Sabtu, 13 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wonderkid Persib Tunggu Kesempatan Buktikan Kemampuan

Posted: 13 Jan 2018 09:30 PM PST

Winger belia Persib Bandung, Fulgensius Billy Paji Keraf, menyimpan hasrat buktikan kemampuan di lapangan. Tapi, pemain yang akrab disapa Billy itu siap menunggu kesempatan itu datang.

Turnamen Piala Presiden 2018 menerapkan regulasi anyar, yaitu setiap tim wajib punya tujuh pemain U-23, kendati tidak harus dimainkan. Kemungkinan, regulasi ini juga akan diterapkan di Liga 1 2018.

Meski tidak mudah, tentunya kebijakan anyar ini sedikit memberi angin segar, khususnya para pemain muda. Billy meyakini, menit bermain yang lebih banyak akan membantunya berkembang sebagai pemain.

Billy menyatakan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan bila diturunkan. Dia bakal berusaha memberikan yang terbaik ketika berlatih maupun dalam pertandingan bersama Persib.

Namun, dia menyerahkan segala keputusan di tangan pelatih Roberto Carlos Mario Gomez. Billy percaya pemain yang diturunkan Persib berdasarkan kebutuhan taktik dan kondisi terbaik.

 

"Menurut saya, kesempatan saya untuk menata di Liga 1, berawal di Piala Presiden 2018, supaya bisa memberikan permainan maksimal," ujar Billy.

"Tergantung pelatih (dimainkan atau tidak) jika saya dimainkan atau tidak, keputusan pelatih, kalau main saya akan berikan maksimal di atas lapangan," katanya saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (13/1/2018).

Disinggung soal kondisinya, Billy mengaku saat ini tingkat kebugarannya sudah mulai meningkat. Bahkan, dia merasa kondisinya lebih baik bila dibandingkan tahun lalu.

"Sudah lumayan daripada tahun. Saya sudah siap untuk pertandingan Selasa," papar Billy.

Musim lalu Billy menjadi salah satu pemain muda yang bersinar di Liga 1 2017. Bersama Persib, dia bermain 22 pertandingan dan mencetak lima gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stigma Halangi Perempuan Australia Berkiprah di Bidang Sains

Posted: 13 Jan 2018 09:30 PM PST

Sepanjang Januari, ratusan siswa kelas 12 di Australia akan ambil bagian dalam Forum Sains Remaja Nasional atau National Youth Science Forum di Canberra, Australia.

Program National Youth Science Forum di Australia tersebut pun telah menarik minat lebih banyak perempuan muda ketimbang laki-laki selama beberapa dekade.

Tapi, minat yang tumbuh di dunia sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) tidak terlihat sama kondisinya di dalam kelas. Bahkan lebih banyak lagi perempuan muda yang tak meneruskan minat mereka menekuni bidang STEM saat mereka mendekati universitas.

"Bahkan di kelas 12 banyak orang yang benar-benar membatalkan pelajaran sains," kata pemimpin forum sains remaja tersebut, Grace Watson.

"Bahkan gadis-gadis yang benar-benar sangat bersemangat dengan bidang STEM saat mereka berusia lebih muda, ini sangat menyedihkan untuk didengar," imbuh dia.

Dikutip dari ABC Australia Plus, Minggu (14/1/2018), menurut data tahun 2015, lulusan wanita dari kelas-kelas seperti teknik dan teknologi informasi, masing-masing sampai hanya mencapai angka 14 dan 13 persen. Sebaliknya, dua per tiga lulusan non-STEM adalah wanita.

Salah seorang peserta dalam forum sains Australia itu, Anna Dallmann, mengatakan bahwa dia mendengar cerita yang membuatnya berkecil hati mengenai pengalaman-pengalaman perempuan dalam dunia sains di universitas.

"Itulah hal-hal yang membuat saya khawatir, dan saya pernah mendengar cerita tentang orang-orang diperlakukan berbeda karena mereka adalah anak perempuan di bidang STEM," ujar remaja berusia 16 tahun.

"Saya harap itu tidak terjadi pada saya - tapi mungkin juga," imbuh dia.

 

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Mantan kepala ilmuwan dari Australia Barat (WA), Profesor Lyn Beazley, mengatakan bahwa mahasiswa saat ini harus bekerja dengan sekolah-sekolah untuk memecah stereotip tentang bagaimana wanita diperlakukan dalam dunia sains.

"Ini menyedihkan sekali bukan? Karena menurut saya keseluruhan dari (stigma) ini adalah kejadian yang sangat jarang terjadi, namun kesan ini tetap terjaga," kata perempuan yang juga merupakan kepala ilmuwan wanita pertama di Australia.

"Siswa harus bekerja sama dengan sekolah, Anda bekerja dengan siswa di sana dan Anda menjelaskan seperti apa kehidupan di universitas, Anda mengundang siswa ke kampus, sehingga mereka dapat merasakan apa yang sedang terjadi," imbuh dia.

Saat bekerja di universitas, ia pun bekerja keras pada tingkat pertama untuk menghilangkan stigma tersebut.

"Kami masih memiliki sebagian kecil profesor di sebagian besar universitas yang berjenis kelamin perempuan, tapi saya pikir kita perlu tampil sebagai panutan, sehingga para wanita muda yang datang dapat melihat: 'Saya juga bisa melakukan itu'," ujar Beazley.

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Anna mengatakan, terlepas dari cerita yang dia dengar, tidak ada yang akan menghentikannya untuk mengejar karir di bidang teknik.

"Saya ingin menekuni bidang teknik, dan saya akan melakukan itu," kata dia.

Anna mengucapkan terima kasih kepada seorang guru yang mendorongnya untuk mendaftarkan diri sehingga dia menghadiri Forum Sains Pemuda Nasional.

Beazley mengatakan bahwa dukungan semacam itu akan membawa lebih banyak wanita ke dalam sains.

"Anda tidak bisa mulai mengajar sains terburu-buru. Begitu seseorang bertanya 'mengapa bulan ada di sana?', 'Mengapa rumput hijau?', Anda bisa mulai berbicara soal sains," katanya.

"Ini adalah rangkaian yang kita butuhkan sehingga kita tidak terus menerus mendengar kisah (stigma wanita di dunia sains) dan para wanita muda ini akan tahu bahwa mereka akan dihargai."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Gotik: Tak Akan Ada Pengganti Julia Perez di Cecepy

Posted: 13 Jan 2018 09:30 PM PST

Nama Dewi Perssik disebut-sebut akan menggantikan posisi mendiang Julia Perez (Jupe) di grup Cecepy. Spekulasi itu muncul setelah dirinya kerap tampil bersama dua personel Cecepy lainnya, yaitu Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik.

Setelah sibuk dengan berbagai kegiatan baik nyanyi maupun syuting sinteron, Dewi Perssik melakukan liburan. Usai mengisi acara malam pergantian tahun baru, keesokan harinya ia berangkat berlibur. (Instagram/dewiperssikreal)

Dewi Perssik pun telah menanggapi kabar tersebut. Menurut mantan istri Saipul Jamil itu, mendiang Julia Perez tak akan mampu digantikan oleh siapa pun, termasuk dirinya.

"Kalau Mbak Julia Perez enggak akan tergantikanlah," ujar Dewi Perssik saat ditemui di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (13/1/2018).

 

 

 

 

Aksi panggung pedangdut Ayu Ting-Ting dan Zaskia Gotik saat memeriahkan HUT Indosiar ke-23 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/1). HUT Indosiar Bertema

Hal senada pun diutarakan oleh Zaskia Gotik saat ditemui di belakang panggung HUT Indosiar di JCC Senayan, baru-baru ini. Menurut pelantun "Bang Jono" tersebut, Cecepy tak akan mencari pengganti mendiang Julia Perez.

"Iya, kan karena udah enggak ada almarhum, jadi cuma berdua. Tapi kita punya omongan, Cecepy tidak bisa digantikan, cuma Jupe. Tidak ada siapa pun yang bisa menggantikan Jupe. Jadi ya sudah kita berdua ajah," ungkap Zaskia Gotik.

Ayu Ting-Ting. (Sumber foto: ayutingting92/instagram)

Pendapat berbeda justru datang dari Ayu Ting Ting. Tak memungkiri adanya sosok pengganti di Cecepy, janda satu anak itu pun menyambut baik kehadiran Dewi Perssik di tengah-tengah dirinya dan Zaskia Gotik.

"Ya senang bisa punya pengganti, bukan untuk menggantikan ya, tapi kak Dewi juga sosok seseorang yang mungkin bisa kita bilang dewasa dan bisa menjadi panutan untuk kita berdua," tutur Ayu Ting Ting, baru-baru ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Operasi Parkir, Pengemudi Ribut dengan Dishub

Posted: 13 Jan 2018 09:30 PM PST

Tak terima mobilnya akan diderek saat operasi parkir liar, seorang pria cekcok dengan petugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Ditantang Menyerang Islandia

Posted: 13 Jan 2018 09:20 PM PST

Meski menurunkan pemain muda, Islandia sukses mencukur Indonesia Selection 6-0 pada uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1/2017). Dengan keadaan ini, Timnas Indonesia besutan Luis Milla mendapat tugas berat untuk membalas, atau setidaknya mengimbangi negara kontestan Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia akan bersua Islandia pada Minggu (14/1/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Bicara kesiapan tim asuhan Luis Milla jelas lebih siap dibanding Indonesia Selection besutan Robert Alberts Rene.

Robert hanya punya hitungan dua hari membangun soliditas tim asuhannya. Rata-rata pemain Indonesia Selection tengah menjalani libur usai kompetisi Liga 1 2017 berakhir. Mereka bisa dibilang tidak siap bertanding dalam tensi tinggi.

Lantas bagaimana dengan skuat Timnas Indonesia? Waktu persiapan Evan Dimas dkk. juga pendek hanya dua hari.

Namun, mundur ke belakang rata-rata pemain yang dipanggil Milla, bermain bareng dalam waktu lama. Pemain-pemain veteran Timnas Indonesia U-22 yang menjadi kekuatan utama Tim Merah-Putih saat ini sempat menjalani pelatnas rutin jelang SEA Games 2017.

Sepanjang tahun 2017 Timnas Indonesia intens melakoni duel uji coba internasional. Kombinasi pemain muda-senior tak banyak mengalami perubahan. Bisa dibilang pemain yang ada sudah memahami betul filosofi permainan ala Luis Milla.

Dari 24 pemain yang dipanggil buat keperluan uji coba melawan Islandia, hanya dua pemain Persib Bandung, Henhen Hermawan dan Victor Igbonefo, yang belum pernah merasakan tangan dingin Milla.

Walau perbedaan ranking FIFA antara Indonesia dengan Islandia jomplang, bak bumi dengan langit, Milla terlihat tidak gentar. Pelatih yang pernah sukses mengantarkan Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 edisi 2011 pede tim asuhannya bisa mengimbangi permainan lawan.

Milla mengaku telah mempelajari permainan Islandia saat berjumpa Indonesia Selection. Sang pelatih pun bakal mengusahakan agar anak-anak asuhnya dapat meminimalisir berbagai kesalahan selama 90 menit bergulirnya pertandingan.

"Kami akan mencoba melakoni laga itu dengan kondisi terbaik. Kami telah melihat pertandingan yang dimainkan Islandia. Mereka adalah tim yang menyerang dan memiliki transisi bertahan yang juga baik," kata Milla dalam konferensi pers di hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/1/2018).

"Menurut kami kelebihan Islandia adalah sesuatu yang menarik. Kami akan mencoba menjadikan itu sebagai pengalaman. Kami lantas akan bermain rapat dan juga kolektif. Saya percaya kami akan mempersulit Islandia pada laga besok karena kami juga memiliki skuat yang berkualitas," lanjut Milla.

Jejak rekam Luis Milla menujukkan kalau sang pelatih dikenal doyan bermain ofensif. Saat aktif bermain, ia didikan Akademi La Masia Barcelona. Selain di klub tersebut sang mentor juga sempat merumput di klub elite Spanyol, Real Madrid dan Valencia.

Ketiga klub ini dikenal doyan bermain menyerang. Bukan rahasia lagi keputusan PSSI mendatangkan Luis Milla karena ingin Timnas Indonesia bermain sepak bola indah ala Tiki-taka.

Walau sejatinya sebagai seorang pesepak bola Milla tidak hanya fasih bermain sepak bola menyerang. Ia juga sempat merasakan tangan dingin dua pelatih Italia, Claudio Ranieri dan Fabio Capello saat berkostum Valencia dan Real Madrid. Italia dikenal negara yang jago bermain taktik bertahan ala grendel.

Semenjak mendarat di Timnas Indonesia bulan Februari 2017, Luis Milla pelan namun pasti membangun kekuatan Tim Merah-Putih dengan permainan ofensif.

Saat berlaga di SEA Games 2017, Timnas Indonesia U-22 memeragakan permainan sepak bola dengan mengedepankan penguasaan bola. Walau gagal juara, hanya menempati posisi tiga besar Septian David Maulana dkk. menyajikan permainan aktraktif yang menghibur.

Konsep bermain pelatih kelahiran 12 Maret 1966 tersebut tak berubah selepas SEA Games. Dalam sejumlah laga uji coba internasional di tahun 2017, Timnas Indonesia bermain dengan strategi ofensif. 

Tim Garuda racikan Luis Milla doyan bermain dengan formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1 dengan menitikberatkan agresif para winger. Di era sang mentor Timnas Indonesia punya banyak pemain sayap ganas.

Oslvaldo Haay, Saddil Ramdani, Febri Haryadi, dan Yabes Roni, sayap-sayap muda jadi pemain pelanggan Tim Merah-Putih. Mereka didukung gelandang-gelandang tajam macam Evan Dimas serta Septian David Maulana.

Sepanjang melatih Timnas Indonesia, Luis Milla memberi porsi besar pada pemain muda. Regenerasi dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Pemain-pemain berpengalaman macam Boaz Solossa, Lerby Eliandry, Irfan Bachdim, Bayu Pradana, atau Fachrudin Aryanto, yang jadi tulang punggung timnas di era Alfred Riedl harus rela antre masuk skuat inti.

Menghadapi Islandia, Luis Milla juga memberi porsi kecil buat pemain senior. Praktis hanya sosok pesepak bola matang pengalaman layaknya Boaz, Lerby, Bayu, Victor Igbonefo, Fachrudin, yang menyelip di antara 24 pemain Timnas Indonesia.

Melihat komposisi 24 pemain yang dipanggil, terlihat kalau Luis Milla berani meladeni permainan menyerang Islandia. Banyak pemain berkarakter menyerang dipanggil menghadapi Islandia yang langganan menggunakan formasi tradisional 4-4-2.

Selain Boaz Solossa dan Lerby Eliandry yang diplot sebagai penyerang tengah, Milla juga memasukkan nama macan-macan gol dari lini kedua layaknya: Egy Maulana, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, Febri Haryadi, Septian David Maulana, Andik Vermansah, Ilham Udin.

Di sektor tengah sang mentor hanya memanggil tiga gelandang bernaluri bertahan, yakni: Bayu Pradana, M. Hargianto, dan Hanif Syahbandi.

Di lini belakang Luis Milla hanya memasukkan empat bek tengah, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Bagas Adi, dan Victor Igbonefo. Pemain terakhir disebut, sudah hampir tiga tahun absen membela timnas.

Victor jadi pemain paling tua di lini belakang. Stoper berdarah Nigeria itu berusia 32 tahun (kelahiran 10 Oktober 1985). Tiga musim terakhir ia melanglang buana di Liga Thailand.

Pemanggilan Victor Igbonefo, yang baru direkruit Persib Bandung, bisa dipahami. Islandia tim kuat dengan bola-bola udara. Mereka senang menggeber direct play.

Jika melihat pertandingan Islandia melawan Indonesia Selection, terlihat jelas amat berbahayanya umpan-umpan diagonal dari kedua sisi sayap kubu lawan. Milla butuh bek yang kuat dalam duel-duel bola udara. Dengan tinggi 183 cm, selama ini Victor dikenal sebagai bek yang tangguh bola atas.

Islandia akan sangat diuntungkan dengan kondisi rumput SUGBK yang standarnya sama bagus dengan lapangan yang dipakai buat hajatan akbar sekelas Piala Dunia dan Piala Eropa. Skenario permainan umpan-umpan panjang mereka akan berjalan mulus.

Milla juga menyoroti SUGBK yang baru selesai direnovasi pada Desember 2017. Eks pelatih Villarreal itu berharap permainan skuatnya bisa seleras dengan kualitas stadion kebanggan Indonesia tersebut.

"Menurut saya SUGBK sudah sangat baik. Levelnya pun sudah berada di level dunia. Saya pun berharap kami bisa menikmati bagusnya kondisi lapangan SUGBK, dengan mencapai level permainan kelas dunia," tutur Milla.

Luis Milla masih trauma dengan kondisi lapangan di Aceh saat anak-asuhnya bermain di Tsunami Cup di pengujung tahun lalu. Lapangan rusak parah karena guyuran hujan lebat. Keinginannya agar Timnas Indonesia bermain bola-bola pendek tak bisa berjalan dengan mulus.

Publik sepak bola Tanah Air pun berharap Timnas Indonesia bernyali meladeni permainan Islandia. Kalaupun tak berani bermain terbuka, Tim Merah-Putih diharapkan menyajikan permainan serangan balik cepat yang atraktif. Dengan memiliki banyak pemain cepat semestinya hal itu bisa direalisasikan.

Daftar 24 Pemain Timnas Indonesia vs Islandia

Kiper: Andritany Ardhiyasa (Persija), Satria Tama (Madura United), Awan Setho (Bhayangkara FC)

Belakang: I Putu Gede (Bhayangkara FC), Gavin Kwan (Barito Putera), Henhen Hermawan (Persib), Fachrudin Aryanto (Madura United), Hansamu Yama (Barito Putera), Bagas Adi (Arema FC), Victor Igbonefo (Persib), Rezaldi Hehanusa (Persija)

Tengah: Hanif Sjahbandi (Arema FC), M Hargianto (Bhayangkara FC), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Evan Dimas (Selangor FA), Andik Vermansah (-), Ilham Udin (Selangor FA), Septian David (Mitra Kukar), Saddil Ramdani (Persela), Egy Maulana (Timnas U-19), Osvaldo Haay (Persebaya), Febri Haryadi (Persib)

Depan: Boaz Solossa (Persipura), Lerby Eliandry (Borneo FC)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jo & Jay: Detektif Jaman Now: Mengejar Flashdisk Kejahatan RP

Posted: 13 Jan 2018 09:20 PM PST

Jo (Ricky Harun) dan Jay (Andrew Andhika) masih menyamar di sekolah untuk menyelidiki sindikat narkoba. Dalam usaha mereka, Jo malah ditahan Bu Meta, seorang guru killer tapi kocak. Sementara itu, Milly (Melody Prima) di rumah panik karena nyawa Kiara (Indah Permatasari) terus terancam. Milly pun berusaha menelpon Jo, tapi ia malah sulit dihubungi.

Lantas, apa yang akan terjadi pada Milly dan Kiara selanjutnya? Berikut sinopsis Jo & Jay: Detektif Jaman Now episode 7 yang akan tayang Minggu, 14 Januari 2018 sore ini.

 

 

 

Sinetron Jo & Jay produksi Amanah Surga Production. (SCTV)

Jo dan Jay yang masih mengamati sekolah, melihat seorang pria yang mencurigakan. Jo dan Jay pun langsung mengejar pria itu dan akhirnya berhasil menangkapnya. Sayang, pria itu tetap bungkam soal narkoba.

Ferry, ayah Jo, datang ke markas detektif Metropolitan 801 untuk mencari Jo. Di sana, Ferry malah bertemu Kiara dan ternyata mengenalnya. Ternyata Kiara adalah anak temannya. Jo yang kemudian diberitahu Ferry jadi sadar, kalau Kiara adalah teman masa kecilnya. Jo senang, tapi Milly malah jadi galau berat.

Kiara ingat, ayahnya sering pergi ke sebuah tempat untuk menenangkan diri.

 

Sinetron Jo & Jay produksi Amanah Surga Production. (SCTV)

Kiara merasa flashdisk berisi bukti kejahatan RP mungkin akan ada di sana. Milly terpaksa menemani Kiara ke tempat itu. Benar saja, Kiara berhasil menemukan flashdisk yang dicari-cari.

Kiara, Milly, dan Ferry lalu menuju markas untuk memberitahu komandan Haryo. Blek dan Geri, anak buah RP yang menyamar, diam-diam berhasil merebut flashdisk. Tapi mereka ketahuan dan lalu dikejar Haryo dan Ferry.

Berhasilkah keduanya menangkap Blek dan Geri untuk mengambil kembali flashdisk ayah Kiara? Dan benarkah flashdisk itu memang berisi kejahatan RP? Saksikan selengkapnya dalam Jo & Jay: Detektif Jaman Now sore ini mulai pukul 15.20 WIB, hanya di SCTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Tottenham Lumat Everton

Posted: 13 Jan 2018 09:15 PM PST

Tottenham Hotspur tampil gemilang pada pekan 23 Liga Inggris. Harry Kane dan kawan-kawan mencukur Everton empat gol tanpa balas di Stadion Wembley, Sabtu (13/1/2018).

Pesta gol Tottenham dibuka pemain Korea Selatan Son Heung-min. Eks pemain Bayer Leverkusen itu menyontek umpan tarik Serge Aurier. 

Tottenham menggandakan skor di menit 47. Aksi individu menawan Son diakhiri oleh sontekan manis dari Kane.

Kane kembali menjebol gawang Everton pada menit 59. Kali ini pemain nasional Inggris itu menyambar umpan tarik Eric Dier.

Tottenham menutup pesta gol sembilan menit sebelum bubaran. Kerja sama apik Son dan Alli dituntaskan oleh gelandang hristian Eriksen.

Berikut cuplikan pertandingannya:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat Jalan Penyair 'Bangsat', Darmanto Jatman

Posted: 13 Jan 2018 09:09 PM PST

Penyair nyentrik berambut kribo yang juga budayawan Semarang, Darmanto Jatman, meninggal dunia di RSUP dr Kariadi Semarang. Selain dikenal sebagai penyair dan budayawan, Darmanto juga menjadi Guru Besar Emeritus di Universitas Diponegoro, Semarang.

Humas Universitas Diponegoro, Nuswantoro Dwiwarno menyebutkan bahwa Darmanto meninggal hari Sabtu, 13 Januari 2018, pukul 17.00 WIB. Sebelum meninggal dunia, Darmanto mengalami strok dan beberapa kali dirawat di Rumah Sakit.

"Sudah dirawat di rumah sakit sejak 3 Januari 2018. Stroknya sudah membaik, tapi penyebab turunnya kondisi beliau adalah infeksi kandung kemih," kata Nuswantoro.

Penyair Darmanto Jatman dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1942. Di Undip, dia merintis dan mendirikan Jurusan Psikologi. Jabatan terakhir Darmanto adalah kepala program studi dan dikukuhkan sebagai guru besar pada usia 65 tahun.

Menurut Nuswantoro, Darmanto juga ikut mengajar di fakultas lain, seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip. Hal ini tak lepas dari kehebatannya sebagai seorang penyair, budayawan, dan pakar filsafat.

"Psikologi Keluarga menjadi salah satu ciri khas Fakultas Psikologi Undip dibanding perguruan tinggi lain. Ini adalah berkat jasa beliau yang menempatkan tentang pentingnya peran keluarga dalam perkembangan kejiwaan," kata Nuswantoro.

Darmanto Jatman adalah alumnus Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ia pernah mendirikan Teater Kristen Yogya dan Studiklub Sastra Kristen Yogya.

Saat ini, jenazah Darmanto disemayamkan di rumah duka Jalan Menoreh Raya Nomor 75, Semarang dan rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Undip, tetapi waktunya masih dibahas keluarga.

Rumah Darmanto dipenuhi para pelayat seniman, budayawan, rohaniwan, dan para penyair Semarang dan kota-kota lain.

"Ada rencana dimakamkan di Pemakaman Undip, tetapi pastinya masih menunggu kepastian dari keluarga. Sebab, anaknya yang berada di Australia baru sampai di Indonesia besok (Minggu) sore pukul 16.00 WIB," kata Nuswantoro.

 

Romo Aloys Budi Purnomo mendoakan dan memberi penghormatan di depan penyair hebat Darmanto Jt. (foto: Liputan6.com/timur sinar suprabana/edhie)

Dalam dunia sastra, berbagai puisi sudah dibukukan. Sejak tahun 1965, jalan sepi kepenyairannya sudah didokumentasikan, mulai dari Sajak-Sajak Putih (1965) bersama Jajak MD dan Dharmadi Sosropuro, Sajak Ungu (1966) bersama A. Makmur Makka, dan pernah menyutradarai beberapa pementasan teater.

Darmanto juga sering diundang membacakan puisinya di forum-forum internasional. Festival Puisi Adelaide, Austria (1980), International Poetry Reading di Rotterdam, Belanda (1983) yang kemudian dibukukan. Itu hanya sedikit acara bergengsi yang pernah dia hadiri.

Selain diterbitkan bersama penyair lain, puisi-puisi Darmanto juga dibukukan dalam antologi Sajak-Sajak Manifes (1968), Bangsat (1975), Ki Blaka Suta Bla Bla (1980), Karto Iyo Bilang mBoten (1981), Sang Damanto (1982), dan Golf Untuk Rakyat (1995).

Darmanto di mata murid dan teman-teman seprofesi tetap dianggap sebagai guru. Dosen FISIP Undip Amirudin Ma'ruf menilai bahwa sosok Darmanto adalah penulis yang sukses meramu tiga tradisi yang berkembang. Sastra, ilmu pengetahuan, dan media massa dengan ramuan pas sehingga menghasilkan karya indah.

"Karyanya yang multilingualis-populis sukses menggabungkan perspektif kejawaan dengan ilmu modern dan semesta dunia wayang," kata Amirudin.

 

Pemikiran Darmanto dalam bidang psikologi, dibukukan dalam Psikologi Jawa (1997). Dalam buku itu, Darmanto sukses mentransformasikan "Ilmu Jiwa Kramadangsa" dari sebuah ngelmu (ilmu perilaku) menjadi sebuah teori baru sebagaimana teori kepribadian Sigmund Freud.

Darmanto juga dikenal sangat gigih melawan ketidakadilan dan perilaku tak seharusnya para penyelenggara negara. Kumpulan puisi Golf untuk Rakyat adalah salah satu bentuk sikap Darmanto atas berbagai penggusuran. Puisi ini diciptakan ketika ramai ada penggusuran hunian warga untuk pembangunan lapangan golf.

Sajak Golf Untuk Rakyat ini pernah dilarang untuk dibaca. Saat itu, Darmanto Jatman diundang oleh Linus Suryadi dkk untuk acara pembacaan puisi di Purna Budaya, Bulak Sumur, Yogyakarta.

Tiba-tiba beberapa polisi datang dan mereka menyatakan bahwa sajak itu dilarang untuk dibaca karena suasana di Yogyakarta saat itu sedang kritis. Adanya pembangunan lapangan golf memicu protes masyarakat dengan unjuk rasa.

Pasalnya, pembangunan lapangan golf itu sendiri menyebabkan banyak orang termarjinalisasi dan sengsara akibat penggusuran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasaki Ninja 250 Baru Vs Model Lawas, Lebih Suka Mana?

Posted: 13 Jan 2018 09:04 PM PST

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan model terbaru dari Kawasaki Ninja 250 pada 18 November 2017. Ubahan yang dialami model baru ini terbilang sangat signifikan jika dibanding pendahulunya.

All new Ninja 250 menggunakan sasis baru yang mengadopsi teknologi rangka sportbike Ninja H2. Sebagai motor sport sejati, Ninja 250 memiliki desain yang agresif.

Sorotan lampu depan dual lamp LED terlihat tajam karena dibuat meruncing dan windshield yang lebih tinggi. Sementara buritan dibuat lebih pendek sehingga nampak seperti model big bike.

All new Ninja 250 lebih ringan. Jika model 2017 memiliki bobot kosong 172 kg (model standar) dan 174 kg (model ABS). Model 2018 memiliki bobot kosong 164 kg (untuk model standar) dan bobot kosong 167 kg (model ABS). Perbedaan bobot mencapai 8 kg untuk model standar dan 7 kg untuk model ABS.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan Ninja 250 LTD Livery KRT (Kawasaki Racing Team)

All new Ninja 250 menggunakan mesin berkapasitas 249 cc berkekuatan 38 Tk pada 12.500 rpm dengan torsi puncak 23,5 Nm pada 10.000 rpm. Dibanding pendahulunya, mesin baru ini lebih bertenaga.

Sekadar informasi, varian standar all new Ninja 250 dibanderol Rp 61,9 juta, sementara varian Special Edition Rp 64,3 juta dan ABS SE Rp 71,9 juta untuk warna Passion Red serta Rp 72,4 juta untuk warna Candy Burnt Orange MDP.

Bicara soal Kawasaki Ninja 250, Anda lebih tertarik model baru atau lama? Suarakan pilihan Anda dalam polling di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Bangun Bisnis? Simak 5 Alternatif Cari Modal

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Membangun usaha membutuhkan konsekuensi yang cukup besar. Mulai dari modal, konsep usaha, produksi barang, sampai metode pemasaran yang sesuai. Pengambilan keputusan yang salah akan mengakibatkan kebangkrutan.

Di balik mimpi ingin sukses, pebisnis sering kali menghadapi kendala dalam hal modal. Wajar saja jika modal yang dibutuhkan dalam bisnis bisa dikatakan cukup besar.

Tapi, tahukah Anda apa sajakah yang menjadi sumber modal usaha? Berikut ini untuk Anda yang lagi cari modal usaha, sumber-sumber untuk mendapatkan modal usaha seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (14/1/2018):

1. Memanfaatkan Tabungan Pribadi

Tabungan menjadi alternatif pinjaman utama tanpa modal. Cara yang satu ini bisa dibilang cukup aman karena pelaku bisnis tidak perlu memikirkan bunga pinjaman dan tanggal pembayaran. Alhasil, pikiran pun jauh lebih tenang dan menjalankan bisnis terasa lebih nyaman.

Akan tetapi, pelaku bisnis sering kali terlena saat dimodali dengan tabungan pribadi. Pasalnya, tidak ada kewajiban untuk mengembalikan uang pinjaman. Pelaku bisnis pun menjadi "terlalu" santai dan "kurang" berpikir bagaimana cara memutar modal tersebut menjadi keuntungan yang besar.

Perlu diingat, bagaimana pun uang yang diambil dari tabungan harus dikembalikan lagi. Anggaplah uang tabungan sebagai utang agar diri Anda mau mencicil pembayaran dan bunganya setiap bulan.

(Baca Juga: Mau Berutang? Kenali Risiko dan Keuntungan Utang Jangka Panjang)

2. Memanfaatkan KTA

Baik perbankan maupun pemerintah, keduanya menawarkan sistem Kredit Tanpa Agunan (KTA). Layanan pinjaman ini biasanya diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja di suatu instansi pemerintah ataupun swasta.

Pencairan KTA bisa dibilang mudah. Pelaku bisnis cukup memiliki riwayat kredit (BI Checking) yang bagus dan melengkapi semua dokumen yang diperlukan. Bunganya pun terbilang ringan dimulai dari 0,95 prsen.

 

Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!

3. Memanfaatkan Koperasi

Koperasi juga menawarkan sistem pinjaman tanpa jaminan. Koperasi yang berasaskan "kekeluargaan" membuat metode peminjaman cukup mudah. Syarat-syarat yang dilengkapi juga tidak ribet layaknya meminjam di bank.

Pada umumnya, koperasi disediakan komunitas pelaku bisnis. Para pebisnis biasanya akan dihimpun ke dalam suatu kelompok untuk dijadikan sebagai komunitas yang lebih besar. Komunitas didirikan layaknya sebuah perusahaan di mana pesertanya diberi jabatan yang sesuai dengan keahliannya.

Modal yang didapatkan koperasi dihimpun dari pelaku bisnis dan digunakan untuk kesejahteraan semua pelaku bisnis. Akan tetapi, koperasi kini telah meluaskan cakupan kreditur.

Artinya, semua orang diperkenankan untuk mengambil pinjaman asalkan status kreditur dipercaya dan dianggap sanggup untuk mencicil pinjaman setiap bulan.

4. Memanfaatkan Investor Mitra

Cara selanjutnya yaitu dengan meminta bantuan modal dari para investor. Anda bisa membuka peluang investasi melalui forum bisnis atau komunitas bisnis di media sosial.

Namun, cara ini tidaklah mudah, mengingat sulitnya untuk meyakinkan para investor di luar sana. Apalagi jika bisnis yang dijalankan belum direalisasikan.

Sebelum meminta modal dari para investor, pelaku bisnis terlebih dulu harus menyiapkan proposal usaha. Gunanya sebagai gambaran mengenai bisnis yang dijalankan.

Proposal haruslah berisi informasi detail mengenai setiap bidang usaha. Proposal usaha yang berkualitas tentu akan menarik minat investor untuk bergabung.

Jadi, luangkan waktu untuk memikirkan bentukan proposal tersebut. Manfaatkan jaringan atau link untuk menguatkan pembuatan proposal.

 

Sumber modal usaha terakhir ialah dengan menjual aset atau harta yang dimiliki.

5. Menjual Aset yang Dimiliki

Sumber modal usaha terakhir ialah dengan menjual aset atau harta yang dimiliki. Entah itu rumah, tanah, apartemen, mobil, perhiasan, emas, dan lainnya. Apa pun aset yang dimiliki bisa dijual untuk mendapatkan modal usaha.

Mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan itu penting sebelum akhirnya menjual aset. Tujuannya agar modal yang diperoleh tidak mubazir dan dapat dialokasikan sesuai dengan fungsi dan unit kegiatan dari bisnis yang dijalankan.

Berbisnis Jauh Lebih Mudah

Mendapatkan modal bukan hal sulit lagi pada era sekarang. Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan modal dari mana pun, baik pemerintah, swasta, koperasi, maupun keluarga. Mudahnya mendapatkan modal juga membuat kegiatan bisnis jauh lebih mudah.

Tertarik membuka bisnis, tapi belum ada modal? Dapatkan dari lima sumber modal usaha di atas. Semoga membantu!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlahir Seberat 400 Gram, Bayi Mungil Ini Mampu Bertahan Hidup

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Seorang bayi baru lahir di India menjadi sorotan publik setelah dianggap sebagai salah satu bayi terkecil yang bisa bertahan hidup.

Manushi lahir 12 minggu sebelum waktunya setelah ibunya mulai mengalami komplikasi. Maka tak heran jika bayi itu terlahir hanya seberat 400 gram.

Melansir Online Daily, dokter mengatakan bahwa Manushi yang lahir pada 15 Juni tumbuh dengan baik. Otaknya secara struktural normal dan matanya berkembang dengan normal.

Bayi terkecil (MEGA/Newslions)

Orang tuanya sangat bahagia setelah mengetahui bahwa bayi mungilnya bisa bertahan hidup, dan bisa dipulangkan dari rumah sakit saat usianya enam bulan.

Ibu bayi itu, Seeta (48) dan suaminya, Giriraj (50) mengatakan bahwa lahirnya Manushi adalah keajaiban kehidupan mereka. "Dia baru saja bertempur dan melawan segala rintangan. Tapi dia berhasil melakukannya," kata Giriraj.

Bayi terkecil (MEGA/Newslions)

Dr Sunil Janged, kepala neo-natalogis mengatakan ketika itu tim medis memutuskan untuk mengambil tindakan saat tekanan darah Seeta tinggi, yang berarti Manushi dalam bahaya. Tapi mereka tidak yakin dengan apa yang akan terjadi nanti.

"Dia sedang berjuang untuk bernapas. Jadi kami segera memasang alat bantu pernapasan untuk memperluas paru-parunya yang kecil dan belum matang," kata dr Sunil.

Ketika dia lahir pada usia 28 minggu, bayi itu hanya berumur 8,6 menit, tidak bernapas dan memiliki organ yang kurang berkembang. Namun, pada usia tujuh minggu, dia mulai bisa mengkonsumsi susu. Hebatnya, kini berat badan Manushi mencapai 23 kg.

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Sewa SUGBK Naik, Harga Tiket Timnas Mahal?

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Timnas Indonesia menantang Islandia pada partai persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (14/1/2018).

Laga uji tanding itu akan menjadi mahal karena berbagai faktor. Pertama, harga tiket yang dilepas ke penonton dinilai tinggi.

PSSI menjual tiket ke dalam sebelas kategori. Tribun VVIP memiliki harga yang paling mahal. Kategori tersebut dijual dengan harga Rp 1,5 juta. Adapun, tiket termurah dibanderol Rp 100 ribu untuk tribun atas.

Kedua, partai ini dimainkan di SUGBK pascarenovasi yang memakan waktu lumayan lama. Sejak dipugar pada 2016 lalu, total biaya untuk mempercantik venue ini mencapai Rp 769,69 miliar.

Kali terakhir timnas bertanding di SUGBK terjadi pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2015. Kala itu, PSSI menjual tiket termurah seharga Rp 50ribu dan Rp 500 ribu untuk yang termahal.

Direktur Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto mengakui tarif sewa SUGBK memang mengalami kenaikan. Namun, dia menolak harga yang ditetapkan terlampau mahal.

"Tarif sewa kan ada beberapa kategori, untuk kepentingan tertentu. Pasti memang ada penyesuaian, itu kan tarif 2008. Waktu belum direnovasi dengan fasilitas tidak seperti sekarang. Saat ini jauh lebih bagus, pasti ada penyesuaian tarif. Sudah sekian tahun dan fasilitasnya beda," ujar Winarto ketika dihubungi Liputan6.com.

Menpora RI, Imam Nahrawi, mengecek jaring gawang saat meninjau SUGBK di Senayan, Jakarta, Selasa (8/8/2017). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Winarto enggan membeberkan tarif sewa SUGBK untuk sekali pakai. Dia juga menolak memberi tahu persentase kenaikan tarif sewa SUGBK saat ini dibanding sebelum direnovasi.

"Itu detail sekali. Kalau mau sewa, baru boleh tahu," ungkap Winarto.

Namun, Winarto beranggapan bahwa tarif sewa SUGBK sudah lebih murah ketimbang venue lain yang memiliki fasilitas serupa. Tarif sewa SUGBK juga berbeda untuk kegiatan olahraga dan kepentingan yang bersifat pribadi atau kelompok.

"Tapi kita selalu memposisikan, itu lebih murah dari kualitas yang setara, yang dikelola oleh pihak lain maupun swasta. Kita selalu ambil di bawahnya. Misalnya, di luar negeri itu Rp 100 juta, kita Rp 70 juta," ungkap Winarto.

"Ada perbedaan tarif sewa tergantung fungsinya. Kan olahraga kita paling utamakan," tambahnya

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria angkat bicara terkait mahalnya tiket Timnas Indonesia melawan Islandia. Selain karena tarif sewa SUGBK, faktor Islandia sebagai tim level A dan peserta Piala Dunia 2018 menjadi penyebabnya.

"Kami harus tahu yang spesial dari SUGBK ini dengan seluruh fungsi yang ada setelah melalui renovasi dan kualitas stadion yang berkualitas internasional. Tentu butuh komitmen untuk pemeliharaan stadion ini, maka jadi pertimbangan kami untuk tidak bisa melepas di harga (termurah, misalnya) Rp 50 ribu. Ada harga yang harus dibayar dan tentu saja harus ada andil masyarakat untuk sama-sama menjaga stadion ini," ujar Tisha.

"Dengan level lawan internasional, dengan penggunaan GBK yang jadi venue terbaik saat ini, membuat penyelenggaraan ini memakan biaya tinggi. Semakin tinggi event, lawan dan kualitas penyelenggaraan, maka ada kaitan dengan harga tiket yang dijual," tutupnya. (Muhammad Adi Yaksa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Asmat Bentuk Tim Khusus Hadapi Wabah Campak

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Penyakit campak masih terus mewabah di Kabupaten Asmat, Papua.Selain wabah campak, kasus lain yang juga menonjol adalah kasus gizi buruk.

Baca juga: Korban Berjatuhan, Dilema Darurat Gizi Buruk di Asmat

Kini wabah campak sudah tersebar sampai ke lima distrik: Distrik Swator, Fayit, Pulau Tiga, jetsy dan Siret.

Mengutip RRI, Minggu (14/1/2017), pemerintah Kabupaten Asmat telah membentuk tim terpadu untuk menangani kasus menonjol di Kabupaten Asmat. Tim ini bertugas untuk mengambil langkah cepat menanggulangi kasus gizi buruk dan kasus campak.

Baca juga: Campak Melanda Asmat, Pemda Siap Siaga

Bupati Asmat, Elissa Kambu menjelaskan, Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat juga diperintahkan untuk secepatnya memantau penyakit campak yang sedang mewabah. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan data yang akurat tentang anak-anak yang terserang campak.

Tim ini juga bertugas untuk memberikan vaksin campak serta membawa bantuan makanan untuk warga di lima distrik tadi.

 

Ilustrasi suku asmat

"Salah satu kendala yang menghambat pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Wilayah terpencil di kabupaten Asmat yakni minimnya tenaga dokter umum dan spesialis serta Puskesmas yang hanya berjumlah 16 puskesmas dari 23 Distrik yang ada di Kabupaten Asmat," ungkap Bupati Elisa Kambu di Asmat, pada Kamis (11/1/2018) kepada RRI.

Anggaran kesehatan Pemda Asmat berkisar sebesar 2 miliar rupiah. Namn menurut Bupati Elissa, anggaran ini masih belum mampu melayani 224 kampung yang ada di sana.

Walau sudah meminta tenaga dokter dari Kementerian Kesehatan, Bupati Elissa juga mengatakan, hal ini masih belum terealisasi.

Minimnya kesadaran warga tentang pentingnya imunisasi juga diakui oleh Bupati Elissa sebagai salah satu penyebab munculnya wabah campak di Asmat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Melahirkan, Stuntman Demian Aditya Dapatkan Bayi Perempuan

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Stuntman pesulap Demian Aditya, Edison Wardhana, tengah diliputi kebahagiaan. Meski tengah memulihkan kondisi tubuh karena aksi sulap Death Drop, ia bisa menyaksikan istrinya, Ayu, melahirkan.

Ayu diketahui melahirkan bayi perempuan pada Sabtu (13/1/2018). Edison Wardhana mengungkapkan kebahagiaan kehadiran bayi perempuannya melalui Instagram.

"Terima kasih Tuhan Yesus buat anugrahMU yg luar biasa, kami mengucap syukur buat kelahiran anak putri kami," tulis Edison Wardhana dalam akun Instagram miliknya.

 

 

 

 

 

Kabar bahagia datang dari stuntman Demian Aditya, Edison Wardhana (Instagram/edison_wardhana)

Beberapa saat setelah si buah hati lahir, Edison Wardhana dan istrinya langsung memberikan nama. Bayi perempuan yang lahir di Betshaida Hospital, Gading Serpong, Tangerang, dinamai Charion Natania Wardhana Wihardja.

"Hai My Miracle😇You both is My Big Miracle. ❤Thank You Jesus for All 😇 @edison_wardhanaWelcome to the world Baby "Charion Natania Wardhana Wihardja". 💋💋💋💋," tulis akun Instagram Ayu Dyah Utami, istri Edison Wardhana.

 

 

 

Edison Wardhana bersama Demian Aditya (Instagram/ @edison_wardhana)

Atraksi "Death Drop" yang dimainkan oleh Demian Aditya dalam acara SCTV Awards 2017 di Studio Emtek, Jakarta, beberapa waktu lalu, diwarnai insiden. Asisten Demian, Edison Wardhana, bahkan mengalami cedera akibat kejadian tersebut.

Sesaat setelah insiden terjadi, tim medis pun tiba dan langsung membawa Edison Wardhana ke Rumah Sakit Royal Taruma, Grogol. Empat hari menjalani perawatan intensif, kesehatan Edison mengalami perkembangan cukup signifikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesta Pernikahan Berubah Jadi Tawuran Massal

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Pesta pernikahan seharusnya menjadi momen bahagia, namun yang terjadi malah sebaliknya akibat hal sepele.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tanda Saatnya Putus Hubungan dengan Seorang Teman

Posted: 13 Jan 2018 09:00 PM PST

Siapa yang bilang bahwa perpisahan atau putus hubungan adalah sesuatu yang menyenangkan, terutama dengan seorang teman? Namun, bagaimana jika perpisahan tersebut memang diperlukan?

Putus hubungan dengan seorang tidak selalu mudah, namun bisa jadi adalah keputusan yang paling tepat dan sehat. Dilansir dari huffingtonpost.com, Minggu (14/1/2018), berikut ini adalah tanda saatnya bagi Anda untuk putus hubungan dengan seorang teman. Penasaran?

1. Lebih banyak interaksi negatif yang terjadi

Jika Anda bergaul dengan seorang teman yang lebih banyak memberikan interaksi negatif, daripada yang positif, ini saatnya putus hubungan. Sebuah persahabatan dimaksudkan sebagai hal yang menyenangkan, bukannya menimbulkan kecemasan.

2. Terlalu banyak kecemburuan dan persaingan

Kecemburuan dan persaingan bisa menjadi bahwa persahabatan tersebut harus dihentikan. Jika Anda terus menerus merasa harus membuktikan diri kepada soerang teman, akhirnya nanti diri sendiri akan merasa lelah, daripada nyaman.

Persahabatan seharusnya mendukung dan memberi semangat, jadi ketika hal tersebut tidak terlihat dapat hubungan Anda, maka putus hubungan adalah pilihan terbaik. Sekarang juga.

 

 

 

Ilustrasi Foto Aktivitas Diluar Ruang (iStockphoto)

3. Hanya sedikit berkontribusi terhadap kehidupan Anda

Jika seseorang berada di dalam hidup Anda, ia seharusnya membawa sesuatu, bukan? Jika seorang teman benar-benar tidak memberikan sesuatu ke dalam hidup Anda, lantas mengapa hubungan tersebut harus dipertahankan?

4. Upaya yang dilakukan tidak seimbang

Tidak ada yang suka harus mengejar seseorang terus menerus, sementara orang yang dikejar tidak memperlihatkan usaha apapun. Jika Anda tidak menemukan keseimbangan di dalam sebuah hubungan pertemanan, maka tidak perlu dipertahankan lagi.

Ilustrasi Foto Aktivitas Diluar Ruang (iStockphoto)

5. Anda merasa dikontrol atau dimanipulasi

Jika dengan alasan apapun, hubungan persahabatan tersebut membuat Anda merasa tidak apat menjadi diri sendiri, berhentilah sekarang juga.

6. Ia bukan orang yang baik untuk Anda

Berhati-hatilah dengan siapa saja Anda bergaul, karena pada akhirnya Anda juga akan dinilai dari kelompok sosial tersebut.

Ilustrasi Foto Aktivitas Diluar Ruang (iStockphoto)

7. Anda menghabiskan banyak waktu untuk masa lalu

Anda tentu memiliki banyak teman dalam kehidupan dan tidak dapat membayangkan sebuah kehidupan tanpa mereka, namun sampai kapan Anda akan terus hidup dibayangi masa lalu? Ada beberapa orang yang memang tidak ditakdirkan untuk menjadi selamanya.

8. Harga diri Anda terpengaruh secara negatif

Jika pada satu masa ada seorang teman yang entah bagaimana caranya membuat harga diri Anda terpengaruh secara negatif, putuskan hubungan itu sekarang juga. Apakah Anda sudah siap putus hubungan dengan seorang teman?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Laga Indonesia Vs Islandia, Warganet Gaungkan Jaga GBK

Posted: 13 Jan 2018 08:55 PM PST

Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba nanti malam, Minggu (14/1/2018). Skuad asuhan Luis Milla itu akan berhadapan dengan peserta Piala Dunia 2018, Islandia.

Laga ini kian spesial karena akan menjadi pertandingan pertama yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) setelah sebelumnya stadion itu mendapat perombakan besar-besaran.

Karena itu, Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan akan hadir dan meresmikan SUGBK malam ini. Rencananya, peresmian akan dilakukan sebelum laga timnas Indonesia melawan Islandia.

Keriuhan menyambut pertandingan perdana di SUGBK ini juga ramai dibicarakan warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, tagar Jaga GBK menjadi topik perbincangan hangat di situs microblogging itu.

Banyak di antara kicauan warganet mengajak para suporter untuk ikut menjaga kondisi SUGBK setelah resmi dibuka kembali untuk umum. Ada pula akun yang berbagi informasi seputar kondisi terbaru di stadion tersebut.

"Jangan buang puntung rokok sembarangan, biar ngerokok tidak ada puntung, bakar rokoknya dibalik #JagaGBK," tulis salah satu akun @fermendis.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini ada beberapa kicauan warganet terkait ajakan menjaga SUGBK yang digaungkan di Twitter menjelang laga timnas Indonesia melawan Islandia.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah selesai 100 persen. Stadion tersebut kini siap digunakan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018.

Kini, stadion itu memiliki pencahayaan berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Namun karena menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen 

Sistem pencahayaan juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO.

"Tata suara SUGBK lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis," tuturnya.

Kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

"Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan di mana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong," lanjut dia.

Kualitas lapangan semakin baik, mulai dari rumput yang digunakan merupakan rumput terbaik jenis zoysia matrella, dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase antibanjir (zero run-off).

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Jenguk Fredrich Yunadi Besok, Bahas Apa?

Posted: 13 Jan 2018 08:51 PM PST

Ketua tim penasihat hukum Fredrich Yunadi, Sapriyanto Refa berencana menjenguk kliennya di rutan KPK. Kunjungan akan dilakukan Senin 15 Januari 2018 atau Selasa 16 Januari 2018.

"Senin atau Selasa baru besuk beliau," ujar Sapriyanto kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (14/1/2018). 

Sapriyanto mengaku belum menentukan langkah hukum selanjutnya untuk membela Fredrich Yunadi. Dia membutuhkan diskusi terlebih dahulu dengan kliennya itu.

"(Setelah menjenguk) Baru kita tentukan dan langkah-langkah hukum apa yang akan dilakukan," tutur dia.

Selain itu, Sapriyanto mengungkapkan belum mengetahui kapan Fredrich Yunadi akan diperiksa lebih lanjut oleh KPK.

"Biasanya sehari atau dua hari sebelumnya akan dikabarkan (oleh KPK)," ucap Sapriyanto.

Fredrich Yunadi mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (13/1). Fredrich Yunadi menjadi tersangka kasus dugaan merintangi penyidikan perkara e-KTP yang melibatkan mantan Ketua DPR Setya Novanto. (LIputan6.com/Pool/Dedy)

Fredrich Yunadi dituduh merintangi penyelidikan atas tindak pidana korupsi kliennya, Setya Novanto. Dia diduga telah merekayasa kecelakaan tunggal yang dialami Setya Novanto pada November 2017 silam untuk menghindari panggilan KPK.

Setelah sempat mangkir, Fredrich diringkus KPK pada Jumat malam 12 Januari 2018. Sabtu pagi Fredrich terlihat menjumpai awak media dengan rompi oranye tersemat di badannya untuk pertama kalinya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ultah, Tagar untuk Kai EXO Jadi Trending Topic Nomor 1 di Dunia

Posted: 13 Jan 2018 08:47 PM PST

Seperti sudah menjadi tradisi, para penggemar K-Pop selalu beramai-ramai membuat tagar di Twitter saat hari ulang tahun idolanya tiba. Hal ini juga terjadi pada hari ulang tahun Kai EXO.

Pada hari ini, Minggu (14/1/2018), Kai EXO tepat berulang tahun ke-24. Sementara untuk umur dalam sistem penanggalan Korea, ia kini telah berusia 25 tahun.

Dilansir dari Soompi, tagar yang digunakan untuk merayakan ulang tahun Kai EXO berbunyi "HappyKAIDay". Sesaat setelah tengah malam waktu Korea Selatan, tagar ini ternyata langsung melesat menjadi salah satu trending topic.

Bahkan, tagar ini bahkan sempat meraih puncak trending topic Twitter dunia.

 

Kai EXO (via Soompi)

Lewat tagar ini, penggemar mengutarakan ucapan selamat untuk Kai EXO.

"Selamat ulang tahun Kim Jongin alias Kai. Hari ini adalah harimu dan umurmu kini 24 tahun. Walaupun untukku kau tetap anak umur 10 tahun yang gemar menari karena keimutanmu yang tak berbatas," tulis seorang penggemar.

Tak hanya mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kai EXO, lewat tagar ini penggemar juga berbagi momen menarik sepanjang karier mantan kekasih Krystal f(x) tersebut.

 

EXO (Pinterest)

Sementara itu EXO baru saja kembali dengan single terbaru mereka, "Universe". Dalam ajang Golden Music Awards 2018 lalu, kelompok besutan SM Entertainment ini juga membawa pulang empat penghargaan. Dua di antaranya adalah Bonsang dan Genie Music Popularity Award.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Sertifikasi, Venue Bowling Siap Test Event Asian Games

Posted: 13 Jan 2018 08:45 PM PST

Venue bowling untuk Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City (JSC) hampir siap digunakan. Sarana tinggal menunggu sertifikasi dari Asian Bowling Federation (AFB).

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Bowling Indonesia (PB PBI) Aswin Limansantoso menyatakan, renovasi gedung pertandingan sudah selesai. Pengerjaan tinggal menyelesaikan infrastruktur di sekitar bangunan, seperti lahan parkir dan taman.

"Kita hanya menunggu proses sertifikasi venue ini dari federasi bowling. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, barulah serah terima dan siap dipakai untuk Asian Games 2018," ujar Aswin.

Proses sertifikasi venue itu rencananya berlangsung pada 21-28 Januari. Setelah selesai, venue akan digunakan untuk test event Asian Games pada Februari.

Bowling Center di JSC digadang-gadang menjadi tempat pertandingan terbaik di kawasan Asia, bahkan dunia. Venue di lahan seluas 2,8 hektare ini memiliki desain semi futuristik.

Sebanyak 40 lintasan di venue ini menggunakan Qubica AMF yang dipakai di pentas internasional dan bisa menampung sampai 600 penonton.

"Kalau disertifikasi tentu akan menjadi venue bowling terbaik di Asia, bahkan dunia. Kita lihat Asian Games sebelumnya di Incheon, hanya ada 32 lane. Tapi di Jakabaring ada 40 lane," pungkasnya. (Indra Pratesta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia Vs Islandia: Momen Egy Unjuk Gigi

Posted: 13 Jan 2018 08:40 PM PST

Timnas Indonesia menghadapi kontestan Piala Dunia 2018, Islandia dalam pertandingan uji coba, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Pada partai ini, skuat Garuda berniat menjajal pemain muda potensial Egy Maulana.

Egy tengah menjadi buah bibir di kalangan para pecinta sepak bola Tanah Air. Kualitas teknik olah bola mumpuni yang dimiliki pemuda kelahiran Medan tersebut merupakan salah satu alasannya.

Nama Egy sejatinya tidak hanya populer bagi masyarakat Indonesia. Saat ini media-media Eropa pun tengah menyoroti sang pemain setelah menjalani trial bersama klub Prancis, Saint-Etienne.

Egy mengaku selama menjalani trial cukup apik karena mendulang dua gol. Sejumlah media Prancis tak ayal mengklaim Saint-Etienne telah menemukan Lionel Messi baru dari tanah Indonesia.

Performa menawan Egy pun berbanding lurus dengan kariernya di level internasional. Meski baru berusia 17 tahun, Ia dalam beberapa kesempatan dipercaya membela tim asuhan Luis Milla. Salah satunya adalah ketika bersua Suriah, November 2017.

Akan tetapi, pesona yang dimiliki pemain serbabisa berusia 17 tahun itu bukan menjadi fokus Milla saat ini. Sang pelatih lebih memilih untuk membenahi stabilitas Tim Merah-Putih karena Islandia merupakan lawan yang tangguh.

 

"Kami akan mencoba melakoni laga itu dengan kondisi terbaik. Kami telah melihat pertandingan yang dimainkan Islandia. Mereka adalah tim yang menyerang dan memiliki transisi bertahan yang juga baik," kata Luis Milla.

 

"Menurut kami kelebihan Islandia adalah sesuatu yang menarik. Kami akan mencoba menjadikan itu sebagai pengalaman. Kami lantas akan bermain rapat dan juga kolektif. Saya percaya Timnas Indonesiaakan mempersulit Islandia pada laga besok karena kami juga memiliki skuat yang berkualitas," lanjut Milla.

Islandia menatap laga melawan Indonesia dengan mentalitas terbaik. Kemenangan 6-0 atas Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (11/1/2018), semakin memotivasi tim berjulukan The Our Boys menyongsong uji coba kedua.

Apalagi, Islandia menjadikan laga kontra Evan Dimas dkk. sebagai bahan pembelajaran. Maklum saja, mereka akan menghadapi lawan-lawan berat di fase Grup D Piala Dunia 2018, antara lain Argentina, Kroasia, dan Nigeria.

"Laga ini menjadi bahan pembelajaran kami. Kami tentunya ingin melihat para pemain bisa siap di Rusia. Kami membawa beberapa pemain senior dan juga pemain muda. Dalam beberapa tahun terakhir, kami selalu mencari tim-tim yang bermain di luar Eropa," kata pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson.

"Menurut saya, Indonesia merupakan salah satu tim kuat di Asia. Kami juga mengharapkan laga kontra Indonesia bisa menjadi pengalaman bagi Islandia. Jadi saya pikir laga itu bagus untuk kami. Indonesia merupakan tim yang memiliki skuat yang bagus. Jadi saya sudah tidak sabar untuk menghadapi Indonesia," tutur Hallgrimsson.

Selain Hallgrimsson, Olafur Ingi Skulason selaku kapten tim pun juga enggan menganggap remeh Tim Merah-Putih. Pemain yang berposisi di sektor gelandang serang itu menilai skuat Garuda memiliki materi pemain yang bisa merepotkan Islandia.

"Menurut saya pemain Indonesia lebih unggul soal kecepatan. Mereka bermain dengan baik dan kami menjaga konsentrasi selama pertandingan," kata Skulason.

Prediksi Susunan pemain:

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa (Kiper); I Putu Gede, Hansamu Yama, Victor Igbonefo, Bagas Adi; Bayu Pradana, Hargianto; Egy Maulana, Evan Dimas, Andik Vermansah (Tengah); Boaz Solossa (Depan)

Pelatih: Luis Milla

Islandia (4-4-2): Frederik Schram (Belakang); Boovar Boovarsson, Holmar Orn Eyjolfsson, Hjortur Hermannsson, Vioar Jonsson; Olafur Ingi Skulason, Arnor Traustason, Mikael Anderson, Samuel Johnson (Tengah); Albert Gudmundsson, Andre Runnar Bjarnason (Depan)

Pelatih: Heimir Hallgrimsson

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Dianiaya, Tubuh Bocah 2 Tahun Memar dan Luka Bakar

Posted: 13 Jan 2018 08:37 PM PST

Balita laki-laki (2), warga Perum Jati Indah di Kecamatan Indihiang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis siang dibawa ke Rumah Sakit Prastya Bunda. Hampir di sekujur tubuhnya mengalami luka memar, sementara wajahnya luka bakar.

Sedangkan di pergelangan kaki kanan dan kiri balita malang tersebut ditemukan bekas ikatan.

Polisi menduga Ferdy menjadi korban penganiayaan. Selama ini bocah ini tinggal bersama sang bibi karena kedua orangtuanya pergi merantau.

Saksikan berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Minggu (14/1/2028), pukul 12.00 WIB dalam

.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Bingung Jelaskan Penyebab Kekalahan Real Madrid

Posted: 13 Jan 2018 08:30 PM PST

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tidak dapat menjelaskan penyebab kekalahan 0-1 timnya dari Villarreal di Santiago Bernabeu, Sabtu (13/1/2018) dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol. Los Blancos mendominasi sepanjang laga.

Zidane mengatakan, Real Madrid sudah berusaha maksimal untuk memenangkan laga. Hasil ini membuat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya meraih satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

 

"Hal pertama adalah sulit. Kami melakukan segalanya, kami punya banyak peluang mencetak gol dalam pertandingan, tapi bola tidak mau masuk. Anda tidak bisa menjelaskannya," kata Zidane, seperti dilansir ESPN.

"Ini adalah hal buruk yang berlanjut, jadi sulit bagi pemain saya, tapi saya tidak bisa menyalahkan pemain atas apa yang telah mereka lakukan. Ini adalah kekalahan yang sulit karena kami tidak pantas mendapat pukulan ini," kata mantan playmaker Juventus itu.

 

Real Madrid sekarang tertinggal 16 poin dari Barcelona, yang memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol. Bahkan, Blaugrana baru memainkan pertandingan dini hari nanti, sehingga selisih poin bisa bertambah.

 

Zidane mengungkapkan, anak-anak asuhannya membutuhkan satu kemenangan besar untuk mengangkat kepercayaan diri. Hal itu agar Real Madrid mengakhiri rentetan hasil buruk yang dialami mereka sejauh ini.

"Dalam semua hal negatif, Anda harus mencari yang positif," kata pelatih berpaspor Prancis ini.

"Kami memiliki banyak hal baik, dan sekarang kami mengalami masa sulit. Kami bisa mengubah ini, keluar dari sini, dengan memenangkan pertandingan, dan menang dengan baik," ungkap Zidane.

Pada laga berikutnya, Real Madrid akan menjalani leg pertama perempatfinal Copa del Rey melawan Leganes, dan leg pertama 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint-Germain (PSG) pada 14 Februari nanti.

"Saya berharap itu terjadi pada Kamis (Copa del Rey), atau Minggu. Dan kemenangan itu akan mengubah banyak hal. Kami harus terus berpikir bisa melakukan itu," katanya.

"Kami tahu situasinya, kami memiliki Copa, dan Liga Champions dalam sebulan. Ini situasi yang sulit, kami belum pernah mengalaminya. Sulit bagi para pemain," tutur Zidane.

Ketika ditanya apakah taktik Real Madrid mampu ditebak oleh tim lawan, Zidane kembali menjawab bahwa timnya mampu mencetak banyak peluang dalam pertandingan. "Kami punya peluang, tembakan, bisa mencetak gol," ucap Zidane.

"Saya tidak tahu apakah kami dapat diprediksi, kami sudah bersiap sebelum pertandingan," bebernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Hari Pertama Pemberlakuan Car Free Day di JLNT Antasari

Posted: 13 Jan 2018 08:30 PM PST

Sejumlah warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Pemberlakuan CFD di JLNT ini hingga Jalan Prapanca, tepatnya depan kantor Walikota Jakarta Selatan.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Pemberlakuan CFD di JLNT ini hingga Jalan Prapanca, tepatnya depan kantor Walikota Jakarta Selatan.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari pertama pemberlakuan car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Pada pemberlakuan car free day ini JLNT Antasari dimanfaatkan warga sebagai sarana berolahraga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari pertama pemberlakuan car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Pada pemberlakuan car free day ini JLNT Antasari dimanfaatkan warga sebagai sarana berolahraga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari pertama pemberlakuan car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Pemanfaatan JLNT Antasari ini, diberlakukan mulai Minggu, 14 Januari 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari pertama pemberlakuan car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Pemanfaatan JLNT Antasari ini, diberlakukan mulai Minggu, 14 Januari 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga melakukan olahraga bersepeda dan jalan santai di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari pertama pemberlakuan car free day di Jakarta, Minggu (14/1). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga melakukan olahraga bersepeda dan jalan santai di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat hari pertama pemberlakuan car free day di Jakarta, Minggu (14/1). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Sedangkan, untuk Jl Antasari yang berada di bawah JLNT masih dapat dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah warga beraktivitas di Jalan Layang Non-Tol Antasari saat car free day di Jakarta, Minggu (14/1). Sedangkan, untuk Jl Antasari yang berada di bawah JLNT masih dapat dilalui kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Zaskia Gotik Bandingkan Ayu Ting Ting dengan Via Vallen

Posted: 13 Jan 2018 08:30 PM PST

Sejak lagu "Sayang" populer di telinga masyarakat, nama Via Vallen menjadi pun menjadi sorotan berbagai kalangan di Tanah Air. Ia bahkan sempat disebut mampu menyisihkan kepopuleran Ayu Ting Ting di panggung musik dangdut.

Pedangdut Ayu Ting Ting saat menghibur penonton pada perayaan HUT Indosiar ke-23 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/1). Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik membawakan lagu sambalado dan tarik selimut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nama Ayu Ting Ting dan Via Vallen lantas kerap dibanding-bandingkan. Keduanya pun dikabarkan sempat berseteru dan saling sindir melalui media sosial Instagram masing-masing.

Sebagai teman, Zaskia Gotik memandang Ayu Ting Ting dan Via Vallen mempunyai keistimewaan masing-masing. "Sama- sama bagus, sama-sama berkualitas, sama-sama punya tipikal suara yang ciri khas masing-masing," ujar Zaskia Gotik di belakang panggung malam puncak HUT Indosiar di JCC Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Ayu lebih dangdut sedikit, walaupun dangdutnya enggak banyak. Terus si Via lebih dangdut nge-jazz. Jadi ada ciri khas masing-masing," lanjut pedangdut yang terkenal dengan goyang itik tersebut.

 

 

 

 

Zaskia Gotik mengungkap perbedaan Ayu Ting Ting dan Via Vallen menurut kacamatanya. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Mantan kekasih Vicky Prasetyo itu pun tak merasa ada persaingan di antara Ayu Ting-Ting dan Via Vallen. Kata Zaskia Gotik, persaingan tersebut mungkin ada, tapi hanya soal kualitas masing-masing di dunia musik.

"Ah enggak ada persaingan. Ya, semuanya juga bersaing lah. Cuma kan bersaingnya secara alami dulu, sehat secara prestasi gitu, jangan hal-hal yang lain gitu," ungkap Zaskia Gotik.

Pedangdut Zaskia Gotik saat menghibur penonton pada perayaan HUT Indosiar ke-23 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/1). Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik membawakan lagu sambalado dan tarik selimut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Secara pribadi, Zaskia Gotik pun tak merasa disaingi dengan kehadiran Via Vallen. Hal terpenting bagi pedangdut tersebut, ia terus menerus memperbaiki kualitas bermusiknya agar terus diterima publik.

"Enggak ada ngerasa, 'ah gue punya saingan ini nih yang baru'. Rezeki kan udah ada yang ngatur. Jadi ya yang penting kan kita terus belajar. Terus memperkuat lagi kualitas kita dengan karya kita," Zaskia Gotik menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Taiwan Temukan Hiu Langka Berwajah bak Alien

Posted: 13 Jan 2018 08:30 PM PST

Taiwan Fisheries Research Institute menemukan lima spesimen hiu viper langka saat melakukan survei di lepas pantai Taitung County, Taiwan Timur. Hewan dengan nama latin Trigonognathus kabeyai itu ditemukan di kedalaman 350 meter.

Saat ditemukan, salah satu hiu itu masih hidup. Sejumlah ahli biologi laut pun berusaha menjaga hiu agar tetap hidup dengan memasukkannya ke dalam air yang bersuhu 10 derajat Celsius. Namun sayangnya, hewan itu hanya dapat bertahan hidup satu hari.

Dikutip dari indy100.com, Minggu (14/1/2018), hiu viper sebelumnya hanya pernah ditemukan di pesisir Jepang, Hawaii, dan Taiwan. Spesies itu pertama kali dideskripsikan oleh Fumio Oe dan Kenji Mochizuki dalam Japanese Journal of Ichthyology.

Hiu tersebut memiliki bintik-bintik pemancar di bagian bawah tubuhnya. Ia juga memiliki bentuk rahang yang unik.

Ketika makan, hiu itu akan menancapkan makanan ke gigi-giginya yang mencuat sebelum menelannya.

Hiu mirip belut yang memiliki deretan gigi mengerikan atau dikenal dengan hiu berjumbai (Twitter/@rfedortsov)

Seorang nelayan asal Murmansk, Rusia, Roman Fedortsov, beberapa kali mengungkap serangkaian tangkapan yang mengeringkan dari laut dalam. Mulai dari artopoda berkaki delapan hingga ikan yang memiliki gigi mirip manusia.

Selama ini, Fedortsovberlayar menangkap ikan di Laut Barents, yakni sebuah laut dangkal yang terbuka ke Samudera Arktik. Di sanalah ia menemukan sejumlah monster laut.

Menurut Science Alert, makhluk-makhluk unik itu tinggal di tinggal di zona senja, atau mesopelagis. Itu adalah area antara 200 sampai 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Di antara banyak makhluk laut itu, Fedortsov pernah menemukan hiu mirip belut yang memiliki deretan gigi mengerikan atau dikenal dengan hiu berjumbai. Hiu tersebut sering disebut sebagai "peninggalan prasejarah" karena ciri primitifnya.

Selain itu, ia pernah menangkap ikan serigala Atlantis yang bernama ilmiah Anarhichas lupus merupakan salah satu ikan purbakala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Jenazah Dikubur Bersama Motor

Posted: 13 Jan 2018 08:30 PM PST

Jenazah ini dikubur bersama motor kesayangannya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menteri Yasonna di Perayaan Natal Kemenkumham

Posted: 13 Jan 2018 08:23 PM PST

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)  menggelar perayaan Natal bersama seluruh pejabat di jajaran Kemenkumham.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menyatakan, kegiatan rutin setiap tahun ini biasanya diselenggarakan sebelum 25 Desember. Namun kata dia, kali ini diselenggarakan setelah perayaan Tahun Baru 2018.

"Banyak yang melakukan di awal sebelum tanggal 25. Kita melakukan after 25," kata Yasonna di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Sabtu 13 Januari 2018.

Perayaan ini, kata dia, sama halnya perayaan sebelumnya yakni sebagai bentuk perwujudan rasa syukur kepada sang pencipta.

Menkumham, Yasonna H Laoly (kedua kanan) menyaksikan penandatanganan MoU TISC dengan 17 perguruan tinggi jelang membuka Pasar Inovasi dan Kreativitas di Graha Pengayoman, Jakarta, Selasa (31/10). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tak hanya itu, dia juga mengharapkan agar perayaan ini dapat digunakan para pegawai untuk selalu mengingat dan melayani masyarakat dengan penuh kebaikan.

"Kita berharap pegawai secara khusus umat Kristiani dalam melayani masyarakat tetap mengingat kehidupan yang penuh berkat," jeals Yasonna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Beroperasi 2018, Jokowi Pamerkan Simpang Susun Jombang

Posted: 13 Jan 2018 08:20 PM PST

Dalam tiga tahun terakhir, pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur. Alasannya, adanya infrastruktur menjadi salah satu jalan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun terus memantau pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah proyek Trans Jawa. Dalam proyek ini, pemerintah membangun tol sepanjang 929,7 kilometer (km) dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa.

Dikutip dari akun facebook resmi Presiden Joko Widodo, Minggu (14/1/2018), Jokowi pun memamerkan kemajuan salah satu bagian dari proyek Trans Jawa yaitu Simpang Susun Jombang yang berada di ruas tol Jombang-Mojokerto.

"Tahun 2018 ini, Insya Allah, sepanjang 929,7 kilometer jalur itu dari Merak di Banten sampai Surabaya di Jawa Timur, sudah dapat beroperasi," tulis Jokowi.

Berikut tulisan lengkap Presiden Jokowi tersebut:

Inilah Simpang Susun Jombang di ruas tol Jombang-Mojokerto, yang berada di jalur Trans Jawa: jalan tol sepanjang 1.167 kilometer dari Merak hingga Banyuwangi, dari ujung barat sampai timur Pulau Jawa.

Tahun 2018 ini, Insya Allah, sepanjang 929,7 kilometer jalur itu dari Merak di Banten sampai Surabaya di Jawa Timur, sudah dapat beroperasi.

Beberapa ruas tol yang ditargetkan selesai dan beroperasi tahun ini yakni di ruas Pejagan-Pemalang untuk seksi Brebes Timur-Pemalang (38 km) pada Maret 2018, Pemalang-Batang (39 km) bulan Juli 2018, Batang-Semarang (75 km) pada Mei 2018.

Semarang-Solo dari Salatiga-Kertosuro (33 km) pada Juli 2018, lalu Solo-Ngawi (90 km), Ngawi-Kertosono (87 km) dari Ngawi-Nganjuk (50 Km) beroperasi Januari 2018 dan Saradan-Kertosono (37 Km) operasi Desember 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Tol Sumo membentang sepanjang 36,27 kilometer (km) dan menghubungkan Kota Surabaya dengan Kabupaten Mojokerto. (Dok Kementerian PUPR)

Pembebasan tanah cukup baik dan ditargetkan selesai seluruhnya akhir bulan ini, lalu selebihnya adalah percepatan konstruksi.

Ada ruas tol yang menghadapi masalah teknis seperti di Pemalang-Batang karena berada di jalur hamparan tanah lunak sehingga harus menggunakan teknologi vakum yang sudah kita terapkan di beberapa ruas tol Trans Sumatera.

Percepatan pembangunan jalan tol sebagai bagian dari sistem jaringan jalan nasional ini adalah ikhtiar kita meningkatkan produktivitas rakyat, daya saing bangsa dan mendorong kemajuan peradaban bangsa.

Tol Trans Jawa dibutuhkan untuk mengurangi biaya logistik dan meningkatkan kelancaran konektivitas di Pulau Jawa yang memiliki kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, Oki Setiana Dewi Dapat Kado Spesial

Posted: 13 Jan 2018 08:20 PM PST

Sabtu (13/1/2018), Oki Setiana Dewi tepat menginjak usia 29 tahun. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya itu Oki Setiana Dewi bersama Ria Ricis menambah satu gerai bisnis makanannya, Ayam Ok Cis, di Jalan Taman Palem Lestari Blok B 16 No 18, Jakarta Barat.

Sebelumnya, Oki Setiana Dewi mengaku malah tidak ingat kalau dirinya sedang berulang tahun.

"Terus terang saya lupa ini tanggal 13 hari lahir saya ke-29. Saya lupa karena memang tidak dirayakan, diucapin iya sama anggota keluarga tengah malam," kata Oki Setiana Dewi di gerai barunya pada Sabtu (13/1/2018).

Dalam kesempatan itu, Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis juga menggelar meet and greet bersama penggemarnya. Oki tidak menyangka kalau dalam sesi meet and greet tersebut, rupanya keluarga dan kerabatnya sudah menyiapkan nasi tumpeng untuk menandai bertambahnya usia Oki.

"Tadi di panggung sama temen-temen juga bilang ada spesial juga, kaget sih ada tumpeng-tumpengan. Menurut saya sih hari ulang tahun bukan sesuatu yang spesial," tambah Oki Setiana Dewi.

 

Keluarga Oki Setiana Dewi (Instagram/okisetianadewi)

Ibu tiga anak ini menegaskan dirinya tidak mengharapkan kado apa pun dari keluarga dan kerabat-kerabatnya. Alasannya, Oki menganggap sudah mendapatkan kado yang paling spesial dengan dianugerahi putra ketiganya beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, sehari sebelumnya Oki Setiana Dewi dan suami juga tepat menginjak empat tahun usia pernikahan. Hal tersebut semakin melengkapi kebahagiaan Oki di hari lahirnya.

"Kado spesial tentu saja dikaruniai tiga anak, pernikahan memasuki empat tahun pernikahan anniversary 12 Januari. Kemudian bisnis yang berkembang Alhamdulillah saya dan Ricis buka resto lagi. Allah anugerahi keluarga dan bisnis," kata Oki Setiana Dewi.

 

 

Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

"Hari ini bertepatan dengan pembukaan cabang, ini kado spesial saya. Kami bisnis setahun terakhir di makanan antusiasnya luar biasa sekali, makanya di tahun 2018 sudah merencanakan buka cabang di beberapa daerah," lanjut Oki Setiana Dewi.

Terakhir, Oki Setiana Dewi menyampaikan harapannya di usia barunya ini "Yang saya harapkan doa, di usia 29 tahun bisa dikabulkan doa-doanya."

Gerai Ayam Ok Cis ini sendiri menjadi gerai yang kedua dari bisnis kulinernya bersama Ria Ricis. Sebelumnya, Oki Setiana Dewi sudah membuka gerai pertamanya di kawasan Depok, Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Leonard Gemilang, Spurs Gilas Nuggets

Posted: 13 Jan 2018 08:15 PM PST

Kawhi Leonard menunjukkan perlahan mulai kembali ke bentuk permainan terbaiknya. Leonard membantu San Antonio Spurs menghajar Denver Nuggets 112-80 pada lanjutan NBA Sabtu (13/1/2017) atau Minggu (14/1/2018) pagi WIB.

Bertanding dihadapan pendukung sendiri yang memadati AT&T Center, Spurs melakukan start sempurna. Tim besutan Gregg Popovich itu membuat 32 poin berbanding 16 di kuarter pertama. 

Namun Nuggets terus berusaha memberikan perlawanan di kuarter dua dan tiga. Spurs hanya unggul 13 poin saat memasuki kuarter keempat.

Namun Spurs tak memberi kesempatan bagi Nuggets untuk bangkit di kuarter terakhir. Di enam menit awal, Spurs melesakkan 19 poin berbanding lima. Nuggets pun tak lagi bisa memberikan perlawanan sehingga harus menelan kekalahan dengan margin 32 poin.

Leonard menyumbang 19 poin dan delapan assists selama 28 menit bermain. Pemain cadangan Spurs Davis Bertans juga tampil apik dengan 18 poin. Dia melesakkan enam kali tembakan tiga angka.

Shooting guard veteran Manu Ginobili mencuri perhatian di laga ini meski hanya membuat delapan poin. Pria 40 tahun itu membuat dunk dahsyat yang memukau publik AT&T Center.

Di kubu Nuggets, center Nikola Jokic menjadi pemain tersubur dengan 23 poin. Gary Harris menyusul dengan 18 poin. Bintang Nuggets lainnya Jamal Murray tampil buruk dengan cuma membuat dua poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datsun Cross Dianggap Kemahalan

Posted: 13 Jan 2018 08:10 PM PST

Pertengahan Januari nanti, Datsun Indonesia bakal merilis Datsun Cross. Tentu saja ini akan melengkapi pilihan model Datsun di Indonesia, setelah sebelumnya Go dan GO+ Panca lebih dulu hadir.

Harga resmi memang belum keluar. Namun banyak yang memperkirakan banderol model anyar ini di atas Rp 150 juta. Bahkan ada yang menyebut mulai Rp 160 juta.

Dalam polling otomotif sejak pekan lalu mengenai harga Datsun Cross, banyak yang beranggapan banderol di atas Rp 150 juta kemahalan.

Dari 450 lebih partisipan, 74 persennya bilang mahal. Sementara 20 persen di antaranya menyebut sesuai dan 6 persen sisanya menganggap murah.

Hasil polling harga Datsun Cross. (Liputan6.com)

Sekadar informasi, Datsun Cross pertama kali dikenalkan ke hadapan publik Indonesia pada GIIAS 2016.

Walau merupakan pengembangan dari Datsun Go+, namun Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito, lebih suka mengatakan sebagai generasi baru compact crossover. Datsun ingin keluar dari zona mobil murah yang citranya sudah terbentuk lebih dulu.

"Tapi kami tidak pernah bilang bahwa Datsun itu khusus LCGC," kata Indriani Widjaja saat menjabat sebagai Head of Datsun Indonesia (27/1/2017).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Selain soal desain, ubahan teknis yang signifikan berbeda dari Go+ seperti yang sebutkan Koito saat ditemui Liputan6.com adalah ground clearence yang lebih tinggi dan suspensi yang makin rigid.

Dan satu yang benar-benar berbeda dengan saudara LCGC-nya adalah pilihan transmisi. Ya, Datsun Cross akan punya varian CVT. Dan varian ini yang bikin harga kian melonjak.

Sebagai pembanding Honda punya model LCGC yang sudah punya varian bertransmisi CVT. Honda Brio Satya E merupakan LCGC pertama yang bertransmisi ini.

Mesin 1,2 liter (sama seperti Datsun Cross) sudah Didukung sistem elektronik Drive by Wire. Brio Satya E CVT harganya cuma Rp 151,5 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Bahaya Es Teh Manis, Penjual Gaun Jadi Maneken

Posted: 13 Jan 2018 08:05 PM PST

Mungkin akan menjadi pilihan sejumlah orang untuk mengonsumsi minuman es yang dingin saat hari sedang panas terik oleh matahari. Biasanya minuman segar yang menjadi solusi menghilangkan dehidrasi yakni minum es teh manis.

Mulai dari kemasan botol yang didinginkan atau disuguhkan langsung dengan menggunakan es batu merupakan sejumlah hal yang bisa dipilih banyak orang untuk minum es teh manis.

Dibalik itu, es teh manis ternyata punya sejumlah risiko yang dapat merusak kesehatan apabila terlalu sering dikonsumsi. Mulai dari diabetes sampai dengan batu ginjal.

Artikel tentang bahya yang mengintai dari es teh manis menjadi artikel terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara artikel tentang seorang penjual gaun yang membuat dirinya seperti maneken menempati posisi kedua terpopuler. Kemudian, artikel ketiga terpopuler yakni tentang restoran unik yang menyediakan menu telur burung unta.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bahaya yang Mengintai dari Es Teh Manis

Selain Menyegarkan, Es Teh Manis juga Dapat Membahayakan (Sumber Gambar: myrecipes.com)

Siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini, es teh manis. Rata-rata orang Indonesia selalu memilih es teh manis ini menjadi menu minuman favoritnya. Kemasannya pun dibuat seunik-uniknya

Mulai dari dalam gelas hingga dalam botol. Tapi siapa sangka, minuman ini juga dapat membahayakan kesehatan tubuhmu. Apa saja yang berbahayak dari es teh manis? Simak di bawah ini.

Selengkapnya..

Tuai Pujian, Pria di Tiongkok Kenakan Gaun yang Dijualnya Sendiri. Source: Oddity Central

Kasus penipuan toko online kerapkali terjadi karena barang yang dijual bisa tak mirip seperti aslinya. Kasus semacam ini sering terjadi, apalagi ketika kita membeli baju. 

Agar hal itu tak terjadi dan membuat kecewa para pelanggan, seorang pria yang menjual banyak gaun di toko online Aliexpress, menarik perhatian publik dengan foto-fotonya.

Selengkapnya..

Satu porsi menu telur burung unta dadar dibanderol dengan harga Rp. 1,13 Juta (Sumber foto: 1milyarbilgi.com)

Jika biasanya olahan telur dadar atau rebus dibuat menggunakan telur ayam atau bebek, namun berbeda dengan salah satu restoran di London, Inggris bernama WingsEgg, yang menyajikan masakan telur burung unta dalam daftar menunya.

Bagi Anda yang tertarik mencoba, Anda wajib memesan sajian menu telur burung unta dua hari sebelumnya. Selain telur yang sulit didapatkan, proses pengerjaannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons HKTI soal Rencana Impor Beras 

Posted: 13 Jan 2018 08:04 PM PST

Pemerintah memutuskan impor beras demi mengamankan pasokan. Sebanyak 500 ribu ton beras akan segera didatangkan dari Thailand dan Vietnam pada akhir bulan ini.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko menilai, pemerintah harus berhati-hati dalam memutuskan impor. Jangan sampai berita keputusan impor ini membuat resah masyarakat dan petani. Sehingga harga gabah anjlok saat panen raya sebentar lagi.

"Ini yang perlu dipahami, berdasarkan grafik nasional, panen yang paling bagus adalah Februari sampai April. Karena fotosintesisnya bagus, curah hujan juga bagus. Dan bulan Maret-April adalah peak panen. Jangan sampai karena isu impor harga dari petani rusak," ujar Moeldoko di Jakarta, Sabtu 13 Januari 2018.

Menurut Moeldoko, impor beras bisa dilakukan jika produksi beras di dalam negeri memang mengalami kekurangan. Sedangkan saat ini, dia menilai produksi beras masih cukup. Apalagi, kata dia, selama ini para petani juga sedang berusaha keras menggiatkan peningkatan produksi padi.

"Jika impor beras hanya karena masalah harga beras yang naik di pasaran, maka yang harus diperbaiki adalah tata kelola distribusi beras. Apalagi, pada Februari mendatang akan mulai ada panen di sejumlah daerah. Saat panen, harga gabah dan beras akan turun lagi," tuturnya.

Moeldoko mengakui, grafik panen setelah April hingga Agustus cenderung menurun. Oleh sebab itu, harus dilakukan upaya agar grafik panen ini tidak naik turun, melainkan selalu ada panen di setiap bulan.

"Jadi solusinya harus tiada hari tanpa panen. Harus selalu ada panen. Selain itu, perlu dibangun storage-storage di daerah-daerah untuk cadangan beras selain mengandalkan gudang milik Bulog," ujar mantan Panglima TNI ini.

Pekerja menyiapkan paket beras di pabrik provinsi Chainat, Thailand (16/12/2015). Bulog menargetkan impor beras tahun ini sebesar 1,5 juta ton di mana 1 juta ton dari Vietnam dan 500.000 ton dari Thailand.(REUTERS / Jorge Silva)

Untuk itu, Moledoko mengatakan, dibutuhkan kebijakan pangan nasional dalam menentukan impor beras ini. Artinya, urusan pangan bukan lagi soal produksi, dalam hal ini urusan Kementan, tetapi terintegrasi. 

Dia mencontohkan, urusan pupuk dengan Kementerian Perindustrian, urusan irigasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Perdagangan untuk mengendalikan impor. 

"Selama ini Kementan mengatakan ketersediaan cukup, tetapi Kemendag mengatakan selalu kurang dan akhirnya impor. Harusnya semua lembaga terintegrasi dan data yang dikeluarkan akurat apakah diperlukan impor atau tidak," katanya. 

Bila selama ini alasan impor adalah kekurangan stok, maka ke depan harus dicarikan solusinya. Bila rata-rata hasil panen di Indonesia adalah 5-6 ton per hektar, maka sudah saatnya pemerintah mewajibkan petani menggunakan varietas padi yang menghasilkan lebih besar, minimal 8-9 ton.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Ada Lorong Rahasia ke Danau dari Taman Sari Yogyakarta?

Posted: 13 Jan 2018 08:02 PM PST

Suasana sunyi dan tenang terasa saat masuk di lorong menuju ke masjid bawah tanah atau Sumur Gumuling di Taman Sari atau Water Castle Kraton Ngayogyakarta. Bangunan yang diprakarsai Sultan HB 1 itu begitu dingin, walaupun tidak ada AC di sepanjang lorong.

"Terakhir dipakai 1812. Di sini dingin karena atas kita air danau atau segaran. Tapi sekarang, atas kita rumah. Air enggak masuk, ada batasnya," kata Budiyono (55), pemandu Taman Sari, beberapa waktu lalu.

Menuju ke masjid bawah tanah melalui lorong yang cukup panjang. Pemandangan cukup menarik karena ada cahaya yang masuk dari ventilasi yang dibuat.

"Di sini juga buat foto foto biasanya," ujarnya.

Namun sebelum menuju ke area masjid, lorong di sebelah kiri tertutup rapat. Konon, lorong inilah yang dapat menghubungkan ke segoro kidul (pantai selatan).

"Kidul segaran (selatan danau) bukan segoro kidul (Pantai selatan). Katanya ada lorong, itu salah. (Lorong) itu tembus sampai gapura agung, tempat pemberhentian kereta pintu masuk Taman Sari," ujarnya.

Budiyono menjelaskan lorong itu terpaksa ditutup, karena ada kerusakan yang memutus lorong ini. Akibatnya, akses masuk ke lorong ini tidak bisa dilalui pengunjung.

"Kenapa ditutup karena terpotong pembuangan air limbah. Lorong ini masuk ke sini. Atasnya juga rumah penduduk semua sekarang," ujarnya.

 

 

Ada satu lorong yang tertutup bagi wisatawan di Taman Sari Yogyakarta. Benarkah lorong itu menuju danau? (Liputan6.com/Yanuar H)

Budiyono mengatakan jika lorong itu tidak tertutup, wisatawan dapat menuju ke pintu masuk Taman Sari. Karena terputus, pengunjung yang hendak keluar, harus kembali ke pintu masuk Sumur Gumuling.

"Dari sini ke gapura agung ya 100 meter. Itu jalannya muter," ujarnya.

Budiyono mengatakan, kebun istana kraton Ngayogyokarto ini memiliki banyak bangunan seperti kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Bangunan itu mengalami kerusakan akibat gempa 2006 lalu.

"Rencananya akan direnov menyeluruh. Yang jelas masjid bawah tanah dan pemandian itu sudah direnov," ujarnya.

Budiyono mengatakan, kolam pemandian di Taman Sari ini ada tiga kolam berukuran 6 hingga 8 meter. Kolam pertama Umbul Kawitan untuk mandi anak-anak. Kedua, Umbul Sari untuk selir atau putri sultan dan ketiga Umbul Binangun.

"Umbul Binangun ini khusus raja dan selir yang dipilih lewat bunga kantil yang dilempar dari atas," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Cristiano Ronaldo Saat Real Madrid Dipermalukan Villarreal

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Dengan kekalahan ini membuat Madrid semakin jauh dengan tiga tim di atasnya. (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Dengan kekalahan ini membuat Madrid semakin jauh dengan tiga tim di atasnya. (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Real Madrid kalah 1-0 atas Villarreal. (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Real Madrid kalah 1-0 atas Villarreal. (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo bersiap membagi bola kepada rekannya Luka Modrid saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo bersiap membagi bola kepada rekannya Luka Modrid saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal di pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Gol tunggal Villarreal dicetak Pablo Fornals pada menit-menit akhir pertandingan. (AP Photo/Paul White)

Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal di pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Gol tunggal Villarreal dicetak Pablo Fornals pada menit-menit akhir pertandingan. (AP Photo/Paul White)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Real Madrid kalah 1-0 atas Villarreal. (AP Photo/Paul White)

Ekspresi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo saat melawan Villarreal dalam pertandingan Liga Spanyol di stadion Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol (13/1). Real Madrid kalah 1-0 atas Villarreal. (AP Photo/Paul White)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Curry Comeback, Warriors Nyaris Kalah dari Raptors

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Stephen Curry nyaris jadi pecundang saat comeback dari cedera pergelangan kaki. Golden State Warriors cuma menang tipis 127-125 atas Toronto Raptors pada lanjutan NBA, Sabtu (13/1/2017) atau Minggu (14/1/2018) pagi WIB.

Berkunjung ke Air Canada Centre, Warriors sudah bisa memainkan kembali Curry yang absen saat melawan LA Clippers dan Milwaukee Bucks. Warriors nampak akan meraih kemenangan mudah. 

Warriors mencetak 43 poin berbanding 35 di kuarter pertama. Margin keunggulan Warriors terus membesar di kuarter dua. Pasukan Steve Kerr unggul 27 poin saat jeda, 81-54.

Raptors tak mau menyerah begitu saja. Dimotori DeMar DeRozan, Raptors perlahan memangkas jarak. Puncaknya terjadi di kuarter empat. Raptors nyaris berbalik unggul.

Kegagalan Curry memasukkan bola lewat jump shot saat laga tersisa satu menit 17 detik membuat Raptors bisa memangkas jarak menjadi hanya satu angka berkat tembakan DeRozan.

 

 

Curry kemudian gagal memasukkan dua hadiah lemparan bebas dengan tersisa 45 detik lagi. Raptors pun berpeluang berbalik unggul. Beruntung bagi Warriors, tembakan DeRozan meleset.

Warriors kemudian kembali menjauh lewat dua angka dari Kevin Durant. Perlawanan Raptors berakhir setelah Curry kali ini tak menyia-nyiakan dua kali lemparan bebas.

Pada laga ini Curry membuat 24 angka dari 34 menit kesempatan bermain. Klay Thompson membuat 26 poin, sedangkan Durant finis dengan 25 poin.

Di kubu Raptors, DeRozan tampil sangat cemerlang di laga ini. Dia melesakkan 42 poin. Namun absennya Kyle Lowry membuat DeRozan harus bekerja sendirian mengangkat Raptors di laga ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Penampakan Boks Galaxy S9 Tuai Perhatian

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Boks penjualan Samsung Galaxy S9 beredar luas di internet. Spesifikasi flagship smartphone itu pun bocor dari boks penjualan tersebut. 

Berita ini menuai perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang juga menuai perhatian para pembaca datang dari Google yang menghapus 60 aplikasi gim dari Play Store.

Penghapusan ini dilakukan setelah perusahaan keamanan Check Point menemukan adanya bug jahat menampilkan iklan pornografi. Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Boks Penjualan Bocor di Internet, Ini Spesifikasi Galaxy S9?

Sebulan jelang perilisannya, spesifikasi Samsung Galaxy S9 kembali beredar di internet. Kali ini, spesifikasi bocor melalui foto boks penjualan smartphone tersebut.

Galaxy S9

Mengutip laman Daily Mail, foto boks Galaxy S9 itu pertama kali diunggah ke media sosial Reddit dan tampak sederetan spesifikasi Galaxy S9.

Berdasarkan informasi yang tertulis di boks, smartphone yang akan dirilis di Mobile World Congress (MWC) 2018 ini bakal hadir dengan layar jenis AMOLED Quad HD+ 5,8 inci.

Baca selengkapnya di sini 

2. Google Hapus 60 Aplikasi Gim dari Play Store Gara-Gara Pornografi

Google belum lama ini menghapus 60 aplikasi gim dari Play Store. Penghapusan ini dilakukan setelah perusahaan keamanan Check Point menemukan adanya bug jahat menampilkan iklan pornografi di aplikasi gim yang sebagian besar ditujukan bagi anak-anak.

Google Play Store

Mengutip laman The Verge, sebagian dari aplikasi itu sudah diunduh hingga satu juta kali. Di antaranya adalah gim Night Survival Craft dan McQueen Car Racing Game yang tokohnya terinspirasi karakter film Disney Pixar, Cars.

Check Point mendapati, nama bug jahat tersebut adalah Adult Swine. Mereka menyebut, bug tersebut mampu menampilkan iklan pornografi dan iklan tak pantas lainnya.

Baca selengkapnya di sini 

Sistem operasi Android Oreo di Mi A1. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Akhir Desember 2017, Xiaomi mulai menghadirkan pembaruan Android Oreo 8.0 untuk pengguna Mi A1. Namun tampaknya Xiaomi menarik kembali pembaruan tersebut.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Headlines, Sabtu (13/1/2018), sejumlah pengguna melaporkan kepada perusahaan bahwa di perangkatnya terdapat banyak bugs setelah OS Mi A1 diperbarui menjadi Android Oreo.

Bahkan, beredar pula sebuah screenshot yang menunjukkan bahwa perusahaan mengkonfirmasi update Android Oreo telah disetop sementara ini. Selain itu, pengguna yang telah memperbarui OS pada Mi A1 mereka diminta untuk menantikan informasi lebih lanjut dari Xiaomi.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bosan Lagu Galau, Tara Adia Bikin Lagu yang Memotivasi

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Penyanyi Tara Adia kembali menunjukan eksistensinya di Industri musik Tanah Air. Wanita yang piawai memainkan biola ini kembali merilis single ketiganya berjudul "Bahagia Menjadi Satu".

Menurut Tara, lagu tersebut ia ciptakan sendiri lantaran bosan dengan lagu galau. Ia ingin membuat orang termotivasi saat mendengarkan lagunya, dan terciptalah "Bahagia Menjadi Satu".

"Ini dari kegelisahan aku sebelumnya, kenapa harus lagu galau, kenapa nggak yang bisa memotivasi orang. Jadi aku kayak memberikan sesuatu yang baru yang positif," ujar Tara Adia ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Tara Adia (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

 Tak mudah untuk Tara Adia menciptakan sampai menjadikan lagu tersebut bisa didengarkan orang banyak. Sebab berbeda dari single-single sebelumnya, lagu "Bahagia Menjadi Satu" dikerjakan secara indie, dan tak terikat dengan label musik.

"Single sebelumnya kan single semua, sekarang yang ceria. Ada unsur elektronya, jadi agak nekat sih. Labelnya juga indie. Yang sebelumnya kan sama label musik, sekarang ngerjain sendiri," ujar Tara Adia.

 

Tara Adia (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

Buat Tara, single terbarunya ini ia ciptakan dan ia buat tulus dalam hati. Sebagai penyanyi pendatang baru, ia tak mau mencari popularitas belaka. Sebab sebagai seniman, Tara Adia ingin tetap berkarya dan memberikan yang terbaik.

"Tara ingin lebih berkarya. Buat Tara nggak ada saingan. Insyaaallah dengan kehadiran Tara bisa memberikan warna baru buat musik Indonesia," kata Tara Adia.

Tara Adia sebelumnya telah menelurkan single pertama pada 2014 lewat lagu berjudul "Cinta Sementara". Setahun setelahnya, Tara kembali membuat single baru berjudul "Yang Terdalam". Sempat vakum dua tahun, akhirnya Tara menelurkan single terbaru yang berbeda dari single-single sebelumnya, "Bahagia Menjadi Satu".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI Ungkap Penyebab Campak Melanda Anak-Anak Asmat

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Campak sedang mewabah dan menyerang anak-anak Asmat di Tanah Papua. Wabah penyakit infeksi virus itu kembali tejadi di awal 2018. Sebelumnya, campak pernah mewabah di Asmat pada 2006.

Terkait adanya campak di Asmat, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menanggapi hal tersebut.

"Tentang campak di Asmat, Papua, kami (KPAI) sudah mengetahui informasinya dan sudah dibicarakan. Pada hari Jumat (12/1/2018) kemarin, kami berdiskusi dengan Forum Merdeka 9. Mereka bilang, yang jadi permasalahan di sana terkait dana untuk vaksin," kata Komisioner KPAI bidang Kesehatan dan Napzah, Sitti Hikmawatty saat dihubungi Health Liputan6.com, Minggu (14/1/2018).

Permasalahan dana tersebut menjadi kendala sehingga vaksinasi campak tidak dapat dilakukan secara maksimal.

"Dana (vaksin campak) di sana itu desentralisasi. Sudah saatnya pemerintah (dalam hal ini Kementerian Kesehatan) menangani permasalahan tersebut," tambah Sitti.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Ilustrasi anak-anak Papua

Kemunculan wabah campak di Asmat diduga terjadi saat pergelaran pesta budaya yang berlangsung pada akhir 2017. Hal tersebut dinyatakan Mantan Direktur Rumah Sakit Umum (RSUD) Agats, Steven Langi saat dihubungi Health-Liputan6.com, Kamis, 11 Januari 2018.

Hampir seluruh masyarakat dari berbagai distrik berkumpul bersama untuk memeriahkan acara pagelaran pesta budaya.

Menurut Steven, wabah campak kembali muncul kemungkinan karena imunisasi campak yang tidak merata. Tidak semua anak Asmat mendapat imunisasi campak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir Pribadi Bawa Kabur dan Perkosa Anak Majikan

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Seorang pria yang bekerja sebagai sopir tega membawa kabur anak majikannya. Bukan hanya dibawa kabur, anak tersebut juga diperkosa oleh sang sopir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilkan Gaya Profesional Anda dengan Tracksuits

Posted: 13 Jan 2018 08:00 PM PST

Ada masanya di mana tracksuits identik dengan para pelatih sepak bola atau bahkan olahragawan. Namun seiring perkembangan fashion, stereotype tersebut mulai bergeser. Seperti yang dilansir dari herworld.com, berawal dari tahun 2000, sejumlah fashion house ternama mengeluarkan koleksi tracksuits dengan ragam modifikasi guna menciptakan tampilan yang lebih stylish dalam melengkapi gaya Anda.

Bahkan kini, tracksuits tak hanya sebatas jaket dan trackpants tapi juga kian kreatif dengan ragam gaya seperti rok hingga jumpsuit.

Kreativitas tersebut membuat Anda lebih leluasa saat menggunakan tracksuits. Tak hanya bisa digunakan saat santai saja, namun juga bisa digunakan untuk tampilan profesional saat ke kantor.

Penasaran bagaimana padu padan tracksuits agar tampilan Anda jauh dari kata membosankan? Simak berikut ini.

Simak padu padan menarik agar tampilan semakin gaya dengan tracksuits. (Foto: Herworld.com)

Esensi sporty berpadu modern terasa kental dengan kombinasi jaket, turtle neck serta paduan trackpants berdetail kancing pada sisinya. Sebagai opsi, Anda bisa menggunakan sepatu heels atau sneakers untuk mendapatkan tampilan gaya fashion yang Anda inginkan. 

 

 

Simak padu padan menarik agar tampilan semakin gaya dengan tracksuits. (Foto: Herworld.com)

Gaya preppy tak selalu identik dengan kesan kutu buku. Dengan injeksi nyawa sporty, preppy bisa menjadi gaya fashion stylish yang membuat Anda sukses menjadi pusat perhatian. 

 

 

Simak padu padan menarik agar tampilan semakin gaya dengan tracksuits. (Foto: Herworld.com)

Bisa dibilang gaya retro merupakan gaya abadi sepanjang masa. Gaya ini selalu mewarnai setiap tren fashion dari musim ke musim. Bahkan tracksuit yang kental akan nuansa sporty akan sukses menjadi gaya unik dan khas bila dipadukan dengan fashion item bernuansa retro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Move On, Warga Jakarta Lupa Teror Bom Thamrin

Posted: 13 Jan 2018 07:55 PM PST

Sejumlah orang hilir mudik di depan pos polisi di perempatan Jalan MH Thamrin dan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ada yang tengah berolahraga. Ada yang membawa bayinya dengan stroller. Lainnya, duduk-duduk di samping pospol itu usai berolahraga.

Tak terbayang di benak mereka, pada tanggal ini, 14 Januari dua tahun lalu terjadi pertumpahan darah di tempat itu.

"Enggak tahu. Sekarang tahunya cuma 14 Januari aja. Emang sekarang ada apa ya?" ucap Yoga salah satu warga Jakarta yang sedang menikmati CFD di sekitaran Sarinah, Thamrin, Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Awan, warga lainnya, juga tak mengetahui pernah terjadi teror di situ. "Momen apa ya? Bela negara ya?" ungkap Awan.

"Enggak tahu hari ini hari apa. Minggu biasa aja kan ya," tutur Anti, warga lainnya.

Menarik ingatan dua tahun lalu, tepat di pospol itu, bom Thamrin diledakkan oleh para teroris yang diduga anggota ISIS pada Kamis, 14 Januari 2016. Ledakan ini merupakan rentetan dari penembakan di Starbucks Coffee di Gedung Djakarta Theater.

Belum juga reda, lima orang lainnya kembali melepaskan sejumlah tembakan ke polisi yang ada di lokasi. Kontak tembak di Djakarta Theater pun tak terelakkan.

31 orang jadi korban, tujuh di antaranya meninggal. Satu warga negara asing asal Kanada turut jadi korban meninggal akibat peristiwa tersebut. 

Hari itu, Kamis 14 Januari 2016 pukul 10.55 WIB, menjadi hari kelam bagi bangsa Indonesia. Ibu Kota Negara diteror....

 

 

Suasana tempat teror Thamrin terjadi, Minggu (14/1/2018). Penembakan dan bom Thamrin terjadi pada Kamis 14 Januari 2016. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Pantuan Liputan6.com, pos polisi tempat terjadinya perkara sudah diperbaiki tak lama setelah kejadian. Namun, tidak ada satu karangan bunga pun untuk mengenang peristiwa tersebut, seperti setahun yang lalu.

Hal serupa juga terjadi dengan Starbucks Coffee. Tidak ada hal-hal yang membuat seseorang yang ingat kejadian tersebut.

Bahkan, tepat di depannya, banyak orang yang berjualan, seakan melupakan kejadian yang menghebohkan Jakarta 2 tahun silam.

Teror bom Thamrin ini tidak hanya menyita perhatian masyarakat di Tanah Air, tetapi juga di dunia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OCA: Jakabaring On Track Sambut Asian Games

Posted: 13 Jan 2018 07:45 PM PST

Rombongan Olympic Council of Asia (OCA) kembali menyambangi kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu (13/1/2018). Ini adalah kunjungan kedelapan OCA atau pertama pada tahun ini.

Rombongan yang terdiri dari Chairman Coordination Commitee OCA Tsunekazu Takeda Vice President OCA Wei Jizhong puas dengan perkembangan rekonstruksi venue Asian Games tersebut.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir juga turut mendampingi rombongan berkeliling ke beberapa tempat pertandingan di JSC, mulai Stadion Utama Gelora Sriwijaya, berlanjut ke venue shooting range, dayung, wisma atlet dan berakhir di venue bowling.

"Untuk kesekian kalinya kami melihat dan memang progresnya sangat baik dan sesuai on track. Kami optimis pembangunan ini akan selesai tepat waktu," ujar Takeda.

Sementara itu, Ketua KOI Erick Thohir juga mengapresiasi kinerja pemerintah provinsi Sumatera Selatan dalam upaya mempersiapkan venue Asian Games. Meski masih ada beberapa tempat yang harus ditingkatkan, hal itu diyakini tidak akan memberi masalah serius.

"Perkembangan sangat bagus sekali tadi OCA bilang ini sudah on progress meskipun perlu upgrade seperti furniture di wisma atlet. Yang tidak kalah penting saat ini adalah menjaga kebersihan, jangan sampai saat pertandingan nanti venue yang sudah bagus ini jadi kumuh," pungkasnya.

 

Palembang bertindak sebagai kota pendukung Jakarta untuk Asian Games 2018. Cabang olahraga yang berlangsung di sana dibagi dua, yakni yang hanya untuk babak penyisihan maupun seluruh kompetisi.

Untuk cabor yang digelar hanya putaran awal mencakup sepak bola, bola voli, soft-tenis, tenis, dan bola basket. Adapun untuk cabor yang seluruh pertandingan digelar di Palembang adalah kano/kayak, dayung, menembak, triatlon, sepak takraw, dan panjat tebing. (Indra Pratesta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan Cantrang Sebaiknya Gunakan Sistem Zonasi

Posted: 13 Jan 2018 07:40 PM PST

Nelayan meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan toleransi soal larangan cantrang yang mulai berlaku 1 Januari 2018 lalu. Sebab larangan cantrang ini berdampak langsung terhadap mata pencarian nelayan.

Ketua Serikat Nelayan Tradisonal (SNT) Kajidin mengatakan, memang ada nelayan yang mendukung diberlakukannya larangan cantrang ini. Namun tidak sedikit pula nelayan yang merasa keberatan terkait larangan tersebut.

"Memang di lapangan ada nelayan yang suka dengan dilarangnya cantrang, tetapi ada juga yang keberatan. Ini masalahnya ketika cantrang dilarang, mereka putus pekerjaannya. Artinya dia mau ngerjain apa? Tidak bisa bekerja," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Cantrang ini banyak digunakan nelayan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, ada juga jenis alat tangkap lain yang sejenis ikut terkena dampak dari kebijakan ini.

"Cantrang biasanya digunakan nelayan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau di Jawa Barat namanya dogol, sebenarnya sama saja jenisnya. Kalau yang di Jawa Tengah dan Jawa Timur itu nelayan menggunakan kapal di atas 30 GT, 60 GT-70 GT bahkan ada yang 100 GT," kata dia.

Kajidin menyatakan, dari pada melarang secara total penggunaan cantrang, lebih baik KKP membuat kebijakan zona tangkap antara nelayan cantrang dengan noncantrang. Dengan demikian tidak ada nelayan yang dirugikan dan area tangkap para nelayan ini tidak saling bergesekan.

‎"Harapan kita pemerintah memberikan toleransi atau zona tangkapan yang diarahkan sehingga mereka tidak terputus pekerjaannya. Kalau nelayan yang menggunakan cantrang dimatikan, mereka mau kerja apa. Ini bukan bicara soal juragannya. Mungkin juragannya kalau kapalnya nganggur bisa dijual, tetapi pekerjanya itu yang ratusan bahkan jutaan orang, termasuk orang-orang yang mengelola hasil tangkapan cantrang," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perahu dan kapal nelayan dengan alat tangkap cantrang bersandar di Kompleks Perumahan Pesisir Sentolo Kawat, Cilacap, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, mulai 1 Januari 2018, tidak ada lagi tawar-menawar soal larangan penggunaan cantrang untuk menangkap ikan.

"Cantrang selesai sudah, tidak perlu dibahas lagi. Pada 1 Januari 2018 pelarangannya diterapkan, jadi artinya cantrang tidak boleh beroperasi di Indonesia," ujar dia di Kantor KKP, Jakarta, Minggu (17/12/2017).

Dia menjelaskan, meskipun masih ada yang keberatan dan melayangkan protes terhadap kebijakan tersebut, kebijakan ini harus tetap berlaku.

‎"Ya protes kan bisa saja, tapi kan kita bikin aturan harus ditaati, harus diikuti oleh rakyat. Kalau tidak ada yang setuju kan biasa, tetap saja harus ditaati. Negara kalau tidak ada aturannya ya mau bagaimana," kata dia.

Rifky mengakui, memang masih ada nelayan yang belum memiliki alat tangkap lain sebagai pengganti cantrang‎. Namun, KKP akan terus memberikan solusi bagi nelayan agar tetap bisa mencari ikan.

"Ya kalau ada 1-2 case nanti kita selesaikan case by case. pasti ada yang belum selesai, tapi kan tidak signifikan," tandas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rating 2 Sinetron Unggulan Melejit, SCTV Jadi TV Nomor Satu

Posted: 13 Jan 2018 07:40 PM PST

Dua sinetron unggulan SCTV; Anak Langit dan Siapa Takut Jatuh Cinta terus menguasai rating di awal tahun 2018. Selama dua minggu terakhir, kedua sinetron produksi Sinemart ini kokoh di dua peringkat teratas tanpa tersentuh program acara dari stasiun TV lain.

Terakhir pada Kamis (11/1/2018) lalu. Anak Langit tetap digdaya di posisi puncak data rating. Sinetron yang tayang di SCTV sejak 20 Februari 2017 silam ini mempertahankan posisi pertama yang digenggam seminggu belakangan. Meraih TVR/share sebesar 4,8/18,4%, Anak Langit mengungguli sinetron saudaranya, Siapa Takut Jatuh Cinta.

Siapa Takut Jatuh Cinta, sinetron yang dibintangi Verrell Bramasta dan Natasha Wilona itu sepertinya kesulitan kembali ke peringkat satu sejak akhir tahun lalu. Kamis kemarin, Siapa Takut Jatuh Cinta pun lagi-lagi harus puas hanya jadi runner up. Raihan TVR-nya kalah 0,3 dari Anak Langit, namun share yang didapat unggul tipis 0,1%.

 

 

 

Natasha Wilona bersama rekannya di sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta, Amara Sophie. (Instagram)

Turunnya rating Siapa Takut Jatuh Cinta sendiri nampaknya bukan karena perkara cerita. Ini tak lepas dari naiknya atensi penonton pada Anak Langit sekembalinya Ammar Zoni yang baru bergabung lagi dengan sinetron ini.

Ammar Zoni sebelumnya adalah bintang utama Anak Langit, namun harus meninggalkan sinetron ini di pertengahan cerita. Masuknya Ammar Zoni pun membuat Anak Langit kian seru dan membuat penonton kembali bergairah.

 

Logo SCTV

Sementara itu, SCTV sendiri kini juga telah jadi TV nomor satu. Setelah kalah dari Indosiar pada Kamis bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun Indosiar, data Jumat yang kami peroleh menempatkan SCTV di peringkat satu dengan raihan share mencapai 16,5%.

Sementara Indosiar sendiri turun ke posisi tiga dengan share sebesar 13,8%.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Ini Rusia Akan Miliki Kapal Selam Terbesar di Dunia

Posted: 13 Jan 2018 07:37 PM PST

Kapal selam Belgorod yang direncanakan selesai pada tahun ini dirancang untuk melakukan misi penelitian ilmiah di bawah laut.

Kapal selam riset bertenaga nuklir Proyek 09852 Belgorod itu diprediksi akan menjadi kapal selam terbesar di kelasnya. Berdasarkan perhitungan ukuran dan berat benamannya, kapal selam itu akan menyalip rudal balistik Proyek 941 bernama Akula dalam daftar rekor Guinness.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Minggu (14/1/2018), kapal selam Belgorod dirancang untuk melakukan misi penelitian ilmiah di bawah laut.

Kapal selam itu dilengkapi dengan submersible (kendaraan bawah laut), bathyscaphe, serta perangkat ilmiah khusus.

Kapal selam ini mampu mempelajari relief dasar laut Arktik Rusia, mencari kandungan mineral di kedalaman laut, serta menjadi titik komunikasi bawah laut.

Belgorod sendiri dirancang berdasarkan bentuk kapal selam nuklir Proyek 949A Antey yang tidak selesai dibangun.

Dulu, kapal selam Antey dibangun pada era Uni Soviet sebagai respons terhadap penyebaran kapal induk AS di samudra dunia. Kini, setelah mengalami proses rekonstruksi, ukuran kapal selam Belgorod meningkat hingga 184 meter. Dengan demikian, Belgorod akan memiliki ukuran 11 meter lebih panjang dari kapal selam Akula yang dianggap sebagai kapal selam terbesar di dunia.

Profesor dari Akademi Ilmu Militer Vadim Kozyulin mengatakan, Belgorod tidak hanya akan menjadi kapal selam terbesar, tetapi juga kapal selam terunik yang pernah dimiliki AL Rusia.

Ia juga mengatakan, Belgorod akan dilengkapi sauna, kolam renang, gym, hingga ruang khusus merokok -- sebuah fasilitas yang tidak dimiliki kapal selam lainnya di dunia.

Menurut informasi yang dilansir Izveztiya, modernisasi kapal selam Belgorod akan selesai pada 2018 mendatang. Saat ini, Belgorod berada di Perusahaan Konstruksi Severodvinsk.

Artikel asli dapat dilihat di sini.

Kapal selam Australia yang hilang saat Perang Dunia I akhirnya ditemukan setelah dicari selama 103 tahun. (Pemerintah Australia)

Bicara soal kapal selam, maka akan membahas tentang kiprahnya menjelajah dasar laut. Namun, kisahnya tak melulu baik. Ada sebuah kapal selam yang ternyata lumpuh dan tenggelam di dasar laut.

Pada Desember 2017, sebuah bangkai kapal selam Australia akhirnya ditemukan setelah dicari selama 103 tahun.

Kapal selam bernama HMAS AE-1 itu hilang saat Perang Dunia I di lepas pantai Rabaul, Papua Nugini. Kala itu, yakni pada 1914, kendaraan tersebut mengangkut 35 kru berkewarganegaraan Australia dan Inggris.

Misi pencarian ketiga belas untuk kapal tersebut, menemukannya di perairan di kepulauan Duke of York di Papua Nugini.

Menurut Pemerintah Australia, penemuan tersebut memecahkan misteri angkatan laut tertua di Negeri Kanguru.

"Ini merupakan salah satu penemuan signifikan dalam sejarah Angkatan Laut Australia," ujar Menteri Pertahanan Marise Payne seperti dikutip dari BBC.

"Ini merupakan kehilangan pertama bagi Angkatan Laut Australia dan kerugian kapal selam Sekutu pertama pada Perang Dunia I, sebuah tragedi yang signifikan dirasakan oleh bangsa kita dan sekutunya," imbuh Payne.

Tim pencari menggunakan drone bawah air yang mengambang 40 meter di atas dasar laut. Bangkai kapal selam itu ditemukan di kedalaman 200 meter.

Payne mengatakan, tim pencari telah melakukan penghormatan singkat bagi mereka yang kehilangan nyawa saat berada di kapal.

Pemerintah Australia pun mencoba menghubungi keturunan kru dan bekerja sama dengan Otoritas Papua Nugini dalam rangka memperingati temuan tersebut.

"Saya benar-benar percaya ini akan membawa ketenangan bagi keluarga dan keturunan kru yang kehilangan nyawa mereka, dan mungkin pada saatnya, kita akan menemukan apa yang menyebabkan kapal selam itu tenggelam," ujar Payne.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Untuk Pertama Kalinya, Arab Saudi Izinkan Fans Wanita Masuk Stadion

Posted: 13 Jan 2018 07:31 PM PST

Sejumlah pendukung wanita Al-Hilal mengibarkan bendera saat mendukung timnya dalam pertandingan Liga Saudi Pro di Riyadh (13/1). Arab Saudi untuk pertama kalinya mengizinkan wanita memasuki stadion sepak bola. (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Sejumlah pendukung wanita Al-Hilal mengibarkan bendera saat mendukung timnya dalam pertandingan Liga Saudi Pro di Riyadh (13/1). Arab Saudi untuk pertama kalinya mengizinkan wanita memasuki stadion sepak bola. (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Sejumlah wanita menonton pertandingan sepak bola antara Al-Hilal melawan Al-Ittihad di King Fahd International Stadium di Riyadh (13/1). Akhirnya wanita di Arab Saudi dibolehkan menonton pertandingan olahraga secara langsung. (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Sejumlah wanita menonton pertandingan sepak bola antara Al-Hilal melawan Al-Ittihad di King Fahd International Stadium di Riyadh (13/1). Akhirnya wanita di Arab Saudi dibolehkan menonton pertandingan olahraga secara langsung. (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Sejumlah pendukung wanita Al-Hilal menonton timnya saat bertanding di Liga Saudi Pro, Riyadh (13/1). Wanita yang menggemari sepak bola sebelumnya hanya diizinkan menonton pertandingan melalui televisi di rumah. (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Sejumlah pendukung wanita Al-Hilal menonton timnya saat bertanding di Liga Saudi Pro, Riyadh (13/1). Wanita yang menggemari sepak bola sebelumnya hanya diizinkan menonton pertandingan melalui televisi di rumah. (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Seorang wanita mendukung tim Al-Hilal dari Saudi saat melawan Al-Ittihad dalam pertandingan Liga Saudi Pro di King Fahd International Stadium di Riyadh (13/1). (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

Seorang wanita mendukung tim Al-Hilal dari Saudi saat melawan Al-Ittihad dalam pertandingan Liga Saudi Pro di King Fahd International Stadium di Riyadh (13/1). (AFP Photo/Ali Al-Arifi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Rossi Tunggak Gaji Pasutri Belum Temui Titik Terang

Posted: 13 Jan 2018 07:30 PM PST

Pengadilan Tinggi Pesaro, Italia, telah menggelar sidang pertama gugatan pasangan suami dan istri asal Moldova kepada Valentino Rossi. Pasangan itu mengklaim gajinya selama enam bulan dan uang lembur selama lima tahun sebesar 114 ribu euro atau setara Rp 1,8 miliar tak dipenuhi Rossi.

Kasus ini belum menemui titik terang. Kasus tunggakan gaji yang dilakukan Rossi akhirnya akan ditunda hingga Mei 2020.

Dalam laporan Resto del Carlino menyebut dalam sidang pertama yang berlangsung pada Jumat (12/1) kemarin, Hakim Maurizio Paganelli berusaha untuk menemukan kesepakatan antar kedua belah pihak.

Kesepakatan itu meliputi tuntutan yang diminta oleh Victor Untu dan Jigan Zinadaia. Pengacara pasutri tersebut mengikuti nasihat hakim untuk menurunkan jumlah yang diminta kepada Rossi.

Namun, pengacara Valentino Rossi yang diwakili Virgilio Quagliato, sulit menerimanya. Sebab, Quagliato menganggap bahwa hal itu masih merupakan permintaan yang sangat jauh dari harapan kliennya.

Mendengar hal itu, Del Prete lantas meminta hakim untuk mengecek vila keluarga Rossi dan menanyakan beberapa hal kepada juara dunia tujuh kali MotoGP pada sidang lanjutan. Setelah tidak menemui titik terang, Hakim Maurizio Paganelli akhirnya menutup sidang pertama.

Sidang lanjutan atau keputusan tentang kasus ini dijadwalkan akan berlangsung pada Mei 2020. Artinya, masa pensiun Rossi dari dunia balap motor tidak akan bahagia jika hakim memenangkan gugatan pasutri tersebut. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Intip Gaya Berhijab Para Wanita Cantik di Pilkada 2018

Posted: 13 Jan 2018 07:30 PM PST

Pilkada 2018 diramaikan oleh politisi wanita cantik menggunakan hijab dengan beberapa gaya yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: