Minggu, 13 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Partai Koalisi Jepang Bakal Segera Pilih Pengganti PM Shinzo Abe

Posted: 13 Sep 2020 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai yang kini memerintah di Jepang rencananya akan memberikan suara mereka terkait nama pemimpin baru untuk menggantikan Shinzo Abe, yang mundur dari jabatan dengan alasan kesehatan.

Kendati masih dirundingkan, nama pemenangnya hampir pasti adalah Yoshihide Suga yang berusia 71 tahun, yang kini menjabat sebagai sekretaris kabinet dalam pemerintahan saat ini. Demikian seperti mengutip laman BBC, Senin (14/9/2020). 

Ia dianggap sebagai sekutu dekat Abe dan kemungkinan akan melanjutkan kebijakan pendahulunya.

Setelah Partai Demokrat Liberal yang konservatif (LDP) telah memilih pemimpin barunya, akan ada pemungutan suara lagi pada hari Rabu mendatang di parlemen, di mana ia hampir pasti akan diangkat menjadi perdana menteri karena mayoritas yang akan mengikuti pemilihan suara adalah LDP.

Mengambil alih masa jabatan, perdana menteri baru itu diharapkan menyelesaikan sisa periode saat ini hingga pemilihan pada September 2021.

Siapakah Yoshihide Suga?

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menghadiri debat menjelang pemilihan kepemimpinan LDP di Tokyo.  (Foto: Charly Triballeau / Pool Photo via AP)
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menghadiri debat menjelang pemilihan kepemimpinan LDP di Tokyo. (Foto: Charly Triballeau / Pool Photo via AP)

Mengingat peran sentralnya sebagai sekretaris kabinet utama dalam pemerintahan, ia diharapkan dapat memberikan kesinambungan memimpin pemerintahan sementara hingga pemilu 2021.

"Shinzo Abe dan pemimpin partai lainnya memilih dan bergabung untuk Suga justru karena dia adalah kandidat 'kontinuitas' terbaik, seseorang yang menurut mereka dapat melanjutkan pemerintahan Abe tanpa Abe," ujar Koichi Nakano, dekan dan profesor ilmu politik di Universitas Sophia Tokyo.

Meskipun tidak dianggap sebagai politikus yang paling energik atau bersemangat, Suga memiliki reputasi yang sangat efisien dan praktis.

Salah satu penampilannya yang paling menonjol baru-baru ini adalah selama masa transisi dari kaisar sebelumnya Akihito ke Naruhito saat ini pada tahun 2019. Suga menyerahkan nama era baru Reiwa ke publik Jepang dan global.

Namun meski dia menjadi favorit untuk merebut kepemimpinan LDP setelah pengunduran diri Abe, masih belum jelas apakah dia akan memimpin partai itu dalam pemilihan umum tahun depan.

Penantang Suga

Seorang pria yang memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona berjalan di sebuah jalan bar di Tokyo, Kamis (10/9/2020). Ibukota Jepang mengonfirmasi lebih dari 270 kasus virus korona pada hari Kamis. (AP Photo / Eugene Hoshiko)
Seorang pria yang memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran virus corona berjalan di sebuah jalan bar di Tokyo, Kamis (10/9/2020). Ibukota Jepang mengonfirmasi lebih dari 270 kasus virus korona pada hari Kamis. (AP Photo / Eugene Hoshiko)

Ada dua pesaing lain yang akan menjadi lawan Suga. 

Kishida Fumio, yang menjabat sebagai menteri luar negeri di bawah Shinzo Abe, tetapi selama tiga tahun terakhir memimpin dewan penelitian kebijakan partai. Dibandingkan dengan Suga, pria berusia 63 tahun itu membawa lebih banyak pengalaman diplomatik internasional ke meja perundingan tetapi tidak mendapat dukungan dari perdana menteri yang akan keluar.

Sementara itu, esaing ketiga adalah Shigeru Ishiba, mantan sekretaris jenderal LDP dan pernah menjadi menteri pertahanan di kabinet Abe sebelumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Bank DKI, SMF Salurkan KPR Syariah Rp 500 Miliar

Posted: 13 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial Persero (SMF) salurkan pembiayaan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah atau KPR iB sebesar Rp 500 miliar. Skema dari pembiayaan ini berupa replacement financing menggunakan akad Mudharabah Muqayyadah kepada PT Bank DKI.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, refinancing tersebut merupakan bentuk dari dukungan SMF dalam mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan peningkatan likuiditas bank penyalur KPR, khususnya Bank Pembangunan Daerah (BPD) agar dapat terus terjaga.

Tak hanya itu, kerjasama ini sekaligus memperluas akses pemilikan rumah yang layak dan terjangkau untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi DKI Jakarta.

Ananta berharap hal tersebut dapat memacu BPD untuk memaksimalkan kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan kredit yang tengah terdampak pandemik Covid-19. Sebagaimana diketahui sektor perumahan memiliki 170 lebih industri turutan, sehingga diharapkan dapat membantu mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Kami optimistis ke depan sinergi antara kedua belah pihak akan terjalin semakin baik. Oleh karena itu kami mengajak kepada BPD lainnya untuk dapat berkolaborasi bersama menggerakan sektor perumahan di masa pandemik," ungkap Ananta, dikutip dari keterangan tertulis, Senin (14/9/2020).

Menurut rencana, kerja sama ini akan dilanjutkan dengan sinergi pengaplikasian Electronic Mortgage Management System (EMMS) untuk mendorong efektifitas Bank DKI dalam melakukan originasi KPR iB yang disalurkan, serta Program Capacity Building untuk mendukung peningkatan kapasitas personil dalam penyaluran KPR iB.

Dengan penyaluran pinjaman sebesar Rp 500 miliar ini, maka total penyaluran pinjaman yang telah disalurkan oleh SMF dengan akad Syariah kepada Bank Penyalur KPR sejak Januari Tahun 2020 hingga saat ini telah mencapai Rp 3,950 triliun.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan SMF kepada Bank DKI. Ia menyebut bahwa pembiayaan ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan BUMD. Selain itu ia juga menyebut bahwa model pembiayaan ini dapat diterapkan SMF dengan Bank Pembangunan Daerah lain di masing-masing daerah.

SMF Dapat Suntikan Dana Rp 1,75 Triliun

Sebuah maket perumahan di tampilkan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Sepanjang semester I-2016, pertumbuhan KPR mencapai 8,0%, sehingga diperkirakan pertumbuhan KPR hingga semester I-2017 menjadi 11,7%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sebuah maket perumahan di tampilkan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Sepanjang semester I-2016, pertumbuhan KPR mencapai 8,0%, sehingga diperkirakan pertumbuhan KPR hingga semester I-2017 menjadi 11,7%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tambahan modal kepada PT Sarana Multigriya Finansial (SMF). Tambahan modal sebesar Rp 1,75 triliun dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) tertuang dalam  Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 45/2020.

"Nilai penambahan penyertaan modal negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 sebesar Rp 1.750.000.000.000,00 (satu triliun tujuh ratus lima puluh miliar rupiah)," mengutip pasal 2 Perpres yang diunduh dari setneg.go.id, pada Minggu 16 Agustus 2020.

 

Penambahan penyertaan modal negara tersebut diteken Jokowi pada 7 Agustus dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) Negara tahun 2020. Sebagaimana ditetapkan kembali dalam Perubahan postur dan rincian.

"Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi pasal 3.

Diketahui Jokowi juga pernah menyuntikkan modal untuk SMF sebesar Rp 800 miliar pada 5 September 2019. Hal tersebut tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2019.

Penambahan modal saham ini untuk memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dalam rangka membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.

"Serta menjaga kesinambungan pembiayaan perumahan yang terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah melalui penyediaan sumber dana jangka menengah atau jangka panjang sektor perumahan, perlu melakukan penambahan penyertaan modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal saham PT SMF yang bersumber dari APBN Tahun 2OI9," demikian bunyi pertimbangan salinan Perpres yang diunduh dari setneg.go.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

175 Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren, Mudah Diingat dan Diucapkan

Posted: 13 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan hadiah dari Tuhan berupa anak laki-laki adalah sebuah keberuntungan. Banyak yang mengharapkan tetapi tak mendapatkan. Maka dari itu, bersyukur atas karunia ini perlu sekali dilakukan. Salah satunya dengan memberi nama anak laki-laki Kristen keren.

Nama yang baik dan keren kini sedang menjadi tren. Tak hanya diperuntukkan sebagai doa, tetapi juga rasa syukur tak terkira. Jika masih ragu memberi nama yang sesuai, nama anak laki-laki Kristen keren ini bisa dijadikan referensinya.

Nama anak laki-laki Kristen keren memiliki harapan indah dan keagungan yang megah. Mudah diingat dan mudah pula diucapkan. Selain itu, nama ini pun berasal dari Al-Kitab yang merupakan kitab suci umat Kristiani.

Berikut kumpulan nama anak laki-laki Kristen keren yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020).

Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren

ilustrasi ibu dan anak bahagia/Photo by cottonbro from Pexels
ilustrasi ibu dan anak bahagia/Photo by cottonbro from Pexels

A

1. Ananias : awan Tuhan

2. Andre : pemberani

3. Abraham : ayah sebuah bangsa.

4. Adam : milik Bumi.

5. Aquila : rajawali

6. Alexander : pejuang umat.

7. Alfred : penasihat yang bijaksana.

8. Ambrosius : keabadian.

9. Andrew : pria yang kuat.

B

10. Bashan : di dalam gigi

11. Benedict: diberkati.

12. Bernardus : kuat.

13. Bonaventura : tak mudah menyerah.

14. Benaya : Tuhan telah membangun

C

15. Caesar : pria berambut panjang.

16. Carolus : pejuang, ksatria.

17. Charles : pria yang kuat.

18. Christian : milik Kristus.

19. Christopher : Kristus.

20. Clement : pemaaf.

21. Constantine : tegas dan konsisten.

D

22. Damian : penjinak.

23. Daniel : yang dipilih Tuhan.

24. David : dicintai.

25. Dean : sang pemimpin.

26. Demitrius : pecinta Bumi.

27. Dionisius : pria sehat dan kreatif.

28. Dominic : aku milik Tuhan.

E

29. Edward: wali dari warisan.

30. Edzhar : yang bercahaya.

Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren

Ilustrasi anak | Pexels.com/Pixabay
Ilustrasi anak | Pexels.com/Pixabay

E

31. Eleazar : ditolong oleh Tuhan.

32. Elijah : diterima di surga.

33. Emilius : pria yang enerjik dan dermawan.

34. Ethan : perkasa.

35. Ezra : sang penyelamat.

36. Eduardus : Wali atau Wali dari Warisan

37. Eezar : Yang bercahaya(Bentuk lain dari Eezzar)

38. Efraim : Berhasil dengan baik, subur

39. Efrat : Menghormati

40. Efron : Rusa Jantan muda

41. Eilis : Raja adalah Tuhanku

42. Elam : Tempat yang tinggi

43. Elazar : Tuhan telah menolong

44. Elhanan : Kemegahan Tuhan

45. Elishama : Tuhan mendengar

46. Elishama : Tuhan mendengar

47. Elkanah : Ciptaan Tuhan

48. Elnathan : Dia yang memberi

49. Erastus : Dicintai

50. Esdras : Tolong, pertolongan

51. Etan : Kuat

52. Ezra : pertolongan

F

53. Feiffel : Tuhan membantu (Feivel)

54. Felix : Tuhan penolongku.

55. Frumentius : nama uskup Ethiopia yang hidup di abad ke-4.

G

56. Gabrian : Tuhan adalah kekuatanku.

57. Gabriel : ksatria Allah.

58. Gevariel : kekuatan Tuhan.

59. Gideon : pekerja keras.

60. Gil : suka cita yang abadi.

Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren

Ilustrasi ibu dan anak/copyright rawpixel
Ilustrasi ibu dan anak/copyright rawpixel

G

61. Giovanni : kemegahan Tuhan.

62. Gamaliel : hadiah dari Tuhan

63. Gary : sebuah tombak

64. Gavi : Tuhan adalah kekuatanku

65. Gera : ziarah

66. Gerald : perkasa dengan tombak

67. Gershon : perubahan ziarah

68. Gevariel : kekuatan Tuhan

H

69. Habakkuk : petarung

70. Hans : keagungan Allah.

71. Haman : keagungan

72. Hezekiah : kekuatan Allah.

73. Hoshea : sang penyelamat.

I

74. Ian : Kemegahan Tuhan.

75. Ignasius : semangat yang berkobar.

76. Immanuel : Allah beserta kita.

77. Isaac/ Ishak : kebahagiaan.

78. Ismael : Tuhan mendengar.

79. Issachar : penghargaan

80. Izreal : berjuang bersama Allah.

J

81. Johan : berkah Allah.

82. John : karunia Tuhan.

83. Jonah : burung merpati.

84. Jonathan : anugerah Allah.

85. Jordan : rendah hati.

K

86. Keizaro : pohon Cassia.

87. Kendrick : sang juara.

88. Kenneth : pria tampan.

89. Krisantus : pengikut Kristus.

L

90. Lazarus : Allah akan menolong.

91. Leonardus : pemberani.

Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren

Ilustrasi bayi | pexels.com
Ilustrasi bayi | pexels.com

L

92. Leonathan : singa anugerah Tuhan.

93. Levin : hati.

94. Luke : Pembahasan

95. Liam : pelindung.

96. Lukas : pembawa cahaya.

M

97. Mads : Hadiah dari Tuhan

98. Maichail : Seperti Tuhan

99. Manuel : Tuhan beserta kita

100. Mate : Hadiah dari Tuhan

101. Mayir : Memberi pengajaran atau ilmu

102. Mehitabel : Menggembirakan

103. Meilseoir : Raja

104. Menachem : Penghibur

105. Meshach : Cerdas

106. Mika : Penyelamat

107. Myron : Sang pembawa pesan

108. Mosha : sang penyelamat

N

109. Nathan : murah hati

110. Noah : yang mendapat kenyamanan

111. Noel : pria yang dilahirkan di Hari Natal

112. Naaman : Yang sangat menyenangkan

113. Nachum : Nyaman

114. Nadav : Memberi

115. Naftali : Rangkaian bunga bulat (yang biasanya dipajang di depan pintu ketika Natal)

116. Natanael : Hadiah dari Tuhan

117. Nissim : Takjub

118. Noach : Istirahat damai

119. Noam : Menyenangkan

120. Nuan : Menyenangkan

121. Nuri : Berapi-api

Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren

Ilustrasi bayi | nappy dari Pexels
Ilustrasi bayi | nappy dari Pexels

O

122. Othniel : kekuatan Tuhan.

123. Ovid : giat bekerja.

124. Ozzie : pria yang kuat.

P

125. Paul/ Paulus : pembawa kabar gembira.

126. Peter : batu karang, nama Paus pertama.

127. Phillip : pecinta kuda.

R

128. Rafael : Tuhan telah menyembuhkan.

129. Rava : pelayan gereja.

130. Ruben : anak laki-laki.

S

131. Samuel : pria yang dipilih Tuhan.

132. Shiloh : Hadiah dari Tuhan.

133. Simon : Tuhan maha mendengar.

134. Stefanus : mahkota bunga.

135. Serafin : seperti malaikat

136. Seth : pasti, pertunjukan, perjanjian, penggantian

137. Shadrach : lembut

138. Shalom : damai dan tentram

139. Shaunn : rahmat Tuhan

140. Shem : kemasyhuran

141. Shimshon : seperti matahari

T

142. Theodorus : disayang Tuhan.

143. Thomas : anak kembar.

144. Titus : yang mendapat kehormatan.

145. Timothy : dihargai Tuhan

146. Theophilus : teman Tuhan

147. Tobias : Tuhan itu baik

148. Tobiah : Tuhan itu baik

U

149. Uriel : Tuhan adalah penerangku.

150. Uriah : Tuhan adalah cahaya penuntunku

151. Uzziah : kekuatan dari Tuhan

Nama Anak Laki-Laki Kristen Keren

Ilustrasi ibu dan bayi (Dok.Unsplash/Jonathan Borba)
Ilustrasi ibu dan bayi (Dok.Unsplash/Jonathan Borba)

V

152. Vector : pahlawan

153. Venanim : anak kepercayaan

154. Venianim : anak kepercayaan

155. Victor : pria penakluk.

W

156. Wade : bergerak maju

157. Waldo : diberkati

158. Walt : pemimpin

159. William : pelindung

160. Willy : berpikiran kuat

X

161. Xavier : bercahaya

162. Ximon : Tuhan telah mendengar

Y

163. Yeremia : keagungan Tuhan.

164. Yosef : Tuhan akan mengabulkan.

165. Yagil : bersukacita

166. Yanis : hadiah dari Tuhan

Z

167. Zephaniah: Raja telah bersembunyi.

168. Zevulun: Tempat kedamaian, tempat tinggal.

169. Zhalay: Diingatkan oleh Tuhan.

170. Zimra: Lagu.

171. Zimri: Nyanyianku.

172. Zionathan: Laki-laki murah hati yang merupakan hadiah dari Tuhan.

173. Zahranu : Bunga

174. Zane : Hadiah dari Tuhan

175. Zayit : Zaitun

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

De Liput: Ridwan Kamil Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Posted: 13 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cerita pertama Lili dan Putra hadir dengan kabar Gubernur Ridwan Kamil yang jadi relawan uji vaksin Covid-19. Seperti apa keseruan obrolan Lili dan Putra? Kita tonton di De Liput yuk!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Serial Misteri Komedi dari Bats Channel Episode Medi Vampire Backpaker di Vidio

Posted: 13 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menonton film atau serial misteri mungkin sudah biasa dilakukan. Tapi, bagaimana jadinya jika tayangan horor tersebut dibalut dengan unsur komedi?

Seperti pada serial komedi misteri dari Bats Channel yang ada di platform streaming Vidio. Tayangan tersebut berkisah tentang seorang laki-laki bernama Jemblung yang baru saja meninggal dan menjalani kehidupan barunya sebagai hantu.

Dalam episode serial Bats Channel kali ini menceritakan kisah Jemblung saat dirinya meninggal. Berawal dari Jemblung memergoki sang kekasih berselingkuh dengan pemuda lain karena jauh lebih kaya daripada dirinya. Ia pun memacu sepeda motornya dengan kencang sehingga menyebabkan kecelakaan.

Jemblung mengira jika perjalanan hidupnya telah selesai. Namun ternyata kisahnya masih berlanjut di alam lain. Ia pun akhirnya menyadari jika arwahnya masih belum tenang.

Di tengah kegalauannya, Jemblung bertemu dengan sosok genderuwo nyentrik penguasa kuburan berjuluk Kesper, kuntilanak genit bernama Jessica, dan sang penjaga makam yang bermata batin bernama Mbah Su'eb. Bersama mereka, ia pun mengarungi hari-hari baru yang seru dan menggelitik.

Saksikan serial misteri menghibur Medi Vampire Backpaker pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Bats Channel yang ada di platform streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama PSBB Ketat, Jumlah Penumpang KRL Commuter Line Berkurang

Posted: 13 Sep 2020 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penumpang KRL Commuter Line di hari pertama pemberlakukan Pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta menurun. 

Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba menyebut, dari pantauan hingga pukul 08:00 WIB Senin (14/9/2020), pengguna KRL tercatat ada 92.546 pengguna atau berkurang hingga 19 persen dibandingkan Senin, 7 September 2020 pekan lalu, yang mencapai 114.075 pengguna pada waktu yang sama.

"Penurunan jumlah pengguna tercatat di hampir seluruh stasiun KRL. Di Stasiun Bogor misalnya, jumlah pengguna hingga pukul 08:00 WIB tercatat 6.920 pengguna yang mana turun 17 persen dibanding Senin pekan lalu pada waktu yang sama," beber Anne dalam keterangannya, Senin (14/9/2020). 

Sementara di Stasiun Bojonggede tercatat 6.899 pengguna atau turun 4 persen, Stasiun Citayam terdapat 6.590 pengguna atau turun 18 persen dibanding dengan hari pertama masa PSBB ketat.

"Dan di Stasiun Bekasi tercatat 5.224 pengguna (turun 25 persen," bebernya.   

Dikatakan Anne, pada pemberlakuan PSBB tahap kedua ini jam operasional KRL masih dimulai pukul 04.00-21.00 WIB dengan 975 perjalanan KRL per hari.

"Namun masih akan dilakukan evaluasi kembali dengan mempertimbangkan pergerakan masyarakat yang menggunakan KRL di masa PSBB ini," jelasnya. 

"Kapasitas pengguna KRL pun masih berlaku sesuai aturan yaitu 74 orang per kereta. Guna tetap menjaga physical distancing, pengguna dapat mengatur waktu perjalanannya dengan menghindari jam-jam sibuk," sambung Anne.

 

Wajib Gunakan Masker

Antrean calon penumpang KRL Commuterline di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Antrean calon penumpang KRL Commuterline di area pedestrian Stasiun Terpadu Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Guna menekan penyebaran Covid-19, aparat terkait terus menghimbau pentingnya menaati protokol kesehatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Salah satu penerapan protokol ketat saat naik KRL yaitu dengan menggunakan masker. Pihaknya pun mengajak pengguna senantiasa memakai masker dengan benar yaitu menutupi hidung dan mulut secara sempurna. 

"Sangat dianjurkan menggunakan masker yang efektifitasnya mencukupi dalam mengurangi droplet atau cairan. Gunakan setidaknya masker kain yang terdiri dari minimal dua lapisan. Hindari penggunaan jenis scuba maupun hanya menggunakan buff atau kain untuk menutupi mulut dan hidung," harapnya.

Pihaknya pun menghimbau masyarakat untuk tetap beraktivitas di rumah, terutama mereka yang bidang pekerjaannya tidak termasuk dalam pengecualian pada aturan PSBB.

"Transportasi publik tersedia untuk melayani mereka yang benar-benar memiliki kebutuhan mendesak," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aspal Buton Sulit Tembus Pasar, Gus Jazil Ungkap Dugaan Permainan Mafia

Posted: 13 Sep 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid atau Gus Jazil menyampaikan keprihatinan terkait terpuruknya aspal Buton. Hingga kini, keberadaan aspal di Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, itu belum mampu mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Buton. Padahal potensi kandungan aspal yang terdapat di pulau Buton sangat besar, mencapai 600 juta ton.

Yang lebih mengkhawatirkan, meski pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan secara besar-besaran, ternyata program tersebut tidak banyak menyerap bahan-bahan lokal khususnya aspal dari Buton. Semestinya, semakin banyak pembangunan dilakukan, semakin besar bahan-bahan lokal yang bisa dimanfaatkan.

"Alasannya karena aspal Buton tidak memenuhi syarat yang dibutuhkan. Ini jelas mengada-ada dan tidak berpihak pada hasil dalam negeri. Karena saat ini sudah ada teknologi yang bisa membuat aspal Buton, memenuhi persyaratan yang diinginkan," kata Jazilul Fawaid menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Gus Jazil saat bersilaturrahim dengan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Buton. Acara tersebut berlangsung di rumah Jabatan Bupati Buton, Minggu (13/9/2020). Bupati Buton Drs. La Bakry dan Wakil Bupati Buton Iis Elianti tampak ikut hadir dalam acara tersebut.

Sulitnya aspal asal Buton menembus pasar, kata Jazil, patut diduga merupakan permainan mafia. Mereka sengaja memilih menggunakan aspal impor dibanding dari Buton, karena tergiur keuntungan yang lebih besar.

Cara-cara seperti itu menurut Jazil lumrah dilakukan para mafia. Mereka sengaja mencari-cari alasan, untuk mengganjal para pesaing, sekaligus membuka celah impor untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

"Kalau aspal Buton digunakan untuk membangun jalan, niscaya masyarakat ikut menikmati dampak peningkatan ekonomi. Apalagi, cadangan aspal Buton masih sangat besar, cukup untuk memenuhi kebutuhan aspal nasional sebesar 1,5 juta ton pertahun," kata Gus Jazil lagi.

Sebelumnya, Bupati Buton La Bakry meminta bantuan kepada Wakil Ketua MPR, terkait sulitnya aspal Buton menembus pasar. Kondisi tersebut telah menghambat pemerintah Buton melaksanakan pembangunan. Padahal, bila kandungan bumi di pulau Buton, itu bisa dioptimalkan, akan sangat membantu mensejahterakan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gus Jazil didampingi Bupati Buton dan jajarannya menyempatkan diri melihat dari dekat kondisi lahan aspal di Kabungka. saat ini, kondisinya nyaris mangkrak karena tidak beroperasi maksimal. Tumpukan aspal yang siap diolah, terlihat memenuhi lokasi di tempat tersebut. Sebagian sudah dimasukkan karung, sebagian yang lain teronggok begitu saja.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aspal Buton Sulit Tembus Pasar, Gus Jazil Ungkap Dugaan Permainan Mafia

Posted: 13 Sep 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid atau Gus Jazil menyampaikan keprihatinan terkait terpuruknya aspal Buton. Hingga kini, keberadaan aspal di Pulau Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, itu belum mampu mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Buton. Padahal potensi kandungan aspal yang terdapat di pulau Buton sangat besar, mencapai 600 juta ton.

Yang lebih mengkhawatirkan, meski pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan secara besar-besaran, ternyata program tersebut tidak banyak menyerap bahan-bahan lokal khususnya aspal dari Buton. Semestinya, semakin banyak pembangunan dilakukan, semakin besar bahan-bahan lokal yang bisa dimanfaatkan.

"Alasannya karena aspal Buton tidak memenuhi syarat yang dibutuhkan. Ini jelas mengada-ada dan tidak berpihak pada hasil dalam negeri. Karena saat ini sudah ada teknologi yang bisa membuat aspal Buton, memenuhi persyaratan yang diinginkan," kata Jazilul Fawaid menambahkan.

Pernyataan itu disampaikan Gus Jazil saat bersilaturrahim dengan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Buton. Acara tersebut berlangsung di rumah Jabatan Bupati Buton, Minggu (13/9/2020). Bupati Buton Drs. La Bakry dan Wakil Bupati Buton Iis Elianti tampak ikut hadir dalam acara tersebut.

Sulitnya aspal asal Buton menembus pasar, kata Jazil, patut diduga merupakan permainan mafia. Mereka sengaja memilih menggunakan aspal impor dibanding dari Buton, karena tergiur keuntungan yang lebih besar.

Cara-cara seperti itu menurut Jazil lumrah dilakukan para mafia. Mereka sengaja mencari-cari alasan, untuk mengganjal para pesaing, sekaligus membuka celah impor untuk mendapat keuntungan yang lebih besar.

"Kalau aspal Buton digunakan untuk membangun jalan, niscaya masyarakat ikut menikmati dampak peningkatan ekonomi. Apalagi, cadangan aspal Buton masih sangat besar, cukup untuk memenuhi kebutuhan aspal nasional sebesar 1,5 juta ton pertahun," kata Gus Jazil lagi.

Sebelumnya, Bupati Buton La Bakry meminta bantuan kepada Wakil Ketua MPR, terkait sulitnya aspal Buton menembus pasar. Kondisi tersebut telah menghambat pemerintah Buton melaksanakan pembangunan. Padahal, bila kandungan bumi di pulau Buton, itu bisa dioptimalkan, akan sangat membantu mensejahterakan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Gus Jazil didampingi Bupati Buton dan jajarannya menyempatkan diri melihat dari dekat kondisi lahan aspal di Kabungka. saat ini, kondisinya nyaris mangkrak karena tidak beroperasi maksimal. Tumpukan aspal yang siap diolah, terlihat memenuhi lokasi di tempat tersebut. Sebagian sudah dimasukkan karung, sebagian yang lain teronggok begitu saja.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngawur, Pesepeda Nekat Potong Jalan Lewat Tol

Posted: 13 Sep 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi pelanggaran lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda banyak dibagikan pengguna media sosial, salah satu yang terbaru ialah masuk ke jalan tol dan sempat melawan arus.

Dari video yang dibagikan akun Instagram @agoez_bandz4, terlihat beberapa sepeda nekat berkendara di jalan tol. Tak hanya berada di sisi kiri, pesepeda juga nekat memacu kendaraannya di jalur kanan.

Mirisnya, pesepeda yang berada di jalur kanan dengan santai menyebrang ke arah berlawanan serta melawan arus lalu lintas. Hal ini tentu sangat berbahaya dan bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Dari keterangan video yang dibagikan, lokasi pelanggaran yang dilakukan berada di jalur Tol Bogor.

"Rombongan penggowes masuk jalur Tol Bogor terekam kamera netizen pada Minggu (13/09/2020)," tulis keterangan tersebut.

Komentar Warganet

Pelanggaran yang dilakukan tentu mengundang beragam komentar dari netizen, salah satunya datang dari akun Instagram @bayukresnadisoekmono.

"Habis masuk jalan tol pasti ada lagi yang berulah tunggu aja," tulisnya.

"ya pak, terusin sepedaan di tengah Toll nya. Kalau kelindes, kita gak nanggung ya," tulis @ryuzasan_vbb.

"Yg punya moge ngajuin masuk tol aja blm disetujui, yg ini udah seliweran aja wkwk, hebat emang," tulis @mawanrah.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

 
 
 
View this post on Instagram

Rombongan penggowes masuk jalur Tol Bogor terekam kamera netizen pada Minggu (13/09/2020). . . . #agoezbandz #agoez_bandz

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4) on

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Harap Rerata Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Lebih dari 71 Persen

Posted: 13 Sep 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta seluruh elemen bergerak, guna meningkatkan rata-rata tingkat kesembuhan akibat Covid-19 di Indonesia. Dia mengatakan angka kesembuhan Indonesia masih di bawah standar angka kesembuhan dunia.

"Pemerintah terus harus bekerja keras untuk meningkatkan kesembuhan, ini penting sekali. Kita sedikit lebih rendah dari kesembuhan dunia, saya kira kita terus mengejar rata-rata kesembuhan global," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, melalui video conference di Istana Merdeka Jakarta, Senin (14/9/2020).

Jokowi membaca, data per 13 September, jumlah kasus sembuh di Indonesia adalah 155.010 kasus, dengan recovery rate 71 persen. Sedangkan, rata-rata kasus aktif di Indonesia 25,02 persen atau sedikit lebih tinggi kasus aktif dunia yang mencapai 24,78 persen.

Jokowi menambahkan, selain angka kesembuhan dan jumlah kasus harian, pemerintah terus bekerja keras untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia yang terus turun dari 4,49 persen di bulan lalu menjadi 3,99 persen.

"Angka ini masih lebih tinggi dari rata-rata angka kematian dunia yang mencapai 3,18 persen, tapi memang angka ini, angka sebesar 3,99 ini mengalami penurunan dari angka kematian seminggu lalu yang berada di angka 4,02 persen," Jokowi menandasi.

Tak Ada yang Siap

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan yang sangat berat akibat pandemi Covid-19. Dia menyebut 215 negara saat ini tengah dihadapkan terhadap persoalan kesehatan dan ekonomi yang sangat rumit.

"Tidak ada satu negara pun yang mempunyai pengalaman untuk itu. Negara maju atau negara berkembang sama-sama tidak siap menghadapi tantangan ini," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis ke-63 Universitas Padjajaran secara virtual, Jumat (11/9/2020).

Jokowi menekankan perlunya strategi yang luar biasa untuk menyelesaikan krisis kesehatan dan ekonomi ini. Menurut dia, budaya dan pola kerja masyarakat harus berubah di masa pandemi corona.

"Mindset kita harus berubah, budaya kerja kita harus berubah, cara kerja kita juga harus berubah. Dalam kehidupan sehari-hari banyak perubahan dalam standar keseharian kita," ujarnya.

Dia menuturkan perubahan budaya harus diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Misalnya, menjaga jarak, memakai masker, pelindung wajah atau faceshield saat berada di luar rumah. Hal yang dulu tak wajar itu kini harus menjadi sebuah keharusan.

"Kita harus bekerja dari rumah, kuliah dari rumah dan bersilaturahmi secara virtual. Semua yang dulu dianggap tidak wajar sekarang menjadi keharusan," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United dan Liverpool Dituding Ingin 'Peras' Bayern Munchen

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Bayern Munchen, Uli Hoeness, menuduh Manchester United dan Liverpool berniat memeras juara Bundesliga itu. Menurutnya, MU dan The Reds sengaja mengulur-ulur waktu agar mendapatkan salah satu amunisi Bayern Munchen, Thiago Alcantara dengan harga murah.

Alcantara berharap pindah ke Liga Inggris setelah menolak perpanjangan kontrak dengan Bayern Munchen. Kontraknya bakal berakhir musim ini dan berpeluang pindah dengan status bebas transfer.

Bayern sebenarnya masih berharap bisa mendapat untung dari kepergian Alcantara. FC Hollywood menuntut biaya transfer sebesar 30 juta euro atau setara Rp 531 Miliar.

Meski demikian, Manchester United dan Liverpool tidak kunjung mengajukan tawaran meski kedua klub menginginkan Alcantara. Menurut Hoeness, kedua tim Liga Inggris itu sengaja mengulur-ulur waktu dan menunggu hingga penutupan bursa transfer 5 Oktober 2020 untuk mengajukan penawaran resmi.

"Kami menawarinya perpanjangan kontrak 4tahun, tapi di menit terakhir dia berubah pikiran dan mengatakan kepada kami dia menginginkan tantangan baru," kata Hoeness kepada Sport seperti dilansir Metro.co.uk.

"Dia mungkin punya perjanjian dengan Liverpool atau Manchester United atau kedua-duanya," beber Hoeness.

 

Sengaja Mengulur Waktu

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)
Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (Liputan6.com/Abdillah)

"Kedua tim tidak datang kepada kami dengan penawaran resmi. Mereka menggertak dan memeras kami dengan menunggu hingga pekan terakhir sebelum mengajukan tawaran yang murah," ujar Hoeness menambahkan.

"Bayern harus memutuskan, apakah mereka ingin mengikuti permainan ini atau mengambil sikap dan mempertahankan Thiago," katanya.

 

 

Thiago Alcantara

Thiago Alcantara - Thiago Alcantara menjadi nama yang ramai dibicarakan pada bursa transfer pemain jelang musim 2020-2021. Gelandang Bayern Munchen itu dikaitkan dengan Liverpool dan Manchester United. (AFP/Ronny Hartmann)
Thiago Alcantara - Thiago Alcantara menjadi nama yang ramai dibicarakan pada bursa transfer pemain jelang musim 2020-2021. Gelandang Bayern Munchen itu dikaitkan dengan Liverpool dan Manchester United. (AFP/Ronny Hartmann)

Thiago Alcantara mengawali karier profesionalnya dari tim Barcelona. Setelah memperkuat tim asal Catalonia itu pada tahun 2009-2013, dia memutuskan pindah ke Bayern Munchen. 

Hingga saat ini, Alcantara telah 150 kali memperkuat FC Hollywood dan mencetak 17 gol. Dan selama memperkuat Bayern Munchen, Alcantara sudah merasakan 7 gelar Bundesliga. 

 

 

Piranha Rakus

Selain itu, Hoeness juga melabeli agen David Alaba sebagai piranha rakus. Itu setelah Alaba mengulur-ulur waktu membicarakan kontrak baru dengan klub Bayern Munchen.

"David Alaba punya piranha rakus yang menjadi penasihatnya," kata Hoeness.

"Ayahnya yang selama ini saya suka juga memberi pengaruh besar kepadanya."

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Bakal Menyesal jika Jual Pemain Favorit Van Gaal dan Mourinho

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer menghadapi sejumlah keputusan penting musim panas ini. Ini berbarengan saat MU ingin membentuk kembali skuat mereka di jendela transfer.

Meski sudah sering disarankan untuk mendatangkan pemain baru, MU sejauh ini baru mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam.

Sebelumnya, tim berjuluk Setan Merah ini malah akan menjual dan sudah banyak melepas pemainnya.

Nama-nama Sergio Romero, Nemanja Matic, Chris Smalling, Marcos Rojo, Ashley Young, Matteo Darmian, Jesse Lingard dan Juan Mata adalah contohnya.

Rojo, Romero, Lingard dan Mata semuanya tampaknya akan bertahan di Old Trafford musim panas ini, bahkan jika MU akan menerima tawaran untuk mereka semua. Tapi, Darmian dan Young sudah keluar dan minggu depan mungkin Smalling.

Merasa Senang

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) dan pemain AS Roma Chris Smalling berebut bola pada pertandingan Coppa Italia di Turin, Italia, Rabu (22/1/2020). Juventus menggilas AS Roma 3-1 dan berhasil lolos ke semifinal. (Marco Bertorello/AFP)
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) dan pemain AS Roma Chris Smalling berebut bola pada pertandingan Coppa Italia di Turin, Italia, Rabu (22/1/2020). Juventus menggilas AS Roma 3-1 dan berhasil lolos ke semifinal. (Marco Bertorello/AFP)

Laporan media Italia selama akhir pekan telah mengklaim AS Roma sangat ingin mengakhiri negosiasi Smalling, meskipun sejauh ini mereka enggan membayar harga yang diminta MU sekitar 20 juta euro.

Kesepakatan di sekitar angka 16 juta euro mungkin akan membuat semua pihak senang, tidak terkecuali pemain itu sendiri, yang telah berbicara tentang betapa dia menikmati mantranya di Roma.

Dijemput Ferguson

Sir Alex Ferguson memilih Ole Gunnar Solskjaer sebagai caretaker MU. (AFP/Andrew Yates).
Sir Alex Ferguson memilih Ole Gunnar Solskjaer sebagai caretaker MU. (AFP/Andrew Yates).

Smalling dan Rojo telah berlatih sendiri dari skuat tim utama dalam seminggu terakhir ini, di tengah kemungkinan mereka akan pergi. Namun, rasanya tidak adil untuk mengatakan bahwa karier Smalling telah merosot.

Sejak pemain Inggris itu dijemput oleh Sir Alex Ferguson pada 2010, karena hanya memainkan beberapa pertandingan untuk Fulham, dia bermain secara reguler hampir setiap musim.

Luar Biasa

Bek AS Roma, Chris Smalling berusaha menembak bola dari kawalan pemain SPAL, Bryan Dabo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Paolo Mazza di Ferrara, Italia, Rabu, (22/7/2020). Roma menang telak 6-1 atas SPAL. (Fabio Rossi/LaPresse via AP)
Bek AS Roma, Chris Smalling berusaha menembak bola dari kawalan pemain SPAL, Bryan Dabo pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Paolo Mazza di Ferrara, Italia, Rabu, (22/7/2020). Roma menang telak 6-1 atas SPAL. (Fabio Rossi/LaPresse via AP)

Smalling adalah pemain favorit Louis van Gaal dan Jose Mourinho. Meskipun kemampuan passingnya terbatas, ia masih membuktikan sesuatu yang luar biasa dalam sistem pertahanan MU yang goyah antara 2014 dan 2017.

Dia memainkan 55 pertandingan di semua kompetisi untuk United pada musim 2015/16. Meski ada pergantian manajemen setelah kemenangan Piala FA 2016, Smalling masih memainkan 36 pertandingan di musim pertama Mourinho dan 46 pertandingan di musim keduanya.

Bisa Diandalkan

Smalling sangat profesional dan dapat diandalkan. United tidak menyesal menjual Young atau Darmian ke Italia.

Mereka juga segera akan puas melihat Mata, Rojo, Romero dan Lingard mencari padang rumput baru juga. Tapi Smalling bisa saja menawarkan sesuatu yang lain untuk MU.

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kompak Kembar 3, Youtuber Asal Surabaya yang Curi Perhatian

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kembar 2 mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan kembar 3? Belakangan ini media sosial tengah viral kembar 3 pria. Sambil bercanda, ketiga pria ini menyindir warganet yang menggunakan editan efek kembar 3 di TikTok. Pasalnya tanpa menggunakan filter, ketiga pria ini memang saudara kembar. 

"Ketika mereka pakai efek kembar 3, kita kembar 3 asli" tulis kembar di akun TikTok @kembar3_petruk pada Minggu (13/9/2020). 

Tak menunggu waktu lama, ketiga pria yang bernama Ilham Hidayatulloh, Rizky Racmatulloh dan Oktavian Darozatulloh ini pun viral di media sosial. Video di laman TikToknya sudah ditonton sebanyak 4 juta kali. 

Rupanya, pria asal Surabaya ini merupakan YouTuber dengan channel 'Kembar 3'. Konten YouTubenya beragam dari review kuliner di Surabaya, cover lagu, prank dan konten menghibur lainnya. Dalam suatu kesempatan, Ilham, Rizky dan Vian ini juga pernah kolaborasi bersama Kekeyi.

Hingga kini, jumlah subscriber kembar 3 sudah mencapai 19 ribu pengikut. Ketiga bersaudara ini memang selalu kompak dalam berbagai kesempatan. Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber berikut Liputan6.com ulas potret kembar 3 yang curi perhatian, Senin (14/9/2020). 

@kembar3_petruk

#fyp #fypã‚· #fypindonesia #foryou #foryoupage #zxycba #2020 #trend #kembar3 ketika netizen bilang ini editan

♬ Yalla Yalla - Itzzmeã‚·danielOby🥔

1. Ini dia potret Kembar 3. Tiga bersaudara ini bernama Ilham, Rizky dan Vian.

YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//kembar3fansbs/
YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//kembar3fansbs/

2. Tiga bersaudara ini merupakan YouTuber asal Surabaya dengan channel 'Kembar 3'.

YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//rizky_racmatulloh/
YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//rizky_racmatulloh/

3. Dalam laman YouTubenya, Ilham, Rizky dan Vian kerap kali mereview makanan di kota Pahlawan.

YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//ilhamhidayatulloh/
YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//ilhamhidayatulloh/

4. Selain mereview, ketiga bersaudara yang tampan ini juga gemar mengcover lagu.

YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//oktavian_darozatulloh/
YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//oktavian_darozatulloh/

5. Ketiga pria ini baru saja tamat SMA. Sebagai saudara, ketiga pria ini selalu tampil kompak.

YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//ilhamhidayatulloh/
YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//ilhamhidayatulloh/

6. Sama-sama dari Jawa Timur, Ilham, Rizky dan Vian juga pernah berkolaborasi YouTube bersama Kekeyi.

YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//oktavian_darozatulloh/
YouTuber Kembar 3 (Sumber: Instagram//oktavian_darozatulloh/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan dari artis cantik sekaligus istri Rezky Aditya, Citra Kirana. Perempuan yang disapa Ciki ini sedang menikmati fase menjadi ibu dari seorang bayi lucu bernama Keene Atharrazka Adhitya. 

Raut wajah bahagia nan berseri-seri pun selalu terlihat saat Ciki menggendong buah hatinya. Seperti saat ia dikunjungi oleh rekan artis Ryana Dea. Saat berfoto bersama Ryana Dea, pipi Ciki terlihat lebih chubby dibandingkan saat ia masih hamil.

Citra Kirana pernah curhat di Instagram saat mengalami kenaikan berat badan saat hamil hingga 23 kilogram. Kini setelah melahirkan, pipi Ciki terlihat semakin chubby dibanding saat hamil. Perubahan wajah dari tirus ke chubby ini membuatnya menjadi pusat perhatian publik.

Penasaran kan dengan potret perubahan Citra Kirana saat hamil vs setelah melahirkan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,  potret perubahan Citra Kirana saat hamil vs setelah melahirkan, Senin (14/9/2020). 

1. Saat masih hamil muda, pipi Citra Kirana masih begitu tirus.

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)
6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)

2. Perlahan tapi pasti, istri Citra Kirana mulai mengalami perubahan fisik seiring mendekati usia melahirkan.

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)
6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)

3. Saat hamil tua, bobot Citra Kirana naik hingga 23 kilogram.

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)
6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)

4. Setelah melahirkan baby Athar, Citra Kirana pipinya semakin terlihat chubby.

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)
6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)

5. Sebagai ibu menyusui, Ciki harus menjaga pola makan yang bergizi. Hal tersebut membuatnya semakin terlihat chubby.

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)
6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)

6. Potret terbaru saat bertemu Ryana Dea, terlihat jelas perubahan fisik Citra Kirana yang lebih berisi dibanding sebelumnya.

6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)
6 Potret Perubahan Wajah Citra Kirana Sebelum Vs Sesudah Melahirkan Baby Athar (sumber: Instagram.com/citrakirana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

223 Kantor Cabang Bank Mandiri Buka Selama PSBB Jakarta, Cek Jam Operasionalnya

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta sesuai menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19.

Berlaku sejak Senin, 14 September 2020, Bank Mandiri tetap buka dengan jumlah cabang yang operasional sebanyak 223 kantor di seluruh DKI Jakarta, dibandingkan dengan 287 kantor cabang pada masa PSBB transisi sebelumnya. Mereka akan memberikan layanan perbankan mulai pukul 09.00 hingga 14.00 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh seluruh karyawan.

Menurut Direktur Operations Bank Mandiri Panji Irawan, pengoperasian cabang tersebut telah menyesuaikan dengan arahan Pemprov DKI Jakarta terkait penghentian operasional beberapa kawasan, gedung ataupun instansi lain.

"Jika ada kantor cabang Bank Mandiri yang berada di dalam kawasan atau gedung atau wilayah yang ditutup, tentu kami harus mengalihkan operasional cabang tersebut ke cabang terdekat," kata Panji.

Faktor lain yang akan diperhatikan adalah kedekatan antar cabang yang memungkinkan dilakukan pengalihan operasional. Untuk itu, nasabah dapat mengakses informasi data cabang operasional melalui Bmri.id/operasionalcabang yang akan diupdate secara harian.

Panji melanjutkan, dalam penerapan waktu kerja ini, pihaknya berharap dukungan dan pengertian nasabah untuk mengikuti ketentuan yang ditetapkan di setiap kantor cabang Bank Mandiri, terutama terkait protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang diterapkan saat ini antara lain pemeriksaan suhu tubuh nasabah dan pegawai menggunakan thermometer gun sebelum memasuki gedung kantor Bank Mandiri. Lalu, pembatasan kontak langsung antara pegawai dan nasabah, serta pengaturan antrian nasabah dengan konsep physical distancing

Di samping itu, Bank Mandiri juga memastikan seluruh teller menggunakan masker dan sarung tangan, menyiapkan hand sanitizer, memasang akrilik di counter teller dan meja CS serta melakukan penyemprotan gedung dengan cairan disinfektan secara berkala.

"Dalam kondisi seperti ini, prioritas kami tentu adalah kesehatan serta keselamatan nasabah dan karyawan," kata Panji.

Terkait layanan, pihaknya berharap nasabah dapat memanfaatkan berbagai channel elektronik Bank Mandiri yang bisa menggantikan peran kantor cabang, antara lain ATM/CRM berikut mesin EDC, serta melalui channel berbasis aplikasi/web, seperti aplikasi Mandiri Online, Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Cash Management, dan termasuk juga transaksi melalui agen branchless banking.

Bahkan, seiring dengan transformasi digital Bank Mandiri, saat ini masyarakat luas juga dapat melakukan pembukaan rekening tabungan di manapun, tanpa harus datang ke kantor bank maupun bertemu dengan staff perbankan di Bank Mandiri.

"Semua keperluan untuk pembukaan tabungan dapat dilakukan dengan video call," kata Panji.

 

PSBB Jakarta Berlaku Lagi, Pengusaha Mal Sebut Pengunjung Baru 40 Persen di Masa Transisi

Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, trafik pengunjung di masa PSBB transisi baru mencapai 35 hingga 45 persen saja. Angka ini tercatat sejak mall beroperasi terbatas di masa PSBB transisi yang dimulai 15 Juni 2020 silam.

"Bahkan belum menyentuh angka 50 persen. Keadaan ini memang masih berat bagi para pelaku usaha dan juga pengelola mall," kata Ellen dalam keterangan yang diterima, Senin (14/9/2020).

Jika mall ditutup, tentu banyak pihak yang akan kena getahnya, seperti UKM, (petugas) parkir, pedagang kecil, hingga pemasok barang ke pusat perbelanjaan.

Kendati, pengelola mal bersama dengan tenant-tenantnya menyatakan terus berusaha semaksimal mungkin untuk tetap menjaga agar seluruh pihak bisa mendapat penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

"Saat ini baik pengelola pusat belanja dan juga para tenant bekerja sama untuk bisa melewati keadaan yang berat ini. Setidaknya kami masih bisa membuka lapangan kerja bagi para karyawan yang sangat membutuhkan penghasilan," kata Ellen.

Pihaknya mengakui telah memahami keputusan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Butuh kebijakan yang komprehensif dan kerja sama seluruh pihak agar wabah ini segera berakhir.

Kata Ellen, diperlukan kerja sama dari segenap lapisan masyarakat serta pertimbangan dari berbagai aspek agar tujuan utama dalam menjaga kesehatan masyarakat dan berjalannya dunia usaha yang sudah terpuruk beberapa bulan terakhir dapat terlaksana dengan baik.

"Untuk itu, dengan adanya PSBB pengetatan, maka semua anggota APPBI DKI beserta para tenantnya akan terus dan lebih disiplin serta lebih ketat menjalankan protokol kesehatan," kata Ellen. 

Simak Jam Operasional Mal Selama Masa PSBB Jakarta

Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi memberlakukan PSBB ketat mulai hari ini, Senin (14/9/2020). Kendati, pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar masih boleh buka namun dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Ketua DPD APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, untuk jam operasional mall penentuannya masih sama dengan jam operasional saat masa PSBB transisi.

"Jam operasional pusat belanja tetap seperti yang berlaku sama seperti saat masa PSBB transisi, yang berkisar antara pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujar Ellen dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Beberapa kategori yang belum diizinkan beroperasional di pusat perbelanjaaan masih tetap belum dibuka seperti bioskop, area permainan anak, fitness dan toko yang terkait leisure/travel.

Khusus untuk restoran, café dan rumah makan tetap diijinkan buka namun tidak melayani makan di tempat (dine-in) dan hanya diperbolehkan melayani pesan antar (delivery) ataupun bawa pulang (take away).

Menurut Ellen, tentu hal ini berpengaruh terhadap traffic pengunjung restoran yang sudah dicapai, apalagi pekerja kantoran juga diarahkan melakukan work from home (WFH).

"Namun keputusan yang diambil pihak Pemprov juga sudah maksimal dengan berbagai pertimbangan, dimana selama ini pusat belanja juga selalu dengan taat mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan Pemprov," jelasnya.

Pihaknya mengakui telah memahami keputusan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Butuh kebijakan yang komprehensif dan kerja sama seluruh pihak agar wabah ini segera berakhir.

"Kali ini ternyata pihak Pemprov (DKI Jakarta) juga sudah mencatat bahwa pusat belanja di DKI bukan merupakan kluster Covid-19," ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya PSBB pengetatan, maka semua anggota APPBI DKI beserta para tenantnya akan lebih disiplin serta lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Kirim Satelit dengan Kamera 8K ke Mars dan Bulannya

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Badan Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan stasiun TV nasional Jepang, NHK, mengumumkan kemitraan.

Disebutkan, mereka sedang mengembangkan kamera berteknologi 4K dan 8K (via Parabolic Arc) yang bertujuan untuk memotret foto planet Mars dan bulannya (Phobos dan Deimos).

Recananya, kamera 4K dan 8K ini akan digunakan untuk misi Martian Moons Exploration (MMX) mendatang. Demikian yang dikutip dari Engadget, Senin (14/9/2020).

Adapun misi Martian Moons Exploration ini akan secara teratur mengambil gambar dan sebagian mengirimkannya ke Bumi untuk "menciptakan gambar yang lebih halus dan detail".

Sementara itu, foto yang asli akan disimpan ke dalam kapsul yang nantinya akan dikembalikan ke Bumi.

Informasi, pesawat ruang angkasa MMX dijadwalkan akan meluncur pada 2024 dan diperkirakan akan sampai di Mars pada 2025.

 

Informasi Foto Misi MMX

Tak hanya itu, hasil foto ini akan membantu memvisualisasikan perilaku pesawat ruang angkasa dengan menggabungkan informasi dari kamera dengan data penerbangan.

"Informasi dari foto dan data penerbangan bisa membantu pilot untuk mengoperasikan pesawat ruang angkasa," kata JAXA.

Fenomena Astronomi yang Terjadi

Dalam sepekan mendatang, tepatnya pekan kedua September 2020, langit akan mengalami sejumlah fenomena astronomi.

Pusat Sains Antariksa LAPAN dalam akun Instagram-nya, @pussainsa_lapan, mengumumkan akan ada 5 fenomena astronomi akan terjadi di langit dan bisa dinikmati.

Fenomena astronomi ini bisa dinikmati pada 9-15 September 2020, apa saja? Kamu bisa lihat lengkapnya di sini.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sanksi Bagi Pelanggar Aturan Penggunaan Masker Saat PSBB

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker saat melintas di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker saat melintas di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker saat melintas di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberhentikan pengendara motor di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas Satpol PP memberhentikan pengendara motor di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberhentikan pengendara motor di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Satpol PP memberikan sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Warga terkena sanksi sosial mengcat pembatas jalan kepada warga pelanggar karena tidak menggunakan masker di Lebak Bulus, Jakarta, senin (14/09/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lepas Tembakan, Polisi Bubarkan Balapan Liar di Taman Mini

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Tim Rajawali Polres Metro Jaktim melepaskan tembakan peringatan membubarkan sekelompok remaja yang menggelar balapan liar di Jalan Taman Mini Jakarta Timur. Beberapa diantaranya berhasil meloloskan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atta Halilintar Bikin Lagu Bahasa Jawa Tapi Tak Tahu Artinya, Terinspirasi Didi Kempot

Posted: 13 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, jagat maya dihebohkan dengan beredarnya foto Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah mengenakan busana adat Jawa seolah tengah menjalani sesi foto pranikah.

Rupanya foto Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah menjalani sesi foto untuk sampul single terbaru bertajuk "Calon Bojo." Single baru Atta Halilintar ini sebagian besar liriknya berbahasa Jawa.

Atta Halilintar menjelaskan "Calon Istri" mengisahkan alasan seseorang menjadikan kekasih sebagai istri untuk seumur hidup. Tampaknya ini isyarat keseriusan hubungan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

 

Full Bahasa Jawa

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

"Ini full bahasa Jawa yang beberapa liriknya, saya enggak tahu artinya. Maksudnya itu adalah ingin menjadikan perempuan ini satu untuk selamanya," Atta Halilintar menjelaskan.

Konsep lagu ini digagas Atta Halilitar sendiri. Semula lagu ini berjudul "Calon Istri." Di tengah jalan, terpikir oleh Atta Halilintar untuk mengubah liriknya menjadi berbahasa Jawa.

Pembenahan Lirik

Atta Halilintar. (Foto: YouTube Atta Halilintar)
Atta Halilintar. (Foto: YouTube Atta Halilintar)

Salah satunya karena Aurel Hermansyah berasal dari Jember. Ini diungkap Atta Halilintar dalam video "Latihan Prewed Calon Bojo" yang dipublikasikan di kanal YouTuber pribadinya, Minggu (13/9/2020).

"Sebenarnya lagu ini sudah jadi dari lama sih. Sudah lama pokoknya. Sudah enam bulan sampai ganti musik, pembenaran lirik juga karena liriknya kan pakai bahasa Jawa jadi aku tuh lirik minta tolong orang yang jago bahasa Jawa," urainya.

 

Kejutan Buat Aurel

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

"Tadinya lagu ini surprise juga buat dia (Aurel Hermansyah -red). Dan terinspirasi juga dari almarhum Didi Kempot," ujar bintang film 13 The Haunted dan Kembalinya Anak Iblis.

Atta Halilintar mengaku Didi Kempot salah satu musisi yang menginspirasinya. Didi Kempot, menurutnya, seniman yang berpijak pada akar budaya dan menjadikannya populer.

The Legend Didi Kempot

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

"The legend Didi Kempot yang bikin lagu-lagu Jawa itu bisa top, gitu. Aku bangga saja dengan bahasa-bahasa (daerah) kita, bahasa Indonesia, budaya Indonesia, musik dan baju Indonesia," Atta Halilintar menjelaskan.

YouTuber kelahiran Riau, 20 November 1994, ini menilai ledakan hit karya Didi Kempot dari era "Sewu Kuta" hingga "Pamer Bojo" membuktikan bahasa daerah dicintai generasi muda. "Kalau bisa meledak, bangga saja berarti Indonesia itu keren guys, kita enggak perlu kebarat-baratan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pernyataan Syekh Ali Jaber Usai Ditusuk Orang Tak Dikenal

Posted: 13 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syekh Ali Jaber ditusuk oleh orang tak dikenal pada Minggu, 13 September 2020 sore, di Bandar Lampung, Lampung.

Kejadian itu dialami Syekh Ali Jaber saat mengisi acara di Masjid Falahudin, Jalan Tamin, Kelurahan Sukajawa, Kecamatan Tanjung Barat, Bandar Lampung.

Syekh Ali Jaber pun sudah angkat bicara terkait kejadian penusukannya. Penceramah itu tak henti-hentinya mengucapkan kalimat tahmid sebagai satu ungkapan syukur bisa lolos dari maut berkat pertolongan dari Allah SWT.

"Alhamdulillah, inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Ini pelajaran baru bagi saya. Allah selamatkan saya dari pembunuhan," kata Syekh Ali Jaber dalam rekaman video seperti dikutip Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Dia pun mengaku terkejut bisa menjadi sasaran penusukan oleh orang tak dikenal. Karena menurut Syekh Ali Jaber, selama berada di Indonesia, selalu berusaha menyebarkan kebaikan.

Berikut 4 pernyataan Syekh Ali Jaber usai ditusuk oleh orang tak dikenal dihimpun Liputan6.com

Bersyukur Lolos dari Maut

Syekh Ali Jaber (Instagram/ syekh.alijaber)
Syekh Ali Jaber (Instagram/ syekh.alijaber)

Syekh Ali Jaber tak henti-hentinya mengucapkan kalimat tahmid sebagai satu ungkapan syukur bisa lolos dari maut usai kejadian penusukan berkat pertolongan dari Allah SWT.

"Alhamdulillah, Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Ini pelajaran baru bagi saya. Allah selamatkan saya dari pembunuhan," kata Syekh Ali Jaber dalam rekaman video seperti dikutip Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Syekh Ali Jaber menerangkan, saat itu Allah menakdirkan agar dirinya mengangkat tangan ke depan leher dan dada. Sehingga, pada saat pisau ditusukkan oleh pelaku, hanya terkena lengan.

"Alhamdulillah di tangan, bukan di leher," ujar dia.

 

Tusukan Pelaku Cukup Keras dan Pisau Patah

Syekh Ali Jaber menyerahkan Seribu Alquran Braille Digital secara simbolik kepada Tunanetra
Syekh Ali Jaber menyerahkan Seribu Alquran Braille Digital secara simbolik kepada Tunanetra

Syekh Ali Jaber mengatakan, pisau yang dihunuskan oleh pelaku ke lengannnya cukup keras.

"Tusukan cukup keras, cukup dalam sampai separuh pisau masuk ke dalam. Bahkan, sampai patah. Saya sendiri yang lepaskan pisaunya yang sudah patah di dalam saya keluarkan. Tapi alhamdulillah," ujar dia.

 

Misinya Selalu Tebar Kebaikan

Syekh Ali Jaber (Tangkapan layar YouTube/  Syekh Ali Jaber)
Syekh Ali Jaber (Tangkapan layar YouTube/ Syekh Ali Jaber)

Syekh Ali Jaber mengaku tak menyangka ada orang yang berniat jahat padanya. Padahal, selama 12 tahun di Indonesia misinya adalah menyebarkan kebaikan.

"Selama 12 tahun di Indonesia saya mengajak masyarakat menjaga kebersatuan, menjaga kebersamaan, damai, sejahtera ternyata nasib saya ketika berada di Bandar Lampung seperti ini," kata dia.

 

Tetap Doakan Indonesia

Shekh Ali Jaber sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran terkena gas air mata. | via: facebook.com/yusufmansurnew
Shekh Ali Jaber sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran terkena gas air mata. | via: facebook.com/yusufmansurnew

Meski sudah mengalami penusukan, Syekh Ali Jaber tetap mendoakan Indonesia di penghujung videonya.

"Mudah-mudahan Indonesia tetap menjaga rasa aman, kita bersatu memperjuangkan Alquran di negeri kita Indonesia yang tercinta ini," tutup Syekh Ali Jaber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vihelm, Helm Canggih Buatan Siswa Vietnam untuk Tim Medis Pasien COVID-19

Posted: 13 Sep 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Vietnam - Alat pelindung diri (APD ) yang memiliki kenyamanan dan keamanan bagi para pekerja medis yang diharuskan mengenakan pakaian tersebut selama berjam-jam telah menjadi salah satu fokus utama di masa pandemi COVID-19 ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, siswa di sekolah Vietnam diberikan tantangan untuk menciptakan helm yang terhubung ke respirator yang tidak hanya melindungi tetapi juga memungkinkan para pekerja garis depan tetap produktif lebih lama.

Tiga siswa Vietnam berhasil merancang helm yang memungkinkan para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 dapat menikmati makanan ringan atau bahkan menggaruk hidung tanpa membuat diri mereka berisiko terinfeksi.

Melansir nypost.com, Senin(14/9/2020), kelompok itu datang dengan helm yang mereka sebut 'Vihelm', gabungan dari kata Vietnam dan helm. Helm ini memiliki akses sarung tangan sehingga pemakainya dapat memasukkan tangan mereka ke dalam, misalnya, menyeka keringat dari wajah mereka namun tetap dalam keadaan helm tertutup.

"Perbedaan besar dengan helm ini adalah kotak sarung tangannya. Anda dapat menggunakannya jika ingin menyentuh wajah Anda dengan aman," kata Tran Nguyen Khanh An (14), salah satu siswa yang menciptakannya.

Atas inovasi hebat dari ketiga siswa tersebut, mereka mendapatkan "Penghargaan Desain Penemuan Terbaik" di Inovasi Penemuan Internasional Persaingan di Kanada bulan.

Akan Diproduksi Massal

Helm yang tampak futuristik ini juga memiliki bagian internal yang dapat menampung makanan ringan untuk pemakainya dan dipasang oleh tabung ke respirator pemurni udara untuk mengeluarkan udara yang terkontaminasi. Meskipun respirator semacam itu dianggap lebih aman secara signifikan daripada masker standar, namun jauh lebih tidak nyaman daripada bentuk APD lainnya.

Vihelm, yang membutuhkan harga di bawah $ 300 (Rp 4,5 juta) untuk membuatnya, bahkan memiliki kantong di sekitar area kepala yang memungkinkan pengguna untuk menggaruk area kepala.

VinSmart, salah satu unit konglomerat terbesar di Vietnam, Vingroup, yang telah memproduksi ventilator, telah menandatangani perjanjian untuk membantu siswa memproduksi helm versi final mereka secara massal.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Ketat Jakarta, Syuting Terkait Dunia Hiburan Harus Ditunda

Posted: 13 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI meminta syuting terkait dunia hiburan ditunda selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta.

"Ya, untuk proses syuting sementara ditunda dulu selama PSBB," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Pada pasal 16 Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB tercantum, selama pemberlakuan PSBB, kegiatan sosial dan budaya yang menimbulkan kerumunan orang harus dihentikan sementara.

Pasal selanjutnya merinci kegiatan sosial yang dimaksud, yaitu kegiatan perkumpulan atau pertemuan politik, olahraga, hiburan, akademik, dan budaya.

Gubernur DKI Anies Baswedan juga telah menegaskan selama PSBB aktivitas di sektor hiburan ditunda.

 

Sempat Diperbolehkan

Pada PSBB transisi, sektor hiburan termasuk proses syuting sempat diizinkan kembali beroperasi dengan protokol kesehatan ketat.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 140 Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Disparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia pada 6 Juli 2020, seluruh kru ataupun artis yang terlibat kegiatan produksi film wajib menjalani tes swab 5 hari sebelum memulai syuting.

Test swab dilakukan setiap dua minggu sekali. Sedangkan kru produksi yang hadir wajib menjalankan rapid test Covid-19 minimal dua hari sebelum pelaksanaan kegiatan pengambilan gambar. Hasil tes tersebut memiliki masa berlaku dan harus di diulangi setiap dua pekan sekali.

Selain itu, para kru dan pemain film wajib menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Mulai dari penggunaan masker hingga menghindari kerumunan.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Diperlihatkan, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Pamer Kemesraan Berdua

Posted: 13 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ardi Bakrie belum lama ini memamerkan momen kemesraannya bersama sang istri, Nia Ramadhani, dalam sebuah video singkat. Unggahan ini terbilang langka karena keduanya jarang memamerkan momen berduaan.

Video yang diunggah di Instagram Stories Ardi Bakrie itu sempat menyita perhatian publik. Pebisnis satu ini memamerkan momen dirinya dan Nia Ramadhani sedang meluangkan waktu berduaan.

Di situ, tampak Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani sedang santai berdua sambil makan siang. Ditambah lagi, Ardi menuliskan keterangan yang menggambarkan manisnya momen bersama sang istri.

"Lunchy with wifey," tulis Ardi Bakrie singkat.

Kecupan untuk Nia Ramadhani

Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani. (Instagram @ardibakrie)
Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani. (Instagram @ardibakrie)

Terdapat juga momen manis lain pada kesempatan yang sama. Di situ terlihat Nia Ramadhani sedang mendapat kecupan mesra di keningnya dari Ardi Bakrie.

Bersandar

Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani. (Instagram @ardibakrie)
Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani. (Instagram @ardibakrie)

Pada saat itu, Nia Ramadhani terlihat nyaman sambil bersandar di bahu suaminya. Wajahnya terlihat semringah sambi memandangi kamera.

Masih Harmonis

Kehidupan rumah tangga antara Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie memang masih terbilang sangat harmonis. Keduanya pun santai saja menanggapi kabar-kabar miring yang beredar.

Sudah 10 Tahun

Pernikahan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie berjalan sangat lama, yakni 10 tahun. Keduanya memang sering memamerkan sejumlah kegiatan di media sosial namun lebih kepada momen keluarga, bukan momen mesra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Airlangga Minta Anies Tiru Jabar dan Jateng Soal Penerapan PSBB

Posted: 13 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto menilai, langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh tidak tepat. Airlangga menyarankan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjalankan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) atau micro management seperti yang dilakukan di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

"Kita melihat micro management itu menjadi penting sehingga dengan demikian kita bisa tahu sumbernya kenapanya dan sehingga kita tidak dalam mengambil langkah-langkah yang katakanlah overdosis," kata dia seperti ditulis Senin (14/9/2020).

Menko Airlangga Hartarto mengatakan, kebijakan PSBB kembali diterapkan Pemprov DKI Jakarta akan membuat denyut nadi perekonomian terganggu. Sebab, Jakarta tidak hanya mencerminkan 20 persen perekonomian, tetapi Jakarta adalah pusat perekonomian nasional. Sehingga apapun yang diambil merefleksikan mempengaruhi terhadap kebijakan nasional.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu melanjutkan, jika mengacu pada data Jakarta tingkat kesembuhannya lebih tinggi daripada nasional. Di mana secara nasional tingkat kesembuhan Covid sebesar 71,4 persen, sementara DKI Jakarta mencapai 75,2 persen.

Kemudian jika bicara angka kematian atau fatality rate secara nasional sebanyak 4 persen. Sedangkan DKI Jakarta masih lebih rendah yakni 2,7 persen. "Jadi artinya tingkat fatality ratenya lebih rendah dari nasional dan jumlah persamaannya relatif lebih tinggi," kata dia.

"Oleh karena itu, sebetulnya yang diperlukan Jakarta adalah manajemen mikro atau pengelolaan mikro," tandas Menko Airlangga Hartarto.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Simak Jam Operasional Mal Selama Masa PSBB Jakarta

Petugas gabungan Satpol PP, TNI, Polri melakukan razia masker di kawasan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Penertiban terkait pelaksanaan PSBB Jakarta kembali dan memutus rantai penyebaran COVID 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan Satpol PP, TNI, Polri melakukan razia masker di kawasan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Penertiban terkait pelaksanaan PSBB Jakarta kembali dan memutus rantai penyebaran COVID 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi memberlakukan PSBB ketat mulai hari ini, Senin (14/9/2020). Kendati, pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar masih boleh buka namun dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Ketua DPD APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, untuk jam operasional mall penentuannya masih sama dengan jam operasional saat masa PSBB transisi.

 

"Jam operasional pusat belanja tetap seperti yang berlaku sama seperti saat masa PSBB transisi, yang berkisar antara pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujar Ellen dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Beberapa kategori yang belum diizinkan beroperasional di pusat perbelanjaaan masih tetap belum dibuka seperti bioskop, area permainan anak, fitness dan toko yang terkait leisure/travel.

Khusus untuk restoran, café dan rumah makan tetap diijinkan buka namun tidak melayani makan di tempat (dine-in) dan hanya diperbolehkan melayani pesan antar (delivery) ataupun bawa pulang (take away).

Menurut Ellen, tentu hal ini berpengaruh terhadap traffic pengunjung restoran yang sudah dicapai, apalagi pekerja kantoran juga diarahkan melakukan work from home (WFH).

"Namun keputusan yang diambil pihak Pemprov juga sudah maksimal dengan berbagai pertimbangan, dimana selama ini pusat belanja juga selalu dengan taat mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan Pemprov," jelasnya.

Pihaknya mengakui telah memahami keputusan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Butuh kebijakan yang komprehensif dan kerja sama seluruh pihak agar wabah ini segera berakhir.

"Kali ini ternyata pihak Pemprov (DKI Jakarta) juga sudah mencatat bahwa pusat belanja di DKI bukan merupakan kluster Covid-19," ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya PSBB pengetatan, maka semua anggota APPBI DKI beserta para tenantnya akan lebih disiplin serta lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph

Posted: 13 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak menikah dengan Dimas Akira pada awal tahun 2020 ini, rumah tangga Sheila Marcia terus dipenuhi kegembiraan. Kali ini, wanita kelahiran 3 September 1989 ini membagikan kabar gembira bahwa ia tengah mengandung anaknya yang keempat.

Di kehamilannya kali ini, Sheila tak melakukan maternity shoot ala para seleb Tanah Air. Bersama sang suami, ia hanya mengabadikan momen secara sederhana di pinggir pantai. Meski demikian, ibu dari Leticia ini tetap tampak menawan.

"Ini Maternity Shotku. Karya Berdua sama Suami aja. No photographer, No makeup artist. Hasilnya Memuaskan. Seru & Happy Jugaaaaa.. Maternity shot sambil pacarannnn hihihi.. ya suami yah @dmustakira," tulis Sheila Marcia di akun Instagramnya pada Minggu (13/9/2020).

Penasaran seperti apakah potret baby bump Sheila Marcia? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

1. Potret awal kehamilan Sheila, Dimas Akira nampak selalu siap jadi suami siaga.

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)
Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)

2. Ketika hamil anak keempat, wanita kelahiran 3 September 1989 ini pun juga sempat ngidam es teler.

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)
Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)

3. Tak melakukan maternity shoot ala seleb Tanah Air, namun Sheila tetap abadikan momen kehamilannya.

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)
Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)

4. Bersama sang suami, ia berfoto di pinggir pantai. Meski tak kenakan makeup, Sheila Marcia tetap tampak menawan.

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)
Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)

5. Sebentar lagi akan menyambut anaknya yang keempat, wanita kelahiran Malang ini nampak sumringah.

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)
Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)

6. Perut sudah buncit, kini usia kandungan Sheila Marcia sudah memasuki minggu ke-30.

Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)
Hamil Anak Keempat, Ini 6 Potret Baby Bump Sheila Marcia Joseph. (Sumber: Instagram/itssheilamj)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Latih Guru Terapkan TIK dalam Pembelajaran, Kemendikbud Adopsi Standar UNESCO

Posted: 13 Sep 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Plt Kapusdatin), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), M Hasan Chabibie menuturkan, pelatihan penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran para guru atau dikenal sebagai Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) tahun ini mengacu pada standar kompetensi UNESCO.

"Aktivitas PembaTIK 2020 ini mengacu pada standar kompetensi UNESCO. Di mana ada empat level yang kita selama ini pegang, yang kita coba implementasikan stap by stap-nya sehingga bisa berlangsung hingga saat ini," ujar Chabibie dalam webinar Kemendikbud, Senin(14/9/2020).

PembaTIK merupakan program gagasan Pusdatin Kemendikbud yang telah dilangsungkan sejak dua tahun lalu. Program ini bertujuan guna meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan para guru.

Adapun level yang disarankan UNESCO ialah pada level pertama berkaitan dengan literasi. Di mana pada level ini para guru dikenalkan dengan TIK dasar. Baik itu dari sisi konsepsi atau terminologi maupun dari sisi pengenalan perangkat.

"Dan bagaimana memanfaatkan internet itu secara sehat dan aman. Karena kami sadar betul bahwa proses pemanfaatan teknologi ini tidak bisa langsung, tetap harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan waktu-waktu yang disesuaikan," jelas dia.

Chabibie melanjutkan, level kedua merupakan level implementasi. Di mana pada level ini para guru mulai mempraktikkan penggunaan TIK dalam pembelajaran di lapangan.

"Dan itu juga kami juga sesuaikan dengan fitur-fitur yang ada dalam Rumah Belajar, televisi edukasi, mobile edukasi, suara edukasi maupun kita lakukan aktivitas kelas maya dengan tentu memanfaatkan semua resource teknologi informasi yang kita punya," jelasnya.

Level ini mendorong para guru untuk mengaplikasikan pengetahuan mengenai TIK pada level pertama ke dalam kelas.

Setelah level implementasi, dilanjutkan dengan level ketiga, yakni level kreasi. Level ini akan menyaring guru yang memiliki inovasi dan kreasi dalam melakukan pembelajaran memanfaatkan TIK.

"Pada level kreasi ini sudah tersaring lagi sekian guru yang luar biasa mampu menghasilkan produk-produk tersebut untuk kemudian pada level empat inilah nanti terjadi berbagi satu dengan yang lain," beber Chabibie.

 

Bagikan Inovasi ke Guru Lain

PembaTIK pada level empat, kata Chabibie guru-guru yang sudah tersaring diharapkan bisa lebih mampu secara komunikasi untuk membagikan semua inovasi yang mereka miliki dalam pemanfaatan TIK pada proses pembelajaran.

"Entah nanti dalam menulis artikel, entah dalam bentuk membuat video-video pembelajaran atau memfasilitasi video conferance atau bahkan melakukan komunikasi efektif yang lain yang itu kita harapkan mereka bisa membagikan semua praktik baik yang sudah dilakukan sebelumnya," jelas dia.

Plt Kapusdatin menambahkan, muara dari PembaTIK ini adalah para duta Rumah Belajar.

"Duta Rumah Belajar ini adalah sebuah keluarga besar dari Pustekom dahulu dan Pusdatin sekarang untuk melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi di provinsinya masing-masing," beber Chabibie.

Para duta inilah, menurut Chabibie yang akan menjadi pengeras suara di level provinsi dari pemanfaatan TIK yang ada di Kemendikbud, seperti halnya portal Rumah Belajar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi soal Penanganan Covid-19: Jangan Buru-Buru Tutup Kota

Posted: 13 Sep 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, jangan terburu-buru menutup sebuah wilayah untuk menangani penyebaran kasus Covid-19 tanpa berbasis data.

Hal ini disampaikannya, melalui video conference di Istana Merdeka Jakarta, Senin (14/9/2020).

"Saya perlu ingatkan kembali keputusan;keputusan dalam respon penambahan kasus, saya minta semua selalu melihat data sebaran. Jangan buru-buru menutup sebuah kota, wilayah, kabupaten, kalau kita kerja berbasis data," kata Jokowi.

Dia menegaskan, setiap wilayah mempunyai tingkatan. Ada RT/TW, desa, kampung, kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi, yang tidak bisa disamakan penangannya. Sebab dalam sebarannya, zna merah tidak dapat disamaratakan di tiap tingkatan tersebut.

"Ada yang hijau ada kuning, tidak semua ada di zona merah. Misal dalam sebuah provinsi ada 20 kabupten/kota, penanganan jangan digeneralisir," ungkap Jokowi.

 

Pembatasan Berskala Lokal

Jokowi menuturkan, paling efektif untuk melakukan intervensi pencegahan penularan Covid-19, dengan melakukan pembatasan berskala lokal.

Sehingga data didapat lebih efektif dalam menyelesaikan masalah di lapangan.

"Bisa lebih fokus menyelesaikannya. Sekali lagi jangan buru-buru menutup. Strategi intervensi lokal pembatasan skala lokal penanganan lebih detil dan fokus," Jokowi menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hypermart Official Store Resmi Hadir di Platform Shopee Indonesia

Posted: 13 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) resmi menggandeng Shopee Indonesia untuk menghadirkan aneka produk makanan dan berbagai keperluan rumah tangga. Kerjasama ini merupakan salah satu upaya memperkuat strategi omni-channel MPPA di tengah situasi Covid-19.

"Pada hari ini kami dengan sangat senang sekali bisa mengumumkan suatu kolaborasi terbaru kami dengan nama yang sangat tidak asing bagi masyarakat atau konsumen di Indonesia. Yaitu Shopee Indonesia," seru Director Public Affair MPPA, Danny Kojongian dalam video konferensi, Senin (14/9/2020).

MPPA melihat Shopee sebagai platform e-commerce terbesar di Indonesia. Melalui kerjasama ini, MPPA berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen utamanya dalam transaksi secara daring melalui Hypermart Official Store melalui Shopee.

"Kami melihat Shopee adalah marketplace operator yang terbesar dan terkemuka di Indonesia. ini merupakan suatu kehormatan bagi MPPA untuk bisa bekerja sama dengan Shopee. Dimana Hypermart Official Store itu akan tersedia di dalam marketplace daripada Shopee," jelas Danny.

Mulai hari ini, Danny menyebutkan sudah tersedia 23 toko Hypermart aktif beroperasi di Shopee. Ke depannya, MPPA bersama Shopee Indonesia akan terus mengembangkan dan memperluas jaringan hypermart official store hingga lebih dari 100 toko sampai akhir 2020 nanti.

"Ke depan, tim kami dan juga tim shopee akan terus mengembangkan dan memperluas jaringan Hypermart Official Store akan semakin banyak lagi. Dimana target kami adalah tentunya untuk mencapai di atas 100 toko yang akan aktif beroperasi di dalam Shopee sampai dengan akhir tahun 2020," kata Danny.

Rencananya, kerjasama ini akan diberlakukan secara nasional. "Jadi itu juga akan berlaku nggak cuma di Jabodetabek, tapi akan berlaku secara nasional," pungkas dia.

Pengusaha Ritel Sebut Bansos Pemerintah Bantu Warga Lepas dari Kemiskinan

Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, mengapresiasi pemberian stimulus dari pemerintah yang berbentuk bantuan sosial (bansos) selama wabah pandemi Covid-19.

Selain mendongkrak daya beli masyarakat, ia menilai bantuan tersebut juga berperan membuat warga Indonesia lepas dari bayang-bayang kemiskinan selama masa krisis saat ini.

"Pemerintah telah memberikan banyak stimulus, karena bakal banyak kemiskinan jika pemerintah tidak memberikan bantuan sosial (bansos)," kata Roy dalam sesi teleconference, Kamis (13/8/2020).

"Jadi kita tahu situasi saat ini. Kita mengapresiasi pemerintah yang sudah memberikan banyak stimulus kepada kami," dia menambahkan.

Lebih lanjut, Roy juga menyoroti para pelaku ritel tradisional yang wajib berinovasi untuk mempertahankan kegiatan usahanya. Salah satunya dengan cara memperbaiki pelayanan kepada customer dan tetap mengedepankan faktor kesehatan, seperti menyediakan spot delivery service di luar toko.

"Sebanyak 90 persen anggota Aprindo telah mengubah bisnisnya, termasuk omnichannel (model bisnis lintas channel), dan kita juga menyiapkan rencana untuk bangkit," terangnya.

Oleh karenanya, ia berkesimpulan, pelaku usaha dan pelanggan harus mau bersama-sama menjaga faktor kesehatan dan keamanan. Itu disebutnya menjadi kunci untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Kesehatan dan keamanan harus diimplementasikan dalam pola pikir kita. Ini penting, dan kedisiplinan pada semua level di lingkungan sosial kita. Ini penting untuk mencegah gelombang kedua pandemi ini," imbuh Roy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarifuddin: Keragaman yang Dikelola Baik Merupakan Kekuatan Bangsa

Posted: 13 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski dalam suasana pandemi Covid-19, MPR tetap menjalankan amanah UU MD3, yakni mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Meski demikian dalam acara itu penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 diberlakukan dengan ketat.

Sosialisasi yang digelar oleh MPR kali ini menggunakan metode pentas seni dan budaya. Bertempat di Balai Desa Sukamanah, Kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 12 September 2020, sosialisasikan disampaikan kepada masyarakat lewat pagelaran wayang golek.

Hadir dalam sosialisasi anggota MPR Fraksi PAN Sarifuddin Suding, Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga, dan Layanan Informasi Setjen MPR Budi Muliawan, jajaran aparat pemerintahan di sana, serta ratusan masyarakat.

Kehadiran Sarifuddin Sudding dan Budi Muliawan disambut hangat oleh masyarakat dan jajaran pemeritahan. Mapak Pengagung, demikianlah sambutan Sunda yang biasa diberikan kepada para tamu. Dalam Mapak Pengagung, tokoh Semar, Cepot, dan Dewala, beserta empat gadis penari, dalam bentuk tarian suka cita menyambut tamu dari MPR. Dalam Mapak Pengagung itulah Kepala Desa Sukamanah, Ismail, secara adat, resmi menyambut kedatangan para tamunya.

Dalam sambutan, Sarifuddin Sudding mengatakan, bagaimana 4 Pilar MPR ini bisa ditanamkan kepada masyarakat dengan metode yang lebih menyegarkan dan menggembirakan serta menghibur.

"Setelah saya berdiskusi dengan Pak Kepala Desa, akhirnya kita pilih lewat acara seperti malam ini, yakni pentas wayang golek," ungkapnya.

Jadi menurut pria asal Sulawesi itu, kegiatan malam itu sudah dirancang jauh-jauh hari dan pastinya juga dibahas pentingnya penerapan protokol kesehatan. "Alhamdulillah malam ini bisa terlaksana," ujar Sudding dengan tersenyum.

Menurut Sudding, tugas MPR melaksanakan sosialisasi. "Dengan beragam metode," ungkapnya. Disebutkan metode itu seperti ceramah, seminar, outbound, FGD, kunjungan ke kampus, lewat seni budaya, dan bentuk lainnya. 

Dalam suasana yang menurut Sudding memprihatinkan seperti saat ini, pandemi Covid-19, cara yang paling tepat untuk sosialisasi adalah lewat metode seni budaya. "Sebab lebih gampang terima masyarakat ketimbang menggunakan metode lain yang sifatnya satu arah," tuturnya.

Bahkan disebut sosialisasi seperti malam ini bisa meningkat imun dan daya tahan tubuh. "Salah satu yang dapat menangkal Covid-19 ketika daya tahan tubuh kita betul-betul dalam kondisi prima," ujar Sudding.

Dalam pesan 4 Pilar dikatakan, kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan konsensus atau kesepakatan para pendiri bangsa. Dipaparkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama, dan bahasa. Penduduk bangsa ini tersebar di  wilayah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas hingga pulau Rote.  

Keragaman yang demikian diakui sangat rentan terjadinya disintegrasi bangsa. Ia bersyukur ketika para pendahulu memberi contoh yang menguatkan persatuan di antara keragaman.

"Pada 28 Oktober 1928, para pemuda mengikrarkan Sumpah Pemuda," tuturnya. Hal demikian disebut cita-cita bersatu dalam keberagaman.

Mengelola Kemajemukan

Sosialisasi 4 Pilar Lewat Pagelaran Wayang Golek
Sosialisasi 4 Pilar Lewat Pagelaran Wayang Golek

Dirinya mengingatkan masyarakat hendaknya betul-betul membangun persatuan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

"Ketika keragaman dikelola dengan baik maka itu merupakan satu kekuatan bangsa ini dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Hal demikian bisa sebaliknya, ketika kemajemukan tidak dikelola dengan baik maka itu merupakan sumber perpecahan," ucap Sudding.

Dalam sosialisasi lewat pagelaran wayang kulit, Sudding mengajak kepada semua untuk berdoa agar pandemi cepat berlalu. Berharap bila sudah kembali normal, sosialisasi lewat pagelaran wayang kulit bisa dilakukan lebih sering. 

Budi Muliawan yang akrab disapa Wawan dalam sambutan pada malam itu menyebut Sosialisasi 4 Pilar lewat pagelaran wayang golek merupakan salah satu metode untuk menanamkan dan memberi pengertian serta pemahaman Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, kepada masyarakat.

"MPR memilih pagelaran seni budaya sebagai metode sosialisasi 4 Pilar bukan tanpa alasan," ujar pria alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya itu.

Disampaikan kepada ratusan orang yang hadir dalam acara itu,  sosialisasi dengan metode pagelaran seni budaya juga merupakan salah satu bentuk penerapan Pasal 32 UUD NRI Tahun 1945.

Dengan aturan yang ada dalam UUD tersebut, menurut Wawan, negara wajib melestarikan kebudayaan nasional di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya. 

Dipaparkan pada malam itu masyarakat akan diberikan pemahaman 4 Pilar MPR lewat wayang golek, dengan mengambil kisah atau lakon yang berjudul 'Kesatria Daerah', dengan dalang K. Ceceng Arifin. Dijelaskan oleh alumni program Pascasarjana UI itu itu pagelaran wayang golek malam itu adalah selain menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Empat Pilar MPR, juga sebagai bentuk tindakan nyata dalam pelestarian seni dan budaya yang ada di Indonesia.

"Melalui wayang golek, mudah-mudahan nilai-nilai luhur bangsa dapat diinternalisasikan kepada masyarakat," harapnya. 

Dalam kesempatan itu, Wawan mengabarkan kepada masyarakat di sana bahwa MPR saat ini masuk dalam lima besar lembaga yang dipercaya oleh masyarakat. "Lima besar lembaga yang dipercaya oleh masyarakat, selain MPR, adalah TNI, Polri, KPK, dan Presiden," ungkapnya. 

Dasar lima lembaga itu dipercaya masyarakat berdasarkan survei yang dilakukan beberapa lembaga survei. "Hal demikian wajib disyukuri", papar Wawan. Dijelaskan, MPR bisa dipercaya masyarakat sebab MPR dalam pengambilan keputusan selalu mengedepankan musyawarah mufakat dan pola kerja yang bersifat gotong royong. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Ketat, Ojek Online dan Pangkalan Dilarang Berkerumun Lebih 5 Orang

Posted: 13 Sep 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo melarang ojek online (ojol) ataupun ojek pangkalan (opang) tidak berkerumun, saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat, yang dimulai Senin (14/9/2020).

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Nomor 156 Tahun 2020 tentang Petujuk Teknis Pelaksanaan PSBB Bidang Transportasi yang ditandatangani pada 11 September 2020.

"Pengemudi ojek online dan ojek pangkalan dilarang berkerumun lebih dari 5 orang dan menjaga jarak parkir antar-sepeda motor minimal 2 meter saat menunggu penumpang," kata Syafrin dalam SK tersebut yang dikutip Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Selain itu, Syafrin meminta agar perusahaan ojek online dapat menerapkan Teknologi Informasi Geofencing di masa PSBB ini. Hal tersebut agar pengemudi yang berkerumun di satu titik tidak mendapat pesanan penumpang.

"Perusahaan aplikasi wajib menerapkan Teknologi Informasi Geofencing agar pengemudi yang berkerumun pada satu titik lokasi tidak mendapatkan order perjalanan penumpang," jelas Syafrin.

Diatur Ketat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan adanya pembatasan waktu operasional transportasi publik saat pelaksanaan PSBB.

Hal tersebut berdasarkan Pasal 18 ayat 7 Pergub Nomor 88 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

"Angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum, angkutan perkeretaapian, dan atau moda transportasi barang diwajibkan untuk membatasi jam operasional sesuai pengaturan," kata Anies dalam Pergub tersebut yang dikutip Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyatakan penyedia transportasi publik harus melakukan pembatasan jumlah penumpang maksimal 50 persen selama PSBB berlangsung.

Untuk melaksanakan aturan tersebut, empat moda transportasi massal Jakarta MRT Jakarta, Transjakarta dan LRT Jakarta melakukan penyesuaian jadwal operasional.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Ketat, Pemkot Jakarta Timur Awasi Daerah Perbatasan dengan Jabar

Posted: 13 Sep 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Timur awasi sejumlah wilayah perbatasan dengan Jawa Barat pada hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat, Senin (14/9/2020). Puluhan personel dinas perhubungan (dishub) pun disebar ke wilayah-wilayah tersebut.

Pelepasan personel dishub dilaksanakan melalui Apel Siaga di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Jakarta Timur dipimpin langsung Wali Kota M Anwar.

Selain melepas personel dishub, Pemkot Jaktim melepas 60 petugas Satpol PP untuk misi yang sama.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Sudin Perhubungan Jakarta Timur Riky Erwinda mengatakan teknis pengawasan PSBB ketat di lapangan akan mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 70 Tahun 2020 tentang penegakan hukum protokol kesehatan.

"Ada beberapa sektor yang kita sasar dalam pengawasan ini salah satunya memperkuat pengawasan di wilayah perbatasan," kata Riky seperti dilansir Antara, Senin.

Salah satu wilayah perbatasan yang akan diperketat pengawasannya selama PSBB ketat di Jakarta adalah Simpang Lampiri, Pondok Kelapa, yang menjadi perbatasan Jakarta Timur dengan Kota Bekasi.

"Personel menempati posko cek poin lama di Lampiri. Mereka akan mengawasi segala bentuk pelanggaran maupun potensi penularan Covid-19 untuk diantisipasi," ujar Riky.

 

Awasi Penumpang Kendaraan dan Kerumunan

Riky mengatakan pengawasan dilakukan terhadap jumlah penumpang angkutan umum yang melebihi kapasitas angkut 50 persen.

Juga terkait ketentuan penumpang kendaraan pribadi maksimal dua orang dalam satu baris kursi.

Petugas juga akan menyisir sejumlah pangkalan ojek daring untuk mengantisipasi kerumunan.

"Kerumunan itu maksimal lima orang," kata Riky.

Riky menambahkan sanksi yang diberikan sesuai peraturan berupa kerja sosial selama 60 menit atau membayar denda mulai dari Rp 50 ribu, Rp 75 ribu hingga maksimal Rp 500 ribu.

"Kalau masih melanggar kita cabut izin operasionalnya," kata Riky.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Foto Mr P Chris Evans Tersebar, Begini Komentar Warganet

Posted: 13 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Media sosial geger dengan tersebarnya foto Mr P Chris Evans. Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Evans dan timnya, namun warganet tetap memberikan dukungan bagi dirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kaesang Pangarep Berbalut Sweater Pink dan Rambut Belah Tengah

Posted: 13 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, selama ini dikenal kerap tampil dalam tata rambut pendek. Tak jarang, pria berusia 25 tahun tersebut juga melengkapi gayanya dengan mengenakan topi.

Namun sejak pertengahan Agustus lalu, adik Gibran Rakabuming ini hadir dengan tata rambut yang berbeda. Lewat potret yang diunggah bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan RI, Kaesang memilih memanjangkan rambutnya yang berbelah tengah.

Kala itu, ia membagikan potret bernuansa hitam putih tengah mengenakan kaus dan celana pendek. Sembari memakai masker, Kaesang Pangarep juga mempromosikan kolaborasi sepatu hasil karya anak bangsa.

Kaesang Pangarep - Deddy Corbuzier (Foto: Instagram/@mastercorbuzier)
Kaesang Pangarep - Deddy Corbuzier (Foto: Instagram/@mastercorbuzier)

Gaya terbaru Kaesang Pangarep lainnya tampak lewat salah satu unggahan yang dibagikan Deddy Corbuzier pada 11 September 2020. Kala itu, ia berpose bareng Kaesang yang tampil dalam balutan sweater pink.

"Nape nih org jadi GEDE gini!!! @kaesangp thank u for visiting bro," tulis Deddy dalam kolom keterangan potret.

Kaesang Pangarep melipat ke dua tangannya di dada sembari tersenyum ke arah kamera dan tampak pula kumis tipisnya. Sementara, Deddy juga melipat tangan dengan satu jari menunjuk Kaesang sembari melihat ke arah putra bungsu Jokowi tersebut.

Bersama Azka

Kaesang Pangarep - Azka Corbuzier (Foto: Instagram/@azkacorbuzier)
Kaesang Pangarep - Azka Corbuzier (Foto: Instagram/@azkacorbuzier)

Tak hanya Deddy Corbuzier, namun sang putra, Azka Corbuzier, juga mengunggah potret bersama Kaesang Pangarep. Azka, begitu ia akrab disapa, membagikan potret itu melalui akun Instagram pribadinya.

Kaesang masih terlihat dengan tampilan yang sama. Sementara, Azka dengan rambut pendeknya mengenakan kemeja putih yang dibalut dengan jas warna hitam.

"Just met the president @jokowi son.. @kaesangp and HE IS SO BIG... I need to work out more.. #hashtag (Bertemu putra presiden @jokowi.. @kaesangp dan dia sangat besar. Aku perlu latihan lagi)" tulis Azka dalam kolom keterangan.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup Imbas PSBB, Pengelola Ragunan Pastikan Hewan Tak Kekurangan Pakan

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan di Kota Jakarta Selatan ditutup kembali pada 14 September 2020, sebagaimana pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lanjutan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sesuai konferensi pers Pak Gubernur mulai tanggal 14 September hari ini Ragunan tutup," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana kepada Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Ketut mengatakan belum mengetahui batas waktu penutupan, namun yang pasti pihaknya mengikuti arahan dari Pemerintah DKI Jakarta. Ia menjelaskan memang dari pimpinan pengelola Ragunan sudah diarahkan untuk tutup di 14 September 2020.

"Belum tahu batas waktunya mengikuti arahan dari pimpinan saja," jelasnya

Lanjutnya, sejauh ini tidak banyak yang pihaknya lakukan selain menutup kembali semua layanan untuk pengunjung, seperti awal PSBB ditetapkan 14 Maret 2020 lalu.

Kendati begitu, untuk perawatan satwa, kandang, kebersihan lingkungan serta sarana prasarana Ragunan tetap berjalan sesuai aturan PSBB.

"Sebagian masuk untuk melaksanakan pemeliharaan dan sebagian di rumah untuk WFH, 50 persen Work from office (WFO), 50 persen Work From Home, Yang WFO dibagi dua shift masing masing 25 persen dengan jam kedatangan dan jam pulang yang berbeda," ujarnya.

Meskipun tidak ada pendapatan yang masuk lantaran tempat wisata satwa di tutup dan pengunjung dilarang, pihaknya tidak masalah dengan pendapatan. Karena ada APBD dari provinsi DKI Jakarta yang membiayai untuk pakan satwa.

"Memang tidak ada pendapatan yang masuk karena tidak ada pengunjung, tapi untuk pembiayaan pakan satwa didukung oleh APBD  Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

Demikian Ketut berharap PSBB ini bisa menjadi kunci untuk menekan kembali penyebaran kasus covid-19, dan pandemi covid-19 bisa berakhir sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali.

"Pandemi segera berakhir, PSBB dicabut dan aktivitas kembali normal," pungkasnya.   

Simak Jam Operasional Mal Selama Masa PSBB Jakarta

Ilustrasi mal (Dok.Pixabay)
Ilustrasi mal (Dok.Pixabay)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi memberlakukan PSBB ketat mulai hari ini, Senin (14/9/2020). Kendati, pusat perbelanjaan seperti mall dan pasar masih boleh buka namun dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Ketua DPD APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan, untuk jam operasional mall penentuannya masih sama dengan jam operasional saat masa PSBB transisi.

"Jam operasional pusat belanja tetap seperti yang berlaku sama seperti saat masa PSBB transisi, yang berkisar antara pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB," ujar Ellen dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Beberapa kategori yang belum diizinkan beroperasional di pusat perbelanjaaan masih tetap belum dibuka seperti bioskop, area permainan anak, fitness dan toko yang terkait leisure/travel.

Khusus untuk restoran, café dan rumah makan tetap diijinkan buka namun tidak melayani makan di tempat (dine-in) dan hanya diperbolehkan melayani pesan antar (delivery) ataupun bawa pulang (take away).

Menurut Ellen, tentu hal ini berpengaruh terhadap traffic pengunjung restoran yang sudah dicapai, apalagi pekerja kantoran juga diarahkan melakukan work from home (WFH).

"Namun keputusan yang diambil pihak Pemprov juga sudah maksimal dengan berbagai pertimbangan, dimana selama ini pusat belanja juga selalu dengan taat mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan Pemprov," jelasnya.

Pihaknya mengakui telah memahami keputusan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Butuh kebijakan yang komprehensif dan kerja sama seluruh pihak agar wabah ini segera berakhir.

"Kali ini ternyata pihak Pemprov (DKI Jakarta) juga sudah mencatat bahwa pusat belanja di DKI bukan merupakan kluster Covid-19," ujarnya.

Untuk itu, dengan adanya PSBB pengetatan, maka semua anggota APPBI DKI beserta para tenantnya akan lebih disiplin serta lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Pengusaha Minta Pemerintah Pusat Kompak Dukung PSBB Jakarta

Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana salah satu pusat berbelanjaan di Jakarta, Sabtu (12/9/2020). Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) meminta ritel modern dan mal agar tetap bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI yang mulai dilaksanakan 14 September 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dunia usaha melihat masih ada ego sektoral yang sangat menonjol dalam lingkungan birokrasi Pemerintahan Indonesia, lantaran sebagian Menteri mengkritik keputusan PSBB yang diputuskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Beberapa Menteri yang terkesan tidak setuju dan menolak pemberlakuan kembali PSBB tersebut menggambarkan bahwa ego sektoral masih sangat menonjol dalam lingkungan birokrasi kita. Dalam situasi seperti ini pemerintah harus kompak, jangan mempertontonkan ketidak kompakan yang membuat masyarakat bingung," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang, kepada Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Kata Sarman meskipun berat bagi dunia usaha atas kebijakan tersebut, karena akan menghentikan dan mengurangi aktivitas usaha. Namun akan menerima dan memahami pemberlakuan kembali PSBB untuk menekan laju penularan Covid-19 yang sudah sangat mengkhawatirkan di DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Yang kami sayangkan Pemerintah tidak kompak menyikapi kebijakan pemberlakukan kembali PSBB yang diumumkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, padahal keputusan tersebut sesuai dengan arahan Presiden yang harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, jika memang tidak setuju sejogyanya dapat dibahas tuntas dalam rapat koordinasi, tidak perlu sampai mengumbar di media sehingga menciptakan pro kontra dan kegaduhan. Untuk mematikan mata rantai penyebaran Covid-19 kuncinya adalah kebersamaan dari semua elemen masyarakat termasuk pelakuusaha.

Pengusaha sangat apresiasi kepada Menteri BUMN selaku Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Erick Thohir yang menyampaikan sikap pemerintah yang akan proaktif menyambut perkembangan terkini terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

"Pak Erick Tohir menyampaikan bahwa kesehatan lebih utama dan program sosial yang dijalankan Komite merupakan satu kesatuan dengan kesehatan. Karena kesehatan lebih utama, mari kita sama-sama saling menjaga sebab program sosial yang dijalankan komite merupakan satu kesatuan dengan kesehatan," jelasnya.

Sarman menyebut apa yang dilakukan oleh Erick Thohir sudah tepat dan bagus, dengan mendukung kebijakan daerah. Begitu Gubernur DKI Jakarta mengumumkan wacana akan PSBB lagi, Erick dengan sigap menanggapi akan melakukan  Operasi yustisi, yang melibatkan TNI dan Polri untuk kampanye jaga jarak dan menghindari kerumunan dalam rangka operasi yustisi penggunaan masker Pilkada 2020 yang aman, damai dan sehat.

Begitupun untuk kegiatan perkantoran yang meliputi 11 sektor, kantor pemerintahan/ASN dan perusahaan swasta diputuskan tetap berjalan dengan syarat dibatasi menjadi 25 persen dan akan berlangsung selama dua minggu dalam masa PSBB berlangsung.     

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minimalisir Hoaks dan Misinformasi, Google Ubah Algoritma Mesin Pencarian

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google terus berupaya untuk membantu penggunanya untuk menghindari berita palsu atau hoaks. Mereka pun melakukan perubahan pada logaritmanya sehingga pengguna bisa mendapat informasi yang lebih akurat.

Hal pertama yang dilakukan Google adalah dalam hal peningkatan deteksi pada berita dan krisis. Jika Anda mencari sesuatu yang terjadi sekarang ini maka Google akan memberikan informasi dari sumber terpercaya.

Selain itu Google juga meningkatkan ringkasan informasi dari subjek yang Anda cari yang biasanya terletak di sebelah kanan panel. Kini ringkasan informasi itu akan lebih ditingkatkan bekerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi kesehatan dan Wikipedia.

Google juga meningkatkan bantuan mereka pada organisasi pemeriksa fakta. Mereka menggelontorkan uang hingga 6,5 juta dolar AS agar informasi dari para pemeriksa fakta bisa terpampang dengan jelas di mesin pencarian.

Perubahan terbesar dari mesin pencarian Google adalah pada fitur pencarian otomatis. Untuk prediksi penelusuran, Google mengklaim bahwa sebisa mungkin tidak mengarahkan pada informasi yang salah atau hoaks.

 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

C,oykk Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Pakai Masker di Pesawat, Pria Ini Diturunkan dan Didenda Rp 70 Juta

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jepang - Di masa pandemi Corona Covid-19 setiap individu yang berpergian diwajikan untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker.

Namun sayangnya, masih ada saja individu yang ngeyel tidak menggunakan masker ketika berada di tempat umum. Seperti yang dilakukan pria ini.

Pria yang juga penumpang sebuah penerbangan domestik di Jepang ini dipaksa turun dari pesawat karena menolak menggunakan masker.

Melansir dari Asia One, Senin (14/9/2020), kisahnya bermula ketika sebuah pesawat Peach Aviation hendak lepas landas, seorang pramugari memperhatikan bahwa ada penumpang pria yang tidak memakai masker. Dia pun segera menegur pria tersebut dan memintanya untuk memakai masker.

Menolak Pakai Masker

(旅人レオ/youtube.com)
(旅人レオ/youtube.com)

Namun, pria itu menolak menggunakan masker, bahkan membuat kegaduhan karena tidak terima dengan perlakuan pramugari tersebut. Dia mulai berteriak dan juga mengancam awak kabin.

Penumpang lain pun merasa khawatir dengan ulah pria tersebut. Penumpang di sebelah pria itu bahkan meminta pindah kursi karena tidak ingin duduk di sebelahnya

 

Pesawat Terpaksa Mendarat

Ulah penumpang yang tak disebutkan namanya itu pun tak bisa dikendalikan. Pesawat pun terpaksa mendarat di Bandara Niigata, untuk menurunkan penumpang keras kepala tersebut.

Pesawat itu akhirnya mendarat di tujuan, Bandara Internasional Kansai di Osaka. Perjalannya ditempuh lebih dari dua jam, lebih lambat dari yang dijadwalkan.

 

Pihak Maskapai Ajukan Laporan dan Minta Kompensasi

Menurut Kementerian Perhubungan Jepang, peristiwa tersebut pertama kalinya terjadi, di mana seorang penumpang menolak memakai masker di tengah pandemi ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

Terkait insiden itu, pihak Peach Aviation pun mengajukan laporan dan meminta kompensasi sebesar 500 ribu yen atau setara dengan Rp 70 juta, karena telah mengganggu penerbangan dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi Peach Aviation, penumpang dan awak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup Jalan untuk Aksi Balap Lari Liar, Dendanya Mencapai Rp1,5 Miliar

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi balap lari liar kini marak dilakukan di berbagai daerah. Bahkan spesifikasi pebalap lari liar ini juga ramai di media sosial. Saat balap lari liar dilakukan, biasanya jalanan ditutup tanpa ada izin.

Penutupan jalan itu bisa mengganggu pengguna jalan lain. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, siapapun tidak boleh menutup jalan tanpa izin dari pihak berwenang.

Sambodo menegaskan bahwa ada sanksi pidana bagi siapapun yang turut serta dalam aksi balap lari liar yang mengakibatkan penutupan jalan. "Ada sebetulnya sanksinya itu," ungkapnya, dikutip dari laman Korlantas Polri.

Aturan penutupan jalan itu tertera dalam pasal 12 ayat 1 UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Pasal tersebut menyatakan sebagai berikut:

"Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan."

 

Denda Maksimal Rp1,5 Miliar

Sedangkan sanksi bagi pelanggar bisa dipidana penjara maksimal 18 bulan atau denda maksimal Rp 1,5 miliar. Sanksi itu diatur dalam pasal 63 ayat 1 pada Undang-Undang yang sama. Pasal tersebut berbunyi seperti berikut:

"Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (!), dipidana dengan piadna penjara paling lama 18 (delapan belas) bulan atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah)." 

Bubarkan Diri

Tapi sejauh ini, para peserta balap lari liar kerap langsung membubarkan diri ketika polisi mendatangi lokasi mereka. Sambodo menegaskan pihaknya akan langsung membubarkan aksi balap lari liar jika mengetahuinya.

"Kalau untuk balap lari karena mereka waktunya hanya sebentar-sebentar, kadang kita datangi mereka sudah bubar gitu," tandasnya.

Sumber: Otosia.com

Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia.

Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memburu Pengemudi Pajero Sport Maut yang Tabrak Emak-Emak di Jalanan

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru masih memburu pengendara Pajero Sport bernomor polisi BM 1233 RQ. Dia diduga menjadi penyebab tewasnya emak-emak yang tengah bersepeda atau gowes di persimpangan Jalan Jenderal Sudirman dan Arifin Ahmad.

Pajero maut itu sudah ditemukan petugas di Jalan Taman Karya, Kecamatan Tampan. Hanya saja sang pemilik mobil tidak berada di rumah karena tahu ulahnya pada Minggu pagi, 13 September 2020, berujung kematian bagi korban Zuihelmi.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Komisaris Emil Eka Putra SIK menyebut mobil ditemukan pada Minggu petang. Tak ada penolakan dari keluarga pemilik mobil saat kendaraan itu disita polisi.

"Pemiliknya tidak ada, hanya keluarga tadi, mereka kooperatif," kata Emil.

Emil tak menyebut identitas pemilik Pajero Sport yang terlibat kecelakaan itu dengan alasan penyelidikan. Apalagi, mobil itu tidak atas nama pengendara melainkan orang lain karena baru dibeli.

"Pengendara merupakan tangan keempat dari mobil ini setelah dijual pemilik sebelumnya," kata Emil.

 

Tabrak Sepeda Hingga Plat Nomor Copot

Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Kecelakaan Mobil (iStockphoto)

Kejadian maut ini bermula ketika korban Zuihelmi bersama temannya Hariyanto Jasman bersepeda dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. Berdasarkan laporan kepolisian, keduanya berada pada jalur kiri.

Di saat bersamaan, datang Pajero Sport dengan kecepatan tinggi dari belakang. Pengemudi mobil tak bisa menghindari dua pesepeda di depannya sehingga menabrak pesepeda tersebut.

Zuihelmi terlindas lalu terpental sehingga mengalami luka parah di bagian kepalanya. Korban juga patah kaki dan meninggal dunia di lokasi setelah banyak mengeluarkan darah.

Pesepeda lainnya Haryanto mengalami luka di bagian kepala dan lecet di kaki. Haryanto masih selamat tapi sepedanya tak bisa dipakai lagi karena rusak parah.

Dalam kejadian ini, plat nomor polisi Pajero terlepas karena kerasnya tabrakan. Barang bukti di lokasi ini menjadi petunjuk kepolisian melacak keberadaan mobil.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan, Antivirus

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minyak kayu putih merupakan minyak esensial yang dibuat dari penyulingan daun kayu putih. Minyak kayu putih memiliki kandungan sineol sekitar 65 persen. Sineol inilah yang memberikan sensasi hangat dan menenangkan dari minyak kayu putih. Tak heran jika kemudian banyak yang memanfaatkan minyak kayu putih bagi kesehatan.

Selain menghangatkan, kandungan sineol dalam minyak kayu putih juga memiliki kemampuan antiradang dan antioksidan. Hal inilah yang membuat manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan bisa atasi masalah pernapasan. Masalah pernapasan ini meliputi asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Minyak kayu putih merupakan minyak atsiri asli Indonesia yang memiliki kandungan senyawa sineol cukup tinggi. Tak hanya sineol, terdapat pula kandungan eucalyptus dalam minyak kayu putih ini. Eucalyptus memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antimikroba. Hal inilah yang menjadikan manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan semakin patut diandalkan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020).

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

ilustrasi batuk/freepik
ilustrasi batuk/freepik

Batuk

Batuk dapat muncul dari beberapa hal, seperti alergi, infeksi virus, atau kondisi lainnya. Minyak kayu putih dapat berfungsi sebagai dekongestan alami hanya dengan menghirup uapnya.

Terdapat pula senyawa sineol yang dapat melegakan saluran pernapasan. Sehingga dahak dan rasa gatal tenggorokan bisa diredakan karenanya.

Manfaat ini bisa dirasakan dengan mengusapnya ke dada atau leher. Bisa juga dengan menghirup uapnya secara langsung atau meneteskannya dalam baskom air hangat.

Nyeri Sendi

Memiliki masalah pada nyeri sendi dan pegal-pegal memang tak menyenangkan. Obat-obatan yang umumnya digunakan untuk mengatasi keluhan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis mengandung ekstrak minyak Eucalyptus.

Alih-alih mengonsumsi obat, lebih baik gunakan minyak kayu putih yang juga memiliki kandungan serupa. Minyak kayu putih memiliki eucalyptus dan sineol yang bisa menghangatkan persendian.

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Ilustrasi virus Foto: Pixabay (Mohamed_Hassan).
Ilustrasi virus Foto: Pixabay (Mohamed_Hassan).

Pernapasan

Tak hanya bisa mengatasi batuk dan pilek, minyak kayu putih bisa atasi asma, sinusitis, dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). Manfaat ini berasal dari sifat antiradang dan antioksidan minyak kayu putih.

Hal inilah yang kemudian membuat minyak kayu putih dapat mengurangi cairan seperti dahak pada saluran pernapasan. Tak hanya mengurangi tetapi juga membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Minyak kayu putih sering digunakan untuk meredakan masalah hidung tersumbat. Cajuput yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kayu putih mengandung senyawa yang bersifat dekongestan. Senyawa ini dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Antivirus

Minyak kayu putih merupakan minyak atsiri asli Indonesia yang memiliki kandungan eucalyptus. Sementara eucalyptus ini memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antibakteri.

Penelitian tentang potensi eucalyptus pernah diunggah Badan Litbang Kementerian Pertanian. Namun, penelitian tersebut tidak menggunakan minyak kayu putih, melainkan minyak atsiri yang juga terbuat dari eucalyptus.

Mengutip laman Balitbangtan, setelah uji molecular docking, dilakukan uji in vitro di laboratorium Biosafety Level 3 (BSL-3). Hasilnya menunjukkan, Eucalyptus sp. bisa membunuh 80 – 100 persen beberapa virus.

Penelitian tersebut belum menggunakan virus Sars-CoV-2, penyebab COVID-19. Virus corona yang digunakan dalam penelitian adalah virus corona jenis lain (tidak disebutkan jenisnya).

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Ilustrasi sakit kepala/pexels
Ilustrasi sakit kepala/pexels

Sakit Kepala

Minyak kayu putih dipercaya dapat meredakan sakit kepala. Tak menyembuhkan tetapi meredakan karena kandungan sineolnya. Sineol memberikan sensasi hangat dan dapat menenangkan penggunanya.

Jika ingin mendapat sensasi yang lebih menghangatkan, minyak murni dari eucalyptus solusinya. Eucalyptus memiliki kandungan sineol lebih tinggi yakni sekitar 85 persen.

Menjauhkan Serangga

Gangguan  nyamuk dapat mendatangkan berbagai macam keluhan penyakit. Menggunakan semprotan pengusir nyamuk mungkin efektif, namun mengandung bahan kimia yang terlalu kuat.

Untuk bisa menjauhi serangga, coba oleskan minyak kayu putih. Saat ini sudah ada minyak botanical pengusir serangga yang dibuat dari ekstrak minyak lemon Eucalyptus.

Menggunakannya akan membuatmu terhindar dari penyakit bawaan serangga nyamuk seperti malaria dan demam berdarah. Selain nyamuk, kutu juga bisa diusir dengan minyak kayu putih. Hanya perlu meneteskan minyak kayu putih di kulit kepala.

Kulit

Minyak kayu putih tak hanya bermanfaat untuk melegakan saluran pernapasan. Minyak kayu putih pun bisa membantu mengatasi infeksi pada kulit.

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan zat sineol pada minyak kayu putih. Kandungan ini dapat memberikan sensasi hangat dan mengurangi rasa sakit pada permukaan kulit. 

Selain menghangatkan, minyak ini juga dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Hanya saja tak semua orang cocok menggunakannya.

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Ilustrasi bekas jerawat Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi bekas jerawat Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Merawat Luka

Luka pun bisa diringankan dan disembuhkan dengan minyak kayu putih. Pengobatan ini sudah kerap digunakan oleh suku Aborigin Australia. Bedanya, mereka menggunakan daun minyak kayu putih.

Tak heran jika minyak kayu putih, kini diandalkan untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Jika tidak suka menggunakan minyaknya, bisa gunakan krim atau salep kayu putih.

Entah menggunakan minyak atau salepnya, manfaat ini tetap bisa dirasakan. Hanya perlu mengoleskan pada area luka, terutama yang gatal seperti herpes.

Bekas Jerawat

Minyak kayu putih memang memiliki sifat inflamasi tinggi. Tak heran jika kemudian minyak ini cocok untuk meremajakan kulit. Terutama untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menerapkannya juga cukup mudah. Hanya perlu mencampur gel lidah buaya dengan minyak kayu putih. Lalu oleskan pada bekas jerawat secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan setelah menggunakan.

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Ilustrasi ketombe Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi ketombe Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Ketombe

Tak hanya kesehatan kulit, tetapi kesehatan rambut bisa didapat dari minyak kayu putih. Minyak esensial ini memiliki sifat antijamur yang bisa membasmi masalah ketombe.

Jamur Malassezia furfur adalah jamur yang menyerang kulit manusia. Jamur ini bisa mengakibatkan masalah kulit, seperti ketombe atau panu. 

Menurut sebuah penelitian, campuran minyak esensial seperti kayu putih dan atsiri terbukti dapat melawan jamur Malassezia di kepala. Jadi, tak heran jika kemudian produksi kulit ketombe di kepala dapat dikurangi.

Hanya saja, penggunaannya perlu lebih hati-hati. Jangan terapkan pada luka di kulit kepala yang berketombe. Jika terlanjur, efeknya pasti akan sangat perih dan sebabkan iritasi.

Kram Otot

Kram otot bisa diredakan menggunakan minyak kayu putih. Manfaat ini berasal dari sifat analgesik yang dimilikinya.

Kontraksi otot yang datang secara tiba-tiba akan mereda saat menggunakan minyak kayu putih. Aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu karena masalah kram otot.

Hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada area yang mengalami kram otot. Pijat secara perlahan untuk melemaskan. Selain itu, konsumsi buah dan air putih lebih banyak dari biasanya sebagai penunjang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Operasi Yustisi Protokol Covid-19 Saat PSBB Jakarta

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas memberhentikan pengandara motor saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas memberhentikan pengandara motor saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas memberhentikan pengandara motor saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Suasana operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Suasana operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Suasana operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas memeriksa identitas pengendara saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas memeriksa identitas pengendara saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas memeriksa identitas pengendara saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Suasana operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Suasana operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Suasana operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas memeriksa identitas pengendara saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas memeriksa identitas pengendara saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas memeriksa identitas pengendara saat operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 30 Persen Masyarakat Jakarta yang Yakin Tak akan Kena COVID-19

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengatakan, masih banyak masyarakat yang meyakini bahwa dirinya tidak akan terkena COVID-19.

"Saya melihat aturan sudah ada, kebijakan sudah ada, semuanya sudah ada diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, tetapi masih ada masyarakat yang tidak patuh," kata Doni dalam siaran dialog dari Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (13/9/2020).

Doni, mengungkapkan, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Tim Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, setidaknya ada lima provinsi yang banyak dari masyarakatnya yakin bahwa tak akan kena COVID-19.

"Untuk daerah Jakarta, itu ada 30 persen masyarakatnya yang merasa dirinya tidak kena COVID, itu nomor satu. Nomor duanya adalah Jawa Timur, 29 persen," kata Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini.

"Nomor tiganya adalah Jawa Tengah 18 persen, nomor empatnya adalah Jawa Barat 16 persen, dan satu lagi Kalimantan Selatan. Jadi, lima provinsi ini tingkat persentase masyarakat yang merasa dirinya tidak kena COVID-19 itu sangat tinggi."

Pentingnya Peran Orang yang Dihormati

Di ruang kerja relawan Hotel Media, Jakarta, Jumat (7/8/2020), Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo berpesan seluruh relawan untuk menjaga kesehatan. (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19)
Di ruang kerja relawan Hotel Media, Jakarta, Jumat (7/8/2020), Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo berpesan seluruh relawan untuk menjaga kesehatan. (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19)

Doni menyebut, sudah banyak wilayah yang menerapkan bermacam-macam sanksi dan denda tetapi tetap belum maksimal untuk mencegah penularan COVID-19.

Maka dari itu, Doni mengatakan bahwa peran seseorang yang dihormati dalam suatu masyarakat penting dalam pencegahan COVID-19. Salah satunya dalam lingkup terkecil atau keluarga adalah ibu.

"Saya melihat bangsa kita, Indonesia, itu sangat menghargai orangtua terutama ibu," kata Doni.

"Biasanya, kalau di daerah saya, saya berasal dari Sumatera Barat, kalau kita dibilangin sama orangtua kita 'kamu selalu tidak mau ikut nasehat dari ibu, nanti kamu jadi anak durhaka' itu namanya kita disebut jadi anak durhaka, takutnya minta ampun. Mungkin setiap daerah berbeda."

Selain ibu, dalam kelompok masyarakat, tokoh-tokoh penting yang dihormati pun juga bisa berperan dalam pencegahan COVID-19, misalnya seperti tokoh agama.

"Intinya begini, siapapun orang yang paling dihargai di daerah itu, gunakanlah mereka untuk menyampaikan pesan patuh kepada protokol kesehatan."

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mario Lawalata Blak-Blakan soal Alasannya Belum Menikah di Usia 40 Tahun

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Awal September 2020, Oscar Lawalata memperkenalkan nama barunya yakni Asha Smara Darra. Ia mendeklarasikan diri sebagai perempuan. Pekan ini giliran Mario Lawalata buka suara soal mengapa belum menikah di usia 40 tahun.

Mario Lawalata mengaku, citra playboy kadung melekat padanya. Bintang sinetron Pura-pura Buta dan Elang menyebut mencari pacar atau pasangan bagaikan memilih presiden. Tak bisa dilandasi ketertarikan fisik semata.

"Dalam proses mencari itu, saya selalu banyak dekatnya gitu. Karena kan saya mencari yang terbaik, maksudnya ya bukan yang terbaik tapi yang paling cocok sama saya," beber Mario Lawalata.

Akan Dekati Yang Lain

Mario Lawalata. (Foto: Instagram @lawalata13)
Mario Lawalata. (Foto: Instagram @lawalata13)

Ia menjelaskan ini dalam video bertajuk "The Untold Story of Mario Lawalata: Sekarang Gue Siap Married" yang dipublikasikan kanal YouTube The Lawalatas, Minggu (13/9/2020).

"Jadi kalau saya lagi dekat sama yang ini tiba-tiba oh enggak, enggak bisa saya akan dekati yang lain, saya akan cari terus. Saya itu butuh sosok wanita selalu di dalam diri saya," ujar Mario Lawalata.

Perihal Playboy

Mario Lawalata. (Foto: Instagram @lawalata13)
Mario Lawalata. (Foto: Instagram @lawalata13)

Bintang film Claudia/Jasmine dan Menunggu Pagi menyebut peran istri nantinya sangat besar bagi keluarga. Mario Lawalata tak mau ngoyo untuk menghapus citra playboy yang telah melekat selama bertahun-tahun.

"Saya enggak pernah membentuk (citra playboy), ah buat-buat, ah sok-sokan gue nih cowok playboy. Itu enggak sama sekali, enggak pernah kepikiran dari dulu," tutur Mario Lawalata.

Mendekati Perempuan

Mario Lawalata. (Foto: Instagram @lawalata13)
Mario Lawalata. (Foto: Instagram @lawalata13)

"Dan kalau menggangu sih awalnya mengganggunya saat saya mau mendekati perempuan itu. Itu mengganggu hubungan yang saya benaran suka tapi (dia menjawab) 'Alah lo playboy kan, lo gini gitu,'" ia menyambung.

Jenuh mendapat predikat playboy, Mario Lawalata akhirnya cuek. Playboy soal sudut pandang terhadap orang lain. Orang berhak menilai. Yang penting, Mario Lawalata tak seperti yang disebutkan orang.

 

Lihat Gue Secara Real

Unggahan Mario Lawalata. (Foto: YouTube The Lawalata)
Unggahan Mario Lawalata. (Foto: YouTube The Lawalata)

"Itu menggangu tapi kalau pribadi sayanya diomongin saya sudah enggak peduli sama sekali. Gue tahu saat gue ada di depan kamera untuk akting, atau saat gue menjadi diri gue secara Mario yang secara real begitu," katanya.

Tahu menempatkan diri adalah kunci untuk mendapat cinta sejati. "Jadinya kalau untuk relationship lo harus lihat gue secara real. Lo jangan lihat gue di berita, news, gosip, bla-bla-bla," Mario Lawalata mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unboxing Realme 7: Smartphone Kelas Menengah dengan NFC dan 4 Kamera

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tiga hari lagi Realme 7 series akan dirilis di pasar Indonesia pada 17 September 2020 pukul 13.07 WIB lewat acara yang disiarkan di berbagai kanal media sosial dan situs web Realme Indonesia.

Seri terbaru smartphone Realme kelas menengah tersebut belum lama ini telah lebih dulu dirilis di India. Buat kamu yang mau tahu sedikit bocoran soal Realme 7, berikut ini unboxing Realme 7 dari Tekno Liputan6.com.

Desain

Sekilas, desain Realme 7 mengingatkan saya kepada Realme Narzo yang telah dirilis beberapa bulan lalu.

Lekukan di keempat sisi, penempatan kamera depan di pojok kiri atas, serta pemindai sidik jari di tepi kanan yang menyatu dengan tombol power, sama seperti yang dapat kita temukan di Realme Narzo.

Di tepi kiri terdapat tombol volume, sementara di tepi bawah perusahaan menempatkan lubang untuk audio jack 3,5mm, soket USB Type-C, serta pengeras suara (speaker). 

Bodi Belakang

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Beralih ke bodi belakang, terdapat empat lensa kamera yang berderet secara vertikal di bagian kiri atas. Lalu di bagian kiri bawah ada tulisan "realme" berwarna perak.

Masing-masing lensa beresolusi 64MP, sudut lebar 119 derajat, lensa makro, serta lensa potret B&W. Untuk lensa 64MP, perusahaan memakai lensa buatan Sony.

Guna mendukung performanya, Realme 7 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5.000mAh, yang dipadukan dengan pengisian daya cepat 30W Dart Charge.

Spesifikasi Inti

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Dapur pacu Realme 7 adalah MediaTek Helio G95 yang merupakan gaming chipset. Realme 7 menjadi smartphone pertama di dunia yang dibekali chipset tersebut.

Sebagai smartphone dengan gaming chipset, Realme 7 memiliki layar dengan fresh rate 90Hz. Luas layarnya 6,5 inci dengan rasio terhadap bodi mencapai 90,5 persen.

Ada pula NFC, yang umumnya ditemukan pada flagship smartphone. Buat kamu yang sering memakai uang elektronik, NFC ini akan sangat berguna karena kamu bisa langsung mengisi saldo uang elektronik langsung dari ponsel lewat aplikasi mobile banking atau aplikasi lainnya. 

Isi Kotak

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Isi kotak Realme 7, selain smartphone, juga termasuk satu unit kabel USB Type-C, satu unit pengisi daya 30W Dart Charge, serta buku manual dan garansi.

Perusahaan juga menyertakan case tambahan untuk melindungi smartphone. Selain itu ada satu unit pelindung layar yang sudah terpasang.  

Kira-kira, bagaimana performa Realme 7 yang mengusung jargon "64MP Power Master" ini? Berapakah harga jual di Indonesia? Untuk mengetahui jawabannya, stay tuned terus di Tekno Liputan6.com, ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Klub Besar Eropa yang Perebutkan Thiago Alcantara, MU Salah Satunya

Posted: 13 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Munich - Thiago Alcantara menjadi salah satu properti hangat di bursa transfer musim panas ini. Pasalnya, gelandang Bayern Munchen itu santer diberitakan ingin mencari tantangan baru.

Kabar itu mengemuka lewat pernyataan mantan Direkrtur Munchen, Uli Hoeness. Ia menyebut, Thiago telah menolak perpanjangan kontrak yang diajukan Munchen.

"Kami menawarinya empat musim kontrak. Tetapi di menit terakhir, dia mengubah pikiran dan ingin pergi mencari tantangan baru," kata Hoeness seperti dilansir Manchester Evening News.

Thiago sendiri masih bungkam soal masa depannya. Gelandang berusia 29 tahun itu justru menyebut Munchen seperti rumah.

"Saya tidak pernah mengatakan saya akan meninggalkan Munchen," kata Thiago.

Sejauh ini, paling tidak ada tiga klub yang meminati Thiago. Siapa saja mereka?Berikut daftarnya.

 

 

Barcelona

Thiago Alcantara saat berkostum Barcelona (AFP/Josep Lago)
Thiago Alcantara saat berkostum Barcelona (AFP/Josep Lago)

Dukungan agar Barcelona merekrut Thiago datang dari kiper mereka, Marc Andre Ter Stegen. "Saya suka jika Thiago di Barcelona. Gaya bermainnya cocok dengan kami dan dia pemain yang menarik," kata Ter Stegen.

Thiago sebetulnya tak asing dengan Barcelona. Pemain berusia 29 tahun itu merupakan produk asli akademi Barcelona dan sempat naik ke tim senior pada 2009 hingga 2013.

Sayangnya, persaingan ketat di lini tengah Barcelona membuatnya tersingkir. Ia lalu pindah ke Bayern Munchen dan telah tujuh musim berada di sana.

Manchester United

ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi logo manchester united (Liputan6.com/Abdillah)

MU juga berpeluang mendapatkan Thiago di bursa transfer musim panas ini. Sejumlah media Inggris, MU bakal menyodorkan tawaran 30 juta pound atau sekitar Rp 585,7 miliar kepada Munchen untuk Thiago. 

Jumlah tersebut dianggap lebih dari cukup buat raksasa Bundesliga untuk melepas gelandang timnas Spanyol itu.

Thiago akan tertarik dengan proyek di Old Trafford daripada Liverpool. Sebab, bermain bersama Bruno Fernandes dan Paul Pogba adalah prospek yang menarik bagi sang gelandang.

Liverpool

Logo dan ilustrasi Liverpool. (AFP/Paul Ellis)
Logo dan ilustrasi Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Liverpool termasuk klub yang pertama dikaitkan dengan Thiago. Itu setelah manajer Liverpool, Jurgen Klopp melayangkan pujian kepadanya.

Menurut Klopp, Thiago merupakan pemain berkualitas. "Thiago pemain yang sangat bagus seperti banyak pemain di luar sana. Tetapi hanya itu yang dapat saya katakan saat ini," kata Klopp.

Liverpool baru mendatangkan Kostas Tsimikas di bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Yunani itu didatangkan dari Olympiakos dan berposisi sebagai bek kiri.

Saksikan Video Thiago Alcantara Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinkes Banyuwangi Tegaskan IGD RSUD Blambangan Tetap Beri Layanan

Posted: 13 Sep 2020 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menegaskan layanan instalasi gawat darurat RSUD Blambangan tetap buka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono menuturkan, informasi yang beredar soal pengumuman di aplikasi percakapan menyebut IGD RSUD Blambangan tidak menerima pasien itu tidak benar.

"Bahwa IGD RSUD Blambangan tetap memberikan pelayanan kegawatdaruratan kesehatan. Jadi, informasi yang beredar tidak benar," ujar dia di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu, 13 September 2020, seperti dikutip dari Antara.

Mengenai ada tenaga kesehatan RSUD Blambangan  Banyuwangi yang terinfeksi COVID-19, Rio mengatakan, hal itu tidak otomatis membuat layanan terhenti, karena prosedur penanganan telah dilakukan kepada tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif.

"Memang ada tenaga kesehatan yang terpapar, namun semua ditangani dan dilakukan isolasi dan perawatan. Penelusuran juga sudah dilakukan ke karyawan RSUD. Pihak RSUD bahkan sudah menjadwalkan tes usap ke karyawan-karyawan yang kontak erat," ujar dia.

Perkembangan Data COVID-19 di Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau lokasi dapur umum di Blokagung Banyuwangi, Sabtu (12/9/2020).
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau lokasi dapur umum di Blokagung Banyuwangi, Sabtu (12/9/2020).

Ia menyampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir, karena semua tetap siap melayani dan juga ada tenaga kesehatan yang siap mem-back up pelayanan RSUD apabila memang dibutuhkan.

Rio juga mengemukakan, perkembangan kasus COVID-19 di Banyuwangi hingga hari ini, Minggu, 13 September 2020, tercatat ada tambahan kasus baru sebanyak 13 orang, sehingga total menjadi 1.025 kasus.

Selain itu, pada Minggu,13 September juga ada tambahan pasien sembuh sebanyak 365 orang, sehingga total kasus sembuh di Banyuwangi menjadi 656 orang pasien.

"Semua pasien yang sembuh hari ini dari klaster pondok pesantren. Ini seiring dengan masa karantina yang telah usai sejak Sabtu malam, 12 September 2020. Semua santri yang tidak bergejala lagi sudah dinyatakan sembuh," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala Warga Jerman Lebih Takut Donald Trump Ketimbang Virus Corona COVID-19

Posted: 13 Sep 2020 09:56 PM PDT

Berlin - Survei terbaru menunjukkan bahwa warga Jerman lebih takut kepada Donald Trump ketimbang Virus Corona COVID-19.

Sejak 28 tahun perusahaan asuransi terbesar Jerman R+V melakukan survei tentang apa yang dikhawatirkan masyarakat.

Pada tahun pandemi Virus Corona COVID-19, tingkat kekhawatiran masyarakat secara keseluruhan justru turun. Hasil ini bahkan mengejutkan para peneliti. Indeks kekhawatiran bahkan mencapai tingkat terendah sejak survei kekhawatiran dilakukan, dari 39 persen tahun 1992, menjadi 37 persen pada tahun 2020.

"Orang Jerman tidak bereaksi terhadap pandemi dengan panik," kata Brigitte Römstedt, direktur informasi R+V kepada DW seperti dikutip Senin (14/9/2020). "Banyak dari kekhawatiran yang sempat muncul tampaknya mereda."

Orang-orang punya perasaan bahwa "segalanya di bawah kendali dan kami dapat menangani ini," jelas Brigitte Römstedt.

Sikap itu berbeda dengan beberapa tahun lalu ketika ada perang, terorisme, krisis politik imigrasi, dan ekstremisme menjadi ketakutan terbesar masyarakat Jerman.

Penduduk Jerman Tak Terlalu Takut Pandemi Virus Corona COVID-19

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

Untuk penelitian tersebut, sekitar 2.400 pria dan wanita di Jerman berusia 14 tahun ke atas disurvei antara awal Juni hingga akhir Juli tahun ini. Para peneliti bertanya kepada responden tentang ketakutan terbesar mereka dalam bidang politik, ekonomi, secara pribadi dan dalam lingkungan mereka.

Hasil survei menunjukkan, penduduk Jerman relatif tidak takut dengan pandemi saat ini. Hanya 32% (tahun sebelumnya 35%) mengatakan mereka takut jatuh sakit karena penyakit serius. Padahal tahun ini ada pandemi Virus Corona COVID-19.

"Hanya sekitar satu dari tiga orang yang disurvei mengatakan takut bahwa mereka atau orang lain di lingkaran sosial mereka dapat terinfeksi virus Virus Corona COVID-19," kata Brigitte Römstedt. Temuan serupa dibuat pada awal bulan ini oleh survei lain, Deutschlandtrend.

Dampak ekonomi Virus Corona COVID-19 lebih dikhawatirkan daripada virusnya

Hanya 42% responden mengatakan khawatir bahwa globalisasi dapat menyebabkan pandemi lebih sering terjadi di masa depan.

"Mengingat penyebaran virus yang cepat di seluruh dunia, kami memperkirakan angka yang lebih tinggi. Tapi menurut temuan kami, orang jauh lebih takut bahwa virus dapat mengancam kesejahteraan ekonomi mereka daripada kesehatan mereka," kata Brigitte Römstedt.

Ketakutan kemungkinan kehilangan pekerjaan kembali berada di puncak indeks ketakutan di bidang ekonomi tahun ini. Kekhawatiran tentang kenaikan biaya hidup menempati urutan kedua.

Politik Donald Trump yang Paling Ditakuti

Donald Trump saat mengumumkan hengkangnya AS dari Kesepakatan Paris di Gedung Putih (1/6/2017) (AP Photo/Andrew Harnik)
Donald Trump saat mengumumkan hengkangnya AS dari Kesepakatan Paris di Gedung Putih (1/6/2017) (AP Photo/Andrew Harnik)

Pada 3 November akan dilaukan pemilihan presiden di AS. Bagi banyak penduduk Jerman, kemenangan Donald Trump adalah mimpi buruk. Trump menempati urutan teratas dalam daftar ketakutan, dengan 53% responden mengatakan mereka takut dampak politiknya.

"Kebijakan luar negeri Trump telah berulang kali menyebabkan masalah internasional yang serius," kata Manfred G. Schmidt, ilmuwan politik di Universitas Ruprecht-Karls di Heidelberg. Washington juga terus menarik diri dari kerja sama internasional, tambahnya.

Di bidang politik, kekhawatiran tentang imigrasi telah turun ke level terendah dalam lima tahun. Pada tahun 2020, 43% orang yang disurvei mengatakan mereka khawatir bahwa masuknya orang asing bisa menyebabkan ketegangan antarawarga dan pendatang baru. Tapi jumlah orang yang khawatir negara Jerman bisa kewalahan dengan kedatangan pengungsi turun dari 56% tahun lalu menjadi 43% tahun ini.

Hasilnya juga mengejutkan para peneliti: masyarakat Jerman jadi lebih percaya pada politik dan politisi ketimbang sebelumnya. Hanya sekitar 40% responden yang mengatakan bahwa mereka saat ini khawatir bahwa para politisi tidak melakukan tugas mereka dengan baik. Inilah angka terendah sejak tahun 2000. Menurut penulis penelitian, ini ada hubungannya dengan kepuasan umum masyarakat dengan manajemen krisis pemerintah Jerman selama pandemi Virus Corona COVID-19.

Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H

Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penusukan Syekh Ali Jaber, Pusdokes Polri Ikut Periksa Kejiwaan Pelaku

Posted: 13 Sep 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polresta Bandar Lampung menggandeng Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri untuk memeriksa kejiawaan Alpin Andrian (24), tersangka penusukan, Syekh Ali Jaber.

"Hari ini dari Pusdokkes Polri menghadirkan tim ahli yang dipimpin oleh dr Hening Madonna akan melakukan observasi secara mandiri," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Jakarta, Senin (14/9/2020).

Dia mengatakan, kepolisian ingin memastikan kondisi kesehatan pelaku penusukan Syekh Ali Jaber. Menurut pengakuan keluarga, pelaku sempat menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit jiwa.

Oleh karena itu, penyidik pun melibatkan dr Tendri Septa, salah satu dokter dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung Psikiater Pusdokkes Polri untuk membantu melakukan asesmen terhadap pelaku. Berdasar keterangan dr Tendri Septa, observasi membutuhkan waktu setidaknya 14 hari.

"Observasi itu tidak bisa dilakukan dalam waktu satu atau dua hari. Nah nanti kedua analisa itu akan dikomparasi," ucap Pandra soal kasus penusukan Syeh Ali Jaber.

 

Proses Hukum Tetap Jalan

Pandra memastikan proses hukum terus berjalan. Menurut dia, tersangka masih ditahan di Polresta Bandar Lampung.

"Kita tetap akan memproses secara hukum, dan tentunya proses secara hukum ini didasari juga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani terhadap tersangka," ucap Pandra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Rindu Atlet Balap Motor Indonesia Unjuk Gigi di Ajang Internasional

Posted: 13 Sep 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet menggelar lomba balap motor ASR Racing Championship memperebutkan Piala Bambang Soesatyo. Dia menilai, penyelenggaraan lomba balap motor disertai sosialisasi protokol kesehatan, sosialisasi safety riding, sosialisasi Forum Solidaritas Pembalap dan Team Balap Motor, telah menjadi oase dan pengobat dahaga bagi para pecinta balap motor Tanah Air, yang telah lama akibat pandemi Covid-19.

"Sebagai penggemar olahraga otomotif, saya adalah satu di antara 270 juta penduduk Indonesia yang sangat merindukan atlet balap motor Indonesia unjuk gigi di ajang kejuaraan Internasional. Mungkin bagi sebagian orang, hal itu adalah impian besar yang sulit diraih. Tetapi bukankah banyak atlit yang sukses karena impian mereka? Maka kepada para atlit balap yang berlomba pada hari ini, jangan pernah ragu menggantungkan impian kalian setinggi langit, karena jikapun kalian jatuh, kalian akan jatuh di antara bintang-bintang," ujar Bamsoet di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (13/9/2020).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengungkapkan, perlombaan ASR Racing Championship yang digelar sejak Sabtu (12/9) telah mempertandingkan 31 kelas berbeda.

Bila diselenggarakan secara konsisten, setidaknya akan memberikan ruang kompetisi yang memadai bagi atlit balap motor. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk bersaing pada level yang lebih tinggi. Seiring perjalanan waktu, persaingan di dunia balap akan semakin ketat, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Sekaligus menjadi ajang penjaringan dan pembinaan bakat atlit balap motor di Tanah Air. Ajang lomba ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan performa atlit balap motor. Sebagaimana cabang olahraga lain, untuk membentuk atlit berkualitas, latihan rutin dan penyelenggaraan kompetisi yang representatif secara periodik adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditawar," ungkap Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) ini menjelaskan, ada begitu banyak alasan untuk mencintai olahraga balap motor. Salah satunya adalah menyaksikan manuver-manuver hebat pada kendaraan yang melaju kencang, yang dapat membuat adrenalin terpacu. Namun sesungguhnya, balap motor tidak sekedar urusan adrenalin. Banyak nilai dan filosofi balap yang dapat menjadi pembelajaran bagi kehidupan.

"Olahraga balap motor menuntut atlet yang visioner, yang pandai membaca situasi dan penuh perhitungan. Jeli mengamati kapan harus bersabar dan menunggu kesempatan, serta kapan harus tancap gas dan melakukan overtaking. Atlet balap motor juga mesti tangguh dan tahan banting. Jatuh adalah bagian dari proses menuju garis finish," jelas Bamsoet.

Penggemar berat otomotif ini menambahkan, ketahanan fisik dan mental pada saat bersamaan menjadi syarat mutlak bagi setiap pembalap. Mengendalikan keseimbangan, mengontrol speed, mengatur momentum pengereman, dan memacu akselerasi, semuanya dilakukan dengan perhitungan matang dan fokus yang cermat, karena kesalahan perhitungan dapat berakibat fatal.

"Balap motor juga mengajarkan nilai harmoni dan keseimbangan, yakni hubungan timbal balik antara man and machine. Motor balap yang paling canggih sekalipun tidak akan mampu memenangi perlombaan, jika ada di tangan pembalap yang tidak mahir. Sebaliknya, pembalap yang jagoan pun tidak akan menampilkan performa terbaik, tanpa dukungan mesin motor yang berkinerja optimal," pungkas Bamsoet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Membuat Mie Sendiri dari Sayuran yang Sehat dan Lezat

Posted: 13 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat mie sendiri dari bahan sayuran bisa kamu terapkan di rumah. Mi merupakan makanan yang digemari banyak orang karena mendapatkannya sangat mudah dan pengolahannya yang sederhana. Belum lagi rasanya yang bisa bikin kamu ketagihan.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi mi, terutama mi instan, diketahui tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, solusinya adalah membuat mi sendiri dari sayuran yang sehat. Dengan begitu, kamu bisa menyantap mi yang lezat dan mendapatkan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Cara membuat mie sendiri dari sayuran tidak begitu sulit. Kamu tinggal mengumpulkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan, dan mengikuti langkah-langkah mudah dalam membuatnya. Mi sayuran yang sehat dan lezat pun bisa menjadi santapan kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020) tentang cara membuat mie.

Mie Bayam

Mie/Unsplash Sebastian-Holgado
Mie/Unsplash Sebastian-Holgado

Cara membuat mie sendiri dari sayuran yang pertama adalah menerapkan resep mi bayam. Cukup dengan mengumpulkan seluruh bahan-bahannya dan mengikuti berbagai langkah pembuatannya, kamu sudah bisa mendapatkan mi bayam yang enak dan sehat.

Bahan-bahan:

- 300 gr tepung terigu tinggi protein

- 110 gr sari bayam

- 2 sdm minyak goreng

- Garam Secukupnya

- Tepung tapioka

Cara membuat mie bayam:

1. Haluskan bayam, kamu dapat memblendernya dengan menambah sedikit air.

2. Campurkan tepung dan garam, kemudian tambahkan jus bayam. Uleni hingga kalis.

3. Diamkan kurang lebih 10-15 menit

4. Pipihkan adonan kemudian potong adonan. Giling sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan

5. Taburi tepung saat menggiling agar adonan mi tidak lengket

6. Jika ingin langsung mengolah mie, rebus mie dalam air dan beri minyak agar tidak terlalu lengket. Mi yang telah matang akan mengapung.

7. Angkat, dan mi siap diolah sesuai keinginan

Mie Sawi

Cara membuat mie sendiri dari sayuran berikutnya adalah menerapkan resep mi sawi. Cukup dengan mengumpulkan seluruh bahan-bahannya dan mengikuti berbagai langkah pembuatannya, kamu sudah bisa mendapatkan mi sawi yang enak dan sehat.

Bahan-bahan:

- 250 gram tepung terigu tinggi protein

- 250 gram sawi hijau, ambil sarinya kurang lebih 50 ml dengan cara tambahkan sedikit air kemudian blender sampai halus

- 1 sdm tepung sagu

- 1 butir telur ayam

- 1 sdt garam

Cara membuat mie sawi:

1. Campurkan tepung terigu dalam wadah bersama garam dan tepung sagu, aduk rata.

2. Campurkan 1 butir telur dan sari daun sawi, kocok rata. Kemudian masukkan perlahan-lahan campuran telur kedalam adonan tepung. Aduk kembali sampai rata.

3. Uleni adonan sampai kalis, kemudian timbang adonan seberat 75 gram. Diamkan selama 15 menit.

4. Pipihkan adonan dan giling dengan mesin mi mulai dari nomer 1 kemudian nomer 2, sesekali taburi adonan dengan tepung sagu agar tidak menempel. Lakukan penggilingan terus sampai pada nomer 4

5. Setelah adonan pipih memanjang, taburi dengan tepung sagu pada bagian atas dan bawah. Hal ini dilakukan mi tidak lengket. Giling adonan pipih ke adonan mi, di mesin mie ada 2 pilihan bentuk mi besar dan kecil. Pilih sesuai keinginan.

6. Mi siap untuk diolah. Kamu hanya tinggal merebus mi saat ingin diolah.

Terkait dengan penyimpanan mi sawi ini, pada penyimpanan kedap udara, mi dapat bertahan selama 3 hari.

Mie Wortel

Mie/pexels.com
Mie/pexels.com

Cara membuat mie sendiri dari sayuran selanjutnya adalah menerapkan resep mi wortel. Cukup dengan mengumpulkan seluruh bahan-bahannya dan mengikuti berbagai langkah pembuatannya, kamu sudah bisa mendapatkan mi wortel yang enak dan sehat.

Bahan-bahan:

- 250 gr tepung terigu tinggi protein

- 25 gr tepung kanji

- 5 buah wortel ukuran besar

- 100 mlair

- 1 butir telur

- Garam secukupnya

Cara membuat mie wortel:

1. Kupas bersih dan cuci wortel. Kemudian blender wortel dengan 100ml air dan ambil sarinya.

2. Campurkan tepung terigu, tepung kanji yang telah diayak, garam, dan telur

3. Tambahkan air wortel sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis

4. Diamkan adonan selama 15 menit. Kemudian pipihkan adonan sambil ditaburi tepung terigu tiap sisinya agar tidak lengket. Terakhir, timbang dan bagi menjadi beberapa bagian

5. Giling adonan pada mesin gilingan mie

6. Simpan mie pada wadah tertutup atau masukkan ke dalam kulkas

Terkait dengan penyimpanan mi wortel ini, pada penyimpanan kedap udara, mi dapat bertahan selama 2 hari. Kamu hanya perlu merebusnya saat akan diolah.

 

Mie Daun Kelor

Cara membuat mie sendiri dari sayuran berikutnya adalah menerapkan resep mi daun kelor. Cukup dengan mengumpulkan seluruh bahan-bahannya dan mengikuti berbagai langkah pembuatannya, kamu sudah bisa mendapatkan mi daun kelor yang enak dan sehat.

Bahan-bahan:

- 250 gr tepung terigu protein tinggi

- 60 ml sari daun kelor

- 1 butir telur ayam (suhu ruang)

- Sejumput garam

Cara membuat mie daun kelor:

1. Campur tepung terigu dan garam dalam wadah.

2. Tambahkan telur. Uleni sambil ditambah sari daun kelor sedikit demi sedikit. Uleni sampai kalis.

3. Potong - potong adonan menjadi beberapa bagian, kemudian timbang. Giling menggunakan penggiling mi sesuai ketebalan yang diinginkan.

4. Giling beberapa kali sampai halus dan lembut, sambil diberi tepung agar tidak lengket.

5. Kemudian potong-potong mie dengan panjang sesuai keinginan.

6. Rebus selama 3 menit. Agar tidak lengket, setelah ditiriskan tambah sedikit minyak.

7. Mi daun kelor siap diolah sesuai keinginan.

 

Mie Buah Naga

Cara membuat mie sendiri dari sayuran selanjutnya adalah menerapkan resep mi buah naga. Cukup dengan mengumpulkan seluruh bahan-bahannya dan mengikuti berbagai langkah pembuatannya, kamu sudah bisa mendapatkan mi buah naga yang enak dan sehat.

Bahan-bahan:

- 250 gr tepung terigu tinggi protein

- 1/2 sdm maizena

- 20 gr buah naga matang (ambil sarinya)

- 4 gr garam

- 1 butir telur

Cara membuat mie buah naga:

1. Campurkan tepung terigu dan maizena

2. Campurkan telur, air buah naga (buah naga dapat dihaluskan dengan blender atau dihamdurkan dengan garpu) dan garam. Aduk sampai rata

3. Tuangkan campuran telur dan buah naga pada campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk sampai adonan kalis.

4. Kemudian giling adonan dengan alat penggiling mie hingga halus. Taburi adonan yang digiling dengan tepung agar tidak lengket.

5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Kemudian giling dengan potongan mie

6. Kemudian jika ingin langsung mengolah mie, masak air hingga mendidih, kemudian masukkan mie sampai matang terapung

7. Angkat mie, kemudian beri sedikit minyak agar tidak lengket. Mie siap diolah sesuai keinginan.

Cara Membuat Mie Sederhana

mie homemade/unsplash/sarah boyle
mie homemade/unsplash/sarah boyle

Selain beberapa cara membuat mie dengan bahan sayuran atau buah, kamu juga bisa membuat mi sederhana dengan bahan-bahan yang sederhana pula. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya yang perlu diperhatikan:

Bahan-bahan:

- Tepung serba guna (high gluten flour).

- Telur (opsional)

- Air dengan perbandingan 1:2 dengan tepung

- Garam secukupnya

Cara membuat mie sederhana:

1. Buat adonan mi terlebih dahulu, dengan mencampurkan tepung, telur, garam dan air.

2. Untuk menambah sayuran atau bahan lain, kamu bisa memasukkan bahan pada tahap ini dalam bentuk cair.

3. Lalu aduk hingga membentuk adonan. Uleni sampai teksturnya kenyal dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

4. Setelah itu, pipihkan adonan dengan penggulung, jangan lupa untuk menaburkan tepung agar tidak lengket.

5. Pipihkan sampai ukuran mi yang diinginkan. Lalu potong tipis mi dengan menggunakan pisau.

6. Kemudian, diamkan mi selama selama 10-20 menit sebelum diolah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Pede MU Bakal Buat Penawaran untuk Pemain yang Tak Disukai

Posted: 13 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gareth Bale telah dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United (MU) tidak lama setelah dia tiba di Real Madrid. Dengan situasinya di bawah Zinedine Zidane menjadi semakin buruk, rumor tersebut terus berlanjut hingga hari ini.

Dilaporkan MU dapat pindah sasaran ke Bale jika opsi lain memudar musim panas ini. Mundo Deportivo melaporkan Minggu (13/9/2020) meski Real Madrid belum mendengar apa pun dari mereka yang bertanggung jawab di Old Trafford, manajemen Los Blancos yakin bahwa MU akan segera mengajukan penawaran untuk sang pemain.

Namun, sejauh ini tidak dijelaskan apa yang mendasari keyakinan itu. Tapi, Mundo mengatakan potensi masalah terbesar bukanlah biaya transfer, tetapi soal gaji pemain.

Diakui bahwa tidak ada klub yang mau membayar gaji pemain asal Wales ini sebesar 15 juta euro, setelah dipotong pajak. Dan, klaim Madrid bersedia membantu pembayaran sudah ditolak.

Zidane dikabarkan tidak ingin Bale berada di ruang ganti. Ia lebih suka Bale keluar secepat mungkin. Namun, sampai saat ini tidak ada pergerakan apapun dari MU, atau klub lainnya.

Subsidi

Pemain Real Madrid Marcelo, Gareth Bale, dan Luka Modric melakukan sesi latihan menjelang final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Jumat (25/5). Final Liga Champions akan mempertemukan Madrid melawan Liverpool. (AP/Matthias Schrader)
Pemain Real Madrid Marcelo, Gareth Bale, dan Luka Modric melakukan sesi latihan menjelang final Liga Champions di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Jumat (25/5). Final Liga Champions akan mempertemukan Madrid melawan Liverpool. (AP/Matthias Schrader)

Sebelumnya, dikabarkan Real Madrid siap mensubsidi 50 persen gaji Gareth Bale pada klub yang berminat meminangnya.

Tawaran ini juga dilakukan guna memfasilitasi kemungkinan kembalinya Bale ke Liga Inggris musim panas ini.

Rela

Winger Real Madrid Gareth Bale tampak kecewa setelah golnya ke gawang Barcelona dianuli dalam lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. Duel bertajuk El Clasico itu berakhir 0-0.(AP Photo/Joan Monfort)
Winger Real Madrid Gareth Bale tampak kecewa setelah golnya ke gawang Barcelona dianuli dalam lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. Duel bertajuk El Clasico itu berakhir 0-0.(AP Photo/Joan Monfort)

Real Madrid bukannya tidak ingin melepas Bale. Beberapa waktu lalu, Zidane bahkan sudah menyatakan bakal merelakan Bale ke klub China dengan nilai transfer gila-gilaan.

Namun Bale ternyata batal pindah dan masih bertahan di Real Madrid hingga saat ini. Dia mulai pasrah dan tidak bersemangat membahas masa depannya di Los Blancos.

Rusak

Hubungan Bale dengan Zinedine Zidane diklaim telah rusak dan situasinya di Madrid tampaknya tidak dapat dipertahankan.

Bale sebenarnya aset berharga Real Madrid bila dilihat dari bayaran yang diterimanya. Namun pemain yang diboyong dari Tottenham Hotspur dengan label sebagai pemain termahal dunia itu seperti berada di sangkar emas.

Klasemen La Liga

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: