Minggu, 27 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penyebab Kista dan Jenis-Jenisnya, Ketahui Bedanya dengan Tumor

Posted: 27 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kista bisa diwaspadai sedini mungkin. Kista adalah kantung jaringan yang diisi dengan zat lain, seperti udara atau cairan. Kista dapat terbentuk di mana saja di tubuh, termasuk di tulang dan jaringan lunak.

Penyebab kista sangat beragam dan dapat muncul di bagian tubuh mana saja, mulai dari organ dalam hingga luar tubuh. Terkadang penyebab kista dikaitkan dengan munculnya tumor atau kanker. Namun, kebanyakan kista bersifat jinak, atau non-kanker.

Meski bersifat jinak, penyebab kista juga tak bisa diabaikan begitu saja. Kista dapat bervariasi dalam penampilan tergantung pada jenis dan lokasinya. Penyebab kista biasanya dapat ditangani dokter dengan sejumlah perawatan.

Berikut penyebab kista dan jenis-jenis kista yang bisa muncul yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020).

Beda kista dengan tumor

Ilustrasi kista dan tumor Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi kista dan tumor Credit: pexels.com/pixabay

Kista adalah kantung jaringan yang diisi dengan zat lain, seperti udara atau cairan. Kista bisa terasa lembut saat disentuh, dan seseorang mungkin bisa menggerakkannya dengan mudah.

Kista bisa terlihat memerah dan membengkak dan cenderung lebih lambat pertumbuhannya dari pada tumor. Isi dari benjolan kista bisa berupa cairan berwarna putih, kuning, dan hijau.

Sementara tumor adalah massa jaringan yang padat. Tumor kadang-kadang dapat tumbuh cukup besar sehingga memberikan tekanan pada jaringan di sekitarnya. Pertumbuhan tumor cenderung lebih cepat dibandingkan kista. Tumor juga bisa terasa keras ketika disentuh.

Benjolan tumor tidak mudah digerakkan seperti kista. Tumor tidak akan terlihat bengkak dan memerah serta tidak berisi cairan.

Penyebab kista

Penyebab kista (sumber: wikipedia)
Penyebab kista (sumber: wikipedia)

Ada banyak jenis kista dengan berbagai penyebab. Beberapa jenis berhubungan dengan kondisi medis yang mendasarinya, seperti sindrom ovarium polikistik. Kista juga bisa terbentuk akibat kondisi kanker tertentu.

Penyebab kista lainnya termasuk ritasi atau cedera pada folikel rambut, saluran tersumbat di dalam folikel rambut, degenerasi jaringan sendi ikat, dan ovulasi. Kista terjadi di dalam jaringan dan dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun. Mereka bervariasi dalam ukuran dari mikroskopis hingga sebesar bola.

Kebanyakan kista jinak dan disebabkan oleh penyumbatan pada sistem drainase alami tubuh. Namun, beberapa kista bisa membentuk tumor yang terbentuk di dalam tumor, yang berpotensi menjadi ganas. Contohnya termasuk keratokista dan kista dermoid.

Jenis-jenis kista

Kista sebasea (sumber: wikipedia)
Kista sebasea (sumber: wikipedia)

Ada ratusan jenis kista yang bisa tumbuh hampir di mana saja di tubuh. Beberapa kista terjadi sebagai bagian dari kondisi lain, seperti PCOS. Dilansir dari Healthline, berikut jenis-jenis kista yang umum:

Kista epidermoid

Kista ini adalah benjolan kecil dan jinak yang berisi protein keratin. Jika mengalami trauma di sekitar folikel rambut di dalam kulit, kista epidermoid dapat muncul. Jika bagian dari lapisan atas kulit yang disebut epidermis, tumbuh lebih dalam daripada bergerak keluar ke permukaan untuk akhirnya terlepas, kista epidermoid akan berpeluang untuk terbentuk.

Kista sebasea

Kista sebasea sering terbentuk di dalam kelenjar sebaceous. Kelenjar ini merupakan bagian dari folikel kulit dan rambut. Kelenjar sebasea yang pecah atau tersumbat dapat menyebabkan kista sebasea. Kista sebasea terisi dengan sebum dan lebih jarang terjadi dibandingkan kista epidermoid.

Kista ganglion

Kista jinak ini biasanya terbentuk di dekat area sendi pergelangan tangan atau tangan. Namun, kista ini juga bisa berkembang di area kaki atau pergelangan kaki. Kista ganglion cenderung muncul di sepanjang selubung tendon dekat sendi.

Kista ovarium

Kista ovarium sering terbentuk ketika folikel yang biasanya melepaskan telur tidak terbuka. Ini menyebabkan cairan menumpuk dan membentuk kista. Jenis kista ovarium umum lainnya terjadi setelah folikel melepaskan sel telur dan menutup kembali serta mengumpulkan cairan secara tidak benar.

Kista ovarium paling sering terjadi pada wanita usia menstruasi. Kista ovarium dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker ketika muncul setelah menopause.

Kista payudara

Kista payudara merupakan kista jinak yang terjadi ketika cairan terkumpul di dekat kelenjar payudara. Kista ini biasanya terjadi pada wanita berusia 30-an dan 40-an. Kista payudara dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di area yang terkena.

Chalazia

Chalazia adalah kista jinak yang muncul di kelopak mata saat saluran kelenjar minyak tersumbat. Kista ini dapat menyebabkan nyeri tekan, penglihatan kabur, dan pembengkakan yang menyakitkan. Jika ukurannya terlalu besar, chalazia bisa menyebabkan masalah penglihatan.

Jenis-jenis kista

Jenis-jenis kista (sumber: wikipedia)
Jenis-jenis kista (sumber: wikipedia)

Kista pilonidal

Kista ini terbentuk di dekat bagian atas, tengah bokong. Mereka biasanya dipenuhi dengan kotoran kulit, minyak tubuh, rambut, dan materi lainnya. Kista pilonidal lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Infeksi kronis pada kista ini dapat meningkatkan risiko jenis kanker kulit yang disebut karsinoma sel skuamosa.

Kista Baker

Kista Baker, juga dikenal sebagai kista poplitea, adalah kista berisi cairan yang terbentuk di bagian belakang lutut. Kista ini biasanya disebabkan oleh masalah pada lutut, seperti cedera lutut atau artritis.

Jerawat kistik

Jerawat kistik terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak, dan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ini adalah jenis jerawat yang paling parah pada orang dewasa muda. Jerawat kistik bisa terlihat seperti bisul besar berisi nanah di kulit. Jerawat juga bisa menyakitkan saat disentuh.

Kista rambut yang tumbuh ke dalam

Kista rambut yang tumbuh ke dalam terbentuk ketika rambut tumbuh ke dalam kulit dan kista terbentuk di bawahnya. Kista ini lebih sering terjadi pada orang yang mencukur atau melakukan waxing untuk menghilangkan rambut.

Kista pilar

Kista pilar adalah benjolan jinak berwarna daging yang terbentuk di permukaan kulit.

Kista mukosa

Kista mukosa atau lendir adalah benjolan berisi cairan yang terbentuk di bibir atau di sekitar mulut saat kelenjar ludah tersumbat dengan lendir. Penyebab paling umum dari kista mukosa meliputi menggigit bibir atau pipi, tindikan bibir, pecahnya kelenjar ludah, dan kebersihan mulut yang buruk.

Kista celah cabang

Kista sumbing cabang adalah jenis cacat lahir yang membentuk benjolan di leher bayi atau di bawah tulang selangka. Kista ini bisa terlihat seperti kutil yang besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Face Shield Tak Bisa Cegah Penularan Corona Covid-19

Posted: 27 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Face shield (penutup wajah dari plastik) yang mulai banyak digunakan masyarakat Indonesia di masa Pandemi Corona Covid-19 rupanya tak bisa mengadang virus tersebut sepenuhnya. Hal tersebut berdasarkan kalkulasi Fugaku superkomputer tercepat di dunia dari Jepang.

Fugaku menguji efektivitas Face Shield dengan sebuah simulasi. Hasilnya, hampir 100% droplet berukuran kurang dari 5 mikrometer lolos melalui penutup wajah tersebut (Satu mikrometer setara dengan sepersejuta meter).

Face shield yang biasanya digunakan oleh pegawai di industri restoran juga tidak efektif untuk menjebak droplet berukuran lebih besar, 50 mikrometer. Ternyata sekitar setengahnya juga bisa lolos dari face shield.

Penelitian ini dilakukan oleh Riken, pusat peneliti yang didukung pemerintah di Kobe, Jepang. Adapun metode yang digunakan saat simulasi yaitu, Fugaku menggabungkan aliran udara dengan ribuan partikel berbagai ukuran.

Makoto Tsubokura, pemimpin penelitian di Riken mengatakan, masker tetap harus digunakan dibandingkan face shield.

"Berdasarkan hasil simulasi, sayangnya efektivitas face shield dalam mencegah penyebaran droplet dari mulut orang yang terinfeksi masih terbatas dibandingkan dengan masker," ujar Makoto, seperti dikutip Guardian.

 

Anak di Bawah 2 Tahun

Tsubokura mengatakan orang-orang yang tidak disarankan untuk memakai masker seperti anak di bawah usia 2 tahun, orang yang mengalami kesulitan bernapas, tidak sadarkan diri, tidak mampu melepaskan masker tanpa bantuan, dapat menggunakan face shield, tetapi hanya jika mereka berada di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik.

Setelah melakukan simulasi lain dengan Fugaku, belum lama ini juga ditemukan bahwa masker wajah yang terbuat dari kain yang tidak ditenun lebih efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19 daripada yang terbuat dari katun dan poliester.

Para peneliti di Duke University membuat temuan serupa bulan lalu, menyimpulkan bahwa masker N95 paling efektif tetapi masker bedah tiga lapis dan masker kapas juga merupakan pelindung yang baik.

Kemenkes RI tak sarankan Face shield tanpa masker

Sebelumnya, Direktur Jenderal P2P Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menyatakan, penggunaan face shield tanpa masker tidak akan memberikan perlindungan untuk mencegah droplet corona. Ini semata-mata karena virus corona bisa bertahan di udara dalam bentuk microdroplet yang mudah terhirup manusia yang tidak menggunakan masker.

"Lebih baik kalau memang bisa ditambah dengan face shield, tetapi kalau menggunakan face shield saja tanpa masker tidak akan memberikan perlindungan maksimal," ucap dia.

Sumber: Health Liputan6.com

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lily Collins Pamer Cincin Tunangan Bermata Berlian Merah Muda

Posted: 27 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti aktris Lily Collins. Bintang film Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile tersebut menerima lamaran sang kekasih yang juga seorang sutradara Amerika Serikat, Charlie McDowell.

Momen manis ini diabadikan dalam sederet potret, salah satunya ketika Lily memamerkan cincin tunangannya sembari tersenyum manis. Ia dan Charlie sama-sama membagikan potret itu melalui akun Instagram pribadi.

Dilansir dari laman Page Six, Senin (28/9/2020), Charlie McDowell meminta bantuan desainer perhiasan Irene Neuwirth untuk membuat cincin tunangan itu. Adapun cincin tersebut dibuat dengan desain berlian dengan rose-cut khusus juga satu-satunya.

Sang desainer perhiasan pun sempat memberikan lima emoji hati warna merah di kolom komentar unggahan Charlie."Terima kasih telah membuat cincin terindah yang pernah saya lihat," komentar Charlie.

Irene pun membalasnya dengan mengucapkan terima kasih telah mempercayakan pembuatan cincin kepadanya. "Terima kasih banyak dari lubuk hati saya untuk cincin yang paling menakjubkan dan sempurna. Ini menakjubkan," balas Lily.

Prosesi melamar Lily Collins yang dilakukan Charlie McDomell terjadi di kawasan New Mexico, Amerika Serikat. Salah satu potret mengabadikan ia berlutut sambil membawa cincin tunangan di hadapan Lily yang tersenyum bahagia.

Kisaran Harga Cincin

Lily Collins memamerkan cincin tunangan yang dipersembahkan oleh pujaan hatinya, Charlie McDowell. (dok. Instagram @lilyjcollins/https://www.instagram.com/p/CFkMyNVpOcI/)
Lily Collins memamerkan cincin tunangan yang dipersembahkan oleh pujaan hatinya, Charlie McDowell. (dok. Instagram @lilyjcollins/https://www.instagram.com/p/CFkMyNVpOcI/)

Direktur komunikasi JamesAllen.com, situs web yang menjual perhiasan mewah, Shannon Delaney-Ron memperkirakan, batu di tengah cincin tunangan Lily Allen bernilai antara 2--3 karat. Adapun batu tersebut diatur dalam pengaturan bingkai cincin bertekstur emas kuning.

Bagi yang mencari batu perhiasan Irene Neuwirth seperti milik Lily, gaya turmalin merah muda yang serupa dijual seharga 3.280 dolar AS atau setara Rp49 juta. Sementara, cincin opal dengan pengaturan bezel serupa dijual 9.230 dolar AS atau sekitar Rp137 juta.

"Di saat ketidakpastian dan kegelapan Anda telah menerangi hidup saya. Saya akan selamanya menghargai petualangan saya dengan Anda," tulis Charlie dalam potret yang menampilkan Lily memamerkan cincin tunangannya.

Lily pun turut mengungkapkan keterangan tak kalah manis. "The purest joy I've ever felt (Kegembiraan paling murni yang pernah saya rasakan)," tulisnya.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Review Prosesor Exynos 850 pada Samsung Galaxy A21s, Apa Kelebihannya?

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Samsung Galaxy A21s telah resmi diluncurkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Adapun seri ini digadang-gadang sebagai smartphone pertama dari Samsung yang memakai prosesor Exynos 850.

Dengan kemampuan Exynos 850, Galaxy A21s menjadi salah satu smartphone kelas menengah yang sudah mendukung jaringan 5G.

Prosesor tersebut ditopang GPU ARM Mali-G52 dan mendukung RAM LDDR4x serta penyimpanan eMMC 5.1. 

Melansir dari video Jagat Review yang ada di platform streaming Vidio, Samsung Galaxy A21s sendiri memiliki kapasitas baterai 5000mAh dengan berjalan di atas One UI berbasis Android 10.

Seri ini juga hadir dengan kamera makro 2MP, dan pilihan memori sebesar 32GB hingga 64GB (slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan).

Galaxy A21s dilengkapi empat buah kamera yang masing-masing terdiri dari sensor beresolusi 48MP, 8MP ultra wide, 2MP macro, dan 2MP depth. Untuk kamera selfie terdiri dari satu sensor beresolusi 13MP.

Kamera perangkat ini juga mampu merekam video hingga kualitas full HD 1080p di 30 fps.

Lalu, seperti apa ulasan lengkapnya? Simak videonya di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Jagat Review yang ada di platform streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Logistik Lion Parcel Naik 30 Persen Selama Pandemi Covid-19

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Parcel mencatat kenaikan volume pengiriman pada bulan April-September 2020 meningkat sekitar 30,3 persen dibanding bulan April-September 2019.

Lonjakan permintaan jasa pengiriman tersebut lantas menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat di tengah pandemi.

Data lebih lanjut mencatat, jumlah agen atau mitra P.O.S (point of sales) yang bergabung dengan jaringan Lion Parcel pun meningkat secara signifikan hingga 2x lipat di masa pandemi.

"Volume pengiriman barang Lion Parcel yang terus meningkat bukan hanya berdampak bagi perusahaan namun juga memberikan ladang penghasilan baru bagi masyarakat di tengah pandemi. Selama masa pandemi tercatat lebih dari 800 mitra bergabung ke jaringan Lion Parcel setiap bulannya," kata Senior Manager NPOS Lion Parcel Cipto Laksono, di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Angka tersebut naik sebesar 100 persen dibanding kondisi normal sebelum pandemi, dengan rata-rata sebanyak 400 mitra yang bergabung setiap bulannya. Antusiasme masyarakat untuk bergabung menjadi mitra Lion Parcel ini menjadi sinyal positif bahwa sektor logistik memiliki peluang yang menjanjikan di tengah pandemi ini.

"Saat ini kami memiliki lebih dari 3.500 mitra aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Guna memaksimalkan peluang bisnis dari mitra P.O.S bagi masyarakat, Lion Parcel berkomitmen untuk memfasilitasi seluruh mitra P.O.S yang baru bergabung dengan fasilitas berupa franchise fee gratis, komisi penjualan yang menarik, proses administrasi yang cepat, pendampingan selama 1 tahun, serta sistem web yang terintegrasi," jelas Cipto.

lanjutnya, selain performa bisnis logistik yang terus bertumbuh di tengah pandemi, meningkatnya angka kemitraan di Lion Parcel juga turut membuka lapangan pekerjaan baru, baik bagi para calon mitra itu sendiri, maupun orang-orang yang kemudian bekerja di P.O.S mitra tersebut.

Salah satu mitra yang telah merasakan manfaat secara langsung setelah bergabung dengan jaringan mitra Lion Parcel adalah Nanundita, pemilik Mitra P.O.S Lion Parcel 'Habibi' yang berlokasi di Tangerang.

 

Pengiriman Melonjak Naik

Ilustrasi Lion Parcel.
Ilustrasi Lion Parcel.

Berbekal ketekunan dan kesabaran, kesuksesan dapat diraih oleh P.O.S Lion Parcel Habibi. Di tahun kedua, jumlah pengiriman mulai mengalami kenaikan pesat hingga mencapai 1 ton setiap bulan  dan omset yang didapatkan saat ini juga mencapai puluhan juta setiap bulannya.

"Di tengah pandemi ini, peluang bisnis kemitraan Lion Parcel menjadi angin segar bagi banyak masyarakat. Saya bersyukur dan merasakan manfaat yang nyata sejak bergabung menjadi Mitra P.O.S Lion Parcel, khususnya di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang,"  kata pemilik P.O.S Lion Parcel Habibi Nanundita.

lanjut Cipto, saat ini, terdapat beberapa daerah yang masih memiliki potensi peluang bisnis kemitraan Lion Parcel cukup besar. Hal ini dikarenakan masih banyaknya permintaan konsumen di daerah tersebut terhadap jasa pengiriman jarak jauh yang cepat dengan biaya terjangkau.

Adapun daerah potensial dengan kebutuhan mitra Lion Parcel, masih terkonsentrasi di area Jabodetabek. Untuk di Jakarta, daerah potensial tersebut berada di Kecamatan Tambora, Palmerah, Pesanggrahan, Setiabudi, Mampang, Johar Baru, Cilincing, Matraman, Ciracas dan Jatinegara. Sedangkan daerah Tangerang dan Bogor, daerah potensial tersebut berada di wilayah Serpong, Balaraja, Parung dan Citeureup.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Dokter Bingung, Gadis 15 Tahun Keluarkan Air Mata Darah Saat Menangis

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Brasil - Seorang gadis asal Brasil, berumur 15 tahun telah membuat dokter kebingungan setelah mengeluarkan air mata darah saat menangis. Hal ini telah dialaminya lebih dari seminggu belakangan.

Gadis bernama Doris ini diketahui mulai merasa sakit pada Sabtu (12/9/2020). Ibunya lantas segera membawanya ke rumah sakit di kota asalnya, Sao Paolo. Dia mengeluh sakit di perut dan dokter mendiagnosisnya dengan batu ginjal.

Doris lantas diberi obat untuk menghilangkan rasa sakitnya dan dipulangkan tak lama kemudian.

Namun pada Minggu pagi, dia kembali dilarikan ke ruang gawat darurat usai darah keluar dari salah satu matanya. Dokter pun segera memeriksa Doris, tetapi tidak dapat menentukan penyebab air mata darah tersebut.

Belum diketahui apa sebabnya

Ilustrasi Menangis dan Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Menangis dan Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/pixabay

"Anak perempuan saya melakukan tes yang tak terhitung jumlahnya, tetapi mereka tidak dapat menemukan masalah. Dokter menyuruh kami kembali ke rumah pada hari Senin," kata ibu gadis itu, Juliana Teixeira de Miranda.

"Kami akan melakukan apa pun yang diminta para dokter, kami ingin mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi."

Kembali ke rumah sakit

ilustrasi mata (sumber: Pixabay)
ilustrasi mata (sumber: Pixabay)

Juliana mengklaim bahwa beberapa jam setelah kembali dari rumah sakit, darah mulai mengalir dari kedua mata gadis itu, membuat keluarga semakin khawatir. Sekali lagi, dia dibawa ke rumah sakit, tetapi tidak ada yang tahu tentang kondisinya.

"Dia menjalani tomografi dan beberapa tes lainnya, tetapi dokter tidak menemukan apa pun yang dapat menyebabkan adanya air mata darah itu. Karena tidak ada hasil, dokter memintanya melakukan beberapa tes lagi minggu ini untuk menemukan penyebabnya," kata ibu Doris.

Air mata darah

Ilustrasi Menangis Credit: pexels.com/Emre
Ilustrasi Menangis Credit: pexels.com/Emre

Doris mengatakan bahwa dia mengalami air mata darah sejak 13 September dan gejala aneh itu bisa muncul kapan saja sepanjang hari.

Rumah sakit tempat dia diperiksa telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka perlu melakukan lebih banyak tes untuk menentukan penyebab air mata yang tidak biasa itu.

"Adanya darah di air mata disebut hemolacria, suatu kondisi yang sudah dijelaskan dalam literatur medis. Pengobatan tergantung pada penyebabnya, namun terkadang menghilang tiba-tiba seperti yang terlihat, tanpa pengobatan dan tanpa diagnosis yang pasti," ujar dokter mata Rafael Antonio Barbosa Delsin kepada UOL.

"Seringkali ini menjadi masalah pada tubuh pasien," tambah dokter Leandro Fonseca.

"Meskipun menyebabkan kebingungan, ini bukanlah kasus yang rumit untuk ditangani. Bergantung pada penyebabnya, ini dapat diobati dengan antibiotik dan pengobatan hormonal. Situasi ini jarang menyebabkan masalah kesehatan lain bagi pasien. "

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggap Virus Corona Covid-19 Konspirasi, Anggota Dewan AS Meninggal Dunia

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anggota dewan di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, Tony Tenpenny meninggal dunia setelah menganggap virus corona covid-19 cuma hoaks. Dia meninggal dunia saat umurnya masih 57 tahun.

Mengutip dari Metro, Tony merupakan orang yang tidak pernah percaya adanya virus corona covid-19 sejak muncul di AS, enam bulan lalu. Dia sering mengatakan covid-19 hanya teori konspirasi.

Bahkan, saking tidak percayanya, pada Juli lalu, Tony menyebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (CDC) sebagai pembohong di halaman Facebook pribadinya.

Beberapa waktu lalu, dia menyalahkan Presiden AS, Donald Trump karena memberlakukan lockdown di negaranya. Kebijakan itu disebut Tony sudah mematikan kegiatan ekonomi di Negeri Paman Sam.

Namun setelah membuat pernyataan tersebut, Tony malah terpapar virus corona covid-19. Dia juga harus mendapat perawatan serius selama sebulan di rumah sakit.

"Saya menyampaikan belasungkawa kepada istri dan anaknya. Saya sangat sedih mendengar kabar meninggalnya Tony Tenpenny," kata Walikota Nashville, John Copper.

Dengan meninggalnya Tony akibat virus corona covid-19, anggota dewan lainnya Ginny Welch memberikan peringatan kepada masyarakat AS yang masih percaya teori konspirasi virus corona covid-19. Ginny berharap masyarakat tak mengganggap enteng virus corona.

"Virus corona covid-19 bukanlah lelucon. Virus ini tidak mengenal batasan, dan tidak peduli apakah Anda percaya atau tidak. Siapa pun bisa mati karenanya," katanya. 

https://kitabisa.com/campaign/bantuyesindun

Kasus Virus Corona Covid-19 di AS

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

AS menjadi negara terbanyak dengan kasus virus corona covid-19. Di Negeri Paman Sam, sudah ada 7,14 juta kasus hingga Senin, 28 September 2020, 205 ribu di antaranya sudah meninggal dunia.

Kemarin, Minggu, 27 September 2020, kasus virus corona covid-19 di AS bertambah sebanyak 42.761 dalam sehari. Kasus tertinggi virus corona covid-19 di AS terjadi pada 16 Juli 2020, yakni di angka 75.682 orang yang terpapar.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perpusnas Siap Gandeng Kemenparekraf Sajikan Paket Wisata Literasi di Daerah

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wacana kolaborasi Perpusnas dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, terkait pemanfaatan Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta, sebagai bagian dari paket wisata literasi di daerah, disambut baik kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando.

Sebelumnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama DPR RI, anggota Komisi X Ledia Hanifah Amalia mengatakan, kolaborasi antara Perpusnas dan Kemenparekraf bisa dikembangkan, terutama untuk dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator yang mengandung nilai sejarah yang luar biasa.

"Jadi, spektrum pemanfaatan perpustakaan tidak hanya menjadi tempat mencari ilmu pengetahuan tetapi bisa menjadi wisata edukatif yang dilengkapi sajian menarik," jelasnya.

Terkait usulan itu, Syarif menyetujui dan akan pengembangan Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta sebagai tempat wisata sejarah yang edukatif.

"Saat ini kami tengah menyusun folklore dari 10 tujuan wisata yang ditetapkan Kemenparekraf sebagai upaya mendorong peningkatan pariwisata melalui kearifan lokal, termasuk penerbitan tokoh-tokoh biografi nasional dari kemerdekaan," ungkap Syarif Bando.

Hal lain yang didorong adalah perhatian terhadap kebutuhan perpustakaan bagi masyarakat yang berada di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Perpusnas diminta perlu juga memprioritaskan kebutuhan disana yang sangat terbatas dalam mengakses informasi dan layanan perpustakaan. Termasuk penyediaan bahan bacaan yang harus disesuaikan dengan kondisi geografis dan demografi masyarakatnya. Dari paparan yang disampaikan, Perpusnas bahkan telah menyiapkan alokasi peningkatan kompetensi pustakawan dan tenaga perpustakaan ribuan orang dengan anggaran Rp1 miliar lebih.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR-RI lainnya, Adrianus Asia Sidot mengatakan, dengan besaran anggaran yang sudah ditetapkan, Perpusnas harus mampu memaksimalkan perannya dalam mengatasi rendahnya budaya literasi, inovasi dan kreativitas masyarakat.

"Banyak perguruan tinggi swasta yang berada di daerah 3T yang masih kekurangan bahan bacaan, tenaga perpustakaan yang minim, dan keterbatasan sarana penunjang TIK, seperti yang dialami di Kalimantan Barat," lanjut Adrianus.

Menanggapi yang disampaikan, Kepala Perpusnas akan mengajak perguruan tinggi yang berada di daerah 3T untuk gabung dan menjadi bagian dari komunitas Indonesaia OneSearch (IOS).

"Hingga saat ini Perpusnas sudah terjalin konektivitas IOS dengan 1.350 perpustakaan, termasuk perguruan tinggi. Namun, untuk perpustakaan sekolah diakui masih belum optimal, karena keterbatasan IT," kata Syarif Bando.

 

Menanti Kolaborasi

Komisi X DPR RI sendiri telah menyetujui pengajuan pagu anggaran Perpustakaan Nasional (Perpusnas) 2021 senilai Rp675.539.800.000. Dalam agenda tunggal penyesuaian Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L), Komisi X juga memberikan dukungan penuh terhadap program-program yang akan dilaksanakan Perpusnas dan menugaskan Badan Anggaran (Banggar) untuk memperjuangkannya.

Dalam RDP yang digelar secara tatap muka dan virtual pada Selasa, (22/9/2020) lalu, Komisi X akan mendesak Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Kementerian Keuangan untuk meningkatkan alokasi Perpusnas pada 2021.  

"Besaran anggaran yang diterima Perpustakaan Nasional memang sangat terbatas. Padahal, jika dilihat dari peran dan tanggung jawab Perpusnas cukup berat, yaitu sebagai pusat ilmu pengetahuan, pemberdayaan masyarakat dan kebudayaan. Namun, efektivitas dan efisiensi anggaran perlu diperhatikan agar tepat sasaran. Pengawasan juga diperketat agar penyelewengan bisa ditekan sekecil mungkin," ujar Adrianus.

Senada dengan Adrianus, Andreas Hugo Pareira meminta meski anggaran masih jauh dari harapan, Perpusnas diharapkan bisa lebih kreatif menggunakan anggaran. "Pastikan setiap output dan outcome-nya berdampak pada peningkatan indeks literasi," ujarnya.

Andreas menyarakan keterbatasan anggaran Perpusnas bisa disiasati dengan mengajak kolaborasi sejumlah kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mensinergikan sejumlah program-program strategis.

"Perpusnas jangan berjalan sendiri. Kami yakin pendidikan akan maju jika didukung perpustakaan yang memadai terutama di daerah. Jika di tempat lain masyarakat begitu mudah mengakses perpustakaan secara online, maka ini perlu dikembangkan. Perpusnas bisa menggandeng Kominfo sehingga semua informasi bisa terintegrasi," tambah Andreas Hugo.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Fabio Quartararo Teratas Lagi Usai Balap di Catalunya

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fabio Quartararo berhasil memuncaki klasemen MotoGP 2020 lagi usai menang di seri Catalunya yang digelar Minggu (27/9/2020) malam WIB. Tambahan 25 poin membuatnya semakin kokoh memimpin.

Quartararo memimpin klasemen pembalap MotoGP lagi setelah menang di Catalunya. Pria Italia itu kini mengoleksi 108 poin.

Penggemar berat klub sepak bola Juventus itu unggul delapan poin dari jagoan Suzuki Joan Mir yang finis kedua di MotoGP Catalunya 2020. Mir sendiri juga naik peringkat di klasemen MotoGP 2020.

Melejitnya Quartararo dan Mir tak lepas dari gagalnya Andrea Dovizioso mendapatkan poin di MotoGP Catalunya 2020. Dovizioso terjatuh saat balapan baru dimulai sehingga gagal finis.

Akibatnya Dovizioso harus melorot posisinya di klasemen pembalap MotoGP 2020. Pria Italia itu kini turun ke urutan empat dengan 84 poin. Padahal sebelumnya Dovi memimpin klasemen.

 

 

Rossi

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Adapun Valentino Rossi terbenam di posisi 11 dengan 58 poin. Rossi hampir pasti kembali gagal menjadi juara dunia. Rossi terjatuh dan gagal finis di MotoGP Catalunya 2020.

Padahal sebelum terjatuh, Rossi sedang bersaing ketat dengan Quartararo dan masih mungkin memenangi MotoGP Catalunya 2020.

Klasemen MotoGP

1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 108

2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 100 (-8)

3 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 90 (-18)

4 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 84 (-24)

5 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 77 (-31)

6 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 75 (-33)

7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 72 (-36)

8 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 60 (-48)

9 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 59 (-49)

10 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 58 (-50)

11 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-50)

12 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 57 (-51)

13 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 39 (-69)

14 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 39 (-69)

15 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 36 (-72)

16 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 27 (-81)

17 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 22 (-86)

18 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 17 (-91)

19 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 13 (-95)

20 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 11 (-97)

21 Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 8 (-100)

22 Michele Pirro ITA Pramac Ducati (GP20) 4 (-104)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menilik Bilik Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 di GOR Pademangan

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Petugas melintasi ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini juga menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas melintasi ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini juga menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas melintasi ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini juga menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas bersiap masuk ke bilik disinfektan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas bersiap masuk ke bilik disinfektan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas bersiap masuk ke bilik disinfektan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengecek fasilitas ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas mengecek fasilitas ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengecek fasilitas ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan yang menjadi lokasi ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan yang menjadi lokasi ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan yang menjadi lokasi ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengamati ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini juga menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas mengamati ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini juga menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengamati ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Gelanggang ini juga menjadi tempat percontohan graha sehat mandiri pasien Covid-19 di DKI berdasarkan kajian dari Dewan Riset DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengamati ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan untuk 15 pasien laki-laki dan 15 pasien perempuan di tempat tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas mengamati ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan untuk 15 pasien laki-laki dan 15 pasien perempuan di tempat tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengamati ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan untuk 15 pasien laki-laki dan 15 pasien perempuan di tempat tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas bersiap masuk ke bilik disinfektan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas bersiap masuk ke bilik disinfektan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas bersiap masuk ke bilik disinfektan ruang isolasi mandiri pasien COVID-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Pademangan, Jakarta, Senin (28/9/2020). Sebanyak 30 bilik isolasi pasien Covid-19 disediakan dengan fasilitas tempat tidur, lemari, dan peralatan mandi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Pernikahan Reza Bukan dengan Pendeta Serevina Terungkap

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Reza Bukan telah melangsungkan pernikahan dengan seorang pendeta bernama Serevina pada Minggu (27/9/2020) sore di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Pernikahan ini dihadiri oleh pihak keluarga saja.

Dalam momen bahagia ini, sahabat Reza Bukan, Augie Fantinus turut hadir. Lewat Instagramnya, Augie akhirnya membagikan foto pernikahan Reza Bukan dengan Serevina.

"Happy wedding bro @rezabukan God bless you," tulis Augie Fantinus, sahabat Reza Bukan sebagai keterangan fotonya pada Minggu (27/9/2020) malam.

Penampilan

Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)
Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)

Dalam foto itu Serevina terlihat anggun mengenakan gaun pengantin berwarna putih. Ia juga mempercantik penampilannya dengan aksesori kepala.

Sementara Reza Bukan tampak gagah berbusana pengantin berwarna senada dengan sang istri. Augie Fantinus berdiri di tengah kedua mempelai dan ketiganya tersenyum ke arah kamera.

Pemberkatan Saja

Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)
Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)

Keduanya hanya menggelar acara pemberkatan yang dihadiri keluarga dan tidak ada resepsi mengingat Jakarta tengah menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

"Ya betul hanya pemberkatan saja yang dihadiri keluarga dekat sekandung saja. (Menikah) sore hari Puji Tuhan," ucap Serevina melalui pesan singkat WhatsApp pada Minggu (27/9/2020).

Pernah Nikah Lalu Cerai

Reza Bukan
Reza Bukan

Sebelumnya, Reza Bukan menikah dengan Verena Visca Purnamasari dan dikaruniai momongan. Desember 2018, saat Reza Bukan menghadapi kasus hukum, sang istri memilih untuk berpisah alias cerai.

 

Saling Jatuh Cinta

Reza Bukan (Youtube/Melaney Ricardo)
Reza Bukan (Youtube/Melaney Ricardo)

Desember 2019, tepatnya saat Natal, ia bertemu dengan Serevina di gereja di Rutan Salemba. Keduanya saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pilpres AS Bayangi Sidang Majelis Umum PBB

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa presiden AS setelah inaugurasi pada Januari 2021? Itulah pertanyaan yang ikut membayangi Sidang Majelis Umum PBB di New York, sekitar 40 hari sebelum pilpres AS. Hasil pilpres dicermati negara-negara yang berseberangan dengan AS, maupun negara-negara yang bersahabat, atau sebelumnya bersahabat

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikira Bubur, Bayi di Kanada Diberi Makan Hand Sanitizer oleh Sang Nenek

Posted: 27 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak berusia 19 bulan harus dilarikan ke rumah sakit usai dirinya mengonsumsi cairan pembersih tangan atau hand sanitizer. Ternyata, hal itu karena sang nenek salah mengira benda itu adalah makanan.

Nikki Teixeira, ibu asal Kanada, mengungkapkan bahwa awalnya ia tertarik membeli hand sanitizer yang dikemas dalam sebuah kantung yang menarik dan bergambar lucu.

Nikki menyebut bahwa ia ingin membelikannya untuk putri angkatnya yang berusia tujuh tahun agar bisa dibawa ke sekolah.

"Cairan itu dikemas dan dipajang bersama dengan pembersih tangan, saya bahkan tidak menganggapnya sebagai makanan," kata Nikki dalam wawancaranya dengan sebuah siaran Amerika Serikat, dikutip dari The Sun pada Minggu (27/9/2020).

Namun rupanya, nenek dari putranya, Logan, salah mengira bahwa pembersih tangan tersebut adalah bubur bayi rasa buah. Ia pun memberikan cucunya benda itu untuk dikonsumsi.

Nikki menceritakan bahwa Logan mengalami batuk-batuk dan memerah saat dia menyisip cairan tersebut.

Sang nenek pun sadar bahwa yang diberikannya bukanlah makanan untuk bayi namun hand sanitizer yang dikemas dengan gambar "Trolls World Tour." Segera, ia menghubungi tetangganya dan layanan darurat.

Minta Orangtua Waspada

Doc: Facebook
Doc: Facebook

Lima menit kemudian, Logan tertidur. Ia pun dibawa oleh petugas medis ke rumah sakit. Untungnya, tak ada efek samping parah yang dialaminya.

Kejadian ini membuat Nikki memperingatkan orangtua agar lebih berhati-hati terhadap produk-produk pembersih tangan dengan kemasan yang berbentuk kantung.

"Ini adalah harapan saya untuk memperingatkan orang lain terhadap kemasan yang menyesatkan ini. Akhirnya, saya ingin mereka benar-benar ditarik dari rak," kata Nikki dalam unggahannya di Facebook dikutip dari Mirror.

Selain itu, pada kemasan hand sanitizer tersebut, peringatan "Jangan Dimakan" juga tertera sangat kecil.

Pihak produsen hand sanitizer pun juga telah menarik produk pembersih tangan dalam kemasan kantung dari toko.

"Karena keselamatan adalah prioritas nomor satu kami, kami telah mengganti kemasan pembersih tangan ini dengan pembersih tangan dalam botol untuk menghilangkan kesalahpahaman atau kekhawatiran," kata pihak produsen.

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Jacinda Ardern Diprediksi Bakal Dominasi Pemilu Selandia Baru

Posted: 27 Sep 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Wellington - Sebuah jajak pendapat telah menyatakan bahwa Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern siap untuk mempertahankan kekuasaan pada pemilihan bulan depan.

Melansir Arab News, Senin (28/9/2020), optimisme tersebut tetap terjadi meskipun dikatakan wabah COVID-19 baru-baru ini telah sedikit mengurangi dukungannya.

Sebuah jajak pendapat penelitian Newshub-Reid yang dirilis pada hari Minggu menunjukkan dukungan untuk Partai Buruh Ardern menjadi 50,1 persen, meskipun ini turun dari rekor 60,9 persen yang tercatat awal tahun ini ketika Selandia Baru secara luas dipuji sebagai pemimpin dunia dalam memerangi COVID-19.

Dukungan untuk oposisi utama Partai Nasional berada di 29,6 persen, naik 4,5 poin persentase.

Jika temuan jajak pendapat terwujud, Ardern akan memerintah tanpa bergantung pada mitra koalisi mana pun.

Pemimpin Termuda

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. (Liputan6/AP)
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. (Liputan6/AP)

Ardern menjadi pemimpin termuda negara itu dalam lebih dari 150 tahun sejak tahun 2017.

Ia berkuasa sejak Partai Pertama Selandia Baru yang merupakan raja nasionalis setuju untuk membentuk pemerintahan dengan Partai Buruhnya, mengakhiri dekade kekuasaan Partai Nasional.

Ardern, yang kini baru berusia 40 tahun juga memiliki daya tarik global yang besar karena tanggapannya terhadap serangan yang terjadi tahun lalu oleh seorang supremasi kulit putih di dua masjid, letusan gunung berapi yang fatal, dan keberhasilannya dengan wabah COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 27 September 2020

Posted: 27 Sep 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 43 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 27 September 2020.

Dengan demikian, total kasus positif COVID-19 mencapai 14.090 orang di Surabaya, Jawa Timur. Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 70 orang di Surabaya. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 12.450 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Senin (28/9/2020).

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah dua orang di Surabaya menjadi 1.049 orang.  Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 591.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 27 September 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.055 orang

Sembuh: 1.824 orang

Meninggal: 145 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.620 orang

Sembuh: 1.402 orang

Meninggal: 159 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.276 orang

Sembuh: 2.042 orang

Meninggal: 180 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.407 orang

Sembuh: 3.917 orang

Meninggal: 285 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.732 orang

Sembuh: 3.265 orang

Meninggal: 280 orang

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 27 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 350 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 285 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 242 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 234 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 208 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 201 orang

7.Kelurahan Morokrembangan: 198 orang

8.Kelurahan Putat Jaya: 194 orang

9. Kelurahan Sidotopo Wetan: 191 orang

10.Kelurahan Sememi: 185 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Transparansi Informasi Saluran Partisipasi Rakyat

Posted: 27 Sep 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan, keterbukaan informasi di seluruh badan publik merupakan hal penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

Dia meminta, seluruh badan publik menunjukkan transparansi dan akuntabilitasnya melalui ha tersebut.

"Keterbukaan informasi dan membuka saluran partisipasi bagi masyarakat untuk memberikan suaranya, terutama memasuki adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Corona Virus Disease-2019 (Covid-19)," kata Ma'ruf pada Peringatan Hari Hak untuk Tahu Sedunia yang disiarkan melalui daring, Senin (28/09/2020).

Ma'ruf menilai, pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional sangat ditentukan keberhasilannya oleh komitmen kuat dan kerja sama seluruh pemerintahan dan masyarakat.

Dia merinci ada empat strategi untuk menjawab tantangan tersebut. Pertama, dengan melakukan penguatan komitmen badan publik untuk menyediakan informasi yang akurat, transparan, dan akuntabel dalam setiap program kegiatan yang dilaksanakan.

Kedua, penguatan peran pemerintah daerah dalam memastikan hak menerima informasi bagi masyarakatnya dapat terpenuhi dengan baik. Ketiga, melalui penguatan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada setiap badan publik. 

"Penguatan dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi digital serta media baru dan dengan melakukan edukasi literasi digital kepada masyarakat," jelas dia.

 

Regulasi Pemenuhan Hak

Keempat, melakukan akselerasi peningkatan pengetahuan mengenai keterbukaan informasi publik melalui inovasi. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Saya berharap adanya terobosan baru dan berbagai inovasi strategis untuk mengakselerasi peningkatan pengetahuan mengenai keterbukaan informasi publik agar masyarakat semakin meningkat partisipasi aktifnya dalam pembangunan di bidangnya masing-masing," Ma'ruf menandasi.

Sebagai informasi, Hari Hak untuk Tahu Sedunia diperingati setiap tangal 28 September, khususnya oleh negara-negara yang telah menerapkan prinsip transparansi, Right to Inform Act (Undang-Undang Hak Informasi) ataupun Freedom of Information Law (Hukum tentang Kebebasan Informasi).

Indonesia secara spesifik memiliki regulasi untuk mengatur pemenuhan hak masyarakat atas informasi publik. Regulasi tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah, Bak Kakak Adik

Posted: 27 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Irish Bella dan Asmirandah tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dua wanita cantik ini kerap wara-wiri di layar kaca televisi Indonesia. Pasalnya, keduanya kerap membintangi sinetron Tanah Air. Sejumlah judul sinetron pun sudah ia perankan. 

Pernah bermain dalam sinetron yang sama yaitu Cinta Suci, membuat Irish Bella dan Asmirandah mengenal satu sama lain. Kedekatan dua seleb berdarah blasteran ini memiliki hubungan pertemanan yang cukup erat melebihi dari rekan kerja. Keduanya bahkan terlihat bak kakak-adik.

Terbaru, kedekatan Andah terlihat saat ia menjenguk putra pertama Irish Bella. "Kemarin akhirnya bisa ketemu Baby @airrumiakbar1453" ujar Asmirandah di laman Instagram pada Senin (28/9/2020). 

Tak mau melewatkan momen bahagia tersebut, dua wanita cantik ini mengabadikan potret kebersamaan mereka. Tak hanya Ibel dan Andah saja yang klop, namun juga Ammar dan Jonas Rivanno.  Dari Ibel dan Ammar masih pacaran hingga menikah, kedua pasangan selebriti ini sering nongkrong alias double date bersama.

Kedua selebriti cantik ini tak pernah melewatkan momen penting sang sahabat. Penasaran seperti apa potret kedekatan Asmirandah dan Irish Bella? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret kedekatan Irish Bella dan Asmirandah, Senin (28/9/2020). 

1. Ikut merasakan kebahagiaan kelahiran putra pertama Irish Bella, Asmirandah menjenguk baby Air.

Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89
Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89

2. Tak sendiri, Asmirandah juga mengajak suami Jonas Rivanno. Tak hanya sang istri saja yang akrab, Jonas dan Ammar juga dekat.

Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89
Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89

3. Asmirandah dan Irish Bella dekat sejak bermain dalam sinetron yang sama, Cinta Suci.

Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89
Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89

4. Meski sinetron sudah tamat, namun kedekatan dua bintang sinetron ini tetap terjalin baik.

Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89
Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89

5. Terpaut usia 6 tahun, kedekatan dua bintang sinetron berwajah blasteran ini bak kakak adik ya.

Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89
Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89

6. Asmirandah atau Irish Bella selalu hadir di momen istimewa sang sahabat. Momen Andah saat hadir di pernikahan Irish.

Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89
Kedekatan Irish Bella dan Asmirandah (Sumber: Instagram/asmirandah89

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SP Pertamina MOR IV Gandeng Mahasiwa Beri Akses Internet untuk Pendidikan

Posted: 27 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Semarang berkolaborasi dengan Serikat Pekerja Persada IV Pertamina MOR IV dalam acara Peresmian Kampung Smart dengan tema Energy Rakyat Kalahkan Corona.

Virus corona menyebabkan para pelajar harus belajar dirumah dan menggunakan online. Hal tersebut Meningkatkan kebutuhan akan akses internet sebagai sarana pendidikan dalam pembelajaran jarak jauh sangat tinggi.

Para pelajar banyak mengalami kesulitan karna tidak mampu membeli paket internet dan edukasi penggunaan perangkat gadget untuk membantu pendidikan, maka dari situ pada Sabtu pekan lalu meluncurkan program Kampung Smart yang bertujuan sebagai lokasi pemasangan wifi gratis dan juga tempat edukasi energi secara online dalam mewujudkan kedaulatan energi bangsa.

Peresmian ini DEM Semarang menggandeng SP Persada IV-Pertamina MOR IV Ketua umum SP Persada IV, Datuk Fachrul Razy, sebagai mitra strategis sekaligus memberikan pemaparan terkait kedaulatan energi khususnya migas.

Sekaligus mengundang Walikota Semarang Hendrar Priadi yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pertanian Semarang Hernowo serta Ketua Umum Kadin Kota Semarang Arnaz Agung guna memberikan motivasi kepada warga.

Meresmikan kampung smart Tambak Mulyo RT 04 RW 14, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara. Kampung smart ialah program pemberdayaan masyarakat, guna membantu pelajar di suatu kampung dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara optimal.

Menurut PBB mengeluarkan hasil surveinya bahwa 10 jt pelajar indonesia terancam putus sekolah karna tidak memiliki akses internet yang baik. Fakta dilapanganpun mengatakan demikian bahwasanya para pelajar membutuhkan akses internet murah dan berkualitas.

"Ucapan terima kasih kepada Pertamina, Persada IV dan DEM Semarang yang telah menciptakan program ini semoga program ini benar-benar dapat bermanfaat bagi warga," ungkap Hernowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Manfaat Wifi Gratis

Peresmian Kampung Smart dengan tema Energy Rakyat Kalahkan Corona.
Peresmian Kampung Smart dengan tema Energy Rakyat Kalahkan Corona.

Sementara itu, Presiden DEM Semarang Abdurrohman Hizbulloh mengatakan agenda ini sebagai wujud bahu membahu sebagai warga negara.

"Kami meyakini bahwa dengan adanya wifi gratis ini dapat membuka pintu wawasan dan edukasi semakin luas, semoga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), Arie Gumilar sangat mengapresiasi inisiatif yang dilaksanakan oleh Dewan Energi Mahasiswa (DEM) bersama SP Persada IV-Pertamina MOR IV sebagai langkah percepatan infrastuktur IT yang ada di desa.

Hal tersebut sejalan dengan instruksi yang diberikan oleh Presiden FSPPB kepada seluruh Serikat Pekerja Anggota FSPPB agar dapat tetap fokus mendistribusikan BBM ke seluruh wilayah NKRI dan juga melakukan pendampingan bagi Masyarakat terdampak Covid 19 yang berada di wilayah kerja Serikat Pekerja anggota FSPPB. Pelajar dan mahasiswa adalah aset dan masa depan bangsa Indonesia, sehingga diharapkan semakin banyak pelajar yang dapat terhubung dengan masyarakat global melalui internet.

Lebih jauh lagi, tidak hanya untuk Mahasiswa dan Pelajar, tetapi juga diharapkan internet dan teknologi informasi dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas sehingga mampu memberikan manfaat yang positive untuk kedepan serta mendorong kemajuan di berbagai sektor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komentar Suarez Usai Cetak Gol Bersama Atletico Madrid

Posted: 27 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Debut Luiz Suarez bersama Atletico Madrid berjalan gemilang. Pemain yang baru pindah dari Barcelona itu mencetak dua gol saat Atltico Madrid mengalahkan Granada dengan skor telak 6-1 di Wanda Metropolitano, Minggu (28/9/2020).

Dalam laga ini, Luis Suarez tidak tampil sejak menit pertama. Pemain asal Uruguay itu baru masuk pada menit ke-71 saat Atletico sudah memimpin 3-0 atas tim tamu.

Semenit berada di lapangan, Suarez berhasil mencetak assist atas gol yang dicetak oleh Llorente.

Pada menit ke-85, giliran Suarez yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan Llorente, Suarez berhasil menjebol gawang lawan dan membawa Atletico memimpin 5-0 sekaligus membuka keran gol bersama tim barunya.

Jorge Molina sempat memperkecil ketertinggalan tim tamu pada menit ke-87. Namun Suarez kembali memperlebar jarak pada masa injury time sekaligus menutup kemenangan 6-1 Atletico.

 

Butuh Perubahan

Ekspresi  striker Atletico Madrid, Luis Suarez, setelah menjebol gawang Granada pada pertandingan Liga Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (28/9/2020). (Twitter/Atletico Madrid)
Ekspresi striker Atletico Madrid, Luis Suarez, setelah menjebol gawang Granada pada pertandingan Liga Spanyol di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (28/9/2020). (Twitter/Atletico Madrid)

"Bagi pemain, perubahan itu terkadang penting," kata Suarez usai pertandingan seperti dilansir Marca.

"Saya datang ke klub yang memberikan saya sambutan yang luar biasa dan itu bisa terlihat di lapangan. Saya sangat senang dengan debutku dan semakin bahagia karena kami meraih tiga poin pada pembukaan liga kami," kata Suarez.

Suarez awalnya tidak berencana pindah ke Atletico. Sejak didepak dari skuat utama Barcelona oleh Ronald Koeman, Suarez justru berniat pindah ke Juventus. Namun rencana ini batal dan Suarez kini tengah diselidiki atas tindakan curang saat menjalani ujian untuk mendapatkan paspor Italia.

"Setiap kali Anda membuat debut dan membantu tim dengan gol-gol, Anda akan senang. Namun kita tidak bisa gegabah karena musim masih panjang. Kita lihat saja."

 

Tinggalkan Barcelona

Luis Suarez resmi menjadi pemani Atletico Madrid. (foto: Instagram @atleticodemadrid)
Luis Suarez resmi menjadi pemani Atletico Madrid. (foto: Instagram @atleticodemadrid)

Setelah 8 tahun mengabdi, Suarez meninggalkan Barcelona pada Jumat lalu. Dia menandatangan kontrak berdurasi 2 tahun bersama Atletico Madrid. 

Dia menjalani tes medis di Klinik Universtitas Navarra sebelum kemudian diboyong ke Wanda Metropolitano untuk menandatangani kontrak. Sore harinya, Suarez diajak melihat fasilitas Atletico dan bertemu dengan teman-temannya saat latihan.

 

Tidak Disambut Simeone

Jose Maria Gimenez, rekan senegaranya, tidak bisa memperkenalkan Luis Suarez kepada anggota tim Atletico dan staf. Gimenez tengah memulihkan diri setelah positif Covid-19.

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone juga tidak bisa menyambut bergabungnya Luis Suarez. Sebab, juru taktik asal Argentina itu masih menjalani isolasi mandiri Covid-19.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Uwais Al Qarni Jadi Inspirasi Lagu Terbaru Teddy Snada

Posted: 27 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teddy Snada memiliki cerita menarik dibalik terciptanya lagu terbaru berjudul "Uwais Al Qarni". Lagu tersebut merupakan single solo terbarunya setelah beberapa waktu lalu sukses merilis lagu berjudul "Sudut Sorga".

Menurut Teddy Snada, lagu terbarunya mengisahkan tentang sosok Uwais Al Qarni yang melegenda berkat baktinya terhadap orangtua. Dalam sejarah Islam, Uwais Al Qarni diceritakan sebagai pemuda yang sangat mencintai dan menyayangi ibunya.

"Ia merupakan pemuda saleh yang berbakti pada ibunya. Ibunya merupakan seorang wanita tua yang lumpuh," kata Teddy Snada membuka perbincangan saat ditemui di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Ia melanjutkan, hampir semua keinginan ibunda dipenuhi Uwais Al Qarni. Tetapi, ada satu permintaan lainnya yang dianggap Uwais Al Qarni belum bisa diwujudkannya. Yakni, membawa sang ibu berhaji ke Mekkah.

 

 

 

 

Miskin dan Sakit

Teddy Snada (ist)
Teddy Snada (ist)

Uwais Al Qarni, kata Teddy Snada, bukanlah pemuda yang berasal dari keluarga kaya. Hidupnya susah karena berada dalam garis kemiskinan. Tapi masalah Uwais Al Qarni bukan cuma itu.

"Dia juga memiliki penyakit sopak atau terdapat belang-belang pada tubuhnya," Teddy Snada menjelaskan.

 

 

 

Gendong Lembu

Teddy bersama grup nasyid Snada (https://www.instagram.com/p/B9tRIPPnTaq/)
Teddy bersama grup nasyid Snada (https://www.instagram.com/p/B9tRIPPnTaq/)

Bagi Teddy Snada, kisah Uwais Al Qarni amat membekas di hati dan ingatannya. Terutama saat ia mengingat cerita perjuangan Uwais Al Qarni yang berlatih menggendong lembu demi membopong ibunda pergi berhaji ke Baitulah.

"Karena mereka berasal dari keluarga yang miskin dan tak memiliki kendaraan, dengan berbekal lembu yang ia beli dan ia rawat, ia menggendong lembu tersebut naik turun bukit berhari-hari. Hal ini ia lakukan untuk melatih dirinya agar dapat menemani Ibunya pergi haji," dia mengisahkan.

 

 

 

Ridho Ibunda

Teddy Snada (https://www.instagram.com/p/CCgF4T7MEEp/)
Teddy Snada (https://www.instagram.com/p/CCgF4T7MEEp/)

Uwais Al Qarni, Teddy Snada kembali menceritakan, memutuskan untuk membopong ibunya dari Yaman menuju Mekkah untuk beribadah haji. Ibunya bercucuran air mata terharu melihat Baitullah dan kesalehan anaknya.

"Di Mekkahlah penyakit Uwais disembuhkan, belang-belangnya hilang dan hanya tersisa dibagian telapak tangan, sebagai tanda yang diminta Nabi Muhammad SAW pada Allah SWT, agar sahabat Nabi mengenali Uwais Al Qarni," dia melanjutkan.

 

Permintaan Produser

Awal mula terciptanya lagu Uwais Al Qarni merupakan permintaan eksekutif produser Konten Jempolan Indonesia, Donald Akbar. "Beliau memiliki latarbelakang yang sangat privasi terhadap kisah Uwais Al Qarni. Maka dari itu, saya coba mencari informasi dan mempelajari cukup detail tentang perjalanan Uwais Al Qarni, hingga terciptalah lagu Uwais Al Qarni," Teddy Snada mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semakin Kompak, Ini 6 Momen Rizky Billar dan Lesty Kejora Pemotretan Bareng

Posted: 27 Sep 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semakin hari Rizky Billar dan Lesty Kejora semakin menunjukkan kekompakan mereka. Selain terlibat dalam tempat kerja yang sama yakni di acara Liga Dangdut Indonesia atau LIDA sebagai juri dan host, keduanya memang kerap membagikan momen kebersamaan mereka.

Aktor kelahiran 1995 ini juga kerap berkolaborasi dengan juara ajang D'Academy Musim pertama di channel YouTube. Bahkan beberapa waktu lalu, Billar memberikan kejutan kepada pedangdut cantik ini satu unit apartemen.

Memiliki banyak penggemar, keduanya kini bahkan teribat pemotretan berama. Tentunya momen ini membuat pendukung keduanya bahagia. Berbagai konsep an tema pun dijajal oleh Billar dan Lesty Kejora.

Semakin akrab dan kompak banget, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 momen Rizky Billar dan Lesty Kejora pemotretan bareng, Senin (28/9/2020).

1. Buat penggemarnya bahagia, Billar dan Lesty akhirnya dapat project pemotretan bareng.

Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@leslarku)
Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@leslarku)

2. Keduanya tampil kompak menggunakan outfit serba denim dengan kaos putih.

Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)
Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)

3. Keduanya diketahui dipasangkan sebagai model salah satu brand pakaian kekinian.

Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)
Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)

4. Sudah kenal dan akrab cukup lama, tak heran jika keduanya sukses membangun kemistri dalam pemotretan tersebut.

Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)
Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)

5. Billar dan pedangdut berusia 21 tahun ini juga tunjukkan kekompakan dengan busana berwarna putih.

Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)
Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@esty_billar)

6. Meski hanya sebagai model busana, banyak penggemar yang mengaku senang dan memuji keduanya.

Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@leslarku)
Rizky Billar daan Lesty Kejora akhirnya photoshoot bareng. (Sumber: Instagram/@leslarku)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Khasiat Legenda Sarang Burung Walet

Posted: 27 Sep 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sarang burung walet sangat berbeda dengan sarang-sarang burung lainnya. Apabila burung lain membuat sarang dari bahan-bahan yang ditemukan seperti ranting, rumput dan dedaunan, maka hal tersebut tidak berlaku pada burung walet. Sarang burung walet justru terbuat dari air liurnya yang mengeras.

Menariknya, sarang burung walet ini ternyata mengandung banyak khasiat penting bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan, salah satunya adalah Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami. Hal tersebut mendorong banyak orang untuk secara rutin mengonsumsi sarang burung walet yang telah diolah menjadi minuman maupun sup.

Ingin tahu khasiat sarang burung walet yang cocok dikonsumsi semua usia dari anak-anak, remaja, hingga mereka yang lanjut usia. Berikut ini khasiat legenda dari sarang burung walet dikutip dari berbagai sumber.

1. Mendukung Masa Pertumbuhan Anak-Anak

Sarang burung walet baik untuk masa pertumbuhan anak-anak. Mengkonsumsi sarang burung walet secara teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun perlawanan terhadap flu, pilek, dan penyakit yang lebih serius karena kandungan gizi yang tinggi. Untuk anak-anak dengan jadwal sekolah yang padat, sarang burung walet juga dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat memori serta merangsang pertumbuhan otak.

2. Baik untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Otak pada Janin

Selain dapat dikonsumsi oleh anak-anak, sarang burung walet juga bisa dikonsumsi untuk ibu hamil. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh NCBI, khasiat asam sialat yang terdapat pada sarang walet bermanfaat bagi perkembangan otak pada janin ketika di kandungan. Sarang burung walet juga mengandung asam folat yang berguna untuk perkembangan janin dalam kandungan serta dapat mencegah anemia. Selain itu, ada juga kandungan asam amino yang dapat mengurangi kelelahan dan kecemasan pada ibu hamil.

3. Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Sarang Burung Walet. Foto: sarangburungwalet123
Sarang Burung Walet. Foto: sarangburungwalet123

Sarang burung walet mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan mineral itu diantaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Mangan memiliki peran penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Sementara tembaga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian serta seng dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam usus. 

Manfaat sarang burung walet disebut-sebut juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan sarang burung walet memiliki efek serupa obat penurun kolesterol, seperti simvastatin. Sarang burung walet dapat membantu menurunkan risiko pengentalan darah atau hiperkoagulasi sebagai akibat kolesterol tinggi. Sebab, hiperkoagulasi inilah yang menjadi penyebab umum terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular. 

Selain sumber mineral, tinggi antioksidan dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sarang burung walet juga memiliki manfaat untuk mencegah resistensi insulin dan meredakan peradangan.

4. Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan

Selain terkenal manfaat sarang burung walet untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. 

a. Membantu Proses Peremajaan Kulit

Epidermal Growth factor (EGF) yang terkandung dalam sarang walet dapat merangsang produksi kolagen dalam jumlah tinggi. 

b. Memudarkan Flek dan Kerutan di Wajah

Kandungan sarang burung walet memiliki senyawa yang bisa mengurangi produksi melanin pada kulit serta meningkatkan kadar air di dalam tubuh. Efeknya, kulit akan menjadi lebih lembab dan warna kulit pun akan tampak lebih merata sehingga wajah Realfoodfam akan terbebas dari flek hitam dan kerutan halus.

c. Mengatasi Kulit Kusam

Kandungan enzim dan hormon yang terdapat pada sarang walet berguna untuk memaksimalkan proses regenerasi sel. Selain itu, kandungan lainnya yang ada pada sarang burung walet berupa sialic acid yang dapat melindungi kulit agar terhidrasi dengan baik. Hidrasi kulit yang baik dapat mencegah kerutan yang baik untuk proses peremajaan kulit.

5. Manfaat Sarang Burung Walet untuk Pria

Ilustrasi sarang burung walet. (Foto:Tấn Hùng Lê from Pixabay)
Ilustrasi sarang burung walet. (Foto:Tấn Hùng Lê from Pixabay)

Selain bermanfaat untuk anak-anak, wanita, hingga ibu hamil, sarang burung walet juga berkhasiat untuk pria, seperti:

a. Meningkatkan Gairah Seks

Sarang burung walet dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan libido (gairah seksual kepada lawan jenis), karena kandungan dalam sarang walet berkhasiat untuk merangsang pembentukan hormon testosteron dan estradiol.

b. Membuat Otot Kuat dan Kekar

Hormon testosteron yang terkandung dapat membentuk otot, sehingga cocok dikonsumsi oleh para pria yang ingin punya bentuk tubuh yang atletis.

Setelah mengetahui berbagai manfaat sarang burung walet, kamu jadi punya alasan kuat untuk rutin mengonsumsi olahan sarang burung walet. Salah satu produsen minuman sarang burung walet ternama di Indonesia menghadirkan Bird's Nest Concentrate yang terdiri atas lima varian yakni Stay Fit, Forever Young, Pure Wellness, Royal Wellness, dan Wonder Mom. Masing-masing varian memiliki manfaat yang berbeda-beda.

  • Stay Fit untuk mereka yang menjadikan kesehatan menjadi prioritas utama. Varian ini membantu menjaga sistem imunitas untuk memaksimalkan kegiatan sehari-hari dengan cara mudah.
  • Forever Young merupakan perpaduan sarang burung walet dengan kolagen yang berguna untuk membantu menjaga keelastisan, kekenyalan, dan kelembapan kulit.
  • Pure Wellnes bermanfaat mencegah dan mengurangi diabetes melutus tipe dua dengan cara mencegah resistensi insulin dan bebas gula.
  • Royal Wellness hadir untuk memberikan nutrisi lengkap untuk segala usia. Glikoprotein dan Asam Sialat dalam 99 persen sarang burung walet dapat membantu menyokong sistem imun, mempercepat proses regenerasi sel, menjaga metabolisme tubuh, dan menjaga sistem pencernaan.
  • Wonder Mom bermanfaat bagi kesehatan ibu dan anak. Varian ini ada tambahan asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi dan penting untuk pertumbuhan sel plasenta.

Minuman sarang burung walet dikemas secara steril kedap udara di dalam botol kaca sehingga membuatnya awet secara alami, tanpa menggunakan tambahan bahan pengawet berbahaya. Botol kaca merupakan kemasan terbaik karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat menyerap ke makanan dan minuman sehingga sekaligus dapat menjaga cita rasanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Transfer Kerap Menuai Kritikan, MU Bakal Depak Ed Woodward?

Posted: 27 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchster United (MU) disarankan untuk mengganti Ed Woodward untuk menyelesaikan masalah transfer. Wakil ketua eksekutif MU ini, sekarang bertugas membuat keputusan transfer serta pemecatan dan penunjukan manajer.

Tapi, Woodward banyak dikritik karena strategi transfernya dalam beberapa musim terakhir. MU baru mendapatkan satu rekrutan musim panas ini, sementara melihat rival mereka semakin kuat.

Menurut legenda Arsenal Ian Wright, untuk menggantikan posisinya, MU didesak untuk mendatangkan mantan direktur teknik Chelsea Michael Emenalo sebagai direktur sepak bola mereka.

Dan, Wright percaya perubahan diperlukan dalam hierarki MU agar Setan Merah bisa bersaing memperebutkan gelar juara lagi.

Emenalo akan menjadi kandidat ideal untuk mengambil alih tanggung jawab Woodward di MU.

Sukses

Selebrasi Bruno Fernandes usai mencetak gol penentu kemenangan MU atas Brighton (AP)
Selebrasi Bruno Fernandes usai mencetak gol penentu kemenangan MU atas Brighton (AP)

Sebelumnya, Emenalo meraih karier tersukses dalam sejarah Chelsea, pertama sebagai asisten pelatih dan kemudian sebagai direktur teknik antara 2007 dan 2017.

Mantan pemain internasional Nigeria itu berhasil merekrut orang-orang seperti Thibaut Courtois, Eden Hazard dan Cesc Fabregas.

Sistem Akademi

Bek Chelsea Thiago Silva tertunduk lesu saat WBA mencetak gol di lanjutan Liga Inggris (AP)
Bek Chelsea Thiago Silva tertunduk lesu saat WBA mencetak gol di lanjutan Liga Inggris (AP)

"Bagi saya, dan sangat jelas bagi saya, Anda memiliki seseorang seperti Michael Emenalo yang berada di Chelsea," kata Wright di Kelly & Wrighty Show.

"Dia memenangkan tiga Liga Premier di bawah tiga manajer berbeda, dia memenangkan Liga Champions, dia membantu mengawasi sistem peminjaman dan sistem akademi di Chelsea.

Selesaikan Pekerjaan

"Kami berbicara tentang direktur sepak bola yang tahu persis apa yang dia lakukan.

"Kami berbicara tentang di bawah [Roman] Abramovich dengan tiga manajer berbeda dan dia masih berhasil, karena dia seorang pemain sepak bola, untuk menyelesaikan pekerjaan.

"Apa yang terjadi dengan Chelsea adalah ketika kami mengatakan 'manajer lain datang', tapi mereka masih memenangkan trofi.

Dibutuhkan MU

"Ini adalah masalahnya karena dia menempatkan budaya dan [template] di mana mereka bisa memasukkan pemain itu, membawa manajer itu, dan mereka bisa maju dan melakukannya.

"Itulah yang dibutuhkan Man United dan itu yang tidak mereka dapatkan dan itu adalah gajah di dalam ruangan."

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Komentar Netflix Soal Serial TV Adaptasi Buku Liu Cixin

Posted: 27 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Netflix memberikan tanggapan Netflix soal rencana perusahaan mengadaptasi trilogi buku fiksi ilmiah Tiongkok karya Liu Cixin.

Berita tentang tanggapan perusahaan terhadap kekhawatiran para senator Amerika Serikat (AS) itu, bikin penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (27/9/2020).

Selain itu, pembaca juga penasaran dengan kasus pembobolan rekening Jenius, dan adopsi iOS 14 meningkat karena fitur kustomisasi.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Netflix Komentari Pernyataan Penulis Tiongkok soal Muslim Uighur

Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video. Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay
Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video. Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay
 

Netflix menanggapi kekhawatiran para senator Amerika Serikat (AS) atas rencana perusahaan mengadaptasi trilogi buku fiksi ilmiah Tiongkok karya Liu Cixin.

Perusahaan menegaskan tidak setuju dengan pandangan Liu mengenai perlakuan pemerintah Tiongkok terhadap muslim Uighur.

Dilansir dari Reuters, Minggu (27/9/2020), lima senator AS pada pekan ini mendesak Netflix untuk mempertimbangkan kembali rencana mengadaptasi buku tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Kasus Pembobolan Rekening Jenius Manfaatkan Layanan Pop Call

Seorang nasabah Jenius yang merupakan layanan perbankan dari PT Bank BTPN Tbk, beberapa hari lalu menjadi korban pembobolan rekening digital. Penipu dilaporkan menyalahgunakan fitur Pop Call Telkomsel.

Korban ditelepon oleh penipu yang mengaku sebagai petugas dari bank dengan menyalahgunakan fitur Pop Call.

Pelaku berhasil memberikan kesan seakan nomornya memang dari bank bersangkutan.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. iOS 14 Dorong Pemasangan Aplikasi Kustomisasi Home Screen secara Signifikan

Apple iOS 14 baru dirlis 16 September lalu dan pembaruan sistem operasi tersebut telah mulai mengubah cara pengguna berinteraksi dengan Home Screen di perangkat mereka.

Perusahaan riset pasar aplikasi seluler Sensor Tower memperkirakan secara global 20 aplikasi kustomisasi Home Screen teratas yang diluncurkan hingga saat ini secara kolektif telah mencapai setidaknya 13,7 juta pemasangan.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Beroperasi, PLTMG Ambon Peaker Gunakan Bahan Bakar B30

Posted: 27 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengoperasikan PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) Ambon Peaker berkapasitas 30 MW yang terletak di Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

PLTMG Ambon Peaker menopang hampir 50 persen beban kelistrikan yang ada di sistem kelistrikan Ambon. Adapun, saat ini sistem kelistrikan Ambon sendiri memiliki Daya Mampu sebesar 99,34 MW dengan Beban Puncak mencapai 53,1 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 46,24 MW.

"Pembangunan PLTMG Ambon Peaker juga sebagai langkah strategis PLN dalam memenuhi pertumbuhan demand kelistrikan di Pulau Ambon yang terus meningkat dengan rata-rata 9 persen setiap tahunnya", ujar Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan resminya, Senin (28/9/2020).

Adapun, investasi pembangunan PLTMG Ambon Peaker ini sebesar Rp 234 miliar. Dalam pengoperasiannya, PLTMG Ambon Peaker telah menggunakan bahan bakar B30 sesuai dengan arahan dari pemerintah. Dengn begitu, maka bahan bakar yang digunakan pada PLTMG Ambon Peaker sudah menggunakan energi yang ramah lingkungan.

"Tentunya pemanfaatan B30 juga menurunkan emisi dan memberikan peningkatan performa daya mesin dengan daya serap FAME yang tinggi," tambah Darmawan.

PLN juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah membantu kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan ini, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Diharapkan, beroperasinya PLTMG ini bisa meningkatkan ekonomi daerah.

"Semoga dengan beroperasinya PLTMG Ambon Peaker ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan geliat investasi di Ambon," tutup Darmawan.

Proyek PLTMG Bangkanai Tahap 2 Ditargetkan Rampung September 2020

Proyek PLTMG Bangkanai. (Dok PTPP)
Proyek PLTMG Bangkanai. (Dok PTPP)

PT PP (Persero) Tbk tengah menyelesaikan pembangunan proyek PLTMG Bangkanai Tahap 2 sebesar 140 MW. Proyek yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) ini berlokasi di Desa Karendan, Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Karendan merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Barito Utara. Perjalanan menuju Karendan tidak mudah dimana harus menempuh waktu sekitar 10-12 jam dari Banjarmasin–Muara Teweh dan 3-4 jam perjalanan dari Muara Teweh–Karendan.

Dalam melaksanakan proses pembangunan, material bangunan dan konstruksi juga harus didatangkan melalui perjalanan laut dari Jakarta, Surabaya dan Banjarmasin kemudian menempuh perjalanan darat ke Desa Karendan.

"Dalam pembangunan proyek PLTMG ini, Perseroan (PTPP) berperan sebagai kontraktor yang akan bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek dimana bekerjasama dengan partner konsorsium Wartsila Finland Oy dan Wartsila Indonesia. Perseroan optimistis dapat menyelesaikan proyek tersebut pada bulan September tahun ini," kata Direktur Utama PTPP Novel Arsyad dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

"Dengan keberhasilan Perseroan sebagai kontraktor EPC yang telah memiliki berbagai pengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek minyak dan gas, Perseroan optimis dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang maksimal dan tepat waktu", ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Festival Makanan Drive-thru di Kanada

Posted: 27 Sep 2020 09:30 PM PDT

Para koki berpose bersama iga bakar olahan mereka dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Pengunjung festival makanan yang digelar dalam format drive-thru itu dapat memesan makanan dari penjual di lokasi dan membawanya pulang. (Xinhua/Zou Zheng)
Para koki berpose bersama iga bakar olahan mereka dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Pengunjung festival makanan yang digelar dalam format drive-thru itu dapat memesan makanan dari penjual di lokasi dan membawanya pulang. (Xinhua/Zou Zheng)

Para koki berpose bersama iga bakar olahan mereka dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Pengunjung festival makanan yang digelar dalam format drive-thru itu dapat memesan makanan dari penjual di lokasi dan membawanya pulang. (Xinhua/Zou Zheng)

Para staf mendatangi mobil pengunjung dan mencatat pesanan dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Akibat pandemi COVID-19, festival makanan itu hanya digelar dalam format drive-thru tahun ini mulai Sabtu (26/9) - Minggu (27/9). (Xinhua/Zou Zheng)
Para staf mendatangi mobil pengunjung dan mencatat pesanan dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Akibat pandemi COVID-19, festival makanan itu hanya digelar dalam format drive-thru tahun ini mulai Sabtu (26/9) - Minggu (27/9). (Xinhua/Zou Zheng)

Para staf mendatangi mobil pengunjung dan mencatat pesanan dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Akibat pandemi COVID-19, festival makanan itu hanya digelar dalam format drive-thru tahun ini mulai Sabtu (26/9) - Minggu (27/9). (Xinhua/Zou Zheng)

Koki menambahkan saus barbeku pada iga yang sudah dimasak dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, 27 September 2020. Pengunjung festival makanan yang digelar dalam format drive-thru itu dapat memesan makanan dari penjual di lokasi dan membawanya pulang. (Xinhua/Zou Zheng)
Koki menambahkan saus barbeku pada iga yang sudah dimasak dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, 27 September 2020. Pengunjung festival makanan yang digelar dalam format drive-thru itu dapat memesan makanan dari penjual di lokasi dan membawanya pulang. (Xinhua/Zou Zheng)

Koki menambahkan saus barbeku pada iga yang sudah dimasak dalam acara drive-thru Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, 27 September 2020. Pengunjung festival makanan yang digelar dalam format drive-thru itu dapat memesan makanan dari penjual di lokasi dan membawanya pulang. (Xinhua/Zou Zheng)

Seorang koki memasak iga dalam acara lantatur (drive-thru) Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Akibat pandemi COVID-19, festival makanan itu hanya digelar dalam format drive-thru tahun ini mulai Sabtu (26/9) - Minggu (27/9). (Xinhua/Zou Zheng)
Seorang koki memasak iga dalam acara lantatur (drive-thru) Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Akibat pandemi COVID-19, festival makanan itu hanya digelar dalam format drive-thru tahun ini mulai Sabtu (26/9) - Minggu (27/9). (Xinhua/Zou Zheng)

Seorang koki memasak iga dalam acara lantatur (drive-thru) Scarborough Ribfest 2020 di Toronto, Kanada, pada 27 September 2020. Akibat pandemi COVID-19, festival makanan itu hanya digelar dalam format drive-thru tahun ini mulai Sabtu (26/9) - Minggu (27/9). (Xinhua/Zou Zheng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Razia Protokol Kesehatan, Petugas Temukan Cafe Tersembunyi

Posted: 27 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah cafe tersembunyi tempat berkumpulnya remaja tanpa protokol kesehatan ditemukan petugas gabungan saat melakukan razia protokol kesehatan di di Jakarta Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nadya Mustika Rahayu Dibilang Hamil Duluan, Rizki 2R Diminta Cek Hari Pertama Haid Terakhir

Posted: 27 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah tangga Rizki 2R dan Nadya Mustika Rahayu dikabarkan memanas lagi. Pemicunya status Instagram Stories orang yang diduga sahabat dekat Nadya Mustika Rahayu, belum lama ini.

Isinya, cerita Pangeran KW yang menikah dengan seorang putri. Belum lama menikah sang putri hamil lalu dibawa ke dokter kandungan. Pangeran KW ini diduga Rizki 2R.

Cerita yang konon menggambarkan kondisi rumah tangga Rizki 2R ini terangkum dalam kolase status teks warna-warni yang diunggah akun @elly_melinda. Seketika status teks ini bikin gempar jagat maya.

Pangeran dan Putri

Unggahan Lambe Turah. (Foto: Instagram @lambe_turah)
Unggahan Lambe Turah. (Foto: Instagram @lambe_turah)

"Saat sang dokter menjelaskan mengenai usia kandungan sang putri, sang pangeran KW terheran-heran karena ternyata usia kandungan sang putri melebihi usia pernikahan mereka. *ahaaaa….????*" cuit @elly_melinda.

"Kemudian sang pangeran KW yang gundah gulana seperti mendapat bisikan syaitoonirojim yang semakin terus meyakinkan dan mendoktrin otak pangeran KW bahwa itu memang bukan anaknya," ia menyambung.

Diserbu Warganet

Rizki 2R. (Foto: Instagram @da2_rizki123)
Rizki 2R. (Foto: Instagram @da2_rizki123)

Status teks ini mejeng di etalase akun gosip Instagram terverifikasi pada Minggu (27/9/2020). Dalam hitungan jam, lebih dari 98 ribu orang menyukai. Tak kurang dari 3 ribu orang berkomentar.

Unggahan terakhir Rizki 2R diserbu warganet. Mengintip akun Instagram terverifikasinya, kali terakhir Rizki 2R mengunggah sebuah momen dengan lokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Hari Pertama Haid Terakhir

Rizki 2R. (Foto: Instagram @da2_rizki123)
Rizki 2R. (Foto: Instagram @da2_rizki123)

"Trio wek wek," cuit Rizki 2R sambil menyenggol akun @aryaningrat09. Seribuan komentar menggenangi kolom. Seorang warganet dengan akun @melatazkya memberinya saran.

"Halo rizki tolong kamu google tentang HPHT ya alias hari pertama haid terakhir," ia menyarankan. "Jadi kesel baca berita kalo istrimu hamil duluan, ya emang diitungnya dari awal haid bukan dari awal kamu menikah. Duuuh tolong," imbuhnya. 

Ditunggu Ajalah

Rizki D'Academy. (Foto: Instagram @da2_rizki123)
Rizki D'Academy. (Foto: Instagram @da2_rizki123)

Rizki 2R membaca komentar ini. Penyanyi kelahiran Medan, 3 Februari 1997 ini akhirnya buka suara. Rizki 2R bukan tak menyadari bola panas tengah menggelinding menuju rumah tangganya.

"Iyaa syiap Kak, makasih ya masukannya. Ditunggu ajalah Kak," tulis Rizki 2R lalu menyematkan emotikon wajah tertawa. Hingga artikel ini ditulis, Rizki 2R belum memberikan pernyataan lebih rinci.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media AS Sebut Donald Trump Tak Bayar Pajak Penghasilan Selama 10 Tahun

Posted: 27 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, New York - The New York Times melaporkan pada Minggu, 27 September 2020 bahwa Presiden Amerika Serikat tidak pernah membayar pajak penghasilan selama 10 tahun dalam 15 tahun belakangan.

Media Amerika Serikat itu menyebut bahwa Donald Trump hanya membayar pajak penghasilan federal sebesar US$ 750 atau setara Rp 11,2 juta di tahun 2016, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (28/9/2020).

Donald Trump menolak laporan itu dan menyatakan bahwa "berita itu benar-benar palsu".

"Pertama-tama, saya membayar banyak dan saya juga membayar banyak pajak pendapatan negara bagian. Semuanya akan terungkap," kata Trump sambil mengabaikan berita New York Times yang mengutip data pengembalian pajak yang mencapai lebih dari 20 tahun.

Presiden AS tidak diwajibkan oleh hukum untuk merilis rincian keuangan pribadi mereka, tetapi setiap presiden AS sejak Richard Nixon melakukannya.

Trump dianggap telah melanggar tradisi kepresidenan dengan menolak merilis data rincian keuanggannya dan memicu spekulasi tentang apa yang mungkin telah ia sembunyikan.

Donald Trump juga mengindikasikan bahwa ia lebih suka meminimalkan tagihan pajak, dengan mengatakan dalam debat presiden 2016. Dan ucapan itu ia anggap sebagai langkah "pintar".

Pengembalian pajaknya, pokok pembicaraan utama dalam pemilu 2016, telah hadir secara konstan selama masa kepresidenannya dan menjelang pemilu 3 November, ketika Trump mencari masa jabatan kedua.

The New York Times mengatakan data pajak yang telah dilihatnya "memberikan peta jalan pengungkapan, dari penghapusan biaya pengacara pembela kriminal dan sebuah rumah besar yang digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga hingga penghitungan penuh jutaan dolar yang diterima presiden dari kontes Miss Universe 2013 di Moskow".

Catatan itu "mengungkapkan kehampaan, tetapi juga keajaiban, di balik citra miliarder buatan sendiri," tulis media itu.

Alan Garten, seorang pengacara untuk Trump Organization, mengatakan kepada surat kabar itu sebagai tanggapan bahwa "selama dekade terakhir, Presiden Donald Trump telah membayar puluhan juta dolar pajak pribadi kepada pemerintah federal, termasuk membayar jutaan dolar dalam bentuk pajak pribadi sejak mengumumkan pencalonannya di 2015 ".

 

Proses Audit

Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)
Presiden AS Donald Trump (AP PHOTO)

The New York Times melaporkan bahwa Trump mampu meminimalkan tagihan pajaknya dengan melaporkan kerugian besar di seluruh kerajaan bisnisnya.

Dikatakan dia mengklaim kerugian US $47,4 juta pada 2018, meskipun mengatakan dia memiliki pendapatan setidaknya US$ 434,9 juta dalam pengungkapan keuangan tahun itu.

Itu menekankan bahwa dokumen tersebut hanya mengungkapkan apa yang dikatakan Trump kepada pemerintah tentang bisnisnya, dan tidak mengungkapkan kekayaan aslinya.

The New York Times mengatakan telah memperoleh data pengembalian pajak yang mencakup lebih dari dua dekade untuk Trump dan perusahaan dalam organisasi bisnisnya. Tidak ada informasi tentang pengembalian pribadinya dari 2018 atau 2019.

Media itu juga melaporkan bahwa Trump saat ini terlibat dalam audit Internal Revenue Service selama satu dekade atas pengembalian pajak sebesar US$ 72,9 juta yang dia klaim setelah menyatakan kerugian besar.

Jika IRS melarang untuk melakukan audit, dia harus membayar lebih dari US$ 100 juta, menurut surat kabar itu.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Perencanaan soal Vaksin COVID-19 Selesai Dalam 2 Minggu

Posted: 27 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar rencana pemberian vaksin COVID-19 dibuat secara rinci dan sedini mungkin.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi dalam Rapat Terbatas Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional pada Senin (28/9/2020).

"Saya minta dalam dua minggu ini sudah ada perencanaan yang detil, kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, siapa yang divaksin pertama, semuanya harus terencana dengan baik," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran di saluran Youtube Sekretariat Presiden.

"Saya minta untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin itu direncanakan secara detil, seawal mungkin," kata Jokowi

Jokowi mengatakan, hal tersebut harus dilakukan agar apabila vaksin COVID-19 sudah tersedia, maka pelaksanaan atau implementasi di lapangan bisa segera dilakukan.

Persentase Kasus COVID-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020).  Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020). Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengungkapkan bahwa hingga kemarin, rata-rata kasus COVID-19 aktif di Indonesia mencapai 22,46 persen.

"Ini sedikit lebih rendah dari rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 23,13 persen," kata Jokowi. "Saya kira ini baik untuk terus diperbaiki lagi."

Selain itu, ia juga meminta agar rata-rata kematian akibat COVID-19 di Indonesia bisa ditekan, meski dibandingkan bulan lalu (4,33 persen), persentasenya menurun menjadi 3,77 persen.

"Kalau kita bandingkan dengan rata-rata kematian dunia, kita masih sedikit lebih tinggi karena rata-rata kematian dunia mencapai 3,01 persen. Ini menjadi tugas kita bersama untuk menekan lagi," katanya.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa rata-rata kesembuhan di Indonesia mencapai 73,76 persen. "Ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kesembuhan dunia di angka 73,85."

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Pangandaran

Posted: 27 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi menggetarkan wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Senin (28/9/2020) pukul 10:49:00 WIB.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,2. 

Titik gempa berpusat di pantai selatan tepatnya 69,5 km barat daya Kabupaten Pangandaran dengan koordinat 8.27 LS 108.23 BT.

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 Km ini tidak berpotensi tsunami. Dilaporkan, getaran gempa dirasakan di wilayah Pangandaran dengan skala II MMI.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait dampak yang ditimbulkan dari gempa bumi tersebut.

Antisipasi Gempa Bumi

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)
Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa Bumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa Bumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Minta Pengelola GBK Tinjau Ulang Kerja Sama 13 Aset dengan Mitra

Posted: 27 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pengelola Komplek Gelora Bung Karno (GBK) meninjau ulang kerja sama terkait 13 objek aset atau mitra kerja sama dalam pemanfaatan aset milik GBK. Dengan demikian, kerja sama yang terjalin dapat memberikan manfaat negara, terutama terkait pemasukan keuangan negara.

"Kontrak yang sedang berjalan harus tetap dihormati terlepas dari prosesnya dahulu. Prinsipnya penyesuaian kontrak harus dilakukan secara persuasif dan win-win," kata Koordinator Wilayah KPK Asep Rahmat Suwandha dalam keterangannya, Senin (28/9/2020).

Permintaan tersebut disampaikan Asep kepada pengelola GBK dalam rapat yang digelar secara daring pada Jumat, 25 September 2020. Dalam rapat tersebut turut dihadiri perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg).

Dalam rapat Asep mengatakan, akan segera mengundang para mitra terkait untuk mendapatkan masukan dari sisi mitra untuk memperjelas duduk persoalan. Hal tersebut, menurutnya, dilakukan KPK sebagai upaya fasilitasi, mediasi dan percepatan optimalisasi aset GBK.

Asep mengingatkan perlunya identifikasi target quick win untuk dapat dicapai dalam waktu dekat. Dengan demikian, diharapkan pada akhir Desember 2020 sudah ada titik terang terkait optimalisasi aset atau minimal komitmen para pihak untuk menyelesaikan tunggakan.

"Renaksi (rencana aksi) yang telah dipaparkan oleh pengelola GBK hari ini dibuat dalam kondisi capaian ideal. Karenanya, perlu juga dipikirkan beberapa alternatif renaksi," kata Asep.

Selain itu, Asep meminta pengelola GBK menganalisis dengan mempertimbangkan kebijakan relaksasi yang diambil oleh pemerintah dalam kondisi saat ini. Sehingga, solusi atau kerja sama yang terbangun ke depan menguntungkan kedua belah pihak dengan berpegang pada prinsip-prinsip yang tertuang dalam perjanjian maupun regulasi.

"Relaksasi bukan berarti mengurangi atau menghapus kewajiban. Para pihak tetap harus memenuhi kewajiban sesuai perjanjian dan peraturan yang ada," ucap Asep.

Sementara, Direktur Utama GBK Winarto menyampaikan daftar 13 objek aset serta mitra kerja sama dan permasalahan terkaitnya yang merupakan temuan dari BPK.

Pihaknya telah menyusun rencana aksi dengan melakukan pemetaan terhadap ke-13 objek aset yang saat ini dimanfaatkan atau dimiliki oleh pengusaha, lembaga pemerintah, hingga masyarakat, baik yang didasarkan atas perjanjian kerja sama maupun tidak.

"Selain pemanfaatan dan/atau penguasaan aset oleh pihak ketiga, kewajiban lainnya adalah terkait kontribusi aset komersil yang perlu ditinjau ulang," kata Winarto dalam rapat.

Winarto mencontohkan, salah satu mitra tercatat memiliki piutang sampai dengan 31 Agustus 2020 sebesar USD 101.062 untuk kewajiban atas bisnis utamanya dan sebesar Rp 2,5 miliar kewajiban bagi hasil atas pengelolaan bisnis sampingan.

 

Tidak Ada Kemajuan

Selain itu diketahui, terdapat bisnis baru tanpa adanya bagi hasil. Intinya, menurut Winarto, perjanjian yang ada saat ini tidak sesuai dengan PMK 136 tahun 2016 atau PMK 129 Tahun 2020.

"Tidak ada kontribusi variabel, sanksi keterlambatan pembayaran, tanggal pembayaran, terminasi, dan keadaan kahar," kata Winarto.

Winarto berharap hasil akhir pendampingan oleh KPK dapat menyesuaikan kerja sama dengan mitra-mitra tersebut berdasarkan peraturan, dengan bagi hasil yang lebih baik.

Sementara itu, Sekretaris Kemensetneg Setya Utama menyampaikan upaya penyelesaian aset ini sudah dimulai sejak tahun 2016 karena ada desakan dari Komisi II DPR dan menindaklanjuti rekomendasi temuan BPK. Bahkan, menurutnya, panitia kerjanya sudah mengundang mitra bisnis dari GBK menanyakan kontribusi dan lain-lain.

"Namun, dalam pelaksanaannya sulit bahkan tidak ada kemajuan ketika kita bicara angka-angka. Semoga kerja sama dengan KPK dapat membuat para mitra bisnis berkontribusi lebih baik," kata Setya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-75, KAI Ingin Wujukan Transportasi Aman, Nyaman dan Sehat

Posted: 27 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta APi Indonesia (Persero) atau KAI meresmikan logo baru di usianya yang ke 75 Tahun. Dalam peringatan ulang tahun ini, KAI juga menyalukan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 1,75 miliar.

"Pada peringatan hari ulang tahun KAI ke-75 ini dalam rangka menjawab tantangan yang ada dan selaras dengan visi dan misi Kereta Api Indonesia yang baru. Maka kami akan lakukan launching the new logo. Semoga dengan logo baru ini memberikan spirit baru bagi Kereta Api Indonesia," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam acara Puncak Perayaan HUT ke-75 KAI secara virtual, Senin (28/9/2020).

Logo baru ini diharapkan bisa membawa seluruh insan KAI untuk mewujudkan visi KAI menjadi solusi ekosistem transportasi untuk Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai utama perusahaan yang baru yaitu akhlak amanah, kompeten, harmonis loyal, adaptif dan kolaboratif.

Dalam suasana perayaan ini, KAI juga menyerahkan CSR bernilai Rp 1,075 miliar kepada para penyandang disabilitas di seluruh wilayah operasi KAI. Didiek menjabarkan makna Rp 1,075 miliar, yakni angka 1 miliar untuk Indonesia, dan angka 75 juta dimaknai sebagai usia PT KAI.

Bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasarana seperti kursi roda, dan alat bantu dengar, serta untuk mendukung kelompok usaha para disabilitas. Selain itu, KAI juga memberikan bantuan motor roda tiga dan mobil operasional.

 

Transportasi Aman

Penerapan prtokol kesehatan di dalam Kereta Api (dok: KAI)
Penerapan prtokol kesehatan di dalam Kereta Api (dok: KAI)

Selain itu, diharapkan KAI dapat melayani masyarakat yang berkembang dari waktu ke waktu, dan memberikan solusi perjalanan bagi segenap lapisan masyarakat dengan berkolaborasi bersama para stakeholder yang terkait, untuk menciptakan layanan transportasi yang aman, nyaman, selamat dan sehat sampai tujuan.

"Pada acara peringatan hari ulang tahun kereta api ke-75 ini kita akan bersama-sama menyaksikan beberapa Inovasi dan kontribusi kereta api Indonesia untuk masyarakat dan bangsa Indonesia. Melalui program corporate social responsibility (CSR) yang di antaranya nanti akan kita saksikan melalui penyerahan CSR program," ujarnya.

Lanjutnya, PT KAI akan terus meningkatkan layanan diantaranya dengan program rail point KAI Acces yang telah di launching pada tanggal 25 September 2020.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh pihak, Mitra dan seluruh insan kereta api, kepada para pendahulu, para Perintis kereta api Indonesia yang telah memberikan dedikasinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB Minta Protokol Kesehatan Tetap Diperhatikan di Tengah Ancaman Bencana Alam

Posted: 27 Sep 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNPB Doni Monardo meminta Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) memonitor dan mengkoordinasi pusdalops di daerah, baik provinsi dan kabupaten serta kota. Hal ini dilakukan, sebagai langkah antisipasi dari peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

"BMKG memprakirakan cuaca pada 28 September 2020 dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang di beberapa wilayah," tulis Doni dalam siaran persnya, Senin (28/9/2020).

Sesuai catatan, lanjut Doni, wilayah yang perlu kewaspadaan adalah Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung dan Jawa Barat.

"Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut dan berlokasi dekat dengan sungai-sungai baik di bagian hulu hingga hilir serta wilayah berpotensi banjir untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," minta Doni.

Selain itu, lanjut Doni, pemukiman yang berdekatan dengan tebing atau di wilayah perbukitan untuk memantau kondisi lingkungan sekitar.

"Langkah pencegahan dini dibutuhkan untuk mengantipasi dampak longsor yang dapat dipicu oleh curah hujan tinggi mapun struktur tanah yang labil," jelas dia.

 

Tetap Perhatikan Protokol

Doni menambahkan, dalam ancaman bencana alam akibat cuaca ekstrem, masyarakat tetap diminta memperhatikan protokol Kesehatan apabila harus melakukan evakuasi.

"Tingkatkan kewaspadaan potensi bahaya hidrometeorologi ini, jaga protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih terjadi berbagai wilayah,":Doni menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Laporkan 15 Kasus Baru COVID-19, 1 Berasal Dari Indonesia

Posted: 27 Sep 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Singapura juga melaporkan adanya penambahan kasus baru COVID-19 pada Minggu, 27 September 2020.

Total kasus COVID-19 di Singapura menjadi 57.700 setelah adanya laporan 15 kasus baru COVID-19 pada Minggu siang.

Dikutip dari situs Channel News Asia, 14 di antaranya tidak menunjukkan gejala dan terdeteksi dari skrining dan pengawasan proaktif, kata Kementerian Kesehatan Singapura.

Selanjutnya, lima dari 15 kasus baru COVID-19 di Singapura adalah impor. Dua di antaranya berasal dari penduduk tetap Singapura yang baru saja melakukan perjalanan ke India pada 15 sampai 25 September.

Salah satunya adalah wanita berusia 52, yang tercatat sebagai kasus 57840. Wanita itu juga menjadi satu-satunya kasus COVID-19 dengan gejala.

 

Kasus COVID-19 di Singapura Diketahui Baru Tiba Dari Indonesia

Tiga kasus impor lainnya adalah pemegang izin bekerja di Singapura yang tiba dari Indonesia dan Filipina.

Kementerian Kesehatan Singapura menekankan bahwa penambahan kasus baru COVID-19 terhitung stabil dengan rata-rata kurang dari satu kasus per hari dalam dua minggu terakhir.

Sedangkan untuk penularan yang berasal dari komunitas, juga kurang dari satu kasus per hari dalam dua minggu terakhir.

Dan, ini adalah hari kelima dalam minggu ini, Singapura melaporkan nol kasus COVID-19 yang berasal dari komunitas.

Infografis COVID-19

Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CorelDRAW adalah Software Desain yang Mudah Digunakan, Ketahui Kelebihannya

Posted: 27 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta CorelDRAW adalah software yang banyak digunakan untuk mendesain beragam jenis grafis. Secara sederhana, CorelDRAW adalah pengolah gambar. Software ini kerap digunakan untuk mendesain poster, infografis, foto, dan beragam jenis visual lainnya.

CorelDRAW adalah pengolah grafis yang sebenarnya menggunakan basis vektor. CorelDRAW adalah software yang dinilai mudah digunakan untuk pemula sekalipun. CorelDRAW memiliki fitur praktis yang mudah dipahami. CorelDRAW adalah software yang banyak digunakan untuk belajar desain.

CorelDRAW adalah rangkaian grafis yang kuat, menyediakan banyak fitur bagi pengguna untuk mengedit grafis. Fitur-fitur dalam CorelDRAW adalah termasuk penyesuaian kontras, penyeimbangan warna, menambahkan efek khusus seperti batas ke gambar, dan mampu bekerja dengan banyak layer dan banyak halaman.

Berikut ulasan mengenai CorelDRAW dan kelebihannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020).

Mengenal CorelDRAW

Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)
Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)

CorelDRAW adalah program perangkat lunak untuk mengedit grafik vektor. Grafik vektor dibuat dalam paket grafik dan terdiri dari objek. Setiap objek dapat diedit secara terpisah, artinya bentuk, warna, ukuran, dan posisinya dapat diubah.

CorelDRAW dikembangan oleh perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada. CorelDRAW memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti menambahkan efek khusus seperti bingkai ke gambar, selain memungkinkan penyesuaian kontras, penyeimbangan warna, dan lainnya.

Pengguna modern rangkaian program CorelDRAW dapat memilih dari beberapa versi termasuk satu yang dirancang untuk pengguna rumahan dan pelajar, satu untuk desainer grafis profesional, dan satu lagi ditujukan untuk ilustrasi teknis.

CorelDRAW adalah software yang tersedia untuk diunduh di situs web CorelDRAW. Pengguna dapat mencoba perangkat lunak dengan versi uji coba gratis dan dapat membeli langganan tahunan, atau dengan sekali bayar.

Sejarah CorelDRAW

Sejarah CorelDRAW (Sumber: CorelDRAW).
Sejarah CorelDRAW (Sumber: CorelDRAW).

Corel Corporation didirikan oleh Michael Cowpland. Beliau lahir pada 23 April 1943 di Bexhill, Inggris. Michael Cowpland lulus Bachelor of Engineering di Universitas Imperial, London sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke Kanada lalu meraih gelas master Ph.D. dari Carleton University, Kanada.

Sebelum Michael Cowpland mendirikan Corel, dirinya bersama Terry Mathews pernah mendirikan sebuah perusahaan telekomunikasi bernama Mitel Corporation yang sempat sukses besar sekitar tahun 70-an sampai awal 80-an. Sayang, perusahaan tersebut terpaksa berakhir karena masalah pada manajemen, ekspansi, serta pengembangan perusahaan yang gagal.

Lalu, tepat pada tahun 1984 perusahaan tersebut dibeli oleh British Telecom, dan dengan kucuran dana segar, Cowpland mencoba peruntungan kembali dengan mendirikan COwpland REsearch Laboratory atau yang lebih dikenal dengan singkatan Corel. Pada masa-masa awal, Corel hanya fokus pada pengembangan printer laser yang ditujukan untuk komputer pribadi.

Seiring berjalannya waktu, Corel mulai mengalami kesulitan untuk menembus pasar karena harus bersaing dengan produsen printer lainnya, belum lagi adanya beberapa produsen ptinter di Asia yang berani memasarkan produknya dengan harga murah dibandingkan produk dari Corel.

Dengan segala keadaan yang kurang menguntungkan tersebut, akhirnya Corel merubah arah dengan memproduksi perangkat lunak yang dapat mendukung proses kerja, kaitannya dengan dekstop publishing.

Sekitar tahun 1987 Corel memutuskan untuk melakukan rekrutemen para programmer antara lain adalah Pat Beirne dan Michel Bouillon, yang ditugaskan untuk menyusun perangkat lunak CorelDRAW. Selama dua tahun lamanya, pada tahun 1989 CorelDRAW akhirnya diperkenalkan ke publik dan meledak di pasaran. Hingga saat ini CorelDRAW adalah produk yang banyak digunakan dan dicintai para desainer grafis.

Kelebihan CorelDRAW

Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels
Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels

CorelDRAW adalah salah satu andalan software para desain grafis. Software ini sangat mudah digunakan dan bisa dipelajari dengan cepat. Berikut kelebihan CorelDRAW:

Mudah untuk digunakan

CorelDRAW memberi kemudahan bagi para penggunanya saat dioperasikan. Salah satunya dengan fitur help dan bantuan online. Tampilan dari CorelDRAW juga sangat memanjakan mata dan membuat segala fiturnya mudah dipelajari.

Format file untuk import dan export cukup lengkap

CorelDRAW bisa menggunakan banyak format untuk keperluan import maupun export data. Bahkan CorelDRAW menyediakan format AI. Hal ini memungkinkan pengguna CorelDRAW membuka filenya di Adobe Illustrator. Adobe Illustrator adalah salah satu rivalnya. Namun sayang, hal tersebut tidak berlaku sebaliknya, dari Adobe Illustrator ke CoreDRAW.

Banyak tools yang bisa digunakan

Tools yang disediakan pada CorelDRAW sangat beragam dan memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa tools yang ada di CorelDRAW adalah selection, editing, dan juga pemberian efek. Itulah mengapa pengguna CorelDRAW akan dimudahkan untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Para pengguna CorelDRAW juga bisa menggunakan berbagai tollbox tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus ragu dengan kualitasnya.

Kekurangan CorelDRAW

Ilustrasi laptop | Pixabay
Ilustrasi laptop | Pixabay

Meski punya banyak kelebihan, CoreDRAW juga punya sejumlah kekurangan. Berikut kekurangan dari CoreDRAW:

Ukuran file besar

Salah satu kekurangan dari CorelDRAW adalah ukuran file yang besar. Hal ini menuntut para penggunaan harus memiliki PC yang spesifikasinya mumpuni serta kapasitas RAM yang tinggi. Sebab ukuran file mentah yang dihasilkan cukup besar. Terutama jika desain yang dibuat cukup kompleks.

Sulit membuat tabel

Hal ini dikarenakan CorelDRAW menggunakan basis vektor, sehingga membuat tabel di CorelDRAW relatif sulit dan membutuhkan beberapa klik agar hasil tabel sesuai keinginan.

Color Space perlu dikoreksi sebelum digunakan

Kemudian salah satu kekurangan yang cukup dirasakan pada CorelDRAW adalah akurasi warna dari palet yang disediakan. Sebab tak jarang, warna yang digunakan justru tidak sesuai dengan hasil cetakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Tak Ada Istri Yang Sempurna, Senin 28 September 2020

Posted: 27 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah Nyata Spesial adalah FTV Indosiar favorit pemirsa.

Setiap siang FTV Kisah Nyata Spesial menyajikan drama mmeikat penuh hikmah.

Jangan lewatkan episode FTV Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Pengobatan Pasien Covid-19 di RS Harus Mengacu Standar Kemenkes

Posted: 27 Sep 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit akan mengacu pada standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penerapan standar Kemenkes ini berlaku baik bagi pasien yang berada di ICU, ruang isolasi, maupun wisma karantina.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Senin (28/9/2020).

"Saya tadi malam dapat laporan dari Wakil Ketua Komite dan Menkes, bahwa standar untuk pengobatan semuanya sudah diperintahkan untuk mengacu pada standar yang diberikan oleh Kemenkes," ujar Jokowi melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebut bahwa saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia masih tinggi dibandingkan rata-rata dunia, meski mengalami penurunan. Adapun rata-rata kematian pasien Covid-19 di tanah air 3,77 persen, sementara dunia 3,01 persen.

"Ini menjadi tugas kita bersama untuk menekan lagi agar rata-rata kematian di negara kita bisa terus menurun," ucap Jokowi.

 

Angka Kesembuhan

Dia juga menyinggung angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia yang saat ini 73,36 persen. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan rata-rata dunia yakni, 73,85 persen.

Untuk itu, Jokowi berharap agar penyeragaman standar pengobatan Covid-19 di seluruh rumah sakit dapat menekan angka kematian. Selain itu, dia ingin penyeragaman ini dapat memperbanyak jumlah pasien yang sembuh dari corona.

"Kita harapkan angka kematian turun angka kesembuhan lebih baik lagi," ucap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Tertekan, Kian Dekati 15.000 per Dolar AS

Posted: 27 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan awal pekan ini. Rupiah tertekan mendekati 15.000 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Senin (28/9/2020), rupiah dibuka di angka 14.875 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.872 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah tertekan ke 14.904 per dolar AS.

Sejak pagi hingga pukul 10.10 WIB, rupiah bergerak di kisaran 14.875 per dolar AS hingga 14.905 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 7,49 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.959 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.951 per dolar AS.

Meski dibuka melemh, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin masih berpeluang menguat seiring positifnya data ekonomi China.

"Sentimen positif terlihat dalam pergerakan aset berisiko di pasar Asia pagi ini dengan indeks saham Asia mengalami penguatan dan nilai tukar regional juga menguat terhadap dolar AS," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Senin (28/9/2020).

Sentimen positif didorong oleh data dari China yang dirilis pada Minggu (27/9/2020). Data profit industri China mengalami pertumbuhan 19,1 persen pada Agustus.

Industri China tercatat selalu mengalami pertumbuhan profit sejak Mei setelah pandemi berakhir di Negeri Tirai Bambu, yang menunjukkan pemulihan ekonomi di negara tersebut.

"Hari ini, rupiah bisa ikut terdorong menguat mengikuti sentimen positif ini," ujar Ariston.

Di sisi lain, lanjutnya, pasar masih mewaspadai perkembangan pandemi yang masih terus meningkat, yang bisa mendorong pemerintah untuk menerapkan lockdown kembali sehingga bisa memperlambat pemulihan ekonomi dan menekan kembali aset berisiko.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp14.750 per dolar AS hingga Rp14.850 per dolar AS.

Pada Jumat (25/9/2020), rupiah ditutup menguat 17 poin atau 0,12 persen menjadi Rp14.873 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.890 per dolar AS.

 

Sri Mulyani Prediksi Rupiah di Kisaran 15.300 per Dolar AS pada 2021

Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menghitung mata uang Rupiah di Jakarta, Kamis (16/7/2020). Bank Indonesia mencatat nilai tukar Rupiah tetap terkendali sesuai dengan fundamental. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan terus menunjukkan penguatan. Ia pun memperkirakan rupiah bakal berada di kisaran 14.500 per dolar AS hingga 15.500 per dolar AS di 2020 dan terus menguat ke 14.900 per dolar AS hingga 15.300 per dolar AS di 2021.

Sri Mulyani menjelaskan, sejak awal tahun hingga hari ini nilai tukar rupiah sudah terdepresiasi 8,9 persen. Namun dalam catatan dia, gerak nilai tukar pada minggu kedua April ini masih lebih kuat jika dibandingkan dengan posisi Maret lalu.

"Tentu karena kita semua tahu bahwa kondisi ini masih sangat tidak pasti maka kisaran proyeksi akan terlihat akan sangat bervariasi dari institusi ke institusi untuk nilai tukar rupiah kami perkirakan untuk 2021 ada di kisaran 14.900 per dolar AS hingga 15.300 per dolar AS," kata Sri dalam Rapat kerja Komisi XI DPR membahas Asumsi Dasar dalam KEM PPKF RAPBN 2021, Senin (22/6/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dari negara-negara lain, maka nilai tukar rupiah akan cenderung menguat. Hal tersebut terjadi karena pemulihan ekonomi yang baik akan menarik arus modal masuk.

Namun, ia juga tak memungkiri bahwa pemulihan ekonomi negara maju khususnya Amerika Serikat akan menentukan likuiditas dolar AS di pasar global.

"Kondisi saat ini rupiah jauh lebih kondusif dibandingkan Februari-Maret 2020 ketika terjadi volatilitas yang sangat tinggi. Proyeksi nilai tukar dalam dokumen KEM PPKF perlu disesuaikan," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Indonesia Minta Vanuatu Setop Urusi Papua di Sidang PBB

Posted: 27 Sep 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PM Vanuatu menyampaikan pidato di sidang umum majelis PBB, dalam pidatonya turut disinggung dugaan pelnggaran HAM di Papua Barat. Indonesia langsung menyampaikan sanggahan terhadap pidato tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Membuat Jus Hijau, Minuman Sehat dengan Berbagai Manfaat

Posted: 27 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi minuman sehat memang tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu hal yang penting. Sebab, minuman sehat seperti jus hijau memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di dalamnya terkandung serat, vitamin, serta mineral lain yang sangat diperlukan tubuh. Bahkan konsumsi jus hijau juga lekat hubungannya dengan proses detoks tubuh.

Detoks sangat diperlukan, agar racun berbahaya di dalam tubuh dapat hilang. Racun tersebut berasal dari pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat sehari-hari. Apabila racun menumpuk, maka berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat merusak sel-sel serta organ tubuh seperti hati.

Selain untuk detoks, konsumsi jus hijau juga bermanfaat menurunkan berat badan. Hal ini karena jus hijau mengandung berbagai kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Selain itu, jus hijau akan memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang mungkin saja kurang selama diet penurunan berat badan.

Cara membuat jus hijau sebenarnya tidak sulit. Justru, cara membuat jus hijau cenderung mudah, karena hampir semua bahannya merupakan bahan alami yang bisa ditemukan bahkan di pasar tradisional sekalipun.

Nah, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara membuat jus hijau yang tentunya mudah dan rasanya segar, Senin (28/9/2020).

1. Cara Membuat Jus Hijau Sawi, Mentimun, dan Pir

ilustrasi jus sayur/Photo by Jose Soriano on Unsplash
ilustrasi jus sayur/Photo by Jose Soriano on Unsplash

Bahan:

- 5 tangkai sayur sawi

- 1 buah mentimun ukuran sedang

- 1 buah pir

- 5 biji kacang mede

- 3 sendok makan air perasan jeruk lemon

- 1 sendok makan madu

 

Cara membuat:

a. Langkah pertama degan memotong 5 tangkai sayur sawi hinga kecil-kecil, lalu cuci hingga bersih.

b. Selanjutnya potong-potong mentimun dan buah pir menjadi beberapa bagian, lalu sisihkan.

c. Setelah itu, masukkan potongan sayur sawi, mentimun, buah pir, berikut 5 biji kacang mete ke dalam blender, dan proses hingga seluruh bahan tercampur halus.

d. Setelah cukup halus, tuangkan 3 sendok makan air lemon serta madu, dan blender kembali hingga seluruh bahan benar-benar tercampur rata.

e. Tuang jus hijau ke dalam gelas.

f. Sajikan.

2. Cara Membuat Jus Hijau Bayam dan Pir

ilustrasi jus sayuran | pexels.com/@alexandermils
ilustrasi jus sayuran | pexels.com/@alexandermils

Bahan:

- 1 buah pir hijau

- 1 cangkir daun bayam yang sudah dicuci bersih

- 1/2 cangkir seledri cincang

- 100 ml air mineral

 

Cara membuat:

a. Potong buah pir.

b. Selanjutnya masukkan buah pir ke dalam blender.

c. Tuangkan juga bayam beserta seledri dan tuangkan air.

d. Jika seluruh bahan sudah siap di dalam blender, selanjutnya blender seluruh bahan tersebut hingga halus dan tercampur rata.

e. Tuang ke dalam gelas.

f. Sajikan.

3. Cara Membuat Jus Hijau Apel, Bayam, Nanas, dan Timun

Jus sayuran/dok. Unsplash Truong
Jus sayuran/dok. Unsplash Truong

Bahan:

- 1/2 apel hijau

- 2 iris buah nanas

- 4 helai bayam

- 1/2 buah mentimun

- 1 gelas air mineral

 

Cara membuat:

a. Cuci bersih seluruh buah dan sayur.

b. Potong-potong apel dan mentimun kecil-kecil untuk memudahkan proses blender.

c. Siapkan blender, kemudian masukkan semua bahan.

d. Blender seluruh bahan hingga halus.

e. Tuang ke dalam gelas.

f. Sajikan.

4. Cara Membuat Jus Hijau Brokoli, Selada, dan Wortel

Sebelum terlambat, cegah kanker jenis apa pun dengan 4 jus buah dan sayur ini. | via: nourishingmeals.com
Sebelum terlambat, cegah kanker jenis apa pun dengan 4 jus buah dan sayur ini. | via: nourishingmeals.com

Bahan:

- 1/2 buah wortel

- 3 helai daun selada

- 1 tangkai brokoli

- 2 tangkai seledri

- 1 gelas jus jeruk

 

Cara membuat:

a. Cuci bersih semua bahan hingga bersih.

b. Potong kecil wortel, daun selada, dan seledri.

c. Siapkan blender, masukkan seluruh bahan.

d. Blender seluruh bahan hingga lembut.

e. Tuang ke dalam gelas.

f. Sajikan.

5. Cara Membuat Jus Hijau Brokoli, Mentimun, dan Melon

ilustrasi jus buah dan sayuran untuk new normal/pixabay
ilustrasi jus buah dan sayuran untuk new normal/pixabay

Bahan:

- 200 gram melon hijau

- 150 gram brokoli

- 1 buah mentimun

- 300 ml air jeruk sunkist

- 2 sdm madu

- 100 gram es batu

 

Cara membuat:

a. Cuci bersih seluruh bahan.

b. Potong melon dan mentimun kecil-kecil.

c. Khusus untuk brokoli, siram dengan air mendidih dan gara agar bersih.

d. Siapkan blender, masukkan seluruh bahan.

e. Blender hingga seluruh bahan lembut.

f. Tuang ke dalam gelas.

g. Sajikan.

6. Cara Membuat Jus Hijau Pir, Mentimun, dan Parsley

Berencana untuk detoksifikasi akhir pekan ini. Coba deh minum jus sayur yang bisa detoksifikasi ini
Berencana untuk detoksifikasi akhir pekan ini. Coba deh minum jus sayur yang bisa detoksifikasi ini

Bahan:

- 1 buah mentimun

- 1 buah pir ukuran sedang

- 1/4 cup mint segar

- 1 cup parsley segar

- 2 cup baby spinach

 

Cara membuat:

a. Cuci terlebih dahulu seluruh bahan agar bersih.

b. Potong timun dan pir agar memudahkan ketika proses blender.

c. Siapkan blender dan masukkan seluruh bahan.

d. Blender hingga halus.

e. Tuang ke dalam gelas.

f. Sajikan.

Manfaat Jus Hijau

resep jus sayuran/unsplash
resep jus sayuran/unsplash

Agar kebutuhan serat tubuh sehari-hari terpenuhi, maka sangat penting untuk konsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Tapi, ketika konsumsi sayuran atau buah dalam jumlah cukup banyak ketika makan siang atau sarapan mungkin justru membuat cepat kenyang dan lelah mengunyah.

Itulah mengapa membuat jus hijau akan mempermudah dalam memenuhi kebutuhan serat sehari-hari. Ketika kebutuhan serat terpenuhi, maka buang air besar akan lebih lancar. Kemudian terpenuhinya kebutuhan serat juga menyeimbangkan bakteri baik dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan.

Adanya bakteri baik tersebut akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak akan mudah sakit. Selain itu, nutrisi dan gizi ke dalam tubuh akan terserap dengan lebih optimal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluk Beluk Toyota Gazoo Racing, Divisi Spesialis Mobil Kencang

Posted: 27 Sep 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) mendatangkan Toyota Supra yang disemati huruf GR. Kabarnya, Toyota Yaris versi GR pun bisa saja dibawa ke Indonesia.

Lantas, apa sebenarnya arti GR di mobil Toyota?

GR sebenarnya merupakan singkatan dari Gazoo Racing. Mereka adalah divisi motorsport Toyota yang bertugas untuk meningkatkan performa mobil dan turun di ajang balap, seperti World Rally Championship (WRC), Dakar Rally, dan 24 Hours of Le Mans.

Toyota beranggapan bahwa dunia balap mampu mengungkap potensi terbaik dari suatu kendaraan. Di sirkuit dan beradu cepat juga menjadi salah satu cara untuk menguji kendaraan mereka hingga batas tertingginya.

Divisi ini pun dihuni oleh para teknisi terbaik Toyota. Pengalaman dan data yang didapat dari arena balap kemudian diolah sebagai acuan untuk mengembangkan mobil baru. Ini sesuai dengan filosofi Toyota Gazoo Racing, yakni "Roads Build People and People Build Cars". 

Resmi 2015

Diresmikan pada 2015 lalu, Toyota Gazoo Racing tak hanya bertugas untuk membuat mobil balap. Mereka turut mengembangkan beberapa produk Toyota hingga menjadi line-up tersendiri, yakni GR.

Setidaknya ada 3 klasifikasi pada line-up GR. Pertama ialah Pure GR, seperti Toyota GR Supra, yang dirancang dan dikembangkan langsung oleh Toyota Gazoo Racing. Ini dilakukan untuk mencapai spesifikasi tertinggi serta menghadirkan pengalaman berkendara yang sporty.

 

GR Sport

Kedua jenis lainnya ialah GR Sport. Ada model yang dikembangkan tidak langsung dengan turun di ajang balap, tapi menggunakan pendekatan yang serupa. Para teknisi melakukan tuning untuk memberi sensasi berkendara layaknya sebuah mobil sport.

Terakhir ialah GR Sport yang lebih menyeluruh. Selain mengatur ulang mesin agar lebih kencang, Toyota Gazoo Racing juga melakukan beberapa ubahan di ekseterior dan interiornya. Jelas, mereka ingin memberikan performa ganas, tampilan gahar, serta feeling sporty bagi pengendaranya.

Sumber: Otosia.com

 

Infografis motor listrik

motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susi Pudjiastuti Beraksi di Tepi Laut Pangandaran dengan Outer Batik Karya Anne Avantie

Posted: 27 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama tak bersua, pertemuan Susi Pudjiastuti dan desainer Anne Avantie jadi momen yang istimewa. Kala itu pula, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014--2019 kembali tampil dalam karya sang desainer.

Lewat unggahan yang dibagikan Susi melalui akun Instagram pribadi, tampak potretnya dengan latar laut Pangandaran dan langit biru yang diselimuti awan putih. Pemilik maskapai penerbangan Susi Air ini tengah berpose dalam balutan outer batik rancangan Anne.

Outer batik dibuat cukup panjang dengan sentuhan asimetris pada bagian bawahnya. Beragam corak khas batik memenuhi outer dengan lengan 7/8 yang dibuat agak melebar. Di sisi itu, ada motif kotak-kotak berpadu warna putih, cokelat, dan cokelat tua.

Sementara, outer tersebut juga dilengkapi dengan tudung kepala. Outer itu dikenakan bersama rok flare warna hitam, masker batik, platform heels, kacamata hitam, serta rambut yang diikat.

"Menurut anda sebagai The Model of Pandemic, ini gaya saya di test photo kemarin .. besok real photo sessionnya. Honor yg pantas saya minta berapa ?? Bantu dong tentukan tarif," tulis Susi Pudjiastuti pada kolom keterangan potret yang diunggah pada Minggu, 27 September 2020.

Selain itu, momen kebersamaan dengan Susi Pudjiastuti juga diabadikan oleh Anne Avantie dalam sederet unggahan di akun Instagram pribadinya. Salah satu unggahan berbunyi ungkapan kebahagiaannya dapat kembali bertemu dengan Susi.

 

Kebahagiaan Anne Avantie

Susi Pudjiastuti mengenakan outer batik karya Anne Avantie. (dok. Instagram @anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/CFoM32uDFbG/)
Susi Pudjiastuti mengenakan outer batik karya Anne Avantie. (dok. Instagram @anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/CFoM32uDFbG/)

Anne Avantie mengunggah video boomerang yang menampilkan ia dan Susi Pudjiastuti tengah berada di tepi laut Pangandaran. Keduanya sama-sama mengenakan masker dan saling merentangkan tangan.

"Sejak Ibu Susi Pudjiastuti @susipudjiastuti115 memutuskan pulang ke Pangandaran, saya belum pernah lagi bertemu beliau," tulisnya.

Sang desainer menyebut, ada sesuatu yang hilang, di mana ia biasanya membuatkan Susi kebaya-kebaya dengan waktu yang singkat. Kini, momen itu hanya tinggal kenangan indah baginya.

"12 th melayani Ibu Susi .., membuat saya memahami hakekat hidup yg lebih dalam. Dan tadi, saya bersatu hati bersama dengan Ibu Susi Pudjiastuti ... di TPI Pangandaran. beliau bergaya di antara ombak yg indah banget .. rasanya seperti berjumpa panggung FASHION SHOW. Wow... seneng nyaa luar biasaa," tutup Anne Avantie.

Batik-batik Berbagai Negara
Batik-batik Berbagai Negara

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Longsor di Tarakan Bertambah Jadi 14 Orang

Posted: 27 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Tarakan - Korban tewas karena musibah tanah longsor di Tarakan pada Senin dini hari (28/9/2020) bertambah menjadi 14 orang.

"Ada empat lokasi musibah longsor yaitu di Juata Permai, Karang Anyar Pantai, Jalan Matahari dan Gunung Selatan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP - PMK) Tarakan, Hanip Manisan di Tarakan.

Jumlah yang tewas di Juata Permai sebanyak tujuh orang, Jalan Matahari sebanyak tiga orang, Gunung Selatan ada tiga orang dan Karang Anyar Pantai ada satu orang.

Sedangkan untuk korban luka-luka belum diketahui jumlah pastinya dan ada dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.

Hujan yang mulai mengguyur di Tarakan sejak Ahad malam sekitar pukul 23.00 sampai saat ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar di Foto Ini Mahfud MD Ingin Nikahi BCL

Posted: 27 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim Mahfud MD ingin menikahi Bungan Citra Lestari (BCL), sebab mengaku mirip dengan mendiang suami BCL, Ashraf Sinclair.

Klaim Mahfud MD ingin menikahi BCL diunggah akun Facebook Ryan Kzelo, pada 27 September 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Mahfud MD mengenakan baju biru disandingkan dengan foto BCL, kemudian di bawah foto keduanya diberikan tulisan sebagai berikut:

"Mengaku Mirip Ashraf Pria ini Ingin Nikai BCL"

Benarkah Mahfud MD ingin menikahi BCL? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Mahfud MD ingin menikahi BCL dengan menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Aksi Kocak Pria Mengaku Mirip Ashraf, Percaya Diri Ingin Nikahi BCL" yang dimuat situs insertlive.com, pada 8 Maret 2020.

Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim Mahfud MD ingin menikahi BCL. Namun terdapat perbedaan pada wajah lelaki, wajah tersebut bukanlan Mahfud MD.

Artikel situs insertlive.com menyebutkan, Media sosial dihebohkan dengan pengakuan seorang pria yang merasa mirip dengan mendiang Ashraf Sinclair. Belum genap 40 hari kepergian Ashraf, pria itu malah dengan percaya diri ingin meminang Bunga Citra Lestari.

Cerita itu awalnya tersebar di salah satu akun media sosial yang memperlihatkan seorang pria berselfie di depan kamera. Pria mengenakan kaos berwarna biru dan tampak tersenyum.

Dari foto itu, lalu disandingkan dengan foto BCL yang terlihat berpakaian serba putih usai pemakaman suaminya itu beberapa waktu lalu

Untuk memastikan kebenaran foto tersebut, penelusuran dilanjutkan dengan menjadikan foto Mahfud MD yang ada diklaim sebagai bahan penelusuran.

Penelusurn mengarah pada artikel berjudul "PBNU Tak Akui Mahfud Md" yang dimuat situs news.detik.com, pada 9 Agustus 2018.

Dalam artikel news.detik.com, terdapat foto Mahfud MD dengan pose wajah yang identik dengan foto klaim. Namun, di foto tersebut Mahfud mengenakan baju batik bukan baju berwarna biru.

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim Mahfud MD ingin menikahi BCL tidak benar.

Foto Mahfud MD yang menjadi bahan klaim merupakan editan, foto sebenarnya bukan berwajah Mahfud MD.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Lucu Kucing Bisa Tidur di Mana Saja

Posted: 27 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidak seperti manusia, kucing dikenal sebagai hewan yang dapat tidur di mana saja, kapan saja.

Bahkan terkadang Anda bisa menemukan kucing tertidur dengan nyaman dengan posisi yang benar-benar tak biasa, seperti di tempat jemuran.

Entah bagaimana cara mereka bisa tidur nyenyak di tempat yang biasa, namun yang pasti saat tidur kucing bisa membuat gemas siapa saja yang melihatnya. 

Artikel tentang potret yang buktikan kucing bisa tidur di mana saja menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang viral kafe di Bekasi pengunjungnya tidak menjaga jarak, ini kata manajemen.

Sementara itu, artikel ketiga terpopuler tentang potret yang buktikan desainer juga butuh liburan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Potret Ini Buktikan Kucing Bisa Tidur di Mana Saja

Doc: Reddit
Doc: Reddit

Berikut ini beberapa contohnya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

2. Viral Kafe di Bekasi Pengunjungnya Tidak Menjaga Jarak, Ini Kata Manajemen

Kafe di Bekasi dituding jadi tempat berkerumun tanpa menerapkan protokol kesehatan. (dok, Instagram)
Kafe di Bekasi dituding jadi tempat berkerumun tanpa menerapkan protokol kesehatan. (dok, Instagram)

Sebuah kafe di Bekasi, Jawa Barat, viral di media sosial setelah foto-foto pengunjung yang berkerumun tanpa menjaga jarak tersebar.

Dalam foto-foto dan beberapa unggahan Stories Instagram, terlihat pengunjung asyik bernyanyi sambil berkerumun tanpa menjaga jarak, beberapa pengunjung bahkan tampak tak mengenakan masker.

Hal ini menjadi kontroversi di media sosial. Mayoritas warganet mengeluhkan ulah pengunjung yang tak mengindahkan protokol kesehatan serta pihak kafe yang membiarkan hal itu terjadi. Dikhawatirkan tempat tersebut dapat menjadi klaster baru di tengah pandemi Corona.

Selengkapnya...

3. 8 Potret Ini Buktikan Desainer Juga Butuh Liburan

doc: Reddit
doc: Reddit

Dalam mencari ide kreatif, beberapa desainer cenderung melakukan sesuatu yang berlebihan. Tanpa disadari, rancangan mereka justru mendatangkan gelak tawa atau bencana.

Berikut ini beberapa hasil desainer yang gagal dan malah bikin kasihan pada pembuatnya. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Tahapan Uji Coba Obat Fase 1, 2, 3 hingga ke Tangan Dokter

Posted: 27 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suatu produk medis, seperti obat maupun vaksin harus menjalani serangkaian proses uji sebelum bisa dipasarkan. Rangkaian uji tersebut sebagai bukti kuat yang mendukung bahwa obat aman dan efektif untuk mengatasi suatu penyakit. Seperti apa tahapan pembuatan obat, simak penuturan Profesor Klinis bidang Neurologi Mindy Aisen dari University of Southern California dalam tulisannya di The Conversation berikut ini.

Untuk COVID-19, seperti juga untuk semua penyakit, obat-obatan dan vaksin untuk mengobati atau mencegah penyakit harus didukung oleh bukti yang kuat. Uji klinis adalah sumber dari bukti ini.

Saat ini vaksin dan obat-obatan untuk coronavirus telah memasuki pengujian manusia, maka penting untuk mengetahui perbedaan fase-fase uji klinis yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Saya seorang ahli syaraf di Lembaga Penelitian Terapi Alzheimer di University of Southern California. Tim kami telah mengembangkan dan mengawasi semua fase uji klinis selama beberapa dekade. Saya akan membantu Anda memahami proses yang rumit dan penting ini.

Uji coba praklinisIndikasi awal tentang apakah sebuah intervensi itu efektif dan aman berasal dari uji praklinis. Penelitian ini dilakukan di laboratorium menggunakan sel atau hewan.

Para peneliti dapat memperoleh beberapa informasi tentang keamanan dan kemanjuran suatu perawatan dari uji praklinis, tapi hasilnya tidak menunjukkan apakah yang mereka uji aman atau bekerja pada manusia.

Setelah suatu pengobatan menunjukkan hasil baik dalam uji praklinis, para peneliti memulai proses bekerja melalui fase-fase yang telah di tetapkan oleh FDA. Fase-fase ini dirancang untuk dua tujuan: melindungi pasien selama proses dan memastikan bahwa obat atau perawatan bekerja.

 

Uji coba fase 1

Uji coba fase 1 difokuskan pada keamanan. Para peneliti memantau ginjal, hati, hormon dan fungsi jantung untuk mencari dampak buruk pada sukarelawan manusia.

Mereka juga mencari tanda biologis kemanjuran yang terkait dengan apa yang mereka harapkan untuk pengobatan. Misalnya, jika percobaan sedang menguji vaksin, peneliti mungkin memantau aktivitas kekebalan untuk melihat apakah itu meningkat.

Uji klinis fase 1 biasanya memakan waktu sekitar dua bulan dan melibatkan sejumlah kecil peserta, biasanya 20 hingga 100 orang sehat sukarelawan atau orang-orang dengan kondisi yang dapat diobati.

Para peneliti memberi para peserta sejumlah dosis obat untuk membantu menentukan dosis serendah mungkin yang efektif tapi aman.

Beberapa - tapi tidak semua - penelitian fase 1 diacak dan dikontrol plasebo, yang berarti bahwa sebagian dari subjek diberi pengobatan nyata dan sebagian lain mendapatkan plasebo yang tidak berdampak apa-apa. Baik subjek maupun dokter tidak tahu siapa menerima perawatan yang mana.

Obat-obatan yang lolos uji coba fase 1 dapat dianggap aman, tapi apakah obat itu berfungsi atau tidak masih harus diselidiki.

Uji coba fase 2

Dalam uji coba fase 2, para peneliti fokus melihat apakah pengobatan bekerja, menemukan dosis efektif teraman dan menentukan gejala, tes, atau hasil apa yang merupakan ukuran terbaik dari kemanjuran pengobatan.

Menentukan langkah keberhasilan terbaik penting untuk merancang tahap akhir pengujian.

Semua uji coba fase 2 dilakukan secara acak dan dikontrol plasebo.

Tahap penelitian ini dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, dan hanya sekitar sepertiga obat dalam uji coba fase 2 yang lolos ke fase berikutnya.

Dalam uji coba fase 2, peneliti memberikan obat pada ratusan subjek dan mengawasi keamanan melalui pengujian rutin. Untuk mengukur efektivitas, peneliti melihat respons klinis seperti lama penyakit, tingkat keparahan penyakit atau tingkat kelangsungan hidup.

Pengukuran langsung dari suatu penyakit seperti jumlah virus dalam tubuh seseorang juga dipantau, serta sinyal biomaker dalam tubuh yang diketahui peneliti diubah oleh penyakit yang ditargetkan.

Pada titik ini, para peneliti akan menggunakan semua informasi yang mereka peroleh untuk merancang uji coba fase 3. Mereka memutuskan tindakan apa yang akan digunakan, dosis untuk diuji dan jenisnya, atau kohort (faktor risiko dan efek dalam periode tertentu) dari orang yang diuji.

Jika ada bukti dalam fase 1 atau fase 2 bahwa obat atau vaksin tidak aman atau tidak efektif, maka tim akan menghentikan uji coba.

Uji coba fase 3

Uji coba fase 3 adalah saat peneliti melihat apakah orang yang mendapatkan pengobatan secara statistik lebih baik daripada yang tidak. Uji coba dilakukan secara acak dan dikontrol plasebo, menggunakan ukuran dari uji coba fase 2.

Uji coba fase 3 juga dirancang untuk menemukan efek samping langka dari suatu perawatan.

Untuk mendapatkan data yang kuat secara statistik, uji coba fase 3 biasanya melibatkan beberapa ratus hingga 3.000 orang.

Ini adalah langkah terakhir sebelum obat disetujui untuk penggunaan umum. Setelah uji coba fase 3 selesai, FDA mengumpulkan panel ilmuwan independen untuk meninjau data.

Panel memutuskan berdasarkan bukti keberhasilan dan prevalensi efek samping, jika manfaat obat melebihi risiko yang cukup untuk menyetujui penggunaannya secara luas.

Menurut FDA, hanya25%-30% obat dalam uji coba fase 3 yang disetujui.

Uji coba fase 4

Uji coba fase 4 digunakan untuk menguji perawatan yang disetujui untuk kondisi medis yang sama tapi dalam dosis atau kerangka waktu yang berbeda atau sekelompok orang. Misalnya, uji coba fase 4 dapat digunakan untuk menguji apakah obat yang sudah disetujui untuk orang dewasa akan aman dan efektif untuk anak-anak.

Ketika obat yang telah disetujui untuk satu tujuan dipelajari untuk kondisi medis yang berbeda, misalnya menguji obat malaria hydroxycholoroquine sebagai pengobatan potensial untuk COVID-19, ini bukan uji coba fase 4. Ini adalah uji coba fase 2 atau 3 karena dirancang untuk menjawab pertanyaan awal tentang seberapa baik pengobatan bekerja untuk kondisi berbeda.

Kritis dalam melihat berita medisBerita-berita kini penuh dengan hasil uji coba mengenai intervensi COVID-19.

Membaca tentang obat atau vaksin baru sangat menggembirakan. Tapi keberhasilan uji awal tidak menjamin pengobatan akan berhasil.

COVID-19, seperti Alzheimer, adalah penyakit yang kompleks, dan uji klinis untuk menguji pengobatan sangat menantang, dengan hasil yang sangat bervariasi.

Proses untuk persetujuan obat dan perawatan memakan waktu lama, tapi dirancang untuk menjamin bahwa apa yang dokter berikan kepada Anda akan benar-benar membantu.

Infografis

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19
INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Terkini Menteri Edhy Prabowo Setelah Sempat Positif Covid-19

Posted: 27 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo mengemukakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam kondisi sehat.

"Pak MKP (Menteri Kelautan dan Perikanan) sehat," kata Agung Tri Prasetyo dalam grup WA, Senin pagi.

Sebagaimana diwartakan, Menteri Edhy Prabowo setelah mengikuti kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, awal September 2020, terpapar COVID-19. Awalnya dia dirawat di RS Kramat Jati, kemudian dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto.

Salah satu orang dari bagian rombongan KKP ke Kaltim tersebut adalah Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono, yang wafat akibat COVID-19 di RSPAD Gatot Subroto, Senin (28/9) pagi tadi sekitar pukul 04.50 WIB.

Aryo Hanggono mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Subroto karena penyakit yang telah mencapai status pandemi ini, sejak sekitar tanggal 9 September lalu.

Pengamat kelautan dan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum dan KKP atas berpulangnya Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, Aryo Hanggono.

"Berita dukacita ini perlu disikapi serius oleh KKP khususnya dan instansi pemerintah pada umumnya agar di masa pandemi COVID-19 ini agar menyiasati pelaksanaan program kerja tanpa menimbulkan kerumunan dan berdisiplin dengan protokol kesehatan," katanya.

Abdul Halim berpendapat bahwa padatnya jadwal berimbas pada kelelahan fisik yang berujung pada menurunnya sistem imun sehingga mudah terjangkit virus corona.

Sementara itu, Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia Moh Abdi Suhufan juga menyampaikan bela sungkawa dan menyatakan, pihaknya merasa kaget dan turut berduka atas kabar tersebut.

"Kita semua kaget dan turut berduka. Beliau adalah salah satu pejabat KKP yang berdedikasi dan berintegritas. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan beliau diberikan tempat terbaik di sisi-Nya," kata Moh Abdi Suhufan yang juga menjabat sebagai Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch (DFW).

Abdi Suhufan menuturkan, kejadian ini memberi pesan kuat bahwa COVID-19 bisa menyerang siapa saja sehingga setiap orang perlu lebih berhati-hati dan secara disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menteri KKP Edhy Prabowo Positif Covid-19

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan membenarkan informasi terkait Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang dikabarkan positif covid-19.

"Iya (Menteri Edhy Prabowo Positif covid-19), saya mendapat kabar dari staf Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Ia mengaku mendapat informasi tersebut pada 3 September 2020. Setelah mendapat kabar, dirinya langsung menghubungi Menteri Edhy Prabowo melalui whatsapp untuk memastikan keadaannya.

"Saya dapat infonya 3 September tapi tanggal pastinya harus tanya langsung. Saya langsung WA Bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar, Dijawab amin terima kasih pak ketua, " jelasnya.

Demikian Ketika ditanya lebih lanjut apakah dirinya menanyakan kembali kabar Menteri Edhy Prabowo, Daniel mengatakan sejauh ini dirinya belum menghubungi langsung lagi.

"Belum, biar kita kasih masa tenang 2 minggu dulu," ujarnya.

Selain itu, sebelumnya Daniel tidak pernah bertegur sapa langsung dengan Menteri Edhy Prabowo Ketika di DPR, karena banyak komunikasi dilakukan secara virtual.

Maka dari itu, pihaknya aman tidak ada kemungkinan terpapar covid-19. "Kebetulan tidak, karena saya biasa secara virtual," pungkasnya. 

Begini Kondisi Terbaru Menteri KKP Edhy Prabowo

Menteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Edhy Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Jakarta II, Jakarta Utara.
Menteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Edhy Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Jakarta II, Jakarta Utara.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dikabarkan positif terpapar virus Covid-19. Disebutkan dalam pesan berantai, Edhy dirawat di RS Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Tertulis, kondisinya semakin menurun sehingga perawatannya dipindahkan ke RSPAD Gatoet Soebroto. Dirinya juga masuk ke ruang ICU dan dipasang ventilator untuk nafas dan sonde untuk makanan.

Menanggapi kabar yang simpang siur tersebut, Staf Khusus Menteri KKP Andreau Pribadi menyatakan kondisi sang menteri dalam keadaan yang sangat baik.

"Pak MKP (Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo) saat ini sudah sangat baik. Kondisinya saat ini sedang dalam tahap recovery," ujar Andreau saat dimintai keterangan, Rabu (16/9/2020).

Andreau juga bilang kalau Edhy Prabowo bisa berkomunikasi dengan baik, baik secara langsung maupun melaluk telepon dan media sosial seperti WhatsApp.

"Bisa komunikasi dengan baik, baik komunikasi langsung ataupun melalui telfon or (atau) WA," kata Andreau.

Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19. Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020."Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020) lalu.     

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Startup Decacorn Dinilai Bisa Tahan di Masa Pandemi

Posted: 27 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua tahun terakhir, perusahaan besar di Indonesia seperti Astra International, BCA, Telkom, BRI, dan beberapa perusahaan swasta mulai berinvestasi di perusahaan startup. Jumlah investasinya pun tidak mencapai ratusan juta dolar.

Pendiri Nusantara Venture dan Bubu.com Shinta Witoyo Dhanuwardoyo mengatakan, selain melihat potensi sinergi startup dengan core bisnisnya, perusahaan berinvestasi karena mencari pertumbuhan pendapatan dari startup tersebut.

"Mereka kan harus melakukan investasi di bidang teknologi. Sebab mereka semua memiliki banyak bisnis yang harus didigitalisasikan. Kalau Astra, Telkom atau BCA masuk ke dunia startup maka investasi yang dilakukan harus bisa mendukung usaha yang selama ini sudah mereka jalankan," kata Shinta.

Selain itu, perusahaan juga mencari sinergi dengan startup.

Shinta menilai, banyaknya investasi yang dikucurkan oleh perusahaan besar menjadi dukungan terhadap perusahaan startup, baik dari segi finansial maupun jaringan yang dimiliki.

Contohnya Telkom yang berinvestasi pada startup, di sini startup bisa berkesempatan memanfaatkan jaringan Telkom dan saling berkolaborasi. Shina menilai, kolaborasi dan sinergi antara perusahaan besar dengan startup ini dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Investasi di Tengah Pandemi Covid-19

CEO Bubu.com, Shinta W Dhanuwardoyo membuka acara IDByte 2017 di Jakarta, Selasa (26/9/2017). (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)
CEO Bubu.com, Shinta W Dhanuwardoyo membuka acara IDByte 2017 di Jakarta, Selasa (26/9/2017). (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Meski Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19, perusahaan besar tetap berinvestasi di startup. Menurut Shinta, gencarnya perusahaan besar nasional yang berinvestasi di startup dinilai merupakan tanda bahwa investasi di perusahaan rintisan digital di Indonesia masih sangat menjanjikan.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak perusahaan baik besar atau kecil melakukan transformasi digital. Shina mengatakan, jika perusahaan tidak melakukan kolaborasi atau sinergi dengan startup, mereka akan ketinggalan.

"Justru saat ini perusahaan startup berbasis teknologi tak terkena dampak yang signifikan dari pandemi Covid-19. Dia hanya cukup memikirkan dan mengubah sedikit bisnis model yang sudah ada agar dapat menunjang dengan kondisi yang saat ini tengah terjadi," katanya.

Shinta juga menyebut, di masa pandemi startup memiliki kemampuan yang jauh lebih cepat merubah bisnis model ketimbang perusahaan konvensional.

Contohnya adalah startup yang dinaungi Nusantara Venture, Doogether. Startup yang menyediakan layanan booking tempat olahraga ini menyesuaikan bisnis ke arah kelas online karena tempat olahraga diharuskan untuk tutup.

Shinta menilai, startup harus mampu mengindentifikasi kebutuhan masyarakat di saat pandemi seperti saat ini.

Untuk dapat terus mempertahankan industry startup nasional, Shinta juga membuat platform startupindonesia.co.

Melalui aplikasi ini diharapkan dapat mempertemukan antara startup dengan angel investor atau venture capital.

Selain itu startupindonesia.co juga memberikan bantuan mentoring atau informasi kepada perusahaan rintisan digital.

Perusahaan Decacorn Bertahan Saat Pandemi

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

Sementara itu perusahaan yang sudah mencapai level decacorn dinilai Shinta masih akan mampu bertahan di saat pandemik seperti saat ini.

Hal ini karena model bisnis yang selama ini dijalani sudah terbukti, bahkan perluang bisnis perusahaan yang sudah level decacorn akan terus ada.

"Memang tidak semua industri positif di saat pandemik. Namun secara umum kalau perusahaan yang sudah level decacorn pasti sudah terbukti berhasil usahanya. Contohnya saja Grab dan Gojek. Dua perusahaan tersebut masih akan terus berkembang usahanya," katanya.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Klaster Pesantren di Polman, 44 Santri Positif Covid-19

Posted: 27 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Polman Minggu 27 September 2020 Sulawesi Barat mencatatkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 harian tertinggi. Sebanyak 46 orang dinyatakan positif Covid-19, kasus terbanyak berasal dari klaster pondok pesantren di Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

"Penambahan kasus positif dari Kabupaten Mamuju dua orang dan Kabupaten Polman 44 orang. Sebanyak kasus di Polman merupakan klaster Pesantren Salafiyah Parappe," kata Jubir Satgas Covid-19 Sulawesi Barat Safaruddin, Minggu (27/09/2020).

Selain tambahan 46 kasus positif Covid-19, Satgas Covid-19 Sulawesi Barat juga mengumumkan kasus sembuh sebanyak delapan orang, masing-masing enam orang dari Polman dan dua orang dari Mamuju. Total kasus sembuh di Sulawesi Barat hingga saat ini mencapai 416 kasus.

"Saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Sulbar mencapai 617 orang. Sebanyak 72 orang dirawat, 118 isolasi mandiri dan 11 orang meninggal dunia," urai Safaruddin.

Jubir Satgas Covid-19 Polman, Haidar mengatakan, beberapa hari sebelumnya, pihaknya merapid test massal santri di pesantren itu. Hasilnya cukup mengejutkan, karena, dari seribu lebih santri yang menjalani rapid test, ratusan santri diketahui reaktif Covid-19.

 

315 Santri Reaktif

"Ada 315 lebih santri yang reaktif, kita juga sudah melakukan swab test kepada para santri," ujar Haidar.

Manurut Haidar, para santri yang positif Covid-19 dan reaktif saat ini menjalani isolasi mandiri di ponpes, mereka dipisahkan dari santri yang nonreaktif. Lockdown lokal pun sudah dilakukan, dimana pihak pengelola juga diminta menerapkan prosedur ketat selama masa isolasi.

"Kita berharap pengelola pesantren dan warga tidak mengabaikan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan," harap Jaidar.

Sekretaris Daerah Polewali Mandar Andi Bebas Manggazali mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak terkait. Karena lockdown yang telah dilakukan tidak memecahkan masalah, terbukti kasus positif Covid-19 semakin tinggi.

"Kita akan duduk bersama untuk memecahkan persoalan ini. Kita juga berharap agar masyarakat tetap patuh akan protokol kesehatan," ujar Bebas.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: