Senin, 21 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ma'ruf Amin Berharap Banyak Masyarakat Duduk di Bangku Perguruan Tinggi

Posted: 21 Sep 2020 11:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia mengenyam perguruan tinggi. Dia mengacu dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS), yang melihat Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi tahun 2019, hanya 30,28 persen.

Hal tersebut disampaikannya, ada acara Peresmian Universitas Siber Asia melalui konferensi video, Selasa (22/9/2020).

"Artinya dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 19-23 tahun, masyarakat yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi hanya sekitar 30%," kata Ma'ruf Amin.

Oleh karena itu, dia berharap banyak masyarakat bisa mencicipi bangku perguruan tinggi. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, semuanya berbasis pada pembelajaran daring. Seperti apa yang ditawarkan Universitas Siber Asia.

"Karena itu, saya berharap dengan makin banyaknya lembaga pendidikan yang membuka sistem pembelajaran daring atau e-learning, semakin banyak kesempatan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi," tutur Ma'ruf Amin.

 

Bangun SDM

Ma'ruf Amin menuturkan, makin menjamurnya universitas saat ini dapat membuka kesempatan masyarakat ke level pendidikan tinggi. Menurut dia, hal itu sejalan dengan upaya pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional.

"SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global," jelas dia.

Dia juga menjelaskan, pembelajaran secara daring dapat mengasah kemampuan teknologi informasi masing-masing peserta didik, sehingga menambah kualitas mereka untuk bersaing di kemudian hari.

"Selain itu, sistem pembelajaran online secara tidak langsung meningkatkan penguasaan skill (kemampuan) teknologi dan informasi bagi mahasiswanya. Hal ini sangat diperlukan karena penguasaan teknologi informasi menjadi syarat mutlak dalam upaya meningkatkan daya saing dan kualitas SDM," tukas Ma'ruf Amin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambahan Kasus di 5 Negara, Total 1.503 WNI Positif COVID-19 di Luar Negeri

Posted: 21 Sep 2020 11:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan bahwa terdapat tambahan WNI yang positif terinfeksi Virus Corona COVID-19 di Turki, Rusia, Azerbaijan, Jepang dan Hong Kong. 

Sementara itu, Kemlu RI juga melaporkan adanya WNI yang sembuh dari Virus Corona COVID-19 di Mesir, Rusia, Australia, Azerbaijan dan Hong Kong.

"Tambahan WNI COVID-19 di Turki, Rusia, Azerbaijan, Jepang dan Hong Kong, sembuh di Mesir, Rusia, Australia, Azerbaijan dan Hong Kong. Total WNI terkonfirmasi di LN adalah 1.503: 1.084 sembuh, 120 meninggal & 299 dlm perawatan," tulis @Kemlu_RI  via Twitter.

Di Turki, terdapat 12 WNI yang positif COVID-19. 9 di antaranya telah dinyatakan pulih, 1 orang masih dalam perawatan dan 2 orang lainnya telah meninggal dunia. 

Adapun 21 WNI yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Rusia, dengan 20 orang yang telah sembuh dan 1 orang dalam perawatan. 

Terdapat 3 WNI yang mengalami COVID-19 di Jepang, dengan 2 orang pulih dan 1 orang lainnya dirawat dan dalam keadaan stabil. 

 

11 WNI di Mesir Pulih dari COVID-19

Patung The Fearless Girl yang dipasangi masker terlihat di depan Bursa Efek New York selama pandemi COVID-19 di New York, Amerika Serikat, Senin (27/4/2020). Menurut Center for Systems Science and Engineering di Universitas Johns Hopkins, kasus COVID-19 di AS melampaui 1 juta. (Xinhua/Michael Nagle)
Patung The Fearless Girl yang dipasangi masker terlihat di depan Bursa Efek New York selama pandemi COVID-19 di New York, Amerika Serikat, Senin (27/4/2020). Menurut Center for Systems Science and Engineering di Universitas Johns Hopkins, kasus COVID-19 di AS melampaui 1 juta. (Xinhua/Michael Nagle)

Kemlu RI mencatat bahwa hanya ada 1 WNI yang positif COVID-19 di Azerbaijan, dan telah dinyatakan sembuh. 

Dalam data Kemlu RI pada Senin (21/9/2020) per pukul 08.00 WIB itu, 11 WNI di Mesir juga telah dinyatakan pulih dari COVID-19.

Sedangkan di Australia, 3 WNI telah sembuh dari COVID-19. 

Terdapat 216 negara dan daerah yang tercatat mengalami kasus Virus Corona COVID-19.

Total kasus Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia per 22 September 2020 telah mencapai 30,9 juta, menurut Kemlu RI. 

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Stabil, Menag Fachrul Razi Makan Telur Rebus Sambil Nonton TV

Posted: 21 Sep 2020 11:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tengah menjalani isolasi dan proses perawatan di rumah sakit akibat terpapar Covid-19. Kondisi kesehatannya pun stabil dan membaik.

Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal mengatakan, walaupun dalam perawatan di rumah sakit, Fachrul Razi masih terus mengupdate informasi yang ada. 

"Update beberapa jam yang lalu, beliau sedang makan telur rebus sambil menonton TV dan mengupdate informasi melalui pemberitaan media," ujar Kevin Haikal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Dia mengatakan, Fachrul menitipkan salam dan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan, perhatian, dan doa yang telah diberikan untuk kesembuhannya.

Kevin menambahkan, tracing terhadap orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Menag Fachrul Razi terus dilakukan. Anggota keluarga dan para perangkat pendukung kegiatan Menag sudah melakukan tes swab.

"Alhamdulillah semua hasilnya negatif," kata Kevin.

Menag Fachrul Razi Positif Covid-19

Menteri Agama Fachrul Razi saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Fachrul Razi menyatakan tidak tahu jika pernyataannya soal radikalisme masuk masjid melalui anak muda yang menguasai bahasa Arab dan good looking akan menjadi konsumsi publik. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Agama Fachrul Razi saat Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa (8/9/2020). Fachrul Razi menyatakan tidak tahu jika pernyataannya soal radikalisme masuk masjid melalui anak muda yang menguasai bahasa Arab dan good looking akan menjadi konsumsi publik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. 

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020).

Meski dinyatakan positif Covid-19, Kevin menegaskan, kondisi Fachrul Razi dalam keadaan baik dan tanpa gejala yang mengkhawatirkan.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Agama Oman Fathurahman menyatakan, tugas Menteri Agama sementara dialihkan kepada wakilnya, Zainut Tauhid. 

"Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag sudah mengkoordinasikan dan sekaligus mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama," tulis Oman dalam siaran persnya, Jakarta, Senin (21/9/2020).

Alih tugas sementara, lanjut Oman, dilakukan agar Menag Fachrul Razi dapat fokus terhadap kesehatannya hingga dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sementara itu, perkantoran Kementerian Agama tidak ditutup total dan memilih buka dengan jumlah pegawai yang berkantor terbatas.

"Kami tidak tutup total karena Kementerian Agama sejak beberapa pekan terakhir melakukan pembatasan akses masuk kantor. Hari dan jam kerja pegawai juga dibatasi, sebagain besar melakukan kerja dari rumah atau work from home/WFH," kata Oman.

Walau hanya beroperasi terbatas, Oman menambahkan, tidak sembarang orang diizinkan masuk ke kantor yang berlokasi di dekat Lapangan Banteng Jakarta tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonom: OJK Harusnya Diperkuat, Bukan Dipisahkan dengan Bank

Posted: 21 Sep 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menyoroti rencana Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang hendak memindahkan pengawasan bank dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke Bank Indonesia (BI) pada 2023. Itu tertuang dalam Revisi Undang-Undang (RUU) nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Eko menilai, OJK saat ini lebih butuh penguatan pengawasan dibanding memisahkan pengawasan. Menurut dia, pemisahan pengawasan ini bisa menimbulkan kesan jika pemerintah mengesampingkan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB).

"Peran OJK harusnya bukan diperkecil, malah harus dikuatkan. Bukan memisahkan antara bank dan non-bank. Bahkan jangan sampai kesannya pemerintah menganaktirikan sektor IKNB," cibir Eko dalam sesi webinar, Selasa (22/9/2020).

Menurut dia, kecemburuan bisa saja terjadi antar para pelaku di sektor jasa keuangan. Sebagai contoh, pelaku IKNB bakal berasumsi bank lebih punya privilege lantaran diawasi BI sehingga lebih terjamin likuiditasnya.

Sebab dalam hal ini, bank sentral dapat dengan mudah membuat kebijakan stimulus ke perbankan. Sedangkan IKNB yang diawasi oleh OJK harus menghadap BI untuk meminta stimulus.

Dikatakan Eko, pemerintah seharusnya lebih melakukan perbaikan sistem pengawasan dan penguatan ketimbang memisahkan fungsi pengawasan antara BI dan OJK.

"Ke depan itu harunya yang diperlukan OJK lebih produktif untuk memperkuat dan pengawasan terintegrasi," tegas Eko.

OJK Minta Industri Keuangan Syariah Segera Adopsi Sistem Digital

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bank Wakaf Mikro di Serang, Banten, Rabu (14/3). Bank Wakaf Mikro merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang didirikan atas izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bank Wakaf Mikro di Serang, Banten, Rabu (14/3). Bank Wakaf Mikro merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang didirikan atas izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Liputan6.com/Pool/Biro Setpres)

Industri keuangan syariah harus beradaptasi dengan sistem digital. Digitalisasi bukan lagi sebagai pilihan melainkan kebutuhan menghadapi perkembangan zaman, terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Pandemi ini telah mempercepat proses digitalisasi di dalam ekosistem ekonomi syariah dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin pro digital di era new normal ini," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, dalam dalam Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah 2020, Jakarta, Senin (21/9/2020).

Dia menjelaskan dengan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuka akses keuangan di daerah-daerah yang belum terjangkau. Saat ini, otoritas sudah mulai melakukan digitalisasi kepada lembaga keuangan mikro.

Proses digitalisasi ini tidak hanya dari sisi akses keuangannya saja. Namun juga dari hulu ke hilir dengan proses bisnis UMK hingga pemasaran melalui platform digital.

"Digitalisasi ini tidak hanya di sisi akses keuangannya saja tapi dari hulu ke hilir," kata dia.

Cara ini dinilai akan memudahkan keuangan syariah langsung bertemu dengan pasarnya, yakni masyarakat. Sehingga berbagai produk jasa keuangan dapat memenuhi kebutuhan harian masyarakat.

"Ini akan yang lebih leluasa kepada umat kita untuk berbagai produk jasa keuangan maupun produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui e-commerce," sambung Wimboh.

Untuk itu, digitalisasi keuangan syariah harus segera dilakukan. Tujuannya demi mempercepat proses peran bank syariah atau keuangan syariah. Termasuk untuk memberikan akses kepada masyarakat di daerah-daerah.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Sandrinna Michelle dan Emiliano di Balik Layar Dari Jendela SMP

Posted: 21 Sep 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak tahu sinetron Dari Jendela SMP? Sinetron yang tayang di layar kaca SCTV sejak 29 Juni 2020. Sinetron Dari Jendela SMP sangat menarik untuk diikuti karena alur cerita yang seru dan menarik untuk diikuti.

Tak hanya Sandrinna Michelle atau Rey Bong saja yang menarik perhatian, namun juga kedekatan Sandrinna dengan Emiliano Cortizo. Dalam sinetron tersebut, Sandrinna berperan sebagai Wulan sedangkan Emiliano dipercaya memerankan karakter bernama Gino. Pria yang memendam rasa ke Wulan. 

Kisah cinta Wulan dan Gino di Dari Jendela SMP tak kalah mencuri perhatian dari perjalanan asmara Wulan dan Joko. Chemistry yang terjalin antara Sandrinna dan Gino pun sukses bikin penggemar ikut terbawa perasaan. Bahkan, enggak sedikit yang merasa Sandrinna alias Wulan lebih cocok dengan Gino. 

Kedekatan dua selebriti muda ini ternyata tidak hanya terlihat di lokasi syuting. Di luar lokasi, dua seleb yang terpaut usia 2 tahun ini juga klop banget. Penasaran seperti apa potret kedekatannya? 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen keakraban Sandrinna dan Emiliano di balik layar sinetron Dari Jendela SMP, Selasa (22/9/2020). 

1. Tak kalah dari kisah Joko dan Wulan, kisah asmara Wulan dan Gino juga berhasil mencuri hati penggemar.

Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/
Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/

2. Hanya terpaut usia 2 tahun, membuat chemistry yang terjalin antara dua bintang sinetron berlangsung apik.

Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/
Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/

3. Meski baru pertama kali beradu peran, namun kekompakan dua bintang muda ini tak perlu diragukan lagi.

Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/
Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/

4. Tak hanya dekat saat on camera, dua selebriti berdarah blasteran ini juga akrab di luar syuting.

Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/
Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/emilianocortizo/

5. Sinetron ini sukses membuat penonton terbelah menjadi dua kubu. Tim Gino dan Tim Joko.

Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/djs.couple
Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram/djs.couple

6. Ini dia potret keseruan Sandrinna dan Emiliano bersama teman-teman saat di lokasi syuting.

Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram//sandrinna_11
Sandrinna Michelle dan Emiliano Cortizo (Sumber: Instagram//sandrinna_11

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Artis K-Pop yang Ultah 22 September, Ada Nayeon Twice dan Hyoyeon SNSD

Posted: 21 Sep 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Tanggal 22 September menjadi hari yang spesial bagi banyak penggemar K-Pop. Pasalnya, banyak idola yang berulang tahun pada hari ini.

Siapa saja mereka?

1. Nayeon Twice

Yang pertama adalah si imut dengan gigi kelinci, Nayeon Twice.

Nayeon lahir pada 1995, sehingga kini ia genap berusia 25 tahun, untuk perhitungan usia internasional.

Menyambut hari spesialnya, Nayeon memberikan satu kejutan khusus untuk penggemar. Ia membawakan kembali lagu "Falling" milik Harry Styles, yang diunggah di kanal YouTube resmi Twice, Selasa (22/9/2020).

 

2. Hyoyeon SNSD

Kim Hyoyeon SNSD (Instagram/ hyoyeon_x_x)
Kim Hyoyeon SNSD (Instagram/ hyoyeon_x_x)

Pelantun "Dessert" ini menikmati sajian dessert spesial untuk hari ultahnya yang ke-31. Coba intip foto yang ia bagikan pada hari ulang di Instagram. Menggiurkan, ya!

3. Jinyoung GOT7

Jinyoung GOT7 (Instagram/ jinyoung_0922jy)
Jinyoung GOT7 (Instagram/ jinyoung_0922jy)

Umur kini memang telah menginjak 26 tahun, untuk perhitungan usia internasional. Tapi kue ultah Jinyoung GOT7 tetap berhiaskan lilin warna-warni dengan hiasan wajah tersenyum yang tampak imut.

Akun Twitter resmi GOT7 juga merayakan ultah Jinyoung dengan mengunggah cuitan bertagar #OurBrightestStarJinyoungDay.

 

4. Kim Yohan

Kim Yohan (Instagram/ wei__official)
Kim Yohan (Instagram/ wei__official)

Hingga berita ini ditulis, Kim Yohan memang belum mengunggah apa pun yang berkaitan dengan ultahnya yang ke-21. Bisa jadi, ia tengah sibuk mempersiapkan diri untuk debut bersama WEi pada 5 Oktober mendatang.

Tapi setidaknya, akun Instagram resmi WEi telah membuat unggahan khusus untuk merayakan ultah Yohan.

 

5. Seungmin Stray Kids

Unggahan Ultah Seungmin Stray Kids (Twitter/ Stray_Kids)
Unggahan Ultah Seungmin Stray Kids (Twitter/ Stray_Kids)

Rasa bahagia Seungmin Stray Kids mungkin dobel pada hari ini. Selain merayakan ultahnya yang ke-20, album repackage INη”Ÿ (In Life) yang tengah ia promosikan meraih kesuksesan.

Akun Instagram Stray Kids juga merilis uggahan spesial untuk ultah Seungmin, berikut ucapan selamat dari rekan-rekannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Satgas Covid-19: Paling Berat Hindari Kerumunan Saat Pilkada

Posted: 21 Sep 2020 11:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19 sekaligus Letjen Doni Monardo menyatakan pihaknya harus siap mengamankan jalannya Pilkada 2020 dari kenaikan kasus Covid-19.

"Pemerintah telah sepakat dengan komisi II untuk lanjutkan proses tahapan pilkada, dan tentu harus kita amankan, ini merupakan kebijakan politik negara," kata Doni dalam rapat bersama Komisi VIII di DPR, Selasa (22/9/2020).

Meski siap mengamankan, Doni mengaku akan kewalahan menangani kerumunan, terutama saat masa kampanye terbuka.

"Yang paling berat ini adalah hindari kerumunan, karena dasarnya pesta demokrasi adalah kumpulkan massa. Tapi PKPU sudah putuskan 100 orang (boleh kumpul kampanye) nyatanya ada yang tidak tertib kan," terangnya.

Doni menyatakan pihaknya akan mendorong baik peserta pilkada maupun masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan.

Tak Tahu Kapan Pandemi Berakhir

Sebab, apabila pilkada ditunda ia menyebut tidak tahu kapan pandemi akan berakhir.

"Kalau dari awal kita liat peserta pilkada teladan dan dia patuh, inilah yg harus kita dorong karena kita ga tau kapan pandemi berakhir. Vaksin dinantikan tapi belum bisa dijamin Covid-19 berakhir," ucapnya.

"Beberapa negara yg sudah bangga menekan laju tapi ada (kasus) lagi. Kalau bisa saya katakan pimpinan, tidak ada sejengkalpun tanah yang aman ketika negara masyarakatnya masih terpapar Covid-19," ia menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO Targetkan 2 Miliar Dosis Vaksin COVID-19 Tersedia di Penghujung 2021

Posted: 21 Sep 2020 11:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) menargetkan 2 miliar dosis vaksin COVID-19 sudah bisa tersedia di penghujung 2021.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers pada Senin kemarin, ditulis Selasa (22/9/2020).

"Kami terus menyerukan kepada semua negara untuk menggunakan setiap alat yang mereka miliki untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa, sampai dan setelah kita memiliki vaksin," kata Tedros seperti dikutip dari laman resmi WHO.

Ia mengatakan, pada April lalu, WHO, European Commission, beserta sejumlah mitra membentuk Access to COVID-19 Tools Accelerator untuk mempercepat pengembangan dan pembuatan vaksin, diagnostik, serta terapeutik, untuk memastikan akses yang adil dan merata untuk semua negara.

Selain itu, bersama Gavi dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations, CEPI, WHO juga mendirikan COVAX Facility yang memberikan negara peserta akses kepada portofolio kandidat vaksin COVID-19 paling besar dan beragam di dunia.

Akses Vaksin COVID-19 untuk Semua Negara

Ilustrasi vaksin (Liputan6.com)
Ilustrasi vaksin (Liputan6.com)

Tedros menyebut, COVAX Facility dibangun demi memastikan semua negara memiliki akses vaksin yang sama serta prioritas kepada mereka yang paling berisiko.

"Kami tidak memiliki jaminan bahwa vaksin apa pun yang sekarang dalam pengembangan akan berhasil. Semakin banyak kandidat yang kita uji, semakin tinggi peluang kita mendapatkan vaksin yang aman dan manjur," ujarnya.

Ia mengatakan, hampir 200 vaksin COVID-19 tengah diuji klinis dan pra-klinis. Menurut Tedros, berdasarkan sejarah, tidak semua vaksin akan berhasil.

"Fasilitas COVAX memungkinkan pemerintah untuk menyebarkan risiko pengembangan vaksin dan memastikan populasi mereka dapat memiliki akses awal ke vaksin yang efektif."

Ia menambahkan, rute tercepat mengakhiri pandemi dan mempercepat pemulihan ekonomi global adalah dengan memastikan "beberapa orang divaksinasi di semua negara" bukan hanya "semua orang di beberapa negara."

"Tujuan kami adalah menyediakan 2 miliar dosis vaksin pada akhir tahun 2021," kata Tedros.

Infografis: Perjalanan Wabah dan Vaksinnya

Infografis: Perjalanan Wabah dan Vaksinnya (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Perjalanan Wabah dan Vaksinnya (Liputan6.com / Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genangan Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Berangsur Surut

Posted: 21 Sep 2020 11:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Genangan air pada sejumlah ruas jalan dan lingkungan di Jakarta pascahujan yang turun sejak Senin (21/9/2020) malam hingga Selasa (22/9/2020) dinihari, saat ini sudah berangsur surut.

Kepala Pusdatin BPBD DKI Jakarta, M Insaf mengatakan, berdasarkan data awal hingga Selasa dinihari, tercatat ada 23 ruas jalan yang tergenang. Namun, laporan yang masuk dari wilayah pada pukul 09.00 telah berkurang menjadi 10 ruas jalan.

"Sebanyak 10 ruas jalan yang masih tergenang berada di Jakarta Barat. Sedangkan di wilayah lain sudah surut," ujarnya, Selasa (22/9/2020).

Ruas jalan yang tergenang, beber Insaf, tersebar di sembilan titik di Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng dan sisanya di Jalan Perumahan Green Garden, Kecamatan Kebon Jeruk.

"Ketinggian genangan berkisar antara 10 hingga 20 sentimeter," jelasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Genangan, lanjut M Insaf, di permukiman warga juga masih menggenangi 56 RT yang tersebar di empat wilayah kota dengan ketinggian berkisar 10 hingga 100 sentimeter.

Genangan di Jakarta Barat terdapat di sembilan RT dengan ketinggian 10 hingga 50 sentimeter, Jakarta Selatan sebanyak tujuh RT dengan ketinggian 10 sampai 40 sentimeter, Jakarta Timur 38 RT dengan ketinggian 10 hingga 100 sentimeter dua RT di Jakarta Utara dengan ketinggian 20 hingga 25 sentimeter.

"Sementara genangan di Jakarta Pusat sudah surut pada pukul 08.00," tuturnya.

Ia menambahkan, dua pos pengungsian didirikan yakni di Musala Riyadhul Saadah, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat dan Rusunawa Pengadegan.

"Jumlah warga yang mengungsi dilaporkan sebanyak 38 jiwa," pungkasnya.

Ruas Jalan yang Tergenang

Berikut 10 ruas jalan yang masih tergenang di Jakarta Barat hingga pukul 09.00 WIB:

- Jalan Dharma Wanita IV RT.011/02, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan H. Djairi RT.013/02, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan Cempaka Raya RT.007/011, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan Nusa Indah RT.005/012, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan Taruna Indah, Rawa Buaya, Cengkareng (15 cm)

- Jalan Klingkit RT.006/012, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan Carina Sayang RT.009/10, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan Suka Menanti RT.008/011, Rawa Buaya, Cengkareng (10 cm)

- Jalan Dharma Wanita I RT.002/01, Rawa Buaya, Cengkareng (30 cm)

- Jalan Perumahan Green Garden Blok N10A No.52, RT.3/RW.10, Kedoya Utara, Kebon Jeruk (20 cm)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendapatan Negara Sampai Agustus 2020 Capai Rp 1.034 Triliun

Posted: 21 Sep 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat pendapatan negara hingga 31 Agustus mencapai Rp 1.034,1 triliun. Angka ini setara 60,8 persen dari target Perpres 72 yang menjadi landasan APBN 2020 sebesar Rp 1.699,9 triliun.

"Atau dalam hal ini realisasi 31 Agustus dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 1.190 triliun, berarti terjadi kontraksi pendapatan sebesar 13,1 persen," kata Sri Mulyani dalam APBN KiTa, Rabu (23/9/2020).

Rinciannya, untuk pendapatan negara dari penerimaan perpajakan sebesar Rp 798,1 triliun, atau 56,8 persen dari target Perpres Rp 1.404,5 triliun. Atau terkontraksi 13,4 persen dibandingkan penerimaan perpajakan akhir Agustus 2019 yang mencapai Rp 921,5 triliun.

"PNBP kita Rp 232 triliun itu juga kontraksi 13,5 persen dibandingkan PNBP tahun lalu sebesar Rp 268,2 triliun. Meskipun PNBP ini dibandingkan dengan target Perpres sudah mencapai 78,9 persen," kata Sri Mulyani.

Adapun penerimaan negara dari hibah mencapai Rp 4 triliun. Meningkat dibandingkan kondisi tahun lalu yang hanya sebesar Rp 0,5 triliun.

Sedangkan untuk belanja negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah membelanjakan Rp 1.534,7 triliun. Jumlah tersebut setara 56 persen dari alokasi yang dianggarkan di dalam Perpres 72. Kenaikan belanja ini adalah 10,6 persen dibandingkan tahun lalu.

"Kalau kita break down, belanja pemerintah pusat bahkan melonjak 14 persen mencapai Rp 977,3 triliun, sedangkan tahun lalu yang hanya Rp 857,5 triliun. Dan realisasi belanja saat ini adalah 49,5 persen dari total rencana belanja pemerintah pusat," kata Menkeu.

Belanja Kementerian lembaga juga menunjukkan kenaikan sebesar 7,4 persen. Meskipun lebih rendah jika dibandingkan kenaikan pada tahun lalu yang mencapai 9 persen. Namun sebagian belanja non K/L untuk penanganan covid melonjak sangat tinggi yaitu Rp 460 triliun, dibandingkan tahun lalu yang Rp 375,9. Atau terjadi kenaikan 22,4 persen.

"Artinya, berbagai tindakan untuk melakukan akselerasi belanja di dalam rangka meminimalkan dampak covid sudah mulai terlihat di bulan Agustus ini, dan akan terus berlangsung di bulan September. Kita berharap orang ketiga tadi saya sampaikan maka belanja pemerintah bisa menyumbangkan secara positif dan kuat pada saat demand dari sisi konsumsi dan investasi serta ekspor kita mengalami posisi perlemahan," tutur Menkeu.

 

Transfer Daerah

Mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mata uang Rupiah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Rupiah secara point to point pada triwulan II 2020 mengalami apresiasi 14,42 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian, untuk transfer daerah (TKD) dan Dana Desa mencapai RP 557,4 triliun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 530,6 triliun. TKD ini sudah mencapai 73 persen dari alokasi Perpres 72/2020.

TKD sendiri telah mencapai Rp 504,7 triliun, atau tumbuh 3,3 persen. Sedangkan Dana Desa sudah dibelanjakan Rp 52,7 atau melonjak 41,2 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 42,2 triliun.

"Ini kita harapkan dalam kondisi covid dengan adanya belanja yang cukup besar pada kenaikannya di desa bisa memberikan ketahanan pada masyarakat desa. Dan belanja non KL yang berhubungan bisa memberikan ketahanan pada seluruh masyarakat dalam menghadapi covid yang memang sangat berat," kata Menkeu.

Adapun pada Agustus 2002, defisit mencapai Rp 500,5 triliun atau 3,05 persen dari GDP. "Ini adalah kenaikan yang sangat besar dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 197,9 triliun. Situasi ini harus kita jaga meskipun tadi kondisi dari SBN yield kita mengalami penurunan. Namun kita tetap harus berhati-hati," tukas Sri Mulyani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gibran: Ekonomi Solo Masih Tangguh dan Siap Bangkit Tahun Depan

Posted: 21 Sep 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon wali kota pada pemihan kepala daerah (Pilkada) Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka menyatakan, bahwa ekonomi Solo masih tangguh dan siap bangkit lagi di tahun depan.

Menurut Gibran, para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu adanya pendampingan agar lebih melek teknologi dan bisa memanfaatkannya untuk memperluas penjualan mereka.

"Saya dan Pak Teguh sudah blusukan, di Baron (salah satu nama kampung di Kota Solo) ada suplier wedangan. Pada kondisi pandemi seperti ini dalam satu hari pemasukkannya bisa sampai Rp 15 juta, ini yang harus kita dampingi," katanya saat menjadi pembicara pada Rapimkota Kadin Surakarta 2020 di Solo, Senin, 21 September 2020.

Selain itu pihaknya pun berharap para pelaku UMKM bisa melakukan transformasi digital.

"Ketika saya ketemu pelaku usaha kuliner saya tanya sudah gabung ke Go Food atau Grab Food belum, kalau belum kamu pasti mati. Yang jualan jilbab, sudah gabung Lazada, Shopee (market place) belum, kalau belum kamu pasti mati," ungkap Gibran dilansir Antara

 

Kolabirasi Semua Pihak

Gibran pun mengakui memang tidak mudah untuk bisa bangkit bagi para pelaku UMKM di tengah pandemi. Untuk itu, lanjut Gibran dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak. 

"Solo usianya sudah 275 tahun, punya sejarah panjang. Saya tidak ingin Solo terlihat renta, harus fresh untuk warga yang mengunjungi, nyaman bagi warga yang tinggal di sini. Solo pernah berturut-turut dapat juara 1 kota ternyaman di Indonesia yaitu tahun 2018 dan 2019. Ini harus dipertahankan," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling

Posted: 21 Sep 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk dikulik. Seperti foto-foto jadul artis di masa SMA yang cukup curi perhatian. Tak hanya foto sendiri, foto saat bersama teman-teman SMA sukses menjadi sorotan karena memperlihat wajah bahagia karena bisa berkumpul bersama teman.

Kekompakan dengan teman SMA inilah yang membuat seleb bernostalgia mengenang masa seru di bangku putih abu-abu. Foto-foto lawas saat SMA sukses membuat para seleb merindu dengan suasana SMA yang kini hanya bisa dikenang melalui foto-foto lawas.

Mulai dari Ahmad Dhani hingga Ayu Ting Ting pernah mengunggah potret keseruan mereka bersama teman-teman dekatnya. Keseruan tersebut terlihat nyata dengan senyum yang lebar di foto lawas yang diunggah para seleb. Para seleb pun mengakui bahwa masa SMA sangat amat dirindukan.

Penasaran kan dengan foto lawas artis saat SMA bersama gengnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, foto lawas artis bersama gengnya saat masih SMA, Selasa (22/9/2020).

1. Ini dia gaya Ahmad Dhani dan Ari Lasso saat kumpul bersama teman-temannya saat SMA.

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling  (sumber: Instagram.com/ahmaddhanofficial)
6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/ahmaddhanofficial)

2. Sedari dulu Ivan Gunawan sudah terlihat sebagai sosok yang humoris saat bersama teman-temannya.

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/lambe_lamis)
6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/lambe_lamis)

3. Najwa Shihab bersama rekan-rekan di bangku putih abu-abu terlihat kompak saat berkumpul bersama.

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/najwashihab)

4. Aura kecantikan Dian Sastrowardoyo begitu terpancarkan di foto lawas bersama teman-temannya.

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/therealdisastr)
6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/therealdisastr)

5. Saat Maia Estianty berambut pendek sebahu, ia terlihat begitu akrab dengan teman SMA nya.

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)
6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)

6. Ayu Ting Ting terlihat begitu kompak bersma teman-temannya dengan membuat simbol love menggunakan gabungan jari-jari mereka.

6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/ayutingting96)
6 Foto Lawas Seleb Saat Bersama Geng SMA Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/ayutingting96)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Nyanyi Bintang Kecil Dengan Cengkok Gayo

Posted: 21 Sep 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Unik, pria ini menyanyikan lagu bintang kecil dengan cengkok gayo. Nadanya membuat semua orang terkagum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepi Peminat, Mitsubishi Suntik Mati Mobil Listrik i-MiEV

Posted: 21 Sep 2020 11:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Motors berencana untuk menghentikan produksi mobil listriknya, i-MiEV (Mitsubishi Innovative Electric Vehicle). Hal tersebut, karena kurang lakunya kendaraan ramah lingkungan asal Jepang ini di pasar global.

Melansir Asia Nikkei, i-MiEV sendiri telah resmi dijual sejak 2009. Namun, dalam waktu tersebut, mobil ini hanya laku 32 ribu unit di seluruh dunia. Terlebih, akibat pandemi virus Corona Covid-19, jenama berlambang tiga berlian ini mengalami gangguan finansial.

Menurut salah seorang eksekutif di Mitsubishi, penghentian produksi ini juga karena Mitsubishi bersama aliansinya, Nissan akan memproduksi mobil listrik kembar pada tahun fiskal 2023-2024.

"Jadi, saat ini kami kekurangan uang maupun sumber daya manusia untuk berinvestasi dalam pengembangan kendaraan listrik," ujar sang sumber tersebut.

Meskipun begitu, memang belum ada pernyataan resmi dari pihak Mitsubishi Motors, terkait keputusan menghentikan produksi dari i-MiEV ini sendiri.

Sebagai informasi, Mitsubishi i-MiEV dipersenjatai baterai berkapasitas 16 kWh tersebut diklaim dapat menempuh jarak sejauh 160 km. Untuk versi yang dijual di Amerika Serikat pada tahun 2012, mobil listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 100 km.

Mitsubishi Uji Sistem Pengisian Mobil Listrik Bertenaga Surya di Indonesia

Mitsubishi terus melanjutkan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Kali ini, pabrikan berlambang tiga berlian ikut studi bersama pemanfaatan energi baru dan terbarukan untuk pengisian daya listrik di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Kyudenko.co, Mitsubishi mengembangkan energi panel surya sebagai energi baru terbarukan di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge, Sumba Barat Daya. Kemudian daya yang dihasilkan disalurkan ke alat pengisian daya cepat mobil listrik.

Proyek studi bersama ini, menggunakan Mitsubishi i-MiEV sebagai kendaraan listrik yang diuji, beserta perangkat pengisian daya cepat tipe chademo yang dipasangkan di kantor PLN Tambolaka.

 

Studi Bersama

Dijelaskan Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), keikutsertaan pihaknya dalam studi bersama ini merupakan salah satu bentuk komitmen Mitsubishi untuk mendukung perkembangan era kendaraan listrik di Indonesia.

"Sebagai bagian dari kontribusi kami untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, kami ingin lebih melanjutkan studi bersama dan kolaborasi dengan lebih banyak pihak di masa depan," jelas Nakamura di sela-sela acara acara peresmian kerja sama yang dilakukan PT PLN Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Infografis Heboh Penumpang Pesawat Membeludak

Infografis Heboh Penumpang Pesawat Membeludak (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Heboh Penumpang Pesawat Membeludak (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boks Pizza Berisi Ragam Sajian Indonesia Laris Manis Dijual di Amerika

Posted: 21 Sep 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner Indonesia kian mendapat tempat di hati khalayak dunia. Hal tersebut tentu tak lepas dari peran serta banyak pihak, termasuk para warga Tanah Air di luar negeri yang memopulerkan sajian Indonesia .

Satu di antaranya adalah Hardena/Waroeng Surabaya, sebuah restoran yang menyuguhkan santapan khas Indonesia di Philadelphia, Amerika Serikat. Restoran ini didirikan pasangan suami istri, Ena dan Harry Widjojo, pada 2001 silam.

Restoran Hardena berinovasi dan menyuguhkan menu Not Pizza Box. Sesuai namanya, boks pizza ini diisi beragam sajian Indonesia yang menggugah selera.

Not Pizza Box dilengkapi nasi putih yang dikelilingi ragam lauk pauk, seperti satai ayam, udang goreng, ikan goreng, rendang, ayam kecap, dan mi goreng. Ada pula tahu, telur balado, sambal, kerupuk, sambal goreng kentang, sayuran dengan bumbu kacang, sayur singkong, terong balado, lengkap dengan irisan timun.

Satu boks dijual seharga 85 dolar AS atau setara Rp1,2 juta. Berdasarkan situs web pemesanan Not Pizza Box dari Hardena, ada beberapa aturan terkait pembelian.

Salah satunya, pemesanan hanya dibuka pada Senin dengan sistem siapa cepat, ia dapat. Setelah mendapat slot, Not Pizza Box berisi sajian Indonesia ini baru akan tersedia pada Rabu hingga Minggu setiap jam hingga setengah jam mulai pukul 14.00--19.00, waktu setempat.

Aturan Pemesanan

Satu boks pizza ini berisi sederet sajian menggugah selera asli Indonesia yang dijual di Amerika Serikat. (dok. Instagram @  hardenaphilly/https://www.instagram.com/p/CFKu7EYDHTF/?hl=en
Satu boks pizza ini berisi sederet sajian menggugah selera asli Indonesia yang dijual di Amerika Serikat. (dok. Instagram @ hardenaphilly/https://www.instagram.com/p/CFKu7EYDHTF/?hl=en

Restoran juga tak menerima permintaan diet khusus karena setiap kotak dibuat acak dan mencakup dua atau lebih alergen. Pihaknya tak menyarankan membeli menu ini jika pelanggan sensitif terhadap makanan. Boks yang berisi sajian vegan, vegetarian, dan pescatarian hanya tersedia di akhir pekan dan tak tersedia di hari biasa.

Diingatkan pula untuk tak lupa mengambil pesanan karena tak ada pengembalian dana atau perubahan tanggal. Pembayaran penuh harus dilakukan segera melalui layanan pembayaran seluler setelah email konfirmasi reservasi dikirimkan. Bila tidak, pelanggan akan kehilangan slot.

Sementara, akun Instagram Hardena kini telah diikuti lebih dari 9.400 followers. Selain soal sajian yang disuguhkan di restoran, Hardena juga kerap ambil bagian dalam beragam kegiatan donasi.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Warga Sulut agar Vaksin Covid-19 Tersedia pada Januari 2021

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sembari menunggu vaksin yang ditargetkan pemerintah pusat bisa mulai diproduksi secara massal pada awal tahun 2021.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly saat menghadiri ibadah syukur HUT ke-38 Wilayah Bitung 2 di GMIM Imanuel Aertembaga Bitung, Sabtu (19/9/2020).

"Saya juga bersyukur kegiatan HUT wilayah Bitung 2 ini tetap melaksanakan protokol, kalau kita bisa begini terus kita bisa lakukan, saya percaya Sulut bisa hidup berdampingan dengan virus ini," ujarnya.

Olly mengatakan, jika menghindar dari pandemi itu tidak mungkin, masyarakat Sulut harus belajar berdampingan dengan pandemi sampai adanya vaksin.

Terkait vaksin Covid-19, Olly mengajak semua pihak mendoakan agar uji coba vaksin berjalan lancar dan nantinya digunakan secara massal mulai Januari 2021, sehingga aktivitas kehidupan masyarakat dapat berjalan kembali seperti biasanya.

"Sekarang sementara kita menunggu kerja keras pemerintah membuat vaksin, mudah-mudahan kita doakan sehingga Januari vaksin ini sudah bisa kita dapat atau dibagikan oleh pemerintah bagi seluruh masyarakat," ujar Olly.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sulut memberikan bantuan dana sebesar Rp25 juta untuk jemaat yang terdampak pandemi Covid-19.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lini Belakang Rapuh, 3 Pemain Ini Dinilai Mampu Atasi Persoalan Tembok MU

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Performa buruk Manchester United (MU) akhir pekan kemarin, pasti membuat sebagian besar penggemar merinding. Penampilan Setan Merah terlihat. Ada kekurangan ide di sekitar lapangan, yang akan mengkhawatirkan dari tim yang baru saja finis ketiga di musim sebelumnya.

Dan membiarkan 3 gol ke gawang MU oleh pemain Crystal Palace tidak bisa diterima oleh para penggemar. Bahkan, pertunjukan "horor" Victor Lindelof di jantung pertahanan MU menghidupkan kembali perdebatan apakah lini belakang United cukup baik?

Bek tengah baru untuk pasangan Harry Maguire dianggap menjadi persyaratan, meskipun itu tidak termasuk dalam agenda transfer hierarki Old Trafford. Namun, kekalahan ini dan cara di mana lini belakang Manchester United dirobek oleh Crystal Palace kembali membuka diskusi.

Namun, kemungkinan besar MU tidak akan mengubah strategi transfer mereka musim panas ini. Ini berarti Jadon Sancho tetap menjadi target utama dan satu-satunya tambahan defensif, jika ada, bisa melihat kedatangan full-back Brasil Alex Telles dari Porto.

Ini bukan skenario terbaik untuk para penggemar, tetapi Ole Gunnar Solskjaer mungkin harus puas dengan para pemain yang dimilikinya, setidaknya hingga musim dingin. Itu memaksa MU untuk melihat skuat mereka untuk alternatif yang lebih baik dari Victor Lindelof.

Teden Mengi

Gelandang Paul Pogba pada laga Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu , 19 September 2020. (Shaun Botterill / Pool via AP)
Gelandang Paul Pogba pada laga Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu , 19 September 2020. (Shaun Botterill / Pool via AP)

Pemain berusia 18 tahun itu naik pangkat di akademi United dan tak lama kemudian para pelatihnya mengungkapkan kualitasnya. Kapten Manchester United U-18 itu tampil sangat mengesankan sehingga dia dipromosikan ke tim U-23 tahun lalu.

Dia juga dipanggil ke tim senior musim lalu dan merupakan pemain pengganti yang tidak digunakan dalam kekalahan tandang dari Astana di Liga Europa.

Mengi memiliki semua atribut sebagai bek tengah yang layak. Dia cepat, kuat, dan hebat di udara. Dia menunjukkan ketenangan melebihi usianya dalam situasi satu lawan satu. Sikap dan komitmennya telah membuat semua pelatihnya terkesan dan banyak yang memberinya tip untuk menjadi kapten Manchester United masa depan.

Axel Tuanzebe

Bek Manchester United, Axel Tuanzebe berebut bola udara dengan gelandang Colchester United, Harry Pell pada pertandingan perempat final Piala Liga Inggris di Old Trafford (18/12/2019). Di semifinal, MU akan bertemu Manchester City. (AP Photo/Jon Super)
Bek Manchester United, Axel Tuanzebe berebut bola udara dengan gelandang Colchester United, Harry Pell pada pertandingan perempat final Piala Liga Inggris di Old Trafford (18/12/2019). Di semifinal, MU akan bertemu Manchester City. (AP Photo/Jon Super)

Axel Tuanzebe seharusnya mencapai level berikutnya dan mendorong tempat tim utama musim lalu. Kebangkitannya dari akademi United sebenarnya cukup meroket. Dan setelah kembali dari masa peminjaman yang sukses bersama Aston Villa di musim 18/19, banyak orang mengharapkannya untuk menurunkan Lindelof ke bangku cadangan pada 2019/20.

Sayangnya, Tuanzebe mengalami masa sulit dengan cedera dan hanya berhasil membuat 5 penampilan sepanjang musim untuk MU.

Pemain asal Inggris itu berusaha mendapatkan tempat di tim utama ketika dia mengalami cedera pinggul. Itu diikuti oleh cedera hamstring yang membuatnya absen sampai jeda musim karena Covid-19.

Penggemar MU serta Solskjaer akan sangat ingin melihat apakah Tuanzebe bisa menyelesaikan masalah pertahanan mereka dan menjadi batu di belakang yang dituntut oleh tim.

Chris Smalling

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) dan pemain AS Roma Chris Smalling berebut bola pada pertandingan Coppa Italia di Turin, Italia, Rabu (22/1/2020). Juventus menggilas AS Roma 3-1 dan berhasil lolos ke semifinal. (Marco Bertorello/AFP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) dan pemain AS Roma Chris Smalling berebut bola pada pertandingan Coppa Italia di Turin, Italia, Rabu (22/1/2020). Juventus menggilas AS Roma 3-1 dan berhasil lolos ke semifinal. (Marco Bertorello/AFP)

Ya, Chris Smalling sudah bertekad untuk pindah ke AS Roma. Ya, dia berlatih dalam kelompok terpisah menjelang langkahnya yang akan datang. Tapi, kepindahan belum terwujud, dan MU dapat memanfaatkannya.

Masa peminjamannya di Italia terbilang cukup sukses dan eks pemain Fulham itu bahkan berhasil mencetak 2 gol dan mendapat satu assist. Dia adalah ancaman konstan di kotak lawan.

Smalling menjelma menjadi salah satu bek terbaik di liga seiring berjalannya musim. Manajer Roma Paulo Fonseca jelas merupakan penggemar dan secara terbuka memuji Smalling lebih dari sekali.

MU bisa bersandar padanya sampai mereka menemukan opsi yang lebih baik, dan mungkin Smalling sendiri punya alasan untuk membuktikan kepada semua orang di klub.

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek 6 Fakta dan Mitos soal Tidur: Benarkah Minum Alkohol Bisa Bikin Pulas?

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidur merupakan salah satu kebutuhan paling penting untuk manusia. Kendati dilakukan setiap hari, para ilmuan mencatat ada banyak yang tidak diketahui tentang tidur.

Sebagaimana diketahui, tidur sangat baik untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan kadar hormon, membersihkan racun dari otak, hingga menurunkan tekanan darah.

Mengutip atikel dari Sleep Education, ada enam fakta dan mitos yang sampai saat ini dipercaya oleh masyarakat luas. Berikut ini enam fakta dan mitos soal tidur:

1. Mitos: Setiap orang membutuhkan delapan jam untuk tidur

Fakta: American Academy of Sleep Medicine meremomendasikan kalau orang dewasa harus tidur tujuh jam atau lebih setiap malam secara teratur. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesehatan yang optimal.

Sementara untuk anak-anak dan remaja membutuhkan waktu lebih banyak untuk tidur. Variabilitas individu dalam kebutuhan tidur dipengaruhi oleh faktor genetik, perilaku, medis, dan lingkungan.

 

2. Mitos: Manusia bisa mengejar jam tidur yang kurang di akhir pekan

Ilustrasi orang tidur. (dok. Manbob86/Pixabay/ Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi orang tidur. (dok. Manbob86/Pixabay/ Tri Ayu Lutfiani)

Fakta: Dr. Philip Gehrman, asisten profesor psikiatri di University of Pennsylvania mengatakan, hal ini tidak baik dilakukan. Sebabnya, bila lebih banyak tidur di akhir pekan, seorang manusia bakal kesulitan tidur di hari Senin.

"Orang-orang mencoba menutupi sebagian waktu tidur mereka yang kurang di hari sebelumnya pada akhir pekan. Masalah akan muncul karena jadwal tidur tidak teratur. Hasilnya, bisa menyebabkan masalah, yakni ritme tidurnya mengalami perubahan."

"Tidur di akhir pekan bisa saja menyebabkan Anda tidak bisa tidur di Minggu malam. Kemudian Anda malah tertidur pada Senin pagi, yang secara umum merupakan jam kerja," katanya.

 

3. Mitos: Menonton televisi bisa membantu Anda tertidur

Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Fakta: Sebagian orang menyukai ada suara televisi yang bisa membantu mereka untuk tidur. Namun, volume dan pencahayaan dari televisi bisa merusak kualitas tidur dan membangunkan Anda di tengah malam.

"Jika Anda menyukai kebisingan saat tidur, lebih baik menggunakan kipas yang menghasilkan kebisingan yang konstan," ujar Gerhman.

 

4. Mitos: Minum alkohol membuat tidur menjadi pulas

Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/pixabay

Fakta: Minum alkohol dalam jumlah yang banyak bisa membuat Anda tertidur. Namun, kualitas tidur yang Anda dapatkan tidak bakal sempurna.

"Bahan kimia dari alkohol bisa merusak kualitas tidur dan menyebabkan Anda terjaga di tengah malam. Jadi, jika Anda minum alkohol, Anda tidak bisa tidur nyenyak atau pulas."

"Selain itu, menggunakan alkohol untuk tidur malah meningkatkan kemungkinan Anda menjadi ketergantungan pada alkohol," ucap Gerhman.

 

5. Mitos: Mimpi tak terjadi setiap tidur

Ilustrasi tempat tidur | Pixabay.com
Ilustrasi tempat tidur | Pixabay.com

Fakta: Selama ini kita percaya tak semua orang bermimpi saat tidur malam. Namun, riset justru mengatakan sebaliknya. Menurut riset dari National Sleep Foundation, rata-rata orang akan bermimpi empat sampai enam kali setiap malam.

Manusia mengira jika mereka tak bermimpi karena tidak dapat mengingatnya. Namun, periset tak menyakini penyebab beberapa orang yang mampu mengingat mimpinya dengan baik daripada yang lain.

 

6. Mitos: Mengantuk di siang hari disebabkan oleh tidur malam yang singkat

Orangtua tidur malam/Pixabay PublicDomainPictures
Orangtua tidur malam/Pixabay PublicDomainPictures

Fakta: Bila kita tetap merasa lelah meski kita telah tidur selama delapan atau sembilan jam dalam semalam, mungkin kita mengalami sleep apnea atau henti napas sesaat.

Kondisi ini membuat kita terbangun beberapa kali dalam semalam. Ini membuat kita sulit tidur nyenyak yang menyebabkan kita mengantuk saat siang hari.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran OJK Dinilai Penting untuk Lakukan Pengawasan Terintegrasi

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chairman Infobank Institute Eko B Supriyanto menilai, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetap memiliki peran penting dalam melakukan pengawasan terintegrasi, baik pada sektor industri bank maupun Industri Keuangan Non-Bank (IKNB).

Dalam kasus ini, Eko mengutip Undang-Undang (UU) Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan. Menurut dia, di dalam UU itu menyebutkan bahwa pengawasan terintegrasi menjadi satu tangan.

"Selama ini yang ada di dalam Undang-Undang itu kan ada pengawasan bank, pengawasan IKNB, dan pasar modal. Untuk pengawasan terintegrasi itu dalam satu tangan, atau dalam satu deputi komisioner. Sehingga itu menjadi sangat memudahkan," ujarnya dalam sesi webinar, Selasa (22/9/2020).

Selain itu, ia menyoroti OJK yang sudah memiliki payung hukum pasti untuk melakukan pengawasan terintegrasi ini, yakni Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) yang tinggal diperkuat saja.

Kemudian, Eko melanjutkan, kehadiran OJK juga penting untuk melakukan konsolidasi antara bank berskala besar dan kecil, yang jumlahnya kini banyak sekali.

"Jadi intinya, menurut saya selama ini hadirnya OJK adalah untuk pengawasan terintegrasi. Apakah sudah efektif atau tidak, mari kita semua berpikir bagaimana menguatkan OJK ini. Karena memang undang-undangnya itu tidak memungkinkan, harus ada satu pengawasan terintegrasi," ungkapnya.

"Misalnya satu divisi khusus, atau satu komisioner khusus. Itu mungkin sudah dilakukan, tapi sudah banyak dilakukan dalam pengawasan terintegrasi," dia menambahkan.

Menurut dia, seluruh pertanyaan mengenai apakah pengawasan terintegrasi seperti yang didapuk OJK diperlukan atau tidak, itu harus dijawab di DPR.

"Menurut saya perlu. Menurut saya penting. Pengawasan terintegrasi ada di OJK, itu adalah sesuatu yang kita perjuangkan 5 tahun yang lalu," tegas dia.

"Jangan sampai selera penguasa, selera pemerintah sehingga kita gampang dirubah. Alasannya untuk krisis atau apa. Negara ini bukan untuk 5-10 tahun. Negara ini untuk anak-cucu kita," tandasnya.

Meneropong Peran Penting OJK di Industri Keuangan Indonesia

Petugas tengah melakukan pelayanan call center di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas tengah melakukan pelayanan call center di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Legislasi DPR RI tengah menyusun revisi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia (BI). Salah satu poin pembahasan yang menjadi sorotan ialah rencana pengembalian fungsi pengawasan perbankan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke BI, yang tertuang di pasal 34 revisi UU tersebut.

Namun sebagai lembaga pengawasan, OJK tentu tidak dibentuk tanpa alasan. Staf Ahli OJK Ryan Kiryanto menyatakan, pasca krisis moneter 1998 dan krisis finansial global tahun 2008, kehadiran lembaga pengawasan sektor jasa keuangan yang terintegrasi sangat diperlukan. Oleh karenanya, dibentuklah OJK.

"Jadi, inilah the beauty of pengawasan terintegrasi ini, yang memang dimiliki OJK, menjadi semacam flagship OJK," ujar Ryan dalam tayangan virtual.

Sejak OJK berdiri, Ryan melanjutkan, terpampang bukti nyata soliditas kondisi sistem keuangan Indonesia. Sektor jasa keuangan terjaga dengan baik dan perannya terhadap ekonomi nasional bisa dilihat secara nyata.

Hal tersebut merupakan buah dari fungsi pengawasan terintegrasi yang dilakukan oleh OJK. Oleh karenanya, Ryan bilang, pihaknya kini tetap fokus memperketat pengawasan tersebut, terlepas dari isu pengembalian pengawasan perbankan yang ramai dibincangkan.

Menurutnya, hal itu termasuk ke dalam domain politik dan tidak termasuk ranah OJK.

"Kita nggak masuk ranah sana. OJK sendiri masih solid menjalankan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kita sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui peran nyata," tutur Ryan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Akuisisi Perusahaan Video Gim ZeniMax Media Senilai Rp 111 Triliun

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft mengumumkan akuisisi ZeniMax Media secara tunai sebesar USD 7,5 miliar atau sekitar Rp 117 triliun. Akuisisi ini merupakan upaya Microsoft memperkuat posisinya di industri gim.

Dilansir The New York Times, Selasa (22/9/2020), Microsoft melalui akuisisi ini akan memegang kontrol sebagian besar gim seperti The Elder Scrolls, Fallout, Doom, Quake, dan Wolfstein.

ZeniMax Media merupakan induk usaha dari Bethesda Softworks, yang merupakan salah satu penerbit dan pengemban gim terbesar di dunia.

Kesepakatan ini dinilai membuat Microsoft dapat melawan kritik yang menyebutkan perusahaan tertinggal dari Sony dalam hal kualitas gim. Keduanya akan segera merilis konsol gaming terbaru.

Microsoft akan merilis Xbox Series X pada 10 November 2020.

Sementara Sony akan mulai menjual konsol PS5 pada 12 November 2020 untuk beberapa negara tertentu, seperti di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Peluncuran di negara-negara lain dimulai pada 19 November 2020.

Persaingan Microsoft dan Sony

E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)
E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

The New York Times melaporkan bahwa para gamer telah lama mengeluh bahwa konsol Xbox Microsoft tidak memiliki jenis gim eksklusif dan berkualitas tinggi sebanyak Sony. Hal tersebut merupakan nilai jual utama PlayStation.

Selama bertahun-tahun, Sony memiliki studio gim lebih banyak daripada Microsoft. Namun tahun lalu, Microsoft berhasil melampaui Sony dengan memiliki 15 studio, sedangkan Sony 14.

Kesepakatan baru yang diumumkan pada Senin (21/9/2020) ini memperkuat kepemimpinan Sony menjadi pemilik dari 23 studio gim, dan memberikan kendali atas beberapa waralaba paling populer di dunia.

Pihak Sony menolak mengomentari akuisisi terbaru Microsoft.

 

Penyelesaian Akuisisi

Microsoft mengungkapkan proses akusisi ZeniMax Media diperkirakan selesai pada paruh kedua tahun fiskal 2021.

Akuisisi itu disebut akan berdampak kecil terhadap pendapatan operasional non-GAAP pada tahun fiskal 2021 dan 2022.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tuntut Presiden Meksiko Mundur, Demonstran Berkemah di Jalan Raya

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)
Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di perempatan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)
Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di perempatan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di perempatan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di perempatan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)
Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di perempatan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di perempatan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Fernando Llano)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di Jalan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Eduardo Verdugo)
Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di Jalan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Demonstran yang menuntut pengunduran diri Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berkemah di Jalan Juarez Avenue dan Reforma Mexico City, Senin (21/9/2020). Para demonstran memutuskan untuk berkemah di jalan, memblokir Jalan Juarez sepenuhnya. (AP Photo/Eduardo Verdugo)

Sosok Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dengan tanduk seperti setan berdiri di sebuah kamp saat protes menuntut pengunduran dirinya di Juarez Avenue Mexico City, Mexico City, Senin (21/9/2020). (AP Photo/Fernando Llano)
Sosok Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dengan tanduk seperti setan berdiri di sebuah kamp saat protes menuntut pengunduran dirinya di Juarez Avenue Mexico City, Mexico City, Senin (21/9/2020). (AP Photo/Fernando Llano)

Sosok Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dengan tanduk seperti setan berdiri di sebuah kamp saat protes menuntut pengunduran dirinya di Juarez Avenue Mexico City, Mexico City, Senin (21/9/2020). (AP Photo/Fernando Llano)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Kritik Presiden Xi Jinping, Mantan Bos BUMN China Divonis Penjara 18 Tahun

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Mantan chairman BUMN China, Ren Zhiqiang, divonis penjara 18 tahun atas tuduhan korupsi. Vonis ini muncul setelah Ren Zhiqiang menghilang pada Maret 2020. 

Ren Zhiqiang menghilang tak lama setelah kritiknya kepada Presiden Xi Jinping beredar luas di media sosial. Setengah tahun menghilang, kini ia mendapat vonis penjara.

Dilaporkan AP News, Selasa (22/9/2020), pengadilan Beijing menjatuhkan vonis penjara 18 tahun kepada Ren Zhiqiang karena korupsi, suap, menggelapkan uang rakyat, dan penyalahgunaan kekuasaan.

Ren Zhiqiang tak berbicara kepada media, tetapi pengadilan Beijing berkata Ren Zhiqiang tak berniat banding. Ren juga sudah dikeluarkan dari Partai Komunis China pada Juli lalu.

Ren mengkritik pemerintah China yang dianggap menyebar propaganda saat pandemi COVID-19. Ia tak menyebut nama Xi Jinping, namun berkata ada "badut" yang ingin menjadi "kaisar."

"Yang berdiri di sana bukanlah kaisar yang memamerkan baju barunya tetapi seorang badut yang bugil dan bersikeras ia adalah seorang kaisar," ujar Ren Zhiqiang.

Kritikan Ren mengarah ke konferensi pemerintah China yang dihadiri 170 ribu pejabat. Ren berkata pemerintah bukannya menginvestigasi atau mengambil tanggung jawab, tetapi malah pamer prestasi seakan menyelematkan China.

Ren Zhinping adalah mantan chairman Huayuan Group, perusahaan BUMN China yang bergerak di sektor real estate. Selain aktif di BUMN, ia merupakan seorang pengusaha sukses.

Ren juga punya latar belakang militer dan keluarga politik. Ren terkenal di media sosial China karena kritikannya, namun ia dicekal dan akhirnya menghilang.

Ini bukan pertama kalinya China melakukan pembungkaman. Dokter-dokter di Wuhan yang pertama kali mendeteksi COVID-19 juga dibungkam karena dianggap membuat gaduh.

Sukses Tangani COVID-19, Wuhan China Buka Kembali Penerbangan Internasional

Para penumpang mengantre untuk check in di Bandara Liuji di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, China (29/3/2020). Layanan penerbangan penumpang domestik kembali beroperasi di Hubei, wilayah yang sempat terdampak COVID-19, kecuali layanan di Bandara Internasional Tianhe Wuhan. (Xinhua/Xie Jianfei)
Para penumpang mengantre untuk check in di Bandara Liuji di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, China (29/3/2020). Layanan penerbangan penumpang domestik kembali beroperasi di Hubei, wilayah yang sempat terdampak COVID-19, kecuali layanan di Bandara Internasional Tianhe Wuhan. (Xinhua/Xie Jianfei)

Di lain hal, Kota Wuhan di China, yang merupakan lokasi awal munculnya wabah Virus Corona COVID-19, mulai membuka kembali aktivitas penerbangan internasional. 

Langkah tersebut mengakhiri moratorium penerbangan internasional selama delapan bulan lamanya sejak Virus Corona COVID-19 pertama kali muncul, seperti dikutip dari AFP, Jumat 18 September 2020.

Pada Maret 2020, pihak berwenang China menghentikan seluruh aktivitas penerbangan internasional karena menyebarnya COVID-19 secara global. 

Tetapi kini, China telah berhasil mengendalikan sebagian besar kasus COVID-19 dari hasil diberlakukannya pembatasan perjalanan, pengujian berskala besar, dan lockdown.

Menurut laporan media nasional China, CCTV sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Korea Selatan, T'way telah mendarat di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan pada 16 September.

Penerbangan tersebut diketahui membawa 60 penumpang.

Dilaporkan tampak para petugas mengenakan pakaian hazmat berwarna putih, dan dilengkapi dengan masker dan visor tengah memeriksa paspor penumpang yang tiba. 

Direktur Kantor Penerbangan Sipil Wuhan, Li Yizhuo, mengatakan kepada CCTV bahwa semua penumpang internasional yang tiba di Wuhan harus menjalani tes COVID-19 dalam 72 jam setelah keberangkatan. 

Namun saat ini, China masih melarang sebagian besar warga negara asing masuk dan mereka yang diizinkan masih harus menjalani karantina selama dua pekan.

Menurut Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC), maskapai T'way akan mengoperasikan satu penerbangan pulang-pergi mingguan dengan rute Wuhan dan Bandara Internasional Incheon. 

Sementara itu, kota-kota besar China lainnya - termasuk Beijing dan Shanghai - juga telah membuka kembali penerbangan internasional, dengan proses visa dan pemeriksaan kesehatan yang diperketat.

Infografis COVID-19

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yayasan Lentera Anak: Iklan dan Promosi Rokok Seolah Produk Normal, Padahal Tidak

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari mengamati bahwa rokok hadir di masyarakat tanpa disadari. Iklan dan promosi yang menarik seolah membuat rokok menjadi produk yang normal padahal, rokok adalah produk yang tidak normal.

"Rokok itu produk yang tidak normal, pertama karena rokok berdampak pada kesehatan. Bahkan, menurut penelitian suatu lembaga di AS, rokok itu tidak hanya mengandung 4.000 bahan kimia bahaya tapi 7.000 bahan kimia bahaya," ujar Lisda dalam webinar Kemen PPPA (17/9/2020).

Menurutnya, masyarakat sebetulnya meyakini bahwa rokok adalah produk yang berbahaya. Namun, di sisi lain penerimaan masyarakat terhadap rokok cenderung sama dengan produk-produk lain.

"Kita tidak merasa terganggu, bahkan kalau ada orang yang merokok di dekat kita, kita lebih memilih untuk tidak menghindar dari pada kita meminta orang tersebut untuk merokok di tempat lain, padahal kita mengetahui dampaknya."

Penerimaan masyarakat terhadap rokok sangat cair dan mudah, tambahnya. Sehingga rokok dianggap produk yang biasa-biasa saja.

"Ada dua undang-undang yang menunjukkan bahwa rokok adalah produk yang tidak normal. Yang pertama UU Kesehatan menyebut bahwa rokok mengandung zat adiktif seperti yang terkandung dalam narkoba."

Cukai Sebagai Pajak Dosa

Peraturan kedua adalah Undang-Undang Cukai yang turut menandakan bahwa rokok adalah produk tidak normal.

"Rokok adalah produk berbahaya sehingga harus dikenai cukai. Cukai itu adalah pajak dosa, barang-barang yang dikenai cukai itu harus diawasi karena barang yang dikenai cukai akan berdampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan hidup."

Lisda menambahkan, ada tiga produk yang harus dikenai cukai yaitu alkohol, etil alkohol, dan rokok.

"Jika kita selama ini melihat bahwa rokok adalah sesuatu yang biasa dan ringan-ringan saja, sebenarnya rokok adalah produk yang tidak normal. Undang-undang menetapkan seperti itu karena memang ada dampaknya. Karena rokok tidak normal maka memang seharusnya diperlakukan tidak sama dengan produk-produk yang kita konsumsi sehari-hari."

Tantangan yang ada di Indonesia adalah pandangan terhadap rokok yang dianggap produk biasa saja. Rokok sangat diterima dan dekat dengan masyarakat, tidak diperlakukan seperti narkoba.

"Narkoba kita langsung tolak dan dianggap negatif tapi kalau rokok masih ada keraguan, masih ada ruang yang diberikan untuk rokok," pungkasnya. 

Infografis Rokok

Infografis Bahaya Merokok
Infografis Bahaya Merokok

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Doakan Muridnya Meninggal Viral, Guru Ini Khilaf dan Minta Maaf

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial, baru-baru ini diramaikan dengan beredarnya sebuah video TikTok yang menunjukkan dua guru yang mengenakan seragam cokelat mendoakan anak didiknya agar meninggal jika mereka mengeluh ketika proses pembelajaran secara online.

Tidak dapat dimungkiri, sejak dibelakukannya proses pembelajaran secara daring di masa pandemi Corona Covid-19, banyak siswa yang mengeluhkan jumlah tugas yang diberikan gurunya. Apalagi masalah kuota yang terbatas dan wilayah yang susah mengakses internet.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @srikandishana1, tampak tingkah dua guru ketika berada di sebuah ruangan yang tampak seperti ruang guru di sekolah. 

Meski video tampak biasa saja, warganet menyoroti tulisan yang ada dalam video tersebut.  Tertulis doa yang seharusnya tidak diucapkan guru kepada muridnya.

"Ketika siswa mengeluh belajar online, Ya Allah, cabut nyawa mereka," keterangan tulisan dalam video tersebut.

Videonya Viral

Di tengah permasalahan selama belajar daring, guru sudah seharusnya memberikan contoh yang baik kepada muridnya dan menjadi teladan yang baik. Namun, kedua guru ini justru melakukan hal sebaliknya yang tentu tidak pantas dilakukan.

Banyak warganet yang menilai kedua guru ini tidak memiliki perilaku yang terpuji, lantaran mendoakan siswanya meninggal dunia jika mengeluh saat mengikuti proses belajar online.

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet dan menjadi perbincanagn viral. Banyak dari mereka merasa geram dengan tingkah dua guru tersebut. 

Guru menyesal atas perilakunya

Viral sebuah video beredar tengah menjadi perbicangan publik, dalam videonya terlihat dua oknum guru berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tengah membuat video di TikTok. (Instagram/@lambe_turah)
Viral sebuah video beredar tengah menjadi perbicangan publik, dalam videonya terlihat dua oknum guru berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tengah membuat video di TikTok. (Instagram/@lambe_turah)

Setelah video tersebut menjadi perbincangan viral, dua guru yang tak diketahui namanya itu membuat video klarifikasi dan permintaan maaf dan membagikannya di media sosial mereka.

Dalam video yang diunggah ulang oleh akun Instagram @lambeturah, memperlihatkan dua guru itu mengaku khilaf dan menyesal karena membuat video tersebut.

"Kami minta maaf atas kelalaian dan kekhilafan kami dalam pembuatan video TikTok pada 7 September 2020.

Kepada seluruh warga Indonesia khususnya seluruh murid dan wali murid kami minta maaf sebesar-besarnya.

Kami mengakui kekhilafan kami dan kami menyesali dengan apa yang kami perbuat.

Kami minta supaya seluruh warga yang kecewa mau memaafkan. Kami sangat menyesal dan meminta maaf kepada seluruh warga Indonesia."

 
 
 
View this post on Instagram

. Naahhh Ketemu kaaan orangnyaaa Akhirnya Kelari Pikasi dianyaaah Minta Mangap dianyahhh... . Ckckckckkkkk

A post shared by OFFICIAL LAMBE TURAH ENTRNT (@lambe_turah) on

 

 

Respons warganet

Viral sebuah video beredar tengah menjadi perbicangan publik, dalam videonya terlihat dua oknum guru berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tengah membuat video di TikTok. (Tiktok/@srikandishana1)
Viral sebuah video beredar tengah menjadi perbicangan publik, dalam videonya terlihat dua oknum guru berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tengah membuat video di TikTok. (Tiktok/@srikandishana1)

Meski telah mengungkapkan permintaan maaf, warganet tetap mengaku geram dengan ulah guru-guru itu. Banyak dari mereka meresponnya dengan kecewa dan menyesalkan atas apa yang dilakukan pengajar tersebut.

"Kalau g iklas g ush ngajar, murid juga ga butuh guru kayak gini," tulis akun @pslvv.

"Ini guru? etikanya gini? percuma buk sekolah tinggi ngajar anak tapi etikanya gini buk, mbikin malu nama sekolah," sahut akun @anggadiputra_.

"Kenapa kami mengeluh? KARENA GURUNY JUGA NGASI TUGAS BANYAK KALIAN MAU TIDUR MALAM KAN? SAMA KAMI JUGA GARA" TUGAS ANDA KAMI BEGADANG," komentar akun @teamdemon_squad2.

"NGELUH ITU PERILAKU YANG WAJAR YA, ANDA SEBAGAI GURU PERILAKU YG MIRIS, INI MAU MENJADI CONTOH MURIDNYA?" kata akun @._fiattos.

"DUH KOK KALIMATNYA SEPERTI ITU. DOAKAN DG UCAPAN2 BAIK BUAT MURIDNYA," sahut akun @agil_stgd.

"Gw sebagai murid orang tua merasa kecewa ko ada guru seperti ini, tapi untung disekolah anak saya gurunya tidak seperti ini," komentar akun @princesssinta0595.

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Foto Seksi, Revina VT Ramai Dikomentari Polusi Visual

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram Revina VT beberapa waktu lalu kebanjiran hujatan dari warganet di medsos. Cuitannya di Twitter terkait bentuk tubuh wanita di sasana atau pusat kebugaran memantik perhatian warganet.

Dalam cuitan yang dibuatnya, Revina VT dianggap warganet melakukan body shamming karena membahas bentuk tubuh wanita yang sedang dilihatnya. Ia pun habis-habisan diserang berbagai komentar, tak hanya dari warganet, namun juga selebgram lain.

Revina VT, dalam cuitannya yang viral kala itu, memperkenalkan kosakata polusi mata atau visual. Ini menandakan pandangan matanya terganggu karena melihat tubuh perempuan yang dinilai tak sesuai dengan standar kecantikannya.

Pamer Foto Seksi

Revina VT pamer foto seksi (https://www.instagram.com/p/CFYX6f2AW50/)
Revina VT pamer foto seksi (https://www.instagram.com/p/CFYX6f2AW50/)

Kosakata itu tampaknya masih melekat di ingatan warganet. Sebab, unggahan terbaru Revina VT di akun Instagram terverifikasi miliknya justru dipenuhi kosakata yang dipakainya untuk mengomentari tubuh orang lain.

Melalui Instagram, Revina VT mengunggah foto seksinya mengenakan sport bra dibalut jaket hitam. Ia berpose mengarahkan rambut ke belakang kepala dan menjulurkan lidah.

Ungkapan Cemburu

Revina VT, Selebgram Mantan Kekasih Young Lex (Sumber: Instagram/revinavt)
Revina VT, Selebgram Mantan Kekasih Young Lex (Sumber: Instagram/revinavt)

Menyertai foto tersebut, Revina VT menuliskan keterangan bernada kecemburuan terhadap pasangan. 

"Aku kesel kalo aku ga bisa bikin kamu ketawa, aku kesel kalo ada cowok berani genitin kamu, aku kesel kalo aku nggak tau harus ngapain padahal kamu lagi bete. Dianya lagi marah-marah, sayanya lagi jatuh cinta," tulis Revina VT.

Panen Komentar

Selain Polusi Mata, Ini 4 Kontroversi Selebgram Revina VT
Selain Polusi Mata, Ini 4 Kontroversi Selebgram Revina VT

Foto seksi Revina VT di Instagram memancing komentar warganet. Hingga berita ini ditulis, terdapat 648 komentar yang membanjiri unggahan foto terbaru Revina VT.

Sayangnya, komentar yang singgah di kolom bernada negatif atau sindiran menggunakan kata yang pernah dipopulerkan Revina VT saat mengomentari tubuh orang lain.

Polusi Mata

Mantan kekasih Young Lex ini juga aktif sebagai YouTuber.   Memiliki paras cantik, Revina VT kerap disebut-sebut mirip dengan Zaskia Gotik. (Liputan6.com/IG/@revinavt)
Mantan kekasih Young Lex ini juga aktif sebagai YouTuber. Memiliki paras cantik, Revina VT kerap disebut-sebut mirip dengan Zaskia Gotik. (Liputan6.com/IG/@revinavt)

"Polusi mata😐," tulis akun @randianurra.

"Polusi mata polusi visual πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ," tulis akun @ulala_garage.

"Kalau banyak yg ngatain kayak gitu kemarin ngaca dulu seblm ngatain org lain juga lho dah sempurna blm gitu masih ngatain org ngaca dlu say...πŸ˜‚," sambung akun @rizkhypermatahartindya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antisipasi Banjir Jakarta, Sampah Pintu Air Manggarai Dibersihkan

Posted: 21 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak malam hingga pagi Sampah pintu air Manggarai dibersihkan. Sampah menumpuk dampak banjir kiriman dari Bogor. Kebanyakan sampah terdiri dari ranting datang kayu ini diangkut menuju ke lokasi TPA. Ketinggian air turun di level siaga 4.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Jakarta Berpotensi Hujan Ringan-Sedang Mulai Siang Ini dan Besok

Posted: 21 Sep 2020 10:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkoordinasi melakukan pemantauan curah hujan di Jakarta. Hasil prakiraan BMKG, mulai siang ini, sejumlah wilayah Ibu Kota masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Kondisi itu berlaku hingga Rabu 23 September dan rata-rata terjadi pada pukul 13.00 WIB hingga 19.00 WIB," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Raditya merinci, sejumlah wilayah dengan prakiraan cuaca hujan ringan hingga sedang meliputi Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan dan Tebet di Jakarta Selatan.

"Kemudian Cengkareng, Kalideres, Kebon Jeruk dan Kembangan di Jakarta Barat," jelas dia.

Selanjutnya, untuk wilayah Jakarta Timur ada Cipayung, Ciracas, Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati, Makasar dan Pasar Rebo. Sementara untuk Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diperkirakan kondisi cuaca akan cerah, cerah berawan, dan berawan.

 

Waspada

Menurut Raditya, dengan memperhatikan prakiraan cuaca dan dampak yang dapat ditimbulkan oleh faktor cuaca tersebut, BNPB mengimbau agar masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan. Khususnya bagi yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan, dan anak sungai di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"BNPB juga meminta agar pemangku kebijakan di daerah agar lebih meningkatkan kapasitas dan mengantisipasi adanya potensi bencana yang dapat berdampak pada masyarakat," Raditya menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPNI: 85 Perawat Meninggal Dunia karena Covid-19

Posted: 21 Sep 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah, mengatakan 85 perawat di Indonesia meninggal dunia karena Covid-19. Mereka meninggal setelah berjuang menangani pasien yang terpapar virus SARS-CoV-2.

"Di perawat sendiri saat ini sudah 85 orang yang wafat di dalam perjuangan Covid-19," ujarnya dalam Talk Show Benteng Terakhir Penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020).

Harif menyebut, jumlah perawat yang terpapar Covid-19 belum terdata seluruhnya. Hingga saat ini, data yang masuk ke PPNI baru berasal dari empat provinsi, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Bali.

Jawa Timur melaporkan 884 perawat terjangkit Covid-19, DKI Jakarta 1.629, Sulawesi Selatan 350 dan Bali 156 perawat. Total perawat yang terinfeksi Covid-19 di empat provinsi tersebut mncapai 3.019 orang.

"Data perawat yang positif Covid-19 di Bali itu per 9 Agustus," jelas Harif.

Jadi Alarm

Banyaknya perawat yang terpapar Covid-19 menjadi alarm bagi pemerintah dan organisasi profesi PPNI. Harif mengapresiasi langkah pemerintah yang melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) secara gratis kepada tenaga kesehatan di Tanah Air, termasuk perawat.

"Kami berharap ini berjalan terus dan konsisten kepada semua provinsi. Paling tidak provinsi yang menjadi episentrum kepada teman-teman kami petugas kesehatan agar mereka merasa nyaman, merasa diri aman untuk melayani dan tidak menjadi sumber penularan bagi yang lainnya," kata Harif.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Nunung Srimulat Positif Covid-19, Anak dan Cucu Juga Terinfeksi

Posted: 21 Sep 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tri Retno Prayudati atau yang lebih dikenal sebagai Nunung positif Covid-19. Sebelumnya, kabar Nunung Positif Covid-19 sempat tak tahu kepastiannya. Namun, melalui sang adik Nunung, Nunik mengkonfirmasi kabar tersebut. 

"Iya memang benar (Nunung positif Covid-19). Saya juga baru dengar ini tadi, ya. Ada anaknya dua, cucu satu, menantu satu, sama asistennya Mbak Nunung," ujar Nunik saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (22/9/2020).

Selain sang pelawak asal Solo, beberapa anggota keluarga lain juga tertular virus Corona Covid-19. Anak dan cucu juga terpapar virus Corona. Kini, kabarnya pelawak wanita 57 tahun ini sedang menjalani isolasi di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Awalnya, kabar Nunung positif Covid-19 disampaikan artis Krisna Mukti yang merupakan tetangga Nunung. Kebetulan, asisten rumah tangga Krisna Mukti sempat kerja di kediaman Nunung Srimulat dan memberikan informasi itu kepada Krisna Mukti.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta Nunung positif Corona Covid-19, Selasa (22/9/2020). 

 

 

1. Positif Covid-19

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]
Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Pihak keluarga Nunung Srimulat melalui sang adik yaitu Nunik membenarkan kabar pemain sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' ini positif Covid-19. 

"Iya memang benar (Nunung positif Covid-19). Saya juga baru dengar ini tadi, ya"  ujar adik Nunung, Nunik pada Senin (22/9/2020).

Nunik mendengar kabar ini langsung dari kakaknya. Sebelumnya, pelawak berusia 57 tahun ini sempat mengeluhkan kondisi kesehatannya. Nunung mengatakan badannya sakit. 

"Tadi saya telepon. Soalnya, kan kemarin sebelumnya, kan Mbak Nunung telepon aku waktu belum ada gejala itu. Terakhir telepon itu dia memang ngomong, 'Badanku sakit-sakit semua,'" Nunik menjelaskan.

 

2. Dikabarkan di rawat di RSUD Pasar Minggu

Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkotika Tri Retno Prayudati atau Nunung bersiap menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019). Nunung dan July akan menjalani sidang putusan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkotika Tri Retno Prayudati atau Nunung bersiap menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019). Nunung dan July akan menjalani sidang putusan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menurut penuturan sang adik, wanita kelahiran 1963 ini dikabarkan tengah menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 yang ditunjuk pemerintah yaitu RSUD Pasar Minggu, Jakarta. 

 "Kalau enggak salah di RSUD Pasar Minggu,"  pungkas Nunik pada Senin (22/9/2020).

Dalam sambungan telpon, Nunik berharap sang kakak lekas pulih dari Covid-19. 

 

3. 6 Orang Terinfeksi, Termasuk Anak dan Cucu

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]
Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Selain Nunung, sejumlah anggota keluarga lainnya juga terpapar Covid-19. Total berjumlah enam orang. Mereka adalah kedua anak Nunung, satu orang cucu, satu orang menantu, asisten, dan Nunung sendiri.

"Ada anaknya dua, cucu satu, menantu satu, sama asistennya Mbak Nunung," ujar Nunik pada Senin (22/9/2020).

4. Suami Negatif

Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkotika Tri Retno Prayudati atau Nunung bersiap menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019). Nunung dan July akan menjalani sidang putusan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkotika Tri Retno Prayudati atau Nunung bersiap menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019). Nunung dan July akan menjalani sidang putusan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tinggal bersama dengan sang istri, suami Nunung Srimulat July Jan Sambiran negatif dari virus yang berasal dari Wuhan ini. Sambil mengucap syukur, kabar ini dikonfirmasi langsung dari Nunik. 

"Negatif alhamdulillah," ujar Nunik.

5. Hasil Swab Test Sule

Sule (Sumber: YouTube/SULE Channel)
Sule (Sumber: YouTube/SULE Channel)

Beberapa warganet mempertanyakan kondisi Sule. Pasalnya, Nunung memiliki program yang sama dengan Sule, berjudul Santuy Malam, yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta.

Sadar Nunung positif Covid-19, ayah Rizky Febian ini menjalani swab test. Hasil test swab Sule ini negatif dari Covid-19. 

"Iya (sudah swab test) aku negatif. Sudah ya," kata sahabat Nunung tersebut saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Senin (22/9/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Banjir Bandang Sukabumi, Operasional Pabrik Aqua Setop Sementara

Posted: 21 Sep 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banjir bandang terjadi kemarin (21/09/2020) di Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, berdampak pula terhadap operasional PT. Aqua Golden Mississippi yang berada di lokasi tersebut.

Banjir akibat dari meluapnya air Sungai Cipencit - Cicatih karena tidak dapat menampung volume air dari hujan lebat, lokasi produksi AQUA itu terpapar banjir bandang tersebut.

Menurut Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, perusahaan terus berkoordinasi dengan pihak berwenang dalam menangani masalah ini dan tetap menerapkan protokol keselamatan dan keamanan dengan mengikuti standar yang berlaku.

"Saat ini seluruh karyawan dalam kondisi aman. Sementara itu perusahaan segera melakukan berbagai langkah pengamanan untuk terus memastikan kualitas terbaik bagi konsumen dan pasokan produk dapat terus terpenuhi dengan kualitas yang tetap terjaga," kata Arif dalam siaran pers ditulis Bandung, Selasa, 22 September 2020.

Arif mengaku otoritasnya telah melakukan penghentian sementara fasilitas produksi PT Aqua Golden Mississippi. Hal itu untuk memastikan keamanan dan keselamatan karyawan.

Selain itu Arif memastikan bahwa kondisi ini, tidak berdampak pada kualitas serta layanan produk AQUA. Sehingga pasokan untuk para konsumen tetap terpenuhi melalui fasilitas pabrik yang lain.

"Fokus kami selanjutnya saat ini adalah melakukan upaya penanganan di dalam pabrik terdampak dan bergotong royong dalam membantu terdampak banjir bandang ini," ujar Arif .

Akibat kejadian banjir bandang luapan air sungai Cipencit - Cicatih dengan ketinggian air dikisara lima sampai enam meter ini,berakibat 12 rumah terbawa hanyut, 85 unit rumah terendam, dan beberapa kendaraan terbawa hanyut. (Arie Nugraha)

Banjir Bandang Melanda Sukabumi, Begini Penjelasan BMKG

Tim SAR gabungan TNI, Polri, dan relawan membersihkan material longsor usai banjir bandang menerjang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Selasa (22/9/2020). Banjir mengakibatkan puluhan bangunan rusak berat, 12 rumah hanyut, dan dua korban hilang. (merdeka.com/Arie Basuki)
Tim SAR gabungan TNI, Polri, dan relawan membersihkan material longsor usai banjir bandang menerjang Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Selasa (22/9/2020). Banjir mengakibatkan puluhan bangunan rusak berat, 12 rumah hanyut, dan dua korban hilang. (merdeka.com/Arie Basuki)

 Banjir bandang melanda beberapa daerah di Kebupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin sore (21/9/2020). Menurut Forecaster on Duty Stasiun Klimatologi Bogor, Retno Kartika Ningrum, data curah hujan 21 September 2020 yang direkam oleh lima stasiun pengamat, antara lain Pos Polusi Udara Cibeureum, Stamet Citeko, ARG Rekayasa Cisadane, ARG Rekayasa Citeko dan ARWS Rekayasa Cibeureum didominasi oleh hujan sangat lebat.

Retno mengatakan, berdasarkan citra satelit himawari tanggal 21 September 2020 pukul 14.00 WIB sudah terpantau sel awan konvektif yang tumbuh di wilayah Sukabumi.

"Kemudian pukul 14.30 WIB awan mulai bergerak dan tumbuh di seluruh wilayah Bogor dan Sukabumi, yang merupakan awan konvektif signifikan dan terus bergerak meluas memasuki wilayah Bogor dan Sukabumi hingga meluruh pada malam hari pukul 21.00 WIB," ujar Retno, Selasa (22/9/2020).

Retno menuturkan sementara berdasarkan citra radar, tampak bahwa pada pukul 14.00 WIB tanggal 21 September terdapat pertumbuhan awan konvektif di wilayah Jawa Barat, khususnya di Bogor dan Sukabumi. Awan konvektif berupa Cumulonimbus terbentuk sangat cepat dan intensif, terlihat dari nilai reflektivitas yang cukup tinggi dan maksimum di wilayah tersebut dengan nilai sebesar 50 dBZ pada pukul 15.32 WIB.

Kesimpulannya sebut Retno, berdasarkan data curah hujan di sekitar Sukabumi dan Bogor, telah terjadi hujan yang cukup merata dengan intensitas yang bervariasi ringan hingga sangat lebat pada sore hingga malam hari. Akumulasi curah hujan yang cukup tinggi dari hulu dengan durasi yang cukup lama berpotensi menyebabkan naiknya luapan air sungai.

"Pada daerah dengan dataran yang cukup rendah hal ini berpotensi memicu terjadinya banjir bandang," kata Retno.

Belum lagi, kara Retno, pada September 2020 ini telah memasuki masa transisi, potensi hujan yang terjadi karena faktor pemanasan pada pagi hingga siang hari sehingga masih menyebabkan terbentuknya awan konvektif dengan jenis Cumulonimbus, yang berpotensi terhadap cuaca ekstrem, di antaranya angin kencang pada siang dan sore hingga menjelang malam hari.

Retno menambahkan, data suhu permukaan dari pagi hingga siang hari terjadi pemanasan yang cukup kuat. Sehingga hal ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan, serta didukung oleh faktor lokal yaitu kelembaban udara yang basah.

"Menyebabkan peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan konvektif dengan jenis Cumulus padat dan Cumulonimbus yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang," terang Retno.

Berdasarkan pola sebaran angin 3000 ft pada 21 September 2020 pukul 19.00 WIB, pada umumnya angin yang melewati wilayah Jawa Barat dari arah Timur laut hingga Tenggara.

Terdapat Tropical Cyclon Dolphin (996 hpa) dan tekanan rendah di sekitar perairan Filipina membentuk pola sirkulasi siklonik, daerah pertemuan angin (konvergensi) serta belokan angin yang cukup signifikan di sepanjang Selat Karimata hingga Jawa Barat.

"Kondisi ini mendukung suplai awan-awan hujan di antaranya di wilayah Jawa Barat," tutur Retno. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 KK Masih Mengungsi Akibat Banjir Jakarta

Posted: 21 Sep 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Intensitas hujan yang tinggi di DKI Jakarta sejak Senin 21 September 2020 dan kiriman dari Katulampa memicu terjadinya banjir di sejumlah daerah Ibu Kota. Dampaknya, sebanyak 30 KK pun mengungsi.

"Menurut laporan yang diterima hingga Selasa 22 September pukul 11.00 WIB, banjir telah memaksa 30 KK atau 104 jiwa mengungsi," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Raditya merinci, lima KK atau 15 jiwa mengungsi di Musala Riyadhul Saadah, Jakarta Barat, 25 KK atau 89 jiwa mengungsi di empat titik yakni PT Delta Laras Wisata RW 07 Rawajati, Puskesmas Rawajati 2 RW 07, Halaman Rumah Dinas RW 07 Rawajati, dan Rusunawa Pengadegan, Jakarta Selatan.

"Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi DKI Jakarta terus melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan evakuasi dan tindakan yang dianggap perlu," jelas dia.

Lebih lanjut, BPBD DKI Jakarta hingga saat ini juga masih membersihkan material sisa banjir dengan dibantu oleh masyarakat. Banjir sendiri terpantau telah surut, hampir di seluruh titik.

"Namun masih terdapat genangan air di beberapa titik. Sebagian pengungsi juga telah kembali ke rumah masing-masing," Raditya menandaskan.

 

 

Antisipasi Banjir, Anies Siapkan Pengungsian dengan Protokol Kesehatan

Anies Baswedan menyambangi lokasi banjir Jakarta
Anies Baswedan menyambangi lokasi banjir Jakarta

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, dirinya telah memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan lokasi pengungsian warga yang terdampak banjir. Sebab, Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat telah menyentuh 250 centimeter pada Senin pukul 18.18 WIB.

"Siapkan tempat-tempat penampungan apabila sampai mereka terkena banjir. Dan kali ini agak berbeda karena tempat penampungannya harus memasukkan protokol kesehatan Covid-19," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga meminta agar jajarannya dapat menyediakan sejumlah perlengkapan kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, salah satunya yakni masker yang dapat digunakan warga.

Anies memperkirakan air kiriman dari pegunungan akan tiba di Jakarta sekitar pukul 02:00-04:00 WIB. Saat ini, kata dia, ada peningkatan air di Pintu Air Depok, Jawa Barat.

"Dan itu artinya kira-kira 5-6 jam lagi sampai di Jakarta, jadi malam hari ini seluruh kawasan yang di tepi sungai Ciliwung bersiaga," ucap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Rekrut Alex Runasson untuk Gantikan Emiliano Martinez

Posted: 21 Sep 2020 10:46 PM PDT

Liputan6.com, London Arsenal resmi memperkenalkan Alex Runasson sebagai penjaga gawang anyar. Mereka mengontrak kiper asal Islandia ini dengan durasi empat tahun.

Pemain berusia 25 tahun tersebut diplot untuk menjadi pelapis Bernd Leno. Runasson mengisi kekosongan yang ditinggalkan Emiliano Martinez yang hengkang ke Aston Villa.

Namun, manajer Arsenal Mikel Arteta berharap Runasson dapat bersaing dengan Leno untuk mendapat menit bermain. Menurutnya, Runasson bisa saja sewaktu-waktu menjadi kiper utama The Gunners.

"Kami ingin menciptakan persaingan yang sehat untuk memperebutkan tempat dan kami berharap melihat Runasson membawa kedalaman yang lebih jauh untuk posisi kiper." ujarnya dilansir situs resmi Arsenal.

Runasson musim lalu bermain untuk klub Ligue 1 Dijon dan mencatatkan 13 penampilan di berbagai kompetisi.

Pendirian Kuat

Arsenal. (doc. Arsenal)
Arsenal. (doc. Arsenal)

Direktur Teknik Arsenal Edu memuji pendirian Runasson. Menurutnya, Runasson merupakan penjaga gawang yang cocok untuk memperkuat Meriam London.

"Kami sangat senang menyambut kedatangan Runasson ke dalam skuat. Kami telah memantau dan menganalisis selama beberapa waktu, ia memiliki atribut kuat yang kami cari sebagai penjaga gawang dan seorang pribadi," tuturnya.

Siap Bermain

Menanggapi kepindahannya ke London Utara, Runasson mengaku akan memberikan yang terbaik untuk Arsenal. Ia mengatakan dirinya merupakan penjaga gawang modern yang bisa menggunakan kedua kaki.

"Saya bisa bermain dengan kaki kanan ataupun kaki kiri, saya tidak takut bermain sebagai penyapu dan saya bagus melawan satu lawan satu," pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit APBN Sudah Sentuh Rp 500 Triliun pada 31 Agustus 2020

Posted: 21 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Defisit Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) hingga 31 Agustus 2020 mencapai Rp 500,5 triliun. Angka tersebut sekitar 3,05 persen dari produk domestik bruto (PDB). Angka tersebut mencapai 48,2 persen terhadap target Perpres 22 tahun 2020.

"Posisi Agustus kita sudah mencapai defisit Rp 500,5 triliun atau 3,05 persen dari GDP. Ini adalah kenaikan defisit cukup besar dibanding tahun lalu," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Sri Mulyani merinci pendapatan negara hingga akhir bulan lalu mencapai Rp 1.034,1 triliun. Angka tersebut mencapai 60,8 persen dari Perpres 72/2020 yang menjadi landasan pengelolaan APBN tahun ini.

"APBN sampai 31 Agustus posisi kita pendapatan negara mencapai Rp 1.034,1 triliun atau 60,8 persen dari Perpres 72 yang menjadi landasan APBN 2020. Dalam hal ini realisasi tahun lalu berarti terjadi kontraksi sebesar 13,1 persen," paparnya.

Untuk penerimaan perpajakan mencapai Rp 798,1 triliun, angka ini 56,86 persen dari total target tahun ini. Namun demikian, angka ini mengalami kontraksi sebesar 13,4 persen dibandingkan penerimaan perpajakan tahun lalu yang akhir Agustus mencapai Rp 921,5 triliun.

"PNBP kita sebesar Rp 232 triliun, itu juga kontraksi 13,5 persen dibandingkan dengan PNBP tahun lalu. Meskipun PNBP ini sudah mencapai 78,9 persen. Sementara itu, penerimaan hibah mencapai Rp 4 triliun," kata Sri Mulyani.

 

Belanja Negara

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk belanja negara, Indonesia sudah membelanjakan Rp1534,7 triliun atau 56 persen dari alokasi tahun ini. Kenaikan belanja tersebut mencapai 10,6 persen dibandingkan kondisi yang sama pada periode tahun lalu.

"Belanja pemerintah pusat naik 14 persen. Belanja kementerian lembaga juga menujukan kenaikan 7,4 persen meskipun dibandingkan tahun lalu ini lebih rendah namun sebagian belanja non KL untuk penanganan Covid jadi melonjak sangat tinggi," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Bangunan Ambruk di Bhiwandi India Bertambah Jadi 15 Orang

Posted: 21 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Bhiwandi - Jumlah korban yang tewas akibat bangunan tempat tinggal yang runtuh di Bhiwandi, pinggiran kota Mumbai, India, terus bertambah. Kini dilaporkan telah mencapai 15 orang. 

Sementara itu, 25 orang lainnya dikhawatirkan masih terjebak di di dalam reruntuhan bangunan tiga lantai tersebut, seperti dikutip dari AFP, Selasa (22/9/2020).

Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) India saat ini berhasil mengevakuasi 20 orang, ermasuk dua anak laki-laki berusia empat dan tujuh tahun. 

Juru bicara NDRF menyatakan bahwa petugas darurat telah mengeluarkan 15 jenazah dari reruntuhan bangunan.

Penyebab dari kecelakaan itu belum terungkap hingga saat ini. 

Namun, insiden itu diketahui sering terjadi selama musim hujan di bulan Juni-September di India, dengan struktur bangunan yang sudah tua dan tak lagi kokoh setelah hujan terus menerus mengguyur selama berhari-hari.

Upaya Evakuasi Libatkan 40 Petugas Darurat

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Direktur Jenderal NDRF Satya Narayan Pradhan mengatakan melalui Twitter, bahwa tim spesialis dan anjing pelacak telah dikerahkan untuk menyelamatkan "20 hingga 25 orang yang dikhawatirkan masih terjebak".

Terdapat lebih dari 40 petugas darurat yang dikerahkan untuk membantu mengevakuasi korban, menurut pernyataan seorang pejabat di otoritas kota Thane, yang mengawasi Bhiwandi, kepada AFP

Gambar yang dibagikan dalam laman Twitter resmi NDRF, menunjukkan pekerja darurat yang tengah berupaya memindahkan puing-puing beton dan batu bata dengan kabel listrik bergantungan dari sisi atas kepala mereka.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Kembali Aksi Alvaro Marota di Juventus

Posted: 21 Sep 2020 10:45 PM PDT

Penyerang Juventus, Alvaro Morata menyundul bola saat bertanding melawan Sampdoria pada pertandinga Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa pada 10 Januari 2016. Ini kali keduanya Morata akan berseragam Bianconeri. (AFP/Marco Bertorrello)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata menyundul bola saat bertanding melawan Sampdoria pada pertandinga Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa pada 10 Januari 2016. Ini kali keduanya Morata akan berseragam Bianconeri. (AFP/Marco Bertorrello)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata menyundul bola saat bertanding melawan Sampdoria pada pertandinga Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa pada 10 Januari 2016. Ini kali keduanya Morata akan berseragam Bianconeri. (AFP/Marco Bertorrello)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengontrol bola saat bertanding melawan Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions  di stadion Juventus di Turin pada 24 Februari 2015. Morata pernah memperkuat Juventus dari tahun 2014 sampai 2016. (AFP/Olivier Morin)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengontrol bola saat bertanding melawan Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion Juventus di Turin pada 24 Februari 2015. Morata pernah memperkuat Juventus dari tahun 2014 sampai 2016. (AFP/Olivier Morin)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengontrol bola saat bertanding melawan Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion Juventus di Turin pada 24 Februari 2015. Morata pernah memperkuat Juventus dari tahun 2014 sampai 2016. (AFP/Olivier Morin)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata membawa bola saat bertanding melawan Real Madrid pada leg kedua semifinal Liga Champions di stadion Santiago Bernabeu pada 13 Mei 2015. Morata mengemas 93 penampilan bersama Juventus di seluruh kompetisi. Dia mencatatkan 27 gol dan 18 assist. (AFP/Gerard Julien)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata membawa bola saat bertanding melawan Real Madrid pada leg kedua semifinal Liga Champions di stadion Santiago Bernabeu pada 13 Mei 2015. Morata mengemas 93 penampilan bersama Juventus di seluruh kompetisi. Dia mencatatkan 27 gol dan 18 assist. (AFP/Gerard Julien)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata membawa bola saat bertanding melawan Real Madrid pada leg kedua semifinal Liga Champions di stadion Santiago Bernabeu pada 13 Mei 2015. Morata mengemas 93 penampilan bersama Juventus di seluruh kompetisi. Dia mencatatkan 27 gol dan 18 assist. (AFP/Gerard Julien)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata membawa bola saat bertanding melawan Udinese pada pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Juventus, Turin pada 13 September 2014. Morata juga pernah merasakan dua titel Scudetto dan dua kali Coppa Italia bersama Juventus. (AFP/Marco Bertorrello)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata membawa bola saat bertanding melawan Udinese pada pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Juventus, Turin pada 13 September 2014. Morata juga pernah merasakan dua titel Scudetto dan dua kali Coppa Italia bersama Juventus. (AFP/Marco Bertorrello)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata membawa bola saat bertanding melawan Udinese pada pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Juventus, Turin pada 13 September 2014. Morata juga pernah merasakan dua titel Scudetto dan dua kali Coppa Italia bersama Juventus. (AFP/Marco Bertorrello)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata berusaha melewati bek Bayern Munchen, David Alaba pada pertandingan leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions Munich, Jerman selatan pada 16 Maret 2016. (AFP/Christof Stache)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata berusaha melewati bek Bayern Munchen, David Alaba pada pertandingan leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions Munich, Jerman selatan pada 16 Maret 2016. (AFP/Christof Stache)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata berusaha melewati bek Bayern Munchen, David Alaba pada pertandingan leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions Munich, Jerman selatan pada 16 Maret 2016. (AFP/Christof Stache)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengontrol bola dari kawalan pemain Chievo, Lucas Nahuel Castro  pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Bentegodi di Verona pada 31 Januari 2016. (AFP/Giuseppe Cacace)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengontrol bola dari kawalan pemain Chievo, Lucas Nahuel Castro pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Bentegodi di Verona pada 31 Januari 2016. (AFP/Giuseppe Cacace)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mengontrol bola dari kawalan pemain Chievo, Lucas Nahuel Castro pertandingan Liga Serie A Italia di Stadion Bentegodi di Verona pada 31 Januari 2016. (AFP/Giuseppe Cacace)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mencium trofi setelah memenangkan pertandingan final Piala Tim Italia melawan AC Milan di Stadion Olimpiade di Roma pada 21 Mei 2016. (AFP/Tiziana Fabi)
Penyerang Juventus, Alvaro Morata mencium trofi setelah memenangkan pertandingan final Piala Tim Italia melawan AC Milan di Stadion Olimpiade di Roma pada 21 Mei 2016. (AFP/Tiziana Fabi)

Penyerang Juventus, Alvaro Morata mencium trofi setelah memenangkan pertandingan final Piala Tim Italia melawan AC Milan di Stadion Olimpiade di Roma pada 21 Mei 2016. (AFP/Tiziana Fabi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Ajukan Kasasi Vonis Bebas Penyuap Annas Maamun Terkait Kasus Alih Fungsi Riau

Posted: 21 Sep 2020 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan kasasi terhadap putusan hakim yang membebaskan Suheri Terta, terdakwa kasus suap eks Gubernur Riau Annas Maamun terkait alih fungsi lahan. Hal ini dilakukan sebagai upaya hukum jaksa KPK pada tingkat pertama.

"JPU KPK yang diwakili Wahyu Dwi Oktavianto hari ini melakukan kasasi. Adapun alasan karena dalam putusan majelis hakim tidak mempertimbangkan beberapa hal," tulis Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Dia merinci, majelis hakim tidak mempertimbhangkan putusan Mahkamah Agung pada perkara Annas Maamun. Pada putusan MA, terbukti soal penerimaan uang oleh terpidana Annas Maamun melalui Gulat Medali Emas Manurung. Juga tentang barang bukti berupa uang yang disita di perkara Annas Maamun sebagai uang yang diterima dari PT Duta Palma.

Kedua, ada kesaksian Gulat Medali Emas Manurung dan Annas Maamun yang juga mengakui menerima uang, adanya alat bukti surat serta petunjuk berupa rekaman percakapan yang terungkap di persidangan.

"Alasan dan dalil JPU ini akan disampaikan lebih lanjut dalam memori kasasi yang akan JPU KPK serahkan kepada Mahkamah Agung melalui PN Tipikor Pekanbaru," terang Ali.

 

Vonis Bebas

Sebelumnya, terdakwa suap alih fungsi hutan Riau, Suheri Terta, divonis bebas di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, pada 9 September 2020. Legal Manager PT Duta Palma dinyatakan tidak terbukti memberikan suap Rp3 miliar kepada mantan Gubernur Riau Annas.

Ketua Majelis Hakim Saut Maruli Tua Pasaribu menyatakan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), baik pertama ataupun kedua, tidak terbukti selama persidangan berlangsung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis FTV Indosiar Suara Hati Istri: Beratnya Hidup Dalam Aturan Suami Posesif, Selasa 22 September 2020

Posted: 21 Sep 2020 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Episode terbaru FTV Suara Hati Istri ini tayang mulai pukul 18.00 WIB. Ceritanya tentang  Ketika jam pulang kantor, Selly (25 Tahun) dikerubuti banyak pria yang ingin mengajaknya pulang bareng. Selly tampak bingung dan kewalahan lalu dia melihat Ikhsan (27 tahun), Selly langsung mengejar Ikhsan dan menggandengnya. Selly bilang pada cowok-cowok dia sudah janji duluan dengan Ikshan lalu menariknya pergi.

Kisah FTV Indosiar Suara Hati Istri ini masih berlanjut. Setelah jauh, Selly bilang makasih karena sudah selamat dari kejaran cowok yang nggak jelas. Ikhsan dingin bilang kalau urusannya sudah beres, dia mau pulang. Selly menahan Ikhsan dan bilang besok adalah ulang tahunnya, Selly mengundang Ikhsan datang ke rumahnya. Ikhsan tidak menjawab dan pergi. Selly bilang dalam hati dia tidak pura-pura sebenarnya mau pulang bareng Ikhsan.

Besoknya di acara ulang tahun Selly tampak banyak cowok memberikannya kado-kadoyang yang mahal, besar dan mewah. Ikhsan yang datang hanya membawa bunga satu tangkai jadi minder. Dia menyembunyikannya lalu berbalik hendak pergi. Selly melihat Ikhsan  dan langsung mengejarnya. Selly menarik Ikhsan ke orang tuanya dan mengenalkannya.

Sang pria kaget dan bingung karena tiba-tiba dikenalkan ke orang tua Selly. Semua orang menatap Ikhsan dan membuatnya canggung. Orang tua Selly nanya, jadi kalian pacaran? Selly terdiam menatap Ikhsan yang gugup. Selly  tersenyum dan bilang dia dekat tapi belum ada komitmen. Orang tua Selly bilang umur mereka sudah cukup, nggak usah pacaran lama-lama. Ikhsan tambah bingung.

Dan Suara Hati Istri makin seru...

Apa-apaan Ini

FTV Suara Hati Istri hadir setiap hari di Indosiar, mulai Senin (15/6/2020) setiap pukul 19.30 WIB
FTV Suara Hati Istri hadir setiap hari di Indosiar, mulai Senin (15/6/2020) setiap pukul 19.30 WIB

Ikhsan lalu menarik Selly setelah perkenalan dengan orang tuanya selesai. Ikhsan marah dan bilang apa-apaan ini? Selly minta maaf bikin Ikhsan nggak nyaman dan bilang dia serius, Ikhsan-lah yang paling ingin dia kenalkan pada orang tuanya.

Ikhsan sedikit tersenyum karena tersanjung. Dia lalu bilang benar kata orang tua Selly. Dia juga nggak terbiasa pacaran, kalau mau menikah sekalian. Selly kaget dan tanya apa Ikhsan serius? Ikhsan bilang kenapa nggak?

 

Beberapa Bulan Kemudian

Logo Indosiar
Logo Indosiar

Mereka pun melangsungkan pernikahan. Beberapa teman Selly datang dan becanda ada yang patah hati sambil menunjuk ke seseorang. Selly ketawa dan juga beberapa temannya, tapi Ikhsan marah dan ketika teman itu mau bersalaman dengan Selly, Ikhsan menepis tangannya dan minta enggak usah pegang-pegang istrinya.

Selly kaget dan langsung canggung. Teman Ikhsan pun terdiam semua dan langsung turun pelaminan. Sellay bilang cowok itu sahabat lamanya. Kalau mau mereka bisa aja pacaran dari dulu tapi nggak karena mereka emang cuma teman. Ikhsan  bilang omong kosong...

Bagaimana kisah FTv Suara Hati Istri ini selanjutnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Ramal Ekonomi Indonesia di 2020 Minus 1,7 Persen

Posted: 21 Sep 2020 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 mencapai minus 2,9 hingga minus 1,0 persen. Dengan demikian, untuk keseluruhan tahun, Kemenkeu memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai minus 1,7 sampai minus 0,6 persen.

"Kemenkeu mengalami revisi forecast pada September ini, yang sebelumnya diperkirakan untuk tahun ini adalah minus 1,1 hingga 0,2. Forecast terbaru kita pada september untuk 2020 adalah minus 1,7 persen sampai minus 0,6 persen," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (22/9).

Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan negatif kembali terjadi pada kuartal III tahun ini. Namun, untuk kuartal IV, pemerintah akan berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi di 0 persen.

"Ini artinya, negatif teritory kemungkinan terjadi pada kuartal III dan mungkin juga masih berlangsung untuk kuartal IV yang kita upayakan bisa dekat 0 atau positif," jelasnya.

Lebih lanjut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan akan mengalami perbaikan di angka 4,5 hingga 5,5 persen. Angka tersebut juga berada pada rentang prediksi berbagai lembaga dunia.

"Tahun depan, kita gunakan sesuai RUU APBN 2021 yakni 4,5 hingga 5,5 persen dengan forecast titik di 5,0 persen. Bagi institusi lain, rata-rata berkisar antara 5 hingga 6 persen. OECD tahun depan prediksi 5,3 persen, ADB sama 5,3 persen, Bloomberg median view 5,4 persen, IMF 6,1 persen, World Bank 4,8 persen," ucapnya.

Semua prediksi tersebut tentunya sangat bergantung pada kondisi kesehatan dunia pada tahun depan. Apalagi nantinya jika vaksin Virus Corona sudah ditemukan, maka perbaikan ekonomi juga bisa segera berjalan.

"Semua forecast ini subject to atau tergantung pada perkembangan Covid dan bagaimana ini mempengaruhi aktivitas ekonomi," ucapnya.

Corona Bikin Pertumbuhan Ekonomi Sulit Diproyeksi

Pedagang berjualan makanan ringan di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pedagang berjualan makanan ringan di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pemerintah berulang kali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2020. Pada Maret-April lalu, pemerintah memberikan pandangan kepada DPR bahwa ekonomi di 2020 bakal berada di kisaran minus 0,4 persen hingga positif 2,3 persen.

Kemudian berdasarkan data hingga Juli dan Agustus, pemerintah kembali memperkecil proyeksi pertumbuhan. Di mana, saat ini berada di kisaran minus 1,1 persen hingga 0,2 persen.

Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara mengakui pemerintah tengah kesulitan dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 2020 dan 2021 secara solid. Menurut dia, kesulitan diakibatkan oleh kondisi serba tidak pasti selama pandemi Corona berlangsung.

"Ya memang sangat sulit melakukan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang solid. Proyeksi yang solid ini menjadi sulit, di tengah pandemi Covid-19 ini," kata Suahasil dalam webinar bertajuk "Dualisme Peran UMKM di Tengah Krisis Ekonomi Nasional", Sabtu (19/9).

Hal ini tercatat dari perbedaan data oleh Pemerintah maupun sejumlah lembaga riset internasional atas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 dan 2021 mendatang. Di mana Kementerian Keuangan memprediksi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia antara -0.4 sampai 1.0. Kemudian tahun 2021 tingkat pertumbuhan ekonomi dipatok antara 4.5 sampai 5.5 persen.

Sementara lembaga dana moneter atau IMF meramalkan tingkat ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini -0,3. Kemudian untuk 2021, angka pertumbuhan ekonomi diprediksi mencapai 6.1 persen.

Lalu, Bank Dunia meramalkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 ialah 0.0 persen. Sedangkan angka pertumbuhan tahun depan sebesar 4.8 persen.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) sendiri memproyeksikan tingkat pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini antara -3.9 sampai -2.8 persen. Sementara untuk tahun 2021 angka pertumbuhan ekonomi Indonesia dipatok antara 2.6 hingga 5,2 persen.

Sedangkan, Bank Pembangunan Asia Atau ADB memprediksi ekonomi Indonesia tahun ini -1.0 persen. Lalu, untuk tahun depan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia diyakini mencapai 5,3 persen.

Terakhir, Bloomberg (median) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 mencapai 0.5 persen. Kemudian untuk 2021, angka pertumbuhan ekonomi nasional dipatok sebesar 5.5 persen.

"Ini merefleksikan sulitnya membuat proyeksi ke depan. Jadi ibaratnya tuh, mau dibilang bahwa kita lewati dulu tahun ini. Lewati dulu masa sekarang. Karena membuat proyeksi ke depan itu tidak semudah yang kita pikirkan," tegasnya. 

Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5 Persen di 2021

Pemandangan gedung-gedung bertingkat di Ibukota Jakarta, Sabtu (14/1). Hal tersebut tercermin dari perbaikan harga komoditas di pasar global. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pemandangan gedung-gedung bertingkat di Ibukota Jakarta, Sabtu (14/1). Hal tersebut tercermin dari perbaikan harga komoditas di pasar global. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pemerintah menetapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5 persen di 2021. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN), pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan berada pada kisaran 4,5 persen sampai 5,5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi 4,5 - 5,5 persen tahun 2021 telah ditetapkan titiknya adalah di 5 persen," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, saat rapat bersama Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Bendahara Negara ini mengatakan, keputusan yang diambil dalam kesepakatan Panja sangat tepat. Asumsi pertumbuhan ekonomi di titik 5 persen tersebut menggambarkan antara harapan namun juga kehati-hatian terhadap kondisi 2021.

"Diakui dengan adanya perkembangan Covid terutama akhir-akhir ini kita melihat eskalasi ketidakpastian meningkat untuk tahun 2020 dan masih akan berlangsung di 2021. Sehingga kita memang patut waspada namun tidak kehilangan fokus untuk optimis dalam hadapi masalah," terang dia.

Sementara itu, inflasi dan nilai tukar Rupiah tidak mengalami perubahan dari RAPBN 2021 yang disampaikan sebelumnya. Di mana inflasi dipatok sebesar 3,0 persen dan Rupiah Rp14.600 per USD.

"inflasi 3 persen sesuai RUU yang disampaikan pak presiden. Nilai tukar Rupiah Rp14.600 masih sama yang disampaikan RUU APBN 2021," jelas dia.

Tak hanya itu, tingkat suku bunga SBN 10 tahun, harga minyak mentah Indonesia, lifting minyak bumi juga tidak mengalami perubahan. Di mana masing-masing berada di posisi 7,29 untuk SBN, USD 45 per barel harga minyak mentah Indonesia, dan USD 705 per barel untuk lifting minyak bumi.

"Yang berubah adalah cost recovery yang menurun dari USD 8,5 miliar, menjadi USD 8 miliar. Turun USD 500 juta," jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu melanjutkan, untuk sasaran dan indikator pembangunan tidak banyak berubah dalam RAPBN 2021. Di mana tingkat pengangguran dalam rentang 7,7 - 9,1. Tingkat kemiskinan dalam 9,2 - 9,7, gini ratio indeksnya 0,377-0,379, dan IPM 72,78 - 72,95.

Sementara untuk dua sasaran pembangunan yang juga diminta oleh DPR, Banggar maupun di Komisi XI, yakni tentang nilai tukar petani 102 dan nilai tukar nelayan 104.

"Ini adalah yang jadi basis asumsi kita untuk menghitung dari apbn 2021 dan sekaligus ada beberapa target pembangunan," ucap dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengulik Fitur Keselamatan Wuling Almaz, Ada Apa Saja?

Posted: 21 Sep 2020 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Almaz menjadi produk andalan Wuling Motors di segmen sport utility vehicle (SUV). Selain dilengkapi fitur perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (Wind), Almaz juga dibekali beragam fitur keselamatan.

Wuling Almaz sendiri hadir dalam dua varian, Smart Enjoy dan Exclusive. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 226,8 juta hingga Rp 341,8 juta on the road Jakarta.

SUV asal Tiongkok ini mengandalkan mesin 1.5 liter turbo. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui dua opsi transmisi, yakni manual 6 percepatan dan 8-speed manual simulation.

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatannya, ada apa saja? Yang pasti, Almaz telah dilengkapi Dual SRS Airbag. Sementara varian Exclusive mendapatkan tambahan Side Airbags untuk memberikan perlindungan ekstra kepada pengemudi dan penumpang depan kala terjadi tabrakan samping.

Mobil ini juga dilengkapi sabuk pengaman ditiap tempat duduk, serta safety belt reminder untuk penghuni baris pertama. Isofix untuk kursi anak juga tersedia di jok baris kedua.

 

Sistem Pengereman

Dari sistem pengereman, keempat roda Almaz menggunakan rem cakram. Almaz juga dibekali Anti-lock Braking System (ABS) serta fitur pendukung lainnya, seperti Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Agar Almaz lebih mudah dikendalikan saat melibas berbagai kondisi jalan, Wuling membenamkan Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System (TCS).

Tidak cuma itu, Almaz juga dibekali Hill Hold Control (HHC) agar mobil tidak mundur saat berhenti sesaat di tanjakan, serta Automatic Vehicle Holding (AVH) yang merupakan fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti tanpa menahan pedal rem secara manual.

Mesti bertubuh bongsor, memarkirkan mobil ini bukanlah suatu hal yang sulit karena Almaz dilengkapi Rear Parking Camera.

Saat tuas transmisi berada di posisi gigi mundur maka layar monitor akan menampilkan gambar tangkapan kamera belakang, serta garis pembantu, dan posisi sonar yang aktif.

 

Fitur Pembantu Saat Parkir

Untuk lebih memudahkan pengemudi saat parkir mundur, Wuling membantunya dengan 4-Points Rear Parking Sensor. Sementara pada varian Exclusive lebih lengkap lagi karena mendapat tambahan fitur berupa 2-Point Front Parking Sensor.

Varian Exclusive juga dibekali fitur 360 Camera dimana saat tuas transmisi di posisi 'R' maka monitor akan menampilkan hasil tangkapan kamera depan, samping, dan belakang, serta garis pembantu, dan posisi sonar yang aktif.

Menariknya, head unit Almaz dapat menggabungkan tiap gambar dari keempat kamera menjadi tayangan perspektif bird's eye view.

Khusus pada varian Almaz Exclusive, Wuling melengkapinya dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Fungsinya untuk menampilkan tekanan angin ban dalam satuan Bar yang dapat dipantau melalui layar Multi Information Display (MID). Sistem ini akan berkedip jika tekanan angin terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Naomi Zaskia Mendaki Gunung Prau, Semangat Banget

Posted: 21 Sep 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saskia Naomi Appel atau yang lebih dikenal dengan nama Naomi Zaskia ini mulai dikenal luas publik setelah bermain dalam sinetron Diam-Diam Suka pada 2013. Wanita kelahiran 20 September 1996 ini pun diketahui telah membintangi puluhan judul FTV.

Namun, dalam beberapa waktu terakhir Naomi Zaskia cukup jarang muncul di layar kaca. Meski begitu, ia masih tetap rutin mengunggah aktivitasnya di media sosial. Bahkan, terbaru Naomi Zaskia diketahui baru saja mengikuti pendakian Gunung Prau yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Hal ini diketahui dari unggahan fotonya pada akun Instagram pribadinya.

Rupanya, bisa mendaki gunung menjadi salah satu impian dari wanita 20 tahun ini. Bahkan, pada kolom keterangan ia juga menuliskan jika tujuan lainnya (mendaki gunung) berhasil dicapai.

Potret Naomi Zaskia saat mendaki gunung ini juga menjadi sorotan netizen. Pasalnya, pada foto yang diunggahanya, pemain film Miss Call ini terlihat begitu semangat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret Naomi Zaskia saat mendaki Gunung Prau, Selasa (22/8/2020).

1. Gaya sporty Naomi Zaskia saat mendaki jadi sorotan netizen.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)

2. Bisa mencapai puncak Gunung Prau menjadi sebuah kebanggan tersendari bagi Naomi.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)

3.Ia juga turut melakukan pemotretan di puncak Gunung Prau dengan latar pemandangan yang mengagumkan.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/mainoutdoor)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/mainoutdoor)

4. Tak sendiri, Naomi melakukan pendakian bersama beberapa teman-temannya.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/radyabgskr)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/radyabgskr)

5. Bisa mendaki gunung merupakan salah satu pencapaian dalam hidupnya.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/radyabgskr)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/radyabgskr)

6. Ia juga terlihat begitu menikmati pemandangan alam yang menyegarkan.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)

7. Tak sedikit pula netizen yang memuji keberanian dan ketangguhan Naomi Zaskia saat berhasil mendaki Gunung Prau.

Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)
Naomi Zaskia (Sumber:Instagram/naonomnom)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NU Desak Pilkada 2020 Ditunda hingga Tahap Darurat Kesehatan Terlewati

Posted: 21 Sep 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemerintah, dan DPR menunda penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Hal ini diungkap Ketua Umum PBNU K.H. Said Aqil Siroj dalam pernyataan sikapnya di Jakarta, Minggu, 20 September 2020 kemarin. 

Menurut Said Aqil, meski pelaksanaan pilkada diterapkan dengan protokol kesehatan yang ketat, NU menilai akan sulit terhindar dari konsentrasi orang dalam jumlah banyak dalam seluruh tahapannya.

"Meminta kepada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, pemerintah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk menunda pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 hingga tahap darurat kesehatan terlewati," kata Ketua Umum PBNU dilansir Antara

Nahdlatul Ulama juga meminta untuk merealokasikan anggaran Pilkada 2020 bagi penanganan krisis kesehatan dan penguatan jaring pengaman sosial.

 

Pernyataan Sikap NU soal Pilkada

NU juga mengingatkan kembali terkait rekomendasi Konferensi Besar Nahdlatul Ulama 2012 di Kempek Cirebon, yakni perihal perlunya meninjau ulang pelaksanaan pilkada yang banyak menimbulkan mudarat berupa politik uang dan politik biaya tinggi.

"Pernyataan sikap itu mencermati perkembangan penanggulangan pandemi Covid-19. Upaya pengetatan PSBB perlu didukung tanpa mengabaikan ikhtiar menjaga kelangsungan kehidupan ekonomi masyarakat," jelas Said Aqil. 

Nahdlatul Ulama berpendapat bahwa melindungi kelangsungan hidup (hifdz al-nafs) dengan protokol kesehatan sama pentingnya dengan menjaga kelangsungan ekonomi (hifdz al-mΓ’l) masyarakat.

Namun, karena penularan Covid-19 telah mencapai tingkat darurat, prioritas utama kebijakan negara dan pemerintah selayaknya diorientasikan untuk mengentaskan krisis kesehatan. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skandal Perbankan Global Bikin IHSG Ambruk

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuka melemah 51,63 poin atau 1,03 persen ke posisi 4.947,73. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 13,7 poin atau 1,78 persen ke di posisi 754,27.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan kondisi ini sangat wajar karena sejak Senin 21 September 2020 malam indeksnya menguat tajam.

"Wajarlah kalau seandainya IHSG sekali turun cukup dalam karena tadi malam indeksnya menguat cukup tajam," kata Ibrahim saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Selasa, (22/9).

Kondisi ini dipicu oleh keinginan mata uang China yakni Yuan ingin disetarakan dengan dolar Amerika Serikat. Namun, Presiden Amerika Donald Trump menolak mentah-mentah keinginan tersebut dalam pidato politiknya Senin lalu.

"Tapi kenyataannya Presiden Donald Trump menolak mentah-mentah, bahwa karena kalau seandainya disamakan dengan dollar, dollar lebih utama," kata dia.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga ikut menyumbang kekhawatiran para pelaku pasar global. Kasus baru pasien terjangkit kembali meningkat di Eropa.

Setidaknya 50 persen wilayah tersebut mengalami penyebaran virus corona tahap kedua. Ibrahim menduga, negara-negara di Eropa tersebut akan melakukan tahap penguncian wilayah tahap kedua.

"Ada kemungkinan besar negara-negara di Eropa akan melakukan lockdown di tahap kedua," kata Ibrahim.

Begitu juga dengan Inggris yang sempat mengalami perdebatan masalah Brexit. Diperkirakan Inggris juga akan melakukan penguncian wilayah. Sehingga berdampak pada ketidakjelasan pertumbuhan ekonomi di Eropa.

Faktor lainnya yakni munculnya skandal perbankan secara global di Amerika Serikat. Ibrahim menyebut telah ditemukan dokumen dari tahun 1999-2017 yang mencatat permainan dana USD 2 triliun.

"Memang dokumen ini ada sejak tahun 1999-2017 baru dibuka. Di sinilah baru dibuka, ada dana panas sebesar USD 2 triliun," kata Ibrahim.

Hal ini kata dia yang mengakibatkan sedikit gejolak di pasar keuangan Eropa dan Amerika. Sehingga menurutnya wajar terjadi tracking profit di donjon, di bursa Eropa dan berdampak bursa Asia dan ke IHSG.

"Ini diluar dugaan, kalau skandal tersebut tidak dibongkar kemungkinan besar tidak akan seperti ini hasilnya," tutur Ibrahim.

Rencana Revisi UU BI Buat IHSG Dibuka Melemah

Ilustrasi Bank Indonesia.
Ilustrasi Bank Indonesia.

Sementara itu, penyebab dari dalam negeri yang membuat IHSG dibuka melemah karena rencana revisi Undang-Undang Nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang bergulir di DPR. Secara internal revisi undang-undang ini memberikan berbagai kewenangan lebih bagi Bank Indonesia. Namun di sisi lain pelaku pasar global mengkhawatirkan independensi Bank Indonesia.

"Bagi pasar asing bahwa apa yang dilakukan pemerintah revisi undang-undang BI ini sangat bertentangan independensi BI," kata Ibrahim. Sebab, di berbagai negara bank sentral sebuah negara harus memiliki independensi dan bebas dari pengaruh pemerintah. Sekalipun Amerika Serikat, dengan The Fed juga yang dianggap tidak pernah sejalan. Kondisi inilah yang diinginkan para pelaku pasar.

"Presiden Trump dan The Fed ini selalu berbeda pandangan, nah ini yang diinginkan," kata dia.

Sehingga dampaknya, arus modal asing yang sudah kembali parkir di dalam negeri kembali keluar. Selain itu, melemahnya IHSG juga dipicu oleh kondisi saat ini yang mendekati kuartal ketiga tahun ini.

Pekan ini, kata Ibrahim kemungkinan besar perusahaan-perusahaan yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengeluarkan dividen. Artinya, mereka membutuhkan dolar yang banyak. Akibatnya IHSG kembali mengalami penurunan yang signifikan.

"Ini yang mengakibatkan IHSG kembali mengalami penurunan yang signifikan," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

75 Tahun PBB, Menlu Retno Harap Kepemimpinan Global Dapat Terus Diperkuat

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi, telah berpartisipasi secara virtual di salah satu Pertemuan Tingkat Tinggi untuk memperingati 75 tahun berdirinya PBB.

Pertemuan ini merupakan salah satu rangkaian dari Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Berbeda dengan peringatan pendirian PBB sebelumnya, perayaan tahun ini dilakukan secara sederhana karena dunia masih dilanda pandemi.

Bertemakan "The Future We Want, the United Nations We Need: Reaffirming Our Collective Commitment to Multilateralism", peringatan ini ditujukan untuk memetakan jalan menuju masa depan dunia yang lebih baik serta efektivitas penanganan berbagai tantangan global. 

Menlu Retno menegaskan bahwa "ekspektasi dunia terhadap PBB semakin meningkat, untuk dapat perkuat kepemimpinan global dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat luas". 

Belakangan, tantangan kerja sama multilateral semakin besar dengan meningkatnya rivalitas dan kebijakan unilateralisme sejumlah negara. Menlu Retno mengingatkan bahwa hal tersebut tidak dapat dibiarkan, karena negara lemah akan semakin terpinggirkan.

"Without multilateralism, the mighty takes all", demikian tegas Menlu Retno seperti dikutip dari situs Kemlu.go.id, Selasa (22/9/2020).

Harapan Terhadap PBB

Menlu Retno Marsudi dalam Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 secara virtual. (Dok: Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi dalam Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 secara virtual. (Dok: Kemlu RI)

Menlu Retno pun kemudian menawarkan dua hal penting.

Pertama, "PBB harus memberikan dampak nyata dan tidak terjebak pada retorika". Dalam jangka pendek, hal ini dapat tercermin dalam upaya menjamin dan memfasilitasi akses kebutuhan vaksin dan obat-obatan yang terjangkau bagi semua.

Dalam jangka panjang, PBB harus berupaya untuk menciptakan ketahanan ekonomi global dan penguatan sistem kesehatan global.

Kedua, "PBB harus tetap relevan dan dapat mengantisipasi tantangan mendatang". Untuk itu, PBB harus terus memperbaiki diri agar tetap efisien, adaptif dan memiliki kemampuan deteksi dini.

Pertemuan Tingkat Tinggi tersebut juga telah mengesahkan Deklarasi "Peringatan 75 Tahun PBB" yang berisi komitmen langkah konkret global untuk menciptakan perdamaian dan kerjasama internasional di berbagai bidang.

Besok, Rabu 23 September 2020, sekitar pukul 07.00 WIB, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato secara virtual pada General Debate SMU PBB ke-75.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 21 September 2020

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tambahan pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur mencapai 110 orang pada Senin, 21 September 2020.  Dengan ada tambahan pasien itu, total kasus positif COVID-19 mencapai 13.700 orang.

Sementara itu, pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 bertambah 145 orang di Surabaya, Jawa Timur. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 11.815 orang.

Di satu sisi, pasien meninggal bertambah tujuh orang sehingga total menjadi 1.025 orang di Surabaya. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 860 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Selasa (22/9/2020):

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 21 September 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 1.974 orang

Sembuh: 1.723 orang

Meninggal: 138 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.614 orang

Sembuh: 1.340 orang

Meninggal: 158 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.203 orang

Sembuh: 1.964 orang

Meninggal: 178 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.305 orang

Sembuh: 3.726 orang

Meninggal: 279 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.604 orang

Sembuh: 3.062 orang

Meninggal: 272 orang

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 21 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 354 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 279 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 232 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 222 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 204 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 192 orang

7.Kelurahan Putat Jaya: 190 orang

8.Kelurahan Morokrembangan: 188 orang

9. Kelurahan Sememi: 185 orang

10.Kelurahan Kemayoran: 178 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilema Pilkada: Dongkrak Ekonomi atau Risiko Jadi Klaster Covid-19

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad, berpendapat lebih baik Pilkada 2020 ditunda hingga pandemi Covid-19 di Indonesia menurun.

"Kalau menurut saya sebaiknya ditunda dahulu, sampai nanti pandemi Covid-19 di berbagai daerah merata. Kalau pandeminya masih tinggi, itu akan berdampak pada ekonomi. Sudah jelas konsumsi akan berjalan lambat, aktivitas ekonomi tidak brjalan dengan sehat, perbaikan dari sisi ekonomi akan lebih lama dan menjadi ancaman," kata Tauhid kepada Liputan6.com, Selasa (22/9/2020).

Kendati begitu, dampak ekonomi Pilkada 2020 jika ditunda menurut Tauhid relatif kecil karena anggarannya hanya Rp 15 triliun. Karena anggaran itu lebih banyak dipergunakan untuk operasional tidak digunakan untuk kebutuhan yang besar seperti untuk konsumsi dan percetakan.

Lantaran, saat ini eranya digital, maka kampanye bisa dilakukan secara digital, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk melakukan kampanye di masa pandemi ini.

"Karena  sekarang spanduk akan relatif tidak terlalu banyak. Melainkan banyak yang melakukan kampanye secara digital. Maka dampak ekonominya Pilkada 2020 ini begitu kecil sekali," ujarnya.

Namun, apabila Pilkada 2020 tetap dilaksanakan, ia berpendapat penyebaran virus Covid-19 berpotensi semakin besar penularannya. Meskipun Pemerintah Daerah menegaskan kebijakan penerapan protokol kesehatan.

Maka tetap saja jika penyebaran virus Covid-10 semakin meluas  akan berdampak pada pemulihan ekonomi yang akan semakin lama. Menurut Tauhid,  pilihan yang tepat di saat ini adalah menunda Pilkada 2020, dan bisa dilaksanakan pada tahun 2021 saja.

"Saya kira ditunda tapi sampai pandemi sudah agak turun, kecuali kalau data yang terjangkit menurun pada Desember 2020, tapi nyatanya tidak ada yang bisa menjamin kalau Desember ini turun, ada kemungkinan tahun depan, cara yang terbaik adalah ditunda hingga gejala pandemi ini  turun," pungkasnya.

Pemerintah Segera Beri Kepastian Nasib Pilkada 2020

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan, pemerintah saat ini belum memutuskan apakah Pilkada 2020 tetap digelar sesuai jadwal atau ditunda terlebih dahulu karena Covid-19 ini.

Meski demikian, dia menegaskan, semuanya akan dipertimbangkan dalam waktu yang tidak lama lagi. Apakah Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19 dilanjutkan atau tidak.

"Tentu saja semuanya harus didengar dan dipertimbangkan. Tapi Insya Allah tidak dalam waktu lama lagi akan diputuskan akan ditunda atau tidak dengan masing-masing konsekuensi," tutur Donny.

"Saya kira pertimbangan sedang dilakukan. Semua masukan dihargai dan diapresiasi, tapi keputusan terakhir ada di pemerintah," sambung Donny.

Dia menuturkan, bahwa sebenarnya ada 3 opsi, sebagaimana yang pernah diusulkan oleh KPU. Yakni, tahun ini, 2021, dan 2022.

Pemerintah pun sependapat dengan KPU untuk menunda Pilkada yang mulanya September menjadi Desember 2020. Kendati begitu, Donny menyebut tak menutup kemungkinan Pilkada ditunda apabila kasus Covid-19 terus bertambah dan mengkhawatirkan.

"Ya tentu saja opsi berikutnya bisa diambil, bisa tahun depan, bisa tahun depan lagi. Jadi, jangan dibilang pemerintah ingin tahun ini, karena 3 opsi itu sudah disampaikan oleh KPU," jelas Donny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Play-off Liga Champions: Saling Sikut demi Tiket Fase Grup

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions 2020/2021 menghadirkan putaran terakhir menuju babak utama. Mereka saling sikut di play-off untuk masuk fase grup.

Sebanyak delapan dari 12 tim tersisa merupakan juara liga domestik. Berstatus penguasa, para klub ini tentu ingin merasakan gemerlap Liga Champions.

Pada fase ini, tidak seperti sebelumnya, UEFA mengembalikan sistem kompetisi seperti semula. Artinya, hasil pertandingan ditentukan kinerja home-away.

Perubahan ini berpotensi mengubah pola pikir kontestan saat bertanding. Mereka bisa sedikit tenang karena memiliki kesempatan membalikkan kedudukan di laga kedua jika mendapat hasil buruk pada pertemuan pertama.

Namun, intinya sebenarnya tetap sama. Yang membedakan hanya durasi. Kali ini tim mesti konsentrasi 180 menit atau lebih, ketimbang 90 menit saat kompetisi menggunakan format satu partai.

Berikut jadwal leg pertama play-off Liga Champions 2020/2021 yang berlangsung mulai malam nanti:

 

Jadwal Pertandingan

Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)
Ilustrasi Logo dan trofi Liga Champions. (AFP/Valery Hache)

Rabu, 23 September 2020

02.00 WIB: Slavia Prague vs Midtjylland

02.00 WIB: Maccabi Tel Aviv vs FZ Salzburg

02.00 WIB: Krasnodar vs PAOK

 

Selanjutnya

ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Kamis, 24 September 2020

02.00 WIB: Olympiakos vs Omonia Nicosia

02.00 WIB: Molde vs Ferencvaros

02.00 WIB: KAA vs Dynamo Kiev

Saksikan Video Liga Champions Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Curah Hujan Minim, Istanbul Alami Kekeringan

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Pemandangan dasar Danau Buyukcekmece di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Ketinggian air di sembilan bendungan yang memasok kebutuhan Kota Istanbul pada 21 September 2020 merosot menjadi 40 persen, turun dari 52 persen pada periode yang sama tahun lalu. (Xinhua/Osman Orsal)
Pemandangan dasar Danau Buyukcekmece di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Ketinggian air di sembilan bendungan yang memasok kebutuhan Kota Istanbul pada 21 September 2020 merosot menjadi 40 persen, turun dari 52 persen pada periode yang sama tahun lalu. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar Danau Buyukcekmece di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Ketinggian air di sembilan bendungan yang memasok kebutuhan Kota Istanbul pada 21 September 2020 merosot menjadi 40 persen, turun dari 52 persen pada periode yang sama tahun lalu. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar Danau Buyukcekmece di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Kota metropolitan terbesar Turki, Istanbul, berusaha mengatasi kekurangan air akibat minimnya curah hujan dan musim panas yang kering. (Xinhua/Osman Orsal)
Pemandangan dasar Danau Buyukcekmece di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Kota metropolitan terbesar Turki, Istanbul, berusaha mengatasi kekurangan air akibat minimnya curah hujan dan musim panas yang kering. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar Danau Buyukcekmece di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Kota metropolitan terbesar Turki, Istanbul, berusaha mengatasi kekurangan air akibat minimnya curah hujan dan musim panas yang kering. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar sebuah danau yang kering di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Ketinggian air di sembilan bendungan yang memasok kebutuhan Kota Istanbul pada 21 September 2020 merosot menjadi 40 persen, turun dari 52 persen pada periode yang sama tahun lalu. (Xinhua/Osman Orsal)
Pemandangan dasar sebuah danau yang kering di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Ketinggian air di sembilan bendungan yang memasok kebutuhan Kota Istanbul pada 21 September 2020 merosot menjadi 40 persen, turun dari 52 persen pada periode yang sama tahun lalu. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar sebuah danau yang kering di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Ketinggian air di sembilan bendungan yang memasok kebutuhan Kota Istanbul pada 21 September 2020 merosot menjadi 40 persen, turun dari 52 persen pada periode yang sama tahun lalu. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar sebuah sungai yang kering di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Kota metropolitan terbesar Turki, Istanbul, berusaha mengatasi kekurangan air akibat minimnya curah hujan dan musim panas yang kering. (Xinhua/Osman Orsal)
Pemandangan dasar sebuah sungai yang kering di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Kota metropolitan terbesar Turki, Istanbul, berusaha mengatasi kekurangan air akibat minimnya curah hujan dan musim panas yang kering. (Xinhua/Osman Orsal)

Pemandangan dasar sebuah sungai yang kering di Istanbul, Turki, 21 September 2020. Kota metropolitan terbesar Turki, Istanbul, berusaha mengatasi kekurangan air akibat minimnya curah hujan dan musim panas yang kering. (Xinhua/Osman Orsal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Bakal Percepat Pembangunan Pelabuhan Patimban

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi dalam rapat terbatas meminta pembangunan pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat dipercepat, demi mendukung kegiatan ekonomi di kawasan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Covid-19, Nunung Alami Gangguan Penciuman

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nunung bersama empat anggota keluarga dan satu asistennya dikonfirmasi terpapar virus Corona Covid-19. Menurut pihak keluarga, saat ini mereka sedang menjalani isolasi di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Lewat kuasa hukumnya, Moamar Maruapey, Nunung menyampaikan kondisi terkininya. Ia mengalami gangguan pada indra penciuman.

"Mami merasa penciumannya agak kurang baik dibandingkan dengan sebelumnya," ungkap kuasa hukum Nunung saat dihubungi wartawan melalui pesan singkat, pada Selasa (22/9/2020).

Badan Sakit

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]
Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Sebelum dinyatakan positif, Nunung sempat mengeluh tentang kondisi kesehatannya. Hal ini disampaikan oleh adik Nunung, Nunik.

"Tadi saya telepon. Soalnya kan kemarin sebelumnya kan Mbak Nunung memang telepon aku waktu belum ada gejala itu. Terakhir telepon itu dia emang ngomong, 'badanku sakit-sakit semua'," jelas Nunik.

Imbauan

Nunung (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Nunung (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri July Jan Sambiran ini juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Semua demi kebaikan diri sendiri juga orang-orang terdekat.

"Imbauan Mami Nunung kepada seluruh lapisan masyarakat agar waspada dengan menjalankan protokol kesehatan karena virus Corona itu benar-benar ada bukanlah omongan belaka," ujarnya.

Doa

Nunung (Sumber: YouTube/SULE Channel)
Nunung (Sumber: YouTube/SULE Channel)

Komedian berusia 57 tahun ini juga meminta doa dari masyarakat agar dirinya beserta keluarga segera pulih dari paparan virus Corona Covid-19.

"Minta doa dari semua masyarakat agar mami bisa cepat diberikan kesembuhan oleh Allah SWT serta bisa kembali menghibur para fansnya dan berkumpul dengan pihak keluarga," paparnya.

Konfirmasi

Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]
Nunung Srimulat [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Kabar Nunung positif Corona dikonfirmasi pertama kali oleh sang adik. Ia mendapat kabar ini secara langsung dari sang kakak melalui sambungan telepon.

"Iya memang benar (Nunung positif Covid-19). Saya juga baru dengar ini tadi ya. Iya iya (positif)" ucap adik Nunung, Nunik, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (21/9/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twitter Minta Maaf soal Algoritma Cropping Foto Rasis

Posted: 21 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter menyampaikan permintaan maaf atas algoritma cropping (pemotongan) foto yang dinilai rasis. Hal ini disebabkan fitur tersebut secara otomatis hanya fokus pada wajah berkulit putih.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (22/9/2020), Twitter mengatakan telah menguji layanan tersebut untuk mencari bias sebelum menggunakannya. Namun, perusahaan mengakui tidak cukup jauh melakukannya.

Twitter memotong foto secara otomatis agar tidak memakan terlalu banyak ruang di feed utama, dan memungkinkan beberapa foto ditampilkan di dalam twit yang sama. Perusahaan menggunakan beberapa tool algoritma untuk fokus pada bagian-bagian paling penting dari gambar, mencoba memastikan bahwa wajah dan teks tetap berada di bagian foto yang dipotong.

Para pengguna mulai melihat kekurangan fitur tersebut pada akhir pekan lalu. Orang pertama yang menyoroti masalah ini adalah mahasiswa PhD, Colin Madland, ketika ia sedang menyoroti bias rasial berbeda di layanan Zoom. Madland berkulit putih.

Ketika Madland mengunggah sebuah foto dirinya dan rekannya berkulit hitam yang telah dihapus dari Zoom karena algoritma gagal mengenali wajah, Twitter secara otomatis memotong foto tersebut dan hanya menampilkan Madland.

Eksperimen Pengguna Lain

Ilustrasi Twitter. (Liputan6/Pixabay)
Ilustrasi Twitter. (Liputan6/Pixabay)

Para pengguna lain menyusul dengan eksperimen berbeda, termasuk pengusaha Tony Arcieri, yang menemukan algoritma Twitter secara konsisten memotong foto senator AS Mitch McConell dan Barack Obama. Namun pemotongan gambar tersebut pada akhirnya menyembunyikan foto Obama.

Hasil yang sama juga ditemukan pada foto model serta karakter Simpson, Lenny dan Carl. Bahkan juga untuk golden dan black labrador.

 

Pernyataan Twitter

Juru bicara Twitter dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa perusahaan akan meneliti lebih lanjut.

"Tim kami melakukan pengujian bias sebelum merilisnya dan tidak menemukan bukti bias rasial atau jenis kelamin di dalam pengujian kami. Namun jelas dari contoh-contoh ini, kami akan melakukan analisis lebih lanjut," jelasnya.

"Kami akan terus membagikan apa yang kami pelajari, tindakan apa yang kami ambil, dan akan membuka sumber analisis kami sehingga orang-orang bisa meninjau dan mereplikasi," sambungnya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: