Rabu, 09 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menko Airlangga Izinkan 50 Persen Pegawainya ke Kantor di Tengah PSBB

Posted: 09 Sep 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menerapkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu Kota. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, meski akan diberlakukan kembali PSBB pihaknya tetap akan mengizinkan sebayak 50 persen pekerja dikantoran beroprasi. Sementara sisanya tetap bekerja dari rumah.

"Kami sudah menyampaikan bahwa sebagian besar kegiatan perkantoran melalui fleksibel working hours. Sekitar 50 persen di rumah, dan 50 persen di kantor, dan 11 sektor tetap dibuka," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Airlangga menyebut, DKI Jakarta sebenarnya telah menerapkan PSBB penuh selama Maret April Juni lalu, kemudian menerapkan PSBB transisi mulai Juli hingga awal September ini. Namun karena terjadi peningkatan kasus covid-19, DKI Jakarta berencana kembali menerapkan PSBB penuh.

Sebelumnya, Airlangga juga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengevaluasi kembali dihentikannya kebijakan ganjil genap selama massa pandemi Covid-19. Sebab, sebagian besar kasus Covid-19 di DKI Jakarta berasal dari transportasi umum.

"Sehingga tentu beberapa hal termasuk beberapa kebijakan yang perlu dievaluasi termasuk terkait dengan ganjil genap jadi ini yang kemarin kami sudah sampaikan kepada Gubernur DKI," jelas dia

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

PSBB Berlaku Lagi di Jakarta, Bakal Ada Gelombang PHK?

Penumpang menerapkan jaga jarak saat menaiki angkutan umum Jak Lingko di kawasan Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). Pada perpanjangan masa PSBB transisi, angkutan umum sudah mulai beroperasi kembali dengan menerapkan protokol Kesehatan Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Penumpang menerapkan jaga jarak saat menaiki angkutan umum Jak Lingko di kawasan Cawang, Jakarta, Senin (6/7/2020). Pada perpanjangan masa PSBB transisi, angkutan umum sudah mulai beroperasi kembali dengan menerapkan protokol Kesehatan Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengajak pelaku usaha di Jakarta agar tidak melakukan kembali Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya, meskipun Jakarta kembali diterapkan PSBB pada 14 September 2020 nanti.

"Kami mengajak kepada pelaku usaha di Jakarta untuk tegar dan semangat menghadapi ketidakpastian ini, dan semaksimal mungkin jangan melakukan PHK," kata Sarman Kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, pelaku usaha harus mendukung dan membantu pemerintah mengendalikan dan mematikan penyebaran virus Covid-19 ini, sehingga pemerintah dapat membuka kembali berbagai aktivitas ekonomi.

"Harapan kami dari pelaku usaha adalah agar berbagai stimulus dan relaksasi yang ditujukan kepada pengusaha, dapat diperpanjang sampai akhir tahun karena pelaku usaha tidak dapat secara maksimal memanfaatkan itu akibat dari ketidakpastian ini," ungkapnya.

Kemudian berbagai program bansos untuk dapat diteruskan untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencaharian. Serta yang paling penting, Sarman berharap PSBB ini yang terakhir, di mana pemerintah agar betul-betul melakukan pengawasan dan penindakan secara ketat.

Sebagaimana melibatkan semua perangkat yang ada sampai tingkat RT/RW, untuk memastikan seluruh masyarakat melaksanakan protokol Kesehatan.

"Akhirnya dalam masa PSBB ini dapat dibuktikan bahwa kita mampu menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 ini DKI Jakarta dan sekitarnya," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa Sangka, Pria Tuna Netra yang Ciptakan Fitur Cruise Control

Posted: 09 Sep 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agar tidak capek saat perjalanan jauh, pengemudi bisa menggunakan fitur cruise control pada mobilnya. Teknologi ini menjaga kecepatan mobil tanpa perlu menginjak pedal gas.

Namun siapa sangka, di balik penemuannya ada cerita unik yang perlu Otolovers ketahui. Lantas apa? Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir dari laman Today I Found Out.

Teknologi cruise control rupanya ditemukan oleh seorang bernama Ralph Teetor. Menariknya pria asal Amerika ini merupakan orang yang tidak bisa menyetir mobil. Lantaran ia sendiri mengalami kebutaan mata atau tunanetra.

Inspirasi cruise control sendiri didapat usai Teetor jengkel dengan pengacaranya di tahun 1940-an. Sebab pengacara tersebut mempunyai kecenderungan untuk menyetir mobil dengan lambat ketika berbicara dan cepat jika mendengarkan.

Kemudian Teetor mencoba untuk menciptakan teknologi yang bisa mengontrol kecepatan mobil. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, barulah di tahun 1948 Teetor melakukan paten perangkat cruise control.

 

1 Dekade

Butuh waktu satu dekade lagi untuk menyempurnakan perangkat tersebut. Hasilnya cruise control bisa dipasang pada mobil kendaraan komersial. Mobil pertama yang memakai teknologi ini adalah model 1958 Chrysler Imperial, New Yorker, dan Windsor.

Di awal pengembangannya cruise control mempunyai banyak nama, seperti speedostat, touchomatic, dan auto-pilot. Nama cruise control benar-benar dipakai setelah Chrysler menggunakannya.

Sumber: Otosia.com

 

Cara Tepat Menggunakan Fitur Cruise Control

Fitur cruise control bukanlah fitur yang asing di dalam sebuah mobil. Mobil berharga Rp200 jutaan saja sudah dilengkapi dengan fitur canggih ini. Misalkan saja Mitsubishi Xpander Ultimate, Suzuki S-Cross, dan Honda Jazz RS.

Pilihan Rp 300 jutaan malah lebih banyak lagi. Cruise control mulai dilirik sebagai fitur penting yang harus ada di mobil. Terutama pengemudi yang sering bepergian ke luar kota.

 

Fungsi utama cruise control, menjaga laju kendaraan dalam kecepatan yang diinginkan, tanpa perlu menekan pedal gas. ECU memiliki fungsi tambahan untuk terus memonitor dan mengatur kecepatan, sesuai keinginan pengemudi. Kecepatan pun menyesuaikan kontur jalan. Bila ditetapkan 100 km/jam, baik dalam keadaan menanjak atau menurun, dijaga agar kecepatannya konstan.

Namun, banyak pengemudi awam tidak mengetahui cara kerja atau cara mengaktifkan fitur ini. Pasti ada juga pemilik mobil ber-cruise control belum pernah menggunakannya sama sekali. Padahal, jika Anda paham kegunaannya, niscaya rasa nyaman berkendara bakal bertambah. Khususnya saat perjalanan jauh lewat tol Trans Jawa dan Trans Sumatra. Kaki Anda dapat terbebas dari rasa lelah. Asalkan, tahu langkah tepat serta aman mengoperasikannya.   

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota KPU Evi Novida Ginting Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

Posted: 09 Sep 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting, terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini dibenarkan oleh Ketua KPU Arief Budiman.

Arief menegaskan, hasil positif Covid-19 diketahui dari hasil swab test yang dijalani Evi pekan ini. Hasilnya baru keluar Rabu 9 September 2020.

"Hasilnya baru keluar kemarin. Terus positif. Tapi positif tanpa gejala," kata Arief, Kamis (10/9/2020).

Dia menuturkan, meski positif Covid-19, Evi tak mengalami gejala atau diklaimnya termasuk orang tanpa gejala (OTG).

"Jadi tidak sakit tidak panas, tidak batuk, tidak pilek, pokoknya tidak ada apa-apa," ungkap Arief.

 

Isolasi Mandiri

Arief menjelaskan, saat ini Evi tengah menjalani isolasi mandiri.

"Terus kami sudah minta, Bu Evi sudah lakukan isolasi mandiri," jelas Arief.

Selain itu, Evi pun disebutkan masih aktif melakukan kegiatan secara online. "Bu Evi masih aktif, masih sehat, masih mengikuti seluruh kegiatan KPU melalui daring," jelas Arief.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Kecil di Cipulir Jakarta Raih Penghargaan Dunia di New York

Posted: 09 Sep 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Solusi membangun rumah di atas lahan terbatas memicu banyak ide kreatif dari para arsitek dunia. Bahkan karya arsitek Indonesia baru-baru ini berhasil meraih penghargaan di tingkat dunia.

Melalui karyanya lewat sebuah rumah kecil di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan, para arsitek dari Delution berhasil mengharumkan nama bangsa. Mereka memenangkan Architizer Awards 2020 untuk kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice.

Architizer Awards merupakan sebuah ajang penghargaan arsitektur berskala dunia yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS). Pada tahun ini, terdapat 5.000 karya arsitektur yang masuk dari lebih 100 negara di dunia.

Rumah Kecil di Cipulir Jakarta Raih Penghargaan Dunia di New York. foto: dok. Delution
Rumah Kecil di Cipulir Jakarta Raih Penghargaan Dunia di New York. foto: dok. Delution

Sebelumnya, The Twins karya Delution yang memenangkan kategori Small Architecture+ Small Living by People Choice dalam penghargaan ini. Karya mereka bersanding dengan empat karya arsitektur dunia lainnya untuk dipilih secara voting terbuka. Delution sendiri berdiri sejak 2013 dengan nama PT Desain Revolusi Indonesia dengan fokus bisnis konsultan perencanaan arsitektur dan desain interior.

"Kami amat berterima kasih atas dukungan dan voting yang diberikan kepada kami kemarin. Semoga penghargaan ini dapat ikut membawa nama baik arsitektur Indonesia di mata dunia." terang Muhammad Egha, CEO dari Delution dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Delution The Twins merupakan proyek Delution yang dibangun pada 2019 untuk menjawab permasalahan luas tanah kecil. Rumah unik yang berada di gang kecil ini mendapatkan perhatian yang tinggi dan menjadi inspirasi warganet sejak diperkenalkan melalui akun Instagram Delution di tahun ini. Rumah kecil ini didesain dengan memiliki dua massa bangunan yang terpisah untuk menjawab kebutuhan penghuni rumah yang merupakan dua keluarga dari sepasang kakak beradik.

Total Dana Rp400 Juta

Rumah Kecil di Cipulir Jakarta Raih Penghargaan Dunia di New York. (dok.Instagram @delution_architect/https://www.instagram.com/p/CD5dO4hDbz7/Henry)
Rumah Kecil di Cipulir Jakarta Raih Penghargaan Dunia di New York. (dok.Instagram @delution_architect/https://www.instagram.com/p/CD5dO4hDbz7/Henry)

Menurut Egha, The Twins merupakan contoh nyata dari penerapan konsep rumah sehat, efisien dan realistis di salah satu kota terpadat di dunia yaitu Jakarta. Uniknya, rumah kecil yang terbangun di atas lahan dengan luas hanya sekitar 70 meter persegi ini, dirancang dengan skema rumah tumbuh yang selesai dalam tiga tahapan.

Tahapan pembangunan dilakukan dengan menyesuaikan ketersediaan dana dari sang pemilik rumah. Total dana yang dibutuhkan dalam pembangunan ini sebesar Rp400 juta. Rumah ini juga didesain dengan metode konstruksi konvensional yang dapat dibangun secara mandiri dengan material lokal yang sangat mudah ditemukan.

"Kami berharap rumah ini dapat menjadi sebuah percontohan yang akan menjadi stimulus bagi kemajuan wajah serta kualitas hidup perkampungan kota yang semula terabaikan," kata Egha.

Selanjutnya, The Twins akan dipublikasikan bersama dengan karya pemenang Architizer Awards lainnya dalam sebuah buku kompendium berjudul "Architizer : The World's Best Architecture" yang diterbitkan oleh Phaidon, sebuah penerbit global untuk seni kreatif dunia. Buku ini rencananya akan dirilis pada awal 2021 dan akan menjadi sebuah referensi karya arsitektur terbaik dunia.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersimbah Darah, Penis Remaja Ini Digigit Ular Piton 1,2 Meter di Toilet

Posted: 09 Sep 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Siraphop Masukarat, remaja asal Bangkok dilarikan ke rumah sakit kemarin malam setelah ular piton sepanjang 1,2 meter yang bersembunyi di toilet menggigit penisnya. Saat itu, ia sedang menggunakan toilet dan tiba-tiba merasakan sakit yang membakar di area vitalnya.

Siraphop langsung melihat ke bawah dan ia menemukan ular piton dengan rahang menempel di ujung penis yang sudah bersimbah darah. Seketika ia langsung berteriak ketakutan.

Dia pun segera dilarikan ke Rumah Sakit Bang Yai, yang merupakan rumah sakit terdekat di daerahnya, Nonthaburi, Thailand tengah, agar luka-lukanya bisa segera ditangani. Siraphop  mengatakan bahwa akibat insiden itu, ia harus meneriman tiga jahitan di ujung penis dan harus selalu membersihkan luka gigitan dengan pencuci antibiotik, untuk membunuh bakteri dari taring ular piton tersebut.

"Itu hanya ular piton kecil, tapi gigitannya sangat kuat. Saya berharap penis saya bisa pulih," ucap Siraphop seperti dilansir thesun.co.uk, Kamis (10/9/2020).

Lega Bukan Ular Berbisa

Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Segera setelah menerima laporan, pawang hewan pun tiba di rumahnya dan mulai mengeksekusi ular yang masih melingkar di toilet. Mereka menggunakan peralatan penangkap ular untuk menjerat reptil jenis piton tersebut.

Ular piton berukuran sekitar 1,2 meter itu kemudian langsung memasukkannya ke dalam karung sebelum melepaskannya kembali ke hutan.

Ibu Siraphop, Sutapath, mengaku masih merasa ketakuan dan kaget dengan kejadian itu. "Saya tidak tahu bagaimana ular itu masuk ke rumah. Mungkin saja melalui saluran pembuangan yang terhubung ke toilet."

Namun, Sutapath mengaku lega karena mengetahui ular yang menggigit anakanya bukanlah ular berbisa, meskipun ia tahu itu benar-benar menyakiti anaknya.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurva COVID-19 Terus Meningkat, PMI Gaungkan Pentingnya Penggunaan Masker

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak Februari lalu, Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

Namun melihat kurva perkembangan COVID-19, hingga saat ini masih terus meningkat dan belum ada tanda-tanda akan menurun.

Salah satu penyebab masih tingginya angka sebaran virus mematikan ini karena tingkat kesadaran masyarakat menggunakan masker masih rendah.

Maka dari itu, PMI hingga saat ini terus menggaungkan penggunaan masker untuk mencegah dan meminimalisasikan risiko penularan.

Bahkan, sejak awal Maret PMI baik tingkat pusat provinsi hingga kota dan kabupaten gencar membagikan masker kain secara gratis kepada masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga mendistribusikan alat pelindung diri (APD) serta paket PHBS kepada tenaga kesehatan. Sampai sekarang jumlah masker yang didistribusikan pun sudah tidak terhitung jumlahnya.

"PMI juga tidak melupakan kegiatan pencegahan dan mitigasi dengan melakukan upaya pembagian masker, penyediaan sarana cuci tangan di sekolah maupun fasilitas publik, hingga melakukan upaya penyadaran dimasyarakat melalui edukasi langsung ke pesantren, sekolah hingga ke rumah rumah warga masyarakat," kata Sekretaris Jendral PMI Pusat Sudirman Said, melalui keterangan pers, ditulis Kamis (10/9/2020).

 

Tetap pakai masker

PMI membantu masyarakat menggunakan masker. dok.PMI
PMI membantu masyarakat menggunakan masker. dok.PMI

Sudirman menambahkan tetap pakai masker menjadi kampanye PMI hingga enam bulan pelayanan penanganan COVID-19 penyadaran kepada masyarakat terus dilakukan PMI, karena kunci penanganan ini adalah jangan lengah apalagi di masa transisi atau new normal menjadikan masyarakat lupa akan bahaya COVID-19.

Banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker sehingga banyak razia dilakukan pemerintah, hingga sanksi pun harus diberlakukan bagi masyrakat yang tidak menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

"Penyadaran kepada masyarakat untuk menggunakan masker harus terus dilanjutkan, karena masa pandemi ini belum berakhir," jelasnya

Selain melakukan door to door edukasi, PMI juga memberikan edukasi secara daring kepada relawan PMI untuk bisa mengedukasi lagi kepada masyarakat mengenai pentingnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker.

Di sisi lain, upaya yang terus dilakukan pihaknya sampai saat ini dilakukan seperti penyemprotan disinfektan atau disinfeksi massal dengan menggunakan gunner (kendaraan penyemprot disinfektan) hingga ke fasilitas umum seperti sekolah, masjid, gereja, pasar, gedung perkantoran hingga perumahan warga.

Dalam upaya membantu pemerintah untuk menangangi COVID-19 PMI secara rutin melakukan disinfeksi terutama di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan wilayah lain yang menjadi episentrum penyebaran virus tersebut.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sancho Sepakat Pindah ke Old Trafford, Ini Dana yang Harus Dikeluarkan MU Setiap Pekan

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumor transfer Jadon Sancho ke Manchester United (MU) terus bergulir. Kali ini dilaporkan bintang Borussia Dortmund sudah menyetujui sejumlah persyaratan.

Sancho dilaporkan telah menyetujui persyaratan 250.000 pounds seminggu di MU setelah klub menawarkan 90 juta pounds plus 18 juta euro sebagai tambahan pada Dortmund.

Setan Merah tampaknya telah menerobos pembicaraan untuk pemain berusia 20 tahun itu. MU sudah menyetujui biaya agen dan persyaratan pribadi untuk anak muda itu pada Rabu malam.

Dengan 20 gol dan 20 assist untuk klub Jerman musim lalu, Ole Gunnar Solskjaer telah memprioritaskan penyerang tersebut, untuk musim panas ini.

Dan, seperti dilansir The Guardian seberapa besar kesepakatan yang akan dikeluarkan MU untuk sang penyerang di Old Trafford setiap minggunya.

Batu Sandungan

Gelandang Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan grup A Liga Champions di stadion BVB di Dortmund, Jerman (24/10). Guerreiro mencetak dua gol di pertandingan ini. (AFP Photo/Bernd Thissen)
Gelandang Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan grup A Liga Champions di stadion BVB di Dortmund, Jerman (24/10). Guerreiro mencetak dua gol di pertandingan ini. (AFP Photo/Bernd Thissen)

Sancho diharapkan mendapatkan 250.000 pounds seminggu dengan menandatangani kontrak di United. Sementara biaya agen juga akan dibahas nanti.

Tetapi batu sandungan yang masih menghalangi Solskjaer adalah evaluasi soal dana transfer 108 juta pouns, yang tetap dipertahankan Dortmund selama negosiasi.

Dicicil

Gelandang Borussia Dortmund Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang SC Paderborn dalam lanjutan Bundesliga Jerman di Benteler Arena, Minggu (31/5/2020). Dortmund menang 6-1. (foto: Lars Baron/Pool via AP)
Gelandang Borussia Dortmund Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang SC Paderborn dalam lanjutan Bundesliga Jerman di Benteler Arena, Minggu (31/5/2020). Dortmund menang 6-1. (foto: Lars Baron/Pool via AP)

MU bagaimanapun harus mampu mememenuhi 90 juta pounds untuk pemain berusia 20 tahun ditambah 18 juta pouns dana tambahan dalam upaya untuk memenuhi penilaian tim Jerman.

Pembayaran ini akan dilakukan dengan mencicil selama "dua hingga tiga musim berikutnya" oleh tim Solskjaer.

Tempat di Timnas

Sancho tampil mengesankan sepanjang waktunya di Westfalenstadion, setelah pindah dari rival United, Manchester City pada 2017.

Mencetak 34 gol dalam 99 penampilan senior, telah membuat penyerang itu juga mengamankan tempat di tim Inggris asuhan Gareth Southgate.

Diperingatkan

Tapi United telah diperingatkan bahwa mereka tidak bisa terburu-buru bernegosiasi karena urusan lain Dortmund.

Reporter Sky Sports Dharmesh Sheth mengatakan: "Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum kita mencapai tahap itu, dan Manchester United juga harus berhati-hati karena mereka tidak bisa pergi terlalu malam.

"Satu hal yang ingin dilakukan Dortmund adalah mendatangkan penggantinya.

Simak Video Jadon Sancho Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Banjir dan Tanah Longsor di Mamasa

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamasa - Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Tabulahan, Mamasa, Sulawesi Barat ternyata berdampak lebih luas. Ratusan hektare sawah dan kebun milik warga rusak parah karena tertimbun material berupa pasir, tanah, dan pohon yang terbawa saat bencana itu terjadi.

Kepala BPBD Mamasa Labora Tandipuang mengatakan, Kelurahan Lakahang menjadi daerah yang terkena dampak terparah dari bencana alam ini. Berdasarkan data sementara, lebih dari 100 hektare lahan pertanian milik warga mengalami kerusakan di daerah itu.

"Kami masih terus melakukan pendataan. Bencana ini terjadi karena intensitas hujan yang tinggi yang, sehingga longsor terjadi dan air Sungai Lakahang meluap," kata Labora saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (09/09/2020).

"Karugian meteril akibat bencana ini ditaksir mencapai ratusan hingga miliaran rupiah," sambungnya.

Selain merusak lahan pertanian, bencana ini juga menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan memutus akses jalan ke beberapa tempat. Data BPBD Mamasa mencatat 2 rumah warga rusak parah dan 50 rusak ringan, juga terdapat beberapa rumah ibadah yang mengalami kerusakan.

"Sementara warga yang mengungsi sebanyak 17 KK di Desa Periangan, mereka mengungsi untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan," ujar Labora.

Untuk sementara tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, data itu bisa saja berubah karena pihak BPBD Mamasa masih melakukan pendataan. Apalagi, mereka memiliki kendala untuk memperbarui data karena buruknya jaringan telekomunikasi di beberapa tempat bencana.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Tunangan, Ini 6 Momen Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggemar FTV pasti tidak asing dengan Chrissie Vanessa, gadis kelahiran Rembang ini wajahnya kerap wara-wiri di layar kaca televisi. Wanita kelahiran 1997 ini memulai kariernya sebagai model di tahun 2010. Sosoknya semakin dikenal saat ia berperan sebagai Susan di sinetron Karunia pada 2012 lalu.

Artis FTV satu ini juga pernah bermain dalam sinetron 3 Semprul Mengejar Surga bersama Andhika Pratama, Gading Marten, dan Narji. Tak hanya bermain peran, wanita yang akrab disapa Kisi ini juga pernah menjadi pembawa acara di My Trip My Adventure. 

Meski sosoknya kerap terlihat di layar kaca televisi, namun kehidupan asmara Chrissie jauh dari sorotan media. Tak banyak yang tahu, rupanya wanita 23 tahun ini sudah bertunangan dengan sang kekasih, Pratama Kusuma. Keduanya melangsungkan pertunangan September 2019 lalu. 

Dari laman Instagramnya, dua sejoli ini selalu tampil manis dan romantis. Sama-sama hobi bermusik, keduanya bahkan membuat band bersama Spella Ruby. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen manis artis FTV Chrissie Vanessa dan kekasih, Kamis (10/9/2020). 

1. Tak banyak yang tahu, rupanya Chrissie Vanessa sudah bertunangan dengan kekasih bernama Pratama Kusuma.

Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)
Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)

2. Wanita yang akrab disapa Kisi ini melangsungkan pertunangan pada September 2019 lalu. Ini dia momen pertunangannya.

Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)
Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)

3. Dari laman Instagramnya, wanita 23 tahun ini selalu tampil manis dan romantis bersama Tama.

Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)
Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)

4. Sama-sama hobi bermusik, dua sejoli ini membuat sebuah band bernama Spella Ruby.

Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)
Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)

5. Momen manis dua sejoli ini saat merayakan Natal bersama. Keduanya terlihat serasi ya.

Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)
Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)

6. Pasangan ini juga kerap pergi berlibur bersama. Momen manis keduanya saat pergi ke Gunung Bromo.

Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)
Artis FTV Chrissie Vanessa dan Kekasih (Sumber: Instagram/heyitschrissie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Tanpa PSBB Total, Ketersediaan ICU Pasien COVID-19 Hanya Cukup untuk Seminggu

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, DKI Jakarta akan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Senin, 14 September 2020. PSBB tersebut merupakan PSBB total seperti yang awal-awal diberlakukan. 

Keputusan penerapan kembali PSBB total diambil dengan melihat proyeksi kapasitas ketersediaan ruang Intensive Care Unit (ICU) di rumah sakit di Jakarta yang hampir penuh. Tanpa pembatasan total, ICU rumah sakit diproyeksikan hanya cukup bertahan untuk seminggu.

"Dalam jangka pendek, kita akan terus meningkatkan kapasitas rumah sakit di Jakarta. Tapi jika tidak ada pembatasan ketat, maka ini hanya sekadar mengulur waktu," papar Anies saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (9/9/2020).

"Tak sampai kurun waktu sebulan, rumah sakit akan kembali penuh, termasuk ICU-nya dan hanya cukup sampai seminggu. Dari proyeksi yang kami lakukan, kapasitas ICU rumah sakit di Jakarta akan terisi penuh sebanyak 528 ICU pada 15 September 2020."

Jika tidak ada rem darurat dengan PSBB, setelah 15 September 2020, pasien COVID-19 yang membutuhkan ICU kemungkinan tidak tertampung.

"Kenaikan kasus COVID-19 di Jakarta berjalan terus sejak Agustus sampai September 2020, apalagi selama Agustus meningkat drastis pasiennya. Maka, pada 15 September 2020, pasien yang dirawat ICU akan penuh mencapai 20 persen menjadi 636 pasien," lanjut Anies.

Baru Terpenuhi pada 8 Oktober 2020

Petugas medis memeriksa sampel saat menggelar swab test COVID-19 di Pasar Tasik, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Tes yang dilakukan secara acak bagi pedagang itu bertujuan untuk mendeteksi serta mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan Pasar Tasik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas medis memeriksa sampel saat menggelar swab test COVID-19 di Pasar Tasik, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Tes yang dilakukan secara acak bagi pedagang itu bertujuan untuk mendeteksi serta mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan Pasar Tasik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam paparan Anies, ketersediaan ICU yang dapat menampung 636 pasien COVID-19 diproyeksikan baru terpenuhi pada 8 Oktober 2020. 

"Untuk ketersediaan ICU yang menampung pasien COVID-19 sampai 636 itu baru bisa terpenuhi pada 8 Oktober 2020," Anies menerangkan.

"Meskipun kita mendorong peningkatan kapasitas rumah sakit, tapi jumlah kasus aktif di Jakarta pertambahannya lebih cepat daripada pertambahan kapasitas tampung pelayanan rumah sakit. Baik keterpakaian tempat tidur isolasi maupun ICU khusus COVID-19."

Lebih lanjut, Anies menegaskan, situasi wabah COVID-19 di Jakarta dalam kondisi darurat.

"Artinya, kita terpaksa kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar seperti pada masa awal pandemi dulu, bukan lagi PSBB transisi. Inilah rem darurat yang harus kita tarik, yang begitu dilakukan, maka jumlah kasus COVID-19 bisa menurun," tegasnya.

"Bila dibiarkan (tidak ada PSBB total), rumah sakit tidak akan sanggup menampung. Efeknya, kematian akan tinggi."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Panggilan Kerja Jadi Karyawan Garuda Indonesia

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial heboh dengan email panggilan interview untuk menjadi karyawan Garuda Indonesia. Sejumlah netizen mendapat kiriman email panggilan kerja yang mengatasnamakan Garuda Indonesia.

Seperti yang diunggah Dicky Gumilang. Dia mempertanyakan keaslian undangan interview tersebut dengan mengunduh file dalam bentuk PDF yang isinya surat panggilan keja atas nama Garuda Indonesia.

"Surat panggilan tes interview calon karyawan PT Garuda Indonesia (Persero)," begitu judul yang ada di file PDF.

Lalu, benarkah Garuda Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan dan mengirim surat panggilan melalui sebuah email?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk membuktikan kebenarannya, Tim Cek Fakta Liputan6.com mengunjungi laman resmi PT Garuda Indonesia. Selanjutnya, tim membuka informasi tentang karier.

Dari sana, tim mendapat bantahan dari Garuda Indonesia. Mereka memastikan panggilan kerja dari email adalah palsu.

"Waspada penipuan! Rekrutmen calon pegawai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk."

"Seluruh informasi resmi terkait dengan kesempatan karir di Garuda Indonesia hanya dapat diakses melalui website karir perusahaan."

Munculnya penipuan mencatut nama Garuda Indonesia, mereka pun membuat pengumuman di postingan Instastory. Mereka memastikan panggilan kerja yang beredar di media sosial itu hoaks.

 

Tangkapan layar Instastory Garuda Indonesia.
Tangkapan layar Instastory Garuda Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari Turnbackhoax.id, informasi dalam surat elektronik tersebut salah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. saat ini tidak sedang membuka seleksi karyawan.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Dengan penjelasan dari PT Garuda Indonesia, lowongan kerja yang beredar di surat elektronik bisa dipastikan hoaks. Sebab, Garuda Indonesia saat ini tidak sedang membuka seleksi karyawan.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ampuh, Hentikan Kebiasaan Merokok dengan 5 Minuman Ini

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para perokok tentu berhenti melakukan kebiasaan merokok merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Tak sedikit yang harus gagal di tengah jalan ketika hendak bertekad untuk berhenti merokok.

Kebanyakan dari mereka gagal lantaran tak bisa menahan hasrat yang kuat untuk kembali merokok. Salah satu penyebab dari sulitnya berhenti merokok ini lantaran mereka sudah kecanduan nikotin.

Meski sulit, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Pasalnya ada beberapa minuman alami yang bisa membantu menahan keinginan untuk merokok. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Air garam

Ilustrasi garam dan lada (Pixabay)
Ilustrasi garam dan lada (Pixabay)

Tahukah kalian bahwa minum air garam mampu menahan keinginan untuk merokok? Para peneliti menemukan bahwa saat menjilat garam yang asin, maka keinginan untuk merokok akan hilang seketika.

Jus wortel

Ilustrasi wortel (sumbr: Pixabay)
Ilustrasi wortel (sumbr: Pixabay)

Minum jus wortel secara rutin rupanya bermanfaat untuk menahan keinginanmu untuk merokok. Selain itu, wortel kaya akan kandungan zat antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh akibat paparan racun karena rokok.

Susu

Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur/Putu Elmira)
Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur/Putu Elmira)

Minum secangkir susu sangat membantu untuk mencegah kalian kembali merokok. Hal ini lantaran setelah minum susu dan merokok, maka akan timbul rasa yang tidak enak di mulut.

Air jeruk

Ilustrasi jeruk (dok. Pixabay.com/pixel2013/Putu Elmira)
Ilustrasi jeruk (dok. Pixabay.com/pixel2013/Putu Elmira)

Ketika kalian bertekad untuk berhenti merokok, cobalah untuk mengonsumsi air jeruk selama beberapa kali dalam sehari. Sebab merokok menghalangi kebutuhan tubuhmu akan vitamin C. Sementara saat kamu minum air jeruk, maka keinginanmu untuk merokok akan hilang.

Air ginseng

Ilustrasi ginseng. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)
Ilustrasi ginseng. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Tak banyak yang tahu bahwa bahan alami di dalam air ginseng dapat mengontrol keinginan untuk merokok. Minum air ginseng secara rutin juga baik bagi kesehatan tubuh. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemandangan Gunung Qomolangma yang Memesona

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Foto yang diabadikan pada 4 September 2020 ini menunjukkan Gunung Qomolangma di bawah langit malam yang berbintang. (Xinhua/Lyu Shuai)
Foto yang diabadikan pada 4 September 2020 ini menunjukkan Gunung Qomolangma di bawah langit malam yang berbintang. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 4 September 2020 ini menunjukkan Gunung Qomolangma di bawah langit malam yang berbintang. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 5 September 2020 ini menunjukkan awan yang melingkar di sekitar Gunung Qomolangma. (Xinhua/Lyu Shuai)
Foto yang diabadikan pada 5 September 2020 ini menunjukkan awan yang melingkar di sekitar Gunung Qomolangma. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 5 September 2020 ini menunjukkan awan yang melingkar di sekitar Gunung Qomolangma. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 5 September 2020 ini menunjukkan awan yang melingkar di sekitar Gunung Qomolangma. (Xinhua/Lyu Shuai)
Foto yang diabadikan pada 5 September 2020 ini menunjukkan awan yang melingkar di sekitar Gunung Qomolangma. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 5 September 2020 ini menunjukkan awan yang melingkar di sekitar Gunung Qomolangma. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 4 September 2020 ini menunjukkan Gunung Qomolangma di bawah langit malam yang berbintang. (Xinhua/Lyu Shuai)
Foto yang diabadikan pada 4 September 2020 ini menunjukkan Gunung Qomolangma di bawah langit malam yang berbintang. (Xinhua/Lyu Shuai)

Foto yang diabadikan pada 4 September 2020 ini menunjukkan Gunung Qomolangma di bawah langit malam yang berbintang. (Xinhua/Lyu Shuai)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jaga Kesehatan Retina Mata, Ini Dia Caranya

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ternyata mata mempunyai banyak bagian. Salah satunya retina mata. Ini dia agar retina mata tetap sehat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemberlakuan PSBB Jakarta Bikin Ekonomi Kuartal III Kembali Minus

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat mulai Senin 14 September 2020. Dalam PSBB ini hanya ada 11 bidang usaha yang diperbolehkan tetap beroperasi.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, dunia usaha mendukung keputusan Gubernur tersebut. Namun, ia menyebut bagi pengusaha kebijakan ini membuat ekonomi Jakarta akan terhenti kembali, dimana berbagai sektor usaha jasa akan tutup dan konsumsi rumah tangga dipastikan menurun.

Ia pun memproyeksikan, PSBB membuat pertumbuhan ekonomi Jakarta di kuartal 3 berpotensi minus. Sebab pertumbuhan ekonomi Jakarta kuartal dua saja terkontraksi minus 8,22 persen di atas nasional yang terkontraksi minus 5,32 persen.

"Bagi pengusaha kebijakan ini amat berat akan tetapi harus kita terima dan dukung karena ambang batas penyebaran virus Covid 19 semakin meningkat. Kebijakan ini tentu akan membuat ekonomi Jakarta stagnan kembali dimana aktivitas perkantoran akan tutup,"kata Sarman Kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Lantaran, berbagai sektor usaha yang tutup seperti pusat perdagangan, mall, Cafe, restoran, hotel termasuk pembatasan operasional transportasi pelaku UMKM, seluruh aktivitas perkantoran dan operasional berbagai usaha diluar 11 sektor yang dikecualikan serta berbagai aktivitas masyarakat akan tutup dan dibatasi.

Kata Sarman, pelaku usaha sangat memaklumi kebijakan tersebut, suatu pilihan sulit bagi Gubernur DKI Jakarta. Namun dalam situasi dan kondisi seperti ini keputusan harus segera diambil dan keselamatan dan kesehatan masyarakat diatas segala galanya.

Padahal di sisi lain ekonomi Jakarta baru mulai bergairah dalam dua bulan terakhir, meskipun masih dengan pembatasan-pembatasan protokol kesehatan.

"Sehingga diberlakukannya kembali PSBB akan memperpanjang masa penantian pengusaha hiburan malam yang sudah hampir 6 bulan tutup dan hingga saat ini belum diizinkan kan buka," pungkasnya.

11 Sektor Usaha Boleh Beroperasi tapi Terbatas saat PSBB Jakarta Berlaku

Petugas mengukur suhu tubuh calon penumpang sebelum memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas mengukur suhu tubuh calon penumpang sebelum memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 'menarik rem darurat' dengan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat, mulai 14 September 2020. 
 
Hal ini dilakukan sebagai keputusan terbaik mengingat data penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang semakin menipis. 
 
"Dengan melihat kedaruratan ini, tidak ada banyak pilihan bagi Jakarta kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin. Dalam rapat tadi sore, disimpulkan kita akan tarik rem darurat, artinya kita terpaksa terapkan PSBB seperti masa awal pandemi dulu, bukan lagi PSBB transisi, tapi sebagaimana awal dulu," ujar Anies dalam siaran di kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, seperti dikutip Kamis (10/9/2020). 
 
Anies bilang, hanya ada 11 sektor usaha yang diperbolehkan beroperasi dengan minimal saat PSBB Jakarta. Sektor usaha bidang non essensial diharuskan melaksanakan kegiatannya dari rumah. 
 
"Akan ada 11 bidang essential yang boleh berjalan dengan operasi minimal, jadi nggak seperti biasa, dikurangi," ujar Anies. 
 
"Perlu saya sampaikan izin operasi pada bidang non-esensial yang dapat izin akan dievaluasi ulang untuk pastikan pengendalian pergerakan kegiatan, baik kegiatan usaha maupun kegiatan sosial tidak sebabkan penularan," imbuhnya. 
 
Adapun 11 sektor usaha itu ialah: 
 
- Perusahaan kesehatan
- Usaha bahan pangan
- Energi
- Telekomunikasi dan teknologi informatika
- Keuangan
- Logistik
- Perhotelan
- Konstruksi
- Industri strategis
- Pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional dan obyek tertentu
- Pemenuhan kebutuhan sehari-hari

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nella Kharisma Dicibir karena Resepsi Nikah dengan Kerumunan Tanpa Masker

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diam-diam, Nella Kharisma rupanya sudah resmi menjadi istri Dory Harsa. Keduanya telah melangsungkan pernikahan pada 15 Agustus 2020 di Kediri, Jawa Timur.

Di tengah pemberitaan ini, di media sosial tersebar video saat Nella Kharisma dan Dory Harsa melangsungkan resepsi pernikahan. Tak diketahui secara pasti kapan kali pertama video ini tersebar.

Dalam momen indah itu, Nella Kharisma mengenakan gaun pengantin putih. Ia tampak anggun dengan tatanan rambut yang diikat. Sementara Dory Harsa tampak gagah dengan tuxedo hitam.

Berkumpul

Nella Kharisma dan Dory Harsa (Sumber: Instagram/ulfamerdeka)
Nella Kharisma dan Dory Harsa (Sumber: Instagram/ulfamerdeka)

Lewat video itu pula terlihat keluarga pengantin berkumpul, mereka menari bersama pengantin mengikuti alunan musik. Meski resepsi di tengah pandemi, para tamu undangan terlihat tak mengenakan masker.

Hal ini rupanya menuai kritik dari warganet. Mereka mengkritik karena jika melihat video singkat ini, protokol kesehatan tampaknya tak diterapkan.

Dikritik

[Foto: Instagram  tante_rempong_offficial]
[Foto: Instagram tante_rempong_offficial]

"Pada ga pake masker nih pantesan di psbb lg," kata salah satu warganet di kolom komentar akun gosip Instagram.

"Waduh teman2 saya yang nikah perasaan udah gak resepsi normal, semua pake masker minimal, bahkan ya akad/pemberkatan aja," ucap warganet lainnya.

"Gda pak pol yg nyuruh make masker ya?" tambah yang lain.

Pengumuman

Nella Kharisma. (Foto: Instagram @nellakharisma)
Nella Kharisma. (Foto: Instagram @nellakharisma)

Nella Kharisma mengumumkan pernikahannya dalam acara Shopee 9.9 yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta. Dengan penuh suka cita, ia berbagi kabar bahagia ini.

"Jadi sebenarnya, memang benar pada 15 Agustus kemarin di Kediri, kami sudah melangsungkan pernikahan," ungkapnya dalam acara yang tayang pada Rabu (9/9/2020).

Selamat dari Syahrini

Nella Kharisma. (Foto: Instagram @nellakharisma)
Nella Kharisma. (Foto: Instagram @nellakharisma)

Syahrini berada dalam program yang sama. Istri Reino Barack ini menyelamati pengantin baru tersebut. "Alhamdulillah. Berita itu benar adanya, 15 Agustus di Kediri, Nella dan Dory sudah menikah," kata pelantun lagu "Seperti Itu" dan "Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Xbox Series S, Microsoft Ungkap Harga Xbox Series X

Posted: 09 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft akhirnya mengungkap jadwal peluncuran Xbox Series X. Pengumuman ini dilakukan tidak lama setelah perusahaan mengumumkan informasi mengenai Xbox Series S.

Dikutip dari The Verge, Kamis (10/9/2020), dalam pengumumannya, Microsoft mengatakan akan meluncurkan Xbox Series X pada 10 November 2020. Adapun harga untuk konsol anyar ini adalah USD 499 atau sekitar Rp 7,4 juta.

Pre-order akan dilakukan mulai 22 September 2020. Microsoft juga menawarkan konsol ini dalam program bundel Xbox All Access yang terdiri dari Xbox Series X, Xbox Game Pass Ultimate, dan Xbox Live.

Hanya perlu diketahui, program ini baru tersedia di 12 negara saja, ketika nanti Xbox Series X dan X Series S meluncur.

Adapun negara yang mendapat penawaran bundel ini adalah Australia, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Selandia Baru, Norweigia, Polandia, Korea Selatan, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, melalui akun Twitter Xbox, perusahaan juga mengonfirmasi harga konsol Xbox Series S. Konsol tersebut dipastikan hadir dengan harga USD 299 atau sekitar Rp 4,4 juta.

Jadwal peluncurannya pun sama dengan Xbox Series X, yakni 10 November 2020. Nantinya, konsol ini juga akan ditawarkan dalam bentuk bundel seperti saudaranya tersebut. 

Xbox Series X Punya Kemampuan Main Gim Semua Konsol Lawas Microsoft

Xbox Series X. (Doc: Microsoft)
Xbox Series X. (Doc: Microsoft)

Sebelumnya, Jason Ronald, Direktur Program manajemen untuk Xbox Series X mengunggah informasi tentang konsol generasi mendatang mereka.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (30/5/2020), konsol generasi mendatang milik Microsoft ini mampu memainkan (kompatibel) dengan judul gim Xbox lawas.

"Mulai dari hari pertama diluncurkan, konsol ini kompatibel dengan semua gim yang pernah rilis di empat generasi konsol Xbox sebelumnya, termasuk Xbox, Xbox 360, Xbox One, dan Xbox One X," tulis Jason.

Tantangan Main Gim Lawas

Xbox Series X. (Doc: VRGear.com)
Xbox Series X. (Doc: VRGear.com)

Lebih lanjut, Jason menjelaskan tentang tantangan agar konsol baru Microsoft ini memainkan gim-gim lawas.

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh tim pengembang konsol Xbox Series X adalah varian arsitektur chip di masing-masing konsol lawas.

Namun berkat chip khusus di Series X, OS Xbox, dan hypervisor hal ini dapat terwujud.

Jason mengklaim, fitur kompatibilitas di Xbox Series X ini sudah diuji coba bermain gim lawas selama 100.000 jam.

Dengan data ini, dapat disimpulkan tim Xbox Series S sudah main ribuan gim di konsol tersebut.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Jatim Kampanye Gerakan Pakai Masker demi Cegah Klaster Pilkada 2020

Posted: 09 Sep 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur dan jajarannya mengkampanyekan "Gerakan Memakai Masker". Hal ini untuk mencegah munculnya klaster baru dari klaster Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menuturkan, gerakan memakai masker itu digaungkan menindaklanjuti Inpres nomor 6 tahun 2020.

"Kami menggandeng Forkopimda Kota Surabaya menginisiasi dan menindaklanjuti arahan presiden untuk meningkatkan disiplin guna menurunkan angka terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan kegiatan kampanye bermasker, kita tidak pernah bosan untuk melakukan sosialiasi," kata Fadil, seperti dikutip dari Antara, Kamis (10/9/2020).

Pada kesempatan itu Fadil menyoroti temuan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan dalam tahapan pilkada. Gerakan memakai masker diharapkan Fadil menjadi salah satu solusi mencegah timbulnya klaster baru.

"Pada kesempatan ini juga kita menindaklanjuti dan melakukan antisipasi tentunya klaster pilkada dengan menghadirkan teman-teman penyelenggara. Ada Ketua KPU Surabaya dari Bawaslu kebetulan berhalangan tapi ikut mendukung kegiatan kita, bersama tim dari paslon (pasangan calon) serta partai pengusung dan pendukung masing-masing paslon," tutur dia.

Lalai Protokol Kesehatan Bisa Kena Pidana 1 Tahun

Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran bersama forkopimda Jatim dan daerah menggelar kampanye penggunaan dan pembagian masker. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran bersama forkopimda Jatim dan daerah menggelar kampanye penggunaan dan pembagian masker. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Di akhir acara, Kapolda didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kapolrestabes Surabaya hingga Forkopimda Surabaya membagikan masker secara simbolis kepada perwakilan elemen masyarakat, seperti pengendara ojek daring, Banser, Bonek hingga perwakilan Pagar Nusa dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Selain itu, dilakukan penandatanganan kesepakatan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan Forkopimda Jawa Timur, perwakilan dari partai politik dan perwakilan dari Bakal Calon Wali Kota Surabaya.

Fadil mengingatkan di dalam Undang-Undang Karantina Kesehatan diwajibkan melaksanakan pencegahan penyakit, di mana jika lalai dapat dipidana satu tahun penjara.

"Apabila kita tahu bahwa terkonfirmasi positif dan tetap hadir dalam sebuah kegiatan, maka bisa dikenakan UU karantina. Sehingga bagi bawaslu dan KPU betul-betul bisa mengevaluasi terkait dengan tahapan pilkada yang sehat. Kalau kita lalai kita dapat dipidana satu tahun," ujar dia.

Dia berharap Polda Jatim bisa mendapatkan dukungan dari seluruh pihak dan masyarakat. Menurutnya, pencegahan penularan COVID-19 tidak bisa dilakukan pemerintah atau TNI dan Polri saja, namun perlu adanya peran aktif masyarakat. 

"Mudah-mudahan ini sebagai langkah awal semoga antisipasi kita untuk terjadinya klaster baru pilkada. Saya didukung teman-teman dari Kodam V/Brawijaya, dari TNI dan Pemprov Jatim yang setiap hari bersama-sama di lapangan melakukan penegakan disiplin, peningkatan disiplin inpres nomor 6 tahun 2020," ujar dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airlangga: Waktu Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19 Tak Selama saat Krisis 1998

Posted: 09 Sep 2020 10:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut waktu pemulihan dari guncangan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 relatif lebih cepat dibandingkan periode krisis yang terjadi pada tahun 1998 maupun 2008. Apalagi, keduanya butuh waktu bertahun-tahun.

"Kalau kita lihat kedalaman dari segi harga saham, di krisis Asia 1997-1998 itu butuh 7-8 tahun untuk kembali ke semula. Kemudian untuk krisis global di tahun 2008, butuh waktu 2 tahun," kata dia dalam acara diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Pada periode Krisis Asia 1997-1998, nilai tukar terdepresiasi hingga 566 persen. Saat periode krisis Global 2008, nilai tukar terdepresiasi hingga 39,6 persen. Saat ini nilai tukar relatif stabil dan telah bergerak menuju ke level sebelum Pandemi Covid-19.

"Namun kita juga harus melihat gas dan rem. Kita tetap harus menjaga kepercayaan publik karena ekonomi ini tidak semuanya faktor fundamental, tapi juga ada faktor sentimen terutama di sektor capital market," sambung Airlangga.

Dia juga menjelaskan, penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi membutuhkan rencana jangka menengah hingga tahun 2022-2023. Beberapa program utama yang akan disasar antara lain program yang berkaitan dengan kesehatan, bantuan sosial, padat karya untuk menjaga demand, restrukturisasi, dan transformasi ekonomi.

Di tahun 2021, biaya penanganan Covid-19 akan tetap berfokus pada kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pembiayaan korporasi, serta sektoral Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

"Pemerintah Pusat juga mendorong agar masing-masing Pemerintah Daerah menjalankan program, memacu perekonomiannya, serta melakukan belanja barang dan belanja modal. Dengan demikian, secara agregat kita bisa menjaga pertumbuhan," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Jokowi: Vaksin Covid-19 Sangat Penting untuk Tangani Krisis Kesehatan dan Ekonomi

Presiden Jokowi fokus 3T testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus 8 provinsi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua, (serta Kalsel) saat memimpin rapat terbatas COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). (Dok Kementerian Sekretariat Negara)
Presiden Jokowi fokus 3T testing, tracing, dan treatment dengan prioritas khusus 8 provinsi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua, (serta Kalsel) saat memimpin rapat terbatas COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). (Dok Kementerian Sekretariat Negara)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya vaksin untuk menangkal virus corona (Covid-19). Dia meyakini produksi vaksin akan sangat membantu pemerintah menyelesaikan krisis ekonomi dan kesehatan akibat Covid-19.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima Tim Vaksin Merah Putih di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Dalam kesempatan itu, dia meminta laporan perkembangan vaksin merah putih buatan Indonesia.

 

"Penemuan dan produksi vaksin Covid ini sangat penting untuk dapat segera menangani krisis kesehatan maupun krisis ekonomi," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (9/9/2020).

Dia meminta agar tim vaksin merah putih dapat bekerja cepat namun tetap mengikuti prosedur. Dengan begitu, vaksin corona dapat segera disuntikkan ke masyarakat dengan aman dan tanpa ada efek samping.

Jokowi sendiri menaruh harapan besar bagi pengembangan vaksin Merah Putih tersebut. Selain untuk mempercepat agar masyarakat dapat segera menerima vaksin tersebut, pengembangan vaksin Covid-19 di dalam negeri juga menunjukkan kemampuan dan kemandirian bangsa Indonesia untuk mengembangkan vaksin sendiri.

"Kita mampu mandiri dengan vaksin yang kita kembangkan dan kita produksi sendiri," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Wisma Atlet Mencekam, Meski Lampu Kamar Pasien Menyala Semua

Posted: 09 Sep 2020 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga Facebook dihebohkan dengan sebuah foto Wisma Atlet yang diambil pada malam hari. Tampak di foto, semua lampu Wisma Atlet menyala dan disebut dalam situasi yang mencekam.

Salah satu pengguna Facebook yang mengunggah foto Wisma Atlet terlihat mencekam di malam hari adalah Willz Tambunan. Dia mengunggahnya pada Rabu, 9 September 2020.

Begini narasi yang ada di dalam foto Wisma Atlet mencekam:

"RS Wisma Atlet lampu Kamar nyala semua....kurangi keluar rumah kalau ngga penting banget......mencekaam...."

Unggahan itu mendapat banyak respons dari warga Facebook, yakni 15 like dan 19 komentar. Semua komentar bernada ketakutan.

Lalu, benarkah Wisma Atlet sedang mencekam karena lampu kamar menyala semua?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan menggunakan mesin pencari. Tim memasukkan kata kunci: "Wisma Atlet."

Hasil penelusuran mengarahkan kepada artikel yang dimuat Merdeka.com pada Kamis, 10 September 2020. Artikel itu mengambil penjelasan dari Perwira Penerangan Kogabwilhan-I, Kolonel Marinir Aris Mudian.

Dalam penjelasannya, Aris membantah kalau semua kamar di Wisma Atlet sudah terisi penuh oleh pasien virus corona.

"(Kamar Wisma Atlet penuh) Enggak itu, tapi gini kita tuh pada prinsipnya kalau hanya berita-berita di medsos yang mana itu kita tidak bisa menjawab. Kalau mau tahu langsung jawab kepada yang memberikan informasi, tapi kalau dengan data Wisma Atlet yang kita kirim nah itu bisa digunakan sebagai bahan referensi," kata Aris saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Kamis (10/9).

Lebih lanjut, Aris mengatakan, Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat virus corona bisa menampung 4.500 orang. Sedangkan, pasien virus corona yang menjalani perawatan di Wisma Atlet hingga hari ini mencapai 1.600-an orang.

"(Enggak bener yang di medsos) Nah iya, dia kan enggak mengurus di situ. Kita kan yang mendapatkan informasi dari pelaksananya dari Kodam Jaya, sementara datanya kan sekarang aja 1.637 ada penambahan memang 76 dari yang kemarin, itu saja dulu patokan kita. Kalau yang di medsos yang lain-lain, semua kan bisa beri informasi," ujarnya.

"(Kamar di Wisma Atlet) Loh masih (kosong), kan satu menara itu sejak awal konsep itu dibuat bisa menampung lebih kurang 4.500-an," sambungnya.

Aris juga meminta masyarakat untuk tidak termakan informasi hoaks. Dia juga meminta masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan selama pandemi virus corona.

"Kita sudah sering sampaikan kepada masyarakat patuhi tetap protokol disiplin diberikan, pakai masker, lalu menjaga jarak, hindari kerumunan massa, cuci tangan, istirahat yang cukup atau pun jaga kesehatan, olahraga, itu semua sudah disampaikan," ucapnya.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Foto yang menggambarkan Wisma Atlet mencekam karena semua lampu kamar pasien virus corona menyala adalah false. Faktanya, kamar pasien di Wisma Atlet masih banyak yang kosong.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa 128 Saksi Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Posted: 09 Sep 2020 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi masih mendalami kebakaran yang terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan pada Sabtu malam 22 Agustus 2020. Sejauh ini, sudah ada 128 saksi yang diperiksa terkait insiden tersebut.

"Sejauh ini sampai saat ini sudah 128 saksi," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020).

Menurut Argo, para saksi terdiri dari petugas cleaning service, office boy, hingga karyawan dan pegawai Kejaksaan Agung. Selain itu, penyidik juga mengumpulkan sampel kebakaran di lokasi kejadian.

"Ada arang, kemudian ada kabel misalnya di situ," jelas dia.

Argo belum dapat memastikan kapan kesimpulan penyidik atas penyebab insiden kebakaran Kejaksaan Agung itu selesai. Sejauh ini, tim masih bekerja dengan mengumpulkan berbagai informasi dan temuan barang bukti.

"Belum ada, masih kita dalami (ada tidaknya kesengajaan)," Argo menandaskan.

Nilai Kerugian Kebakaran Kejaksaan Agung Diperkirakan Rp 1,1 Triliun

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dan Inafis melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (24/8/2020). Puslabfor Mabes Polri memeriksa seluruh penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dan Inafis melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (24/8/2020). Puslabfor Mabes Polri memeriksa seluruh penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kebakaran yang terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan, hingga kini masih dalam pendalaman penyidik. Soal kerugian, untuk sementara nilainya ditaksir mencapai Rp 1,1 triliun.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono menyampaikan, sebenarnya pihaknya belum dapat menghitung jumlah pasti kerugian tersebut.

"Perkiraan kerugian belum dihitung secara rinci, tapi kami sudah mendapat perkiraan sementara," tutur Hari saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2020).

Menutur Hari, ada dua jenis perkiraan kerugian. Yang pertama adalah terkait gedung dan bangunan, kemudian kedua soal isi yang ada dalam bangunan Kejaksaan Agung tersebut.

"Perkiraan kerugian yang pertama gedung dan bangunan Rp 178.327.638.121 miliar," jelas dia.

Adapun kerugian dari isi bangunan, lanjutnya, dari peralatan sederhana hingga mesin canggih ditaksir mencapai Rp 940.221.714.708 miliar.

"Total Rp 1.118.549.352.829 triliun, ini perkiraan sementara karena tim masih belum bisa memasuki area," Hari menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah akan Sediakan Tablet Murah untuk Belajar Online

Posted: 09 Sep 2020 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berkomitmen mendukung kegiatan belajar online atau pembelajaran jarak jauh dilakukan peserta didik sampai dengan akhir tahun mendatang. Selain memberikan bantuan subsidi kouta, pemerintah juga berencana akan menyediakan tablet murah.

"Dan ini salah satu program kami lihat bagaimana menyediakan tablet murah untuk masyarakat karena kita ketahui pulsa sebegaian besar student menggunakan nomor orang tua," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Agar tepat sasaran, lanjut Airlangga seluruh mekanisme pelaksanaan dan pembeliannya akan terus didalami oleh pemerintah. Jangan sampai ketika pemerintah sudah menyediakan tablet murah justru tidak tepat sasaran, atau digunakan untuk keperluan lain.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menganggarkan Rp 9 triliun untuk membantu kegiatan belajar online  selama 3 sampai 4 bulan ke depan untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Bantuan tersebut berupa tunjangan pulsa dan kuota internet.

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3 sampai 4 bulan ke depan," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam raker bersama Komisi X DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Rinciannya, kata Nadiem, Rp 7,2 triliun untuk subsidi kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Tiap bulan siswa akan mendapat 35 GB dan guru akan mendapat kuota 42 GB. Sedangkan, dosen dan mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan. Subsidi kuota akan diberikan selama September-Desember 2020.

 

Tunjangan Guru dan Dosen

Kemudian, Nadiem juga memberikan tambahan penerima tunjangan sebesar Rp 1,7 triliun. Dari tunjangan guru, dosen, hingga guru besar.

"Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga pendidikan dan tunjangan profesi, dosen dan tunjangan guru besar sebesar Rp 1,7 triliun. Jadi total ini sekitar Rp 9 triliun," ucapnya.

Mantan Bos Gojek itu berupaya agar dana tersebut dapat segera disalurkan. Dia berharap para peserta didik dan tenaga pendidik dapat terbantu dengan adanya bantuan ini.

"Ini yang sedang kami akselerasi secepat mungkin untuk bisa segera cair dan harapan kami adalah ini akan bisa membantu banyak sekali siswa dan mahasiswa kita dan juga guru-guru kita," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Dea Annisa dalam Balutan Hijab, Anggun dan Memesona

Posted: 09 Sep 2020 10:45 PM PDT

Tak hanya totalitas dalam berakting, wanita kelahiran 29 Februari 1996 ini juga mengubah penampilannya dalam berperan. Seperti saat membintangi sebuah sinetron di salah satu acara televisi, Dea Annisa tampil cantik dengan berhijab. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)
Tak hanya totalitas dalam berakting, wanita kelahiran 29 Februari 1996 ini juga mengubah penampilannya dalam berperan. Seperti saat membintangi sebuah sinetron di salah satu acara televisi, Dea Annisa tampil cantik dengan berhijab. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Tak hanya totalitas dalam berakting, wanita kelahiran 29 Februari 1996 ini juga mengubah penampilannya dalam berperan. Seperti saat membintangi sebuah sinetron di salah satu acara televisi, Dea Annisa tampil cantik dengan berhijab. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Ketika menjalani sebuah pemotretan, pemain sinetron Tangisan Anak Tiri ini tampak anggun mengenakan hijab. Busana bertema monokrom ini dipadukan dengan hijab berwarna hitam. Topi yang ia kenakan juga membuat penampilannya makin lengkap. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)
Ketika menjalani sebuah pemotretan, pemain sinetron Tangisan Anak Tiri ini tampak anggun mengenakan hijab. Busana bertema monokrom ini dipadukan dengan hijab berwarna hitam. Topi yang ia kenakan juga membuat penampilannya makin lengkap. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Ketika menjalani sebuah pemotretan, pemain sinetron Tangisan Anak Tiri ini tampak anggun mengenakan hijab. Busana bertema monokrom ini dipadukan dengan hijab berwarna hitam. Topi yang ia kenakan juga membuat penampilannya makin lengkap. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Dea Annisa dikenal punya paras cantik dan imut. Tak ayal dirinya selalu tampak memesona dalam alutan segala jenis busana. Termasuk gayanya saat seperti yang satu ini. Wanita 24 tahun itu tampil anggun dengan hijab berwarna kuning mustard. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)
Dea Annisa dikenal punya paras cantik dan imut. Tak ayal dirinya selalu tampak memesona dalam alutan segala jenis busana. Termasuk gayanya saat seperti yang satu ini. Wanita 24 tahun itu tampil anggun dengan hijab berwarna kuning mustard. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Dea Annisa dikenal punya paras cantik dan imut. Tak ayal dirinya selalu tampak memesona dalam alutan segala jenis busana. Termasuk gayanya saat seperti yang satu ini. Wanita 24 tahun itu tampil anggun dengan hijab berwarna kuning mustard. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Dea Annisa memilih hijab yang simpel dan sederhana. Seperti saat mengenakan hijab berwarna ungu ini. Kendati demikian, pesona cantik wanita yang dikabarkan dekat dengan Maxime Bouttier ini semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)
Dea Annisa memilih hijab yang simpel dan sederhana. Seperti saat mengenakan hijab berwarna ungu ini. Kendati demikian, pesona cantik wanita yang dikabarkan dekat dengan Maxime Bouttier ini semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

Dea Annisa memilih hijab yang simpel dan sederhana. Seperti saat mengenakan hijab berwarna ungu ini. Kendati demikian, pesona cantik wanita yang dikabarkan dekat dengan Maxime Bouttier ini semakin terpancar. (Liputan6.com/IG/@deaaannisa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wali Kota Bogor Cek Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar Ciawi

Posted: 09 Sep 2020 10:45 PM PDT

Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (kedua kiri) mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wali Kota Bogor Bima Arya (kedua kiri) mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (kedua kiri) mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) saat mengecek kepatuhan warga dalam menggunakan masker di Pasar Ciawi, Bogor, Kamis (10/9/2020). Kegiatan ini bagian dari kesepakatan antara Pemkot dan Pemkab Bogor dalam pengawasan penerapan protokol kesehatan di titik-titik perbatasan. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut: Masalah Keuangan PT INTI Sudah Sejak 2014

Posted: 09 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT INTI (Persero) Otong Iip mengungkapkan perusahaannya sudah bermasalah sejak 2014. Otong Iip sendiri ditunjuk menjadi orang nomor satu di PT INTI baru Oktober 2019.

Diungkapkannya, adapun yang melatar belakangi kondisi tersebut adalah Cash Flow Operation (CFO) dan Ekuitas Perusahaan yang berada di posisi negatif. Kondisi tekanan keuangan yang cukup berat ini sudah terjadi sejak lima tahun terakhir, terhitung sejak 2014 hingga 2019, dimana Laba Ditahan pada Neraca Perusahaan sudah negatif.

"Salah satu penyebabnya dikarenakan proyek-proyek masa lalu yang dikerjakan oleh Perusahaan mengalami kerugian yang cukup besar. Hal ini terus berlanjut hingga perusahaan memiliki utang non produktif mencapai 90 persen," ucap dia, Kamis (10/9/2020).

Pada akhir tahun 2019, ditegaskannya, manajemen baru mulai melakukan program transformasi pada lingkup bisnis, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan proses bisnis serta tatakelola perusahaan sekaligus melakukan Restrukturisasi Utang dan Optimalisasi Aset.

Hal ini didukung dengan masuknya PT INTI ke dalam cluster Industri Telekomunikasi sehingga perusahaan memiliki arah dan fokus bisnis yang lebih jelas dengan lebih memfokuskan pelanggan Telkom Group.

"Performansi Perusahaan pada Januari hingga Agustus 2020 berada dalam kondisi yang mulai membaik," klaim dia.

Hal ini ditunjukkan dengan posisi pertumbuhan pendapatan, EBITDA dan Net Income tumbuh secara signifikan, meskipun secara Cash Flow Operation (CFO) masih negatif karena menanggung utang masa lalu yang cukup besar.

Otong Iip mengakhiri, solusi yang tengah dijalankan manajemen saat ini dalam upaya penyehatan Perusahaan dilakukan melalui transformasi bisnis dengan memperbesar pola Business to Business (B2B) dengan Telkom Group, transformasi keuangan dengan melakukan restrukturisasi atas utang PT INTI (Persero) dan perolehan dana talangan dari berbagai sumber dengan tetap berpedoman pada kaidah tata kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

Kondisi PT INTI, Banyak Utang dan Rugi Rp 397,7 Miliar

Gedung PT INTI (Persero) (dok: Humas)
Gedung PT INTI (Persero) (dok: Humas)

 PT INTI (Persero) menjadi salah satu BUMN yang tengah menjadi sorotan. Hal ini lantaran perusahaan plat merah ini tak membayar gaji sejumlah karyawannya hampir satu tahun. Tepatnya, terakhir perusahaan menggaji karyawan yaitu Februari 2020.

Pada 2020 ini, PT INTI sebenarnya mendapat beberapa proyek. Yang terbaru, PT INTI menjalin kerja sama dengan PT PP Infrastruktur (PT PP (Persero) Tbk. Group) terkait investasi infrastruktur. Sayangnya proyek ini belum cukup untuk menutup beban perusahaan.

Dikutip Liputan6.com dari laporan keuangan PT INTI 2019, Rabu (9/9/2020), perusahaan teknologi yang bermarkas di Bandung ini memiliki jumlah utang yang tidak sedikit. Total liabilitas PT INTI mencapai Rp 1,6 triliun. Dimana terdiri dari liabilitas jangka pendek Rp 818 miliar dan jangka panjang Rp 843,8 miliar. Liabilitas ini meningkat jika dibandingkan tahun 2018 yang sebesar Rp 1,4 triliun.

Utang ini untuk liabilitas jangka pendek, utang paling banyak dari utang usaha yang terdiri dari utang pihak ketiga Rp 209,9 miliar dan pihak berelasi Rp 217,8 miliar. Sementara untuk liabilitas jangka panjang, utang paling banyak dari pihak bank yang mencapai Rp 718,7 miliar.

Sementara di sisi lain, kinerja PT INTI juga tidak untung. Pendapatan perseoran tahun lalu mengalami penurunan. Jika 2018 pendapatan sebesar Rp 649,7 miliar, maka di 2019 hanya Rp 395,3 miliar.

Alhasil, PT INTI mencatatkan rugi komprehensif mencaapai Rp 397,7 miliar di 2019. Kerugian ini naik drastis jika dibandingkan 2018 yang saat itu rugi Rp 87,2 miliar.

Sedangkan PT INTI mencatat aset perusahaan sebesar Rp 1,3 triliun. Dimana terdiri dari aset lancar Rp 481,8 miliar dan aset tidak lancar Rp 911,5 miliar. Mengenai aset ini, tercatat juga turun jika dibandingkan 2018 yang saat itu sebesar Rp 1,5 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta PSBB Lagi, Mendag Agus Minta Jalur Distribusi Tetap Lancar

Posted: 09 Sep 2020 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan, Agus Supramanto meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menghalangi jalur distribusi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebab, jika jalur distribusi terganggu maka akan berdampak pada suplai chain atau rantai pasok.

"Setiap wilayah yang memberlakukan PSBB harus memberikan kelancaran jalur-jalur distribusi termasuk logistik supaya usaha dan perekonomian tetap berjalan," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Dia mengatakan, hampir 50 persen produk domestik bruto (PDB) Indonesia berasal dari sektor konsumsi. Oleh karenanya, jika distribusi tidak lancar maka akan berdampak pula terhadap PDB.

"PSBB ini memang membatasi ruang gerak kita. Namun demikian ini ada aktivitas yang masih boleh dibuka yaitu berkaitan kesehatan, kemudian khsuusnya bahan pangan, makanan dan minuman. Ini ritel-ritel tetap buka tetapi tidak bisa melayani pengunjung," kata dia.

Dengan pemberlakukan PSBB kembali, maka pola masyarakat konsumsi masyarakat dan pelaku usaha juga harus berubah dengan menggunakan digital dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari.

"Nah dengan era digital ini, agar pelaku usaha melakukan aktivitasnya melalui digital. Dan juga di sini perlunya komunikasi, sehingga masyarakat yang membutuhkan bisa berkomunikasi. Dan mereka tahu bisa delivery order dan sebagiannya ini bisa dilakukan," tandas dia.

 

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

PSBB Berlaku Lagi di Jakarta, Bakal Ada Gelombang PHK?

Suasana jam pulang kerja di jalur pedestrian kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (22/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan perubahan sif kerja dengan waktu jeda tiga jam, yaitu pukul 07.00-16.00 pada sif pertama dan pukul 10.00-19.00 pada sif kedua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana jam pulang kerja di jalur pedestrian kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (22/6/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan perubahan sif kerja dengan waktu jeda tiga jam, yaitu pukul 07.00-16.00 pada sif pertama dan pukul 10.00-19.00 pada sif kedua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengajak pelaku usaha di Jakarta agar tidak melakukan kembali Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya, meskipun Jakarta kembali diterapkan PSBB pada 14 September 2020 nanti.

"Kami mengajak kepada pelaku usaha di Jakarta untuk tegar dan semangat menghadapi ketidakpastian ini, dan semaksimal mungkin jangan melakukan PHK," kata Sarman Kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, pelaku usaha harus mendukung dan membantu pemerintah mengendalikan dan mematikan penyebaran virus Covid-19 ini, sehingga pemerintah dapat membuka kembali berbagai aktivitas ekonomi.

"Harapan kami dari pelaku usaha adalah agar berbagai stimulus dan relaksasi yang ditujukan kepada pengusaha, dapat diperpanjang sampai akhir tahun karena pelaku usaha tidak dapat secara maksimal memanfaatkan itu akibat dari ketidakpastian ini," ungkapnya.

Kemudian berbagai program bansos untuk dapat diteruskan untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencaharian. Serta yang paling penting, Sarman berharap PSBB ini yang terakhir, di mana pemerintah agar betul-betul melakukan pengawasan dan penindakan secara ketat.

Sebagaimana melibatkan semua perangkat yang ada sampai tingkat RT/RW, untuk memastikan seluruh masyarakat melaksanakan protokol Kesehatan.

"Akhirnya dalam masa PSBB ini dapat dibuktikan bahwa kita mampu menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 ini DKI Jakarta dan sekitarnya," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Jakarta Diperketat, Pengusaha Angkutan Minta Kejelasan Aturan Operasional

Posted: 09 Sep 2020 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat mulai 14 September 2020. Kebijakan ini diterapkan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang terus meninggi.

Dengan pemberlakuan PSBB, maka pergerakan masyarakat juga akan terbatas, demikian pula dengan transportasi umum.

Sekretaris Jenderal DPP Organisasi Angkutan Darat (Organda) Ateng Aryono menyatakan, dalam sektor transportasi, pemerintah perlu menjelaskan lebih rinci soal keputusan pembatasan operasional angkutan umum.

"Apakah akan kembali seperti awal pandemi di bulan Maret lalu, atau ada modifikasi aturan? Interpretasi saya, dari penjelasan Pak Gubernur (Anies), itu akan kembali seperti awal, jadi sebenarnya sudah bisa diperkirakan seperti apa," jelas Ateng saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Ateng bilang, sifat transportasi umum mengikuti mobilitas masyarakat. Jika masyarakat tidak bepergian, tentu kinerja angkutan umum akan menurun.

Kendati, para pengemudi khususnya angkutan yang tidak dalam trayek bisa saja memilih menjalankan angkutannya.

"Tapi, toh, nggak ada penumpang, tentu ini potensi penurunan bagi transportasi," kata Ateng.

Ateng melanjutkan, Organda sendiri mendukung dan mematuhi segala keputusan pemerintah. PSBB yang diberlakukan mau tidak mau memberi dampak bagi pengusaha dan pengemudi angkutan umum, sehingga konsenkuensi dari dampak tersebut harus dipastikan dapat teratasi dengan baik.

"Ketika pemerintah mengatakan ini stop, harusnya ada support. Yang paling sederhana ke pengemudi, support BLT dan bantuan yang lain harus berjalan dan itu benar-benar tersampaikan ke mereka," katanya.

PSBB Berlaku Lagi di Jakarta, Bakal Ada Gelombang PHK?

Petugas mengukur suhu tubuh calon penumpang sebelum memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas mengukur suhu tubuh calon penumpang sebelum memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengajak pelaku usaha di Jakarta agar tidak melakukan kembali Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya, meskipun Jakarta kembali diterapkan PSBB pada 14 September 2020 nanti.

"Kami mengajak kepada pelaku usaha di Jakarta untuk tegar dan semangat menghadapi ketidakpastian ini, dan semaksimal mungkin jangan melakukan PHK," kata Sarman Kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, pelaku usaha harus mendukung dan membantu pemerintah mengendalikan dan mematikan penyebaran virus Covid-19 ini, sehingga pemerintah dapat membuka kembali berbagai aktivitas ekonomi.

"Harapan kami dari pelaku usaha adalah agar berbagai stimulus dan relaksasi yang ditujukan kepada pengusaha, dapat diperpanjang sampai akhir tahun karena pelaku usaha tidak dapat secara maksimal memanfaatkan itu akibat dari ketidakpastian ini," ungkapnya.

Kemudian berbagai program bansos untuk dapat diteruskan untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencaharian. Serta yang paling penting, Sarman berharap PSBB ini yang terakhir, di mana pemerintah agar betul-betul melakukan pengawasan dan penindakan secara ketat.

Sebagaimana melibatkan semua perangkat yang ada sampai tingkat RT/RW, untuk memastikan seluruh masyarakat melaksanakan protokol Kesehatan.

"Akhirnya dalam masa PSBB ini dapat dibuktikan bahwa kita mampu menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 ini DKI Jakarta dan sekitarnya," pungkasnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Belum Temukan Penyebab Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Posted: 09 Sep 2020 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, penyidik masih mendalami penyebab insiden kebakaran di Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan.

"Sampai saat ini kita telah selesai melakukan olah TKP dan kita sementara ini sudah selesai juga untuk pengambilan sample barang bukti," tutur Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020).

Namun, lanjut Argo, pihaknya masih belum dapat menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran di Kejagung. Pasalnya, hasil dari pemeriksaan laboratorium forensik belum keluar.

"Kita masih menunggu daripada hasil laboratorium forensik, kemudian juga nanti ada beberapa analisa dari pada penyidik dari keterangan saksi di sana. Kita masih menunggu daripada Labfor hasilnya atau kesimpulannya seperti apa," jelas dia.

Adapun sejumlah sampel yang diambil tim olah TKP di lokasi kebakaran di antaranya arang dan kabel listrik. Sementara untuk rekaman CCTV sebagian isinya sudah dilihat penyidik.

"Kita tidak bisa untuk memaksa kemudian labfor ya, labfor ada kita lihat tersendiri kapan nanti dia akan selesai," Argo menandaskan.

Dua Kali Cek Lokasi

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menerangkan, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri sudah dua kali melakukan pengecekan ke lokasi. Ada beberapa hal yang dilakukan antara lain menyita kamera pengawas di Kompleks Kejaksaan Agung dan sekitarnya. Ada 24 kamera pengawas yang diamankan.

"Pertama untuk CCTV yang diambil dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kantor Kejaksaan Agung ada sekitar 8 unit CCTV kemudian ada sekitar 18 CCTV yang diambil dari sekitar kantor Kejaksaan Agung sehingga total 24 unit," kata dia di Mabes Polri, Kamis (27/8/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Jatim: Lalai Terapkan Protokol Kesehatan Bisa Kena Pidana Satu Tahun

Posted: 09 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran bersama forkopimda Jatim dan daerah menggelar kampanye penggunaan dan pembagian masker di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Kamis (10/9/2020).

Kampanye pemakaian dan pembagian masker ini untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru sehingga mendukung percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Selain dihadiri oleh Forkopimda Jawa Timur, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari dua pasangan bakal calon Wali Kota Surabaya yaitu Eri Cahyadi-Armuji dan Mujiaman, KPU Kota Surabaya, Bawaslu, Parpol, serta elemen masyarakat.

"Kita ingatkan terus kepada masyarakat agar tetap memakai masker, masker dan masker. Mereka yang masih di rumah sakit seperti yang dikatakan Bu Risma tadi, COVID-19 nya sudah sembuh, cuma penyakit penyerta belum sembuh," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran. 

Fadil menegaskan, ada UU karantina kesehatan yang mewajibkan untuk melaksanakan pencegahan. Jika lalai dapat dipidana satu tahun.

"Apabila kita tahu bahwa kita terkonfirmasi positif dan kita tetap hadir dalam sebuah kegiatan, maka bisa dikenakan UU karantina. Sehingga bagi bawaslu dan KPU betul-betul bisa mengevaluasi terkait dengan tahapan pilkada yang sehat," ucapnya. 

"Ada UU Karantina didalam penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan, yang nantinya bisa di pidanakan jika kita lalai," ia menambahkan.

Kapolda Jatim Ingatkan Terapkan Protokol Kesehatan

Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Fadil berharap, gerakan yang sederhana ini jangan dianggap sepele, dan harus digelorakan. Ia berharap, semua pihak semangat menerapkan protokol kesehatan.

"Ini tidak bisa dilakukan oleh TNI maupun Polri dan pemerintah saja, melainkan harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat yang harus tetap menerapkan protokol kesehatan," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Buah Luhut Selidiki Tagihan Listrik yang Bengkak hingga Rp 70 juta di Malang

Posted: 09 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telusuri kenaikan tidak wajar tagihan listrik pelanggan pascabayar PLN. Salah satunya pelanggan PLN asal Malang yang tagihan listrik bisnisnya meningkat tajam selama pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan telah mengutus dua orang stafnya untuk melakukan verifikasi ke Malang.

"Sekarang sedang kami verifikasi hari ini. Dua staf saya mengecek meteran di sana dan kenapa naiknya gila-gilaan," kata Purbaya dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Kamis (10/9).

Dalam aduannya, pelanggan ini melaporkan kenaikan tagihan listrik yang terus membengkak selama pandemi Covid-19. Pada bulan Mei dan Juni tagihan listrik terus naik dari Rp 1 juta, Rp 2 juta, Rp 50 juta hingga terakhir Rp 70 juta.

"Jadi kasus aneh yang diluar kewajaran masih kami investigasi, kalau salah akan kami betulkan secepatnya," kata dia.

Selama satu bulan terakhir, pihaknya telah menerima 410 aduan dari masyarakat. Sebanyak 10 persen diantaranya mengalami hal sama yang dialami pelanggan di Malang tersebut.

Pembukaan layanan aduan ini kata Purbaya dilakukan untuk melihat duduk permasalahan yang sebenarnya terjadi. Mencari tahu penyebab terjadinya aduan seragam dari pelanggan pascabayar PLN.

Ternyata, mayoritas pelanggan yang melakukan pengaduan tidak menyadari dampak kebijakan PSBB dan banyak aktivitas di rumah membuat konsumsi listrik meningkat. Setelah itu, pihaknya mencari tahu asal muasal terjadinya kenaikan tagihan listrik tidak wajar tersebut.

"Ternyata tidak masif oke lah, kita fokus ke yang tidak wajar tadi," kata dia.

Sehingga kata Purbaya 2 stafnya yang dikirim ke Malang itu akan memastikan penyelesaian antara PLN dengan pelanggan.

"Kami kirim orang ke sana untuk lihat dan pastikan bahwa ada treatment yang adil. Kalau memang tagihan berlebihan kita lihat, kalau emang pemakaian segitu ya sudah tapi harus ada perlakuan yang netral," jelas Purbaya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Jakarta Kembali Terapkan PSBB, Tagihan Listrik Bakal Membengkak Lagi?

Banner Infografis Keluhan Lonjakan Tagihan Rekening Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)
Banner Infografis Keluhan Lonjakan Tagihan Rekening Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta pada 14 September 2020.

Dengan kebijakan tersebut, maka kegiatan perkantoran bakal dihentikan sementara, dan mayoritas pekerja bakal menerapkan sistem work from home (WFH).

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Purbaya Yudhi Sadewa, tak menyangkal kemungkinan jika penerapan sisten WFH akan kembali membuat tagihan listrik melonjak drastis seperti masa awal PSBB di Mei-Juni 2020.

"Penerapan PSBB cenderung meningkatkan rata-rata hunian dan aktivitas penghuni rumah, sehingga berpotensi menaikan konsumsi energi listrik," kata Purbaya dalam sesi teleconference, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, pelanggan pascabayar belum disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi listrik beserta tagihannya. Selain itu, pengaduan pelanggan yang belum memahami permasalahan juga kerap digaungkan berlebihan di media sosial.

"PLN perlu mengoptimalkan komunikasi publik, terutama dalam mengantisipasi kejadian khusus seperti PSBB. Setelah diberi penjelasan, pelanggan dapat memahami situasi dan ketidaknormalan yang terjadi," imbuhnya.

Namun, Purbaya menilai PLN sekarang sudah berhasil menerapkan sistem pengaduan yang lebih bagus dibanding sebelumnya. Dengan begitu, ia percaya masyarakat nanti tidak akan terlalu kaget jika harus kembali menghadapi lonjakan tagihan listrik.

"Kalau PSBB yang sekarang mungkin masyarakat tidak akan terlalu kaget karena mereka tahu dari kebijakan sebelumnya, bahwa stay at home bisa meningkatkan pemakaian listrik," ujar Purbaya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prilly Latuconsina Kaget Maxime Bouttier Dikabarkan Dekat dengan Dea Imut

Posted: 09 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan kekasih Prilly Latuconsina, Maxime Bouttier, dikabarkan tengah dekat dengan Dea Annisa atau yang dikenal dengan Dea Imut. Kabar tersebut beredar setelah Maxime Bouttier nampak hadir dalam pesta ulang tahun Dea beberapa waktu lalu.

Ternyata kabar kedekatan Maxime Boutier dengan Dea Annisa tak diketahui oleh Prilly Latuconsina. Saat diberitahu oleh awak media, Prilly Latuconsina mengaku kaget.

"Serius? Gila dia udah punya pacar baru?" ungkap Prilly latuconsina kaget ditemui saat promo lagu duetnya dengan Vidi Aldiano di Jakarta beberapa waktu lalu.

Didahului

Prilly Latuconsina bersama Maxime Bouttier (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina bersama Maxime Bouttier (Instagram/prillylatuconsina96)

Prilly Latuconsina mengaku kelewatan perihal informasi tentang mantan kekasihnya yang sudah punya wanita baru dalam hatinya. Tak hanya itu, ia juga mengaku ketinggalan oleh Maxime Boutier perihal asmara.

"Kurang asem, gue kelewatan," tutur Prilly Latuconsina seraya tertawa.

Tak Kenal Dea Annisa

(Instagram/prillylatuconsina96)
(Instagram/prillylatuconsina96)

Saat diberitahukan oleh awak media, bintang film Danur ini juga tidak mengenal sosok Dea Annisa.

"Siapa sih (pacar baru Maxime)?" tanya Prilly Latuconsina.

"Saya nggak tahu lagi...," jawab Prilly Latuconsina.

Mendoakan

Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)

Kendati demikian, Prilly Latuconsina mendoakan yang terbaik untuk Maxime Bouttier perihal kedekatannya dengan Dea Annisa.

"Ya udah kalau dia udah punya yang baru tapi nggak tahu ya, kalau iya alhamdulillah," terang Prilly Latuconsina lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Daerah di Sumut Berisiko Tinggi Penyebaran Covid-19 Saat Pilkada

Posted: 09 Sep 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Medan Sebanyak 5 daerah di Sumatera Utara (Sumut) tergolong memiliki risiko tinggi penyebaran Virus Corona Covid-19 selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan perketat protokol kesehatan.

Hal itu terungkap saat rapat koordinasi khusus (Rakorsus) tingkat menteri secara virtual bersama Menkopolhukam, Mahfud MD, Mendagri, Tito Karnavian, Ketua KPU, Arief Budiman, Ketua Bawaslu, Abhan, dan Kapala BNPB Doni Manardo.

Asistem Umum dan Aset Pemprov Sumut, Muhammad Fitriyus, yang mengikuti Rakorsus tersebut dari Posko Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, mengatakan, 5 daerah yang masuk dalam daftar berisiko tinggi yaitu Kabupaten Mandailing Natal, Kota Binjai, Kota Gunungsitoli, Kota Medan, dan Kota Sibolga.

"Selebihnya masuk ke dalam kategori risiko sedang, dua daerah tidak terdampak dan tidak memiliki kasus," kata Fitriyus, Kamis (10/9/2020).

Disebutkannya, GTPP Covid-19 Sumut, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri akan semakin menguatkan kedisiplinan protokol kesehatan selama masa Pilkada. Kemudian, akan ada sanksi yang lebih kuat kepada bakal calon (balon) dan juga timnya bila melanggar protokol kesehatan.

"Tentunya ini akan kita sama-sama bahas seperti apa detailnya. Tetapi untuk lima daerah risiko tinggi yang disebutkan Kepala BNPB, kita akan lebih fokus," ucap Fitriyus.

 

6 Bakal Calon Peserta Pilkada Positif Covid-19

Rakorsus tersebut dari Posko Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.
Rakorsus tersebut dari Posko Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Manardo saat Rakorsus tingkat menteri secara virtual, mengatakan, 5 daerah di Sumut ini masuk ke dalam risio tinggi salah satu faktornya adalah perkembangan kasus konfirmasi Covid-19 dan kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan.

"Pemerintah Provinsi Sumut perlu mewaspadai ini dan agar tidak terjadi klaster baru saat Pilkada," kata Doni.

Berdasarkan laporan Ketua KPU, Arief Budiman, total ada 47 bakal calon dari 270 daerah di Indonesia yang akan menyelenggarakan Pilkada terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 6 orang diantaranya balon bupati/wali kota di Sumut.

"Tingginya peningkatan kasus konfirmasi positif bisa berdampak pada partisipasi masyarakat di Pilkada ini," ujarnya.

Masalah Keamanan

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis saat rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019). Rapat membahas anggaran, pengawasan, dan isu-isu terkini di Indonesia termasuk bom bunuh diri di Polrestabes Medan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Selain masalah wabah Covid-19, masalah keamanan juga menjadi poin pembahasan pada Rakorsus ini. Kapolri Idham Azis mengatakan, beberapa daerah di Sumut juga masuk dalam kategori wilayah rawan, yaitu Kabupaten Tapanuli Selatan, Nias Selatan, Kota Pematangsinatar, dan Binjai. Sedangkan Medan masuk kategori sangat rawan bersama Batam.

"Medan dan Batam itu masuk ke kategori sangat rawan. Tetapi kita tentu sudah mengantisipasi ini dengan mempersiapkan personel yang cukup," sebut Idham.

Kepala Biro Otda Pemprov Sumut, Basarin Tanjung mengatakan, akan dibentuk tim pengamanan untuk jadwal-jadwal yang rawan seperti penetapan pasangan calon, perhitungan suara, kampanye, pemungutan dan pengumuman.

"Polanya tentunya nanti bersama Polda, TNI, Pemprov Sumut akan merumuskannya bersama. Yang pasti kita berupaya sekuat tenaga karena Pilkada di Sumut relatif terkendali," Basarin menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RUU Cipta Kerja Ancam Keberadaan Pesantren, Benarkah?

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara syariah dan Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Andi Syafrani mengklaim, bila Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja tidak ancam keberadaan pesantren terlebih pidanakan kiai.

Hal itu Andi sampaikan untuk merespons kekhawatiran sejumlah pihak atas informasi yang diedarkan secara masif di media sosial terkait RUU Cipta Kerja dan dampaknya terhadap pesantren.

Kekhawatiran itu juga disampaikan oleh Ketua Presidium Forum Silaturrahim Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten KH. Sulaiman Effendi dalam Forum Mudzakarah Kiai Menimbang Kemaslahatan Omnibus Law RUU Cipta Kerja dalam Perspektif Pesantren, yang digelar FSPP Banten, di Serang beberapa waktu lalu.

Dalam forum tersebut Andi menyampaikan, terdapat enam undang-undang terkait Pendidikan dan kebudayaan yang diatur dalam RUU Cipta Kerja. Terkait masalah pendidikan, yang diatur dalam RUU Cipta Kerja hanyalah perizinannya, yaitu pada paragraf 12. Adapun UU nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren tidak termasuk salah satu yang diatur dalam RUU Cipta Kerja.

"Dalam bahasa ushul fiqih, RUU Cipta Kerja sudah muqoyyad (terbatas) mengatur enam UU terkait kebudayaan dan pendidikan. Adapun UU tentang Pesantren tidak termasuk yang diatur RUU Cipta Kerja," tegas Ketua Ikatan Alumni Pesantren Mambaul Hikam Jombang ini.

Andi melanjutkan, terkait pendidikan, Undang-undang utama yang dimuat dalam RUU Omnibus Law Cipta Kerja adalah Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Menurut Andi, Pasal 62 UU Sisdiknas 2003 mengatur soal kewenangan perizinan lembaga Pendidikan, sedangkan Pasal 71 Sisdiknas mengancam pidana bagi lembaga pendidikan yang tidak memiliki izin berusaha pendirian lembaga pendidikan formal ataupun nonformal.

Menurut Andi, RUU Cipta Kerja mengubah pasal 62 dan 71 Sisdiknas hanya terkait kewenangan perizinan pendirian lembaga pendidikan saja, dari kewenangan pemerintah daerah atau pemerintah pusat menjadi kewenangan pemerintah pusat saja. Jadi, pasal 71 yang mengatur soal pidana bagi lembaga pendidikan yang tidak memiliki izin bukan pasal baru dalam RUU Cipta Kerja.

"Pasal 71 ini bukan pasal baru dalam RUU Cipta Kerja, tetaapi sudah ada sejak tahun 2003. Sepanjang menjadi praktisi hukum, saya belum pernah dengar ada sekolah (pendiri) yang terkena pidana karena pasal 71 UU Sidiknas ini. Yang kena pidana bisanya yang memalsukan akreditasi, juga pemalsuan ijasah," ungkap Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syraif Hidayatullah Jakarta ini.

Pasal 62 dan 71 UU Sisdiknas 2003 yang dimuat dalam RUU Cipta Kerja inilah yang dalam beberapa minggu terakhir memicu anggapan bahwa lembaga informal yang dimaksud dalam UU Sisidknas 2003 tersebut termasuk lembaga pesantren.

Andi meluruskan, lembaga pesantren berbeda dengan lembaga pendidikan formal ataupun informal yang diatur dalam UU Sisdiknas 2003. "Alhamdulillah, dengan adanya UU tentang Pesantren, eksistensi pesantren itu menjadi spesial," kata Andi.

 

Tidak Ada yang Protes

Buruh saat melakukan aksi di depan Gedung DPR RI, Jakrta, Selasa (25/8/2020). Aksi tersebut menolak draft omnibus law RUU Cipta Kerja yang diserahkan pemerintah kepada DPR. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Buruh saat melakukan aksi di depan Gedung DPR RI, Jakrta, Selasa (25/8/2020). Aksi tersebut menolak draft omnibus law RUU Cipta Kerja yang diserahkan pemerintah kepada DPR. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut Andi menjelaskan, bahwa yang dimaksudkan pendidikan informal dalam UU Sisdiknas 2003 adalah lembaga-lembaga pendidikan untuk ketrampilan, seperti lembaga-lembaga kursus. Andi mempertanyakan pihak-pihak yang mempermasalahkan pasal 71 dalam UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 yang dianggap akan mengancam eksistensi lembaga pendidikan.

"Tidak ada satu pun tokoh agama saat itu yang memprotes tentang keberadaan pasal 71 UU Sisdiknas 2003. Jadi, saya tegaskan pasal ini tidak baru. Jadi kalau mengangkat ini menjadi masalah, itu sudah basi. Itu ada tendensi politik mempermasalahkan itu," tegas Mustasyar PCNU cabang Australia-Selandia Baru (2007-2009).

Kata Andi, kenapa RUU ini mengatur perizinan lembaga pendidikan karena RUU Cipta Kerja ingin menyederhanakan segala perizinan menjadi satu pintu, yakni melalui pemerintah pusat. Tidak hanya izin usaha dan investasi, tapi juga pendirian lembaga pendidikan.

Karena, menurut Andi, hambatan utama usaha dan investasi di Indonesia itu cukup berlika-liku dan berlapis-lapisnya perizinan dari tingkat daerah hingga tingkat pusat dan dari instasi satu ke instasi lain. Meski bisa memahami motif penyederhanaan perizinan, Andi juga mengkritisi upaya pemerintah pusat untuk melakukan sentralisasi perizinan dalam RUU Cipta Kerja.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Merawat Kaus Sablon Polyflex agar Lebih Awet

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sablon polyflex merupakan salah satu teknik sablon yang bisa dibilang cukup baru. Polyflex sendiri merupakan nama teknik yang digunakan dan memliki arti yaitu elastis. Media yang digunakan adalah bahan seperti sticker atau vinyl. Sablon polyflex sendiri sebenarnya justru paling banyak digunakan pada jersey pemain bola.

Proses pemasangan sablon polyflex sendiri, pertama-tama dengan mencetak desain yang akan ditempel dengan mesin cutting sticker. Kemudian, desain yang sudah dipotong diletakkan pada bagian kain yang diinginkan. Baru kemudian desain tersebut dilakukan press supaya berpindah ke kain. Keuntungan dari sablon polyflex yaitu proses pengerjaan yang cukup cepat.

Dari segi kualitas, sablon polyflex bisa memberi beberapa keunggulan antara lain hasil sablon yang lebih awet karena sifatnya yang elastis, tidak mudah pudar, melekat kuat, serta bisa menghasilkan sablon dengan warna yang solid. Itulah mengapa sablon polyflex menjadi cukup populer.

Biasanya sablon polyflex digunakan pada kaus, jaket, hingga tas. Meski polyflex memiliki beberapa keunggulan yang disebutkan di atas, namun perlu juga untuk memperhatikan cara merawat kaus sablon polyflex yang benar. Tentunya agar hasil sablon bisa lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu bahan kaus yang digunakan juga lebih tahan lama dan tidak mudah pudar.

Nah, untuk membahas lebih dalam bagaimana cara merawat kaus sablon polyflex tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara merawat kaus sablon polyflex yang tepat agar kaus bisa lebih awet, Kamis (10/9/2020).

1. Jangan dicuci dengan mesin cuci

Ilustrasi pakaian dicuci dengan mesin cuci. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi pakaian dicuci dengan mesin cuci. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Cara merawat kaos sablon polyflex yang paling awal adalah dengan menghindari penggunaan mesin cuci untuk mencucinya. Cara merawat kaos sablon polyflex ini wajib diperhatikan, tentunya agar kondisi sablon polyflex yang menempel pada kaos bisa lebih awet.

Ada baiknya untuk mencuci kaos dengan sablon polyflex yaitu dengan cara manual alias menggunakan tangan. Sebab, penggunaan mesin cuci bisa menarik hasil sablon kemudian bisa memengaruhi kelenturan serta tekstur dari sablon polyflex yang menempel pada kaos tersebut. Bahkan, adanya gesekan dengan berbagai bahan kain yang berbeda-beda dalam mesin cuci, bisa juga menurunkan kualitas dari sablon polyflex yang menempel pada kaos.

2. Hindari proses perendaman

Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay

Meski mencuci dengan manual, namun perhatikan juga proses pencuciannya. Usahakan jangan melakukan proses perendaman kaos terlalu lama di dalam air. Cukup rendam 10-15 menit saja. Sebab proses perendaman kaos dengan sablon polyflex terlalu lama bisa menyebabkan risiko sablon polyflex bisa terkelupas.

Selain cara merawat kaos sablon polyflex dengan menghindari proses perendaman, penggunaan sabun cuci pakaian dengan kandungan pemutih juga perlu dihindari. Sebab sabun pencuci pakaian tersebut berpotensi merusak sablon polyflex pada kaos.

3. Hati-hati ketika menyikat

Re Clean merupakan mesin cuci terkecil dengan desain menarik yang dibandrol dengan harga Rp 800 Ribu-an.
Re Clean merupakan mesin cuci terkecil dengan desain menarik yang dibandrol dengan harga Rp 800 Ribu-an.

Mungkin ada noda yang cukup membandel pada bagian sablon polyflex. Sebenarnya sangat tidak disarnkan untuk menyikatnya. Namun apabila memang terpaksa untuk melakukan pembersihan pada bagian sablon polyflex tersebut, usahakan melakukan penyikatan dengan perlahan.

Hal ini untuk menghindari sablon polyflex rusak bahkan terkelupas. Selain itu, jenis sikat yang digunakan juga perlu diperhatikan. Jangan menggunakan sikat yang memiliki bulu kasar dan kaku. Daripada menggunakan sikat khusus pakaian yang relatif kaku dan kasar, lebih baik gunakan sikat gigi yang biasanya memiliki tekstur lembut.

4. Perhatikan cara pengeringan

Ilustrasi Jemuran Pakaian Putih Credit: pexels.com/Skitterphoto
Ilustrasi Jemuran Pakaian Putih Credit: pexels.com/Skitterphoto

Kemudian cara merawat kaos sablon polyflex selanjutnya dengan memperhatikan cara pengeringan. Jangan sekali-kali memelintir kaos yang terdapat sablon polyflex untuk mengeluarkan air bekas cucian. Sebab hal tersebut bisa merusak tekstur dari sablon polyflex yang menempel.

Untuk menghilangkan air bekas cucian, cukup peras-peras dengan lembut bagian yang tidak terdapat bagian sablon polyflex. Kemudian gantungan di hanger dengan posisi sablon berada di dalam.

Selain itu, jangan jemur kaos dengan sablon polyflex di bawah paparan sinar matahari langsung. Sebab sablon polyflex bisa berisiko menjadi kering dan pecah-pecah. Maka dari itu saat menjemur cukup angin-anginkan saja di tempat yang tidak lembap.

5. Hindari setrika sablon polyflex

Ilustrasi Menyetrika Pakaian Putih Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Menyetrika Pakaian Putih Credit: pexels.com/pixabay

Cara merawat kaos sablon polyflex yang terakhir adalah menghindari menyetrika sablon polyflex. Sebab menyetrika kain yang terdapat sablon polyflex secara langsung bisa merusak polyflex tersebut.

Ada baiknya, jika memang ingin menyetrika bagian kaos yang terdapat sablon polyflex, dengan melapisinya menggunakan kain sebagai alas. Hal ini untuk mencegah panas berlebihan yang berasal dari setrika. Sebab jika sablon polyflex terkena besi dari setrika yang panas, maka bisa meleleh dan sablon bisa terangkat dari kain kaos.

Selama berbagai cara merawat kaos sablon polyflex di atas sudah dijalankan dengan benar, maka risiko sablon polyflex menjadi rusak akan terhindarkan. Namun, jika memang kondsi sablon polyflex sudah jelek, ada baiknya melakukan perbaikan dengan membawanya ke jasa sablon polyflex terdekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petinggi Inter Milan: Bukan Hanya Barcelona yang Menginginkan Martinez, tapi...

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Wakil Presiden Inter Milan, Javier Zanetti, menegaskan bahwa Lautaro Martinez tidak akan pergi musim panas ini. Ia memastikan striker asal Argentina tersebut tetap berseragam Nerazzurri.

"Untuk saat ini, dia tidak akan pergi. Martinez merupakan aset penting bagi kami saat ini dan masa depan nanti," ujarnya seperti dilansir Sportskeeda, Kamis (10/9/2020).

Sebelumnya, Martinez santer dikabarkan akan meninggalkan Inter Milan dan pindah ke Barcelona musim ini. Ia akan mengisi kekosongan posisi striker yang mungkin bakal ditinggal Luiz Suarez untuk merapat ke Juventus.

Namun, Zanetti dengan tegas menyatakan Martinez tidak akan meninggalkan Inter Milan. Menurutnya, dia sangat bahagia bisa bermain disini dan sangat hormat kepada pihak klub.

"Saat ini kehidupan di Italia memang tidak mudah, tetapi Martinez terlihat bahagia di sini. Saya tahu itu," paparnya.

Klub Hebat

Javier Zanetti ikut berkomentar soal masa depan Diego Simeone. (MARCO BERTORELLO / AFP)
Javier Zanetti ikut berkomentar soal masa depan Diego Simeone. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Zanetti mengaku tidak bisa berbuat banyak apabila ada klub yang bisa menebus klausul rilis Martinez. Menurutnya, klub pemilik hanya bisa melakukan sedikit hal untuk menahan pemain tersebut.

Namun, dalam kasus Martinez, ia percaya bahwa dia baik-baik saja di Inter. Dia tidak memiliki masalah disini dan dia tahu sudah berada di klub hebat.

"Bukan hanya Barcelona yang tertarik pada dirinya, banyak klub hebat lain yang ikut tertarik. Namun, Martinez meyakini bahwa saat ini dirinya sudah berada di klub hebat dan ia bangga akan hal itu," tutur Zanetti.

Masih Diminati Barcelona

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, melepaskan tendangan ke gawang Barcelona  pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)
Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, melepaskan tendangan ke gawang Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)

Kabarnya kubu Barcelona masih menginginkan pemain 23 tahun ini walaupun Lionel Messi dipastikan bertahan. Barcelona diketahui akan memberikan penawaran terakhir kepada Martinez dalam waktu dekat.

Barcelona bukan tanpa alasan untuk membujuk Martinez, saat ini Barca membutuhkan seorang striker baru untuk menggantikan Suarez yang kemungkinan akan hengkang.

Martinez dianggap mempunyai kemampuan komplet untuk menjadi seorang ujung tombak. Dia tipikal striker yang dicari Barcelona saat ini.

Statistik Lautaro Martinez

Musim 2019/20

Main: 49 kali

Gol: 21 gol di semua kompetisi

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Simak Video Lautaro Martinez Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vivo V20 Bakal Jadi Smartphone 5G dengan Kamera Selfie 44MP?

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vivo akan merilis smartphone baru, V20, pada bulan depan. Bocoran spesifikasinya pun sudah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Kamis (10/9/2020), Vivo V20 akan menjadi suksesor V19 yang dirilis di India pada Mei lalu. Smartphone ini akan hadir dengan tiga kamera belakang.

Sama seperti V19, V20 juga memiliki dua kamera depan. Kamera selfie utama dengan sensor 44MP, sementara yang kedua untuk pengambilan gambar ultrawide.

Spesifikasi lainnya belum diketahui. Namun berdasarkan bocoran gambar, smartphone tersebut akan mendukung jaringan 5G.

Selain V20, Vivo dilaporkan sedang menyiapkan V20 SE dan V20 Pro.

Spesifikasi Galaxy S20 Fan Edition Kembali Beredar

Pemindai Sidik Jari di Samsung Galaxy S20 Ultra. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Pemindai Sidik Jari di Samsung Galaxy S20 Ultra. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Vendor lain yang juga sedang menyiapkan smartphone baru adalah Samsung. Perusahaan dilaporkan sedang menyiapkan Galaxy S20 Fan Edition.

Informasi tentang Galaxy S20 Fan Edition terus muncul di internet dalam beberapa bulan terakhir. Kali ini kembali muncul bocoran spesifikasi dan foto smartphone tersebut.

Berdasarkan informasi baru, Galaxy S20 Fan Edition akan tersedia dalam dua pilihan chipset yaitu Exynos 990 untuk varian 4G, dan Snapdragon 865 untuk 5G. Pasar Eropa dilaporkan akan mendapatkan kedua varian itu.

Spesifikasi Lain Galaxy S20 Fan Edition

Spesifikasi lainnya akan sama termasuk layar Super AMOLED 6,5 inci dengan refresh rate 120Hz, kamera selfie 32MP, dan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Resolusi layarnya 2.400 x 1.080 piksel.

Selain itu juga terdapat RAM 6GB dengan memori internal 128GB. Tiga kamera belakang dengan masing-masing resolusi dua 12MP dan 8MP modul telephoto dengan 3x optical zoom.

Galaxy S20 Fan Edition akan bisa merekam video dengan resolusi 4K.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kebakaran Hutan Buat Langit San Francisco Berwarna Oranye

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Seorang pria melintasi Hyde Street dengan Pulau Alcatraz dan Fisherman's Wharf terlihat pada latar belakang di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Eric Risberg)
Seorang pria melintasi Hyde Street dengan Pulau Alcatraz dan Fisherman's Wharf terlihat pada latar belakang di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Eric Risberg)

Seorang pria melintasi Hyde Street dengan Pulau Alcatraz dan Fisherman's Wharf terlihat pada latar belakang di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Eric Risberg)

Kabut asap dari kebakaran hutan California menyelimuti langit Oracle Park di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Tony Avelar)
Kabut asap dari kebakaran hutan California menyelimuti langit Oracle Park di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Tony Avelar)

Kabut asap dari kebakaran hutan California menyelimuti langit Oracle Park di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Tony Avelar)

Seorang pria berlari di sepanjang McCovey Cove saat kabut asap menyelimuti langit di luar Oracle Park, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Tony Avelar)
Seorang pria berlari di sepanjang McCovey Cove saat kabut asap menyelimuti langit di luar Oracle Park, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Tony Avelar)

Seorang pria berlari di sepanjang McCovey Cove saat kabut asap menyelimuti langit di luar Oracle Park, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Tony Avelar)

Pemandangan Jembatan Golden Gate yang berselimut kabut asap di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (Frederic Larson via AP)
Pemandangan Jembatan Golden Gate yang berselimut kabut asap di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (Frederic Larson via AP)

Pemandangan Jembatan Golden Gate yang berselimut kabut asap di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (Frederic Larson via AP)

Pemandangan kabut asap yang menyelimuti San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Eric Risberg)
Pemandangan kabut asap yang menyelimuti San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Eric Risberg)

Pemandangan kabut asap yang menyelimuti San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (9/9/2020). Kebakaran hutan di seluruh Barat mengakibatkan langit San Francisco hingga Seattle berwarna oranye yang menakutkan. (AP Photo/Eric Risberg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terkait TPPU Jaksa Pinangku Diperiksa 14 Jam

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jaksa Pinangki diperiksa penyidik kejaksaan selama 14 jam. Pemeriksaan difokuskan kepada dugaan TPPU.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Gibran akan Membebaskan Palestina dari Israel

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka akan membebaskan Palestina dari Israel.

Klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel diunggah akun Facebook AnNde AnNde Lumut, pada 9 September 2020. Unggahan tersebut berupa tangkapan layar judul media online swarakyat.com, "Gibran akan Bebaskan Palestina dari Israel?".

Berikut isi artikel tersebut:

SWARAKYAT.COM - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka (Gibran) mendapat syal bermotif bendera Palestina dari Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsurie.

"Sebelum kami sampaikan SK kami punya selendang asli dari Palestina, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke Mas Gibran agar selama nanti insyaallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan," kata Masruhan, Jumat (28/8/2020).

Kata Masruhan, syal yang dipakai Gibran menjadi semangat dalam memperjuangan Solo menjadi lebih baik.

"Palestina adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti, itu akan menjiwai Mas Gibran dengan harapan perjuangannya menyejahterakan dan meningkatkan taraf hidup Kota Solo akan tercapai," ungkapnya.

Ia mengatakan, rekomendasi jatuh kepada Gibran bukan karena sosoknya yang merupakan anak Presiden Jokowi. Melainkan karena pemikiran Gibran yang menurutnya layak sebagai modal seorang birokrat.

Pada tangkapan judul artikel tersebut terdapat foto Gibran menggunakan syal Palestina di antara sejumlah orang.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Bapaknya ngimpi ekonomi meroket.

#Ehh anaknya ngimpi bebasin Palestin.

Emang klo ngimpi mah bebas, bukan begetho kang martabak ⁉"

Benarkah Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Palestin adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Syal Palestina untuk Semangati Gibran Berjuang di Pilkada Solo" yang dimuat situs news.detik.com, pada 29 Agustus 2020.

Artikel situs news.detik.com menyebutkan, Gibran Rakabuming Raka dikalungi syal Palestina saat menjemput rekomendasi PPP sebagai bakal calon Wali Kota Solo.

Syal Palestina itu disebut Ketua DPW PPP Masruhan Samsurie sebagai simbol perjuangan."Sebelum kami sampaikan SK kami punya selendang asli dari Palestin, dari pemerintah di sana. Sampaikan ke mas Gibran agar selama nanti Insyallah ditakdirkan sebagai Wali Kota, akan terus bergerak memperjuangkan," kata Masruhan di kantor DPW PPP Jawa Tengah di Semarang, Jumat (28/8/2020).

"Palestin adalah simbol perjuangan yang tak pernah mati tak pernah henti, itu akan menjiwai mas Gibran dengan harapan perjuanganya mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup kota Solo akan tercapai," sambungnya.

Masruhan menyebut rekomendasi Pilkada Solo itu jatuh ke Gibran bukan karena dia anak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melainkan karena sosok Gibran yang memiliki pemikiran bak soerang birokrat.

"Bukan karena pak Jokowi ya, itu sudah lama kita membaca saudara Gibran dengan pemikirannya yang lain dari yang lain. Itu jadi modal bagi seorang birokrat kalau ingin memajukan pemerintahannya itu harus keluar dari kungkungan kelaziman," jelasnya.

Kutipan pada artikel situs news.detik.com tersebut identik dengan artikel klaim akan membebaskan Palestina dari Israel. Namun, tidak ada kalimat Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel.

 

 

Kesimpulan

Klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel tidak benar.

Judul artikel klaim Gibran akan membebaskan Palestina dari Israel tidak sesuai dengan isi artikelnya.

Artikel sebenarnya berisi informasi tentang Gibran yang dikalungi syal Palestina saat menjemput rekomendasi PPP sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Syal Palestina diberikan karena negara tersebut melambangkan perjuangan.

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jerinx SID Walk Out dari Sidang Online, Kenapa?

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang perdana Jerinx SID atas kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dilangsungkan di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Kamis (10/9/2020).

Karena pandemi, maka sidang diikuti oleh Jerinx SID secara daring dari rumah tahanan. Sidang perdana ini juga disiarkan melalui YouTube Pengadilan Negeri Denpasar.

Saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) hendak membacakan dakwaan, salah satu pengacara Jerinx SID melakukan protes. Pihaknya menginginkan sidang secara tatap muka.

Permohonan Pengacara

[Foto: YouTube PN Denpasar]
[Foto: YouTube PN Denpasar]

"Persidangan tatap muka terhadap terdakwa yang ditahan itu pernah dilakukan dan baru saja diputus, itu di Pengadilan Negeri Singaraja. Itu terjadi Yang Mulia," kata salah satu pengacara Jerinx SID.

"Artinya hal yang sama bisa diberlakukan terhadap terdakwa Jerinx karena di Pengadilan Singaraja juga bisa diadili padahal terdakwanya ditahan. Bisa diadili dengan tatap muka kenapa yang ini tidak," ia mempertanyakan.

Walk Out

[Foto: YouTube PN Denpasar]
[Foto: YouTube PN Denpasar]

Namun permohonan pengacara tak dikabulkan Majelis Hakim, sehingga suami Nora Alexandra memilih untuk walk out atau keluar dari persidangan daring tersebut.

"Maaf Yang Mulia, saya sebagai terdakwa menolak diadakan sidang online, jika dipaksakan saya memilih untuk keluar dari sini saja. Terima kasih," kata Jerinx SID lalu keluar ruangan.

Suara Terputus

Tak berapa lama kemudian 12 orang yang memperkuat tim pengacara Jerinx SID juga walk out mengikuti klien mereka. "Kami juga akan meninggalkan ruang sidang Yang Mulia," ucap seorang pengacara.

Sebelumnya, Jerinx SID dan tim pengacaranya beberapa kali protes karena suara dari Pengadilan Negeri Denpasar terdengar tidak jelas alias terputus-putus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyeksi Wisata Pemandian Sekarsari Mojokerto

Posted: 09 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya- Pemkot Mojokerto memproyeksikan pemandian Sekarsari menjadi salah satu destinasi wisata. Kolam renang yang sudah ada sejak 50 tahun itu kembali dibangun untuk menarik minat wisatawan.

Pembangunan sudah berlangsung sejak Juni lalu dan ditargetkan selesai pada 7 Desember 2020.

"Proses pembangunan sudah mencapai 55 persen," ujar Ika Puspitasari, Wali Kota Mojokerto, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (9/9/2020).

Lokasi wisata kolam renang Sekarsari bisa menampung 30 mobil dan 70 sepeda motor. Pada tahun ini hanya pembangunan kolam renang yang diselesaikan, sedangkan untuk pembangunan tahap dua dilakukan tahun depan, yakni pembangunan food court dan landscape.

Kolam renang ini tidak jauh berbeda pada kolam renang pada umumnya, akan tetapi kelebihan kolam renang Sekarsari ini adalah adanya ornamen berbau Majapahit, seperti Tower Tribuana dan Kapal Mojopahit.

Selain menyiapkan pembangunan fisik seperti revitalisasi pemandian Sekarsari, Pemkot Mojokerto juga menyiapkan unsur pendukung lainnya seperti pelatihan bagi warga Mojokerto untuk menjadi pemadu wisata. Pelatihan pemandu wisata ini meliputi, branding produk, pemandu wisata kuliner pemula dan profesional, pemandu wisata ecopark, budaya, tematik, dan yang baru saja diselenggarakan adalah pelatihan tata kelola destinasi pariwisata.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Jakob Oetama Perpaduan Idealisme dan Integritas

Posted: 09 Sep 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut berbelasungkawa atas wafatnya tokoh jurnalistik sekaligus pendiri Kompas, Jakob Oetama.

Tak banyak yang mengetahui, selain mengabdikan diri di dunia jurnalistik, Jakob Oetama juga pernah mengabdikan diri menjadi guru di SMP Mardiyuana, Cipanas, Jawa Barat (1952-1953), Sekolah Guru Bagian B di Lenteng Agung, Jakarta (1953-1954), dan SMP Van Lith di Gunung Sahari (1954-1956).

Beliau juga pernah mengabdikan diri di parlemen sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Karya Pembangunan, Golkar (1966-1982) serta anggota MPR RI dari Utusan Daerah (1987-1999).

"Bangsa Indonesia kehilangan salah satu putera terbaiknya. Namun kepergiannya tak akan sia-sia. Semasa hidupnya, peraih Bintang Mahaputera dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973 ini telah mencurahkan diri dan pemikirannya untuk memajukan dunia jurnalistik. Lebih dari itu, beliau juga seorang budayawan sekaligus pelestari kebhinekaan. Menjadi penegas bahwa kecintaannya terhadap Indonesia tak perlu diragukan," ujar Bamsoet menyampaikan duka citanya, di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengungkapkan, seusai lulus kuliah dan memulai karir di dunia jurnalistik sebagai wartawan di Harian Umum Prioritas pada tahun 1985, dirinya banyak mendapat inspirasi dari sepak terjang Jakob Oetama. Bagi para jurnalis muda seperti Bamsoet, sosok Jakob Oetama tak sekadar guru, melainkan juga menjadi ayah ideologis.

"Tak hanya mengajarkan, beliau merupakan wujud nyata dari perpaduan idealisme dan integritas. Cara beliau membesarkan Kompas bersama sahabatnya, PK Ojong, merupakan cerminan semangat gotong royong. Terlalu banyak cerita baik tentang beliau yang telah saya dengar dari para wartawan Kompas. Ia tak memperlakukan wartawan maupun karyawannya sebagai pekerja, melainkan sebagai aset berharga yang dirawat, dijaga, dan dikembangkan. Hingga menempatkan wartawan Kompas sebagai wartawan yang paling sejahtera," tandas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini meyakini, walaupun sosok Jakob Oetama sudah tak ada lagi, namun semangatnya akan tetap menemani.

Ketekunannya membangun Kompas hingga menjadi sebesar ini, menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk tidak pantang menyerah menghadapi berbagai cobaan dalam hidup. 

"Sosok Jakob Oetama juga termasuk pejuang demokrasi, simbol perlawanan terhadap otoritarianisme. Pada 2-5 Oktober 1965, serta 21 Januari 1978, Kompas pernah dilarang terbit. Namun Jakob Oetama tak bergeming. Baginya, memberikan informasi yang akurat tentang kondisi bangsa dan negara merupakan bagian dari tanggungjawab pers dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," pungkas Bamsoet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Sebut COVID-19 Berpotensi Rusak Progres Pencegahan Kematian Anak

Posted: 09 Sep 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) pada Rabu 9 September 2020 mengatakan bahwa pandemi COVID-19 berpotensi merusak kemajuan yang dicapai selama puluhan tahun, dalam upaya menghapuskan kematian anak yang dapat dicegah.

Seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (10/9/2020), angka kematian anak usia di bawah lima tahun di dunia turun ke titik terendah pada 2019 lalu, dari 12,5 juta pada 1990 menjadi 5,2 juta. Demikian menurut perkiraan mortalitas baru yang dirilis sebuah kelompok antarlembaga yang terdiri dari UNICEF, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Divisi Populasi Departemen Ekonomi dan Masalah Sosial PBB, serta World Bank Group.

Namun setelahnya, beberapa survei yang dilakukan UNICEF dan WHO menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 menyebabkan gangguan besar dalam layanan kesehatan, yang dapat menjadikan kemajuan hasil kerja keras selama puluhan tahun itu sia-sia, sebut UNICEF dalam pernyataan persnya.

Sebuah survei yang dilakukan UNICEF dalam beberapa bulan terakhir di 77 negara menemukan bahwa hampir 68 persen negara melaporkan setidaknya ada sedikit gangguan dalam pemeriksaan kesehatan untuk anak-anak dan layanan imunisasi. Selain itu, 63 persen negara melaporkan gangguan dalam pemeriksaan prakelahiran dan 59 persen dalam pemeriksaan pascapersalinan.

Sementara itu, survei yang diprakarsai WHO di 105 negara baru-baru ini mengungkap bahwa 52 persen negara melaporkan gangguan dalam layanan kesehatan untuk pasien anak dan 51 persen dalam layanan untuk penanggulangan malnutrisi, menurut pernyataan pers tersebut.

Respons dari Hasil Survei

ilustrasi upaya penanganan corona/credit: @pixabay/DarkoStojanovic
ilustrasi upaya penanganan corona/credit: @pixabay/DarkoStojanovic

Berdasarkan respons dari negara-negara yang berpartisipasi dalam kedua survei, beberapa penyebab gangguan layanan kesehatan yang paling sering disebutkan meliputi orang tua yang menghindari pusat kesehatan karena khawatir tertular penyakit; pembatasan transportasi; penangguhan atau penutupan layanan dan fasilitas; berkurangnya petugas medis akibat pengalihan atau kekhawatiran atas infeksi yang disebabkan kurangnya alat pelindung diri (APD); dan kesulitan keuangan yang semakin parah.

Afghanistan, Bolivia, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Libya, Madagaskar, Pakistan, Sudan, dan Yaman adalah beberapa negara yang terdampak paling parah, menurut kedua survei itu.

Tujuh dari sembilan negara tersebut mencatat tingkat mortalitas anak yang tinggi dengan lebih dari 50 kematian per 1.000 kelahiran hidup di kalangan anak-anak berusia di bawah lima tahun pada 2019.

"Pencapaian masyarakat global dalam mengeliminasi kematian anak yang dapat dicegah sudah terlalu jauh. Kita tidak boleh membiarkan pandemi COVID-19 menghentikan langkah kita," ujar Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore.

"Saat anak-anak tidak bisa mengakses layanan kesehatan karena sistem sudah terlalu penuh, dan saat wanita takut untuk bersalin di rumah sakit karena khawatir tertular penyakit, mereka juga berpotensi menjadi korban COVID-19," paparnya. "Tanpa investasi darurat untuk kembali mengoperasikan sistem dan layanan kesehatan yang terganggu, jutaan anak berusia di bawah lima tahun, terutama bayi, bisa kehilangan nyawa."

Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H

Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jusuf Kalla Pimpin Upacara Pemakaman Jakob Oetama

Posted: 09 Sep 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla memimpin langsung upacara pemakaman tokoh pers nasional Jakob Oetama di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Bapak Jakob Oetama meninggal dunia demi kepentingan dan keseluruhan negara dan bangsa pada Rabu 9 September pukul 13.05 WIB karena sakit," kata dia saat memimpin pemakaman Jakob Oetama di TMP Kalibata Jakarta, Kamis (10/9/2020), seperti dikutip dari Antara.

Pada kesempatan itu, JK sapaan akrabnya juga mendoakan agar almarhum Jakob Oetama diberikan tempat terbaik di alam baka serta perbuatan baiknya selama hidup dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

"Semoga arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka," ujar dia.

Jusuf Kalla juga menjadi orang pertama yang menimbunkan tanah menggunakan sekop ke liang lahat anggota MPR RI periode 1971 hingga 1977 tersebut yang disusul perwakilan keluarga Jakob Oetama.

Wafat Rabu 9 September 2020

Jakob Oetama (Foto: https://www.kompas.tv/Sumber: Pusat Informasi Kompas)
Jakob Oetama (Foto: https://www.kompas.tv/Sumber: Pusat Informasi Kompas)

Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama tutup usia pada Rabu, 9 September 2020 pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun.

Jakob Oetama masuk Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading sejak akhir Agustus 2020.

"Beliau masuk RS minggu keempat bulan Agustus, jadi tepatnya tanggal 21 Agustus dirawat sampai hari ini," ujar General Manager Corporate Communication Kompas Gramedia Saiful Bahri di Jakarta, Rabu.

Saiful menjelaskan Jakob meninggal akibat jantungnya yang sudah melemah. 

"Tidak ada hubungan dengan penyakit lain, beliau sudah 'swab test,' hasilnya negatif dua kali. Jadi betul-betul karena sakit jantung," ujar dia.

Jakob Oetama merupakan jurnalis senior Indonesia yang dikenal sebagai pendiri dan pemilik Kompas Gramedia Group. Pria kelahiran 27 September 1931 ini mengawali kariernya sebagai jurnalis dengan menjadi redaktur di majalah mingguan Penabur pada 1956.

Pada 1963, dia menerbitkan majalah Intisari bersama rekannya sesama jurnalis, PK Ojong. Dua tahun kemudian, mereka mendirikan harian Kompas pada 28 Juni 1965.

Di bawah kepemimpinannya, Kompas berkembang pesat hingga kini memiliki beberapa anak perusahaan, mulai dari yang bergerak di bidang media massa, percetakan, hingga universitas.

Semasa hidupnya, Jakob menerima sejumlah penghargaan akademis. Mulai dari, gelar Doktor Honoris Causa di bidang komunikasi dari Universitas Gajah Mada dan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada 1973.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Ketat di DKI, Jokowi akan Kembali Gelar Rapat Terbatas Secara Virtual

Posted: 09 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan kembali menggelar rapat terbatas secara virtual atau video conference. Hal ini menyusul kebijakan Gubernur DKI Jakarta yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, rapat terbatas secara virtual ini akan dikondisikan tergantung jumlah menteri yang mengikuti rapat. Jika hanya dihadiri 1 hingga 4 menteri, maka rapat tetap digelar tatap muka.

"Betul kombinasi, jika lebih dari 5 kementerian maka diadakan vicon (video conference), tapi kalau 1-3 atau 4 orang bisa offline," jelas Heru kepada wartawan, Kamis (10/9/2020).

Presiden Jokowi sebelumnya juga pernah memimpin rapat terbatas melalui video conference pada 16 Maret 2020, saat virus corona (Covid-19) masuk ke Indonesia. Namun, sejak Juni 2020, rapat terbatas dan sidang kabinet mulai digelar tatap muka di Istana Kepresidenan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti pada awal pandemi virus Corona. PSBB ini mulai berlaku pada 14 September 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Hal ini mengingat terjadi lonjakan kasus baru positif Covid-19 yang penambahannya bisa menembus angka 1.000 orang dalam satu hari di Ibu Kota. Anies bahkan menilai kondisi saat ini lebih darurat dari awal wabah Covid-19 dulu.

"Daruratnya lebih darurat dari awal wabah (covid-19) dulu. Maka jangan keluar rumah, bila tidak terpaksa," kata Anies dalam video YouTube Pemprov DKI Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

Jauh di Atas Batas Aman

Pertimbangan lain hingga memberlakukan PSBB seperti di awal lantaran dalam sepekan terakhir angka positivity rate di Jakarta mencapai 13,2 persen. Angka tersebut menurut Anies jauh di atas ketentuan aman Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni maksimal 5 persen.

Dengan kebijakan tersebut, maka kegiatan perkantoran bakal dihentikan sementara, dan mayoritas pekerja bakal menerapkan sistem work from home (WFH). Selain itu, pemprov DKI Jakarta akan kembali melakukan pembatasan secara ketat untuk semua aktivitas warga maupun bagi para pelaku usaha.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Berlaku Lagi di Jakarta, Bakal Ada Gelombang PHK?

Posted: 09 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengajak pelaku usaha di Jakarta agar tidak melakukan kembali Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya, meskipun Jakarta kembali diterapkan PSBB pada 14 September 2020 nanti.

"Kami mengajak kepada pelaku usaha di Jakarta untuk tegar dan semangat menghadapi ketidakpastian ini, dan semaksimal mungkin jangan melakukan PHK," kata Sarman Kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, pelaku usaha harus mendukung dan membantu pemerintah mengendalikan dan mematikan penyebaran virus Covid-19 ini, sehingga pemerintah dapat membuka kembali berbagai aktivitas ekonomi.

"Harapan kami dari pelaku usaha adalah agar berbagai stimulus dan relaksasi yang ditujukan kepada pengusaha, dapat diperpanjang sampai akhir tahun karena pelaku usaha tidak dapat secara maksimal memanfaatkan itu akibat dari ketidakpastian ini," ungkapnya.

Kemudian berbagai program bansos untuk dapat diteruskan untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencaharian. Serta yang paling penting, Sarman berharap PSBB ini yang terakhir, di mana pemerintah agar betul-betul melakukan pengawasan dan penindakan secara ketat.

Sebagaimana melibatkan semua perangkat yang ada sampai tingkat RT/RW, untuk memastikan seluruh masyarakat melaksanakan protokol Kesehatan.

"Akhirnya dalam masa PSBB ini dapat dibuktikan bahwa kita mampu menekan dan mengendalikan penyebaran Covid-19 ini DKI Jakarta dan sekitarnya," pungkasnya.

Jakarta Kembali Terapkan PSBB, Tagihan Listrik Bakal Membengkak Lagi?

Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta pada 14 September 2020.

Dengan kebijakan tersebut, maka kegiatan perkantoran bakal dihentikan sementara, dan mayoritas pekerja bakal menerapkan sistem work from home (WFH).

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Purbaya Yudhi Sadewa, tak menyangkal kemungkinan jika penerapan sisten WFH akan kembali membuat tagihan listrik melonjak drastis seperti masa awal PSBB di Mei-Juni 2020.

"Penerapan PSBB cenderung meningkatkan rata-rata hunian dan aktivitas penghuni rumah, sehingga berpotensi menaikan konsumsi energi listrik," kata Purbaya dalam sesi teleconference, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, pelanggan pascabayar belum disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi listrik beserta tagihannya. Selain itu, pengaduan pelanggan yang belum memahami permasalahan juga kerap digaungkan berlebihan di media sosial.

"PLN perlu mengoptimalkan komunikasi publik, terutama dalam mengantisipasi kejadian khusus seperti PSBB. Setelah diberi penjelasan, pelanggan dapat memahami situasi dan ketidaknormalan yang terjadi," imbuhnya.

Namun, Purbaya menilai PLN sekarang sudah berhasil menerapkan sistem pengaduan yang lebih bagus dibanding sebelumnya. Dengan begitu, ia percaya masyarakat nanti tidak akan terlalu kaget jika harus kembali menghadapi lonjakan tagihan listrik.

"Kalau PSBB yang sekarang mungkin masyarakat tidak akan terlalu kaget karena mereka tahu dari kebijakan sebelumnya, bahwa stay at home bisa meningkatkan pemakaian listrik," ujar Purbaya. 

11 Sektor Usaha Boleh Beroperasi tapi Terbatas saat PSBB Jakarta Berlaku

Petugas mengukur suhu tubuh calon penumpang sebelum memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas mengukur suhu tubuh calon penumpang sebelum memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 'menarik rem darurat' dengan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat, mulai 14 September 2020.

Hal ini dilakukan sebagai keputusan terbaik mengingat data penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang semakin menipis.

"Dengan melihat kedaruratan ini, tidak ada banyak pilihan bagi Jakarta kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin. Dalam rapat tadi sore, disimpulkan kita akan tarik rem darurat. Artinya kita terpaksa terapkan PSBB seperti masa awal pandemi dulu, bukan lagi PSBB transisi, tapi sebagaimana awal dulu," ujar Anies dalam siaran di kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, seperti dikutip Kamis (10/9/2020).

Anies bilang, hanya ada 11 sektor usaha yang diperbolehkan beroperasi dengan minimal saat PSBB Jakarta. Sektor usaha bidang non-esensial diharuskan melaksanakan kegiatannya dari rumah.

"Akan ada 11 bidang esential yang boleh berjalan dengan operasi minimal, jadi enggak seperti biasa, dikurangi," ujar Anies.

"Perlu saya sampaikan izin operasi pada bidang non-esensial yang dapat izin akan dievaluasi ulang untuk pastikan pengendalian pergerakan kegiatan, baik kegiatan usaha maupun kegiatan sosial tidak sebabkan penularan," imbuhnya.

Adapun 11 sektor usaha itu ialah:

- Perusahaan kesehatan

- Usaha bahan pangan

- Energi

- Telekomunikasi dan teknologi informatika

- Keuangan - Logistik - Perhotelan

- Konstruksi - Industri strategis

- Pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional dan obyek tertentu

- Pemenuhan kebutuhan sehari-hari 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kado Terindah Zaskia Adya Mecca di Usia ke-33

Posted: 09 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selasa (8/9/2020), Zaskia Adya Mecca berulang tahun yang ke-33. Momen ulang tahun kali ini memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Zaskia dengan kehadiran anak kelimanya, Bhaj Kama Bramantyo. 

Di momen ultah ini, Zaskia Adya Mecca mendapat kejutan istimewa dari teman-temannya dan sang suami. Kebahagiaan tampak terpancar dari wajah Zaskia.

Zaskia Adya Mecca pun menyebut kado terindah di momen ultah kali ini. Apa itu? Berikut ulasannya.

 

Ucap Syukur

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)
Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca mengaku banyak bersyukur di momen ultah ke-33 ini. Menurutnya, Allah memberikan lebih dari yang dia inginkan.

"33. Allah udah kasih banyak. Banyaaakk banget dari yang ku pengenin, pikirin sampai yang ga pernah berani ku bayangkan. Diusia ini ku semakin memahami kalau sesuatu yang berharga, mahal dan penting bukan lagi materi.. tetapi waktu - keluarga - kesehatan - sahabat - pekerjaan - ketenangan batin juga kedekatan dengan Allah jauhhh lebih penting," tulis Zaskia.

 

Kado dari Hanung

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)
Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca pun mengungkapkan kado yang diberikan Hanung. Kado tersebut begitu berkesan baginya.

"Makanya pas membayangkan kali ini @hanungbramantyo akan kasi kado apa, barang apa, kok ku bayanginnya biasa aja.. ga pengen apa2... tapi pas taunya kasi kado dengan kirim kak @tasyanurmedina juga sahabat2 @prilianurafrida @tiwurayie @dheagadiss @intanksm__ terasa luar biasaaa speechless dan emang ini yang ku pengenin. Bener2 kado termahal! Sesuatu yang ga terbeli dengan uang. Makasi sayangku Hb dan geng jakarta-jogja macem jagakarsa-ampera!!! I LOVE Y'ALL," sambung Zaskia.

 

Kado Terindah

Bagi Zaskia, kado terindah di usianya kini adalah kehadiran anak kelimanya.

"Ga kuat gemesh liat muka bayi ama bapaknya serupa. Salah satu kado terindah diusia 33, nambah anak bayi lagiii. Btw makasiii sayaaang, udah romantis dengan caramu.... please note udah 33 yaaa bukan 23 lagi. Love you!" ungkapnya.

 

Ucapan Selamat dari Rekan

Sejumlah rekan-rekan publik figur menyampaikan selamat ultah buat Zaskia.

"Selamat Ulang Taun Bia... sehat2 selalu yaaaa.... BARAKALLAH," tulis @hedi_yunus.

"Hbd yaa ... sehat bahagia dan sukses selalu. Aminn," tulis @praburevolusi.

Postingan Zaskia Adya Mecca banyak mendapat komentar dari warganet. Mereka mendoakan Zaskia.

"Selamat ulang tahun bia semoga selalu sehat panjang umur biditunggu snap bolang nya lagi," tulis @elokdewi.ar.

"Sehat sehat bia," tulis @a.encii.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Syahrul Buka Musyawarah Nasional Aspphami

Posted: 09 Sep 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo membuka Musyawarah Nasional IV Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (Aspphami) Tahun 2020 di Hotel Horison Ultima, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 10 Agustus 2020.

Dalam pembukaannya, Mentan berharap Aspphami menjadi bagian penting dalam pengendalian hama dan bakteri pada semua komoditas pangan yang diimpor maupun ekspor. Aspphami juga diharapkam mampu bekerja sama dengan karantina untuk melakukan screening pada setiap barang yang masuk ke Indonesia.

"Assosiasi ini harus memberi dampak dan manfaat bagi semua orang," ujar Mentan saat menyampaikan pidato bertemakan Peran Fumigasi Dalam Peningkatan Daya Saing Ekspor.

Menurut Mentan, penyebaran hama dan bakteri harus benar-benar diperhatikan secara serius untuk memastikan masyrakat dalam kondisi sehat. Hama dan bakteri tidak boleh masuk kedalam produk maupun makanan Indonesia.

"Kalau begitu semua pintu keluar masuk ekspor impor harus dipastikan bebas dari hama dan bakteri. Kita semua harus bisa memperkuat negara ini dengan baik," katanya.

Di tempat yang sama Ketua DPP ASPPHAMI, Boyke Arie Pahlevi mendukung kebijakan Kementerian Pertanian dalam memperketat pemeriksaan keluar masuk komoditas ekspor dan impor pertanian.

"Kami mendukung semua kegiatan Kementan terkait pemeriksaan ekspor impor secara ketat. Bahkan kami sudah memiliki anggota Aspphami yang tersebar di semua pintu pelabuhan dan penerbangan," katanya.

Boyke menambahkan, saat ini sudah ada 90 perusahaan yang tercatat siap memperkuat kebijakan Kementan. Mereka akan bekerja dan memastikan pelaksanaan fumigasi secara serentak.

"Apa yang dikatakan pak Menteri akan kami laksanan dengan baik, terutama untuk kesehatan masyarakat. Makanya peran fumigasi ini akan kita dorong di semua wilayah," tutupnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Budi Daya Ikan Lele, Perhatikan Langkahnya

Posted: 09 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Budi daya ikan lele mungkin bisa menjadi salah satu alternatif pilihan jika ingin menjalankan sebuah bisnis. Sebab, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari budi daya ikan lele.

Hal ini karena ikan lele merupakan jenis ikan yang mampu untuk hidup dengan kondisi lingkungan kolam yang padat. Selain itu, pakan yang diberikan kepada ikan lele bisa berdampak cepat pada kondisi tubuh lele, sehingga cepat besar.

Meskipun terlihat mudah, penting untuk mengetahui bagaimana cara budi daya ikan lele yang benar. Sebab, ikan lele merupakan jenis ikan yang cukup unik. Ikan lele merupakan jenis ikan nokturnal.

Selain itu, ikan lele juga memiliki sifat kanibal, alias bisa memakan ikan sejenisnya. Hal ini tidak mengherankan, sebab ikan lele merupakan ikan berjenis karnivora. Itulah mengapa jika salah cara budi daya ikan lele bisa menyebabkan kegagalan dan tidak menuai hasil yang diharapkan.

Nah, untuk membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara budi daya ikan lele yang benar, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber cara budi daya ikan lele tersebut agar hasil panen lele bisa maksimal, Kamis (10/9/2020).

1. Persiapan kolam ikan lele

Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Selain tidak terlalu banyak mengganti air, metode probiotik juga membuat peternak dapat menghemat pakan lele. (merdeka.com/Arie Basuki)
Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Selain tidak terlalu banyak mengganti air, metode probiotik juga membuat peternak dapat menghemat pakan lele. (merdeka.com/Arie Basuki)

Cara budi daya ikan lele yang pertama adalah dengan menyiapkan kolam ikan lele yang akan digunakan. Kolam untuk budi daya ikan lele sendiri ada berbagai macam. Beberapa jenis kolam yang biasa digunakan dalam budi daya ikan lele, seperti jenis kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jaring apung, dan keramba.

Dari setiap kolam tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, terutama jika dilihat dari segi bisnis. Namun, meski ada banyak pilihan kolam, bukan berarti penggunaan kolam lele tersebut cocok untuk kondisi Anda. Lebih baik, sebelum memutuskan kolam yang akan digunakan, pertimbangkan beberapa faktor seperti kondisi lingkungan, ketersediaan tenaga kerja, serta sumber dana yang Anda miliki.

2. Memilih benih ikan lele

Ilustrasi ikan lele (Image by TitusStaunton from Pixabay)
Ilustrasi ikan lele (Image by TitusStaunton from Pixabay)

Setelah melakukan cara budi daya ikan lele yang pertama, sukses atau tidaknya budi daya ikan lele juga tergantung dari kualitas benih ikan lele yang digunakan. Pastikan jika benih ikan lele yang ditebar merupakan jenis benih yang benar-benar sehat.

Ada beberapa ciri benih ikan lele yang sehat, seperti:

- Gerakannya lincah.

- Tidak ada cacat atau luka di tubuh.

- Bebas dari bibit penyakit.

- Gerakan renang normal.

Khusus untuk mengetahui gerakan renangnya, maka Anda bisa memposisikan benih di arus air. Apabila ikan lele tersebut menantang arah dari arus air dan bisa bertahan, artinya gerakan renang benih tersebut normal.

Sedangkan untuk ukuran benih sendiri, umumnya benih ikan lele memiliki panjang 5-7 cm. Lalu, sebelum benih ditebar ke kolam, ada baiknya untuk melakukan penyesuaian ligkungan terlebih dahulu. Cara penyesuaian lingkungan tersebut dengan memasukan benih beserta wadah yang digunakan ke dalam kolam.

Kemudian, biarkan dahulu selama 15 menit supaya benih lele melakukan penyesuaian dengan lingkungan barunya. Kemudian miringkan wadah dan biarkan benih lele keluar dengan sendirinya. Proses penyesuaian ini perlu dilakukan, sebab lingkungan tinggal benih mungkin saja memiliki suhu yang berbeda. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk menurunkan tingkat stres benih lele.

3. Pemberian pakan ikan lele

Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama teridiri dari 15 peternak lokal yang didirkan sejak tahun 2014. (merdeka.com/Arie Basuki)
Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama teridiri dari 15 peternak lokal yang didirkan sejak tahun 2014. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sempat disinggung pada awal artikel jika ikan lele merupakan jenis ikan karnivora. Itulah mengapa pakan ikan lele disarankan memiliki kandungan protein hewani. Umumnya, kandungan nutrisi yang dibutuhkan ikan lele, yaitu:

- Protein: 30%

- Lemak: 4-16%

- Karbohidrat 15-20%

- Vitamin dan mineral.

Namun, berbagai jenis pelet yang dijual dipasaran umumnya sudah memiliki keterangan kandungan nutrisi. Sehingga cukup pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ikan lele sendiri tiap hari perlu pakan 3-6% dari bobot tubuhnya. Lalu, pastikan lakukan penimbangan tiap 10 hari. Cukup dengan mengambil beberapa sampel ikan. Hal ini untuk melakukan proses penyesuaian jumlah pakan yang perlu diberikan.

Sedangkan pemberian pakan ikan lele 4-5 kali sehari. Sedangkan waktu pemberian pakan bisa pagi, siang, sore, atau malam hari. Namun berhubung lele merupakan hewan nokturnal, maka disarankan untuk memberi pakan lebih banyak di sore atau malam hari.

Selain itu, Anda juga bisa memberi pakan selain pelet yang berfungsi sebagai pakan tambahan. Anda bisa membeli ikan yang tidak layak konsumsi dari pelelangan ikan. Atau jika sulit mendapatkannya, bisa membuat pakan tambahan dari belatung dan ampas tahu. Selain itu, keong dan limbah ayam bisa diberikan, tapi perlu diolah terlebih dahulu.

4. Perhatikan kualitas air kolam

Ikan Lele | via: ranker.com
Ikan Lele | via: ranker.com

Hal ini sering dilupakan saat budi daya ikan lele. Selalu pastikan jika kualitas air terjaga dan terhindar dari timbunan sisa pakan yang tidak habis di dasar kolam. Sebab, timbunan pakan yang tidak habis tersebut bisa menimbulkan gas amonia atau hidrogen sulfida

Jika sudah timbul gas tersebut, maka umumnya akan timbul bau busuk. Maka solusinya dengan membuang sepertiga air yang ada di bawah, kemudian isi dengan air baru. Sedangkan untuk frekuensi pembuangan air tergantung kebiasaan saat pemberian pakan. Jika setelah pemberian pakan ternyata banyak sisa, maka pergantian air harus lebih sering dilakukan.

5. Lakukan penanganan hama dan penyakit

12 Kolam lele pemberian Susi Pudjiastuti.
12 Kolam lele pemberian Susi Pudjiastuti.

Hama pada ikan lele ada beberapa jenis. Yang pertama, yaitu hama predator seperti ular, sero, linsang, musang air, serta burung. Sedangkan hama lainnya merupakan hama pesaing seperti ikan mujair. Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hama tersebut, yaitu dengan memasang saringan di jalan masuk dan keluar air serta memasang pagar yang mengelilingi kolam.

Sedangkan penyakit yang biasa hinggap pada ikan lele, yaitu protozoa, bakteri, dan virus. Jenis penyakit karena mikroorganisme tersebut berpotensi menyebabkan kematian. Ciri ikan lele yang terkena penyakit yaitu timbulnya bintik putih, perut lele kembung, serta adanya luka di kepala dan ekor.

Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan kontrol terhadap kualitas air kolam. Selain itu, penting juga untuk melakukan kontrol kelebihan pakan, kebersihan kolam, serta kontrol suhu kolam.

6. Proses panen ikan lele

Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama mampu menghasilkan sekitar 300 kilogram lele per tahunnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Peternak Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama memberikan pakan lele dengan metode pemeliharaan probiotik, Ciluar, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8/2019). Kelompok Pembudidaya Ikan Maju Bersama mampu menghasilkan sekitar 300 kilogram lele per tahunnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Biasanya dalam waktu 2,5-3,5 bulan bisa didapatkan 8-12 ekor ikan lele dalam tiap kilogram. Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memanen ikan lele. Yaitu 24 jam sebelum lele dipanen, ada baiknya untuk tidak memberi pakan pada ikan lele. hal ini bertujuan agar ikan lele tidak buang kotoran ketikan diangkut.

Kemudian, jangan lupa lakukan penyortiran berdasar ukuran. Hal ini bisa berdampak cukup besar terhadap harga jual lele. Harapannya, dengan melakukan berbagai cara budidaya ikan lele tersebut, bisa memperbesar keuntungan bisnis yang didapatkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Ganjil Genap Jakarta Ditiadakan Mulai 14 September 2020

Posted: 09 Sep 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, sistem pembatasan kendaraan dengan nomor ganjil genap ditiadakan mulai Senin 14 September 2020.

"Ganjil genap akan ditiadakan mulai tanggal 14 September," kata Anies di gedung Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan juga akan membatasi waktu operasional transportasi publik di Jakarta. Kendati begitu Anies tidak menjelaskan detail terkait aturan tersebut.

"Lalu lintas akan ada pembatasan kendaraan umum, jumlahnya dan jumlah penumpang per kendaraan. Jadi itu sebagian dari kebijakan, nanti detailnya," ucap dia.

Sementara itu, Anies menyatakan pihaknya akan menggelar rapat bersama dengan kepala daerah di kota penyangga Ibu Kota. Hal tersebut guna membahas terkait sinkronisasi pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Jam 2 siang nanti saya mengundang Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Wali Kota Bekasi, Bupati Bekasi, Wali Kota Bogor, Bupati Bogor, Wali Kota Depok, Bupati Tangerang, Wali Kota Tangerang, dan Wali Kota Tangerang Selatan," jelas Anies.

DKI kembali terapkan PSBB

Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)
Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menerapkan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibu Kota. Dia mengatakan hal tersebut guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang semakin tinggi.

"Kita terpaksa kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar seperti pada masa awal pandemi dulu. Bukan lagi masa transisi tapi PSBB awal dulu," ujar dia.

Sementara itu, jumlah pasien positif Corona atau Covid-19 di Jakarta bertambah 1.026 kasus pada Rabu (9/9/2020). Dengan penambahan tersebut jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 sebanyak 49.837 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan 37.245 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,7 persen.

"Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 11.245 orang yang masih dirawat atau isolasi," kata Dwi dalam keterangan pers.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Elok Cahyono ----- PINJAMAN USAHA CEPAT DARI PERUSAHAAN RIKA ANDERSON YANG JUJUR mengatakan...

Kesaksian Sejati: Elok Cahyono
elokycahyono@gmail.com
dari Balikpapan Indonesia
Bank Rakyat Indonesia
Rp150.000.000

Selamat siang dan damai sejahtera untuk RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, nama saya Elok Cahyono dari Balikpapan Indonesia mohon berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman online, banyak pinjam meminjam disini semuanya palsu dan hanya disini untuk menipu anda dengan uang kecil anda.

Saya mengajukan pinjaman sekitar 150 juta dan saya diminta untuk membayar biaya lisensi dan saya membayar, mereka tetap menuntut, saya membayar sekitar 3 jt masih saya tidak dapat pinjaman. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tidak akan menderita saya, saya bertemu dengan seorang ibu secara online Ibu Amalia Amangku amaliaamangkurat@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Sharifah Isfahann di sharifahisfahann54@gmail.com yang membagikan kesaksiannya tentang bagaimana dia hanya mengajukan pinjaman dan mendapat pinjaman tanpa stress, maka dia mengenalkan saya pada Ibu RIKA ANDERSON LOAN COMPANY,

Email RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di rikaandersonloancompany@gmail.com
Whatsapp: +1(323)689-3663

Minggu ini, saya mengajukan permohonan Rp150.000.000. Saya pikir itu lelucon dan penipuan, tetapi saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. Saya menyarankan agar semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Rika Anderson dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda.