Selasa, 08 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jawa dan Bali Sumbang 64,26 Persen Kasus Covid-19 di Indonesia

Posted: 08 Sep 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, mengatakan ada lima pulau besar yang berkontribusi cukup tinggi pada jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. Pulau Jawa dan Bali menduduki peringkat pertama.

Dewi menyebut, Pulau Jawa dan Bali menyumbang 64,26 persen dari total kasus Covid-19 yang ada di Indonesia.

"Jadi memang cukup besar kontribusi Pulau Jawa dan Bali sebesar 64 persen yaitu dengan total kasus 114.590 per 6 September 2020," ujar Dewi saat mengisi talk show Covid-19 Dalam Angka yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Rabu (9/9/2020).

Pulau Sumatera menyusul posisi Jawa dan Bali. Pulau Sumatera berkontribusi sebesar 11,3 persen atau sekitar 20.150 kasus Covid-19.

Peringkat ketiga ditempati Pulau Sulawesi. Menurut Dewi, Pulau Sulawesi berkontribusi sebesar 10,63 persen atau sekitar 18.960 kasus Covid-19.

"Ke empat Pulau Kalimantan sebesar 9,49 persen atau 16.915 kasus," jelas dia.

 

Peringkat Terakhir

Peringkat terakhir ada di Pulau Maluku dan Papua. Maluku dan Papua menyumbang 4,36 persen dari total kasus Covid-19 nasional. Artinya, Maluku dan Papua berkontribusi sebanyak 7.778 kasus Covid-19.

Pada 6 September 2020, kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 194.109 orang. 138.575 Di antaranya berhasil sembuh, 8.025 meninggal dunia dan 47.509 orang lainnya dirawat atau diisolasi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada di Zona Merah, 75 Persen PNS Dianjurkan Kerja dari Rumah

Posted: 08 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengeluarkan surat edaran bernomor 67 Tahun 2020 tertanggal 4 September 2020. Surat edaran ini berisi tentang sistem kerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dalam tatanan normal baru.

Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmadji mengatakan kebijakan tersebut telah diterapkan di lingkungan PNS sejak surat edaran tersebut dibagikan.

"Sudah langsung diterapkan," kata Dwi saat dihubungi Merdeka.com, Jakarta, Rabu (9/9).

Dalam surat tersebut mengatur jumlah kehadiran ASN yang bekerja di kantor berdasarkan wilayah zona risiko. Wilayah zona merah maksimal hanya mempekerjakan pegawai 25 persen. Sedangkan 75 persen lainnya bekerja dari rumah (work from home/wfh).

Wilayah zona oranye mempekerjakan PNS50 persen di kantor dan 50 persen di rumah. Sedangkan wilayah zona hijau mempekerjakan ASN maksimal 100 persen di kantor.

Sistem kerja ini kata Dwi bukan hal baru bagi para PNS. Sebab, di awal pandemi Covid-19, para PNS sudah menerapkan sistem kerja demikian. Terkecuali untuk beberapa sektor yang tetap diperbolehkan berdasarkan kebijakan Kementerian Kesehatan.

"Prinsipnya WFH dan WFO sudah kita berlakukan, pada awalnya malah 100 persen WFH bagi wilayah-wilayah yang menerapkan kebijakan PSBB," tutur Dwi.

Jadwal WFH

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjalan masuk menuju Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Pasca libur Lebaran seluruh PNS Pemprov DKI terlihat masuk kerja kembali seperti biasanya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) berjalan masuk menuju Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Pasca libur Lebaran seluruh PNS Pemprov DKI terlihat masuk kerja kembali seperti biasanya. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Adanya aturan ini diharapkan menjadi landasan bagi para unit yang mengatur untuk mengendalikan masing-masing pegawai ASN. Pengaturan jadwal pembagian WFH dan WFO dikembalikan Kementerian PAN-RB kepada masing-masing instansi

"Misalnya 75:25, apakah yang 75 itu WFH gantiannya setiap hari atau seminggu sekali atau 3 hari sekali tu diatur masing-masing instansi," kata dia.

Sementara itu, bagi ASN yang bekerja di lapangan, Dwi berharap bisa dimaksimalkan dengan penggunaan media virtual. Misalnya bagi ASN yang bertugas memberikan penyuluhan dia meminta, penyuluhan dilakukan secara virtual.

"Kalau yang di lapangan misalnya penyuluhan itu bisa dilakukan virtual, ya maka dilakukan virtual saja," kata dia.

Namun, jika penyuluhan tersebut harus dilakukan secara fisik dia berharap kegiatan dilakukan tanpa menimbulkan kerumunan, terutama jika hal ini dilakukan di zona merah. "Tapi kalau kegiatannya yang harus fisik, kalau kondisi zona merah saran saya tidak boleh ada kerumunan, sementara ditunda dulu yang di zona-zona merah," tandasnya. 

Reporter : Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haornas 2020, Puan Minta Pemerintah Jamin Masa Depan Atlet

Posted: 08 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 harus menjadi momentum pemerintah untuk meningkatkan perhatian pada atlet dan mantan atlet.

Sebab, seorang atlet sudah berkorban waktu bertahun-tahun untuk berlatih, bertanding, dan mengukir prestasi demi kejayaan Indonesia di berbagai kompetisi olahraga.

"Masa muda seorang atlet dihabiskan untuk berlatih dan berjuang demi kejayaan Tanah Air. Pemerintah pusat maupun daerah mesti bertanggung jawab untuk memperhatikan masa depan para atlet tersebut," kata Puan di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Puan menegaskan, DPR RI melalui fungsi legislasinya berkomitmen mendukung pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Dia berharap, revisi UU tersebut akan meningkatkan sistem pembinaan atlet, serta penghargaan dan kesejahteraan bagi para atlet.

"Pemerintah harus hadir, bertanggung jawab atas masa depan atlet, dan fasilitas olahraga masyarakat," ujar dia.

Puan mengingatkan, harus ada upaya komprehensif dari pemerintah untuk mewujudkan Sport Tourism di Indonesia. Thailand, kata dia, bisa menjadi contoh dalam mengelola Sport Tourism secara menyeluruh.

Dia menjelaskan, pemerintah Thailand mengadopsi skema Public Private Partnership (PPP) untuk manajemen fasilitas olahraga, mendorong swasta berinvestasi membangun venue olahraga seperti stadion dan kolam renang. Lebih jauh lagi, pemerintah Thailand juga memberikan sejumlah kemudahan bagi sektor swasta berupa keringanan pajak untuk berinvestasi di sektor olahraga.

"Jika Pemerintah Indonesia serius memajukan Sport Tourism, maka bisa belajar dari negara tetangga yang terbukti berhasil meraup pendapatan besar dari sektor tersebut," kata Puan.

Minta fasilitas olahraga aman selama pandemi

Memperingati Haornas, Puan juga meminta pemerintah merespons tingginya minat berolahraga masyarakat selama pandemi Covid-19. Dia meminta pemerintah segera memfasilitasi sarana berolahraga yang memadai, aman, dan nyaman.

"Juga penyediaan dan perawatan fasilitas olahraga untuk masyarakat, serta pembinaan atlet, dapat terpenuhi jika ada kecermatan dalam penggunaan anggaran olahraga," kata Puan.

Puan juga menyatakan kecermatan penggunaan anggaran di bidang olahraga akan memudahkan pemerintah mencapai target prestasi dengan mengedepankan sport science.

"Pemerintah harus cermat menggunakan anggaran olahraga agar tepat sasaran," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat Haornas, Simak Cerita Dian Sastrowardoyo Saat Bersepeda Pertama Kali

Posted: 08 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bersepeda jadi salah satu gaya hidup sehat yang kian banyak digemari selebritas. Mereka yang awalnya telah lama tak menggeluti kegiatan itu pun aktif kembali, seperti Dian Sastrowardoyo.

"New hobby (hobi baru)," kata Dian Sastrowardoyo bersama sepedanya, Selasa, 8 September 2020.

Dian mengatakan, ia diajak menngendarai sepeda sejak enam tahun lalu oleh teman band saat zaman SMA, Tabby Sumendap. Namun, ia tetap tak tertarik.

"Sampai taun lalu, 2019, baru menerima kenyataan bahwa nggak bisa ikutan New York Marathon karena urusan cedera yang belum beres. Akhirnya mulai lirik-lirik cabang olahraga lain, tapi belum juga mulai coba road bike," tutur Dian, Senin, 7 September 2020.

Sampai tahun ini, lanjut Dian, ia benar-benar 'dieret' ke toko sepeda dan seterusnya. "Hari ini adalah hari pertama diajak turun ke jalan diatas road bike. Dan dia resmi jadi temen naik sepeda sekaligus pelatihku. 😊," lanjut Dian Sastrowardoyo.

Protokol Kesehatan

Dian Sastrowardoyo menjadikan bersepeda sebagai hobi barunya (Dok.Instagram/@therealdisastr/https://www.instagram.com/p/CE1g3cyhw-i/Komarudin)
Dian Sastrowardoyo menjadikan bersepeda sebagai hobi barunya (Dok.Instagram/@therealdisastr/https://www.instagram.com/p/CE1g3cyhw-i/Komarudin)

Dian pun mengucap bismillah dan berterima kasih kepada temannya itu yang sudah sabar mengajaknya bersepeda dengan waktu yang cukup lama. "Pagi ini bersama teman sesama baru mulai naik sepeda @wulanguritno," kata Dian.

Dian melanjutkan, sebelum dan setelah naik sepeda ia sempat pakai masker terus, kecuali saat menyeruput minuman. "Kalo pas naik sepeda, katanya malah bahaya kalo olahraga ngos ngosan tapi pake masker, krn mengurangi asupan oksigen yang sangat diperlukan tubuh, jadi tadi saya mau pake masker malah ditegor sama coach. (Baiklah. Kan baru tau.)," sambung Dian.

Pada akhir unggahannya, Dian menyarankan kepada mereka yang hendak berolahraga bersama teman agar tetap jaga jarak. Selain itu, saat tidak berolahraga selalu menggunakan masker dan cuci tangan dengan sabun.

"lakukan protokol kesehatan yang baik dan benar, kita harus bertanggung jawab atas kesehatan kita masing2. Stay safe and stay healthy guys🙏," harap Dian Sastrowardoyo.

 

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Rumah Dibangun di Atas Tangga Kecil Tampak Seperti Jamur

Posted: 08 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah yang unik tentu menjadi keinginan setiap orang. Manusia tak pernah kehabisan ide untuk menciptakan desain rumah yang unik dan berbeda dari yang lain. Umumnya, ide datang saat seseorang terpaksa kreatif untuk mengakali lahan yang sempit. Salah satunya adalah desain rumah jamur yang sedang viral di media sosial ini.

Sebuah rumah menjadi viral karena memiliki bentuk yang unik. Dikenal dengan sebutan "Rumah Jamur", rumah tersebut memang tampak seperti jamur, lebar pada bagian atasnya dan kecil pada bagian bawah.

Rumah Jamur ini terletak di Jalan Prefektur Jobanki 294, Kota Azumigawa, Jepang. Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang kerap mengalami gempa bumi. Dengan desain rumah jamur yang sedemikian rupa tentu tampak mengkhawatirkan. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui alasan sang pemilik membangun rumah dengan desain yang unik tersebut.

Rumah tersebut viral di media sosial

Sebuah rumah dibangun di atas tangga kecil. Sumber: Twitter/mo_hrizm
Sebuah rumah dibangun di atas tangga kecil. Sumber: Twitter/mo_hrizm

Rumah tersebut kemudian viral di media sosial setelah Yuko Mohri melalui akun Twitter membagikan foto-foto rumah jamur itu. Kini, foto tersebut telah dibagikan lebih dari 21,8 ribu kali dan disukai 106,2 ribu pengguna Twitter.

 

Tampak seperti editan

Sebuah rumah dibangun di atas tangga kecil. Sumber: Twitter/mo_hrizm
Sebuah rumah dibangun di atas tangga kecil. Sumber: Twitter/mo_hrizm

Warganet yang melihat pun tampak penasaran, apakah foto tersebut hanya sebuah foto editan atau asli.

Hal ini pun dibuktikan oleh salah seorang pengguna Twitter bernama Trickle Guro. Ia mencoba mencari rumah jamur itu melalui Google Earth. Hasilnya, jika dilihat lebih dekat tampak jelas rumah jamur tersebut memang dibangun di atas tangga yang kecil.

Respons Warganet

Sebuah rumah dibangun di atas tangga kecil. Sumber: Twitter/mo_hrizm
Sebuah rumah dibangun di atas tangga kecil. Sumber: Twitter/mo_hrizm

Semakin dibuat heran, warganet pun berspekulasi sendiri. Beberapa mengatakan bahwa pemilik rumah sengaja mendesain rumah tersebut agar mengurangi biaya pajak bangunan. Namun, ada pula yang mengatakan agar lahan di bawahnya bisa menjadi tempat parkir di sebidang tanah yang kecil.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkat Isu China, Donald Trump Serang Rivalnya Joe Biden di Kampanye

Posted: 08 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Donald Trump meningkatkan upayanya untuk menjadikan China sebagai tema sentral pemilihan presiden AS. Ia menuduh saingan Demokratnya, Joe Biden sebagai "penjualan globalis" yang membantu merekayasa hilangnya Pekerjaan Amerika.

"Agenda Joe Biden dibuat di China. Agenda saya dibuat di AS," kata Trump saat berbicara kepada ribuan pendukungnya pada rapat umum kampanye di bandara di Winston-Salem, North Carolina. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (9/9/2020). 

China telah muncul sebagai titik nyala menjelang pemilu 3 November, dengan Trump berulang kali menuduh Biden telah lama mendukung kebijakan perdagangan yang menyebabkan offshoring pekerjaan domestik.

"Biden adalah seorang penjual globalis yang menghabiskan karirnya untuk memboroskan komunitas Amerika," kata Trump.

Biden pada gilirannya mengkritik Trump karena menghukum petani AS dan industri lain dengan tarif berbahaya atas barang-barang China.

Mantan wakil presiden itu juga mengecam kesepakatan perdagangan Trump dengan China karena tidak memberikan manfaat bagi industri AS yang dijanjikan presiden, dengan mengatakan itu "gagal - sangat buruk".

Saling Serang

Joe Biden, mantan Wakil Presiden AS ke-47 (AP/Steven Senne)
Joe Biden, mantan Wakil Presiden AS ke-47 (AP/Steven Senne)

Sementara itu, Joe Biden telah menuduh Donald Trump mempolitisasi masalah untuk membantu pemilihannya kembali. Ia mengatakan pada hari Senin bahwa dengan langkah presiden yang salah mengenai pandemi, telah menewaskan lebih dari 186.000 orang Amerika dan menghabiskan jutaan pekerjaan, jaminannya tentang keamanan vaksin tidak dapat dipercaya.

Sebelum pawai Trump, kampanye Biden menyerukan agar vaksin apa pun diproduksi dan didistribusikan mengikuti standar ilmiah yang ditetapkan tanpa campur tangan politik dari luar.

Pada rapat umum tersebut, Trump juga meningkatkan kritiknya terhadap Harris, wanita kulit hitam pertama dan keturunan Asia-Amerika pertama yang mendapatkan tiket menuju presiden dari partai besar AS, dalam bahasa yang dia gunakan untuk menggambarkan kandidat wanita lainnya.

"Tidak ada yang menyukainya. Dia tidak akan pernah bisa menjadi presiden wanita pertama," kata Trump. 

"Itu akan menjadi penghinaan bagi negara kita."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fitur Baru di Android 11 yang Patut Kamu Ketahui

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kehadiran Android 11 untuk perangkat seri Pixel buatan perusahaan, dan sejumlah ponsel milik vendor lainnya.

Lewat pembaruan Android 11, Google memperkenalkan sejumlah fitur baru dan memoles kemampuan yang sudah ada di dalam ponsel agar lebih optimal saat digunakan.

Sebelum meluncur resmi, sejumlah bocoran fitur pun sudah diketahui lewat program beta atau developer build yang sudah tersedia beberapa bulan lebih cepat dari biasanya.

Beberapa informasi tentang keamanan dan privasi data pengguna yang semakin ditingkatkan, hingga tab chat baru pun sudah lebih dahulu bocor di internet.

Kira-kira, seperti apa sih kemampuan dan fitur baru di Android 11 tersebut? Tanpa panjang lebar, simak penjelasan singkat kami.

 

1. Tampilan Menu Power yang Baru

Salah satu perubahan yang paling terlihat lewat Android 11 adalah tampilan menu power.

Biasanya, kamu hanya melihat pilihan untuk restart, power off, atau kunci ponsel.

Di Android 11, kamu disajikan oleh menu baru yang dapat digunakan untuk mengakses cepat beberapa fitur layanan, termasuk Google Play.

Perusahaan juga memberikan akses cepat untuk mengendalikan semua perangkat IoT via aplikasi Google Home.

 

2. Poles Menu Media Player

Sering menikmati musik via Spotify atau YouTube Music? Jika ya, maka desain ulang kendali media player di Android 11 ini akan memberikan pengalam yang lebih baik lagi dari versi sebelumnya.

Lewat pembaruan OS Android terkini, kini semua kendali media player sudah terintegrasi ke dalam menu pengaturan cepat (quick settings).

Cukup swipe ke bawah dari atas layar, kamu akan melihat kendali musik seperti Spotify, YouTube Music, hingga video di YouTube yang dapat diputar ke layar lain.

Menariknya, kini kamu dapat memilih di perangkat apa musik tersebut dimainkan. Ini cukup membantu bila kamu punya speaker Bluetooth atau earbuds yang terkoneksi di aplikasi Google Home.

 

3. Chat Bubble

Kalian masih ingat dengan gelembung chat Facebook Messenger yang dapat dipindah-pindah letaknya di layar?

Yup, Google mengadopsi fitur milik Facebook ini untuk sejumlah aplikasi chatting, seperti Telegram, WhatsApp, Messages, dan Facebook Messenger.

Sayang, fitur Bubbles ini masih belum mendukung Instagram Directs dan Twitter Direct Messages.

 

4. Tampilan Notifikasi Dipoles

Seperti versi Android sebelumnya, Google juga memoles tampilan notifikasi yang muncul di perangkat. Kini, notifikasi yang masuk akan dibagi-bagi berdasarkan grup masing-masing.

Notifikasi aplikasi pesan akan masuk ke dalam grup "Conversations", dan bisa diatur berdasarkan tiga kategori: Silent, Default, dan Priority.

Jika pilih "Silent", maka notifikasi pesan itu tidak akan muncul di layar. Sedangkan Default, ponsel kamu akan berbunyi atau getar ketika pesan masuk.

Lalu untuk Priority--yang hanya tersedia untuk beberapa aplikasi tertentu, notifikasinya aakan selalu muncul paling atas, dan juga tampil dengan bentuk bubble.

 

5. Fitur Rekam Tampilan Layar Bawaan

Setelah ditunggu lama, Google akhirnya merilis fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merekam tampilan layar dalam bentuk video lewat Android 11 ini.

Tanpa harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga, kini kamu dapat menunjukkan kemampuan bermain gim atau kasih tutorial ke orang lain dengan mudah.

Untuk mengaksesnya, kamu dapat swipe dari atas layar ke bawah untuk memunculan pengaturan cepat Screen Record.

Jika tidak muncul, kamu bisa tambahkan tiles Screen Record dengan mengeklik ikon pensil dan geser tile tersebut ke atas.

Saat mengeklik Screen Record, kamu dapat memilih apakah ingin merekam audio via mikrofon atau perangkat audio lain.

6. Izin Aplikasi Lebih Ketat

Sejak Android 10, Google semakin memperketat izin apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga atau bawaan.

Biasanya, setiap kali menginstal aplikasi kamu akan diminta untuk memberikan izin ke beberapa fitur di ponsel, seperti mikrofon, kamera, GPS, dan lainnya.

Walau memang diperlukan, tidak sedikit pula ada pengembang yang menyalahgunakan perizinan ini untuk mengumpulkan data lebih banyak tanpa sepengetahuan.

Di Android 11, kini kamu akan mendapatkan opsi untuk memaksa sebuah aplikasi untuk menanyakan izin pengguna setiap kali ingin mengakses fitur di perangkat.

Menariknya, Google kini menambahkan sebuah kemampuan yang dapat menghapus akses fitur di perangkat bilamana sudah lama tidak dipakai lagi.

Selain fitur di atas, masih banyak lagi kemampuan baru yang Google perkenalkan di Android 11 ini.

Adapun diantaranya, seperti kemampuan pin aplikasi yang paling sering digunakan untuk men-share link atau gambar, peningkatan Voice Access di aplikasi accessibility.

Lainnya adalah fitur rekomendasi aplikasi, yang mampu mengenali apps apa saja yang paling sering dipakai untuk dimunculkan ke laman utama.

Terakhir, Google juga menambahkan 117 emoji baru lewat update Android 11 ini. Juga termasuk 55 warna kulit baru, dan tampilan desain ikon aplikasi baru di Android 11.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wahana Permainan Macet, 20 Turis Tergantung Selama 1 Jam

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puluhan pengunjung taman hiburan di China tergantung dalam posisi terbalik selama lebih dari 1 jam. Insiden ini terjadi karena wahana permainan yang mereka tumpangi tiba-tiba berhenti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maaf, Penundaan Iuran Jaminan Pensiun Hanya bagi Usaha Menengah dan Besar

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui terbitnya PP 49/2020, pemerintah memberikan kelonggaran berupa penundaan pembayaran sebagian iuran program jaminan pensiun (JP) di BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek.

Merujuk pada pasal 17 (1), Pemberi Kerja wajib memungut Iuran JP dari Pekerja, yaitu sebesar l persen dari Upah Pekerja. Pemberi kerja kemudian membayarkan serta menyetorkan Iuran JP yang menjadi kewajiban Pemberi Kerja, yaitu sebesar 2 persen dari Upah Pekerja dan Iuran JP kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Besaran tersebut tetap disetorkan kepada BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan sesuai dengan batas waktu ketentuan ini berlaku. Sementara 99 persen sisa Iuran JP, pelunasannya dapat dilakukan sekaligus atau bertahap. Dimulai paling lambat tanggal 15 Mei 2021, dan diselesaikan paling lambat tanggal 15 April 2022.

Penundaan pembayaran ini hanya ditujukan kepada pemberi kerja dan pekerja skala usaha menengah dan besar yang memenuhi sejumlah syarat. Beberapa di antaranya adalah yang kegiatan produksi, distribusi, atau kegiatan usahanya terganggu akibat Covid-19 dan sudah mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BP Jamsostek.

Sebagai catatan, Bagi Pemberi Kerja dan Pekerja skala usaha mikro dan kecil yang telah mendaftarkan Pekerjanya sebagai Peserta sebelum bulan Agustus 2020, harus melunasi Iuran JP sampai dengan bulan Juli 2020. Atau baru mendaftarkan Pekerjanya sebagai Peserta setelah bulan Juli 2020, maka harus membayar sebagian Iuran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non-Alam Penyebaran Covid-19. Beleid itu di antaranya mengatur kelonggaran batas waktu pembayaran Iuran. Juga diskon iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) hingga 99 persen.

Mau Dapat Diskon 99 Persen Iuran BPJS Ketenagakerjaan? Simak Syaratnya

BPJS Ketenagakerjaan ubah nama panggilan menjadi BP Jamsostek.
BPJS Ketenagakerjaan ubah nama panggilan menjadi BP Jamsostek.

Pemerintah memberikan keringanan Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Iuran Jaminan Kematian (JKM) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Adapun keringanan iuran JKK dan JKM diberikan sebesar 99 persen, sehingga iuran menjadi satu persen.

Hal ini termaktub dalam Peraturan Pemerintah NO 49/2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non-Alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Keringanan Iuran JKK diberikan sebesar 99 persen, sehingga Iuran JKK menjadi 1 persen) dari Iuran JKK," mengutip pasal 5 PP tersebut, Rabu (9/9/2020).

Sementara untuk keringanan iuran JKM, bagi peserta penerima upah sebesar 1 persen dikali 0,3 persen. Atau 0,003 persen per bulan. Dan bagi peserta bukan penerima upah, yakni sebesar 1 persen dikali Rp 6.800, atau Rp 68 per bulan.

Namun, tentu ada syarat yang harus dipenuhi peserta untuk mendapatkan keringanan ini. Merujuk Pasal 13 PP 49/2020, syarat untuk mendapatkan keringanan iuran JKK dan JKM yaitu telah melunasi Iuran JKK dan Iuran JKM sampai dengan bulan Juli 2020.

Sementara bagi peserta yang mendaftar setelah Juli 2020, syarat untuk mendapatkan keringanan iuran yakni harus membayar iuran JKK dan JKM pada 2 bulan pertama.

Nantinya, Peserta Penerima Upah dan Peserta Bukan Penerima Upah diberikan keringanan iuran mulai bulan ketiga kepesertaan sampai dengan berakhirnya jangka waktu keringanan iuran JKK dan JKM. "Kecuali iuran JKK dan iuran JKM bulan ketiga melewati jangka waktu keringanan iuran sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah ini," seperti dikutip dari PP tersebut.

Ketentuan ini berlaku bagi Pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu yang bekerja pada Pemberi Kerja sektor usaha jasa konstruksi. Dimana komponen Upahnya didasarkan atas Upah Pekerja, komponen Upah tercantum dan diketahui.

Sedangkan untuk komponen upah pekerja yang tidak diketahui atau tidak tercantum, Iuran dihitung dari nilai kontrak kerja konstruksi. Dalam hal ini, jika Pemberi Kerja telah mendaftarkan Pekerjanya sebelum bulan Agustus 2O2O, maka diberikan keringanan Iuran JKK dan Iuran JKM dengan membayar sebesar 1 persen dari sisa tagihan yang belum dibayarkan.

Jika Pemberi Kerja mendaftarkan Pekerjanya setelah bulan Juli 2020, maka Pemberi Kerja sektor usaha jasa konstruksi harus membayar Iuran JKK dan Iuran JKM untuk tahap pertama.

Selanjutnya, keringanan akan diberikan untuk Iuran JKK dan JKM tahap kedua dan tahap ketiga. "Kecuali pelunasan pembayaran Iuran JKK dan/atau Iuran JKM tahap kedua dan tahap ketiga melewati jangka waktu keringanan Iuran sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah ini," seperti dikutip dari pasal 14 (3).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon, Tetap Memesona

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Dinda Hauw dan Rey Mbayang tak lepas dari perhatian setelah melangsungkan pernikahan pada (10/7/2020). Pertemuan mereka yang melalui proses taaruf membuat tidak sedikit warganet yang mengagumi pasangan ini. Belum lama ini, Dinda Hauw dan Rey Mbayang habiskan waktu liburan sekaligus honeymoon di Labuan Bajo, NTT.

Momen manis keduanya yang diunggah di akun Instagram ini sukses menarik perhatian. Tak sedikit warganet yang terbawa perasaan akan potret keduanya yang selalu terlihat romantis. Tak hanya kebersamaan mereka, namun penampilan Dinda Hauw ketika liburan di Labuan Bajo ini pun menuai pujian dari warganet.

Dalam setiap penampilannya, bintang film Surat Kecil untuk Tuhan ini selalu tampil simpel, namun tetap memesona. Walaupun sedang liburan di alam, istri Rey Mbayang tetap terlihat menawan dalam balutan gamis hingga memadukan celana kulot dan outer. Selain itu, artis berusia 23 tahun ini identik mengenakan jilbab pashmina untuk mempecantik penampilannya.

Banyak warganet yang memuji penampilan Dinda Hauw ini. Tak jarang gaya berpakaian Dinda Hauw ini menjadi inspirasi para penggemarnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret gaya simpel Dinda Hauw saat honeymoon, Rabu (9/9/2020).

1. Mengenakan pakaian serba putih, Dinda Hauw tampil memesona saat habiskan waktu di puncak Pulau Padar, NTT.

Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)
Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)

2. Saat di Pink Beach, Dinda Hauw kenakan gamis stripes putih dan biru muda. Dinda semakin terlihat stylish dengan topi dan kacamata hitam yang dikenakannya.

Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)
Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)

3. Memadukan outer berwarna hijau dengan rok berwarna putih, penampilan istri Rey Mbayang ini sukses mencuri perhatian.

Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)
Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)

4. Gaya berpakaian Dinda Hauw memang tak jarang menjadi inpirasi warganet dan para penggemarnya.

Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)
Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)

5. Ini adalah gaya kompak Dinda dan Rey sebelum berangkat ke Labuan Bajo. Pasangan sejoli ini terlihat serasi kenakan baju dan celana warna senada.

Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/ceritareinworld_)
Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/ceritareinworld_)

6. Dinda semakin terlihat menawan dalam balutan jibab pashmina motif bunga ini ya.

Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)
Gaya Simpel Dinda Hauw saat Honeymoon. (Sumber: Instagram.com/dindahw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Bocah Nekat Hadang Truk Lalu Kakinya Terlindas

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menumpang truk atau mobil bak ke suatu tempat sering dilakukan oleh sekelompok anak agar tidak membayar ongkos angkutan umum. Namun, terkadang aksi ini justru membahayakan, dan dapat menghilangkan nyawa saat kendaraan yang coba dihadang justru tidak berhenti.

Salah satu kejadiannya menimpa sekelompok bocah ini yang mencoba menghentikan truk besar di sebuah jalan.

Melansir unggahan akun instagram @dashcamindonesia, terlihat sekelompok bocah berusaha menghadang truk yang tengah melaju. Tapi, karena membawa muatan, akan susah bagi pengemudi untuk berhenti secara mendadak.

Apes bagi salah seorang penghadang truk tersebut, yang kemudian tertabrak dan jatuh. Tidak hanya itu, kakinya juga terlindas ban depan truk yang masih melaju.

"Bocah nyari mati part 2," tulis akun tersebut, sebagai caption dalam unggahannya, dilihat Selasa 98/9/2020).

Tidak diketahui pasti bagaimana keadaan korban yang tertabrak dan kakinya terlindas truk itu.

Komentar Warganet

Kejadian ini, kemudian banyak dikomentari warganet. Sebagian besar menyayangkan aksi dari sekelompok bocah tersebut, yang berusaha menghadang truk yang tengah melaju, karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

"Itulah pentingnya pembelajaran matematika dan fisika, mobil berat kayak gitu gk bisa langsung berhenti ferguso😂😂😂," komentar akun @muhammadfirmansyah30

"Lagian ngapain sih nyegat truck," tambah akun @tempekering._

"Heran, ada aja orang yg kepikiran minta truk bawa barang berat berhenti mendadak, orangnya pas didepan badan truk lagi," tutup akun @arvnss

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Persib Punya Kenangan Istimewa Bersama Alfred Riedl di Timnas Indonesia

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan, kaget dan sedih mendengar kabar Alfred Riedl meninggal dunia. Mantan pelatih Timnas Indonesia itu, meninggal di usia 70 tahun pada Selasa (8/9/2020) dini hari waktu Austria.

Seperti dilansir Kurier.at, Alfried Riedl meninggal dunia akibat penyakit kanker. Sebelum meninggal, dia dirawat dengan penuh kasih oleh istrinya, Jola.

Penjaga gawang senior Persib itu, tentu saja ikut mendoakan sosok yang dinilainya sudah berjasa saat meniti kariernya.

Apalagi, Alfred Riedl merupakan pelatih pertama yang membuka jalan baginya menjadi bagian Timnas Indonesia. Riedl menjadi pelatih pertama yang memberikan kesempatan kepada Made bergabung bersama Timnas pada tahun 2010.

"Kabar duka yang membuat saya sedih. Beliau adalah sosok yang berjasa dalam karier saya di timnas. Beliau pelatih pertama yang memberikan kesempatan pertama bergabung di timnas," kata penjaga gawang Persib asal Bali ini, seperti dilansir situs resmi klub.

Sosok Istimewa

Kiper Persib, I Made Wirawan saat mengikuti latihan resmi laga perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2017 melawan Semen Padang di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jumat (10/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Kiper Persib, I Made Wirawan saat mengikuti latihan resmi laga perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2017 melawan Semen Padang di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Jumat (10/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Made menyebut sosok Riedl sangat istimewa karena selalu menjadi motivator. Meskipun sosok tegas di lapangan, pelatih asal Austria ini adalah pelatih yang ramah dan menyenangkan.

"Sosoknya tegas, disiplin, dan motivator. Pelatih yang sangat menyenangkan. Selamat jalan. Terimakasih untuk semua kebaikannya coach," ucapnya.

Kehilangan

Alfred Riedl saat menjenguk mantan manajer timnas Indonesia, Andi Darussalam di Singapura, 2018 lalu (Istimewa)
Alfred Riedl saat menjenguk mantan manajer timnas Indonesia, Andi Darussalam di Singapura, 2018 lalu (Istimewa)

Sebelumnya, mantan gelandang Persib Bandung Atep sangat kehilangan sosok Alfred Riedl.

Atep mengaku bersyukur punya kesempatan mengenal sosok Riedl. Ia pernah dipanggil seleksi Timnas Indonesia pada 2010 untuk Piala AFF.

Perhatian

Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedle (kedua kiri) berdiri di samping pemain Indonesia (kanan) usai menghadapi Malaysia pada final Suzuki Cup 2010 di Jakarta, Indonesia, 29 Desember 2010. Alfred Riedl tutup usia di umur 70 tahun. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)
Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedle (kedua kiri) berdiri di samping pemain Indonesia (kanan) usai menghadapi Malaysia pada final Suzuki Cup 2010 di Jakarta, Indonesia, 29 Desember 2010. Alfred Riedl tutup usia di umur 70 tahun. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

"Dia orang yang selalu memberi perhatian lebih sehingga pemain merasa percaya diri. Serta melindungi pemainnya dan tidak pernah menyalahkan," ucap Atep dalam pesan singkat, Selasa (8/9/2020).

Adapun seleksi dilakukan untuk memperkuat Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2010 yang dilatih Alfred Riedl. Sayangnya, Atep tak masuk dalam skuat tersebut.

Perjalanan Karier

Grafis Alfred Riedl (Liputan6.com/Triyasni)
Grafis Alfred Riedl (Liputan6.com/Triyasni)

Riedl tercatat melatih Timnas Indonesia dalam tiga kesempatan berbeda. Dia menukangi skuat Merah Putih pada 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017.

Prestasi terbaik Alfred Riedl selama melatih Timnas Indonesia adalah finis sebagai runner up Piala AFF 2010 dan 2016. Di luar prestasi itu, dia mengangkat euforia terhadap Timnas Indonesia yang sempat redup setelah Piala Asia 2007.

Simak Video Alfred Riedl Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Usai Normalisasi Hubungan, Merek Piyama Israel Pemotretan di Uni Emirat Arab

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Model Israel May Tager keluar dari trailer saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. May Tager menjadi model Israel pertama yang pemotretan di Uni Emirat Arab usai kedua negara sepakat untuk menormalisasi hubungan bulan lalu. (AP Photo/Kamran Jebreili)
Model Israel May Tager keluar dari trailer saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. May Tager menjadi model Israel pertama yang pemotretan di Uni Emirat Arab usai kedua negara sepakat untuk menormalisasi hubungan bulan lalu. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager keluar dari trailer saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. May Tager menjadi model Israel pertama yang pemotretan di Uni Emirat Arab usai kedua negara sepakat untuk menormalisasi hubungan bulan lalu. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager berjalan di atas gurun pasir saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. May Tager berpose dengan piyama sederhana selama pemotretan di gurun pasir Uni Emirat Arab. (AP Photo/Kamran Jebreili)
Model Israel May Tager berjalan di atas gurun pasir saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. May Tager berpose dengan piyama sederhana selama pemotretan di gurun pasir Uni Emirat Arab. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager berjalan di atas gurun pasir saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. May Tager berpose dengan piyama sederhana selama pemotretan di gurun pasir Uni Emirat Arab. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager (kiri) bergandengan tangan dengan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Untuk menghormati bea cukai di UEA, merek pakaian dalam dan piyama Israel, Fix, hanya membuat model piyama. (AP Photo/Kamran Jebreili)
Model Israel May Tager (kiri) bergandengan tangan dengan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Untuk menghormati bea cukai di UEA, merek pakaian dalam dan piyama Israel, Fix, hanya membuat model piyama. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager (kiri) bergandengan tangan dengan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Untuk menghormati bea cukai di UEA, merek pakaian dalam dan piyama Israel, Fix, hanya membuat model piyama. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager (kiri) berpose dengan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Pengambilan gambar melibatkan model yang mengibarkan bendera Israel dan Uni Emirat Arab di gurun pasir Dubai. (AP Photo/Kamran Jebreili)
Model Israel May Tager (kiri) berpose dengan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Pengambilan gambar melibatkan model yang mengibarkan bendera Israel dan Uni Emirat Arab di gurun pasir Dubai. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager (kiri) berpose dengan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Pengambilan gambar melibatkan model yang mengibarkan bendera Israel dan Uni Emirat Arab di gurun pasir Dubai. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager (kiri) memegang bendera Israel dan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka memegang bendera Uni Emirat Arab saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Israel dan UEA menekankan manfaat ekonomi yang dapat dihasilkan normalisasi. (AP Photo/Kamran Jebreili)
Model Israel May Tager (kiri) memegang bendera Israel dan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka memegang bendera Uni Emirat Arab saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Israel dan UEA menekankan manfaat ekonomi yang dapat dihasilkan normalisasi. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Model Israel May Tager (kiri) memegang bendera Israel dan model Dubai asal Rusia Anastasia Bandarenka memegang bendera Uni Emirat Arab saat pemotretan di Dubai, Uni Emirat Arab, 8 September 2020. Israel dan UEA menekankan manfaat ekonomi yang dapat dihasilkan normalisasi. (AP Photo/Kamran Jebreili)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balon Kepala Daerah Blora Diperiksa 30 Dokter di RSUD Moewardi Solo

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Sebanyak 22 bakal calon (balon) kepala daerah di Jawa Tengah yang telah mendaftarkan Pilkada Serentak 2020 menjalani tes pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Moewardi Solo, Selasa (8/9/2020).

Ada enam balon kepala daerah yang berasal dari Kabupaten Blora. Yakni pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati. Yakni Umi Kulsum-Agus Sugianto, Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati, dan Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetia.

Menurut Ketua KPUD Blora, Muhammad Khamdun, tahapan tes pemeriksaan kesehatan itu wajib dilalui seluruh balon kepala daerah setelah mendaftarkan diri dan menyerahkan hasil test swab Covid-19 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Balon kepala daerah, kata dia, secara umum ada 3 hal yang akan diperiksa kesehatannya. Yakni kesehatan fisik, kesehatan rohani atau kejiwaan, dan bebas narkoba.

"Untuk itemnya banyak. Seperti fisik itu kan ada jantung, paru-paru, ginjal, Mata, telinga, mulut, dan lain sebagainya," sebut Khamdun kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Khamdun menjelaskan, ada 3 tim yang akan memeriksa balon kepala daerah di Jawa Tengah. Yang pertama, kata dia, IDI untuk kesehatan jasmani. Kemudian yang kedua, HIMPSI untuk kesehatan kejiwaan. Serta yang ketiga, BNN untuk bebas narkoba.

Menurutnya, terkait yang ditunjuk oleh pusat untuk memeriksa kesehatan para balon kepala daerah adalah tim kesehatan yang sudah direkomendasi di rumah sakit tipe A.

"Salah satunya rumah sakit tipe A itu RSUD dr Moewardi Solo," kata Khamdun.

 

Pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan

Dokter menggunakan APD memeriksa gigi pasien anak di klinik Medikids kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2020). Pelayanan dokter gigi dengan menggunakan APD lengkap  untuk memenuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 di era kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Dokter menggunakan APD memeriksa gigi pasien anak di klinik Medikids kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (7/7/2020). Pelayanan dokter gigi dengan menggunakan APD lengkap untuk memenuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 di era kenormalan baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengenai waktunya, tes pemeriksaan kesehatan para balon kepala daerah Kabupaten Blora dilaksanakan pada Selasa sampai besok sore, Rabu (9/9/2020).

"Semua balon kepala daerah kita (KPU) yang fasilitasi dan bukan biaya sendiri," katanya.

Agus Sugianto, salah satu balon kepala daerah di Kabupaten Blora saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui selularnya sekitar pukul 08.40 WIB menyebut, saat ini baru mulai test urine oleh BNN.

"Ada banyak, ini baru mulai urine BNN. Ada sekitar 40 item pemeriksaan," ungkap Agus.

Disinggung soal jumlah dokter yang memeriksa para balon kepala daerah, dia bilang, jumlahnya ada puluhan dokter.

"Ada sekitar 30 dokter," katanya.

Sebatas diketahui, 22 balon kepala daerah di Jawa Tengah yang melaksanakan tahapan tes pemeriksaan kesehatan pada hari ini sampai dengan besok.

Yakni dari Kota Solo dua pasang balon, dari Kabupaten Sukoharjo dua pasang balon, dari Kabupaten Wonogiri dua pasang balon, dari Kota Magelang dua pasang balon, dan dari Kabupaten Blora tiga pasang balon.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Klaster Keluarga Menambah Positif Covid-19 di Bekasi

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah warga yang terinfeksi covid-19 di Bekasi semakin meningkat. Peningkatan slah satunya berasal dari Klaster keluarga. 196 keluarga positif covid-19 atau sekitar 519 jiwa warga Bekasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Ciuman Park Min Young - Park Seo Joon di YouTube Tembus 220 Juta Penonton

Posted: 08 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan drama Whats Wrong with Secretary Kim yang dibintangi Park Min Young dan Park Seo Joon? Drama ini menyajikan banyak adegan romatis. 

Drama yang populer pada 2018 ini menceritakan tentang Lee Young Joon (Park Seo Joon) yang berperan sebagai pimpinan sebuah perusahaan. Ia adalah orang yang cerdas, tampan namun sombong.

Ia lalu jatuh cinta dengan Kim Mi So (Park Min Young), seorang sekretaris yang cantik dan sangat terampil. Perlahan benih cinta di antara keduanya tumbuh.

Ada banyak adegan ciuman antara Park Seo Joon dan park Min Young di serial ini. Bahkan, salah satu potongan adegannya menjadi viral belakangan ini. Yaitu, adegan ciuman yang terdapat dalam episode 13.

Ditonton 220 Juta Kali

[Foto: YouTube  tvN DRAMA]
[Foto: YouTube tvN DRAMA]

Sejak diunggah pada 18 Juli 2018 di kanal YouTube tvN Drama, adegan mesra berdurasi 2 menit empat detik ini telah ditonton oleh 220 juta kali pada Rabu (9/9/2020) siang. Tentu angka yang sangat fantastis.

Menurut SpoTVNews, sebelumnya video ini mendapat 100 juta penonton pada 9 Agustus 2020. Pada 7 September, tayangan tersebut ternyata telah melampaui 200 juta penonton.

Melonjak 100 Juta

Park Seo Joon - Park Min Young. (Soompi)
Park Seo Joon - Park Min Young. (Soompi)

Ini berarti, penonton video tersebut melonjak hingga 100 juta penonton dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Sementara itu, video ini juga disukai oleh 424 ribu pengguna dan dipenuhi oleh 14 ribu komentar.

Dilansir dari Soompi, sumber dari industri penyiaran mengatakan kepada SpoTVNews bahwa kebiasaan di rumah saja selama pandemi Covid-19 menumbuhkan kembali ketertarikan masyarakat terhadap drama terdahulu.

Popularitas Meningkat

Park Seo Joon  (Soompi)
Park Seo Joon (Soompi)

SpoTVNews juga mencatat bahwa popularitas Park Seo Joon juga meningkat di Jepang setelah ia membintangi serial Itaewon Class. Jadi, penggemarnya juga mungkin menyaksikan What's Wrong with Secretary Kim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panitia Tegaskan Tak Ada Larangan Gunakan Cadar di MTQ ke-37 Sumut

Posted: 08 Sep 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Tebing Tinggi Ketua Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Yusuf Rekso bersama Ketua Pelaksana, Palid Muda Harahap, menegaskan, tidak ada pelarangan dalam menggunakan cadar bagi peserta yang berpartisipasi.

Penegasan itu disampaikan terkait beredarnya rekaman gambar berdurasi 30 detik memperlihatkan seorang peserta lomba tafsir di MTQ ke-37 Sumut dipaksa membuka cadar atau didiskualifikasi. Sempat terjadi percakapan antara peserta nomor 2735 itu dengan seorang laki-laki yang diduga dewan hakim menggunakan bahasa Arab.

"Berkenaan dengan viralnya berita tentang penggunaan cadar di MTQ ke-37, di Tebing Tinggi, di sini kami tekankan pengenaan cadar dalam kegiatan musabaqah bukan sesuatu yang diharamkan. Itu dibenarkan," kata Yusuf, dalam konferensi pers, Selasa, 8 September 2020, di Lobi Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Tebing Tinggi.

Diungkapkan Yusuf, hanya saja ada beberapa pihak yang menyalahgunakan cadar untuk mengelabui peserta dengan menggunakan joki. Untuk mengantisipasi hal tersebut, para peserta diminta agar diperiksa sebelum tampil.

"Pelarangan cadar tidak ada, boleh saja. Tetapi diperiksa dulu, tentunya oleh dewan hakim wanita untuk disesuaikan dengan foto dalam berkas," ungkapnya.

Murni Kesalahpahaman

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumut telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan penyempurnaan.
Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumut telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan penyempurnaan.

Ketua Pelaksana MTQ ke-37 Sumut, Palid Muda Harahap, meluruskan peristiwa pendiskualifikasian yang terjadi pada seorang peserta memakai cadar asal Labuhanbatu Utara saat mengikuti perlombaan tafsir. Ditegaskan Palid, kejadian tersebut murni kesalahpahaman.

"Buka cadar sebagai antisipasi kecurangan diterapkan di nasional. Di Sumut kita sudah lakukan penyesuaian. Ketentuanannya, sebelum tampil diperiksa terlebih dahulu," sebutnya.

Pascakejadian tersebut, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumut telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan penyempurnaan, termasuk koordinasi dengan para dewan hakim. Langkah pencabutan diskualifikasi juga telah dilakukan, dan peserta diberi kesempatan jika berkenan untuk tampil kembali.

"Pada hari-hari berikutnya juga banyak yang tampil bercadar. Alhamdulillah tidak ada masalah. Miskomunikasi ini jadi pelajaran bersama bagi kita semua," Palid menerangkan.

Kebijakan Pusat

Ilustrasi cadar. (AP)
Ilustrasi cadar. (AP)

Ditambahkan Palid, adanya kebijakan melepas cadar oleh pusat adalah lantaran beberapa lomba seperti tilawatil quran mengharuskan juri untuk melihat gerak bibir dan pelafazan huruf.

"Tafsir sebenarnya tidak perlu melihat gerak bibir. Jadi kita di Sumut itu ada penyesuaian dan tidak ada larangan pakai cadar untuk tampil dengan pemeriksaan terlebih dahulu," jelasnya.

Video Viral

Ilustrasi Cadar (iStockPhoto)
Ilustrasi Cadar (iStockPhoto)

Sebelumnya, dalam rekaman gambar berdurasi 30 detik, terdengar suara menyebutkan, "Tolong dibuka cadarnya supaya tahu kita bacaannya. Sudah dibuat aturan secara nasional, kalau ndak mau buka langsung didiskualifikasi. Peraturan nasional, sudah ditetapkan sejak MTQ tahun lalu di Pontianak. Yang menggunakan cadar dibuka ketika dia membaca Al Quran. Setelah itu pakai, mau sampai ke mana saja pakai, terima kasih," kata suara tersebut.

Setelah diam sejenak, akhirnya peserta yang memakai cadar dan diketahui dari Kabupaten Labuhanbatu Utara tersebut memilih mundur. Video diketahui diunggah pada 7 September 2020, dan langsung viral di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Isi dari video tersebut menimbulkan berbagai reaksi dari para Netizen.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dahulu Termiskin, Sekapuk Gresik Kini Jadi Desa Miliarder Berkat Wisata

Posted: 08 Sep 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deklarasi Desa Sekapuk di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menjadi desa miliarder jadi buah bibir. Apalagi saat kepala desa yang nyentrik berkeliling menggunakan mobil operasional cukup mewah dan viral di media sosial.

Selama ini belum pernah ada kepala desa di Kabupaten Gresik naik mobil operasional setingkat Gubernur Jawa Timur. Pemerintah Desa Sekapuk juga membeli tiga mobil operasional lainnya, serta mobil ambulans standar Covid-19. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 7 September 2020.

Kelima mobil itu dibeli dari dana pemdes, hasil dari wisata, serta jual beli makanan ringan di stan yang ada di Desa Wisata Setigi Sekapuk.

Padahal tiga tahun lalu Desa Sekapuk tercatat sebagai desa termiskin dan tertinggal di Kabupaten Gresik, tetapi di tangan Kepala Desa Sekapuk yang baru, desa berpenduduk 6.000 jiwa ini bangkit dari keterpurukan di tengah serangan pandemi COVID-19 dan menjadi desa miliarder.

Pendapatan desa lebih dari Rp 4 miliar dicapai hanya dalam 2,5 tahun. Dana desa juga dipakai untuk membeli 56 unit sepeda listrik, yang dipakai anak-anak untuk sekolah. Terkait pengadaan mobil mewah untuk operasional, sang Kades menjelaskan alasannya.

"Terkait dengan mobil, kita bukan masalah mau dikatakan bergengsi atau berlebihan, tapi itu bagian dari apresiasi dan semangat sekaligus bentuk keseriusan, bahwasanya bisa kita dikatakan desa miliarder dengan kemampuan membayar pajaknya tentunya nanti ke depan mulai dari Pemdes dikasih Alphard, kemudian Bumdes Expander, PKK pakai Nissan matic, kemudian wisatanya double cabin, dan juga untuk fasilitas kesehatan berjalan, mobil ambulans Covid,"  ujar Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim.

Desa ini juga mempekerjakan sekitar 700 orang warganya yang tadinya pengangguran, Kepala Desa Sekapuk Gresik berharap para perangkat desa tak berpuas diri. Pencapaian fantastis ini terus dijadikan motivasi untuk mensejahterakan seluruh warga setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Korupsi di Waskita Karya Lewat Eks Dirkeu Danny Kustanto

Posted: 08 Sep 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan korupsi pengerjaan sub kontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya tahun anggaran 2009-2015.

Untuk mendalami kasus tersebut, tim penyidik KPK mengagendakan pemeriksaan mantan Direktur Keuangan (Dirkeu) PT Waskita Karya Danny Kustanto. Danny akan diperiksa untuk melengkapi berkas Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana (JS).

"Saksi Danny Kustanto akan diperiksa untuk tersangka JS," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

Selain Danny, KPK juga akan memeriksa saksi lainnya, yakni mantan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani. Desi dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan Kepala Divisi III/Sipil/II dan Direktur Operasional PT Waskita Karya.

Kemudian Wakanwil Waskita Jakarta Endar Triyono, Kabag Hukum Waskita Sudarmoyo, Kepala Produksi Benoa 2 Anugrianto, Staf Umum Div. Sipil Rachmad Sukoko, Staf Keuangan JORR W1 dan Cijago Mira Hilmia Kusumawati, dan Kanwil Riau dan Wakadiv Mokh. Sadali.

"Mereka semua akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka JS," kata Ali.

KPK menjerat mantan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani tersangka kasus dugaan korupsi pengerjaan sub kontraktor fiktif pada proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya tahun anggaran 2009-2015.

Selain Desi, KPK juga menjerat dua orang lainnya sebagai tersangka, yakni Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana, dan Wakil Kadiv II Waskita Karya Fakih Usman.

Desi Arryani ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya. Sedangkan Jarot Subana, ditetapkan tersangka dalam jabatannya sebagai Mantan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

Sementara Fakih Usman, ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai mantan Kepala Proyek dan Kepala Bagian Pengendalian pada Divisi III/Sipil/II PT Waskita Karya.

 

Korupsi 14 Proyek di Waskita Karya

Sebelumnya, KPK telah lebih dulu menetapkan mantan Kepala Divisi (Kadiv) II PT Waskita Karya, Fathor Rachman (FR) serta mantan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YAS) sebagai tersangka.

Para pejabat Waskita Karya tersebut diduga telah memperkaya diri sendiri, orang lain, ataupun korporasi, terkait proyek fiktif pada BUMN.

Sedikitnya, ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi oleh pejabat Waskita Karya. Proyek tersebut tersebar di Sumatera Utara, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.

Sehingga, saat ini total ada lima tersangka dalam perkara ini.

Atas perbuatannya, lima tersangka ini disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Beberkan 7 Temuan BPK Atas Laporan Keuangan APBN 2019

Posted: 08 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan laporan pertanggungjawaban Rancangan Undang-Undang tentang Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019 kepada Komite IV dan Tim Anggaran Komite Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya membeberkan beberapa tindak lanjut atas temuan signifikan yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BKP) terhadap laporan keuangan pemerintah tahun anggaran 2019. Kendati begitu, temuan-temuan tersebut tidak mempengaruhi kewajaran dari laporan keuangan BA 15 tahun 2019 yang menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Kita dari Kementerian Keuangan terus menyampaikan komitmen kepada BPK untuk menindaklanjuti berbagai rekomendasi yang disampaikan oleh BPK di dalam perbaikan pengelolaan keuangan BA 15 meskipun dia tidak mempengaruhi status WTP serta melakukan tindak lanjut dari rekomendasi tersebut," jelas dia dalam rapat kerja bersama dengan DPD RI membahas RUU Pelaksanaan APBN 2019 dan RAPBN 2021, di Jakarta, Rabu (9/9).

Temuan pertama yakni terkait penatausahaan piutang perpajakan. Pemerintah menindaklanjuti dengan telah memulai mengimplementasikan revenue accounting system (RAS). Kedua, terkait PMN pada PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri. Pemerintah juga telah menindaklanjuti dengan meminta kedua perusahaan tersebut merencanakan pemeriksaan LK tahun 2020 sehingga dapat mendukung penyajian investasi permanen pada LKPP 2020 secara andal.

Temuan lain BPK ketiga yakni mengenai penatausahaan aset KKKS. Atas temuan itu pemerintah akan menyempurnakan peraturan, kebijakan, SOP rekonsiliasi, serta pelaporan dalam rangka penatausahaan aset KKKS. Dari aspek teknologi informasi, pemerintah akan menyelesaikan interkoneksi sistem pelaporan aset eks KKKS, dan melanjutkan inventarisasi dan penilaian aset eks KKKS.

Keempat terkait dengan penatausahaan aset eks BLBI. Pemerintah melakukan tindak lanjut dengan melakukan penyelesaian atas sejumlah aset eks BLBI serta telah melakukan pengamanan fisik dan yuridis atas sejumlah aset properti.

Kelima, berkaitan dengan temuan pendanaan pengadaan tanah PSN. Atas temuan itu, pemerintah akan mencatat pendanaan pengadaan tanah PSN sebagai belanja modal pada Kementerian Lembaga terkait. Selanjutnya pada 2020, pemerintah juga mengatur mekanisme pencatatan ke belanja modal melalui Perpres Nomor 72 Tahun 2020 tentang perubahan atas Perpres Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian APBN TA 2020.

Selanjutnya temuan keenam yakni terkait dengan penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban belanja. Sebagai tindak lanjut pemerintah telah melakukan berbagai upaya antara lain meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran, serta mengoptimalkan peran APIP dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan anggaran.

Terakhir yakni terkait dengan temuan kewajiban atas program pensiun dan potensi Unfunded Past Service Liability pada PT Asabri. Di mana pemerintah menindaklanjuti dengan menyusun rencana penyelesaian ketentuan dan standar terkait penyajian kewajiban jangka panjang program pensiun, melakukan reviu dan penyesuaian atas penggunaan asumsi dan metode perhitungan aktuaria serta menyempurnakan akuntansi pemerintah pusat untuk pengungkapan nilai kewajiban jangka panjang pensiun.

"Pada akhirnya kualitas LKPP akan terus kita jaga akan semakin baik, agar informasi yang disajikan dalam LKPP semakin berdaya guna dalam mengambil kebijakan, bermanfaat lebih luas, serta mendukung pencapaian kesejahteraan masyarakat dan tujuan nasional," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani: Konsumsi, Investasi dan Ekspor Harus Tinggi Agar Ekonomi Tumbuh 0 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi menjadi perhatian pemerintah di samping penanganan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona. Untuk bisa mencapai pertumbuhan ekonomi mendekati 0 persen pada kuartal III 2020 maka konsumsi, investasi dan ekspor harus tinggi.

"Tantangan kalau ingin mendekati 0 maka konsumsi, investasi dan eskpor harus meningkat sangat tinggi," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, usai menghadiri rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Sri Mulyani mengatakan, dengan adanya sejumlah pembatasan aktivitas dan kegiatan serta kekhawatiran pertambahan jumlah pasien positif, pemerintah berhati-hati melakukan sejumlah kebijakan. Namun demikian, Kemenkeu memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal II bisa mencapai 0 hingga -2 persen.

"Dengan adanya pembatasan dan sekarang kekhawatiran terjadinya kenaikan jumlah positif tiap hari harus hati-hati. Dalam estimasi kami di kuartal II bisa mencapai antara 0 hingga -2 persen. Ini artinya kita masih membutuhkan, kalau kita lihat belanja pemerintah diakselerasi," paparnya.

Lebih lanjut, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, konsumsi masyarakat belum sepenuhnya bisa diandalkan untuk mendongkrak ekonomi di kuartal II. Sebab, jika dilihat pada April, Mei dan Juni aktivitas masyarakat sama sekali belum pulih.

"Kontraksi ekonomi kita waktu itu untuk April, Mei dan Juni yaitu kuartal II mengalami kontraksi 5,3 persen. Kontraksi itu disumbangkan oleh konsumsi yang turunnya mendekati 4,8 persen. Dan investasi turun mendekati 8 persen," katanya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Masyarakat Masih Ogah Belanja, Ekonomi Indonesia Bakal Minus 2 Persen

Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen pada September 2019 mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Posisi ini lebih rendah dari deflasi Agustus 2019 sebesar 0,68%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pedagang melayani pembeli di Pasar Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen pada September 2019 mengalami deflasi sebesar 0,27 persen. Posisi ini lebih rendah dari deflasi Agustus 2019 sebesar 0,68%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga kembali tumbuh negatif 2 persen. Kondisi ini terjadi akibat dampak buruk dari turunnya angka konsumsi masyarakat.

"Kita siap-siap bisa minus 2 persen akibat orang tidak mau membelanjakan uangnya," kata Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara dalam Webinar Indonesia Millenial Financial Summit Jakarta, Senin (7/9/2020).

Dampak lanjutan dari menurunnya pertumbuhan ekonomi ini akan berpengaruh pada menurunnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tahun 2020. Kontraksi ini juga bisa meningkatkan angka kemiskinan yang ada di Indonesia.

Tirta menyebut akan ada penambahan 4,86 juta orang miskin baru. Hal ini terjadi karena banyak pegawai yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) yakni sebanyak 5,23 juta.

"PDB kita akan terkontraksi, kemiskinan meningkat karena banyak pegawai yang di PHK dan angka pengangguran meningkat hingga 5,23 juta orang," kata Tirta.

Akibatnya, kata Tirta, mayoritas rumah tangga mengalami kesulitan keuangan. Setidaknya menurut data 87 persen pengusaha mengalami kesulitan keuangan dan 65 persen pekerja juga mengalami kesulitan keuangan dalam hal ini.

Sebanyak 22 persen pekerja kepala keluarga juga kehilangan mata pencaharian. Sehingga mereka menggunakan tabungan untuk bertahan hidup. 48 persen pengusaha sudah menggunakan uang tabungannya. Begitu juga dengan pekerja yang 45 persen memakai tabungannya untuk mempertahankan daya beli.

Tidak sedikit juga yang sudah menjual aset. Sebanyak 28 persen pengusaha telah menjual asetnya sedangkan pekerja sudah 15 persen menjual aset. Selain itu, 19 persen pengusaha dan 8 persen pekerja sudah menggadaikan aset yang dimiliki.

"Mereka ini sudah menggunakan uang tabungan, tapi ini kan ada batasnya. Kalau tabungan sudah habis itu biasanya menjual aset atau gadai aset," kata Tirta.

Cara lain yang digunakan masyarakat untuk bertahan hidup yakni dengan melakukan pinjaman kepada koperasi atau bank. Sebanyak 32 persen pengusaha dan 19 persen pekerja telah meminjam dana kepada koperasi. Begitu juga dengan pinjaman melalui perbankan. Masing-masing kelompok pengusaha dan pekerja sudah mengajukan pinjaman ke bank sebanyak 6 persen.

"Ada juga yang sudah mulai pinjam di koperasi dan pinjam ke bank," kata Tirta. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Covid-19 di Jakarta Mengkhawatirkan, Gugus Tugas Evaluasi PSBB Siang Ini

Posted: 08 Sep 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 akan menggelar rapat terkait evaluasi perkembangan kasus akibat infeksi virus Corona di Ibu Kota. Termasuk soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Terlebih, dalam seminggu terakhir, kondisi di Jakarta mengkhawatirkan. 

"Hari ini gugus tugas akan mengadakan rapat khusus mengevaluasi perkembangan terakhir kasus Covid-19 di Jakarta. Karena situasinya mengkhawatirkan dalam satu minggu terakhir," kata Anies di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020).

Dia menjelaskan persentase atau positivity rate Covid-19 di Jakarta dalam sepekan terakhir telah mencapai 13,2 persen. Sedangkan data kumulatif sejak awal pandemi sebesar 6,9 persen.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, hasil evaluasi terkait PSBB pandemi Covid-19 tersebut segera diumumkan kepada masyarakat.

"Nanti sore atau malam akan kita sampaikan hasilnya pada saat ini kita review semua kita rapatkan baru kita umumkan," ucap Anies Baswedan.

 

77 Persen Ruang Isolasi Terisi

Sementara itu, jumlah pasien positif Corona atau Covid-19 di Jakarta bertambah 1.015 kasus pada Selasa 8 September 2020. Dengan penambahan tersebut, jumlah akumulatif pasien Covid-19 di Ibu Kota mencapai 48.811 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan 36.451 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,7 persen.

"Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 11.030 orang yang masih dirawat atau isolasi," kata Dwi dalam keterangan pers.

Sedangkan berdasarkan data yang dipaparkan akun Instagram @dkijakarta, terjadi peningkatan persentase keterisian Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19.

Pada data hingga 6 September 2020, 77 persen dari 4.456 tempat tidur ruang isolasi di rumah sakit rujukan sudah terisi oleh pasien Covid-19.

Sedangkan 83 persen dari 483 tempat tidur ruang ICU di rumah sakit rujukan juga telah digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Aryani Fitriana Pakai Busana Serba Hitam, Auranya Kian Terpancar

Posted: 08 Sep 2020 09:45 PM PDT

Tampil dengan riasan tipis, artis yang pernah berperan di sinetron
Tampil dengan riasan tipis, artis yang pernah berperan di sinetron

Tampil dengan riasan tipis, artis yang pernah berperan di sinetron

Salah satu OOTD Aryani yang bisa jadi inspirasi para penggemarnya. Memadukan baju oversize serta celana model pegged pants berwarna gelap, dirinya tampil modis. (Liputan6.com/IG/aryanifitriana24)
Salah satu OOTD Aryani yang bisa jadi inspirasi para penggemarnya. Memadukan baju oversize serta celana model pegged pants berwarna gelap, dirinya tampil modis. (Liputan6.com/IG/aryanifitriana24)

Salah satu OOTD Aryani yang bisa jadi inspirasi para penggemarnya. Memadukan baju oversize serta celana model pegged pants berwarna gelap, dirinya tampil modis. (Liputan6.com/IG/aryanifitriana24)

Tak hanya bergaya santai, istri Donny Michael juga memancarkan auranya kala pakai gaun panjang dan hijab hitam serta makeup tebal. (Liputan6.com/IG/aryanifitriana24)
Tak hanya bergaya santai, istri Donny Michael juga memancarkan auranya kala pakai gaun panjang dan hijab hitam serta makeup tebal. (Liputan6.com/IG/aryanifitriana24)

Tak hanya bergaya santai, istri Donny Michael juga memancarkan auranya kala pakai gaun panjang dan hijab hitam serta makeup tebal. (Liputan6.com/IG/aryanifitriana24)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: 2019 jadi Tahun Paling Lemah bagi Pemulihan Ekonomi Global

Posted: 08 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 merupakan tahun yang paling lemah dalam pemulihan ekonomi global dibanding tahun 2008-2009.

"Seperti diketahui tahun 2019 telah ditutup dan dalam hal ini sudah dipertanggungjawabkan dalam proses perundangan merupakan tahun yang tidak mudah, sebetulnya tahun 2019 itu adalah tahun yang paling lemah dalam pemulihan ekonomi global sesudah global finance krisis tahun 2008-2009  kondisi pertumbuhan ekonomi terendah sejak tahun 2008-2009,"kata Sri dalam video conference Raker Komite IV DPD RI membahas RUU Pelaksanaan APBN 2019 dan RAPBN 2021, Rabu (9/9/2020).

Oleh karena itu, Pemerintah sebelumnya optimis tahun 2020 akan memasuki masa pemulihan dari kondisi terlemah tahun 2019, namun nyatanya tahun 2020 dihadapkan dengan ketidakpastian dampak pandemi covid-19.

Lanjutnya, ia memaparkan alasan yang menyebabkan tahun 2019 sebagai tahun terlemah pertumbuhan ekonominya, sebab yang terjadi di tahun 2019 adanya policy-policy yang dilakukan oleh negara dengan ekonomi terbesar di dunia yaitu Amerika Serikat.

 Mulai dari kebijakan moneter yang menaikkan suku bunga maupun kebijakan perdagangan nya yaitu, dalam hal meningkatkan tekanan kepada semua negara mitra dagang yang memiliki surplus terutama RRI, dan juga dari sisi kebijakan militer security-nya yang menciptakan eskalasi politik ketegangan di seluruh dunia.

 "Ini menimbulkan tekanan yang luar biasa beberapa negara mengalami pertumbuhan ekonomi, tentu dalam hal ini menciptakan juga imbasnya kepada perekonomian Indonesia yaitu dalam bentuk ekspor yang mengalami perlemahan karena global ekonomi yang mengalami pelemahan," jelas Sri Mulyani.

Namun dalam suasana ketidakpastian di tahun 2019, Sri mengatakan Indonesia masih bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang bertahan di atas 5 persen meskipun ini lebih rendah dari tahun 2018 yakni 5,17 persen.

"Tapi kita tetap bertahan di atas 5 persen dan dalam hal ini produk domestik bruto kita telah mencapai angka Rp 15.833,9 Triliun, meningkat dari tahun 2018 yang  Rp 14.838,3 triliun, inflasi juga tetap kita jaga pada level di bawah 3 persen yaitu 2,72 persen," ujarnya.

Kemudian tingkat pengangguran Indonesia mengalami penurunan di 5,28 persen, ini adalah tingkat pengangguran terendah dalam 5 tahun terakhir, lalu dari sisi indeks pembangunan manusia Indonesia mengalami peningkatan di 71, 92 dibanding tahun 2018 hanya 71,39.

Sementara untuk nilai tukar sendiri terjaga stabil di angka Rp 14.146 per USD, dan persentase penduduk miskin terus mengalami penurunan di angka 9,22 persen.

"Ini adalah angka persentase penduduk miskin terendah di dalam sejarah republik Indonesia itu sendiri, dan Sisi gini rasio juga mengalami perbaikan yaitu 0,380 (2019) dari 0,384 (2018),"pungkasnya.   

Resesi Bukan Berarti Ekonomi dalam Kondisi Sangat Buruk

Menteri Keuangan Sri Mulyani ditemani Dirjen Bea dan Cukai  Heru Pambudi (kiri) mengunjungi Pusat Logistik Berikat (PLB) Dunia Express, Sunter, Jakarta, Jumat (4/10/2019). Sebelumnya, Sri Mulyani mengaku mendapat keluhan Presiden Jokowi terkait banjir impor tekstil.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani ditemani Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi (kiri) mengunjungi Pusat Logistik Berikat (PLB) Dunia Express, Sunter, Jakarta, Jumat (4/10/2019). Sebelumnya, Sri Mulyani mengaku mendapat keluhan Presiden Jokowi terkait banjir impor tekstil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 sebesar 0 persen hingga -2 persen. Apabila nantinya ekonomi tercatat negatif maka secara teknik Indonesia masuk zona resesi. Meski demikian, hal ini bukan sesuatu yang sangat buruk.

"Kalau kita lihat aktivitas masyarakat sama sekali belum normal. Oleh karena itu, kalau secara teknik nanti kuartal III ada di zona negatif maka resesi itu terjadi. Namun itu tidak berarti bahwa kondisinya adalah sangat buruk," ujar Sri Mulyani usai rapat kerja dengan DPR, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Sri Mulyani melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih jauh lebih baik dibanding negara-negara lainnya yang mengalami kontraksi ekonomi hingga negatif 20 persen. Bahkan negara-negara tersebut sudah lebih dulu memasuki zona resesi dibandingkan dengan Indonesia.

"Karena kalau kita lihat, kontraksinya lebih kecil dan menunjukkan adanya pemulihan dibidang konsumsi, investasi melalui dukungan dan belanja pemerintah akselerasi cepat. Dan kita juga berharap ekspor sudah mulai baik, kita lihat satu bulan atau beberapa bulan terakhir terjadi kenaikan yang cukup baik," paparnya.

"Dibandingkan negara lain yang kontraksinya sangat dalam, kita sebetulnya dalam posisi yang relatif lebih baik karena kita di 5,3 persen itu dibandingkan dengan negara yang kontraksinya mencapai negatif 17 hingga negatif 20 persen, itu sangat dalam," sambungnya

Pemerintah tetap berupaya dengan segala cara untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi Virus Corona. Seluruh mesin pertumbuhan ekonomi seperti konsumsi, investasi dan ekspor terus didorong agar mampu mendongkrak ekonomi di kuartal III tahun ini.

"Jadi kita tetap berusaha, akselerasi seluruh belanja pemerintah dan program ekonomi akan terus dilaksanakan sehingga konsumsi masyarakat secara bertahap pulih dan investasi secara bertahap pulih. Ekspor juga mulai didorong. Maka mesin pertumbuhan di antara konsumsi, investasi dan ekspor dan pemerintah pertumbuhan kuartal III akan lebih baik," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inul Daratista Merasa Diabaikan, Nella Kharisma Beri Penjelasan

Posted: 08 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nella Kharisma baru saja mendapat teguran dari pedangdut senior, Inul Daratista. Nella Kharisma ditegur karena dianggap tidak menghargai Inul Daratista.

Inul Daratista beberapa kali mencoba menghubungi Nella Kharisma dengan berbagai cara. Namun semua pesan dari Inul Daratista diabaikan.

Sampai-sampai, Inul Daratista menuangkan unek-uneknya di kolom komentar unggahan Nella Kharisma.

"Ini bunda WA ga dibales. DM juga gak diangep. Taq di insta juga dilewatin. Pdhl bunda perlu banget mau kasih program baru bagus buat kamu ... kok ora di anggep seh wong ayu," tulis Inul Daratista di kolom komentar unggahan Nella Kharisma pada Selasa (8/9/2020).

Bikin Repot

Inul Daratista Merasa Tak Dianggap oleh Nella Kharisma. (instagram.com/nellakharisma)
Inul Daratista Merasa Tak Dianggap oleh Nella Kharisma. (instagram.com/nellakharisma)

Inul Daratista kemudian mempertanyakan mengapa ia diperlakukan seperti itu. Apakah karena pihak manajemen yang mempersulit atau Nella Kharisma sendiri yang tidak ingin membalasnya.

"Iki sing bikin repot managementmu opo awakmu seh nduk ????? Bunda sampe kemana2 ga dibales ... kok kyk irg ngemis klo mau hub kamu beda sm yg lainnya," sambung Inul Daratista.

 

Dua Komentar

Inul Daratista Merasa Tak Dianggap oleh Nella Kharisma. (instagram.com/berita_gosip)
Inul Daratista Merasa Tak Dianggap oleh Nella Kharisma. (instagram.com/berita_gosip)

Tak hanya satu, Inul Daratista bahkan meninggalkan dua komentar di unggahan Nella Kharisma itu. Di unggahan lain, Inul Daratista menyinggung soal artis daerah.

"Artis daerah kok rasa diva #managemene kok repot tenan arep di hub. (Rodonesuiki) sdh bbrp hari ora d bales koyok wong ngemis iki ... baru kali ini seorg inul daratista arep hub dr no HP bbrp, DM insta ga dibalas... kabeh," sambungnya.

 

Penjelasan Nella Kharisma

Dituding Tak Menganggap Inul Daratista, Nella Kharisma Beri Penjelasan. (instagram.com/nellakharisma)
Dituding Tak Menganggap Inul Daratista, Nella Kharisma Beri Penjelasan. (instagram.com/nellakharisma)

Komentar Inul Daratista pun menjadi perhatian warganet. Mereka beramai-ramai meminta Nella Kharisma untuk merespons Inul Daratista. Akhirnya, Nella Kharisma buka suara dengan membalas komentar istri Adam Suseno tersebut.

"Maaf bunda baru baca komen jenengan. Kalau untuk WA yang bawa kakak selaku manajemen dan untuk DM jarang kebuka karena ketutup DM yang lain bun. Saya cek di manajemen belum ada info bunda, ini nomor yang bisa langsung respon, mohon maaf sekali lagi bunda," tulis Nella Kharisma.

 

Tidak Menyimpulkan

Nella Kharisma. (Liputan6.com/IG/@nellakharisma)
Nella Kharisma. (Liputan6.com/IG/@nellakharisma)

Nella Kharisma kemudian meminta warganet untuk tidak asal mengambil kesimpulan,"Dan maaf untuk teman-teman netizen, saya harap tidak menyimpulkan sesuatu jika tidak tau duduk permasalahannya terima kasih," tutup Nella Kharisma.

Saat ini, unggahan Nella Kharisma yang terdapat komentar Inul Daratista itu sudah tidak ada lagi di Instagram-nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pertamina agar Bisa Untung di 2020

Posted: 08 Sep 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina memastikan berbagai langkah dilakukan agar kerugian yang terjadi pada semester I 2020 bisa dikompensasi dengan keuntungan usaha. Langkah tersebut, terkait perbaikan manajemen hingga strategi bisnis. 

Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Emma Sri Martini, menjelaskan kerugian perusahaan murni karena kinerja bisnis terganggu akibat pandemi Covid-19. Kini, perusahaan melakukan 9 langkah strategis.

Hasilnya, pada awal semester II 2020 kinerja Pertamina sudah menunjukkan hasil positif. "Beberapa langkah strategis terus dilakukan. Sejak Maret, kita sudah efisiensi capex dan opex. Kita sudah melakukan pemotongan yang membuat kita survive," ujar Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini.

Dia menyebutkan, ada 9 kebijakan agar Pertamina tidak semakin merugi. Kebijakannya, yakni pertama memotong capex dan opex setara dengan USD 4,7 miliar atau sekitar Rp 70 triliun. Opex 30 persen atau setara dengan USD 3 miliar, efisiensi capex sebesar 23 persen atau senilai USD 1,7 miliar.

Kedua, menjaga produksi minyak dan gas untuk menekan impor. Ketiga, optimalisasi program Pertamina loyalty dan diskon untuk meningkatkan pendapatan.

Keempat, Renegosiasi kontrak dengan mata uang asing untuk dibayar dengan rupiah juga dilakukan.Kelima, efisiensi konsumsi energi dengan mengganti penggunaan refinery fuel dengan natural gas/PLN.

"Keenam, Menurunkan integrated port time untuk menurunkan beban pokok penjualan. Ketujuh, transformasi digital untuk SPBU dan centeralised procurement," ujar Emma.

Langkah kedelapan, inventory build up dengan manajemen time to buy pada saat harga minyak rendah. Adapun yang terakhir, alias nomor Sembilan, Pertamina melakukan mitigasi risiko selisih kurs dan meningkatkan kinerja cash flow.

Pada periode Februari hingga Mei 2020 memang menjadi masa-masa terberat Pertamina dengan volume demand yang menurun tajam akibat pandemi covid-19.

Bahkan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penurunan demand di kota-kota besar mencapai lebih dari 50 persen.

 

Tren Positif

PT Pertamina (Persero) siapkan bantuan modal usaha melalui Program Kemitraan untuk bantu UMKM.
PT Pertamina (Persero) siapkan bantuan modal usaha melalui Program Kemitraan untuk bantu UMKM.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman sebelumnya menyampaikan memasuki semester kedua 2020, kinerja operasional secara keseluruhan menunjukkan tren positif.

Pada Juli 2020, Pertamina mencatat volume penjualan seluruh produk sebesar 6,9 juta kiloliter (KL) atau meningkat lima persen dibandingkan Juni 2020 yang 6,6 juta KL.

Adapun dari sisi nilai penjualan, pada Juli berada di kisaran USD3,2 miliar atau terjadi kenaikan sebesar sembilan persen dari bulan sebelumnya yang sebesar USD2,9 miliar.

Seiring pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru dan pergerakan perekonomian nasional, tren penjualan Pertamina pun mulai merangkak naik.

Dengan memperhatikan tren positif yang ada, Pertamina optimistis kinerja akan terus membaik sampai akhir 2020.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor Tutup Akses Jalan, Puluhan KK di Padang Pariaman Terisolasi

Posted: 08 Sep 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Padang Pariaman - Longsor yang menutup akses jalan, membuat 78 kepala keluarga di Kampung Data, Korong Kubu Alahan Panjang Kuranji, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat terisolasi. 

"Jalan dari Koto Bangko (pusat pemeritahan nagari) menuju daerah itu tidak dapat dilewati kendaraan baik roda empat maupun roda dua," kata Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Mayuni, Rabu (9/9/2020).

Mayuni mengatakan setidaknya tinggi material longsor yang menimbun jalan sekitar dua meter dan panjang 25 meter.

Melihat kondisi longsor tersebut, menurutnya pembersihan materialnya sulit dilakukan dengan cara manual atau tenaga manusia sehingga harus dengan alat berat.

Meskipun tidak ada korban jiwa akibat longsor itu namun puluhan KK terisolasi dan tidak ada jalur alternatif lain untuk menuju lokasi rumah warga di daerah tersebut.

"Warga di sana sebagian besar berprofesi sebagai petani, jalan ini juga merupakan akses satu-satunya untuk membawa hasil pertanian," katanya.

Ia berharap pihak terkait segera membantu membersihkan material longsor tersebut sehingga akses warga dapat kembali normal seperti biasa.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan dirinya telah memerintahkan anggotanya untuk meninjau lokasi dan menjalin komunikasi dengan pemerintah nagari setempat.

"Kami lihat dulu langkah apa yang bisa diambil untuk menangani hal ini," ujarnya.

Namun, lanjutnya pihaknya sekarang keterbatasan anggaran untuk menggunakan alat berat guna membersihkan material longsor.

"Sekarang dana untuk alat berat kosong. Dana di BPBD juga dipotong saat refocusing (efisiensi), padahal bencana banyak," ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung Sebut Jaksa Pinangki Gunakan Uang Suap untuk Gaya Hidup Mewah

Posted: 08 Sep 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) Febrie Adriansyah, mengungkapkan aliran uang suap Jaksa Pinangki Sirna Malasari dari Djoko Tjandra.

Menurut Febrie, uang muka suap pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) itu digunakan Jaksa Pinangki untuk gaya hidup mewah.

"Sisanya kan dikejar sama penyidik. Beli BMW, bayar biaya perawatan, sewa apartemen sebulan Rp 75 juta," ujar Febrie saat dikonfirmasi, Rabu (9/9/2020).

Febrie menyebut, urusan fatwa MA Djoko Tjandra tidak berjalan mulus sehingga Jaksa Pinangki hanya mengantongi uang mukanya sebesar USD 500 ribu atau senilai Rp 7,5 miliar.

"Jadi kalau fatwa hanya sebatas itu. Ketika diyakinkan Djoko Tjandra, bayar DP, ribut setelah itu, kemudian masuklah Anita (Kolopaking) untuk mengurus PK. Nah itu baru yang ditangani Bareskrim," jelas dia.

Sementara, penyidik kini masih mendalami aliran dana suap Jaksa Pinangki yang masuk dalam rekening adiknya. 

"Kalau mengenai aliran uang kita masih dalami kepastiannya," kata Febrie.

3 Tersangka

Gedung Kejaksaan Agung RI (Kejagung). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)
Gedung Kejaksaan Agung RI (Kejagung). (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Dalam kasus ini, Jampidsus Kejagung telah menetapkan tiga orang tersangka, yakni Pinangki Sirna Malasari, Djoko Tjandra, dan pengusaha sekaligus politikus Andi Irfan Jaya.

Namun hingga kini penyidik belum bisa memeriksa Andi Irfan setelah penangkapan dan dititipkan di Rutan KPK.

"Andi Irfan kan ditahan belum diperiksa juga, karena ada isolasi selama dua minggu ya," ucap Febrie menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Gandeng KPK Kawal Anggaran Bansos Covid-19

Posted: 08 Sep 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari Batubara mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengaku diterima oleh Ketua KPK Komjen Firli Bahuri, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron.

"(Pertemuan) ini dalam rangka memberikan update perkembangan terkait program perlindungan sosial, baik sifatnya reguler maupun yang sifatnya khusus. Jadi program bansos di saat pandemi ini," ujar Juliari di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020).

Juliari mengatakan, kementerian yang dia pimpin mendapatkan anggaran yang cukup banyak dibanding kementerian dan lembaga lainnya. Dia mengaku, menggandeng KPK agar bisa menyalurkan anggaran dengan tepat dan tidak berpotensi menyalahi aturan.

"Sesuai perintah Presiden, tentunya kami sangat ingin diberikan pendampingan dari semua teman-teman yang mengawal program pemerintah, tentu diantaranya KPK, kami tentu berharap KPK berikan teguran jika ada hal yang perlu kami perbaiki," kata Juliari.

KPK Siap Dampingi

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyatakan siap mendampingi Kemensos dalam menggunakan anggaran Covid-19. Lili mengatakan, melalui aplikasi Jaga Bansos, pihaknya sudah menerima banyak keluhan dari masyarakat terkait bantuan Covid-19.

"Dari Jaga Bansos sampai 4 september 2020 ada 1.074-an terkait bansos ini ternyata yang tertinggi di DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Ternyata dari 1.074 itu keluhan yang paling banyak itu hampir mencapai 500 keluhan tentang tidak terima bantuan tapi sudah melakukan pendaftaran," kata Lili.

Maka dari itu, Lili mengaku memberikan masukan kepada Kemensos agar menggandeng kementerian atau lembaga lain untuk memperbaharui data penerima bansos.

"Kami berikan masukan paling tidak tentang validasi data sangat penting, untuk jumlah penerima bantuan. Validasi data utama untuk menghindari atau minimalisir keluhan tersebut," kata Lili.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, Kesepakatan MU dan Jadon Sancho Sudah Dekat

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asisten pelatih Manchester United (MU) Mike Phelan memberikan petunjuk soal transfer Jadon Sancho di media sosial. Ia menyebut Setan Merah bisa mendekati kesepakatan perekrutan pemain tersebut.

Seperti diketahui, MU masih mencoba untuk mengontrak bintang Borussia Dortmund musim panas ini. United telah lama dikaitkan dengan kepindahan Sancho sepanjang musim panas ini.

Namun, tim Bundesliga itu bersikeras akan meminta 108 juta pounds untuk mendapatkan pemain Inggris itu.

Sejauh ini, Ole Gunnar Solskjaer hanya membuat satu rekrutan musim panas ini. Mereka mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam.

Asisten MU, Phelan, rupanya mengikuti Sancho di Instagram di tengah spekulasi transfer. Dan, ia menunjukkan bahwa kesepakatan sudah dekat.

Target Utama

Borussia Dortmund memposting foto Jadon Sancho yang tengah tersenyum untuk mengejek Manchester United (MU). Sancho adalah target utama MU di bursa transfer musim panas 2020. (foto: twitter.com/BlackYellow)
Borussia Dortmund memposting foto Jadon Sancho yang tengah tersenyum untuk mengejek Manchester United (MU). Sancho adalah target utama MU di bursa transfer musim panas 2020. (foto: twitter.com/BlackYellow)

Pakar transfer Sky Sports Dharmesh Sheth mengatakan bahwa Sancho tetap menjadi target transfer teratas Manchester United.

"Jika Anda menerima apa yang dikatakan Borussia Dortmund secara langsung - tidak ada kesepakatan. Mereka menetapkan tenggat waktu mereka sendiri dan mengatakan dia akan bertahan. Itu akhirnya, itu final," kata Sheth.

Masih Negoisasi

Gelandang Borussia Dortmund Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang SC Paderborn dalam lanjutan Bundesliga Jerman di Benteler Arena, Minggu (31/5/2020). Dortmund menang 6-1. (foto: Lars Baron/Pool via AP)
Gelandang Borussia Dortmund Jadon Sancho merayakan golnya ke gawang SC Paderborn dalam lanjutan Bundesliga Jerman di Benteler Arena, Minggu (31/5/2020). Dortmund menang 6-1. (foto: Lars Baron/Pool via AP)

"Saya tidak berpikir Man United merasa itu final. Mereka masih bernegosiasi dengan perwakilan Sancho tentang persyaratan pribadi dan biaya agen.

"Setelah mereka melakukan itu, mereka akan pergi ke Dortmund dengan tawaran dan mudah-mudahan melihatnya agitasi untuk pindah ke United.

Tak Kesal

Sementara itu, meski dikait-kaitkan dengan MU, Sancho tidak terlalu memperhatikan atau kesal atas pemberitaan tersebut.

"Tidak, media adalah media. Mereka akan selalu mencoba dan membuat cerita, tetapi begitulah cara Anda mengelolanya," kata Sancho kepada Sport Bible.

"Bagi saya, saya hanya fokus pada sepak bola saya. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik untuk tim saya dan memenangi gelar pada akhirnya," ucapnya menjawab rumor tentang MU.

Rekor Transfer

Jika MU berhasil mendatangkan Sancho ke Old Trafford, maka akan menjadi rekor transfer klub. Sebab, Dortmund mematok harga 120 juta euro atau sekitar Rp 2,1 triliun untuk aset berharga mereka itu.

"Kurasa rasanya menyenangkan menjadi begitu berharga, tapi sekali lagi, saya tidak terlalu melihatnya," ucap Sancho.

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Seru Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato Trekking Bareng

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki segudang jadwal syuting yang padat, para selebriti selalu meluangkan waktu untuk berlibur. Mulai dari mengunjungi tempat wisata, atau melakukan kegiatan asyik di luar rumah seperti trekking. Belakangan ini beberapa selebriti menghabiskan waktu mereka dengan melakukan kegiatan trekking. 

Trekking sendiri secara umum merupakan aksi menyusuri perjalanan panjang dan dilakukan dengan berjalan kaki. Seperti baru-baru ini yang dilakukan oleh Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato. Ketiga sahabat itu menikmati keindahan alam dengan melakukan trekking.

Tak hanya bertiga, mereka juga melakukan liburan pendek itu bersama rekan selebriti lainnya. Menyusuri hutan, goa hingga bertemu air terjun, menambah keseruan tersendiri bagi Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato. Melalui akun Instagramnya, trekking itu dilakukan di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Dalam perjalanannya, rombongan selebriti itu juga menyempatkan menikmati kesegaran air Curug Leuwi Asih Gunung Pancar. Berikut 7 momen seru Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato trekking bareng dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2020).

1. Momen seru para sahabat seleb ini melakukan kegiatan trekking di Bogor.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)

2. Melewati lintasan yang naik turun di hutan, menambah keseruan tersendiri.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)

3. Saat di perjalanan, Febby, Mila, Yuki Kato dan rekan selebriti lainnya tak lupa mengabadikan momen dengan berfoto bersama.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)

4. Meski perjalanan yang dilalui tak mudah, rombongan ini tampak begitu menikmati.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/jscmila)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/jscmila)

5. Sesekali Febby Rastanty juga berfoto saat menyusuri bebatuan yang indah.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)

6. Vidi Aldiano dan Pamela Bowie turut serta dalam trekking kali ini, mereka tampak menikmati sejuknya air yang mengalir.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/vidialdiano)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/vidialdiano)

7. Febby dan para sahabatnya berkunjung menikmati alam di Curug Leuwi Asih Gunung Pancar.

Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)
Febby Rastanty, Jessica Mila dan Yuki Kato (Sumber: Instagram/febbyrastanty)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Disebut Pakai Teknik Levitasi Akustik, Benarkah Lebah Tidak Bisa Terbang?

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik akun Facebook, Manuka Honey USA mengklaim kalau sebenarnya lebah tidak bisa terbang. Pemilik akun itu menyebut lebah memanfaatkan teknik levitasi akuistik.

Manuka Honey USA mengklaim lebah tidak bisa terbang lewat unggahannya pada 29 Mei lalu. Unggahannya itu sudah dibagikan hampir 100 kali oleh warga Facebook lainnya.

Begini narasi yang mengklaim lebah tidak bisa terbang:

"Lebah tidak terbang. Meskipun tampaknya memang demikian, apa yang sebenarnya terjadi adalah sesuatu yang disebut 'levitasi akustik'. Di dalam lebah ada rongga berlubang di sebelah laring.

Saat mereka mengepakkan sayap, mereka mulai beresonansi dengan energi di dalam rongga ini. Setelah resonansi itu cocok dengan 7,83Hz medan magnet Bumi, itu menjadi agen bebas yang dikelilingi dalam amplop elektromagnetik, memungkinkan pengangkatan."

Benarkah klaim yang menyebut lebah tidak bisa terbang dan memanfaatkan levitasi akuistik untuk terlihat terbang? Simak penelusuran faktanya di halaman berikut.

 

Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Untuk mengetahui faktanya, Tim Cek Fakta Liputan6.com mencari menggunakan mesin pencari, Google dengan kata kunci levitasi akuistik. Hasil penelusuran mengarahkan kepada penjelasan dari para ilmuan di Universitas Bristol Inggris.

Disebutkan di artikel Okezone pada 20 Mei 2016, levitasi akustik adalah metode untuk memegang benda, dalam hal ini partikel, di udara menggunakan tekanan radiasi akustik dari gelombang suara yang intens, sebuah cara memanipulasi objek tanpa menyentuh fisiknya.

Langkah selanjutnya, tim mencari dengan kata kunci: "Bumblebees do not fly" ke mesin pencari, Google. Hasil penelusuran mengarahkan ke artikel AFP berjudul: "Hoax circulates online that bumblebees use 'acoustic levitation' to fly". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 7 September 2020.

Dalam artikel tersebut, AFP mengambil penjelasan dari ahli biologi di Arizona State University (ASU) di Amerika Serikat. Para ahli memastikan kalau lebah terbang menggunakan sayap mereka.

"Sayap lebah tidak kaku, tapi berputar selama terbang. Sayap lebah membuat gerakan menyapu pendek dengan cepat ke depan dan belakang. Gerakan ini menciptakan daya angkat yang cukup untuk memungkinkan lebah terbang," kata para ahli di artikel ASU.

Kemudian, penelitian yang dilakukan pada 2005 di California University of Technology menyebut gerakan sayap lebah menciptakan fenomena aerodinamis yang disebut pusaran tepi terdepan. Ini menciptakan perbedaan tekanan yang memungkinkan hewan untuk terbang.

"Analisis kami terhadap aerodinamika lebah madu mengungkapkan bagaimana gerakan sayap lebah dengan amplitudo rendah yang cepat. Ini cukup untuk membuatnya terbang," bunyi penelitian itu.

Para peneliti juga menemukan adanya frekuensi kepakan sayap lebah kira-kira 230Hz, atau 230 siklus per menit. Ini jauh lebih besar dari yang diklaim di Facebook, 7,83 Hz.

 

Kesimpulan

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Informasi yang menyebut lebah tidak bisa terbang dan memanfaatkan metode levitasi akuistik untuk terlihat melayang di udara dalah salah. Faktanya, gerakan sayap lebah menciptakan fenomena aerodinamis yang disebut pusaran tepi terdepan. Ini menciptakan perbedaan tekanan yang memungkinkan hewan untuk terbang.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Harga dan Spesifikasi Moto G9 Plus

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Waktu peluncuran smartphone baru Motorola, Moto G9 Plus, belum diketahui. Namun, bocoran tentang spesifikasinya sudah beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Selasa (8/9/2020), bocoran mengenai Moto G9 Plus ini berasal dari operator seluler Slovakia, Orange Slovensko. Hal ini mengindikasikan smartphone tersebut akan segera diumumkan.

Orange Slovensko juga mencantumkan harga jual Moto G9 Plus. Namun, kemungkinkan informasi tersebut akan segera dihapus.

Berdasaran keterangan yang ada, Motorola Moto G9 Plus memiliki desain seperti Moto G8 Plus. Selain itu, smartphone tersebut diketahui memiliki layar berukuran 6,8 inci dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel.

Chipset yang digunakan belum diketahui. RAM yang dimiliknya 4GB dengan memori internal 128GB. Slot microSD juga tersedia untuk menambah ruang penyimpanan.

Spesifikasi Lain

Projector Mods, Insta-Share dari Motorola yang siap menemani pengguna menonton film layaknya layar lebar (Liputan6.com/Agustin Setyo W)
Projector Mods, Insta-Share dari Motorola yang siap menemani pengguna menonton film layaknya layar lebar (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Spesifikasi lainnya termasuk baterai 5000mAh, pemindai sidik jari di bagian samping, serta memiliki berat 223 gram.

Moto G9 Plus dilengkapi dengan total empat kamera. Kamera utama dengan resolusi 64MP.

Kamera lain diprediksi memiliki resolusi 2 atau 5MP untuk macro. Selain itu kemungkinan juga akan ada kamera ultra-wide.

Harga

Orange Slovensko mencantumkan harga Moto G9 Plus 235 euro untuk varian RAM 4GB dan memori internal 128GB.

Harga tersebut sudah mendapatkan potongan 20 euro. Sehingga harga jualnya kemungkinan 255 euro atau sekitar Rp 4 juta ketika meluncur nanti.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusias Pengunjung Pameran Perdagangan Jasa Internasional di Beijing

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Orang-orang mengunjungi area ekshibisi luar ruangan Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Xu Jinquan)
Orang-orang mengunjungi area ekshibisi luar ruangan Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Xu Jinquan)

Orang-orang mengunjungi area ekshibisi luar ruangan Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Xu Jinquan)

Orang-orang mengunjungi stan Huawei di area ekshibisi komprehensif Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Pan Siwei)
Orang-orang mengunjungi stan Huawei di area ekshibisi komprehensif Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Pan Siwei)

Orang-orang mengunjungi stan Huawei di area ekshibisi komprehensif Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Pan Siwei)

Orang-orang mengunjungi area ekshibisi Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Xing Guangli)
Orang-orang mengunjungi area ekshibisi Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Xing Guangli)

Orang-orang mengunjungi area ekshibisi Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Xing Guangli)

Orang-orang mengunjungi stan Tesla di area ekshibisi komprehensif Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Li Muzi)
Orang-orang mengunjungi stan Tesla di area ekshibisi komprehensif Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Li Muzi)

Orang-orang mengunjungi stan Tesla di area ekshibisi komprehensif Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS) 2020 di Beijing, ibu kota China, pada 8 September 2020. CIFTIS 2020 akan berakhir pada 9 September. (Xinhua/Li Muzi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Dapat Diskon 99 Persen Iuran BPJS Ketenagakerjaan? Simak Syaratnya

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberikan keringanan Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Iuran Jaminan Kematian (JKM) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Adapun keringanan iuran JKK dan JKM diberikan sebesar 99 persen, sehingga iuran menjadi satu persen.

Hal ini termaktub dalam Peraturan Pemerintah NO 49/2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non-Alam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Keringanan Iuran JKK diberikan sebesar 99 persen, sehingga Iuran JKK menjadi 1 persen) dari Iuran JKK," mengutip pasal 5 PP tersebut, Rabu (9/9/2020).

Sementara untuk keringanan iuran JKM, bagi peserta penerima upah sebesar 1 persen dikali 0,3 persen. Atau 0,003 persen per bulan. Dan bagi peserta bukan penerima upah, yakni sebesar 1 persen dikali Rp 6.800, atau Rp 68 per bulan.

Namun, tentu ada syarat yang harus dipenuhi peserta untuk mendapatkan keringanan ini. Merujuk Pasal 13 PP 49/2020, syarat untuk mendapatkan keringanan iuran JKK dan JKM yaitu telah melunasi Iuran JKK dan Iuran JKM sampai dengan bulan Juli 2020.

Sementara bagi peserta yang mendaftar setelah Juli 2020, syarat untuk mendapatkan keringanan iuran yakni harus membayar iuran JKK dan JKM pada 2 bulan pertama.

Nantinya, Peserta Penerima Upah dan Peserta Bukan Penerima Upah diberikan keringanan iuran mulai bulan ketiga kepesertaan sampai dengan berakhirnya jangka waktu keringanan iuran JKK dan JKM. "Kecuali iuran JKK dan iuran JKM bulan ketiga melewati jangka waktu keringanan iuran sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah ini," seperti dikutip dari PP tersebut.

Ketentuan ini berlaku bagi Pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu yang bekerja pada Pemberi Kerja sektor usaha jasa konstruksi. Dimana komponen Upahnya didasarkan atas Upah Pekerja, komponen Upah tercantum dan diketahui.

Sedangkan untuk komponen upah pekerja yang tidak diketahui atau tidak tercantum, Iuran dihitung dari nilai kontrak kerja konstruksi. Dalam hal ini, jika Pemberi Kerja telah mendaftarkan Pekerjanya sebelum bulan Agustus 2O2O, maka diberikan keringanan Iuran JKK dan Iuran JKM dengan membayar sebesar 1 persen dari sisa tagihan yang belum dibayarkan.

Jika Pemberi Kerja mendaftarkan Pekerjanya setelah bulan Juli 2020, maka Pemberi Kerja sektor usaha jasa konstruksi harus membayar Iuran JKK dan Iuran JKM untuk tahap pertama.

Selanjutnya, keringanan akan diberikan untuk Iuran JKK dan JKM tahap kedua dan tahap ketiga. "Kecuali pelunasan pembayaran Iuran JKK dan/atau Iuran JKM tahap kedua dan tahap ketiga melewati jangka waktu keringanan Iuran sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah ini," seperti dikutip dari pasal 14 (3).

 

Aturan Lengkap Keringanan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

BJPS Ketenagakerjaan.
BJPS Ketenagakerjaan.

Seiring dengan perkembangan kasus covid-19 di Indonesia, Pemerintah melakukan penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pemberi Kerja, Peserta Penerima Upah, dan Peserta Bukan Penerima Upah tertentu, selama bencana non alam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID- 19).

Penyesuaian Iuran ini termaktub dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2O2O tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19) yang diundangkan di Jakarta pada tanggal 1 September 2020.

Penyesuaian Iuran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa:

a. Kelonggaran batas waktu pembayaran Iuran JKK, Iuran JKM, Iuran JHT, dan Iuran JP setiap bulan;

b. Keringanan Iuran JKK dan Iuran JKM; dan

c. Penundaan pembayaran sebagian Iuran JP.

1. Kelonggaran Batas Waktu Pembayaran Iuran

Sebelumnya, batas waktu pembayaran Iuran JKK, Iuran JKM., Iuran JHT, dan Iuran JP setiap bulan, yaitu paling lambat tanggal 15 bulan.

Melalui PP 49/2020 ini, batas Waktu Pembayaran Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan paling lambat tanggal 30 bulan berikutnya dari bulan Iuran yang bersangkutan. Selanjutnya, apabila tanggal 30 jatuh pada hari libur, maka Iuran dibayarkan pada hari kerja sebelum tanggal 30. 

2. Keringanan Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Iuran Jaminan Kematian

Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS mencatat ada 19 juta tenaga kerja yang telah terdaftar dalam empat program di BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS mencatat ada 19 juta tenaga kerja yang telah terdaftar dalam empat program di BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Merujuk pada pasal 5, "Keringanan Iuran JKK diberikan sebesar 99 persen. Sehingga Iuran JKK menjadi 1 persen dari Iuran JKK sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2OL9 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian,"

Dengan begitu, pada pasal 6 dijelaskan mengenai Iuran JKK bagi Peserta Penerima Upah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. tingkat risiko sangat rendah, yaitu sebesar l persen dikali 0,24 persen dari Upah sebulan. Sehingga menjadi 0,0024 persen dari Upah sebulan;

b. tingkat risiko rendah, yaitu sebesar 1 persen dikali 0,54 persen dari Upah sebulan. Sehingga menjadi 0,0054 persen dari Upah sebulan;

c. tingkat risiko sedang, yaitu sebesar 1 persen dikali 0,89 persen dari upah sebulan. Sehingga menjadi 0.0089 persen dari Upah sebulan;

d. tingkat risiko tinggi, yaitu sebesar 1 persen dikali 1,27 persen dari Upah sebulan. Sehingga menjadi 0,0127 dari Upah sebulan; dan

e. tingkat risiko sangat tinggi, yaitu sebesar 1 persen dikali l,74 persen dari Upah sebulan. Sehingga menjadi 0,174 persen dari Upah sebulan.

Sementra, Iuran JKK bagi Peserta Bukan Penerima Upah yaitu sebesar l persen) dari Iuran nominal Peserta. "Dalam hal Iuran didasarkan atas Upah Pekerja, komponen Upah tercantum dan diketahui, maka besarnya Iuran JKK bagi Pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu yang bekerja pada Pemberi Kerja sektor usaha jasa konstruksi, Iuran ditetapkan sebesar 1 persen dikali 1,74 persen dari Upah sebulan sehingga menjadi 0,0174 persen dari Upah sebulan," bunyi Pasal 8 (1).

Selanjutnya, jika komponen Upah Pekerja tidak diketahui atau tidak tercantum, maka besarnya Iuran JKK dihitung berdasarkan nilai kontrak kerja konstruksi dengan ketentuan sebagai berikut:

a Pekerjaan konstruksi sampai dengan nilai kontrak Rp 100 juta, Iuran JKK sebesar 1 persen dikali 0,21 persen dari nilai kontrak. Sehingga menjadi 0,0021 persen dari nilai kontrak kerja konstruksi sampai dengan Rp 100 juta;

b Pekerjaan konstruksi dengan nilai kontrak di atas Rp 100 juta sampai dengan Rp 500 juta, Iuran JKK sebesar 1 persen dikali O,21 persen dari nilai kontrak (dari poin a), ditambah 1 persen dikali O,l7 persen. Sehingga menjadi 0,0021 persen ditambah 0,001l7 persen dari selisih nilai, yakni dari nilai kontrak kerja konstruksi setelah dikurangi Rp 100 juta;

c. Pekerjaan konstruksi dengan nilai kontrak di atas Rp 500 juta rupiah sampai dengan Rp 1 miliar, Iuran JKK sebesar 1 persen dikali 0,21 persen dari nilai kontrak (dari poin b) ditambah 1 persen, dikali O,13 persen. Sehingga menjadi sebesar 0,17 persen ditambah 0,0013 persen dari selisih nilai, yakni dari nilai kontrak kerja konstruksi setelah dikurangi Rp 500 juta;

d Pekerjaan konstruksi dengan nilai kontrak di atas Rp 1 miliar sampai dengan Rp 5 miliar, Iuran JKK sebesar 1 persen, dikali O,13 persen (dari poin c), ditambah l persen dikali O,ll persen. Sehingga menjadi 0,0013 persen ditambah 0,0011 persen dari selisih nilai, yakni dari nilai kontrak kerja konstruksi setelah dikurangi Rp 1 miliar; dan

e. Pekerjaan konstruksi dengan nilai kontrak di atas Rp 5 miliar, Iuran JKK sebesar l persen dikali O,ll persen (dari poin d) ditambah l persen) dikali O,O9 persen. Sehingga menjadi 0,0011 persen ditambah 0,0009 persen dari selisih nilai, yakni dari nilai kontrak kerja konstruksi setelah dikurangi Rp 5 miliar.

Keringanan Iuran JKM

Pekerja berjalan kaki saat jam pulang di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/2/2020). BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja berjalan kaki saat jam pulang di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/2/2020). BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun keringanan Iuran JKM diberikan sebesar 99 persen, sehingga Iuran JKM menjadi l persen dari Iuran JKM. Iuran JKM bagi Peserta Penerima Upah yaitu sebesar 1 persen) dikali 0,30 persen dari Upah sebulan. Sehingga menjadi 0,0030 persen) dari Upah sebulan.

Bagi Peserta Bukan Penerima Upah yaitu sebesar 1 persen (satu persen dikali Rp 6.800. Sehingga menjadi Rp 68 setiap bulan. Untuk Iuran yang didasarkan atas Upah Pekerja, komponen Upah tercantum dan diketahui, maka besarnya Iuran JKM bagi Pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja waktu tertentu yang bekerja pada Pemberi Kerja sektor usaha jasa konstruksi, Iuran ditetapkan sebesar l persen) dikali O,3O persen dari Upah sebulan. Ssehingga menjadi 0,0030 persen dari Upah sebulan.

Sementara untuk komponen Upah Pekerja yang tidak diketahui atau tidak tercantum, maka besarnya Iuran JKM dihitung berdasarkan nilai kontrak kerja konstruksi dengan ketentuan yang secara rinci dijelaskan pada pasal 12 (2).

Persyaratan Keringanan Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Iuran Jaminan Kematian. Merujuk pada pasal 13 (1), Pemberi Kerja, Peserta Penerima Upah, dan Peserta Bukan Penerima Upah yang mendaftar sebelum bulan Agustus 2O2O diberikan keringanan Iuran JKK dan Iuran JKM sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini setelah melunasi Iuran JKK dan Iuran JKM sampai dengan bulan Juli 2O2O.

Adapun Mekanisme pemberian keringanan Iuran JKK dan Iuran JKM diberikan secara langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan tanpa permohonan. Pemberian keringanan ini dilaksanakan melalui sistem kepesertaan yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

"Dalam hal Pemberi Kerja, Peserta Penerima Upah, dan Peserta Bukan Penerima Upah telah melunasi Iuran JKK dan Iuran JKM bulan Agustus 2O2O atau bulan berikutnya dan terdapat kelebihan maka kelebihan Iuran JKK dan Iuran JKM tersebut diperhitungkan untuk pembayaran Iuran JKK dan Iuran JKM berikutnya," bunyi pasal 16.

3. Penundaan Pembayaran Sebagian Iuran Jaminan Pensiun

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)
Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Merujuk pada pasal 17 (1), Pemberi Kerja wajib memungut Iuran JP dari Pekerja. Yaitu sebesar l persen dari Upah Pekerja dan membayarkan serta menyetorkan Iuran JP yang menjadi kewajiban Pemberi Kerja, yaitu sebesar 2 persen dari Upah Pekerja dan Iuran JP kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara, penundaan pembayaran sebagian Iuran diberikan kepada Pemberi Kerja dan Pekerja skala usaha menengah dan besar yang memenuhi syarat sebagai berikut:

a. kegiatan produksi, distribusi, atau kegiatan utama usahanya terganggu akibat bencana non alam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Sehingga berdampak pada penurunan omset penjualan/ pendapatan bulanan sebesar lebih dari 30 persen, yang data penurunannya disampaikan per bulan sejak bulan Februari 2O2O dengan surat pernyataan dari pimpinan tertinggi Pemberi Kerja secara itikad baik; dan

b. Pemberi Kerja dengan ketentuan:

1. telah mendaftarkan Pekerjanya sebagai Peserta sebelum bulan Agustus 2O2O harus melunasi Iuran JP sampai dengan bulan Juli 2O2O; atau

2. baru mendaftarkan Pekerjanya sebagai Peserta setelah bulan Juli 2020 harus membayar sebagian Iuran.

Kemudian, Penundaan untuk usaha Mikro dan Kecil diberikan kepada Pemberi Kerja dan Pekerja skala usaha mikro dan kecil yang telah mendaftarkan Pekerjanya sebagai Peserta sebelum bulan Agustus 2O2O harus melunasi Iuran JP sampai dengan bulan Juli 2O2O. Atau baru mendaftarkan Pekerjanya sebagai Peserta setelah bulan Juli 2O2O harus membayar sebagian Iuran. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilu Balita Penyintas Banjir Bandang Lutra yang Koma Karena Tertimpa Gorong-Gorong di Pengungsian

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Luwu Utara - Ahmad Gibran kini hanya bisa terbaring lemah di Rumah Sakit Sawerigading Palopo, Sulawesi Selatan. Berbagai macam peralatan medis terpasang di hidung dan tubuh bocah berusia 4 tahun yang hingga kini belum sadarkan diri itu. 

Ahmad Gibran adalah penyintas banjir bandang yang menerjang desanya beberapa wakut lalu. Ahmad bersama keluarganya sempat mengungsi di salah satu penampungan di Desa Radda, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara. 

Selama masa pengungsian, Ahmad sebenarnya baik-baik saja, ia terlihat bahagia bermain bersama anak-anak penyintas lainnya. Nahas menimpa ketika ia bermain di sebuah gorong-gorong yang berada di sekitar pengungsian, gorong-gorong tersebut tiba-tiba pecah dan menimpa tubuh mungil Ahmad Gibran. 

"Kejadiannya Sabtu yang lalu, tanggal 5 September 2020. Itu gorong-gorong rencananya untuk dibuat WC umum untuk pengungsi yang ada di sana," kata Suci Cahyani, ibunda Ahmad Gubran, kepada Liputan6.com, Rabu (9/9/2020). 

Suci tak mengetahui persis mengapa gorong-gorong tersebut bisa pecah dan menimpa anaknya. Yang jelas, kata dia, akibat kejadian itu tengkorak anaknya itu pecah dan harus menjalani operasi. 

"Kemarin operasi bedah, tengkoraknya pecah. Anak saya juga menderita luka dalam," ucapnya.

Sejak tertimpa pecahan gorong-gorong berukuran besar itu, Ahmad Gibran belum sadarkan diri hingga kini. Suci menyebutkan anak laki-lakinya itu bahkan tidak merespon apapun yang diberikan kepadanya. 

"Hanya matanya yang sedikit terbuka, tapi belum sadar, masih koma," ucap dia.

Nur Annisa, salah seorang warga Masamba, Kabupaten Luwu Utara kemudan berinisiatif untuk menggalang dana demi bisa membantu Ahmad Gibran dan keluarganya. Pasalnya seluruh harta benda orangtua Ahmad Gibran telah hanyut terbawa banjir bandang beberapa waktu lalu. 

"Bagi para dermawan yang mau membantu Ahmad Gibran, bisa langsung menyalurkannya ke Rekening BRI 499601021601535 atas nama Suci Cahyani. Atau silahkan konfirmasi juga ke nomor WhatsApp-nya langsung 085242485753," tulis Nur Annisa di Facebook miliknya. 

 

Dinsos Luwu Utara Turun Tangan

Dinsos Lutra beri bantuan untuk Ahmad Gibran (Istimewa)
Dinsos Lutra beri bantuan untuk Ahmad Gibran (Istimewa)

Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yang mengetahui kabar tentang apa yang dialami oleh Ahmad Gibran pun langsung turun tangan memebantu bocah tersebut. 

Kepala Dinas Sosial Luwu Utara, Besse Andi Pabeangi membawa sejumlah bantuan untuk diserahkan kepada kedua orangtua Ahmad Gibran. Besse berjaji akan segera menerbitkan BPJS Penerima Bantuan Iuran untuk Ahmad Gibran. 

"Kita upayakan segera terbit BPJS/PBI APBD Gibran, agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis," ucapnya singkat. 

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tim Rajawali Polres Jaktim Tangkap Pemuda Membawa Sabu

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 2 pemuda yang tengah berboncengan motor ditangkap Tim Rajawali Polres Timur. Polisi menemukan bungkusan sabu di dalam tas mereka. Polisi segera menggelandang keduanya ke POlres Mero Jaktim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dul Jaelani Beri Pesan ke Tiara Andini dan Amanda Caesa, Singgung soal Mahluk Terindah yang Diciptakan Tuhan

Posted: 08 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Darah bermusik mengalir kental dalam tubuh Dul Jaelani. Wajar saja, Dul Jaelani terlahir dari pasangan musisi besar di Indonesia yaitu Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

Seiring berjalannya waktu, Dul Jaelani semakin piawai dalam membuat lagu dan menuliskan bait-bait lirik. Selain mewarisi bakat dari orang tuanya, ada hal lain yang menginspirasinya dalam bermusik.

Salah satunya adalah dari wanita-wanita yang pernah hadir dalam kehidupan Dul Jaelani. Untuk itu, Dul Jaelani mengucapkan terima kasih kepada para wanita tersebut, termasuk Tiara Andini dan Amanda Caesa.

 

Inspirasi

Amanda Caesa dan Dul Jaelani (Sumber: YouTube/Amanda Caesa)
Amanda Caesa dan Dul Jaelani (Sumber: YouTube/Amanda Caesa)

Selain untuk Tiara Andini, Dul Jaelani juga sudah membuatkan lagu khusus untuk Amanda Caesa. Hanya saja, lagu tersebut belum dirilisnya.

"Aku berterima kasih banyak pada semua wanita yang sudah mampir dalam hidupku dan itu bisa jadi inspirasi untuk buat lagu. Terima kasih kepada Tiara (Andini), akhirnya aku bisa buat lagu Tiara. Terima kasih buat Amanda (Caesa), aku juga udah buat lagu Amanda, cuma belum aku rilis aja," kata Dul Jaelani saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (8/9/2020).

 

 

Mencintai atau Menyakiti

Dul Jaelani. (Foto: Instagram @duljaelani)
Dul Jaelani. (Foto: Instagram @duljaelani)

Dul Jaelani kerap membuat lagu dari pengalaman-pengalaman pribadinya. Terlepas dari pengalaman baik atau pengalaman buruk, Dul Jaelani tetap berterima kasih kepada perempuan-perempuan itu.

"Terima kasih untuk semua wanita yang pernah mencintaiku atau menyakiti hatiku," sambung Dul Jaelani.

 

Makhluk Terindah

(Daniel Kampua/Fimela.com)
(Daniel Kampua/Fimela.com)

Dul Jelani menyadari bahwa kehadiran sosok perempuan menjadi begitu penting bagi kehidupan. Bahkan, Dul Jaelani menyebut perempuan sebagai sosok paling indah yang diciptakan Tuhan.

"Perempuan memang mahluk terindah yang pernah diciptakan Tuhan dan semesta," tutup Dul Jaelani.

vidio:Penampilan Dul Jaelani Bersama Dewa 19 di Malaysia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Relawan Jatuh Sakit, Uji Coba Vaksin Virus COVID-19 dari Oxford Dihentikan Sementara

Posted: 08 Sep 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uji klinis terakhir untuk vaksin Virus Corona COVID-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford telah ditunda, setelah seorang peserta mengalami reaksi negatif di Inggris.

AstraZeneca menggambarkannya sebagai jeda "rutin" dalam kasus "penyakit yang tidak dapat dijelaskan". Demikian seperti mengutip laman BBC, Rabu (9/9/2020). 

Vaksin AstraZeneca-Oxford University dipandang sebagai pesaing kuat di antara lusinan vaksin yang sedang dikembangkan secara global.

Semua situs uji coba internasional telah ditunda sementara penyelidikan independen meninjau data keamanan sebelum regulator memutuskan apakah uji coba dapat dimulai kembali.

"Dalam uji coba besar, penyakit akan terjadi secara kebetulan tetapi harus ditinjau secara independen untuk memeriksanya dengan hati-hati," kata juru bicara Universitas Oxford.

Ini adalah kedua kalinya uji coba vaksin virus corona Oxford ditunda. Peristiwa semacam itu rutin dalam uji coba besar, dan terjadi setiap kali sukarelawan dirawat di rumah sakit ketika penyebab penyakit mereka tidak segera terlihat.

Jadi Harapan

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Harapan tinggi bahwa vaksin tersebut mungkin menjadi salah satu yang pertama datang di pasar, setelah pengujian tahap 1 dan 2 yang berhasil.

Perpindahannya ke pengujian Fase 3 dalam beberapa pekan terakhir telah melibatkan sekitar 30.000 peserta di AS serta di Inggris, Brasil, dan Afrika Selatan. Uji coba fase 3 dalam vaksin seringkali melibatkan ribuan peserta dan dapat berlangsung selama beberapa tahun.

Infografis Vaksin Virus Corona COVID-19

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegawai Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung Lakukan Medical Check Up dan Rapid Test

Posted: 08 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 20 orang pegawai di Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung melakukan Pemeriksaan Medical Check Up (MCU) dan Rapid Test yang diselenggarakan Jumat (04/09). Kegiatan pemeriksaan melibatkan Laboratorium Pramitha Bandung ini dilakukan dua tahap, yaitu hematologi lengkap, urine lengkap, asam urat, thorax, glukosa hingga ANTI SARS-Cov-2. Tahap berikutnya dilaksanakan pada tanggal 8 September yang meliputi pemeriksaan fisik umum.

Plt. Direktur PEP Bandung, Wahid Sugiman mengatakan, "Program Kesehatan ini selain sebagai kegiatan acara Dies Natalis PEP Bandung ke 1, juga bertujuan untuk mengetahui status kesehatan pegawai dan upaya mendeteksi penyakit sejak dini serta pemeriksaan berkala sebagai penanganan covid -19 yang masih ada hingga saat ini.

Dalam masa pandemi ini, PEP Bandung tetap berupaya untuk terus menerapkan protokol kesehatan dimulai dari selalu menggunakan masker, hingga saat proses pemeriksaan kesehatan tetap dengan menjaga jarak aman. Diharapkan dengan adanya kegiatan medical check up bagi pegawai PEP bandung ini, dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan produktivitas serta kinerja pegawai sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Akan Permanenkan Jalur Sepeda Jalan Sudirman hingga Bundaran HI

Posted: 08 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan, jalur sepeda sementara di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dipermanenkan. Hal tersebut guna persiapan pengendalian transportasi di Ibu Kota ketika pandemi virus Corona atau Covid-19 berakhir.

"Kami rencanakan mulai tahun ini untuk jalur sepeda sementara mulai dari Sudirman sampai Bundaran HI akan kita permanenkan. Sekarang masih tahap persiapan untuk pelaksanaannya," kata Syafrin saat diskusi virtual di YouTube BPSDM DKI Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Syafrin mengatakan, pembatas jalur sepeda yang ada saat ini masih menggunakan cone. Nantinya, jalur sepeda permanen akan ada fasilitas pendukung untuk keselamatan warga.

Dia berharap, jalur sepeda tersebut dapat meningkatkan pergerakan masyarakat yang menggunakan sepeda.

"Ini menjadi pembatas fisik sehingga aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pesepeda di jalur ini terjamin," ucap Syafrin.

 

Kasus Covid-19 di Jakarta

Seorang wanita saat mengkampanyekan Gerakan Masker Nasional
Seorang wanita saat mengkampanyekan Gerakan Masker Nasional

Sementara itu, jumlah pasien positif Corona atau Covid-19 di Jakarta bertambah 1.015 kasus pada Selasa (8/9/2020). Dengan penambahan tersebut jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 sebanyak 48.811 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan, 36.451 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,7 persen.

"Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta sampai saat ini sebanyak 11.030 orang yang masih dirawat atau isolasi," kata Dwi dalam keterangan pers.

Sedangkan berdasarkan data yang dipaparkan akun Instagram @dkijakarta, terjadi peningkatan persentase keterisian Rumah Sakit (RS) rujukan Covid-19.

Dalam data hingga 6 September 2020, 77 persen dari 4.456 tempat tidur ruang isolasi di rumah sakit rujukan sudah terisi oleh pasien Covid-19.

Sedangkan 83 persen dari 483 tempat tidur ruang ICU di rumah sakit rujukan juga telah digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nora Alexandra Pajang Video Permintaan Maaf dari Warganet yang Menghinanya dan Mengancam Jerinx SID

Posted: 08 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istri Jerinx SID, Nora Alexandra, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari warganet. Kali ini seorang warganet dengan akun @aldii_201 diketahui telah menghina Nora Alexandra.

Tak hanya menghina, warganet tersebut juga mengancam Jerinx SID. Rupanya, tak butuh waktu lama bagi Nora Alexandra untuk membuat pelaku menyesal.

Pelaku penghinaan terhadap istri Jerinx SID itu kemudian membuat video permintaan maaf kepada Nora Alexandra dan semua pihak yang tidak terima. Video tersebut diunggah di Instagram Nora Alexandra pada Selasa (8/9/2020).

"Saya mendapat DM dari salah satu netizen yg DMan dengan @aldii_201. Hi @aldii_201 terima kasih perkataan dan penilaian mengenai wajah saya yg anda lihat seperti maaf pe**k / ja***y," tulis Nora Alexandra menyertai unggahan tersebut.

 

Kurang Berkenan

Jerinx dan Nora Alexandra (Sumber:Instagram/ncdpapl)
Jerinx dan Nora Alexandra (Sumber:Instagram/ncdpapl)

Nora Alexandra sangat tidak terima dengan perilaku warganet tersebut, yang berharap Jerinx SID terbunuh di penjara.

"disini yg saya kurang berkenan adalah anda berharap suami saya terbunuh di penjara, apakah anda tahu saya sudah menderita suami saya di tahan lalu apakah pantas anda juga ingin suami saya terbunuh di penjara?" sambung Nora Alexandra.

 

Melindungi

Selalu Menemani, Ini 6 Potret Setia Nora Alexandra dengan Jerinx SID (sumber: Instagram.com/ncdpapl)
Selalu Menemani, Ini 6 Potret Setia Nora Alexandra dengan Jerinx SID (sumber: Instagram.com/ncdpapl)

Beruntung, Nora Alexandra dibantu oleh followersnya yang turut mencari akun pelaku, "semoga anda tidak pernah merasakan sengsara & derita! Tak butuh waktu lama, karena mata2 / followers saya ada dmn2 untuk melindungi saya dari ancaman / kata2 FITNAH. Terima kasih semoga selalu sehat ya @aldii_201," tutup Nora Alexandra.

 

Alasan

Jerinx SID dan Nora Alexandra. (instagram.com/ncdpapl)
Jerinx SID dan Nora Alexandra. (instagram.com/ncdpapl)

Di kolom komentar, banyak yang mempertanyakan Nora Alexandra yang masih menanggapi hal seperti ini. Namun, Nora Alexandra memiliki alasan lain tersendiri.

"@ifung_dicky wajar sebab dia mau suami saya terbunuh dipenjara sakit hati saya. sudah mengusik kata " Terbunuh dipenjara buat suami Nora itu sudah gak pantas kak," kata Nora Alexandra menjawab seorang warganet.

"@marconironny ancaman juga bro dia blg mau lihat suami saya terbunuh di penjara," jawab Nora Alexandra kepada warganet lainnya.

Bukti

7 Potret Prewedding Jerinx SID dan Nora Alexandra, Mesra di Pantai (sumber: Instagram.com/bootesphotography)
7 Potret Prewedding Jerinx SID dan Nora Alexandra, Mesra di Pantai (sumber: Instagram.com/bootesphotography)

Selain video permintaan maaf, Nora Alexandra juga mengunggah potret tangkapan layar berisikan pesan dari pelaku dengan salah seorang follower Nora Alexandra. Di foto tersebut, terdapat bukti penghinaan yang dilakukan pelaku. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Gagal Paham, Kenormalan Baru dengan Protokol Kesehatan Setengah Hati

Posted: 08 Sep 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keberlangsungan perekonomian bukan berarti menanggalkan hak atas kesehatan bagi para pekerja. Sangat penting bagi pemerintah dan kalangan bisnis untuk merujuk protokol kesehatan dengan ketat demi memastikan keamanan dan kesehatan masyarakat.

"Saat ini, ada fenomena yang gagal dipahami berkaitan dengan hak atas kesehatan lebih jauh lagi seperti hak hidup warga negara Indonesia, yakni potensi penyebaran virus Covid-19 di sejumlah perusahaan," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/9/2020).

Pernyataan tersebut menyikapi merebaknya klaster-klaster penyebaran Covid-19 di sejumlah perusahaan di Tanah Air.

Menurut Lestari, dalam kondisi kenormalan baru yang dicanangkan pemerintah saat pandemi Covid-19, kebanyakan terbawa pada narasi pemulihan ekonomi. Perusahaan sebagai aktor kapital yang dianggap penting bagi pemulihan ekonomi diberikan berbagai bantuan.

Dalam pelaksanaan aktivitas di sejumlah pabrik, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, peningkatan aktivitas ekonomi malah berdampak penyebaran virus korona di lingkungan tersebut.

Sebagai contoh, Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, mengumumkan penambahan 205 kasus baru Covid-19, pada Rabu, 8 Juli 2020 yang lalu. Ketika itu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyebut terdapat lonjakan kasus di wilayahnya yang berasal dari klaster perusahaan mencapai 33 persen.

Demikian juga di Bekasi, Jawa Barat, yang juga memiliki kawasan industri. Pada awal Juli 2020 terjadi penambahan 36 orang positif terinfeksi Covid-19 dari hasil test swab terhadap 265 karyawan pabrik. Penyebaran Covid-19 ini pun terus berlanjut ke beberapa pabrik di Bekasi, Jawa Barat.

Kondisi tersebut, menurut Legislator Partai NasDem itu, menjadi bukti bahwa pekerja berada dalam situasi yang rentan, dan kerentanan itu meningkat saat pelonggaran PSBB dilaksanakan di beberapa daerah.

Protokol Kesehatan Setengah-Setengah

Menurut Rerie, penyebaran Covid-19 signifikan yang terjadi di tengah pekerja, terutama yang harus menjalankan operasional pabrik, karena implementasi protokol kesehatan yang setengah-setengah dan pemantauan yang kurang menyeluruh.

Menyikapi hal tersebut, menurut Wakil Ketua MPR RI bidang penyerapan aspirasi masyarakat itu, kesehatan, dan keselamatan para pekerja di masa pandemi Covid-19 harus menjadi fokus utama.

Dalam konteks ini, jelas Rerie, pemerintah perlu menetapkan standar keselamatan dan kesehatan kerja yang lebih tinggi sejalan dengan peningkatan risiko tersebut. Realisasi standar keselamatan tersebut, menurut dia, bisa dalam bentuk mengatur jam malam, isolasi yang ketat, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan hanya mengizinkan perjalanan penting.

"Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama dengan Kementerian yang berwenang dalam bidang ekonomi sebaiknya melakukan pemantauan yang menyeluruh dan memberikan sanksi yang tegas bagi setiap sektor Industri yang melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi PT INTI, Banyak Utang dan Rugi Rp 397,7 Miliar

Posted: 08 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT INTI (Persero) menjadi salah satu BUMN yang tengah menjadi sorotan. Hal ini lantaran perusahaan plat merah ini tak membayar gaji sejumlah karyawannya hampir satu tahun. Tepatnya, terakhir perusahaan menggaji karyawan yaitu Februari 2020.

Pada 2020 ini, PT INTI sebenarnya mendapat beberapa proyek. Yang terbaru, PT INTI menjalin kerja sama dengan PT PP Infrastruktur (PT PP (Persero) Tbk. Group) terkait investasi infrastruktur. Sayangnya proyek ini belum cukup untuk menutup beban perusahaan.

Dikutip Liputan6.com dari laporan keuangan PT INTI 2019, Rabu (9/9/2020), perusahaan teknologi yang bermarkas di Bandung ini memiliki jumlah utang yang tidak sedikit. Total liabilitas PT INTI mencapai Rp 1,6 triliun. Dimana terdiri dari liabilitas jangka pendek Rp 818 miliar dan jangka panjang Rp 843,8 miliar. Liabilitas ini meningkat jika dibandingkan tahun 2018 yang sebesar Rp 1,4 triliun.

Utang ini untuk liabilitas jangka pendek, utang paling banyak dari utang usaha yang terdiri dari utang pihak ketiga Rp 209,9 miliar dan pihak berelasi Rp 217,8 miliar. Sementara untuk liabilitas jangka panjang, utang paling banyak dari pihak bank yang mencapai Rp 718,7 miliar.

Sementara di sisi lain, kinerja PT INTI juga tidak untung. Pendapatan perseoran tahun lalu mengalami penurunan. Jika 2018 pendapatan sebesar Rp 649,7 miliar, maka di 2019 hanya Rp 395,3 miliar.

Alhasil, PT INTI mencatatkan rugi komprehensif mencaapai Rp 397,7 miliar di 2019. Kerugian ini naik drastis jika dibandingkan 2018 yang saat itu rugi Rp 87,2 miliar.

Sedangkan PT INTI mencatat aset perusahaan sebesar Rp 1,3 triliun. Dimana terdiri dari aset lancar Rp 481,8 miliar dan aset tidak lancar Rp 911,5 miliar. Mengenai aset ini, tercatat juga turun jika dibandingkan 2018 yang saat itu sebesar Rp 1,5 triliun.

Deretan Masalah PT INTI, Proyek Terbengkalai hingga Karyawan Tak Digaji 7 Bulan

Gedung PT INTI (Persero) (dok: Humas)
Gedung PT INTI (Persero) (dok: Humas)

Salah satu BUMN yang memiliki bisnis di sektor teknologi kembali dirundung masalah. PT INTI (Persero) kembali dihadapkan pada masalah keuangan. Alhasil, lagi dan lagi, sejumlah pegawai PT INTI tak gajian.

Sebenarnya kasus tak gajian pegawai PT INTI pernah terjadi di tahun lalu. Ketika itu, sejumlah massa yang mengatasnamakan diri dari Serikat Pekerja PT INTI (Sejati) menggeruduk kantor pusat PT INTI di Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/8/2019) silam.

Bukan tanpa alasan, demonstrasi dilakukan gegara perusahaan tidak mempertahankan kinerja yang baik. Ketua Sejati Ahmad Ridwan Al-Faruq menyatakan, proyek perusahaan banyak yang terbengkalai dan utang semakin menumpuk.

"Kondisi seperti ini sudah mulai dirasakan sejak 5 tahun terakhir yang dibuktikan dengan adanya utang bank yang sudah tidak ada lawannya, setera dengan ratusan miliar," ujarnya dalam pembacaan tuntutan kala demonstrasi.

"Misalnya, ketika ada proyek baru, cash yang masuk dibebankan ke utang sebelumnya. Apalagi bunga begitu besar yang harus kami hadapi," lanjutnya.

Imbasnya, sekitar 450 karyawan PT INTI belum dibayarkan gajinya selama Juli dan Agustus 2019. Hingga Februari 2020, dikabarkan gaji yang diterima hanya Rp 1 juta saja. Selain itu, perusahaan belum membayar fasilitas kesehatan baik BPJS Kesehatan dan Klinik Mitra Perusahaan.

Tak hanya itu, tunjangan dan pembayaran pesangon/IPK kepada karyawan yang sudah pensiun sejak 2018 juga belum kunjung dibayarkan.

Melihat kebobrokan manajemen PT INTI, Sejati berkirim surat ke Kementerian BUMN untuk mendapat solusi dan audiensi atas persoalan ini.

Masalah Sama Terulang Kembali

Gedung PT INTI (Persero) (dok: Humas)
Gedung PT INTI (Persero) (dok: Humas)

Masalah yang sama kembali terulang memasuki awal 2020. Sejumlah pegawai terakhir gajian pada Februari 2020. Setelah itu, hingga saat ini mereka tak dibayar oleh perusahaan.

Menanggapi hal ini, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga juga angkat bicara soal isu ini. Ia menyatakan, tidak semua gaji karyawan tidak dibayar berturut-turut.

"Yang perlu diketahui bahwa tidaklah semua gaji karyawan itu selama 7 bulan tidak dibayar, ada yang dibayar mungkin sedikit artinya tidak full setiap bulannya," kata Arya, Selasa (8/9/2020).

Pihaknya menjelaskan Kementerian BUMN sudah menyusun dan menyiapkan langkah-langkah cepat penyelesaian masalah PT INTI, sebelum isu ini mencuat ke publik.

Pertama, meminta Telkom merilis proyek PT INTI yang ada di perusahaan telekomunikasi tersebut.

"Inipun sebenarnya belum mencapai target, tapi kita minta supaya Telkom merilisnya lebih dulu supaya kawan kawan INTI terbantu secara finansial," ujarnya.

Langkah kedua ialah meminta 2 bank BUMN untuk memberikan simpanan uang tunai PT INTI agar perusahaan bisa membayar tanggung jawabnya. Asal tahu saja, PT INTI memang memiliki simpanan uang tunai di 2 bank yang dimaksud, namun tidak bisa diambil karena adanya tagihan tertentu.

"Dan kami lihat dari uang yang mereka miliki ini bisa membayar uang karyawan," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Makanan Burung Jalak Suren Sehat, Bikin Rajin Berkicau

Posted: 08 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan burung Jalak Suren relatif mudah ditemukan. Jalak Suren merupakan spesies Jalak yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan India. Burung ini banyak hidup di lembah dan di dataran rendah.

Karena keindahan kicauannya, Jalak Suren banyak dipelihara sebagai burung pengicu. Jalak Suren mampu meniru suara seperti suara manusia atau suara burung lainnya. Bagi Anda pencinta burung dan ingin memelihara burung ini, makanan burung Jalak Suren penting diketahui.

Di habitat aslinya, makanan burung Jalak Suren bisa ditemukan di atas tanah. Ketika dipelihara, penting memerhatikan makanan burung Jalak Suren yang diberikan. Makanan burung Jalak Suren akan membuat burung ini sehat dan memiliki kicauan yang gacor.

Makanan burung Jalak Suren pastinya harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Berikut makanan burung Jalak Suren, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/9/2020).

Makanan burung Jalak Suren di habitat aslinya

Ilustrasi Burung Jalak Suren / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Burung Jalak Suren / Sumber: Pixabay

Jalak suren mencari makan terutama di ladang atau sawah, padang rumput dan tanah terbuka. Biasanya Jalak Suren akan mencari biji-bijian, buah-buahan, serangga, telur serangga, kupu-kupu, cacing tanah, dan moluska.

Tak jarang burung ini turun ke tanah dan mendekati sumber air di tempat yang dangkal. Seperti jenis jalak yang lain, mereka sering mencongkel atau membuka tanah, menusuk dengan menggunakan paruh untuk untuk mengeluarkan makanan yang tersembunyi di balik tanah.

Jalak Suren memiliki otot protraktor kuat. Ini memungkinkan mereka menyibakkan bagian bawah rumput dan matanya berada dalam posisi tepat sehingga mereka memiliki penglihatan binokular untuk melihat celah di antara paruh.

Makanan burung Jalak Suren

Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/PhotoMIX
Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/PhotoMIX

Pepaya

Salah satu makanan burung Jalak Suren yang sehat adalah buah-buahan segar. Anda bisa memilih pepaya sebagai pilihan buah segar. Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan burung. Pepaya bisa menguatkan tulang, mencegah dehidrasi, menurunkan suhu tubuh, menurunkan birahi, hingga mempercepat penyembuhan luka.

Pisang kepok

Selain pepaya, makanan burung Jalak Suren yang sering diberikan adalah pisang kepok. Pisang kepok punya nutrisi lengkap yang dibutuhkan burung. Ini seperti karbohidrat, protein, lemak, zat besi, folat, dan fosfor.

Memberi pisang kepok pada Jalak Suren bisa membuat tulangnya kuat, menajamkan penglihatan, dan melancarkan pencernaan. Pisang kepok yang baik untuk Jalak Suren adalah pisang kepok yang masak pohon dan segar.

Makanan burung Jalak Suren

ilustrasi buah apel/Photo by Shelley Pauls on Unsplash
ilustrasi buah apel/Photo by Shelley Pauls on Unsplash

Apel

Tak cuma pisang dan pepaya, Anda juga bisa memberikan apel untuk pakan burung Jalak Suren. Apel bisa mengurangi lemak, melancarkan pencernaan, memperkuat tulang, mencegah suara serak dan menjaga daya tahan tubuh. Para pencinta burung biasanya memberi apel merah sebagai makanan burung Jalak Suren.

Kroto

Kroto merupakan salah satu makanan tambahan yang cocok untuk Jalak Suren. Kroto atau telur semut ini sangat mudah ditemukan di toko makanan burung. Kroto bermafaat untuk meningkatkan suhu tubuh burung dan membuat burung tetap hangat di malam hari.

Kroto juga bisa meningkatkan kinerja otak burung sehingga ia mampu mengingat bunyi yang bisa ditirunya. Kroto disarnkan diberikan untuk Jalak yang masih muda agar ia rajin berjicau.

Makanan burung Jalak Suren

Ilustrasi cacing. (iStockphoto)
Ilustrasi cacing. (iStockphoto)

Ulat

Makanan burung Jalak Suren selanjutnya adalah ulat. Ada dua jenis ulat yang sering digunakan untuk makanan Jalak Suren yaitu ulat hongkong dan ulat kandang. Ulat hongkong dipercaya mampu meningkatkan sifat fighter Jalak Suren. Ulat ini kaya lemak, pemberian ulat hongkong tak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas.

Sementara ulat kandang lebih rendah lemak dan tidak akan membuat burung kegemukan. Ulat kandang bisa jadi alternatif makanan burung Jalak Suren yang lebih sehat.

Cacing

Selain ulat, makanan burung Jalak Suren yang mudah ditemukan adalah cacing tanah. Anda bahkan bisa mencari sendiri cacing tanah di pekarangan rumah. Cacing tanah tinggi protein dan asam amino. Ini bagus untuk membuat kicauan burung makin gacor. Cacing tanah bisa menstabilkan birahi, meningkatkan kekebalan, dan membantu pertumbuhannya.

Makanan burung Jalak Suren

Ilustrasi jangkrik (Wikimedia / Creative Commons)
Ilustrasi jangkrik (Wikimedia / Creative Commons)

Jangkrik

Jangkrik termasuk makanan burung Jalak Suren di habitat aslinya. Anda bisa memberikan jangkrik untuk memenuhi asupan nutrisi Jalak Suren. Jangkrik kaya protein dan asam amino yang membantu perkembangan burung. Jangkrik bisa diberikan secara langsung atau dipotong-potong terlebih dulu.

Belalang

Makanan burung Jalak Suren selanjutnya adalah belalang. Seperti jangkrik, belalang sangat kaya protein. Belalang yang aman dan biasa diberikan pada Jalak Suren adalah jenis belalang hijau.

Makanan burung Jalak Suren

Ilustrasi Burung Jalak Suren / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Burung Jalak Suren / Sumber: Pixabay

Pur

Selain buah dan serangga, Jalak Suren juga bisa diberikan makanan tambahan berupak pur atau voer. Makanan ini sangat mudah ditemukan di toko makanan burung. Pemberian pur harus berkualitas dan konsisten. Pur tidak boleh diganti-ganti merk atau jenisnya karena bulu Jalak bisa rontok dan memudar warnanya.

Pasir halus

Pasir halus juga bisa jadi makanan burung Jalak Suren. Pasir ini bisa ditemukan juga di toko makanan burung. Pemberian pasir halus bisa melancarkan pencernaan burung. Namun, penting diketahui pasir halus hanyalah makanan camilan dan tidak boleh berlebihan diberikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Konvoi Moge Terobos Lampu Merah

Posted: 08 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video rombongan konvoi motor gede alias moge terobos lampu merah. Kejadian itu terjadi di lampu merah perempatan German Centre BSD Serpong, Tangerang Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,4 Getarkan Melonguane Sulawesi Utara

Posted: 08 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitudo 5,4 menggetarkan Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Lindu terjadi pada Rabu (9/9/2020) pukul 10.41 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa 4.00 LU, 126.72 BT. Pusat gempa di laut 4 km timur laut Melonguane. 

BMKG menyatakan, gempa dengan kedalaman 10 Km tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan (MMI) III-IV Melonguane.

Antisipasi Gempa Bumi

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempabumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi.

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Saat Terjadi Gempa bumi:

- Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Setelah Terjadi Gempa bumi:

- Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

- Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.

- Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

- Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.

- Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Induk Paus Berduka yang Dorong Bangkai Anaknya 17 Hari Melahirkan Bayi Baru

Posted: 08 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seekor paus pembunuh atau orca, yang sempat menjadi perhatian karena mendorong anaknya yang sudah mati selama 17 hari dan mengarungi lautan sejauh 1.600 km dua tahun lalu, kembali jadi sorotan. Kali ini bukan karena berduka, melainkan akibat kembali melahirkan seekor anak, demikian dilaporkan CBS News pada Senin 7 September 2020.

Paus pembunuh Southern Resident, Tahlequah, juga dikenal sebagai J35, kemungkinan besar melahirkan pada Jumat 4 September pekan lalu, menurut Ken Balcomb, pendiri Pusat Penelitian Paus (Center for Whale Research).

Paus pembunuh tersebut ditemukan hamil pada Juli lalu.

"Dengan perasaan gembira kami melaporkan bahwa seekor anak paus baru hadir di tengah kawanan J! Anak paus baru J35 tampak sehat dan tumbuh cepat, berenang dengan penuh semangat bersama induknya di hari kedua kehidupan berenang bebasnya," tulis Pusat Penelitian Paus pada Minggu 6 September di akun Twitter-nya seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (9/9/2020).

Kabar Baik

Paus pembunuh dengan julukan J35 membawa bangkai bayinya di sekitar pantai British Columbia, Kanada, Selasa (24/7). J35 membawa bayinya yang mati sesaat setelah dilahirkan. (Michael Weiss/Center for Whale Research via AP)
Paus pembunuh dengan julukan J35 membawa bangkai bayinya di sekitar pantai British Columbia, Kanada, Selasa (24/7). J35 membawa bayinya yang mati sesaat setelah dilahirkan. (Michael Weiss/Center for Whale Research via AP)

Para peneliti mengatakan momen ini merupakan berita besar, karena hingga 70 persen paus pembunuh yang hamil berakhir dengan keguguran atau anaknya mati tak lama setelah lahir, kata laporan CBS News, seraya mencatat bahwa paus-paus pembunuh ini sedang berjuang menghadapi kebisingan perahu, kurangnya pasokan makanan, hilangnya habitat, dan polusi lingkungan.

Duka Tahlequah ketika anaknya mati tak lama setelah dilahirkan pada 2018 lalu membuat orang-orang di seluruh dunia terenyuh.

Paus pembunuh Southern Resident adalah kelompok paus pembunuh, spesies lumba-lumba terbesar, dalam jumlah kecil dan dekat yang hidup terutama di sepanjang pantai Oregon, Washington, dan British Columbia, menurut laporan itu. Satwa tersebut terdaftar sebagai hewan yang terancam punah pada 2005.

 

 

 

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pujian Selangit Hanung Bramantyo untuk Zaskia Adya Mecca yang Ultah ke-33

Posted: 08 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti Zaskia Adya Mecca yang merayakan ulang tahun ke-33 pada Selasa, 8 September 2020. Di momen spesial ini, sang suami Hanung Bramantyo, turut memberikan ungkapan dan pesan cinta melalui sebuah potret.

Sang sutradara terlihat mengunggah potret dirinya mengecup manis pipi istri tercinta sembari menggendong buah hati kelima mereka, Bhaj Kama Bramantyo. Zaskia meresponnya dengan tersenyum semringah dan memeluk Hanung.

Di belakang pasangan suami istri ini terdapat foil curtain warna-warni dan balon foil huruf yang bertuliskan "HUT 33 Mama Jakia". Bersamaan dengan unggahan istimewa itu, Hanung Bramantyo sekaligus menyampaikan ungkapan tak kalah manis untuk Zaskia Adya Mecca.

"Awalnya saya percaya hanya ada satu perempuan seperti Khadijah yg saya temui selain ibu saya. Sementara itu, perempuan yang saya pilih untuk nemenin saya menjalani karir sebagai pekerja film ini, tak terbayangkan sedikitpun akan menjadi sosok seperti isteri Nabi," tulis Hanung.

"Ah, memang pekerjaan paling mudah dan murah di dunia ini adalah berburuk sangka. Terutama kepada Isteri. Setelah hampir 10 tahun menjalani hidup, perempuan di samping saya ini nyaris luar biasa dimata saya. ( Saya tak ada maksud menyamakan dg sang Ummul Mukminin, tapi sekedar mencuil tauladan dari beliau )" lanjutnya.

Sutradara Bumi Manusia tersebut melanjutkan, bahwa sang istri bukan pendamping yang sempurna. Kendati demikian bagi Hanung, kesempurnaan itu adalah proses, bukan hasil akhir.

"Dalam proses menjadi perempuan solehah seperti Khadijah, Bia nyaris menjalaninya dengan luar biasa. Dari gadis tukang Clubing, tak setia, selfish, berubah jadi isteri setia, sabar, dan penuh kasih kepada saya, anak-anak dan IBU saya," lanjut Hanung Bramantyo.

Doa-Doa untuk Zaskia

Ungkapan cinta Hanung Bramantyo di momen perayaan ulang tahun sang istri, Zaskia Adya Mecca, yang ke-33. (dok. Instagram @hanungbramantyo/https://www.instagram.com/p/CE3p1tLH0-3/?hl=en
Ungkapan cinta Hanung Bramantyo di momen perayaan ulang tahun sang istri, Zaskia Adya Mecca, yang ke-33. (dok. Instagram @hanungbramantyo/https://www.instagram.com/p/CE3p1tLH0-3/?hl=en

Sebelum mengakhiri ungkapan manis, Hanung Bramantyo tak lupa untuk memberikan doa-doa terbaik untuk sang istri. Pesan cinta turut ia sertakan sebagai penutup di unggahan tersebut.

"Jutaan kalimat manis tak cukup buat menggambarkan apa yang udah kamu berikan. Yang jelas, setiap doa, selain untuk Ayah, kamu adalah salah satunya yang aku sebut. Happy birthday Bia, semoga Allah makin mencintaimu. Seperti aku, yang juga makin mencintaimu. ❤❤❤" tutup Hanung.

Sementara, Zaskia turut mengunggah potret dengan latar yang sama namun pose yang berbeda. Ia dan Hanung yang sedang menggendong Bhaj Kama tersenyum manis ke kamera.

"Ga kuat gemesh liat muka bayi ama bapaknya serupa salah satu kado terindah diusia 33, nambah anak bayi lagiii. Btw makasiii sayaaang, udah romantis dengan caramu.... please note udah 33 yaaa bukan 23 lagi love you!" tulis Zaskia.

 
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Lacak Pegawai Pemkot Bandung yang Terpapar Covid-19

Posted: 08 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian, dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, pihaknya bergerak cepat mengisolasi sejumlah pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang positif terpapar Covid-19.

Tak hanya itu, Pemkot Bandung juga berkoordinasi dengan daerah asal para pegawai untuk melakukan penyelidikan epidemiologi.

"Pegawai yang positif sudah mengisolasi diri. Jika tanpa gejala, maka mengisolasi mandiri di rumah. Sedangkan jika ditemukan gejala, maka diisolasi di rumah sakit," kata Ahyani, Selasa (8/9/2020).

Ahyani menerangkan, berdasarkan tes massal yang dilakukan sejak 27 Agustus 2020 lalu, sebanyak 117 pegawai positif Covid-19. Tes tersebut digelar di sejumlah kecamatan di Kota Bandung.

"Ada sekitar 80 persen di antaranya termasuk orang tanpa gejala (OTG) sehingga tidak dirawat di rumah sakit," tuturnya.

Selan itu, kata Ahyani, Pemkot Bandung juga telah memiliah para pegawai yang terkonfirmasi Covid-19. Pemilihan berdasarkan domisili para pegawai.

"Karena kita juga harus berkoordinasi dengan daerah asal pegawai tersebut. Setiap kasus harus dilacak. Termasuk memeriksa semua yang pernah kontak erat dengan pegawai yang terkonfirmasi Covid19," ungkapnya.

Ahyani menjelaskan, sejak Agustus lalu Pemkot Bandung memang menggelar swab test massal. Hal itu untuk mengetahui dan mencegah penyebaran Covid-19. Rencananya, swab test akan dilaksanakan terhadap 62 perangkat daerah yang terdiri dari kecamatan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Kendati demikian, Ahyani memastikan, pelayanan publik di Kota Bandung tetap berjalan. Jika ada penutupan kantor sifatnya hanya sementara. Yaitu untuk proses penyemprotan disinfektan.

"Kantor pelayanan yang di dalamnya terdapat ASN dan non ASN yang positif Covid-19 akan ditutup sementara. Paling lama selama tiga hari untuk penyemprotan disinfektan," jelasnya.

Zona Oranye

Petugas medis mengambil sampel lendir saat tes usap (swab test) pegawai kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Tes swab yang dilakukan terhadap seluruh pegawai kecamatan Sawah Besar itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas medis mengambil sampel lendir saat tes usap (swab test) pegawai kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Tes swab yang dilakukan terhadap seluruh pegawai kecamatan Sawah Besar itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Ahyani mengungkapkan, saat ini Kota Bandung mash masuk zona oranye. Penemuan kasus positif di lingkungan Pemkot Bandung juga merupakan wujud komitmen mencari kasus Covid-19. Apalagi Kota Bandung memiliki kemampuan untuk pemeriksaan.

"Ini upaya memperlambat penyebaran di masyarakat. Kita tidak tahu mana yang positif dan yang tidak bergejala. Tes ini merupakan upaya kami menahan laju dan penyebaran di masyarakat," ujarnya.

Untuk itu juga, Ahyani meminta dukungan masyarakat. Masyarakat harus terus disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Di antaranya tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan dengan sabun.

"Jika semua itu dilaksanakan dengan taat, maka potensi penyebaran akan berkurang," ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Olahraga Nasional: 4 Gerakan yang Mudah dilakukan di Rumah Selama COVID-19

Posted: 08 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) jatuh pada hari ini, 9 September 2020. Peringatan Haornas juga mengingatkan bahwa aktivitas fisik dapat dilakukan di rumah selama pandemi COVID-19. Ada beberapa gerakan yang mudah ditiru saat berolahraga di rumah.

Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto menerangkan, pandemi COVID-19 memang mengubah aktivitas kehidupan kita sehari-hari. Namun, hal itu tidak dapat menjadi alasan buat kita untuk tidak berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh.

"Ada beberapa tips latihan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan di rumah," kata Michael kepada Health Liputan6.com melalui kiriman video, Rabu (9/9/2020).

Pertama, dips. Caranya, duduk tegak dengan kedua kaki rapat dan pandangan menghadap ke depan. Letakkan kedua tangan di samping badan lalu posisikan bokong di depan kursi dengan posisi kedua lengan lurus pada siku dan menumpuk pada kursi.

Kontraksikan otot-otot lengan dan perut sebelum melakukan gerakan. Kemudian turunkan tubuh dengan melipat kedua siku sehingga bokong dalam posisi sedikit lebih rendah daripada kursi. Dilanjutkan mengangkat tubuh ke arah atas dengan meluruskan kedua siku kembali ke posisi awal tanpa mengubah posisi badan.

"Buang napas pada saat melakukan gerakan. Di bagian akhir gerakan, kontraksikan otot lengan belakang. Tahan selama dua hitungan, tarik napas pada saat posisi badan kembali ke posisi awal secara bertahan. Ulangi gerakan olahraga ini masing-masing 3 set, dengan 8-10 kali," lanjut Michael.

Push Up di Tembok/Dinding

Push-up sempurna (sumber: pexels)
Push-up sempurna (sumber: pexels)

Gerakan kedua, lanjut Michael, dengan push up. Kita bisa melakukan push up dengan menumpu pada tembok/dinding. Pertama-tama, berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu dan kedua tangan lurus dengan telapak tangan menyentuh dinding.

Buka tangan selebar bahu dengan posisi kepala tetap lurus. Kontraksikan otot-otot dada dan perut sebelum melakukan gerakan. Kemudian lipat siku dan dorong dada ke arah dinding buang napas pada saat melakukan gerakan.

Di bagian akhir gerakan, kontraksikan otot dada tahan selama dua hitungan. Tarik napas pada saat menekuk lengan ke posisi awal secara perlahan. Ulangi gerakan sebanyak 3 set masing-masing 8 sampai 10 kali repetisi.

Russian Twist Pegang Bantal

Russian twist pegang bantal. Ilustrasi bantal (dok.pixabay.com/Dadan Eka Permana)
Russian twist pegang bantal. Ilustrasi bantal (dok.pixabay.com/Dadan Eka Permana)

Gerakan ketiga, yakni russian twist. Duduk tegak dengan kedua kaki rapat dan pandangan menghadap ke depan. Pegang bantal, lalu posisikan kedua tangan lurus sejajar dada. Kontraksikan otot-otot perut sebelum melakukan gerakan.

"Putar tubuh ke arah kiri dan kanan dengan pandangan mengikuti arah bantal. Buang napas pada saat gerak memutar. Di bagian akhir gerakan, kontraksikan otot perut samping, tahan selama dua hitungan," tambah Michael yang juga berpraktik di RS Mitra Keluarga Kemayoran Jakarta.

"Tarik napas pada saat pinggang kembali ke posisi awal secara perlahan. Ulangi sebanyak 3 set masing-masing 8 sampai 10 kali repetisi."

Back Up

olahraga di rumah | pexels.com/@olly
olahraga di rumah | pexels.com/@olly

Gerakan keempat dengan back up. Caranya, duduk tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan pandangan menghadap ke depan.

Letakkan kedua tangan ke belakang dengan posisi punggung tangan menumpu di belakang badan. Kontraksikan otot-otot pinggang dan perut sebelum melakukan gerakan,.

"Tekan edua lengan ke pinggang tanpa mengubah posisi badan. Buang napas pada saat melakukan gerakan. Di bagian akhir gerakan, kontraksikan otot pinggang dan punggung," ujar Michael.

"Tahan selama 2 hitungan tarik napas pada saat lengan kembali ke posisi awal secara perlahan. Ulangi 3 set masing-masing 8 sampai 10 kali repetisi."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: