Senin, 07 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Saksikan Siaran Langsung Sinetron Pura-Pura Kaya SCTV, Setiap Hari Pukul 17.00 WIB di Vidio

Posted: 07 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta SCTV menayangkan sinetron terbaru berjudul Pura-Pura Kaya beberapa waktu lalu. Sinetron yang mendapuk Febby Rastanty dan Rionaldo Stockhorst sebagai pemeran utama ini mengisi slot waktu tayang pukul 17.00 WIB.

Menggaet dua selebriti kenamaan Tanah Air, sinetron Pura-Pura Kaya yang mengusung genre komedi romantis ini terasa pas untuk menghibur penonton SCTV di kala sore. Tayangan perdananya pun terbilang sukses menarik perhatian.

Dalam episode pertama, sinetron Pura-Pura Kaya langsung menampilkan pertemuan dua tokoh utama, yakni Marsha (Febby Rastanty) dan Ryan (Rionaldo Stockhorst) dalam situasi yang lucu. Latar belakang kehidupan mereka pun sudah dimunculkan di awal cerita.

Seperti judulnya, sinetron Pura-Pura Kaya menceritakan dua karakter utama yang sama-sama memanipulasi status sosialnya demi mendapat pasangan tajir. Diceritakan, Marsha adalah seorang gadis yang punya ambisi untuk melebihi kesuksesan teman-temannya. Ia pun kerap pamer kekayaan palsunya itu di media sosial.

Di sisi lain, Ryan yang merupakan staf kantor biasa juga terobsesi punya istri cantik dan modis. Bermodal wajah tampan dan mobil milik sang bos, Ryan bermaksud menggaet Marsha sebagai kekasihnya. Namun tanpa disangka-sangka, berbagai rahasia kehidupan mereka pun terbongkar.

Sinetron Sebelumnya

Adegan sinetron Pura-Pura Kaya di SCTV tayang perdana, Senin (31/8/2020) pukul 17.00 WIB (Dom Sinemart)
Adegan sinetron Pura-Pura Kaya di SCTV tayang perdana, Senin (31/8/2020) pukul 17.00 WIB (Dom Sinemart)

Sebelumnya, Febby Rastanty sempat tergabung dalam jajaran pemain sinetron Istri Kedua SCTV hanay beberapa episode. Dalam sinetron tersebut, ia memerankan tokoh bernama Febby yang merupakan keponakan dari Arsa (Donny Michael).

Sementara bagi Rionaldo Stockhorst, ini merupakan proyek sinema terbarunya setelah membintangi sosok Aris di sinetron Orang Ketiga.

Nonton Pura-Pura Kaya di Vidio

Nah, bagi yang belum sempat atau ketinggalan nonton Pura-Pura Kaya di SCTV, bisa menyaksikan episode lengkapnya di aplikasi dan situs streaming Vidio. 

Yuk, download aplikasi Vidio di ponselmu sekarang! Untuk menyaksikan Pura-Pura Kaya episode engkap, bisa klik tautan berikut ini

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Bandang Kembali Melanda Bone Bolango, Puluhan Rumah Rusak

Posted: 07 Sep 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Bone Bolango - Baru sebulan banjir bandang melanda Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), air bah itu kembali datang menghampiri warga tiga kecamatan di kawasan tersebut. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sungai dan anak sungai di wilayah tersebut meluap hingga ke permukiman warga, Senin (7/9/2020).

Banjir bandang itu membuat puluhan rumah warga dilaporkan rusak parah. Tidak hanya rumah, harta benda mereka turut hanyut, bahkan ada dua mobil dan tiga sepeda motor ikut terseret material banjir bandang hingga puluhan meter.

Selasa (8/9/2020), banjir yang menerjang tiga kecamatan di Bone Pesisir telah surut. Sementara ratusan warga yang terdampak banjir telah mengungsi ke lokasi yang aman. Beberapa fasilitas umum saat ini masih tertutup material longsor.

Terkait bencana itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengatakan, wilayah yang terdampak banjir bandang ada tiga Kecamatan di bagian wilayah Bone Pesisir Kabupaten Bonebol.

"Kecamatan Bone Raya, Kecamatan Bulawa, dan Bone Pantai," ujar Hamim Selasa (8/9/2020)

Di Kecamatan Bulawa banjir bandang menerjang Desa Kaidundu, Dungilata, Mopuya, Mamungaa Timur. Air bah bercampur lumpur membuat sejumlah rumah warga porak-poranda.

Sementara di Desa Mopuya ada tiga rumah yang hanyut terbawa arus, serta sejumlah rumah rusak berat akibat terkena lumpur. Di Desa Mamungaa Timur, ada dua mobil dan tiga motor hanyut terseret arus banjir bandang. Puluhan rumah penduduk juga dilaporkan rusak berat. Selain itu, lumpur, bebatuan besar, dan potongan batang kayu, masih nampak menumpuk di jalan dan jembatan, sehingga akses jalan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menuju Gorontalo tak bisa dilalui kendaraan hingga pukul 22.45 Wita tadi malam.

Di Kecamatan Bonepantai, wilayah yang diterjang banjir bandang meliputi Desa Bilungala, dan Desa Lembah Hijau. Kini air yang merendam pemukiman warga di dua desa tersebut juga telah surut.

Hamim mengatakan, sejak semalam tim dari Dinas Sosial, Tagana, Pemerintahan Desa, Satpol, dan Dishub turun langsung ke lokasi.

"Dibantu TNI dan Polri, pemda juga menyiapkan makanan siap saji dan sudah membuka dapur umum bagi pengungsi," tutur Hamim.

Hamim mengimbau, warga tetap waspada dan jangan kembali sebelum situasi benar-benar aman. Sebab saat ini cuaca di bagian hulu hutan taman nasional masih mendung yang sewaktu-waktu bisa turun hujan.

"Karena curah hujan masih sangat tinggi. Kegiatan di perbukitan atau pegunungan dihentikan untuk menghindari longsor," tandasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xinjiang di China Dilaporkan Bebas dari COVID-19

Posted: 07 Sep 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Xinjiang - Wilayah Xinjiang, China dilaporkan telah bebas dari infeksi Virus Corona COVID-19.

Pada Senin 7 September 2020, tiga pasien COVID-19 terakhir di Xinjiang diizinkan pulang dari rumah sakit dan pasien tanpa gejala terakhir juga dibebaskan dari observasi medis. Semuanya berada di ibu kota regional Urumqi.

Mengutip Xinhua, Selasa (8/9/2020), sejak 15 Juli total 826 pasien COVID-19 diizinkan pulang dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh. Sementara 238 kasus tanpa gejala dibebaskan dari observasi medis di wilayah tersebut.

Lu Chen, wakil direktur rumah sakit khusus COVID-19 di Xinjiang mengatakan, rumah sakitnya mengadopsi kombinasi pengobatan tradisional China dan pengobatan barat dalam mengobati infeksi COVID-19. Ditambah dengan terapi yang ditargetkan untuk setiap kasus parah dan kritis.

 

China Pamerkan Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac dan Sinopharm

Ilustrasi vaksin MR. (Pexels.com)
Ilustrasi vaksin MR. (Pexels.com)

Sebelumnya, untuk pertama kalinya, China memamerkan vaksin Virus Corona COVID-19 buatan mereka.

Harapan besar pun tergantung pada botol kecil berisi cairan yang dipamerkan di pameran perdagangan Beijing pekan ini - kandidat vaksin yang diproduksi perusahaan China Sinovac Biotech dan Sinopharm, seperti dikutip dari AFP, Senin 7 September.

Seorang perwakilan Sinovac menerangkan kepada AFP  bahwa perusahaannya telah "menyelesaikan pembangunan pabrik vaksin" yang mampu memproduksi hingga sebanyak 300 juta dosis dalam setahun.

Pada hari Senin, orang-orang yang menghadiri pameran perdagangan dilaporkan tampak berkerumun di sekitar stan yang menunjukkan vaksin Virus Corona COVID-19 yang nantinya akan diproduksi secara massal tersebut.

Saat ini, media dan pejabat pemerintah menekankan kebangkitan Wuhan, kota di China tengah yang merupakan lokasi kasus Virus Corona COVID-19 pertama kali terdeteksi.

Selain itu, mereka juga menyerukan kemajuan dalam vaksin domestik sebagai tanda kepemimpinan dan ketahanan China dalam menghadapi krisis kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang telah secara besar memberikan dampak pada ekonomi global.

 

Vaksin Jadi Barang Publik Global

Presiden Xi Jinping (AP)
Presiden Xi Jinping (AP)

Presiden China Xi Jinping pada bulan Mei 2020 telah menyampaikan janjinya untuk membuat vaksin potensial yang dikembangkan oleh China menjadi "barang publik global".

Menurut laporan AFP, vaksin potensial yang dipamerkan tersebut termasuk di antara hampir 10 di seluruh dunia yang memasuki uji coba fase 3, langkah terakhir yang biasanya dicapai menjelang persetujuan peraturan, dengan negara-negara lainnya yang juga ikut berlomba untuk menghentikan virus dan memulai kembali ekonomi mereka yang terdampak.

Sementara itu, pada bulan lalu, setidaknya 5,7 miliar dosis vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia telah dipesan sebelumnya.

Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa imunisasi yang meluas terhadap COVID-19 mungkin tidak akan diberlakukan sampai pertengahan tahun depan.

Sinopharm menyatakan bahwa pihaknya mengantisipasi antibodi dari penyuntikan untuk bertahan antara satu dan tiga tahun - meskipun hasil akhirnya hanya akan diketahui setelah uji coba.

Laporan Global Times pada bulan lalu juga menyebutkan bahwa harga vaksin tidak akan dikenakan dengan jumlah yang tinggi". Setiap dua dosisnya harus berharga di bawah 1.000 yuan, menurut laporan itu, mengutip pernyataan dari ketua Sinopharm, yang mengatakan kepada media bahwa dia telah menerima suntikan dari salah satu kandidat vaksin.

Sementara laporan Xinhua menyebutkan bahwa kandidat vaksin lain, yang dikembangkan oleh ilmuwan militer China, dapat mengatasi mutasi pada Virus Corona COVID-19.

  

Infografis Kandidat Vaksin COVID-19 untuk Indonesia

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Upaya Pemerintah Selamatkan UMKM di Tengah Pandemi

Posted: 07 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan, Lucky Alfirman menyebut peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat penting terhadap perekonomian Indonesia. Saat ini pemerintah pun tengah serius meningkatkan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Berbagai kebijakan dibuat. Tujuannya untuk menyelamatkan sekaligus membantu UMKM dalam mempertahankan serta mengembangkan usahanya. Salah satunya melalui progran Pemulihan Ekonomi Nasional yang mengarah kepada sektor UMKM.

Pemerintah telah melakukan penempatan dana berbunga murah pada perbankan. Hal itu dilakukan untuk membantu bank tersebut dalam rangka restrukturisasi dan menurunkan kredit baru kepada para pelaku usaha UMKM.

"Kita waktu itu mulai nya dengan Bank Himbara tapi kemarin kita sudah menempatkan dana di bank perhimpunan darah yaitu memfokuskan diri untuk UMKM," kata dia dalam acara webinar "Dukungan Terhadap UMKM Berorientasi Ekspor" di Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Tidak sampai di situ. Pemerintah juga memberikan program subsidi bunga untuk pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku usaha UMKM. Di dalam kondisi yang penuh ketidakpastian pemerintah terus komitmen dalam memberikan subsidi bunga bagi UMKM untuk membayar cicilannya.

"Lebih jauh lagi kita juga memberikan penjaminan kredit modal kerja UMKM kita bekerjasama dengan Jamkrindo dan Askrindo. Di mana pemerintah menanggung biaya imbal jasa jaminan tidak ada costnya dan 80 persen dari seluruh gagal bayar pelaku usaha," jelas dia.

Kemudian bentuk kontribusi bantuan pemerintah terakhir juga ditandai dengan peluncuran bantuan presiden produktif untuk UMKM. Di mana masing-masing UMKM diberikan bantuan senilai Rp2,4 juta.

"Itu beberapa langkah yang sudah kita lakukan dan hari ini kita juga bekerjasama dengan LPEI kita lakukan khusus ekspor untuk mendukung usaha kecil dan menengah bisa kita lihat mudah-mudahan pemerintah sangat all out bagaimana kita membantu memberdayakan UMKM khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini," tandas dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Pemerintah Tak Akang Tinggal Diam demi UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.
Kementerian Koperasi dan UKM sejak awal membuka kerja sama seluas-luasnya dengan berbagai pihak dengan prinsip transparan, akuntabel, dan semata-mata demi memajukan koperasi dan UMKM di Tanah Air.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengharapkan UMKM dan Koperasi mampu bertahan dan memanfaatkan situasi pasar yang sedang berubah di tengah suasana pandemi COVID-19.

Menurutnya pandemi diperkirakan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, dan hanya UMKM yang adaptif dan inovatif yang akan mampu survive.

"Pemerintah tidak tinggal diam. Serangkaian kebijakan untuk membantu UMKM dan Koperasi sedang dan akan terus dilanjutkan," kata Teten Masduki, dalam sambutannya melalui virtual pada pembukaan pelatihan bertema "KUKM Eksis dan Mampu Beradaptasi dalam Pandemi COVID-19 dan Era New Normal", di Lombok Tengah, Senin (7/9/2020).

Ia mengatakan bantuan yang diberikan pemerintah kepada UMKM disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi UMKM. Bagi UMKM yang memang terdampak sangat ekstrem, maka diberikan bansos.

Sementara, UMKM yang mengalami kesulitan pembiayaan sementara kegiatan usahanya masih berjalan, diberikan restrukturisasi pinjaman subsidi bunga 6 bulan dan keringanan pajak, serta pinjaman dengan bunga 3 persen.

Sedangkan, UMKM yang belum tersentuh perbankan (unbankable), diberikan Banpres produktif sebesar Rp2,4 juta. Bantuan ini diberikan kepada 12 juta pelaku usaha mikro. Sampai pada akhir September 2020 ditargetkan sudah 100 persen.

"Jika kemudian didapati perekonomian nasional pada Kuartal I 2021 masih landai, maka kedua bantuan itu (restrukturisasi dan banpres produktif usaha mikro) kemungkinan besar akan diteruskan," ujarnya.

Lanjutnya ia menjelaskan dari sisi permintaan, pemerintah juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi UMKM untuk memasarkan produknya.

Dalam APBN 2020 ada alokasi Rp 307 triliun belanja K/L (Kementerian/Lembaga) yang bisa dimanfaatkan UMKM walaupun dalam pelaksanaanya masih di sekitar 8 persen.

"Karena itu Kemenkop UKM juga bekerja sama dengan LKPP untuk mempercepat penyerapan itu, kerja sama juga dilakukan dengan Kementerian BUMN, di mana untuk pengadaan barang dan jasa, termasuk infrastruktur yang nilainya di bawah Rp19 miliar, dialokasikan untuk UMKM. Kebijakan itu saat ini baru diikuti 9 BUMN dan direncanakan diberlakukan pada seluruh BUMN pada 2021," jelasnya.

Pemerintah juga menyediakan sarana transformasi bagi UMKM untuk bisa masuk dalam pasar digital, dengan mendorong UMKM masuk ke marketplace. Sehingga belanja melalui marketplace akan jadi tren.

"Penting kita mempercepat transformasi digital UMKM terhubung dengan marketplace digital. Kita memberikan akses seluas-luasnya kepada UMKM tidak lagi jualan di sekitar tetangga, sekitar pasar, tapi juga terhubung dengan pasar yang lebih luas. Ini harus segera kita kerjakan bersama-sama," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Kontrol Kadar Kolesterol

Posted: 07 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Temulawak merupakan tanaman herbal yang mirip dengan kunyit. Kandungan utamanya pun kurkumin. Meski begitu, temulawak juga kaya antioksidan. Tak heran, jika kemudian banyak orang mengandalkan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Hanya saja, belum banyak yang mengetahui bahwa manfaat temulawak untuk kesehatan tak sebatas jaga sistem imun tubuh. Masih ada khasiat yang justru kerap disepelekan oleh banyak orang, misalnya saja seperti mengontrol kadar kolesterol.

"Sebaiknya seminggu dua kali orang perlu mengonsumsi jamu yang terbuat dari temulawak. Sementara bagi pekerja keras, jamu temulawak sangat baik jika dikonsumsi setiap hari," ujar Guru Besar Ilmu Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Erni Hernawati Purwaningsih.

Jadi, tak perlu ragu lagi untuk mulai mengonsumsi temulawak sebagai jamu. Rutin mengonsumsinya, akan membuat manfaat temulawak untuk kesehatan semakin mudah didapatkan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat temulawak untuk kesehatan dari berbagai sumber, Selasa (8/9/2020).

Peradangan dan Nafsu Makan

Ilustrasi Anak Makan Credit: pexels.com/pixabay
-food-children-eat-fruits-vegetables_169016-2256.jpg

Peradangan

Temulawak memiliki kandungan berupa kurkumin dan minyak esensial yang memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya peradangan di tubuh.

Terutama bagi penderita ostheoarthiritis. Manfaat temulawak untuk kesehatan sangat direkomendasikan. Temulawak ini dapat meredakan rasa sakit pada sendi.

Begitu juga dengan ekstrask temulawak. Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Temulawak dapat dikonsumsi dengan cara dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, temulawak dikupas dan direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.

Nafsu Makan

Memiliki masalah dengan nafsu makan, cocok diatasi dengan manfaat temulawak untuk kesehatan. Mengonsumsinya bisa membantu meningkatkan nafsu makan, terlebih pada anak-anak.

Oleh karena itu, orangtua dapat memberikan temulawak sebagai obat penambah nafsu makan anak. Senyawa kurkumin pada temulawak mampu mengosongkan lambung sehingga anak akan merasa lebih cepat lapar.

Temulawak dapat dijadikan minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah. Setelah selesai, cairan itu disaring dan dikonsumsi untuk anak-anak.

Pencernaan dan Fungsi Hati

Ilustrasi liver | Freepik
Ilustrasi liver | Freepik

Pencernaan

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya bisa jaga saluran pencernaan. Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu.

Hal ini kemudian akan membantu melancarkan pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak.

Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Tak hanya cocok dijadikan jamu, tetapi juga tambahan obat herbal untuk penambah nafsu makan.

Fungsi Hati

Temulawak juga memiliki khasiat yang baik untuk organ hati. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kurkuminnya.

Kurkuminnya dapat mencegah sel-sel hati berlemak. Oleh sebab itu, temulawak dapat dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati.

Selain kurkumin, bagian bawah batang temulawak juga memiliki khasiat sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Tak heran jika kemudian, temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

 

Maag, Stamina, dan Imunitas

ilustrasi sakit maag saat puasa/pexels
ilustrasi sakit maag saat puasa/pexels

Maag

Penyakit maag dapat diatasi dengan temulawak. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen.

Penyakit perut tersebut dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur.

Caranya, temulawak diracik dengan diiris tipis-tipis lalu direbus menggunakan air. Setelah mendidik, diamkan sampai dingin dan setelah itu minum air secara teratur.

Stamina

Temulawak bisa diandalkan untuk meningkatkan stamina karena kandungan tonikumnya. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini patut dicoba alih-alih mengonsumsi obat kimia.

Campurkan kunyit dengan temulawak untuk kemudian dikonsumsi. Racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat.

Sistem Imun

Temulawak bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan antioksidannya.

Sistem imun yang terjaga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman. Jadi, mulailah rutin mengonsumsinya.

Buatlah ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

 

Kanker dan Kolesterol

ilustrasi mengontrol kolesterol pada tubuh/pexels
ilustrasi mengontrol kolesterol pada tubuh/pexels

Kanker

Temulawak memiliki sifat antiperadangan. Tak heran jika temulwak dapat diandalkan untuk mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker.

Sel-sel kanker yang tidak bisa berkembang akan membuatnya mati dan tidak bisa kembali lagi, sehingga tubuh akan terhindar dari kanker.

Manfaat temulawak untuk kesehatan ini dapat mencegah berbagai jenis kanker. Termasuk kanker usus besar dan payudara.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma di dalamnya mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidan.

Kolesterol

Memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang cukup tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung. Jadi, mulai andalkan manfaat temulawak untuk kesehatan agar kolesterol tetap seimbang.

Mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Itu karena kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat mengatasinya dengan efektif.

Osteoarthritis dan Kurangi Lemak

Ilustrasi nyeri sendi Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi nyeri sendi Credit: pexels.com/pixabay

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan yang terjadi pada persendian. Sendi-sendi yang mengidap penyakit ini akan terasa sakit dan kaku. Untuk mengatasi atau mencegahnya, coba andalkan manfaat temulawak untuk kesehatan.

Manfaat temulawak terkait osteoarthritis juga pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut dikatakan, efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pengidap osteoarthritis.

Kurangi Lemak

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh.

Tumbuhan herbal ini mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang bisa memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi temulawak bisa menjadi alternatif diet sehat agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan tetap aman.

Atasi Jerawat dan Cerahkan Wajah

Ilustrasi Kulit Wajah Terawat Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Kulit Wajah Terawat Credit: pexels.com/pixabay

Atasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah.

Bagi sebagian orang, munculnya jerawat ini sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga merusak penampilan. Cobalah manfaat temulawak untuk kesehatan agar terhindar dari masalah jerawat.

Temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Terapkan pada wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

Cerahkan Wajah

Manfaat temulawak untuk kesehatan wajah selanjutnya dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap. Agar kulit menjadi lebih cerah lakukan eksfoliasi dengan temulawak pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tembak Bandar Narkoba asal Surabaya, Sita Sabu 9 Kg

Posted: 07 Sep 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya pelaku peredaran narkoba yang diringkus, bahkan tewas ditembak mati, belum membuat jera para pelaku lain.

Setidaknya itu terbukti, dengan kembali ditembak matinya seorang bandar sabu-sabu asal Surabaya, oleh Satnarkoba Polrestabes Surabaya. Dari tersangka disita sabu-sabu 9 kilogram, senjata tajam, juga airsoft gun. Berikut seperti dilansir pada Fokus,4 September 2020.

Mobil polisi yang mengangkut  jasad D (40), warga Surabaya, tiba di kamar mayat Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

D, adalah bandar narkoba yang lama menjadi incaran polisi, dan terpaksa ditembak mati petugas Satnarkoba Polrestabes Surabaya. Menurut polisi, pelaku berusaha melawan dengan senjata tajam dan airsoft gun, saat dibekuk di kawasan Porong, Sidoarjo.   

Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian mengatakan, pelaku berhasil diringkus, usai ditangkapnya seorang kurir narkoba masuk dalam jaringan pelaku.

Berdasar pengembangan tersangka tersebut, dilakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap tersangka D, bandar sabu-sabu.

"Sementara memang anggota kami dari unit 2 running, sudah mulai dari operasi tumpas, memang benar dengan terpaksa, kita melakukan tugas tempur, karena membahayakan masyarakat dan petugas Kepolisian, kita berupaya untuk melarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong," ungkap AKBP Memo Ardian, Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya.

Dari tangan pelaku, polisi menyita 15 bungkus sabu-sabu, dengan berat total 9 kilogram. Polisi juga mengamankan senjata api jenis airsoft gun, senjata laras panjang, semi otomatis jenis predator, serta empat senjata tajam.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Akun Palsu Baim Wong hingga Soimah Bagi-Bagi Hadiah di Facebook

Posted: 07 Sep 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah akun di media sosial kerap kali membagikan hadiah atau giveaway. Konten itu sering kali viral dan banyak mendapat komentar warganet. Namun, tidak semua unggahan tersebut asli. Sebagian di antaranya justru palsu.

Akun-akun tersebut biasanya mencatut nama artis papan atas. Akun palsu itu kemudian mengunggah foto uang, mobil, hingga telepon pintar keluaran terbaru. Tak jarang, mereka menyertakan narasi seakan-akan si artis yang dicatut tengah membagikan hadiah.

Satu di antaranya grup di Facebook yang mencatut nama Baim Wong, dengan nama BAIM WONG GIVEAWAY. Beberapa akun yang berinteraksi dalam grup tersebut, seakan-akan mereka menggelar giveaway dengan menyertakan syarat jika ingin mendapatkan hadiah.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang.

Berikut narasinya:

#SISA WAKTU 1 JAM LAGI😍

Selamat Kalian Yang Sudah Dapat Uang Gratis nYa Tinggal 150 Orang Lagi...!!!

Syarat nya :

1. Spam "P" 30x = 10Juta

2. Spam "P" 50x = 60Juta

3. Spam "P" 100x = 200 Juta

➡️WAJIB IKUTI FB DONATUR INI👇https://www.facebook.com/julie.sean.7127

⬆️WAJIB IKUTI FACEBOOK DI ATAS KALAU TIDAK MAKA DI NYATAKAN GUGUR!!

#DIMULAIDARISEKARANG

Namun setelah ditelusuri, grup tersebut ternyata hoaks. Baim Wong tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

Selain Baim Wong, ada beberapa akun lain yang terindikasi mencatut nama artis lainnya. Berikut rangkumannya:

 

Inul Daratista

Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Inul Bagi-bagi Hadiah di Facebook
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks tentang Inul Bagi-bagi Hadiah di Facebook

Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan akun Facebook mengatasnamakan Inul Daratista bernama Inul Da yang tengah membagikan hadiah pada Jumat 4 Agustus 2020.

Dalam unggahannya Facebook Inul Da memasang foto Inul Daratitsta. Akun itu juga menyertakan tata cara bagi warganet yang ingin mendapatkan hadiah.

Syaratnya peserta wajib untuk mengikuti dua akun lain di Facebook dan mengunduh aplikasi kemudian memasukkan kode yang tertera di halaman Facebook:

"Yang belum dapet hadiah

SPAM P 50X

Add Fb Saya (Y) https://www.facebook.com/good.gaming.714

Add Fb Saya (Y) https://www.facebook.com/sapar.zack.10

Ambil hadiah nya Di sinihttps://www.facebook.com/100009616088328/posts/2645224439141400/?app=fbl

WAJIB ADD FB DI ATASTIDAK ADD FB KAMI ANGGAP GUGUR," tulis akun Facebook Inul Da.

Konten yang disebarkan akun Facebook Inul Da telah 1 kali dibagikan dan mendapat 889 komentar warganet.

Klaim Inul Daratista membagi-bagikan hadiah lewat akun Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Inul tidak punya akun Facebook dan diduga bagi-bagi hadiah mencatut nama Inul merupakan modus penipuan.

 

Soimah

Cek Fakta Soimah adakan giveaway di Facebook
Cek Fakta Soimah adakan giveaway di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mencatut nama penyanyi, Soimah. Dalam postingan, Soimah disebut membagikan hadiah atau giveaway senilai puluhan juta rupiah.

Salah satu yang mengunggahnya di Facebook adalah akun bernama Mamafadly Tuch Nurjanati. Dia mengunggahnya pada 29 Agustus 2020 lalu.

Dalam foto dalam postingan tersebut, terdapat narasi:

"Bismillah di pagi hari ini Kami mau bagi bagi rejeki! LANGSUNG CAIR BOSQUE Spam 10x = 10jt Spam 20x = 20jt Spam 30x = 30jt. Klik link untuk dapatkan hadiahnya https://linktr.ee/ soimah.give.away. Saya bagi-bagi uang tunai senilai 300jt Saya pilih yg paling banyak spam P. Buruan jangan sampe ketinggalan Give away selanjutnya!"

Setelah ditelusuri, unggahan yang menyebut Soimah bagi-bagi uang puluhan juta rupiah di Facebook dengan mengklik sebuah tautan adalah tidak benar alias hoaks.

Lewat akun Instagram resminya, Soimah menegaskan tidak pernah menggelar giveaway di Facebook. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan penipuan serupa yang mengatasnamakan dirinya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau Anggaran Penanganan Covid-19, Ini Pesan Jokowi ke BPK

Posted: 07 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berkomitmen untuk memantau pemakaian anggaran penanganan Covid-19 agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan. Agenda pemeriksaan keuangan negara tersebut ditandai dengan kick off meeting yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa 8 September 2020.

Dalam sambutannya, Jokowi ingin agar pemeriksaan yang dilakukan BPK tidak hanya bisa mencermati tindak penyelewengan anggaran, tapi juga bisa memberikan solusi dalam menangani krisis pandemi virus corona.

"Kami mendukung pemeriksaan ini dilakukan segera, agar pemeriksaan ini mendukung pelaksanaan kegiatan untuk menemukan solusi bagi cara-cara baru yang lebih baik dalam menangani krisis," imbuh Jokowi, Selasa (8/9/2020).

Sementara Ketua BPK Agung Firman Sampurna menyatakan, pemeriksaan pengelolaan keuangan dan tanggung jawab keuangan negara yang menyeluruh dibutuhkan untuk menjamin penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Agung menyampaikan, seluruh auditorat BPK dalam 3 bulan terakhir telah secara intensif melakukan pengumpulan data dan informasi terkait objek pemeriksaan yang akan dilaksanakan.

"BPK juga telah melakukan telah melakukan kajian mendalam terkait jenis tujuan dan program pemeriksaan. Kami juga telah bicarakan hal ini dengan presiden, dan alhamdulillah presiden berikan dukungan penuh kepada BPK untuk melakukan pemeriksaan ini," tuturnya.

Menurut Agung, restu tersebut merupakan bukti bahwa Jokowi memiliki komitmen kuat dalam menjaga tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel, khususnya dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Untuk itu atas nama BPK perkenan kami secara khusus sampaikan apresiasi dan terimakasih. Teriring harapan komitmen ini didukung seluruh jajaran pemerintah," pungkas dia.

Jokowi: Krisis Corona Bisa Buat Indonesia Berkompetisi di Persaingan Global

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam Sidang Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Nantinya DPR akan membahas RAPBN 2020 untuk selanjutnya disahkan menjadi UU. (Liputan6.com/JohanTallo)
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya dalam Sidang Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Nantinya DPR akan membahas RAPBN 2020 untuk selanjutnya disahkan menjadi UU. (Liputan6.com/JohanTallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan krisis kesehatan dan ekonomi yang diakibatkan virus corona (Covid-19) dapat dijadikan momentum bagi Indonesia untuk melompat jauh dalam persaingan global.

Hal tersebut diutarakannya saat memberi sambutan pada acara Kick Off Meeting Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam menangani pandemi Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Jokowi kembali menekankan agar seluruh masyatakat Indonesia dapat menyamakan frekuensi bahwa negara sedang dalam kondisi krisis.

"Pemerintah harus mengganti chanel kerja dari chanel yang biasa-biasa menjadi chanel yang luar biasa. Seperti juga kondisi dunia pada umumnya, kita masih butuh waktu untuk lepas dari krisis ini," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pemerintah masih sangat membutuhkan fleksibilitas kerja dan kesederhanaan prosedur. Dengan sistem tersebut, ia memproyeksikan Indonesia bukan hanya dapat menangani krisis, namun juga bisa membuat lompatan.

"Pemerintah sudah komitmen bahwa upaya kita tidak hanya terbatas untuk keluar dari krisis, namun memanfaatkan krisis untuk melakukan lompatan," seru Jokowi.

"Memanfaatkan krisis ini untuk membangun cara kerja baru, kelembagaan baru yang mampu berkompetisi dalam persaingan global. Sejak awal saya telah perintahkan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk sellau kedepankan akuntabilitas, transparansi dan inovasi dengan selalu menguatamakan tujuan utama dari program yang dijalankan," tandasnya. 

Jokowi Bentuk Tim Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020).  Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020). Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerbitkan keputusan presiden (Keppres) terkait tim nasional percepatan pengembangan vaksin Covid-19. Dengan Kepres bernomor 18/2020 tersebut, Jokowi resmi membentuk tim tersebut dan selanjutnya disebut tim pengembangan vaksin covid-19 dan bertanggung jawan kepada Presiden.

Pembentukan tim tersebut bertujuan untuk melakukan percepatan pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia. Kemudian mewujudkan ketahanan nasional dan kemandirian bangsa dalam pengembangan vaksin Covid-19.

"Meningkatkan sinergi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta invensi dan inovasi, produksi, distribusi, dan penggunaan dan/atau pemanfaatan vaksin Covid-19 antara pemerintah dengan kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan vaksin Covid-19," bunyi pasal 3 ayat dikutip merdeka.com, Selasa (8/9/2020).

Selanjutnya melakukan penyiapan, pendayagunaan dan peningkatan kapasitas, serta kemampuan nasional dalam pengembangan vaksin Covid-19. Lalu dalam Keppres tersebut tim Pengembangan Vaksin Covid-19 terdiri dari Pengarah, Penanggung Jawab, dan Pelaksana Harian.

Lalu adapun susunan pengarah tim diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan Anggota Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Sementara itu penanggung jawab tim pengembangan vaksin yaitu diketuia oleh Menteri Ristek dan Teknologi/Kepala BRIN, wakil ketua I Menteri Kesehatan dan Wakil Ketua II Menteri BUMN.

"Ketua Penanggung Jawab Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 menyusun dan menyampaikan laporan kepada Presiden dan Pengarah Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 paling sedikit 1 (satu) kali dalam 6 (enam) bulan atau sewaktu-waktu apabila diperlukan," dalam pasal 13.

Lalu pada pasal 14 dijelaskan pendanaan yang diperlukan untuk kegiatan Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Atau dalam Keppres tersebut yaitu sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu pada pasal 15, tim pengembangan vaksin melaksanakan tugas sejak keputusan presisen ditetapkan yaitu 3 September 2020 hingga 31 Desember 2021. Selanjutnya setelah berakhir tugas tim kegiatan tim pengembangan vaksin jadi tanggung jawab badan riset dan inovasi nasional.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harry dan Meghan Lunasi Biaya Renovasi Frogmore Cottage Senilai Rp46,5 Miliar

Posted: 07 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle melunasi biaya yang dihabiskan untuk merenovasi kediaman mereka di Inggris, Frogmore Cottage. Biaya renovasi yang diperoleh dari pajak warga itu mencapai 2,4 juta Pound sterling atau sekitar Rp46,5 miliar.

Seorang juru bicara pasangan Meghan dan Harry mengeluarkan pernyataan berkaitan dengan pelunasan tersebut pada Senin, 7 September 2020. "Kontribusi telah diberikan kepada Sovereign Grant (Hibah Kerajaan) oleh Duke of Sussex. Kontribusi ini, yang ditawarkan pertama kali oleh Pangeran Harry, telah menutup biaya renovasi Frogmore Cottage sepenuhnya, sebuah properti milik Yang Mulia Ratu, dan akan tetap menjadi kediaman Pangeran dan keluarganya selama di Inggris,"

Dikutip dari laman Hello Magazine, Selasa (8/9/2020), Frogmore Cottage direnovasi besar-besaran pada 2019. Proyek ini dilakukan sebelum pasangan Sussex memutuskan pindah dari Istana Kensington.

Renovasi tersebut membuat properti yang didaftarkan sebagai Grade II itu berfungsi sebagai rumah bagi keluarga tunggal. Frogmore Cottage sebelumnya hanya menjadi apartemen yang terpisah dari bangunan utama.

Sebelum ditempati, Harry dan Meghan sempat tinggal di Nottingham Cottage di Istana Kensington. Mereka pindah ke Windsor sebelum kelahiran bayi Archie. Tempat itu juga menjadi saksi bisu resepsi pernikahan pasangan itu pada Mei 2018.

Namun, Meghan dan Harry memilih mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris per Maret 2020. Mereka bahkan sudah tak lagi tinggal di Inggris sejak akhir 2019 dengan pindah ke Kanada. Seiring keputusan itu, Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan bahwa Harry dan Meghan akan membayar Hibah Kerajaan yang dihabiskan untuk merenovasi Frogmore Cottage.

"Istana Buckingham tidak akan mengomentari detail pengaturan keamanan. Akan ada proses independen yang dibuat untuk menentukan kebutuhan akan keamanan yang didanai oleh uang publik. Model baru ini akan berlaku pada Musim Semi 2020," demikian pernyataan saat itu.

Program Netflix

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunjungi New Zealand House di London, Selasa (19/3). Pangeran Harry dan Meghan Markle menempatkan karangan bunga di luar gedung sebagai penghormatan kepada para korban serangan teror di Christchurch. (AP/Alastair Grant)
Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunjungi New Zealand House di London, Selasa (19/3). Pangeran Harry dan Meghan Markle menempatkan karangan bunga di luar gedung sebagai penghormatan kepada para korban serangan teror di Christchurch. (AP/Alastair Grant)

Keluarga kecil Harry kini menetap di Montecito, Santa Barbara, Amerika Serikat. Mereka membeli hunian seharga 11,2 juta Pound sterling yang disebut memberikan lebih banyak privasi bagi keluarga tersebut.

Meghan dan Harry sesekali tampil di publik dengan mengikuti beragam acara. Salah satu yang terbaru adalah mereka bergabung dengan sebuah organisasi nirlaba untuk menanam bunga bersama anak-anak di Pusat Pembelajaran Prasekolah.

Pada minggu lalu, Duke dan Duchess juga telah membuat perusahaan produksi sendiri dan membuat kesepakatan bersama Netflix. Lewat rumah produksi itu, mereka akan mmproduseri serial dokumenter, film, pertunjukan bernaskah, dan acara anak-anak.

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerjakan Soal Cerita Matematika, Jawaban Bocah Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dikatakan sulit bagi para siswa. Tak heran jika banyak siswa yang mengaku tak menyukai mata pelajaran tersebut.

Ini lantaran kamu membutuhkan ketelitian untuk mengerjakannya matematika. Belum lagi banyak rumus yang harus dihapalkan untuk bisa menyelesaikan soal.

Tak hanya angka, ada juga soal cerita matematika yang mengandalkan logika dan penalaran yang baik ketika mengerjakan.

Baru-baru ini viral sebuah potret yang menunjukkan seorang siswa mengerjakan soal matematika dengan jawaban tak biasa.

Soal cerita Matematika

Foto: Twitter/@finrul
Foto: Twitter/@finrul

Akun Twitter @finrul mengunggah sebuah foto soal cerita matematika bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Dalam foto yang diunggah Minggu (6/8/2020), itu terlihat ada tiga soal cerita yang harus diselesaikan.

Soal pertama dan kedua merupakan soal pengurangan dan telah diselesaikan dengan baik. Namun, ada hal yang berbeda yang terlihat pada jawaban soal ketiga.

Jawaban tak biasa

Foto: Twitter/@finrul
Foto: Twitter/@finrul

Soal ketiga berbunyi "Ibu membeli 3 telur, ibu akan membuat kue. Apa yang harus dilakukan ibu agar telur itu tidak habis?"

Tak disangka, siswa yang tak diketahui namanya tersebut memberikan jawaban tak terduga.

"Tidak usah bikin kue, pertanyaannya aneh," jawabnya.

Komentar warganet

Rupanya jawaban siswa tersebut mencuri perhatian warganet. Tak sedikit yang kemudian memberikan komentarnya. Sebagian besar mengatakan apa yang ditulis siswa tersebut tak sepenuhnya salah. 

"Adiknya gak salah lho, itu sudut pandang yang bagus, lagian soalnya juga aneh gak terkonsep dengan baik jadi jawabannya bisa sesuai perspektif masing-masing lol," tulis akun @Topekhanbeondeo. 

"Gue dari SD sampe SMA sering frustrasi sama tipe soal kayak gini, narasinya kacau, tapi dipaksa ngerjain," timpal @Dhikalicious.

"Emang iya sih... Kalo ga mau telurnya abis, ya langsung beli kue jadi aja," komentar @txtdriay.

"Yawda kalo gitu bikin kuenya tanpa telur bun, banyak kok resepnya di cookpad. Solusi terpecahkan, telur bunda tidak habis dan tetap bisa membuat kue," ujar @diajengsafitri.

"Ya bener dong???? Pertanyaannya emang aneh," tambah @smollielia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hore, Destinasi Wisata Kampung Adat Wae Rebo Kembali Dibuka

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) membuka kembali wisata kampung adat Wai Rebo di Kabupaten Manggarai tersebut yang sudah ditutup kurang lebih enam bulan sejak pandemi Covid -19.

Dibukanya kembali wisata budaya itu, setelah Viktor berdialog bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

"Kita buka untuk umum, kita mulai untuk menerima tamu kembali dengan tetap mamatuhi protokol kesehatan," ujar Gubernur Viktor, Minggu (6/9/2020).

Viktor mengatakan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama masyarakat kampung adat sepakat untuk kembali membuka destinasi pariwisata kampung adat Wae Rebo serta serius menata tempat itu seperti, membangun infrastruktur pendukung agar lebih menarik banyak wisatawan baik domestik atau mancanegara.

"Kita akan siapkan rest area untuk yang berkunjung, serta akses jalan yang baik sehingga kendaraan roda dua bisa masuk keluar terutama untuk kepentingan logistik dan juga untuk evakuasi," katanya.

Dia meminta agar masyarakat lokal selalu menjaga keaslian dan keunikan desa adat Wae Rebo sebagai salah satu kekayaan warisan budaya kebanggaan masyarakat setempat.

"Desa Adat ini tidak boleh diubah, harus tetap natural, harus tetap dengan keunikannya, karena ini sudah aturan budaya dan warisan leluhur," tegasnya.

Untuk diketahui Kampung Adat Wae Rebo terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai kawasan eksotis tersebut, pengunjung harus berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 4,2 km.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-19 Ingin Tunjukkan Perkembangan Lawan Kroasia

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Cakovec - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi tuan rumah Kroasia pada laga International U-19 Friendly Tournament 2020. Laga ini akan dimainkan di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9/2020).

Laga ini menjadi yang kedua bagi Timnas Indonesia U-19 selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong melawan Bulgaria pada Sabtu (5/9/2020) lalu dan kalah 0-3.

Setiap hari skuat Garuda digenjot latihan tiga kali pada pagi, sore, dan malam hari. "Seperti yang sering saya bilang, saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas tinggi dengan menu fisik yang sangat keras. Intinya tim ini masih berproses," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan usai melawan Bulgaria, Timnas Indonesia U-19 diberikan menu recovery training. Ia pun juga kembali memberikan beberapa evaluasi yang harus dilakukan Garuda Muda usia melawan Bulgaria.

 

 

Lebih Baik

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari, mengaku diinstruksikan untuk fokus sepanjang pertandingan saat menghadapi Kroasia di International U-19 Friendly Tournament 2020. (dok. PSSI)
Penyerang Timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari, mengaku diinstruksikan untuk fokus sepanjang pertandingan saat menghadapi Kroasia di International U-19 Friendly Tournament 2020. (dok. PSSI)

Melawan Kroasia, Shin Tae-yong berharap Timnas Indonesia U-19 bisa bermain lebih baik dan fokus."Kroasia seperti Bulgaria, mereka punya postur tinggi serta fisik dan stamina bagus," ucapnya.

"Intinya kami tidak melihat hasil, tetapi bagaimana pemain berproses dan bermain sesuai yang kami inginkan."

Untuk kondisi tim saat ini hanya ada dua pemain yang mengalami cedera, yakni Jack Brown dan M Kanu," tambah pelatih berusia 51 tahun tersebut.

 

 

Laga Lainnya

Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan TC di Kroasia. (foto: PSSI)
Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan TC di Kroasia. (foto: PSSI)

Setelah melawan Kroasia, Timnas Indonesia U-19 akan berduel dengan Arab Saudi pada 11 September mendatang.

Selain mengikuti turnamen tersebut, skuat Garuda Muda juga akan menghadapi Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. Pemusatan latihan di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini.

Saksikan Video Timnas Indonesia U-19

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Ciptakan Karya dari Sendok dan Garpu, 6 Hasilnya Bikin Kagum

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karya seni memang kerap membuat seseorang berdecak kagum. Tak jarang para seniman menciptakan sebuah karya seni yang unik dan beda dari biasanya, Tentunya dibutuhkan sebuah kreatifitas dan imajinasi untuk menciptakan sebuah karya yang berbeda dan tak biasa.

Karya seni sendiri memiliki banyak jenis, beberapa diantaranya adalah lukisan dan patung. Patung merupakan karya seni yang bisa diciptakan dengan menggunakan bahan apapun, salah satunya adalah peralatan perak daur ulang seperti sendok ataupun garpu.

Seorang seniman bernama Matt Wilson menciptakan sebuah karya seni jenis patung dengan menggunakan sendok dan garpu. Matt Wilson menciptakan sebuah karya dengan memahat sendok dan garpu menjadi sebuah karya seni yang bisa digunakan untuk mempercantik ruangan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside dan Instagram @airtightartwork tentang potret unik patung dengan menggunakan sendok dan garpu, Selasa (8/9/2020).

1. Karya seni yang diciptakan oleh Matt Wilson ini sukses membuat seseorang berdecak kagum.

Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)
Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)

2. Tentunya dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi untuk menciptakan karya seni yang berbeda dari biasanya, salah satunya seperti patung dari sendok dan garpu ini.

Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)
Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)

3. Jika diperhatikan, detail karya seni ini terlihat sempurna ya.

Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)
Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)

4. Patung yang diciptakan dari sendok dan garpu ini bisa untuk mempercantik sebuah ruangan

Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)
Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)

5. Ragam bentuk patung sudah diciptakan oleh seniman berbakat satu ini.

Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)
Patung Dari Sendok dan Garpu. (Sumber: Instagram.com/airtightartwork)

6. Matt Wilson cukup sering mengunggah ragam hasil karyanya yang menakjubkan di akun Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Bisa Main PUBG, Pemuda 21 Tahun Gantung Diri

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemuda 21 tahun di West Bengal, Nadia, India diduga mengakhiri hidupnya karena tidak bisa bermain PUBG.

Menurut informasi polisi, siswa di sekolah ITI bernama Pritam Halder itu ditemukan menggantung dirinya sendiri di kediamannya di daerah Purba Lalpur, Chakdaha.

Ibu Pritam, Ratna, mengatakan anaknya masuk ke kamar setelah sarapan pada Jumat pagi, 4 September 2020. Namun ketika mencoba memanggil untuk makan siang ruangannya dalam keadaan terkunci dari dalam.

"Setelah berulang kali memanggil dan mengetuk, dia tidak membuka pintu. Saya mencoba menghubungi keluarga dan kamipun menjebol pintu. Kami menemukan dia tergantung di kipas angin gantung," kata Ratna kepada News18.

Gara-Gara Tak Bisa Main PUBG

PUBG Mobile resmi sambangi iOS dan Android di dunia. Liputan6.com/ Yuslianson
PUBG Mobile resmi sambangi iOS dan Android di dunia. Liputan6.com/ Yuslianson

Ratna mengklaim, putranya frustasi berat karena tidak bisa main PUBG. Di India sendiri, beberapa waktu lalu pemerintah memblokir sejumlah aplikasi asal Tiongkok, salah satunya adalah PUBG.

"Biasanya dia main malam hari. Saya rasa dia meninggal bunuh diri karena tidak bisa main PUBG," tutur sang ibu.

Pihak kepolisian sendiri mendata kasus ini sebagai kasus kematian yang tidak alami.

India Blokir PUBG dan Aplikasi Tiongkok

Main PUBG Mobile dengan Oppo Reno3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Main PUBG Mobile dengan Oppo Reno3 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, pemerintah India memblokir 118 aplikasi mobile yang sebagian besar buatan Tiongkok, termasuk gim populer Tencent, PUBG. Langkah ini kian menekan perusahaan-perusahaan teknologi Tiongkok, menyusul perselisihan antara India dan negara tersebut di wilayah perbatasan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (3/9/2020), selain PUGB, ratusan aplikasi lain yang diblokir termasuk Baidu dan ShareSave milik Xiaomi.

Pemblokiran ini diumumkan sehari setelah seorang pejabat India mengatakan telah mengerahkan pasukan di empat puncak bukit strategis berselang tak lama dari apa yang India sebut upaya serangan Tiongkok di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Tencent menolak mengomentari pengumuman pemerintah India ini. Kedutaan Besar Tiongkok di New Delhi pun belum memberikan respons.

Sementara Kementerian Teknologi India mengatakan ratusan aplikasi tersebut merupakan ancaman bagi kedaulatan, dan keamanan India.

"Aplikasi-aplikasi tersebut mengumpulkan, dan membagikan data secara diam-diam serta membahayakan data pribadi dan informasi pengguna, yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi keamanan negara," ujar juru bicara kementerian dalam sebuah pernyataan.

Pemblokiran ini merupakan pukulan untuk Tencent di India. Pasalnya, PUBG merupakan gim yang sangat populer di negara tersebut. Berdasarkan data SensorTower, India menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah unduhan PUBG dengan sekira 175 juta pemasangan, atau 24 persen dari total.

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disabilitas Netra dapat Memengaruhi 3 Area pada Karakteristik Kognitif Anak, Apa Saja?

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak dengan disabilitas netra memiliki kesulitan saat bergerak bebas, bermain, melihat dan meniru orangtuanya dalam aktivitas sehari-hari.

Menurut peneliti dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Djadja Rahardja, anak-anak tunanetra kehilangan saat-saat belajar kritis seperti itu, yang mungkin akan berdampak terhadap perkembangan, belajar, keterampilan sosial, dan perilakunya.

Disabilitas netra dapat memengaruhi beberapa karakteristik anak seperti karakteristik kognitifnya. Tunanetra secara langsung berpengaruh pada perkembangan dan belajar dalam hal yang bervariasi.

Peneliti asal Austria Berthold Lowenfeld menggambarkan dampak kebutaan dan low vision terhadap perkembangan kognitif, dengan mengidentifikasi keterbatasan yang mendasar pada anak dalam tiga area yaitu tingkat/keanekaragaman pengalaman, kemampuan berpindah tempat, dan interaksi dengan lingkungan.

Tingkat dan Keanekaragaman Pengalaman

Ketika seorang anak memiliki disabilitas netra, maka pengalaman harus diperoleh dengan mempergunakan indera-indera yang masih berfungsi, khususnya perabaan dan pendengaran. Namun, indera-indera tersebut tidak dapat secara cepat dan menyeluruh dalam memperoleh informasi, misalnya ukuran, warna, dan hubungan ruang yang sebenarnya bisa diperoleh dengan segera melalui penglihatan.

Tidak seperti fungsi penglihatan, ketika anak mengeksplorasi benda dengan perabaan maka harus ada kontak dengan bendanya selama dia melakukan eksplorasi tersebut. Ada beberapa benda yang tidak dapat dijangkau dengan indera perabaan karena terlalu jauh seperti benda langit, atau terlalu besar contohnya gunung, terlalu rapuh misalnya binatang kecil, atau membahayakan misalnya api, dan sebagainya.

Kemampuan Berpindah Tempat

"Penglihatan memungkinkan kita untuk bergerak dengan leluasa dalam suatu lingkungan, tetapi tunanetra mempunyai keterbatasan dalam melakukan gerakan tersebut. Keterbatasan tersebut mengakibatkan keterbatasan dalam memperoleh pengalaman dan juga berpengaruh pada hubungan sosial," mengutip file.upi.edu, Senin (7/9/2020).

Tidak seperti anak-anak lainnya, anak tunanetra harus belajar cara berjalan dengan aman dan efisien dalam suatu lingkungan dengan berbagai keterampilan orientasi dan mobilitas.

Interaksi dengan Lingkungan

Jika seseorang berada di suatu tempat yang ramai, orang itu dengan mudah bisa melihat ruangan di mana ia berada, melihat orang-orang di sekitar, dan bisa dengan bebas bergerak di lingkungan tersebut.

Di sisi lain, penyandang tunanetra tidak memiliki kontrol seperti itu. Bahkan dengan keterampilan mobilitas yang dimilikinya, gambaran tentang lingkungan masih tetap tidak utuh.

Hal ini yang menyebabkan orang dengan disabilitas netra membutuhkan pendamping jika pergi ke tempat baru atau lingkungan dengan trotoar akses seperti penyediaan guiding block.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 Naik Terus, Daihatsu Perketat Protokol Kesehatan

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai informasi yang disampaikan oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah signifikan.

Menanggapi kondisi ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan pelaksanaan seluruh protokol kesehatan dilakukan secara maksimal di seluruh area kerja, baik di Jakarta, Cibitung, dan Karawang.

Memasuki bulan September, Daihatsu tetap berproduksi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, demi memenuhi permintaan untuk pasar domestik dan ekspor, sekaligus memacu roda ekonomi.

ADM membuat aplikasi untuk memonitor pergerakan karyawan dan memastikan jarak antar karyawan selalu dalam batas aman yang ditetapkan, yakni minimal 1,5 meter.

Selain itu, setiap karyawan PT Astra Daihatsu Motor juga diwajibkan untuk melakukan deklarasi kesehatan secara mandiri dan rutin.

Memastikan Kesehatan Seluruh Karyawan

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra memastikan Daihatsu tetap mengutamakan kesehatan seluruh karyawan, meskipun operasional perusahaan tetap berjalan.

"Kami prihatin dengan peningkatan kasus baru Covid-19 ini. Daihatsu berkomitmen mendukung penerapan protokol kesehatan secara maksimal di seluruh area, sehingga karyawan dapat bekerja dengan sehat dan aman," ujar Amelia.

Daihatsu Bagi-Bagi Tips Keselamatan Berkendara

Terus menjaga silaturahmi dengan pemilik kendaraan, Daihatsu aktif membuat kegiatan menarik secara online. Selain menjujung edukasi, kompetisi, dan apresiasi, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Setelah mengadakan program apresiasi dengan menggelar bazaar online untuk komunitas, Daihatsu kembali menyelenggarakan acara menarik.

Demi meningkatkan kesadaran dan keselamatan berkendara, acara bertajuk Ngobrol Asik Safety Driving diselenggarakan secara virtual, Sabtu, 18 Juli 2020.

Melalui Instagram resmi Daihatsu, acara ini, terselenggara karena bekerja sama dengan GT Radial. Memanfaatkan platform digital, acara Safety Driving bisa dilihat seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam acara ini, Sony Susmana, selaku Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) memaparkan tentang 4 kunci keselamatan penting selama berkendara, yaitu Attitude (Perilaku), Awareness (Kesadaran), Alertness (Kewaspadaan), dan Anticipation (Antisipasi).   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Happy Hypoxemia Sudah Ada Sejak COVID-19 di Wuhan, Bagaimana di Indonesia?

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kondisi hipoksemia tanpa gejala sesak napas yang dialami pasien COVID-19 sesungguhnya bukan hal yang baru. Menurut dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto, temuan tersebut sudah ada sejak wabah di Wuhan, Tiongkok.

"Fenomena 'happy hypoxemia (hipoksemia)' itu memang sebenarnya sudah terjadi ketika kasus di Wuhan," kata Agus saat dihubungi oleh Health Liputan6.com pada Senin kemarin, ditulis Selasa (8/9/2020).

"Ada publikasi di Wuhan ketika pertama kali pneumonia COVID-19 ditemukan di sana, dikatakan ada 18,7 persen pasien itu tidak ada gejalanya, tidak ada keluhan sesak napas, tetapi mengalami hipoksemia."

Agus mengungkapkan bahwa kondisi itu sempat menjadi tanda tanya karena para pasien tidak mengalami keluhan sesak napas meski ditemukan kondisi happy hypoxemia atau "silent hypoxemia" dalam pemeriksaan rontgen dan CT-Scan.

Agus menjelaskan, salah satu teori yang menguat di kalangan peneliti terkait penyebab hal ini adalah karena virus corona penyebab COVID-19 disinyalir mengganggu sistem reseptor dan respons saraf pusat otak terhadap hipoksemia.

Tidak Semua Kasus COVID-19

Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). Hingga saat ini, wabah virus corona masih belum bisa dimusnahkan. (CDC via AP, File)
Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). Hingga saat ini, wabah virus corona masih belum bisa dimusnahkan. (CDC via AP, File)

"Jadi kalau orang normal, yang tidak kena COVID, kalau terjadi hipoksemia, itu otak akan memberikan respons, 'Kamu kurang oksigen, harus merespons dengan mempercepat napas untuk memasukkan oksigen lebih tinggi terus kamu harus merasa sesak napas' ada sistem seperti itu yang berjalan, tetapi pada COVID itu tidak berfungsi."

Namun, Agus menegaskan kondisi ini tidak terjadi pada semua kasus COVID-19. Sayangnya, belum ada data nasional terkait temuan happy hypoxemia pada kasus-kasus di Indonesia.

"Kalau dari data yang ada di Rumah Sakit Persahabatan, tempat saya kerja, dari 200-an pasien COVID sedang, hanya ditemukan 3 pasien yang ternyata tidak ada keluhan sesak napas dan yang ternyata kadar oksigen dalam darahnya 94 persen ke bawah. Jadi, kalau 3 dibanding 200 itu hanya sekitar 1,7 persen pasien COVID derajat sedang yang mengalami happy hypoxemia."

"Tetapi kalau pada COVID derajat ringan (di RS Persahabatan) yang juga sekitar 200-an, tidak ada satu pun yang mengalami happy hypoxemia," tambahnya.

Untuk mencegah hipoksemia yang tanpa gejala sesak napas berlanjut menjadi hipoksia atau kurangnya oksigen pada jaringan tubuh dan berisiko mematikan, pasien positif COVID-19 disarankan untuk tetap melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kondisinya serta untuk mengetahui derajat dari penyakit yang ia alami. Hal ini juga agar penanganan yang tepat bisa segera dilakukan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: JPO Bank Indonesia Dibongkar, Cek Modifikasi Rute Transjakarta

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jembatan penyebrangan orang halte Transjakarta Bank Indonesia dibongkar imbas dari proyek MRT. Ada sejumlah rute Transjakarta yang mengalami modifikasi di beberapa jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Manufaktur Indonesia Kembali Bergairah

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sektor industri manufaktur di Tanah Air mulai kembali menggeliat di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia di bulan Agustus yang berada pada level 50,8. Level ini menandakan sedang ekspansif karena melampaui ambang netral (50,0).

"Kinerja manufaktur kita boleh cukup berbahagia. Karena PMI kita tumbuh lebih dari level 50. Ini menunjukkan mulai kembali pulih industri manufaktur kita," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih dalam webinar yang digagas oleh Bappenas, Selasa (8/9/2020).

Untuk itu, Gati meminta torehan positif atas kenaikan PMI manufaktur dalam negeri harus di manfaatkan dengan baik oleh pelaku industri. Diantaranya dengan menggenjot produksi industri manufaktur untuk memenuhi kebutuhan nasional maupun internasional.

"Karena kenaikan (PMI) lebih dari level 50 sebagai indikator untuk peningkatan produksi dan penyerapan tenaga kerja, khususnya untuk IKM lebih banyak lagi," jelasnya.

Kemudian untuk pemerintah pusat ataupun daerah, Gati menekankan pada bantuan penyediaan bahan baku bagi pelaku industri nasional, khususnya IKM. Yakni dengan mempercepat implementasi program subtitusi impor hingga 35 persen.

"Karena akibat pandemi ini sejumlah negara dunia masih menerapkan lockdown. Sehingga industri manufaktur kita masih kesulitan untuk mendapatkan bahan baku," terangnya.

Kendati demikian, Gati menegaskan, seluruh aktivitas sektor industri harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Terlebih kementeriannya telah mewajibkan kepada perusahaan industri untuk aktif melaporkan penerapan protokol kesehatan secara online melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas).

"Dan terpenting temen-temen pelaku industri, terutama IKM harus mampu beradaptasi. Antara lain menjalankan protokol kesehatan. Karena resources tidak sebesar industri besar," imbuh dia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

Indeks Manufaktur Membaik, Menperin Sebut Ekonomi RI Mulai Merangkak Naik

Pengunjung melihat peralatan industri yang dipamerkan  dalam Manufacturing Indonesia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (4/12/2019). Pameran menampilkan beragam teknologi, layanan manufaktur terbaru dan terbaik dari para pemain kunci dibidangnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat peralatan industri yang dipamerkan dalam Manufacturing Indonesia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (4/12/2019). Pameran menampilkan beragam teknologi, layanan manufaktur terbaru dan terbaik dari para pemain kunci dibidangnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Sektor industri manufaktur di tanah air menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia di bulan Agustus yang berada pada level 50,8 atau menandakan sedang ekspansif karena melampaui ambang netral (50,0).

"Ini merupakan kabar gembira, karena artinya salah satu indikator perekonomian kita mulai merangkak naik. Capaian ini harus kita jaga dan terus ditingkatkan dengan tetap fokus dan kerja keras dalam upaya pemulihan ekonomi nasional," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Selasa (1/9).

 

Namun demikian, Menperin menegaskan, aktivitas sektor industri harus tetap memperhatikan terhadap penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami telah mewajibkan kepada perusahaan industri untuk aktif melaporkan penerapan protokol kesehatan secara online melalui portal Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas)," tuturnya.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh IHS Markit, PMI Manufaktur Indonesia pada Agustus tahun ini menunjukkan peningkatan yang solid, baik dalam produksi maupun pesanan baru, sehingga membawa kontribusi positif dalam kondisi bisnis sejak bulan Februari. Ekspansi pada output dan permintaan baru tersebut mengalami kisaran yang tercepat selama enam tahun.

Menurut hasil survei, perusahaan manufaktur di Indonesia pada umumnya menyatakan bahwa output dan pertumbuhan penjualan yang kuat berasal dari pembukaan kembali ekonomi secara bertahap. Ini ditunjukkan oleh peningkatan permintaan klien, terutama didorong oleh pasar domestik.

Selanjutnya, indeks manufaktur Indonesia pada bulan kedelapan memperlihatkan juga kepercayaan bisnis yang naik ke level tertinggi sejak bulan Mei 2019. Hal ini karena perusahaan menyesuaikan diri dengan pelonggaran bertahap pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait penyebaran virus korona baru.

"Capaian positif pada PMI ini juga menunjukkan bahwa langkah pemerintah dalam melakukan mitigasi di sektor industri manufaktur saat pandemi Covid-19 sudah sesuai. Selain itu, lonjakan PMI menjadi pijakan yang baik bagi industri manufaktur di tanah air untuk kembali pulih," jelasnya.

Indeks Manufaktur Indonesia di bulan Agustus naik 3,9 poin dari indeks pada bulan Juli 2020 yang berada di level 46,9. Rata-rata PMI Manufaktur kuartal III tahun 2020 sebesar 48,8 juga mengindikasikan kondisi lebih baik ketimbang kuartal II/2020.

"Kementerian Perindustrian tentunya terus mengawal sektor industri manufaktur nasional agar dapat tumbuh positif dan nantinya dapat sepenuhnya pulih dari tekanan dampak pandemi Covid-19. Kebijakan-kebijakan yang sudah Kemenperin keluarkan tentu juga akan dievaluasi efektivitasnya dan akan kami sesuaikan dengan kondisi di sektor industri," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lutfi Agizal Jawab Isu Putus dari Putri Iis Dahlia dan Di-Unfollow Devano Danendra

Posted: 07 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lutfi Agizal bikin geger Indonesia setelah mempermasalahkan kata anjay, yang dipopulerkan Rizky Billar. Bahkan kontroversi kata anjay direspons Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Dampaknya tak main-main. Hubungan Lutfi Agizal dan Rizky Billar memanas. Keduanya saling balas komentar di medsos. Devano Danendra dan Salshadilla Juwita tidak lagi mengikuti akun Instagram Lutfi Agizal.

Padahal, Salshadilla Juwita dan Lutfi Agizal pacaran. Yang terjadi kemudian, beredar rumor hubungan asmara Salshadilla Juwita dan Lutfi Agizal telah kandas. Merespons kabar ini, Lutfi Agizal bereaksi.

 

Pacaran 4,5 Tahun

Salshadilla Juwita. (Foto: Instagram @salshaindradjaja)
Salshadilla Juwita. (Foto: Instagram @salshaindradjaja)

Klarifikasi Lutfi Agizal disampaikan dalam video "Pengakuan Lutfi Bikin Shock, Memilih Cara Ini untuk Mencapai Sesuatu" di kanal YouTube Crazy Nikmir Real, Senin (7/9/2020).

"Karena aku pacaran sama dia itu sudah jalan 4,5 tahun," aku Lutfi Aghizal ketika ditanya Nikita Mirzani. "Masih (pacaran)," imbuhnya lalu memamerkan foto dengan Salshadilla di ponsel.

Sama-sama Meredam

Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)
Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)

Jika masih pacaran, mengapa Salshadilla Juwita dan Devano Danendra tak lagi mengikuti Lutfi Agizal di medsos? Lutfi Agizal berdalih ini untuk meredam ketegangan akibat kontroversi anjay.

"Kita sama-sama meredam karena ini ulah aku. Aku mohon sama siapapun, janganlah. Kita jadi netizen, yang diserang cukup saya saja, jangan kanan-kiri saya," imbau Lutfi Agizal.

 

Kalau Masih Follow Saya

Salshadilla Juwita. (Foto: Instagram @salshaindradjaja)
Salshadilla Juwita. (Foto: Instagram @salshaindradjaja)

"Salsha sama Devano itu kalau masih follow saya, di komennya saya ngetag Devano maupun Salsha, masuk ke mereka. (Akun) mereka enggak di-privacy, jadi daripada merasa terganggu mending di-unfollow dulu," tambahnya.

Dugaan Lutfi Agizal dan Salshadilla putus menguat setelah Devano Danendra mencuit kata anjay di akun medsos. Warganet berasumsi Devano Danendra nyinyir atau meledek Lutfi Agizal.

 

Devano Bilang Anjay

Devano Danendra. (Foto: Instagram @devdanendra)
Devano Danendra. (Foto: Instagram @devdanendra)

"Kalau Devano yang bilang anjay, saya sampai detik ini tidak mempermasalahkan orang ngomong anjay, selama itu digunakan katanya positif. Kan Devano bilang anjay doang," Lutfi Agizal menjelaskan.

Lagipula, itu berupa tulisan. Bukan ucapan yang disampaikan secara agresif untuk menyerang pihak tertentu. Karenanya, Lutfi Agizal tak mau ambil pusing soal status teks Devano Danendra yang sempat ramai dibahas warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Bakal Calon Wakil Bupati Pilkada Sidoarjo Positif Covid-19

Posted: 07 Sep 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya- Satu orang bakal calon wakil bupati peserta Pilkada Sidoarjo 2020 terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, ia beserta pasangan bakal calon bupati harus menjalani isolasi mandiri dan belum bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

"Karena sifatnya satu paket, maka antara bakal calon bupati dan calon wakil bupati tersebut belum melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan," ujar Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, M Iskak, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (8/9/2020).

Ia menjelaskan KPU Sidoarjo baru bisa melaksanakan tahapan pilkada kepada pasangan calon tersebut jika mereka sudah negatif Covid-19 berdasarkan tes usap. Meskipun demikian, hal tersebut tidak memengaruhi tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sidoarjo karena ada dua pasang lainnya yang tidak terpapar virus corona.

Ia mengungkapkan pada saat proses pendaftaran Pilkada Sidoarjo berlangsung, hasil uji seka satu orang bakal calon kepala daerah tersebut memang sudah positif Covid-19, tetapi baru diketahui pada saat pendaftaran itu berlangsung.

"Saat itu juga kami berkomunikasi dengan penghubung pasangan calon supaya yang bersangkutan segera meninggalkan kantor KPU," ucapnya.

Dalam Pilkada Sidoarjo 2020 ada tiga bakal paslon yang mendaftar sebagai peserta, masing-masing pasangan Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, Kelana Aprilianto-Dwi Astuti, dan Ahmad Muhdlor Ali-Subandi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Masih Pesimis, Tren Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi Membaik

Posted: 07 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Survei Konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus membaik, meskipun masih berada pada zona pesimis yakni kurang dari 100.

Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2020 sebesar 86,9, lebih tinggi dari IKK Juli 2020 sebesar 86,2. Keyakinan konsumen menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 2-4 juta per bulan dan pada responden berusia 20-50 tahun.

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 8 kota survei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, Manado, dan Denpasar," terang Kepala Departemen Komunikasi, Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Selasa (8/9/2020).

Membaiknya keyakinan konsumen pada Agustus 2020 didorong oleh persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Persepsi tersebut terus membaik ditopang oleh meningkatnya keyakinan terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama.

"Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang cukup optimistis, meskipun melemah dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha ke depan yang tidak sekuat bulan sebelumnya," tukas dia.

IKK Kalah dari Malaysia, Konsumen Indonesia Masih Enggan Komplain

Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen pada September 2019 mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Posisi ini lebih rendah dari deflasi Agustus 2019 sebesar 0,68%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen pada September 2019 mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Posisi ini lebih rendah dari deflasi Agustus 2019 sebesar 0,68%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) menyoroti rendahnya Indeks Keberdayaan Konsumen Indonesia (IKK) yang masih berada di level 41,7. Padahal IKK Malaysia sudah mencapai 60 poin sampai saat ini. Akibatnya konsumen di Indonesia enggan melakukan komplain atas kerugian transaksi barang maupun jasa.

"Soal IKK ini memang kita masih kalah dibandingkan Malaysia. Malaysia IKK sudah mampu ke level 60 saat ini. IKK ini menunjukkan konsumen Indonesia enggan komplain apabila terjadi permasalahan dalam transaksi barang atau jasa," ujar Koordinator Advokasi BPKN, Rizal E Halim pada acara peringatan puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Jakarta, Kamis (3/9).

Rizal mengatakan IKK dilevel 41,7, menunjukkan konsumen Indonesia telah menuju Level Mampu dari yang sebelumnya hanya berada pada Level Paham. Sehingga konsumen Indonesia dianggap sudah mampu menggunakan hak dan kewajibannya untuk menentukan pilihan barang ataupun jasa terbaik, serta mau memilih menggunakan produk dalam negeri.

Namun, level mampu masih belum cukup untuk mengangkat martabat konsumen Indonesia. Hal ini tercermin dari rendahnya partisipasi konsumen untuk melakukan komplain atas kerugian dari kegiatan perdagangan baik berupa produk ataupun jasa.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong pemerintah melalui Kementerian Perdagangan untuk lebih berusaha keras dalam meningkatkan IKK dari level saat ini. Mengingat peran IKK sangat penting bagi peningkatan martabat konsumen dan peningkatan kualitas dan daya saing produk dalam negeri.

"Meningkatnya IKK akan mendorong kesadaran konsumen dalam menggunakan hak dan kewajibannya, serta bersikap kritis. Juga mendorong para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan saya saing produknya," tukasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk meningkatkan martabat konsumen dan mendorong kualitas serta daya saing produk di Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan angka Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) tahun 2020 ke level 42 poin.

"Pada tahun 2020 ini kemendag menargetkan IKK meningkat setidaknya menjadi 42 poin," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Agus mengatakan IKK merupakan dasar untuk menetapkan kebijakan di bidang perlindungan konsumen dan untuk mengukur kesadaran dan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, serta kemampuan dalam berinteraksi dengan pasar. Sehingga penting bagi pemerintah untuk terus meningkatkan angka IKK.

Terlebih, pada tahun 2019, IKK Indonesia tercatat sebesar 41,7. Artinya konsumen Indonesia telah menuju Level Mampu yang sebelumnya hanya berada pada Level Paham.

"Level Mampu artinya konsumen Indonesia telah mampu menggunakan hak dan kewajibannya sebagai konsumen untuk menentukan pilihan terbaik. Serta menggunakan mau memilih produk dalam negeri" jelasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

YLKI: Mahalnya Masker dan Hand Sanitizer Paling Banyak Dilaporkan Konsumen

Orang-orang bekerja di sebuah pabrik yang memproduksi masker medis di Kairo, Mesir, 14 April 2020. Para karyawan bekerja siang dan malam untuk mengoperasikan lima mesin canggih yang dibawa dari China untuk memproduksi hingga 750.000 masker medis per hari. (Xinhua/Wu Huiwo)
Orang-orang bekerja di sebuah pabrik yang memproduksi masker medis di Kairo, Mesir, 14 April 2020. Para karyawan bekerja siang dan malam untuk mengoperasikan lima mesin canggih yang dibawa dari China untuk memproduksi hingga 750.000 masker medis per hari. (Xinhua/Wu Huiwo)

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat adat enam kasus pengaduan yang banyak dilaporkan oleh konsumen di tengah pandemi Covid-19. Tertinggi menyangkut soal masker dan hand sanitizer.

"Terhitung sejak bulan Februari lalu, YLKI banyak menerima pengaduan oleh konsumen. Setidaknya ada 7 kasus yang banyak diadukan oleh konsumen di tengah pandemi ini," ujar dia dalam peringatan puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Jakarta, Kamis (3/9).

Pertama, masker dan hand sanitizer. YLKI mencatat aduan atas dua alat kesehatan itu mencapai 33,30 persen.

"Karena kita tahu di awal pandemi masker dan hand sanitizer sangat langkah. Kalau ada, harga mahal dan kualitas abal-abal," ujarnya.

Advokasi yang dilakukan oleh YLKI, yakni mendesak aparat penegak hukum dan regulator untuk mengusut adanya penimbunan. "Kita kirim surat ke Dirjen PKTN, Mabes Polri, Kemenkes, dan KSP," paparnya.

Kedua, Transportasi. YLKI mencatat tingkat aduan mencapai 25 persen. Dimana aduan konsumen kesulitan untuk melakukan refund tiket, dan menolak refund berbentuk voucher.

"Kita tahu PSBB merupakan petaka bagi konsumen, yang telah booking tiket moda transportasi. Operator kesulitan untuk memenuhi tuntutan refund dan refund digantikan oleh voucher. Bukan cash money," terangnya.

Advokasi yang dilakukan oleh YLKI, yakni meminta Kementerian Perhubungan selaku regulator untuk melakukan mediasi antara operator dan konsumen. "Karena kan operator kesulitan jika refund berbentuk cash money," imbuh dia.

Ketiga, Belanja Online. YLKI mencatat jumlah pengaduan mencapai 16,67 persen, dengan dominasi kasus penipuan atau harga tinggi.

"Tren atas belanja online membawa potensi atas tindakan penipuan dan penjualan barang-barang tertentu dengan harga tinggi. Khususnya alat kesehatan," cetusnya.

Advokasi yang dilakukan oleh YLKI, dengan meminta Dirjen PKTN Kementerian Perdagangan untuk memperketat pengawasan. Juga mendorong aparat hukum agar tegas memberikan sanksi bagi penjual nakal yang terbukti merugikan konsumen," tambahnya.

Keempat, Relaksasi Jasa Keuangan. YLKI mencatat presentase pengaduan mencapai 11,11 persen.

"Awal pandemi presiden (Jokowi) menjanjikan relaksasi debitur jasa finansial, termasuk leasing. Namun realita dilapangan konsumen kecewa relaksasi tidak bisa dieksekusi," paparnya.

Advokasi yang dilakukan oleh YLKI, yakni mendesak OJK, Perbankan, dan operator transportasi untuk membuat kriteria yang jelas dan transparan. Sehingga masyarakat dapat menerima manfaat atas relaksasi yang dijanjikan negara.

Kelima, supermarket mencapai 5,50 persen terkait lonjakan dan kelangkaan sejumlah barang. Terakhir, layanan kesehatan dengan presentase pengaduan mencapai 2,07 persen. Adapun jenis pengaduannya meliputi harga rapid test yang mahal, rapid tes sebagai syarat untuk penggunaan transportasi umum dan fenomena komersialisasi layanan rapid test.

"Untuk advokasi, kita minta hilangkan rapid test sebagai syarat. Mengingat rapid test tidak efektif dalam menekan penyebaran virus Corona," tukasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan

Posted: 07 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga 1 2020 segera dilanjutkan pada 1 Oktober 2020. Persebaya Surabaya akan menjalani laga away ke Sleman untuk meladeni PSS Sleman. Jelang sebulan menghadapi PSS, tim Bajul Ijo terus berbenah dengan menjalani latihan terus menerus.

Pemain asing mulai berdatangan ke Surabaya seperti Aryn Williams. Gelandang asal Australia ini sudah terlihat jalani latihan bersama Persebaya sejak Minggu (6/9/2020). Kedatangan Aryn ini menjadi tanda bahwa Persebaya siap menjalani Liga 1 2020.

Gelandang bernomor punggung 28 terlihat begitu semangat saat menjalani sesi latihan. Antusianya Aryn ini membuat rekan-rekannya turut semangat dalam latihan. Irfan Jaya hingga Rendi Irwan pun terlihat begitu bahagia melihat kembalinya gelandang bertahan Bajul Ijo tersebut.

Penasaran kan dengan potret terbaru Aryn yang jalani latihan perdana bersama Persebaya setelah libur panjang? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @officialpersebaya, potret terbaru Aryn Williams jalani latihan perdana, Selasa (8/9/2020).

1. Aryn Williams sudah tiba di Surabaya. Ia meninggalkan kota Pahlawan lebih dari 3 bulan karena balik ke Australia saat Liga 1 dihentikan sementara.

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)
6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)

2. Kehadiran gelandang Australia ini disambut hangat oleh kapten tim, Rendi Irwan.

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)
6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)

3. 2 hari lalu, Aryn Williams sudah ikuti latihan bersama tim utama Bajul Ijo.

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)
6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)

4. Gelandang nomor punggung 28 ini terlihat antusias saat melahap menu latihan yang diberikan Aji Santoso.

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)
6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)

5. Keseriusan Aryn Williams saat latihan ini menjadi bukti bahwa ia siap menjalani Liga 1 2020.

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)
6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)

6. Gelandang bertahan Bajul Ijo ini siap memberikan permainan terbaiknya saat Persebaya melawan PSS Sleman pada 1 Oktober 2020 nanti.

6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)
6 Potret Terbaru Aryn Williams Setelah Tiba di Surabaya, Semangat Latihan (sumber: Instagram.com/arynwilliams_28)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan 2 Wanita yang Sambangi Kamar Hotel Greenwood dan Foden di Timnas Inggris

Posted: 07 Sep 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua wanita asal Islandia yang menyambangi kamar hotel Mason Greenwood dan Phil Foden angkar bicara seputar kejadian ini. Aksi mereka melanggar protokol kesehatan selama pandemi virus Corona COVID-19 membuat kedua wonderkid tersebut terpaksa diusir dari Timnas Inggris

Nadia Sif LIndal Gunnarsdottir, satu dari dua wanita yang menjadi tamu spesial Greenwood dan Foden malam itu menjelaskan kalau dia dan Greenwood awalnya berkenalan secara daring. 

"Saya bicara dengan Mason beberapa hari sebelum dia bertanding di Islandia," katanya seperti dilansir dari Metro.co.uk. 

 

"Mereka tahu kalau sedang menjalani karantina, tapi mengetahui kalau mereka sudah dites sebelum tampil di Islandia dan kami menganggap tidak masalah bertemu mereka," bebernya. 

Nadia tidak sendirian. Dia mengajak sepupunya Lara untuk menyambangi hotel Timnas Inggris

"Mereka masih sangat muda. Kami masih muda dan melakukan kebodohan. Kami melakukan kesalahan. Mereka sangat baik kepada kami. Mereka sangat sopan dan orang baik," kata Lara. 

 

Dijatuhi Denda

Pemain Manchester United, Mason Greenwood, melakukan selebrasi usai membobol gawang Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Old Trafford Sabtu (4/6/2020). Manchester United menang 5-2 atas Bournemouth. (AP/Peter Powell)
Pemain Manchester United, Mason Greenwood, melakukan selebrasi usai membobol gawang Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Old Trafford Sabtu (4/6/2020). Manchester United menang 5-2 atas Bournemouth. (AP/Peter Powell)

Polisi Islandia telah menjatuhkan denda kepada Greenwood dan Foden masing-masing sebesar 250,000 Icelandic Krona atau 1,360 pound sterling untuk pelanggaran protokol kesehatan. Namun yang lebih menyakitkan tentu saja ketika mereka dipulangkan dari timnas Inggris. 

Greenwood dan Foden dipastikan tidak akan tampil saat Inggris bertemu Denmark, dini hari nanti. 

 

Menang 1-0 atas Islandia

Pemain sayap Timnas Inggris Raheem Sterling merayakan golnya ke gawang Islandia dalam laga Grup 2 A UEFA Nations League di Reykjavik, Islandia, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB. (Foto AP / Brynjar Gunnarson)
Pemain sayap Timnas Inggris Raheem Sterling merayakan golnya ke gawang Islandia dalam laga Grup 2 A UEFA Nations League di Reykjavik, Islandia, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB. (Foto AP / Brynjar Gunnarson)

Sementara itu, Timnas Inggris berhasil mengalahkan tuan rumah Islandia 1-0. Dalam laga ini, satu-satunya gol yang tercipta dicetak oleh Raheem Sterling pada masa injury time babak kedua. 

Inggris selanjutnya akan berhadapan dengan Denmark pada Selasa malam atau Rabu dini hari WIB. Lanjutan UEFA Nations League ini bakal berlangsung di Parken Stadium. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Tanker Bawa 270 Ribu Ton Minyak Meledak di Lepas Pantai Sri Lanka, Laut Tercemar?

Posted: 07 Sep 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Colombo - Sebuah kapal tanker milik Angkatan Laut Sri Lanka yang meledak pada Minggu, 6 September 2020 berhasil dipadamkan.

Kecelakaan yang dialami kapal pembawa minyak mentah ini dikhawatirkan oleh para ahli dapat mencemarkan lingkungan bawah laut di negara tersebut.

New Diamond yang terdaftar di Panama, membawa lebih dari 270.000 ton minyak mentah dan solar, sedang dalam perjalanan dari Kuwait ke pelabuhan Paradip di India, demikian dikutip dari laman Al Jazeera, Selasa (8/9/2020).

Kapal ini sempat mengeluarkan panggilan darurat setelah ledakan ruang mesin yang menewaskan seorang anggota awak asal Filipina.

"Api telah benar-benar padam," kata Komandan Angkatan Laut Sri Lanka Nishantha Ulugetenna.

"Pelat (baja) kapal tanker masih sangat panas sehingga ada risiko terjadinya kebakaran baru."

Penjaga pantai India men-tweet bahwa "tidak ada api & asap" yang terlihat dari kapal.

Sepuluh profesional Inggris dan Belanda dengan keahlian dalam operasi penyelamatan, evaluasi bencana dan konsultasi hukum tiba lebih awal pada hari Minggu, kata angkatan laut sebagai upaya penyelamatan.

Perusahaan Belanda Smit Salvage telah menugaskan para ahli dan juga mengirim dua kapal dari Singapura dan Mauritius.

 

Jeratan Hukum

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Penjaga pantai India, yang mengerahkan enam kapal, satu pesawat dan helikopter, menambahkan pada Minggu bahwa kapal pengontrol polusi telah tiba di lokasi di Samudra Hindia.

Kapal penyelamat masih menyiram tanker dengan air untuk mencegah api baru tersulut di pelat baja panas dekat ruang mesin yang terbakar.

"Lambung kapal tanker itu retak sekitar 10 meter (33 kaki) di atas permukaan air akibat panas yang menyengat dari api," kata para pejabat.

Pihak berwenang mengatakan, tidak ada minyak yang licin dan retakan itu tidak dianggap sebagai kegagalan struktural yang dahsyat.

Badan Perlindungan Lingkungan Laut Sri Lanka mengatakan tindakan hukum dapat diambil terhadap pemiliknya, Porto Emporios Shipping Inc yang terdaftar di Liberia, "jika yang terburuk terjadi dan kapal rusak".

Kapal itu lebih besar dari kapal induk Jepang MV Wakashio, yang menabrak karang di Mauritius pada Juli lalu dan membocorkan lebih dari 1.000 ton minyak ke perairan asli negara pulau itu.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspose Kasus Jaksa Pinangki Digelar Tertutup

Posted: 07 Sep 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menggelar ekspose atau gelar perkara kasus dugaan gratifikasi dilakukan oleh Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Kejagung mengundang sejumlah supervisi seperti Bareskrim Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kemenko Polhukam, dan Komisi Kejaksaan atau Komjak.

Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (8/9/2020) mengatakan, ekspose yang digelar secara tertutup untuk publik ini akan membeberkan fakta-fakta yang akan diketahui langsung oleh para supervisi.

Publik nantinya bisa mengetahui langsung ekspose Jaksa Pinangki ini lewat jumpa pers.

"Tidak (terbuka), ini (Komjak) dengan Penyidik Jampidsus, KPK, Bareskrim, Kemenkopolhukam," jelas Barita.

Terpisah, Direktur Penyidikan Jampidus Kejagung Febrie Adriansyah mengaku siap transparan dalam gelar perkara kasus Jaksa Pinangki.

Febrie menambahkan, gelar perkara dilakukan demi melengkapi dokumen menuju P21. Karena menurut dia, saat ini masih ada berkas yang belum lengkap sehingga perkara terkait belum bisa disidangkan.

"Ini akan terbuka semua ekspose bagaimana tentang konstruksi perbuatan, sangkaan pasal hingga keterlibatan. Dibuka semua," tandas Febrie.

KPK Pastikan Hadiri Ekspose Kasus Jaksa Pinangki di Kejagung

KPK memastikan akan menghadiri undangan ekspose kasus dugaan korupsi yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari di Kejaksaan Agung (Kejagung). Gelar perkara itu akan dilakukan hari ini, Selasa (8/9/2020).

"Karena gelar perkara merupakan pembahasan teknis penanganan perkara, maka yang hadir dari KPK adalah tim dari Kedeputian Bidang Penindakan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Ali berharap, dalam ekspose tersebut, tim penyidik Kejagung membongkar secara utuh konstruksi kasus Jaksa Pinangki. Sehingga, pihak Kedeputian Penindakan KPK bisa melihat langsung perkembangan penyidikan kasus ini.

"Ekspose atau gelar perkara merupakan forum dimana nanti semua peserta bisa melihat konstruksi perkara tersebut secara utuh. KPK berharap tim penyidik Kejaksaan Agung akan terbuka menyampaikan fakta-fakta hasil perkembangan penyidikan perkara tersebut," kata Ali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tulisan Nyeleneh di Pintu Kulkas Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 07 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu alat rumah tangga yang hampir ada di setiap rumah ialah, kulkas atau lemari es. Alat rumah tangga menggunakan listrik yang berfungsi sebagai lemari pendingin. Kulkas memiliki banyak manfaat seperti mengawetkan bahan makanan hingga bisa untuk mendinginkan minuman agar lebih nikmat saat diminum.

Kulkas enggak hanya ada di rumah saja, namun kos, warung, hotel atau pun kantor juga memiliki alat rumah tangga ini. Biasanya di pintu kulkas terdapat hiasan yang menempel, seperti souvenir saat jalan-jalan ke luar negeri, hadiah pernikahan, dan lain sebagainya. 

Selain hiasan yang paling sering ditemui ialah, catatan di kulkas. Seperti pantangan suatu makanan, atau pesan dari seseorang. Lain dari biasanya, beberapa orang menuliskan pesan nyeleneh di kulkas. Seperti yang satu ini, dari peringatan untuk anak hingga ke teman kos. 

Penasaran seperti apa potretnya? Kira-kira kamu pernah melakukan hal yang sama tidak ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas tulisan nyeleneh di kulkas, Selasa (8/9/2020). 

1. Buat kamu yang lagi diet, tulisan nyeleneh di kulkas ini kira-kira ampuh enggak ya?

Peringatan di Kulkas (Sumber:1cak
Peringatan di Kulkas (Sumber:1cak

2. Jebakan untuk pencuri coklat di kulkas nih, cerdik banget.

Peringatan di Kulkas (Sumber:Twitter/gandy_paundu
Peringatan di Kulkas (Sumber:Twitter/gandy_paundu

3. Daripada marah-marah ya, akhirnya mendoakan pencuri agar rezekinya banyak. Biar enggak maling lagi.

Peringatan di Kulkas (Sumber:Twitter/@collegemenfess
Peringatan di Kulkas (Sumber:Twitter/@collegemenfess

4. Pasti udah sebal banget deh ini sama yang suka ambil makanan di kulkas seenaknya.

Peringatan di Kulkas (Sumber:Twitter/@NSRNZHR
Peringatan di Kulkas (Sumber:Twitter/@NSRNZHR

5. Buat emak-emak, biar anak enggak main pintu kulkas bisa kasih foto yang satu ini nih.

Peringatan di Kulkas (Sumber:Brilio)
Peringatan di Kulkas (Sumber:Brilio)

6. Beda dari yang lain, diingatkan emak jadwal kuliah. Diejek malas lagi.

Peringatan di Kulkas (Sumber:
Peringatan di Kulkas (Sumber:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

57 Persen UMKM Binaan Pertamina Terdampak Covid-19

Posted: 07 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan menurut hasil survey internal Pertamina, tercatat 57 persen UMKM binaan Pertamina mengalami penurunan pendapatan dampak covid-19.

"Kita ketahui bersama pandemi covid-19 yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini memberikan pukulan yang berat di dunia usaha termasuk UMKM, dari hasil survey internal Pertamina 57 persen binaan Pertamina mengalami penurunan pendapatan karena dampak covid-19  ini," kata Nicke dalam acara Virtual Press Conference SMEXPO, Selasa (8/9/2020).

Sehingga, sebagai dukungan nyata Nicke menyebut Pertamina sudah menyerap produk-produk UMKM binaan Pertamina untuk disumbangkan kepada masyarakat terdampak covid-19. Adapun total transaksinya sudah mencapai Rp 10 miliar dalam 3 bulan terakhir ini.

Pasalnya Pertamina  sebagai sustainable development goals atau tanggung jawab sosial lingkungan, Pertamina telah membina lebih dari 63 ribu UMKM, dan pihaknya sudah melakukan penyaluran bagi UMKM dalam bentuk program kemitraan sejak tahun 1993 dengan total Rp 3,5 triliun.

"Angka yang cukup besar karena pembinaan UMKM ini merupakan tanggung jawab yang di amanah kan kepada Pertamina seperti dalam Undang-Undang," katanya.

Dimana UMKM ini menyerap kurang lebih 95 persen tenaga kerja di Indonesia, dengan total investasi yang disumbang UMKM sebanyak 56 persen, serta mampu memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB nasional.

Pertamina juga memberikan berbagai pelatihan kepada para UMKM ini dalam bentuk virtual tentunya sesuai dengan protokol covid-19. Pertamina juga sudah menyediakan pasar digital untuk UMKM unggulan ini.

Sehingga dengan program-program tersebut, UMKM binaan Pertamina dapat terus meningkatkan produknya dan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk bertransaksi dalam membeli produk mereka.

Ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi Pertamina untuk mendukung kelangsungan hidup UMKM-UMKM binaan Pertamina. Salah satu wujud dari usaha Pertamina untuk memperkuat perekonomian nasional di tengah pandemi covid-19 ini.

Oleh karena itu, untuk mendorong UMKM binaan Pertamina terus bertahan di masa pandemi ini, Pertamina mengadakan PertaminaSMEXPO 2020, yang merupakan pameran virtual yang diikuti oleh 1226 produk UMKM unggulan.

"Untuk kali ini SMEXPO ini akan memulai tanggal 9-11 september 2020. Seluruh masyarakat Indonesia dan luar negeri ini bisa mengakses melalui www. Pertaminasmexpo.com, jadi pameran virtual ini salah satu cara bagi Pertamina untuk mengedukasi seluruh UMKM binaan Pertamina," katanya.

Demikian, diharapkan para pelaku binaan Pertamina bisa masuk dan beradaptasi dalam era digitalisasi, sehingga bisa memaksimalkan seluruh potensi yang ada, memperluas jaringan untuk pemasaran produknya.

Pertamina Hadirkan 1.226 Produk UMKM di Smexpo 2020

Pengunjung melihat produk dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Pameran ini menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat produk dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019). Pameran ini menampilkan produk-produk UMKM RI mulai dari kain, pakaian, tas, hingga berbagai kuliner seperti kopi buatan anak negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Smexpo 2020. Gelaran ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tema yang diusung dalam gelaran Smexpo tahun ini adalah Digitalisasi Usaha Kecil Bikin Bangga Indonesia. Pameran ini merupakan pameran online pertama dan terbesar.

"Tema yang kami usung adalah digitalisasi usaha kecil bikin bangga indonesia. Jadi ini merupakan pameran virtual Pertamina yang pertama dan terbesar karena kita akan mempersembahkan 1.226 produk umkm unggulan," ujar Nicke dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9).

Nicke mengatakan, Pertamina Smexpo ini dpersembahkan khususnya memberikan kesempatan pada UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya. UMKM merupakan sektor sangat penting bagi ekonomi Indonesia dan jadi tulang punggung bagi ekonomi Indonesia seperti krisis 1998.

"Pada krisis 1998 UMKM yang menopang sehingga relatif lebih stabil dibanding negara lain. Jadi UMKM ini tidak kurang dari 95 persen tenaga kerja, total investasi di negeri ini disumbang dari UMKM sebanyak 56 persen totalnya. Dan memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB Indonesia," jelasnya.

Pertamina sebagai salah satu BUMN telah membina lebih dari 63.000 UMKM serta sudah mulai penyaluran pendanaan sekitar Rp3,5 triliun sejak 1993. Pembinaan UMKM tersebut menjadi tanggung jawab yang diamanatkan pada Pertamina.

"Pandemi yang terjadi memberikan tekanan yang berat bagi dunia usaha termasuk UMKM, dari survei internal kita sebanyak 53 persen mengalami penurunan demand, Pertamina telah membantu menyerap produk total transaksi Rl10 miliar, Pertamina memberikan pelatihan dalam bentuk virtual, Pertamina telah sediakan pasar digital sehingga diharapkan UMKM Pertamina dapat bertahan serta berjualan," jelasnya.

Adapun Smexpo 2020 akan digelar pada 9 hingga 11 September. Semua masyarakat dapat mengakses melalui www.pertaminasmexpo.com. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan seperti fashion show hingga penampilan dari deretan artis dan musisi ternama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drakor Goblin, Serial Drama Populer Gong Yoo yang Kini Hadir di Vidio

Posted: 07 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Drama Korea Goblin atau Guardian: The Lonely and Great God sempat fenomenal dengan meraih rating tinggi pada masanya. Drama yang diperankan Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook, Yoo In Na, serta Sungjae `BTOB` ini dirilis pada 2016 silam.

Selain karena akting dari para bintang utama dan pemain pendukungnya, drakor Goblin juga menyuguhkan jalan cerita yang epik. Tak heran, jika drama yang naskahnya ditulis oleh Kim Eun Sook ini sukses memukau penonton. 

Kim Eun Sook sendiri adalah sosok di balik populernya drama Descendants of The Sun, Secret Garden, The Heirs, dan The King: Eternal Monarch. Meskipun sudah tamat beberapa tahun lalu, tak ada salahnya untuk menonton kembali drama Korea Goblin

Karena kisahnya yang menarik, drama ini tetap menjadi favorit para pecinta drakor. Apalagi, dramanya mengusung alur cerita maju mundur, sehingga membuat penonton tak mudah bosan. 

Kini, serial drakor Goblin hadir di platform streaming Vidio dan sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Seperti apa ceritanya? Simak sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis Drakor Goblin

Drama Korea Goblin kini hadir di Vidio. (Foto: Vidio)
Drama Korea Goblin kini hadir di Vidio. (Foto: Vidio)

Cerita berawal dari Korea Selatan di masa kerajaan Goryeo. Jenderal Kim Shin (Gong Yoo) adalah panglima perang yang dituduh sebagai pengkhianat kerajaan. Hal itu membuat ia dan keluarganya mendapat hukuman mati.

Kim Shin tewas secara tragis dengan sebuah pedang tertusuk di dadanya. Tubuhnya yang terbujur kaku diletakkan begitu saja di tanah lapang, masih dengan pedang yang menancap. Dari situ, Kim Shin harus menjalani kehidupan abadi karena ia dikutuk menjadi Dokkaebi alias Goblin. 

Awalnya, dia berpikir jika kehidupannya akan bahagia. Namun, semakin lama Kim Shin melihat sahabat dan orang-orang yang ia kasihi telah tiada. Salah satu cara supaya ia bisa 'beristirahat' dengan tenang adalah dengan menemukan sang pengantin Goblin.

Jika seorang wanita yang mampu melihat pedang yang tertancap di dadanya dan bisa mencabut pedang itu, maka dialah pengantin Goblin yang dicari. Takdir akhirnya mempertemukan Kim Shin dengan Ji Eun Tak (Kim Go Eun), gadis remaja yang diketahuin adalah pasangan hidupnya.

Mampukah Eun Tak mencabut kutukan Kim Shin? Tonton drakor Goblin full episode hanya di aplikasi dan situs streaming Vidio. 

Yuk, download aplikasi Vidio di ponselmu sekarang! Jangan lupa juga untuk mengaktifkan paket Vidio Premier supaya bisa menonton drakor dan film berkualitas lainnya!

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud: Sebelum Kuota Internet Dikirim, Operator Seluler Akan Verifikasi Nomor Penerima

Posted: 07 Sep 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mekanisme pemberian subsidi kuota internet oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan turut melibatkan pihak operator seluler.

Koordinator Substansi Tata Kelola TIK Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud, Aries Setyo Nugroho, menyebut pihak sekolah atau kampus akan menyetor nomor ponsel calon penerima ke sistem yang telah disediakan Kemendikbud.

Kemudian Kemendikbud akan mengirimkan ke pihak operator berdasarkan sortiran operator yang digunakan oleh para calon penerima. Aries mengatakan, pihak operator tidak akan langsung mengirimkan bantuan tersebut, tapi akan memverifikasikannya terlebih dahulu.

"Nah, nomor yang valid inilah yang akan kita berikan ke provider. Di mana provider akan melihat posisi dari nomor-nomor tersebut, di mana nomor tersebut bisa saja mungkin tidak aktif, mungkin juga pascabayar, mungkin juga masa tenggatnya tinggal sedikit. Nah, ini harus dilakukan perbaikan dulu," ucap Aries dalam acara Sosialisasi Verval Nomor Ponsel Terkait Program Bantuan Kuota Internet yang disiarkan secara daring, Selasa (8/9/2020).

"Dalam artian, nomor harus valid, tercatat oleh provider dan dilakukan verifikasi oleh opsel (operator seluler) dan akan diberikan note atau catatan," lanjutnya.

Dari catatan tersebut, kata Aries, pihak sekolah atau kampus harus memperbaiki data nomor ponsel yang memiliki kendala. Misalnya seperti tidak aktif dan lainnya.

"Nah setelah perbaikan selesai semua, baru dilakukan penandatanganan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) yang akan memperkuat kedudukan dari pada Kemendikbud dalam hal ini terkait proses datanya," ujar Aries.

Aries menjelaskan, nomor yang telah ditandatangani SPTJM baik oleh kepala sekolah maupun pihak rektor, Kemendikbud kemudian menyerahkan kembali ke pihak operator seluler. Data terakhir ini sudah merupakan data yang paling valid setalah dilakukan verifikasi oleh operator.

"Akan kita berikan kepada pihak provider untuk kita injek kuota sesuai dengan kebutuhannya," sebut dia.

Bantuan bukan bentuk pulsa, melainkan kuota internet

Siswa Manfaatkan Wifi Kelurahan: Siswa belajar di Aula Kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Rabu (29/7/2020). Pemerintah Kota Bekasi melalui Kelurahan Jatirahayu menyediakan fasilitas wifi gratis bagi siswa yang terkendala kuota internet dalam kegiatan belajar secara daring. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Siswa Manfaatkan Wifi Kelurahan: Siswa belajar di Aula Kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Rabu (29/7/2020). Pemerintah Kota Bekasi melalui Kelurahan Jatirahayu menyediakan fasilitas wifi gratis bagi siswa yang terkendala kuota internet dalam kegiatan belajar secara daring. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Setelah itu, lanjut Aries, pihak operator seluler akan memberikan data ke Kemendikbud menyangkut nomor yang sudah berhasil diberikan subsidi kuota internet.

"Jadi ada lagi balikan data yang akan kita terima dari provider dan akan kita salurkan kepada sekolah ataupun kampus," tuturnya.

Sementara bagi nomor yang gagal diberikan subsidi kuota, pihak kampus atau sekolah mesti kembali memperbaikinya.

"Dan begitulah seterusnya di mana akan terjadi proses perputaran data yang setiap hari akan dilakukan perbaikan," jelas dia.

Aries menegaskan, bantuan yang dikirim bukan dalam bentuk pulsa, melainkan kuota internet. Hal itu demi mencegah jual beli pulsa dari penerima subsidi.

"Yang kita berikan bantuan bukan pulsa ya Bapak/Ibu tapi paket kuota data. Sehingga dalam harapan kami tidak ada lagi jual beli pulsa," pungkas Aries.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bangun Pengendali Banjir Bandara YIA Senilai Rp 1,6 Triliun

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan pembangunan infrastruktur pengendali banjir untuk melindungi Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bandara YIA pada 28 Agustus 2020, dengan harapan bahwa bandara ini akan menciptakan efek berganda (multiplier effect) bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya, khususnya sektor pariwisata, termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

Selain itu, perubahan iklim menjadi tantangan dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, serta pola hujan dengan durasi pendek namun intensitasnya tinggi kerap mengakibatkan banjir.

"Upaya penanggulangan bencana, termasuk banjir merupakan tanggung jawab kita bersama. Dalam pelaksanaan mitigasi dan pengurangan risiko bencana, penerapan teknologi sangat penting seperti beberapa teknologi yang sudah dikembangkan Kementerian PUPR misalnya, bendungan pengendali banjir, sabo dam, jembatan bailey, dan rumah tahan gempa," kata Menteri Basuki, Selasa (8/9/2020).

Dalam mengurangi risiko banjir Bandara YIA, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air membangun sejumlah prasarana pengendali banjir pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto dan Serang.

Dukungan infrastruktur dilakukan secara terpadu mulai dari perbaikan/normalisasi badan sungai, peningkatan kapasitas sungai, pembangunan sistem drainase, sodetan, kolam retensi, rumah pompa hingga bangunan penahan air (longstorage).

Kebutuhan biaya pembangunan pengendali banjir Bandara YIA diperkirakan mencapai Rp 1,6 triliun yang dianggarkan secara Multi Years Contract (MYC) 2020-2022. Ancaman banjir Bandara YIA disebabkan karena kapasitas saluran drainase di sekitar tidak mampu menampung debit banjir Sungai Bogowonto dan Serang. Terdapat dua langkah penanganan oleh BBWS Serayu Opak yakni pembangunan sistem drainase dan pengendalian debit sungai.

Untuk sistem drainase diantaranya dilakukan peningkatan kapasitas Kali Deres, Kali Carik Barat, sodetan Kali Turi, dan Longstorage Ledeng. Kemudian untuk pengendalian banjir pada Sungai Bogowonto dan Serang diantaranya dilakukan pengerukan dan pelebaran alur Sungai Jaelantara, Plumbon, dan Deres.

 

Dibangun Mulai September 2020

Presiden Jokowi meresmikan Tower baru AirNav Indonesia yang berada di Yogykarta International Airport (YIA)
Presiden Jokowi meresmikan Tower baru AirNav Indonesia yang berada di Yogykarta International Airport (YIA)

Selanjutnya pelebaran sungai sebagai longstorage, pembangunan kolam retensi Carik Timur dan Macaman, perbaikan pintu air, pemasangan pompa air, revetment, dan pembangunan jalan inspeksi Sungai Bogowonto sepanjang 2 km.

Mulai September 2020, anggaran sebesar Rp 72,67 miliar digunakan untuk pembangunan prasarana pengendali banjir di DAS Serang, Sungai Bogowonto dan anak sungainya, pengaman muara Sungai Bogowonto sisi barat dan timur.

Dalam membangun operasional Bandara YIA, pada 2019 Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan underpass sepanjang 1,3 kilometer yang menghubungkan Purwokerto dengan Yogyakarta melalui jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Underpass ini terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter serta memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan, konstruksi underpass dilengkapi dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya. Di samping itu, untuk menambah nilai estetika pada konstruksi terowongan dihiasi ornamen khas Yogyakarta seperti Tari Jathilan, Tari Angguk Putri, Kalamakara dan Setilir Gebleg Renteng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir 17 September, Realme 7i Dilengkapi Snapdragon 662

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Realme dilaporkan akan merilis Realme 7i. Bocoran mengenai nama smartphone ini berasal dari Realme Indonesia, dan akan mengumumkannya pada 17 September 2020.

Dilansir GSM Arena, Selasa (8/9/2020), bersamaan dengan itu, bocoran spesifikasinya pun beredar di ranah internet. Hal ini termasuk chipset, layar, dan beberapa spesifikasi lainnya.

Realme Indonesia akan mengumumkan Realme 7i bersamaan dengan Realme 7 pada 17 September. Realme 7 akan diperkuat chipset Helio G95.

Sementara, Realme 7i dilaporkan akan hadir dengan chipset Snapdragon 662, RAM 8GB, memori internal 128GB, dan empat kamera belakang. Keempat kamera tersebut memiliki masing-masing resolusi 64MP, 8MP, dan dua 2MP.

Bocoran Spesifikasi Lain

Ilustrasi Smartphone Realme. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Realme. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Selain itu, Realme 7i juga akan memiliki baterai 5.000mAh, sama seperti Realme 7. Namun, teknologi wireless charging hanya terbatas hingga 18W.

Ukuran layarnya 6,5 inci dengan resolusi HD+. Berdasarkan bocoran informasi, pemindai sidik jari akan berada di bagian belakang peragkat dan tombol fisik berada di sisi kanan.

Pengumuman kedua smartphone tersebut di Indonesia akan digelar di berbagai online platform.

Bos Realme Mau Bawa Lebih Banyak Smartphone 5G ke Asia Tenggara

Lebih lanjut, tidak hanya untuk pasar Tiongkok atau Eropa, Realme terus menghadirkan smartphone 5G di Asia Tenggara. Padahal di negara-negara Asia Tenggara, jaringan 5G sendiri belum banyak diterapkan secara komersil.

CEO Realme, Sky Li, mengatakan, Realme selaku brand baru terus menggarap potensi pasar Asia Tenggara dan Selatan yang sangat besar, dengan jumlah penduduk yang sangat banyak.

Terlebih, menurut Li, pembangunan jaringan di Asia Tenggara dan Selatan pun begitu pesat.

"Sebagai vendor smartphone, kami juga melangkah dengan berinvestasi di pasar ini untuk meningkatkan market share," tutur Li dalam interview ekslusif yang digelar secara live streaming, beberapa waktu lalu.

Untuk strategi, Li mengatakan, pihaknya akan terus membawa perangkat 5G ke Asia Tenggara. Salah satu smartphone 5G yang sudah dirilis adalah Realme X50 Pro di pasar Thailand, Malaysia, dan Kamboja.

Di Indonesia, Realme X50 Pro dirilis namun jaringan 5G-nya dikunci sesuai permintaan pemerintah. Pasalnya jaringan 5G memang belum tersedia di Indonesia.

"Bagi kami Realme sudah siap memperoleh market share di produk 5G. Tujuan kami ingin mempopulerkan ponsel 5G, jadi kami akan terus menghadirkan perangkat 5G di Asia Tenggara, bersamaan dengan produk IoT," tuturnya.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Apartemen Mewah Afgan Syahreza yang Tidak Pernah Diekspos

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Afgan Syahreza merupakan penyanyi yang sudah berkiprah di dunia musik sejak 2008 dengan album pertamanya berjudul Confession No.1. Album yang mengandalkan lagu Terima Kasih Cinta ini pun mengantarkan Afgan Syahreza mendapat penghargaan Penyanyi Pria Solo Terbaik pada ajang AMI 2009.

Dalam perjalanan kariernya sebagai penyanyi solo hingga saat ini menelurkan beberapa lagu hits serta meraih berbagai penghargaan. Namun meski jadi penyanyi populer, Afgan tidak mengekspos seluruh kehidupan pribadinya.

Kehidupan pribadi Afgan mengenai asmara pun tidak banyak diekspos. Penyanyi yang kini sudah berusia 31 tahun ini kini belum menikah dan dikabarkan dekat dengan Rossa. Selain soal asmara, Afgan juga cukup tertutup perihal tempat tinggalnya. 

Namun, baru-baru ini Afgan memperlihatkan apartemen yang ia tempati kepada Boy William. Ini merupakan pertama kalinya Afgan mengekspos tempat tinggal yang selama ini menjadi tempat pribadinya.

Berikut 7 potret mewah apartemen Afgan Syahreza yang Liputan6.com kutip dari YouTub Boy William, Selasa (8/9/2020).

1. Masuk ke dalam apartemen Afgan Syahreza langsung disuguhi oleh ruang tamu yang luas.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

2. Dapur dengan mini bar bergabung dengan ruang tamu yang memiliki desain minimalis modern.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

3. Apartemen yang awalnya memiliki tiga kamar ini diubah Afgan sesuai kebutuhannya, seperti membuat mini studio.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

4. Menuju ke kamarnya, terdapat sebuah lorong yang dipenuhi foto Afgan dan keluarganya.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

5. Afgan menata dengan rapi semua bajunya, apalagi ia mengidap OCD.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

6. Sebuah kamar nyaman dengan pemandangan indah menjadi tempat istirahat bagi Afgan.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

7. Bila di ruang tamu ada pajangan piala penghargaan, di kamarnya ia memilih memajang berbagai action figure.

Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)
Apartemen Afgan Syahreza (Sumber: YouTube/Boy William)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Berita di Vatikan News Sebut Anies Baswedan Terlalu Bodoh

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar tangkapan layar dari media luar negeri, Vatikan News, menggunakan judul yang mencatut nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Bahkan, di tangkapan layar itu ada foto orang berbaring di peti mati.

Adalah pengguna akun Facebook atas nama Edi Haryadi yang mengunggah tangkapan layar soal Anies Baswedan pada Senin, 7 September 2020. Tangkapan layar itu menggunakan judul dalam bahasa Italia:

"Gli Italiani Chiamano Anies Baswedan Troppo Stupido Come il Governatore di Jakarta"

Bila di artikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Orang Italia sebut Gubernur Jakarta, Anies Baswedan terlalu bodoh."

Benarkah Vatikan News memberitakan orang italia menyebut Anies Baswedan terlalu bodoh?

 

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran unggahan tersebut. Pertama, tim memasukkan foto orang yang berada di dalam peti mati ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasil tangkapan Google Image.
Hasil tangkapan Google Image.

Hasilnya, tim mengetahui kalau foto itu milik Media Indonesia yang difoto oleh Andri Widiyanto. Foto tersebut berada di dalam artikel dengan judul: "Tuai Kritik, Sanksi Masuk Peti Jenazah Dihentikan".

Artikel tersebut membahas tentang Satpoll PP Jakarta Timur menghentikan sanksi memasukkan para pelanggar protokol kesehatan covid-19 ke peti jenazah setelah menuai kritik dari masyarakat.

 

Tangkapan layar foto di Media Indonesia.
Tangkapan layar foto di Media Indonesia.

Langkah kedua, Tim Cek Fakta Liputan6.com mengunjungi situs Vatikan News. Tim pun mencarinya dengan kata kunci sesuai dengan judul tangkapan layar unggahan Edi Haryadi.

Hasilnya tidak ditemukan ada berita yang seperti itu dalam bahasa Italia. Kemudian, tim mencarinya dengan kata kunci Anies Baswedan di Vatikan News dalam bahasa Inggris.

Hasilnya, tim menemukan satu artikel dengan judul: "Jakarta Archdiocese assisting victims of Indonesia's deadly floods". Artikel yang tayang pada 4 Januari 2020 itu berisi tentang kegiatan pengumpulan dana dan bantuan untuk korban banjir di Jakarta oleh Keuskupan Agung Jakarta.

 

Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Dengan penelusuran yang dilakukan dapat disimpulkan kalau tangkapan layar Vatikan News tentang Anies Baswedan yang diunggah Edi Haryadi adalah hoaks. Tangkapan layar itu merupakan hasil manipulasi. Faktanya, Tim Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan berita tersebut di Vatikan News.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warga Perumahan Puri Pamulang Sulap Selokan Kumuh Jadi Kolam Ikan

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga memberi makan ikan yang dikembangbiakkan di saluran air di Perumahan Puri Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (8/9/2020). Selokan sepanjang 400 meter yang dulu kumuh, kini disulap menjadi kolam ikan untuk hiburan dan meningkatkan perekonomian warga dengan menjualnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Kapolda Jatim Minta Semua Pihak Lawan Virus Corona  

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Surabaya- Kapolda Jatim Mohammad Fadil Imran meminta semua pihak melawan virus corona supaya perekonomian yang melemah akibat Covid-19 di wilayah itu kembali pulih. Ia tidak menampik hal menjadi tugas berat di Indonesia, khususnya di Jatim.

"Tetapi jika dikerjakan bersama mulai dari TNI/Polri, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, serta seluruh masyarakat, maka kerja berat ini akan menjadi ringan," ujarnya dalam pemaparan hasil riset yang digelar Indopol di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (7/9/2020).

Ia merasa optimisitis perekonomian bisa kembali normal dan Covid-19 cepat berlalu ketika masyarakat menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Bahkan ia juga meyakini perekonomian di Jatim akan semakin kuat.

Fadil mengapresiasi kegiatan yang yang  mempertemukan Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak dengan beberapa kepala daerah di Jatim, antara lain, Bupati Malang, Bupati Mojokerto, Bupati Pamekasan, dan Bupati Lumajang ini.

"Ini silaturahmi, serta saling koordinasi dan komunikasi antara Polri dan kepala daerah di Jatim. Hal ini dapat menyatukan tujuan yang sama untuk bersama-sama melawan Covid-19," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Synchronize Fest 2020 Batal Digelar Karena Pandemi

Posted: 07 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara musik Synchronize Fest 2020 batal digelar karena pandemi. Penyelenggara menyediakan 2 opsi bagi yang telah memiliki tiket, yakni refund dan non-refund.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mat Solar Terlibat Sengketa Tanah Rp 3 Miliar, Perkaranya Disidangkan di Pengadilan

Posted: 07 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mat Solar tak lagi aktif di panggung seni peran. Bintang sitkom Bajaj Bajuri ini berjuang melawan penyakit strok yang dideritanya. Tapi, masalah Mat Solar bukan cuma soal perjuangan melawan strok.

Mat Solar diketahui memiliki masalah hukum. Ia terlibat kasus sengketa tanah senilai 3 miliar rupiah dengan pria bernama Muhammad Idris. Kasus sengketa tanah ini sudah bergulir di persidangan.

Pengadilan Negeri Tangerang diketahui menangani perkara sengketa tanah yang melibatkan Mat Solar dan Muhammad Idris. Lantas, bagaimana kisruh sengketa tanah yang melibatkan Mat Solar yang berujung gugatan hukum hingga disidangkan pengadilan? Berikut kronologinya.

 

Proses Gadai Tanah

Mat Solar. Foto: Helmy Afandi/Liputan6.com
Mat Solar. Foto: Helmy Afandi/Liputan6.com

Dilansir dari Kapanlagi.com, kasus sengketa tanah tersebut berawal dari penggadaian tanah yang dilakukan Muhammad Idris pada 1993. Proses gadai tanah melibatkan pihak lain yang diketahui bernama Rusli.

 

 

Tanah Terjual Rp 8 Juta

Mat Solar bertemu Komandan Koramil 2101/Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kapten (Inf) Tatang Taryono. (Foto: Dok. Pribadi)
Mat Solar bertemu Komandan Koramil 2101/Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kapten (Inf) Tatang Taryono. (Foto: Dok. Pribadi)

"Kasus ini berawal dari Idris yang menggadaikan tanah seluas 1.350 meter persegi kepada Rusli seharga 8 juta rupiah di tahun 1993 tanpa bukti peralihan tanah," ujar Endang Hadrian selaku kuasa hukum Muhammad Idris.

Rusli Menjual Kembali Tanah ke Mat Solar

Mat Solar. Foto: Hernowo Anggie/Liputan6.com
Mat Solar. Foto: Hernowo Anggie/Liputan6.com

Namun Rusli, kata Endang Hadrian, malah menjual tanah tersebut kepada Mat Solar tanpa Akta Jual Beli (AJB) seharga 85 juta rupiah pada tahun 2004.

Dari sinilah masalah dimulai, karena tanah tersebut dibeli pemerintah untuk perluasan jalan tol, tapi yang bisa mencairkannya adalah Idris, bukan Mat Solar, karena tidak adanya Akta Jual Beli. 

 

Nama Pemilik Tanah

"Uang pembebasan tanah itu kurang lebih 3,3 miliar rupiah. Tapi yang bisa mencairkannya adalah Pak Idris. Karena dalam girik, atas namanya adalah klien saya," terang Endang Hadrian. 

Persidangan kasus sengketa tanah tersebut terus berlanjut. Rencananya, Selasa (8/9/2020), Pengadilan Negeri Tangerang akan menggelar sidang untuk mendengarkan keterangan saksi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Krisis Corona Bisa Buat Indonesia Berkompetisi di Persaingan Global

Posted: 07 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan krisis kesehatan dan ekonomi yang diakibatkan virus corona (Covid-19) dapat dijadikan momentum bagi Indonesia untuk melompat jauh dalam persaingan global.

Hal tersebut diutarakannya saat memberi sambutan pada acara Kick Off Meeting Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam menangani pandemi Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Jokowi kembali menekankan agar seluruh masyatakat Indonesia dapat menyamakan frekuensi bahwa negara sedang dalam kondisi krisis.

"Pemerintah harus mengganti chanel kerja dari chanel yang biasa-biasa menjadi chanel yang luar biasa. Seperti juga kondisi dunia pada umumnya, kita masih butuh waktu untuk lepas dari krisis ini," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pemerintah masih sangat membutuhkan fleksibilitas kerja dan kesederhanaan prosedur. Dengan sistem tersebut, ia memproyeksikan Indonesia bukan hanya dapat menangani krisis, namun juga bisa membuat lompatan.

"Pemerintah sudah komitmen bahwa upaya kita tidak hanya terbatas untuk keluar dari krisis, namun memanfaatkan krisis untuk melakukan lompatan," seru Jokowi.

"Memanfaatkan krisis ini untuk membangun cara kerja baru, kelembagaan baru yang mampu berkompetisi dalam persaingan global. Sejak awal saya telah perintahkan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk sellau kedepankan akuntabilitas, transparansi dan inovasi dengan selalu menguatamakan tujuan utama dari program yang dijalankan," tandasnya.

Jokowi Bentuk Tim Percepatan Pengembangan Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020).  Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) meninjau fasilitas produksi dan pengemasan di PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat Selasa (11/8/2020). Jokowi menggunakan pakaian lengkap penelitian untuk melihat Laboratorium Bio Farma. (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerbitkan keputusan presiden (Keppres) terkait tim nasional percepatan pengembangan vaksin Covid-19. Dengan Kepres bernomor 18/2020 tersebut, Jokowi resmi membentuk tim tersebut dan selanjutnya disebut tim pengembangan vaksin covid-19 dan bertanggung jawan kepada Presiden.

Pembentukan tim tersebut bertujuan untuk melakukan percepatan pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia. Kemudian mewujudkan ketahanan nasional dan kemandirian bangsa dalam pengembangan vaksin Covid-19.

"Meningkatkan sinergi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta invensi dan inovasi, produksi, distribusi, dan penggunaan dan/atau pemanfaatan vaksin Covid-19 antara pemerintah dengan kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan vaksin Covid-19," bunyi pasal 3 ayat dikutip merdeka.com, Selasa (8/9/2020).

Selanjutnya melakukan penyiapan, pendayagunaan dan peningkatan kapasitas, serta kemampuan nasional dalam pengembangan vaksin Covid-19. Lalu dalam Keppres tersebut tim Pengembangan Vaksin Covid-19 terdiri dari Pengarah, Penanggung Jawab, dan Pelaksana Harian.

Lalu adapun susunan pengarah tim diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dengan Anggota Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Sementara itu penanggung jawab tim pengembangan vaksin yaitu diketuia oleh Menteri Ristek dan Teknologi/Kepala BRIN, wakil ketua I Menteri Kesehatan dan Wakil Ketua II Menteri BUMN.

"Ketua Penanggung Jawab Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 menyusun dan menyampaikan laporan kepada Presiden dan Pengarah Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 paling sedikit 1 (satu) kali dalam 6 (enam) bulan atau sewaktu-waktu apabila diperlukan," dalam pasal 13.

Lalu pada pasal 14 dijelaskan pendanaan yang diperlukan untuk kegiatan Tim Pengembangan Vaksin Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Atau dalam Keppres tersebut yaitu sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu pada pasal 15, tim pengembangan vaksin melaksanakan tugas sejak keputusan presisen ditetapkan yaitu 3 September 2020 hingga 31 Desember 2021. Selanjutnya setelah berakhir tugas tim kegiatan tim pengembangan vaksin jadi tanggung jawab badan riset dan inovasi nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Islandia Bersedia ke Hotel Timnas Inggris, Foden: Punya Temen Cewek Tidak?

Posted: 07 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua bintang muda Timnas Inggris, Mason Greenwood dan Phil Foden dipulangkan setelah kedapatan membawa masuk model Islandia ke kamar hotelnya. Pemain Manchester United (MU) dan Manchester City tersebut dipastikan absen pada saat Three Lions bertemu Denmark, dini hari nanti.

Kejadian ini tentu saja mencoreng nama baik kedua pemain. Padahal Greenwood dan Foden merupakan pemain muda harapan klub maupun Three Lions ke depannya.

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, Greenwood dan Foden mengundang kedua wanita itu usai timnas Inggris mengalahkan Islandia 1-0 pada lanjutan UEFA Nations League, Sabtu malam.

Pertandingan ini berlangsung di stadion Laugardalsvöllur, Islandia. Satu-satunya gol timnas Inggris dicetak oleh Raheem Sterling pada masa injury time. 

Sebuah video belakangan memperlihatkan bagaimana Greenwood dan Foden merayu kedua wanita tersebut. Belakangan diketahui, 'tamu spesial' Greenwood dan Foden bernama Nadia Sif LIndal Gunnarsdottir (20) dan sepupunya yang baru berusia 19 tahun, Lara Clausen.

Gunnarsdottir berprofesi sebagai model sementara Clausen mahasiswi hukum.

 

Berbincang Lewat Telepon

Gelandang Manchester City, Phil Foden berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad di Manchester, Inggris (22/6/2020). Foden mencetak dua gol dan mengantar City menang 5-0 atas Burnley. (Michael Regan/POOL/AFP)
Gelandang Manchester City, Phil Foden berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Burnley pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad di Manchester, Inggris (22/6/2020). Foden mencetak dua gol dan mengantar City menang 5-0 atas Burnley. (Michael Regan/POOL/AFP)

Sebelum akhirnya bertemu di hotel, Greenwood-Foden lebih dulu mengontak kedua wanita tersebut lewat telepon. Dalam perbincangan itu, salah seorang dari kedua wanita itu menanyakan apa rencana yang akan mereka jalani? Lalu Greenwood menjawab itu tergantung apa yang mereka inginkan.

Wanita itu lalu mengatakan, mereka bisa saja datang ke hotel (tempat menginap timnas Inggris) dan kembali mendapat balasan dari Greenwood dan Foden.

 

Transkrip Lengkap Perbincangan

Nadia Sif Lindal Gunnarsdottir (Instagram)
Nadia Sif Lindal Gunnarsdottir (Instagram)

Seperti apa perbincangan mereka selengkapnya? Simak transkripnya di halaman selanjutnya.

Foden: Katakan lagi, apa yang yang Anda katakan?

Wanita: Apa rencananya?

Foden: Apa rencananya?

Greenwood: Tergantung apa yang kalian mau

Foden: Katanya, terserah kalian saja

Wanita: Kami bisa saja ke hotel tapi aku tidak tahu apakah kalian akan mengadukan kami

Foden: Ngapain kalian ke hotel?

 

Lanjutan Transkrip

Greenwood: Bagaimana menurutmu

Foden: Dia (wanita) mau apa

Wanita: Ya, apa yang kau pikirkan, bro?

Foden: Kau punya teman?

Foden: Teman cewek

Wanita: Ya

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar FTV Kisah Nyata Spesial: Musuh Dalam Selimut Menghancurkan Pernikahanku, Selasa 8 September 2020

Posted: 07 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda kembali bisa menyaksikan Kisah Nyata Spesial mulai pukul 11.30 WIB.

Drama memikat Kisah Nyata Spesial ini bisa membuat pemirsa baper.

Saksikan episode Kisah Nyata Spesial via live streaming dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Salurkan Rp 3,5 Triliun untuk UMKM Lewat Program Kemitraan

Posted: 07 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menyelenggarakan PertaminaSMEXPO 2020 dengan tema "Digitalisasi Usaha Kecil, Bikin Bangga Indonesia", pada tanggal 9-11 September 2020 secara virtual.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina SMEXPO 2020 merupakan pameran virtual terbesar khusus untuk 1.226 produk UMKM unggulan di Indonesia.

"Kita akan mempersembahkan 1.226 produk UMKM unggulan yang merupakan hasil kurasi pihak-pihak yang ahli dibidangnya. Selain itu kita akan mengadakan berbagai kegiatan bentuknya bisnis forum, online coaching, virtual fashion show, entertainment, dan lain sebagainya," kata Nicke dalam acara Virtual Press Conference SMEXPO, Selasa (8/9/2020).

Ia menjelaskan, Pertamina SMEXPO dipersembahkan khusus untuk memberikan kesempatan kepada para UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya. Sebagaimana diketahui UMKM yang merupakan salah satu sektor yang penting sekaligus menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia.

"Seperti halnya terjadi krisis tahun 1998. UMKM inilah yang menopang perekonomian Indonesia sehingga relatif lebih stabil dengan negara lain," ujarnya.

Selain itu, Pertamina sebagai sustainable development goals yang merupakan tanggung jawab sosial lingkungan, Pertamina telah membina lebih dari 63 ribu UMKM.

Pertamina telah melakukan penyaluran bagi UMKM dalam bentuk program kemitraan sejak tahun 1993 dengan total Rp 3,5 triliun, angka tersebut cukup besar karena pembinaan UMKM ini adalah tanggung jawab yang di amanahkan kepada Pertamina seperti dalam Undang-undang.

 

Pasar Digital untuk UMKM

Lanjut Nicke, Pertamina sudah menyediakan pasar digital untuk UMKM unggulan, sehingga dengan program-program tersebut UMKM binaan Pertamina dapat terus meningkatkan produknya, dan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk bertransaksi dalam membeli produk mereka.

Hal ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi Pertamina untuk mendukung kelangsungan hidup UMKM-UMKM binaan Pertamina. Salah satu wujud dari usaha Pertamina untuk memperkuat perekonomian nasional di tengah pandemi covid-19 ini.

"Untuk itu kami ingin mengajak seluruh pihak untuk memberikan perhatian kepada para pelaku UMKm di Indonesia termasuk peserta SMEXPO 2020 ini, karena dibalik UMKM ini terdapat para pekerja terampil beserta seluruh keluarganya bergantung," ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat bisa mengikuti acara pameran virtual melalui www.pertaminasmexpo.com. Demikian pameran virtual ini salah satu cara bagi pertamina untuk mengedukasi seluruh UMKM binaan Pertamina untuk masuk dan beradaptasi dalam era digitalisasi.

"Sehingga bisa memaksimalkan seluruh potensi yang ada, memperluas jaringan untuk pemasaran produknya, kita harapkan para UMKM ini bisa bertahan di tengah covid-19 ini, kita juga meminta dukungan masyarakat agar dapat berpartisipasi melihat langsung maupun membeli produk dan mengikuti berbagai forum yang disediakan Pertamina ini," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Fiolina Tejaay dengan Rambut Dikuncir, Curi Perhatian

Posted: 07 Sep 2020 09:15 PM PDT

Perempuan kelahiran 23 Februari 2000 memang gemar melepas penat di spot-spot instagramable. Saat ia duduk santai di pinggir kolam renang dengan rambut terkuncir, aura kecantikan Fiolina begitu terpancarkan. Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)
Perempuan kelahiran 23 Februari 2000 memang gemar melepas penat di spot-spot instagramable. Saat ia duduk santai di pinggir kolam renang dengan rambut terkuncir, aura kecantikan Fiolina begitu terpancarkan. Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)

Perempuan kelahiran 23 Februari 2000 memang gemar melepas penat di spot-spot instagramable. Saat ia duduk santai di pinggir kolam renang dengan rambut terkuncir, aura kecantikan Fiolina begitu terpancarkan. Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)

Peserta SCTV Mencari Bintang 2018 ini memang pandai berpose saat foto. Gayanya selalu mencuri perhatian banyak orang. Seperti saat ia memandang dengan tajam sembari memegang gagang telepon. (Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)
Peserta SCTV Mencari Bintang 2018 ini memang pandai berpose saat foto. Gayanya selalu mencuri perhatian banyak orang. Seperti saat ia memandang dengan tajam sembari memegang gagang telepon. (Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)

Peserta SCTV Mencari Bintang 2018 ini memang pandai berpose saat foto. Gayanya selalu mencuri perhatian banyak orang. Seperti saat ia memandang dengan tajam sembari memegang gagang telepon. (Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)

Aura kecantikan Fiolina Tejaay semakin terlihat saat menguncir rambutnya. Gayanya yang syahdu ini pun banjir pujian netizen yang menyebutnya cantik memesona. Gaya yang selalu curi perhatian inilah membuat nama Fiolina mulai dikenal publik. (Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)
Aura kecantikan Fiolina Tejaay semakin terlihat saat menguncir rambutnya. Gayanya yang syahdu ini pun banjir pujian netizen yang menyebutnya cantik memesona. Gaya yang selalu curi perhatian inilah membuat nama Fiolina mulai dikenal publik. (Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)

Aura kecantikan Fiolina Tejaay semakin terlihat saat menguncir rambutnya. Gayanya yang syahdu ini pun banjir pujian netizen yang menyebutnya cantik memesona. Gaya yang selalu curi perhatian inilah membuat nama Fiolina mulai dikenal publik. (Liputan6.com/IG/@fiolinatejaay)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Beri Sambutan, Hampir Lupa Sapa Ma'ruf Amin

Posted: 07 Sep 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Momen menarik terjadi saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka acara kick off Meeting Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam Penanganan Covid-19 di Istana Negara Jakarta, Selasa (8/9/2020). Jokowi hampir lupa menyapa Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Mengawali sambutannya, Jokowi menyapa ketua, wakil ketua, dan pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Padahal, seharusnya dia menyapa Ma'ruf terlebih dahulu. Jokowi yang mengaku lupa pun langsung meminta maaf.

"Yang saya hormati, mohon maaf Pak Wapres, saya hampir kelupaan. Yang saya hormati, Bapak Wakil Presiden RI," ucap Jokowi sambil menengok ke arah Ma'ruf.

Dia pun melanjutkan menyapa para menteri kabinet Indonesia Maju serta pimpinan lembaga yang hadir. Kemudian, para tamu undangan.

"Yang saya hormati, para menteri kabinet Indonesia Maju. Yang saya hormati, pimpinan lembaga nonkementerian," kata Jokowi.

Dukung BPK segera lakukan pemeriksaan keuangan negara

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam sambutannya, dia mengatakan mendukung BPK segera melakukan pemeriksaan keuangan negara. Menurut dia, pemeriksaan ini diperlukan untuk menangani krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Agar pemeriksaan ini mendukung pelaksanaan kegiatan untuk menemukan solusi bagi cara-cara baru yang lebih baik dalam menangani krisis," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Topan Haishen Hantam Korsel, Dua Orang Hilang Terbawa Banjir

Posted: 07 Sep 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Busan - Topan Haishen yang melanda Korea Selatan pada Senin kemarin menimbulkan kerusakan di bagian tenggaran dan timur negara tersebut. Setidaknya dua orang dilaporkan hilang akibat terbawa arus banjir.

Dilaporkan Yonhap, Selasa (8/9/2020), topan itu menghandam Korsel dengan angin kencang dan hujan besar dengan curah 70 milimiter per jam. Ribuan warga di dataran yang lebih rendah mengungsi.

Penerbangan, layanan kereta api, dan kapal nelayan serta transportasi juga tidak beroperasi. Puluhan ribu orang mengalami mati lampu.

Topan Haishen tiba di daerah Busan pada Senin pagi dan memutuskan aliran listrik serta menjatuhkan pohon-pohon.

Seorang pria di Busan ditolong oleh pemadam kebakaran karena terjebak di elevator saat mati lampu. Pengemudi truk yang melintasi Jembatan Gwangan ditolong oleh tim penyelemat setelah truknya terhantam angin kencang.

Ada lagi kasus seorang pria yang terluka serius akibat terhantam tanda jalanan yang terbawa angin.

Kota Ulsan dan Gyeongju yang berada di tenggara juga terdampak. Dua generator turbin di Wolsong Nuclear Power Plant sempat berhenti beroperasi akibat topan ini. Di Ulsan, pabrik Hyundai Motors terdampak.

Topan Haishen turut menyerang kota-kota di bagian timur Korsel seperti Uljin, Yangyang dan Samcheok. Seorang pria yang dilaporkan hilang berasal dari kota Uljin. Ia terbawa arus ketika menyeberangi jembatan pada traktor.

Pemadak kembakaran di Yangyang dan Samcheok ikut membantu warga-warga yang terjebak, termasuk lansia. Polisi juga menemukan jasad pria berusia 40 tahun, namun belum jelas apakah kematiannya akibat topan Haishen.

Topan Haishen di Korea Utara

Foto yang diabadikan pada 7 September 2020 ini memperlihatkan Sungai Taehwa yang meluap di Ulsan, Korea Selatan. Topan Haishen mendarat di pesisir tenggara Korea Selatan pada Senin (7/9). (Xinhua/NEWSIS)
Foto yang diabadikan pada 7 September 2020 ini memperlihatkan Sungai Taehwa yang meluap di Ulsan, Korea Selatan. Topan Haishen mendarat di pesisir tenggara Korea Selatan pada Senin (7/9). (Xinhua/NEWSIS)

Topan Haishen telah melewati Korea Selatan dan sedang melanda Korea Utara pada Selasa pagi ini. 

Bencana topan ini terjadi ketika dua Korea baru saja menghadapi topan Bavi. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sudah menginstruksikan pejabat pemerintahan untuk mengatasi dampak topan tersebut. 

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) mengatakan Bavi mengakibatkan lebih dari 1.000 rumah hancur di sepanjang daerah garis pantai di provinsi Hamgyong Selatan dan Utara dan "tidak sedikit bangunan umum dan lahan pertanian yang terendam."

 Kim Jong-un berkata bahwa Komite Sentral Partai memutuskan untuk mengirim 12.000 anggota partai dari Pyongyang ke daerah yang dilanda topan untuk membantu masyarakat pulih.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Ingatkan Langkah Antisipasi Tindak Kejahatan Peretasan Email

Posted: 07 Sep 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bareskrim Polri mengungkap kasus penipuan bermodus peretasan pada email di perusahaan asal Althea Italy S.p.a, yang tengah melakukan pembelian peralatan medis yakni ventilator virus Corona atau Covid-19. Komplotan tersebut merupakan sindikat Internasional Indonesia-Nigeria.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengingatkan adanya langkah efektif agar terhindar dari upaya peretasan email.

"Setidaknya ada sembilan langkah yang perlu dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya peretasan email," tutur Listyo dalam keterangannya, Selasa (8/9/2020).

Sembilan langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lengkapi pemeriksaan keamanan akun email secara rutin di Pemeriksaan Keamanan. Kemudian dapat menambahkan nomor ponsel dan alamat email pemulihan akun, serta mengaktifkan verifikasi dua langkah atau two step verification. Tambahkan juga perintah ponsel, pasang Google Authenticator apabila menggunakan email pada Gmail, menyiapkan nomor ponsel cadangan, dan menyiapkan rangkaian kode cadangan.

2. Membuat kata sandi yang rumit agar menjaga akun tetap aman. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun agar apabila ada satu akun yang terjadi peretasan, akun lain tidak mengalami peretasan. Sebaiknya gunakan kata sandi yang dapat diingat dengan baik dan tidak membagikan akun kepada pihak lain, misalnya melakukan jual-beli akun dan sebagainya.

3. Jangan mudah tergoda terhadap situs maupun email yang menjanjikan sesuatu, misalnya gems gratis atau iPhone gratis. Waspadai penipuan yang mengatasnamakan Google yang bisa berdampak menjadi peretasan. Jika ragu dengan situs tersebut, sebaiknya tidak memasukkan identitas diri. Jika ada alamat Gmail yang melakukan penipuan, dapat melaporkannya melalui halaman yang disediakan oleh Google. Juga dapat menambahkan ekstensi yang memberikan peringatan terhadap kata sandi yang Anda gunakan, seperti Password Alert.

4. Lakukan pemindaian secara berkala pada perangkat yang kita gunakan untuk menghindari virus maupun malware yang dapat mendeteksi kata sandi yg kita gunakan. Jika Anda menggunakan Chrome, dapat mengikuti langkah membersihkan Chrome dari perangkat lunak perusak dan memindai komputer dengan alat pembersih Chrome. Perbarui juga aplikasi browser dan antivirus secara berkala agar tetap terbarui dan menghindari peretasan.

5. Periksa aktivitas akun terakhir untuk melihat apakah ada tindakan yang mencurigakan dalam akun kita. Hapus juga perangkat yang tidak pernah kita gunakan dalam akun dengan memutus akses. Hapus juga akses akun terhadap aplikasi yang tidak terpercaya. Lihat juga aktivitas akun terakhir, dan pastikan akun itu kita yang menguasai.

6. Selalu keluar dari akun dan hapus formulir, sandi, cache, dan cookie secara berkala dalam browser, khususnya apabila kita menggunakan perangkat publik yang diakses bukan hanya oleh kita.

7. Selalu setel kunci layar perangkat agar jika sewaktu-waktu ada pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan perangkat kita, mereka tidak langsung memiliki akses ke akun Google kita. Aktifkan juga Pengelola Perangkat Android agar kita tetap dapat menghapus, menderingkan, dan mengunci perangkat ketika perangkat kita hilang.

8. Batalkan segera apabila ada seseorang yang mencoba meretas akun kita dan kita menerima email bahwa ada seseorang yang meminta untuk melakukan penyetelan kata sandi. Pastikan juga verifikasi dua langkah selalu diaktifkan dengan baik.

9. Langsung ganti kata sandi dan lakukan Pemeriksaan Keamanan apabila kita mencurigai ada orang yang menyusupi akun. Untuk mempelajari bagaimana tanda-tanda seseorang menyusupi akun Anda, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah tetap waspada agar akun Anda tetap aman.

Selain dari sembilan langkah itu, Listyo menyatakan bahwa masyarakat hingga lembaga dan perusahaan bisa melakukan konsultasi ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri terkait dengan pencegahan peretasan email atau lainnya.

"Terkait pencegahan peretasan email, masyarakat juga bisa melakukan konsultasi dengan jajaran Direktorat Siber Bareskrim Polri," Listyo menandaskan.

Penipuan Sindikat Internasional

Sebelumnya, Penyidik Bareskrim Polri menangkap tiga orang tersangka penipuan sindikat internasional terkait pembelian ventilator dan monitor Covid-19 senilai Rp 58,8 miliar.

"Total sejauh ini ada tiga orang sudah ditangkap, yaitu SB, R dan TP. Sedangkan satu orang lagi yaitu warga negara Asing (WNA) berinisial DM masih dalam pengejaran," kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat jumpa pers, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Listyo menjelaskan, kasus bermula saat sebuah perusahaan asal Italia bernama Althea Italy hendak membeli alat kesehatan berupa ventilator dan alat monitor untuk pasien Covid-19 dari perusahaan asal China yaitu Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics.

"Mereka melakukan kontrak jual beli, dengan melakukan transfer pembayaran sebanyak tiga kali mulai dari Maret hingga Mei 2020 melalui Bank of China," jelas jenderal bintang tiga ini.

Namun di tengah transaksi, muncul seseorang mengaku General Manager dari perusahaan China tersebut yang menginformasikan adanya perubahan rekening ke salah satu bank di Indonesia.

"Alasannya, ada masalah pembayaran sehingga atas pesan yang masuk dari email tersebut, rekening untuk pembayaran diubah menggunakan bank di Indonesia," jelas Listyo.

Saat disadari email tersebut adalah palsu, Interpol Indonesia mendapatkan informasi dugaan tindak pidana penipuan ini dari Interpol Italia.

"Kami teruskan laporan ke Subdit TPPU Dittipideksus Bareskrim Polri. Berdasarkan hasil penelusuran, kami menduga ada tindak pidana dilakukan oleh sindikat internasional Nigeria-Indonesia dengan modus BEC (Business Email Compromise) perusahaan Althea Italy," ungkap Listyo.

Penyidik Bareskrim Polri langsung bergerak dan berhasil menangkap ketiga pelaku di tempat berbeda, yakni Jakarta, Padang, dan Bogor.

Dalam penangkapan itu, polsi mengamankan barang bukti berupa uang Rp 56 miliar, 2 unit mobil, aset tanah dan bangunan di Banten dan Sumatera, serta dokumen perusahaan setara Rp 2 miliar.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP atau Pasal 263 KUHP atau Pasal 85 UU No.3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan atau Pasal 45A ayat (1) Jo Pasal 28 Ayat (1) tentang ITE Jo Pasal 55 KUHP atau Pasal 56 KUHP dan Pasal 3 dan atau Pasal 4 dan atau Pasal 5 dan atau Pasal 6 dan atau Pasal 10 UU No 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Targetkan Transaksi Rp 7,5 Miliar dalam Pameran UMKM Smexpo 2020

Posted: 07 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menggelar Smexpo 2020 secara virtual pada 9 hingga 11 September 2020. Gelaran pameran UMKM secara virtual ini akan yang menghadirkan 1.226 pengusaha. Diharapkan acara ini mampu meraup transaksi penjualan Rp 7,5 miliar.

"Ada 1.226 jenis produk yang akan dipasarkan di Smexpo. Kita harapkan target penjualan minimal Rp7,5 miliar," ujar Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Tajudin membeberkan, beberapa produk dalam negeri nantinya akan diperjualbelikan dalam pameran online terbesar tersebut. Di antaranya adalah pakaian atau fashion, herbal, vitamin dan kerajinan dari berbagai daerah.

"Kita harapkan penjualan malah bisa lebih dari Rp 7,5 miliar. Dari 1.226 jenis tadi, produk-produk dari fashion, herbal, vitamin, juga ada kerajinan-kerajinan, sperti batik, ada makanan, baik dalam kemasan, makanan kecil dan lain2, kemudian juga ada furniture, hasil bumi, agribisnis. Kita sertakan UMKM yang menghasilkan hasil bumi," jelasnya.

Sejauh ini, kata Tajudin, Pertamina membina sebanyak 202 mitra. Mitra tersebut sudah mulai diedukasi agar bisa memasarkan produknya secara online sehingga dapat menjangkau pelanggan hingga ke berbagai daerah maupun luar negeri.

"Jadi saat ini ada 202 mitra binaan. dengan PADI ada 202 mitra binaan yang sudah kita kurasi dan kita anggap eligible masuk ke PADI. Salah satu platform marketing yang dibuat kementerian BUMN, khusus UMKM, mitra BUMN untuk bisa menjadi mitra bisnis di BUMN," paparnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber:  Merdeka.com

Pertamina Hadirkan 1.226 Produk UMKM di Smexpo 2020

Ibu rumah tangga menyelesaikan pembuatan boneka adat Indonesia di Ammie Dolls, Kawasan Depok, Kamis (13/08/2020). UMKM binaan Pertamina ini sebelum masa pandemi mampu menghasilkan 200 pasang boneka tiap bulannya dengan harga antara 135 ribu hingga Rp 200 ribu per pasang. (merdeka.com/Arie Basuki)
Ibu rumah tangga menyelesaikan pembuatan boneka adat Indonesia di Ammie Dolls, Kawasan Depok, Kamis (13/08/2020). UMKM binaan Pertamina ini sebelum masa pandemi mampu menghasilkan 200 pasang boneka tiap bulannya dengan harga antara 135 ribu hingga Rp 200 ribu per pasang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan Smexpo 2020. Gelaran ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tema yang diusung dalam gelaran Smexpo tahun ini adalah Digitalisasi Usaha Kecil Bikin Bangga Indonesia. Pameran ini merupakan pameran online pertama dan terbesar.

 

"Tema yang kami usung adalah digitalisasi usaha kecil bikin bangga indonesia. Jadi ini merupakan pameran virtual Pertamina yang pertama dan terbesar karena kita akan mempersembahkan 1.226 produk umkm unggulan," ujar Nicke dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Nicke mengatakan, Pertamina Smexpo ini dpersembahkan khususnya memberikan kesempatan pada UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya. UMKM merupakan sektor sangat penting bagi ekonomi Indonesia dan jadi tulang punggung bagi ekonomi Indonesia seperti krisis 1998.

"Pada krisis 1998 UMKM yang menopang sehingga relatif lebih stabil dibanding negara lain. Jadi UMKM ini tidak kurang dari 95 persen tenaga kerja, total investasi di negeri ini disumbang dari UMKM sebanyak 56 persen totalnya. Dan memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB Indonesia," jelasnya.

Pertamina sebagai salah satu BUMN telah membina lebih dari 63.000 UMKM serta sudah mulai penyaluran pendanaan sekitar Rp3,5 triliun sejak 1993. Pembinaan UMKM tersebut menjadi tanggung jawab yang diamanatkan pada Pertamina.

"Pandemi yang terjadi memberikan tekanan yang berat bagi dunia usaha termasuk UMKM, dari survei internal kita sebanyak 53 persen mengalami penurunan demand, Pertamina telah membantu menyerap produk total transaksi Rl10 miliar, Pertamina memberikan pelatihan dalam bentuk virtual, Pertamina telah sediakan pasar digital sehingga diharapkan UMKM Pertamina dapat bertahan serta berjualan," jelasnya.

Adapun Smexpo 2020 akan digelar pada 9 hingga 11 September. Semua masyarakat dapat mengakses melalui www.pertaminasmexpo.com. Berbagai kegiatan akan diselenggarakan seperti fashion show hingga penampilan dari deretan artis dan musisi ternama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, 7 Gejala Ini Menandakan Anda Mengidap Covid-19

Posted: 07 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Angka kasus Corona Covid-19 selalu bertambah setiap hari. Virus berbahaya ini bisa menimbulkan berbagai gejala awal, misalnya batuk yang tak kunjung berhenti.

"Seiring berjalannya minggu, virus yang menyebar luas di seluruh negeri kita, terutama di daerah yang lebih padat, lebih cepat dari yang kita duga," kata William Schaffner, MD , spesialis penyakit menular dan profesor di Vanderbilt University School Kedokteran.

"Kebanyakan orang yang mengidap virus corona memiliki kasus infeksi yang ringan, dan itu bisa dibedakan dari flu atau pilek," jelas pakar penyakit menular Amesh A. Adalja, MD , peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security. Selain itu, beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali — hingga 40% infeksi, menurut perkiraan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Meskipun hingga kini belum ada cara untuk mengetahui dengan pasti 100% apakah penyakit yang Anda alami kini adalah COVID-19, terlebih pada yang tidak bergejala. Namun para ahli mengatakan beberapa tanda yang bisa menjadi petunjuk bahwa Anda telah terjangkit Covid-19. Berikut ini adalah tanda-tandanya, dilansir dari Huffpost.

1. Flu yang parah

Mungkin sulit untuk membedakan flu dari bentuk ringan COVID-19 tanpa tes, tergantung pada gejala yang Anda alami, katanya, tetapi pilek biasanya tidak menyebabkan sesak napas, sakit kepala parah, atau gejala gastrointestinal seperti yang bisa dilakukan COVID-19. Berikut daftar lengkap gejala resmi CDC :

- Demam atau kedinginan

- Batuk

- Sesak napas atau kesulitan bernapas

- Kelelahan

- Nyeri otot atau tubuh

- Sakit kepala

- Kehilangan rasa atau bau baru

- Sakit tenggorokan

- Hidung tersumbat atau meler

- Mual atau muntah

- Diare

2. Kehilangan indra penciuman atau pengecap

Hilangnya bau dan rasa telah menjadi ciri utama COVID-19. Meskipun gejala ini tidak terjadi pada semua orang, Dr. Adalja menunjukkan bahwa ini berkaitan dengan COVID-19.

Data awal dari American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNS) menemukan bahwa, pada pasien COVID-19 yang kehilangan indra penciuman, 27% mengalami "perbaikan" dalam waktu sekitar tujuh hari, sementara sebagian besar membaik dalam waktu 10 hari.

Namun perlu diketahui kalau kehilangan indra ini untuk sementara waktu dengan kondisi pernapasan lainnya, seperti pilek, flu, infeksi sinus , atau bahkan dengan alergi musiman . Tetapi para ahli mengatakan bahwa gejala tersebut dapat bertahan pada beberapa orang dan berlangsung selama berbulan-bulan setelah pulih dari COVID-19.

3. Rambut rontok tanpa alasan jelas

Meskipun belum dipelajari secara luas, namun banyak orang yang telah pulih dari virus melaporkan masalah rambut rontok. Aktris Alyssa Milano, yang telah menderita gejala COVID-19 selama berbulan-bulan, membagikan video dirinya di Instagram pada awal Agustus berulang kali menyisir gumpalan besar rambut setelah dia mandi.

"Ini (kerontokan rambut) disebabkan oleh kondisi yang dikenal sebagai telogen effluvium, dan dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kehamilan, stres ekstrem, penurunan berat badan, dan penyakit selain COVID-19," kata Dr. Adalja.

Namun, biasanya kerontokan rambut dibarengi dengan gejala Covid-19 lainnya, seperti batuk atua demam, kata Dr. Adalja. Penting juga untuk dicatat bahwa rambut rontok bisa terjadi karena stres secara umum dan ada banyak stres akibat pandemi, katanya. Jika Anda mengalami kerontokan rambut, kemungkinan itu karena infeksi COVID yang tidak diketahui, penumpukan stres selama waktu yang tidak pasti, atau masalah mendasar lainnya.

4. Sesak

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA telah menemukan bahwa orang dengan COVID-19 dapat mengalami efek samping virus, termasuk sesak napas. Masih belum diketahui mengapa dan berapa lama ini bisa bertahan, tetapi kemungkinan karena peradangan yang berlangsung lama di paru-paru.

"Ini adalah salah satu efek yang diketahui pada orang yang didiagnosis Covid-19," kata Dr. Schaffner. Jika Anda mengalami sesak napas, segera hubungi dokter.

5. Batuk yang tak kunjung sembuh

Batuk yang berkepanjangan adalah gejala lain yang dilaporkan oleh orang-orang yang berpartisipasi dalam penelitian JAMA. Terutama batuk kering yang tidak menimbulkan dahak atau lendir. Data dari CDC menemukan bahwa 43% orang yang menderita COVID-19 masih mengalami batuk 14 hingga 21 hari setelah diagnosis positif virus Covid-19.

6. Kelelahan

Menurut studi JAMA, 53% pasien mengatakan mereka berjuang melawan kelelahan sekitar 60 hari setelah mereka pertama kali menunjukkan tanda-tanda virus.

"Kami melihat beberapa orang yang memiliki penyakit ringan yang mengalami kelelahan selama beberapa waktu ," kata Dr. Adalja. Namun, katanya, saat ini belum sepenuhnya jelas mengapa hal ini terjadi. Bisa jadi cara sistem kekebalan seseorang bereaksi terhadap virus , atau bisa juga cara virus bekerja di dalam tubuh.

Ingatlah bahwa kelelahan adalah masalah yang sangat umum dan dapat menjadi tanda berbagai masalah kesehatan (termasuk, tentu saja, kurang tidur). Seperti rambut rontok, orang yang mengalami kelelahan akibat COVID-19 juga memiliki gejala virus lain di masa lalu, kata Dr. Adalja.

7. Gejala tidak biasa yang berlangsung lama

Satu studi kecil terhadap 100 orang yang pulih dari COVID-19 yang diterbitkan di JAMA Cardiology melakukan MRI pada mantan pasien dan menemukan bahwa 78% memiliki semacam temuan jantung abnormal, terlepas dari kondisi yang sudah ada sebelumnya. Ini juga tampaknya tidak terkait dengan tingkat keparahan penyakit, para peneliti menemukan. Itu bisa muncul dalam berbagai cara, termasuk jantung berdebar-debar secara acak, tapi bisa juga tidak terlalu mencolok, kata Dr. Schaffner.

Masih ada banyak komplikasi lainnya yang belum diketahui oleh para ahli. Jika Anda merasakan gejala tidak enak badan atau gejala di atas secara terus menerus, segera hubungi dokter, saran Dr. Schaffner. 

Sumber: Health Liputan6.com ditayangkan 07 Sep 2020, 08:00 WIB

Penulis: Fitri Syarifah

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaun Pengantin Putri Beatrice Bakal Dipajang di Kastil Windsor

Posted: 07 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar kerajaan bakal memiliki kesempatan untuk melihat lebih dekat gaun-gaun istimewa akhir September ini. Salah satunya adalah gaun pengantin yang dikenakan Putri Beatrice ketika mengikat janji suci dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada 17 Juli 2020 lalu.

Seperti yang diketahui, Putri Beatrice menikah dan tampil dalam balutan gaun pengantin yang dipinjamkan sang nenek, Ratu Elizabeth II. Dilansir dari laman People, Selasa (8/9/2020), gaun tersebut akan dipamerkan di Kastil Windsor pada 24 September mendatang, demikian istana mengumumkan pada Senin, 7 September 2020.

Putri Beatrice meminjam kepada Ratu Elizabeth II gaun era 60-an yang dirancang oleh Norman Hartnell ketika ia menata ulang pernikahannya di tengah masa pandemi corona Covid-19. Awalnya, pernikahan bakal dilaksanakan pada Mei lalu.

Kebaktian pada Juli lalu berlangsung hanya beberapa meter dari rumah keluarga Putri Beatrice di Royal Lodge, Windsor Great Park. Prosesi pernikahan ini dilakukan secara privat karena pandemi dan hanya sedikit tamu yang hadir.

Gaun pengantin itu jadi isyarat menyentuh dari Ratu Elizabeth II untuk Beatrice. Momen ini sekaligus jadi tanda cinta Ratu yang begitu mendalam pada sang cucu di hari bahagianya. Kedua pengantin dan ibunda mereka, termasuk Sarah Ferguson, hanya memiliki waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan acara pernikahan.

Sementara, Beatrice mengikuti saudaranya, Putri Eugenie yang memamerkan gaunnya ke publik. Gaun pengantin Eugenie dipajang di Kastil Windsor (seperti milik Meghan Markle) sekitar empat bulan setelah pernikahannya pada Oktober 2018.

Gaun pengantin Beatrice terbuat dari ivory peau de soie taffeta dengan rok yang di-trim dengan satin duchesse ivory. Gaun ini dikatakan oleh Royal Collection sebagai contoh dari "siluet crinoline khas Hartnell dan kecintaan pada perhiasan.

Hal tersebut seperti terlihat pada sulaman tangan geometris dalam kristal dan diamantés di atas korset, pinggang dan pinggul. Ini diperbarui untuk Putri Beatrice oleh personal assistant and dresser Ratu, Angela Kelly, dan couturier Stewart Parvin.

Dipinjamkan Ratu Elizabeth

Acara pernikahan Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi digelar di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, Windsor, Inggris, Sabtu (18/7/2020). (Photo: Benjamin Wheeler/Royal Communications of Princess Beatrice and Edoardo Mapelli Mozzi via AP)
Acara pernikahan Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi digelar di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, Windsor, Inggris, Sabtu (18/7/2020). (Photo: Benjamin Wheeler/Royal Communications of Princess Beatrice and Edoardo Mapelli Mozzi via AP)

The Royal Collection, yang bertanggung jawab atas pameran ini, menjelaskan bahwa siluet full-skirted "dilembutkan untuk memberikan bentuk yang lebih kontemporer dan disederhanakan, dan rok dalam serta petticoat dibuat ulang dan diikat dengan tulle sutra".

Lengan pendek dari triple organza ditambahkan ke tali pengikat dan disulam dengan diameter vintage agar sesuai dengan desain bordir Hartnell yang asli. Setiap perubahan yang dilakukan pada gaun itu dapat dibalik.

Sepatu pernikahan Valentino Beatrice dan replika buket pengantinnya juga akan ditampilkan. Ratu pertama kali mengenakan gaun taffeta untuk makan malam kenegaraan di Kedutaan Besar Inggris di Roma selama Kunjungan Kenegaraan pada 1961.

Ratu memakainya lagi untuk pemutaran perdana film Lawrence of Arabia di London pada tahun 1962 dan untuk Pembukaan Parlemen Negara pada 1966. Pertunjukan pernikahan berlangsung dari 24 September--22 November 2020 dan tiket harus dipesan sebelumnya.

 
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Meredakan Batuk dengan Bahan Alami, Mudah dan Aman

Posted: 07 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Batuk merupakan respons alami tubuh membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan iritasi. Tak heran jika beberapa kondisi batuk banyak yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Meski begitu, segera meredakan juga tak ada salahnya. Tujuannya agar aktivitas lebih nyaman dilakukan. Untuk itu cobalah cara meredakan batuk dengan bahan alami ini.

Alih-alih mengonsumsi obat batuk, lebih aman terapkan cara meredakan batuk dengan bahan alami. Mengonsumsinya tak akan membuat ginjal bekerja lebih keras dari biasanya.

Apalagi cara meredakan batuk dengan bahan alami ini sudah banyak diterapkan sebagai obat tradisional sejak lama. Bahan alami ini memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptik yang bisa diandalkan untuk mengatasi batuk.

Berikut Liputan6.com ulas cara meredakan batuk dengan bahan alami dari berbagai sumber, Selasa (8/9/2020).

Madu dan Kunyit

ilustrasi madu /unsplash
ilustrasi madu /unsplash

Madu

Madu bisa dipakai sebagai cara meredakan batuk dengan bahan alami. Terutama bagi orang dewasa dan anak-anak usia 1 tahun ke atas.

Madu ini cocok digunakan untuk mengobati batuk kering siang dan malam hari. Madu memiliki sifat antibakteri, melapisi tenggorokan, dan mengurangi iritasi.

Satu penelitian pada 2007 menemukan bahwa madu lebih berhasil daripada dextromethorphan yang merupakan bahan untuk mengurangi serangan yang mengganggu dari batuk pada anak-anak.

Cobalah minum madu satu sendok teh beberapa kali sehari. Bisa juga tambahkan ke dalam teh atau air hangat untuk diminum. Ingat, anak usia di bawah 1 tahun tidak boleh mengonsumsinya.

Kunyit

Kunyit termasuk rempah yang bisa dipakai sebagai cara meredakan batuk dengan bahan alami. Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Kunyit juga bermanfaat untuk beberapa kondisi, termasuk batuk kering. Curcumin paling baik diserap ke dalam aliran darah ketika dikonsumsi dengan lada hitam.

Tambahkan 1 sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman. Misalnya saja bisa menambahkannya ke dalam jus jeruk dingin untuk diminum.

Kunyit telah digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan bagian atas, bronkitis, dan asma dalam pengobatan Ayurvedic selama berabad-abad.

Jahe dan Bawang Putih

Ilustrasi Jahe (Dok.Unsplash)
Ilustrasi Jahe (Dok.Unsplash)

Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Tak heran jika kemudian jahe cocok dijadikan sebagai cara meredakan batuk dengan bahan alami.

Jahe juga telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat akan meriang.

Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen. Bisa juga membuat teh jahe dari akar jahe dengan merebusnya.

Bisa memotong akar bersama air hangat. Lalu diberi tambahan madu untuk mengatasi batuk kering.

Bawang Putih

Bawang putih pun bisa dipakai sebagai cara meredakan batuk dengan bahan alami. Terutama untuk kasus batuk berdahak.

Cobalah konsumsi beberapa siung bawang putih mentah untuk mengobati batuk berdahak. Aman dan mudah ditemukan bahan ini.

Kandungan anti-virus serta antibiotik di dalam bawang putih mentah ampuh mengencerkan dahak. Jadi setelah mengonsumsinya, dahak yang bersarang pada saluran pernapasan akan segera dilegakan.

 

Asam Jawa dan Peppermint

Ilustrasi daun peppermint, (dok. Pixabay.com/manfredrichter/Putu Elmira)
Ilustrasi daun peppermint, (dok. Pixabay.com/manfredrichter/Putu Elmira)

Asam Jawa

Asam jawa juga bisa dipakai sebagai cara meredakan batuk dengan bahan alami. Hanya saja, asam jawa masih harus dipadukan dengan gula merah.

Asam jawa dan gula merah memiliki khasiat untuk meredakan gatal pada tenggorokan. Mengonsumsinya akan membuat tenggorokan segera pulih dan tidak gatal.

Caranya cukup mudah, tinggal campurkan asam Jawa dan gula merah ke dalam segelas air hangat. Kemudian tinggal meminumnya secara rutin.

Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang bisa dipakai sebagai cara meredakan batuk dengan bahan alami. Kandungan inipun bisa membuat ujung saraf mati rasa di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk.

Pappermint bisa meredakan nyeri dan mengurangi intensitas batuk. Termasuk membantu mengurangi kemacetan saluran pernapasan karena sifat antibakteri dan antivirusnya.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi peppermint. Bisa dengan minum teh peppermint atau menghisap tablet hisap. Cobalah minum teh peppermint tepat sebelum tidur untuk membantu meredakan batuk malam hari.

Minum Banyak dan Air Garam

ilustrasi garam/pexels
ilustrasi garam/pexels

Minum Banyak

Tetap terhidrasi akan membantu memastikan tenggorokan tetap lembab sehingga bisa sembuh dengan baik. Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari, tetapi lebih banyak lebih baik.

Penelitian menunjukkan bahwa minum cairan pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin. Studi yang sama melaporkan bahwa minuman panas mengurangi lebih banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan.

Cairan hangat seperti sup dan teh juga membantu menambah kelembaban sambil memberikan bantuan segera untuk sakit tenggorokan dan gatal. Cairan hangat juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi yang penting untuk proses penyembuhan.

Air Garam

Jika sulit menemukan rempah-rempah, bumbu dapur seperti garam pun bisa diandalkan. Cara meredakan batuk dengan bahan alami ini juga sudah sering dipraktikkan karena aman.

Berkumur dengan air garam hangat akan membantu meringankan ketidaknyamanan dan iritasi karena batuk kering. Air garam akan membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan.

Barutkan 1 sendok teh garam meja ke dalam segelas besar air hangat. Kemudian kumurlah beberapa kali sehari.

Hanya saja, air garam tak dianjurkan untuk anak kecil. Hal ini untuk mengantisipasi air garam yang akan tertelan olehnya.

Coba praktikkan ketika terbangun dengan sakit tenggorokan karena batuk pada malam hari. Lalu berkumurlah dengan air garam segera setelah menyikat gigi untuk membantu menenangkan ujung saraf di tenggorokan.

Jeruk Nipis dan Nanas

ilustrasi buah nanas/Photo by Brooke Lark on Unsplash
ilustrasi buah nanas/Photo by Brooke Lark on Unsplash

Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah lama digunakan dalam pengobatan batuk secara alami. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis inilah penyebabnya.

Cara meredakan batuk dengan bahan alami ini cukup ampuh. Dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti flu dan batuk.

Konsumsi air jeruk nipis pun akan mempersingkat durasi batuk. Menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus.

Jeruk nipis biasa dikonsumsi bersama tambahan madu dan air hangat. Tak jarang orang menggunakan ramuan kecap dan jeruk nipis untuk meredakan batuk.

Nanas

Nanas juga cocok dijadikan sebagai obat batuk alami. Nutrisi dalam jus nanas dapat membantu meredakan gejala batuk atau pilek. Tak heran jika cara meredakan batuk dengan bahan alami ini wajib diterapkan.

Satu studi 2010 menemukan bahwa jus efektif untuk TBC. Nanas dapat menenangkan tenggorokan dan melarutkan lendir karena kandungan bromelain dalam nanas.

Namun, penting untuk diperhatikan, jus nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang menggunakan pengencer darah atau antibiotik seperti amoksisilin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: