Selasa, 01 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jawa Timur Cetak Inflasi 0,04 Persen pada Agustus 2020

Posted: 01 Sep 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat ada kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran mendorong inflasi 0,04 persen pada Agustus 2020 di Jawa Timur. Sementara itu, secara nasional tercatat deflasi 0,05 persen pada Agustus 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Dadang Hardiwan menuturkan, kelompok pengeluaran adalah kelompok pakaian dan alas kaki naik sebesar 0,07 persen, perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,02 persen, dan kelompok transportasi sebesar 0,25 persen.

Selain itu, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya naik sebesar 0,04 persen, kelompok pendidikan sebesar 0,33 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,30 persen, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 1,91 persen.

"Dari delapan kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jawa Timur, menunjukkan adanya kenaikan harga di sebagian besar komoditas yang dipantau, sehingga hal ini mendorong terjadi kenaikan IHK sebesar 0,04 persen yaitu dari 104,08 poin pada Juli 2020 menjadi 104,12 pada Agustus 2020," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Rabu (2/9/2020).

Sementara itu, kata Dadang, dari delapan kota IHK di Jatim, tiga kota mengalami inflasi dan lima kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi di Surabaya sebesar 0,07 persen, diikuti Sumenep 0,03 persen, dan Kediri 0,02 persen.

Kota yang Alami Deflasi

Pedagang menata dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada April 2020 sebesar 0,08% yang disebabkan permintaan barang dan jasa turun drastis akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang menata dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada April 2020 sebesar 0,08% yang disebabkan permintaan barang dan jasa turun drastis akibat pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sedangkan kota yang mengalami deflasi masing-masing Jember sebesar 0,11 persen, Probolinggo 0,07 persen, Malang 0,06 persen, Madiun 0,02 persen, dan Banyuwangi 0,01 persen.

"Jika dibandingkan tingkat inflasi tahun kalender (Januari - Agustus) 2020 di 8 kota IHK Jawa Timur sampai dengan bulan Agustus 2020, Jember merupakan kota dengan inflasi tahun kalender tertinggi yaitu mencapai 1,27 persen, sedangkan kota yang mengalami inflasi tahun kalender terendah adalah Surabaya yang mengalami inflasi sebesar 0,82 persen," ujar dia.

Sedangkan untuk kelompok yang mengalami deflasi masing-masing kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,81 persen, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,01 persen, dan kesehatan sebesar 0,03 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buku Baru Karya Mantan Penasihat Bongkar Hubungan Tak Akur Melania dan Ivanka Trump

Posted: 01 Sep 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Buku baru bertajuk "Melania and Me: The Rise and Fall of My Friendship with the First Lady" menguak hubungan dingin antara Ibu Negara Amerika Serikat, Melania Trump dan putri tirinya, Ivanka Trump. Buku ini baru saja dirilis pada Selasa, 1 September 2020.

Dilansir dari laman Strait Times, Rabu (2/9/2020), seperti diwartakan AFP, kabar itu layaknya 'bahan bakar' bagi gosip yang berspekulasi mengenai persaingan antar-anggota keluarga ini. Adapun buku ini ditulis oleh Stephanie Winston Wolkoff.

Sang penulis menyampaikan, ia pernah menjadi teman istri ketiga Presiden Amerika Serikat Donald Trump itu. Stephanie disebut juga bertindak sebagai penasihat hingga 2018 ketika ia tidak disukai usai laporan yang mengungkap pengeluaran luar biasa untuk pelantikan Donald Trump, di mana ia memainkan peran kunci dalam pengorganisasian.

Buku setebal 351 halaman itu bermaksud menguak soal Melania Trump. Kerap digambarkan sebagai teka-teki, bibir cemberut mantan model asal Slovenia itu dibedah di media sosial, hingga memunculkan slogan "Free Melania" yang menggambarkan dirinya sebagai korban dari suami yang sulit.

Mantan Vogue events organiser Winston Wolkoff, menggambarkan sosok Melania yang jauh ebih agresif. Ia merinci bagaimana ia dan Melania membuat koreografi setiap menit saat pelantikan dan mencegah Ivanka muncul di foto-foto utama acara itu.

Melania Trump diduga menjuluki Ivanka sebagai "putri" dan memanggilnya dan suaminya Jared Kushner "ular". Buku ini juga membuat pembaca percaya bahwa Melania, yang menghebohkan publik pada 2018 usai mengenakan jaket dengan pesan "I really don't care, do u?" tertulis di bagian belakang untuk mengunjungi pusat penahanan migran anak, mungkin memengaruhi keputusan Gedung Putih tertentu.

Melania Tuai Kritik

Jared Kushner, Ivanka Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump menyaksikan parade pengukuhan presiden untuk Presiden AS Donald Trump pada 20 Januari 2017 di Washington, DC. (NICHOLAS KAMM / AFP)
Jared Kushner, Ivanka Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump menyaksikan parade pengukuhan presiden untuk Presiden AS Donald Trump pada 20 Januari 2017 di Washington, DC. (NICHOLAS KAMM / AFP)

Berbicara kepada CBS pada Senin, 1 September 2020, Winston Wolkoff mengkritik Melania karena tidak membelanya dari tuduhan pengeluaran berlebihan pada pelantikan. Ia menambahkan dia bekerja sama dengan penyelidik federal untuk meneliti apa yang terjadi.

Juru bicara Ibu Negara, Stephanie Grisham, menjuluki buku itu sebagai pembalasan dendam dari seorang perempuan yang bergabung dengan barisan musuh presiden. Perilisan buku dilakukan beberapa hari usai Melania dan Ivanka bertukar pandangan yang tampak dingin pada Konvensi Partai Republik.

Hal ini di mana presiden secara resmi menerima pencalonan untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Pada Selasa (2/9/2020), buku "Melania and Me" berada di posisi keempat dalam penjualan teratas e-commerce Amazon.

"Orang Amerika "ingin tahu tentang Ibu Negara mereka dan, karena Melania adalah seseorang yang sangat dijaga, mereka ingin mendengar lebih banyak," kata Katherine Jellison, sejarawan di Ohio University.

"Hubungan yang tegang antara ibu tiri dan anak perempuan tiri sangat mengakar di benak publik, semuanya kembali ke Cinderella," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Playmaker Terbaik di Panggung Sepak Bola Dunia

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama bertahun-tahun, peran seorang regista atau playmaker tingkat atas telah disempurnakan hanya oleh segelintir pemain.

Pemain seperti Xabi Alonso dan Xavi menenun sihir mereka untuk generasi emas Spanyol. Sedangkan, Andrea Pirlo adalah pemain kunci di lini tengah klub dan negara di masa jayanya.

Sang playmaker ditugaskan untuk memecahkan garis dan membantu penyerang di belakang pertahanan lawan. Pemain ini diharapkan memiliki keahlian tertentu agar berhasil menjalankan peran tersebut.

Sementara permainan telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir karena manajer lebih memilih pelari di lini tengah. Meski begitu, playmaker papan atas masih mendapat tempat di mata penggemarnya.

Berikut ada tiga pemain yang secara luas dianggap sebagai playmaker terbaik di dunia sepakbola.

Dani Parejo

Gelandang Barcelona Philippe Coutinho (kiri) melewati penjagaan kapten Valencia, Dani Parejo, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (14/4/2018). (AFP/Lluis Gene)
Gelandang Barcelona Philippe Coutinho (kiri) melewati penjagaan kapten Valencia, Dani Parejo, pada pertandingan di Camp Nou, Sabtu (14/4/2018). (AFP/Lluis Gene)

Kemunculan Dani Parejo di Valencia cukup menarik. Pemain Spanyol itu dipuji sebagai salah satu gelandang paling diremehkan di generasinya. Setelah awalnya kesulitan untuk naik kelas dengan Los Che, Parejo perlahan tumbuh memainkan peran dan menjadi pemain tepat untuk klub.

Terkenal karena jangkauan umpannya, kemampuan bola mati dan tingkat kerja defensifnya, pemain berusia 31 tahun itu bertugas di Valencia selama delapan musim, sebelum dijual ke Villarreal musim panas ini.

Namun, Los Che berada dalam kekacauan total di dalam dan luar lapangan dan memutuskan untuk melepaskan beberapa pemain untuk mengurangi tagihan gaji mereka. Dan, Parejo juga di antara para pemain yang telah diturunkan musim panas ini.

Mantan pemain Real Madrid ini muncul sebagai pemain hebat modern untuk Valencia dan telah memainkan peran sebagai gelandang tengah dengan sempurna selama bertahun-tahun.

Frenkie de Jong

Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)
Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)

Selama dua musim terakhir, Frenkie de Jong dengan cepat membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain paling menarik di dunia sepakbola.

Gelandang penuh gaya ini adalah anggota penting dari tim Ajax yang mencapai semifinal Liga Champions pada 2019. Ia tampil menonjol dalam tim bersama Matthijs de Ligt, Hakim Ziyech dan Donny van de Beek.

De Jong adalah salah satu pemain yang paling tahan terhadap pers, sementara kemampuannya yang unik untuk berkontribusi pada serangan serta pertahanan menyebabkan Barcelona membayar biaya sebesar 75 juta pounds untuk mengamankan tanda tangannya musim panas lalu.

Toni Kroos

Megabintang Barcelona, Lionel Messi, berebut bola dengan pemain Real Madrid, Toni Kroos pada lanjutan pertandingan La Liga di Santiago Bernabeu, Minggu (2/3/2020).  Real Madrid membungkam Barcelona 2-0 dan merebut puncak klasemen dari Barcelona. (AP/Andrea Comas)
Megabintang Barcelona, Lionel Messi, berebut bola dengan pemain Real Madrid, Toni Kroos pada lanjutan pertandingan La Liga di Santiago Bernabeu, Minggu (2/3/2020). Real Madrid membungkam Barcelona 2-0 dan merebut puncak klasemen dari Barcelona. (AP/Andrea Comas)

Metronom lini tengah Real Madrid Toni Kroos secara mengejutkan berada di puncak daftar, karena ia terus menetapkan standar untuk para pemain di posisinya.

Pemain internasional Jerman telah memenangkan setiap trofi di klub sepak bola dan merupakan salah satu gelandang terhebat di generasinya. Ia memberikan kontribusi penting untuk Bayern Munchen, Real Madrid dan tim nasional Jerman selama bertahun-tahun.

Jarak passing Kroos tidak perlu diperkenalkan, sementara ketenangannya dalam mengolah bola membuat dia menjalin kemitraan yang sangat baik dengan Luka Modric di lini tengah.

Visi dan akurasi pemain berusia 30 tahun itu juga dipuji selama bertahun-tahun, sementara kemampuan bola mati-nya termasuk yang terbaik.

Pria Jerman itu telah memenangkan empat gelar Liga Champions bersama Real Madrid dan Bayern Munchen, sementara momen terbesar dalam karirnya yang termasyhur tiba pada tahun 2014 ketika ia memainkan peran utama dalam kemenangan Piala Dunia FIFA Jerman.

Kroos akan turun sebagai pemain hebat sepanjang masa dan masih memiliki beberapa tahun tersisa sebelum gantung sepatu.

Simak Video Toni Kroos Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hoaks yang Jadi Sorotan di DKI Jakarta Bulan Agustus, Kabar Palsu Covid-19 Dominan

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks soal kesehatan terutama covid-19 masih menjadi yang terbanyak dilaporkan pada Dinas Bidang Informasi Publik, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta melalui akun @jalahoaks pada bulan Agustus 2020.

Tercatat ada 17 hoaks kesehatan yang viral dan beredar di media sosial bulan lalu.

Sementara laporan hoaks lain yang juga terbanyak dilaporkan adalah soal politik. Tercatat hoaks soal politik pada bulan lalu mencapai 12 laporan.

Sedangkan laporan hoaks lain seperti agama dan pendidikan tercatat empat laporan. Total ada 53 aduan yang berhasil diklarifikasi oleh tim @jalahoaks.

Lalu apa saja hoaks kesehatan yang menjadi sorotan dari laporan @jalahoaks. Berikut ulasannya:

 

1. Cek Fakta: Tidak Benar RS Fatmawati Tutup karena Karyawannya Banyak Terpapar Covid-19

Ilustrasi hoax. (via: istimewa)
Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

Beredar di media sosial postingan terkait penutupan layanan RS Fatmawati. Postingan ini ramai dibagikan sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu yang membagikannya adalah akun Roshana Ocha pada Senin (31/8/2020) di Facebook. Sejauh ini postingan tersebut sudah mendapat 19 komentar dan 4 kali dibagikan.

Dalam postingannya terdapat foto yang bertuliskan: "Mohon maaf, saat ini RS Fatmawati tidak menerima pasien karena petugas IGD RSF banyak yg terpapar covid jadi pelayanan tutup."

Lalu dalam postingan tersebut dia menambahkan narasi:

"Info valid dari temen di RS Fatmawati....Ya Allah apa ini sudah masuk gelombang kedua puncak covid, dokter yang meninggal di Indonesia udah 100orang...

Stay save ya Mak... Jangan keluar rumah untuk hal yang kurang penting, kita lindungi diri dan keluarga dari penularan virus ini..Semoga pandemi segera berakhir"

Lalu benarkah RS Fatmawati menutup pelayanannya karena banyak petugasnya yang terpapar covid-19? Simak artikel lengkapnya dalam link berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Pesan Berantai Terkait Penanganan Pasien Stroke di RS PON

ilustrasi Cek Fakta
ilustrasi Cek Fakta

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp terkait penanganan pada pasien stroke dari RS Pusat Otak Nasional (RS PON). Dalam pesan tersebut disebutkan ampuhnya penggunaan obat trombolisis asalkan tidak terlambat diberikan.

Berikut isi dalam pesan berantai tersebut yang ramai dibagikan sejak dua tahun lalu. Selain itu dalam pesan berantai tersebut juga disertakan link berita dari Detik.com berjudul "Jadi Rujukan Utama Stroke, Penanganan di RS PON Dimulai Sejak Pasien Menelepon".

"Sebagai info saja buat semua anggota group, apabila ada teman, kenalan atau keluarga terserang stroke, segera dibawa ke RS. Ada obat berupa cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh (infus) namanya Trombolisis. Fungsinya "menjebol" blokade di bagian pembuluh darah yang tersumbat. Catatan penting: obat ini harus masuk ke dalam tubuh pasien maksimal 4 jam setelah kejadian (diatas 4 jam metode ini tidak bisa digunakan lagi).

Salah satu RS yang bisa menangani ini adalah RS Pusat Otak Nasional (RSPON) di Cawang (persis sebelah BNN - Badan Narkotika Nasional). Fasilitas di sana sangat lengkap dan menerima pasien BPJS. RSPON adalah RS milik Pemerintah, bukan swasta.

Contoh kasus yang terjadi: seorang pasien terkena stroke. Tangan kiri tidak dapat digerakkan. Pasien tiba di RSPON dini hari sekitar pukul 5 subuh. Setelah ditrombolisis pukul 8 sudah mulai dapat menggerakkan tangan kembali, setelah dirawat inap beberapa hari pasien sudah boleh pulang ke rumah dengan kondisi normal.

Ingat, cairan trombolisis bisa digunakan HANYA maksimal 4 jam setelah kejadian/serangan stroke, tingkat keberhasilan trombolisis ini diatas 95%. Sangat bagus dibanding pasien harus menderita lumpuh berbulan-bulan dengan pemulihan yang jauh lebih lama, dan jauh lebih mahal.

Informasi ini didapat dari bagian stroke di RSPON. Silahkan informasi ini dishare biar banyak orang terselamatkan, jangan panik segera antar ke RSPON. JANGAN DIHAPUS INFO INI PENTING."

Lalu benarkah isi dalam pesan berantai tersebut terkait penanganan pasien stroke dari RS PON? Simak artikel lengkapnya dalam link berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Pemprov DKI Jakarta Adakan Razia Masker pada Tanggal Tertentu

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai soal razia masker di DKI Jakarta. Pesan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan tersebut berisi narasi sebagai berikut:

"Tolong ingatkan 15-19 Agustus akan ada razia masker besar-besaran di DKI. Bukan hanya di jalan besar tapi sampai ke gang-gang. Ingatkan saudara, nyak, babe, encang encing, cucu ponakan. Untuk selalu pakai masker kalau keluar rumah."

Lalu benarkah pesan berantai soal razia masker di DKI Jakarta tersebut? Simak artikel lengkapnya dalam link berikut ini...

4. Wagub Riza Patria Bantah DKI Jakarta Zona Hitam Covid-19

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan seluruh wilayah Ibu Kota tidak masuk dalam zona hitam virus corona atau Covid-19.

"Tidak ada zona hitam," kata Riza saat dihubungi, Rabu (12/8/2020).

Dia tidak membantah bila kasus positif terkait virus Covid-19 memang tinggi. Hal tersebut kata Riza disebabkan masifnya testing ke masyarakat.

"Luar biasa testing kita, jumlahnya bisa 5.000 hingga 10.000 per harinya. Sudah jauh di atas 55.000 lebih (per pekan)," ucapnya. Simak artikel lengkapnya dalam link berikut ini...

5. Cek Fakta: Hoaks Imbauan Camat soal PSBB DKI Jakarta

Ilustrasi Cek Fakta
Ilustrasi Cek Fakta

Beredar pesan berantai di aplikasi percakapan Whatsapp soal imbauan camat di DKI Jakarta. Imbauan tersebut terkait PSBB DKI Jakarta karena pandemi virus corona covid-19.

Pesan berantai tersebut ramai dibagikan bulan lalu. Berikut isinya:

"Mohon Izin Pimpinan untuk menyampaikan amanat....

Saya, Camat di DKI Jakarta dengan ini menghimbau kepada seluruh masyarakat , melalui Para Lurah

Kepada masyarakat, saya minta dengan tegas, untuk menunda setiap rencana kegiatan yg mengumpulnya massa banyak seperti : Hajatan , Arisan, Perayaan Keagamaan, Dll, serta membubarkan diri setiap kumpulan/tongkrongan di mana pun berada (tongkrongan anak2 dan kebiasan nongkrong remaja di warung2)

Karena kondisi negara kita, terlebih Provinsi DKI Jakarta, jumlah korban positif Corona terus meningkat sangat cepat. Agar menjadi perhatian kita semua.

Sekarang fasilitas kesehatan sudah tidak lagi mampu menampung para penderita yang positif.

Terlebih jumlah petugas kesehatan yg berada di garda terdepan dan paling beresiko terpapar juga sangat terbatas. Jika masih berkumpul yg tidak perlu, sangat rentan terjadinya penularan.

Ketika sudah menjadi positif, kemana lagi kita akan diobati? Karena fasilitas kesehatan dan tenaga medis saat ini sudah sangat terbatas.

Sekali lagi saya minta kepada Lurah dan jajaran, RW, RT, LMK, FKDM, 3 Pilar, Tokoh Masyarakat, Jumantik, para kader semuanya, juga kepada Para DKM Mesjid2, Musholla2, dan tempat ibadah lainnya, untuk berpartisipasi aktif mengikuti seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta dlm upaya memutus mata rantai penyebaran COVID- 19.

Sampaikan kepada seluruh masyarakat kita untuk Tetap Dirumah dan Tidak Kumpul-kumpul. Yang punya anak pelajar. agar distresing, libur bukan liburan. Tapi libur untuk mengamankan dari kemungkinan terpapar Virus Corona

Pada semuanya, saya minta kesadaran yang tinggi.

Ingat pesan pak Gubernur Bapak Anies Rasyid Baswedan JIKA ANDA INGIN MENJADI PAHLAWAN SAAT INILAH DENGAN DIAM DIRUMAH DAN BERAKTIFITAS DIRUMAH TIDAK PERLU HARUS BERTEMPUR SEPERTI PEJUANG DULU YANG MENGORBANKAN JIWA DAN RAGA SERTA HARTA. CUKUP BERADA DI RUMAH MAKA ANDA SAAT INI MENJADI PAHLAWAN

Saya sangat peduli kepada masyarakat, agar jangan sampai jumlah korban COVID- 19 makin meningkat.

Hari ini Beberapa wilayah Kecamatan, sudah ada kelurahan yg masuk ZONA MERAH Oleh karena itu, semua harus ikut bertanggung jawab untuk menyelamatkan saudara-saudara kita

Demikian, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb.Camat DKI Jakarta"

Lalu benarkah ada imbauan camat di DKI Jakarta terkait PSBB? Simak artikel lengkapnya dalam link berikut ini...

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersuara Lantang Saat Mengajar, Guru Ngaji Ini Bikin Muridnya Auto Enggak Ngantuk

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kantuk kamu menyerang saat belajar mengaji? Tentu, hal ini pasti pernah dialami sebagian individu di masa kecilnya.

Jika merasa mengantuk, sesekali guru ngaji kamu pasti tak segan untuk menegur dan memintamu fokus kembali. Kali ini kamu tidak perlu khawatir akan mengantuk, karena guru ngaji satu ini bisa buat mata kamu auto melek.

Baru-baru ini, sebuah video yang diunggah akun Twitter @apeLiijo menunjukkan semangat seorang guru ngaji yang tengah mengajarkan murid-muridnya untuk membacakan huruf Arab dengan tepat. Uniknya, guru perempuan ini memiliki suara lantang dan keras yang membuat murid-muridnya terus terbelalak menatapnya. 

Dengan secarik kertas, ia mulai mencontohkan pelafalan satu per satu huruf tersebut dengan cara yang menyenangkan. 

Metode Pengajarannya

Suara lantang yang dikeluarkan guru ngaji tersebut memenuhi seisi ruangan. Di dalam proses belajar dan mengajar, perempuan tersebut mengajak anak-anak didiknya untuk aktif mengikuti cara pelafalan yang diucapkan olehnya.

Metode yang digunakan sudah tak asing lagi, metode Qiraati salah satu metode membaca Al-Qur'an yang dilihat dari hasil bacaan murid. Totalitas guru ini nampak dari semangatnya membacakan satu per satu rangkaian huruf Arab.

Hebatnya, ia juga terampil dalam menghafal satu per satu nama muridnya. Hal ini dilakukan agar seluruh muridnya tetap fokus memperhatikan materi yang disampaikan. 

"Satrio...Kiki...Danang," sahut guru ngaji tersebut sambil menunjukkan huruf bacaannya. 

Setelah menyebutkan nama muridnya, ia menyuruh anak-anaknya membaca bersama dan terus diulanginya. Jika muridnya hilang fokus, guru ngaji tersebut langsung menegur mereka untuk memperhatikan.

Respons Warganet

Video tersebut pun sontak membuat warganet kagum. Banyak dari mereka menanggapinya dengan berbagai respons positif atas materi mengaji yang diberikan. 

"Rata-rata guru paud dan TK emang begini powernya. Dulu pernah ngajar sementara di paud, kaget banget berasa dibentak," tulis akun @Bina_Bangga.

"Pernah ngerasain begini juga, guru TK harus ekstra pokoknya kalo ngajar butuh tenaga dobel, oleng dikit sudah langsung kacau kelas karena anak towaf," ucap akun @nilaadillah.

"Guru model begini fav bgt, apalagi yg hafal semua nama peserta didik & memahami karakter mereka. Istimewa," balas akun @asfina_syifa.

"Pulang pulang suara abis itu bocah disangkain emaknya minus es teros," sahut akun @rvndbby.

"Sehuruf minumnya seliter gegara aus wkwkwkk terlalu semangat mah," cuit akun @palengggggggg.

Hingga kini unggahan tersebut telah meraih 3 ribu retweet dan 9 ribu suka. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 1 September 2020

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif Corona COVID19 sebanyak 105 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, 1 September 2020.

Dengan demikian, total kasus kumulatif Corona COVID-19 mencapai 12.243 orang di Surabaya. Sementara itu, pasien dinyatakan sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 9.768 orang. Tercatat tambahan pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 115 orang pada Selasa, 1 September 2020.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah enam orang menjadi 937 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 1.538 orang.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 1 September 2020:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 1.743 orang

Sembuh: 1.426 orang

Meninggal: 120 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.472 orang

Sembuh: 1.125 orang

Meninggal: 147 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.020 orang

Sembuh: 1.692 orang

Meninggal: 167 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 3.863 orang

Sembuh: 3.098 orang

Meninggal: 262 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.145 orang

Sembuh: 2.427 orang

Meninggal: 241 orang

10 Besar Kelurahan dengan Konfirmasi Terbanyak pada 1 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 319 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 264 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 207 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 201 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 184 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 181 orang

7.Kelurahan Kemayoran: 172 orang

8.Kelurahan Wonokusumo: 171 orang

9. Kelurahan Morokrembangan: 166 orang

10.Kelurahan Putat Jaya: 165 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Gubernur Riau Larang Sekolah Tatap Muka

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Rencana belajar tatap muka di Pekanbaru dan sejumlah kabupaten di Riau pada September ini belum mendapat persetujuan. Pasalnya, jumlah pasien konfirmasi Covid-19 di Riau terus terjadi dan cenderung tinggi di banding Juli lalu.

Sejumlah kabupaten yang awalnya menerapkan belajar tatap muka mulai memikirkan pembelajaran daring. Seperti yang dilakukan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Inhu itu mulai meliburkan sekolah lagi," kata Gubernur Riau Syamsuar usai menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19 secara virtual dengan seluruh kepala daerah di Riau.

Syamsuar menjelaskan, Pekanbaru sempat ingin menerapkan belajar tatap muka September ini. Namun, hal itu ditunda karena Pekanbaru merupakan daerah pasien Covid-19 di Riau.

"Yang diakomodir oleh kementerian itu hanya zona kuning dan hijau, sementara orange dan merah tidak," kata Syamsuar.

Syamsuar menyebut bakal memberi sanksi kepada sekolah tatap muka di zona oranye ataupun merah. Apalagi ada kabar sekolah swasta mulai memberlakukan tatap muka saat pandemi belum berakhir.

Menurut Syamsuar, sepanjang sekolah swasta bisa menjamin peserta didik dari Covid-19, itu bisa diperbolehkan. Hanya saja, Syamsuar menyatakan belum ada sekolah swasta yang minta izin.

"Berarti kalau ada sekolah swasta (tatap muka), itu belum ada izin kami, nanti ditegur kalau ada," kata Syamsuar.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pekanbaru mengakui ada wacana memberlakukan sekolah tatap muka pada September ini. Namun, itu ditunda karena penyebaran Covid-19 masih terjadi.

Menurut Penjabat Sekretaris Daerah Pemko Pekanbaru Muhammad Jamil, sekolah tatap muka perlu kajian matang. Harus ada jaminan agar tidak ada kluster dari sekolah.

"Saat ini kondisi Pekanbaru tidak memungkinkan, jadi ditunda," kata Jamil.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bertaruh Nyawa Merawat Singapore Flyer

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Seorang pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Sejumlah pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Sejumlah pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Sejumlah pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Sejumlah pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Sejumlah pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Sejumlah pekerja melakukan tugas pemeliharaan dan pembersihan di Singapore Flyer, Singapura, 1 September 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Juli 2020, Penjualan BBM Subsidi Capai 8,07 Juta KL

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi penjualan volume BBM bersubsidi sampai dengan bulan Juli 2020 sebesar 8,07 juta KL (kiloliter). Terdiri dari minyak tanah sebesar 0,27 juta KL dan solar sebesar 7,8 juta KL.

Sementara untuk outlook volume BBM bersubsidi tahun 2020, yakni sebesar 15,06 juta KL. Terdiri dari minyak sebesar 0,48 juta KL dan minyak solar sebesar 14,58 juta KL.

"Berdasarkan Raker tanggal 29 Juni 2020, volume BBM bersubsidi tahun 2021 disepakati 15,79 sampai dengan 16,3 juta KL. Yang terdiri dari minyak tanah sebesar 0,48 sampai 0,5 juta KL, dan minyak solar sebesar 15,31 sampai 15,8 juta KL," beber Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam rapat kerja dengan komisi VII, Rabu (2/9/2020).

Dengan mempertimbangkan realisasi outlook tahun 2020 serta hasil Raker 29 Juni 2020, lanjut Arifin, maka volume BBM bersubsidi pada nota keuangan RAPBN 2021 ditetapkan sebesar 16,3 juta KL. Terdiri dari minyak tanah 0,5 juta KL dan solar sebesar 15,8 juta KL.

Kemudian, realisasi kuota volume LPG 3 kg tahun 2020, sampai bulan Juni 2020 sebesar 4,1 juta Metrik ton (MTon). Sedangkan outlook sampai dengan akhir tahun 2020 diperkirakan sebesar 7 juta MTon.

"Berdasarkan hasil Raker 29 Juni 2020, kuota volume LPG 3 kg tahun 2021 disepakati sebesar 7,5 sampai dengan 7,8 juta Metrik ton. Sedangkan volume LPG 3 kg dalam nota keuangan RAPBN tahun anggaran 2021 ditetapkan sebesar 7 juta MTon," papar Arifin.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Pertamina Sediakan 6 Varian BBM, Paling Banyak di Antara Negara Lain

New Normal diterapkan, Pertamina bikin SOP baru untuk pelayanan di SPBU.
New Normal diterapkan, Pertamina bikin SOP baru untuk pelayanan di SPBU.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan Pertamina memiliki enam produk BBM yang dijual ke masyarakat. Dengan begitu, Indonesia menjadi negara yang memiliki paling banyak varian BBM di antara sembilan negara lainnya. Dimana rata-rata hanya menjual dua sampai empat produk BBM.

"Ini jadi acuan Peraturan Menteri LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) No.20 tahun 2017 (tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O), dimana bensin minimum harus RON (Research Octane Number) 91," papar Nicke dalam rapat dengar pendapat bersama komisi VII, Senin (31/8/2020).

Adapun enam produk gasoline (bensin/BBM) Pertamina antara lain; Premium dengan RON 88, RON 89, lalu Pertalite 90, Pertamax RON 92, lalu Pertamax Plus RON 95 dan Pertamax Turbo RON 98.

Sebagai perbandingan, Singapura, Australia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam hanya memiliki dua jenis bensin dengan RON di atas 90. Dimana Singapura hanya menjual bensin dengan RON 92 dan 98, Australia RON 91 dan 98, Malaysia RON 95 dan 97, Thailand RON 91 dan 95, dan Vietnam RON 92 dan 95.

Sementara India dan Myanmar memiliki tiga jenis bensin di atas RON 90. Yakni RON 91, RON 92, RON 98 (Myanmar) dan RON 99 (India). Sedangkan China dan Filipina memiliki empat jenis bensin, di mana Filipina menjual bensin RON 91, RON 95, RON 97, dan RON 100, sementara China dimulai dari RON 89, 91, 95, dan 98.

Nicke menuturkan, bila mengikuti Peraturan Menteri LHK tersebut, maka akan ada dua produk yang tidak boleh dijual di pasar, yaitu Premium dan Pertalite. Padahal porsi konsumsi dari kedua jenis bensin tersebut merupakan yang paling besar. "Itu alasan yang paling kuat kenapa kita perlu review kembali varian BBM kita karena itu benchmark-nya," ujarnya.

Selain itu, Nicke juga memaparkan tujuh negara yang saat ini masih menggunakan bensin di bawah RON 90. Diantaranya, Bangladesh, Colombia, Mesir, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan, dan Indonesia.

"Oleh karena itu, kita dorong agar konsumen yang mampu beralih ke ron 92, kita sekarang memiliki Program Langit Biru," kata Nicke.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 26 Kabupaten/Kota yang Tidak Terdampak COVID-19, Mayoritas dari Kepulauan

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Data Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 per 30 Agustus 2020 menunjukkan, ada 26 kabupaten/kota tidak terdampak COVID-19. Seluruh kabupaten/kota ini pun masuk dalam zona hijau.

"Ada 26 kabupaten/kota tidak terdampak COVID-19 yang relatif banyak berasal dari kepulauan," jelas Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (1/9/2020).

"Ini karena pengendalian kasus di dalam kepulauan mungkin lebih mudah dibanding daratan. Kalau di daratan terjadi mobilitas penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain lebih mudah."

Adapun 26 kabupaten/kota tidak terdampak COVID-19, antara lain:

Sumatera Utara

1. Nias

Bengkulu

2. Lebong

Kepulauan Riau

3. Kepulauan Anambas

4. Lingga

5. Natuna

Nusa Tenggara Timur - Maluku

Nusa Tenggara Timur

6. Belu

7. Malaka

8. Manggarai Timur

9. Ngada

10. Sabu Raijua

11. Sumba Tengah

Sulawesi Tenggara

12. Konawe Kepulauan

Maluku

13. Kepulauan Aru

14. Maluku Tenggara Barat

 

Papua Barat - Papua

Papua Barat

15. Pegunungan Arfak 

16. Tambrauw

Papua

17. Asmat

18. Deiyai

19. Dogiyai

20. Intan Jaya

21. Mamberamo Raya

22. Nduga

23. Paniai

24. Puncak

25. Mappi

26. Yahukimo

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Samsung Galaxy Z Fold 2 Resmi Dirilis, Berapa Harganya?

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Samsung akhirnya kembali merilis perangkat pintar lipat ke pasar. Samsung Galaxy Z Fold 2 diklaim memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anya Geraldine Sewot, Cintanya dengan Ovi Rangkuti Kandas Disebut Settingan

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putusnya hubungan Anya Geraldine dengan Ovi Rangkuti masih menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, belum jelas benar alasan keduanya mengakhiri hubungan mereka. 

Bahkan, ada salah satu celoteh jahil netizen yang justru menyebut kandasnya hubungan Anya Geraldine dengan Ovi hanyalah settingan belaka. Anya pun geram dituding seperti itu.

Hal tersebut bermula dari sesi tanya jawab yang dilakukan Anya Geraldine  di Instagram Story. Sebenarnya, Anya membuka sesi tanya jawab mengenai produk jualan terbarunya. Namun, ada seorang warganet yang menyinggung tentang hubungannya dengan Ovi.

 

Settingan

Anya Geraldine dan Ovi Rangkuti (Sumber: Instagram/anyageraldine)
Anya Geraldine dan Ovi Rangkuti (Sumber: Instagram/anyageraldine)

Putusnya hubungan Anya dengan Ovi dinilai hanya settingan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk dagang terbarunya. Tudingan itu pun membuat Anya amat geram hingga menyebut netizen tersebut sinting.

"Kak kenapa harus settingan putus dulu buat marketing trippie nya?" tanya seorang warganet yang tak diketahui identitasnya.

 

Jawaban Menohok 

Anya Geraldine (Instagram/anyageraldine)
Anya Geraldine (Instagram/anyageraldine)

Anya memberi jawaban menohok. Ia menjelaskan bahwa putusnya hubungan dengan Ovi bukan settingan apalagi hanya gimmick demi meningkatkan penjualan produk. Ia memang putus namun masih sering bertemu dengan Ovi dan menjalin hubungan baik.

 

Murka

"Sinting ente. Demi Allah, gue enggak settingan buat trippie. Ya ampun otak kamu ya terlalu S3 marketing. Semua ini no gimmick, no settingan. Emang kita putus tapi kita kadang masih ketemu soalnya berhubungan sangat baik dan enggak tahu nanti ke depannya gimana lagi. Jadi please jangan bawel," tegas Anya. 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Rilis Laptop MateBook D15, Hadir dengan AMD Ryzen 5

Posted: 01 Sep 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bersama dengan Match Fit dan MatePad T10s, Huawei sebenarnya juga memperkenalkan produk laptop terbaru, yakni MateBook D15. Menurut Huawei, laptop memang menjadi salah satu produk yang dinantikan konsumen Indonesia.

"Ini merupakan produk PC yang ditunggu konsumen di Indonesia," tutur Training Director Huawei CBG Indonesia, Edy Supartono.

Laptop ini memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan desain FullView Display, sehingga tampil dengan bezel tipis.

Untuk spesifikasinya, Huawei membekali MateBook D15 dengan prosesor AMD Ryzen 5 3500U. Laptop ini turut didukung dengan teknologi Huawei Shark Fin Design 2.0 untuk menjaga panas laptop tidak terlalu tinggi.

"Dalam penggunaan normal, latop ini mampu bertahan hingga 6,6 jam. Apabila habis pun, dengan teknologi pengisian daya 56WH, laptop ini mampu terisi hingga 53 persen dalam 30 menit," tuturnya melanjutkan.

Huawei bekerja sama secara ekslusif dengan JD.ID untuk penjualan produk ini. Karenanya, keran pre-order MateBook D15 sudah dibuka di JD.ID dengan harga Rp 8.699.000, mulai 1 September hingga 10 September 2020.

Namun melalui kerja sama ini, konsumen yang melakukan pre-order akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Salah satunya adalah cashback Rp 1.700.000, sehingga harga laptop ini selama masa pre-order adalah Rp 6.999.000.

Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan sejumlah hadiah tambahan, seperti Huawei backpack, Huawei Mouse, powerbank, dan voucher senilai Rp 200.000 ditambah layanan VIP dari Huawei.

MateBook D15 didukung pengisian daya dengan port USB Type-C yang dapat difungsikan pula untuk mengisi daya di smartphone. Lalu fitur lain yang tersedia adalah fingerprint power button, eye comfort, dan kamera yang dapat disembunyikan.

Huawei Kian Fokus Hadirkan Produk Ekosistem di Indonesia

Huawei MatePad (Foto: Huawei)
Huawei MatePad (Foto: Huawei)

Di sisi lain, kehadiran MateBook D15 memang menjadi salah satu fokus Huawei di pasar Indonesia. Menurut Deputy Country Director Huawei Indonesia, Lo Khing Seng, Huawei saat ini memang fokus menggarap pasar produk ekosistem, di luar smartphone.

Hal itu dibuktikan dengan merilis merilis sejumlah produk baru, baik laptop dan tablet, yang menyasar beragam segmen pasar. Keseriusan itu juga ditunjukkan dengan ambisi untuk menjadi salah satu pemain laptop besar di Tanah Air.

"Saat ini, laptop sudah merupakan pasar mature, dan Huawei sebagai masuk sebagai pemain baru. Namun, fokus kami di tablet dan laptop ini terbilang besar. Jadi ke depannya, kami memiliki ambisi mampu hadir sebagai pemain besar di kategori ini," tuturnya.

Kendati demikian, Huawei sekadar fokus pada laptop saja, melainkan ekosistem perangkat secara keseluruhan. Khing Seng mengatakan hal itu dilakukan untuk menawarkan pengalaman menyeluruh dan mulus bagi para pengguna. 

"Ini memang tren baru yang kami coba bawa di Indonesia. Kami hendak membawa future smart device, dengan ekosistem yang terhubung dengan baik dan sinergi antar perangkat. Karenanya ke depan, kami akan memperkenalkan deretan produk ekosistem yang lain," ujarnya.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kucing Hobi Tidur hingga Raja Salman Pecat Pejabat Pertahanan Saudi Disorot

Posted: 01 Sep 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel mengenai perilaku kucing hingga demonstrasi Hong Kong menarik pembaca kanal global Liputan6.com hari ini. Ada juga berita tentang efek olahraga terhadap kekebalan tubuh. 

Bagi pecinta kucing, mereka pasti mengetahui bahwa kucing suka tidur. Mereka tidur bukan karena malas-malasan, melainkan sedang hemat energi untuk melakukan perburuan. 

Hal itu ternyata sudah tertanam dalam gen mereka. 

Dalam isu geopolitik, warga Hong Kong kembali melaksanakan demonstrasi anti-pemerintah. Demo dilakukan di dalam pusat perbelanjaan. 

Berikut tiga berita terpopuler di kanal global Liputan6.com pada Rabu (2/9/2020):

1. Alasan Mengapa Kucing Hobi Tidur

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Jika kucing rumahan Anda selalu bertingkah seperti baru saja bangun dari tidur siang, itu merupakan hal yang sangat wajar.

Rata-rata kucing menghabiskan 16 hingga 20 jam sehari untuk tidur, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com.

Bukan karena mereka malas atau bosan bergaul dengan Anda. Namun, kucing memiliki kecenderungan untuk tidur sepanjang hari sebab itu tertanam dalam gennya. 

Baca selengkapnya

2. Studi: Olahraga Dapat Tingkatkan Respons Tubuh Terhadap Vaksin

Seorang pria berlatih dengan latar belakang cakrawala Melbourne (11/8/2020). Negara bagian Victoria melaporkan 19 kematian akibat virus corona pada 11 Agustus, menjadikannya hari paling mematikan di negara itu dari pandemi meskipun jumlah kasus baru turun. (AFP/William West)
Seorang pria berlatih dengan latar belakang cakrawala Melbourne (11/8/2020). Negara bagian Victoria melaporkan 19 kematian akibat virus corona pada 11 Agustus, menjadikannya hari paling mematikan di negara itu dari pandemi meskipun jumlah kasus baru turun. (AFP/William West)

Jika Anda adalah seorang atlet, Anda mungkin memperoleh kekebalan yang lebih besar dari vaksinasi flu daripada orang yang kurang aktif. Pernyataan ini diungkapkan menurut dua studi olahraga dan vaksinasi baru yang saling melengkapi dan tepat waktu.

Dua studi yang melibatkan kelompok pelari elit, perenang, pegulat, pesepeda dan atlet tersebut menunjukkan bahwa pelatihan intensif memperkuat respons vaksin kita.

Baca selengkapnya...

3. Raja Salman Pecat Sejumlah Pejabat Pertahanan Arab Saudi

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Saudi Press Agency, via AP)
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Saudi Press Agency, via AP)

Sejumlah pejabat Arab Saudi, termasuk dua anggota keluarga kerajaan, telah dipecat.

Sebuah keputusan kerajaan mengatakan Raja Salman telah membebaskan Pangeran Fahad bin Turki dari perannya sebagai komandan pasukan gabungan dalam koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman

Putranya, Abdulaziz bin Fahad, juga dicopot sebagai wakil gubernur.

"Orang-orang itu, bersama dengan empat pejabat lainnya, menghadapi penyelidikan atas transaksi keuangan yang mencurigakan di Kementerian Pertahanan," kata keputusan itu. seperti dikutip dari BBC, Selasa (1/9/2020).

Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang merupakan putra raja dan dianggap sebagai penguasa de facto Arab Saudi, telah mempelopori kampanye melawan dugaan korupsi di pemerintahan. Namun, para kritikus mengatakan penangkapan orang-orang terkenal itu bertujuan untuk menghilangkan hambatan pada kekuasaan pangeran.

Selengkapnya di sini...

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK: Soal Pengembalian Fungsi Pengawasan Bank ke BI, Itu Ranah Politik

Posted: 01 Sep 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rencana Revisi Undang-Undang Bank Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 memantik kontroversi. Sebab, di salah satu poin perubahan, terdapat usulan pengembalian kewenangan pengawasan sektor perbankan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke Bank Indonesia (BI).

Staf Ahli OJK Ryan Kiryanto menyatakan, OJK masih tetap solid dalam memastikan pengawasan terintegrasi terhadap sektor jasa keuangan tetap kuat. Urusan penyusunan regulasi, hal itu dinilai sebagai domain politik.

"Terkait dengan Perppu apakah BI, LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), kami memandang itu domain politik, jadi kita tidak masuk ranah sana. Kita masuk ke zona pengawasan integrasi," ujar Ryan dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/9/2020).

Selain fokus pada tugas dan fungsi pokok pengawasan, OJK juga turut mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui peran-peran nyata, seperti merilis Peraturan OJK Nomor 11, Peraturan OJK Nomor 14 dan kebijakan lainnya.

Ryan menyatakan, peraturan tersebut berdampak nyata terhadap masyarakat dan pelaku usaha yang saat ini berjuang untuk bertahan hidup di tengah pandemi.

"Ternyata bisa dinikmati nyata oleh perbankan dan pelaku usaha sektor riil, karena mereka mendapat keringanan. Ini merupakan wujud nyata OJK baik dalam pengawasan terintegrasi maupun menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat," kata Ryan.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Fungsi Pengawasan Perbankan

Ilustrasi Bank Indonesia
Ilustrasi Bank Indonesia

Sebelumnya, Badan Legislasi DPR RI tengah menyusun revisi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia (BI). Salah satu poin pembahasan ialah pengembalian fungsi pengawasan perbankan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke BI.

Adapun, rencana ini tertuang dalam pasal 34 revisi UU BI yang menjadi bahan rapat Badan Legislasi DPR pada Senin (31/8/2020).

"Ketentuan Pasal 34 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut: Pasal 34 (ayat) (1) Tugas mengawasi Bank yang selama ini dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan dialihkan kepada Bank Indonesia," demikian dikutip dari draf revisi UU BI yang diterima Liputan6.com.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

17 Jaket Pria Keren untuk Berbagai Kegiatan, Wajib Punya

Posted: 01 Sep 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jaket pria keren bisa membuat kamu tampil dengan lebih percaya diri. Sekarang ini, jaket memang tidak hanya digunakan untuk melindungi tubuh dari udara dingin saja, namun sudah menjadi fashion item yang memiliki nilai dan mode tersendiri.

Ada berbagai jenis jaket pria dengan bahan dan model yang berbeda. Berbagai jenis jaket pria ini bisa kamu gunakan pada kondisi tertentu sesuai dengan fungsinya. Ada yang baik digunakan saat musim hujan, saat olahraga, dan ada juga yang cocok digunakan untuk menghadiri acara tertentu.

Jaket pria keren bisa kamu pilih sesuai dengan jenis dan fungsinya. Menggunakan salah satu fashion item yang digemari banyak orang ini tentunya membuat kamu bisa tampil lebih kece dan menarik. Menggunakan jaket yang pas dengan momen dan pas dengan gayamu akan menambah percaya diri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/9/2020) tentang jaket pria keren.

Jaket Denim, Jaket Bomber, dan Jaket Blouson

Jaket Bomber (Sumber: Photo by Julián Gentilezza on Unsplash)
Jaket Bomber (Sumber: Photo by Julián Gentilezza on Unsplash)

Jaket Denim

Jaket pria keren yang digemari banyak orang adalah jaket denim. Bahkan, jaket denim mungkin sudah tak asing lagi bagi pria maupun wanita. Jaket ini menjadi fashion item yang tak lekang oleh zaman.

Jaket ini cocok digunakan dalam menjalani berbagai aktivitas. Jaket Denim akan memberimu tampilan kasual dan stylish. Bahannya yang kuat dan tebal juga bisa melindungimu dari udara dingin.

Jaket Bomber

Jaket bomber atau flight jacket mulai tren dalam fashion remaja di era 1970an. Jaket pria keren satu ini terus menjadi tren hingga saat ini. Ciri khas dari bomber adalah bentuknya yang gemuk, dilengkapi dengan ritsleting dan saku yang berada di kedua sisinya. Biasanya bomber terbuat dari bahan kulit, nilon, polyester dan lainnya.

Jaket Blouson

Jaket blouson memiliki ukuran sepanjang pinggang dan dilengkapi ritsleting. Biasanya jaket ini berwarna solid seperti hitam atau navy. Sekilas, jaket ini hampir mirip seperti bomber, hanya saja blouson umumnya memiliki kerah model klasik yang membuatnya tampak lebih elegan.

Jaket Varsity, Hoodie, Track Jacket

Hoodie (Photo by Eugene Chystiakov on Unsplash)
Hoodie (Photo by Eugene Chystiakov on Unsplash)

Jaket Varsity

Awalnya, jaket pria keren ini bernama Letterman Jaket dan hanya digunakan oleh para mahasiswa Universitas Harvard. Namun, jaket Varsity ini sekarang identik dengan jaket yang biasa dipakai mahasiswa atau anak SMA. Ciri khas dari jaket ini adalah huruf yang dibordir di dada kiri jaket. Terkadang dibuat menjadi inisial pemiliknya.

Hoodie

Jaket pria keren berikutnya yang tidak kalah populer adalah hoodie. Jaket yang identik dengan tudung kepala ini sangat digemari banyak orang. Jaket ini tidak memiliki ritsleting maupun kancing ditengahnya. Cara memakainya seperti memakai kaus biasa. Jaket hoodie cocok dipakai saat cuaca dingin, naik motor, atau sekadar keluar bersantai.

Track Jacket

Sesuai namanya, track jaket cocok dikenalan saat berolahraga. Jaket pria keren ini ringan dengan desain yang simpel dan nyaman. Track jacket biasanya dilengkapi ritsleting di bagian depan dan manset pinggang. Jaket ini bisa memberimu kesan sporty dan aktif.

Jaket Kulit, Jaket Windbreaker, dan Jaket Shearling

Jaket Kulit (dok. Liputan6/Fairuz Fildzah)
Jaket Kulit (dok. Liputan6/Fairuz Fildzah)

Jaket Kulit

Jaket kulit juga merupakan salah satu jaket pria keren yang tak lekang oleh waktu. Sesuai namanya, jaket ini terbuat dari kulit sintetis maupun kulit asli. Tak hanya sebagai pelindung terhadap udara dingin, jaket kulit juga bisa membuatmu tampil klasik dan stylish.

Jaket Windbreaker

Jaket pria keren selanjutnya adalah windbreaker. Ciri khas jaket Windbreaker adalah karet di pergelangan tangannya. Jaket ini juga dilengkapi dengan hoodie yang bisa menutupi kepala. Jaket Windbreaker didesain secara khusus sehingga bisa menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.

Jaket Shearling

Jaket shearling umumnya terbuat dari bulu domba, dan bagian dalamnya terbuat dari wol, serta suede di bagian luarnya. Tak cuma bulu domba, jaket shearling juga bisa terbuat dari bulu sintetis. Shearling asli biasanya lebih halus untuk disentuh daripada shearling sintetis.

Parka, Jaket Biker, Jaket Cagoule, Sukajan

Parka. (via: istimewa)
Parka. (via: istimewa)

Parka

Parka merupakan salah satu jaket pria keren yang banyak digemari saat ini. Ciri khas jaket ini adalah tahan air, berkerudung tanpa bukaan depan, dan kadang-kadang drawstrings di pinggang dan manset. Tudung pada parka dulunya memiliki bulu-bulu penghangat di dalamnya. Namun, seiring berkembangnya jaman, muncullah jaket parka tanpa bulu.

Jaket Biker

Jaket biker biasanya terbuat dari kulit dengan desain pendek dan ketat disertai kancing atau risleting. Jaket pria keren ini biasa digunakan pengendara motor agar memiliki gaya yang nampak stylish dan maskulin.

Jaket Cagoule

Jaket Cagoule sekilas mirip dengan parka, namun perbedaannya adalah, jaket pria keren ini hadir tanpa ritsleting depan, jadi memakainya seperti memakai hoodie. Jaket ini juga biasa disebut fisherman dan memiliki kantong di bagian perut depan.

Jaket Sukajan

Salah satu jaket pria keren yang mungkin sering kamu lihat sekarang ini adalah jaket sukajan. Jaket ini agak mirip dengan varsity, namun memiliki motif yang cenderung menggunakan bordir manual khas karakter Jepang yang 'menyala-nyala'.

Jaket Trucker, Sports Jacket, Duffle Coat, dan Pea Coat

Jaket Trucker

Ciri khas jaket trucker adalah adanya saku dan kancing di bagian depannya. Jaket pria keren ini juga memiliki kerah mirip kemeja. Trucker memberi kesan kasual dan klasik bagi pemakainya. Dulunya trucker identik dengan bahan denim berwarna biru. Namun, kini sudah tersedia trucker dengan berbagai bahan dan warna.

Sports Jacket

Jika dilihat dari namanya, Sports Jacket mungkin terdengar seperti jaket olahraga. Namun, kenyataanya, Sports Jacket lebih memiliki kesan formal dan elegan. Jaket pria keren satu ini memiliki bentuk mirip dengan jas berbahan corduroy, suede, denim, atau tweed. Dulunya Sports Jacket digunakan dalam olahraga high class seperti berburu dan menembak.

Duffle Coat

Jaket pria keren selanjutnya adalah jenis Duffle Coat. Sesuai namanya, jaket ini sebenarnya memang lebih cocok disebut sebagai mantel karena panjangnya melebihi pinggang. Duffle merupakan nama provinsi di Belgia yang menjadi tempat asal bahan jaket ini berasal.

Memiliki bahan dari wol, jaket ini memiliki fungsi utama untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, umumnya jaket ini memiliki motif polos, sehingga cocok juga kalau mau dipakai dalam acara semi-formal.

Pea Coat

Pea Coat merupakan salah satu jaket pria keren yang hampir mirip dengan Duffle Coat. Bahkan ada yang panjangnya mencapai setengah paha. Mantel ini memiliki kerah rendah dan kancing, sehingga cocok juga untuk digunakan dalam kegiatan yang cukup formal. Mantel ini memberikan tampilan classy dengan motif warna yang polos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Awasi Ekstra Ketat Konglomerasi Sektor Jasa Keuangan

Posted: 01 Sep 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperketat pengawasan terintegrasi terhadap sektor jasa keuangan baik perbankan maupun non-bank, terlebih bagi jasa keuangan yang bersifat konglomerasi.

Hal ini dilakukan karena sektor jasa keuangan menjadi salah satu penentu utama pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Staf Ahli OJK Ryan Kiryanto menyatakan, sektor jasa keuangan konglomerasi cenderung rumit karena memiliki aturan main hingga cakupan resiko yang berbeda satu sama lain.

"Oleh karena itu di sini peran OJK ialah bagaimana bisa menyelaraskan aturan antara entitas yang satu dengan yang lainnya agar tidak conflicting," ujar Ryan dalam tayangan virtual, Rabu (2/9/2020).

Ryan menjelaskan, pembentukan jasa keuangan konglomerasi memiliki beberapa tujuan, mulai dari meningkatkan efisiensi penggunaan aset, SDM, teknologi hingga meminimalkan biaya operasional perusahaan.

Hal ini harus didukung penuh oleh OJK karena bukan hanya berdampak pada eksistensi perusahaan, tapi juga kepada konsumen. Contoh kecilnya, harga produk yang lebih murah dan layanan yang lebih cepat.

Apalagi, produk jasa keuangan saat ini semakin bervariatif. Ada produk jasa keuangan yang termasuk ke dalam asuransi, namun dipasarkan lewat kanal perbankan, sehingga orang-orang mengira itu adalah produk perbankan.

"Ini harus diawasi dengan intens supaya kalau ada masalah yang terdetect di satu entitas maka regulator bisa mengambil tindakan yang preventif," jelas Ryan.

Selama ini, OJK sendiri selalu mengedepankan tindakan preventif dalam pengawasan terintegrasi yang dimaksud. Masalah kecil langsung diidentifikasi agar tidak membesar.

"Kalau di anak usaha perusahaan ada problem, OJK bisa langsung meng-indetify masalah itu dari tahap yang sangat dini sehingga perusahaan bisa tetap sehat ke depan," tutur Ryan.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

OJK: Integrasi Pengawasan Jadi Kunci Jaga Stabilitas Sektor Keuangan

Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengaku banyak cara yang harus dilakukan demi menjaga stabilitas sektor keuangan.

Salah satunya melalui pengawasan sektor jasa keuangan yang terintegrasi antara sektor perbankan, industri keuangan non bank dan pasar modal.

"Berkembangnya produk dan layanan transaksi keuangan yang semakin borderless serta memiliki keterkaitan yang tinggi antarsektoral produk perbankan, pasar modal, dan IKNB menekankan semakin dibutuhkannya pengawasan terintegrasi dalam rangka menjaga stabilitas keuangan serta melindungi konsumen keuangan terutama di masa pandemi ini," kata Wimboh dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, dalam melakukan pengawasan terintegrasi, OJK memiliki Komite Pengawas Terintegrasi yang beranggotakan Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Kepala Eksekutif PM dan Kepala Eksekutif IKNB termasuk Deputi Komisioner dari masing-masing kompartemen untuk berbagai kebijakan strategis konglomerasi keuangan terutama yang bersifat lintas sektor jasa keuangan.

Selain itu, OJK juga memiliki unit Perizinan dan Kebijakan Sektor Jasa Keuangan Terintegrasi yang bertugas untuk memproses perizinan lintas sektoral dan menformulasikan kebijakan yang bersifat lintas sektoral.

"Dengan adanya pengawasan terintegrasi, OJK dapat melakukan pengawasan lebih efektif terhadap transaksi dan produk keuangan yang melibatkan intragroup dan lintas sectoral untuk mengidentifikasi lebih dini risiko terhadap stabilitas sektor jasa keuangan. Sehingga pelaksanan program pemulihan ekonomi nasional dapat dilakukan lebih terintegrasi," katanya.

Sejak tahun 2014, OJK telah menerbitkan serangkaian pengaturan pengawasan terintegrasi mencakup Manajemen Risiko, Tata Kelola dan Permodalan Terintegrasi dan proses pengawasan terintegrasi.

Sementara itu, untuk memitigasi dampak lebih lanjut pandemi Covid-19 terhadap perekonomian serta mendorong pemulihan ekonomi, OJK telah mengerahkan semua kebijakan dan instrumen untuk meringankan beban masyarakat, sektor informal, UMKM dan pelaku usaha. Kebijakan yang diterbitkan sifatnya pre-emptive untuk mencegah terjadinya pemburukan yang lebih dalam maupun berupa insentif atau relaksasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Berliku PDIP Cari Calon Pengganti Risma di Pilkada Surabaya

Posted: 01 Sep 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan akan mengumumkan bakal calon wali kota Surabaya pada Rabu (2/9/2020) siang. Setelah melewati dinamika politik yang panjang.

Sedianya, PDIP mengumumkan bakal calon jagoan pengganti Tri Rismaharini pekan lalu. Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani sudah menunjukan amplop yang disebut nama calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

"Terkait calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah di Kota Surabaya ini sudah ada suratnya. Karena belum tersambung, nanti akan diumumkan pada waktu yang akan datang," kata Puan, Jumat (28/8/2020).

Pengumuman bakal calon wali kota Surabaya memang berlarut-larut. Dikabarkan terjadi tarik menarik di internal PDIP antara Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dengan Wali Kota Surabaya dan Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini.

Keduanya disebut berbeda dukungan kepada bakal calon kepala daerah Surabaya. Namun, Hasto langsung membantah kabar tersebut.

"Kalau di salah satu media mengatakan bahwa sepertinya bu Risma dan saya berbeda itu tidak benar," katanya, Rabu (26/8/2020).

PDIP dikabarkan hampir final mendukung Whisnu Sakti Buana-Eri Cahyadi. Whisnu adalah wakil wali kota Surabaya. Sementara Eri merupakan Kepala Bappeko Surabaya.

Komposisi itu diklaim tak disetujui Risma. Wali Kota Surabaya itu mendukung Eri sebagai calon penggantinya.

Di Pilkada Surabaya, PDIP digempur hampir seluruh partai. Kecuali PDIP dan PSI, semua partai di Surabaya mendukung mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin sebagai calon wali kota Surabaya.

Pengumuman bakal calon wali kota Surabaya berulang kali ditunda. Hasto berdalih PDIP menunggu momentum tepat untuk mengumumkan bakal calon.

Konsolidasi di Surabaya

Hingga akhirnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajaran DPP untuk menggelar konsolidasi pada Minggu (30/8/2020) lalu. Dengan tegas, Hasto kembali membantah ada tarik menarik dukungan calon wali kota Surabaya.

"Tidak ada tarik tambang politik di internal Partai. Yang ada adalah menarik rakyat agar bebas dari belenggu kemiskinan, ketidakadilan, dan kebodohan," kata dia.

Hasto mengatakan, PDIP tidak ingin kota Surabaya jatuh ke tangan yang salah. Sebab, sudah 20 tahun PDIP memimpin Kota Surabaya.

"Karena itulah Kota Surabaya sebagai Kota Terbesar Kedua di Indonesia akan dijaga dan dilindungi oleh seluruh anggota dan kader Partai yang menyatu dengan rakyat untuk dimenangkan dalam pilkada serentak tahun 2020 ini," ucapnya.

Reporter : Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Pesta Gay di Apartemen Jaksel

Posted: 01 Sep 2020 10:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menggerebek pesta gay yang berlangsung di sebuah apartemen di wilayah Jakarta Selatan.

Penggerebekan pesta gay itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus.

Menurut dia, penggerebekan tersebut berdasar informasi dari masyarakat. Warga mengungkap, apartemen itu kerap digunakan untuk pesta gay.

Yusri enggan membeberkan secara rinci perihal kasus itu.

Diungkap ke Publik Siang Ini

Kasus tersebut nantinya dirilis langsung di lokasi kejadian atau TKP.

"Betul, akan kami ungkap di TKP nanti siang," kata Yusri kepada wartawan, Rabu (2/9/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Resesi, PDB Anjlok Terburuk dalam Hampir 30 Tahun

Posted: 01 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ekonomi Australia akhirnya tumbang. Negara ini masuk ke dalam resesi pertamanya dalam hampir 30 tahun, masih akibat virus Corona seperti yang terjadi dengan negara lainnya.

Melansir laman BBC, Rabu (2/9/2020), Produk Domestik Bruto (PDB) Australia menyusut 7 persen, periode kuartal April-Juni dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya.

Ini adalah penurunan terbesar sejak pencatatan pertumbuhan ekonomi dimulai pada tahun 1959. Sebelumnya di kuartal I, negara ini mencatatkan penurunan ekonomi sebesar 0,3 persen.

Padahal, sebelumnya Australia menjadi satu-satunya negara dengan perekonomian terbesar yang mampu menghindari resesi selama krisis keuangan global di 2008.

Sekadar informasi, suatu negara dianggap masuk dalam resesi jika pertumbuhan ekonominya dalam kondisi negatif atau minus untuk dua kuartal berturut-turut.

Di awal tahun, sejatinya ekonomi Australia telah lebih dulu terpukul akibat terlanda kebakaran hutan ekstrim dan tahap awal wabah virus corona menyebar.

Ekonomi Australia sudah turun sejak saat itu. Kemudian kondisi memburuk seiring penutupan bisnis di seluruh negeri.

Ekonomi Australia tetap terpuruk meskipun pemerintah dan Bank Sentral mengambil berbagai tindakan demi mendukung perekonomian.

Ini adalah pertumbuhan ekonomi terburuk dalam 61 tahun karena kontraksi yang parah dalam pengeluaran rumah tangga untuk barang dan jasa.

Kendati masuk ke jurang resesi, penurunan ekonomi Australia dinilai masih lebih baik daripada kebanyakan negara maju lainnya yang telah mengalami penurunan yang lebih besar.

Ekonomi AS, terbesar di dunia, menyusut 9,5 persen pada periode April dan Juni.  Sementara ekonomi Inggris menyusut 20,4 persen dan mendorong negara ini juga masuk jurang. Kemudian ekonomi Prancis turun 13,8 persen dan Jepang 7,6 persen.

 

Jokowi: Kalau Kuartal III Masih Minus, Artinya Kita Masuk Resesi

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia harus tumbuh positif pada kuartal III 2020. Jokowi tak ingin Indonesia jatuh ke jurang resesi.

Pada kuartal II, ekonomi Indonesia terkontraksi minus 5,32 persen akibat pandemi Covid-19. Jokowi menyebut Indonesia masih memiliki kesempatan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di September 2020.

"Untuk itu, kuartal III yang kita masih punya waktu 1 bulan, Juli, Agustus, September. Kita masih punya kesempatan di September ini. Kalau kita masih berada pada posisi minus artinya kita masuk resesi," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur secara virtual, Selasa (1/9/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta para kepala daerah untuk mempercepat belanja daerah. Hal ini untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan konsumsi masyarakat.

"Terutama yang berkaitan dengan belanja barang, belanja modal, belanja bansos ini betul-betul disegerakan sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan memulihkan ekonomi di daerah," jelas Jokowi.

Menurut dia, rata-rata belanja APBD secara nasional baru mencapai 44,74 persen. Sementara, untuk belanja APBD kabupaten/kota saat ini mencapai 48,8 persen.

"Tolong betul-betul angka-angka ini diperhatikan sehingga realisasi untuk pengadaan barang dan jasa, untuk belanja modal, bansos, segera bener terealisasi," ujar Jokowi.

 

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Beri Sinyal Ekonomi Indonesia Minus hingga Akhir 2020

Posted: 01 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memperkirakan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada sisa dua kuartal terakhir masih negatif. Jika kedua kuartal terkontraksi atau minus maka hingga akhir tahun ekonomi Indonesia bisa mencapai minus 1,1 persen.

"Dari prediksi kita menunjukkan bahwa mungkin di kuartal ketiga kita mungkin masih mengalami negatif growth dan bahkan mungkin kuartal keempat juga masih dalam zona sedikit di bawah netral," jelas dia saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Bendahara Negara ini juga menyiapkan skenario optimis. Menurutnya jika pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV bisa tumbuh positif atau mengalami perbaikan dari sebelumnya di kuartal II maka ekonomi domestik akan tumbuh 0,2 persen di tahun ini.

Namun sebaliknya, jika kedua sisa kuartal tersebut mengalami minus maka pertumbuhan bakal minus 1,1 persen di 2020.

"Kalau 0,2 persen mengasumsikan bahwa di kuartal ketiga dan keempat recovery bisa terjadi lebih untuk mengkompensasi kontraksi yang dalam pada kuartal kedua," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia harus tumbuh positif pada kuartal III-2020. Jokowi tak ingin ekonomi Indonesia jatuh ke jurang resesi.

Pada kuartal II-2020, ekonomi Indonesia terkontraksi minus 5,32 persen akibat pandemi Covid-19. Jokowi menyebut Indonesia masih memiliki kesempatan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di September 2020

"Untuk itu, kuartal III-2020 yang kita masih punya waktu 1 bulan, Juli, Agustus, September. Kita masih punya kesempatan di September ini. Kalau kita masih berada pada posisi minus artinya kita masuk resesi," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur secara virtual, Selasa (1/9/2020).

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Percepat Belanja Anggaran

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Untuk itu, Jokowi meminta para kepala daerah untuk mempercepat belanja daerah. Hal ini untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan konsumsi masyarakat.

"Terutama yang berkaitan dengan belanja barang, belanja modal, belanja bansos ini betul-betul disegerakan sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan memulihkan ekonomi di daerah," jelasnya.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Pemotretan Mentari De Marelle Tampil Modis dan Stylish

Posted: 01 Sep 2020 10:40 PM PDT

Perempuan keturunan Indonesia-Belgia ini memiliki paras yang cantik memesona. Paras cantiknya kian sempurna dengan gaya fashion yang modis di setiap pemotretan. Seperti saat Mentari memakai jas warna biru muda yang membuatnya elegan. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)
Perempuan keturunan Indonesia-Belgia ini memiliki paras yang cantik memesona. Paras cantiknya kian sempurna dengan gaya fashion yang modis di setiap pemotretan. Seperti saat Mentari memakai jas warna biru muda yang membuatnya elegan. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)

Perempuan keturunan Indonesia-Belgia ini memiliki paras yang cantik memesona. Paras cantiknya kian sempurna dengan gaya fashion yang modis di setiap pemotretan. Seperti saat Mentari memakai jas warna biru muda yang membuatnya elegan. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)

Aura kecantikan aktris cantik FTV ini semakin terpancarkan saat tampil dengan full makeup dan busana warna biru tua seperti ini. Gaya posenya memang mencerminkan ia sebagai model papan atas Tanah Air. Foto ini banjir pujian netizen yang menyebutnya cantik. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)
Aura kecantikan aktris cantik FTV ini semakin terpancarkan saat tampil dengan full makeup dan busana warna biru tua seperti ini. Gaya posenya memang mencerminkan ia sebagai model papan atas Tanah Air. Foto ini banjir pujian netizen yang menyebutnya cantik. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)

Aura kecantikan aktris cantik FTV ini semakin terpancarkan saat tampil dengan full makeup dan busana warna biru tua seperti ini. Gaya posenya memang mencerminkan ia sebagai model papan atas Tanah Air. Foto ini banjir pujian netizen yang menyebutnya cantik. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)

Tak cuma tampil menawan dengan fashion kekinian, nyatanya Mentari De Marelle juga terlihat begitu anggun dengan busana seperti ini. Tatapan wajahnya yang meneduhkan dengan rambut dikuncir, semakin membuat Mentari terlihat sangat memesona. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)
Tak cuma tampil menawan dengan fashion kekinian, nyatanya Mentari De Marelle juga terlihat begitu anggun dengan busana seperti ini. Tatapan wajahnya yang meneduhkan dengan rambut dikuncir, semakin membuat Mentari terlihat sangat memesona. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)

Tak cuma tampil menawan dengan fashion kekinian, nyatanya Mentari De Marelle juga terlihat begitu anggun dengan busana seperti ini. Tatapan wajahnya yang meneduhkan dengan rambut dikuncir, semakin membuat Mentari terlihat sangat memesona. (Liputan6.com/IG/@demarellementari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lika-liku Kehidupan Brotoseno, Eks Penyidik KPK yang Viral karena Tata Janeeta

Posted: 01 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan perwira menengah Polri dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Raden Brotoseno, telah menghirup udara bebas sejak Februari 2020. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Lapas Kelas 1 Cipinang, Tony Nainggolan.

"Iya yang bersangkutan sudah bebas," ujar Tony, melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Rabu (3/9/2020).

Tony menjelaskan, Brotoseno bebas karena telah mengantongi izin pembebasan bersyarat. Brotoseno mulai ditahan sejak 18 November 2016. Kemudian 14 Juni 2017, Brotoseno mendapat putusan pengadilan, dan mulai menjalani hukuman di lapas sebagai warga binaan pada 2 April 2018.

Menarik mundur, perjalanan hidup Brotoseno penuh warna.

Seorang penegak hukum yang berbalik menjadi pelanggar hukum dalam sebuah kasus suap.

Dia ditangkap Tim Sapu Bersih Pungutan Liar karena "mengamankan" kasus sawah fiktif di Ketapang, Kalimantan Timur. Uang senilai Rp 2,9 miliar pun menjadi barang bukti dalam kasus itu dan disita pada 11 November 2016.

Brotoseno lalu digiring ke meja hijau. Kala itu, jaksa menuntut Brotoseno dengan tuntutan 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan. Brotoseno berdalih, uang suap diterimanya sebagai jalan untuk membiayai pengobatan orangtua dan bukan sebagai tindak pidana suap.

Namun, hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jakarta, tetap menjatuhkan hukuman bui terhadap Brotoseno. Meski, hukumannya lebih ringan dua tahun dari tuntutan jaksa.

 

Perjalanan Karier

Pria berusia 39 tahun ini pernah berkarier sebagai perwira menengah di Bareksrim Polri dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP. Kinerjanya mendapat pengakuan dan dia ditugaskan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Brotoseno dipercaya sebagai penyidik selama bertugas di badan antirasuah.

Namun, namanya lebih melejit bukan sebagai penyidik, melainkan karena kedekatannya dengan Angelina Sondakh, salah seorang aktor kasus korupsi pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang.

Padahal, pada saat itu, Brotoseno ditugaskan mengawal kasus korupsi tersebut.

Drama asmara antara Brotoseno selaku penyidik dan tersangka, berlanjut sampai vonis pengadilan.

Brotoseno pun akhirnya menikahi Angelina secara siri saat mantan istri Adjie Massaid itu mendekam di Lembaga Pemasyarakatan pada 2016, atau setahun sebelum Brotoseno diciduk karena kasus suap.

 

Skandal dengan Tata Janeeta

Nama keduanya meredup usai mereka menjalani hukuman di lapas.

Namun, beberapa hari ini, nama Brotoseno kembali mentereng di jagat hiburan Indonesia. Tata Janeeta, seorang model dan penyanyi eks group Dewi-Dewi dan Mahadewi itu mengunggah postingan bersama pria diduga Brotoseno.

Akun gosip menyebarkan foto kemesraan mereka dan mengungkap identitas pria yang bersama Tata adalah Raden Brotoseno. Lewat unggahannya, Tata mengatakan siap mengawali hidup barunya bersama pria tersebut.

"Mengawali hidup dengan ibadah, semoga ke depan lebih baik walau dengan kesederhanaan dan berjuang bersama yang penting bahagia," tulis Tata Janeeta di akun sosial media pribadinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meggy Wulandari Tak Mau Berkonflik Lagi, Memaafkan Kiwil?

Posted: 01 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Meggy Wulandari memuntahkan kekesalannya di media sosial. Lantaran, mantan suaminya, Kiwil menganggapnya sebagai ibu yang melakukan eksploitasi pada anak-anaknya.

Meggy Wulandari bahkan menceritakan peran Kiwil saat masih menjadi suaminya selama 17 tahun. Selama itu, Meggy menjelaskan Kiwil tak pernah mendidik maupun memberikan nasihat pada anak-anaknya.

"Astaqfirullah aladzim anda 17 tahun jd bapak dr anak2 sy yg mana anda bapak kandungnya anda ga ada didik anak2 ga ada byk ksi nasehat ke anak2 yg mana anak2 butuh bimbingan Bapaknya butuh perhatian Bapaknya," tulis Meggy Wulandari, di akun Instagram pribadinya, belum lama ini.

 

Tak Mau Konflik Lagi

Meggy Wulandari (Foto: Instagram/@meggywulandari_real)
Meggy Wulandari (Foto: Instagram/@meggywulandari_real)

Usai meluapkan amarahnya, Meggy Wulandari mengaku tak ingin ada konflik lagi. "Tidak ada yg pernah ingin berkonflik disaat bahagia," tulisnya, Senin (31/8/2020).

 

Menata Hidup

Meggy Wulandari (Foto: Instagram/@meggywulandari_real)
Meggy Wulandari (Foto: Instagram/@meggywulandari_real)

Saat ini, Meggy Wulandari tengah menata hidupnya kembali setelah bercerai dari Kiwil. Ia akan menjalani kehidupannya yang baru bersama anak-anaknya.

"Aku sedang Bahagia..dan menata hidup ku," lanjutnya.

Hanya satu yang dilakukan Meggy Wulandari agar bisa tenang. "Sudahlahh..istiqfar saja," pungkasnya.

Yakin Kebahagiaan Datang

Meggy pun yakin bahwa Allah memiliki rencana yang baik untuk masa depannya dan anak-anak.

"Alhamdulillah Yakin Setelah ini Kebahagian Menanti Ku dan Anak2 Ku..Bismillah Takdir ALLAH Pasti Baik," tulisnya pada unggahan lain, Selasa (1/9/2020).

[vidio:meggy wulandari ingin usaha kontrakan_li]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut 'Test Swab' di Jakarta, Helmi Hasan Dinyatakan Negatif Covid-19

Posted: 01 Sep 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan sempat diterpa isu tidak mengenakkan soal kesehatannya. Wali Kota dua periode ini sempat ramai diberitakan positif tertular Covid-19. Namun, hasil tes usap menyatakan Wali Kota yang berusia 40 tahun ini negatif Covid-19.

Kepastian ini didapat saat Helmi Hasan dikonfirmasi. Helmi Hasan mengirimkan hasil tes usap yang dia lakukan di Laboratorium Mayapada Hospital Jakarta. Dalam hasil tes tersebut, Helmi Hasan dinyatakan negatif dari Covid-19.

Dalam surat hasil Laboratorium Mayapada Hospital tersebut dijelaskan bahwa Helmi Hasan menjalani tes pada Selasa (1/9) kemarin. Dokter pengirimnya atas nama Betha Arieshanty.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Helmi Hasan dinyatakan positif Covid-19 usai kunjungan kerja dari Jakarta. Namun, dengan hasil tes swab ini, Helmi Hasan membantah kabar tersebut.

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Sofrian

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

EMTEK Peduli Corona Serahkan PCR Test Kit dan Ventilator untuk RS Bhayangkara TK I R Said Sukanto

Posted: 01 Sep 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air yang tak kunjung reda, terus menjadi perhatian kita bersama. Begitu juga dengan EMTEK Peduli Corona yang selalu menjaga amanah pemirsa SCTV dan Indosiar.

Melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP), EMTEK Peduli Corona selama ini memberikan bantuan bagi pihak-pihak yang membutuhkan seperti tenaga medis serta masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Pada Selasa, 1 September 2020 kemarin, EMTEK Peduli Corona memberikan PCR Test Kit dan Ventilator untuk Rumah Sakit Bhayangkara TK. I R. Said Sukanto, Jakarta.

Penyerahan

EMTEK Peduli Corona Melalui Stasiun Transmisi SCTV dan Indosiar Yogyakarta Memberikan Bantuan APD Untuk RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. (EMTEK)
EMTEK Peduli Corona Melalui Stasiun Transmisi SCTV dan Indosiar Yogyakarta Memberikan Bantuan APD Untuk RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. (EMTEK)

Sebanyak 900 PCR Test Kit dan 2 Ventilator hasil karya anak bangsa yang merupakan kerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), diserahkan langsung oleh Ketua Umum YPP Imam Sudjarwo yang juga Direktur Utama Indosiar.

Penyarahan ini diterima secara langsung oleh Brigjen Pol dr. Asep Hendradiana selaku Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara TK. I R. Said Sukanto.

 

Peran Serta YPP

Penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) Oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan. (EMTEK)
Penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) Oleh Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan. (EMTEK)

Imam Sudjarwo menyampaikan bahwa YPP ikut berperan serta dalam memajukan produksi anak bangsa. Ventilator dan PCR Test Kit hasil inovasi Kemenristek ini telah diluncurkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo beberapa bulan lalu.

Alat-alat ini juga telah diuji coba serta sangat layak untuk digunakan dalammempercepat upaya penanganan Covid-19 di tanah air.

"Nantinya Emtek Peduli Corona melalui YPP akan mendistribusi kembali ke 17 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Jakarta, Banten, JawaTengah, Jawa Timur, hingga Sulawesi Selatan," tutur Imam.

 

Ungkapan Terima Kasih

Ungkapan terima kasih diucapkan oleh Brigjen Pol dr Asep Hendradiana kepada Emtek Peduli Corona, YPP, SCTV, dan Indosiar yang telah memberikan donasi berupa Ventilator dan PCR Test Kit.

Donasi ini akan digunakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien dengan harapan dapat menurunkan angka penyebaran Covid-19.

"Mari kita bersama melakukan upaya pencegahan dengan memperhatikan protokol kesehatan sehingga kita tidak mudah terpapar oleh Covid-19," ujar Brigjen Pol dr Asep Hendradiana.

 

Bantuan Sebelumnya

Sebelumnya pada Kamis, 26 Agustus 2020 dan Senin, 31 Agustus 2020 kemarin, EMTEK Peduli Corona kembali memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada fasilitas kesehatan di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Sebanyak masing-masing 100 hazmat, 100 foot cover, 500 masker bedah, 60 masker N95, 100 face shield, 100 safety goggle, 100 safety gloves dan 500 masker kain, diserahkan YPP kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten.

Selain itu EMTEK Peduli Corona juga memberikan masing-masing 50 hazmat, 50 foot cover, 500 masker bedah, 60 masker N95, 50 face shield, 50 safety goggle, 100 safety gloves dan 500 masker kain untuk Puskesmas Sangkanhurip Bandung, Puskesmas Prambanan Klaten, dan Klinik NSC Plosorejo Karanganyar.

 

Ucapan Terima Kasih Lainnya

Rasa terima kasih juga diucapkan oleh seluruh fasilitas kesehatan yang merasa terbantu dengan bantuan APD yang diberikan.

APD tersebut akan digunakan semaksimal mungkin untuk merawat pasien Covid-19 dan menjadi suatu dukungan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya.

"Dengan adanya bantuan ini, tentunya meringankan kami yang selalu berada di garda terdepan serta menjadi tekad untuk meningkatkan peyembuhan pasien Covid-19," ujar Widada, Kasubag Umum RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

 

Terus Mengalir

Donasi dari pemirsa SCTV dan INDOSIAR terus mengalir lewat EMTEK Peduli Corona. Hingga Selasa, 1 September 2020, akumulasi donasi dan Sponsor Konser Amal Satu Indonesia telah mencapai Rp 28.403.502.618.

Mari wujudkan kepedulian kita untuk para pahlawan medis yang berjuang di garda terdepan serta saudara-saudara kita akibat pandemi yang masih berlangsung, melalui beberapa pilihan nomor rekening antara lain

- BCA (500.557.2000) – SCTV,

-BCA (162.633.8888),

-BRI (0376.01.001220.30.7),

- Mandiri (122.00.5578.2000) – INDOSIAR atas nama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih dan

- melalui scan QR code di aplikasi DANA atau silakan klik http://doku.com/u/SZRgFuY

Buka hati dan ulurkan tangan Anda, donasikan sebagian rezeki Anda melalui Emtek Peduli Corona. Mari bersama bergandengan tangan, kepedulian kita harapan mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PPN Suharso Monoarfa: Sejumlah Staf Bappenas Positif Covid-19, Jadi Saya Harus Swab Test

Posted: 01 Sep 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, memberikan penjelasan kepada Komisi XI DPR RI, atas ketidakhadiranya secara langsung dalam rapat pembahasan asumsi makro RAPBN 2021. Dia mengakui tidak bisa hadir secara fisik karena harus menjalani swab test.

Melalui virtual, Suharso Monoarfa mengatakan, ada beberapa staf dari Bappenas yang kebetulan terpapar positif Covid-19. Sehingga dirinya harus betul-betul harus menjalani dan mengikuti protokol kesehatan dengan segera melakukan swab test guna meminimalisir penyebaran.

"Ada beberapa staf yang terkena dan hari ini harusnya saya swab test. Dan swab test itu tadi saya mau lakukan tapi karena ada ketegangan sedikit maka saya belum jadi," jelas dia lewat video, di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Dia juga menjelaskan, alasan kenapa tidak mengirimkan beberapa perwakilan eselon I dari Bappenas untuk hadir secara fisik di Komisi XI DPR RI. Salah satunya karena ada beberapa deputi yang sedang tugas berada di tempat lain.

"Kami ada beberapa direktur jadi karena bukan eselon I jadi kami nggak kirim ke DPR. Yang dua sedang-sedang izin lagi tidak enak badan," tandas Suharso Monoarfa.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Rapat Bersama

Sebelumnya, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar rapat bersama dengan beberapa perwakilan pemerintah yakni, Kementerian Keuangan, Bappenas, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Adapun rapat ini membahas mengenai asumsi makro Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021.

Ada insiden menarik saat rapat dibuka. Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganindito mempertanyakan kehadiran dari Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa yang tidak berada di ruang rapat Komisi XI DPR RI. Padahal rapat dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB, dan beberapa di antaranya sudah hadir melalui fisik.

"Sebenarnya banyak dari Kementerian, Bappenas masa pada nggak bisa hadir," kata Dito mempertanyakan di ruang rapat Komisi XI.

Akibat tidak lengkapnya perwakilan dari pemerintah, Dito yang juga sebagai pimpinan rapat mengambil inisiasi untuk menunda rapat selama 5 menit. Selama itu pula, Fraksi Golkar itu mencoba menghubungi langsung Menteri Suharso lewat sambungan telepon.

"Sudah ditelepon sekali gak diangkat. Kalau perlu, perlu cepat sekali dia angkat," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Messi Berpotensi Gabung City, Wonderkid Manchester United Ikut Girang

Posted: 01 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemain muda Manchester United (MU), Mason Greenwood ikut mengomentari rencana kepergian Lionel Messi dari Barcelona. Dia berharap, pemain berjuluk La Pulga itu benar-benar hijrah ke Liga Inggris.

Kabar kepergian Lionel Messi dari Barcelona telah menjadi konsumsi siapa saja. Tidak hanya fans atau klub yang berminat memboyongnya, para pemain termasuk Greenwood juga harap-harap cemas menanti akhir saga Lionel Messi. 

Salah satu klub yang berada pada barisan terdepan dalam spekulasi kepindahan Messi adalah Manchester City. Rival sekota Manchester United itu dianggap paling potensial untuk menampung "Si Kutu".

Selain ditopang dana melimpah, Manchester City juga punya kartu truf untuk mendapatkan Messi, yakni sang pelatih Pep Guardiola.

Pelatih asal Spanyol itu dikenal punya hubungan yang dekat dengan Messi. Maklum keduanya pernah sama-sama membawa Barcelona meraih berbagai kesuksesan.

 

Ikuti Saga Messi

Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)
Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)

Greenwood juga mengikuti perkembangan Saga Messi.

"Jujur saja, itu pasti luar biasa bahkan untuk menjadi lawannya sekalipun karena pesepak bola muda pasti kenal siapa Lionel Messi," kata Greenwood seperti dilansir dari Metro.co.uk.

 

Mimpi Jadi Kenyataan

Pemain asal Inggris ini dikenal sebagai pemain muda yang memiliki kecepatan serta kemampuan dua kakinya yang sangat baik untuk mencetak gol. (AFP/Paul Ellis)
Pemain asal Inggris ini dikenal sebagai pemain muda yang memiliki kecepatan serta kemampuan dua kakinya yang sangat baik untuk mencetak gol. (AFP/Paul Ellis)

"Berada satu lapangan melawan dia bakal jadi mimpi yang jadi kenyataan, bukan hanya untuk saya tapi juga pemain lainnya," kata pemain berusia 18 tahun itu. 

"Punya pemain seterkenal itu di Liga Inggris jelas merupakan hal yang luar biasa bukan?"

 Lalu saat ditanya apakah dia akan merasakan hal yang sama jika Messi mengenakan kostum Manchester City, Greenwood menjawab: 'Tidak juga, tidak!'

Dipanggil Timnas Inggris

Pernyataan ini disampaikan Greenwood di sela-sela persiapannya memperkuat timnas Inggris menghadapi UEFA Nations League. Ini merupakan kali pertama Greenwood dipanggil memperkuat tim senior Three Lions.

Sesua jadwal, Timnas Inggris akan bertemu Islandia dan Denmark pada pekan pertama UEFA Nations League. "Saya sudah bicara dengan dia (Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris) beberapa kali. Dia pelatih hebat dan dia senang saya bisa berada di sini," kata Greenwood.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021 Bisa Sentuh 5,8 Persen

Posted: 01 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebut target pertumbuhan ekonomi disusun pemerintah dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2021 sebesar 4,5 persen sampai dengan 5,5 persen sangat realistis. Bahkan, perkiraan BI, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 4,8 hingga 5,8 persen.

"Yang disampaikan oleh Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) cukup realistis dan juga sejalan dengan perkiraan kami di Bank ndonesia untuk tahun 2021 pergerakan kisarannya adalah 4,8 persen sampai dengan 5,8 persen," kata dia dalam rapat kerja bersama dengan Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Perry meyakini, di 2021 ekonomi Indonesia akan semakin membaik didukung oleh beberapa indikator. Misalnya saja perbaikan ekonomi global, stimulus fiskal yang diberikan oleh pemerintah, serta kebijakan Bank Indonesia yang masih akan terus diarahkan secara akomodatif.

"Dan juga sejumlah pemulihan produksi dan investasi antara lain juga berkaitan dengan implementasi dari undang-undang Cipta Kerja sehingga secara keseluruhan untuk tahun 2021 kami berpandangan secara asumsi pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi dalam penyusunan penyusunan RAPBN tahun 2021 sangat realistis," jelas dia.

Di samping itu, BI juga memproyeksikan nilai tukar Rupiah keseluruhan pada 2021 bakal berada di rentang kisaran sebesar 13.900 per dolar AS sampai dengan 14.700 per dolara AS. Angka ini pun masih sejalan dengan proyeksi disampaikan pemerintah dalam RAPBN 2021 sebesar 14.600 per dolar AS.

"Oleh karena itu untuk tahun 2021 secara keseluruhan kami berpandangan bahwa asumsi pemerintah terkait dengan rata-rata nilai tukar Rupiah dalam rangka penyusunan APBN tahun 2021 yang tadi disampaikan oleh Bu Menteri Keuangan sekitar 14.600 per dolar AS itu juga masih sejalan dengan Prakiraan BI," jelas dia.

Dia mengatakan, Rupiah ke depan masih berpotensi akan menguat seiring levelnya yang saat ini secara fundamental masih undervalue. Kemudian juga didukung inflasi yang rendah dan terkendali, defisit transaksi berjalan rendah, serta daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi maupun juga premi risiko Indonesia yang akan menurun.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Alasan Pemerintah Kembali Ubah Target Pertumbuhan Ekonomi 2020

Anak-anak bermain di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Anak-anak bermain di bantaran Kanal Banjir Barat dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jakarta, Kamis (6/8/2020). Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal II/2020 minus 5,32 persen akibat perlambatan sejak adanya pandemi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengakui proyeksi pertumbuhan ekonomi di 2020 telah terjadi perubahan dari proyeksi awal disampaikan pemerintah.

Pada Maret-April lalu, pemerintah memberikan pandangan kepada DPR ekonomi di 2020 bakal berada dikisaran minus 0,4 persen hingga positif 2,3 persen.

Kemudian berdasarkan data hingga Juli dan Agustus pemerintah kembali memperkecil proyeksi pertumbuban. Di mana saat ini berada di kisaran minus 1,1 persen hingga 0,2 persen.

"Jadi hanya mendekati 0 persen. Kalau dilihat berbagai instasi atau lemgbaga internasional juga merevisi poryeksi ekonomi terhadap perekonomian Indonesia," kata dia di Ruang Rapat Banggar DPR RI, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Bank Pembanguan Asia atau ADB sendiri sudah revisi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari yang tadinya perkirakan di 2,5 persen, di revisi menjadi tumbuh minus 1,0 persen. Kemudian IMF yang pada April-Maret memperkirakan ekonomi Indonesia 2020 tumbuh 0,5 persen direvisi akan tumbuh minus 0,3 persen.

"Ini menggambarkan keseluruhan proyeksi ekonomi dari aemua lembaga dan forecasts sangat belum stabil karena tergantung asumsi skenario mengenai pandemi dan normalisasi kegiatan ekonomi di semua negara," jelas dia.

Sementara itu, proyeksi pertumbuhan berdasarkan agregat demand atau sisi permintaan dan pengleuaran pada konsumsi untuk 2020 akan berkisar minus 1,3 hingga 0 persen. Angka ini turun signifikan dibandingkan posisi tahun lalu sebesar 4,9 persen.

Kemudian investasi akan tumbuh minus 4,2 persen hingga minus 2,6 persen. Untuk ekspor akan ada di dalam kisaran minus 5,6 persen hingga minus 4,4 persen, sedangkan impor di kisaran minus 10,5 persen sampai dengan minus 8,4 persen.

"Sehingga keseluruhan tahun ini berdasarkan revisi forecast terbaru Kemenkeu adalah pada antara minus 1 hingga positif 0,2 persen dari sisi pertumbuhan ekonomi," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 75 Tahun Berakhirnya Perang Dunia II

Posted: 01 Sep 2020 10:30 PM PDT

Panglima Armada Pasifik dan Wilayah Samudra Pasifik Laksamana Chester W. Nimitz menandatangani penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (AP Photo, File)
Panglima Armada Pasifik dan Wilayah Samudra Pasifik Laksamana Chester W. Nimitz menandatangani penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (AP Photo, File)

Panglima Armada Pasifik dan Wilayah Samudra Pasifik Laksamana Chester W. Nimitz menandatangani penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (AP Photo, File)

Jenderal AS Douglas MacArthur menyerahkan pena kepada Letnan Inggris Jenderal Arthur E. Percival usai menandatangani surat-surat penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Penandatanganan ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (Pool Photo via AP, File)
Jenderal AS Douglas MacArthur menyerahkan pena kepada Letnan Inggris Jenderal Arthur E. Percival usai menandatangani surat-surat penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Penandatanganan ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (Pool Photo via AP, File)

Jenderal AS Douglas MacArthur menyerahkan pena kepada Letnan Inggris Jenderal Arthur E. Percival usai menandatangani surat-surat penyerahan Jepang di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Penandatanganan ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (Pool Photo via AP, File)

Suasana saat penandatanganan dokumen penyerahan Jepang atas Amerika Serikat di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Penandatanganan ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (Pool Photo via AP, File)
Suasana saat penandatanganan dokumen penyerahan Jepang atas Amerika Serikat di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Penandatanganan ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (Pool Photo via AP, File)

Suasana saat penandatanganan dokumen penyerahan Jepang atas Amerika Serikat di atas kapal perang USS Missouri, Teluk Tokyo, 2 September 1945. Penandatanganan ini menandai berakhirnya Perang Dunia II. (Pool Photo via AP, File)

Sebagian dari 2.600 tawanan perang Jepang yang merupakan garnisun musuh di Pulau Rota berbaris di tahanan benteng perang Guam, Kepulauan Marianas, 5 September 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (AP Photo, File)
Sebagian dari 2.600 tawanan perang Jepang yang merupakan garnisun musuh di Pulau Rota berbaris di tahanan benteng perang Guam, Kepulauan Marianas, 5 September 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (AP Photo, File)

Sebagian dari 2.600 tawanan perang Jepang yang merupakan garnisun musuh di Pulau Rota berbaris di tahanan benteng perang Guam, Kepulauan Marianas, 5 September 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (AP Photo, File)

Warga berlutut saat Kaisar Hirohito mengumumkan lewat radio bahwa Jepang telah dikalahkan dalam Perang Dunia II di depan Istana Kekaisaran, Tokyo, Jepang, 15 Agustus 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat.  (Kyodo New via AP, File)
Warga berlutut saat Kaisar Hirohito mengumumkan lewat radio bahwa Jepang telah dikalahkan dalam Perang Dunia II di depan Istana Kekaisaran, Tokyo, Jepang, 15 Agustus 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (Kyodo New via AP, File)

Warga berlutut saat Kaisar Hirohito mengumumkan lewat radio bahwa Jepang telah dikalahkan dalam Perang Dunia II di depan Istana Kekaisaran, Tokyo, Jepang, 15 Agustus 1945. Tanggal 2 September 2020 menjadi peringatan 75 tahun penyerahan resmi Jepang kepada Amerika Serikat. (Kyodo New via AP, File)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Kaesang Pangarep Hadapi Penipu Online, Pelaku Sampai Minta Ampun

Posted: 01 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak cuma masyarakat biasa, penipuan online rupanya juga sempat menyasar anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Ia menerima pemberitahuan memenangkan lelang lewat pesan pribadi via akun Instagram miliknya.

Seperti modus penipuan umumnya, dalam pesan tersebut Kaesang diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening bank, sebelum bisa menikmati "hadiah" yang dijanjikan.

Ketimbang bersikap cuek, Kaesang justru meladeni sang penipu. Hal ini terlihat dari cuitannya pada Selasa (1/9/2020) kemarin.

Kaesang mengunggah sejumlah tangkapan layar percakapannya dengan pelaku. Awalnya, ia mempertanyakan apakah hasil lelang sudah hangus, karena telah lewat dari batas waktu transfer yang disyaratkan.

Rayuan Penipu

Kaesang Pangarep. (Dok.Instagram/@kaesangp/https://www.instagram.com/p/B5uwCbvgNHM/Komarudin)
Kaesang Pangarep. (Dok.Instagram/@kaesangp/https://www.instagram.com/p/B5uwCbvgNHM/Komarudin)

Namun sang pelaku tetap berusaha membujuk Kaesang untuk mengirimkan dana kepadanya.

"Iya kak gapapa," tutur sang penipu yang menggunakan akun Instagram @luckycatsauctoin. Akun tersebut, kini telah dihapus. 

"Barang masi ready," kata dia lagi.

Kalimat Sakti Kaesang

Unggahan Kaesang Pangarep soal penipuan yang menyasar dirinya (Twitter/ kaesangp)
Unggahan Kaesang Pangarep soal penipuan yang menyasar dirinya (Twitter/ kaesangp)

Kaesang pun mengulur-ngulur waktu, dengan menanyakan rekening yang berbeda dan metode pembayaran COD atau bayar di lokasi pengantaran.

Belakangan, Kaesang lalu mengeluarkan dua kalimat yang membuat si pelaku gemetar.

"Anda udah cek Instagram saya," kata anak bungsu Presiden Joko Widodo ini.

"Ngecek rekening gampang lho," kata dia menambahkan.

Pelaku Minta Ampun

Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @kaesangp)
Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @kaesangp)

Sang pelaku langsung mengeluarkan serentetan kata permintaan maaf kepada Kaesang, dan mengaku khilaf.

"Bang saya minta maaf," tutur si pelaku.

"Saya janji ga buat lagi bang," kata dia.

Masih belum cukup, ia menambahkan, "Sumpah bang. Maaf bang."

Transfer Uang

Kaesang. (Twitter/@kaesangp0
Kaesang. (Twitter/@kaesangp0

Keisengan Kaesang rupanya belum berakhir. Ia mentransfer uang sebesar Rp 10 ribu ke nomor rekening yang dicantumkan pelaku. Di kolom deskripsi, ia menyapa nama si pemilik rekening.

"Halo Aan saya tau kamu dimana lho," tulis Kaesang.

Di pengujung percakapan via DM Instagram, ia mencantumkan kalimat yang menakut-nakuti pelaku. "Hati2 diketok rumahnya," tulis Kaesang.

Dikomentari Ditjen Kekayaan Negara

Kejadian ini rupanya jadi bahan hiburan warganet.

"Gimana yah kondisi si Aan sekarang? Badannya masih anget atau udah dingin tuh?" kata @Elvirahayu11.

"Si aan kalo ada orang ketok pintu rumah udah overthinking duluan," balas @vemoontae.

Bahkan akun resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara pun ikut mengomentari unggahan Kaesang. "Aan mungkin belum tahu.Ada situs web http://lelang.go.id," begitu isi cuitan @DitjenKN.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti: Antibodi Antivirus COVID-19 Bisa Tahan 4 Bulan Setelah Sembuh

Posted: 01 Sep 2020 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Islandia - Hasil penelitian The New England Journal of Medicine (NEJM) menemukan bahwa dari 1.797 orang yang sembuh dari COVID-19, 1.107 dari 1.215 yang dites, atau 91,1 persennya memiliki peningkatan titer antibodi antivirus selama dua bulan setelah didiagnosis dengan qPCR dan tetap stabil selama sisa penelitian.

"Hasil menunjukkan bahwa antibodi antivirus terhadap SARS-CoV-2 tidak menurun dalam empat bulan setelah diagnosis. Kami memperkirakan bahwa risiko kematian akibat infeksi adalah 0,3 persen dan bahwa 44 persen orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 di Islandia tidak didiagnosis oleh qPCR," kata peneliti mengutip Nejm.org (2/9/2020).

Bagi orang yang dikarantina, 2,3 persennya seropositif dengan paparan yang tidak diketahui sedang 0,3 persennya positif. Peneliti memperkirakan bahwa 0,9 persen orang Islandia terinfeksi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dan infeksi itu berakibat fatal pada 0,3 persen orang.

"Kami juga memperkirakan bahwa 56 persen dari semua infeksi SARS-CoV-2 di Islandia telah didiagnosis dengan qPCR, 14 persen terjadi pada orang yang dikarantina yang belum pernah diuji dengan qPCR (atau yang belum menerima hasil positif, jika diuji), dan 30 persen terjadi pada orang di luar karantina dan tidak diuji dengan qPCR."

Kematian Akibat COVID-19 di Islandia

Di Islandia 10 kematian telah dikaitkan dengan COVID-19 yang setara dengan 3 kematian per 100.000 secara nasional. Di antara kasus qPCR-positif, 0,6 persennya berakibat fatal.

Dengan menggunakan prevalensi 0,9 persen dari infeksi SARS-CoV-2 di Islandia sebagai penyebut, peneliti menghitung risiko kematian akibat infeksi sebesar 0,3 persen. Berdasarkan usia, risiko kematian akibat infeksi secara substansial lebih rendah pada mereka yang berusia di bawah 70 dibandingkan pada mereka yang berusia di atas 70.

Tingkat antibodi SARS-CoV-2 lebih tinggi pada orang tua dan pada mereka yang dirawat di rumah sakit Tingkat Pan-Ig anti-S1-RBD dan IgA anti-S1 lebih rendah pada wanita.

"Dari kondisi yang sudah ada sebelumnya, dan setelah penyesuaian untuk beberapa pengujian, kami menemukan bahwa indeks massa tubuh, status merokok, dan penggunaan obat antiinflamasi dikaitkan dengan tingkat antibodi SARS-CoV-2," tulis peneliti mengutip Nejm.org (2/9/2020).

Indeks massa tubuh berkorelasi positif dengan tingkat antibody, perokok dan pengguna obat antiradang memiliki tingkat antibodi yang lebih rendah. Berkenaan dengan karakteristik klinis, kadar antibodi paling kuat terkait dengan rawat inap dan keparahan klinis, diikuti oleh gejala klinis seperti demam, pembacaan suhu maksimum, batuk, dan kehilangan nafsu makan.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OTG dan Gejala Ringan Covid-19 di DKI Akan Dibawa ke RS Wisma Atlet

Posted: 01 Sep 2020 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, rencananya pasien Covid-19 yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) dan memiliki gejala ringan, akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta Pusat.

Menurut dia, hal ini guna menambah ketersediaan tempat tidur di RS rujukan penanganan Covid-19.

"Untuk asimtomatis kan isolasi mandiri apakah di Wisma Atlet atau di tempat yang telah disediakan. Untuk yang (gejala) ringan bisa di Wisma Atlet," kata Widyastuti saat dikonfirmasi, Rabu (2/9/2020).

Sedangkan, menurut Widyastuti, bagi pasien positif Covid-19 yang mengalami gejala sedang dan berat, bisa memanfaatkan rumah sakit rujukan.

"Untuk yang sedang dan berat itu baru dilakukan rumah sakit rujukan," jelas dia.

 

Regulasi

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya saat ini tengah menyiapkan regulasi atau aturan terkait pelaksanaan isolasi mandiri pasien Covid-19.

Kata Anies, regulasi itu nantinya akan mengatur agar pelaksanaan isolasi mandiri langsung diawasi oleh pemerintah.

"Bahwa isolasi itu dikelola oleh pemerintah sehingga bisa lebih efektif dalam memutus mata rantai, karena tidak semua dari mereka yang terpapar tanpa gejala bisa melakukan isolasi dengan baik di rumahnya masing-masing," kata Anies di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (1/9/2020).

Rencananya pasien isolasi mandiri mendapatkan fasilitas kesehatan dari pemerintah. Hal tersebut guna menjamin pengawasan saat pelaksanaan isolasi.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini masyarakat belum sepenuhnya paham pelaksanaan isolasi mandiri untuk yang tidak memiliki gejala ataupun gejala ringan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi COVID-19 Picu Pernikahan Gadis di Bawah Umur di Asia Meningkat

Posted: 01 Sep 2020 10:26 PM PDT

Jakarta - Pandemi Virus Corona COVID-19 juga membawa dampak sosial bagi dunia. Salah satunya adalah pernikahan di bawah umur.

Puluhan ribu anak perempuan di bawah umur di Asia dilaporkan dipaksa menikah oleh keluarganya yang putus asa, karena jatuh miskin akibat pandemi Corona COVID-19. Isu pernikahan anak sebenarnya telah lama ditentang oleh para aktivis, tetapi hingga kini praktik tersebut masih marak terjadi.

Pernikahan anak telah menjadi hal yang umum dijumpai di masyarakat tradisional di negara-negara Asia seperti India, Pakistan, Vietnam, dan Indonesia. Tetapi hal tersebut perlahan mulai dapat ditekan seiring upaya-upaya yang dilakukan pemerintah ataupun LSM yang mendorong akses pendidikan dan layanan kesehatan untuk perempuan.

Namun, upaya ini tampaknya terhalang dengan adanya pandemi Virus Corona COVID-19. Jutaan orang kehilangan pekerjaan dan para orang tua putus asa untuk menafkahi anak-anaknya.

"Semua kemajuan yang yang kami peroleh dalam satu dekade terakhir benar-benar mengalami kemunduran," ujar Shipra Jha, Kepala Penasihat untuk Asia dari LSM Girls Not Brides seperti dikutip dari DW Indonesia, Selasa (2/9/2020).

Kemiskinan, minim edukasi, rentan akan keamanan, mendorong terjadinya pernikahan anak, dan krisis saat ini makin memperparah kondisi yang ada, ungkap Jha.

Berdasarkan data PBB, diperkirakan terdapat 12 juta anak perempuan di seluruh dunia menikah sebelum umur 18 tahun setiap tahunnya. PBB pun memperingatkan dampak ekonomi dan sosial yang bisa ditimbulkan akibat pandemi Virus Corona COVID-19 saat ini, karena dikhawatirkan angka tersebut dapat meningkat 13 juta dalam dekade berikutnya.

 

Meningkat Selama Lockdown

ilustrasi Foto Pernikahan (iStockphoto)
ilustrasi Foto Pernikahan (iStockphoto)

Di Asia, angka pernikahan anak diyakini meningkat bak bola salju oleh sejumlah LSM. 

"Telah terjadi peningkatan pernikahan anak selama periode lockdown. Pengangguran merajalela, PHK dimana-mana. Banyak keluarga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup mereka, jadi mereka pikir menikahkan anak perempuan mereka adalah pilihan terbaik," ujar Rolee Singh yang terkenal aktif mengkampanyekan "1 Step 2 Stop Child Marriage" di India.

Singh melihat bahwa keluarga menganggap pernikahan anak sebagai solusi masalah keuangan mereka tanpa peduli dampakya terhadap sang anak.

"Kami juga melihat anak-anak menikah karena pihak lain menawarkan uang atau semacam bantuan sebagai imbalan. Keluarga—keluarga ini tidak paham konsep perdagangan anak," tuturnya.

Seperti yang dialami Muskaan (15), ia mengaku dipaksa ibu dan ayahnya untuk menikahi tetangganya yang berusia berusia 21 tahun. Ibu dan ayah Muskaan merupakan pembersih jalan di kota Varanasi, India, yang memilki enam orang anak untuk diberi makan.

"Orang tua saya miskin, apa lagi yang bisa mereka lakukan? Saya berjuang untuk menolaknya tapi pada akhirnya saya harus menyerah," tutur Muskaan sambil menangis.

Senada dengan Singh, Jha khawatir kebijakan lockdown yang menyebabkan anak-anak tidak bersekolah dan tidak memilki aktivitas akhirnya terjerumus ke perbuatan zina.

"Ketakutan terbesar yang dimiliki keluarga adalah gadis remaja mungkin mejadi dekat dengan anak laki-laki, dan mengeksploitasi kegiatan seksual, dan akhirnya hamil," jelas Jha.

Pendidikan jadi Tameng Utama

Di saat pendidikan dinilai menjadi tameng utama dalam melawan isu pernikahan anak, lockdown telah memaksa ratusan juta anak di dunia tidak sekolah. Para aktivis pun memperingatkan bahwa anak-anak perempuan miskin menjadi pihak yang paling terpukul.

Sebelumnya, pada pertengahan bulan Agustus sebanyak 275 mantan pemimpin dunia, pakar pendidikan, dan ekonom, menyerukan agar pemerintah dan organisasi global seperti Bank Dunia memastikan agar pandemi Virus Corona COVID-19 tidak melahirkan "Generasi COVID…yang kehilangan pendidikan dan kesempatan yang adil dalam hidup."

"Banyak dari anak-anak ini adalah perempuan yang bersekolah, yang menjadi pertahanan terbaik melawan pernikahan anak dan harapan terbaik untuk kehidupan dan kesempatan yang lebih luas," begitu kata surat terbuka yang ditandatangani mantan Sekjen PBB Ban Ki-Moon, mantan dirjen UNICEF Carol Bellamy, dan mantan PM seperti Shaukat Aziz, Gordon Brown, hingga Tony Blair.

Bagaimana di Indonesia?

Di Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah memperingatkan adanya potensi lonjakan kelahiran bayi (baby boom) pada awal tahun depan sebagai imbas dari pandemi Virus Corona COVID-19 di negeri berpenduduk 270 juta jiwa ini.

Lia (nama samaran) yang masih berusia 18 tahun, mengaku telah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya terjadi karena dia terpergok tengah berduaan dengan seorang pria yang bukan keluarganya, sesuatu hal yang dianggap tabu di tempat tinggalnya, Sulawesi Barat. Mereka berdua pun dipaksa menikah meski sang pria berusia 30 tahun lebih tua dibanding Lia.

Setelah berpisah, Lia akhirnya menjalin hubungan dengan seorang lelaki yang masih berusia 21 tahun. Namun, Lia harus menghadapi fakta bahwa dia hamil di luar nikah di tengah masa PSBB. Keluarganya pun memaksanya untuk menikahi ayah sang cabang bayi.

"Saya bercita-cita menjadi pramugari," kenang Lia.

"Tapi dia gagal dan kini kerja di dapur," ujar suami Lia kini, Randi, yang memotong cepat kalimat sang istri.

UNICEF menyebut bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat pernikahan anak tertinggi di dunia. Indonesia tahun lalu telah merevisi Undang-Undang Perkawinan yang menyebutkan batas minimal usia nikah perempuan menjadi 19 tahun dari yang sebelumnya 16 tahun.

Namun, masih terdapat celah soal kebijakan tersebut. Pasalnya, pengadilan agama bisa memberikan dispensasi perkawinan dengan syarat-syarat tertentu. Menurut Kementerian Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak, jumlah pengajuan dispensasi kawin selama pandemi Virus Corona COVID-19 tercatat mengalami peningkatan mencapai 24 ribu.

'Tidak memikirkan masa depan'

Di Vietnam, batas minimal usia nikah adalah 18 tahun. Tetapi UNICEF meyatakan satu dari 10 anak perempuan di sana menikah sebelum usia tersebut. LSM lokal Blue Dragon mengungkap menemukan banyak kasus pernikahan anak perempuan yang masih berusia 14 tahun di tengah pandemi saat ini.

Mei (15), yang berasal dari suku pegunungan Hmong utara, terpaksa menikahi kekasihnya yang berusia 25 tahun pada Juni lalu karena kedapatan hamil. Orang tua Mei mengaku tidak sanggup membiayai kebutuhan Mei, akhirnya Mei kini tinggal bersama keluarga suaminya.

"Orang tua saya petani, dan penghasilan mereka tidak cukup untuk kami," tutur Mei. Dia sekarang tidak sekolah dan mengerjakan pekerjaan dapur dan membantu memanen sawah.

"Saya tidak memikirkan masa depan saya," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasiakan Usia Kehamilan, Ini 6 Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump

Posted: 01 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga kecil Anissa Aziza dan Raditya Dika kini tengah menunggu kelahiran buah hati keduanya. Kebahagiaan keluarga selebriti ini tentunya semakin sempurna dengan kehadiran buah hati keduanya beberapa bulan lagi. Walaupun belum memberi tahu usia kandungan, namun perut Anissa Aziza sudah terlihat semakin membuncit. 

Pasangan selebriti yang menikah pada 2018 ini selalu terlihat hangat dalam berbagai momen. Kehadiran buah hati pertama mereka pada 6 Mei 2019 yang bernama Alinea Ava Nasution menambah kebahagiaan Raditya Dika dan Anissa Aziza setelah satu tahun pernikahan. Menghitung bulan, bayi menggemaskan yang akrab disapa Alea ini akan segera dikaruniai adik.

Dalam akun Instagram pribadinya, selebriti berusia 26 tahun ini kerap mengunggah potret dirinya saat pamer baby bump. Walaupun belum membocorkan usia kehamilannya, namun baby bump Anissa Aziza sudah mulai terlihat. Walaupun perutnya kian membuncit, namun pesona artis kelahiran Bengkulu ini semakin terpancar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret terbaru Anissa Aziza saat pamer baby bump, Rabu (2/9/2020).

1. Anissa Aziza pertama kali memberitahu kabar kehamilan keduanya ini pada (28/4/2020).

Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)
Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)

2. Dalam akun Instagram pribadinya, Anissa Aziza kerap mengunggah potret dirinya yang kian memesona saat pamer baby bump.

Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)
Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)

3. Walaupun perutnya sudah terlihat semakin membuncit, namun istri Raditya Dika ini belum membocorkan usia kandungannya.

Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)
Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)

4. Kehangatan pasangan ini memang selalu kerap curi perhatian. Raditya Dika tentunya menjadi suami siaga untuk menjaga sang istri di kehamilan keduanya ini.

Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)
Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)

5. Tak sedikit warganet dan rekan artis yang mendoakan Anissa dan calon anak keduanya agar tetap sehat hingga persalinan.

Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)
Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)

6. Aura kecantikan Anissa Aziza semakin terpancar saat tengah mengandung buah hati keduanya.

Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)
Potret Anissa Aziza Pamer Baby Bump. (Sumber: Instagram.com/anissaaziza)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pilkada Solo, Gibran-Teguh Akan Diarak Pakai Kereta Kencana

Posted: 01 Sep 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, bakal mendaftarkan diri sebagai calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, pada Jumat, 4 september 2020, atau hari pertama pendaftaran Pilkada 2020.

"KPU Surakarta telah membuka pendaftaran calon wali Kota dan wakil wali kota, pada Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020), tetapi pasangan Gibran-Teguh, rencana memilih hari pertama pendaftaran, sekitar pukul 14.00 WIB," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Surakarta Putut Gunawan di Solo, Jateng, Selasa, 1 September 2020.

Menurut Putut Gunawan, pasangan Gibran-Teguh bakal mendaftarkan dengan diantar para pendukungnya mengendarai kereta kencana. Namun, para pendukungnya mengikuti dibelakangnya mengantarkan dengan mengendarai sepeda.

Kendati demikian, kata Putut, hal tersebut belum dapat memastikan berapa banyak pendukung yang akan ikut mengantar pasangan Gibran-Teguh ke Kantor KPU. Namun, jika sesuai aturan sebanyak 10 orang pengantar boleh masuk, dan 30 orang lainnya di luar ruangan Kantor KPU.

Bakal calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan semua berkas persyaratan pendaftaran telah disiapkan sejak awal Agustus 2020. Semua dokumen yang disyaratkan KPU akan dibawa semua pada pendaftaran hari pertama.

Gibran mengatakan dirinya juga sudah menjalani tes usap sebagai bukti syarat sehat sebagai bakal calon. Dirinya bersama Teguh Prakosa telah mematangkan visi misi sebagai Cawali dan Cawawali pada Pilkada Surakarta yang digelar 9 Desember mendatang.

Menurut Gibran, salah satu prioritas dalam visi dan misi bersama Teguh, yakni percepatan pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi COVID-19 di Kota Solo.

 

Pendaftaran Pasangan Bajo

Pasangan balon lainnya dari jalur perseorangan yakni, Bagyo Wahyono-FX. Supardjo (Bajo), juga sudah mempersiapkan diri mendaftarkan ke KPU Surakarta, pada Minggu (6/9/2020), atau hari terakhir pendaftaran.

Menurut Balon Wali Kota Surakarta Bagyo Wahyono, dirinya bersama pasangan FX. Supardjo berencana mendaftarkan ke KPU sebagai calon Pilkada Surakarta 2020, Minggu (6/9/2020)

Bagyo mengatakan acara pendaftaran bersama Supardjo dengan konsep dengan naik kuda. Pendukungnya mengiringi dengan naik becak, sepeda, dan berjalan kaki menuju kantor KPU.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia

Posted: 01 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PSSI semakin serius mempersiapkan tim nasional U-19 untuk menghadapi Piala Dunia U-20 tahun depan. Ya, keuntungan menjadi tuan rumah tidak akan disia-siakan PSSI untuk berprestasi di ajang pesta sepak bola di dunia tersebut.

Upaya PSSI agar bisa berikan kejutan di Piala Dunia U-20 nanti yakni membuat skuad timnas Indonesia U-19 menjadi hebat. Langkah pertama ialah mengadakan training center serta melakukan beberapa uji coba melawan negara-negara hebat di Kroasia. 

Sebanyak 28 pemain mengikuti pelatihan di Kroasia jelang Piala Dunia U-20. Di sana, pemain timnas dibimbing dan dilatih secara tegas oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Ada beberapa nama pemain Persebaya yang menghiasi skuad Garuda Muda yakni Supriadi, Rizky Ridho dan Brylian Aldama. 

Para pemain muda Bajul Ijo terlihat begitu semangat dalam menjalani latihan di Kroasia. Berikut LIputan6.com rangkum dari Instagram @pssi, potret pemain Persebaya latihan bersama timnas di Kroasia, Rabu (2/9/2020).

1. Saat sampai di Kroasia, Supriadi terlihat begitu antusias untuk mengikuti latihan dan uji coba di sana.

5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)
5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)

2. Gelandang muda Brylian Aldama juga terlihat begitu semangat menjalani setiap latihan yang diberikan Shin Tae-yong.

5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)
5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)

3. Pemain Persebaya nomor 11, Supriadi terlihat begitu serius melahap setiap latihan Garuda Muda.

5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)
5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)

4. Bek muda Persebaya, Rizky Ridho juga tak segan tunjukkan kualitas terbaiknya selama latihan di Kroasia.

5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)
5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)

5. Ini dia potret Garuda Muda saat latihan. Terlihat jelas, Supriadi dan pemain lainnya serius dalam menjalani latihannya.

5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)
5 Potret Pemain Persebaya Jalani Latihan Bersama Timnas U-19 di Kroasia (sumber: Instagram.com/pssi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berawal Kulit Merah Menahun, Cita Citata Akhirnya Dioperasi

Posted: 01 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cita Citata mengungkap kondisi kesehatannya. Rupanya, sudah lima tahun lamanya ia mengalami kulit memerah dan bentol di tubuhnya. Hal ini ia alami hampir setiap hari

Berbagai upaya pengobatan telah dilakukan Cita Citata namun sayangnya tidak membuahkan hasil. Pakar kesehatan yang ia datangi sempat menduga pedangdut ini mengalami masalah pada imunitas tubuh.

Tahun demi tahun berganti, Cita Citata pasrah dengan kondisinya. Ia tak terlalu ambil pusing tentang keluhannya tersebut.

"Aku mulai bodo amat dan kalau ada orang yang nanya 'Ko itu merah2?', 'Ya ampun kenapa kamu?' udah ngga aku pedulikan, jawabannya cuma 'Alergi'," kata artis 26 tahun ini di Instagramnya, Rabu (2/9/2020).

Diagnosis

[Foto: Instagram Cita Citata]
[Foto: Instagram Cita Citata]

Hingga bulan lalu, ia mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius. Cita Citata panik karena saat ini sedang terjadi wabah Covid-19.

"Lalu aku panggil dokter ke rumah dan aku di diagnosa sakit "Streptococcus tonsillitis" adalah pembengkakan amandel," tutur artis berusia 26 tahun ini.

"Dokter menyarankanku untuk melakukan operasi pengangkatan. carilah aku jadwal karna after operasi aku pasti harus bedrest dan cuti," sambungnya.

Operasi

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

Karena menjalani operasi di tengah wabah, Cita Citata pun mengikuti semua prosedur yang berlaku mulai dari rapid test, swab test, juga melakukan cek kesehatan lainnya seperti jantung.

"Akhirnya operasi berjalan lancar.. dan amandelku ternyata memang sudah rusak, berlubang dan besar," paparnya.

Karena Amandel

Tak diduga, dua hari setelah operasi Cita Citata menyadari bahwa kemerahan di tubuhnya tak lagi muncul. Begitu juga dengan bentol serta rasa gatalnya.

"Ternyata memang amandel (tonsil) ini berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh .. tapi kalau sudah tidak berfungsi justru malah akan menjadi penyakit untuk tubuh kita sendiri," ucapnya.

Penyembuhan

Saat ini, Cita Citata masih dalam fase penyembuhan pascaoperasi. Ia pun berharap agar selalu diberi kesehatan.

"Tapi masih ngga nyangka "alergi" ku sembuh dan ngga pernah kumat lagi. Semoga pengalamanku bermanfaat untuk kita semua. dan semoga kita semua selalu di berikan kesehatan oleh Allah Swt,' ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebas Bersyarat, Eks Penyidik KPK Brotoseno Dapat Remisi 13 Bulan 25 Hari

Posted: 01 Sep 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham menyebut mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Raden Brotoseno bebas bersyarat dari Lapas Cipinang pada 15 Februari 2020.

Kabag Humas dan Protokol Dirjen Pas Rika Apriyanti mengatakan, Brotoseno menerima remisi atau potongan masa pembinaan selama 13 bulan 25 hari.

"Potongan tahanan (remisi) 13 bulan 25 hari," ujar Rika dalam keterangannya, Rabu (2/9/2020).

Rika menyebut, Brotoseno telah memenuhi syarat administratif dan substantif untuk mendapatkan hak remisi dan pembebasan bersyarat sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018.

"Selama menjalankan pembebasan bersyarat, yang bersangkutan berada dalam bimbingan Balai Pemasyarakatan Jakarta Timur-Utara sebagai Klien Pemasyarakatan," kata Rika.

Diberitakan sebelumnya, nama mantan polisi dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Raden Brotoseno, kembali mencuat beberapa hari ini. Selain karena gosip berpacaran dengan artis, Brotoseno ternyata sudah menghirup udara bebas.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Lapas Kelas 1 Cipinang, Tony Nainggolan.

"Iya yang bersangkutan sudah bebas," ujar Tony, melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (3/9/2020).

 

Pembebasan Bersyarat

Tony menambahkan, Brotoseno bebas lebih cepat dari masa vonis karena masuk dalam kategori pembebasan bersyarat atau PB.

PB bisa diajukan oleh para narapidana jika sudah menjalani 2/3 masa tahanan dan dinilai berkelakuan baik selama menjalani proses binaan. 

"Yang bersangkutan bebas PB, Februari lalu," jelas Tony soal kebebasan Raden Brotoseno.

Tony menjelaskan, Brotoseno mulai ditahan sejak 18 November 2016. Kemudian 14 Juni 2017, Brotoseno mendapat putusan pengadilan. Pada 2 April 2018, Brotoseno masuk ke lapas. Brotoseno divonis Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta karena dinilai sah dan meyakinkan terlibat tindak pidana korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat.

Dia dijatuhi hukuman penjara selama 5 tahun dan denda Rp 300 juta subsider pidana kurungan 3 bulan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lifting Migas Indonesia hingga Juli 2020 Capai 1,699 Juta Barel

Posted: 01 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan realisasi lifting migas sampai dengan Juli 2020 mencapai 1,699 juta barel setara minyak per hari (barrel oil equivalent per day/boepd).

"Realisasi lifting Migas Januari sampai dengan Juli mencapai 1,699 juta barel setara minyak per hari, terdiri dari lifting minyak bumi sebesar 707 ribu barel minyak per hari dan lifting gas bumi sebesar 992 ribu barel setara minyak per hari," papar Arifin dalam rapat kerja dengan komisi VII, Rabu (2/9/2020).

Sebelumnya, lifting Migas pada APBN 2020 ditargetkan sebesar 1,946 juta boepd. Terdiri dari minyak bumi sebesar 755 ribu boepd dan lifting gas bumi 1,191 juta boepd.

Sementara outlook lifting migas 2020 sebesar 1,697 juta barel boepd. Terdiri dari lifting minyak bumi sebesar 705 ribu boepd dan lifting gas bumi sebesar 992 ribu boepd.

Berdasarkan hasil Raker 29 Juni 2020, sebut Arifin, lifting migas tahun 2021 disepakati sebesar 1,680 sampai 1,720 juta boepd. Terdiri dari lifting minyak bumi sebesar 690 sampai dengan 710 ribu boepd, dan gas bumi sebesar 990 ribu sampai dengan 1,010 juta boepd.

"Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka lifting migas pada nota keuangan RAPBN 2021 ditetapkan sebesar 1,712 juta barel setara minyak per hari. Dengan rincian lifting minyak bumi sebesar 705 ribu barel per hari dan lifting gas bumi sebesar 1,007 juta barel setara minyak per hari," beber Arifin.

"Kami terus mendorong agar KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) dapat melakukan peningkatan produksi Migasnya," imbuh dia.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

SKK Migas: Realisasi Lifting Gas Turun pada Mei 2020

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)
Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Realisasi lifting atau salur gas pada Mei 2020 mencapai 5.253 MMSCFD atau 10,45 persen lebih rendah dibandingkan realisasi kuartal-I 2020 yang mencapai 5.866 MMSCFD.

Adapun jika dibandingkan dengan target APBN 2020 sebesar 6.670 MMSCFD, maka realisasi lifting gas pada Mei 2020 hanya mencapai 79 persen.

Berdasarkan data penjualan bulan Mei 2020, SKK Migas mencatat serapan LNG terutama untuk pasar domestik turun tajam menjadi hanya 2 kargo dibandingkan serapan kuartal-1 2020 yang mencapai 13 kargo.

Atas ketidakmampuan menyerap pasar domestik tersebut, terutama oleh PLN sebagai pembeli utama LNG dalam negeri, mitigasi yang dilakukan adalah menjual kargo untuk pasar ekspor dengan risiko harga yang fluktuatif saat ini.

Penurunan penyerapan gas oleh pembeli domestik terutama oleh PLN dan juga sektor industri pada bulan Mei 2020 disebabkan kondisi COVID-19 yang berdampak terhadap terbatasnya pergerakan barang dan orang, sehingga banyak pabrik mengurangi kegiatan operasinya atau bahkan harus menghentikan produksi sementara. Hal tersebut berdampak terhadap berkurangnya konsumsi energi pada sektor industri.

"Kondisi penurunan kebutuhan energi pada industri, komersial, dan perkantoran, selama COVID-19 ini juga berdampak terhadap kebutuhan energi oleh PLN," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto melalui keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Terbitnya sejumlah Peraturan Menteri ESDM pada tahun 2020 ini, diharapkan dapat memberikan dukungan untuk meningkatkan pemakaian gas.

Peraturan tersebut antara lain Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 8 tahun 2020 tentang Tata Cara Penetapan Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri, Peraturan Menteri ESDM Nomor 10 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 45 Tahun 2017 tentang Pemanfaatan Gas Bumi untuk Pembangkit Tenaga Listrik.

Kemudian Keputusan Menteri ESDM Nomor 89 K/10/MEM/2020 tentang Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri dan Keputusan Menteri ESDM No. 91 K/12/MEM/2020 tentang Harga Gas Bumi di Pembangkit Tenaga Listrik (Plant Gate).

Sebagai dukungan agar Permen ESDM tersebut berjalan efektif, SKK Migas telah melaksanakan tugasnya dengan melakukan sosialisasi dan koordinasi kepada KKKS.

Sebelumnya pada awal Juni 2020, SKK Migas dan KKKS menandatangani perjanjian Side Letter of PSC untuk memberikan jaminan hukum atas kontrak dan menciptakan kepastian usaha.

KKKS juga menandatangani Letter of Agreement (LoA) yang berlaku efektif sejak tanggal 13 April 2020. "Penandatanganan LoA itu juga untuk memberikan kepastian bisnis bagi KKKS sebagai produsen di sektor hulu dan pembeli gas," kata Dwi Soetjipto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacu Program KUR, Kementerian Koperasi dan UKM Gandeng BNI Syariah

Posted: 01 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerja sama dengan PT Bank BNI Syariah. Kerja sama ini mengenai pembiayaan guna percepatan penyaluran program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kami memandang ini adalah hal yang penting bagi kita semua. Jadi kami dari Kementerian Koperasi dan UKM ingin mendorong pembiayaan pembiayaan syariah ini lebih banyak lagi dalam berperan untuk membantu pembiayaan dari UMKM kita," kata Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, dalam penandatanganan MoU Pembiayaan Kemenkop dan UKM dengan BNI Syariah, di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Kerja sama ini dilakukan agar pembiayaan yang dilakukan antara bank konvensional dengan bank Syariah seimbang. Sehingga lebih banyak lagi pelaku UMKM yang mendapatkan pembiayaan KUR.

Lanjutnya, plafon pembiayaan dari penyaluran KUR BNI Syariah di 2020 telah ditetapkan sebesar Rp 700 miliar.

"Jadi cukup besar targetnya semoga bisa dicapai dan bisa dinikmati oleh seluruh nasabah yang berhak untuk menerima ini BNI Syariah," katanya.

Selain itu, dirinya melaporkan total realisasi penyaluran KUR sampai 30 Juli 2020 berdasarkan data yang dipublikasikan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mencapai Rp 93,53 triliun atau sekitar 53 persen dari target 2020 yang sebesar Rp 176,22 triliun.

"Dengan rincian KUR mikro itu yang sudah kita salurkan sebesar Rp 83,80 triliun untuk 1,8 juta debitur, kemudian KUR kecil atau KUR khusus yang sudah disalurkan itu Rp 19,04 triliun untuk 100 ribu debitur. Kemudian ada KUR hutang sudah kita salurkan sebesar Rp 267 miliar kepada 9.475 debitur," jelasnya.

Sementara total realisasi subsidinya sampai dengan 31 Agustus 2020 tercatat Rp 9,8 triliun atau sekitar 51,8 persen dari pagu anggaran yang sebesar Rp 18,9 triliun. 

Demikian ia berharap Kerjasama dengan BNI Syariah ini bisa mendorong percepatan penyaluran KUR untuk pelaku UMKM.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Tambah Rp 22 Triliun, Total Plafon KUR di 2020 Capai Rp 198 Triliun

Pekerja memotong tahu yang baru dicetak di industri rumahan kawasan Jakarta, Selasa (17/12/2019). Pemerintah juga menaikkan plafon penyaluran KUR plafon secara signifikan 36% dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja memotong tahu yang baru dicetak di industri rumahan kawasan Jakarta, Selasa (17/12/2019). Pemerintah juga menaikkan plafon penyaluran KUR plafon secara signifikan 36% dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah kembali menambah plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 22,2 triliun. Dengan penambahan ini maka total plafon KUR untuk 2020 mencapai 198,73 triliun.

Pemerintah memang berkomitmen untuk terus meningkatkan plafon KUR. Pada 2020, total plafon KUR ditingkatkan menjadi Rp 190 triliun. Plafon KUR ini akan terus ditingkatkan secara bertahap sampai dengan Rp 325 Triliun pada 2024.

"Jadi ada dua bank yang ternyata permintaan terhadap KUR ini tinggi. Tadi ada salah satu bank yang sudah menurunkan plafonnya jadi Rp 12,2 triliun itu salah satu bank Himbara. Sudah disetujui, tetapi ketika bulan Juli permintaannya meningkat pesat, dia minta dikembalikan lagi plafon dia yang Rp 12,2 triliun itu, sehingga Rp 30 triliun plafonnya," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Koordinasi tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kamis (13/8/2020).

Selain itu, Iskandar menyebutkan bank lain yang juga mencatat permintaan KUR yang tinggi. "Karena demand yang begitu tinggi, dia minta Rp 10 triliun lagi, sehingga plafonnya menjadi 130,2 triliun," beber dia.

Hingga saat ini, Iskandar mencatat plafon yang sudah diambil oleh bank adalah Rp 176,53 triliun. Jika ditambahkan dengan RP 22,2 triliun, maka total plafon KUR menjadi Rp 198,73 triliun. "Berarti kan melampaui penetapan plafon yang Rp 190 triliun, nah ini kan perlu persetujuan karena jumlahnya besar," kata dia.

"Tadi komite setingkat menteri sudah memutuskan untuk menyetujui tambahan plafon Rp 22,2 triliun ini, sehingga total plafon KUR tahun 2020 yang disetujui 198, 73 triliun," pungkas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keceriaan Warga Palestina Bermain Air Saat Suhu Capai 44 Derajat Celcius

Posted: 01 Sep 2020 10:15 PM PDT

Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)
Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Anak-anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)
Anak-anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Anak-anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)
Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Warga Palestina meluncur di kanal air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)
Warga Palestina meluncur di kanal air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Warga Palestina meluncur di kanal air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)
Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Seorang anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Anak-anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)
Anak-anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Anak-anak bermain di aliran mata air yang digunakan untuk irigasi untuk mendinginkan tubuh saat suhu udara mencapai 44 derajat Celcius di kota Jericho, Tepi Barat (1/9/2020). (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Sempat Memerah, Ini 6 Potret Perjuangan Cita Citata Lawan Sakit Amandel

Posted: 01 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut ternama, Cita Citata baru-baru ini mengungkapkan penyakit yang ia derita selama 5 tahun. Penyakit yang ia derita menyerang kulit, hampir setiap hari merah dan bentol. Jika terkena benda yang agak sedikit tajam dan perubahan suhu juga menganggu tubuh Cita Citata. 

Wanita kelahiran Bandung ini mencari pengobatan dari cek alergi, berobat ke dokter, suntik steamcell minum vitamin namun belum membuahkan hasil. Seorang profesor yang menanganinya juga mengatakan sistem imun tubuh Cita Citata terganggu. Meski begitu ia merasa baik-baik saja. Hingga pada akhir Agustus badan pelantun lagu Goyang Duman ini panas hingga 39 derajat celcius. 

Setelah periksa, Cita Citata didiagnosa sakit Streptococcus tonsillitis atau pembengkakan amandel. Ia pun melakukan operasi pengangkatan sesuai anjuran dokter.  "Aku panggil dokter ke rumah dan aku di diagnosa sakit " adalah pembengkakan amandel.dokter menyarankanku untuk melakukan operasi pengangkatan. carilah aku jadwal karna after operasi aku pasti harus bedrest dan cuti" tulis Cita Citata pada Rabu (2/9/2020). 

Amandel Cita Citata ternyata memang sudah rusak, berlubang dan besar. Ternyata memang amandel (tonsil) ini berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh, tapi kalau sudah tidak berfungsi justru malah akan menjadi penyakit untuk tubuh.

Operasi pun berjalan lancar, sampai saat ini ia masih di fase penyembuhan paska operasi. Ia juga tidak menyangka penyakitnya sudah sembuh dan tidak kumat lagi. Cita Citata berpesan pada warganet untuk menjaga pola makan dan juga olahraga teratur.

Dilansir dari berbagai sumber berikut Liputan6.com ulas potret perjuangan Cita Citata lawan penyakitnya, Rabu (2/9/2020). 

 

1. Selama 5 tahun, pelantun lagu Goyang Dumang ini sering kali wajahnya bentol merah-merah bak alergi.

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

2. Wanita kelahiran Bandung ini juga merasa gatal di badan. Setelah panas tinggi pada akhir Agustus lalu, ia didiagnosa sakit pembengkakan amandel.

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

3. Sesuai anjuran dokter, ia melalukan operasi pengangkatan amandel. Ia pun melakukan test swab terlebih dahulu.

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

4. Kini, wanita kelahiran 1994 ini dalam tahap penyembuhan pasca operasi. Ia juga mengaku sudah sembuh dan penyakitnya tak kumat lagi.

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

5. Pada awal Agustsus lalu, mantan kekasih Roy Geurts ini juga sempat opname karena infeksi di lambung akibat diet dan kelelahan.

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

6. Kendati demikian, wanita 26 tahun ini sering berolahraga. Ia juga berpesan pada warganet untuk menjaga pola makan dan olahraga secara teratur.

Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)
Cita Citata Sakit Pembengkakan Amandel (Sumber: Instagram/cita_citata/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kritik Pedas AS, Veto Resolusi Anti-Terorisme Indonesia di PBB

Posted: 01 Sep 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, New York City - Amerika Serikat melakukan veto terhadap resolusi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Resolusi yang ditolak adalah terkait Prosekusi, Rehabilitasi, dan Reintegrasi (PRR) bagi teroris di luar negeri. AS melancarkan kritikan pedas terhadap resolusi tersebut.

Perwakilan Tetap Indonesia di PBB, Dian Triansyah Djani menyebut resolusi ini memberikan panduan jelas dan praktis bagi anggota-anggota PBB untuk melawan terorisme dan mencegah radikalisme.

"Draf resolusi ini mengajak negara-negara anggota untuk menjawab kondisi-kondisi yang memicu penyebaran terorisme, termasuk dengan mencegah radikalisme, mendorong kolaborasi erat, pembangunan kapasitas, dan berbagi pengalaman dalam prosekusi, rehabilitasi, dan reintegrasi," ujar D.T. Djani dalam pernyataan resmi di situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, seperti dikutip Rabu (2/9/2020).

Perwakilan Indonesia  menyebut penolakan resolusi ini  hal yang sukar dipahami dan mengabaikan kearifan negara-negara lain yang setuju. Negara yang menolak adalah Amerika Serikat.

"Biarlah diketahui oleh dunia bahwa dunia mestinya bisa lebih aman dengan resolusi draf ini, dan meski demikian, kita kehilangan peluang berharga dengan tidak mengadopsinya hari ini," ujar D.T. Djani.

Pihak AS berargumen resolusi yang ditawarkan Indonesia lebih buruk ketimbang tak ada solusi sama sekali. Pasalnya, resolusi tak membahas repatriasi militan asing agar diadili di negara masing-masing.

"Resolusi Indonesia di hadapan kami, yang sejatinya dirancang untuk menegakan aksi internasional pada kontra-terorisme, malah lebih buruk ketimbang tak ada resolusi sama sekali," ujar Dubes AS di PBB Kelly Craft.

Penolakan AS juga bukan tiba-tiba. Dubes Craft berkata sempat mengungkap rasa kecewa karena tak ada pembahasan soal repatriasi dalam teks resolusi. 

Kegagalan membahas repatriasi dan mengadili militan ISIS dinilai AS bisa memperburuk terorisme di wilayah Suriah.

Dubes Craft berkata resolusi Indonesia terkait isu ini bersifat "sinis" dan "sandiwara."

"Resolusi mereka bertujuan membahas prosekusi, rehabilitasi, dan reintegrasi teroris, termasuk Pejuang Teroris Asing, dan anggota keluarga mereka. Dan meski demikian, (resolusi) gagal menaruh referensi tentang langkah awal yang krusial: repatriasi ke negara-negara asal," tulis Dubes Craft.

Perbedaan Pandangan AS dan Eropa

Presiden Donald Trump dan Emmanuel Macron di NATO Summit 2019. Dok: AP
Presiden Donald Trump dan Emmanuel Macron di NATO Summit 2019. Dok: AP

Amerika Serikat menginginkan agar negara-negara di dunia merepatriasi warga mereka yang bergabung ke ISIS dan mengadilinya. AS tak setuju jika bekas militan ISIS dibiarkan di Suriah karena dikhawatirkan menjadi cikal bakal ISIS baru.

Di lain pihak, negara-negara Eropa ogah menolak menerima kembali antek ISIS karena dikhawatirkan mereka akan kembali melancarkan aksis teroris. Banyak militan ISIS asing yang berasal dari Eropa, mereka ingin kembali namun ditolak pemerintah.

Tahun lalu, Presiden Donald Trump pernah "bercanda" dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron agar memulangkan warga Prancis yang menjadi militan ISIS. 

"Apa kamu mau beberapa pasukan ISIS yang menyenangkan? Saya bisa memberikan mereka padamu. Kamu bisa mengambil semua yang kamu inginkan," kata Trump di NATO Summit tahun lalu.

Resolusi PRR adalah satu dari lima resolusi yang dihasilkan Indonesia selama menjabat di DK PBB. 

Empat resolusi lainnya adalah resolusi perpanjangan mandat misi pemeliharaan perdamaian di Lebanon (UNIFIL); resolusi perpanjangan mandat misi pemeliharaan perdamaian di Somalia (UNSOM); resolusi perpanjangan rezim sanksi di Mali; dan resolusi tentang personel penjaga perdamaian perempuan yang diprakarsai Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPC PDIP Surabaya: Kami Siap Sambut Gembira Calon yang Ditugaskan Ketua Umum Megawati

Posted: 01 Sep 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - DPC PDI Perjuangan Surabaya menggelar Nonton Bareng (Nobar) untuk menyambut pengumuman rekomendasi calon wali kota dan calon wakil wali kota Surabaya, pengganti Wali Kota Tri Rismaharini (Risma), yang akan diumumkan secara daring oleh DPP PDI Perjuangan, Rabu, 2 September 2020 pukul 14.00 WIB. 

"Kami siap menyambut dengan gembira, siapapun yang ditugaskan oleh Ketua Umum Ibu Megawati untuk menjadi calon pemimpin di Surabaya," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Adi Sutarwijono, Rabu (2/9/2020) pagi. 

Sejumlah persiapan nobar telah dilakukan. Mulai dari memasang terop, menyiapkan ratusan porsi makanan bergizi untuk kader yang datang, hingga memasang layar besar yang akan tersambung dengan siaran langsung dari kantor DPP PDI Perjuangan.

Nobar akan dijalankan dengan protokol kesehatan ketat. Akan ada ratusan kader yang hadir dengan tetap menjaga jarak. Setiap kader dan simpatisan yang datang juga diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan memakai masker.

"Di kantor DPC PDI Perjuangan juga tersedia fasilitas sanitasi untuk cuci tangan pakai sabun yang memadai," ujar Adi.

Nobar juga akan disisipi dengan edukasi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. "Setiap kader harus menjadi pelopor di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Surabaya yang trennya mulai terkendali saat ini," kata Adi Sutarwijono.

Kegiatan Nobar dengan Nuansa Edukatif

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Adi Sutarwijono (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kegiatan nobar dengan nuansa edukatif dan penuh keguyuban ini tak lain adalah wujud politik dengan paras kegembiraan yang dihadirkan PDI Perjuangan dalam menyambut Pilkada. 

"Kami oleh Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dididik untuk menjalani proses politik secara penuh kegembiraan, keguyuban, dan penuh nuansa edukasi. Sehingga politik bukanlah suatu hal yang menyeramkan, penuh adu fitnah, melainkan proses membangun keadaban publik," ujar Adi. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen Pas: Eks Penyidik KPK Raden Brotoseno yang Terlibat Korupsi Bebas Bersyarat

Posted: 01 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Raden Brotoseno bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Apriyanti menyebut Brotoseno bebas bersayarat pada, 15 Februari 2020.

"Bahwa yang bersangkutan telah bebas bersyarat pada 15 Februari 2020," ujar Rika dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Rika mengatakan, pembebasan bersyarat Brotoseno sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Menurut Rika, Brotoseno bebas bersyarat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor PAS-1052.OK.01.04.06 Tahun 2019 tentang Pembebasan Bersyarat Narapidana.

"Yang bersangkutan juga telah membayar pidana denda Rp 300 juta subsider 3 bulan," kata Rika.

Sebelumnya, mantan polisi dan penyidik KPK, Raden Brotoseno diketahui sudah menghirup udara bebas. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Lapas Kelas 1 Cipinang, Tony Nainggolan, melalui pesan singkat kepada Liputan6.com.

"Iya yang bersangkutan sudah bebas," ujar Tony, Rabu (3/9/2020).

 

Ketentuan Bebas Bersyarat

Tony menambahkan, Brotoseno bebas lebih cepat dari masa vonis karena pembebasan bersyarat atau PB. PB bisa diajukan oleh para narapidana jika sudah menjalani 2/3 masa tahanan dan dinilai berkelakuan baik selama menjalani proses binaan.

"Yang bersangkutan bebas PB, Februari lalu," jelas Tony.

Tony mengatakan, data masuk Brotoseno tercatat mulai 18 November 2016 saat Broto masuk tahanan. Kemudian 14 Juni 2017 saat Brotoseno mendapat putusan pengadilan, dan 2 April 2018 Brotoseno masuk ke lapas.

Brotoseno divonis Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta karena dinilai terbukti salah dan meyakinkan terlibat tindak pidana korupsi cetak sawah di Ketapang, Kalimantan Barat. Dia pun dijatuhi hukuman penjara selama 5 tahun dan denda Rp 300 juta subsider pidana kurungan 3 bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Sebut 3 Juta Pekerja Akan Menerima Subsidi Gaji Tahap Kedua

Posted: 01 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Subsidi gaji tahap kedua bagi pekerja yang bergaji di bawah Rp 5 juta akan segera disalurkan. Total ada sekitar tiga juta pekerja yang akan menerima bantuan tersebut.

Sebelumnya, ada 2,5 juta pekerja yang telah menerima subsidi gaji tahap pertama, tepatnya pada 26 Agustus 2020 kemarin. 

"Program subsidi upah batch pertama sudah 2,5 juta. Kami menerima data untuk batch kedua lebih besar untuk 3 juta pekerja," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Magelang, Jawa Tengah, Selasa, 1 September 2020.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa subsidi gaji nantinya akan diserahkan secara bertahap kepada sekitar 15,7 juta pekerja yang ada di Tanah Air. 

"Jadi tidak langsung sebanyak 15,7 juta pekerja sasaran menerima langsung subsidi upah tersebut. BPJS Ketenagakerjaan juga membutuhkan validasi dan verifikasi data dan Kemenaker secara administrasi melihat kesesuaiannya," katanya dilansir Antara

Sementara itu, saat ini pihaknya tengah mengecek kembali kesesuaian data bagi para pekerja yang akan menerima bantuan subsidi gaji di tahap kedua. 

"Setelah data sudah sesuai, maka akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang kemudian akan langsung digelontorkan ke bank penyalur dan ditransfer ke rekening pekerja," tambah Menaker Ida Fauziyah.

 

Nomor Rekening Aktif

Menurut Ida, selama terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi persyaratan, dia memastikan para pekerja akan menerima subsidi gaji. Dia berharap bantuan tersebut tepat sasaran.

Selain itu, Ida juga mengimbau agar para pekerja menyerahkan nomor rekening yang masih aktif.

"Karena pada penyaluran tahap pertama, ada pekerja yang menyerahkan nomor rekening yang tidak aktif lagi sehingga menyulitkan bagi penyalur," ungkapnya. 

Dia menyampaikan subsidi gaji ini selain untuk memberikan manfaat kepada pekerja, subsidi juga diberikan untuk mendongkrak perekonomian nasional, dan daya beli masyarakat. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rose BLACKPINK Pakai Gaun Hadiah dari Penggemar Saat Sesi Pemotretan, Berapa Harganya?

Posted: 01 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rose BLACKPINK punya cara tersendiri dalam menunjukkan apresiasi pada BLINK, sebutan penggemar BLACKPINK. Yang paling baru, idol 23 tahun tersebut kedapatan memakai gaun hadiah dari penggemar dalam sebuah sesi pemotretan.

Melansir laman Koreaboo, Rabu (2/9/2020), tahun ini, BLACKPINK melakukan staycation di Seoul untuk paket Summer Diary tahunan mereka. Paket itu berisi antara lain DVD berdurasi 70 menit, kartu foto, buku foto, dan pernak-pernik sejenis.

Basis penggemar Rose di Tiongkok, Rose Bar, pun mendapat kejutan manis saat menerima paket tersebut. Pasalnya, Rose BLACKPINK kedapatan mengenakan maxi dress pemberian mereka, sebagaimana terlihat di sederet kartu foto.

Dalam sebuah video yang dibagikan akun Rose Bar di Twitter, baru-baru ini, Rose mengutarakan cerita di balik gaun yang dimaksud. "Gaun ini adalah hadiah dari para penggemar saya. Saya akhirnya bisa memakainya hari ini," ucapnya.

"Saya selalu mengira kapan saya bisa memakainya dan saya selalu ingin segera mengenakannya. Lalu, hari ini, saya menemukan gaya yang tepat untuk memakainya, jadi langsung saya pakai," imbuh Rose BLACKPINK.

Sesuai janji, keseluruhan look Rose tampak menawan. Aksen floral didominasi warna ungu di gaun berpadu selaras dengan warna rambutnya. Pemakaian aksesori yang minim, hanya gelang sederhana, membuat siluet gaun beraksen ruffle jadi statement menonjol.

 

Berapa Harganya?

Rose BLACKPINK mengenakan gaun pemberian penggemar dalam sebuah sesi pemotretan. (dok. screenshot Twitter @RoseChinabar)
Rose BLACKPINK mengenakan gaun pemberian penggemar dalam sebuah sesi pemotretan. (dok. screenshot Twitter @RoseChinabar)

Gaun hadiah dari penggemar yang dikenakan Rose BLACKPINK merupakan keluaran label busana mewah asal Australia, Zimmermann. Di laman resminya, busana tersebut dibanderol 1.558 dolar Amerika (Rp23 juta).

Walau harganya bisa dikatakan cukup mahal, fakta ini tak menghalangi BLINK untuk mengikuti gaya berbusana sang idola. Setelah hasil sesi pemotretan tersebut dirilis, di salah satu situs web populer, gaun yang dimaksud langsung habis terjual.

"Rose terlihat sangat menawan dalam balutan gaun ini," tulis salah satu pengguna Twitter. "Selamat Rose Bar! Ini adalah bukti bagaimana mereka mengapresiasi penggemar. Jisoo juga sempat terlihat memakai busana hadiah dari BLINK," sambung yang lain.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa 'New Normal', Turis Asing Masih Enggan Jalan-Jalan ke Sumbar

Posted: 01 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Pandemi corona Covid-19 yang melanda penjuru negeri sejak awal 2020 memukul sektor pariwisata, termasuk Sumatera Barat. Pada 4 bulan terakhir, tidak ada kunjungan wisatawan mancangeara sama sekali.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, Pitono menyebut mulai dari April hingga Juli 2020, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara turun 100 persen.

"Sektor pariwisata memang sangat terpukul oleh wabah ini, dan berdampak pada ekonomi masyarakat," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (1/8/2020).

Namun, pada periode Januari hingga Juni 2020, tercatat total kunjungan wisatawan asing ke Sumbar sebanyak 10.874 orang. Jumlah tersebut turun 69,17 persen dibanding Januari hingga Juli 2019 yang mencapai 35.216 orang.

Pada periode Januari-Juli 2020, wisatawan mancanegara terbanyak berasal dari Negara Malaysia sebanyak 8.831 orang, disusul Australia 296 orang, dan China 255 wisatawan.

Kemudian tingkat penghunian kamar hotel berbintang di Sumbar pada Juli 2020 rata-rata 32,18 persen, atau meningkat 11,04 poin dibanding Juli 2020 sebesar 21,14 persen.

Turunnya jumlah wisatawan mancanegara ini, lanjutnya tak terlepas diakibatkan kondisi Covid-19. Pada April 2020 pemerintah daerah memang melakukan sejumlah kebijakan terutama untuk orang datang dari luar Sumbar.

"Kondisi penurunan kunjungan wisman ini dimaklumi saja, penutupan akses ketika itu juga demi kebaikan bersama," sebut Pitono.

Ia berharap kondisi kembali normal, sehingga kunjungan pariwisata di Sumbar bisa terobati. Jika geliat wisata membaik juga akan berdampak pada pelaku usaha.

Selain itu, Pitono mengatakan data ini merupakan kumpulan data yang diiinformasikan dari berbagai aktivitas di sektor pariwisata dan transportasi yang mencakup jumlah wisatawan mancanegara tingkat hunian hotel, dan akomodasi lainnya.

Sedangkan data angkutan laut yang disajikan merupakan data meliputi data muat barang yang dilaksanakan di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Pelabuhan Muaro Padang, dan Pelabuhan Air Bangis Pasaman Barat.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Imunisasi Campak di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 01 Sep 2020 10:00 PM PDT

Petugas Puskesmas mengambil vaksin sebelum imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Imunisasi yang bagi siswa kelas 1 SD sepi peminat mengingat kekhawatiran orang tua di masa pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petugas Puskesmas mengambil vaksin sebelum imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Imunisasi yang bagi siswa kelas 1 SD sepi peminat mengingat kekhawatiran orang tua di masa pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Petugas Puskesmas mengambil vaksin sebelum imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Imunisasi yang bagi siswa kelas 1 SD sepi peminat mengingat kekhawatiran orang tua di masa pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Siswa sedang diukur suhu tubuh sebelum imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin tersebut untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Siswa sedang diukur suhu tubuh sebelum imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin tersebut untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Siswa sedang diukur suhu tubuh sebelum imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin tersebut untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Siswa mendapatkan imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin yang disubsidi pemerintah dilakukan untuk mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Siswa mendapatkan imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin yang disubsidi pemerintah dilakukan untuk mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Siswa mendapatkan imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin yang disubsidi pemerintah dilakukan untuk mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Siswa mendapatkan imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin tersebut untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Siswa mendapatkan imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin tersebut untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Siswa mendapatkan imunisasi campak pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Serua 3, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (2/9/2020). Pemberian vaksin tersebut untuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko anak terkena penyakit. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: