Senin, 28 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Penemuan Bayi di Kali Cipinang Jatinegara, Polisi Turun Tangan

Posted: 28 Sep 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur digegerkan dengan penemuan bayi di pinggir Kali Cipinang, Senin, 28 September 2020 kemarin. Polisi pun turun tangan.

Kapolsek Jatinegara, Kompol Darmo Suhartono mengatakan bayi tersebut pertama kali ditemukan seorang pengemudi ojek online (ojol) di antara semak belukar dalam kondisi hidup, sekitar pukul 13.00 WIB.

Warga yang melihat kemudian berusaha menyelamatkan bayi tersebut dengan membawanya ke rumah sakit.

Namun nahas, bayi malang tersebut meninggal dunia sebelum mendapatkan penanganan medis.

"Nyawa bayi tidak tertolong ketika dalam perjalanan ke rumah sakit," jelas Darmo, Selasa (29/9/2020).

 

Rekaman CCTV Diperiksa

Guna mengusut tuntas kasus penemuan bayi tersebut, Darmo mengaku pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. 

Selain itu, polisi juga tengah mendalami rekaman CCTV di sekitar lokasi. Namun, hingga kini pembuang bayi masih misteri.

"Beberapa saksi sudah kita periksa. Kami belum temukan siapa yang membuang bayi tersebut," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Editan Foto Orang Ingin Cantik Ini Hasilnya Bikin Ketawa Geli

Posted: 28 Sep 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih saat ini yang enggak tahu Photoshop? Photoshop menjadi aplikasi edit foto paling banyak diminati. Dengan bantuan aplikasi ini seseorang mampu mengubah foto yang awalnya biasa-biasa saja menjadi editan yang mengagumkan.

Enggak hanya itu saja, biasanya Photoshop juga mampu membuat foto menjadi lebih cantik. Enggak heran, kalau banyak kaum Hawa yang ingin mengedit fotonya agar terlihat lebih menawan saat di unggah di medoa sosial. Dari yang terlihat lebih tirus, senyum lebih manis, ingin terlihat seperti Lisa Blackpink dan lain sebagainya. 

Salah satu akun Instagram @victorahmadd ini mau mengedit foto permintaan warganet yang ingin terlhat lebih cantik. Tapi orang-orang yang minta fotonya dieditin jadi lebih cantik ini hasilnya bakal jauh dari harapan. Alih-alih terlihat lebih cantik, hasilnya justru sukses bikin ketawa geli.

Penasaran seperti apa hasilnya? Kira-kira kamu mau enggak nih minta tolong editin ke akun Instagram ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas editan foto orang ingin cantik yang hasilnya bikin ketawa geli, Selasa (29/9/2020). 

1. Gimana, sudah mancung belum nih?

Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/
Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/

2. Siapa nih yang bisa mencari jerawat yang hilang? Bakal mendapat imbalan loh.

Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/
Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/

3. Sesuai permintaan nih, wajah tidak bulat dan tirus. Jadi wajah kotak aja, makin cantik enggak nih?

Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/
Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/

4. Waduh kalau ini namanya bukan Lisa Blackpink tapi Lisa babak belur.

Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/
Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/

5. Jadi pilih yang mana, senyum tanpa gigi atau keliatan giginya?

Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/
Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/

6. Hmmm, memang pakai hijab sih. Tetapi bukan yang ini juga ya hijabnya.

Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/
Editan Foto Orang Ingin Cantik(Sumber: Instagram/victorahmadd/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Ajak Perbankan Adopsi Open Banking

Posted: 28 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo meminta kepada industri perbankan untuk menjalankan kebijakan open banking dengan digitalisasi perbankan. Open banking adalah layanan keuangan dengan penggunaan API terbuka yang memungkinkan pengembang pihak ketiga.

"Kita harus mengadopsi open banking dengan melakukan digitalisasi perbankan," kata Perry dalam Webinar bertajuk Traditional Banks VS Challenger Bank, Jakarta, (29/9/2020).

Perry menjelaskan dalam melakukan open banking, perbankan harus menggunakan strategi top down. Artinya, proses transformasi dilakukan oleh jajaran pimpinan yang harus diikuti para pegawai di bawahnya.

Dalam transformasi digital ini, pucuk pimpinan menjadi pemimpin. Tentunya harus dilakukan dengan visi, misi dan strategi yang jelan. Implementasinya pun tidak bisa dilakukan sekaligus. Melainkan secara bertahap

"Ini memerlukan visi, misi, strategi yang jelas dan diimplementasikan secara bertahap," kata Perry.

Inti dari open banking kata Perry memberikan kemudahan layanan perbankan kepada para nasabahnya dengan menggunakan teknologi. Menjadikan berbagai layanan tersebut ada di dalam gawai yang sudah bisa diakses tanpa batas waktu tertentu.

"Open banking intinya sarana digital dan jasa keuangan dengan in your fingertip, di dalam gadget digital kita. Anywhere dan anytime, yang selama ini face to face jadi pakai gadget," kata Perry.

Sehingga harus dilakukan dengan konsep dan strategi yang jelas. Dimulai dari tingkat pimpinan bank hingga para pegawai di industri perbankan.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

BI Ajak Perbankan Susun Standar Open Banking di Indonesia

Ilustrasi Bank Indonesia.
Ilustrasi Bank Indonesia.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mendorong peran industri untuk membangun arah pengembangan open banking dalam kerangka sistem pembayaran di Indonesia. Cara ini dilakukan melalui keterlibatan penyusunan Standar Open API (Application Programming Interface) dan keterhubungan (interlink) antara bank dengan financial technology (fintech).

Bank sentral memberikan kesempatan kepada industri dan publik untuk memberikan masukan dan tanggapan atas Consultative Paper. Bentuknya tentang Standar Open API dalam rangka Open Banking dan Interlink Bank dengan Fintech bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayarar.

"Standar Open API memungkinkan perbankan dan fintech untuk membuka data dan informasi keuangan yang terkait dengan transaksi pembayaran dari nasabahnya secara resiprokal (prinsip kesetaraan)," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Wijanarko dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Hal ini kemudian didukung oleh kerjasama kontraktual penggunaan teknologi API secara terbuka (Open API). Standar Open API ini merupakan perwujudan Visi 2 dan Visi 3 dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BPSPI) 2025.

Sebagai upaya mendukung implementasi open banking di area transaksi pembayaran dalam rangka mendorong transformasi digital oleh perbankan maupun interlink antara bank dan fintech. Ada beberapa tujuan Standar Open API.

Pertama, mendorong efisiensi, keamanan, dan kehandalan sistem pembayaran. Kedua meningkatkan inovasi dan kompetisi.

Ketiga, mendorong inklusi keuangan termasuk pembiayaan kepada UMKM. Empat, mengurangi risiko shadow banking. Serta memitigasi risiko dari penggunaan Open API.

Standar Open API akan diterapkan bertahap serta diprioritaskan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Hal ini berlaku bagi memenuhi kriteria dari sisi ukuran dan kompleksitas bisnis.

Dengan penerapan secara bertahap, diharapkan industri memiliki ruang untuk melakukan persiapan yang dibutuhkan sejalan dengan rencana pemberlakuan Standar Open API oleh BI.

Penyampaian masukan atau pandangan terhadap Consultative paper Standar Open API dapat disampaikan melalui email dan surat ke Departemen Kebijakan Makroprudensial

Berbagai tanggapan tersebut paling lambat disampaikan pada 30 April 2020.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenalkan Nilai Moral Kepada Si Kecil Lewat Lagu Anak Kucing Kecilku

Posted: 28 Sep 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lagu disebut sebagai media yang bisa dijadikan sarana belajar anak. Dengan menyuguhkan lagu anak, si kecil bisa diajarkan untuk melatih fokus, mengikuti aturan dari ketukan nada, dan meningkatkan fungsi audio, visual, serta gerakan anak.

Selain itu, mendengarkan lagu anak juga memiliki peran positif dalam proses belajar mereka. Sebuah kanal di platform streaming Vidio, yaitu Lintang Media menghadirkan beragam lagu anak-anak sebagai edukasi.

Sebuah lagu berjudul Kucing Kecilku bisa jadi alternatif untuk media edukasi si kecil. Lagu anak ini dibuat dengan lirik yang sederhana. Video animasi lucu yang ditampilkan juga akan membuat anak-anak senang menontonnya.

Seperti apa lagunya? Simak videonya di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Lintang Media yang ada di platform streaming Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Praktis Membuat Salad Oreo yang Manis dan Creamy, Bisa untuk Ide Bisnis

Posted: 28 Sep 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sih yang nggak suka Oreo? Camilan yang satu ini selalu menjadi favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara menikmati makanan ringan ini juga beragam. Bisa disantap langsung atau diolah menjadi menu kudapan lainnya.

Sudah banyak resep inovasi yang berasal dari olahan Oreo. Biskuit tumpuk yang satu ini memang banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai kudapan manis. Salah satunya adalah resep salad Oreo yang dibagikan oleh kanal Dapur Akabila di platform streaming Vidio.

Resep salad Oreo tersebut bisa dibuat untuk dikonsumsi sendiri atau bahkan jadi ide bisnis yang menguntungkan. Cara membuatnya ternyata tidak begitu sulit dan setiap orang bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. 

Tak seperti salad pada umumnya yang terasa segar jika dimakan, salad Oreo ini justru bertekstur creamy dan manis. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengolah Oreo menjadi salad, simak resep dan tutorialnya pada video di bawah ini. 

Kamu juga bisa mengunjungi kanal Dapur Akabila di platform streaming Vidio untuk inspirasi resep masakan lainnya.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Pakai Rok, Wanita di Prancis Dipukuli 3 Orang di Jalanan

Posted: 28 Sep 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Strasbourg - Polisi Prancis membuka penyelidikan setelah seorang wanita di Strasbourg mengaku diserang di siang hari bolong karena mengenakan rok. Siswa, yang diidentifikasi hanya sebagai Elisabeth, 22, mengatakan dia dipukul di wajahnya "oleh tiga orang yang mengeluh tentang saya memakai rok".

Pemerintah mengecam insiden pelecehan tersebut karena "sangat serius" itu tidak dapat diterima.

Dikutip dari BBC, Selasa (29/9/2020), Didalam sebuah wawancara dengan radio France Bleu Alsace, Elisabeth mengatakan ia sedang berjalan pulang dan salah satu dari tiga pria itu berkata: "Lihat pelacur itu dengan rok." 

Dua dari tiga pria itu kemudian memeluknya sementara yang orang ketiga memukul wajahnya, lalu meninggalkannya dengan mata hitam, katanya kepada stasiun radio tersebut. Orang-orang itu kemudian melarikan diri.

Para pria kemudian melarikan diri. Dia mengatakan lebih dari selusin orang menyaksikan kejadian itu, tetapi tidak ada yang turun tangan untuk insiden tersebut.

Tidak Ada Kepedulian Terhadap Wanita Dilecehkan

Ilustrasi seragam sekolah. (dok. unsplash/Novi Thedora)
Ilustrasi seragam sekolah. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Menteri Dalam Negeri Junior Marlene Schiappa - yang bertanggung jawab atas kewarganegaraan dan sebelumnya bertanggung jawab atas masalah kesetaraan - mengunjungi kota timur itu untuk membahas keselamatan wanita di depan umum. Dia mengatakan kepada France Bleu Alsace bahwa "rok itu tidak bertanggung jawab atas serangan itu dan wanita itu bahkan kurang."

"Seorang wanita tidak pernah dipukul karena dia menggunakan rok. Seorang wanita dipukul karena ada orang yang misoginis, seksis, kasar, dan yang membebaskan diri dari hukum dan aturan kesusilaan dengan cara memukul mereka."

"Ketika kamu seorang pelajar dan kamu harus memikirkan tentang pakaian yang harus kamu kenakan dan pesan yang dikirimkannya, itu adalah beban mental yang luar biasa," imbuh Schiappa.

Dia juga mendesak orang-orang untuk memanggil polisi jika mereka menyaksikan segala jenis insiden pelecehan di jalan terhadap perempuan di ruang publik.

Pada hari Kamis, Prancis Bleu Alsace melaporkan bahwa dua wanita telah diserang di kota timur lainnya, Mulhouse, pada hari Rabu, setelah seorang pria mengatakan salah satu dari mereka roknya "terlalu pendek".

 

Reporter: Romanauli Debora

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinkes DKI: Seluruh Puskesmas di Jakarta Punya Ambulans untuk Pasien Covid-19

Posted: 28 Sep 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Fify Mulyani mengatakan, seluruh Puskesmas di ibu kota telah mempunyai mobil ambulans khusus untuk mengantarkan pasien Covid-19 ke lokasi isolasi atau RS rujukan.

"Setiap puskesmas punya ambulans untuk pengantaran dan juga AGD Dinkes mempunyai bus yang mempunyai kapasitas 20 orang," kata Fify dalam YouTube BNPB, Senin (28/9/2020).

Dia menyebut, sebagian besar pasien Covid-19 di Jakarta berstatus asimtomatis atau tanpa gejala yakni sekitar 45 persen. Lalu sisanya yakni pasien dengan gejala ringan dan berat.

"Kemudian 55 persen itu artinya sekitar 40 persen itu (pasien Covid-19 dengan) gejala sedang, 15 persen itu (pasien Covid-19 dengan) gejala berat dan kritis," ucapnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa sejauh ini sudah ada dua hotel di Jakarta yang dapat digunakan sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 yang berstatus tanpa gejala.

Kata dia, kedua hotel tersebut berlokasi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara dan sudah mulai menerima pasien sejak Minggu (27/9/2020).

"Saat ini sudah dibuka dua hotel yaitu Ibis Style Mangga Dua dan U Stay Mangga Besar. Memang biayanya ditanggung pemerintah pusat," ujarnya.

 

Kapasitas Hotel untuk Pasien Covid-19

Pasien tanpa gejala Covid-19 disemprot disinfektan saat tiba di Hotel U Stay Mangga Besar, Sawah Besar, Jakarta, Senin (28/9/2020). Saat ini sudah ada 30 hotel bintang dua dan tiga yang disiapkan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pasien tanpa gejala Covid-19 disemprot disinfektan saat tiba di Hotel U Stay Mangga Besar, Sawah Besar, Jakarta, Senin (28/9/2020). Saat ini sudah ada 30 hotel bintang dua dan tiga yang disiapkan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia menjelaskan kedua hotel tersebut memiliki kapasitas tempat tidur yang berbeda. Untuk Hotel Ibis mampu menampung 212 pasien dan hanya menampung warga wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

"U Stay kapasitas 140 (pasien) itu untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan," jelas Fify.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Belum Keluarkan Izin, Ini Persiapan Protokol Kesehatan Liga 1

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah berupaya maksimal untuk kembali menggelar lanjutan Shopee Liga 1. Berbagai langkah telah dipersiapkan oleh operator liga tersebut demi menghidupkan lagi kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air yang mati suri akibat pandemi virus Corona COVID-19. 

Seperti diketahui, pada bulan Maret lalu, PSSI memutuskan untuk menghentikan seluruh kompetisi sepak bola menyusul meningkatnya kasus virus Corona COVID-19 di Indonesia. 

Namun pada Juni lalu, PSSI teleh mengeluarkan surat keputusan untuk melanjutkan kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2. PT LIB selaku operator segera bergerak mempersiapkannya. 

Rencananya, lanjutan Shopee Liga 1 akan dimulai pada 1 Oktober mendatang. Di luar penyesuaian sistem kompetisi protokol kesehatan menjadi salah satu fokus persiapan PT LIB dalam menggelar ajang ini di tengah pandemi virus Corona COVID-19 yang belum juga mereda hingga kini.

 

Tanda Tangan MoU dengan Satgas COVID-19

Kepala BNPB, Doni Monardo dalam penandatanganan nota kesepahaman Penyelenggaraan Olahraga yang Aman dari Covid-19 (Istimewa)
Kepala BNPB, Doni Monardo dalam penandatanganan nota kesepahaman Penyelenggaraan Olahraga yang Aman dari Covid-19 (Istimewa)

Pada 17 September lalu, PT LIB bersama PSSI ikut menandatangani MoU Penyelenggaraan Olahraga yang Aman Covid-19 dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).   

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan bahwa protokol kesehatan menjadi harga mati dalam menjalankan lanjutan kompetisi ini. 

Proses penandatanganan MoU berlangsung secara virtual. Selain ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, penandatangan nota kesepahaman ini juga dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua BNPB yang juga menjabat sebagai ketua satgas penanganan COVID-19, Doni Monardo. 

Pada kesempatan yang sama Doni Armando kembali menegaskan bahwa seluruh pertandingan harus digelar tanpa penonton. BNPB juga akan membantu PT LIB maupun klub dalam menjalankan protokol kesehatan termasuk memfasilitasi tes SWAB bagi para pemain dan ofisial. 

Doni juga berpesan agar yang memiliki penyakit berat tidak diizinkan terlibat dalam kompetisi. 

Lalu apa saja yang sudah dipersiapkan PT LIB untuk menjaga prorokol kesehatan selama Liga 1?

 

Dokumen 30 Halaman

PT LIB jumpa dengan Pemprov DIY untuk koordinasi jelang Shopee Liga 1 (istimewa)
PT LIB jumpa dengan Pemprov DIY untuk koordinasi jelang Shopee Liga 1 (istimewa)

Tim-tim yang akan berlaga pada lanjutan Shopee Liga 1 telah menerima Pedoman, Pencegahan, dan Pengendalian COVID-19 untuk Klub sepak bola. Pedoman setebal 30 halaman ini menjadi panduan bagi klub dalam menjalankan protokol kesehatan saat kompetisi kembali bergulir. 

Cek Suhu dan Tes Berkala

Dalam dokumen tersebut disebutkan bila pengecekan suhu tubuh harus dilakukan setiap hari. Bagi yang punya suhu tubuh 38 derajat Celcius ke atas dan bergejala seperti batuk, pilek, dan nyeri saat menelan akan menjalani pemeriksaan RT-PCR guna memastikan terjangkit COVID-19 atau tidak.

Pemeriksaan dengan metode rapid test dijadwalkan berlangsung 1 kali seminggu. Pemeriksaan dilakukan kepada pemain, staf pelatih dan ofisial. Sedangkan untuk pemeriksaan menggunakan metodologi usap atau swab test dijadwalkan digelar satu kali dalam dua pekan.

1 Kamar 1 Pemain

Panduan pencegahan Covid bagi klub-klub Liga 1 juga mengatur tempat penginapan yang layak selama pandemi. Selama Liga 1 bergulir, kamar pemain, pelatih, dan oficial hanya boleh dihuni 1 orang 1 kamar. Kamar yang ditempati juga harus memiliki ventilasi yang baik dan disterlisiasi setiap hari.

Ruang Makan Terpisah

Sementara untuk ruang makan juga harus tersendiri atau tidak bergabung dengan orang luar. Penyajian makanan juga tidak prasmanan dan 1 meja hanya boleh dihuni 1 orang saja.

Jarak antarmeja 1-2 meter dan waktu makan dibatasi maksimal selama 2 jam. Setiap pemain, pelatih, atau ofisial yang hendak masuk ke ruang makan harus menjalani cek suhu terlebih dahulu.

Protokol yang sangat ketat juga diberlakukan selama tim menjalani latihan. Selain diwajibkan mengenakan masker selama perjalanan, seluruh alat yang akan digunakan juga harus disterilisasi.

Mekanisme Isolasi

Bila ada anggota tim yang kontak dengan dengan pasien covid-19 tapi tidak bergejala, maka tidak wajib menjalani swab. Sementara bagi anggota tim yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan, sedang, bisa setelah 10 hari isolasi plsus 3 hari bebas gejala tanpa perlu menjalani tes PCR lanjutan.

 

 

Klub Tersentralisasi di Pulau Jawa

Gelandang Bhayangkara FC, Andik Vermansah, menggiring bola saat melawan PSM Makassar pada laga uji coba di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). Bhayangkara FC takluk 0-1 dari PSM Makassar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Bhayangkara FC, Andik Vermansah, menggiring bola saat melawan PSM Makassar pada laga uji coba di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu, (5/2/2020). Bhayangkara FC takluk 0-1 dari PSM Makassar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Untuk memudahkan mobilitas klub selama kompetisi, PT LIB meminta agar klub-klub tersentralisasi di Pulau Jawa. Dengan demikian, perjalanan laga tandang bisa ditempuh lewat jalur darat yang lebih aman dan mudah dikontrol. Untuk itu, PT LIB telah menyediakan bus-bus khusus yang akan digunakan oleh masing-masing klub dalam melakoni laga tandang selama kompetisi.

Bus-bus yang digunakan juga akan menjalani disinfeksi berkala agar steril. 

PT LIB juga membantu klub-klub yang kesulitan mencari home base baru menyusul situasi pandemi yang belum aman di wilayahnya. Direktur Operasional PT LIB Irjen (Pol) Sudjarno usai managers meeting di Bandung menyebut, Bhayangkara FC dan Persebaya masih belum mengumumkan secara resmi di mana kandang mereka saat Shopee Liga 1 bergulir. Sedangkan, Madura United sudah memastikan tampil di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan.

Sementara klub-klub dari luar Jawa rata-rata terpusat di Yogyakarta dan Malang. 

 

Subsidi Klub

Pertemuan PT LIB dengan dalam rapat manajer (managers meeting) klub Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Kota Bandung, Senin (21/9/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Pertemuan PT LIB dengan dalam rapat manajer (managers meeting) klub Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Kota Bandung, Senin (21/9/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Seperti diketahui, pandemi virus Corona COVID-19 juga ikut menghantam keuangan klub. Akibatnya, klub terpaksa melakukan pemotongan gaji kepada staf dan para pemainnya.

Guna membantu pendanaan klub selama kompetisi, PT LIB telah menyiapkan subsidi bagi klub. Perihal subsidi terhadap klub-klub, Sudjarno menuturkan, PT LIB segera memberikan uang itu ke setiap klub sesuai janji sebelumnya.

"Subsidi akan kami berikan sesuai waktunya September ini. Setiap klub dengan angka yang sudah kami informasikan sebelumnya. Komitmen kami bisa melanjutkan hiburan ini dengan baik."

 

 

 

Belum Dapat Izin dari Polri

Sejauh ini pergelaran Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020 belum mendapat izin Polri. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono bukan tanpa alasan pihaknya belum bisa memberi izin. Salah satunya dikarenakan kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi.

"Situasi pandemi Covid-19 masih terus meningkat, jumlah masyarakat yang terinfeksi," ujar dia kepada wartawan, Selasa (29/09/2020). Alasan lainnya, Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya sedang konsentrasi melaksanakan Operasi Yustisi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Anosmia atau Kehilangan Penciuman dan Cara Mencegahnya

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab anosmia adalah berbagai gangguan yang memengaruhi indra penciuman. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh masalah hidung tersumbat akibat pilek, alergi, infeksi sinus, atau kualitas udara yang kurang baik, sehingga menimbulkan kehilangan kemampuan penciuman.  

Anosmia adalah kondisi gangguan pada indra penciuman yang ditandai dengan hilangnya kemampuan menghidu secara sepenuhnya. Kondisi ini berbeda dengan Hiposmia, yang membuat kemampuan menghidu mengalami penurunan, namun tidak hilang sepenuhnya.

Tidak hanya itu, pada seseorang yang mengalami anosmia, rasa makanan yang dikonsumsi juga dapat dipersepsi secara berbeda. Tetapi, anosmia bukanlah merupakan penyakit tersendiri. Kondisi ini merupakan suatu gejala atau kondisi yang dapat menjadi penanda adanya gangguan kesehatan lainnya.

Gejala ini banyak dicari setelah berdasarkan penelitian, setengah dari jumlah pasien positif virus Corona atau COVID-19 mengalami gejala anosmia atau hilangnya kemampuan indera pencium. Walaupun begitu, gejala anosmia pada sebagian besar pasien COVID-19 hanya bersifat sementara. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/9/2020) tentang penyebab anosmia.

Gejala Anosmia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala anosmia adalah hilangnya kemampuan menghidu secara sepenuhnya. Hal ini dapat dikenali apabila seseorang merasa familiar dengan aroma suatu obyek, tapi kemudian tidak dapat tercium lagi saat keluhan mulai timbul.

Proses penciuman terjadi ketika bau yang masuk ke dalam hidung diterima oleh sel-sel saraf pembau. Sel-sel saraf pembau ini kemudian mengirim sinyal tersebut ke otak untuk diolah dan dikirimkan kembali sehingga bau terindentifikasi. Anosmia terjadi ketika ada gangguan dalam proses penciuman tersebut.

Penyebab Anosmia

Ilustrasi Hidung. Credit: pexels.com/cottonbro
nate-nostril-breathing-white_1163-2962.jpg

Penyebab anosmia adalah adanya berbagai gangguan yang memengaruhi indra penciuman. Berbagai keadaan seperti masalah kesehatan yang ringan hingga berat, paparan zat kimia, pengobatan tertentu, hingga faktor usia bisa memengaruhi faktor penyebab anosmia.

Berikut beberapa penyebab anosmia yang perlu kamu ketahui:

- Penyebab anosmia yang ringan bisanya disebabkan oleh hidung tersumbat akibat pilek, alergi, infeksi sinus, atau kualitas udara yang kurang baik.

- Polip hidung, yang dapat ditandai dengan adanya benjolan jinak pada rongga hidung yang menghambat aliran udara melalui hidung.

- Cedera pada hidung dan saraf penciuman akibat trauma atau tindakan pembedahan.

- Paparan zat kimia yang beracun, seperti pestisida atau pelarut yang mengandung zat kimia tertentu.

- Pengobatan tertentu, termasuk beberapa jenis antibiotik, antidepresan, pengobatan antiradang, pengobatan jantung, dan sebagainya.

- Riwayat penggunaan obat-obatan terlarang, misalnya kokain.

- Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, sklerosis multipel, defisiensi nutrisi, serta gangguan hormonal.

- Riwayat pernah mendapatkan terapi radiasi untuk menangani kanker pada daerah kepala dan leher.

- Faktor usia, yaitu ketika kemampuan indra penciuman, seperti halnya indra penglihatan dan pendengaran, juga dapat melemah seiring dengan bertambahnya usia. Kemampuan indra penghidu diketahui mulai menurun setelah usia 60 tahun.

Penyebab Anosmia ini juga bisa dikarenakan kamu mengalami infeksi virus corona atau COVID-19. Walaupun hanya bersifat sementara, hal ini bisa membuat kamu sadar lebih awal akan kondisi kesehatanmu.

Cara Mengatasi Anosmia

Cara mengatasi anosmia bergantung dari penyakit yang memicu terjadinya keluhan tersebut. Misalnya, jika kamu diduga mengalami infeksi pada rongga hidung, sinus, atau sejenisnya, dokter dapat meresepkan pengobatan yang dibutuhkan untuk masalah spesifik tersebut.

Demikian pula apabila ditemukan adanya polip hidung. Dokter dapat melakukan evaluasi untuk menentukan apabila dibutuhkan tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya. Dokter mungkin akan memberi saran untuk melakukan tindakan operasi pengangkatan polip. Tindakan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi indra penciuman penderita anosmia. Jadi, selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatanmu.

 

Cara Mencegah Anosmia

Indra Penciuman (Sumber: pexels.com)
Indra Penciuman (Sumber: pexels.com)

Seperti cara mengatasinya, pencegahan anosmia tentunya harus sesuai dengan penyebab anosmia yang menyerangmu. Penyebab anosmia cukup bervariasi, karena itu pencegahannya pun bergantung dari masalah kesehatan yang menjadi pemicu timbulnya anosmia.

Beberapa kondisi seperti usia lanjut, terapi radiasi, penyakit berat macam Alzheimer, Parkinson, atau cedera hidung misalnya, memang tak bisa dicegah begitu saja. Tetapi anosmia yang bukan disebabkan oleh kelainan lahir bisa dicegah.

Caranya adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu anosmia, sebagai berikut:

- Menerapkan kebersihan diri untuk mencegah pilek dan flu

- Menghindari paparan alergen, yaitu zat yang bisa memicu alergi

- Menjauhi penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya, serta tidak sembarangan mengonsumsi dan menjadi ketergantungan pada jenis obat-obatan keras lainnya.

- Melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan yang bisa memicu anosmia

- Menghentikan kebiasaan merokok dan sebisa mungkin menghindari paparan asap rokok

- Jaga pula organ penciuman dari terlalu banyak paparan zat kimia pada aroma artifisial wewangian tubuh, pewangi ruangan, pembasmi serangga, pestisida, serta zat kimia beracun lainnya.

Walaupun terdengar ringan, anosmia merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Jika kamu mengalami gejala anosmia, segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Disimak, Tips Bijak Belanja Online ala Lazada

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbelanja secara daring bukan lagi menjadi hal baru, utamanya saat pandemi covid-19. Dimana pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan persebaran covid-19. Sehingga layanan daring menjadi solusi situasi ini.

Dalam krisis seperti sekarang, pengelolaan pengeluaran harus dilakukan dengan bijak, termasuk untuk berbelanja. VP Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto membagikan sejumlah kiat untuk berbelanja dengan bijak. Sebelum berbelanja online, tentukan barang yang ingin anda beli.

Cari tahu seluk beluk barang tersebut, mulai dari spesifikasi dan harga pasarannya. Hal ini untuk memitigasi risiko penipuan melalui penawaran dari sisi harga yang sangat menggiurkan.

Setelah itu, pastikan besaran anggaran sebelum membeli barang. "Jadi anggaran itu besarnya harus dipastikan. Jangan sampai nanti habis itu ngutang gara-gara belanja terlalu seru," ujar dia dalam Webinar Konsumen Pintar, Selasa (29/9/2020).

Jika Anda melirik promo yang ditawarkan di marketplace, perhatikan syarat dan ketentuannya. Sehingga Anda tidak merasa tertipu ketika tidak berkesempatan mendapatkan promo tersebut.

"Promo-promo itu diperhatiin mekanismenya, caranya bagaimana, berapa orang sih yang dapat. Karena kadang promo itu juga terbatas. Jadi nanti jangan tiba-tiba ngamuk-ngamuk karena kita nggak ngerti promonya, dan merasa tertipu saat belanja online," jelas Sawitri.

Setelah semua informasi tersebut, saatnya Anda meluncur untuk mencari produk yang Anda cari. Untuk hal ini, Sawitri menyarankan Anda untuk melakukan perbandingan antara toko atau penjual sebelum membeli berbelanja online.

Kemudian perhatikan ulasan konsumen, baik untuk produk maupun tokonya. Jangan lupa untuk cek juga barang lainnya yang dijual di toko tersebut.

"Kita perlu memperhatikan tokonya. Di toko ini, benar nggak sih barangnya, jenisnya berkaitan atau enggak, kok tiba-tiba dia jualan itu, atau apa gitu. Agak aneh gitu, kan? Kemudian lihat review-nya," jelas Sawitri.

Belanja Online Laku Keras saat Pandemi Covid-19, Toko Fisik Terancam Tutup?

Tips berburu promo belanja online 10.10./Copyright shutterstock.com/g/Chakkrit
Tips berburu promo belanja online 10.10./Copyright shutterstock.com/g/Chakkrit

Pandemi Covid-19 banyak mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbagai aktivitas, termasuk berbelanja.

Kebijakan beberapa negara untuk melakukan pembatasan sosial untuk memitigasi penyebaran virus Corona Covid-19 membuat banyak oleh memilih untuk belanja online. Dampaknya, tidak ada transaksi tatap muka seperti yang umunya terjadi sebelum pandemi.

Di sisi lain, situasi ini juga mendorong akselerasi perekonomian digital. Dimana para penjual mau tidak mau harus beralih pada strategi baru untuk mengikuti perkembangan pola konsumsi masyarakat ke arah digital.

Namun demikian, apakah perubahan ini akan menggerus pasar konvensional, dan benar-benar mengubah kebiasaan konsumen untuk benar-benar mengandalkan belanja secara online?

Profesor pemasaran di Bentley University Massachusetts, Lan Xia, mengatakan "Kita semua telah melihat-lihat pada suatu titik, melewati toko untuk melihat-lihat, tanpa niat untuk membeli," ujarnya dilansir dari BBC, Rabu (1/7/1010).

Xie menambahkan, dengan berbelanja secara konvensional di toko fisik, memungkinkan seseorang untuk membeli produk yang sebelumnya tidak ia inginkan. Terlebih, konsumen akan memperoleh pengalaman emosional terhadap produk yang berwujud.

Dalam temuannya, Xie juga menyebutkan bahwa alasan seseorang tertarik untuk menelusuri gerai tertentu dikarenakan desain dan pengalaman yang ditawarkan saat mengunjungi gerai tersebut.

"Tetapi dengan semua pembatasan ini akibat Covid-19 ini, konsumen akan membutuhkan alasan yang sangat bagus untuk pergi ke mal. Orang-orang akan mulai menemukan tempat lain untuk mengisi hubungan sosial itu," kata Xie.

Showrooming

Ilustrasi Belanja Online Credit: pexels.com/NegativeSpace
Ilustrasi Belanja Online Credit: pexels.com/NegativeSpace

Tetapi, beberapa cara yang digunakan konsumen untuk browsing online sangat terkait dengan pengalaman toko. Mereka sering menggabungkan kemampuan untuk berbelanja online dengan mengunjungi toko, umumnya dikenal sebagai webrooming dan showrooming.

Webrooming adalah ketika konsumen menelusuri produk secara online sebelum mengunjungi toko untuk membeli, sedangkan showrooming bekerja secara terbalik, di mana konsumen menelusuri toko fisik sebelum membeli secara online.

Tidak seperti belanja di dalam toko, belanja secara online lebih efisien untuk membuat konsumen cepat menyelesaikan transaksi. Sehingga, dari sisi konsumen akan sangat membantu untuk berhemat, setidaknya pengalaman yang didapat saat berselancar secara daring relatif sama, sehingga lebih besar kemungkinan memunculkan kebosanan, dibandingkan melihat-lihat langsung di pusat perbelanjaan.

"Banyak pengecer besar multi-channel. Anda dapat berbelanja di toko, online, dikirim ke rumah Anda, dikirim ke toko, yang semuanya menangani pembelanja fungsional. Orang-orang kurang memiliki motivasi untuk pergi ke toko fisik dan menjelajah saat ini," kata Xie.

Orang-orang siap untuk berbelanja online, bahkan ketika toko membuka pintu lagi. Sebuah survei di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa dua dari lima orang berniat untuk melakukan pembelian barang secara online daripada kembali ke toko ketika mereka membuka kembali.

Dengan perubahan perilaku pembelian seperti itu, kreativitas dapat menjadi kunci bagi toko-toko yang ingin tetap menjangkau pelanggan. Seperti menyediakan layanan belanja online, hingga efisiensi fisik toko yang bisa dialihkan untuk mengembangkan toko daringnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Liga Inggris Dini Hari Nanti: Tottenham Hotspur vs Chelsea

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pertandingan di putaran keempat Piala Liga Inggris 2020 akan segera digelar. Berdasarkan hasil drawing, tim-tim besar, seperti Chelsea, Manchester United (MU) dan Liverpool sudah mendapat lawan pada babak 16 besar tersebut.

Duel sengit di Piala Liga Inggris berlangsung pertengahan pekan ini. Sempat menunggu, Chelsea akhirnya ditetapkan menghadapi Tottenham Hotspur yang menang walkout melawan Leyton Orient, Rabu dinihari WIB, 30 September 2020.

Liverpool juga berhasil melaju ke babak 16 besar usai pesta gol 7-2 atas Lincoln City. Selanjutnya, The Reds bakal bertemu dengan Arsenal yang menjadi pertemuan ketiga bagi mereka sejak Community Shieeld musim ini.

Menariknya, Liverpool juga sudah bersua Arsenal di Liga Inggris pada 29 September atau dua hari sebelum bentrok di Piala Liga. Hasilnya, skuat asuhan Jurgen Klopp menang 3-1 atas Arsenal.

Situasi serupa juga dialami MU di ajang Piala Liga Inggris. Mereka untuk kedua kalinya bertemu Brighton & Hove Albion.

Hoki

Selebrasi Bruno Fernandes usai mencetak gol penentu kemenangan MU atas Brighton (AP)
Selebrasi Bruno Fernandes usai mencetak gol penentu kemenangan MU atas Brighton (AP)

Pertemuan MU dan Brighton hanya berselang empat hari setelah kedua tim bertanding di Liga Inggris, akhir pekan lalu.

Hasilnya, MU menang 3-2 di Amex Stadium. Pada laga itu, MU meraih kemenangan super dramatis nan hoki lewat penalti Bruno Fernandes saat peluit panjang sudah ditiup wasit.

Tim yang Lolos Babak 16 Besar

Gelandang Chelsea, Tiemoue Bakayoko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qarabag pada Grup C Liga Champions di Stamford Bridge, London, Inggris (12/9). Chelsea menang telak atas Qarabag 6-0. (AFP Photo/Ben Stansall)
Gelandang Chelsea, Tiemoue Bakayoko melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qarabag pada Grup C Liga Champions di Stamford Bridge, London, Inggris (12/9). Chelsea menang telak atas Qarabag 6-0. (AFP Photo/Ben Stansall)

Premier League

Liverpool, Arsenal, Burnley, Manchester City, Fulham, Everton, West Ham United, Aston Villa, Chelsea, Newcastle United, Brighton & Hove Albion, Manchester United, Tottenham Hotspur

Championship

Stoke City, Brentford

League Two

Newport County

Jadwal Piala Liga Inggris

Rabu, 30 September 2020

01.45 WIB: Tottenham Hotspur vs Chelsea

23.30 WIB: Newport County vs Newcastle United

Kamis, 1 Oktober 2020

01.00 WIB: Burnley vs Manchester City

01.45 WIB: Brighton & Hove Albion vs Manchester United

01.45 WIB: Everton vs West Ham United

23.30 WIB: Brentford vs Fulham

Jumat, 2 Oktober 2020

01.00 WIB: Aston Villa vs Stoke City

01.45 WIB: Liverpool vs Arsenal

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Terdampak Pandemi Covid-19, Penjahit Pakaian Sepi Pelanggan

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Penjahit vermak pakaian melayani pelanggan di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penjahit vermak pakaian melayani pelanggan di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian melayani pelanggan di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian melayani pelanggan di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penjahit vermak pakaian melayani pelanggan di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian melayani pelanggan di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)
Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penjahit vermak pakaian menyelesaikan pekerjaannya di kawasan Jatinegara, Jakarta, Selasa (29/9/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada sepinya pelanggan yang menjahitkan pakaian seperti biasanya. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan KPU Situbondo Tak Bikin Jadwal Kampanye

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Situbondo menyarankan KPU untuk membuat jadwal kampanye kedua pasangan calon. Tujuannya, memudahkan pemantauan ketika masing-masing calon bupati dan wakil bupati berkampanye.

Namun, sampai dengan hari keempat tahapan kampanye, KPU tak kunjung menyusun jadwal kampanye untuk kandidat di Pilkada Situbondo 2020.

"Kami tidak menyusun jadwal kampanye karena kampanye yang berbentuk rapat umum ditiadakan, yang ada hanya rapat terbatas, dialog, dan tatap muka," ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (29/9/2020).

Ia menjelaskan, untuk melakukan kampanye tatap muka dan kampanye berbentuk dialog maupun rapat terbatas, tim pemenangan masing-masing pasangan calon harus menyampaikan pemberitahuan ke kepolisian dengan tembusan KPU dan Bawaslu. Melalui tembusan itulah, KPU dan Bawaslu akan melakukan pemantauan terhadap aktivitas kampanye yang dilakukan kedua pasangan calon.

Sejauh ini belum ada pasangan calon yang mengajukan untuk melaksanakan kampanye tatap muka, dialog, maupun rapat terbatas. Meskipun demikian, dalam pantauan di lapangan, sudah ada pasangan calon yang melakukan sosialisasi berbentuk pengajian atau sejenisnya.

Pilkada Situbondo 2020 diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut satu Karna Suswandi-Khoirani dan nomor urut dua Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Orang Tua Kurang Terwakili di Fase Uji Coba Vaksin dan Pengobatan Covid-19

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa orang tua kurang terwakili pada sebagian besar uji coba vaksin dan pengobatan Covid-19.

Studi yang terbit di Journal of the American Medical Association Internal Medicine menyebutkan secara global orang berusia 65 tahun ke atas mewakili sembilan persen populasi di dunia.

Namun di kondisi pandemi ini, mereka merepresentasikan 30-40 persen kasus Covid-19 dan 80 persen kematian akibat Covid-19.

Penelitian ini mendapati bahwa orang tua sangat cenderung tidak dilibatkan di lebih dari 50 persen uji klinis dan 100 persen uji coba vaksin Covid-19. Padahal, pelibatan mereka dalam uji klinis sangat penting untuk memastikan akses setara terhadap perawatan ini.

"Yang pasti, beberapa pengecualian memang diperlukan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan orang tua, seperti penyakit penyerta yang tidak terkontrol dengan baik," kata Sharon K. Inouye, Director of the Aging Brain Center di Hinda and Arthur Marcus Institute for Aging Research at Hebrew SeniorLife dikutip dari keterangannya via Eurekalert.

 

Mengapa penting?

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Menurut penelitian tersebut, penting bahwa uji klinis Covid-19 melibatkan orang tua untuk memastikan efektivitas perawatan dan untuk menemukan dosis tepat dalam kelompok usia ini.

Para peneliti khawatir hal ini dapat menyebabkan perawatan tidak efektif, bahkan mungkin membahayakan untuk orang dewasa yang lebih tua.

"Kami prihatin bahwa pengecualian orang dewasa yang lebih tua dari uji klinis akan secara sistematis membatasi kemampuan untuk mengevaluasi kemanjuran, dosis, dan efek samping pengobatan Covid-19 pada populasi ini," tutur Sharon.

Data penelitian ini merujuk pada uji klinis Covid-19 yang terdaftar di https://www.clinicaltrials.gov/ dari 1 Oktober 2019 hingga 1 Juni 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diaspora Indonesia Bantu Korban Kebakaran di Oregon

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musibah kebakaran hutan melanda Pantai Barat Amerika Serikat menggugah rasa kemanusiaan dispora Indonesia. Di negara bagian Oregon, diaspora Indonesia pemilik restoran  membantu korban serta petugas pemadam kebakaran. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Bikin Rumah Barunya ala Vila di Afrika, Luas Tanahnya 700 Meter

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty diketahui membeli hunian baru. Rumah baru yang dimilikinya merupakan hunian yang berada persis di samping rumah Maia Estianty di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Maia Estianty sudah lama mengincar hunian yang bersebelahan dengan rumah lamanya itu.

Butuh waktu 10 tahun untuk Maia Estianty bisa membeli rumah yang berada di samping kediamannya. Ia sangat tertarik untuk menggabungkan rumah yang berada di samping kediamannya itu dan mengganti konsep bangunan sesuai desain yang diinginkannya.

Melalui saluran YouTube Maia Aleldul TV dengan tajuk 'Renovasi Rumah Baru Maia Estianty Aleldul di Pejaten. Gaya Afrika. Terima Cewek Cantik' yang tayang pada 27 September 2020, Maia Estianty membeberkan proses pembangunan rumah barunya itu.

Bergaya Vila di Afrika

Desain vila Afrika yang diinginkan Maia Estianty untuk rumah barunya (YouTube/  Maia Aleldul TV)
Desain vila Afrika yang diinginkan Maia Estianty untuk rumah barunya (YouTube/ Maia Aleldul TV)

Termasuk soal desain hunian bergaya tropical yang diusungnya. Maia Estianty menginginkan hunian barunya nanti bergaya vila di Afrika. 

Inspirasi tersebut didapatkannya saat berlibur bersama suaminya, Irwan Mussry, ke Afrika. Di sana, Maia Estianty terpesona dengan bangunan dan gaya vila bernuansa hangat dan nyaman untuk ditinggali.

Luas Tanah 700 Meter

Desain vila Afrika yang diinginkan Maia Estianty untuk rumah barunya (YouTube/  Maia Aleldul TV)
Desain vila Afrika yang diinginkan Maia Estianty untuk rumah barunya (YouTube/ Maia Aleldul TV)

Bersama El Rumi, Maia Estianty menjelaskan rumah barunya memiliki luas sekitar 700 meter persegi. Bila digabung dengan rumah sebelumnya, totalnya menjadi 1.500 meter persegi.

"Ini jadi kalau dilebarin luas tanah awalnya tuh 800 meteran. Kalau ditambahin ini 700 jadi sekitar 1.500 meter di sini. Jadi ini di belakang dijebol," terang El Rumi.

Kamar Pribadi El Rumi

El Rumi
El Rumi

El Rumi begitu bahagia dan tak sabar menempati rumah barunya ini. Soalnya, di sini ia memiliki kamar pribadi. Di rumah sebelumnya, El Rumi mengaku tak punya kamar pribadi. Kamar El Rumi dibuat dengan luas 5x5 meter persegi.

"Di rumah ini gua disediain kamar sama Bunda. Pakai AC nya AC central. AC nya nyambung kayak di mal-mal gitu," terang dia.

 

Membentuk Huruf L

Maia Estianty mengaku sejak lama ingin membeli rumah tersebut, soalnya rumah lama Maia Estianty memiliki bentuk seperti huruf L. Rumah barunya ini berada di bagian depan sehingga saat disatukan akan membentuk persegi.

"Rumah yang lama tuh bentuknya L, nah ini ada rumah lagi di depannya. Lucunya menurut aku ini dari pertama kali pindah ke sini, ini sebelah rumah gua, ini sebelah rumah gua. Dari 2010 kali," jelas Maia Estianty. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Rekaman Ambulans Dihalangi Pengendara Mobil

Posted: 28 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ambulans yang tengah membawa pasien dari RS, dihalangan saat berada di jalan raya, oleh seorang pegendara. Tak hanya itu sang pengendara juga menyerempet ambulans tersebut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Pengetatan, Pemprov DKI Tutup Sementara 113 Perusahaan

Posted: 28 Sep 2020 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan pihaknya telah menutup sebanyak 113 perusahaan saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengetatan.

Dia menyatakan penutupan tersebut hasil dari sidak pengawasan protokol kesehatan Covid-19 ke 647 perusahaan di Ibu Kota.

"69 perusahaan ditutup karena ada karyawan yang terpapar Covid-19, sedangkan 44 perusahaan ditutup karena tidak menjalankan protokol kesehatan," kata Andri dalam keterangan tertulis, Selasa (29/9/2020).

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 79 tahun 2020, perusahaan tersebut tutup selama 3x24 jam.

Berikut rincian jumlah perusahaan selama PSBB Pengetatan:

1. 9 perusahaan ditutup pada 14 September

2. 2 perusahaan ditutup pada 15 September

3. 5 perusahaan ditutup pada 16 September

4. 7 perusahaan ditutup pada 17 September

5. 15 perusahaan ditutup pada 18 September

6. 11 perusahaan ditutup pada 19 - 21 September

7. 7 perusahaan ditutup pada 22 September

8. 12 perusahaan ditutup pada 23 September

9. 12 perusahaan ditutup pada 24 September

10. 14 perusahaan ditutup pada 25 - 27 September

11. 16 perusahaan ditutup pada 28 September

 

Perpanjang PSBB Pengetatan

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengetatan hingga dua pekan, yakni mulai 28 September hingga 11 Oktober 2020.

Dia menyatakan perpanjangan tersebut akibat angka positif Covid-19 masih berpotensi meningkat bila ada pelonggaran. Hal tersebut juga berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 959 Tahun 2020.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta, perlu dilakukan perpanjangan pembatasan selama 14 hari berikutnya jika kasus belum menurun secara signifikan," papar dia.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan kasus Covid-19.

Menurut dia, Menko Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Panjaitan telah menyetujui perpanjangan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 200 Ribu Penerima Kartu Prakerja Dicabut Kepesertaannya

Posted: 28 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 200 ribu penerima Kartu Pekerja dicabut status kepesertaannya. Hal ini lantaran dalam tenggat waktu yang ditentukan, penerima manfaat tak kunjung membeli paket pelatihan.

Terakhir, pemerintah kembali mencabut kepesertaan 47.818 penerima dari total penerima Kartu Prakerja gelombang 5 yang mencapai 800 ribu orang.

"Hari Minggu kemarin kami mencabut kepesertaan dari 40 ribuan penerima Kartu Prakerja dari gelombang 5 yang tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari. Berarti ada dana yang dikembalikan ke Kas Negara," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, hingga 26 September 2020, tercatat jumlah penerima manfaat yang dicabut kepesertaannya sebanyak 189.436 orang yang berasal dari gelombang 1 sampai 4.

Adapun pencabutan status kepesertaan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Dalam pasal 20 ayat 1 disebutkan, penerima kartu prakerja secara bebas memilih pelatihan yang telah disetujui oleh PMO. Dimana pemilihan pelatihan untuk pertama kali dilakukan tidak lebih dari 30 hari setelah peserta ditetapkan sebagai penerima kartu prakerja.

Gagal Terus Daftar Kartu Prakerja, Ini Sebabnya?

Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)
Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja dan Fasilitas yang Didapat. (Sumber: Situs Resmi Kartu Prakerja)

Sebelumnya, Pendaftaran Kartu Prakerja kini telah memasuki gelombang 10 pada Sabtu, 26 September 2020. Namun, sejumlah masyarakat masih mempertanyakan mengapa mereka selalu gagal lolos dalam sesi pendaftaran.

Direktur Operasi Kartu Prakerja Hengki Sihombing menjelaskan, kegagalan mendaftar jadi peserta Kartu Prakerja disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, jumlah pendaftarnya pada tiap gelombang jauh lebih banyak dibanding kuota yang disediakan.

 

"Misalkan pada batch 9 kemarin, yang mendaftar di gelombang 9 kemarin ada 5,9 juta. Sementara yang kita terima di batch 9 hanya 800 ribu. Dari situ kita lihat, angka pendaftar dan yang diterima jauh berbeda," terangnya dalam sesi diskusi di Instagram, Sabtu (26/9/2020).

Penyebab kedua, Hengki mengutarakan, ada beberapa kriteria dalam proses penentuan calon penerima yang telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020.

"Di situ dijelaskan penerima kartu prakerja tidak boleh TNI/Polri, ASN, pejabat negara, pejabat desa, dan yang lain. Salah satunya jika pendaftar masuk salah satu tersebut, itu berarti mereka tidak akan bisa lolos sebagai penerima," terangnya.

Faktor ketiga, ini berkaitan dengan fungsi program Kartu Prakerja yang telah berubah fungsi menjadi semi bansos pada saat pandemi Covid-19. Dengan begitu, Hengki menyebutkan, masyarakat yang telah menerima program bantuan sosial lainnya seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tidak berhak menerima Kartu Prakerja.

"Kita juga kan ada nih stimulus-stimulus selama pandemi seperti bantuan upah. Nah, jika calon penerima sudah mendapatkan bantuan tadi, itu juga tidak akan bisa lolos jadi penerima kartu prakerja," ujar dia.

"Jika peserta jadi bagian dari 3 penerima bantuan tadi, itu tidak akan pernah lolos jadi penerima kartu prakerja," tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Toyota Astra Motor Membaik, Market Share Naik Jadi 31,7 Persen

Posted: 28 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT. Toyota Astra Motor mencatatkan peningkatan penjualan pada Juni-Agustus 2020. Tercatat, mengalami peningkatan 31,7 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 31,4 persen.

"Angka retail sales dari Januari sampai Agustus, bisa kita lihat impact covid-19 itu berdampak besar pada bulan April dan Mei penjualan industri 17 ribu mobil dan penjualan Toyota drop ke 6.700 mobil. Seiring berjalannya waktu sedikit recovery kita sudah melihat sudah mengarah ke angka 30 ribuan mobil untuk industri dan Toyota di atas 13 ribu mobil," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam Workshop Wartawan Industri 2020, Selasa (29/9/2020).

Dengan begitu, market share PT Toyota Astra Motor pada Juni-Agustus pun mengalami kenaikan. Market share Toyota untukk periode yersebut mencapai 31,7 persen. Angka tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan 2019. "Jadi ada kenaikan di angka market share kita," ujarnya.

Sementara untuk komposisi segmen penjualan, Anton mengatakan produk SUV dan MVP masih meningkat meskipun di masa pandemi. Untuk produk Toyota SUV seperti Rush dan Fortuner masih berada di posisi pertama di market share.

Rata-rata penjualan dua produk SUV mencapai 3.600 unit per bulan periode Januari-Agustus atau 37,5 persen dari market share. Sedangkan produk MPV seperti Kijang innova dan Avanza menjadi dua produk yang paling diminati di market share.

"Kita melihat memang dari tahun ke tahun SUV ini meningkat terus walaupun kita tetap take note segmen MPV tetap menjadi segmen yang penting, saya kira sebesar 60 persen dari segmen untuk MPV dan SUV sudah mencapai 25 persen, saya berterima kasih support kepada konsumen," ujarnya.

Tentunya peningkatan itu didukung dengan strategi yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor, dengan me-launching produk baru pada Juni-Juli mengingat market sudah mulai meningkat, produk baru itu diantaranya Corolla Cross, kijang Innova TRD Sportivo Limited, Sienta Welcab, New GR Supra, New Hilux, New Yaris, dan New Agya.

"Kita berharap dengan produk ini bisa mendapatkan penerimaan yang baik di pasar, contoh Corolla Cross hasilnya cukup baik data yang saya dapatkan per 26 September ekspektasinya sudah mencapai 531 unit, dan tentu saja ini sudah melebihi dari harapan kami. Jadi selama dua bulan ini bisa mencapai 500-600 unit atau 300 unit per bulan. Ekspektasi kita waktu itu sekitar 200 unitan," pungkasnya.

Toyota Astra Motor Punya Panglima Baru

Foto yang diambil pada 16 November 2015 menunjukan aktivitas perakitan mobil All News Kijang Innova di Pabrik TMMIN Karawang. Mobil baru tersebut akan memberi warna baru pada perkembangan pasar MPV dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Foto yang diambil pada 16 November 2015 menunjukan aktivitas perakitan mobil All News Kijang Innova di Pabrik TMMIN Karawang. Mobil baru tersebut akan memberi warna baru pada perkembangan pasar MPV dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT. Toyota Astra Motor, agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia memiliki pemimpin baru. Posisi Presiden Direktur yang semula dijabat oleh Yoshihiro Nakata, kini beralih kepada Susumu Matsuda.

Matsuda sebelumnya menjabat sebagai Deputy Chief Executive Officer, China & Asia Region sejak Juni 2018. Pria lulusan Fakultas Hukum Kobe University ini mengawali karirnya di Toyota Motor Corporation (TMC) sejak April 1989.

"Interesting sekali melihat perkembangan Indonesia yang begitu cepat dari tahun ke tahun," ujarnya saat perkenalan dengan sejumlah media, Jumat (31/1/2020).

Di TMC, Matsuda lama berkecimpung di bidang sales dan marketing hingga menjabat sebagai general manager pada 2015. Tiga tahun kemudian ia dipercaya sebagai presiden di Toyota Motor Asia Pacific Pte. Ltd dan juga Deputy Chief Executive Officer, China & Asia Region sebelum berlabuh di TAM.

"Bersama tim Indonesia, kami akan provide ever better cars demi kebutuhan customers di Indonesia," tambahnya yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Perubahan jabatan ini merupakan bagian dari program promosi dan rotasi yang dilakukan TMC. Yoshihiro Nakata kini mendapat kepercayaan untuk mengelola bisnis Toyota untuk kawasan Asia Pasifik. Pria yang pertama kali mengawali karir di TMC pada April 1991, menjabat Presiden Direktur di TAM sejak April 2017

Penjualan TAM di 2019

Penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) sepanjang tahun lalu terlalu cemerlang. Pasalnya, raksasa asal Jepang ini hanya mencatatkan penjualan sebesar 331.797 unit. Angka ini mengalami penurunan sebesar 5,7 persen dibanding penjualan pada tahun sebelumnya.

Namun, penurunan penjualan Toyota ini masih di bawah penurunan rata-rata industri, sebesar 10,5 persen. Pasalnya, penjualan otomotif secara nasional sendiri turun dari 1.151.413 unit pada 2018 menjadi 1.030.126 unit di 2019, sehingga pangsa pasar Toyota naik menjadi 32,2 persen dibandingkan 2018 sebesar 30,6 persen.

Penjualan Toyota ditopang segmen MPV dengan total penjualan 203.205 unit atau memberi kontribusi sebesar 61,2 persen. Avanza dan Veloz menjadi tulang punggung segmen ini.

Di tengah penurunan penjualan di segmen low MPV, Avanza-Veloz berhasil mendongkrak angka penjualan dengan peningkatan sebesar 5,1 persen menjadi 86.374 unit.

Sementara itu, market share Avanza-Veloz pada 2019 juga mengalami peningkatan menjadi 34,0 persen di mana sebelumnya membukukan market share 28,7 persen pada 2018. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Henry Cavill Siap Rebut Peran James Bond Setelah Gagal Casting 15 Tahun Lalu

Posted: 28 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Henry Cavill yang selama ini dikenal sebagai Superman sejak tampil dalam Man of Steel pada 2013, sukses menjajal akting di peran lain. Mulai dari antagonis dalam Mission: Impossible, sampai yang terbaru adalah sebagai Sherlock Holmes.

Namun siapa sangka ternyata Henry Cavill memiliki minat yang sangat besar untuk memerankan karakter ikonis James Bond. Pasalnya, pada 15 tahun lalu, ia pernah ikut casting sebagai sang agen untuk film Casino Royale.

Sayangnya, pada saat itu usia Henry Cavill masih 22 tahun. Sehingga ia dianggap terlalu muda untuk memerankan James Bond. Alhasil, Daniel Craig pun dipilih untuk menjadi sang agen 007.

 

Masih Mau Bermain

Henry Cavill (Instagram/ henrycavill)
Henry Cavill (Instagram/ henrycavill)

Namun, kini Cavill sudah berusia yang sama seperti ketika Craig pertama kali terpilih sebagai James Bond. Bintang serial The Witcher ini pun masih mau bermain sebagai James Bond bila para sineasnya menggelar casting lagi.

 

Sangat Ingin Jadi James Bond

Bahkan pemeran Superman bukanlah orang Amerika. Henry Cavill adalah orang Inggris (instagram/henrycavill)
Bahkan pemeran Superman bukanlah orang Amerika. Henry Cavill adalah orang Inggris (instagram/henrycavill)

"Pada tahap ini, semuanya sudah di udara. Kita akan lihat apa yang terjadi. Tapi ya, saya ingin sekali untuk memainkan Bond, itu akan sangat, sangat menyenangkan," ujar Cavill dalam sebuah wawancara, seperti disampaikan wegotthiscovered.com.

 

Ingin Memanfaatkan Kesempatan

"Jika Barbara Broccoli dan Michael G. Wilson tertarik pada hal itu, saya benar-benar akan memanfaatkan kesempatan itu. Kita akan lihat apa yang terjadi," lanjutnya.

 

Pernah Jadi Agen Rahasia

Henry Cavill sebelumnya juga memiliki pengalaman memerankan agen rahasia dalam film The Man From U.N.C.L.E. Perannya dalam Mission: Impossible Fallout pun dihujani pujian.

No Time to Die

Sementara itu, film terbaru James Bond yang akan datang, No Time to Die, siap ditayangkan di bioskop pada November 2020 mendatang. Film ini digadang-gadang sebagai penampilan terakhir Daniel Craig sebagai sang agen 007.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Bantuan Rp 4 Juta untuk Keluarga Anggota BPJS

Posted: 28 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang bantuan sebesar Rp 4 juta untuk keluarga anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Safarudin pada 10 Februari 2020.

Akun Facebook Safarudin mengunggah tata cara peserta BPJS mendapatkan bantuan Rp 4 juta. Berikut narasinya:

"Beruntung nya yang ikut BPJS...

BANTUAN TAHUN 2020 UNTUK KELUARGA ANGGOTA BPJS... !

Sesuai dengan Kepres No. 3/Kepres/RI/X/2020, bahwa semua keluarga yang sudah mempunyai Kartu BPJS, akan menerima bantuan langsung tunai sebesar Rp. 4.000.000,- per Kartu Keluarga (KK).

SYARAT2:

1. Foto Copy KK

2. Foto Copy Kartu BPJS

3. Foto Copy KTP Kepala Keluarga

4. Masing-masing rangkap 2 Dana sudah dapat dicairkan langsung mulai January 2020, dengan membawa syarat tersebut ke Bank BUMN (MANDIRI, BRI, BNI)

Hal ini merupakan komitmen terbaru dari Menteri Keuangan RI & Menteri Kesehatan RI, diperkuat pidato Presiden RI di depan semua Kepala Daerah Indonesia. Selain itu, beliau juga mempertegas akan memperbarui APBN 2020 untuk direvisi "Bantuan Langsung". Alhamdulillah, ternyata benar, rezeki itu datangnya tak diduga-duga. Mari kita semua senantiasa bersyukur.....," tulis akun Facebook Safarudin.

Konten yang disebarkan akun Facebook Safarudin telah 81 kali dibagikan dan mendapat 198 komentar warganet.

 

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com kabar tentang bantuan sebesar Rp 4 juta untuk keluarga anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf. Iqbal mengatakan bahwa kabar tentang bantuan sebesar Rp 4 juta untuk keluarga anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah hoaks.

"Itu jelas pasti hoax," kata Iqbal kepada Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

Liputan6.com juga menemukan artikel membantah kabar tersebut. Adalah artikel berjudul "Isu Pesertanya Dapat Uang Lebaran Rp 2 Juta, BPJS Pastikan Hoaks" yang dimuat situs kompas.com pada 17 Mei 2019.

KOMPAS.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) memastikan bahwa informasi seputar uang bantuan Lebaran untuk peserta terdaftar programnya adalah tidak benar.

Informasi ini merebak di media sosial, salah satunya di Facebook sejak beberapa hari yang lalu. Disebutkan, satu kartu keluarga (KK) yang terdaftar BPJS akan mendapatkan uang sebesar Rp 2 juta.

Uang tersebut dapat dicairkan mulai 1 Juni 2019 mendatang di bank BUMN, seperti Bank Mandiri, Bank Nasional Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kabar palsu ini juga menyebutkan syarat-syarat yang musti dipenuhi, seperti fotokopi KK, fotokopi kartu BPJS, dan fotokopi KTP Kepala Keluarga.

Berikut tangkapan layar dan narasi yang ada:

Berungtung nya yg ikut BPJS...

BANTUAN LEBARAN UNTUK KELUARGA ANGGOTA BPJS... Sesuai dengan Kepres No.3/Kepres/RI/V/2019, bahwa semua keluarga yang sudah mempunyai Kartu BPJS, akan menerima bantuan langsung tunai sebesar Rp 2.000.000,- per Kartu Keluarga (KK). SYARAT2

1. Foto Copy KK

2. Foto Copy Kartu BPJS

3. Foto Copy KTP Kepala Keluarga

4. Masing-masing rangkap 2 Dana sudah dapat dicairkan mulai 01 juni 2019, dengan membawa syarat tersebut ke Bank BUMN (MANDIRI, BRI, BNI)

Hal ini merupakan komitmen terbaru dari Menteri Keuangan, diperkuat pidato Presiden di depan semua Kepala Daerah Indonesia.

Selain itu, beliau juga mempertegas akan memperbarui APBN 2019 untuk direvisi "Bantuan Langsung" Alhamdulillah, ternyata benar, rezeki itu datangnya tak diduga-duga.

Mari kita semua senantiasa bersyukur...

Dipastikan bohong

Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma'ruf menegaskan, informasi mengenai bantuan uang Lebaran adalah kabar bohong.

"Ini hoaks. Selama ini tidak ada pemberian bantuan-bantuan langsung begitu," kata Iqbal saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/5/2019).

Iqbal menjelaskan, BPJS Kesehatan mengelola jaminan kesehatan yang diatur dalam berbagai regulasi, baik undang-undang, peraturan presiden (perpres), dan aturan lainnya.

"Perpres Nomor 82 Tahun 2018 adalah peraturan presiden yang terakhir diterbitkan, sebagai rujukan regulasi penyelenggaraan program JKN-KIS," ujar dia.

Informasi palsu itu juga menyebutkan bahwa adanya bantuan uang dari BPJS didasarkan pada Keppres Nomor 3 Tahun 2019. Padahal, Keppres Nomor 3 Tahun 2019 tidak mengatur mengenai bantuan Lebaran, melainkan tentang Pembatalan Pemberian Remisi Berupa Perubahan dari Pidana Penjara Seumur Hidup Menjadi Pidana Penjara Sementara.

Selain itu, kebohongan informasi ini didukung dengan isi kabar yang tidak jelas, salah satunya tak menyebut apakah yang dimaksud BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.

 

 

Kesimpulan

Kabar tentang bantuan sebesar Rp 4 juta untuk keluarga anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ternyata tidak benar alias hoaks.

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Informasi palsu tersebut ternyata pernah viral pada 2019 lalu.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Dikira Saudara Kembar, Ini 7 Potret Kebersamaan Shezy dan Sheza Idris

Posted: 28 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kakak beradik Shezy Idris dan Sheza Idris diketahui telah cukup lama menggeluti dunia hiburan Tanah Air. Sang kakak, Shezy Idris atau yang memiliki nama lengkap Shilya Patrice Kirana Idris ini memulai kariernya sebagai None Cilik Jakarta Barat pada 1986. Ia bahkan sempat mengikuti ajang pencarian bakat serta model pada 1997.

Sedangkan Drisha Wijayanka Idris atau yang lebih dikenal dengan Sheza Idris memulai kariernya sebagai seorang pesinetron pada 2000. Kakak beradik ini pun cukup sering tampil di berbagai sinetron maupun film layar lebar. Bahkan, kebersamaan keduanya kerap kali membuat netizen salah sangka.

Pasalnya, tak sedikit netizen yang menganggap jika Shezy Idris dan Sheza Idris adalah saudara kembar karena kemiripan keduanya. Padahal usia mereka terpaut 7 tahun. Shezi lahir pada 6 Oktober 1981 sementara Sheza lebih muda 7 tahun, di mana ia lahir pada 14 Oktober 1988.

Kebersamaan Shezy dan Sheza Idris ini juga kerap disebut-sebut sebagai sister goals. Pasalnya, keduanya sering kali terlihat saling mendukung di berbagai kegiatan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, beirkut ini beberapa potret kebersamaan Shezy Dan Sheza Idris yang sering disangka kembar, Selasa (29/9/2020).

1. Baik Shezy maupun Sheza Idris kerap mengunggah potret bersama di akun Instagram masing-masing.

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

2. Potret kebersamaan keduanya pun sering kali mencuri perhatian netizen.

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

3. Memiliki wajah yang cukup mirip, Shezy dan Sheza pun tak jarang disebut kembar oleh netizen

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

4. Bahkan, jika salah satu tengah diterpa rumor maka yang lain pun akan setia menemani dan memberikan dukungan.

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

5. Kini, baik Shezy maupun Sheza Idris sudah cukup jarang terlihat di layar kaca.

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

6. Kedunya pun memilih untuk terfokus pada urusan keluarga dan anak masing-masing.

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

7. Meski begitu, tak sedikit pula netizen yang cukup menantikan penampilan keduanya kembali ke layar kaca.

Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)
Shezy Idris dan Sheza Idris (Sumber: Instagram/shezaidris)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlakukan PSBB Ketat, Volume Kendaraan di Jalan Sudirman-Thamrin Turun 21 Persen

Posted: 28 Sep 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di DKI Jakarta berdampak positif pada situasi arus lalu lintas.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mencatat, terjadi penurunan jumlah kendaraaan bermotor sebesar 21 persen di senjumlah ruas jalan protokol seperti Jalan Jendral Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

"Contoh di Jalan Sudirman/Thamrin Senin 7 September 2020 volume kendaraan sebesar 89.446 kendaraan sedangkan Senin 14 September 2020 volume sebesar 70.509 kendaraan, jadi ada penurunan volume sebesar 21,1 persen," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (29/9/2020).

Sambodo menyebut, salah satu faktor yang mempengaruhi arus lalulintas di DKI Jakarta pada masa PSBB ketat yakni berlakunya kebijakan Work From Home (WFH). Dia menyebut, saat ini hampir sebagian jalan tidak lagi dipadati kendaraan.

"Kalau macetnya sudah tidak ada juga, tapi kami tetap turunkan personel," ujar dia.

Penurunan Penumpang KRL

Selain lalu lintas, penumpang KRL juga turun 21 persen. Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba menyatakan adanya penurunan jumlah penumpang KRL saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat DKI selama sepekan.

Dia menyatakan selama sepekan terakhir PSBB masa transisi yang lalu, rata-rata penumpang KRL mencapai 369.728 setiap hari. Namun itu berubah saat penerapan PSBB ketat DKI.

"Pada pekan pertama penerapan PSBB ketat hanya tercatat 298.385 pengguna per hari atau mengalami penurunan sekitar 21 persen," kata Anne melalui keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Dia menjelaskan penurunan jumlah penumpang tersebut tampak di sejumlah stasiun kota-kota penyangga. Seperti halnya di Stasiun Bogor pekan lalu turun 17 persen dan Stasiun Bekasi turun sebanyak 25 persen saat hari pertama PSBB.

Selain itu, untuk jumlah penumpang setelah sepekan PSBB juga tetap mengalami penurunan bila dibandingkan dengan Senin (14/9/2020).

"Hingga pukul 07.00 pagi, jumlah pengguna KRL tercatat 61.488, berkurang 2 persen dibandingkan Senin pekan lalu pada kurun waktu sama yang berjumlah 62.497 pengguna," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Omnibus Law, Buruh Gelar Mogok Kerja Serentak

Posted: 28 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan kelompok buruh menuding anggota DPR RI telah mengkhianati buruh, karena telah menyetujui usulan pemerintah mengesahkan pemberlakukan omnibus law klaster ketenagakerjaan. Tentunya hal itu dianggap merugikan buruh.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat FSP TSK SPSI Roy Jinto, hasil kesepakatan panja dan pemerintah soal klaster ketenagakerjaan yaitu penghapusan syarat jenis pekerjaan, batasan waktu PWKT atau kontrak, outsourcing atau alih daya ini akan berakibatkan terhadap semua jenis pekerjaaan.

Selain itu ucap Roy hal yang merugikan lainnya, adanya jabatan tanpa ada batasan waktu menggunakan PKWT dan outsourcing, dikuranginya nilai pesangon, dihapuskannya upah minimum sektor, cuti-cuti yang menjadi hak buruh dan dipermudahnya perusahaan melakukan PHK.

"Ini membuktikan bahwa DPR bukan lagi representasi rakyat tidak mendengarkan aspirasi buruh," ujar Roy dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Selasa, (29/9/2020).

Roy mengatakan pembahasan kedua belah pihak itu dilakukan pada 25 - 27 September 2020, dimana dari waktu pembahasan kelompok buruh melihat bahwa DPR dan Pemerintah melakukan pembahasan kejar tayang dan target .

Itu dapat dilihat sebut Roy, pada hari libur yaitu Sabtu - Minggu lalu tetap dilakukan pembahasan sampai pukul 23.00 WIB di hotel mewah dan berpindah-pindah tempat memicu kemarahan kelompok buruh.

"Hasil rapat pimpinan serikat pekerja dan serikat buruh yang terdiri dari KSPSI, KSPI, Aliansi Gekanas yang didalamnya ada 32 federasi serikat pekerja tingkat nasional pada tanggal 27 September 2020, menyatakan menolak seluruh hasil pembahasan panja dan pemerintah mengenai Omnibus Law Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan," sebut Roy.

Roy menegaskan kelompok buruh akan melakukan perlawanan secara konstitusional dengan melakukan aksi unjuk rasa dan mogok nasional. Rencananya unjuk rasa buruh akan dilakukan di gedung DPR RI dan di daerah akan dilakukan secara bergelombang dimulai dari 29 September - 1 Oktober 2020.

Aksi Unjuk Rasa

Buruh dari Konfederasi Aksi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) berunjuk rasa mendesak Gubernur Ridwan Kamil agar segera menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) tahun 2020, Bandung, Rabu, 20 November 2019. (Lipuan6.com/Arie Nugraha)
Buruh dari Konfederasi Aksi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) berunjuk rasa mendesak Gubernur Ridwan Kamil agar segera menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) tahun 2020, Bandung, Rabu, 20 November 2019. (Lipuan6.com/Arie Nugraha)

Selain di gedung DPR RI, unjuk rasa pada tanggal 1 Oktober 2020 akan di fokuskan di kantor Kementerian Ekonomi dan Kementerian Tenaga Kerja.

Sedangkan mogok nasional akan dilakukan pada tanggal 6 - 8 Oktober 2020 secara serentak di seluruh kawasan industri kabupaten dan kota, provinsi serta nasional dengan tuntutan batalkan dan cabut Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

"Mogok nasional ini sebenarnya bukan tujuan dari kaum buruh. Kami telah melakukan upaya-upaya konsep, loby-loby dialog dengan pemerintah dan DPR RI, tapi semua langkah itu tidak membuahkan hasil sesuai harapan buruh," ucap Roy.

Roy mengaku kelompok buruh terpaksa mengambil langkah mogok nasional secara konstitusional, berdasarkan hasil kesepakatan seluruh serikat pekerja serta serikat buruh' Alasannya, karena jika RUU Cipta Kerja ini disahkan pada sidang paripurna DPR RI tanggal 8 Oktober 2020, maka nasib kelompok buruh akan semakin susah.

Buruh berjanji akan memastikan kegiatan unjuk rasa dan mogok nasional dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yaitu dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID - 19 seperti memakai masker, hand sanitizer, jaga jarak serta akan berjalan secara aman, damai dan tertib. (Arie Nugraha)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Mulai Tempati Kamar Isolasi di Hotel, TNI Berjaga 24 Jam

Posted: 28 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien COVID-19 tanpa gejala mulai menempati kamar isolasi yang tersedia di sejumlah hotel di Jakarta. Fasilitas itu menjadi bagian program Reaktivasi Industri Perhotelan yang dilaksanakan untuk menekan penyebaran COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan kementeriannya bersama Kementerian Kesehatan mempersiapkan hal itu agar pasien tanpa gejalan tidak mengisolasi mandiri guna menghindari penularan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar. Selain pasien, program juga menyiapkan akomodasi bagi tenaga kesehatan.

"Mulai 26 September 2020 program Reaktivasi Industri Perhotelan Melalui Pendukungan Akomodasi Masyarakat Berstatus Pasien Terkonfirmasi Tanpa Gejala dan Tenaga Kesehatan sudah dimulai di Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square dan U Stay Hotel Mangga Besar," kata Wishnutama dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 28 September 2020.

Program tersebut dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dan protokol disinfeksi di area properti hotel menurut aturan KMK No. HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dan KMK Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. Tim kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan Tim Pengamanan dari TNI juga berjaga 24 jam di hotel-hotel terkait.

"Sampai dengan 28 September 2020, jumlah pasien yang telah berada di Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square sebanyak 119 orang sedangkan di U Stay Hotel Mangga Besar sebanyak 94 orang," kata Wishnutama.

Kemenparekraf menyiapkan anggaran sebesar Rp100 miliar hingga Desember 2020 sebagai dukungan layanan akomodasi berupa kamar dan makan tiga kali sehari. Kasubdit Kekarantinaan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr. Benget Saragih, menyebut pihaknya sudah merekomendasikan hotel-hotel yang lolos verifikasi dan memenuhi persyaratan. Saat ini, hotel-hotel tersebut tersebar di wilayah DKI Jakarta.

"Dari daftar 30 hotel di wilayah DKI Jakarta yang sudah direkomendasikan oleh PHRI, ada 17 hotel yang sudah memenuhi syarat," ucap Benget.

Hotel yang lolos verifikasi dinilai telah memenuhi sejumlah kriteria sesuai dengan pedoman penanganan COVID-19. Itu meliputi memiliki ruang penerimaan pasien untuk melakukan triage; ada tim yang sudah dilatih desinfeksi; tersedia mini hospital; memiliki alat pelindung yang standar bagi petugas hotel; makanan dan minuman diantar ke depan kamar pasien oleh petugas; serta tersedia jalur evakuasi jika ada pasien yang kondisinya memburuk.

Selain itu, juga tersedia akomodasi bagi petugas kesehatan dan pengamanan; tersedia tempat penyimpanan sementara limbah medis dan infeksius sebelum diangkut ke tempat pengolahan khusus limbah medis; serta petugas hotel harus sehat, tidak memiliki penyakit penyerta, dan telah melakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif COVID-19.

Siapkan Akomodasi Baru

Paket makan yang disediakan untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di hotel. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf/Dinny Mutiah)
Paket makan yang disediakan untuk pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di hotel. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Sementara, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, mengatakan bakal menambah jumlah akomodasi baru untuk pasien berstatus tanpa gejala dan gejala ringan. Pemerintah sebelumnya menargetkan 14.000 kamar hotel akan menjadi ruang isolasi pasien COVID-19 hingga akhir Desember 2020.

"Untuk masyarakat berstatus pasien konfirmasi tanpa gejala yang ingin memanfaatkan fasilitasi isolasi, dapat menghubungi hotline terlebih dahulu yang telah disediakan di masing-masing hotel," kata Nia.

Dalam memanfaatkan fasilitas isolasi, pasien konfirmasi tanpa gejala harus membawa surat rekomendasi dari Puskesmas atau dokter instansi atau dokter keluarga, dan hasil PCR/SWAB test yang menyatakan positif COVID-19 serta persyaratan scan Data Diri (KTP/SIM). "Setelah disetujui, pasien dapat menjalankan isolasi sesuai ketentuan yang ditetapkan," sambung dia.

Untuk Ibis Style Mangga Dua Square yang berlokasi di Jakarta Utara bisa menghubungi hotline 021-29578900 dan untuk U Stay Hotel Mangga Besar yang berlokasi di Jakarta Pusat dapat menghubungi hotline 021-6000500.

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 29 September: 33,2 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 12 Kasus Baru di China

Posted: 28 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- China telah mencatat 12 kasus baru Virus Corona COVID-19 pada 28 September, menurut otoritas kesehatan nasional negara tersebut. Sementara itu, China sempat mencatat 21 kasus sehari sebelumnya. 

Dalam sebuah pernyataan, Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan bahwa semua infeksi baru COVID-19 itu merupakan kasus impor yang melibatkan pelancong yang tiba dari luar negeri, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (29/9/2020). 

Jumlah pasien tanpa gejala, yang tidak terhitung sebagai kasus terkonfirmasi di China, juga dilaporkan naik menjadi 26 dari 14 orang di hari sebelumnya. Saat ini, total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di China telah mencapai 85.384, sementara jumlah kematian masih sebanyak 4.634 jiwa.

Laporan Channel News Asia lainnya juga menyebutkan bahwa jumlah kasus Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di Spanyol, per 28 September telah mencapai 748.266. 

Jumlah kasus COVID-19 tersebut naik hingga 31.785 dari total infeksi pada 25 September, menurut data dari Kementerian Kesehatan Spanyol.

Sementara angka kematian akibat Virus Corona COVID-19 di Spanyol naik menjadi 31.411 dari 31.232 jiwa pada 25 September.

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada hari Selasa per pukul 11.34 WIB telah mencapai 33.282.969 kasus. 23.066.203 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

Sebanyak 1.000.867 orang di dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com.

5 Juta Pasien COVID-19 di India Pulih

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa India berada di posisi teratas untuk pasien pulih yakni 5.016.520 lalu Brasil sebanyak 4.197.372.

AS, negara dengan jumlah kasus terbesar di dunia, saat ini tercatat memiliki 7.148.009 infeksi dengan 2.794.608 pasien pulih.

Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, yaitu 76.649 orang pulih. 

India, Brasil, Rusia, dan Kolombia saat ini tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar di dunia, sebanyak 6.074.702 kasus. 

Selanjutnya, pasien COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Brasil, sebanyak 4.745.464 kasus.

Sementara di Rusia, 1.154.299 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 942.619 pulih. 

Berada di Posisi kelima untuk kasus terbanyak, infeksi COVID-19 di Kolombia telah mencapai 818.203 dan 722.536 orang pulih.

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Koleksi Mobil dan Motor Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka

Posted: 28 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maju sebagai calon Wali Kota Surakarta dalam Pilkada 2020, Gibran Rakabuming Raka wajib melaporkan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dari Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Gibran diketahui memiliki harta kekayaan Rp22 miliar. Untuk nilai bersih kekayaannya mencapai Rp21,1 miliar dan catatan hutang Rp 895 juta.

Dibagi beberapa kategori, rincian kekayaan Gibran yang pertama ialah 5 bidang tanah dan bangunan dengan kepemilikan hasil sendiri. Nilai total tanah dan bangunan ialah Rp13,4 miliar.

Untuk kategori kendaraan, Gibran memiliki 8 unit kendaraan dengan nilai Rp682 juta. Untuk harta bergerak lainnya mengantongi Rp260 juta.

Sementara dalam bentuk kas dan setara kas dia memiliki Rp 2,1 miliar. Harta lainnya dengan nilai total, Rp 5,5 miliar.

Dalam LHKPN, Gibran Rakabuming Raka diketahui memiliki 8 kendaraan, berikut daftar tunggangan yang dimiliki putra Presiden Joko Widodo.

Daftar Motor dan Mobil Gibran Rakabuming Raka

1. Motor, Honda Scoopy Tahun 2015, Hasil sendiri Rp 7 juta

2. Motor, Honda CB-125 Tahun 1974, Hasil sendiri Rp 5 juta

3. Motor, Royal Enfield Tahun 2017, Hasil sendiri Rp 40 juta

4. Mobil, Toyota Avanza Tahun 2016, Hasil sendiri Rp 90 juta

 

Selanjutnya

5. Mobil, Toyota Avanza Tahun 2012, Hasil sendiri Rp 60 juta

6. Mobil, Isuzu Panther Tahun 2012, Hasil sendiri Rp 70 juta

7. Mobil, Daihatsu Grand Max Tahun 2015, Hasil sendiri Rp 60 juta

8. Mobil, Mitsubishi Pajero Sport Tahun 2016, Hasil sendiri Rp 350 juta

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: 17 Persen Masyarakat Yakin Tak Akan Tertular COVID-19

Posted: 28 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan bahwa masih ada 17 persen masyarakat yang yakin bahwa dirinya tidak akan tertular COVID-19.

Temuan ini diungkap oleh Kecuk Suhariyanto, Kepala BPS dalam pemaparannya terkait Hasil Survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 yang mereka lakukan pada 7 sampai 14 September 2020. Survei ini sendiri dilakukan secara daring terhadap 90.967 responden.

Dalam presentasinya dari Graha BNPB, Jakarta pada Senin (28/9/2020), 12,5 persen responden survei mengatakan bahwa mereka tidak mungkin tertular COVID-19 dan 4,5 persen mengatakan mereka sangat tidak mungkin terkena penyakit tersebut.

Sisanya, 34,3 persen mengatakan cukup mungkin tertular; 29,4 persen mengatakan mungkin bisa tertular; dan 19,3 persen mengatakan sangat mungkin untuk tertular COVID-19.

Kecuk mengatakan, tak ada perbedaan dalam kelompok jenis kelamin terkait keyakinan mereka tak akan terinfeksi COVID-19. Begitu pula dengan kelompok usia.

"Saya pikir 17 persen ini lumayan tinggi," kata Kecuk.

Terkait Tingkat Pendidikan

Banner Rapid Test, Tes Massal Virus Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Rapid Test, Tes Massal Virus Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Ia menambahkan, persepsi kemungkinan tertular COVID-19 juga terkait erat dengan tingkat pendidikan.

"Ketika pendidikannya rendah, mereka yakin bahwa 'saya pasti tidak tertular' tetapi kalau pendidikannya tinggi, kesadarannya sudah tinggi sehingga persentasenya menurun," kata Kecuk.

Dalam presentasinya, mereka yang berada di tingkat pendidikan SD dan SMP merupakan yang paling banyak yakin dirinya tidak mungkin tertular COVID-19.

"Yang bisa kita jadikan catatan di sini, kita tampaknya perlu lebih keras lagi untuk meningkatkan atau menggencarkan mengenai pemahaman masyarakat tentang COVID-19," kata Kecuk.

"Jadi perlu digalakkan bahwa siapa pun bisa berisiko karena COVID-19 tidak mengenal umur, tidak mengenal jenis kelamin, tidak mengenal pendidikan, tidak mengenal status sosial."

Respon Satgas

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menyampaikan RS Rujukan COVID-19 di Jakarta yang penuh itu dari adanya kapasitas tempat tidur di bawah 10 unit saat dialog di Media Center COVID-19, BNPB, Jakarta, Minggu (13/9/2020). (Tim Komunikasi Satgas COVID-19)
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menyampaikan RS Rujukan COVID-19 di Jakarta yang penuh itu dari adanya kapasitas tempat tidur di bawah 10 unit saat dialog di Media Center COVID-19, BNPB, Jakarta, Minggu (13/9/2020). (Tim Komunikasi Satgas COVID-19)

Terkait temuan ini, Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengatakan bahwa 17 persen masyarakat yang yakin dirinya akan tertular COVID-19 sesungguhnya merupakan angka yang besar.

"Kalau 17 persen dari jumlah penduduk kita secara nasional, 270 juta orang, berarti ini hampir 50 juta orang atau sekitar 45 juta orang," kata Doni.

Doni mengatakan, status saat ini adalah pandemi. Ini berarti, tidak ada sejengkal tanah pun yang betul-betul aman dari ancaman penyakit.

"COVID-19 ini yang ditulari atau media yang mengantarkan bukan hewan tetapi manusia. Lantas manusia yang sakit kita bisa antisipasi. Manusia yang sakit dirawat di rumah sakit, kita bisa menghindarinya," kata Doni.

Namun, yang menjadi masalah adalah orang-orang yang tanpa gejala namun sudah terinfeksi COVID-19. "Kalau yang 17 persen tadi merasa tidak akan terpapar COVID lantas ada di antara orang-orang terdekatnya sudah positif, cepat atau lambat pasti akan tertular."

Doni pun menegaskan bahwa setiap orang berpotensi untuk menularkan orang lain yang ada di sekitarnya.

"COVID-19 ini adalah ancaman yang nyata. COVID-19 bukan rekayasa, COVID bukan konspirasi," pungkasnya.

Infografis Tembus 1 Juta, Angka Kematian Covid-19 Dunia

Infografis Tembus 1 Juta, Angka Kematian Covid-19 Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tembus 1 Juta, Angka Kematian Covid-19 Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengaku Dapat Wangsit, Mbah Sumar Keliling Indonesia dengan Motor Butut

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Namanya Sumardi, berusia 65 tahun. Selepas magrib ia terlihat duduk termangu menghilangkan lelah di pelataran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Merlung, Jalan Lintas Timur Sumatera, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

Di antara riuhnya kendaraan yang sedang mengantre dan gemerlap terang lampu SPBU, Sumardi yang masih mengenakan sarung itu tak ingin jauh-jauh meninggalkan sepeda motornya. Sesekali ia mengamati motor bebek kesayangannya dengan seri pelat kendaraan AG.

Motor bebek dua selinder yang ditungganginya ia rakit dengan plang besi untuk menempelkan spanduk yang berisi tentang perjalanannya. Sementara, di bagian ekornya ditancapkan bendera merah putih dan spanduk bergambar fotonya.

Tak lupa pula, Sumardi memasang spanduk bertuliskan "Ayo bersama-sama kita patuhi protokol kesehatan biar penyakit Covid-19 hilang".

Sumardi, begitu ia lebih suka di sapa Mbah Sumar, sudah 12 hari menyusuri jalan aspal di Jawa dan Sumatera, menunggangi kuda besi keluaran 1997. Pria paruh baya itu berasal dari Kediri.

Dari Kediri, ia mulai perjalanan mulai tanggal 15 September 2020. Dia tengah mengemban misinya keliling Indonesia dengan tujuan terlebih dulu ke Sabang Aceh, kemudian melanjutkan ke berbagai pulau-pulau di Indonesia.

"Asalku seko Kediri (asal saya dari Kediri)," kata Mbah Sumardi ketika ditemui Liputan6.com, Sabtu malam (26/9/2020) di SPBU Merlung, Tanjungjabung Barat, Jambi.

Selama di perjalanan dari Kediri hingga sampai ke Sumatera, Sumardi yang kepalanya dipasang blangkon itu mengaku tidur di banyak tempat, mulai emperan rumah orang hingga pelataran SPBU.

Mbah Sumar yang bicaranya lebih banyak menggunakan bahasa Jawa itu mengaku, saat di perjalanan pernah ditawari orang untuk tidur di rumah. Namun, ia menolak dan lebih memilih tidur di emperan rumah.

"Nek turu sak nggon-nggone, kadang yo ning emperan, ning POM Bensin (kalau tidur ya di mana tempat, kadang di emperan rumah, di SPBU)," ujar Mbah Sumardi.

Selain tak ingin merepotkan pemilik rumah, terlebih lagi saat ini dalam kondisi wabah. Sehingga memilih tidur emperan rumah baginya menjadi pilihan yang tepat. Selama di perjalanan, Mbah Sumar mengaku, banyak yang bersimpati kepadanya.

"Iku helmku diwenehi Pak Polisi (itu helm yang saya pakai dikasih Pak Polisi)," kata Mbah Sumar dengan logat jawanya yang kental itu.

 

Dapat Wangsit Keliling Indonesia untuk Menumpas Corona

Mbah Sumardi (65) memacu sepeda motornya di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Merlung, Tanjungjabung Barat, Jambi, Sabtu (26/9/2020). (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)
Mbah Sumardi (65) memacu sepeda motornya di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Merlung, Tanjungjabung Barat, Jambi, Sabtu (26/9/2020). (Liputan6.com/Gresi Plasmanto)

Misinya berkeliling Indonesia bukan karena hobi atau sensasi semata. Ia rela melakukan perjalanan seorang diri dengan menempuh jarak ribuan kilometer itu sebelumnya karena mendapat wangsit.

Ia sebelumnya mengaku pernah mimpi didatangi seseorang. Dalam mimpinya itu Mbah Sumar diminta keliling dan menjelahi Indonesia agar Corona Covid-19 yang telah berbulan-bulan mewabah di Tanah Air bisa kunjung mereda.

"Nek gelem ngilangke Corona, lakonono ubengi Indonesia Corona mesti ilang, aku melaku seko kidul mengulon (kalau mau menumpas corona, kelilingi Indonesia Corona pasti hilang, saya mulai perjalanan dari selatan ke barat)," ujar Mbah Sumar.

Selama di perjalanan, Mbah Sumar juga banyak bertemu orang. Masyarakat, pedagang kecil, dan kuli bangunan banyak yang sambat karena Corona. Penghasilan mereka menurun sejak pagebluk itu mewabah di Tanah Air.

"Aku nyawang kuli watu, bakul-bakul cilik podo sambat, terus takon-takon ono sing wedi Corona ono sing ora (aku lihat kuli bangunan, pedagang kecil sambat, terus tanya ada yang takut Corona ada yang tidak)," ujar Mbah Sumar.

Mbah Sumar mengaku keliling Indonesia bukan kali ini saja. Pada tahun 1974, ia pernah melakoni misi berjalan kaki mundur dari Kediri ke Istana Jakarta. Dia masih ingat pernah dikasih uang Rp750 dari Presiden Soeharto kala itu.

Kemudian pada tahun 1982, ia juga pernah berkeliling Indonesia menggunakan sepeda motor.

Pada tahun 2017, Mbah Sumar juga pernah menemuh perjalanan panjang dari Blitar ke Jakarta untuk memberi dukungan moril terhadap Ahok ketika diterpa kasus penistaan agama.

Setelah sekitar satu jam berbincang dengan Liputan6.com, Mbah Sumar pamit undur diri. Ia kemudian memacu kendaraannya yang tak kalah tua dengan usianya untuk melanjutkan perjalanan ke arah Riau.

Ketika melewati jalan ramai, ia tak lupa menyalakan klakson motornya. Tak sedikit mata orang yang melintas tertuju pada pria paruh baya itu. Semoga selamat sampai tujuan, Mbah.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Penerus Lesty Kejora, Ini 6 Potret Meli Nuryani Juara LIDA 2020

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga Dangdut Indonesia (LIDA) menjadi salah satu ajang kompetensi dangdut yang selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia. Acara musik yang ditayangkan di Indosiar ini pun sudah menelurkan para penyanyi dangdut yang berbakat . Berkat kesuksesannya, LIDA sudah mencapai musim ketiga pada tahun 2020 ini.

Memulai audisi sejak Januari 2020 lalu, kini LIDA 2020 sudah mendapatkan juaranya. Dalam Konser Kemenangan yang pada Selasa (29/9/2020) dini hari Meli kontestan yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat dinobatkan menjadi juara 1 kompetisi penyanyi dangdut terbesar ini.

Sedangkan posisi kedua ditempati oeleh Gunawan perwakilan Maluku Utara, posisi 3 ditempati duta dari Jambi, Hari. Berkat kemenangannya, Meli sang juara 1 mendapatkan single kemenangan sebagai lagu perdana sang juara. Tembang ini akan dibawakan Meli pada panggung Pesta Sang Juara, Selasa (29/9/2020) nanti.

Wanita yang akrab disapa Meli ini sudah menyukai musik dangdut sejak kecil. Sebelum mengikuti ajang LIDA 2020, ia pernah mengikuti Kontes Dangdut Indonesia (KDI) pada 2018 lalu. Namun, ia gagal menjadi juara. Tak pantang menyerah, wanita kelahiran 2004 ini mengikuti audis LIDA 2020.

Kerja kerasnya pun berbuah manis, gadis yang masih duduk di bangku SMA kelas 10 ini pun menjadi juara LIDA. Sama-sama berasal dari Jawa Barat, Meli sering disebut warganet sebagai penerus Lesty Kejora. Suaranya pun juga tak kalah memukau dari pelantun lagu 'Kejora'. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Meli juara LIDA 2020, Selasa (29/9/2020).

1. Meli LIDA 2020, wanita yang berasal dari Cianjur Jawa Barat ini menjadi juara LIDA musim ketiga.

Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)
Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)

2. Punya suara yang memukau dan sama-sama berasal dari Jawa Barat, Meli kerap disebut warganet sebagai penerus Lesty Kejora.

Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)
Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)

3. Sebelumnya, gadis 15 tahun ini pernah mengikuti KDI pada 2018 lalu. Namun hanya sampai 9 besar.

Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)
Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)

4. Berkat kerja kerasnya, gadis berwajah manis ini berhasil meraih gelar juara megalahkan Hari dan Gunawan.

Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)
Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)

5. Potret keseruan pemilik nama lengkap Meli Nuryani bersama teman LIDA 2020. Meski berkompetensi, namun mereka tetap bersahabat.

Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)
Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)

6. Biasa tampil glamor dengan riasan makeup, ini dia potret Meli LIDA 2020 dengan gaya santai. Cantik ya.

Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)
Meli LIDA 2020 (Sumber: Instagram/lida2020.meli)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengaruh Orangtua Pengaruhi Sulit atau Mudahnya Penyesuaian Diri Anak Tunanetra

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orangtua merupakan guru pertama bagi anak. Biasanya setiap anak, baik yang menyandang disabilitas maupun non disabilitas akan banyak meniru perilaku yang dicontohkan orangtuanya.

Menurut peneliti dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Ginanjar Rohmat, hubungan seorang anak dengan orangtua juga termasuk salah satu faktor yang memengaruhi penyesuaian diri seorang anak.

Bila hubungan seorang anak dengan orangtuanya baik, maka penyesuaian diri anak tersebut juga akan baik atau positif. Sebaliknya, bila hubungan seorang anak dengan orangtuanya tidak baik atau buruk, maka anak tersebut akan memiliki penyesuaian diri yang buruk atau negatif.

"Seorang anak yang diasuh dengan metode otoriter biasanya akan mengembangkan sikap benci terhadap semua figur berwenang. Sedangkan pola asuh yang serba membolehkan di rumah, membuat anak akan menjadi orang yang tidak mau memerhatikan keinginan orang lain Hurlock (1978: 288)," tulis Ginanjar dalam penelitiannya dikutip pada Senin (28/9/2020).

Ia menambahkan, beberapa pola hubungan antara seorang anak dengan orangtuanya yang dapat memengaruhi penyesuaian diri anak dikemukakan oleh Enung Fatimah (2006: 202). Salah satu pola hubungan tersebut adalah penerimaan orangtua terhadap anaknya (acceptance).

Penerimaan Orangtua Terhadap Anaknya

Penerimaan orangtua terhadap anak atau acceptance merupakan pola hubungan orangtua dengan anak yang menerima kehadiran anaknya apa adanya dengan ikhlas dan dengan cara-cara yang baik.

Sikap penerimaan dari orangtua yang baik dapat menimbulkan suasana hangat, menyenangkan, dan rasa aman bagi anak.

Selanjutnya, kondisi-kondisi hubungan anak dengan orangtua yang baik akan berimbas pada penyesuaian diri seorang anak yang baik pula.

"Hal ini berarti bahwa penerimaan orangtua terhadap kondisi tunanetra yang dialami oleh anaknya merupakan salah satu faktor yang penting bagi penyesuaian diri anak tunanetra tersebut."

Penerimaan orangtua terhadap anaknya yang tunanetra dengan ikhlas dan dengan cara-cara yang baik akan memengaruhi penyesuaian diri seorang anak tunanetra di lingkungan sekolah menjadi baik pula.

Jika orangtua menerima keadaan anaknya dengan sepenuh hati, maka orangtua dapat menguatkan dan memberi pengertian kepada anak terkait keadaannya dan membantu anak untuk menerima diri sendiri. Dengan demikian, rasa percaya diri anak akan tumbuh dengan baik, dan hal ini adalah modal yang baik pula untuk anak melakukan sosialisasi di lingkungan yang baru tanpa harus minder karena disabilitas yang disandangnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2020: Duel Quartararo-Joan Mir Sampai Akhir?

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fabio Quartararo kini menjadi pemuncak klasemen MotoGP 2020 lagi usai menangi seri Catalunya yang digelar Minggu (27/9/2020) malam WIB. Dia langsung merebut kembali puncak klasemen setelah sempat disalip di dua seri sebelumnya.

Quartararo memimpin klasemen pembalap MotoGP lagi setelah menang di Catalunya. Pria Italia itu kini mengoleksi 108 poin.

Penggemar berat klub sepak bola Juventus itu unggul delapan poin dari jagoan Suzuki Joan Mir yang finis kedua di MotoGP Catalunya 2020. Mir sendiri juga naik peringkat di klasemen MotoGP 2020.

Melejitnya Quartararo dan Mir tak lepas dari gagalnya Andrea Dovizioso mendapatkan poin di MotoGP Catalunya 2020. Dovizioso terjatuh saat balapan baru dimulai sehingga gagal finis.

Akibatnya Dovizioso harus melorot posisinya di klasemen pembalap MotoGP 2020. Pria Italia itu kini turun ke urutan empat dengan 84 poin. Padahal sebelumnya Dovi memimpin klasemen.

 

 

 

Penasaran

Pembalap Suzuki, Joan Mir (AP/Antonio Calanni)
Pembalap Suzuki, Joan Mir (AP/Antonio Calanni)

Suzuki menjadi tim MotoGP yang belum kebagian juara di salah satu dari 8 seri yang sudah dilombakan musim ini. Namun Suzuki konsisten podium lewat Joan Mir.

Pembalap Suzuki, Joan Mir pun berhasil menguntit Fabio Quartararo di puncak klasemen. Pembalap asal Spanyol itu hanya terpaut 8 poin saja dari Quartararo.

Maka itu, balapan di MotoGP Prancis bakal jadi ajang bagi Suzuki untuk menang balapan. MotoGP Prancis juga menjadi rumah bagi Fabio Quartararo.

Klasemen MotoGP

1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1) 108

2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 100 (-8)

3 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 90 (-18)

4 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20) 84 (-24)

5 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) 77 (-31)

6 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20) 75 (-33)

7 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 72 (-36)

8 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 60 (-48)

9 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16) 59 (-49)

10 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)* 58 (-50)

11 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 58 (-50)

12 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM (RC16) 57 (-51)

13 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20) 39 (-69)

14 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20) 39 (-69)

15 Johann Zarco FRA Reale Avintia (GP19) 36 (-72)

16 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)* 27 (-81)

17 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) 22 (-86)

18 Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 17 (-91)

19 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 13 (-95)

20 Bradley Smith GBR Aprilia Gresini (RS-GP) 11 (-97)

21 Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP19) 8 (-100)

22 Michele Pirro ITA Pramac Ducati (GP20) 4 (-104)

 

Jadwal MotoGP Prancis

 Jumat (9/10/2020)

14:55 - 15:40: FP1

19:10 - 19:55: FP2

 

Sabtu (10/10/2020)

14:55 - 15:40: FP3

18:30 - 19:00: FP4

19:10 - 19:25: Kualifikasi 1

19:35 - 19:50: Kualifikasi 2

 

Minggu (11/10/2020)

18:00: Balapan

 

Jadwal MotoGP Lainnya

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Simak Video MotoGP Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nazar Saat Jatuh Sakit Membawa Ratnawati Sutedjo Terjun untuk Berdayakan Penyandang Disabilitas

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada 2001 silam, Ratnawati Sutedjo pendiri yayasan pemberdaya disabilitas Precious One, jatuh sakit hingga tak bisa berbuat apa-apa. Ini menjadi titik awal ia mengenal dan terjun ke dunia disabilitas.

"Tahun 2001 saya sakit, gak bisa apa-apa padahal waktu itu saya sudah kerja tapi Tuhan izinkan saya sakit dan itu titik terendah hidup saya. Saat itu saya merenung, anggota tubuh saya lengkap tapi saya tidak bisa bekerja dan waktu itu saya berpikir gimana dengan teman-teman disabilitas," katanya saat diwawancarai Liputan6.com beberapa waktu lalu, ditulis Senin (28/9).

Penyakit ini membawanya ke sebuah nazar dan keinginan untuk berteman dengan penyandang disabilitas. Ketika sembuh, ia mulai belajar bahasa isyarat dan membuka komunikasi dengan penyandang disabilitas.

"Mereka curhat bahwa mereka tidak bisa bekerja dan ditolak sana-sini karena keterbatasan. Tergerak hati saya, ternyata saya tidak bisa hanya menjadi seorang teman tapi bagaimana saya harus berusaha menjawab tantangan hidup mereka."

Pengalaman tersebut menjadi latar belakang berdirinya Precious One. Yayasan ini berdiri pada 2004 dan berawal dari satu orang kemudian berkembang dan di situ ia banyak belajar tentang penyandang disabilitas.

"Awalnya satu teman tuli yang bergabung, dari satu orang dan mulai menjahit. Kemudian datang orangtua dari penyandang down syndrome, kalau untuk menjahit mungkin belum bisa sebagus teman tuli karena kondisinya berbeda."

Dari kejadian tersebut Ratna berpikir tentang jenis pekerjaan apa yang dapat dilakukan penyandang down syndrome. Akhirnya, ia memutuskan untuk menciptakan lapangan pekerjaan berupa jasa pengemasan sendok untuk nasi kotak.

"Itu ada ratusan anak down syndrome dan autisme yang bergabung saat ini untuk memenuhi kebutuhan sendok untuk nasi kotak di restoran-restoran. Bisa dibilang saat ini difabel yang bergabung dengan Precious One itu disabilitas daksa, yang pakai alat bantu, tuli, down syndrome, autis, dan penyandang tunanetra untuk produksi nugget."

Ia menambahkan, hampir semua jenis disabilitas telah bergabung di Precious One. Produknya sendiri berupa kriya, alat peraga, boneka kertas, dan makanan.

Tantangan Mendirikan Precious One

Dalam mendirikan Precious One dan bekerja sama dengan penyandang disabilitas, menurut Ratna tantangannya pasti ada. Hal ini disebabkan karakteristik penyandang disabilitas yang berangkat dari latar belakang lingkungan, keluarga, dan pendidikan yang berbeda-beda.

"Otomatis mereka harus menyesuaikan dunia kerja yang sesungguhnya. Apalagi teman tuli, pemahaman bahasa dan komunikasi mereka itu sulit dan itu menjadi tantangan kami untuk mengajar mereka arti tanggung jawab dan disiplin saat mereka bekerja dan mengajar mereka untuk membuat produk yang diterima masyarakat dan tidak asal, itu sebuah tantangan."

Walau demikian, ia bersyukur karena penyandang disabilitas di Precious One sudah terbiasa dengan cara kerjanya. Hal ini kemudian ditularkan kepada penyandang disabilitas lain di berbagai daerah seperti di Jawa Tengah.

Ratna berharap agar para penyandang disabilitas dapat mengedepankan kualitas dalam setiap produknya dan memiliki kesempatan kerja yang sama dengan masyarakat lainnya.

Infografis Disabilitas

Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tunjangan Khusus Penyandang Disabilitas di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rizky Billar Beri Hadiah Lesti Kejora Sebuah Apartemen

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rizky Billar dan Lesti Kejora, kerap memperlihatkan kedekatann di berbagai kesempatan. Bahkan, di saat senggang keduanya juga menghabiskan waktu bersama.

Rizky Billar, tak segan menjemput Lesty Kejora ke kediamannya. Seperti yang terlihat dalam tayangan di kanal YouTube Rizky Billar, 24 September 2020 lalu.

Dalam video tersebut, Rizky Billar mendatangi rumah Lesti Kejora dan menunggu cukup lama. "Kakak nunggu kamu tiga jam setengah ini," terang Rizky.

 

Ajak Jalan

Rizky Billar - Lesti Kejora (Foto: YouTube)
Rizky Billar - Lesti Kejora (Foto: YouTube)

Lesti Kejora pun penasaran, Rizky Billar akan mengajaknya pergi kemana. "Mau ke mana sih?" tanya Lesti.

"Kakak pengin ajak kamu ke suatu tempat. Kakak pengin surprise in kamu," jawab Rizky.

 

Bingung

Rizky Billar - Lesti Kejora (Foto: YouTube)
Rizky Billar - Lesti Kejora (Foto: YouTube)

Lesti bingung dengan kelakuan Rizky Billar yang ingin memberikan kejutan untuknya.

"Mau kasih surprise apa nih. Ada maunya nih kayaknya nih kasih surprise. Tumben amat," terang pelantun "Kejora" ini.

Lantaran masih rahasia, Rizky Billar pun menutup mata Lesti dengan sebuah kain yang sudah disediakan.

 

Diajak ke Apartemen

Dalam keadaan mata tertutup, Rizky Billar mengajak Lesti Kejora ke sebuah apartemen mewah. Sesampainya di sana, dan kainnya dibuka Lesti pun sempat kaget melihat hadiah yang diberikan cowok yang dipanggil kakak itu.

"Ini di mana?" tanya cewek kelahiran Bandung, 5 Agustus 1999 ini.

"Jadi ini sesuatu yang kakak kasih buat kamu lah," terang Rizky.

"Atas dasar apa?" tanya Lesti lagi.

 

Bersyukur

Rizky Billar pun menjelaskan alasannya memberikan sebuah apartemen kepada cewek yang dikenal setelah mengikuti ajang pencarian bakat di Indosiar ini.

"Karena ini wujud rasa syukur kakak karena dengan bertemunya kamu, dan wujud rasa terima kasih kakak dengan bertemunya kamu ya alhamdulillah rezeki kakak rezeki kamu juga semakin lancar. Dan alhamdulillah, ini enggak seberapa sih dibandingkan keberkahan yang kakak dapat setelah bertemu kamu," paparnya.

 

Tak Percaya

Lesti tak percaya dengan perbuatan Rizky Billar. Tak banyak kata yang diucapkan karena ia masih belum percaya dengan ucapan cowok yang digadang-gadang sebagai kekasihnya tersebut.

"Bercanda kan? Soalnya kakak becanda sama serius susah dibedain," ujar Lesti.

Apartemen tersebut, cukup luas dengan ruang tamu, dapur, serta tiga kamar dan dua kamar mandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pejabat KKP yang Terpapar Covid-19, Ada Menteri hingga Dirjen

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tidak memilih ketika menyerang. Sejak masuk ke Indonesia Maret 2020 lalu, sejumlah pejabat pemerintahan terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Beberapa waktu lalu, Menteri KKP Edhy Prabowo dikabarkan positif Covid-19. Eselon I yang ikut mendampingi Menteri Edhy juga turut terpapar. Bahkan, salah satu dari mereka meninggal dunia setelah berjuang melawan virus.

Mengutip catatan Liputan6.com, berikut ialah daftar para pejabat KKP yang terpapar virus Covid-19:

1. Menteri KKP Edhy Prabowo

Beberapa waktu lalu, Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19.

Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar tanggal 3 September 2020.

"Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Hingga saat ini, kondisi Menteri Edhy dikabarkan sudah semakin sehat. Karo Humas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo mengabarkan, Edhy Prabowo saat ini telah pulih, sehingga sudah tidak menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

"Beliau sehat, sudah berkegiatan di rumah. Sudah pulang (dari RSPAD) dari minggu lalu. Doakan semoga beliau bisa berkegiatan lagi dengan baik," ujar Agung dalam sambungan telepon kepada Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

2. Dirjen PRL Aryo Hanggono

Pada 28 September 2020, Direktur Jenderal Penataan Ruang Laut (PRL) KKP Aryo Hanggono meninggal dunia diduga akibat Covid-19. Aryo terpapar oleh penyakit Covid-19 setelah kunjungan kerja rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke sejumlah daerah, terakhir dari Kalimantan Timur.

Dalam kunjungan kerja ke Kaltim tersebut, Aryo Hanggono mengikuti sejumlah acara bersama-sama Menteri Edhy, antara lain dalam acara pelepasan tukik di Maratua, salah satu pulau kecil terluar di wilayah Kaltim.

Rombongan Menteri Edhy, yang termasuk Dirjen PRL Aryo Hanggono, berada di sana pada beberapa hari pada awal pekan pertama bulan September 2020.

"Mohon dimaafkan apabila beliau dalam berinteraksi dengan Bapak/Ibu terdapat kekurangan dan kekhilafan," kata Agung dalam grup WA di Jakarta, Senin pagi.

 

Pejabat Lain

Poster berukuran 4x4 meter itu dipasang di pintu masuk kantor KKP dan depan Gedung Mina Bahari 2 dan 3, Jakarta. Foto diambil pada Kamis (11/12/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)
Poster berukuran 4x4 meter itu dipasang di pintu masuk kantor KKP dan depan Gedung Mina Bahari 2 dan 3, Jakarta. Foto diambil pada Kamis (11/12/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

3. Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto

Hari ini, Selasa (29/9/2020), Kementerian KKP kembali mengabarkan adanya kasus positif baru kepada 2 pejabat eselon I, salah satunya Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto.

"Kami dapat informasi dari Satgas Covid-19 KKP, Dirjen Perikanan Budidaya (positif corona). Tapi dia statusnya OTG, jadi sedang isolasi mandiri," kata Agung Tri Prasetyo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

4. Dirjen PDSPKP KKP Artati Widiarti

Pejabat eselon I lainnya yang terpapar Covid-19 ialah Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti.

"Benar, Dirjen PDSPKP Bu Artati sudah terdampak sejak 8 September (2020). Setelah dilakukan berbagai tes dia masih terindikasi positif. Jadi sekarang masih dirawat," ujar dia.

Sebelumnya, beredar pesan berantai yang menyebutkan Artati positif Covid-19 sejak hasil test swabnya keluar pada 8 September lalu. Agung menyatakan, saat ini Artati sedang dalam perawatan intensif.

"Kalau lihat WA (pesan berantai WhatsApp) tersebut, beliau diketahui positif (Covid-19) tanggal 8 September, perawatan, isolasi mandiri, terdeteksi positif lagi 24 September dan dalam perawatan," ujar Agung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perang Armenia - Azerbaijan, Warga Berlindung dari Serangan Bom

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Warga menonton TV Negara saat berkumpul dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 28 September 2020. Serangan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan puluhan orang. (Armenian Foreign Ministry via AP)
Warga menonton TV Negara saat berkumpul dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 28 September 2020. Serangan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan puluhan orang. (Armenian Foreign Ministry via AP)

Warga menonton TV Negara saat berkumpul dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 28 September 2020. Serangan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan puluhan orang. (Armenian Foreign Ministry via AP)

Warga berkumpul dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Armenia dan Azerbaijan saling menyalahkan karena melanjutkan serangan. (Edgar Kamalyan/Armenian Foreign Ministry via AP)
Warga berkumpul dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Armenia dan Azerbaijan saling menyalahkan karena melanjutkan serangan. (Edgar Kamalyan/Armenian Foreign Ministry via AP)

Warga berkumpul dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Armenia dan Azerbaijan saling menyalahkan karena melanjutkan serangan. (Edgar Kamalyan/Armenian Foreign Ministry via AP)

Sejumlah wanita Armenia melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 28 September 2020. Pasukan Armenia dan Azerbaijan bertempur atas wilayah separatis Nagorno-Karabakh. (Karo Sahakyan, ArmGov/PAN Photo via AP)
Sejumlah wanita Armenia melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 28 September 2020. Pasukan Armenia dan Azerbaijan bertempur atas wilayah separatis Nagorno-Karabakh. (Karo Sahakyan, ArmGov/PAN Photo via AP)

Sejumlah wanita Armenia melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 28 September 2020. Pasukan Armenia dan Azerbaijan bertempur atas wilayah separatis Nagorno-Karabakh. (Karo Sahakyan, ArmGov/PAN Photo via AP)

Warga duduk dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Serangan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan puluhan orang. (Karo Sahakyan/ArmGov/PAN Photo via AP)
Warga duduk dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Serangan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan puluhan orang. (Karo Sahakyan/ArmGov/PAN Photo via AP)

Warga duduk dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Serangan antara Armenia dan Azerbaijan menewaskan puluhan orang. (Karo Sahakyan/ArmGov/PAN Photo via AP)

Seorang wanita tua Armenia duduk dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Armenia dan Azerbaijan saling menyalahkan karena melanjutkan serangan. (Karo Sahakyan/ArmGov/PAN Photo via AP)
Seorang wanita tua Armenia duduk dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Armenia dan Azerbaijan saling menyalahkan karena melanjutkan serangan. (Karo Sahakyan/ArmGov/PAN Photo via AP)

Seorang wanita tua Armenia duduk dalam tempat penampungan untuk melindungi diri dari serangan bom di Stepanakert, Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, 27 September 2020. Armenia dan Azerbaijan saling menyalahkan karena melanjutkan serangan. (Karo Sahakyan/ArmGov/PAN Photo via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Jatuhkan Sangkar Saat Asyik Goyang TikTok, Warganet Salfok Sama Burungnya

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Eksistensi aplikasi TikTok semakin populer di kalangan mana pun. Dari anak-anak hingga orang dewasa pun menggemari aplikasi yang menawarkan beragam hiburan dan pengetahuan yang menarik. 

Sebagian dari pengguna pun turut bersaing memproduksi konten seperti cover lagu, goyangan, dan bahkan berbagi pengetahuan. 

Namun, pernahkah kamu mengalami kejadian tidak terduga sesaat membuat video dari aplikasi rintisan Tiongkok ini?

Belum lama ini, nasib malang nyaris dialami seorang pengguna TikTok. Lewat video yang diunggahnya melalui akun @kepool00o, dia memperlihatkan bagaimana dirinya yang asyik joget TikTok malah mengancam keselamatan burung kesayangan bapaknya. 

Momen Kandangnya Jatuh

(@kepool00o/tiktok.com)
(@kepool00o/tiktok.com)

Dalam video yang diunggahnya, terlihat ketika gadis ini sedang asyik joget, tiba-tiba gerakan tangannya tak sengaja menghantam kandang burung tepat di atasnya. 

"Maaf yah anakmu ini gak sengaja menghantam burungmu sumpah," keterangan dalam unggahan akun @kepool00o.

Tak butuh lama, kandang beserta burung peliharaan ayahnya langsung melunsur ke bawah. Beruntung, gadis itu langsung menangkap kandang tersebut erat-erat. 

Dirinya pun langsung bernapas lega, tampak dari dari senyuman yang diberikan sesaat berhasil mengambil kandang burung yang nyaris jatuh ke lantai tersebut.

Belajar dari Pengalaman

(@kepool00o/tiktok.com)
(@kepool00o/tiktok.com)

Belum puas dengan jogetannya, perempuan ini pun melanjutkan kembali tanpa rasa trauma sedikit pun. Untungnya, perempuan ini belajar dari pengalamannya sehingga dia bergoyang menjauhi tempat kejadian sebelumnya. 

"Btw yang dikandang tadi uda ga kenapa2 kok," tulisnya. 

Alhasil, dirinya pun sukses membuat joget TikTok ala kopi dangdut hingga selesai tanpa kendala apapun. Bahkan tak hanya sekali, dirinya pun berkali-kali goyang untuk mencairkan suasana yang sebelumnya tegang.

Respons Warganet

Unggahan tersebut sontak mengundang perhatian warganet. Sebagian dari mereka merasa khawatir nasib gadis itu usai si ayah mengetahui tindakannya yang mengancam keselamatan burung kesayangannya. 

"Bapaknya be like: Nak sedikit lagi kamu sudah bisa menyoret nama di KKmu secara mandiri ya," tulis akun @nutrisari62.

"Gua pernah sampe jatuh juga, bapak gue langsung mogok ngomong seminggu," balas akun @cucukesayanganenek.

"Satu menit yang terselamatkan dari hantaman bokap," ucap akun @awkowko2505.

"Buyung be like apa-apaan dah nih, woy ada gempa," sahut akun @nikitarmnd.

"Kalua bapaknya tau, gantian si mbaknya yang digantung," kata akun @pablo_2678.

Penulis 

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Krisis Mediterania, Turki Minta Armenia Hengkang dari Wilayah Azerbaijan

Posted: 28 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peperangan antara Armenia dan Azerbaijan di wilayah Nagorny Karabakh terus terjadi. Turki angkat suara dan meminta Armenia hengkang demi menjaga perdamaian di kawasan mediterania.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seorang Karyawan Terpapar COVID-19, BPJS Ketenagakerjaan Lamongan Tutup 14 Hari

Posted: 28 Sep 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang karyawan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Lamongan, Jawa Timur, dinyatakan positif COVID-19, akibatnya, Kantor Pelayanan BPJS ditutup sementara selama 14 hari.

Kantor Pelayanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Jalan Sunan Giri, Lamongan, Jawa Timur ditutup selama 14 hari, karena ada karyawan setempat terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal ini diketahui, setelah hasil tes usap di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Kini yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

"Antisipasi kami, kami semua karyawan juga telah melakukan test swab, dan kita tinggal menunggu hasil, mudah-mudahan kita semua dalam kondisi sehat, dan negatif COVID-19, Alhamdulillah untuk yang bersangkutan, yang mengalami kondisi COVID tersebut, saat ini kondisinya sudah sehat," ujar Wahyu Utomo, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Lamongan.

Untuk menghindari penularan, pelayanan tatap muka di Kantor BPJS Ketenagakerjaan ditutup mulai 21 September- 4 Oktober 2020.

Sementara, peserta BPJS yang ingin mengklaim asuransi bisa melalui online. Demikian seperti diberitakan pada program Fokus, 28 September 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar 2 Pesta Besar di Tengah Pandemi COVID-19, Pria AS Dipenjara 1 Tahun

Posted: 28 Sep 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Maryland - Seorang pria di Maryland AS dijatuhi hukuman satu tahun penjara setelah mengadakan dua pesta besar saat pandemi COVID-19. Kegiatan tersebut dianggap melanggar aturan pemerintah setempat.

Dikutip dari CNN, Minggu (27/9/2020), Shawn Marshall Myers (42),ditangkap setelah mengadakan pesta pada akhir Maret. Aturan jarak sosial COVID-19 di Maryland melarang pertemuan lebih dari 10 orang.

Myers dihukum pada hari Jumat karena dua tuduhan tidak mematuhi perintah darurat dan akan menjalani hukuman satu tahun di Pusat Penahanan Charles County.

Setelah rumahnya di Hughesville disergap oleh penegak hukum pada 22 Maret, Myers setuju untuk membubarkan pertemuan pertama yang dihadiri sekitar 50 orang itu, setelah awalnya bersikap "berseteru" dengan petugas.

Myers kemudian mengadakan pesta kedua dengan lebih dari 50 orang hanya lima hari setelah pesta pertama diadakan. Menurut jaksa, Myers menolak ketika diminta untuk membubarkan pesta tersebut dan tetap bersikeras melawan aturan pemerintah yang diterapkan pada masa COVID-19 ini.

"Petugas menyuruh Myers untuk membubarkan pesta, tapi sekali lagi dia berseteru dan mengklaim dia dan tamunya memiliki hak untuk berkumpul," kata rilis tersebut.

Myers Menolak Membubarkan Pesta Keduanya

Ilustrasi pesta pernikahan. (glossie.ca)
Ilustrasi pesta pernikahan. (glossie.ca)

Selain melawan, Myers juga mengajak tamunya untuk tetap melanggar perintah Gubernur Hogan dan perintah sah dari petugas untuk membubarkan pesta. Kemudian Myers ditahan karena tidak bisa bersikap koperatif.

Hakim Pengadilan Distrik, W. Louis Hennessy juga menghukum Myers tiga tahun masa percobaan tanpa pengawasan setelah dibebaskan dan memerintahkan dia untuk membayar denda $ 5.000 (Rp 74,470,000), menurut rilis tersebut.

Sebagai informasi, Maryland saat ini memiliki 122.972 kasus COVID-19 dan 3.935 kematian, menurut data dari Johns Hopkins's University.

 

Reporter: Ruben Irwandi

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS?

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir 2 Pekan Positif Covid-19, Begini Kondisi Ketua KPU Arief Budiman

Posted: 28 Sep 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman dinyatakan positif virus Corona Covid-19 sejak Jumat, 18 September 2020.

Arief Budiman sempat melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Namun, dia kemudian dirawat dan menjalani karantina di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, mulai Selasa, 22 September 2020.

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU, Ilham Saputra, menyampaikan kondisi terkini Arief Budiman setelah hampir dua pekan positif Covid-19. Dia mengatakan, Arief dalam keadaan yang stabil.

"Stabil Insyaallah," kata Ilham sata dikonfirmasi, Selasa (29/9/2020).

Ilham menyebut, Arief saat ini masih melakukan karantina atau istirahat total dari kegiatan KPU.

"Beliau masih istirahat," ucapnya.

Meski demikian, Ilham mengaku dirinya dan komisioner lainnya masih sering berkoordinasi dengan Arief Budiman terkait persoalan atau kegiatan KPU.

"Semalam masih telepon saya untuk koordinasi," ujar Ilham.

 

Positif Covid-19 Jelang Rapat di Istana Bogor

Sebelumnya, Arief Budiman menyatakan dirinya positif virus Corona atau Covid-19 dan tengah menjalani karantina mandiri di rumah sejak 18 September 2020.

Arief menjelaskan kondisi dirinya yang positif Covid-19 itu terungkap setelah melakukan tes usap jelang rapat di Istana Bogor.

"Tanggal 16 September 2020 saya melakukan rapid test dengan hasil nonreaktif. Pada 17 September malam hari, melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor pada 18 September, dengan hasil positif," kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (18/9/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 28 September 2020

Posted: 28 Sep 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 80 orang di Surabaya, Jawa Timur pada Senin, 28 September 2020. Dengan ada tambahan itu, total kasus positif COVID-19 sebanyak 14.170 orang.

Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 90 orang di Surabaya, Jawa Timur menjadi 12.540 orang. Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah lima orang menjadi 1.054 orang. Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 576 orang.

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 28 September 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 2.074 orang

Sembuh: 1.844 orang

Meninggal: 149 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.624 orang

Sembuh: 1.410 orang

Meninggal: 159 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.280 orang

Sembuh: 2.049 orang

Meninggal: 181 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.431 orang

Sembuh: 3.948 orang

Meninggal: 285 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.761 orang

Sembuh: 3.289 orang

Meninggal: 280 orang

10 Kelurahan dengan Kasus Positif COVID-19 Terbanyak di Surabaya pada 29 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 351 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 285 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 244 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 234 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 211 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 201 orang

7.Kelurahan Morokrembangan: 198 orang

8.Kelurahan Putat Jaya: 197 orang

9. Kelurahan Sidotopo Wetan: 191 orang

10.Kelurahan Sememi: 187 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Yakin Ekonomi Kuartal III Bakal Membaik

Posted: 28 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III 2020 mengalami perbaikan jika dibandingkan dengan kuartal II 2020 yang minus 5,32 persen. Meskipun diperkirakan masih minus, tetapi tidak akan sebesar sebelumnya.

"Kita berharap di kuartal III ini Juli, Agustus, dan September, ekonomi Indonesia mengalami perbaikan meskipun masih tetap di zona negatif tapi angkanya kecil," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam webinar di Jakarta, Selasa (29/8/2020).

Pemerintah menyadari, pandemi Covid-19 berdampak besar pada kegiatan seluruh perekonomian dunia tak terkecuali Indonesia. Akibatnya, banyak negara-negara yang juga mengalami kontraksi pelemahan ekonomi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita membayangkan bahwa ekonomi Indonesia ini akan menjadi negatif. Kita sudah membayangkan hal ini akan terjadi sejak Maret yang lalu saat kasus pertama Covid 19 di Indonesia itu muncul," kata dia.

 

Perkiraan Menko Airlangga

Pejalan kaki bersiap menyeberang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki bersiap menyeberang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23//9/2020). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi nasional resesi pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia akan mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 akan kembali turun. Dia memperkirakan perekonomian tumbuh negatif atau minus 3 persen sampai negatif 1 persen.

"Kuartal III kira-kira 1 minggu lagi diperkirakan outlook di kuartal ketiga adalah minus 3 sampai minus 1," kata Airlangga dalam Konferensi Pers tentang Rapat Koordinasi Pimpinan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Rakorpim PC-PEN) di Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9).

Sehingga, outlook pada akhir tahun diperkirakan minus 1,7 persen sampai positif 0,6 persen.Meski begitu, Airlangga optimis pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi nasional akan kembali pulih di kisaran 4,5 persen sampai 5,5 persen.

"Outlook akhir tahun minus 1,7 sampai positif 0,6 persen," sambungnya.

Hanya saja, kondisi ini bergantung pada kesediaan vaksin dari Covid-19. Sebab Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk 270 juta orang. Sehingga vaksin yang disediakan juga harus setara dengan jumlah penduduknya.

"Tentu ini tergantung hasil ketersediaan vaksin seperti yang direncanakan oleh pemerintah," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Akan Patroli Nobar Film G30SPKI di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 28 Sep 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polri memegaskan akan melakukan patroli demi menghindari masyarakat yang tetap menyelenggarakan nonton bareng atau nobar film G30S PKI di tengah kondisi pandemi virus Corona atau Covid-19.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, hal itu dilakukan untuk menghindari munculnya klaster baru penyebaran Covid-19. 

"Tim gabungan Operasi Yustisi juga patroli menyasar tempat-tempat kerumunan yang berpotensi sebagai klaster baru Covid-19 untuk dibubarkan," tutur Awi saat dikonfirmasi, Selasa (29/9/2020).

Awi menegaskan, pihaknya tidak pandang bulu dalam menegakkan aturan disiplin protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Apabila ada yang melanggar protokol kesehatan tentunya akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," jelas dia.

Rencana kegiatan nobar film G30SPKI sebelumnya disampaikan oleh sejumlah organisasi. Di antaranya PA 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti Komunis atau ANAK NKRI. Perkumpulan itu menjadwalkan nobar pada 30 September nanti.

Awi Setiyono menjelaskan, pihaknya tidak akan memberi izin keramaian untuk kegiatan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI karena masih pandemi Covid-19. Dia menuturkan, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama.

"Yang jelas Polri tidak akan mengeluarkan izin keramaian, ingat keselamatan jiwa masyarakat itu yang paling utama, dan ini masih dalam masa pandemi Covid-19," kata Awi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Dia menjelaskan, kepolisian tak melarang masyarakat menonton film Pengkhianatan G30S/PKI. Namun, Polri tak mengizinkan diadakan kegiatan besar seperti nonton bareng di tengah pandemi Covid-19.

Nonton di Rumah

Oleh karena itu, Awi menyarankan, masyarakat bisa menonton di rumah masing-masing film Pengkhianatan G30S/PKI tersebut.

"Sekali lagi Polri tidak akan mengeluarkan izin untuk keramaian. Kalau mau nonton ya silakan nonton masing-masing," tutur Awi.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menegaskan, tak ada pelarangan pemutaran maupun manyaksikan film Pengkhianatan G30S/PKI. Hal tersebut ditegaskan Mahfud melalui akun Twitternya, @mohmahfudmd.

"Mengapa soal pemutaran film Pengkhianatan G 30 S/PKI diributkan? Tdk ada yg melarang nonton atau menayangkan di TV. Mau nonton di Youtube jg bs kapan sj, tak usah nunggu bln September," tulis Mahfud dikutip Minggu (27/9/2020).

Malahan, Mahfud mengaku dirinya baru saja menyaksikan film Pengkhianatan G30S/PKI di media sosial.

"Semalam sy nonton lg di Youtube. Dulu Menpen Yunus Yosfiyah jg tak melarang, tp tdk mewajibkan," kata Mahfud melanjutkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil

Posted: 28 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini semuanya serba cepat dan mudah dalam membeli barang yang diinginkan. Kini barang bisa dibeli secara online melalui berbagai macam platform jual beli. Banyak variasi barang yang ditawarkan sehingga membuat banyak orang merasa memiliki banyak pilihan.

Namun setelah memantapkan diri untuk membeli barang secara online, terkadang setelah barangnya sampai malah bikin kecewa. Seperti saat momen barang yang datang ukurannya lebih kecil dibanding gambar yang ditampilkan di online shop.

Barang yang ukurannya lebih kecil ini membuat pembeli merasa kecewa. Barang tersebut jauh dari ekspektasi karena gambar yang ditampilkan sangat apik dan menarik. Ketidakpuasan pembeli ini akhirnya membuat mereka mengunggah barang tak sesuai ekspektasi ke media sosial hingga viral.

Penasaran kan apa saja momen apes saat belanja di online shop tak sesuai ukuran? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen apes saat belanja di online shop tak sesuai ukuran, Selasa (29/9/2020).

1. Sajadah yang dibeli sungguh mengecewakan.

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/adamhess)
6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/adamhess)

2. Akhirnya malah dipakai kucing deh.

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/adamhess)
6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/adamhess)

3. Niatnya biar bisa buat tiduran, eh yang dateng malah ukuran kecil.

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/muzammilnordin7)
6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/muzammilnordin7)

4. Terkadang ekspektasi memang tak seindah realita.

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Ya kalau datangnya begini, mana bisa buat duduk.

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/itssavannahxox)
6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Twitter.com/itssavannahxox)

6. Mungkin timbangan ini dibuat khusus semut.

6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Momen Apes Belanja di Online Shop Tak Sesuai Ukuran, Barang Lebih Kecil (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Office, Outlook, dan Teams Tak Bisa Diakses Gara-Gara Microsoft 365 Sempat Tumbang

Posted: 28 Sep 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft tengah menginvestigasi penyebab layanannya yang berbasis komputasi awan sempat padam sejak dini hari tadi. Berbagai layanan tumbang, termasuk video meeting Teams yang kabarnya sempat tak bisa diakses di seluruh dunia.

Microsoft pun telah melaporkan masalah autentikasi untuk layanannya pada pagi ini. Pengguna tidak bisa masuk ke layanan Teams, Outlook, hingga Microsoft Office.

Mengutip laman The Guardian, Selasa (29/9/2020), perusahaan menyebut, pengguna yang login ke Microsoft 365 masih bisa menggunakan layanan mereka.

"Kami telah menetapkan bahwa bagian tertentu dari infrastruktur kami tidak memproses permintaan autentikasi secara tepat waktu. Kami mengejar langkah-langkah mitigasi untuk masalah ini," kata Microsoft dalam pernyataannya, ketika layanan Microsoft 365 tak bisa diakses.

Ubah Rute Lalu Lintas

Ilustrasi Microsoft Teams (Foto: Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Teams (Foto: Microsoft)

Selanjutnya Microsoft menyebut pihaknya mengubah rute lalu lintas trafik ke sistem alternatif agar pengguna yang terdampak kembali bisa mengakses layanan Microsoft.

Di Twitter, perusahaan software terkemuka ini menyalahkan pembaruan yang belum lama ini digulirkan sebagai penyebab dari padamnya layanan mereka. Microsoft juga menyebut, pembaruan akan dibatalkan untuk mengurangi masalah tersebut.

Layanan Telah Pulih

Ilustrasi Microsoft (Liputan6.com/Sangaji)
Ilustrasi Microsoft (Liputan6.com/Sangaji)

Sebelumnya beberapa jam lalu, Microsoft melaporkan sebagian besar layanannya sudah pulih. Namun, sebagian kecil pelanggan di Amerika Utara dan Asia Pasifik dikabarkan belum bisa mengakses layanan.

Di tengah pandemi saat ini, layanan seperti Teams sangat penting bagi mereka yang bekerja di rumah. Pada April lalu, Microsoft melaporkan, ada 75 juta pengguna aktif harian di Teams lantaran ada lebih banyak orang yang bekerja dari rumah.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Dunia Sebut Ekonomi Indonesia Bisa Minus 2 Persen di 2020

Posted: 28 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia merilis Laporan Ekonomi untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik edisi Oktober, From Containment to Recovery, Selasa (29/9/2020). Dalam laporannya, Bank Dunia menyebut bahwa ekonomi Indonesia diprediksi tumbuh negatif 1,6 persen (baseline) pada tahun 2020.

Dalam skenario terburuk (low case), pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa minus hingga 2 persen. Prediksi tersebut tercantum dalam tabel yang disajikan Bank Dunia dalam laporannya.

Bank Dunia juga telah memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 4,4 persen tahun 2021 mendatang (baseline). Namun dalam skenario terburuk, pertumbuhannya mungkin hanya 3 persen saja (low case).

Menurut Bank Dunia, Covid-19 telah mengakibatkan triple shock bagi Kawasan Asia Timur dan Pasifik yang sedang berkembang. Guncangan tersebut berasal dari pandemi Covid-19 itu sendiri, dampak upaya pembatasan terhadap perekonomian dan gaung resesi global yang diakibatkan oleh krisis.

"Pengambilan tindakan secara cepat akan diperlukan untuk memastikan bahwa pandemi ini tidak menghambat pertumbuhan dan meningkatkan kemiskinan di tahun-tahun mendatang," demikian dikutip dalam laporan Bank Dunia.

Adapun, kegiatan ekonomi domestik sudah mulai bangkit di beberapa negara yang melakukan pembatasan penyebaran virus. Kendati, Kawasan Asia Timur dan Pasifik masih bergantung pada kondisi global.

"Kawasan ini secara keseluruhan diharapkan untuk mengalami pertumbuhan sebesar hanya 0,9 persen pada tahun 2020, terendah sejak tahun 1967," tulis Bank Dunia.

Menko Airlangga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih di 2021

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar jumpa pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pembentukan Tim Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar jumpa pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Jokowi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pembentukan Tim Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL)

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2020 akan kembali turun. Dia memperkirakan perekonomian tumbuh negatif 3 persen sampai negatif 1 persen.

"Kuartal III kira-kira 1 minggu lagi diperkirakan outlook pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga adalah minus 3 sampai minus 1," kata Airlangga dalam Konferensi Pers tentang Rapat Koordinasi Pimpinan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Rakorpim PC-PEN) di Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9).

Sehingga, outlook pada akhir tahun diperkirakan pertumbuhan ekonomi minus 1,7 persen sampai positif 0,6 persen.Meski begitu, Airlangga optimis pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi nasional akan kembali pulih di kisaran 4,5 persen sampai 5,5 persen.

"Outlook akhir tahun minus 1,7 sampai positif 0,6 persen," sambungnya.

Hanya saja, kondisi ini bergantung pada kesediaan vaksin dari Covid-19. Sebab Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk 270 juta orang. Sehingga vaksin yang disediakan juga harus setara dengan jumlah penduduknya.

"Tentu ini tergantung hasil ketersediaan vaksin seperti yang direncanakan oleh pemerintah," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpan RB Keluarkan Kebijakan Penyesuaian Sistem Kerja ASN di Tengah Pandemi

Posted: 28 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mepan RB) Tjahjo Kumolo, merilis kebijakan khusus, terkait Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara atau ASN di masa Pandemi Covid-19.

Menurut Tjahjo, sistem ini diharap dapat menjamin penyelenggaraan kerja pemerintahan berjalan baik dan tetap mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

"Penyesuaian sistem kerja Pegawai ASN dilakukan dengan pendekatan flexible working arrangement, yaitu fleksibilitas di dalam pengaturan lokasi bekerja maupun dalam waktu bekerja," tulis Tjahjo dalam siaran persnya, Selasa (29/9/2020).

Menurut Tjahjo, melalui flexible working arrangement, Pegawai ASN dapat bekerja di kantor (work from office/WFO) atau pun bekerja di rumah/tempat tinggal (work from home/WFH). 


"Saya minta Pejabat Pembina Kepegawaian pada Kementerian/Lembaga/Daerah untuk mengatur secara selektif dan akuntabel Pegawai ASN yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (WFO) maupun di rumah (WFH)," jelas dia.

Tjahjo merinci, ada sejumlah kriteria yang harus disesuaikan untuk mempekerjakan ASN untuk WFO atau WFH. Seperti, jenis pekerjaan, lokasi tempat tinggal, dan faktor komorbiditas pegawai, sesuai SE Menteri PANRB No. 58 Tahun 2020 sebagaimana telah diubah dengan SE Menteri PANRB No. 67 Tahun 2020.

Kriteria Sistem Kerja ASN

Berikut kriteria rincinya sesuai payung hukum tersebut:

A) Bagi instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/kota berkategori tidak terdampak/tidak ada kasus, PPK dapat mengatur jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (WFO) paling banyak 100 persen. 


B) Bagi instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/kota berkategori risiko rendah, PPK dapat mengatur jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (WFO) paling banyak 75 persen. 


C) Bagi instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/kota berkategori risiko sedang, PPK dapat mengatur jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (WFO) paling banyak 50 persen. 


D) Bagi instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/kota berkategori risiko tinggi, PPK dapat mengatur jumlah pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor (WFO) paling banyak 25 persen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Film Posesif, Gambaran Toxic Relationship di Kehidupan Nyata

Posted: 28 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asmara tak melulu soal cinta, tetapi ada saja pertengkaran yang sampai mengakibatkan toxic relationship. Namun terkadang, pasangan yang terjebak dalam hubungan tak sehat itu kurang menyadari hal tersebut dan membiarkannya atas dasar cinta. Seperti pada kisah dalam film Posesifyang dibintangi Adipati Dolken dan Putri Marino ini.

Layar lebar besutan sutradara Edwin yang naskahnya ditulis Gina S. Noer ini dirilis pada 26 Oktober 2017 silam. Film ini mendapat sambutan positif karena memiliki pesan moral yang cukup mendalam.

Ya, tak seperti kebanyakan film kisah cinta remaja pada umumnya yang manis, Posesif memperlihatkan sisi berbeda. Film bergenre romance suspence ini mengkat cerita kelam drama percintaan. 

Film Posesif sendiri bercerita tentang hubungan asmara antara Lala dan Yudhis yang berjalan melebihi ekspetasi mereka, sebuah cinta pertama yang digambarkan dengan begitu kelam. Keduanya saling jatuh cinta secara instan lalu memutuskan untuk berpacaran.

Lala tidak pernah nyangka bahwa Yudhis memiliki sifat posesif yang berlebihan. Ia selalu ingin bersama Lala, bahkan ketika sebenarnya Lala sedang sibuk dengan kegiatannya sendiri. Dari situlah segala konflik terjadi hingga kekerasan pun tak terelakkan.

 

 

Sinopsis Film Posesif

Hidup Lala (Putri Marino) jungkir balik. Bukan karena loncatan indahnya dari menara sepuluh meter, bukan pula karena ayahnya yang melatihnya dengan keras. Tetapi karena cinta pertamanya, Yudhis (Adipati Dolekn). Murid baru di sekolahnya berhasil menaklukkan hati Lala.

Mereka tak sengaja bertemu di ruang guru. Kala itu, Lala membantu Yudhis yang sedang dihukum. Sialnya, Lala justru kepergok dan keduanya dihukum. Namun, dari kejadian itul Lala dan Yudhis akhirnya menjadi dekat. Sampai pada suatu saat Yudhis menyatakan perasaannya kepada Lala dan mengajaknya untuk pacaran.

Lala pun menerima perasaan Yudhis. Bagi Lala, Yudhis adalah cinta pertamanya. Seperti hal cinta remaja lainnya hubungan mereka berlangsung indah. Bahkan Lala kerap berbohong kepada ayahnya demi bisa bertemu sang kekasih.

Di sisi lain, kedekatan Lala dengan Yudhis membuat dua Rino (Chicco Kurniawan) dan Ega (Gritte Agatha) berpikir bahwa ia telah berubah. Kedua sahabatnya pun akhirnya menjauh. Namun, semakin lama mengenal Yudhis, Lala jadi tahu jika kekasihnya itu memiliki sifat posesif.

Alih-alih semakin bahagia, pubungan yang mereka jalin pun semakin tak sehat. Yudhis bahkan selalu cemburu saat Lala pergi bersama Rino. Ia juga kerap menelepon Lala puluhan kali jika mereka sedang tidak bersama.

Sampai akhirnya Lala sadar dan mulai tak nyaman atas perilaku posesif Yudhis. Puncaknya saat mereka berdua bertengkar karena Lala lebih memilih kuliah di Jakarta ketimbang ikut bersama Yudhis melanjutkan pendidikan di Bandung.

Akankah Lala bertahan dengan sikap posesif Yudhis? Nonton selengkapnya dalam film Posesif  yang kini bisa disaksikan di platform streaming Vidio.

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Vidio dan berlangganan paket Vidio Premier supaya bisa nonton film lokal, Hollywood, drama Korea, dan tayangan olahraga favorit lainnya.

Saksikan trailer film Posesif berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: