Kamis, 03 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cerita Kartika Putri Ganti Ban Mobil, Begini Reaksi Suami

Posted: 03 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan rumah tangga Kartika Putri dengan suaminya Habib Usman bin Yahya penuh dengan kegembiraan. Tak jarang keduanya kerap membagikan kegembiraan satu sama lain. 

Terbaru saat Habib Usman Bin Yahya mengunggah video Kartika Putri sedang memompa ban mobil. Aksi kocak Kartika Putri ini membuat Habib Usman tertawa.

Seperti apa kisah kehidupan rumah tangga Habib Usman dan Kartika Putri, berikut ceritanya.

 

Tukang Tambal Ban

Kartika Putri saat mengganti ban mobil
Kartika Putri saat mengganti ban mobil

Dalam video tersebut, tampak Habib Usman dan Kartika Putri sedang berada di SPBU. Mereka kemudian memarkir kendaraan untuk memompa ban dengan alat yang tersedia. Lucunya, Kartika Putri yang justru melakukan pekerjaan tersebut.

"Lakinya enggak bisa ngompa ban, untung bininya dulu tukang tambal ban," kata Kartika Putri dalam akun instagram terverifikasi miliknya @kartikaputriworld.

 

Tertawa 

Kartika Putri saat mengganti ban mobil
Kartika Putri saat mengganti ban mobil

Habib Usman kemudian memberikan tutup pentil ban kepada sang istri. Dia pun tampak tertawa melihat aksi sang istri

"Emang kurang apa coba dia dapet kita kan enggak rugi," kata Kartika Putri kepada sang suami.

 

Pentil Ban

"Eh tadi yang pegang pentil siapa," kata Habib Usman.

"Lakinya cuma megang pentil doang, anaknya lihat kerjaan emaknya," kata Kartika yang melihat anaknya tertawa.

 

Alasan Habib 

Kartika Putri justru kembali berseloroh. Dia menyebut berkat itulah justru dirinya diterima Habib Usman meski tidak bisa memasak.

"Ini alasan Habib terima aku ga bisa masak krn aku bisa pompa ban huahahahhahaa..#jadiistriharusserbabisa #lagibelajarmasak," tulis Kartika Putri.

 

Warganet Tertawa 

Postingan Kartika Putri langsung banyak mendapat komentar dari warganet dan rekan artis. Mereka tertawa melihat aks Kartika Putri.

"Yaa Alloh Mba karput lucu banget sich.. Ngakak terus aku klo liat mba nya," tulis @ehasujana.

"Hihii Masyaa Allah tabarakallah sangat gemussh yaa Allah selalu sakinah mawaddah warahma aamiin," tulis @shariayu_.

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Pusat-Daerah Perlu Kompak Soal Pengembangan Karir PNS

Posted: 03 Sep 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah kini tengah menyempurnakan kebijakan mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) nasional guna memantapkan penyelenggaraan otonomi daerah. Program ini nantinya bakal memberikan peluang karir bagi PNS di instansi daerah untuk bisa menduduki jabatan pimpinan tinggi di pusat.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik menyatakan, implementasi mutasi JPT nasional di lingkup pemerintah daerah (pemda) tentu harus diawali dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap JPT pemda yang akan/telah menduduki jabatan 5 tahun sebagai dasar kebijakan.

"Ini bisa menjadi pijakan bagi kebijakan tour of duty (mutasi jabatan) bagi JPT di masing-masing daerah. Tentunya pemerintah harus menyiapkan instrumen untuk memetakan kompetensi," ujar Akmal dalam keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020).

Mutasi JPT Pemda, lintas pemda dan/atau instansi pusat dimaknai sebagai jalur karir lanjutan. Namun tidak bisa dipungkiri, saat ini masih ada disparitas atau gap di dalam pembinaan SDM aparatur di daerah.

Oleh karenanya, pemerintah pusat disebutnya harus bisa meyakinkan pejabat pembina kepegawaian (PPK) di tingkat daerah (kepala daerah) bahwa mutasi JPT nasional merupakan kebijakan nasional yang harus disukseskan bersama. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak ada kesenjangan kompetensi JPT antar daerah.

Menurut dia, ini merupakan sebuah kunci yang bisa dipakai agar kebijakan mutasi JPT nasional bisa disepakati sebagai sebuah langkah bersama dalam menghadirkan PNS berkualitas di Indonesia.

"Otonomi daerah tidak boleh menjadi sumber bagi hadirnya disparitas kualitas SDM dan segmentasi birokrasi yang menyebabkan kita terkotak kotak dalam kelompok-kelompok yang tidak produktif," tegas dia.

Terkait dengan kesenjangan kompetensi, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN), Purwanto, mengungkapkan hasil pemetaan potensi dan kompetensi PNS tahun 2018 dan 2019.

Merujuk pada pemetaan tersebut, ditemukan bahwa inovasi merupakan kompetensi terendah yang dimiliki oleh PNS.

 

Kompetensi Terendah Lainnya

Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Aktivitas pegawai pada hari pertama kerja di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Badan Kepegawaian Daerah, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). PNS di lingkungan Pemprov DKI kembali mulai bekerja di kantor dengan sistem shifting. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Adapun 4 kompetensi terendah lainnya setelah inovasi yakni planning organizing, kemampuan eksekusi/menyelesaikan tugas (driving for result), kepemimpinan tim (team leadership), dan manajemen konflik.

Untuk 4 kompetensi tertinggi yang dimiliki PNS antara lain integritas, stakeholder focus, mengelola keberagaman (managing diversity), dan wawasan kebangsaan.

"Untuk itu harusnya pada saat kita melakukan pemetaan tahun 2020, kompetensi terendah ini harus menjadi kurikulum untuk meningkatkan kompetensi ASN yang bersangkutan. Sehingga tidak hanya terjebak dalam kompetensi teknis saja," ungkap dia.

Purwanto juga mengingatkan kepada setiap instansi pemerintah harus sudah memiliki basis data talenta (talent database).

Instansi pemerintah harus menyelesaikan pemetaan talenta ASN sekaligus menyampaikan talent database kepada BKN untuk nantinya akan diintegrasikan ke dalam sistem informasi kepegawaian.

Data yang sudah terkumpul dapat dimanfaatkan oleh instansi untuk menyusun profil PNS. "Jika mimpi kita bahwa manajemen talenta itu sebagai basis karier untuk setiap pegawai berarti kita harus selesaikan database-nya," imbuh Purwanto.

Dalam menyusun database ini diperlukan standar yang sama bagi lembaga assessment pemerintah yang melakukan penilaian potensi dan kompetensi PNS.

Perlu dilakukan pembinaan pada lembaga assessment instansi pemerintah pusat dan daerah agar validitas data hasil assessment, informasi kinerja, informasi kompetensi, dan informasi kepegawaian lainnya memiliki standar yang sama. Sehingga seluruh sistem informasi kepegawaian bisa terintegrasi dengan data yang saling mendukung.

"Kalau metodenya berbeda, bagaimana kita mau mengintegrasikan. Yang harus kita kawal adalah metode penilaian kompetensi dan asesornya agar bisa dilakukan integrasi data," tutup Purwanto

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ansar-Marlin Jadi Pasangan Pertama yang Daftar di KPU Tanjungpinang

Posted: 03 Sep 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad dan Marlin Agustina menjadi pasangan pertama yang mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Basuki Rahmat, Kota Tanjungpinang, Jumat (4/9/2020). 

Keduanya tiba pada pukul 08.30 WIB dengan didampingi oleh elit parpol koalisi dan sejumlah simpatisan.

Ansar tampak mengenakan setelan baju kurung melayu putih lengkap dengan kopiah dan kain songket. Sementara, Marlin mengenakan baju kebaya putih. 

Pasangan yang diusung NasDem, Golkar, PAN, dan PPP ini juga disambut dengan arak-arakan kompang dan barongsai.

Sebelum masuk ke kantor KPU, petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh Ansar-Marlin dengan thermal scanner dan menyemprotkan cairan hand sanitizer. 

Ansar bersama wakilnya mengaku optimistis dapat menang pada Pilgub Provinsi Kepri 2020 dengan mengusung visi-misi pemulihan ekonomi dan memperkuat literasi sosual masyarakat.

"Target kami menang sebesar-besarnya," tuturnya dilansir Antara

 

Berkas Ansar-Marlin Lengkap

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati menyatakan, seluruh berkas pendaftaran Ansar-Marlin sudah lengkap dan memenuhi syarat.

"Maka dari maka kami mengeluarkan berita acara serah terima berkas pendaftaran serta surat pengantar untuk pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani," ujar Sriwati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Korupsi RTH Bandung Lewat Wali Kota Oded Muhammad Danial

Posted: 03 Sep 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah intens mendalami kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Pemerintah Kota Bandung tahun 2012 dan 2013.

Tim penyidik pada hari ini, Jumat (4/9/2020) menjadwalkan memeriksa Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial. Wali Kota Oded akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dadang Suganda.

"Hari ini, Jumat (4/9/2020) KPK juga menjadwalkan pemeriksaan Oded Mohammad Danial. Bertempat di Polrestabes Bandung," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi.

Ali mengatakan, pemeriksaan terhadap Oded juga berkaitan dengan pengembangan dalam kasus ini. Ali mengatakan, tim penyidik tengah mengumpulkan alat bukti dugaan tindak pidana korupsi lain yang dilakukan Dadang Suganda.

"Terkait pengembanganan perkara diantaranya melalui pemeriksaan saksi-saksi yang di duga mengetahui adanya perbuatan pidana lain yang di lakukan oleh tersangka DS," kata Ali.

Selain Oded, tim penyidik juga memeriksa13 saksi lainnya, yakni Iis Aisyah (Ibu Rumah Tangga), Dedih (Karyawan Swasta), Dayat (Petani), Okib (Petani) Iis Amas (Ibu Rumah Tangga), Juju Juangsih (Pedagang), Ombik (Petani), Noneng Kurniasih (Ibu Rumah Tangga), Rasmanah (Wiraswasta), Tinny Kurniati (Ibu Rumah Tangga), Eme/Ahli Waris (Petani), Warma/Ahli Waris (Petani), dan Imik/Ahli Waris (Ibu Rumah Tangga).

"Mereka semua akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DS," kata Ali.

Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Lahan

Dadang Suganda merupakan tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung. Dadang diduga makelar tanah yang mendapatkan keuntungan sekira Rp 30 miliar dalam proses jual-beli tanah untuk proyek RTH Bandung.

Sebelum Dadang, KPK telah lebih dulu menetapkan tiga tersangka dalam perkara ini. Ketiganya yakni, mantan Kadis Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Bandung, Herry Nurhayat (NH); serta dua mantan Anggota DPRD Kota Bandung, Tomtom Dabbul Qomar (TDQ) dan Kadar Slamet (KS).

KPK menyebut, alokasi anggaran yang dikeluarkan untuk RTH sebesar Rp 123,9 miliar yang terdiri dari belanja modal tanah dan belanja penunjang untuk enam RTH. Dua di antaranya yakni RTH Mandalajati dengan anggaran Rp 33,445 miliar dan RTH Cobiru dengan anggaran Rp 80,7 miliar.

Diduga, TDQ dan KS meminta penambahan anggaran. Keduanya juga diduga sebagai makelar dalam pembebasan lahan. Sedangkan Herry, selalu pengguna anggaran membantu proses pencairan anggaran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Honeymoon Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo, Romantis

Posted: 03 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menikah pada 7 Juli 2020, pasangan selebriti Dinda Hauw dan Rey Mbayang tak lepas dari perhatian warganet. Pertemuan mereka yang melalui proses taaruf membuat tidak sedikit warganet yang mengagumi pasangan ini. Momen manis kebersamaan mereka pun kerap diunggah keduanya di akun Instagram ataupun kanal YouTube.

Setelah menikah, Dinda Hauw dan Rey Mbayang disibukkan dengan jadwal syuting film Cinta Subuh. Jadwal syuting film yang begitu padat membuat pasangan ini kerap habiskan waktu bersama di lokasi syuting dan membuat keduanya pun harus menunda bulan madu.

Namun, baru-baru ini Dinda Hauw dan Rey Mbayang membagikan potret manis keduanya saat bulan madu di Labuan Bajo. Keromantisan Dinda dan Rey yang dibagikan di akun Instagram ini sukses membuat warganet merasa gemas.

Dua bulan setelah resmi menjadi suami istri, pasangan yang terpaut usia 2 tahun ini semakin romantis dan curi perhatian. Tak sedikit warganet yang mendoakan agar setelah pulang dari bulan madu, Dinda dan Rey membawa kabar bahagia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret bulan madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo, Jumat (4/9/2020).

1. Setelah 1 bulan lebih disibukkan dengan jadwal syuting, Dinda Hauw dan Rey Mbayang akhirnya bisa bulan madu.

Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/reinsupport)
Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/reinsupport)

2. Pasangan yang menikah pada 7 Juli 2020 ini memilih Labuan Bajo untuk bulan madu.

Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/reinsupport)
Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/reinsupport)

3. Keromantisan Dinda dan Rey saat bulan madu ini sukses menarik perhatian warganet.

Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/rey_mbayang)
Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/rey_mbayang)

4. Selain warganet, tak sedikit rekan artis yang merasa gemas dengan kebersamaan Dinda Hauw dan Rey Mbayang.

Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/rey_mbayang)
Potret Bulan Madu Dinda Hauw dan Rey Mbayang di Labuan Bajo. (Sumber: Instagram.com/rey_mbayang)

5. Pasangan yang terpaut usia 2 tahun ini pun kerap membagikan momen manis keduanya di Labuan Bajo di akun Instagram.

6. Ini adalah potret manis Dinda dan Rey saat berada di puncak Pulau Padar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Beri Diskon 75 Persen untuk UMKM yang Ingin Tambah Daya

Posted: 03 Sep 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memberikan keringanan Biaya Penyambungan (BP) tambah daya sebesar 75 persen kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menegah (IKM) dalam program Super Merdeka UMKM/IKM.

Pemberian diskon tersebut mulai berlaku sejak Jumat hari ini, 4 September 2020 hingga 3 Oktober 2020.

Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan Bob Saril mengatakan, program ini memberikan keringanan bagi pelanggan golongan tarif bisnis dan industri tegangan rendah, mulai dari daya 450 VA hingga daya 13.200 VA dengan pilihan daya akhir sampai dengan daya 16.500 VA.

"Ini sebagai wujud PLN hadir ditengah masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM dan IKM. Hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan biaya tambah daya yang super ekonomis demi membantu dalam meningkatkan produktivitas UMKM dan IKM ditengah pandemi," ungkapnya di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Bob Saril menyampaikan, mengingat UMKM/IKM merupakan tulang punggung (backbone) kegiatan ekonomi pada saat ini, layanan Super Merdeka merupakan kepekaan PLN kepada pelanggan UMKM/IKM yang membutuhkan listrik untuk kegiatan bisnisnya.

"Kami ingin memberikan ruang lebih besar kepada para pelanggan UMKM/IKM dari Sabang sampai Merauke untuk bisa meningkatkan bisnisnya dengan layanan yang super murah ini," sambung Bob.

Adapun bagi pelanggan yang ingin menikmati promo Super Merdeka UMKM/IKM, dapat menghubungi PLN melalui Contact Center PLN 123, yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, e-mail pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, website www.pln.co.id, aplikasi PLN MOBILE, serta melalui Kantor Unit Layanan Pelanggan PLN terdekat.

PLN Targetkan Pendapatan Rp 391,6 Triliun di 2021

Petugas PLN memperbaiki Menara Sutet di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Petugas PLN memperbaiki Menara Sutet di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Zulkifli Zaini menargetkan pendapatan mencapai Rp391,6 triliun pada 2021. PLN juga menargetkan beban mencapai Rp378,2 triliun tahun depan.

"Dalam rangka mencapai posisi kinerja keuangan tahun 2021 yang sehat sehingga keberlanjutan operasional terus berjalan yaitu dengan pendapatan Rp391,6 triliun dan beban Rp378,2 triliun," ujarnya, Jakarta, Selasa (25/8).

PLN menyiapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pendapatan tersebut. Pertama, di tengah pandemi Covid-19 PLN berupaya meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan penjualan listrik untuk pelanggan besar.

"Kami berupaya meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan penjualan listrik untuk pelanggan besar dengan harapan keinginan pelanggan terpenuhi dan melakukan kajian demand pelanggan besar," jelasnya.

Langkah kedua adalah, meningkatkan penjualan listrik untuk pelanggan melalui program promo pemasaran serta menjaga kecukupan pasokan listrik. Selanjutnya, PLN juga akan memberikan tarif kompetitif bagi pelanggan industri sehingga mendorong konsumsi listrik dan mendorong roda perekonomian.

"Sementara itu, upaya meningkatkan efisiensi yaitu dengan cara mengoptimalkan bauran energi melalui produksi listrik non BBM," tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Ungkap Cara Paling Mudah Agen Radikalisme Masuk ke Lembaga: Good Looking

Posted: 03 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Menag Fachrul Razi mengungkap cara-cara agen paham radikal menyusup masuk ke dalam sebuah lembaga. Salah satunya bisa melalui para calon aparatur sipil negara (ASN).

Maka dari itu dia menyarankan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) bisa menyaring para calon aparatur sipil negara (ASN).

"Kalau kita bicara tentang radikalisme ASN, maka banyak tempat yang perlu kita waspadai. Tempat pertama adalah pada saat dia masuk, kalau tidak kita seleksi dengan baik, khawatir kita benih-benih atau pemikiran-pemikiran radikal itu akan masuk ke pemikiran ASN," ujar Menag dalam webinar, Kamis (4/9/2020) dilansir Antara

Meskipun Kementerian Hukum dan HAM sudah tidak lagi menetapkan sebuah organisasi sebagai organisasi terlarang, menurut Menag, jika dalam organisasi tersebut terdapat paham radikal, maka lebih baik tak menerima anggotanya menjadi ASN.

Menag Fachrul mencontohkan paham khilafah. Menurutnya tidak pernah ada Undang-undang yang melarang paham khilafah berkembang di Indonesia. Termasuk juga belum pernah ada fatwa dari majelis ulama yang melarang paham khilafah.

Kemungkinan kedua, kata Menag, agen radikalisme menyusup di lembaga pendidikan. Untuk itu perlu dilakukan seleksi ketat kepada para pegawai di sebuah lembaga pendidikan, termasuk guru pengajar.

Paham radikalisme juga bisa masuk melalui rumah ibadah. Fachrul menyebut, banyak peluang bagi para agen radikalisme masuk ke rumah-rumah ibadah di kementerian.

"Saya pernah mengingatkan seorang menteri, karena saya pernah salat Jumat di tempat itu. Mohon maaf kalau saya bilang salat Jumat, bukan berarti kalau radikal itu hanya Islam saja, bukan. Saya salat Jumat di masjid itu saya terkejut saya WA menteri yang bersangkutan 'ini bahaya sekali nih, di situ khotbah-nya menakutkan banget itu, kok bisa seperti itu masuk di kita," kata Menag Fachrul

 

Memiliki Wajah yang Menarik

Menag pun mengungkap cara paling mudah agen radikalisme masuk ke sebuah lembaga, atau rumah ibadah. Salah satunya memiliki wajah yang menarik.

"Cara masuk mereka gampang, pertama dikirimkan seorang anak yang good looking, penguasaan bahasa Arab bagus, hafiz, mulai masuk, ikut-ikut jadi imam, lama-orang orang situ bersimpati, diangkat jadi pengurus masjid. Kemudian mulai masuk temannya dan lain sebagainya, mulai masuk ide-ide yang tadi kita takutkan," kata Menag.

Maka dari itu, dia mengatakan sudah menyepakati dengan Menteri PAN-RB untuk mewaspadai menyusupnya agen radikalisme di kementerian dan rumah ibadah di lingkungan kementerian.

"Semua rumah-rumah ibadah di lingkungan institusi pemerintah, pengurusnya harus pegawai pemerintah. Tidak boleh ada masyarakat di situ ikut jadi pengurus di sana. Dengan demikian juga penceramah-penceramahnya diambil dari mereka-mereka yang kita yakini bicaranya tidak aneh-aneh," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen Unilever Tinggalkan Bahan Bakar Fosil dalam Produk Pembersih

Posted: 03 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Produsen rangkaian produk pembersih dan detergen, Unilever, mengumumkan akan mulai bertransisi untuk menggantikan 100 persen karbon dari bahan bakar fosil dengan karbon daur ulang pada Rabu, 2 September 2020. Langkah ini dilakukan untuk mentransformasi sederet brand di kategori pembersih dan detergen, termasuk Molto, Rinso, Sahaja, Sunlight, Wipol, Superpell, dan Vixal secara berkesinambungan.

Ambisi baru ini merupakan upaya untuk  'Menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari'  atau disebut Clean Future. Upaya Clean Future secara konsisten menanamkan prinsip ekonomi sirkular ke dalam kemasan dan formulasi produk secara global untuk mengurangi jejak karbon.

Sebagian besar produk pembersih dan detergen yang tersedia saat ini umumnya mengandung bahan kimia dari bahan bakar fosil, yaitu sumber karbon tidak dapat diperbarui. Peralihan bahan kimia yang digunakan Unilever ke sumber karbon daur ulang ini sengaja dilakukan untuk beralih dari ekonomi yang bergantung pada bahan bakar fosil.

Upaya Clean Future adalah inisiatif pertama berskala global, dan merupakan langkah penting menuju komitmen Unilever dalam menghasilkan produk-produk nol emisi pada 2030. Saat ini, bahan kimia yang digunakan di sebagian besar produk pembersih memiliki proporsi jejak karbon yang besar, yaitu sekitar 46 persen di sepanjang siklus hidup produk-produk tersebut.

Unilever menargetkan inisiatif ini dapat mengurangi jejak karbon dari formulasi produknya hingga 20 persen. Perusahaan mengklain upaya Clean Future sebagai visi merombak bisnis secara drastis. 

"Kita harus berhenti mengeksploitasi karbon dari bawah tanah ketika tersedia cukup banyak karbon di dalam dan di atas tanah yang dapat kita teliti dan kemudian dimanfaatkan dalam skala besar," tutur Peter ter Kulve, selaku President of Home Care Unilever dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 3 September 2020.

Mengurangi Penggunaan Air

Komitmen Unilever Tinggalkan Bahan Bakar Fosil dalam Produk Pembersih pada 2030. foto: dok. Alchemy
Komitmen Unilever Tinggalkan Bahan Bakar Fosil dalam Produk Pembersih pada 2030. foto: dok. Alchemy

Veronika Utami, Direktur Home Care PT Unilever Indonesia, Tbk menjelaskan, pada 2019, pabrik Powder Non-Soap Detergent (NSD) yang memproduksi Rinso dan Molto mulai menggunakan energi terbarukan, yaitu energi biomassa yang berasal dari cangkang sawit yang bisa diperbarui.

"Biomassa ini menggantikan penggunaan gas alam sebagai bahan bakar pada proses pengeringan detergen bubuk. Cangkang inti sawit jadi pilihan karena ketersediaannya melimpah dari Sumatra dan Kalimantan, relatif tahan cuaca saat penyimpanan, dan memiliki kadar abu rendah," katanya.

Beberapa brand dari Home Care Unilever Indonesia telah mulai menjalankan inisiatif untuk menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah penggunaan 100 persen plastik hasil daur ulang untuk botol Rinso, Molto, Wipol dan Sunlight. Contoh lainnya adalah peluncuran rangkaian produk Sahaja dengan surfaktan dan parfum yang dapat terurai di lingkungan. 

Unilever Indonesia juga telah memformulasi ulang Rinso Detergen Cair dan Molto Pelembut dan Pewangi Pakaian guna mengurangi ketergantungan pada bahan kimia dari bahan bakar fosil dan menggantikannya dengan bahan berjejak karbon rendah. Pihaknya pun telah memperkenalkan solusi produk yang dirancang untuk mengurangi penggunaan air, seperti Molto All in One dan Sunlight Jeruk Nipis Pencuci Piring.

 

Alokasikan Dana

Salah satu refill station yang diluncurkan Unilever pada Selasa, 25 Februari 2020, di Jakarta. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)
Salah satu refill station yang diluncurkan Unilever pada Selasa, 25 Februari 2020, di Jakarta. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Secara global, Unilever mengalokasikan dana 1 miliar Euro untuk upaya Clean Future. Keseluruhannya akan digunakan untuk mendanai penelitian bioteknologi, pemanfaatan CO2, serta limbah, dan bahan kimia berjejak karbon rendah guna mendorong transisi menjauhi bahan kimia dari bahan bakar fosil.

Investasi ini juga akan digunakan untuk membuat formulasi produk yang dapat terurai secara alami dan hemat air, mengurangi separuh penggunaan plastik sekali pakai pada 2025, dan mendukung edukasi masyarakat yang membuat teknologi ini menarik bagi konsumen. Head Executive WWF Inggris menegaskan dunia harus beraalih dari bahan bakar fosil menuju sumber daya terbarukan guna mengurangi tekanan pada ekosistem dan membantu memulihkan alam. 

"Diversifikasi sumber karbon sangat penting untuk digalakkan untuk menyelamatkan planet kita. Semua pemasok dan mitra inovasi kami memainkan peran penting dalam transisi ini. Dengan memperkenalkan model Karbon Warna kami, Unilever menyerukan transformasi ekonomi secara luas dalam cara kita semua menggunakan karbon di masa depan," tutup Kulve.

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ujaran Kebencian Picu Facebook Blokir Akun Legislator Partai Berkuasa India

Posted: 03 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Gara-gara dianggap menulis ujaran kebencian di Facebook, raksasa media sosial itu pada Kamis 3 September 2020 memblokir akun anggota parlemen lokal partai berkuasa India Partai Bharatiya Janata (BJP), T. Raja Singh.

Ia berasal dari Negara Bagian Telangana, India selatan.

Langkah itu diambil di tengah kontroversi yang berkembang di India, mengenai bagaimana perusahaan media sosial tersebut mengatur konten politiknya.

"Kami telah memblokir akses Raja Singh ke Facebook karena melanggar kebijakan kami yang melarang keberadaan pihak-pihak yang mendorong atau terlibat dalam kekerasan dan kebencian di platform kami. Proses evaluasi pelanggar potensial sangat ekstensif dan itulah yang menjadi dasar keputusan Facebook untuk memblokir akunnya," seperti dikutip media setempat dari pernyataan Facebook seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (4/9/2020).

Bulan lalu, sebuah pemberitaan di media asing Wall Street Journal (WSJ) menuduh kebijakan konten Facebook mendukung BJP di India. Laporan tersebut menuding Facebook mengabaikan unggahan yang berisi ujaran kebencian oleh Singh.

Usai muncul laporan itu, partai Kongres yang menjadi oposisi dan BJP saling menyerang terkait dugaan bias Facebook.

Pada Rabu 2 September, sebuah panel parlemen memanggil perwakilan Facebook untuk membahas masalah dugaan penyalahgunaan platform media sosial itu.

Facebook Dituding Mendukung Oposisi India

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Sebelumnya, Menteri Teknologi Informasi Federal India Ravi Shankar Prasad menulis pesan kepada orang nomor satu di Facebook, Mark Zuckerberg, menuduh karyawan platform media sosial itu mendukung orang-orang dari pihak yang memiliki tendensi kalah pemilu secara berturut-turut, serta "melecehkan" perdana menteri dan para menteri kabinet senior.

Dalam pertemuan panel pada hari Rabu, anggota parlemen dari BJP maupun Kongres mempertanyakan Facebook atas kecondongannya kepada pihak tertentu, demikian menurut sejumlah pemberitaan.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Sulut Ungkap Kompleksitas Kerawanan Pilkada Serentak 2020

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Meski masih dalam keadaan pandemi Covid-19, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tetap akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang. Berbagai persiapan mulai dilakukan seperti pola pengamanan yang lakukan di Sulut.

Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Kamis (3/9/2020), menyematkan pita operasi kepada 2 perwakilan personel TNI dan Polri. Ini sebagai tanda dimulainya Operasi Mantap Praja dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2020 di wilayah hukum Polda Sulut.

"Apel ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan kita sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan, dengan demikian Pilkada Pilkada serentak 2020 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai," ujar Kapolda.

Dia mengatakan, Pilkada 2020 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena akan memilih Kepala Daerah. Kondisi ini akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya.

"Dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini akan memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan seperti pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan serta penyebaran hoaks dan hate speech," ujarnya.  

Kapolda juga menegaskan bahwa Polri, TNI, Pemda, dan instansi terkait lainnya berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai.

"Perkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar dan damai," katanya.

Irjen Panca Putra juga mengingatkan untuk menghindari tindakan yang dapat mencederai netralitas Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu di Sulut.

Pada pengamanan Pilkada yang akan dilaksanakan di 8 wilayah ini (1 Provinsi, 3 Kota dan 4 Kabupaten), Polda Sulut dan jajaran telah mempersiapkan sebanyak 3.577 personil pengamanan dibantu dengan TNI dan instansi terkait lainnya. 

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Punya Jurus Baru untuk Boyong Sancho

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Manchester United (MU) rupanya masih berupaya untuk mendapatkan winger Borussia Dortmund Jadon Sancho. MU sedang menyiapkan jurus baru agar bisa merampungkan transfer Sancho.

Sancho sudah dikaitkan dengan MU dalam beberapa bulan terakhir. Setan Merah sempat fokus mengejar Sancho sehingga melupakan buruan lainnya.

Namun karena Dortmund bersikeras mematok harga Sancho 108 juta pound, MU sempat mengendorkan perburuan Sancho. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer kemudian fokus menyelesaikan transfer gelandang Donny van de Beek.

Van de Beek kini sudah berhasil didapatkan Manchester United dari Ajax Amsterdam. Pemain Belanda itu menjadi rekrutan pertama di bursa transfer musim panas 2020.

Usai mendapatkan Van de Beek, Manchester United ingin meneruskan momentum baik ini dengan mengejar lagi buruan utama mereka Jadon Sancho.

 

 

Kesepakatan Personal

Jadon Sancho  (AFP/ Ina Fassbender)
Jadon Sancho (AFP/ Ina Fassbender)

Daily Mail melaporkan MU kini akan fokus menyelesaikan kesepakatan personal dengan Sancho terlebih dahulu dan juga komisi untuk agen sang pemain sebelum melayangkan tawaran kepada Dortmund.

Dengan sudah selesainya kesepakatan personal, MU akan langsung menekan Dortmund. MU pede Dortmund akan sulit untuk menolak tawaran mereka bila sudah sepakat dengan Sancho dan agennya.

Target Transfer Lainnya

Selain Sancho, MU kemungkinan akan membeli dua atau tiga pemain lagi. Ole Gunnar Solskjaer membutuhkan bek tengah baru dan seorang penyerang.

Untuk penyerang, MU kemungkinan tidak akan membeli pemain bintang. Mereka hanya butuh penyerang untuk melapis Marcus Rashford dan Anthony Martial.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berikut Cara Memilih Informasi yang Benar saat Pandemi Covid-19

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Informasi di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) masih gencar beredar, namun belum diketahui kebenarannya. Sebab itu, khalayak harus jeli memilah agar tidak tersesar oleh informasi yang salah.

Berikut cara memilih informasi yang pas di tengah pandemi Covid-19 menurut Pegiat literasi media, Widiya Yutanti.

Pertama, bisa dilakukan dengan selalu mengecek sumber informasi terkait fakta peristiwa yang disampaikan media.

Kedua, jangan mudah percaya hoaks apalagi sampai ikut memproduksi dan menyebarkan hoaks.Serta, selalu berpikir positif dan optimis, karena dapat membantu menjaga imunitas tubuh.

ketiga, tetap jaga hubungan baik dengan keluarga dan teman. Serta jalankan pola hidup sehat seperti jaga kebersihan diri dan lingkungan, makan makanan yang sehat, olah raga, dan lakukan hobi yang positif.

Keenam, menikuti anjuran pemerintah atau protokol pemerintah untuk tetap physical distancing atau jaga jarak. Ketujuh, saling menghargai, empati, jangan ada curiga dan stigmatisasi negatif. Terakhir, banyak beribadah dan berdoa.

Menurut Widiya, media juga memiliki peran strategis dalam menyampaikan fakta. Oleh karena itu,media harus tetap kritis dengan mengedepankan prinsip jurnalistik positivisme di tengah kondisi pandemi Corona Covid-19.

"Demikian pula pemerintah juga harus dapat membangun komunikasi publik yang baik sehingga muncul kepercayaan masyarakat dan tindakan irasional, apatis, serta kriminal bisa dicegah," ucapnya.

 

Tentang Cek Fakta Liputan

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkait Akses Berita, Disabilitas Tuli Lebih Menyarankan Bisindo Ketimbang SIBI

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses berita. Salah satunya kelompok masyarakat disabilitas.

Menurut Cheta Nilawaty, seorang jurnalis tunanetra, penyandang disabilitas yang paling kesulitan mengakses berita adalah ragam disabilitas tuli/rungu dan tunanetra. Ia menyebut setidaknya ada 4 kebutuhan dasar teman tuli yang perlu dipenuhi oleh media agar beritanya dapat diakses.

Empat kebutuhan dasar tersebut adalah penyediaan juru bahasa isyarat di program televisi, ketersediaan running teks dalam program yang menyediakan informasi tanpa visualisasi, penggunaan bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) daripada Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan narator yang menggunakan tata bahasa tuli bukan tata bahasa dengar.

Penyandang disabilitas rungu atau tuli sangat bergantung pada penggambaran visual, maka juru bahasa isyarat dan teks sangat dibutuhkan. 

Perbedaan Bisindo dengan SIBI

Saat ini banyak digunakan bahasa isyarat SIBI untuk acara formal dan kenegaraan.

"Nah ini teman-teman disabilitas sensorik rungu menyampaikan aspirasi beberapa waktu lalu kepada saya bahwa sebaiknya sekarang yang digunakan Bisindo karena mereka sudah meminta aspirasi itu sejak tahun 1975 tapi masih saja SIBI yang digunakan," kata Cheta dalam webinar Dewan Pers (31/8/2020).

Alasan Bisindo lebih dipilih oleh teman tuli ketimbang SIBI karena Bisindo berasal dari bahasa ibu mereka. Akar bahasanya berasal dari bahasa Indonesia yang cenderung lebih umum dan universal untuk diekspresikan bahkan lebih mudah dimengerti.

"Kalau SIBI digunakan di acara formal atau sekolah tapi belum tentu semua komunitas tuli terpapar dengan dunia pendidikan. Jadi kadang bahasa isyarat yang disampaikan tidak mengekspresikan ekspresi mereka secara universal atau secara sebenarnya."

SIBI sendiri berasal dari American Sign Language sehingga kurang sesuai dengan bahasa isyarat Indonesia atau Bisindo.

"Otomatis ini juga menjadi penghalang untuk penyandang disabilitas sensorik rungu untuk mengakses berita."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Kedekatan Paul Walker dengan Nissan Skyline R34

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Paul Walker pada 2013 silam menyisakan kesedihan yang mendalam di hati para pecintanya. Paul Walker yang sangat identik dengan film Fast and Furious meninggal akibat kecelakaan mobil.

Berkahnya sebagai bintang Hollywood semakin bersinar ketika memerankan detektif Brian O'Connor pada sekuel pertama The Fast and The Furious yang dirilis di Amrik Juni 2001. Film yang disutradarai Rob Cohen tersebut menangguk kentungan US$ 200 juta di seluruh dunia. Meski sudah meninggal, nama Paul tetap dikenang dan film tersebut sudah sampai sekuel 9.

Selama Ia masih menjadi aktor, Paul mengoleksi ragam mobil kencang dan klasik. Seperti Ferrari Ferrari 360 Challenge Stradale, Ferrari F 355 Spider Fiorano Edition, Ferrari Testarosa, 3 unit Porsche 911 997 GT3 RS dengan tiga warna berbeda, sejumlah BMW, Mercedes-Benz dan Rolls-Royce. Ia juga mengoleksi beberapa unit JDM (Japanese Domestic Market).

Ada sebuah kisah menarik dari Nissan Skyline GT-R R34 yang pernah dimiliki oleh Paul. Cerita ini dituturkan oleh Craig Lieberman, technical advisor Universal Studios yang memproduksi film. Dialah orang yang bertanggung-jawab untuk pemilihan mobil yang digunakan dalam sekuel, bertanggung-jawab atas komponen, impor mobil bahkan sampai soal aksi kejar-kejaran.

Menurut Lieberman seperti dikutip www.thedrive.com, pada waktu ia diminta sebagai technical advisor, hampir semua pelakon film tidak tahu soal mobil kencang. Bahkan, ujarnya, Michelle Rodriguez dan Jordana Brewster belum punya SIM. Satu-satunya aktor yang ia anggap cukup mumpuni pengetahuannya dalam soal mobil adalah Paul Walker, dan Ia anggap Paul masuk kategori car enthusiast. Baru setelah itu masuk bintang lainnya yang cukup gila mobil, Sung Kang dan Jason Statham.

 

 

Nissan Skyline

Almarhum Paul mulai tertarik pada Nissan Skyline setelah ia melihat Skyline R32 di studio. Paul langsung jatuh hati dan mulai banyak tanya tentang mobil itu pada Craig. Lieberman kemudian mengajak Paul datang ke Motorex, yang waktu itu menjadi satu-satunya importir legal R34 di Amerika. Paul sempat wara-wiri dengan R34 hitam yang dikenal dengan sebutan Blackbird karena Ia memang dipinjamin mobil itu  selama berbulan-bulan oleh Motorex. Tak lama kemudian ia membeli lagi GT-R R34  V-spec tahun 1999 warna Sonic Silver. Mobil itu satu dari 14 unit R34 yang diimpor Motorex.

Karena mobil itu ada masalah pada cat, Walker membeli R34 tahun 2001 spek V II warna putih. R34 lama warna Sonic Silver ia jual kepada seseorang di Hawaii. Pemilik baru ini kemudian memodif habis-habisan R34 agar menjadi replika Blackbird. Misalnya menambah bodykit Veilside, velg Advan, intercooler HKS, memodif suspensi serta kap mesin dari dry carbon.

 

Kisah Personal

Enggak tahunya mobil bekas Paul itu kebentur masalah legal di Hawaii. Akhirnya GT-R R34 'Blackbird' dilepas ke tangan orang Texas, yang dipegang selama 15 tahun. Tahun 2020 mobil itu dilelang, jatuh ke tangan importir JDM, Toprank, di California.

Menurut Lieberman, dengan kondisi sekarang yang sudah dimodif lebih bagus lagi, mobil bekas Paul itu mungkin bisa bernilai sekitar US$ 400 ribu atau kisaran Rp 4 miliar. Meski mobil tersebut tak pernah main film, Ia menyimpan punya kisah personal dengan mega bintang Paul Walker yang meninggal dunia dalam kecelakaan mobil.

Sumber: Carvaganza.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panik Ditegur Guru Saat Kelas Online, Siswi Ini Refleks Ambil Celana Ibunya Jadi Hijab

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dibandingkan sekolah tatap muka, nyatanya kelas online lebih cepat membuat murid-murid merasa jenuh. Minimnya kontak langsung seperti mengobrol membuat suasana kelas semakin sunyi.

Karena merasa bosan selama pelajaran berlangsung. Pernahkan kamu menonaktifkan fitur kamera untuk menghibur diri?

Dengan mematikan kamera laptop, kamu akan bebas dari pantauan guru yang mengajar. Selagi mereka asyik menjelaskan materi pembelajaran, kamu bisa saja melakukan hal-hal yang mengganggu fokusmu. Tertidur dan bermain gim, dua kegiatan ini memungkinkanmu melakukannya. 

Seperti unggahan foto yang nampak di lini Twitter, akun @teajusluv memperlihatkan aksi refleksnya yang nyeleneh sesaat dimintai guru Bahasa Iggris untuk mengaktifkan fitur kameranya. Dirinya langsung terkejut dan sesegera mungkin menemukan barang yang dibutuhkannya. 

Rombak Celana Ibu Jadi Jilbab

Tak terima dikelabuhi oleh tingkah muridnya, gurunya pun menyuruh untuk menyalakan kamera laptop miliknya. 

Kebetulan dirinya tengah tak mengenakan kerudung.  Mendengar perintah gurunya, ia pun merasa panik dan tergesa-gesa mencari kerudung miliknya. Celakanya hijab miliknya tak ditemukan.

Secara refleks, matanya tertuju pada celana bahan ibunya yang digantungkan. Akhirnya, celana bahan berwarna coklat pun dipakai menjadi jilbab dan ia pun terselamatkan. 

"Terima kasih celana ibuku," tulis akun @teajusluv.  

Respons Warganet

Unggahan foto tingkah nyeleneh siswi ini mengundang tawa warganet. Banyak dari mereka tak habis pikir dengan ulahnya mengubah celana bahan milik ibunya sebagai kerudung. Warganet pun menanggapinya dengan respons guyonan.

"WOI AHAHAHAHAHAH MOODDD KU LGSG NAIK," tulis akun @imjohansseuu.

"Anjrot bengek smpe terjungkal," balas akun @bbuyoxygen.

"MAAP MAAP NIH BAPAK GUA KETAWA LIAT TINGKAH LU," sahut akun @ChenYuJeKunChoi.

"Kalau udh msuk awreceh jgn lupakan aku," ucap akun @hyuckyoo_.

"Ngikikkkk bgt woiii ahhh napa sih orang2 refleknya lucu," kata akun @rsalsabill_.

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Bagi-Bagi Kuota 10.000 GB untuk PJJ

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menyambut Hari Pelanggan dengan menghadirkan layanan online XL Center. Hal ini seiring dengan pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang untuk tetap berada di rumah masing-masing dan membatasi interaksi fisik.

Direktur Komersial XL Axiata David Arcelus Oses menyebut, pandemi Covid-19 memang jadi tantangan sendiri untuk beraktivitas. Padahal, tiap hari ada ribuan pelanggan yang datang ke XL Center untuk mendapatkan beragam layanan seperti upgrade dan reaktivasi kartu SIM.

"Inovasi yang memang sangat kita butuhkan yang akan  mempermudah pelanggan untuk tetap menikmati layanan XL Axiata di saat kita masih dianjurkan untuk membatasi keluar rumah karena pandemi," kata David, dalam keterangan resmi XL Axiata, Jumat (4/9/2020).

XL Axiata menyediakan layanan online keperluan pelanggan, antara lain reaktivasi kartu yang hangus maupun ganti kartu.

Pelanggan yang masuk ke Layanan Online XL Center akan diminta melengkapi data diri seperti KTP, Kartu Keluarga, dan lain-lain

Para pelanggan juga memiliki opsi untuk tetap menggunakan layanan yang telah ada sebelumnya. Baik itu melalui sambungan telepon atau mendatangi 96 XL Center di serluruh Indonesia dan 150 gerai XL.

Beri 10.000 GB untuk Dukung Belajar Online

XL Hadirkan Layanan XL Center Online dan membagikan kuota 10.000 GB untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, dalam rangka menyambut Hari Pelanggan 2020 (Foto: XL Axiata)
XL Hadirkan Layanan XL Center Online dan membagikan kuota 10.000 GB untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, dalam rangka menyambut Hari Pelanggan 2020 (Foto: XL Axiata)

Masih dalam rangka menyambut Hari Pelanggan 2020, XL Axiata ikut mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dukungan yang diberikan berupa Paket kuota pendidikan sebesar total 10.000 GB untuk komunitas sekolah. 

David menyebut, aktivitas PJJ yang harus dijalani membutuhkan akses internet dan XL Axiata ingin berbagi kuota guna mendukung proses pembelajaran.

Mekanisme  distribusi kuota 10.000 GB dilakukan dengan cara membagikan paket perdana edisi Hari Pelanggan Nasional ke komunitas sekolah di berbagai kota.

Total, sebanyak 400 paket perdana yang terisi kota dibagikan ke komunitas sekolah. Di dalamnya paket perdana ini telah terisi kuota untuk mendukung pembelajaran.  

Gratis Kuota 30GB untuk Pelanggan

Dok: XL Axiata
Dok: XL Axiata

Masih dalam merayakan Hari Pelanggan Nasional 2020, XL Axiata juga menghadirkan program Gratis Kuota 30GB untuk Pelanggan XL, AXIS dan XL Prioritas.

Kuota ini dibagi dalam dua paket, 15GB untuk video conference yang dapat dipakai mengakses aplikasi video conference. Misalnya Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, Hangout, dan Google Classroom.

Sementara, kuota 15GB lainnya merupakan Kuota Edukasi yang bisa dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran.

Kuota ini bisa dipakai mengakses aplikasi Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Pelanggan XL Axiata dapat memanfaatkan program ini melalui aplikasi AXISnet, myXL dan myXL Prio mulai tanggal 4 September hingga 31 December 2020.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patut Tahu, Berbagai Fakta Vaksin Covid-19 yang Meluncur Awal 2021

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus berupaya menekan angka penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Berbagai cara dilakukan agar vaksin Covid-19 tersedia untuk masyarakat, mulai dari menggandeng China, Uni Emirat Arab hingga mendorong percepatan vaksin dalam negeri.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menyatakan, pemerintah siap melakukan vaksinasi massal Covid-19 awal tahun depan.

Vaksin Covid-19 ini rencananya akan menyasar seluruh kalangan dengan beragam skema. Jumlah produksinya juga ditarget sampai ratusan juta dosis.

Liputan6.com merangkum fakta-fakta perkembangan pengadaan vaksin Covid-19 untuk Indonesia, Jumat (4/9/2020). Simak penjelasan lengkapnya:

1. Target Produksi 250 juta Tahun 2020

Erick Thohir, memastikan Bio Farma mampu memproduksi vaksin Covid-19 sebanyak 250 juta dosis per tahun di akhir 2020.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat meninjau laboratorium dan fasilitas produksi Bio Farma, perusahaan induk BUMN di bidang farmasi, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020).

Kunjungan ini sekaligus untuk memastikan kesiapan uji klinis fase 3 calon vaksin Covid-19 hasil kolaborasi bersama Sinovac.

"Hari ini saya memastikan Bio Farma saat ini sudah siap memproduksi 100 juta dosis vaksin Covid-19 per tahun dan di akhir tahun siap memproduksi 250 juta dosis per tahun," jelas Erick Thohir dalam keterangan persnya, Selasa (4/8/2020).

Jika pelaksanaan uji klinisnya lancar dan tidak ada hambatan, pihaknya optimistis bisa segera memproduksi vaksin Covid-19 dan menyuntikkan 30 hingga 40 juta vaksin di awal tahun 2021 ke masyarakat Indonesia.

2. Ada Skema Gratis dan Berbayar

Erick menjelaskan, terdapat dua skema usulan yang disiapkan pihaknya dalam melaksanakan vaksinasi massal ini, yaitu secara gratis dan berbayar.

Untuk vaksin gratis penerimanya diprioritaskan untuk 93 juta orang, yaitu mereka yang terdaftar di BPJS Kesehatan dengan status PBI.

"Kami juga jelaskan, vaksin itu ada yang bantuan gratis dari pemerintah, apakah nanti datanya juga dilebarkan dengan BPJS Kesehatan yang jumlah PBI-nya ada 93 juta, ini yang jadi prioritas untuk masuk ke dalam vaksin gratis pemerintah," ucap Erick Thohir di Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Sementara untuk skema mandiri, biaya ditanggung masing-masing pihak. Namun Erick menegaskan, adanya skema vaksin mandiri ini bukan berarti mereka yang lebih mampu akan didahulukan vaksinasinya.

"Bukan berarti yang bayar didahulukan daripada yang gratis, nggak. Nanti ada sinkronisasi jadwal data, ini bukan diputarbalikan seakan pemerintah cari uang," kata Erick.

 

3. Terjunkan 1,5 Juta Tenaga Kesehatan untuk Vaksinasi Massal

Petugas medis saat melakukan tes swab terhadap penumpang kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Bogor, Bogor, Jawa Barat, Senin (27/4/2020). Pengetesan yang melibatkan 350 penumpang ini untuk memastikan ada atau tidaknya virus corona COVID-19 yang dibawa penumpang KRL. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas medis saat melakukan tes swab terhadap penumpang kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Bogor, Bogor, Jawa Barat, Senin (27/4/2020). Pengetesan yang melibatkan 350 penumpang ini untuk memastikan ada atau tidaknya virus corona COVID-19 yang dibawa penumpang KRL. (merdeka.com/Arie Basuki)

Setidaknya 1,5 juta tenaga kesehatan bakal diterjunkan untuk mendukung kelancaran vaksinasi massal Covid-19.

Adapun tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin massal tersebut terdiri dari dokter hingga perawat, termasuk mereka yang bertugas di satuan TNI dan Polri.

Angka ini merupakan hasil pemetaan Komite PCPEN bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia).

"Alhamdulillah, hari ini dikomunikasikan itu jumlahnya untuk dokter, perawat, bidan termasuk yang ada di TNI-Polri itu 1,5 juta orang. Nah, ini menjadi kekuatan kita untuk nanti melakukan imunisasi (vaksin) massal," kata Erick.

Mereka juga menjadi prioritas yang mendapatkan vaksin Covid-19 paling awal. Ini berkaitan dengan tugas mereka sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan vaksinasi massal.

4. Diupayakan Terlaksana Paling Cepat Desember

Pemerintah akan berusaha mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal yang rencananya berlangsung awal tahun 2021.

Erick bilang, jika memungkinkan, vaksinasi bisa saja dilakukan Desember tahun ini. Namun, rencana awalnya tetap awal tahun depan.

"Hari ini kami konsultasi meminta masukan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) untuk imunisasi vaksin, Insya Allah awal tahun depan. Kalau bisa lebih cepat Desember, Alhamdulillah, tapi (rencananya) awal tahun depan," kata Erick dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/9/2020).

 

5. Tidak Jamin Bakal Bebas Corona Selamanya

Petugas menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada tenaga medis di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/2020). Pemeriksaan hanya diperuntukan bagi tenaga medis seluruh puskesmas, dan rumah sakit yang ada di Kota Bekasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada tenaga medis di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/2020). Pemeriksaan hanya diperuntukan bagi tenaga medis seluruh puskesmas, dan rumah sakit yang ada di Kota Bekasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Erick juga mengingatkan, vaksinasi Virus Corona tidak membuat seseorang terhindar dari Virus Corona selamanya. Hal tersebut karena vaksin memiliki jangka waktu atau masa berlaku.

"Vaksin jadi salah satu upaya saat ini sangat prioritas, bukan dibalik gara-gara vaksin tidak perlu protokol lagi. Atau sudah lah ada vaksin nanti semua sehat, enggak. Tadi disampaikan vaksin ada limitasinya 6 bulan hingga 2 tahun berarti setelah diimunisasi atau vaksinasi bukan berarti sehat selama-lamanya, tidak terkena selama-lamanya," ujarnya, Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Untuk itu, kata Erick, meskipun nantinya sudah ada vaksin masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan Virus Corona. Kendari melelahkan, langkah tersebut harus dilakukan agar penyebaran virus dapat diredam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Sidak ke Kafe, Pengunjung dan Pemilik Kaget

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan sidak ke sebuah kafe di kawasan Jakarta Selatan. pengunjung dan pemilik Kafe yang masih buka dan tanpa menerapkan protokol kesehatan itu kaget.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Pacar Ronaldo di Karpet Merah Venice Film Festival 2020

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez berpose saat tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez berpose saat tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez berpose saat tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez berpose saat tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez berpose saat tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez berpose saat tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez memakai masker saat tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez memakai masker saat tiba untuk pemutaran film

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez memakai masker saat tiba untuk pemutaran film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Hasil Studi Awal Vaksin Merah Putih Belum Dirilis ke Jurnal Ilmiah

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman mengungkapkan untuk saat ini, hasil studi mengenai vaksin Merah Putih yang mereka kembangkan untuk melawan COVID-19 belum dipublikasikan.

Walau begitu, mereka menegaskan bahwa hasil studi vaksin Merah Putih nantinya akan dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) dan dirilis dalam jurnal ilmiah.

"Memang saat ini belum didaftarkan (ke WHO)," kata R. Tedjo Sasmono, peneliti LBM Eijkman dalam konferensi pers virtual pada Kamis, 3 September 2020.

Tedjo menyebut, secara umum suatu vaksin baru didaftarkan apabila telah melewati tahap pra-klinis dan uji klinis.

"Biasanya pendaftaran itu ketika sudah ada proof of concept, vaksinnya sudah di pra-klinis bahkan uji klinis. Jadi kami memproyeksikan ketika kami siap untuk vaksin sudah terkarakterisasi dengan bagus akan kami daftarkan," Tedjo menjelaskan.

Akan Publikasikan Apa pun Hasilnya

Petugas mengoperasikan mesin uji spesimen COBAS 6800 untuk memeriksa sampel COVID-19 (Tangkapan Layar konferensi pers daring LBM Eijkman)
Petugas mengoperasikan mesin uji spesimen COBAS 6800 untuk memeriksa sampel COVID-19 (Tangkapan Layar konferensi pers daring LBM Eijkman)

Ia menegaskan bahwa nantinya hasil studi vaksin Merah Putih akan diterbitkan dalam publikasi ilmiah.

Publikasi ilmiah internasional sendiri merupakan salah satu ukuran bahwa riset yang mereka lakukan berkualitas dan memiliki data yang solid.

"Kami pasti akan mempublikasikan apa pun yang kami dapat," kata Tedjo.

Namun, untuk saat ini, data yang mereka himpun dari pengembangan vaksin masih terlalu sedikit untuk dipublikasikan,"Kami akan membuat publikasi di jurnal yang bereputasi, tentu saja internasional, tentu saja setelah data terkumpul."

"Bisa saja saat ini kami publikasi tapi tentu saja itu akan menjadi jurnal yang kualitas rendah karena datanya terlalu sedikit," Tedjo melanjutkan.

Tedjo, mengatakan, kemungkinan, apabila tahun depan mereka siap untuk melakukan uji klinis hasil studi awal dari vaksin Merah Putih akan dipublikasikan lewat jurnal ilmiah atau melalui seminar atau media ilmiah lainnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andre Taulany Jual Kanal YouTube ke Raffi Ahmad, Harga Rp 100 Miliar Bisa Nego

Posted: 03 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Lo kepikiran enggak kalau tiba-tiba Taulany TV lo beli, gitu?" tanya Andre Taulany kepada Raffi Ahmad, setelah dirias di ruang artis, sebelum syuting acara. Raffi Ahmad kaget.

"Giman-gimana, maksudnya?" tanya suami Nagita Slavina. Andre Taulany menjelaskan, dengan membeli kanal YouTube-nya, maka Raffi Ahmad bisa melebarkan sayap bisnis sekaligus mengeruk laba lebih besar.

"Kira-kira kalau Taulany TV lo ambil, kepikiran enggak? Karena itu menguntungkan, Fi apalagi kita sahabat. Gue enggak akan itung-itunganlah sama lo," Andre Taulany meyakinkan Raffi Ahmad.

Dua Alasan

Raffi Ahmad. (Foto: Rio Motret, dari Instagram @raffinagita1717)
Raffi Ahmad. (Foto: Rio Motret, dari Instagram @raffinagita1717)

Bintang film 40 Hari Bangkitnya Pocong dan Bukan Bintang Biasa The Movie tak serta merta mengiakan. Raffi Ahmad mempertanyakan motivasi Andre Taulany menjual kanal YouTube-nya.

Bagi Raffi Ahmad, ini mencurigakan mengingat kanal TaulanyTV dilanggani lebih dari 4 juta akun. Andre Taulany menyebut dua alasan. Pertama, sibuk syuting.

Enggak Kepegang

Unggahan Andre Taulany. (Foto: YouTube Taulany TV)
Unggahan Andre Taulany. (Foto: YouTube Taulany TV)

"Jadi Taulany TV gue agak sedikit enggak kepegang. Kedua, gue pengin Taulany TV lebih meluas lagi daya cakupnya. Kalau diambil sama RANS kan lebih keren, jadi nanti namanya Taurans," urainya.

Memahami alasan sahabat, Raffi Ahmad menanyakan harga jual. Ini terkait modal yang harus dikucurkan Raffi Ahmad dan proyeksi keuntungan Taulany TV dalam beberapa tahun ke depan.

 

Kira-kira Rp 100 Miliar

Raffi Ahmad. (Foto: Instagram @raffinagita1717)
Raffi Ahmad. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

"Lo tahu sendiri satu built-in saja berapa, ini sudah sampai 2021 full semua. Sebulan 15-20 built-in sebulan itu minimal. Lo bisa hitunglah, Rans kan sering tuh. Ya kira-kira 100 miliar mungkin masuk begitu lo," jawab Andre Taulany.

Raffi Ahmad tak langsung menjawab. Ayah Rafathar Malik Ahmad hendak menjelaskan dulu kepada Nagita Slavina, mengingat sang istri langsung menolak saat dihubungi via telepon. 

Rans Entertainment Rp 200 Miliar

Andre Taulany. (Foto: Instagram @andreastaulany)
Andre Taulany. (Foto: Instagram @andreastaulany)

Momen ini terekam dalam video "Andre Doain Semoga Masalah Raffi dan Gigi Segera Beres dan Semua kembali Happy," yang tayang di kanal YouTube, Kamis (3/9/2020).

Dalam kesempatan itu Raffi Ahmad membocorkan kanal Rans Entertainment juga hendak dibeli pihak ketiga. "Kemarin Rans juga ditawari, gue aja ditawar kemarin 200 miliar (rupiah), belum. Masih gue pikirin," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Angga Yunanda Tampil Stylish dengan Setelan Jas Ini Curi Perhatian

Posted: 03 Sep 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor muda Angga Aldi Yunanda atau yang lebih dikenal dengan nama Angga Yunanda ini memulai kariernya di dunia akting pada 2015. Nama Angga Yunanda pun semakin dieknal luas oleh publik setelah membintangi sinetron Mermaid In Love pada 2016.

Bahkan kini dirinya tak hanya bermain sinetron saja, akan tetapi pria asal Lombok, Nusa Tenggara Barat ini juga sering bermain dalam berbagi judul film. Ia pun berhasil menyabet penghargaan Indonesian Movie Actors Awards untuk Pemeran Utama Pria Terfavorit serta Pemeran Pasangan Terfavorit bersama Adhisty Zara pada 2020 dalam film Dua Garis Biru.

Tak hanya soal kariernya dalam dunia akting saja yang kerap mencuri perhatian netizen. Akan tetapi penampilan pria 20 tahun ini juga sering menjadi sorotan. Bahkan, terbaru Angga Yunanda terlihat mengunggah foto di akun Instagram pribadinya saat menggunakan setelan jas yang tampak stylish.

Bukan kali ini saja penampilan Angga Yunanda dengan setelan jas jadi perhatian netizen. Di beberapa kesempatan gaya pria kelahiran 16 Mei 2000 dengan setelan jas juga menjadi sorotan.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @anggayunandareal16, berikut ini beberapa potret gaya Angga Yunanda saat tampil stylish dengan setelan jas, Jumat (4/9/2020).

1. Ini dia gaya Angga Yunanda dengan setelan jas stylish dalam pemotretan terbarunya.

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

2. Ia pun memilih menambahkan aksesoris unik pada penampilannya.

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

3. Penampilan pemain Mariposa ini pun tetap terlihat kece dengan setelan jas serta sneakersnya.

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

4. Saat menghadiri konferensi pers Habibi Ainun 3, penampilan Angga pun mencuri perhatian netizen.

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

5. Gaya Angga Yunanda saat menggunakan setelan jas satu ini juga bisa dijadikan inspirasi.

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

6. Meski penampilannya terlihat formal, namun gaya Angga Yunanda dengan jas chic ini juga tampak casual.

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

7. Menurutmu bagaimana gaya Angga Yunanda saat menggunakan setelan jas nih?

Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)
Angga Yunanda (Sumber: Instagram/anggayunandareal16)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istana: Penguasa dan Oposisi Masing-masing Pasti Ada Buzzer

Posted: 03 Sep 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan keberadaan buzzer atau pendengung di Indonesia tidak bisa dihindari. Sebab, keberadaan buzzer di media sodial merupakan efek dari negara yang menganut sistem demokrasi.

"Kita menganut demokrasi, pasti ada penguasa dan pasti ada oposisi, masing-masing ada buzzer-nya," kata Donny kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Donny mengakui buzzer penguasa memang ditujukkan untuk membela kebijakan pemerintah. Meski begitu, dia menekankan bahwa buzzer yang mendengungkan kebijakan di media sosial bekerja sendiri dan tidak diorganisir oleh pemerintah.

"Pemerintah bekerja dan menyampaikan hasil pekerjaannya melalui jubir-jubir yang ada. Ketika ada buzzer yang berinisiatif untuk bertarung di media sosial membela pemerintah, itu hak mereka," jelasnya.

Dia mengklaim pemerintah tidak pernah meminta para buzzer menyampaikan sejumlah kebijakan di media sosial. Menurut dia, wajar apabila ada pihak-pihak yang membela atau mengkritisi kebijakan pemerintah.

"Jika ada pihak-pihak yang menyerang, membela, itu sesuatu yang alamiah. Ada pihak yang membela, ya memang begitu dinamika media sosial. Jangankan pemerintah, pribadi pun ketika diserang ada yang membela kan," tutur Donny.

Pakai Jasa Influencer

Disisi lain, dia tak membantah bahwa pemerintah memakai jasa influencer untuk menyampaikan kebijakan kepada masyarakat. Keberadaan para influencer yang memiliki banyak pengikut di media sosial dinilai efektif mensosialisasikan kebijakan pemerintah.

"Misalnya pariwisata, membantu sosialisasikan destinasi wisata. Itu kan positif-positif saja, influencer kan banyak followers, subscriber. Kalau menyampaikan hal positif kan tidak salah, tapi ketika memanipulasi fakta, fitnah, menyebarkan kebencian, itu tidak benar," ujarnya.

"Pemerintah tidak pernah menggunakan influencer untuk menyampaikan hal yang tidak benar," sambung Donny.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bergulir Lagi, PT LIB Tiru Liga-liga Top Eropa 'Hadirkan' Penonton di Liga 1

Posted: 03 Sep 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga 1 2020 akan bergulir lagi pada 1 Oktober bulan depan tanpa penonton. Maklum, kompetisi bakal berlangsung di tengah pandemi virus corona covid-19 yang belum mereda.

Namun demikian, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 bertekad membuat atmosfer pertandingan tetap terjaga. Hal itu dikatakan Akhmad Hadian Lukita selalu Direktur Utama PT LIB dalam acara Corner Six bersama Liputan6.com, Kamis (4/9/2020) WIB.

"Kami sebagai operator ingin menampilkan sesuatu yang menarik. Kita sedang berpikir kreatif agar (pandemi, red) tidak mengurangi esensi pertandingan," katanya.

Akhmad mengatakan, beberapa cara sedang dijajaki PT LIB. Salah satunya adalah agar suara penonton yang menikmati pertandingan Liga 1 lewat televisi bisa terdengar di stadion.

Selain itu, PT LIB juga membuka kemungkinan meniru cara-cara di beberapa liga Eropa yang menghadirkan suara penonton artifisial. "Mudah-mudahan bisa menambah semangat pemain," katanya.

 

Masih Tanpa Penonton

Suporter Persita saat menyaksikan pertandingan Persita Tangeran melawan PSM Makassar pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Sport Center, Tangerang, Jumat (6/3). Persita memiliki suporter setia dan fanatik seperti La Viola dan Southern Ultras Persita. (Bola.com/M. Iqbal Icshan)
Suporter Persita saat menyaksikan pertandingan Persita Tangeran melawan PSM Makassar pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Sport Center, Tangerang, Jumat (6/3). Persita memiliki suporter setia dan fanatik seperti La Viola dan Southern Ultras Persita. (Bola.com/M. Iqbal Icshan)

Lebih lanjut, Akhmad menuturkan, PT LIB sebetulnya mendapat saran dari Kemenpora terkait penonton. Menurut Akhmad, Kemenpora menyarankan 30 persen dari kapasitas stadion terisi oleh penonton.

Namun Akhmad menilai saran itu sulit dilakukan saat ini. Hal itu mengingat animo penonton yang diprediksi bakal tinggi.

"Mereka kalau dikasih kuota 30 persen, akan datang 100 persen. Tiket kalau dijual sedikit akan protes. Tetapi kita akan lihat perkembangan ke depan seperti apa," katanya.

Dipusatkan di Pulau Jawa

PT LIB sendiri bakal memusatkan Liga 1 2020 di pulau Jawa. Hal tersebut dilakukan demi mencegah penularan virus corona.

Tak hanya itu, klub-klub beserta para pemainnya juga diharap mematuhi prosedur kesehatan yang telah diterapkan. Sebagai langkah antisipasi, PT LIB berencana menyediakan dua bus untuk mengangkut satu tim di laga tandang.

"Karena lagi pandemi dua bis agar bisa physical distancing di dalam. Di dalam bus pun tidak boleh berdekatan dan disarankan medisnya untuk memantau kondisi pemain," kata Akhmad

Disambut Baik

Selain Akhmad, hadir pula gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan dalam acara Corner Six. Ia mengaku senang mendengar kabar kompetisi bakal bergulir lagi.

"Setelah sekian lama vakum kami sebagai pemain sepak bola rasanya ingin bermain lagi. Rasanya excited dan senang bakal ada pertandingan lagi," kata Kim.

Saksikan Video Liga 1 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Bekerjasama Kemitraan Usaha dan Pemasaran Produk Kelapa, Aren dan Sereh Wangi di Sumatera Selatan

Posted: 03 Sep 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada tanggal 3-4 September 2020, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan dan Direktorat Pengolahan & Pemasaran Hasil Perkebunan menyelenggarakan pertemuan Sosialisasi Hasil Sidang Internasional dan Capacity Building Pelaku Ekspor Komoditas Perkebunan.

Kepala Dinas Perkebunan Prov. Sumatera Selatan, H. Fakhrurrozi Rais dalam pembukaan pertemuan menyatakan bahwa pertemuan ini menjadi semangat baru untuk menggali kembali bahkan memperkuat potensi-potensi komoditas perkebunan yang ada di Sumatera Selatan.

Selain Karet dengan luasan terbesar di Indonesia, ada sawit, kopi, kelapa dan lada yang merupakan komoditas unggulan di Sumatera Selatan. Beberapa tahun terakhir, petani rakyat mulai mengembangkan produk aren dan sereh wangi sebagai bahan pangan (gula aren) dan industry minyak atsiri (sereh wangi).

"Kami mengharapkan Ditjen. Perkebunan mulai memperhatikan produk unggulan spesifik daerah ini, karena potensi yang sangat besar untuk ekspor. Melalui MoU ini kami juga mengharapkan terjalin kemitraan yang baik dan tentu nya berkelanjutan untuk mengangkat ekonomi petani didaerah sentra," jelas H. Fakhrurrozi.

Selanjutnya dalam pemaparan, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Junaedi menyampaikan rasa bangganya terhadap antusias petani dan pelaku usaha yang datang pada pertemuan ini melalui kesepakatan kerjasama yang akan ditandatangani.

"Melalui MoU ini akan membuka semakin luas arah pengembangan dan akses pasar produk perkebunan di Prov. Sumatera Selatan. Kami juga berharap Dinas Perkebunan Prov. Sumatera Selatan tidak berhenti sampai disini, terus melakukan pengawalan dan melakukan pembinaan kepada petani terkait aspek-aspek kualitas dan kontinuitas produk yang dipasarkan. Kami juga akan terus memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan petani dalam hal bimbingan teknis, alat pascapanen dan pengolahan juga pemasarannya," papar Dedi.

Lebih lanjut, menurut Dedi, pada sidang-sidang Internasional pemerintah perlu melihat peluang-peluang yang bisa diterapkan dari kebijakan yang dihasilkan dalam forum-forum Internasional seperti ICO untuk kopi, ICCO untuk kakao, IPC untuk lada, ICC untuk kelapa, ITRC dan ANRPC untuk karet.

Tidak hanya itu, CPOPC pada kelapa sawit dan secara regional dalam tataran Asean (ANFPWG Pepper, Coffee, Teh, Cocoa, Coconut dan lainnya) terutama terkait kebijakan dinamika harga, peningkatan produktivitas, rantai pasok, konsumsi, distribusi, standarisasi kualitas, akses pasar dan promosi.

Ini penting mengingat perkebunan sebagai komoditas ekspor. Hal ini dibuktikan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa hingga Triwulan 2 tahun 2020, nilai ekspor komoditas perkebunan meningkat 7% atau senilai USD 12,27 juta jika dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Sementara itu, Dirjen Perkebunan, Kementan, Kasdi Subagyono mengakui, komoditas yang memiliki kinerja positif semama triwulan ke-2 tahun 2020 ini adalah jambu mete, teh, pala, kayu manis, vanili, cengkeh, kakao dan kelapa dengan pertumbuhan mencapai 4-69% dibandingkan triwulan ke 2 tahun 2019.

"India, China, Belanda, Pakistan dan Amerika Serikat masih menjadi tujuan ekspor utama komoditas perkebunan selama TW ke-2 tahun 2020 dengan total volume mencapai 7,5 juta ton atau senilai USD 5,2 juta," jelas Kasdi.

Mengenai kinerja ekspor produk perkebunan, peluang dan tantangan oleh Kepala Sub Direktorat Pemasaran Hasil yang menjelaskan bahwa perdagangan dunia semakin kompleks dan kompetitif, terdapat berbagai macam hambatan baik tarif dan non tarif.

Kasdi berharap komoditas perkebunan Indonesia dapat memenangkan persaingan pasar ini, tentunya dengan mengedepankan kualitas, kontinuitas dan diplomasi pada forum-forum bilateral, regional dan multilateral.

Selain itu dipaparkan oleh Dekan Fakultas Pertanian Univesitas Sriwijaya, Andi Mulyana mengenai peran akademisi dalam peningkatan kualitas produk untuk ekspor melalui penelitian bidang perkebunan serta oleh Balai Karantina Pertanian kelas 1 Palembang yang menyampaikan mengenai peran karantina dalam akselerasi ekspor komoditas perkebunan.

Di akhir pertemuan ditandatangani 4 dokumen Kesepakatan Kerjasama Kemitraan Usaha dan Pemasaran Produk Perkebunan yakni pertama, usaha mikro kecil menengah (UMKM) Gasing Maju Bersama dengan Gapoktan Tirta Mandiri untuk produk kelapa dari Kabupaten Banyuasin.

Kedua, UMKM Kelapa Rumbuh dengan Kelompok Tani Mustopa untuk produk kelapa dari Kabupaten Banyuasin. Ketiga, CV. Rerira Global dengan Pemasok Munawarman untuk produk gula aren dan sereh wangi dari Kabupaten OKU Selatan.

"Keempat, yakni CV. Rerira Global dengan Kelompok Tani Sereh Serumpun untuk produk gula aren dan sereh wangi dari Kabupaten OKU Selatan," pungkas Andi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Pertanian Jadi Andalan untuk Pulihkan Ekonomi Nasional

Posted: 03 Sep 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 16,24 persen di kuartal II 2020. Hal ini membuktikan bahwa pandemi Corona Covid-19 tidak menekan sektor pertanian.

"Sektor pertanian di kuartal II mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa hampir 16,24 persen kita naik, mengalami pertumbuhan positif," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Gunawan, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Gunawan mengatakan, pertumbuhan tersebut dicapai dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Pertumbuhan tersebut nantinya diprediksi bisa meningkat jika Kementan bekerja sama dengan PLN menyediakan energi bagi petani.

"Dalam kondisi yang sangat alami ini, sudah banyak pembuktian bahwa sektor pertanian mampu tumbuh dan menjadi sektor yang bisa kita andalkan untuk mendorong pemulihan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi ke depan," paparnya.

Dalam meningkatkan produktivitas pertanian, Kementerian Pertanian menerapkan sistem kerja maju, mandiri dan modern. Visi tersebut diwujudkan untuk meningkatkan produksi pertanian masa kini dan lima tahun yang akan datang.

"Sudah dipastikan maju, mandiri dan modern itu harus fokus pertama peningkatan produksi dan produktivitas. Pertanian dengan efisiensi yaitu rendah biaya. Petani sudah merasakan perbedaan dengan menggunakan listrik dan sumber daya energi lain itu ada efisiensi di situ," katanya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Perjanjian Perdagangan Bebas Dongkrak Ekspor Pertanian

Gerakan percepatan olah tanah dan tanam (GPOT) Kelompok Tani Dewi Sri Desa Tegalharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. (Dok Kementan)
Gerakan percepatan olah tanah dan tanam (GPOT) Kelompok Tani Dewi Sri Desa Tegalharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. (Dok Kementan)

Sebelumnya, Free Trade Agreement (FTA) atau perjanjian perdagangan bebas menjadi akses untuk meningkatkan nilai ekspor dalam negeri. FTA membuat perdagangan barang atau jasa antarnegara dapat melewati perbatasan negara lain tanpa hambatan tarif atau nontarif.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, Musyaffak Fauzi menilai perjanjian tersebut juga harus didukung dengan kebijakan dalam mempermudah eksportir dalam proses sertifikasi atau pengurusan sertifikat kesehatan karantina sehingga kontribusi sektor pertanian terhadap ekonomi makro semakin menguat.

"Banyak kebijakan yang diterbitkan oleh Karantina Pertanian Surabaya guna mempermudah eksportir dalam proses sertifikasi atau pengurusan sertifikat kesehatan karantina," kata Musyaffak, Kamis (27/8/2020).

Berdasarkan data otomasi IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) mencatat bahwa terjadi peningkatan ekspor komoditas pertanian melalui Karantina Pertanian Surabaya periode Januari - Juli 2020 sebesar 10 persen dibanding periode yang sama pada sebelumnya (YoY).

"Berdasarkan data BPS yang menyatakan bahwa sektor pertanian mengalami pertumbuhan 16,24 persen (q to q) pada kuartal II tahun 2020," jelasnya.

Musyaffak menambahkan, FTA memberikan dukungan khususnya untuk peningkatan ekspor komoditas pertanian Jawa Timur. Sehingga perlu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perjanjian perdagangan bebas dan implikasi perjanjian tersebut bagi kegiatan ekspor antar negara mitra FTA di Surabaya.

"Wilayah perdagangan bebas ini merupakan salah satu bentuk kerja sama ekonomi yang membuat setiap lini kehidupan semakin berkembang termasuk perdagangan,"katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 Surabaya pada 3 September 2020

Posted: 03 Sep 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 94 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Kamis, 3 September 2020.

Dengan demikian, total kasus kumulatif Corona COVID-19 mencapai 12.436 orang di Surabaya. Sementara itu, pasien dinyatakan sembuh dari Corona COVID-19 mencapai 9.989 orang. Ada tambahan pasien sembuh dari COVID-19 sebanyak 104 orang pada Kamis, 3 September 2020.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah empat orang menjadi 946 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 1.501 orang.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 3 September 2020:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 1.776 orang

Sembuh: 1.454 orang

Meninggal: 123 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.488 orang

Sembuh: 1.146 orang

Meninggal: 147 orang

Surabaya Utara

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.053 orang

Sembuh: 1.728 orang

Meninggal: 169 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 3.917 orang

Sembuh: 3.179 orang

Meninggal: 263 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.202 orang

Sembuh: 2.482 orang

Meninggal: 244 orang

10 Besar Kelurahan dengan Konfirmasi Terbanyak per 3 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 324 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 264 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 209 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 204 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 187 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 186 orang

7.Kelurahan Kemayoran: 173 orang

8.Kelurahan Wonokusumo: 172 orang

9. Kelurahan Morokrembangan: 170 orang

10.Kelurahan Putat Jaya: 168 orang

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Buat Kostum ala Tokoh Anime untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub

Posted: 03 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika pada umumnya cosplay tokoh anime hanya dilakukan oleh manusia, hal berbeda dilakukan oleh pemilik akun Twitter @YagyouNEKO. Pria ini membuat kostum anime untuk dua kucing kesayangannya sehingga nampak makin menggemaskan.

Pria asal Jepang ini, awalnya mengadopsi kedua kucingnya dalam kondisi kurus kering. Namun seiring dengan segala perhatian dan makanan yang ia berikan, kedua kucingnya pun tumbuh dengan baik.

Sebagai wujud sayangnya kepada kedua kucingnya, ia pun iseng-iseng membuat kostum. Terinspirasi dari berbagai tokoh anime, ia akhirnya mendesain ulang sendiri supaya cocok dengan tubuh kucingnya.

Jika anda merupakan penggemar kucing, anime, ataupun kucing yang memakai kostum anime, maka cerita dan sejumlah gambar di bawah ini akan memanjakan mata anda. Berikut potret selengkapnya dirangkum dari laman Twitter @YagyouNEKO oleh Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

1. Bak seorang samurai, kucing yang diberi nama Snow ini terlihat mengenakan kostum lengkap dengan pedang di punggungnya.

Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)
Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)

2. Terinspirasi dari anime berjudul Kimetsu no Yaiba, pria ini membuatkan kostum menyerupai tokoh Iguro dan Mitsuri.

Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)
Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)

3. Jika ada peribahasa serigala berbulu domba, maka Snow akan menyandang predikat kucing berbulu ghibli.

Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)
Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)

4. Menyesuaikan dengan lokasi, Snow didandani bak seorang pelaut.

Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)
Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)

5. Bagi para penggemar anime tentu sudah tak asing lagi dengan jubah ikonik yang dipakai kucing ini, yakni jubah dari tokoh Hokage Keempat di anime Naruto.

Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)
Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)

6. Terinspirasi dari anime Princess Mononoke, Snow nampak mengagumkan sekaligus menggemaskan.

Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)
Pria Ini Membuat Kostum Ala Tokoh Anime Untuk Kucingnya, 6 Hasilnya Bikin Takjub. (Sumber: Twitter/YagyouNEKO)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rilis Single Anyar, Ihsan Tarore Bawakan Genre Nge-Beat di Lagu Biar Orang Tau

Posted: 03 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekian lama berkecimpung di dunia tarik suara, Ihsan Tarore dikenal sebagai penyanyi yang kerap membawakan lagu romantis beraliran pop balada. 

Kini di bawah naungan Afe Records, penyanyi asal Medan, Sumatera Utara itu kembali dengan single baru dengan genre yang cukup nge-beat.

Lagu bertajuk "Biar Orang Tau" karya Tengku Shafick ini merupakan tantangan baru bagi Ihsan Tarore. Menurut penyanyi 31 tahun itu, single tersebut sangat pas dengan ciri khas vokal yang dimilikinya.

"Sumpah, lagu ini enak banget. Nggak nyangka bisa cocok dengan warna suaraku, memang Bang Shafick ini luar biasa," puji Ihsan Tarore ke Tengku Shafick.

Lagu Cinta

Ihsan Tarore (Nurwahyunan/bintang.com)
Ihsan Tarore (Nurwahyunan/bintang.com)

Kendati bertempo cepat, lagu "Biar Orang Tau" sebenarnya masih bertema percintaan. Liriknya bercerita tentang seseorang yang sedang jatuh cinta dan bahagia.

Menurut Tengku Shafick, sukacita bukanlah hal yang harus disembunyikan. "Ini masih lagu cinta kok. Cuma ini lebih kepada ungkapan kebahagian dan diekspresikan dalam bernyanyi yang riang dan bahagia, sehingga semua orang tau," jelas Tengku Shafick.

Khusus untuk Ihsan

Mobil Rusak Parah Karena Kecelakaan, Ini 6 Potret Terbaru Ihsan Tarore (sumber: Instagram.com/ihsantarore)
Mobil Rusak Parah Karena Kecelakaan, Ini 6 Potret Terbaru Ihsan Tarore (sumber: Instagram.com/ihsantarore)

Tengku Shafick mengatakan jika karya musiknya kali ini memang diciptakan khusus untuk Ihsan Tarore. "Orang-orang pasti akan kaget dengan genre lagu yang dibawakan oleh Ihsan ini," ujarnya.

Menurutnya, tembang ini memang sangat berbeda dengan lagu – lagu yang dibawakan oleh musisi jebolan salah satu ajang pencarian bakat menyanyi itu. Ada sentuhan rocksteady dari kocokan gitar, bass dan lead guitar. Nuansa musik era 90-an pun juga hadir di lagu ini. 

Video Klip

Nah, bagi yang ingin mendengarkan lagu "Biar Orang Tau", kamu bisa cek pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Afe Records yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Siap Daftarkan Seluruh Calon Kepala Daerah yang Diusung ke KPU Hari Ini

Posted: 03 Sep 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan siap mendaftarkan para jagoannya di Pilkada 2020. Pendafataran akan dilakukan secara serentak pada hari ini, Jumat (4/9/2020). 

"Partai telah mempersiapkan calon melalui seleksi ketat, psikotest, sekolah partai dan secara khusus diajarkan bagaimana strategi pemenangan gotong royong berdasarkan kekuatan mesin partai yang menyatu dengan rakyat. Bagi yang telah siap, maka pendaftaran pilkada dilakukan secara serentak pada hari ini, 4 September 2020," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (4/9/2020).

Hasto menegaskan, semua paslon wajib memenuhi ketentuan protokol pencegahan Covid-19, berdisiplin tinggi, dan tetap kedepankan warna kebudayaan Nusantara.

"Jati diri partai yang terus kedepankan kebudayaan Nusantara ditampilkan secara sederhana dalam pendaftaran tersebut. Jalan kebudayaan adalah jalan politik, tanpanya politik terasa kering," ucapnya.

Ia mengklaim proses seleksi partai memastikan bahwa calon yang diusung PDI Perjuangan memiliki keandalan dan telah dipersiapkan secara khusus.

"Berbagai ilmu keberhasilan para kepala daerah PDI Perjuangan sudah diberikan. Kini rakyat dapat melihat seluruh rekam jejak calon dan nantinya mengambil keputusan terbaik terhadap pemimpin yang akan menentukan masa depan kemajuan di setiap wilayah," ujarnya.

Siap Menangkan Kader

Oleh karena itu, lanjutnya, PDI Perjuangan bertanggung jawab penuh atas keandalan kepemimpinan calon.

"Konsolidasi dari kader partai yang dipercaya di seluruh Indonesia, dari pusat dan daerah, seluruh anggota legislatif, seluruh anggota dan simpatisan partai siap memenangkan paslon yang diusung PDI Perjuangan," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas Video Hoaks Berisi Pelajar Tes Virus Corona Tanpa Izin Orang Tua

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video hoaks sedang viral di kawasan Bolton, sebuah kota di Greater Manchester, Inggris. Video tersebut berisikan para pelajar di sebuah sekolah di tes virus corona tanpa sepengetahuan orang tua.

Video tersebut sudah beredar di media sosial. Video itu mengklaim kalau pihak sekolah berhak melakukan tes virus corona kepada para pelajar tanpa perlu mendapat izin orang tua.

Nantinya, jika seorang murid dinyatakan positif virus corona, maka pihak sekolah berhak mengkarantina pelajar tersebut. Namun, video itu sudah dipastikan hoaks oleh Anggota Kabinet Eksekutif untuk Layanan Anak Dewan Bolton, Cllr Anne Galloway.

"Menyebarkan informasi dan video hoaks sangat menjijikan. Ini seperti merusak kerja keras pihak sekolah yang sudah menciptakan situasi aman dan bersahabat untuk kembali," katanya, dikutip dari This is Lancashire.

"Pendidikan sangat penting untuk mensejahterakan anak-anak di Bolton. Jangan sebar video hoaks virus corona agar para pelajar bisa kembali ke kelas dengan selamat," ujar Galloway menambahkan.

 

Berharap Tidak Termakan Hoaks

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Galloway berharap tidak ada orang tua yang termakan hoaks, meski video ini sudah tersebar luas di media sosial. Dia juga ingin video palsu tersebut segera berakhir.

"Saya mendorong orang tua untuk tidak terjebak dengan video hoaks ini. Saya juga meminta semua orang untuk berhenti membagikan video palsu tersebut," ucapnya.

Pekan lalu, Dewan Sheffield juga mengeluarkan peringatan serupa. Pihak polisi Inggris juga sudah bergerak untuk memberantas video hoaks tersebut.

Mereka juga sudah meminta anak tidak pergi ke sekolah jika memiliki tanda-tanda terjangkit virus corona, seperti suh badan tinggi, batuk terus-menerus, hingga kehilangan indera penciuman.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain Belanda Vs Polandia: Gelandang Anyar MU Jadi Cadangan

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda harus berhadapan dengan Polanda di fase grup UEFA Nations League di Johann Cruyff Arena, Sabtu (5/9/2020). Belanda takkan didampingi Ronald Koeman yang sudah hijrah ke Spanyol untuk melatih Barcelona.

Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) kemudian menunjuk Dwight Lodeweges sebagai pengganti pelatih berusia 57 tahun itu.

Lodeweges akan memimpin Virgil Van Dijk dan kawan-kawan menghadapi Polandia di matchday pertama Grup A1 UEFA Nations League.

Selain kehilangan Koeman, ada beberapa pemain penting yang absen membela Belanda dalam pertandingan ini. Bek tengah Juventus Matthijs de Ligt tak bisa bermain karena cedera dan akan menjalani operasi bahu.

Pemain Timnas Belanda lainnya seperti Daley Blind, Davy Propper dan Tonny Vilhena tidak akan terlibat dalam dua pertandingan berikutnya.

Van de Beek Jadi Cadangan

Gelandang Ajax, Danny van de Beek mengontrol bola selama sesi latihan di Amsterdam (22/10/2019). Ajax akan bertanding melawan wakil Inggris, Chelsea pada Grup H Liga Champions di Johan Cruijff Arena. (AFP Photo/John Thys)
Gelandang Ajax, Danny van de Beek mengontrol bola selama sesi latihan di Amsterdam (22/10/2019). Ajax akan bertanding melawan wakil Inggris, Chelsea pada Grup H Liga Champions di Johan Cruijff Arena. (AFP Photo/John Thys)

Stefan de Vrij harus bergabung dengan Virgil van Dijk di pertahanan tengah. Sedangkan, Marten de Roon kemungkinan bersama Frenkie de Jong berada di lini tengah, dengan Georginio Wijnaldum tampil sedikit lebih jauh ke depan.

Memphis Depay dan Luuk de Jong pasti akan menjadi starter. Bek baru Manchester City Nathan Ake juga bisa tampil sebagai bek kiri. Tapi Donny van de Beek, yang sudah pindah ke Manchester United, kemungkinan akan mulai dari bangku cadangan.

Kehilangan Besar

Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski berpose dengan bendera Polandia dan trofi Liga Champions setelah mengalahkan PSG pada pertandingan final di stadion Luz di Lisbon (23/8/2020). Munchen menang tipis atas PSG 1-0. (AFP/Pool/Matthew Childs)
Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski berpose dengan bendera Polandia dan trofi Liga Champions setelah mengalahkan PSG pada pertandingan final di stadion Luz di Lisbon (23/8/2020). Munchen menang tipis atas PSG 1-0. (AFP/Pool/Matthew Childs)

Di kubu Polandia, pemain andalan mereka Robert Lewandowski juga bakal absen. Penyerang tengah Bayern Munchen itu diberi istirahat panjang setelah final Liga Champions.

Lewandowski mencetak 55 gol dalam 47 penampilan di level klub musim lalu. Sementara ia telah mencetak 61 gol dalam 112 pertandingan untuk Polandia dan akan menjadi kehilangan besar bagi tim tamu pada laga melawan Belanda.

Pengganti Sang Kapten

Dengan absennya sang kapten, Krzysztof Piatek akan bermain di lini tengah. Kamil Grosicki, Piotr Zielinski dan Sebastian Szymanski kemungkinan akan tampil di posisi depan.

Pemain Southampton Jan Bednarek siap untuk start lagi di lini belakang. Mateusz Klich dari Leeds United dan pemain Napoli Arkadiusz Milik keduanya disebutkan ada di bangku cadangan.

Perkiraan Susunan Pemain

Belanda: Cillessen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; De Roon, F. de Jong; Babel, Wijnaldum, Depay; L. de Jong

Polandia: Szczesny; Bereszynski, Glik, Bednarek, Karbownik; Goralski, Krychowiak; Szymanski, Zielinski, Grosicki; Piatek

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cepat Ikutan, Seleksi Kartu Prakerja Kemungkinan Tersisa 4 Gelombang

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seleksi Program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang ke-7 yang dibuka pada Kamis, 3 September 2020. Hingga saat ini jumlah peserta mencapai 3 juta.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan jika bisa konsisten pendaftaran dibuka dengan kuota 800.000 orang pada setiap gelombang, maka pelaksanaan pendaftaran program Kartu Prakerja tinggal 4 gelombang lagi.

"Kalau setiap gelombang kami bisa konsisten menerima 800.000 maka dalam 4 gelombang seluruh kuota sudah akan terpenuhi," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

Sampai saat ini, peserta Kartu Prakerja mencapai 3 juta orang. Angka tersebut, terhitung sejak gelombang pertama pada April 2020 sampai dengan gelombang 6 yang ditutup pada Senin, 31 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Jumlah 3 juta peserta telah melebihi separuh atau 50 persen target pemerintah yakni 5,6 juta peserta.

Dengan demikian, maka masih ada kuota sebesar 2,6 juta untuk bisa menjadi peserta program Kartu Prakerja. "Sampai gelombang 6 sudah ada 3 juta penerima, jadi masih kurang 2,6 juta lagi," tutur

Adapun peserta yang belum lolos gelombang 1 hingga 6, masih ada kesempatan untuk mengikuti gelombang selanjutnya.

Ini mengingat masih ada kuota 2,6 juta peserta lagi yang akan mendapat kesempatan mendapatkan program Kartu Prakerja.

 

Program Kartu Prakerja Gelombang 6 Diserbu 1,7 Juta Orang

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)
Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 6 telah ditutup pada Senin, 31 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Jumlah pendaftar pada fase tersebut hampir sama banyaknya dengan gelombang 5 lalu.

Sebagai catatan, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat adanya 1,77 juta orang yang mendaftar Kartu Prakerja untuk gelombang 5.

"Totalnya (pendaftar di gelombang 6) 1,76 juta orang, dengan kuota penerimaan 800 ribu," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Selasa (1/9/2020).

Louisa menyampaikan, total pendaftar dari gelombang 1-6 telah mencapai 3 juta orang. Adapun total peserta yang bakal diterima pada program Kartu Prakerja yakni 5,6 juta orang.

"Sudah ada 3 juta penerima Kartu Prakerja. Masih ada sisa 2,6 juta untuk memenuhi kuota total 5,6 juta," jelas dia.

Lebih lanjut, ia melaporkan, sesi pembukaan Kartu Prakerja sejak gelombang 4 lalu telah berjalan relatif baik, serta tidak lagi memerlukan swafoto.

Sementara untuk durasi pendaftaran Kartu Prakerja di setiap gelombang, Louisa mengatakan, itu berbeda-beda di tiap gelombang. Ada yang berlangsung 5 hari, bahkan hingga 7 hari.

"Durasinya bervariasi. Ada yang 5 hari (seperti gelombang 6), ada yang 7 hari," pungkas Louisa.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Rilis, Gim Resident Evil 8 Versi KW Muncul di Steam

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Juni 2020, Capcom mengumumkan akan meluncurkan seri ke-8 dalam gim survival horor mereka, yakni Resident Evil.

Berjudul Resident Evil 8 atau Resident Evil: Village, gim baru milik Capcom ini dipastikan akan meluncur ke PS5, Xbox Series X, dan PC Windows pada 2021.

Walau masih belum tersedia di pasaran, sebuah gim tiruan atau bajakan Resident Evil: Village ini muncul di Steam untuk menjaring gamer yang 'ngebet' main gim baru milik Capcom tersebut.

Dilansir Gamerant, Jumat (4/9/2020), gim tiruan yang dibuat oleh Forest Games dan muncul di Steam ini berjudul Biohazard Village.

Bagi yang belum tahu, Capcom menyebut Resident Evil sebagai Biohazard di negara asalnya Jepang.

 

Serupa Tapi Tak Sama

Faktanya, gim horor yang dirilis tahun depan itu diberi judul Biohazard: Village juga di luar jepang. Hal ini berdasarkan situs web gim perusahaan.

Karena memakai judul yang sama, bukan hal yang tak mungkin pengembang asal Jepang itu akan mengambil tindakan hukum terhadap pengembang Forest Games.

Forest Games sendiri mendeskripsikan, Biohazard Village miliknya sebagai gim third-person shooter (TPS) di mana gamer akan berperan sebagai gadis yang bertarung melawan zombie di sebuah kota.

 

Langsung Dihapus

Lebih lanjut, gim tiruan Biohazard Village ini muncul di platform gim digital Steam pada 2 September 2020.

Pada hari yang sama, gim tersebut langsung hilang dari Steam.

Dengan judul dan alur cerita yang mirip, wajar bilamana gim tersebut langsung dihapus dari platform digital milik Valve tersebut.

Informasi, Resident Evil 8 atau Resident Evil: Village saat ini masih dalam proses pengembangan tim Capcom.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatihan Pemasaran Jadi Favorit Peserta Kartu Prakerja

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerjagelombang 7 pada Kamis 3 September 2020. Ini merupakan program lanjutan setelah gelombang 6 ditutup pada Senin 31 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Sampai dengan gelobang 6, Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mencatat sebanyak 3 juta peserta telah terdaftar. Diantaranya, paling banyak memilih pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran.

"Dari beragam pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan, yang paling banyak diambil adalah pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran," beber Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

Menyusul setelahnya, lanjut Louisa, ada bidang teknologi informasi, keuangan, bahasa asing, gaya hidup, perkantoran, dan makanan minuman yang juga banyak diambil oleh Peserta Kartu Prakerja.

 

Tertimoni

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Melansir dari laman Instargram @prakerja.go.id, salah satu alumni Kartu PRakerja, Ariska, telah berhasil membuka peluang karier melalui pelatihan tentang cara membuat aneka jajanan pasar.

Ariska adalah pegawai yang dirumahkan pada masa pandemi. Namun, setelah mempelajari cara membuat donat lewat pelatihan, Ariska pun mulai berjualan donat. Ia mengaku, hasil jualannya lebih besar dari gaji sebelumnya saat ia bekerja.ㅤㅤ

Bukan cuma itu, melalui pelatihan tersebut, Ariska juga mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi tentang cara jualan melalui grup Whatsapp yang dibuat bersama instruktur dan peserta pelatihan lainnya. ㅤㅤ

Lainnya, ada Bayu, alumni Kartu Prakerja gelombang kedua yang mengikuti pelatihan tentang membuat kedai kopi kekinian dengan modal minim. Setelah mengikuti pelatihan dan berkonsultasi bersama instruktur dan peserta lainnya, kini Bayu bisa mempraktekkan ilmunya dengan membuka kedai kopi di halaman rumah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentagon Sebut RI Bisa Jadi Lokasi Fasilitas Logistik Militer China, Ini Kata Menlu

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menanggapi penyataan dari Pentagon dalam laporan Military and Security Development Involving the People's Republic of China 2020.

Dalam laporan itu, Pentagon menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang dianggap China sebagai lokasi bagi fasilitasi logistik militer.

Menanggapi laporan ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara tegas menyampaikan fakta sebenarnya.

"Secara tegas, saya ingin menekankan bahwa sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun," ujar Retno dalam press briefing secara virtual pada Jumat (4/9/2020).

Selain itu, dalam laporannya Pentagon juga memperkirakan Tiongkok akan menggandakan jumlah cadangan hulu ledak nuklirnya selama dekade berikutnya, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia.

Pada saat itu, China diprediksi meningkatkan kemampuan senjata nuklirnya untuk melakukan serangan nuklir melalui darat, laut dan udara.

Laporan tahunan Pentagon "Kekuatan Militer China" kepada Kongres yang dirilis pada Selasa 1 September mengatakan, modernisasi dan perluasan kekuatan nuklir China merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengimbangi dan bahkan melampaui militer Amerika pada 2049 sebagai kekuatan dominan di kawasan Indo-Pasifik.

Laporan itu mengatakan, jumlah hulu ledak nuklir China saat ini diperkirakan melebihi 200 termasuk yang bisa dipasang ke rudal balistik yang mampu mencapai Amerika.

 

Pernyataan Pentagon Pertama Soal China

Markas Departemen Pertahanan AS atau Pentagon (Wikipedia)
Markas Departemen Pertahanan AS atau Pentagon (Wikipedia)

Wakil Asisten Menteri Pertahanan Chad Sbragia, mengatakan kepada wartawan minggu ini, laporan itu merupakan yang pertama kalinya Pentagon menyatakan jumlah hulu ledak China.

"Kita jelas prihatin dengan jumlahnya, juga lintasan perkembangan besar-besaran nuklir China," kata Sbragia.

Senjata nuklir AS yang diperkirakan memiliki 3.800 hulu ledak berstatus aktif, jauh melampaui persenjataan China. AS memiliki kapal selam dan pesawat yang mampu mengirim serangan nuklir, bersama dengan rudal balistik antarbenua ke daratan.

China tidak memiliki kemampuan untuk meluncurkan senjata nuklir dari udara, tetapi Pentagon mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) secara terbuka akhir tahun lalu mengungkapkan pembom H-6N sebagai pesawat pengebom nuklir pertamanya yang bisa mengisi bahan bakar di udara.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Robohnya Bangunan Ruko di Cideng Jakarta Pusat

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menyelidiki robohnya bangunan ruko di jalan Kiai Caringin Cideng Jakarta Pusat. Saksi mata menerangkan kejadian tersebut sangat cepat. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Rianti Cartwright Bersalin 19 Jam, Melahirkan Enggak Kayak Jalan-Jalan di Taman

Posted: 03 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada 25 Juli 2020, Rianti Cartwright melahirkan bayi perempuan setelah hampir 10 tahun menanti momongan. Ia dan suami menamai putri mereka Cara Rose Kanaya Nainggolan.

Belum banyak cerita terkuak dari persalinan ini. Ditanya soal melahirkan, Rianti Cartwright menyebut ini pelajaran tentang menjadi rendah hati. Selama berbadan dua semua terasa lancar.

"Tekanan darah bagus, kesehatan bagus, kami berdua memutuskan melahirkan secara normal. Kami mengikuti kelas, di pikiran saya sudah ada bayangan gentle birth yang sangat cepat, indah, lancar pastinya," cerita Rianti Cartwright.

Pembukaan Satu

Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)
Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)

Yang terjadi pada Kamis 24 Juli 2020, Rianti Cartwright mengalami perdarahan. Ini salah satu indikasi fase persalinan telah tiba. Ditemani Cassanova Alfonso, Rianti Cartwright ke rumah sakit.

"Kami langsung ke rumah sakit, sampai rumah sakit baru pembukaan satu. Biasanya disuruh pulang tapi karena pandemi kami memutuskan check in di rumah sakit," ujar bintang film Ayat-ayat Cinta.

Tiba-tiba Ketuban Pecah

Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)
Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)

Dokter memperkirakan Rianti Cartwright bersalin keesokan harinya. Usai mendengarkan penjelasan dokter, Rianti Cartwright bersiap tidur. Saat itulah air ketuban pecah. 

"Pas mau tidur, tiba-tiba ketuban pecah. Oke harus langsung turun ke ruang persalinan, di situ kalau ketuban sudah pecah, kamu harus berbaring telentang," Rianti Cartwright menjelaskan.

 

Tengah Malam ke Jam 12 Siang

Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)
Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)

Rupanya proses persalinan tak sesederhana yang dibayangkan. "Dari pembukaan satu ketiga itu kalau enggak salah dari midnight sampai jam 12 siang. Itu baru pembukaan tiga," urainya.

Momen ini membuat Rianti Cartwright teringat nasihat dari para sahabat bahwa melahirkan termasuk kontraksi tak semenyenangkan jalan-jalan di taman. Proses ini penuh perjuangan.

Bedah Cesar Darurat

Unggahan Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network.)
Unggahan Daniel Mananta. (Foto: YouTube Daniel Mananta Network.)

Berjam-jam berjuang, bintang sinetron Cinta Yang Hilang melewati pembukaan keempat, lima, enam, dan seterusnya. Dokter memberi peringatan jika sampai jam 19.00 belum tuntas, terpaksa banting setir ke bedah caesar.

"Rose baru lahir jam 18.50, jadi itu persalinan sekitar 19 jam. Dan kalau jam 19 belum lahir akan dilakukan bedah caesar darurat," Rianti mengenang. "Itu mukjizat dia bisa lahir dengan keadaan seperti itu, dia juga lumayan berat 3,74 kg," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Anak Ke-3, Ini 6 Potret Nina Zatulini Pamer Baby Bump

Posted: 03 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan momongan tentu menjadi momen yang istimewa bagi setiap pasangan. Termasuk bagi para selebriti Tanah Air. Rupanya hal ini juga yang tengah dirasakan oleh artis cantik, Nina Zatulini dan suami tercinta, Chandra Tauphan. Pasangan yang menikah pada 2016 silam ini tak lama akan kembali dikaruniai buah hati ketiga.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Shadrina Zatulini Munaf ini telah dikaruniai dua orang anak yakni Kenzie Naratama Chandra dan Khanza Inara Chandra. Kemudian pada Juli lalu, ia mengumumkan tengah mengandung buah hati ketiganya lewat akun Instagram. Kini Nina Zatulini tampak begitu menikmati masa-masa kehamilannya.

Meski masih merahasiakan usia kehamilan anak ketiganya, perut pemain sinteron Arti Sahabat ini sudah kian membesar. Nina Zatulini juga beberapa kali mengunggah potret dirinya dengan memamerkan baby bump. Pesona cantik wanita 28 tahun inipun semakin terpancar.

Gayanya saat mengandung juga tetap terlihat stylish. Berikut potret Nina Zatulini pamer baby bump dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/9/2020).

1. Hamil anak Ketiga, perut Nina Zatulini sudah terlihat makin membuncit.

Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)
Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)

2. Meski perutnya semakin membesar, ibu dua anak ini masih menjalani aktitas seperti biasanya.

Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)
Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)

3. Sedang hamil, pesona cantik pesinetron ini tak luntur. Gayanya saat bertemu dengan teman-temannya tetap stylish.

Nina Zatulini (Sumber: Instagram/eriskarein)
Nina Zatulini (Sumber: Instagram/eriskarein)

4. Momen kehamilan ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang sudah memiliki dua buah hati sebelumnya.

Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)
Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)

5. Menikmati masa-masa kehamilan, wanita 28 tahun ini kerap membagikan potret dirinya dengan memamerkan baby bump.

Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)
Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)

6. Sembari makan buah dan memperlihatkan perut buncitnya, istri Chandra Tauphan inipun memancarkan aura memesona.

Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)
Nina Zatulini (Sumber: Instagram/ninazatulini22)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Limpahkan Berkas 3 Tersangka Kasus Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra

Posted: 03 Sep 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi melimpahkan berkas perkara tiga tersangka kasus surat jalan palsu yang diterbitkan untuk Djoko Tjandra (JST) ke Kejaksaan. Mereka adalah Djoko Tjandra itu sendiri, Brigjen Prasetijo Utomo, dan Anita Kolopaking.

"Untuk berkas perkara kasus pemalsuan surat jalan JST telah rampung," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (4/9/2020).

Menurut Awi, berkas perkara untuk Anita Kolopaking setebal 2.025 lembar, untuk Djoko Tjandra setebal 1.879 lembar, dan Brigjen Prasetijo Utomo setebal 2.080 lembar.

"Hari ini langsung penyidik kirimkan ke JPU untuk tahap satu," jelas Awi.

Polisi memperpanjang masa tahanan dua tersangka kasus penerbitan surat jalan Djoko Tjandra yakni Brigjen Prasetijo Utomo dan Anita Kolopaking. Sebelumnya masa tahanan keduanya berakhir pada Agustus 2020.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo menyampaikan, untuk penahanan pertama Brigjen Prasetijo Utomo berlangsung pada 31 Juli hingga 19 Agustus 2020.

"Perpanjangan penahanan 20 Agustus sampai 28 September 2020," tutur Ferdy saat dikonfirmasi, Jumat (4/9/2020).

Sementara untuk Anita Kolopaking, lanjutnya, masa penahanan awal terhitung sejak 8 Agustus dan berakhir pada 27 Agustus 2020.

"Perpanjangan penahanan 28 Agustus sampai 6 Oktober 2020," kata Ferdy.

 

3 Tersangka di Kasus Surat Jalan Palsu

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri menetapkan Djoko Tjandra sebagai tersangka di kasus surat jalan palsu. 

"JST dikenakan Pasal 263 ayat 1 dan 2, Pasal 426, Pasal 221 KUHP dengan ancaman 5 tahun," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat 14 Agustus 2020.

Argo menyatakan, ada tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus surat jalan palsu, yakni PU (Brigjen Prasetijo Utomo), A (Anita Kolopaking), dan JST (Joko Soegiarto Tjandra) alias Djoko Tjandra.

Brigjen Prasetijo dipersangkakan dengan tiga pasal berlapis, yakni Pasal 263 Ayat 1 dan Ayat 2 juncto Pasal 55 Ayat 1 Kesatuan E KUHP, Pasal 426 Ayat 1 KUHP dan atau Pasal 221 Ayat 1 KUHP. Sedangkan, Anita Kolopaking dipersangkakan telah melanggar Pasal 263 Ayat 2 KUHP, dan Pasal 223 KUHP.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 1 Bergulir Lagi, Gelandang Persib: Semoga Bisa Kasih Sedikit Hiburan

Posted: 03 Sep 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan berharap Liga 1 yang akan bergulir lagi dapat menghibur masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikatakan Kim dalam acara Corner Six bersama Liputan6.com, Jumat (4/9/2020) WIB.

"Mudah-mudahan, kita bisa kasih sedikit hiburan bagi masyarakat Indonesia karena kan sepak bola olahraga nomor satu," kata Kim.

Seperti diketahui, Liga1 sebelumnya terhenti sejak Maret lantaran pandemi virus corona covid-19. Padahal, musim 2020 baru berlangsung tiga pertandingan.

Persib sendiri sedang memuncaki klasemen setelah menyapu bersih tiga pertandingan awal dengan kemenangan. Kim dkk. mengantongi sembilan poin.

Namun publik sepak bola Tanah Air kini boleh bergembira. Pasalnya, Liga 1 dijadwalkan bergulir kembali pada 1 Oktober 2020.

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator menerapkan prosedur berbeda agar kompetisi tetap bisa berlangsung di tengah pandemi virus corona covid-19.

 

Latihan Sejak Agustus

Kim Jeffrey Kurniawan siap bantu Persib raih kemenangan atas Pesiwa Wamena. (Huyogo Simbolon)
Kim Jeffrey Kurniawan siap bantu Persib raih kemenangan atas Pesiwa Wamena. (Huyogo Simbolon)

Kim mengatakan, ia dan para pemain Persib sudah memulai latihan sejak Agustus di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Menurut Kim, sebagai pemain ia menyambut baik rencana menggulirkan lagi Liga 1 2020.

"Setelah sekian lama vakum kami sebagai pemain sepak bola rasanya ingin bermain lagi. Rasanya excited dan senang bakal ada pertandingan lagi," kata Kim.

Patuhi Protokol Kesehatan

Lebih lanjut, Kim mengaku bakal tetap mematuhi protokol kesehatan, meski kompetisi akan bergulir lagi. Menurutnya, hal tersebut sangat krusial agar ia bisa tetap tampil.

"Saya sengaja membatasi kelaur rumah karena ini kan kerjaan kita jadi harus diutamakan," katanya.

 

Klasemen Liga 1

 

 

Saksikan Video Liga 1 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akting Jadi Jin, Youtuber Fadil Jaidi Hadir Sebagai Cameo di Magic Tumbler Season 3 SCTV

Posted: 03 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak konten kreator maupun influencer yang tak hanya populer di media sosial, tetapi sampi ke industri hiburan televisi. Salah satunya adalah YouTuber Fadil Jaidi.

Nama Fadil Jaidi tentunya sudah tak asing lagi di jagat maya. Pria kelahiran 1994 ini terkenal akan video-video kocaknya dengan sang ayah di media sosial.

Namun siapa sangka, Fadil Jaidi sudah terjun ke industri hiburan sejak kecil dan sempat membintangi sinetron berjudul Tawakal pada 2005 silam. 

Berangkat dari situ, ia ingin kembali menjajal bakat aktingnya di layar kaca. Dia mengambil peran dalam miniseri Magic Tumbler Season 3 SCTV, meskipun hanya sebagai cameo. Sosoknya muncul sebagai jin penjaga pada episode pertama.

Magic Tumbler Season 3 sendiri telah merampungkan serialnya pada 1 September lalu. Seperti apa akting Fadil dalam miniseri tersebut?

Jadi Jin

Fadil Jaidi sempat jadi cameo dalam miniseri Magic Tumbler Season 3. (Foto: Vidio)
Fadil Jaidi sempat jadi cameo dalam miniseri Magic Tumbler Season 3. (Foto: Vidio)

Dalam episode perdana Magic Tumbler Season 3, Fadil Jaidi melakoni akting sebagai jin penjaga alam gaib. Dikisahkan, saat itu ia harus menjaga Olive (Syifa Hadju) yang terkurung dalam penjara jin.

Fadil tampak luwes memainkan perannya sebagai jin protagonis, ia tampil totalitas. Maklum saja, ini bukan pertama kalinya pelantun lagu "Ku Jatuh Hati" itu tampil di layar kaca. 

Unggahan Instagram

YouTuber Fadil Jaidi jadi cameo di miniseri Magic Tumbler Season 3. (Foto: Instagram/@fadiljaidi)
YouTuber Fadil Jaidi jadi cameo di miniseri Magic Tumbler Season 3. (Foto: Instagram/@fadiljaidi)

Fadil Jaidi juga sempat mengunggah potret dirinya bersama dua pemain Magic Tumbler Season 3, yakni Mala Barbie dan Ali Seggaf. 

Ketiganya tampak mengenakan kostum jin seperti dalam kisah 1001 malam. "Asik, punya temen jin," tulis Fadil dalam keterangan foto di Instagram.

Nonton Magic Tumbler Season 3 Episode Lengkap

Magic Tumbler Season 3 tayang dalam 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV Ke-30, tayang perdana Sabtu 1 Agustus 2020
Magic Tumbler Season 3 tayang dalam 3xtraOrdinary Series jelang HUT SCTV Ke-30, tayang perdana Sabtu 1 Agustus 2020

Meskipun sudah selesai tayang di SCTV, tapi kamu masih bisa menonton Magic Tumbler Season 3 episode lengkap, dengan streaming di aplikasi dan website Vidio. 

Jangan khawatir, karena tontonan ini gratis. Yuk, download aplikasi Vidio di ponselmu sekarang!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Risma dan Wakilnya Akan Antarkan Eri Cahyadi-Armuji Daftar Pilkada

Posted: 03 Sep 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana mengantarkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Surabaya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Seperti diketahui, Risma dan Wisnu akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya dan Wakil Wali Kota Surabaya, pada Februari 2021 mendatang. 

"Bu Risma dan Mas Whisnu Sakti adalah ikon kader-kader tangguh PDI Perjuangan di Kota Surabaya dan keduanya akan hadir," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Adi Sutarwijono ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (4/9/2020) pagi dilansir Antara.

Dalam kepengurusan partai, lanjut Adi, Risma merupakan ketua bidang kebudayaan DPP PDI Perjuangan. Sedangkan Wisnu Sakti merupakan salah satu wakil ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

"Pengurus pusat hingga anak ranting level RW, anggota dan simpatisan hadir. Ini berarti kami full team saat mendaftarkan calon pada pukul 14.00 WIB nanti," ucap Awi, sapaan akrabnya.

Rombongan yang akan mengantarkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji ke KPU, rencananya akan diberangkatkan dari Kantor DPC PDI Perjuangan di Setail Surabaya dengan penerapan protokol kesehatan ketat. 

 

Dimeriahkan Atraksi Reog Ponorogo

Atraksi kesenian tradisional Reog Ponorogo, Barongsai, pertunjukan Banjari yang khas di kalangan jamaah pengajian, dan pentas pengamen jalanan akan turut memeriahkan saat pendaftaran.

"Kami tampilkan kesenian yang multi kultur sebagai pesan kuat agar Eri Cahyadi-Armuji teguh menjaga kebudayaan-kebudayaan lokal, jati diri Indonesia, menjaga Bhinneka Tunggal Ika yang hidup harmoni di Kota Surabaya. Kesenian tradisional tumbuh subur di kampung-kampung, dan mereka harus dijaga," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura I dan Lion Air Resmikan Rute Baru Makassar–Toraja

Posted: 03 Sep 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Lion Air Group meresmikan pembukaan rute penerbangan Makassar – Toraja – Makassar di depan Gate 3 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Penerbangan ini akan dilakukan 4 kali seminggu setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu dengan menggunakan pesawat Wings Air.

Peresmian secara simbolisasi dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Edward Sirait selaku Presiden Direktur Lion Air Group. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi, Kelapa Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, Presiden Direktur Lion Air Group serta tim manajemen Angkasa Pura Airport dan tim manajemen Lion Air Group.

Dalam sambutannya Wahyudi selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mengatakan Tana Toraja merupakan salah satu wisata yang diminati. Dengan adanya penerbangan ini, semakin memudahkan masyarakat untuk dapat berkunjung ke Tana Toraja.

"Saat ini Wings Air merupakan satu - satunya penerbangan yang melayani rute Makassar - Toraja. Semoga kedepannya bisa berkembang jadwal penerbangannya dari 4 kali seminggu menjadi 7 kali seminggu atau lebih" ujar Edward Sirait selaku Presiden Direktur Lion Air Group dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020).

Dengan adanya rute ini, perjalanan ke Toraja dari Makassar dapat ditempuh dalam waktu 50 menit. Dapat menjadi pilihan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke Toraja. Penerbangan ini diharapkan dapat menggugah minat wisata masyarakat untuk berkunjung ke Toraja.

Pada kesempatan yang sama, Baitul Ikhwan selaku Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar juga menyampaikan dukungannya atas dibukanya rute baru penerbangan ke Tana Toraja. Tetap utamakan Keselamatan dan Keamanan penerbangan serta protokol kesehatan.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasan penerbangan Wings Air IW1330 milik Maskapai Lion Air Group tujuan Makassar - Tana Toraja yang akan berangkat pada pukul 09.35 WITA.

Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura I Naik 44 Persen pada Agustus 2020

Bandara I Ngurah Rai Bali (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)
Bandara I Ngurah Rai Bali (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Agustus 2020 sebesar 44,1 persen dibanding Juli 2020. Pada Agustus lalu trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 1,96 juta orang, jauh lebih tinggi dibanding Juli yang hanya 1,36 juta orang dan Juni yang hanya mencapai 648 ribu orang.

Pertumbuhan juga terjadi pada trafik pesawat di mana Agustus ini mencapai 26.362 pergerakan, tumbuh 20 persen dibanding trafik pesawat pada Juli yang hanya sebanyak 21.954 pergerakan. Tidak begitu dengan trafik kargo yang justru mengalami penurunan 2,6 persen dari 36 juta kg pada Juli menjadi 35 juta kg pada Agustus.

 

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, trafik penumpang yang terus tumbuh secara konsisten sejak diterapkannya masa adaptasi kebiasaan baru tiga bulan lalu menambah optimisme mengenai kebangkitan sektor aviasi.

Hal ini seiring dengan upaya para pelaku industri aviasi yang terus mengampanyekan keamanan dan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 baik di pesawat maupun di bandara.

"Melalui kampanye #SafeTravelCampaign dan #TerbangLagi, para pelaku industri aviasi terus mendorong masyarakat agar tidak ragu dan percaya diri untuk dapat melakukan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru," ujar Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, Angkasa Pura I juga telah menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandara. Fasilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Penyediaan fasilitas rapid test ini juga dilakukan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Berharap Paslon Jadikan Pilkada Momentum Emas Perkuat Penanganan Covid-19

Posted: 03 Sep 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pelaksanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dapat menjadi momentum emas untuk melakukan gerakan bersama melawan Covid-19. 

"Namun, jika strategi dan setting-nya keliru, akan berpotensi menjadi kluster baru, akibat terjadinya kerumunan massa," kata Tito saat pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (4/9/2020) dilansir Antara

Untuk itu dia berharap, Pilkada betul-betul dijadikan momentum memperkuat penanganan Covid-19 di setiap daerah dan dampak sosial ekonominya.

Di momen inilah, lanjut Tito, ada peran aktif dari para pasangan calon untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 pada setiap tahapan pilkada.

"Pilkada sebetulnya bukan bagian yang terpisahkan. Bahkan jangan sampai berpikir bahwa pilkada adalah bagian terpisah dari penanganan pandemi Covid-19," katanya. 

Pilkada ini harus menjadi momentum emas untuk bergerak maksimal menghadapi pandemi untuk menggerakkan mesin mesin daerah.

Dia menyebutkan ada 270 daerah yang akan melaksanakan pilkada, yaitu 9 tingkat provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Momentum inilah

"Kalau dari 548 provinsi dan kabupaten/kota, jumlah 270 daerah itu adalah separuhnya. Kalau separuh daerah semua bergerak dalam penanganan pandemik Covid-19, otomatis akan bisa menstimulasi 278 yang tidak melaksanakan pilkada," papar mantan Kapolri ini.

 

Paslon Patuhi Protokol Covid-19

Purnawirawan jenderal bintang empat ini juga mengingatkan para bakal pasangan calon (paslon) yang maju pada Pilkada 2020.

Mereka diminta untuk tetap mematuhi dan memedomani protokol kesehatan, terutama pada saat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon ke KPU.

"Pasangan calon agar tidak mengajak massa pendukung dalam jumlah yang besar, tidak menciptakan kerumunan atau arak-arakan massa. Pasangan calon cukup didampingi tim kecil yang menyiapkan dokumen administrasi pendaftaran. Jika ingin dipublikasikan, gunakan media atau secara virtual," ucapnya.

Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah berlangsung pada hari ini, Jumat (4/9/2020 hingga Minggu, 6 September 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Benarkah Bunga Utang Indonesia Lebih Tinggi dari Negara Lain?

Posted: 03 Sep 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan pembicaraan yang menyebut bunga utang Indonesia jauh lebih tinggi dari negara lain.

Dengan data dari CrowdTangle, fitur insight publik yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun di Facebook yang menyebut bunga utang Indonesia jauh lebih tinggi dari negara lain.

Ketiga akun itu adalah Babeh Tahes, Ali Sahan, dan Sagena Sari. Ketiganya mengunggah tangkapan layar dari pemilik akun Twitter @msaid_didu.

Berikut ini narasi unggahan di tangkapan layar mereka:

"Perlu diwaspadai adanya mafia utang yg menjebak NKRI krn selain jumlah yg makin besar, juga bunga makin tinggi - bunga jauh lebih tinggi dari bunga utang negara lain".

Lalu, benarkah bunga utang Indonesia jauh lebih tinggi dari negara lain? Simak penelusuran faktanya di halaman selanjutnya.

 

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran fakta tersebut menggunakan mesin pencari Google Search. Penelusuran mengarahkan ke Twitter milik Yustinus Prastowo, yang merupakan staf khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam akun miliknya @prastowo menjawab tudingan dari pemilik @msaid_didu.

"Selamat pagi. Saya akan bahas pernyataan Om @msaid_didu ini. Menurut saya ini tidak fair dan cenderung fitnah karena menuduh ada mafia utang dan bilang bunga utang makin tinggi. Ditambahi: lebih tinggi dibanding bunga utang negara lain. Hebatnya: tanpa data dan fakta!" kicau Prastowo.

Sebagai pelengkap, Prastowo memperlihatkan data. Dia dengan tegas membantah kalau bunga utang Indonesia lebih tinggi bila dibandingkan dengan negara lain.

Namun, Prastowo tidak membantah jika jumlah utang Indonesia naik. Prastowo mengatakan hal itu karena defisit fiskal yang juga naik untuk membiayai pandemi covid-19.

"Rasionya otomatis naik, tapi semua msh terjaga di level aman," ujar dia.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Informasi yang menyebut bunga utang Indonesia lebih besar dari negara lain adalah false, tidak bisa menunjukkan data yang sebenarnya. Pihak Kementerian Keuangan sudah memberikan klarifikasi terkait isu tersebut.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Achmad Purnomo Yakin Gibran Menang Pilkada Solo

Posted: 03 Sep 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski enggan menjadi bagian dalam tim pemenangan Gibran-Teguh, namun Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yakin, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut bakal menang dalam Pilkada Solo 2020. Apalagi, semua partai sudah mendukung kedua pasangan tersebut.

"Yakin. Karena yang kita lihat terakhir ini semua partai sudah mendukung Mas Gibran dan Pak Teguh. Hanya PKS saja yang tidak ikut berpartisipasi. Semuanya pasti menduga Mas Gibran dan Pak Teguh pasti menang," ujar Purnomo, Jumat (4/9/2020).

Kendati demikian, Purnomo tidak secara tegas mengiyakan untuk bergabung dalam Tim Pemenangan Gibran-Teguh, seperti permintaan Gibran. Ia justru memuji Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo yang mempunyai kelebihan dibanding dirinya. Sehingga ia yakin di bawah kepemimpinan Rudy, Gibran-Teguh akan menang dalam Pilkada.

"Kelihatannya ketua tim pemenangan, ketua partainya, pak Rudy, coba lihat apa kekurangannya toh?," kelakarnya.

Kendati enggan menjadi penasihat Tim Pemenangan, namun Purnomo merestui Gibran dan Teguh untuk maju dalam Pilkada Solo 2020. Alasannya, ia sangat bangga terhadap Kota Solo. Ia ingin kota Solo kedepannya tetap aman dan damai, tentram khususnya untuk masyarakat kecil bisa lebih baik.

"Tentunya siapa pun wali kotanya ke depan, baik mas Gibran dan pak Teguh, kita harapkan semua bisa membuat jauh lebih baik dari sekarang ini," katanya.

Siap Berikan Saran

Terkait ajakan Gibran untuk menjadi penasihat dalam tim pemenangan Gibran-Teguh, Purnomo belum bisa menyampaikannya.

"Kita lihat saja nanti. Yang pertama belum tentu mas Gibran itu perlu penasihat. Karena meskinya sudah di luar perkiraan kita. Nantinya kita harapkan Bisa mimpin Solo seperti yang kita harapkan semua," kilahnya.

Kendati demikian, sebagai tokoh masyarakat Purnomo mengaku siap jika diperkenankan untuk memberikan saran.

Sebelumnya, dalam silaturahmi Gibran-Teguh ke kediaman pribadi Purnomo di Jalan Bhayangkara, Kamis kemarin, putra presiden Joko Widodo itu sempat memohon agar Purnomo berkenan menjadi penasehat dalam tim pemenangan. Namun permintaan tersebut tidak dijawab oleh Wakil Wali Kota Solo itu.

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Happy Hypoxia, Gejala Baru Covid-19 yang Wajib Diwaspadai dan Mematikan

Posted: 03 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala COVID-19 terus berkembang sering berjalannya waktu. Baru-baru ini ditemukan istilah Happy Hypoxia pada penderita COVID-19. Happy Hypoxia bisa muncul tanpa gejala dan bisa berakhir fatal jika tak segera ditangani.

Happy Hypoxia ditemukan banyak terjadi pada pasien COVID-19 tanpa gejala atau OTG. Adanya gejala baru ini membuat orang harus waspada setiap saat. Gejala Happy Hypoxia seringkali tidak muncul, sehingga orang-orang tetap berkegiatan seperti biasa.

Happy Hypoxia bisa membuat pasien COVID-19 terlambat ditangani. Happy hypoxia dalam kondisi yang parah bisa menyebabkan kematian akibat kegagalan organ dalam.

Apa sebenarnya Happy Hypoxia dan bagaimana cara mengenalinya? Berikut fakta mengenai Happy Hypoxia yang dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/9/2020).

Penyebab Hypoxia

ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)
ilustrasi sesak napas (sumber: iStockphoto)

Dilansir dari Medical News Today, Hypoxia adalah suatu kondisi di mana tidak cukup oksigen yang masuk ke sel dan jaringan di tubuh. Hypoxia terjadi ketika kadar oksigen sangat rendah dalam darah, membuat jaringan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.

Oksigen yang diperlukan tubuh normalnya adalah 95 hingga 100 persen. Tingkat saturasi oksigen 95 persen dianggap normal untuk kebanyakan orang sehat. Tingkat 92 persen menunjukkan potensi hipoksemia, atau kekurangan oksigen mencapai jaringan dalam tubuh. Hypoxia terjadi ketika oksigen dalam tubuh mencapai kurang dari 90 persen.

Tanpa oksigen, otak, hati, dan organ lainnya dapat rusak hanya beberapa menit setelah gejala dimulai. Hypoxia dapat menyebabkan banyak komplikasi serius yang bisa mengancam jiwa.

Mengenal 'Happy' Hypoxia

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Istilah Happy Hypoxia mulai muncul ketika gejala-gejala COVID-19 berkembang. Penelitian tentang Happy Hypoxia sendiri mulai dipublikasikan pada awal Juli lalu. Happy Hypoxia juga disebut dengan Silent Hypoxemia. Kondisi ini sempat membingungkan para ilmuwan. Ini karena gejala Happy Hypoxia berbeda dengan gejala Hypoxia pada umumnya.

Salah satu gejala umum dari Hypoxia adalah sesak napas. Pada kasus Happy Hypoxia, pasien tidak mengalami gejala sesak napas, bahkan bisa beraktivitas secara normal. Meski tanpa gejala, orang yang mengalami Happy Hypoxia telah mengalami penurunan fungsi organ akibat kurangnya oksigen dalam darah.

Menurut Martin J. Tobin, MD, dilansir dari Loyola Medicine, ketika kadar oksigen menurun pada pasien dengan COVID-19, otak tidak merespons sampai oksigen turun ke tingkat yang sangat rendah (di mana pasien biasanya menjadi sesak napas). Inilah yang disebut dengan Happy Hypoxia.

Gejala Happy Hypoxia

ilustrasi virus. (Sumber: liputan6.com)
ilustrasi virus. (Sumber: liputan6.com)

Gejala happy hypoxia muncul di saat kadar oksigen tubuh menurun drastis. Gejala Happy Hypoxia berbeda dengan Hypoxia biasa. Jika gejala Hypoxia pada umumnya berupa sesak napas, orang dengan Happy Hypoxia seringkali tidak mengalami gejalan ini.

Orang dengan Happy Hypoxia bahkan bisa berkegiatan seperti biasa padahal organ-organ vital di tubuhnya sudah mengalami kerusakan perlahan karena kekurangan oksigen.

Gejala Happy Hypoxia bisa tidak dirasakan sampai seseorang mengalami kegagalan organ. Kondisi inilah yang bisa membuat pasien meninggal dunia, padahal sebelumnya mereka terlihat sehat dan biasa-biasa saja.

Sebabkan kegagalan organ

Kegagalan organ Credit: pexels.com/pixabay
Kegagalan organ Credit: pexels.com/pixabay

COVID-19 pada dasarnya adalah penyakit pernapasan. Tingkat oksigen darah ditemukan sangat rendah pada beberapa pasien COVID-19. Gejala Hypoxia memang umum pada orang dengan masalah pernapasan.

Akibatnya, Happy Hypoxia dapat menyebabkan kegagalan organ. Kegagalan organ yang sering terjadi akibat Happy Hypoxia adalah paru paru, jantung, dan otak. Organ lain seperti hati dan ginjal juga dapat terjadi akibat Hypoxia. Kegagalan organ tubuh menunjukkan matinya jaringan di organ tersebut, seperti otak, paru-paru, dan hati yang tidak lagi berfungsi.

Sebabkan kematian tiba-tiba

Ilustrasi kematian (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi kematian (sumber: iStockphoto)

Happy Hypoxia yang bisa muncul tanpa gejala bisa menyebabkan matinya fungsi organ. Ini bisa berakibat pada kematian diam-diam. Happy Hypoxia menyebabkan seseorang mengalami kekurangan oksigen dalam darah tanpa gejala apapun.

Akibatnya, kondisi ini kerap tidak ditangani dengan cepat yang pada akhirnya berujung pada kematian tiba-tiba.

Cara mengenali Happy Hypoxia

Pulse Oxymeter (sumber: wikipedia)
Pulse Oxymeter (sumber: wikipedia)

Karena merupakan kondisi tanpa gejala, Happy Hypoxia hampir sangat sulit dikenali. Cara yang cukup akurat dan terjangkau untuk mengenali adanya Happy Hypoxia adalah dengan pengecekan kadar oksigen dalam darah menggunakan Pulse Oxymetry.

Dilansir dari Healthline, Pulse Oxymetry atau oksimetri nadi adalah tes non-invasif dan tanpa rasa sakit yang mengukur tingkat saturasi oksigen. Pulse Oxymetry merupakan perangkat kecil seperti klip yang menempel pada bagian tubuh, seperti jari kaki atau daun telinga.

Alat ini paling sering dijepitkan pada jari dan sering digunakan dalam pengaturan perawatan kritis seperti ruang gawat darurat atau rumah sakit. Beberapa dokter, seperti ahli paru, mungkin menggunakannya untuk pemeriksaan.

Pulse Oxymetry juga banyak dijual di tempat kebutuhan medis. Alat ini bisa ditemukan dengan mudah dan dimiliki siapa saja. Menggunakan Pulse Oxymetry bisa membantu mengetahui tingkat saturasi oksigen dalam tubuh dan mengenali gejala Happy Hypoxia secara dini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Plus-Minus Bioskop Dibuka Saat Pandemi

Posted: 03 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat sektor hiburan liburan beberapa bulan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengaktifkan kembali bioskop di tengah kasus yang belum berhenti melonjak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil NBA: Tembakan 0,5 Detik Menangkan Raptors atas Celtics

Posted: 03 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Florida- Pertandingan ketiga semifinal Wilayah Timur NBA antara juara bertahan Toronto Raptors dengan Boston Celtics pada Jumat (4/9/2020) pagi WIB berlangsung dramatis. Raptors menang 104-103 berkat tembakan saat laga tersisa 0,5 detik.

Bertanding di Disney World Resort, Celtics nampaknya akan kembali memenangi duel di gim ketiga semifinal Wilayah Timur NBA. Celtics unggul dua poin dengan waktu tersisa 0,5 detik lagi.

Celtics memimpin satu bola setelah umpan akurat Kemba Walker diselesaikan oleh center Daniel Theis dengan sebuah dunk.

Raptors tak menyerah begitu saja. Secara luar biasa, Raptors bisa membalikkan keadaan. OG Anunoby melepaskan tembakan tiga angka akurat. Bola dilepas dari tangannya dengan waktu terisa 0,2 detik saja.

Keberhasilan Raptors menang tak lepas dari kejelian Kyle Lowry. Point guard Raptors ini yang bertugas mengumpan bola in-bound pass. Meski dijaga dan dihalangi pemain tertinggi Celtics Tacko Fall, Lowry masih bisa melihat Anunoby yang berdiri bebas.

 

Lowry

Anunoby membuat double-double di laga ini dengan 12 poin dan 10 rebound. Lowry menjadi bintang lapangan dengan 31 poin dan delapan assists, ditambah enam rebound.

Di kubu Celtics, Walker yang memimpin perolehan angkat dengan 31 poin.

Hasil ini membuat Raptors memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 dari Celtics. Gim keempat akan digelar dua hari lagi di Disney World Resort.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: