Sabtu, 19 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kelelahan, Sejoli Tersangka Mutilasi di Kalibata City Sempat Tidur Bareng Jenazah Korban

Posted: 19 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejoli tersangka mutilasi LAS (27) dan DAF (26) ternyata tidak langsung memindahkan potongan tubuh korban Rinaldi Harley Wismanu ke Apartemen Kaibata City. Keduanya sempat menginap bersama jenazah korban di Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Hal tersebut terungkap dalam rekonstruksi atau reka ulang adegan yang digelar penyidik.

"Setelah kita rekontruksi 37 adegan kemarin, ada beberapa tambahan lagi ternyata. Ada temuan-temuan baru, mereka sempat menginap satu malam bersama-sama dengan jenazahnya di situ (Pasar Baru) tanggal 13," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya soal kasus mutilasi itu, Minggu (20/9/2020).

Menurut dia, kepada penyidik, kedua tersangka menginap bersama jenazah Rinaldi karena kelelahan. Oleh karena itu, keduanya menambah durasi sewa kamar di tempat kejadian perkara.

"Alasannya kecapekan, ketiduran. Dia perpanjang lagi penginapan di Pasar Baru," jelas Yusri soal mutilasi di Kalibata City.

 

2 Hari untuk Mutilasi Korban

Sebelumnya, jenazah Rinaldy simpan lima hari di sebuah kamar penginapan. Tiga hari pertama pada saat tejadinya eksekusi dan dibiarkan selama 9-11 September 2020.

Kemudian, sejoli ini memutuskan memindahkan jenazah korban ke tempat baru, dengan memutilasi menjadi 11 bagian. Hal itu dilakukan oleh DAF selama 2 hari, yakni pada 12-13 September 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tenangkan Pengusaha, Kadin Pastikan Ekspor Produk Hasil Laut ke China Jalan Terus

Posted: 19 Sep 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memastikan ekspor produk kelautan dan perikanan berjalan seperti biasa.

Hal ini mengemuka setelah pemerintah China menemukan jejak patogen virus corona pada produk hasil laut (seafood) salah satu eksportir asal Indonesia. Kadin pun meminta agar para pengusaha tidak cemas soal kabar ini.

"Kami dapat laporan, Bea Cukai Cina menemukan kontaminasi Covid-19 di kemasan luar sampel produk ikan layur beku dari Indonesia. Tapi, itu hanya dari salah satu perusahaan Indonesia saja, jadi tidak semuanya," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto dalam keterangannya, (20/9/2020).

Dia menegaskan, ekspor produk perikanan ke China masih bisa dilakukan. Pemerintah China juga hanya menangguhkan impor produk perikanan dari perusahaan tersebut selama 1 minggu terhitung dari 18 September 2020.

Menurutnya, KBRI Beijing sudah berkomunikasi dengan otoritas terkait di China untuk meminta klarifikasi detail yang jelas mengenai persoalan tersebut.

Selain dengan KBRI, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan KKP agar menyelesaikan persoalan ini secara bilateral.

"Kami pun di Kadin saling berkomunikasi dengan KBRI. Jadi, memang pelarangan itu sifatnya sementara dan hanya untuk satu perusahaan itu saja," kata Yugi.

Dia mengatakan, keamanan produk perikanan yang diekspor memang perlu lebih diperhatikan secara baik. Namun, pihaknya juga berharap agar kebijakan ini tidak menjadi hambatan teknis pada ekspor perikanan Indonesia.

"Selain para eksportir kita diharapkan dapat lebih memperhatikan aspek keamanan produk ekspor, kita juga meminta agar otoritas pemerintah Indonesia terkait dapat membantu eksportir untuk dapat menjamin ekspor produk perikanan Indonesia dengan memperhatikan juga protokol pencegahan dan penyebaran Covid-19 untuk produk-produk ekspor," kata Yugi.

Yugi menegaskan, keputusan untuk larangan sementara hanya bagi perusahaan tersebut sebagai kesepakatan Indonesia dengan China.

"Hanya untuk satu perusahaan itu saja. Badan Karantina KKP sudah melakukan suspend, ini kesepakatan kita dengan China," kata dia.

Temuan Covid-19 di Produk Laut Indonesia Masih Investigasi

Ikan layur merupakan salah satu komoditas perikanan laut Indonesia yang diminati pasar China (Khairisa Ferida/Liputan6.com)
Ikan layur merupakan salah satu komoditas perikanan laut Indonesia yang diminati pasar China (Khairisa Ferida/Liputan6.com)
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) angkat bicara usai adanya larangan ekspor produk hasil laut Indonesia ke Cina imbas temuan virus Corona (Covid-19). 
 
Dalam pernyataan publik nomor PP. 01/SJ.4/IX/2020, KKP telah mendapatkan notifikasi dari General Administration of Customs of the People's Republic of China (GACC atau pihak Bea Cukai Cina) pada 18 September 2020 silam. 
 
"(Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Produk Perikanan (BKIPM) telah) melakukan komunikasi dengan Atase Perdagangan RI di Beijing dan berdasarkan surat GACC maka ekspor PT PI dihentikan sementara ke Tiongkok selama 7 hari terhitung sejak tanggal 18 September 2020," demikian ujar Kepala BKIPM Widodo Sumiyanto melalui keterangan resmi Biro Humas dan Kerjasama Luar Negeri, Minggu (20/9/2020). 
 
Kemudian, KKP juga melakukan penghentian sementara pelayanan Health Certificate (HC) dengan menerbitkan Internal Suspend terhadap PT. PI dan saat ini sedang dalam proses investigasi.
 
KKP menegaskan, temuan tersebut terdapat pada kemasan terluar, bukan di dalam ikan. Otoritas China hanya akan menangguhkan impor produk perikanan dari PT. PI selama seminggu mulai 18 September 2020.
 
"Kegiatan ekspor perikanan, termasuk ke China nantinya tetap berjalan seperti biasanya kecuali untuk 1 perusahaan yang ditangguhkan selama sepekan ke depan," lanjut pernyataan tersebut. 
 
KKP juga selalu memastikan keamanan dan mutu produk perikanan, baik yang diekspor maupun di pasar domestik.
 
Pada bulan Maret 2020, BKIPM meningkatkan kewaspadaan dengan menyampaikan peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 kepada Unit Pelaksana Teknis BKIPM dan Unit Pengolahan Ikan (UPI) untuk mematuhi protocol COVID-19 sesuai standar WHO.
 
Kemudian, BKIPM juga menerbitkan surat kepada UPI Nomor: 760/BKIPM.3/TU-210/IV/2020 tanggal 1 April 2020 tentang Pelaksanaan Protokol Pengendalian Covid-19 Dalam Kegiatan Produksi dan pada tanggal 23 Juni 2020, BKIPM menerbitkan surat Nomor: 1214/BKIPM.3/TU-210/VI/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dalam Tatanan Baru kepada UPT BKIPM sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas dalam masa pandemi Covid-19.
 
"Pada bulan Juli 2020, BKIPM menggelar sosialisasi melalui pertemuan virtual dan webinar dengan menghadirkan pakar dan akademisi serta instansi terkait Remote Inspection pada industri perikanan," tandas Widodo. 
 
Kemudian pada Juli 2020, GACC telah melakukan pertemuan virtual dengan BKIPM membahas Covid-19 dan berkomitmen untuk menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan yang diekspor ke Tiongkok.
 
Apabila ditemukan ketidaksesuaian mutu dan keamanan hasil perikanan, maka UPI dikenakan Internal Suspend, dan dilakukan investigasi untuk menemukan akar permasalahan kasus tersebut.
 
Hal ini mengacu pada SOP Penanganan Kasus yang telah dituangkan dalam MRA kedua belah pihak. Pencabutan Internal Suspend apabila telah memenuhi persyaratan Sistem Jaminan Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan (SJMKHP).
 
"Pihak GACC dan BKIPM akan saling menginformasikan apabila terjadi paparan atau suspect Covid-19 di UPI," tegasnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Mirip Rizky Billar, Ini 5 Potret Arul Seleb TikTok yang Sedang Viral

Posted: 19 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini netizen dibuat ramai dengan video seseorang yang disebut mirip dengan Rizky Billar. Mulanya, ada seorang lelaki yang asyik berjoget TikTok dan memiliki paras yang mirip sekali dengan pemain sinetron "Cinta Nikita" tersebut.

Lewat akun TikTok-nya @arulcullun22, remaja itu menjadi sorotan terlebih lagi videonya sudah tersebar di akun-akun gosip. Banyak netizen yang menyebutnya memiliki paras mirip dengan Rizky Billar. Namun, ada pula yang menyebutnya tak mirip dan justru lebih mirip dengan Rizky Febian, anak sulung Sule. 

Setelah ditelusuri, remaja tersebut bernama Arul. Tak hanya lewat TikTok miliknya saja, di Instagramnya @arulcullun22 juga kerap membagikan video dirinya. Sampai kini, video yang tersebar dan disebut-sebut "kembaran" Rizky Billar itu sudah ditonton sebanyak 2,6 juta sejak diunggah pada Jumat (18/9/2020).

Penasaran seperti apa penampilan remaja ini? Berikut ini Liputan6.com rangkum, 5 potret Arul seleb TikTok yang viral disebut mirip Rizky Billar yang dilansir dari Instagram miliknya, Minggu (20/9/2020).

1. Media sosial sempat diramaikan dengan video remaja di TikTok yang disebut mirip dengan Rizky Billar.

Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)
Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)

2. Remaja tersebut diketahui bernama Arul yang mengunggah videonya yang kemudian viral.

Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)
Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)

3. Banyak netizen yang meninggalkan komentarnya yang menyatakan kalau sekilas memang mirip dengan aktor kelahiran 1995 tersebut.

Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)
Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)

4. Tak hanya disebut mirip Rizky Billar, Arul juga disebut-sebut memiliki paras mirip dengan Rizky Febian.

Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)
Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)

5. Sekilas terlihat mirip, ia dan Rizky Billar juga memiliki gaya rambut yang hampir sama.

Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)
Viral cowok mirip Rizky Billar di TikTok, ini potretnya. (Sumber: Instagram/@arulcullun22)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Malam Ini: Menanti Polesan Andrea Pirlo di Juventus

Posted: 19 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juventus memulai perjuangan mempertahankan gelar Liga Italia hari ini. Sorotan tertuju kepada sentuhan pelatih anyar Andrea Pirlo.  

Pirlo melakoni debut di Liga Italia usai menggantikan Maurizio Sarri. Dia bakal adu taktik melawan pelatih veteran Claudio Ranieri yang menangani Sampdoria. 

Dengan materi mumpuni, Juventus semestinya meraih kemenangan. Bagaimanapun La Vecchia Signora unggul kualitas pemain atas lawan yang sempat berkutat di zona degradasi musim lalu.

"Juventus merupakan kandidat terkuat. Mereka juara sembilan musim terakhir. Namun, saya yakin tim lain sudah menyusul ketertinggalan," kata Ranieri, dilansir Football Italia.

 

Selain aksi Juventus, berikut jadwal laga Liga Italia 2020/2021 selengkapnya:

Jadwal Pertandingan

ilustrasi Serie A (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Serie A (Liputan6.com/Abdillah)

 

Minggu, 20 September 2020

17.30 WIB: Parma vs Napoli

20.00 WIB: Genoa vs Crotone

23.00 WIB: Sassuolo vs Cagliari

Selanjutnya

Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Senin, 21 September 2020

01.45 WIB: Juventus vs Sampdoria

Selasa, 22 September 2020

01.45 WIB: AC Milan vs Bologna

Saksikan Video Liga Italia Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Isyana Sarasvati dan Suami Jadi Bintang Iklan Penyedap Rasa

Posted: 19 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proyek baru diterima Isyana Sarasvati dan suaminya, Rayhan Maditra Indrayanto, di masa pandemi Covid-19. Mereka berdua baru saja didapuk sebagai bintang iklan salah satu brand penyedap rasa, Masako.

"Ini kali pertama aku berada dalam satu proyek pekerjaan bersama suamiku, dan pertama kali juga dipercaya menjadi brand ambassador untuk produk seasoning, pastinya bersyukur dan senang sekali rasanya," ungkap Isyana dalam jumpa pers virtual, Sabtu, 19 September 2020.

Ia menuturkan saat pertama kali ditawari proyek iklan tersebut, ia sudah tahu ada peran suami. Ia pula yang menawari Rayhan untuk peran tersebut.

"Aku langsung tanya dia mau nggak nemenin aku iklan Masako, ternyata dia mau. Jadi nyaman banget prosesnya, bikin happy," cerita Isyana.

Sang suami tak kalah senang. Ia menyebut iklan tersebut sebagai pengalaman pertamanya tampil bersama istri. "Seru sih karena ini pertama kali saya ikutan syuting. Biasanya kan hanya nemenin. Jadi seru banget, kebetulan perannya suami istri," jelas Rayhan.

Isyana bukan sekadar berakting memasak. Ia mengaku masa pandemi membuatnya lebih sering turun ke dapur, bereksplorasi dengan berbagai menu, seperti pasta, nasi goreng, hingga steak. Namun, memasak bukanlah sesuatu yang baru dipelajarinya setelah menikah. Rayhan bahkan memuji istrinya yang ternyata jago masak.

"Aku tumbuh dari keluarga yang cinta memasak. Aku sudah belajar masak dari eyang dan ibuku sejak kecil," imbuhnya sembari berharap perannya sebagai brand ambassador bisa menginspirasi keluarga lain untuk menciptakan momen memasak bersama anggota keluarga mereka. 

Targetkan Ibu Muda

Virtual konferensi pers Masako, Sabtu, 19 September 2020. (Liputan6.com/Brigitta Bellion)
Virtual konferensi pers Masako, Sabtu, 19 September 2020. (Liputan6.com/Brigitta Bellion)

Sementara, Jessica Prillia, Brand Manager Masako, menyebut Isyana sebagai profil yang cocok untuk menginspirasi dan menjangkau target market ibu muda di Indonesia. "Isyana berbakat, pribadi yang positif, dan kreatif akan menjadi inspirasi bagi para ibu di Indonesia untuk terus menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi seimbang untuk keluarganya dengan Masako," katanya.

Lewat iklan tersebut, Masako sekaligus memperkenalkan formula dan kemasan baru. Sebagai bumbu penyedap yang berusia lebih dari tiga dekade, generasi keenam dari varian Masako ini diklaim lebih spesial daripada produk sebelumnya. Pasalnya, proses pembuatannya pun lebih rumit dengan teknologi tambahan, khususnya untuk Masako kaldu ayam yang prosesnya dilakukan dengan memisahkan daging dengan tulangnya untuk menghasilkan kaldu yang lebih berkualitas.

Jessica berharap produk bumbu penyedap itu bisa menjadi sahabat bagi ibu-ibu muda yang baru melangkah ke dapur. Itu pula yang disampaikan Koichi Ozaki, Presiden Direktur PT Ajinomoto Sales Indonesia juga mengungkapkan hal yang serupa.

"Harapannya dengan adanya Masako baru ini supaya ibu-ibu lebih percaya diri, bisa bereksplorasi di rumah. Isyana juga nantinya bisa berbagi pengalaman positifnya untuk ibu-ibu muda di Indonesia," imbuhnya. (Brigitta Valencia Bellion)

 

 

 

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Azka Ikut Pesan Jas, Deddy Corbuzier Bakal Menikah dalam Waktu Dekat?

Posted: 19 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier sempat memesan jas dari desainer Samuel Wongso, namun publik tak berpikir macam-macam. Namun ketika beredar foto putra Deddy, Azka Corbuzier dengan pose serupa, publik pun bertanda tanya.

Mengintip Instagram Azka, putra semata wayang Deddy Corbuzier itu terlihat melakukan fitting jas di Wong Hang Tailor. Ia mengunggah foto proses pengukuran yang dilakukan secara langsung oleh Samuel Wongso.

Dalam fotonya, putra Deddy Corbuzier itu sedang mencoba jas hitam yang belum selesai sepenuhnya. Raut wajah Azka tampak serius sambil memandang ke arah kancing di bagian kemejanya.

Sulitnya Membuat Jas

Azka Corbuzier putra Deddy Corbuzier. (Instagram.com/azkacorbuzier)
Azka Corbuzier putra Deddy Corbuzier. (Instagram.com/azkacorbuzier)

"Aku baru sadar betapa sulitnya membuat sebuah setelan, dan aku baru saja belajar bahwa menjahit adalah sebuah seni, jadi aku sangat berterima kasih kepada @wonghangtailor karena membuatkanku sebuah karya seni," tulis Azka sebagai keterangan foto di Instagramnya itu.

 

Pujian dari Sang Ayah dan Desainer

Azka Corbuzier
Azka Corbuzier

Unggahan foto Azka Corbuzier itu kemudian mendapat komentar dari Deddy dan Samuel Wongso. Deddy dan Samuel sama-sama mengutarakan pujiannya kepada Azka Corbuzier.

 

Isi Pujian

"Damn it's so Good!!" Deddy Corbuzier menuliskan.

"Looking good bro," Samuel Wongso menyampaikan pujian.

 

Belum Ada Penjelasan

Namun hingga kini, belum ada penjelasan dari Deddy maupun Azka mengenai apa yang akan mereka lakukan dengan sama-sama pamer foto sedang memesan jas dalam waktu berdekatan.

 

Deddy Corbuzier Segera Menikah?

Sejumlah warganet pun banyak yang menduga bahwa Deddy Corbuzier dan Sabrina Chairunnisa akan segera menikah dalam waktu dekat.

"Untuk acara apa Om Deddy kok fitting jas? Mau menikah ya," terka pemilik akun Instagram @astri1078.

"Cie, sudah mau menikah Om Deddy Corbuzier," celetuk @jean.holic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Kerumunan Massa, Menko PMK Pastikan Bansos Beras Diantar ke Rumah Warga

Posted: 19 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan bantuan sosial (bansos) beras akan diantarkan langsung ke rumah masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Hal ini untuk mencegah kerumunan masyarakat yang ingin mengambil bansos beras.

Hal ini disampaikan Muhadjir saat mengunjungi Gudang Bulog Paron, Desa Paron, Kediri, Jawa Timur, Sabtu 19 September 2020. Pada kesempatan itu, dia menyerahkan secara simbolis bansosberas kepada dua perwakilan KPM PKH.

"Sesuai dengan kesepakatan, beras ini akan di antar ke rumah KPM. Karena itu, nanti mohon dipantau di lapangan. Jadi tidak boleh hanya ditaruh di satu tempat kemudian penerima manfaatnya dipanggil disuruh ngambil," kata Muhadjir dikutip dari siaran persnya, Minggu (20/9/2020).

Menurut dia, bansos akan disalurkan ke rumah penerima bantuan oleh transporter dan pihak ketiga dari transporter, dan pendamping PKH.

"Setelah ditetapkan titik kumpul tertentu didampingi pendamping PKH itu, nanti ada transporter dan pihak ketiga dari transporter yang akan mengantar ke rumahnya," jelasnya.

"Kecuali kalau memang ada KPM yang mau bawa sendiri. Tetapi kesepakatannya harus diantar sampai ke rumah," sambung Muhadjir.

Dia juga turut mengecek ketersediaan beberapa aspek dari bantuan sosial (bansos) beras 15 kilogram di Gudang Bulog. Mulai dari, ketersediaan beras, kualitas beras, bobot beras yang akan disalurkan ke KPM PKH, dan distribusinya.

"Di sini sudah kita cek insyaallah berasnya tersedia di gudang, jadi tidak cari-cari lagi. Dan berasnya Alhamdulillah beras lokal. Artinya pemberdayaan petani di Kediri melalui mekanisme pembelian oleh Bulog itu berjalan dengan baik. Kualitas beras juga bagus, kita jamin berasnya medium. Bobot juga sudah sesuai 15 kilogram," tuturnya.

 

e-Warong

Usai mengecek Gudang Bulog Paron, Muhadjir mengunjungi e-Warong Wiji Utami di Paron. Di sana, dia menyaksikan masyarakat penerima Program Kartu Sembako dan PKH yang melakukan transaksi pemanfaatan bantuan Kartu Sembako dan PKH.

Muhadjir menyebut, pelayanan dan pengadaan barang di e-Warong tersebut sudah sangat baik. Dia juga menemukan KPM PKH yang dengan kesadarannya, tidak meneruskan mengikuti PKH karena sudah memiliki usaha sendiri.

"Sudah naik kelas jadi pengusaha kecil ultra mikro. Nanti kita bantu melalui Unit Layanan Modal Mikro (ULAM) dan juga Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi jangan terus-terusan. Nanti enggak naik-naik kelas. Karena tujuan PKH untuk menaikkan kesejahteraan mereka," ujar Muhadjir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

James Rodriguez Jadi Kunci Kemenangan Besar Everton Lawan West Bromwich

Posted: 19 Sep 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta James Rodriguez langsung menunjukkan kualitasnya saat Everton berpesta gol 5-2 lawan West Bromwich Albion di Liga Inggris pekan kedua, Sabtu (19/9/2020). James Rodriguez mencetak satu gol dan satu assist di pertandingan ini.

Usai pertandingan, pelatih Everton Carlo Ancelotti langsung memuji penampilan James Rodriguez. Dia menilai gol pemain asal Kolombia itu jadi kunci keberhasilan Everton pesta gol.

Gol Everton dicetak Calvert Lewin (3 gol), James Rodriguez dan Michael Keane. James Rodriguez cetak gol kedua yang membuat skor berubah jadi 2-1.

Everton sebelumnya tertinggal terlebih dahulu usai Diangana cetak gol di menit ke-10.

"Dia mencetak gol pertamanya di Liga Inggris. Ini paling penting. Ini jadi kunci pertandingan tadi. Dia mencetak gol fantastis dan assist di babak dua," ujar Ancelotti soal James Rodriguez seperti dikutip Sky Sports.

 

Kualitas

James Rodriguez bersama Carlo Ancelottti (AFP)
James Rodriguez bersama Carlo Ancelottti (AFP)

Ancelotti seperti melihat James sudah kembali seperti dulu. Dia melihat James yang sama seperti kala masih di Real Madrid.

"Dia nyaman dengan tim dan segalanya bakal oke. Di momen ini, dia pakai kualitasnya. Ini kualitas yang saya lihat di Madrid dan juga Bayern Munchen," ujar Ancelotti.

"Kualitas James membuatnya mudah bermain bagus. Gaya mainnya tidak rumit. Soalnya saat dia dapat ruang, dia gunakan kualitasnya untuk memberikan umpan."

 

Ogah Jemawa

 

Meski menang besar, Ancelotti menilai tak sepenuhnya Everton main bagus.

"Sejujurnya di babak pertama, West Brom lebih baik dari kami. Saya pikir kami bisa beraksi dengan baik setelah kebobolan," katanya.

 

Fokus

 

Ancelotti meminta seluruh pemainnya untuk terus fokus. Soalnya saat ini hal itu sudah dilakukan seluruh pemain.

"Setiap laga itu sulit. Hari ini tes bagus buat kami, semuanya gembira karena kami meraih hasil bagus," ujar Ancelotti.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video James Rodriguez di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA Heat Vs Celtics: Jayson Tatum dkk Unggul di Gim Ketiga

Posted: 19 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Boston Celtics sukses menghadang laju Miami Heat pada gim ketiga final Wilayah Timur play-off NBA 2019/2020 di AdventHealth Arena, Minggu (20/9/2020) pagi WIB. Celtics yang sudah tertinggal 0-2, berhasil memenangkan gim ini 117 - 106.

Pada gim ketiga final Wilayah Timur play-off NBA yang berlangsung ketat ini, pebasket muda Boston Celtics, Jayson Tatum, menjadi bintang pada laga ini setelah mencatatkan double-double (25 poin, 14 rebound).

Dengan hasil ini, Heat masih unggul 2-1 atas Celtics. Pada dua pertemuan sebelumnya, Jayson Tatum dan kawan-kawan menyerah 114-117 dan 101-106.

Pada gim kedua itu, Bam Adebayo menjadi bintang setelah dirinya mencatatkan double-double (21 poin dan 10 assist).

Berdasarkan jadwal, kedua tim akan kembali bertanding pada gim keempat final NBA Wilayah Timur yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (24/9/2020) pagi WIB.

Menipis

Penggawa Los Angeles Clippers Lou Williams (tengah) beraksi pada laga NBA melawan Boston Celtics di Staples Center, Senin (11/3/2019) atau Selasa WIB. (AP Photo/Jae C. Hong)
Penggawa Los Angeles Clippers Lou Williams (tengah) beraksi pada laga NBA melawan Boston Celtics di Staples Center, Senin (11/3/2019) atau Selasa WIB. (AP Photo/Jae C. Hong)

Sebelum gim ini digelar, kans Celtics mencapai final NBA musim ini menipis. Karenanya, penting bagi Celtics untuk mengatasi kelemahan.

Anak asuh Brad Stevens sempat unggul dua dijit atas Heat pada dua gim awal. Namun, mereka gagal mempertahankan superioritas dan justru tumbang.

Jadwal Pertandingan

Senin, 21 September 2020

TBD: Celtics vs Heat

*Rabu, 23 September 2020

TBD: Heat vs Celtics

*Jumat, 25 September 2020

TBD: Celtics vs Heat

*Minggu, 27 September 2020

TBD: Heat vs CelticsRabu, 16 September 2020

*jika diperlukan

Hasil Pertandingan

Rabu, 16 September 2020

Gim 1: Heat 117 Boston 114

Jumat, 18 September 2020

Gim 2: Heat 106 Celtics 101

Simak Video NBA Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Rakyat Simpedes 2020 Hadirkan Cerita 2 Petani Milenial Sukses

Posted: 19 Sep 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesta Rakyat Simpedes 2020 PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), episode kedua digelar dengan sesuatu yang lebih menarik dan istimewa.  Di episode kedua ini, gelaran Pesta Rakyat Simpedes 2020 menampilkan talkshow inspiratif yang mengusung tema 'Milenial Membangun Negeri' hingga pertunjukan musik dari RAN dan SLANK.

Sebelumnya, pada episode pertama mengusung tema Bangga Buatan Indonesia. Pesta Rakyat Simpedes 2020 episode kedua disiarkan secara live streaming melalui Vidio.com pada hari Sabtu, 19 September 2020.

Meskipun digelar secara virtual, Pesta Rakyat Simpedes tetap meneruskan tradisi dengan mengusung konsep 6P (Pasar, Panggung, Pawai, Panen, Pojok Xsis, Peduli).

Sesuai dengan temanya, Pojok X'Sis di episode kedua menghadirkan pembicara dari kalangan anak muda yakni Petani Milenial bersama Nur Agis Aulia.

Pemuda kelahiran Serang ini telah membuktikan bahwa petani juga bisa sukses. Jalan hidupnya sekaligus mematahkan mindset bahwa seorang sarjana harus kerja jadi pegawai di perusahaan, di gedung bertingkat, dan lain sebagainya.

Beberapa kontribusi Agis di desanya yakni sebagai ketua pilot project integrated farm NAPOLi FARM dan CEO Jawara Banten Farm.

Ayah dari 2 anak ini juga merupakan Co-Founder Komunitas Banten Bangun Desa yang kini telah merambah ke bidang usaha pertanian, peternakan (sapi perah kambing Aqiqah dan qurban), serta perikanan.

 

 

Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.
Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.

Meskipun masih muda, sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh Agis. Dia merupakan salah satu penerima penghargaan Kick Andy Heroes serta Sosok Muda Kompas berkat usaha kerasnya dalam membangun daerahnya.

Efeknya, sekarang ini banyak pemuda Banten yang tertarik menjadi peternak cerdas dan penuh dedikasi.

Di Talkshow 'Milenial Membangun Negeri', Agis tidak sendirian, turut hadir Mamat Alkatiri, komika muda yang siap menghibur sekaligus bercerita tentang peran milenial membangun negeri.

Selanjutnya di segmen Workshop Hidroponikpedia dari Bayu Widhi Nugroho yang siap memberikan tutorial Hidroponik untuk pemula.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Warung Pintar Kolaborasi dengan GrabMart Curi Perhatian

Posted: 19 Sep 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel kolaborasi Warung Pintar dengan Grab di layanan GrabMart untuk memfasilitasi warung dalam jaringannya berdagang secara digital, paling banyak dibaca pada kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (19/9/2020).

Artikel lain yang juga populer kemarin, termasuk WhatsApp Web akan hadirkan fitur pemindai sidik jari saat login, dan PUBG Mobile Season 15.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Kolaborasi, Akses Warung Pintar Kini Bisa Lewat Layanan GrabMart

Warung Pintar baru saja mengumumkan telah menggandeng GrabMart untuk memfasilitasi warung dalam jaringannya berdagang secara digital.

Lewat kerja sama ini, pengguna Grab dapat berbelanja di Juragan Warung Pintar langsung melalui layanan GrabMart. Kolaborasi kedua perusahaan ini sebenarnya sudah berlangsung sejak akhir Juni 2020.

Hingga kini, ada belasan warung di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang sudah secara konsisten menggunakan layanan GrabMart untuk bertransaki dengan pelanggan.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Kian Aman, WhatsApp Web Akan Hadirkan Fitur Pemindai Sidik Jari untuk Login

WhatsApp dilaporkan tengah meningkatkan sistem keamanan untuk pengguna yang mengakses layanannya via situs web. Informasi ini diketahui dari laporan WABetainfo beberapa waktu lalu.

Adapun sistem keamanan yang dimaksud, seperti dilansir Business Insider, Sabtu (19/9/2020), adalah dukungan pemindaian sidik jari saat ingin memulai sesi di WhatsApp Web.

Karenanya, WhatsApp disebut sudah menyiapkan tim khusus untuk mengembangkan fitur ini.

Baca Selengkapnya di Sini

3. PUBG Mobile Kehadiran Item Edisi Terbatas di Season 15, Apa Saja?

PUBG Corp dan Tencent baru saja meng-update gim battle royale populer miliknya dalam PUBG Mobile versi 1.0.

Seiring dengan versi baru ini, perusahaan juga resmi mengumumkan musim terbarunya, yakni PUBG Mobile Season 15.

Mengawali Season 15, perusahaan meluncurkan Royale Pass bertajuk "Beyond A.C.E" dengan beragam hadiah dan update yang belum pernah ada di season sebelumnya, sebagaimana dikutip dari keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petualangan Diaspora Asal Jatim Susuri Jalur Rempah dengan Kapal Layar Bertiang Dua

Posted: 19 Sep 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kru kapal layar Arka Kinari berbendera Belanda yang melakukan pelayaran selama setahun terakhir dengan misi seni budaya dan lingkungan akan menyinggahi sejumlah wilayah yang menjadi titik jalur rempah di Indonesia.

"Dalam pelayaran tanpa asap karbon ini, kami akan menyinggahi sejumlah daerah yang menjadi titik penyebaran jalur rempah-rempah Indonesia," kata Nova Ruth kru sekaligus pemilik sekunar (kapal layar bertiang dua) itu, di Banda Naira, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Sabtu, 19 September 2020 dilansir Antara.

Pulau Banda yang terkenal dengan rempah-rempah berupa pala merupakan daerah kedua yang disinggahi kapal buatan Jerman tahun 1947 tersebut. Sebelumnya tiba dan melakukan misi yang sama di Sorong, Papua Barat pada 1 September 2020.

Nova Ruth, warga Indonesia asal Malang, Jawa Timur bersama suaminya Grey Filastine akan berada di Pulau Banda hingga 22 September dan selanjutnya berlayar ke pulau Selayar, Makassar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya menuju Benoa, Provinsi Bali.

Ia mengatakan misi yang dibawa kapal kru Arka Kinari adalah untuk mendukung program jalur rempah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud yang merupakan sebuah upaya rekonstruksi budaya yang membentuk budaya bahari di nusantara menuju pengakuan sebagai sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Selama mengunjungi wilayah jalur rempah, menurut dia, mereka akan berinteraksi dengan masyarakat, terutama generasi muda untuk mengedukasi mereka tentang upaya penyelamatan lingkungan, di samping berkolaborasi seni dan budaya kontemporer dengan komunitas seni lokal.

Dia mengakui mengalami banyak tantangan berat dalam pelayaran selama setahun terakhir dengan kapal yang menjadi "rumah utama" dirinya bersama sang suami Grey Filastine.

"Tetapi hari ini saya sangat terharu dan tidak mampu berkata-kata karena disambut secara adat oleh warga Banda. Kami tidak pernah menyangka akan mendapatkan penyambutan yang luar biasa. Kami disambut dan dilayani layaknya seperti keluarga sendiri," katanya.

Berkunjung ke Pulau Banda yang disebut sebagai 'titik nol' jalur rempah dunia, kata Nova Ruth, merupakan salah satu impian kru kapal layar tersebut.

 

Misi Alam dan Budaya

Google Maps Laut Banda
Google Maps Laut Banda

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid secara terpisah mengakui pelayaran kapal Arka Kinari untuk misi budaya dan lingkungan serta menulusuri jalur rempah dari Eropa hingga Indonesia.

Menurut dia program jalur rempah mengangkat isu "Outstanding Universal Value" dan diplomasi budaya, di mana rekonstruksi hubungan antarbudaya, masyarakat dan peradabannya akan memperlihatkan ketersambungan satu dengan lainnya.

"Salah satu kegiatan rekonstruksi ini adalah napak tilas dengan melakukan pelayaran membawa misi budaya," katanya.

Arka Kinari sendiri adalah sebuah kapal yang melakukan pelayaran dengan misi integrasi budaya dan alam. Kepedulian akan budaya dana alam menjadi pesan kuat yang selalu disampaikan di setiap kegiatan kru kapal saat berkeliling dunia.

"Diharapkan program ini dapat menjadi dokumentasi sekaligus pembelajaran untuk menyiapkan kegiatan pelayaran budaya lebih besar di titik dan simpul jalur rempah dalam dan luar negeri yang rencananya akan dimulai 2021," katanya.

Pndemi COVID-19 diakui menjadi hambatan terbesar pelaksanaan kegiatan program jalur rempah Ditjen Kebudayaan Kemendikbud. Tetapi tidak lantas menghentikan program ini melainkan tetap berjalan dengan mengindahkan protokol kesehatan serta aturan pemerintah pusat dan lokal, demikian Hilmar Farid.

Saksikan Video Pilihan Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Membuat Nastar Lembut dan Lumer di Mulut, Mudah Dipraktikkan

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat nastar lembut dan lumer di mulut bisa diterapkan di rumah. Kamu bisa memilih berbagai variasi rasa sesuai selera. Hal ini karena nastar memang bisa dibuat dengan berbagai bahan seperti cokelat, keju, cengkeh, green tea, dan lain-lain. 

Kue nastar sendiri merupakan salah satu kue kering lebaran yang paling digemari di Indonesia. Hampir bisa dipastikan kalau kue kering satu ini pasti ada di meja tamu atau toples saat Lebaran. Bahan untuk membuat kue nastar pun sebenarnya cukup sederhana. Tidak beda jauh dengan bahan untuk membuat kue kering Lebaran lainnya.

Cara membuat nastar tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu cukup mengumpulkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan, dan mengikuti langkah-langkah mudah yang perlu diterapkan saat membuat nastar. Ikuti dengan saksama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/9/2020) tentang cara membuat nastar.

Cara Membuat Nastar Original

Nastar Foto: copyright justtryandtaste.com
Nastar Foto: copyright justtryandtaste.com

Bahan-bahan:

- 250 gram tepung terigu protein sedang

- 200 gram margarin

- 50 gram tepung maizena

- 45 gram gula halus

- 27 gram susu bubuk fullcream

- 1 butir kuning telur

- Vanili bubuk

Garam

Cara membuat nastar original:

1. Masukkan margarin dan gula halus ke dalam wadah besar

2. Mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata

3. Masukkan kuning telur ke dalam wadah tersebut

4. Mixer lagi hingga telur tercampur dengan mentega

5. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, vanili bubuk serta garam

6. Mixer dengan kecepatan kecil hingga adonan tercampur rata. Matikan mixer

7. Aduk dan potong adonan menjadi beberapa bagian

8. Pipihkan adonan dan tambahkan selai nanas ke dalamnya

9. Bulatkan adonan hingga seperti bola kecil

10. Lakukan hal serupa hingga adonan habis

11. Pada saat mencetak adonan, tangan harus bersih atau menggunakan sarung tangan plastik ya

12. Siapkan loyang dengan mengoles tipis permukaannya dengan mentega

13. Letakkan dan tata rapi adonan nastar ke atas loyang

14. Kocok kuning telur, mentega dan sedikit air pada mangkok kecil

15. Oleskan campuran tersebut pada atas adonan

16. Panaskan oven hingga mencapai suhu 150 celcius

17. Masukkan adonan ke dalam oven

18. Tunggu sekitar 20-30 menit hingga matang

19. Diamkan hingga dingin

20. Masukkan ke dalam toples kedap udara

21. Kue nastar original telah siap untuk dihidangkan

Cara Membuat Nastar Keju.

Bahan:

- 150 gr butter

- 100 gr margarin

- 90 gr gula halus

- 3 butir kuning telur

- 50 gr susu bubuk full cream

- 1/2 sdt vanilli

- 350 gr tepung terigu

Olesan:

- 2 butir kuning telur

- Keju parut

Cara membuat nastar keju:

1. Kocok butter, margarin dan gula halus sampai brubah warna agak pucat.

2. Masukkan kuning telur kocok rata.

3. Masukkan susu bubuk, vanilli dan tepung terigu aduk rata dengan spatula. Adonan masih agak lengket. Diamkan di dalam kulkas kurang lebih 1 jam.

4. Ambil sedikit adonan, bulatkan sambil agak ditekan di telapak tangan.

5. Beri isian selai nanas. Bentuk bulat.

6. Oles dengan kuning telur diulangin sampai 2x. Taburi parutan keju di atasnya.

7. Panggang dalam suhu 150°C hingga matang atau berwarna keemasan.

Cara Membuat Nastar Wafer

(Sumber Merdeka.com)
(Sumber Merdeka.com)

Bahan A:

- 200 margarin

- 100 butter

- 2 kutel

Bahan B:

- 450 terigu

- 50 susu bubuk

- 100 gula halus

Olesan:

- 1 sdm kutel

- 1 sdm susu cair

Topping dan isi:

wafer keju parut

Cara membuat mastar wafer:

1. Mixer bahan A sebentar aja (tidak sampai semenit) sampai tercampur rata

2. Campur bahan B ,aduk dengan spatula sampai rata dan adonan bisa dipulung

3. Gilas menggunakan rolling pin, jangan terlalu tipis supaya waktu digulung tidak pecah, tata wafer yang sudah dioles putih telur supaya rekat, rapikan menggunakan plastik sesuai bentuk wafer. Lalu potong

4. Olesi dengan polesan dan taburi keju parut

5. Panggang selama kurang lebih 25 menit - Dinginkan, simpan di tempat rapat.

Cara Membuat Nastar Greentea

Bahan:

- 150 gr Butter

- 50 gr margarin

- 50 gr gula halus

- 3 butir kuning telur

- 20 gr susu bubuk full cream

- 340 gr tepung kunci

- 8 gr greentea powder, sesuai selera

Cara membuat nastar greentea:

1. Kocok butter, margarin, gula Halus sebentar saja 2 menitan sampai mengembang

2. Masukkan kuning telur, kocok merata

3. Masukkan tepung, aduk sampai rata

4. Pipihkan, selai nanas, bulatkan

5. Panggang suhu 150-160 selama 30 menit atau sampai matang, sesuaikan oven sendiri.

Bahan untuk selai:

- 1 buah nanas palembang, kupas, parut atau blender

- 200 gram gula pasir

- 2 batang kayu manis

- 3 butir cengkeh

Cara membuatnya:

1. Masak nanas, kayu manis dan cengkeh hingga airnya menyusut dan adonan agak lengket

2. Masukkan gula pasir.

3. Aduk hingga air habis, adonan menjadi selai dan bisa dibentuk.

Cara Membuat Nastar Cengkeh

Bahan:

- 325 gram tepung terigu protein sedang

- 125 gram margarin

- 125 gram butter

- 75 gram gula halus

- 60 gram keju parut

- 25 gram tepung maizena

- 25 gram susu bubuk

- 2 kuning telur

Cara Membuat nastar cengkeh:

1. Panaskan atau jemur sebentar keju parut agar lebih krispi nantinya

2. Masukkan margarin, butter dan gula halus ke dalam wadah besar

3. Mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata

4. Masukkan kuning telur ke dalam wadah tersebut

5. Mixer lagi hingga telur tercampur dengan mentega

6. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk serta keju parut

7. Mixer dengan kecepatan kecil hingga adonan tercampur rata. Matikan mixer

8. Aduk dan potong adonan menjadi beberapa bagian

9. Pipihkan adonan dan tambahkan selai nanas ke dalamnya

10. Bulatkan adonan hingga seperti bola kecil

11. Lakukan hal serupa hingga adonan habis

12. Pada saat mencetak adonan, tangan harus bersih atau menggunakan sarung tangan plastik ya

13. Siapkan loyang dengan mengoles tipis permukaannya dengan mentega

14. Letakkan dan tata rapi adonan nastar ke atas loyang

15. Kocok kuning telur, mentega dan sedikit air pada mangkok kecil

16. Oleskan campuran tersebut pada atas adonan

17. Tusukkan cengkeh di tengah adonan, pastikan batang cengkeh yang runcing berada di atas ya

18. Panaskan oven hingga mencapai suhu 150 celcius

19. Masukkan adonan ke dalam oven

20. Tunggu sekitar 20-30 menit hingga matang

21. Diamkan hingga dingin

22. Masukkan ke dalam toples kedap udara

23. Kue nastar cengkeh telah siap untuk dihidangkan

Cara Membuat Nastar Ekonomis

Cara Membuat Nastar. (Istimewa)
Cara Membuat Nastar. (Istimewa)

Bahan-bahan:

- 1 bungkus blueband kemasan 200 gram

- 45 gram gula halus/gula pasir blender halus

- 1 kuning telur

- 1 sachet susu bubuk dancow kemasan 27 gram

- 50 gram maizena

- 250 gram Tepung terigu kunci biru

- vanilli bubuk

- Sedikit garam

Cara membuat nastar ekonomis:

1. Campur gula halus dan blueband aduk sampai tercampur rata, masukan kuning telur aduk rata, disusul bahan-bahan lain sampai tercampur hingga menyatu(sebaiknya tidak diuleni dengan tangan langsung)

2. Isi dengan selai nanas dan bentuk sesuai selera, tata dalam loyang yang dioles margarin tipis-tipis.

Cara Membuat Nastar Coklat Keju

Bahan-bahan:

- 125 gram butter Mix

- 25 gram gula halus

- 35gram keju cheddar parut

- 1 butir kuning telur

- 175 gram tepung kunci biru

- 25 gram susu bubuk

- keju parut secukupnya untuk toping

- DCC secukupnya untuk topping

- Selai nanas untuk isian

Bahan olesan:

- 1 butir kuning telur

- 1 sdm madu

Cara membuat nastar cokelat keju:

1. Kocok margarin dan gula halus sampai rata saja cukup 1-2 menit.

2. Masukkan telur, lalu masukkan keju kocok sampai rata.

3. Masukkan susu bubuk dan tepung terigu sambil diayak, aduk dengan sendok kayu atau spatula

4. Ambil secukupnya adonan lalu pipihkan. Beri isian selai nanas lalu bentuk seperri bulan sabit dan tata diloyang. Lakukan sampai adonan habis.

5. Panggang dengan suhu 150 derajat selama 15 menit. Keluarkan biarkan agak dingin lalu oles denga bahan olesan dan beri toping keju di sebagian sisinya lalu panggang lagi sampai matang.

6. Setelah dingin celup sebagian sisi dengan cokelat Biarkan cokelat set dan Siap dimasukkan toples atau di pack plastik satuan.

Cara Membuat Nastar Cokelat Kurma Mete

Nastar. (Foto: YouTube.com)
Nastar. (Foto: YouTube.com)

Bahan:

- 59 gr salted butter

- 58 gr margarin

- 20 gr gula bubuk

- 2 kutel

- 117 gr terigu sedang

- 17 gr tepung maizena

- 15 gr bubuk kakao

Isi:

- 15 kurma, hilangkan biji dan belah 2

- Isi dengan mete, sisihkan

Cara membuat nastar cokelat kurma mete:

1. Aduk butter, margarin dan gula dengan balon whisk hingga smooth masukkan kutel aduk rata

2. Tambahkan bahan2 kering sambil diayak, aduk rata menggunakan spatula

3. Ambil sekitar 10 gr adonan, pipihkan isi dengan kurma mete, tutup rapat dan susun di loyang yang sudah dialasi kertas baking atau diolesi margarin

4. Panggang di suhu 125°C kurleb 40-45 menit, dinginkan di cooling rack lalu masukkan stoples.

Cara Membuat Nastar Kotak

Bahan-bahan:

- 250 gram butter atau wisman atau blueband cup

- 1 sendok makan gula halus

- 1 biji kuning telur

- 1 sendok kecil vanili

- 1 sendok makan susu bubuk

- 2 1/2 gelas terigu

- 2 1/2 sendok makan tepung maizena

Cara membuat nastar kotak:

1. Butter dan gula mixer sebentar 5 menit

2. Masukkan kuning telur aduk-aduk sampai tercampur rata masukkan vanili

3. Masukkan terigu dan tepung maizena yang sudah diayak sampai tercampur jadi satu

4. Bentuk atau cetak ikut selera - Bakar 10 menit keluarkan olesi kuning telur

5. Masukkan oven lagi bakar 20 menit atau sudah masak

6. Siap disajikan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Chelsea vs Liverpool: Perseteruan Lampard - Klopp Panaskan Suasana

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Perang besar terjadi pada pekan kedua Liga Inggris saat Chelsea menjamu juara bertahan Liverpool di Stamford Bridge, Minggu (20/9/2020).

Reputasi Chelsea dan Liverpool sudah membuat laga ini panas. Keduanya menyandang klub top dan sama-sama mengeluarkan dana besar di bursa transfer untuk memperkuat skuat.

Namun, duel Chelsea vs Liverpoolnanti tambah menarik karena bumbu persaingan Frank Lampard dan Jurgen Klopp.

Mereka berseteru dan adu mulut di pinggir lapangan pada pertemuan terakhir. Meski keduanya mengaku sudah berdamai dan tidak memiliki masalah, bisa dipastikan sorotan publik juga tertuju kepada mereka.

Chelsea dan Liverpool masing-masing mengincar kemenangan untuk mempertahankan performa positif setelah meraih tiga poin di pekan pembuka Liga Inggris. Namun, hanya salah satu tim yang bakal mendapatkannya.

Perkiraan Pemain

Interior kandang Chelsea, Stamford Bridge. (AFP/Ben Stansall)
Interior kandang Chelsea, Stamford Bridge. (AFP/Ben Stansall)

Chelsea (4-2-3-1): Kepa; James, Rudiger, Zouma, Azpilicueta; Kante, Kovacic; Hudson-Odoi, Havertz, Mount; Werner

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Keita; Salah, Firmino, Mane

5 Pertemuan Terakhir

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Waktu-Ajang-Laga-Hasil

23/07/20 Liga Inggris Liverpool vs Chelsea 5-3

04/03/20 Piala FA Chelsea vs Liverpool 2-0

22/09/19 Liga Inggris Chelsea vs Liverpool 1-2

15/08/19 Piala Super Eropa Liverpool vs Chelsea 2-2 (adu penalti 5-4)

14/04/19 Liga Inggris Liverpool vs Chelsea 2-0

Saksikan Video Liga Inggris Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Penjual Rokok di Depan Sekolah, Kepsek Perlu Turun Tangan

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Angka prevalensi perokok usia anak terus naik. Menurut data Global Youth Tobacco Survey 2019, salah satu faktor penyebabnya adalah iklan, promosi, sponsor (IPS) rokok.

Sekitar 65 persen anak terpapar IPS rokok di tempat penjualan. Namun, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny Nurhayanti Rosalin, masih menemukan penjual rokok yang membuka lapak tepat di depan sekolah.

Menurut Lenny, rokok adalah masalah serius dan kepala sekolah perlu turun tangan untuk menangani masalah ini di lingkungan sekolah.

"Ada penjualan rokok di warung depan sekolah, saya mengimbau kepala sekolah ayo lah ikut bereskan, jangan didiamkan. Begitu anak keluar dari pagar belok ke kiri sudah ada warung di warungnya sudah ada nama-nama rokok," ujarnya dalam webinar Kemen PPPA (17/9/2020).

Selain warung-warung di depan sekolah, acara-acara di sekolah pun acap kali disponsori oleh merek rokok. Bahkan dalam acara tersebut bendera-bendera besar dengan nama merek rokok dipajang dengan jelas.

"Ini banyak sekali, saya yakin di wilayah masing-masing juga ada."

Pelajar Jadi Sasaran Industri Rokok

Sebelumnya, hasil Survei Tempat Penjualan Rokok di Sekitar Sekolah menunjukkan pemasaran rokok dan promosi produk tembakau (rokok) menjadikan anak-anak usia sekolah sebagai target pemasaran. Sebab tidak sedikit temuan survei penjualan rokok marak berada di sekitar lingkungan sekolah.

"Cara-cara pemasaran dan promosi produk rokok yang ditemukan dalam survei ini menunjukkan industri rokok menjadikan anak-anak sebagai target pemasaran," kata Peneliti dari FAKTA, Tubagus Haryo dalam Peluncuran Hasil Survei Tempat Penjualan Rokok di Sekitar Sekolah, Studi Kasus: Jakarta, Medan, Banggai, dan Surakarta, Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Cara yang digunakan untuk memasarkan produk rokok di sekitar sekolah yakni memajang produk sejajar dengan mata anak. Menyediakan rokok ketengan atau dijual per batang. Memajang dekat dengan permen atau makanan ringan.

Lalu melalui media poster atau iklan rokok. Mengatur kemasan sehingga peringatan kesehatan tertutupi. Memajang slop rokok. Menggunakan spanduk (iklan) rokok sebagai penutup warung dan memajang lampu di tempat pajangan rokok.

Adapun, cara industri rokok mempromosikan produknya di sekitar sekolah yakni dengan mengeluarkan edisi khusus atau terbatas sebanyak 86 persen. Dipromosikan dengan memberikan potongan harga 19 persen.

Selain itu, juga dengan memberikan hadiah dan memberikan loyalty masing-masing 2 persen. Terakhir menjual benda menyerupai rokok berupa permen atau mainan, agenda sponsor industri rokok dan pemberian rokok gratis 1 persen.

 

Infografis Rokok:

Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatkala Bunga Desa Muara Enim Memikat Wali Kota Bengkulu

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - Setelah berkunjung di Kabupaten Empat Lawang, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Bersama sang istri yang juga ketua Tim Penggerak PKK Kota Bengkulu Hj Kahirunnisa melanjutkan lawatannya ke Kabupaten Muara Enim Sumatra Selatan. Kedatangannya disambut langsung Pelaksana Tugas Bupati Muara Enim, Juarsah.

Ada yang menarik saat Wali Kota Bengkulu yang masih gagah tersebut tiba, dia rupanya tertarik dengan Bunga Desa Muara Enim. Eits, jangan salah duga dulu, rupanya Bunga Desa itu adalah program sang bupati, singkatan dari Bupati Ngantor di Desa. Hampir sama dengan kebiasaan Helmi yang sering ngantor di masjid.

Kedua kepala daerah yang merakyat ini sepakat saling sinergi dan berkolaborasi menghadirkan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat. Bentuknya, dengan menjalin kerja sama yang diikat nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di Gedung Balai Agung Bumi Serasan Sekundang Muara Enim.

Ada kesamaan antara Helmi dengan Juarsah, yakni sama-sama memprioritaskan APBD untuk rakyat. Mereka saling menceritakan program-program unggulan dengan tujuan program yang ada di Kota Bengkulu bisa diadopsi di Kabupaten Muara Enim. Sebaliknya program dari Kabupaten Muara Enim dapat diadopsi di Kota Bengkulu.

Sebagai tindak lanjut dari MoU itu, Helmi menginstruksikan kepala OPD yang ikut untuk berdiskusi langsung dengan OPD Kabupaten Muara Enim tentang program yang akan diadopsi oleh Kota Bengkulu.

Ia berharap sepulangnya dari Kabupaten Muara Enim akan membawa pulang program yang unggul seperti pakaian sekolah gratis untuk siswa dan Program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa). Sementara Juarsah juga akan mencoba ngantor di masjid seperti yang dilakukan oleh Helmi.

"Banyak progam bupati yang bermanfaat sekali, salah satunya asuransi untuk warga. kita akan belajar regulasinya untuk anggaran 2021," kata Helmi, sang Wali Kota Bengkulu.

 

Ragam Program Prorakyat

Program unggulan di Kota Bengkulu yang menarik minat sang bupati adalah Gerakan Peduli Yatim (GPY), Rumah Sakit Harapan dan Doa dengan padicure manicure gratis bagi pasien, ambulans gratis, HD Samawa dengan segala fasilitas mulai dari Mobil, Nikah Balai, bahkan Honeymoon pun disediakan pula.

Bupati Muara Enim Juarsah kagum dan bangga terhadap pembangunan yang terdengar dari Kota Bengkulu. Ia juga mengaku pernah berkunjung pada 22 agustus 2020 lalu. Kedatangan tamu dari Pemerintah Kota Bengkulu memberikan wawasan dan pencerahan bagi mereka.

"Banyak hal yang perlu kita kerja samakan apa yang baik di Kota Bengkulu akan kita adopsi ke kabupaten Muara Enim," ucap Juarsa.

Ia pun membeberkan program yang telah dilakukan yakni kesehatan gratis, perlengkapan sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP, bantuan 1 desa 1 ambulans, asuransi kematian premi dibiayai APBD, bunga desa (bupati ngantor di desa), serta pemilihan kepala daerah Inovatif adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya membuka diri untuk bekerjasama dengan pemerintah luar agar dapat tercapai visi serta misi yang diinginkan. Setelah ini Pemkab Muara Enim akan langsung membuat list program yang akan diadopsi dari program Pemkot Bengkulu.

"Ini sebagai tindak lanjut dari MoU yang sudah kita tanda tangani," kata Juarsah.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret yang Bikin Kalian Berpikir Dua Kali Sebelum Beli Baju Online

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak orang lebih memilih membeli baju secara online. Namun ada baiknya kalian berhati-hati ketika membeli baju atau barang lainnya lewat online.

Pasalnya banyak orang yang justru mendapatkan barang tak sesuai dengan yang ditampilkan di gambar. Seperti contohnya ketika mereka membeli baju.

Artikel tentang deretan potret yang akan membuat kalian berpikir dua kali sebelum membeli baju online menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang1,8 juta guru honorer yang akan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per bulan.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang sosok pelindung anjing terlantar yang menginspirasi banyak orang.  

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Potret Ini Bakal Buatmu Berpikir Dua Kali Sebelum Beli Baju Online

 

Doc: Reddit
Doc: Reddit

Internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia zaman modern. Anda dapat melakukan atau menemukan hampir semua hal secara online.

Bahkan, berkat internet Anda bisa membeli apa yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah. Namun, tidak semua yang Anda lihat di internet sesuai kenyataan.

Selengkapnya…

2. Siap-Siap, 1,8 Juta Guru Honorer Akan Dapat Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan

Ribuan pegawai honorer menggelar aksi longmarch dari patung kuda menuju Istana Negara, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ribuan pegawai honorer menggelar aksi longmarch dari patung kuda menuju Istana Negara, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ada kabar gembira bagi para guru honorer. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan, 1,8 juta guru honorer akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT dari pemerintah.

Airlangga menjelaskan, rencana penyaluran BLT untuk guru honorer tersebut akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud.

Selengkapnya…

3. Inspiratif, Sosok Pelindung Anjing Terlantar Ini Kepalanya Pernah Hampir Bocor Dilempari Batu

Pemilik akun Instagram christian_joshuapale selaku pendiri Animal Hope Shelter, dan Yayasan Sarana Metta Indonesia penampungan bagi hewan terlantar. (Instagram/Christian_joshuapale).
Pemilik akun Instagram christian_joshuapale selaku pendiri Animal Hope Shelter, dan Yayasan Sarana Metta Indonesia penampungan bagi hewan terlantar. (Instagram/Christian_joshuapale).

Christian Joshua Pale adalah aktivis hewan yang akrab dipanggil dengan sebutan "Nyai." Selaku pendiri Animal Hope Shelter dan Yayasan Sarana Metta Indonesia, ia memberikan penampungan bagi hewan terlantar.

Aktif sejak 2014, dalam hal memperjuangkan dan menyelamatkan anjing dan kucing, dirinya seringkali membagikan gambar, cuplikan video, dan aksinya dalam penyelamatan di Instagram pribadinya.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denda Rp 191 Juta Menanti Para Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 di Inggris

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Orang-orang di Inggris yang menolak perintah isolasi diri, sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19, dapat didenda hingga 10.000 poundsterling (£) atau sekitar Rp 191 juta, kata pemerintah.

Sebelum ketentuan baru diumumkan, isolasi diri masih bersifat pedoman.

Ketentuan hukum baru mengharuskan orang untuk mengisolasi diri jika mereka dites positif COVID-19, atau diketahui sebagai subjek pelacakan kontak dekat dengan pasien positif. Regulasi berlaku mulai 28 September 2020, seperti dikutip dari BBC, Minggu (20/9/2020).

Langkah-langkah baru juga termasuk pembayaran tunjangan 500 pondsterling satu kali untuk mereka yang berpenghasilan lebih rendah, dan hukuman bagi majikan yang menghukum mereka yang disuruh mengisolasi diri.

Itu terjadi ketika PM Inggris Boris Johnson tengah mempertimbangkan kembali melakukan pengetatan pembatasan sosial menyusul lonjakan kasus kasus baru di Britania.

Sebanyak 4.422 kasus COVID-19 baru dan 27 kematian dilaporkan pada Sabtu 19 September 2020.

Ada 350 kasus baru yang dilaporkan di Skotlandia --peningkatan harian tertinggi sejak Mei--, 212 kasus baru di Wales, dan 222 di Irlandia Utara.

Ketentuan denda terbaru bagi pelanggar protokol COVID-19 tersebut berlaku progresif. Pelanggaran pertama dihadapi denda awal sebesar 1.000 poundsterling. Jika berulang, denda bisa mencapai maksimal 10.000 pound.

 

Kata PM Boris Johnson

Orang-orang berjalan di Jembatan Milenium dengan latar pemandangan Katedral St. Paul di London, Inggris, 1 Agustus 2020. Pemerintah Inggris pada Jumat (31/7) mengumumkan penundaan pelonggaran beberapa langkah pembatasan menyusul jumlah infeksi virus corona yang meningkat. (Xinhua/Han Yan)
Orang-orang berjalan di Jembatan Milenium dengan latar pemandangan Katedral St. Paul di London, Inggris, 1 Agustus 2020. Pemerintah Inggris pada Jumat (31/7) mengumumkan penundaan pelonggaran beberapa langkah pembatasan menyusul jumlah infeksi virus corona yang meningkat. (Xinhua/Han Yan)

Mengumumkan aturan baru untuk Inggris, Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan cara terbaik untuk melawan virus adalah agar semua orang mengikuti aturan.

"Jadi tidak ada yang meremehkan betapa pentingnya hal ini, peraturan baru akan berarti Anda secara hukum wajib melakukannya jika Anda memiliki virus atau diminta untuk melakukannya oleh tim NHS Test and Trace. Orang yang memilih untuk mengabaikan aturan akan menghadapi denda yang signifikan," kata PM Johnson seperti dikutip dari BBC.

"Kami perlu melakukan semua yang kami bisa untuk mengontrol penyebaran virus ini, untuk mencegah orang yang paling rentan terinfeksi, dan untuk melindungi NHS dan menyelamatkan nyawa", katanya.

Mereka yang menarik hukuman tertinggi digambarkan termasuk mereka yang menghentikan orang lain untuk mengisolasi diri, seperti majikan yang memaksa anggota staf datang untuk bekerja dengan melanggar perintah isolasi.

Hukuman tersebut sejalan dengan hukuman bagi orang-orang yang gagal melakukan isolasi selama 14 hari setelah kembali ke Inggris dari negara yang tidak termasuk dalam daftar negara berisiko rendah.

Di Bolton, seorang turis yang kembali, yang tidak mengisolasi diri dan malah pergi ke pub, disalahkan sebagian atas lonjakan kasus di kota itu.

Pemerintah Inggris berharap langkah-langkah baru itu akan ditiru di Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara --yang semuanya memiliki kewenangan untuk menetapkan kebijakan penanganan COVID-19 mereka sendiri.

Pejabat mengatakan NHS Test and Trace akan melakukan kontak rutin dengan individu yang diberitahu untuk mengisolasi diri dan akan melaporkan setiap kecurigaan bahwa orang tidak mematuhi polisi dan otoritas lokal.

Polisi juga akan memeriksa kepatuhan di hotspot Covid-19 dan di antara kelompok yang dianggap "berisiko tinggi" serta menindaklanjuti laporan dari anggota masyarakat tentang orang-orang yang telah dites positif tetapi tidak mengisolasi diri.

Penuntutan pidana dapat mengikuti kasus ketidakpatuhan yang "berprofil tinggi dan mengerikan."

Seperti aturan virus corona lainnya, akan ada pengecualian khusus bagi mereka yang perlu melarikan diri dari penyakit atau bahaya selama isolasi, dan bagi mereka yang membutuhkan perawatan.

Sementara itu, perubahan pada dukungan bagi mereka yang menerima tunjangan atau berpenghasilan rendah pada awalnya akan mempengaruhi hingga empat juta orang yang tidak dapat bekerja dari rumah di Inggris, kata pemerintah.

Pembayaran satu kali sebesar £ 500 berada di atas gaji sakit wajib sebesar £ 95,85 per minggu dan jaminan tambahan yang diumumkan sebelumnya sebesar £ 182 bagi mereka yang diberitahu untuk mengisolasi diri di bidang intervensi berisiko tertinggi.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citra Kirana Jalani Tes Toraks Hingga Paru-paru, Rezky Aditya Ketar-ketir

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ujian tidak henti mendera Citra Kirana. Baru keluar dari rumah sakit akibat mastitis alias radang kelenjar susu, ia kembali dilarikan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya Jakarta.

Mendapati Citra Kirana ambruk lagi, Rezky Aditya syok. "Gue panik banget sih guys. Mamanya Athar lagi enggak bisa ngapa-ngapain di rumah," beri tahu Rezky Aditya.

Momen ini diabadikan di video "Citra Dirawat di RS, Demam Tinggi Banget. Athar Sama Siapa?" yang mengudara di kanal YouTube Ciky Citra Rezky, Sabtu (19/9/2020). Citra Kirana dirawat di kamar kelas suite.

 

Pagi Habis Dari UGD

Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)
Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)

Masuk ke kamar rumah sakit, Rezky Aditya tampak lega mendapati Citra Kirana terbaring dan dipasangi selang infus. Citra Kirana menjelaskan, pagi pada hari yang sama ia habis dari UGD.

"Padahal tadi pagi kami habis dari UGD, lo. Tadi pagi, gue habis infus vitamin sama antibiotik dan penurun panas. Sampai rumah, magrib-magrib aku demam lagi," keluh Citra Kirana.

Tak Perlu Panik Lagi

Unggahan Citra Kirana. (Foto: YouTube Ciky Citra Rezky)
Unggahan Citra Kirana. (Foto: YouTube Ciky Citra Rezky)

"Itu yang bikin panik dan 40 derajat Celsius guys. Yang kemarin 39,6 derajat Celsius," imbuh bintang film Asih dan Satu Suro. Rezky Aditya mengaku lebih senang melihat Citra Kirana dirawat.

"Jujur, kamu sudah di sini aku senang sih. Maksudnya pastinya malam-malam kita enggak perlu panik lagi, ngerti enggak? Panik lagi ke UGD lagi, itu sebenarnya aku (merasa) kayak enggak tuntas gitu lo," bebernya. 

Cek Toraks

Citra Kirana, Rezky Adhitya, dan Keene Atharrazka. (Foto: Instagram @thereal_rezkyadhitya)
Citra Kirana, Rezky Adhitya, dan Keene Atharrazka. (Foto: Instagram @thereal_rezkyadhitya)

Hari pertama dirawat, Citra Kirana menjalani serangkaian pengecekan termasuk torak, swab test, hingga PCR. Ibunda Keene Atharrazka Adhitya berusaha tenang.

"Aku cek toraks juga karena kalau untuk dirawat itu persyaratannya kita harus cek paru-paru, terus harus swab juga, PCR, terus PCR yang dari sini, cek darah pokoknya semua komplet," Citra Kirana bercerita.

Kepikiran Athar

Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)
Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)

Rezky Aditya yang semula ketar-ketir berusaha untuk mencairkan suasana. "Jadi lebih jelas dan tuntas. Aku maunya tuntas, kalau pun sakit ya kita obati," beri tahu aktor kelahiran Jakarta, 26 Februari 1985.

Rezky Aditya tahu persis Citra Kirana kepikiran anaknya. Benar saja, beberapa menit kemudian Citra Kirana berujar, "Ini aku lagi stok ASI supaya bisa dikirim buat dia, buat Athar."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO:Pria Gunakan Ular Piton Sebagai Masker Saat Bepergian

Posted: 19 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria memanfaatkan seekor ular piton sebagai penutup wajah di saat pandemi. Ia melakukan itu saat menaiki kendaaran umum di Manchester, Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNA Positif Covid-19 di Indonesia Jadi 479 Orang, 321 di Antaranya Sembuh

Posted: 19 Sep 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah warga negara asing (WNA) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah hingga Minggu (20/9/2020). Kementerian Kesehatan melaporkan, jumlah WNA yang terjangkit virus SARS-CoV-2 mencapai 479 orang.

Data ini menunjukkan, ada penambahan 23 kasus dari Rabu 16 September lalu. Pada saat itu, masih 456 orang yang positif Covid-19. Data dilaporkan Kementerian Kesehatan melalui laman covid19.go.id pada Minggu (20/9/2020).

Dari 479 WNA yang dinyatakan positif Covid-19, 321 orang di antaranya sembuh. Angka ini meningkat dari data sebelumnya yang masih 313 orang.

Pasien sembuh ini telah menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) sebanyak dua kali atau lebih dan hasilnya negatif.

Kementerian Kesehatan juga melaporkan, 12 WNA meninggal dunia akibat Covid-19. Data kematian ini masih sama dengan Rabu lalu.

 

Pantau 22 Suspek

Sementara itu, ada 146 kasus aktif atau pasien Covid-19 dalam perawatan maupun isolasi. Meningkat dari data empat hari lalu yang masih 313 orang.

Hingga saat ini, pemerintah masih memantau 22 WNA yang berstatus suspek dan 634 kontak erat dengan Covid-19. 329 WNA dilaporkan sudah direpatriasi atau dikembalikan ke negara asalnya terkait Covid-19.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur-Fitur Unik Nan Canggih Dibalik Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold2

Posted: 19 Sep 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Samsung Galaxy Z Fold2 telah memberi warna baru industri teknologi sekaligus menguak wajah smartphone di masa depan. Ya, era ponsel pintar dengan layar lipat tampaknya bakal semakin dekat. Samsung saja total sudah meluncurkan tiga produk, dari Samsung Galaxy Z, Galaxy Fold, hingga terbaru Samsung Galasxy Z Fold2 dengan penyempurnaan yang ditingkatkan dan inovasi yang lebih berarti.

Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki layar depan dengan Infinity-O 6,2 inci HD+Super AMOLED yang memberikan manfaat maksimal untuk memeriksa email, pesan, membuka media sosial hingga menonton konten favorit tanpa harus membuka layar utama. Saat dibuka, kamu bisa menikmati layar utama yang luasnya 7,6 inci dengan QXGA+ Foldable Dynamic AMOLED 2X Display Capacitive Touchscreen yang besar. Pengalaman menikmati konten di layar semakin impresif dengan kemampuan adaptive refresh rate pada menjadi up to 120Hz.

Samsung Galaxy Z Fold2.
Samsung Galaxy Z Fold2.

Buka tutup layar lipat dan lebar Samsung Galaxy Z Fold2 tak perlu ragu-ragu lagi karena ditopang oleh engsel (Hideaway Hinge) yang kokoh, teknologi 'CAM Mechanism' serta Sweeper yang mencegah debu dan kotoran masuk ke engsel. Tidak hanya didukung spesifikasi layar lipat dan lebar yang impresif, Samsung Galaxy Z Fold2 juga memiliki fitur-fitur unik nan canggih yang bisa membawa pengalaman baru bagi kamu.

Flex Mode

Samsung Galaxy Z Fold2.
Samsung Galaxy Z Fold2.

Fitur ini membuat kamu lebih fleksibel mengoperasikan Samsung Galaxy Z Fold2. Tidak hanya menggunakan layar depan dan layar utama, kondisi terbuka atau tertutup, tetap juga saat layar dalam keadaan setengah ditekuk. Pengguna bisa memutar video, merekam, mengambil foto, melakukan panggilan, membuka aplikasi dan berbagai hal lain dengan beragam posisi yang diinginkan.

App Continuity

Kehadiran fitur ini membuat konten dan aplikasi yang sedang dibuka dari layar depan kemudian beralih ke layar utama secara otomatis akan melakukan transisi secara smooth menyesuaikan dengan bentuk layar, termasuk saat setengah ditekuk. Fitur ini terbilang canggih karena dengan antarmuka yang digunakan, aplikasi dapat berjalan dengan mode berbeda secara sekaligus.

Multi Active Window

Samsung Galaxy Z Fold2.
Samsung Galaxy Z Fold2.

Layar besar yang digunakan layaknya tablet membuat Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki fitur mirip dengan yang ada di Galaxy Tab S7 Series yakni Multi Active Window. Dengan layar utama 7,6 inci, kamu bisa melakukan multitasking dengan membuka tiga aplikasi secara bersamaan. Jadi bisa membuka buka aplikasi word, sambil buka browser dan email dalam waktu bersamaan. Lagi asik nonton pun tak harus menutup aplikasi, masih bisa chatting dan cek email.

Apps Pair, Drag and Drop

Dengan fitur App Pair, kamu bisa mengkostumasi shortcut aplikasi melalui edge panel sehingga nantinya bisa langsung buka tiga aplikasi favorit langsung secara bersamaan. Menariknya tiga aplikasi yang dijalankan sekaligus itu bisa interaktif terhadap satu sama lain, terutama ketika membuka aplikasi teks, gambar dan grafik.

Berkat fitur Drag and Drop, kamu juga bisa menarik dan meletakkan teks, gambar, grafik, dari satu layar ke layar yang lain. Pengiriman attachment email pun lebih mudah berkat fitur ini. Tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan cut-paste atau menyalin teks dan gambar.

Split Screen Capture

Samsung Galaxy Z Fold2 juga memiliki fitur Split Screen Capture yang memungkinkan kamu meng-capture layar pada satu aplikasi kemudian mentransfernya ke aplikasi lain tanpa harus memangkas bagian lain.

Semua Kamera Bisa untuk Selfie

Samsung Galaxy Z Fold2 tampil gagah dan mewah dengan lima kamera yang terdiri dari 10MP Cover Camera, 10MP Front Camera, dan Rear Triple Camera yang terdiri atas 12MP Ultra Wide, 12MP Wide-angle, dan 12MP Telephoto. Menariknya, semua kamera bisa untuk selfie dan kamu semakin bebas mengabadikan momen. Pengguna bisa melakukan selfie dengan model layar apapun, saat ponsel dilipat, ditekuk maupun dibentangkan.

Samsung Galaxy Z Fold2.
Samsung Galaxy Z Fold2.

Samsung Galaxy Z Fold2 juga hadir dengan capture view mode yakni ketika bagian atas menampilkan layar kamera, layar bawah (sebelah kiri) menampilkan hasil foto yang sudah diambil, dan bagian kanan memperlihatkan kontrol terhadap kamera.

Single Take dan Night Mode

Samsung Galaxy Z Fold2 juga didukung fitur Single Take yang hadir di jajaran Flagship. Selain itu, kamu juga bisa memakai Night Mode untuk memotret momen saat malam hari atau di lokasi yang minim pencahayaan.

Auto-Framing

Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki fitur Auto-Framing. Fitur ini memungkinan saat merekam video, kamera akan memilih frame yang sesuai dengan objek. Misalnya objek orang dengan jarak yang agak jauh, maka kamera akan melakukan zoom secara otomatis. Begitu juga ketika ada dua orang dalam satu frame, kamera akan otomatis melakukan zoom out untuk menangkap objek yang dituju supaya dalam satu frame.

Pro Video

Perekaman video profesional atau Pro Video Mode sudah tertanam di Samsung Galaxy Z Fold2. Sehingga kamu bisa memilih opsi perekaman suara menggunakan mic depan, belakang, USB atau dari koneksi bluetooth sekalipun. Zoom in dan zoom out secara manual pun bisa dilakukan dengan mudah hanya satu jari.

Kemitraan dengan Microsoft dan Google

Produktivitas semakin nyaman dan terjaga berkat Samsung Galaxy Z Fold2 yang sudah terkoneksi dengan layanan aplikasi dari Microsoft seperti Office 365, Microsoft Outlook dan aplikasi lainnya. Selain itu, melalui kemitraan jangka panjang dengan Google, Samsung membangun ekosistem terbuka untuk perangkat yang dapat dilipat. Dengan kemitraan ini, Samsung telah mengembangkan inovasi UX yang dapat dilipat untuk mewujudkan tujuan menciptakan faktor bentuk terbaik.

Masih banyak lagi sebenarnya fitur-fitur yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Z Fold2. Mulai dari kapasitas baterai 4.500mAh, teknologi fast charging, wireless charging, chipset Snapdragon 865 Plus dengan RAM LPDDR5 12GB didukung memori internal 256GB dan 512GB fingerprint scanner hingga face recognition.

Samsung Galaxy Z Fold2 yang dibanderol dengan harga Rp 33,888 juta ini yang hadir dalam dua opsi warna yakni Mystic Black dan Mystic Bronze dengan bobot seberat 282gram. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai Galaxy Z Fold2 melalui situs https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-z-fold2/.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pesta Rakyat Simpedes BRI, Nur Agis Aulia Tunjukan Milenial Bisa Sukses Bertani

Posted: 19 Sep 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) tbk kembali menggelar Pesta Rakyat Simpedes 2020 episode kedua. Sesuai dengan temanya, kali ini 'Milenial Membangun Negeri',  menghadirkan Co-Founder Komunitas Banten Bangun Desa, Nur Agis Aulia.

Pemuda kelahiran Serang ini telah membuktikan kepada kalangan milenial bahwa profesi petani maupun peternakan juga bisa sukses.

Agis mengatakan, penting bagi kalangan milenial untuk mengubah mindset sukses bekerja ialah harus menjadi pegawai di perusahaan swasta maupun BUMN.

Sebab, profesi petani maupun peternak jika ditekuni justru akan menghasilkan pendapatan yang lebih menguntungkan dibandingkan pegawai.

"Menjadi Petani dan Peternak yang dulu banyak diremehkan masyarakat sudah berubah. Dengan menjadi Petani dan Peternak justru bisa hasilkan pendapatan tak terhingga jika kita tekuni," jelas dia dalam Pesta Rakyat Simpedes 2020, Sabtu (19/8/2020).

Sebab, sambung Pemuda kelahiran Serang itu, permintaan komoditas akan berbagai pangan itu cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Termasuk di tengah pandemi Corona saat ini.

"Selama manusia belum makan plastik dan batu. Artinya produk pertanian masih tetap diminati termasuk ternak," ujar dia.

 Hal itu tercermin dari melonjaknya permintaan akan berbagai komoditas hasil pertanian. Juga hasil ternak, seperti domba dan sapi.

Terlebih lagi, dengan meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan digital dalam mendapatkan bahan pangan.

Profesi petani maupun peternakan dianggap kian seksi bagi para milenial, karena kemampuan mengoperasikan teknologi digital untuk memperluas cakupan pasar. "Strategi untuk teman-teman usia muda bisa dilakukan mulai pengoptimalan penjualan secara online. Kan ada Facebook, Instagram, Whatsapp untuk channel pemasaran lebih," paparnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Slank dan RAN Tampil di Panggung Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020

Penampilan Slank dan RAN menghibur di atas panggung sudah sangat dinantikan oleh para penggemarnya. Slankers--sebutan para penggemar Slank--dan Ranners--sebutan penggemar RAN-- sudah tak sabar menyaksikan aksi idola mereka.

Namun penggemar Slank dan RAN tak perlu menunggu lama untuk menyaksikan aksi Kaka Cs menghibur dengan lagu-lagu hitsnya. Sebab, keduanya tampil secara langsung di acara Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.

Berlangsung secara live streaming di Vidio.com, penampilan Slank ditunggu oleh para Slankers di seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Slank membawakan beberapa lagu hits mereka termasuk "Terlalu Manis".

Dengan rambut gondrongnya yang dibiarkan tergerai, Kaka membuat nuansa lawas lagu "Terlalu Manis" jadi lebih terasa. Penampilannya kali ini seperti kala Slank baru merilis lagu patah hati ini di awal '90-an.

Bukan hanya Slank yang membuat para fans mereka baper dengan lagu-lagu yang dibawakan. Kehadiran RAN juga membuat fans mereka tak kalah bikin heboh dari Slankers.

Berbeda dengan Slank yang tampil dengan format band lengkap dengan gaya bak di atas panggung besar. RAN memilih tampil akustikan dengan duduk santai di lantai.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: Mendikbud Tak Paham Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Lahir dari Sejarah

Posted: 19 Sep 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDIP menolak wacana penghapusan mata pelajaran sejarah dari kurikulum SMA dan SMA. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Mendikbud Nadiem Makarim tidak memahami sejarah.

"Mendikbud Nadiem Makarim tidak paham bagaimana api perjuangan kemerdekaan bangsa lahir atas pemahaman sejarah, dan kemudian memunculkan kesadaran kritis untuk melawan penjajahan; melawan kapitalisme, imperialisme, dan kolonialisme," ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu (20/9/2020).

Hasto bicara pentingnya mata pelajaran sejarah. Dia menyebut, sejarah mempertemukan nilai, cita-cita, dan akar kebudayaan dari bangsa masa lalu, dirangkai kondisi sekarang dan tercipta cita-cita masa depan sebagai satu benang merah sejarah peradaban bangsa.

"Bung Karno dalam pembuangan di NTT dan Bengkulu, paling gemar mengajar sejarah. Sejarah yang membangun cita-cita kemerdekaan; sejarah yang mengangkat akar nusantara sebagai bangsa besar yang mewarnai peradaban dunia," kata dia.

PDIP menyesalkan Nadiem memiliki kesadaran yang rendah tentang makna sejarah. "Kalau kita berkunjung ke Museum, seluruh kader PDI Perjuangan diajarkan suatu pesan: anda boleh meninggalkan gedung museum sejarah, tetapi jangan pernah meninggalkan sejarah. Suatu bangsa akan kehilangan masa depan apabila meninggalkan sejarah," kata Hasto.

PDIP mendorong Nadiem melihat pendidikan dalam pengertian luas. Pendidikan sebagai dasar budi pekerti, pendidikan karakter bangsa, sebagai dasar dari kemajuan, dan dengannya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berjalan beriringan sesuai sejarah dan kebudayaan bangsa.

"Belajarlah dari para pendiri bangsa. Belajar ilmu pengetahuan dan teknologi dari Barat dan berbagai belahan dunia lainnya, namun membumikan setiap pengetahuan pada akar sejarah dan kebudayaan bangsa," kata Hasto.

 

Tanggapan Kemendikbud

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud Totok Suprayitno membantah kabar pelajaran sejarah keluar dari kurikulum. Kemendikbud memang tengah mengkaji penyederhanaan kurikulum pendidikan. Namun, pelajaran sejarah tetap diajarkan dan diterapkan.

"Kemendikbud mengutamakan sejarah sebagai bagian penting dari keragaman dan kemajemukan serta perjalanan hidup bangsa Indonesia, pada saat ini dan yang akan datang," ujar Totok.

Dia mengatakan, penyederhanaan kurikulum masih tahap awal dan masih butuh pembahasan yang panjang. Kemendikbud memastikan penyederhanaan kurikulum dilakukan prinsip hati-hati dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

"Dalam proses perencanaan dan diskusi ini, tentunya Kemendikbud sangat mengharapkan dan mengapresiasi masukan dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan, termasuk organisasi, pakar, dan pengamat pendidikan, yang merupakan bagian penting dalam pengambilan kebijakan pendidikan," jelas Totok.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Emilia Romagna 2020: Siapa Tercepat di Misano?

Posted: 19 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rider Monster Energy Yamaha Maverick Vinales menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi kedua (Q2) MotoGP Emilia Rogmana 2020 di Sirkuit Misano, Sabtu kemarin (19/9/2020).

Vinales membukukan waktu satu menit 31,077 detik. Torehannya membawanya merebut pole di Misano secara beruntun setelah menjadi yang terdepan di MotoGP San Marino pekan lalu.

Pada MotoGP San Marino yang berlangsung di lokasi yang sama pekan lalu, balapan dimenangkan Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha. Dia mengungguli pembalap Pramac Ducati Francesco Bagnaia dan Joan Mir dari tim Euzuki Ecstar.

MotoGP bakal melakoni seri ganda ketiga dalam lima ajang pada musim ini. Ini dilakukan menyusul terganggunya jadwal akibat pandemi Covid-19. Sebelumnya, seri ganda digelar di Jerez dan Red Bull Ring.

Total hadir tiga balapan pada September 2020. Seri MotoGP lainnya akan berlangsung di Catalunya, Barcelona.

Patut ditunggu apakah Morbidelli sukses mempertahankan performanya di Sirkuit Misano atau akan ada juara baru lagi di ajang MotoGP kal ini.

Jadwal

Ilustrasi MotoGP. (MotoGP)
Ilustrasi MotoGP. (MotoGP)

Minggu, 20 September 2020

14:20-14:40 WIB: Pemanasan

19:00 WIB: Race

Hasil Kualifikasi

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Posisi-Pembalap-Asal-Tim (Motor)-Waktu-Kecepatan Maksimal

1. Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 1'31.077s 9/9 291k

2. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) +0.076s 8/8 302k

3. Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.145s 8/8 291k

4. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) +0.231s 9/9 298k

5. Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) +0.236s 3/7 303k

6. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* +0.312s 8/9 293k

7. Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.359s 7/7 290k

8. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.489s 5/9 290k

9. Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) +0.497s 8/9 298k

10. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) +0.504s 7/9 300k

11. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.540s 8/9 293k

12. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +1.207s 3/4 293k

13. Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 1'31.715s 4/9 292k

14. Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 1'31.764s 9/9 294k

15. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 1'31.841s 7/8 294k

16. Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 1'31.912s 3/6 292k

17. Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 1'32.198s 8/8 293k

18. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1'32.275s 8/9 293k

19. Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 1'32.486s 7/8 290k

20. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 1'32.85s 4/9 296k

Klasemen MotoGP

Position Entrant Points
1 Andrea DoviziosoMission Winnow Ducati Team 76
2 Fabio QuartararoPetronas Yamaha SRT 70
3 Jack MillerPramac Racing 64
4 Joan MirTeam Suzuki Ecstar 60
5 Maverick VinalesMonster Energy Yamaha MotoGP 58
6 Valentino RossiMonster Energy Yamaha MotoGP 58
7 Franco MorbidelliPetronas Yamaha SRT 57
8 Brad BinderRed Bull KTM Factory Racing 53
9 Takaaki Nakagami LCR Honda IDEMITSU 53
10 Miguel OliveiraRed Bull KTM Tech3 48
11 Pol EspargaroRed Bull KTM Factory Racing 41
12 Alex RinsTeam Suzuki Ecstar 40
13 Johann ZarcoAvintia Ducati 31
14 Francesco BagnaiaPramac Racing 29
15 Danilo PetrucciMission Winnow Ducati Team 25
16 Aleix EspargaroAprilia Racing Team Gresini 18
17 Alex MarquezRepsol Honda 15
18 Iker LecuonaRed Bull KTM Tech3 13
19 Bradley SmithAprilia Racing Team Gresini 8
20 Tito RabatAvintia Ducati 7
21 Cal CrutchlowLCR Honda Castrol 7
22 Michele PirroPramac Racing 4
23 Stefan BradlRepsol Honda 0
24 Marc MarquezRepsol Honda 0

Simak Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elvy Sukaesih Sempat Positif Covid-19, Ini 5 Faktanya

Posted: 19 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari Elvy Sukaesih. Penyanyi dangdut 69 tahun itu sempat dinyatakan positif Corona Covid-19 dan dirawat di RSPI Bintaro. Kabar tersebut baru diketahui saat sang putri Elvy Sukaesih, Fitri Sukaesih melakukan klarifikasi di Instagram-nya @fitriaelvys pada Jumat (19/9/2020). 

Dalam video berdurasi 14 menit tersebut, Fitria menjelaskan kronologi penyanyi kelahiran Jakarta ini saat poistif Corona Covid-19. Mulanya, keluarga mengira Elvy tifus namun setelah pelantun lagu 'Bosan Mengalah' ini tak bisa mencium bau, keluarga mulai curiga Elvy mengidap Corona Covid. 

Kendati demikian, dari laman Instagramnya Fitria menegaskan bahwa Elvy telah dinyatakan sembuh setelah 19 hari menjalani perawatan di rumah sakit. Kini, ia diperbolehkan kembali ke rumah dan menjalani isolasi mandiri. 

"Alhamdulillah wa syukurilah hari ini malam ini adalah malam ke-11 Umi Elvy yang saya cintai yang kita semua cintai kembali berada di rumah saya setelah hampir 19 hari ya 9 hari 19 hari dirawat di Rumah sakit Pondok indah Bintaro," kata putri Elvy Sukaesih.

Untuk berita selengkapnya, berikut Liputan6.com ulas fakta Elvy Sukaesih sempat positif Corona Covid-19, Minggu (20/9/2020). 

1. Sempat Dikira Tifus

Elvy Sukaesih Sempat Positif Covid-19, Ini 5 Faktanya
Elvy Sukaesih Sempat Positif Covid-19, Ini 5 Faktanya

Mulanya, Bella anak Fitria sakit tifus dan Elvy mengalami demam. Maka, Fitria mengira pedangdut senior ini sakit yang sama dengan putrinya, Tifus. 

"Bella lebih duluan sakit dan dinyatakan oleh dokter tifus. Dan saya pikir bahwa Umi tifus," ujar Fitria lewat video. 

Namun, saat itu Elvy sudah mengalami mual, sedikit demam dan tidak bisa mencium bau. Fitria pun mulai curiga ibunda terkena Corona, dan langsung meminta kepada ibunya agar cek laboratorium. 

"Saya bilang, kok kayak covid-19. Terus Umi ralat, Umi pernah kayak gini. Jadi tadinya saya lebih berpikir tifus. Saya takut Umi nggak jaga makan, jadi saya minta Umi cepat-cepat (periksa)," ujar Fitria.

 

 

 

2. Elvy Sukaesih Positif Covid

Fitria pun mengistirahatkan Elvy di ruangan terpisah di rumahnya. Ia berdiskusi dengan keluarga dan dokter yang masih kerabat yang kemudian melihat adanya flek di paru-paru Elvy. Setelah test swab dan screening, Elvy Suakesih dinyatakan positif Covid-19. 

"Begitu dia lihat ternyata hasil foto thoraxnya Umi memang sudah ada flek, akhirnya kita disarankan untuk langsung swab. Kemudian kita juta discreening parunya supaya bisa dilihat. Terus kemudian kita bawa Umi ke rumah sakit, periksa swab dan screening, hasilnya baru kita dapat besoknya.

Dan ternyata hasilnya adalah Umi positif. Tentunya ini sesuatu yang amat cukup berat saat itu untuk kita, mengingat usia Umi. Dan kita tahu bahwa covid-19 ini rawan untuk lansia. Jadi ya kita pastinya panik," ungkap Fitria.

3. Masuk ICU

Elvy Sukaesih (Deki Prayoga/bintang.com)
Elvy Sukaesih (Deki Prayoga/bintang.com)

Setelah Elvy dinyatakan positif covid-19, keluarga memutuskan untuk merawat sang pedangdut di rumah sakit. Dokter yang merawat kemudian meminta agar Elvi masuk ke ruang perawatan intensif.

"Sempat dinyatakan oleh dokter, Umi harus masuk ICU. Saat itu saya tentunya tidak ingin membuatnya jadi panik. Termasuk keluarga semua. Saya mohon maaf. Karena saya pikir, yang terbaik yang harus didahulukan adalah kita harus berpikir secara tenang apa langkah-langkah yang harus kita ambil dan saya tidak ingin menambah kepanikan," terang Fitria.

4. Sembuh Setelah Jalani Perawatan 19 Hari

Setelah menjalani perawatan selama 19 hari, Elvy Sukaesih dinyatakan sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah. Tentunya dengan kembali menerapkan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Insya Allah 3 hari lagi Umi selesai menjalankan isolasi di rumah di mana dokter menyarankan setelah dirawat 19 hari di rumah sakit kepulangan Umi di rumah juga harus ditaati dengan menjalankan isolasi lagi selama 14 hari Alhamdulillah," lanjutnya lagi.

Elvy Sukaesih pun kini berada di rumah Fitria dan melakukan isolasi mandiri. 

5. Cerita Langsung

Elvy Sukaesih (Foto: Instagram/@elvy_sukaesih)
Elvy Sukaesih (Foto: Instagram/@elvy_sukaesih)

Untuk lebih lanjut, Fitria mengatakan bahwa dalam waktu dekat Elvy Sukaesih akan menceritakan pengalamannya secara langsung.

"Umi bisa menjelaskan detailnya, bisa berbagi, bisa mungkin menceritakan apa yang dia rasakan Jadi itu semua insya Allah akan kita sampaikan di pertemuan berikutnya," pungkas Fitria. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktivitas Olahraga di Kawasan HI Ramai, Polisi Sebut Nihil Pelanggaran Masker

Posted: 19 Sep 2020 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto mengatakan, total 200 anggota gabungan TNI-Polri diterjunkan pagi ini di kawasan Bundaran Hotel Indonesia melakukan Operasi Yustisi. Diketahui, meski masa pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat masih berlangsung, kawasan tersebut pagi ini tetap ramai oleh masyarakat berolahraga.

"TNI dan Polri ada sekitar 200 personel, kita tidak menemukan pelanggaran yang signifikan, artinya warga kita ini kalau untuk masker menggunakan 99 persen," kata Heru di lokasi, Minggu (20/9/2020).

Karena dirasa disiplin bermasker sudah baik, lanjut Heru, operasi difokuskan kepada kerumunan masyarakat. Menurut dia, sesuai laporan anggota, bahwa kerap ditemukan mereka yang berkerumun lebih dari lima orang, sesuai aturan PSBB.

"Kadang mau istirahat, mereka itu lalai karena ramai-ramai, berhenti tidak menyadari bahwa mereka itu sebenarnya sudah lebih dari 5 orang. Hadi kita perlu jaga," jelas Heru.

 

Terjunkan Satpol PP dan Komunitas

Selain aparat gabungan TNI-Polri, Heru menambahkan, Satpol PP DKI bersama komunitas juga diberdayakan. Mereka tercatat berjumlah sekira 100 orang.

"Mereka disiagakan mulai Bundaran Senayan sana sampai ke arah Gambir per 50 sampai 100 meter kita pasang personel kita untuk mengingatkan khususnya untuk masalah kerumunan ini," dia menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Takjub, Peserta CPNS Asal Tegal Raih Skor SKB Sempurna Hingga 500

Posted: 19 Sep 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda beberapa waktu lalu imbas masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia.

Ada hal menarik dalam pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini. Ternyata, salah seorang peserta berhasil meraih skor SKB sempurna yaitu 500 dan menempati peringkat pertama di lokasi tesnya.

Hal ini diungkapkan melalui akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid, lengkap dengan lampiran bukti peraihan skornya.

"Salah satu peraih skor tertinggi pada SKB #CPNS2019 adalah pelamar formasi Pengelola Akuntansi di Kab Tegal. Kalian yang belum ikut ujian, auto merasa terpacu nggak nih dengan skor itu. Tapi ingat belajar giat pun jangan sampai lupa untuk jaga kesehatan, ya," demikian dikutip Minggu (20/9/2020).

Pelamar tersebut diketahui bernama Nastiti Wikan Mahanini. Di bawahnya, terdapat pula nama lain yang mendapat skor SKB 380, 375 dan 355.

Beragam reaksi netizen terlontar atas hal ini, mulai dari kagum hingga membandingkan dengan soal tes yang mereka hadapi, salah satunya di formasi keguruan.

"Wah kemaren saya juga udah liat yang 500 di Bandar Lampung, malah ada yang sampe 1 sesi 2 orang nilainya 500 tapi saya lupa di daerah mana. Hebat, sempurna banget! Tapi rasanya bukan formasi keguruan, karna untuk keguruan soalnya susah-susah sekali untuk pendagogik," tulis akun @bangtaniexs.

"Saya dikhianati soal keguruan minnnn masa guru bk dikasih soal pedagogi guru mapel pdhl kan beda banget :((( berasa sia sia materi kuliah selama ini," cuit akun @marcindil.

"Gilaaaaaa wkwkwk kemarin di formasi guru geografi jabar ,gak ada yg sampai 300, soal nya unpredictable banget min," ungkap akun @StefanoRiyan.

BKN: Tes SKB CPNS 2019 di Pusat Tetap Digelar Meski Ada PSBB

Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menunggu dimulainya Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Pelaksanaan SKB CPNS yang diikuti 829 peserta itu menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Imam Buhori)
Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menunggu dimulainya Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham di Gedung Kepegawaian Negara, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Pelaksanaan SKB CPNS yang diikuti 829 peserta itu menerapkan protokol kesehatan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 di pusat masih berlanjut sesuai Surat Edaran Kepala BKN No. 17/2020. Pelaksanaan SKB CPNS 2019 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat meskipun PSBB di Jakarta akan diberlakukan kembali.

"SKB di pusat belum selesai, kalau tidak ada pengumuman apapun berarti masih sesuai dengan rencana atau jadwal kemarin. BKN sudah berkoordinasi dengan Pemda DKI," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono kepada Liputan6.com, Minggu (13/9/2020).

Ia menjelaskan, pada prinsipnya pelaksanaan seleksi CPNS 2019 tetap dapat dilanjutkan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat sebagaimana diatur dalam SE Kepala BKN No. 17/2020 Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN), dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Paryono bercerita, menurut Pemda DKI Jakarta, mekanisme seleksi CPNS 2019 yang dilaksanakan BKN sudah sangat bagus dan konsisten dengan protokol kesehatan seperti jaga jarak, penggunaan masker, menyediakan cuci tangan dengan air mengalir, melakukan sterilisasi sarana dan prasarana yang digunakan.

"Menurut mereka (Pemda DKI) semua upaya yang BKN lakukan sudah sangat bagus, tinggal konsistensi penerapannya saja. Insyaallah kita semua secara bahu membahu berupaya untuk tetap konsisten dalam pelaksanaannya. Jadi tetap bisa lanjut dan tidak perlu menimbulkan kepanikan bagi peserta," jelasnya.

Di mana dalam SE tersebut disebutkan bagi Peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan seleksi; Peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat seleksi; Wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu.

Jika diperlukan, penggunaan pelindung wajah (face shield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan; lalu, tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain; Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan hand sanitizer.

Serta dianjurkan membawa alat tulis pribadi; peserta seleksi dengan hasil pengukuran suhu > 37,3°C diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di tempat terpisah (ruangan khusus), dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah (face shield).

Demikian bagi peserta SKB CPNS 2019 yang berasal dari wilayah yang berbeda dengan lokasi ujian mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sensasi Petik Buah Durian Langsung dari Pohon di Bukit Setepong

Posted: 19 Sep 2020 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Membeli buah di kebun, dan memetik sendiri, memang menyenangkan. Apalagi kita bisa memilih sendiri, tanpa campur tangan orang lain. Seperti yang ditawarkan seorang petani durian di Madiun, Jawa Timur.

Pengunjung bisa langsung datang ke kebun, memetik, serta makan buah durian langsung, sambil menikmati indahnya panorama alam. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 17 September 2020.

Di Bukit Setepong, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, inilah sejumlah petani membebaskan pengunjungnya, untuk memilih buah durian yang masih di pohon. Meski demikian, buah durian yang bisa dibeli, hanya yang sudah terlepas dari tangkainya.

Jika buah durian yang masih tergantung di tangkai, itu artinya, buah yang memiliki nama latin durio zibethinus belum matang. Pengunjung juga bisa bertanya kepada petani tentang jenis, maupun rasa masing-masing durian yang akan dibeli.

Sebab, di Bukit Setepong ini, banyak tumbuh pohon durian dengan berbagai jenis. Di antaranya durian kawuk, kunir, super kendil, kendang, dan masih banyak lagi. Namun, dari sekian banyak jenis durian, yang paling diminati adalah durian kawuk. Dimana durian ini, memiliki rasa istimewa, yaitu manis, legit, dan dagingnya yang tebal.

"Tidak pahit, pas dan dagingnya tebal, dibandingkan dengan durian lainnya, sangat sangat enak, dan sangat pas," ungkap Monica Deska Riana, Pengunjung.

Setiap panen, satu pohon durian di sini, mampu menghasilkan 25 sampai 40 buah. Sementara untuk pemasarannya, selain dibeli warga langsung di kebun, petani juga menyetorkan ke sejumlah pedagang di sekitar Madiun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Slank dan RAN Tampil di Panggung Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020

Posted: 19 Sep 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Slank dan RAN menghibur di atas panggung sudah sangat dinantikan oleh para penggemarnya. Slankers--sebutan para penggemar Slank--dan Ranners--sebutan penggemar RAN-- sudah tak sabar menyaksikan aksi idola mereka.

Namun penggemar Slank dan RAN tak perlu menunggu lama untuk menyaksikan aksi Kaka Cs menghibur dengan lagu-lagu hitsnya. Sebab, keduanya tampil secara langsung di acara Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.

Berlangsung secara live streaming di Vidio.com, penampilan Slank ditunggu oleh para Slankers di seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Slank membawakan beberapa lagu hits mereka termasuk "Terlalu Manis".

Dengan rambut gondrongnya yang dibiarkan tergerai, Kaka membuat nuansa lawas lagu "Terlalu Manis" jadi lebih terasa. Penampilannya kali ini seperti kala Slank baru merilis lagu patah hati ini di awal '90-an.

 

Penampilan RAN

RAN tampil di di acara Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.
RAN tampil di di acara Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.

Bukan hanya Slank yang membuat para fans mereka baper dengan lagu-lagu yang dibawakan. Kehadiran RAN juga membuat fans mereka tak kalah bikin heboh dari Slankers.

 

Akustikan

RAN.
RAN.

Berbeda dengan Slank yang tampil dengan format band lengkap dengan gaya bak di atas panggung besar. RAN memilih tampil akustikan dengan duduk santai di lantai.

 

Bikin Baper

RAN. (Foto: Dok. RAN For Your Life)
RAN. (Foto: Dok. RAN For Your Life)

Mereka membawakan beberapa lagu, termasuk single "Kulakukan Semua Untukmu". Lagu yang dulunya dibawakan oleh Fatur dan Nadila ini membuat fans baper dan beberapa dari mereka menyampaikan isi hati lewat postingan di Insta Story yang diunggah ulang oleh RAN.

 

Konser Virtual

Slank tampil di di acara Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.
Slank tampil di di acara Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.

Selain menampilkan Slank dan RAN secara virtual, Pesta Rakyat Simpedes juga menggelar banyak acara. Mulai dari Pojok X'Sis yang menampilkan Petani Milenial bernama Nur Agis Aulia dan Workshop Hidroponik Media bersama Bayu Widhi Nugroho.

 

Banjir Hadiah

Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.
Milenial Membangun Negeri Pesta Rakyat Simpedes 2020 yang dipersembahkan oleh Bank BRI.

Pesta Rakyat Simpedes juga membagikan banyak hadiah kepada para nasabah. Total ada 19.219 hadiah yang disebarkan ke seluruh Indonesia. Ada 1 unit rumah, 484 mobil, 4.347 motor dan 7.777 televisi dan banyak hadiah lainnya. Acara yang berlangsung malam ini pun berjalan dengan lancar, streaming nyaman di vidio.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Jakut: Camat Kelapa Gading yang Meninggal karena Covid-19 Dikenal Santun

Posted: 19 Sep 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Camat Kelapa Gading Muhamad Harmawan yang wafat usai terpapar Covid-19 karena virus Corona. Wakil Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijiatmoko mengenang sosok mendiang Muhamad Harnawan.

Dia menilai Muhamad Harmawan merupakan sosok dengan pribadi yang santun.

Saat melepas jenazah menuju Taman Pemakaman Umum Pondok Ranggon, Jakarta Utara pada Sabtu 19 September 2020, Sigit menyampaikan duka mendalam dengan meninggalnya pejabat Pemkot Jakarta Utara itu karena Covid-19.

"Harmawan adalah sosok yang santun dan pekerja keras," ujar Sigit seperti dilansir Antara, Minggu (20/9/2020).

Kepergian Camat Kelapa Gading yang sudah bertugas sejak 2019 ini menjadi kehilangan terbesar bagi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara yang tengah berjuang dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Almarhum menghebuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso pada pukul 11.50 WIB karena ARDS dan hiperkoagulopati akibat infeksi Covid-19.

"Tentu ini kehilangan yang amat besar. Beliau punya dedikasi dan loyalitas yang tinggi, dan sosok Ayah yang amat menyayangi keluarga," ujar Sigit.

 

Mohon Maaf

Sigit mewakili keluarga menyampaikan ucapan permintaan maaf kepada seluruh warga yang mengenal almarhum Muhamad Harmawan, apabila semasa hidupnya pernah berbuat salah.

"Atas nama Almarhum, atas nama keluarga, saya juga mengucapkan permohonan maaf apabila selama beliau bertugas, di dalam berinteraksi, ada tutur kata yang salah dari beliau. Insya Allah kita semua sudah memaafkan dan yang dikenang adalah budi baik dari Almarhum," tutur Sigit.

Kesantunan almarhum Camat Kelapa Gading Muhamad Harmawan juga dikenang oleh rekan sesama camat, yakni Camat Tebet, Kota Jarta Selatan, Dyan Airlangga.

Dyan menyebutkan kenal dekat almarhum sejak tahun 2001 dan pernah sama-sama bertugas di wilayah Jakarta Utara.

"Beliau pribadi yang baik, santun, cerdas, senior STPDN yang bijak dan mengayomi," ujar Dyan.

Harmawan wafat di usia 47 tahun, meninggalkan seorang istri dan dua anak laki-laki. Untuk diketahui, Harmawan menjabat sebagai Camat Kelapa Gading sejak 2019.

Sebelumnya, ia pernah menjadi staf Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kasubag Verifikasi Bagian Keuangan Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2005-2008, Kasubag Anggaran Bagian Keuangan Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2008-2014, Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum dan Protokol Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2015-2016, serta Kabag Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Utara tahun 2017-2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Jenis Diet Terpopuler Sepanjang 2020

Posted: 19 Sep 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Studi menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 membuat berat badan sebagian penduduk dunia bertambah. Penyebabnya adalah meningkatnya kebiasaan ngemil saat merasa bosan dan stres selama berada di rumah. Namun, tak sedikit  pula yang memanfaatkan waktu karantina untuk berolahraga dan mengikuti program diet demi bentuk tubuh ideal.

Berbagai program diet pun menjadi populer dan dilakukan oleh banyak orang, begitu juga dengan kemunculan beragam katering makanan sehat untuk melengkapi program tersebut. Semua program itu cenderung meyakinkan orang dengan hasil penurunan berat badan yang cepat pula.

Dari berbagai jenis program diet yang populer dpada 2020, berikut adalah enam di antaranya yang dapat dijadikan acuan untuk memilih program diet paling tepat untuk kondisi tubuh Anda, dilansir dari berbagai sumber.

1. Keto Diet

Keto diet menjadi salah satu program diet yang populer beberapa tahun terakhir. Melansir laman WebMD, "Ketogenic" berarti diet rendah karbohidrat. Tujannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak kalori dari protein dan lemak, serta lebih sedikit kandungan karbohidrat. Anda perlu mengurangi banyak karbohidrat yang mudah dicerna, seperti gula, soda, kue kering, dan roti putih.

Ketika Anda makan kurang dari 50 gram karbohidrat sehari, tubuh Anda akhirnya akan kehabisan bahan bakar (gula darah) dengan cepat, kemudian tubuh akan memecah protein dan lemak untuk energi. Inilah yang disebut dengan ketosis guna membuat berat badan turun. Hasilnya akan terlihat sekitar tiga sampai enam bulan, lebih cepat daripada jenis diet lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa diet ketogenik adalah diet jangka pendek yang berfokus pada penurunan berat badan saja, bukan untuk dilakukan dalam jangka panjang. Diet ini didesain bagi pengidap kondisi kesehatan tertentu, seperti epilepsi, atau penyakit jantung.

Ahli gizi KetoLogic, Molly Devine mengungkapkan banyak orang berdiet keto dengan tujuan dan cara yang salah, terutama mereka yang melakukannya hanya karena tren. "Diet ketogenik yang diformulasikan dengan benar tidak berarti menghilangkan karbohidrat, sayuran, jumlah lemak jenuh yang tidak terbatas, atau pemanis buatan sepenuhnya. Sebagai ahli diet, saya setuju bahwa pendekatan budaya pop terhadap diet ketogenik ini tidak berkelanjutan atau tidak sehat dalam jangka panjang."

 

2. Intermittent Fasting

Ilustrasi intermitten fasting. (dok. Oladimeji Ajegbile/Pexels/Brigitta Bellion)
Ilustrasi intermitten fasting. (dok. Oladimeji Ajegbile/Pexels/Brigitta Bellion)

Diet yang satu ini juga tak kalah populer tahun ini. Beberapa selebritas seperti Rina Gunawan Dian Sastrowardoyo, hingga aktris Hollywood Chriss Prat dan Kourtney Kadarshian pun turut menjalankannya. Dilansir dari laman resmi Universitas John Hopkins, intermitten fasting adalah pola makan dengan jadwal berpuasa dan makan yang teratur.

Banyak diet berfokus pada apa yang harus dimakan, tetapi puasa intermiten adalah tentang kapan Anda makan. Berpuasa selama beberapa jam setiap hari atau hanya makan satu kali dalam beberapa hari per minggu untuk membantu membakar lemak di tubuh Anda.

Diet ini memiliki berbagai versi, yang paling populer, yaitu 16:8, dilakukan dengan mengonsumsi makanan dalam rentang delapan jam, lalu berpuasa selama 16 jam selanjutnya. Dalam metode 5:2, Anda dapat makan dengan porsi normal (sewajarnya) dalam lima hari, kemudian dua hari setelahnya hanya dapat mengonsumsi makanan dengan 500-600 kalori saja.

Ingatlah bahwa diet ini mungkin memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Diet ini tidak bisa dilakukan oleh anak-anak dan remaja di bawah usia 18 tahun, ibu hamil atau menyusui, orang dengan diabetes atau masalah gula darah, dan mereka yang memiliki riwayat gangguan makan.

3. Diet Vegan 

Diet vegan sangat populer di Amerika, penganutnya termasuk penyanyi Beyonce dan suaminya, Jay-Z, yang telah melakukannya sejak lama. Vegetarian berarti tidak makan daging, ikan, dan unggas. Tetapi, diet vegan lebih dari itu saja, mereka juga tidak mengonsumsi semua produk hewani, termasuk susu, keju, dan telur, kacang yang digoreng dengan lemak babi, margarin yang dibuat dengan protein whey atau gelatin.

Buah-buahan, sayuran, sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan akan menjadi makanan pokok Anda. Produk susu dapat juga diganti dengan susu kacang kedelai atau susu almond. Diet ini masih memenuhi jumlah protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Menjadi vegan dapat membantu Anda hidup sehat lebih lama, dan untuk mengurangi jumlah kalori harian Anda sehingga berat badan akan lebih terkendali. Vegan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi produk hewani, mengutip laman WebMD.

Tetapi, menghindari protein hewani dapat mengurangi beberapa nutrisi, seperti protein, kalsium, asam lemak omega-3, zinc, dan vitamin B12. Anda membutuhkan protein untuk menggerakkan semua reaksi kimia dalam tubuh, kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi, serta asam lemak omega-3 menjaga sel Anda tetap sehat dan melindungi jantung. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak-anak dan wanita hamil. Ketika menjadi vegan, Anda mungkin membutuhkan suplemen untuk menebus apa yang tidak Anda dapatkan dari pola diet vegan.

 

4. Diet Flexitarian

Ilustrasi diet. (dok. Buenosia Carol/Pexels/ Brigitta Bellion)
Ilustrasi diet. (dok. Buenosia Carol/Pexels/ Brigitta Bellion)

Diet flexitarian sebenarnya masih memiliki pola yang menyerupai diet vegan, tetapi tidak menghilangkan konsumsi daging sepenuhnya. Banyak orang menganggap pola diet vegan sangat sulit dilakukan, karena pada dasarnya mayoritas manusia menyukai daging. Oleh karena itu, sesuai namanya 'flexible' dan 'vegetarian', diet ini menjadi pilihan tepat untuk menyeimbangkannya.

Karena flexitarian masih mengonsumsi produk hewani, mereka tidak dianggap vegetarian ataupun vegan. Melansir Healthline, diet flexitarian tidak memiliki aturan yang jelas atau jumlah kalori dan makronutrien yang direkomendasikan. Maka itu, diet ini lebih cocok bagi mereka yang ingin bergaya hidup yang sehat ketimbang menurunkan berat badan yang ekstrem.

Diet inididasarkan pada prinsip-prinsip, seperti makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, lalu fokus pada protein dari tumbuhan daripada hewan, tetapi tetap bersikap fleksibel dengan menggabungkan daging dan produk hewani secara berkala. Selain itu juga pilih makanan yang paling mudah diproses dan paling alami, serta membatasi konsumsi gula tambahan. Secara keseluruhan, tujuannya adalah makan lebih banyak makanan nabati yang bergizi dan lebih sedikit daging.

5. Diet Mediteranian

Meski tidak sepopuler diet keto atau intermitten fasting, program diet Mediteranian telah direkomendasikan beberapa ahli sebagai jenis diet terbaik dan paling berhasil tahun ini. Stefani Sassos, MS, RD, CDN, ahli diet berlisensi mengatakan bahwa dengan diet ini, Anda tidak perlu repot menghitung kalori atau stres karena melakukan kesalahan dalam prosesnya.

Diet ini bertumpu pada suasana kehidupan di negara-negara, seperti Yunani, Spanyol, Italia, dan Prancis selatan. Anda hanya perlu makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan polong-polongan (termasuk segala sesuatu mulai dari kacang-kacangan hingga miju-miju), dan banyak sumber biji-bijian.

Konsumsi protein tanpa lemak, seperti salmon hampir setiap hari juga dianjurkan. Selain itu, sumber lemak jenuh lainnya, termasuk keju, dan beberapa daging merah pun tidak menjadi masalah dalam diet ini. Tetapi, yang perlu dihindari adalah minuman yang dimaniskan dengan gula, tambahan gula, daging olahan, biji-bijian olahan, minyak olahan, dan makanan dengan proses olahan tinggi lainnya.

Diet Mediterania menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, kesehatan jantung dan otak, pencegahan kanker, serta pencegahan dan pengendalian diabetes. Dengan mengikuti Diet Mediterania, Anda juga bisa menurunkan berat badan sembari menghindari penyakit kronis.

 

6. Diet Sirtfood

Adele | instagram.com/adele
Adele | instagram.com/adele

Pola diet satu ini menjadi populer karena dilakukan oleh penyanyi Adele dan Kelly Clarkson yang muncul di depan publik dengan tubuh yang jauh lebih ramping dari sebelumnya. Diet sirtfood sebenarnya telah lama terkenal di kalangan selebritas Eropa karena memperbolehkan pelakunya mengonsumsi anggur merah (wine) dan cokelat.

Mengutip Healthline, diet ini dianggap revolusioner karena bekerja dengan mengaktifkan "gen kurus" Anda. Diet ini didasarkan pada penelitian tentang sirtuins (SIRTs), sekelompok tujuh protein yang ditemukan di dalam tubuh yang telah terbukti mengatur berbagai fungsi, termasuk metabolisme, peradangan, dan umur.

Pelaku diet ini banyak mengonsumsi makanan nabati mengandung polifenol, seperti kangkung, stroberi, bawang merah, dan kenari, tetapi juga cokelat hitam, anggur merah, dan kopi. Semuanya menu ada dalam buku sirtfood diet, mencakup rencana menu dan resep yang harus diikuti.

Pembuat diet tersebut mengklaim bahwa mengikuti diet sirtfood akan menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat, sambil mempertahankan massa otot dan melindungi Anda dari penyakit kronis. Setelah menyelesaikan diet, Anda didorong untuk terus memasukkan sirtfood dan jus hijau khas diet ke dalam pola makan rutin Anda.

Tapi, apapun rencana diet yang akan dilakukan, pastikan pilih diet yang sehat. Connie Diekman, seorang ahli diet, konsultan makanan dan nutrisi terdaftar di St. Louis mengatakan bahwa diet yang sehat adalah diet yang seimbang dengan kebutuhan tubuh. Sebab, setiap orang memiliki tujuan diet yang berbeda, mulai dari menurunkan atau menaikkan berat badan, membentuk tubuh, menjaga kesehatan, atau untuk melawan penyakit tertentu.

Oleh sebab itu, program diet yang dipilih juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Penting untuk berkonsultasi sebelum memilih program diet yang tepat untuk tubuh Anda. (Brigitta Valencia Bellion)

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Suka Duka Siswa Saat Jalani Sekolah Online di Rumah

Posted: 19 Sep 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat segala aktivitas belajar mengajar di sekolah harus dihentikan sementara. Sebagai gantinya, kegiatan belajar mengajar dilakukan dari jarak jauh secara online.

Hal ini tentu memberikan pengalaman baru bagi para siswa sekolah. Kini mereka harus belajar di rumah setiap harinya hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Rupanya sekolah online menjadi hal yang cukup mendapat perdebatan. Di satu sisi siswa aman dari risiko penularan virus Covid-19 namun di sisi lain sekolah online juga membuat siswa 'kewalahan'.

Berbagai permasalah dihadapi siswa selama sekolah online mulai dari kesulitan memahami materi yang dijelaskan guru secara online, banyaknya tugas hingga rasa bosan yang menghinggapi. Berikut ini deretan potret suka duka siswa saat jalani sekolah online di rumah.

Duh kucing jangan ganggu dong

foto: @devofatherofchar
foto: @devofatherofchar

Loh kok malah tidur

foto: Reddit @beaverkc
foto: Reddit @beaverkc

Kalo tidur pas belajar online bakal ketahuan enggak ya?

foto: Reddit @beaverkc
foto: Reddit @beaverkc

Ngantuk berat kayaknya nih

foto: Twitter/@karajmcdowell
foto: Twitter/@karajmcdowell

Ternyata banyak ya siswa yang tidur saat belajar online

foto: @polarpurple
foto: @polarpurple

Ada yang sudah menyerah nih kayaknya dengan sekolah online

foto: Karen Tomasello
foto: Karen Tomasello

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapan AHM Soal Harga Motor Lawas Honda yang Melambung tinggi

Posted: 19 Sep 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tren motor lawas tengah meroket di Indonesia.  Saking banyak peminatnya, harga motor lawas melambung tinggi, terlebih lagi yang kondisinya prima.

Sebut saja harga Honda Win 100 dalam kondisi 100 persen original sudah di atas Rp 10 juta. Bahkan, motor bebek Honda Astrea saat ini bisa dibanderol Rp 20 juta.

Tentu ini membuat para penggemar otomotif, khususnya motor retro, melihat beberapa model klasik Honda sebagai investasi. Terkait hal itu, Thomas Wijaya, Direktur pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) angkat bicara.

"Ini sebenarnya bagaimana konsumen menilai produk Honda. Di satu sisi kami bangga ketika konsumen melihat ada kelebihan dari motor-motor klasik kami," terang Thomas saat berbincang dengan media beberapa waktu lalu.

"Soal harga yang sudah dibilang tidak masuk akal, itu kami serahkan ke masyarakat saja. Tentu motor-motor itu sudah bukan tergolong kendaraan harian, tapi justru sebagai hobi, bahkan investasi," tambahnya.

Sayangnya, Thomas menyebut bahwa suku cadang motor klasik Honda era 1990-an tak lagi diproduksi. Artinya, para pecinta produk lawas pabrikan berlogo sayap itu harus berusaha ekstra.

Sumber: Otosia.com

Honda C70 Ini Dipaksa Jadi Motor Mungil Bermesin Ganda

Honda C70 modifikasi (RideApart)
Honda C70 modifikasi (RideApart)

 Honda C70 adalah motor klasik yang masih digemarik sampai saat ini di Indonesia. Selain diburu oleh para pecintanya untuk dikoleksi, Honda C70 pun sering dijadikan bahan modifikasi.

Soal modifikasi, Honda C70 bisa dimodif dengan berbagai genre. Yang paling umum tentu adalah didesain retro modern. Namun siapa sangka Honda C70 juga bisa dimodifikasi menjadi kendaraan lucu lucu dan nyeleneh.

Melansir dari RideApart, sebuah Honda C70 dimodifikasi menjadi motor mungil. Saking mungilnya, bahkan roda depan dan belakang hanya berjarak beberapa inci saja.

Hal ini dikarenakan rangka Honda C70 dipotong, terutama di bagian tengah. Alhasil tempat mesin yang semula berada di tengah dan sejajar dengan roda harus dipindahkan ke bagian samping bodi.

 2 dari 4 halaman Bermesin GandaSelain dimodifikasi menjadi mungil, Honda C70 ini mempunyai dua mesin. Kedua mesinnya ditempatkan di sisi samping kiri dan kanan motor. Kemudian, sepeda motor tersebut juga ditopang dengan dua gear yang menyalurkan tenaga mesin ke roda.

Nampaknya mengendarai Honda C70 ini cukup sulit. Sebab antara jok motor dengan setir begitu dekat. Sehingga menyulitkan saat mengendalikan laju kendaraan tersebut.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Eropa Resmi Amankan 300 Juta Vaksin COVID-19 dari Sanofi dan GSK

Posted: 19 Sep 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Brussels - Uni Eropa (EU) pada Jumat (18/9) sepakat membeli calon vaksin COVID-19 buatan Sanofi dan GSK guna mengamankan persediaan anti virus corona bagi negara-negara anggotanya.

Kontrak pembelian itu merupakan perjanjian kedua yang diteken EU setelah lembaga itu menandatangani kontrak dengan AstraZeneca.

EU memilih mengamankan stok vaksin untuk wilayahnya sendiri, meskipun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meluncurkan COVAX, program pembelian vaksin bersama yang dibuat guna memastikan tiap negara bisa mendapatkan vaksin COVID-19 secara adil dan efisien.

Setelah menandatangani kontrak pembelian, Sanofi dan GSK sepakat menyediakan lebih dari 300 juta dosis calon vaksin COVID-19 untuk EU. Informasi itu diketahui dari unggahan Komisioner Kesehatan Eropa Stella Kyriakides di media sosial Twitter, sebagaimana diwartakan Reuters, dikutip dari Antara, Minggu (20/9/2020).

Perjanjian itu mengonfirmasi pengumuman yang disampaikan dua perusahaan farmasi itu pada 31 Juli.

Sebelumnya, AstraZeneca juga sepakat menyediakan lebih dari 400 juta dosis calon vaksin COVID-19 untuk Uni Eropa.

Lewat perjanjian dengan Sanofi dan GSK, Komisi Eropa akan membayar sebagian ongkos produksi awal calon vaksin. Kemudian, vaksin-vaksin COVID-19 itu akan dibeli oleh masing-masing negara anggota EU.

Kontrak tersebut diteken oleh EU menjelang berakhirnya tenggat pendaftaran keanggotaan COVAX, program pembelian vaksin COVID-19 yang dikoordinasi oleh WHO.

COVAX akan memastikan tiap negara punya akses yang sama untuk membeli vaksin dan anti virus yang nantinya tersedia akan terdistribusi rata.

 

92 Negara dalam Skema COVAX Facility

Foto yang diabadikan pada 15 September 2020 ini menunjukkan vaksin COVID-19 bernama
Foto yang diabadikan pada 15 September 2020 ini menunjukkan vaksin COVID-19 bernama

Setidaknya, 92 negara berpendapatan rendah telah mendaftarkan diri untuk ikut COVAX, program yang juga merupakan bagian dari upaya WHO untuk mempercepat pengembangan vaksin serta pengobatan COVID-19.

Sementara itu, sekitar 80 negara berpendapatan tinggi juga telah menunjukkan minat untuk bergabung, tetapi banyak dari mereka memilih mengamankan stok vaksin COVID-19 untuk wilayahnya masing-masing.

Seorang pejabat Kementerian Kesehatan Prancis, Kamis (17/9), mengatakan pihaknya akan membantu pendanaan COVAX, tetapi Prancis memilih bergabung dengan skema pembelian yang dikoordinasi EU.

Sejauh ini, belum ada calon vaksin COVID-19 yang disetujui oleh WHO. Penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu telah menewaskan lebih dari 946.000 jiwa di banyak negara dan menyebabkan perekonomian masuk ke jurang resesi.

Sanofi dan GSK pada Juli 2020 juga telah meneken kontrak penjualan 100 juta dosis vaksin senilai 2,1 miliar dolar AS (sekitar Rp30,9 triliun) untuk Amerika Serikat. Lewat perjanjian itu, AS juga memiliki opsi untuk menambah stok sampai 500 juta dosis.

Tidak hanya ke AS, Sanofi dan GSK juga sepakat menjual 60 juta dosis calon vaksin COVID-19 ke Inggris.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Wonocolo Surabaya Pasrah Lihat Risma Gelar Tes Cepat COVID-19 Dadakan

Posted: 19 Sep 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Amrullah, warga Wonocolo Surabaya, Jawa Timur mengaku kaget ketika tiba-tiba Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) datang dan langsung menggelar rapid test atau tes cepat COVID-19 di Taman Apsari atau depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam 19 September 2020.

Dia juga mengaku tidak bisa kabur karena memang semua sisi jalan sudah ditutup dan dijaga anggota Satpol dan Linmas Surabaya.

"Akhirnya ya pasrah saja ikut tes. Sebenarnya ini bagus untuk memutus penyebaran Covid-19 ini. Saya mendukung karena ini memang demi kebaikan," ujar dia.

Sementara itu, Risma mengatakan, sebenarnya sasarannya malam ini bukan di Taman Apsari. Namun karena melihat di sekitar Taman Apsari itu banyak anak muda yang nongkrong dan bergerombol, akhirnya tes cepat COVID-19 mendadak itu digelar di tempat tersebut.

"Sebetulnya sasaranku bukan di sini, tapi setelah saya putar tadi, ternyata banyak sekali di sini. Akhirnya kita lakukan di sini," kata dia.

Ia juga memastikan ratusan anak muda itu dilakukan tes cepat. Jika ditemukan ada yang reaktif, langsung dilakukan metode swab atau usap dengan mobil PCR yang telah disediakan di sisi selatan Taman Apsari Surabaya.

"Jadi, bagi yang reaktif, langsung kami tes swab dan akan kami bawa untuk menjalani isolasi," kata dia.

Operasi Mendadak Tes COVID-19 Terus Dilakukan

Pemkot Surabaya menggelar rapid test atau tes cepat COVID-19 di Taman Apsari. (Foto: Dok Istimewa)
Pemkot Surabaya menggelar rapid test atau tes cepat COVID-19 di Taman Apsari. (Foto: Dok Istimewa)

Presiden UCLG ASPAC ini juga memastikan, operasi mendadak semacam itu akan terus dilakukan di Surabaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Ini akan terus kami gelar demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19," tegasnya.

Hingga pukul 23.00 WIB, tes cepat itu masih berlangsung dan sementara ini sudah sekitar delapan orang yang hasilnya reaktif dan langsung dilakukan tes dengan metode swab atau usap.

Bahkan, di lokasi masih dilakukan blokade jalan, sehingga warga atau anak muda yang mau kabur tidak akan bisa. Sedangkan bagi warga yang sudah tes cepat, langsung diperkenankan pulang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gim Among Us Kian Populer di Kalangan Gamer, Kok Bisa?

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Popularitas gim indie Among Us tidak dimungkiri sedang berada di puncaknya. Hal itu dapat dilihat dari jumlah unduhan gim ini yang terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir, berdasarkan laporan SensorTower.

Menurut laporan itu, jumlah unduhan Among Us versi mobile pada Agustus 2020 mencapai 18,4 juta kali. Jumlah ini naik hampir delapan kali lipat dari Juli 2020 yang hanya mencatat 2,4 juta unduhan.

Lalu di September 2020, gim ini mencatatkan 41,9 juta unduhan. Tidak hanya di perangkat mobile, gim ini termasuk salah yang populer di Steam dan memiliki 268 ribu pemain aktif.

Padahal seperti dikutip dari Game Spot, Minggu (20/9/2020), Among Us besutan InnerSloth ini sudah rilis pada 2018 atau dua tahun lalu. Adapun kisah dalam gim ini mirip dengan permainan Werewolf atau Mafia.

Jadi, ada empat hingga 10 pemain yang berperan sebagai anggota pesawat luar angkasa yang akan terbang. Namun ada satu pemain acak yang terpilih menjadi alien penyusup dan bertugas mengacaukan penerbangan tanpa ketahuan.

Kepopuleran gim ini sendiri disebut tidak lepas dari ulasan positif para streamer di Twitch dan menjadi salah satu gim favorit di platform tersebut, bersama dengan sejumlah gim populer lain, seperti Fortnite dan Minecraft.

Sejumlah akun streamer kenamaan, seperti Sodapoppin, Pewdiepie, Shroud, dan Ninja juga diketahui memainkan gim multiplayer party ini. Hal itu yang secara tidak langsung meningkatkan popularitasnya.

Di sisi lain, beredarnya banyak meme Among Us di Twitter dan Reddit harus diakui membuat banyak warganet yang penasaran. Lalu akhirnya mereka menjajal gim ini.

Siap Hadirkan Sekuel

Tampilan gim Among Us. (Dok. InnerSloth via Steam)
Tampilan gim Among Us. (Dok. InnerSloth via Steam)

InnerSloth juga mengumumkan tengah menyiapkan sekuel dari gim ini. Namun mereka memang belum menetapkan jadwal rilis dari gim tersebut.

Mengingat kepopulerannya saat ini, InnerSloth memang tengah berupaya membuat gim Among Us 2 dengan tetap mempertahankan yang sudah diperoleh sekarang.

Oleh sebab itu, tim pengembang mengakui sulit untuk menambahkan sejumlah hal baru, tanpa merusak hal yang sudah ada.

 

Pertahankan Gaya Permainan

Tampilan gim Among Us. (Dok. InnerSloth via Steam)
Tampilan gim Among Us. (Dok. InnerSloth via Steam)

Kendati demikian, pengembang memastikan inti permainan yang dihadirkan saat ini tetap dipertahankan. Jadi, gim ini akan tetap menawarkan aksi para kru melawan penipu di pesawat mereka.

Namun InnerSloth memastikan akan melakukan peningkatan, mulai dari keseimbangan tim, pengaturan tim, hingga moderasi tambahan. Ada pula rencana untuk menghadirkan peran baru, tapi memang belum diungkap saat ini.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tips untuk Penyandang Disabilitas agar Selalu Berpikiran Positif dan Sehat

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak selalu mudah untuk tetap bersikap positif saat Anda memiliki disabilitas. Keterbatasan fisik Anda terkadang dapat menguras emosi dan mental Anda. Simak beberapa tips untuk tetap positif dan mengalahkan segala rintangan untuk hidup yang positif dan sehat.

Selama hidup akan ada saat ketika Anda menghadapi serangkaian tantangan, terutama saat Anda memiliki disabilitas. Terkadang, Anda mungkin merasa sulit untuk mengatasi kesulitan tertentu. Akan tetapi lebih baik jika bisa melihat sisi positif dan mengalahkan rintangan tersebut sehingga Anda dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.

Ada banyak kisah-kisah inspiratif yang mungkin dapat menginspirasi Anda dalam melanjutkan kehidupan. Salah satunya adalah Zeenath Sadar, pengguna kursi roda dari Kochi (sebuah kota di negara bagian Kerala pesisir barat daya India), yang terkena polio sejak masih belia.

Zeenath mengaku sering berkata pada dirinya sendiri bahwa menjadi difable bukanlah akhirnya. "Karena kehidupan selain membawa tantangan, juga membawa hal yang menyenangkan. Saya diberkati memiliki banyak orang positif di sekitar saya yang membuat hidup saya lebih cerah dan bahagia. Saya juga memastikan untuk makan sehat dan melakukan beberapa latihan dasar untuk menjaga diri saya tetap fit. Tubuh yang sehat juga penting untuk pikiran yang damai," katanya.

Selain tips dari Zeenath, berikut ini merupakan beberapa tips agar tetap positif meskipun dengan kondisi difabel, dilansir dari Newz Hook

1. Fokus pada kemampuan Anda

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan. Pahami bahwa menjadi difabel, Anda masih mampu melakukan banyak hal dalam hidup. Teknologi juga telah maju pesat dan itu mempermudah pekerjaan Anda. Gunakan perangkat yang dapat membantu Anda melakukan yang terbaik dalam mengerjakan tugas dan mencapai tujuan.

2. Minta bantuan jika perlu

Ada banyak penyandang disabilitas di sekitar Anda. Menjadi bagian dari kelompok ini membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan Anda. Jika terlalu malu memintanya, mintalah bantuan dari keluarga atau teman dan jangan ragu untuk memintanya. Simpan kontak tenaga profesional jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan mereka. Pahami, bahwa dengan Anda meminta bantuan bukan berarti Anda lemah. Penting juga untuk menjaga hubungan dalam hidup Anda.

 

3. Jadikan kesehatan sebagai prioritas utama Anda

Semua orang perlu menjaga kesehatan, baik mental maupun fisik. Caranya yaitu dengan berlatih, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang sehat. Serta yang terpenting, pahami kebutuhan tubuh Anda. Karena fisik setiap orang berbeda-beda. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain.

4. Bersosialisasi dengan orang yang tepat

Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan dukungan orang lain. Itulah mengapa penting untuk memiliki orang yang tepat yang mencerahkan hidup Anda dengan kepositifan mereka. Orang yang tepat dapat memberi Anda tips, nasihat, dan saran yang akan membantu Anda dalam jangka panjang. Anda tidak perlu memiliki banyak teman. Beberapa orang yang tepat dapat membuat hidup Anda lebih baik.

"Temukan kemampuan dalam keterbatasan Anda. Ciptakan apa yang bisa Anda kerjakan untuk memperbaiki segalanya. Saya merasa bahwa cara berpikir dan cara pandang yang positif adalah aspek terpenting. Ketika saya depresi, saya bertemu banyak orang yang juga memiliki disabilitas dan saat itulah saya menyadari bahwa disabilitas tidak bisa menghentikan Anda untuk mengejar impian Anda. Anda dapat menemukan kegembiraan bahkan dalam hal-hal kecil seperti membersihkan kamar Anda. Menerima kondisi difable Anda dan bersyukur atas apa yang Anda miliki itu penting," kata Veena Venugopal, pengguna kursi roda dari Kerala (sebuah negara bagian di barat daya Pantai Malabar di India).

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Iklan, 2 Faktor Ini Meningkatkan Risiko Anak Merokok

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab anak merokok ada berbagai faktor. Selain faktor iklan, promosi, dan sponsor (IPS) rokok, ada dua faktor lain yang turut meningkatkan risiko anak menjadi seorang perokok.

Kedua faktor tersebut adalah orangtua dan teman sebaya perokok.

"Saya bisa menyimpulkan bahwa penyebab terbesar anak menjadi perokok adalah orangtuanya perokok. Nah ini berarti peran keluarga. Yang kedua, teman sebayanya perokok, nah makanya orangtua perlu tahu dengan siapa anaknya bergaul," kata Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Nurhayanti Rosalin dalam webinar KemenPPPA beberapa waktu lalu

Kemudian paparan iklan rokok yang tinggi seperti menjadi sponsor acara-acara yang menarik serta iming-iming hadiah membuat anak-anak jadi tertarrik. 

"Di situlah awalnya, sehingga kalau dia tertarik, dia mencoba, dan setelah mencoba kalau disuruh berhenti sudah susah," tutur Lenny.

Potensi Paparan Asap Rokok

Setiap orang bahkan anak-anak dapat terpapar asap rokok di berbagai tempat. Menurut data Global Youth Tobacco Survey 2019, 58 persen orang terpapar asap rokok di rumah.

"Sengaja saya keluarkan data ini karena keluarga harus bereaksi, keluarga juga harus beraksi, karena lebih dari separuh paparan asap rokok ada di rumah."

Selain di rumah, anak juga bisa terpapar asap rokok di tempat umum yang tertutup sebanyak 66 persen. Paparan asap rokok di tempat umum yang terbuka adalah 67 persen.

Selain asap rokok, anak juga bisa terpapar oleh iklan, promosi, sponsor (IPS) rokok. Sekitar 65 persen orang terpapar IPS rokok di tempat penjualan. 65 persen orang terpapar IPS rokok di televisi. 61 persen terpapar di media luar gedung dan 36 persen orang terpapar di media sosial.

"Kita buka ponsel ada iklan rokok, nonton televisi ada iklan rokok, dan iklannya keren-keren pakai bahasa gaul yang anak-anak kita sangat sukai. Itu jeratan dari iklan, promosi, dan sponsor rokok."

Infografis Rokok

Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pro-Kontra Larangan Iklan Rokok di Internet. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain Real Sociedad Vs Real Madrid

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Krisis pemain menghantui perjalanan Real Madrid ke markas Real Sociedad, Minggu (20/9/2020) atau Senin dini hari WIB. Kedua tim akan bertarung di Reale Arena, dalam lanjutan La Liga 2020/2021. 

Bagi Real Madrid, ini merupakan laga perdana mereka musim ini. Los Blancos mendapat waktu libur lebih lama karena tampil pada kompetisi Eropa yang baru berakhir pada Agustus lalu. Sementara Sociedad sudah menjalani satu pertandingan dan memetik satu poin saat bertemu Real Valladolid. 

Baik Real Madrid maupun Real Sociedad sama-sama dalam kondisi yang tidak ideal. Kedua tim kehilangan sejumlah pemain akibat cedera dan terjangkit virus Corona Covid-19.

Pelatih Real Sociedad, Imanol sedikit bisa bernapas lega karena dua pemain, yakni David Silva dan Mikel Oyarzabal sudah kembali ke tim setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sayang, Willian Jose yang sempat kontak dengan penyakit ini kondisinya masih belum bisa dipastikan hingga kini. 

Dua pemain lainnya, yakni Igor Zubeldia dan Martin Zubimendi juga tidak bisa tampil karena cedera. 

 

  

 

Nasib yang Sama

Pemain Real Madrid Raphael Varane (kanan) berebut bola dengan pemain Real Sociedad Alexander Isak pada pertandingan La Liga di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, Minggu (21/6/2020). Real Madrid memuncaki klasemen sementara La Liga usai mengalahkan Real Sociedad 2-1. (AP Photo/Alvaro Barrientos)
Pemain Real Madrid Raphael Varane (kanan) berebut bola dengan pemain Real Sociedad Alexander Isak pada pertandingan La Liga di Stadion Anoeta, San Sebastian, Spanyol, Minggu (21/6/2020). Real Madrid memuncaki klasemen sementara La Liga usai mengalahkan Real Sociedad 2-1. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Krisis pemain juga dialami oleh Real Madrid. Selain harus kehilangan sejumlah pilar pada bursa transfer musim panas, kubu Los Blancos juga dihadapkan pada cedera yang menimpa beberapa pemain lain. 

Salah satunya adalah Eden Hazard. Mantan pemain Chelsea itumasih dalam pemulihan cedera engkel. 

Odegaard juga bernasib sama. Pemain asal Norwegia itu sempat mengalami masalah pada lutut. Nasib yang sama juga dialami Isco dan Marco Asensio. Keduanya juga tengah berkutat dengan cedera.

 

Prediksi Susunan Pemain

Real Sociedad XI (4-3-3): Alex Remiro (GK); Andoni Gorosabel, Aritz Elustondo, Diego Llorente, Nacho Monreal; David Silva, Ander Guevara, Mikel Merino; Portu, Alexander Isak, Mikel Oyarzabal

Real Madrid  XI (4-3-3): Thibaut Courtois (GK); Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Casemiro, Martin Odegaard; Rodrygo, Karim Benzema, Vinicius Jr

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 500 Anak di Jateng Terinfeksi Covid-19, Kok Bisa?

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jawa Tengah mengajak masyarakat untuk berperan aktif melindungi anak-anak dari paparan COVID-19 yang sudah menginfeksi 500 lebih anak di provinsi itu.

"Jumlah anak di Jateng yang terpapar COVID-19 sebanyak 538 anak yang terdiri dari 222 anak perempuan dan 316 anak laki-laki berusia 0-11 tahun," kata Ketua Tim Ahli Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jawa Tengah dokter Anung Sugihantono pada seminar secara daring dengan tema 'Peran Media dalam Mempromosikan Program Kesejahteraan dan Perlindungan Anak di Masa Pandemi: Anak-anak Dalam Pusaran Klaster Keluarga COVID-19' di Semarang, Jumat.

Menurut dia, data tersebut berdasarkan sistem pelaporan yang diakses di coronajateng.co.id pada Kamis (17/9) pada pukul 11.00 WIB.

"Orang tua harus mengajarkan anaknya mengenai penerapan protokol kesehatan seperti yang termudah mencuci tangan dan memakai masker setiap saat," ujarnya, dikutip Antara.

Setya Dipayana, dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia menjelaskan bahwa anak memiliki kekebalan tubuh atau imunitas yang bagus.

"Karena imunitasnya bagus, mereka kemungkinan justru menjadi asymptomatis yakni telah terpapar COVID-19, namun tidak menimbulkan gejala apa-apa karena mereka kebal," katanya.

 

Perlakukan untuk Anak Terpapar Covid-19

Anak-anak memakai masker di RW 11, Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta, Jumat (18/9/2020). Di masa pandemi COVID-19, TNI dan Polri bersinergi mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. (merdeka.com/Imam Buhori)
Anak-anak memakai masker di RW 11, Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta, Jumat (18/9/2020). Di masa pandemi COVID-19, TNI dan Polri bersinergi mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Akan tetapi, lanjut dia, ketika mereka berdekatan dengan orang yang kekebalannya menurun atau orang tua, maka mereka menjadi penular atau bisa disebut penyebar super (super spreader).

"Anak-anak jadi carrier, dia bisa menyebarkan ke mana pun tanpa terdeteksi, namun keluarga sekarang sering bilang anaknya tidak usah dicek karena merasa kasihan. Padahal kita tahu, ia bisa menjadi penyebar. Oleh karena itu kita semua harus sadar dengan membuat adaptasi kepada kebiasaan baru bagaimana agar penularan itu tidak terjadi," ujarnya.

Sementara itu, psikolog dari Universitas Katolik Soegijapranata, Kuriake Kharismawan, yang juga menjadi sukarelawan penanganan COVID-19 bagi pasien positif di Rumah Dinas Wali Kota Semarang menjelaskan bahwa jumlah anak yang terpapar corona terus meningkat.

"Pagi tadi ada 16 anak, Rabu lalu bahkan ada yang melarikan diri, untung segera kami temukan lagi. Yang pasti, sifat anak-anak itu adalah ingin bermain dan pergi ke mana-mana. Itu adalah karakter khas anak di masa puber. Selain itu mereka selalu ingin tantangan," katanya.

Selain itu, Kuriake juga melihat stigma pasien COVID-19 yang justru membuat yang bersangkutan menjadi tersudut.

"Kami ingini masyarakat tidak memberi stigma negatif. Jangan dijauhi, bila mereka dinyatakan sembuh, berarti itu memang sembuh," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gol Eddie Nketiah Antar Arsenal Bungkam West Ham 2-1

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang mengontrol bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)
Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang mengontrol bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang mengontrol bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Penyerang West Ham,  Jarrod Bowen membawa bola dari kejaran gelandang Arsenal, Bukayo Saka pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)
Penyerang West Ham, Jarrod Bowen membawa bola dari kejaran gelandang Arsenal, Bukayo Saka pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Penyerang West Ham, Jarrod Bowen membawa bola dari kejaran gelandang Arsenal, Bukayo Saka pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Gelandang Arsenal, Willian membawa bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Will Oliver/Pool via AP)
Gelandang Arsenal, Willian membawa bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Will Oliver/Pool via AP)

Gelandang Arsenal, Willian membawa bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Will Oliver/Pool via AP)

Kiper Arsenal, Bernd Leno menangkap bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Julian Finney/Pool via AP)
Kiper Arsenal, Bernd Leno menangkap bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Julian Finney/Pool via AP)

Kiper Arsenal, Bernd Leno menangkap bola saat bertanding melawan West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Julian Finney/Pool via AP)

Penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette berselebrasi dengan Pierre-Emerick Aubameyang usai mencetak gol ke gawang West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)
Penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette berselebrasi dengan Pierre-Emerick Aubameyang usai mencetak gol ke gawang West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette berselebrasi dengan Pierre-Emerick Aubameyang usai mencetak gol ke gawang West Ham pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (AP Photo/Ian Walton, Pool)

Gelandang West Ham, Michail Antonio membawa bola dari kawalan bek Arsenal,  Gabriel Magalhães pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Will Oliver/Pool via AP)
Gelandang West Ham, Michail Antonio membawa bola dari kawalan bek Arsenal, Gabriel Magalhães pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Will Oliver/Pool via AP)

Gelandang West Ham, Michail Antonio membawa bola dari kawalan bek Arsenal, Gabriel Magalhães pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Inggris, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang tipis 2-1 atas West Ham. (Will Oliver/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citra Kirana Dilarikan ke Rumah Sakit Lagi, Kali Ini Demam 40 Derajat Celsius

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Aku enggak ngerti kenapa. Jadi lanjutan cerita yang kemarin kan guys, aku tuh sudah ngerasa enakan kemarin," keluh Citra Kirana yang terbaring lemah di ranjang kamar rumah sakit di Jakarta Selatan.

Mengenakan jilbab cokelat dan baju longgar lengan panjang, Citra Kirana bercerita usai membuat konten video soal mastitis di YouTube beberapa hari lalu, suhu badannya naik lagi.

Jika sebelumnya suhu tubuh Citra Kirana 39,6 derajat Celsius, kali ini melonjak 39,8. Ini diceritakannya dalam video "Citra Dirawat di RS, Demam Tinggi Banget. Athar Sama Siapa?"

 

Tiba-tiba Demam Lagi

Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)
Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)

"Terus tiba-tiba aku demam lagi sampai sorenya pas kita buat video itu. Aku demam lagi sampai 39,8 derajat Celsius. Terus balik lagi ke rumah sakit, ke UGD, suntik lagi," Citra Kirana Menyambung.

Dalam video yang mengudara di kanal YouTube Ciky Citra Rezky, Sabtu (19/9/2020) itu, terungkap bahwa terjadi perulangan kenaikan suhu di tubuh bintang sinetron Tukang Bubur Naik Haji.

Hemoglobin Rendah

Unggahan Citra Kirana. (Foto: YouTube Ciky Citra Rezky)
Unggahan Citra Kirana. (Foto: YouTube Ciky Citra Rezky)

Khawatir terjadi hal buruk, Citra Kirana memilih opname di rumah sakit. Nyonya Rezky Aditya menjalani pengecekan penyakit dalam. Beruntung, hasilnya oke termasuk kadar leukosit Citra Kirana.

"Cuma HB-nya aku rendah, memang aku darah rendah, kan. Di-swab hasilnya negatif. Rapid test juga nonreaktif, jadi aku masih enggak tahu (sebenarnya sakit apa)," tutur ibunda Keene Atharrazka Adhitya.

 

Fine-fine Saja

Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)
Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)

Kali pertama tiba di rumah sakit, Citra Kirana langsung masuk IGD. Mengingat ia punya riwayat mastitis, payudara Citra Kirana diperiksa. Hasilnya tak ada masalah apa-apa.

"Fine-fine saja. Dia bilang, lo ini enggak ada apa-apa, bagus, enggak ada grenjelnya, justru ini lembek banget, areolanya juga bagus. Bukan mastitis ternyata," Citra Kirana menjelaskan. 

Temui Dokter Laktasi

Citra Kirana, Rezky Adhitya, dan Keene Atharrazka. (Foto: Instagram @thereal_rezkyadhitya)
Citra Kirana, Rezky Adhitya, dan Keene Atharrazka. (Foto: Instagram @thereal_rezkyadhitya)

Sebelumnya, kala didiagnosis mastitis, Citra Kirana merasakan payudaranya mengeras. Belum mengetahui jenis penyakit membuat bintang film Asih dan Satu Suro penasaran.

"Makanya besok mau ketemu dokter laktasi juga di sini, mau dilihat sajalah. Ini aku lagi diinfus cairan, tadi aku diinfus sanmol. Karena sebelum ke sini aku demam sampai 40 derajat Celsius. Itu rasanya enggak enak banget," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rantai Motor Putus, Pengendara Jatuh Terpental

Posted: 19 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengendara motor mengalami kecelakaan tunggal di Kalasin, Thailand. Rantai motornya tiba-tiba putus di jalan sehingga membuatnya jatuh terpental dari motor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerakan BISA Bikin Pariwisata Kabupaten Ngada Mampu Bertahan

Posted: 19 Sep 2020 07:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan (Cleanliness, Health, Safety, Environment/CHSE) di tempat-tempat wisata kembali dicanangkan.Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) melanjutkan rangkaian aktivasi gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) yang merupakan kegiatan padat karya sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata di destinasi wisata Air Terjun Ogi, Kab. Ngada-Bajawa, 17 dan 18 September 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana Fatina hadir, Asisten 2 Bupati Ngada Bidang Pembangunan Hironimus Reba, Sekertaris Camat Bajawa Primus Logo dan 100 peserta dari warga setempat.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina saat membuka kegiatan mengatakan, kedisiplinan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu dasar bagi keberlangsungan pariwisata. Jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, perang terhadap sampah, khususnya sampah plastik dilakukan secara global, termasuk masyarakat Flores.

"Pandemi ini harus menjadi puncak kesadaran kita menjaga gaya hidup sehat. Bicara pariwisata tidak lepas dari bicara tentang gaya hidup bersih dan sehat. Keindahan, keamanan, serta keberlangsungan lingkungan dengan sendirinya akan terwujud dan ini menjadi modal utama berlangsungnya pariwisata kita," ujar Shana seperti rilis yang diterima media.

Shana menekankan kehadiran Bajawa sebagai salah satu aset pariwisata budaya NTT. Kehadiran museum budaya berupa kampung-kampung adat warisan leluhur di Lembah Jerebu'u yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari destinasi budaya dan sejarah yang selalu perlu dijaga keberlangsungannya.

"Dengan karakter pariwisata Bajawa yang melibatkan masyarakat secara langsung, maka penerapan protokol CHSE sudah selayaknya menjadi gaya hidup yang harus dilaksanakan secara disiplin. Dengan begitu dapat menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung," ujarnya.

 

Dapat Sambutan

Badan Otorita Pariwisata Labuan Baju Flores lanjutkan aktivasi gerakan BISA (istimewa)
Badan Otorita Pariwisata Labuan Baju Flores lanjutkan aktivasi gerakan BISA (istimewa)

Sementara itu, Asisten 2 Bupati Ngada Bidang Pembangunan Hironimus Reba menyambut baik gerakan BISA. Menurut Hironimus, kegiatan padat karya seperti Gerakan BISA harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan berbagai sektor, terutama sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19.

"Terimakasih kepada BOPLBF yang tidak pernah melupakan Kabupaten Ngada dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini. Selama kurang lebih 6 bulan sejak pandemi , roda perekonomian pariwisata kami berhenti berputar. Semua sektor terkena imbasnya. Inilah momentum kebangkitan kita!" ujarnya.

Hironimus juga menekankan, Gerakan BISA harus dimulai dari diri masing-masing. Hidup bersih dan sehat harus menjadi gaya hidup masyarakat. Keberlangsungan lingkungan yang dirawat dengan gaya hidup masyarakat yang bersih dan sehat sudah dapat dipastikan akan memberi dampak juga bagi keberlanjutan pariwisata daerah.

 

Dua Hari

Kegiatan padat karya Gerakan BISA dilaksanakan selama dua hari, 17 & 18 September 2020. Tarian Ja'i dari Sanggar Ngada Mana membuka membuka kegiatan padat karya yang selain membersihkan lingkungan setempat tetapi juga berupa kegiatan penanaman pohon di lokasi wisata Air Terjun Ogi.

Gerakan BISA diharapkan dapat merangsang kesadaran masyarakat memasuki tatanan normal baru pada destinasi wisata untuk senantiasa menerapkan protokol CHSE. Pada kesempatan ini, juga BOPLBF menyerahkan secara simbolis peralatan protokol kesehatan, seperti Thermo Gun, masker dan buku panduan, serta secara simbolis malaksanakan penanaman bibit pohon.

Melalui pelaksanaan Gerakan BISA kali ini destinasi wisata Air Terjun Ogi dinyatakan siap menerima kunjungan wisatawan.

 

Lokasi Wisata

 

Terletak di bawah kaki gunung inerie, Kabupaten Ngada terkenal akan kesejukan dan minuman khasnya arak atau yang dikenal dengan moke dalam bahasa setempat.Kabupaten ngada juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat memanjakan mata selain Air Terjun Ogi, ada Taman Manulalu, Gunung Wolobobo, Lembah Jerebu'u yang merupakan museum budaya Kab.

Ngada terdiri dari Kampung-Kampung Adat seperti Kampung Bena, Gurusina, Tololela. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati berendam di kolam air panas wisata geothermal Pemandian Air Panas Manggeruda. Selain Arak 'Moke', tenun khas Ngada dan juga Parang Bajawa menjadi oleh-oleh khas Ngada yang dapat dibawa pulang para wisatawan.

Saksikan Video Pariwisata di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Enji Mantan Ayu Ting Ting Dikaruniai Anak Ke-2, Ini 5 Momen Kelahirannya

Posted: 19 Sep 2020 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari Henry Baskoro atau akrab disapa Enji. Dikethaui jika dirinya baru saja dikaruniai anak ke-2. Mantan suami Ayu Ting Ting ini dengan bangga memperkenalkan anaknya yang baru lahir kepada publik lewat akun Instagram pribadinya. Foto yang diunggah terlihat bayi yang baru lahir itu sedang terlelap dibalut kain berwarna biru.

"Selamat datang ke dunia, anak laki-lakiku #HTH," tulis Enji, pada Minggu (20/9/2020).  

Setelah bercerai dari Ayu Ting Ting pada 1 April 2014 lalu, Enji diketahui sudah menikah dua kali. Ia menikah dengan Rosmanizar pada 2015 dan bercerai di 2017. kemudian pada 2019 lalu, Enji menikah dengan Tri Hana dan kini resmi dikaruniai buah hati. Kehadiran anak kedua Enji ini tentunya membuat Bilqis Khumairah menjadi kakak mesti kedua orang tuanya sudah bercerai.

Telah dinanti lama, berikut ini 5 momen kelahiran anak kedua Enji mantan Ayu Ting Ting yang berjenis kelamin laki-laki, dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Minggu (20/9/2020).

1. Momen ketika Henry Baskoro atau Enji dan istrinya mempersiapkan proses persalinan bersama dokter Mitta Prana.

Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)
Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)

2. Istri Enji, Tri Hana, diketahui melahirkan anak laki-lakinya pada Sabtu (19/9/2020).

Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)
Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)

3. Setelah berusaha untuk mendapatkan keturunan, ia melahirkan anak pertamanya lewat proses caesar.

Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)
Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)

4. Diabadikan oleh Bukaan Moments, tampak Enji menjadi suami siaga dengan ikut masuk ke ruang operasi.

Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)
Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)

5. Tepat pada Sabtu (19/9/2020) Enji dan istri dikaruniai anak laki-laki yang ia kabarkan lewat Instagram pribadinya.

Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)
Enji mantan suami Ayu Ting Ting, dikaruniai anak laki-laki. (Sumber: Instagram/@en14ji)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Tua di Bintaro Tewas Dibacok Geng Motor

Posted: 19 Sep 2020 07:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kanit Reskrim Polsek Pesanggrahan Iptu Fajrul Choir, membenarkan insiden pembunuhan diduga dilakukan sekelompok geng motor di kawasan Bintaro Permai. Menurut saksi di lokasi, insiden nahas itu terjadi pada Minggu 20 September 2020 pukul 01.00 WIB.

"Ya benar, Pamenwas dan Wapamenwas bersama piket Subdit Jatanras, Resmob melakukan cek TKP penganiayaan yang mengakibatkan hilangnya satu nyawa," tulis Fajrul membenarkan dalam pesan singkat diterima, Minggu (20/9/2020).

Fajrul merinci, indentitas korban jiwa bernama, Toto Handoyo (69) dan korban luka bernama, Riki Wahyudi(21). Menurut saksi mata, luka yang diderita mereka akibat bacokan celurit kelompok geng motor.

"Menurut saksi, pukul 23.30 WIB kurang lebih 10 orang yang berada di samping Warung 7090 Bintaro Permai didatangi sekitar 5-10 motor berboncengan, dan langsung mengayunkan senjata tajam kepada korban Riki. Kemudian korban Toto mencoba melerai kejadian tersebut sehingga korban Toto dibacok oleh pelaku dan mengakibatkan meninggal dunia, sedangkan korban Riki mengalami luka," jelas Fajrul.

 

Pelaku Masih Buron

Fajrul menambahkan, saat ini pelaku masih buron. Namun polisi berhasil mengamankan barang bukti untuk dilakukan pengembangan.

"Kami tengah lidik identitas pelaku, barang bukti sudah kami sita untuk melengkapi penyelidikan dan pengembangan," dia menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Berita Bola: MU Berpeluang Besar Dapatkan Bek Porto

Posted: 19 Sep 2020 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) dilaporkan makin gencar memburu bek Porto Alex Telles. Manajer MU Ole Gunnar-Solskjaer memang menginginkan kehadiran bek kiri berpengalaman untuk bersaing dengan Luke Shaw.

Terkait dengan itu, kabarnya MU sudah menyelesaikan kesepakatan dengan sang pemain. Seperti dilansir RMC Sport, pemain berusia 27 tahun itu, kabarnya telah setuju untuk menandatangani kontrak di markas MU di Old Trafford hingga akhir musim 2024-25.

Telles sejauh ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain bintang timnya saat ini. Kontraknya bersama Porto masih kurang dari 12 bulan.

Ketertarikan MU pada Telles ini menjadi artikel terpopuler di Kanal Bola Liputan6.com. Disusul artikel soal kekecewaan Presiden Real Madrid pada Zidane soal keinginan Gareth Bale pindah ke Tottenham.

Selain itu, berita tentang perselisihan manajer MU dengan pelatih Timnas Inggris juga menyedot perhatian sehingga menjadi artikel terpopuler ketiga. Berikut Top 3 Berita Bola:

1. Butuh Pemain Berpengalaman, MU Sepakat Kontrak Bintang Porto 5 Tahun

Gelandang Paul Pogba pada laga Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu , 19 September 2020. (Shaun Botterill / Pool via AP)
Gelandang Paul Pogba pada laga Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu , 19 September 2020. (Shaun Botterill / Pool via AP)

Manchester United (MU) dilaporkan muncul sebagai favorit untuk mendapatkan bek Porto Alex Telles. Bahkan, kabarnya tim berjuluk Setan Merah ini sudah menyelesaikan kesepakatan dengan sang pemain.

Seperti dilansir RMC Sport, pemain berusia 27 tahun itu, dikabarkan telah setuju untuk menandatangani kontrak di markas MU di Old Trafford hingga akhir musim 2024-25.

Selengkapnya

2. 2 Pemainnya Merapat ke Klub Liga Inggris, Presiden Real Madrid Kecewa

Presiden Real Madrid Florentino Perez memperkenalkan Zinedine Zidane (kiri) menjadi pelatih klub tersebut di stadion Santiago Bernabeu, Senin (4/1/2016). Zidane menggantikan Rafael Benitez yang baru saja dipecat manajemen. (AFP PHOTO/GERARD JULIEN)
Presiden Real Madrid Florentino Perez memperkenalkan Zinedine Zidane (kiri) menjadi pelatih klub tersebut di stadion Santiago Bernabeu, Senin (4/1/2016). Zidane menggantikan Rafael Benitez yang baru saja dipecat manajemen. (AFP PHOTO/GERARD JULIEN)

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, dikabarkan kecewa dengan cara Zinedine Zidane menangani saga Gareth Bale. Saat ini sang penyerang sudah semakin dekat untuk kembali ke klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Seperti diketahui, Bale tiba di tempat latihan Spurs pada Jumat kemarin. Diperkirakan pemain Real Madrid asal Wales ini akan bergabung dengan tim Jose Mourinho dengan status pinjaman hingga akhir musim 2020-21.

Selengkapnya

3. Manajer MU Kobarkan 'Perang' dengan Pelatih Timnas Inggris

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tampak sedih selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tampak sedih selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer telah mengobarkan "perang" pada pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. Solskjaer kecewa dengan perlakuannya terhadap Mason Greenwood.

Seperti diketahui pemain MU Greenwood dikeluarkan dari skuat Three Lions bersama Phil Foden awal bulan ini. Itu dilakukan setelah keduanya tertangkap menyelundupkan dua wanita ke hotel tim di Islandia.

Selengkapnya

Saksikan Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri Magic in Love: Di Bawah Sinar Purnama Kekuatan Viola Muncul, Episode Terakhir Minggu 20 September 2020

Posted: 19 Sep 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di episode terakhir Magic in Love. Cerita tentang saat Viola diikat Baby dan Baby hendak melakukan ritual Master Book di bawah sinar bulan purnama, mendadak kekuatan Viola muncul. Tali yang mengikat tangan Viola mendadak terlepas. Baby kaget karena Viola bisa melepaskan diri. Baby coba menyerang Viola, tapi Viola hanya menggunakan tangannya langsung menangkis serangan dari Baby. Viola sendiri kaget, tapi semua itu dia lakukan dengan refleks seperti ada yang ngarahin tubuhnya buat nyerang balik Baby.

Masih di Magic in Love. Ken dan Jo mencoba menerobos segala macam penghalang mereka. Mereka makin panik karena cemas Viola kenapa-kenapa. Bibo dan Bobi mendampingi dan membantu mereka. Saat Baby mengumpulkan kekuatannya untuk menyerang Viola lagi, Cathy yang masih dalam pengaruh Baby, membantu menyerang Viola. Viola kaget dan langsung gunakan kekuatannya untuk menyadarkan Cathy. Saat Viola lengah, Baby langsung menyerang Viola.

Viola mental Tapi bisa diselamatkan Ken yang akhirnya muncul. Bella dan Braga di tempat mereka, terus berusaha salurkan tenaga mereka untuk menambah kekuatan Jo dan Ken agar bisa melawan Baby. Sampai akhirnya Baby terpojok dan berusaha mengumpulkan semua kekuatannya. Bibo dan Bobi kocar kacir kenaserangan Baby. Jo berhasil serang Baby hingga light stick jatuh dari tangan Baby. Jo berusaha rebut Light Stick Baby tapi gagal dan itu bikin Baby jadi makin emosi lalu arahkan Light Stick-nya ke Jo tapi didorong oleh Viola.

Baby murka dan malah arahkan Light Stick ke Viola. Ken dengan refleks langsung melindungi Viola dan membuatnya terkena sinar Light StickBaby. Jo terperanjat, begitu pula dengan Baby dan Viola. Jo dan Viola sama sama teriak histeris melihat Ken terkapar di tanah. Baby juga kaget dan hilang fokus.

Ikuti episode terakhir Magic in Love sampai tuntas.

 

Saking Marahnya

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Melihat keadaan Ken, mata Jo berubah warna saking marahnya, Jo lalu mengambil Light Stick Ken. Tanpa ampun, Jo menyatukan Light Stick miliknya dan milik Ken dan mengarahkannya ke Baby. Jo lalu menghentakkan Light Stick itu ke tanah dan DUAR! Sinar terang berwarna merah dan biru berpendar di sekitar Baby, seperti abu yang terbang menjadi debu dan hilang.

Cahaya bulan purnama pun tertutup awan. Baby pingsan. Viola yang masih bingung dengan itu semua terisak di depan Ken. Viola tidak mengira Ken sampai mengorbankan diri untuknya. Viola memanggil-manggil Ken agar tidak meninggalkannya. Tapi Ken tetap tidak bangun. Jo ikut panik. Air mata Viola membasahi wajah Ken yang dipeluk Viola.

Senyum Menatap Viola

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Wajah Ken tiba tiba bersinar. CCinta Viola lagi-lagi menyelamatkan Ken. Ken senyum menatap Viola, gue senang bisa lihat wajah lo sedekat ini Viola. Viola makin peluk erat Ken. Cathy juga terlepas dari pengaruh sihir, dia nampakbingung. Jo coba tenangin Cathy. Bella dan Braga di tempatnya masih cemas lihat Ken.

Bella semakin panik takut Ken kenapa-napa. Jo jelasin ke Cathy apa yang terjadi sama Cathy. Cathy kaget karena dimanfaatin baby. Saat Baby sadar, semuanya waspada. Tapi ternyata Baby kehilangan ingatan dan kekuatannya. Semuanya kaget. Baby jadi ketakutan dan panik. Awalnya mereka berfikir Baby pura pura. Tapi ternyata Baby benar benar jadi lemah dan tidak ingat apapun (mulai dari sini, Baby akan berubah jadi baik).

Ke Rumah

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Tante Vera dan Bimo kaget saat Viola cs membawa Baby kerumah.Mereka udah waspada dan ketakutan. Tapi kemudian mereka bingung, kenapa Baby juga ketakutan dan nampak aneh?

Disini Viola menjelaskan Baby mengalami shock dan hilang ingatan. Untuk sementara, Baby akan tinggal bersama mereka disana. Usul Viola tidak langsung disetujui, mereka khawatir Baby akan mencelakakan Viola.

 

Keadaan Baby

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Tapi Viola meyakinkan kalo diaakan baik baik saja. Viola lebih concern dengan keadaan Baby. Setelah mengantar Baby ke kamar tamu, Viola keluar bersama teman temannya.

Teman teman pamit. Cathy bingung mau pulang bareng Jo atau Bimo. Tau tau Jo bilang, Cathy harus pulang sama dia karena kalau pulang naik motor, Cathy bisa masuk angin.

 

Pamit Pulang Dulu

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Bimo sebel danpamit pulang duluan. Semuanya ngetawain Bimo. Saat mau masukke mobil, Jo menunjukkan perhatiannya lagi pada Cathy. Dengan lembut dia memberikan jaketnya pada Cathy yang kedinginan. Cathy semakin jatuh cinta pada Jo meski dia merasa seharusnya dia sudah move on.

 

Salah Tingkah

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Setelah teman teman pergi, Ken hanya berdua dengan Viola.Mereka berdua sama sama salah tingkah. Ken mengungkapkan perasaannya pada Viola, kalo dia sangat berharap bisa jadi manusia selamanya, supaya bisa selalu bersama Viola.

 

Gusar

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Violagusar dan tidak mau berharap banyak, karna dia tau Ken akankembali ke Empire. Tapi Ken malahan meyakinkan Viola kalo dia nggak akan kembali ke Empire. Di sini Ken juga meminta Viola untuk datang ke suatu tempat besok. Karena dia sudah menyiapkan sesuatu untuk Viola.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kunjung Datangkan Lagi Pemain, Ed Woodward Tuntut Pertanggungjawaban MU

Posted: 19 Sep 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta CEO Manchester United (MU) Ed Woodward menegaskan timnya akan terus membangun fondasi kuat di pasar transfer. Tapi, dia juga telah memperingatkan klub harus bertanggung jawab dalam menggunakan sumber daya mereka selama ini.

MU sudah menghabiskan 35 juta pounds untuk merekrut Donny van de Beek dari Ajax. Tapi, mereka juga masih tertarik dengan potensi rekor transfer klub untuk target prioritas Jadon Sancho.

Namun, kurangnya aktivitas transfer telah membuat banyak penggemar merasa frustasi dan mencurahkannya di media sosial. Terutama mengingat aktivitas klub rival seperti Chelsea dan Liverpool.

Woodward sendiri mengaku senang telah merekrut Van de Beek musim panas ini dan juga dengan cepat menyoroti pendatang baru-baru ini di tingkat pemuda.

"Gangguan dari pandemi terus menciptakan tekanan ekonomi yang besar dari atas ke bawah piramida sepak bola dan, meskipun kami beruntung berada dalam posisi yang lebih tangguh daripada kebanyakan klub, kami tidak kebal dari dampaknya," kata petinggi MU itu.

Berkualitas Tinggi

Donny van de Beek Resmi Jadi Milik MU (Dok MU)
Donny van de Beek Resmi Jadi Milik MU (Dok MU)

"Meskipun demikian, kami senang bisa mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax, menambah kualitas lini tengah yang sudah diperkuat oleh perekrutan Bruno Fernandes pada Januari," ujarnya.

"Baik Donny dan Bruno adalah pemain yang telah kami pantau selama beberapa waktu dan perekrutan mereka mencerminkan pendekatan jangka panjang kami untuk memadukan rekrutan berkualitas tinggi dengan bakat lokal.

Kontrak Baru

Bek Manchester United, Harry Maguire (kanan) berselebrasi dengan gelandang Nemanja Matic usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, London  (18/2/2020). MU menang 2-0 atas Chelsea. (AFP Photo/Glyn Kirk)
Bek Manchester United, Harry Maguire (kanan) berselebrasi dengan gelandang Nemanja Matic usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, London (18/2/2020). MU menang 2-0 atas Chelsea. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Sebagai bagian dari proses tersebut, MU juga telah memberikan kontrak baru kepada Nemanja Matic dan lulusan akademi Dean Henderson, Brandon Williams, Scott McTominay dan Mason Greenwood selama setahun terakhir.

Tak hanya itu, MU juga terus memperkuat akademinya yang terus berkembang dengan menarik beberapa pemain muda yang menjanjikan dari seluruh Eropa, termasuk Marc Jurado dari Barcelona dan Alvaro Fernandez Carreras dari Real Madrid.

Bertanggung Jawab

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tampak sedih selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer tampak sedih selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 19 September 2020. (Richard Heathcote / Pool via AP)

"Bersama-sama, investasi ini memperkuat optimisme kami tentang masa depan, dan kami akan terus membangun di atas fondasi yang kuat ini.

Namun, kami juga harus bertanggung jawab dalam penggunaan sumber daya kami selama waktu yang paling menantang bagi semua orang di sepak bola," katanya.

Tak Punya Pesaing

Woodward juga berjanji MU akan 'sangat kompetitif' di bursa transfer. Meski pun buktinya hingga sekarang masih minim.

MU memiliki harapan usai memboyong Van de Beek setelah Real Madrid meninggalkan kesepakatan dan saga Sancho tidak memiliki pesaing.

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: