Jumat, 18 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Nama Anak Laki-Laki Irish Bella dan Ammar Zoni Serta Artinya yang Unik

Posted: 18 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan oleh sepasang selebriti, Irish Bella dan Ammar Zoni. Pasalnya, pasangan yang menikah pada 28 April 2019 ini baru saja dikaruniai anak laki-laki. Buah hati Irish bella dan Ammar Zoni ini pun lahir pada Jumat (18/9/2020) pagi.

Persalinan Irish Bella pun diketahui harus dipercepat dari tanggal perkiraan sang dokter. Hal ini dikarenakan kondisi luka operasi sesar sebelumnya semakin menipis.

"Bismillah ...Mohon doanya teman teman, hari ini aku dan baby Air udah masuk Rs @rsiabinamedika .. Yang seharusnya persalinan di jadwalin tanggal 23 ini terpaksa di percepat Dr @didodilmy karena kondisi luka operasi sesarku yang sebelumnya semakin menipis dan akan bahaya kalau persalinan ditunggu seperti jadwal awal. Bismillah.... Deg degan, gak sabar dan berserah" tulis Irish Bella di Instagram @_irishbella_,

Baik Irish Bella maupun sang suami juga tetap aktif memberikan informasi melalui akun Instagram masing-masing. Keduanya juga telah mengunggah foto serta nama anak pada media sosial. Potret wajah putra Ammar Zoni dan Irish Bella pun langsung mencuri perhatian publik.

Bukan hanya wajahnya sang anak saja, akan tetapi nama dari putra pasangan selebriti ini juga menjadi sorotan. Pasangan selebriti ini memberi nama bayi laki-lakinya, Air Rumi Akbar 1453.

Sangat bersyukur

Irish Bella dan Ammar Zoni pada hari kelahiran anak mereka. (Instagram/@bukaan.moment)
Irish Bella dan Ammar Zoni pada hari kelahiran anak mereka. (Instagram/@bukaan.moment)

Telah melahirkan sang putra pada Jumat (18/9/2020) pagi, Irish Bella dan sang suami pun secara resmi memperlihatkan wajah sang anak kepada publik. Irish Bella juga mengaku sangat bersyukur karena operasi yang dijalankan berjalan dengan lancar. Sebelumnya, persalinan Irish Bella diperkirakan pada 23 September 2020. Namun, mengingat jika luka operasi sebelumnya kian menipis, akhirnya tindakan persalinan pun dipercepat.

"Alhamdu Lillahi Robbil 'Alamin. Terima kasih atas doa doa teman teman semua, operasi berjalan dengan lancar.. Anak kami sudah lahir jam 5:34 pagi, dengan berat 3,4kg dan panjang 48cm," tulis Irish Bella di Instagram, Jumat (18/9/2020)

Arti nama anak laki-laki Irish Bella

Anak Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/_irishbella_)
Anak Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/_irishbella_)

Pemain Cinta Suci ini tak hanya mengunggah wajah sang buah hati saja di media sosial. Keduanya pun turut serta mengumumkan nama sang putra. Anak Irish Bella dan Ammar Zoni pun diketahui diberi nama Air Rumi Akbar 1453.

Nama dari pasangan selebriti ini pun dinilai cukup unik oleh netizen karena memiliki angka. Namun, nama tersebut memiliki arti yang cukup dalam.

Nama "Air" sendiri memiliki makna agar sang putra berkarakter seperti air, dimana ia bisa mengalir dengan tenang dan menyesuaikan diri di segala ruangan. Tak hanya itu saja, Air juga dapat diartikan sebagai singkatan dari Ammar dan Irish Bella.

Sedangkan "Rumi" diketahui sebagai salah satu nama seorang sufi atau pemikir dan penyair yang bernama Jalaluddin Al-Rumi, yang masih keturunan Abu Bakar, sahabat Rasullulah. Sementara itu, "Akbar" diambil dari nama sang ayah Ammar Zoni. Ammar Zoni sendiri bernama asli Muhammad Ammar Akbar Alruvi. Selain itu, Akbar juga bisa diartikan sebagai besar ataupun agung.

Angka unik yang berada di belakang nama ialah 1453. Rupanya, angka 1453 merupakan sebuah tahun yang cukup bersejarah bagi umat muslim. Pasalnya, di tahun 1453 tepatnya pada 29 Mei 1453 pada kalender julian, merupakan jatuhnya kekaisaran Romawi Timur ke tangan Mehmed II.

Pada tanggal tersebut pula sebagai penanda berakhirnya abad pertengahan dari Kekaisaran Romawi Timur kepada Kesultanan Utsmaniyah. Peperangan penaklukan Konstantinopel yang dikenal dengan Perang Salib ini umat muslim berada di bawah komando Muhammad Al-Fatih.

Secara keseluruhan, nama putra Irish Bella dan Ammar Zoni memiliki makna, seorang laki-laki yang tenang dan bijaksana serta mampu menjadi pemimpin yang berani serta mampu membawa perubahan.

Banjir ucapan selamat dan doa

Kelahiran buah hati pasangan selebriti ini pun mendapat banyak respons dari netizen maupun sahabat-sahabat selebriti lainnya. Tak sedikit pula yang turut memberikan ucapan selamat serta doa melalui kanal Instagram keduanya.

"Congrats kalian , sehat sehat sehat ya" tulis Tya Ariestya.

"Alhamdulillah.... slmt yaaaa @ammarzoni @_irishbella_ " ujar Syahnaz

"Barakallah broooo , seneng bgt liatnya" tulis Irwansyah.

"Selamat ya sayangku. Ikut seneng banget liat kalian. Semoga terus kompak belajar hidup sama2. Kiss buat baby" tulis Monaratuliu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA Nuggets vs Lakers: LeBron James Dkk Amankan Gim Pertama

Posted: 18 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Denver Nuggets gagal menahan laju Los Angeles Lakers pada gim pertama final Wilayah Barat play-off NBA 2019/2020 di AdventHealth Arena, Jumat (18/9/2020) atau Sabtu pagi WIB.

Lakers yang bisa mencapai final NBA musim ini, berhasil menaklukkan Denver Nuggets. LeBron James dan kawan-kawan meraih kemenangan meyakinkan 126-114 di AdvenHealth Arena, Orlando, Sabtu (19/9/2020) pagi WIB.

Sempat tertinggal dari Nuggets pada quarter pertama, Lakers mampu mengembalikan keadaan menjadi 70-59 pada akhir quarter kedua.

Pada quarter ketiga Lakers makin mendominasi permainan. Armada Frank Vogel ini unggul jauh 103-79.

Memasuki quarter keempat, Lakers menurunkan pemain cadangannya untuk menyimpan tenaga dua superstars-nya, LeBron James dan Anthony Davis. Sempat mengejar, Nuggets tetap kalah 114-126 pada gim pertama babak final Wilayah Barat NBA ini.

Lebih Unggul

LeBron James Memimpin Lakers Lolos ke Final Wilayah NBA (AP)
LeBron James Memimpin Lakers Lolos ke Final Wilayah NBA (AP)

Dari catatan pertemuan Lakers juga unggul 2-1 atas Nuggets pada tiga pertemuan di musim reguler.

Gim kedua babak final Wilayah Barat NBA akan digelar di lokasi yang sama pada Senin (21/9/2020) pagi WIB. Lakers untuk sementara unggul 1-0 pada series yang bertajuk best-of-seven ini.

Jadwal Lengkap Nuggets vs Lakers

Senin, 21 September 2020

06.30 WIB: Nuggets vs Lakers

Rabu, 23 September 2020

08.00 WIB: Lakers vs Nuggets

Jumat, 25 September 2020

08.00 WIB: Lakers vs Nuggets

*Minggu, 27 September 2020

08.00 WIB: Nuggets vs Lakers

*Senin, 28 September 2020

TBD: Lakers vs Nuggets

*Rabu, 30 September 2020

TBD: Nuggets vs Lakers

Simak Video NBA Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sensasi Makan Ramen Halal ala Kedai Pinggir Jalan Jepang Tanpa Biaya Tiket Pesawat

Posted: 18 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cita rasa dan aroma kaldunya yang khas menjadikan ramen sebagai salah satu makanan favorit warga dunia. Tak heran bila hidangan terkenal asal Jepang ini mudah sekali ditemui di berbagai restoran Jepang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Namun, berbeda dari restoran ramen lainnya, Sai Ramen menghadirkan kedai semi terbuka yang berlokasi di parkiran di kawasan Serpong, Tangerang. Ramen bar berstruktur kayu itu mengingatkan pada kedai-kedai ramen pinggir jalan yang berada di Jepang.

"Di Indonesia, kami yang pertama mengusung konsep ramen bar, inspirasinya didapat dari negara asalnya, yaitu Jepang," ujar 'M', inisial pemilik Sai Ramen kepada Liputan6.com, Jumat, 18 September 2020.

Baru dibuka pada Sabtu, 29 Agustus 2020, kedai ramen tersebut sudah punya banyak penggemar. Pelanggan yang datang makan di meja bar yang mengeliling dapur terbuka. Kapasitas tempat duduknya hanya sekitar delapan sampai sepuluh orang saja. Maka, mereka harus mengantre untuk bisa makan di tempat.

"Jadi selesai makan, mereka bergantian dengan customer selanjutnya yang menunggu gitu, bukan yang nongkrong berjam-jam seperti di coffee shop," imbuhnya lagi.

Meski kapasitas tempat duduknya terbatas, kenyamanan pelanggan tetap menjadi perhatian utamanya. Pemilihan kawasan di sekitar gedung perkantoran yang teduh adalah salah satu cara Sai Ramen memberi pengalaman makan yang nyaman tanpa perlu melawan teriknya matahari saat menghirup kuah ramen yang hangat.

"Kami memang cari tempat yang nyaman, dan itu di bawah pohon rindang. Nggak pengen seperti yang lain di mal atau ruko. Walau kapasitas dine in hanya boleh 50 persen, kami tetap memberikan customer kualitas makanan dan service terbaik, dan juga dengan memberlakukan protokol kesehatan," tutur M yang enggan diungkap namanya.

Sai Ramen buka setiap hari (Senin-Minggu) mulai pukul 10.00-20.00 WIB, bahkan bisa ditutup sebelum waktunya bila kuota sudah habis. Jangan khawatir bila malas datang langsung ke kedai, Sai Ramen juga melayani pesan antar lewat ojek online.

Ramen Khas Kyoto

Curry Chiken Chasu Ramen, salah satu menu andalan Sai Ramen Alam Sutera. (dok. Instagram @sai.ramen/https://www.instagram.com/p/CE88PAWp2rs/?igshid=sa622uwtixaj /Brigitta Bellion)
Curry Chiken Chasu Ramen, salah satu menu andalan Sai Ramen Alam Sutera. (dok. Instagram @sai.ramen/https://www.instagram.com/p/CE88PAWp2rs/?igshid=sa622uwtixaj /Brigitta Bellion)

Selain menawarkan pengalaman makan yang berbeda, cita rasa Sai Ramen juga berbeda dengan restoran ramen lainnya. Resepnya merupakan hasil racikan kepala koki Sai Ramen, Takeichiro Seike yang berasal dari daerah Kyoto, Jepang, sehingga cita rasanya khas daerah Kyoto.

"Yang membedakan Sai Ramen dari ramen kebanyakan di Indonesia adalah dasar (pembuatan) kuahnya. Kuah sup kami kental dan kaya rasa karena dimasak dengan slow cooking process yang berlangsung selama minimal 14 jam," ungkap pemilik ramen bar itu.

Ramen yang disajikan juga diklaim halal dan diproses dengan bahan murni. "Kami menggunakan full ayam, tanpa dicampur bahan tambahan lain, base soup dimasak sampai semua ayam dan tulang hancur. Jadi murni, yah," tambahnya.

Dua menu ramen yang paling digandrungi pelanggan yaitu Original Chiken Chasu Ramen dan Curry Chicken Chasu Ramen. Selain itu, masih ada beragam menu lainnya, seperti Miso Chasu Ramen, Black Garlic Chasu Ramen, dan Curry Katsu Rice Bowl, yang dapat disantap dengan mengeluarkan Rp37.500 hingga Rp47.000 saja.

Cabang pertama Sai Ramen berlokasi di Synergy Building Alam Sutera, Jalan Jalur Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan. Pemilik Sai Ramen mengungkapkan selanjutnya akan membuka cabang di Jakarta, Bandung, dan kota besar lainnya di akhir tahun atau awal tahun depan.  (Brigitta Valencia Bellion)

 

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi

Posted: 18 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini semuanya serba mudah dalam membeli suatu barang. Barang bisa dibeli secara online termasuk membeli sepatu. Sepatu yang dijual di online shop ini banyak variasinya dan membuat para pembeli ingin segera memilikinya.

Namun, membeli sepatu di online shop tak selalu sesuai ekspektasi. Terkadang, sepatu yang dibeli bikin kecewa karena sepatunya berbeda dengan yang ditampilkan setelah pesanan datang. Akibatnya, para pembeli ini kecewa dengan sepatu yang dibeli dan mengunggah foto sepatu tak sesuai ekspektasi di media sosial.

Ketidakpuasan pembeli ini membuatnya unggahan foto sepatu tak sesuai ekspektasi viral di media sosial. Unggahan sepatu tak sesuai ekspektasi ini viral karena banyak yang mengalami hal kurang memuaskan seperti ini. 

Penasaran kan apa saja momen apes saat beli sepatu di online shop? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen apes saat beli sepatu di online shop, Sabtu (19/9/2020).

1. Sepatu kaca yang datang nyatanya sangat mengecewakan saat dipakai.

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/noeliquence)
6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/noeliquence)

2. Lah, kok malah ukurannya beda sebelah?

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

3. Ya ampun, kok sampai lupa dilubangin sih.

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

4. Ya ampun, bentuk yang dateng malah beda banget.

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Boredpanda.com)
6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Boredpanda.com)

5. Yang kanan sama yang kiri ternyata bentuknya berbeda.

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

6. Karena tak ada lubangnya, bintang satu pun diberikan.

6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Momen Apes Belanja Sepatu di Online Shop Ini Tak Sesuai Ekspektasi (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Magic in Love: Ken Jatuh Cinta pada Viola, Episode Sabtu 19 September 2020

Posted: 18 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Magic in Love kal ini. Ken kabur dan pergi ke rumah Jo. Jo dan Braga kaget. Ken yang masih emosional bilang dia tidak akan lagi tinggal bareng Bella. Dia mau tinggal bareng Jo dan Braga. Braga cukup senang dengan keputusan Ken, tapi saat tanya alasannya, Ken kemudian bercerita soal ramuan yang mau dikasih Bella ke dia, untuk melupakan Viola. Ken kecewa karena tidak menyangka Bella akan memberi ramuan itu ke dia.

Kisah Magic in Love masih berlangsung. Braga yang sudah tahu coba jelaskan pada Ken, tapi Ken tetap tidak terima alasan Bella. Jo dan Ken kemudian bicara dari ke hati tentang Bella. Jo yakin Bella tidak punya niat buruk pada Ken. Bella pasti punya alasan tertentu melakukan itu, mungkin biar Ken fokus mendapatkan Master Book.

Ken tetap tidak terima, dia terlanjur kecewa sama Bella. Jo minta Ken tidak kelewat emosi, nanti Ken malah menyesal. Bagaimana pun Bella adalah ibu mereka. Ken tertegun mendengar semua nasehat Jo. Selama ini keduanya selalu berantem. Dia tidak menyangka Jo bersikap seperti layaknya kakak.

Jo akhirnya bilang Ken adalah adiknya, walaupun Ken selalu bikin kesal. Mau tidak dianggap juga tidak bisa karena di tubuh mereka mengalir darah yang sama. Setelah Jo pergi, Ken kepikiran dan berancana menemui Viola. Sementara, Braga langsung menemui Bella. Braga memberitahu Bella bahwa Ken ada di rumah Jo. Dia juga sudah tahu masalahnya seperti apa.

Ikuti Magic in Love sampai tuntas....

 

 

 

Menangis

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Bella menangis. Dia curhat tentang kegundahannya selama ini. Dia melakukan itu karena tidak mau kehilangan Ken. Braga mencoba menyabarkan Bella, dia akan coba bicara sama Ken. Bella terharu sampai menangis di pelukan Braga.

Tapi sesaat kemudian, mereka berdua jadi salah tingkah karena sudah lama pisah. Bella mengalihkan pembicaraan soal cahaya yang dia lihat di tubuh Viola. Braga kaget dan penasaran.

 

Master Book

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Bella langsung ambil buku tua tentang Master Book, mencari tau arti cahaya dari tubuh penjaga Master Book. Dari buku tua itu, Bella tahu sebenarnya penjaga Master Book itu hanya pengecoh. Selama ini isi dari Master Book ada di dalam jiwa dan tubuh si penjaganya, hingga sulit bagi yang lain untuk mengambil isi Master Book.

Bella dan Braga saling menatap heran, jadi Baby tidak mendapatkan apa-apa. Dan jangan-jangan cahaya yang Bella lihat itu karena Master Book sudah ada di tubuh Viola. Braga malah cemas, jika Baby sadar isi Master Book tidak ada, dia pasti akan kembali incar Viola.

Di rumah Viola, Tante Vera masih khawatir soal Baby. Makanya dia sempat melarang Viola berangkat ke kampus. Viola yang tidak mau Vera khawatir, meyakinkan tidak akan terjadi apa-apa.

Menelpon

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Tante Vera akhirnya memperbolehkan Viola pergi. Saat itu, Ken menelepon Viola, menyapanya dengan hangat. Diam diam kenakan menjemput Viola dan mengantarkannya ke kampus. Tapi Viola malah jalan duluan.

Saat keluar, ternyata ada Cathy berdiri di depan rumahnya. Viola sempat kaget karena tidak biasanya Cathy hampiri dia untuk berangkat kuliah bareng. Cathy (yang masih dalam pengaruh Baby). Cuma mau numpang bareng dengan Viola, sudah lama dia tidak bareng dengan Viola.

 

 

Tidak Curiga

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Ternyata Viola yang memang tidak curiga, langsung mengajak Cathy naik motornya. Vera yang masih khawatir dengan Viola, lihat Viola pergi bareng Cathy. Vera lega. Di jalan, Viola masih mengendarai motornya.

Cathy yang dibonceng, matanya bercahaya warna merah saat dengar perintah Baby yang hanya bisa didengar oleh Cathy, tidak lama kembali normal. Viola yang tidak mengetahui itu bersikap biasa saja.

Cathy lalu kasih tahu Viola bahwa dia harus ambil barang dulu. Viola khawatir terlambat dan suruh habis balik kampus saja, tapi Cathy berbohong bahwa dosen tidak masuk.

 

Percaya

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Viola percaya danantar Cathy lebih dulu. Ternyata di saat yang sama, motor Ken melaju ke arah rumah Viola. Tapi mereka tidak saling lihat. Ken yang sampai di rumah Viola, kecewa karena Viola tidak ada. Tante Vera kasih tahu Viola sudah jalan ke kampus dengan Cathy.

Ken tidak curiga apa-apa dan langsung menyusul mau ke kampus. Dia berharap bisa ketemu Viola di jalan sehingga masih bisa mengantarnya ke kampus. Jo lagi bareng Bibo. Bobi muncul karena sedang cari Ken. Jo tidak tahu karena motor Ken tidak ada. Mungkin Ken sedang pergi. Bobi merasa bersalah karena sudah keceplosan soal ramuan.

 

Marah

Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)
Adegan miniseri Magic in Love tayang perdana, Rabu (2/9/2020) pukul 15.40 WIB di SCTV (Dok SCTV)

Jadinya Ken marah sama Bunda Ratu. Jo menenangkan Bobi, dia pelan pelan akan bujuk Ken buat balik, biar semuanya baik lagi. Bobi kemudian pamit pergi dengan muka masih sedih. Bibo yang merasa kasian akhirnya menyusul Bobi. Ken tidak berhasil ketemu Viola di jalan.

Dia sampai di kampus dan langsung cari Viola, tapi malah ketemu dengan Bimo. Bimo yang sudah tahu Ken dari Empire, awalnya mundur takut liha tKen, tapi Ken menenangkan Bimo. Dia tidak akan pakai kekuatan buat menyakiti Bimo. Bimo akhirnya tidak takut lagi.

Saat Ken tanya soal Viola, Bimo juga belum lihat, mungkin Viola masihdi jalan dan belum sampai kampus. Bimo penasaran, akhirnya tanya ke Ken soal isi hati Ken ke Viola.

Ken jujur bahwa atuh cinta sama Viola. Cuma dia masih bingung mengungkapkan perasaannya ke Viola. Ken ingat Bimo yang manusia, dia mintatrik dari Bimo biar cewek mau terima cintanya? Bimo kaget dan mikir, akhirnya dia kasih masukan ke Ken.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Dunia Naikkan Nilai Indeks Modal Manusia Indonesia di 2020

Posted: 18 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia baru saja menerbitkan laporan The Human Capital Index 2020 Update: The Human Capital in the Time of COVID-19. Dalam laporan tersebut, nilai HCI Indonesia 2020 sebesar 0,54 atau naik dari 0,53 pada tahun 2018.

"Ini membuktikan hasil belanja negara untuk human capital sudah mulai terlihat", ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kemenkeu, Febrio Kacaribu dalam keterangan resmi, Sabtu (19/9/2020).

Human Capital Index (HCI) merupakan salah satu program Bank Dunia yang didesain untuk menjelaskan bagaimana kondisi kesehatan dan pendidikan dapat mendukung produktivitas generasi yang akan datang.

HCI mengkombinasikan komponen-komponen probabilitas hidup hingga usia 5 tahun (survival), kualitas dan kuantitas pendidikan, dan kesehatan termasuk isu stunting. Komponen tersebut merupakan bagian utama dari pengukuran produktivitas tenaga kerja di masa depan dari anak yang dilahirkan saat ini.

Secara lebih detail, komponen survival meningkat menjadi 0,98 dari sebelumnya 0,97, sedangkan kualitas pendidikan sebesar 395. Pada sisi lain, durasi waktu sekolah anak Indonesia berada pada 7,8, turun dari sebelumnya 7,9. Untuk komponen kesehatan, terdapat kenaikan yang cukup signifikan, dari 0,66 menjadi 0,72. Angka ini menggambarkan terjadinya kenaikan jumlah anak yang tidak mengalami stunting dan mengalami keterbatasan kognitif dan fisiknya.

Skor HCI 2020 diolah berdasarkan data baru dan diperluas untuk masing-masing komponennya hingga Maret 2020. Dengan demikian, laporan tersebut belum memperhitungkan dampak COVID- 19 pada human capital.

Meskipun demikian, laporan ini memberikan gambaran nyata atas hasil dari upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas human capital, khususnya terkait pendidikan, kesehatan, dan generasi milenial.

Untuk terus meningkatkan human capital, Pemerintah mengalokasikan 20 persen anggaran untuk pendidikan, meningkatkan kualitas guru dan manajemen sekolah dan proses belajar mengajar peserta didik.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga memberikan perhatian besar pada pendidikan vokasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0, teknologi informasi, dan partisipasi sektor swasta dalam pendidikan.

Perbaikan Kurikulum Pendidikan dan Kompetensi

Peserta pelatihan memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa pakaian dekontaminasi atau baju hazmat di Balai Latihan Kerja (BLK), Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (15/4/2020). Sebanyak 20 peserta memproduksi baju hazmat untuk tenaga medis covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Peserta pelatihan memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa pakaian dekontaminasi atau baju hazmat di Balai Latihan Kerja (BLK), Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (15/4/2020). Sebanyak 20 peserta memproduksi baju hazmat untuk tenaga medis covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Dalam menyongsong pembangunan digital, Pemerintah Indonesia memperbaiki kurikulum pendidikan, memperkuat kompetensi melalui pelatihan vokasi dan program magang, serta pelaksanaan sertifikasi profesi di seluruh institusi di wilayah Indonesia.

Khusus sektor kesehatan yang menjadi concern besar saat ini, Pemerintah Indonesia akan terus mengoptimalisasi capaian atas alokasi 5 persen anggaran untuk meningkatkan kualitas dan akses terhadap layanan / sarana kesehatan yang berkualitas bagi setiap orang.

Termasuk dalam hal pemenuhan gizi dan pengurangan stunting, meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan, dan memperkuat sistem jaminan kesehatan nasional.

"Pandemi COVID-19 merupakan wake-up call bagi dunia tentang pentingnya investasi dalam pengembangan kapasitas kesiapan dan respons menghadapi pandemi. Penguatan sektor kesehatan nasional yang menjadi prioritas nasional Indonesia akan terus dilakukan melalui upaya peningkatan fasilitas kesehatan, dukungan untuk tenaga medis, serta penyediaan vaksin", jelas Febrio.

Selain kesehatan, momentum perbaikan skor HCI Indonesia perlu ditindaklanjuti dengan penguatan sistem pendidikan di Indonesia agar sumber daya manusia Indonesia lebih siap untuk menghadapi tantangan global di masa yang akan datang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Rumah Semi Permanen Kawasan Kalibaru Jakpus

Posted: 18 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puluhan rumah semi permanen di kawasan Kalibaru Jakpus, terbakar. Kebakaran membuat lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto ditutup selama hampir satu jam .

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unesa Bikin Signalong Indonesia, Kamus Digital Bahasa Isyarat

Posted: 18 Sep 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuat inovasi variasi terbaru Kamus Digital Bahasa Isyarat yang diberi nama Signalong Indonesia.

Inovasi ini hasil kerja sama antara Unesa, Direktorat PKLK Dikdas Dirjen Dikdas Kemendikbud dan Open University, United Kingdom.

Tim Penulis Kamus Digital, Sujarwanto menuturkan, Signalong Indonesia merupakan model komunikasi isyarat bagi ABK yang memiliki efektivitas tinggi karena telah diadopsi sesuai dengan kondisi dan budaya komunikasi yang berkembang di Indonesia.

Ia menambahkan, Signalong berbeda dengan konsep bahasa isyarat yang telah ada sebelumnya. Hal ini karena menekankan pada efektivitas tersampainya pesan komunikasi sehingga dapat digunakan oleh siapa saja. Jadi tak hanya anak dengan keterbatasan pendengaran tetapi juga memiliki keterbatasan intelektual.

Sementara itu, Pengajar Program Studi Pendidikan Luar Biasa Unesa, Khofidotur Rofiah mengatakan, metode Signalong telah diaplikasikan di Sekolah Inklusif Galuh Handayani.

"Hasilnya terbukti efektif untuk mempermudah komunikasi dalam kelas yang memiliki siswa yang beragam," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Mirip Komunikasi Nonverbal

Ia menambahkan, salah satu keunggulan Signalong Indonesia adalah tidak menggunakan awalan dan akhiran. Mirip dengan komunikasi nonverbal yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Contohnya dalam membuat bahasa isyarat anak, tangan kanan membentuk kepala anak. "Ini sering kita praktikkan dalam bahasa sehari-hari," ujar dia.

Adapun kamus digital Signalong Indonesia ini telah berisikan berbagai kosa kata dasar, di antaranya hurup untuk melafalkan kosa isyarat serta berbagai bahasa isyarat yang dapat digunakan untuk melakukan percakapan sehari-hari, di antaranya lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

Pasca peluncuran perdana, kini kanal edukasi telah dapat diakses melalui website, youtube, dan instagram dengan username Signalong Indonesia. Sejumlah pengembangan pun akan terus dilakukan sebagai upaya mengampanyekan lingkungan ramah inklusif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Temukan Tanaman Ganja di Tengah Kebun Kopi di Bengkulu

Posted: 18 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Narkoba Polda Bengkulu menemukan sebuah perkebunan kopi yang diselipkan dengan tanaman ganja. Polisi masih memburu pemilik lahan.

Kabid Humas Kombes Pol Sudarno menerangkan, lokasi lahan berada di Desa Lubuk Alai Talang Palembang Kecil Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong.

Kasubdit III Dit Reserse Narkoba Kompol Manogi Simare-mare mendatangi lokasi tersebut pada Kamis 17 September 2020.

"Luas lahannya sekitar dua hektare. Nah ini sebetulnya perkebunan kopi tapi oleh pemilik diselingi tanaman ganja," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/9/2020).

Sudarno menduga, pelaku sengaja memilih lokasi ini sebagai tempat menanam ganja. Menurut dia, medannya sangat berat dan jaraknya juga cukup jauh dari permukiman warga.

"Butuh waktu tempuh berjalan kaki sekitar 7 jam," ucap Sudarno.

Sita 1.500 Tanaman Ganja dan 250 Kg Ganja Kering

Ilustrasi Foto Ganja (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ganja (iStockphoto)

Sudarno mengatakan, dalam kasus ini, penyidik menyita tanaman ganja sebanyak 1.500 batang dan 250 Kilogram ganja kering siap edar saat menyisir di sekitar pondok kebun yang menjadi lokasi penanaman ganja.

"Kami temukan juga 1 kaleng yang berisi biji yang diduga bibit ganja," ujar dia.

Sudarno menyampaikan, penyidik masih terus mendalami penemuan ladang ganja tersebut. Selain itu, mengejar pemilik lahan yang identitasnya sudah terindentifikasi.

"Pemilik sudah teridentifikasi tetapi masih proses lidik keberadaannya, sekarang karena pada saat anggota sampai Tempat Kejadian Perkara (TKP) pemilik sudah kabur," ujar Sudarno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua KPU Arief Budiman Positif Covid-19, Komisioner Pastikan Kegiatan Berjalan Normal

Posted: 18 Sep 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Viryan Aziz menyampaikan, pihaknya tetap menjalankan tugas seperti biasa dan normal. Menyusul Ketua KPU Arief Budiman terkonfirmasi positif Covid-19.

"Memang Mas Arief Ketua KPU RI terpapar terinfeksi Covid-19 pada tanggal 18 dari hasil swab test saat ingin persiapan rapat di Istana. Karena positif kemudian Mas Arief menghubungi kita dan melakukan isolasi mandiri di rumah dinas," tutur Viryan saat diskusi daring SmartFM Radio, Sabtu (19/9/2020).

Dia mengatakan, selama pandemi Covid-19, aktivitas KPU telah melakukan adaptasi dengan cara bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"Karena Mas Arief itu OTG, beliau masih badannya sehat dan tidak ada halangan yang berarti, namun tetap kita waspada," ujar Viryan.

Viryan mengungkap, sebelum Ketua KPU Arief Budiman terkonfirmasi positif Covid-19, dia sempat menemani dalam kunjungan kerja ke Kota Depok dan Kota Makassar.

"Kunjungan terakhir, ke Depok dan Makassar, ke Makassar untuk penandatanganan MoU," kata Viryan.

 

Ketua KPU Positif Covid-19

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan kata sambutan saat Launching Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020). KPU mendapat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan kata sambutan saat Launching Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020). KPU mendapat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman terpapar virus Corona atau Covid-19. Saat ini dia tengah menjalani karantina mandiri di rumah.

Kendati begitu, dia mengaku masih menjalankan tugasnya dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH)

Saya tetap menjalankan tugas dengan cara WFH, daring," kata Arief dalam keterangan pers, Jumat (18/9/2020).

Selain itu, dia menyatakan KPU juga melaksanakan kebijakan WFH mulai 18-22 September 2020. Hal tersebut guna dilakukannya sterilisasi di seluruh rumah dinas dan gedung KPU.

Arief menjelaskan kronologi kasus virus Corona atau Covid-19 yang menimpanya.

"September 2020 saya melakukan rapid test dengan hasil nonreaktif. Pada 17 September malam hari, melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor pada 18 September, dengan hasil positif," paparnya.

Dia mengatakan, kehadiran dalam rapat selanjutnya diwakili oleh anggota KPU lainnya.

"Tanggal 18 dini hari sudah mulai melakukan karantina mandiri karena tidak terdapat gejala, batuk, panas, pilek ataupun sesak napas," jelas dia.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MPR Kerjasama dengan Universitas Terbuka Sosialisasikan 4 Pilar

Posted: 18 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk lebih memasifkan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang popular dikenal dengan Sosialisasi 4 Pilar, MPR melakukan kerja sama dengan Universitas Terbuka (UT).

Penandatanganan kerja sama dilakukan di Ruang Delegasi, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Jumat 18 September 2020. Dalam penandatanganan kerja sama, pihak MPR diwakili oleh Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono, sedang dari pihak UT diwakili oleh Wakil Rektor UT Liestyodono Bawono Irianto.

Ma'ruf Cahyono mengatakan, acara penandatanganan kerja sama MPR dan UT dalam Sosialisasi 4 Pilar yang dilakukan pada hari ini merupakan tindak lanjut kesepakatan yang telah dijalin Ketua MPR Bambang Soesatyo dengan Rektor UT Prof. Ojat Darojat.

"Pada hari ini merupakan tindak lanjut dari MOU itu. Saya dan Pak Liestyodono menindaklanjuti," tambahnya.

Menurut Ma'ruf Cahyono, sosialisasi merupakan amanat dari UU MD3 sehingga untuk melakukan kegiatan tersebut perlu dilakukan secara gotong royong atau kerja sama. "Dengan seluruh elemen masyarakat. Sosialisasi memerlukan kerja sama dengan melibatkan seluruh pihak tanpa terkecuali termasuk perguruan tinggi dan kelompok strategis," paparnya.

Dia menambahkan, mensosialisasikan nilai-nilai luhur bangsa merupakan tanggung jawa semua. Semakin banyak melakukan kerja sama dengan berbagai pihak maka Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika akan lebih dipahami masyarakat secara utuh dan menyeluruh. Sosialisasi harus dilakukan dengan berbagai metode dan mengikuti perkembangan jaman.

"Kita sudah menggunakan informasi teknologi (IT) untuk melakukan sosialisasi," ungkapnya.

Kemajuan IT itulah yang menurutnya juga perlu dikuasai agar sosialisasi bisa mengikuti perkembangan waktu. Dalam kerja sama tersebut nanti baik MPR maupun UT akan menyediakan narasumber untuk kegiatan-kegiatan sosialisasi. Dan sudah banyak akademisi yang mengikuti Training of Trainers (TOT) yang digelar MPR. Kegiatan TOT, demikian disebut lebih popular, merupakan kegiatan untuk mencetak narasumber dalam kegiatan-kegiatan sosialisasi.

"Mereka yang sudah mengikuti TOT bisa kita berdayakan lewat kerja sama ini," ujarnya.

Ma'ruf Cahyono berharap kerja sama ini bisa dikembangkan dan disinergikan sebab menurutnya antara MPR dan perguruan tinggi, UT, dalam beberapa hal memiliki tugas yang hampir sama yaitu memeberikan edukasi. Bila di perguruan tinggi ada lembaga penelitian maka di MPR juga ada Badan Pengkajian dan Komisi Kajian. Badan ini diungkapkan oleh alumni Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto, itu memiliki bidang kajian (penelitian) sangat luas.

"Ada kajian mengenai sistem ketatanegaraan, konstitusi, dan pelaksanaannya", ucapnya.

Bicara mengenai konstitusi saja diakui cakupannya sangat luas meliputi seluruh bidang/dimensj kehidupan bermasyaraka, berbangsa dan bernegara.

"Kalau mengkaji tentang ekonomi, pastinya juga akan mengkaji masalah konstitusi," demikian pula dengan bidang bidang lainnya, sebutnya.

Selanjutnya ia berharap kerja sama itu bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan. Liestyodono dalam acara itu mengatakan UT memiliki mahasiswa sebanyak 324.000 orang. Mereka tersebar di seluruh Indonesia bahkan ada yang di luar negeri.

"Yang berada di luar negeri adalah para pekerja imigran," ujarnya. Alumni yang dimiliki UT lebih dari 1,8 juta orang. Lembaga pendidikan ini memiliki 39 wilayah. "Jadi kami siap melakukan kerja sama untuk melakukan sosialisasi," tuturnya. UT dikatakan mempunyai potensi besar untuk melaksanakan sosialisasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mengatasi Kecanduan Gula, Terapkan Sejak Dini

Posted: 18 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan atau minuman dengan rasa manis memang sangat nikmat dan terkadang membuat ketagihan. Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa dalam jenis minuman kemasan sangat banyak kandungan gula yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang bisa muncul karena konsumsi gula yang berlebihan adalah diabetes.

Bahkan, ada beberapa orang mungkin yang sampai-sampai kecanduan dengan makanan atau minuman manis. Parahnya, saking kecanduannya dengan makanan atau minuman manis, banyak yang sampai-sampai tidak mau mengonsumsi air mineral. Jika sudah begitu, maka perlu dilakukan cara mengatasi kecanduan gula, agar tidak meningkatkan risiko penyakit bagi tubuh.

Adanya kecanduan gula atau sugar craving pada beberapa orang tersebut, sebenarnya merupakan salah satu bentuk adiksi yang terjadi pada otak karena konsumsi gula berlebih. Jika terus menerus dilakukan, selain meningkatkan risiko diabetes, juga bisa memicu penurunan kinerja hormon leptin. Padaha hormon tersebut fungsinya memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh masih memiliki cukup kalori.

Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan jika batas normal konsumsi gula per hari sebenarnya hanya sebesar 50 gram, atau setara dengan 4-5 sendok makan. Batas normal konsumsi gula per hari tersebut bertujuan agar penduduk Indonesia terhindar dari penyakit diabetes tipe-2 dan obesitas. Padahal, di dalam satu sajian minuman kemasan, biasanya bisa terdapat hingga 30 gram gula.

Lalu, setelah Anda mengetahui jika kecanduan gula merupakan bibit dari berbagai penyakit berbahaya, salah satunya diabetes mellitus. Maka agar dapat terhindar dari hal tersebut, dibutuhkan cara mengatasi kecanduan gula yang tepat dan cepat.

Itulah mengapa di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mengatasi kecanduan gula yang efektif. Yang perlu diingat, meski cara mengatasi kecanduan gula di bawah ini terbilag efektif, tapi hasilnya bisa beda-beda bagi tiap orang tergantung niat masing-masing, Sabtu (19/9/2020).

1. Tahu alasan kenapa harus berhenti

ilustrasi tes gula darah dan diabetes | pexels.com/@wdnet
ilustrasi tes gula darah dan diabetes | pexels.com/@wdnet

Cara mengatasi kecanduan gula yang paling pertama dan menjadi dasar penting, adalah dengan memahami mengapa ingin berhenti konsumsi gula berlebih. Mungkin dengan mempelajari berbagai pengetahuan akan bahaya mengonsumsi gula berlebih bisa dijadikan sebuah motivasi untuk berhenti atau paling tidak dapat mengurangi konsumsi gula tersebut.

Seperti yang sempat disinggung di awal tadi, konsumsi gula berlebih sangat berpotensi untuk menimbulkan peningakatan resistensi insulin dan hal tersebut yang pada akhirnya menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes tipe-2. Yang lebih mengerikannya, dalam beberapa penelitian pun juga menyebutkan jika konsumsi gula dalam jumlah berlebih akan berpotensi memicu timbulnya kanker.

2. Berhenti beli makanan olahan

Ilustrasi Supermarket (pixabay.com)
Ilustrasi Supermarket (pixabay.com)

Biasanya, jenis makanan olahan yang sudah dikemas sedemikian rupa memiliki banyak kandungan gula di dalamnya. Itulah mengapa, sangat penting bagi untuk melihat tabel gizi yang ada di bagian belakang kemasan supaya dapat mengetahui kadar gula yang terkandung dalam makanan olahan tersebut.

Jika kandungan gula sudah melebihi batas yang disarankan, maka ada baiknya untuk berpikir dua kali sebelum membelinya. Atau, jika sudah terlanjur membeli, ada baiknya mengonsumsinya sedikit saja. Tentu saja hal ini sebagai salah satu cara mengatasi kecanduan gula yang cepat dan efektif.

3. Perbaiki pola makan

ilustrasi makanan sehat | pexels.com/@iamtrangdoan
ilustrasi makanan sehat | pexels.com/@iamtrangdoan

Dibandingkan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gula berlebihan, ada baiknya untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat seperti gandum, buah, serta sayur.

Makanan tersebut, selain dikenal sehat dan baik untuk pencernaan, juga dapat membuat perut terasa lebih lama kenyang. Selain itu, jenis-jenis makanan tersebut juga berguna untuk mencegah penurunan kadar gula darah secara berlebihan. Cara mengatasi kecanduan gulah ini akan membantu tubuh untuk memperlambat dalam mengirim sinyal 'perlu makanan manis' ke otak.

4. Konsumsi camilan sehat

ilustrasi camilan sehat/unsplash
ilustrasi camilan sehat/unsplash

Cara mengatasi kecanduan gula selanjutnya dengan mengonsumsi jenis camilan sehat. Ada berbagai jenis camilan yang baik dan sehat bagi tubuh, seperti kacang-kacangan mentah, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Berbagai jenis camilan sehat tersebut bisa menjadi alternatif camilan yang baik untuk mencegah kecanduan gula.

Selain itu, jenis camilan tersebut bisa memberi nutrisi lebih yang baik bagi tubuh, seperti protein, energi dan lemak nabati yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan. Namun ingat, tetap pastikan jumlah konsumsinya jangan berlebihan, ya.

5. Hindari stres

Ilustrasi Mengalami Stres Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Mengalami Stres Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Biasanya, kondisi stres dapat mengganggu mood dan akan menjerumuskan untuk konsumsi makanan manis berlebihan. Maka dari itu, agar terhindar dari konsumsi makanan manis berlebihan yang dikarenakan stres, ada biaknya memahami apa saja pemicu timbulnya stres tersebut.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan, seperti membaca buku, menonton film, yoga, dan berbagai kegiatan yang dapat menghilangkan stres lainnya lainnya.

6. Olahraga

Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)
Ilustrasi fitness di gym. (Photo by Anatase Maragos on Unsplash)

Lalu, cara mengatasi kecanduan gula yang terakhir dengan berolahraga. Sebab konsumsi gula berlebih dapat menimbulkan mekanisme otak untuk menghasilkan hormon endorfin secara instan. Adanya proses tersebut dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengganti mekanisme pembentukan endorfin, yaitu berolahraga. Sebab aktivitas yang sehat bagi tubuh ini mampi mengalihkan perhatian dari konsumsi gula berlebih, serta bisa membantu tubuh untuk menyerap gizi makanan menjadi lebih baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Thiago Alcantara, Liverpool Segera Boyong Gelandang Portugal Diogo Jota

Posted: 18 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool- Liverpool sudah resmi memboyong Thiago Alcantara dari Bayern Munchen. The Reds membayar Munchen 30 juta euro untuk gelandang Timnas Spanyol ini.

Thiago Alcantara bukan pembelian terakhir Liverpool. Kabarnya Liverpool bakal segera memboyong pemain ketiga musim ini yaitu gelandang Wolves asal Portugal Diogo Jota.

Seperti dilansir Goal, Diogo Jota sudah sepakat dengan kontrak lima tahun di Liverpool. The Reds akan membayar 45 juta euro atau Rp 790 Miliar.

Diogo Jota dinilai menjadi pemain sempurna untuk Liverpool. Dia bisa main di berbagai posisi pada posisi depan sehingga bisa jadi pelapis bagus buat trio Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino.

Liverpool terkesan gerak cepat. Soalnya, The Reds sudah gagal rebut Ismaila Sarr dari Watford karena terlalu mahal.

 

Fleksibel

Diogo Jota (AFP/Paul Harding)
Diogo Jota (AFP/Paul Harding)

Liverpool dikabarkan mendapatkan keringanan dari Wolves untuk membayar Jota. The Reds bakal mencicil uang transfer 45 juta euro selama 12 bulan.

Kompensasi ini juga diberikan karena Liverpool melepas Ki Jana Hoever ke Wolves. Hoever disukai tapi dia masih kalah bersaing di tim utama.

Liverpool dikabarkan melepas bek muda asal Belanda itu dengan transfer 15 juta euro, rinciannya 10 juta euro plus bonus 6 juta euro.

 

Pemain yang Dijual

 

Hoever bukan pemain terakhir yang bakal dijual. Liverpool juga masih mencari pembeli untuk Loris Karius, Harry Wilson, Rhian Webster dan Marco Grujic.

Kehadiran Thiago dan Kostas Tsimikas membuat Liverpool tambah solid. Jota dinilai bakal menyempurnakan itu.

Komentar Thiago

Sebelumnya, Liverpool sudah memastikan transfer Thiago Alcantara. The Reds dan Bayern Munchen mencapai kesepakatan harga sehari sebelumnya. Thiago Alcantara kemudian terbang ke Inggris dan tiba di Melwood, markas Liverpool, pagi ini waktu setempat.

"Perasaan luar biasa. Saya sudah menunggu momen ini sejak lama dan bahagia berada di sini," kata Thiago, dilansir situs resmi klub.

"Saya ingin juara sebanyak mungkin. Saya yakin Liverpool memiliki harapan sama," sambungnya.

Thiago jadi transfer besar pertama Liverpool musim ini. Sebelumnya The Reds menggaet Kostas Tsimikas untuk menjadi pelapis Andy Robertson. 

Saksikan Video Liverpool di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Detik-Detik Wisuda Online Terganggu Suara Penjual Gorengan Keliling

Posted: 18 Sep 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisuda menjadi momen yang banyak dinanti para mahasiswa. Bagaimana tidak, perjuangan menjalani kuliah dan mengerjakan tugas akhir maupun skripsi akan terbayar di hari wisuda.

Namun, wisuda tahun ini berbeda dengan wisuda tahun sebelumnya. Masa pandemi Corona Covid-19, membuat wisuda terpaksa digelar secara virtual. 

Meski begitu, kondisi ini tak mengurangi rasa bahagia para wisudawan. Seperti yang dialami seorang mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura ini.

Artikel tentang detik-detik wisuda online terganggu suara penjual gorengan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang TikTokers tega berbohong demi tambah pengikut.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang orang berpaha besar lebih kecil kemungkinan kena darah tinggi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral, Detik-Detik Suara Penjual Gorengan Masuk Saat Mahasiswi Ini Wisuda Online

(@alivianahim/twitter.com)
(@alivianahim/twitter.com)

Ada saja kendala maupun kejadian unik ketika wisuda secara daring berlangsung. Melalui akun Twitter-nya @alivianahim, mahasiswi bernama Muslimah ini menunjukkan bagaimana dia tak kuasa menahan tawa ketika namanya dipanggil saat wisuda online, namun beriringan dengan suara lantang tukang gorengan yang lewat di depan kost-nya.

Selengkapnya...

2. Berbohong Demi Tambah Followers, TikTokers Tega Umumkan Suaminya Meninggal

Seorang istri umumkan suaminya meninggal lewat TikTok. Sumber: TikTok/@adil_raajput
Seorang istri umumkan suaminya meninggal lewat TikTok. Sumber: TikTok/@adil_raajput

Sebagian orang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan banyak followers di media sosialnya. Seperti yang dilakukan sepasang TikTokers asal Pakistan yang memberi informasi bohong pada pengikutnya.

Selengkapnya...

3. Kabar Baik Buat Orang Berpaha Besar: Banyak Lemak di Kaki, Lebih Rendah Kemungkinan Darah Tinggi

Memiliki paha yang kencang dan kecil menjadi idaman setiap wanita. Dengan 4 gerakan aktivitas fisik ini dapat membantu Anda.
Memiliki paha yang kencang dan kecil menjadi idaman setiap wanita. Dengan 4 gerakan aktivitas fisik ini dapat membantu Anda.

Penelitian terbaru ternyata menunjukkan sedikit kelebihan berat badan di bagian tertentu tubuh sebenarnya tak berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Menurut studi baru dari Rutgers North American Disease Intervention, orang dengan paha besar/memiliki banyak lemak di kaki cenderung tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketahuan Lihat Foto Wanita Bugil, Anggota Parlemen Thailand Ini Tak Dihukum

Posted: 18 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Seorang anggota parlemen Thailand, Ronnathep Anuwat, tertangkap kamera wartawan sedang melihat foto bugil seorang wanita pada telepon genggamnnya, saat menghadiri sesi sidang DPR pada Rabu 16 September 2020.

Seperti dilansir bangkokpost.com, Jumat (18/9/2020). anggota parlemen Palang Pracharath untuk Chon Buri itu mengatakan dia menerima pesan di ponselnya saat itu dan membukanya, tanpa menyadari bahwa isinya foto wanita telanjang.

Ia menjelaskan pertama bunyi pesan yang disertai foto wanita tanpa busana itu adalah permintaan uang untuk membeli makan. Ketika tiba-tiba muncul foto bugil tersebut, ia langsung menghapus pesan dan foto tersebut.

Media melaporkan bahwa melihat foto bugil tersebut telah mempengaruhi Ronnathep dan pekerjaannya yang dipercayai oleh masyarakat. Namun dia menegaskan bahwa itu tidak benar, sambil menambahkan bahwa dia telah "dijebak".

Dalam pembelaannya, Ronnathep mengatakan dia telah ditargetkan oleh saingan politik yang bermaksud memperburuk citranya. "Saya memiliki lawan politik dan saya yakin salah satu dari merekalah yang bertanggung jawab untuk jebakan ini."

Tidak Ada Hukuman karena Urusan Pribadi

nonton-porno-ilustrasi-131124b.jpg
nonton-porno-ilustrasi-131124b.jpg

Menanggapi kasus tersebut, Ketua DPR Chuan Leekpai mengatakan bahwa tidak ada hukuman bagi Ronnathep, karena menurutnya melihat foto "tidak pantas" di teleponnya selama sidang DPR merupakan urusan pribadi. Namun, jika pengaduan tetap diajukan, parlemen dapat mempertimbangkan apakah anggota tersebut telah melanggar kode etik anggota parlemen atau tidak.

Chuan juga mengatakan bahwa dia akan mengeluarkan peringatan kepada Ronnathep dan seluruh anggota parlemen untuk berhati-hati tentang apa yang mereka lakukan selama pertemuan DPR karena media mengawasi mereka.

Menurut penjelasan Chuan, ini adalah pertama kalinya pengaduan tentang seorang anggota parlemen yang melihat foto yang tidak pantas diajukan. Sebelumnya, pengaduan hanya dibuat bagi anggota parlemen yang mengenakan pakaian tidak pantas saat parlemen.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir Kehilangan Nyawa Akibat COVID-19, Penggemar Maraton Ini Berjuang Bisa Lari 1 Km

Posted: 18 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum pandemi COVID-19 melanda, maraton adalah hal yang menyenangkan sekaligus menantang bagi David Lat. Namun, Lat terinfeksi virus SARS-CoV-2. Nyawanya hampir melayang, ventilator membantunya agar tetap bisa bernapas. 

Setelah negatif dari COVID-19, Lat kini pun kembali berlatih lari. Tentu, dia harus pelan-pelan meningkatkan performanya. 

"Saya secara bertahap meningkatkan kemampuan lari saya tanpa henti," kata pria 45 tahun itu.

"Saya pikir, saya bisa mencapai 1 mil (1,6 km), tidak cepat, tapi saya bisa melakukannya," ungkap Lat.

Lat akan berusaha akhir pekan ini sebagai bagian dari 2020 New Balance 5th Avenue Mile, acara New York Road Runners yang diadakan secara virtual hingga 13 September. Dan, bila berhasil mencapai garis finis, dia akan melewati rintangan besar dalam hidupnya

"Saya merasa ini akan menjadi langkah pertama untuk kembali ke sesuatu yang mirip hidup normal," katanya.

Maraton Kota New York di Musim Gugur semakin dekat, tapi bagi para penyintas COVID-19 seperti Lat hal ini tidak mudah. Paru mereka mungkin terkena dampak kehadiran virus SARS-CoV-2, sehingga hanya sampai ke taman saja tampak seperti rintangan yang sangat sulit. Seperti Lat, sebelumnya mampu berlari sejauh 42 km sekarang hanya berharap sejauh 1,6 km saja.

 

Terinfeksi COVID-19 Maret Lalu

Pada awal Maret lalu, Lat mengalami demam dan menggigil. Selama seminggu gejalanya memburuk, segera ia memeriksakan diri dengan pergi ke ruang gawat darurat di NYU Langone.

"Saat saya tiba disana, saya hampir tidak bisa berdiri atau berjalan," kata Lat.

Dia menerima oksigen darurat tetapi bernapas menjadi lebih sulit pada hari-hari berikutnya. Pada akhir bulan, dokter membiusnya dan memasangnya di ventilator, dan ia menggunakan alat itu selama enam hari di unit perawatan intensif.

Pada tanggal 1 April, Lat meninggalkan rumah sakit, ia hampir tidak bisa berjalan. Hal ini sangat jauh dari staminanya di tahun 2005 dan 2007, tahun-tahun ketika dia berlari di New York City Marathon dalam waktu kurang dari lima jam. 

Negatif dari COVID-19, performa fisik Lat menurun.  Bahkan kondisi ini terjadi beberapa bulan sesudah sembuh dari COVID-19.

"Selama dua bulan pertama, saya merasa seperti tidak ada kemajuan," katanya.

"Sesak napas tetap ada, dan batuk terus menerus  membuat punggung, dada, dan bahu saya sakit," tutur Lat.

Lalu pada bulan Juni, entah bagaimana batuk dan sesak napas yang selama ini ia alami hilang begitu saja. Sejak saat itu, dia mulai berjalan untuk berolahraga termasuk jogging. 

"Saya mencoba berpikir untuk kembali menjadi bugar," katanya. 

Lat tetap optimis untuk bisa kembali mendapatkan performanya sebelum terkena COVID-19. Setelah ia bisa menaklukkan lari 1,6 km, secara bertahap dia akan meningkatkan kemampuannya. 

Saat ini, ia tidak berpikir bakal kembali ke ajang maraton yang mampu berlair berpuluh-puluh kilometer. Namun jika ia bisa melakukan lari dengan jarak sejauh 5km, tentu itu akan menjadi hal yang besar untuknya.

Penulis: Deskhila Wijaya

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN (Liputan6.com / Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: League of Legends: Wild Rift Fase Beta Hadir di Indonesia

Posted: 18 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gamer di sejumlah negara di Asia Tenggara berkesempatan untuk bermain gim League of Legends: Wild Rift lebih awal.

Walau masih sebatas fase beta, artikel kehadiran gim MOBA di perangkat Android ini mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (18/9/2020).

Artikel lain yang juga bikin penasaran, Gojek memperkuat keamanan untuk mitra driver dan merchant, dan Facebook umumkan Project Aria.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Gamer di Indonesia Sudah Bisa Main League of Legends: Wild Rift, Tapi...

Sejak diumumkan pada akhir tahun lalu, kehadiran gim League of Legends: Wild Rift memang sudah lama ditunggu oleh gamer setianya.

Riot Games, selaku pengembang gim mengungkap kabar baik untuk pemain setianya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Per 18 September, pemain di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand sudah bisa main gim mobile bergenre MOBA (multiplayer online battle arena) versi beta ini.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Gojek Terus Perkuat Keamanan untuk Mitra Driver dan Merchant

Gojek terus memperkuat keamanan layanannya tidak hanya bagi konsumen, tapi juta mitra driver dan merchant.

Inisiatif #AmanBersamaGojek yang dirilis Februari lalu diklaim terbukti membantu kedua mitranya semakin merasa aman dalam memperoleh pendapatan di dunia digital, terutama di masa pandemi Covid-19.

Chief Information Security Officer (CISO) Gojek Group, George Do, mengungkapkan berdasarkan riset perusahaan, mayoritas driver atau sebesar 92 persen menyatakan akun mereka kini lebih aman. Salah satunya berkat keberadaan fitur verifikasi wajah.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Facebook Umumkan Project Aria untuk Teliti Masa Depan Wearable AR

Facebook mengumumkan Project Aria, sebuah proyek penelitian baru yang akan membantu perusahaan untuk menciptakan perangkat sandang (Wearable) dengan teknologi Augmented Reality (AR).

Dalam keterangan resminya, perusahaan mencontohkan kacamata dengan kemampuan untuk menampilkan informasi secara virtual di atas objek fisik.

Perangkat semacam itu diyakini dapat membantu melakukan tugas sehari-hari dengan lebih baik, seperti "menemukan kunci, menavigasi jalanan, atau mengabadikan momen".

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Kominfo: Berita Hoaks soal Virus Corona Berjumlah 1.016

Posted: 18 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membeberkan jumlah kabar hoaks soal virus corona di Indonesia. Dia menyebut ada ribuan kabar bohong tentang covid-19.

Dari data Kominfo per tanggal 5 Agustus 2020, ada 1.016 berita hoaks yang membahas soal virus corona. Banyaknya berita hoaks ini membuat Kominfo khawatir karena bisa berdampak fatal pada kesehatan.

"Ini menimbulkan kesalahpahaman bagaimana kita berhadapan dengan COVID-19," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rosarita Niken Widiastuti, saat seminar "Pentingnya Informasi Benar di Masa Pandemi" yang diadakan secara virtual, Jumat (18/9/2020).

Seperti dikutip dari Antara, Staf Ahli Menteri Kominfo bidang hukum, Henri Subiakto, menyatakan di era pendemi ini, masyarakat bukan hanya berhadapan dengan virus corona, namun juga infodemik, informasi yang berlebihan tentang sesuatu, dalam hal ini COVID-19.

Untuk itu, literasi digital perlu ditingkatkan agar masyarakat memiliki keterampilan untuk menyerap informasi, termasuk bagaimana cara mengecek fakta.

Kominfo sejak beberapa tahun belakangan memanfaatkan bantuan mesin pengais untuk melacak konten hoaks dan kabar misinformasi seputar virus corona yang beredar di dunia maya.

 

Akan Dipublikasikan di Situs Kominfo

ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)

Setelah melakukan verifikasi dan validasi fakta, konten yang berlabel hoaks atau misinformasi akan dipublikasikan di situs resmi Kominfo yang disertakan artikel tentang informasi yang benar.

Berkaitan dengan penegakan hukum mengenai kasus hoaks, kementerian bekerja sama dengan kepolisian untuk individu yang menyebarkan hoaks.

Sementara untuk konten, Kominfo akan meminta penyelenggara platform untuk menurunkan konten-konten yang terindikasi hoaks.

Kominfo juga menggalakkan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi sebagai upaya gotong royong antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menangkal hoaks melalui edukasi dan kesadaran privasi. Di sisi lain mengajak UMKM memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya.

Penulis: Nila Chrisna Yulika/News Liputan6.com

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honorer Minta Subsidi Gaji Merata, Termasuk bagi Nonpeserta BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 18 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana melakukan perluasan penerima bantuan subsidi gaji untuk tenaga honorer. Diketahui, sebagian tenaga honorer sudah mendapatkan bantuan dari data yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Sehingga, pemerintah berencana meratakan kebijakan tersebut kepada seluruh tenaga honorer.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih menyoroti basis data yang digunakan. Menurutnya, jika ingin penyaluran subsidi gaji ini merata, maka yang menjadi basis data mestinya berasal dari instansi, dan bukan dari BPJSTK.

"Kalau memang pemerintah mau benar-benar membantu honorer, caranya bukan dilihat dari yang punya BPJS ketenagakerjaan atau tidak. Namun diinput dari data masing-masing instansi yang ada honorernya. Itu baru adil dan merata," ujar Titi saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (19/9/2020).

Lebih lanjut, Titi juga mengaku bahwa ia merupakan salah satu tenaga honorer yang tidak memiliki BPJSTK. Sehingga ia menegaskan pemberian subsidi gaji yang didasarkan data BPJSTK tersebut tidak tepat.

"Yang dari Jamsostek (BPJSTK) itu tidak tepat buat para honorer. Karena hanya sebagian saja yang menerima, yang punya BPJS ketenagakerjaan. Dan yang belum punya BPJS ketenagakerjaan tidak dapat. Saya termasuk salah satu honorer yang tidak punya BPJS ketenagakerjaan," kata dia.

Titi menambahkan, tenaga honorer yang menerima upah dari instansi juga sudah memiliki rekening. Sehingga penyaluran bisa dilakukan melalui bank. "Jadi lebih baik pemerintah buat solusi untuk para tenaga honorer agar bantuan subsidi gaji ini merata ke seluruh tenaga honorer. Karena besar dan kecil setiap tenaga honorer sudah dapat honor dari pemerintah dan punya rekening masing-masing juga," tutur dia.

Sebagai informasi, Titi menyebutkan kisaran upah tenaga honorer saat ini masih berada di bawah UMK. Ditambah dengan kondisi pandemi seperti saat ini, tentu tenaga honorer berada pada situasi yang cukup tertekan dari sisi ekonomi.

"Rata-rata honor para honorer masih di bawah UMK. Bukan lagi dibawah Rp 5 juta, tapi di bawah UMK. Itu sangat miris. Di kala pemerintah kasih BLT, subsidi karena pandemi ini, tidak semua tenaga honorer tersentuh bantuan tersebut karena tidak penuhi syarat dan kriteria untuk dapatkan bantuan atau subsidi tersebut," kata dia.

Kabar Gembira, 1,8 Juta Guru Honorer Bakal dapat Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan

Dalam aksinya, ribuan pegawai ini mengenakan seragam PNS warna cokelat dan sebagian lainnya mengenakan seragam PGRI, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dalam aksinya, ribuan pegawai ini mengenakan seragam PNS warna cokelat dan sebagian lainnya mengenakan seragam PGRI, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan, 1,8 juta guru honorer bakal mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah.

Airlangga bilang, rencana penyaluran BLT tersebut akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

BACA JUGA

Di Forum Internasional, Sri Mulyani Cerita Ekonomi Indonesia Ambruk Akibat Pandemi "Disampaikan program untuk guru honorer sejumlah 1,8 juta, yang nanti akan dilaksanakan melalui Kemendikbud, dengan kebijakan sama dengan subsidi gaji," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jumat (18/9/2020).

Untuk nilainya, Airlangga tidak menyebutkan berapa jumlah pastinya. Namun, jika skemanya sama seperti pemberian subsidi gaji ke karyawan swasta, kemungkinan para guru honorer bisa mendapatkan Rp 600 ribu per bulan.

Sebelumnya, 398 ribu tenaga honorer direncanakan akan mendapatkan bantuan subsidi gaji pada gelombang kedua, yaitu di Oktober dan November 2020.

Sama seperti subsidi gaji yang terima oleh pegawai swasta bergaji di bawah Rp 5 juta, dalam 2 bulan tersebut tenaga honorer ini akan mendapat subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Hore, 398 Ribu Tenaga Honorer dapat Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan

Massa yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2) itu menuntut status honorer untuk segera diangkat menjadi status PNS, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2) itu menuntut status honorer untuk segera diangkat menjadi status PNS, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebanyak 398 ribu tenaga honorer akan mendapatkan bantuan subsidi gaji pada gelombang kedua, yaitu di Oktober dan November 2020. Ini sesuai instruksi Presiden Jokowi dan Ketua Pelaksana KCPEN Erick Thohir.

Sama seperti subsidi gaji yang terima oleh pegawai swasta bergaji di bawah Rp 5 juta, dalam 2 bulan tersebut tenaga honorer ini akan mendapat subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Subsidi gaji kepada honorer merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada mereka yang sudah mengiur, membayar BPJS ketenagakerjaan.

"Dari 15 juta tenaga kerja yang didaftar di BPJS yang eligible untuk program bantuan subsidi gaji sekitar 398 ribu merupakan tenaga kerja honorer. Jadi Alhamdulillah kita sudah bisa melakukan transfer batch pertama dan batch kedua. Insyaallah nanti batch ke 3, 4, 5 nya bisa segera kita transfer akhir September," kata Budi dikutip Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, tenaga honorer yang mendapatkan bantuan nantinya mereka yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Acuan BPJS karena pemerintah membutuhkan data yang lengkap tentang para tenaga honorer.

Program Bantuan Subsidi Gaji diberikan kepada 15,72 juta pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta. Nilainya sebesar Rp 600 ribu per bulan, selama 4 bulan dari September-Desember 2020.

"Ini program yang baru diluncurkan (27 Agustus 2020) penetrasinya sudah cukup baik kita sudah Salurkan 2 batch sekitar Rp 7 triliun lebih hampir Rp 8 triliun yang sudah kita salurkan untuk 2 batch. Rencananya akan kita berikan ke 15,72 juta karyawan yang terdaftar di BPJS," tegas dia.

Termasuk BSU untuk tenaga kerja honorer, ia menegaskan akan segera disalurkan pada Oktober dan November nanti secara bertahap. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Via Vallen Pamer Kartu Pelajar SD, Pernah Menyamar Jadi Cowok

Posted: 18 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Corona Covid-19, membuat orang-orang melakukan banyak hal di rumah, termasuk Via Vallen. Serunya, saat berbenah rumah, ia menemukan Kartu Pelajar Sekolah Dasar (SD).

Via Vallen, memamerkan kartu pelajar SD yang pernah dimilikinya di akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (18/9/2020).

Melihat kartu tersebut Via Vallen, ngakak. Ia tak menyangka masih menyimpannya. "Demiii apaaa nemuu giniaaan 🤣," tulisnya.

Menganggap Tua

Melihat kartu masa SD membuat pelantun "Sayang" ini merasa sudah cukup tua. Maklum kartu tersebut dikeluarkan pada 1991 silam.

"Yaa Allahh udahh tuaa akuu 🙈," lanjutnya.

Kenang Masa Lalu

Via Vallen (Foto: Instagram/@viavallen)
Via Vallen (Foto: Instagram/@viavallen)

Tak sampai situ saja. Via Vallen juga langsung teringat dengan masa-masa seru saat sekolah.

"Tahun 2004 jaman dimana kalo ke sekolah pulang perginya nggandol truk dr tikungan deket bioskop anta siwalan, sampe ke jembatan kutisari...," kenangnya.

Ogah Keluar Uang

Rupanya, semua yang dilakukan Via Vallen agar ia memiliki uang jajan lebih. Ia tak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos kendaraan.

"Trus di lanjut jalan kaki ke sekolahnyaa, biar uang buat naek angkotnya iso di gawe njajan 🤪," lanjutnya.

Menyamar

Walau foto yang terpasang dalam kartu pelajar, Via Vallen terlihat mengenakan hijab namun ia kerap menyamar agar bisa naik ke atas truk.

"Fyi pas nggandol aku ga pake seragam sekolah aka nyamar jadi cowok ( pake kaos oblong + topi buat masukin rambut ) ✌🏻#viavallen," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua KPU Sulsel Terkonfirmasi Positif Covid-19 Usai Dampingi Arief Budiman Selama di Makassar

Posted: 18 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Ketua KPU Sulawesi Selatan, Faisal Amir, terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya ia turut mendampingi Ketua KPU RI, Arief Budiman saat melawat ke Kota Makassar pada Selasa, 15 September 2020.

ketua KPU RI, Arief Budiman belakangan menyatakan diri positif Covid-19 setelah uji swab pada Jumat (18/9/2020) pagi.

"Iya betul, dia dan istri (terkonfirmasi positif Covid-19)," kata Komisioner KPU Sulsel, Misna M. Attas saat dikonfirmasi, Sabtu (19/8/2020). 

Saat ini, Faisal Amir dan istrinya tengah menjalani perawatan dan isolasi di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. Informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, Faisal merasakan demam dan kurang enak badan sejak Rabu (16/9/2020).

"Dia baru menjalani perawatan pada di (RSUP) Wahidin Sudirohusodo pada Jumat kemari," ucap Misna.

Misna memastikan bahwa Kantor KPU Sulsel akan ditutup sementara dan akan memberlakukan Work From Home (WFH).  Kantor KPU Sulsel juga akan disemprot disinfektan untuk mencegah penularan Covid-19 lebih meluas lagi. 

"KPU Sulsel akan WFH dan hari ini dilakukan sterilisasi," ucapnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, seluruh Komisioner KPU Sulsel beserta staff yang oernah berinteraksi dengan Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir kan menjalani uji swab dalam waktu dekat. Misna menyebutkan bahwa pihaknya kini tengah menunggu hasil koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Sulsel.

"Komisioner dan staf akan diupayakan untuk melakukan uji Swab, Kami sedang menunggu hasil koordinasi dengan Gugus Tugas Provinsi," dia memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Kronologi Mutilasi yang Terungkap di Kalibata City

Posted: 18 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus penemuan jasad termutilasi di Apartemen Kalibata City Tower Ebony Lantai 16, pada Rabu malam 16 September 2020 terungkap. Pelakunya adalah sepasang kekasih berinisial DAF (26) dan LAS (27). Pembunuhan disertai mutilasi ini bermula dari perkenalan korban dengan salah satu tersangka LAS (27) di sebuah aplikasi chatting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Memilih Sikat Gigi untuk Anak, Melatih Kebiasaan Baik Sejak Dini

Posted: 18 Sep 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mungkin masih banyak dari Anda yang menganggap cara memilih sikat gigi untuk anak adalah hal yang mudah. Padahal, ada beberapa cara memilih sikat gigi untuk anak yang perlu diperhatikan, agar anak senantiasa mau dan jadi gemar untuk sikat gigi dengan rajin. Mengingat sikat gigi merupakan salah satu kebiasaan sehat yang sangat enggan dilakukan anak-anak.

Itulah mengapa, untuk membentuk kebiasaan sikat gigi yang rutin pada anak, perlu menggunakan beberapa trik salah satunya dengan memberi sikat gigi yang menarik perhatiannya. Tapi, selain untuk menarik perhatian, cara memilih sikat gigi untuk anak yang tepat diperlukan agar kondisi gigi mereka selalu sehat tanpa melukai bagian gusi maupun sekitar mulut.

Dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi, maka dengan menjalankan kebiasaan baik ini secara berkelanjutan, anak akan semakin kecil risikonya terhindar dari berbagai penyakit mulut, seperti radang gusi, gigi berlubang, gigi sensitif, karies gigi, dan lain sebagainya.

Nah, untuk membahas lebih dalam bagaimana cara memilih sikat gigi untuk anak yang tepat, maka di bawah ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber beberapa cara memilih sikat gigi untuk anak agar kebiasaan membersihkan gigi bisa rutin dilakukan sejak dini, Sabtu (19/9/2020).

1. Pilih Sikat Gigi dengan Kepala Sikat Kecil

Ilustrasi Sikat Gigi Credit: unsplash.com/Superkitina
Ilustrasi Sikat Gigi Credit: unsplash.com/Superkitina

Biasanya, jenis sikat gigi anak akan dibedakan berdasar usianya, yaitu 7-11 bulan, 11-24 bulan, dan untuk usia 24 bulan ke atas. Namun cara memilih sikat gigi untuk anak untuk usia 7-24 bulan, dengan perhatikan bagian kepala sikat giginya. Ada baiknya untuk menggunakan sikat gigi yang kepala sikatnya kecil. Selain itu, pastikan jika ujung dari sikat gigi tersebut memiliki ujung yang membulat.

Selain dari sisi bentuk, biasanya sikat gigi anak untk usia tersebut sudah dilengkapi dengan fitur karet yang membuat sikat gigi menjadi tidak licin ketika digunakan. Tentunya hal ini akan menambah kenyamanan ketika sikat gigi digunakan oleh anak Anda.

2. Gunakan Sikat yang Memiliki Bulu Lembut

Sikat Gigi (Photo by Laura Mitulla on Unsplash)
Sikat Gigi (Photo by Laura Mitulla on Unsplash)

Lalu, cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya dengan memilih jenis sikat yang memiliki bulu-bulu lembut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab bulu sikat yang kurang tepat akan berpotensi melukai bagian mulut anak Anda. Sebab mulut anak masih sangat sensitif dan rentan terhadap goresan benda kasar.

3. Pilih Sikat yang Bentuknya Panjang dan Ramping

Sikat Gigi (Photo by Paweł Czerwiński on Unsplash)
Sikat Gigi (Photo by Paweł Czerwiński on Unsplash)

Apabila anak Anda sudah mulai memasuki usia 3 tahun atau lebih, maka cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya dengan memilih sikat yang bentuknya lebih panjang dan ramping. Dengan sikat gigi yang bentuknya panjang dan ramping, maka akan memungkinkan sikat gigi untuk menjangkau sela-sela gigi dengan lebih dan membuat proses pembersihan gigi menjadi lebih optimal.

4. Pastikan Sikat Memiliki Pegangan yang Lebar

Sikat Gigi (Photo by amirhosein esmaeili on Unsplash)
Sikat Gigi (Photo by amirhosein esmaeili on Unsplash)

Cara memilih sikat gigi untuk anak yang selanjutnya, dengan memilih sesain sikat gigi anak yang memiliki pegangan lebar. Dengan adanya bentuk sikat yang memiliki pegangan lebar, maka akan berguna untuk membuat anak Anda lebih mudah menggenggamnya. Hal ini sangat diperlukan agar anak-anak lebih mudah untuk menggunakan sikat giginya sendiri. Selain itu, dengan menggunakan sikat gigi yang nyaman digenggam, bisa membangun kebiasaan baik anak untuk sikat gigi sendiri.

5. Gunakan Sikat yang Memiliki Gagang Ramping

Sikat Gigi (Photo by Alex on Unsplash)
Sikat Gigi (Photo by Alex on Unsplash)

Ketika anak Anda sudah memasuki usia 5-8 tahun, maka ada baiknya untuk memilih sikat gigi dengan gagang yang lebih ramping. Hal tersebut penting agar kebersihan gigi anak menjadi lebih optimal. Selain itu, pastikan sikat gigi tersebut juga terdapat bulu berbentuk seperti mangkuk yang bagian ujungnya ramping.

6. Pilih Sikat Gigi dengan Desain yang Menarik

Sikat Gigi (Photo by Paweł Czerwiński on Unsplash)
Sikat Gigi (Photo by Paweł Czerwiński on Unsplash)

Biasanya, anak-anak gemar menonton kartun atau memiliki ketertarikan dengan hal tertentu. Dengan memilih sikat gigi anak yang memiliki unsur kartun maupun hal yang menjadi favorit mereka, maka akan berguna untuk memotivasi anak Anda agar mau menyikat gigi dua kali sehari.

Selain itu, penting juga bagi Anda sebagai orang tua, untuk meyakinkan bahwa sikat gigi yang digunakan akan memberi dampak positif bagi anak ketika digunakan. Mungkin Anda bisa membujuknya dengan mengatakan jika menggunakan sikat gigi tersebut bisa memberi kekuatan layaknya tokoh favorit yang ada di desain sikat gigi tersebut.

7. Pilih Sikat Gigi yang Memiliki Bunyi dan Lampu

Sikat Gigi (Photo by Marcos Ramírez on Unsplash)
Sikat Gigi (Photo by Marcos Ramírez on Unsplash)

Kemudian, cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya dengan memilih sikat gigi yang memiliki lampu dan bunyi. Hal ini sangat berguna untuk menarik minat anak. Dengan begitu, anak menjadi lebih rajin untuk menyikat gigi dan bertahap membangun kebiasaan baiknya untuk menyikat gigi.

Selan itu, memilih sikat gigi yang terdapat bunyi dan lampu akan berguna untuk mencegah anak menjadi bosan dan enggan untuk sikat gigi. Jadi, selama berbagai cara memilih sikat gigi untuk anak di atas Anda perhatikan dengan seksama, bukan tidak mungkin anak akan menjadi lebih rajin menyikat gigi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Bekuk Pengedar Sabu Jaringan Malaysia di Surabaya Timur

Posted: 18 Sep 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Unit Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya kembali menggagalkan penyelundupan narkoba jaringan internasional. 

Polisi melumpuhkan tiga pelaku dengan timah panas, karena melawan saat ditangkap. Polisi menyita barang bukti sabu–sabu seberat 28,88 kilogram, dan 14.000 butir pil koplo. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 16 September 2020.

Satuan Unit Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya, menyergap pengedar narkoba jenis sabu-sabu di kawasan Surabaya Timur, dengan diberi tembakan peringatan di udara.

Dalam penyergapan ini, polisi melumpuhkan pengedar DS (32), asal Sulawesi Tenggara karena melawan saat ditangkap. Saat penggeledahan di mobil pelaku, ditemukan sabu-sabu seberat 28,88 kilogram, dan 14.000 butir pil koplo.

Hasil pengembangan, polisi juga menangkap AS (34), asal Kalimantan Selatan dan BY (37), yang tinggal di apartemen di Surabaya. Polisi menyita barang bukti sabu-sabu, dan pil ekstasi yang siap diedarkan di Jawa Timur.

Para pelaku ini merupakan jaringan internasional dari Malaysia, yang biasa memasok narkoba ke Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Para tersangka ini ditangkap berdasarkan pengungkapan jaringan narkoba yang telah dibongkar sebelumnya. Kawanan ini merupakan jaringan P yang menguasai peredaran narkoba di Jawa Timur. Para tersangka menerima perintah dari seorang yang diduga mendekam di Lapas.

"Dari kedua ini ada sekitar ada 28 kilogram, sama 47.000 lebih butir ekstasi, asal barangnya kita akan profiling lebih lanjut asalnya, tapi kalau sisi packaging-nya yang jelas ini pasti dari luar, packagingnya dalam bentuk packaging teh, warna kuning sama warna hijau," ujar Kombes Pol Jhonny Edison Isir, Kapolrestabes Surabaya.

Sebelumnya Satnarkoba Polrestabes Surabaya, melakukan tembak mati terhadap seorang pengendali peredaran narkoba bernama FR (28) yang tinggal di sebuah apartemen di Surabaya timur, karena melakukan perlawanan dengan menggunakan sebilah parang saat hendak ditangkap.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ancaman maksimal hukuman mati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinas Tenaga Kerja DKI: 37 Perusahaan Ditutup Sementara Selama PSBB

Posted: 18 Sep 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta memperluas jangkauan sidak gedung perkantoran atau perusahaan di Ibu kota, sejak dimulainya pengetatan PSBB pada 14 September 2020. Kepala Disnaker DKI Andri Yansyah menyatakan, terdapat ratusan perusahaan yang telah disidak oleh timnya.

"Perusahaan yang disidak sebanyak 287 perusahaan," kata Andri dalam keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Dari ratusan yang disidak, terdapat 37 perusahaan yang ditutup sementara selama pengetatan PSBB. "Karena ada temuan Covid dan ada juga yang melanggar protokol," kata Andri.

Adapun perusahaan yang ditutup karena Covid-19 ada 17 perusahaan. "Perusahaan yang ditutup karena tidak menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ada 20 perusahaan," kata Andri.

Andri menyatakan data tersebut merupakan laporan data masuk dari tanggal 14-18 September. Ia juga mengingatkan agar setiap kantor yang masih menjalankan Work From Office (WFO) selama PSBB untuk menaati protokol dengan hanya mengizinkan 25 persen karyawan yang masuk.

"Serta wajib menjalan protokol kesehatan ketat," tandas Andri.

168 Tempat Makan di Jakarta Dikenai Sanksi Saat PSBB Ketat

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin menyatakan, ratusan tempat makan atau restoran di Ibu Kota mendapatkan sanksi akibat melakukan pelanggaran saat pelaksanaan PSBB ketat.

"Ada 79 tempat makan yang mendapatkan sanksi pelanggaran, 13 membayar denda, 22 penutupan 3x24 jam dan teguran tertulis ada 44 pada Kamis (17 September 202))," kata Arifin dalam keterangan tertulis, Jumat (18/9/2020).

Sedangkan bila data mulai dari pemberlakuan PSBB yaitu 14 September sampai 17 September, 168 tempat makan mendapatkan sanksi. Rinciannya yakni 14 dikenakan sanksi denda administrasi, 52 penutupan 3x24 jam, dan 102 mendapatkan teguran tertulis.

Sementara itu, Arifin juga menyatakan pihaknya mencatat sebanyak 164 ribu orang terkena sanksi akibat tidak menggunakan masker saat pelaksanaan PSBB.

Kata dia, untuk pemberian sanksi pelanggaran tersebut berdasarkan Pergub Nomor 79 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Dalam Pergub tersebut disebutkan setiap warga yang tidak mengenakan masker dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp 250.000 atau sanksi kerja sosial minimal satu jam.

"Sanksi denda Rp 2,4 miliar. Bahwa pembayaran sanksi denda tidak bayar di tempat dibayar nomor rekening yang telah ditunjukkan menjadi penerimaan daerah," kata Arifin dalam diskusi virtual, Kamis (17/9/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cawali Eri Cahyadi: Sekolah Partai PDIP Jadi Bekal Sejahterakan Warga Surabaya

Posted: 18 Sep 2020 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program sekolah partai untuk calon kepala daerah (cakada) yang diselenggarakan PDI Perjuangan (PDIP) telah sukses digelar. Tak hanya diikuti oleh kader, sekolah partai yang dilaksanakan dalam tiga gelombang tersebut juga diikuti oleh cakada non-kader yang diusung PDIP.

Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi adalah salah satu peserta sekolah partai. Eri yang merupakan mantan birokrat ini mengaku mendapat gambaran baru bagaimana Pancasila dan perjuangan Bung Karno untuk Indonesia.

Eri memastikan ilmu yang didapat dari sekolah partai akan diterapkannya ketika terpilih di Surabaya kelak. Dia juga mendoakan siswa Sekolah Partai bisa memenangkan Pilkada Serentak 2020 nanti.

"Saya semakin bersemangat ingin menunjukkan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang betul-betul membumikan Pancasila," kata Eri, Jumat (18/9/2020).

Eri mengatakan, perpaduan antara materi ideologi dan best practices kebijakan prorakyat selama sekolah partai PDIP berperan membentuk hati dan kompetensi seorang pemimpin. Hati untuk melahirkan kebijakan prorakyat, memegang teguh ideologi Pancasila, dan selalu mengayomi semua kalangan.

Kompetensi untuk memastikan pembangunan kota berjalan terencana, matang, tidak asal-asalan karena sang pemimpin memiliki kemampuan teknorasi teruji.

"Semuanya menjadi bekal bagi kami, saya dan Cak Armuji, untuk Surabaya ke depan. Dengan hati dan kompetensi, kita bergotong royong mewujudkan Surabaya kota berkelas dunia namun tetap manusiawi, tetap memanusiakan wong cilik dengan berbagai program kerakyatan," kata Eri.

184 Non no Kader

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ada 212 peserta Sekolah Kader gelombang III. Dengan rincian 28 kader dan 184 non-kader. Hasto mengatakan, sekolah partai bagi non-kader adalah bentuk keseriusan PDIP menghadapi Pilkada 2020.

"Dengan membekali para pasangan calon yang diusung dengan sejumlah materi terkait tata kelola pemerintahan yang baik dan pemateri yang berprestasi saat memimpin daerah," kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, gelaran Sekolah Partai untuk non-kader juga dilakukan sebagai bukti PDIP mengedepankan politik kerja sama, politik gotong royong. 

Menurut Hasto, politik gotong royong dengan semua pihak dilakukan untuk mewujudkan cita-cita partainya dalam membumikan Pancasila sebagai ideologi, regulasi hukum, kebijakan, program, dan tuntunan perilaku berbangsa dan bernegara. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Berita Bola: Luapan Kekecewaan Fans MU di Bursa Transfer

Posted: 18 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fans Manchester United (MU) mulai gelisah karena tim kesayangannya tak kunjung mendatangkan pemain baru lagi. Sedangkan, tenggat waktu transfer semakin dekat.

Kecewa dengan sikap manajemen MU, fans mulai mengkritiknya melalui media sosial. Mereka ingin Woodward dan Glazers dan Reguilon serta Telles masuk.

Para pejabat di MU kemudian menepis sumpah serapah para penggemar itu. "Anda menulis sinis Anda dari ruangan gelap karena itulah yang dilakukan pemarah saat ini."

Ed Woodward juga ikut mengomentari: "Rasanya agak tidak pantas untuk melihat spekulasi tentang transfer ratusan juta dalam keadaan saat ini. Ada keterputusan besar antara cerita dan realitas ekonomi yang dihadapi klub sepak bola pada umumnya."

Penjelasan Woodward atas sikap fans MU ini menjadi artikel terpopuler di Kanal Bola Liputan6.com. Disusul artikel soal Erling Haaland yang berharap Sancho tidak jadi pindah ke MU dan tetap di Dortmund.

Selain itu, berita tentang persiapan MU jelang laga pertama di Liga Inggris juga menyedot perhatian sehingga menjadi artikel terpopuler ketiga. Berikut Top 3 Berita Bola:

1. Ed Woodward Bungkam 'Sumpah Serapah' Fans MU soal Pembelian Pemain

Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Manchester United (MU) menjalani musim pertama yang progresif di bawah Ole Gunnar Solskjaer. Tapi, suasana di antara para penggemar Setan Merah mulai gaduh karena timnya tak kunjung mendatangkan pemain anyar, sementara tenggat waktu transfer semakin dekat.

Para pejabat MU kemudian menepis sumpah serapah para penggemar itu. "Anda menulis sinis Anda dari ruangan gelap karena itulah yang dilakukan pemarah saat ini."

MU memang sedang berusaha mencapai terobosan untuk Jadon Sancho dalam jumlah rekor klub dan Inggris.

Selengkapnya

2. MU Terus Kejar Sancho, Ini Kata Erling Haaland

Gelandang Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan grup A Liga Champions di stadion BVB di Dortmund, Jerman (24/10). Guerreiro mencetak dua gol di pertandingan ini. (AFP Photo/Bernd Thissen)
Gelandang Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan grup A Liga Champions di stadion BVB di Dortmund, Jerman (24/10). Guerreiro mencetak dua gol di pertandingan ini. (AFP Photo/Bernd Thissen)

Manchester United (MU) masih belum berhenti mengejar winger Borussia Dortmund Jadon Sancho. Setan Merah diyakini akan terus berusaha hingga saat-saat akhir bursa transfer musim panas 2020.

Sancho merupakan buruan utama MU di bursa transfer musim panas 2020. MU sudah mengejarnya dalam dua bulan terakhir, namun menemui jalan terjal.

Selengkapnya

3. 5 Momen Menarik Persiapan MU Jelang Laga Pembuka di Liga Inggris

Para pemain Manchester United (MU) telah berlatih di Carrington minggu ini menjelang pertandingan pembuka Liga Inggris melawan Crystal Palace.

MU mulai meningkatkan persiapan mereka menjelang pertandingan pertama mereka. The Reds memulai kampanye 2020-21 satu minggu lebih lambat dari kebanyakan karena partisipasi mereka di tahap akhir Liga Europa pada Agustus.

Selengkapnya

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petra Sihombing Dapat Sentuhan Manis dari Tulus di Single Kawan

Posted: 18 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petra Joshua Sihombing alias Petra Sihombing, kini sedang dalam proses menggarap album terbarunya yang segera dirilis pada 2020. Menariknya, kali ini ia melibatkan sejumlah musikus yang salah satunya adalah Tulus.

Lagu-lagu di album terbaru Petra Sihombing ini akan dirilis secara berkala setiap bulan pada tanggal 23. "Selimut" menjadi single kedelapan pada tahun ini jelang dirilisnya album terbaru dalam waktu dekat.

"Gue pengin menjadi lebih konsisten dan resolusi di tahun 2020 ini untuk 10 bulan ke depan. Gue akan rilis lagu setiap bulannya, setiap tanggal 23. Tungguin, ya!" ujar Petra Sihombing dalam pengumuman mengenai rencana rilis albumnya di 2020 ini.

 

Pemilihan Tema Bersama Tulus

Petra Sihombing. (Dok DuaPuluhTiga)
Petra Sihombing. (Dok DuaPuluhTiga)

Di balik pemilihan tema pertemanan, Petra Sihombing menunjuk Tulus untuk penggarapan single "Kawan". Ia pun memiliki latar belakangnya sendiri.

"Enggak ada cerita apa-apa sih. Gue dan Tulus berangkat dari nol di hari itu, dan akhirnya sampai di ide "Kawan". Mungkin memang ada beberapa hal di media sosial yang gue dan Tulus lihat sama, dan jadinya sependapat untuk hal itu," ujarnya.

Dari Album Semenjak Internet

Petra Sihombing (Dok duapuluhtiga)
Petra Sihombing (Dok duapuluhtiga)

Lagu "Kawan" merupakan rilisan ke-11 dari album Semenjak Internet. Petra pun memiliki kesan tersendiri mengenai kolaborasinya bersama beberapa teman pilihan dalam proses kreatifnya.

"Gue selalu senang kerja sama bareng teman-teman dekat, apalagi dalam proses kreatif. Kebanyakan juga di album ini gue baru pertama kali nulis bareng, padahal temanannya sudah lebih lama," terang Petra.

Keseruan

Petra Sihombing pun menganggap bahwa proses penciptaan lagu barunya bersama Tulus, menimbulkan sejumlah hal seru.

"Bisa berdiskusi panjang, revisi lagi, dan perbaiki lagi. Meskipun proses awalnya cepat, tapi menyempurnakannya cukup makan banyak waktu," ujar Petra.

Selain itu, materi album Semenjak Internet pun sudah disiapkan semua oleh Petra. Ia meminta khalayak untuk menantikan peluncurannya pada 23 Oktober mendatang.

 

Sebagai Produser

Petra Sihombing kini memproduseri beberapa rekan musikus lainnya seperti Tulus, Hindia, Sivia Azizah, Kunto Aji, Ben Sihombing, Coldiac, Diastika, hingga yang terbaru adalah Nadin Amizah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Bugar di Usia 46 Tahun, Ini 7 Potret Marcelino Lefrandt Saat Olahraga

Posted: 18 Sep 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Marcelino Victor John Lefrandt atau yang lebih dikenal dengan nama Marcelino Lefrandt ini merupakan salah satu aktor yang telah cukup lama malang-melintang di dunia hiburan Tanah Air. Pria kelahiran 19 Juli 1974 ini mulai dikenal luas setelah bermain dalam sinetron Deru Debu pada 1996.

Namun kini, ia pun telah jarang bermain sinetron maupun film. Marcelino Lefrandt pun lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Bahkan, pria pria kelahiran Manado ini tengah disibukkan dengan pembuatan komik karya aslinya sejak 2012 lalu.

Meski disibukkan dengan berbagai kegiatan, ayah dua anak ini tetap menjaga kebugaran tubuh. Bahkan, melalui akun Instagram pribadinya, Marcelino beberapa kali mengunggah foto maupun video saat tengah berolahragra. Maka dari itu tak heran, jika mantan suami Dewi Rezer ini memiliki tubuh yang bugar di usia 46 tahun.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @marcelinolefrandt, berikut ini beberapa potret Marcelino Lefradt saat tengah berolahraga, Sabtu (19/9/2020).

1, Marcelino Lefrandt pun diketahui telah cukup lama rutin berolahraga.

Marcelino Lefrandt (sumber: Instagram/marcelinolefrandt)
Marcelino Lefrandt (sumber: Instagram/marcelinolefrandt)

2. Menurutnya, olaharaga merupakan sebuah investasi masa depan bagi kesehatannya.

Marcelino Lefrandt (sumber: Instagram/marcelinolefrandt)
Marcelino Lefrandt (sumber: Instagram/marcelinolefrandt)

3. Ia pun cukup sering mengunggah video saat tengah berolahraga di media sosial.

Marcelino Lefrandt (sumber: Instagram/marcelinolefrandt)
Marcelino Lefrandt (sumber: Instagram/marcelinolefrandt)

5. Masa-masa PSBB juga dimanfaatkannya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

6. Bahkan, meski tanpa alat olahraga, ia memanfaatkan tiang rumah untuk membantu berolahraga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusiasme Warga Virginia Ikut Pemungutan Suara Awal

Posted: 18 Sep 2020 08:20 PM PDT

Para pemilih mengantre memberikan suara dalam pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS di Fairfax, Virginia, AS (18/9/2020). Pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS tersebut dimulai pada Jumat (18/9) di Virginia, dan akan berlangsung hingga 31 Oktober. (Xinhua/Liu Jie)
Para pemilih mengantre memberikan suara dalam pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS di Fairfax, Virginia, AS (18/9/2020). Pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS tersebut dimulai pada Jumat (18/9) di Virginia, dan akan berlangsung hingga 31 Oktober. (Xinhua/Liu Jie)

Para pemilih mengantre memberikan suara dalam pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS di Fairfax, Virginia, AS (18/9/2020). Pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS tersebut dimulai pada Jumat (18/9) di Virginia, dan akan berlangsung hingga 31 Oktober. (Xinhua/Liu Jie)

Para pemilih mengantre memberikan suara dalam pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS di Fairfax, Virginia, AS (18/9/2020). Warga dapat memilih untuk memberikan suara secara langsung atau melalui pos sebelum Hari Pemilu yang jatuh pada 3 November mendatang. (Xinhua/Liu Jie)
Para pemilih mengantre memberikan suara dalam pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS di Fairfax, Virginia, AS (18/9/2020). Warga dapat memilih untuk memberikan suara secara langsung atau melalui pos sebelum Hari Pemilu yang jatuh pada 3 November mendatang. (Xinhua/Liu Jie)

Para pemilih mengantre memberikan suara dalam pemungutan suara awal secara langsung untuk pilpres AS di Fairfax, Virginia, AS (18/9/2020). Warga dapat memilih untuk memberikan suara secara langsung atau melalui pos sebelum Hari Pemilu yang jatuh pada 3 November mendatang. (Xinhua/Liu Jie)

Seorang wanita memberikan suaranya dalam pemungutan suara awal (early voting) secara langsung untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) di Fairfax, Negara Bagian Virginia, AS (18/9/2020). (Xinhua/Liu Jie)
Seorang wanita memberikan suaranya dalam pemungutan suara awal (early voting) secara langsung untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) di Fairfax, Negara Bagian Virginia, AS (18/9/2020). (Xinhua/Liu Jie)

Seorang wanita memberikan suaranya dalam pemungutan suara awal (early voting) secara langsung untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) di Fairfax, Negara Bagian Virginia, AS (18/9/2020). (Xinhua/Liu Jie)

Orang-orang terlihat di tempat pemungutan suara awal (early voting) secara langsung untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) di Fairfax, Negara Bagian Virginia, AS (18/9/2020). (Xinhua/Liu Jie)
Orang-orang terlihat di tempat pemungutan suara awal (early voting) secara langsung untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) di Fairfax, Negara Bagian Virginia, AS (18/9/2020). (Xinhua/Liu Jie)

Orang-orang terlihat di tempat pemungutan suara awal (early voting) secara langsung untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) di Fairfax, Negara Bagian Virginia, AS (18/9/2020). (Xinhua/Liu Jie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemensos Tuntaskan Santunan Ahli Waris untuk Korban Gempa-Tsunami Sulteng

Posted: 18 Sep 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) menyerahkan santunan ahli waris korban meninggal dunia akibat gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi Sulawesi Tengah (Sulteng). Pada penyaluran tahap terakhir ini, Kemensos menyerahkan santunan senilai Rp 24,3 miliar kepada 1.620 ahli waris korban meninggal dunia dengan nilai masing-masing sebesar Rp15 Juta

Mewakili Menteri Sosial, Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam, Sunarti menyerahkan santunan secara simbolis kepada Gubernur Sulawesi Tengah.

"Pada tahun 2020 ini berdasarkan usulan dari pimpinan daerah masing-masing kabupaten/kota terdampak bencana alam di Provinsi Sulawesi Tengah, kami menuntaskan santunan ahli waris tahap terakhir untuk 1.620 jiwa dengan nilai Rp 24,3 miliar," ujar Sunarti dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (19/9/2020).

Santunan untuk korban gempa, tsunami, dan likuifaksi ini, melengkapi santunan yang telah diberikan sebelumnya kepada 1.906 jiwa di tahun 2019.

"Santunan disalurkan kepada 1.620 jiwa berasal dari empat Kabupaten Kota dengan rincian Kota Palu sebanyak 1.324 jiwa, Kabupaten Sigi 90 jiwa, Kabupaten Donggala 158 jiwa, Kabupaten Parigi Moutong 48 jiwa," papar dia.

Pada tahap sebelumnya, Kemensos telah menyalurkan santunan ahli waris senilai Rp 28,6 miliar kepada 1.906 ahli waris korban meninggal akibat gempa dan tsunami Sulteng. Sehingga, sampai saat ini Kementerian Sosial telah menyalurkan santunan ahli waris kepada 3.526 jiwa dengan nilai Rp 52,9 miliar.

Gubernur Sulteng sampaikan terima kasih

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengungkapkan rasa terima kasih atas santunan tersebut.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial yang telah menyanggupi sisa tahap kedua ini. Namun demikian saya tetap mengharapkan manakala dalam perjalanan ke depan masih ada lagi data-data yang masuk maka tidak ada salahnya akan tetap kami usulkan, asalkan datanya akurat," ucapnya.

Koni Ahmad (64) salah seorang penerima santunan mengaku bersyukur mendapatkan bantuan ini. Menurutnya, bantuan tersebut dapat menopang kehidupannya yang sudah dua tahun belakangan ini minim penghasilan.

"Dapat bantuan ini Alhamdulillah, adanya ini mungkin berguna bagi saya karena saya tidak punya apa-apa sudah, habis sudah, sudah dua tahun ini nggak ada kerja, warung saya habis semua tidak ada sisa, istri saya meninggal," ucap Koni.

Peristiwa bencana alam berupa gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi melanda Provinsi Sulawesi Tengah pada 28 September 2018. Bencana tersebut mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia dan permukiman serta fasilitas umum lainnya rusak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Pekan Ini, AS Resmi Larang TikTok dan WeChat

Posted: 18 Sep 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat akhirnya mengumumkan bakal melarang layanan TikTok dan WeChat di wilayahnya. Kepastian itu diumumkan oleh Departement of Commerce Pemerintah Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Engagdet, Sabtu (19/9/2020), keputusan pemblokiran ini akan berlaku mulai Minggu, 20 September 2020, waktu setempat. Dengan keputusan ini, aplikasi TikTok maupun WeChat akan dilarang hadir di App Store dan Google Play Store.

Selain pasti diblokir di kedua toko aplikasi tersebut, kedua layanan itu juga tidak diperboleh menghadirkan layanannya di Amerika Serikat. Menurut Sekretaris Departement of Commerce AS, Wilbur Ross, keputusan ini diambil sesuai dengan arahan Presiden Donald Trump.

"Aksi ini sekali lagi membuktikan Presiden Trump akan melakukan segala cara untuk memastikan keamanan nasional kita dan melindungi warga Amerika dari ancaman Partai Komunis Cina," tuturnya.

Keputusan ini terbilang mengagetkan, sebab diumumkan tidak lama setelah adanya laporan kemitraan antara ByteDance sebagai pemilik TikTok dengan Oracle. Namun dari laporan Bloomberg, Presiden Trump mengatakan tidak setuju dengan kesepakatan tersebut.

Dalam aturan kali ini, pemerintah AS juga disebut tidak memberi celah sama sekali kedua aplikasi tersebut. Sebab, aturan ini mengatur tidak hanya pelarangan aplikasi, tapi juga kode, pembaruan, termasuk opsi pembayaran yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.

Mengingat ketentuan ini diumumkan pada hari Jumat waktu setempat dan berlaku pada hari Minggu, kecil kemungkinan dua perusahaan sempat mengajukan banding. Di sisi lain, ketentuan ini juga mengharuskan layanan hosting bergerak cepat menghapus dua aplikasi tersebut.

Hingga sekarang, belum diketahui seperti apa tanggapan kedua perusahaan terhadap aturan ini. Yang pasti, dua layanan itu memiliki banyak pengguna di Amerika Serikat, TikTok dilaporkan memiliki 100 juta pengguna di AS dan WeChat memiliki pengguna aktif harian mencapai 19 juta.

ByteDance Pilih Oracle Selamatkan TikTok di AS

ilustsrasi aplikasi TikTok. (iStockphoto)
ilustsrasi aplikasi TikTok. (iStockphoto)

Sebagai informasi, sebelumnya, Oracle Corp pada Senin (14/9/2020) mengumumkan akan bekerja sama dengan ByteDance untuk memastikan TikTok tetap beroperasi di Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, ByteDance menolak tawaran pembelian dari Microsoft.

Dilansir Reuters, Selasa (15/9/2020), berdasarkan keterangan dari Oracle, perusahan merupakan bagian dari proposal yang diajukan ByteDance ke Departemen Keuangan AS pada akhir pekan lalu. Oracle akan menjadi penyedia teknologi terpercaya di TikTok.

Menurut sumber Reuters pada Minggu, di dalam proposal terbaru ByteDance, Oracle akan mengambil alih pengelolaan data pengguna TikTok di AS.

Oracle juga sedang bernegosiasi untuk mengambil saham operasi TikTok AS. Data pengguna TikTok saat ini disimpan di layanan cloud Alphabet, dengan cadangan di Singapura.

Sumber mengatakan, beberapa investor top ByteDance, termasuk General Atlantic dan Sequoia, juga akan diberikan saham minoritas dalam operasional tersebut.

Persetujuan Donald Trump

Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih
Konpers Presiden AS Donald Trump mengakhiri hubungan AS dan WHO. Dok: Gedung Putih

Sejauh ini belum diketahui apakah Presiden AS, Donald Trump, akan menyetujui kesepakatan tersebut. Trump dilaporkan menginginkan perusahaan teknologi AS memiliki sebagian besar saham TikTok di negara tersebut.

CNBC pada Senin melaporkan, Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, mengatakan pemerintah akan meninjau kerja sama Oracle dan ByteDance pada pekan ini.

"Dari sudut pandang kami, kami harus memastikaan kodenya, pertama, aman, data orang Amerika aman, ponsel aman, dan kami akan berdiskusi dengan Oracle selama beberapa hari ke depan bersama tim teknis kami," tuturnya.

Mnuchin mengatakan, batas waktu utnuk menyetujui kesepakatan tersebut 20 September 2020. Proposal yang ada saat ini berisi antara lain komitmen untuk membuat kantor pusat di AS dengan 20 ribu tenaga kerja baru.

Committee on Foreign Investment in the United States (CFIUS), yang meninjau semua kesepakatan untuk risiko keamanan nasional, mengawasi diskusi ByteDance dan Oracle. Mnuchin mengatakan, juga akan ada tinjauan keamanan nasional terpisah oleh pemerintah AS.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga Lakukan Pemeliharaan Tol Jagorawi, Waspadai Titik-Titik Ini

Posted: 18 Sep 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan pemeliharaan dan rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi akan kembali berlangsung hingga akhir bulan ini. Pada Minggu ini setidaknya ada tiga lokasi pengerjaan pemeliharaan dengan total sepanjang 498 meter (m).

Lokasi pertama meliputi Km 12+367 s.d 12+517 lajur 1 arah Ciawi sepanjang 150m yang dimulai pada Jumat, (18/9/2020) pukul 22.00 WIB sampai Kamis (24 September 2020) pukul 07.00 WIB.

Lokasi kedua berada di Km 12+667 s.d 12+817,2 di lajur 1 arah Ciawi sepanjang 150m. Pengerjaan dimulai pada Senin (21 September 2020) pukul 10.00 WIB sampai dengan Jumat (25 September 2020) pukul 07.00 WIB.

Sementara lokasi ketiga meliputi Km 12+169 s.d Km 12+367 sepanjang 198m yang dimulai Selasa (22 September 2020) pukul 10.00 WIB hingga Sabtu (26 September 2020) pukul 07.00 WIB.

"Selama pekerjaan berlangsung, semua lajur (selain bahu luar) dapat digunakan sebagai jalur lalulintas, kecuali pada pukul 21.00-06.00 WIB, bahu luar dan lajur 2 pada lokasi rekonstruksi jalan akan digunakan sementara untuk akses alat berat dan kegiatan pengecoran beton," sebut Jasa Marga dalam keterangan resminya.

Jasa Marga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, akan berlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional berupa contra flow dari Km 05+000 s.d Km 13+000 arah Ciawi, mulai Senin sampai Jumat pada pukul 15.30 s.d 21.00 WIB, hingga seluruh pekerjaan pemeliharaan dan rekonstruksi jalan tol ini selesai, guna mengantisipasi kepadatan.

 

Imbauan

Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Jalan Tol Jagorawi juga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, dan menyiagakan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," imbau Jasa Marga.

Masyarakat juga bisa mendapatkan informasi lalu lintas terkini dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gemas, 8 Potret Kucing Bertengger di Dahan Pohon Dikira Burung

Posted: 18 Sep 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecintaan kucing dengan pohon tak bisa diganggu-gugat. Selain bisa menjadi tempat untuk mengasah kuku mereka, pohon juga menjadi salah satu tempat favorit kucing untuk bermain.

Kucing pemberani akan dengan mudahnya naik ke dahan pohon tertinggi lalu bersantai di sana. Sementara yang agak penakut, hanya bisa naik tanpa bisa turun. Dia akan terus mengeong meminta bantuan sampai diturunkan oleh pemiliknya.

Berikut ini beberapa foto menggemaskan kucing bertengger di pohon, tak ubahnya seperti burung. Dihimpun dari Bored Panda, ini dia.

1. Udah sampai berteman sama burung gitu

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

2. Yang ini malah nyangkut sampai ketiduran

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

3. Bagus ya siluet kucing yang main di pohonnya

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

4. Mirip burung hantu ga sih yang hitam?

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

5. Dia jadi penjaga buahnya

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

6. Kok bisa pada anteng banget, ya?

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

7. Sampai ketiduran gitu saking nyamannya

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

8. Berjajar kucing-kucingnya bertengger di dahan pohon

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Kiat Memilih Diet yang Tepat

Posted: 18 Sep 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Secara harfiah, diet berarti aturan mengonsumsi makanan khusus untuk kesehatan dan lainnya. Metode ini tentu bukan hal baru dalam kehidupan, terutama begitu melekat dengan kaum urban yang memiliki segudang kegiatan dan keluhan.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS menyampaikan, diet sebenarnya adalah hal sederhana, namun luas penerapannya. Sederhana dalam arti mengatur makan juga minum, dikaitkan dengan gaya hidup dan tujuan dari diet yang dilaksanakan.

Meski yang selama ini populer di kalangan masyarakat adalah menurunkan berat badan, ada sederet jenis diet. Sebut saja diet menaikkan berat badan, diet mengendalikan tekanan darah dan gula darah, diet kolesterol, dan masih banyak lagi.

Sebelum diet, beberapa hal penting untuk disimak terlebih dahulu, agar diet tepat pada sasaran yang ingin dituju. Lantas, apa saja kiat-kiat untuk memilih diet?

"Kalau ingin memilih diet itu pertama tujuannya apa, tentu tergantung kebutuhan dan masalah yang dihadapi. Tujuan harus jelas dan ingin meminimalkan masalah atau tidak," kata Prof. Hardinsyah ketika dihubungi Liputan6.com, Kamis, 17 September 2020.

Dikatakan Prof. Hardinsyah, mengingat tujuannya diet, berarti bagaimana mengatur jenis, jumlah, jurus mengolah, jurus menyiapkan, jurus makan atau mengonsumsinya. Pola penerapan ini bukan sekadar mengurangi atau menambahkan karena jumlah juga harus diperhatikan.

"Jurus mengonsumsinya, kalau makan tergesa-gesa, satu piring dua menit selesai, itu tidak baik proses pencernaannya. Makan harus dinikmati, santai," tambahnya.

Ia melanjutkan, langkah ketiga adalah setiap makanan yang diet sehat untuk apapun tujuannya, selalu ada menganjurkan makan sayur dan buah, entah sedikit atau banyak jumlahnya. Mengingat ada ribuan jenis sayur dan buah, hal tersebut dapat ditentukan sesuai kebutuhan.

"Lalu tidak tergantung dominasi dari satu produk bermerek atau suplemen bermerek karena suplemen itu hanya tambahan kalau masih kita perlukan. Basisnya tadi harus ada makanan lauk pauk sayur buah itu yang kita atur," kata Prof. Hardinsyah.

Dimensi Gizi dan Kesehatan

Ilustrasi makan (dok. Unsplash.com/Brooke Lark/@brookelark)
Ilustrasi makan (dok. Unsplash.com/Brooke Lark/@brookelark)

Langkah selanjutnya adalah apakah diet yang akan dijalankan terdapat historis scientific. Dalam arti, dianjurkan oleh lembaga yang kredibel atau asosiasi di bidangnya dan yang menyampaikan secara kredibel dan profesional.

"Diet itu tentunya orang yang kredibel di bidang gizi, kredibel di bidang pangan, karena diet itu bagaimana mengatur zat gizi dan susunan makanan untuk dimakan. Keenam, di dalam diet itu mempertimbangkan dimensi gizi, dimensi kesehatan dan keamanan, bagaimana ini tidak membuat jadi berisiko tidak aman, mual, muntah, bahkan bisa keracunan," jelasnya.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia ini juga menambahkan, kiat lain adalah soal cita rasa yang tetap harus ada. "Cita rasa itu penting untuk memenuhi kebutuhan gizi selagi tujuannya tadi zat gizi apa mau diperoleh," ungkapnya.

"Kedelapan, membatasi makanan-makanan berisiko secara umum, misalnya membatasi gula, lemak trans yang sudah terbukti tidak baik. Meski kita ingin menurunkan atau menaikkan berat, kita harus jaga jantung karena lemak trans berisiko terhadap gangguan jantung, yakni jantung koroner," kata Prof. Hardinsyah.

Kiat lain adalah sajian yang terjangkau atau sesuai kemampuan. Hal ini dalam artian, bisa dibeli, siap jadi, atau bisa dibuat sendiri. Orang yang punya waktuu bisa berkreasi, jika tidak dapat order.

"Ke-10 menganjurkan aktivitas fisik dan gaya hidup sehat lainnya, karena untuk bisa makan dan minum sehat harus cuci tangan, bisa jadi makanannya bagus, tetapi kita enggak bisa jaga keamanan tangan, enggak bersih bisa mual, muntah. Gaya hidup sehat lainnya saling mendukung, termasuk misalnya istirahat yang cukup," tutupnya.

Butuh Pendampingan

Ilustrasi Diet | unsplash.com
Ilustrasi Diet | unsplash.com

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, hadir pula ragam opsi bagi mereka yang ingin menjalani diet. CEO dan founder Klinik LightHouse, klinik yang berfokus pada penurunan berat badan, dr. Grace Judio menyebut, kini telah banyak bacaan sebagai referensi seseorang akan berdiet.

"Tetapi terkadang informasi overload. Nah, untuk orang yang tidak bisa mencerna, butuh bantuan untuk seleksi apa yang baik untuk dirinya, motivasi, kemudian edukasi butuh didampingin oleh ahli gizi," kata dr. Grace Judio kepada Liputan6.com, Kamis, 17 September 2020.

Dokter pemerhati gaya hidup serta behaviour scientist dan weight control specialist ini melanjutkan, di klinik yang ia bangun, ada beberapa hal yang dilaksanakan kepada customer yang datang. Seperti mengetahui gaya hidup, pola makan terlebih dahulu dilihat dari segi medis.

"Kita lihat per orang termasuk tipe kepribadian. Kita akan menganjurkan pola makan. Di LightHouse sebetulnya sudah ada pakemnya, tetapi kita bisa sesuaikan untuk menu makan apa yang sesuai, target, dan edukasi," lanjutnya.

Konsultasi di klinik ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni, online dan yang datang ke klinik. Secara daring sendiri jauh lebih simpel, yakni dengan memberi kuesioner konsultasi sesuai kebutuhan.

"Tetapi kalau offline agak sedikit memberi lebih banyak, ada beberapa kuesioner, beberapa form yang harus diisi, melihat tipe kepribadian yang hasil analisanya kita juga kasih. Setelah itu ada tanya jawab untuk menggali orang tersebut oleh ahli gizi, kemudian nanti ada berseri materi yang kita beri," lanjutnya.

Adapun materi-materi itu, terkait membaca kalori pada packing, mengetahui kalori pada makanan, mengenal diri sendiri, orang lain dan godaan seperti apa. "Ada beberapa kasus yang ada pemeriksaan DNA, kita juga setelah lihat DNA-nya akan menganjurkan pola makan apa yang harus di-adjust," jelas dr. Grace.

"Di LightHouse bilangnya mengubah perilaku itu harus 12 minggu at least, tetapi ada beberapa yang cuma 3--6 minggu, tapi setiap minggu kita akan beri materi yang berbeda, karena enggak cukup konsultasi. Secara teori bisa dibaca, tapi kalau mau disesuaikan dengan gaya hidup sehari-hari, bisa mengatasi halangan atau membiasakan diri mengatasi halangan itu butuh waktu," jelasnya.

Konsultasi Online dan Offline

Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Jamie Matociños.
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Jamie Matociños.

Sementara, konsultasi ahli gizi secara daring di klinik ini harga mulai dari Rp25 ribu untuk 30 menit. Biaya konsultasi offline mulai dari Rp215 ribu dengan ada pemberian materi, pendampingan coaching dan dapat bertanya kapan saja di aplikasi yang disediakan.

dr. Grace menyebut, bagi mereka yang ingin berdiet, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. "Lebih ke arah motivasi jadi kesiapan dan motivasi paling penting, kalau belum siap yang kita tunggu sampai siap. Kalau di diet ada yang disebut siklus motivasi," katanya.

Dikatakannya, siklus ini bermula dengan tahap pertama, yakni, precontemplation, di mana seseorang merasa belum butuh berdiet, berlanjut ke fase contemplation, tahap mulai berpikir harus memulai pola makan sehat dan mulai mencari informasi, namun belum dilaksanakan.

"Ada fase ready, di mana mulai harus ngapain, ini adalah masa yang paling tepat untuk mulai konsultasi dengan ahli gizi, untuk mulai treatment atau mencoba pola makan yang diberikan. Nanti ada fase sukses dan fase gagal, terus balik lagi ke ke precontemplation lagi, itu siklus yang normal," tambahnya.

Ia menjelaskan, pihaknya hanya bertugas untuk meengupayakan siklusnya berjalan cepat dan bertahan lama di fase sukses. "Tetapi setiap orang berbeda ya, kita tidak bisa memaksakan untuk dari precontemplation jadi fase ready itu tergantung dari orangnya," katanya.

"Yang paling penting adalah dukungan dari sekitar, kalau sekitar kurang mendukung, makan orang tersebut melakukannya akan lebih susah, butuh orang yang betul-betul konsisten dan sangat determine yang bisa sukses kalau lingkungannya tidak menunjang, betul-betul yang tekadnya kuat banget," kata dr. Grace.

Minat yang Masih Rendah

Ilustrasi Gizi | unsplash.com/@element5digital
Ilustrasi Gizi | unsplash.com/@element5digital

Pakar kesehatan masyarakat Prof. dr. Hasbullah Thabrany melihat, konsultasi gizi dan diet belum menjadi tren yang bagus merujuk pada banyaknya permasalahan overweight dan obesitas di Indonesia. Hal ini terkecuali di beberapa kelompok masyarakat di perkotaan.

"Di negara maju sudah banyak dan dijaga betul. Di kita belum, memang mungkin juga belum ada layanan konsultasi gizi yang relatif terjangkau banyak pihak," kata Prof. Hasbullah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 17 September 2020.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) ini menambahkan, selain di kota-kota besar, minat masyarakat terhadap konsultasi gizi dan diet masih rendah di Tanah Air. "Masyarakat sendiri kalau menurut saya umumnya, enggak terlalu peduli dengan diet gizi yang bagus dalam artian membuat tinggi dan berat badan proporsional," tambahnya.

Dikatakan Prof. Hasbullah, sebetulnya di sebagian besar puskesmas tersedia layanan gizi. Mengingat telah adanya tenaga-tenaga Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang berfokus di bidang gizi.

"Namun kembali lagi demand masyarakat tidak menganggap itu sebuah layanan esensial. Taraf kesadaran tentang peran gizi masih rendah. Banyak yang kalau saya tanya, berapa BMI atau body mass index, enggak ngerti dan enggak pernah dengar, itu saja indikasi bahwa belum aware kebanyakan masyarakat tentang itu," ungkapnya.

"(Layanan gizi) kalau harga, sebetulnya saat datang ke puskesmas atau klinik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), kan sebagian besar sudah terdaftar sebagai peserta JKN, mereka enggak perlu bayar lagi cuma karena kesadaran sedikit," tambahnya.

Masih rendahnya kesadaran masyarakat pada gizi, dikatakan Prof. Hasbullah, dokter perlu didorong agar setiap kali memeriksa pasien, ditimbang berat badan, kelebihan atau kekurangan konsultasi ke ahli gizi. "Dirujuk ke ahli gizi supaya bisa punya gizi seimbang yang mempunyai dampak terhadap produktivitas ini juga bagian yang belum cukup dipahami," tambahnya.

Prof. Hasbullah menyampaikan, dalam praktek gizi pada umumnya berisi penilaian pola makan seseorang yang juga ditilik dari segi frekuensi. Begitu juga jumlah makanan karena setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang sesuai dengan tinggi dan berat badan yang harus dikomunikasikan.

"Komposisinya ada perbandingan antara karbohidrat, protein. Karbohidrat 60 persen sudah banyak, kalau bisa 50 persen. Perbedaan usia dan keadaan penyakit mempunyai kebutuhan yang berbeda," ungkapnya.

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apresiasi Fans Bali United, Indomie Luncurkan Kemasan Spesial Serdadu Tridatu

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Setelah dihentikan sementara akibat pandemi Covid-19 di Indonesia, kompetisi sepak bola Liga 1 akan kembali digulirkan. Hal ini menjadi kabar baik bagi seluruh insan sepakbola Indonesia, termasuk Bali United yang berstatus sebagai juara bertahan. Klub berjuluk Serdadu Tridatu ini berambisi untuk menjadi klub pertama yang bisa mempertahankan gelar juara di era Liga Super Indonesia.

Di tengah persiapan jelang kompetisi, Bali United mendapat dukungan penting. Indomie sebagai salah satu sponsor akan meluncurkan Special Pack Indomie Bali United. General Manager Marketing Indomie, Lucy Suganda menerangkan, Bali United merupakan tim olahraga pertama yang dihadirkan dalam kemasan produk kecintaan masyarakat Indonesia tersebut.

"Diluncurkannya Indomie special pack Bali United ini menjadi kebanggaan dan pemicu bagi Semeton Dewata yang merupakan fans Bali United untuk lebih semangat lagi dalam memberikan dukungan. Apalagi dalam lanjutan kompetisi nanti, Semeton Dewata belum diperbolehkan untuk hadir di stadion saat pertandingan," kata dia, Jumat (18/9/2020).

Indomie merupakan mi instan produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Lucy melanjutkan, pihaknya berupaya untuk terus memberi sesuatu yang lebih bagi Indonesia.

"Indomie mendukung kemajuan olahraga sepak bola di Tanah Air dengan menjadi sponsor bagi sejumlah klub sepak bola Liga 1, salah satunya Bali United. Peluncuran special pack Bali United ini sekaligus sebagai bentuk apresiasi dari Indomie atas keberhasilan Serdadu Tridatu meraih gelar juara di Liga 1 tahun 2019 lalu," ujarnya.

Katanya, banyak cara memberikan semangat dan dukungan kita terhadap sepak bola Indonesia. Dukungan bisa diberikan kepada pemain, komunitas fans, hingga ke seluruh masyarakat pecinta sepak bola agar mereka selalu semangat mendukung sepak bola Tanah Air. Indomie sebagai sponsor Bali United mengapresiasi kemenangan tim ini dengan mengeluarkan special pack Indomie x Bali United.

"Kemasan ini didesain khusus dengan menampilkan foto lima pemain andalan Bali United yakni Yabes Roni, Andhika Wijaya, Fahmi Al Ayubi, Ilija Spasojevic dan Haudi Abdillah," tuturnya.

"Kami berterimakasih karena Indomie tidak hanya menjadi favorit para pemain Bali United, tetapi juga menjadi mie instan yang paling digemari oleh Semeton Dewata. Sebagai apresiasi dari Indomie, kini para fans dapat mengoleksi special pack Indomie x Bali United yang hadir dengan rasa-rasa terfavorit yaitu Indomie Goreng Spesial, Indomie rasa Mi Goreng Aceh, Indomie Hype Abis Ayam Geprek dan Indomie Hype Abis Seblak Hot Jeletot di toko-toko terdekat di area Bali," tambah Lucy.

CEO Bali United, Yabes Tanuri mengapresiasi langkah Indomie dan Indofood dalam mendukung klub miliknya itu.

"Special Pack Indomie x Bali United adalah kolaborasi yang sangat spesial bagi kami. Indomie dan Indofood telah mendukung kami sejak awal berdirinya tim ini dan terus menciptakan inovasi baru untuk semakin dekat dengan para fans. Kami berharap special pack Indomie x Bali United ini dapat menyebarkan semangat yang lebih tinggi lagi baik kepada tim Bali United maupun Semeton Dewata," ucaapnya.

Kolaborasi Indomie dengan Bali United ini akan didukung dengan berbagai kegiatan marketing antara lain melalui iklan TV, digital campaign di social media, iklan radio serta branding di dalam toko baik di modern trade maupun general trade di wilayah Bali.

"Kami akan terus mendukung sepak bola Indonesia. Bersama Indomie, ayo dukung para pemain Bali United untuk terus semangat meraih prestasi," tutur Lucy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Gandeng AS Perkuat Pembiayaan Infrastruktur dan Pasar Keuangan

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) dan United States Department of the Treasury (Departemen Treasury AS) menyepakati pembentukan kerja sama di bidang pembiayaan infrastruktur. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) untuk Memperkuat Kerja Sama Pembiayaan Infrastruktur dan Pembangunan Pasar Keuangan.

"MSP yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Keuangan U.S., Steven Mnuchin baru-baru ini, merupakan upaya bersama kedua institusi untuk mendorong partisipasi swasta dalam mendukung proyek-proyek infrastruktur, serta untuk memfasilitasi pembangunan pasar keuangan bagi pembiayaan infrastruktur," tulis Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari dalam keterangan resmi, Sabtu (19/9/2020).

Inisiatif kerja sama ini, dinilai sangat relevan untuk menjawab permasalahan kebutuhan permodalan dalam rangka pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Kerja sama ini juga sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), terutama untuk mendorong partisipasi swasta dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Sebagaimana kita ketahui, masih terdapat ruang yang luas bagi swasta untuk berinvestasi di proyek-proyek infrastruktur nasional," kata Puspa.

Adapun cakupan kerja sama dalam MSP ini antara lain:

1) mengembangkan pasar keuangan regional untuk investasi infrastruktur;

2) merumuskan instrumen dan struktur pembiayaan untuk memfasilitasi dan mengurangi hambatan dalam investasi sektor swasta di bidang infrastruktur;

3) mendorong inovasi dan keberlanjutan pembiayaan proyek infrastruktur;

4) mengeksplorasi program pengembangan kapasitas keuangan dan kerja sama teknis dalam pembiayaan infrastruktur.

 

Skema Alternatif Pembiayaan

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di ruas Jalan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (7/8/2020). PT Adhi Karya akan memprioritaskan pengerjaan proyek infrastruktur berlabel proyek strategis nasional (PSN) di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di ruas Jalan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (7/8/2020). PT Adhi Karya akan memprioritaskan pengerjaan proyek infrastruktur berlabel proyek strategis nasional (PSN) di tengah pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Dalam kaitannya, pengalaman Departemen Treasury AS dalam proses pembuatan skema-skema alternatif pembiayaan dari swasta, reviu proyek infrastruktur, maupun pemanfaatan pasar modal sebagai salah satu sumber pembiayaan infrastruktur, akan menjadi sumber pengetahuan yang baik untuk dijadikan rujukan.

Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan akan memberikan peningkatan kapasitas dalam hal pengelolaan aset (asset recycling); analisa dampak (impact assessment) atas pembiayaan yang selama ini diberikan; dan pengembangan fasilitas kredit (credit enhancement).

Lebih lanjut, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk saling memberikan dukungan teknis dalam hal penyiapan proyek infrastruktur yang berpotensi tinggi menarik partisipasi swasta.

"Kemenkeu RI dan Departemen Treasury AS juga berharap kerjasama ini akan memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin erat selama ini antara Indonesia dan AS," tutup Puspa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Mulai Masuki Fase Gelombang Kedua Virus Corona COVID-19

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, London - PM Boris Johnson telah menyatakan bahwa Inggris mulai memasuki fase gelombang kedua Virus Corona COVID-19. Ia menambahkan: "Sudah tak terelakkan, kami akan melihatnya di negara ini."

Mengutip laman BBC, Sabtu (19/9/2020), Johnson mengatakan dia tidak "ingin melakukan tindakan penguncian yang lebih besar", tetapi aturan jarak sosial yang lebih ketat mungkin diperlukan.

Perlu diketahui bahwa kini Inggris tengah mempertimbangkan seperangkat pembatasan tiga tingkat baru.

Rencana tersebut bertujuan untuk menghindari penguncian nasional, tetapi dapat menghentikan kontak dari rumah ke rumah.

Tingkat pertama akan menjadi tingkat tindakan yang saat ini diterapkan di sebagian besar wilayah Inggris - dengan jarak sosial sebagai aspek kuncinya.

Tingkat kedua akan melibatkan apa yang saat ini diberlakukan di wilayah timur laut Inggris, yakni aturan jam malam di tempat-tempat perhotelan dan larangan pertemuan antar rumah tangga.

Tingkat ketiga terakhir akan melibatkan tindakan penguncian yang lebih ketat.

Jika rencana ini dilaksanakan, pembatasan "Tingkat dua" diharapkan akan diberlakukan berdasarkan wilayah demi wilayah, tetapi diperkirakan akan mencakup hampir semua wilayah Britania Raya.

Perlunya Tindakan Tambahan di Ibu Kota

Orang-orang, beberapa memakai masker, mengantre untuk memasuki pusat pengujian virus corona di Edmonton, utara London, Kamis (17/9/2020). PM Inggris Boris Johnson mengatakan dirinya bisa menutup pub-pub lebih awal sebagai pencegahan kenaikan kasus Covid-19 untuk kedua kalinya. (JUSTIN TALLIS/AFP)
Orang-orang, beberapa memakai masker, mengantre untuk memasuki pusat pengujian virus corona di Edmonton, utara London, Kamis (17/9/2020). PM Inggris Boris Johnson mengatakan dirinya bisa menutup pub-pub lebih awal sebagai pencegahan kenaikan kasus Covid-19 untuk kedua kalinya. (JUSTIN TALLIS/AFP)

Walikota London Sadiq Khan mengatakan "semakin mungkin" bahwa sembilan juta orang di ibu kota perlu mengikuti daerah-daerah seperti timur laut Inggris dan mengambil tindakan tambahan.

Ia menjelaskan bahwa kebijakan perisai pemerintah juga "sedang ditinjau secara aktif" dan keputusan dapat segera diambil tentang tindakan lebih lanjut untuk melindungi mereka yang rentan.

Setiap keputusan perlindungan lebih lanjut diharapkan mengambil pendekatan yang jauh lebih disesuaikan daripada sebelumnya.

Dengan virus yang diperkirakan akan menjadi lebih parah selama musim dingin, para pejabat sedang mempertimbangkan untuk mengambil tindakan yang bisa bertahan hingga musim semi.

Direktur medis Kesehatan Masyarakat Inggris, Yvonne Doyle memperingatkan "hal-hal yang jauh lebih buruk yang akan datang" karena Inggris mencatat pertumbuhan virus yang meluas di seluruh negeri .

"Jelas ketika Anda melihat apa yang terjadi, Anda harus bertanya-tanya apakah kami perlu melangkah lebih jauh dari aturan yang kami buat," kata perdana menteri, mengacu pada langkah-langkah yang diberlakukan pada hari Senin.

Dia menambahkan bahwa "orang Inggris telah melakukan pekerjaan luar biasa - mereka telah menurunkan puncak kasus dengan disiplin" tetapi bahwa "orang merasa sulit untuk mempertahankan ini, sulit untuk mempertahankan disiplin itu untuk waktu yang lama".

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini media sosial tak hanya digunakan untuk komunikasi saja. Media sosial juga bisa digunakan untuk berbagi konten lucu dan menghibur. Seperti unggahan foto cara promosi nyeleneh yang tidak nyambung antara yang dijual dengan yang ditampilkan.

Mulai dari bengkel motor yang juga menerima servis pesawat hingga tempat jual laptop yang malah menampilkan spanduk layaknya pecel lele, menjadi bukti nyelenehnya cara promosi jualan. Cara promosi yang nyeleneh ini nyatanya sukses curi perhatian banyak orang.

Unggahan cara promosi yang tidak nyambung ini viral di berbagai media sosial. Banyak yang tak menduga, ada cara promosi jualan yang sangat nyeleneh. Wajar saja, jika unggahan cara promosi yang tidak nyambung banyak dikomentari netizen.

Penasaran kan apa saja cara promosi jualan yang tidak nyambung? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara promosi jualan yang tidak nyambung, Sabtu (19/9/2020).

1. Emang tempatnya cukup ya buat parkir pesawat?

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)
6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)

2. Jadi yang bener, bengkel atau tempat potong rambut nih?

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: 1cak.com)
6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: 1cak.com)

3. Ya ampun, fotocopy macam apa ini kok malah ngejual minuman es.

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)
6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)

4. Tukang cukurnya serba bisa, termasuk bisa ganti oli.

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: FB/OP Warnet)
6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: FB/OP Warnet)

5. Tempat fotocopy atau kantin sih sebenarnya?

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)
6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)

6. Kalau tidak menjual, ya enggak usah ditulis segala dong.

6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)
6 Cara Promosi Jualan Ini Tidak Nyambung, Bikin Mikir Keras (sumber: Twitter.com/nocontextwarung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Trey Tamaki Temukan Cara Permudah Akses Web untuk Disabilitas

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Trey Tamaki merupakan gambaran salah seorang mahasiswa yang memperjuangkan hak penyandang disabilitas yang pantang menyerah mengejar impiannya walau dengan kondisi memiliki kanker testis stadium 2. Ia sangat mencintai bidang ilmu komputer atau computer science (CS).

Saat semua orang mengatakan bahwa Tamaki tidak akan mampu masuk ke CS dengan kondisinya, namun Tamaki membuktikan keseriusannya dan berhasil mendapatkan program tersebut.

Tiga minggu jelang tahun pertama sebagai mahasiswa di University of Washington, Trey Tamaki menerima berita yang mengubah hidupnya. Dokter mendiagnosis Tamaki dengan kanker testis stadium 2 yang mengharuskannya segera memulai program pengobatan dari kemoterapi sampai operasi selama kuliah. Sehingga mau tidak mau Tamaki sering mengambil cuti kuliah untuk pulih.

Ketika Tamaki pertama kali datang ke Universitas Washington, dia terus memikirkan apa yang ingin dia lakukan setelah lulus, ia juga tidak memiliki pengalaman. Sambil memikirkannya, Tamaki terus menjalani tiga perawatan kemoterapi selama tahun pertamanya yang terdiri dari satu minggu di rumah sakit dan dua minggu di luar rumah sakit. Sehingga Tamaki harus cuti selama kuartal pertama karena dia terlalu banyak bolos sekolah. Itu adalah "tiga bulan yang sangat buruk," katanya mempertimbangkan betapa cintanya ia dengan sekolahnya.

Saat dia kembali ke sekolah pada kuartal kedua, dia mengambil kelas ilmu komputer pertamanya dan saat itu Tamaki seperti merasa cocok dan langsung jatuh cinta pada ilmu komputer. Sehingga ia meutuskan untuk mengejar karir di ilmu komputer.

Pada akhir kuartal, dia mulai pincang karena efek samping kemoterapi. Sehingga selama tahun kedua perkuliahan, Tamaki harus mengganti kedua pinggulnya dan mau tidak mau dia kembali mengambil cuti selama dua kuartal untuk menyelesaikan operasi tersebut.

Selama ini Tamaki sering kali mengurangi beban mata kuliah atau mengambil cuti karena alasan kesehatan, yang juga memberinya sedikit kesempatan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau kelompok belajar. Membayangkannya yang harus menjalani kemo otak sambil berjuang dengan tugas sehari-hari, di luar itu ia masih terus mengambil kelas ilmu komputer. Namun diantara para juniornya, ia masih tertinggal di beberapa kelas, seperti matematika.

Pada saat itulah dosen pembimbingnya menyuruhnya memilih bidang lain, karena IPK-nya tidak cukup tinggi untuk masuk ke CS dan memberinya daftar jurusan lain yang dapat ia pilih. Selain itu, Tamaki juga mendengar persaingan untuk masuk ke jurusan ilmu komputer juga lebih ketat dan sangat kompetitif. Terlebih kondisi Tamaki yang mengharuskannya cuti beberapa kali untuk perawatan, sehingga setiap orang menyarankannya untuk memilih bidang lain karena dianggap tidak akan sanggup.

Saran pembimbingnya adalah kesempatan Tamaki sangat kecil untuk diterima dalam program CS berdasarkan IPK-nya. Itu yang membuat Tamaki sedih, karena cara pembimbing mempresentasikannya terkesan memintanya pindah bukan sebagai tujuan yang harus dilakukan, melainkan sebagai tujuan yang hilang.

"Siapapun bisa membuatnya terdengar positif atau negatif. Namun itu kurang empati," ujar Tamaki, seperti dikutip dari businessinsider.

 

Pantang menyerah

Trey Tamaki. Foto: Facebook Trey Tamaki
Trey Tamaki. Foto: Facebook Trey Tamaki

Tapi bukannya menyerah, Tamaki memutuskan untuk melipatgandakan upayanya. Mengingat apa yang membuatnya jatuh cinta pada ilmu komputer sejak awal, yaitu ide untuk menciptakan sesuatu yang baru, berfokus pada aksesibilitas dan interaksi manusia-komputer, bagaimana orang menggunakan teknologi. 

"Ada bagian masyarakat yang tidak mempertimbangkan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas dalam pembuatan kode (program teknologi). Orang normal yang membuat kode tidak memikirkan tentang bagaimana seorang tunanetra atau disabilitas fisik berinteraksi dengan situs web. Itulah satu hal yang saya temukan," ujar Tamaki.

Untungnya, Tamaki menghubungi dosen pembimbing lain yang menyuruhnya menulis tentang pengalamannya dalam pernyataan pribadi dan menjelaskan kepada sekolah mengapa dia layak mendapat tempat di program ilmu komputer meskipun nilai-nilainya tidak mencukupi. Akhirnya, Tamaki benar-benar mendapatkan tempat di program tersebut dan lulus dengan sukses.

Selama tahun junior dan seniornya, Tamaki magang di Starbucks di Seattle, tempat ia dapat mengerjakan proyek terkait aksesibilitas di dunia nyata. Misalnya, dia bekerja dengan manajer produk yang berfokus pada aksesibilitas untuk menguji apakah penyandang disabilitas dapat mengakses sepenuhnya situs web Starbucks, dan membuat perubahan yang sesuai.

Setelah Tamaki lulus, perusahaan menawarinya pekerjaan. Fokus Starbuck pada aksesibilitas agar bekerja tentu penawaran yang menarik, kata Tamaki. Misalnya, pada bulan Juni, Starbucks membuka toko berkonsep disabilitas pertamanya di Jepang. Setiap staf-nya menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Tahun ini, dia lulus dari Universitas Washington dengan gelar ilmu komputer dan sekarang dengan bangga bekerja sebagai manajer produk teknis asosiasi untuk Application Programming Interface (API) dan tim commerce platform di Starbucks.

Tahun ini, Tamaki juga mencapai tahun keempat remisi kankernya. Masih ada beberapa masalah yang ia tangani: Kemoterapi memengaruhi paru-paru dan kesehatan mentalnya, dan dia juga mengalami gangguan kekebalan (imunokompromis). Sehhingga ia berusaha berhati-hati selama pandemi COVID-19.

"Sesuatu yang banyak saya pelajari adalah, remisi tidak bisa disembuhkan sama sekali. Ada begitu banyak hal yang harus kupikirkan," katanya.

Sekarang setelah dia memulai kehidupan pascasarjana, Tamaki juga berharap untuk mendapatkan gelar master dalam interaksi komputer-manusia di masa depan, dengan tetap mempertahankan fokus pada aksesibilitas.

"Jika itu dapat membantu beberapa jenis orang menavigasi hidup mereka agar lebih mudah, saya akan sangat bahagia mendengarnya," kata Tamaki.

"Ini bisa jadi hanya masalah kecil dalam hal aksesibilitas. Ini sangat mengubah hidup. Jika membuat kopi lebih mudah untuk satu orang dalam hal membuat mereka merasa normal, itu situasi yang sangat memuaskan bagi saya."

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker? (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU Kobarkan 'Perang' dengan Pelatih Timnas Inggris

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer telah mengobarkan "perang" pada pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. Solskjaer kecewa dengan perlakuannya terhadap Mason Greenwood.

Seperti diketahui pemain MU Greenwood dikeluarkan dari skuat Three Lions bersama Phil Foden awal bulan ini. Itu dilakukan setelah keduanya tertangkap menyelundupkan dua wanita ke hotel tim di Islandia.

Kedua pemain itu diterbangkan pulang dengan rasa malu hanya 24 jam setelah melakukan debut internasional. Mereka dinilai melanggar protokol Covid-19 dan dipaksa untuk membuat permintaan maaf yang merendahkan.

Setelah serangan mengejutkan dari Southgate dan FA, Solskjaer kemudian meminta agar Greenwood diistirahatkan dan bertanya apakah dia bisa dikeluarkan dari skuat timnas Inggris untuk pertandingan Nations League di Islandia dan Denmark.

Namun, pelatih MU asal Norwegia itu menuduh Southgate mengabaikan keinginannya. Bahkan, Southgate tidak berbicara dengannya setelah mengaku tidak memiliki nomor teleponnya.

Butuh Istirahat

Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)
Pemain Manchester United Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Newcastle United pada pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Manchester United menang 4-1 atas Newcastle United. (Martin Rickett/PA via AP)

"Klub mengajukan permintaan ke FA, sekretaris melakukannya. Saya mencoba untuk tidak membiarkan dia pergi musim panas ini, tetapi mereka berhak untuk memanggilnya," kata Solskjaer.

"Oke, Anda meneleponnya, tetapi Anda tidak harus menempatkannya di depan kamera dunia. Mason melakukannya dengan baik dalam wawancara itu, saya tidak khawatir tentang itu. Saya merasa seperti dia membutuhkan istirahat lebih dari sekadar terpapar pada lingkungan itu," ujarnya.

Bikin Kesalahan

Penyerang Manchester United, Mason Greenwood (kedua kiri) berselebrasi dengan rekannya Marcus Rashford setelah mencetak gol ke gawang Sheffield United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Bramall Lane (24/11/2019). MU bermain imbang 3-3 atas Sheffield Unite. (AP Photo/Jon Super)
Penyerang Manchester United, Mason Greenwood (kedua kiri) berselebrasi dengan rekannya Marcus Rashford setelah mencetak gol ke gawang Sheffield United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Bramall Lane (24/11/2019). MU bermain imbang 3-3 atas Sheffield Unite. (AP Photo/Jon Super)

"Kadang-kadang mengambil langkah mundur dan melihat apa yang terbaik untuk pemain - dan saya mencoba. Saya pikir Mason perlu istirahat di musim panas.

"Saya tidak mengatakan dia tidak membuat kesalahan. Tentu saja dia membuat beberapa kesalahan, tapi ini kami, orang dewasa juga di sini. Kami perlu membuat keputusan yang menguntungkan dia.

"Mungkin seharusnya aku mencari nomor Gareth. Dia juga tidak meneleponku setelah itu, jadi lain kali aku berbicara dengannya, kita akan membahasnya."

Perlakuan Khusus

Pelatih Inggris, Gareth Southgate melihat pemainnya berlatih di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris tengah (7/10/2019). Inggris akan melawan Republik Ceko pada kualifikasi Euro 2020 di Praha. (AFP Photo/Paul Ellis)
Pelatih Inggris, Gareth Southgate melihat pemainnya berlatih di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris tengah (7/10/2019). Inggris akan melawan Republik Ceko pada kualifikasi Euro 2020 di Praha. (AFP Photo/Paul Ellis)

Ledakan Solskjaer langsung ditanggapi bos FA. Komentar manajer MU ini dinilai mengganggu karena bertentangan dengan pembicaraan sebelumnya.

Sebelumnya, FA sudah melakukan dialog antara mereka dan semua klub mengenai kesejahteraan semua pemain yang dipanggil.

Southgate sendiri enggan memberikan perlakuan khusus kepada masing-masing klub - karena dia khawatir hal itu akan menjadi preseden yang berbahaya.

Minta Maaf

Striker muda Manchester United Mason Greenwood merayakan gol Marcus Rashford pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Francois Mori)
Striker muda Manchester United Mason Greenwood merayakan gol Marcus Rashford pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Francois Mori)

Greenwood sendiri sudah meminta maaf dan menyesal karena sudah membuat malu Timnas Inggris. Dia melanggar protokol Covid-19 usai diketahui undang dua model Islandia ke kamar hotel.

"Sekarang saatnya untuk refleksi atas apa yang terjadi. Saya hanya bisa minta maaf untuk semua orang atas ulah malu yang sudah saya lakukan," kata Greenwood situs MU.

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Audi Marissa Pernah Liburan Bareng Pacar ke Korea, Tapi Tidak Tidur Sekamar

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Audi Marissa dan Anthony Xie, resmi menjadi pasangan suami istri. Bahkan, saat ini keduanya tengah menikmati bulan madu di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Dalam akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (18/9/2020), Audi Marissa mengunggah foto tengah menikmati makanan di tengah kolam renang bersama sang suami.

Rupanya, momen romantis ini sudah cukup lama dinanti Audi Marissa, yaitu sejak keduanya menjalin asmara.

 

Belum Sah

Audi Marissa (Foto: Instagram/@audimarissa)
Audi Marissa (Foto: Instagram/@audimarissa)

Diakui Audi Marissa, saat pacaran ia sudah mendapat tawaran untuk melakukan momen indah ini. Tapi ia menolaknya.

"Akhirnya bisa photo kayak gini yaa. Pas masih pacaran kita gamau photo gini soalnya belum sah, tapi skg udah suami istri jadi bisa deh photo gini 🥰," tulisnya.

 

Liburan Bareng

Audi Marissa (Foto: Instagram/@audimarissa)
Audi Marissa (Foto: Instagram/@audimarissa)

Audi Marissa tak menampik, pernah liburan bareng pacar yang kini menjadi suaminya ke Korea. Dan Audi tak mau sekamar dengan Anthony Xie.

"Waktu pertama kali aku liburan ke korea sama @anthonyxie_, wktu itu masih pacaran. Nah abis itu seperti biasa kalo aku ke korea selalu sama ka @nathaniastria89 dan disana juga ada photographer kita ko @henliauw. Inget banget waktu itu kita ke penginapan akau tidur sama ka @nathaniastria89 & anthony tidur sama ko @henliauw," terangnya dalam Instagram Story.

 

Bikin Bingung

Rupanya keinginan Audi Marissa untuk pisah kamar dengan Anthony ini bikin bingung pengurus penginapan, wanita paruh baya yang disebut "Ahjumma".

"Terus ahjumma yang urus penginapannya nanya ka nia (pakr bahasa korea ya, cm gue indoin haha'. "Itu mereka pacaran kenapa gak sekamar aja?" dan ka nia jawab, mereka gamau soalnya masih pacaran. Terus ahjumma nya bingung karena biasanya juga banyak yg pacaran sekamar. HAHAHA smpe ka nia & ko hen aja bingung. kenapa liburan kita malah ajak mereka nginep bareng jg," sambungnya.

Tak Pernah Pergi Berdua

Audi Marissa dan Anthony Xie ternyata memiliki prinsip yang sama saat menjalin hubungan asmara.

"Sekian ceritanya, jadi aku & @anthonyxie_ punya prinsip pas pacaran kalo belum sah jangan suka pergi berduaan. Ke bali aja aku ajak adik aku, ke US nginep dirumah saudaranya anthony. Dan pas nikah kadi beda bgt rasanya walaupun pacaran lama tapi gak bosen. Karena yang skr kita lakuin sbg suami istri belum pernah kita lakuin pas pacaran," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Nova 7 SE Life Muncul di Tenaa

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dilaporkan sedang menyiapkan varian baru dari Nova 7 SE. Smartphone tersebut bernama Nova 7 SE Life.

Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (19/9/2020), Huawei Nova 7 SE Life dilaporkan muncul di situs web regulator Tiongkok, Tenaa. Berdasarkan keterangan yang ada, smartphone tersebut dilengkapi prosesor octa-core 2.4 GHz.

Spesifikasi lainnya termasuk RAM GB, memori internal 128GB, dan layar LCD berukuran 6,5 inci. Kapasitas baterai 3.900mAh.

Selain itu juga terdapat empat kamera belakang dengan modul utama 64MP, 8MP ultra wide, dan dua 2MP. Kamera depan dengan sensor 16MP.

Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang waktu peluncuran Huawei Nova 7 SE Life.

Huawei Mate X2 Batal Meluncur Tahun Ini?

Ilustrasi Smartphone Huawei. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Huawei. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lebih lanjut, sanksi pemerintah Amerika Serikat (AS) terhadap Huawei membuat perusahaan bermasalah dengan suplai material untuk perangkat-perangkat terbarunya. Salah satunya berdampak pada smartphone lipat Mate X2.

Huawei Mate X2 dilaporkan tidak akan dirilis pada tahun ini karena masalah tersebut.

Suksesor Mate X itu dijadwalkan hadir sebelum akhir tahun ini. Namun karena kesulitan dengan material hardware, peluncurannya ditunda sampai 2021.

Suplai Chipset

Mengingat Mate X dan Mate XS menggunakan layar lipat BOE, yang merupakan perusahaan Tiongkok, panel disebut tidak menjadi masalah. Kendalanya kemungkinan ada pada suplai chipset Kirin 1000.

Kendati demikian, sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Huawei mengenai waktu peluncuran Huawei Mate X2.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Dia Orang-Orang Terkaya di AS Versi Majalah Forbes

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 memukul pemasukan sebagian sektor usaha, tapi justru mengangkat pemasukan sektor usaha lainnya. Ini terlihat dalam daftar 400 orang terkaya di AS yang dihimpun majalah Forbes. Bos-bos perusahaan teknologi cenderung tambah kaya, sementara pengusaha properti dan energi terpuruk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: Pandemi COVID-19 Tidak Menurunkan Angka Perilaku Merokok

Posted: 18 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Survei Komnas Pengendalian Tembakau menunjukkan kecenderungan perilaku merokok tetap dilakukan meski berada di rumah yang seharusnya aman dari asap rokok. Perilaku ini bahkan meningkat pada beberapa responden.

Jumlah perokok di Indonesia saat ini sekitar 75 juta orang atau 33% dari jumlah penduduk Indonesia berdasarkan Riskesdas, 2018. Angka ini adalah yang ketiga tertinggi di dunia.

Sementara itu, ada lebih dari 75 persen penduduk Indonesia menjadi perokok pasif dalam kegiatan sehari-harinya di ruang tertutup salah satunya rumah.

Dari survei yang dilakukan terhadap 612 responden dari berbagai daerah di Indonesia selama 15 Mei – 15 Juni 2020 ini, ditemukan beberapa hal yang menurut peneliti bisa menjadi landasan peraturan oleh pemerintah dalam penerapan PSBB.

Dalam survei ini ditemukan, dari jumlah batang yang dikonsumsi, mayoritas responden yang merokok (50.2 persen) mengaku tetap, dan bahkan meningkat (15.2 persen) selama masa pandemi.

Jumlah responden yang mengaku meningkat jumlah batang yang dikonsumsinya mayoritas (69.77 persen) berasal dari responden dengan penghasilan di bawah lima juta rupiah (13.2 persen dari responden berpenghasilan 2 juta dan 18.1 persen dari responden yang berpenghasilan 2-5 juta).

Untuk melengkapi survei ini, responden juga menjawab pertanyaan mengenai pictorial health warning (peringatan kesehatan bergambar – PHW) terkait masa pandemi. Dari bagian ini didapatkan temuan bahwa 9.5 persen responden mengaku bahwa peringatan kesehatan bergambar membuat mereka berhenti merokok selama pandemi COVID-19 berlangsung dan mayoritas responden (56.7 persen) mengaku setuju jika ukuran peringatan kesehatan bergambar diperbesar.

Krisna Puji Rahmayanti, peneliti utama survei ini yang juga sekaligus pengajar di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia menyebutkan bahwa dari serangkaian temuan di atas tampak bahwa masyarakat harus melakukan intervensi terhadap perilaku merokok, terutama selama masa pandemi.

"Adanya pandemi ini tidak menurunkan perilaku merokok yang menunjukkan bahwa pemerintah perlu lebih kuat menerapkan kebijakan fiskal maupun non fiskal agar masyarakat dapat berhenti merokok. Rumah seharusnya menjadi tempat teraman, salah satunya dari bahaya asap rokok, terutama di masa pandemi ini," katanya dalam keterangan pers, Selasa (15/9/2020).

Dari Sisi Belanja Rokok

Survei juga menemukan bahwa kelompok masyarakat berpendidikan lebih tinggi dan bekerja di sektor formal cenderung lebih perhatian dalam menerapkan rumah bebas asap rokok. Meskipun sebagian besar responden percaya bahwa perokok lebih rentan terkena COVID-19 (61,4 persen), namun masih ada yang tidak percaya, yaitu mereka yang masih menjadi perokok aktif (63,6 persen).

Dari sisi belanja rokok, dengan melihat jumlah biaya beli rokok mayoritas (49.8 persen) responden yang merokok mengaku memiliki pengeluaran tetap untuk membeli rokok selama masa pandemi, bahkan meningkat (13,1 persen).

Jumlah tersebut mayoritas (77.14 persen) berasal dari responden dengan penghasilan kurang dari lima juta rupiah (9.8 persen dari responden berpenghasilan di bawah 2 juta dan 17.8 persen dari responden yang berpenghasilan 2-5 juta).

Infografis Rokok:

infografis bahaya rokok
infografis bahaya rokok

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Hal Saat Kaesang Pangarep Kena Tipu Jual Beli Barang Limited Edition di Instagram

Posted: 18 Sep 2020 07:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep menjadi salah korban penipuan online yang menggunakan akun Instagram berkedok jual beli barang langka atau limited edition.

Kasus penipuan ini terungkap berawal dari laporan Nur Hermansyah, pada 8 September 2020.

"Di situ korban melakukan transaksi dan mengirim ke rekening tertentu yang nantinya diketahui barang tidak pernah datang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, Jumat, 18 September 2020.

Untuk menipu Kaesang dan korban lainnya, pelaku menggunakan akun Instagram Lucky Cat Auction. Setelah ditelusuri keempat pelaku berhasil ditangkap. Mereka ternyata siswa SMP dari sekolah yang berbeda.

Berikut sejumlah hal terkait penipuan lewat online yang dialami oleh Kaesang Pangarep:

Pelaku 4 Bocah SMP

Dari laporan Nur Hermansyah, penyidik langsung menelusuri akun Instagram Lucky Cat Auction yang digunakan para pelaku untuk menawarkan barang limited edition, di antaranya sandal dan sepatu.

Para pelaku berinisial AF, GR, MR, dan DFY berhasil ditangkap di kawasan Medan, Sumatera Utara dan Aceh. Mereka keseluruhan merupakan pelajar SMP dari sekolah yang berbeda.

"Yang menjadi fenomenal, para pelaku ini anak-anak di bawah umur," ujar AWi. 

Hasil Penipuan Lebih dari Rp 100 Juta

Awi mengatakan, para pelaku telah meraup keuntungan hasil penipuan lebih dari Rp 100 juta. Hasil kejahatan itu digunakan untuk membeli barang kebutuhan pribadi dan foya-foya.

Dia pun membenarkan bahwa salah satu korban dari penipuan ini merupakan anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

"Di antaranya (anak Presiden). Ada puluhan korban. Pesan moralnya anak-anak di bawah umur inilah yang harus kita awasi terkait literasi dan dunia maya. Kita sama-sama bertanggung jawab," beber Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. 

Acaman Penjara 12 Tahun

Atas kejadian tersebut, para tersangka dijerat Pasal 45 a ayat 1 jo pasal 28 ayat 1 dan atau Pasal 51 ayat 2 jo Pasal 36 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 379 KUHP jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun dan atau denda paling banyak Rp 12 miliar rupiah.

"Penanganan kasus anak-anak yang ditangani Direkorat Siber Bareskrim Polri ada dua kemungkinan. Pertama sesuai UU Perlindungan Anak dilakukan pembinaan kembali dan dikembalikan kepada orang tua, tentu dalam pengawasan Polri, dan kedua restorasi justice," Awi menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Tak Ada Unsur Pidana pada Kasus 5 Jasad ABK Ditemukan di Freezer Kapal Ikan

Posted: 18 Sep 2020 07:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian memastikan, jasad lima Anak Buah Kapal (ABK) yang ditemukan di dalam lemari pendingin atau freezer Kapal Motor (KM) Starindo Jaya Maju VI meninggal akibat mengkonsumsi minuman keras (miras) oplosan.

Kasat Reskrim Polres Kepulauan Seribu, AKP Fahmi Amarullah mengatakan, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi yang saat itu ikut menenggak miras oplosan bersama para korban.

Dari hasil penyelidikan sementara, barang yang diminum itu adalah minuman berenergi yang dicampur dengan alkohol murni. Polisi menyebut, orang yang meracik minuman itu adalah salah satu dari lima ABK yang tewas.

"Itu bukan miras oplosan, si korban meracik itu. Jadi minuman energi dicampur alkohol murni. Nah dari hasil intrograsi sementara semuanya mengarah ke korban. Kalau pun memang toh saya terapkan pasal terkait minuman barang berbahaya tetap mengarah ke korban," kata dia saat dihubungi, Sabtu (19/9/2020).

Fahmi menerangkan, ABK yang berada di Kapal Motor (KM) Starindo Jaya Maju VI pada saat itu berpesta miras oplosan dari malam sampai pagi. Kemudian, sebelum meninggal dunia kelima ABK sempat mengeluh sakit.

"Kelimanya merasakan sakit perut, badannya panas, mengigil dan sesak napas hingga akhirnya meninggal dunia," ujar dia.

Fahmi juga telah melihat kondisi jasad kelima ABK. Sejauh ini, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dari tubuh korban.

"Tidak ada tanda-tanda kekerasan," ucap dia.

Sehingga, Fahmi menyimpulkan kematian kelima ABK murni kesalahan sendiri dan tidak ada unsur pidana di dalamnya.

"Sementara sih belum (ada unsur pidana), karena memang tidak ada niat untuk menghabisi nyawa, karena memang mereka ABK mau mabuk, cuma karena daya imun tubuh beda-beda terus sama mungkin nakar minum beda. Mungkin yang meninggal minumnya banyak banget," jelas dia.

 

Kronologi Penemuan 5 Jasad ABK

Ilustrasi kapal ikan (Foto: Dok Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Ilustrasi kapal ikan (Foto: Dok Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Sebelumnya, Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Edmond menjelaskan, penemuan kelima ABK itu bermula dari patroli yang dilakukan oleh jajaran Polres Kepulauan Seribu di Perairan Pulau Pari. Saat itu, pihaknya hendak melakukan operasi yusitisi protokol pencegahan Covid-19.

"Sasaran kami kapal nelayan yang jumlah ABK-nya banyak untuk kita sosialisasikan penggunaan masker," ujar dia.

Morry menjelaskan, petugas mendatangi Kapal Motor Starindo Jaya Maju VI. Saat itu, petugas membagikan masker para nakhoda dan ABK. Juga menyosialisasikan pencegahan Covid-19.

"Ini kapal ABK cukup banyak. Kemudian kami cek manifes," ucap dia.

Kepada polisi, beberapa ABK mengaku menyimpan lima jenazah di sebuah lemari pendingin. Penuturannya, mereka meninggal akibat menenggak miras oplosan.

"Dari sana diketahui ada lima ABK yang meninggal dunia dan ditaruh dalam freezer. Keterangan awal dari nakhoda, meninggal karena minum miras oplosan," ujar dia.

Morry mengaku tak percaya begitu saja dengan keterangan nakhoda kapal. Jenazah kemudian dikirim ke RS Polri untuk diautopsi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Fasilitasi Pengurusan SIUP, Ada 320 Pelaku Usaha yang Daftar

Posted: 18 Sep 2020 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya fasilitasi pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bagi UMKM, terutama bagi pelaku usaha warung kopi (warkop), angkringan hingga café.

Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Pemkot Surabaya mendatangi kantor kecamatan untuk membantu warga melalui aplikasi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya, M Taswin menuturkan, pengurusan SIUP yang dilakukan dibantu gratis itu sangat banyak diminati oleh para pelaku usaha warkop, angkringan dan kafe.

Dalam dua hari terakhir, total pemilik usaha yang telah mendaftarkan usahanya mencapai 320 usaha. Ratusan pendaftar tersebut berasal dari tiga kecamatan, yaitu Gunung Anyar, Sawahan dan Wiyung, dilansir dari surabaya.go.id.

"Khusus yang Kecamatan Gunung Anyar yang mendaftar sebanyak 224 UMKM, Kecamatan Sawahan berjumlah 40 UMKM dan 56 nya lagi dari Kecamatan Wiyung," kata M Taswin, ditulis Sabtu, (19/9/2020).

Ia mengatakan, setiap harinya petugas DPM-PTSP berkeliling ke kantor-kantor kecamatan untuk membantu warga mendaftarkan legalitas usahanya.

Selain itu, para camat serta lurah juga membantu langsung dalam mensosialisasikan dan mendata UMKM di wilayahnya. Setelah data tersebut terkumpul, warga dikumpulkan di kantor kecamatan dan kemudian dibantu menyelesaikan perizinan usahanya oleh petugas.

"Antusiasnya sangat bagus sekali. Pemilik usaha berbondong-bondong membawa persyaratan. Mereka sangat senang karena hasilnya langsung jadi pada hari itu juga," ujar dia di Surabaya.

 

Aplikasi Online Jadi Kendala

Rawon Pak Pangat (sumber: tripadvisor)
Rawon Pak Pangat (sumber: tripadvisor)

Taswin juga menceritakan, berdasarkan kondisi di lapangan yang menjadi kendala warga Surabaya dalam mengurus perizinan tersebut adalah penggunaaan aplikasi berbasis online.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala itu, petugas DPM-PTSP berkeliling di kantor-kantor kecamatan sesuai dengan jadwal untuk membantu pemilik usaha dalam menyelesaikan legalitasnya.

"Mereka sangat senang sekali. Dengan adanya legalitas usaha ini, maka bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pelaku usaha UMKM  kita," urai dia.

Menariknya, ternyata momen ini juga dimanfaatkan para ibu rumah tangga. Salah satunya yang di rumahnya terdapat toko yang menjual sayur mayur dan bumbu dapur (peracangan), yang kemudian didaftarkan legalitas usahanya. "Jadi ada beberapa warga yang memanfaatkan itu khususnya para ibu. Dan bagus sekali itu," ujar  dia.

Di kesempatan yang sama, Taswin terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momen ini. Khususnya bagi warga Surabaya untuk segera mendaftarkan legalitas usahanya.

Ia menambahkan lokasi berikutnya akan menyisir Kecamatan Wiyung dan Kecamatan Pabean Cantikan. "Setelah ini yang disisir adalah wilayah kecamatan Wiyung dan Pabean Cantikan. Oleh karena itu, mari warga Surabaya manfaatkan program ini agar usaha anda ada legalitasnya," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Murah, Harga Harga Emas Antam Turun Rp 7.000 per Gram

Posted: 18 Sep 2020 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas Antam atau emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun Rp 7.000 menjadi Rp 1.023.000 per gram pada hari ini. Sehari sebelumnya, harga emas Antam dipatok Rp 1.030.000 per gram

Demikian pula, harga buyback emas Antam pada Sabtu (19/9/2020) juga turun Rp 7.000 per gram menjadi di Rp 925.000 per gram. Harga buyback merupakan patokan bila Anda menjual maka Antam akan membelinya di harga Rp 925 ribu per gram.

Sementara harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 10.380.000, sementara untuk ukuran 20 gram dijual Rp 20.210.000.

Ini merupakan harga emas Antam yang dijual di Pulogadung, Jakarta. Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 09.22 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam belum termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Anda bisa memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut daftar harga emas Antam:

* Pecahan 0,5 gram Rp 541.500

* Pecahan 1 gram Rp 1.023.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.986.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.954.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.895.000

* Pecahan 10 gram Rp 9.725.000

* Pecahan 25 gram Rp 24.187.000

* Pecahan 50 gram Rp 48.295.000

* Pecahan 100 gram Rp 96.512.000

* Pecahan 250 gram Rp 241.015.000

* Pecahan 500 gram Rp 481.820.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 963.600.000.

 

Harga Emas Makin Mahal Efek Pelemahan Dolar AS

Ilustrasi Harga Emas Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Harga Emas Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Harga emas naik pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta) dan menjadi kenaikan mingguan kedua berturut-turut. Lonjakan harga emas ini dipicu oleh melemahnya dolar AS dan kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi dari krisis virus corona.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (19/9/2020), harga emas di pasar spot emas naik 0,6 persen menjadi USD 1,953.72 per ounce, dan naik naik 0,6 persen sepanjang pekan ini. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,6 persen menjadi USD 1.962,10.

"Kami melihat dolar yang sedikit melemah, meskipun kami masih dalam kisaran yang sedikit di sini. Harga emas seharusnya lebih baik karena dolar akan terus melemah," kata Edward Meir, Analis di ED&F Man Capital Markets.

Nilai tukar dolar AS turun 0,2 persen terhadap mata uang lain, membuat harga emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Pada Rabu, Bank Sentral AS atau The Federal Reserve AS berjanji untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk waktu yang lama. Sementara Amerika Serikat mempertimbangkan tagihan bantuan virus corona senilai USD 1,5 triliun.

Suku bunga yang lebih rendah, yang mengurangi biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan hasil, dan langkah-langkah stimulus yang meluas telah membantu harga emas naik lebih dari 28 persen sepanjang tahun ini karena dipandang sebagai instrumen lindung nilai terhadap inflasi.

"Kami percaya keseimbangan risiko tetap naik untuk harga emas dan mengharapkan harga rata-rata USD 2.000 per ounce pada kuartal IV 2020 dan USD 2.125 di tahun depan," kata Analis Standard Chartered Suki Cooper.

"Pembatasan koreksi jangka pendek, imbal hasil riil negatif dan dolar yang lebih lemah, di samping stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya, menciptakan lingkungan makro yang menguntungkan untuk emas dan kemungkinan akan menjadi pendorong harga emas selama beberapa bulan mendatang," kata dia.

Selain harga emas, harga perak turun 0,5 persen menjadi USD 26,97 per ounce. Sementara platinum turun 0,8 persen menjadi USD 932,80 dan paladium naik 0,3 persen menjadi USD 2,343,65.

Harga Emas Diprediksi Terjun Bebas, Saatnya Jual?

Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 666 ribu per gram pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 666 ribu per gram pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga emas di pasar spot tercatat naik tipis 0,1 persen menjadi USD 1,958.29 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak 2 September di USD 1,973.16. Sementara, harga emas berjangka AS tercatat naik 0,1 persen menjadi USD 1.968,20.

Meski masih naik, harga emas diprediksi bisa terjun bebas bahkan hingga level USD 1.794 per ounce di kuartal IV 2020. Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyatakan, hal ini dapat terjadi karena indeks dollar yang menguat.

"(Hal ini) dipengaruhi optimisme Federal Reserve Amerika Serikat (AS) atas kebijakannya menurunkan suku bunga hingga 2023 ketika pasar tenaga kerja mencapai "lapangan kerja maksimum" dan inflasi berada di jalur untuk "melebihi" target inflasi 2 persen," ujar Ibrahim saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (17/9/2020).

Lalu, perkiraan pertumbuhan ekonomi yang lebih positif dan pernyataan Presiden AS Donald Trump soal vaksin juga mendorong indeks dollar menguat.

Wacana Partai Komunis China yang menyatakan siap perang dengan AS dan ASEAN serta ketegangan Turki dan Yunani atas Laut Mediterania, kata Ibrahim, sebenarnya menggoyang harga emas untuk bisa naik.

"Tetapi rupanya pasar (tidak) mengindahkan informasi geopolitik tersebut karena itu baru berupa wacana dan di Cina sendiri baru Partai Komunis, bukan presiden Cinanya," kata Ibrahim.

Oleh karenanya, harga emas diproyeksi bakal anjlok. "Peluang harga emas internasional terjun bebas ke USD 1.919, USD 1.860 dan USD 1.794 sangat besar sekali. Angka tersebut sesuai dengan data teknikal (W1) di metatrader," jelasnya.

Kata Ibrahim, bulan September ini emas berpeluang turun ke angka USD 1.919 per ounce, kemudian merosot ke USD 1.860 hingga USD 1.794 di kuartal IV.

"Oleh karenanya, ini saat yang tepat agar menjual sekarang, karena ada harapan akan di bawah Rp 1 juta (per gram). Jangan sampai menyimpan emas terlalu lama," saran Ibrahim.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Swab Ulang, Komisioner KPU Kota Tangsel Negatif Covid-19

Posted: 18 Sep 2020 07:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) M Mujahid Zein, yang positif Covid-19 melakukan swab test ulang secara mandiri di Eka Hospital BSD. Hasilnya, baik Mujahid dan keluarganya, dinyatakan negatif terpapar Covid-19.

Saat dikonfirmasi, Mujahid mengaku melakukan swab test mandiri pada 17 September 2020, atau sehari pascadiumumkannya dia terpapar Covid-19 dari hasil swab sebelumnya pada 29 Agustus 2020.

Mujahid tidak sendiri, melainkan mengajak serta istri dan anak-anaknya untuk swab test.

"Iya, Alhamdulillah hasilnya negatif. Saya dan keluarga saya," ujar Mujahid kepada Liputan6.com, Sabtu (19/9/2020).

Dia mengatakan, hasil tes swab didapatkannya pada 18 September 2020. Ketika mendapatkan kabar dirinya negatif Covid-19, Mujahid mengaku sangat bersyukur dan bisa beraktifitas lagi.

"Perasaannya senang dan bersyukur sama Allah bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya, terutama kumpul sama keluarga," kata Mujahid.

 

Tak merasakan gejala apapun

Mujahid menyesali mengapa hasil tes swab yang dilakukan Labkesda pada 29 Agustus 2020 baru didapatkannya 16 sampai 17 hari setelahnya. Kalau saja lebih cepat, dia mengaku bakal mengisolasi dirinya secara mandiri.

Sebab selama ini, dia tidak merasakan gejala Covid-19 apapun di dalam tubuhnya.

"Seandainya saja tahu hasil nya lebih awal tentu saya membatasi diri untuk tidak berinteraksi. Tapi sebelum itu juga, saya diskusi sama teman-teman wartawan, ngomong dengan mic, ataupun kegiatan lainnya selalu pakai masker atau jaga jarak," kata dia.

Mujahid berharap, hasil swab test ulang pegawai ataupun komisioner KPU Kota Tangsel lain yang dilakukan pada 18 September 2020, juga negatif dan sehat semua. Sehingga penyelenggaraan tahapan Pilkada Kota Tangsel masih bisa berjalan sesuai protokol kesehatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: