Sabtu, 26 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prediksi Susunan Pemain AS Roma Vs Juventus: Dzeko Harus Fokus

Posted: 26 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duel AS Roma melawan Juventus di stadion Olimpico, Senin (28/9/2020) dini hari WIB sepertinya jadi momen kembalinya Edin Dzeko. Setelah sempat diparkir pekan lalu, Dzeko bakal kembali fokus menghadapi Juventus yang seharusnya jadi klub barunya.

Sedangkan Juventus punya striker baru, Alvaro Morata. Dia hadir sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid, apakah bakal langsung bermain?

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo menyatakan timnya semakin matang pekan ini. Dia memastikan skuatnya lebih baik ketimbang pekan lalu.

"Kami naikkan intensitas dan pemain merespon dengan baik. Rumor-rumor lain tak mengganggu kami sama sekali," ujarnya seperti dikutip Football Italia.

Rumor yang dimaksud tak lain kegagalan Juventus dapatkan Luis Suarez. Striker Uruguay itu gagal gabung Juventus karena terkendala paspor Italia.

 

 

Morata Prioritas

Striker Juventus, Dejan Kulusevski, berhasil mencetak satu gol sekaligus membantu timnya menang 3-0 atas Sampdoria pada laga pekan perdana Serie A musim ini di Allianz Stadium, Senin (21/9/2020). (AFP/Miguel Medina)
Striker Juventus, Dejan Kulusevski, berhasil mencetak satu gol sekaligus membantu timnya menang 3-0 atas Sampdoria pada laga pekan perdana Serie A musim ini di Allianz Stadium, Senin (21/9/2020). (AFP/Miguel Medina)

Di sisi lain, Juventus gembira dengan kehadiran Alvaro Morata dalam tim. Juve bukan klub anyar bagi Morata karena pernah memperkuatnya pada 2014-2016.

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo bahkan pernah main dengan Morata. Namun di laga nanti, Morata boleh jadi belum bermain.

"Secara teknis dan taktik, dia pemain yang kami cari. Kami menunggu seorang striker, dan ini dia. Saya beruntung pernah main dengan dia," ujar Pirlo.

 

Lebih Komplet

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Sampdoria pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (20/9/2020). Juventus menang dengan skor 3-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Sampdoria pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (20/9/2020). Juventus menang dengan skor 3-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Di sisi lain, Pelatih AS Roma, Paolo Fonseca pun berusaha memberikan update kondisi pemainnya lawan Juventus nanti. Fonseca mengatakan Dzeko dipastikan bakal bermain di pertandingan nanti.

"Saya sudah bicara dengan Dzeko beberapa kali. Dia sangat termotivasi. Dia berlatih dengan baik dalam beberapa hari terakhir. Dia akan main," ujar Fonseca seperti dilansir situs AS Roma.

Fonseca berharap timnya bisa seimbang saat lawan Juventus.

"Kami akan menyerang saat ada kesempatan dan bertahan dengan kompak saat kehilangan bola," ujarnya.

 

 

Prediksi Susunan Pemain

 

AS Roma (3-4-2-1): Mirante; Mancini, Ibanez, Kumbulla; Karsdorp, Veretout, Pellegrini, Spinazzola; Mkhitaryan, Pedro; Dzeko

Juventus (3-4-1-2): Szczesny; Danilo, Bonucci, Chiellini; Cuadrado, McKennie, Rabiot, Frabotta; Ramsey; Kulusevski, Ronaldo

Klasemen Liga Italia

 

 

Jadwal Liga Italia

Sabtu 26 September 2020

20.00 WIB, Torino vs Atalanta

23.00 WIB, Cagliari vs Lazio

23.00 WIB, Sampdoria vs Benevento

Minggu 27 September 2020

01.45 WIB, Inter vs Fiorentina

17.30 WIB, Spezia vs Sassuolo

20.00 WIB, Napoli vs Genoa

20.00 WIB, Verona vs Udinese

23.00 WIB, Crotone vs AC Milan

Jadwal Liga Italia Senin-Selasa

Senin 28 September 2020

01.45 WIB, Roma vs Juventus

Selasa 29 September 2020

01.45 WIB, Bologna vs Parma

Saksikan Video Juventus di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meghan Markle dan Pangeran Harry Dikabarkan Siap Tambah Momongan

Posted: 26 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kelahiran putra pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle siap menantikan kehadiran anggota keluarga baru. Mantan aktris itu dikabarkan ingin segera jadi ibu lagi untuk anak kedua, 15 bulan setelah melahirkan Archie.  

Melansir dari US Weekly, Sabtu, 26 September 2020, pasangan yang mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris ini telah merasa nyaman tinggal di kediaman baru mereka di Montecito, Santa Barbara, California. Setelah kehidupan berjalan baik-baik saja, Meghan mengatakan pada Harry bahwa inilah saatnya untuk memiliki bayi kedua.

"Ia (Meghan) siap untuk jadi ibu kembali dan tidak sabar untuk memulai prosesnya," ungkap sumber dekat pasangan itu.

Ia juga menambahkan bahwa Meghan Markle sangat menyukai perannya sebagai ibu. Melihat kebahagiaan Harry dengan Archie di sampingnya adalah hal yang sangat berharga bagi Meghan.

Duchess of Sussex yakin, ia dapat dengan mudah merawat anak keduanya kelak dan akan membawa lebih banyak kebagiaan dan cinta dalam keluarga kecil mereka. "Meghan dan Harry sangat bersemangat menyambut tahap selanjutnya dari perjalanan keluarga mereka," tambah sumber tersebut.

Walau demikian, istri Pangeran Harry itu ingin lebih dulu menemukan fondasi kehidupan mereka bersama Archie, dan mengetahui tujuan karier mereka selanjutnya. Setelah terpenuhi, ia akan segera memberi lampu hijau untuk anak kedua.

Kembangkan Program TV Keluarga

Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Archie saat tur kerajaan di Afrika Selatan. (HENK KRUGER / POOL / AFP)
Meghan Markle, Pangeran Harry, dan Archie saat tur kerajaan di Afrika Selatan. (HENK KRUGER / POOL / AFP)

Sementara itu, Duke dan Duchess of Sussex juga sempat mengumumkan bahwa mereka telah terikat kontrak kerja bernilai 100 juta dolar AS atau setara Rp1,4 triliun dengan Netflix. Saat mengumumkan hal tersebut, mereka menekankan tentang pentingnya membuat sebuah program televisi inspirasional sebagai orangtua baru.

"Melalui pekerjaan kami bersama beragam komunitas dan lingkungan, kami bakal menyoroti berbagai masalah di seluruh dunia. Fokus kami adalah pembuatan konten yang informatif, tapi juga memberi harapan," kata mereka dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Pop Culture.

Mereka meinginkan cerita tersebut disampaikan dari sudut pandang yang nyata dan berhubungan dengan kehidupan masyarakat. "Jangkauan (Netflix) yang belum pernah ada sebelumnya akan membantu kami berbagi konten yang berdampak untuk sebuah tindakan," kata pasangan itu. (Brigitta Valencia Bellion)

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Febri Diansyah Seminggu Memikirkan Surat Pengunduran Diri ke KPK

Posted: 26 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengaku tak mudah memutuskan mundur dari jabatan Kepala Biro Humas KPK.

Dia mengatakan, sebelum akhirnya menulis surat pengunduran diri, dia sempat menemui salah satu pimpinan KPK, Nawawi Pomolango. Hanya kepada Nawawi dia menceritakan soal keputusan yang dia sebut sangat berat.

"Sekitar sebulan sebelum surat (resign) itu dikirim, saya bertemu Pak Nawawi, diskusi panjang tentang KPK. Saya dua kali bertemu dengan Pak Nawawi," ujar Febri berbincang santai dengan Liputan6.com, Minggu (27/9/2020).

Dalam pertemuan pertama, Febri Diansyah menceritakan apa yang dia rasakan di lembaga antirasuah pasca-revisi UU KPK. Saat itu juga Febri menceritakan keinginannya untuk mengundurkan diri dari lembaga yang dia sebut sangat dicintainya itu.

Setelah pertemuan pertama tersebut, sebulan kemudian, atau pada Senin 21 September 2020, Febri memutuskan untuk memberikan surat pengunduran dirinya kepada Nawawi.

Febri mengaku, saat membuat surat pengunduran diri, banyak hal berkecamuk di pikirannya. Dia mengaku butuh waktu satu minggu untuk menyelesaikan surat yang hanya selembar tersebut.

"Ya memang sulit menulis surat itu, seminggu enggak selesai-selesai, ada yang bilang itu seperti surat 'putus cinta', padahal, ya, tidak begitu juga," kata Febri Diansyah.

Bingung memulai pembicaraan

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (kanan) dan Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah (kiri). (Dok Istimewa)
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (kanan) dan Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah (kiri). (Dok Istimewa)

Febri mengatakan, saat memberikan surat tersebut kepada Nawawi, suasana di ruang kerja Nawawi sempat hening. Saat itu Febri mengaku bingung untuk memulai pembicaraan soal bulatnya keputusannya mundur dari KPK.

"Saya juga bingung mau bicara apa. Kami sama-sama diam, sampai kemudian saya mulai lagi pembicaraan, 'Pak, sekali pun saya keluar, saya tetap akan berupaya secara sungguh-sungguh menjaga KPK," terang Febri.

Sementara itu, Nawawi Pomolango mengaku tak bisa meminta Febri untuk tetap 'mendampinginya' bekerja memberantas tindak pidana korupsi. Meski Nawawi mengaku akan kehilangan sahabat berdiskusi.

"Saya harus menghormati sikap yang tetap diambil Mas Febri. Saya pikir, kita harus menghargai pemikiran setiap orang," kata Nawawi kepada Liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Dermaga Yacht Internasional, Banyuwangi Siap Jaring Wisatawan Menengah Atas

Posted: 26 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi siap meningkatkan kunjungan wisatawan terutama wisatawan asing kelas menengah atas. Hal tersebut dibuktikan dengan peresmian dermaga yacht internasional di kawasan Pantai Marina Boom Banyuwangi. Banyuwangi International Yacht Club (BIYC) diresmikan oleh Direktur Utama Pelindo III Saefudin Noer, Jumat malam (25/9/2020).

BIYC berada di kawasan Pantai Marina Boom. Kawasan tersebut merupakan aset milik PT Pelindo III yang dikelola anak perusahaan PT Pelindo Properti Indonesia.

Menurut Saefudin Noer, Pelindo III memiliki konsep Butterfly Cruise Port yang akan menunjang kunjungan wisatawan di Indonesia. Untuk itu, fasilitas yacht club di Banyuwangi akan melengkapi beberapa dermaga yatch yang sudah di bangun di beberapa tempat. 

"Konsep Butterfly Cruise Port kita galakkan saat ini. Tentunya kunjungan para pemilik yatch yang ke beberapa dermaga yang sudah kita siapkan nantinya akan mampir juga di Banyuwangi. Konsep ini bentuknya seperti kupu-kupu yang hinggap di beberapa tempat. Salah satunya adalah Banyuwangi," ujarnya. 

"Dalam setahun ada sekitar 160 kapal pesiar yang singgah di Indonesia. Nanti yang akan dipilih adalah Banyuwangi," katanya.

 

Atraksi Wisata Bahari Kapal Magia II

Dok. Banyuwangi.
Dok. Banyuwangi.

Saat ini, Yacht club tersebut juga dilengkapi dengan atraksi wisata bahari Kapal Magia II. Kapal Magia II merupakan kapal Luxury dengan empat deck yang menawarkan pengalaman baru untuk menikmati liburan. Di kapal pesiar ini wisatawan bisa menginap di kamar layaknya kamar hotel dengan pemandangan laut.

Direktur Utama PT Pelindo Properti Indonesia (PT PPI) Edward Danner P Napitupulu mengatakan, fasilitas BIYC dapat menampung sebanyak 8 unit kapal yacht berbagai ukuran dari panjang 25 feet hingga 35 feet. Dermaga ini memiliki luas sekitar 5000 meter persegi. 

"Kami dengan pemerintah Banyuwangi sepakat untuk mengubah wajah Pantai Marina Boom dari semula pelabuhan tradisional menjadi pelabuhan khusus pariwisata. Sementara luas kawasan ini sebanyak 44 hektar. Sisanya akan dikerjasamakan lagi," ujarnya. 

 

Wisatawan dari Jalur Laut

Banyuwangi International Yacht Club (BIYC) diresmikan oleh Direktur Utama Pelindo III Saefudin Noer, Jumat malam (25/9/2020).
Banyuwangi International Yacht Club (BIYC) diresmikan oleh Direktur Utama Pelindo III Saefudin Noer, Jumat malam (25/9/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan ini merupakan ikhtiar daerah membuka jalur baru datangnya wisatawan dari jalur laut.

Dibukanya BIYC, kata dia, merupakan peluang bagi Banyuwangi untuk menyasar wisatawan segmen tertentu. Sebab pemilik yacht tersebar di beberapa negara di Eropa maupun Australia. 

"Kita tahu, para pemilik yacht ini merupakan wisatawan kelas menengah atas. Fasilitas ini tentu menjadi jaminan bagi mereka bahwa dengan berlayar ke Banyuwangi mereka bisa berwisata sekaligus menyalurkan hobi berlayarnya," kata Bramuda.

 

Fasilitas Perbaikan dan Perawatan Kapal Yacht

Sementara itu, pemilik BIYC, Lizza Lundin mengatakan, yacht club di Banyuwangi ini memiliki fasilitas perbaikan dan perawatan kapal yacht. Para pemilik kapal yacht bisa bersantai dan bersandar di Banyuwangi sambil menikmati destinasi wisata unggulan seperti kawah Ijen, Alas Purwo dan berbagai destinasi wisata lainnya. 

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan untuk pendukung untuk kebutuhan selama berlayar. Pemilik kapal bisa mengisi persediaan air bersih, makanan bahkan listrik untuk kebutuhan kapalnya.

"Nantinya, para pemilik kapal bisa bersantai atau berlibur di Banyuwangi. Selama itu, mereka juga bisa memperbaiki atau meningkatkan performa kapal mereka," ungkapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Mirip, Ini 6 Adu Gaya Julian Jacob dan Pemeran Bank di Bad Genius Series

Posted: 26 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pecinta musik, nama Julian Jacob memang cukup terkenal di kalangan anak muda. Apalagi ia pun pernah beberapa kali main sinetron. Belakangan kedekatannya dengan Brisia Jodie pun menjadi perbincangan netizen.

Namun di luar itu semua, belakangan Julian Jacob disebut-sebut mirip dengan aktor dan penyanyi asal Thailand, yaitu Jaonaay Jinjett Wattanasin. Aktor asal Thailand tersebut merupakan aktor yang memerankan karakter Bank dalam Bad Genius Series.

Banyak sekali netizen pun membanjiri kolom komentar keduanya. Baik milik Julian maupun milik Jaonaay yang mengungkapkan bahwa keduanya mirip dalam kolom komentar Instagram masing-masing.

Berikut 6 adu gaya Julian Jacob dan pemeran Bank Bad Genius Series yang Liputan6.com kutip dari Instagram @julianjacs dan @jaonaay, Minggu (27/9/2020).

1. Begini adu gaya Jaonaay dan Julian Jacob yang dianggap mirip oleh netizen.

Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)
Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)

2. Julian Jacob banyak dibanjiri komentar bahwa ia memiliki banyak kemiripan dengan pemeran Bank dalam Bad Genius Series.

Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)
Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)

3. Dari gaya rambut keduanya pun memiliki kemiripan.

Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)
Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)

4. Keduanya pun memiliki selisih umur yang cukup banyak, yaitu 7 tahun lebih tua Julian.

Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)
Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)

5. Instagram Jaonaay pun tidak luput dari komentar netizen Indonesia lho karena dianggap mirip Julian Jacob.

Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)
Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)

6. Selain itu keduanya sama-sama seorang penyanyi yang sering manggung.

Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)
Jaonaay dan Julian Jacob (Sumber: Instagram/jaonaay/julianjacs)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Batin Terluka Dikhianati Sahabat dan Suami Sendiri, Minggu 27 September 2020

Posted: 26 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FTV Kisah Nyata Spesial ditayangkan setiap siang mulai pukul 11.30 WIB.

Jangan lewatkan episode Kisah Nyata Spesial kali ini dengan drama memikat.

Anda juga bisa menyaksikan FTV Indosiar Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaki Palsu untuk Yesi Ndun Pergi Sekolah

Posted: 26 Sep 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak lahir, Stenly Yesi Ndun, bocah 7 tahun di Desa Tuapanaf, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur hanya memiliki satu kaki. Namun, semangatnya bersekolah tidak pernah padam.

Himpitan ekonomi, membuat kedua orangtuanya merantau ke Kalimantan. Akibatnya Yesi dan saudari kembarnya, Stela Ndun, harus tinggal bersama kakek dan neneknya sejak usia 3.

Disabilitas daksa yang disandang membuatnya harus menggunakan alat bantu berupa tongkat dari kayu agar bisa sampai ke sekolah. Kayu itu seolah menjadi bagian dari dirinya sebagai pengganti kaki.

Jarak 1 KM harus ditempuh untuk sampai ke sekolah setiap harinya. Bocah kelas 1 SDN Bijaesahan ini tak merasa minder dalam pergaulan di lingkungan rumah maupun sekolah. Ia bahkan diperlakukan khusus di sekolahnya.

"Jika ada apel atau olahraga, Yesi kita minta duduk di ruangan kelas sambil belajar," ujar Kepala Sekolah SDN Bijaesahan, Dortiana Karice Mau.

Untuk melindungi Yesi, pihak sekolah setiap hari memberi arahan ke semua pelajar agar memperlakukannya dengan baik. Buktinya, hingga kini, bocah berambut hitam ini rajin ke sekolah dan bermain layaknya anak-anak non disabilitas.

Di sekolah, Yesi tergolong anak yang cerdas  "Yesi itu anaknya pintar. Semua pelajaran atau tugas yang diberi, selalu ia kerjakan sendiri," tambah Dortiana.

Melihat kondisi Yesi, pihak sekolah sempat berkoordinasi dengan dinas sosial agar Yesi disekolahkan di SLB. Namun, niat baik itu ditolak kakek dan nenek Yesi. Mereka ingin, Yesi tetap bersama mereka meski hidup serba kesulitan.

"Yesi punya kembar dan kakeknya tidak mau mereka dipisahkan," sebutnya.

Pihak sekolah berharap ada pihak yang membantu kaki palsu untuk Yesi agar ia bisa bergerak normal seperti pelajar lainnya.

Ingin Punya Kaki Palsu

Foto: Yesi Ndun, bocah difabel yang hanya memiliki satu kaki tetap semangat ke sekolah (Liputan6.com/Ola Keda)
Foto: Yesi Ndun, bocah difabel yang hanya memiliki satu kaki tetap semangat ke sekolah (Liputan6.com/Ola Keda)

Walau terlihat ceria, Yesi tetap berangan-angan ingin punya kaki palsu. Namun, orangtuanya yang bekerja sebagai buruh kasar di Kalimantan tak memiliki dana.

Yesi dan tiga saudara kandungnya tinggal di rumah berdinding kayu bersama kakek dan neneknya. Tak hanya mereka, ada empat cucu lain yang diurus pasutri lansia ini.

"Kami sudah tua, tak mampu kerja lagi. Setiap bulan, ayah Yesi kirim uang Rp 500 ribu untuk kebutuhan hidup kami semua di rumah," ujar nenek Yesi, Ursula Takaep (60) kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Ursula mengaku memiliki empat anak laki-laki yang semuanya di tanah rantau, termasuk ayah Yesi. Setiap hari, ia sendiri yang mengurus delapan cucunya itu, karena suaminya, Bernabas Ndun (84) sudah sakit-sakitan.

Untuk menanggung kebutuhan hidup setiap hari, ia hanya berharap bantuan PKH dari pemerintah. Uang itu ia sisihkan untuk kebutuhan makan minum hingga keperluan sekolah delapan cucunya.

Mari Bantu Yesi

Foto: Yesi Ndun, bocah difabel di NTT bersama kembaran dan kakek neneknya (Liputan6.com/Ola Keda)
Foto: Yesi Ndun, bocah difabel di NTT bersama kembaran dan kakek neneknya (Liputan6.com/Ola Keda)

Guna mewujudkan angan-angan Yesi untuk memiliki kaki palsu, Liputan6.com bekerja sama dengan Kitabisa.com melakukan penggalangan dana dengan harapan dapat menjaga semangatnya untuk tetap sekolah dan meraih cita-cita.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembuatan kaki palsu yang sesuai dengan ukuran tubuh Yesi. Jika dana yang terkumpul melebihi target, maka dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi keperluan alat sekolah dan kebutuhan sehari-hari. 

Infografis Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 27 September: 32,7 Juta Warga Dunia Positif COVID-19, 700 Ribu Ada di Argentina

Posted: 26 Sep 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Infeksi Virus Corona COVID-19 di Argentina telah melampaui 700.000 pada 26 September 2020. 

Dilaporkan Channel News Asia, Minggu (27/9/2020), setiap harinya dalam sepekan, Argentina melaporkan rata-rata 1.082 kasus baru COVID-19.

Sementara tambahan kematian akibat Virus Corona COVID-19 di negara tersebut telah mencapai 365 jiwa pada pekan ini.

Pada 26 September, pejabat kesehatan Argetina melaporkan bahwa total infeksi COVID-19 tercatat 702.484 kasus sejak Maret 2020, dan 15.543 kematian.

Argentina, diketahui merupakan salah satu negara Amerika Latin pertama yang menerapkan karantina ketat.

Namun, pelonggaran pembatasan  telah diberlakukan secara bertahap dari waktu ke waktu, dan penyebaran kasus dari ibu kota ke provinsi telah menyebabkan kasus meroket.

Seorang Arkeolog dari Buenos Aires, Carlos Landa (45 tahun) mengungkapkan bagaimana ia dan pasangannya terinfeksi COVID-19 telah melibat perubahan dalam kehidupan mereka. 

"Virus itu sekali lagi telah membawa bahaya dari sistem ekonomi dan perawatan kesehatan yang sakit," jelas Landa.

"Semuanya tampak tidak pasti," ungkapnya.

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Minggu per pukul 10.36 WIB telah mencapai 32.747.374 kasus. 22.615.494 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

Sebanyak 992.984 orang di dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com.

Kasus COVID-19 di AS Tembus 7 Juta

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa India berada di posisi teratas untuk pasien pulih yakni 4.849.584 lalu Brasil sebanyak 4.153.307.

AS, negara dengan jumlah kasus terbesar di dunia, saat ini tercatat memiliki 7.077.485 infeksi dengan 2.750.459 pasien pulih.

Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, sebanyak 76.528 orang pulih. 

India, Brasil, Rusia, dan Kolombia saat ini tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar di dunia, sebanyak 5.903.932 kasus. 

Selanjutnya, pasien COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Brasil, sebanyak 4.717.991 kasus.

Sementara di Rusia, 1.138.509 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 936.881 pulih. 

Berada di Posisi kelima untuk kasus terbanyak, infeksi COVID-19 di Kolombia telah mencapai 806.038 dan 700.112 orang pulih.

Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H

Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Waspada Mutasi Virus Corona D614G dan Q677H. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Paru Curhat ke Jokowi Kurangnya Tenaga Medis karena Pasien Covid-19 Melonjak

Posted: 26 Sep 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbincang dengan dr Faisal Rizal Matondang, seorang dokter paru, melalui panggilan video dari Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (27/9/2020). Faisal merupakan seorang dokter yang bertugas menangani pasien Covid-19 di RSPI Sulianti Saroso.

Dalam perbincangan itu terungkap bahwa Faisal sempat dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Faisal sendiri sudah bersiaga menangani pasien Corona sejak virus itu mewabah di Indonesia.

Hal itu membuat dia sering berkontak erat dengan sejumlah pasien sehingga Faisal pun sempat terpapar virus Corona. Namun, setelah menjalani isolasi dan perawatan, dia kini telah kembali turun ke lapangan menangani pasien Corona.

"Kemarin rontgen terakhir dan sudah di-swab (tes usap). Saya dinyatakan sudah boleh bertugas. Jadi hari ini saya baru hari pertama bertugas," kata Faisal kepada Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu.

"Alhamdulillah sudah sembuh. Dokter Faisal, bagaimana penanganan Covid di RSPI Sulianti Saroso?" ucap Jokowi melanjutkan perbincangan.

Dokter spesialis paru lulusan Universitas Indonesia tersebut menjelaskan, perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut sudah sesuai dengan prosedur dan standar dari Kementerian Kesehatan. Begitu pula dengan sarana dan obat-obatan yang tersedia lengkap.

Namun, dia mengakui bahwa saat ini pihaknya mengalami kekurangan tenaga medis. Hal itu disebabkan karena lonjakan pasien Corona yang datang.

"Alat medis insyaallah tersedia. Tenaga mungkin masih tetap kurang. Pasien makin bertambah," ungkap Faisal kepada Jokowi.

 

Cerita Saat Merawat Pasien Covid-19

Presiden Jokowi berbincang dengan dr Faisal Rizal Matondang, seorang dokter paru, melalui panggilan video. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi berbincang dengan dr Faisal Rizal Matondang, seorang dokter paru, melalui panggilan video. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Faisal juga menjelaskan mengenai kesehariannya saat merawat para pasien Covid-19. Dia menuturkan, para pasien seringkali mengalami kebosanan saat menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Untuk mengatasi hal itu, dia biasanya memberikan waktu dan atensi yang lebih kepada para pasien. Berbincang dan bercanda adalah cara Faisal memberikan sedikit hiburan kepada para pasien, meski merasakan keterbatasan dan sesak selama menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya.

"Saya biasa sama pasien-pasien sering agak lama. Di samping periksa, walaupun saya sesak karena tertutup oleh APD, saya suka bercanda-bercanda. Terakhir itu saya kasih semangat buat pasien supaya pasien tetap berpikir positif untuk dapat hasil negatif swab-nya," jelasnya.

"Saya bisa bayangkan betapa beratnya bertugas menangani Covid ini," sahut Jokowi.

Dokter Faisal pun berpesan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan 3M untuk mencegah penularan Covid-19. Mulai dari, mengenakan masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

"Tetap jaga sesuai protokol kesehatan, pakai masker, mencuci tangan, menghindari berkumpul-kumpul. Mudah-mudahan kita bisa lewati pandemi ini," ujar Faisal.

Di akhir perbincangan, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih dan menghargai dedikasi serta kerja keras yang ditunjukkan oleh Faisal, para dokter lainnya, dan tenaga medis di seluruh Indonesia untuk memberikan perawatan kepada para pasien Covid-19.

"Saya menyampaikan terima kasih, mengapresiasi yang tinggi, menghargai kerja keras yang tinggi dari para dokter dan tenaga medis yang berjuang," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Wanita Ini Ungkap Video Tersembunyi di Balik Uang Rp 75 Ribu

Posted: 26 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tepat pada 17 Agustus lalu, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-75. Untuk menambah euforia Dirgahayu RI, pemerintah Indonesia meluncurkan uang baru dengan pecahan nominal Rp 75 ribu.

Ternyata, uang edisi khusus ini menyimpan fitur canggih di dalamnya. Belum lama ini, melalui video unggahan TikTok @ahhhmeelyaaa memperlihatkan fitur augmented reality (AR) yang ditemui dari nominal Rp 75.000.

Artikel tentang wanita ungkap video tersembunyi dalam uang Rp 75 ribu baru menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang chat lucu guru dan murid saat pembelajaran online.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang kisah haru pria pungut boneka dari tempat sampah untuk anaknya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Wanita Ungkap Video Tersembunyi di Balik Uang Rp 75 Ribu

Uang pecahan baru Rp 75 ribu (Liputan6.com)
Uang pecahan baru Rp 75 ribu (Liputan6.com)

Ternyata, uang edisi khusus ini menyimpan fitur canggih di dalamnya. Belum lama ini, melalui video unggahan TikTok @ahhhmeelyaaa memperlihatkan fitur augmented reality (AR) yang ditemui dari nominal Rp 75.000.

Berangkat dari eksperimennya ini, siapa menyangka perempuan ini menemukan hal tidak terduga lewat pecahan nominal Rp 75 ribu ini.

Selengkapnya...

2. 6 Chat Lucu Guru dan Murid Saat Bahas Tugas Online, Siap-Siap Ketawa Geli

(@drama.kampus/instagram.com)
(@drama.kampus/instagram.com)

Untuk menunjang kelas daring, para siswa perlu memiliki ponsel untuk mempermudah belajar mengajar. Melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, komunikasi antara guru dan siswa tentu akan lebih mudah.

Namun, terkadang ada saja hal tak terduga, bahkan lucu dan nyeleneh chat antara guru dan siswa yang membahas tugas daringnya.

Selengkapnya...

3. Tak Mampu Beli, Kisah Haru Pria Pungut Boneka di Tempat Sampah Demi Anaknya

(Azri Walter/facebook.com)
(Azri Walter/facebook.com)

Seorang pengguna Facebook baru-baru ini menunjukkan bagaimana boneka bekas menjadi cara seorang ayah untuk mewujudkan keinginan anaknya.

Melansir dari World of Buzz, Sabtu (26/9/2020), pemilik akun bernama Azri Walter menceritakan bagaimana dirinya bertemu dengan seorang pengendara sepeda motor yang membawa boneka super besar ketika dalam perjalanan menuju kantornya di Putrajaya, Malaysia.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Film Layar Lebar Indonesia: Pengkhianatan G 30 S/PKI, Minggu 27 September 2020

Posted: 26 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan lewatkan film Pengkhianatan G 30 S/PKI yang ditayangkan SCTV Minggu siang ini mulai pukul 12.00 WIB.

Film Pengkhianatan G 30 S/PKI karya mendiang sutradara Arifin C.Noer (1984) pas ditayangkan jelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

Anda bisa menyaksikan film Pengkhianatan G 30 S/PKI via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Jualan Mobil Daihatsu Juga Lestarikan Alam dan Binatang Indonesia, Begini Caranya

Posted: 26 Sep 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan bisnis di Indonesia tidak hanya soal berjualan mobil saja. Jenama asal Jepang ini juga cukup rajin melestarikan alam dan binatang di Tanah Air, melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), yang salah satunya adalah pilar Hijau Bersama Daihatsu.

Pilar hijau ini, adalah dengan terus melakukan wujud nyata dalam melestarikan lingkungan di bidang keanekaragaman hayati, salah satunya adalah Penyu Untuk Indonesia.

Penyu yang memiliki nama ilmiah Chelonioidea merupakan organisme perairan laut dan termasuk binatang purba yang terancam punah. Hewan berjenis reptil laut ini memiliki 7 spesies di dunia, 6 di antaranya berhabitat di Indonesia. Perubahan iklim, pembangunan industri, serta meningkatnya sampah di laut menyebabkan kehidupan penyu kian terancam.

Sejak 2011, Daihatsu terus melestarikan salah satu satwa yang dilindungi ini, bekerja sama dengan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan), KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), serta komunitas pelestari penyu.

Saat ini, terdapat 6 konservasi penyu binaan Daihatsu yang tersebar di Indonesia dan telah berhasil menetaskan serta melepas-liarkan sebanyak lebih dari 399.000 Tukik di seluruh Indonesia.

Ada pun 6 lokasi konservasi penyu binaan Daihatsu ini berada di Pulau Pramuka yang bertempat di Taman Nasional Kepulauan Seribu yang diresmikan pada 2013; Perancak, Bali (2013); Batu Hiu, Pangandaran (2015); Pasir Jambak, Padang (2017); Pantai Binasi, Sibolga (2019); dan Alun utara, Bengkulu (2020).

Fasilitas Konservasi

Konservasi Penyu binaan Daihatsu memiliki fasilitas tempat peteluran penyu, kolam penampungan sementara, ruang dan media edukasi bagi pengunjung. Selain itu, konservasi juga menerima kunjungan dari sekolah, mahasiwa yang sedang melakukan penelitian, dan para wisatawan yang berkunjung.

Sebagai bentuk keseriusannya, Daihatsu juga telah mendeklarasikan program Penyu Untuk Indonesia, dan menjadi satu-satunya perusahaan di sektor swasta yang menyatakan komitmennya dalam usaha pelestarian lingkungan pada forum Our Ocean Conference 2018 di Bali, yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Dijelaskan Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT ADM, dengan pandemi Covid-19 yang terjadi, tentunya berakibat pada menurunnya kunjungan ke konservasi penyu Daihatsu.

"Sebagai bentuk perhatian kami terhadap konservasi, Daihatsu mulai memperkenalkan 6 konservasi tersebut di channel social media Daihatsu, dengan harapan, konservasi penyu ini akan semakin dikenal oleh masyarakat luas, sehingga kunjungan ke konservasi akan meningkat kembali setelah masa pandemi berakhir," ujar Elvina Afny, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (27/9/2020).

Infografis Pilihan:

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BSN: UMKM Tak Wajib Terapkan SNI Masker Kain

Posted: 26 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan standar nasional Indonesia (SNI) kepada masker kain yang ada di pasaran maupun buatan rumahan atau UMKM di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Humas BSN Denny Wahyudi menegaskan, SNI Masker dari Kain masih bersifat sukarela, belum diberlakukan secara wajib SNI.

"Itu artinya produsen masker belum berkewajiban memproduksi masker sesuai SNI tersebut. Meskipun begitu, informasi tentang SNI Masker dari Kain penting diketahui karena dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang produk yang aman dan berkualitas," kata Denny kepada Liputan6.com, Minggu (27/9/2020).

Kendati begitu, kata Denny regulator terkait bisa memberlakukan SNI secara wajib yang ditetapkan BSN menyangkut masalah keamanan, keselamatan, kesehatan, atau faktor lingkungan hidup.

Untuk kegiatan sertifikasi SNI oleh UKM, pada dasarnya menjadi tanggungan UKM yang bersangkutan. Ujar Denny, hal ini juga berlaku untuk umum, tidak hanya dalam konteks Masker Dari Kain. Tetapi, pemerintah baik pusat maupun daerah menurutnya memiliki program pembinaan kepada UKM termasuk pembinaan sertifikasi SNI.

BSN sendiri memiliki program pembinaan UKM yang biasanya tiap awal tahun diumumkan di web BSN. Dari tahun 2015 - 2020, Total UKM yang dibina BSN sejumlah 780 UKM, 70 UKM diantaranya berhasil meraih SPPT SNI.

"Sekali lagi, SNI Masker untuk Kain, saat ini masih bersifat SUKARELA. Belum diberlakukan secara wajib SNI nya oleh regulator," tegasnya.

BSN berharap dengan dikeluarkannya SNI masker kain itu, agar pelaku usaha memproduksi masker dari kain bisa sesuai ketentuan dalam persyaratan mutu di SNI, guna menghasilkan produk masker yang aman dan berkualitas bagi si penggunanya.

"Saat ini belum ada kewajiban harus sertifikasi SNI masker kain. Dengan kata lain, informasi tentang SNI Masker Dari Kain yang kami rilis kemarin, supaya masyarakat terutama pelaku usaha mengetahui bahwa Oh ini ya kalau bikin masker yang berkualitas dan aman. Saya sudah punya infonya tentang acuan persyaratan mutu SNI"," ujarnya.

Sehingga masyarakat juga telah mendapatkan pengetahuan tentang masker dari kain yang aman itu seperti apa, cara penggunaan masker kain yang benar seperti apa. Maka ketika masyarakat membeli masker ada pertimbangan dahulu, sebaiknya beli masker yang aman dan berkualitas.

"Kendati masih bersifat sukarela, pelaku usaha sudah dapat menjadikan SNI ini sebagai pedoman dalam memproduksi masker dari kain. Saat ini, SNI ini sifatnya masih sukarela, belum diberlakukan sebagai mandatory atau wajib oleh regulator dalam hal ini Kementerian Perindustrian," pungkasnya.

 

Kemenperin: SNI Masker Kain untuk Melindungi Masyarakat

Petugas Satpol PP menegur pekerja yang salah menggunakan masker saat jam pulang kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pengurangan aktivitas pekerja di perkantoran menjadi fokus utama Pemprov DKI Jakarta dalam penerapan PSBB pada 14-27 September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas Satpol PP menegur pekerja yang salah menggunakan masker saat jam pulang kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pengurangan aktivitas pekerja di perkantoran menjadi fokus utama Pemprov DKI Jakarta dalam penerapan PSBB pada 14-27 September 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengajukan rumusan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) untuk masker dari kain. Semangat dari aturan SNI masker kain ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Iya benar Kemenperin yang menyusun SNI dan ditetapkan oleh BSN setelah melalui jajak pendapat. Untuk masker kain memang sudah disusun SNI, komteknya ada di Direktorat Tekstil, posisi saat ini sudah selesai disusun dan sudah dikirim ke BSN untuk dilakukan jajak pendapat," kata Kepala Pusat Standardisasi Industri Ni Nyoman Ambareny, kepada Liputan6.com, Jumat (25/9/2020).

Pada 16 September 2020, SNI yang disusun Kemenperin tersebut telah mendapatkan penetapan BSN sebagai Standar Nasional Indonesia (SNI) 8914:2020 Tekstil Masker dari kain melalui Keputusan Kepala BSN Nomor No.407/KEP/BSN/9/2020.

Kemudian, perumusan RSNI melalui Komite Teknis SNI 59-01, Tekstil dan Produk Tekstil mengalokasikan anggaran guna menetapkan RSNI masker dari kain dengan melibatkan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan seperti akademisi, peneliti, laboratorium uji, Satgas Covid-19 dan industri produsen masker kain dalam negeri.

Penetapan SNI ini telah diusulkan dalam Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) sampai dengan ditetapkan sebagai SNI memakan waktu tidak sampai 5 Bulan, mengingat SNI ini menjadi kepentingan nasional dan kebutuhan yang mendesak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 26 September 2020

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur bertambah 47 orang pada Sabtu, 26 September 2020. Total kasus positif COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur mencapai 14.047 orang.

Sementara itu, pasien sembuh dari Corona COVID-19 bertambah 75 orang. Total pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 mencapai 12.380 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Minggu (27/9/2020):

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah tiga orang menjadi 1.047 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 620 orang. Pasien dalam perawatan berangsur turun sejak 17 September 2020.

Pasien dalam perawatan COVID-19 di Surabaya turun dari 1.254 orang pada 17 September 2020 menjadi 1.130 orang pada 18 September 2020. Kemudian berangsur turun menjadi 994 orang pada 19 September 2020. Pasien dalam perawatan COVID-19 itu kembali turun menjadi  902 orang pada 20 September 2020.

Selanjutnya berangsur turun menjadi 860 orang pada 21 September 2020. Pada 22 September 2020, pasien dalam perawatan juga kembali turun menjadi 841 orang.

Kemudian pada 23 September 2020, pasien dalam perawatan sebanyak 730 orang. Pada 24 September 2020, pasien dalam perawatan turun menjadi 670 orang. Pasien dalam perawatan turun menjadi 651 orang pada Jumat, 25 September 2020.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menuturkan, pasien dalam perawatan menurun seiring angka kesembuhan COVID-19 bertambah.  Hal ini didorong kesembuhan pasien tanpa gejala. "Karena memang banyak yang sembuh," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Minggu, 27 September 2020.

Ia menuturkan, faktor lain yang mempengaruhi mulai dari tracing, testing dan treatment, serta kampung tangguh, polri, TNI bersatu padu membawa pasien isolasi mandiri ke Asrama Haji Surabaya.

"Penguatan kampung tangguh terkait protokol kesehatan.Operasi protokol kesehatan di wilayah kota Surabaya, bila ditemukan kerumunan langsung dilaksanakan rapid antigen dan PCR," ujar dia.

Mengutip data infocovid-19.jatimprov.go.id, total pasien sembuh dari COVID-19 di Surabaya pada 17 September 2020 hingga 26 September 2020 mencapai 1.300 orang.

Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 70 orang di Surabaya pada 17 September 2020. Kemudian meningkat menjadi 180 orang pada 18 September 2020, lalu bertambah 190 orang pada 19 September 2020.

Selanjutnya pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 150 orang pada 20 September 2020, dan bertambah 145 orang pada 21 September 2020. Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 110 orang di Surabaya pada 22 September 2020, bertambah 176 orang pada 23 September 2020, dan 123 orang pada 24 September 2020. Lalu pasien sembuh bertambah 81 orang pada 25 September 2020 dan bertambah 75 orang pada 26 September 2020.

Febriadthiya menuturkan, meski pasien dalam perawatan turun, warga tetap patuhi protokol kesehatan, disiplin gunakan masker, jaga jarak dan waspada terhadap seluruh kemungkinan tertular virus.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 26 September 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.047 orang

Sembuh: 1.811 orang

Meninggal: 145 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.618 orang

Sembuh: 1.392 orang

Meninggal: 159 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.271 orang

Sembuh: 2.033 orang

Meninggal: 178 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.398 orang

Sembuh: 3.895 orang

Meninggal: 285 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.713 orang

Sembuh: 3.249 orang

Meninggal: 280 orang

10 Kelurahan dengan Kasus Positif COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 26 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 350 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 285 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 242 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 231 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 207 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 200 orang

7.Kelurahan Morokrembangan: 198 orang

8.Kelurahan Putat Jaya: 193 orang

9. Kelurahan Sidotopo Wetan: 188 orang

10.Kelurahan Sememi: 184 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IAI: Masyarakat Kerap Tak Sadar Bahaya Akses Obat Secara Daring Bukan dari Sumber yang Benar

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) mengatakan bahwa dunia farmasi sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya terhadap bagaimana masyarakat bisa mendapatkan akses obat, alat kesehatan, dan informasi secara daring.

Dalam siaran pers terkait Hari Apoteker Sedunia, IAI mengungkapkan bahwa seringkali masyarakat tak sadar dampak dan bahaya mengakses obat secara daring namun bukan dari sumber yang benar.

"Hingga saat ini pemerintah masih tumpang tindih mengeluarkan peraturan mengenai hal ini, terutama menyangkut obat-obat apa saja yang dilarang dalam penjualan daring," kata Ketua Umum PP IAI Nurul Falah Eddy Pariang dikutip dari pernyataan resmi pada Health Liputan6.com pada Minggu (27/9/2020).

Nurul Falah mengatakan, akses dan informasi secara daring sendiri tidak selalu bisa menjamin keselamatan dan keamanan pasien.

"Karena itu dalam peringatan WPD (World Pharmacist Day) kali ini PP IAI mengambil tema 'Cermat Menyikapi Informasi dan Peredaran Obat Online', sebab bisa jadi masyarakat sesungguhnya tidak menyadari dampak dan bahayanya mengakses obat, alkes dan informasi secara online bukan dari sumber yang benar dan tepat," ujarnya.

Peringatan Hari Apoteker Sedunia

Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)
Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)

Nurul Falah menambahkan, panduan paling mudah dan aman untuk membeli obat secara daring adalah di marketplace farmasi di mana masyarakat bisa lebih mudah mengakses perusahaan farmasi atau apoteker mengenai informasi obat yang ia beli.

Hari Apoteker Sedunia atau World Pharmacist Day sendiri diperingati setiap 25 September. IAI mengungkapkan, peringatan ini sudah dicanangkan sejak 2009 oleh Federasi Apoteker Internasional.

Hari Apoteker Sedunia selalu dijadikan momentum untuk menunjukkan kontribusi apoteker agar pasien dan masyarakat umum mendapatkan mafaat terbesar saat mengakses obat atau teknologi kesehatan.

Di peringatan tahun ini sendiri, IAI meminta agar semua anggotanya untuk terlibat dalam memberikan edukasi agar masyarakat dapat terhindar dari dampak yang tidak diinginkan saat mengakses obat, alat kesehatan, serta informasi secara daring.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh IAI antara lain pemasangan twibbon di media sosial oleh para apoteker, lomba video edukasi pengurus cabang IAI, serta seminar secara virtual.

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19
INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Hoaks Menjadi Viral, Twitter Segera Luncurkan Fitur Baca Sebelum Retweet

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter terus mencoba fitur mengurangi peredaran hoaks dan misinformasi di platformnya. Sejak Juni lalu, Twitter menguji coba fitur "Baca sebelum Retweet".

Sejak ada fitur ini, para pengguna tidak bisa meretweet artikel tanpa membaca isinya terlebih dahulu.

Twitter menjelaskan fitur ini untuk mencegah perdebatan dan misinformasi menjadi viral. Mereka menilai banyak orang yang meretweet sebuah artikel hanya membaca judul saja tanpa melihat isinya.

Kini Twitter mengklaim fitur tersebut berjalan cukup baik. Para pengguna membaca artikel 40 persen lebih sering setelah ada fitur tersebut.

Sementara ada sebagian lagi orang yang tidak menjadi meretweet sebuah artikel setelah membacanya. Tentu hal ini penting agar artikel yang berpotensi hoaks atau misinformasi tidak menjadi viral.

 

Diluncurkan Segera

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)
Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

Untuk saat ini fitur "Baca sebelum Retweet" itu baru tersedia untuk pengguna android di negara tertentu. Itu sebabnya Twitter berencana meluncurkannya untuk pengguna global dalam waktu dekat.

Selain itu mereka juga akan memperbaiki tampilan pada fitur itu menjadi lebih kecil. Sebelumnya Twitter juga meluncurkan fitur membatasi replies yang bersifat menyerang dan membatasi jumlah replies.

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Dibantu Tiang Gawang, Solskjaer Sebut Jose Mourinho

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer tampak bahagia setelah Manchester United (MU) menang 3-2 atas Brighton and Hove Albion di Amex Stadium, Sabtu (26/9/2020). Dalam laga yang menegangkan itu, lima peluang Brighton digagalkan tiang gawang.

Usai pertandingan, Solskjer dengan nada bercanda mengaku beruntung karena tidak dapat mengukur gawang seperti yang dilakukan mantan Manajer Manchester United Jose Mourinho.

Mourinho pernah dua musim menjadi manajer MU sebelum Solskjaer datang ke Old Trafford. Manajer Tottenham Hotspur itu sempat mempertanyakan ukuran gawang saat melawan Shkendija di kualifikasi Liga Europa. Mourinho menilai ukurang gawang lebih kecil dari biasanya.

Dalam laga MU melawan Brighton di pekan ketiga Liga Inggris, ukuran gawang tidak memilih masalah. Tapi lima tembakan Brighton ke gawang selalu membentur mistar, tiga di antaranya tendangan sepakan Trossard.

Kemenangan Manchester United ditentukan Bruno Fernandes lewat tendangan penalti. Hadiah penalti diberikan setelah wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Namun setelah melihat VAR, wasit menilai bek Brighton handball dan MU mendapat penalti.

 

 

Cukup Beruntung

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes ke gawang Brighton Hove Albion pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes ke gawang Brighton Hove Albion pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)

Solskjaer pun mengaku cukup beruntung memenangkan laga ini. "Kami lolos dengan satu. Mungkin satu poin yang pantas kami dapatkan, kami tidak pantas mendapatkan lebih. Tapi, karakter itu pantas mendapatkan lebih," katanya kepada BT Sport usai laga.

"Musim lalu kami memiliki terlalu banyak hasil imbang, jadi itu nilai tambah besar bagi kami. Anda harus senang Jose (Mourinho) tidak ada di sini untuk mengukur tiang gawang!"

Juru taktik asal Norwegia itu mengaku tidak mudah mengalahkan Brighton. "Mereka adalah tim yang sulit untuk dilawan. Kami tidak memiliki kaki dan ketajaman, tetapi kami akan mencapainya. Kami memiliki banyak pekerjaan ke depan," ucap Solskjaer.

 

 

Tidak Adil

Para pemain Brighton Hove Albion melakukan protes kepada wasit saat melawan Manchester United pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)
Para pemain Brighton Hove Albion melakukan protes kepada wasit saat melawan Manchester United pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)

Manajer Brighton Graham Potter hasil ini kurang adil bagi timnya. "Kami lolos dengan satu. Mungkin satu poin yang pantas kami dapatkan, kami tidak pantas mendapatkan lebih. Tapi karakter itu pantas mendapatkan lebih," katanya kepada BBC Sport.

"Semua hal kecil telah melawan kami tetapi kami benar-benar bagus selama 90 menit dan kami harus mengambilnya ke depan. Kami telah berkembang sebagai sebuah grup, sebagai sebuah tim, dan kami akan menerima kemunduran itu sepositif yang kami bisa."

"Saya tidak tahu berapa jumlah tembakannya tetapi kami dominan. Kami pantas mendapatkan sesuatu dari permainan ini, untuk sedikitnya," pungkas Potter.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Proyek Konstruksi Jaringan Kereta Hotan-Ruoqiang

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Para pekerja bekerja di lokasi konstruksi sebuah jembatan jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)
Para pekerja bekerja di lokasi konstruksi sebuah jembatan jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Para pekerja bekerja di lokasi konstruksi sebuah jembatan jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Para pekerja bekerja di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)
Para pekerja bekerja di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Para pekerja bekerja di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Sebuah mesin menempatkan rel di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)
Sebuah mesin menempatkan rel di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Sebuah mesin menempatkan rel di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Seorang pekerja memasang rel di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)
Seorang pekerja memasang rel di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

Seorang pekerja memasang rel di lokasi konstruksi jaringan kereta Hotan-Ruoqiang di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China, 25 September 2020. Dengan total panjang sekitar 825 kilometer, jaringan kereta itu merupakan bagian penting dari loop kereta di Lembah Tarim. (Xinhua/Hu Huhu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntut Konser Dangdut Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Kapolsek Dicopot

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tegal - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) resmi mencopot Kapolsek Tegal Selatan Kompol Joeharno buntut konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Tegal Wasmad Edi Susilo di Lapangan Tegal Selatan, Kota Tegal, Rabu (23/9).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, menyatakan saat ini Joeharno telah dinonaktifkan dari jabatannya untuk menjalani proses pemeriksaan internal.

"Kapolsek sudah diserahterimakan dan Kapolseknya diperiksa oleh Propam," ujar Argo, dikutip Antara.

Argo mengatakan Polri juga tengah melakukan pendalaman berdasarkan LP bernomor LP/A/91/IX/2020/Jateng/Res Tegal Kota tertanggal 25 September 2020 atas dugaan pelanggaran Pasal 93 Undang-Undang No 6/2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP.

Hal tersebut disebabkan penyelenggaraan acara dangdut yang menimbulkan kerumunan massa sehingga dimungkinkan menimbulkan percepatan penyebaran COVID-19 atau klaster baru penularan, di Tegal.

 

Konser Dangdut di Tengah Pandemi

Suasana hajatan yang disertai konser dangdut saat pandemi covid-19. Acarat tersebut berlangsung di  di Lapangan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. (Liputan6.com)
Suasana hajatan yang disertai konser dangdut saat pandemi covid-19. Acarat tersebut berlangsung di di Lapangan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah. (Liputan6.com)

Selain itu, kata Argo, beberapa barang bukti juga turut diamankan terkait konser dangdut tersebut.

"Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi dan terlapor Wasmad Edi Susilo," ucap Argo.

Sebelumnya, Wasmad menggelar hajatan dengan konser dangdut yang dihadiri ribuan orang di Lapangan Tegal Selatan.

Pelaksanaan hiburan tersebut diduga tidak memperoleh izin dari kepolisian karena menghadirkan banyak orang di tengah pandemi COVID-19.

Wasmad selaku penyelenggara acara telah menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak kepolisian pada Kamis (24/9).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 15 Ribu Penggemar Nonton Pertandingan Bayern Munich dan Sevilla

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 15 ribu penggemar berada di Puskas Area, Budapest, Hongaria, untuk menonton pertandingan final piala super antara Bayern Munich dan Sevilla.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Nominasikan Amy Barrett Sebagai Hakim Agung AS

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden AS Donald Trump telah menominasikan Amy Coney Barrett untuk mengisi jabatan kosong di Mahkamah Agung pada 26 September 2020.

Nominasi itu diumumkan setelah wafatnya Hakim Ruth Bader Ginsburg (87) yang berhaluan liberal.

Dilansir VOA Indonesia, Minggu (27/9/2020), penunjukkan itu memberi peluang untuk Presiden Trump dalam menjadikan pengadilan lebih konservatif 37 hari sebelum pilpres AS yang dijadwalkan pada 3 November.

Di Rose Garden Gedung Putih, Presiden Trump mengatakan, "Hari ini saya mendapat kehormatan untuk menominasikan salah seorang tokoh hukum paling brilian dan berbakat ke Mahkamah Agung... Hakim Amy Coney Barrett".

"Ini akan jadi konfirmasi yang singkat," terang Presiden Trump.

Selain itu, Presiden Trump juga mendesak para anggota Kongres dan media untuk tidak melancarkan serangan personal dan partisan terhadap Barrett.

 

Peranan dalam Keputusan di MA AS

Foto yang diabadikan pada 12 Maret 2020 ini menunjukkan Gedung Capitol AS di Washington DC, Amerika Serikat. Sejumlah bangunan ikonis (landmark) di Washington DC, termasuk Gedung Putih, terpaksa ditutup sementara untuk umum akibat wabah COVID-19 yang tengah merebak di negara itu. (Xinhua/Ting Shen)
Foto yang diabadikan pada 12 Maret 2020 ini menunjukkan Gedung Capitol AS di Washington DC, Amerika Serikat. Sejumlah bangunan ikonis (landmark) di Washington DC, termasuk Gedung Putih, terpaksa ditutup sementara untuk umum akibat wabah COVID-19 yang tengah merebak di negara itu. (Xinhua/Ting Shen)

Tak hanya itu, Presiden Trump juga mencatat bahwa apabila Barrett dikukuhkan, dia akan menjadi ibu dari anak usia sekolah pertama yang menjabat di pengadilan tingkat tertinggi di AS tersebut.

Barrett, dalam pernyataan singkatnya memuji pengabdian Ginsburg kepada perempuan dan pengadilan.

Presiden Trump diketahui telah berjanji untuk menominasikan seorang perempuan untuk menggantikan Ginsburg. 

Barrett akan memainkan peranan dalam mengambil keputusan di Mahkamah Agung dalam tahun-tahun ke depan apabila nantinya dikukuhkan Senat AS.

Peranan dalam mengambil keputusan itu pun mencakup berbagai isu, yakni hak-hak aborsi, layanan kesehatan, senjata, kebebasan beragama, imigrasi, dan kebebasan berpendapat.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instagram Lutfi Agizal Diancam Dilaporkan Warganet, Kali Ini Gara-Gara Anjayani

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lutfi Agizal kembali membuat gaduh di dunia maya. Beberapa waktu lalu, ia ramai dibicarakan karena kontennya yang mempermasalahkan penggunaan kata anjay.

Bahkan karena hal tersebut, berakibat Lutfi Agizal kehilangan akun Instagram-nya karena di-report oleh para warganet. Pihak Instagram akhirnya menangguhkan akun Lutfi Agizal untuk beberapa waktu.

Kali ini, Lutfi Agizal terancam akan kembali kehilangan Instagram-nya. Namun bukan karena kata anjay melainkan kata anjayani.

Kontennya beberapa lalu tentang odading ramai dibicarakan warganet. Lutfi Agizal dianggap menjilat ludah sendiri ketika menggunakan kata anjayani untuk mengekspresikan perasaan yang istimewa.

 

Berkelit

Lutfi Agizal. (Foto: Instagram @lutfiagizal)
Lutfi Agizal. (Foto: Instagram @lutfiagizal)

Dianggap seperti itu, Lutfi Agizal berkelit. Ia mengatakan bahwa kata anjayani tidak berasal dari kata anjay.

"Yang saya maksut ANJAYANI bukan berasal dari kata anj*y. ANJAYANI adalah 1 kata untuk saya mengekspresikan rasa nikmat/wah yang susah untuk dijelaskan. Versi saya lho ini...," ungkapnya.

 

Arti

Lutfi Agizal (Sumber: Instagram/lutfiagizal)
Lutfi Agizal (Sumber: Instagram/lutfiagizal)

Dalam unggahan lain, Lutfi Agizal mengumumkan arti anjayani. Mengingat kata tersebut belum ada di KBBI maupun dalam bahasa sanskerta.

"ANJAYANI = ekspresi saat sesuatu yang nikmat/wah tapi susah dijelaskan. (soalnya KBBI / Sansekerta belum ada)," tulisnya.

 

Dilaporkan

Lutfi Agizal (Sumber: Instagram/lutfiagizal)
Lutfi Agizal (Sumber: Instagram/lutfiagizal)

Unggahan Lutfi Agizal itu kemudian diunggah ulang oleh akun-akun gosip di Instagram. Sebagian besar warganet menanggapinya dengan negatif. Bahkan tidak sedikit yang mengancam akan kembali melaporkan akun Instagram-nya agar kembali ditangguhkan oleh pihak Instagram.

"Report lagi yuk bareng bareng guys," ajak @sapta.niken.

"Kl ada acara report berjamaah aq ikut mau report jg...jgn dtinggalin😁," timpal @deni_nugroho_saputro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo A33 (2020) Kantongi Sertifikasi dari Thailand

Posted: 26 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Oppo dilaporkan sedang menyiapkan smartphone A33 (2020). Smartphone ini merupakan varian baru dari A33 yang dirilis pada November 2015.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (27/9/2020), Oppo A33 (2020) memiliki kode model CPH2137. Smartphone tersebut dilaporkan mendapatkan sertifikasi dari National Broadcasting and Telecommunication Commission (NBTC) Thailand.

Smartphone yang sama dilaporkan juga telah mengantongi sertifikasi TKDN Indonesia dan BIS India.

Sayangnya, spesifikasi Oppo A33 (2020) belum diketahui. Pada keterangan di NBTC, smartphone tersebut diproduksi di Tiongkok.

Smartphone Misterius Oppo Kantongi Sertifikat TKDN

Ilustrasi Smartphone Oppo. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Oppo. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lebih lanjut, sebuah smartphone misterius milik Oppo beberapa hari lalu dilaporkan mendapatkan sertifikat TKDN dari pemerintah. Perangkat dengan kode Oppo CPH2209 ini mengantongi sertifikat TKDN pada 29 Juli 2020 dengan nomor 556/SJ-IND.8/TKDN/2/2020.

Perangkat yang masih belum diketahui tipenya ini mengantongi TDKN dengan nilai 31,85 persen.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, membenarkan smartphone misterius ini merupakan amunisi baru Oppo.

"Amunisi kami tahun ini belum habis. Kami akan memperkenalkan setidaknya lebih dari satu produk baru di kuartal keempat tahun ini. Saat ini satu produk kami persiapkan untuk meluncur di awal kuartal 4," tutur Aryo dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (21/9/2020).

Rilis Awal Oktober?

Ada kemungkinan perangkat misterius tersebut akan dirilis sekitar awal Oktober. Aryo mengatakan, produk yang akan dirilis ini membawa fitur-fitur populer yang sudah diperkenalkan sebelumnya pada produk menengah atas.

"Kami sangat yakin produk ini akan mendapat sambutan baik dari konsumen, seperti Reno4," kata Aryo.

Terkait smartphone misterius tersebut, produk ini mendapatkan sertifikat yang berlaku hingga 10 Agustus 2023.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Cara Atasi Kembung saat Haid, Ketahui Penyebabnya

Posted: 26 Sep 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita merasakan kembung saat masa haid. Kembung bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, sesak, bahkan sakit. Kembung biasanya terjadi sebelum haid dan akan hilang beberapa hari selama haid.

Kembung dianggap sebagai gejala PMS yang sangat umum. Kembung tidak bisa dicegah sepenuhnya, tapi beberapa cara bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Ada banyak cara mengatasi kembung saat haid.

Cara ini dapat dapat membantu mengurangi retensi air penyebab kembung. Perubahan pola makan dan gaya hidup bisa membantu mengatasi kembung saat haid. Berikut cara mengatasi kembung saat haid, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/9/2020).

Penyebab kembung saat haid

Ilustrasi perut kembung. (dok. pexels.com/rawpixel)
Ilustrasi perut kembung. (dok. pexels.com/rawpixel)

Kembung sebelum dan selama haid dapat terjadi akibat perubahan kadar hormon seks progesteron dan estrogen. Sekitar seminggu sebelum menstruasi wanita dimulai, kadar hormon progesteron turun. Kadar progesteron yang berkurang menyebabkan rahim melepaskan lapisannya yang menyebabkan perdarahan menstruasi.

Selain menyebabkan perdarahan menstruasi, penelitian menunjukkan bahwa perubahan kadar progesteron dan estrogen menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Sel-sel tubuh menjadi bengkak karena air sehingga menimbulkan rasa kembung.

Cara Atasi Kembung saat Haid

ilustrasi makanan sehat | unsplash.com/@ellaolsson
ilustrasi makanan sehat | unsplash.com/@ellaolsson

Konsumsi makanan tinggi kalium

Makan makanan yang kaya kalium dapat membantu mengurangi kembung. Kalium dalam tubuh dapat menurunkan kadar natrium dan meningkatkan produksi urin. Dengan cara ini, kalium dapat membantu mengurangi retensi air dan mengatasi kembung.

Makanan kaya kalium yang dapat mengurangi periode kembung meliputi sayuran berdaun gelap seperti bayam, ubi, pisang, alpukat, dan tomat.

Konsumsi banyak air

Minum cukup air menjelang haid sangatlah pentin. minum lebih banyak air dapat membantu mengurangin kembung. Minum lebih banyak air meningkatkan hidrasi yang dapat mencegah retensi air. Minumlah minimal delapan gelas 8 air sehari.

Cara Atasi Kembung saat Haid

Ilustrasi olahraga, stretching, peregangan. (Gambar oleh Irina L dari Pixabay)
Ilustrasi olahraga, stretching, peregangan. (Gambar oleh Irina L dari Pixabay)

Olahraga rutin

Olahraga teratur dapat membantu mengatasi gejala PMS, seperti kembung. Lakukan beberapa jam aktivitas fisik sedang dalam seminggu, satu jam atau lebih aktivitas berat dalam seminggu, dan kombinasi keduanya. Agar tetap sehat, cobalah untuk melakukan olahraga sedang 2,5 jam seminggu.

Cukup tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan nyeri haid, kembung, dan perasaan tidak enak badan. Mendapatkan cukup tidur bisa membantu mengatasi gejala PMS, seperti kembung. Usahakan untuk mendapatkan tidur delapan jam semalam.

Cara Atasi Kembung saat Haid

Teh Jahe / Sumber: iStockphoto
Teh Jahe / Sumber: iStockphoto

Teh jahe

Senyawa tertentu dalam jahe termasuk gingerol, membantu perut melepaskan gas yang mengurangi kembung. ahe menenangkan sakit perut, yang bisa membantu meredakan ketidaknyamanan akibat kembung. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk teh jahe dengan menyeduh potongannya dengan air panas.

Teh mint

Teh mint atau peppermint telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi kembung. Mint memiliki sifat antispasmodik, yang menenangkan saluran pencernaan dan dapat mengurangi rasa sakit kembung.

Daun mint juga mengandung flavonoid spesifik yang menghambat aktivitas sel sistem kekebalan tertentu yang dapat menyebabkan kembung. Tambahkan daun peppermint segar ke dalam 1 cangkir air mendidih, biarkan selama 10 menit, lalu minum untuk mengurangi rasa kembung.

Cara Atasi Kembung saat Haid

ilustrasi teh hijau/Photo by Jia Ye on Unsplash
ilustrasi teh hijau/Photo by Jia Ye on Unsplash

Teh hijau

Teh hijau adalah sumber antioksidan terbaik dan juga menawarkan beberapa manfaat diuretik. Banyak makanan memiliki sifat diuretik alami, seperti teh hijau. Retensi air menyebabkan kembung dan diuretik dapat meredakannya. Konsumsi teh hijau dapat membantu mengatasi kembung dan rasa sakitnya.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu antiperadangan alam yang paling kuat. Kunyit dikenal untuk memerangi gangguan pencernaan, kembung, dan gas. Minum minuman kunyit bisa membantu mengurangi kembung saat haid.

Cara Atasi Kembung saat Haid

Ilustrasi Sayuran Brokoli Credit: unsplash.com/Louis
Ilustrasi Sayuran Brokoli Credit: unsplash.com/Louis

Hindari makanan penyebab gas

Mengubah pola makan dapat membantu mengurangi kembung. Makanan yang mengandung gas bisa membuat kembung makn memburuk. Ketika perut terasa kembung, segera hindari makanan-makanan yang menyebabkan gas. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan gas. Makanan utama dalam kategori ini termasuk kacang-kacangan, kubis, kembang kol, dan selada.

Hindari makanan asin

Natrium dalam garam dapat meningkatkan jumlah air yang disimpan tubuh seseorang. Menghindari makanan asin dapat membantu mengurangi retensi air dan mengurangi kembung. Dalam beberapa hal, retensi air bahkan lebih sulit untuk dikurangi daripada gas, jadi penting untuk menghindari makanan yang mengandung garam tinggi.

Cara Atasi Kembung saat Haid

ilustrasi junk food/unsplash
ilustrasi junk food/unsplash

Hindari makanan olahan

Makanan olahan banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan retensi air. Selain itu, karbohidrat olahan seperti tepung putih dan gula olahan, menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Kondisi ini meningkatkan kadar insulin dalam darah yang menyebabkan ginjal menahan lebih banyak natrium. Peningkatan kadar natrium menyebabkan lebih banyak retensi air.

Hindari kafein dan alkohol

Alkohol dan kafein berkontribusi pada kembung dan gejala sindrom pramenstruasi lainnya (PMS). Alkohol dapat meningkatkan gejala PMS seperti nyeri payudara, perubahan suasana hati, dan kembung. Sementara kopi dapat merangsang saluran pencernaan secara berlebihan dan mengiritasi usus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI: Peserta Didik dan Orangtua Minta Subsidi Kuota Internet Ditambah

Posted: 26 Sep 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan soal subsidi kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dianggap tidak cukup untuk kebutuhan pembelajaran jarah jauh (PJJ) secara daring. Adapun jumlah pengadu sebanyak 50 orang yang terdiri dari siswa, guru, dan orangtua.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan, aduan tersebut diterimanya melalui media sosial pada 23-25 September 2020. Menurut dia, para pengadu meminta Kemdikbud menambah subsidi kuota internet untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

"Usulan perubahan disampaikan karena kuota umum 5 GB (gigabyte) dianggap kurang, sementara kuota belajar 30 GB berlebihan, bahkan berpotensi mubazir," kata Retno dikutip dari siaran persnya, Minggu (27/9/2020).

Kemdikbud memberikan subsidi kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Sedangkan peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

"40 persen pengadu minta bantuan kuota seluruhnya kuota umum," ucap Retno.

Dia mengatakan, para pengadu meminta KPAI menyampaikan keluhan dan usulan agar kuota internet ditambah kepada Kemdikbud. Retno menyebut sekitar 2 persen pengadu mengusulkan 10 GB kuota umum dan 25 GB kuota belajar.

Kemudian, sebanyak 8 persen menginginkan 15 GB kuota umum dan 20 GB kuota belajar. Sebesar 26 persen pengadu menginginkan 20 GB kuota umum dan 15 kuota belajar.

"Mayoritas pengadu sebanyak 40 persen mengusulkan seluruhnya kuota umum agar lebih fleksibel," tutur dia.

Sisanya, 16 persen pengadu mengusulkan kuota untuk aplikasi WhatsApp saja yakni, 35 GB untuk kuota belajar saja, kuota unlimited, 75 persen kuota umum, dan 25 persen kuota belajar, 50 GB kuota umum dan 50 GB kuota belajar. Mereka juga mengusulkan subsidi seluruh provider saja agar internet murah untuk semua rakyat Indonesia.

Pengadu lebih membutuhkan kuota untuk umum

Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Retno menjelaskan, para pengadu merasa bahwa aplikasi yang kerap digunakan mereka di daerahnya tidak termasuk aplikasi yang bisa menggunakan kuota belajar. Pasalnya, beberapa sekolah membangun e-learning dan LMS di server dan include dalam website sekolah masing-masing.

Selain itu, ada beberapa sekolah menggunakan aplikasi e-learning yang disiapkan oleh Cabang Dinas Pendidikan. Aplikasi ini terintegrasi dengan YouTube sehingga kuota belajar tidak bisa digunakan oleh guru dan siswa.

"Aplikasi belajar yang digunakan tersebut sifatnya lokal atau hanya di daerah tersebut, bukan nasional," jelas Retno.

Berdasarkan pengakuan para pengadu dari kalangan siswa SMK, selama PJJ mereka hampir setiap hari menggunakan mesin pencari untuk melihat praktik bidang keahliannya. Contohnya, jurusan tata boga mencari referensi di aplikasi Youtube untuk praktik memasak dan cara penyajian makan.

"Sementara aplikasi yuotube tidak termasuk dalam paket kuota belajar, dengan demikian para siswa SMK justru lebih banyak membutuhkan kuota umum," pungkas Retno.

KPAI memastikan akan menyampaikan keluhan dan usulan tersebut kepada pihak Kemdikbud RI melalui surat resmi. Dengan begitu, pada pengisian kuota bulan berikutnya dapat dilakukan perubahan sehinhga membantu memperlancar siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring.

KPAI juga Kemdikbud melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan wilayah-wilayah yang sulit sinyal, tak ada sarana dan prasarana daring termasuk tidak ada listrik.

Terakhir, KPAI meminta Kemdikbud mempertimbangkan pengalihan anggaran kuota untuk membantu sekolah mendapatkan bantuan gadget yang dapat dipinjamkan kepada para siswa dan guru. Hal ini mengingat ada sejumlah siswa dan guru yang tidak memiliki alat daring untuk PJJ.

"Juga dapat membantu anak-anak dan guru di wilayah yang sulit sinyal dapat dibantu dengan puat sinyal atau wifi-wifi berbasi RT/RW," ujar Retno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Dipasangkan di Film, Ini 6 Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith

Posted: 26 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Rizky Nazar dan Michelle Ziudith tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Dua bintang film Indonesia ini sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Rizky Nazar sudah aktif di industri hiburan sejak tahun 2012, sementara Michelle Ziudith sudah terjun sejak 2010.

Rizky Nazar dan Michelle Ziudith cukup sering terlibat dalam satu judul film. Dua bintang film Indonesia ini pun kerap dipasangkan menjadi sepasang kekasih dalam film yang keduanya bintangi. Beberapa film yang dibintangi oleh Rizky Nazar dan Michelle yakni Magic Hour, ILY From 38000ft, Calon Bini, hingga film Mekah I'm Coming yang tayang pada 5 Maret 2020 lalu.

Chemistry yang dibangun Rizky Nazar dan Michelle sukses memikat hati penikmat film Indonesia. Kerap terlibat dalam satu judul film, tak heran jika dua bintang film Indonesia sudah terlihat dekat dan merasa klop satu sama lainnya.

Terpaut usia hanya 1 tahun, Rizky Nazar dan Michelle Ziudith selalu terlihat kompak dalam berbagai momen. Pemeran Arga dan Aletta dalam film ILY from 38000ft ini juga cukup sering mengunggah kebersamaan keduanya di akun Instagram.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith, Minggu (27/9/2020).

1. Ini adalah kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith saat syuting film Calon Bini.

Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/michelleziu)
Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/michelleziu)

2. Kerap terlibat dalam satu judul film, tak heran jika chemistry yang dibangun keduanya sukses memikat hati penonton.

Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)
Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)

3. Selain kompak ketika syuting, dua bintang film Calon Bini ini juga kompak saat di luar syuting.

Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)
Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)

4. Tak sedikit warganet yang mendoakan keduanya berjodoh, lantaran terbawa perasaan karena film yang dibintangi Rizky dan Michelle.

Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)
Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)

5. Walaupun begitu, Rizky Nazar dan Michelle Ziudith tetap menyikapinya dengan santai.

Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/michelleziu)
Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/michelleziu)

6. Rizky dan Michelle juga pernah bermain dalam film London Love Story 2 bareng aktor sekaligus pembawa acara Ramzi.

Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)
Potret Kebersamaan Rizky Nazar dan Michelle Ziudith. (Sumber: Instagram.com/rizkynazar20)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AS Roma Vs Juventus: Tuan Rumah Sedang Marah

Posted: 26 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AS Roma sedang gundah gara-gara dinyatakan kalah 0-3 melawan Hellas Verona pada laga Liga Italia pekan lalu. Kekalahan ini disebabkan oleh kesalahan administrasi yang dilakukan AS Roma.

Roma sudah gegabah karena memainkan Amadu Diawara saat melawan Verona. Padahal pemain ini tidak terdaftar di tim senior, tapi AS Roma U-22.

Emosi inilah yang akan dibawa saat menjamu Juventus pada lanjutan Liga Italia serie A di stadion Olimpico, Senin (28/9/2020) dini hari WIB. Roma seperti sedang tak berbentuk pekan lalu, kini mereka siap bangkit.

Kebangkitan itu akan ditularkan lewat kembalinya Edin Dzeko ke dalam tim. Striker asal Serbia ini awalnya dikaitkan dengan Juventus.

Namun seiring gagalnya AS Roma rekrut striker Napoli, Arkadiusz Milik, transfer Dzeko ke Juventus pun batal. Bagaimana persiapan AS Roma lawan Juventus nanti?

 

Lebih Komplet

AS Roma vs Juventus (Liputan6.com/Abdillah)
AS Roma vs Juventus (Liputan6.com/Abdillah)

Pelatih AS Roma, Paolo Fonseca pun berusaha memberikan update kondisi pemainnya lawan Juventus nanti. Fonseca mengatakan Dzeko dipastikan bakal bermain di pertandingan nanti.

"Saya sudah bicara dengan Dzeko beberapa kali. Dia sangat termotivasi. Dia berlatih dengan baik dalam beberapa hari terakhir. Dia akan main," ujar Fonseca seperti dilansir situs AS Roma.

Fonseca berharap timnya bisa seimbang saat lawan Juventus.

"Kami akan menyerang saat ada kesempatan dan bertahan dengan kompak saat kehilangan bola," ujarnya.

 

Morata Prioritas

Alvaro Morata menjalani tes medis bersama Juventus pada Selasa (22/9/2020) pagi waktu setempat. Rencananya, dia akan diperkenalkan sebagai pemain anyar Juve pada Rabu (23/9/2020). (dok. Juventus)
Alvaro Morata menjalani tes medis bersama Juventus pada Selasa (22/9/2020) pagi waktu setempat. Rencananya, dia akan diperkenalkan sebagai pemain anyar Juve pada Rabu (23/9/2020). (dok. Juventus)

 

Di sisi lain, Juventus gembira dengan kehadiran Alvaro Morata dalam tim. Juve bukan klub anyar bagi Morata karena pernah memperkuatnya pada 2014-2016.

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo bahkan pernah main dengan Morata.

"Secara teknis dan taktik, dia pemain yang kami cari. Kami menunggu seorang striker, dan ini dia. Saya beruntung pernah main dengan dia," ujar Pirlo.

 

Klasemen Liga Italia

 

 

Jadwal Liga Italia

Sabtu 26 September 2020

20.00 WIB, Torino vs Atalanta

23.00 WIB, Cagliari vs Lazio

23.00 WIB, Sampdoria vs Benevento

Minggu 27 September 2020

01.45 WIB, Inter vs Fiorentina

17.30 WIB, Spezia vs Sassuolo

20.00 WIB, Napoli vs Genoa

20.00 WIB, Verona vs Udinese

23.00 WIB, Crotone vs AC Milan

Jadwal Liga Italia Senin-Selasa

Senin 28 September 2020

01.45 WIB, Roma vs Juventus

Selasa 29 September 2020

01.45 WIB, Bologna vs Parma

Saksikan Video Juventus di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Minta Perusahaan Farmasi Nasional Percepat Produksi Obat Covid-19

Posted: 26 Sep 2020 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan meminta agar perusahaan farmasi nasional mempercepat produksi obat Covid-19. Salah satu yang diminta untuk segera diproduksi adalah obat remdesivir.

"Harus diupayakan untuk segera produksi dalam negeri. Kita cari bahan-bahannya itu nanti, jadi jangan ada hambatan," kata Luhut dalam rapat koordinasi penyediaan obat covid-19 di Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri kesehatan Terawan, mendukung semua riset yang dilakukan untuk memproduksi remdesivir dalam negeri.

"Saya backup untuk kebutuhan obat apapun pasti akan kami dukung karena kami tinggal ajukan dan adakan bersama dengan BUMN dan bersama dengan BPOM kami akan koordinasi supaya segala sesuatu tepat sasaran, tepat waktu dan kita tidak membuat kebijakan yang justru kita tidak bisa menyelamatkan (pasien Covid) seperti apa yang Bapak (Menko Luhut) sampaikan," kata Terawan.

Menanggapi hal tersebut, Menko Luhut meminta agar demi kepentingan nasional, Bio Farma segera mengambil langkah yang cepat dan tepat agar bahan baku untuk produksi obat covid-19 secara nasional dapat segera dilakukan. "Strateginya untuk kepentingan emergency dan kepentingan nasional. kita harus cepat dan jangan terlalu kaku karena ini untuk kemanusiaan," tegas Luhut.

 

Bio Farma Urus Izin

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Bio Farma pun menegaskan bahwa pihaknya telah mengurus izin untuk memproduksi Remdesivir. Ada dua cara yang telah dilakukan Bio Farma yakni mengadakan kerja sama dengan India karena dia telah mendapatkan lisensi dari Gilead (perusahaan farmasi pemegang izin FDA untuk memproduksi obat antivirus Covid 19).

Lalu Bio Farma akan melakukan uji klinis nanti kerja sama dengan BUMN. Kedua, Disamping izin impor, juga sedang riset untuk produksi dalam negeri, dan telah melakukan uji klinis skala pilot untuk produksi Remdesivir dalam negeri, namun saat ini kesulitan untuk memperoleh bahan baku.

Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito menambahkan, pihaknya telah memproses izin uji klinis untuk Remdesivir. "Terkait bahan baku dari Tiongkok, kami sudah mencatat dan akan cari jalan yang terbaik dengan tetap menjaga aspek keamanan dan mutu," pungkas Penny.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktris Jepang Yuko Takeuchi Meninggal Dunia, Diduga Bunuh Diri

Posted: 26 Sep 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Dunia hiburan Jepang dilanda berita duka dengan kabar meninggalnya aktris Yuko Takeuchi. Dilansir dari Japan Times, (Minggu/27/9/2020), ia meninggal dalam usia 40 tahun, dan diduga melakukan bunuh diri. 

Kyodonews memberitakan bahwa Yuko Takeuchi ditemukan oleh salah satu anggota keluarganya dalam keadaan tergantung di tempat tinggalnya di Tokyo. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit dan dikonfirmasi telah meninggal dunia. 

Tak ada surat yang ditinggalkan Yuko Takeuchi di lokasi kejadian. Polisi juga masih melakukan penyelidikan.

Awal Karier

Yuko Takeuchi (Instagram/ yuko_takeuchi0401)
Yuko Takeuchi (Instagram/ yuko_takeuchi0401)

Diwartakan Antara dari Arama News, Yuko lahir di Prefektur Saitama pada 1 April 1980. Ia masuk sebagai trainee di Harajuku, Tokyo, setelah lulus SMP, lantas terjun ke industri hiburan.

Yuko Takeuchi debut pada 1996 sebagai gadis sekolah menengah dalam New Thursday's Kaidan Cyborg.

Drama dan Film Yuko

Yuko Takeuchi (Instagram/ yuko_takeuchi0401)
Yuko Takeuchi (Instagram/ yuko_takeuchi0401)

Tahun-tahun setelahnya ia mulai sering kebagian peran di drama. Beberapa di antaranya adalah Asuka, Shiroi Kage, drama getsu9 Lunch no Joou, dan Strawberry Night. Terakhir, ia terlibat dalam film The Confidence Man JP: Episode of the Princess.

Meraih Penghargaan

Selama berkiprah di dunia akting Yuko pernah memenangkan kategori Outstanding Leading Actress Award di Japan Academy Awards lewat Yomigaeri pada 2003 dan Ima, Ai ni Yukimasu dua tahun setelahnya.

Baru Memiliki Bayi

Yuko Takeuchi menikah dua kali. Yang pertama dengan aktor Kabuki Shido Nakamura pada 2005, dan dikaruniai seorang putra yang lahir pada tahun yang sama. Hanya saja, Yuko bercerai setelah menikah tiga tahun.

Tahun lalu, ia menikah dengan aktor Taiki Nakabayashi. Pada akhir Januari lalu, dia melahirkan bayi laki-laki keduanya.

 

 

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6.248 Orang Dimakamkan dengan Protokol Covid-19 di Jakarta

Posted: 26 Sep 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merilis data, terdapat 6.248 orang yang telah dimakamkan dengan protokol Covid-19 sejak Maret sampai September 2020.

Dari total data tersebut, Maret terdapat 355 orang, April 1.241 orang, Mei 892 orang, Juni 575 orang, Juli 630 orang, dan Agustus 1.183. Sementara pada periode 1 hingga 25 September 2020 tercatat menjadi data yang tertinggi sebanyak 1.372 orang.

Data tersebut terhimpun dalam rekapitulasi pelayanan pemakaman dengan protokol Covid-19 yang disampaikan Pemprov DKI melalui akun instagram @dkijakarta yang diposting pada Sabtu 26 September 2020.

Dalam data tersebut, sebagian besar orang yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 dikebumikan di TPU Pondok Ranggon di Jakarta Timur yaitu 3.388 orang. Kemudian 2.145 orang dimakamkan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.

Kedua TPU tersebut memang disediakan Pemprov DKI Jakarta sebagai tempat pemakaman jenazah Covid-19.

Kemudian, sebanyak 51 orang dimakamkan dengan protokol Covid-19 di TPU lain-lain di DKI Jakarta, 126 orang dimakamkan di pemakaman tanah wakaf, 264 orang dimakamkan di TPU luar DKI Jakarta, dan 274 orang dikremasi.

Lahan Pemakaman Covid-19 Hampir Penuh, Anies: Sudah Disiapkan Alternatif

Petugas menyiapkan pemakaman protokol COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Kamis (24/9/2020). Berdasarkan data Kamis (24/9), ada penambahan 4.634 kasus baru sehingga jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 262.022 orang, sembuh 191.853, meninggal 10.105. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas menyiapkan pemakaman protokol COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Kamis (24/9/2020). Berdasarkan data Kamis (24/9), ada penambahan 4.634 kasus baru sehingga jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 262.022 orang, sembuh 191.853, meninggal 10.105. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons kondisi lahan pemakaman untuk jenazah Covid-19 yang sudah hampir penuh. Dia menyatakan, Pemprov DKI telah menyiapkan tempat pemakaman umum (TPU) dengan protokol Covid-19 sejak Maret 2020.

"Sejak bulan Maret sudah disiapkan alternatif-alternatif tempat. Jadi bukan sekarang, tapi sejak bulan Maret," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (7/9/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, sejumlah lokasi alternatif pemakaman protokol Covid-19 sudah dipersiapkan. Karena itu, dia yakin DKI Jakarta tidak akan kekurangan lahan.

Saat ini, pemakaman dengan protokol Covid-19 berlokasi di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur dan TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Jadi kita ikuti perkembangan bersama dengan kebutuhan, Insyaallah tidak akan ada kekurangan," ucap Anies.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hewan Ternak Ternyata Menghasilkan Emisi Lebih Besar Dibanding Mobil

Posted: 26 Sep 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan otomotif dunia kini tengah berlomba-lomba untuk membuat mobil atau motor listrik untuk mengurangi emisi. Namun ternyata, gas buang dari peternakan lebih tinggi dibanding kendaraan yang beredar di jalanan.

Berdasarkan laporan terbaru dari Greenpeace, bertajuk Fariming for Failure yang diterbitkan pekan lalu di The Guardian menyebutkan, gas rumah kaca dari hewan peternakan (sapi, babi, dan lainnya) sebenarnya lebih tinggi dibanding semua emisi yang dihasilkan mobil dan van di Uni Eropa.

Dengan kata lain, semua usaha yang dilakukan oleh industri otomotif secara keseluruhan, tidak akan mencapai target pengurangan emisi karbon dengan tepat waktu jika tidak ada tindakan yang dilakukan untuk mengurangi emisi di peternakan. Jadi, meskipun masyarakat beralih menggunakan roda empat atau roda dua listrik, tidak akan benar-benar membuat perbedaan, jika masih tetap mengkonsumsi daging atau produk susu.

Laporan tersebut tidak dimaksudkan untuk mencegah konsumsi daging, atau mengusulkan gaya hidup yang berbeda. Tapi, untuk menyoroti pentingnya hal ini sehingga pembuat kebijakan di Uni Eropa dapat bertindak untuk mengurangi gas rumah kaca yang dihasilkan industi.

Melihat data yang akurat, pada 2018 dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, peternakan di pertanian Uni Eropa (termasuk Inggris) bertanggung jawab atas sekitar 502 juta ton karbondioksida setahun.

Bandingkan dengan 656 juta ton karbondioksida dari mobil dan van di Eropa pada tahun yang sama.

Ada Penambahan Emisi di Perternakan

Namun, jika menggunakan metode untuk memperkirakan deforestasi dan perubahan penggunaan lahan yang terkait dengan pertumbuhan pakan ternak, maka total emisi tahunan setara dengan 704 juta ton karbondioksida.

Sementara produksi daging dan susu Eni Eropa naik 9,5 persen antara 2007 dan 2018, maka ada peningkatan emisi tahunan sebesar enam persen atau sekitar 39 juta ton. Artinya, setara dengan menghadirkan 8,4 juta unit mobil baru di jalan.

Jika melihat data tersebut, Uni Eropa tidak akan memenuhi target waktu untuk pengurangan emisi karbon.

Infografis Pilihan:

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Bercermin pada Pengelolaan Sungai di Luar Negeri di Hari Sungai Sedunia

Posted: 26 Sep 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Minggu (27/9/2020) diperingati sebagai Hari Sungai Sedunia.  Lewat Hari Sungai Sedunia tersebu,t publik seperti diingatkan kembali tentang pentingnya sungai bagi kehidupan masyarakat. Hal yang juga sangat penting bahwa sungai bukan tempat pembuangan sampah.

Berbeda dengan Indonesia, keberadaan sungai di luar negeri menjadi elemen penting dalam perancangan kota. Sungai jadi drainase keberadaan sebuah kota.

"Di sana sungai sangat bagus. Sementara di Indonesia perancangan kota kurang memperhatikan keberadaan sungai, melainkan memperhatikan jalan sehingga kondisi sungai makin sempit karena dijadikan jalan," ujar pengajar Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, kepada Liputan6.com, Kamis, 24 September 2020.

Ia menilai, pengaruh Revolusi Industri yang membuat munculnya kendaraan bermotor sehingga perancangan kota lebih mendahulukan pola-pola jalan. "Seharusnya perancangan kota mengikuti pola sungai. Dengan begitu, pembuatan pola jalan mengikuti pola sungai," imbuh lelaki yang pernah menjadi Ketua Jurusan Arsitektur dan Kepala Laboratorium Arsitektur Kota dan Kawasan Tepi Sungai Universitas Palangka Raya ini.

Wijanarka menyebut, pola jalan di Kyoto, Melbourne, Paris, London mengikuti pola sungai. Selain itu, di London dan Paris juga menerapkan konsep waterfront, sehingga membuat membuat banjir karena air sungai meluap.

Selain mengenal konsep waterfront, sungai jadi salah satu bagian dari pemandangan kota. Contoh di Eropa, sungai jadi bagian dari desain kota, begitu juga sungai-sungai di Jepang dan China.

"Mereka merestorasi keberadaan sungai agar kondisinya seperti aslinya. Dengan begitu, sungai di sana menjadi bagian dari pemandangan sebuah kota," tutur penulis buku Desain Tepi Sungai: Belajar dari Kawasan Tepi Sungai Kahayan Palangka Raya.

Memerhatikan Musim

Kembang api menghiasi langit di sepanjang Sungai Yarra pada malam Tahun Baru di Melbourne. (01/1/2018). Langit di kota Sydney juga dihujani sekitar 13 ribu kembang api jenis shell dan 30 ribu kembang api jenis komet. (AFP Photo / Mal Fairclough)
Kembang api menghiasi langit di sepanjang Sungai Yarra pada malam Tahun Baru di Melbourne. (01/1/2018). Langit di kota Sydney juga dihujani sekitar 13 ribu kembang api jenis shell dan 30 ribu kembang api jenis komet. (AFP Photo / Mal Fairclough)

Sungai Yarra di Melbourne, Sungai Kamo di Jepang, Sungsi Han di Korea Selatan, merupakan beberapa sungai yang sempat direstorasi. "Sungai-sungai itu kembali seperti aslinya," imbuh Wijanarka.

Selain merestorasi agar kembali seperti aslinya, pengelolaan sungai di luar juga memperhatikan musim. Wijanarka menyebut pengelolaan Sungai Kamo di Jepang dan Sungai Yarra di Melbourne.

"Saat musim kemarau tiba, sungai-sungai itu dapat difungsikan sebagai ruang publik. Warganya bisa berkumpul di sana membuat berbagai kegiatan. Di Indonesia ada di Cikapundung, Bandung," kata Wijanarka.

Sementara itu, Co-Founder Hakikat Ciliwung, Suparno Jumarr mencontohkan Sungai Tama. Ia mengungkapkan pinggir sungai tersebut sangat lebar dan tidak ada bangunan.

"Seperti di Indonesia, di sana ada orang-orang yang sedang memancing, ada yang camping, berkumpul bersama keluarga, bermain bola. Mereka juga mengadakan festival-festival di musim tertentu. Sungai jadi megastate, luar biasa keren," kata Suparno, kepada Liputan6.com, Sabtu, 26 September 2020.

Pengelolaan Sungai

Tamagawa salah satu sungai di Jepang, yang melintasi kota Tokyo yang berair jernih (Dok.Suparno Jumar--Hakikat Ciliwung)
Tamagawa salah satu sungai di Jepang, yang melintasi kota Tokyo yang berair jernih (Dok.Suparno Jumar--Hakikat Ciliwung)

Perbedaan sungai di Indonesia dan di luar negeri, salah satunya terkait pengelolaannya. "Kalau di luar negeri antara stakeholder itu terintegrasi, sedangkan di Indonesia justru sebaliknya," ujar Suparno Jumar.

Suparno tetap optimistis keberadaan sungai di Indonesia bisa juga seperti di mancanegara. Ia mencontohkan Sungai Tamagawa di Jepang, yang kondisi awalnya seperti Sungai Ciliwung.

"Saya pernah ke sana pada November 2018. Masa lalu sungai itu sama dengan Sungai Ciliwung hari ini," tutur Suparno.

Saat ia ke sana, hulu sungai tersebut mirip seperti di Puncak, Bogor. Sungai tersebut tak jauh berbeda dengan sungai-sungai di Indonesia.

"Konturnya berbukit, gunung, lembah. Sungainya di hulu airnya jernih kondisi infrastrukturnya mendukung, kondisi sekitarnya juga baik. Di sana ada hotel, resto, dengan kondisi bersih," kata Suparno.

Selain itu, transportasi publik, seperti commuter line, bus. Di sana benar-benar tertata, antara pemukiman, dunia usaha, seperti hotel, resto. "Semuanya baik dan tidak ruwet, tidak seperti yang saya lihat di Indonesia," tuturnya.

Kondisi itu yang kemudian membuat banyak orang yang berwisata ke sungai. Selain kondisinya bersih, sehingga membuat nyaman dan aman. "Aman dan nyaman itu kunci agar masyarakat mau berwisata," kata Suparno.

Infografis Impian Sungai Ciliwung Bersih. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Impian Sungai Ciliwung Bersih. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Potret Ini Buktikan Desainer Juga Butuh Liburan

Posted: 26 Sep 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam mencari ide kreatif, beberapa desainer cenderung melakukan sesuatu yang berlebihan. Tanpa disadari, rancangan mereka justru mendatangkan gelak tawa atau bencana.

Berikut ini beberapa hasil desainer yang gagal dan malah bikin kasihan pada pembuatnya. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

1. Saat dipakai, mukanya malah melar

doc: Reddit
doc: Reddit

2. Kalau seperti ini mah namanya sudah tidak bisa dipakai

doc: Reddit
doc: Reddit

3. Beda banget muka Superman-nya

doc: Reddit
doc: Reddit

4. Nyusahin banget kalau mau ambil tisunya ini sih

doc: Reddit
doc: Reddit

5. Leher Cinderella-nya malah jadi panjang gitu

doc: Reddit
doc: Reddit

6. Jadi, tangan bapaknya ada berapa sebenarnya?

doc: Reddit
doc: Reddit

7. Bikin celaka pesepeda ini namanya

doc: Reddit
doc: Reddit

8. Ban-nya malah mirip pembalut wanita

doc: Reddit
doc: Reddit

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti UGM Kembangkan Alat Tes COVID-19 Lewat Embusan Napas dengan Hasil Cepat

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan Universitas Gajah Mada (UGM) tengah melakukan pengembangan alat deteksi COVID-19 melalui embusan napas yang diberi nama GeNose. Serah terima teknologi alat tersebut kepada Kemenristek/BRIN sudah dilakukan pada Kamis pekan ini.

Peneliti UGM mengatakan bahwa alat deteksi COVID-19 baru yang mereka kembangkan memiliki kemampuan mendeteksi virus corona penyebab penyakit tersebut dalam waktu cepat.

Dikutip dari laman resmi UGM pada Minggu (27/9/2020), Kuwat Triyono, salah satu peneliti GeNose mengatakan bahwa tidak kurang dari dua menit, hasil tes sudah dapat diketahui.

"Kalau sebelumnya butuh waktu sekitar 3 menit, kemarin saat uji di BIN sudah bisa turun menjadi 80 detik sehingga lebih cepat lagi," kata Kuwat dalam acara Public Expose GeNose: Teknologi Pengendus COVID-19 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kuwat menyebutkan, alat ini juga bisa lebih terjangkau dibandingkan tes usap atau swab PCR. Satu unit alat tes COVID-19 tersebut diperkirakan berharga sekitar 40 juta rupiah untuk 100 ribu pemakaian.

"Untuk saat ini kemampuan produksi optimum sekitar 50 ribu unit per bulannya," kata Kuwat.

Cara Kerjanya

GeNose, alat pendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas diklaim memiliki tingkat akurasi ketepatan mencapai 97 persen.
GeNose, alat pendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas diklaim memiliki tingkat akurasi ketepatan mencapai 97 persen.

GeNose bekerja dengan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi COVID-19 yang keluar bersama napas melalui embusan napas ke dalam kantung khusus. Selanjutnya, ia akan diidentifikasi melalui sensor yang datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan.

UGM menyatakan, alat ini telah melalui uji profiling dengan menggunakan 600 sampel data di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuri, Yogyakarta. Hasilnya menunjukkan tingkat akurasi sebesar 97 persen.

Usai melakukan uji klinis tahap pertama, alat ini tengah memasuki uji klinis tahap kedua.

Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa pemerintah telah mendorong percepatan penanganan COVID-19 di tanah air sejak lima bulan lalu lewat pengembangan produk obat dan alat kesehatan.

Terkait soal GeNose, Ali berharap agar alat ini nantinya bisa menggantikan uji PCR. "Semoga bisa mengganti PCR, di dunia ini ada tiga negara yang sudah mengembangankan yakni Amerika, Israel dan Indonesia," ujarnya Kamis lalu.

 

Menristek Dukung Pengembangan GeNose

Menristek Bambang P. S. Brodjonegoro menyampaikan, kementeriannya tengah melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji, dan minyak kelapa murni untuk COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (3/5/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Menristek Bambang P. S. Brodjonegoro menyampaikan, kementeriannya tengah melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji, dan minyak kelapa murni untuk COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (3/5/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Sementara itu, sambutan baik juga datang dari Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro.

Seperti dikutip dari News Liputan6.com, Bambang berharap alat ini bisa jadi solusi untuk upaya skrining yang cepat, murah, dan mudah.

"COVID-19 ini istilahnya penyakit yang menyasar saluran pernapasan kita, jadi pendeteksian lewat embusan nafas sangat tepat," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya.

Bambang mengatakan, alat ini juga terhubung dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasil diagnosis secara real time. Ia juga mampu bekerja secara paralel melalui proses diagnosis yang tersentral dalam sistem sehingga validitas data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi.

Data yang terkumpul dalam sistem selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan, dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual.

Target Mulai Dipakai pada Desember

Pemkot Surabaya menyasar lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Surabaya, Jawa Timur untuk gelar tes COVID-19. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Pemkot Surabaya menyasar lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Surabaya, Jawa Timur untuk gelar tes COVID-19. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Paripurna Sugarda, Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni, mengatakan bahwa alat berbasis kecerdasan artifisial ini memiliki spesifitas dan sensitivitas yang tinggi serta yang terpenting adalah non-invasif. Diharapkan masyarakat tidak takut lagi melakukan tes.

"Keberadaan alat ini memang sudah ditunggu, namun kami harus tetap disiplin mengikuti clinical test yang kedua ini selesai. Mengenai hilirisasi, kami akan bekerja sama dengan industri dan bimbingan serta dukungan Kemenristek/BRIN serta mitra kami BIN untuk pengembangannya," jelas Paripurna.

Menristek Bambang pun menyatakan siap untuk mendorong, memfasilitasi serta mendukung kegiatan pengembangan alat itu. Ia mengharapkan agar alat ini bisa segera dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, setidaknya pada Desember 2020.

"Jika sudah uji klinis dan mendapat ijin edar dari Kemenkes, pastikan alat disampaikan pada Satgas bisa menjadi alat tes untuk membantu upaya Indonesia meningkatkan rasio testing," kata Bambang.

Infografis Tes Massal Deteksi Corona COVID-19

Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Tes Massal Deteksi Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Dua Kabupaten di Jatim Peserta Pilkada Melawan Kotak Kosong

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyampaikan terdapat dua daerah yang pada Pilkada 2020 kandidatnya melawan bumbung atau kotak kosong.

"Ada dua daerah, yaitu Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ngawi," ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam di Surabaya, Sabtu.

Pilkada Kabupaten Kediri hanya diikuti pasangan Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Maria Ulfa, sedangkan peserta Pilkada Kabupaten Ngawi adalah Ony Anwar Harsono-Dwi Riyanto Jatmiko.

Pasangan Hanindhito-Maria Ulfa di Pilkada Kediri diusung koalisi PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, PKS, PPP, PAN dan Demokrat, dilansir dari Antara.

Kemudian pasangan Ony - Dwi Riyanto pada Pilkada Ngawi diusung koalisi Partai Golkar, NasDem, PPP, Gerindra, Hanura, PAN, PKS, PDI Perjuangan, PKB dan Demokrat.

Sementara itu, KPU Kabupaten Kediri telah menerapkan pilihan di kolom kanan dan kiri dalam rapat pleno pengundian tata letak posisi pasangan calon di pilkada setempat dengan calon tunggal.

Pada rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman tata letak pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kediri di Pilkada Serentak 2020, Hanindhito - Maria Ulfa mendapatkan posisi kolom kiri dalam surat suara dilihat dari sudut pandang pemilih.

 

Larangan Kampanye

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Begitu juga Pilkada Ngawi yang pada rapat pleno lalu pasangan Ony-Dwi Riyanto mendapatkan posisi kolom kiri dalam surat suara dilihat dari sudut pandang pemilih.

Di sisi lain, mulai Sabtuini dilakukan tahapan kampanye digelar dan akan berakhir pada 5 Desember mendatang.

KPU melarang partai politik, pasangan calon, tim kampanye, dan pihak lain untuk melaksanakan kampanye yang biasa dilakukan pada kondisi normal, mulai dari rapat umum, pentas seni, panen raya, konser musik, gerak jalan santai, sepeda santai, perlombaan, bazar, donor darah hingga peringatan hari ulang tahun parpol.

"Diimbau kepada seluruh peserta Pilkada, tim pemenangan maupun seluruh masyarakat harus mematuhi aturan kampanye, terutama protokol kesehatan," kata Choirul Anam.

Pada Pilkada 9 Desember 2020, sebanyak 19 kabupaten/kota akan menggelar pilkada di Jatim, yakni Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Gresik, Jember, Lamongan, Malang, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, dan Tuban.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faktor Internal dan Eksternal yang Memengaruhi Penyesuaian Diri Anak Tunanetra

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peneliti dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Ginanjar Rohmat mengemukakan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi penyesuaian diri seorang anak tunanetra sama dengan faktor-faktor yang memengaruhi penyesuaian diri seorang anak awas.

Menurutnya, faktor-faktor yang memberikan pengaruh terhadap penyesuaian diri seseorang bisa dikelompokkan menjadi dua. Yaitu faktor yang muncul dari dalam diri seseorang atau faktor internal dan  faktor yang muncul dari luar diri seseorang atau faktor eksternal.

"Menurut M. Nur Ghufron & Rini Risnawita (2014: 55-56), faktor internal yang memengaruhi penyesuaian diri seseorang adalah kondisi jasmani, psikologis, kebutuhan, kematangan intelektual, emosional, mental, dan motivasi," tulis Ginanjar dalam penelitiannya dikutip pada Kamis (24/9/2020).

Sedangkan, lingkungan rumah, keluarga, sekolah, dan masyarakat merupakan faktor eksternal.

Peneliti juga mengutip pendapat Enung Fatimah, (2006: 199) bahwa faktor-faktor yang menentukan kepribadian seseorang sangat memengaruhi proses penyesuaian diri, baik faktor dari dalam diri maupun faktor dari luar diri.

Lebih lanjut, Hendrianti Agustiani (2006: 147-148) mengemukakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri seseorang salah satunya adalah kondisi fisik.

"Pendapat tersebut menerangkan bahwa keturunan, kesehatan, bentuk tubuh, perkembangan intelektual, sosial, moral, kematangan emosional, pengalaman, frustasi, konflik yang dialami, kondisi keluarga dan kondisi rumah, adat istiadat serta agama dapat mempengaruhi penyesuaian diri seseorang."

Faktor Fisik

Menurut Ginanjar, kondisi tubuh yang baik merupakan syarat tercapainya proses penyesuaian diri yang baik. Hal ini memiliki arti bahwa gangguan jasmaniah yang diderita oleh seseorang akan mengganggu proses penyesuaian dirinya.

Enung Fatimah (2006: 199) mengemukakan bahwa gangguan penyakit yang kronis dapat menimbulkan kurangnya kepercayaan diri, perasaan rendah diri, rasa ketergantungan, perasaan ingin dikasihani, dan sebagainya.

"Sutjihati Somantri (2012: 84-85) mengemukakan bahwa anak tunanetra biasanya merasa berbeda dengan orang lain saat memasuki sekolah. Ketidaksiapan anak tunanetra dengan reaksi orang lain ketika memasuki sekolah sering menimbulkan kegagalan dalam mengembangkan kemampuan sosialnya."

Maka dari itu, kondisi tubuh atau fisik yang tidak biasa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi perkembangan dan kemampuan anak menyesuaikan diri di lingkungan sosialnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Real Madrid Menang Tipis Atas Real Betis

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan tendangan bebas saat menghadapi Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)
Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan tendangan bebas saat menghadapi Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Sergio Ramos melakukan tendangan bebas saat menghadapi Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) menendang bola ke gawang Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)
Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) menendang bola ke gawang Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) menendang bola ke gawang Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) mencetak gol ke gawang Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)
Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) mencetak gol ke gawang Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Karim Benzema (kiri) mencetak gol ke gawang Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois melakukan penyelamatan bola saat menghadapi Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)
Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois melakukan penyelamatan bola saat menghadapi Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois melakukan penyelamatan bola saat menghadapi Real Betis pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Betis Aissa Mandi ( kiri) mengejar bola untuk mencetak gol ke gawang Real Madrid pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)
Pemain Real Betis Aissa Mandi ( kiri) mengejar bola untuk mencetak gol ke gawang Real Madrid pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Betis Aissa Mandi ( kiri) mengejar bola untuk mencetak gol ke gawang Real Madrid pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Sergio Ramos (kanan) bereaksi saat menghadapi pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)
Pemain Real Madrid Sergio Ramos (kanan) bereaksi saat menghadapi pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

Pemain Real Madrid Sergio Ramos (kanan) bereaksi saat menghadapi pada pertandingan La Liga di Stadion Benito Villamarin, Seville, Spanyol, Sabtu (26/9/2020). Real Madrid mengalahkan Real Betis 3-2. (AP Photo/Angel Fernandez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 di Sulut Terus Bertambah, 16 Persen Pasien Masih Dirawat

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Jumlah kasus baru positif Covid-19 sama besar dengan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh pada, Sabtu (26/9/2020). Hal ini disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel dalam laporannya, Sabtu malam.

"Kasus baru terkonfirmasi positif Covid -19 di Sulut bertambah 22 kasus, sehingga total menjadi 4.412 kasus," ungkap Dandel.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Sulut, sejumlah daerah yang ditemukan kasus baru adalah Manado (6), Bitung (3), Minahasa Utara (3), Minahasa Selatan (2), Minahasa Tenggara (1), Kotamobagu (1). Selanjutnya Bolaang Mongondow (1), Bolaang Mongondow Selatan (1), Bolaang Mongondow Timur (2), dan Bolaang Mongondow Utara 1 kasus.

"Sedangkan dua kasus lainnya berasal dari daerah kepulauan yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujarnya.

Untuk kasus pasien sembuh dari Covid-19 jumlahnya sama dengan kasus baru positif Covid-19 yakni sebanyak 22 kasus. Dengan penambahan ini, jumlah akumulasi pasien sembuh di Sulut sebanyak 3.519 orang.

"Dengan demikian angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sulut per 26 September 2020 adalah 79,75 persen," ujarnya.

Selanjutnya untuk kasus pasien meninggal dunia tidak ada penambahan, jumlahnya tetap 173 orang. Angka kematian atau case fatality rate sebesar 3,92 persen.

"Kasus aktif Covid-19 di Sulut sebanyak 720 pasien, atau sebesar 16,32 persen," ujar Dandel.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Orang Ditangkap dalam Demo Anti Lockdown di London Inggris

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, London- Polisi London menangkap 10 orang ketika membubarkan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan orang yang menentang lockdown di Inggris

Sementara empat petugas terluka saat membubarkan demonstrasi tersebut.

Metropolitan Police menuliskan via Twitter bahwa bentrokan pecah ketika petugas bergerak dengan tongkat untuk membubarkan lebih dari 10.000 pengunjuk rasa yang berkumpul di Trafalgar Square, di mana demonstrasi itu dinilai polisi tidak berpegang pada langkah pengendalian infeksi Virus Corona COVID-19. 

"Sayangnya, empat petugas kami terluka, dua membutuhkan perawatan di rumah sakit," terang Metropolitan Police via Twitter, seperti dikutip dari AFP, Minggu (27/9/2020).

Sebelumnya, pada pekan lalu, alam protes serupa terdapat belasan petugas yang mengalami luka. 

David Icke, dilaporkan hadir di antara kerumunan demonstran.

Ia dikenal sebagai seorang ahli teori konspirasi terkemuka yang telah menarik perhatian di masa lalu dengan menyarankan bahwa dunia diam-diam diatur oleh reptil humanoid, termasuk keluarga Kerajaan Inggris.

Demo Juga Menentang Vaksin Potensial COVID-19

Pemandangan Jembatan Westminster dan Gedung Parlemen di London, Inggris (18/3/2020). PM Inggris Boris Johnson mengatakan seluruh sekolah akan ditutup mulai Jumat (20/3) setelah otoritas kesehatan mengonfirmasi total 2.626 kasus infeksi COVID-19 dan 104 kematian. (Xinhua/Tim Ireland)
Pemandangan Jembatan Westminster dan Gedung Parlemen di London, Inggris (18/3/2020). PM Inggris Boris Johnson mengatakan seluruh sekolah akan ditutup mulai Jumat (20/3) setelah otoritas kesehatan mengonfirmasi total 2.626 kasus infeksi COVID-19 dan 104 kematian. (Xinhua/Tim Ireland)

Sementara itu, beberapa orang di kerumunan tampak membawa tanda-tanda yang menentang vaksin potensial untuk melawan Virus Corona COVID-19.

Pada 26 September 2020, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjanjikan dukungan baru bagi upaya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengembangkan vaksin dan menyebut mereka yang menolak inokulasi potensial "nutjobs".

Saat ini, pembatasan pengendalian infeksi lokal meluas ke satu dari empat orang di Inggris dalam upaya untuk menahan gelombang kedua COVID-19.

Virus tersebut diketahui telah menyebabkan 42.000 kematian di negara tersebut sejauh ini - jumlah korban tertinggi di Eropa.

Dalam upaya untuk memperlambat penyebaran, pemerintah PM Johnson pada pekan ini memberlakukan larangan pertemuan lebih dari enam orang dan memerintahkan pub dan restoran tutup pada pukul 10:00.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Bukan Menikah dengan Pendeta Hari Ini

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyelesaikan masa hukumannya di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Reza Bukan membawa kabar bahagia. Dia akan melepas status dudanya.

Reza Bukan bakal menikah dengan seorang pendeta bernama Serevina pada hari ini, Minggu (27/9/2020). Keduanya pertama kali mengenal di Rutan Salemba.

"Iya benar besok (Minggu (27/9/2020) menikah," ucap Serevina, ketika dihubungi awak media lewat pesan singkat pada Sabtu (26/9/2020).

Pemberkatan

Reza Bukan (Youtube/Melaney Ricardo)
Reza Bukan (Youtube/Melaney Ricardo)

Prosesi pernikahan akan digelar secara sederhana dengan dihadiri oleh keluarga dekat saja mengingat di Jakarta masih diterapkan sistem Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami hanya pemberkatan saja," papar Serevina secara singkat.

Kebebasan

Reza Bukan (Youtube/Melaney Ricardo)
Reza Bukan (Youtube/Melaney Ricardo)

Sayangnya ia enggan memberi tahu mengenai detail pernikahannya, seperti di mana acara sakral itu dilangsungkan, hingga konsep pernikahan.

Reza Bukan telah bebas dari Rutan Salemba akibat kasus penyalahgunaan narkotika pada 18 Agustus 2020. Ia bebas melalui program asimilasi Corona Covid-19.

Pertemuan Pertama

Sebelumnya, Reza Bukan menikah dengan Verena Visca Purnamasari dan telah dikaruniai anak. Namun pada Desember 2018, saat Reza menghadapi kasus hukum, sang istri memilih untuk berpisah alias cerai.

Pada Desember 2019, tepatnya saat Natal, ia bertemu dengan Serevina di gereja di Rutan Salemba. Keduanya kemudian saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rata-Rata Harga Jual Smartphone pada Q2 2020 Naik 10 Persen

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar Counterpoint merilis laporan baru mengenai Average Selling Price (ASP), atau rata-rata harga jual smartphone global pada kuartal kedua (Q2) 2020. Pasar yang masuk di dalam laporan ini adalah Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, Asia Pasifik, dan Tiongkok.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (27/9/2020), mengutip laporan Counterpoint, ASP di pasar-pasar tersebut mengalami peningkatan kecuali di Amerika Latin.

Peningkatan ASP tertinggi terjadi di Tiongkok, dengan rata-rata harga jual smartphone saat ini USD 310. Sementara Amerika Latin mengalami peningkatn ASP 7 persen YoY, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan kisaran harga USD 471.

Pasar Amerika Utara memiliki ASP tertinggi. Sementara ASP di Amerika Latin turun 5 persen YoY.

Counterpoint mencatat, ASP pasar smartphone global naik 10 persen YoY pada Q2 2020, meski pengapalan menurun 23 persen. Secara keseluruhan, pendapatan industri smartphone turun 15 peren YoY.

Ada beberapa alasan untuk pertumbuhan ASP ini. Pandemi Covid-19 memang berdampak pada pasar smartphone secara keseluruhan, Counterpoint menyebut segmen premium masih kuat, meski dengan penurunan 8 persen pada kuartal tersebut. Pasar smartphone global mengalami penurunan pengapalan 23 persen YoY.

Kehadiran Smartphone 5G

Ilustrasi Smartphone Huawei. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Huawei. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kehadiran smartphone 5G juga dikaitkan dengan ketahanan segmen premium. Selama Q2, 10 persen pengapalan smartphone global adalah perangkat 5G yang menyumbang 20 persen dari total pendapatan.

Tiongkok merupakan kontributor terbesar untuk penjualan smartphone 5G. 72 persen pendapatan handset 5G berasal dari negara tersebut, yang sebagian besar merupakan perangkat Huawei.

 

Pendapatan

Apple menguasai penjualan smartphone pada Q2 dengan 34 persen pendapatan pasar. Huawei berada di posisi kedua dengan 20 persen, dan Samsung 17 persen.

Vivo dan Oppo berada di peringkat selanjutnya dengan masing-masing kontribusi pendapatan 7 dan 6 persen.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terpukul Pandemi Corona, Ini Siasat Pemilik Food Truck

Posted: 26 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjual makanan keliling menggunakan "food truck" termasuk kegiatan usaha yang terpukul sejak pandemi. Sebagian akhirnya bertahan dengan mengubah strateginya, yaitu tak lagi berjualan di kawasan perkantoran, tapi beralih ke permukiman warga. Ada suasana berbeda baik bagi penjual maupun pelanggan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Wika Salim di Belakang Bak Truk Ini Jadi Perhatian

Posted: 26 Sep 2020 07:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat berkendara di jalan raya, seringkali menemukan berbagai macam truk yang melintas. Dari sekian banyak truk, pasti ada saja yang curi perhatian. Truk yang curi perhatian ini biasanya truk yang baknya dihiasi macam-macam stiker hingga wajah artis, salah satunya pedangdut Wika Salim.

Baru-baru ini Wika Salim mengunggah beberapa potretnya yang ternyata jadi stiker di bak truk dalam Instagramnya @wikasalim, Rabu (23/9/2020). Selain wajahnya yang hiasi bak truk, banyak pula tulisan kocak yang bikin para pembacanya tersenyum.

"Apa aku ini cocok jadi BA truck2," tulis Wika Salim dalam keterangan Instagramnya.

Banyak netizen membanjiri kolom komentarnya dan mengaku memang sering melihat paras cantiknya muncul di bak truk yang melintas di jalanan. Berikut 7 potret Wika Salim di belakang bak truk yang Liputan6.com kutip dari Instagram @wikasalim, Minggu (27/9/2020).

1. Begini potret Wika Salim saat wajahnya hiasi bak truk.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

2. Sebagai penyanyi dangdut, ia pun memang sangat populer dan memiliki paras cantik.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

3. Truk-truk yang baknya dihiasi dengan stiker artis seperti ini memang sudah banyak digunakan.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

4. Selain wajahnya yang hiasi bak truk, banyak pula kata-kata yang curi perhatian.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

5. Setiap melintas di jalanan tentu jadi perhatian dan penasaran untuk membaca tulisan yang ada di bak tersebut.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

6. Foto ini pun didapatkan oleh Wika Salim dari kiriman para penggemarnya.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

7. Tidak hanya Wika Salim, sebelumnya banyak artis yang membagikan potretnya saat hiasi bak truk.

Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)
Potret Wika Salim hiasi bak truk (Sumber: Instagram/wikasalim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Paslon Pilkada Jember Laporkan Dana Awal Kampanye

Posted: 26 Sep 2020 07:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember pada Pilkada 2020 melaporkan dana awal kampanye kepada KPU Kabupaten Jember, Jawa Timur, dengan membuka rekening khusus untuk dana tersebut.

"Semua tiga pasangan calon sudah menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) pada Jumat (25 September 2020) sore dan kami juga sudah mengumumkan di papan pengumuman Kantor KPU," kata Komisioner KPU Jember Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Achmad Susanto di Jember, Jatim, Sabtu 26 September 2020, seperti dikutip dari Antara.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dengan nomor urut 1, kemudian pasangan Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Firjaun) nomor urut 2, dan terakhir, pasangan Abdus Salam-Ifan Ariadna (Salam-Ifan) nomor urut 3.

"Berdasarkan LADK itu, saldo awal pembukaan rekening dana kampanye Faida-Vian sebesar nol rupiah (Rp0), kemudian Hendy-Firjaun sebesar Rp1 miliar, dan pasangan Salam-Ifan sebesar Rp100 juta," tutur Susanto.

Dalam LADK tersebut tercatat sumber penerimaan sumbangan dana kampanye Hendy-Firjaun sebesar Rp1 miliar berasal dari pasangan calon dan sumber penerimaan sumbangan dana kampanye Salam-Ifan juga berasal dari pasangan calon sebesar Rp100 juta.

Menurut Susanto, tim pasangan calon wajib melaporkan anggaran dana yang akan digunakan untuk proses kampanye dan dalam melakukan pelaporan harus mengisi di form aplikasi sistem aplikasi dana kampanye (sidakam), sehingga bisa dipantau oleh KPU.

"Kami minta tiga pasangan calon peserta Pilkada Jember 2020 untuk tertib melaporkan dana kampanye sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan pada peraturan KPU," kata dia.

3 Tahapan

Susanto menjelaskan, laporan dana kampanye terdiri atas tiga tahapan yakni pertama laporan awal dana kampanye (LADK) yang diserahkan ke KPU sebelum masa kampanye.

Kedua, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) yang disetorkan saat pertengahan masa kampanye, dan ketiga, pasangan calon diminta untuk menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) usai kampanye berakhir.

"Setiap ada pemasukan dan pengeluaran harus dilaporkan ke sistem dana kampanye (sidakam), sehingga laporannya tidak manual, sehingga setiap transaksi yang dilakukan yakni pengeluaran dan pemasukan dilaporkan ke sistem," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: PM Yunani Ajak Presiden Erdogan Ngobrol Terkait Laut Mediterania Paling Disorot

Posted: 26 Sep 2020 07:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengajak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk mengobrol terkait penyelesaian konflik Laut Mediterania Timur dengan Turki.

Berita tentang PM Yunani yang mengajak Presiden Turki untuk mengobrol menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Minggu (27/9/2020).

Berita populer lainnya membahas tentang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa kematian akibat Virus Corona COVID-19 bisa mencpai 2 juta jiwa sebelum atau sesudah adanya vaksin. 

Hal itu dipicu oleh kasus COVID-19 yang kian meninggi di seluruh dunia, menurut berita tersebut. 

Adapun berita yang paling disorot lainnya, yaitu AS, Rusia dan China yang saling menyalahkan tentang pandemi Virus Corona COVID-19 di DK PBB. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com:

1. Konflik Mediterania Timur: PM Yunani Ajak Presiden Erdogan Ngobrol

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Source: AP Photo/Burhan Ozbilici)
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Source: AP Photo/Burhan Ozbilici)

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mendorong dialog untuk penyelesaian konflik Laut Mediterania Timur dengan Turki. Perseturuan terjadi karena terkait sumber daya energi di laut tersebut.

Masalah sengketa wilayah terjadi karena perbedaan pandangan tentang zona maritim. Yunani menggunakan Peta Seville dalam menentukan batas di Laut Mediterania Timur, sementara Turki menilai peta tersebut tak punya legitimasi.

Pada Sidang Umum PBB ke-75, PM Yunani pecaya bahwa isu ini bisa disepakati bersama lewat jalur diplomasi. Ia lantas mengajak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk ngobrol bersama.

Baca selengkapnya...

2. WHO: Sekalipun Ada Vaksin, Kematian Akibat COVID-19 Bisa Capai 2 Juta Jiwa

Petugas gabungan dari Kecamatan Cilandak dan Polsek Cilandak mengarak instalasi peti mati jenazah Covid-19 di kantor kecamatan Cilandak, Jakarta, Jumat (28/8/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan peringatan akan bahaya penularan virus Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas gabungan dari Kecamatan Cilandak dan Polsek Cilandak mengarak instalasi peti mati jenazah Covid-19 di kantor kecamatan Cilandak, Jakarta, Jumat (28/8/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan peringatan akan bahaya penularan virus Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan bahwa jumlah kematian akibat COVID-19 bisa mencapai dua juta jiwa sebelum atau sesudah vaksin yang efektif digunakan secara luas. Hal tersebut dipicu oleh kasus COVID-19 yang semakin meninggi di seluruh dunia.

Dikutip dari BBC, Sabtu (26/9/2020), Dr. Mike Ryan, kepala darurat WHO, mengatakan bahwa angka tersebut bisa lebih tinggi bila tidak ada upaya bersama secara internasional. Hampir satu juta orang telah meninggal karena COVID-19 di seluruh dunia sejak penyakit itu pertama kali muncul di China akhir tahun lalu.

Awal gelombang kedua infeksi COVID-19 telah terlihat di banyak negara di belahan bumi utara saat musim dingin mendekat. Bahkan saat ini, jumlah total kasus telah mencapai 32 juta yang telah terkonfirmasi.

Baca selengkapnya...

3. AS, Rusia dan China Adu Mulut di DK PBB, Saling Menyalahkan Soal COVID-19

Ruang Sidang Dewan Keamanan PBB di New York (Kena Betancur / AFP PHOTO)
Ruang Sidang Dewan Keamanan PBB di New York (Kena Betancur / AFP PHOTO)

Amerika Serikat, China, dan Rusia beradu mulut sengit pada Kamis 24 September 2020 selama pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang pandemi COVID-19.

Adu mulut datang ketika Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan kepada Dewan bahwa mereka telah gagal dalam penanganan COVID-19.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (26/9/2020), Guterres menyalahkan "kurangnya kesiapan global, kerja sama, persatuan, dan solidaritas" untuk penyebaran virus corona di luar kendali dan jumlah kematian mendekati satu juta secara global. Lebih dari 32 juta orang telah didiagnosis dengan virus tersebut.

Baca selengkapnya...

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laris Manis di Masa Pandemi, Pebisnis Tanaman Hias Ini Kebanjiran Pesanan

Posted: 26 Sep 2020 07:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa sudah hampir 7 bulan pandemi covid-19 masih belum hilang di dunia termasuk di Indonesia, yang menyebabkan banyak sektor usaha yang terpaksa gulung tikar.

Kendati begitu, muncul sektor usaha baru di masa pandemi ini yang banyak digemari, seperti sektor makanan dan hobi. Salah satu trennya tanaman hias. Sejak pandemi banyak orang yang lebih lama menghabiskan waktu di rumah saja.  Tak heran, tanaman hias dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Misalnya, Annisa Permatasari (31) perempuan asal Tangerang Selatan yang jeli melihat peluang di tengah pandemi. Ia mengaku pada dasarnya memang gemar merawat tanaman hias, khususnya anggrek dan tanaman lain di rumahnya.

Sebelumnya ia bekerja di salah satu hotel di luar kota, maka tanamannya tidak terurus.  Namun sejak kebijakan Work From Home (WFH) pada awal Maret ditetapkan, ia pun kembali merawat tanamannya tersebut dan tercetuslah ide untuk menjual tanaman-tanaman miliknya dengan modal Rp 500 ribu saja.

"Baru banget sih tanggal 3 Juni 2020. Setelah dipikir-pikir karena lagi banyak waktu luang juga kenapa sih tanaman yang sudah ada ini tidak coba dijual,  jadi aku mulainya itu dari tanamannya yang aku punya, ternyata kurang dari seminggu sudah terjual semua. Dari situ aku coba seriusin bisnis online tanaman ini," kata Annisa kepada Liputan6.com, Minggu (27/9/2020).

Lebih lanjut, Annisa memaparkan alasan memilih nama 'Oncidium_plants' untuk bisnisnya. Kata Oncidium merupakan nama latin dari tanaman anggrek, yang tak lain adalah tanaman favoritnya.

Untuk segmentasi, ia lebih menargetkan kepada kalangan Newbie tanaman ataupun pecinta tanaman lainya. Tanamannya hanya dijual ke daerah Jabodetabek saja.

"Aku segmentasinya lebih ke newbie atau orang yang bener-bener baru suka tanaman, alasan aku milih newbie mereka kan masih suka konsultasi suka nanya-nanya, kebetulan aku suka ngejawab konsultasi mereka dan untuk newbie sendiri itu lebih royal ketika mereka beli tanaman," jelasnya.

Sejauh ini ia tidak memiliki tim, lantaran bisnisnya merupakan home industries sehingga masih dilakukan sendiri, seperti membeli tanaman hias dari petani, hingga mengganti media tanam serta merawat tanaman-tanaman yang hendak dijualnya.

"Kebetulan karena ini aku termasuk home industri aku tuh dari bulan Juni sendiri, paling dibantuin sama asisten di rumah tapi per awal bulan ini aku mulai ada partner bertiga," ujarnya.

Keunikan

Bisnis tanaman hias
Bisnis tanaman hias

Selanjutnya, yang membedakan usaha jual tanaman hias milik Annisa dengan yang lainnya yakni pot yang unik. Ia menjual tanaman hias dengan pot warna putih dan pot karakter, seperti pot karakter gajah, burung hantu, Jerapah dan lainnya. Sekaligus, pelanggan bisa pesan sesuai dengan keinginannya.

Selain itu, setelah ia membeli tanaman hias dari petani, tanaman tersebut tidak langsung dijual, melainkan diganti media tanam dan potnya, serta dirawat selama 2 minggu hingga 1 bulan. Hal itu bertujuan agar tanaman yang dijual berkualitas bagus, tidak ada daun yang rusak.

Selama 4 bulan merintis bisnis, ia mampu menjual 150-200 tanaman perbulan dengan harga tanaman yang dijual bervariasi mulai Rp 125 ribu hingga Rp 700 ribu, sehingga dalam sebulan ia mampu meraup untung sebesar Rp 4-12 juta.

Pada awal berjualan ia hanya mampu mengantongi Rp 4-8 juta saja, namun satu bulan setelahnya omzet meningkat menjadi Rp 9-12 juta per bulan. Untuk saat ini, tanaman-tanaman yang paling banyak diminati yakni Caladium, alocasia, dan Calathea.

Lalu strategi apa yang diterapkan oleh Annisa agar usahanya tetap bisa menghasilkan Cuan? Kata Annisa, dirinya menggunakan media sosial Instagram untuk menjual dan mempromosikan tanamannya. Selain itu, ia juga mengendorse melalui publik figur, agar bisnis tanamannya semakin dikenal publik.

"Aku pakai instagram aja sama paling kita sebulan 3 kali maksimum promote dari Instagram itu sendiri, dan sebulan aku target in 1-2 publik figur aku endorse karena sejauh ini aku lagi cari market dan customer," ungkapnya.

Hal tersebut berpengaruh sebesar 30-40 persen terhadap bisnisnya sehingga mampu mendatangkan followers di akun jualannya, dan terkadang beberapa pelanggan memesan tanaman yang sama dengan apa yang sudah dipromosikan oleh publik figur yang telah di endorse.

Demikian ia bercita-cita ingin memiliki tim yang solid sehingga usahanya semakin berkembang, serta ingin memiliki toko offline tanaman hias. Dirinya pun berpesan kepada Generasi Cuan lainnya, jangan menyerah di situasi pandemi ini, masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

"Jangan nyerah gitu aja karena kan kita tidak tahu ini berlangsung berapa lama jadi kitanya mesti berusaha dan berjuang, jadi jangan terlena tapi kita harus move on. Kira-kira apa sih yang lagi bagus trennya di saat lagi kayak gini," pungkasnya.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Tidak Beli Bek Baru Meski Sudah Kebobolan 5 Gol di Liga Inggris

Posted: 26 Sep 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) menang dramatis dan hoki atas Brighton and Hove Albion pada pekan ketiga Liga Inggris. Setan Merah menang 3-2 Amex Stadium, Sabtu (26/9/2020) malam WIB.

Tiga gol Manchester United lahir lewat gol bunuh diri Lewis Dunk, Marcus Rashford, dan penalti Bruno Fernades saat peluit panjang tanda laga berakhir telah ditiup wasit. Sementara gol Brighton dicetak oleh Neal Maupay dan Solomon March.

Meski menang, lini pertahanan MU kembali menjadi sorotan. Bagaimana tidak, Brighton begitu leluasa menembus pertahanan MU. Bahkan, tuan rumah seharusnya menang jika saja lima peluang mencetak gol tidak digagalkan tiang gawang.

Walau sudah kebobolan lima gol dari dua laga Liga Inggris, Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer telah memutuskan tidak akan membeli bek baru. "Kami memiliki banyak pemain bertahan di sini dan saya menempatkan Eric (Bailly) untuk memperkuat pertahanan, mengikuti jejak Trossard dan Maupay," kata Solskjaer usai laga seperti dikutip dari Acefootball.

"Bagi saya, kami memiliki bek tengah yang cukup bagus di sini saat ini."

 

 

 

Kesalahan Struktural

Pemain Manchester United, Bruno Fernandes, melepaskan tendangan penalti ke gawang Brighton Hove Albion pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)
Pemain Manchester United, Bruno Fernandes, melepaskan tendangan penalti ke gawang Brighton Hove Albion pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)

"Ketika Anda kebobolan peluang dan kebobolan gol, ada dua hal berbeda yang dapat Anda lihat - baik itu bentuk tim atau apakah ada kesalahan individu," ucap Solskjaer melanjutkan.

"Kami tidak dalam bentuk terbaik kami, bentuk kami tidak ada di sana, kami tidak cukup akurat untuk menghentikan umpan silang atau mengikuti lari."

"Kami sedikit tertinggal, itu lebih merupakan kesalahan struktural daripada kesalahan individu. Saya pikir Victor melakukannya dengan baik hari ini," ujar juru taktik asal Norwegia itu.

Performa Bakal Meningkat

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes ke gawang Brighton Hove Albion pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Bruno Fernandes ke gawang Brighton Hove Albion pada laga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020). Setan Merah menang dengan skor 3-2. (Glyn Kirk/Pool via AP)

Solskjaer menjamin performa para pemainnya akan terus meningkat sering dengan memainkan lebih banyak laga setelah pramusim yang dipersingkat. MU bakal kembali menghadapi Brighton di tempat yang sama sekali lagi pada ajang Piala Liga Inggris, Kamis, 1 Oktober.

"Kami harus cukup jujur ​​untuk mengatakan mereka menciptakan peluang paling banyak. Mungkin penguasaan bola 50-50, tetapi mereka memiliki banyak tembakan, peluang, dan bukan itu yang kami inginkan. Kami perlu banyak meningkatkan dalam minggu-minggu mendatang," ujar Solskjaer.

"Semangat dan karakter pemain tidak saya tanyakan sama sekali, semangat itu ada di sana. Ketajaman dan kebugaran mungkin tidak ada, tetapi itu akan datang."

"Kami punya tiga atau empat minggu untuk mengejar ketinggalan dan semakin banyak laga yang kami mainkan. Semakin banyak 90 menit yang kami dapatkan, kami akan menjadi lebih tajam dan lebih tajam," pungkas Solskjaer. 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atta Halilintar Ungkap Beratnya Jadi YouTuber Sekaligus Selebritis

Posted: 26 Sep 2020 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Atta Halilintar saat ini sudah menjadi sangat dikenal di dunia hiburan Tanah Air. Bermula dari seorang YouTuber biasa, Atta Halilintar saat ini telah menjadi seorang selebritis papan atas. 

Rupanya, Atta Halilintar sendiri merasa cukup tertekan dengan statusnya saat ini. Hal itu disampaikan Atta Halilintar di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

"Mungkin kadang orang anggep enak. Padahal aku juga manusia yang banyak salah, banyak khilaf dan banyak yang harus diperbaiki untuk aku dan orang-orang terdekatku. Dan bisa menjadi tulang punggung banyak orang aku sih bangga," kata Atta Halilitar

 

Berat

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Terlepas dari itu, Atta Halilintar bersyukur berada di posisi seperti sekarang. Dengan begitu, ia bisa banyak membantu orang lain.

"Berat ya berat, tapi kita harus bersykur dengan aku sekarang banyak orang yang terbantu karena kerjaanku, karena apa yang aku bikin," sambungnya. 

 

Bermanfaat

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Semakin besar namanya, Atta Halilintar menyadari bahwa semakin banyak masalah yang akan dihadapinya. Yang pasti, Atta Halilintar berusaha untuk menjadi orang yang baik dan bermanfaat bagi sesama, terlebih lagi bagi orang-orang terdekatnya. 

 

Fokus Bekerja

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Atta Halilintar lebih memilih untuk tidak menanggapi anggapan miring dari orang-orang terhadapnya. 

"Aku juga manusia pasti banyak salah. Aku selalu mau melakukan hal bermanfaat untuk diriku, keluargaku, dan orang terdekatku. Jadi kalo menaggapi tanggapan miring, nggak ada habisnya. Fokus bekerja dan berbuat, jangan pernah lelah. Kita harus jadi orang yang ditekan dulu baru jadi orang yang naik," tutupnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PB Al Khairaat Doakan Cudy Jadi Gubernur Sulteng

Posted: 26 Sep 2020 07:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al Khairaat Sulawesi Tengah (Sulteng) Habib Ali Muhammad Al Jufrie mendoakan Rusdy Mastura dapat menjadi Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng). Habib Ali yakin pria yang akrab disapa Cudy ini dapat membawa Tanah Kaili lebih maju lagi. 

"Tentunya kami memohon kepada Allah SWT agar dipermudah perjalanannya sampai ke tujuan dalam menjadi Gubernur Sulteng," ujar Habi Ali saat ditemui di Kota Palu.

Dalam pandangannya, Habib Ali melihat Cudy merupakan sosok yang mumpuni untuk memimpin masyarakat Sulteng ke depan. Ditambah lagi pengalaman yang dimiliki Cudy sangat membantu dalam cita-cita untuk membangun daerah. 

Cudy, kata Habib Ali, terbukti berhasil meningkatkan pemasuka kas daerah sehingga berdampak pada kenaikan kesejahteraan masyarakat. Habib Ali percaya semua gagasan yang dimiliki Cudy selalu berorientasi pada kepentingan masyarakat.

"Kami melihat bahwa suasana ada pemikiran-pemikiran yang sangat cemerlang dari Pak Cudy. Bisa membawa kemajuan dan kemakmuran bagi masyarakat. Sehingga masyarakatkan hidup lebih sejahtera," imbuhnya. 

Oleh karena itu, Habib Ali mengajak kepada seluruh masyarakat Sulteng untuk memilih pemimpin yang memiliki kredibilitas tinggi. Kondisi tersebut, menurutnya ada dalam diri Cudy.

 

Berharap Pilkada Damai

Di samping itu, Habib Ali juga berharap agar seluru elemen masyarakat bisa ikut terlibat mengiringi pembangunan di Sulteng. Pembangunan yang berdampak langsung bagi masyarakat Sulteng. 

"Berharap bahwa Pilkada kali ini adalah Pilkada yang aman dan damai dan menjadi Pilkada terbaik di Indonesia," singkatnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekuador: 300 Kapal China Tangkap Ikan di Perairan ZEE Amerika Selatan

Posted: 26 Sep 2020 07:03 PM PDT

Liputan6.com, Quito - Ratusan kapal nelayan China disebut melakukan penangkapan ikan di perairan Amerika Selatan. Sejumlahnya bahkan melakukan penangkapan di zona ekonomi eksklusif (ZEE) beberapa negara.

Angkatan Laut Ekuador mengonfirmasi armada besar penangkap ikan China, terdiri dari sekitar 300 kapal, bergerak menjauh dari Kepulauan Galapagos. Armada itu kini beroperasi di perairan internasional di lepas pantai Peru.

Komandan Operasi Angkatan Laut Ekuador Laksamana Muda Daniel Ginez mengatakan pekan ini bahwa kapal-kapal China itu kini berada "di perairan lepas pantai Zona Ekonomi Eksklusif Peru," demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (27/9/2020).

Ia menambahkan, armada tahun ini lebih besar dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Para pakar memberi tahu VOA bahwa aktivitas penangkapan ikan yang agresif oleh China tidak hanya mengancam kedaulatan negara-negara di pesisir, tetapi juga membahayakan ketahanan pangan global dan ekologi laut.

Ekonomi Peru dan Ekuador sangat bergantung pada hasil laut. Pada tahun 2018, kedua negara menangkap 4,5 juta metrik ton ikan, hampir sebanyak tangkapan di Amerika, tetapi hanya 25% dari apa yang ditangkap China pada tahun yang sama, menurut statistik Bank Dunia. Kedua negara mengatakan armada besar penangkap ikan China mengancam ketahanan sumber pangan mereka.

China menempati peringkat teratas di dunia dalam hal permintaan pangan laut. Jumlah hasil laut yang dikonsumsi di negara itu sepertiga dari jumlah total konsumsi dunia, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 6%.

Indonesia Protes Kapal China di Perairan RI di Natuna

Kapal-kapal penangkap ikan berangkat dari Pelabuhan Shenjiamen di Zhoushan, Provinsi Zhejiang, China timur, pada 16 September 2020. Kapal-kapal penangkap ikan berangkat dari sejumlah pelabuhan di Provinsi Zhejiang pada Rabu (16/9) siang waktu setempat. (Xinhua/Chen Yongjian)
Kapal-kapal penangkap ikan berangkat dari Pelabuhan Shenjiamen di Zhoushan, Provinsi Zhejiang, China timur, pada 16 September 2020. Kapal-kapal penangkap ikan berangkat dari sejumlah pelabuhan di Provinsi Zhejiang pada Rabu (16/9) siang waktu setempat. (Xinhua/Chen Yongjian)

Sebelumnya, Indonesia kembali memprotes masuknya kapal garda pantai China ke perairan RI, kata Kementerian Luar Negeri, Senin (14/9).

Kapal China yang diidentifikasi sebagai CCG 5204 tersebut, terlihat Sabtu (12/9) di perairan Natuna Utara, zona ekonomi eksklusif Indonesia dekat provinsi Kepulauan Riau.

"Setelah isu itu, kementerian mengatakan pada Minggu (13/9) berkomunikasi dengan perwakilan China di Jakarta untuk meminta klarifikasi," kata juru bicara Teuku Faizasyah kepada AFP pada Senin (14/9).

Badan keamanan maritim Indonesia mengatakan kapal itu bersikeras berpatroli di wilayah yang disebut China sebagai "sembilan garis putus-putus", sebuah wilayah yang diklaim Beijing tetapi diperebutkan negara-negara tetangganya.

"Kementerian menegaskan kembali kepada perwakilan China bahwa tidak ada tumpang tindih antara zona ekonomi eksklusif Indonesia dan perairan China," kata Faizasyah.

Badan keamanan maritim mengatakan kapal meninggalkan daerah itu pada Senin (14/9).

Indonesia menolak klaim sembilan garis putus-putus China, mengatakan itu melanggar Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, sedang berusaha menghentikan kapal asing yang menangkap ikan di perairannya, dengan alasan merugikan ekonomi miliaran dolar setiap tahun dan mengklaim wilayah di ujung selatan Laut China Selatan itu sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Pada Januari, Indonesia mengerahkan jet tempur dan kapal perang untuk berpatroli di perairan kepulauan Natuna dalam perselisihan dengan Beijing setelah kapal-kapal China, baik kapal penjaga pantai maupun kapal penangkap ikan, memasuki wilayah tersebut.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan meskipun ada klaim tumpang tindih dari negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: