Rabu, 16 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ahok Bertemu Erick Thohir Usai Kritiknya soal Pertamina Viral

Posted: 16 Sep 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akhirnya melakukan pertemuan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Hal itu diketahui dari unggahan pria yang akrab disapa Ahok melalui akun Instagramnya @basukibtp, Kamis (17/9/2020).

Dalam pertemuan, Ahok mengaku telah menyampaikan sejumlah masukan dan kritikan perihal kinerja perusahaan BUMN.

Erick pun dikatakan menyambut baik apa yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. "Tadi, barusan ketemu dengan Menteri BUMN. Kritik dan saran saya sampaikan, diterima dengan baik oleh Pak Erick Thohir," kata Ahok dalam unggahannya, dikutip Liputan6.com, Kamis (17/9/2020).

Erick juga menyampaikan kepada Ahok untuk terus menjaga solidaritas teamwork dan terus melakukan transformasi di BUMN.

"Saya juga menjaga pesan yang disampaikan oleh Pak Erick untuk menjaga solidaritas teamwork dan terus melakukan transformasi BUMN," ujar Ahok.

Sebelumnya, Ahok sempat melayangkan kritik tajam soal perusahaan yang dia awasi, Pertamina, ke hadapan publik.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyatakan, Pertamina memiliki kebijakan yang sangat tidak efisien dan kebiasaan janggal yang membuat manajemen perseroan semakin buruk mulai dari direksi yang hobi lobi menteri, manipulasi gaji hingga utang yang semakin menumpuk.

 

Dahlan Iskan soal Usul Ahok Bubarkan Kementerian BUMN: Itu Bukan Pemikiran Baru

Dahlan Iskan.(Liputan6.com/Johan Tallo)
Dahlan Iskan.(Liputan6.com/Johan Tallo)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengusulkan pembubaran Kementerian BUMN yang dinilai tidak efisien dalam tata kelola perusahaan pelat merah selama ini. Kata Ahok, lebih baik Kementerian BUMN diganti dengan pembentukan superholding seperti yang dilakukan Pemerintah Singapura melalui Temasek.

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengatakan, pembubaran Kementerian BUMN sebenarnya bukan hal baru. Sejak kepemimpinan Menteri BUMN pertama, Tanri Abeng keinginan membubarkan kementerian tersebut sudah ada.

"Bahwa BTP mengatakan di video itu seharusnya Kementerian BUMN dibubarkan, itu bukan pemikiran baru. Sejak Tanri Abeng menjadi menteri BUMN yang pertama, pemikiran itu sudah ada. Tanri sudah mengemukakan itu," ujar Dahlan melalui keterangan resminya, Jakarta, Kamis (17/9).

Dahlan mengatakan, yang terbaru dalam video Ahok adalah timeline pembubaran kementerian tersebut. "Yang baru adalah BTP menyebutkan timeline-nya, sebelum Pak Jokowi turun, pola seperti Temasek-nya Singapura sudah terbentuk. Artinya Kementerian BUMN sudah bubar?" katanya.

Dahlan melanjutkan, selama ini pemikiran pembentukan superholding seperti Temasek tidak pernah mati. Tetapi jalannya sangat lambat, yakni dimulai terlebih dahulu melalui pembentukan holding-holding usaha sejenis dulu. "Itulah jalan yang dianggap realistis yang hebohnya bisa dikendalikan," jelasnya.

Pembentukan holding bahkan ada dalam setiap kepemimpinan pemerintahan baru. Di periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terbentuk holding Pupuk Indonesia dan Semen Indonesia. Di periode pertama Presiden Jokowi terbentuk holding Perkebunan dan Pertambangan.

Pembentulan holding pertambangan sangat strategis ketika pemerintah mengalihkan Freeport dari perusahaan asing menjadi perusahaan nasional di bawah Kementerian BUMN. Tanpa pembentukan holding pertambangan pengambilalihan Freeport akan terbentur ke soal teknis legalitas korporasi.

"Mungkin di periode kedua Presiden Jokowi ini akan terbentuk holding Energi. PT Pertamina menjadi satu holding dengan PT Gas Negara. Pun itu belum bisa sepenuhnya disebut holding energi. PLN kelihatannya masih di luar holding energi itu," jelasnya.

Melihat dari kondisi tersebut maka tidak mudah membentuk holding seperti yang diributkan oleh Ahok. Setidaknya dibutuhkan 10 periode kepresidenan untuk sampai terbentuk seperti Tamasek.

"Kalau satu masa jabatan presiden bisa melahirkan dua holding, mungkin diperlukan 10 periode kepresidenan. Untuk bisa sampai ke terbentuknya superholding seperti Temasek. Itu pun kalau gelombang politik tidak berubah," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir soal Transformasi BUMN: Yang Tidak Kompetitif akan Dikecilkan

Posted: 16 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menekankan pentingnya transformasi BUMN demi kinerja perusahaan yang efisien, kompetitif dan transparan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Erick bilang, transformasi BUMN tidak bisa ditawar dan harus segera dilakukan dengan langkah terencana, salah satunya dengan merapikan struktur BUMN itu sendiri, mulai dari jumlah pejabat yang bertugas hingga jumlah BUMN itu sendiri.

"Kita terpikir tidak mungkin kami mengawasi mengkoordinasi 142 bumn. Jelas, suka tidak suka, BUMN yang tidak kompetitif akan dikecilkan," ujar Erick dalam dokumen video yang diterima Liputan6.com, Kamis (17/9/2020).

Erick Thohir mengibaratkan, pengawasan BUMN tidak berbeda dengan mengawasi anak sendiri.

"Ibarat punya 3 anak, tidak mungkin dibeda-bedakan, anak nomor 1, 2, dan 3, semuanya sama, namanya juga anak. Tapi, kalo anaknya 142 juga kebanyakan, tidak cukup, makanya ada kluster 1, kluster 2 dan danareksa PPA," kata Erick.

Oleh karenanya, kerjasama antara kementerian dengan direksi BUMN harus terjalin dengan baik. Kementerian dan direkai BUMN harus menjadi 1 tim agar cita-cita bersama bisa tercapai.

Erick bilang, transformasi BUMN tidak hanya dilakukan oleh direksi saja, namun juga dukungan dari tim yang kompak.

"Ketika saya ditanya success story rahasianya apa? Ya, karena tim saya, karena Wamen saya, Sesmen saya, Deputi saya, bukan saya sendiri dan kita taruh orang terbaik di negeri ini supaya bisa kasih lihat, persepsi BUMN bobrok itu salah," ujarnya.

"Kalau bukan kita yang mentransformasi, siapa lagi," jelas Erick Thohir.

Bikin Gaduh, DPR Minta Erick Thohir Copot Ahok dari Komut Pertamina

Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir membahas perlindungan tenaga kesehatan dari paparan COVID-19 dalam pertemuan dengan IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir membahas perlindungan tenaga kesehatan dari paparan COVID-19 dalam pertemuan dengan IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok kembali menjadi perbincangan publik setelah dirinya melayangkan kritik keras terhadap manajemen perseroan yang dinilai tidak efisien dan janggal.

Temuan Ahok berderet mulai dari hobi direksi yang sering melobi menteri, adanya dugaan manipulasi gaji hingga kebiasaan berutang perseroan.

Kendati, Anggota Komisi VI DPR Fraksi Parta Gerindra Andre Rosiade mengusulkan agar Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dicopot dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Pertamina. Alasannya, Ahok dinilai membuat gaduh dan kinerjanya biasa-biasa saja.

"Pak Presiden @jokowi yang saya hormati, setelah melihat kinerja & perilaku saudara @basuki_btp sebagai Komut @pertamina, saya usulkan ke pak @jokowi & pak Menteri @erickthohir untuk mencopot saudara BTP dari jabatannya karena menimbulkan kegaduhan dan kinerja yang bersangkutan juga biasa-biasa saja," demikian tulis Andre lewat akun Twitternya @andre_rosiade, dikutip Rabu (16/9/2020).

Menurut Andre, pernyataan Ahok hanya dilontarkan untuk mendapatkan panggung dan menunjukkan kinerjanya sebagai Komisaris Utama Pertamina, namun sayangnya, hal itu malah mendiskreditkan Pertamina secara umum.

"Statement-statement Pak Ahok ini membuat gaduh dan cenderung tanpa dasar. Saya paham Pak Ahok butuh panggung, tapi tolong jangan menimbulkan citra negatif untuk Pertamina. Jangan kebanyakan bacot, apalagi pak Ahok orang dalam Pertamina," ungkap politisi asal Sumatera Barat ini.

Andre menjelaskan, menurut datanya, untuk menambah produksi dan cadangan hulu migas saat ini Pertamina perlu melakukan akuisisi blok hulu migas yang sudah berproduksi, sehingga bisa langsung menambah cadangan dan produksi migas Pertamina.

"Akuisisi yang dilakukan oleh Pertamina didalam negeri dilakukan pada blok-blok yang sudah habis kontrak PSC-nya. Sedangkan akuisisi di luar negeri dilakukan pada blok-blok yang sudah berproduksi dan memiliki cadangan yang besar," jelasnya.

Selain itu, tudingan Ahok soal Pertamina yang tidak kunjung membangun kilang juga tidak benar dan diutarakan tanpa data. Di tahun 2019, Pertamina membangun beberapa kilang, seperti Kilang RDMP Balikpapan hingga Kilang Petrokimia TPPI.

"Ahok ini selalu teriak soal banyak maling di Pertamina. Saran saya, bila Pak Ahok memang punya bukti sebaiknya laporkan saja kepihak yang berwenang. Kan ada KPK, Kejaksaan dan juga kepolisian. Jangan tuduh sana-sini tapi sebenarnya tidak ada bukti," ujarnya.

"Untuk itu saya usul sebaiknya Presiden Jokowi dan Menteri BUMN copot saja Pak Ahok daripada terus membuat kegaduhan yang tidak perlu," tandasnya. 

Viral, Ahok Bongkar Banyak Masalah di BUMN Pertamina dan Peruri

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama tersenyum usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama tersenyum usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau yang biasa disapa Ahok mengkritisi kebijakan yang diambil direksi perseroan.

Ahok bilang, Pertamina memiliki kebiasaan meminjam utang untuk mengakuisisi kilang minyak di luar negeri. Padahal, menurutnya lebih baik Pertamina melakukan eksplorasi dalam negeri karena Indonesia masih punya potensi 12 cekungan yang menghasilkan minyak dan gas (migas).

Dirinya juga curiga kalau keputusan itu berkaitan dengan bagi-bagi komisi antar pihak.

"Sudah minjam duit USD 16 miliar, tiap kali otaknya minjam duit terus, saya sudah kesal. Minjam terus, akuisisi terus, kita masih punya 12 cekungan yang berpotensi minyak dan gas, ngapain di luar negeri? Jangan-jangan ada komisi," tandas Ahok, dikutip dari akun YouTube POIN, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, Ahok bilang, pembangunan kilang minyak saat ini tidak efisien. Menurutnya, ada beberapa investor yang serius berinvestasi kilang minyak dengan Pertamina. Namun, kilang-kilang tersebut belum juga dibangun.

Oleh karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bakal mengadakan rapat membahas hal ini.

"Makanya nanti saya mau rapat penting soal kilang. Berapa investor yang sudah nawarin mau kerja sama didiemin? Sudah ditawarin kenapa ditolak? Kenapa kerja seperti ini?" katanya.

"Saya lagi mau audit (proyek kilang), cuma saya emosi juga kemarin. Mereka lagi mancing saya emosi, saya emosi laporin Presiden apa? Ahok mengganggu keharmonisan," imbuh Ahok.

Selain itu, dirinya juga memprotes Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang menawarkan proyek paperless di kantor Pertamina. 

"Saya lagi paksakan tanda tangan digital (di Pertamina), tapi Peruri minta Rp 500 miliar untuk proses peperless, itu BUMN juga. Itu sama saja dapat proyek Pertamina lalu tidak mau kerja lagi, tidur 10 tahun, mau jadi ular sanca, jadi ular piton," ungkap Ahok.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyaluran UMi 2020 Sentuh Rp 4 Triliun untuk 1,24 Juta Debitur

Posted: 16 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyediakan pembiayaan yang ditujukan kepada para pelaku usaha kecil melalui pembiayaan Ultra mikro atau UMi. Dimana pembiayaan atau pinjaman disalurkan melalui lembaga keuangan bukan bank.

Sampai dengan Agustus 2020, kinerja penyaluran UMi telah menjangkau 1.238.774 debitur senilai Rp 4.008.873.203.095. Capaian ini telah melebihi target debitur pada 2020 sebanyak 800.000 debitur.

"Untuk tahun 2020 sendiri khususnya di tahun 2020 itu mencapai 1.238.774 debitur," sebut Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah dalam Media Talkshow, Kamis (17/9/2020).

Dari seluruh debitur, plafon pinjaman yang paling diminati adalah dibawah Rp 2,5 juta yakni 49 persen. Kemudian plafon Rp 2,5 hingga Rp 5 juta sebanyak 44 persen, Rp 5 hingga Rp 7,5 juta 4 persen, dan yang lebih dari Rp 7,5 juta sebanyak 3 persen.

"Kalau dilihat dari sektor sektor usahanya paling banyak ini di sektor perdagangan itu 95 pesen," kata Ririn. Selanjutnya ada sektor perikanan, pertanian dan perkebunan sebesar 3 persen. Sektor Jasa dan Industri pengolahan masing-masing 1 persen.

Debitur UMi ini 94 persen diantaranya merupakan perempuan. Sisanya, 6 persen merupakan laki-laki. Adapun rentang usia yang mendominasi berkisar 40-49 tahun dan 50 tahun ke atas, masing-masing 29 persen. Kemudian usia 30-39 tahun sebanyak 27 persen, 20-29 tahun 14 persen dan di bawah 20 tahun sebesar 1 persen.

Sri Mulyani Berharap Pembiayaan Ultra Mikro Sasar Pengusaha Baru

Menkeu Sri Mulyani tersenyum saat menyapa nasabah pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan di Belawan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/1/). UMi implementasi dari Trisakti dan Nawacita. (Liputan6.com/Reza Efendi)
Menkeu Sri Mulyani tersenyum saat menyapa nasabah pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan di Belawan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/1/). UMi implementasi dari Trisakti dan Nawacita. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Kementerian Keuangan menganggarkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sebesar Rp 3 triliun pada 2019. Pembiayaan ini meningkat jika dibandingkan penyaluran tahun ini sebesar Rp 2,5 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ingin penyaluran UMi ke depan lebih banyak menyasar pelaku usaha baru. Mengingat, sekarang ini penyaluran UMi semakin dipermudah dengan digitalisasi.

"Dengan berkolaborasi, harapannya kita bisa penetrasi ke pemain yang betul-betul baru dan bukan itu-itu aja. Jangan nanti sudah dapat KUR, masih dapat UMi. Atau sudah jadi mitra Go-Jek juga jadi mitra Bukalapak. Tapi yang betul-betul baru," ujarnya di Dhanapala, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Untuk diketahui, dalam penyaluran UMi melalui digitalisasi pemerintah telah menggandeng empat Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia.

Keempat PJSP tersebut adalah PT Telkom Indonesia (T-Money), PT Telekomunikasi Selular (T-Cash), PT Bukalapak.com (Bukalapak) dan PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay).

Dengan semakin mudahnya pembiayaan lewat digitalisasi ini, diharapkan dapat memberi peluang yang semakin lebar bagi banyak pihak. Apalagi selama ini kebanyakan pengusaha mikro adalah perempuan atau ibu rumah tangga untuk mendapat penghasilan tambahan.

"Jadi teknologi menghilangkan barrier dari potential entrepreneur yang ada di level grassroot ke level beneran entrepreneur. Pembiayaan UMi pada kelompok terkecil ini bisa menjangkau mereka," tutupnya.

Reporter:  Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Sri Mulyani Luncurkan Digitalisasi Pembiayaan Ultra Mikro

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memantau langsung Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/1/2018). (Reza Efendi/Liputan6.com)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memantau langsung Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/1/2018). (Reza Efendi/Liputan6.com)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan digitalisasi pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dengan membangun ekosistem digital dalam rangka menyediakan alternatif metode pencairan pembiayaan secara cashless bagi debitur. Digitalisasi ini merupakan kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTl) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kegiatan uji coba ini dilakukan dengan menggandeng empat Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia, yaitu PT Telkom Indonesia (T-Money), PT Telekomunikasi Selular (T-Cash), PT Bukalapak.com (Bukalapak), dan PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay). 

"Kegiatan uji coba ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan (acceptability) debitur Pembiayaan UMi terkait dengan transaksi secara elektronik serta proses perekaman dan pelaporan transaksi debitur dari PJSP Uang Elektronik kepada PIP," ujar Sri Mulyani di Dhanapala, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Debitur yang memilih metode cashless dapat memanfaatkan platform dan teknologi Uang Elektronik yang dimiliki oleh PJSP. Hal ini diharapkan dapat memudahkan debitur Pembiayaan UMi dalam melakukan transaksi usaha secara cashless, serta menyediakan market place untuk usaha mikro di era digital ekonomi.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan mengevaluasi program digitalisasi Pembiayaan UMi secara rutin setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, Pemerintah akan menyempurnakan dan memperluas implementasi ekosistem digital dengan membuka kesempatan kerja sama bagi PJSP lain. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Positif Covid-19 di Wisma Atlet Tambah 1.066 pada 17 September 2020

Posted: 16 Sep 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasien rawat inap di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet terus bertambah. Pada hari ini, Kamis (17/9/2020) terjadi penambahan 1.066 pasien positif Covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet.

Sehingga total pasien rawat inap di Wisma Atlet sebanyak 2.757 pasien.

Dari 2.757 pasien tersebut, tak ada satu pun pasien suspek. Seluruhnya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Pasien terkonfirmasi positif bertmabah 1.066 dari semula 1.691 menjadi 2.757 orang. Pasien suspek nihil," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam keterangannya, Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, dari 2.757 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Wisma Atlet terdiri dari 1.334 pria dan 1.423 wanita.

Aris mengatakan, sejak dibuka pada 23 Maret 2020 hingga 17 September 2020 pukul 08.00 WIB, pasien yang terdaftar di Wisma Atlet mencapai 16.626 orang, sementara pasien keluar sebanyak 13.753 orang.

"Dari 13.753 pasien keluar, 13.417 dinyatakan sembuh, 283 dirujuk ke RS lain, dan 6 meninggal dunia," kata Aris.

 

Pasien di Pulau Galang

Sementara pasien rawat inap di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang pada hari ini ada 276 orang, dengan rincian pasien terkonfirmasi positif sebanyak 182 orang, pasien suspek 94 orang.

"Sejak 12 April 2020 sampai 17 September 2020 pukul 08.00 WIB, pasien terdaftar di Pulau Galang sebanyak 2.722 orang, pasien pulang 2.446 orang," kata Aris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 16 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau zaman sekarang anime banyak digandrungi publik. Selain menjadi tontonan yang menghibur, karakter anime yang sangat keren juga menjadi daya tarik tersendiri. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk melakukan cosplay layaknya karakter di anime.

Cosplay adalah permainan kostum dengan mengubah penampilan bak persis seperti karakter anime. Dengan mengubah penampilan menjadi semirip mungkin dengan karakter anime, membuat potretnya menjadi sorotan dan mencuri perhatian.

Bahkan potret cosplay layaknya anime ini tak segan dipamerkan di tempat umum. Mulai dari cosplay menjadi Naruto saat mengendarai motor hingga cosplay Pikachu yang malah jadi seram, menjadi bukti uniknya cosplay di tempat umum.

Penasaran kan apa saja cosplay di tempat umum yang bikin tepuk jidat? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cosplay di tempat umum yang bikin tepuk jidat, Kamis (17/9/2020).

1. Astaga, Kakashi enggak pakai helm coba.

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)
6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)

2. Begini jadinya jika polisi bekerja sama dengan Kamen Rider.

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)
6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)

3. Naruto sudah bisa naik motor ternyata.

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)
6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)

4. Baru tahu kalau Spiderman bisa pesen ojek.

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/id.dagelan)
6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/id.dagelan)

5. Cosplay Pikachu ini malah kayak hantu pocong.

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)
6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)

6. Begini jadinya jika warga Konoha lagi touring motor.

6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)
6 Potret Cosplay di Tempat Umum Ini Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/crazyinina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jun Ji Hyun Kembali Bintangi Drama Korea, Tayang 2021

Posted: 16 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jun Ji Hyun sempat absen berakting selama beberapa tahun. Alhasil, kemunculannya di layar kaca dengan bakat aktingnya yang sukses membius mata penonton, sangat dirindukan.

Seperti diketahui, selain muncul sebagai cameo di Kingdom, drama terakhir Jun Ji Hyun berjudul Legend Of The Blue Sea selesai tayang pada tahun 2017. Para penggemarnya sangat antusias untuk melihat kembalinya wanita kelahiran 30 Oktober 1981 ini berakting.

Jun Ji Hyun mengetahui dirinya sudah lama meninggalkan aktivitas di depan kamera. Ia pun memutuskan untuk kembali tampil di televisi melalui serial drama TVN berjudul Jirisan.

Syuting Dimulai

Jun Ji Hyun (Foto via Naver)
Jun Ji Hyun (Foto via Naver)

Jun Ji Hyun diketahui sudah bersiap menjalani syuting drama terbaru yang ia bintangi. Menurut rencana, syuting drama terbaru Jun Ji Hyun bakal berlangsung bulan September ini.

Bujet Rp 262,7 Miliar

Jun Ji Hyun. (Foto: Allkpop.com)
Jun Ji Hyun. (Foto: Allkpop.com)

Dilansir dari Koreaboo, anggaran drama ini sebesar 20,8 miliar KRW (sekitar Rp 262,7 miliar). Nominal yang tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan anggaran rata-rata drama Korea. 

16 Episode

Jun Ji Hyun ( foto via Soompi)
Jun Ji Hyun ( foto via Soompi)

Drama Jirisan sendiri terdiri atas 16 episode yang masing-masing berdurasi 70 menit. Aksi Jun Ji Hyun dalam drama yang rencananya akan tayang setiap Sabtu dan Minggu ini akan menemani akhir pekan para pemirsa drama Korea.

Kim Eun Hee Jadi Penulis Naskah

Selain bujet yang tinggi, drama ini juga patut dinantikan karena sosok-sosok di balik layar yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Kim Eun Hee yang jadi penulis naskah drama ini sudah membuahkan deretan karya dengan jalan cerita spektakuler, seperti Kingdom dan Signal.

(Kapanlagi)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekan Angka Kematian COVID-19 di 9 Provinsi, Kemenkes Bentuk Tim Taskforce

Posted: 16 Sep 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Untuk menekan angka kematian COVID-19 di 9 provinsi, Kementerian Kesehatan RI membentuk Tim Taskforce. Tim ini bertugas membantu kerjasama dan berkolaborasi membantu petugas kesehatan di kabupaten/kota untuk mencapai penurunan angka COVID-19.

"Saya menyampaikan pesan Menteri Kesehatan Pak Terawan Agus Putranto. Bahwa Tim Taskforce yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan dapat saling bahu membahu dengan petugas kesehatan," ungkap Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI H. M. Subuh saat kunjungan ke Jawa Timur, Rabu (16/9/2020).

"Baik petugas kesehatan di kabupaten/kota hingga ke desa-desa serta berkolaborasi dengan baik. Sehingga bisa wujudkan tercapainya penurunan angka penularan, angka kematian, dan meningkatkan angka kesembuhan COVID-19 selama dua minggu kedepan.

Upaya pembentukan Tim Taskforce sebagai implementasi penugasan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Jokowi memberikan tenggat waktu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam dua pekan untuk mengendalikan COVID-19.

"Tentunya, supaya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, dalam hal ini Menteri Kesehatan Bapak Terawan Agus Putranto untuk menangani kasus COVID-19 di 9 provinsi," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

 

Mengawali kunjungan Tim Taskforce Kemenkes ke Jawa Timur pada Rabu (16/9/2020), Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes H.Subuh ditugaskan oleh Terawan melakukan kunjungan Monitoring Pengendalian COVID-19 di Jawa Timur. (Kementerian Kesehatan)
Mengawali kunjungan Tim Taskforce Kemenkes ke Jawa Timur pada Rabu (16/9/2020), Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes H.Subuh ditugaskan oleh Terawan melakukan kunjungan Monitoring Pengendalian COVID-19 di Jawa Timur. (Kementerian Kesehatan)

Awali Kunjungan ke Jawa Timur

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes H.Subuh ditugaskan oleh Terawan melakukan kunjungan Monitoring Pengendalian COVID-19 di Jawa Timur dan menyerahkan bantuan ventilator. (Kementerian Kesehatan)
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes H.Subuh ditugaskan oleh Terawan melakukan kunjungan Monitoring Pengendalian COVID-19 di Jawa Timur dan menyerahkan bantuan ventilator. (Kementerian Kesehatan)

Tim Taskforce Kemenkes akan melakukan kunjungan serentak ke-9 provinsi di Indonesia. Kesembilan provinsi tersebut, yakni Papua, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Mengawali kegiatan Tim Taskforce, Subuh bersama rombongan ditugaskan oleh Terawan untuk melakukan kunjungan Monitoring Pengendalian COVID-19 di Jawa Timur pada Rabu, 16 September 2020.

Dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Di lokasi tersebut Subuh ikut menyerahkan bantuan berupa alat bantu ventilator sejumlah 26 unit dari USAID yang dihibahkan ke Jawa Timur melalui Kemenkes.

Bantuan ini merupakan bantuan tahap ketiga. Penyerahan bantuan ventilator dilakukan secara simbolis dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada 15 rumah sakit yang mengajukan permintaan bantuan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Sebelumnya, penyerahan bantuan ke Jawa Timur tahap pertama telah dilakukan di Bakorwil Pamekasan pada 14 September 2020 dengan penerima tiga rumah sakit dan 6 ventilator yang diserahkan.

Penyerahan tahap kedua juga telah dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya pada 15 September 2020 dengan penerima 15 rumah sakit dan 44 bantuan ventilator yang diserahkan.

 

Banner Infografis Tenggat 2 Pekan Turunkan Kasus Harian Covid-19

Banner Infografis Tenggat 2 Pekan Turunkan Kasus Harian Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Banner Infografis Tenggat 2 Pekan Turunkan Kasus Harian Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temukan Kasus Covid-19, Swalayan hingga Kantor Kementerian Ini Tutup Sementara

Posted: 16 Sep 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 akibat virus Corona masih terus terjadi di dunia, termasuk di Indonesia. Virus Corona membuat karyawan di sejumlah kantor ikut terpapar dan membuat ditutup sementara.

Misalnya saja, Unversitas Negeri Yogyakarta (UNY) menutup sementara pelayanan akademik di rektorat.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Karo AKK) UNY, Setyo Budi Takarina, mengatakan, penutupan sementara Rektorat ini karena ada salah seorang istri dari karyawan yang terindikasi kena Covid-19.

"Kebetulan ada salah satu pegawai kami yang istrinya itu terindikasi Covid-19. Sekaligus saja saat itu kami oke untuk teman-teman biar WFH dulu, untuk kantornya betul-betul bersih," kata Setyo, Selasa, 15 September 2020.

Selain itu, ada pula Indonesia Entertainment Produksi atau IEP yang menutup sementara studio produksinya setelah mendapatkan hasil beberapa karyawannya positif terjangkit Covid-19.

"Kami melakukan penutupan kompleks Studio di Daan Mogot dan menghentikan produksi program terhitung sejak tanggal 14 hingga 18 September 2020. Selama penutupan kami lakukan sterilisasi semua fasilitas, peralatan produksi maupun studio, melanjutkan swab test secara komprehensif kepada karyawan, mengkomunikasikan kondisi yang ada kepada artis dan pengisi acara selama seminggu terakhir, serta melakukan swab test terhadap mereka," ujar Direktur Indonesia Entertainmen Grup (IEG) Indra Yudhistira.

Berikut sejumlah perusahaan atau kantor yang menutup sementara akibat karyawan terpapar virus Corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

Rektorat UNY

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Unversitas Negeri Yogyakarta (UNY) menutup sementara pelayanan akademik di Rektorat. Penutupan sementara ini dilakukan sejak 15 hingga 18 September 2020.

Penutupan sementara Rektorat UNY ini tertuang dalam surat edaran No B/10212/UN34/OT.01/2020. Surat itu ditandatangani oleh Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, pada Senin, 14 September 2020.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Karo AKK) UNY, Setyo Budi Takarina, mengatakan, penutupan sementara Rektorat ini karena ada salah seorang istri dari karyawan yang positif Covid-19.

"Kebetulan ada salah satu pegawai kami yang istrinya itu terindikasi Covid-19. Sekaligus saja saat itu kami oke untuk teman-teman biar WFH dulu, untuk kantornya betul-betul bersih," kata Setyo, Selasa, 15 September 2020.

Dia mengatakan, saat ini, pegawai UNY yang dimaksud telah menjalani uji usap. Pihaknya masih menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai hasil tes yang telah dilakukan.

"Istri pegawai yang terindikasi Covid-19. Lalu pegawai itu sedang dilakukan swab. Belum keluar hasilnya. Ini jaga-jaga gitu lo. Kalau sudah iya, artinya kalau dia positif, nanti semuanya tracing. Ini belum, baru antisipasi saja," kata Budi.

Budi memastikan meski layanan tatap muka di Rektorat UNY ditutup sementara, tapi pelayanan tetap dibuka secara daring.

"Kalau layanan enggak berhenti. Selama dia bisa daring ya kami tetap layani. Memang kantornya biar steril dulu saja," ucap dia.

 

Indonesia Entertainment Produksi atau IEP

Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook memindahkan seorang pasien di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Korea Selatan mengonfirmasi 293 kasus baru virus corona (COVID-19) pada Rabu (4/3/2020). (Xinhua/Lee Sang-ho)
Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook memindahkan seorang pasien di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Korea Selatan mengonfirmasi 293 kasus baru virus corona (COVID-19) pada Rabu (4/3/2020). (Xinhua/Lee Sang-ho)

Indonesia Entertainment Produksi atau IEP menutup sementara studio produksinya setelah mendapatkan hasil beberapa karyawannya positif terjangkit Covid-19.

IEP merupakan salah satu unit usaha IEG yang tergabung dalam grup Surya Citra Media Tbk (SCM), yang memproduksi program-program hiburan untuk SCTV dan Indosiar.

Indra Yudhistira, Direktur Indonesia Entertainmen Grup (IEG), dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, mengatakan, sejak masa pandemi Covid-19, sebagai langkah antisipatif IEP telah melakukan rapid test dan PCR swab test secara rutin terhadap karyawan.

Dari hasil swab test terakhir hingga saat ini, ditemukan 13 kasus positif. Manajemen IEP pun telah mengambil berbagai langkah, salah satunya dengan menutup sementara studio.

"Kami melakukan penutupan kompleks Studio di Daan Mogot dan menghentikan produksi program terhitung sejak tanggal 14 hingga 18 September 2020. Selama penutupan kami lakukan sterilisasi semua fasilitas, peralatan produksi maupun studio, melanjutkan swab test secara komprehensif kepada karyawan, mengkomunikasikan kondisi yang ada kepada artis dan pengisi acara selama seminggu terakhir, serta melakukan swab test terhadap mereka. Kami juga telah melaporkan temuan ini kepada Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Barat," kata Indra, Selasa, 15 September 2020.

IEP juga mengkaji Kebijakan Protokol Kesehatan atau Standard Operating Procedure (SOP) penerimaan tamu dan artis di kompleks studio Daan Mogot selama pandemi Covid-19.

Tamu dan artis yang akan memasuki kawasan studio studio di Daan Mogot diwajibkan untuk menjalankan rapid test terlebih dahulu.

"Di lokasi kami akan menyediakan tenaga medis untuk melakukan rapid test terhadap tamu dan artis yang akan masuk ke kawasan studio kami," jelas Indra.

Selain itu, Indra menambahkan bahwa pengawasan terhadap penerapan Kebijakan Protokol Kesehatan dan atau SOP terkait Covid 19 akan dilaksanakan dengan ketat.

 

Supermarket di Kota Bogor

Ilustrasi Supermarket (pixabay.com)
Ilustrasi Supermarket (pixabay.com)

Seorang pegawai supermarket di Bogor, Jawa Barat meninggal dunia setelah positif terinfeksi Covid-19. Karyawan Giant yang menjabat sebagai Manager Area itu meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit BMC Kota Bogor pada 14 September 2020.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Dedie Rachim, membenarkan seorang pegawai di salah satu supermarket besar di Indonesia ini meninggal. Namun, hasil positif terinfeksi Covid-19 baru diketahui setelah pasien meninggal dunia.

"Hasil swab keluar setelah almarhum meninggal dunia. Almarhum bukan warga Kota Bogor, cuma dirawatnya di RS BMC," kata Dedie, Rabu, 16 September 2020.

Karena pegawai tersebut sempat melakukan kunjungan kerja ke beberapa supermarket Giant di Kota Bogor pada 29 Agustus silam, lanjut Dedie, pihak manajemen diminta melakukan penyemprotan di cabang yang sudah didatangi oleh bersangkutan.

Kemudian, meminta pihak manajemen mendata pegawai yang sempat kontak erat dengan yang bersangkutan untuk kemudian mengisolasi secara mandiri.

"Kami tidak menutup supermarket itu. Kalau pun hari ini ditutup itu kebijakan internal mereka, dalam rangka belasungkawa dan penyemprotan," terang Dedie.

Saat ini, tim lacak dan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor sedang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pegawai yang meninggal itu.

"Tim sedang bergerak melakukan penelusuran untuk mengisolasi orang-orang yang pernah kontak langsung dengan almarhum," kata dia.

 

Kantor Kelurahan dan Klinik di Gunungkidul

Kantor Kelurahan Jetis ditutup akibat Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Hendro Ary Wibowo)
Kantor Kelurahan Jetis ditutup akibat Covid-19. (Foto: Liputan6.com/Hendro Ary Wibowo)

Pasien positif Covid-19 di wilayah Kepanewonan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta terus bertambah.

Hal ini membuat pemerintah Kepanewonan Saptosari memerintahkan penutupan beberapa kantor layanan publik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Panewu Saptosari, Djarot mengatakan dari tracing dan hasil uji usap pasien positif sebelumnya ditemukan ada tiga pasien baru lagi di Kalurahan Krambil Sawit diantaranya adalah suami dari pasien sebelumnya. Selain itu, tiga Nakes di sebuah Klinik yang berada di Kalurahan Jetis juga dinyatakan positif.

Dan yang paling penting menurutnya adalah Lurah Jetis, Agus Susanto (46) juga dinyatakan positif. Padahal sebelumnya sang Lurah juga berinteraksi dengan banyak orang. Termasuk juga melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh pamong di kalurahan tersebut.

"Oleh karenanya, Kantor Lurah Jetis, Kapanewon Saptosari terpaksa ditutup Senin (14/09/2020) ini hingga waktu yang tidak ditentukan,"ujar Djarot ketika dikonfirmasi ke nomor pribadinya.

Pemerintah Kepanewonan Saptosari, Gunungkidul memutuskan untuk menutup sementara layanan Kantor Kelurahan Jetis, menyusul hasil uji usap yang menyatakan jika Lurah Jetis positif Covid-19 akhir pekan lalu.

Penutupan tersebut akan berlaku mulai Senin, 14 September 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Langkah ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah ini. Apalagi Lurah Jetis adalah direktur utama dari Klinik Mitra Sehat di mana tiga tenaga kesehatannya juga dinyatakan positif Covid-19.

Djarot menjelaskan, hari ini seluruh pamong di Kalurahan Saptosari menjalani swab massal. Seperti diketahui, para pamong kontak langsung dengan Agus. Setelah menjalani swab, pamong yang berjumlah 20 orang ini diwajibkan karantina. Pasalnya, Covid-19 sangat mudah menular.

"Karena saya mengambil kebijakan menutup sementara pelayanan kantor kalurahan Jetis. Seluruh pamong akan diswab massal di Kantor Kalurahan Jetis," dia menjelaskan.

Sepanjang yang ia ketahui baru ada 20 orang yang akan diuji swab, yaitu dari Pamong Kalurahan. Para pamong sementara waktu diperintahkan untuk karantina mandiri di rumah. Sementara Lurah Jetis Agus Susanto kini menjalani karantina di RSUD Saptosari.

Untuk tracing keluarga ia belum mengetahuinya secara pasti hasilnya mengingat proses tracing masih berlangsung. Ia memastikan akan ada langkah terkait dengan hasil tracing dari pihak keluarga nanti.

Saat disinggung mengenai pelayanan, Djarot mengatakan, pada Minggu malam sudah berkoordinasi dengan jajaran Kapanewon Saptosari. Koordinasi tersebut berkaitan dengan pemindahan layanan masyarakat ke Kantor Kapanewon Saptosari.

"Masyarakat yang membutuhkan layanan ke kantor kalurahan bisa datang ke kapanewon, kami alihkan sampai semua dinyatakan sembuh atau negatif," imbuhnya.

Selain menutup operasional Kantor Kalurahan Jetis, Klinik Mitra Sehat tempat tiga nakes terpapar juga ditutup sementara. Penutupan tersebut dilaksanakan sejak hari Rabu, 10 September 2020 lalu. Lurah Jetis Agus Susanto diperkirakan juga terpapar dari Klinik Mitra Sehat.

Ia pun saat ini meminta masyarakat memperketat protokol Covid-19. Dengan harapan mata rantai penyebarannya bisa terputus.

Pihaknya kini tengah fokus pada Kalurahan Krambilsawit dan Jetis, namun karena di Jetis ini yang positif lurah terpaksa layanan terpaksa diambil alih oleh pihak kepanewonan.

Selain menjabat menjadi Lurah Jetis, Kapanewon Saptosari, Agus Santosa juga merupakan pemilik dari Klinik Mitra Sejahtera. Awal mulanya, dua tenaga kesehatan klinik ini lebih dahulu dinyatakan positif.

 

Pemkot Jaksel

Warga mengikuti rapid test massal di Kantor Kelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan, Kamis (14/5/2020). Sebanyak 500 alat rapid tes covid-19 dan 2 unit mobile laboratorium disediakan untuk mendapatkan hasil uji tes dengan PCR dalam waktu 5 jam. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga mengikuti rapid test massal di Kantor Kelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan, Kamis (14/5/2020). Sebanyak 500 alat rapid tes covid-19 dan 2 unit mobile laboratorium disediakan untuk mendapatkan hasil uji tes dengan PCR dalam waktu 5 jam. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan memberlakukan bekerja dari rumah untuk seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Kantor Wali Kota menyusul temuan pegawai terpapar Covid-19.

Pemberlakukan bekerja dari rumah atau biasa disebut work from home (WFH) untuk seluruh ASN di lingkungan Kantor Wali Kota disampaikan melalui instruksi Wali Kota Jakarta Selatan terhitung mulai Kamis, 17 September 2020.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyebutkan ada tujuh pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga untuk pencegahan pihaknya memberlakukan bekerja dari rumah untuk seluruh pegawai.

"Kita berlakukan bekerja dari rumah, selama tiga hari itu kantor dilakukan sterilisasi," ujar Marullah.

Marullah enggak menyebut kantornya ditutup, dia hanya menegaskan bekerja dari rumah untuk seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wali Kota Blok A, B dan C.

Surat edaran wali kota dengan Nomor 44/SE/2020 diterbitkan oleh Sekretaris Kota Jakarta Selatan pada 16 September 2020.

Dalam surat edaran tersebut tertulis pesan sesuai dengan Pergub 88 Tahun 2020 pasal 9 ayat 2 butir f, dimana di lingkungan kantor Walikota Jakarta Selatan ada beberapa pegawai yang positif terkena COVID-19, maka dengan ini diberitahukan hal hal sebagai berikut:

Pertama, Kepada para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) dan organisasi lain yang berkantor di komplek Walikota Jakarta Selatan agar memberitahukan kepada pegawainya masing-masing baik ASN maupun PJLP bahwa terhitung mulai besok Kamis tanggal 17 September 2020 sampai dengan Jumat tanggal 18 September 2020 untuk bekerja dari rumah masing-masing.

Kedua, untuk bahan-bahan pekerjaan yang masih berada di kantor, dipersilahkan untuk dapat diambil besok pagi dan kordinasi dengan Kabag Umum dan protokol.

Ketiga, untuk Kantor yang mengadakan pelayanan seperti UPPRD Kebayoran Baru dan PTSP agar tetap bisa ada pelayanan minimal kepada masyarakat dan pengaturan lanjut akan diatur oleh kepala unitnya.

Keempat, pelaporan pekerjaan dari rumah tetap berpedoman kepada SE BKD no.45 tahun 2020. Surat edaran tersebut juga menjelaskan beberapa ketentuan bagi pegawai yang bekerja dari rumah.

Ketentuan tersebut sebagai berikut, pegawai berada di rumah masing-masing tidak meninggalkan rumah pergi ke luar kota atau pulang kampung.

Pegawai wajib menyampaikan laporan pekerjaan yang telah dilaksanakan kepada atasan langsung serta menginput ke dalam sistem e-kinerja pada hari yang berkenaan.

Selanjutnya, waktu bekerja paling sedikit tujuh jam 30 menit dengan ketentuan presensi menggunakan foto yang menampilkan wajah dan badan dengan menggunakan pakaian dinas lengkap serta informasi tempat tinggal dan waktu sebenarnya (real time).

Bukti presesi foto dilaporan sebanyak dua kali yakni pagi dan sore hari.

Sementara itu, di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan terdapat beberapa suku dinas, suku badan dan bagian, seperti Sudin SDA, Sudin PU, Sudin Kominfotik, Suku Badan Kepegawaian, yang mana semuanya memberlakukan bekerja dari rumah untuk seluruh pegawainya, terkecuali bagian pelayanan tetap dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Kasudin Kominfo Kota Jakarta Selatan, Sugiono menyebutkan, pegawai bekerja dari rumah selama Kamis dan Jumat, dan kembali masuk kantor Senin, 21 September 2020.

"Di edaran disampaikan WFH cuma dua hari, tanggal 17 dan 18 September, karena Sabtu dan Minggu libur. Masuk kantor lagi Senin (21/9)," ujar Sugiono.

Kantor Bank Jatim

Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di bank, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar rupiah yang belakangan terjadi terhadap dolar Amerika Serikat sejalan dengan fundamental ekonomi Indonesia dan mekanisme pasar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kantor layanan Bank Jatim Cabang Kencong di Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditutup sementara selama 14 hari setelah 10 orang pegawai di bank tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

"Memang benar layanan di Kantor Bank Jatim Cabang Kencong tutup selama 14 hari karena ada pegawainya yang positif COVID-19," ujar Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jember Gatot Triyono di Jember, dikutip dari Antara, ditulis Sabtu, 12 September 2020.

Gatot menuturkan, pekan lalu hanya satu orang pegawai Bank Jatim Cabang Kencong, Jember, yang terpapar Covid-19.

Dari temuan itu, seluruh pegawai Bank Jatim Cabang Kencong, Jember, diwajibkan menjalani tes cepat dan tes usap, hingga hasilnya dinyatakan ada sepuluh dari 11 orang pegawai di bank itu yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kantor Bank Jatim Cabang Kencong akhirnya ditutup sementara sehingga pelayanan perbankan untuk nasabahnya dialihkan ke kantor cabang lainnya," tutur Gatot.

Ia menuturkan, tim Satgas Penanganan Covid-19 Jember belum mengetahui sumber penularan pegawai Bank Jatim tersebut dan masih melacak untuk mengetahui kontak erat karyawan yang dinyatakan positif Covid-19.

"Pelacakan dilakukan kepada keluarga pegawai, rekan sekantor dan warga lainnya yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19," ujar dia.

Ia mengatakan, sebanyak 10 orang pegawai Bank Jatim Cabang Kencong, Jember, yang terkonfirmasi positif sudah menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit rujukan Covid-19, sedangkan keluarganya menjalani isolasi mandiri.

"Tim Satgas juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan Kantor Bank Jatim Cabang Kencong sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona," tutur dia.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Jember pada 10 September 2020, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 634 orang, dengan rincian pasien sembuh 528 orang dan 61 orang masih menjalani perawatan di ruang isolasi, sedangkan jumlah yang meninggal dunia sebanyak 45 orang.

Kantor DPRD Ponorogo

Setelah adanya anggota DPRD meninggal, halaman Gedung Berlian kantor DPRD Jateng sepi pengunjung. (Felek Wahyu/Liputan6.com)
Setelah adanya anggota DPRD meninggal, halaman Gedung Berlian kantor DPRD Jateng sepi pengunjung. (Felek Wahyu/Liputan6.com)

Hasil tes usap PCR Covid-19 terhadap 28 orang staf sekretariat dan anggota DPRD Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dinyatakan negatif. Pengambilan tes usap PCR itu dilakukan pada 9 September 2020, dan sampel diperiksa di RSUD Dr Soetomo.

Pada hari sama, sampel 10 orang dikirim ke RSUD Dr Iskak Tulungagung. Dari sampel 10 orang itu, sembilan dinyatakan positif Covid-19.

"Dari 10 sampel yang dikirim ke RSUD Dr Iskak Tulungagung didapatkan 9 positif, 1 negatif. Dari 28 sampel yang dikirim ke RSU Dr Sutomo Surabaya, didapatkan hasil semuanya negatif," ujar Bupati Ponorogo, Ipong MS, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 11 September 2020

Ia menambahkan, menindaklanjuti sembilan hasil positif yang didapatkan, dilakukan pemeriksaan fisik, rontgent dada, darah dan pemeriksaan penunjang lainnya terhadap sembilan orang tersebut. "Didapatkan semua hasil pemeriksaan normal," ujar dia.

Ipong menuturkan, pelaksanaan tes usap Covid-19 itu terutama kepada kontak erat dengan pasien 301 yang dinyatakan positif Covid-19 pada 9 September 2020. Riwayat pasien itu menerima tamu dari Malang. Selain itu, kantor DPRD Ponorogo ditutup sementara seiring temuan pasien positif Covid-19.

Ipong menuturkan, penutupan kantor DPRD Ponorogo hingga tujuh hari ke depan dan digelar penyemprotan disinfektan.

"Mari kita saling menguatkan, saling menjaga, jangan pernah berpikir Covid-19 ini tidak bisa terjadi pada diri kita, semua berpeluang untuk terjangkit virus ini karena dia tidak mengenal kasta terutama yang tidak disiplin atas protokol kesehatan yang telah ditetapkan," ujar dia.

Kantor KKP

Menteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Edhy Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Jakarta II, Jakarta Utara.
Menteri Perikanan dan Kelautan (KKP) Edhy Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Jakarta II, Jakarta Utara.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menutup kegiatan perkantorannya (lockdown) sejak akhir Agustus 2020 lalu. Kebijakan itu dilakukan sebelum Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo dikabarkan positif Covid-19 dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan informasi yang diterima, KKP telah melakukan lockdown sejak 31 Agustus 2020. Penutupan itu dilakukan selama dua pekan, dan akan kembali buka pada Senin, 14 September 2020.

Mengenai kabar Menteri Edhy Prabowo diduga positif corona, informasi tersebut diakui Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan. Meski tidak mengetahui kapan Edhy Prabowo tersuspek positif, Danie mengatakan telah menerima kabar tersebut sejak 3 September.

"Iya, saya mendapat kabar dari staf KKP. Saya dapat infonya 3 September, tapi tangga pastinya (Menteri Edhy positif) harus tanya langsung," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa, 8 September 2020.

Pasca mendapat kabar tersebut, ia langsung menghubungi Menteri Edhy Prabowo via aplikasi WhatsApp untuk menanyakan kesehatannya.

"Saya langsung wa bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Dijawab amin terima kasih pak ketua," ujarnya.

Kendati begitu, Daniel menyampaikan ia saat ini belum mendapatkan kabar atau keterangan lebih lanjut seputar kondisi terkini dari Menteri Edhy Prabowo.

Namun saat ini, Juru Bicara Khusus (Jubirsus) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Wakil Ketua Umum Dewan DPP Gerindra yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo telah negatif Covid-19. Hal itu berdasarkan tes swab terakhir yang dilakukan yang bersangkutan.

"Lima menit lalu saya komunikasi via telepon bersama saudara Edhy Prabowo, dan saudara Edhy Prabowo dalam keadaan sehat, merasa keadaannya sehat dan sudah makan enak. Dan Alhamdulillah hasil swab sudah negatif," ujarnya, Rabu, 16 September 2020.

Dasco mengakui bahwa sebelumnya Edhy Prabowo terkonfirmasi positif Covid-19. Edhy kali pertama ditangani di Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Sebelum kemudian dipindahkan ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Saudara Edhy Prabowo kemudian dirawat secara intensif dan keadaannya sekarang baik-baik saja. Dan memang sempat dimasukkan ke ICU dengan tujuan perawatan lebih baik dan dalam keadaan sadar," beber dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi yang Tewas di Pondok Ranggon Anggota Divisi Propam Polri

Posted: 16 Sep 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jasad polisiditemukan tergeletak di pinggir Jalan Sapi Perah, Kelurahan Pondok Ranggon, Kamis (17/9/2020). Saat ditemukan kondisi tubuhnya bersimbah darah.

Korban adalah Bripda ABW (29). Dia, saat ini, bertugas di Divpropam Mabes Polri.

"Iya benar (korban polisi di Divpropram Mabes Polri," kata Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Stefanus Michael Tamuntuan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Dari informasi yang dihimpun, polisi tewas itu ditemukan oleh seorang warga yang melintas di jalan tersebut pada pukul 05.00 WIB. Warga itu pun memberitahukan kepada petugas Satpol PP dan PPSU yang berada di Kantor Kelurahan Pondok Ranggon.

Saat ini, Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Timur sudah dikerahkan untuk mengecek ke lokasi.

 

Olah TKP dan Sebab Kematian

Stefanus mengatakan polisi tengah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa sejumlah saksi.

"Ya benar, masih dilakukan olah TKP kumpulkan saksi-saksi dan fakta serta bukti-bukti di Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata Stefanus.

Polisi, lanjut dia, tak mau gegabah menyimpulkan penyebab kematian korban. Saat ini, jenazah korban pun sedang diautopsi di RS Polri Kramat Jati.

"Tunggu hasil olah TKP dan hasil visum. Saat ini kami belum bisa disimpulkan penyebab kejadiannya," ujar Stefanus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Spesifikasi Rekomendasi untuk Main Gim Watch Dogs: Legion di PC

Posted: 16 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hanya dalam waktu 6 minggu lagi, Ubisoft akan secara resmi meluncurkan gim Watch Dogs: Legion.

Walau sempat tertunda, Watch Dogs: Legion dipastikan bakal meluncur di platform gim, seperti PS4, Stadia, Xbox One, Xbox Series X, dan PC Windows.

Hadir sebagai seri terkini dari dua gim Watch Dogs sebelumnya, Legion menawarkan sebuah konsep atau fitur yang belum pernah dipakai sebelumnya.

Di Watch Dogs: Legion, Ubisoft memperkenalkan sebuah fitur yang akan menambah keseruan bermain gim berkonsep open world ini, yaitu rekrut.

Dengan fitur ini, gamer dapat merekrut semua karakter di dalam gim untuk bergabung menjadi anggota DeadSec (kumpulan individu dengan skill khusus dan kemampuan meretas).

Berhubung gim tersebut akan dirilis dalam waktu dekat ini, tim developer pun mengungkap spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain Watch Dogs: Legion di PC Windows.

Apa saja spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk bermain Watch Dogs: Legion di PC? Dikutip dari Gamerant, Kamis (17/9/2020), berikut informasi lengkapnya.

1080p Low

CPU: Intel Core i5-4460 / AMD Ryzen 5 1400

GPU: NVIDIA GeForce GTX 960 / AMD Radeon R9 290X

VRAM: 4 GB

RAM: 8 GB

HDD/SDD: 45 GB

OS: Windows 10 (x64)

 

1080p High

CPU: Intel Core i7-4790 / AMD Ryzen 5 1600

GPU: NVIDIA GeForce GTX 1060 / AMD Radeon RX 480 

VRAM: 6 GB

RAM: 8 GB

HDD/SDD: 45 GB

OS: Windows 10 (x64)

1440p High

CPU: Intel Core i7-7700K / AMD Ryzen 5 2600

GPU: NVIDIA GeForce RTX 2060S / AMD Radeon RX 5700

VRAM: 8GB

RAM: 16 GB

HDD/SDD: 45 GB

OS: Windows 10 (x64)

 

4K Ultra

CPU: Intel Core i7-9700K / AMD Ryzen 7 3700K

GPU: NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti / AMD Radeon VII

VRAM: 11 GB

RAM: 16 GB

HDD/SDD: 45 GB (+ 20 GB HD Textures Pack)

OS: Windows 10 (x64)

Ray Tracing On - 1080p High

CPU: Intel Core i5-9600K / AMD Ryzen 5 3600

GPU: NVIDIA GeForce RTX 2070

VRAM: 8 GB

RAM: 16 GB (Dual-channel setup)

HDD/SDD: 45 GB

OS: Windows 10 (x64)

Ray Tracing On - 4K Ultra

CPU: Intel Core i7-9700K / AMD Ryzen 7 3700X

GPU: NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti

VRAM: 11 GB

RAM: 16 GB (Dual-channel setup)

HDD/SDD: 45GB (+20 GB HD Textures Pack)

OS: Windows 10 (x64)

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LeBron James Pecahkan Rekor Kobe Bryant di NBA

Posted: 16 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Bintang Los Angeles Lakers LeBron James sukses memecahkan rekor milik tiga legenda NBA termasuk Kobe Bryant. LeBron kembali terpilih masuk tim terbaik utama NBA 2019-2020.

LeBron James masuk All-NBA first team untuk ke-16 kalinya. Belum pernah ada pemain yang terpilih masuk tim terbaik utama NBA 16 kali beruntun.

Eks pemain Miami Heat dan Cleveland Cavaliers itu pun memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang bersama dengan Kobe Bryant, Kareem Abdul-Jabbar dan Tim Duncan.

LeBron bersama pemain Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo meraih suara bulat dari 100 orang jurnalis peliput NBA untuk masuk tim terbaik utama NBA 2019-2020. Cuma dua pemain yang meraih suara mutlak dari para pemilih.

Di tim terbaik utama NBA 2019-2020, LeBron dan Giannis didampingi guard Houston Rockets James Harden, guard Dallas Mavericks Luka Doncic dan big man Lakers Anthony Davis.

 

 

Doncic

Luka Doncic saat Mavericks melawan Warriors pada lanjutan NBA (AP)
Luka Doncic saat Mavericks melawan Warriors pada lanjutan NBA (AP)

Doncic baru pertama kali masuk tim terbaik utama NBA. Doncic baru menjalani musim kedua di NBA. Eks pemain Real Madrid itu mengikuti jejak Tim Duncan yang juga mampu masuk All-NBA first team di musim keduanya.

Masuknya Davis sebagai All-NBA first team membuat Lakers menempatkan dua wakil. Baru kali ini terjadi dalam kurun 13 tahun ada dua pemain dalam satu tim yang sama masuk All-NBA first team.

Kedua dan Ketiga

Adapun untuk Tim Terbaik Kedua NBA 2019- 2020 diisi oleh Kawhi Leonard (LA Clippers), Paskal Siakam (Toronto Raptors), Nikola Jokic (Denver Nuggets), Damian Lillard (Portland Trail Blazers) dan Chris Paul (Oklahoma City Thunder).

Sedangkan tim terbaik ketiga NBA 2019-2020 dihuni Jayson Tatum (Boston Celtics), Ben Simmons (Philadelphia 76ers), Russell Westbrook (Houston Rockets), Rudy Gobert (Utah Jazz) dan Jimmy Butler (Miami Heat).

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tren Skuter Listrik di Turki saat Pandemi COVID-19

Posted: 16 Sep 2020 09:30 PM PDT

Sejumlah skuter diparkir di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)
Sejumlah skuter diparkir di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Sejumlah skuter diparkir di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Warga mengendarai sebuah skuter di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)
Warga mengendarai sebuah skuter di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Warga mengendarai sebuah skuter di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Sejumlah skuter diparkir di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)
Sejumlah skuter diparkir di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Sejumlah skuter diparkir di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Warga mengendarai sebuah skuter di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)
Warga mengendarai sebuah skuter di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

Warga mengendarai sebuah skuter di jalan di Istanbul, 16 September 2020. Pandemi COVID-19 menghidupkan kembali tren skuter listrik di dunia, tetapi meningkatnya cedera dan kecelakaan lalu lintas di Turki akibat pengguna gegabah telah mendorong pemerintah membuat peraturan ketat. (Xinhua/Osman Orsal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Ditlantas Polda Sulsel Bagikan Masker dan Sembako

Posted: 16 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel merayakan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 dengan mengadakan kegiatan bakti sosial. Dalam kegiatan itu, polisi membagikan ribuan masker dan sembako kepada warga tidak mampu. 

Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Sentoe menyebutkan bahwa pihaknya membagikan 11.500 masker kepada para pengguna jalan. 

"Masker itu kan sangat dibutuhkan di tengah pandemi seperti ini," kara Frans kepada awak media Kamis (17/9/2020).

Selain masker, Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel juga membagikan 4.754 paket sembako kepada warga tidak mampu. Frans mengatakan bahwa sembako itu merupakan hasil patungan dari sejumlah pengusaha-pengusaha yang menjadi mitra Ditlantas. 

"Kita juga bagikan kepada sopir angkutan umum dan bentor. Buruh juga termasuk. Kita pastikan tepat sasaran agar sembakonya tidak dijual oleh penerima," jelas Frans.

Kegiatan bakti sosial ini terlaksana serentak di 25 Polres jajaran Polda Sulsel. Khusus di Makassar, kegiatan ini dilaksanakan di lima titik. 

"Tadi di sekitar Pelabuhan Soekarno Hatta kita bagikan sembako kepada buruh di sana," dia memungkasi.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Bupati Petahana Maju di Pilkada Majene

Posted: 16 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istri Bupati Majene maju dalam pilkada serentak tahu ini. Ia menggantikan posisi suaminya yang tidak bisa mendaftar lagi karena alasan kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisella Anastasia Hijrah: Tujuanku Tuhan, Bukan Wijin

Posted: 16 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah tangga dengan Gading Marten yang berakhir di muka hakim pada Januari 2019 jadi momen tak terlupakan bagi Gisella Anastasia. Bintang film Susah Sinyal ini lantas berbenah.

Salah satunya dengan hijrah, mendekatkan diri kepada Tuhan. Perceraian membuat Gisella Anastasia sadar, ada banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan sebelum menikah lagi.

"Banyak banget PR yang mesti kita ubah dari sifat, ego, dan segala macam memang jadi kayak plang-plung-plang-plung dibentuk. Itu enggak enak banget," ungkap Gisella Anastasia.

 

Menuju Tuhan

Unggahan Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)
Unggahan Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network)

Ia menyampaikan ini dalam video bertajuk "Kegelisahan, Kekhawatiran, dan Ketakutan Gisel tentang Permasalahan Hidupnya" yang tayang di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (16/9/2020).

"Karena memang kita tahu bergantungnya sama Tuhan. Satu tujuan yang mau dicapai tuh Tuhan, bukan Wijin. Tujuannya tuh bukan mau nikah, bukan mau Wijin, bukan mau apa-apa," Gisella Anastasia menyambung.

Kala Masalah Diperas...

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

Sejak mendekati Tuhan, ibunda Gempita Nora Marten merasa lebih enak, damai, dan tenang. Tak lagi impulsif. Saat masalah melawat, Gisella Anastasia tak emosian. Ia mengandaikan masalah seperti jeruk.

"Sama-sama masalah diperas nih, kalau enggak pakai (kekuatan) Tuhan, ya kecut, pahit, apa segala macam. Kalau pakai Tuhan lebih manis, lebih enak gitu keluarnya," Gisella Anastasia menukas.

Permasalahan Sebenarnya...

Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)
Gisella Anastasia. (Foto: Instagram @gisel_la)

"Permasalahan sebenarnya kalau (dipecahkan) menurut SOP Tuhan lebih cepat selesainya. Kalaupun khawatir sebentar saja," ungkap penyanyi kelahiran Surabaya, 16 November 1990.

Dalam perjalanan mendekati Tuhan, sesekali ia menoleh ke masa lalu. Gisella Anastasia berpikir andai kala itu ia menempatkan Tuhan sebagai poros rumah tangga, mungkin perceraian tak terjadi. 

Kayaknya Jadi Kapok Nih

Di sisi lain, Gisella Anastasia sadar, sesal kemudian tiada guna. Kadang Tuhan mengizinkan tragedi terjadi, agar manusia belajar dan menarik hikmah. Kini, Gisella Anastasia makin dewasa.

"(Mungkin Tuhan berkata) anak Gue yang satu ini kalau diginiin kayaknya jadi kapok nih. Ya sudah sana biar lo kapok. Biar bisa ngomong sama followers kalau menaruh Tuhan (di pusat kehidupan) semua akan jadi baik," simpulnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 17 September: Kasus COVID-19 Dunia 29,7 Juta Orang, 3.991 Infeksi Baru di Inggris

Posted: 16 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Inggris mencatat hampir 4.000 kasus harian baru Virus Corona COVID-19, menurut data pemerintah negara tersebut pada 16 September.

Dibandingkan dengan jumlah infeksi pada 15 September, yakni sebanyak 3.105, statistik resmi menunjukkan bahwa terdapat 3.991 kasus baru COVID-19 yang tercatat per 16 September di Inggris.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (17/9/2020), jumlah kasus itu telah menjadi angka harian tertinggi di Inggris sejak 8 Mei, ketika 4.649 orang dilaporkan positif COVID-19. 

Dalam beberapa hari terakhir, jumlah kasus COVID-19 mulai meningkat di Inggris, tetapi kapasitas pengujian juga telah bertambah sejak puncak gelombang pertama virus pada awal 2020.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan bahwa ia ingin meningkatkan pengujian hingga 500.000 orang dalam sehari pada akhir Oktober 2020. 

Upaya tersebut bertujuan untuk menghindari diterapkannya lockdown nasional kedua meskipun jumlah kasus Virus Corona COVID-19 masih meningkat di Inggris.

Selain itu, negara itu juga telah mencatat 20 kematian baru akibat COVID-19, menurut angka yang menunjukkan kematian dalam 28 hari setelah tes positif pertama. 

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Kamis per pukul 10.56 WIB telah mencapai 29.763.811 kasus. 20.225.145 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

Sementara itu, 939.456 orang di dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19.

India berada di posisi teratas untuk pasien pulih, yakni sebanyak 3.942.360 lalu Brasil dengan 3.845.464 kesembuhan.

AS, negara dengan jumlah kasus terbesar di dunia, saat ini tercatat memiliki 6.629.880 infeksi dengan 2.525.573 pasien pulih, demikian seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com.

4,4 Juta Kasus COVID-19 Tercatat di Brasil

Gambar ilustrasi ini dengan izin dari National Institutes of Health pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).
pada 27 Februari 2020. Menunjukkan mikroskopis elektron transmisi SARS-CoV-2 juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan Corona COVID-19. (AFP/National Institutes of Health).

Data Johns Hopkins University menunjukkan bahwa Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, sebanyak 75.903 orang pulih

Selain itu, India, Brasil, Rusia, dan Peru saat ini juga masih tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar, sebanyak 5.020.359 kasus. 

Selanjutnya, pasien COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Brasil, sebanyak 4.419.083 kasus.

Sementara di Rusia, 1.075.485 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 887.457 pulih. 

Berada di Posisi kelima untuk kasus terbanyak, infeksi COVID-19 di Peru telah mencapai 738.020 dengan 580.753 orang sembuh.

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Tangkap Ratusan Warga Surabaya

Posted: 16 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan COVID-19 bersama forkopimda Jawa Timur menangkap ratusan warga Surabaya, Jawa Timur yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. 

Operasi yustisi protokol kesehatan ini dilakukan secara serentak di Surabaya, yang dibagi menjadi tiga tim. Untuk tim 1, bergerak di kawasan Surabaya Barat-Utara. Tim 2, di kawasan Surabaya Selatan, dan Tim 3, di kawasan Surabaya Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk patuh dari berbagai regulasi, mengajak masyarakat untuk patuh terhadap kebaikan, kesehatan, perlindungan serta kesehatan bagi seluruh masyarakat. 

"Maka penegakan itu dilakukan antara lain melalui operasi yustisi. Harapannya kepatuhan dari seluruh elemen masyarakat semakin meningkat," ujar Khofifah, ditulis Kamis, (17/9/2020).

Ia menambahkan,derajat kesehatan juga semakin meningkat seiring bagaimana cara melindungi diri sendiri dan orang lain. Hal itu dengan memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak. 

Dikenakan Tilang KTP

Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan COVID-19 menangkap warga yang langgar protokol kesehatan. (Foto: Dok Istimewa)
Tim pemburu pelanggar protokol kesehatan COVID-19 menangkap warga yang langgar protokol kesehatan. (Foto: Dok Istimewa)

Selanjutnya, ratusan warga Surabaya terjaring razia yustisi oleh tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan COVID-19 ini dikenakan tilang KTP dan dibawa ke Taman Bungkul Surabaya, untuk dilakukan penegakan hukum protoko kesehatan. 

Di tempat tersebut sudah di siapkan tempat sidang yang dilengkapi dengan Hakim dan panitera, selanjutnya pelanggar dapat membayar denda di loket pembayaran yang telah di sediakan. 

Untuk pelanggar yang tidak mengenakan masker harus membayar denda Rp 52 ribu, dengan rincian Rp 50 ribu untuk denda pelanggaran dan Rp 2 ribu untuk biaya perkara. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

55 Daerah Belum Rampungkan Aturan soal Covid-19, Kemendagri: Besok Paling Lambat

Posted: 16 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, 55 kabupaten atau kota masih belum merampungkan susunan peraturan kepala daerah (Perkada), terkait Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19.

"Jadi 55 kabupaten/kota belum menyusun Perkadanya jadi belum melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas Komitmen Mematuhi Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pilkada," tulis Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar, dalam siaran persnya, Kamis (17/9/2020).

Bahtiar melanjutkan, Kemendagri menargetkan seluruh kabupaten/kota harus menyelesaikan Perkadanya paling lambat hari Jumat, 18 september 2020. 

"Jadi sisa 2 hari lagi tenggatnya, menyelesaikan Perkada terkait penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19," kata Bahtiar.

Data Bahtiar mencatat, saat ini sudah sebanyak 413 kabupaten/kota atau 80 persen yang sudah menyelesaikan. Data tersebut tercatat pada Rabu 16 September 2020, pukul 16.00 WIB. 

"Saya pastikan terus di update apa kendala-kendala dalam penyusunan Perkada. Karena Pilkada ini sebagai alat/instrumen untuk perlawanan terhadap Covid-19," Bahtiar menandasi.

 

55 Daerah yang Belum Selesaikan Perkada

Berikut daftar 55 kabupaten/kota yang belum menyelesaikan Perkada terkait dengan Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19:

Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Utara, Naganraya, Pidie Jaya, Kota Subulussalam, Dairi, Karo, Labuan Batu, Langkat. Padang Lawas Utara, Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Tengah, Sibolga, Bengkulu Tengah, Lebong, dan Seluma.

Selain itu, Bangka Selatan, Banyu Asin, Empat Lawang, Lahat, Musi Rawas Utara, Pali, Ogan Ilir, OKU Selatan, Pagar Alam, Bojonegoro, Kediri, Sambas, Manokwari Selatan, Maybrat, Pegunungan Arfak, Sorong, Teluk Wondama, Asmat, dan Delyai.

Wilayah  lainnya ada Dogiyai, Intanjaya, Keerom, Lanny Jaya, Memberoamo Raya, Memberoamo Tengah, Nambre, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Waropen Yahukimo dan Yalimo. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Ada Lesty Kejora

Posted: 16 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Guna melepas penat setelah bekerja setiap harinya, Rizky Billar pun memutuskan untuk berlibur mengunjungi Bandung bersama keluarganya. Di liburan kali ini, pria kelahiran 12 Juli 1995 ini pun meminta Lesty Kejora untuk menemani liburannya.

Dilansir dari vlog di channel YouTube Rizky Billar pada Kamis (17/9/2020), mereka pergi ke De Ranch Bandung untuk berkeliling naik kuda. Tak malu-malu, dalam vlog tersebut ada pula momen mesra yang terjadi antara Rizky dan Lesty.

Dalam momen liburan kali ini, nampak bahwa Lesty Kejora sudah sangat akrab dengan keluarga Rizky Billar. Sesekali Rizky pun menyebut bahwa Lesty sudah seperti calon menantu.

Kira-kira seperti apakah momen keseruan liburan keluarga Rizky Billar ditemani oleh Lesty Kejora di Bandung? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (17/9/2020).

1. Melepas penat, Rizky Billar mengajak keluarganya untuk berlibur di Bandung. Ia pun meminta Lesty Kejora untuk mendampingi.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

2. Lesty Kejora nampak sudah cukup akrab dengan keluarga Rizky Billar.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

3. Ternyata keluarga Rizky Billar pergi ke De Ranch Bandung untuk berkuda.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

4. Bak calon menantu, pelantun tembang 'Kulepas Dengan Ikhlas' ini pun menggandeng ibunda Rizky.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

5. Sebelum berkuda, mereka menikmati keliling De Ranch menaiki kereta kuda.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

6. Sembari berkuda, Rizky dan Lesty saling merekam satu salam lain untuk vlog.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

7. Setelah puas berkeliling, mereka pun mengambil foto selfie di sekitar De Ranch.

Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)
Momen Liburan Keluarga Rizky Billar di Bandung, Didampingi Lesty Kejora. (Sumber: YouTube/Rizky Billar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta KPU Tindak Tegas Paslon yang Langgar Protokol Covid-19

Posted: 16 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar menindak tegas pasangan calon (paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, termasuk pendukungnya, yang melanggar protokol kesehatan Covid-19 selama masa kampanye.

Emil, panggilan Ridwan Kamil mengatakan, Pilkada Serentak tahun ini yang digelar di tengah pandemi membuat warga khawatir. Untuk itu, ketegasan semua pihak, khususnya KPU Jabar sebagai penyelenggara, sangat dibutuhkan dalam menegakkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Salah satu yang kami harapkan dari KPU Jabar adalah ketegasan, harus bikin efek jera kalau ada yang melanggar aturan," kata Emil saat memberikan arahan kepada KPU Provinsi Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020).

"Saya titip, tolong rapatkan barisan. Komunikasikan lagi secara intens dan bahasanya (penegakan protokol kesehatan) jangan imbauan, tapi tegas yang sedikit mengancam," ujarnya menambahkan.

Adapun Pilkada serentak di Jabar rencananya akan digelar pada 9 Desember 2020 di delapan daerah, yaitu Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, dan Pangandaran, serta Kota Depok.

Masa kampanye delapan kabupaten/kota di Jabar penyelenggara Pilkada Serentak 2020 akan dimulai pada 26 September hingga 9 Desember 2020 atau berlangsung selama 71 hari. 

Sesuai aturan, semua panitia penyelenggara wajib memakai Alat Pelindung Diri (APD) dalam seluruh rangkaian Pilkada serentak mulai dari masa kampanye hingga waktu pencoblosan.

Selain memastikan logistik perlengkapan Pilkada, Emil mengatakan, KPU Jabar juga harus memastikan ketersediaan logistik protokol kesehatan. Untuk itu, KPU juga harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar terkait pengadaan APD.

"Kita harus pastikan logistik protokol kesehatan memenuhi jumlahnya," katanya.

 

Paslon Negatif Covid-19

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok memastikan bahwa seluruh jajarannya juga panitia penyelenggara Pilkada Serentak 2020 sudah melaksanakan uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dan hasilnya semua dinyatakan negatif virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Tak hanya penyelenggara, seluruh paslon di delapan kabupaten/kota Jabar yang berjumlah 50 orang pun tidak ada yang positif Covid-19.

"Kami bersyukur semua panitia penyelenggara sehat tidak ada yang terpapar COVID-19 lewat tes swab, termasuk juga semua paslon negatif Covid-19," ujar Rifqi.

Ia menambahkan, tahapan Pilkada Serentak 2020 di Jabar sejauh ini berjalan lancar, mulai dari tahap persiapan hingga penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Dari delapan daerah yang menggelar Pilkada serentak, sebanyak 11,6 juta orang sudah ditetapkan sebagai DPS. Sementara Tempat Pemungutan Suara (TPS) total berjumlah 33 ribu.

Berikutnya, KPU Jabar akan menetapkan calon peserta pemilu pada 23 September 2020. Pemilihan nomor urut digelar sehari setelahnya. Sementara untuk deklarasi "Pilkada Jurdil, Damai, dan Menjaga Kesehatan" akan dilakukan pada 25 September 2020 atau sehari sebelum dimulainya masa kampanye. 

"Kami berharap Pak Gubernur menyampaikan arahan kepada semua bakal calon dan penyelenggara untuk memastikan bahwa Pilkada di Jabar harus dalam kondisi aman dan selamat," ucap Rifqi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singgung Kritik Ahok, Dahlan Iskan Sebut Wajar Peruri Minta Rp 500 M ke Pertamina

Posted: 16 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Peruri meminta dana sebesar Rp500 miliar ke Pertamina. Dana tersebut untuk pengadaan program paperless atau tanda tangan secara digital.

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan wajar jika Peruri menawarkan Rp500 miliar kepada Pertamina. Sebab, itu merupakan proses bisnis yang bisa disepakati atau ditolak.

"Tentu hak Peruri untuk menawarkan berapa miliar pun. Pinter-pinternya Peruri berbisnis. Yang penting tidak memaksa. Dan tidak ada hak bagi Peruri untuk memaksa Pertamina. Semuanya terserah Pertamina. Mau menerima tawaran atau menawar. Atau bahkan menolak," ujarnya dalam tulisan singkat, Jakarta, Kamis (17/9).

Dahlan mengatakan, Peruri memang memiliki anak usaha yang bergerak dalam otentifikasi. Perusahaan tersebut satu-satunya usaha milik negara yang bisa membuat program otentifikasi dan diakui.

"Saya jadi ingat. Peruri itu punya anak perusahaan yang memegang izin digital security. Siapa saja yang akan mengamankan digital code-nya harus berhubungan dengan Peruri. Misalnya di zaman Covid-19 ini. Semua orang harus kerja dari rumah. Padahal perusahaan seperti Pertamina harus tetap jalan," paparnya.

Peruri memiliki software otentifikasi dan sekaligus punya izin sebagai lembaga yang memegang digital security. Dalam otentifikasi itu, Peruri memberikan password kepada setiap pejabat yang terkait dengan tandatangan lalu tinggal klik di handphone.

"Tentu Peruri merasa punya hak untuk minta harga tinggi. Hanya Peruri yang mendapat izin untuk itu. Lebih tepatnya, anak perusahaan Peruri. Sedang Peruri sendiri, sebagai induk, memiliki izin untuk security printing. Berarti ini transaksi bisnis biasa. Hanya saja karena Peruri adalah satu-satunya pemilik izin digital security mungkin menaruh harga yang tinggi," paparnya.

Ahok Diminta Protes Ke Kominfo

Dahlan melanjutkan, sebenarnya ada jalan lain yang lebih tidak heboh mengenai pengadaan otentifikasi tersebut. Ahok diusulkan membisiki Presiden Jokowi atau Kementerian Kominfo agar mengatur ulang perizinan digital security.

"Toh izin untuk Peruri itu dikeluarkan oleh Menteri Kominfo di periode kemarin. Itu sepenuhnya wewenang pemerintah. Atau Pertamina bisa cari cara yang lebih murah. Bahkan gratis. Kan sudah ada aplikasi tanda tangan digital di HP. Banyak pilihan. Bisa DocuSign. Bisa juga SignEasy. Tapi baik juga heboh-heboh. Banyak juga yang senang heboh," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Viral, Ahok Bongkar Banyak Masalah di BUMN Pertamina dan Peruri

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menghadiri peluncuran buku 'Panggil Saya BTP: Perjalanan Psikologi Ahok Selama di Mako Brimob' di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin (17/2/2020). Buku tersebut mengisahkan pengalaman Ahok saat berada dalam tahanan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menghadiri peluncuran buku 'Panggil Saya BTP: Perjalanan Psikologi Ahok Selama di Mako Brimob' di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin (17/2/2020). Buku tersebut mengisahkan pengalaman Ahok saat berada dalam tahanan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau yang biasa disapa Ahok mengkritisi kebijakan yang diambil direksi perseroan.

Ahok bilang, Pertamina memiliki kebiasaan meminjam utang untuk mengakuisisi kilang minyak di luar negeri. Padahal, menurutnya lebih baik Pertamina melakukan eksplorasi dalam negeri karena Indonesia masih punya potensi 12 cekungan yang menghasilkan minyak dan gas (migas).

Dirinya juga curiga kalau keputusan itu berkaitan dengan bagi-bagi komisi antar pihak.

 "Sudah minjam duit USD 16 miliar, tiap kali otaknya minjam duit terus, saya sudah kesal. Minjam terus, akuisisi terus, kita masih punya 12 cekungan yang berpotensi minyak dan gas, ngapain di luar negeri? Jangan-jangan ada komisi," tandas Ahok, dikutip dari akun YouTube POIN, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, Ahok bilang, pembangunan kilang minyak saat ini tidak efisien. Menurutnya, ada beberapa investor yang serius berinvestasi kilang minyak dengan Pertamina. Namun, kilang-kilang tersebut belum juga dibangun.

Oleh karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bakal mengadakan rapat membahas hal ini.

"Makanya nanti saya mau rapat penting soal kilang. Berapa investor yang sudah nawarin mau kerja sama didiemin? Sudah ditawarin kenapa ditolak? Kenapa kerja seperti ini?" katanya.

"Saya lagi mau audit (proyek kilang), cuma saya emosi juga kemarin. Mereka lagi mancing saya emosi, saya emosi laporin Presiden apa? Ahok mengganggu keharmonisan," imbuh Ahok.

Selain itu, dirinya juga memprotes Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang menawarkan proyek paperless di kantor Pertamina. 

"Saya lagi paksakan tanda tangan digital (di Pertamina), tapi Peruri minta Rp 500 miliar untuk proses peperless, itu BUMN juga. Itu sama saja dapat proyek Pertamina lalu tidak mau kerja lagi, tidur 10 tahun, mau jadi ular sanca, jadi ular piton," ungkap Ahok. 

Ahok: Siapapun Korupsi di Pertamina, Kami Lacak

Konsumsi BBM saat Nataru alami kenaikan. (Doc : Pertamina)
Konsumsi BBM saat Nataru alami kenaikan. (Doc : Pertamina)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok berbicara soal peran dan langkah yang akan diambil setelah Pertamina melakukan restrukturisasi. Salah satunya, memastikan tubuh perseroan bebas dari oknum-oknum nakal yang doyan korupsi.

Pria yang biasa disapa Ahok ini menegaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk memastikan transparansi di Pertamina.

"Ada saya, transparansi kita buka. Jadi sekarang kita sudah MoU dengan KPK, KPK setiap saat bisa minta data apa saja ke kita. Kita juga kejar PPATK. Jadi sekali lagi, siapapun yang korup di Pertamina, hati-hati. Kami akan lacak Anda," ujar Ahok dalam video yang diunggah akun YouTube Pertamina, ditulis Rabu (5/8/2020).

Lebih lanjut, Ahok bilang tidak ada rahasia di Pertamina. Semua hal harus terbuka, termasuk pengelolaan keuangannya.

Kemudian, Pertamina juga tengah melakukan penghematan di sektor hulu. Ahok bilang, pihaknya akan merampingkan sektor hulu minimal 20 persen dan saat ini, proses audit sedang dilakukan. Semuanya dilakukan semata-mata untuk menyelamatkan uang Pertamina.

"Karena saya ditaruh di sini untuk menyelamatkan uang Pertamina. Saya digaji untuk menyelamatkan uang Pertamina. Ya, sudah, saya akan berupaya untuk lakukan," katanya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Kampung Naga, Dharma Wanita Kemensos Ajak Warga Gotong Royong Hadapi Covid-19

Posted: 16 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial memiliki perhatian terhadap warga terdampak pandemi Covid-19, termasuk bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT), disabilitas, serta pekerja seni. 

"Kami hadir di sini, sebagai wujud kepedulian pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa paket sembako bagi warga terdampak Covid-19, termasuk warga KAT, " ujar Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI Grace Batubara di Kampung Naga, Kota Tasikmalaya, Rabu (16/9/2020).

Saat ini, kata Grace, kondisi bangsa Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19 dan banyak warga yang memerlukan bantuan untuk meringankan beban yang mereka hadapi sehari-hari.

"Sebelumnya Menteri Sosial telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST), tapi kali ini 112 paket sembako dari pemerintah pusat ini, semoga bisa diterima dengan baik dan meringankan beban warga, " harap Grace.

Menghadapi pandemi Covid-19 diperlukan semangat gotong-royong, dan bagi warga KAT agar senantiasa menjaga kelestarian adat dan budaya sebagai bagian dari kekayaan bangsa.

"Tadi saat baru tiba yang terbayang suasana tradisional dan terisolir, tetapi begitu masuk ternyata disambut keramah-tamahan dan jujur saya merasa bahagia di sini, " ungkap Grace.

 

Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI Grace Batubara di Kampung Naga, Kota Tasikmalaya, Rabu (16/9/2020).
Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI Grace Batubara di Kampung Naga, Kota Tasikmalaya, Rabu (16/9/2020).

Seorang warga Kampung Naga, Sugana mengaku berterima kasih atas bantuan dari pemerintah pusat dan sesuai adat yang ada akan dibagikan oleh ketua RT dan warga yang membutuhkan menerimanya.  

"Pada prinsipnya kami tidak pernah meminta dan kalau ada bantuan akan dibagikan oleh ketua RT bagi warga yang membutuhkannya, " kata Sugana.

Sesaat sebelum meninggalkan Kampung Naga, Grace menyempatkan diri membeli oleh-oleh berupa gula aren, ulegan (tempat membuat sambal-red), serta topi. Juga, berbincang ramah dengan warga Kampung Naga.

Kunjungan dilanjutkan ke Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya dan bertemu dengan para seniman dan budayawan yang akan menerima bantuan kemanusian berupa bantuan paket sembako.

Pemerintah pusat memiliki perhatian terhadap semua warga yang terdampak Covid-19, khususnya bagi warga yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. 

"Kegiatan kemanusiaan ini berupa bantuan paket sembako bagi warga terdampak Covid-19, terutama bagi mereka yang sama sekali belum pernah mendapatkan, " kata Grace. 

 

Kemensos Beri Bantuan untuk Seniman dan Budayawan

Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI Grace Batubara mengunjungi Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya dan bertemu dengan para seniman serta budayawan yang menerima bantuan kemanusian berupa bantuan paket sembako.
Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI Grace Batubara mengunjungi Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya dan bertemu dengan para seniman serta budayawan yang menerima bantuan kemanusian berupa bantuan paket sembako.

Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh semua orang tanpa terkecuali, sehingga menimbulkan orang miskin mendadak dan pemerintah berkomitmen untuk membantu semua lapisan masyarakat. 

"Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada Walikota dan Bupati yang telah aktif membantu pemerintah pusat, semoga dengan disiplin yang kuat pandemi Covid-19 ini segera berakhir, " pungkas Grace.

Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya, Bode Riswandi mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pemerintah. Mulanya para seniman merasa cemburu karena hampir tidak mendapatkan bansos, Dewan Kesenian mencoba mengajukan permohonan kepada Kementerian Sosial RI. 

"Alhamdulillah hari ini, bantuan berupa sembako sudah siap disalurkan kepada pekerja seni dan warga terdampak Covid-19. Upaya untuk saling membantu adalah jalan terbaik menjalin silaturahmi, " ungkap Bode. 

Di Kota Tasikmalaya disalurkan total 2.300 paket, terdiri 300 paket sembako melalui Yayasan Simphony; 600 melalui Dewan Kesenian; 390 Yayasan Thoriqul Jannah; 710 melalui Yayasan Akhlak Mulia; serta 400 melalui Yayasan Al Furqon di Kabupaten Tasikmalaya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Anggota F4 Thailand, Dao Ming Si Kini Bernama Thyme

Posted: 16 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Demam Meteor Garden tampaknya kini akan bangkit kembali. Sineas Negeri Gajah Putih kini menyiapkan kisah San Chai dan F4 Thailand.

Diwartakan media Filipina PEP, Rabu (16/9/2020), serial drama yang mengangkat F4 Thailand akan ditayangkan pada 2021 oleh GMMTV.

Para pemain F4 Thailand dan San Chai pun baru saja diumumkan GMMTV, Rabu (16/9/2020) kemarin. Bintang muda Thailand yang kini tengah naik daun, Bright Vachirawit Chivaree dan Win atau Metawin Opas-iamkajorn ikut terlibat dalam proyek ini.

Reuni 2Together

Bright Vachirawit Chivaree bermain sebagai Thyme di F4 Thailand (Instagram/ gmmtv)
Bright Vachirawit Chivaree bermain sebagai Thyme di F4 Thailand (Instagram/ gmmtv)

Sebelumnya, kedua bintang muda ini dipertemukan sebagai kekasih dalam drama kondang 2gether: The Series. Namun dalam drama dengan judul sementara F4: Thailand ini, keduanya akan bermain sebagai sahabat.

Sebagai Sahabat

Metawin Opas-iamkajorn bermain sebagai Kavin di F4: Thailand (Instagram/ gmmtv)
Metawin Opas-iamkajorn bermain sebagai Kavin di F4: Thailand (Instagram/ gmmtv)

Dalam drama ini Bright akan memerankan karater Thyme, sementara Win mennghidupkan karakter Kavin. Thyme, adalah Dao Ming Si versi Meteor Garden. Sementara Kavin, adalah Xi Men.

Lalu bagaimana dengan Hua Ze Lei dan Mei Zuo?

 

Ada Pendatang Baru

Dew Jirawat Sutivanisak dan Nani Hirunkit Changkham di F4: Thailand (Instagram/ gmmtv)
Dew Jirawat Sutivanisak dan Nani Hirunkit Changkham di F4: Thailand (Instagram/ gmmtv)

Hua Ze Lei, atau dalam drama ini dinamakan Ren, dimainkan oleh Dew Jirawat Sutivanisak. Sementara Nani Hirunkit Changkham akan memainkan tokoh MJ, atau Mei Zuo.

Dalam drama ini, San Chai akan dimainkan aktris pendatang baru Tu Tontawan. Karakternya, kini bernama Gorya.

Ada Perubahan

Tu Tontawan sebagai Gorya di F4: Thailand (Instagram/ gmmtv)
Tu Tontawan sebagai Gorya di F4: Thailand (Instagram/ gmmtv)

GMMTV mengumumkan proyek Meteor Garden versi Thailand pada Oktober 2019. Popularitas drama ini, jadi alasan pihak mereka percaya diri untuk kembali mengadaptasinya ke layar kaca.

Dalam artikel yang diwartakan Sanook, disebutkan bakal ada sejumlah perubahan dalam versi Thailand ini. Mengingat, setting-nya yang kini lebih modern.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Ini Tanda-tanda Ekonomi Indonesia Masih Minus di Kuartal III-2020

Posted: 16 Sep 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ekonomi Indonesia diprediksi masih akan mengalami pertumbuhan negatif di kuartal III 2020. Paling tidak pertumbuhan ekonomi diperkirakan mencapai minus 2 persen.

"Dari data-data yang ada kemungkinannya kontraksi juga minus 2 di triwulan III," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir dalam webinar di Jalarta, Kamis (17/9/2020).

Dia mengatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi negatif 2 persen tersebut berdasarkan indikator-indikator yang sudah dilihat pemerintah.

Salah satunya yakni penerimaan pajak yang tumbuh negatif dan uang beredar di masyarakat yang masih minim.

"Ini berdasarkan hasil estimasi kami terakhir dari data penerimaan pajak dan pertumbuhan uang beredar mengalami penurunan," kata dia.

Kendati begitu, dirinya bersyukur setidaknya terjadi perlambatan kontraksi. Dari yang sebelumnya negatif 5,3 persen menjadi lebih rendah yakni sebesar minus 2 persen.

"Tapi ini sudah mengalami perlambatan kontraksinya. Oleh karena itu ini harus diwaspadai misalkan kalau ekonominya belum pulih ya jangan ditutup dulu perhatikan sektor-sektor nya seperti transportasi akomodasi kalau perdagangan itu cepat banget pulihnya," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Meski Vaksin Sudah Ditemukan, Sektor Ekonomi Masih Dibayangi Ketidakpastian

Pandangan udara permukiman warga dan gedung pencakar langit di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pandangan udara permukiman warga dan gedung pencakar langit di Jakarta, Senin (27/7/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta mengalami penurunan sekitar 5,6 persen akibat wabah Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyadari bahwa meskipun tanda-tanda pemulihan ekonomi di Indonesia sudah mulai terlihat tetapi masih rentan. Bahkan meskipun vaksin telah ditemukan, pemulihan ekonomi juga masih rentan.  

"Ini masih sangat dini dan terlalu rentan bagi kita melihat pemulihan ekonomi," kata Sri Mulyani dalam webinar LPS, Rabu (16/9/2020).

Dia mengatakan, sekalipun pemerintah sudah mendapatkan harapan akan mendapatkan vaksin di akhir tahun, itu semua belum cukup untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Sebab, vaksin sendiri membutuhkan waktu penyembuhan lebih lama bagi banyak negara.

"Because covid masih di sini bersama kita meksipun banyak hope dan diskusi mengenai vaksin tapi ini membutuhkan waktu lebih lama bagi banyak negara," kata dia.

Bendahara Negara ini menambahkan, selama masih adanya virus corona maka akan memberikan ketidakpastian bagi seluruh negara, termasuk Indonesia. Ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 ini juga yang membuat perekonomian Indonesia mengalami kontraksi 5,32 persen di kuartal II 2020.

Namun menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, kontraksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bukan berarti situasi menjadi buruk. Sebab kontraksi ekonomi RI masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

"Indonesia masih dealing dengan ketidakpastian ini, meskipun jika dibandingkan negara-negara lain kontraksi ekonomi kita di kuartal II 5,3 persen lebih mild dari negara lain yang kontraksinya lebih dalam," jelasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Hari PSBB Ketat, Volume Kendaraan di Jakarta Turun 20 Persen

Posted: 16 Sep 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berlaku sejak Senin 14 Septeber 2020, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat di Jakarta membuat volume kendaraan di wilayah Ibu Kota mengalami penurunan.

Selama tiga hari, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut, penurunan volume kendaraan di beberapa pintu tol mencapai 20 persen.

"Hasil koordinasi Kemenhub, dilihat dari kendaraan yang masuk sejak pagi dihitung dari beberapa gerbang pintu masuk tol ada 16-20 persen penurunan kendaraan yang masuk ke sini. Terjadi penurunan," katanya dilansir NTMC Polri, Kamis (17/9/2020).

Tak hanya itu, penurunan aktivitas juga terjadi di beberapa terminal angkutan umum, salah satunya Terminal Grogol, Jakarta Barat.

"Termasuk di Terminal Grogol, dari asosiasi Terminal Grogol (menyebutkan) terjadi penurunan 75 persen, termasuk kendaraan karena sepi," ujar Kombes Pol Yusri Yunus.

PSBB ketat di wilayah DKI Jakarta yang kembali berlaku, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat. Apabila tidak memiliki keperluan mendesak, masyarakat diimbau untuk selalu berada di rumah.

"Harapan kita masyarakat ini di rumah saja untuk memutus mata rantai (penyebaran COVID-19)," tuturnya.

Gencar melakukan operasi yustisi

Memberi peringatan kepada masyarakat, aparat gabungan Polri, TNI dan Satpol PP gencar melakukan operasi yustisi. Meski demikian, petugas lebih mengedepankan upaya persuasif-humanis dalam operasi yang dijalankan.

"Kami persuasif dan humanis terkait penindakan ada aturan dasarnya yakin Pergub Nomor 79 Tahun 2020," kata Kombes Pol Yusri Yunus.

Namun, jika terdapat perlawanan, aparat yang bertugas bisa saja memberikan tindak pidana kepada pelanggar.

"Tapi tidak menutup kemungkinan ada pasal dan UU yang kita terapkan kepada masyarakat yang melanggar ini tidak mengindahkan atau melawan petugas. Ada di Pasal 212 KUHP, Pasal 216 KUHP, dan 218 KUHP, juga UU Nomor 4 Tahun 1984. Juga UU Nomor 6 tentang karantina kesehatan bisa dikenakan di situ apabila tidak mengindahkan," jelasnya.

Penindakan tegas dilakukan petugas agar masyarakat lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal ini merupakan salah satu upaya menekan angka penyebaran virus Corona Covid-19.

"Tujuannya agar masyarakat disiplin, patuh, dan taat. Kalau ini sangat-sangat tinggi dan bahaya," tutur Kombes Pol Yusri Yunus.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Perhubungan Nasional, Menhub Beberkan Tantangan Sektor Transportasi

Posted: 16 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah tantangan pembangunan transportasi nasional, bertepatan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional yang jatuh hari ini, Kamis (17/9/2020).

Menhub bilang, pemenuhan kebutuhan layanan transportasi merupakan salah satu hak dasar warga negara yang harus dipenuhi pemerintah. Kebutuhan layanan transportasi dr waktu ke waktu juga mengalami peningkatan baik dari kualitas maupun kuantitas.

Apalagi, saat ini pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia dan seluruh pihak tengah berjuang melawan wabah ini.

"Tantangan yang belum selesai adalah pemenuhan akses keterjangkauan, peningkatan pendapatan masyarakat dan perubahan karakteristik pasar lokal, regional maupun global yang menuntut kualitas layanan transportasi yang lebih baik," ujar Budi dalam tayangan virtual.

Penyelesaian tantangan tersebut berkaitan dengan rencana pembangunan transportasi yang berkelanjutan didukung kepastian hukum dan publikasi kinerja.

Pembangunan transportasi yang berkelanjutan tidak hanya melihat konektivitas dari sisi biaya operasional tapi juga dampak lingkungan dan masyarakatnya.

Pilihan moda harus diperbanyak untuk menjangkau wilayah yang belum tersentuh transportasi. Pun, moda transportasi juga harus bisa menurunkan emisi lingkungan.

 

UU di Bidang Transportasi

Menhub Budi Karya di Pelabuhan Patimban. istimewa ©2020 Merdeka.com
Menhub Budi Karya di Pelabuhan Patimban. istimewa ©2020 Merdeka.com

Lalu dari segi hukum, Undang-Undang di bidang transportasi tidak hanya mempertimbangkan aspek hukum, teknis, tapi juga aspek sosiologis dan komunikasi, bagaimana peraturan yang ada tersosialisasi dengan baik dan dipahami masyarakat.

"Kemudian, capaian kinerja pembangunan infrastruktur transportasi harus dipublikasikan secara masif ke masyarakat agar menimbulkan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional," lanjutnya.

Di tengah pandemi ini, Menhub Budi mengajak seluruh insan perhubungan agar terus meningkatkan layanan transportasi bagi masyarakat dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

"Keberhasilan penyelenggaraan transportasi akan tergantung pada layanan insan perhubungan. Saya harap kita semangat dalam situasi pandemi sekarang, karena transportasi adalah urat nadi ekonomi. Protokol kesehatan harus selalu dijalankan, tiap layanan, di semua matra," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Alwi Assegaf Pemeran 'Kian Santang', Kini Makin Dewasa

Posted: 16 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok aktor cilik pemeran Raden Kian Santang? Sinetron yang mengisahkan sang pangeran Pajajaran untuk melawan musuhnya ini begitu populer di kalangan masyarakat Tanah Air. kesuksesan sinetron ini tentunya membawa naik nama Alwi Assegaf selaku pemeran utama.

Berperan sebagai Raden Kian Santang sejak usia muda, akting aktor kelahiran Jepang ini memang sudah tak diragukan lagi. Terlebih dirinya memainkan karakter di sinetron kolosal. Putra dari pasangan Mahdar Assegaf dan Mayumi Yoshida ini pun kini sudah beranjak dewasa. 

Aktor muda kelahiran 2006 ini kini tumbuh menjadi remaja yang tampan. Beberapa potret dirinya kerap ia bagikan di media sosial. Tak sedikit netizen yang mengagumi sosok 'Raden Kian Santang' ini lantaran wajahnya tak banyak berubah.

Semakin dewasa, berikut ini 6 potret terbaru aktor Alwi Assegaf pemeran di sinetron "Kian Santang" yang beranjak remaja dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Kamis (17/9/2020). 

1. Artis cilik Alwi Assegaf adalah aktor muda yang lahir di Tokyo, Jepang pada 3 Februari 2006 silam.

Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang.  (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)
Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang. (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)

2. Dirinya mulai dikenal luas masyarakat setelah membintangi sinetron 'Kian Santang' sejak tayang perdana 2012.

Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang.  (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)
Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang. (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)

3. Sudah remaja, dirinya kembali didapuk memerani Raden Kian Santang di series terbarunya.

Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang.  (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)
Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang. (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)

4. Tak hanya sibuk sebagai aktor, dirinya juga kerap membagikan kegiatannya di YouTube.

Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang.  (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)
Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang. (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)

5. Momen istirahat Alwi saat di lokasi syuting, asyik main drum!

Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang.  (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)
Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang. (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)

6. Kini berusia 14 tahun, Alwi semakin tampan dan terlihat jelas memiliki mata coklat yang indah.

Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang.  (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)
Makin dewasa, ini potret terbaru pemain Raden Kian Santang. (Sumber: Instagram/@alwiassegaf03)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WFH Usai Temukan Kasus Covid-19, Pemkot Jakarta Selatan Larang ASN Mudik

Posted: 16 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan melarang seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk melakukan berpergian ke luar kota saat melaksanakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Hal tersebut berdasarkan surat edaran wali kota dengan Nomor 44/SE/2020 diterbitkan oleh Sekretaris Kota Jakarta Selatan pada 16 September 2020.

"Berada di kediaman masing-masing (tidak meninggalkan rumah) pergi ke luar kota, pulang kampung dan atau berlibur," bunyi dalam surat edaran tersebut yang dikutip Liputan6.com, Kamis (17/9/2020).

Selain itu, para ASN diwajibkan kerja paling sedikit 7 jam 30 menit. Sedangkan untuk absensi dilakukan dengan mengirimkan foto yang menampilkan wajah dan badan dengan pakaian dinas lengkap.

Absensi untuk ASN tersebut juga harus disertai informasi tempat tinggal dan waktu sebenarnya. Surat edaran tersebut berlaku mulai 17-18 September 2020.

"Bukti persensi foto dilaporkan kepada atasan langsung sebanyak dua kali sehari dengan jadwal pagi pukul 07.30 WIB dan sore 16.00 WIB," demikian salah satu bunyi dalam surat edaran tersebut.

Positif Covid-19

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyebutkan ada tujuh pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga untuk pencegahan pihaknya memberlakukan bekerja dari rumah untuk seluruh pegawai.

"Kita berlakukan bekerja dari rumah, selama tiga hari itu kantor dilakukan sterilisasi," ujar Marullah.

Marullah enggak menyebut kantornya ditutup, dia hanya menegaskan bekerja dari rumah untuk seluruh pegawai di lingkungan Kantor Wali Kota Blok A, B dan C.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Alasan Bajo Bidik Nomor Urut 01 di Pilkada Solo

Posted: 16 Sep 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nomor urut 01 dibidik tim pemenangan pasangan calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali dari jalur perseorangan, Bagyo Wahyono-FX Supardjo alias Bajo pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020.

Pengundian nomor urut kontestan Pilkada Solo rencananya akan berlangsung pada 24 September mendatang. Saat pengundian nanti, tim pemenangan akan membatasi jumlah massa pendukung yang akan mendampingi.

"Berkaca dari saat pendaftaran Bajo ke Kantor KPU Solo beberapa hari lalu, kami akan perketat lagi teknis agenda pengundian nomor urut 24 September 2020. Kami akan buat daftar siapa saja yang boleh ikut mengantar,"  jelas penanggung jawab tim pemenangan Bajo, Budi Yuwono, Rabu (16/9/2020) sore.

Sebelumnya, pada saat pendaftaran Minggu, 6 September lalu, Tim Bajo mengaku pihaknya sudah membatasi jumlah peserta yang ikut. 

Namun, saking tingginya animo anggota Tikus Pithi Hanata Baris yang datang untuk mendampingi Bajo, akhirnya jumlahnya mencapai ribuan orang. Bahkan jauh melebihi jumlah pendukung yang mengantar pasangan Gibran-Teguh Prakosa.

"Kami akan patuhi aturan main dari KPU Solo seperti apa terkait agenda pengundian nomor urut nanti. Bila yang boleh ikut hanya 50 orang ya kami ikuti. Kami juga akan pastikan semua yang ikut agar patuhi protokol kesehatan," katanya.

 

Pemenang Pasti Nomor 1

Budi optimistis pasangan Bajo akan mengikuti kegiatan pengundian nomor urut paslon peserta Pilkada Solo pada Senin, 14 September nanti setelah melengkapi kekurangan berkas persyaratan.

Tim Pemenangan Bajo mengaku pihaknya sudah menyerahkan berkas yang kurang kepada jajaran KPU Solo. Selanjutnya Bajo tinggal menunggu tahapan berikutnya termasuk penetapan paslon pada 23 September 2020 dan pengundian nomor urut esok harinya.

Ihwal nomor urut calon, Budi berharap Bajo bisa mendapatkan nomor urut satu atau 01.

"Alhamdulillah berkas sudah komplet, sudah diterima dan dinyatakan lengkap. Untuk undian nomor urut, angen-angen [keinginan] kami bisa dapat nomor satu. Insya Allah nomor satu. Nomor satu itu kan angka awal. Pemenang itu pasti nomor satu," tuturnya.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tandatangani MoU dengan BNPB, IBL Siap Bergulir Lagi

Posted: 16 Sep 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia, IBL sebentar lagi akan dilanjutkan. Perbasi dan pengelola IBL telah menandatangani Nota Kesepahaman Penyelenggaraan Olahraga yang Aman COVID-19 pada Kamis (17/9/2020) pagi WIB.

Penandatangan nota kesepahaman penyelenggaraan olahraga yang aman ini dilakukan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Menpora Zainudin Amali, PSSI, Perbasi dan IBL. Karena masih dalam suasana penyebaran Covid-19 yang tinggi, acara penandatanganan ini dilakukan secara virtual.

"Kami berterima kasih kepada Kemenpora yang memfasilitasi PP Perbasi dan BNPB. Terima kasih juga kepad BNPB yang dengan tangan terbuka menyambut baik PP Perbasi dan IBL dalam rangka pelaksanaan kembali IBL agar sesuai standar kesehatan guna mencegah penularan covid-19," ujar Danny Kosasih, ketua Perbasi.

"Dengan dapat berjalannya liga maka dapat meningkatkan prestasi bola basket karena FIBA Asia Cup 2021 akan dilaksanakan di Jakarta, begitu juga Piala Dunia Bola Basket 2023 serta bisa memberikan hiburan bagi masyarakat pengemar bola basket."

IBL 2020 rencananya akan digelar kembali pada 13 Oktober 2020 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

Kepala BNPB

Ilustrasi Bola Basket/Unsplash
Ilustrasi Bola Basket/Unsplash

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo berpesan agar penyelenggaraan IBL sesuai komitmen dengan tak menghadirkan penonton dan dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pemain dengan ketat.

"Perlu dipastikan kompetisi bola basket dan sepak bola dilakukan tanpa penonton. mohon ini jadi perhatian penyelenggaran untuk menaati konsensus yang disepakati," ujar Doni.

Pada kesempatan tersebut, Doni juga meminta Perbasi dan PSSI memastikan para peserta yang akan ikut di Liga 1 dan IBL tak memiliki riwayat penyakit bawaan karena akan sangat riskan jika tertular virus corona Covid-19.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Ajak Masyarakat dan Dunia Usaha Lebih Peduli Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Posted: 16 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengajak elemen masyarakat termasuk dunia usaha untuk meningkatkan kepedulian terhadap hak-hak Penyandang Disabilitas.

"Meski masih banyak kekurangan dari pemerintah terkait pemenuhan kebutuhan Penyandang Disabilitas, tetapi saya mengajak masyarakat semua optimis. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tetapi bergandengan dengan semua pihak termasuk swasta atau dunia usaha," jelas Mensos Juliari dalam acara Penyerahan Piagam Duta Difabel-Preneur Indonesia dalam acara talkshow "BUMN Ramah Difabel" sebagai rangkaian acara Jakarta Marketing Week 2020 yang digelar Markplus Inc. secara daring, Rabu.

Mensos mengingatkan bahwa dalam terkait hak bekerja bagi Penyandang Disabilitas telah dilindungi dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Pasal 53 ayat 1 UU Penyandang Disabilitas menyebutkan bahwa pemerintah, pemerintah daerah, BUMN, dan BUMD wajib mempekerjakan paling sedikit 2% (dua persen) difabel dari jumlah pegawai atau pekerja. Lalu ayat 2 menyebutkan perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1% (satu persen) penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

"Jadi kami sangat mengundang dunia usaha dan komunitas untuk mengkampanyekan Undang-Undang tersebut," kata Bapak dua anak ini.

Di Kementerian Sosial, lanjutnya, kami punya Balai Vokasional untuk Penyandang Disabilitas yang mengajarkan beberapa modul pelatihan kerja, sehingga sangat mungkin Penyandang Disabilitas ini bisa bekerja di dunia usaha. 

"Selain itu ke depan juga harus perkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga seperti misalnya Kementerian Perhubungan, PUPR, dan BUMN mengupayakan fasilitas publik yang memenuhi kebutuhan Penyandang Disabilitas," tegas Pria kelahiran Jakarta ini.

Mensos Ari juga menyinggung Perpres No 68 tahun 2020 tentang dibentuknya Komisi Nasional Disabilitas (KND) yang akan menjadi mitra Kementerian Sosial untuk memastikan kesejahteraan Penyandang Disabilitas yang lebih baik.

"Semoga negara kita kedepan tidak hanya menjadi negara yang ramah terhadap Penyandang Disabilitas tetapi lebih menerima Penyandang Disabilitas menjadi aset untuk negara Indonesia yang lebih maju," pungkasnya.

 

Apresiasi Kepada Duta Difabel-Preneur

Acara Penyerahan Piagam Duta Difabel-Preneur Indonesia dalam acara talkshow
Acara Penyerahan Piagam Duta Difabel-Preneur Indonesia dalam acara talkshow "BUMN Ramah Difabel" sebagai rangkaian acara Jakarta Marketing Week 2020 yang digelar Markplus Inc. secara daring, Rabu.

Dalam acara yang sama, Mensos Juliari menyerahkan piagam Duta Difabel-Preneur Indonesia kepada Sinta Nuriyah Wahid (Ibu Negara RI 1999-2001) dan Angkie Yudistia (Staf Khusus Presiden RI).

"Saya ucapkan selamat. Saya pikir sudah tepat diberikan kepada beliau berdua sebagai Duta Difabel-Preneur. Beliau berdua ini adalah teladan untuk para Penyandang Disabilitas khususnya dan kita kita semua pada umumnya. Kita berterima kasih adanya peran Ibu Shinta ini semakin membantu memastikan dan mengakomodir kebutuhan para Penyandang Disabilitas," ucap Mensos.

Sejalan dengan Mensos, Sinta Nuriyah Wahid juga menegaskan perlunya peningkatan hak-hak Penyandang Disabilitas.

"Saya berharap semoga dengan adanya acara ini akan memunculkan banyak pegiat kemanusiaan termasuk kepedulian terhadap kaum difabel di Indonesia sehingga mereka (Penyandang Disabilitas) mendapatkan hak-hak yang sama dengan warga lainnya," kata Ibu Negara RI keempat ini.

Ia menceritakan, dirinya pernah membentuk sebuah gerakan bernama Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN) 2000. Dimulai di Stasiun Gambir yaitu dengan menyediakan loket untuk pengguna kursi roda, telepon, toilet, tempat parkir, lift, dan tulisan yang bisa diakses oleh Tuna Rungu. Namun ia menyayangkan fasilitas tersebut kini kurang memadai.

"Akan tetapi saya masih bersyukur kepada teman-teman yang masih peduli kepada hak-hak kaum difabel. Oleh karena itu penghargaan ini sebetulnya bukan hanya untuk saya tetapi juga untuk teman-teman yang peduli difabel di Indonesia," ujarnya.

 

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI.
Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI.

Sementara itu, Angkie Yudistia sebagai Staf Khusus Presiden RI, menyatakan sepakat bahwa pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas menjadi tanggungjawab bersama.

"Bahwa amanat Undang-Undang ada di Kementerian Sosial, tetapi Kementerian Sosial tidak dapat bekerja sendiri. Kementerian dan Lembaga lainnya serta kita semua harus saling berkolaborasi karena ini isu Hak Asasi Manusia," kata Angkie.

Turut hadir secara daring Member of the Board United Nations Global Compact (UNGC), Y.W. Junardy; Founder & Chairman Markplus Inc, Hermawan Kertajaya; Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat; serta Direktur Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial, Eva Kasim.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelly Ripa dan Mark Consuelos Beri Beasiswa untuk 20 Siswa Tunawisma

Posted: 16 Sep 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Membantu sesama dapat diwujudkan dalam berbagai cara. Seperti aktris sekaligus pembawa acara Kelly Ripa dan suaminya Mark Consuelos yang memberi donasi kepada 20 siswa tunawisma untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di New York, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman People, Rabu, 16 September 2020, ke-20 siswa masing-masing akan menerima laptop dan dana hampir 2 ribu dolar AS atau sekitar Rp29,6 juta. Donasi disalurkan oleh Win Scholarship Fund yang didirikan oleh pasangan itu.

Pendanaan dan pemberian laptop diharapkan dapat berguna untuk membantu beberapa siswa dalam mengatasi hambatan pendidikan di masa pandemi COVID-19 saat ini. Hambatan itu, misalnya dalam hal mengakses teknologi, buku, transportasi, dan hal-hal penting lainnya yang sering kali tidak tercakup oleh bantuan keuangan umumnya.

Terlepas dari itu, sejumlah siswa Win juga memiliki prestasi yang luar biasa. Sekitar 60 persen lulusan sekolah menengah atas di Win akan mulai masuk musim gugur ini ke perguruan tinggi nasional, termasuk Syracuse University, Clark Atlanta University, dan Portland State University.

"Mark dan saya sangat bersemangat untuk membantu para siswa ini dengan cara sekecil apa pun yang kami bisa," ujar Kelly Ripa kepada People.

"Memulai perguruan tinggi adalah momen penting bagi banyak orang dan menjadi bagian dari momen ini sangatlah istimewa bagi keluarga kami. Kami tahu setiap penerima beasiswa ini memiliki masa depan cerah, dan kami tidak sabar untuk melihat hal-hal menakjubkan apa yang akan mereka capai," tambahnya.

Mikayla Garay, salah satu mahasiswi yang menempuh pendidikan di SUNY Morrisville dan mendapat beasiswa tersebut. Saat ini ia tinggal di kawasan kampus, sedangkan keluarganya masih tinggal di penampungan Win di Bronx, New York.

"Sebagai mahasiswa di SUNY Morrisville yang mempelajari ilmu tentang kuda hingga suatu hari menjadi dokter hewan, saya mengambil kelas di luar kampus (seperti) di kandang kuda terdekat," katanya.

"Saya akan menggunakan uang (beasiswa) ini untuk membeli buku dan menabung untuk transportasi pergi dan pulang saat ada kelas di luar kampus," tambahnya.

Kata Siswa yang Menerima Beasiswa

Ilustrasi belajar. (dok. unsplash.com/@joaosilas)
Ilustrasi belajar. (dok. unsplash.com/@joaosilas)

Selain Mikayla, ada pula Michael Jones, seorang mahasiswa yang juga tinggal di perumahan Win di kawasan Bronx. Musim gugur ini akan menjadi kali pertamanya di Portland State University.

"Meskipun kebakaran saat ini melanda pantai barat, saya masih bertekad untuk kuliah di Portland State University dan mengambil jurusan Penulisan Kreatif di sana," kata Michael.

"Beasiswa dari Kelly Ripa dan Mark Consuelos adalah bantuan besar untuk karier kuliah saya, dan akan membantu saya membeli buku, kebutuhan asrama, dan kebutuhan lainnya, yang akan menempatkan saya dalam posisi yang kuat menuju kesuksesan di tahun pertama perkuliahan saya," tambahnya.

Christine C. Quinn, Presiden dan CEO Win, menyebut organisasi ini sangat berterima kasih kepada Kelly dan Mark karena telah mendukung siswa mereka melalui tahun pertama perkuliahan. Selain itu, pasangan ini juga membantu mewujudkan impian kuliah mereka.

"Berkat sumbangan mereka yang murah hati, mahasiswa ini tidak perlu lagi khawatir tentang membeli buku atau membayar tumpangan untuk pulang, dan dapat fokus pada hal yang paling penting, yaitu berhasil dalam studi mereka," katanya. (Brigitta Valencia Bellion)

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dahlan Iskan soal Usul Ahok Bubarkan Kementerian BUMN: Itu Bukan Pemikiran Baru

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengusulkan pembubaran Kementerian BUMN yang dinilai tidak efisien dalam tata kelola perusahaan pelat merah selama ini. Kata Ahok, lebih baik Kementerian BUMN diganti dengan pembentukan superholding seperti yang dilakukan Pemerintah Singapura melalui Temasek.

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengatakan, pembubaran Kementerian BUMN sebenarnya bukan hal baru. Sejak kepemimpinan Menteri BUMN pertama, Tanri Abeng keinginan membubarkan kementerian tersebut sudah ada.

"Bahwa BTP mengatakan di video itu seharusnya Kementerian BUMN dibubarkan, itu bukan pemikiran baru. Sejak Tanri Abeng menjadi menteri BUMN yang pertama, pemikiran itu sudah ada. Tanri sudah mengemukakan itu," ujar Dahlan melalui keterangan resminya, Jakarta, Kamis (17/9).

Dahlan mengatakan, yang terbaru dalam video Ahok adalah timeline pembubaran kementerian tersebut. "Yang baru adalah BTP menyebutkan timeline-nya, sebelum Pak Jokowi turun, pola seperti Temasek-nya Singapura sudah terbentuk. Artinya Kementerian BUMN sudah bubar?" katanya.

Dahlan melanjutkan, selama ini pemikiran pembentukan superholding seperti Temasek tidak pernah mati. Tetapi jalannya sangat lambat, yakni dimulai terlebih dahulu melalui pembentukan holding-holding usaha sejenis dulu. "Itulah jalan yang dianggap realistis yang hebohnya bisa dikendalikan," jelasnya.

Pembentukan holding bahkan ada dalam setiap kepemimpinan pemerintahan baru. Di periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terbentuk holding Pupuk Indonesia dan Semen Indonesia. Di periode pertama Presiden Jokowi terbentuk holding Perkebunan dan Pertambangan.

Pembentulan holding pertambangan sangat strategis ketika pemerintah mengalihkan Freeport dari perusahaan asing menjadi perusahaan nasional di bawah Kementerian BUMN. Tanpa pembentukan holding pertambangan pengambilalihan Freeport akan terbentur ke soal teknis legalitas korporasi.

"Mungkin di periode kedua Presiden Jokowi ini akan terbentuk holding Energi. PT Pertamina menjadi satu holding dengan PT Gas Negara. Pun itu belum bisa sepenuhnya disebut holding energi. PLN kelihatannya masih di luar holding energi itu," jelasnya.

Melihat dari kondisi tersebut maka tidak mudah membentuk holding seperti yang diributkan oleh Ahok. Setidaknya dibutuhkan 10 periode kepresidenan untuk sampai terbentuk seperti Tamasek.

"Kalau satu masa jabatan presiden bisa melahirkan dua holding, mungkin diperlukan 10 periode kepresidenan. Untuk bisa sampai ke terbentuknya superholding seperti Temasek. Itu pun kalau gelombang politik tidak berubah," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Ahok Sebut Direksi Pertamina Hobi Lobi Menteri, Ini Kata Kementerian BUMN

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama tersenyum usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama tersenyum usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana, Jakarta, Senin (9/12/2019). Pertemuan tersebut Presiden meminta agar memperbaiki defisit neraca perdagangan kita di sektor petrokimia dan migas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian BUMN menanggapi kritikan yang dilontarkan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok soal direksi perseroan yang hobi melobi menteri dan komisaris titipan kementerian.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, seluruh direksi dan komisaris di BUMN memang ditentukan oleh Kementerian BUMN, termasuk penunjukkan Ahok sendiri sebagai Komisaris Utama Pertamina.

"Soal komisaris di BUMN, ya, semua berasal dari Kementerian BUMN, termasuk Pak Ahok juga dari kita kan, dari kementerian BUMN, sementara yang lain, kan memang dari kita semua. Namanya juga BUMN, penugasannya dari kementerian BUMN gitu," kata Arya kepada awak media, Rabu (16/9/2020).

Kementerian BUMN, lanjut Arya, menghargai pernyataan Ahok sebagai Komisaris Utama di Pertamina dan urusan internal di dalamnya. Yang jelas, pihaknya selalu memberikan ruang untuk direksi dan komisaris melakukan komunikasi.

"Jadi kita tetap meminta mereka komunikasi dengan baik antara komisaris dan direksi, lah," ujarnya.

Ahok ini, direksi Pertamina punya hobi lobi-lobi menteri. Pergantian direktur juga dilakukan tanpa pemberitahuan kepada dirinya sebagai Komisaris Utama. Lalu, komisarisnya juga dinilai sebagai titipan.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris juga rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok, dikutip dari akun YouTube POIN. 

Ahok Sebut Direksi Pertamina Hobi Lobi Menteri

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menghadiri peluncuran buku 'Panggil Saya BTP: Perjalanan Psikologi Ahok Selama di Mako Brimob' di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin (17/2/2020). Buku tersebut mengisahkan pengalaman Ahok saat berada dalam tahanan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menghadiri peluncuran buku 'Panggil Saya BTP: Perjalanan Psikologi Ahok Selama di Mako Brimob' di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta, Senin (17/2/2020). Buku tersebut mengisahkan pengalaman Ahok saat berada dalam tahanan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau yang akrab dipanggil Ahok kembali mengutarakan temuannya soal kebiasaan direksi, komisaris dan dugaan manipulasi gaji di perusahaan pelat merah tersebut.

Menurut pria yang biasa dipanggil Ahok ini, direksi Pertamina punya hobi lobi-lobi menteri. Pergantian direktur juga dilakukan tanpa pemberitahuan kepada dirinya sebagai Komisaris Utama.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris juga rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok dikutip dari YouTube POIN, Rabu (16/9/2020).

Ahok bilang, untuk hal ini, dirinya akan membersihkan jalur birokrasi ini dengan lelang terbuka.

"Saya potong jalur birokrasi, Pertamina itu dulu naik pangkat mesti pakai kayak pangkat, Pertamina refference level orang mesti kerja sampai SVP bisa 20 tahun ke atas saya potong semua mesti lelang terbuka,"

Lalu, hal lainnya yang dikritisi Ahok ialah adanya dugaan manipulasi gaji. Ada beberapa pihak yang diduga masih menerima gaji dengan nominal yang sama padahal sudah tidak bertugas di jabatan yang bersangkutan.

"Orang yang dicopot dari jabatan Dirut anak perusahaan misalnya, gajinya Rp 100 juta lebih, masa dicopot tapi gaji masih sama, alasannya dia orang lama, harusnya kan gaji mengikuti jabatan Anda, tapi mereka bikin gaji pokok gede-gede semua," katanya.

"Jadi bayangkan orang kerja sekian tahun gajinya pokoknya Rp 75 juta dicopot gak ada kerjaan pun dibayar segitu. Gila aja nih," tandas Ahok.  

Viral, Ahok Bongkar Banyak Masalah di BUMN Pertamina dan Peruri

Konsumsi BBM saat Nataru alami kenaikan. (Doc : Pertamina)
Konsumsi BBM saat Nataru alami kenaikan. (Doc : Pertamina)

Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau yang biasa disapa Ahok mengkritisi kebijakan yang diambil direksi perseroan.

Ahok bilang, Pertamina memiliki kebiasaan meminjam utang untuk mengakuisisi kilang minyak di luar negeri. Padahal, menurutnya lebih baik Pertamina melakukan eksplorasi dalam negeri karena Indonesia masih punya potensi 12 cekungan yang menghasilkan minyak dan gas (migas).

Dirinya juga curiga kalau keputusan itu berkaitan dengan bagi-bagi komisi antar pihak.

"Sudah minjam duit USD 16 miliar, tiap kali otaknya minjam duit terus, saya sudah kesal. Minjam terus, akuisisi terus, kita masih punya 12 cekungan yang berpotensi minyak dan gas, ngapain di luar negeri? Jangan-jangan ada komisi," tandas Ahok, dikutip dari akun YouTube POIN, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, Ahok bilang, pembangunan kilang minyak saat ini tidak efisien. Menurutnya, ada beberapa investor yang serius berinvestasi kilang minyak dengan Pertamina. Namun, kilang-kilang tersebut belum juga dibangun.

Oleh karenanya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bakal mengadakan rapat membahas hal ini.

"Makanya nanti saya mau rapat penting soal kilang. Berapa investor yang sudah nawarin mau kerja sama didiemin? Sudah ditawarin kenapa ditolak? Kenapa kerja seperti ini?" katanya.

"Saya lagi mau audit (proyek kilang), cuma saya emosi juga kemarin. Mereka lagi mancing saya emosi, saya emosi laporin Presiden apa? Ahok mengganggu keharmonisan," imbuh Ahok.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Head to Head Shamrock Rovers Vs AC Milan: Siapa Terbaik di Pertemuan Pertama

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan akan bertandang ke markas Shamrock Rovers pada laga kualifikasi putaran kedua Liga Europa di Tallaght Stadium, Dublin, Jumat (18/9/2020) dini hari WIB.

AC Milan yang tampil cukup baik di kompetisi Serie A musim lalu, berambisi meraih hasil positif pada pertandingan nanti. Milan harus lolos ke babak kualifikasi ketiga, lalu menang di babak play-off (semuanya memakai sistem satu leg), sebelum berhak tampil di fase grup. Dan, Shamrock Rovers adalah rintangan pertama Milan menuju fase itu.

Sepintas, laga Shamrock bukan lawan sepadan AC Milan. Namun, Rossoneri tetap harus waspada terlebih mereka akan bermain di kandang sendiri.

Shamrock Rovers juga adalah tim peringkat 2 Liga Premier Irlandia 2019. Sedangkan AC Milan adalah peringkat 6 Serie A Italia 2019/20.

Saat ini skuat berjuluk Hoops tersebut, sedang memimpin Liga Irlandia dan punya peluang besar juara. Mereka mengantongi 29 poin, unggul delapan poin dari Bohemians. Sedangkan buat AC Milan ini adalah pertandingan kompetitif pertama mereka.

Belum Bertemu

Zlatan Ibrahimovic, Rafael Leao, dan Franck Kessie merayakan gol pertama AC Milan ke gawang Cagliari pada pekan ke-38 Liga Italia di San Siro, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB. AC Milan menang 3-0. (Spada/LaPresse via AP)
Zlatan Ibrahimovic, Rafael Leao, dan Franck Kessie merayakan gol pertama AC Milan ke gawang Cagliari pada pekan ke-38 Liga Italia di San Siro, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB. AC Milan menang 3-0. (Spada/LaPresse via AP)

Shamrock Rovers dan AC Milan belum pernah bertemu di kompetisi klub UEFA. Shamrock Rovers belum terkalahkan di kompetisi domestik, terakhir mereka kalahkan Cork City 3-0.

Skuat asuhan Stephen Bradley di babak kualifikasi menang adu penalti lawan Ilves (Finlandia) setelah imbang 2-2 di Dublin.

Sementara, Milan sukses memenangi 4 pertandingan uji coba musim panas ini. Menang 4-2 lawan Novara, kemudian mengalahkan Monza 4-1. Selanjutnya menang 5-1 atas Vicenza, serta taklukkan Brescia 3-1.

Lima Pertandingan Terakhir Shamrock

Shamrock 0-0 Shelbourne

Shamrock 2-2 Ilves

Shamrock 2-1 Cork City

Shamrock 1-0 Bohemians

Cork City 0-3 Shamrock

Lima Pertandingan AC Milan

Hakan Calhanoglu dan Zlatan Ibrahimovic menyumbang gol bagi AC Milan pada duel Liga Italia versus Lazio di Stadio Olimpico, Sabtu (4/7/2020) atau Minggu dini hari WIB. (AP Photo/Riccardo De Luca)
Hakan Calhanoglu dan Zlatan Ibrahimovic menyumbang gol bagi AC Milan pada duel Liga Italia versus Lazio di Stadio Olimpico, Sabtu (4/7/2020) atau Minggu dini hari WIB. (AP Photo/Riccardo De Luca)

AC Milan 3-0 Cagliari

AC Milan 4-2 Novara

AC Milan 4-1 Monza

AC Milan 5-1 Vicenza

AC Milan 3-1 Brescia

Perkiraan Susunan Pemain

Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic menggiring bola saat bertanding melawan Bologna pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro di Milan, Italia, Sabtu, (18/7/2020). AC Milan menang telak 5-1 atas Bologna. (AP Photo/Luca Bruno)
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic menggiring bola saat bertanding melawan Bologna pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro di Milan, Italia, Sabtu, (18/7/2020). AC Milan menang telak 5-1 atas Bologna. (AP Photo/Luca Bruno)

Shamrock Rovers (4-4-2): Alan Mannus; Liam Scales, Roberto Lopes, Danny Lafferty, Lee Grace; Jack Byrne, Ronan Finn, Aaron McEneff, Gary O'Neill; Aaron Greene, Graham Burke.

Pelatih: Stephen Bradley.

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Simon Kjaer, Matteo Gabbia, Theo Hernandez; Ismael Bennacer, Franck Kessie; Samu Castillejo, Hakan Calhanoglu, Brahim Diaz; Zlatan Ibrahimovic.

Pelatih: Stefano Pioli.

Simak Video AC Milan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tingkah Nyeleneh Mahasiswa Baru Saat Ospek Online

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 berdampak pada segala lini aspek kehidupan. Akibatnya, berbagai kegiatan mau tak mau dilaksanakan secara online atau daring.

Salah satu yang terkena dampaknya adalah bidang pendidikan, tak terkecuali kehidupan kampus.

Sehubungan dengan masa orientasi mahasiswa baru, Dikti telah mengeluarkan aturan khusus untuk ospek mahasiswa baru tahun 2020, yaitu ospek online atau daring.

Situasi semacam ini tentu menjadi hal baru bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, tak sedikit mahasiswa baru yang mengalami kendala hingga menjadi drama.

Artikel tentang 10 drama mahasiswa baru saat ospek online, siap-siap ketawa geli menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang enam tanda bos cuma memanfaatkan anda.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang bukan karena ada hantu, ini penyebab tubuh merinding.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Drama Mahasiswa Baru Saat Ospek Online, Siap-Siap Ketawa Geli

Drama mahasiswa baru saat ospek online. Sumber: Twitter/awkaruuuu
Drama mahasiswa baru saat ospek online. Sumber: Twitter/awkaruuuu

 

Berikut beberapa drama mahasiswa baru saat menjalani ospek online, mulai dari sibuk bermain TikTok, tertangkap kamera sedang tidur, hingga sedang disuapi oleh ibunya. 

Selengkapnya...

2. Perilaku Beracun, Ini 6 Tanda Bos Cuma Memanfaatkan Anda

Ilustrasi bos di kantor (istimewa)
Ilustrasi bos di kantor (istimewa)

Kita semua mencari penghargaan atas pekerjaan kita, akan tetapi kita juga mungkin tak selalu mendapatkan penghargaan yang pantas kita terima. Akan tetapi, akan menjadi sangat sulit ketika atasan Anda mulai meremehkan Anda.

Anda diberi pekerjaan pada jam-jam yang tak biasa, Anda menangani paling banyak pekerjaan namun dibebani lebih banyak pula, jangan lupa bahwa Anda juga diperlakukan dengan buruk. Faktanya, Anda berusaha tetap bertahan dengan harapan akan mendapat penghargaan atas apa yang Anda lakukan.

Hubungan semacam ini bisa menjadi sangat beracun dan bisa melemahkan harga diri serta kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, penting untuk melihat tanda-tanda bahwa atasan Anda hanya sebatas memanfaatkan Anda belaka.

Selengkapnya...

3. Bukan karena Ada Hantu, Ini Penyebab Tubuh Merinding

Ilustrasi Merinding (foto: Pixabay)
Ilustrasi Merinding (foto: Pixabay)

Banyak dari kamu yang tentu pernah merasa merinding secara tiba-tiba. Merinding atau dalam bahasa inggris disebut goosebumps terjadi ketika bulu-bulu di kulit berdiri tegak.

Merinding kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Banyak yang mengatakan jika tubuh merinding, bisa jadi hal tersebut lantaran adanya mahluk gaib di sekitar kita.

Namun nyatanya, hal tersebut salah besar. Ada alasan ilmiah yang menjadi penyebab tubuh mengalami merinding.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Aturan Blokir Ponsel BM Berbasis IMEI Mulai Berlaku

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang mulai berlakunya aturan pemblokiran ponsel BM berbasis IMEI, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (16/9/2020).

Tak hanya itu, artikel tentang harga laptop layar ganda ThinkBook Plus dan Apple jual lebih dari 500 juta iPad dalam 10 tahun terakhir juga menarik minat pembaca.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Aturan Blokir Ponsel BM Berbasis IMEI Berlaku Efektif, Ini Kata Pengamat

Pemerintah akhirnya memberlakukan pemblokiran berbasis International Mobile Equipment Identity (IMEI) terhadap ponsel ilegal, termasuk di dalamnya tablet dan komputer genggam. Aturan itu pada praktiknya mulai berlaku efektif 15 September 2020.

Dengan penerapan aturan, industri ponsel resmi dalam negeri harusnya akan mendapatkan dampak bagus.

Hal itu dituturkan oleh pengamat gadget, Lucky Sebastian, saat dihubungi oleh Tekno Liputan6.com, Rabu (16/9/2020).

Baca selengkapnya di sini

 

2. Hadir di Indonesia, Laptop Layar Ganda ThinkBook Plus Seharga Rp 23,9 Juta

Lenovo kembali meramaikan pasar laptop Tanah Air dengan merilis ThinkBook Plus.

Laptop bisnis dual-screen atau layar ganda ini bertujuan meningkatkan fokus dan produktivitas untuk memaksimalkan efisiensi multitasking melalui berbagai fitur.

General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto, mengatakan ThinkBook Plus hadir untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna dan perusahaan sekaligus.

Lenovo disebut mendesain ThinkBook Plus dengan penuh gaya, serta dapat membantu pengguna melakukan multitasking yang lebih baik dan dapat dikonfigurasi lebih personal.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Apple Jual Lebih dari 500 Juta iPad dalam 10 Tahun Terakhir

Apple menjual lebih dari 500 juta unit iPad dalam 10 tahun ini. Informasi ini diumumkan langsung CEO Apple Tim Cook dalam event Apple Time Flies yang digelar secara live streaming, dini hari.

Dalam ajang Apple Time Flies ini, Apple juga mengumumkan Apple Watch series generasi terbaru dan mengungkap kehadiran iPad dan iPad Air.

Mengutip The Verge, Rabu (16/9/2020), ini adalah pertama kalinya Apple mengungkap berapa banyak iPad yang berhasil, sejak November 2018.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ekspresi Bocah Gagal Makan Es Krim Ini Kocak Abis

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Video lucu ekspresi bocah laki-laki gagal makan es krim viral di media sosial. Seperti pasrah dengan apa yang ia hadapi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Barbados akan Copot Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negara

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barbados berencana akan menjadi republik seutuhnya tahun depan. Rencana ini diikuti dengan penggantian Ratu Elizabeth II dari posisi Kepala Negara Barbados.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Taman Hiburan Ikonis di Hong Kong Dibuka Kembali

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang mengunjungi Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020.  (Xinhua/Wang Shen)
Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang mengunjungi Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. (Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang mengunjungi Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. (Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang menaiki kereta gantung di Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020.  (Xinhua/Wang Shen)
Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang menaiki kereta gantung di Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. (Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang menaiki kereta gantung di Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. (Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang menaiki kereta gantung di Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020.  (Xinhua/Wang Shen)
Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang menaiki kereta gantung di Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. (Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan wisatawan yang sedang menaiki kereta gantung di Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. (Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan pemandangan Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. Xinhua/Wang Shen)
Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan pemandangan Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. Xinhua/Wang Shen)

Foto dokumentasi yang diabadikan dengan telepon seluler ini menunjukkan pemandangan Ocean Park di Hong Kong, China selatan, pada 15 Juni 2020. Xinhua/Wang Shen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Melahirkan, Chelsea Olivia Siap Umumkan Jenis Kelamin Calon Bayi

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis Chelsea Olivia saat ini sedang menikmati masa-masa kehamilan calon anak keduanya. Diketahui, usia kandungan istri Glenn Alinskie ini sudah masuk minggu ke-33 atau sudah delapan bulan. 

Artinya, tak lama lagi, dalam rumah Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie akan hadir anggota keluarga baru mereka. 

Namun, sejak mengumumkan kehamilan pada awal 2020 lalu, baik Chelsea Olivia maupun sang suami tak pernah memberitahu jenis kelamin calon bayinya. Dan akhirnya, tak lama lagi mereka pun akan mengumumkan jenis kelamin anak keduanya. 

 

Jenis Kelamin Bayi

(Instagram/chelseaolivia)
(Instagram/chelseaolivia)

Melalui instagramnya, Chelsea Olivia mengunggah foto selfienya dengan perut yang sudah semakin membesar. Dan mendekati kelahiran, Chlesea dan Glenn masih membuat teka-teki mengenai jenis kelamin bayinya.  

"33weeks pregnancy. Little bub is as big as a butternut squash. Btw sebentar lagi kita akan "Gender Reveal" menurut kamu adiknya Nastusha"Boy/Girl"? Are you Team Boy or Team Girl?," tulis Chelsea Olivia di instagram-nya. 

 

Mimpi

(Instagram/chelseaolivia)
(Instagram/chelseaolivia)

Sebelumnya, Chelsea Olivia mengaku sering memimpikan anak pertamanya, Nastusha, bermain dengan calon adiknya. Mimpinya begitu manis karena Nastusha sangat menyayangi adiknya. 

 

Tak Sabar

Bukan hanya Chelsea Olivia dan Glenn, rekan-rekan seleb pun rupanya sudah tak sabar apakah di perut Chelsea nantinya adalah bayi cowok atau cewek.  

"Yeaayyy @chelseaoliviaa," tulis Intan RJ dengan penuh emoji tepuk tangan dan wajah tersenyum.

"@chelseaoliviaa penasarannn... sehat2 sayanggg..," ujar Asmirandah yang juga nggak sabaran. 

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masker N95 Kosong, RSUD Sulbar Tolak Pasien

Posted: 16 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamuju - Kejadian tidak menyenangkan dialami oleh Asriati warga Kelurahan Rangas, Mamuju, Sulawesi Barat. Asriati yang menderita penyakit kulit itu ditolak RSUD Regional Sulawesi Barat karena petugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) kehabisan masker N95.

Ketua Yayasan Pegiat Seni Manakarra (YPSM) Mamuju Bachtiar Tasya yang mengantarkan pasien menceritakan, dia menjemput Asriati di kediamannya pada Rabu, 15 September 2020 sekitar pukul 13.00 Wita. Berdasarkan penyampaian pihak keluarga, dokter yang merawat pasien, bekerja di RS Mitra Manakarra dan RSUD Regional Sulawesi Barat.

"Awalnya saya bawa ke RS Mitra Manakarra, namun kamar penuh. Dokter kemudian menyarankan agar dirujuk RS Regional," kata Bachtiar kepada Liputan6.com, Rabu (16/09/2020).

"Sampai di IGD RS Regional, dokter jaga di sana mengatakan kami kehabisan masker di sini, sehingga tak bisa dirawat di sana," sambungnya.

Mendapati alasan yang tidak masuk akal, Bachtiar kemudian mempertanyakan alasan rumah sakit yang menolak pasien karena kehabisan masker. Karena menurutnya, jika hanya persoalan tidak ada masker, pihk IGD bisa pinjam di bagian lain, tidak langsung menolak pasien.

"Harusnya mereka terima dulu pasien, karena hasilnya tetap tidak bisa, ya sudah. Pasien kami bawa ke RSUD Mamuju meski dokter yang merwat tidak bekerja disana," ujar Bachtiar.

"Alhamduliiah RSUD Mamuju mau menerima pasien," tutupnya.

Penjelasan Pihak RSUD Sulbar

Sedangkan, Direktur RSUD Regional Sulawesi Barat dr Indahwati Nursyamsi membantah jika pihaknya menolak pasien tersebut, karena sebelumnya pihak rumah sakit sudah berkomunikasi dengan keluarga pasien. Namun, ketersediaan masker N95 pada saat pasien datang, memang sedang kosong.

"Petugas kami juga belum bisa menangani pasien, karena kulitnya melepuh semua, kondisi pasien tadi itu cukup parah. Penanganannya harus pakai APD, salah satunya masker itu," jelas Indahwati.

"Memang butuh penanganan secepat mungkin. Jadi kalau maskernya ditunggu dan cukup lama, akan memberatkan situasi pasien. Sehingga dokter yang merujuk tadi mengarahkan ke rumah sakit kabupaten," sambungnya.

Saat ini, menurut Indahwati, masker N95 sudah tersedia di RSUD Regional Sulawesi Barat. Dinas Kesehatan sudah memberikan bantuan masker, meskipun tidak dalam jumlah yang banyak dan pihaknya pun sudah melakukan pengadaan.

"Masker penggunaannya besar sekali. Tapi, tidak selalu koosng. Cuman kebetulan tadi, betul-betul kosong. Sehingga pelayanan terkendala," tutup Indahwati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditemukan Fosil Beruang Gua Zaman Es di Pulau Rusia, Kondisinya Utuh Terawetkan

Posted: 16 Sep 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Great Lyakhovsky - Para ilmuwan di sebuah universitas Rusia mengumumkan penemuan fosil beruang gua zaman es dalam kondisi yang sangat baik, dengan sebagian besar jaringan tulang lunaknya termasuk hidung, daging, dan giginya masih utuh.

Dalam sebuah pernyataan, sejumlah ilmuwan dari North-Eastern Federal University (NEFU) di Yakutsk menyatakan beberapa penggembala rusa kutub Pulau Great Lyakhovsky di kepulauan New Siberian Islands menemukan fosil di lapisan es yang mencair.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (17/9/2020), NEFU termasuk pusat utama penelitian terhadap mamut berbulu dan spesies prasejarah lainnya, pada jaman es.

Beberapa ilmuwan di pusat penelitian itu memuji hasil temuan fosil itu sebagai sebuah terobosan.

Sebelumnya, sejumlah pakar hanya meneliti tulang beruang gua. Spesies, atau subspesies yang hidup di Eurasia pada periode pertengahan dan akhir dari masa Pleistosen dan mengalami kepunahan sekitar 15.000 tahun yang lalu.

 

Berusia antara 22.000 dan 39.500 Tahun

Ilustrasi Ilmuwan, Peneliti, Penelitian, Laboratorium - Kredit: Freepik
Ilustrasi Ilmuwan, Peneliti, Penelitian, Laboratorium - Kredit: Freepik

Analisa awal menunjukkan spesimen itu berusia antara 22.000 dan 39.500 tahun, tetapi akan diberi penanggalan karbon untuk memastikan hal tersebut.

Beberapa tahun terakhir terjadi beberapa penemuan besar atas mammoth, badak berbulu, anak kuda pada jaman Es, beberapa anak anjing dan singa gua ketika lapisan es dalam lingkar kutub Arktik mencair.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Cincin, Ini 6 Potret Kebersamaan Elly Sugigi dan Kekasih Baru

Posted: 16 Sep 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hubungan asmara Elly Sugigi memang tak pernah luput dari sorotan publik. Ya, seperti diketahui aktris 48 tahun ini telah mengalami 4 kali kegagalan dalam berumah tangga. Meski pernah gagal dalam berumah tangga, namun Elly Sugigi tak pernah menutup hati.

Beberapa pria muda pun pernah jatuh dalam pelukan wanita yang aktris sekaligus pelawak ini. Pada akhir tahun 2019 lalu ia menjalin asmara dengan pria muda bernama Aditya Gumelar, namun hubungan keduanya kandas karena terhalang restu orangtua Aditya. 

Hubungan Elly Sugigi dan Adit kandas pada April 2020 lalu. Namun, nampaknya kini pelantun lagu 'Posting' ini sudah move on dan menemukan tambatan hati yang baru. Sambil menunjukkan cincin di jarinya, Elly Sugigi menuliskan caption romantis.

"Just you & me" tulis Elly Sugigi pada Rabu (16/9/2020). 

Dari laman Instagramnya, pemilik nama lengkap Elly Suhari ini tengah berpacaran dengan pria muda bernama Aher, seorang konsultan keuangan. Dalam beberapa kesempatan Elly pun membagikan momen manisnya bersama kekasih. 

Penasaran seperti apa momennya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Elly Sugigi dengan kekasihnya, Selasa (3/12/2019).

 

1. Sambil menunjukkan cincin di jari manis, Elly Sugigi mengunggah caption manis untuk kekasih.

Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)

2. Usai putus dari Aditya Gumelar, wanita 48 tahun kini tengah menjalin asmara dengan pria muda bernama Aher.

Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)

3. Dari laman Instagramnya Aher, kekasih pemilik nama lengkap Elly Suhari ini berprofesi sebagai konsultan keuangan.

Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)

4. Layaknya pasangan kekasih, ibu Ulfi Damayanti ini kerap menghabiskan waktu bersama Aher.

Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)

5. Pelawak sekaligus aktris ini tampil kompak dengan baju senada bersama kekasih.

Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Kekasih Baru (Sumber: Instagram//ellysugigi_real_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langgar Aturan PSBB, 9 Kantor dan 40 Rumah Makan di Jaktim Ditutup 3x24 jam

Posted: 16 Sep 2020 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Jakarta Timur menutup secara paksa operasional sembilan perusahaan dan 40 rumah makan di wilayahnya karena terbukti melanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penutupan dilakukan selama 3x24 jam. 

"Jumlah itu terhitung sejak PSBB lanjutan berlaku pada Senin hingga Rabu (14-16 September 2020) di 10 wilayah Jakarta Timur," kata Kasi Operasional Satpol PP Jakarta Timur Badrudin di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (17/9/2020).

Kantor yang diberikan sanksi penutupan operasional itu bergerak di berbagai sektor usaha non-esensial yang ditentukan dalam aturan PSBB. Perusahaan tersebut berskala nasional maupun mancanegara.

Badrudin mengatakan mayoritas pelanggaran adalah mempekerjakan karyawan di atas batas ketentuan maksimum 25 persen dari total jumlah pegawai.

"Ada yang sampai 50 persen lebih karena alasannya dia belum tahu tentang aturan Pergub 88 Tahun 2020 tentang PSBB," ujar Badrudin.

Sementara rumah makan yang ditutup melanggar ketentuan PSBB karena masih menerima serta melayani konsumen di tempat.

"Sesuai aturan, pesanan hanya boleh di bawa (take away) saja, tidak ada aktivitas di dalam," kata Badrudin.

Terhadap para pelanggar aturan PSBB itu, Satpol PP menempelkan segel keterangan "Tempat Ini Ditutup Sementara" di bagian depan bangunan.

 

Inspeksi 100-an Tempat Usaha

Kepala Satpol PP Jakarta Timur Budhy Novian menambahkan sejak awal PSBB perpanjangan, Senin (14/9), pihaknya sudah menyambangi 138 tempat usaha di Jakarta Timur.

"Ada 34 tempat usaha dikenakan sanksi tertulis. Perusahaan non-esensial yang melanggar ketentuan jumlah karyawan kita kenakan sanksi penutupan 3x24 jam," kata Budhy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Harmonisasi Produksi dan Sertifikasi Benih Hasil Kultur Jaringan

Posted: 16 Sep 2020 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Cianjur - Balai Besar Pengembangan dan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBPPMB-TPH) melakukan kunjungan kerja ke laboratorium Produksi Benih dan UPBS Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Badan Litbang Pertanian.

Kunjungan demi menggairahkan perkembangan teknik perbanyakan tanaman secara kultur jaringan. Balithi merupakan institusi Kementerian Pertanian (Kementan) memproduksi benih melalui teknologi perbanyakan massal kultur jaringan (kloning).

Kepala Balithi, Rudi Suhendi menjelaskan kultur adalah budidaya dan jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama.

Kultur jaringan berarti membudidayakan suatu jaringan tanaman menjadi tanaman kecil yang mempunyai sifat seperti induknya.

"Balithi memiliki penangkar-penangkar binaan yang mendapat rekomendasi untuk memperbanyak benih sumber bersertifikat klas Foundation Seed FS atau Label Putih," ungkap Kepala Balithi, Rudi Suhendi dalam sambutannya menerima kunjungan tim Jaringan Laboratorium Balai Besar PPMB-TPH, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan yang dikawal Kepala Bidang Informasi dan Jaringan Laboratorium, Tri Martini Patria, Rabu (16/9/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Jaringan Laboratorium , Tri Martini Patria menilai penting secapatnya guna menetapkan metode sertifikasi yang efisien dan akurat untuk benih-benih hasil teknologi tersebut.

Selain itu, penting juga mendiseminasikan pengembangan metode yang bisa diterapkan di laboratoriun-laboratorium lingkup Balai Pengawasan Sertifikasi Benih (BPSB) sehingga benih turunan yang dihasilkan bisa berlabel.

"Kultur jaringan untuk tanaman pangan biasa dilakukan untuk konservasi dan koleksi plasma nutfah atau Sumber Daya Gentik. Semua komoditas tanaman pangan bisa dikultur jaringan, yang sudah umum dilakukan diantaranya mengkoleksi kultur jaringan umbi-umbianan termasuk porang dalam rangka melestarikan kekayaan plasma nutfah; dan kultur embrio pada kacang-kacanganan termasuk kedelai," jelas dia.

 

Balai Besar Pengembangan dan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBPPMB-TPH) melakukan kunjungan kerja ke laboratorium Produksi Benih dan UPBS Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Badan Litbang Pertanian. Dok
Balai Besar Pengembangan dan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBPPMB-TPH) melakukan kunjungan kerja ke laboratorium Produksi Benih dan UPBS Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Badan Litbang Pertanian. Dok

Diskusi di aula Balithi diikuti pula para peneliti, teknisi litkayasa, dan PBT. Harmonisasi proses produksi dan sertifikasi Benih dijelaskan secara rinci semenjak evaluasi sumber benih sampai dengan pengujian di laboratorium.

Salah satu peneliti senior Balithi, Prof. Budi Marwoto mengatakan sumber benih harus jelas sehingga dengan demikian kepastian mutu genetik benih dapat dijamin.

Pemeriksaan lapangan produksi benih dilakukan dengan aturan yang jelas, disesuaikan dengan fase-fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

"Selama masa panen dan pascapanen juga dilakukan pengawasan sedemikian rupa sehingga benih yang dihasilkan tidak tercampur dengan varietas lainnya. Pemeriksaan gudang penyimpanan benih juga dilakukan. Pengujian laboratorium merupakan kegiatan yang mutlak harus dilakukan," tutur Budi.

Di tempat berbeda, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan Balai Besar PPMB-TPH dengan fasilitas 8 laboratorium yang terakreditasi BSN KAN serta ada dibawah naungan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan akan terus mengawal rangkaian proses produksi.

Selanjutnya mengawal rangkaian proses sertifikasi benih hasil kultur jaringan, yang berkaitan erat dengan pengujian elektroforesis/DNA (PCR, Elisa).

"Sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk selalu mengawal berjalannya segala sesuatu yang menunjang proses industri pertanian terlebih di masa pandemi yang belum kunjung berakhir ini, kami terus bersinergi melakukan inovasi peningkatan kualitas benih agar produksi terus meningkatkan," jelas Suwandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Kementan untuk Dorong Pekebun Tingkatkan Kualitas Kopi

Posted: 16 Sep 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian memberikan perhatian besar untuk peningkatan produksi atau ketersediaan komoditas pertanian termasuk  perkebunan hingga memiliki kualitas yang bernilai tambah dan berdaya saing di pasar dunia. 

Sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo agar seluruh jajaran Kementerian Pertanian mendorong petani agar dapat mengembangkan atau menggenjot produksi komoditas perkebunan.

Salah satu agenda dalam Nawacita adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik, dengan sub agenda peningkatan kedaulatan pangan yang salah satu sasarannya yaitu "1000 desa pertanian organik". Adapun untuk Tanaman Pangan 600 desa, Hortikultura 250 desa, dan Perkebunan 150 desa. 

Pengembangan desa pertanian organik pada subsektor perkebunan akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2015 s.d tahun 2019. Dimana tahapan dalam pelaksanaannya adalah penetapan CP/CL pada tahun 2015, tahapan inisiasi berupa sosialisasi dan pengadaan input/sarana prasarana produksi pada tahun 2016, penyiapan dokumen, persiapan sertifikasi, sertifikasi produk, dan apresiasi produk organik pada tahun 2017 s.d 2019. 

Berdasarkan informasi dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya diketahui bahwa BBPPTP Surabaya memiliki 7 kelompok tani binaan di kabupaten Lumajang yaitu 2 kelompok tani Desa organik dan 5 kelompok tani Kawasan organik dan siaga OPT dengan luas total seluruhnya mencapai 160 Ha dan merupakan areal terluas di indonesia untuk pertanian Organik, serta 1 Kelompok Tani pada Kegiatan Regu Pengendali OPT yang berada di Kecamatan Senduro. 

Dari 7 poktan hanya 2 poktan yang memiliki produk bubuk, Green Bean, Roast Been. Sebagian besar lahan kopi Desa Organik dan Kawasan Organik berada di wilayah perhutani, sehingga menyebabkan beberapa kendala dalam proses sertifikasi serta pengembangannya. 

Untuk meningkatkan kualitas kopi maka Kementerian Pertanian melalui BBPPTP Surabaya melaksanakan Bimtek Pasca panen kopi pada tanggal 8-9 September 2020, di Kelompok tani Tani Makmur Jaya Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Pertemuan diawali dengan penyampaian teori pasca panen kopi, kemudian dilakukan praktek. 

Pada kesempatan yang berbeda, Kresno Suharto Kepala Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya mengatakan, agar petugas balai baik PBT maupun POPT memberikan layanan kepada kelompok tani / masyarakat Perkebunan secara maksimal, mulai dari hulu hingga hilirnya. Jika petani menguasai hulu hilir maka insya Allah mereka akan sejahtera. 

"Diharapkan petani dapat menerapkan praktek pasca panen kopi sehingga rasa kopi akan meningkat dan nilai jualnya akan lebih tinggi," katanya.

 

Materi pasca panen dan proses pengolahan kopi

Kementerian Pertanian.
Kementerian Pertanian.

Kualitas kopi ditentukan oleh 60% budidaya, 30 % pasca panen dan pengolahan dan 10 % barista/penyeduh

Cacat Mutu Biji Kopi Indonesia

  1. 13,48 % Berlubang (Hama Bubuk Buah) 
  2. 36,94 % Hitam ( Petik Muda) 
  3. 7,85 % Pecah (Huller Kurang Tepat) 
  4. 37,70 % Warna  Coklat, Berkulit Ari, Bertutul-tutul  (Fermentasi Dan Huller KurangTepat) 
  5. 3,83 %  Berbatu, Bergelondong, Campur kerikil - tanah  (Sortasi Longgar)

Faktor yang mempengaruhi kualitas kopi

  • Varietas/Klon : Varietas tertentu dapat menghasilkan mutu fisik dan citarasa baik, akan tetapi ada juga sebaliknya
  • Tinggi Tempat Penanaman : Makin tinggi tempat penanaman mutu citarasanya akan semakin baik
  • Kejaguran Tanaman: Tanaman yang pertumbuhannya kurang sehat akan menghasilkan mutu fisik dan citarasa yang kurang baik.
  • Penggunaan Penaung : Tanaman kopi yang dinaungi cukup cita rasanya lebih baik dibanding dengan yang tanpa dinaungi 
  • Tingkat Serangan OPT : Serangan hama dan penyakit dapat menurunkan mutu fisik maupun citarasa kopi biji 
  • Mutu Petik Buah : Buah yang dipetik pada saat masak optimal mutu fisik dan citarasa lebih baik dibanding dengan buah yang dipetik racut 
  • Proses Pasca Panen: Pengolahan basah akan menghasilkan mutu lebih baik dibanding olah kering. Penyimpanan buah kopi yang kurang baik dapat menimbulkan cacat rasa
  • Pengolahan Kopi - Olah Kering: Natural, WineOlah basah: Semiwash, Fullwash, Honey

Menurut Waris, Ketua Kelompok Tani Tani Makmur Jaya, Desa Pasrujambe, Kec. Pasrujambe Lumajang, Pekebun antusias dan semangat untuk belajar proses pasca panen kopi, karena dengan mengolah kopi secara benar tentunya akan menambah pendapatan.

"Harapan kami agar selalu dibina, didampingi, dicarikan info pasar dan berharap juga alat pasca panen kopi. Karena ada beberapa kelompok tani yang dilatih belum memiliki alat pasca Panen," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Per 15 September, Subsidi Tambahan Bunga KUR Disalurkan ke 7,9 Juta Debitur

Posted: 16 Sep 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir melaporkan sampai dengan 15 September 2020 subsidi tambahan bunga KUR sudah diberikan kepada 7,90 juta debitur. Adapun dari jumlah debitur tersebut baki debet-nya mencapai Rp189,82 triliun.

"Realisasi sampai 15 September sebanyak 7,90 juta debitur dengan baki debet Rp189 triliun," katanya dalam webinar di Jakarta, Kamis (17/9).

Dia mengatakan, jika melihat dari data realisasi penerima KUR semua menunjukan penerima aktif terus bertambah. Sehingga tidak ada istilah bahwa subsidi KUR diberikan pemerintah tidak berjalan di lapangan. Meskipun penerima KUR aktif sekarang mencapai 7,25 debitur.

"Yang tidak dapat ini karena kolektibilitas tidak lancar karena dapat subsidi bunga sebelumnya kolektibilitasnya 1 dan 2 berpengaruh kepada seberapa besar debitur yang mendapatkan subsidi bunga," jelas dia.

Di samping itu pihaknya juga mencatat penundaan angsuran pokok paling lama 6 bulan sudah diberikan kepada 1,37 juta debitur dengan baki debet mencapai Rp 44,67 triliun.

Adapun dari jumlah itu meliputi perpanjangan waktu diberikan kepada 1,37 juta debitur dengan baki debet Rp43,77 triliun dan penambahan limit plafon KUR diberikan kepada 15 debitur dengan baki debet Rp2,46 miliar.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Pemerintah Target Penyaluran KUR Capai Rp 230 Triliun di 2021

Pekerja memotong tahu yang baru dicetak di industri rumahan kawasan Jakarta, Selasa (17/12/2019). Pemerintah juga menaikkan plafon penyaluran KUR plafon secara signifikan 36% dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja memotong tahu yang baru dicetak di industri rumahan kawasan Jakarta, Selasa (17/12/2019). Pemerintah juga menaikkan plafon penyaluran KUR plafon secara signifikan 36% dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di tahun depan sebesar Rp 230 triliun. Angka ini meningkat dibandingkan target pada 2020 yang hanya sebesar Rp190 triliun.

"Ekkspansi KUR terus, di mana target tahun ini Rp 190 triliun, tahun depan ditargetkan menjadi Rp230 triliun," katanya dalam acara diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9).

Airlangga menyebut, realisasi KUR bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus mengalami peningkatan. Di mana, data per Agustus realisasinya sudah mencapai Rp103,17 triliun dari target tahun ini sebesar Rp190 triliun.

"Dan jumlah debiturnya 3 juta orang. Artinya ini program di UMKM terkait dengan relaksasi dari pembayaran bunga yang disusbidi pemerintah sduah berjalan," kata dia.

Sevelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir menyatakan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di 2020 akan lebih rendah dari target. Pemerintah mematok penyaluran KUR di tahun ini mencapai Rp190 triliun.

Menurut Iskandar, berdasarkan hasil rapat komite terbaru realisasi penyaluran KUR sepanjang 2020 diperkirakan hanya mencapai Rp160 triliun. Penurunan ini karena adanya pandemi Covid-19.

"Diperkirakan KUR tahun ini tidak mencapai target. Berdasarkan rapat komite terakhir diperkirakan KUR terealisasi hanya Rp160 triliun walaupun ditetapkan Rp 190 triliun akibat Covid-19 ini," katanya dalam webinar via YouTube, Rabu (15/7).

Menurutnya rendahnya realisasi KUR ini diakibatkan oleh sejumlah perbankan mengalami kendala dalam penyaluran di tengah pandemi ini. Beruntung, kini sudah ada lembaga keuangan yang bisa diandalkan untuk mempercepat proses penyaluran KUR.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Diduga Pelaku Mutilasi di Apartemen Kalibata City

Posted: 16 Sep 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi berhasil menangkap pelaku mutilasi pria di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan. Saat ini pelaku sudah di amankan ke Polda Metro Jaya.

"Pelaku ditangkap Polda (Metro Jaya) di Depok, sekarang ngambil mayat dan pelaku sudah dibawa ke Polda," ujar Kanit Reskrim Polres Pancoran Iptu Supardi saat dikonfirmasi, Rabu (16/9/2020).

Supardi menjelaskan bahwa mayat tersebut ternyata telah disimpan beberapa hari oleh pelaku di lantai 16 Apartemen Kalibata City. Kemudian polisi telah membawa jenazah sekitar pukul 18.30 WIB.

"Iya mutilasi, tempat kejadian perkara di Mansion Jakarta Barat. Di sini cuma taruh korban doang," jelasnya.

Sampai saat ini polisi masih mendalami guna mengatahui identitas korban dan motif pelaku memutilasi korbannya.

 

Pelaku Diduga Lebih dari Satu

Kapolsek Pancoran Kompol Johanis Soeprijanto menyampaikan Apartemen Kalibata City hanyalah lokasi pembuangan. Sementara, pembunuhannya terjadi di kawasan Jakarta Pusat.

Soeprijanto menjelaskan upaya pelaku menghilangkan jejak. "Nantinya akan dikubur disurati di tempat," ucap dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, penyelidikan sementara pelaku mutilasi diduga lebih dari satu orang.

"Setelah didalami identitas pelaku sudah diketahui. Pelakunya lebih dari satu ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (16/9/2020).

Saksikan Video Terkait Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelurahan dengan Kasus Positif COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 16 September 2020

Posted: 16 Sep 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 62 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 16 September 2020. Total kasus positif COVID-19 di Surabaya mencapai 13.350 orang.

Sementara itu, pasien dinyatakan sembuh dari COVID-19 di Surabaya bertambah 75 orang menjadi 11.080 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 di Surabaya tembus 1.000 orang. Pasien meninggal karena COVID-19 bertambah empat orang menjadi 1.003 orang.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 1.267 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Kamis (17/9/2020).

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 16 September 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 1.913 orang

Sembuh: 1.625 orang

Meninggal: 132 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.580 orang

Sembuh: 1.272 orang

Meninggal: 153 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.164 orang

Sembuh: 1.850 orang

Meninggal: 177 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.199 orang

Sembuh: 3.517 orang

Meninggal: 274 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.494 orang

Sembuh: 2.816 orang

Meninggal: 267 orang

10 Kelurahan dengan Kasus Positif COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 16 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 345 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 275 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 226 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 213 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 199 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 194 orang

7.Kelurahan Morokrembangan: 188 orang

8.Kelurahan Putat Jaya: 183 orang

9. Kelurahan Kemayoran: 177 orang

10.Kelurahan Sidotopo Wetan: 175 orang

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kak Seto Blak-Blakan di Depan Bamsoet, Ungkap Pernah Ditawari Menteri

Posted: 16 Sep 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet kembali mengajak tokoh masyarakat untuk Ngobrol Asyik (Ngobras) dan Ngomong Politik (Ngompol) dalam kanal Youtubenya, Bamsoet Channel. Kali ini Bamsoet Ngobras sampai Ngompol bersama Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi (Kak Seto). Melalui dialog seru sambil bernyanyi di studio Podcast Kak Seto, terkuak misteri di balik rambut berponi Kak Seto yang tak pernah ia rubah. Selain karena menggemari The Beatles, gaya rambut poni Kak Seto ternyata juga untuk menutupi bekas luka jahitan karena pernah terjatuh waktu kecil.

"Tak banyak yang tahu, Kak Seto punya kisah hidup yang penuh perjuangan. Ia pernah menjadi gelandangan dan tidur di emperan, hingga akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan sebagai office boy lalu menjadi asisten Pak Kasur dan Ibu Kasur di usianya yang ke-18 tahun. Karena masa sulitnya di saat remaja itulah, yang menjadi salah satu alasannya mengabdikan diri di dunia anak-anak. Menjadi pengayom agar anak Indonesia bisa mendapatkan cinta dan perhatian," ujar Bamsoet usai Ngobras sampai ngompol bersama Kak Seto, di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Ketua DPR RI ke-20 ini menceritakan, salah satu titik balik hidup Kak Seto terjadi saat dirinya bekerja sebagai asisten Bu Kasur, isteri dari Pak Kasur. Pasangan suami istri tersebut merupakan tokoh pendidikan anak Indonesia. Pendiri TK Mini di Jakarta yang punya banyak acara TV mengedukasi anak-anak, sekaligus juga pencipta lagu anak. 

"Sebelum wafat, Pak Kasur mengamanahkan kepada Kak Seto untuk momong anak-anak Indonesia. Dari mereka berdualah, Kak Seto mendapat banyak pengaruh baik. Ini menandakan jika kita ingin menjadi orang baik, bergaulah dengan orang baik juga," cerita Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, Kak Seto bahkan pernah beberapa kali ditawari menjadi menteri. Namun dirinya memilih untuk tetap di lajur yang sejak dahulu ditekuni. Menjadi sahabat dan selalu dekat dengan dunia anak-anak.

"Berada di luar sistem pemerintahan, bukan berarti Kak Seto tidak mau ikut ambil bagian dalam memajukan pendidikan Indonesia. Ia selalu memberikan banyak pemikiran bernas. Ia tak pernah letih mengingatkan agar sistem pendidikan harus selalu mengedepankan etika dan estetika. Sistem pendidikan juga tak boleh kehilangan akar nasionalisme yang mengajarkan kepada setiap peserta didik untuk selalu mencintai Tanah Air," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengungkapkan, Kak Seto juga selalu menekankan bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah haruslah menggembirakan. Karenanya guru tak hanya sekadar mengajarkan mata pelajaran dari buku tetapi juga harus mendidik, harus kreatif menggali minat sang anak dengan menghidupkan suasana kelas.

"Terlebih di situasi pandemi Covid-19 yang membuat sistem pembelajaran menjadi jarak jauh menggunakan media daring. Guru harus kreatif agar para peserta didik tidak bosan. Memang tak mudah bagi guru, peserta didik, maupun orang tua menghadapi hal ini. Namun kita semua tak boleh menyerah, demi masa depan anak-anak kita," ungkap Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini memaparkan, dalam skala kenegaraan Indonesia memiliki Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai tempat bermusyawarah mencari mufakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan kebangsaan. Menurut Kak Seto, dalam keluarga pun harus ada MPR, yakni Majelis Permusyawaratan Rumah Tangga, sebagai wadah menyelesaikan berbagai persoalan rumah tangga.

"Maksudnya, para orang tua seyogyanya melibatkan anak-anak berdiskusi berbagai persoalan di rumah dengan cara bermusyawarah. Biarkan pula anak-anak mengisi hari-hari mereka dengan keceriaan melalui aktifitas belajar dan bermain," pungkas Bamsoet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: