperti apa rasanya diperlakukan begitu. Yang paling menyedihkan adalah, dalam kasus seperti ini klub tersebut cuma didenda 20 ribu euro. Konyol sekali," katanya.

Tidak seperti kebanyakan pemain, Boateng memang dikenal frontal melawan tindakan rasis. Kasus yang menimpa kala itu akhirnya berlanjut ke pengadilan, dan enam bulan pascakejadian itu, enam suporter Pro Patria dihukum 40 hari penjara.

"Saya sudah minta nomor teleponnya (Matuidi) jadi saya bisa menghubunginya. Kami perlu bersatu untuk melawan tindakan seperti ini. Kami semua bersatu bersama-sama untuk ini," lanjut pemain yang sekarang bermain untuk Eintracht Frankfurt itu.

Boateng sangat aktif untuk memberantas pelecehan dan penghinaan rasial di dalam sepak bola. Dia juga terus membangun dukungan agar tidak ada lagi korban-korban pelecehan rasialisme. 

Selain menimpa Matudi, tindakan rasis lainnya dalam pekan ini ditemui dalam sebuah iklan pakaian bermerek H&M. Dalam iklan itu, terlihat seorang anak berkulit hitam mengenakan hoodie yang membuat kata-kata bertuliskan "monyet paling keren di hutan."

"Saya terguncang dengan penuh kemarahan ketika melihat iklan itu. Saya marah sekaligus sedih karena hal-hal seperti ini masih saja terjadi. Untuk sebuah perusahaan besar yang membuat kesalahan seperti itu, bahkan walau tak disengaja, sungguh sangat menyedihkan," kata Boateng.

"Jangan bilang ke saya kalau itu tidak ada kaitannya dengan rasisme. Saya sudah terlalu sering dipanggil monyet. Permintaan maaf tidaklah cukup. Kesalahan seperti itu tak seharusnya terjadi," pemain 30 tahun itu menambahkan. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Kondisi Kejiwaan Ayah yang Bunuh Anak Kandung

Posted: 10 Jan 2018 10:15 PM PST

Setelah dilakukan pengamatan dan menjalani pemeriksaan, Polisi akhirnya menyatakan tersangka pembunuh bayi Gio Rosidi Mawardi, mengidap Psikotik Akut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tantang Haters, Denada Makin Percaya Diri Tampil Vulgar

Posted: 10 Jan 2018 10:10 PM PST

Tampaknya tidak ada kata kapok bagi seorang Denada. Meski penampilannya belakangan ini menuai hujatan publik, Denada justru semakin percaya diri memperlihatkan sisi lain dirinya saat ini.

Seolah ingin menantang haters, ibu satu anak itu kembali mengunggah fotonya dengan pose yang tak kalah berani dari sebelumnya. Denada tampak duduk dengan rambut panjangnya dijuntai ke bagian depan.

Denada [foto: instagram]

Ia terlihat hanya mengenakan korset hitam dan sepatu boot dengan warna senada. Namun jika diperhatikan, bagian dada Denada tidak berada di dalam korset melainkan hanya ditutup rambut.

"Dan kamu pikir kamu tahu soal diriku," tulis Denada di keterangan foto.

 

Denada di videoklip Mutha Futha. (DENADA OFFICIAL/Youtube)

Tak dipungkiri banyak orang yang mengelus dada melihat penampilan Denada saat ini. Mereka kecewa sekaligus prihatin karena Denada memiliki seorang anak perempuan bernama Shakira Aurum yang berusia lima tahun.

"mbk tidak spantastasnya sbgai public figur brpenampulan se sronok itu... Kasihan anak nya nanti," ujar @raisha_pratiwi31.

"Astagafirullahalazim.. maaf ya mba itu orang tua mba @denadaindonesia gaa melarang yah sperti itu..kasian anakx jg perempuan liat emakx kyak gitu. nauzubillah.." sahut @irnhanurhikma.

 

Denada dalam video klip lagu

Seperti diketahui, sudah beberapa waktu belakangan ini Denada tengah mengenalkan musik terbarunya. Penyanyi berusia 39 tahun itu mengubah jalur musiknya ke arah elektronik dan hip hop.

Memutuskan untuk tampil lebih seksi dengan musik yang berbeda dari biasanya, tentunya Denada memiliki tujuannya sendiri. Menurutnya, ia ingin lebih mengeksplorasi dirinya dalam bernyanyi dan bermusik.

Tak sedikit juga yang menilai Denada mencoba meniru artis asal Hollywood, Nicki Minaj.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Dukung Ganjar, Sudirman Tak Ingin Menang Pilkada Jateng

Posted: 10 Jan 2018 10:07 PM PST

Selesai sudah pendaftaran kontestan pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 (Pilgub Jateng 2018). Pasangan terakhir yang mendaftar adalah Sudirman Said yang berpasangan dengan politisi PKB Ida Fauziah, Rabu (10/1/2018). Sama seperti Ganjar, Sudirman juga tak berani mendaftar sendirian, ia diantar para pendukungnya.

Sebelum memulai prosesi pendaftaran, Sudirman Said menyampaikan terima kasih kepada para pendukungnya. Ia menegaskan bahwa keikutsertaannya dalam kontestasi Pilgub Jateng 2018 ini bukan untuk menang.

"Kita berlaga di Pilgub Jateng bukan untuk menang, namun sebagai pengganti untuk menyejahterakan warga Jawa Tengah," kata Sudirman  Said yang disambut tepuk tangan pendukungnya.

Sudirman Said dan Ida Fauziah memberikan keterangan pers di posko pemenangan Saidah. (foto:Liputan6.com/felek wahyu)

Tiba di kantor KPU Jateng, mereka disambut salawat badar. Sebuah salawat yang mengingatkan umat muslim pada perang Badar. Salawat itulah yang mengantarkan pasangan Saidah memasuki gedung untuk menyerahkan berkas pendaftaran Pilgub Jateng 2018.

Proses verifikasi dokumen pun langsung dilakukan. Dalam dokumen tersebut terdapat empat partai politik yang terdaftar sebagai pengusung yaitu Gerindra, PKB, PAN, dan PKS. Namun ada pula partai lain yang datang yaitu PPP dan PBB sebagai partai pendukung.

Ketua KPU Joko Purnomo telah menyatakan bahwa dokumen-dokumen cagub-cawagub Sudirman Said-Ida Fauziyah lengkap sebagai syarat memasuki gelanggang kontestasi Pilgub Jateng 2018.

 

Para fungsionaris partai Golkar memberikan pernyataan kepada pers di Panti Marhaen. (foto: Liputan6.com/felek wahyu)

Sementara itu, partai Golkar yang awalnya membantah mendukung Ganjar Pranowo, akhirnya memberikan dukungannya. Menurut pengurus DPP Partai Golkar Nusron Wahid, sebenarnya Golkar dukungan kepada Ganjar Pranowo sudah sebelum pendaftaran.

"Tapi, karena ada urusan administrasi yang tidak bisa saya sampaikan maka baru hari ini bisa menyampaikan dukungan secara terbuka," kata Nusron Wahid, Pengurus DPP Partai Golkar, di Panti Marhen, kantor DPD PDI Perjuangan.

Memiliki 10 kursi anggota DPRD Provinsi Jateng dan 200 DPRD di Kabupaten/Kota, Golkar tidak mempersoalkan posisi sebagai partai pengusung atau hanya partai pendukung. Yang akan berdampak pada material gambar dalam alat sosialisasi oleh KPU.

"Pilkada ini memilih orang bukan milih partai. Kamu jualan lambang kayak apapun kalau orangnya jelek mau apa. Ketokohan tetap diperlukan. Tapi, ketokohan saja tanpa partai sama saja zombie," katanya.

Nusron Wahid juga menyebutkan bahwa partainya tak mencari yang sempurna, namun yang terbaik. Golkar adalah partai kekaryaan. Makanya memberikan dukungannya kepada yang sudah berpengalaman.

"Kalau ditanya tentang kesempurnaan, tentu tidak ada yang sempurna dalam memimpin. Tapi, relatif lebih baik dan relatif lebih tenang," kata Nusron.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Lantik Dankor Brimob dan 5 Kapolda Baru

Posted: 10 Jan 2018 10:04 PM PST

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan sejumlah perwira tinggi Polri. Ada Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri dan lima Kapolda baru yang dilantik.

Irjen Raja Erizman yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Hukum Polri kini resmi dilantik sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menggantikan Irjen Agung Sabar Santoso yang kini menjabat sebagai Kadiv Hukum Polri.

Sementara Kapolda Kalimantan Timur yang sebelumnya dijabat Irjen Safaruddin kini diganti Brigjen Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Jambi. Safaruddin telah dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

Sementara Brigjen Muchlis dilantik sebagai Kapolda Jambi untuk menggantikan Priyo. Muchlis sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Bakamla RI.

Kapolri juga melantik Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen I Ketut Argawa. I Ketut yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Analis Baintelkam Polri itu dipilih untuk menggantikan Brigjen Rudy Sufahriadi.

Sementara Rudy dilantik sebagai Dankor Brimob menggantikan Irjen Murad Ismail. Murad kini dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Dan yang terakhir, Kapolri melantik Irjen Suntana sebagai Kapolda Lampung. Suntana yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri (dalam rangka penugasan pada BIN) itu resmi menggantikan Irjen Hadi Siswoyo sebagai pucuk pimpinan di Polda Lampung.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyematkan tanda jabatan saat pelantikan dan serah terima Jabatan di Gedung Rupatama Mabes Polri, Selasa (5/9). Tito melantik lima kapolda baru dan menaikkan pangkat 11 pejabat tinggi Polri. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Tito selanjutnya memimpin sumpah jabatan terhadap perwira tinggi yang mendapatkan amanah baru tersebut.

"Bahwa saya selaku pejabat kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila UUD RI tahun 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Usai melakukan sumpah serah terima jabatan, Tito menuturkan banyak konsekuensi yang harus diterima oleh anak buahnya tersebut.

"Apabila melanggar sumpah ini akan menjadi konsekuensi di dunia dan akhirat," tuturnya.

Pelantikan dan sertijab ini turut dihadiri sejumlah petinggi Polri, antara lain Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Kabaharkam Pol Komjen Pol Moechgiyarto, Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukamto, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, Karopenmas Brigjen Pol Mohammad Iqbal dan beberapa Pati Polri lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Medika Permata Hijau Bungkam soal Dokter Bimanesh

Posted: 10 Jan 2018 10:03 PM PST

Usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dokter Bimanesh Sutarjo sebagai tersangka, pihak Rumah Sakit (RS) Medika Permata Hijau mengunci rapat informasi yang keluar. Terlebih, direktur utama rumah sakit itu tidak berada di kantornya.

Marketing RS Medika Permata Hijau Dwi menyampaikan, Dirut Hafil Budianto Abdulgani sedang berada di luar negeri. Sehingga, pihak rumah sakit tidak bisa memberi keterangan tentang dokter Bimanesh.

"Beliau sudah ditunjuk untuk jadi pembicara dari rumah sakit. Dan kebetulan Beliau sedang cuti," tutur Dwi di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Barat, Kamis (11/1/2018).

Menurut Dwi, kemungkinan Hafil baru kembali Jumat 12 Januari besok. Hal itu lantaran pengajuan cuti mulai tanggal 8 Januari kemarin hingga 12 Januari 2018.

"Koordinasi soal ini sih enggak. Dia cuma bilang gitu saja sih. Kita tidak bisa kasih statement," jelas dia.

Sementara itu, pihak humas RS Medika Permata Hijau masih bertugas di luar rumah sakit. Kemungkinan, staf humas akan kembali ke rumah sakit setelah jam makan siang nanti.

"Kebetulan lagi baksos ya. Paling after lunch nanti mereka balik," Dwi menandaskan.

Dokter yang menangani Ketua DPR Setya Novanto di RS Medika Permata Hijau (Liputan6.com/ Andri Setiawan)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dokter Bimanesh Sutarjo sebagai tersangka atas dugaan menghalangi penyidikan kasus megakorupsi e-KTP yang menjerat Setya Novanto.

Di mata karyawan Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta, peristiwa itu cukup mengejutkan.

Salah satu pekerja rumah sakit yang enggan disebut identitasnya mengaku kaget. Sebab, dokter Bimanesh punya predikat baik di lingkungan rumah sakit tersebut.

"Pak dokter Bimanesh itu sering kasih free (gratis) pasien. Waktu belum ada BPJS. Dia gampanginlah kalau ada biaya pengobatan nanti diarahkan pasiennya biar murah," tutur seorang ibu berjilbab di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Barat, Kamis (11/1/2018).

Dia menyampaikan, kalau bisa disebut malaikat, sanjungan itu pantas diberikan ke Bimanesh. Meski begitu, sebaik apa pun seseorang, bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain sehingga malah ikut terjerumus ke hal yang salah.

"Ya saya enggak tahu apa mungkin ada jasa atau apa ya. Enggak enak jadi menolong atau bagaimana," jelas dia.

Pantauan Liputan6.com, aktivitas RS Medika Permata Hijau berjalan seperti biasa. Namun, pihak yang bisa dimintai keterangan seperti Kepala Humas dan Direktur Utama (Dirut) rumah sakit sedang tidak berada di tempat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berparas Cantik, Penjual Cilok Tebet Bikin Warganet Kepincut

Posted: 10 Jan 2018 10:01 PM PST

Memiliki paras cantik memang mempunyai daya tarik tersendiri maupun magnet bagi para pria. Tak jarang, profesi yang dilakoni kaum hawa tak sesuai dengan apa yang dibayangkan banyak orang.

Seorang perempuan baru-baru ini menjadi perbincangan viral di jejaring sosial. Unggahan foto yang menunjukkan perempuan cantik itu tengah menjual cilok menjadi sorotan warganet.

Dalam foto yang dibagikan pengguna Facebook bernama Taufik Hidayat, menunjukkan beberapa foto perempuan berhijab biru tengah menjajakan cilok menggunakan gerobak berkeliling komplek.

Tertulis keterangan bahwa tukang cilok itu biasanya berjualan di sekitar kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

"Tukang cilok cantik, lokasi Tebet. Jomblo silahkan merapat," keterangan yang ditulis dalam foto.

Parasnya yang cantik tentu membuat dagangan yang dijajakannya laris manis. Tak heran jika banyak orang, khususnya para pria rela menunggu penjual cilok itu melintas rumah mereka. Selain untuk membeli cilok, mereka juga ingin merayunya karena penjual cilok cantik itu belum memiliki pasangan. 

Penjual cilok cantik (Taufik Hidayat/facebook.com)

Unggahan tersebut pun beredar hingga menjadi perbincangan viral warganet. Warganet menanggapinya dengan berbagai komentar. Mulai dari pujian untuk penjual cilok, adapula warganet yang terkesima ketika bertemu dengan penjual cilok cantik itu.

David: Jarang-jarang org cantik jual cilok. Yang banyak pada Belagu.

Batara Bayu: Cantik bingit nieh tukang cilok pasti jualan nya laris manis kaya orangnya

Nura Kios Cokmil: Rawann euy kalau tukang cilok cantik mah. Rawan rame dagangannya uhukk. Belinya cebu, modusnya paling banyak dan berjam-jam. Intinya mah teteupp rameee, rame kunu jones.

Bang Semy Netralizer: Nemu tukang cilok cantik bngt. Ayo sapa yg mw beli

Muhammad Ibnu: Lagi Laper tiba tiba ada tukang cilok. Ternyata tukang ciloknya cantik, ngobrol bentar ternyata, dia masih jomblo. Ayo yang jomblo merapat. Dia ngiter sekitar tebet.

Sayangnya, hingga kini belum diketahui identitas si penjual cilok cantik. 

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajukan JC, Pengacara Khawatir Setya Novanto Jadi Bulan-Bulanan

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Penasihat Hukum Setya Novanto (Setnov) Firman Wijaya punya kekhawatiran bila kliennya menjadi justice collaborator (JC). Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek e-KTP itu sudah mengajukan diri menjadi JC kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pilihan menjadi JC bukan pilihan mudah. Karena bisa menjadi sasaran tembak dan bulan-bulanan," ujar Firman di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Ia sudah mengingatkan Novanto kemungkinan terburuk itu. Firman mengaku tengah mempersiapkan segala sesuatunya agar tak terjadi hal yang tak diinginkan terjadi pada kliennya.

"Nah ini yang kami minta, protection cooperating person itu penting dirumuskan secara jelas. Apa model perlindungan yang bisa diberikan kepada Pak Nov kalau beliau jadi JC. Itu yang utama," kata dia.

Firman berharap pengajuan JC kliennya bisa diterima KPK dan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor. Menurut Firman, Novanto akan membeberkan nama-nama pihak yang hilang terkait penerimaan aliran bancakan e-KTP.

"Tapi yang lebih penting soal JC bagi saya pada Pak Nov adalah soal keadilan. Fairness process. Kenapa kok saya (Setnov) yang diburu. Kenapa nama-nama lain hilang. Itu jadi harapan dalam pengajuan JC," papar dia.

 

Sementara itu, sidang lanjutan kasus dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto alias Setnov akan kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan para saksi ini terlihat berbeda dengan sidang-sidang terdakwa korupsi lainnya. Terdapat puluhan aparat kepolisian yang terlihat menjaga area dalam dan luar sidang.

Di luar pintu ruang sidang Ketua nonaktif DPR RI itu, terlihat beberapa aparat kepolisian yang berjaga. Diduga tugas para aparat untuk mengamankan kedatangan Setya Novanto.

Serupa dengan penjagaan di luar, di dalam ruang sidang pun sama. Saat Setya Novanto tiba sekitar pukul 09.48 WIB, para aparat kepolisian terlihat mengamankan jalan Setnov.

Setnov terlihat santai masuk ke dalam ruang sidang hingga duduk di kursi pengunjung sidang.

Sementara, terkait sidang kali ini, rencananya jaksa KPK akan menghadirkan empat saksi dari pihak swasta. Mereka adalah Riswan alias Iwan Barawa, Nunuy Kurniasih, Muda Ihsan Harahap, dan July Hira.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Misi Rahasia, 6 Warga Lokal Nekat Daki Gunung Agung

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Status Awas Gunung Agung tak menghentikan langkah enam orang warga Bali mendaki gunung tertinggi di Pulau Dewata itu pada Selasa, 9 Januari 2018. Mereka turun gunung keesokan harinya, Rabu, 10 Januari 2018.

Rombongan pendaki itu adalah I Made Suarjana (40), asal Belatung, Desa Menanga, Kecamatan Rendang; Kadek Agus Setiawan (33), Pemecutan Kaja, Denpasar Utara; Sabran (47), asli  Bima, namun tinggal di Bangli.

Ada juga Sunarmi (42), asal Pasuruan Jawa Timur, ikut bersama anaknya Tomi Azdi Marta (20). Satu lagi pendaki Gunung Agung yang merupakan pimpinan rombongan adalah Morgan Made Suarta alias Kanjeng Prabu Wiranega.

Pria itu mengajak rekan-rekannya mendaki dengan alasan misi spiritual.  Ia mengaku mendapat pawisik sebelum naik ke puncak.

"Tujuan saya naik gunung untuk mendak. Ada misi spiritual yang tidak bisa diceritakan," ujar pria asal Legian, Kuta, Badung, itu ditemui di Mapolsek Selat.

Pria berusia 55 tahun itu mengaku sudah tahu aktivitas gunung tertinggi di Bali itu masih dalam status Awas, dan direkomendasikan untuk tidak didaki."Tapi saya punya keyakinan lain, tidak akan terjadi apa-apa," ucapnya.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

Gunung Agung erupsi lagi

Rombongan tersebut naik ke puncak lewat jalur Pura Pasar Agung Sebudi, Selasa, 9 Januari 2018, sekitar pukul 11.00 Wita. Sebelum mendaki, mereka terlebih dulu sembahyang di Pura Pasar Agung.

Dari enam orang itu, hanya empat orang sampai naik ke puncak. Dua orang lainnya, Sunarmi dan anaknya Tomi, hanya sampai pertengahan. Tomi tak kuat melanjutkan perjalanan sehingga ditemani ibunya sampai di tengah jalan.

Tomi yang sebenarnya sebatas sopir mengantar rombongan itu memilih menunggu sedikit lebih di atas Pura Pasar Agung. Tiba di puncak, rombongan yang dipimpin Morgan itu menggelar ritual dengan sarana banten pejati.

Mereka berada di puncak sekitar 30 menit. Sempat mengabadikan momen di atas gunung."Di sana saya lihat bersih, tidak ada apa-apa," kata Morgan yang mengaku kelelahan karena kekurangan bekal makanan.

Saat turun gunung rombongan itu sempat tersesat, lantaran hari sudah mulai gelap, tidak menemukan jalan. Menghindari tersesat lebih jauh, mereka memilih menginap di tengah perjalanan hingga keesokan harinya.

Rombongan pendaki tersebut ketahuan mendaki Gunung Gunung setelah relawan Pasemetonan Jagaya (Pasebaya) Gunung Agung melihat ada sinar lampu di atas gunung terus bergerak sekitar pukul 20.00 Wita.

"Saya sudah curiga pasti ada nekat mendaki. Makanya kami tungguin di Pura Pasar Agung," ujar Ketua Pasebaya, I Gede Pawana.

Pimpinan rombongan pendaki ditemukan lemas oleh relawan yang berupaya mengevakuasinya. Ia beralasan lemas karena belum makan. (I MADE MERTAWAN/BALI EXPRESS)

Evakuasi terhadap keenamnya cukup sulit. Malam itu, tim sempat mengecek dan menemukan sebuah mobil Toyota Avanza warna silver, yang diduga dibawa pendaki di portal dekat Embung Yeh Kori. Selain itu juga ditemukan sebuah motor Vario di parkiran Pura Pasar Agung.

Baru sekitar pukul 09.00 Wita, salah satu relawan Pasebaya Wayan Mudi yang naik dari lereng Pasar Agung berhasil menemukan keenam pendaki tersebut.

Mereka sedang beristirahat karena kelelahan. Keenamnya juga sudah sempat mendaki ke Puncak Gunung Agung. Bahkan, pimpinan pendaki, Kanjeng Prabu Wiranegara alias Morgan Made Suparta asal Kuta dalam kondisi lemas.

Relawan lain menyusul. Setelah bersusah payah sekitar dua jam, akhirnya tim relawan Pasebaya, Basarnas, Polsek Selat, dan Koramil Selat berhasil mengevakuasi.

Sekitar pukul 11.00 Wita, mereka berhasil dibawa turun ke parkiran Pura Pasar Agung. Kemudian mereka dijemput ambulans dan langsung diajak ke Polsek Selat.

Pawana mengimbau masyarakat mematuhi imbauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang sudah menetapkan radius perkiraan bahaya erupsi Gunung Agung. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Daya Tarik Rossi Lebih Baik ketimbang Dovi dan Marquez

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Tak akan ada yang meragukan tingkat popularitas Valentino Rossi di kalangan pencinta MotoGP. Ia adalah pembalap dengan jumlah fans terbanyak dalam sejarah MotoGP. Itu mengapa MotoGP begitu identik dengan Rossi.

Rossi memang ibarat legenda hidup MotoGP, bahkan untuk dunia balap. Hampir sebagian besar hidupnya dihabiskan dengan menggeluti motor dan lintasan. Rossi diketahui telah memulai karier balapnya sejak usia 5 tahun.

Sejak itu, sudah banyak momen manis yang dilewatinya, tak hanya di MotoGP. Tercatat, The Doctor mengoleksi sembilan gelar juara dunia, tujuh di antaranya adalah kelas utama atau MotoGP. Hingga kini, penampilannya terbilang masih kompetitif, meski faktor usia memang tak bisa dibohongi.

Berkat sederet prestasi dan sikap ramahnya, pembalap 38 tahun itu pun memiliki basis penggemar yang begitu besar di seluruh dunia. Di setiap balapan, suporternya yang identik dengan warna kuning selalu mendominasi.

Hal itu juga diakui pembalap World Superbike (WSBK), Stefan Bradl. Bradly yang memperkuat Aprilia di MotoGP 2016 menilai bahwa daya tarik Rossi jauh lebih besar saat Andrea Dovizioso atau Marc Marquez meraih kemenangan.

 

Valentino Rossi (MOHD RASFAN / AFP)

"Tribunnya 95 persen berwarna kuning dan Anda bisa melihat 46 di mana-mana. Emosi saat Rossi menang tak sebanding dengan emosi saat Dovi atau Marquez menang. Ia adalah polarisasi," kata Bradly, dilansir Total Motorsport.

Sayang, ada kemungkinan MotoGP akan kehilangan Rossi dalam waktu dekat. Pembalap asal Italia itu akan menjalani musim terakhir kontraknya bersama Yamaha pada MotoGP 2018. Hingga kini, belum diketahui apakah Rossi akan memperpanjang kontraknya atau tidak.

Bagi pencinta MotoGP sendiri, pensiunnya Rossi jelas akan menjadi kabar buruk. Selama ini, banyak orang yang menonton MotoGP hanya karena ingin melihat aksi putra dari Graziano Rossi tersebut.

 

125 cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

 

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

 

MotoGP

Balapan: 301

Menang: 89

Podium: 190

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.893

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roro Fitria Miliki Kekayaan Sebesar Rp 750 Miliar

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Roro Fitria adalah salah satu selebritas yang memiliki kekayaan berlimpah. Dan semuanya bukan dari hasil kerja kerasnya di dunia hiburan Tanah Air.

Harta miliknya berasal dari warisan orangtua yang sudah dibagi dengan tiga saudara kandungnya. Tanpa malu-malu, Roro Fitria pun memperlihatkan sebagian kecil harta warisan berupa berlian di acara Hotman Paris Show, Selasa (9/1/2018).

Di acara tersebut, Roro Fitria membawa sebagian kecil berlian-berlian dalam bentuk beragam. Mulai kalung, hiasan kepala, hingga tas tangan.

Roro Fitria pun menjelaskan harga berlian yang paling mahal pada pengacara kondang tersebut. "Tas itu harganya sekitar Rp 10 miliar," ucapnya.

 

 

 

 

Roro Fitria adalah salah satu selebritas yang memiliki kekayaan berlimpah. (Liputan6.com/Panji Diksana)

Roro Fitria mengaku dirinya sudah memiliki aset berupa rumah, mobil, deposito berjangka, saham. Dan semua total harta yang dimilikinya sebesar Rp 750 miliar.

Roro Fitria tunjukkan tas tangan seharga Rp 10 miliar (Foto: YouTube)

Dan berlian yang diperlihatkan di acara Hotman Paris Show ini pun hanyalah sebagian kecil saja dari kekayaannya. Sisanya tersimpan rapi di brankas salah satu rumahnya.

"Kalau total berlian, ini semua (yang diperlihatkan) baru sebagian aja ya. Dan kalau ditotalin sekitar Rp 50 miliar," lanjutnya.

Roro Fitria adalah salah satu selebritas yang memiliki kekayaan berlimpah. (Foto: Panji Diksana/Liputan6.com)

Tentu saja, penghasilan Roro Fitria dari sinetron tak sebanding dengan harta warisan yang dimilikinya sekarang ini. Lantas untuk apakah honornya digunakan?

"Kalau untuk sehari-hari dari bunga deposito dan saham. Honor sinetron cuma untuk shopping saja, dan perawatan kecantikan," ujar Roro Fitria sembari tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tender Proyek Satelit Indonesia Dibuka Kuartal II 2018

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengungkapkan tender proyek satelit telekomunikasi Indonesia dengan teknologi High Throughput Satellite, akan dibuka pada kuartal II 2018.

Proyek dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ini untuk membuka akses internet di wilayah tertinggal dan terpencil di Indonesia.

"Tender dibuka semester pertama, tapi mungkin di kuartal II karena sekarang masih dalam proses penyelesaian studi pasar. Tender ini mulai dari untuk merancang, membangun, meluncurkan, dan mengoperasikan satelit. Tahun ini juga diharapkan sudah ditetapkan pemenangnya," tuturnya ditemui di HUT ke-8 Bukalapak di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Jika tak ada aral melintang, satelit tersebut akan diluncurkan pada akhir 2021 atau awal 2022 mengingat untuk membangun satelit dibutuhkan waktu sekira 30 bulan.

Rudiantara mengungkapkan pihaknya belum mengetahui perihal slot orbit yang akan ditempati oleh satelit tersebut. Pasalnya, tujuh slot orbit milik Indonesia yang dioperasikan oleh operator sudah digunakan semuanya.

"Slot orbitnya kita belum tahu, karena itu pesertanya nanti juga harus bawa slot orbit. Untuk menyiapkan satu slot orbit baru memakan proses paling tidak tujuh tahun, jadi jalan keluarnya ya kita akuisisi," jelasnya.

Lebih lanjut, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggandeng Kemkominfo menawarkan proyek Satelit Multifungsi Pemerintah senilai Rp 7,7 triliun tersebut kepada para investor. Kegiatan ini dinamakan Pre-Market Sounding proyek Satelit Multifungsi Pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi kepada calon investor tentang keberadaan proyek, serta mendapatkan masukan dari calon investor terhadap model investasi yang ditawarkan. Masukan dari investor ini menjadi bahan penyempurnaan prastudi kelayakan yang sedang disusun pemerintah. Investasi proyek ini sebesar Rp 7,7 triliun dengan masa konsesi 15 tahun.

Palapa Ring merupakan program pemerintah untuk menghadirkan layanan internet broadband untuk berbagai daerah Indonesia, utamanya di daerah terpencil dan terluar yang selama ini belum digarap oleh operator telekomunikasi.

Harapan pemerintah, dengan infrastruktur Palapa Ring, operator telekomunikasi bisa menyebarkan koneksi internet di sana. Adapun, satelit ini diklaim mampu menghadirkan kecepatan akses internet hingga 100Gbps untuk wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh proyek Palapa Ring.

High Throughput Satellite sendiri diutamakan untuk sektor pendidikan, kesehatan, kepolisian, pertahanan, keamanan dan pemerintahan dalam negeri. Rudiantara mengungkapkan saat ini masih banyak sekolah dan puskesmas yang belum tersentuh oleh akses internet, sehingga ia berharap kehadiran High Troughput Satellite dapat memberikan dampak besar.

Mengingat High Troughput Satellite yang baru akan dirilis pada akhir 2021 atau awal 2022, pemerintah berencana menyewa satelit dengan teknologi yang sama terlebih dahulu. "Kita tidak akan menunggu sampai satelit kita ada di slotnya sana. Kalau masih ada kapasitas High Troughput lain, kita akan sewa dahulu. Jadi begitu satelit kita ada, tinggal diganti saja," ungkapnya.

Rudiantara mengungkapkan saat ini di Indonesia ada sekira 226 ribu sekolah, tapi 80 ribu di antaranya belum tersentuh internet. Sisanya pun, kata Rudiantara, belum maksimal memanfaatkan internet.

"Yang 140 ribuan pun kurang lebih menggunakan internetnya hanya di ujung proses yaitu saat ujian negara berbasis komputer. Pemerintah ingin internet itu dipakai sebagai bagian dari proses belajar mengajar dan mereka bisa memanfaatkannya untuk mencari solusi yang sifatnya global, sehingga SDM kita ke depannya bisa menjadi lebih kuat lagi," tutur tuturnya.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Berkarier di Garuda Indonesia? Cek Lowongan Kerja di Sini!

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Berkarier di Garuda Indonesia adalah impian Anda sejak lama? Jangan berandai-andai lebih lama, segera persiapkan diri terbaik Anda karena PT Garuda Indonesia Tbk kembali membuka lowongan kerja.

Untuk mendukung pengembangan bisnis perusahaan, Garuda Indonesia kembali membuka kesempatan untuk mengisi posisi Human Capital Analyst, Captain & First Officer Garuda Indonesia B737NG Rated Experiences, dan Fresh Graduate Pilot AB-Initio Garuda Indonesia (Certified B737NG). Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga Februari bahkan hingga Desember 2018.

Melansir laman resmi Garuda Indonesia, career.garuda-indonesia.com, Kamis (12/1/2018), berikut persyaratan tiap posisi, tahapan seleksi, kompensasi dan benefit, serta tata cara pendaftarannya:

1. Human Capital Analyst (HCIS)

Tutup Pendaftaran: 9 Februari 2018

Deskripsi Pekerjaan:

1. Menyediakan solusi sistem HC;

2. Menganalisis kebutuhan aplikasi dari pengguna HC;

3. Mengembangkan & memonitor aplikasi HC;

4. Memantau server HC;

5. Menganalisis dan menyederhanakan sistem HC;

6. Menyediakan data laporan (dasbor HC) tentang karyawan, sistem dan sebagainya;

7. Menjaga kerentanan sistem HC (penjadwalan periode keamanan TI).

 

1. Pendidikan minimal S1 dari universitas terkemuka Jurusan Teknologi Informasi (Teknik Komputer, Sistem Informasi) dengan IPK minimal 3,00 (skala 4,00);

2. Memegang minimal 2 tahun pengalaman dalam pengembangan web, pengembangan aplikasi mobile (android), dan aplikasi/keamanan IT;

3. Memegang minimal 2 portofolio proyek (website, keamanan dan pengembangan mobile android);

4. Menguasai bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan;

5. Mampu bekerja secara individu maupun dalam tim dan mampu bekerja dengan tenggat waktu yang ketat di bawah pengawasan;

6. Bersedia ditempatkan di area Kantor Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi:

E-mail: recruitment@garuda-indonesia.com (Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB)

Tutup Pendaftaran: 31 Desember 2018

Persyaratan Umum:

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Rated dengan pengalaman terbang;

3. Mempunyai ATPL License/CPL-IR yang masih berlaku;

4. Memiliki First Class Medical Certificate yang masih berlaku;

5. Mempunyai ICAO English minimal level 4;

6. Lulus semua tahapan seleksi Garuda Indonesia.

Persyaratan Khusus:

- Untuk posisi Captain

1. Usia minimal 27 tahun dan maksimal 56 tahun

2. Total pengalaman terbang minimal 5.000 am, termasuk 1.000 jam sebagai PIC

- Untuk posisi First Officer

1. Usia minimal 24 tahun dan maksimal 56 tahun

2. Total pengalaman terbang minimal 2.000 jam

- Seleksi Administrasi

- Wawancara user & wawancara kepegawaian

- Tes kesehatan (Medex)

- Garuda English assessment

- Background check

- Tes simulator

Kompensasi & Benefit:

- Basic Salary

- Flight Allowance

- Travel Allowance

- Medical Insurance

- Mid Year Allowance 1x Basic Salary per tahun (prorata untuk tahun pertama)

- Vacation Allowance 50% Basic Salary per tahun

- THR 1x Basic Salary per tahun (prorata untuk tahun pertama)

- Free Ticket International & Domestic Routes

- Dan lain-lain

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

E-mail: pilot.recruitment@garuda-indonesia.com

Telp. : 021-25601041 (Senin-Jumat, pukul 07.30-16.30 WIB)

Tutup Pendaftaran: 31 Maret 2018

Persyaratan:

1. Usia maksimal 33 tahun saat mendaftar pada website Garuda Indonesia;

2. Warga Negara Indonesia;

3. Mempunyai Lisensi Indonesia;

4. Memiliki CPL dengan Instrument Rating yang berlaku;

5. Memiliki Sertifikat B-737 NG Type Rating (Non Pengalaman);

6. Memiliki Sertifikat Medis Kelas Pertama yang berlaku;

7. Mempunyai Sertifikat ICAO English Proficiency Minimal Level 4;

8. Lulus tes Screening and Proficiency yang diselenggarakan oleh Garuda.

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Pilot recruitment Team:

Kantor: 021-25601041 (Jam Kerja)

E-mail: pilot.recruitment@garuda-indonesia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Hal Sederhana yang Bikin Pernikahan Langgeng

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Artikel seputar tips pernikahan langgeng ampuh menyita perhatian terbanyak bagi pembaca di kanal Health. Setiap orang yang telah mengucap janji suci, pasti berharap pernikahannya awet sampai kakek-nenek. Selain menjaga komitmen untuk setia dan bertanggung jawab, ada sederet hal sederhana lainnya yang menjadi resep pernikahan bahagia.  

Sementara itu artikel soal selingkuh menjadi berita populer kedua setelah tema pernikahan langgeng. Banyak orang bilang selingkuh itu indah. Apa iya begitu? Ketika suami atau istri Anda main hati dengan orang lain, ada cara untuk mendeteksi gelagatnya lho.

Berita ketiga populer diisi oleh tips membakar lemak jahat di perut. Sebelum terlambat, Anda bisa mengantisipasi berbagai jenis penyakit dengan mengikis perlahan lemak yang mengganggu. Bagaimana caranya? Ayo diintip penjelasan di bawah ini. 

Berikut Top 3 Health:

1. 8 Hal Sederhana yang Bikin Pernikahan Langgeng Selamanya

Setiap orang yang menikah berharap memiliki pernikahan langgeng sampai maut menjemput. Menjaga komitmen untuk setia dan bertanggung jawab itu yang utama. 

Selain itu, perlu tetap lakukan hal-hal kecil yang membuat pernikahan langgeng selamanya. Berikut delapan hal yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga agar pernikahan langgeng mengutip Reader's Digest, Selasa (9/1/2018).

Selengkapnya..

Selingkuh bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Pelakunya pun bisa dilakukan oleh pihak istri maupun suami. Bila ini terjadi, biasanya hubungan yang sudah terjalin dengan pasangan bisa rusak. 

Sebenarnya, saat mereka melakukan kecurangan di belakang pasangan, ada sejumlah tanda yang mereka tunjukkan. Apa sih tandanya?

Selengkapnya..

Lemak di perut mungkin menjadi salah satu hal yang mengerikan bagi sebagian orang. Tak hanya memperburuk penampilan, lemak di perut dapat memicu beberapa penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Beragam cara dilakukan guna menghilangkan si lemak jahat ini, seperti berolahraga dan menjaga pola makan.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politisi: 3.700 Orang Ditangkap di Tengah Demo Rusuh Iran

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Sekitar 3.700 orang ditangkap sepanjang demonstrasi anti pemerintah di Iran yang berlangsung sejak 28 Desember 2017 hingga mereda pada pekan lalu, menurut estimasi seorang anggota Parlemen negara tersebut.

Sang anggota parlemen, Mahmoud Sadeghi juga mengatakan, dari ribuan yang ditangkap, sekitar 40 - 68 berstatus pelajar/mahasiswa. Demikian seperti dikutip dari CNN, Kamis (11/1/2018).

Ia membeberkan informasi itu melalui akun pribadi sosial media Telegram. Namun, Sadeghi tak mengelaborasi lebih jauh tentang data tersebut.

Estimasi sang anggota parlemen jauh melebih dari klaim pemerintah Iran (450 orang) serta perkiraan Amerika Serikat (1.100 orang).

Angka yang dibeberkan Sadeghi memberikan sudut pandang alternatif terkait tendensi abuse of power yang dilakukan oleh pemerintah Iran dalam menyikapi demonstrasi tersebut.

Kendati demikian, Parlemen Iran sendiri pun belum menetapkan angka resmi terkait jumlah individu yang ditangkap dalam aksi protes yang terjadi selama enam hari itu.

"Mengingat fakta bahwa berbagai lembaga keamanan dan penegak hukum turut melakukan penangkapan masing-masing, maka perlu waktu untuk menetukan angka yang lebih tepat terkait mereka yang telah ditangkap," papar keterangan pers dari media resmi Parlemen Iran.

Demonstrasi di Iran yang berawal pada Kamis, 28 Desember 2017. Demo dilaporkan terjadi berlarut-larut dan menyebar ke beberapa kota (screengrab)

Seperti dikutip dari The Los Angeles Times, setidaknya ada lusinan demonstran yang ditahan di Penjara Evin, Tehran -- penjara yang sejak 1970 terkenal sebagai tempat untuk menahan figur politik anti rezim.

Puluhan anggota keluarga tahanan berkumpul di luar Evin, meminta lebih banyak informasi mengenai nasib mereka yang berada di balik jeruji besi. Pada sore hari kemarin, saat salju turun di kaki Tehran dan polisi anti huru hara terus berjaga-jaga, sekitar 50 orang menunggu nama-nama tahanan dipanggil melalui pengeras suara di luar penjara tersebut.

Ketika sebuah nama tahanan dipanggil, anggota keluarga yang bersangkutan langsung menemui petugas Penjara Evin untuk membuat dokumen bebas bersyarat dengan jaminan (berupa sertifikat rumah atau tanah) untuk membebaskan para pesakitan.

Anggota keluarga lain juga mengatakan bahwa tahanan telah diizinkan untuk membuat panggilan telepon untuk mengurus dokumen yang dibutuhkan guna mendapatkan jaminan.

Kondisi di dalam Penjara Evin sangat sulit, dan anggota keluarga mengatakan bahwa tahanan dikurung dalam sel-sel yang padat, di mana mereka hampir tidak memiliki ruang untuk bergerak.

Nasrin Sotoudeh, seorang pengacara hak asasi manusia mengatakan, seorang pesakitan mengatakan bahwa tiga demonstran telah meninggal di dalam tahanan, namun informasi tersebut belum dapat diverifikasi.

Demonstrasi di Iran yang berawal terjadi pada Kamis, 28 Desember 2017. Demo dilaporkan terjadi berlarut-larut dan menyebar ke beberapa kota (AFP)

Seperti dikutip dari Los Angeles Times, banyak pihak yang tidak mengetahui secara pasti mengenai status dan kejelasan para demonstran yang ditangkap oleh aparat keamanan negara. Begitupun identitas, latar belakang, dan alasan penangkapan para peserta aksi protes tersebut.

Ketidakpastian itu semakin diperparah oleh kabar tentang dua demonstran yang tewas bunuh diri di dalam tahanan.

Pertama adalah Sina Qanbari (22 tahun) tewas bunuh diri di Penjara Evin, Teheran.

Kabar kematian Qanbari pun simpang-siur. Sejumlah media anti pemerintah Iran menyebut, korban merupakan mahasiswa universitas setempat yang ditangkap terkait keterlibatannya dalam demonstrasi.

Namun, media pemerintah Iran mewartakan, Qanbari adalah seorang tersangka kasus narkotika yang kebetulan melakukan bunuh diri di dalam penjara yang tengah ramai diisi oleh demonstran yang ditahan.

Kendati demikian, Kepala Kejaksaan Tehran, Abbas Jafari Dolatabadi mengatakan akan terus menginvestigasi kabar kematian Qanbari.

Kedua adalah kabar bunuh diri seorang demonstran yang ditahan di Kota Arak, Provinsi Markazi. Kabar itu dibeberkan oleh media Lembaga Yudisial Iran Mizan News Agency yang mengutip keterangan seorang jaksa setempat.

Tahanan itu, nampak dalam rekaman CCTV, melakukan aksi bunuh diri dengan memukuli tubuhnya dengan benda yang tak dikenal. Kasus tersebut tengah diselidiki oleh pihak berwenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengejutkan, Ikan Paus Selamatkan Wanita dari Hiu

Posted: 10 Jan 2018 10:00 PM PST

Nan Hauser terkejut ketika seekor ikan paus mendorong dirinya guna terhindar dari serangan ikan hiu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tok, MK Tolak Ambang Batas 0 Persen untuk Pilpres

Posted: 10 Jan 2018 09:54 PM PST

Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan sebagian permohonan terkait uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Undang-Undang Pemilu. MK mengabulkan proses verifikasi peserta Pemilu 2019 kepada seluruh partai politik. Namun terkait ambang batas, MK tidak mengabulkannya.

Hal ini tetuang saat Mahkamah Hakim membacakan putusan permohonan yang diajukan oleh Partai Idaman. Adapun gugatan itu bernomor 53/PUU-XV/2017. Di mana Pasal yang mengaturnya adalah Pasal 173 ayat (1) dan (3) tentang verifikasi dan Pasal 222 tentang ambang batas presiden atau presidential threshold.

Pasal ini dinilai diskriminatif karena hanya partai-partai baru yang mengikuti verifikasi, namun tidak untuk partai-partai lama.

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Menyatakan frasa "telah ditetapkan" dalam Pasal 173 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan Umum, lembaran negara tahun 2017 nomor 182 tambahan lembaran negara nomor 6.109 bertentangan dengan Undang-Undang Dasar RI 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," ucap Ketua Majelis Hakim Arief Hidayat, di dalam persidangan MK, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Keputusan ini, kata Arief, juga berlaku untuk Pasal 173 Ayat (3). Sedangkan, untuk Pasal 222, MK menolaknya.

"Menolak permohonan pemohon untuk selain dan selebihnya. Memerintahkan pemuatan putusan ini dalam berita negara Republik Indonesia sebagaimana mestinya," ungkap Hakim Arief.

Dia pun mengungkapkan, meski majelis hakim menolak. Terdapat 2 hakim MK yang tetap menginginkan Presidential Threshold atau ambang batas itu 0 persen atau tanpa adanya ambang. Yaitu, Hakim Saldi Isra dan Suhartoyo.

Hakim MK, I Dewa Gede Palguna (tengah) memimpin sidang perdana permohonan uji materi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu di Mahkamah Kontitusi, Jakarta, Selasa (5/9). Sidang membacakan nota pendahuluan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dengan putusan ini, maka berpengaruh dengan putusan lainnya. Di mana selain Partai Idaman, ada beberapa pihak yang mengajukan gugatan terhadap verifikasi parpol dan ambang batas.

Partai Persatuan Indonesia (PPI), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Pekerja Indonesia (PIKA). Kemudian, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia.

Serta yang dilakukan oleh perseorangan, yaitu pakar komunikasi politik Effendi Gazali, Mas Soeroso dan Wahyu. Dan Hadar Nafis Gumay bersama Yuda Kusumaningsih, serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Srikandi Cantik Nasdem Bertarung di Pilkada Makassar 2018

Posted: 10 Jan 2018 09:52 PM PST

Dari semua partai besar yang ada. Nasdem merupakan satu-satunya partai yang paling diuntungkan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Makassar 2018-2023.

Sebab, dari kedua kandidat yang akan bertarung di Pilkada Makassar itu, merupakan kader dari Partai besutan Surya Paloh tersebut. Mereka adalah srikandi cantik Nasdem itu yakni Andi Rachmatika Dewi dan Indira Mulyasari Paramastuti yang menempati posisi sebagai calon Wakil Wali Kota Makassar yang sudah resmi mendaftarkan diri ke Kantor KPU Kota Makassar mendampingi pasangan calon Wali Kota masing-masing.

Indira merupakan Wakil Ketua DPRD Kota Makassar sebelumnya memang sempat digoyang bahkan diusulkan akan dipecat sebagai kader oleh hasil rapat pleno Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel.

Ia dianggap tak patuh dengan putusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) yang merekomendasikan Andi Rahmatika alias Cicu sebagai satu-satunya kader yang direstui maju dalam pertarungan Pilkada Kota Makassar mendampingi keponakan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Munafri Arifuddin.

 

Pasangan Pilkada Makassar, Danny Pomanto- Indira (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Indira resmi dipinang oleh calon Wali Kota Petahana, Mohammad Romdhan Pomanto alias Danny Pomanto untuk mendampinginya bertarung dalam pilkada melawan pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi yang dikenal dengan tagline Appi-Cicu.

Keduanya pun berpasangan dan resmi mendaftarkan diri ke KPU Makassar tanpa satu pun kendaraan politik alias maju dari jalur independen atau perseorangan. Keduanya menggunakan tagline "Diami".

"Saya maju mendampingi pak Danny Pomanto dari jalur independen. Meski pribadi saya hingga saat ini masih kader tulen Partai Nasdem karena sampai detik ini belum ada surat resmi pemecatan saya dari DPP Nasdem yang telah diajukan oleh DPW Nasdem Sulsel," kata Indira, yang dikenal masyarakat sebagai salah satu srikandi cantik asal Partai Nasdem tersebut, Kamis (11/1/2018).

Mengenai status Indira sampai saat ini di Partai Nasdem, Liputan6.com mencoba mengonfirmasi kebenarannya ke Humas DPW Partai Nasdem Sulsel, Abdul Rajab. Namun Rajab enggan menjawab konfirmasi via pesan singkat tersebut, meski pesan singkat itu telah dibacanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pasangan Pilkada Makassar Munafri- Andi Rachmatika Dewi (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad kepada Liputan6.com mengatakan Partai Nasdem seharusnya tegas terhadap kader yang tidak sejalan dengan keputusan partai.

Menurutnya, dengan kenyataan yang ada tersebut, kemungkinan ada alasan lain yang menjadi pertimbangan Partai Nasdem. Apakah karena dianggap mengancam kader yang diusung atau justru menunggu hasil pilkada nantinya. Kata dia, ini hanya persoalan teknis atau soal waktu saja.

"Siapa pun pemenangnya di Pilkada Makassar nantinya, Tetap dimenangkan kader Nasdem. Yah Nasdem satu-satunya partai yang paling diuntungkan," ujar Firdaus.

Diketahui dalam Pilkada Kota Makassar, hanya ada dua kandidat yang resmi akan bertarung. Kedua kandidat tersebut masing-masing pasangan Mohammad Romdhan Pomanto- Indira Mulyasari Paramastuti yang disebut sebagai pasangan petahana dari jalur independen melawan pasangan Munafri Arifuddin- Andi Rachmatika Dewi yang didukung oleh partai besar diantaranya Nasdem, Golkar, PDIP, PAN, Hanura dan PPP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlibat Pengeroyokan, 6 Polisi di Gorontalo Jadi Tersangka

Posted: 10 Jan 2018 09:50 PM PST

Polda Gorontalo menetapkan enam anggota Polres Pohuwato sebagai tersangka dalam kasus pengeroyokan seorang warga. Akibat kejadian ini, korban mengalami luka di sejumlah bagian tubuh.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (11/1/2018), Polda Gorontalo menetapkan enam anggota Polres Pohuwato sebagai tersangka. Kini, seluruh tersangka sudah ditahan di rumah tahanan Polres Pohuwato.

Korban pengeroyokan, Abdul Azis Ismail, warga Desa Palopo, Kecamatan Marisa harus menggunakan kursi roda. Dia mengalami luka di sejumlah tubuhnya karena menjadi korban penganiayaan. Tragisnya, penganiayaan dilakukan oleh enam aparat penegak hukum yang seharusnya menjadi pelindung dan pengayom masyarakat.

Peristiwa terjadi saat petugas piket Polres Pohuwato mendapat laporan adanya seorang yang tengah mabuk mengganggu warga. Sesampainya di lokasi, polisi menemukan Abdul Aziz bersama rekannya diduga terpengaruh minuman keras. Abdul Aziz dan salah satu anggota polisi terlibat adu mulut hingga berujung perkelahian. Korban kemudian menjadi bulan-bulanan lima anggota polisi lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Persalinan, Jenny Cortez Masih Cuci Baju Sendiri

Posted: 10 Jan 2018 09:50 PM PST

Jenny Cortez tidak lama lagi akan melahirkan anak pertamanya. Saat ini, usia kehamilannya sudah masuk usia 33 minggu, atau awal sembilan bulan.

Mendekati waktu persalinan, Jenny Cortez mengaku sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan persalinan dan bayinya kelak. Jenny bahkan mengaku mencuci baju-baju bayinya sendiri.

"Untuk Dedek (bayi) sudah 90 persen karena semuanya sudah hampir siap sih. Tinggal dikirim tempat tidur aja sama ruangan kamarnya belum didesain. Jadi kayak baju-baju, stroller, alat mandinya Dedek, handuk, udah beres semua, popok juga udah. Dan itu bener-bener happy sih," kata Jenny Cortez di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

"Aku nyuci baku Dedek itu sendiri, pas ngejemur lucu banget girly-girly kan warna pinky-pinky, gemes ngeliatnya, udah enggak sabar Dedek lahir terus mandiin, pakein baju," lanjut Jenny Cortez.

 

Jenny Cortez (Liputan6.com/ Surya Hadiansyah)

Jenny Cortez pun menjelaskan alasannya mengapa dirinya lebih memilih untuk melakukan hal-hal tersebut sendiri.

"Karena baju bayi kecil-kecil kan jadi enggak capek dibandingkan baju orang dewasa. Jadi aku sama mbaknya (asisten rumah tangga) 'udah deh aku aja yang nyuci baju dedek' kan cuma direndam doang, kita kucek dikit terus diperas-peras gitu. Dan aku pengin ngerasain aja sih jadi serorang ibu," kata Jenny Cortez.

 

Jenny Cortez tengah hamil besar

Jenny mengaku sempat merasakan takut menjelang persalinan pertamanya. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan banyak mencari banyak informasi terkait persalinan.

"Enggak. Jadi kalau persiapan khusus enggak, tapi kalau rasa takut udah pasti, apalagi hamil pertama. Gimana yah rasanya melahirkan normal atau caesar. supaya enggak terlalu panik aku banyak baca buku, lihat YouTube, lihat internet, tanya teman," ungkap Jenny Cortez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi: Ekspor Ikan Turun Tapi Lebih Baik dari Negara Lain

Posted: 10 Jan 2018 09:47 PM PST

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengakui terjadi penurunan ekspor di sektor perikanan. Namun penurunan ini dinilai masih lebih baik dibandingkan negara eksportir perikanan lainnya.

Hal tersebut Susi sampaikan saat membuka Konferensi Pers terkait Kinerja 2017 dan Rencana Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2018.

"Ekspor walaupun turun, dibandingkan negara lain jauh lebih baik," ujar dia di Kantor KKP, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Selain itu, dia menegaskan jika selama 3 tahun terakhir sudah banyak hal yang telah dicapai kementeriannya. Masyarakat pun diminta tidak beranggapan jika hal yang dilakukan KKP selama 3 tahun terakhir hanya terkait menenggelamkan kapal pencuri ikan semata.

"Jangan tolong beritanya KKP cuma penenggelaman kapal. Tidak benar 3 tahun hanya penenggelaman kapal," dia menuturkan.

Susi juga meminta agar polemik penenggelaman kapal pencuri ikan ini tidak lagi berlanjut. Lebih baik ke depan fokus membenahi sektor perikanan dan menyejahterakan nelayan.

"Kita move on dari persoalan-persoalan yang membebani dan menjadi hal-hal tdak perlu. Ke depan kita merealisasikan program kerja kita," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk menghentikan aksi penenggelaman kapal maling ikan (illegal fishing). Kapal-kapal asing yang telah ditangkap sebetulnya bisa menjadi aset negara.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati usai menghadiri peringatan ulang tahun Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di Djakarta Theater, Jakarta, Rabu malam (10/1/2018).

"Jika suatu barang yang diambilalih oleh suatu negara melalui suatu proses hukum yang benar, dia bisa menjadi aset negara dan tentunya bisa dimanfaatkan bagi kita," kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu melihat konsen Menteri Susi, agar kapal-kapal asing ini tidak menyalahgunakan izin dengan mengambil sumber daya laut Indonesia.

"Bapak Presiden meminta agar mereka (kapal-kapal) ini bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat. Jadi sebetulnya dua hal ini bisa dijembatani dengan terus memperbaiki tata kelola monitoring dan memanfaatkan aset itu untuk menegakkan tata kelola yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat," jelas Sri Mulyani.

Akan tetapi, diungkapkan Sri Mulyani, kapal-kapal asing yang ditangkap tersebut tidak bisa dikelola LMAN seperti Barang Milik Negara (BMN) lain.

"Tidak (bisa dikelola LMAN). Kalau LMAN, biasanya kalau sudah melalui proses hukum. Jika melihat secara paksa masih ada proses hukum yang harus dilalui," ujarnya.

Sementara untuk realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di 2017, Sri Mulyani mengaku lupa angka pastinya. Sementara Susi sebelumnya menargetkan kontribusi PNBP dari KKP di tahun lalu sekitar Rp 950 miliar.

"Saya harus cek dulu. Kalau tidak salah targetnya lebih dari Rp 1 triliun, pendapatan (PNBP)-nya berapa, nanti saya lihat lagi. Daripada saya diomelin Bu Susi kalau salah," ucap Sri Mulyani.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata mengaku penyitaan aset harus ditetapkan melalui proses pengadilan.

"Kan harus lewat proses pengadilan. Dinyatakan dirampas, dari situ ada proses penetapan dari Kejaksaan Agung. Nanti terserah mereka, mau diserahkan ke Ditjen Kekayaan Negara atau dimusnahkan, atau dilelang," tandasnya.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Islandia, Ini Calon Lawan Timnas Indonesia Berikutnya

Posted: 10 Jan 2018 09:45 PM PST

Setelah Islandia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), berniat mendatangkan peserta-peserta Piala Dunia 2018 lainnya sebagai lawan uji coba bagi Timnas Indonesia. Menurut Deputi Sekjen Bidang Pengembangan Bisnis PSSI, Marcel Iwan Masita, upaya ini untuk memberikan pengalaman ddan motivasi baru bagi para pemain Tim Merah Putih. 

Tidak hanya dari kawasan Asia, PSSI juga berniat mengundang negara dari Amerika Latin. "Ada beberapa, salah satu bocoran Jepang pada Februari mendatang dan Maret ada Chili yang saat ini masih menunggu konfirmasi," ujarnya di Yogyakarta, Rabu (10/1/2018).

Tampil di Piala Dunia menjadi mimpi setiap negara, termasuk Indonesia. Namun menurut Marcel, bila hal itu belum terwujud, setidaknya para pemain Tim Merah Putih pernah mendapat pengalaman bertanding dengan tim-tim yang akan berlaga di turnamen akbar itu. 

Marcel menyebutkan tiga negara lain juga akan diundang ke Indonesia untuk pertandingan persahabatan pada pada September, Oktober dan November 2018. Selain menambah jam terbang Timnas Indonesia, kehadiran negara-negara peserta Piala Dunia ini jadi media pembelajaran bagi PSSI dalam membentuk timnas yang lebih profesional dan tangguh.

Selain itu, laga persahabatan dengan peserta Piala Dunia, timnas sepakbola Indonesia juga bisa mempersiapkan diri untuk Asian Games supaya target emas tercapai. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

Sementara itu, Timnas Islandia sore ini akan mengawali petualangannya di Indonesia. Tim debutan Piala Dunia tersebut bakal menghadapi Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (11/1/2018). 

Selain itu, Islandia juga akan menjajal kekuatan timnas Indonesia besutan Luis Milla. Duel persahabatan ini rencananya akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (14/1/2018). 

Robert Rene Albert dipercaya menangani Indonesia Selection yang akan berhadapan dengan Islandia, sore ini. Pelatih PSM Makassar itu mendapat pasokan amunisi dari hasil polling

Di PSM, Robert biasanya akrab dengan formasi 4-2-3-1. Berikut prediksi line up-nya:

Indonesia Selection (4-2-3-1)

I Made Wirawan; Achmad Jufriyanto, Hamka Hamzah, Zulkifly Syukur, Tony Sucipto, Ahmad Bustomi, Manahati Lestusen, Bayu Gatra, Rizky Pora, Ramdani Lestaluhu, Bambang Pamungkas

(Laporan: Switzy Sabandar) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jalani Sidang Lanjutan Kasus E-KTP, Setnov Banyak Menguap

Posted: 10 Jan 2018 09:45 PM PST

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) menyimak keterangan saksi saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) menyimak keterangan saksi saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) membetulkan letak mikrofon saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) membetulkan letak mikrofon saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto (kanan) bersama kuasa hukumnya saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto jelang mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto jelang mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Menjalani Kesendirian dengan Bahagia

Posted: 10 Jan 2018 09:45 PM PST

Siapa bilang sendiri adalah hal yang menakutkan dan tidak bahagia. Menjadi single bukanlah hal yang salah, sebelum akhirnya Anda bertemu dengan jodoh Anda, nikmatilah kesendirian dan kebebasan Anda dengan nyaman. Lupakan segala pemikiran negatif tentang hidup sebagai single.

Bagi Anda yang masih sendiri berikut enam cara untuk menikmati waktu sendiri dengan bahagia seperti dilansir dari situs Allwomenstalk, Kamis (11/1/2018).

1. Siapa bilang sendiri itu tidak bahagia?

Stigma masyarakat saat ini bahwa sendiri merupakan hal yang menyedihkan. Hal ini membuat banyak orang memaksakan diri untuk menjalin hubungan. Padahal tidak ada hal buruk dengan menjalani hidup sendirian. Sembari menanti datangnya jodoh terbaik, Anda juga tetap bisa bahagia sendiri.

Tidak ada juga yang dapat menjamin berada dalam hubungan atau menikah selalu bahagia. Jadi, jika saat ini Anda masih sendiri nikmatilah kebebasan Anda dengan memberikan perhargaan kepada diri sendiri. Anda bisa merasakan kebahagian yang tidak mudah didapatkan semua orang.

2. Mengembangkan karir

Anda juga bisa fokus pada pekerjaan Anda di kantor. Menjalani hidup sendiri juga bisa membuat Anda memiliki waktu lebih banyak untuk meningkatkan pencapaian di kantor sehingga karir semakin berkembang. Hal ini tentu akan sulit Anda lakukan saat dalam hubungan atau menikah karena waktu yang kurang dan tanggung jawab yang lainnya.

 

 

3. Belajar bahwa Anda kuat dengan diri sendiri

Saat sendiri adalah waktu yang tepat untuk menyadari kekuatan Anda yang sesungguhnya. Tanpa bergantung dengan siapapun Anda dapat melakukan hal yang menjadikan diri lebih produktif. Saat Anda bertemu jodoh, akan lebih siap dan lebih mandiri karena telah terbiasa mandiri.

4. Memanjakan diri sendiri

Saat sendirian Anda memiliki waktu lebih untuk memanjakan diri sendiri. Anda bisa mengunjungi salon kecantikan, berlibur bersama sahabat, hingga hunting kuliner favorit Anda. Anda juga bisa menghabiskan waktu bersosialisasi dengan lingkungan di kafe atau tempat menyenangkan. Tanpa Anda sadari Anda menjadi pribadi yang lebih berwawasan dan bahagia.

5. Menemukan tujuan hidup

Menjalani hidup sendiri membuat Anda sering berrdialog dengan diri sendiri. Fokus Anda hanya pada diri sendiri sehingga dengan mudah bisa mempertanyakan apa yang menjadi tujuan hidup. Apa yang harus Anda lakukan dalam hidup ini, hal-hal seperti ini hanya dapat Anda temukan saat sendirian.

 

6. Mendapatkan tubuh yang lebih indah dan sehat

Ini menjadi sebuah fakta saat Anda sendirian tidak dalam sebuah hubungan lebih mudah mendapatkan tubuh yang proporsional dan sehat. Anda mudah mengatur waktu untuk olahraga membentuk tubuh sesuai dengan keinginan Anda. Anda melakukan semua ini untuk diri sendiri bukan untuk menyenangkan orang lain. Ketika akhirnya Anda bertemu dengan jodoh nantinya, Anda lebih siap dan menghargai diri sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Saksi soal Keponakan Setnov Barter Dolar di Singapura

Posted: 10 Jan 2018 09:43 PM PST

Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan saksi dari pihak swasta bernama Riswan alias Iwan Barawa dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi pengadaan proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto.

Anggota Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat tak banyak basa-basi. Hakim langsung bertanya perihal perkenalannya dengan Irvanto Hendra Pambudi yang merupakan keponakan Setya Novanto.

"Kenal Irvan?" tanya hakim yang diamini oleh Riswan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (11/1/2018).

Menurut Riswan, dirinya kenal dengan Irvan di awal tahun 2012. Riswan tak mampu mengingat waktu tepatnya pertama kali kenal dengan Irvan. Menurut Riswan, Irvan merupakan nasabahnya.

"Saya bekerja di Inti Valutama Money Changer, jual beli dolar," kata dia.

Menurut dia, Irvan sempat menemuinya di kantor hendak menukar uang dolar. Namun bukan penukaran uang dari dolar ke rupiah.

"Mau ketemu pimpinan (bos saya), tapi ketemu saya karena saya yang mengambil alih semuanya. Dia cerita mau barter dolar. Katanya dia ada dolar, dia mau tukar," terang Riswan.

 

Terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto meninggalkan ruangan sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (4/1). Majelis Hakim menolak nota keberatan atau eksepsi Setya Novanto atas surat dakwaan KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Hakim anggota pun mencecar lebih dalam terkait hal tersebut. Hakim merasa aneh dengan penukaran yang dilakukan oleh Irvan. Hakim pun bertanya apakah pada saat pertemuan tersebut Irvan membawa dolar.

"Enggak (bawa dolar). Dia cerita dia punya dolar di luar ngeri (Singapura), dia nggak mau jual, tapi dia mau terima uangnya di Jakarta dalam bentuk dolar, itu namanya barter. Itu sudah biasa," kata dia.

Lantaran Riswan tak memiliki jalur untuk penukaran uang dari luar negeri ke Tanah Air, Riswan meminta bantuan Komisaris PT Berkah Langgeng bernama Yuli Hara. Kemudian, Yuli Hara pun memberikan beberapa nomer rekening.

Beberapa rekening tersebut pun akhirnya menerima transferan dari Irvan sebesar USD 2,6 juta. Dari nilai uang tersebut, Riswan mengaku mendapat jatah Rp 100 dari tiap dolarnya.

"Rp 100 per 1 dolar. Saya Rp 60, Bu Yuli Rp 40," kata Riswan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Setya Novanto Sempat Diperiksa IDI, Apa Hasilnya?

Posted: 10 Jan 2018 09:43 PM PST

Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan, pihaknya masih memproses dugaan pelanggaran etik-profesi yang dilakukan dokter Bimanesh Sutarjo, dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau yang menangani Setya Novanto saat kecelakaan, 16 November 2017.

"Hasilnya belum diputuskan, saat ini masih berproses," kata Adib saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (11/1/2018).

Proses pemeriksaan dilakukan Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) IDI saat penanganan Setya Novanto di RS Medika Permata Hijau menjadi perbincangan publik.

IDI berinisiatf memeriksa dan menelaah apakah ada dugaan pelanggaran etik dan profesi dalam penanganan Ketua DPR nonaktif Setya Novanto saat itu.

"Yang bersangkutan sudah kita panggil, sudah kita klarifikasi, dan kemudian ini berproses tingkat dewan etik," beber Adib.

IDI juga akan melihat putusan atas dugaan melindungi Setya Novanto seperti yang disangkakan KPK kepada Bimanesh. Putusan tersebut nantinya akan turut menjadi pertimbangan IDI menjantuhkan sanksi kepada dokter tersebut.

"Putusan itu, hal-hal dinyatakan bersalah bisa dijadikan rujukan," ujar Adib.

IDI, kata Adib, akan berkoordinasi dengan KPK terkait dugaan melindungi tersangka Setya Novanto yang saat itu berstattus buronan.

"KPK akan berkoordinasi dengan IDI apakah ada berkaitan juga, dalam konteks keterangan ahli KPK akan melihar ada tidaknya pelanggaran etik profesi," kata Adib.

Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi di RS Medika Permata Hijau (Liputan6.com/ Andri Setiawan)

KPK menetapkan bekas pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi dan seorang dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo sebagai tersangka, keduanya diduga menghalang-halangi penyidikan KPK dalam kasus megakorupsi e-KTP.

"Penyidik meningkatkan status FY dan BST dari penyelidikan ke penyidikan. FY ini seorang advokat dan BST seorang dokter," kata pimpinan KPK Basaria Panjaitan, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2018).

KPK menduga data medis terdakwa kasus e-KTP, Setya Novanto, dimanipulasi. 

"FY dan BST diduga memasukkan tersangka SN (Setya Novanto) ke salah satu RS untuk dilakukan rawat inap dengan memanipulasi data medis," ujar Basaria Pandjaitan.

Menurut dia, skenario ini disusun untuk menghindari pemeriksaan Setya Novanto oleh penyidik KPK.

Kamis, 16 November 2017, Fredrich diduga menelepon dokter Bimanesh untuk memberitahukan soal rencana Setya Novanto masuk ke rumah sakit tempatnya praktik.

"Sebelum masuk ke RS, FY diduga sudah koordinasi dengan dokter. Dokter tersebut diduga sudah menerima telepon dari pihak pengacara bahwa SN akan dirawat," kata Basaria.

Padahal, lanjutnya, saat itu belum diketahui penyakit Setya Novanto. KPK pun menyangkakan Pasal 21 UU Tipikor jo Pasal 55 KUHP kepada tersangka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK Tolak Gugatan UU Pemilu yang Diajukan ACTA

Posted: 10 Jan 2018 09:41 PM PST

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan uji materi terkait Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang diajukan oleh Advokasi Cinta Tanah Air (ACTA). Adapun gugatan itu bernomor 44/PUU-XV/2017.

"Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima," ucap Ketua Majelis Hakim Arief Hidayat dalam persidangan MK, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Adapun, Majelis Hakim Anwar Usman mengatakan, alasan penolakan tersebut lantaran pemohon, dalam hal ini ACTA, tak menyantumkan nomor UU Pemilu serta tak menyertakan lembaran negara yang dimaksud.

"Pemohon tidak melakukan perbaikan. Alih-alih melakukan perbaikan sebagaimana dinasihatkan oleh panel hakim, pemohon justru menjelaskan pendapat pemohon perihal sahnya pemeriksaan pengujian undang-undang meskipun belum memiliki nomor," jelas Hakim Anwar.

Masih kata dia, pemohon juga telah melakukan perbaikan lagi. Namun, kembali tak mencantukan nomor UU Pemilu dan menyerahkan lembar negara dimaksud. Sehingga permohonan itu tidak memenuhi persyaratan atau dianggap prematur.

"Sehingga mahkamah tidak perlu mempertimbangkan kedudukan hukum (legal standing) pemohon dan pokok permohonan," tandas Anwar.

Belasan orang yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) hari ini menyambangi Mahkamah Konstitusi (MK), untuk mengajukan uji materi terhadap UU Pemilu. (Liputan6.com/Putu Merta SP)

Sebelumnya belasan orang yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) menyambangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang Pemilu yang baru disahkan. Mereka menguji terkait presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden.

UU Pemilu tersebut diujimaterikan oleh kader Partai Gerindra Habiburokhman. Dia juga merupakan Ketua Dewan Pembina ACTA.

"Kami mendaftarkan permohonan uji materi UU Pemilu 2017. Kami menganggap Pasal 222 UU Pemilu yang mensyaratkan parpol atau gabungan parpol pengusung calon presiden atau wakil presiden mempunyai setidaknya 20% kursi DPR atau 25% suara sah nasional pemilu sebelumnya, bertentangan dengan Pasal 4, Pasal 6A, Pasal 28D ayat 1 dan ayat 3 UUD 1945," kata pengacara Habiburokhman sekaligus Wakil Ketua ACTA Agustyar, di Jakarta, Senin 24 Juli 017 lalu.

Wakil Ketua ACTA lainnya Hendarsam Marantoko mengatakan, selain bertentangan dengan UUD 1945, ambang batas presiden 20-25% akan mempermudah presiden tersandera partai politik. Sehingga, bisa saja bagi-bagi jabatan kepada politikus dari partai pendukung.

Selain itu, kata Hendarsam, tidak ada ketentuan embel-embel berapa perolehan kursi parlemen atau suara sah nasional pemilu sebelumnya di UUD 1945 Pasal 6A.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis Dangdut Kecurian, Barang Berharga dan Uang Dibawa Kabur Mantan Asisten

Posted: 10 Jan 2018 09:41 PM PST

Bermodal kepercayaan terhadap mantan asisten pribadi, penyanyi dangdut Meta Nurmalasari menjadi korban pencurian rekannya sendiri. Sejumlah barang berharga dan uang dibawa kabur, saat Meta tengah tertidur.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (11/1/2018), penyanyi dangdut Meta Nurmalasari tidak menyangka pelaku pencurian adalah rekannya sendiri yang juga mantan asisten pribadinya.

Berawal dari perkenalan sejak dua tahun lalu, penyanyi yang akrab disapa Ratu Meta ini tidak memiliki prasangka apapun kepada Suryanto alias Cici.

Pelaku berhasil membawa kabur sejumlah barang berharga dan uang Rp 3 juta saat berada di hotel, Selasa malam. Pelaku melancarkan aksinya saat korban dan asisten pribadinya tengah tertidur pulas.

Saat ini pelaku telah berhasil diamankan aparat Polres Metro Jakarta Pusat. Kasusnya pun sudah dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Selatan. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sebuah tas dan telepon genggam sebagai barang bukti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayana Jihye Moon, Mantan Idol K-Pop yang Kini Berhijab

Posted: 10 Jan 2018 09:40 PM PST

Nama Ayana Jihye Moon belakangan tengah menjadi perbincangan hangat publik. Wanita yang akrab disapa Ayana Moon itu adalah seorang mualaf asal Korea Selatan.

 Ayana Jihye Moon [foto: instagram.com/xolovelyayana]

Menariknya lagi, Ayana Moon kabarnya adalah mantan personel girlband K-Pop F-VE Dolls atau biasa disebut 5Dolls. Sayangnya, hingga saat ini Ayana belum pernah membahas lebih jauh soal keterlibatannya dengan girlband tersebut.

Ayana Moon sendiri mencuri perhatian karena kecantikannya yang kini semakin bertambah usai berhijab. Lewat sebuah video singkat yang diunggah ke akun YouTube pribadinya, perempuan kelahiran 28 Desember 1995 itu menceritakan perjalanannya menjadi seorang mualaf.

 

Ayana Jihye Moon [foto: instagram.com/xolovelyayana]

Sebelum menjadi seorang muslim, Ayana Moon mengaku ketika masih kecil, dirinya membenci agama Islam. Kala itu terjadi perang di Irak dan sejak saat itu Ayana baru mengetahui ada agama Islam.

Dulu Ayana lebih banyak mendengar orang memandang negatif agama Islam. Sehingga ia pun berpikir demikian soal Islam. Namun rasa tertarik Ayana pada agama Islam terus bertumbuh.

"Islam adalah teroris, Islam & Al Qaeda, Islam & Taliban. Semua itu berputar dalam benakku," ungkap Ayana.

Sayangnya, saat itu dirinya belum bisa bahasa asing. Alhasil, ia hanya mendapat informasi soal agama Islam dalam bahasa Korea dan jumlahnya sedikit.

 

Ayana Jihye Moon

Hingga suatu hari, Ayana Moon mendapat kesempatan untuk mengikuti perkumpulan pemuda Muslim di Korea Selatan yakni Wamy Camp. Dari perkumpulan itu, Ayana pun banyak belajar soal Islam.

"Ketika masuk ke ruang perkumpulan, aku melihat kakak yang sangat cantik. Tidak ada yang aneh di sini, tidak satu pun pakai baju hitam," katanya.

Sampai akhirnya, Ayana Moon melihat sisi lain dari Islam yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Sempat takut, Ayana pun mantap memeluk agama Islam.

"Setiap minggu aku ikut program Salam Nuri di Masjid dan bertemu dengan mentorku Paman Amin. Aku belajar banyak darinya sampai aku menjadi muslimah," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perubahan Nama Jalan di AS Bikin Rusia Marah, Ada Apa?

Posted: 10 Jan 2018 09:35 PM PST

Rusia dibuat meradang setelah baru-baru ini pemerintah kota Washington DC mengganti nama jalan yang berada di depan gedung kedutaan besarnya di Amerika Serikat.

Nama jalan yang baru mengambil nama salah satu mendiang tokoh oposisi negara yang pernah berjuluk negeri tirai besi tersebut.

Seperti dilansir dari laman BBC, dewan kota setempat memilih menamai ulang jalan tersebut dengan nama Boris Nemtsov, seorang tokoh oposisi Rusia yang tewas tertembak di luar Kremlin pada 2015 lalu.

Secara khusus, penamaan ulang jalan terkait merujuk pada sebagian ruas jalan protokol Wisconsin Avenue yang melintas di depan Kedubes Rusia. Pernyataan resmi dari dewan kota menyebut keputusan itu sudah bulat sebagai bentuk penghargaan terhadap 'keberanian pejuang demokrasi'.

Keputusan tersebut sontak memicu kritik keras dari para politisi Rusia, termasuk salah satu anggota parlemennya menyebut hal itu sebagai 'trik kotor'.

Kantor berita resmi Rusia, Interfax, mengutip pernyataan pemimpin Partai Demokratik Liberal Rusia, Vladimir Zhirinovsky, menuding pemerintah Amerika Serikat (AS) dengan sengaja melakukan trik-trik kotor di depan Kedubes Rusia.

Politisi lain dari Partai Komunis, Dmitry Novikov, mengatakan pada kantor berita yang sama, "Pemerintah AS telah lama tenggelam dalam permainannya sendiri yang mengganggu urusan dalam negeri Rusia."

Mendiang Nemtsov sendiri merupakan seorang pengkritik keras Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia ditembak pada Februari 2015 ketika berjalan pulang dari sebuah restoran di Moskow.

Boris Nemtsov (AFP)

Penyematan nama Nemtsov sebagai nama jalan di Washington DC bukan tercetus begitu saja. Sang putri, Zhana, bercerita bahwa pemerintah Rusia terus berupaya menghilangkan jejak mendiang sang ayah dari memori publik.

Bahkan, sebuah altar peringatan kecil yang diletakkan di dekat lokasi penembakan, kerap diganti berkali-kali karena sering diserang vandalisme dan dibongkar sepihak oleh petugas kebersihan kota.

Zhana sendiri sempat terbang ke Washingtong DC untuk meneruskan proses advokasi untuk mengubah nama jalan terkait. Ia menyebut sang ayah sebagai 'pahlawan Rusia yang berpikiran terbuka' dan namanya pantas untuk diabadikan.

"Untuk saat ini, kami tidak dapat mengabadikannya di Rusia karena ancaman perlawanan keras yang sangat mungkin terjadi. Tapi, kami memiliki kesempatan baik di sini," jelas Zhara.

Pada pertengahan 2017, lima orang keturunan Chechnya terbukti bersalah atas penembakan terhadap Boris Nemtsov. Namun, keluarga dan para simpatisannya meyakini bahwa otak di balik pembunuhan tersebut masih bebas berkeliaran hingga kini.

Keputusan Washington DC itu diambil sehari setelah pemerinyah Turki melakukan hal serupa, mengubah nama jalan di depan Kedubes Uni Emirat Arab di ibu kota Ankara dengan merujuk nama seorang komandan militer yang tengah terlibat perselisihan diplomatik di antara kedua negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemeran Video Porno yang Libatkan Anak di Bawah Umur Hamil 6 Bulan

Posted: 10 Jan 2018 09:35 PM PST

Aparat Direktorat Kriminal Umum Polda Jawa Barat terus memeriksa para tersangka kasus pembuatan video porno yang melibatkan bocah laki-laki dan wanita dewasa. Dalam pemeriksaan diketahui pemeran video porno itu tengah hamil enam bulan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (11/1/2018), petugas Direktorat Kriminal Umum Polda Jawa Barat memeriksa para tersangka pada Rabu, 10 Januari 2018.

Selain memeriksa kejiwaan pelaku utama pembuatan video porno, petugas juga mendapat pengakuan wanita pemeran video porno tengah hamil enam bulan.

Hingga kini, petugas masih mengejar satu pelaku yang berperan sebagai penghubung. Aparat Polda Jawa Barat juga menjalin kerjasama dengan Bareskrim Mabes Polri untuk menelusuri adanya dugaan jaringan internasional yang terlibat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deisti Astriani Tagor Setia Ikuti Persidangan Setya Novanto

Posted: 10 Jan 2018 09:34 PM PST

Deisti Astriani Tagor mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Deisti duduk berdampingan dengan Idrus Marham di bangku pengunjung sidang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi E-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Deisti duduk berdampingan dengan Idrus Marham di bangku pengunjung sidang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor (kedua kanan) saat mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor (kedua kanan) saat mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Deisti duduk bersebelahan dengan Idrus Marham di bangku pengunjung sidang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Deisti duduk bersebelahan dengan Idrus Marham di bangku pengunjung sidang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor saat mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor saat mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor (kedua kanan) menghadiri sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Kamis (11/1). Deisti duduk bersebelahan dengan Idrus Marham di bangku pengunjung. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astriani Tagor (kedua kanan) menghadiri sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Kamis (11/1). Deisti duduk bersebelahan dengan Idrus Marham di bangku pengunjung. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: