Jumat, 25 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kisah Akmal, Lulus Jadi Bintara TNI AD Lanjutkan Pengabdian Ayah yang Terbunuh Saat Tugas

Posted: 25 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akmal Tri Jaya berhasil menunaikan janjinya dengan lolos mengikuti pendidikan Bintara Prajurit Karir Reguler TNI Angkatan Darat (AD) 2020, setelah melalui jalan hidup yang berat usai sang ayah yakni almarhum Serda Baso Hadang terbunuh saat menjalankan tugas.

Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono membagikan kisah keberhasilan tersebut. Ayah Akmal merupakan seorang Babinsa Koramil 1413-16/Sorawolio Kodim 1413 Buton yang meninggal di tangan pemuda setempat yang mabuk alkohol.

"Tuhan telah menggariskan di balik kisah tragis orang tuanya yang terbunuh dalam melaksanakan tugas, Akmal meraih kesuksesan untuk melanjutkan pengabdian ayahnya," tutur Sumarsono dalam keterangannya, Sabtu (26/9/2020).

Menurut Sumarsono, pelaku atas nama Komang Ilyas tewas saat upaya penangkapan petugas. Dia mencoba melarikan diri di Kelurahan Karing-Karing, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, pada 19 Mei 2020.

"Berkat usaha yang keras dan bekali-kali mendaftar jadi prajurit TNI AD, akhirnya Akmal mewujudkan perjalanan hidupnya yang tragis dan menunaikan janjinya untuk mengangkat harkat dan martabat keluarganya dengan menjadi prajurit TNI AD tahun ini," jelas dia.

Ibunda Akmal, Nunung Karnengsih sangat mengetahui keinginan anaknya. Dia mendukung penuh niat pemuda yang lahir di Bandung pada 1998 itu untuk melanjutkan pengabdian ayahnya, TNI AD.

"Saya hanya mendukung dan mendoakan Akmal. Alhamdullillah semua karena Allah SWT dan tentunya dorongan dari unsur pimpinan dan rekan-rekan almarhum, dia berhasil mewujudkan cita-cita dan janjinya sebagai prajurit TNI AD," kata Nunung.

Dia berharap, Akmal bisa berhasil menggantikan almarhum ayahnya. Sifat keduanya pun terbilang mirip, agak keras namun peduli dengan orang lain.

"Saya hanya bisa berharap Akmal nanti bisa mengikuti jejak bapaknya, disiplin, dan bertanggung jawab serta sayang sama keluarga," ujarnya.

 

Usaha Keras Akmal

Nunung melihat usaha keras Akmal yang berkali-kali mendaftar dan melakukan latihan rutin, hingga akhirnya berhasil lolos seleksi.

"Moga kedepannya dia bisa mewujudkan impiannya, dia ingin merasakan berangkat tugas untuk membela bangsanya, tentara yang jago perang katanya waktu itu," Nunung menandaskan.

Para pendaftar Calon Bintara PK TNI AD 2020 sendiri mencapai 1.219 orang. Melalui proses seleksi yang transparan, Korem 143/HO mengirimkan 106 putra-putra terbaik Sultra untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Makassar.

Dari 68 orang anak-anak Sultra yang akan mengikuti pendidikan di Rindam XIV/Hasanudin, rinciannya asal wilayah Kolaka 28 orang, Buton 12 orang, Muna 18 orang, dan Kendari 10 orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

47 Napi Lapas Surabaya Terpapar COVID-19

Posted: 25 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur menggelar uji usap COVID-19 massal pada 18 dan 21 September 2020. Hasilnya, 47 orang warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas I Surabaya terkonfirmasi positif COVID-19.

47 orang tersebut dievakuasi masuk ke ruangan isolasi dan perawatan. Kalapas Surabaya Gun Gun Gunawan menuturkan, untuk pegawai yang dinyatakan positif COVID-19 langsung diminta melakukan isolasi mandiri.

"Kami mengetahui kabar tersebut setelah melakukan uji usap massal pada 18 dan 21 September lalu," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Sabtu, (26/9/2020).

Ia menuturkan, ada sebanyak 400 spesimen dari warga binaan dan pegawai diperiksa untuk mengetahui ada COVID-19.

"Ini menjadi bagian dari upaya tracing yang kami lakukan setelah beberapa waktu lalu warga binaan yang sempat positif COVID-19 dinyatakan sembuh," kata dia.

Warga Binaan Tidak Alami Gejala COVID-19

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Gun Gun melanjutkan sebenarnya belum ada surat resmi terkait hasil tes usap massal dari Laboratorium RSUD dr Soetomo karena pemberitahuan hanya dilakukan secara lisan saja. Namun, kata dia, pihaknya tetap melakukan upaya secepat mungkin untuk meminimalkan penyebaran yang lebih luas.

"Kami belajar dari pengalaman sebelumnya dan berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi warga binaan kami, keselamatan warga binaan adalah prioritas kami," ujar dia.

Semua warga binaan yang dinyatakan positif COVID-19, lanjut Gun Gun, dalam keadaan baik, tidak ada gejala seperti batuk, demam atau ciri-ciri COVID-19 lainnya.

Meski begitu, Gun Gun menegaskan pihaknya memberikan perhatian khusus kepada warga binaan yang positif COVID-19, termasuk menyediakan obat-obatan, makanan bergizi dan suplemen agar kondisinya tetap baik.

"Kami juga telah menjalin koordinasi dengan gugus tugas provinsi dan RSUD dr Soetomo Surabaya, kami berharap dukungan masyarakat agar penanganan di lapas bisa berjalan dengan baik," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Zodiak yang Diprediksi Akan Jatuh Cinta di Bulan Oktober

Posted: 25 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga bulan lagi tahun 2020 akan segera berganti menjadi tahun 2021, sama halnya dengan bulan September ini yang akan beralih ke bulan Oktober. Menurut ramalan zodiak, ada beberapa zodiak beruntung yang akan berkesempatan untuk jatuh cinta di bulan ini.

Meskipun tahun 2020 ini tak mudah untuk dijalani, namun semoga di bulan Oktober ini bisa memberi penghiburan untukmu. Di bulan ini, energi dari Libra akan menyinari kita selama satu bulan penuh.

Zodiak Libra memiliki timbangan sebagai simbolnya, hal ini dimaksudkan bahwa hidup itu gak cuma harus seimbang saja, melainkan harus berlaku adil. Kita bisa kembali merefleksi hidup kita selama beberapa bulan ini agar bisa mengambil keputusan besar karena sebentar lagi tahun akan berganti.

Hal ini ternyata juga berpengaruh pada kehidupan cintamu. Berikut merupakan 4 zodiak yang diprediksi akan jatuh cinta di bulan Oktober, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (26/9/2020).

1. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Laura Garcia from Pexels
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Laura Garcia from Pexels

Dengan bersinarnya Venus di bulan ini, hubungan yang dialami oleh pemilik zodiak Scorpio dan pasangan akan menjadi romantis. Tak akan ada masalah berarti selama anda dan pasangan bisa menyeimbangkan gaya hidup masing-masing.

Bagi anda yang masih mencari jodoh, anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang memiliki spiritualitas tinggi. Barangkali, anda bisa menemukan hal tak terduga seperti energi positif dan jodoh di tempat tersebut.

2. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Kate Nuzhnaya on Unsplash
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Kate Nuzhnaya on Unsplash

Setelah mengalami bulan-bulan yang berat menghadapi berbagai musibah di tahun ini, ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk berlibur bersama pasangan. Lupakan masalahmu sejenak dan bergembiralah untuk kembali menimbulkan romantisme antara kalian berdua.

Sedangkan untuk para Capricorn yang masih sendiri, coba berikan dirimu self-reward berupa liburan. Pergi ke tempat-tempat yang tak terduga bisa membawamu ke arah jodoh yang tak pernah kau bayangkan sebelumnya.

3. Aries (21 Maret - 19 April)

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Romane Van Troost on Unsplash
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Romane Van Troost on Unsplash

Berkat pengaruh Mars dan Merkurius, bagi kalian para Aries yang sudah berpasangan, di bulan Oktober ini kalian akan kembali merasakan romansa PDKT. Tetap jaga komunikasi dan kompromi seimbang, jangan egois.

Bagi anda yang masih single, bulan Oktober ini merupakan waktu yang cocok untuk membuka lembaran baru. Lupakan masa lalu dan cobalah untuk membuka hati terhadap orang-orang disekitar anda, siapa tau jodoh sudah di depan mata.

4. Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Berikut tipe wanita yang disukai pria berdasarkan zodiaknya.  (Foto: iStockphoto)
Berikut tipe wanita yang disukai pria berdasarkan zodiaknya. (Foto: iStockphoto)

Sama halnya dengan Aries, berkat pengaruh hangat dari Mars, hubunganmu bulan ini bersama pasangan akan lebih hangat dan romantis. Cobalah untuk menjelajahi tempat baru atau mencoba berbagai kegiatan baru bersama untuk meningkatkan kekompakan kalian.

Bagi para zodiak Cancer yang masih single, ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari pasangan baru. Cobalah untuk sedikit lebih agresif dan tunjukkan sisi penyayangmu kepada calon pacar, nampaknya ia juga sedang berusaha membuka hati untukmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mampu Beli, Kisah Haru Pria Pungut Boneka di Tempat Sampah Demi Anaknya

Posted: 25 Sep 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Malaysia - Membahagiakan buah hati menjadi salah satu prioritas orang tua. Mereka bahkan rela berkorban demi bisa membuat anak-anaknya hidup nyaman dan berkecukupan. Namun, tidak semua orang tua bisa mewujudkan apa yang buah hati mereka inginkan, karena terbentur kondisi ekonominya.

Seorang pengguna Facebook baru-baru ini menunjukkan bagaimana boneka bekas menjadi cara seorang ayah untuk mewujudkan keinginan anaknya.

Melansir dari World of Buzz, Sabtu (26/9/2020), pemilik akun bernama Azri Walter menceritakan bagaimana dirinya bertemu dengan seorang pengendara sepeda motor yang membawa boneka super besar ketika dalam perjalanan menuju kantornya di Putrajaya, Malaysia.

Dalam unggahannya, dia mengatakan melihat pria itu tengah berhenti di lampu lalu lintas. Yang menarik perhatiannya, pengendara sepeda motor itu membawa boneka beruang besar di bagian depan motornya.

Boneka untuk Anaknya

(Azri Walter/facebook.com)
(Azri Walter/facebook.com)

Ketika itu lampu lalu lintas merah menyala, Azri menghampiri pengendara motor itu dan bertanya untuk siapa boneka beruang yang dibawanya itu.

"Bang, saya melihat boneka beruang ini di tempat kerja saya. Seseorang telah membuangnya ke tempat sampah," kata pria yang tak diketahui identitasnya itu.

Azri bertanya kepadanya apakah itu untuk anaknya. Setelah beberapa lama, dia berkata bahwa itu memang untuk anaknya yang sudah lama menginginkan boneka beruang.

"Kami melihat boneka beruang di toko kemarin, tapi harganya terlalu mahal. Saya bisa menggunakan uang itu untuk membeli makanan untuk keluarga saya," lanjutnya.

Bonekanya Masih Bagus

Menurut pria itu, boneka tersebut masih sangat layak sehingga dia memutuskan untuk membawanya pulang.

"Beruang yang saya temukan ini masih dalam kondisi baik, ini berkat saya. Setelah saya mencucinya, dia akan sangat bahagia," kata pria itu.

Lampu lalu lintas kemudian berubah menjadi hijau, dan dia mengucapkan selamat tinggal. Tapi sebelum pergi, Azri mengatakan kepadanya bahwa dia adalah ayah terbaik.

Azri pun mengakhiri unggahannya dengan mengatakan itu adalah pengorbanan ayah dan kita tidak boleh melupakan cinta mereka.

"Kami selalu mendengar cerita pengorbanan ibu dan wanita. Namun, jangan samapi kita melupakan pengorbanan laki-laki," keterangan dalam unggahan Azri.

Viral

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Hingga kini, unggahan itu telah mendapat 2 ribu suka dan lebih dari 600 kali dibagikan.

Tak lupa, warganet juga memenuhi unggahan tersebut dengan berbagai respons. Banyak dari mereka terharu dengan apa yang dilakukan pria itu untuk anaknya.

"Ya Allah sedih dengan ini. Inilah pengorbanan seorang ayah. Pria itu diam saja bila dia susah, yang penting istri dan anak dia bahagia," kata akun Shadil Omar.

"Ya Allah haru sekali baca ini. Bertapa kasih sayangnya pada anaknya. Begitulah kasih sayang ibu dan bapak kepada anak-anaknya," sahut akun Mie Kangar.

"Mata saya berkaca-kaca saat baca ini. Yang mngalami hal serupa pasti akan paham," tulis akun Effendy Zulkifly.

"Semoga syurga buatmu.. Seorang ayah yg meladeni anak2 & keluarga dgn baik. Moga Allah meluaskan lagi rezekimu," komentar akun Nor Azahriah Azah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pemerintah Sudah Gelontorkan Rp 293 Triliun untuk Perlindungan Sosial Akibat Covid-19

Posted: 25 Sep 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, pemerintah sudah mencairkan Rp 293 triliun untuk meringankan beban ekonomi masyarakat karena Covid-19. 

"Pemerintah telah menggelontorkan dana Rp 293 triliun untuk klaster perlindungan sosial yang direalisasikan dalam berbagai program," ungkap Jokowi saat berpidato di Muktamar PP Parmusi, Sabtu (26/9/2020).

Diketahui, program dimaksud Jokowi mulai dari PKH, bantuan pangan non tunai, sembako, bantuan sosial tunai, kartu prakerja, bantuan langasung tunai, dana desa, bantuan presiden produktif UMKM, subsidi gaji, dan diskon listrik.

"Program ini untuk meringankan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid, dan telah berjalan dengan baik dan terealisasi," yakin Jokowi.

Jokowi merinci, Program Keluarga Harapan atau PKH, tersalurkan hingga hari ini sebesar Rp 29,133 triliun. Kemudian, program Sembako, telah tersalurkan Rp30,978 triliun 

"Sembako sudah diterima 19,41 juta penerima Program Sembako Jabodetabek, telah tersalurkan Rp4,407 triliun sudah diterimakan kepada 1,9 juta penerima manfaat," beber Jokowi

Selain itu, lanjut Jokowi, Program Bansos Tunai di luar Jabodetabek, juga sudah tersalurkan sebesar Rp 24,787 triliun dan sudah diterima sebanyak 9,1 juta penerima manfaat. 

Untuk Program Kartu Pra Kerja, bagi yang terkena PHK telah tersalurkan Rp 16,617 triliun dan sudah diterima kepada 4,86 juta penerima manfaat. 

BLT Dana Desa

Selanjutnya, Program BLT Dana Desa, telah tersalurkan Rp11,73 triliun dan sudah diterima 7,55 juta penerima manfaat. Untuk UMKM, Banpres Produktif untuk Modal Kerja, Jokowi mencatat sudah tersalurkan Rp 14,183 triliun dan diterima oleh 5,9 juta warga pengelola UMKM.

Terakhir, Program Subsidi Gaji telah tersalurkan Rp 10,8 triliun dan sudah diterima 9 juta orang dan Diskon Listrik, telah tersalurkan Rp 3,455 triliun dan sudah diterima 31,4 juta penerima.

"Kita harapkan ini bisa membantu masyarakat dan memicu produktivitas masyarakat," Jokowi memandasi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Fakta Baru dari Klinik Aborsi Ilegal di Jakpus, Ada Peran Calo Online

Posted: 25 Sep 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi telah menetapkan 10 orang tersangka dalam praktik klinik aborsi di kawasan Percetakan Negara III, Jakarta Pusat, Rabu, 23 September lalu.

Kini pihak aparat tengah memburu pembuat situs klinik aborsi ilegal yang diduga menjadi penghubung antara tim ekseskusi di kilinik dan pasien aborsi.

Seperti diketahui sebelumnya, si pemilik klinik aborsi tersebut memanfaatkan sebuah website untuk mempromosikan usahanya. 

Terbongkarnya klinik aborsi di Percetakan Negara berawal dari laporan masyarakat. Sempat tutup pada tahun 2004, namun klinik tersebut kembali aktif hingga sekarang terhitung mulai 2017 lalu. 

Dari pengakuan DK, salah satu tersangka, setidaknya, ada 32.760 janin yang sudah digugurkan di klinik tersebut.

DK adalah dokter yang bertugas melakukan aborsi. Dia lulusan salah satu universitas di Sumatera Utara dan pernah menjalani koas (ko-asisten) di salah satu rumah sakit.

"Jadi dia tidak sampai selesai, kemudian direkrut oleh si pemilik klinik untuk lakukan praktek aborsi," ujar  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu, 23 September 2020. 

Sementara itu, pada Jumat, 25 September kemarin, telah digelar reka ulang praktik aborsi ilegal dengan menghadirkan kesepuluh orang tersangka di Percertakan Negara.

Berikut kabar terbaru dari hasil rekonstruksi yang digelar polisi dan pemeriksaan kepada 10 tersangka atas keterlibatan dalam praktik klinik aborsi ilegal: 

Ada Peran Calo Online

Kondisi bagian dalam sebuah rumah yang dijadikan klinik aborsi ilegal seusai penyegelan oleh polisi di Jalan Paseban Raya, Jakarta, Minggu (16/2/2020). Dari hasil praktik aborsi ilegal itu, tiga pelaku yang ditangkap telah meraup untung sekitar hampir Rp 5,5 miliar. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Kondisi bagian dalam sebuah rumah yang dijadikan klinik aborsi ilegal seusai penyegelan oleh polisi di Jalan Paseban Raya, Jakarta, Minggu (16/2/2020). Dari hasil praktik aborsi ilegal itu, tiga pelaku yang ditangkap telah meraup untung sekitar hampir Rp 5,5 miliar. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengungkap, ada peran calo online saat si pasien mendaftar melalui website atau lama daring. 

Menurut Jean, saat pembagian honor antara calo website dan pihak klinik aborsi, bagian untuk calo ini lebih besar ketimbang pelaku aborsi di klinik tersebut.

"Bila pasien datang dengan menggunakan website, pembagiannya adalah 50 persen untuk calo website itu," jelasnya.

Namun, bila pasien tidak datang lewat website, potongan yang dikenakan untuk calo adalah 40 persen. Artinya, lanjut Jean, honor untuk calo lebih besar daripada tim yang melakukan tindakan aborsi.

"Jadi kami dalami jaringan (calon web) aborsi yang ada. Karena kita melihat pastinya ada hubungan dan keterkaitan," tegas Jean. 

Tak Ada Standar Tarif

Kondisi plang yang sebelumnya terpasang tulisan kantor hukum sebagai kedok klinik aborsi ilegal di Jalan Paseban Raya, Jakarta, Minggu (16/2/2020). Polda Metro Jaya membongkar praktik klinik aborsi ilegal yang sudah beroperasi sejak 2018 silam pada 14 Februari 2020. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Kondisi plang yang sebelumnya terpasang tulisan kantor hukum sebagai kedok klinik aborsi ilegal di Jalan Paseban Raya, Jakarta, Minggu (16/2/2020). Polda Metro Jaya membongkar praktik klinik aborsi ilegal yang sudah beroperasi sejak 2018 silam pada 14 Februari 2020. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Jean juga menjelaskan, bahwa tak ada standar tarif yang dipatok klinik aborsi ilegal di Percetakan Negara, Jakarta Pusat. Harga yang ditarik ke pasien sangat beragam. 

Hal tersebut terungkap usai rekonstruksi di Jalan Percetakan Negara III, Jakarta Pusat.

"Ternyata tiap pasien biaya yang dikeluarkan pembagiannya sangat bervariasi," kata Jean, Jumat, 25 September kemarin. 

Menurut dia, salah satu cara pasien untuk melakukan aborsi ilegal adalah dengan mendaftar melalui website atau lama daring.

Pihak Calo Kini Diburu

Jean menegaskan, mastermind dalam kasus aborsi ilegal di Percetakan Negara adalah calo yang berada di balik website tersebut. Oleh karena itu, penyidik akan melakukan pendalaman untuk mengusut sindikat calo aborsi ilegal.

"Website itu di-created oleh oknum yang kita katakan sebagai calo. Di sini kami temukan bahwa praktek aborsi di sini peran calo sangat besar," ujar Jean usai rekonstruksi di TKP.

Jean menilai, ada skema terstruktur dari jaringan yang dibentuk di situs klinik aborsi ilegal tersebut. Menurutnya, pasien yang hendak aborsi, prosesnya bisa dengan mudah didaftarkan dengan mengakses situs tersebut.

"Siapa pun pasien yang membuka web tersebut ternyata nomornya sudah tertera di situ baru mereka menghubungi tempat aborsi yang mereka ketahui. Ini kita mendalaminya," tegas Jean.

Karenanya dia meyakini bahwa eksistensi klinik aborsi ilegal tidak akan bertahan jika tidak didukung kuatnya jaringan situs tersebut.

"Jadi peran dari calo sangat besar. Tanpa calo, tanpa website untuk rekrutmen pasien ini sangat susah sekali," ujar Jean.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO: Sekalipun Ada Vaksin, Kematian Akibat COVID-19 Bisa Capai 2 Juta Jiwa

Posted: 25 Sep 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan bahwa jumlah kematian akibat COVID-19 bisa mencapai dua juta jiwa sebelum atau sesudah vaksin yang efektif digunakan secara luas. Hal tersebut dipicu oleh kasus COVID-19 yang semakin meninggi di seluruh dunia.

Dikutip dari BBC, Sabtu (26/9/2020), Dr. Mike Ryan, kepala darurat WHO, mengatakan bahwa angka tersebut bisa lebih tinggi bila tidak ada upaya bersama secara internasional. Hampir satu juta orang telah meninggal karena COVID-19 di seluruh dunia sejak penyakit itu pertama kali muncul di China akhir tahun lalu.

Awal gelombang kedua infeksi COVID-19 telah terlihat di banyak negara di belahan bumi utara saat musim dingin mendekat. Bahkan saat ini, jumlah total kasus telah mencapai 32 juta yang telah terkonfirmasi.

Selain itu, karena jumlah kasus yang semakin meningkat terutama di negara-negar Eropa, seruan untuk kembali melakukan lockdown juga sudah mulai kembali terdengar.

"Secara keseluruhan di wilayah yang sangat luas itu, kami melihat peningkatan penyakit yang mengkhawatirkan," imbuh Dr. Ryan tentang lonjakan kasus yang nyata di Eropa.

Eropa Harus Mengevaluasi Diri Saat Terjadi Lonjakan

Para perempuan memakai masker di jalanan Brussel, Belgia, Rabu (12/8/2020). Penggunaan masker menjadi wajib di tempat umum di Brussel karena kasus Covid-19 naik ke tingkat kewaspadaan yang menempatkan kota itu di antara yang paling parah terkena dampak corona di Eropa. (François WALSCHAERTS/AFP)
Para perempuan memakai masker di jalanan Brussel, Belgia, Rabu (12/8/2020). Penggunaan masker menjadi wajib di tempat umum di Brussel karena kasus Covid-19 naik ke tingkat kewaspadaan yang menempatkan kota itu di antara yang paling parah terkena dampak corona di Eropa. (François WALSCHAERTS/AFP)

"Orang Eropa lebih baik bertanya pada diri mereka sendiri apakah mereka telah berbuat cukup untuk menghindari perlunya lockdown dan apakah alternatif lainnya seperti pengujian dan penelusuran, karantina, dan jarak sosial, telah diterapkan," ujar Dr. Ryan.

Dr. Ryan juga mengatakan bahwa kematian 2 juta jiwa mungkin dapat terjadi sebelum ditemukannya vaksin. Namun, ketika vaksin telah ditemukan, jumlah kematian 2 juta jiwa tetap mungkin terjadi.

Dia menambahkan bahwa tingkat kematian dapat menurun seiring dengan peningkatan sarana pengobatan terhadap korban. Maka dari itu, pemerintah diharapkan perlu untuk melakukan segala cara guna mengendalikan COVID-19.

"Apakah kita siap melakukan apa yang diperlukan untuk menghindari angka itu?" imbuh Dr. Ryan.

Perkembangan Terbaru Secara Global

Ilustrasi bendera dunia (UNESCO)
Ilustrasi bendera dunia (UNESCO)

Di seluruh dunia, pedoman jarak sosial yang lebih ketat dan pembatasan bisnis telah diberlakukan untuk mengendalikan lonjakan kedua.

Di Spanyol, pemerintah telah merekomendasikan penerapan kembali penutupan sebagian di seluruh wilayah Madrid, di mana kasus meningkat tajam. Sebaliknya, otoritas lokal meningkatkan pembatasan di beberapa distrik kota. 

Hal tersebut juga dilakukan di Perancis, Inggris dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat karena lonjokan kasus dalam negeri terus meningkat.

Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka di AS, mengatakan bahwa gelombang pertama pandemi belum berakhir di AS, karena infeksi belum cukup menurun sejak wabah awal. 

Di tempat lain, Israel juga memperketat pembatasan pada bisnis dan perjalanan, satu minggu setelah negara itu menjadi yang pertama di dunia yang memulai lockdown nasional kedua.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Infografis Gelombang II COVID-19 di Dunia

Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Klaim Harga Bahan Pangan Turun Selama Pandemi

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan berkomitmen mendorong pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya, melalui kebijakan strategis bidang ekonomi untuk mengatasi pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto saat menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan(Rakorpim) Komite Penanganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN) yang dilaksanakan di Bintan, Kepulauan Riau pada hari ini, Jumat (25/9).

Rakorpim bertujuan untuk membahas program strategis penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Rakorpim diikuti oleh Komite PC PEN dan para pimpinan kementerian/lembaga terkait.

"Kemendag menyambut baik adanya pertemuan rapat koordinasi tingkat menteri. Saat ini, pemerintah memerlukan pemikiran-pemikiran strategis, khususnya dalam rangka memulihkan perekonomian nasional," ujar Agus melalui siaran pers, Sabtu (26/9/2020).

Dalam paparannya Mendag menyampaikan, pandemi Covid-19 telah berdampak pada ekonomi global. Perekonomian Indonesia tidak dapat terhindar dari dampak pandemi Covid-19 ini.

Namun demikian, secara kumulatif selama Januari—Agustus 2020 neraca perdagangan masih menunjukansurplus sebesar USD 11,1 miliar. Surplus neraca perdagangan tersebut dihasilkan dari surplus perdagangan nonmigas sebesar USD 15,2 miliar dan defisit migas sebesar USD 4,2 miliar.

Mendag melanjutkan, untuk perdagangan dalam negeri, secara nasional harga rata-rata barang kebutuhan pokok (bapok) relatif stabil dan cenderung turun. Hal ini tergambar dari deflasi yang terjadi pada kelompok makanan. Berdasarkan data BPS, kelompok tersebut mengalami deflasi pada Agustus 2020 dan turut menyumbang deflasi.

Berdasarkan pantauan Kemendag, harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok pada 21 September 2020 umumnya relatif stabil dibanding bulan sebelumnya, di antaranya beras medium, minyak goreng, tepung terigu, daging ayam ras, dan cabe rawit merah.

"Bahkan beberapa komoditas mengalami penurunan harga seperti beras premium, gula pasir, kedelai, daging sapi, telur ayam ras, dan bawang merah. Untuk pasokan, secara umum stok bapok masih mencukupi dan akan terus dipantau," terang Mendag.

 

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambangi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Indosiar Grup di SCTV Tower Jakarta, Rabu (12/8/2020). Dalam pertemuan Kemendag berharap peran media dan grup besar menyampaikan berita positif kepada publik selama pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyambangi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Indosiar Grup di SCTV Tower Jakarta, Rabu (12/8/2020). Dalam pertemuan Kemendag berharap peran media dan grup besar menyampaikan berita positif kepada publik selama pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ditambahkan Mendag, untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), pada 16 September 2020 Kemendag telah melakukan peluncuran "Kampanye Pernak Pernik Unik Bangga Buatan Indonesia Kementerian Perdagangan" secara virtual di Jakarta.

Selain itu, Kemendag juga melakukan beberapa kegiatan dalam rangka mendukung gerakan nasional 'Bangga Buatan Indonesia'. Kegiatan tersebut terdiri atas Peluncuran Virtual Expo, Peluncuran Gerobak Dagang Digital, Peluncuran Lomba Video Pernak Pernik Unik, Peluncuran Situs Web Bangga Buatan Indonesia Kemendag, serta Peluncuran Video Pemasaran Online.

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pemain Manchester United Ingin Hengkang

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer memastikan Marcos Rojo dan Chris Smalling berlatih terpisah dari tim utama. Sebab, keduanya sudah mengajukan permintaan meninggalkan Old Trafford.

Seperti dilansir Manchester Evening News, awal September 2020 Rojo dan Smalling berlatih sendiri di kompleks pelatihan Manchester United di Carrington. Dua pemain bertahan ini kemungkinan bisa pergi sebelum bursa transfer ditutup pada 5 Oktober.

Solskjaer mengungkapkan MU belum mendapat tawaran yang cocok buat Smalling. Sementara untuk Rojo, pemain asal Argentina itu tidak akan kembali ke tim uama.

"Ini berbeda cara mereka mendapatkan kebugaran dan ketajaman mereka. Tapi, tentu saja, kontribusi besar pertama bagi mereka untuk memberikan 100% dan ingin menjadi bagian dari tim itu sendiri," kata Solskjaer.

"Mereka harus menjadi bagian dari tim ini di masa depan, menjadi bagian dari budaya ini. Jika tidak, mereka harus berlatih sendiri," ucap juru taktik Manchester United asal Norwegia itu.

 

 

Sergio Romero

6. Sergio Romero - Bergabung pada 2015, Romero menjadi pemain Argentina ke 6 yang memperkuat Setan Merah. Romero menjadi kiper cadangan Manchester United. (AFP/Tony Ashby)
6. Sergio Romero - Bergabung pada 2015, Romero menjadi pemain Argentina ke 6 yang memperkuat Setan Merah. Romero menjadi kiper cadangan Manchester United. (AFP/Tony Ashby)

Sergio Romero sekarang menjadi kiper pilihan ketiga Manchester United. Ini setelah tim berjuluk Setan Merah tersebut membawa pulang Dean Henderson dari masa pinjaman satu musim bersama Sheffield United.

Romer menjadi satu-satunya pemain MU yang tidak kembali untuk latihan pramusim. Sementara itu, Andreas Pereira tidak masuk dalam skuat laga persahabatan di Aston Villa atau melawan Luton Town pada ajang Carabao Cup. Namun, ia tetap berlatih dengan skuat utama.

 

 

Lawan Brighton

Brighton & Hove Albion vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)
Brighton & Hove Albion vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)

Solskjaer saat ini tengah menyiapkan pasukannya untuk menghadapi Brighton & Hove Albion pada laga kedua Liga Inggris. Laga ini bakal digelar di The American Express Community Stadium, Sabtu (26/9/2020) malam WIB.

MU bertekad bangkit pada laga ini setelah menyerah 1-3 dari Crystal Palace. Apalagi, jelang laga ini, Marcus Rashford dan kolega punya bagus usai menang 3-0 atas Luton Town di ajang Carabao Cup.

 

Klasmen Liga Inggris

ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO FEATURES: Yang Tersisa dari Mereka yang Direnggut Corona

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Pemandangan sepasang sandal di bawah tempat tidur gantung milik Joaquin Barrera, korban COVID-19, di rumahnya di Santiago Nonualco, El Salvador, 23 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)
Pemandangan sepasang sandal di bawah tempat tidur gantung milik Joaquin Barrera, korban COVID-19, di rumahnya di Santiago Nonualco, El Salvador, 23 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)

Pemandangan sepasang sandal di bawah tempat tidur gantung milik Joaquin Barrera, korban COVID-19, di rumahnya di Santiago Nonualco, El Salvador, 23 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)

Barang-barang di kamar tidur mendiang jurnalis foto Franklin Rivera, 52, yang meninggal karena COVID-19, di Ciudad Delgado, El Salvador, 13 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)
Barang-barang di kamar tidur mendiang jurnalis foto Franklin Rivera, 52, yang meninggal karena COVID-19, di Ciudad Delgado, El Salvador, 13 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)

Barang-barang di kamar tidur mendiang jurnalis foto Franklin Rivera, 52, yang meninggal karena COVID-19, di Ciudad Delgado, El Salvador, 13 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)

Kursi milik jurnalis foto El Salvador Franklin Rivera, 52, yang meninggal karena COVID-19, di Ciudad Delgado, El Salvador, 13 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)
Kursi milik jurnalis foto El Salvador Franklin Rivera, 52, yang meninggal karena COVID-19, di Ciudad Delgado, El Salvador, 13 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)

Kursi milik jurnalis foto El Salvador Franklin Rivera, 52, yang meninggal karena COVID-19, di Ciudad Delgado, El Salvador, 13 Juli 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (Yuri CORTEZ/AFP)

Sofa tempat Oscar Farias, yang meninggal karena COVID-19 pada 27 April, duduk menonton TV di rumah putranya di Buenos Aires, 30 Juni 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (RONALDO SCHEMIDT/AFP)
Sofa tempat Oscar Farias, yang meninggal karena COVID-19 pada 27 April, duduk menonton TV di rumah putranya di Buenos Aires, 30 Juni 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (RONALDO SCHEMIDT/AFP)

Sofa tempat Oscar Farias, yang meninggal karena COVID-19 pada 27 April, duduk menonton TV di rumah putranya di Buenos Aires, 30 Juni 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya terjadi di Amerika Latin. (RONALDO SCHEMIDT/AFP)

Poster lima anggota keluarga Diaz yang meninggal karena COVID-19 terlihat pada dinding ruang tamu rumah mereka di Chorrillos, Lima, Peru 11 Agustus 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (ERNESTO BENAVIDES/AFP)
Poster lima anggota keluarga Diaz yang meninggal karena COVID-19 terlihat pada dinding ruang tamu rumah mereka di Chorrillos, Lima, Peru 11 Agustus 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (ERNESTO BENAVIDES/AFP)

Poster lima anggota keluarga Diaz yang meninggal karena COVID-19 terlihat pada dinding ruang tamu rumah mereka di Chorrillos, Lima, Peru 11 Agustus 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (ERNESTO BENAVIDES/AFP)

Sebuah kursi, tanaman, lukisan, dan sosok Catrina, semua milik Hebert Axel Gonzalez, sutradara teater yang meninggal karena COVID-19 pada April, kini menghiasi pintu masuk rumah rekannya Carlos Corro di Tijuana, Negara Bagian Baja California, Meksiko, 23 Juni 2020. (Guillermo ARIAS/AFP)
Sebuah kursi, tanaman, lukisan, dan sosok Catrina, semua milik Hebert Axel Gonzalez, sutradara teater yang meninggal karena COVID-19 pada April, kini menghiasi pintu masuk rumah rekannya Carlos Corro di Tijuana, Negara Bagian Baja California, Meksiko, 23 Juni 2020. (Guillermo ARIAS/AFP)

Sebuah kursi, tanaman, lukisan, dan sosok Catrina, semua milik Hebert Axel Gonzalez, sutradara teater yang meninggal karena COVID-19 pada April, kini menghiasi pintu masuk rumah rekannya Carlos Corro di Tijuana, Negara Bagian Baja California, Meksiko, 23 Juni 2020. (Guillermo ARIAS/AFP)

Kamar tidur perawat Meksiko Juana Silva Isidoro yang meninggal karena virus corona COVID-19 di rumahnya di lingkungan Xochimilco, Mexico City, 16 Agustus 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (Alfredo ESTRELLA/AFP)
Kamar tidur perawat Meksiko Juana Silva Isidoro yang meninggal karena virus corona COVID-19 di rumahnya di lingkungan Xochimilco, Mexico City, 16 Agustus 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (Alfredo ESTRELLA/AFP)

Kamar tidur perawat Meksiko Juana Silva Isidoro yang meninggal karena virus corona COVID-19 di rumahnya di lingkungan Xochimilco, Mexico City, 16 Agustus 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (Alfredo ESTRELLA/AFP)

Altar untuk menghormati Wilfredo Davila Minano - korban COVID-19 - terlihat di restoran ceviche yang dimilikinya (saat ini tutup) di Trujillo, Peru, 23 Juni 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (Celso Roldan/AFP)
Altar untuk menghormati Wilfredo Davila Minano - korban COVID-19 - terlihat di restoran ceviche yang dimilikinya (saat ini tutup) di Trujillo, Peru, 23 Juni 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (Celso Roldan/AFP)

Altar untuk menghormati Wilfredo Davila Minano - korban COVID-19 - terlihat di restoran ceviche yang dimilikinya (saat ini tutup) di Trujillo, Peru, 23 Juni 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (Celso Roldan/AFP)

Kamar tidur pembawa tandu Meksiko Hugo Lopez Camacho, yang meninggal setelah terinfeksi COVID-19, di Mexico City, 24 Mei 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (PEDRO PARDO/AFP)
Kamar tidur pembawa tandu Meksiko Hugo Lopez Camacho, yang meninggal setelah terinfeksi COVID-19, di Mexico City, 24 Mei 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (PEDRO PARDO/AFP)

Kamar tidur pembawa tandu Meksiko Hugo Lopez Camacho, yang meninggal setelah terinfeksi COVID-19, di Mexico City, 24 Mei 2020. Hingga 25 September 2020, kematian global akibat COVID-19 hampir mencapai satu juta, sepertiganya di Amerika Latin. (PEDRO PARDO/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masker Berjendela Membuka Akses pada Teman Tuli

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan masyarakat dalam masa pandemi saat ini menjadi berubah. Mulai dari physical distancing, PSBB, sampai penggunaan masker di kehidupan sehari- hari. Wajah yang tertutup masker telah menjadi pemandangan yang familiar. Berbagai masker dengan guna dan fungsi yang berbeda telah hadir dalam melengkapi masyarakat di masa pandemi. Namun, bagaimana dengan akses masker teman tuli?

Masker telah menjadi kewajiban setiap orang, tetapi bagi penyandang disabilitas khususnya dalam keterbatasan pendengaran, hal ini menciptakan tantangan nyata. Tanpa melihat bibir orang, mereka tidak tahu apakah mereka sedang disapa atau diajak berkomunikasi.

Tiffany Yu, Pembentuk Global Forum Ekonomi Dunia, mendistribusikan masker berjendela di seluruh AS yang memungkinkan orang untuk saling melihat mulut orang lain.

"Jika mereka tidak dapat mendengar dan tidak dapat melihat bibir Anda bergerak, mereka tidak tahu bahwa mereka sedang disapa," kata Tiffany Yu, CEO & Pendiri Diversability, dikutip dari WEFORUM.

Tifanny Yu pun menggagas #Masks4Disability – yang merupakan sebuah inisiatif untuk mendistribusikan masker ini ke seluruh Amerika Serikat secara gratis. Ratusan topeng telah dibagikan dan sekarang idenya juga populer di tempat-tempat seperti Sri Lanka.

Tifanny juga menjelaskan darimana ide masker jendela yang dibuatnya. "Kami memiliki grup pembagi yang terkait dengan berbagai jenis komunitas yang terkena dampak. Saya mulai mendengar banyak pesan seputar fakta bahwa masker tidak dapat diakses. Terdapat ketidakadilan yang dihadirkan oleh masker N95 atau masker saat ini, karena banyak teman tuli perlu bisa melihat ekspresi wajah atau membaca bibir dalam komunikasi mereka, Jadi itulah mengapa kami memutuskan cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan mengirimkannya. Kami bermitra dengan merek fesyen berkelanjutan di Uganda bernama Kimuli Fashionability untuk mendistribusikan masker berjendela ini kepada siapa pun di AS," jelas Tiffanny.

Tiffanny mengungkapkan, inspirasi Diversity ini adalah kondisi dirinya selagi kecil. Ia masih ingat, ketika masih kanak-kanak, ia pernah mengalami kecelakaan mobil. Saat itu ayahnya meninggal dunia sedangkan ia mengalami cedera tulang belakang yang dikenal sebagai cedera pleksus brakialis yang akhirnya melumpuhkan salah satu lengan saya.

"Saat tumbuh dewasa, saya hanya merasa tidak benar-benar mendapat dukungan. Dan sebagian alasan mengapa saya memulai organisasi saya adalah benar-benar ingin mengakar di dalam komunitas," katanya.

 

Masker yang bisa dipakai semua kalangan

Tiffany menjelaskan bahwa masker jendela ini tidak hanya untuk orang yang tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran. Namun, semua orang mendapat manfaat dari kemampuan melihat saat orang lain tersenyum.

Ini adalah salah satu hal yang ia coba soroti dalam pekerjaannya. Saat sedang merancang sesuatu untuk para penyandang disabilitas, ia sebenarnya merancang hal-hal yang lebih baik untuk semua orang.

Masker ini berguna untuk teman tuli atau orang yang memiliki gangguan pendengaran. Tapi, mereka berguna untuk semua orang. Itu adalah akar dari desain inklusif. Masker berjendela memberi tahu orang lain bahwa Anda tersenyum atau berbicara dengan Anda, meskipun mereka dapat mendengar dengan baik.

Hal-hal kecil yang penting saat ini, saat kita tidak sosial seperti dulu, seperti bisa keluar dan tersenyum kepada seseorang, tidak hanya melalui mata Anda, tetapi juga melalui kemampuan melihat mulut Anda.

Sejauh ini, menurut Tiffanny, ia akan terus mengirimkan masker sebanyak mungkin di AS. Kota dan negara lain juga tertarik - misalnya, di Kolombo, Sri Lanka, Pembentuk Global ingin melakukan hal serupa. Saya mendapat permintaan dari orang lain yang ingin memulai sesuatu yang serupa di Uganda.

Saya ingin menyebarkan kesadaran bahwa budaya masker kita saat ini memang menciptakan ketidakadilan. Namun masker berjendela bukan hanya lebih baik untuk orang yang tuli atau tuli, tetapi juga lebih baik untuk semua orang.

 

(Vania Accalia)

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff.

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Berdedikasi, Jangan Tiru 6 Cara Cuci Mobil Ini

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan mobil dengan cara cuci mobilmerupakan tanggung jawab sang pemilik. Mobil yang selalu dalam keadaan bersih bisa menimbulkan rasa nyaman dan juga meningkatkan rasa percaya diri.

 

Selain memengaruhi penampilan luar, mencuci mobil ternyata berpengaruh kepada performa kendaraan. Beberapa orang memilih mencuci mobil sendiri, biasanya sembari mengecek seluruh bagian mobil dengan seksama. 

Namun, ada juga yang lebih memilih menggunakan jasa mencuci mobil. Terlepas dari hal tersebut, beberapa orang punya kelakuan yang nyeleneh saat mencuci mobil. Seperti beberapa potret di bawah ini, bukan hanya mobilnya saja yang penuh dengan busa tapi juga yang mencuci. 

Enggak cuma itu saja, masih ada kelakuan nyeleneh lainnya. Penasaran seperti apa? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kocak saat cuci mobil.    

1. Enggak cuma kinclong di luar, tapi juga bagian dalam mobil ya Pak.

Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)
Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)

2. Cara mencuci mobil terbaru ala si adik, masukkan air di dalam mobil. Tunggu sampai kering. Selesai.

Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)
Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)

3. Air hujan saja tidak cukup membersihkan mobil, harus ditambah pakai air di selang.

Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)
Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)

4. Antimainstream, cuci mobil saat hujan deras dong. Biar greget.

Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)
Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)

5. Rela enggak nih kalau mobil kamu dijemur seperti pakaian begini?

Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)
Kelakuan Nyeleneh saat Cuci Mobil (Sumber: 1cak)

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Nissan Garap Teknologi yang Bikin Mobil Bisa Cuci Sendiri]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah 4 ABK KM Tandjung Indah Diselamatkan Nelayan Saat Terombang-ambing di Laut

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Empat anak buah kapal KM Tandjung Indah yang tenggelam pada kamis siang (24/9/2020), akhirnya berhasil diselamatkan pada Jumat (25/9/2020).

Menurut kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, para ABK KM Tandjung Indah itu diselamatkan oleh nelayan di perairan Kabupaten Donggala pada Jumat sore (25/9/2020). Keempatnya selanjutnya dievakuasi ke Mapolres Donggala.

Para ABK yang berhasil dievakuasi itu yakni Mus Muliadi (Nahkoda), Muh.Saleh (ABK), Rahman (ABK), dan Muh. Rakib (ABK).

"Mereka (ABK) sudah dievakuasi dengan kapal nelayan," kata kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, Jumat sore (25/9/2020).

Sebelumnya KM Tandjung Indah dilaporkan tenggelam di perairan sekitar Desa Pangalaseang, Kabupaten Donggala pada Kamis (24/9/2020).

Kapal kayu berbobot 300 GT dan bermuatan sembako itu tenggelam setelah dihantam ombak saat perjalanan menuju Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Selain Basarnas Palu, pencarian kapal tenggelam itu juga melibatkan TNI AL dengan menggunaan KAL Talise.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Adya Mecca Ingin Pindah ke Yogyakarta Usai Pandemi Covid-19

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi Covid-19, Zaskia Adya Mecca memutuskan untuk tinggal di Yogyakarta bersama dengan keluarganya. Seperti yang diketahui bersama, Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca memiliki rumah di kota pelajar ini.  

Bahkan, anak kelima Zaskia Adya Mecca ini juga lahir di Kota Yogyakarta. Beberapa bulan berlalu, rupanya Zaskia Adya Mecca semakin betah tinggal di Yogyakarta. 

Menariknya, ibu lima anak ini ingin sekali bisa menetap di kota tersebut. Penasaran dengan alasan Zaskia Adya Mecca yang ingin pindah ke Yogyakarta? Melansir dari akun YouTube The Bramantyo, Jumat (25/9/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

 

Sekolah Anak-Anak

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Zaskia Adya Mecca mengaku sudah ada niatan untuk pindah ke Yogyakarta. Namun saat ini, ibu lima anak itu akan tinggal di Yogyakarta hingga pemerintah sudah memperbolehkan anak-anak masuk sekolah seperti biasa.

"Oke jadi kaya nya aku putuskan untuk pindah ke Jogja gitu. Sampai kapan? pengin nya for good cuma kan masih ada mama, masih ada kakak adik ku di Jakarta dan sekolah anak-anak. Jadi sampai keputusan pemerintah nyuruh anak-anak sekolah lagi bisa masuk, aku akan stay di Jogja," ungkap Zaskia Adya Mecca.

"Sebenarnya sih pengin pindah ke sini cuma yang masih berat tinggal sekolahan anak-anak. Jadi sekarang aku sambil cari-cari dengan sistem homeschooling ini juga sambil lihat apa memang dengan homeschooling juga bisa," jelasnya.

 

Bahagia di Mana?

Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

Tentu banyak dari para penggemarnya yang bertanya mengenai kehidupan di Jakarta dan di Yogyakarta. Bila ditanya lebih bahagia tinggal di mana, Zaskia A. Mecca justru memberikan jawaban yang mengejutkan.

"Tetapi kalau ditanya bahagia enggak di Yogya? Jauh lebih bahagia dibanding aku di Jakarta. Aku bisa nikmatin hidup di sini. Di Jakarta bangun pagi tiba-tiba sudah malam lagi, enggak tahu kenapa kaya banyak tuntutan pekerjaan aktivitas gitu di Jakarta. Terlalu banyak pressure yang aku enggak tahu pressure nya dari mana, dari diri sendiri, dari orang lain atau dari kerjaan. Pokoknya kaya sibuk banget kalau di Jakarta, waktu ku sama anak-anak kurang," kata istri Hanung Bramantyo itu.

"Terus aku enggak punya waktu untuk diriku sendiri. Yang dipikirin adalah acara, ketemu sama orang, menuhin undangan terus kantor. Terus hang out sama teman yang harus jadi suatu kewajiban. Karena kalau enggak hang out kita jadi enggak silaturahmi dengan yang lain, kita enggak dekat sama komunitas gitu," sambungnya.

 

Bisa Nikmatin Hidup

Bukan tanpa alasan Zaskia memberikan jawaban tersebut. Sebab dia merasa selama tinggal di Yogyakarta, dia lebih bisa menikmati hidup. Menariknya, Zaskia kini bisa merasakan yang namanya pagi hari, siang hari serta sore hari. 

"Tetapi di Yogya ini benar-benar nikmat banget. Aku bisa punya waktu sama anak-anak, aku enggak ada ngoyo hidup tuh kaya pengin ngejar ini, harus dapatin ini, harus lakuin a b c d. Bangun tidur itu benar-benar bisa nikmatin, ini pagi hari, ini siang hari, ini sore hari," paparnya.

"Dan aku juga punya waktu juga sama Mas Hanung, Mas Hanung kalau di Jakarta nemplak nemplok nya susah banget terus habis waktu dia di jalan. Kalau di Jakarta kita bawaan nya kencang masing-masing gitu loh kaya nge-gas, bawaan nya bete, bawaan nya sebal. Tetapi di sini hubunganku sama Mas Hanung jauh lebih baik karena kita enggak ada yang stres," ungkap Zaskia terkait hubungannya dengan sang suami.

 

Kekurangan di Yogyakarta

Sudah tinggal di dua daerah, membuat Zaskia Adya Mecca mulai menyadari kelebihan dan kekurangan dari daerah-daerah itu. Dikatakan sebelumnya, di Yogyakarta Zaskia jauh bisa lebih bahagia dan menikmati hidup. Namun, di kota ini juga memiliki kekurangan yakni dalam hal menemukan beberapa barang yang tak semudah di Jakarta. Meski begitu, Zaskia tetap ingin pindah dan menetap di Yogyakarta. 

"Jadi ya kalau aku ditanya mau pindah ke Jogja? Yes, aku pengin banget pindah ke Jogja. Toh dari Jogja ke Jakarta cuma 7 jam perjalanan mobil. Alhamdulillah keluarga juga bisa bolak-balik kalau enggak aku yang di Jakarta, keluarga yang ke sini. Kalaupun aku balik ke Jakarta hanya satu pertimbangan yaitu sekolah anak-anak," kata Zaskia.

"Kalau ditanya minus nya di Jogja ada beberapa barang yang aku butuhkan tetapi ternyata enggak semudah di Jakarta. Di Jakarta kaya 24 hours aku butuh apapun itu ada, kalau di Jogja cari barang sesuatu itu kaya harus planning in. Pengin ini oke, aku pesan minimal 24 jam sebelumnya gitu. Jadi paling cepat dengan pengiriman. Soal barang-barang saja tetapi itu juga barang-barang enggak penting sih sebenarnya. Minus nya di Jogja jauh dari mama, papa, kakak, adik dan aku belum nengokin kantorku lagi gitu saja sih," jelasnya.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Surat Cerai Sukarno-Inggit Dijual di Medsos

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Media sosial dihebohkan dengan dijualnya surat nikah dan cerai milik Ir Sukarno dan Inggit Garnasih. Namun kini unggahan tersebut telah dihapus dari akun yang sebelumnya mengunggah di Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir 100 Persen Pasien COVID-19 Gejala Ringan dan OTG di Wisma Atlet Sembuh

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bintan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo melaporkan, hampir 100 persen pasien COVID-19 bergejala ringan dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sembuh total.

Hasil pencapaian tersebut berkat upaya kolaborasi antara kementerian/lembaga terkait yang didukung oleh TNI/Polri dan instansi serta organisasi lainnya.

"Hampir 100 persen pasien-pasien yang bergejala ringan di RSD Wisma Atlet itu sembuh total," kata Doni saat Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) dan Kementerian/Lembaga (K/L), di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9/2020). 

"Jadi, langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh tim gabungan dari kementerian kesehatan. Kemudian didukung oleh TNI serta lembaga lainnya, termasuk organisasi profesi. Ini satu hal yang bagus sekali."

Penurunan Pasien yang Masuk

Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran menampung 1.002 pasien positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dari total kapasitas 1.570 tempat tidur (bed) sesuai data sejak sepekan, diperbarui Jumat (18/9/2020). (Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)
Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran menampung 1.002 pasien positif COVID-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dari total kapasitas 1.570 tempat tidur (bed) sesuai data sejak sepekan, diperbarui Jumat (18/9/2020). (Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Berdasarkan laporan data yang diterima Doni, jumlah pasien yang masuk ruang ICU di seluruh rumah sakit di Jakarta, termasuk di RSD Wisma Atlet mengalami penurunan sampai 70 persen.

"Ya, mengalami penurunan (pasien yang masuk). Hari ini berada pada posisi 70 persen," terang Doni sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Adapun data per Jumat, 25 September 2020 terkait flat isolasi mandiri. Jumlah tempat tidur yang telah terisi di Tower 4 Wisma Atlet sebanyak 1.004 atau 64,94 persen dari total kapasitas 1.546 tempat tidur.

Untuk Tower 5 terisi 1.118 pasien atau 71,2 persen dari total kapasitas 1.570 tempat tidur.

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS?

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garmin Forerunner 745 Resmi Hadir di Indonesia

Posted: 25 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Garmin Indonesia meluncurkan Forerunner 745, jam tangan GPS yang menargetkan para pelari dan atlet triathlon yang memerlukan perangkat pendamping.

Forerunner 745 dapat digunakan untuk memantau data secara terperinci, memberikan beragam latihan langsung dari perangkat, serta berbagai fitur smartwatch lainnya.

Jam tangan ini hanya berbobot 47 gram saja karena desainnya yang minimalis. Karena itu, ia juga cocok bagi pelari wanita dengan lingkar pergelangan tangan kecil.

Forerunner 745 menyediakan puluhan profil aktivitas bawaan, termasuk triathlon, berenang, lari di lintasan dan masih banyak lagi. Pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lain hanya dengan menekan sebuah tombol saat berlomba maupun berlatih.

"Dengan desain compact untuk memudahkan latihan, Forerunner melacak setiap langkah saat lari, perjalanan saat bersepeda dan jarak tempuh saat berenang, mengombinasikan alat pemantauan performa yang dapat atlet andalkan," ujar Scoppen Lin, Direktur Garmin Asia dalam keterangan tertulis.

Forerunner 745, kata Lin, juga memperbarui fitur rekomendasi waktu pemulihan dan pemantauan kesehatan untuk membantu para pelari dan atlet triathlon pemula melampaui kemampuan terbaik mereka.

 

Fitur Melimpah

Guna membantu para atlet lebih siap saat bertanding atau berlatih, Forerunner 745 dilengkapi alat pemantauan performa dari Firstbeat Analytics seperti VO2 max, beban latihan, status latihan, serta efek pelatihan aerobik dan anaerobik.

Dengan menautkan jam tangan ini ke Running Dynamics Pod atau Chest Heart Rate Monitor yang kompatibel, para pelari dapat melihat enam metrik lari langsung di jam tangan ini, yang termasuk tingkat kecepatan langkah per menit (cadence), panjang langkah per meter (stride length), dan masih banyak lagi.

Forerunner 745 juga memiliki dinamika canggih untuk membantu latihan bersepeda dan berenang. Ketika bersepeda, jam ini akan melacak data seperti keseimbangan kiri dan kanan, posisi duduk dan berdiri, platform center offset dan power phase.

Berdasarkan tingkat kesulitan latihan, fitur recovery time advisor akan memberi saran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat sebelum sesi latihan intensif. Perangkat ini juga menjelaskan faktor-faktor lain yang turut berpengaruh, seperti tingkat stres harian, kualitas tidur dan kegiatan sehari-hari.

 

Harga dan Ketersediaan

Didesain untuk pemakaian sepanjang hari, Forerunner 745 dibekali dengan Pulse Ox sensor yang akan membantu memberikan gambaran lebih terperinci tentang kualitas tidur para atlet dan altitude acclimation.

Di samping itu, fitur Body Battery menginformasikan pengguna monitor energi untuk membantu menentukan waktu terbaik untuk beraktivitas dan beristirahat.

Baterai Forerunner 745 dapat bertahan hingga satu minggu dalam mode jam tangan pintar. Ketika mode GPS aktif, ia akan aktif hingga 16 jam.

Jam ini tersedia dalam warna hitam, neo tropic, red magma, dan whitestone dengan harga ritel Rp7.999.000. Pemesanan pre-order Forerunner 745 dimulai dari hari ini (25/9/2020) hingga 4 Oktober secara offline di seluruh gerai Garmin Store, Urban Republic dan online di Eraspace.com, Tokopedia Official Store, Blibli Official Store dan Shopee Official Shop..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Sentra Kedelai, Tebo Kembangkan Korporasi Benih

Posted: 25 Sep 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Tebo di Provinsi Jambi merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra kedelai nasional. Petani disana sejak dulu menanam kedelai dan mampu memasok 1/3 kebutuhan kedelai nasional. Hal ini sangat diapresiasi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan memberikan dukungan bantuan fasilitasi sarana produksi di wilayah tersebut.

Dukungan kali ini dilakukan oleh Direktur Perbenihan Tanaman Pangan , Mohammad Takdir Mulyadi, bersama Kepala Dinas Kabupaten Tebo Muhammad Ziadi, Kepala UPTD Provinsi Jambi, dan Camat Kecamatan VII KOTO , melakukan Panen dan Gerakan Tanam "Pengembangan Petani Produsen Benih Kedelai Berbasis Korporasi" di Poktan Harapan Mulya, Kecamatan VII KOTO, Kabupaten Tebo, Jambi , varietas Anjasmoro seluas 25 hektar.

"Kab. Tebo, menjadi proritas secara Nasional dikelola kelembagaannya menjadi Kawasan Korporasi Kedelai seluas 3.000 -5.000 hektar di tahun 2020", jelas Takdir kala itu. Hal ini menurut Takdir sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi, bahwa Kementan dibawah kepemimpinan Mentan (SYL) terus mendukung Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan (ProPaktani).

Bahkan targetnya akan direplikasi di 134 kabupaten di Indonesia pada tahun 2021. "Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo dan petani, sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan produksi kedelai," imbuh Takdir.

Takdir juga menjelaskan dampak dari Covid 19 ini, diprediksi dunia akan mengalami krisis pangan sehingga kita harus memenuhi kebutuhan pangan sendiri. "Kita harus bangga, pertanian menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Capaian tersebut ditopang subsektor tanaman pangan yang tumbuh paling tinggi," ujarnya.

Kehadiran Direktur Perbenihan beserta jajaran memberikan motivasi dan semangat buat para petani untuk terus memanam kedelai. "Semua permasalahan dan solusi pertanaman kedelai dapat teratasi", demikian diungkap Alfian Camat Kecamatan VII Koto.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tebo, M. Ziadi mengutarakan bahwa Tebo merupakan daerah sentra perbenihan di Jambi. "Penangkar benih dari Rimbo Ulu dan para penangkar kedelai di Tebo, ayo terus semangat memajukan bidang perbenihan," pinta Ziadi.

Bertepatan dengan momentum Hari Tani Nasional, Zaidi mengatakan harus semangat panen dan tanam kedelai.. Untuk memaknai Hari Tani ini, Petani diberikan penghargaan atas segala upaya dan semangat dalam membangun kesejahteraan ekonomi Indonesia. "Petani harus pandai atur pola tanam kedelai, sehingga saat panen mendapatkan harga yang baik dan menguntungkan petani. Petani merupakan pahlawan pangan," kata Zaidi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Rabies Sedunia 2020 Kementan Berikan Edukasi Melalui Webinar

Posted: 25 Sep 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) bersama FAO ECTAD, dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kampanye rabies kepada 481 Sekolah Dasar siswa/i di Kalimantan Barat serta provinsi lainnya yang telah mendaftar secara virtual.

Kampanye rabies ini dikemas dalam bentuk pentas drama virtual anak "Aku dan Hewan Kesayanganku Bebas Rabies" yang memberikan informasi tentang seputar rabies. Apa itu rabies, bahaya rabies, tindakan yang dilakukan jika digigit hewan penular rabies, cara menghindari gigitan anjing serta memelihara hewan kesayangan yang baik melalui konsultasi ke dokter hewan dan pentingnya vaksinasi rabies secara rutin pada hewan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan edukasi tentang rabies khususnya kepada anak-anak usia sekolah dasar di Kalimantan Barat sebagai daerah endemis ini sangat penting. Pasalnya, mayoritas korban gigitan rabies adalah anak-anak di bawah usia 15 tahun.

"Rabies ini merupakan salah satu zoonosis yang mematikan di dunia. Setiap sembilan menit satu orang meninggal. Bahaya sekali," ujar Nasrullah.

Bedasarkan informasi dari Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE), setiap sembilan menit satu orang meninggal dunia karena rabies. Sementara setiap tahun, rabies membunuh hampir 59.000 orang di seluruh dunia. Dan lebih dari 95% kasus rabies pada manusia akibat gigitan anjing yang terifeksi rabies.

Walaupun mematikan, rabies pada manusia 100% dapat dicegah. Vaksinasi anjing terhadap rabies merupakan cara yang terbaik dalam mencegah penularan rabies dari hewan ke manusia, yaitu dengan melakukan vaksinasi setidaknya 70% dari populasi anjing.

"Jika itu dilakukan kita dapat mencegah penularan rabies dari hewan ke manusia," ucap Nasrullah.

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Syamsul Ma'arif menerangkan, penyakit rabies adalah salah satu zoonosis yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Direktorat Kesmavet sendiri bertanggungjawab terhadap pengendalian dan penanggulangan zoonosis, utamanya agar penyakit ini tidak menular kepada manusia.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan partisipasi masyarakat dengan memperhatikan kesehatan lingkungan dan kesejahteraan hewan," ujar Syamsul.

Ia menambahkan bahwa sebagai wujud tanggungjawab kepada hewan peliharaan, maka setiap orang yang memiliki atau memelihara hewan wajib menjaga dan mengamati kesehatan hewan dan menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungannya. Jika mengetahui terjadinya kasus zoonosis misalnya rabies pada manusia dan/atau hewan, wajib melaporkan kepada petugas yang berwenang baik itu petugas kesehatan maupun petugas kesehatan hewan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan, MM, MH, sangat mengapresiasi bahwa kegiatan edukasi rabies kepada anak-anak sekolah dasar dalam rangka Peringatan hari rabies Sedunia tahun 2020 ini dilaksanakan di wilayahnya. Mengingat Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah endemis rabies di Indonesia.

Norsan menerangkan pada Bulan Agustus 2014 Kalimantan Barat pernah dinyatakan sebagai daerah bebas rabies. Namun, pada akhir tahun 2014 provinsi ini kembali dinyatakan sebagai daerah Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies setelah ditemukannya kasus gigitan anjing positif rabies di Kabupaten Ketapang, Melawi, dan terus menyebar ke seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat kecuali Kota Pontianak.

"Kasus tertinggi terjadi tahun 2018 dengan jumlah korban meninggal sebanyak 25 orang dari 3.873 kasus gigitan. Pada tahun 2019, ada 14 orang korban meninggal dari 4.398 kasus gigitan. Di tahun 2020 tertanda sampai 21 September ini korban meninggal sebanyak 2 orang dari 1.398 kasus gigitan," ungkapnya.

Norsan mengharapkan agar edukasi tentang rabies ini dapat terus diingat oleh anak-anak. Sehingga tidak ada lagi anak-anak di Kalimantan Barat yang tertular rabies, sesuai dengan visi misi Kalimantan Barat, zero infeksi rabies tahun 2023.

Team Leader a.i FAO ECTAD Luuk Schoonman menambahkan bahwa kegiatan KIE yang menargetkan anak-anak di sekolah dasar ini dapat menjadi pengingat kepada sekitarnya untuk saling menjaga kesehatan hewan agar terhindar dari penyakit rabies. Karena, anak-anak juga dapat menjadi agent of change dalam mengingatkan ancaman penyakit rabies kepada orang tua, saudara, maupun teman bermain di lingkungan disekitarnya.

"Dengan metode penyampaian pesan yang dekat dengan dunia anak, seperti menyanyi dan pentas drama, diharapkan anak-anak dapat lebih mengerti tentang bahaya rabies dan pencegahan jika terjadi gigitan rabies," ujar Luuk.

Pelaksana Tugas Direktur Kantor Kesehatan USAID Indonesia Pamela Foster mengatakan, kasus penyakit rabies di Amerika Serikat juga masih tinggi. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa penyakit menular seperti rabies tidak mengenal batas wilayah dan menimbulkan ancaman serius bagi individu, negara, dan dunia.

Pemerintah Amerika Serikat, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) sendiri telah bermitra dengan Indonesia selama lebih dari sepuluh tahun sebagai bagian dari komitmen bersama terhadap Agenda Ketahanan Kesehatan Global.

"Utamanya untuk mengendalikan dan mencegah penyakit menular. Peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini menggarisbawahi peran penting yang dapat dilakukan generasi muda untuk membantu mengatasi tantangan ini dan menjaga diri mereka tetap aman." ucap Pamela.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) juga menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi rabies ini. Ia meminta sosialisasi dan edukasi terhadap bahaya rabies ini harus terus dilakukan secara masif untuk menjadikan Indonesia bebas rabies.

"Gencarnya upaya sosialisasi dan pemahaman tentang bahaya rabies kepada masyarakat, diharapkan penyebaran virus rabies dapat dihentikan yang pada akhirnya target Indonesia bebas rabies akan tercapai," harap Menteri SYL.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komunitas Bentukan Moeldoko Siap Menangkan Gibran dan Bobby di Pilkada 2020

Posted: 25 Sep 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komunitas Nusantara Bangkit bentukan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengaku siap diturunka ke Solo dan Medan untuk memenangkan Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

"Kami komunitas Nusantara Bangkit berinisiatif mendukung proses demokrasi dua daerah, Medan dan Solo. Pada 18 September 2020 kami berikan dukungan ke Bobby dan Aulia Rachman, diterima langsung Bobby. Juga di Solo," kata Ketua Umum Nusantara Bangkit, Ivan Purba, Jumat, 25 September 2020. 

Menurut Ivan, sempat muncul kesan kurang baik dengan kemunculan Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming pada Pilkada 2020.

Muncul kesan aji mumpung, politik dinasti, atau oligarkhi politik dengan majunya mereka. Namun, menurut Ivan, ada tujuan besar di balik dinamika itu. Salah satunya mengubah Medan dan Solo menjadi lebih maju.

"Menurut kami ini keputusan yang luar biasa. Memang harus demikian. Kalau Solo dan Medan mau berubah. Contoh Medan itu tiga kali kepemimpinan wali kota, hampir 20 tahun, pimpinannya tak bisa selesai menjabat, tersangkut korupsi," katanya.

Tidak selesainya kepemimpinan Wali Kota Medan, menurut Ivan, membuat program pembangunan tidak pernah tuntas dan menimbulkan berbagai permasalahan, seperti masalah perkotaan hingga pelayanan publik.

 

2 Program Utama Menangkan Gibran dan Bobby

Ada dua hal utama yang akan menjadi program komunitas ini untuk memenangkan Gibran dan Bobby pada Pilkada Solo dan Medan.

Pertama, membantu proses pemenangan Gibran Rakabuming-Teguh dan Bobby-Aulia pada pilkada pada 9 Desember 2020.

"Caranya dengan menggarap irisan pemilih yang belum tergarap oleh pengusung dan pendukung Gibran-Teguh. Tak hanya itu, Nusantara Bangkit akan membantu upaya pembangunan Solo dan Medan agar lebih maju," tuturnya. 

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Cuaca di Surabaya Cerah Sambut Akhir Pekan

Posted: 25 Sep 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda prediksi cuaca di Surabaya, Jawa Timur akan cerah pada Sabtu, (26/9/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, cuaca Surabaya akan cerah sepanjang hari. Suhu di Surabaya kisaran 26-36 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 45-85 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah hingga cerah berawan. Suhu di Sidoarjo antara 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 50-90 persen.

Cuaca di Lamongan akan cerah hingga cerah berawan. Suhu di Lamongan antara 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 50-85 persen.

Sementara itu, di Gresik, cuaca akan cerah hingga malam hari. Suhu di Gresik antara 26-35 derajat celsius dengan kecepatan 30 KM per jam. Kelembaban 55-85 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh, Bikin Enggak Lemot

Posted: 25 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Random Access Memory (RAM) merupakan salah satu komponen penyimpanan terpenting dalam laptop. Tempat penyimpanan ini jelas enggak boleh sampai benar-benar penuh. Kalau penuh, dampak buruknya akan bikin laptop lemot.

Salah satu solusi yang bisa dipakai untuk menghindari adalah mempraktikkan cara membersihkan RAM laptop yang penuh. Cara ini bisa membantu meningkatkan kembali performa laptop. Termasuk bisa menambah kapasitas penyimpanan laptop agar tidak cepat penuh seperti sebelumnya.

Bagi yang masih sangat awam sekali dengan cara membersihkan RAM laptop yang penuh, enggak perlu khawatir. Praktik membersihkan RAM ini sangat sederhana. Hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Berikut Liputan6.com ulas cara membersihkan RAM laptop yang penuh dari berbagai sumber, Sabtu (26/9/2020).

Cara Mengecek RAM Laptop

Ilustrasi smartphone dan laptop | Oleg Magni dari Pexels
Ilustrasi smartphone dan laptop | Oleg Magni dari Pexels

1. Buka Task Manager

2. Klik kanan pada layar pilih personalize.

3. Ketik Task Manager pada kolom pencarian.

4. Saat task manager terbuka, masuk ke bagian atau tab Performance.

5. Akan terlihat jumlah RAM yang terpakai dan kapasitas memori RAM pada laptop.

6. Ada total pada bagian Physical Memory. Total ukuran atau kapasitas memori RAM pada laptop.

Restart Laptop

Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels
Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels

Cara 1

1. Cara membersihkan ram laptop yang penuh pertama bisa dengan restart. Tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan.

2. Teknik ini bisa dipakai ketika hanya keyboard yang mudah untuk mengakases menu Start.

3. Window shut down akan tampak berbeda tergantung pada versi Windows.

4. Apapun windows yang digunakan, pengguna akan dialihkan pada opsi untuk restart.

5. Windows 10 dan 8, bisa tekan ikon power yang ada di bagian kanan bawah layar untuk menemukan opsi Restart.

6. Windows 7 dan Vista, bisa menekan tombol tanda panah kecil yang ada di bagian kanan bawah, di sebelah tombol power, lalu pilih restart.

7. Windows XP, tekan tombol Shut Down,  pilih opsi Restart yang muncul setelah tekan tombol tersebut. Lalu tekan OK.

Cara 2

1. Cara membersihkan ram laptop yang penuh dengan restart ada yang lebih sederhana.

2. Buka Power User Menu dengan menekan tombol Windows + X di keyboard.

3. Dalam menu "Shut down or sign out", pilih Restart.

Matikan Proses dan Uninstall Program

Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels

Matikan Proses

1. Buka Task Manager dengan mencarinya di Start Menu menjadi cara membersihkan ram laptop yang penuh dengan mematikan proses.

2. Jika kesulitasm, bisa gunakan shortcut Ctrl + Shift + Esc.

3. Klik More details untuk memperluas pilihan ke opsi yang lebih lengkap

4. Lalu pada tab Processes, klik Memory untuk menemukan aplikasi yang menghabiskan penggunaan RAM.

5. Beralihlah ke tab Performance untuk mendapat informasi tambahan.

6. Pada bagian Memory, akan menemukan bagan penggunaan RAM dari waktu ke waktu.

7. Klik Open Resource Monitor di bagian bawah

8. Grafik yang tersedia di bagian bawah akan menunjukkan berapa banyak RAM yang dimiliki.

Uninstall Program

1. Lakukan uninstall program sebagai cara membersihkan ram laptop yang penuh.

2. Buka control panel, dengan metekan tombol windows pada keyboard atau klik tombol start.

3. Lalu ketikan control panel, setelah itu klik dua kali.

4. Jika sudah terbuka, klik pada bagian uninstall program.

5. Lalu klik kanan pada program, lalu pilih uninstall.

6. Terus ikuti langkah-langkah selanjutnya.

7. Jika sudah selesai, program tidak akan tampil lagi.

8. Selesai.

Hentikan Program Otomatis

Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels

1. Menghentikan program secara otomatis bisa menjadi cara membersihkan ram laptop yang penuh.

2. Lihat program yang berjalan otomatis saat startup pada Windows Task Manager.

3. Klik Kanan di Taskbar, pilih Task Manager.

4. Selanjutnya langsung klik Tab Proses.

5. Jika sudah mengetahui program yang sedang berjalan, langsung nonaktifkan.

6. Pastikan nonaktifkan program-program yang berjalan otomatis saat startup.

7. Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk menjalankan RUN.

8. Ketik msconfig.exe tekan tombol OK atau Enter pada keyboard.

9. Pasti akan muncul jendela System Configuration, klik tab Startup.

10. Hilangkan ceklist program aplikasi yang tidak ingin berjalan otomatis.

11. Klik tombol OK, muncul pesan Restart atau Exit Without Restart.

12. Pilih atau klik Restart.

Hilangkan Malware

Ilustrasi laptop | Pixabay
Ilustrasi laptop | Pixabay

1. Cobalah hilangkan malware sebagai cara membersihkan ram laptop yang penuh.

2. Buka Settings, lalu Update & Security.

3. Pilih Windows Defender dan scroll kebawah, lalu pilih Scan Offline.

4. Windows 10 akan otomatis restart dan proses scanning offline akan di mulai.

5. Proses akan berlangsung 15 – 20 menit.

6. Pengguna akan secata otomatis masuk Windows begitu seluruh proses selesai.

7. Selesai, selamat mencoba.

Virtual Memory dan Fitur ReadyBoost

Ilustrasi laptop | picjumbo.com dari Pexels
Ilustrasi laptop | picjumbo.com dari Pexels

Virtual Memory

1. Menggunakan virtual memory bisa menjadi salah satu cara membersihkan ram laptop yang penuh.

2. Buka Windows Explorer.

3. Klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties.

4. Pilih opsi Advanced system settings yang ada di kolom sebelah kiri.

5. Beralih ke tab Advanced.

6. Klik tombol Settings yang ada di bawah kategori Performances.

7. Beralih lagi ke tab Advanced, lalu klik tombol Change di bawah kategori Virtual Memory.

8. Hilangkan ceklis pada opsi "Automatically manage paging file size for all drivers."

9. Pilih partisi yang akan digunakan untuk virtual memory.

10. Masukan jumlah virtual memory yang ingin digunakan, contohnya 4000 MB untuk Initial size dan 8000 MB untuk Maximum size.

11. Klik tombol OK, lalu restart laptop.

Fitur ReadyBoost

1. Coba gunakan fitur readyBoost sebagai cara membersihkan ram laptop yang penuh.

2. Hubungkan USB flash disk ke laptop.

3. Ketika muncul AutoPlay, pilih opsi Speed up my system.

4. Jika AutoPlay tidak muncul, silahkan klik kanan pada flash disk.

5. Lalu pilih Properties.

6. Setelah jendela Properties terbuka, beralihlah ke tab ReadyBoost.

7. Jika ingin menggunakan semua kapasitas flash disk untuk ReadyBoost, pilih opsi "Dedicate this device to ReadyBoost".

8. Jika hanya ingin menggunakan sebagiannya, pilih opsi "Use this device."

9. Lalu masukkan kapasitas yang ingin digunakan.

10. Setelah selesai, klik tombol OK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Mertua Wagub DKI Riza Patria Meninggal Dunia

Posted: 25 Sep 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ibu mertua Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yakni Yan Yusma meninggal dunia. Dia mengembuskan napas terakhir hari ini, Sabtu (26/9/2020), sekitar pukul 05.20 WIB.

"Telah berpulang ke rahmatullah ibu kami, Hj. Yan Yusma binti Ismail Nain," kata Asisten Pribadi (Aspri) Wagub DKI, Yudha melalui keterangan tertulis.

Yudha mengajak masyarakat Jakarta mendoakan Yan Yusma. Dia berharap, mertua Riza Patria itu diterima di sisi Tuhan.

"Semoga almarhumah diterima di sisi Allah dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT," ucapnya.

Yudha menambahkan, keluarga besar Riza Patria berpesan agar semua pihak tidak mengirim karangan bunga ke rumah duka.

"Keluarga menyampaikan harapan agar uang yang sedianya digunakan untuk karangan bunga lebih baik dijadikan sedekah dan atau diniatkan atas nama almarhumah Yan Yusma binti Ismail Nain," tutup Yudha.

 

Disampaikan Wagub DKI

Melalui akun twitter, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menulis berita duka ini. Dia memohon doa untuk almarhumah.

"Telah wafat Ibu Mertua saya Ibu Hj. Yan Yusma (orangtua dari Ibu Ellisa Sumarlin) pagi ini. Amanah dari keluarga, agar dana yg sedianya untuk karangan bunga digunakan untuk sedekah. Mohon doanya agar Almarhumah ditempatkan di surga Allah SWT. Terima kasih Ibu Bapak. Hormat kami," tulis @BangAriza, Sabtu (26/9/2020).

Jenazah akan dimakamkan pada siang nanti usai salat dhuhur di Tempat Pamakaman Umum Karet Bivak, Jakarta Pusat. 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima Mutasi 56 Pati, Mayjen Achmad Riad Jabat Kapuspen TNI

Posted: 25 Sep 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/757/IX/2020 tanggal 25 September 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 56 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 36 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 5 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 15 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Sus Aidil menyebut 37 Pati TNI AD tersebut yaitu Letjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B., FinaCs., M.si. dari Ka RSPAD Gatot Subroto menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Andarias Pong Bija dari Pa Sahi Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Kasim Genawi, S.I.P., M.Tr (Han) dari Dankodiklat TNI menjadi Pa Sahi Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI, Mayjen TNI Dr. Sudirman, S.H.,M.M. dari Koorsahli Panglima TNI menjadi Dankodikat TNI.

"Kemudian Mayjen TNI Sisriadi dari Kapuspen TNI menjadi Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Achmad Riad, S.I.P. dari Wadan Sesko TNI menjadi Kapuspen TNI, Brigjen TNI Tri Martono, S.I.P. dari Dirlat Kodiklat TNI menjadi Wadan Sesko TNI, Kolonel Inf. Arkamelvi Karmani, S.E. dari Koordinator Auditor Itjen TNI menjadi Dirlat Kodiklat TNI, Brigjen TNI Sumanto dari Pa Sahli Tk. II Intekmil Sahli Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf. Rakimin M. Djoeri, S.I.P., M.M. dari Paban Utama Kamteror Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Intekmil Bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI, Brigjen TNI Dwi Lestiyono, S.I.P., M.Si.(Han) dari Pa Sahli Tk. II Banusia Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka Pensiun)," bebernya melalui keterangan tulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (26/9/2020).

Selanjutnya Kolonel Arm I Ketut Sumerta, S.I.P., M.M. dari Paban Utama Poldagri Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Banusia Panglima TNI, Brigjen TNI Irmanda Sofyan dari Dirum Pusbekangad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Cba Anak Agung Ng Alit, S.Sos. dari Dirbinlitbang Pusbekangad menjadi Dirum Pusbekangad, Brigjen TNI Josias Mamuko, S.I.P. dari Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Selain itu, Kolonel Cpl Saiful Rachiman dari Paban I/Ren Slogad menjadi Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Dr. Budi Prijono, S.T., M.M. dari Kabaranahan Kemhan menjadi Dirjen Renhan Kemhan, Brigjen TNI Zainul Arifin, S.A.P., M.Sc. dari Karopeg Setjen Kemhan menjadi Karoum Setjen Kemhan, Kolonel Inf Aufit Chaniago, S.I.P. dari Auditor Madya Itjen Kemhan menjadi Karopeg Setjen Kemhan, Brigjen TNI Dadang Hendra Yudha dari Karoum Settama BNPT menjadi Dirjen Pothan Kemhan, dan Brigjen TNI Yulius Selvanus dari Danrem 181/Pvt (Sorong) Kodam XVIII/Ksr menjadi Kabainstrahan Kemhan.

Selanjutnya ada Brigjen TNI Indra Heri, S.E. dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Jahpers menjadi Danrem 181/Pvt (Sorong) Kodam XVIII/Ksr, Kolonel Inf Djauhari, S.E. dari Paban III/Binsiapsat Sopsad menjadi Pa Sahi Tk. II Kasad Bid. Jahpers, Brigjen TNI Wiwik Jati Wahono dari Dir SDM Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Kav Agape Zacharia R., Dondonkambey, S.E. dari Auditor Madya Itjen Kemhan menjadi Dir SDM Ditjen Kuathan Kemhan, Brigjen TNI Susilo Adi Purwantoro, S.E., M. Eng.Sc. dari Karoum Unhan menjadi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unhan, Brigjen TNI Priyanto, S.I.P. dari Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan menjadi Karoum Unhan, Kolonel Inf Fahrid Amran, S.H. dari Kabidbangkerma Puslola Kawasan Bainstrahan Kemhan menjadi Dirsumdahan Ditjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Mindarto dari TA Pengajar Bid. Strategi Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

 

Pati Selanjutnya

Terus ada Brigjen TNI Kup Yanto Setiono, M.A. dari Ses Ditjen Strahan Kemhan menjadi TA Pengajar Bid. Strategi Lemhannas, Brigjen TNI Yudi Abrimantyo, S.I.P., M.Sc. dari Bandep Ur. Sosbud pada Deputi Bid. Pengembangan Setjen Wantannas menjadi Ses Ditjen Strahan Kemhan, Kolonel Inf Heru Triyanto, S.Sos. dari Kabag Datin Set Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Bandep Ur. Sosbud pada Deputi Bid. Pengembangan Setjen Wantannas, Brigjen TNI Rido Hermawan, M.Sc. dari Bandep Ur. Lingkungan Pemerintahan Negara pada Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Wantannas menjadi TA Pengajar Bid. Kewaspadaan Nasional Lemhannas.

Brigjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M. dari Bandep Ur. Lingkungan Alam pada Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Wantannas menjadi Bandep Ur. Lingkungan Pemerintahan Negara pada Deputi Bid. Sistem Nasional setjen Wantannas, Kolonel Inf Ganef Suwondo, S.I.P. dari Analisa Kebijakan Bid. Pengembangan Pendidikan pada Deputi Bidang Pengembangan Setjen Wantannas menjadi Bandep Ur. Lingkungan Alam pada Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas dan Brigjen TNI Gatot Sudjatmiko, S.I.P., M.M. dari Pa. Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

"5 Pati TNI AL yaitu, Mayjen TNI (Mar) Joko Supriyanto, S.H. dari Kabainstrahan Kemhan menjadi Kabadiklat Kemhan, Laksma TNI Ir. Gunawan, S.T., M.Tr.(Han)., CHMRP. dari Direktur Pengendalian dan Pengembangan Kamla pada Deputi Bid. Jakstra Bakamla menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (S) Suhartoyo, CHMRP. dari Koorsahli Pushidrosal menjadi Direktur Penelitian dan Pengembangan Kamla pada Deputi Bid. Jakstra Bakamla, Laksma TNI Bambang Pujianto, S.H. dari Kaotmilti III Surabaya Babinkum TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun) dan Kolonel Laut (S) Sigit Agung Winowo, S.E., M.A.P. dari Ir. Koarmada III menjadi Pati Mabes TNI AL (meninggal dunia)," jelasnya.

Sementara 15 Pati TNI AU yaitu, Marsma TNI Dani Harsono dari Aslog Kas Kogabwilhan II menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Kolonel Tek M. Sardar Gaffar, S.T. dari Ir. Koopssau II menjadi Aslog Kas Kogabwilhan II, Marsma TNI Muh. Heru Wahyono, S.Sos., M.M. dari Dirlaik Puslaiklambangjaau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Kolonel Pnb Hariyanto Afif dari Pamen Sopsau menjadi Dirlaik Puslaiklambangjaau, Marsma TNI Yusuf Jauhari, S.Sos., M.Eng. dari Karoum Setjen Kemhan menjadi Kabaranahan Kemhan, Kolonel Sus Fanfan Infansyah dari Kasubdit Kerjasama Asia Pasifik dan Afrika Direktorat Kerjasama Bilateral BNPT menjadi Karoum Settama BNPT, dan Marsda TNI Julexi Tambayong dari TA Pengajar Bid. Hubungan Internasional Lemhannas mejadi Kabalitbang Kemhan.

Selanjutnya Marsma TNI F. Indrajaya, S.E., M.M. dari Direktur Bina Tenaga BNPP (Basarnas) menjadi TA Pengajar Bid. Hubungan Internasional Lemhannas, Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, S.Sos. dari Pamen Sopsau menjadi Direktur Bina Tenaga BNPP (Basarnas), Marsma TNI Ade Dian Suryacandra, M.Sc. dari Kepala Pusat Laboratorium Lemhannas menjadi TA Pengajar Bid. Ilpengtek Lemhannas, Kolonel Lek Suroto, S.T., M.A.P. dari Pamen Diskomleksau menjadi Kepala Pusat Laboratorium Lemhannas, Marsma TNI Arief Mustofa, M.M. dari Waasops Kasau menjadi TA Pengajar Bid. Sismennas Lemhannas, Marsma TNI Thomas Sesber, S.I.P., M.Si. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Umar Rudianto, S.Sos. dari Kadisdikau menjadi Pati Mabes TNI AU (meninggal dunia) dan Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono, S.E., M.M. dari Paban VI/Bindik Spersau menjadi Kapoksahli Kogabwilhan II (Orgas baru).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto:Istimewa)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto:Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Baru Jaksa Pinangki Jalani Sidang Perdana

Posted: 25 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dari penampilan Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Hal ini tampak saat ia menjalani sidang perdana kasus dugaan suap dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) penanganan fatwa MA Djoko Tjandra, Rabu, 23 September 2020.

Rambut sebahu Jaksa Pinangki tak tampak, tertutup hijab berwarna merah muda nan cerah. Item itu pun berpadan selaras dengan long dress bermotif kotak-kotak klasik yang mengombinasikan warna putih, abu, dan merah muda.

Di kesempatan itu pula, Jaksa Pinangki tampak memakai masker dan faceshield. Alis yang dipertegas jadi satu-satunya pulasan makeup yang tampak karena penggunaan item proteksi tersebut, mengingat sidang dijalankan di masa pandemi COVID-19.

Agenda sidang perdana ini adalah pembacaan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Berdasarkan laporan News Liputan6.com, tak banyak komentar yang dilontarkan Jaksa Pinangki sebelum memasuki ruang sidang.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Hari Setiyono sebelumnya mengungkap bagaimana isi proposal Action Plan yang disusun Jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) untuk mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra.

Pada November 2019, Jaksa Pinangki bersama Anita Kolopaking dan Andi Irfan Jaya bertemu Djoko Tjandra di kantornya kawasan The Exchange 106 Lingkaran TrX Kuala Lumpur, Malaysia. "Saat itu, DJoko Soegiarto Tjandra setuju meminta terdakwa Pinangki Sirna Malasari dan Anita Kolopaking untuk membantu pengurusan fatwa ke Mahkamah Agung RI melalui Kejaksaan Agung," tutur Hari.

Hadapi Dakwaan Berlapis

Jaksa Pinangki Sirna Malasari bersiap menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (23/9/2020). Pinangki didakwa dalam kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung, (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Jaksa Pinangki Sirna Malasari bersiap menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (23/9/2020). Pinangki didakwa dalam kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung, (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari dengan dakwaan berlapis. Ia didakwa menerima suap 500 ribu dolar Amerika dari Djoko Tjandra, melakukan pencucian uang, dan permufakatan jahat.

Selama 2019--2020, Jaksa Pinangki berupaya menyembunyikan asal harta kekayaannya lewat penukaran uang sebesar 337,6 ribu dolar Amerika di money changer. Ia juga meminta suaminya menukarkan mata uang 10 ribu dolar Amerika melalui anak buahnya.

Nilai total keseluruhan penukaran mata uang yang dilakukan terdakwa pada periode 27 November 2019 hingga 7 Juli 2020 sebesar 337,6 ribu dolar Amerika. Nilai tersebut setara kurang lebih Rp5 miliar-an.

 

Infografis KPK Ambil Alih Kasus Jaksa Pinangki? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis KPK Ambil Alih Kasus Jaksa Pinangki? (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

150 Ribu Rekening Ditolak Terima Subsidi Gaji Tahap IV

Posted: 25 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan penyaluran subsidi gaji tahap IV telah dicairkan bagi pekerja/buruh yang berhak menerima sesuai kriteria Permenaker No 14/2020.

Namun, pada tahap IV ini ada 150 ribu data rekening calon penerima subsidi gaji yang dikembalikan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Dari total penerima subsidi sebanyak 2,8 juta pekerja.

"Alhamdulillah, proses cek kelengkapan data sudah selesai. Dari 2,8 juta data calon penerima tahap IV, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke KPPN. Sisanya sekitar 150 ribu kami kembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk dilengkapi datanya," kata Menaker Ida dalam keterangannya, Ssabtu (26/9/2020).

Menaker Ida mengatakan, sebanyak 150 ribu calon penerima bantuan subsidi gaji harus dilengkapi datanya terlebih dahulu oleh BPJS Ketenagakerjaan. "Hal ini kami lakukan agar betul-betul penerima subsidi upah/gaji tepat sasaran," paparnya.

Kemudian, setelah diproses ke KPPN, selanjutnya KPPN akan mencairkan dana subsidi gaji ke Bank Penyalur. Setelah itu, bank Penyalur akan segera transfer ke rekening penerima baik itu bank Himbara maupun bank Swasta lainnya. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Bank Himbara selaku Bank Penyalur untuk mempercepat proses transfer.

"Kita berharap penyaluran tahap IV ini terus berjalan dengan lancar seperti tahap I,II dan III, sehingga target penyaluran pembayaran tahap pertama bantuan subsidi gaji bisa tercapai," kata Menaker Ida.

 

Realisasi Penyaluran Subsidi Gaji

Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan per 22 September 2020, realisasi penyaluran subsidi upah/gaji tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.

Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.913 orang atau 99,36 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang.

Sedangkan untuk tahap III telah mencapai 3.356.866 orang atau 95 persen dari total 3,5 juta orang. Total Tahap I,II dan III sebanyak 8.822.208 penerima atau 98,02 persen dari 9 juta orang.

Menaker Ida juga menjelaskan pihaknya telah menyediakan layanan pengaduan terkait penyaluran bantuan subsidi upah/gaji melalui laman http://bantuan.kemnaker.go.id.

Para pekerja/buruh bisa memanfaatkannya untuk bertanya, mencari informasi ataupun mengadukan permasalahan terkait bantuan subsidi upah/gaji.

Medeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi West Bromwich Albion Vs Chelsea: Matangkan Momentum

Posted: 25 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chelsea harus mematangkan momentum bagus yang sedang mengalir dalam tim saat bertandang ke markas West Bromwich Albion di The Hawthorn pada lanjutan Liga Inggris,Sabtu (26/9/2020) malam WIB. Momentum The Blues sedang bagus usai menang 6-0 lawan Barnsley di Piala Liga Inggris pada tengah pekan kemarin.

Memang Barnsley jauh lebih lemah dari Chelsea. Namun lewat pertandingan ini kepercayaan diri pemain pilar seperti Kai Havertz sedang membuncah.

Penyebabnya tak lain karena dia berhasil mencetak tiga gol ke gawang Barnsley. Lalu ada juga bek senior Thiago Silva yang menunjukkan kelasnya di lini pertahanan.

Chelsea belum stabil di Liga Inggris. Namun hadirnya pemain-pemain baru diharapkan bisa secepatnya beradaptasi dengan tim.

Chelsea juga baru mendapatkan kiper anyar Eduardo Mendy. Namun kiper anyar ini sepertinya belum main karena harus menjalani tes Covid-19 lebih dahulu.

 

 

Kondisi Pemain

Para pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak oleh Kai Havertz ke gawang Barnsley pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (24/9/2020). Chelsea menang dengan skor 6-0. (AP Photo/Neil Hall)
Para pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak oleh Kai Havertz ke gawang Barnsley pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (24/9/2020). Chelsea menang dengan skor 6-0. (AP Photo/Neil Hall)

Frank Lampard juga mengungkapkan kondisi yang dihadapi pemainnya jelang laga melawan West Bromwich. Dia dipastikan tak akan bisa memainkan Hakim Ziyech dan Christian Pulisic yang masih belum fit.

"Pulisic belum fit, juga Hakim Ziyech. Mereka berdua sudah berlatih dengan kami. Itu kabar baik, semoga bisa kembali dalam dua pekan kedepan," ujar Lampard seperti dikutip Birminghamlive.

Dia juga memastikan Edouard Mendy tak bisa tampil. Dia akan memilih antara Kepa atau Willy Caballero sebagai kiper lawan West Bromwich.

 

Teman Lama

Pemain Chelsea, Kai Havertz, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barnsley pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (24/9/2020). Chelsea menang dengan skor 6-0. (AP Photo/Neil Hall)
Pemain Chelsea, Kai Havertz, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barnsley pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (24/9/2020). Chelsea menang dengan skor 6-0. (AP Photo/Neil Hall)

Duel Chelsea melawan West Bromwich Albion bakal jadi pertemuan antara teman lama. Lampard bakal jumpa mantan temannya di West Ham semasa jadi pemain, Slaven Bilic.

"Dia orang hebat. Dia jadi contoh untuk semua orang. Kinerja, bakat dan perilakunya di lapangan sangat terlihat," ujar Bilic.

 

Prediksi Susunan Pemain

West Brom (5-4-1): Johnstone; Furlong, Ajayi, Ivanovic, O'Shea, Townsend; Pereira, Sawyers, Livermore, Diangana; Robinson

Chelsea (4-2-3-1): Caballero; James, Zouma, Silva, Chilwell; Kante, Kovacic; Mount, Havertz, Werner; Abraham

 

Pertemuan Terakhir

 

13/02/18 LIP Chelsea FC 3 - 0 West Bromwich Albion FC

18/11/17 LIP West Bromwich Albion FC 0 - 4 Chelsea FC

13/05/17 LIP West Bromwich Albion FC 0 - 1 Chelsea FC

11/12/16 LIP Chelsea FC 1 - 0 West Bromwich Albion FC

14/01/16 LIP Chelsea FC 2 - 2 West Bromwich Albion FC

Saksikan Video Chelsea di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jatuh Bangun Armand Maulana, Ikut Festival Musik Pelajar hingga Minta Pekerjaan ke Wartawan

Posted: 25 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Armand Maulana dianggap sebagai musikus yang menginspirasi jutaan penggemarnya di Indonesia. Lagu-lagu yang dibawakannya bersama band GIGI, sukses membuat pencinta musik di Indonesia terkesan, bahkan mengaguminya hingga kini.

Jauh sebelum terkenal sebagai vokalis band GIGI, Armand Maulana tentu memiliki cerita perjuangan menapaki industri musik. Hal itu terjadi di tahun 1989, saat Armand Maulana pertama kali memperkenalkan suaranya di ajang festival musik.

Melalui bincang-bincang bersama pengamat musik Bens Leo melalui fitur Instagram Stories, 24 September 2020, diketahui fakta Armand Maulana mengawali karier bermusiknya bersama grup band SMA 5 Bandung, Jawa Barat. 

Band pertamanya itu memberanikan diri untuk mengikuti festival pelajar se-Jawa dan Bali. Tak disangka, band SMA 5 Bandung keluar sebagai juara umum. Dan untuk pertama kalinya, pecinta musik hafal dengan Armand Maulana, yang di masa depan menjelma menjadi vokalis besar bersama GIGI.

 

 

Vokalis Terbaik

Penampilan penyanyi Armand Maulana pada hari kedua konser New Live Experience 2020 di Parkir Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (30/8/2020). Dalam penampilannya, Armand membawakan beberapa lagu hits dari album terbaiknya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Penampilan penyanyi Armand Maulana pada hari kedua konser New Live Experience 2020 di Parkir Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (30/8/2020). Dalam penampilannya, Armand membawakan beberapa lagu hits dari album terbaiknya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Festival musik tersebut juga mendapuk Armand Maulana sebagai vokalis terbaik. Tak terbayangkan olehnya, di masa muda, pelantun lagu "Kamu" sudah mendapat modal berharga dari sebuah festival yang diikuti puluhan grup band. 

 

 

Peran Bens Leo

Pengamat musik Bens Leo (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pengamat musik Bens Leo (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Armand Maulana kemudian menyadari jika momen tersebut tak lepas dari peran Bens Leo, wartawan musik yang juga menjadi juri di festival musik yang diikuti Armand Maulana bersama grup band SMA 5 Bandung. 

"Sebenarnya saya ini dilahirin sama Mas Bens (Leo) ya," Armand Maulana mengenang pertemuannya dengan Bens Leo untuk kali pertama. Armand Maulana juga memuji kejelian Bens Leo dalam mencari bakat tak biasa peserta festival musik.

 

 

 

Minta Pekerjaan

Armand Maulana (Instagram/armandmaulana04)
Armand Maulana (Instagram/armandmaulana04)

Armand Maulana akhirnya terus berhubungan baik dengan Bens Leo. Sampai-sampai, Armand Maulana pernah meminta dicarikan pekerjaan kepada Bens Leo, yang kala itu masih aktif sebagai wartawan musik untuk sebuah media cetak.

"Saya bilang ke Mas Bens, saya diterima di UI (Universitas Indonesia), kasih saya kerjaan dong. (Bens Leo bilang) 'Ya sudah sini main ke Tebet. Pas main, Mas Bens ngasih kaset buat ikut Festival Lagu Perjuangan. Mas Bens bilang waktu itu, nyanyiin nih lagu, nanti bakal disiarin di teve, wah senang banget dikasih kesempatan. Di situ juga saya dapat lagi juara," suami Dewi Gita ini mengenang dengan memutar memori ingatannya di masa lalu.

 

 

Jadi Penyanyi Terkenal

Armand Maulana (Nurwahyunan/Fimela.com)
Armand Maulana (Nurwahyunan/Fimela.com)

Tak disangka, arahan Bens Leo yang meminta Armand Maulana kembali ikut festival musik yang disiarkan di televisi, berujung tawaran tampil dengan porsi lebih besar. Armand Maulana menceritakan, selain langganan tampil di TVRI, ia juga dipercaya mengisi kekosongan personel Trio Libels.

"Enggak nyangka sih Mas, yang tadinya cuma mau minta kerjaan untuk jadi panitia acara musik tiba-tiba dikasih job nyanyi, alhamdulillah sampai sekarang," kenang Armand Maulana.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12.495 Anggota Linmas Diturunkan Amankan Pilkada Klaten

Posted: 25 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 12.495 personel perlindungan masyarakat atau Linmas akan diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Klaten 2020.

Belasan ribu personel linmas itu terdiri dari Linmas inti, Linmas kecamatan, Linmas desa, hingga Linmas yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tugas mereka beragam.

Seperti mengatur jarak calon pemilih ketika di TPS agar tak berkerumun hingga memastikan warga yang mencoblos datang ke TPS mengenakan masker.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Klaten, Rabiman, para personel Linmas inti atau di tingkat kabupaten sudah mulai bertugas mengamankan proses pesta demokrasi sejak masa pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati pada 4 September lalu.

"Setiap personel kami dari Satpol PP mengamankan proses pilkada, Linmas inti sudah kami libatkan ke lapangan," kata Rabiman saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis, 24 September 2020. 

Sementara, Linmas tingkat kecamatan mulai bertugas pada H-3 hingga H+3 Pilkada yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Selama bertugas mengamankan pilkada, para personel Linmas tersebut akan dibekali alat pelindung diri (APD) seperti masker dan sarung tangan. Sementara, perlengkapan pengamanan yang dibawa masing-masing personel Linmas berupa pentungan.

 

Dilengkapi APD

Soal perlengkapan APD guna mencegah Covid-19, Rabiman mengatakan bahwa Satpol PP memfasilitasi perlengkapan APD bagi personel Linmas inti dan kecamatan.

"Untuk Linmas yang di tingkat desa nanti APD disiapkan dari desa. Sementara, perlengkapan Linmas yang ada di TPS akan disiapkan dari KPU," jelas dia.

Terkait honor, untuk linmas inti atau tingkat kabupaten dan kecamatan akan menjadi tanggungan Satpol PP. Per hari menerima Rp 75.000. 

Sementara, honor Linmas tingkat desa menjadi tanggungan pemerintah desa. Sedangkan personel Linmas yang bertugas di dalam TPS mendapatkan honor dari anggaran KPU.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Haru Bahagia Dewi Perssik Dapat Nafkah Pertama Kali dari Angga Wijaya

Posted: 25 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebriti memang selalu menarik untuk diikuti. Bukan hanya kariernya saja, namun kehidupan pribadinya juga tak kalah mencuri perhatian. Salah satunya adalah Dewi Perssik dan Angga Wijaya. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu rumah tangga pasangan yang menikah pada 2017 ini diterpa kabar kurang menyenangkan.

Keduanya sempat dikabarkan ingin bercerai karena Angga belum bisa memberikan nafkah untuk Dewi Perssik. Pemilik nama lengkap Dewi Murya Agung ini menyayangkan sikap Angga karena menurutnya kodrat seorang sami adalah memberi nafkah untuk keluarga. Meski demikian, sebenarnya Dewi Perssik tidak pernah mempermasalahkan jumlah dari nafkah yang akan diberikan.

Namun setidaknya Angga bisa menjalankan kewajibannya sebagai kepala rumah tangga. Setelah empat tahun menjalani biduk rumah tangga dengan Angga Wijaya, wanita yang akrab disapa Depe ini untuk pertama kalinya mendapatkan nafkah. Bersyukur, belum lama ini Angga terlihat bahagia karena akhirnya bisa memenuhi kewajibannya sebagai suami dengan menafkahi istrinya.

Melalui channel YouTube pribadinya, Angga membagikan momen memberikan gaji pertamanya kepada Dewi Perssik. Momen itu berlangsung haru bahagia, sampai Depe menangis dan mendoakan karier Angga agar selalu sukses dan konsisten dengan perubahan sikapnya untuk menjadi suami yang lebih bertanggung jawab.

Berikut 7 momen haru bahagia Dewi Perssik diberi nafkah dari Angga untuk pertama kalinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (26/9/2020).

1. Setelah fokus menjadi YouTuber, Angga akhirnya menerima gaji hasil video-video YouTube yang ia unggah.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)

2. Dengan bahagia usai menerima gaji pertama, Angga langsung menghampiri sang istri.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)

3. Angga meminta Depe untuk tutup mata karena ingin memberikan kejutan.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)

4. Setelah diberikan, pedangdut asal Jember ini langsung membuka amplop cokelat itu dan terkejut melihat isinya.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)

5. Setelah 4 tahun menikah, akhirnya Dewi Perssik diberi nafkah oleh Angga Wijaya.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)

6. Wanita 34 tahun ini tampak bahagia, bukan karena jumlah gaji Angga. Namun, Depe bangga karena sang suami akhirnya bisa menunaikan kewajibannya.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/ANGGA WIJAYA CHANNEL)

7. Momen Angga memberi Depe gaji pun berlangsung haru bahagia, hingga ia menangis dan mendoakan agar karier suaminya selalu sukses.

Dewi Perssik (Sumber: Youtube/DEWI PERSSIK)
Dewi Perssik (Sumber: Youtube/DEWI PERSSIK)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama Kampanye, Bawaslu Jember Ingatkan Maklumat Kapolri

Posted: 25 Sep 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Bawaslu Kabupaten Jember, Jatim, akan memberikan sanksi kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang melanggar protokol kesehatan selama masa kampanye dalam tahapan Pilkada Jember tahun 2020.

"Kami berharap peserta Pilkada Jember mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam melakukan kampanye yang dimulai pada hari ini," kata Ketua Bawaslu Jember Imam Thobrony Pusaka di Jember, Sabtu (26/9/2020).

Menurutnya, semua pihak diharapkan bisa mematuhi protokol kesehatan COVID-19 sebagaimana yang diatur dalam PKPU terbaru Nomor 13 Tahun 2020 yang menjelaskan kampanye di masa pandemi terkait dengan apa saja yang dilarang saat kampanye di masa pandemi.

"Bagi pasangan cabup-cawabup yang melanggar akan dikenai tertulis dan seterusnya hingga sanksi administrastif, namun tidak ada sanksi berupa pembatalan atau diskualifikasi calon sebagai peserta pilkada," tuturnya dilansir Antara.

Ia menjelaskan, sanksi atas pelanggaran kerumunan massa hanya berupa sanksi administratif dan dibubarkan sesuai aturan dari Bawaslu RI, sehingga pihaknya akan memberikan rekomendasi kepada aparat kepolisian untuk menindak tegas pasangan calon yang melanggar tersebut.

"Sesuai maklumat Kapolri, penindakan atas larangan kerumunan akan dilakukan oleh aparat kepolisian berdasarkan rekomendasi Bawaslu, sehingga nantinya kami akan membentuk kelompok kerja yang melibatkan Satpol PP, TNI, dan Polri," katanya.

Bawaslu Jember juga sudah menggelar Deklarasi Pemilu Sehat dan Jurdil yang dihadiri perwakilan pasangan calon, tim pasangan calon, dan partai politik pengusung untuk menandatangani pakta integritas untuk menjaga pemilu sehat dan jurdil pada Jumat (25/9) sore.

Sementara itu Polres Jember juga menggelar deklarasi dan doa bersama untuk menciptakan pilkada sehat dan damai pada Jumat (25/9) malam dengan mengundang pasangan calon, tim pasangan calon, partai politik, dan penyelenggara pemilu, serta tokoh ulama agar semua pihak benar-benar disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan selama masa kampanye.

Dalam kedua deklarasi yang digelar Bawaslu Jember dan Polres Jember di tempat yang berbeda, calon petahana Faida tidak terlihat menghadiri acara tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kesehatan Rakyat dan Keselamatan Umat Adalah yang Utama

Posted: 25 Sep 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa pemerintah mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat dalam penanganan Covid-19. Pemerintah terus berupaya menjaga yang sehat agar tidak terpapar virus corona.

"Saya ingin kembali menegaskan bagi pemerintah, kesehatan rakyat, keselamatan umat adalah yang utama. bagi yang sehat kita jaga agar tidak terpapar. Bagi yang sudah terpapar, kita berupaya segera untuk bisa kita sembuhkan," kata Jokowi saat membuka Muktamar PP Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/9/2020).

Jokowi bersyukur, angka kesembuhan masyarakat tinggi per 25 September lalu. Pemerintah, kata dia, terus berupaya meningkatkan angka kesembuhan.

"Alhamdulillah per 25 September, angka kesembuhan kita mencapai 196 ribu orang dengan tingkat kesembuhan 73,5%. Ini semakin meningkat. Alhamdulillah dan akan terus kita tingkatkan," ucapnya.

Mantan Wali Kota Solo itu mengajak masyarakat Indonesia tidak menyerah menghadapi pandemi Covid ini. Dia juga mengajak agar masyarakat saling membantu saat kesulitan.

"Kita tidak boleh nyerah, kita harus berikhtiar sekuat tenaga pengendalian Covid-19 sekaligus membantu saudara-saudara kita agar tidak semakin terpuruk karena kesulitan ekonomi," pungkasnya.

 

Kompak Hadapi Covid-19

Menurut Jokowi, perlu kekompakan bersama dalam menghadapi Covid-19. Dia bilang, persoalan ini terlalu besar untuk diselesaikan pemerintah sendirian.

"Kita harus bersatu, satu tekat, satu semangat, satu barisan dalam menghadapi situasi yang sulit ini," ucapnya.

Jokowi berharap, seluruh kader Parmusi di seluruh tanah air bergandengan tangan dengan seluruh elemen bangsa yang lain. Kemudian, menjadi garda terdepan untuk melindungi diri sendiri, melindungi kesehatan umat, keselamatan rakyat, serta bangsa dan negara. "Sehingga kita bisa segera pulih dan bangkit kembali," kata dia.

Dia menambahkan, dalam mencegah penyebaran Covid, tidak ada jalan lain selain disiplin menjalankan protokol kesehatan. Serta disiplin menjalankan kebiasan-kebiasaan baru yang aman dari Covid saat di dalam rumah bersama keluarga maupun ketika di luar.

Reporter: Genan Kasah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Dunia Atasi Iklim Sama Seperti COVID-19, Sekjen PBB: Hal Buruk Akan Terjadi

Posted: 25 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat, China, dan Rusia dianggap dalam lingkaran 'perang dingin' selama pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pandemi Virus Corona COVID-19 COVID-19.

Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan jika krisis iklim diatasi dengan cara yang sama dengan mengatasi masalah COVID-19 maka "Saya takut yang terburuk akan terjadi."

Guterres mengatakan, Virus Corona COVID-19 tidak terkendali ketika jumlah kematian global mendekati 1 juta, sementara lebih dari 30 juta telah terinfeksi.

Dia menyalahkan "kurangnya kesiapan global, kerja sama, persatuan dan solidaritas," demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Sabtu (26/9/2020).

"Pandemi adalah ujian nyata kerja sama internasional dan itu gagal diatasi," katanya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan diplomat tinggi pemerintah China, Wang Yi, keduanya menyindir Amerika Serikat selama pertemuan dewan virtual tentang pemerintahan global pasca-COVID-19, yang ditanggapi oleh Duta Besar AS Kelly Craft: "Malu pada masing-masing pihak yang menyalahkan."

"Saya heran dan saya muak dengan isi diskusi hari ini. Anggota dewan yang mengambil kesempatan ini untuk fokus pada dendam politik daripada masalah kritis yang ada," katanya.

Meskipun tidak menyebutkan negara mana pun, Lavrov mencatat bahwa pandemi telah memperdalam perbedaan antar negara bagian.

"Kami melihat upaya dari masing-masing negara untuk menggunakan situasi saat ini untuk memajukan kepentingan sempit mereka saat ini, untuk menyelesaikan masalah dengan pemerintah yang tidak diinginkan atau pesaing geopolitik," katanya.

Ketegangan yang sudah lama membara antara Amerika Serikat dan China mencapai titik didih terkait pandemi, menyoroti upaya Beijing untuk mendapatkan pengaruh multilateral yang lebih besar sebagai tantangan bagi kepemimpinan Washington.

Wang menyerukan koordinasi dan kerja sama yang lebih baik di antara kekuatan utama dunia.

"Negara-negara besar bahkan lebih berkewajiban untuk mengutamakan masa depan umat manusia, membuang mentalitas Perang Dingin dan bias ideologis, dan bersatu dalam semangat atau kemitraan untuk mengatasi kesulitan," katanya.

Pilpres AS 2020

Presiden AS Donald Trump pidato di Sidang Umum PBB. Ia menyerang China dalam pidatonya. Dok: Gedung Putih
Presiden AS Donald Trump pidato di Sidang Umum PBB. Ia menyerang China dalam pidatonya. Dok: Gedung Putih

Presiden AS Donald Trump akan menghadapi pilpres pada 3 November ketika Amerika Serikat berurusan dengan jumlah kematian dan infeksi resmi tertinggi di dunia dari virus corona.

Washington menuduh Beijing kurang transparansi yang dikatakan telah memperburuk wabah. Sementara itu, China membantah pernyataan AS.

Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun menolak tuduhannya dan berkata: "Cukup sudah cukup. Anda telah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia. AS harus memahami bahwa menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalahnya sendiri."

Amerika Serikat telah mengumumkan rencana untuk meninggalkan Organisasi Kesehatan Dunia yang berbasis di Jenewa setelah Trump menuduhnya menjadi boneka bagi China selama pandemi virus korona. WHO telah menolak pernyataan Trump.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Realisasi Dana PEN, Pemerintah Percepat Lakukan Relokasi

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) kembali membahas dan memutuskan isu-isu strategis dari masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L) terkait percepatan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Salah satunya mengupayakan anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) sebesar Rp695,23 triliun dapat terserap 100 persen hingga akhir 2020. Di antaranya dengan cara merelokasi sisa dana dari program-program yang berpotensi tidak terserap ke program lain yang sudah berjalan dengan baik.

"Paparan dan masukan dari para menteri maupun pimpinan lembaga negara, dibahas secara rinci sejak pagi jam 09.00 WIB sampai sore jam 17.30 WIB. Semuanya berangkat dengan niat dan semangat yang sama, yaitu agar kesehatan segera pulih dan ekonomi cepat bangkit," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai memimpin Sesi Panel Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite PC-PEN dan K/L, di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau ditulis Sabtu (29/6/2020).

Pada sesi pertama yang dimoderatori oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, rapat membahas capaian program dan realisasi penyerapan anggaran program PC-PEN hingga pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi.

Menurut Airlangga penyerapan anggaran PC-PEN menunjukkan tren positif, hingga minggu ini sudah mendekati 40 persen. Rapat pun menyimpulkan agar perluasan program dan usulan program baru bisa segera difinalisasi untuk menopang kehidupan masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. Realokasi anggaran ke program lain yang tingkat penyerapannya lebih lancar, juga akan terus didorong.

"Penggunaan anggaran harus tepat sasaran, efektif, dan efisien. Kita juga membahas agar dalam melaksanakan tugas tidak terjebak dalam peraturan yang menyulitkan kinerja kementerian. Seperti yang disampaikan Wakil Ketua KPK tadi, jangan takut mengeksekusi program selama proses penganggaran telah sesuai prosedur dan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku," terang Menko Perekonomian.

 

Realisasi 7 Kementerian

Pekerja berjalan usai bekerja perkantoran di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pemprov DKI Jakarta akan memberikan saksi berupa mencabut perizinan perusahaan yang tetap beroperasi di masa PSBB kecuali delapan sektor yang memang diizinkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pekerja berjalan usai bekerja perkantoran di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Pemprov DKI Jakarta akan memberikan saksi berupa mencabut perizinan perusahaan yang tetap beroperasi di masa PSBB kecuali delapan sektor yang memang diizinkan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun, 7 Menteri yang melaporkan realisasi anggaran program PC-PEN dalam sesi ini. Data Kementerian Ketenagakerjaan mencatat, rekening penerima Bantuan Subsidi Upah yang telah tervalidasi per September 2020 mencapai 12,7 juta. Program PEN Kementerian Sosial juga berjalan dengan baik, yaitu telah terealisasi sebesar Rp91,4 triliun atau 71 persen dari total anggaran Rp128,2 triliun. Sementara program Dukungan UMKM sudah terealisasi sebesar 64,5 persen dari pagu atau sebesar Rp22,6 triliun.

"Kita juga harus mendorong belanja BUMN dan K/L untuk penyerapan produk UMKM. Selain itu, integrasi program-program K/L untuk mendorong transformasi digital dan agar program UMKM naik kelas juga terus diupayakan," lanjut Airlangga.

Mengenai vaksin, Pemerintah sedang menyelesaikan Roadmap Rencana Nasional, dan Rancangan Peraturan Presiden mengenai Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Kementerian Kesehatan menargetkan pengadaan vaksin akan sesuai target waktu pada akhir tahun 2020 sudah tersedia, dan mulai didistribusikan pada awal tahun 2021.

"Sampai vaksin benar-benar diperoleh dan didistribusikan, masyarakat dihimbau untuk tetap melaksanakan Protokol 3M, dan Kemenkes terus menjaga ketersediaan obat-obatan yang diperlukan," paparnya.

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nora Alexandra Sedih Jerinx SID Tidur di Depan Kamar Mandi

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jerinx SID harus mendekam di Rutan Polda Bali atas kasus pencemaran nama baik. Jerinx berada d balik jeruji besi sejak Agustus lalu. 

Istri Jerinx SID, Nora Alexandra mengaku tak bisa menahan kesedihan melihat sang suami berada d balik jeruji besi. Hati Nora pun semakin tersayat saat melihat foto suaminya yang tidur di depan kamar mandi tahanan.

Cerita soal Jerinx SID itu disampaikan Nora melalui Instagram pribadinya. Berikut cerita selengkapnya.

 

Foto 

Jerinx SID. (instagram.com/ncdpapl)
Jerinx SID. (instagram.com/ncdpapl)

Nora mengungkapkan bahwa hatinya begitu tersayat saat melihat foto suami yang tidur di depan kamar mandi tahanan.

"Jangan menghujat, sebagai istri saya orang yg paling sakit saat suami saya ditahan apalagi melihat foto suami saya saat tidur di depan kamar mandi tahanan tersebar, tersayat hati saya!" tulis Nora di akun instagramnya.

 

Takut

Jerinx SID dan Nora Alexandra. (instagram.com/ncdpapl)
Jerinx SID dan Nora Alexandra. (instagram.com/ncdpapl)

Nora mengaku banyak mendapat pertanyaan dari followers sang suami di instagram yang menyinggung soal Jerinx yang tak akan lagi bersuara lantang. Sebagai istri, Nora pun memberikan jawaban yang bikin terenyuh. 

"Jadi banyak DM dari beberapa fans JRX bahkan followers JRX bertanya seperti " Apa ini artinya pakde ga akan lantang lagi menyuarakan suara yg tertindas kak? Jawaban saya terkait pertanyaan diatas, saya menegaskan saya takut suami saya ditahan lagi, bukan takut untuk kepentingan saya, tapi takut jika Liver dia kambuh, dia sudah kepala 4," tulis Nora.

 

Tak Membatasi

5 Potret Cantik Nora Alexandra Kekasih Jerinx SID Saat di Pantai (sumber: Instagram/ncdpapl)
5 Potret Cantik Nora Alexandra Kekasih Jerinx SID Saat di Pantai (sumber: Instagram/ncdpapl)

Nora mengaku bahwa dirinya tak akan membatasi gerak sang suami dalam menyuarakan suara yang tertindas.

"Dia harus bisa menjadi suami yg dmn memiliki keluarga, anak dan lebih ke istri, namun ini bukan berarti saya membatasi dia untuk menyuarakan suara yg tertindas, JRX akan tetap boleh bersuara tapi saya tekankan TIDAK LOS seperti sebelum2nya! Karena saya menjaga suami saya! Saya tidak mau lihat dia tidur dilantai! Saya tidak mau lihat dia sakit lalu bukan saya yg merawatnya!" tulisnya lagi.

 

Kembali ke Kaluarga

Nora pun mengungkapkan harapannya kepada suami jika sudah bebas nanti. Dia hanya ingin Jerinx kembali ke keluarga dan membangun rumah tangga serta membangun karier bersama.

"Saya mau suami saya kembali kepada saya dengan seperti lahir kembali, yg mana menjadi I Gede Ary Astina, mau dia bisa berkeluarga, bisa kita punya anak, fokus ke keluarga, kerjaan, musisi, menulis puisi / buku, tetap menyuarakan hal2 yg benar dengan TIDAK LOS banget, ingat dan di catat! Saya mau yg terbaik untuk suami saya! Saya tidak mau suami saya sampai di bui lagi, saya begini untuk kebaikan dia kedepannya, kebaikan diri dia!! Semoga para followersnya dan fansnya paham maksud saya!" katanya.

"Perlu dicatat dan camkan, saya TIDAK MEMBATASI SUAMI SAYA BERSUARA! Tetapi saya akan rubah dia agar TIDAK terlalu LOS / BABLAS!! Ini demi kebaikan suami saya demi kebaikan rumah tangga kami," sambung dia.

 

Tidak Restui

Nora pun mengungkapkan jika dirinya tidak pernah mengizinkan dan merestui Jerinx terjun ke politik.

"Saya tidak akan pernah IZINKAN dan merestui suami saya terjun ke politik! Dia sudah berjanji jika nanti bebas, dia akan lebih fokus ke istrinya (Nora), fokus berkeluarga dan memiliki anak. Dan fokus bikin2 lagu dan menulis puisi. Saya TIDAK mau suami sayasampai ke tahanan lagi! Saya akan lebih ketat untuk menjaga dia demi kebaikan dia ke depannya," tulis Nora. 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Citizen: Tes Kejelian Mata, Bisakah Temukan Kucing dalam Gambar Ini

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri, ketelitian atau kejelian mata sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain untuk memudahkan kehidupan pribadi, ketelitian juga nampaknya bisa berguna dan menunjang pekerjaan.

Bagi kamu yang penasaran tentang tingkat kejelian yang dimiliki bisa mengetesnya dengan mencari sebuah objek dalam foto satu ini.

Melansir dari Dailystar, Jumat (25/9/2020), seorang pemilik kucing baru-baru ini membagikan gambar ruang tamunya dan meminta pengguna Reddit untuk menemukan kucing peliharaannya.

Artikel tentang tes seberapa jeli penglihatanmu, temukan kucing dalam foto ini menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang berapa lama sebaiknya berolahraga tiap hari untuk tingkatkan imunitas tubuh?

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang separuh dari pasien Covid-19 lakukan kesalahan besar ini setelah terinfeksi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tes Seberapa Jeli Penglihatanmu, Temukan Kucing dalam Foto Ini

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

 

Pengguna dengan akun pizzaslayer111 tersebut mengatakan bahwa dalam foto tersebut terdapat seekor kucing yang bersembunyi di suatu tempat.

"Temukan kucingku di foto ini," tulis keterangan foto tersebut.

Selengkapnya...

2. Berapa Lama Sebaiknya Berolahraga Tiap Hari untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menjadi alasan utama untuk berbagai kondisi kesehatan yang buruk.

Berolahraga setiap hari membantu menjaga kesehatan jantung Anda, mengelola gejala penyakit tipe 2, menjaga berat badan yang sehat, dan bahkan bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Namun, ada satu keuntungan lagi dari berolahraga setiap hari: Olahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Selengkapnya...

3. Separuh dari Pasien Covid-19 Lakukan Kesalahan Besar Ini Setelah Terinfeksi

Ilustrasi isolasi diri di tengah pandemi virus Corona | pexels.com/@cottonbro
Ilustrasi isolasi diri di tengah pandemi virus Corona | pexels.com/@cottonbro

Saat ini, memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan telah menjadi kebiasaan yang harus dilakukan selama pandemi Corona.

Akan tetapi, satu tindakan pencegahan yang berpotensi efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona, mengalami hambatan di beberapa negara.

Hal tersebut yakni pelacakan kontak. Faktanya, satu studi baru menemukan bahwa setengah dari pasien Covid gagal melaporkan kontak dekat mereka setelah dinyatakan positif terinfeksi.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain Brighton vs MU: Menanti Sihir Van de Beek

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) akan berkunjung ke Amex Stadium pada lanjutan Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020) malam WIB. Setan Merah bakal diuji oleh Brighton and Hove Albion.

Laga melawan Brighton kemungkinan akan menjadi debut pemain anyar MU Donny van de Beek tampil sebagai starter di Liga Inggris. Pekan lalu Van de Beek masih masuk sebagai pemain pengganti.

Van de Beek memberikan kesan bagus. Meski MU kalah 1-3 dari Crystal Palace, pemain yang direkrut dari Ajax Amsterdam itu mencetak satu-satu gol Setan Merah.

Pria Belanda itu sudah sempat diturunkan sebagai starter oleh Ole Gunnar Solskjaer saat MU tampil di Piala Liga Inggris melawan Luton Town, pertengahan pekan ini. MU menang 3-0.

Van de Beek kemungkinan akan ditandemkan dengan Paul Pogba dan Bruno Fernandes di lini tengah. MU menurunkan Van de Beek bersama Pogba dan Fernandes karena akan tampil menyerang. Mereka butuh kemenangan setelah kalah di laga sebelumnya.

 

Greenwood

Brighton & Hove Albion vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)
Brighton & Hove Albion vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)

Solskjaer juga akan menurunkan Mason Greenwood sejak awal mendampingi Anthony Martial dan Marcus Rashford. Greenwood dicadangkan saat melawan Palace akibat masalah asusila di timnas Inggris.

Beralih ke Brighton, pelatih Graham Potter bakal mengandalkan duet Neal Maupay dan Aaron Connolly. Pemain muda Tariq Lamptey juga akan main lagi sejak awal. Lamptey tampil menjanjikan di awal musim ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Brighton: Ryan; White, Dunk, Webster; Lamptey, Propper, Alzate, March; Trossard, Connolly, Maupay

MU: De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw; Pogba, Van de Beek; Greenwood, Fernandes, Rashford; Martial

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdaftar di Samsat DKI Jakarta, Kia Sonet Meluncur di Indonesia?

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - KIA Sonet sudah terdaftar di situr resmi Samsat DKI Jakarta. Ini bisa menjadi salah satu tanda SUV asal Korea Selatan tersebut akan meluncur di Indonesia. 

Tertulis dengan kode SONET 1.5 AT dan SONET 1.5 MT, terlihat jelas bahwa KIA Sonet nantinya mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc. Hanya saja, dapur pacu ini tampaknya berbeda dengan versi India, bukan diesel melainkan berbahan bakar bensin.

Seperti namanya, KIA Sonet tersedia dalam 2 pilihan transmisi, yakni otomatis dan manual. Menariknya, mobil SUV ini disebut-sebut akan memiliki sistem transmisi otomatis konvensional yang dilabeli "Advance AT".

Sebelumnya, pihak PT Kreta Indo Artha, distributor mobil KIA di Indonesia, juga sudah memastikan bahwa KIA Sonet akan segera dirilis. Ini tak terlepas dari fokus mereka dalam menggarap segmen SUV di pasar otomotif Tanah Air.

Kia Sonet

Kia Sonet terdaftar di Samsat DKI Jakarta (otosia.com)
Kia Sonet terdaftar di Samsat DKI Jakarta (otosia.com)

"KIA Sonet sudah diuji jalan di Indonesia. Biasanya jika sudah diuji sekitar 90 persen masuk Indonesia," kata Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo.

Hanya saja, masih belum diketahui waktu peluncuran KIA Sonet di Indonesia. Bisa jadi mobil SUV ini akan dirilis dalam waktu dekat, atau setidaknya pada awal 2021 mendatang. Kita tunggu saja.

Sumber: Otosia.com

Ribuan Kia Sonet Resmi Terjual Hanya Dalam 24 Jam, Apa Istimewanya?

Resmi membuka pemesanan Kia Sonet di India, perusahaan otomotif asal Korea Selatan tersebut berhasil menarik 6.523 konsumen hanya dalam 24 jam.

Dengan memberikan uang tanda jadi sebesar 25 ribu Rupee atau setara dengan Rp4,9 juta, calon konsumen bisa melakukan pemesanan secara online atau melalui dealer resmi Kia.

Selain pasar domestik, Kia juga akan melakukan produksi Sonet untuk memenuhi pasar otomotif global melalui pabriknya yang berada di Anantapur, India.

Seperti dilansir Car and Bike, Minggu (22/8/2020), Kia Sonet resmi diperkenalkan secara global pada 7 Agustus 2020 di India. Masuk segmen SUV, mobil terbaru ini akan bersaing dengan Hyundai Venue, Suzuki Vitara Brezza, Tata Nexon, Ford EcoSport dan Mahindra XUV300.

Seperti Seltos, Kia Sonet juga akan hadir dengan dua pilihan varian yakni GT Line dan Tech Line. Pabrikan juga berjanji akan menawarkan beragam fitur canggih, seperti Bose surround audio system, layar sentuh berukuran 10,25 inci dan pembersih udara untuk membunuh virus.

Seperti Seltos dan Karnaval, Kia juga menyematkan teknologi koneksi UVO dengan 57 fitur konektivitas yang mencakup bantuan suara dan pembaruan over-the-air.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Polisi Sulut Gulung Jaringan Pengedar Narkotika Lintas Provinsi di Manado

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Polda Sulut melalui Subdit 3 Ditresnarkoba berhasil mengungkap sindikat peredaran narkotika jenis sabu antar provinsi di Sulawesi, Rabu (23/09/2020), di wilayah Kecamatan Wenang dan Malalayang, Kota Manado, Sulut.

Petugas menangkap tiga tersangka, yaitu RN (45) dan ES (21), warga Wenang, serta BVJ (35), warga Malalayang.

Polisi juga berhasil menyita sejumlah barang bukti dari ketiganya, antara lain sabu total seberat sekitar 30 gram, data komunikasi elektronik, timbangan digital, kartu ATM, serta alat pengisap sabu atau bong.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, pengungkapan ini berdasarkan tiga laporan polisi. Petugas awalnya menangkap tersangka RN di wilayah Wenang sekitar pukul 13.20 Wita.

"Dari tersangka RN didapati barang bukti berupa dua paket kecil sabu dan handphone," ujar Abast didampingi Dirresnarkoba Polda Sulut AKBP Indra Lutrianto Amstonodan, Kasubdit 3 Ditresnarkoba AKBP Denny Pusungulaa, Kamis malam (24/9/2020).

Berdasarkan hasil interogasi terhadap RN, petugas melakukan pengembangan dan menangkap tersangka ES di depan sebuah hotel di wilayah Wenang, sekitar pukul 15.30 Wita. Barang bukti yang didapat dari ES adalah lima paket kecil sabu dan handphone.

 

Kejar Bandar Besar

"Petugas kembali melakukan pengembangan, dan mengamankan tersangka BVJ di wilayah Malalayang, sekitar pukul 17.45 Wita. Dari tangan BVJ, ditemukan barang bukti tiga paket sabu," ujar Abast.

Para tersangka dijerat Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah sepertiga.

"Para tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Polda Sulut untuk diperiksa, juga pengembangan lebih lanjut," ujarnya.

Indra mengemukakan, pengiriman sabu dilakukan melalui jalur darat dari luar daerah Sulut. Barang bukti yang didapat hanya sisa, sudah ada beberapa gram yang beredar.

"Dan ini akan kita kembangkan terus kepada pengedar atau pengecer lainnya, termasuk para pemakai, bahkan juga bandar besarnya," ujar Indra di Markas Polda Sulut.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Akmal Taher Mundur dari Satgas Penanganan Covid-19

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akmal Taher, Guru Besar FK UI yang juga Kabid Kesehatan satgas penanganan Covid-19 mengundurkan diri dari satgas. Alasannya mundurdisebut karena ingin fokus mengajar lagi di FK UI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Lembaga Dunia Kompak Perangi Hoaks Seputar Covid-19

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Sejumlah lembaga dunia kompak bersuara memerangi hoaks dan kesalahan informasi terkait dengan virus corona baru atau Covid-19. Pasalnya dua hal tersebut membahayakan kesehatan fisik hingga menghambat dalam menghentikan pandemi.

WHO, PBB, UNICEF, UNDP, UNESCO, UNAIDS, ITU, UN Global Pulse, dan IFRC telah mengeluarkan pernyataan bersama terkait pengelolaan infopandemik Covid-19, dengan mempromosikan prilaku sehat dan mengurangi bahaya kesahalan informasi dan hoaks.

Dikutip dari situs resmi who.int, Covid-19 adalah pandemi pertama dalam sejarah yang menggunakan teknologi dan media sosial dalam skala besar untuk membuat orang tetap aman, terinformasi, produktif, dan terhubung.

Namun, pada saat yang sama teknologi yang diandalkan untuk tetap terhubung dan terinformasi, memungkinkan dan memperkuat infodemik yang terus merusak respons global dan membahayakan langkah-langkah dalam mengendalikan pandemi Covid-19.Infodemik adalah informasi yang melimpah, baik online maupun offline.

Ini termasuk upaya yang disengaja untuk menyebarkan informasi yang salah untuk melemahkan respon kesehatan masyarakat dan memajukan agenda alternatif kelompok atau individu. Sebab hoaks dan informasi yang salah dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental orang, meningkatkan stigmatisasi, mengancam keuntungan kesehatan yang berharga, dan mengarah pada kepatuhan yang buruk terhadap langkah-langkah kesehatan masyarakat, sehingga mengurangi efektivitasnya dan membahayakan kemampuan negara untuk menghentikan pandemi.

Misinformasi pun dapat menelan korban jiwa, tanpa kepercayaan yang tepat dan informasi yang benar, tes diagnostik tidak digunakan, kampanye imunisasi atau kampanye untuk mempromosikan vaksin yang efektif tidak akan mencapai targetnya, dan virus akan terus berkembang.

Selain itu, hoaks mempolarisasi debat publik tentang topik yang terkait dengan Covid-19, memperkuat perkataan yang mendorong kebencian, mempertinggi risiko konflik, kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia; dan mengancam prospek jangka panjang untuk memajukan demokrasi, hak asasi manusia, dan kohesi sosial.

Untuk mengatasi hoaks dan informasi yang salah, Sekretaris Jenderal PBB meluncurkan inisiatif United Nations Communications Response mengeluarkan Catatan Panduan tentang Penanganan dan Penanggulangan Ujaran Kebencian terkait Covid-19.

Selain itu, Majelis Kesehatan Dunia pada Mei 2020, Negara Anggota WHO mengeluarkan Resolusi WHA73.1 tentang tanggapan Covid-19. Resolusi tersebut mengakui bahwa mengelola infodemik adalah bagian penting dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

Resolusi tersebut meminta negara-negara anggota untuk menyediakan konten Covid-19 yang andal, mengambil tindakan untuk melawan kesalahan dan disinformasi, serta memanfaatkan teknologi digital untuk merespon.

Resolusi tersebut juga menyerukan kepada organisasi internasional untuk mengatasi kesalahan dan disinformasi di ranah digital, bekerja untuk mencegah aktivitas dunia maya yang merugikan yang merusak respons kesehatan dan mendukung penyediaan data berbasis sains kepada publik.

Sistem PBB dan organisasi masyarakat sipil menggunakan keahlian dan pengetahuan kolektif mereka untuk menanggapi infodemik. Pada saat yang sama, karena pandemi terus menciptakan ketidakpastian dan kecemasan, ada kebutuhan mendesak untuk tindakan yang lebih kuat untuk mengelola infodemik, dan untuk pendekatan terkoordinasi antara negara, organisasi multilateral, masyarakat sipil, dan semua aktor lain yang memiliki peran dan tanggung jawab yang jelas dalam memerangi kesalahan dan disinformasi.

negara-negara anggota pun diminta untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana aksi untuk mengelola infodemik dengan mempromosikan penyebaran informasi yang akurat secara tepat waktu, berdasarkan ilmu pengetahuan dan bukti, kepada semua komunitas, dan khususnya kelompok berisiko tinggi dan mencegah penyebaran, dan memerangi, kesalahan informasi dan disinformasi sambil menghormati kebebasan berekspresi.

Negara anggota pun didesak untuk terlibat dan mendengarkan komunitas mereka saat mereka mengembangkan rencana aksi nasional mereka, dan untuk memberdayakan komunitas untuk mengembangkan solusi dan ketahanan terhadap hoaks dan kesalahan informasi.

Semua pemangku kepentingan lainnya, termasuk media dan platform media sosial yang menyebarkan informasi yang salah dan hoaks, peneliti dan ahli teknologi yang dapat merancang dan membangun strategi dan alat yang efektif untuk menanggapi infodemik, para pemimpin masyarakat sipil dan pemberi pengaruh - untuk berkolaborasi dengan sistem PBB, dengan negara anggota dan dengan satu sama lain, dan untuk lebih memperkuat tindakan mereka dalam menyebarkan informasi yang akurat dan mencegah penyebaran informasi yang salah dan disinformasi.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Persen Kasus Aktif COVID-19 di Jakarta Tanpa Gejala

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan, 50 persen kasus aktif COVID-19 di Jakarta tanpa gejala (asimptomatik). Dalam hal ini, warga DKI yang positif COVID-19 tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG)

Pemantauan terhadap kasus aktif terus dilakukan. Upaya ini sebagai langkah mitigasi untuk mengetahui, berapa jumlah pasien yang membutuhkan isolasi mandiri dan memerlukan perawatan di rumah sakit.

"Kami memantau kasus aktif COVID-19 harian sebagai bentuk perencanaan dan mitigasi terhadap persediaan tempat tidur rumah sakit," ujar Widyastuti saat dialog di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

"Kasus COVID-19 di DKI sekitar 50 persen kasus aktif tanpa gejala yang membutuhkan tempat isolasi mandiri. Oleh karena itu, kami kerjasama dengan flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran."

Koordinasi dengan Puskesmas

Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas saat melakukan operasi yustisi protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga di Lebek Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemprov DKI memperketat kembali PSBB karena kasus Covid-19 mengalami peningkatan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketika ditemukan kasus positif COVID-19 tanpa gejala, koordinasi dengan puskesmas juga dilakukan. Tim puskesmas akan melakukan penilaian (assessment).

"Begitu ada kasus tanpa gejala, teman-teman puskesmas membawa hasil lab sebagai assessment. Tim puskesmas dan Gugus RW setempat akan menilai, Oh, ini ada warga tanpa gejala dan harus dilakukan isolasi mandiri," tambah Widyastuti.

"Tim puskesmas akan mendatakan online pasien, lalu baru disetujui bila pasien harus isolasi mandiri ke Wisma Atlet. Kemudian dilakukan rujukan ke flat isolasi mandiri Wisma Atlet."

Sementara itu, pasien COVID-19 di Jakarta dengan gejala ringan 15 persen, sedang 20 persen, berat 13 persen, dan kritis 4 persen. Untuk pasien dengan gejala sedang, berat, dan kritis dirawat di rumah sakit.

"Ada 67 rumah sakit rujukan COVID-19. Saat ini, angka keterpakaian tempat tidur 77,83 persen dengan ruang ICU dan isolasi. Jadi, rumah sakit lebih tepat untuk intervensi perawatan," lanjut Widyastuti.

Kasus Aktif Harian Meningkat

Anak-anak memakai masker di RW 11, Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta, Jumat (18/9/2020). Di masa pandemi COVID-19, TNI dan Polri bersinergi mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. (merdeka.com/Imam Buhori)
Anak-anak memakai masker di RW 11, Kelurahan Pondok Kopi, Jakarta, Jumat (18/9/2020). Di masa pandemi COVID-19, TNI dan Polri bersinergi mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Di DKI Jakarta, kasus aktif COVID-19 harian mengalami peningkatan. Awal September 2020 masih sekitar 9.000 sampai 10.000 kasus aktif sehari. Sekarang kasus aktif bisa mencapai 30.000 orang.

"Tapi tingkat kesembuhan Jakarta 77 persen. Jadi, kami berharap kasus sembuh semakin banyak," lanjut Widyastuti.

Untuk pemeriksaan spesimen PCR di DKI, penguatan testing dilakukan. Dalam sepekan mendiagnosis 50.000 sampai 60.000 dengan posivity rate sekitar 12 persen. Di sisi lain, ada tren penurunan untuk kasus aktif secara akumulatif.

"Data kami terlihat sedikit landai, kami melihat kasus aktif COVID-19 secara kumulatif positivity rate terlihat sedikit melandai. Kami berharap kepatuhan masyarakat terhadap Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," pungkas Widyastuti.

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung India Unggah Video Teaser Galaxy F41

Posted: 25 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akan mengumumkan Galaxy F41 pada 8 Oktober 2020. Informasi tentang perangkat tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (26/9/2020), Samsung India mengunggah video teaser pertama untuk Galaxy F41. Terdapat Tagline #FullOne pada video tersebut.

Deskripsi video juga dilengkapi dengan tautan yang merujuk pada situs web Samsung dan Flipkart. Smartphone tersebut juga akan tersedia di Flipkart ketika dirilis nanti.

Samsung Galaxy F41 didesain dan diproduksi di India, tepatnya pabrik Noida. Sejauh ini belum begitu banyak informasi yang diketahui mengenai smartphone tersebut.

Spesifikasi

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy F41 dilaporkan akan memiliki panel Super AMOLED, dan baterai 6.000 mAh. Pemindai sidik jari berada di bagian belakang perangkat.

Berdasarkan keterangan di Google Play Console dan Geekbench, Galaxy F41 akan hadir dengan chipset Exynos 9611 dan RAM 6GB.

 

Kamera Utama

Samsung disebut akan melengkapi Galaxy F41 dengan kamera utama 64MP dan dual speaker. Selain itu, resolusi layar adalah 1080p.

Samsung akan mengumumkan Galaxy F41 pada 8 Oktober melalui live stream mulai pukul 5.30 sore, waktu India.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Sebut Orang Sehat yang Terpapar Virus Corona Bisa Alami Serangan Jantung

Posted: 25 Sep 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Seorang dokter di rumah sakit swasta di New Delhi, India, menyebut bahwa infeksi Virus Corona dapat menyebabkan cedera pada jantung.

Hal ini terjadi saat Manish Gunjan, dokter spesialis jantung intervensi dari Rumah Sakit Fortis di Shalimar Bagh mendapat seorang pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 lalu mengalami serangan jantung, padahal dia dan seluruh anggota keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Tidak hanya itu, Manish, mengatakan, pasien dan keluarganya pun merupakan individu dengan pola hidup yang sehat, tidak merokok, menjauhi alkohol, juga narkoba.

"Waktu awal datang ke rumah sakit, pasien mengeluh sesak yang luar biasa dan merasakan nyeri teramat sakit di bagian dada. Hanya saja tes antigen diketahui negatif Corona," kata Gunjan.

"Lalu dilakukan pemeriksaan RT-PCR, hasilnya diketahui dia positif COVID-19. Saat dilakukan pemeriksaan jantung, arteri pasien berumur 31 tahun itu 100 persen tersumbat," Gunjan melanjutkan seperti dikutip dari situs Times of India, Sabtu, 26 September 2020.

COVID-19 Menyebabkan Keparahan pada Jantung?

Sumber: Freepik
are-medical-concept_7186-922.jpg

Gunjan menambahkan bahwa pasien tidak kelebihan berat badan karena rajin berolahraga secara teratur. Namun, hasil pemeriksaan jantung malah menunjukkan terjadi peningkatan kadar troponin dalam darahnya.

Karena sebelumnya tidak ada masalah jantung, lanjut Gunjan, dokter menarik benang merah bahwa ini menandakan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 berdampak buruk pada jantungnya.

"Infeksi Virus Corona tidak hanya dapat menyebabkan cedera paru-paru dan gangguan pernapasan akut, tetapi juga cedera jantung," ujar Gunjan.

Menurut Gunjan, beberapa laporan mencatat bahwa Virus Corona dapat memerburuk masalah jantung. Sehingga, virus tersebut menjadi ancaman bagi pasien penyakit jantung. Akan tetapi tidak disebutkan bahwa akan sama bahayanya jika mengenai bukan pasien jantung.

(Deskhila Wijaya)

Infografis COVID-19

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Manis Dari Vidi Aldiano

Posted: 25 Sep 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris pemeran tokoh Aurora dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKTCHI) yakni Sheila Dara Aisha baru saja merayakan pertambahan usianya. Pada Kamis (24/9/2020), kekasih dari Vidi Aldiano ini genap berusia 28 tahun.

Tak ingin melewatkan momen spesial tersebut begitu saja, Vidi Aldiano pun memberikan kejutan yang manis. Bersama para sahabat, pelantun tembang 'Nuansa Bening' ini menyiapkan makan malam yang meriah untuk Sheila.

"Happy Birthday @sheiladaisha. Thank you semua yang udah bantuin masak sama decor! @fitaanggriani, @adindathomas, @barkahsa," tulis Vidi di akun Instagramnya.

Meski hanya dirayakan di rumah saja, namun Sheila Dara nampak tetap sumringah menerima kejutan dari orang terdekatnya. Berikut merupakan momen ulang tahun Sheila Dara Aisha yang ke-28 dilansir dari laman Instagram @vidialdiano oleh Liputan6.com, Sabtu (26/9/2020).

1. Di momen pertambahan usia Sheila, Vidi Aldiano memberikan kejutan manis.

Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

2. Awalnya, di siang hari ia hanya membawakan kue bertuliskan

Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

3. Namun ternyata kejutan ulangtahun Sheila Dara tak hanya sampai di situ.

Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

4. Wanita kelahiran 24 September 1992 ini kemudian dikejutkan dengan dekorasi dan makan malam yang meriah.

Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

5. Sheila nampak sangat sumringah mendapatkan kejutan manis dari sang kekasih.

Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

6. Di hari pertambahan usianya tersebut juga dirayakan bersama sahabat terdekatnya.

Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Momen Ulang Tahun Sheila Dara yang ke-28, Dapat Kejutan Dari Vidi Aldiano. (Sumber: Instagram/vidialdiano)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maman Golkar Nilai Protokol Kesehatan Kunci Sukses Pilkada 2020

Posted: 25 Sep 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan kelompok masyarakat yang menginginkan agar Pilkada Serentak 9 Desember, 2020, ditunda bermunculan. Mereka beranggapan pemilihan kepada daerah itu akan memunculkan klaster baru Covid-19 di Tanah Air. Namun berdasarkan kesepakatan bersama dengan Kementrian Dalam Negri, DPR, KPU serta Bawaslu, Pemerintah telah membuat keputusan untuk terus melaksanakan Pilkada 2020.

Ada banyak pertimbangan mengapa pesta demokrasi ini harus digelar pada saat Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah kepastian kepemimpinan pada tahun depan yang dianggap genting.

"Jika Pilkada ditunda lagi untuk menunggu pandemi Covid-19 berakhir, kita tidak tahu sampai kapan pandemi itu akan berakhir. Sebagaimana prediksi para epidemolog dari berbagai negara tahun depan belum tentu berakhir," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, sekaligus anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Partai Golkar Maman Abdurahman dalam keterangannya, Sabtu (26/9/2020).

Maman menyatakan Pilkada 2020 tetap bisa berlangsung dengan aman selama pandemi Covid-19. "Kuncinya adalah kedisiplinan protokol kesehatan. Apalagi sudah ada PKPU revisi yang mengatur tentang bagaimana kampanye dan proses pemilihan nanti dilakukan," tambah Maman.

Menurut Maman, jumlah penambahan kasus pasien Covid-19 tidak berhubungan langsung dengan Pilkada. Buktinya di daerah yang tidak menggelar agenda Pilkada, kasus penambahan tetap terjadi.

"Naik atau tidaknya kasus positif Covid, itu karena kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Lha DKI saja, tidak ada Pilkada, tapi juga terdapat kenaikan pasien Covid. Jadi sekali lagi kuncinya adalah protokol kesehatan," ucap Maman.

Penyelenggaraan Pilkada yang pemungutan suaranya dijadwalkan pada 9 Desember 2020 nanti merupakan jadwal hasil penundaan sebelumnya. "Jadwal tersebut merupakan jadwal penundaan. Semula Pilkada 2020 ini direncanakan akan digelar pencoblosan tanggal 23 September 2020," ungkap Maman.

Sementara pada Februari 2021, banyak kepala daerah. Gubernur, bupati atau wali kota akan habis masa jabatannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan Pilkada untuk memberikan kepastian kepemimpinan di daerah-daerah tersebut.

 

Berlangsung Juga di Korsel

Pelaksanaan pesta demokrasi seperti ini tak hanya berlangsung di Indonesia. Di sejumlah negara seperti Korea Selatan, juga tetap dilangsungkan pemilihan umum pada April 2020 yang juga saat pandemi. Begitu pula dengan Amerika Serikat yang akan menggelar Pilpres pada November 2020.

"Referensi dari beberapa negara yang mempunyai agenda pemilu nasional maupun daerah, hampir semuanya tetap menjalankan sepanjang tahun 2020 ini. Di Indonesia juga bisa," ujar Maman.

Selain itu, proses pencoblosan sendiri sudah diatur sesuai jadwal. Bahkan diprediksi hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencoblos di TPS karena yang digunakan hanya satu atau maksimal dua kertas suara saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Semoga Allah Segera Mengangkat Wabah Covid-19 dari Bumi Indonesia

Posted: 25 Sep 2020 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widod atau Jokowi membuka Muktamar IV PP Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) tahun 2020. Dalam acara itu, Jokowi menyatakan eksistensi pandemi Covid-19 masih nyata. Karenanya dia meminta kepada seluruh masyarakat agar terus berdoa agar bala tersebut lekas diangkat dari muka bumi.

"Kita juga tidak boleh melupakan zikir, istighfar, taubat kepada Allah Subhana Wa Ta'ala," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, disiarkan darin Sabtu (26/9/2020).

Mengingat pandemi ini juga berdampak kepada sektor ekonomi, Jokowi mengingatkan masyarakat fakir miskin di Indonesia menjadi makin kesulitan. Karenanya, dia ingin siapa pun yang masih merasa berkecukupan untuk dapat membantu sesama.

"Perbanyak infaq dan sedekah karena banyak saudara saudara kita yang memang perlu dibantu di tengah kesulitan ya kita hadapi," harap Jokowi.

 

Doa Jokowi

Menutup kata sambutannya, Jokowi mengajak bangsa Indonesia berdoa agar semua masyarakat Indonesia dapat terus diberikan nikmat sehat.

"Semoga Allah Subhana Wa Ta'ala segera mengangkat wabah Covid dari bumi Indonesia, semoga Allah selalu melindungi dan memberikan keselamatan kepada rakyat bangsa dan negara kita," Jokowi menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kebahagiaan Sejoli Ikuti Nikah Massal Gaya China

Posted: 25 Sep 2020 08:30 PM PDT

Foto dari udara memperlihatkan pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)
Foto dari udara memperlihatkan pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Foto dari udara memperlihatkan pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Mempelai membubuhkan sidik jari pada tulisan kaligrafi tradisional dalam pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)
Mempelai membubuhkan sidik jari pada tulisan kaligrafi tradisional dalam pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Mempelai membubuhkan sidik jari pada tulisan kaligrafi tradisional dalam pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Para mempelai pria dan wanita mengikuti pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)
Para mempelai pria dan wanita mengikuti pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Para mempelai pria dan wanita mengikuti pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Foto dari udara memperlihatkan pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)
Foto dari udara memperlihatkan pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

Foto dari udara memperlihatkan pernikahan massal bergaya China di Changsha, Provinsi Hunan, China, 25 September 2020. Sebanyak 71 pasangan resmi menjadi suami-istri usai mengikuti upacara pernikahan tradisional dalam acara nikah massal. (Xinhua/Chen Zhenhai)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal F1 GP Rusia 2020: Persaingan Pole Malam Ini

Posted: 25 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Mercedes Valtteri Bottas bersinar pada hari pertama latihan bebas balapan Formula 1 (F1) GP Rusia 2020 di Sochi Autodrom. Pertanyaan adalah apakah dia dapat mempertahankan posisi di gelaran berikutnya, Sabtu (26/9/2020).

Selama ini Bottas kerap bersinar di hari pembuka. Namun, sosok asal Finlandia itu kemudian melempem di kualifikasi yang kemudian memengaruhi kinerja saat balapan. 

Bottas patut hati-hati agar tren sama tidak terulang. Pasalnya, rekan setim sekaligus pimpinan klasemen sementara F1 Lewis Hamilton menunjukkan kebangkitan.

Setelah terdampar di peringkat 19 pada FP1, Hamilton kemudian menempel Bottas di FP2.

Simak jadwal lanjutan persaingan F1 GP Rusia 2020 di halaman berikut:

 

Jadwal GP Rusia

Ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu, 26 September 2020

16.00-17.00: FP3

19.00-20.00: Kualifikasi

Minggu, 27 September 2020

18.10-20.10: Balapan

Hasil FP2

Logo Formula 1 (F1). (AFP/Mark Thompson)
Logo Formula 1 (F1). (AFP/Mark Thompson)

Posisi-Pembalap-Asal-Tim-Waktu

1. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 33.519

2. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 33.786

3. Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team 1m 34.577

4. Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team 1m 34.723

5. Lando Norris GBR McLaren F1 Team 1m 34.847

6. Sergio Perez MEX BWT Racing Point F1 Team 1m 34.890

7. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing 1m 35.048

8. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari 1m 35.052

9. Esteban Ocon FRA Renault F1 Team 1m 35.139

10. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari 1m 35.183

11. Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda 1m 35.210

12. Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing 1m 35.242

13. Daniil Kvyat RUS Scuderia AlphaTauri Honda 1m 35.461

14. Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen 1m 35.516

15. Nicholas Latifi CAN Williams Racing 1m 35.563

16. George Russell GBR Williams Racing 1m 35.575

17. Lance Stroll CAN BWT Racing Point F1 Team 1m 35.627

18. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team 1m 35.729

19. Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen 1m 36.053

20. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team 1m 36.858

Hasil FP1

Posisi-Pembalap-Asal-Tim-Waktu

1. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 34.923

2. Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team 1m 35.430

3. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing 1m 35.577

4. Sergio Perez MEX BWT Racing Point F1 Team 1m 35.796

5. Lance Stroll CAN BWT Racing Point F1 Team 1m 35.965

6. Esteban Ocon FRA Renault F1 Team 1m 36.061

7. Daniil Kvyat RUS Scuderia AlphaTauri Honda 1m 36.230

8. Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing 1m 36.254

9. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari 1m 36.323

10. Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda 1m 36.706

11. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari 1m 36.896

12. Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team 1m 36.970

13. Lando Norris GBR McLaren F1 Team 1m 37.195

14. Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen 1m 37.201

15. Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen 1m 37.230

16. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team 1m 37.430

17. George Russell GBR Williams Racing 1m 37.595

18. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team 1m 37.649

19. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 37.716

20. Nicholas Latifi CAN Williams Racing 1m 37.784

Saksikan Video F1 Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu RI Tekankan Akses Adil dalam Upaya Global Penanganan Pandemi COVID-19

Posted: 25 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang adil dan setara untuk memenangkan pertempuran melawan pandemi COVID-19, demikian ditegaskan Menlu RI pada pertemuan bertajuk "The Challenge of a Lifetime: Ensuring Universal Access to COVID-19 Health Technologies, tanggal 25 September 2020.

Pertemuan tingkat tinggi tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kosta Rika sebagai salah satu side events yang berlangsung di sela Sidang Majelis Umum PBB ke-75. Menlu RI berpartisipasi dalam pertemuan tersebut mewakili Presiden RI.

Seruan tersebut sejalan dengan pesan Presiden RI dalam pidatonya pada Sesi Debat Umum SMU PBB ke-75, bahwa "tidak ada seorang pun yang benar-benar aman sampai semua orang sudah aman".

Oleh karenanya, Menlu RI secara khusus menyoroti perlunya menjembatani kesenjangan antar negara, terutama keterbatasan negara-negara berkembang, dalam mengakses obat-obatan, vaksin, dan teknologi kesehatan, demikian seperti dikutip dari siaran pers Kemlu RI, dimuat pada Sabtu (26/9/2020).

Menlu Retno menyuarakan 3 pokok pemikiran untuk mengatasi kondisi tersebut. Pertama, perlunya menjaga solidaritas dan komitmen politik seluruh negara bagi penanganan pandemi. Hal ini penting agar seluruh pihak dapat menikmati manfaat yang sama dari kemajuan di bidang ilmu pegetahuan dan teknologi kesehatan bagi penanganan COVID-19.

Kedua, pentingnya menjalin kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, peneliti, maupun industri medis. Kemitraan segitiga ini akan mendukung proses pengambilan kebijakan yang tepat sasaran, serta mempercepat produksi dan distribusi obat-obatan dan perlengkapan medis.

Kemitraan itu juga akan mendukung kolaborasi nasional dalam memerangi pandemi. Menlu juga menyerukan perlunya segera dibentuk jejaring perusahaan farmasi dan industri kesehatan antara negara.

Ketiga, Menlu Retno menekankan bahwa "tata kelola global harus dapat memastikan bahwa teknologi kesehatan tersedia dan dapat diakses oleh semua orang", Fleksibilitas yang tersedia dalam peraturan internasional terkait Hak Kekayaan Intelektual menjadi kunci untuk produksi vaksin dan obat-obatan terkait COVID-19 yang terjangkau.

Inisiatif Solidaritas

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Indonesia menyambut baik inisiatif Solidarity Call to Action milik Kosta Rika yang berupaya menyatukan ilmu pengetahuan, kekayaan intelektual, dan data yang diperlukan untuk memerangi COVID-19, dan juga COVID-19 Technology Access Pool di bawah kerangka Badan Kesehatan Dunia WHO.

Menlu RI juga menyampaikan dukungan Indonesia pada inisiatif global COVAX yang berjuang menyediakan vaksin untuk seluruh negara di dunia, serta menyampaikan kesiapan Indonesia, melalui perusahaan Biofarma untuk turut memproduksi vaksin bagi kebutuhan nasional dan global, sekiranya uji kelayakan telah berhasil dilakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: