Minggu, 14 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kompetisi Desain Label Botol Good Day Bertema Ramadan

Posted: 14 Jan 2018 09:50 PM PST

PT. Santos Jaya Abadi melalui Good Day mengadakan kompetisi untuk kamu yang gaul pecinta kreatif dan inspiratif. Dengan bertajuk, 'Good Day Gaul Creation - Label Design Competition', kompetisi tersebut bakal memberikan tantangan membuat desain label botol Good Day bertema Ramadan dan Idul Fitri.

Untuk mengikuti kompetisi tersebut, kunjungi website gaulcreation.gooddaygaul.com. Lalu peserta cukup lengkapi data yang dibutuhkan, seperti registrasi, unduh template & submit design. Hasil karya ditunggu paling lambat 19 Februari 2018.

Nantinya, hasil karya peserta, bakal dinilai oleh 3 juri. Juri pertama ialah, Darbotz, seniman mural Indonesia. Kedua, Martcellia Liunic yang akrab disapa Cella adalah perempuan yang mendirikan bisnis kreatif Liunic On Things. Terakhir ialah Tarra Budiman yang dikenal sebagai Creative Director brand streetwear lokal bernama LMT.

Bagi 4 Orang pemenang utama masing-masing akan mendapatkan 50 Juta Rupiah dan desain tercetak di packaging Good Day. Dan 10 finalis lainnya juga akan meraih uang tunai masing-masing senilai 2 Juta Rupiah.

Periode Kompetisi Good Day Gaul Creation Label Design Competition dimulai dari tanggal 01 Januari 2018 sampai dengan 19 Februari 2018. Materi kompetisi yang tidak dikirimkan pada batas waktu yang ditentukan dianggap hangus.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha Lexi 125 Tantang Honda Vario, Ini Bocoran Spesifikasinya

Posted: 14 Jan 2018 09:50 PM PST

Pasar skuter matik (skutik) di pasar otomotif Tanah Air bakal semakin seru. Pasalnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), baru saja memperlihatkan skutik terbarunya, Yamaha Lexi 125.

Dari foto-foto yang beradar luas di dunia maya, terlihat Yamaha Lexi 125 ini diperlihatkan di gelaran internal meeting pabrikan berlambang garpu tala tersebut.

"Iya, itu di internal meeting. Nanti buat media ada," jelas salah satu sumber Yamaha Indonesia melalui pesan elektronik kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2018).

Meskipun belum ada keterangan resmi dan spesifikasi detail, namun salah satu petinggi Yamaha Indonesia, M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT YIMM, telah membocorkan penampakan pesaing Honda Vario 125 melalui media sosial miliknya.

Bahkan, dari caption yang ditulisnya, Yamaha Lexi 125 ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup canggih.

"Breaking News ! Lexi 125 VVA Bluecore ! Teknologynya luar Biasa & Harganya Wow ! #vva #4valve #bluecore #Startstopsystem #Smartkey #hazard #yamahaindonesia #liveinhigherstage #yamaharacingindonesia #yamahasemakindidepan," tulis Abidin sebagai caption postingannya tersebut.

 

Yamaha Pamer Lexi 125, Siap Hajar Honda Vario 125? (Foto:Instagram Abidin San)

Jadi, jika melihat spesifikasinya, motor ini akan mengadopsi mesin VVA berkapasitas 125 Blue Core. Selain itu, model ini juga bakal mendapatkan fitur canggih, seperti start stop system dan smartkey.

Sementara dari desainnya, Yamah Lexi 125 ini memiliki desain kepala mirip dengan Yamaha NMax, menggunakan windshield. Motor ini juga dilengkapi lampu depan besar, dan sudah mengadopsi LED. Untuk posisi riding, motor ini juga terlihat seperti Yamaha NMax, dengan setang tinggi.

Dengan spesifikasi yang cukup lengkap, patut ditunggu harga yang bakal dipasang Yamaha Indonesia untuk model barunya ini. Jika harganya tidak melebih Rp 20 juta, siap-siap Honda Vario 125 tersaingi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keenan Pearce Menangis di Hari Pernikahan

Posted: 14 Jan 2018 09:50 PM PST

Keenan Pearce telah resmi menikahi Gianni Fajri di Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan, Bandung, Minggu (14/1/2018). Pernikahan mereka berlangsung dengan penuh kebahagiaan dan kehangatan.

Kebahagiaan Keenan Pearce bertambah berkali lipat karena pernikahannya bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke 27. Di sela pesta pernikahannya yang mengusung teman garden party, sanak keluarga Keenan memberi sebuah kejutan.

Seorang pria berjalan menghampiri Keenan Pearce membawa kue ulang tahun lengkap dengan lilinnya. Tak bisa menahan rasa harunya, Keenan Pearce pun nampak mengangis.

Gianni Fajri yang berdiri di samping Keenan pun memperlihatkan reaksi yang sama. Ia tak bisa membendung air mata bahagia. Hari itu benar-benar terasa spesial untuk keduanya.

Setelah mengucapkan permohonananya dalam hati, Keenan Pearce meniup lilin yang diikuti dengan tepuk tangan dari seluruh tamu undangan.

 

Di bawah indahnya lampu hias, Keenan dan Gian kemudian menari bersama. Menghabiskan indahnya malam dengan penuh kebahagiaan.

"Hanya ingin bilang, betapa bahagiannya aku melihat kalian. Semoga kalian hidup bahagia selamanya. Kalian berdua adalah konstelasi bintang yang luar biasa. Aku mencintai kalian," kata sahabat Keenan dan Gian, Ainuno.

Ucapan selamat dari para pengguna Instagram pun mengalir deras untuk Keenan Pearce dan Gianni Fajri. Tak sedikit pula yang mengungkap canda bahwa stok pria tampan dan lajang di Tanah Air semakin berkurang.

"Selamat semoga langgeng sampai kakek nenek, maut memisahkan," tulis @shophoshop.

"Keenan,,ya ampun terharunya akuuuu," sahut @ratnabebeh.

"Duh makin langka bin cowo kece,gue ga di sisain," ungkap @riantyannisa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ombudsman Minta Kementan Jangan Sampaikan Data Salah Stok Beras

Posted: 14 Jan 2018 09:49 PM PST

Ombudsman Republik Indonesia meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk tidak lagi menyampaikan informasi stok beras yang tidak akurat kepada publik.

Hal ini menyusul terjadinya gejolak harga beras yang terjadi beberapa waktu terakhir ini akibat kelangkaan beras medium.

Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih mengungkapkan, selama ini Kementan selalu menyatakan jika produksi beras suplus dan stok cukup. Pernyataan tersebut hanya didasarkan pada perkiraan luas panen dan produksi gabah tanpa disertai jumlah dan sebaran stok beras secara riil.

‎"Kami menyarankan pemerintah menghentikan pembangunan opini-opini surplus yang berlebihan," ujar dia di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Dia menuturkan, gejala kenaikan harga beras sebenarnya sudah terjadi sejak akhir tahun, tanpa adanya temuan penimbunan dalam jumlah yang besar. Hal ini mengindikasikan kemungkinan proses mark up data produksi dalam model perhitungan yang digunakan selama ini.

Alamsyah menambahkan, akibat penyataan suplus yang tidak didukung data akurat tentang jumlah dan sebaran stok beras yang sesungguhnya di masyarakat, membuat pengambilan keputusan terkait perberasan berpotensi keliru.

"Ombudsman menyarankan juga (Kementan) melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program cetak sawah, LTT (luas tambah tanam), benih subsidi, dan pemberantasan hama oleh Kementan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Seorang kuli angkut memanggul beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Senin (25/9). Penetapan HET beras kualitas medium zona Sumatera, NTT serta Kalimantan Rp 9.950 dan 13.300 per kilogram untuk kualitas premium. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka keran impor beras khusus sebanyak 500 ribu ton.

Impor tersebut dilakukan guna menjamin tersedianya pasokan beras di dalam negeri dan menurunkan harga beras di pasaran. Harga beras mengalami kenaikan diduga karena data produksi beras yang tak akurat.

Pengamat Pertanian dan juga Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor ( IPB) Dwi Andreas Santosa menyatakan, masalah harga beras naik seharusnya bisa diredam jika terdapat data yang jelas. Selama ini, harga beras sering naik karena data produksi dan konsumsi tak jelas.

"Jadi kebijakan pangan didasarkan pada data yang tidak akurat selama ini," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 14 Januari 2018.

Dampak dari data yang tak akurat ini kemudian merembet karena Kemendag harus impor. Dibukanya keran impor beras ini akan merugikan petani lokal. Sebab beras yang diimpor tersebut diperkirakan baru akan masuk berbarengan dengan masa panen petani pada Maret 2018.

"Keputusan impor sekarang ini akan menghancurkan harga gabah di level usaha tani, di saat panen raya pada Maret. Dan keputusan impor ini tidak akan berpengaruh besar terhadap harga, kecuali hanya secara psikologis," ujar dia.

Meski Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan beras impor tersebut akan masuk pada akhir Januari, namun Andreas tidak yakin beras tersebut akan masuk sesuai jadwal. Pasalnya, waktu pengiriman dari negara asal beras ke Indonesia setidaknya membutuhkan waktu 1,5 bulan.

"Karena dari Port (pelabuhan negara asal beras) to Port (ke pelabuhan di Indonesia) sekitar 3 minggu, dengan negosiasi perdagangannya itu butuh 1 minggu kalau bisa cepat. Itu sudah 1 bulan. Belum loading dan uploading, kemudian juga distribusi. Sehingga totalnya butuh waktu 1,5 bulan," kata dia.

Dengan perhitungan itu, lanjut dia, maka 500 ribu ton beras khusus tersebut baru ‎akan masuk ke Indonesia pada Maret atau bertepatan dengan musim panen di dalam negeri. Kecuali, jika sebelumnya memang telah ada kesepakatan untuk melakukan impor beras.

"Artinya beras impor ini akan masuk di akhir Februari atau di awal Maret. Ya tidak mungkin (masuk di akhir Januari). Kecuali sudah ada negosiasi sebelumnya. Berasnya sudah ada di tengah laut. Kalau baru diputuskan sekarang ya tidak mungkin akhir Januari, mau dipercepatan kaya apapun. Kecuali mau diterbangkan dengan pesawat ke Indonesia," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Isak Tangis Keluarga Kru Kapal Tanker yang Terbakar

Posted: 14 Jan 2018 09:45 PM PST

Sebuah kapal tanker berbendera Panama terbakar di laut China Selatan. Tercatat 32 orang kru berkebangsaan Iran berada di dalam kapal tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mereka yang Pernah Menjulang di Piala Presiden

Posted: 14 Jan 2018 09:45 PM PST

Piala Presiden 2018 bakal mulai bergulir besok (16/1/2018). Laga Persib Bandung kontra Sriwijaya FC akan menjadi pembuka turnamen Piala Presiden tahun ini,

Yang menarik, laga pembuka ini sekaligus ulangan final Piala Presiden 2015, di mana Maung Bandung jadi jawara lewat kemenangan 2-0. Sementara pada Piala Presiden tahun lalu, Arema FC keluar sebagai juara usai menundukkan Borneo FC 5-1 di final.

 

Piala Presiden kali ini dibagi menjadi lima grup dan masing-masing diisi empat tim. Pemenang turnamen ini dua edisi sebelumnya merupakan klub yang memiliki basis pendukung besar seperti Persib dan Arema.

Cristian Gonzales tahun lalu menjadi pencetak gol terbanyak Piala Presiden bersama Arema. Penyerang naturalisasi asal Uruguay ini menjaringkan 11 gol selama turnamen.

 

Sementara pada Piala Presiden 2015, Zulham Zamrun yang kala itu berkostum Persib, dinobatkan sebagai top scorer. Zulham total menyarangkan enam gol sepanjang turnamen ini.

 

Selain bergelar top scorer, Zulham juga terpilih sebagai pemain terbaik Piala Presiden 2015. Penampilan gemilangnya membawa Persib menjadi juara Piala Presiden 2015.

Pada Piala Presiden 2017, gelar pemain terbaik jatuh ke Adam Alis Setyano, yang saat itu membela Arema. Pada Piala Presiden tahun ini, Adam Alis memperkuat Sriwijaya FC.

Sayangnya, pada Piala Presiden tahun ini, Gonzales tidak didaftarkan masuk skuat Arema. Sedangkan Zulham berseragam PSM Makassar. 

Tahun lalu, Madura United mendapat penghargaan Tim Paling Fair Play di Piala Presiden. Sementara Sriwijaya FC mendapatkan gelar itu pada edisi 2015.

Dibanding edisi 2015, Piala Presiden 2017 lebih banyak dalam memberikan penghargaan. Gelar pemain muda terbaik didapat bintang muda Persib, Febri Hariyadi.

Selain itu, terdapat penghargaan suporter terbaik Piala Presiden 2017, yang diberikan kepada bobotoh, sebutan pendukung Persib. Musthofa Umarella menjadi wasit terbaik Piala Presiden 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Hidup untuk Meningkatkan Kesuburan Anda

Posted: 14 Jan 2018 09:45 PM PST

Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita merasa sulit untuk hamil. Hal tersebut dikarenakan alasan medis seperti gangguan ovulasi, sindrom ovarium polikistik (PCOS), cadangan ovarium yang rendah serta faktor dari kualitas sperma yang lemah dari pria. Tapi tahukah Anda, di antara alasan tersebut ternyata gaya hidup pun memiliki pengaruh yang besar?Dirangkum dari hellomagazine.com, berikut merupakan gaya hidup yang harus Anda terapkan untuk meningkatkan kesuburan yang direkomendasikan oleh Dr. Walker, seorang spesialis kesuburan Institut Marquès.

1. Jauhi Rokok dan Alkohol

Meskipun sesekali segelas alkohol tidak membahayakan kesuburan Anda, alangkah lebih baik jika seseorang tidak mengkonsumsinya. Selain akan mengganggu kesuburan, konsumsi alkohol juga akan memperburuk kesehatan. Hal ini pun berlaku pada rokok.

Ilustrasi menjaga pola makan. (Boldsky.com)

Tak banyak orang tahu, ternyata diet sehat juga membawa manfaat untuk kesuburan seseorang. Hal ini dikarenakan diet yang mengandung nutrisi dan mineral yang tepat akan meningkatkan sistem reproduksi serta mengatur hormon. Pastikan diet Anda mencukupi kebutuhan protein, zat besi, seng, vitamin C, dan vitamin D tubuh.

3. Seks Teratur

Hal ini sangat jelas manfaatnya, namun Anda harus perhatikan frekuensinya. Apalagi bagi pria, ejakulasi teratur bisa meningkatkan kualitas sperma.

Konon, lima zodiak ini punya sifat iri yang besar. Siapa sajakah mereka? (Sumber foto: unsplash.com)

Studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara stres dan ketidaksuburan. Stres dapat mengatur produksi hormon tubuh Anda, membuat siklus haid tidak teratur. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya libido, yang pada gilirannya dapat mengurangi jumlah hubungan sekssehingga menurunkan peluang untuk hamil.

5. Perhatikan Siklus Haid

Bagi wanita, memperhitungkan siklus haid bisa membantu Anda mengetahui masa subur. Jika siklus haid Anda biasanya berlangsung 28 hari maka kemungkinan Anda akan berovulasi pada hari ke 14 setengah jalan melalui siklus Anda. Oleh karena itu, masa subur Anda antara hari ke 10 dan 14 atau 15.

6. Jaga Berat Badan

Kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon tertentu yang mengganggu ovulasi. Hal ini juga berlaku saat Anda kehilangan berat badan secara drastis. 

 

(rizqi rosmalawati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lantai Gedung BEI Ambruk, Banyak Korban Luka

Posted: 14 Jan 2018 09:42 PM PST

Balkon lantai 1 Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) ambruk. Banyak korban mengalami luka dan patah tulang.

"Saya lihat banyak orang terluka di evakuasi ke luar gedung," kata salah seorang pegawai Issa Almawadi, kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2018).

Issa melihat mereka mengalami luka di kepala, "Dan ada yang mengaku patah tulang," kata Issa.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar puku 11. 50 WIB. Belum diketahui sebab ambruknya balkon lantai gedung satu dekat tower dua BEI tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hapus Kesan Kotor, Saluran Got di Jepang Diubah Jadi Menggemaskan

Posted: 14 Jan 2018 09:42 PM PST

Industri saluran air limbah di Jepang menemukan cara unik dalam menyingkirkan citra kotor dan bau dari sebuah got. Inisiatif ini disebut "manhole", yaitu melukis saluran pembuangan.

Sebanyak 1.700 saluran got yang ada di perkotaan dan pedesaan di Jepang disulap menjadi wujud yang menarik.

Saluran pembuangan itu dibubuhi lukisan berwarna-warni dan digambari 12.000 tokoh kartun lokal, termasuk desain Hello Kitty, sehingga tampak kawaii (lucu).

Saluran air di Jepang dilukis dengan berbagai macam desain lucu dan menarik, salah satunya Hello Kitty. (AFP/Japan Today)

Desain tersebut melambangkan panduan instan untuk menuju ke suatu tempat, karena menampilkan sejarah, cerita rakyat, atau benda yang menjadi ciri khas kota itu: desain kastil mewakili sebuah kota kuno, jembatan gantung mewakili sebuah pelabuhan dan Gunung Fuji mewakili sebuah kota yang ada di kakinya.

Di kota Tama, yang terletak di wilayah barat Tokyo, penduduk setempat menyematkan harapan mereka pada ikon kartun Jepang, Hello Kitty, untuk menarik perhatian wisatawan, tepatnya di samping taman kota.

"Kami senang jika orang-orang datang dan berjalan-jalan di kota kami sambil mencari-cari manhole Hello Kitty," kata pimpinan proyek tersebut, Mikio Narashima, dikutip dari Channel News Asia, Senin (15/1/2018).

Secara keseluruhan, ada sekitar 15 juta manhole di Jepang. Sebagian kecil telah memiliki penutup yang didesain penuh warna, dicat dengan hati-hati.

Biaya untuk melukis satu penutup got sekitar US$ 600, namun harga disesuaikan dengan jumlah warna dan tingkat detail yang digunakan.

Saluran air di Jepang dilukis dengan berbagai macam desain lucu dan menarik, salah satunya Hello Kitty. (AFP/Japan Today)

Veteran Shoji Morimoto mengaku bahwa rasa penasarannya membuncah setelah mengetahui saluran got di kota pusat Fukui digambari dua burung phoenix.

Dia kemudian mengetahui bahwa burung-burung imajiner itu merupakan simbol kebangkitan kota dari serangan udara mematikan Amerika Serikat tahun 1945 dan sebuah gempa dahsyat tiga tahun kemudian.

"Saya kadang-kadang melakukan penelitian mengapa kota ini memiliki desain tertentu. Saya terkesan setiap kali saya mengetahui bahwa desain itu mewakili sejarah dan budaya kota," kata Morimoto.

Saluran air di Jepang dilukis dengan berbagai macam desain lucu dan menarik, salah satunya Hello Kitty. (AFP/Japan Today)

Morimoto menambahkan, harga untuk satu desain manhole memang terbilang mahal, namun desain tersebut melambangkan orang-orang Jepang yang menyukai hal-hal detail.

Ia mengaku bahwa dirinya telah melihat semua manhole yang ditempatkan di daerahnya, di Fukui.

"Sekarang saya harus melakukan perjalanan jauh. Rasanya seperti berburu harta karun untuk orang dewasa," tutur pria berusia 48 tahun ini.

Di sisi lain, lebih dari 3.000 orang dikabarkan telah menghadiri pertemuan puncak manhole di Jepang barat pada bulan November lalu.

Sejak keberadaan manhole mulai terkenal di Negeri Sakura dan menyebar di media sosial, orang-orang berbondong-bondong menemukan keberadaan manhole terbaik melalui hashtag #manhotalk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Balkon Atap BEI Ambruk, Sejumlah Orang Panik dan Jadi Korban

Posted: 14 Jan 2018 09:41 PM PST

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarta, Senin (15/1). Sejumlah orang yang diduga tertimpa puing langsung dievakuasi ke luar BEI. (Liputan6.com/istimewa)

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarta, Senin (15/1). Sejumlah orang yang diduga tertimpa puing langsung dievakuasi ke luar BEI. (Liputan6.com/istimewa)

Sejumlah orang mengevakuasi korban dari robohnya balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarat, Senin (15/1). Insiden itu menyebabkan kerusakan di bagian gedung kawasan Bisnis Sudirman tersebut. (Liputan6.com/istimewa)

Sejumlah orang mengevakuasi korban dari robohnya balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarat, Senin (15/1). Insiden itu menyebabkan kerusakan di bagian gedung kawasan Bisnis Sudirman tersebut. (Liputan6.com/istimewa)

Reruntuhan balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) yang roboh, Jakarta, Senin (15/1). Puing dikabarkan menimpa sejumlah orang yang sedang berada di dalam gedung. (Liputan6.com/istimewa)

Reruntuhan balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) yang roboh, Jakarta, Senin (15/1). Puing dikabarkan menimpa sejumlah orang yang sedang berada di dalam gedung. (Liputan6.com/istimewa)

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarta, Senin (15/1). Belum diketahui penyebab robohnya balkon tersebut. (Liputan6.com/istimewa)

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarta, Senin (15/1). Belum diketahui penyebab robohnya balkon tersebut. (Liputan6.com/istimewa)

Sejumlah orang mengevakuasi korban dari robohnya balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarat, Senin (15/1). Pegawai dan pengunjung yang diduga tertimpa puing langsung dievakuasi ke luar BEI. (Liputan6.com/istimewa)

Sejumlah orang mengevakuasi korban dari robohnya balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarat, Senin (15/1). Pegawai dan pengunjung yang diduga tertimpa puing langsung dievakuasi ke luar BEI. (Liputan6.com/istimewa)

Sejumlah orang mengevakuasi korban dari robohnya balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarat, Senin (15/1). Insiden itu menyebabkan kerusakan di bagian gedung kawasan Bisnis Sudirman tersebut. (Liputan6.com/istimewa)

Sejumlah orang mengevakuasi korban dari robohnya balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh, Jakarat, Senin (15/1). Insiden itu menyebabkan kerusakan di bagian gedung kawasan Bisnis Sudirman tersebut. (Liputan6.com/istimewa)

Reruntuhan balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) yang roboh, Jakarta, Senin (15/1). Puing dikabarkan menimpa sejumlah orang yang sedang berada di dalam gedung. (Liputan6.com/istimewa)

Reruntuhan balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) yang roboh, Jakarta, Senin (15/1). Puing dikabarkan menimpa sejumlah orang yang sedang berada di dalam gedung. (Liputan6.com/istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Dengar Dentuman Saat Lantai BEI Ambruk

Posted: 14 Jan 2018 09:40 PM PST

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) ambruk pada Senin (15/1/2018). Saksi mengaku mendengar suara dentuman pada saat kejadian.

"Denger suara orang-orang teriak, lalu ada dentuman," ujar seorang saksi mata di BEI, Issa, kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Setelah itu, dia berlari ke asal suara. Seluruh ruangan tempat kejadian, dipenuhi debu tebal.

"Sudah ada bekas debu lumayan tebal di lantai 1 debu-debu saya dilihat sudah ada orang tergeletak," tutur Issa, yang merupakan jurnalis yang meliput di BEI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disentil soal Kewarganegaraan, Anggun Malah Tertawa

Posted: 14 Jan 2018 09:40 PM PST

Nama Anggun C Sasmi saat ini tengah naik daun di kancah musik internasional berkat lagu barunya, "What We Remember". Single milik penyanyi Prancis asli Indonesia tersebut berhasil duduk di tangga lagu Billboard yang sangat bergengsi.

Namun, prestasi tersebut sempat diwarnai oleh isu seputar kewarganegaraan setelah salah satu akun gosip mengunggah sebuah artikel berisi wawancara Anggun dengan sebuah majalah.

Penyanyi Anggun C Sasmi membawakan lagu Bayang-Bayang Ilusi pada Konser Diaspora Indonesia di Main Hall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7). Selain Anggun, konser ini juga menampilkan Maudy Ayunda dan Laya Pesulima. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam artikelnya, Anggun menyampaikan alasan-alasan menohok untuk berpindah kewarganegaraan dari Indonesia menjadi warga negara Prancis. Bahkan, ada satu pernyataan yang dari Anggun bahwa ia tak dibantu oleh pemerintah Indonesia.

Tak disangka, Anggun pun menanggapi unggahan tersebut dengan reaksi cukup santai. Melalui akun Instagram @anggun_cipta, ia menuliskan reaksinya dalam sebuah keterangan untuk video unggahannya. Video tersebut memerlihatkan Beyonce yang tengah tertawa.

 

sumber foto: Instagram Anggun C Sasmi

"Hari gini masih aja komentar ttg kewarganegaraan? Itu berita tahun 2001, kalian telat 17 tahun. Indo - Perancis so whaaaaaat??? LOL," tulis Anggun C Sasmi sebagai keterangan fotonya, Minggu (14/1/2018).

Tanggapan Anggun C Sasmi itu menimbulkan beragam reaksi dari warganet. Sebagian besar mendukung Anggun dan beberapa dari mereka juga melontarkan candaan yang cukup unik.

"Hahahaha... Beritanya kek umur aku. Tapi masih tua an aku. 😂😂 Fighting mbak @anggun_cipta," ujar @dzikriofficial. "Semangat terus berkarya dimanapun dinegara manapun," kata @vrudiyanto. "Udah mba @anggun_cipta jangan ngelayanin segelintir orang yang nyinyir, nila setitik... Rusak susu sebelanga," tulis @eddy_pwr.

Anggun C Sasmi. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Penyanyi yang juga kita kenal sebagai Anggun itu, saat ini tengah bertaji di tangga musik internasional. Berkat lagu terbarunya, "What We Remember", Anggun tengah bertengger di Billboard Top 50 Dance/Club Songs Chart.

Anggun C Sasmi sempat duduk di posisi ke-50 tangga lagu bergengsi itu. Ia lalu melompat ke posisi ke-38. Kabar tersebut sempat diumumkan sendiri oleh Anggun melalui Instagram @anggun_cipta.

Pada 20 tahun lalu, Anggun merilis single "Snow On The Sahara" hingga menjadi legenda Asia sebagai artis kelahiran Indonesia yang pertama (dan satu-satunya hingga kini) dalam sejarah menduduki Billboard charts sebanyak tiga kali: Adult Pop 40 (posisi 22), Dance Songs (posisi 16) dan album Heatseekers (posisi 23).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rafflesia Langka Berkelopak Tujuh Mekar Sempurna

Posted: 14 Jan 2018 09:33 PM PST

Satu bunga langka Rafflesia arnoldii berkelopak tujuh mekar sempurna di kawasan belukar sekitar Sungai Penangkulan Desa Manau IX Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

"Ini pertama kali terjadi yang kami saksikan bunga Rafflesia arnoldii dengan tujuh kelopak, karena normalnya lima kelopak," kata Koordinator Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka, Andri Yan, saat dihubungi dari Bengkulu, Senin (15/1/2018), dilansir Antara.

Ia mengatakan kelopak bunga mulai membuka pada Minggu siang, 14 Januari 2018. Anggota komunitas langsung mempublikasikan keberadaan bunga tersebut di media sosial.

Awalnya, kata Andri, mereka tidak menyangka bunga itu berkelopak tujuh, sehingga penghitungan dilakukan beberapa kali.

"Kami sempat mengira salah lihat dan salah hitung. Ternyata setelah diulang beberapa kali memang kelopaknya tujuh," ucapnya.

Sejak hari pertama mekar, bunga Rafflesia itu sudah dikunjungi masyarakat, khususnya pelajar dari SMA Negeri 2 Kaur dan anggota Pramuka dari Maje Nasal sebanyak 60 orang.

Kondisi bunga pada hari kedua, menurut Andri, diperkirakan akan mekar sempurna dan jumlah kelopak akan lebih jelas terlihat. Anggota komunitas sudah membuat jalur setapak untuk memudahkan pengunjung menyaksikan keunikan bunga langka dengan tujuh kelopak tersebut.

"Ini momen langka. Jadi, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan bunga Rafflesia dengan tujuh kelopak bisa langsung datang ke Desa Manau IX," ucapnya.

Desa Manau IX di Kecamatan Padang Guci Ulu dapat ditempuh selama empat jam menggunakan roda dua dari Kota Bengkulu. Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Padang Guci telah menyiapkan rumah tinggal bagi pengunjung dari luar kota.

Puspa langka Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Gaduntesis mekar sempurna di hutan lindung Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Di balik keindahannya, puspa langka Rafflesia arnoldii menyimpan mitos mengerikan yang dipercaya masyarakat Provinsi Bengkulu, terutama masyarakat Suku Rejang dan Suku Serawai. Masyarakat Suku Rejang mendiami daerah perbukitan yang membentang dari Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, dan Lebong. Daerah-daerah itu habitat Rafflesia Arnoldii.

Dari reportase Liputan6.com, sebagian warga setempat menyebut bunga ikon Bengkulu itu sebagai bunga Bokor Setan. Sebagian lainnya menyebutnya sebagai Ibeun Sekedei atau Cawan Hantu. Penamaan itu merujuk bentuk bunga yang menyerupai bokor atau tempat sirih.

Suku Rejang memercayai bunga tersebut sebagai bokor sirihnya para penunggu hutan, baik itu berupa makhluk mistis maupun hewan buas, seperti harimau. Karena itu, warga Suku Rejang dulunya sangat menghindari bunga Raflesia di tengah hutan.

Mitos hantu, setan, hingga harimau yang begitu kuat melekat di benak suku Rejang membuat warga selalu menyingkir jika bertemu bunga itu. Tidak ada warga yang berani mengusik karena mereka takut terkena bala. Karena itu, bunga bangkai bisa berkembang baik di kawasan hutan Bengkulu.

Berbeda dengan Suku Rejang, warga Suku Serawai memberikan nama berbeda bagi bunga raksasa tersebut. Masyarakat setempat menyebut Raflesia Arnoldii dengan sebutan Begiang Simpai atau bunga monyet. Penamaan itu merujuk pada keanehan bunga yang tumbuh tanpa musim.

Ketiadaan daun dan akar yang jelas dari bunga ini membuatnya dipercaya sebagai bunga mistis. Sebagian warga menyimpulkan bunga itu selain milik penunggu hutan, juga bunga yang muncul karena sisa makanan monyet.

"Umumnya warga Suku Serawai, tidak akan mengusik bunga ini. Karena percaya bunga ini, kalau tidak membawa keberuntungan, pasti membawa kesialan," ujar Noca Alinin, warga Desa Ulu Talo, Kabupaten Seluma.

 

Puspa langka Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Gaduntesis mekar sempurna di hutan lindung Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Rafflesia arnoldii adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan menjadi bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) tetrastigma dan tidak berdaun, sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma.

Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong.

Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik, bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga.

Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari), lantas setelah itu layu dan mati. Persentase pembuahan sangat kecil karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam seminggu. Itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

Peneliti bunga Rafflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Setyanto, menyebutkan parasit langka itu dikategorikan tumbuhan unik.

"Bunga ini memiliki siklus hidup mencapai lima tahunan dan cuma memiliki masa mekar dari 3 hari hingga 8 hari," ujar Agus.

Bunga Rafflesia yang mekar umumnya akan mengeluarkan aroma bangkai seperti daging busuk. Aroma inilah yang kemudian memancing lalat dan serangga lainnya untuk penyerbukan. Setelah itu, mahkota bunga pun membusuk.

Bagian dasarnya akan membentuk buah dan biasanya ini akan menjadi benih yang kemudian dimakan oleh sejumlah binatang hutan seperti musang, tupai atau landak. "Sebab itu, bunga ini begitu unik dan mengagumkan," ujar Agus.

Penamaan bunga raksasa itu tidak terlepas dari sejarah penemuannya pertama kali pada 1818 di hutan tropis Bengkulu. Tepatnya di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Karena itu pula, Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

Seorang pemandu yang bekerja pada Dr Joseph Arnold adalah penemu bunga raksasa itu pertama kali. Dr Joseph Arnold sendiri saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin Thomas Stamford Raffles. Karena itu penamaan bunga itu menggabungkan nama Raffles dan Arnold.

Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Sedangkan di Pulau Jawa, hanya tumbuh satu jenis Rafflesia, yaitu Rafflesia padma.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Minta Farhat Abbas Jangan Baper

Posted: 14 Jan 2018 09:30 PM PST

Nikita Mirzani terancam akan dipolisikan Farhat Abbas terkait dugaan pencemaran nama baik. Farhat Abbas merasa tersinggung dengan ucapan Nikita Mirzani dalam sebuah acara talkshow dan berniat melaporkan janda dua anak itu ke polisi. 

Ketika ditanya mengenai ancaman Farhat Abbas tersebut, Nikita Mirzani pun memberikan jawabannya. 

"Oh tidak masalah. Nama baik yang mana yang dicemarkan? Itu yang jadi pertanyaan," ujar Nikita Mirzani di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

 

 

Farhat Abbas [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

Malahan Nikita Mirzani menyebut Farhat Abbas terlalu sensitif sebagai lelaki. Seharusnya mantan suami Nia Daniati itu, kata Nikita, dapat memahami bahwa ia diundang dalam acara gosip yang bakal menjadi perbincangan. Oleh karena itu, Nikita Mirzani berharap Farhat Abbas bisa menerima konsekuensi tersebut.

"Jadi harus siap diomongin, mau itu baik atau tidak baik. Kalau enggak baik ya diklarifikasi, kalau baik ya syukur berarti beritanya positif," kata Nikita Mirzani.

"Jadi harap dimaklumi saja enggak usah baper (terbawa perasaan), enggak usah sakit hati," sambungnya.

Nikita Mirzani (Bambang E Ros/Bintang.com)

Terkait ancaman Farhat Abbas, Nikita Mirzani tak mau ambil pusing. Ia takkan meladeni apa yang dilakukan pengacara 41 tahun tersebut.

"Semua orang berhak melaporkan siapa saja, tapi ya itu yang dilaporkan atas dasar apa, bagaimana, kenapa," kata ucap pemain film Comic 8 tersebut.

Nikita Mirzani. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Seperti diketahui, dalam acara talkshow salah satu stasiun televisi, beberapa waktu lalu, Nikita Mirzani sempat menyinggung perihal masalah Farhat Abbas dengan Vicky Prasetyo. Nikita Mirzani mengatakan bahwa jika dirinya dituding sebagai penipu seperti dialami Vicky Prasetyo, maka ia akan melakukan ini.

"Aduh Farhat apa sih mau lu? Coba dia bilang penipu depan muka gue, jangankan digituin sama gue, gue masukin sepatu gue nih yang murah," ledek Nikita Mirzani sambil tertawa.

"Eh enggak boleh gitu. Dia pengacara loh gitu juga, tapi tumben ya dia enggak pakai sepatu duri-duri, jangan-jangan sudah dijual-jualin. Habis ini gue yang dilaporin, capek deh," ceplosnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mali Ingin Raih Gelar Piala Presiden 2018 Bareng Persib

Posted: 14 Jan 2018 09:30 PM PST

Setiap pesepak bola tentu ingin meraih prestasi tertinggi bersama tim yang dibelanya. Ini pula yang diinginkan bek anyar Persib, Bojan Malisic.

Dia berharap ajang Piala Presiden 2018 bisa menjadi torehan gelar perdana baginya saat membela tim kebanggaan bobotoh.

"Saya berharap bisa terus bermain baik di lapangan. Harapan saya buat Persib, semoga bisa memenangi gelar atau mendapatkan trofi," kata dia, Minggu (14/1/2018).

Menurutnya, persiapan timnya tidak jauh berbeda dengan para pesaingnya. Namun, motivasi dan fokus harus menjadi pembeda agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

"Persiapan saya sama dengan semua pemain. Saya sangat termotivasi dan fokus untuk laga mendatang dan berharap kita menang," jelas dia.

 

 

Bek Persib Bandung, Achmad Jufriyanto. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Mali kemungkinan bakal berduet dengan Achmad Jufriyanto di lini pertahanan Persib. Apalagi setelah Victor Igbonefo dipanggil timnas Indonesia.

Soal ini, Mali menyerahkan keputusan kepada pelatih. Dia juga mengatakan, Jupe sebagai pemain berkualitas.

"Saya tidak tau siapa yang akan bermain. Pelatih akan menentukan dan saya masih belum tahu apa-apa. Dia adalah pemain bagus. Saya berharap kita bisa saling mendukung," ucapnya.

Persib Latihan (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Persib Bandung bakal menghadapi Sriwijaya FC dalam laga perdana Piala Presiden Grup A yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (16/1/2018).

Laga perdana Piala Presiden 2018 ini rencanana bakal dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Piala Presiden digelar di 5 kota dan diikuti oleh 20 tim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyanyi Iis Sugianto Penuhi Panggilan KPK Terkait Suap Garuda

Posted: 14 Jan 2018 09:30 PM PST

Penyanyi Istiningdiah Sugianto atau Iis Sugianto memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap pengadaan mesin Rolls-Royce untuk pesawat Airbus milik PT Garuda lndonesia (Persero) Tbk. Iis Sugianto akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Dirut Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ESA (Emirsyah Satar)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (15/1/2018).

Berdasarkan pantauan, Iis Sugianto tiba di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018), sekitar pukul 10.30 WIB.

Mengenakan jaket yang dipadu dengan kemeja putih serta kacamata hitam dan syal bewarna biru, Iis terlihat didampingi sejumlah orang saat tiba di Gedung KPK.

Selain Iis, penyidik juga memeriksa Dirut PT Muhi Rekso Abadi Soetikno Soedarjo sebagai saksi untuk kasus Emirsyah Satar.

KPK telah menetapkan dua tersangka terkait kasus tersebut, yaitu Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo yang merupakan presiden komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA).

Emirsyah Satar dalam perkara ini diduga menerima suap 1,2 juta euro dan US$ 180 ribu atau senilai total Rp 20 miliar serta dalam bentuk barang senilai US$ 2 juta yang tersebar di Singapura dan Indonesia dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce dalam pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS pada periode 2005-2014 di PT Garuda Indonesia Tbk.

Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia 2005-2014 Emirsyah Satar usai diperiksa KPK, Jakarta, Jumat (17/2). Emirsyah Satar diperiksa untuk pertama kalinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Pemberian suap itu dilakukan melalui seorang perantara Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd yang berlokasi di Singapura.

Soektino diketahui merupakan Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi (MRA), satu kelompok perusahaan di bidang media dan gaya hidup.

Rolls Royce oleh pengadilan di Inggris berdasarkan investigasi Serious Fraud Office (SFO) Inggris sudah dikenai denda 671 juta pound sterling (sekitar Rp 11 triliun). Itu karena mereka melakukan praktik suap di beberapa negara, antara lain Malaysia, Thailand, Tiongkok, Brasil, Kazakhstan, Azerbaizan, Irak, dan Angola.

KPK awalnya menerima laporan dari SFO dan Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) Singapura yang sedang menginvestigasi suap Rolls Royce di beberapa negara, SFO dan CPIB pun mengonfirmasi hal itu ke KPK termasuk memberikan sejumlah alat bukti.

KPK melalui CPIB dan SFO juga sudah membekukan sejumlah rekening dan menyita aset Emirsyah yang berada di luar negeri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kapal Tanker Terbakar, 32 Tewas

Posted: 14 Jan 2018 09:30 PM PST

Kapal tanker bermuatan 136 ribu kondensat meledak hingga mengakibatkan kebakaran besar. Kapal yang berangkat dari Iran menuju Korea Selatan itu akhirnya tenggelam.

Sebanyak 32 kru kapal tewas, dan hanya tiga jenazah yang ditemukan. Belum diketahui penyebab ledakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

370 Ribu Pengguna Gugat Apple Terkait iPhone Lemot

Posted: 14 Jan 2018 09:30 PM PST

Apple menerima gugatan class action terbesar yang dialamatkan kepada perusahaan. Bagaimana tidak, lebih dari 370 ribu orang di Korea Selatan menggugat Apple karena secara sengaja dan diam-diam membuat perangkat iPhone lemot.

Mengutip laman Softpedia, Senin (15/1/2018), firma hukum setempat, Hannuri Law, meminta kepada semua pengguna yang terdampak untuk ikut serta menggugat perusahaan AS tersebut.

Adapun gugatan ini dimulai pada Desember 2017 dengan 67 ribu orang dan kini sudah 370 ribu orang yang menuntut Apple.

Sampai saat ini, Apple belum memberikan komentar terkait gugatan yang dilayangkan. Sementara, Hannuri Law mengatakan, langkah hukum tersebut dilayangkan ke Pengadilan Distrik Pusat Seoul minggu ini.

Disebutkan dalam gugatan, Apple telah melanggar undang-undang setempat yang mengharuskan perusahaan untuk membagi seluruh rincian peningkatan perangkat lunak, sehingga pelanggan dapat memutuskan apakah mereka ingin menerima update terbaru atau tidak.

Dengan memaksa iPhone menginstal versi terbaru iOS yang memperlambat performa perangkat, Apple disebut-sebut telah melanggar regulasi yang dimaksud.

Pihak Hannuri Law juga menyebut, Apple seharusnya membayar ganti rugi sebesar US$ 2.000 (setara Rp 25 juta) per orang yang iPhone-nya menjadi lemot karena update iOS.

iPhone 6s mejeng di iBox mal Central Park, Jakarta Barat. (Liputan6.com/Agustinus M Damar)

Apple, Rabu (20/12/2017), mengumumkan mereka memang sengaja membuat performa iPhone lawasnya lebih lambat.

Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertino itu mengungkap, pembaruan software yang mereka gulirkan belum lama ini hadir untuk melindungi baterai lithium ion yang menua. Konsekuensinya, pembaruan ini akan memperlambat kinerja sistem operasi.

Adapun iPhone lawas yang dimaksud mulai dari iPhone 6s, 6s Plus, 6, 6 Plus, dan SE. iPhone 5s ke bawah tak terhitung lagi karena Apple mengklaim iPhone tersebut sudah berstatus obsolete (usang).

Seperti dilansir CNET, baterai lithium ion di deretan iPhone yang disebutkan di atas akan berisiko merusak iPhone jika tidak diperbaiki. Karena itu, Apple sengaja merilis perbaikan dalam bentuk pembaruan software untuk menanggulangi isu ini.

Salah satu upaya yang dilakukan Apple sebetulnya sudah tampak pada pembaruan iOS 10.2.1 pada tahun lalu, yakni fitur Battery Power Management. Dengan demikian, fitur ini membantu performa baterai iPhone menjadi lebih hemat.

Apple sendiri menjelaskan upaya tersebut merupakan pilihan terbaik demi pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dalam pernyataan resminya, perusahaan yang digawangi Tim Cook tersebut mengklaim baterai lithium ion semakin lama tidak bisa menyuplai daya yang mendukung performa dalam kondisi dingin.

Dengan demikian, performa daya akan menurun dan bisa mematikan perangkatnya sendiri untuk melindungi komponennya.

"Tahun lalu, kami merilis fitur Battery Power Management untuk iPhone 6, iPhone 6s, dan iPhone SE untuk menghemat baterai saat hanya dibutuhkan saja. Kini, fitur tersebut juga hadir untuk iPhone 7 pada pembaruan sistem operasi iOS 11.2," tulis Apple.

3 masalah baterai di iPhone dan cara mengatasinya. (Doc: Ars Technica)

"Kami tahu bahwa sebagian pengguna merasa Apple telah mengecewakan. Untuk itu, kami meminta maaf," ujar perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut.

Sebagai gantinya, perusahaan berjanji akan menghadirkan fitur anyar di iOS yang dapat membantu pengguna mengetahui kesehatan baterai perangkatnya.

Dengan fitur yang akan rilis pada awal 2018 ini, pengguna dapat lebih waspada apabila baterai yang digunakan di perangkatnya sudah terbilang usang dan tak lagi mendukung performa perangkat.

Dikutip dari The Verge, perusahaan juga menawarkan promosi bagi pengguna iPhone 6 hingga versi lebih lawas untuk membeli baterai dengan harga lebih murah, yakni US$ 29 dari harga normal US$ 50. Promosi ini berlaku sepanjang 2018.

Sebagai informasi, baterai memang alasan utama Apple memperlambat kinerja sistem operasi di sejumlah iPhone lawas. Hal itu dilakukan untuk melindungi baterai lithium ion yang makin termakan usia.

Keputusan ini menurut sejumlah pihak telah mengubah kebijakan Apple. Sebelumnya, Apple pernah menyebut pengguna iPhone tak perlu mengganti baterai yang ada di perangkatnya, tapi tampaknya kebijakan itu kini telah berubah.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Pemprov DKI Hidupkan Becak untuk Pariwisata

Posted: 14 Jan 2018 09:29 PM PST

Pemprov DKI Jakarta berencana menghidupkan kembali moda transportasi becak di Ibu kota. Transportasi tersebut dinilai dapat menunjang pariwisata Jakarta.

"(Becak) untuk pariwisata kita sambungkan dengan beberapa destinasi wisata kita. Itu yang jadi pemikiran," kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Senin (15/1/2018).

Becak-becak itu, lanjut dia, dapat menjadi moda transportasi wisata lantaran memiliki kelebihan. Yaitu tidak menghasilkan limbah alias ramah lingkungan.

"Kita pastikan bahwa sebagai bagian dari angkutan ramah lingkungan," kata dia.

Menurut Sandi, saat ini kendaraan menyerupai becak masih beroperasi di kawasan Jakarta Utara. Adanya becak itu juga dinilai dapat membuka lapangan pekerjaan warga.

"Kemarin di Lagoa, di Jakarta Utara itu masih banyak dari pasar ke pasar itu angkutannya itu gerobak dalam bentuk becak. Nanti itu. Kita kearifan lokal saja kita lihat bagaimana penyelesaiannya," ucap Sandi.

Meski rencana operasi becak melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, Sandi meminta warga tidak berspekulasi.

"Nanti kita lihat dulu. Jangan terlalu berspekulasi dulu. Kita pastikan dulu supaya tidak menimbulkan pesan membingungkan di masyarakat," ujar dia.

 

Becak di Jakarta (Liputan6.com/Muslim AR)

Pemprov DKI telah melarang becak setelah terbit Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Sejak itu nyaris sirna.

Moda transportasi ini sebenarnya telah hilang dari aspal Ibu Kota sejak era Gubernur Ali Sadikin. Bahkan pada 1980, becak-becak itu menjadi buruan petugas untuk kemudian dibuang ke Teluk Jakarta menjadi tempat berkembang biak ikan.

Namun para pengayuh becak itu tak menyerah. Mereka tetap beroperasi di sejumlah daerah secara sembunyi-sembunyi. Bahkan mereka sempat berdemonstrasi di Balai Kota menuntut perda larangan becak direvisi.

Meski demikian, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kala itu menjadi gubernur DKI bergeming. Ia tetap melarang becak beroperasi di Ibu Kota untuk mengatasi kemacetan Jakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan: Bisa Swasembada Beras Bukan Berarti Tak Butuh Impor

Posted: 14 Jan 2018 09:29 PM PST

Pemerintah memutuskan untuk mengimpor 500 ribu ton beras khusus. Hal ini untuk menambah pasokan demi menurunkan harga beras yang melonjak di pasaran.

Lantas, apakah pembukaan keran impor ini menjadi tanda jikaIndonesia sulit mencapai swasembada beras?

"Definisi swasembada apa? Dulu tanggal 10 November 1984, itu kita didaulat menjadi swasembada pangan. Pada saat itu masih ada impor 414 ribu ton," kata Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman usai membuka Rapat Kerja Nasional Pertanian Tahun 2018 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (15/1/2018).

Dia mengatakan, tahun 2016 dan 2017 tidak ada impor beras medium. Amran mengklaim, hal tersebut merupakan swasembada beras.

"Tahun 2016-2017 tidak ada impor beras medium. Iya, swasembada," kata dia.

Dia melanjutkan, tahun 2016 dan 2017 tidak impor. Padahal, waktu itu diterpa El Nino. Dia bilang, rekomendasi impor keluar di tahun 2015.

"Ini tanaman semusim, satu kali panen 3 kali sebulan, harus dijaga dalam setahun. Tahun 2017 nggak impor, 2016 nggak ada impor. Hanya saja ada yang masuk ini yang perlu kami jelaskan kan sering dipertanyakan rekomendasi impor keluar di 2015, waktu itu ada El Nino tapi menvebrang ke Januari pengirimannya, tapi rekomendasinya keluar 2015. Sehingga, 2016-2017 nggak ada impor," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan tidak ada uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk mengimpor beras khusus. Meskipun beras khusus tersebut akan dijual di dalam negeri dengan harga setara dengan beras medium.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pembelian beras asal Vietnam dan Thailand tersebut dilakukan oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Dana yang disiapkan untuk impor tersebut telah disiapkan oleh PPI.

"Tidak ada dana APBN, itu pasti. PPI itu menjadi pintu sehingga kita bisa mengatur. Mereka bisa bermitra dengan pengusaha beras," ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Selain itu, meski merupakan beras khusus, harga beras tersebut lebih murah dibandingkan beras medium yang dijual di Indonesia. Oleh sebab itu, dengan dijual setara dengan medium akan tetap memberikan keuntungan.

"Di sana lebih murah. Dan kita sudah sepakati untung tidak boleh gede-gede. Dan harus dijual (dengan harga) medium. Kalau rugi dikit nanti kita kasih lagi yang lain," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan untuk membuka keran impor beras khusus. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin ketersediaan beras di dalam negeri dan sebagai salah satu langkah untuk menekan harga beras di pasaran.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, pihaknya akan membuka impor beras khusus sebanyak 500 ribu ton. Beras tersebut rencananya akan mulai masuk pada akhir Januari 2018.

"Untuk mengisi gap ini, saya tidak mau mengambil risiko kekurangan pasokan saya mengimpor beras khusus. Yang diimpor 500 ribu ton, start awal," ujar dia.

Enggar mengungkapkan, beras tersebut akan dipasok dari dua negara, yaitu Thailand dan Vietnam. Namun, dia memastikan beras yang diimpor tersebut bukan jenis beras yang sudah mampu diproduksi di Indonesia.

"Dari berbagai negara yang ada. Dari Vietnam, Thailand, kita masukkan.‎ Beras yang tidak ditanam di dalam negeri. ‎Beras IR64 tidak kami impor, tetapi kami memasok beras impor," kata dia.

Menurut dia, impor beras dilakukan guna mengisi pasokan beras di dalam negeri sambil menunggu masa panen pada Februari-Maret 2018. Dengan adanya tambahan beras impor ini diharapkan tidak ada kekhawatiran soal kelangkaan dan kenaikan harga beras.

"Kita sambil menunggu karena panen ada setiap hari, hanya jumlahnya yang berbeda, diperkirakan Februari-Maret akhir baru ada. Dengan demikian, maka tidak ada kekhawatiran kekurangan pangan. Masalah perut, masalah pangan itu menjadi prioritas, jangan kita mengambil risiko dan ada pertentangan, petani juga konsumen. Dia juga harus memberi beras dan tidak boleh ada kekosongan pasokan," tandas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Yakin Luka Bakar di Wajah Balita di Tasikmalaya Ulah Bibi Korban

Posted: 14 Jan 2018 09:29 PM PST

Setelah melakukan pemeriksaan selama dua hari, petugas Reskrim Polres Tasikmalaya, Jawa Barat akhirnya menetapkan Desi Kristanti, tante Fredi, balita yang mengalami penyiksaan sebagai tersangka.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (15/1/2018), polisi mengaku memiliki bukti kuat jika wanita tersebut telah melakukan penganiayaan terhadap korban. Dari sekedar mencubit, memukul hingga menendang perut balita berusia 1,5 tahun itu.

Polisi juga yakin, bekas luka bakar di wajah Fredi juga karena ulah tersangka.

Balita Fredi meninggal dunia dua hari lalu saat coba diselamatkan tim media Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Saat datang, tubuh mungil bocah malang ini penuh dengan luka di sekujur tubuhnya.

Pada Minggu, 14 Januari kemarin, jenazah Fredi telah dimakamkan dengan dilepas Desi, ibu kandung korban yang baru tiba dari Bojonegoro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Beras Naik, Usah Takut Kelaparan Jika Tak Makan Nasi Putih

Posted: 14 Jan 2018 09:28 PM PST

Tenang saja, tak perlu khawatir kelaparan atau hidup berakhir jika kita tidak makan nasi putih di saat harga beras naik. Oleh karena, Indonesia punya banyak pangan yang merupakan sumber karbohidrat, pengganti nasi putih.

Hal itu dibenarkan oleh Ir Asih Setriani MSc, Staf Pengajar Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), saat dihubungi Health Liputan6.com pada Senin, 15 Januari 2018.

Kita bisa memilih kentang, roti, maupun ubi untuk disantap. Jadi, tidak ada alasan tubuh bakal kekurangan sumber karbohidrat dari nasi putih, karena sudah diganti oleh makanan jenis itu.

"Cuma masalahnya, pola pikir masyarakat kita, belum makan nasi putih itu belum makan, padahal itu salah sama sekali," kata Asih.

Simak video menarik berikut ini:

 

Nasi Putih Bikin Gemuk? Ini Faktanya

Nasi putih sudah terpatri di kepala banyak orang Indonesia sebagai sumber energi. Sugesti yang tanpa sadar membuat tubuh jadi melemah, jika mulut belum merasakan adanya bulir-bulir nasi masuk ke dalam.

Harga beras naik semestinya bisa jadi kabar bahagia. Mengingat pola konsumsi beras di Indonesia yang terlalu tinggi jika dibanding Malaysia dan Thailand.

Menurut Asih, berdasarkan sebuah data, konsumsi beras di Indonesia mencapai 139 kilogram per orang per tahun. Sementara Malaysia hanya 70 kg per orang per tahun dan Thailand mencapai 80 kg per orang per tahun.

"Kalau diambil rata-ratanya memang segitu. Ini sungguh luar biasa," ujar Asih.

 

Apakah nasi putih atau nasi merah membuat Anda gemuk?

Sulit memang mengajak orang Indonesia, yang berada di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera, untuk mengganti nasi putih dengan sumber makanan lain.

Mereka padahal tahu, terlalu banyak mengonsumsi nasi putih tidak bagus untuk kesehatan. Kalau mau bicara kenyang pun, banyak makanan pengganti nasi putih yang mengenyangkan.

Dengan harga beras naik lagi, Asih berharap bisa membawa perubahan pada pola makan nasi putih orang Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Letjen Agus Resmi Jabat Pangkostrad, Mayjen Andika Dankodiklat

Posted: 14 Jan 2018 09:27 PM PST

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono resmi melantik Letjen Agus Kriswanto sebagai Pangkostrad. Tongkat estafet ini diberikan Letjen Edy Rahmayadi yang memilih pensiun dini untuk berkontestasi di Pilkada Sumatera Utara 2018.

"Berkaitan serah terima jabatan ini, saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pejabat lama atas pengabdiannya yang begitu besar selama bertugas dalam mendukung tugas pokok TNI AD," kata Mulyono dalam upacara sertijab di Mabes Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2018).

Serah terima jabatan ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018. Pada surat itu, Letjen Edy dimutasi sebagai perwira tinggi Mabes TNI AD.

KSAD Mulyono juga melantik beberapa jabatan perwira tinggi dan satu perwira menengah.

Mereka adalah Mayjen Andika Perkasa yang menggantikan Letjen Agus Kriswanto sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat TNI AD).

Jabatan Mayjen Andika yang saat ini duduk di kursi Pangdam XII/Tanjungpura, diserahkan kepada Mayjen Achmad Supriyadi.

Selain itu, KSAD Mulyono juga melantik jabatan Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak ke Mayjen TNI Benny Susianto. Diketahui, Komaruddin dimutasi menjelang masa pensiunnya sebagai prajurit TNI AD.

Terakhir, nama Brigjen TNI Kurnia Dewantara dipercaya menempati jabatan baru sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Danses Koad), dan Kolonel Inf Urip Wahyudi yang dilantik sebagai Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Dansecapaad).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Flyover Pancoran Resmi Dibuka Tanpa Uji Beban

Posted: 14 Jan 2018 09:23 PM PST

Flyover Pancoran sudah mulai dibuka pagi ini. Tetapi, flyover tersebut belum melakukan uji beban dan mendapatkan sertifikasi laik jalan.

Meski begitu, flyover ini tetap dibuka untuk para pengendara yang akan menuju kawasan Kuningan-Semanggi. Menurut Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hananto Krisna, pihaknya sudah melakukan koordinasi-koordinasi dengan pihak terkait.

"Jadi kita sudah berkoordinasi dengan Komisi Keselamatan Jalan dan Terowongan bahwa kita sudah sampaikan ke mereka bahwa akan dibuka dahulu nanti berikutnya akan dilakukan uji beban oleh komisi," ujar Hananto di flyover Pancoran, Senin (15/1/2018).

Dia mengatakan, proses uji beban dan sertifikasi tersebut hanya memakan waktu satu jam saja.

"Itu mungkin itu nanti dilakukan malam hari sekitar jam 00.00 WIB, karena itu juga sepi, nah pada saat itu kita akan uji beban dengan komisi. Kita sudah koordinasi dengan mereka," ucapnya.

Hananto menyebut, standar bebannya mengikuti sesuai yang berlaku di Kementerian. Karena menurutnya, jalanan tidak tidak bisa menunggu dan itu juga sesuai dengan apa yang dibilang oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah.

"Seperti disampaikan Pak Kadishub bahwa kita terkait dengan traffic yang padat, jadi kita supaya mencegah kemacetan lebih banyak, ya kita buka lebih dahulu, sambil kita lakukan proses untuk uji beban di komisi," terang dia.

Sejumlah kendaraan melintasi flyover (jalan layang) Pancoran yang mulai dibuka untuk umum, Jakarta, Senin (15/1). Jalan layang dua lajur tersebut dibangun tepat di sebelah tol Dalam Kota dengan lebar mencapai 90 meter. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Hananto menegaskan, yang dilakukan ini tidak menabrak atau melanggar aturan yang sudah ada. "Kita sudah koordinasi ke mereka, sudah kirim surat ke komisi dan kita sampaikan ke mereka, mereka cukup mengerti," tegas Hananto.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah sudah bicara terkait dengan belum keluarnya sertifikasi flyover Pancoran ini. Andri menegaskan kalau hal tersebut dilakukan sambil berjalan saja. Karena, kata dia, transportasi ini tidak bisa menunggu.

"Kita juga sangat yakin, kualifikasi yang memang dari pihak penyelenggara, dalam hal ini pihak pelaksana, oleh karena itu sambil berjalan. Terkait masalah SLF, tetapi kalau masalahnya ditunda-tunda hampir 60 persen perjalanannya itu stuck," jelas Andri.

Flyover atau jalan layang Pancoran, Jakarta Selatan sudah resmi dibuka sejak pukul 06.17 WIB tadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balkon Atap Tower II BEI Ambruk

Posted: 14 Jan 2018 09:21 PM PST

Balkon lantai 1 tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh pada Senin (15/1/2018). Belum diketahui penyebab robohnya balkon tersebut.

"Satu lantai ambruk di depan tower II BEI. Baru saja," ujar Pegawai BEI saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, belum tahu penyebabnya apa. "Belum tahu karena apa. Saya juga kasihan dengan orang-orang terkena timpahan tembok," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Ini, Dua Primadona Sinetron Adu Akting di Orang Ketiga

Posted: 14 Jan 2018 09:20 PM PST

Wajah cantik nan sendu Marshanda segera menghiasi layar SCTV. Bintang sinetron papan atas Indonesia ini siap menyapa pecinta sinetron lewat akting dan peran terbarunya dalam sinetron anyar SCTV berjudul Orang Ketiga. Sinetron ini akan tayang mulai Senin, 15 Januari 2018 malam ini.

Orang Ketiga jadi judul kedua yang dibintangi Marshanda di SCTV sejak Sinemart boyongan pada Februari 2017 silam. Sebelumnya, Marshanda kembali ke SCTV lewat sinetron Tikus dan Kucing. Hanya saja, sinetron ini hanya bertahan 10 hari tayang dari 3 Juli hingga 12 Juli 2017 lalu, dengan total hanya 11 episode saja. Padahal, sinetron ini jadi ajang reuni Marshanda dengan Baim Wong di layar kaca.

Tak heran, banyak yang mendoakan Orang Ketiga bakal bisa lebih baik lagi. Tak hanya itu, sinetron ini pun diharapkan bisa memperbaiki kembali citra Marshanda sebagai salah satu pesinetron paling berpengaruh. Terlebih di Orang Ketiga, Marshanda harus berbagi layar dengan sesama pesinetron populer lainnya, yaitu Naysilla Mirdad.

 

Dalam sinetron Orang Ketiga, ia akan beradu akting aktor senior Naysilla Mirdad atau biasa disapa Nay. Dalam sinetron terbarunya, ibu satu anak itu akan berperan sebagai Yuni. (Instagram/marshanda99)

Sekitar sepuluh tahun silam, keduanya pernah mendapat pengakuan sebagai pesinetron wanita dengan sinetron hits yang meraup rating tinggi. Marshanda yang saat itu lebih sering bermain di sinetron religi pengisi bulan Ramadan, adalah jaminan mutu. Nyaris tak ada sinetronnya yang tak digandrungi para pecinta sinetron.

Nyaris serupa Marshanda, Naysilla pun adalah kesayangan pecinta sinetron. Duetnya dengan Dude Harlino paling ditunggu. Dan seperti Marshanda pula, Naysilla adalah sang 'rating maker'. Satu kesamaan yang nyata dari keduanya, mereka sama-sama piawai memerankan gadis atau wanita miskin namun tangguh, yang mencuri simpati penonton.

 

Adegan Orang Ketiga (SCTV)

Kini, keduanya bakal saling unjuk akting terbaik mereka di sinetron Orang Ketiga. Menariknya, karakter yang mereka mainkan nanti bukanlah peran sempurna. Naysilla yang didapuk sebagai peran utama wanita pertama memerankan tokoh Afifah, diceritakan seorang ibu rumah tangga yang begitu naif pada kehidupan rumah tangganya. Afifah menikmati hidupnya bersama sang ibu yang gila harta.

Sementara Marshanda sendiri mendapat tantangan peran sebagai Yuni, wanita idaman lain di kehidupan rumah tangga yang dijalani Afifah dan Aris (Rionaldo Stokhorst). Bisa dibilang, ini pertama kalinya bagi kelahiran 10 Agustus 1989 tersebut perankan tokoh kontroversial.

Lantas, mampukah Marshanda tampil gemilang seperti ia torehkan di saat masa jayanya? Dan siapakah yang bakal lebih bersinar antara Marshanda dan Naysilla Mirdad di Orang Ketiga nanti? Simak akting, peran, dan kisah persaingan mereka selengkapnya dalam sinetron terbaru SCTV, Orang Ketiga, mulai Senin, 15 Januari 2018 malam ini, yang akan tayang setiap harinya pada pukul 21.30 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Anyar Valverde Bersama Barcelona

Posted: 14 Jan 2018 09:16 PM PST

Barcelona berjaya di markas Real Sociedad, Stadion Anoeta, Minggu (14/1/2018) atau Senin (15/1/2018) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memetik sejarah pribadi.

Pada laga kontra Real Sociedad, Barcelona tertinggal lebih dulu setelah tuan rumah mencetak gol via Willian José (11') dan Juanmi (34'). Setelah itu, Barcelona "mengamuk" dengan menggelontorkan empat gol ke gawang lawan via Paulinho (39') Luis Suárez (50', 71') dan Lionel Messi (85').

Hasil tersebut membuat Valverde membawa Barcelona mengoleksi 51 poin pada musim ini. Artinya, angka itu menjadi yang terbaik ketiga sepanjang sejarah Barcelona, ketika La Liga memasuki jornada 19 alias separuh dari perjalanan kompetisi.

Catatan poin terbanyak Barcelona. (FCBarcelona)

Koleksi angka armada Valverde musim ini hanya kalah dari dua pendahulunya, yakni Tito Vilanova pada 2012-2013, dengan koleksi 55 poin dan Barcelona era Pep Guardiola musim 2010-2011 (52 poin).

Hasil tiga angka dari markas Real Sociedad membuat Barcelona mencatat 16 kemenangan dan tiga seri. Catatan lainnya, Barcelona tak terkalahkan dalam 29 laga terakhir di seluruh turnamen pada musim 2017-2018.

Valverde mengakui tak mudah menuai kemenangan di kandang Real Sociedad. "Pertandingan yang sangat berat bagi seluruh pemain. Anda bisa kehilangan angka di mana pun. Banyak tim bagus di La Liga musim ini, termasuk Sociedad, namun saya yakin Barcelona adalah tim yang sulit ditaklukkan," kata sang entrenador.

Sumber: FCBarcelona

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam, Siaran Langsung MU Vs Stoke

Posted: 14 Jan 2018 09:15 PM PST

Pekan 23 Liga Inggris tinggal menyisakan satu laga lagi. Manchester United (MU) akan menjamu Stoke City nanti malam atau Selasa (16/1/2018) dinihari WIB.

Setan Merah memburu poin penuh atas Stoke. Kemenangan akan membuka kembali peluang mereka menjadi juara Liga Inggris musim ini. 

Pasalnya semalam pemuncak klasemen Manchester City untuk pertama kalinya musim ini menelan kekalahan. The Citizens takluk 3-4 dari Liverpool.

Jika menang, MU akan memangkas jarak dengan rival sekotanya itu menjadi 12 poin.

Manajer MU Jose Mourinho bisa menurunkan kekuatan terbaik. Hanya Zlatan Ibrahimovic dan Eric Bailly saja yang tidak bisa diturunkan oleh Setan Merah.

 

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Jadwal Liga Inggris

03.00 WIB: MU vs Stoke City (Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose dengan Pedagang Jengkol, Ridwan Kamil Ledek Syahrini

Posted: 14 Jan 2018 09:10 PM PST

Syahrini kerap memperlihatkan barang-barang mewahnya di media sosial. Hampir semua orang tahu harta yang dimilikinya, termasuk Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Namun, untuk barang yang satu ini diyakini Ridwan Kamil tak dimiliki Syahrini. Yaitu, sebuah celemek bermotif monochrome brand merek mahal dunia

Ridwan Kamil ledek Syahrini (Foto: Instagram)

Ridwan Kamil mengungkapkannya di akun Instagram pribadinya, Minggu (14/1/2018). Ia pun mengunggah foto seseorang wanita yang memakai celemek tersebut.

"Selamat pagi. Jualan boleh semur jengkol di Pasar Cihapit, tapi Apron alias Celemek nya LV limited edition. Ceu @princessyahrini juga pasti tidak punya," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

 

 

 

Ridwan Kamil pose bareng Song Joong Ki (Foto: Instagram)

Ridwan Kamil kerap mengunggah pose-pose kocak, yang membuat banyak orang tertawa. Seperti kala dirinya foto bareng idol K-Pop, Song Joong Ki.

Tentu saja, pose itu bikin heboh penggemar Ridwan Kamil. Padahal mereka pun sudah tahu kalau foto tersebut hasil editan namun tetap saja mereka menganggap Ridwan Kamil sebagai kembaran Song Joong Ki.

Syahrini seolah menyindir seseorang (Foto: Instagram)

Sebelum diledek Ridwan Kamil, Syahrini pun menyindir seseorang yang telah menirukan gaya dan penampilannya saat berada di dalam jet pribadi.

Sayangnya, Syahrini tidak menyebutkan nama maupun inisial seseorang tersebut. Ia justru mengetag kan nama temannya, seolah itu merupakan candaan belaka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Beras Tak Akurat, Ini Pembelaan Mentan Amran

Posted: 14 Jan 2018 09:10 PM PST

Kementerian Pertanian (Kementan) menyerahkan data produksi beras ke Badan Pusat Statistik (BPS). Hal tersebut untuk menanggapi masalah data produksi beras yang diduga menjadi akar masalah tingginya harga di pasaran.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan hal itu usai membuka Rapat Kerja Nasional Pertanian Tahun 2018 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (15/1/2018).

"Data serahkan BPS kita satu pintu. Yang terpenting adalah kita melihat tidak ada impor jagung masuk di Indonesia 2017," kata dia.

Menanggapi perdebatan data pasokan beras, Amran menggunakan hitungan kasar. Dia mengatakan, musim tanam berlangsung pada Oktober. Jadi, dengan umur padi sekitar tiga bulan, maka panen akan terjadi pada Januari.

"Logika sederhana ya Oktober hujan, sepakat? Umur padi tiga bulan. Daripada kugunakan data, daripada diperdebatkan kita hitung-hitungan di lapangan. Oktober hujan, berarti tanam. Umur padi tiga bulan, Oktober, November, Desember, berarti Januari ada panen," ujar dia.

Selanjutnya, panen akan terus berlangsung dan mencapai puncaknya pada Februari.

"Ada ya, kalau ada berarti ada, Februari lihat. Kalau normal, Februari masuk panen puncak. Februari, Maret April," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Seorang kuli angkut memanggul beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Senin (25/9). Penetapan HET beras kualitas medium zona Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, NTB dan Sulawesi Rp 9.450/kg dan Rp 12.800 untuk beras premium (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemendag membuka keran impor beras khusus sebanyak 500 ribu ton. Impor tersebut dilakukan guna menjamin tersedianya pasokan beras di dalam negeri dan menurunkan harga beras di pasaran. Harga beras naik diduga karena data produksi beras yang tak akurat.

Pengamat Pertanian dan juga Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas Santosa menyatakan, masalah harga beras naik seharusnya bisa diredam jika terdapat data yang jelas. Selama ini, harga beras sering naik karena data produksi dan konsumsi tak jelas.

"Jadi kebijakan pangan didasarkan pada data yang tidak akurat selama ini," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 14 Januari 2018.

Dampak dari data yang tak akurat ini kemudian merembet karena Kemendag harus impor. Dibukanya keran impor beras ini akan merugikan petani lokal. Sebab, beras yang diimpor tersebut diperkirakan baru akan masuk berbarengan dengan masa panen petani pada Maret 2018.

"Keputusan impor sekarang ini akan menghancurkan harga gabah di level usaha tani, di saat panen raya pada Maret. Dan keputusan impor ini tidak akan berpengaruh besar terhadap harga, kecuali hanya secara psikologis," ujar dia.

Meski Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan beras impor tersebut akan masuk pada akhir Januari, Andreas tidak yakin beras tersebut akan masuk sesuai jadwal. Pasalnya, waktu pengiriman dari negara asal beras ke Indonesia setidaknya membutuhkan waktu 1,5 bulan.

"Karena dari port (pelabuhan negara asal beras) to port (ke pelabuhan di Indonesia) sekitar tiga minggu, dengan negosiasi perdagangannya itu butuh satu minggu kalau bisa cepat. Itu sudah satu bulan. Belum loading dan uploading, kemudian juga distribusi. Sehingga totalnya butuh waktu 1,5 bulan," kata dia.

Dengan perhitungan itu, lanjut dia, maka 500 ribu ton beras khusus tersebut baru ‎akan masuk ke Indonesia pada Maret atau bertepatan dengan musim panen di dalam negeri. Kecuali, jika sebelumnya memang telah ada kesepakatan untuk melakukan impor beras.

"Artinya beras impor ini akan masuk di akhir Februari atau di awal Maret. Ya tidak mungkin (masuk di akhir Januari). Kecuali sudah ada negosiasi sebelumnya. Berasnya sudah ada di tengah laut. Kalau baru diputuskan sekarang ya tidak mungkin akhir Januari, mau dipercepatan kaya apa pun. Kecuali mau diterbangkan dengan pesawat ke Indonesia," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Pemilik Mercedes-Benz Paling Banyak Kemplang Pajak

Posted: 14 Jan 2018 09:09 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan telah membeberkan ada 744 kendaraan mewah atas nama pribadi pengemplang pajak. Tunggakan pajak tersebut belum masuk ke kas provinsi sebanyak Rp 26 miliar.

Dari ratusan nomor polisi dan jenis mobil serta tunggakan yang dirilis pada Jumat (12/1/2018) lalu, pemilik Mercedes-Benz menduduki nomor urut 1 terbanyak yang belum membayarkan pajak kendaraan mewahnya.

Angka tersebut berdasarkan data kendaraan bermotor atas nama pribadi dengan nilai jual kendaraan bermotor di atas satu miliar rupiah yang belum daftar ulang (belum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor) per 31 Desember 2017. 

"Malu kalau mobilnya mewah, enggak bayar pajak. Itu kendaraan di atas Rp 1 miliar, kendaraan yang amat mewah. Dari sisi kemampuan ekonomi amat tinggi, jadi tidak ada kesulitan untuk menunaikan pajak," kata Anies, Minggu (14/1/2018).

Seperti diketahui, Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI Jakarta telah merilis data mobil-mobil mewah yang belum membayar pajaknya. Berdasarkan data Pemprov DKI, ada sebanyak 1 juta 52 ribu dari 2,9 juta kendaraan bermotor roda empat yang aktif di Ibu Kota belum melunasi kewajiban pajaknya. Masa tunggakan pajak tersebut bersifat kumulatif. Ada yang setahun, bahkan tiga tahun. Data yang dicatat berdasarkan tunggakan sampai Desember 2017.

 

 

Mobil-mobil mewah yang berjajar. Foto: Instagram @richkidsofTehran

Ada pun merek mobil mewah terbanyak menunggak adalah

1. Mercedes Benz 210 unit

2. Porsche 146 unit

3. Toyota 82 unit

4. Landrover 62 unit

5. BMW 61 unit

6. Lexus 39 unit

7. Ferrari 24 unit

8. Lamborghini 23 unit

9. Rolls Royce 14 unit

10. Hummer 12 unit

11. Jaguar 11 unit

12. Bentley 10 unit

13. Audi 9 unit,

14. Nissan 9 unit

15. Cadillac 8 unit

16. Aston Martin 7 unit

17. Maserati 5 unit

18. Ford 4 unit

19. Harley Davidson 2 unit

20. Jeep 2 unit,

21. MAN 1 unit

21. Morgan 1 unit,

22. Xuzhou 1 unit

23. Zele 1 unit.

Ilustrasi mobil mewah. (Netivist)

Berikut daftar mobil mewah yang termasuk pengemplang pajak:

 

 

 
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waketum Klaim Wiranto Tahu Mosi Tidak Percaya untuk Oesman Sapta

Posted: 14 Jan 2018 09:04 PM PST

Mosi tidak percaya pengurus Hanura pada Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO) sudah diketahui Ketua Dewan Pembina Hanura Wiranto. Hal itu diungkap Wakil Ketua Hanura, Wishnu Dewanto, merupakan pengurus yang berpihak pada kubu Sekjen Hanura Sarifuddin Sudding.

"Beliau (Wiranto) mengetahui," kata Wishnu di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018). Kubu Sudding ini yang mengajukan mosi tidak percaya pada kepemimpinan OSO. 

Menurut dia, Wiranto berpesan agar pengurus Hanura berpegang pada AD/ART partai. Oesman Sapta sendiri disebut melakukan pelanggaran.

Beberapa keputusannya dianggap menyalahi mekanisme yang ada di internal Hanura. Bahkan, Wishnu mengonfirmasi pengurus tengah mempersiapkan surat pemecatan untuk OSO.

"Sudah keluar sedang kita proses. Pak Wiranto Ketua Dewan Pembina. Kita (akan) mengantar surat ke beliau," pungkas Wishnu.

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketua Umum Partai Hanuta Oesman Sapta Odang atau OSO enggan menanggapi soal mosi tidak percaya terhadap dirinya.

"Nanti saja, nanti saja," kata OSO di Manhattan Hotel, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

Tak mau kalah, OSO pun langsung menggelar rapat koordinasi terkait pemberhentian Sekjen Partai Hanura Sarifuddin Sudding di Ballroom Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, setelah menjawab, OSO yang menggunakan kemeja warna khas Hanura langsung melenggang ke ruang rapat yang sudah disediakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Israel Klaim Hancurkan Terowongan Hamas di Gaza Palestina

Posted: 14 Jan 2018 09:04 PM PST

Militer Israel mengklaim telah menghancurkan terowongan bawah tanah yang membentang di Gaza, yang dapat digunakan sebagai rute perlintasan untuk menuju ke Israel dan Mesir.

Menurut klaim Israel, terowongan itu kerap digunakan oleh pejuang Hamas Palestina untuk 'menyeberang sekaligus melakukan perlawanan strategis' terhadap Israel.

"Kami memahami bahwa itu merupakan terowongan untuk 'teror', karena melintas di bawah fasilitas strategis," kata Juru Bicara Militer Israel, Kolonel Jonathan Conricus, seperti dikutip dari Independent, Senin (15/1/2018).

"Terowongan itu juga dapat digunakan untuk mobilisasi teroris dari Gaza ke Mesir, untuk menyerang target Israel dari Mesir," lanjut Conricus.

Target fasilitas strategis yang dimaksud oleh Conricus meliputi pipa minyak dan gas serta pos-pos militer.

Sedangkan 'teroris' yang dimaksud adalah pejuang Hamas yang melakukan perlawanan bersenjata terhadap pasukan pendudukan Israel di Gaza.

Terowongan bawah tanah Hamas di Gaza Palestina (sumber: Israeli Defense Force)

Militer Israel juga mengatakan telah menghancurkan tiga terowongan serupa dalam dua bulan terakhir.

Hingga saat ini, Hamas belum memberikan komentar apapun terkait klaim Israel tersebut.

Strategi Pilihan

Dalam Perang Gaza 2014, pejuang Hamas menggunakan belasan terowongan bawah tanah sebagai strategi pilihan untuk melakukan penyergapan (ambush) terhadap pasukan pendudukan Israel di Gaza.

Beberapa terowongan itu telah berhasil dihancurkan. Namun, tak sedikit di antaranya yang masih bertahan dan berfungsi dengan baik.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa terowongan semacam itu adalah "infrastruktur utama milik Hamas di Jalur Gaza untuk melakukan teror".

"Hamas harus mengerti bahwa kami tidak akan membiarkan serangan ini berlanjut dan kami akan meresponsnya dengan kekuatan yang lebih besar lagi," kata Netanyahu.

Israel tengah melaksanakan proyek senilai US$ 1,1 miliar untuk membangun dinding bawah tanah yang dilengkapi sensor sepanjang perbatasan sepanjang 58 km di Gaza. Mereka akan menyelesaikan proyek itu pada pertengahan 2019.

Seorang pria Palestina yang dicurigai mengenakan rompi bom bunuh diri dibawa ke sebuah ambulans setelah dia ditembak polisi Israel karena menikam seorang tentara di kota al-Bireh, Tepi Barat yang diduduki Israel (15/12). (AFP Photo/Oren Ziv)

Pasukan Israel dilaporkan telah membunuh 8 demonstran Palestina tak bersenjata di Gaza pada Kamis, 11 Januari 2018.

Kabar itu bersumber dari The Israeli Information Center for Human Rights in the Occupied Territories (B'Tselem) yang kemudian diwartakan oleh surat kabar lokal Al-Resalah.

"Pasukan Israel menembak (dengan peluru tajam) dan membunuh 8 demonstran Palestina yang tak menunjukkan tanda-tanda mengancam. Para korban diketahui tengah berpartisipasi dalam sebuah aksi protes di perimeter pagar perbatasan Gaza," B'Tselem melaporkan, seperti dikutip dari Middle East Monitor 12 Januari 2018.

Tak dijelaskan apakah demonstrasi tersebut masih terkait seputar isu Yerusalem yang tengah memanas akhir-akhir ini -- menyusul keputusan unilateral Presiden AS Donald Trump yang mengakui Al Quds Al Sharif sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember 2017 lalu.

Kendati demikian, dalam kurun waktu terakhir, sejumlah lokasi di Gaza dekat perbatasan Israel diketahui kerap menjadi lokasi demo bertajuk isu tersebut.

Peristiwa Berulang

B'Tselem juga pernah melaporkan peristiwa penembakan bernuansa serupa pada Desember 2017 lalu.

Kala itu, B'Tselem menyebut, pasukan keamanan Israel bersenjata api menembaki kerumunan demonstran Palestina di Gaza yang menggelar aksi protes bertajuk isu Yerusalem.

Peristiwa pada Desember 2017 itu menewaskan 10 demonstran Palestina dan melukai ratusan lainnya.

Mengomentari kedua peristiwa di atas, B'Tselem menulis, "(...) Peristiwa itu, kemungkinan besar, tidak akan ditangani secara berbeda dari ribuan kasus lain -- di mana tak ada satu orang Israel pun yang dapat dimintai pertanggungjawaban."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilaporkan Merampok Sopir Taksi Online, Bocah SMP Minta Damai

Posted: 14 Jan 2018 09:01 PM PST

Polsek Pakem memproses kasus perampokan sopir taksi online yang melibatkan seorang pelajar sekolah menengah pertama (SMP). Tersangka berinisial R berusia 16 tahun. Adapun korban bernama Hartono (46), warga Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hartono mengaku ada permintaan damai agar kasus diselesaikan secara kekeluargaan. Keluarga bocah SMP dan pihak sekolah mendatangi rumahnya pada Sabtu malam, 13 Januari 2018.

"Silaturrahmi, minta maaf," kata Hartono saat ditemui di Polsek Pakem, Senin (15/1/2018).

Namun, permintaan tersebut ditolak. Hartono ingin kasus perampokan terus diproses walau tersangka masih berusia di bawah umum. Apalagi, Berita Acara Pemeriksaan (BAP) juga telah dibuat.

"Biar ada efek jera dari pelakunya," ucapnya.

Hartono tidak menduga bahwa penumpangnya berniat merampok. Selama perjalanan mengantarkan R dari Wedomartani menuju Kaliurang, ia mengaku berbincang santai dengan si bocah SMP itu.

"Ngobrol biasa. Dia cerita sekolah di sini, masih pelajar. Katanya mau ketemu sama temannya di Kaliurang," ujarnya.

Kasus perampokan sopir taksi online itu berawal saat R memesan jasa taksi online dari daerah Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, dengan tujuan Kaliurang yang jaraknya tak lebih dari 20 kilometer. Ia memesan sekitar pukul 19.50 WIB.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

Ilustrasi Foto Perampokan dan Pembobolan. (iStockphoto)

Hartono yang mendapatkan order tersebut kemudian mendatangi R di lokasi penjemputan. Ia mengendarai mobil Daihatsu Xenia bernopol AB 1934 XY di depan SD Sempu, Wedomartani.

Sesampainya di sekitar lokasi tujuan, bocah SMP yang duduk di kursi tengah mendadak mengeluarkan tongkat yang biasa dipakai satpam untuk memukul bagian belakang kepala korban.

"Pelaku mencoba merampas mobil korban," kata Kapolsek Pakem Kompol Haryanta, Sabtu, 13 Januari 2018.

Setelah melihat korbannya terluka parah, bocah R berusaha merampas mobil yang disewanya. Hartono bahkan sempat ditarik keluar dari mobilnya. Namun, perampokan itu gagal setelah warga sekitar mendengar teriakan minta tolong dari Hartono.

""Korban lapor polisi dan pelaku berhasil ditangkap di sekitar lokasi," tutur Haryanta.

Berdasar pemeriksaan awal, R diduga sudah merencanakan aksi perampokan. Sejumlah barang bukti ditemukan. Seperti tongkat pemukul dan semprotan obat nyamuk yang belum sempat digunakannya.

Haryanta menambahkan, pemeriksaan dilakukannya secara hati-hati karena pelaku masih di bawah umur. Pihak keluarga maupun sekolah sudah datang ke kantor polisi atas tindakan yang dilakukan remaja ini.

"Pelaku ini masih pelajar SMP. Bisa-bisanya melakukan tindakan seperti itu," ucapnya. Kini, R mendekam di Panti Rehabilitasi Remaja di bawah naungan Dinas Sosial Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Timberwolves Rebut Kemenangan Kelima Beruntun

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Minnesota Timberwolves melanjutkan tren positif di bulan Januari 2018 ini. Pasukan Tom Thibodeau menang lima kali beruntun usai menghajar Portland Trail Blazers 120-103 pada lanjutan NBA, Minggu (14/1/2018) atau Senin (15/1/2018) pagi WIB.

Trio maut Timberwolves, Karl Anthony Towns, Jeff Teague dan Jimmy Butler jadi penentu kemenangan. Ketiganga total membuat 66 poin atau setengah dari total poin Timberwolves di laga ini. 

Butler membuat 24 poin, Teague 22 poin, sedangkan Towns dengan 20 poin ditambah 11 rebound.

Di kubu Blazers, point guard Damian Lillard menghasilkan 21 angka. CJ McCollum dan Pat Connaughton sama-sama finis dengan 18 angka.

Blazers sebenarnya mampu merepotkan Timberwolves di awal laga. Pada kuarter pertama Blazers unggul 33-31. Mereka mampu memandulkan Towns di kuarter pertama.

 

Timberwolves mengamuk di kuarter dua. Mereka melesakkan 26 poin dan menahan Blazers hanya membuat 10 angka. Di kuarter dua ini Towns sudah mulai bisa menemukan sentuhan emasnya di bawah ring.

Tuan rumah makin menjadi menjadi 79-55 di pertengahan kuarter tiga. Tapi Blazers bisa memangkas jarak menjadi 82-71 di akhir kuarter tiga setelah melesakkan 16 poin berbanding tiga.

Momentum kebangkitan Blazers diredam Timberwolves di awal kuarter empat. Timberwolves kembali menjadi 91-74 dan hingga laga usai unggul dengan selisih 17 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Bicara soal Tuduhan Pakai Ajian Pemikat Sukma

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Paranormal Mbah Mijan menuding suami siri Angel Lelga, Vicky Prasetyo, memiliki ajian pemikat sukma. Seperti diketahui, ajian tersebut dipercaya dapat membuat penggunanya terlihat berkharisma, sehingga mudah meluluhkan hati wanita cantik.

Ungkapan itu dilontarkan Mbah Mijan melalui akun Twitter pribadinya beberapa waktu lalu. Kala itu, paranormal yang akrab dengan artis itu menilai Vicky Prasetyo sangat digandrungi wanita karena memiliki ajian tersebut.

"Saya tak tertarik komentari ributnya, coba sekali-kali melirik hal ini, kenapa Vikcy laris manis digandrungi wanita, itu karena doi punya ajian pemikat sukma," kicau Mbah Mijan melalui akun @mbah_mijan.

 

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Instagram/vickyprasetyo777)

Menanggapi ucapan Mbah Mijan, Vicky Prasetyo pun angkat bicara mengenai masalah tersebut. Mantan tunangan Zaskia Gotik itu, menuturkan bahwa dirinya sejak dulu memang percaya dengan hal mistis. 

Vicky Prasetyo pun tak mempersoalkan tuduhan Mbah Mijan yang menyebutnya telah menggunakan ajian pemikat sukma sebagai senjata menggaet banyak cewek cantik.

"Lucu ya, semua berkomentar sah-sah saja. Saya percaya kalau hal gaib dan mistik itu ada," ungkap Vicky Prasetyo kepada Liputan6.com, Senin (15/1/2018).

Vicky Prasetyo.(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pria yang sedang berseteru dengan Farhat Abbas ini enggan menampik ataupun membenarkan tuduhan Mbah Mijan soal kebenaran ajian pemikat sukma. Namun, Vicky Prasetyo berharap hal itu hanya menjadi rahasia antara dirinya dengan Tuhan. 

"Tetapi, pakai atau tidak (ajian pemikat sukma) itu biarlah jadi misteri di kehidupan saya," kata Vicky Prasetyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Ciptakan Pohon Bercahaya yang Bisa Terangi Jalanan

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Kelak, jalanan di masa depan akan diterangi oleh pohon yang bercahaya dan bukan lampu jalanan. Ini semua berkat terobosan ilmuwan dalam menciptakan tanaman biolumisecent.

Dalam satu percobaan, para ahli menyuntikkan nanopartikel khusus ke dalam daun selada air. Ini membuat tanaman tersebut mengeluarkan cahaya remang selama hampir empat jam. Bila penelitian ditingkatkan, tentu ini bisa memecahkan banyak masalah.

Bahan kimia yang terlibat dalam penelitian tersebut menghasilkan cahaya yang cukup bagi Anda untuk membaca buku. Karakteristiknya tak jauh berbeda dengan kunang-kunang yang menciptakan cahaya di tubuh mereka sendiri.

Untuk menciptakan tanaman bercahaya tersebut, para ilmuwan dari Masachusetts Institute of Technology (MIT) menggunakan enzim yang disebut luciferase. Enzim ini bekerja pada molekul yang disebut luciferin, yang membuatnya memancarkan cahaya.

Molekul lain yang disebut Co-enzyme A membantu proses tersebut dengan menghilangkan produk samping reaksi yang dapat menghambat aktivitas luciferase. Tim MIT kemudian mengemas masing-masing komponen ini ke dalam jenis pembawa nanopartikel yang berbeda.

Kelak, jalanan di masa depan akan diterangi oleh pohon yang bercahaya dan bukan lampu jalanan. (Doc: MIT/Seon-Yong Kwak)

Nanopartikel itu membantu mereka mencapai bagian pucuk tanaman dan mencegahnya membangun konsentrasi yang bisa menjadi racun bagi tanaman. Hasilnya adalah tanaman selada air yang berfungsi seperti lampu meja.

Periset percaya, dengan penelitian lebih lanjut, teknologi ini juga bisa digunakan untuk menciptakan cahaya yang cukup terang untuk menerangi ruang kerja atau bahkan jalanan. PR itulah yang akan menjadi tantangan terbesar ilmuwan.

"Visinya adalah membuat tanaman yang akan berfungsi sebagai lampu meja, lampu yang tak perlu Anda pasang. Cahayanya berasal metabolisme energi tanaman itu sendiri," ungkap Michael Strano, profesor teknik kimia di MIT dan penulis senior studi tersebut seperti dikutip dari The Space Academy.

Daan Roosegaarde ciptakan penerangan alternatif dengan memanfaatkan bioluminescent ubur-ubur dan kunang-kunang. (Foto: dezeen.com)

Pencahayaan menyumbang sekitar 20 persen konsumsi energi di seluruh dunia, sehingga menggantinya dengan tanaman bioluminescent alami akan mewakili pengurangan emisi CO2 yang signifikan.

Upaya yang dilakukan peneliti pada proyek itu membuktikan tanaman yang awalnya bisa bercahaya selama sekitar 45 menit, telah meningkat menjadi 3,5 jam.

Untuk versi mendatang dari teknologi ini, tim berharap dapat mengembangkan cara untuk melukis atau menyemprotkan nanopartikel ke daun tanaman. Ini memungkinkan transformasi pohon dan tanaman besar lainnya menjadi sumber cahaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Deretan Dosa Oesman Sapta Versi Hanura Kubu Sudding

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Pengurus Partai Hanura mengajukan mosi tidak percaya kepada sang ketua umum, Oesman Sapta. Mosi tidak percaya itu diklaim berasal dari 27 DPD dan 400 tingkat cabang.

Wakil Ketua Umum Partai Hanura, Wishnu Dewanto membeberkan beberapa pelanggaran AD/ART yang dilakukan oleh Oesman Sapta.

Misalnya, kata dia, pelanggaran tentang AD/ART tata kelola keuangan. Namun, Wishnu menegaskan bukan masalah penggelapan.

"Tidak, tidak seperti itu (penggelapan), itu kan ada aturannya," kata Wishnu.

Kemudian, kata dia, kinerja Oesman Sapta juga dipermasalahkan. Sebab menurutnya, sejak dipimpin Oesman Sapta, elektabilitas Partai Hanura terus menurun.

"Kinerjanya kan representasi yang bisa kita lihat habura hasil survei 0,7 persen," kata dia.

Selain itu, kata Wishnu, ada 6 daerah yang ketuanya dipecat semena-mena oleh Oesman Sapta. "Ada 6 daerah dipecat tidak sesuai dengan mekanisme. Soal mekanisme yang tak tertata. Boleh saja mengganti Plt boleh memplt ketua DPD boleh tapi ada mekanismenya rujukan ada di AD/ART seperti itu," tandas Wishnu.

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta mengatakan Sosialisasi Empat Pilar MPR untuk kalangan siswa sangat penting.

Ketua Umum Partai Hanuta Oesman Sapta Odang atau OSO enggan menanggapi soal mosi tidak percaya terhadap dirinya.

"Nanti saja, nanti saja," kata OSO di Manhattan Hotel, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2018).

Tak mau kalah, OSO pun langsung menggelar rapat koordinasi terkait pemberhentian Sekjen Partai Hanura Sarifuddin Sudding di Ballroom Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, setelah menjawab, OSO yang menggunakan kemeja warna khas Hanura langsung melenggang ke ruang rapat yang sudah disediakan.

Saat ini, rapat tertutup sedang dilaksanakan. Belum diketahui siapa saja petinggi-petinggi Hanura yang hadir.

Sebelumnya, DPP Hanura ajukan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai ketua umum. Sekjen Hanura, Sarifuddin Sudding, memimpin rapat pengurus harian dengan agenda tersebut.

Rapat pengurus harian dihadiri oleh dewan pembina, penasihat, dan dewan pakar. Ia pun mengungkapkan alasan mosi tidak percaya.

"Semata-mata demi perbaikan Partai Hanura ke depan. Kita ambil suatu sikap. (pengurus) Kota terbelenggu dengan sikap-sikap arogan (pemimpin), prinsip hati nurani jauh dari perjuangan Hanura saat ini," kata Oesman Sapta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Beras Naik, Makan Nasi Putih Siang Hari Saja

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Sudah dua minggu ini harga beras naik. Selain beras premium yang naik dari Rp 12.000 menjadi Rp 13.000 per kilogram (kg), harga beras jenis medium juga ikut naik.

Tidak tanggung-tanggung, untuk jenis satu itu harga beras naik sebesar Rp 2.500. Dari harga Rp 8.500 per kilogram, kini jadi Rp11.000 per kg.

Kenaikan harga beras tentu berimbas pada pola konsumsi nasi, atau kebiasaan makan nasi putih bagi orang Indonesia. Tak tertutup kemungkinan jika kemudian ada individu yang memilih makan nasi putih hanya sekali saja demi menghemat pengeluaran.

Apakah Anda termasuk orang seperti itu? Jika iya, seorang ahli gizi asal Mumbai, India, Neha Chandna, menganjurkan agar makan nasi putih di siang hari saja.

Mula-mula dia mengingatkan bahwa untuk beberapa orang, mengonsumsi nasi terlalu sering tidak baik untuk kesehatan. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

Ini Trik Memasak Nasi Putih Agar Tidak Bikin Gemuk

Kebiasaan makan nasi putih dari pagi, siang, sampai malam dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas, yang bisa berujung pada diabetes jika tidak dikendalikan.

Maka itu Neha menyarankan, agar makan nasi putih di siang hari saja. Sementara di saat sarapan dan makan malam, perbanyak serat dan protein, sedangkan nasi putih diganti dengan beberapa potong kentang maupun ubi jalar.

"Saran saya, konsumsilah nasi putih saat makan siang guna meningkatkan metabolisme tubuh, juga membantu Anda meningkatkan asupan sumber karbohidrat dari nasi untuk diserap menjadi energi," kata Neha dikutip dari situs The Health Site pada Senin, 15 Januari 2018.

 

-

Nasi putih, kata Neha, tidak pernah dianjurkan dikonsumsi di malam hari.

Akibat kandungan gula yang tinggi, mengonsumsi nasi putih di malam hari, terlebih-lebih juga di jam-jam yang sudah semestinya untuk tidak makan apa-apa, hanya akan menyebabkan penumpukan lemak.

Kecuali, jika Anda memang tergolong orang yang aktif. Gemar melakukan aktivitas fisik dan senang berkeringat. Tentu nasi putih ini akan cepat diproses dan tidak menjadi lemak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Bella Hadid Lenggak-lenggok di Atas Runway Milan Fashion Week

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk membawakan koleksi busana Fall-Winter 2018-19 milik Dsquared2 selama acara Milan Fashion Week, Italia, (14/1). (AP Photo / Luca Bruno)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk membawakan koleksi busana Fall-Winter 2018-19 milik Dsquared2 selama acara Milan Fashion Week, Italia, (14/1). (AP Photo / Luca Bruno)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk membawakan koleksi busana Fall-Winter 2018-19 milik Dsquared2 selama acara Milan Fashion Week, Italia, (14/1). (AP Photo / Luca Bruno)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk membawakan koleksi busana Fall-Winter 2018-19 milik Dsquared2 selama acara Milan Fashion Week, Italia, (14/1). (AP Photo / Luca Bruno)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk membawakan koleksi busana Fall-Winter 2018-19 milik Dsquared2 selama acara Milan Fashion Week, Italia, (14/1). (AP Photo / Luca Bruno)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk membawakan koleksi busana Fall-Winter 2018-19 milik Dsquared2 selama acara Milan Fashion Week, Italia, (14/1). (AP Photo / Luca Bruno)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Mobil Naik Trotoar, Tabrak Warga di Bandung

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Kamera CCTV merekam detik-detik sebuah mobil keluar jalur dan menabrak pejalan kaki di Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

 5 Resolusi Makeup dan Kecantikan yang Wajib Anda Lakukan

Posted: 14 Jan 2018 09:00 PM PST

Tahun baru berarti saatnya Anda untuk melakukan berbagai perubahan dalam hidup. Salah satu resolusi yang perlu Anda pertimbangkan di tahun ini adalah seputar rutinitas kecantikan dan makeup.

Jika biasanya Anda tipe yang paling tidak terlalu memperhatikan kesehatan kulit, perawatan kecantikan, dan pengaplikasian makeup yang benar, kini sudah saatnya Anda melakukan perubahan besar.

Dilansir dari Independent, berikut lima resolusi makeup dan kecantikan yang bisa Anda lakukan di tahun 2018.

Membersihkan kuas makeup

Jika sebelumnya membersihkan kuas makeup adalah hal yang paling malas Anda lakukan, sudah saatnya Anda merubah kebiasaan tersebut. Sebab kuas makeup yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat nyaman bagi bakteri untuk hidup dan berkembang.

 

Ilustrasi spons makeup (iStockphoto)​

Menggunakan tisu basah memang paling praktis untuk membersihkan wajah. Namun tahukah Anda, ternyata penggunaan tisu basah tidak benar-benar mampu membersihkan kotoran dan sisa makeup yang menempel pada wajah.

Gunakanlah cairan pembersih bertekstur cair atau gel yang dapat menghilangkan kotoran pada wajah dengan maksimal agar kulit tetap sehat dan bebas jerawat.

Penataan Rambut

Sepertinya tahun ini Anda bisa mengurangi penggunaan alat styling yang panas agar rambut tetap sehat. Pilihlah styling dengan teknologi pelindung serta diimbangi dengan penggunaan masker rambut secara teratur.

Ilustrasi Kecantikan (iStockphoto)​

Ramalan tren makeup di tahun ini akan didominasi oleh warna-warna yang berani. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman agar penampilan Anda tetap stylish.

Penggunaan SPF

Penggunaan tabir surya memang masih sering dilupakan dalam rutinitas kecantikan. Padahal SPF yang ada pada tabir surya sangat baik dalam melindungi kulit dari penyebab keriput dini dan kanker kulit.

*(Latifah Gusri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setya Novanto Tertidur di Tengah Sidang Kasus E-KTP

Posted: 14 Jan 2018 08:59 PM PST

Terdakwa kasus e-KTP, Setya Novanto alias Setnov, tertidur saat menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2018). Duduk di sebelah pengacaranya, Maqdir Ismail, Setya Novanto sejak awal sidang santai menyenderkan badannya di kursi.

Pantauan Liputan6.com, Setya Novanto yang mengenakan kemeja cokelat keemasan itu tertunduk dengan mulut terbuka. Sesekali, kepala Setya Novanto terjatuh ke depan.

Ini terjadi saat majelis hakim memeriksa para saksi. Awalnya, Setya Novanto fokus memperhatikan keterangan para saksi.

Persidangan terus berjalan. Tak lama berselang, Setya Novanto kembali bersandar ke kursi. Seolah tidak lagi menjadi fokus mata kamera, Setnov malah tidur. Beberapa kali kepalanya terantuk sandaran kursi. Malah seringkali kepala Setya Novanto terjatuh ke depan.

Sekitar 10 menit kemudian Setnov pun terbangun. Matanya merah dan dia langsung memandangi satu per satu awak media yang mengabadikannya.

Sadar diperhatikan, Setya Novanto langsung membuka-buka buku hitam yang dibawa sejak persidangan kemarin. Tanya jawab hakim dan saksi pun jadi perhatian Setya Novanto.

 

 

 

Terdakwa dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti Astiani Tagor, istri Setya Novanto, tak pernah absen hadir di pengadilan. Deisti duduk di kursi pengunjung ditemani oleh tiga orang kerabatnya. Sementara tiga polisi duduk di belakang Deisti.

Seringkali Deisti memandangi sang suami. Deisti pun terlihat cemas saat mantan Ketua Umum Golkar itu tertidur.

Bunyi jepretan kamera jadi alasan kecemasannya. Apalagi awak media terus berusaha mengabadikan momen Setnov tertidur.

Mengenakan kerudung cokelat, gerak bibir Deisti terus melafalkan doa. Deisti pun tersenyum dan seolah lega saat melihat Setnov terbangun.

Sementara dalam persidangan, saat ini majelis hakim tengah mendalami soal aturan yang berlaku di money changer saat ada nasabah menukar uang.

"Ada aturannya tidak kalau mau menukar uang? Harus bawa KTP atau apa gitu?" tanya majelis hakim.

"Ada. Kalau sekarang kan ada ketentuan kalau jumlah uangnya besar, kan, harus lapor ke PPATK," jawab salah satu saksi.

Sidang Setya Novanto hari ini mengagendakan pemeriksaan saksi. Ada lima saksi yang dihadirkan. Semua saksi merupakan karyawan di sebuah perusahaan money changer.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Pelaku Pesta Seks Gay di Cianjur Pakai Aplikasi Blued

Posted: 14 Jan 2018 08:57 PM PST

LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) kembali menjadi topik hangat yang diperbincangkan.

Terbaru, Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, menangkap lima orang yang diduga melakukan pesta seks sesama jenis di sebuah vila kawasan Cipanas, Puncak pada Minggu (14/1/2018).

Menurut keterangan salah satu pelaku, pesta seks yang dilakukan tersebut awalnya bermula dari perkenalan via Blued, yakni aplikasi kencan gay yang cukup populer di Indonesia. Faktanya, aplikasi tersebut juga digunakan 200 pengguna yang berasal dari wilayah Cianjur.

Lantas, seperti apakah Blued ini? Apa memang sama seperti Grindr, aplikasi kencan online gay yang juga sangat populer di dunia?

Menurut keterangan yang dilansir Blued.cn, Senin (15/1/2018), aplikasi Blued ternyata memang mirip dengan Grindr. Blued dikembangkan oleh Blue City Holdings di Tiongkok pada 2012.

Aplikasi diciptakan oleh seorang pria bernama Geng Le. Kini, Blued sudah mengantongi jutaan pengguna.

Tercatat, sudah ada lebih dari 27 juta pengguna (dengan usia 18 tahun ke atas) bergabung dengan aplikasi yang identik dengan warna biru ini.

Ilustrasi Foto LGBT atau GLBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). (iStockphoto)

Sama halnya dengan Grindr dan aplikasi kencan gay lainnya, Blued juga tersedia di toko aplikasi iOS dan Android, App Store dan Google Play Store.

Sepak terjang Blued sendiri bisa dibilang agresif. Bahkan, perusahaan juga sempat mengantongi kucuran dana US$ 4,6 juta (setara dengan Rp 60,4 miliar) dari investor yang enggan disebutkan namanya.

Blued sendiri mengukuhkan sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan layanan untuk komunitas LGBT. Sesuai dengan visi misi, Blued ingin mengubah kehidupan kalangan LGBT dengan pengetahuan dan teknologi.

Untuk ekspansi, Blue CIty juga bekerjasama dengan platform lain seperti bf99.com, V1069.com, dan Danlan Public Good.

Secara fungsi, pengguna bisa mencari teman baru dan chatting di dalam aplikasi. Pengguna bahkan bisa mem-posting status, foto, check in lokasi hingga melakukan live streaming layaknya sebuah media sosial.

Sayangnya, fungsi dari aplikasi ini disalahgunakan sebagian pengguna sebagai sarana seksual.

Sebagai informasi, Grindr mampu menggandeng lebih dari 2 juta pengguna harian dari 196 negara tanpa mengambil untung dari investor luar.

Di Tiongkok, aplikasi kencan gay sepertinya memang sudah menjadi hal biasa. Grindr buktinya, juga mendapat kucuran dana dari pengembang gim terbesar Beijing Kunlun.

Perusahaan bahkan telah membayar US$ 93 juta (sekitar Rp 1,2 triliun) untuk membeli sebagian besar saham dari aplikasi kencan yang dirilis sejak 2009 tersebut.

Meski begitu, Grindr sendiri memiliki aksesibilitas yang begitu terbatas di wilayah Tiongkok. Sebagian besar pengguna mengeluh bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan di beberapa lokasi saja. Pun demikian, Beijing Kunlun memastikan bahwa akses aplikasi tersebut akan dibuat merata ke depannya.

"Kami akan fokus untuk ekspansi di Amerika Serikat dulu. Namun Tiongkok juga akan menjadi prioritas kami juga karena kami melihat aplikasi ini bisa menjadi global platform," tutur Sophie Chen juru bicara dari Beijing Kunlun.

Grindr dan Blued sendiri dinilai kontroversial di sebagian negara karena menghadirkan konten yang dinilai tidak sesuai, yaitu memperbolehkan kencan antar sesama jenis.

Sementara itu, isu tersebut sudah tak lagi 'memanas' di Tiongkok. Meskipun acara TV, internet serta beberapa buku yang berbau konten serupa masih dilarang untuk dipasarkan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Jadi Tim yang Belum Kalah di 5 Kompetisi Eropa

Posted: 14 Jan 2018 08:54 PM PST

Barcelona membawa pulang tiga angka dari markas Real Sociedad, Stadion Anoeta, Minggu (14/1/2018) atau Senin (15/1/2018) dini hari WIB. Barcelona unggul 4-2, sekaligus membuat Los Azulgrana menuai beberapa catatan positif.

Selain berhasil menjawab "keangkeran" Anoeta, Barcelona menjadi tim yang belum terkalahkan dari lima liga top di kawasan Eropa. Lima liga yang dimaksud adalah La Liga Spanyol, Premier League (Inggris), Bundesliga (Jerman), Serie A (Liga Italia) dan Ligue 1 (Prancis).

Barcelona menggapai kemenangan dengan susah payah. Armada Ernesto Valverde sempat tertinggal melalui dua gol dari penggawa Real Sociedad, yakni Willian Jose pada menit ke-11 dan Juanmi (34'). Gol Paulinho (39') menjadi titik balik permainan Barcelona.

Barcelona menambah tiga gol pada babak kedua, yakni lewat Luis Suarez (50', 71') dan sepakan bebas Lionel Messi pada menitke-85. Kemenangan tersebut membuat Barcelona semakin nyaman berada di puncak klasemen sementara La Liga berkat koleksi 51 poin, unggul 9 angka dari peringkat dua, Atletico Madrid.

Sebelum berstatus tak terkalahkan sendirian, Barcelona memiliki teman, yakni Manchester City. Sampai jelang akhir pekan lalu, dua tim tersebut masih belum terjungkal.

Akhirnya Barcelona melaju sendiri karena pada laga tadi malam, Manchester City tersungkur di markas Liverpool. Pasukan Pep Guardiola takluk dengan skor 3-4 di Anfield. Sebelumnya, beberapa pemimpin klasemen sementara atau klub di beberapa liga lain sudah lebih dulu kalah.

Pemuncak klasemen di Liga Italia Serie A, Napoli, sudah sekali kalah, PSG (1) dan Bayern Munchen (2). Pada sisi lain, Barcelona memperbaiki catatan atas nama mereka sendiri.

Saat ini Barcelona tak terkalahkan pada 29 pertandingan. Ini melewati catatan apik saat El Barca ditangani Pep Guardiola, pada musim 2010-2011. Kini, para prajurit Ernesto Valverde bakal mengejar rekor berikutnya, yakni 39 partai tak terkalahkan yang pernah diraih Blaugrana pimpinan Luis Enrique pada musim 2015-2016.

Sumber: FCBarcelona

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bekuk 7 Perampok Spesialis Ruko Jabodetabek

Posted: 14 Jan 2018 08:53 PM PST

Polisi bekuk 7 perampok spesialis ruko yang sering beraksi di area Jabodetabek. Satu di antara pelaku tewas ditembak petugas karena melawan saat akan diamankan.

Penangkapan tersebut bermula dari laporan pemilik ruko di Tangcity Bussines Park ke Polsek Tangerang, di mana seluruh laptopnya ludes dicuri dengan kondisi pintu ruko rusak dicongkel. Dari sana lah petugas memburu para pelaku.

"Dimulai dari penangkapan penadah yakni Anang yang mengaku membeli dari penadah lain yakni Pujo Untoyo,"ujar Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Harry Kurniawan, Senin (15/1/2018).

Pengejaran terhadap Pujo Untoyo pun dilakukan sampai ke Bandara Adi Sumarmo Solo, kedua penadah barang curian laptop tersebut diamankan polisi. Total ada 5 unit laptop hasil curian yang diamankan polisi dari dua tersangka tersebut, sementara 2 lainnya sudah dijual melalui website jual beli online.

"Ternyata total 7 laptop hasil curian ini oleh tersangka Pujo Untoyo ini dibeli dari tersangka Solihin alias Noin yang juga kami amankan di Pondok Cabe Tangerang Selatan," kata Harry.

Pelaku Solihin ini mengaku membelinya dari Edi Juaedi. Pada saat diamankan, Edi mengaku laptop tersebut adalah hasil pencurian yang dilakukan oleh tiga pelaku lain.

"Ya dari keterangan Edi, dia melakukannya tidak sendiri. Melainkan dengan Supardi alias Dede, Ujang dan Yadi," tutur Harry.

Akhirnya Supardi diamankan di daerah Jatisampurna Bekasi. Namun, pada saat akan mengembangkan penangkapan ke pelaku Ujang dan Yadi di daerah Marunda Jakarta Utara, pelaku Edi dan Supardi berusaha kabur yang akhirnya diganjar timah panas di masing-masing paha mereka.

Ilustrasi Foto Perampokan dan Pembobolan. (iStockphoto)

Beberapa hari kemudian, Ujang ditangkap. Namun, Ujang tewas didor petugas saat akan diamankan di pinggir Jalan Perumahan Jakarta Garden City, Cakung Jakarta Timur.

"Pelaku ini saat akan ditangkap langsung melawan dengan mengeluarkan badik dan nyerang petugas," kata Harry.

Pelaku pun tewas dalam perjalanan ke rumah sakit terdekat. Kini, jasad pelaku masih berada di kamar jenazah RSUD Tangerang.

Dari tangan pelaku, selain laptop, polisi mengamankan barang bukti lainnya. Seperti mobil Xenia dengan nompol B 2655 KVF, linggis, obeng, kunci letter T, kunci letter L, kunci, gergaji besi, martil, tang dan sajam jenis badik. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kodam Cendrawasih Kirim Tim Kesehatan Tangani Campak di Asmat

Posted: 14 Jan 2018 08:52 PM PST

 

Kodam XVII Cenderawasih mengirim tim kesehatan menuju Asmat untuk membantu mengatasi kematian yang disebabkan gizi buruk dan wabah penyakit campak. Tim saat ini sudah tiba di Timika, dipimpin Kakesdam XVII Cenderawasih Kol CKM dr Bambang Cahyono bersama 53 tim dokter dan paramedis, kata Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf M Aidi kepada Antara, Senin (15/1/2018).

Dikatakan, tim yang dikirim ke Asmat itu melibatkan Mabes TNI yang tiba di Timika, Senin, dengan membawa berbagai peralatan kesehatan dan sembako. Tim dari Mabes TNI saat ini sudah berada di Timika dan siap diterjunkan ke berbagai lokasi yang warganya mengalami musibah.

"Hercules /A-1326 dengan misi tim Bhakti Kesehatan TNI untuk Asmat sudah tiba di Timika," kata Kol Inf Aidi. Menurutnya, belum diketahui dengan pasti tim tersebut sampai kapan berada di Asmat.

"Belum diketahui dengan pasti berapa jumlah korban yang meninggal dan penyebabnya," kata Kol Inf Aidi. Ia menambahkan, dari data yang diterima terungkap tim di Distrik Pulau Tiga wilayah Nakai tercatat anak yang meninggal akibat campak empat orang. 

Adapun, wilayah kampung Kappi dua anak meninggal akibat campak, Kampung As tercatat sembilan anak meninggal, Kampung Atat sebanyak 23 anak meninggal. (Evarukdijati/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Mendagri, Kapolri Bahas Daerah Rawan Pilkada 2018

Posted: 14 Jan 2018 08:51 PM PST

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menggelar pertemuan di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, pada Senin (15/1/2018).

Usai pertemuan, Tito mengaku pihaknya dan Tjahjo membahas tentang koordinasi dan pemetaan sejumlah daerah yang rawan saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2108.

"Karena pasangan calon kan sudah didaftarkan. Dari situ bagi Polri, kami sudah bisa melihat potensi-potensi kerawanan," kata Tito Karnavian di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Dia memprediksi situasi politik jelang dan saat proses Pilkada Serentak akan menghangat. Bahkan, su-isu negatif juga akan kembali muncul saat proses pelaksanaan pilkada mendatang.

"Tentu Polri harus melihat potensi riak-riak yang bisa muncul karena isu-isu yang sensitif," ucap Tito.

Tito menyebut daerah rawan saat pilkada bisa dilihat dari jumlah pasangan calon. Semakin sedikit calonnya, maka Tito berpendapat daerah tersebut berpotensi rawan.

Kemudian yang kedua, sambung Tito, partai pendukung pemerintah dan partai oposisi yang masing-masing mengusung calon kepala daerah.

"Kalau terjadi aliansi antara partai pendukung pemerintah dengan oposisi maka mereka bersinergi, daerah itu aman. Tapi kalau seandainya oposisi calonkan sendiri, pro pemerintah calonkan sendiri, maka bagi Polri itu perlu waspada disitu," terang Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengaku pihaknya akan terus menjalin komunikasi dengan Kemendagri guna mencegah terjadinya kerawanan di tiap daerah yang akan menggelar Pilkada.

"Jadi kami diskusi dengan Mendagri sebagai gambaran awal, tapi nanti kita akan lanjutkan rapat yang lebih intens setelah penetapan nanti," tandas Tito Karnavian.

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Mendagri Tjahjo Kumolo saat tiba di malam Misa Natal di Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel, Gambir, Jakarta, Minggu (24/12). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kapolri mengaku sudah memetakan sejumlah daerah yang berpotensi rawan saat Pilkada Serentak 2018. Ia menyebut ada dua daerah rawan saat ini, di antaranya adalah Kalimantan Barat dan Papua.

"Di antaranya mungkin salah satu itu yang sementara, Kalbar dan Papua, karena head to head," kata Tito.

Menurut Tito, meski belum ditetapkan secara resmi oleh KPUD, namun dua daerah tersebut diprediksi hanya memiliki dua pasang calon gubernur dan wakil gubernur. Situasi ini, sambung Tito, berpotensi menimbulkan kerawanan.

"Tempat yang ada head to head dan di situ partai pendukung melawan partai oposisi, itu masuk daerah yang menjadi atensi," ucap Tito.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Ini, Indosiar Gelar Konser Selamat Datang LIDA

Posted: 14 Jan 2018 08:50 PM PST

Perhelatan akbar kompetisi dangdut terbesar di Indonesia segera dimulai. Setelah melewati proses audisi panjang di 34 kota provinsi di seluruh Indonesia sejak 1 Oktober 2017 lalu, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) akhirnya siap digelar Senin, 15 Januari 2018 malam ini.

LIDA, ajang pencarian bakat nyanyi dangdut terbaru Indosiar, adalah pengganti kontes Dangdut Academy yang sukses bertahan hingga empat musim. Kompetisi ini bakal hadir lebih spektakuler dengan melibatkan sebanyak 170 peserta yang menjadi duta dari 34 provinsi.

Malam ini, ke-170 duta tersebut akan tampil di "Konser Selamat Datang". Dimeriahkan oleh Rhoma Irama, Lesti, Aty, Danang, Irwan, Ical, Rani, Fildan, dan Putri, dengan dipandu host ternama seperti Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, "Konser Selamat Datang" akan memperkenalkan para peserta dari masing-masing perwakilan provinsi.

 

LIDA. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Tak hanya itu, di "Konser Selamat Datang" juga akan diperkenalkan para dewan dangdut yang sudah lama berkecimpung di industri musik. Mereka di antaranya adalah Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Iyeth Bustami, Inul Daratista, Nassar, Zaskia Gotik, Soimah, dan Samuel Wattimena.

 

Liga Dangdut Indonesia juga sudah membuka keran SMS untuk para duta jagoan. Cara mendukung dan memilih para duta sendiri adalah dengan cara mengetik SMS dengan format LIDA (spasi) Nama Duta lalu mengirimkannya ke nomer 97288.

Indosiar Mania, jangan lewatkan "Konser Selamat Datang" Liga Dangdut Indonesia malam ini mulai pukul 19.00 WIB, hanya di Indosiar!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertinggi 5 Tahun, Neraca Dagang RI Surplus US$ 11,8 M di 2017

Posted: 14 Jan 2018 08:49 PM PST

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan neraca perdagangan Indonesia pada Desember 2017 mengalami defisit US$ 270 juta. Adapun secara kumulatif sepanjang Januari-Desember 2017, Indonesia mencetak surplus perdagangan US$ 11,84 miliar.

Kepala BPS, Suhariyanto, atau yang akrab disapa Kecuk mengungkapkan, ‎nilai ekspor Indonesia pada Desember 2017 tercatat sebesar US$ 14,79 miliar atau turun 3,45 persen dibanding realisasi November 2017.‎

"Penyebabnya karena terjadi penurunan nilai ekspor nonmigas 5,41 persen menjadi US$ 13,28 miliar dibanding November 2017 yang sebesar US$ 14,04 miliar," ujar ‎Kecuk saat Rilis Neraca Perdagangan Desember 2017 di kantornya, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Adapun penurunan nilai ekspor barang-barang yang mengakibatkan ekspor nonmigas terseret ke bawah, antara lain lemak dan minyak hewan atau nabati US$ 119,5 juta, mesin dan peralatan listrik US$ 127,4 juta, mesin-mesin atau pesawat mekanik US$ 131,7 juta, kendaraan dan bagiannya US$ 165,7 juta, serta perhiasan atau permata US$ 205,2 juta.

Namun, ekspor migas mengalami kenaikan 17,96 persen dari US$ 1,28 miliar di November 2017 menjadi US$ 1,51 miliar pada Desember 2017.

Dibanding Desember 2016 yang sebesar US$ 13,83 miliar, nilai ekspor di Desember 2017 yang sebesar US$ 14,79 miliar ini naik‎ 6,93 persen.

Realisasi nilai ekspor pada akhir tahun lalu lebih rendah dibanding realisasi impor yang sebesar US$ 15,06 miliar. Nilai impor ini turun tipis 0,29 persen dibanding realisasi bulan sebelumnya.

"Penurunan‎ terjadi karena impor nonmigas khususnya bahan baku/penolong merosot 3,05 persen dari US$ 12,90 miliar di November 2017 menjadi US$ 12,51 miliar di Desember 2017," ia menerangkan.

Sementara itu, impor migas pada Desember lalu naik 15,89 persen dari US$ 2,20 miliar di November 2017 menjadi US$ 2,55 miliar di Desember 2017.

Dibanding realisasi Desember 2016 yang sebesar US$ 12,78 miliar, nilai impor di akhir 2017 ini naik signifikan sebesar 17,83 persen.

"Jadi neraca perdagangan di Desember 2017 defisit US$ 270 juta. Ini adalah defisit kedua di sepanjang tahun lalu karena defisit pertama terjadi di Juli 2017 sebesar US$ 270 juta " ujarnya.

Jika dirinci, Kecuk mengatakan, defisit US$ 270 juta di Desember 2017 berasal dari surplus nonmigas yang mencapai US$ 774,7 juta, sementara neraca dagang minyak dan gas (migas) masih defisit lebih besar sebesar US$ 1,0‎4 miliar.

Secara kumulatif pada Januari-Desember 2017, surplus neraca perdagangan tercatat sebesar US$ 11,84 miliar. Dengan realisasi nilai ekspor US$ 168,7 miliar, naik 16,22 persen dibanding capaian periode sama 2016 sebesar US$ 145,2 miliar.

Nilai ekspor kumulatif lebih tinggi dibanding nilai impor US$ 156,89 miliar pada Januari-Desember 2017 atau naik 15,66 persen dibanding periode yang sama 2016 sebesar US$ 135,65 miliar.

Surplus US$ 11,84 miliar sepanjang tahun lalu ditopang dari surplus neraca perdagangan nonmigas sebesar US$ 20,41 miliar, sementara migas masih defisit US$ 8,57 miliar.

"Surplus neraca dagang di 2017 sebesar US$ 11,84 miliar paling tinggi sejak 2013. Pada 2013, terjadi defisit US$ 4,08 miliar, US$ 2,20 miliar di 2014, pada 2015 mengalami surplus sebesar US$ 7,67 juta, dan pada 2016 surplus US$ 9,53 juta," ujar Kecuk.

‎Dia berharap, surplus neraca perdagangan pada 2018 lebih besar lagi. "Tapi memang kita harus hati-hati dengan kenaikan harga minyak dunia karena pemangkasan produksi minyak oleh OPEC dan Rusia," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: