Minggu, 21 Januari 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Permendag 84 Ditunda, DPR Pikir-pikir Batasi Impor Tembakau

Posted: 21 Jan 2018 09:52 PM PST

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tak mau gegabah membatasi impor tembakau. Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Pertembakauan yang kini kembali masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018 masih akan melihat berbagai perkembangan yang terjadi di lapangan.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Pertembakauan, Hendrawan Supratikno, mengakui salah satu yang menjadi bahan pertimbangan Dewan keluarnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 84 Tahun 2017 tentang Ketentuan Impor Tembakau.

Politisi PDI Perjuangan tersebut menjelaskan saat ini Permendag 84 tahun 2017 yang seyogyanya berlaku pada 8 Januari 2018. Namun kebijakan ini ditunda pelaksanaannya oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

"Kami harus realistis dalam membuat undang-undang dan mengacu kenyataan sehingga tidak bisa saklek begitu. Kita harus membudidayakan tembakau jenis virginia dan ada upaya sistematis agar tembakau jenis tertentu bisa ditanam di Indonesia," kata Hendrawan, Senin (22/1/2018).

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR, Firman Subagyo menambahkan, setiap undang-undang, termasuk di bidang pertembakauan tidak boleh diskriminasi. Apalagi, sektor ini telah memberikan sumbangan yang sangat besar terhadap penerimaan negara.

Menurut Firman, berbagai kampanye negatif mengenai produk tembakau sangat sarat dengan kepentingan.

Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Permendang Nomor 84. Namun sejumlah pihak menilai aturan tersebut memiliki berbagai kelemahan. Salah satunya perihal pembatasan impor tembakau jenis virginia, burley, dan oriental.

Padahal, produksi virginia dan burley masih sangat minim. Bahkan, tembakau oriental sama sekali tidak diproduksi di dalam negeri. Akibatnya, aturan ini berpotensi mengganggu pasokan bahan baku sehingga menurunkan produksi rokok di tanah air.

 

Penurunan produksi rokok nasional akibat masalah bahan baku, diprediksi akan turut memangkas penyerapan tembakau petani lokal yang selama ini menjadi bahan baku campuran yang berpotensi pada peningkatan kemiskinan petani dan pemutusan hubungan kerja. Situasi ini juga akan turut mengancam penerimaan negara yang kini sedang dikejar pemerintah untuk membiayai pembangunan.

I Ketut Budiman, Sekretaris Jenderal Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia menambahkan penurunan produksi rokok juga akan berimbas terhadap petani komoditas ini. "Sebagian besar rokok kretek ada bahan baku cengkeh dan menjadi bahan baku utama," kata Ketut.

Jika produksi rokok turun, serapan cengkeh akan turun juga. Saat ini, 93 persen dari total 120 ribu ton cengkeh diserap oleh pabrik rokok. Adapun sisanya untuk kebutuhan farmasi dan ekspor.

Menurut dia, sebelum menetapkan pembatasan impor pemerintah maupun DPR harus memiliki data yang valid. Dengan demikian, peraturan yang ditetapkan tidak mendatangkan dampak yang negatif.

Ketua Umum Komunitas Kretek Adityo Purnomo, menegaskan ketersediaan tembakau virginia di lapangan masih sedikit, sehingga perlu dilakukan impor untuk menutupi defisit. Tembakau virginia lebih banyak digunakan untuk rokok mild.

"Impor bisa diminimalisir, tetapi sebelum itu terjadi atau kebutuhan akan tembakau virginia tercukupi, pembatasan impor belum bisa dilakukan," tegas Adityo.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian tahun 2015, luas areal tanaman tembakau virginia hanya 28.949 hektar. Luas lahan ini setara dengan 13,38 persen dari total luas areal pertanian tembakau di Indonesia. Sementara produksinya hanya 38.371 ton atau hanya 19,8 persen dari total produksi tembakau nasional.

Untuk tembakau jenis burley, areal dan produksinya lebih kecil lagi. Luas lahan tembakau jenis ini paling banyak tersebar di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Adapun jenis oriental, belum bisa dikembangkan di Indonesia, sehingga harus mengimpor dari negara-negara Timur Tengah, seperti Turki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pevoli Cantik Nandita Ayu Termotivasi Penampilan Timnya

Posted: 21 Jan 2018 09:49 PM PST

Tim putri Jakarta Pertamina Energi tampil bagus pada seri pertama Proliga 2018. Skuat asuhan M Anshori itu meraup dua kemenangan, yaitu dengan mengalahkan Jakarta Elektrik PLN dan Gresik Petrokimia.

Hasil ini jadi awal dan modal yang bagus bagi Jakarta Pertamina menghadapi seri berikutnya. Mereka sedari awal memang ditarget manajemen menjadi kampiun pada musim 2018, setelah hanya puas sebagai runner-up pada musim sebelumnya.

Hasil apik ini disambut antusias open spike Jakarta Pertamina, Nandita Ayu Salsabila. Pemain yang akrab disapa Ayu itu menilai hasil dua kali kemenangan menjadikan dirinya dan para pemain semakin termotivasi untuk meraih hasil serupa pada laga-laga berikutnya.

"Kalau kami inginya menang terus, dan punya motivasi bisa lebih baik lagi dibanding hasil tahun kemarin," ungkap pevoli berusia 21 tahun itu.

Istri kapten Palembang Bank Sumsel Babel, Aji Maulana, tersebut menilai posisi runner-up sebelumnya jadi cambuk untuk meraih hasil yang lebih baik. Meski baru dua kali bertanding, namun Ayu mengklaim kebersamaan pemain baik lama maupun baru sudah klop.

"Kalau buat saya pribadi tidak ingin cepat puas karena masih banyak pertandingan lain yang harus dihadapi. Semoga hasilnya lebih bagus lagi karena kami punya satu tujuan, yaitu menang," tukas putri mantan bek Timnas Indonesia, Sudirman, itu.

Setelah ini, petualangan Jakarta Pertamina Energi berlanjut ple seri kedua yang akan berlangsung di GOR Tumenggung Abdul Jamal, Batam, 26-28 Januari mendatang. Mereka akan menantang dua tim bertabur bintang yakni Jakarta BNI Taplus dan Bandung Bank BJB Pakuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fakta Pertandingan PSMS vs Persib

Posted: 21 Jan 2018 09:49 PM PST

PSMS Medan berhasil unggul 2-0 atas Persib Bandung pada laga lanjutan Grup A Piala Presiden 2018, Minggu (21/1/2018) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung.

Tampil di depan ribuan bobotoh, PSMS yang dihuni mayoritas pemain muda justru memperlihatkan performa apik. Walau digempur habis-habisan, mental pemain tim Ayam Kinantan tak goyah.

Anak asuh Djadjang Nurdjaman ini justru tampil lebih percaya diri dan kerap merepotkan Persib dengan serangan balik cepat. Selain itu, PSMS juga memiliki beberapa peluang dari eksekusi bola mati. Dua gol yang tercipta pada laga itu juga terjadi dari eksekusi bola mati dan serangan balik.

Kemenangan itu jadi sebuah kejutan karena PSMS berstatus tim promosi dan kuda hitam di grup yang disebut grup maut ini. Di Grup A, PSMS bersaing dengan tiga tim tangguh dan bertabur bintang, yakni Persib, Sriwijaya FC, dan PSM Makassar.

Pada laga pertama, PSMS mengalahkan PSM 2-1. Kemenangan 2-0 atas Persib pun membuat PSMS kukuh di puncak klasemen dengan torehan enam poin.

Sukses PSMS Medan membungkam Persib diwarnai beberapa fakta menarik. Berikut rangkumannnya:

 

Djadjang Nurdjaman mendapat sorotan besar dalam laga yang disebut sebagai El Clasico Indonesia itu. Djanur yang mengundurkan diri dari Maung Bandung pada Liga 1 2017, mampu memberikan bukti sebagai pelatih bertangan dingin.

Di depan ribuan bobotoh yang pernah mengkritiknya, Djanur menunjukkan kelasnya sebagai pelatih yang mampu meracik tim dengan skuat sederhana. Sebaliknya, Persib yang bertabur bintang dibuat frustrasi dengan disiplinnya lini belakang Ayam Kinantan.

Saat PSMS mencetak gol, Djanur tetap dingin tanpa melakukan selebrasi. Namun, di bench pemain, Djanur tersenyum manis penuh arti dan merasa puas.

Seusai pertandingan, Djanur pun tak mengeluarkan pernyataan bernada sombong. Ia mengakui kemenangan PSMS atas Persib tak lepas dari keberuntungan. Pasalnya, dalam laga itu Persib memang menguasai dan menggempur habis-habisan.

Antony Putro Nugroho tampil konsisten dengan mencetak dua gol semenjak laga pertama PSMS Medan. Penampilan apik Antony juga menjadi ajang pembuktian dirinya yang tak mendapat banyak kesempatan di klub sebelumnya, Bhayangkara FC.

Antony yang absen cukup lama dari cedera gabung Bhayangkara FC dari Arema pada Liga 1 2017. Namun, striker kelahiran Yogyakarta itu kalah bersaing dengan penyerang BFC macam Ilija Spasojevic, Ilham Udin, dan Paulo Sergio.

Antony mengaku senang berseragam PSMS dan ia pun berterima kasih kepada Djadjang Nurdjaman yang memberinya kesempatan bermain.

Persib Bandung unggul dalam penguasaan bola. Berdasarkan statistik yang dirangkum Labbola, Persib menguasai 59 persen berbanding 41 persen.

Akan tetapi, PSMS lebih efektif. PSMS menciptakan enam peluang dan dua berbuah gol. Sementara, Persib menciptakan tujuh peluang dan tak ada satupun yang berhasil.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sopir Angkot Geruduk Kantor Anies Minta Jalan Jatibaru Dibuka

Posted: 21 Jan 2018 09:47 PM PST

Puluhan pengemudi angkutan kota (angkot) jurusan Tanah Abang berunjuk rasa di depan Balai Kota Jakarta, Senin siang.

Para sopir angkot trayek M03, M08, M09 dan M10 itu menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuka kembali akses Jalan Jatibaru dan putaran depan Blok A Tanah Abang yang ditutup untuk penataan Tanah Abang.

"Kembalikan jalan seperti semula, buka Jatibaru," kata perwakilan sopir, A Simbolon, Senin (22/1/2018).

Menurut dia, penutupan jalan tersebut telah sangat mengurangi pendapatan mereka sehari-hari. "Penghasilan kami turun drastis," ujar Simbolon.

Selain itu, dia menyebut tuntutan para sopir yang lain adalah agar Dishub mendindak tegas angkot bodong. "Dishub arogan bertindak sama sopir, sehingga banyak penambahan trayek yang bodong," jelas Simbolon.

Para sopir juga meminta Dishub tidak asal mengandangkan angkot Jakarta. Bahkan, menurut dia, untuk hal sepele pun bisa membuat angkot mereka dikandangkan.

"Penyakit Dishub, angkot ini sering dikandangin. Kadang ban dikandangin, kadang kacanya, sampai harga dirinya mau hilang," ucap Simbolon.

Saat ini, perwakilan dari sopir angkot trayek Tanah Abang tengah diterima Kepala Dinas Perhubungan Andri Yansyah di Balai Kota. Pertemuan kedua pihak berlangsung tertutup.

Para pengemudi angkutan berbagai jurusan Tanah Abang menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Para sopir ini menuntut dibukanya jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Transjakarta telah 13 hari menjalankan feeder bus dari Stasiun Tanah Abang menuju Pasar Tanah Abang secara gratis. Layanan ini merupakan tindak lanjut mandat dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan di wilayah Stasiun Tanah Abang.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, semenjak pengoperasian feeder secara gratis dari Stasiun Tanah Abang menuju Pasar Tanah Abang, pihaknya mendapat keluhan dari para sopir angkutan umum yang selama ini beroperasi di wilayah tersebut.

"Biasanya mereka (angkot) menjadi feeder dari kita, tapi ini kita balik, kita yang menjadi feeder dari mereka. Kalau mau lanjut ke luar Tanah Abang ya gunakan angkutan umum. Jadi tidak benar kami mengambil rejeki para sopir angkot," kata Budi dalam diskusi di Hotel Millenium, Kamis 4 Januari 2018.

Memang, saat ini angkutan umum tidak bisa melalui Jalan Jati Baru Raya yang ada di sebelah Stasiun. Hanya feeder Transjakarta saja yang diberikan akses melalui jalan itu.

Sementara angkot hanya bisa berputar di bawah flyover Jati Baru mulai dari jam 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Ditutupnya akses angkot ke Jalan Jati Baru Raya ini menjadi bagian dari rekayasa lalu lintas dalam mengurangi kemacetan di wilayah Stasiun Tanah Abang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tradisi Jemparingan Jadi Daya Tarik Wisata Yogyakarta

Posted: 21 Jan 2018 09:45 PM PST

 
Jemparing atau tradisi panahan dalam budaya Mataram kini tengah dikembangkan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tradisi panahan kuno yang menjadi ciri khas DIY ini akan menjadi pemanis atraksi wisata di Yogyakarta. 
 
Umar Priyono, Kepala Dinas kebudayaan DIY kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu mengatakan, tradisi jemparingan akan diangkat pada skala nasional. Acaranya sendiri baru akan mulai dilaksanakan pada Mei 2018.  
"Kita kerjasama dengan kementerian jadi ada yang intens tentang jemparingan baik nasional dan international," ujar Umar.
 
Bertajuk "Indonesiana Jemparingan", kegiatan ini akan dikuratori langsung kementerian kebudayaan. Jemparingan menjadi acara milik Yogyakarta karena di Yogyakarta masih banyak komunitas panahan gaya mataraman ini.
 
 
Keraton Yogyakarta
Selama acara ini akan ada workshop seputar jemparingan mulai dari panahan hingga tarian jemparingan. Bahkan tariannya ini masih dilakukan di Keraton Yogyakarta. 
"Jemparingan ada olahraganya ada tariannya juga ada ada itu di kraton jadi ini agenda nasional ini hal sangat baru," ujarnya.
 
Nantinya acara akan digelar dibeberapa tempat mulai di Kepatihan, Keraton hingga di Museum Sonobudoyo. Namun ia belum mengetahui jadwal pasti karena masih berkordinasi dengan Dirjen Kebudayaan.
 
"Agenda jemparingan akan ada hanya disini nanti. kita sepakat dengan dirjen untuk acaranya. Ada workshop mungkin di kepatihan, tarian di sini di keraton," ujarnya. 
 
Jemparingan sendiri punya aturan, pemanah harus mengenai bandul putih dengan warna merah di atasnya yang digantung dengan tali sebagai sasaran tembaknya. Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Jemparingan sendiri punya aturan, pemanah harus mengenai bandul putih dengan warna merah di atasnya yang digantung dengan tali sebagai sasaran tembaknya. Ada bunyi lonceng yang menandai jika anak panah itu tertancap pada bandul tersebut.

Pemanah juga harus duduk dengan posisi bersila dengan jarak 30 meter dari sasaran, kemudian pemain harus menembakan anak panah ke bandul putih yang menggantung dengan panjang kira-kira 30 centimeter. Biasanya, pemanah diberi kesempatan menembak dalam 20 rambahan (ronde), setiap rondenya ada empat anak panah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Tegaskan Tidak Pakai Andik Vermansah

Posted: 21 Jan 2018 09:45 PM PST

Persebaya dipastikan tidak akan menggunakan tenaga Andik Vermansah, di Liga 1 2018 atau Piala Presiden tahun ini. Melalui halaman Persebaya.id, presiden Persebaya, Azrul Ananda menyampaikan hal tersebut secara gamblang.

Sebelumnya, banyak pihak menginginkan Andik Vermansah bisa kembali berlaga dengan Persebaya. Terutama fans Fanatik Bajol Ijo, Bonek dan Bonita.

Meski begitu, Persebaya dan Andik Vermansah sepertinya tak menemukan titik temu, sehingga dipastikan Andik Vermansah tak akan kembali ke Persebaya.

Ini isi surat terbuka dari Presiden Persebaya, Azrul Ananda :

Kepada semua pihak yang mencintai Persebaya,

Sebagai presiden klub Persebaya, tugas saya yang utama adalah memastikan kelangsungan hidup tim, membuat program dan perencanaan untuk pengembangan masa depan tim yang sustainable, sekaligus mengejar prestasi terbaik.

Mengelola tim ini sama dengan mengelola berbagai perusahaan, bahwa kita harus siap mengambil risiko dan membuat keputusan-keputusan yang tidak populer. Tidak ada satu individual atau satu pihak yang lebih besar dari tim/perusahaan secara keseluruhan.

Dan itu termasuk mengenai pemain.

 

 

 

Persebaya saat melakoni latihan jelang laga Piala Presiden (Liputan6.com/Dimas Angga P)

 Karena itu, demi kepentingan tim yang lebih besar, untuk 2018 ini saya memutuskan untuk tidak lagi mengharapkan bergabungnya Sdr. Andik Vermansyah di Persebaya. Walaupun itu sebenarnya merupakan keinginan awal tim, harapan besar sejumlah penggemar, dan keinginan Sdr. Andik sendiri.

Kami sudah berkomunikasi dengan pihak Sdr. Andik sejak lama, walau tidak pernah mempublikasikan atau menunjukkannya secara publik. Belakangan, ketika ada tanda-tanda komplikasi, saya sebagai presiden klub berkomunikasi langsung dengan Sdr. Andik.

Via pesan teks, pihak Sdr. Andik selalu menekankan soal angka. Bagi kami itu wajar. Ini olahraga profesional. Tapi seandainya angka itu bukan masalah bagi kami, tetap ada hal-hal lain yang harus dibicarakan. Ini bicara soal tim, dan rencana masa depan tim. Bukan soal satu orang, dan rencana satu orang tersebut.

Cara terbaik untuk membahasnya adalah dengan bertemu langsung, berbicara baik-baik, dan merancang apa yang terbaik untuk bersama. Bukan hanya untuk satu tahun.

Bulan Desember lalu, kami sudah mengajak bertemu. Tapi pihak Sdr. Andik membatalkan pertemuan tersebut. Belakangan, pihak Sdr. Andik memutuskan untuk berbicara langsung dengan kami, tidak lagi menggunakan agen.

Andik VErmansah akhirnya batal gabung Persebaya (Bola.com/Peksi Cahyo)

Pada 17 Januari lalu, untuk membicarakan segalanya segala tuntas, kami mengundang Sdr. Andik untuk bertemu bersama saya, manajer tim, serta tim pelatih. Dengan demikian kita bisa tuntas membahas semua perencanaan untuk kebaikan bersama. Bukan hanya soal angka. Bukan hanya untuk satu tahun.

Pihak Sdr. Andik lantas membatalkan pertemuan, dengan alasan sudah telanjur janji dengan pihak dari Malaysia.

Pada 18 Januari, kami kembali bertukar pesan teks. Pihak Sdr. Andik kembali menegaskan soal angka. Apakah kami bersedia atau tidak, dan supaya kami tidak memaksakan kalau memang tidak bersedia.

Saya sampaikan lagi, bahwa tentu saya tidak akan memaksakan diri untuk memenuhi permintaan Sdr. Andik. Dan saya tegaskan bahwa kami memikirkan Persebaya bukan hanya untuk satu tahun. Bagaimana pun tetap yang terbaik adalah duduk bersama. Yaitu Sdr. Andik bersama saya, manajer tim, dan pelatih.

Setelah itu tidak ada balasan sama sekali kepada saya.

Saya pun jadi bertanya, kenapa tidak mau duduk bersama berdiskusi tentang tim? Kenapa hanya soal angka yang untuk setahun? Dan saya harus menegaskan terus kepada semua pihak, bahwa tim ini tidak untuk satu tahun, tidak untuk satu orang.

Kalau saya biarkan ini berlarut-larut, maka ini tidak akan fair kepada tim. Khususnya kepada para pemain yang sekarang sudah berada di Persebaya, yang sudah tampil habis-habisan demi kebaikan tim. Apalagi mereka yang tahun lalu ikut berjuang meloloskan Persebaya kembali ke Liga 1.

Tim ini bak sebuah kereta yang sudah berjalan, dan siap berlari kencang. Dan kereta tidak akan berhenti hanya untuk satu orang.

Persebaya lebih besar dari kita semua. Selama ini kita semua, baik di internal tim dan para suporter, telah berupaya keras untuk memastikan Persebaya eksis dan berjaya dari ancaman pihak-pihak luar yang tidak menginginkan Persebaya sukses.

Tapi ketika tim sudah memasuki era membangun, maka sekarang kita tidak boleh lengah dari ancaman yang lain. Yaitu ancaman dari kita sendiri, atau dari lingkungan di sekitar kita sendiri.

Saya percaya ini semua adalah proses menuju lebih baik. Harus dingin, tidak emosional dalam menanggapi segala hal.

Saya percaya Persebaya bisa menjadi tim yang paling maju di Indonesia. Dan saya yakin Persebaya sudah berada di jalur yang benar, siap melaju kencang.

Kalau Anda memang tulus mencintai dan mendukung Persebaya, saya yakin Anda bisa memahami keputusan ini, dan ikut membantu menciptakan aura positif dan asyik bagi semua pihak yang ingin mendukung kemajuan Persebaya. (Dimas Angga P)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Nikah Vicky Prasetyo dan Angel Lelga Habiskan Rp 4 Miliar

Posted: 21 Jan 2018 09:40 PM PST

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga akan menggelar pernikahan resmi pada 9 Februari 2018. Sebelumnya, Vicky Prasetyo dan Angel lelga mengaku sudah menikah siri.

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga berencana menghelat pesta pernikahan mereka di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Angel Lelga menjadikan Beauty and The Beast sebagai tema pesta pernikahan mereka.

 

 

 

 

Angel Lelga dan Vicky Prasetyo berpose layaknya Beauty And the Beast. (Instagram/angellelga)

"Konsepnya Beauty and The Beast. Karena memang Angel sejak dulu menyukai karakter Belle. Dan saya ingin membahagiakan Angel dengan mewujudkan keinginannya," ungkap Vicky Prasetyo di Jakarta akhir pekan lalu.

Vicky Prasetyo. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Namun sebelumnya, Angel Lelga akan menguji pengorbanan Vicky Prasetyo. Mantan tunangan Zaskia Gotik ini bakal melakukan atraksi lompat dari ketinggian 3.ooo kaki di atas lautan sebelum menyematkan cincin ke jari manis Angel Lelga.

"Konsep paling keren di resepsi. Ada laut, pasir, tanah dan langit. Kami akan ada mission impossible. Sempat berpikir, ini menikah apa debus? Terjun dari 3.000 kaki, terus ada kapal pesiar. Kalau aku salah jatuh gimana ya," tutur Vicky Prasetyo.

Angel Lelga dan Vicky Prasetyo (Instagram/vickyprasetyo777)

"Tapi nanti itu seru banget. Aku penginnya dia terjun dari udara ke air. Aku enggak minta apa-apa, cuma pengorbanan kamu," sahut Angel Lelga.

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Instagram/angellelga)

Kabarnya untuk merealisasikan konsep pernikahan supermewah tersebut, Vicky Prasetyo harus merogoh kocek Rp 4 miliar. Dana sebesar itu termasuk biaya untuk menyewa kapal feri dan helikopter dalam atraksinya.

"Kalau konsep wedding seperti ini sangat unik dilakukan. Ini sudah di atas empat miliar rupiah. Tapi masih kurang, masih tambah terus. Karena semua dekorasinya import," Vicky Prasetyo mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Hapus Jabatan Ketua Harian di Kepengurusan Baru

Posted: 21 Jan 2018 09:35 PM PST

Ketua DPR RI yang juga politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo menyatakan, tidak ada perubahan signifikan dalam revitalisasi kepengurusan di partai.

Bambang yang akrab disapa Bamsoet menyatakan, dari revitalisasi memang posisi ketua harian Partai Golkar dihilangkan.

"Hanya memang ketua harian sudah tidak ada lagi," kata Bamsoet di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

Sedangkan untuk koordinator bidang tetap masih ada. Kendati begitu Bamsoet enggan menjelaskan secara lebih detail.

"Ada 11 korbid Partai Golkar kalau tidak salah. Nanti ketum lah yang umumkan, saya hanya mendengar cerita saja," jelas Bamsoet.

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersalaman dengan Bambang Soesatyo sebelum memberikan keterangan perihal ketua DPR RI, Jakarta, Senin (15/1). Airlangga resmi mengumumkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Golkar menunjuk Letnan Jenderal Purnawirawan Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar. Ia menggantikan posisi Idrus Marham yang kini menjabat Menteri Sosial di Kabinet Kerja.

"Dari keputusan semalam, bahwa Pak Lodewijk ditunjuk menggantikan Sekjen Idrus Marham," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo di DPR, Senin (22/1/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Kepengurusan Golkar Bentukan Airlangga Hartarto

Posted: 21 Jan 2018 09:35 PM PST

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, hari ini mengumumkan kepengurusan baru di bawah kepemimpinannya. Di banding sebelumnya, kepengurusan yang dibentuknya jauh lebih ramping.

Bila sebelumnya ada 305 orang, jumlahnya kini tinggal 251 orang. 75 di antaranya perempuan. Jumlah itu mencapai 30 persen dari keseluruhan.

Peranan pemenangan pemilu 2019 meningkatkan elektabilitas semula range pada pilpres Golkar 16-18 persen

Nama-nama pengurus tertuang dalam Keputusan dewan pimpinan 267 DPP Partai Golkar tahun 2018 Masa bakti 2018/2019 hasil revitalisasi dan restrukturisasi.

"Saya akan memanggil pengurus PG pertama Sekjen Lodewijk Freidrich Paulus," kata Airlangga sebelum menyebut nama pengurus yang lain. 

Berikut daftar lengkap pengurus intinya:

 Sekjen    : Lodewijk Freidrich Paulus
 Bendum :  Robert Kardinal
 Korbid Kepartaian :  Ibnu Munzir
 Korbid Perekonomian :  Azis Syamsuddin
 Korbid Pemuda dan Generasi Sosial  :  Agus Gumiwang Kartasasmita
 Wakil    :  Heru
 Korbid Hubungan Eksekutif Legislatif  :  Idrus Marham
 Korbid Pemilih Luar Negeri  :  Happy Bone Zulkarnain
 Wakil :  Handoko (purn)
 Korbid Pratama :  Nurdin Halid
 Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera  :  Indra Bambang Utoyo
 Wakil  :  Ahmad Dolly Kurnia
 Korbid Pemenangan Pemilu Jawa Kalimantan  :  Nusron Wahid
 Wakil  :  Muhtarom
 Korbid Pemenangan Indonesia Timur  :  Melchias Mekeng
 Wakil  :  Andi Ahmad
 Korbid Kesra  :  Roemkono
 Korbid Penggalangan Khusus  :  Hajriyanto Thohari
 Wakil  :  Rizal
 Badan Litbang  :  Umar Juworo
 Badan Kajian Strategis dan Intelijen  :  Eko Wiratmoko
 Wakil  :  Yorrys Raweyai

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesi I, IHSG Cetak Rekor Tertinggi di 6.511

Posted: 21 Jan 2018 09:32 PM PST

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus melaju perkasa di sesi pertama perdagangan saham pada awal pekan ini. Bahkan IHSG kembali cetak rekor baru secara intraday.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham, Senin (22/1/2018), IHSG naik 20,73 poin atau 0,32 persen ke posisi 6.511,82. Indeks saham LQ45 menguat 0,33 persen ke posisi 1.103. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Ada sebanyak 190 saham mendaki sehingga mengangkat laju IHSG. Sementara itu, 125 saham melemah dan 135 saham diam di tempat. IHSG sempat berada di level tertinggi 6.524,17 dan terendah 6.484,12.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 214.344 kali dengan volume perdagangan saham 6,2 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 4,2 triliun. Investor asing melakukan aksi jual Rp 79,62 milair di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.336.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham menguat. Sektor saham tambang naik 2,66 persen, dan catatkan penguatan terbesar. Disusul sektor saham pertanian menanjak 0,98 persen dan sektor saham perdagangan menguat 0,69 persen.

Saham-saham yang catatkan penguatan terbesar antara lain saham LEAD menanjak 13,33 persen ke posisi Rp 102 per saham, saham MBSS melonjak 12,93 persen ke posisi Rp 830 per saham, dan saham ADRO mendaki 6,88 persen ke posisi Rp 2.330 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham WSKT susut 2,28 persen ke posisi Rp 2.570 per saham, saham EXCL tergelincir 2,22 persen ke posisi Rp 3.080 per saham, dan saham INTP melemah 1,88 persen ke posisi Rp 22.150 per saham.

Bursa Asia sebagian besar menguat. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,14 persen, indeks saham Shanghai menanjak 0,19 persen, indeks saham Singapura menguat 0,13 persen dan indeks saham Taiwan menguat 0,63 persen. Sedangkan indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,92 persen dan indeks saham Jepang Nikkei tergelincir 0,18 persen.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat di awal pekan ini. Aliran dana investor asing yang masuk ke pasar saham Indonesia akan menjadi katalis positif untuk IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Sekuritas, William Suryawijaya mengatakan, IHSG berpeluang menguat ditunjang oleh aliran dana investor asing yang masih terlihat terus terjadi.

William menilai, investor asing melihat Indonesia menjadi tempat investasi yang menarik didukung kondisi ekonomi yang stabil. Sentimen lainnya yaitu dari rilis kinerja emiten secara tahunan yang diperkirakan membaik sehingga jadi katalis positif untuk IHSG.

"IHSG akan bergerak di kisaran 6.278-6.523 pada awal pekan ini," ujar William dalam ulasannya, Senin pekan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Layar indeks harga saham gabungan menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Angka tersebut naik signifikan dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencatat penutupan perdagangan pada level 5.296,711 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada awal pekan ini. Akan tetapi, penguatan IHSG cenderung terbatas.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Senin 22 Januari 2018, IHSG naik tipis 4,48 poin atau 0,07 persen ke posisi 6.495,38. Kemudian IHSG naik terbatas 4,3 poin atau 0,07 persen ke posisi 6.495. Indeks saham LQ45 susut 0,16 persen ke posisi 1.098. Sebagian besar indeks saham acuan bervariasi.

Ada sebanyak 115 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 37 saham lainnya tertekan dan 120 saham diam di tempat. Pada awal pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi intraday 6.501,49 dan terendah 6.485,31. Level intraday merupakan level terjadi pada saat perdagangan saham.

Total frekuensi perdagangan saham 18.212 kali dengan volume perdagangan saham 284,9 juta. Nilai transaksi Rp 220,6 miliar. Investor asing melakukan aksi beli Rp 2,45 miliar di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.330.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham sama-sama menguat dan melemah. Sektor saham tambang naik 1,22 persen, dan catatkan penguatan terbesar. Disusul sektor saham keuangan mendaki 0,30 persen dan sektor saham pertanian menanjak 0,23 persen. Sedangkan sektor saham barang konsumsi melemah 0,65 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham MBSS naik 14,97 persen ke posisi Rp 845, saham MAMI melonjak 5,1 persen, dan saham LEAD menanjak 4,44 persen ke posisi Rp 94.

Sementara itu, saham IKAI melemah 2,63 persen ke posisi Rp 111, saham FINN tergelincir 1,92 persen ke posisi Rp 153, dan saham IIKP susut 1,89 persen ke posisi Rp 312 per saham.

Bursa saham Asia sebagian bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 0,07 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,96 persen, indeks saham Jepang Nikkei melemah 0,10 persen dan indeks saham Singapura melemah 0,10 persen. Sedangkan indeks saham Shanghai menguat 0,23 persen dan indeks saham Taiwan menanjak 0,33 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Presiden 2018, Siaran Langsung 22 Januari 2018

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Piala Presiden 2018 semakin seru saja. Grup B akan memainkan laga keduanya pada Senin (22/1/2018). Nanti sore, Barito Putera akan berhadapan dengan Martapura FC. 

Barito harus meraih kemenangan di laga ini jika ingin lolos ke putaran selanjutnya. Pada laga pertama Piala Presiden 2018, Barito Putera secara mengejutkan ditahan imbang 1-1 oleh Persepar Kalteng.

Laga ini akan digelar pukul 15.30 WIB. Indosiar akan menyiarkan langsung duel seru Piala Presiden 2018 ini nanti sore.

Malam harinya, giliran Mitra Kukar yang turun bertanding. Mitra Kukar ditantang Persepar Kalteng.

Kemenangan akan membuat Mitra Kukar lolos ke babak selanjutnya. Mitra Kukar sudah mengoleksi tiga poin setelah menang 2-0 atas Martapura di laga pertama.

 

Jadwal Piala Presiden 2018 22 Januari 2018:

15.30 WIB: Martapura vs Barito Putera (Indosiar)

19.30 WIB: Persepar Kalteng Putra vs Mitra Kukar (O Channel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jalan Jatibaru Raya Ditutup, Sopir Angkutan Umum Geruduk Balai Kota DKI Jakarta

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya saat menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Mereka meminta untuk membuka kembali Jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya saat menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Mereka meminta untuk membuka kembali Jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Para sopir ini menuntut dibukanya jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Para sopir ini menuntut dibukanya jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pengemudi angkutan menunjukkan surat tilang saat menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Para sopir ini menuntut dibukanya jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pengemudi angkutan menunjukkan surat tilang saat menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Para sopir ini menuntut dibukanya jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan melakukan orasi saat menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Dalam aksinya mereka menuntut untuk Jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang kembali dibuka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan melakukan orasi saat menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Dalam aksinya mereka menuntut untuk Jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang kembali dibuka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para pengemudi angkutan memarkirkan mobilnya berkumpul untuk menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat para pengemudi angkutan menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Dalam aksinya para sopir angkot menuntut untuk Jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang kembali dibuka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana saat para pengemudi angkutan menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). Dalam aksinya para sopir angkot menuntut untuk Jalan Jatibaru Raya dan putaran di depan Blok A Tanah Abang kembali dibuka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Peringatkan Ancaman Perang Akibat Aktivitas Militer Rusia

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Militer Kerajaan Inggris memperingatkan negara-negara Eropa tentang kemungkinan terjadinya perang di kawasan utara benua biru itu. Peringatan tersebut didasarkan pada kian agresifnya kegiatan militer yang dilakukan oleh pemerintah Rusia dalam setahun terakhir.

Dilansir dari laman BBC, pada Senin (22/1/2018) Jenderal Sir Nick Carter menyebut tidak ada tendensi untuk mengurusi kepentingan Rusia. Hanya saja, bagi kerajaan Inggris, aktivitas militer yang dilakukan oleh Rusia di kawasan laut Baltik telah memicu tensi dengan beberapa negara di sekitarnya.

"Laut Baltik adalah kawasan bersama di Eropa yang pemanfaatannya tidak boleh dikuasai oleh sepihak. Tapi, Rusia membangun semi-pangkalan militer di sana, sehingga membuat kekhawatiran bagi negara-negara di sekitarnya," jelas Jenderal Carter.

Meningkatnya kegiatan militer Rusia di kawasan Laut Baltik bahkan ditanggapi dengan tegas oleh pemerintah Swedia, berupa penerbitan selebaran bahaya perang kepada hampir 5 juta penduduknya.

Sementara itu, pemerintah Polandia meningkatkan jumlah kapal militer untuk bersiaga di kawasan pesisirnya. Begitu juga NATO yang merasa turut berkepentingan menambah jumlah personel pasukannya di Jerman.

 

Ilustrasi Kota Moskow, Rusia (Reuters)

Kesatuan militer Rusia telah meningkatkan porsi latihan mereka sejak tahun lalu, termasuk simulasi serangan di bagian utara Eropa, dari Kaliningrad hingga Lithuania.

Jenderal Carter juga menggaris bawahi  tentang kemampuan serangan misil jarak jauh yang dimiliki oleh Rusia. Hal tersebut terlihat jelas pada keterlibatan pasukan Rusia di Suriah belum lama ini, yakni menembakkan 26 misil dari jarak sekitar 15000 kilometer.

Sementara itu, mundur beberapa waktu ke belakang, kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS St Albans, sempat mengawal ketat kehadiran kapal perang Rusia yang melintas di Laut Utara, tidak jauh dari pesisir negeri yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II itu.

Tidak lama berselang setelahnya, pemerintah Inggris juga memperingatkan apa yang disebutnya sebagai ancaman baru Rusia melalui medium kabel bawah laut dari Kremlin ke London.

Kepala Staf Pertahanan Inggris, Marsekal Udara Sir Stuart Peach, pada awal bulan Desember tahun lalu, mengatakan bahwa Inggris dan NATO berkomitmen memprioritaskan perlindungan jalur komunikasi tersebut. Upaya itu dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan 'melahirkan bencana' terhadap perekonomian dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

200 Mama di Agats Ikuti Penyuluhan Seribu Hari Pertama Kehidupan

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Setiap bulan Puskesmas di Agats rutin memberikan penyuluhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Sarana gedung olahraga (GOR) di Jalan Dolog, Agats, dijadikan lokasi penyuluhan HPK kepada lebih dari 200 ibu menyusui dan ibu hamil.

Kegiatan HPK tidak hanya diikuti oleh penduduk Agats saja. Warga dari distrik atau kampung sekitar Agats seperti Kampung Syuru, Kaye, Atswetsi, Bintang Laut, Dolok, Cemnes, dan Mbait ramai-ramai mengikuti kegiatan ini, kata Kawurni, bidan di Puskesmas Agats.

Kali ini ada yang berbeda dari kegiatan HPK tersebut. Para peserta juga mendapatkan penyuluhan tambahan dari pihak Dinas Kesehatan Timika, dr Tansya Sushan SpOG dan pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Ratri SpGK.

Mereka membuka wawasan para ibu mengenai jarak kehamilan yang dianjurkan guna memenuhi hak anak memperoleh gizi dan nutrisi yang optimal.

Kepada para ibu dr Tansya menyampaikan bahwa memperhatikan jarak kehamilan sangat penting supaya ibu dan anak mendapat nutrisi yang optimal di 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Sejak sembilan bulan di dalam kandungan sampai anak berumur dua tahun.

"Ibu tidak hanya berbagi nutrisi kepada bayi yang disusui tapi juga kepada bayi yang dikandung," kata dr Tansya dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Senin, 22 Januari 2018.

 

Demi mendukung asupan nutrisi, dokter spesilis anak di RSUD Agats, Kabupaten Asmat, Papua memberi contoh membuat susu. (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan)

Seribu Hari Pertama merupakan pondasi awal seorang anak untuk menjalani kehidupan berikut. Kita mengenal masa itu dengan golden period atau periode emas.

Jadi sejak ibu hamil harus imunisasi TT. Setelah anak lahir harus mendapatkan imunisasi dasar.

Setelah mendapat penyuluhan, para bayi dan balita yang datang bersama para ibu menjalani pengukuran tinggi dan berat badan oleh dr Ratri.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian bubur kacang hijau sebagai makanan tambahan bagi si Kecil.

Diharapkan penyuluhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan ini bisa menjadi sarana guna membangun kesadaran para orang tua untuk lebih memperhatikan jarak kehamilan dan kelahiran supaya si Kecil mendapat gizi yang sesuai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Asal Malaysia Juarai Asia Pacific Predator League 2018

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Setelah berlangsung selama tiga bulan, Asia Pacific Predator League 2018 akhirnya mengumumkan pemenangnya. Tim yang berhasil menjuarai turnamen eSports ini adalah tim asal Malaysia bernama Geek Fam.

Mereka terdiri dari Skemberlu, March, ChYuan, Oli, dan Playhard. Geek Fam mencapai posisi pertama setelah mengalahkan BOOM.ID dari Indonesia di final, dengan Quid Pro Quo dari Filipina mengikuti posisi ketiga. Itu adalah kemenangan 2-1 untuk Geek Fam.

"Selamat kepada Geek Fam dari Malaysia yang telah berhasil membuktikan diri sebagai tim terbaik dalam pelaksanaan Asia Pacific Predator League 2018 pertama ini," ujar Andrew Hou, Presiden Acer Pan Asia Pacific di Jakarta.

Melalui keterangan tertulisnya, Senin (22/1/2018), Andrew berharap kemenangan ini dapat menginspirasi generasi muda di Asia serta terus mendukung bakat mereka dan memeliharanya untuk meraih kesuksesan sebaik mungkin.

"Ini bukanlah akhir dari perjalanan kami, melainkan awal dari tantangan berikutnya. Pada 2019, kami akan memperluas turnamen ini di 14 negara Asia Pasifik dengan Thailand sebagai tuan rumah Asia Pacific Predator League 2019," sambungnya.

Tim Geek Fam menjuarai Asia Pacific Predator League 2018. Dok: Asia Pacific Predator League 2018

Dengan jangkauan yang lebih luas, tutur Andrew, pihaknya akan mendukung peserta untuk memanfaatkan line-up dari Predator dan memenangkan pertarungan.

Untuk diketahui, babak kualifikasi Asia Pacific Predator League 2018 telah berjalan sejak Oktober 2017 dengan antusiasme besar dari para gamer. Hal ini dibuktikan dengan tingginya jumlah peserta di seluruh negara, yang mencapai sekitar 1.197 tim eSports.

Asia Pacific Predator 2018 menghadirkan gim DOTA 2 serta mengumpulkan delapan finalis dari delapan negara yang berpartisipasi. Babak kualifikasi pertama dari Asia Pacific Predator League 2018 dilakukan di masing-masing negara.

Asia Pasific Predator League 2018 resmi digelar. Liputan6.com/ Yuslianson

Para pemenang yang melewati babak penyisihan di masing-masing negara kemudian diberangkatkan ke Jakarta untuk bertanding di babak final.

Berlangsung di Mall Taman Anggrek, tim yang bertanding di turnamen eSports pertama yang digelar oleh Acer ini adalah Quid Pro Quo (Filipina), Geek Fam (Malaysia), Alpha Red (Thailand), dan Ten Twenty (Singapur).

Ditambah Azure eSports (Hong Kong), Signify (India), We Say No! (Sri Lanka), dan BOOM.ID (Indonesia), melengkapi daftar delapan tim yang memperebutkan total uang hadiah sebesar US$ 150.000 atau setara Rp 1,9 miliar.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondisi 3 Korban Ambruknya Beton LRT Kayu Putih

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Dalam kecelakaan robohnya proyek LRT Kayu Putih, 5 orang dilaporkan menjadi korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembelaan Sejarawan dan Fakta Penting Rumah Cimanggis

Posted: 21 Jan 2018 09:30 PM PST

Kalangan sejarawan dan pencinta budaya yang merupakan kumpulan beberapa komunitas di Depok, Jawa Barat, bereaksi terhadap tudingan juru bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla, Husein Abdullah, yang mengatakan baru kini sejarawan memperhatikan Rumah Cimanggis.

Husein Abdullah sebelumnya mengatakan, "Rumah Cimanggis sebelumnya kurang mendapatkan perhatian dari para sejarawan. Belakangan, setelah akan dihancurkan untuk pembangunan UIII mendadak banyak sejarawan yang meminta pemerintah mempertahankannya."

Menanggapi hal ini, Ratu Farah Diba yang merupakan Ketua Depok Heritage Community dalam rilisnya yang diterima Liputan6.com pada Sabtu, 20 Januari 2018, menjawab soal tudingan tersebut.

"Jika bapak Jubir Wakil Presiden JK membaca petisi Selamatkan Situs Sejarah Rumah Cimanggis Depok Abad 18 yang umumkan sikap Komunitas Sejarah Depok di Change.Org (23 Desember 2017) dan siaran pers Jalan dan Gowes Bareng #SelamatkanRumahCimanggis (7 Januari 2018) tentu akan tahu bahwa perhatian para sejarawan di Depok setidaknya sudah ada sejak 2011."

Ratu Farah Diba mengatakan, saat itu pihaknya sudah mendaftarkan rumah Cimanggis ke kantor BPCB (Badan Pelestari Cagar Budaya) Serang dan mendapatkan Nomor 007.02.24.04.11.

Dengan begitu, upaya penyelamatan Rumah Cimanggis disuarakan tujuh tahun sebelum heboh pembangunan UIII. Pendaftaran ke BPCB Serang itu pun tindak lanjut dari kerja mengiventarisasi situs sejarah di Depok yang dilakukannya pada 2012.

Dia menyatakan para sejarawan dan masyarakat Depok tidak perlu repot untuk memperhatikan, menginventarisasi, mengumpulkan informasi kesejarahan, dan mendaftarkan situs sejarah jika pemerintah menjalankan amanah UU Cagar Budaya No. 10 Tahun 2011.

"Bahwa untuk melestarikan cagar budaya, negara bertanggung jawab dalam pengaturan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya," kata Farah.

Anggota komunitas lainnya, Heri Syaifuddin, mengatakan pihaknya justru bertanya-tanya mengapa tiba-tiba saja dan tanpa pernah ada sosialisasi dengan warga Depok tahu-tahu akan dibangun pusat peradaban Islam UIII. Ia menolak tudingan bahwa baru meributkan soal Rumah Cimanggis kala kawasan sekitarnya akan dibangun pusat peradaban Islam.

"Padahal dalam RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Depok kawasan RRI itu adalah RTH," ujarnya.

Heri mengatakan, yang santer terdengar justru berita pada 2015 bahwa kawasan itu oleh Wali Kota Nurmahmudi disosialisasikan sebagai arboretum atau hutan kota yang bisa menjadi paru-paru dunia.

Dia berpendapat RTH itu diperlukan sekali oleh Depok untuk memenuhi 30 persen kewajiban RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang saat itu baru bisa dipenuhi 9 persen RTH Publik. Sekaligus bisa difungsikan sebagai kawasan resapan yang menahan run off jika musim hujan tiba dan dengan demikian mengurangi kemungkinan banjir ke Jakarta.

Rumah Cimanggis pernah disebut oleh Adolf Heuken sebagai contoh arsitektur terbaik di ommelanden Batavia pada akhir abad ke-18.

Di lain pihak, sejarawan JJ Rizal menegaskan gerakan yang diperjuangkannya adalah #SelamatkanRumahCimanggis. Oleh karena itu, katanya,  pihaknya lebih berkonsentrasi pada penyelamatan situs sejarah, bukan menolak keberadaan UIII.

Ia menolak tudingan Husein Abdullah yang mengatakan bahwa para sejarawan tak berpikir luas jika menolak rencana pemerintah menghancurkan Rumah Cimanggis demi pembangunan UIII.

"Sesungguhnya tidak perlu membenturkan apalagi mempertentangkan atau malah menghilangkan antara dua hal yang sebenarnya sama fungsinya, yaitu medium pendidikan. Seperti juga universitas," ujarnya.

Rizal mengingatkan, dengan pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia yang disebut akan dijadikan pusat peradaban Islam, semestinya pemerintah semakin menghargai jejak sejarah.

"Dalam Alquran pun disebutkan masa lalu adalah sumber pelajaran. Seperti misalnya tentang Firaun yang mayatnya dibiarkan utuh," kata sejarawan yang bermukim di Depok ini.

Rizal menolak anggapan Husein Abdullah yang menyebut bahwa jika Adriana bukan istri kedua Van der Parra, seharusnya ia tinggal di Istana Bogor. Faktanya, Adriana harus menepi ke Rumah Cimanggis di Depok yang pada masa itu sebagian masih hutan belantara.

JJ Rizal mengatakan ada sejumlah perangkat maut dalam logika sejarah, yaitu anakronisme. Mengutip KBBI, Rizal menyebut anakronisme berarti 'ketidakcocokan dengan zaman tertentu serta 'penempatan tokoh, peristiwa, percakapan, dan unsur latar yang tidak sesuai menurut waktu'.

Ia mengatakan, Rumah Cimanggis adalah land huizen alias rumah peristirahatan. Jadi tidak setiap hari Adriana van der Parra tinggal di sana. Rumah Cimanggis hanya digunakan untuk tetirah dan selayaknya pada masa itu, maka rumah peristirahatan memiliki lahan perkebunan yang luas dan jauh dari pusat kota.

Mengutip A. Heuken dalam buku klasiknya Tempat-tempat Bersejarah di Jakarta, Rizal menggarisbawahi kondisi saat itu.

Kehidupan di Batavia pada abad ke-18 menjadi semakin tidak sehat. Kota menjadi sibuk, ramai dan berbau busuk. Dalam daerah yang dikelilingi tembok itu tak banyak tanah yang tersisa untuk membangun rumah besar, apalagi dengan taman yang luas. Padahal pejabat Kompeni menyukai kebun, bunga dan pohon.

Oleh karena itu, kaum aristokrasi duit dan politik membangun rumah-rumah peristirahatan di luar kota, segera sesudah kota aman dari ancaman binatang buas dan gerombolan budak belian yang melarikan diri dan dari sisa tentara Mataram dan khususnya patroli Banten.

 

Rumah Cimanggis merupakan rumah peristirahatan keluarga van der Parra

Kondisi yang diterangkan Heuken menjelaskan kenapa pada abad ke-18, terutama setelah tahun 1730-an, banyak pejabat kaya yang menepi ke luar kota benteng Batavia (ommelanden) dengan sengaja. Niatnya untuk mencari lingkungan yang lebih sehat.

"Jadi bukan dibuang atau dikucilkan. Mereka mencari selamat dari epidemi penyakit di kota dengan membangun rumah di kawasan yang lebih segar yang sudah dibuka sejak tahun 1650-an, tetapi masih rimbun pepohonannya," ujar Rizal.

Sejarawan lulusan UI itu menegaskan, orang-orang Belanda kapok membuat rumah yang bergaya arsitektur Eropa karena tak cocok dengan iklim tropis Hindia Belanda. Karena itu, mereka memasukkan arsitektur tropis agar rumah peristirahatannya lebih segar.

"Alhasil rumah menjadi banyak kebun-kebun besar, bahkan sawah-sawah dicetak, pohon buah-buahan ditanam dan peternakan diadakan," katanya.

Ia menjelaskan, Adriana dan van der Parra pun tidak tiap hari di Rumah Cimanggis sebab itu rumah peristirahatan atau landgoed. "Tetapi, biasanya seminggu dua kali mereka datang. Pelesiran sambil periksa kebun dan pasarnya di Cimanggis. Sisanya tinggal di istananya—bukan Istana Bogor. Sebab ini landgoed van Imhoff, tentu tidak elok diserobot keluarga van der Parra)—melainkan istana mereka sendiri yang jauh lebih mewah di Weltevreden atau sekitar Senen kini," ujarnya.

Penulis kronik Batavia, P. de Roo de la Faille, pun menjelaskan Adriana hidup sebagai "Nyonya Gubernur Jenderal" yang membanggakan dan terhormat sebab ia putri dari Gubernur Belanda untuk Ambon.

Saking bangganya, van der Parra menyebut anak mereka sebagai satu-satunya pewaris sang gubernur jenderal. Van der Parra pun membuatkan mendali bagi anaknya itu saat perayaan ulang tahun perkawinan mereka pada 1768.

Meningat pentingnya Rumah Cimanggis bagi sejarah kota, komunitas sejarah di Depok mengatakan acara "Selamatkan Rumah Cimanggis#2" dengan subtema seni, sejarah, ekologi, dan kota.

Acara ini akan dihelat pada Minggu, 28 Januari pukul 08.00-14.00 WIB di Taman Kaldera Situ Jatijajar. Acara ini turut dihadiri penyair Zeffry Alkatiri, Yahya Andi Saputra, serta pencak silat Sikumbang Tenabang.

Di lokasi Situ Jatijajar, Jalan Setu Jatijajar 1, Cimanggis KM 32 Depok ini akan diadakalan pagelaran seni dan bazar untuk menggugah kesadaran warga atas kesadaran kota. Acara terbuka untuk umum dan gratis.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjabat Wakil Wali Kota Palu, Ini Gaya Nyentrik Pasha Ungu

Posted: 21 Jan 2018 09:27 PM PST

Menjabat sebagai wakil kepala daerah tentu dituntut harus lebih berwibawa. Cara tersebut bisa dicapai melalu tingkah laku dan juga gaya mereka saat sedang bertugas.

Kali ini, nama Sigit Purnomo atau yang akrab disapa dengan Pasha Ungu sedang hangat diperbincangkan. Pasalnya dirinya telah dilantik sebagai Wakil Wali Kota Palu pada tahun 2016 silam.

Bertugas mendampingi Wali Kota Palu, Hidayat untuk periode 2016-2021, Pasha Ungu kini terpaksa harus meninggalkan panggung hiburan bersama dengan anggota band lainnya.

 

🎤🎸

A post shared by Sigit Purnomo Said (@pashaungu) on

 

Namun, gaya anak band tersebut nampaknya sulit untuk ditinggalkan oleh Pasha. Terbukti dari gaya rambut man bun, atau dikenal juga dengan gaya rambut ala sumo yang kini menjadi gaya rambut andalan dari Pasha Ungu.

Hal ini menjadi sorotan dan banyak yang menilai gaya rambut tersebut tak cocok dengan posisi jabatan yang kini diemban oleh Pasha.

Beberapa waktu lalu Pasha menghadiri salah satu acara televisi swasta sebagai narasumber, sambil mengenakan pakaian dinas serta gaya rambut ikatnya tersebut.

Penampilannya tersebut sukses menarik perhatian para netizen yang menyayangkan tampilannya tersebut.

Lalu bagaimana menurut Anda? Apa gaya rambut ini pantas atau tidak?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buku Hitam Setya Novanto dan Absennya Deisti di Sidang E-KTP

Posted: 21 Jan 2018 09:21 PM PST

Setya Novanto kembali menjalani persidangan terkait kasus korupsi e-KTP hari ini, Senin (22/1/2018), di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Setnov hadir mengenakan batik lengan panjang kecoklatan. Mantan Ketua DPR itu terlihat fokus mengikuti jalannya persidangan.

Pantauan Liputan6.com, sejak awal persidangan dimulai, Setnov langsung membuka buku hitamnya. Buku ini selalu dibawa sejak pengadilan menolak eksepsinya.

Setiap tanya jawab saksi, baik dengan majelis hakim maupun dengan jaksa, diperhatikan Setnov. Beberapa catatan tampak digoreskan dalam buku hitam itu.

Meski sesekali menguap, Setnov tetap fokus dengan tidak menyenderkan badannya ke kursi, seperti yang kerap dilakukannya dalam sidang-sidang sebelumnya.

Di tengah jalannya persidangan, tidak jarang juga Setnov melirik ke kursi depan di sebelah kanan depan hakim. Kursi itu biasanya diisi oleh istrinya, Deisti Astiani Tagor atau Deisti.

Tapi dalam sidang hari ini, Deisti tidak hadir. Hanya ada 3 orang kerabat yang biasa menemani Deisti, yang terlihat masih setia datang ke ruang sidang.

 

Deisti Astriani Tagor (kedua kiri) mengikuti sidang lanjutan dugaan korupsi e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (11/1). Sidang beragendakan mendengar keterangan empat orang saksi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Deisti absen ke persidangan karena saat ini tengah diperiksa penyidik KPK di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam sidang kali ini jaksa KPK menghadirkan anggota DPR 2009-2014 Mirwan Amir, pengusaha Made Oka Masagung, dan Dirut PT Sistem Indonesia Chalres Sutanto Ekapraja.

Selain ketiga orang di atas, jaksa juga menghadirkan Aditya Ariadi Soeroso selaku Dirut PT Aksara dan terdakwa korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong yang mengenakan batik hitam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dragon Ball Super 124, Son Gohan Terancam Keluar

Posted: 21 Jan 2018 09:20 PM PST

Anime Dragon Ball Super 124 semakin membuat para penggemar Dragon Ball Super berdebar-debar. Pasalnya, dalam kisah kali ini Son Gohan, putra Son Goku, terancam keluar dari arena pertandingan antar semesta.

Selain itu, Dragon Ball Super 124 juga menampilkan kerjasama Vegeta dan Son Goku yang sama-sama berada dalam wujud Super Saiyan Blue saat melawan Jiren. Alhasil, Jiren pun tampak terdesak dan sulit melawan balik.

Jiren, karakter dari anime Dragon Ball Super. (Toei Animation)

Sayangnya, serangan yang dilancarkan kedua petarung tangguh itu tak berhasil melumpuhkan Jiren. Selama mendapatkan serangan dari Son Goku dan Vegeta, Jiren hanya sedang menahan diri.

Goku pun menunggu saat yang tepat untuk mencari celah saat melawan Jiren. Ia tetap menggunakan kekuatan Super Saiyan Blue Kaio-Ken sambil membaca serangan Jiren.

Karakter Frieza dari anime Dragon Ball Super. (Toei Animation)

Di sisi lain, fans juga disuguhkan pertarungan antara Frieza dengan Dyspo, petarung dari Semesta 11. Di sini, ada gelagat bahwa Frieza memiliki agenda terselubung untuk melawan para jagoan dari Semesta 7 yang ia wakili bersama Son Goku dan kawan-kawan. Dyspo yang berusaha dimanfaatkan Frieza pun menolak mentah-mentah tawaran kotor itu.

Pertarungan antara kedua karakter itu terus berlanjut. Dyspo pun mengeluarkan kekuatan penuhnya dan langsung mendesak Golden Frieza.

Karakter di Dragon Ball Super. (saiyanisland.com)

Melihat rekan satu timnya terdesak, Son Gohan langsung membantu Frieza dengan meninggalkan pertarungannya melawan Toppo bersama Android No. 17.

Alhasil Gohan dan Frieza bekerja sama setelah lama berseteru. Bahkan, keduanya menemukan taktik dalam rangka melawan Dyspo.

Karakter Son Gohan dan Dyspo dari anime Dragon Ball Super. (Toei Animation)

Tak kuasa melawan Dyspo, Frieza pun kehilangan kekuatannya dan mendapat serangan maksimal dari lawannya itu. Namun, Gohan telah berhasil mengamankan gerakan Dyspo.

Dengan cara mengunci Dyspo, Son Gohan pun terancam keluar dari turnamen sejagat raya ini. Dan benar saa, ketika Frieza melancarkan serangan susulan, Son Gohan ikut terlempar ke luar arena bersama Dyspo.

Tema dalam anime Dragon Ball Super yang sedang berjalan memang cukup unik. Para petarung dari masing-masing universe atau alam semesta harus bertanding di depan Zeno, sang raja segalanya. Mereka saling bertahan agar bisa menang dan dunia mereka tidak dimusnahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin: Secara Nasional Arah Inflasi RI Turun Tiap Tahun

Posted: 21 Jan 2018 09:20 PM PST

Sejumlah Menteri Ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) merapat ke Bank Indonesia (BI) pada Senin ini. Kehadiran para menteri tersebut untuk membahas pengendalian inflasi nasional.

"Ya itu rapat pembukaan lah 2018 dari tim pengendali inflasi pusat. Itu kan tim pengendali inflasi itu ada daerah, ada tingkat II, ada provinsi, pusat ada nasional," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Gedung BI Jakarta, Senin (22/1/2018).

Darmin menjelaskan, pemerintah memiliki target inflasi yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Target inflasi pemerintah sebelumnya 4 persen plus minus 1 persen. Tahun ini, pemerintah menargetkan 3,5 persen plus minus satu persen.

"Tadi itu kita yang pertama memang kita itu secara nasional selalu ada target inflasi nanti memunculkan di APBN juga biasanya dimunculkan. Dan target itu selalu antara sekian plus minus satu. Kalau tadinya sampai tahun lalu inflasi kita itu secara nasional kita targetkan 4 plus minus satu. Mulai tahun ini menjadi 3,5 plus minus satu. Mulai 2020, dia akan menjadi 3 plus minus satu," jelas Darmin.

Menurut Darmin, arah inflasi nasional menurun. Pemerintah berupaya menekan inflasi supaya Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

"Jadi kita melihat Indonesia sebetulnya secara umum arah inflasinya menurun dari tahun ke tahun. Dan kita ingin supaya inflasi kita juga tidak jauh dari negara-negara lain, negara-negara partner dagang," kata dia.

Namun begitu, Darmin belum bisa memaparkan secara detail hasil pertemuan kali ini. Pasalnya, pertemuan tersebut baru tahap awal.

"Jadi kita belum membahas secara detail urusan substansi," ungkapnya.

Hadir dalam pertemuan ini antara lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Namun, keduanya tak banyak berkomentar terkait pertemuan ini.

 

Tonton Video Pilihan Ini:

Bank Indonesia (BI) menilai sasaran inflasi dapat terpenuhi dalam tiga tahun berturut-turut. Hal itu melihat perkembangan inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada Desember 2017 tercatat 0,71 persen (mtm). Secara tahunan mencapai 3,61 persen.

BI menyatakan, perkembangan inflasi itu sesuai dalam kisaran sasaran inflasi yang ditetapkan empat plus minus satu persen.

Terkendalinya inflasi 2017 didorong oleh rendahnya inflasi inti yang tercatat 2,95 persen (yoy), sejalan dengan konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas nilai tukar dan mengarahkan ekspektasi inflasi.

Selain itu, rendahnya inflasi volatile food yang tercatat 0,71 persen (yoy), terendah dalam 14 tahun terakhir, seiring terjaganya pasokan dan distribusi bahan pangan; serta terkendalinya dampak kenaikan berbagai tarif dalam inflasi administered prices yang tercatat 8,70 persen (yoy).

Selain itu, inflasi 2017 juga didukung oleh faktor positif permintaan dan penawaran, rendahnya tekanan dari eksternal, serta koordinasi kebijakan yang kuat antara BI dan Pemerintah di Pusat maupun Daerah.

Inflasi IHK pada Desember 2017 meningkat dibandingkan bulan lalu (0,20 persen, mtm) sesuai dengan pola musimannya. Inflasi Desember 2017 lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi Desember tiga tahun terakhir sebesar 1,28 persen (mtm).

Berdasarkan komponen, meningkatnya inflasi bulan ini terutama dipengaruhi oleh inflasi kelompok volatile food dan kelompok administered prices di tengah rendahnya inflasi inti.

Inflasi inti tercatat sebesar 0,13 persen (mtm), sama dengan bulan lalu. Perkembangan tersebut sejalan dengan terjangkarnya ekspektasi inflasi, masih rendahnya permintaan domestik, nilai tukar yang stabil dan rendahnya harga global.

Kelompok volatile food tercatat inflasi sebesar 2,46 persen (mtm), meningkat dibanding bulan lalu sebesar 0,38 persen (mtm). Inflasi terutama bersumber dari komoditas beras, ikan segar, telur dan daging ayam ras, cabai merah, tomat dan cabai rawit.

Kelompok administered prices mengalami inflasi sebesar 0,91 persen (mtm) meningkat dibandingkan dengan bulan lalu sebesar 0,21 persen (mtm). Perkembangan tersebut terutama didorong oleh kenaikan tarif angkutan udara, tarif kereta api, dan angkutan antar kota sejalan dengan musim liburan dan penyesuaian bensin nonsubsidi. Selain itu, tekanan inflasi administered prices juga didorong oleh kenaikan tarif aneka rokok.

Ke depan, inflasi diperkirakan kembali berada pada sasaran inflasi 2018, yaitu 3,5 plus minus atu persen. Koordinasi kebijakan antara Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, dan Bank Indonesia akan terus diperkuat dalam pengendalian inflasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Program Pencegahan TBC, Iriana Jokowi Blusukan di Gorontalo

Posted: 21 Jan 2018 09:16 PM PST

Ibu Negara Iriana Jokowi kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo. Sejumlah tempat rencananya akan dikunjungi oleh Iriana pada Senin (22/1/2018).

Pantauan Liputan6.com, istri dari Presiden Joko Widodo ini tiba di Bandara Djalaluddin, Gorontalo sekitar pukul 11.16 Wita. Dalam kunjungannya ini, Iriana juga didampingi oleh istri Wakil Presiden Mufidah Kalla.

Saat turun dari pesawat, Iriana dan Mufidah disambut oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Rachmad Fudail, dan beberapa pejabat daerah lainnya di Gorontalo.

Rencananya kunjungan Iriana dan Mufidah Kalla akan diawali di Puskesmas Limboto, Kabupaten Goronto. Di tempat ini, Iriana dan Mufidah peninjauan program pencegahan TBC.

 

Kemudian, dilanjutkan peninjauan ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Abdi Jaya I, Kabupaten Gorontalo. Setelah dari PAUD, Iriana dan Mufidah akan melanjutkan ke acara Seminar Parenting di Grand Palace Convention Center.

Setelah itu, mereka akan melakukan sosialisasi pencegahan narkoba di Gedung Grand Sumberia, Gorontalo. Terakhir, Iriana akan meninjau kerajinan produk khas Gorontalo di kantor Perwakilan Bank Indonesia, Gorontalo.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Presiden: Barito Putera Vs Martapura Hiburan Warga Kalsel

Posted: 21 Jan 2018 09:15 PM PST

Pelatih Barito Putera, Jacksen F Thiago berharap laga antara timnya melawan Martapura FC dalam laga lanjutan fase penyisihan Grup B, Piala Presiden 2018 dapat menghibur para penonton, terutama warga Kalimantan Selatan.

"Nanti derbi, semoga menarik dan bisa menghibur penonton," kata Jacksen di Tenggarong, Minggu (21/1/2018).

Dalam laga nanti, Barito Putera akan memantapkan komposisi pemain guna terus meningkatkan kualitas tim. Pelatih Barito Putera asal Brasil itu memastikan, akan ada eksperimen yang ia tampilkan dalam derbi nanti.

Salah satunya ialah hasil simulasi dari komposisi yang ia gelar bersama anak asuhnya dalam sesi latihan.

"Besok waktu yang tepat untuk kita lakukan eksperimen. Semoga bisa berjalan lancar dan menuai hasil yang baik," kata dia.

 

 

 

Dia berharap para pemainnya bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya di Piala Presiden 2018. Ini sekaligus untuk memantapkan persiapan klub jelang Liga 1 mendatang.

"Kita harus fokus pada tim kita dan saya harus melakukan pengamatan lebih lagi," kata Jackson.

Kiper Barito Putera, Dian Agus Prasetyo berharap poin perdana dapat diraih dalam laga melawan Martapura FC. Itu setelah sebelumnya Barito Putera ditahan imbang oleh Kalteng Putra dalam laga perdana mereka di Piala Presiden.

"Apabila dipercaya dalam pertandingan besok, saya akan memberikan peran terbaik," kata Dian.

Senin, 22 Januari di Stadion Aji Imbut Tenggarong

16.30 WITA Martapura FC vs Barito Putera

20.30 WITA Kalteng Putra vs Mitra Kukar

(Maulana S)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jeon Tae Soo Mengunggah Ini Sebelum Meninggal

Posted: 21 Jan 2018 09:15 PM PST

Ini unggahan terakhir Jeon Tae Soo di Instagram sebelum menghembuskan nafas terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kematian Mendadak Jeon Tae Soo, Aktor Tampan Adik Ha Ji Won

Posted: 21 Jan 2018 09:12 PM PST

Agensi Jeon Tae Soo, Haewadal Entertainment menyatakan kematian adik dari aktris Ha Ji Won itu di usia 34 tahun. Jeon Tae Soo diketahui sempat vakum dari dunia hiburan selama menjalani pengobatan, dan keadaannya sudah membaik. (instagram/dara.kpop.news)

Agensi Jeon Tae Soo, Haewadal Entertainment menyatakan kematian adik dari aktris Ha Ji Won itu di usia 34 tahun. Jeon Tae Soo diketahui sempat vakum dari dunia hiburan selama menjalani pengobatan, dan keadaannya sudah membaik. (instagram/dara.kpop.news)

Meski begitu, pihak Haewadal Entertainment selaku Agensi Jeon Tae Soo tidak memberikan keterangan soal bunuh diri yang diduga menjadi penyebab kematian. Mereka hanya meminta publik untuk tidak berspekulasi. (instagram.com)

Meski begitu, pihak Haewadal Entertainment selaku Agensi Jeon Tae Soo tidak memberikan keterangan soal bunuh diri yang diduga menjadi penyebab kematian. Mereka hanya meminta publik untuk tidak berspekulasi. (instagram.com)

Jeon Tae Soo memulai karier sebagai aktor pada tahun 2007 dan terkenal dengan lewat peran antagonisnya di

Jeon Tae Soo memulai karier sebagai aktor pada tahun 2007 dan terkenal dengan lewat peran antagonisnya di

Jeon Tae Soo beberapa kali bermain dalam drama Korea, sayang skandal pada 2011 membuatnya harus hiatus selama setahun. Tae Soo ditangkap karena menganiaya seorang sopir taxi dan dua polisi di bawah pengaruh alkohol. (instagram.com)

Jeon Tae Soo beberapa kali bermain dalam drama Korea, sayang skandal pada 2011 membuatnya harus hiatus selama setahun. Tae Soo ditangkap karena menganiaya seorang sopir taxi dan dua polisi di bawah pengaruh alkohol. (instagram.com)

Setelah lama bergelut dengan depresi, Jeon Tae Soo akhirnya menyerah dan meninggal dunia. Pemakaman adik dari aktris Ha Ji Won itu akan digelar tertutup dengan kehadiran keluarga dan teman terdekat. (instagram/kpopdramasuruguay)

Setelah lama bergelut dengan depresi, Jeon Tae Soo akhirnya menyerah dan meninggal dunia. Pemakaman adik dari aktris Ha Ji Won itu akan digelar tertutup dengan kehadiran keluarga dan teman terdekat. (instagram/kpopdramasuruguay)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Pekan, Harga Cabai dan Bawang Merah Turun

Posted: 21 Jan 2018 09:11 PM PST

Harga sejumlah sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, relatif stabil. Bahkan, beberapa jenis sayuran turun harga jika dibandingkan dengan awal Januari lalu.

Yuni (39), salah satu pedagang di Pasar Minggu, mengungkapkanharga sayuran yang turun yakni cabai rawit merah, bawah merah, dan bawang putih. Untuk cabai rawit merah yang awal tahun sempat mencapai Rp 60 ribu per kg, kini berada di kisaran Rp 45 ribu per kg.

Untuk bawang merah, dari sebelumnya sebesar Rp 30 ribu-Rp 35 ribu, ucap dia, kini sudah turun menjadi Rp 20 ribu per kg. Demikian juga bawah putih, turun menjadi 23 ribu per kg dari sebelumnya sempat menyentuh angka Rp 27 ribu per kg.

"Ini lagi stabil, malah ada yang turun seperti cabai bawang, cabai rawit merah. Kalau dibandingkan awal tahun atau dua minggu lalu, lumayan turunnya," ujar Yuni saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Menurut dia, penurunan harga tersebut merupakan imbas dari pasokan yang mencukupi, khususnya dari Pasar Induk Kramat Jati. Selain itu, harga di pasar tersebut juga relatif mengalami penurunan di awal pekan ini.

Yuni mencontohkan, dirinya membeli cabai rawit merah yang dikirim dari Kramat Jati seharga Rp 30 ribu-Rp 35 ribu per kg. Sedangkan bawang merah dibeli sebesar Rp 10 ribu-Rp 12 ribu per kg.

"Kalau di sana turun, kita jualnya juga turun. Jadi tergantung harga di pasar induk. Kalau lagi turun begini biasanya pasokannya lagi banyak," ucap dia.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Aktivitas pedagang di pasar tradisional Senen, Jakarta Pusat, Rabu (24/5). Menghadapi bulan puasa, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan bahwa harga bahan pokok di pasaran terpantau stabil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Cabai rawit merah Rp 45 ribu per kg

- Cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg

- Cabai merah keriting Rp 43 ribu per kg

- Cabai merah besar Rp 38 ribu per kg

- Bawang merah Rp 20 ribu per kg

- Bawang putih Rp 23 ribu pe‎r kg

- Sawi Rp 10 ribu per kg

- Tomat Rp 12 ribu per kg

- Kol Rp 8.000 per kg- Timun Rp 6.000 per kg‎

- Kentang Rp 13 ribu per kg

- Wortel Rp 10 ribu per kg

- Kacang panjang Rp 12 ribu per kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lipss Club soal Penembakan: Tak Ada Hubungannya dengan Kami

Posted: 21 Jan 2018 09:10 PM PST

Manajemen Lipss Club Bogor angkat bicara terkait penembakan seorang kader Gerindra oleh oknum Brimob di kawasan tempatnya berusaha. Perwakilan pengelola Edi Susanto mengatakan, kejadian itu tidak ada hubungannya dengan Lipss.

Ia menjelaskan lokasi kejadian berada di luar area parkir Lipss. "Itu parkiran umum, milik toko peralatan bayi. Kalau parkiran saya di dalam. Jaraknya 40-50 meter ke lokasi kejadian," katanya pada Liputan6.com, Minggu 21 Januari 2018).

Manajemen Lipss pun mengaku tidak tahu-menahu perihal cekcok yang berujung penembakan. Tiba-tiba saja, kata Edi, terdengar letusan.

Orang-orang di dalam Lipss yang mendengar lalu keluar. Bercak darah korban pun, menurut dia, ada di parkiran depan Toko Tiara.

"Jadi tidak ada hubungannya sama Lipss. Tapi saya tetap akan ikuti aturan menutup sementara. Karena lagi pula sepanjang akses masuk dipasang garis polisi, jadi tidak bisa masuk," kata dia.

Berdasarkan informasi yang dia dapat, keributan itu bermula saat beberapa orang pemuda hendak parkir di area Lipss Club pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Namun saat hendak masuk, mobil yang dikemudikan kader Gerindra bernama Fernando terhalang motor gede jenis BMW yang diketahui milik anggota Brimob, Briptu AR.

"Katanya sih sempet cekcok dulu, lalu terdengar suara letupan senjata api. Waktu kejadian juga di sini enggak ada yang tahu persis karena awalnya semua aman-aman saja," terang dia.

 

 

Situasi Lipss Club pascapenembakan kader Gerindra (Achmad Sudarno/Liputan6/com)

Pemerintah Kota Bogor mengancam tak akan memperpanjang daftar ulang tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) Lipss. Ancaman tersebut dilontarkan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Edi menegaskan, selama ini patuh aturan. Ia menyatakan, Lipss Club & Karaoke memiliki kelengkapan dokumen perizinan dan tidak pernah ditemukan pelanggaran.

"Waktu itu juga Pak Wali pernah sidak ke sini memeriksa dokumen perizinan. Semua lengkap. Tidak ada masalah," kata Edi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Bocorkan Rahasia Angel Lelga di Tempat Tidur

Posted: 21 Jan 2018 09:10 PM PST

Vicky Prasetyo mengaku sudah menikah siri dengan Angel Lelga. Sejak menikahi Angel Lelga, banyak perubahan yang terjadi pada diri Vicky Prasetyo.

Salah satunya kehidupan Vicky Prasetyo yang tak lagi sepi. Mantan tunangan Zaskia Gotik itu pun membeberkan rahasia Angel Lelga di tempat tidur.

 

Vicky Prasetyo (Bambang E. Ros/Bintang.com)

"Yang lebih mengejutkan saat pernikahan, lihat deh aku ngapain. Dia (Angel) ekstrem," kata Vicky Prasetyo di Jakarta akhir pekan lalu. 

Contoh hal ekstrem yang dilakukan Angel Lelga ialah ketika Vicky Prasetyo diminta melakukan tindakan yang nyeleneh. Vicky Prasetyo mengaku ada ritual khusus sebelum mereka tidur.

Vicky Prasetyo. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Ekstrem deh. Kalau mau bobo aku pakai underware doang terus disuruh stand up comedy. Dan dia makan buah di ranjang kayak putri-putri gitu kan," ungkap Vicky Prasetyo.

Angel Lelga dan Vicky Prasetyo berpose layaknya Beauty And the Beast. (Instagram/angellelga)

Setelah puas mendengarkan cerita Vicky Prasetyo, Angel Lelga baru akan tertidur.

"Dia bilang, 'Kamu stand up dulu sayang sebelum bobo'. Jadi aku disuruh ceritain tentang kodok atau apalah. Baru dia bisa tidur," ucap pria yang tengah berseteru dengan Farhat Abbas ini.

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Instagram/angellelga)

Meski terlihat remeh, namun hal itu disukai oleh Vicky Prasetyo. Ia merasa sikap manja Angel Lelga membuatnya kian bergairah dalam memberikan kebahagiaan lahir dan batin.

"Jadi hidup sehari-hari saya lebih kepada memberikan kebahagiaan buat istri saya sekarang," tutur Vicky Prasetyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membanggakan, Motor Kustom Indonesia Dilirik Builder Top Dunia

Posted: 21 Jan 2018 09:08 PM PST

Membanggakan! Setidaknya kata itu tepat bila disematkan pada motor kustom garapan builder Indonesia yang tampil di pentas internasional sekelas Motor Bike Expo 2018. Dua dari tiga motor kustom yang dipamerkan, sukses menarik perhatian.

Sebagaimana diketahui, tiga motor kustom yang tampil di salah satu pameran sepeda motor terbesar di Eropa itu, adalah The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 milik Lufti Ardika, Iconic bike Suryanation Motorland hasil kolaborasi M. Yusuf Adib dengan Kaichiroh Kurosu dan Lulut Wahyudi serta Harley Davidson Softail Evolution full stainless steel milik Andika Pratama yang tak lain pentolan rumah modifikasi Kromworks asal Jakarta.

Dua motor yakni The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 dan Harley Davidson Softail Evolution full stainless steel terpilih menjadi nominasi untuk 10 motor terbaik pilihan dewan juri dan berkesempatan mendapatkan gelar The King of Motor Bike Expo 2018.

Tentu saja ini menjadi pencapaian terbaik, mengingat keikutsertaan mereka dalam ajang tersebut berstatus debutan dan menjadi motor pertama dari Asia yang tampil di Motor Bike Expo 2018. Dua motor tersebut terpilih dari sekira 250 motor yang ikut serta dalam ajang ini.

"Bisa masuk nominasi 10 motor terbaik sudah menjadi kebanggaan untuk kami, karena dua motor ini menjadi motor pertama dari Asia yang tampil di Motor Bike Expo 2018 dan langsung masuk menjadi nominasi. Saya berharap apresiasi ini menjadi inspirasi bagi teman-teman builder lain di Tanah Air untuk berkarya lebih baik lagi," terang Brand Manager Surya Ari K Wibowo dalam keterangan resminya, Senin (22/1/2018).

Sekadar informasi, motor-motor yang masuk nominasi ini berasal dari builder yang sudah punya nama besar di Eropa, antara lain; Custom Design Studio, Boccin Custom Cycles, Rocket Bob Cycles, Radikal Chopper, PDF, Alessio Mattiazzi, Abnormal Cycle, dan Gallery Motorcycle.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Dua motor kustom asli Indonesia terpilih menjadi nominasi untuk 10 motor terbaik pilihan dewan juri dan berkesempatan mendapatkan gelar The King of Motor Bike Expo 2018. (ist)

Dalam menentukan The King of Motor Bike Expo 2018, sedikitnya 5 juri ditunjuk oleh MBE untuk menentukan motor kustom terbaik yaitu Go Takamine, Michael Lichter, Zach Ness, Danny Schneider (Hard 9 Choppers) dan Dave Chapelle seorang artis yang juga kolektor motor.

Setelah proses pemilihan oleh dewan juri, motor garapan Abnormal Cycle terpilih sebagai The King of MBE 2018 dengan total poin 48.

Sementara, motor Champions Team Suryanation Motorland 2017 milik Lufti Ardika dan Andika Pratama sama-sama mendapatkan poin 40 dan masuk 8 besar motor terbaik penilaian dewan juri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Dirantai, 2 Anjing Pitbull Serang Kakek Pencari Kayu Bakar

Posted: 21 Jan 2018 09:02 PM PST

Dua ekor anjing pitbull milik Najam, warga Dusun Kroncong, Desa Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur diamankan polisi dari sebuah kandang dekat peternakan ayam.

Kedua anjing penjaga itu sebelumnya menyerang Sarju (73), warga Desa Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, yang sedang mencari kayu bakar di sekitar peternakan tersebut.

Tubuh Sarju ditemukan dalam kondisi berlumuran darah di area lahan kosong tidak jauh dari kandang ayam. Sarju mengalami luka bekas gigitan di bagian kepala dan tubuhnya karena diserang dua ekor anjing pitbull itu.

Melihat korban masih hidup, warga kemudian membawanya ke RSUD Gambiran, Kota Kediri. Namun, karena luka yang dideritanya terlalu parah, nyawa korban tidak terselamatkan.

Ternyata saat penyerangan terjadi, kedua ekor anjing pitbull itu dibiarkan berkeliaran tanpa dirantai. "Kalau kesehariannya diikat sama rantai, terus dimasukkan ke kandang, cuma hari ini memang tidak," kata Kasi Humas Polsek Kandat Bripka Sugianto, Minggu malam, 21 Januari 2018.

Atas kejadian itu, Najam selaku pemilik dua ekor anjing sempat dimintai keterangan di Mapolsek Kandat. Petugas hingga kini masih menyelidiki dan melengkapi keterangan saksi untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian hingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

"Nanti yang menentukan Polres," ujarnya.

 

 

Sehari-hari, dua ekor anjing pitbull yang menyerang kakek pencari kayu bakar hingga tewas bertugas menjaga keamanan peternakan ayam. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Usai insiden yang menewaskan warga, Polsek Kandat mengambil langkah preventif sebagai upaya antisipasi agar peristiwa serupa tidak terulang. Dua ekor anjing Pitbull itu kini telah diamankan.

Dua ekor anjing Pitbul milik Najam itu sehari-hari ditempatkan di sekitar peternakan untuk menjaga keamanan. Namun, agar tidak kembali membahayakan keselamatan orang lain, kedua anjing itu diangkut menggunakan mobil bak terbuka milik polisi dari peternakan.

Menurut keterangan Kasi Humas Polsek Kandat Bripka Sugianto, Polsek Kandat telah melimpahkan perkara penanganan kejadian ini ke Polres Kediri, termasuk dua ekor anjing, ke Unit Satwa K9 Polres Kediri.

"Benar, sekaligus penanganan perkara dan juga pemiliknya kita limpahkan ke Polres Kediri," Sugianto menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Depresi yang Dialami Jeon Tae Soo Mewabah di Korea Selatan

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Negeri Ginseng. Aktor Jeon Tae Soo, yang terkenal lewat serial Sungkyunkwan Scandal, All My Love, and It's Okay, Daddy's Gil, baru saja meninggal dunia kemarin, 21 Januari 2018.

Melansir Soompi, Senin (22/1/2018) penyebab pasti Jeon Tae Soo meninggal dunia masih belum diketahui. Namun aktor berusia 34 tahun ini telah lama menjalani perawatan untuk menangani depresi yang dideritanya.

"Jeon Tae Soo telah meninggalkan dunia ini pada tanggal 21 Januari di usia 34 tahun. Dia tengah menjalani perawatan untuk depresinya, dan baru-baru ini, kami sedang mendiskusikan secara detil tentang kemungkinannya kembali berakting karena kondisinya yang sudah sangat membaik," tulis rilis resmi yang dikeluarkan oleh agency Jeon Tae Soo, Haewadal Entertainment.

Pihak agency juga meminta media untuk tidak menulis berita miring dan spekulasi tentang penyebab kematian Jeon Tae Soo.

Depresi juga baru saja merenggut figur penting lain dari dunia hiburan Negeri Ginseng ini. Belum lama ini, personal boyband SHInee, Jonghyun, juga meninggal dunia karena depresi.

Tanggal 18 Desember 2017 lalu, SHInee yang baru berusia 27 tahun membunuh dirinya sendiri, efek dari depresi berkepanjangan yang dideritanya.

 

Jonghyun, salah satu artis dari Korea Selatan yang juga mengalami depresi, sampai bunuh diri.

Depresi saat ini rupanya tengah menjadi momok besar di Korea Selatan. Mengutip tulisan Mark McDonald dari New York Times, bangsa ini seperti tengah dilanda nervous breakdown (kejatuhan mental) dalam skala nasional.

Penduduk Korea Selatan terasa seperti sedang kelelahan bekerja, stres berlebihan, dan selalu tegang dan dilanda kecemasan. Angka perceraian terus meningkat, para pelajar seperti sesak nafas akibat tekanan akademik, dan angka bunuh diri mereka paling tinggi di antara negera-negara industri lainnya, seperti Jepang, Jerman, dan Britania Raya.

Lebih dari 30 penduduk Korea Selatan bunuh diri setiap hari. Dan, seperti pada kasus Jonghyun, bunuh diri di kalangan entertainer adalah sesuatu yang "biasa" terjadi.

Selama bertahun-tahun, peneliti sosial berusaha mencari tahu, kenapa di negara yang sangat sukses secara ekonomi ini, memiliki angka bunuh diri yang sangat tinggi.

Dan, walau alasan pastinya belum lagi ditemukan, penelitian tentang topik ini bisa memberikan sedikit jawaban.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan memperkirakan, 90 persen orang yang melakukan bunuh diri di tahun 2016 didiagnosis memiliki gangguan mental, seperti depresi atau kecemasan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh stres, mengutip Berkeley.edu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggaran Terbatas, Begini 9 Cara agar Tetap Bisa Liburan

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Pada dasarnya, setiap orang butuh yang namanya liburan. Liburan merupakan suatu pelarian sementara dari rutinitas yang ada. Namun, terbatasnya anggaran menjadi hambatan setiap kali kita ingin pergi liburan.

Banyak orang beranggapan liburan itu membutuhkan dana yang besar. Faktanya, liburan tetap bisa dilakukan dengan budget yang terbatas. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (22/1/2018).

1. Menentukan Destinasi Liburan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi liburan, apakah di negara sendiri atau pergi melancong ke negara lain. Destinasi liburan membantu Anda untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan.

Biaya untuk liburan ke luar negeri tentu saja berbeda dengan liburan di dalam negeri. (Baca Juga: Hasil Survei: Ternyata Transportasi Umum Ini yang 'Digandrungi' Orang Indonesia)

2. Menabung

Setelah mendapat gambaran mengenai biaya, kini saatnya untuk menabung. Mulailah untuk menyisikan sebagian dari gaji bulanan untuk ditabung. Hindari untuk bersikap konsumtif selama masa menabung. Adapun tips agar sukses menabung, antara lain:

• Hindari terlalu sering pergi ke mal.

• Membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

• Membawa botol minuman sendiri.

• Hindari bertransaksi menggunakan kartu kredit.

• Minimalkan pengeluaran bulanan dengan memangkas kebutuhan yang bukan prioritas.

3. Mencari Tiket Pesawat Murah

Harga tiket pesawat sangat fluktuatif. Sekarang harganya Rp 900 ribu, lima menit kemudian sudah tembus Rp 1 juta. Harga yang tidak tetap ini membuat Anda harus cermat mengamati grafik perubahan harga.

Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, ada baiknya membeli tiket jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Hindari untuk membeli tiket satu minggu sebelum keberangkatan. Hindari juga membeli tiket pada jam-jam sibuk karena harganya jatuhnya lebih mahal. Berdasarkan riset, harga tiket pesawat menjelang subuh jauh lebih murah dibandingkan di siang hari.

4. Memilih Tempat Penginapan Murah

Jangan berharap bisa tidur di hotel mewah, berkelas, dan berbintang saat dana liburan minim. Untuk menghemat biaya, jangan malu untuk menginap di hostel atau shared room.

Biaya penginapan yang dikeluarkan juga jauh lebih murah. Selain itu, liburan juga jauh lebih berkesan karena Anda berhasil keluar dari zona nyaman, yaitu mencoba liburan di tempat yang sederhana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

5. Menggunakan Transportasi Umum

Liburan rasanya tidak lengkap jika harus berada di satu tempat sepanjang hari. Banyak dari kita yang memilih berkunjung dari lokasi A ke lokasi B untuk menikmati indahnya liburan. Saat berkunjung ke tempat lain, gunakanlah transportasi umum.

Biaya transportasinya juga jauh lebih murah. Untuk mengetahui jenis transportasi paling efektif, carilah informasi detail mengenai angkutan umum di lokasi yang bersangkutan.

6. Eat Like a Local

Selama liburan, hindari untuk terlalu sering makan di restoran mahal. Namun, konsumsilah makanan lokal yang disajikan di negara yang bersangkutan. Eat like a local juga mengharuskan Anda untuk makan layaknya orang lokal. Misalnya, makan di lesehan dan menggunakan tangan. Liburan tentu akan lebih mengesankan jika Anda mencoba hal-hal baru, bukan?

7. Kunjungi Objek Wisata Gratis

Setiap negara pasti memiliki tempat liburan gratis bagi wisatawan asing. Objek wisata gratis biasanya yang bertemakan alam, misalnya, gunung, pantai, dan teluk.

Dengan dana yang minim, jangan malu untuk mencoba tempat wisata gratis. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai objek wisata gratis dan pilah tempat mana yang menurut Anda paling eksotis.

8. Hindari Liburan pada Akhir Tahun

Biaya liburan pada akhir tahun dan hari-hari besar sangatlah mahal karena banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk liburan bersama keluarganya. Banyak juga yang pulang kampung. Hindari liburan saat arus mudik padat. Selain menghemat biaya, sensasi liburan juga lebih ngena karena objek wisatanya tidak padat.

9. Liburan Ala Backpacker Bisa Jadi Pilihan

Cara lain bagi yang minim dana ialah liburan ala backpacker. Cara ini sangat efektif untuk menekan biaya selama liburan. Fasilitas yang didapatkan juga sangat lumayan. Mulai dari penginapan, makanan, hingga transportasi.

Selain hemat, Anda juga berkesempatan untuk mengenal orang-orang baru dan menambah relasi. Siapa tahu bisa bertemu partner liburan yang pas sehingga Anda tidak perlu liburan sendirian lagi.

Liburan Tidak Selalu Harus Banyak Uang

Dari sembilan tips di atas, dapat disimpulkan kalau liburan tidak selalu menghabiskan biaya yang besar. Anda juga bisa pergi liburan, asalkan dana yang dimiliki mencukupi. Intinya, rajinlah menabung agar rencana liburan dapat segera terealisasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Rossi Pernah Bikin Michael Schumacher Terkejut

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

 

Valentino Rossi terkenal sebagai pembalap yang berani. Meski balapan penuh risiko, Rossi sangat menikmati pekerjaannya sebagai pembalap.

Dia juga dikenal sebagai pembalap yang punya selera yang tinggi dalam dunia balap.

Sejumlah ajang balap pernah dijajal Rossi. Mulai dari nascar, reli, motokross, hingga Ferrari. Juara dunia tujuh kali MotoGP itu pernah beberapa kali menguji jet darat Ferrari.

Salah satu kenangan yang masih membekas di pikiran Luigi Mazzola. Dalam sebuah komentar yang ditulisnya di akun Facebook pribadinya, dia mengungkapkan keterkejutan Schumacher saat mengetahui catatan waktu yang dicetak The Doctor.

"Saya tidak ingat persis berapa banyak tes yang kami lakukan dengan Valentino Rossi di Ferrari. Mungkin setidaknya tujuh kali. Pada tes pertama, dia menghabiskan banyak putaran," kenang Mazzola seperti dikutip dari Marca, Senin (22/1/2018).

"Pada akhirnya, Rossi mencatat waktu putaran yang menakjubkan dan saya ingat kalau Michael Schumacher yang menemani saya di telemetry terkejut. Dia (Schumacher) terlihat hampir tidak mempercayai hasilnya," jelas Mazzola.

 

 

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (MOHD RASFAN / AFP)

Kendati mendapatkan hasil yang mengagumkan dan berhasil membuat Schumacher terkejut, Rossi tetap memutuskan untuk tidak beralih dari dunia balap motor. Padahal saat itu dia disiapkan jadi kandidat utama untuk menjadi pilot jet darat Ferrari.

"Valentino sudah sangat... sangat dekat menjadi pembalap Formula 1. Satu-satunya hal yang sebanding dengan MotoGP memang adalah F1. Tapi, dia tidak melakukannya, karena cintanya kepada MotoGP terlalu besar," kata Graziano, ayah Rossi saat itu.

Valentino Rossi bersama rekannya Carlo Cassina merayakan gelar juara Reli Monza 2017. (Monster Energy)

Berbagai spekulasi mewarnai masa depan Valentino Rossi. Beberapa tim sempat dirumorkan tertarik untuk mengamankan juara dunia tujuh kali MotoGP itu. Namun, sejumlah kalangan menilai jika The Doctor setidaknya bakal bertahan di tim Movistar Yamaha dua tahun lagi atau hingga 2020.

Kabar itu tentu bakal membuat penggemar senang, karena mereka masih berharap pemenang 115 grand prix itu setidaknya bisa bertahan di ajang balap kuda besi. Namun William Favero selaku Direktur Komunikasi tim Movistar Yamaha seperti menghancurkan impian tersebut.

Dalam sebuah kesempatan Favero berkata jika pemberitaan mengenai masa depan Rossi tidaklah benar. "Ya, itu berita bohong," kata dia singkat seperti dikutip dari Speedweek, Senin (22/1/2018).

Apa yang dikatakan Favero bukan sesuatu yang mengada-ada. Itu karena Rossi dalam beberapa kesempatan telah mengutarakan akan membuat keputusan setelah menjalani lima atau enam balapan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Berbakat Jeon Tae Soo Meninggal, Warganet Bersedih

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Jeon Tae Soo meninggal. Kabar duka kembali mengiringi dunia hiburan Korea Selatan. Pasalnya di akhir tahun 2017, Kim Jong Hyun yang merupakan anggota boyband terkenal Shinee meninggal karena bunuh diri. Kabar kematian pria 27 tahun itu, sempat mengejutkan publik dan menuai duka yang mendalam bagi para fans dan penggemar Kpop.

Setelah kepergian Jonghyun, kini aktor tampan Jeon Tae Soo dikabarkan meninggal pada Minggu (21/1/2018). Pihak agensi Jeon Tae Soo, yakni Haewadal Entertainment mengkonfirmasi kematian pria 34 tahun tersebut.

Nama Jeon Tae Soo sebelumnya melejit karena peran antagonisnya di drama Sungkyunkwan Scandal. Perannya yang cemerlang pada sejumlah drama lain juga mampu menarik banyak orang. Apalagi adik dari aktris Ha Ji Won itu, juga dikenal memiliki minat besar pada dunia akting seperti kakaknya.

Jeon Tae Soo tak bisa kembali ke dunia hiburan karena mengalami depresi berat selama empat tahun. Pihak agensi sebetulnya sempat menyebutkan bahwa ia sudah mulai pulih dan mulai mendiskusikan drama yang nantinya akan ia bintangi. 

Sayangnya, Jeon Tae Soo ternyata pergi begitu cepat.

 

Jeon Tae Soo. (Koreaboo)

Berita kepergian aktor tampan Tae Soo kemudian mengejutkan banyak orang termasuk para penggemarnya. Berikut ini komentar warganet mengenai kematian dari aktor Jeon Tae Soo melalui cuitan twitter.

"Duka Cita yang dalam kepada Ha Ji Won dan keluarganya. Depresi merupakan pembunuh yang sangat kejam," tulis Donie Mazlan.

"Hampir ga percaya dgn meninggalnya adik dr aktris ternama Hajiwon. Tetap kuat buat oennie Ha Ji Won," komentar Moe Chan.

"Jeon Tae Soo ini yang main di Sungkyunkwan Scandal jadi penjahat, turut berduka untuknya," sahut Luis Land.

"Ternyata jadi pria cakep gak jamin hidup bahagia," komentar Maulana Wiguna.

"Perannya jadi penjahat di Sungkyungwan Scandal bagus banget. Sampai kesal lihat karakter yang dia mainin. Aktor yang berbakat sekali. Sedih karena dia sempet ngalamin depresi dan meninggal," tulis Rei Zukie.

"Depresi dan gangguan kejiawaan benar-benar bisa sangat membunuh. berita kematiannya sangat mengejutkan karena aku sangat suka aktingnya dan menunggunya agar kembali ke dunia hiburan," sahut Tammy Pangestu.

 

Saksikan Video pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kepergian Jeon Tae Soo Bikin Prihatin

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Jeon Tae Soo meninggal dunia setelah melawan depresi dalam kurun waktu yang cukup panjang. Bintang drama Korea Sungkyunkwan Scandal ini ditemukan tak lagi bernyawa, di Seoul, Korea, pada Minggu (21/1/2018) waktu setempat.

Kabar ini juga telah dikonfirmasi secara resmi oleh agensi yang menaunginya, Haewadal Entertainment. Jeon Tae Soo meninggal setelah mengalami depresi berkepanjangan.

Kepergian Jeon Tae Soo untuk selama-lamanya tentu meninggalkan rasa duka bagi keluarga, sahabat, dan tentunya para penggemar. Beberapa di antara mereka bahkan tak percaya bahwa sang idola akan pergi secepat itu.

 

(Sumber: Koreaboo)

Ungkapan belasungkawa pun mengalir deras mengiringi aktor yang meninggal di usia 34 tahun tersebut. "Semoga dia tenang di alam sana," ucap warganet dengan perolehan up votes hingga 12,950.

"Depresi adalah masalah yang sangat serius. Seandainya saja kita hidup di dunia di mana hal-hal semacam itu tidak ada, semoga ia beristirahat dengan tenang," ungkap warganet yang di-up votes oleh 2,369 orang.

"Dokter di rumah sakit jiwa membutuhkan perubahan. Yang mereka lakukan hanyalah memberi resep obat untuk mendapatkan uang," ujar yang lainnya seperti dikutip netizenbuzz.

(Sumber: AllKpop)

Menyusul berita kematian ini, sang kakak, Ha Ji Won, membatalkan semua jadwal kegiatannya sampai waktu yang belum ditentukan. Ia ingin berkumpul bersama keluarga dan mengantar kepergian sang adik tercinta.

Sementara itu, Ha Ji Won sendiri sebenarnya dijadwalkan menghadiri konferensi pers film Meanhunt pada hari ini, Senin (22/1/2018). Setelah itu, press screening rencananya diadakan pada 24 Januari 2018.

Para staf dari film Meanhunt sendiri telah membenarkan bahwa Ha Ji Won membatalkan semua agendanya yang berkaitan dengan film tersebut untuk sementara waktu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tewas Tertembak Brimob, Begini Sosok Kader Gerindra yang Hobi Olahraga

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor berpose dengan latar belakang gunung. Fernando Wowor tewas dengan luka tembak di dada. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor berpose dengan latar belakang gunung. Fernando Wowor tewas dengan luka tembak di dada. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor (paling kanan) berpose saat berlatih bela diri Muay Thai bersama rekan-rekannya. Polri menegaskan akan mengusut penembakan yang dilakukan oknum anggotanya tersebut. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor (paling kanan) berpose saat berlatih bela diri Muay Thai bersama rekan-rekannya. Polri menegaskan akan mengusut penembakan yang dilakukan oknum anggotanya tersebut. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor saat berlatih bela diri. Menurut polisi, cekcok antara Fernando Wowor dan tersangka  diduga karena masalah pribadi. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor saat berlatih bela diri. Menurut polisi, cekcok antara Fernando Wowor dan tersangka diduga karena masalah pribadi. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor saat berkuda. Petugas kepolisian hingga kini masih terus mendalami kasus penembakan korban. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor saat berkuda. Petugas kepolisian hingga kini masih terus mendalami kasus penembakan korban. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor saat memayungi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Ketua Tim Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman membenarkan Fernando memiliki kedekatan dengan Prabowo Subianto. (Facebook/Fernando Wowor)

Kader Partai Gerindra, Fernando Wowor saat memayungi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Ketua Tim Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman membenarkan Fernando memiliki kedekatan dengan Prabowo Subianto. (Facebook/Fernando Wowor)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kedatangan Jenazah Dolores O'Riordan di Gereja Disambut Fan

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Puluhan fan, ibunda dan saudara kandung menyambut kedatangan Jenazah Dolores 'The Cranberries' saat tiba di gereja St Joseph, Irlandia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasual hingga Formal, Gaya Jeon Tae Soo yang Memikat Wanita

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Industri hiburan Korea Selatan kembali dirundung duka. Kali ini, aktor Jeon Tae Soo dikabarkan meninggal dunia di usianya yang terbilang muda, 34 tahun. Dilansir dari Soompi, Senin (22/1/2018), berita ini telah dibenarkan oleh Haewadal Entertainment, agensi yang menaungi Jeon Tae Soo.

Hingga saat ini, penyebabnya pun belum dikonfirmasi secara pasti, Namun dikabarkan Jeon Tae Soo sudah lama menderita depresi bahkan telah menjalani perawatan atas depresi yang dideritanya tersebut.

Semasa hidupnya, Jeon Tae Soo sudah berhasil membintangi sejumlah film dan TV seri Korea, diantaranya adalah The King's Daughter, Soo Baek-hyang, All My Love For You, Cruel Palace: War of Flowers, It's Okay, Daddy's Girl dan sejumlah judul lainnya.

Hal tersebut tentu membuat dirinya semakin digilai para wanita. Layaknya selebritas Korea lainnya, Jeon Tae Soo juga memiliki gaya fashion yang menarik dan fashionable. Penasaran seperti apa?

 Semasa hidupnya, Jeon Tae Soo dituntut untuk selalu tampil menarik di depan publik. Gaya busana semi formal merupakan salah satu gaya andalan yang ia aplikasikan untuk menghadiri acara-acara tertentu. Paduan T-Shirt dan blazer menjadi pilihan tepat untuk membuatnya kian memesona.

 Jeo Tae Soo memiliki gaya busana yang cukup eksploratif. Ia berani bermain layer pada busana yang dikenakannya. Salah satunya ialah dengan memadukan kemeja dan vest sehingga membuat gayanya terlihat tak membosankan.

 Sesekali Jeon Tae Soo juga suka berbusana santai. Ia pun tak segan menggunakan long t-shirt dengan aksentuasi motif garis yang stylish.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Saingan, Putri Steve Jobs dan Bill Gates Rival di Kampus

Posted: 21 Jan 2018 09:00 PM PST

Pendiri Microsoft Bill Gates dan pendiri Apple Steve Jobs telah bertahun-tahun menjadi saingan bisnis.

Keduanya punya visi berbeda mengenai masa depan teknologi. Selama bertahun-tahun, Jobs dan Gates pernah bekerja sama, tetapi juga sering berseberangan pendapat.

Namun, persaingan rupanya bukan hanya milik sang ayah, sebab di masa sekarang ini putri mereka, Jennifer Gates (21) dan Eve Jobs (19) pun merupakan kawan sekaligus rival di kampus.

Jauh dari dunia teknologi, baik Jennifer maupun Eve tidak bersaing dalam hal mengutak-atik komputer atau software, tetapi dalam olahraga menunggang kuda.

Jennifer Gates (sumber: www.businessinsider.co.id/Shutterstock Rex for EEM)

Mengutip laman Business Insider Singapore, Senin (22/1/2018), keduanya disebut-sebut telah menunggang kuda sejak usia muda.

Putri Bill Gates pertama kali ikut olahraga menunggang kuda pada usia 6 tahun. Sementara Noelle Floyd Style melaporkan, Eve sudah menyukai olahraga tersebut sejak dia masih kecil dan tumbuh di Palo Alto, California, AS.

Kedua anak gadis bos perusahaan teknologi ini sama-sama kuliah di Stanford University. Bedanya, Eve Jobs sebelumnya berkuliah di UCLA, tetapi pindah ke Stanford.

Selain punya hobi sama, yakni menjadi penunggang kuda, baik Jennifer Gates maupun Eve Jobs sama-sama berkuliah di Stanford University (Foto: Justin Sullivan / Getty Images)

Bill Gates bersama putrinya, Jennifer. Dok: Business Insider

Tidak hanya berkuliah dan punya hobi yang sama, baik Jennifer Gates maupun Eve Jobs tinggal di lingkungan yang sama, yakni di Wellington, Florida.

Menurut laporan Miami Herald, Bill Gates membelikan Jennifer sebuah rumah besar lengkap dengan pekarangan di sana dengan harga US$ 37 juta atau setara Rp 493,3 miliar pada 2016.

Selain kampus yang sama, Jennifer Gates dan Eve Jobs juga tinggal di lingkungan tempat tinggal yang sama di Wellington, Florida. (Foto: Business Insider Singapore)

Pada tahun yang sama, ibu Eve Jobs, Laurene Powell-Jobs juga membelikan sebuah peternakan senilai US$ 15 juta atau sekitar Rp 200 miliar, tepat di seberang rumah besar milik Jennifer.

Business Insider Singapore juga melaporkan, kedua penunggang kuda itu pernah berhadapan dalam kompetisi kuda lompat di LA pada Oktober 2015.

Tidak hanya itu, Jennifer Gates dan Eve Jobs juga pernah berkompetisi di sebuah pertandingan menunggang kuda di Miami Beach pada April 2016.

Aksi Jennifer Gates saat menunggang kuda (Foto: Kevork Djansezian / Stringer / Getty Images)

Sebenarnya, tidak hanya Jennifer Gates dan Eve Jobs yang merupakan penunggang kuda dari keluarga terkenal.

Putri Michael Bloomberg, Georgina Bloomberg; putri Bruce Springsteen, Jessica Springsteen; putri Tom Selleck yakni Hannah, serta putri Steven Spielberg yaitu Destry merupakan penunggang kuda dan turut berkompetisi sekaligus berteman dengan Jennifer dan Eve.

Eve Jobs (kiri) bersama dengan kawan-kawannya yang juga putri pesohor terkemuka, Hannah Selleck, Georgina Bloomberg, dan Jessica Springsteen (Foto: Shutterstock Rex for EEM)

Saking hebatnya dalam olahraga menunggang kuda, Federasi Penunggang Kuda Amerika Serikat menempatkan Jennifer dalam posisi 19 serta Eve pada posisi 23 untuk keahlian kuda lompat.

Jennifer Gates selama ini diketahui berkompetisi dengan beberapa kuda, begitu juga dengan Eve Jobs.

Selama karier mereka menunggang kuda pada kompetisi USEF, Jennifer Gates telah memenangkan hadiah uang tunai senilai US$ 120.791 (setara Rp 1,6 miliar) sejak Agustus 2014.

Sementara, Eve Jobs mendapatkan hadiah uang tunai senilai US$ 159.293 (setara Rp 2,12 miliar) sejak April 2016.

	Aksi Eve Jobs berkuda (Foto: Al Bello / Getty Images)

Walaupun Eve Jobs sangat jago menunggang kuda, dia tetap giat belajar.

"Butuh waktu lama untuk berpikir, bagaimana menyeimbangkan antara berkawan, sekolah, dan berkuda. Tapi selama bertahun-tahun, saya tahu cara terbaik untuk memprioritaskan apa yang paling penting," katanya dalam sebuah wawancara dengan Upper Echelon Academy pada 2016.

	Eve Jobs (Foto: Famous People)

Sementara itu, kesuksesan Jennifer Gates dalam pertunjukan kuda lompat juga mendorongnya mempertimbangkan beberapa perubahan kariernya.

	Jennifer Gates (Foto: Frost Snow)

"Saya selalu berpikir hanya akan menjadi atlet amatir dan masuk ke sekolah kedokteran, atau mengejar karier profesional lainnya," kata Jennifer.

Kendati begitu, kecintaannya pada olahraga menunggang kuda membuatnya mempertimbangkan untuk menghabiskan beberapa tahun lagi dalam berkuda sebelum menentukan arah kariernya.

Jennifer Gates dan Eve Jobs tampak akrab dalam sebuah acara (Foto: Daily Mail)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Isu Pertahanan, Menhan AS Akan Bertemu Ryamizard di Jakarta

Posted: 21 Jan 2018 08:56 PM PST

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis tengah dalam perjalanan untuk melawat ke Indonesia dan Vietnam.

Mattis dijadwalkan berkunjung ke Tanah Air pada 22-24 Januari 2018 untuk bertemu sejumlah pejabat tinggi Indonesia, termasuk Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. Selepas dari Jakarta, Mattis dijadwalkan akan melawat ke Vietnam.

Seperti dikutip dari VOA News (22/1/2018), lawatan itu berlangsung ketika Pentagon tengah memfokuskan kembali prioritas pada apa yang disebut sebagai upaya untuk menghadapi "persaingan kekuatan besar" dengan China dan Rusia.

Fokus itu menjadi bentuk perubahan besar terhadap prioritas kebijakan pertahanan luar negeri Negeri Paman Sam, yang tahun-tahun terakhir hanya banyak berkutat pada isu terorisme global.

Mengomentari perubahan prioritas tersebut, Mattis mengatakan, "Kami akan terus melanjutkan kampanye melawan teroris yang dilakukan saat ini, tapi persaingan kekuatan besar -- bukan terorisme -- kini menjadi fokus utama keamanan nasional Amerika Serikat."

Persaingan kekuatan besar yang dimaksud Mattis adalah "meningkatnya ancaman" yang dilakukan China dan Rusia. Hal tersebut juga tercantum dalam dokumen Strategi Pertahanan Nasional Kemhan AS yang dirilis beberapa pekan lalu.

Laporan dari Kemhan Amerika Serikat itu juga mengatakan bahwa Tiongkok menggunakan "ekonomi predator" untuk mengintimidasi negara-negara tetangganya, sembari membangun instalasi militer di Laut China Selatan.

 

Citra satelit yang menunjukkan pangkalan militer Tiongkok di Laut China Selatan (sumber:CSIS)

Seperti dikutip dari VOA, isu Laut China Selatan menjadi fokus utama lawatan Mattis ke Asia Tenggara nanti.

Di sisi lain, Indonesia dan Vietnam sedang memodernisasi militer mereka dan menunjukkan kemauan yang lebih besar untuk menolak klaim China terhadap wilayah yang disengketakan itu.

Akan tetapi, lawatan Mattis ini juga bisa memusatkan perhatian pada prioritas-prioritas yang lebih mendesak di kawasan itu, termasuk memberi tekanan yang lebih besar pada Korea Utara dan mengatasi ratusan pejuang ISIS yang kembali dari Iran dan Suriah ke negara-negara asal mereka di Asia Tenggara.

Yang pasti, meskipun prioritas pertahanan jangka panjang mungkin berubah, masalah lama tampaknya tidak akan hilang dari pembahasan tersebut.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berada di kantor Oval Gedung Putih, Washington, 16 Januari 2018. (AFP PHOTO / NICHOLAS KAMM)

Lawatan Mattis ke Indonesia dan Vietnam terjadi di tengah roda pemerintahan AS yang tengah shutdown alias mandek -- yang dipicu akibat parlemen gagal menghasilkan kesepakatan terkait anggaran operasi negara -- terhitung 19 Januari 2018.

Akibatnya, pemerintahan AS berhenti beroperasi karena tak ada anggaran -- terkecuali lembaga vital negara seperti kesehatan dan pendidikan.

Salah satu lembaga pemerintah yang terdampak dari shutdown itu adalah Kementerian Pertahanan AS.

Sebelum memulai perjalanannya untuk melawat ke Indonesia dan Vietnam, Mattis mengatakan bahwa shutdown itu akan berdampak pada sejumlah operasi militer, intelijen, pelatihan, hingga pemeliharaan aset dan alutsista.

Termasuk yang terdampak adalah personel sipil dalam operasi yang dianggap tak esensial.

"Pemeliharaan (aset dan alutsista) kemungkinan besar akan berhenti ... lebih dari 50 persen personel sipil akan dirumahkan (furloughed). Begitu juga operasi intelijen yang membutuhkan banyak uang, itu juga akan berhenti," kata Mattis.

Kendati demikian, dalam kesempatan terpisah, Pentagon mengatakan bahwa "shutdown" itu tak akan memengaruhi operasinya di Afghanistan, perang melawan ISIS, serta lawatan Mattis ke Indonesia dan Vietnam -- karena dianggap penting untuk keamanan nasional dan hubungan luar negeri AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Lebih Keren dengan Gaya Rambut Boyish

Posted: 21 Jan 2018 08:52 PM PST

Bukan haya gaya berpakaian saja yang bisa suguhkan tampilan boyish, namun gaya rambut pun juga bisa. Dengan tampilan rambut yang simpel dan sedikit beda, rasanya bagi kamu yang suka bergaya boyish, kamu wajib coba membuat gaya rambut ini.

Gaya rambut yang merupakan elemen penting bagi setiap perempuan untuk membuat penampilannya menjadi lebih menarik, maka dari itu jangan sampai salah dalam memilih gaya rambut yang akan dibuat, ya.

Khususnya bagi kamu yang suka bergaya dengan tampilan boyish dan super simpel, nggak ada salahnya banget kamu ikuti gaya rambut satu ini. Untuk tahu bagaimana cara membuat gaya rambut tersebut? Lihat tutorialnya langsung di bawah ini.

 

A post shared by Sarah Angius (@sarahangius) on

Gaya rambut boyish ini tentunya terlihat sangat kece, apalagi untuk kamu yang suka gaya simpel, pasti gaya rambut ini pas banget jika kamu jadikan pilihan. Biasanya gaya rambut seperti ini cocok banget untuk sehari-hari atau juga pergi ke kantor.

Cara membuat rambut ini juga gampang banget, kamu nggak perlu repot-repot mengandalkan banyak alat styling, cukup andalkan sisir, jepit kecil, dan hair spray sudah bisa membuat tampilan super kece dan menarik ini. Dengan bentuk rambut depan sengaja dibuat roll up, itu merupakan point penting agar rambutmu terlihat boyish.

(Ega Mahaharani)

Sumber: Bintang.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiki Fatmala Masih Bugar dan Seksi di Usia 48 Tahun

Posted: 21 Jan 2018 08:50 PM PST

Masih ingat dengan artis senior Kiki Fatmala. Ya, dia adalah pemeran Si Manis Jembatan Ancol di layar televisi, beberapa tahun lalu. Di usianya ke 48 tahun,  Kiki Fatmala masih terlihat bugar dan seksi.

Mantan istri Christian Froeschel ini memang lebih jauh muda dari pada usianya. Bahkan, untuk ukuran perempuan nyarus berusia 50 tahun, Kiki Fatmala masih terlihat segar.

Banyak yang penasaran, apa rahasia awet muda wanita kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1969 itu? Pasalnya, Kiki Fatmala masih terlihat seperti gadis berusia berusia 20 tahun-an. 

Kiki Fatmala (instagram/qq_fatmala)

Kiki Fatmala meluangkan waktunya untuk latihan pilates bersama teman-temannya. Gerakan dan lekukan tubuhnya sangat lentur saat menjalani latihan senam ini.

Kiki Fatmala (instagram/qq_fatmala)

Memiliki tubuh langsing dan seksi bisa didapat dengan berbagai cara. Mungkian salah satunya adalah berenang. Dan, Kiki Fatmala mengaku suka berenang sejak usia belasan tahun.

Kiki Fatmala (instagram/qq_fatmala)

Seperti pada wanita umumnya, waktu liburan juga dimanfaatkan untuk liburan, jalan-jalan atau shopping di pusat perbelannjaan. Refreshing dan bikin tubuh serta batin segar.

 

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap Liga-Liga Eropa Semalam

Posted: 21 Jan 2018 08:45 PM PST

Banyak pertandingan seru dari liga-liga top Eropa digelar semalam. Dua klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, sama-sama berpesta gol.

Real Madrid menang telak 7-1 ketika menjamu Deportivo La Coruna. Padahal, di laga ini Madrid sempat tertinggal terlebih dulu. 

Sedangkan pemuncak klasemen Liga Spanyol Barcelona mencukur Real Betis lima gol tanpa balas. Barca cukup kesulitan di laga ini. Kelima gol Barcelona baru tercipta di babak kedua.

Sementara dari Liga Italia, Napoli mampu mempertahankan tampuk klasemen setelah susah payah menaklukkan tuan rumah Atalanta 1-0 lewat gol Dries Mertens.

Sementara big match antara Inter Milan melawan AS Roma berakhir tanpa pemenang, 1-1. Roma unggul lebih dulu di menit 31 lewat gol Stephan El Shaarawy.

Namun, kemenangan Roma harus sirna setelah Inter membuat gol di menit 86 melalui gelandang Matias Vecino.

 

Ilustrasi

Hasil Lengkap:

Liga Inggris

Southampton 1-1 Tottenham

Liga Italia

Atalanta 0-1 Napoli

Bologna 3-0 Benevento

Lazio 5-1 Chievo

Verona 0-3 Crotone

Sampdoria 3-1 Fiorentina

Udinese 1-1 SPAL

Sassuolo 1-1 Torino

Cagliari 1-2 AC Milan

Inter 1-1 Roma

Liga Spanyol

Alaves 2-2 Leganes

Real Madrid 7-1 La Coruna

Sociedad 1-2 Celta Vigo

Real Betis 0-5 Barcelona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Belanja ke Mal, Jokowi Jadi Rebutan Swafoto Warga Palembang

Posted: 21 Jan 2018 08:45 PM PST

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Warga yang antusias tampak sibuk menyiapkan telepon genggam untuk mengabadikan momen tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Warga yang antusias tampak sibuk menyiapkan telepon genggam untuk mengabadikan momen tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi bersalaman dengan seorang wanita paruh baya saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi bersalaman dengan seorang wanita paruh baya saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi melihat pakaian yang dijual di Palembang Square, Palembang (21/1). Sambil berjalan menuju sebuah gerai yang berada di lantai dasar mal, Presiden Jokowi bersalaman dan berswafoto dengan warga. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi melihat pakaian yang dijual di Palembang Square, Palembang (21/1). Sambil berjalan menuju sebuah gerai yang berada di lantai dasar mal, Presiden Jokowi bersalaman dan berswafoto dengan warga. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Warga berswafoto bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Banyak warga terkejut mengetahui kedatangan Presiden di sebuah mal Palembang tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Warga berswafoto bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Banyak warga terkejut mengetahui kedatangan Presiden di sebuah mal Palembang tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Warga yang antusias tampak sibuk menyiapkan telepon genggam untuk mengabadikan momen tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Warga yang antusias tampak sibuk menyiapkan telepon genggam untuk mengabadikan momen tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi membagikan kenang-kenang kepada warga saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Setelah berada selama hampir 45 menit, presiden meninggalkan mal tersebut.  (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Presiden Jokowi membagikan kenang-kenang kepada warga saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Setelah berada selama hampir 45 menit, presiden meninggalkan mal tersebut. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Warga berswafoto bersama Presiden Jokowi saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Warga berswafoto bersama Presiden Jokowi saat menyambangi Palembang Square, Palembang (21/1). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondangan, Anies Baswedan Naik KRL ke Depok

Posted: 21 Jan 2018 08:45 PM PST

Ditemani sang Istri, Gubenur DKI Jakarta, Anies Bawedan memilih menggunakan moda transportasi Commuter Line saat hendak menghadiri pesta pernikahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Dirikan Rumah Kreatif BUMN di Maluku

Posted: 21 Jan 2018 08:42 PM PST

Direktur Bisnis Menengah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Putrama Wahju Setyawan mengunjungi outlet BNI di Kota Tual, Maluku.

Kunjungan tersebut bersamaan dengan peresmian pusat pelatihan usaha atau yang lebih dikenal dengan nama Rumah Kreatif BUMN (RKB) dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pembangunan rumah ibadah.

Kunjungan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk komitmen BNI untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal layanan perbankan dan tanggung jawab sosial. Kunjungan Direksi BNI ke Tual pada Sabtu 20 Januari 2018 ini juga merupakan bagian dari program kunjungan pimpinan perusahaan ke outlet-outlet di daerah pedalaman.

Putrama menuturkan, Rumah Kreatif BUMN merupakan kolaborasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dengan fungsinya sebagai pusat informasi, edukasi, dan pengembangan digitalisasi, Rumah Kreatif BUMN diharapkan dapat menghasilkan Usaha Kecil dan Menengah yang berkualitas.

Sejauh ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah membangun 200 Rumah Kreatif BUMN (RKB) di mana 44 di antaranya dibangun oleh BNI dan salah satunya ada di Maluku Tenggara.

"Tidak hanya menghasilkan UKM yang berkualitas dan memiliki daya saing, RKB juga memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi pelaku usaha UKM dengan dunia digital agar produk-produknya dapat dipasarkan melalui media internet, salah satunya lewat portal blanja.com," ujar Putrama, seperti ditulis Senin (22/1/2018).

Untuk menyempurnakan dukungannya terhadap UKM, BNI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 2.093 debitur di Makassar dan 162 debitur di Maluku sepanjang 2017.

BNI juga mendukung usaha pariwisata di Hoat Tamngil, Ohoi Rumadian dengan memberikan angkutan wisata. Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun menuturkan, keberadaan RKB diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM, khususnya di wilayah Maluku Tenggara. RKB juga secara tidak langsung mendukung sektor pariwisata di kawasan ini.

"Kami sangat mengharapkan BNI atau perbankan mendukung perkembangan pariwisata dan dapat mendukung investor untuk menanamkan modalnya di Maluku Tenggara dengan memberikan kredit yang menunjang pariwisata, misalnya hotel atau homestay," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Aktifitas karyawan di kantor BNI di Jakarta, Selasa (11/8/2015). Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk. mencatat hingga semester I/2015 dana kelolaan perusahaan naik 8% . (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyiapkan rencana pengambilalihan perusahaan baru di 2018. Perusahaan yang menjadi target BNI yang bergerak di sektor perbankan dan asuransi.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquini mengatakan, rencana pengambilalihan perusahaan baru ini untuk memperkuat lini bisnis perusahaan sekaligus meningkatkan aset.

"Itu masuk dalam rencana unorganic kita. Kita akan mengambil alih bank, dan mungkin satu perusahaan asuransi untuk melengkapi anak usaha asuransi yang sudah kita miliki," kata Baiquni di kantornya, Rabu 17 Januari 2018.

Baiquni memaparkan, dua perusahaan yang akan diambil alih tersebut harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, harus memiliki aset yang cukup besar.

Kedua, perusahaan harus memiliki bisnis inti yang melengkapi bisnis BNI yang ada selama ini. Dan ketiga, tawaran harga harus sesuai dengan yang diinginkan oleh BNI.

"Harga ini yang paling menentukan, jangan sampai kita beli dengan harga yang tinggi, nanti pasti investor kita menanyakan alasannya ke kita," tegas dia.

Untuk kriteria, Baiquni belum bisa menjelaskan bank dengan BUKU berapa yang menjadi target BNI.

Hanya saja, untuk perusahaan asuransi, BNI menargetkan mengambil alih perusahaan asuransi yang menjamin kerugian (asuransi umum), mengingat saat ini BNI sudah memiliki asuransi jiwa.

Dari dua perusahaan itu, BNI tidak memiliki target perusahaan yang lebih dulu diakuisisi "Yang penting siapa yang ketemu duluan, cocok, kita ambil alih," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teejay Marquez Naksir Natasha Wilona, tapi....

Posted: 21 Jan 2018 08:40 PM PST

Aktor sekaligus disc jockey asal Filipina, Teejay Marquez, sudah empat bulan menetap di Indonesia. Selama itu juga, Teejay Marquez ikut terlibat dalam sinetron Siapa Takut jatuh Cinta yang tayang di SCTV.

"Sudah empat bulan saya datang ke Indonesia mulai 1 Oktober 2017. Terus tahun 2016 saya ada film Dubsmash, terus saya pulang kampung kembali lagi ke sini (untuk syuting)," kata Teejay Marquez ditemui usai meet and greet sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta di City Plaza, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (21/1/2018).

 

Teejay Marquez. (Adrian Putra/Bintang.com)

Cowok 24 tahun itu mengaku nyaman dengan masyarakat Indonesia yang begitu ramah. Teejay Marquez juga menyukai perempuan Indonesia yang tak terlalu bebas dalam menjalani hidup.

"Bagiku mereka (masyarakat Indonesia) sangat sopan. Aku suka karena perempuan Indonesia tidak terlalu seperti liberal (bebas). Dan aku menyukai keyakinannya," ungkap Teejay Marquez.

Sumber: Instagram Teejay Marquez

Alhasil, Teejay Marquez pun tertarik mencari pacar di Indonesia. Lucunya, Teejay Marquez mengaku tertarik dengan Natasha Wilona yang menjadi lawan mainnya di sinetron.

Teejay Marquez (Foto: Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Namun sepertinya, harapan itu sulit direalisasikan. Pasalnya, Natasha Wilona saat ini baru saja berpacaran dengan Verrell Bramasta.

"Semuanya (pemain STJC) cantik. Saya suka semuanya (termasuk Natasha) kalau jomblo semua. Di Filipina saya ada mantan, banyak yang tanya 'Teejay, kamu mau cari pacar di Indonesia?' Tentu saja," ujar Teejay Marquez.

Teejay Marquez. (Adrian Putra/Bintang.com)

"Tapi sekarang ini saya mau fokus dengan STJC, karena aku malu kalau salah (saat akting). Jadi aku mau fokus, kalau ada pacar enggak bisa fokus. Nanti kalau sudah bisa fokus aku akan cari," ucapnya sambil tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeon Tae Soo Meninggal Dunia, Ha Ji Won Batalkan Semua Kegiatan

Posted: 21 Jan 2018 08:33 PM PST

Baru reda pemberitaan mengenai meninggalnya Jonghyun SHINee, dunia hiburan Korea Selatan kembali disinggahi kabar duka. Aktor Jeon Tae Soo yang merupakan adik kandung aktris Ha Ji Won meninggal dunia pada Senin (22/1/2018).

Kabar ini telah dikonfirmasi secara resmi oleh agensi yang menaunginya, Haewadal Entertainment. Jeon Tae Soo meninggal setelah mengalami depresi berkepanjangan.

"Jeon Tae Soo meninggal dunia pada 21 Januari 2018 di usia 34 tahun. Sebelumnya dia sempat menjalani perawatan untuk menyembuhkan depresinya. Kondisinya sempat mengalami perkembangan, karena itu kami sempat berdiskusi untuk kelanjutan kariernya sebagai aktor," ujar perwakilan agensi seperti dilansir Soompi.

 

 

 

(Sumber: Koreaboo)

Kepergian Jeon Tae Soo tentunya meninggalkan kepedihan mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Tak hanya keluarga, penggemar dan pencinta drama Korea juga sangat kehilangan bintang drama Sungkyunkwan Scandal ini.

"Sebab dia adalah aktor yang sangat berbakat. Jeon Tae Soo sangat menguasai bidangnya sebagai pelaku seni. Kami juga minta untuk menghentikan pemberitaan spekulatif mengenai kematiannya, termasuk meninggalkan komentar negatif," lanjutnya.

(Koreaboo)

Setelah berdiskusi, pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk mengadakan upacara pemakaman secara privat untuk Jeon Tae Soo. Hanya keluarga dan sahabat dekat saja yang diperbolehkan menghadiri pemakaman.

"Maka untuk memberi salam perpisahan kepada Jeon Tae Soo, kami dengan tulus meminta agar wartawan tidak hadir di pemakaman tersebut," imbau perwakilan agensi.

Ha Ji Won

Menyusul berita kematian ini, Ha Ji Won membatalkan semua jadwal kegiatannya sampai waktu yang belum ditentukan. Ia ingin berkumpul bersama keluarga dan mengantar kepergian sang adik tercinta.

Sementara itu, Ha Ji Won sendiri sebenarnya dijadwalkan menghadiri konferensi pers film Meanhunt pada hari ini, Senin (22/1/2018). Setelah itu, press screening rencananya diadakan pada 24 Januari 2018.

Para staf dari film Meanthut sendiri telah membenarkan bahwa Ha Ji Won membatalkan semua agendanya yang berkaitan dengan film tersebut untuk sementara waktu.

(via dramabeans.com)

Jeon Tae Soo adalah aktor yang membintangi sejumlah serial seperti Sungkyunkwan Scandal, All My Love, dan It's Okay, dan Daddy's Girl. Ia juga dikenal publik sebagai adik dari aktris top Korea Ha Ji Won.

Aktris Empress Ki ini beberapa kali mengunggah kedekatannya bersama adiknya tersebut di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balita Bicara Pernikahan Dini dengan Cap Tangan Warna-warni

Posted: 21 Jan 2018 08:30 PM PST

Puluhan pasang cap tangan mungil warna-warni tercetak pada selembar kain putih di Balai Desa Grugu, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lewat cap tangan itu, anak-anak bersuara soal pernikahan dini, pola asuh, gizi buruk, dan perhatian orangtua.

Barangkali, alam pikir anak-anak ini tak menjangkau penyebab banyaknya anak-anak penderita gizi buruk di kampung mereka. Mereka juga sama sekali tak tahu bahwa salah satu temannya memiliki orangtua yang merupakan pasangan yang terlampau muda untuk membina rumah tangga.

Namun, yang pasti ada sebagian kecil dari mereka yang menjadi korban ketidaktahuan, bahwa pernikahan dini berimbas pada kehidupan anak-anak.

Cap tangan yang digagas oleh Keluarga Mahasiswa Gadjah Mada (Kagama) dalam rangka menyambut hari gizi dan kampanye pola asuh itu juga tak muncul tiba-tiba. Pada mulanya, para mahasiswa hanya ingin menyosialisasikan pola asuh ideal orangtua pada anak.

Informasinya, sosialisasi kesehatan di Desa Grugu sangat minim. Pasalnya, Desa Grugu merupakan wilayah yang tak mudah dijangkau dan jauh dari akses kesehatan.

Namun, apa yang didapati pada masa pengenalan anak (screening) sungguh memprihatinkan. Mereka menemukan ada persoalan lebih pelik terjadi di Desa Grugu. Dari 60 anak yang di-screening, enam di antaranya terindikasi gizi buruk, sedangkan dua lainnya mengalami gizi kurang.

Studi menunjukkan ada korelasi antara gizi buruk dengan pernikahan dini, sebagai salah satu pemicunya. Usia orangtua yang tergolong belia, 16-20 tahun, pengetahuan dan kesadaran dalam mengasuh anak tergolong rendah.

Lewat cap tangan, anak-anak bersuara soal gizi, pola asuh dan pernikahan dini. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Angka 13 persen gizi buruk dan gizi kurang, memang belum bisa memberikan keseluruhan kondisi sebernanya. Apalagi, sampel hanya diambil dengan metode random, atau yang berhasil dijangkau.

Namun, angka itu sekaligus peringatan bahwa anak-anak membutuhkan asupan gizi yang cukup dan itu hanya bisa didapat dari pola asuh dan perhatian penuh orangtuanya.

Orangtua muda juga belum punya mental untuk merawat anak. "Jadi anak asupan gizinya kurang diperhatikan. Ini persoalan yang kami temukan," ucap Ketua panitia program Serunya Mengenal dan Berbagai (Serambi) 2018 Kagama, Akbar Insan Kamil, Minggu, 21 Januari 2018.

Demi mendorong peningkatan pengetahuan itu, anak dan orangtua dilibatkan dalam kegiatan edukasi tentang pola asuh yang dibalut lewat kegiatan menarik, mulai nonton film bersama hingga ajang kreativitas mewarnai.

Orangtua diminta berkomitmen untuk memperhatikan pola asuh. Lewat aksi cap tangan anak pada lembar kain yang dipasang di balai desa itu, anak-anak mengingatkan bahwa orangtua mesti memperhatikan asupan gizi dan meningkatkan perhatian kepada mereka.

Aktivis membimbing anak-anak untuk mencetak cap tangan di lembar kain putih. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Kepala Desa Grugu, Nasem mengakui pernikahan dini di desanya tergolong tinggi. Imbasnya, kesiapan ekonomi dan mental pasangan pun amat minim.

Desa Grugu adalah daerah dataran rendah berrawa yang dipengaruhi pasang surut air laut. Di desa ini, pekerjaan utama 4.000 warganya adalah petani dan nelayan. Bagi anak muda, pekerjaan itu tak diminati dan dianggap tak menjanjikan penghasilan tinggi.

Lantaran tak memiliki pendapatan, ibu yang menikah dini ini terpaksa mendulang nasib dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Adapun sang suami, biasanya berjibaku di Jakarta, bekerja apa saja.

Bayi-bayi yang baru dilahirkan terkadang ditinggal tanpa asupan air susu ibu (ASI). Anak-anak itu lalu dititipkan kepada kakek-neneknya. Akibatnya, perhatian dan asupan gizi anak-anak terbengkalai.

"Ada juga remaja yang 16 tahun sudah menikah. Pasangan ada yang jadi TKI atau merantau ke luar negeri. Anak-anak ditinggal," tutur Nasem.

Lantaran diasuh kakek neneknya, bayi dan balita tak mendapat pengsuhan secara optimal. Pengasuhan terbagi dengan pekerjaan sebagai buruh tani di sawah. Gizi buruk dan gizi kurang pun tak terhindarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah SD di Padalarang Tewas Tercebur Kolam Bekas Galian Pasir

Posted: 21 Jan 2018 08:30 PM PST

Seorang bocah SD yang masih duduk di kelas 4 SD di Padalarang, Jawa Barat tewas akibat tercebur di kolam penampungan galian pasir saat sedang bermain.

Jasad korban ditemukan di kolam penampungan perusahaan sekitar 500 meter dari rumahnya.

Akbar diduga bermain bersama teman-temannya tanpa sepengetahuan petugas keamanan hingga akhirnya terpeleset dan tercebur di kolam sedalam 3 meter.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Senin (22/1/2018), pukul 12.00 WIB atau di bawah ini:

.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: