Jumat, 04 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penyesuaian SKB Empat Menteri Soal Pembelajaran Tatap Muka di Kelas

Posted: 04 Sep 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak satuan pendidikan di daerah 3T sangat kesulitan untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh dikarenakan minimnya akses dan fasilitas. Hal ini berdampak negatif terhadap tumbuh kembang dan psikososial anak secara permanen.

Saat ini tercatat 88% dari keseluruhan daerah 3T berada di zona kuning dan hijau. Dengan adanya penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, maka satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka memiliki opsi untuk melaksanakannya secara bertahap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memandang, keselamatan dan kesehatan peserta didik serta semua tenaga kerja pendidikan menjadi penting di masa pandemi Covid-19 ini.

"Prinsip kebijakan pendidikan di masa Pandemi COVID-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi COVID-19," jelas Mendikbud dalam rapat koordinasi (rakor) bersama Kepala Daerah seluruh Indonesia tentang Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, secara daring, Rabu (2/9/2020).

Berdasarkan SKB Empat Menteri, pembelajaran tatap muka akan dilakukan secara bertahap dengan syarat 30% sampai 50% dari peserta didik per kelas.

PAUD

●     Standar awal 15 peserta didik per kelas menjadi 5 peserta didik per kelas.

Sekolah Luar Biasa

●     Awalnya 5-8 peserta menjadi 5 peserta didik per kelas.

SD, SMP, SMA dan SMK

●     Standar awal 28-36 peserta didik per kelas, dibatasi menjadi 18 peserta didik.

Tak hanya kapasitas kelas, jumlah hari dan jam belajar akan dikurangi, dengan sistem bergiliran rombongan belajar (shift) yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan sesuai dengan situasi dan kebutuhan.

 

Persetujuan Orang Tua

Prosedur pengambilan keputusan pembelajaran tatap muka di zona kuning dan hijau, kata Nadiem, tetap dilakukan secara bertingkat seperti pada SKB sebelumnya. Pemda/kantor/kanwil Kemenag dan sekolah memiliki kewenangan penuh untuk menentukan apakah daerah atau sekolahnya dapat mulai melakukan pembelajaran tatap muka.

"Bukan berarti ketika sudah berada di zona hijau atau kuning, daerah atau sekolah wajib mulai tatap muka kembali ya," jelas Nadiem.

Satuan Pendidikan yang berada di zona hijau dan kuning sekolah tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka tanpa adanya persetujuan:

  1. Pemerintah daerah atau kantor wilayah
  2. Kepala Sekolah (Setelah sekolah dapat memenuhi daftar periksa atau protokol kesehatan yang ketat)
  3. Komite Sekolah
  4. Orang tua peserta didik

Jika orang tua tidak setuju maka peserta didik tetap belajar dari rumah dan tidak dapat dipaksa.

Bagi daerah yang berada di zona oranye dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dan tetap melanjutkan Belajar dari Rumah (BDR). Berdasarkan data per 23 Agustus 2020 dari http://covid19.go.id terdapat sekitar 48 persen peserta didik masih berada di zona merah dan oranye. Sementara itu, sekitar 52 persen peserta didik berada di zona kuning dan hijau.

Implementasi dan Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka

Nadiem menerangkan bahwa evaluasi akan selalu dilakukan untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Provinsi atau Kabupaten/Kota, bersama Kepala Satuan Pendidikan akan terus berkoordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 untuk memantau tingkat risiko COVID-19 di daerah.

"Apabila terindikasi dalam kondisi tidak aman, terdapat kasus terkonfirmasi positif COVID-19, atau tingkat risiko daerah berubah menjadi oranye atau merah, satuan pendidikan wajib ditutup kembali," tegas Mendikbud.

Semua pembelajaran peserta didik masih belum bisa berjalan normal akibat pandemi Covid-19. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih dianggap sebagai alternatif untuk mengakali ketertinggalan pembelajaran para peserta didik selama masa pandemi.

Nadiem menyatakan, prioritas utama pihaknya dalam dunia pendidikan saat ini adalah bagaimana mengembalikan peserta didik kembali ke sekolah dengan aman.

"Saya sudah menyebut ini beberapa kali bahwa prioritas di Kemendikbud adalah untuk bisa mengembalikan anak ke sekolah dengan cara yang paling aman," tegas Nadiem.

Nadiem menepis anggapan bahwa prioritas pendidikan saat ini adalah untuk terus melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Ia menilai selama ini PJJ dianggap kurang ideal.

"Jadi prioritas kami itu bukan untuk melanjutkan PJJ dan sampai selama-lamanya, itu sama sekali tidak benar. Prioritas nomor satu adalah bagaimana mengembalikan anak ke sekolah tatap muka seaman mungkin," jelas Nadiem.

Nadiem menyadari, pada satu sisi dunia pendidikan Indonesia dihadapkan akan ancaman tertularnya virus Covid-19, baik peserta didik dan pengajar. Namun, di sisi lain, Indonesia bisa kehilangan pertautan generasi lantaran tak diberlakukannya pembelajaran secara normal.

"Di satu sisi lagi ada risiko generasi hilang atau lost generations, terutama bagi anak-anak kita yang tak bisa mengakses teknologi dan anak-anak kita dengan jenjang lebih mudah, yaitu SD dan PAUD. Di mana kondisi PJJ tidak optimal lagi karena membutuhkan interaksi fisik," tutup Nadiem.

Sementara itu, dalam rangka penyesuaian kebijakan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan pada masa pandemi COVID-19, semua satuan pendidikan wajib memberikan informasi kondisi dan perubahan proses pembelajaran di satuan pendidikan apakah sudah pembelajaran tatap muka (PTM) atau masih pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Satuan pendidikan bisa update kondisi terkini melalui tautan berikut ini sekolah.data.kemdikbud.go.id/PBM

Informasi selengkapnya kunjungi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Disesuaikan, Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Golongan I Kini Dapat Diskon

Posted: 04 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk golongan I Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi. Hal ini usai berlakunya penyesuaian tarif di kedua ruas tol tersebut mulai hari ini.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padaleunyi yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk berdasarkan regulasi seharusnya telah disesuaikan pada Februari tahun 2020.

Dia mengatakan Jasa Marga telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyesuaian tarif tol tersebut pada bulan Juni dan Juli 2020 lalu.

"Memang baru direncanakan akan diberlakukan di bulan September tahun 2020. Dapat kita lihat, adanya penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih 7 bulan tersebut menandakan bahwa Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga, telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat," kata Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

 

Setelah adanya pemberlakuan tarif tol untuk Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi pada hari ini, Sabtu (05/09), pukul 00.00 WIB, Jasa Marga selaku BUJT mendapatkan respon dari masyarakat dan dengan mempertimbangkan masukan-masukan tersebut Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (Golongan I).

"Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal). Dikarenakan perlu penerapan setting sistem peralatan, maka diskon tarif ini berlaku mulai hari Minggu (06/09) pukul 00.00 WIB," tambahnya.

Adapun untuk pengguna jalan dengan Golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan karena Jasa Marga menegaskan bahwa pada penyesuaian tarif tol Cipularang & Padaleunyi terdapat penurunan tarif untuk kendaraan logistik Gol III dan Gol V sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional.

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Golongan I Naik Mulai Hari Ini, Cek Rinciannya

Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.
Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

Tarif tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) mengalami penyesuaian mulai hari ini, 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Dalam penyesuaian tersebut, terjadi kenaikan tarif untuk golongan I, golongan II, dan golongan IV di kedua ruas tol ini.

Untuk golongan III dan golongan V Tol Cipularang mengalami penurunan tarif. Sementara untuk Tol Padaleunyi, tarif golongan III tetap dan golongan V mengalami penurunan.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 juni 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Dalam penyesuaian tarif tol ini terdapat penurunan tarif pada angkutan logistik dengan golongan kendaraan III dan V. Pada Ruas Tol Cipularang penurunan berlaku untuk Gol. III yang turun sebesar sebesar 10,06 persen dan Gol. V turun sebesar 13,02 persen. Sementara itu, pada Ruas Padaleunyi penurunan tarif berlaku pada Gol V sebesar 9.61 persen.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menambahkan bahwa penyesuaian tarif merupakan upaya untuk menciptakan iklim investasi bisnis jalan tol yang kondusif.

"Hal ini tentu saja akan menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia. Jasa Marga sebagai BUMN juga akan memberikan manfaat kepada Pemerintah RI selaku pemilik saham mayoritas Jasa Marga sebesar 70 persen," jelas Heru beberapa waktu lalu.

Ruas Jalan Tol Cipularang sepanjang 56,1 km mengalami besaran tarif yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 42.500,- yang semula Rp 39.500

Gol II: Rp 71.500,- yang semula Rp 59.500

Gol III: Rp 71.500,- yang semula Rp 79.500

Gol IV: Rp 103.500,- yang semula Rp 99.500

Gol V: Rp 103.500,- yang semula Rp 119.000

Sementara itu, Ruas Jalan Tol Padaleunyi sepanjang 35,15 km mengalami besaran tarif tol yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 10.000,- yang semula Rp 9.000,-

Gol II: Rp 17.500,- yang semula Rp 15.000,-

Gol III: Rp 17.500,- yang semula Rp 17.500,-

Gol IV: Rp 23.500,- yang semula Rp 21.500,-

Gol V: Rp 23.500,- yang semula Rp 26.000,-

Ridwan Kamil Minta Penyesuaian Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Ditunda

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Tes Covid-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (23/3/20). (Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Tes Covid-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (23/3/20). (Humas Jabar)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil meminta PT Jasa Marga (Persero) untuk menunda penyesuaian tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi yang mulai berlaku hari ini 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Sebagai informasi, dalam penyesuaian tersebut terjadi kenaikan tarif tol untuk golongan I, golongan II, dan golongan IV di kedua ruas tol ini.

Untuk golongan III dan golongan V Tol Cipularang mengalami penurunan. Sementara untuk Tol Padaleunyi, tarif golongan III tetap dan golongan V mengalami penurunan.

Emil menilai rencana kenaikan tarif tol di situasi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19 sangat tidak bijak.

"Menaikkan tarif tol di situasi ekonomi sulit saat pandemi (Covid-19) ini sangatlah tidak bijak," tulisnya melalui akun Instagram miliknya @ridwankamil, Sabtu (5/9).

Emil menambahkan, kebijakan penyesuaian tarif ini juga akan memperparah potensi resesi ekonomi Indonesia. Sebab adanya kenaikan tarif akan berdampak pada kenaikan sub sektor ekonomi lainnya.

"Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh korporasi ini. Karena sub sektor ekonomi turunan ya akan ikut naik," tegasnya.

Lebih, jauh orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini menyayangkan keputusan Jasa Marga selaku BUMN atas potensi kenaikan beban ekonomi bagi masyarakat. "BUMN yang lain-lain berlomba menurunkan, mengharatiskan, mensubsidi, ini malah menaikkan beban ongkos subsidi," jelasnya.

Oleh karena itu, dia meminta kebijakan penyesuaian tarif Tol Cipularang untuk ditunda sampai situasi ekonomi nasional kembali pulih. "Karena itu bagian dari bela negara anda," tutupnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejaksaan Eksekusi Eks Dirut Transjakarta Donny Saragih ke Lapas Salemba

Posted: 04 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan Kejaksaan menangkap terpidana Donny Saragih setelah buron sejak Februari 2019 atas kasus penipuan yang menjeratnya. Dia pun langsung dijebloskan ke Lapas Salemba, Jakarta Pusat.

"Terpidana berhasil dibawa oleh tim gabungan ke Lapas Klas I Salemba Jakarta Pusat untuk pelaksanaan eksekusi," tutur Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi dalam keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Menurut dia, pengadilan telah memvonis Donny Andy Sarmedi Saragih terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran pidana 378 KUHP dengan penjara selama dua tahun. Namun, setelah putusan inkracht pada Februari 2019 itu, terpidana bersikap tidak kooperatif dan melarikan diri.

"Sehingga ditetapkan sebagai DPO. Terpidana juga sempat mengajukan PermohonanPeninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat namun tidak pernah hadirdalam sidang," jelas dia.

Donny Saragih ditangkap sekitar pukul 23.00 WIB, Jumat 4 September 2020 di Apartemen Mediterania, Jakarta Utara.

 

Ditangkap Saat Akan Berobat

Sebelumnya, penyidik telah melacak keberadaan terpidana yang berencana melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan, pukul 17.00 WIB.

"Sekira 21.00 WIB, tim gabungan bergerak menuju Apartemen Mediterania, Jakarta Utara, yang diduga menjadi tempat tinggal terpidana. Sesampainya di Apartemen, tim langsung meringkus terpidana," Nirwan menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi: AC Milan Rekrut Gelandang Real Madrid

Posted: 04 Sep 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan resmi merekrut Brahim Diaz. Gelandang berusia 21 tahun itu didatangkan dari Real Madrid dengan kesepakatan pinjaman selama satu musim.

Brahim Diaz pindah ke AC Milan setelah sulit mendapatkan tempat di tim utama Real Madrid. Pemain asal Spanyol itu hanya tampil dalam 21 laga sejak bergabung dengan Los Blancos dari Manchester City dalam kesepakatan 17 juta euro pada Januari 2019.

Bahkan, dia menghabiskan banyak waktu di luar skuat Zinedine Zidane musim lalu. Diaz cuma tampil sebanyak 59 menit di Liga Spanyol dalam enam penampilannya dari bangku cadangan.

Sejumlah klub tertarik mendapatkan Brahim Diaz dengan status pinjaman musim ini, termasuk klub di Liga Spanyol. Tapi, dia memilih bergabung dengan AC Milan karena ingin memulai sesuatu yang baru.

 

 

Opsi Pembelian

Gelandang anyar AC Milan Brahim Diaz. (www.instagram.com/acmilan)
Gelandang anyar AC Milan Brahim Diaz. (www.instagram.com/acmilan)

Rumor mengklaim AC Milan berharap adanya opsi pembelian dalam perjanjian pinjaman Braim Diaz. Tapi, ternyata tidak ada klausul tersebut.

"AC Milan dengan senang hati mengumumkan penandatanganan pemain sepak bola Spanyol Brahim Abdelkader Díaz dari Real Madrid CF dengan status pinjaman hingga 30 Juni 2021," demikian bunyi pernyataan AC Milan di situs web klub.

 

 

Nomor 21

Brahim Diaz sudah ikut berlatih dengan AC Milan. (foto: www.instagram.com/acmilan)
Brahim Diaz sudah ikut berlatih dengan AC Milan. (foto: www.instagram.com/acmilan)

Brahim Diaz akan mengenakan jersey nomor 21 selama masa pinjamannya di San Siro. Dia kini sudah berada di Milan dan berlatih bersama skuat asuhan Stefano Pioli.

Diaz bisa dimainkan saat AC Milan memulai babak penyisihan Liga Europa 2020/21.

Pilihan Tepat

Pelatih AC Milan Stefano Pioli dan pemain yang baru direkrut, Brahim Diaz. (foto: www.instagram.com/acmilan)
Pelatih AC Milan Stefano Pioli dan pemain yang baru direkrut, Brahim Diaz. (foto: www.instagram.com/acmilan)

Agen Brahim Diaz, Pedro Gonzalez, menyebut AC Milan adalah pilihan yang tepat. Rossoneri akan memberi kesempatan besar bagi Diaz untuk main.

"Tentu saja iya. Saya yakin dengan pilihan di AC Milan. Brahim sudah sering hidup di luar Spanyol dan akan adaptasi dengan cepat," ujar Gonzalez.

"Teman dia Samu Castillejo, pemain yang saya juga bawa dari Malaga akan bantu dia. Saya bangga."

Saksikan Video AC Milan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 7 Potret Kebersamaan Dimas Djay dengan Sang Putri

Posted: 04 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sutradara ternama Tanah Air, Dimas Djayadiningrat atau yang lebih akrab disapa Dimas Djay ini baru saja melangsungkan pertunangan dengan sang kekasih, Faradina Mufti. Potret kebahagian gelaran pertunangan dengan sang kekasih pun menjadi sorotan publik.

Keduanya pun diketahui melangsungkan pertunangan pada 30 Agustus 2020 lalu. Bahkan, melalui akun Instagram masing-masing keduanya Dimas Djay dan Faradina turut mengunggah momen spesial tersebut. 

Bukan hanya momen pertunangannya saja yang menjadi sorotan. Akan tetapi kebersamaan putri tunggal Dimas Djay dengan Faradina juga mencuri perhatian netizen.

Pria kelahiran 24 Agustus 1973 ini memang cukup sering mengunggah potret kebersamaannya dengan sang putri di media sosial. Bahkan, kebersamaan Dimas Djay dengan putri tunggalnya juga kerap mencuri perhatian.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @dimas.djay, berikut ini beberapa potret kebersamaan Dimas Djay dengan sang putri yang jarang tersorot, Sabtu (5/9/2020).

1. Sutradara film dan musik ini memang terlihat sangat dekat dengan sang anak.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

2. Ia pun beberapa kali mengunggah foto dengan sang putri di akun Instagram pribadinya.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

3. Pria 47 tahun ini pun selalu menjadi sosok yang setia mendampingi dan menjaga sang buah hati.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

4. Tak sedikit pula netizen yang sering memuji kecantikan putri dari Dimas Djay ini.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

5. Ekspresi bahagia yang ditunjukkan keduanya ini pun berhasil mencuri perhatian para netizen.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

6. Menjadi ayah siaga, Dimas Djay juga tak segan untuk bermain dengan putrinya.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

7. Resmi bertunangan dengan sang kekasih, putri Dimas Djay juga sudah terlihat sangat dekat dengan calon ibu sambungnya.

Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)
Dimas Djay dan sang anak (Sumber: Instagram/dimas.djay)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menohok Nana Mirdad untuk Kaum Perempuan Agar Tak Rendah Diri

Posted: 04 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nana Mirdad menikmati kehidupannya di Pulau Dewata bersama dengan suaminya, Andrew White. Pasangan yang menikah pada 2006 silam itu telah dikaruniai dua orang anak yakni Jason Deandra White dan Sarah Deana White.  

Baru-baru ini, Nana Mirdad kembali mencuri perhatian publik. Hal ini terkait unggahannya di Instagram. Nana menyoroti kaum perempuan yang banyak ditindas sesama kaumnya.

Nana Mirdad memberikan pesan bijak untuk siapapun yang memiliki ketiak hitam. Hal itu diungkapkan Nana dalam unggahan terbarunya di Instagram.

 

Ketiak Hitam

(Instagram/nanamirdad)
(Instagram/nanamirdad)

Nana Mirdad menyinggung soal persoalan yang berkaitan dengan fisik. Namun dia pun memberikan pesan bijak.

"Buat kalian yang keteknya item, pantatnya berbelah empat, sedang struggling dengan bau badan dan jerawat yang ngga teratasi....Jangan patah semangat. LO CAKEP!!!" tulis Nana.

"Lo punya berat badan berlebih dan lo tetap masuk ke gym pake tank top dan celana pendek kesayangan lo? Selama itu bisa kasih lo motivasi untuk jadi lebih sehat, GO AHEAD," sambung dia.

Menurut Nana, seseorang akan terlihat menarik selama bisa menjaga hati dan selalu berbuat baik.

"LO CAKEP selama hati lo jaga. LO CAKEP selama lo peduli dengan sesama. LO CAKEP disaat lo mampu berbuat baik. Ini saatnya kita saling membangun bukan saling menjatuhkan," ungkapnya.

 

Bukan Kontes Kecantikan

Minimalis pakai blouse warna putih. (Foto: Kapanlagi.com)
Minimalis pakai blouse warna putih. (Foto: Kapanlagi.com)

Nana pun menyebut bahwa tak semua dilihat hanya lewat fisik. Sebab hidup bukanlah kontes kecantikan.

"Ngga semua harus dilihat secara fisik, hidup kita bukan kontes kecantikan. Gw harap semua yang baca ini hari ini bisa dapat semangat dan kembali diingatkan ke value dari diri mereka yang sesungguhnya," katanya.

 

Percaya Diri

Nana juga menyampaikan pesan untuk selalu percaya diri.

"I love you all so much and stay confident!" tutupnya.

 

Diapresiasi Warganet

Postingan Nana Mirdad mendapat banyak komentar dari warganet. Mereka pun menyampaikan apresiasinya.

"Setujuuuu bgt sih ini," tulis @yunimilala__.

"Spirit in the morning," tulis @agnesresha.yunita19 

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal F1 GP Italia 2020: Kualifikasi Malam Ini

Posted: 04 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan Formula 1 (F1) 2020 berlanjut ke seri kedelapan yakni GP Italia. Para pembalap jet darat bakal berusaha merebut pole, Sabtu (5/9/2020). 

Pada sesi tes hari pertama, pembalap Mercedes Lewis Hamilton jadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua (FP2). Dia membukukan waktu satu menit 20,192 detik di Monza, Jumat (4/9/2020).

Hamilton merebut posisi teratas dari rekan setim Valtteri Bottas yang berjaya di FP1. Di FP2, Bottas tertinggal 0,262 detik di belakang Hamilton. Sedangkan pembalap Renault Lando Norris (+0,897 detik) melengkapi tiga besar.

Kini Hamilton coba memperpanjang dominasi Mercedes pada F1 musim ini. Pabrikan asal Jerman itu selalu merebut pole dari tujuh ajang dan hanya kehilangan satu gelar yakni di GP 70th Anniversary.

Kans Hamilton berkuasa sangat besar. Dia merupakan kolektor trofi terbanyak bersama Michael Schumacher. Keduanya masing-masing sudah memenangkan lima balapan F1 GP Italia.

Jadwal GP Italia

ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi F1 (Liputan6.com/Abdillah)

Sabtu, 5 September 2020

17.00-18.00 WIB: FP3

20.00-21.00 WIB: Kualifikasi

Minggu, 6 September 2020

20.10-22.10 WIB: Balapan

Hasil FP2

Logo Formula 1 (F1). (AFP/Mark Thompson)
Logo Formula 1 (F1). (AFP/Mark Thompson)

Posisi-Pembalap-Asal-Tim-Waktu

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 20.192

2. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 20.454

3. Lando Norris GBR McLaren F1 Team 1m 21.089

4. Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda 1m 21.121

5. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing 1m 21.228

6. Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team 1m 21.313

7. Daniil Kvyat RUS Scuderia AlphaTauri Honda 1m 21.376

8. Lance Stroll CAN BWT Racing Point F1 Team 1m 21.389

9. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari 1m 21.503

10. Sergio Perez MEX BWT Racing Point F1 Team 1m 21.594

11. Esteban Ocon FRA Renault F1 Team 1m 21.697

12. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari 1m 21.733

13. Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen 1m 21.786

14. Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing 1m 21.883

15. Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team 1m 22.080

16. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team 1m 22.088

17. Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen 1m 22.147

18. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team 1m 22.254

19. Nicholas Latifi CAN Williams Racing 1m 22.825

20. George Russell GBR Williams Racing 1m 22.927

Hasil FP1

Posisi-Pembalap-Asal-Tim-Waktu

1. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 20.703

2. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 1m 20.948

3. Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing 1m 21.500

4. Daniil Kvyat RUS Scuderia AlphaTauri Honda 1m 21.555

5. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing 1m 21.641

6. Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda 1m 21.667

7. Sergio Perez MEX BWT Racing Point F1 Team 1m 21.747

8. Lando Norris GBR McLaren F1 Team 1m 21.747

9. Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team 1m 21.789

10. Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team 1m 21.821

11. Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari 1m 21.904

12. Esteban Ocon FRA Renault F1 Team 1m 21.984

13. Lance Stroll CAN BWT Racing Point F1 Team 1m 22.131

14. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team 1m 22.409

15. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team 1m 22.422

16. Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen 1m 22.552

17. Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen 1m 22.619

18. Roy Nissany ISR Williams Racing 1m 22.826

19. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari 1m 22.988

20. Nicholas Latifi CAN Williams Racing 1m 23.120

Saksikan Video F1 Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Santai Mayangsari Dibalut Jubah Mandi

Posted: 04 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mayangsari kembali mengunggah potret aktivitasnya terbarunya setelah beberapa hari lalu meluncurkan single perdananya. Berbeda dari penampilan sebelumnya, kali ini ia mengunggah salah satu potret santainya.

Pada Jumat pagi, 4 September 2020, Mayang tampil dibalut jubah mandi dengan rambut ditutupi handuk putih. Dari sederet potret yang diunggahnya, ini kali pertama istri Bambang Trihatmodjo mengunggah potret dengan balutan mantel putih.

Meski hanya berbalut jubah mandi, penampilan Mayang tetap memesona. Duduk di kursi kayu, Mayang tampak tersenyum tipis menghadap kamera.  "Smile..it's Friday 🥰 (Senyum..Hari Jumat)," tulis Mayang singkat sebagai keterangan foto.

Kedua tangannya disandarkan ke atas bagian kanan dan kiri kursi. Sementara, kaki kanannya sengaja ditumpangkan ke atas paha kirinya.

Tak ada sesuatu yang tampak mewah dari penampilan Mayang kali ini. Kakinya pun hanya dialasi sandal bulu warna ungu.

Di sebelah kanan Mayangsari terdapat setangkai angrek yang sedang merekah. Sementara di depannya terdapat cangkir putih dan segelas air jeruk.

Panen Pujian

Mayangsari tampil menawan dengan busana putih dengan rambut tertata rapi saat syuting video klip terbarunya (Dok.Instagram/@bennusorumba/https://www.instagram.com/p/CC5azw0Ff9c/Komarudin)
Mayangsari tampil menawan dengan busana putih dengan rambut tertata rapi saat syuting video klip terbarunya (Dok.Instagram/@bennusorumba/https://www.instagram.com/p/CC5azw0Ff9c/Komarudin)

Penampilan Mayangsari yang santai dan sederhana itu panen pujian dari warganet, termasuk dari orang-orang yang mengenalnya dengan dekat. Mereka memuji tampilan Mayang yang sedang santai itu.

"Syantik bener si aum pagi pagi," komentarnya. "darlingg😘💖," jawab Mayangsari.

Seorang warganet mengaku terharu mendapat balasan dari Mayangsari. "seumur umur selalu komen ke artis ngga pernah ada yg bales,tapi ini sekelas ibu @mayangsaritrihatmodjoreal mau jawab koment aku..duuh terharuuu...tambah nge faaansss.. sehat selalu mba Mayang dan keluarga 🤗," tulis seorang penggemarnya.

Infografis Gebrakan Denda Tidak Pakai Masker (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Gebrakan Denda Tidak Pakai Masker (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mundur dari DPR, Istri Bupati Timor Tengah Utara Maju di Pilkada 2020

Posted: 04 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Kupang- DPP Partai Nasdem resmi mengusung Kristiana Muki sebagai bakal calon Bupati Timor Tengah Utara (TTU). Kristiana yang juga istri Bupati TTU dua periode, Raymundus Sau Fernandes itupun melepas keanggotaannya di DPR RI dari Fraksi Nasdem.

Kristiana menggandeng Yosef Tanu sebagai bakal calon wakil bupati. Yosef merupakan aparatur sipil negara (ASN) yang menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Setda Timor Tengah Utara.

"Paket (pasangan) ini (Kita Sehati) sudah diputuskan oleh DPP dengan surat keputusan yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen Nasdem," ujar Sekretaris Partai Nasdem NTT Alex Ofong, kepada wartawan, Jumat (4/9/2020).

Menurut Alex, pasangan Kristiana dan Yosef dinilai layak dan pantas maju dalam Pilkada Timor Tengah Utara. Pasangan itu memiliki rekam jejak yang cukup baik.

Mereka, lanjut dia, mengemban amanat Partai Nasdem untuk mewujudkan semangat restorasi di Kabupaten Timor Tengah Utara. Pasangan Kristiana-Yosef juga memiliki elektablitas yang sangat tinggi.

"Karena survei Nasdem menggambarkan hasil elektabilitas Ibu Kristiana yang tinggi," ujar dia.

Ia menyebut, Nasdem optimistis memenangkan pasangan Kristiana-Yosef dalam kontestasi Pilkada Timor Tengah Utara pada 9 Desember.

Harapan

 

Ketua Tim Keluarga pasangan Kristiana-Yosef, Dolvianus Kolo mengatakan, sebanyak 35.000 sampai 50.000 pendukung hadir dalam deklarasi yang digelar pada hari ini, Sabtu (5/9/2020).

Deklarasi akan digelar di Bale Biinmaffo dan akan diisi dengan pernyataan dukungan dari tokoh adat seluruh Kabupaten Timor Tengah Utara.

"Kami orang TTU mau buat sejarah. Pemimpin perempuan akan segera lahir di TTU sejak Indonesia merdeka," ungkap Dolvianus.

Dolvianus menyebut, Kristiana Muki berasal dari keluarga sederhana dan saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI. Sementara Yosef Tanu merupakan sosok pekerja keras dan teguh pada prinsip.

"Kami optimistis pasangan ini akan menang dengan meyakinkan. Apalagi yang bertarung kemungkinan tiga pasangan. Kami juga mau buktikan bahwa, perempuan juga bisa jadi pemimpin," tandas Dolvianus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tips Agar Anak Senang Belajar Meski dari Rumah

Posted: 04 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat anak-anak harus belajar dari rumah dan melihat layar gawai saat kelas sedang dimulai.

Tidak sedikit orang tua yang merasa keberatan untuk anaknya bersekolah di rumah karena menerapkan sistem homeschooling.

Banyak juga yang merasa kesulitan karena tidak memiliki persiapan dan bingung dengan sistem pembelajaran yang baru.

Sehingga bukan hanya anak yang belajar hal baru untuk bersekolah selama pandemi tetapi orang tua juga belajar hal baru untuk tetap mengawasi dan menjelaskan kepada anaknya.

Tentunya tidak mudah dan membutuhkan waktu untuk mengajarkan anak tetap duduk, menyimak dan fokus kepada layar gawai di mana gurunya sedang menjelaskan pelajaran.

Bagi Anda orang tua yang masih bingung bagaimana tips agar anak mau mengikuti pelajaran sekolah meskipun belajar dari rumah? Melansir dari yourtango, Sabtu (4/09/2020) berikut tips yang bisa Anda ikuti.

1. Baca kurikulum sains

Tanyakan mengenai kurikulum jika tersedia. Anda akan daapt menemukan "laboratorium" yang menarik dan interaktif yang dapat Anda dan anak lakukan di rumah. Pastikan anak Anda yang melakukan sebagian besar pekerjaan sains yang ingin kalian kerjakan.

2. Habiskan waktu di alam

Ada banyak pembelajaran yang bisa anak Anda lakukan di alam. Tergantung pada usia anak. Anda dapat menghitung benda atau menggunakan batu dan tongkat untuk mengerjakan matematika. Selain itu juga bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis tugas di alam.

 

 

Tips selanjutnya

(Ilustrasi orang tua mendampingi anak ketika Belajar dari Rumah/Liputan6).
(Ilustrasi orang tua mendampingi anak ketika Belajar dari Rumah/Liputan6).

 

3. Mainkan game

Ada banyak permainan yang dapat anda mainkan untuk menggambarkan konsep yang dipelajari anak-anak. Beberapa diantaranya dapat dibeli atau berasal dari pikiran Anda sendiri. Seperti mengajarkan angka, huruf, warna, ejaan, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan TV dengan cerdas

Selama waktu sekolah, Anda dapat menggunakan program TV yang sesuai dengan kurikulum sehingga mereka akan belajar lebih banyak.

Selain itu juga bisa dalam Bahasa Inggris untuk membantu menambah kosa kata dalam Bahasa asing.

5. Sertakan seni

Anda dapat melakukan proyek kreatif atau menyanyikan lagu-lagu daerah. Banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi pembelajaran di rumah.

6. Ingat latihan fisik

Anak-anak perlu menjauh dari layar dan melakukan sesuatu yang bersifat fisik setiap harinya. Anda dapat memilih beragam aktivitas mulai dari bersepeda, lari, jalan kaki, dan masih banyak lagi.

7. Makan siang adalah kesempatan belajar

Jika anak Anda tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sekolah, Anda dapat menggunaakn waktu makan siang untuk belajar. Belajar mengenai nutrisi, penganggaran, memasak dan pembersihan. Ada banyak keterampilan yang dapat dibongkar saat makan siang.

8. Istirahat

Anda mungkin belajar banyak dengan anak-anak sehingga akan senang mengenal mereka lebih baik daripada sebelumnya. Tetapi tentunya Anda membutuhkan waktu untuk istirahat santai sejenak.

 

Reporter: Tasya Stevany

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Tegur Bupati Karawang karena Gelar Arak-Arakan Saat Daftar ke KPU

Posted: 04 Sep 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan teguran tertulis untuk Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana selaku bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah pada Pilkada 2020. Hal itu lantaran Cecilia menggelar arak-arakan massa saat melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang, Jawa Barat, Jumat 4 September 2020.

Teguran tertulis itu dikelurakan pada Jumat kemarin dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik atas nama Mendagri. Dengan menggelar arak-arakan massa, Tito menilai Bupati Karawang selaku bakal paslon telah menimbulkan kerumunan massa.

"Dan hal tersebut bertentangan dengan upaya pemerintah dalam menanggulangi serta memutus mata rantai penularan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," demikian bunyi poin 1 pada teguran tertulis Mendagri tersebut sebagaimana dikutip Liputan6.com dari siaran pers Kemendagri, Sabtu (5/9/2020).

Sesuai ketentuan Pasal 67 ayat (1) huruf b, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah ditegaskan, "Kewajiban Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah meliputi antara lain menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan."

Bila dikaitkan dengan aturan lain, hal ini berhubungan dengan ketentuan Pasal 4 ayat (1) huruf c, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Pada  aturan itu, ditegaskan, PSBB paling sedikit meliputi pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

Mengingat di tengah pandemi Covid-19, Tito menyatakan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 harus berpedoman pada Peraturan KPU yang mengatur tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19.

 

Sanksi

Tito juga menyampaikan saat ini telah ditetapkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 untuk mengoptimalkan upaya pencegahan.

"Bahwa dalam rangka menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di seluruh Indonesia," ujar Tito.

Untuk itu, dia meminta Gubernur Jabar sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk memberikan sanksi teguran tertulis kepada Cellica Nurrachadiana selaku Bupati Karawang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dan melaporkan hasilnya kepada Menteri Dalam Negeri pada kesempatan pertama," ucap Tito.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 6 Potret Kebersamaan Kadek Devie dan Putra Kembar

Posted: 04 Sep 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penonton setia sinetron maupun FTV tentu sudah tidak asing sosok selebriti Kadek Devi. Pada awal tahun 2000-an awal, wajah cantik pemilik nama asli Ida Ayu Kadek Devie kerap wara-wiri di layar kaca televisi. 

Namun, semenjak menikah dengan Dewa Yoga wanita yang memulai karirnya sebagai GADIS Sampul ini mulai jarang terlihat di layar kaca televisi. Selebriti ini pun mulai meninggalkan dunia peran dan fokus mengurus buah hati serta mendampingi suaminya.  

Dari pernikahannya, Kadek Devi dikaruniai putra kembar bernama Magha dan Degha. Kedua putra kembar pasangan selebriti yang menikah pada 2015 lalu ini lahir pada 25 April 2018 lalu. Kini, Magha dan Degha genap berusia 2 tahun. 

Meski jarang muncul di layar kaca televisi, namun kegiatan sehari-hari Kadek Devi masih nampak di laman Instagram sang suami. Termasuk kebersamaanya dengan kedua buah hatinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Kadek Devie dan putra kembarnya, Sabtu (5/9/2020). 

 

1. Menikah dengan Dewa Yoga, bintang FTV ini dikaruniai putra kembar bernama Magha dan Degha.

Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)
Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)

2. Magha dan Degha lahir pada 25 April 2018 lalu. Kini, putra kembar wanita kelahiran Bandung ini genap berusia 2 tahun.

Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)
Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)

3. Lama tak terlihat di layar kaca, wanita 34 tahun ini memilih fokus merawat kedua buah hatinya.

Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)
Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)

4. Ini dia momen kebersamaan jebolan GADIS Sampul bersama kedua buah hatinya saat berlibur di Trawas, Jawa Timur.

Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)
Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)

5. Momen kebersamaan Kadek dan duah buah hati saat merayakan Hari Kuningan pada 2019 lalu. Wajah putra kembar terlihat lucu dan menggemaskan ya.

Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)
Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)

6. Tak pernah terdengar kabarnya. Rupanya, Kadek Devie tengah menanti kelahiran anak ketiga.

Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)
Kadek Devie Momong Anak Kembar (Sumber: Instagram/dewayoga_07)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jerat Kasus Penipuan Donny Saragih Sebelum Jadi Dirut Transjakarta dan Buron

Posted: 04 Sep 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan Kejaksaan menangkap terpidana Donny Saragih, buron kasus penipuan yang sebelumnya pernah ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Dirut Transjakarta.

Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi menyampaikan, pada September 2017 lalu, Donny Saragih yang menjabat sebagai Direktur Operasional PT Lorena Transport menemui Direktur Utama PT Lorena Transport, Gusti Terkelin Soerbakti.

"Ketika itu, terpidana berpura-pura sebagai pihak dari Otoritas Jasa Keuangan," tutur Nirwan dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Menurut dia, Donny Saragih dibantu Corporate Sekretaris PT Lorena Transport Porman Tambunan, mengelabui Gusti Terkelin Soerbakti dengan mengaku dapat membantu menyelesaikan masalah yang terjadi di PT Lorena Transport. Namun, dia meminta imbalan sebesar USD 250 ribu dolar.

"Uang tersebut rencananya akan ditawarkan kepada pihak OJK agar tidak membeberkan kesalahan yang dilakukan oleh PT Lorena Transport terkait perdagangan saham tidaksah," jelas Nirwan.

Selanjutnya, uang itu diserahkan secara bertahap hingga mencapai USD 170 ribu dolar dan Rp 20 juta. Hanya saja uang tersebut ternyata dipergunakan untuk kepentingan pribadi oleh Donny Saragih dan Porman Tambunan.

"Terhadap Porban Tambunan, pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat telah melakukan eksekusi pada 29 Januari 2020," kata Nirwan.

Sementara untuk terpidana Donny Andy Sarmedi Saragih, telah dinyatakan bersalah berdasarkan Putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor: 100K/Pid/2019 tanggal 12 Februari 2019 Juncto Putusan PT DKI Jakarta Nomor 309/Pid/2018/PT.Dki tanggal 12 Oktober 2018 Jouncto Putusan PN Jakarta Pusat nomor 490/Pid.B/2018/PN.JKT.Pst tanggal 14 Agustus 2018, yang menyatakan terdakwa Donny Andy Sarmedi Saragih terbukti secara sah dan meyakinkan tindak pidana 378 KUHP dengan pidana penjara selama dua tahun. 

"Setelah diterimanya putusan inkracht, terpidana bersikap tidak kooperatif dan melarikan diri sehingga ditetapkan sebagai DPO, terpidana juga sempat mengajukan Permohonan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat namun tidak pernah hadir dalam sidang PK a quo," Nirwan menandaskan.

 

Perjalanan Sidang

Sebelumnya, Donny Andy Saragih merupakan terpidana dalam kasus yang tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman. 

Donny bersama Porman Tambunan alias Andi kemudian dituntut "turut serta melakukan penipuan berlanjut" sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan alternatif ketiga.

Pada 15 Agustus 2018 lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan Donny dan Andi bersalah dan memvonis satu tahun penjara serta menetapkan agar para terdakwa tetap ditahan dalam tahanan kota.

Jaksa Penuntut Umum yakni Priyo W kemudian mengajukan banding. Hasilnya, pada 12 Oktober 2018, Pengadilan Tinggi DKI menerima banding JPU dan menguatkan putusannya serta meminta keduanya tetap berada dalam tahanan.

Tak terima, Donny dan Andi kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Dalam putusan kasasi nomor 100 K/PID/2019 tertanggal 12 Februari 2019, majelis hakim menolak kasasi Donny dan Andi. Hakim bahkan menjatuhkan pidana penjara masing-masing dua tahun kepada keduanya.

Belum ditahan, Donny ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak Kamis tanggal 23 Januari 2020, dengan tanpa Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).

Karena berstatus terpidana, Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah atau BP BUMD Provinsi DKI Jakarta membatalkan penunjukan jabatan Donny pada Senin 27 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Anggota Keluarga di Ponorogo Tertular Setelah Jenguk Pasien COVID-19

Posted: 04 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 16 orang di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Jumat, 4 September 2020. Dari 16 orang itu, sembilan orang berasal dari satu keluarga.

Hal itu bermula ketika seorang pria berusia 50 tahun warga Tonatan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pulang dari Jakarta. Pasien kasus nomor 263 itu mengalami sesak dan batuk lima hari. Kemudian hasil rontgent menunjukkan pneumonia bilateral.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni menuturkan,  keluarga pasien 263 tersebut mengunjungi untuk memberikan dukungan sehingga kontak erat dengan anggota keluarga lain.

Dari satu pasien yang sakit menularkan kepada sembilan keluarga lain. Ipong menuturkan, penting untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan.

"Pasien kasus no.263 setelah dinyatakan sakit, alih-alih menerapkan isolasi mandiri dengan baik, keluargaya dari wilayah lain justru mendatangi rumah pasien dan berkumpul di rumah tersebut dengan dalih memberikan support/dukungan moril sehingga kontak erat dengan anggota keluarga yang lain," ujar dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/9/2020).

Ia menambahkan,  hal itu tidak akan terjadi jika protokol isolasi mandiri dapat diterapkan dengan disiplin. "Jika ada keluarga yang sakit, support yang paling tepat adalah mendoakan dari jauh. Kalaupun harus datang, tentu seperlunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Sembilan anggota keluarga tertular antara lain delapan warga Tonatan dan satu warga Karangmojo berusia 50 tahun. Anggota keluarga tersebut terdiri tiga perempuan dan enam laki-laki.

Adapun pasien positif COVID-19 lainnya di Ponorogo yaitu warga Ngloning berusia 16 tahun, warga Keniten berusia 89 tahun dengan tidak ada riwayat bepergian dan mengeluh sesak nafas dan batuk, warga Sidoarjo berusia 27 tahun, warga Tegalrejo berusia 48 tahun, warga Sidoharjo berusia 19 tahun. Lalu warga Tegalsari berusia 68 tahun, suspek dirawat dan meninggal di RSUA.

Sementara itu, 14 orang dinyatakan sembuh dari pasien COVID-19 di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Perkembangan Data COVID-19 di Ponorogo

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Dengan demikian, perkembangan COVID-19 di Ponorogo antara lain pasien sembuh sebanyak 240 orang, meninggal sembilan orang, isolasi 43 orang. "Total 292 orang," tutur dia.

Dari total 292 kasus COVID-19 itu antara lain Gontor 2 sebanyak 86 (sembuh 86), riwayat Surabaya sebanyak 26 (sembuh 22, meninggal 3), Temboro sebanyak 13 (sembuh 13), Ronowijayan 1 sebanyak 13 (sembuh 13), Ronowijayan 2 sebanyak 7 (sembuh 7), PPIH Sukolilo sebanyak 8 (sembuh 8), Panjeng 4 (sembuh 4), lain-lain 135 (sembuh 87 dan meninggal 6).

Kabupaten Ponorogo Berstatus Zona Oranye COVID-19 di Peta Risiko

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Ipong menambahkan, Kabupaten Ponorogo bersama 24 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur sebagai daerah risiko sedang (zona oranye) penyebaran COVID-19 per 30 Agustus 2020.

Sementara, sembilan daerah kabupaten/kota termasuk risiko tinggi dan empat kabupaten/kota termasuk risiko rendah.

"Hal ini menggambarkan betapa pandemi masih berlangsung, Corona masih ada hanya menunggu kita lengah," ujar dia.

Warga Diimbau Patuh Protokol Kesehatan

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Ipong menuturkan agar masyarakat tetap waspada dengan saling menjaga, saling peduli dan melindungi. Langkah dilakukan seperti saat beraktivitas di luar rumah dengan menyiapkan beberapa helai masker kain, memakai masker dengan benar dan tepat, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Selain itu juga meningkatkan imunitas tubuh dengan olahraga, gembira, berpikir positif, makan dengan makanan bernutrisi dengan istirahat cukup, menerapkan ekstra disiplin terhadap protokol kesehatan terutama jika terpaksa harus pergi dan pulang dari zona merah.

"Berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujar dia.

Kemudian meningkatkan kewaspadaan dan monitoring kedatangan warga dari zona merah, aktifkan peran Satgas COVID-19 yang ada di desa dan kelurahan untuk membantu upaya pemutusan rantai penularan di lingkungannya.

Kemudian jika terpaksa harus tetap bekerja dan melakukan kegiatan di luar rumah untuk tidak bersentuhan dengan anggota keluarga lain sebelum mandiri. Segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen.

"Jangan menggantung pakaian dan masker yang telah dipakai di luar rumah," ujar dia.

Selanjutnya bersihkan handphone, tas, benda lain yang dibawa dari luar dengan disinfektan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Berlangganan Spotify Premium Pakai DANA, dari Saldo Hingga Kartu Kredit

Posted: 04 Sep 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pengguna dompet digital Indonesia, DANA, ada kabar terbaru nih. Sekarang para pengguna DANA serta para pencinta musik dan podcast di Tanah Air bisa berlangganan layanan audio streaming terpopuler di dunia, Spotify.

Ya, sekarang kamu dapat melakukan pembayaran biaya berlangganan fitur premium dengan DANA. Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA menjelaskan bahwa ketersediaan DANA di Spotify menegaskan komitmen dan misi DANA sebagai dompet digital berplatform terbuka, untuk terus berintegrasi dengan penyedia teknologi digital lainnya.

"Tujuannya adalah agar teknologi digital makin inklusif, makin mudah diakses, dan manfaatnya pun makin dapat dirasakan secara meluas. Dengan DANA, kini masyarakat, terutama mereka yang tidak memiliki kartu kredit, dapat berlangganan Spotify Premium dan mendengarkan beragam podcast serta jutaan lagu tanpa jeda iklan," ujar Rangga Wiseno.

Menurut Rangga, hiburan digital seperti musik dan konten-konten informatif yang disampaikan melalui podcast telah menjadi kebutuhan dari gaya hidup produktif masyarakat saat ini. Dengan melakukan pembayaran dengan DANA untuk berlangganan Spotify Premium, sekarang para pengguna DANA dapat menikmati konten-konten digital, sembari melakukan aktivitas lain, seperti berolahraga serta mengerjakan tugas-tugas harian.

Kebutuhan terhadap musik dan podcast saat ini diprediksi akan makin meningkat bersamaan dengan pandemi Covid-19, di mana banyak orang mencari cara untuk terus memompa semangat ketika harus mematuhi PSBB. Berlangganan Spotify Premium untuk menikmati musik atau mendengarkan konten audio secara leluasa dengan dukungan metode pembayaran yang mudah, aman, dan nyaman, dapat menjadi salah satu solusinya. 

 

Keuntungan Gunakan DANA

Di Spotify, DANA dapat digunakan untuk semua paket berlangganan Spotify Premium, termasuk Spotify Premium Family dan Spotify Premium Duo. Dengan menggunakan DANA, saldo akan langsung otomatis terpotong di setiap tanggal pembayaran, ketika pengguna sudah berlangganan Spotify Premium.

Keuntungan lain menggunakan DANA, pengguna memiliki opsi untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Opsi pembayaran dengan kartu kredit ini bisa dipilih oleh pengguna Spotify yang tidak berlangganan (memakai voucher layanan Spotify). 

"Bagi pengguna DANA yang ingin menikmati layanan berbayar Spotify tanpa berlangganan otomatis, misalnya paket tujuh hari atau satu bulan, bisa memakai kartu kredit tanpa harus repot memasukkan nomor kartu setiap kali mereka ingin melakukan pembayaran. Dengan fitur card binding yang ada di aplikasi DANA, pengguna bisa menyimpan kartu debit maupun kartu kredit sebagai opsi pembayaran selain saldo dalam dompet digital DANA," kata Rangga.

Untuk menggunakan DANA sebagai metode pembayaran berlangganan Spotify Premium, pengguna bisa masuk ke situs Spotify dan memilih paket Spotify Premium yang diinginkan. Kemudian pilih metode pembayaran dan pilih DANA. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di akun DANA dan PIN. Lalu pilih "Bayar" untuk menyelesaikan transaksi. Pembayaran Spotify Premium dengan DANA dapat dilakukan oleh pengguna baru maupun yang sudah berlangganan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Haru Anjing Memohon pada Pemiliknya Agar Tak Dijual

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dibandingkan manusia, naluri seekor anjing jauh lebih tinggi. Hewan peliharaan tersebut bisa merasakan kapan dirinya disayang dan dibenci oleh tuannya. Jika ia merasa tak nyaman, tentu anjing akan memperlihatkan tingkahnya yang menjengkelkan.

Bahkan ketika hewan berbulu itu melakukan kesalahan, ia pun akan meminta maaf dengan raut wajah memelas hingga sang majikan tak tega melihatnya.

Sayangnya, nasib malang malah menimpa anjing jenis Golden Retriever. Lewat video unggahan dari akun TikTok @pets_warm_my_heart menggambarkan bagaimana seekor anjing memohon pada pemilik untuk tidak menjual.

Artikel tentang tak ingin berpisah, momen pilu anjing memohon pada pemiliknya agar tak dijual menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang panik ditegur guru saat kelas online, siswi ini refleks ambil celana ibunya jadi hijab.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tiga zodiak ini bakal alami masa terburuk di bulan September.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Ingin Berpisah, Momen Pilu Anjing Memohon pada Pemiliknya Agar Tak Dijual

(pets_warm_my_heart/tiktok.com)
(pets_warm_my_heart/tiktok.com)

 

Terlihat dari video tersebut, hewan peliharan jenis Labrador Retriever sangat sayang pada pemiliknya hingga bersikukuh untuk tidak melepaskan tangannya.

Selengkapnya...

2. Panik Ditegur Guru Saat Kelas Online, Siswi Ini Refleks Ambil Celana Ibunya Jadi Hijab

(@teajusluv/twittwer.com)
(@teajusluv/twittwer.com)

Dibandingkan sekolah tatap muka, nyatanya kelas online lebih cepat membuat murid-murid merasa jenuh. Minimnya kontak langsung seperti mengobrol membuat suasana kelas semakin sunyi.

Karena merasa bosan selama pelajaran berlangsung. Pernahkan kamu menonaktifkan fitur kamera untuk menghibur diri?

Dengan mematikan kamera laptop, kamu akan bebas dari pantauan guru yang mengajar. Selagi mereka asyik menjelaskan materi pembelajaran, kamu bisa saja melakukan hal-hal yang mengganggu fokusmu. Tertidur dan bermain gim, dua kegiatan ini memungkinkanmu melakukannya.

Selengkapnya...

3. 3 Zodiak Ini Bakal Alami Masa Terburuk di Bulan September

ilustrasi zodiak/copyright unsplash/Joshua Chun
ilustrasi zodiak/copyright unsplash/Joshua Chun

Bagi beberapa zodiak, bulan September akan terasa lebih berat dari lainnya. Zodiak-zodiak tersebut hendaknya bersiap akan hal terburuk yang bisa terjadi di bulan September.

Lalu, zodiak apa saja yang akan mengalami bulan September terburuk? Melansir dari Elite Daily, ini dia.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sebulan Usai Ledakan Beirut, Warga Gelar Doa Bersama

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Sejumlah orang berpartisipasi dalam acara doa bersama untuk memperingati satu bulan pascainsiden ledakan besar di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)
Sejumlah orang berpartisipasi dalam acara doa bersama untuk memperingati satu bulan pascainsiden ledakan besar di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)

Sejumlah orang berpartisipasi dalam acara doa bersama untuk memperingati satu bulan pascainsiden ledakan besar di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)

Para seniman mengerjakan mural yang menggambarkan Kota Beirut dengan kata
Para seniman mengerjakan mural yang menggambarkan Kota Beirut dengan kata

Para seniman mengerjakan mural yang menggambarkan Kota Beirut dengan kata

Seorang wanita menempelkan foto korban dekat Pelabuhan Beirut di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)
Seorang wanita menempelkan foto korban dekat Pelabuhan Beirut di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)

Seorang wanita menempelkan foto korban dekat Pelabuhan Beirut di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)

Polisi berjaga selama acara doa bersama untuk memperingati satu bulan pascainsiden ledakan besar di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)
Polisi berjaga selama acara doa bersama untuk memperingati satu bulan pascainsiden ledakan besar di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)

Polisi berjaga selama acara doa bersama untuk memperingati satu bulan pascainsiden ledakan besar di Beirut, Lebanon, 4 September 2020. Pemuka agama Islam dan Kristen beserta warga mengadakan doa bersama dekat silo-silo gandum yang hancur di Pelabuhan Beirut. (Xinhua/Bilal Jawich)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta Penyesuaian Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Ditunda

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil meminta PT Jasa Marga (Persero) untuk menunda penyesuaian tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi yang mulai berlaku hari ini 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Sebagai informasi, dalam penyesuaian tersebut terjadi kenaikan tarif tol untuk golongan I, golongan II, dan golongan IV di kedua ruas tol ini.

Untuk golongan III dan golongan V Tol Cipularang mengalami penurunan. Sementara untuk Tol Padaleunyi, tarif golongan III tetap dan golongan V mengalami penurunan.

Emil menilai rencana kenaikan tarif tol di situasi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19 sangat tidak bijak.

"Menaikkan tarif tol di situasi ekonomi sulit saat pandemi (Covid-19) ini sangatlah tidak bijak," tulisnya melalui akun Instagram miliknya @ridwankamil, Sabtu (5/9).

Emil menambahkan, kebijakan penyesuaian tarif ini juga akan memperparah potensi resesi ekonomi Indonesia. Sebab adanya kenaikan tarif akan berdampak pada kenaikan sub sektor ekonomi lainnya.

"Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh korporasi ini. Karena sub sektor ekonomi turunan ya akan ikut naik," tegasnya.

Lebih, jauh orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini menyayangkan keputusan Jasa Marga selaku BUMN atas potensi kenaikan beban ekonomi bagi masyarakat. "BUMN yang lain-lain berlomba menurunkan, mengharatiskan, mensubsidi, ini malah menaikkan beban ongkos subsidi," jelasnya.

Oleh karena itu, dia meminta kebijakan penyesuaian tarif Tol Cipularang untuk ditunda sampai situasi ekonomi nasional kembali pulih. "Karena itu bagian dari bela negara anda," tutupnya.

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Golongan I Naik Mulai Hari Ini, Cek Rinciannya

Arus Tol Cipularang, Jawa Barat dipadati ribuan kendaraan mobil pribadi datang dari arah Jakarta menuju Bandung.
Arus Tol Cipularang, Jawa Barat dipadati ribuan kendaraan mobil pribadi datang dari arah Jakarta menuju Bandung.

Tarif tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) mengalami penyesuaian mulai hari ini, 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Dalam penyesuaian tersebut, terjadi kenaikan tarif tol untuk golongan I, golongan II, dan golongan IV. Untuk golongan III dan golongan V Tol Cipularang mengalami penurunan.

Sementara untuk Tol Padaleunyi, tarif golongan III tetap dan golongan V mengalami penurunan.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 juni 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Dalam penyesuaian tarif tol ini terdapat penurunan tarif pada angkutan logistik dengan golongan kendaraan III dan V. Pada Ruas Tol Cipularang penurunan berlaku untuk Gol. III yang turun sebesar sebesar 10,06 persen dan Gol. V turun sebesar 13,02 persen. Sementara itu, pada Ruas Padaleunyi penurunan tarif berlaku pada Gol V sebesar 9.61 persen.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menambahkan bahwa penyesuaian tarif merupakan upaya untuk menciptakan iklim investasi bisnis jalan tol yang kondusif.

"Hal ini tentu saja akan menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia. Jasa Marga sebagai BUMN juga akan memberikan manfaat kepada Pemerintah RI selaku pemilik saham mayoritas Jasa Marga sebesar 70 persen," jelas Heru beberapa waktu lalu.

Ruas Jalan Tol Cipularang sepanjang 56,1 km mengalami besaran tarif yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 42.500,- yang semula Rp 39.500

Gol II: Rp 71.500,- yang semula Rp 59.500

Gol III: Rp 71.500,- yang semula Rp 79.500

Gol IV: Rp 103.500,- yang semula Rp 99.500

Gol V: Rp 103.500,- yang semula Rp 119.000

Sementara itu, Ruas Jalan Tol Padaleunyi sepanjang 35,15 km mengalami besaran tarif tol yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 10.000,- yang semula Rp 9.000,-

Gol II: Rp 17.500,- yang semula Rp 15.000,-

Gol III: Rp 17.500,- yang semula Rp 17.500,-

Gol IV: Rp 23.500,- yang semula Rp 21.500,-

Gol V: Rp 23.500,- yang semula Rp 26.000,-

Jasa Marga Pastikan Tol Cipularang Aman Dilintasi

Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.
Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

PT Jasamarga Tollroad Maintenance, memastikan bila di Km 18+600 ruas Tol Cipularang sudah bisa kembali dilintasi oleh para pengguna tol dengan aman. Setelah terdampak longsor akibat curah hujan tinggi yang mengguyur Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat, pada 11 Februari 2020 lalu.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan, bahwa secara keseluruhan sampai dengan awal Mei 2020, progres penyelesaian telah mencapai 100 persen. Mencakup pekerjaan pembersihan cross drain yang tersumbat material longsoran.

"Selama proses penanganan dampak longsor ini, lalulintas di Jalan tol Cipularang berfungsi normal di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Bandung. Pekerjaan penanganan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan, terutama bagi pengguna jalan," kata Irra melalui keterangannya, Selasa (19/5).

Menurutnya proses perbaikan juga mengatur pembuatan bak kontrol pada inlet cross drain jalur A. Kemudian, pemasangan bronjong batu/gabion yang berguna untuk stabilisasi lereng, serta rekonstruksi lereng jalur B dengan timbunan material granular dan slag cement dengan perkuatan borepile dan butress.

Jasa Marga saat ini juga sudah menyelesaikan penanaman rumput Vetiver di sisi jalur arah Jakarta, untuk mencegah erosi tanah agar tidak terjadi longsor kembali. Lalu, memasang inklinometer untuk monitoring pergerakan tanah.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Kejar Akses untuk 2 Miliar Vaksin COVID-19 dari Skema COVAX Facility

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia tengah mengupayakan akses adil dan merata atas vaksin COVID-19 melalui skema aliansi manufaktur dunia, termasuk potensi untuk memperoleh bagian dari total 2 miliar vaksin yang akan didistribusikan oleh GAVI, WHO, dan CEPI --kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"Para diplomat Indonesia bekerja sama dengan kementerian/lembaga lain, terus melakukan komunikasi, baik dengan Jenewa terkaiturusan dengan GAVI-COVAX Facility dan WHO dan dengan Oslo terkait dengan CEPI," kata Retno dalam pengarahan media, Jumat 4 September 2020.

"Dapat saya jelaskan bahwa CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness), GAVI dan WHO adalah tiga institusi utama pelopor COVAX Facility yang dibentuk untuk memastikan akses adil dan merata atas vaksin COVID-19," jelasnya.

Rencananya COVAX akan mendistribusikan vaksin sebesar 2 milyar dosis hingga akhir 2021 ke seluruh negara dunia, lanjut Retno.

"Detail pembahasan mengenai mekanisme pendistribusian, biaya, besaran vaksin, dan lain hal masih terus dibahas oleh GAVI pada akhir September 2020," tambahnya.

Upaya Akses Melalui CEPI

Sementara itu, Indonesia juga telah melakukan pembicaraan khusus dengan CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations), yang berencana melakukan uji kelayakan terhadap BUMN Indonesia, PT Bio Farma (Persero) untuk pengembangan vaksin COVID-19.

Uji kelayakan atau due diligence rencananya dilakukan mulai 14 September mendatang, menyusul pembicaraan yang dilakukan antara Pemerintah Indonesia dengan badan kemitraan publik-swasta yang berbasis di Oslo, Norwegia itu.

"Pokok bahasan dengan CEPI adalah mematangkan kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan dengan Bio Farma dalam bidang memanufaktur vaksin," kata Menlu Retno.

"Kita akan mempersiapkan due diligence (untuk) ini sebaik mungkin sehingga hasilnya akan baik," lanjutnya.

Menurut Retno, Bio Farma telah masuk dalam daftar produsen obat potensial untuk vaksin COVID-19 CEPI, sehingga memiliki peluang lebih besar untuk bekerjasama dengan badan tersebut.

Menyiapkan Pembiayaan Vaksin

Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)
Sampel vaksin COVID-19 nonaktif di Sinovac Biotech Ltd. Beijing, China. (Xinhua/Zhang Yuwei)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah telah siap membayar uang muka atau down payment (DP) vaksin Covid-19 sebesar Rp 3,3 triliun.

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, pembayaran uang muka tersebut bakal dilakukan pada 2020 ini.

"Dilaporkan terkait vaksin, sudah tersedia dan diharapkan untuk down payment tahun ini Rp 3,3 triliun, dan seluruh dana yang disiapkan adalah Rp 37 triliun untuk prorgam multiyears," paparnya, Jumat (4/9/2020).

Airlangga kemudian menyoroti keberhasilan pemerintah dalam menjinakkan pandemi Covid-19. Dia menyebutkan, angka pemulihan atau recovery rate di Indonesia mencapai 71,7 persen.

"Itu lebih tinggi dari global, dan kasus fatality rate-nya 42 persen," sambung Airlangga.

"Tentu hal-hal yang perlu ditangani adalah 8 daerah utama ini dipertimbangkan untuk dibuatkan progam DID yang beri insentif apabila daerah-daerah itu terkonversi dari daerah kuning jadi hijau. Akan ditindaklanjuti Kemendagri, Kemenkeu dan Kemenkes," tandasnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lutfi Agizal Shock, Nikita Mirzani Ngaku Hasut Warganet Report Akun Instagramnya

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lutfi Agizal membantah kontroversi kata anjay yang dicetuskannya tempo hari upaya menyerang Rizky Billar. Ia hanya ingin mengedukasi masyarakat dan diri sendiri yang pernah memakai kata tersebut.

"Tidak pernah, tapi netizen mengarahkannya untuk kelompok ini, nyindir ini," cetus Lutfi Agizal. Jika masyarakat mengasosiasikan ini sebagai serangan ke orang lain, Lutfi Agizal minta maaf.

Lutfi Agizal menyampaikan ini dalam video "Anjay, Hasil Pansos untuk Dapetin Endores? Semua Statement Lutfi Ditolaknya" di kanal YouTube Crazy Nikmir Real, Jumat (4/9/2020).

Di Indonesia, Banyak Masalah

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Mendengar penjelasan ini Nikita Mirzani tak percaya begitu saja. "Tapi ini bukan pansos (panjat sosial -red), kan?" Lutfi Agizal membantah. Tak puas dibantah, Nikita Mirzani mempertanyakan motivasi Lutfi Agizal mendengungkan masalah anjay.

"Ngapain lo ngurusin soal anjay? Di Indonesia ini banyak banget masalah kayak kasus anak pencabulan, anak di bawah umur yang harus jadi PSK segala macam, penculikan, pembunuhan, kenapa enggak itu difokusin, kenapa kata anjay yang difokusin, kan gue gedek ya?" katanya.

Sudah, Report Saja Guys!

Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)
Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir Real)

Dalam kesempatan itu, Nikita Mirzani mengaku ia salah satu pesohor yang mengajak masyarakat melaporkan akun Lutfi Agizal agar tidak bisa diakses atau digunakan lagi.

"Daripada terus menerus dan lo juga senang (dengan popularitas karena mengurusi kata anjay -red), sudah report aja guys. Empat hari kemudian (akun Instagram lo) gone," beber Nikita Mirzani, bahagia.

Lumayan Terkenal Tapi Dihujat

Lutfi Agizal. (Foto: Instagram @lutfiagizal)
Lutfi Agizal. (Foto: Instagram @lutfiagizal)

Lutfi Agizal tampak kaget namun tak berani komplain. Diakuinya, usai meributkan kata anjay, ia kebanjiran tawaran endorsement. Meski demikian, tarifnya tak sampai sejuta sekali endorse. Lutfi Agizal juga makin dikenal orang.

"Aku sudah lumayan terkenal tapi dihujat," curhatnya kepada Nikita Mirzani. Ia pun tak habis pikir, akun Instagram bercontreng biru masih bisa amblas. "Enggak menyangka saja centang biru bisa hilang," imbuhnya.

 

Menepis Tuduhan

Lutfi Agizal. (Foto: Instagram @lutfiagizal)
Lutfi Agizal. (Foto: Instagram @lutfiagizal)

Merespons keluhan ini, bintang film Taman Lawang dan Comic 8 berujar, "Lah gue sepuluh kali centang biru hilang, Instagram gue 10 atau 12 kali (hilang) tuh." Lutfi Agizal juga menepis tuduhan memperalat Komnas Perlindungan Anak untuk menyalakan kontroversi anjay.

"Saya tidak melaporkan tapi mengajukan surat permohonan menjadi narasumber untuk membahas supaya jawaban itu (soal efek anjay buat anak). Bukan dari mulut saya, tapi dari orang-orang di bidangnya," paparnya panjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Sakit, Pria Gaek di Aceh Utara Rudapaksa Anak Tiri Bertahun-tahun

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Seorang anak perempuan berumur 14 tahun di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, menjadi korban rudapaksa selama bertahun-tahun. Sang pelaku tidak lain ayah tiri korban sendiri, orang yang harusnya melindungi gadis belia tersebut.

Beberapa waktu lalu korban membongkar perbuatan bejat ayah tirinya kepada sang paman, adik dari ibu korban karena sudah tidak tahan lagi dan merasa kesakitan. Dari situlah pemerkosaan yang I (58) lakukan sejak anak tirinya masih duduk di kelas 3 sekolah dasar (SD) terbongkar.

Setelah paman korban melapor ke polisi, petugas langsung mengamankan pelaku. Petugas menahan pelaku sementara waktu di kantor kepolisian sektor Paya Bakong sebelum menyerahkannya ke kantor kepolisian resor.

"Tersangka kemudian diserahkan ke unit PPA Sat Reskrim Polres Aceh Utara untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," terang Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto via Kasat Reskrim AKP Rustam Nawawi, dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Jumat malam (4/9/2020).

Sebelumnya, lelaki berumur lewat setengah abad itu selalu menyertakan ancaman akan menceraikan ibu korban hingga membunuh korban apabila ia mengadu saat menyatroni korban. Korban rudapaksa ini pun harus mengalami hari-hari dengan penuh kesedihan dan ketakutan, sejak pertama kali pelaku memerkosanya pada 2017 hingga ia beranjak ke kelas 6 SD saat ini.

Pelaku melakukan pemerkosaan sementara istrinya sedang terbaring sakit di kamar yang lain. Di samping rasa takut bahwa pelaku berniat membunuhnya, mendapati kondisi seorang ibu yang tengah sakit membuat korban takut kalau pelaku nanti akan menceraikan orang yang ia sayangi itu.

Polisi kini telah menahan pelaku rudapaksa itu di rumah tahanan polres setempat sejak Senin (1/09/2020) lalu. Namun, kepada polisi ia mengaku bahwa dirinya baru memerkosa korban sejak Mei hingga akhir Agustus lalu.

"Dalam kasus ini, kami mengamankan barang bukti pakaian korban dan hasil visum, untuk pelaku sendiri dijerat dengan Qanun Jinayah pasal 50 yang ancaman hukumannya sampai dengan 150 bulan kurungan" jelas Rustam.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketahui, Cara Mengoptimalkan 4 Aspek Tumbuh Kembang Anak

Posted: 04 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani menerangkan tentang empat domain atau aspek tumbuh kembang anak yang perlu diketahui orangtua agar anak bisa optimal. Empat domain tersebut antara lain domain fisik, kognitif-bahasa, emosi, dan sosial.

Fisik

"Tumbuh kembang fisik adalah bagaimana seorang anak yang tadinya tubuhnya kecil kemudian bertumbuh menjadi besar, kemudian asalnya tidur saja, lama-lama bisa berdiri, berlari dan seterusnya," ujar psikolog yang karib disapa Nina dalam diskusi daring Danone beberapa waktu lalu. 

Kognitif-Bahasa

Domain kognitif dan bahasa mencakup kecakapan anak menangkap informasi yang berkaitan dengan wawasannya. Termasuk juga kemampuan konsentrasi, daya ingat, seberapa lancar anak berbahasa, seberapa lancar dia mengemukakan pikirannya dan sebagainya.

Emosi

"Pada domain emosi kita bicara tentang apa seorang anak itu mengenali emosinya atau belum, lalu apa dia bisa mengendalikan emosinya atau tidak, apakah dia cukup yakin pada dirinya."

Nina menambahkan, percaya diri anak bukan tentang keberanian anak untuk tampil di muka umum saja melainkan keyakinan pada dirinya sendiri. Aspek ini juga terkait kemampuan anak untuk  meregulasi emosinya dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang mandiri.

Sosial

Domain sosial bisa disebut juga sebagai potensi prestasi supel. Domain ini membahas tentang seberapa luwes anak melakukan interaksi sosial dengan orang lain.

"Apakah dia bisa minta tolong, saling membantu juga apakah dia ini bisa berkenalan dengan orang lain, bekerja sama dan lain sebagainya."

Mengoptimalkan 4 Domain Anak

Ilustrasi ibu dan anak. (dok. Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi ibu dan anak. (dok. Pexels/Daria Shevtsova)

Untuk mengoptimalkan keempat domain tersebut, dibutuhkan dua hal utama, kata Anna. Dua hal tersebut adalah nutrisi yang benar dan stimulasi.

Pemenuhan nutrisi yang baik bisa dilakukan dengan pemberian makanan dengan gizi seimbang. Orangtua dapat mengatur pola makan lewat isi piring anak yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Untuk menstimulasi anak maka orangtua perlu mengajak mereka untuk bergerak aktif. "Kalau anak hanya duduk manis, main gawai, itu saying banget. Perlu ajak si kecil untuk bisa lari, memanjat, guling-guling, jongkok dan lain sebagainya."

Selain itu, orangtua juga dapat memperluas wawasan buah hati dengan memperkenalkan berbagai benda dan aktivitas.

"Contohnya kalau kita lihat brokoli, jangan hanya memberitahukan bahwa itu brokoli, tapi kenalkan juga manfaatnya, warnanya, bentuknya, dan cara memasaknya. Penyampaian pun bisa dilakukan dengan kalimat lengkap dan beragam sehingga dapat memperkaya kosa katanya juga."

Pemberian pujian yang sesuai dan tidak berlebihan juga dapat meningkatkan percaya diri anak. Pemberian kesempatan untuk anak melakukan beberapa hal secara mandiri juga dapat menstimulasi kemandirian anak.

"Untuk meningkatkan aspek sosialnya, maka kita perlu sekali untuk memberikan kesempatan bergaul bagi anak," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buron 1 Tahun, Pelarian Eks Dirut Transjakarta Donny Saragih Berakhir

Posted: 04 Sep 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah pelarian eks Dirut Transjakarta Donny Saragih dimulai saat Mahkamah Agung memutus menolak kasasinya dan seorang terpidana lainnya dalam kasus itu Porman Tambunan atau Andi.

Putusan tertanggal 12 Februari 2019 itu menjatuhkan pidana penjara masing-masing dua tahun kepada keduanya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiyono mengatakan, usai putusan itu, tim kejaksaan langsung berusaha mengeksekusi Donny Saragih.

"Namun, saat dieksekusi, yang bersangkutan tidak ada ditempat dan langsung ditetapkan sebagai buron," ujar Hari kepada Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Kini, pelariannya berakhir. Donny Saragih ditangkap tim gabungan Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat menangkapnya pada Jumat 4 September 2020. Penangkapan berlangsung sekitar pukul 23.00 WIB di Apartemen Mediterania Jakarta Utara.

Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi mengatakan, penyidik awalnya melacak keberadaan Donny Saragih. Saat itu, dia akan berobat ke sebuah rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan, sekitar pukul 17.00 WIB.

"Sekitar pukul 21.00 WIB tim gabungan bergerak menuju Apartemen Mediterania, Jakarta Utara yang diduga menjadi tempat tinggal terpidana," tutur Nirwan saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Menurut dia, sesampainya di lokasi, tim langsung menangkap Donny Saragih. Terpidana kasus penipuan itu langsung dibawa sekitar pukul 23.00 WIB ke Lapas Klas I Salemba Jakarta Pusat.

"Untuk pelaksanaan eksekusi," ujar Nirwan.

Kasus Pemerasan

Sebelumnya, Donny Andy Saragih merupakan terpidana dalam kasus yang tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman.

Donny bersama Porman Tambunan alias Andi kemudian dituntut "turut serta melakukan penipuan berlanjut" sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan alternatif ketiga.

Pada 15 Agustus 2018 lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan Donny dan Andi bersalah dan memvonis satu tahun penjara serta menetapkan agar para terdakwa tetap ditahan dalam tahanan kota.

Jaksa Penuntut Umum yakni Priyo W kemudian mengajukan banding. Hasilnya, pada 12 Oktober 2018, Pengadilan Tinggi DKI menerima banding JPU dan menguatkan putusannya serta meminta keduanya tetap berada dalam tahanan.

Tak terima, Donny dan Andi kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Dalam putusan kasasi nomor 100 K/PID/2019 tertanggal 12 Februari 2019, majelis hakim menolak kasasi Donny dan Andi. Hakim bahkan menjatuhkan pidana penjara masing-masing dua tahun kepada keduanya.

Belum ditahan, Donny ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak Kamis tanggal 23 Januari 2020, dengan tanpa Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).

Karena berstatus terpidana, Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah atau BP BUMD Provinsi DKI Jakarta membatalkan penunjukan jabatan Donny pada Senin 27 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Play-off NBA Rockets vs Lakers: LeBron James dkk Bertekuk Lutut

Posted: 04 Sep 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Orlando - LA Lakers tidak berdaya di hadapan Houston Rockets pada gim pertama semifinal Wilayah Barat play-off NBA 2019/2020. LeBron James dan kawan-kawan menyerah 97-112 di AdventHealth Arena, Jumat (4/9/2020) atau Sabtu pagi WIB.

 

Status sebagai tim terbaik Wilayah Barat NBA musim ini tidak otomatis membuat Lakers mudah mengalahkan Rockets. 

Mereka gagal menghentikan James Harden yang menyumbang 36 poin bagi Rockets. Russell Westbrook (24 angka) dan Eric Gordon (23) juga impresif. 

Sementara James cuma membuat 20 nilai pada laga Rockets vs Lakers. Anthony Davis jadi kontributor terbesar Lakers lewat torehan 25 angka. 

Hasil ini mempertegas dominasi Rockets atas Lakers. Pada musim reguler NBA musim ini, Harden cs ungggul rekor pertemuan 3-1.

Wilayah Timur

ilustrasi NBA (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi NBA (Liputan6.com/Abdillah)

Pada semifinal Wilayah Timur, Milwaukee Bucks menyerah 100-115 di hadapan Miami Heat. Hasil ini membuat Giannis Antetokounmpo dan kawan-kawan tertinggal 0-3.

Jimmy Butler jadi bintang Heat dengan torehan 30 poin. Sementara Bam Adebayo menyumbang 20 angka dan 16 rebound. Di kubu Bucks, Brook Lopez menghasilkan 22 nilai disusul Antetokounmpo (21).

Hasil dan Jadwal Rockets vs Lakers

Ilustrasi NBA
Ilustrasi NBA

Sabtu, 5 September 2020

Rockets vs Lakers: 112-97

Senin, 7 September 2020

07.30 WIB: Rockets vs Lakers

Rabu, 9 September 2020

08.00 WIB: Lakers vs Rockets

Kamis, 10 September 2020

TBD: Lakers vs Rockets

* Sabtu, 12 September 2020

TBD: Rockets vs Lakers

* Senin, 14 September 2020

TBD: Lakers vs Rockets

* Rabu, 16 September 2020

TBD: Rockets vs Lakers

 

* jika diperlukan

Saksikan Video NBA Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruh Tuntut Kenaikan Upah Minimum 8 Persen di 2021

Posted: 04 Sep 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) tahun 2021 sekurang-kurangnya sebesar 8 persen.

Di mana kenaikan sebesar 8 persen tersebut, setara dengan kenaikan upah minimum dalam tiga tahun terakhir. Demikian disampaikan Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta, Sabtu (5/9).

"Walaupun pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus dalam 2 kwartal terakhir, tetapi daya beli masyarakat harus tetap dijaga. Dengan demikian, adanya inflansi harga barang tetap terjangkau dengan adanya kenaikan upah yang wajar," kata Said Iqbal di Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Dengan kenaikan upah minimum sekurang-kurangnya 8 persen tersebut, kata Said Iqbal, bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk melakukan recovery ekonomi.

"Dalam situasi seperti sekarang ini, eksport belum bisa diharapkan. Oleh karena itu, untuk menjaga agar recovery ekonomi tetap terjadi, yang harus dilakukan adalah meningkatkan nilai konsumsi dengan cara meningkatkan kenaikan upah minimum tahun 2021," tegasnya.

Said Iqbal membandingkan dengan apa yang terjadi pada tahun 1998, 1999, dan 2000. Sebagai contoh, di DKI Jakarta, kenaikan upah minimum dari tahun 1998 ke 1999 tetap naik sekitar 16 persen, padahal pertumbuhan ekonomi tahun 1998 minus 17,49 persen. Begitu juga dengan upah minimum tahun 1999 ke 2000, upah minimum tetap naik sekitar 23,8 persen, padahal pertumbuhan ekonomi tahun 1999 minus 0,29 persen.

"Jadi tidak ada alasan upah minimum tahun 2020 ke 2021 tidak ada kenaikan, karena pertumbuhan ekonomi sedang minus," tambahnya.

Justru karena pada saat itu pemerintah tetap menaikkan upah meskipun pertumbuhan ekonomi sedang minus, akhirnya konsumsi tetap terjaga.

"Jadi bukan hal yang baru, ketika ekonomi minus, upah tetap dinaikkan," tegas pria yang juga menjabat sebagai Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini.

Untuk itu, KSPI akan memerintahkan seluruh kadernya yang duduk di dalam Dewan Pengupahan di seluruh Indonesia untuk memperjuangkan kenaikan upah minimum 2021.

Perusahaan yang Kena Dampak Covid-19

Massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyemut di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Puluhan ribu buruh berunjuk rasa menuntut agar UMP di Jakarta direvisi dari Rp3,6 juta menjadi Rp3,9 juta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyemut di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11). Puluhan ribu buruh berunjuk rasa menuntut agar UMP di Jakarta direvisi dari Rp3,6 juta menjadi Rp3,9 juta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, bagi perusahaan di industri tertentu yang terpukul akibat resesi ekonomi dan covid 19 seperti hotel, maskapai penerbangan, restoran, dan sebagian industri padat karya domestik, jika memang keberatan dengan kenaikan upah minimum dapat mengajukan penangguhan sebagaimana yang sudah diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Itu pun harus ada pesetujuan dengan serikat pekerja dan dibuktikan dengan laporan keuangan yang menyatakan benar-benar rugi.

"Intinya, KSPI berpendapat kondisi ini tidak bisa dipukul rata. Hanya karena pertumbuhan ekonomi minus, seluruh perusahaan kemudian tidak naik upah minimumnya," ujarnya.

Di saat yang sama, Sadi Iqbal kembali menegaskan, bahwa KSPI meminta agar klaster ketenagakerjaan dikeluarkan dari RUU Cipta Kerja atau isi dari Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan jangan ada yang dikurangi sedikitpun.

"KSPI tetap menolak omnibus law RUU Cipta Kerja khusus klaster ketenagakerjaan sebagaimana sikap di atas. Sikap KSPI ini juga menjadi sikap serikat pekerja dalam tim perumus RUU Cipta Kerja khususnya klaster ketenagakerjaan bersama DPR RI," ungkap Said Iqbal.

"Terhadap sikap ini, KSPI tidak akan kompromi. Bilamana ada hal-hal terkait ketenagakerjaan yang akan diatur dalam omnibus law, sebaiknya hanya menyangkut penguataan pengawasan perburuhan, meningkatkan produktifitas melalui pendidikan dan pelatihan, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerja di industri startup, UMKM, dan tranpostrasi online. Sedangkan isi dari Undang-Undang No 13 tahun 2003 tidak boleh direvisi," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Membuat Pancake Sederhana yang Enak dan Lembut, Mudah dan Praktis

Posted: 04 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat pancake sederhana yang lembut tidak begitu sulit. Kudapan yang sering kali menjadi menu di kafe atau kedai kopi ini memang sangatlah lezat. Tidak heran banyak orang yang menyukai kue dadar yang terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, telur, gula, dan susu ini. 

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan air untuk dijadikan adonan. Lalu, adonan digoreng di atas wajan datar atau pan yang telah diolesi minyak. Biasanya pancake akan ditaburi mentega, sirup mapple, selai, atau madu.

Cara membuat pancake sederhana bisa kamu terapkan di rumah. Makanan yang sering dijadikan desserts atau makanan penutup ini dapat dijadikan berbagai variasi sesuai bahan yang kamu gunakan. Pilihlah resep pancake yang kamu inginkan sesuai selera.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/9/2020) tentang cara membuat pancake.

Pancake Sederhana

Ilustrasi Pancake. Credit: freepik.com
Ilustrasi Pancake. Credit: freepik.com

Cara membuat pancake sederhana mudah saja. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya. Selain itu, kamu membutuhkan beberapa peralatan seperti wajan anti lengket atau Teflon, wadah berbagai ukuran, gelas takar, hingga kuas.

Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah membuat pancake sederhana 2 porsi:

Bahan-bahan:

- Tepung terigu 100 gr, ayak dan masukkan dalam wadah terpisah.

- Susu cair 250 ml, masukkan ke dalam wadah terpisah.

- Sedikit garam

- Telur 1 butir, pisahkan bagian kuning dan putihnya. Masukkan masing-masing ke dalam dua wadah yang terpisah.

- Secukupnya margarin untuk olesan

Bahan topping:

- Sirup mapple

- Es krim

- Coklat leleh

Cara membuat pancake sederhana:

1. Siapkan wadah untuk adonan pancake, masukkan tepung terigu, kuning telur dan garam.

2. Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk-aduk adonan, aduk sampai merata dan benar-benar tercampur. Jika masih ada gumpalan atau gelembung pada adonan, aduk lagi sampai menghilang.

3. Gunakan mixer untuk mengocok putih telur pada wadah yang berbeda. Setel pengatur kecepatan ke mode tinggi pada mixer anda.

4. Tuangkan adonan putih telur ini ke dalam adonan tepung terigu. Dengan menggunakan spatula, aduk-aduklah adonan hingga merata.

5. Siapkan teflon atau wajan anti lengket diatas kompor yang menyala dengan api kecil, lalu cairkan sedikit margarin.

6. Setelah wajan menjadi cukup panas, tuangkan kira-kira 2.5 sendok sayur adonan lalu tutupilah wajan dengan penutupnya.

7. Tunggu sebentar lalu baliklah adonan tersebut. Lakukan sampai matang dan berwarna kecoklatan.

8. Kemudian, angkat adonan dan letakkan diatas piring. Taruh 2 scoop ice cream di atasnya, lalu tambahkan sedikit sirup maple dan lelehan coklat.

9. Pancake sederhana siap untuk dinikmati.

 

Pancake Pisang

Ilustrasi pancake (Dok.Unsplash)
Ilustrasi pancake (Dok.Unsplash)

Cara membuat pancake pisang tidak begitu sulit. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 2 buah Pisang Raja (hancurkan, jangan terlalu halus)

- 120 gr terigu segitiga

- 1 sdt baking powder

- 1/2 sdt baking soda

- 1/4 sdt garam

- 1 butir telur

- 2 sdm gula pasir

- 2 sdm minyak sayur

- 200 ml susu cair

- Topping : irisan pisang dan madu sesuai selera

Cara membuat pancake pisang:

1. Kocok telur dan gula, tambahkan pisang, minyak sayur dan susu cair. Aduk rata.

2. Tambahkan tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, aduk hingga tercampur rata.

3. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang, tuang sendok sayur adonan pancake, setelah timbul gelembung-gelembung kecil balik pancake.

4. Panggang hingga matang, lakukan hingga adonan habis.

5. Angkat dan sajikan dengan topping pisang dan madu.

 

Pancake Cokelat

Ilustrasi Pancake Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Pancake Credit: pexels.com/pixabay

Cara membuat pancake cokelat tidak begitu sulit. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 1 sdt ragi instant

- 200 ml susu cair

- 120 gr tepung terigu

- 10 gr cokelat bubuk

- 60 gr gula pasir

- 1 butir telur

- 1/4 sdt garam

- 1/4 sdt pasta cokelat

- 1 sdt margarin mentega/margarin, lelehkan

- Keju parut secukupnya untuk topping

Cara membuat pancake cokelat:

1. Campur dan aduk rata susu, gula, dan ragi instan.

2. Kemudian tuang di tepung dan aduk rata.

3. Masukkan telur, garam, margarin leleh, tambahkan pasta cokelat. Aduk rata kemudian diamkan adonan selama 30-45 menit.

4. Panaskan pan anti lengket dengan api kecil, tuang sekitar 1 sendok sayur adonan, tunggu sampai sedikit berpori, tutup.

5. Sesaat akan matang (atas masih basah sedikit) taburi topping, tutup kembali sebentar saja sampai matang supaya topping tidak meleleh. Angkat.

6. Pacake siap disantap.

Pancake Buah Naga

Cara membuat pancake buah naga juga cukup mudah. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 1 btr telur (pisahkan kuning dan putihnya)

- 20 ml susu cair

- 20 gr gula pasir

- 40 gr tepung terigu

- 1/4 vanili

- 1/4 buah naga ukuran sedang

Cara membuat pancake buah naga:

1. Siapkan bahan, blender buah naga lalu saring, campur susu cair lalu masukkan terigu perlahan lahan kemudian beri vanili dan aduk rata adonan

2. Kocok putih telur hingga berbusa

3. Masukan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara bertahap sampai tercampur rata

4. Panaskan wajan teflon anti lengket dengan api kecil, beri masrgarin di Teflon

5. Tuang adonan ke dalam teflon, kalau sudah mengembang langsung ditutup terus tunggu sentar

6. Balik kalau sudah terlihat coklat

7. Tambahkan topping sesuai selera.

Pancake Durian

Pancake Durian (Galih W. Satria/Bintang.com)
Pancake Durian (Galih W. Satria/Bintang.com)

Cara membuat pancake durian tidaklah sulit. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 125 gr tepung terigu

- 1 butir telur kocok lepas

- 1/4 sdt garam

- 275 ml susu cair

- 2 tetes pasta pandan

- 2 tetes pasta durian

- Whiped crem

- Daging durian dihaluskan

Cara membuat pancake durian:

1. Campurkan tepung, garam dan telur menjadi satu

2. Tambahkan susu cair secara perlahan sambil diaduk, masukkan pasta pandan dan pasta durian pisahkan menjadi dua adonan

3. Dadar dengan teflon sampai adonan habis

4. Isi whiped crem dan daging durian lalu lipat seperti amplop

5. Simpan pancake di kulkas

6. Sajikan dalam keadaan dingin

Pancake Milo

Ilustrasi Pancake Credit: pexels.com/Ash
Ilustrasi Pancake Credit: pexels.com/Ash

Cara membuat pancake milo mudah saja. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 125 gr tepung trigu

- 4 sdm gula pasir

- 2 sachet milo

- 1/2 sdm baking powder

- 1 butir telur

- 2 sdm mentega

- 150 ml air

Cara membuat pancake milo:

1. Masukkan bahan kering: tepung terigu, gula pasir, milo dan baking powder, aduk jadi satu hingga merata

2. Kocok telur hingga berbuih kemudian tambahkan air dan kocok lagi.

3. Masukkan bahan kering ke dalam telur aduk hingga merata

4. Tambahkan mentega yang sudah dicairkan aduk kembali sampai tercampur. Dan masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kental.

5. Panaskan teflon kemudian cetak adonan hingga berbuih rata.

6. Kemudian balik setelah bagian bawah matang, masak lagi bagian atas. Lakukan sampai adonan habis.

7. Beri topping dan siap disajikan.

Pancake Oatmeal

Ilustrasi Pancake. Credit: pexels.com/Dymtro
Ilustrasi Pancake. Credit: pexels.com/Dymtro

Cara membuat pancake oatmeal juga cukup mudah. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya serta mengikuti langkah mudahnya, sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 1 pcs pisang

- 2 telur

- 1/3 cup oatmeal

- 1/4 sdt bubuk kayu manis

- 1/4 sdt baking powder

- Butter secukupnya

Cara membuat pancake oatmeal:

1. Hancurkan pisang dengan garpu

2. Tambahkan telur, oats, bubuk kayu manis dan baking powder, lalu aduk

3. Panaskan penggorengan, masukkan butter dan 1 centong adonan, masak hingga coklat keemasan.

4. Sajikan dengan topping sesuai selera.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme Targetkan Pengapalan 100 Juta Smartphone dalam Dua Tahun di IFA 2020

Posted: 04 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Realme untuk pertama kalinya mengikuti ajang konferensi teknologi terkemuka IFA 2020 di Berlin, Jerman.

Dalam acara yang disiarkan secara live streaming ini Realme mengungkap berbagai capaian sejak perusahaan didirikan dua tahun lalu.

Diungkapkan oleh Sales Manager Realme Europe Ash Bhopla, selama dua tahun Realme telah hadir di 61 pasar. Tak hanya sebagai sebuah perusahaan smartphone, Realme juga mengukuhkan diri sebagai perusahaan AIoT.

Dia juga mengungkap rencana Realme untuk melakukan berbagai strategi agresif agar Realme dapat makin diterima di seluruh dunia.

Bhopla mengatakan, Realme kini telah memiliki 45 juta pengguna global yang sangat loyal. Untuk itu, perusahaan berjanji untuk terus menghadirkan produk inovatif di masa depan, termasuk smartphone dan AIoT. Pada 2020, kata dia, perusahaan menargetkan untuk menjual 50 juta smartphone ke seluruh dunia.

"Pada 2019, dalam dua tahun kami menjadi salah satu merek smartphone terbesar di dunia. Kami berhasil mengapalkan lebih dari 25 juta unit smartphone, di Asia, Afrika, Australia. Di negara-negara tersebut kami juga jadi top 5 brand," kata Ash.

Dia menyebut, pertumbuhan cepat di tiap pasar membuat Realme jadi tumbuh dengan baik secara global, hingga masuk ke 6 besar merek terbesar di dunia dengan pertumbuhan tahunan 10 persen.

"Pada 2020 kami ingin mengapalkan 50 juta smartphone, dan tahun ini kami berupaya mencapai pertumbuhan 100 persen. Dan dalam dua hingga tiga tahun ke depan, kami berupaya mengapalkan 100 juta smartphone," tutur Ash.

Strategi Realme

Ilustrasi Smartphone Realme. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Smartphone Realme. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Salah satu strategi Realme adalah melakukan lompatan-lompatan teknologi serta menghadirkan desain sederhana tetapi bermakna.

Bicara lompatan-lompatan teknologi, Ash bercerita tentang Realme XT yang dirilis pada 2019. Perangkat itu jadi smartphone pertama Realme dengan quad kamera 64MP.

"Sejak saat itu, 64MP jadi standar di industri smartphone. Realme sudah menghadirkan lebih dari 10 model smartphone dengan dukungan kamera 64MP," kata Ash.

Realme bahkan menjadi merek dengan panetrasi empat kamera terbesar di dunia pada kuartal pertama di dunia, mengalahkan para pesaingnya.

Selain itu, perusahaan juga melakukan lompatan teknologi pada Realme X3, dengan dengan kemampuan Super Zoom dan Starry Night.

Belum lagi, menurut Ash, Realme memperkenalkan berbagai dukungan fast charging pada smartphone di berbagai rentang harga, termasuk yang terjangkau sekalipun. Mulai dari 20W, 30W, 50W, 65W, dan yang terbaru 125W.

Fokus Pada Produk AIoT

Realme C11 dan Realme Buds Q (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)
Realme C11 dan Realme Buds Q (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Dari segi desain, Realme beberapa kali bekerja sama dengan desainer terkemuka Naoto Fukusawa untuk merancang produk smartphone, misalnya Realme X dan X2 Pro master edition. Perusahaan juga sempat menggandeng desainer Hermes Jose Levy dalam produk earphone TWS Realme Buds Q.

"Visi kami adalah, sebuah desain smartphone bisa mewakili kepribadian penggunanya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Digital Manager Realme Europe Giang Cao mengatakan, selain smartphone, Realme juga fokus pada produk AIoT.

Hingga akhir 2020, Realme berencana untuk merilis lebih dari 50 produk AIoT termasuk di antaranya smart audio, wearable, smart TV, dan smart speaker.

Sementara itu, target Realme di 2021 di bidang produk AIoT lebih ambisius lagi, yakni ingin merilis 100 produk AIoT.

Tak sekadar sebuah vendor smartphone, Realme ingin dipandang sebagai brand AIoT mainstream yang memiliki keseluruhan ekosistem terbaik.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rianti Cartwright Minta Maaf pada Ibu Saat Tak Kuat Menahan Sakit Melahirkan

Posted: 04 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rianti Cartwright berbagi kisah tentang pengalaman melahirkan anak pertamanya, Cara Rose Kanaya Nainggolan. Melewati kontraksi saat hendak melahirkan adalah hal yang sangat berat.

Rianti Cartwright mengatakan bahwa ada masa di mana ia tak kuat menahan kontraksi dan meminta untuk melahirkan secara caesar. Itu terjadi saat pembukaan keempat.

"Gue udah sempat nyerah, gue sudah bendera putih, 'Caesar! Aku menyerah, aku enggak kuat'. Tapi itulah perjuangan seorang ibu," papar Rianti Cartwright di kanal YouTube Daniel Mananta, Jumat (4/9/2020).

Namun, ia tetap bertahan menghadapi masa kontraksinya. Di tengah momen penuh rasa sakit tersebut, ingatan Rianti Cartwright melayang pada sosok ibunya. Ia menyadari betapa beratnya perjuangan seorang ibu saat melahirkan.

Maaf pada Ibu

Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)
Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)

"Gue masih sempat di sela kontraksi WA nyokap bilang 'Mom, I'm so sorry for anything I've ever done'. Kalau misalnya pernah berdosa sama mami aku minta maaf, karena segitunya kita ngerasain perjuangan seorang ibu melahirkan anak," tuturnya.

"Gue saat itu merasakan sakit luar biasa yang enggak bisa digambarin. Jadi kalau gue merasakan ini berarti nyokap gue, mertua gue juga ngerasain ini," sambungnya.

Perasaan Suami

Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)
Rianti Cartwright. (Foto: Instagram @riantic)

Sang suami, Cassanova Alfonso, pun merasa iba melihat perjuangan sang istri. Sebab, Rianti yang ia kenal adalah wanita kuat yang mampu menghadapi rasa sakit.

"Yang gue tahu dia orang yang bisa mengatasi rasa sakit. Saat itu gue lihatnya, waw dia kesakitan banget dan gue enggak bisa ngapa-ngapain. Gue cuma bisa megang tangannya," ucapnya.

Takut

Melihat sang istri yang begitu kesakitan, Cassanova Alfonso sampai diliputi perasaan takut. Ia takut bila hal buruk terjadi pada Rianti Cartwright.

"Emosi yang dirasakan saat itu saat lihat dia kesakitan gue mikir. 'God, gue enggak bisa kalau misalnya enggak ada Rianti'. Saat itu yang gue fokusin, kalau dia baik, bayinya juga akan baik. Jadi, di situ yang bisa gue lakuin hanya menghadapi satu persatu dan berat banget," tuturnya.

NICU

Namun, perjuangan menahan rasa sakit rupanya tak sebanding dengan kesedihan yang dirasakan Rianti saat putri kecilnya harus dilarikan ke NICU sesaat setelah dilahirkan.

"Persalinannya tuh bukan yang paling sulit, yang paling sulit itu pas aku lihat dia bersuara tapi enggak nangis. Ditaro di dada sebentar, oke terus langsung masuk NICU," kata Rianti Cartwright.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robert Alberts: Laga Persahabatan untuk Panaskan Mesin Pemain Persib

Posted: 04 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan melakoni laga persahabatan kontra Tira Persikabo, Sabtu (5/9/2020). Pertandingan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ini bertujuan untuk mematangkan skema permainan jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020.

Pelatih Persib Robert Alberts mengungkap bahwa dirinya tidak menargetkan hasil akhir pada pertandingan besok. Ia lebih memilih untuk melihat sejauh mana perkembangan anak asuhnya saat bertanding 90 menit penuh.

"Target kami tentunya untuk melihat bagaimana tim ini bermain dalam 90 menit penuh. Kami tidak akan melihat hasil akhir dan ini masih jauh dari pertandingan yang kompetitif," ungkap Robert seperti dilansir dari situs Persib.

Ia juga mengibaratkan laga persahabatan sebagai persiapaan saat pramusim. Supardi dan kawan-kawan akan dinilai bagaimana kondisi fisik dan mentalnya sebelum kembali bertanding pada pertandingan sebenarnya.

Rencananya, Robert juga akan menurunkan dua tim untuk mengukur sejauh mana hasil latihan selama empat pekan yang sudah dilalui.

Siap Bertanding

Pemain Persib Bandung Omid Nazari berebut bola dengan Zulham Zamrun dalam sesi gim internal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/8/2020). (MO Persib Bandung)
Pemain Persib Bandung Omid Nazari berebut bola dengan Zulham Zamrun dalam sesi gim internal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/8/2020). (MO Persib Bandung)

Setelah menjalani latihan intensif selama beberapa pekan, Robert yakin anak asuhnya sudah siap untuk menjalani laga persahabatan. Ia menilai para pemain sangat siap menghadapi tim yang selevel.

"Kami lihat perkembangan dari setiap pekannya. Ada lebih dari sepuluh game internal dan saya lihat progres pemain terus meningkat. Jadi, sudah saatnya melihat kemampuan pemain dengan lawan yang setara," ujar Robert.

"Kondisi fisik para pemain pun sudah sangat siap. Saat ini, mereka sudah berada di level kebugaran fisik yang optimal dan layak diberikan pertandingan dengan tensi cukup tinggi," sambungnya.

Uji Coba Pemain U-20

Tiga pemain Persib U-20 berpotensi turun dalam laga kontra Tira Persikabo. Saiful, salah satu pemain U-20, siap membayar kepercayaan jika diberi kesempatan bermain.

"Alhamdulillah kalau dikasih kesempatan buat main besok, saya pasti bakal kasih yang terbaik. Jangan sampai mengecewakan tim pelatih," kata Saiful.

Tak jauh berbeda dengan Saiful, Ardi Maulana dan Ravil juga ingin berkontribusi untuk skuat Maung Bandung. Mereka ingin membuktikan hasil latihan kepada tim pelatih.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Simak Video Persib Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekan Kasus Covid-19, Istana Minta Kepala Daerah Tingkatkan Disiplin Masyarakat

Posted: 04 Sep 2020 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia meminta kepala daerah meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan demi menekan penyebaran Covid-19. Pasalnya, dalam beberapa hari terkakhir, kasus positif Covid-19 di Tanah Air meningkat pesat.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 yang memuat aturan tentang sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan. Sehingga, sudah semestinya kepala daerah menjalankan Inpres itu.

"Sebagai upaya peningkatan disiplin dan penegakan hukum, protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, Presiden telah menerbitkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020," kata Angkie dalam keterangan persnya, Sabtu (5/9/2020).

"Instruksi tersebut ditujukan pada sejumlah menteri, Panglima TNI, Kapolri, kepala Lembaga serta gubernur, bupati dan wali kota agar bersama-sama melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat dan berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19," sambungnya.

Selain itu, Angkie mengatakan Jokowi melalui Inpres itu juga menginstruksikan agar para kepala daerah menyusun aturan yang berlandaskan hak asasi manusia. Namun, dia menekankan aturan itu juga harus tetap memperhatikan penegakan hukum.

"Presiden juga menginstruksikan agar para kepala daerah menyusun petunjuk pelaksanaan dalam bentuk Peraturan Gubernur/Bupati/Walikota dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip hak asasi manusia dan memperhatikan betul bahwa pengawasan dilakukan dalam koridor penegakan disiplin, penegakan hukum dan ketertiban masyarakat," jelas dia.

Dia menyampaikan bahwa Presiden Jokowi terus mengampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk mencegah penularan virus corona.

"Melalui hal-hal yang sangat bisa dilakukan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan di setiap aktifitas dalam situasi adaptasi kebiasaan baru," tutur Angkie.

 

Pasien Terus Bertambah

Sebagai informasi, jumlah kasus baru Covid-19 di Tanah Air bertambah sebanyak 3.269 orang pada Jumat 4 September 2020. Dengan begitu, total pasien yang dinyatakan positif Covid-19 mencapai 187.537.

Penambahan kasus positif diikuti juga dengan meningkatnya jumlah pasien yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Total ada 7.832 jiwa yang meninggal akibat Covid-19. Angka tersebut setelah terjadi penambahan sebanyak 82 kasus kematian di sejumlah wilayah Indonesia.

Namun, ada kabar menggembirakan yang kembali dilaporkan Satgas Covid-19 dimana pasien sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19 bertambah menjadi 2.126 kasus. Sehingga, total keseluruhan pasien yang telah sembuh mencapai 134.181 orang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEPI dan Bio Farma Matangkan Kerja Sama Manufaktur Vaksin COVID-19

Posted: 04 Sep 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan kemitraan isu epidemik, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) akan melakukan uji kelayakan terhadap BUMN Indonesia, PT Bio Farma (Persero) untuk pengembangan vaksin COVID-19.

Uji kelayakan atau due diligence rencananya dilakukan mulai 14 September mendatang, menyusul pembicaraan yang dilakukan antara Pemerintah Indonesia dengan badan kemitraan publik-swasta yang berbasis di Oslo, Norwegia itu.

"Pokok bahasan dengan CEPI adalah mematangkan kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan dengan Bio Farma dalam bidang memanufaktur vaksin," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pengarahan media secara virtual, Jumat 4 September 2020.

"Kita akan mempersiapkan due diligence (untuk) ini sebaik mungkin sehingga hasilnya akan baik," lanjutnya.

Menurut Retno, Bio Farma telah masuk dalam daftar produsen obat potensial untuk vaksin COVID-19 CEPI, sehingga memiliki peluang lebih besar untuk bekerjasama dengan badan tersebut.

CEPI, Aliansi Vaksin GAVI, serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah tiga institusi utama pelopor Fasilitas Akses Global vaksin COVID-19 (COVAX) yang dibentuk untuk memastikan akses adil dan merata atas vaksin COVID-19.

"Rencananya COVAX akan mendistribusikan vaksin sebanyak 2 miliar dosis hingga akhir 2021 ke seluruh negara di dunia," ujar Menlu Retno.

Untuk itu, diplomat Indonesia khususnya di Jenewa, Swiss---basis GAVI dan WHO---serta di Oslo, di mana CEPI berada, terus berupaya membantu pengadaan vaksin COVID-19 melalui kerja sama multilateral ini.

"Detail pembahasan mengenai mekanisme pendistribusian biaya, besaran vaksin, dan lainnya masih terus dibahas oleh GAVI pada akhir September 2020," kata Retno.

 

Pembiayaan Vaksin Disiapkan

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah telah siap membayar uang muka atau down payment (DP) vaksin Covid-19 sebesar Rp 3,3 triliun.

Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan, pembayaran uang muka tersebut bakal dilakukan pada 2020 ini.

"Dilaporkan terkait vaksin, sudah tersedia dan diharapkan untuk down payment tahun ini Rp 3,3 triliun, dan seluruh dana yang disiapkan adalah Rp 37 triliun untuk prorgam multiyears," paparnya, Jumat (4/9/2020).

Airlangga kemudian menyoroti keberhasilan pemerintah dalam menjinakkan pandemi Covid-19. Dia menyebutkan, angka pemulihan atau recovery rate di Indonesia mencapai 71,7 persen.

"Itu lebih tinggi dari global, dan kasus fatality rate-nya 42 persen," sambung Airlangga.

"Tentu hal-hal yang perlu ditangani adalah 8 daerah utama ini dipertimbangkan untuk dibuatkan progam DID yang beri insentif apabila daerah-daerah itu terkonversi dari daerah kuning jadi hijau. Akan ditindaklanjuti Kemendagri, Kemenkeu dan Kemenkes," tandasnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Aksi Polisi Tembak Pemuda Berkulit Hitam

Posted: 04 Sep 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Washington DC Amerika Serikat rilis sebuah rekaman video yang merekam aksi polisi menembak seorang pemuda berkulit hitam. Apa pemicunya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Golongan I Naik Mulai Hari Ini, Cek Rinciannya

Posted: 04 Sep 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tarif tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) mengalami penyesuaian mulai hari ini, 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Dalam penyesuaian tersebut, terjadi kenaikan tarif untuk golongan I, golongan II, dan golongan IV di kedua ruas tol ini.

Untuk golongan III dan golongan V Tol Cipularang mengalami penurunan tarif. Sementara untuk Tol Padaleunyi, tarif golongan III tetap dan golongan V mengalami penurunan.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 juni 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Dalam penyesuaian tarif tol ini terdapat penurunan tarif pada angkutan logistik dengan golongan kendaraan III dan V. Pada Ruas Tol Cipularang penurunan berlaku untuk Gol. III yang turun sebesar sebesar 10,06 persen dan Gol. V turun sebesar 13,02 persen. Sementara itu, pada Ruas Padaleunyi penurunan tarif berlaku pada Gol V sebesar 9.61 persen.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menambahkan bahwa penyesuaian tarif merupakan upaya untuk menciptakan iklim investasi bisnis jalan tol yang kondusif.

"Hal ini tentu saja akan menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia. Jasa Marga sebagai BUMN juga akan memberikan manfaat kepada Pemerintah RI selaku pemilik saham mayoritas Jasa Marga sebesar 70 persen," jelas Heru beberapa waktu lalu.

Ruas Jalan Tol Cipularang sepanjang 56,1 km mengalami besaran tarif yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 42.500,- yang semula Rp 39.500

Gol II: Rp 71.500,- yang semula Rp 59.500

Gol III: Rp 71.500,- yang semula Rp 79.500

Gol IV: Rp 103.500,- yang semula Rp 99.500

Gol V: Rp 103.500,- yang semula Rp 119.000

Sementara itu, Ruas Jalan Tol Padaleunyi sepanjang 35,15 km mengalami besaran tarif tol yang disesuaikan per 5 September 2020 pukul 00.00 WIB, dengan contoh besaran tarif jarak terjauh sebagai berikut:

Gol I: Rp 10.000,- yang semula Rp 9.000,-

Gol II: Rp 17.500,- yang semula Rp 15.000,-

Gol III: Rp 17.500,- yang semula Rp 17.500,-

Gol IV: Rp 23.500,- yang semula Rp 21.500,-

Gol V: Rp 23.500,- yang semula Rp 26.000,-

Jasa Marga Pastikan Tol Cipularang Aman Dilintasi

Kemacetan sepanjang dua kilometer terjadi ruas Tol Cipularang Kilometer 84 (Liputan 6 SCTV).
Kemacetan sepanjang dua kilometer terjadi ruas Tol Cipularang Kilometer 84 (Liputan 6 SCTV).

PT Jasamarga Tollroad Maintenance, memastikan bila di Km 18+600 ruas Tol Cipularang sudah bisa kembali dilintasi oleh para pengguna tol dengan aman. Setelah terdampak longsor akibat curah hujan tinggi yang mengguyur Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat, pada 11 Februari 2020 lalu.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan, bahwa secara keseluruhan sampai dengan awal Mei 2020, progres penyelesaian telah mencapai 100 persen. Mencakup pekerjaan pembersihan cross drain yang tersumbat material longsoran.

"Selama proses penanganan dampak longsor ini, lalulintas di Jalan tol Cipularang berfungsi normal di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Bandung. Pekerjaan penanganan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan, terutama bagi pengguna jalan," kata Irra melalui keterangannya, Selasa (19/5).

Menurutnya proses perbaikan juga mengatur pembuatan bak kontrol pada inlet cross drain jalur A. Kemudian, pemasangan bronjong batu/gabion yang berguna untuk stabilisasi lereng, serta rekonstruksi lereng jalur B dengan timbunan material granular dan slag cement dengan perkuatan borepile dan butress.

Jasa Marga saat ini juga sudah menyelesaikan penanaman rumput Vetiver di sisi jalur arah Jakarta, untuk mencegah erosi tanah agar tidak terjadi longsor kembali. Lalu, memasang inklinometer untuk monitoring pergerakan tanah.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penangkapan Eks Dirut Transjakarta Donny Saragih oleh Kejaksaan

Posted: 04 Sep 2020 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat menangkap terpidana Donny Sarmedi Saragih pada Jumat 4 September 2020. Penangkapan berlangsung sekitar pukul 23.00 WIB di Apartemen Mediterania Jakarta Utara.

Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi menyampaikan, penyidik awalnya telah melacak keberadaan Donny Saragih yang bermaksud berobat ke sebuah rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan, sekitar pukul 17.00 WIB.

"Sekitar pukul 21.00 WIB tim gabungan bergerak menuju Apartemen Mediterania, Jakarta Utara yang diduga menjadi tempat tinggal terpidana," tutur Nirwan saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

Menurut Nirwan, sesampainya di lokasi, tim langsung menangkap Donny Saragih. Terpidana kasus penipuan itu langsung dibawa sekitar pukul 23.00 WIB ke Lapas Klas I Salemba Jakarta Pusat.

"Untuk pelaksanaan eksekusi," jelas dia.

 

Tak Kooperatif

Terpidana Donny Andy Sarmedi Saragih dinyatakan bersalah berdasarkan Putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor: 100K/Pid/2019 tanggal 12 Februari 2019 Juncto Putusan PT DKI Jakarta Nomor 309/Pid/2018/PT.Dki tanggal 12 Oktober 2018 Jouncto Putusan PN Jakarta Pusat nomor 490/Pid.B/2018/PN.JKT.Pst tanggal 14 Agustus 2018.

Putusan itu menyatakan Donny Andy Sarmedi Saragih terbukti secara sah dan meyakinkan tindak pidana 378 KUHP dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun.

"Setelah diterimanya putusan inkracht, terpidana bersikap tidak kooperatif dan melarikan diri sehingga ditetapkan sebagai DPO, terpidana juga sempat mengajukan Permohonan Peninjauan Kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat namun tidak pernah hadir dalam sidang PK a quo," Nirwan menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelanggar Protokol Kesehatan di Sidoarjo Dihukum Berdoa di Makam Pasien COVID-19

Posted: 04 Sep 2020 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19, salah satunya dengan memberikan hukuman sosial sehingga memberikan efek jera bagi pelanggar protokol kesehatan.

Di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pelanggar protokol kesehatan mendapatkan hukuman berupa doa bersama di makam khusus pasien COVID-19 di Pemakaman Delta Praloyo.

Ada 54 orang pelanggar protokol kesehatan mendapatkan hukuman itu dan diharapkan mendapatkan efek jera. Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji menuturkan, para pelanggar itu rata-rata tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

"Rupanya hukuman sosial dengan membersihkan fasilitas umum yang selama ini diterapkan masih belum mendapatkan efek jera dari pelanggar protokol kesehatan ini, sehingga kami berinisiatif menyuruh para pelanggar itu untuk berdoa bersama di makam khusus korban COVID-19 di Sidoarjo ini," tutur dia, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, (5/9/2020).

Ia menuturkan, para pelanggar terjaring razia jam malam, dan mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak memakai masker. Razia itu digelar oleh petugas gabungan polisi, TNI, dan Satpol PP di warung kopi dan kafe.

"Selama ini warga di Sidoarjo masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan. Kedisiplinan warga masih kurang terutama yang tidak menggunakan masker dan melanggar jam malam," ujar dia.

Sering Razia tapi Warga Masih Membandel

Warga menjalani sanksi menyapu jalanan sambil mengenakan rompi pelanggar PSBB saat Operasi Tertib Masker (Tibmask) di kawasan Sunter, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Sanksi denda pelanggaran tidak menggunakan masker mencapai Rp2,1 Miliar di Ibu Kota. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Warga menjalani sanksi menyapu jalanan sambil mengenakan rompi pelanggar PSBB saat Operasi Tertib Masker (Tibmask) di kawasan Sunter, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Sanksi denda pelanggaran tidak menggunakan masker mencapai Rp2,1 Miliar di Ibu Kota. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Dia menambahkan, sebenarnya pihaknya sering razia seperti ini, dan mereka yang terjaring diberikan sanksi sosial. Namun, warga di Sidoarjo masih banyak yang membandel dan mengabaikan protokol kesehatan.

"Ini salah satu upaya untuk membuat mereka jera. Selain itu, ini bentuk untuk penyampaian moral ke warga Sidoarjo tentang bahayanya COVID-19 itu nyata," ujar dia. 

David, warga Sidoarjo yang terjaring razia mengaku sangat kapok tidak akan mengulangi lagi dan berjanji akan menggunakan masker setiap keluar rumah.

"Saya merasa takut mas malam-malam ngaji bareng baca tahlil di tengah pusara pasien COVID-19," ujar dia.

Data di Kabupaten Sidoarjo hingga Jumat, 4 September 2020 jumlah pasien positif COVID-19 di Sidoarjo sebanyak 5.327 orang. Dari jumlah itu yang terkonfirmasi meninggal dunia sebanyak 345 orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kucing saat Berkamuflase Ini Bikin Mikir Dua Kali

Posted: 04 Sep 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hewan memiliki keahlian khusus untuk berkamuflase dengan benda-benda di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk mengelabui binatang pemangsa lainnya.

Namun rupanya, bukan kamuflase para hewan tak hanya dilakukan oleh mereka yang berada di alam liar saja. Akan tetapi seekor kucing yang biasa menjadi binatang peliharaan juga bisa berkamuflase. 

Namun, beberapa kamuflase yang dilakukan oleh para kucing ini justru bisa membuat kamu geleng kepala bahkan mikir keras. Pasalnya, beberapa potret kamuflase yang dilakukan oleh binatang satu bisa membuat kamu benar-benar tak mengetahui keberadaannya.

Meski begitu, tak jarang pula gaya para kucing yang tengah berkamuflase ini justru membuat kamu senyum-senyum sendiri. Penasaran bagimana potret kucing saat berkamuflase? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret kucing saat berkamuflase dengan benda-benda sekitar, Sabtu (5/9/2020). Hewan satu ini memang selalu lucu ya.

1. Ada yang bisa menebak dimana kucingnya?

Kucing kamuflase (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Kucing kamuflase (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

2. Duh, bisa pas begitu ya kepala kucingnya dengan badan sapi yang ada di layar.

Kucing kamuflase (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Kucing kamuflase (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

3. Kucing satu ini pun terbilang pintar saat berkamuflase, dari jauh nampak seperti bola ya.

Kucing kamuflase (Sumber: Instagram/wkwkland_real)
Kucing kamuflase (Sumber: Instagram/wkwkland_real)

4. Dimana nih letak si kucing hitam dengan corak putihnya?

Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)
Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)

5, Wah, jangan-jangan ia memang model dari makanan kucing.

Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)
Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)

6. Sebelum duduk harap lihat-lihat terlebih dahulu ya.

Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)
Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)

7. Bulu lebat dari si kucing satu ini sudah terlihat bak sebuah karpet.

Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)
Kucing kamuflase (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkas Bobby-Aulia Diterima KPU Medan, Selanjutnya Jalani Tes Kesehatan dan Psikologi

Posted: 04 Sep 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Medan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menerima berkas pendaftaran pencalonan bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution-Aulia Rachman. Berkas diterima pada Jumat, 4 September 2020.

Ketua KPU Kota Medan, Agussyah R Damanik, menerima langsung berkas Bobby-Aulia di kantornya, Jalan Kejaksaan. Verifikasi kemudian dilakukan selama lebih dari 3 jam dalam rapat pleno.

"Prosesnya, mulai dari pemeriksaan dan verifikasi (berkas) termasuk input data sudah dilakukan. Hal ini sesuai undang-undang Pilkada," katanya, Sabtu (5/9/2020).

Diungkapkan Agussyah, hasil rapat pleno terkait status pendaftaran Bobby-Aulia, serta berdasarkan hasil verifikasi penelitian berkas syarat pencalonan dan syarat calon, dokumen-dokumen tersebut dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

"Kami ucapkan selamat kepada pasangan calon yang telah melewati proses pendaftaran," ucapnya.

 

Periksa Kesehatan

Berkas yang diserahkan Bobby dan pasangannya, Aulia, langsung dicek. Selanjutnya tim verifikasi akan langsung mengonfirmasi ke Parpol untuk memastikan surat dokumen absah.
Berkas yang diserahkan Bobby dan pasangannya, Aulia, langsung dicek. Selanjutnya tim verifikasi akan langsung mengonfirmasi ke Parpol untuk memastikan surat dokumen absah.

Selanjutnya berita acara dan tanda terima diserahkan kepada Bobby-Aulia dan parpol pengusung, juga diberikan surat pengantar untuk tahapan pemeriksaan kesehatan, jasmani rohani, dan bebas narkotika.

Pemeriksaan psikologi oleh Himpunan Psikolog Seluruh Indonesia (HIPSI) Selasa, 8 September 2020, di Ballroom Santika Premium Dyandra Hotel. Pemeriksaan jasmani dan bebas narkotika Rabu, 9 September 2020, di Instalasi Pelayanan Eksekutif Lantai 1 dan Lantai 2 Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan.

Kepada paslon diingatkan ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan. Harus melakukan puasa mulai pukul 20.00 WIB, dan hanya diperkenankan minum air putih sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.

"Saat pemeriksaan kesehatan paslon harus membawa fotocopy dan KTP asli," ujar Agussyah.

Disebut Agussyah, pihaknya akan melakukan pemeriksaan syarat calon pada Minggu, 6 September 2020 hingga Senin, 14 September 2020. Jika nantinya ditemukan ada syarat calon yang masih perlu perbaikan, akan disampaikan kepada paslon atau tim untuk dipenuhi.

Kendarai Sepeda Motor

Saat tiba di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Bobby-Aulia tampak kompak mengenakan celana jins dan jaket denim dipadukan t-shirt putih serta mengendarai sepeda motor.
Saat tiba di Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan, Bobby-Aulia tampak kompak mengenakan celana jins dan jaket denim dipadukan t-shirt putih serta mengendarai sepeda motor.

Sebelumnya, menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Bobby Nasution, dan pasangannya, Aulia Rachman, mendatangi Kantor KPU Medan untuk mendaftar diri sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan. Bobby-Aulia tampak kompak mengenakan celana jins dan jaket denim dipadukan t-shirt putih serta mengendarai sepeda motor.

Pasangan yang diusung oleh 8 Partai Politik (Parpol) tersebut juga tampak kompak mengenakan masker berwarna hitam bertuliskan "#KolaborasiMedanBerkah". Petugas polisi bersiaga mengatur lalu lintas di sekitar Kantor KPU Medan.

Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik mengatakan, pendaftaran Bapaslon harus tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19. Sesuai ketentuan, Bapaslon yang akan mendaftar untuk Pilkada 2020 harus membawa surat keterangan real time tes swab atau PCR.

"Kalau Bapaslon hasilnya negatif, bisa hadir," Agussyah menerangkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Berita Bola: Janji Solskjaer untuk MU

Posted: 04 Sep 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ole Gunnar Solskjaer mulai paham apa yang menjadi masalah di Manchester United (MU) selama ini. Dia menilai keharmonisan jadi biang keladi menurunnya prestasi Setan Merha.

Solskjaer berpatokan kepada transfer Alexis Sanchez pada 2018 lalu. Gaji besar yang didapatkan Alexis di MU membuat ruang ganti tidak harmonis.

Kabar soal janji Solskjaer yang ingin membereskan kekacauan di ruang ganti menjadi kabar paling banyak dibaca di Bola Liputan6.com. Selain itu, ada juga kabar bursa transfer yang memang terus menghangat.

MU masih mencari pemain baru meski sudah mendapatkan Donny van de Beek. Bola Liputan6.com juga dipenuhi berita Lionel Messi yang akhirnya bertahan di Barcelona.

Berikut Top 3 Berita Bola hingga pukul 9.47 hari ini:

 

1.Solskjaer Janji Segera Bereskan Kekacauan di Ruang Ganti MU

Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof dan manajer Ole Gunnar Solskjaer tersenyum usai mengalahkan Watford 3-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (23/2/2020). (Martin Rickett / PA via AP)
Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof dan manajer Ole Gunnar Solskjaer tersenyum usai mengalahkan Watford 3-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (23/2/2020). (Martin Rickett / PA via AP)

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer mengatakan kepada Wakil Ketua Eksekutif Ed Woodward bahwa dirinya lebih menghargai keharmonisan ruang ganti ketimbang bisnis transfer.

Solskjaer, seperti dilansir ESPN, mencontohkan kepindahan Alexis Sanchez dari Arsenal ke MU. Menurutnya, klub terus menghadapi masalah buntut dari transfer tersebut. Selengkapnya klik di sini.

 

2. Breaking News: Lionel Messi Akhirnya Angkat Bicara Tanggapi Situasi di Barcelona

Ekspresi Striker Barcelona, Lionel Messi, saat melawan Bayern Munchen pada laga Liga Champions di Stadion the Luz, (14/8/2019). (AFP/Rafael Marchante)
Ekspresi Striker Barcelona, Lionel Messi, saat melawan Bayern Munchen pada laga Liga Champions di Stadion the Luz, (14/8/2019). (AFP/Rafael Marchante)

Lionel Messi akhirnya angkat bicara dalam upayanya meninggalkan Barcelona. Pemain asal Argentina itu mempertegas keyakinan klausul transfer senilai 700 juta euro (sekitar Rp 12,2 triliun) dalam kontraknya sudah tidak valid.

Messi mengeluarkan penyataan resmi Jumat (4/9/2020) dalam surat yang ditandatangani sang ayah Jorge. Secara spesifik dia menunjukan surat ini kepada Presiden La Liga Javier Tebas. Selengkapnya baca di sini.

 

3. MU Terdepan Dapatkan Pemain Buangan Real Madrid

Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

 

Manchester United (MU) berada di baris terdepan untuk mendapatkan bek kiri Real Madrid Sergio Reguilon. Kebetulan pria Spanyol itu memang masuk daftar jual Real Madrid.

Reguilon tak masuk perencanaan pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. Pria 23 tahun itu kalah bersaing dengan Ferland Mendy dan Marcelo yang lebih disukai Zidane. Selengkapnya baca di sini.

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Motor, Beli Suku Cadang Mobil Suzuki Juga Bisa Lewat Online

Posted: 04 Sep 2020 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi resmi Suzuki awalnya hanya melayani pembelian suku cadang kendaraan roda dua. Namun dengan melihat kondisi saat ini, aplikasi yang muncul pada November 2018 itu bertambah fiturnya berupa penjualan suku cadang roda empat.

Sparepart Dept Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Christiana Yuwantie menegaskan, pihaknya terus berupaya memberikan kemudahan kepada konsumen kendaraan Suzuki di Indonesia.

"Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada konsumen sekaligus membantu memutus rantai penyebaran Covid-19, selain melayani pembelian suku cadang sepeda motor sekarang My Suzuki juga menjual suku cadang asli untuk mobil," kata Christiana dalam keterangan resminya.

Selain mempermudah pengguna kendaraan Suzuki untuk mendapatkan suku cadang asli, hadirnya aplikasi juga mampu memberikan rasa nyaman di tengah pandemi yang terjadi.

Tak hanya suku cadang, aplikasi ini juga melayani pembelian oli dan chemical Suzuki. Pemilik kendaraan juga bisa memastikan pesanan suku cadang atau informasi dengan memanfaatkan menu chat.

Konsumen bisa mendapatkan suku cadang dengan cara dikirimkan ke alamat yang diinginkan atau mengambil di dealer terdekat.

Saat ini, dealer resmi juga melayani pengiriman suku cadang di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Jaminan Harga

Konsumen juga tak perlu khawatir, karena pengiriman meliputi seluruh wilayah Indonesia dengan jaminan sistem satu harga.

"Untuk menjamin ketersediaan suku cadang mobil, kami selalu melakukan pengecekan baik di diler maupun gudang pusat. Kami juga menjamin transaksi di aplikasi 100 persen aman dan terpercaya. Kami harap dengan adanya aplikasi ini konsumen bisa lebih mudah mendapatkan suku cadang," ujar Christiana.

Selain aplikasi, pelanggan juga bisa mendapatkan layanan home service, pick up service, dan SERA (Suzuki Emergency Roadside Assistance).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Destinasi Wisata Baru Bermunculan di Tengah Pandemi

Posted: 04 Sep 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah destinasi wisata baru tetap bermunculan di tengah kondisi pandemi corona Covid-19. Beberapa di antaranya di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan lain-lain.

Dari banyak destinasi wisata yang baru ini buka adalah Svargabumi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Berbeda dengan tempat lain, destinasi ini berusaha untuk menyeimbangkan antara interest kesehatan dan ekonomi.

"Kami berusaha memberikan harapan pada saat yang muram di mana banyak orang terkena PHK dan harus menghidupi keluarga. Maka prioritas pertama kami dalam membuka Svargabumi adalah kesehatan, penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat di Svargabumi," kata Putranto Cahyono, pengelola Svargabumi saat lewat pesan tertulis kepada Liputan6.com, Jumat, 4 September 2020.

Protokol kesehatan tersebut meliputi pengunjung diperiksa suhu, di atas 37,5 derajat Celsius tidak diperkenankan masuk. Selain itu, pengunjung diminta cuci tangan dengan air dan sabun, jaga jarak, pemakaian masker, dan lain-lain.

Hal itu dilakukan agar para pelancong merasa aman dan nyaman berkunjung ke Svargabumi. Cahyono senang mendapat sambutan yang baik dari publik. "Sambutannya baik, dari feedback dan komentar yang masuk masyarakat gembira dengan adanya destinasi wisata baru ini. Kami bahagia bisa melihat pengunjung tersenyum dan bergembira di Svargabumi," tutur Cahyono.

Sejak dibuka pada 8 Agustus 2020, rata-rata 200--500 pengunjung per hari. Awalnya, Cahyono sempat merasa sepi pengunjung karena buka destinasi wisata di saat pandemi, di mana banyak orang yang memilih tinggal di rumah. "Manusia berusaha, Tuhan menentukan," ujar Cahyono.

Svargabumi adalah pelestarian sawah dengan nilai tambah. Sawah tadah hujan diubah menjadi sawah lebih produktif dengan penambahan saluran irigasi teknis sederhana, sehingga output bertambah.

"Nilai tambah lain adalah dikembalikannya semua hasil panen ke pemilik sawah/petani penggarap, walaupun sawah sudah disewa oleh pengelola. Dan menambahkan spot-spot swafoto yang indah, sehingga bisa menjadi destinasi wisata kekinian yang dikelola secara profesional. Sawah naik kelas, dan semua senang," kata Cahyono yang membuat Svargabumi sebagai destinasi wisata lapis kedua, setelah pengunjung berwisata di Candi Borobudur.

Destinasi Wisata Alternatif

Stupa-stupa Budha terlihat di candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 10 Mei 2016. Menurut Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo untuk mengajukan arsip sebagai Memory of the World tidak bisa tunggal. (AFP Photo/Goh Chai Hin)
Stupa-stupa Budha terlihat di candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 10 Mei 2016. Menurut Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo untuk mengajukan arsip sebagai Memory of the World tidak bisa tunggal. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Kehadiran destinasi wisata baru mendapat apresiasi dari pengamat pariwisata dan dosen di Politeknik Sahid, Robert Alexander Sipahutar Moningka. Kehadiran destinasi wisata tersebut sebagai alternatif bagi masyarakat. 

"Selama ini orang berwisata lebih pada destinasi wisata utama. Saat orang berkunjung ke Jawa Tengah, maka yang dikunjungi adalah Candi Borobudur. Padahal, banyak destinasi wisata lain di Jawa Tengah, tapi kurang diperhatikan orang," ujar Robert saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 4 September 2020.

Robert menambahkan, pandemi corona Covid-19 membuat destinasi wisata alternatif menjadi makin diperhatikan banyak orang. Selama pandemi orang lebih banyak di rumah, termasuk bekerja pun dari rumah. Keberadaan virtual tur dan media sosial, membuat destinasi wisata alternatif tersebut makin dilirik.

"Mereka memanfaatkan virtual tur dan media sosial dengan mengunggah foto-foto yang bagus destinasi yang sebenarnya tidak real baru. Dengan begitu, banyak orang yang tertarik," ujar Ketua Indonesian Travel Consultants Club sejak 2015 itu.

Ia berharap, kedepan kehadiran destinasi-destinasi alternatif itu harus dijaga dari 'serangan' mass tourism jika sudah diterapkan kenormalan baru.  "Karena akan banyak orang yang berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut. Oleh karena itu, destinasi tersebut harus dijaga akan tidak rusak," kata Robert.

Harus Perhatikan Protokol Kesehatan

Libur panjang perayaan Natal dan Tahun baru 2015,  sejumlah wisatawan lokal memadati Taman Safari Indonesia, Bogor,  (25/12/14). dari dalam mobil Pengunjung bisa memberikan makanan ke beberapa koleksi hewan yang ada di TSI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Libur panjang perayaan Natal dan Tahun baru 2015, sejumlah wisatawan lokal memadati Taman Safari Indonesia, Bogor, (25/12/14). dari dalam mobil Pengunjung bisa memberikan makanan ke beberapa koleksi hewan yang ada di TSI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, pandemi corona menjadi tantangan dunia pariwisata yang paling serius. Oleh karena itu, semangat untuk menekan penyebaran Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama.

"Krisis pariwisata berawal dari krisis ekonomi, sedangkan krisis ekonomi bersumber dari krisis kesehatan. Saya kira hal itu harus jadi pemahaman kita bersama," ujar Staf Ahli Bidang Pembangunan Keberlanjutan dan Konservasi Kemenparekraf RI  dalam webinar Kampanye Indonesia Care & Panduan Protokol Kesehatan untuk Daya Tarik Wisata yang diselenggarakan Kemenparekraf dan Voxpp Shout,  Jumat, 4 September 2020.

Teguh menambahkan, dampak pariwisata itu terjadi karena supply dan demand-nya tidak berjalan karena terjadinya gangguan faktor kesehatan masyarakat dunia di mana negara-negara yang menjadi sumber pariwisata tidak lagi melakukan pergerakan atau mobilitas. Oleh karena itu, banyak destinasi yang tidak mendapat kunjungan dari para tamu.

"Namun, saat ini sudah menunjukkan tanda-tanda yang lebih optimis karena sasaran turis domestik kita luar biasa antusiasmenya. Mungkin itu terjadi karena sudah terlalu lama stay at home, mereka mulai berwisata, terlebih di akhir pekan. Saya menyebut beberapa seperti di antaranya Taman Safari, Yogyakarta, Bandung, mulai terjadi pergerakan," tutur Teguh.

Kemenparekraf, menurut Teguh, sangat serius untuk memastikan penerapan protokol kesehatan yang ada dalam panduan CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) terhadap destinasi wisata. Aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan harus benar-benar diperhatikan. 

"Saya menghargai para pengelola daya tarik wisata kita dengan sangat ketat menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, harus jaga jarak paling tidak satu meter, dan ada marka agar pengunjung tidak menumpuk, pembayaran karcis pun kalau bisa yang nontunai," ujar Teguh.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Dirut Transjakarta Donny Saragih Pernah Janji Serahkan Diri Sebelum Buron

Posted: 04 Sep 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus pemerasan yang juga mantan Direktur Utama Transjakarta, Donny Saragih, ditangkap Kejaksaan. Donny ditangkap setelah tak kunjung memenuhi janji akan menyerahkan diri.

Sebelumnya, Donny pernah berjanji akan menyerahkan diri pada Selasa, 28 Januari 2020. Namun, janji itu tak kunjung dipenuhinya.

Donny tak datang karena mengaku sakit.

"Kalau dia sakit kita bantarkan masuk ke rumah sakit. Hukuman itu harus dijalani oleh dia cepat atau lambat," kata Kepala Kejari Jakpus, Riono Budisantoso saat dihubungi Liputan6.com, pada waktu itu, Rabu 29 Januari 2020.

"Kalau dia dengan sukarela menyerahkan dateng ke kejaksaan mau menjalani hukuman itu udah selesai. Enggak usah dicari-cari gitu," lanjut dia soal Donny Saragih.

 

Perjalanan Kasus Donny Saragih

Sebelumnya, Donny Andy Saragih merupakan terpidana dalam kasus yang tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman.

Donny bersama Porman Tambunan alias Andi kemudian dituntut "turut serta melakukan penipuan berlanjut" sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan alternatif ketiga.

Pada 15 Agustus 2018 lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan Donny dan Andi bersalah dan memvonis satu tahun penjara serta menetapkan agar para terdakwa tetap ditahan dalam tahanan kota.

Jaksa Penuntut Umum yakni Priyo W kemudian mengajukan banding. Hasilnya, pada 12 Oktober 2018, Pengadilan Tinggi DKI menerima banding JPU dan menguatkan putusannya serta meminta keduanya tetap berada dalam tahanan.

Tak terima, Donny dan Andi kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Dalam putusan kasasi nomor 100 K/PID/2019 tertanggal 12 Februari 2019, majelis hakim menolak kasasi Donny dan Andi. Hakim bahkan menjatuhkan pidana penjara masing-masing dua tahun kepada keduanya.

Belum ditahan, Donny ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak Kamis tanggal 23 Januari 2020, dengan tanpa Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).

Karena berstatus terpidana, Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah atau BP BUMD Provinsi DKI Jakarta membatalkan penunjukan jabatan Donny pada Senin 27 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Beri Bantuan Rp 73,6 Miliar untuk Lebanon Bangkit Usai Ledakan Beirut

Posted: 04 Sep 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Jepang akan menyediakan bantuan sebesar US$ 5 juta atau Rp 73,6 miliar bagi Lebanon untuk dana darurat. Bantuan ini terkait ledakan dahsyat yang terjadi di Beirut.

Kementerian Luar Negeri Jepang berkata bantuan meliputi pangan, shelter, dan bantuan kesehatan. Jepang merangkul World Food Program (WFP), Palang Merah Internasional, dan badang PBB yang mengurus anak dan pengungsi.

Menurut laporan Kyodo, Sabtu (5/9/2020), bantuan yang diberikan juga digunakan untuk memperbaiki rumah sakit dan dua fasilitas darurat medis. Selain itu, peralatan medis juga disiapkan.

Ledakan dahsyat di Lebanon mengakibatkan sekitar 6.000 orang luka-luka. Bangunan dan tempat tinggal masyarakat banyak yang rusak.

Gubernur Beirut yang mengunjungi tempat kejadian sempat menangis ketika melihat kerusakan. Ia menyebut ledakan itu mirip bom Hiroshima.

Sebelumnya, Jepang juga sudah mengirim bantuan seperti selimut, tenda, dan water tank usai ledakan terjadi.

Lebanon baru saja mengangkat Perdana Menteri baru, yakni Mustapha Adib. Jepang berharap pada bantuan kali ini Lebanon akan turut menerapkan reformasi yang cepat dan transparan pada sektor administrasi, keuangan, dan yudisial.

(US$ 1 = Rp 14.739)

Tentara Lebanon Temukan 4 Ton Amonium Nitrat di Pelabuhan Beirut

Puing-puing bangunan terlihat di Pelabuhan Beirut, Lebanon (17/8/2020). Kini, lebih dari 290.000 orang dilaporkan kehilangan pekerjaan, ujar seorang juru bicara PBB pada Senin (17/8). (Xinhua/Bilal Jawich)
Puing-puing bangunan terlihat di Pelabuhan Beirut, Lebanon (17/8/2020). Kini, lebih dari 290.000 orang dilaporkan kehilangan pekerjaan, ujar seorang juru bicara PBB pada Senin (17/8). (Xinhua/Bilal Jawich)

Tentara Lebanon menemukan 4,3 ton amonium nitrat dekat lokasi ledakan Beirut. Amonium nitrat itu ditemukan dekat pintu masuk pelabuhan.

Dilaporkan Arab News, amonium nitrat itu kini ditangani oleh insinyur tentara. Bahan kimia itu tepatnya ditemukan di luar pintu masuk sembilan menuju pelabuhan. 

Bulan lalu, sekitar 2.750 ton amonium nitrat meledak di pelabuhan Beirut. Ledakan dahsyat itu menggemparkan kota Beirut dan kekuatannya merusak gedung-gedung di sekitar pelabuhan.

Seorang WNI ikut terluka dalam peristiwa ini. Korban meninggal tercatat ada 190 orang. Pemerintah Lebanon lantas meminta bantuan dari masyarakat internasional.

Gubernur Beirut yang mengunjungi lokasi ledakan menangis ketika melihat dampak peristiwa tersebut. Ia berkata ledakannya mengingatkannya dengan bom atom Hiroshima.

Amonium nitrat itu ternyata sudah disimpan di pelabuhan selama 4 tahun. Barang itu adalah sitaan dari seorang pebisnis Rusia.

Pemerintahan Perdana Menteri Hassan Diab langsung bubar pada beberapa hari usai terjadinya ledakan. Rakyat Lebanon kini sedang berusaha memperbaiki dampak ledakan yang terjadi di kota mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelewat Kreatif, Pria Ini Melukis Menggunakan Mesin Tik

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pelukis biasanya memerlukan kuas, cat, dan kanvas untuk menggambar sebuah objek. Namun, berbeda dengan seniman satu ini. Ia memilih menggunakan mesin tik untuk menciptakan berbagai lukisan yang indah.

James Cook, seorang mahasiswa arsitektur muda yang terjun ke dunia seni mesin tik sekitar lima tahun yang lalu. Ia mengaku terinspirasi dari seorang seniman mesin tik terkenal, yaitu Paul Smith yang tidak dapat menggunakan kuas atau pensil untuk melukis karena mengalami kelumpuhan otak yang parah.

"Saya memulainya sekitar lima tahun lalu, saat itu saya masih kuliah dan mengambil seni. Baru melalui penelitian saya, saya menemukan pria bernama Paul Smith, yang menderita kelumpuhan otak," kata James seperti mengutip dari Oddity Central, Senin (7/9/2020).

Karena kondisinya tersebut, ia pun tak bisa menggunakan pensil atau kuas untuk menggambar. Namun, ia menggunakan mesin tik dan akhirnya menghasilkan potret dan gambar yang menakjubkan.

James memulai sejak lima tahun lalu

James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork

Karena alasan tersebut, James pun mulai tertarik dengan seni mesin tik dan memutuskan untuk mencoba hal baru tersebut.

"Saya sangat terinspirasi oleh ceritanya, dan saya memulainya sekitar lima tahun yang lalu dan saya belum berhenti sejak itu," tambah James.

Kini ia memiliki 20 mesin tik

James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork

Ia membeli mesin tik pertamanya di toko barang antik milik sepasang lansia. James mulai membuat karyanya dengan ilustrasi dan menggambar berbagai potret atau pun lanskap.  

Puas dengan hasil karyanya menggunakan mesin tik pertamanya, James mulai membeli lagi dan mengumpulkannya. Hingga kini, ia memiliki sekitar 20 mesin tik.

Menurutnya, mesin tik bisa sebagai media artistik

James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork

Baginya, mesin tik tersebut tak lagi berguna sebagai alat tulis. Namun, sangat mengesankan sebagai media artistik.

James menggambar berbagai potret, seperti potret selebriti, karakter ikonik dari sebuah film, hingga lanskap yang rumit. Penasaran seperti apa? Berikut beberapa karya James lainnya seperti merangkum dari Instagram @jamescookartwork.

James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork
James melukis menggunakan mesin tik. Sumber: Instagram/jamescookartwork

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Subsidi Gaji Tahap 2 Segera Ditransfer ke 3 Juta Rekening Pekerja

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan segera menyalurkan subsidi gaji tahap 2 kepada 3 juta penerima. Jumlah ini merupakan hasil check list Kemenaker dari data BPJS Ketenagakerjaan per 1 September 2020.

"Kemnaker telah selesai melakukan check list terhadap 3 juta data calon penerima subsidi gaji/upah tahap 2. Untuk itu, subsidi gaji/upah tahap II ini akan segera Kami salurkan kepada penerima," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah seperti dikutip, Sabtu (5/9/2020).

Sesuai dengan Juknis, Kemnaker hanya memiliki waktu 4 hari untuk melakukan check list, dan telah selesai pada Jumat (4/9), kemarin.

"Setelah dilakukan check list, data tersebut diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi gaji/upah tahap 2 tersebut kepada Bank Penyalur, yakni Bank yang masuk menjadi anggota HIMBARA," terang Ida.

Selanjutnya, Bank-bank HIMBARA akan menyalurkan uang subsidi gaji/upah ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank HIMBARA, maupun rekening bank swasta lainnya.

Pekerja Dapat Subsidi Gaji, Bagaimana Nasib Pengangguran dan Korban PHK?

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemerintah telah menggelontorkan beragam stimulus baik dari sisi penawaran maupun permintaan di tengah pandemi. Terbaru, pemerintah memberikan bantuan berupa subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu dan bantuan Presiden produktif untuk UMKM senilai Rp 2,4 juta.

Kendati, masih banyak golongan masyarakat yang mengaku belum mendapat bantuan dari pemerintah. Misalnya, mereka yang pengangguran karena sulitnya mencari kerja di tengah pandemi atau masyarakat korban PHK.

Lantas, apakah pemerintah akan memberi bantuan khusus bagi golongan masyarakat tersebut?

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, pemerintah saat ini fokus memberi perlindungan sosial untuk masyarakat paling bawah.

"Bantuan (lebih tepat) untuk rakyat paling bawah. Kalau dilihat tidak bekerja tapi anak orang kaya, seharusnya kita tidak bantu. Tapi kalau ia miskin, ia bekerja maupun tidak bekerja, kita bantu. Saya pikir narasi arah pikir pemerintah mengeluarkan regulasi sudah benar," jelas Budi dalam tayangan virtual, Jumat (4/9/2020).

Bantuan-bantuan untuk masyarakat miskin yang tercatat sudah berjalan ialah Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako. Lalu, pemerintah juga menyiapkan program bantuan tunai untuk warga Jabodetabek dan non Jabodetabek dan Kartu Prakerja.

Budi bilang, jika ada masyarakat yang tidak masuk kelompok ini, maka ada 2 opsi program yang bisa diikuti. Pertama, dengan mendaftar program bantuan Presiden produktif dengan nilai hibah Rp 2,4 juta dan memulai usaha sendiri.

"Kedua bisa juga memasukkan lewat program Kartu Prakerja, di situ juga ada cash grant (bantuan tunai) sekitar Rp 600 ribu-an sebulan, itu self register (daftar sendiri)," ujarnya.

Mohon Maaf, Pekerja Belum Punya Rekening Tak Bisa Dapat Subsidi Gaji

Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Antrean calon penumpang memasuki stasiun Sudirman saat jam pulang kantor di Jakarta, Senin (8/6/2020). Aktivitas perkantoran dimulai kembali pada pekan kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pandemi COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PCPEN) Erick Thohir meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia turut serta dalam menyukseskan pemberian bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu bagi karyawan berpenghasilan di bawah Rp 5 juta. Hingga kini masih ada data karyawan yang belum masuk kepada BPJS Ketenagakerjaan.

"Salah satu poin yang kita sampaikan kepada Kadin, tolong bantu juga validasi, karena ini untuk karyawan kita semua juga yang memang sangat membutuhkan," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers online, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Dia mengatakan, hingga kini sudah ada data rekening karyawan sebanyak 14 juta orang. Namun angka tersebut masih di bawah target pemerintah sekitar 15,7 juta calon penerima bantuan subsidi gaji. Nomor rekening sangat diperlukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan transparan.

"Tentunya untuk subsidi gaji Alhamdulillah kita sudah mempunyai 14 juta nomor rekening langsung, jadi ini benar-benar langsung ke individunya. Ini saya rasa sesuatu yang sangat positif, karena ini bagian kita ingin memastikan bantuan dari pemerintah ini bisa langsung ke rakyatnya atau pekerja membutuhkan tanpa melalui hal hal yang lain sehingga menjadi masalah," katanya.

Sementara itu, bagi karyawan yang tidak memiliki rekening tetapi ingin mendapat bantuan, dia menegaskan, tidak akan diberikan bantuan subsidi gaji. Sebab, rekening menjadi salah satu kunci pengalokasian anggaran secara langsung kepada penerima.

"Bagaimana yang tidak punya rekening, ini mohon maaf harus punya rekening gitu, dan ini bagian kita menjaga transparansinya itu. Kita juga contoh yang kita bicarakan usaha mikro kemarin. Kita lihat usaha mikro itu kan sebagian besar tidak punya rekening, Alhamdulillah mereka sekarang mau punya rekening," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Pemerintah Bakal Perpanjang Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta?

Pekerja berjalan kaki saat jam pulang di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/2/2020). BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja berjalan kaki saat jam pulang di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (7/2/2020). BPJS Ketenagakerjaan yang kini bernama BP Jamsostek menargetkan sekitar 23,5 juta tenaga kerja baru masuk dalam daftar kepesertaan pada 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pemerintah telah menggelontorkan stimulus subsidi gaji bagi karyawan dengan upah di bawah Rp 5 juta per bulan. Mereka yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan insentif tambahan yang akan disalurkan dengan nilai Rp 1,2 juta sebanyak 2 kali.

Namun, pemberian subsidi gaji ini masih terbatas hingga bulan Desember saja. Sedangkan, pandemi Covid-19 belum kunjung mereda. Lantas, apakah program ini akan diperpanjang hingga tahun depan?

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, jika program ini berjalan dengan lancar, mungkin bisa dilanjutkan.

"Kalau program bagus, bisa diteruskan. Tapi, sementara ini hanya sampai Desember saja," ujar Erick dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/9/2020).

Erick bilang, saat ini percepatan penyerapan subsidi gaji tersebut masih terus didorong. Pihaknya menggandeng pengusaha melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan asosiasi pengusaha lain dalam mengawal distribusi bantuan ini.

Dengan begitu, nantinya kapasitas daya beli masyarakat bisa terjaga ke depannya.

"Karena saya yakin, para anggota KADIN ingin program ini sukses karena ini membantu karyawan yang membutuhkan karena selama ini terimpact Covid-19," ujarnya.

Sebelumnya, program penyaluran subsidi upah tahap pertama sudah disalurkan kepada 2,5 juta penerima per pekan. Kemudian, cakupannya diperluas menjadi 3 juta penerima per pekan.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri telah melakukan validasi terhadap 10,8 juta rekening. Sejauh ini, BPJS Ketenagakerjaan juga mengumpulkan 13,8 juta data rekening pekerja dari target penyaluran subsidi gaji 15,7 juta.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brendan Lawlor Dipastikan Jadi Pegolf Difabel Pertama di Bawah Perusahaan Niall Horan

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Brendan Lawlor, seorang pria Irlandia berusia 22 tahun membuat sejarah pada Kamis lalu (27 Agustus 2020). Ia mendapat gelar pegolf penyandang disabilitas pertama yang berkompetisi dalam acara Tur Eropa.

Lawlor menembak 84 pada putaran pertama ISPS Handa UK Championship di The Belfry di Inggris. Dia memiliki kelainan genetik langka yang disebut sindrom Ellis-van Creveld, yang ditandai dengan dwarfisme tungkai pendek, perkembangan jari tangan dan/atau kaki yang tidak normal dan, seringkali, kelainan jantung bawaan.

Namun, ia tidak membiarkan semua itu menghalangi karier profesionalnya yang sedang berkembang. Bahkan ia merasa sangat senang menerima undangan sponsor untuk bermain melawan beberapa pemain terbaik di Eropa, dilansir dari Golfdigest.

"Saya merasa sangat bahagia dan menantikannya. Ini akan menjadi minggu yang menyenangkan dan saya akan masuk dan menikmatinya," katanya kepada Penguji Irlandia.

"ISPS Handa mengundang saya untuk hadir dan saya sangat berterima kasih untuk itu. Saya menjadi duta untuk mereka tahun ini dan apa yang mereka wakili sangat luar biasa, tidak hanya golf tetapi di semua olahraga yang berbeda, seperti bola basket kursi roda dan olahraga orang tanpa disabilitas juga. Jadi mereka sangat mendukung hal itu dan saya berterima kasih atas undangannya."

 

Duta ISPS Handa

Lawlor menjadi profesional September lalu dan diwakili oleh Modest Golf, agensi yang didirikan oleh bintang musik Niall Horan. Pemain nomor 4 dalam Peringkat Dunia untuk Golfers With Disability ini adalah duta ISPS Handa, dan juga baru-baru ini menandatangani kesepakatan dukungan dengan TaylorMade. Lawlor telah muncul sebagai pemimpin dalam komunitas golf penyandang disabilitas, gelar yang dia rangkul seutuhnya.

"Saya menyukainya dan rasanya wajar untuk mempromosikan golf bagi penyandang disabilitas dan memasukkan lebih banyak pemain. Tidak harus pada level kompetitif, tapi pada level 'well-being' juga dan sisi itu sangat penting juga," katanya kepada Penguji.

"Jadi ini adalah minggu yang besar, bukan hanya untuk diri saya sendiri tetapi minggu yang besar bagi orang-orang yang melihat dan percaya bahwa mereka dapat mencapai level itu dan bersaing dan yang terpenting mendapatkan undangan. Apa yang kami wakili sangat spesial dan ada beberapa kisah inspiratif untuk didengar dan saya pikir akan ada lebih banyak acara yang akan kami ikuti. "

Lawlor juga diharapkan bisa tampil di acara Challenge Tour minggu depan, IN Open.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ussy Sulistiawaty Kesakitan Usai Bedah Cesar: Aduh Kayak Disilet-silet

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty melahirkan bayi laki-laki di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Selasa (1/9/2020) lewat bedah cesar. Bayi laki-laki pertamanya itu dinamai Sakalingga Ibra Pratama.

Usai bersalin tak serta merta membuat Ussy Sulistiawaty bernapas lega. Pasalnya, tim dokter menduga ada kemungkinan Sakalingga harus menjalani terapi sinar karena bilirubin tinggi.

 

"Jadi kalau golongan darah ibu, bapak, dan bayi sama, kemungkinan kuningnya kecil. Kalau bilirubinnya enggak kuning, kemudian pendengarannya bagus, bisa langsung pulang besok," terang dokter kepada Ussy Sulistiawaty.

Semalam Aku Mulai Begadang

Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty. (Foto: Rio Motret dari Instagram @ussypratama)
Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty. (Foto: Rio Motret dari Instagram @ussypratama)

Ini terekam dalam video "Ussy Belajar Jalan, Saka Harus Terapi Sinar" yang rilis di kanal YouTube Ussy Andhika Official, Jumat (4/9/2020). Ussy Sulistiawaty memulai "ritual" begadang.

"Semalam aku mulai begadang karena kita tahu anak bayi itu malam malah ramai, siang tidur kayak begini, nih. Semalam bangun per dua jam sekali menyusu," cerita bintang film Lukisan Ratu Kidul.

Ternyata Beda Shay

Sakalingga Ibra Pratama. (Foto: Instagram @ussypratama)
Sakalingga Ibra Pratama. (Foto: Instagram @ussypratama)

Melahirkan bayi lewat bedah cesar bukan kali pertama bagi Ussy Sulistiawaty. Meski begitu, masih ada hal baru yang dirasakan pelantun "Klik" dan "Benci Lagu Cinta." Kali ini ia merasa seperti disilet-silet.

"Ternyata, beda Shay. Jadi tadi aku bertanya ke dokter: Dok, kenapa sih tadi aku kok merasa lebih sakit, ya? Ternyata kalau sudah pernah disayat sebelumnya, sayatan ke sini lebih sakit," ia berbagi cerita.

Kayak Disilet-silet

Sakalingga Ibra Pratama. (Foto: Instagram @ussypratama)
Sakalingga Ibra Pratama. (Foto: Instagram @ussypratama)

Tingkat ketahanan perempuan terhadap rasa sakit beda-beda. Karenanya, Ussy Sulistiawaty merasakan pedih tak tertahankan. "Apalagi pas biusnya sudah dicopot sama obat antibiotiknya, aduh kayak disilet-silet," keluhnya.

Tanpa bermaksud menakut-nakuti, Ussy mengingatkan pentingnya ketahanan fisik dan mental jelang persalinan. Plus dukungan suami. Berikutnya, Ussy Sulistiawaty belajar berjalan meski postur tubuh belum tegak. Yang tak kalah penting, mengonsumsi daun katuk dan jus paria agar produksi ASI lancar.

 

Ikuti Apa Kata Dokter

Unggahan Ussy Sulistiawaty. (Foto: YouTube Ussy Andhika Official)
Unggahan Ussy Sulistiawaty. (Foto: YouTube Ussy Andhika Official)

Belum selesai urusan belajar jalan, masalah lain datang. Suster mengabarkan kadar bilirubin Sakalingga tinggi. "Jadi Saka harus disinari 24 jam makanya ini dikenyangi dulu terus nanti dibawa ke sana," akunya. Ussy Sulistiawaty diminta menyiapkan stok ASI dan bila perlu, memompa di ruang penyinaran.

Kesabaran sang aktris diuji. "Sheva dulu juga gitu, makanya kita ikuti saja apa kata dokter," cetusnya. Setelah menjalani penyinaran selama 24 jam di ruang khusus, akhirnya Sakalingga diizinkan pulang. Ussy Sulistiawaty menyampaikan kabar bahagia ini di akun Instagram terverifikasi miliknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Islandia vs Inggris: Misi Balas Dendam The Three Lions

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Reykjavík - Timnas Inggris kembali bertemu Islandia setelah dipermalukan pada ajang Piala Eropa 2016. The Three Lions berambisi membalas dendam.

Harry Kane dan kawan-kawan dipermalukan Islandia 1-2 yang baru tampil pertama kali di turnamen internasional empat tahun lalu. Hasil tersebut berujung penunjukkan Gareth Southgate sebagai pelatih baru menggantikan Roy Hodgson.

Di tangan Southgate, Inggris sukses mencapai semifinal Piala Dunia 2018 serta lolos Piala Eropa 2020 yang ditunda penyelenggaraannya hingga tahun depan. Sembari menunggu gelaran turnamen itu, mereka kini mengalihkan fokus ke UEFA Nations League 2020/2021.

Islandia menjadi lawan pertama pada persaingan Grup 2. Pertandingan berlangsung di Laugardalsvollur, Jumat (4/9/2020).

Usai menempati peringkat tiga pada UEFA Nations League edisi pertama, The Three Lions berambisi meninggalkan kesan positif serupa. Untuk itu Islandia wajib ditumbangkan.

 

Perkiraan Pemain

Islandia vs Inggris (Liputan6.com/Abdillah)
Islandia vs Inggris (Liputan6.com/Abdillah)

Islandia (4-4-2): Halldorsson; Hermannsson, Arnason, Ingason, Skulason; A Sigurdsson, Bjarnason, Trautason, Anderson; Bodvarsson, Sigthorsson

Inggris (4-3-3): Pope; Alexander-Arnold, Gomez, Keane, Walker; Mount, Rice, Foden; Sterling, Kane, Sancho

Pertemuan Sebelumnya

Logo Nations League pada acara undian di markas UEFA, Lausanne, Swiss, Rabu (24/1/2018). (AFP/Philippe Desmazes)
Logo Nations League pada acara undian di markas UEFA, Lausanne, Swiss, Rabu (24/1/2018). (AFP/Philippe Desmazes)

Waktu-Ajang-Laga-Skor  

28/06/16 Piala Eropa Inggris vs Islandia 1-2

05/06/04 Persahabatan Inggris vs Islandia 6-1

Saksikan Video UEFA Nations League Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Seorang wanita memegang seekor chameleon dalam Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar selama empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)
Seorang wanita memegang seekor chameleon dalam Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar selama empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seorang wanita memegang seekor chameleon dalam Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar selama empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seorang wanita menggendong seekor coati dalam Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar selama empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)
Seorang wanita menggendong seekor coati dalam Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar selama empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seorang wanita menggendong seekor coati dalam Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar selama empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seekor anjing menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan pada Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)
Seekor anjing menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan pada Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seekor anjing menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan pada Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seekor anjing menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan pada Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)
Seekor anjing menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan pada Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

Seekor anjing menunjukkan kemampuannya menjaga keseimbangan pada Pameran Hewan Peliharaan Thailand 2020 di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, 3 September 2020. Ajang yang digelar empat hari itu akan berlangsung hingga 6 September. (Xinhua/Rachen Sageamsak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar ke KPU Denpasar, Jayanegara Setir Mobil VW Sendiri

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar Pasangan I Gusti Ngurah Jayanegara dan Kadek Agus Arya Wibawa resmi mendaftar ke KPU Kota Denpasar, Jumat September 2020. Ada yang unik dari kedatangan pasangan yang disebut Jaya-Wibawa ini ke kantor KPU Kota Denpasar, mereka menggunakan mobil Volkswagen (VW) jenis beetle atau kodok berwarna putih. I Gusti Ngurah Jayanegara sendiri yang menjadi calon walikota mengendarai mobil itu sendiri dan didampingi oleh Kadek Agus Arya Wiguna yang merupakan calon wakil walikota.

Pasangan Jaya-Wibawa ini diusung oleh PDIP, Gerindra, Hanura, dan PSI. Sebelum menuju Kantor KPU Denpasar rombongan melakukan persembahyangan di Kantor DPC PDIP Kota Denpasar.

Jayanegara mengaku berterima kasih kepada para partai pengusung yang telah bekerja keras bersama-sama mempersiapkan dukungannya di Pilkada Kota Denpasar.

"Kami berdua memanjatkan puji syukur ke Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Astungkara pendaftaran dari sisi berkas sudah dinyatakan lengkap diterima oleh KPU Kota Denpasar. Kami ucapkan terima kasih kepada partai pengusung atas kerja kerasnya dan ketua tim," ucapnya di Denpasar, Jumat (5/9/2020).

"Kami memohon dia restu dengan lengkapnya pendaftaran ini. Yang namanya bertarung kita harus punya prinsip untuk menang. Bersama partai koalisi kami akan merancang strategi untuk meraih kemenangan," ucapnya.

Terkait kedatangan Jaya-Wibawa yang menggunakan mobil VW, Dirinya mengaku ingin menunjukkan sikap kesederhanaan dan merakyat untuk menjadi pelayan masyarakat di pilkada serentak Kota Denpasar.

"Kami siap bekerja keras demi melayani masyarakat Kota Denpasar. Astungkara yang penting kami diberikan kepercayaan untuk memenangkan pertarungan. Kalau peluang kita harus bekerja keras," ucap Jayanegara.

Jayanegara mengaku optimis dirinya bersama tandemnya bisa memenangkan Pilkada serentak ini khususnya di Kota Denpasar. "Nanti biarlah target kemenangan ada di Tim pemenangan. Kami akan berkoordinasi dengan partai pengusung untuk menentukan strategi, ksmi tentu berikan kesempatan untuk mereka berdiskusi, kami akan siap melaksanakan  perintah dari koalisi," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Hektare Lahan di Sumsel Terbakar Saat Memasuki Musim Kemarau

Posted: 04 Sep 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla) masih mengancam Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Bahkan, memasuki musim kemarau, sudah ada ratusan hektare lahan yang terbakar.

Komandan Korem 044 Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji mengatakan, lebih dari 250 hektare lahan terbakar di Sumsel selama bulan Juli hingga Agustus 2020 kemarin. Satelit LAPAN juga sudah memantau ada 978 titik panas yang tersebar di Sumsel.

"Upaya pemadaman lahan terbakar harus dilakukan secara maksimal, agar tidak semakin meluas," ucapnya, Jumat (4/9/2020).

Kebakaran tersebut tersebar di beberapa kabupaten di Sumsel, seperti Kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin (Muba) dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel.

Lalu di Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Banyuasin Sumsel. Namun, lahan yang terbakar tercatat dominan terjadi di Kabupaten PALI.

Lahan yang terbakar rata-rata berada di lahan mineral, yang mulai kering jelang musim kemarau. Untuk lahan gambut, saat ini masih diperkirakan basah.

"Sekarang titik panas dan titik api itu mulai ramai. Kita perkuat tim di lapangan, untuk bisa mengoptimalkan upaya pemadaman dan menjaga lahan. Terutama yang rentan terbakar agar titik api tidak semakin banyak," ujarnya.

Berbagai kendala ditemukan timnya di lapangan, di antaranya area lokasi lahan terbakar sulit diakses.

Seperti kebakaran di kawasan Lais Kabupaten Muba, dimana lahan terbakar berada di lahan mineral. Namun, untuk menjangkaunya harus melalui lahan gambut, yang penuh dengan semak belukar dan sungai.

Sebagai antisipasinya, pemadaman dilakukan dengan waterbombing menggunakan helikopter. Meski harus dilakukan berhari-hari dan dibom air secara berulang, namun memang cukup sulit memadamkan karhutla di Sumsel.

 

Kendala Memadamkan Api

Komandan Korem 044 Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji (Liputan6.com / Nefri Inge)
Komandan Korem 044 Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Ketersediaan air juga mulai berkurang dan angin kencang di wilayah Sumsel. Sehingga api cepat merambat, terutama di area yang materialnya sudah kering seperti ranting pohon dan semak belukar," katanya.

Ia mengatakan, upaya untuk meminimalisir karhutla juga dilakukan dengan teknik modifikasi cuaca, sehingga bisa tercipta hujan buatan.

Tim satgas karhutbunla juga sudah standby dan mengoperasikan 14 unit helikopter dan pesawat. Baik dipergunakan untuk patroli, waterbombing maupun hujan buatan.

Mereka juga masif menyosialisasikan kepada masyarakat hingga tingkat desa, untuk tidak membakar lahan dengan tujuan apapun.

"Saya sudah perintahkan ke Dandim, Danramil hingga Babinsa untuk tidak boleh pulang sebelum karhutla padam tuntas. Ini penekanan awal dari saya, kami juga meminta mereka untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: