Sabtu, 05 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tarif Tol Cipularang yang Baru Naik Langsung Didiskon Khusus Mulai Hari Ini

Posted: 05 Sep 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tarif jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) mengalami penyesuaian mulai Sabtu, 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Dalam penyesuaian tersebut, terjadi kenaikan tarif tol untuk golongan I, golongan II, dan golongan IV. Sedangkan golongan III dan golongan V Tol Cipularang mengalami penurunan.

Sementara, untuk Tol Padaleunyi, tarif golongan III tetap dan golongan V mengalami penurunan.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 juni 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Setelah adanya kenaikan tarif tol, Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (Golongan I).

"Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal). Dikarenakan perlu penerapan setting sistem peralatan, maka diskon tarif ini berlaku mulai hari Minggu (06/09/2020) pukul 00.00 WIB," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Media Sosial Resmi Jasa Marga

 
 
 
View this post on Instagram

Selamat siang Kawan JM, Mari simak informasi mengenai Jasa Marga Berikan Diskon Tarif Golongan I Untuk Pengguna Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi. Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk berdasarkan regulasi seharusnya telah disesuaikan pada Februari tahun 2020. Jasa Marga telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyesuaian tarif tol tersebut pada bulan Juni dan Juli 2020 lalu. Sesuai dengan rencana dan sosialisasi yang telah dilakukan, penyesuaian tarif untuk jalan tol ini akan diberlakukan di bulan September tahun 2020. Maka dari itu, dengan penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih 7 bulan tersebut menandakan bahwa Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga, telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat. Setelah adanya pemberlakuan tarif tol untuk Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi pada hari ini, Sabtu (05/09), pukul 00.00 WIB, Jasa Marga selaku BUJT mendapatkan respon dari masyarakat dan dengan mempertimbangkan masukan-masukan tersebut Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (Golongan I). Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal). Dikarenakan perlu penerapan setting sistem peralatan, maka diskon tarif ini berlaku mulai hari Minggu (06/09) pukul 00.00 WIB. Adapun untuk pengguna jalan dengan Golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan karena Jasa Marga menegaskan bahwa pada penyesuaian tarif tol Cipularang & Padaleunyi terdapat penurunan tarif untuk kendaraan logistik Gol III dan Gol V sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional. Terima kasih atas semua kritik, saran dan masukan Kawan JM 🙏🏼 Selamat berakhir pekan dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan ya, Kawan JM.

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) on

 

Adapun untuk pengguna jalan dengan Golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan karena Jasa Marga menegaskan bahwa pada penyesuaian tarif tol Cipularang & Padaleunyi terdapat penurunan tarif untuk kendaraan logistik Gol III dan Gol V sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional.

Pengumuman tersebut juga diberitahukan melalui akun Instagram resmi Jasa Marga @official.jasamarga.

 

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi

Ruas Jalan Tol Cipularang sepanjang 56,1 km mengalami besaran tarif yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, berikut contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 42.500,- yang semula Rp 39.500

Gol II: Rp 71.500,- yang semula Rp 59.500

Gol III: Rp 71.500,- yang semula Rp 79.500

Gol IV: Rp 103.500,- yang semula Rp 99.500

Gol V: Rp 103.500,- yang semula Rp 119.000

Sementara itu, Ruas Jalan Tol Padaleunyi sepanjang 35,15 km mengalami besaran tarif tol yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 10.000,- yang semula Rp 9.000,-

Gol II: Rp 17.500,- yang semula Rp 15.000,-

Gol III: Rp 17.500,- yang semula Rp 17.500,-

Gol IV: Rp 23.500,- yang semula Rp 21.500,-

Gol V: Rp 23.500,- yang semula Rp 26.000,-

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuntaskan Ganti Rugi Perusakan di Ciracas, TNI Gelontorkan Dana Rp 594 Juta

Posted: 05 Sep 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyatakan, pihaknya telah menuntaskan seluruh ganti rugi akibat insiden perusakan di Polsek Ciracas, Jakarta Timur dan sekitarnya oleh oknum prajurit.

Ganti rugi itu diberikan kepada ratusan warga sipil yang terdampak aksi perusakan oknum prajurit TNI di kawasan Ciracas pada Sabtu 29 Agustus dini hari lalu. Diketahui posko aduan ganti rugi dilakukan Kodam Jaya selama sepekan dan telah ditutup Sabtu kemarin.

"118 orang total melapor ke pokso yang ditutup kemarin," kata Dudung saat dikonfirmasi, Minggu (5/9/2020).

Dudung mengungkapkan, nilai ganti rugi yang dikeluarkan mencapai Rp 594.026.000. Dari total tersebut, telah dibayarkan kepada 114 warga sipil senilai Rp 591.776.000. 

"Tinggal dua lagi masing-masing Rp 1.000.000 dan Rp 1.250.000," jelas jenderal TNI bintang dua ini.

Dudung menyebut, dua warga sipil yang belum menerima ganti rugi tersebut, pertama atas nama Karyanto senilai Rp 1 juta. TNI telah menghubungi Kayanto yang saat ini pulang kampung ke Cilacap, Jawa Tengah.

"Kedua, atas nama Aldi Gunawan. Uang ganti rugi dan santunan sebesar Rp 1,25 juta. Uang tersebut akan diserahkan rencananya 7 September 2020," kata Dudung. 

Ganti Rugi Polisi Ditangani Terpisah

Mobil yang rusak pascapenyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Polsek Ciracas  diserang oleh sejumlah orang tak dikenal pada Sabtu (29/8) dini hari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Mobil yang rusak pascapenyerangan di Polsek Ciracas, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Polsek Ciracas diserang oleh sejumlah orang tak dikenal pada Sabtu (29/8) dini hari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dari 118 korban yang melapor di posko TNI, dua di antaranya merupakan anggota Polri. Dudung menyebut, penanganan ganti rugi yang dialami kepolisian dipisah dengan warga sipil.

"Khusus Polri sudah direkap oleh Kapolres," katanya.

Sebelumnya, kasus penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur pada Sabtu dini hari itu dipicu hoaks pengeroyokan anggota TNI di Pertigaan Arundina, Cibubur. 

Oknum-oknum prajurit TNI itu juga merusak kendaraan dan lapak warga sipil di sepanjang Jalan Raya Bogor mulai dari Polsek Ciracas hingga Pertigaan Arundina.

Aparat TNI-Polri mengusut cepat insiden tersebut. Pomdam TNI telah menetapkan 29 prajurit sebagai tersangka dugaan penyerangan dan perusakan di kawasan Ciracas. Mereka juga langsung ditahan di Rutan Pomdam Jaya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Makanan Ini Dapat Membantu Meredakan Stresmu

Posted: 05 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Stres, depresi, dan kecemasan menjadi sesuatu yang terkadang melanda hidup seseorang. Namun, jika dibiarkan begitu saja, stres bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, baik secara mental maupun fisik.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya adalah melalui makanan. Seringkali kita mengaggap remeh sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita, padahal makanan yang kita makan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental kita.

Mulai dari sayuran segar, kacang-kacangan, hingga buah-buahan dapat membantu mengendalikan stres, depresi, dan cemas berlebihan, lho. Mengingat gaya hidup pasca lockdown mengharuskan seseorang untuk menjaga jarak sosial yang dapat menganggu kesehatan mental. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengatasi emosi lebih baik.

Teh Hijau

Matcha atau teh hijau (iStockphoto)
Matcha atau teh hijau (iStockphoto)

Sejak dulu, teh sudah dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit medis. Begitu juga dengan kesehatan mental, teh juga dapat menjadi minuman pereda stres yang ampuh.

Sebuah studi pada tahun 2011 menyatakan bahwa kandungan L-theanine-asam amino dalam teh hijau dapat membantu pikiran menjadi "dingin" dan jernih. Theanine memiliki sifat anti cemas yang dapat menenangkan dan dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin.

Selain itu, kandungan kafein yang rendah dalam teh hijau mampu menambah fokus dan konsentrasi. Anda bisa mengonsumsi teh hijau yang hangat di pagi hari agar otak lebih rileks.

Berries

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)
Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

Bluberry dan Strawberry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada kedua buah tersebut dapat menajamkan kognitif otak sekaligus melindungi jantung.

Keluarga buah berry ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu melawan stres. Anda bisa menyantapnya pada pagi hari dengan menambahkan sereal, yogurt, atau oatmeal.

Selain itu, buah ini kaya akan serat dengan kalori yang rendah sehingga Anda tak perlu khawatir berat badan akan naik saat mengonsumsinya.

Cokelat Hitam

Ilustrasi cokelat hitan (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)
Ilustrasi cokelat hitan (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol, khususnya cokelat hitam. Cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah yang bisa memicu perasaan tenang.

Kandungan polifenol dan flavonol merupakan dua jenis antioksidan penting yang terdapat dalam cokelat hitam. Anda juga tak perlu khawatir berat badan bertambah drastis meskipun mengonsumisi beberapa potong cokelat hitam.

Telur

Putih Telur / Sumber: iStockphoto
Putih Telur / Sumber: iStockphoto

Diketahi telur memiliki multivitamin alami karena mengandung nutrisi yang banyak. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, kolin, asam lemak omega 3 dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan dapat menurunkan stres dan kecemasan.

Bayam

Bayam, salah satu makanan kaya zat besi untuk ibu hamil.  (Foto: healtheatingfood.com)
Bayam, salah satu makanan kaya zat besi untuk ibu hamil. (Foto: healtheatingfood.com)

Sayuran berdaun hijau ini menghasilkan dopamin, yaitu zat kimia yang membantu merangsang kebahagiaan sehingga membuat Anda merasa tetap tenang.

Selain itu, bayam juga mengandung magnesium yang tinggi. Tubuh yang rendah akan kandungan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan yang dapat mengundang stres. Oleh karena itu, bayam merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan stres.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung Putih: China Punya Program Besar untuk Campuri Pilpres AS 2020

Posted: 05 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, D.C - China memiliki program paling besar untuk mempengaruhi Amerika Serikat secara politik, kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Robert O'Brien pada Jumat 4 September 2020 --sebuah komentar yang kerap muncul menjelan Pilpres AS 2020 yang akan digelar pada November mendatang.

"Mengenai pemilihan umum, Komite Intelijen telah menjelaskan dengan sangat jelas, pertama Anda memiliki China, yang memiliki program paling besar untuk mempengaruhi Amerika Serikat secara politik, Anda memiliki Iran, Anda memiliki Rusia," kata O'Brien. dalam konferensi pers. "Ini adalah ketiga negara utusan yang berusaha mengganggu pemilihan kita," lanjutnya, dikutip dari NDTV, Minggu (6/9/2020).

Robert O'Brien mengatakan bahwa China sedang melakukan aktivitas dunia maya besar-besaran yang ditujukan untuk menargetkan AS. Namun, Washington mengambil tindakan balasan yang kuat dan pada akhirnya akan menang, tambahnya.

"Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas kepada China, Rusia, Iran dan lainnya yang belum diungkapkan kepada publik bahwa siapa pun yang mencoba mengganggu pemilu Amerika akan menghadapi konsekuensi yang luar biasa," kata O'Brien.

Pada awal Agustus, Direktur Kontra Intelijen dan Keamanan Nasional AS William Evanina mengatakan, menurut perkiraan komunitas intelijen AS, China ingin Presiden AS Donald Trump kalah dalam Pilpres AS mendatang pada November, sementara Rusia diduga berupaya merendahkan calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Evanina membuat tuduhan tanpa memberikan bukti bahwa aktor terkait Rusia berusaha untuk mendukung pencalonan Trump di media sosial dan di televisi Rusia. Selain itu, pejabat itu mengatakan selain China, Iran juga diharapkan melakukan upaya untuk mencegah Trump terpilih kembali.

Rusia berulang kali membantah terlibat dalam sistem Pilpres AS, dengan mengatakan tindakan seperti itu bertentangan dengan prinsip-prinsip kebijakan luar negeri Moskow.

Intel AS: Iran-China Ogah Donald Trump Menang, Rusia Mau Joe Biden Kalah

Donald Trump tampil dalam kampanye perdana untuk maju ke pilpres AS 2020 (AFP/Mandel Ngan)
Donald Trump tampil dalam kampanye perdana untuk maju ke pilpres AS 2020 (AFP/Mandel Ngan)

Rusia sedang mencoba untuk "merusak" pencalonan capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden, sementara China dan Iran menentang terpilihnya kembali Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS 2020, klaim seorang pejabat intelijen AS terkemuka pada Jumat 7 Agustus 2020.

Analisis atas dugaan upaya campur tangan tiga musuh AS muncul dalam pernyataan dari William Evanina, direktur Pusat Kontra Intelijen dan Keamanan Nasional, yang mengatakan dia merilis informasi untuk membantu orang Amerika "memainkan peran penting" dalam menjaga Pilpres AS 2020.

Sementara banyak aktor asing memiliki pandangan tentang siapa yang harus memegang Gedung Putih, "Kami terutama prihatin tentang aktivitas yang sedang berlangsung dan potensial oleh China, Rusia, dan Iran," kata Evanina, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (8/8/2020).

Selengkapnya....

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Jawa Nur Alam Jatuh Cinta dengan Biola di Balai Pemuda Surabaya

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Jawa Nur Alam atau yang mempunyai artinya Jawa Sinarnya Alam, putri ketiga dari pasangan Sugeng Mulyono (56) dan Sutini (51) warga Kalijudan Surabaya, Jawa Timur, saat ini usianya menginjak umur 13 tahun.

Berkat kepiawaian memainkan musik keroncong, Jawa diterima masuk SMPN 1 Surabaya, lewat jalur prestasi. Jawa kini duduk di bangku kelas VII di sekolah komplek favorit di Surabaya tersebut.

Selain musik keroncong, putri seniman perupa lokal Surabaya ini kini juga tertarik memainkan biola. Kisah Jawa jatuh cinta pada pandangan pertama dengan alat musik biola tersebut, saat dia diajak oleh sang ayah yang sedang menggelar pameran seni rupa di Balai Pemuda Surabaya.

"Awalnya saat saya kelas dua SD diajak ayah ke pameran dan ada yang bermain biola dan saya ingin bermain biola hingga sampai sekarang saya bermain biola," ujar Jawa kepada Liputan6.com di warung Rujak Cingur milik sang ibu, di Surabaya, ditulis Minggu (6/9/2020).

Dengan logat polosnya, Jawa menceritakan dirinya sejak kecil tidak tahu apa itu biola. Namun, ketika pertama kali diperkenalkan dengan pemain biola yang hadir di pameran sang ayah, Jawa pun akhirnya tahu kalau alat musik itu bernama biola.

"Dari situ saya tahu itu namanya biola. Bagaimana cara bermainnya dan cara berlatih biola dengan benar," ucap Jawa.

Jawa juga mengaku, dia tertarik dengan biola bukan hanya karena bentuk alat musik itu lucu melainkan dia terpengaruh dengan suara musik yang keluar dari gesekan biola.

"Menurut saya biola itu adalah musik yang langkah dan saya kalau bisa memainkan biola, saya merasa senang sekali," ujar Jawa.

"Alat musik biola itu langkah karena yang suka bermain biola itu sedikit dan musiknya kurang populer dari pada alat musik yang lain," ia menambahkan.

Mozart dan Beethoven Jadi Favorit Jawa

Jawa Nur Alam (13), gadis yang piawai memainkan alat musik biola yang videonya sempat ramai di media sosial. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jawa Nur Alam (13), gadis yang piawai memainkan alat musik biola yang videonya sempat ramai di media sosial. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Jawa yang mulai beranjak remaja ini sering latihan biola lagu klasik dan membaca not balok. "Favorit musik saya adalah musik klasik seperti musik Mozart dan Beethoven," ucapnya.

Jawa setiap hari berlatih biola. Minimal dalam sehari dia menghabiskan waktu dua jam untuk berlatih biola di rumahnya dan dibimbing oleh sang guru.

"Dasar latihan biola biasanya Do Re Mi. Dulu sebelum ada corona, sering diundang main biola di acara pernikahan, di dalam gedung dan acara sponsor-sponsor gitu," ujar Jawa. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menakar Masa Depan Bisnis Penerbangan

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liputan6.com menghadirkan program live streaming Inspirato Sharing Session dengan narasumber Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. Tema kali ini adalah Menakar Masa Depan Bisnis Penerbangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Positif Covid-19, Pegawai Kemenko Maritim WFH Mulai 7 September 2020

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memutuskan seluruh karyawan  akan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH), mulai Senin 7 September sampai hingga 21 September 2020. Ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kementerian tersebut, usai ada pekerja diketahui positif Covid-19.

Keputusan tersebut ditegaskan dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada Jumat (4/9).

"Surat Edaran tersebut saya keluarkan untuk menangani permasalahan Covid-19 yang ada di Kemenko Marves," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko) Agung Kuswandono dalam keterangan di Jakarta.

SE tersebut sendiri diterbitkan menyusul adanya 6 orang pegawai lingkup Kemenko Maritim dan Investasi yang reaktif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan tes swab yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2020.

Setelah pendalaman yang dilakukan, diketahui bahwa pegawai yang reaktif Covid-19 tertular dari anggota keluarganya, dalam hal ini berasal dari eksternal Kemenko Maritim dan Investasi.

Sebagai langkah preventif, SE tersebut ditujukan kepada para pejabat tinggi madya agar dapat mengarahkan pegawai di unit kerjanya masing-masing untuk bekerja di rumah dan mengalihkan rapat secara tatap muka menjadi rapat virtual.

"Perlu saya sampaikan protokol kesehatan telah kita lakukan secara intens, telah kita lakukan dengan berbagai cara sesuai aturan pemerintah. Jadi kita pasang alat deteksi suhu, kita siapkan wastafel, kita siapkan disinfektan, hand sanitizer. Dan kantor setiap minggu kita semprot disinfektan," terangnya.

Agung menambahkan sesuai dengan Prosedur Tetap (Protap) penanganan Covid-19 , setiap pegawai yang bersinggungan langsung dilakukan swab tes kemudian swab tes juga akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai Kemenko Maritim dan Investasi.

"Arahan untuk melakukan bekerja dari rumah ini merupakan bentuk pengamanan, dengan demikian kami mohon para pegawai tetap menjaga kesehatan, tetap beraktivitas di rumah masing-masing dan kita berdoa bersama semoga Covid-19 ini segera berlalu," pungkas Agung.

BKN Buka Konsultasi Online bagi PNS via Whatsapp, Begini Caranya

BKN membuka pendaftaran konsultasi bagi PNS melalui aplikasi chat. (Dok BKN)
BKN membuka pendaftaran konsultasi bagi PNS melalui aplikasi chat. (Dok BKN)

Untuk mempermudah masyarakat khususnya ASN atau PNS dalam memperoleh layanan konsultasi kepegawaian daring (online), BKN kini membuka pendaftaran konsultasi melalui aplikasi chat.

Jika sebelumnya pendaftaran dilakukan melalui surat elektronik atau email, sekarang pendaftaran cukup dilakukan melalui nomor Whatsapp di 08999-2425-15, dengan mencantumkan Nama Lengkap, NIP, Instansi Asal, dan Pertanyaan yang akan diajukan.

"Alasan BKN menjadikan aplikasi chat sebagai tools pendaftaran layanan konsultasi kepegawaian dilatarbelakangi dengan tren penggunaan ponsel pintar yang semakin meningkat," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia memanfaatkan platform chat berbasis aplikasi sebagai wadah berkomunikasi sehari-hari. BKN terus berupaya melakukan terobosan pelayanan publik d di era pandemi Covid-19, salah satunya dengan menghadirkan layanan daring yang semakin mudah dan cepat serta meminimalkan tatap muka langsung.

Konsultasi kepegawaian daring kali pertama telah diadakan pada 10 Agustus 2020. Selanjutnya akan dilaksanakan konsultasi kepegawaian daring kedua pada Rabu 9 September 2020 mulai Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB dengan mengusung tema Jabatan Fungsional Kepegawaian. Untuk pendaftaran dibuka mulai 7 September 2020 pukul 08.00 WIB, dengan kuota 50 peserta.

Pendaftar dimohon untuk mendaftar sesuai tema yang saat ini disediakan. Bagi ASN yang tidak mendaftar sesuai tema, maka yang bersangkutan tidak akan diberikan kredensial konsultasi kepegawaian. Pendaftaran akan ditutup secara otomatis apabila kuota peserta telah terpenuhi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Swiss vs Jerman: Duel Resmi Pertama dalam 54 Tahun

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Basel - Timnas Jerman akhirnya bertemu Swiss pada ajang resmi setelah 54 tahun. Kedua tim berduel pada laga Grup 4 UEFA Nations League 2020/2021 di St Jakob-Park, Minggu (6/9/2020) atau Senin dini hari WIB.

Terakhir kali mereka bertarung di panggung formal terjadi di Piala Dunia 1966. Ketika itu Der Panzer berjaya 5-0.

Setelah itu Jerman dan Swiss bertanding tujuh kali dalam uji coba. Kembali Jerman menunjukkan hegemoni dengan meraih empat kemenangan.

Namun, Swiss mampu mencuri hasil positif pada pertemuan terakhir, Mei 2012. Mereka unggul 5-3.

Jerman tentu tidak membiarkan hal ini. Pasukan Joachim Low ingin menunjukkan superioritas atas tetangga di selatan.

Kebetulan mereka juga membutuhkan hasil maksimal setelah ditahan Spanyol pada laga pembuka UEFA Nations League musim ini.

Di sisi lain, Swiss tumbang 1-2 dari Ukraina pada partai tertama. Menjadi tugas berat bagi mereka untuk mencuri angka dari Jerman.

Perkiraan Pemain

Swiss vs Jerman (Liputan6.com/Abdillah)
Swiss vs Jerman (Liputan6.com/Abdillah)

Swiss (3-4-3): Sommer; Akanji, Elvedi, Rodriguez; Mbabu, Xhaka, Aebischer, Benito; Embolo, Seferovic, Vargas

Jerman (4-2-3-1): Leno; Kehrer, Ginter, Sule, Gosens; Kroos, Neuhaus; Sane, Draxler, Brandt; Werner 

5 Pertemuan Terakhir

Logo UEFA Nations League. (AFP/Ozan Kose)
Logo UEFA Nations League. (AFP/Ozan Kose)

Waktu-Ajang-Laga-Skor

26/05/12 Persahabatan Swiss vs Jerman 5-3

27/03/08 Persahabatan Swiss vs Jerman 0-4

07/02/07 Persahabatan Jerman vs Swiss 3-1

02/06/04 Persahabatan Swiss vs Jerman 0-2

26/04/00 Persahabatan Jerman vs Swiss 1-1

Saksikan Video UEFA Nations League Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[CERITA] Teater Kuno dan Pandemi

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Kennosuke Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)
Kennosuke Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori (kanan) dan ayahnya Kanta Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)
Kennosuke Nakamori (kanan) dan ayahnya Kanta Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori (kanan) dan ayahnya Kanta Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori (kanan) dan ayahnya Kanta Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)
Kennosuke Nakamori (kanan) dan ayahnya Kanta Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori (kanan) dan ayahnya Kanta Nakamori berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Topeng ditampilkan di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)
Topeng ditampilkan di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Topeng ditampilkan di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kanta Nakamori (kiri) dan putranya Kennosuke Nakamori mengenakan topeng saat berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)
Kanta Nakamori (kiri) dan putranya Kennosuke Nakamori mengenakan topeng saat berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kanta Nakamori (kiri) dan putranya Kennosuke Nakamori mengenakan topeng saat berlatih di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori berpose dengan kostum di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)
Kennosuke Nakamori berpose dengan kostum di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori berpose dengan kostum di Kamakura Noh Theatre, Kamakura, Prefektur Kanagawa, Jepang, 29 Juli 2020. Pandemi COVID-19 telah memengaruhi teater di seluruh dunia, termasuk drama yang diturunkan dari generasi ke generasi sejak abad ke-14 ini. (Philip FONG/AFP)

Kennosuke Nakamori berpose dengan wig merah atau
Kennosuke Nakamori berpose dengan wig merah atau

Kennosuke Nakamori berpose dengan wig merah atau

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegunungan dan Pesisir Bersua Jadi Tema Pendaftaran Petahana di Pilkada Mamuju

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamuju - Pasangan Habsi Wahid dan Irwan SP Pababari mendaftarkan diri untuk kembali maju sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Mamuju 2020. Pasangan petahana ini mengemas prosesi pendaftaran dengan gaya milenial dengan inspirasi masa lalu, menjodohkan tradisi wilayah pegunungan dengan pesisir.

Habsi Wahid sebagai simbol orang pegunungan bertolak dari kediamannya menggunakan kendaraan tradisional dokar. Sedangkan Irwan SP Pababari bertolak dari kediamannya menggunanakan perahu nelayan sebagai simbol orang pesisir. Mereka bertemu disebuah tempat bernama Anjungan Manakarra.

Setelah pertemuan pasangan petahana ini, mereka lalu melanjutkan perjalanan menuju kantor KPU Mamuju dengan menggunakan dokar untuk mendaftarkan diri. Perjalanan mereka diiringi belasan dokar yang mengangkut sejumlah tokoh masyarakat, yang diikuti oleh ribuan pendukung mereka menggunakan kendaraan roda empat dan dua.

"Kita memadukan adat antara pongkapadang dan turije'ne. Di mana, turijen'ne dari laut dan pongkapadang dari gunung. Agar kita tidak melupakan budaya yang ada di tanah malaqbi," kata ketua panitia pencalonan Habsi-Irwan, Mervie Parasan, Sabtu (05/09/2020).

Pasangan yang memiliki tagline 'Koalisi Kerakyatan' itu diusung oleh enam partai, yakni Nasdem, Hanura, Perindo, Golkar, PPP dan Berkarya dengan total 19 kursi di DPRD. Prosesi pendaftaran yang berlangsung pukul 14.00 Wita itu berjalan lancar tanpa hambatan, dan dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Mamuju.

Habsi yang ditemui usai pendaftaran mengutarakan rasa optimisnya dapat memenangkan kontestasi Pilkada Mamuju 2020. Kayakinan itu ia peroleh setelah melihat dukungan yang ia dan calon wakilnya terima, baik dari partai pengusung, tokoh masyarakat dan para pendukungnya.

"Kami bersama tim optimis akan mendapatkan perolehan suara sampai 70 persen pada tanggal 9 desember 2020 nanti. Kami yakin itu," tegas Habsi.

Habsi juga memohon maaf kepada masyarakat Mamuju karena saat ia mendaftarkan diri ke KPU, terjadi kemacetan di beberapa jalan utama di pusat Kota Mamuju. Sebab ratusan mobil dan sepeda motor tim dan relawan sempat mengganggu arus lalu lintas.

"Kami mohon maaf jika seyogyanya masyarakat terganggu dengan arus lalu lintas hari ini," ucap Habsi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 8 September 2020, Dua Tower Wisma Atlet Siap Dipakai Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mulai Selasa, 8 September 2020, dua tower Wisma Atlet Kemayoran akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19. Dua tower yang dimaksud, yakni Tower 4 dan 5.

"Pemerintah akan menyiapkan flat isolasi mandiri bagi warga yang positif COVID-19, tapi tak memiliki tempat," jelas Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo usai melakukan inspeksi ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, ditulis Minggu (6/9/2020).

"Rencananya, kami akan menggunakan Tower 4 dan Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai flat isolasi mandiri yang dimulai Selasa, 8 September 2020 nanti."

Inspeksi dilakukan bersama perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, dan BUMN serta didampingi oleh Koordinator Satgas RS COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI (CKM) Tugas Ratmono.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo sampaikan Tower 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai flat isolasi mandiri pasien COVID-19 siap digunakan mulai 8 September 2020 saat inspeksi ke Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (4/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo sampaikan Tower 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran sebagai flat isolasi mandiri pasien COVID-19 siap digunakan mulai 8 September 2020 saat inspeksi ke Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (4/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Fasilitas Air dan Listrik

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo harap tower 4 dan 5 Wisma Atlet yang akan digunakan isolasi mandiri disiapkan fasilitas air dan listrik saat inspeksi ke Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (4/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo harap tower 4 dan 5 Wisma Atlet yang akan digunakan isolasi mandiri disiapkan fasilitas air dan listrik saat inspeksi ke Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (4/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Doni berharap kebutuhan fasilitas air dan listrik disiapkan dengan baik, sehingga Tower 4 dan 5 Wisma Atlet Kemayoran dapat segera dioptimalkan.

"Kami harapkan fasilitas air dan listrik sudah siap. Jadi, Tower 4 nanti dapat digunakan dan segera menyusul Tower 5," harapnya sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Adapun data pasien rawat inap di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat dilaporkan menjadi 1.643 pasien per 5 September 2020.

Perwira penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian menyebut, untuk pasien rawat inap terdiri dari 892 pria dan 751 wanita. Pasien yang dinyatakan positif COVID-19 ada 1.638 orang dan suspek yang dipantau 5 orang.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia Beli Narkoba Jenis Sabu Seharga Rp1,2 Juta

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Reza Artamevia kembali tersandung kasus narkoba. Reza Artamevia diamankan pihak kepolisian di sebuah restoran di bilangan Jakarta Timur, pada Jumat (4/9/2020).

Reza Artamevia diamankan dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 0,78 gram yang ditemukan di dalam tasnya, serta alat hisap dan korek di kediamannya. Dari keterangan polisi, Reza Artamevia diamankan ketika baru melakukan transaksi sabu tersebut.

Hal itu disampaiakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, saat menggelar konferensi pers terkait penangkapan Reza Artamevia.

"Tim melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan seorang wanita pada saat itu dalam satu restoran, baru saja membeli abu-sabu tersebut, inisialnya adalah RA, pada Jumat lalu pada pukul 16.00 WIB," kata Yusri Yunus di Polda Metro Jaya pada Minggu (6/9/2020).

 

1,2 Juta Rupiah

Reza Artamevia (Daniel Kampua/Fimela.com)
Reza Artamevia (Daniel Kampua/Fimela.com)

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa Reza Artamevia membeli sabu tersebut seharga Rp 1,2 juta untuk satu klip.

"1,2 juta (rupiah) dia beli 1 klip, beratnya 0,78 gram sabu-sabu, jadi itu masih kita lakukan pengecekan terkait sabu-sabu tersebut ke puslabfor," sambungnya.

 

Positif

Reza Artamevia ungkap permintaan maaf kepada keluarga dan rekan usai ditangkap terkait kasus narkoba. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Reza Artamevia ungkap permintaan maaf kepada keluarga dan rekan usai ditangkap terkait kasus narkoba. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Selain barang bukti tersebut, tes urin yang dilakukan Reza Artamevia juga menunjukkan hasil positif amfetamin. Namun tidak dengan 2 saksi lain yang diamankan bersama Reza Artamevia.

"Kita amankan bersama saksi 2 orang, sudah kita lakukan tes urin ketiganya, yang dua negatif, yang bersangkutan inisial RA ini positif amfetamin," lanjut Yusri Yunus.

 

Kooperatif

Reza Artamevia. (Foto: Rio Motret dari Instagram @rezaartameviaofficial)
Reza Artamevia. (Foto: Rio Motret dari Instagram @rezaartameviaofficial)

Saat penangkapan, tak ada perlawanan dari Reza Artamevia. Pihak kepolisian menyebut bahwa Reza Artamevia cukup kooperatif.

"Kooperatif dia, memang ditemukan sabu-sabu tsb di dalam tas ybs, kooperatif. (tidak ada perlawanan)," tutup Yusri Yunus.

Minta Maaf

Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)
Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)

Sementara itu, Reza Artamevia sendiri telah menyampaikan permohonan maafnya atas kesalahan yang telah diperbuatnya. Khususnya kepada semua anak-anak dan orangtuanya.

"Izinkan saya, Reza Artamevia, pada kesempatan ini menyampaikan permohonan maafnya sebesar-besarnya kepada anak-anak saya Zahwa dan Aaliyah, kepada orang tua saya, kepada adik-adik saya, keluarga besar saya, sahabat dan kerabat, serta seluruh pendukung saya yang membantu perjalanan karier menyanyi saya," kata Reza Artamevia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompetitor TikTok Raup 44 Persen Pangsa Pasar di AS pada Agustus

Posted: 05 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laporan Sensor Tower atas lima aplikasi berbagi video teratas di seluruh toko aplikasi di AS pada Januari 2020 menyebutkan bahwa TikTok menguasai sekitar 76 persen pangsa pasar. Sementara empat aplikasi lainnya secara kolektif mendapat 24 persen pangsa pasar.

Terkini, perusahaan riset pasar aplikasi mobile itu menyatakan bahwa pada bulan Agustus, pangsa pasar dari empat kompetitor terbesar TikTok secara kolektif telah naik menjadi 44 persen.

Sementara pangsa pasar TikTok menurun 20 persen menjadi 56 persen. Perubahan pangsa pasar ini secara langsung merupakan dampak dari isu pelarangan TikTok di AS.

"Sejak Januari, Triller dan Likee secara konsisten berada di peringkat lima besar aplikasi berbagi video paling banyak diunduh di AS setiap bulan," ujar Stephanie Chan, Mobile Insights Strategist di Sensor Tower, dikutip dari laporan perusahaan, Minggu (6/9/2020).

Hal ini, menurut Stephanie, menjadi pertanda bahwa kedua aplikasi ini dapa menjadi calon pemimpin pangsa pasar di kompetisi yang merebutkan audiens TikTok.

"Namun, belum ada pemenang yang jelas di antara pesaing TikTok, dan TikTok masih memimpin dalam kategori ini," tutur Stephanie.

Terlepas dari ketidakpastian seputar masa depannya, kata Stephanie, pengguna aktif bulanan gabungan TikTok di App Store dan Google Play di AS telah tumbuh 51 persen dari Januari hingga Agustus dan telah meningkat sedikit sejak Juni meskipun ada ancaman larangan.

Orang Indonesia Kedua Paling Banyak Unduh TikTok per Juli 2020

Ilustrasi TikTok via Google Play Store
Ilustrasi TikTok via Google Play Store

TikTok menjadi aplikasi kategori selain gim paling banyak diunduh di seluruh dunia per Juli 2020.

Aplikasi di bawah naungan Bytedance itu, menurut laporan perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower, mengantongi lebih dari 65,2 juta unduhan, yang setara dengan 21,4 persen peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Negara-negara dengan pemasangan aplikasi TikTok terbanyak selama periode ini adalah pengguna berbasis di Amerika Serikat dengan 9,7 persen dan Indonesia dengan 8,5 persen," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Dalam laporan 10 besar aplikasi kategori non gim di seluruh dunia per Juli 2020 tersebut, Facebook menempati posisi kedua dengan lebih dari 53,6 juta unduhan.

"Negara-negara dengan jumlah pemasangan Facebook terbesar adalah India dengan 23,1 persen, diikuti oleh Indonesia dengan 9,1 persen," tutur Julia.

Di posisi ketiga, keempat dan kelima ada ZOOM, Instagram, dan WhatsApp sebagai aplikasi kategori non gim paling banyak dipasang di seluruh dunia pada bulan tersebut.

Adapun posisi keenam hingga kesepuluh diisi oleh Messenger, Google Meet, Snack Video, Likee, dan Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa

Posted: 05 Sep 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan aktor sekaligus penyanyi, Iqbaal Ramadhan. Iqbaal baru saja mengunggah foto bersama Zidny Lathifa di Instagram Stories dengan memberi emoticon love. Tak cuma Iqbaal, Zidny juga merepost postingan Iqbaal di Instagram Stories-nya.

Kekompakan mereka yang saling unggah foto kebersamaan di Instagram ini menjadi bukti keduanya hubungan berpacaran keduanya go public. Ya, Iqbaal dan Zidny kembali merajut kisah cinta setelah sebelumnya diketahui bahwa keduanya pernah berpacaran saat SMP.

Iqbaal dan Zidny merupakan murid dari SMP Global Islamic School, Jakarta Timur. Hubungan keduanya putus saat Iqbaal memilih melanjutkan studinya di Amerika. Namun seiring berjalannya waktu, kini keduanya kembali menjalin hubungan spesial lagi.

Penasaran kan dengan momen kebersamaan Iqbaal dan Zidny? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen kebersamaan Iqbaal Ramadhan dan Zidny Lathifa, Minggu (6/9/2020).

1. Iqbaal Ramadhan dan Zidny Lathifa baru saja kompak mengunggah potret kebersamaan mereka di Instagram.

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/iqbaal.e)
Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/iqbaal.e)

2. Sebelumnya, keduanya memang sering terlihat bersama seperti tampil serasi saat hadiri pernikahan teman.

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)
Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)

3. Meski tampak blur, namun terlihat jelas pria yang video call dengan Zidny adalah Iqbaal Ramadhan.

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidnythfa)
Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidnythfa)

4. Perempuan kelahiran 22 September 2000 ini selalu diajak Iqbaal saat hangout bersama teman-temannya.

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)
Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)

5. Iqbaal dan Zidny terlihat selalu lengket berdampingan saat keduanya hangout bersama.

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)
Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)

6. Jalinan asmara Iqbaal dan Zidny ini menyambung kisah cinta mereka sejak SMP yang putus saat Iqbaal studi di luar negeri.

Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)
Disebut CLBK, Ini 6 Momen Mesra Iqbaal Ramadhan dengan Zidny Lathifa (sumber: Instagram.com/zidny_idr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pelanggar PSBB Kabupaten Bogor Dihukum Bersihkan Makam

Posted: 05 Sep 2020 09:45 PM PDT

Pelanggar PSBB dihukum membersihkan makam di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pelanggar PSBB dihukum membersihkan makam di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB dihukum membersihkan makam di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB dihukum push up di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pelanggar PSBB dihukum push up di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB dihukum push up di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pelanggar PSBB terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menghukum pelanggar PSBB dengan denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial seperti membersihkan area makam, push up, dan mempraktikkan prosesi pemakaman. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas Satpol PP Kabupaten Bogor yang mengenakan pakaian hazmat menggotong warga pelanggar PSBB di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda Rp 100 ribu serta sanksi sosial bagi pelanggar PSBB. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB mempraktikkan prosesi pemakaman saat terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda serta sosial untuk memberi efek jera bagi warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pelanggar PSBB mempraktikkan prosesi pemakaman saat terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda serta sosial untuk memberi efek jera bagi warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB mempraktikkan prosesi pemakaman saat terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda serta sosial untuk memberi efek jera bagi warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB mempraktikkan prosesi pemakaman saat terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda serta sosial untuk memberi efek jera bagi warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pelanggar PSBB mempraktikkan prosesi pemakaman saat terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda serta sosial untuk memberi efek jera bagi warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelanggar PSBB mempraktikkan prosesi pemakaman saat terjaring razia di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Minggu (6/9/2020). Pemkab Bogor menerapkan sanksi denda serta sosial untuk memberi efek jera bagi warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia Sudah 4 Bulan Konsumsi Sabu, Ini Penyebabnya

Posted: 05 Sep 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - a Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap penyanyi Reza Artamevia atas tuduhan kepemilikan sabu.

Dari hasil pemeriksaan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan, bahwa Reza Artamevia telah mengonsumsi sabu selama empat bulan terakhir.

"Hasil pemeriksaan memang RA mengakui bahwa dia menggunakan sabu ini sekitar empat bulan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Minggu (6/9/2020).

Yusri menerangkan, Reza Artamevia kehilangan pekerjaan selama pandemi virus corona Covid-19. Sehingga, di tengah kondisi itu, Reza mengonsumsi sabu.

"RA memang sering di rumah saja semasa pandemi Covid-19 ini. Ini kami masih mendalami terus. Biasanya memang setiap orang yang ditangkap, beberapa publik figur kita amankan, pasti akan menyampaikan bahwa ini mengisi kekosongan waktu," ujar dia.

 

Sita Sabu 0,78 Gram

Sebelumnya, penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya meringkus Reza Artamevia di salah satu restoran, Jalan Raya Jatinegara, Kelurahan Balai Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 4 September sekira pukul 16.00 WIB.

Dalam penangkapan itu, turut disita satu paket sabu dari dalam tas milik Reza Artamevia.

"Kami temukan sabu sebesat 0,78 gram," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen UEFA Nations League: Timnas Italia Mengecewakan

Posted: 05 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - UEFA Nations League 2020/2021 menyelesaikan putaran pertama. Sesuai ekspektasi, mayoritas para raksasa sukses meraih kemenangan. 

Hanya ada tiga nama besar yang gagal berjaya di laga pembuka UEFA Nations League musim ini. Namun, Jerman dan Spanyol bisa dimengerti karena saling bertemu. Mereka bermain imbang 1-1. 

Hanya Italia yang tidak punya alasan. Gli Azzurri diimbangi Bosnia-Herzegovina 1-1. Hasil tersebut membuat mereka dalam posisi sulit pada persaingan Grup 1. 

Namun, Italia tidak punya banyak waktu untuk meratap. Mereka harus mencoba bangkit pada pekan kedua yang mulai bergulir Minggu (6/9/2020).

Berikut klasemen sementara UEFA Nations League:

Grup 1

Grup 2

Grup 3

Grup 4

Saksikan Video UEFA Nations League Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir 1000 Penerbangan di Kanada Bawa Penumpang Positif Covid-19

Posted: 05 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kesehatan Kanada (PHAC) mencatat ada hampir 1.000 penerbangan di Kanada membawa penumpang positif COVID-19. Lebih dari 370 penerbangan domestik dipastikan setidaknya ada satu penumpang yang berstatus positif COVID-19 dan hal yang sama ditemukan pada hampir 600 penerbangan internasional.

Secara total, antara 4 Februari hingga 24 Agustus 2020, ada 973 penerbangan di Kanada membawa penumpang yang terpapar virus Corona. Penerbangan terakhir yang diketahui membawa penumpang positif COVID-19, mendarat di Toronto pada Minggu, 30 Agustus 2020, serta membawa penumpang yang bepergian dari Edmonton.

Menteri Transportasi Kanada, Marc Garneau mengatakan kepada CTV News, pemerintah mengambil langkah yang sangat serius dan berlapis untuk meminimalkan risiko kasus penumpang yang membawa COVID-19 ke Kanada. "Langkah-langkah itu termasuk ketika seseorang datang dari luar negeri, (seperti) pertanyaan saringan, pengukuran suhu, hingga fakta bahwa mereka harus memakai masker," ujar Marc.

Ia menambahkan, semua itu adalah tindakan yang dirancang untuk meminimalkan kemungkinan adanya penerbangan yang membawa penumpang terinfeksi dan kemudian menularkannya saat mereka berada di pesawat. Namun, tindakan seperti pemberlakuan masa karantina selama 14 hari terbukti sulit diperhitungkan oleh industri maskapai penerbangan karena menggerus keuntungan perusahaan. Akibatnya, mereka kembali mencari solusi kreatif.

Salah satunya adalah proyek percobaan yang dilakukan oleh McMaster HealthLabs, Air Canada, dan Otoritas Bandara Greater Toronto. Dengan menggunakan pengujian sukarela, proyek ini bermaksud untuk mengetahui berapa banyak wisatawan internasional yang tiba di Kanada dan dinyatakan positif COVID-19 selama periode karantina 14 hari.

Dr. Jim Chung, Kepala Petugas Medis Air Canada mengatakan mereka berharap dapat mengumpulkan cukup data dan bukti untuk diberikan kepada pemerintah. Tujuannya agar mereka dapat mendapatkan alternatif yang aman dan berlandaskan bukti untuk menjalankan program karantina 14 hari tersebut.

Aturan yang Membingungkan

Ilustrasi penumpang pesawat (Dok.Unsplash)
Ilustrasi penumpang pesawat (Dok.Unsplash)

Terlepas dari tindakan pencegahan dan masa karantina wajib 14 hari, tidak semua orang mengikuti aturan karantina dan beberapa terjerat kasus hukum. Mulai 1 September 2020, Polisi Kerajaan Kanada (RCMP) telah mengeluarkan 20 denda dengan jumlah total lebih dari 18.000 dolar Kanada kepada beberapa orang di bawah Undang-Undang Karantina.

"Ada pula yang masuk ke Kanada dan tidak mengkarantina diri selama 14 hari sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh petugas saat masuk ke Kanada," kata Kopral Caroline Duval, juru bicara RCMP.

Berbeda dengan mereka yang melanggar aturan, para pengikut aturan karantina ternyata merasa terjebak akan sistem karantina yang dibuat pemerintahan Kanada. Richard Kramer, salah satu pendatang yang sedang menjalani masa karantina 14 hari kemudian mendengar teleponnya berdering.

Ia mengabaikan panggilan tersebut karena tidak mengenali nomornya. Tetapi, saat mendengar pesan suara, ternyata panggilan itu datang dari pihak pemerintah yang ingin memastikan bahwa Richard mengikuti aturan karantina.

Pesan suara mengatakan mereka akan menelepon kembali dalam 24 jam, tetapi ketika panggilan kedua itu datang, sebuah pesan otomatis mengklaim telah mencoba menghubunginya beberapa kali dan menuduhnya melanggar aturan. Padahal, ia mengatakan hanya menerima satu panggilan dan saat itu ia sedang mengamati petunjuk karantina yang tersedia.

"Saya tidak terlalu senang dengan ini," kata Kramer. Ia mengkhawatirkan orang lain yang mengalami hal serupa tapi tidak bisa menyelesaikannya dengan pihak berwenang.

"Saya prihatin bahwa mungkin kebanyakan orang tidak akan segigih itu (untuk mengadu), hanya karena mereka tidak tahu cara mengakses berbagai sistem web untuk mendapatkan sambungan langsung dengan perwakilan di pemerintahan federal. Kebanyakan orang akan membiarkannya," kata Kramer.

Jika dibiarkan, tuduhan yang keliru tersebut dapat membuat mereka yang sedang menjalani karantina terjerat masalah hukum. Richard mengaku tak ada polisi yang mendatanginya, itu pun karena usaha dan kegigihannya melawan tuduhan tersebut dan menghubungi pihak pemerintah. (Brigitta Valencia Bellion)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Britney Spears Ajukan Gugatan untuk Ayahnya

Posted: 05 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Britney Spears menyambut pengawasan publik dari konservator pengadilan yang telah mengendalikan hidup dan uangnya selama 12 tahun ketika ia berusaha mengeluarkan kuasa ayahnya atas dirinya dan keuangannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes Urine Reza Artamevia Diumumkan, Positif Gunakan Narkoba Jenis Sabu

Posted: 05 Sep 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak kepolisian telah menggelar jumpa pers terkait penangkapan penyanyi Reza Artamevia. Seperti diketahui, Reza Artamevia diamankan pada Jumat (4/9/2020).

Dari tangan Reza Artamevia, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 0,78 gram di tasnya, serta alat hisap dan korek di kediamannya.

Pihak kepolisian kemudian melakukan tes urine terhadap Reza Artamevia. Hasil dari tes tersebut menunjukkan bahwa Reza Artamevia positif amfetamin.

"Kita amankan bersama saksi dua orang, sudah kita lakukan tes urine ketiganya. Yang dua negatif, ybs inisial RA ini positif amfetamin, atau masuk dalam kategori narkotika jenis sabu-sabu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, pada Minggu (6/9/2020).

 

Sejak Pandemi Covid-19

Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)
Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)

Dari hasil pemeriksaan pula, Reza Artamevia mengaku kembali mengonsumsi narkoba beberapa bulan terakhir. Yaitu ketika masa pandemi Corona Covid-19.

"Yang bersangkutan RA ini memang mengakui bahwa dia menggunakan sabu ini sekitar empat bulan semasa Covid-19 ini yang memang sering di rumah saja. Ini pengakuannya," katanya lagi.

 

Terpengaruh

Reza Artamevia. (Foto: Rio Motret dari Instagram @rezaartameviaofficial)
Reza Artamevia. (Foto: Rio Motret dari Instagram @rezaartameviaofficial)

Kendati demikian, pihak kepolisian saat ini masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus narkoba Reza Artamevia.

"Kami masih mendalami terus. Biasanya memang setiap publik figur yang kita amankan memang menyatakan mengisi waktu karena memang di rumah saja, sehingga terpengaruh lagi menggunakan barang haram ini," sambungnya Yusri lagi.

 

Mohon Maaf

Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)
Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)

Sementara itu, Reza Artamevia sendiri telah menyampaikan permohonan maafnya atas kesalahan yang telah diperbuatnya. Khususnya kepada semua anak-anak dan orangtuanya.

"Izinkan saya, Reza Artamevia, pada kesempatan ini menyampaikan permohonan maafnya sebesar-besarnya kepada anak-anak saya Zahwa dan Aaliyah, kepada orang tua saya, kepada adik-adik saya, keluarga besar saya, sahabat dan kerabat, serta seluruh pendukung saya yang membantu perjalanan karier menyanyi saya," kata Reza Artamevia.

 

Tidak Dicontoh

Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)
Reza Artamevia. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial)

Reza Artamevia mengimbau kepada siapapun agar tidak mencontoh perbuatannya. Kesalahan ini tentu menjadi pelajaran besar bagi semuanya, khususnya untuk Reza Artamevia sendiri.

"Saya mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang telah saya buat, semoga tidak dicontoh oleh siapapun juga dan menjadi pelajaran berharga untuk saya khususnya," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Resep Olahan Roti Gandum untuk Diet, Mudah dan Praktis

Posted: 05 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang menjalankan diet penurunan berat badan, asupan kalori harian perlu dijaga dan diatur sedemikian rupa. Jenis makanan yang dikonsumsi umumnya jenis makanan sehat yang rendah kalori dan lemak. Namun bukan berarti jenis makanan yang dikonsumsi tersebut hambar tanpa rasa dan tidak terdapat berbagai tambahan bahan variasi lain.

Sebab, penting untuk tetap menjaga kenikmatan ketika mengonsumsi sebuah makanan, meski itu makanan diet sekalipun. Salah satu makanan yang mungkin terkenal dan memang memiliki rasa nikmat adalah roti gandum. Roti ini sering dijadikan pilihan makanan untuk diet rendah kalori, sebab kandungan kalori dan gula serta zat lainnya yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan sangat rendah.

Tapi, mungkin rasa bosan kerap muncul karena mengonsumsi resep olahan roti gandum untuk diet yang itu-itu saja. Salah satu resep olahan roti gandum untuk diet yang paling umum yaitu dengan memberi olesan selai kacang. Sayangnya resep olahan roti gandum untuk diet tersebut bisa membuat bosan. Sedangkan masih ada berbagai resep olahan roti gandum untuk diet yang bisa dicoba.

Jangan khawatir, meski resep olahan roti gandum untuk diet ini nikmat dan menggunakan banyak bahan, bukan berarti kalori yang dihasilkan terlampau besar. Sebab bahan yang digunakan dalam resep olahan roti gandum untuk diet tersebut adalah bahan alami yang rendah kalori. Akan tetapi memiliki kandungan vitamin dan mineral baik bagi tubuh serta memberi manfaat kesehatan lainnya.

Nah, agar tidak semakin penasaran apa saja resep-resep yang bisa dibuat dari roti gandum tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai resep olahan roti gandum untuk diet dari berbagai sumber, Minggu (6/9/2020).

1. Roti gandum isi selai kacang dengan pisang

Ilustrasi selai kacang (dok. Pixabay.com/Shutterbug75/Putu Elmira)
Ilustrasi selai kacang (dok. Pixabay.com/Shutterbug75/Putu Elmira)

Bahan-bahan:

- 2 lembar roti gandum

- 1 sdm selai kacang rendah gula

- 1 buah pisang potong sesuai selera

- 2 buah stroberi potong empat bagian

 

Cara membuat:

a. Panggang roti gandum hingga cokelat keemasan atau sesuai dengan selera.

b. Oles selai kacang pada salah satu sisi roti.

c. Ratakan potongan pisang dan stroberi.

d. Sajikan roti selagi hangat.

2. Roti gandum keju telur

Mentang-mentang weekend jam segini kamu belum tidur. Sarapan dulu pakai roti keju telur 1/2 matang. Dijamin nyam-nyam!
Mentang-mentang weekend jam segini kamu belum tidur. Sarapan dulu pakai roti keju telur 1/2 matang. Dijamin nyam-nyam!

Bahan-bahan:

- 2 lembar roti gandum

- 2 butir telur

- 1/2 inci keju cheddar

- 1 siung bawang merah

- 1 buah paprika hijau

- Minyak zaitun

 

Cara membuat:

a.  Panaskan 1 sdm minyak zaitun dengan api kecil.

b. Kocok lepas telur dan dadar.

c. Tambahkan bawang merah dan paprika hijau. Setelah matang, sisihkan dahulu.

d. Panggang roti gandum hingga matang sesuai selera.

e. Letakkan telur yang sudah didadar tadi di atas roti.

f. Tambahkan keju parut sedikit.

g. Sajikan roti selagi hangat.

3. Roti gandum dengan terong mozzarella

(sumber: pixabay)
(sumber: pixabay)

Bahan-bahan:

- 2 lembar roti gandum

- 1 buah terong ukuran sedang

- 6 lembar daun bayam

- 1 buah tomat

- Keju mozzarella secukupnya

- Minyak zaitu secukupnya

 

Cara membuat:

a. Iris terong dan olesi dengan minyak zaitu. Kemudian panggang selama 5 menit.

b. Selanjutnya panggang roti gandum hingga warna cokelat atau sesuai selera.

c. Tambahkan bayam, irisan tomat dan keju mozzarella.

d. Sajikan roti gandum tersebut selagi hangat.

4. Roti gandum isi buncis

ilustrasi buncis/copyright unsplash/Neha Deshmukh
ilustrasi buncis/copyright unsplash/Neha Deshmukh

Bahan-bahan:

- 2 lembar roti gandum

- 1/2 gelas buncis

- 1 sendok makan seledri

- 1 buah paprika merah

- 1 siung bawang merah

- Mayones

- Bayam sesuai selera

 

Cara membuat:

a. Lumuri buncis buncis yang telah dipotong dengan merica, garam, lada dan mayones, kemudian panggang hingga matang.

b. Panggang roti gandum dan beri tambahan paprika, seledri, irisan bawang merah, dan bayam.

c. Setelah roti matang, tambahkan buncis hingga merata.

d. Sajikan selagi hangat.

5. Roti gandum isi keju jamur

ilustrasi keju penyebab bau mulut/pexels
ilustrasi keju penyebab bau mulut/pexels

Bahan-bahan:

- 2 lembar roti gandum

- 1/2 inci keju cheddar

- 1/4 gelas jamur

- Bubuk bawang putih

- Lada

- Merica

 

Cara membuat:

a. Panggang jamur dan beri bumbu bubuk bawang putih, lada, merica sesuai selera.

b. Tata jamur yang telah matang ke atas roti gandum, lalu tambahkan taburan keju cheddar.

c. Kemudian panggang sandwich dengan api sedang hingga matang.

d. Sajikan selagi hangat.

6. Roti gandum sushi roll

Ilustrasi Roti (Photo by Mae Mu on Unsplash)
Ilustrasi Roti (Photo by Mae Mu on Unsplash)

Bahan-bahan:

- 3 lembar roti gandum, pipihkan

- 1 butir telur ayam

- 1 buah tomat, iris korek api

- 6 lembar sushi nori

- 3 sdm tuna kaleng

- 1/2 sdt saus tiram

- 1/2 sdm minyak wijen

- 1 sdm minyak untuk menumis

 

Cara membuat:

a. Kocok lepas telur dan tambahkan minyak wijen, dadar, kemudian iris tipis.

b. Tumis tuna dengan sedikit minyak, tambahkan saus tiram. Lalu tumis kembali hingga tuna sedikit kering.

c. Ambil 1 lembar roti yang telah dipipihkan.

d. Letakkan 2 lembar nori untuk melapisi roti.

e. Lalu tambahkan telur, tuna, dan tomat.

f. Gulung roti menyreupai sushi, kemudian potong dan makan langsung atau bisa dibakar terlebih dahulu.

Nah, itu tadi resep olahan roti gandum yang cocok untuk diet. Meski rendah kalori, olahan roti gandum ini tetap lezat dan menggugah selera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Stabil di Posisi Rp 1.020.000 per Gram

Posted: 05 Sep 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga emas Antam atau PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) tak bergerak dari posisi sebelumnya. Harga emas Antam hari ini stabil di Rp 1.020.000 per gram.

Demikian pula, harga buyback emas Antam, tetap di posisi Rp 920.000 per gram. Harga buyback merupakan patokan bila Anda menjual maka Antam akan membelinya di harga Rp 920 ribu per gram.

Sementara harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 10.350.000, sementara untuk ukuran 20 gram dijual Rp 20.150.000.

Ini merupakan harga emas Antam yang dijual di Pulogadung, Jakarta. Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.26 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam belum termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Anda bisa memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut daftar harga emas Antam:

* Pecahan 0,5 gram Rp 540.000

* Pecahan 1 gram Rp 1.020.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.980.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.945.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.880.000

* Pecahan 10 gram Rp 9.695.000

* Pecahan 25 gram Rp 24.112.000

* Pecahan 50 gram Rp 48.145.000

* Pecahan 100 gram Rp 96.212.000

* Pecahan 250 gram Rp 240.265.000

* Pecahan 500 gram Rp 480.320.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 960.600.000.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia Ditangkap, Polisi Sita Sabu 0,78 Gram hingga Bong

Posted: 05 Sep 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya menangkap penynayi Reza Artamevia terkait penyalahgunaan narkoba. Dalam penangkapan itu, polisi turut menyita barang bukti berupa narkoba jenis sabu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan, satu paket sabu itu ditemukan dari dalam tas Reza Artamevia saat ditangkap di sebuah restoran, Jalan Raya Jatinegara, Kelurahan Balai Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 4 September sekira pukul 16.00 WIB.

"Barang bukti yang berhasil kami amankan adalah satu klip sabu-sabu sebesar 0,78 gram," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Minggu (6/9/2020).

Polisi kemudian melakukan pengembangan dengan menggeledah kediaman Reza Artamevia. Polisi menemukan sejumlah barang bukti yang digunakan penyanyi kawakan itu mengonsumsi sabu.

"kita lakukan penggeledahan di kediaman daerah Cirendeu, Tangerang Selatan. Yang kita temukan di dalam rumahnya adalah bong (alat isap sabu), korek api, ini keterkaitan semuanya," ucap dia.

Saat ini, Reza Artamevia masih diperiksa intensif di Polda Metro Jaya terkait kasus penyalahgunaan narkoba. 

Jerat Pasal untuk Reza Artamevia

Reza Artamevia disangkakan dengan Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling singkat 4 tahun dan paling lama adalah 12 tahun penjara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LA 32 Riders Jadi Wadah Silaturahmi Alumni STP-IISIP Jakarta yang Hobi Main Motor

Posted: 05 Sep 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor menjadi media yang kembali mempertemukan kawan lama satu kampus. Ya, meski telah meninggalkan bangku kuliah sejak lama, silaturahmi harus tetap terjaga. 

Karena kebetulan sama-sama hobi bermotor, maka dibentuklah komunitas LA 32 RIDERS, sebuah media guyup pengguna sepeda motor para alumni STP-IISIP Jakarta. Komunitas ini lahir dari bermacam perbedaan latar belakang yang menjunjungi tinggi nilai persaudaraan.

Sebagai kegiatan pertama dan mengambil tema #salamsatuaspalsatukampus, LA 32 RIDERS langsung menggelar riding perdananya ke Cibodas, Jawa Barat, belum lama berselang.

Riding santai ini sekaligus dalam rangka survey lokasi untuk Jambore STP-IISIP Jakarta yang akan dihelat pada April 2021.

"LA 32 RIDERS menjadi sebuah wadah silaturahmi, komunikasi dan nostalgia bagi para alumni STP-IISIP Jakarta yang menjalankan akivitasnya menggunakan sepeda motor," ujar Yusuf Arief, angkatan 1993 yang menjadi Inisiator LA 32 RIDERS.

 

Terbuka untuk Alumni STP-IISIP Jakarta

Komunitas ini terbuka untuk semua Alumni STP-IISIP Jakarta dan terbuka untuk semua merek dan tipe sepeda motor baik lansiran tahun tua atau tahun terbaru, yang penting memenuhi standar safety.

Yang menarik dalam komunitas ini adalah semua alumni yang telah bergabung sudah seperti keluarga sendiri, mulai dari angkatan 1980 sampai angkatan 2013.

Tidak ada perbedaan usia dan latar belakang, semua menjadi satu dengan semangat persaudaraan.

"Yang muda menghormati yang tua dan yang tua mengayomi yang muda, semua bisa berbagi pengalaman mulai dari nostalgia zaman kuliah hingga perjalanan hidup sehari-sehari," papar Joko Dolok angkatan 1987, Ketua Jambore STP-IISIP Jakarta.

Lahirnya LA 32 RIDERS mendapat sambutan baik dari para Alumni. "Ini adalah suatu hal yang positif, sepeda motor bisa kita gunakan sebagai media silahturahmi lintas angkatan." ungkap Onggal Siagian, Angkatan 1985.

 

Cara Bergabung

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Gibran dari angkatan 2013. Meski paling muda ia pun tidak merasa minder saat bergabung di LA 32 RIDERS.

"Saya senang bisa kenal langsung dengan senior-senior di sini, sudah seperti orangtua sendiri," ucap Gibran yang menunggangi Honda Vario lansiran 2018.

Kini telah terbentuk WA Group LA 32 RIDERS, untuk bisa bergabung dalam group WA tersebut syaratnya sangat mudah, yaitu harus ketemu atau bertatap muka lebih dahulu supaya lebih kenal dan akrab.

Sumber: Otosia.com

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Portugal vs Kroasia, Momen Canggung Ronaldo Saat Ditegur Petugas Karena Tidak Pakai Masker

Posted: 05 Sep 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Porto- Cristiano Ronaldo tidak bermain saat Portugal menghadapi Kroasia pada laga pertama grup 3 UEFA Nations League di stadion Do Dragao, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB. Namun ada momen dimana Ronaldo seperti terkejut ditegur petugas stadion.

Ya, Ronaldo bukan tanpa masalah saat ditegur petugas stadion. Dia menonton pertandingan di tribun penonton tanpa masker.

Seorang petugas wanita di stadion Do Dragao pun langsung menghampiri Ronaldo. Dia dengan sopan meminta Ronaldo untuk memasang maskernya.

Tampak Ronaldo cukup kaget ditegur sang petugas. Namun dia menuruti permintaan sang petugas karena tersedia masker di kursi tribun.

 

Belum Fit

Megabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Luksemburg dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estadio Jose Alvalade, Jumat (11/10/2019). Ronaldo menyumbang gol saat Timnas Portugal menang 3-0 atas Luksembur. (AP/Armando Franca)
Megabintang timnas Portugal, Cristiano Ronaldo berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Luksemburg dalam laga lanjutan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estadio Jose Alvalade, Jumat (11/10/2019). Ronaldo menyumbang gol saat Timnas Portugal menang 3-0 atas Luksembur. (AP/Armando Franca)

 

Ronaldo tidak main saat Portugal menang 4-1 atas Kroasia di UEFA Nations League. Kabarnya Ronaldo terkena virus di jarinya karena sengatan lebar.

Portugal menang berkat empat gol dari Joao Cancelo, Diogo Jota, Joao Felix dan Andre Silva. Ini artinya Portugal sudah menang di 9 dari 10 laga terakhir.

Pelatih Portugal, Fernando Santos pun belum yakin Ronaldo sudah fit saat jumpa Swedia di laga berikutnya.

"Saya tidak mengistirahatkan dia. Kalau dia fit, dia pasti main di laga tadi," ujar Santos seperti dikutip RTP

 

Menunggu Kondisi

 

Santos mengaku akan menunggu kondisi Ronaldo sampai jelang pertandingan melawan Swedia nanti.

"Hari ini dia berlatih, merasa lebih baik dan sekarang, dia akan ikut ke Swedia. Setelah itu kita lihat. Tak ada cedera, tapi dia harus pulih dari infeksi itu," ujarnya.

Saksikan video Ronaldo berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Musim Tanam, Stok Pupuk Bersubsidi dan Nonsubsidi Dijamin Aman

Posted: 05 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang musim tanam Oktober 2020, Pupuk Kaltim (PKT) menjamin stok pupuk bersubsidi maupun non subsidi untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam kondisi aman. 

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, Pupuk Kaltim memiliki pasokan yang cukup untuk menghadapi musim tanam Oktober 2020, bahkan bisa memenuhi tambahan alokasi pupuk bersubsidi sesuai pengajuan Pemerintah Daerah.

Alokasi kini tengah dalam proses peninjauan untuk mendapatkan persetujuan Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait.

"Pupuk Kaltim pastikan stok untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam kondisi aman, baik untuk pupuk bersubsidi maupun non subsidi. Sebab kebutuhan petani di seluruh wilayah distribusi Pupuk Kaltim merupakan prioritas untuk mendukung ketahanan pangan nasional," ujar Rahmad dalam keterangannya, Minggu (6/9/2020).

Dia juga mengimbau distributor Pupuk Kaltim di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk turut mengawal penerapan kartu tani sebagai akses mendapatkan pupuk bersubsidi. Ini agar kebutuhan petani jelang musim tanam bisa terpenuhi dengan baik. 

Meski ketetapan kartu tani diberlakukan secara bertahap, namun untuk kawasan pulau Jawa ditarget rampung 100 persen pada September 2020 sesuai aturan Kementerian Pertanian. 

"Sejatinya pupuk bersubsidi tidak kurang, hanya saja untuk mengakses dibutuhkan kartu tani agar penyaluran sesuai alokasi Pemerintah bisa tepat sasaran. Mari kita kawal penerapan kartu tani ini dan jika masih ada yang bermasalah, segera dilaporkan untuk ditindaklanjuti," tambahnya.

Rahmad juga menepis isu yang mewajibkan petani membeli produk non subsidi jika ingin mengakses pupuk bersubsidi.

Pupuk bersubsidi teralokasi sesuai Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) yang diatur Pemerintah, sehingga untuk tambahan kebutuhan petani berdasarkan luasan lahan, bisa dipenuhi dengan produk non subsidi.

Hal ini pula yang ditindaklanjuti Pupuk Kaltim dengan menyediakan pupuk non subsidi di seluruh wilayah distribusi Perusahaan, yang disiapkan untuk mendukung produktivitas pertanian melalui pemenuhan nutrisi tanaman yang tidak terakomodasi pada pupuk bersubsidi. 

"Contohnya jika alokasi RDKK hanya 10 Kg, sementara kebutuhan di atas itu, maka bisa dipenuhi dengan non subsidi. Sebab pupuk bersubsidi hanya bisa diakses sesuai alokasi yang didapatkan petani, namun non subsidi bebas berdasarkan kebutuhan," tutur dia.

 

Beda Karakteristik

Pupuk Kaltim (PKT) menjamin stok pupuk bersubsidi maupun non subsidi untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam kondisi aman. Dok PKT
Pupuk Kaltim (PKT) menjamin stok pupuk bersubsidi maupun non subsidi untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam kondisi aman. Dok PKT

Menurut Rahmad, karakteristik maupun komposisi pupuk bersubsidi dan non subsidi berbeda, sehingga untuk mendorong produktivitas pertanian secara optimal, kebutuhan nutrisi tanaman tak bisa hanya mengandalkan pupuk bersubsidi. 

Hal ini telah dibuktikan melalui Demonstration Plot (Demplot) Pupuk Kaltim di berbagai daerah, yang berhasil meningkatkan produktivitas pertanian melalui penggunaan pupuk non subsidi secara berimbang, dengan kenaikan kapasitas produksi mencapai 30 persen dari biasanya. 

"Kita tidak sedang memaksa petani membeli non subsidi, tapi memberi solusi agar produktivitas pertanian lebih optimal, sehingga ketahanan pangan terjaga dan kesejahteraan petani meningkat," tutur Rahmad.

Dia juga memastikan jika produk subsidi maupun non subsidi Pupuk Kaltim dipasok dari lini 1 hingga distributor dan kios, sehingga jelang musim tanam periode Oktober 2020 hingga Maret 2021 diharapkan tidak ada lagi isu kelangkaan pupuk, karena seluruh kebutuhan petani tersedia dengan jumlah mencukupi di atas alokasi yang ditetapkan Pemerintah.

"Pupuk Kaltim memastikan ketersediaan pupuk mencukupi untuk petani, baik pupuk bersubsidi maupun non subsidi tersedia di seluruh kios," pungkas dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riset: Anak-Anak Bisa Membawa Virus Corona Lebih Lama dari Perkiraan Awal 18 Hari

Posted: 05 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Anak-anak mungkin membawa virus corona lebih lama dari orang dewasa dan lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, sebuah studi baru di Amerika Serikat telah menemukan.

Para peneliti di Rumah Sakit Nasional Anak di Washington menganalisis catatan medis lebih dari 60 anak yang telah diuji beberapa kali untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut, dan menemukan waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk tes negatif adalah 25 hari, demikian seperti dikutip dari South China Morning Post, Minggu (6/9/2020).

Itu lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Sebuah studi oleh Pusat Penelitian Klinis Nasional untuk Penyakit Menular di Shenzhen, China, misalnya, menemukan sebagian besar anak bersih dari virus corona setelah 18 hari.

"Kesimpulannya di sini adalah kita tidak bisa lengah," kata Burak Bahar, penulis utama studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis 4 September 2020.

Di antara orang dewasa, waktu median dari hasil tes positif hingga tes negatif adalah sekitar 20 hari, menurut penelitian dari seluruh dunia.

Meskipun jarang orang menularkan virus dengan melepaskan partikel selama lebih dari sebulan, ada kasus ekstrem yang terjadi, seperti pasien asimtomatik di barat daya China yang hanya dites negatif setelah 45 hari.

Tim Bahar menemukan salah satu anak di rumah sakit Washington dinyatakan positif 62 hari setelah infeksi pertama kali dikonfirmasi. Mereka mencatat "jarang" untuk melakukan pengujian serial pada anak-anak --di mana ini hanya terjadi pada sekitar satu dari 10 kasus di AS, menurut catatan medis yang diperiksa untuk penelitian tersebut.

Mereka juga mengatakan tes positif tidak selalu berarti bahwa seorang anak yang sembuh dari virus corona masih menularkannya, karena hasilnya bisa disebabkan oleh fragmen gen. Mereka mengatakan penelitian lebih lanjut tentang apakah mungkin virus bereplikasi dari fragmen ini sedang dilakukan.

Pembentukan Antibodi yang Lebih Lambat dari Dewasa

Seorang pria dan seorang anak mengenakan masker untuk membantu mengekang penyebaran virus corona COVID-19 bersepeda di Beijing, China, Senin (24/8/2020). China telah delapan hari tanpa laporan kasus baru virus corona COVID-19. (AP Photo/Andy Wong)
Seorang pria dan seorang anak mengenakan masker untuk membantu mengekang penyebaran virus corona COVID-19 bersepeda di Beijing, China, Senin (24/8/2020). China telah delapan hari tanpa laporan kasus baru virus corona COVID-19. (AP Photo/Andy Wong)

Banyak yang masih belum diketahui tentang bagaimana virus corona memengaruhi anak-anak, atau mengapa mereka cenderung tidak terinfeksi dan mengembangkan gejala yang parah daripada orang dewasa.

Tim Shenzhen, misalnya, menemukan bahwa hampir setengah dari 35 anak dalam penelitian mereka tidak menunjukkan gejala sama sekali. Beberapa mengalami infeksi di kedua paru-parunya, tetapi selain demam dan batuk ringan, tidak ada yang dalam kondisi serius.

Satu teori tentang mengapa anak-anak tampaknya kurang rentan terhadap virus adalah bahwa mereka mungkin memiliki lebih sedikit ACE2 --protein yang diikat oleh virus corona untuk memasuki sel inang. Peneliti lain menyarankan bahwa tanggapan kekebalan anak-anak terhadap virus dapat berbeda dari orang dewasa. Tetapi belum ada bukti ilmiah untuk membuktikan salah satu dari perbedaan ini.

Tim Bahar juga melihat waktu terjadinya seropositif, atau adanya antibodi dalam darah. Waktu rata-rata untuk mengembangkan antibodi adalah 18 hari untuk anak-anak --lebih lambat dibandingkan orang dewasa, yang biasanya memiliki antibodi dalam 10 hingga 15 hari, menurut penelitian sebelumnya.

Para peneliti memperkirakan anak-anak membutuhkan waktu rata-rata 36 hari untuk membangun cukup antibodi untuk mengalahkan virus corona, tetapi sekitar setengah dari mereka dalam penelitian ini tidak mencapai tingkat itu antara tes pertama dan terakhir mereka.

"Pada kebanyakan virus, ketika Anda mulai mendeteksi antibodi, Anda tidak akan mendeteksi virus lagi. Tetapi dengan Covid-19, kami melihat keduanya," kata Bahar. Artinya, anak-anak masih berpotensi menularkan virus meski sudah terdeteksi antibodi, tambahnya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penyakit ini lebih mungkin menjadi lebih buruk pada anak-anak yang lebih tua. Ini tidak terlihat dalam penelitian Washington, yang malah menemukan bahwa pasien wanita berusia 6 hingga 15 tahun membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan virus (rata-rata 32 hari) dibandingkan dengan mereka yang berusia 16 hingga 22 (18 hari).

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pilu, Wanita Hamil Tewas Akibat Covid-19 Setelah Baby Shower

Posted: 05 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi mencegah terinfeksi virus Corona Covid-19, banyak individu memilih tetap di rumah untuk meminimalkan kontak dengan orang lain. Hal tersebut pun dilakukan seorang wanita di Anapolis, Brasil ini.

Melansir dari World of Buzz, Sabtu (5/9/2020), Camila Graciano, perempuan yang tengah hamil delapan bulan ini memilih tidak meninggalkan rumah jika tidak ada kepentingan. Itu dilakukannya untuk melindingi dirinya dan bayinya.

Artikel tentang wanita hamil meninggal akibat Covid-19 setelah baby shower menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang wanita yang sering disangka pacar anaknya karena awet muda.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang desain-desain keren karpet dengan ilusi optik.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kejutan Baby Shower Berujung Tragis, Wanita Hamil Meninggal Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi Ibu Hamil | unsplash.com/@naaatsnaps
Ilustrasi Ibu Hamil | unsplash.com/@naaatsnaps

Di luar kendalinya, rekan-rekan kerjanya tiba-tiba memberikan kejutan baby shower di rumahnya. Nahasnya, acara ini malah berujung tragis karena membuatnya terinfeksi Corona.

Daniel Helio Ambrosio, saudara Camila mengatakan bahwa seorang wanita yang menghadiri acara tersebut ternyata sudah terinfeksi Covid-19 dan saat itu tidak memiliki gejala.

Selengkapnya...

2. Awet Muda, Wanita 43 Tahun Ini Sering Dikira Pacar Putranya

(marcelaiglesiashollywood/instagram.com)
(marcelaiglesiashollywood/instagram.com)

Seorang wanita dari Los Angeles, Amerika Serikat baru-baru ini menghebohkan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial setelah mengunggah fotonya bersama putranya. Banyak orang mengira dirinya justru sedang berpose dengan kekasihnya.

Selengkapnya...

3. Bukan Rusak, Desain Permadani dengan Efek Distorsi Ini Menipu Mata

Faig Ahmed ciptakan karpet dengan bentuk unik. Sumber: Faig Ahmed
Faig Ahmed ciptakan karpet dengan bentuk unik. Sumber: Faig Ahmed

Faig Ahmed, seniman asal Azerbaijan menciptakan desain karpet dengan bentuk yang unik. Ia berhasil mengubah sebagian pola yang ada dalam permadani atau karpet konvensional ke dalam bentuk distorsi. Ia mencoba menyusun pola secara acak sekaligus mengadopsi pola geometri kontemporer.

Hasilnya, dengan mengubah struktur dan membangun komposisi baru, permadani atau karpet tersebut dapat mengelabui mata. Berbagai ragam tampilan karpet tersebut membentuk distorsi, sepeti efek piksel, susunan garis tak beraturan, bentuk 3D, hingga efek mencair.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Ragam Hukuman bagi Warga Tak Pakai Masker di Sidoarjo

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Salah satu dengan menerapkan hukuman sosial sehingga memberi efek jera bagi pelanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

Hal yang terbaru di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pelanggar protokol kesehatan mendapatkan hukuman dengan doa bersama di makam khusus pasien COVID-19 di Pemakaman Delta Praloyo.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji menuturkan, pihaknya berinisiatif meminta para pelanggar protokol kesehatan untuk berdoa bersama di makam khusus pasien COVID-19 di Sidoarjo, Jawa Timur. Para pelanggar protokol kesehatan itu, rata-rata tidak memakai masker saat keluar rumah.

Sebelum meminta pelanggar protokol kesehatan berdoa bersama di makam khusus pasien COVID-19, masih di Sidoarjo, pelanggar protokol kesehatan diminta untuk membersihkan makam.

Selain itu, hukuman sosial yang diberikan juga membersihkan fasilitas umum lainnya antara lain sekolah, musala, masjid dan jalan raya. Akan tetapi, hal itu tidak membuat warga jera.

Berikut sejumlah hal terkait sanksi sosial bagi warga yang melanggar protokol kesehatan di Sidoarjo, Jawa Timur dirangkum Minggu, (6/9/2020):

54 Orang Pelanggar Protokol Kesehatan Kena Hukuman Doa Bersama

Pelanggar PSBB dikenai sanksi menyapu di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pelanggar PSBB dikenai sanksi menyapu di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ada 54 orang pelanggar protokol kesehatan yang mendapatkan hukuman dengan doa bersama di makam khusus pasien COVID-19 di Pemakaman Delta Praloyo.Pelanggar protokol kesehatan itu terjaring razia malam dan mengabaikan protokol kesehatan. Razia itu digelar oleh petugas gabungan polisi, TNI, dan Satpol PP di warung kopi dan kafe.

"Rupanya hukuman sosial dengan membersihkan fasilitas umum yang selama ini diterapkan masih belum mendapatkan efek jera dari pelanggar protokol kesehatan ini, sehingga kami berinisiatif menyuruh para pelanggar itu untuk berdoa bersama di makam khusus korban COVID-19 di Sidoarjo ini," tutur Sumardji, seperti dikutip dari Antara, ditulis Minggu, (6/9/2020).

26 Orang Pelanggar Protokol Kesehatan Bersihkan Makam

Pelanggar PSBB dikenai sanksi menyapu di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pelanggar PSBB dikenai sanksi menyapu di kawasan Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (6/8/2020). Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Tim gabungan menerapkan hukuman sosial kepada 26 orang pelanggar protokol kesehatan mendapatkan hukuman sosial berupa membersihkan makam di Desa Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, 31 Agustus 2020.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo AKP Toni menuturkan, hukuman sosial yang diberikan itu sebagai upaya untuk memutus penyebaran rantai virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19.

"Hukuman sosial yang diberikan itu berupa kegiatan membersihkan makam di Desa Waru, Sidoarjo," ujar dia di sela kegiatan operasi gabungan protokol kesehatan COVID-19 di Sidoarjo, seperti dikutip dari Antara, Senin, 31 Agustus 2020.

Kena Hukuman Sosial karena Warga Sebagian Tak Makai Masker

Seorang anak kenakan masker dengan latar belakang mural Indonesia Bisa Stop Corona di Lapangan Bulutangkis, Kampung Kali Pasir, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Pesan mural mengajak warga untuk memutus rantai penyebaran Corona Covid-19 dengan diam di rumah. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Seorang anak kenakan masker dengan latar belakang mural Indonesia Bisa Stop Corona di Lapangan Bulutangkis, Kampung Kali Pasir, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Pesan mural mengajak warga untuk memutus rantai penyebaran Corona Covid-19 dengan diam di rumah. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji menuturkan, para pelanggar itu rata-rata tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

"Selama ini warga di Sidoarjo masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan. Kedisiplinan warga masih kurang terutama yang tidak menggunakan masker dan melanggar jam malam," ujar dia.

Demikian juga disampaikan Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Sidoarjo AKP Toni. sebanyak 26 orang pelanggar protokol kesehatan yang mendapatkan hukuman membersihkan makam itu di rata-rata tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

"Ada juga yang membawa masker, tetapi tidak digunakan sebagaimana mestinya. Hanya ditempatkan di kantong," ujar dia.

Upaya Buat Jera

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Sumardji menambahkan, sebenarnya pihaknya sering razia seperti ini, dan mereka yang terjaring diberikan sanksi sosial. Namun, warga di Sidoarjo masih banyak yang membandel dan mengabaikan protokol kesehatan.

"Ini salah satu upaya untuk membuat mereka jera. Selain itu, ini bentuk untuk penyampaian moral ke warga Sidoarjo tentang bahayanya COVID-19 itu nyata," ujar dia. 

Warga Sidoarjo Mengaku Kapok

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

David, warga Sidoarjo yang terjaring razia mengaku sangat kapok tidak akan mengulangi lagi dan berjanji akan menggunakan masker setiap keluar rumah.

"Saya merasa takut mas malam-malam ngaji bareng baca tahlil di tengah pusara pasien COVID-19," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fokus Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Apa Saja?

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Koordinator Relawan Satuan Tugas COVID-19, Andre Rahardian menerangkan tiga konsentrasi relawan dalam upaya pencegahan COVID-19.

"Banyak sebenarnya yang bisa dilakukan oleh relawan satgas penanganan COVID-19 ini. Berkonsentrasi untuk tiga hal, pertama kita memberikan bantuan untuk tenaga kesehatan," ujar Andre dalam konferensi pers BNPB, Sabtu (5/9/2020).

Konsentrasi kedua adalah melakukan perekrutan dan penempatan relawan baik medis maupun non-medis. Serta konsentrasi ketiga adalah koordinasi bersama bidang-bidang yang ada terutama bidang perubahan perilaku dan bidang penanganan kesehatan.

"Kita men-support program-program tersebut dengan mengajak sebanyak mungkin relawan baik yang sudah terdaftar langsung di Satgas maupun yang terdaftar sebagai relawan pada banyak organisasi massa, organisasi kepemudaan, dan sudah bergerak juga saat ini."

Relawan Independen

Selain relawan yang terdaftar di Satgas, ada juga relawan independen dari berbagai organisasi yang tetap melakukan sinergi dengan Satgas.

"Di struktur kita sejak awal dari 5 bulan yang lalu itu sudah diikutsertakan banyak organisasi seperti pramuka, KNPI, PBNU, Muhammadiyah, semua bekerja sama."

Tugas-tugas yang dilakukan oleh relawan antara lain penyemprotan disinfektan, pembagian sembako, pembagian Alat Pelindung Diri (APD).

"Sampai saat ini kita membantu kampanye kepada masyarakat, sosialisasi mengenai beberapa hal termasuk penggunaan masker cuci tangan dan menjaga jarak itu yang menjadi program Satgas sekarang."

Konsentrasi relawan Satgas berbeda dengan relawan gugus tugas sebelumnya. Pada gugus tugas relawan difokuskan dalam perekrutan dan penempatan, sekarang lebih terkonsentrasi pada pelaksanaan dan penyebaran informasi terkait program-program yang dibuat oleh Satgas.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Sungkar Hamil, Irwansyah Tak Henti Menangis

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zaskia Sungkar dan Irwansyah akhirnya segera dikaruniai buah hati yang pertama setelah 10 tahun penantian. Ya, program bayi tabung yang dijalani selama beberapa bulan terakhir ternyata membuahkan hasil.

Kehamilan ini pertama kali diketahui Zaskia Sungkar setelah melihat hasil testpack bertanda dua garis biru. Saat itu air mata bahagia tak bisa dibendung.

Keesokan harinya, Zaskia Sungkar melakukan tes darah dan hasilnya pun sama. Momen ini membuah Zaskia Sungkar dan Irwansyah merasa seperti terhanyut dalam mimpi.

"Pas dari rumah sakit ternyata memang positif hamil, kita tuh pelukan terus kayak masih enggak percaya beneran apa enggak, kok kayak mimpi. Setelah 10 tahun nunggu akhirnya kejawab juga," kata Zaskia Sungkar di kanal YouTube-nya, Sabtu (5/9/2020).

Takut

Irwansyah dan Zaskia Sungkar (Sumber: Instagram/irwansyah_15)
Irwansyah dan Zaskia Sungkar (Sumber: Instagram/irwansyah_15)

Padahal sebelum tes darah, kakak Shireen Sungkar tersebut sempat dihantui rasa takut. Ia khawatir bila hasil testpack tak sama dengan hasil pemeriksaan darah.

"Dan apa yang aku khawatirin kalau enggak hamil, terus ulang lagi dari nol tuh langsung hilang semua," jelasnya.

Akhirnya Memiliki Anak

Perjuangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah Dapat Momongan (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)
Perjuangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah Dapat Momongan (Sumber: YouTube/The Sungkars Family)

Irwansyah juga sangat terharu. Saat selesai salat, ia menangis karena rasa bahagia yang begitu besar. Dia tak percaya akan segera menjadi ayah.

"Iya jadi Irwansyah tuh nangis terus habis salat. Nangis-nangisannya sudah masyaallah,"" kata wanita berhijab tersebut. 

"Itu rasanya, 'Wah gue beneran punya anak nanti nih.' Walaupun ini adalah awal tapi rasanya memang kayak, 'Wah, akhirnya punya anak juga'," ucapnya.

Tangisan

Kebahagiaan tentu tak hanya dirasakan oleh Zaskia Sungkar dan Irwansyah saja. Laudya Cynthia Bella dan Shireen Sungkar juga menangis terharu mendengat berita gembira ini. 

"Mereka kayak selalu ada buat aku dari sebelum embrio transfer," Ungkap Zaskia Sungkar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rekor Dunia, Pria Austria Berendam Dalam Es Selama 2,5 Jam

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)
Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)
Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)
Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl berdiri dalam kabin kaca berisi es di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl meninggalkan kabin kaca berisi es usai memecahkan rekor dunia di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)
Perenang es Austria Josef Koeberl meninggalkan kabin kaca berisi es usai memecahkan rekor dunia di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl meninggalkan kabin kaca berisi es usai memecahkan rekor dunia di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl makan es krimusai memecahkan rekor dunia di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)
Perenang es Austria Josef Koeberl makan es krimusai memecahkan rekor dunia di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

Perenang es Austria Josef Koeberl makan es krimusai memecahkan rekor dunia di Melk, Austria, Sabtu (5/9/2020). Josef Koeberl berhasil memecahkan rekor dunia dengan berendam dalam es selama 2 jam, 30 menit, dan 57 detik. (AP Photo/Ronald Zak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Pastikan Kesiapan Pupuk Subsidi untuk Petani Indramayu

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Indramayu - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan produktivitas pertanian di Indonesia akan naik.

Kepastian tersebut didasari pengalaman meninjau langsung kesiapan pupuk di beberapa daerah. Salah satunya Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

"Saya sudah jalan di beberapa provinsi, dan hari ini saya ada di jawa barat. Ada dua gudang pupuk yang hari saya lihat. Pertama punya Pupuk Kujang dan kedua punya Petrokimia Gresik," kata Syahrul Yasin Limpo, saat berkunjung ke Pabrik Pupuk di Indramayu, Sabtu (5/9/2020).

Dari hasil peninjauan langsung, dia optimis pasokan pupuk di Indonesia lancar dan ketersediannya aman.

Yang perlu dilakukan adalah mengawal teknis distribusi pupuk agar tepat sasaran. Terutama distribusi pupuk bersubsidi.

"Yang jelas, petani yang boleh mendapat pupuk yang petani memiliki sawah dua hektar ke bawah. Kalau punya sawah 20 hektar tidak bisa," kata dia.

Dalam kunjungannya Syahrul membawa pesan Presiden Jokowi untuk selalu kroscek kesiapan, ketersediaan dan ketepatan distribusi pupuk. Termasuk, orang yang dianggap layak menerima distribusi pupuk. Karena itu, jika diberi subsidi pupuk harus ada jaminan produktivitas naik.

Tingkatkan Produktivitas

Mentan Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke pabrik pupuk di Indramayu. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke pabrik pupuk di Indramayu. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Bukan hanya bagi-bagi saja, tapi harus diyakinkan oleh Bapak Bupati Indramayu, kalau ditambah pupuknya segini, produktivitasnya akan naik. Janji Pak Bupati luar biasa," ujarnya.

Syahrul mengatakan, pada musim tanam I dengan luas lahan 7,4 juta hektar pupuknya sudah terdistribusi dengan baik. Dia berharap pada musim tanam II sekitar 5,8 juta hektar produktivitas harus meningkat jika proses pemupukannya baik.

Dalam upaya meningkatkan produktivitas tersebut, Syahrul mengaku selama tiga bulan terakhir telah menjadwalkan kunjungan untuk ketersediaan pupuk.

"Yang jelas, petani penggarap harus dapat distribusi pupuk jangan yang sudah punya lahan 20-30 hektar tetap bisa dapat, itu yang salah, dan itu tentu tanggung jawab bupati," sebut Syahrul.

Terkait dengan kelangkaan, Syahrul menjelaskan harus memiliki perencanaan yang diajukan bupati dan gubernur.

"Berapa yang kita mampu alokasikan sesuai kemampuan yang ada, nah itu yang kita jaga ketepatannya. Itu yang paling penting," ucapnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Berdiri di Mimbar dan Pakai Peci, Benarkah Rocky Gerung Jadi Ustad Dadakan?

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam seminggu terakhir, media sosial Facebook ramai membicarakan video tentang seorang filsuf, akademisi, sekaligus intelektual publik Indonesia, Rocky Gerung yang disebut mendadak menjadi ustad karena berdiri di mimbar dan memakai peci.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun di Facebook yang menyebut Rocky Gerung mendadak menjadi ustad.

Tiga akun yang menyebut Rocky Gerung menjadi ustad adalah Suara Islam, Kongkow Bareng GUS DUR, dan Media Hijau Nusantara. Begini salah satu narasi yang menyebut Rocky Gerung menjadi ustad:

"Viral! Rocky Gerung Mendadak Jadi Ustad?

Hati-hati ya! Sekarang ini banyak bermunculan ustad-ustad gadungan, yang penting bisa memaki dan mengkafirkan orang lain sudah diangkat jadi ustad sama kelompok sebelah.

Kira-kira Rocky Gerung sudah pantas jadi ustad atau belum ya?"

Dari ketiga unggahan akun tersebut, postingan Kongkow Bareng GUS DUR mendapat banyak atensi dari warganet. Tercatat, postingan itu sudah mendapat 372 like, 99 komentar, dan dibagikan sebanyak 41 kali.

Lalu, benarkah Rocky Gerung menjadi ustad dadakan?

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan membuat tangkapan layar di video yang menyebut Rocky Gerung mendadak menjadi ustad. Kemudian, tangkapan layar itu dimasukkan ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasil penelusuran Google Image Rocky Gerung.
Hasil penelusuran Google Image Rocky Gerung.

Hasil penelusuran mengarahkan ke halaman sulselekspres.com. Artikel dengan judul: "Rocky Gerung Jelaskan Foto Pakai Peci dan Syal" sudah berada di internet sejak tiga hari lalu.

Disebutkan dalam artikel tersebut, Rocky Gerung menggunakan peci dan syal saat memberikan kuliah ilmiah dalam acara wisuda di UIN Banten. Peci disebut dia kenakan karena ditawari rektor sekaligus kultur kampus UIN sebagai Universitas Islam.

"Bayangkan, rektor menawarkan saya, kalau tidak keberatan ada peci. Saya bilang oke, saya mau pakai peci itu karena itu memang kultur di situ," kata Rocky seperti dilihat dalam video Youtube Rocky Gerung Official, (3/9/2020).

Kemudian tim mengecek akun Youtube milik Rocky Gerung. Di channel itu ada video berjudu: "KAMPUS BESAR OTAK KECIL" yang diunggahnya pada 2 September 2020. Di akunnya itu, Rocky Gerung membantah dirinya menjadi ustad dadakan karena memakai peci.

"Ada simbol Islam di situ karna komplek UIN yaitu peci saya pake, dan ada fasilitas kebudayaan disitu karena saya pake selendang Baduy itu. Jadi terlihat mereka itu mengerti apa yang disebut toleransi," ujarnya dalam video berdurasi 19 menit tersebut.

 

Kesimpulan

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Video yang menyebut Rocky Gerung menjadi ustad dadakan karena berdiri di mimbar dan menggunakan peci adalah informasi yang false. Faktanya, Rocky Gerung menggunakan peci dan syal saat memberikan kuliah ilmiah dalam acara wisuda di UIN Banten.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Thiago Alcantara Masih Pelit Info soal Rumor Gabung Liverpool

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Munich - Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara belum mau membeberkan rencana masa depannya. Saat ini, rumornya Thiago sedang diincar Liverpool.

Seperti diketahui, Thiago ramai diberitakan sudah berniat angkat kaki dari Munchen. Bahkan, CEO Munchen, Karl Heinz Rummenigge sudah mengakui, Thiago sulit untuk bertahan.

Di saat yang sama, Liverpool rumornya berminat kepada Thiago. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp sempat terang-terangan memujinya.

Ditanya soal masa depannya, Thiago masih bungkam. "Saya tidak pernah mengatakan saya akan meninggalkan Munchen," kata Thiago seperti dilansir Sportskeeda.

Thiago mengatakan, dirinya selalu masuk ke dalam spekulasi publik setiap bursa transfer. Namun gelandang berusia 29 tahun itu tak ingin menanggapi lebih jauh.

Menurut Thiago, saat ini ia hanya berkonsentrasi di timnas Spanyol. "Bagi saya, masa depan saya adalah pertandingan besok dan saya tidak ingin berkata apa pun lagi," katanya.

 

 

UEFA Nations League

Gelandang Jerman, Emre Can, berebut bola dengan gelandang Spanyol, Thiago Alcantara, pada laga Nation League di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Jumat (4/9/2020) dini hari WIB. Jerman bermain imbang 1-1 atas Spanyol. (AFP/Thomas Kienzle)
Gelandang Jerman, Emre Can, berebut bola dengan gelandang Spanyol, Thiago Alcantara, pada laga Nation League di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Jumat (4/9/2020) dini hari WIB. Jerman bermain imbang 1-1 atas Spanyol. (AFP/Thomas Kienzle)

Thiago sendiri saat ini memang tengah bergabung dengan timnas Spanyol untuk menghadapi UEFA Nations League. Pada laga perdana, Spanyol bermain imbang 1-1 melawan Jerman.

Pada UEFA Nations League kali ini, Spanyol berada di grup 4. Selain Jerman, Negeri Matador juga bakal meladeni Ukraina dan Swiss.

Statistik Thiago di Bayern Munchen

Catatan Main dan Gol

2013/14: 25 main, 3 gol

2014/15: 13 main, 2 gol

2015/16: 42 main, 4 gol

2016/17: 41 main, 9 gol

2017/18: 32 main, 7 gol

2018/19: 42 main, 3 gol

2019/20: 36 main, 3 gol

 

Trofi Thiago Bersama Munchen

Trofi

Liga Jerman: 7

DFB Pokal: 4

Liga Champions: 1

Piala Super Jerman: 3

Piala Dunia Antarklub: 1

Saksikan Video Liverpool di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Harga Pixel 5 dan 4a 5G

Posted: 05 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan akan mengumumkan Pixel 5 dan 4a 5G pada 25 September 2020. Informasi mengenai harga jual pun sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (6/2020), berdasarkan laporan baru, kedua smartphone hanya akan meluncur dengan warna hitam. Harga jual Pixel 5 di Jerman 630 euro atau sekira RP 11 juta, dan itu sudah termasuk pajak.

Sementara Pixel 4a 5G dibanderol 487 euro sudah termasuk pajak, atau berkisar Rp 8,5 juta.

Pixel 4a 5G akan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan Pixel 4a. Smartphone tersebut dilaporkan akan dilengkapi chipset Snapdragon 765G, serta layar antara 6,1 dan 6,2 inci.

Google Setop Produksi Pixel 4 dan 4 XL

Pixel 4a. (Doc: Google)
Pixel 4a. (Doc: Google)

Google pada bulan lalu mengumumkan telah menghentikan produksi smartphone Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Kabar ini cukup mengejutkan, mengingat Google baru merilis seri smartphone tersebut pada Oktober 2019.

Keputusan untuk tidak melanjutkan produksi Pixel 4 dan 4 XL ini terbilang cukup tak lazim. Sebelumnya, Google menghentikan penjualan Pixel 2 dan 3 setelah masing-masing dijual selama 18 bulan.

Penjelasan Google

"Google Store telah menjual semua stok Pixel 4 dan Pixel 4 XL," ungkap juru bicara Google sebagaimana dilansir The Verge pada bulan lalu.

"Bagi yang ingin membeli duo Pixel 4, dapat mencarinya di beberapa toko rekanan Google selama persediaan masih ada," sambungnya.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10.210.77 Ha Lahan Tercover Asuransi, Pertanian Indramayu Dipastikan Aman

Posted: 05 Sep 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sektor pertanian di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dipastikan aman. Sebab, sekitar 10.210.77 hektare lahan pertanian di Indramayu telah terlindungi jasa Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Dan 191 ekor ternak sapi-kerbau terdaftar di Asuransi Usaha Tani Sapi Kerbau.

Hal ini diketahui saat Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Indramayu, Sabtu (5/9/2020). Dalam kunjungannya, Mentan melakukan panen padi di Desa Karang Tumaritis, Kecamatan Hautgeulis, sekaligus menjamin ketersediaan pupuk untuk petani di Kabupaten Indramayu. Mentan SYL juga menyalurkan bantuan senilai Rp 19,2 miliar.

"Indramayu adalah pertanian percontohan yang ada dan terbaik di seluruh Indonesia. Kehadiran saya ini sesuai dengan perintah Bapak Presiden Jokowi, agar selalu turun ke petani dan menyelesaikan cepat masalah. Produksi pangan harus tetap terjaga walau dihadapkan pada tantangan apapun," ucap Mentan SYL.

Mentan menjelaskan, untuk membangun pertanian yang maju, mandiri dan modern, Kementerian Pertanian (Kementan) membentuk korporasi pertanian yang ditunjang oleh fasilitas permodalan atau dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan dan off-taker yang menjamin harga panen yang menguntungkan petani.

"Jaga yang ada disini. Menghadapi situasi ekonomi dunia yang melemah mudah-mudahan Indonesia tetap bangkit makin membaik karena ada pertanian yang menopangnya dan Indramayu termasuk yang cukup bagus ini. Kepada para perbankan saya harap support KUR untuk petani. Jangan ragu," cetusnya.

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan dalam kunjungan ini dilakukan juga penyaluran klaim asuransi ke petani.

"Ada doa program asuransi yang bisa diikuti petani dan untuk menjamin usaha taninya agar tidak menemui kendala. Pertama adalah Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan kedua Asuransi Usaha Tani Sapi dan Kerbau (AUTSK)," tuturnya.

Sarwo Edhy menjelaskan, asuransi adalah bagian dari mitigasi bencana yang bisa menjamin keberlangsungan pertanian.

"Dengan asuransi, lahan pertanian yang gagal panen akibat cuaca seperti kekeringan dan banjir, bancana alam seperti longsor, serangan hama dan lainnya, akan di ganti rugi. Sehingga petani bisa mempunyai kesempatan untuk tanam lagi," katanya.

Dalam kunker kali ini, diserahkan Klaim AUTP 2020 untuk Kabupaten Indramayu sebesar Rp 1.913.220.000. Serta Polis AUTP 2020 Indramayu total 10.210.77 hektare dengan premi Rp 1.837.938.600.

Diserahkan juga Klaim AUTSK 2020 Indramayu total Rp 47.500.000, dengan Polis AUTSK 2020 Indramayu Total 191 ekor, dan premi Rp 38.200.000.

Plt.Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, mengatakan lahan sawah di Indramayu seluas 117.686 hektar. Lahan pertanian padi merupakan komoditi unggulan di Kabupaten Indramayu dan juga merupakan komoditas unggulan nasional tingkat produksi padi Kabupaten Indramayu rata-rata dalam 5 tahun terakhir yaitu 1,5 juta ton gabah kering.

"Alhamdulillah Kabupaten Indramayu mendapat peringkat pertama nasional sebagai produsen beras tahun 2019. Ini berkat dukungan dari Kementerian Pertanian yang selalu bantu petani," cetusnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa

Posted: 05 Sep 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau makanan yang enak menjadi salah satu favorit masyarakat. Termasuk makanan buah yang kaya akan vitamin untuk tubuh. Namun apa jadinya jika buah yang akan dimakan malah tak sesuai ekspektasi? Tentu, buah tak sesuai ekspektasi ini akan menimbulkan kekecewaan.

Persis seperti beberapa orang ini yang kecewa dengan realita buah yang akan dimakannya. Mulai dari buah semangka yang ternyata isinya sangat sedikit hingga buah alpokat yang bijinya sangat besar, menjadi bukti bahwa buah ternyata bisa tak sesuai ekspektasi.

Buah yang tak sesuai ekspektasi ini viral di berbagai media sosial. Bentuk kekecewaan orang yang mau makan buah ini lalu diunggah di media sosial hingga akhirnya ramai dikomentari netizen. Banyak yang tak menyangka dengan momen-momen apes saat makan buah tak sesuai ekspektasi tersebut.

Penasaran kan apa saja momen apes saat makan buah? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen apes saat makan buah, Minggu (6/9/2020).

1. Isi semangka yang sangat sedikit ini pasti bikin orang kecewa.

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)
6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)

2. Astaga, biji alpokatnya gede banget.

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)
6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)

3. Apes banget, isi lemonnya sedikit sekali.

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)
6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)

4. Duh, bisa-bisanya jeruk sampai kena tinta.

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)
6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Boredpanda)

5. Tampak luar terlihat menggoda, namun setelah dibuka langsung kecewa.

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

6. Sudah enggak sabar makan durian, eh isinya malah begini. Apes banget kan?

6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)
6 Momen Apes saat Mau Makan Buah Ini Bikin Kecewa (sumber: Instagram.com/wkwkland_real)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Artamevia Positif Mengonsumsi Sabu

Posted: 05 Sep 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Reza Artamevia telah menjalani tes urine setelah ditangkap penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengumumkan, hasil pemeriksaan urone menunjukkan Reza Artamevia positif mengandung metamfetamina.

"Hasil tes urine positif metamfetamina atau masuk dalam kategori narkotika jenis sabu," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Minggu (6/9/2020).

Sebelumnya, penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya meringkus Reza Artamevia di salah satu restoran, Jalan Raya Jatinegara, Kelurahan Balai Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 4 September sekira pukul 16.00 WIB.

Sita Sabu 0,78 Gram

Dalam penangkapan itu, turut disita satu paket sabu dari dalam tas milik Reza Artamevia.

"Kami temukan sabu sebesat 0,78 gram," ujar dia

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Play-off NBA: Kawhi Leonard Loyo, Clippers Tumbang di Hadapan Nuggets

Posted: 05 Sep 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Orlando - Denver Nuggets menaklukkan LA Clippers 110-101 pada gim kedua semifinal Wilayah Barat NBA 2019/2020 di AdventHealth Arena, Sabtu (6/9/2020) atau Minggu pagi WIB.

Hasil tersebut membantu Nuggets menyamakan kedudukan 1-1 pada play-off NBA kali ini. Sebelumnya Clippers menang telak 120-97 pada laga pertama.

Nikola Jokic jadi bintang utama Nuggets lewat torehan 26 poin dan 18 rebound. Jamal Murray tidak mau ketinggalan dan mencetak 27 angka.

Bintang Clippers Kawhi Leonard tampil melempem dengan hanya menghasilkan 13 angka. Dia cuma memasukkan empat tembakan dari 17 percobaan.

Dalam kondisi itu, Paul George coba berkontribusi dan menyumbang 22 poin. Sayang torehannya tidak cukup untuk memenangkan pertandingan NBA ini.

Wilayah Timur

ilustrasi NBA (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi NBA (Liputan6.com/Abdillah)

Pada semifinal Wilayah Timur, juara bertahan Toronto Raptors melengkapi comeback dengan menaklukkan Boston Celtics 100-93. Raptors pun menyamakan kedudukan setelah sempat tertinggal 0-2.

Pascal Siakam (23 poin, 11 rebound) dan Kyle Lowry (22 poin, 11 rebound) berkontribusi besar terhadap kemenangan Raptors. Sedangkan Jayson Tatum (24 poin, 10 rebound) jadi bintang Celtics.

Saksikan Video NBA Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sanksi Masuk Peti Mati bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Dinilai Terlambat

Posted: 05 Sep 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan sanksi masuk peti mati bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Jakarta Timur menuai kritik. Dalam penerapannya, pelanggar diminta masuk dalam peti dan merenungkan kesalahannya selama beberapa menit.

Pengamat Sosial dari Universitas Indonesia (UI), Rissalwan Habdy mengatakan, untuk membangun kepekaan pada masyarakat, aksi simbolik seperti itu perlu dilakukan dan efektif untuk membangkitkan kesadaran alam bawah sadar.

Namun penerapan sanksi masuk peti mati untuk saat ini sudah terlambat, sebab pemerintah sebelumnya sudah mengeluarkan gagasan terkait era new normal.

"Saya kira upaya ini sudah agak terlambat. Karena sebelumnya sudah terlanjur meluas gagasan new normal," ungkap Rissalwan saat dihubungi merdekacom, Minggu (6/9/2020).

Dia menilai gagasan tersebut publik tidak percaya lagi dengan simbol-simbol yang disampaikan pemerintah. Sebab, kata dia, kebijakan tidak dilakukan dengan konsisten dalam penanganan Covid-19.

"Jadi bisa saja sebagian besar publik justru tidak bisa mempercayai lagi pesan-pesan simbolik yang disampaikan oleh pemerintah. Karena kebijakan-kebijakan yang inkonsisten dalam penanganan penyebaran wabah Covid-19 ini sejak Maret lalu," kata Rissalwan.

Kendati begitu, Rissalwan menyarankan agar pemerintah pusat dan daerah tetap memperbanyak kampanye untuk membangun kesadaran akan bahaya virus corona. Namun dia meminta agar kampanye juga dibarengi dengan kebijakan yang tegas dan konsisten.

"Harus paralel dengan kebijakan yang tegas dan konsisten juga," ungkap Rissalwan.

Rissalwan pun menyoroti beberapa sikap pemerintah yang tidak konsisten dengan kampanye yang digaungkan. Salah satunya ditunjukkan para menteri dalam sebuah rapat koordinasi.

"Beberapa hari lalu ada rapat koordinasi para menteri di bawah Kemenko Ekonomi, pada sesi foto mereka tidak ada yang pakai masker dan tidak ada juga physical distancing, tentunya ini bentuk ketidakkonsistenan yang nyata dan bertentangan dengan kampanye cegah penularan Covid-19," ungkap Rissalwan.

 

Sanksi Masuk Peti Jenazah di Jakarta Timur

Pelanggar PSBB Dimasukkan ke Peti Mati (Liputan6/Herman Zakharia)
Pelanggar PSBB Dimasukkan ke Peti Mati (Liputan6/Herman Zakharia)

Penerapan sanksi masuk peti jenazah bagi pelanggar protokol kesehatan Coronavirus Disease (Covid-19) sebelumnya diberlakukan bagi warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan di wilayah Jakarta Timur.

Sanksi pelanggar protokol kesehatan masuk ke dalam peti mati dilakukan petugas Satpol PP dan Kecamatan Pasar Rebo pekan lalu. Pelanggar diminta untuk merenungkan kesalahannya di dalam peti jenazah selama lima menit atau menghitung mundur angka 100 hingga satu.

Lantaran menuai kritik, sanksi bagi pelanggar kesehatan Covid-19 itu kemudian dicabut. Selain menuai kriitk warga, sanksi masuk peti jenazah juga tidak diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020.

Aturan tersebut hanya memberlakukan dua sanksi yang bisa dipilih oleh pelanggar, yaitu membayar denda Rp 250 ribu atau melakukan kerja sosial selama satu jam.

 

Reporter: Intan Umbari/Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawab Tantangan Pasar, Pertamina Berhasil Ekspor Perdana HSD 0.005-%S Senilai USD 9.5 Juta

Posted: 05 Sep 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjawab tantangan dan permintaan pasar akan bahan bakar diesel bermutu tinggi dijawab oleh Pertamina Kilang Balikpapan selaku pemain hilir. Pada Sabtu (5/9), dilakukan pengapalan dan penyaluran perdana produk High Speed Diesel (HSD) 50 PPM Sulphur ke negeri jiran Malaysia sejumlah 200,000 Barrels atau setara dengan 31,800 KL melalui kapal MT. Ridgebury Katherine Z.

Disaksikan langsung oleh General Manager Refinery Unit V Balikpapan, Eko Sunarno beserta jajarannya melepas kepergian kapal. Kapal yang mengangkut produk HSD 0.005-%S akan menempuh waktu 4-5 hari hingga sampai ke Malaysia dengan bernilai ekspor *USD 9.5 Juta.*

Eko Sunarno pada sambutannya mengungkapkan bahwa produk ini merupakan hasil dari fraksi diesel di Unit Secondary Kilang Balikpapan, memiliki kualitas Sulphur 50 ppm atau setara dengan produk diesel standard Euro 4 di mana merupakan produk bahan bakar mesin diesel terbaru yang pernah diproduksi kilang Balikpapan..

"Tentunya akibat pandemic covid-19 menyebabkan adanya penurunan demand akan bahan bakar, milestone yang baik bagi kita Pertamina terkhusus RU V untuk berkomitmen mengupayakan keberlanjutan pasokan energi dan operasional kilang dengan menjawab tantangan dan demand pasar akan produk HSD tersebut," ungkapnya.

Selain produk diesel yang berstandar Euro 4 dan memiliki kualitas Sulphur 0.005-%S atau 50 ppm, produk ini memiliki kelebihan lain yaitu Cetane Index minimal 50 (Cetane Number minimal 53), dan flash point minimal 60 derajat Celcius.

Lebih lanjut, Eko menambahkan bahwa jenis BBM HSD 0.005%S ini sudah memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan no. 20 Tahun 2017, yaitu ditetapkan spesifikasi BBM jenis Solar memiliki angka Cetane Number minimal 51 dan kandungan sulfur maksimal 50 ppm.

"Patut berbangga, bahwa di Indonesia yang dapat memproduksi produk tersebut hanya Kilang Balikpapan dengan kapasitas 200,000 Barrels per bulan dan Kilang Dumai dengan kapasitas saat ini 100,000 Barrels per bulan," tambahnya.

Harapannya bahwa setiap insan Pertamina terkhusus di Kilang Balikpapan untuk melakukan inovasi.

"Produk ini merupakan satu bukti bahwa kilang Balikpapan memiliki kemampuan untuk terus mengembangkan diri. Untuk itu saya mengajak pekerja untuk terus mengembangkan kapabilitas dan kemampuan untuk terus berinovasi menjawab tantangan kedepan," kata Eko.

"Ke depannya, akan ada rencana ekspor kembali pada periode Oktober hingga Desember 2020, sejumlah 200,000 Barrels ( 31,800 KL) setiap bulannya dengan tujuan pasar internasional," tutup Eko ditemui saat acara pengapalan perdana.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal UEFA Nations League Pekan Kedua: Belanda vs Italia

Posted: 05 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - UEFA Nations League 2020/2021 memasuki pekan kedua. Putaran ini menghadirkan duel kelas berat Belanda vs Italia.

Partai Grup 1 tersebut menjadi pilihan di antara laga-laga lain. Kedua tim dipastikan berambisi meraih kemenangan.

Belanda ingin memanfaatkan momentum setelah menaklukkan Polandia di laga pertama UEFA Nations League musim ini. Terlebih mereka juga tampil di markas sendiri.

Sementara Italia tidak boleh terpeleset lagi setelah ditahan Bosnia-Herzegovina.

Selain duel tersebut, pertandingan lain yang juga harus diperhatikan adalah rematch final Piala Dunia Prancis vs Kroasia.

Berikut jadwal lengkap pekan kedua UEFA Nations League 2020/2021:

Senin, 7 September 2020

Logo UEFA Nations League. (AFP/Philippe Desmazes)
Logo UEFA Nations League. (AFP/Philippe Desmazes)

01.45 WIB: Spanyol vs Ukraina

01.45 WIB: Swiss vs Jerman

 

Selasa, 8 September 2020

Pemain Belanda merayakan gol yang dicetak Steven Bergwijn ke gawang Polandia pada laga UEFA Nations League di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu (5/9/2020) dini hari WIB. Belandang menang 1-0 atas Polandia. (AFP/John Thys)
Pemain Belanda merayakan gol yang dicetak Steven Bergwijn ke gawang Polandia pada laga UEFA Nations League di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu (5/9/2020) dini hari WIB. Belandang menang 1-0 atas Polandia. (AFP/John Thys)

01.45 WIB: Bosnia-Herzegovina vs Polandia

01.45 WIB: Belanda vs Italia

 

Rabu, 9 September 2020

Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak oleh Kylian Mbappe ke gawang Swedia pada laga UEFA Nations League di Friends Arena, Minggu (6/9/2020). Prancis menang 1-0 atas Swedia. (Christine Olsson/TT via AP)
Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak oleh Kylian Mbappe ke gawang Swedia pada laga UEFA Nations League di Friends Arena, Minggu (6/9/2020). Prancis menang 1-0 atas Swedia. (Christine Olsson/TT via AP)

01.45 WIB: Belgia vs Islandia

01.45 WIB: Denmark vs Inggris

01.45 WIB: Prancis vs Kroasia

01.45 WIB: Swedia vs Portugal

Saksikan Video UEFA Nations League Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jun Ji Hyun dan Joo Ji Hoon Dikonfirmasi Bintangi Drama Mount Jiri

Posted: 05 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Jun Ji Hyun dan Joo Ji Hoon akan membintangi drama yang sama. Keduanya akan beradu akting dalam drama baru berjudul Mount Jiri.

Sejak awal tahun, Joo Ji Hoon memang telah menerima tawaran untuk membintangi Mount Jiri bersama Jun Ji Hyun. Setelah lama mempelajari skripnya, aktor berusia 38 tahun itu akhirnya mengonfirmasi bergabung dalam drama ini.

Meski masih terjadi wabah Covid-19 di Korea Selatan, proses syuting tetap akan dimulai pada pertengahan September 2020. Hal ini disampaikan oleh produser drama ini.

"Keamanan para pemain dan staf adalah prioritas utama, mereka telah bersiap dan akan sangat mengikuti aturan karantina yang diperketat untuk mencegah infeksi Covid-19. Ini situasi yang sulit, tetapi setiap orang berusaha sebaik mungkin untuk mengatasinya bersama," kata dia dilansir dari Allkpop, Jumat (4/9/2020).

Mount Jiri

Jun Ji Hyun (Naver)
Jun Ji Hyun (Naver)

Mount Jiri adalah drama misteri yang bercerita tentang penjaga taman yang bekerja untuk menyelamatkan orang-orang di Gunung Jiri. Jun Ji Hyun berperan sebagai Seo Yi Kang, penjaga hutan terbaik yang tahu semua hal tentang Taman Nasional Gunung Jiri.

Sementara Joo Ji Hoon sendiri akan berperan sebagai Kang Hyun Jo, seorang lulusan akademi militer dan menyimpan rahasia mendalam dan bergabung sebagai penjaga baru dan menjadi partner Seo Yi Kang.

Kim Eun Hee

Joo Ji Hoon (Foto: Soompi)
Joo Ji Hoon (Foto: Soompi)

Mount Jiri ditulis oleh Kim Eun Hee yang terkenal dengan sejumlah drama fenomenalnya seperti Sign, Three Days, Signal hingga Kingdom. Sementara yang bertindak sebagai sutradara adalah Lee Eung Bok, yang terkenal dengan karya-karyanya seperti Descendants of The Sun hingga Goblin.

Sebelumnya Jun Ji Hyun sempat menjadi cameo dalam serial Kingdom 2 yang dibintangi Joo Ji Hoon. Namun kala itu mereka tak terlibat dalam satu adegan yang sama.

Respons

Drama ini rencananya akan tayang pada 2021. Pecinta drama korea sangat antusias menantikan proyek kolaborasi Jun Ji Hyun dan Joo Ji Hoon ini.

"Writer Kim Eun Hee, PD Lee Eung Bok, Jun Ji Hyun, Joo Ji Hoon!! WOW!! The smell of successful project!" kata warganet.

"Ini cast sm writernya bintang lima semua woi akhirnya si legend jun ji hyun comeback juga," tambah yang lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Puding Karamel Sederhana ala Gyukaku, Enak dan Murah

Posted: 05 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puding merupakan salah satu makanan manis favorit semua kalangan. Sensasi dingin dan teksturnya yang lembut, terasa begitu nikmat di mulut.

Nah, buat para penggemar puding, kreasi yang satu ini patut untuk dicoba. Yup, puding karamel ala Gyukaku. Dari segi tampilan, kudapan tersebut mirip seperti flan, hidangan manis menyerupai puding berbahan dasar custard. 

Dilengkapi dengan saus karamel, puding Gyukaku cocok untuk disantap sebagai makanan penutup. Sebenarnya, camilan yang sangat populer di Jepang ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah, lho.

Bahan-bahan yang digunakannya pun cukup mudah ditemukan dan terjangkau. Ditambah dengan cara pembuatannya yang praktis, resep pun mudah untuk dipraktekkan.

Ingin tahu bagaimana cara membuat puding karamel ala Gyukaku? Resep dan tutorial dari kanal memasak di platform Vidio bernama Dapur Kecil Mungil Lidya ini mungkin bisa jadi referensi.

Buat yang penasaran, bisa langsung nonton videonya di bawah ini. Atau, kunjungi kanal Dapur Kecil Mungil Lidya yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio, ya.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nella Kharisma dan Dory Harsa Bakal Ungkap Kabar Bahagia di Tanggal 9-9

Posted: 05 Sep 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sempat membuat netizen penasaran, pedangdut Nella Kharisma dan Dory Harsa akhirnya memberikan penjelasan mengenai hubungan asmara mereka yang terjalin selama ini. 

Rupanya Nella Kharisma dan Dory Harsa sudah memiliki hubungan asmara yang terjalin selama 4 bulan yang disampaikan pada Agustus 2020 lalu. Tentunya hal itu membuat banyak netizen khususnya para penggenar merasa sangat senang.

Terlebih lagi keduanya sempat diterpa isu bakal segera menikah dimana beredar foto undangan pernikahan mereka. Undangan yang mengatasnamakan Nella dan Dory sempat membuat publik heboh.

Sebelum menyita perhatian, penyanyi dangdut kelahiran Kediri, Jawa Timur tersebut diketahui berduet bareng dengan Dory Harsa. Sejak saat itu Nella Kharisma dan Dory Harsa sering tampil bersama di layar kaca TV maupun acara off air. 

Duet Bareng

Nella Kharisma dan Dory Harsa. (Foto: Instagram @doryharsa)
Nella Kharisma dan Dory Harsa. (Foto: Instagram @doryharsa)

Hubungan pedangdut kelahiran 1994 dan Dorry Harsa selama ini memang membuat banyak netizen merasa baper. Kemistri yang mereka tunjukkan juga sangat kuat sehingga membuat netizen begitu mendukung hubungan keduanya. 

Mereka bahkan juga sudah merilis sebuah lagu duet yang berjudul "Banyu Moto" pada Juni 2020. Hal ini tentu membuat banyak penggemar lebih baper dan berharap keduanya bisa berakhir di pelaminan.

Bakal Ada Kabar Bahagia

Nella Kharisma dan Dory Harsa. (Foto: Instagram @doryharsa)
Nella Kharisma dan Dory Harsa. (Foto: Instagram @doryharsa)

Semakin membuat netizen penasaran, belum lama ini pria kelahiran 1993 itu mengunggah foto bersama sang kekasih di Instagram pribadinya. Dalam keterangan unggahan tersebut ia menuliskan kata-kata manis untuk Nella.

Ia mengunggah foto dirinya dengan Nella yang kompak pakai busana putih. Dalam keterangannya iaberjanji akan membagikan kabar gembira di acara TV Show Shopee yang diselenggarakan pada 9 September mendatang. 

"Kebahagianku menjadi sempurna bersamamu, Dek. Orang kira aku guyon soal keinginanku membangun kerajaan bersamamu. Biarlah berita bahagia ini kita bagikan di 9 September saat TV Show Shopee," tulis Dory dalam keterangan unggahannya pada Kamis (3/9/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Beruntun di Tol Lingkar Luar Jakarta, 2 Orang Terluka

Posted: 05 Sep 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tabrakan beruntun terjadi di kilometer 51.800 A Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta pada Sabtu pagi (5/9/2020). Dua orang dilaporkan terluka dalam insiden kecelakaan tersebut.

Kecelakaan bermula dari sebuah truk bernomor polisi B 9294 WQO yang dikemudikan Syaiful Qomarudin terguling di ruas jalan tol tersebut pada pukul 02.00 WIB. Tak berselang lama, dari arah belakang melaju dengan kecepatan tinggi mobil Toyota Alphard.

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Indra Waspada menyebut, pengemudi Toyota Alphard saat itu mengantuk, sehingga tidak bisa mengendalikan kendaraan dan menghantam badan truk yang sudah terguling.

"Pengemudi kemudian menabrak truk yang terguling di lajur 3," kata Indra dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2020).

Sesaat kemudian, mobil Xenia Daihatsu yang melaju di belakangnya turut terlibat kecelakaan. Polisi menduga, mobil Xenia tidak mampu menjaga jarak dengan mobil Alphard di depannya.

"Kendaraan yang terlibat kecelakaan sempat menutup lajur 3 dan lajur 2," ucap dia.

Indra menyebut, dua orang yang terluka dalam kecelakaan tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Pondok Kopi, Jakarta Timur.

"Korban atas nama Lidia (22) dan Micael (16) menderita luka ringan," ucap dia.

 

Terekam Kamera Warga

Petugas mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Km 51 Tol Lingkar Luar Jakarta. (Dok Kepolisian)
Petugas mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Km 51 Tol Lingkar Luar Jakarta. (Dok Kepolisian)

Detik-detik kendaraan bertabrakan terekam kamera warga. Dalam rekaman berdurasi 49 detik, terlihat sebuah truk terguling nyaris menutup sebagian ruas jalan. Beberapa orang mencoba mengevakuasi truk tersebut.

Namun, selang berapa saat datang Toyota Alphard menghantam truk. Diikuti kendaraan Daihatsu Xenia. Terlihat satu orang terpental dan masuk ke kolong mobil Toyota Alphard karena tertabrak kendaraan Daihatsu Xenia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecanggihan Alugoro, Kapal Selam Pertama Indonesia yang Bikin Takjub ASEAN

Posted: 05 Sep 2020 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memastikan proyek kapal selam pertama Indonesia, Alugoro, yang dirakit oleh PT PAL Indonesia akan tetap berjalan di tahun 2021 melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

Ternyata, Indonesia mencatatkan sejarah sebagai negara pertama di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yang mampu memproduksi kapal selam sendiri. Alugoro juga memiliki spesifikasi yang tidak bisa dianggap remeh.

Mengutip laman resmi PT PAL, Minggu (6/9/202020), Kapal Selam Alugoro adalah kapal selam ke-3 dari batch pertama kerjasama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero).

Nama Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut berupa Gada yang digunakan oleh para ksalria atau bangsawan lainnya.

Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu menikah dengan Dewi Erawati.

Kapal selam tersebut memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot dan mampu berlayar lebih dari 50 hari serta dapat menampung lebih dari 40 kru.

"Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect," demikian dikutip dari laman resmi PT PAL.

Kegiatan SAT dilaksanakan di perairan utara Pulau Bali yang merupakan area latihan TNI AL serta memiliki kedalaman laut yang memadai. Selama pengujian Kapal Selam Alugoro dikawal oleh KRI RE Martadinata-331.

Selama pelaksanaan SAT Kapal Selam Alugoro menggunakan Dermaga APBN, Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi sebagai sarana dan fasilitas berlabuh.

Adapun, launching atau peluncuran serta pemberian nama kapal dilakukan pada 11 April 2019 di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero).

Proyek Kapal Selam Pertama Indonesia Dipastikan Lanjut Tahun Depan

Jokowi meninjau kapal selam Alugoro produksi PT PAL. (Istimewa)
Jokowi meninjau kapal selam Alugoro produksi PT PAL. (Istimewa)
Pemerintah memastikan proyek perakitan kapal selam pertama milik Indonesia yang diproduksi PT PAL Indonesia dilanjutkan tahun depan. 
 
Hal ini dibuktikan dengan rencana penyuntikan modal berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) ke PT PAL Indonesia untuk pengembangan kapal selam. Nilainya mencapai Rp 1,3 triliun.
 
Rencana tersebut sudah tercantum dalam dokumen Buku II Nota Keuangan Beserta RAPBN Tahun Anggaran 2021.
 
"Dalam mendukung teknologi pembangunan kapal selam serta meminimalisasi ketergantungan terhadap industri alutsista dari luar negeri, Pemerintah dalam RAPBN tahun 2021 memberikan dukungan melalui pemberian PMN kepada PAL Indonesia," demikian dikutip Liputan6.com dalam dokumen Buku II Nota Keuangan halaman 5-25, Jumat (4/9/2020). 
 
Adapun, proyek pengembangan kapal selam menjadi 1 dari 7 rencana percepatan pembangunan infrastruktur oleh BUMN yang menjadi program prioritas pemerintah tahun 2021. 
 
Dijelaskan, PMN kepada PT PAL Indonesia (Persero) dalam RAPBN tahun 2021 merupakan kesinambungan dari PMN yang telah diberikan pada tahun 2015 yang akan dimanfaatkan untuk mendukung penguasaan teknologi pembangunan kapal selam melalui kesiapan fasilitas, peralatan, dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta memperbaiki struktur permodalan.
 
Porsi terbesar dari penggunaan tambahan dana PMN 2021 untuk PT PAL akan digunakan untuk penyiapan fasilitas pendukung pembangunan dan perawatan kapal selam dalam rangka menunjang proses pembangunan kapal selam secara Whole Local Production (WLP). 
 
Nantinya, di dalamnya akan terdapat pengadaan shiplift yang merupakan fasilitas utama dan vital untuk mendukung kegiatan docking dan undocking kapal selam karena akan memperkecil risiko pada saat launching, mempersingkat waktu, dan menghemat biaya.
 
Diharapkan, rencana penggelontoran modal tersebut dapat mendukung penguasaan teknologi pembangunan kapal selam melalui kesiapan fasilitas, peralatan, dan SDM, memperbaiki struktur permodalan perseroan, serta meningkatkan kapasitas usaha. 
 
"Selain itu, dalam jangka panjang dengan dikuasainya teknologi pembangunan kapal selam dapat meminimalisasi ketergantungan terhadap industri alutsista luar negeri," demikian dikutip dari dokumen Buku II Nota Keuangan

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudah, Begini Cara Merawat Mesin Diesel

Posted: 05 Sep 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika sebelumnya mesin diesel banyak digunakan kendaraan niaga seperti truk dan bus, ternyata populasi mobil pribadi penenggak solar juga tak kalah banyak.

Tak mau ketinggalan, beberapa kendaraan diesel juga telah mendapatkan teknologi canggih, seperti common rail direct injection yang membuat sistem pembakaran pada mesin diesel jauh lebih efisien.

Sama seperti mesin bensin, mobil diesel pun membutuhkan perawatan agar memiliki performa maksimal. Berikut beberapa cara menjaga perfoma mobil diesel, seperti dilansir Garda Oto Minggu (6/9/2020).

1. Memanaskan Mesin Mobil

Berbeda dengan dengan mesin bensin, mobil diesel tidak memiliki busi. Oleh sebab itu, mobil diesel memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu dan tekanan yang tepat agar mesin bekerja dengan optimal.

Karena itu sebelum mobil digunakan, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu selama empat hingga lima menit. Meskipun telah memiliki teknologi terbaru yang canggih, memanaskan mobil sebelum dipakai tidak memberikan kerugian.

 

2. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Untuk menjaga mesin tidak cepat rusak, mobil harus diisi dengan bahan bakar yang sesuai. Mesin diesel sendiri membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Karenakan teknologi mesin telah terus meningkat, solar yang dibutuhkan juga harus memiliki kualitas terbaik. Semakin rendah kandungan sulfurnya semakin baik.

3. Rutin Mengganti Oli

Setiap mesin mobil perlu melakukan pergantian oli secara berkala. Hal ini juga berlaku pada mobil diesel. Penggantian oli mobil secara berkala dapat membantu mesin agar lebih awet. Selain mengganti oli secara berkala, kualitas oli juga perlu diperhatikan. Pilihlah oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan mesin mobil.

 

4. Water Sedimenter

Bahan bakar solar biasanya mengandung sedikit air. Karena itu, setiap mobil diesel memiliki filter bahan bakar untuk memisahkan air dan bahan bakar. Filter ini harus diganti secara berkala agar mesin tidak cepat rusak.

Pada mobil diesel modern, terdapat sebuah alat yang disebut water sedimenter. Alat ini membantu mengidentifikasi berapa kandungan air pada bahan bakar. Jika indikator telah menyala, maka pengguna mobil harus membuang air pada water sedmineter karena telah mencapai angka maksimal.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Minta Tindak Tegas Calon Pilkada Bawa Massa Saat Mendaftar

Posted: 05 Sep 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar meminta para bakal pasangan calon Pilkada serentak 2020 tidak membawa massa saat mendaftaran. Pihaknya pun menyayangkan saat ini masih banyak kerumunan pada saat pendaftaran.

"Mendagri sudah menghimbau agar pada saat pendaftaran paslon cukup perwakilan partai politik dan petugas administrasi pendaftaran saja. Tapi ternyata masih banyak yang membawa massa pendukung dalam jumlah besar," kata Bahtiar, Minggu (6/9/2020).

Bahtiar menegaskan para calon pendaftar pilkada sudah tahu aturan yang tertera. Yaitu aturan PKPU No 6 Tahun 2020 terkait pendaftaran bakal pasangan calon harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Dalam Pasal 50 ayat 3 PKPU No.6 Tahun 2020, pendaftaran bapaslon hanya dihadiri oleh ketua dan sekretaris parpol pengusul dan atau bapaslon perseorangan," ungkap Bahtiar.

Sebab itu, dia meminta agar aparat keamanan dan penegak hukum untuk menindak bakal paslon pilkada yang melanggar aturan. Sesuai Instruksi kata Bahtiar yaitu Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Peraturannya sudah jelas, jadi bagi yang melanggar protokol kesehatan harus mendapatkan sanksi. Mohon kepada pimpinan parpol untuk mengingatkan paslonnya. Begitu pula dengan bakal paslon perserorangan," ujarnya Bahtiar.

Pertaruhan Pilkada

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, masa pendaftaran pasangan calon Pilkada 2020 akan menjadi pertaruhan bagi pemerintah dan penyelenggara pesta demokrasi ini. Adapun pendaftaran calon kepala daerah mulai dibuka 4 hingga 6 September 2020.

"Tanggal 4, 5, 6 (September) ini menjadi pertaruhan bagi kita semua. Kalau ini bisa berlangsung dengan baik sesuai protokol Covid-19 maka ini akan menjadi modal penting," ujar Tito saat konferensi pers di Youtube Kemendagri RI, Jumat (4/9/2020).

Menurut dia, apabila proses pendaftaran calon kepala daerah berjalan sesuai protokol kesehatan maka dapat membangun kepercayaan publik bahwa Pilkada 2020 aman. Baik dari penularan Covid-19 maupun tindakan anarkis.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Anik susiawati mengatakan...

BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
whatsapp: +1 (347) 797-0786

Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

Nama: Anik susiawati
Bank: Bank Central Asia (BCA)
Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
Tanggal: 17 Agustus 2020
Surel. aniksusiawati0@gmail.com