Minggu, 06 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Soroti Ketimpangan Jumlah Test Covid-19, Jokowi Minta Kemenkes Buat Desain Perencanaan

Posted: 06 Sep 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti jumlah testing Covid-19 di Indonesia yang belum merata. Dia melihat, beberapa provinsi sudah memiliki jumlah test Covid-19 banyak namun ada pula daerah yang masih sedikit.

"Jangan sampai yang saya lihat, provinsi, ada provinsi yang sudah melakukan tinggi sekali tapi ada provinsi yang testingnya masih rendah sekali," ujar Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (7/9/2020).

Untuk itu, dia meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuat desain perencanaan untuk mengatasi ketimpangan jumlah testing Covid-19 di tanah air. Adapun desain perencanaan itu meliputi, jumlah laboratorium hingga reagen yang ada di sebuah provinsi.

"Jadi desain perencanaan itu harus betul-betul komprehensif. Menyangkut berapa jumlah lab yang harus ada di sebuah provinsi, berapa reagen yang harus terdistribusi pada sebuah provinsi," jelas Jokowi.

"Perencanaan itu kita perlukan sehingga kelihatan nanti, kasus-kasus positif ini berada di wilayah atau provinsi yang mana," sambung Jokowi.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya jejaring laboratorium. Hal ini untuk mempercepat testing terkait spesimen Covid-19.

"Strategi jejaring lab, strategi jejaring lab ini penting. Jadi bukan berdasarkan wilayah administrasi tapi sekali lagi desain perencanaan harus betul-betul ada dan disiapkan," kata Jokowi.

Jokowi: Hati-Hati Klaster Covid-19 di Kantor, Keluaga, dan Pilkada

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan agar penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19 tak hanya fokus di tempat-tempat publik saja. Dia meminta jajarannya untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor, keluarga, serta pilkada.

"Hati-hati, ini perlu saya sampaikan. Hati-hati yang namanya klaster kantor. Yang kedua, klaster keluarga, hati-hati. Yang terakhir, juga klaster Pilkada. Hati-hati ini, agar ini selalu diingatkan," kata Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (7/9/2020).

Dia mengatakan, banyak masyarakat yang merasa sudah aman dari penularan Covid-19 saat berada di rumah dan di kantor. Hal itu membuat masyarakat lupa menerapkan protokol kesehatan.

"Karena di rumah kita sudah merasa aman. Justru di situlah, yang kita harus hati-hati dalam perjalanan masuk kantor kita juga sudah merasa aman, sehingga kita juga lupa di dalam kantor protokol kesehatan," kata Jokowi.

Selain itu, dia meminta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menteri Kesehatan, serta TNI-Polri fokus mencegah penyebaran Covid-19 di semua klaster. Jokowi menilai apabila penanganan Covid-19 membaik maka perekonomian Indonesia dapat kembali pulih.

"Sekali lagi kalau penanganan Covid baik, kalau kesehatan baik, ekonominya juga akan membaik," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Terkena Gelombang, Kapal Parade Pendukung Donald Trump Tenggelam

Posted: 06 Sep 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Texas - Beberapa kapal tenggelam di sebuah danau di negara bagian Texas, AS selama parade dukungan untuk Presiden Donald Trump  untuk pemilihan umum yang digelar November mendatang.

Pihak berwenang mengatakan munculnya ombak kemungkinan disebabkan oleh sejumlah kapal besar yang bergerak berdekatan di Danau Travis, dekat ibu kota negara bagian, Austin.

Acara tersebut, yang disebut Parade Perahu Donald Trump di Danau Travis, disiarkan juga secara langsung di Facebook. Lebih dari 2.600 orang menandai diri mereka sendiri telah hadir.

Media mengatakan orang-orang berhasil diselamatkan dan tidak ada laporan korban luka. Melansir BBC, Senin (7/9/2020), juru bicara Kantor Sheriff Travis County Kristen Dark, investigasi telah diluncurkan dan tidak ada unsur kesengajaan dalam insiden parade Donald Trump tersebut.

Bukan Karena Badai

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, meminta dukungan negara-negara Afrika dan seluruh dunia agar negaranya bersama Kanada dan Meksiko terpilih menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2026. (AFP/Saul Loeb)
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, meminta dukungan negara-negara Afrika dan seluruh dunia agar negaranya bersama Kanada dan Meksiko terpilih menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2026. (AFP/Saul Loeb)

Insiden itu terjadi pada hari Minggu, sekitar pukul 12.00 (17:00 GMT), akhir pekan Hari Buruh di AS. Penjelasan di situs acara mengatakan perahu diminta untuk mengemudi dengan kecepatan 10mph (16km / h).

"Kami menanggapi beberapa panggilan bahwa kapal dalam kesulitan, dan di antaranya tenggelam," kata Dark.

Paul Yura, dari Layanan Cuaca Nasional di Austin / San Antonio, mengatakan bahwa tidak ada badai di daerah tersebut pada saat pawai.

"Hal itu diduga karna jumlah perahu yang luar biasa di danau hari ini yang mulai bergerak pada waktu yang sama, sehingga menghasilkan gelombang yang cukup besar." tambah Dark.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu usul Anggaran Rp 43,307 Triliun di 2021

Posted: 06 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajukan anggaran Rp 43,307 triliun untuk 2021. Usulan anggaran tahun depan ini lebih rendah dari anggaran tanun ini yang sebesar Rp 44,39 triliun.

"Pagu anggaran Kemenkeu Tahun Anggaran (TA) 2021 yang diusulkan Rp 43,307 triliun," kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, dalam rapat kerja bersama Komisi XI tentang Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Keuangan Tahun 2021, di Jakarta, Senin (6/9/2020).

Berdasarkan sumber dana, pagu anggaran Kemenkeu untuk tahun anggaran 2021 terdiri dari rupiah murni sebesar Rp 34,800 triliun dan Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp 8,507 triliun.

Suahasil menjelaskan, anggaran kementerian yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang diusulkan tersebut akan diarahkan untuk pengelolaan keuangan negara yang optimal dalam mendukung perekonomian yang produktif, inklusif dan berkeadilan.

Di mana anggaran itu akan digunakan untuk lima program di lingkungan Kemenkeu yakni kebijakan fiskal, pengelolaan penerimaan negara, pengelolaan belanja negara, pengelolaan perbendaharaan kekayaan negara dan risiko, serta terakhir dukungan manajemen.

"Lima program ini menjadi rencana kerja kita kegiatan prioritas nasional dan prioritas unggulan apa saja yang jadi tugas Kemenkeu," kata dia.

"Dukungan manajemen besar karena sebagai dukungan manajemen gaji dari sini, yang lain itu kegiatan bukan Sumber Daya Manusia (SDM), gaji pembelian barang, tapi IT SDM ada di sini. Unit seluruh setiap eselon I ada di situ," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Tak Mau Anggaran Penanganan Covid-19 Jadi Perdebatan

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi covid-19. Baik dari sisi kesehatan maupun kebijakan fiskal melalui berbagai skema pendanaan. Meski begitu, pemerintah tak ingin isu terkait alokasi anggaran ini menjadi fokus utama.

Untuk itu, pemerintah menerbitkan Perppu 1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan (Perppu 1/2020).

 

Staf Khusus Menteri Keuangan, Masyita Crystalin mengatakan, melalui Perpu tersebut maka kebijakan pembiayaan penanganan covid-19 dapat dilakukan sesuai perkembangan.

"Di tahun ini, yang dilakukan pemerintah adalah berusaha membuat constraint anggaran itu tidak menjadi isu utama. Oleh karena itulah Perppu itu dibuat di awal tahun," ujar dia dalam diskusi Perspektif Indonesia Radio Smart FM, Sabtu (5/9/2020).

Setelah itu, lanjut Masyita, pemerintah harus berupaya untuk melakukan percepatan serapan anggaran sekaligus menjaga good governance.

Diantaranya, disebutkan Masyita bahwa pemerintah telah melakukan beberapa pemangkasan birokrasi untuk mempercepat serapan anggaran tahun ini.

"Kita berusaha secepat mungkin, sehingga banyak proses anggaran yang sudah di-cut juga prosesnya dipermudah. Sehingga masih memenuhi dua ini, berusaha secepat mungkin tapi juga berusaha menjaga good governence," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Gerald Yohanes 'Anak Langit' dan Mezty Mez Setelah Menikah, Makin Lengket

Posted: 06 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah melangsungkan pernikahan, kehidupan selebriti memang kerap menjadi perhatian. Salah satu pasangan seleb Tanah Air yang selalu mengunggah momen kebersamaannya setelah menikah adalah Gerald Yohanes Putra 'Anak Langit' dan Mezty Mez.

Gerald Yohanes dan Mezty Mez sudah melangsungkan pernikahan pada awal tahun 2020, tepatnya pada 20 Februari 2020. Bintang sinetron Anak Langit ini resmi mempersunting kekasihnya setelah 2 tahun menjalin hubungan. Gerald dan Mezty Mez melangsungkan pernikahan di Pulau Dewata, Bali dan dihadiri oleh para selebriti khususnya para pemain Anak Langit.

Nama Gerald Yohanes dan Mezty Mez tentunya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Nama Gerald semakin dikenal masyarakat Indonesia setelah memerankan tokoh Haykal dalam sinetron Anak Jalanan. Sementara Mezty Mez sudah aktif sejak tahun 2010 dan merupakan mantang anggota 7icons.

Hampir 7 bulan menikah, pasangan sejoli ini semakin lengket dan romantis. Baik Gerald maupun Mezty kerap mengunggah potret manis keduanya di akun Instagram masing-masing. Pasangan yang terpaut usia 5 tahun ini selalu terlihat hangat dalam berbagai momen.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret manis Gerald Yohanes 'Anak Langit' dan Mezty Mez setelah menikah, Senin (7/9/2020).

1. Pasangan yang menikah pada 20 Februari 2020 ini terlihat semakin lengket dan romantis.

Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/meztymez)
Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/meztymez)

2. Gerald Yohanes dan Mezty Mez cukup sering mengunggah momen manis keduanya di akun Instagram masing-masing.

Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/geraldyohanes)
Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/geraldyohanes)

3. Belum lama ini, Gerald dan Mezty mengunggah momen manis keduanya saat liburan di Kawah Putih, Bandung, Jawa Barat.

Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/meztymez)
Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/meztymez)

4. Pasangan sejoli ini selalu terlihat hangat dalam berbagai momen. Ini adalah kebersamaan Gerald dan Mezty saat ulang tahun Mezty bulan April lalu.

Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/meztymez)
Potret Gerald Yohanes dan Mezty Mez Setelah Menikah. (Sumber: Instagram.com/meztymez)

5. Pasangan yang terpaut usia 5 tahun ini juga kerap mengunggah momen kocak keduanya.

6. Tak sedikit warganet yang merasa gemas dengan potret kebersamaan dua bintang sinetron Anak Langit ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pendaftaran, Ini Tahapan Selanjutnya Penyelenggaraan Pilkada 2020

Posted: 06 Sep 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar tahapan pendaftaran peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 4-6 September 2020. Tahapan tersebut dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU nomor 13 tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pilkada tahun 2020.

KPU memastikan, tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19. Hal tersebut tertuang dalam PKPU pasal 8C.

Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia yang meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Sebelumnya, hari pemungutan suara akan dilaksanakan pada 23 September 2020. Namun akibat pandemi virus Covid-19 pemungutan suara akan dilakukan pada 9 Desember 2020.

"Pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena terjadi bencana nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dilaksanakan pada 9 Desember 2020," bunyi dalam PKPU tesebut yang dikutip Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

Sementara itu, Komisioner KPU Ilham Saputra menyatakan, perpanjangan jadwal pendaftaran peserta pilkada karena adanya calon tunggal tidak akan mengganggu tahapan yang telah ditetapkan sesuai PKPU. "Tidak," kata Ilham.

Jadwal Tahapan Pilkada 2020

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Berikut jadwal tahapan penyelenggara Pilkada 2020:

1. Pengumuman pendaftaran pasangan calon: 28 Agustus- 3 September 2020

2. Pendaftaran pasangan calon: 4- 6 September 2020

3. Verifikasi syarat pencalonan: 4-6 September 2020

4. Pengumuman dokumen Pasangan Calon dan dokumen Calon di laman KPU: 4-8 September 2020

5. Pemeriksaan kesehatan: 4-11 September 2020

6. Penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan: 11-12 September 2020

7. Pemberitahuan hasil verifikasi: 13-14 September 2020

8. Penyerahan dokumen perbaikan syarat calon: 14-16 September 2020

9. Verifikasi dokumen perbaikan: 16-22 September 2020

10. Penetapan pasangan calon: 23 September 2020

11. Pengundian dan pengumuman nomor urut: 24 September 2020

12. Masa Kampanye: 26 September- 5 Desember 2020

13. Masa tenang: 6- 8 Desember 2020

14. Pemungutan dan penghitungan suara di TPS: 9 Desember 2020

15. Pengumuman hasil penghitungan suara: 9-15 Desember 2020

16. Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur: 16-20 Desember 2020

KPU Terima Pendaftaran 687 Pasangan Bakal Calon Peserta Pilkada 2020

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan kata sambutan saat Launching Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020). KPU mendapat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan kata sambutan saat Launching Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020). KPU mendapat Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, KPU menerima sebanyak 687 bakal pasangan calon dari seluruh daerah pemilihan di Indonesia. Pendaftaran bakal pasangan calon ke KPU telah dimulai pada Jumat 4 September 2020 dan berakhir pada Minggu 6 September 2020 pukul 24.00.

"Jumlah pasangan bakal calon yang diterima sebagai berikut di sistem informasi pencalonan hingga pukul 24.00, sebanyak 687 bakal pasangan calon," sebut Ketua KPU RI Arief Budiman saat konfrensi pers, Senin (7/9/2020) dini hari.

Selanjutnya, dari data 687 total bakal paslon, Arief merincikan sebanyak 22 untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dan untuk pasangan calon bupati dan wakilnya sebanyak 570 pasangan, sementara untuk bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota sebanyak 95 pasangan.

Kemudian, tambah Arief, terkait jumlah bakal calon terdata sebanyak 1.233 laki-laki dan 141 perempuan dari total 687 pasangan calon yang telah terdaftar sampai pukul 24.00 WIB.

"Untuk jumlah pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebanyak 606 bakal pasangan calon. Dan jumlah bakal pasangan calon yang melalui jalur perseorangan (independen) sebanyak 61 jadi total 687," jelasnya.

Kemudian, Arief mengatakan data yang disebutkannya merupakan data per pukul 24.00 WIB. Data itu masih bisa berubah menyusul update yang dilakukan dan diterima KPU yang dapat diakses oleh masyarakat melalui laman resmi KPU RI.

"Data ini kami dapatkan sampai dengan pukul 24.00. Kemudian data ini akan terus ter-update. Jadi bukan tidak mungkin, misalnya nanti jam 01.00 ada data yang semula belum masuk nanti masuk itu akan berubah. Tapi ini kami informasikan data yang sudah masuk dikirim ke kita sampai dengan pukul 24.00 dan data itu tiap setengah jam akan ter-update," jelasnya.

KPU Kota Semarang Perpanjang Pendaftaran Peserta Pilkada 2020

Sementara itu, KPU Kota Semarang, Jawa Tengah memutuskan memperpanjang masa pendaftaran peserta Pilkada Kota Semarang 2020. Hal ini setelah jumlah pendaftar hanya satu pasangan calon.

Anggota KPU Kota Semarang Novi Maria Ulfah mengatakan, kepastian itu atas rapat pleno usai penutupan pendaftaran pada Minggu 6 September 2020 pukul 23.59 WIB.

Dilansir dari Antara, selama masa pendaftaran pada 4 hingga 6 September 2020 hanya pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita G Rahayu yang mendaftar pada hari pertama.

Menurut Novi, perpanjangan pendaftaran akan dibuka pada 10 hingga 12 September 2020.

"Karena hanya satu pasangan yang mendaftar, KPU akan melaksanakan sosialisasi selama 3 hari sebelum kembali membuka pendaftaran," kata dia di Semarang, Senin (7/9/2020).

Hendrar Prihadi-Hevearita G diusung oleh sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang serta lima partai politik nonparlemen.

Sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang tersebut, yakni PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PKS, Partai Gerindra, PAN, Partai NasDem, dan PSI.

Adapun lima partai pendukung pasangan ini, yakni PKPI, Partai Hanura, Partai Berkarya, PBB, Partai Gelora, dan PPP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa Indonesia Capai USD 137 Miliar di Agustus 2020

Posted: 06 Sep 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2020 sebesar USD 137,0 miliar. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2020 sebesar USD 135,1 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,4 bulan impor atau 9,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," tutur Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam keterangan resmi, Senin (7/9/2020).

Adapun peningkatan cadangan devisa pada Agustus 2020 antara lain dipengaruhi oleh penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta penerimaan pajak dan devisa migas.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi," jelas Onny.

Cadangan Devisa Indonesia Naik Jadi USD 135,1 Miliar di Juli 2020

Ilustrasi Bank Indonesia.
Ilustrasi Bank Indonesia.

Bank Indonesia (BI) mengumumkan cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Juli 2020 sebesar USD 135,1 miliar. Jumlah tersebut naik dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2020 yang sebesar USD 131,7 miliar.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,0 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah," jelas Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko, dalam keterangan tertulis, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, cadangan devisa tersebut berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Peningkatan cadangan devisa pada Juli 2020 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond dan penarikan pinjaman pemerintah.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lika-liku Perjalanan Pereli Berprestasi Rifat Sungkar

Posted: 06 Sep 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rifat Sungkar dikenal sebagai pembalap reli profesional. Prestasi yang ia raih tidaklah instan. Memulai karir di usia muda, Rifat harus melalui banyak rintangan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hardi Fadhillah Main FTV SCTV Stay at Hatiku Please Mas Jutek, Nonton Duluan di Vidio

Posted: 06 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan Wendy dalam sinetron ABG Jadi Manten yang tayang di SCTV pada 2013 silam? Ya, karakter cowok lucu penggila boneka Cookie Monster itu diperankan oleh aktor Hardi Fadhillah.

Lama tak muncul di sinetron, Hardi Fadhillah kini aktif bermain di sejumlah judul FTV SCTV. Terkini, suami dari aktris Kiki Azhari itu membintangi sebuah film televisi berjudul Stay at Hatiku Please Mas Jutek.

Dalam FTV tersebut, Hardi Fadhillah dipasangkan dengan aktris Michelle Joan. Perannya sebagai selebriti bernama Mario. Sifatnya yang membuat banyak orang merasa tidak betah bekerja dengan Mario.

Sementara Michelle Joan berperan sebagai Dewi, seorang gadis lugu yang tinggal bersama abahnya di dalam hutan. Lalu, seperti apa cerita dari FTV Stay at Hatiku Please Mas Jutek? Simak sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis FTV Stay at Hatiku Please Mas Jutek

Mario adalah seorang aktor terkenal namun sombong. Sifat angkuh membuat tidak ada manajer yang tahan bekerja dengannya. Suatu hari, Mario mengalami kecelakaan saat bertanding motor.

Mario jatuh ke jurang, tubuhnya ditemukan oleh gadis lugu bernama Dewi yang sedang mencari kayu bakar di hutan. Bersama sang kakek, Dewi segera membawa Mario ke gubuknya.

Saat sadar, bukannya berterima kasih, Mario justru mengomel karena dibawa ke gubuk reyot di tengah hutan. Ia pun meminta Dewi untuk mengantarnya pulang. Namun saat kembali ke rumah, Mario justru mendapat kabar buruk. Sang manajer resign karena tak tahan dengan sikap arogannya.

Lantaran banyak tawaran bermain film, Mario meminta Dewi untuk jadi menggantikan manajernya yang resign. Dewi pun harus meninggalkan sang kakek dan hidup di rumah Mario. Kebersamaan yang tercipta di antara mereka berdua ternyata menimbulkan rasa cinta.

Seperti apa kelanjutan ceritanya? Saksikan FTV SCTV Stay at Hatiku Please Mas Jutek di aplikasi dan situs streaming Vidio. Klik di sini untuk menonton.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan

Posted: 06 Sep 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zaman modern ini media sosial tak hanya digunakan untuk media komunikasi saja. Media sosial juga digunakan untuk berbagi konten lucu dan menghibur. Seperti tangkapan layar chat antara mahasiswa ke dosen yang nyatanya bikin geleng kepala.

Jika biasanya mahasiswa selalu chat dengan dosen, berbeda dengan beberapa mahasiswa ini yang asal chat saja dengan para dosen. Chat mahasiswa yang tak kenal sopan santun ke dosen ini cukup membuat orang yang membacanya menjadi geregetan.

Mulai dari membujuk minta skripsi segera di-ACC hingga berusaha memperbaiki nilai dengan cara seenaknya sendiri, menjadi bukti chat mahasiswa ke dosen ini bikin emosi. Saking tak sopannya, sampai tangkapan layar chat mahasiswa ke dosen ini sampai viral.

Penasaran kan apa saja chat mahasiswa ke dosen yang bikin geregetan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat mahasiswa ke dosen yang bikin geregetan, Senin (7/9/2020).

1. Bukannya mahasiswa yang nemuin, eh ini malah nyuruh dosen.

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

2. Seribu cara agar skripsi segera di-ACC.

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

3. Duh, ada-ada saja ya triknya.

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

4. Makanya jangan pacaran melulu, jadi begini kan.

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/receh.id)

5. Ya manggilnya enggak usah kayak begini dong.

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: 1cak.com)
6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: 1cak.com)

6. Begini jadinya jika anggap chat ke dosen sama dengan chat ke teman.

6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Istimewa)
6 Chat Mahasiswa ke Dosen Ini Bikin Emosi Sekaligus Geregetan (sumber: Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Covid-19 Terjunkan Polisi Disiplinkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Posted: 06 Sep 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, pihaknya akan menerjunkan penegak hukum, seperti polisi dan Satpol PP, dalam penertiban protokol kesehatan. Menurutnya, salah satu alasan melakukan itu karena rendahnya kedisiplinan masyarakat sebabkan jumlah kasus positif harian mencapai lebih dari 3.000 kasus.

"Polisi penegakan disiplin berbasis komunitas, Satpol PP mengaktifkan penegakan kedisiplinan di fasilitas umum, Satgas Covid-19 dapat menggerakkan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kampanye protokol kesehatan," ungkap Wiku, Senin (7/9/2020).

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat tujuh kali jumlah penambahan kasus Covid-19 dimulai pada 28 Agustus 2020, dengan total 3.003 kasus positif dalam sehari. Angka tersebut kembali meningkat pada keesokan harinya, 29 Agustus, dengan total 3.308 kasus positif.

Memasuki September, jumlah penambahan kasus harian di atas 3.000 kasus semakin konsisten. Dimulai 2 hingga 4 September, secara tiga hari berturut tercatat penambahan, mulai dari 3.075 kasus, 3.622 kasus, dan 3.269 kasus.

Dua penambahan terbaru di atas 3000 kasus perhari terjadi pada dua hari berturut kemarin. Yakni pada 5 September, angka konfirmasi positif tercatat sebanyak 3.128 kasus positif Covid-19 dan 6 September, angka konfirmasi positif tercatat sebanyak 3.444 kasus.

37 Calon Pilkada Positif

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan, dari data yang diterima terdapat 37 orang bakal calon peserta Pilkada 2020 yang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan swab test sebagai salah satu syarat pendaftaran.

"Data sementara yang berhasil dihimpun hingga pukul 24.00 dari KPU provinsi, KPU kabupaten kota, yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab test-nya, sebanyak 37 calon, bukan pasangan calon (bapaslon) ya, artinya 37 orang," sebut Ketua KPU Arief Budiman saat jumpa pers, Senin (7/9/2020) dinihari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Jabat Tangan dengan Presiden Jokowi, Ridwan Saidi Dapat Penghargaan?

Posted: 06 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto yang sedang viral di media sosial Facebook. Foto tersebut menggambarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi, budayawan Betawi.

Akun yang mengunggah foto Jokowi memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi adalah Wawan Darmawan. Di foto itu terdapat narasi sebagai berikut:

"SIBUK MENGHITUNG DOSA PAK JOKOWI, MALAH DIBALAS DENGAN PEMBERIAN PENGHARGAAN. ITULAH AKHLAK SEORANG PRESIDEN JOKOWI".

Unggahan tersebut mendapat banyak respons dari warga Facebook, yakni 10 like dan 23 komentar. Wawan Darmawan mengunggah foto tersebut ke grup Facebook, Indonesia Bersuara pada 6 September 2020.

Lalu, benarkah Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi?

 

 

Penelusuran Fakta

Pegiat Cek Fakta Liputan6.com.
Pegiat Cek Fakta Liputan6.com.

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran unggahan Wawan Darmawan dengan memasukkan foto tersebut ke mesin pencari, Google Image. Hasilnya, tim menemukan sesuatu yang menarik.

 

Hasil penelusuran google image
Hasil penelusuran google image

Foto itu milik Antarafoto.com yang dijepret oleh Wahyu Putro A, pada 15 Agustus 2019 di Istana Negara Jakarta. Namun, di dalam foto, orang yang mendapat penghargaan dari Jokowi bukanlah Ridwan Saidi.

Orang yang terlihat berjabat tangan dengan Jokowi adalah Harifin Andi Tumpa, Ketua Mahkamah Agung periode 2009-2012. Harifin Andi Tumpa mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Utama.

 

Hasil tangkapan layar antarafoto.com.
Hasil tangkapan layar antarafoto.com.

Melalui penelusuran lebih lanjut, seperti dikutip dari Turnbackhoax.id, penghargaan yang pernah diraih oleh Ridwan Saidi kisaran tahun 1971 hingga terakhir 2008. Berikut beberapa penghargaan kepada Ridwan Saidi yang dilansir dari merdeka.com:

Karya Penerbitan Ridwan Saidi:

Golkar Pascapemilu 1992, 1993

Anak Betawi Diburu Intel Yahudi, 1996

Profil Orang Betawi: Asal muasal, kebudayaan, dan adat istiadatnya, 1997

Status Piagam Jakarta: Tinjauan hukum dan sejarah, 2007

Fakta dan Data Yahudi di Indonesia, 2008

Kegiatan Lain:

White House Conference on Youth, Colorado, Amerika Serikat, 1971

Australia-Indonesia Dialogue, Canberra, Australia, 1981

International Parliament Union Conference, Manila, Filipina, 1982

ASEAN Parliament Conference, Singapura, 1983

Muktamar Rakyat Islam se-Dunia, Irak, 1993

Babylonian Cultural Festival, Irak, 1994 […]

 

Kesimpulan

Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)
Altered dan Missing Context (Liputan6.com/Abdillah)

Foto yang menyebut Jokowi memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi merupakan hasil suntingan. Aslinya, orang yang menerima penghargaan dari Jokowi adalah Harifin Andi Tumpa, Ketua Mahkamah Agung periode 2009-2012.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen UEFA Nations League: Spanyol Melesat ke Puncak

Posted: 06 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta UEFA Nations League 2020/2021 terus berlanjut ke laga kedua.Timnas Spanyol langsung melesat ke puncak klasemen League A grup usai kalahkan Ukraina 4-0.

Pertandingan UEFA Nations League putaran kedua memang menjadi milik Spanyol. Empat gol berhasil disarangkan Tim Matador, termasuk sebiji gol dari wonderkid Barcelona Ansu Fati.

Sedangkan Timnas Jerman meraih hasil minor. Melawan Swiss, Jerman hanya mampu imbang 1-1. Ini membuat mereka tertahan di posisi tiga klasemen dengan 2 poin.

Sementara itu di League B, hasil sempurna diraih Rusia yang menang 3-2 atas Hungaria di League B grup 3. Ini membuat Rusia sejauh ini paling mulus di UEFA Nations League dengan torehan 6 poin berkat dua kemenangan.

Berikut klasemen sementara UEFA Nations League khusus League A:

Grup 1

Pemain Spanyol, Ansu Fati, mencetak gol ke gawang Ukraina pada laga UEFA Nations League Estadio Alfredo Di Stefano, Senin (7/9/2020). Spanyol menang 4-0 atas Ukraina. (AP Photo/Bernat Armangue)
Pemain Spanyol, Ansu Fati, mencetak gol ke gawang Ukraina pada laga UEFA Nations League Estadio Alfredo Di Stefano, Senin (7/9/2020). Spanyol menang 4-0 atas Ukraina. (AP Photo/Bernat Armangue)

Grup 2

Grup 3

Grup 4

Saksikan Video UEFA Nations League Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pesawat Ruang Angkasa Buatan Tiongkok Curi Perhatian

Posted: 06 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang pihak Tiongkok yang meluncurkan pesawat ruang angkasa eksperimental yang dapat dipakai berkali-kali, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (6/9/2020).

Selain berita di atas, pembaca juga tertarik mengikuti kabar tentang LG yang akan luncurkan smartphone dengan empat kamera dan peluncuran laptop gaming milik Honor.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Tiongkok Uji Coba Pesawat Ruang Angkasa untuk Pemakaian Berulang Kali

Kompetisi di industri pesawat ruang angkasa kian memanas. Jika sebelumnya SpaceX meluncurkan 60 Satelit internet Starlink dengan tujuan menghadirkan internet berkecepatan 100Mbps, kini giliran Tiongkok unjuk gigi.

Pada Jumat (4/9/2020), Tiongkok melakukan peluncuran pesawat ruang angkasa eksperimental untuk pemakaian berulang kali (reusable).

Laporan dari media pemerintah Tiongkok, Xinhua, mengatakan peluncuran itu berlangsung sukses dan roket Long March 2F mengirim pesawat ruang angkasa ke orbit dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi.

Baca selengkapnya di sini

 

2. LG K52 Bakal Hadir dengan Empat Kamera

LG akan kembali merilis anggota baru seri K. Perusahaan dilaporkan akan menghadirkan K52, setelah mengumumkan K31 pada bulan lalu.

Dilansir dari GSM Arena, Senin (7/9/2020), bocoran tentang smartphone tersebut telah beredar, dan diungkapkan oleh Evan Blass.

Berdasarkan foto yang ada, LG K52 akan memiliki punch hole di layar, dan empat kamera belakang.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Gaming Laptop Honor Hunter Meluncur 16 September

Honor pada Sabtu (5/9/2020) mengumumkan akan menggelar sebuah acara di Tiongkok pada 16 September.

Bintang utama dari acara tersebut dilaporkan sebuah model gaming laptop bernama Honor Hunter.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (6/9/2020), informasi tentang Honor Hunter sendiri sudah beberapa kali muncul. Sayangnya, pihak Honor tidak mengungkapkan bocoran keunggulan laptop tersebut.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Dukung Karya Baru Baby Shima, Tanda-Tanda Dekat Lagi?

Posted: 06 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Sule dengan penyanyi asal Malaysia, Baby Shima, sempat mengundang sorotan publik. Namun, isu seputar hubungan mereka berdua pada akhirnya tak terdengar kembali.

Sule dan Baby Shima mulai dekat sejak keduanya berkolaborasi untuk lagu "Jarak dan Waktu". Setelah lenyap beberapa lama, kini kabar kedekatan mereka kembali terdengar.

Beberapa waktu lalu, Sule memamerkan unggahan di Instagram Stories berisi cuplikan video klip lagu "Siapa Sih Kamu" milik Baby Shima yang baru saja diluncurkan.

Tanggapan Baby Shima

Penyanyi asal Malaysia, Baby Shima saat mengujungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)
Penyanyi asal Malaysia, Baby Shima saat mengujungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Menyadari bahwa Sule mengunggah videonya sambil me-mention akunnya, Baby Shima pun mengunggah ulang video tersebut dengan kalimat singkat namun terkesan manis.

Ungkapan Terima Kasih

Penyanyi asal Malaysia, Baby Shima saat mengujungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)
Penyanyi asal Malaysia, Baby Shima saat mengujungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

"Makasih Aa (dengan emoticon mata bertanda hati), eh silap makasih Kang," tulis Baby Shima dalam postingan ulang tersebut.

 

Menimbulkan Pertanyaan

Saling berbalas unggahan di Intagram Stories ini menjadikan sejumlah penggemar bertanya-tanya perihal keduanya masih dekat atau sekadar bentuk dukungan biasa.

 

Karya Baby Shima

Baby Shima baru saja merilis lagu barunya, "Siapa Sih Kamu" yang iramanya terbilang energik. Liriknya bercerita soal keteguhan seorang wanita muda yang mempertahankan cinta demi kekasihnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Pemilu Ditunda, Warga Hong Kong Kembali Bentrok dengan Polisi

Posted: 06 Sep 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Pihak kepolisian Hong Kong menggunakan semprotan merica ke arah kerumunan yang memprotes keputusan pemerintah untuk menunda pemilihan legislatif di wilayah tersebut.

Hampir 300 orang ditangkap pada demonstrasi tidak resmi yang digelar pada Minggu, 6 September 2020.

Mengutip laman BBC, Senin (7/9/2020), pemilu telah dijadwalkan pada 6 September, tetapi pemerintah menundanya satu tahun dengan mengatakan keputusan tersebut diperlukan di tengah meningkatnya infeksi virus corona baru.

Pihak oposisi menuduh pemerintah menggunakan pandemi sebagai dalih untuk menghentikan orang memilih.

Ribuan orang turun ke jalan di Hong Kong untuk memperingati hari pemilihan umum yang akan diadakan.

Sambil meneriakkan kata-kata seperti "Kembalikan hak saya untuk memilih!", sekelompok pengunjuk rasa berjalan tidak jauh sebelum mereka dihadapkan oleh polisi anti huru hara bersenjata lengkap.

 

Dianggap Renggut Hak Memilih

Ilustrasi bendera Hong Kong, China (Via: pinterest.com)
Ilustrasi bendera Hong Kong, China (Via: pinterest.com)

Aktivis oposisi berharap mendapatkan suara mayoritas di Dewan Legislatif (LegCo), memanfaatkan kemarahan atas pemberlakuan undang-undang keamanan nasional yang kontroversial di Hong Kong oleh Beijing, dan kekhawatiran bahwa kebebasan wilayah itu sedang terkikis.

"Saya ingin hak saya untuk memilih! Malu [pada pemerintah] karena menunda pemilihan!" ujar Leung Kwok-hung, salah satu dari mereka yang ditahan pada hari Minggu, seperti dikutip oleh situs web South China Morning Post.

Sebelumnya, seorang aktivis oposisi terkenal, Tam Tak-chi, telah ditahan dan dituduh membuat pidato yang dapat memicu kebencian dan penghinaan terhadap pemerintah.

Dia ditahan oleh polisi yang bekerja untuk menegakkan hukum keamanan nasional baru yang ketat di wilayah China, yang diberlakukan oleh Beijing pada bulan Juni dan mengkriminalisasi berbagai bentuk ekspresi politik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan CPNS 2021 Bakal Dibuka, Khusus untuk Tenaga Honorer?

Posted: 06 Sep 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan kembali membuka perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun formasi 2021. Seleksi tersebut kembali memberi peluang kepada tenaga honorer untuk diangkat menjadi PNS.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, seluruh tenaga honorer punya kesempatan yang sama untuk diangkat menjadi CPNS di tahun mendatang.

"Ya kalau CPNS ini terbuka untuk siapa saja. Kalau tidak ada aturan khusus tentang honorer, maka mereka juga akan disamakan dengan yang dari umum," kata Paryono kepada Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

Kendati begitu, ia belum bisa mengumumkan kapan seleksi CPNS 2021 akan dibuka. Begitu juga dengan jumlah dan perkiraan formasinya, dia tidak bisa mengungkapkan lebih lanjut.

"Ini saya belum tahu. Kami belum punya informasi ini," ujar dia singkat.

Secara proses, Paryono mengungkapkan, pelaksanaan tes CPNS 2021 kurang lebih hampir sama seperti seleksi-seleksi di tahun formasi sebelumnya. Adapun dalam penerimaan CPNS sebelumnya, peserta harus melalui tahapan seperti pendaftaran, tes SKD yang digelar oleh BKN, hingga SKB yang dilaksanakan di masing-masing instansi dituju.

"Kalau memang mau dibuka sebenarnya prosesnya juga tidak jauh berbeda. Mungkin yang berbeda adalah prioritas formasi yang akan dibuka atau dibutuhkan. Tapi saya belum bisa ngasih informasi apa saja formasi tersebut," tutur Paryono.

Tenaga Honorer Bisa Diangkat PNS di 2021, Simak Syaratnya

Seorang guru honorer menunjukan kartu peserta ujian CPNS saat melakukan unjuk rasa di Jl.Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2015). Ribuan guru honorer menuntut perubahan status guru honorer K2 menjadi PNS. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Seorang guru honorer menunjukan kartu peserta ujian CPNS saat melakukan unjuk rasa di Jl.Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2015). Ribuan guru honorer menuntut perubahan status guru honorer K2 menjadi PNS. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Pemerintah berencana kembali membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun depan. Rencananya, juga akan dibuka peluang tenaga honorer untuk diangkat menjadi PNS.

Untuk itu, Sekretaris Jenderal Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji menyebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi tenaga honorer yang ingin mendaftar CPNS. Diantaranya, minimum pendidikan dan

Adapun syarat yang dimaksud, pendidikan minimal untuk guru adalah S1, dengan usia maksimal 35 tahun. "Kalau guru harus S1, kalau bidan/perawat minimal D3," terang Dwi kepada Liputan6.com, Sabtu (5/9/2020).

Lebih lanjut, mengutip dari laman Setkab.go.id, berikut syarat lain yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Dalam aturan itu dijelaskan, setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PPPK untuk Jabatan Fungsional (JF) dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

- Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

- Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

- Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar, dan

- Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). 

Kabar Gembira, Tenaga Honorer Bakal Diangkat jadi PNS di 2021

Massa FCKK Jawa Timur menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, Senin (11/3). Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan NIP serta SK PNS kepada 1.357 tenaga honorer K2 yang telah lulus ujian CPNS jalur K2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Massa FCKK Jawa Timur menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, Senin (11/3). Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan NIP serta SK PNS kepada 1.357 tenaga honorer K2 yang telah lulus ujian CPNS jalur K2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membeberkan adanya peluang bagi tenaga honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2021.

Sekretaris Jenderal Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji membenarkan hal tersebut. "Ada rencana pengangkatan guru. Guru honorer yang memenuhi syarat bisa ikut mendaftar dan mengikuti seleksi," ujar dia kepada Liputan6.com, Sabtu (5/9/2020).

Adapun syarat yang dimaksud, pendidikan minimal untuk guru honorer adalah S1, dengan usia maksimal 35 tahun. "Kalau guru harus S1, kalau bidan/perawat minimal D3," terang Dwi.

Sementara itu, Dwi masih belum mengetahui persis berapa kuota yang akan mengisi formasi PNS 2021.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan sejauh ini formasi untuk penerimaan CPNS 2021 masih terbatas.

Namun formasi yang dibuka nanti sangat dibutuhkan hingga ke tingkat desa. Seperti guru, bidan, perawat, dokter, penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh pekerjaan umum.

Menurut Tjahjo untuk guru formasi yang dibutuhkan sekitar 1 juta, sementara penyuluh di bidang kesehatan sekitar 200 ribu CPNS. "Satu desa, kecamatan itu harus ada ASN yang menjadi penyuluh, ada yang kesehatan menyangkut skala prioritas dan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM," ujar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan untuk tahun ini pemerintah akan menyelesaikan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) yang terhambat lantaran pandemi Covid-19. 

Banyak Guru Pensiun Disebut Jadi Alasan Pemerintah Angkat Honorer Jadi PNS

Massa FCKK Jawa Timur menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, Senin (11/3). Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan NIP serta SK PNS kepada 1.357 tenaga honorer K2 yang telah lulus ujian CPNS jalur K2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Massa FCKK Jawa Timur menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, Senin (11/3). Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan NIP serta SK PNS kepada 1.357 tenaga honorer K2 yang telah lulus ujian CPNS jalur K2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Wakil Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim menilai keputusan pemerintah membuka lowongan bagi tenaga honorer untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah hal yang tepat. Sebab, jumlah guru yang akan pensiun di tahun 2020-2024 akan mencapai 316.535 orang.

"Membuka ini wajar karena lima tahun ke depan angka pensiun guru tinggi. Di tahun 2024 itu yang pensiun puncak-puncaknya, yaitu 88.296 guru. Jadi memang wajar, sudah seharusnya buka untuk PNS," ujar Satriwan saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (6/9/2020).

Kendati, dirinya mengingatkan bahwa pemerintah masih punya pekerjaan rumah dalam mengangkat tenaga honorer PPPK yang sudah lolos seleksi tahun lalu, tapi belum kunjung mendapat NIP. Para PPPK ini yang harus diprioritaskan.

Menurut Satriwan, lowongan tahun depan akan ditujukan untuk honorer secara umum, bukan untuk honorer PPPK, karena batas usia pendaftarnya hanya sampai 35 tahun.

"Kalau PPPK, kan, syaratnya 1 tahun sebelum pensiun, artinya umur 40 hingga 50 tahun masih bisa berkesempatan jadi PNS. Nah, PPPK itu yang terombang-ambing itu, mereka usianya 50 tahun, sudah mengabdi belasan tahun," ujar dia.

"Jadi, nanti tuntaskan dulu pengangkatan tenaga honorer PPPK," katanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Varian Indomie Rasa Boba

Posted: 06 Sep 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang varian Indomie rasa boba beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Koko Buncit pada 2 April 2020 lalu.

Akun Facebook Koko Buncit mengunggah gambar Indomie varian mi goreng rasa boba milk tea. Akun Facebook Koko Buncit kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya tersebut.

"Indomie Rasa Boba Milk Tea πŸ˜‚πŸ˜‚

Ngga sabar diriku untuk menunggu launching dan coba rasanya kira" bagaimana yahh' condong ke manis kah' asin kah atau pedes kah πŸ˜… ini penistaan yang akan launching bulan ini !.

Credit: @axtonsalimYOUTUBE: Koko Buncit#kulinersby #kokobuncit #kulinerviral #kulinerjakarta#kulinermalang #kuliner #kulinersby #kulinersurabaya #kulinernusantara #indomie #boba," tulis akun Facebook Koko Buncit.

Konten yang disebarkan akun Facebook Koko Buncit telah 22 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Reverse Image
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto dengan Google Reverse Image

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang varian Indomie rasa boba. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah mengenai Indomie goreng rasa boba tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Hoax Indomie Rasa Nyeleneh, Rasa Boba hingga Rasa Saksang Babi" yang dimuat situs food.detik.com pada 27 Juli 2020 lalu.

Jakarta - Penggemar mie instan sempat dihebohkan dengan hadirnya berbagai rasa mie instan yang nyeleneh. Mulai rasa boba, rasa klepon hingga saksang babi. Semua rasa mie instan ini ternyata hoax.Mie instan varian kuah maupun goreng punya banyak penggemar. Tak heran kalau sedikit isu tentang mie instan langsung membuat geger media sosial. Apalagi soal varian rasa terbaru mie instan yang dianggap nyeleneh, kabarnya langsung menyebar luas.

April 2020 misalnya, ada isu mie instan rasa boba yang sempat bikin netizen geger. Saat itu tren minuman boba sedang ramai di kalangan foodies. Tapi tak lama setelah kabar ini viral, ternyata mie instan rasa boba hanyalah hoax alias berita palsu.

Tak hanya boba, ada juga mie instan rasa klepon dan yang terbaru yakni rasa saksang babi. Semua kabar ini sudah dikonfirmasi sebagai berita palsu.

Minuman dan dessert serba boba sempat menjadi tren di awal tahun 2020. Hampir semua minuman diberi tambahan boba, bisnis minuman boba pun menjamur dengan luas. Belum lagi aneka dessert manis yang juga diberi tambahan boba sebagai topping.

Saking menggilanya peminat boba, pernah ada kabar yang mengatakan akan ada mie instan rasa boba. Uniknya lagi, kabar ini disampaikan oleh Axton Salim, penerus ketiga bisnis Indofood. Lewat instagramnya, Axton mengunggah foto kemasan Indomie dengan tulisan 'Indomie Goreng Boba.'

Unggahan tanggal 1 April 2020 ini langsung membuat netizen kaget. Setelah dikonfirmasi, ternyata Indomie Goreng Rasa Boba ini hanyalah keisengan Axton tepat di April Mop. Banyak netizen yang tertipu lantas mengungkapkan kekesalannya lewat kolom komentar.

Liputan6.com juga mencari Indomie goreng rasa boba di situs indomie.com. Namun dalam situs tersebut tidak ada Indomie goreng rasa boba.

 

Kesimpulan

Kabar tentang varian Indomie rasa boba ternyata tidak benar alias hoaks. Hingga kini, tidak ada indomie varian mi goreng rasa boba.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pemotretan Terbaru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG

Posted: 06 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak menikah pada 17 Oktober 2014, pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina terus menjadi sorotan. Keduanya pun selalu menampilkan aktivitas mereka sehari-hari melalui akun Instagramnya dan YouTube.

Setelah beberapa waktu lalu mengunggah pemotretan outdoor di taman depan rumahnya, kali ini orang tua Rafathar Malik Ahmad ini melakukan pemotretan di dalam rumah. Oleh fotografer ternama Tanah Air, yakni Rio Motret, bagian ruang tamu kediaman mereka diubah bak studio indoor.

Hasil pemotretan yang dilakukan oleh Raffi Ahmad dan Nagita pun sukses mencuri perhatian warganet. Hal ini lantaran pasangan yang kini sudah menikah selama 6 tahun ini tampil bak ABG.

Kira-kira seperti apakah hasil pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

1. Dalam pemotretan kali ini, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berdandan bak ABG.

Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: Instagram/riomotret)
Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: Instagram/riomotret)

2. Raffi nampak mengenakan kemeja oversize yang dipadukan dengan celana pendek serta mini pouch, sedangkan Nagita menggunakan kemeja dipadukan dengan rok yang menampilkan kakinya.

Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: Instagram/riomotret)
Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: Instagram/riomotret)

3. Meski demikian, pasangan yang menikah pada 17 Oktober 2014 ini tetap tampil menawan.

Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: Instagram/riomotret)
Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: Instagram/riomotret)

4. Pemotretan ini dilakukan di kediaman keduanya di kawasan Green Andara, Depok, Jawa Barat.

Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: YouTube/Rio Motret)
Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: YouTube/Rio Motret)

5. Biasa melakukan pemotretan, orang tua dari Rafathar ini pun nampak piawai dalam bergaya.

Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: YouTube/Rio Motret)
Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: YouTube/Rio Motret)

6. Pemotretan kali ini diabadikan oleh fotografer ternama Tanah Air, yakni Rio Motret.

Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: YouTube/Rio Motret)
Foto Pemotretan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Gayanya Bak Masih ABG. (Sumber: YouTube/Rio Motret)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Jawa Nur Alam kepada Wali Kota Surabaya Risma

Posted: 06 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Jawa Nur Alam (13), sang primavista biola asal Surabaya ini sudah memantabkan diri supaya kelak menjadi seorang seniman musik yang terkenal dan profesional. 

"Cita-cita saya ingin menjadi musisi yang terkenal seperti Addie MS dan saya sudah pernah komunikasi dengan Addie MS lewat media sosial Instagram," ujar Jawa kepada Liputan6.com, ditulis Senin (7/9/2020).

Jawa Nur Alam ternyata juga mempunyai sebuah harapan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengenai tempat latihan biola di Balai Pemuda. 

"Saya berharap ada tempat latihan khusus untuk bermusik, tempat yang nyaman dan biar tidak bingung karena tempat latihannya berpindah-pindah," ucap Jawa. 

Jawa Nur Alam mengisahkan, misalkan minggu pertama latihan biola di belakang musala Balai Pemuda Surabaya, tetapi pada minggu kedua tempat latihannya pindah lagi. 

"Makanya saya minta dispensasi untuk dibuatkan tempat yang layak buat latihan dan juga supaya jadwal latihannya pasti karena selama ini sering berubah-ubah," ujar Jawa. 

Kisah Jawa Nur Alam yang Jatuh Cinta dengan Biola di Balai Pemuda Surabaya

Jawa Nur Alam (13), gadis yang piawai memainkan alat musik biola yang videonya sempat ramai di media sosial. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jawa Nur Alam (13), gadis yang piawai memainkan alat musik biola yang videonya sempat ramai di media sosial. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Jawa Nur Alam atau yang mempunyai artinya Jawa Sinarnya Alam, putri ketiga dari pasangan Sugeng Mulyono (56) dan Sutini (51) warga Kalijudan Mulia Surabaya, saat ini usianya menginjak umur 13 tahun.

Berkat kepiawaian memainkan musik Keroncong, Jawa diterima masuk SMPN 1 Surabaya, lewat jalur prestasi. Jawa kini duduk di bangku kelas VII di sekolah komplek favorit di Surabaya tersebut.

Selain musik Kerocong, putri seniman perupa lokal Surabaya ini kini juga tertarik memainkan biola. Kisah Jawa jatuh cinta pada pandangan pertama dengan alat musik biola tersebut, saat dia diajak oleh sang ayah yang sedang menggelar pameran senirupa di Balai Pemuda Surabaya.

"Awalnya saat saya kelas dua SD diajak ayah ke pameran dan ada yang bermain biola dan saya ingin bermain biola hingga sampai sekarang saya bermain biola," ujar Jawa kepada liputan6.com di warung Rujak Cingur milik sang ibu, ditulis Minggu, 6 September 2020.

Dengan logat polosnya, Jawa menceritakan, dirinya sejak kecil tidak tahu apa itu alat musik biola. Namun, ketika pertama kali diperkenalkan sama pemain biola yang hadir di pameran sang ayah, Jawa pun akhirnya tahu kalau alat musik itu bernama biola.

"Dari situ saya tahu itu namanya biola. Bagaimana cara bermainnya dan cara berlatih biola dengan benar," ucap Jawa.

Jawa juga mengaku, dia tertarik dengan biola bukan hanya karena bentuk alat musik itu lucu melainkan dia terpengaruh dengan suara musik yang keluar dari gesekan biola.

"Menurut saya biola itu adalah musik yang langkah dan saya kalau bisa memainkan biola, saya merasa senang sekali," ujar Jawa.

"Alat musik biola itu langkah karena yang suka bermain biola itu sedikit dan musiknya kurang populer dari pada alat musik yang lain," ujar Jawa.

Jawa yang saat ini sudah mulai beranjak remaja ini menyampaikan, dia biasanya sering latihan biola lagu klasik dan membaca not balok. "Favorit musik saya adalah musik klasik seperti musik Mozart dan Beethoven," ucapnya.

Jawa setiap harinya tidak henti-henti berlatih biola, minimal dalam sehari dia menghabiskan waktu dua jam untuk berlatih biola di rumahnya dan dibimbing oleh sang guru.

"Dasar latihan biola biasanya doremi. Dulu sebelum ada corona, sering diundang main biola di acara pernikahan, di dalam gedung dan acara sponsor-sponsor begitu," ujar Jawa. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Marvel Michael Rooker Kena Corona Covid-19, Ogah Minum Obat dan Vitamin Tambahan

Posted: 06 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Aktor Michael Rooker rupanya berjuang melawan Corona Covid-19 yang bersarang di tubuhnya selama beberapa waktu terakhir. Pengalaman ini dituangkan pemeran Yondu Guardians of the Galaxy dalam sebuah unggahan yang ia bagikan di Facebook dan Instagram miliknya, Sabtu (5/9/2020).

"Yo, untuk semua penggemar Rooker...Kalau kalian belum memahami mengapa aku mengisolasi diri di masa Airstream-ku yang luar biasa hebat...biar kubantu kalian dengan mengatakan, aku berjuang melawan Covid-19," tulis Michael Rooker.

Tak hanya itu, Michael Rooker juga mengunggah sebuah dokumen yang menunjukkan tes Corona dirinya dengan hasil negatif.

Tak Mudah

Michael Rooker (Instagram/ michael_rooker)
Michael Rooker (Instagram/ michael_rooker)

Aktor berusia 65 tahun ini mengatakan pertempurannya melawan Corona terbilang tak mudah.

"Dan Di tengah perang hebat ini....Aku mencapai kesimpulan bahwa tak terlalu banyak yang bisa dilakukan dari luar, untuk melawan Covid-19 sekalinya sudah masuk dalam tubuh/sistem imunitas," tuturnya.

Ia menambahkan, "Ini opiniku pribadi, dan tentu saja bukan kesimpulan dan penelitian ilmiah."

Ogah Minum Obat dan Vitamin

Michael Rooker (Instagram/ michael_rooker)
Michael Rooker (Instagram/ michael_rooker)

Michael Rooker juga menyatakan bahwa selama sakit ia tidak meminum suplemen, vitamin, atau obat tambahan.

"Aku merasa kalau sistem imunitasku tidak siap untuk pertempuran ini, bila ditambah dengan semua hal ekstra ini hanya akan membahayakanku karena ginjal dan liverku bisa sangat stres," ia memberi alasan.

 

Memantau Kondisi

Michael Rooker sebagai Yondu di Gardians of the Galaxy. (Instagram/ michael_rooker)
Michael Rooker sebagai Yondu di Gardians of the Galaxy. (Instagram/ michael_rooker)

Bintang Walking Dead ini juga memantau kondisi tubuhnya dari hari ke hari.

"Aku bisa merasakan dan melihat hasil dari perjuangan harian ini, dengan bagaimana perasaan dan penampilanku keesokan harinya. Antara merasa badan ringsek, atau lumayan enak, sampai jadi setengah manusia," Michael Rooker menyambung.

Menang!

Michael Rooker (Instagram/ michael_rooker)
Michael Rooker (Instagram/ michael_rooker)

Di pengujung unggahan, Michael Rooker mengungkap rasa bahagianya bisa mengalahkan Covid-19.

"Tubuh/sistem imunitasku telah memenangkan PERTEMPURAN! Covid melakukan perlawanan bagus, tapi akhirnya bokongnya disepak! oleh sistem imunitasku,"beri tahu Michael Rooker.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Mendagri-Polri Tegas Terhadap Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Posted: 06 Sep 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menaruh perhatian khusus terhadap potensi munculnya klaster Covid-19 selama Pilkada 2020. Dia pun meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Polri tegas terhadap protokol kesehatan Covid-19.

"Saya minta ini Pak Mendagri urusan yang berkaitan dengan klaster Pilkada ini betul-betul ditegasi betul. Diberikan ketegasan betul," ujar Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Jokowi juga meminta Polri untuk turut mengawasi penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada 2020. Terlebih, penerapan protokol kesehatan selama tahapan pilkada juga diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Polri juga berikan ketegasan mengenai ini. Aturan main di pilkada. Karena jelas di PKPU-nya sudah jelas sekali," ucap dia.

Jokowi juga mengingatkan Mendagri dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk tegas terhadap peserta Pilkada 2020 yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona dan munculnya klaster pilkada.

"Jadi ketegasan, Mendagri dengan Bawaslu biar betul-betul ini diberikan peringatan keras," jelas Jokowi.

 

37 Bakal Calon Positif Covid-19

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan, dari data yang diterima terdapat 37 orang bakal calon peserta Pilkada 2020 yang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan swab test sebagai salah satu syarat pendaftaran.

"Data sementara yang berhasil dihimpun hingga pukul 24.00 dari KPU provinsi, KPU kabupaten kota, yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab test-nya, sebanyak 37 calon, bukan pasangan calon (bapaslon) ya, artinya 37 orang," tutur Ketua KPU Arief Budiman saat jumpa pers, Senin (7/9/2020) dinihari.

Sementara itu, Bawaslu RI menemukan menemukan sebanyak 243 bakal pasangan calon (Bapaslon) melanggar protokol kesehatan saat menjalankan pendaftaran calon kepala daerah.

"Hari pertama kami mendapatkan data ada 141 bakal pasangan calon yang melanggar protokol kesehatan, dan pada hari kedua ada 102, totalnya ada 243 dari data hari pertama dan kedua," ujar anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam konferensi pers, Senin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Usulkan 106.113 Pelaku UMKM Terima Bantuan Presiden Rp 2,4 Juta

Posted: 06 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta mengusulkan ratusan ribu pelaku usaha mikro menerima Bantuan Presiden (Banpres) produktif untuk pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) sebesar Rp 2,4 juta.

Kepala Bidang UKM Dinas PPKUKM, Elisabeth Ratu menyatakan, data pelaku usaha mikro tersebut telah dikirimkan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

"Jumlah yang sudah diusulkan sebanyak 106.113 pelaku usaha dengan rincian pada tahap pertama sebanyak 41.776 orang dan tahap kedua sebanyak 64.337 orang. Untuk tahap ketiga nanti kita usulkan lagi dan pendaftarannya sedang dibuka hingga 12 September 2020," kata Ratu saat dihubungi soal bantuan UMKM, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Dia menjelaskan, tidak semua pelaku usaha yang mendaftar diterima untuk mendapatkan bantuan. Bila diterima oleh Kemenkop UKM sebagai penerima bantuan, berdasarkan syarat yang ada, pelaku usaha di DKI Jakarta akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS dari bank penyalur.

"Nanti dinas juga akan diberikan daftar siapa saja yang memenuhi syarat dan menerima bantuan," ucap Ratu.

 

Daftar Persyaratan

Sementara itu, berikut persyaratan umum yang harus terpenuhi:

1. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2.Memiliki kegiatan usaha mikro yang aktif dan produktif

3.Usaha mikro nasabah perbankan dengan saldo tabungan calon penerima bantuan kurang Rp2 juta

4.Memiliki usaha yang beralamat di DKI Jakarta

5. Bagi yang memiliki usaha di luar Wilayah DKI Jakarta silahkan menghubungi Dinas PPKUKM (Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil & Menengah) di daerah masing-masing

 

Cara Daftar

Tata cara mendaftar di DKI:

- Klik link pendaftaran dari Dinas PPKUKM DKI: bit.ly/Datacalonpenerimabansos.

- Kemudian isikan data di kolom yang tersedia

- Lalu, klik tombol "Kirim".

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan realisasi Bantuan Presiden (Banpres) sebesar Rp 2,4 juta untuk 12 juta pelaku usaha mikro baru 40 persen. Ditargetkan pertengahan September bisa terserap 100 persen.

"Kita baru saja menyalurkan untuk 12 juta usaha mikro yang unbankable masing-masing Rp 2,4 juta, dari total Rp 22 triliun. Kita sudah capai 40 persen, saya kira pertengahan September sudah 100 persen," kata Teten dalam acara Inspirato Sharing Session 'Memulai Usaha di Era Krisis', Rabu (2/9/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Andhika Pratama Momong Anak Kelimanya, Ganti Popok hingga Begadang

Posted: 06 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama kini tengah menikmati perannya kembali mengasuh bayi. Setelah memiliki empat anak, Ussy melahirkan anak kelimanya pada Selasa (1/9/2020) pukul 08.17 WIB.

Wanita kelahiran 1981 itu dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Sakalingga Ibra Pratama. Akhirnya dikaruniai anak laki-laki, kebahagiaan Ussy dan Andhika Pratama tentunya semakin terasa lengkap. 

Aktor asal malang ini juga tak mau kalah dengan sang istri untuk mengurus keperluan anak bungsunya. Lewat channel YouTube Ussy Andhika Official, pasangan yang menikah pada 2012 tersebut membagi tugas.

Andhika begitu terampil saat mengganti popok hingga ikut begadang. Meski bergantian, Ussy mengungkapkan jika suaminya itu akhirnya tertidur juga ketika Saka masih terbangun lagi pukul 02.40 dini hari. 

Tengah jadi suami siaga, berikut ini 6 momen Andhika Pratama momong anak kelimanya yang dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

1. Dikaruniai anak laki-laki pertama di keluarganya, Andhika Pratama begitu antusias mengurus anak bungsunya.

Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

2. Lewat vlog keluarga, aktor berusia 33 tahun itu begitu telaten saat menggendong dan mengasuh baby Saka.

Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

3. Tampak suami Ussy ini membersihkan tubuh Saka dengan hati-hati dan lembut.

Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

4. Bahkan Andhika juga terampil memberikan perhatian dan mengganti popok sang buah hati.

Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

5. Kembali menimang buah hatinya yang baru lahir, momen ini menjadi kebahagiaan tersendiri baginya.

Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

6. Pasangan ini juga sampai begadang menemani baby Saka yang masih terjaga hingga dini hari.

Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)
Momen Andhika Pratama momong baby Saka. (Sumber: YouTube/Ussy Andhika Official)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Juventus, Luis Suarez Jalani Tes Jadi Warga Negara Italia

Posted: 06 Sep 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Luis Suarez menenpuh berbagai cara demi memuluskan kepindahannya ke Juventus. Striker Barcelona itu bahkan kabarnya rela menjadi warga negara Italia demi mewujudkan ambisi tersebut. 

Suarez menjadi salah satu amunisi yang menjadi tumbal kehadiran Ronald Koeman di tubuh Barcelona. Pelatih asal Belanda itu masuk menggantikan posisi Quique Setien yang dipecat beberapa waktu lalu. 

Koeman telah  mempersilahkan Suarez untuk mencari klub baru. Sebab menurut pelatih asal Belanda itu, Luis Suarez tidak masuk dalam skema permainan yang akan diterapkannya di tim Blaugrana.

Kehadiran Koeman juga sebenarnya sempat memperburuk hubungan Barcelona dengan pemain andalannya, Lionel Messi. Namun kepergian La Pulga belakangan masih bisa diredam.

 

Kesepakatan Personal

2. Luis Suarez - Kebersamaan Luis Suarez dengan Barcelona dipastikan berakhir usai Ronald Koeman mempersilakannya untuk mencari klub baru. Pemain asal Uruguay ini bisa menjadi pengganti Higuain di lini serang Juventus. (AFP/Giuseppe Cacace)
2. Luis Suarez - Kebersamaan Luis Suarez dengan Barcelona dipastikan berakhir usai Ronald Koeman mempersilakannya untuk mencari klub baru. Pemain asal Uruguay ini bisa menjadi pengganti Higuain di lini serang Juventus. (AFP/Giuseppe Cacace)

Suarez tidak seberuntung Lionel Messi. Sebab pemain asal Uruguay itu tidak dianggap prioritas. Barcelona hanya tidak mau melepas Suarez dengan cuma-cuma tanpa mendapat untung.

Tidak ingin berlama-lama, Suarez pun kabarnya telah menerima pinangan Juventus. Menurut laporan Polideportivo, pemain berusia 33 tahun itu sudah sepakat dengan tawaran kontrak selama dua tahun senilai 10 juta euro semusim di luar potongan pajak plus berbagai bonus yang ditawarkan. 

 

Paspor Italia

Tidak sampai di situ saja, dalam laporannya, Polideportivo seperti dilansir dari Marca juga tengah berusaha untuk mendapatkan paspor Italia. Suarez ingin menjadi warga negara Italia demi mengurangi kuota pemain asing di Bianconeri sehingga memuluskan jalannya ke kota Turin. 

Dan kabarnya, Suarez akan menjalani tes pada Senin ini. Ujian berlangsung di Barcelona, Spanyol. 

 

Sikap Barcelona

Suarez masih terikat kontrak selama setahun di Barcelona. Kesempatan ini kemudian dimanfaatkan tim asal Catalunya itu untuk mengeruk uang dari rencana kepindahan Luis Suarez ke Juventus. 

Sederet variabel disematkan dalam kontrak transfer Luis Suarez ke Juventus. Salah satunya terkait penerimaan bonus sesuai dengan performa Si Nyonya Tua pada musim ini. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Motor Trail Murah, Pilih SM Sport GY 150 atau Viar Cross X 150?

Posted: 06 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang ingin meminang motor trail dengan harga terjangkau, Anda bisa melirik motor trail Viar Cross X 150 atau SM Sport GY 150. Memang pamornya kalah dengan motor Jepang, tapi banderol yang tak sampai Rp20 juta terbilang menggiurkan. Sebelum membelinya, sebaiknya Anda mengenal keduanya terlebih dahulu.

Desain

Viar Cross X 150 datang lebih dulu ketimbang GY 150. Produk milik Viar Motor Indonesia muncul pada 2015, diluncurkan sebagai pesaing motor dual purpose terlaris saat itu, Kawasaki KLX 150. Menyoal tampang, Cross X 150 tak ubahnya dengan petarung dua alam lain. Tetap mengedepankan usungan kaki-kaki jenjang diikuti ground clearance tinggi - sama seperti penerapan GY 150.

Terdapat perbedaan, di mana GY 150 lebih mengeksploitasi bentuk tangki bensin lantaran minim bodi plastik. Sebaliknya, Cross X 150 justru hampir menutupi tampungan bensin tersebut dengan cover bodi samping lebih besar. Dan, disertai pula desain jok ala motor kompetisi. Diferensiasi juga terdapat di area buritan. Namun, aplikasi bracket pada Cross X 150, jelas punya fungsi lebih baik ketimbang behel kepunyaan GY 150. Namun, motor Viar harus mengakui modernitasnya. Pasalnya, brand asal Malaysia sudah menggunakan lampu jenis LED di lampu rem dan sein. Plus padu padan panel meter analog-digital.

Kaki-kaki

Motor trail GY 150 maupun Cross X 150 punya level kaki-kaki setara. Dua pabrikan sudah memasangkan fork atau suspensi depan dengan spesifikasi up-side down (USD). Begitu pula suspensi belakang, sama-sama monoshock. Lain hal pada ukuran roda. Cross X 150 mendapat kelengkapan ban ukuran 70/100-19 dan 90/100-16. Sementara GY 150 adalah 90/90-19 dan 110/90-17 (depan-belakang). Lantas mengenai pengereman, Viar dan SM Sport menyematkan perangkat cakram di kedua roda. Bedanya, ada item tambahan pada cakram belakang Cross X 150. Bukan sekadar pemanis, melainkan bertujuan melindunginya dari kotoran atau lumpur.

Posisi Berkendara

SM Sport GY 150 (oto.com)
SM Sport GY 150 (oto.com)

Cross X 150 dengan dimensi: 1.980 x 880 x 1.305 mm (P x L x T) jelas lebih bersahabat ketimbang GY 150 (2.110 x 900 x 1.400 mm). Ditambah lagi ukuran roda lebih kecil (ban belakang), tentu cukup membantu bagi pengendara yang tak kepalang tinggi. Sayang tak ada catatan detil dalam hal ketinggian jok dan ground clearance dari Cross X 150. Walau bongsor, bukan berarti GY 150 menjadi cenderung menakutkan buat penunggangnya. Toh, ketinggian jok 870 mm lebih rendah dari trail anyar keluaran Yamaha Indonesia yakni Yamaha WR 155 R (880 mm). Serta ground clearance 250 mm saja. Selisihnya cuma 5 mm dengan WR 155 R (245 mm) dan jauh lebih rendah ketimbang CRF 150 L dengan jarak paling rendah 285 mm. 

Performa

Dilihat dari data spesifikasi, jantung mekanis Viar Cross X 150 bertipe SOHC dengan kubikasi 149 cc. Tenaga yang dikeluarkan 10 Tk di 7.500 rpm. Torsi maksimalnya 9,6 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Jenis jantung mekanik tersebut pun dipakai SM Sport GY 150. Namun, dengan kapasitas serupa, dia mampu membuat output lebih besar, 11 Tk/7.000 rpm dan 12 Nm/5.500 rpm. Beda torehan walau sama-sama dirancang overbore GY 150 dengan bore x stroke: 57,3 x 57,8 mm, sedangkan Cross X 150: 62.0 x 49.5 mm.

 

Simpulan

Bisa dikatakan SM Sport GY 150 lebih baik dalam hal performa. Raihan momen punter besar di putaran mesin lebih rendah ketimbang Cross X 150, pasti memudahkan pengendara kala menerjang tanjakan terjal di lintasan off-road. Namun, pembeli GY 150 mesti mengganti dulu ban bawaan pabrikan dengan karakter yang lebih sesuai medan.

Sebaliknya, pembeli Cross X 150 tak perlu melakukannya karena sudah dipasangi ban pacul oleh pihak pabrikan. Untuk informasi, PT Triangle Motoroindo (Viar) maupun MForce Indonesia (SM Sport) menjual motor tualang ini dengan harga Rp 18 jutaan. Dan harga segitu jauh lebih murah dari trail keluaran Kawasaki, Honda maupun Yamaha yang dilego Rp 30 jutaan.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul Klaster Keluarga, Jokowi: Sampai di Rumah Merasa Aman, Justru Harus Hati-Hati

Posted: 06 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan jajaran komite penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta TNI/Polri agar menjadikan penanganan pandemi Corona di tanah air fokus utama.

Jokowi, mengatakan, ekonomi akan mengikuti apabila permasalahan COVID-19 cepat teratasi.

Apalagi akhir-akhir ini bermunculan klaster-klaster baru, seperti klaster penularan COVID-19 di kantor dan yang terbaru adalah klaster keluarga.

"Kalau penanganan baik, kesehatan baik, ekonomi membaik. Hati-hati yang namanya klaster kantor, keluarga, pilkada, agar ini selalu diingatkan," kata Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna untuk Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi tahun 2021 yang disiarkan langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Senin, 7 September 2020.

Selain itu, lanjut Jokowi, jangan yang selalu dikejar-kejar adalah tempat umum atau tempat publik saja, sehingga lupa dengan klaster keluarga.

"Hati-hati di klaster keluarga. Sampai di rumah merasa aman, justru di situ harus hati-hati. Sampai kantor merasa aman, kita lupa bahwa di dalam kantor pun harus menerapkan protokol kesehatan," kata Jokowi.

 

Perintah untuk Mendagri, Cegah Munculnya Klaster Penularan COVID-19 Saat Pilkada

Pada kesempatan itu Jokowi memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk lebih tegas mengenai klaster pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Yang berkaitan dengan klaster pilkada betul-betul ditegasin betul. Polri beri ketegasan mengenai ini. Ketegasan Mendagri dan Bawaslu agar ini betul-betul diberi peringatan keras," katanya.

 

Perintah Jokowi untuk Menkes Terawan, Desain Perencaan Testing yang Baik dan Benar

Selanjutnya, Jokowi mengingatkan Menteri Kesehatan mengenai testing. Jokowi pun meminta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendesain perencanaan yang baik dan benar.

Menurut Jokowi, jangan sampai ada lagi satu atau dua provinsi yang melakukan testing tinggi sekali, tapi ada provinsi-provinsi yang rendah sekali.

"Desain perencanaan menyangkut laboratorium yang harus ada di provinsi. Berapa reagen yang harus terdistribusi di provinsi. Perencaan itu kita perlukan," kata Jokowi.

"Sehingga kelihatan nanti kasus-kasus positif ini berada di wilayah atau provinsi yang mana," Jokowi melanjutkan.

Jokowi menegaskan bahwa strategi jejaring laboratorium adalah hal yang sangat penting. Bukan cuma berdasarkan wilayah administrasi saja.

"Sekali lagi, desain untuk perencaan harus betul-betul ada dan disiapkan," kata Jokowi.

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Zodiak yang Dikatakan Miliki Sifat Humoris

Posted: 06 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orang yang humoris tentu akan membuatnya disukai banyak orang. Pasalnya dengan memiliki sifat humoris bisa membuat orang disekelilingnya menjadi bahagia dengan tertawa. Rupanya ada beberapa zodiak yang dikatakan memiliki sifat humoris.

Artikel tentang deretan zodiak yang dikatakan humoris dan jago membuat orang lain tertawa menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang sebuah studi yang menunjukkan bahwa orang yang menolak memakai masker dan jaga jarak cenderung adalah orang yang sosiopat.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang cara mencegah penularan Covid-19 lewat ponsel.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Zodiak Ini Humoris dan Jago Membuat Anda Tertawa

ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Juliana Stein from Pexels
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Juliana Stein from Pexels

Menurut Forbes, tertawa mengaktifkan serotonin yang dapat membuat Anda bahagia. Tak heran, berada di sekitar orang yang suka membuat Anda tertawa bisa menjadikan hari ini Anda tak terasa berat.

Ada beberapa zodiak yang amat lihai membuat orang tertawa dengan humor mereka. Zodiak apa saja? Ini dia seperti dilansir dari Elite Daily:

Selengkapnya…

2. Studi Terbaru: Orang yang Menolak Memakai Masker dan Menjaga Jarak Cenderung Sosiopat

Calon penumpang mengenakan masker saat menaiki eskalator di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin (6/4/2020). PT MRT Jakarta tak akan menerima penumpang tanpa menggunakan masker seusai seruan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang mengenakan masker saat menaiki eskalator di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin (6/4/2020). PT MRT Jakarta tak akan menerima penumpang tanpa menggunakan masker seusai seruan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Baru-baru ini, Universitas Negeri Londrina di Brasil melakukan penelitian yang disebut "Kepatuhan terhadap langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 dari waktu ke waktu: Apakah sifat antisosial itu penting" yang menghasilkan beberapa temuan menarik. Untuk penelitian tersebut, sebanyak 1.500 orang dewasa disurvei selama 15 minggu dari 21 Maret hingga 29 Juni 2020.

Penelitian yang mempelajari korelasi antara ciri-ciri kepribadian dengan kepatuhan pada protokol pandemi menemukan bahwa orang yang memiliki ciri-ciri antisosial, cenderung tak mematuhi peraturan. Itu bisa berupa menjaga jarak atau menggunakan masker.

Selengkapnya…

3. Cegah Penularan Covid-19 Lewat Ponsel Anda dengan Cara Ini

Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels
Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels

Studi awal menunjukkan bahwa virus Corona mungkin dapat bertahan di beberapa permukaan termasuk ponsel kesayangan Anda selama sembilan hari atau bahkan lebih lama. Tetapi sejauh ini tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah virus dapat menginfeksi Anda setelahnya.

Saat kasus virus Corona melonjak di seluruh negeri dan planet ini, mengetahui cara mencuci tangan dengan benar serta memakai penutup wajah akan membantu menurunkan risiko Anda.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Perawat Skotlandia Raih Mahkota Miss Hong Kong 2020

Posted: 06 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang model kelahiran Skotlandia bernama Lisa Marie Tse dinobatkan sebagai Miss Hong Kong 2020. Sebelumnya, perempuan kelahiran 1995 tersebut juga meraih kemenangan lain, yakni Miss Photogenic.

Dilansir dari laman Daily Mail, Senin (7/9/2020), terpilihnya Lisa di kontes kecantikan itu dikatakan cukup mengejutkan banyak pihak. Hal ini mengingat sang mantan perawat bedah tersebut kurang fasih berbahasa Kanton.

Kendati demikian, Lisa menyebut momen kemenangan di Miss Hong Kong 2020 sebagai mimpi yang menjadi kenyataan. Ia menyampaikan bahwa ingin memulai karier akting di televisi sejak kemenangan dalam kontes yang sangat kompetitif.

Miss Hong Kong 2020 ini terlahir dari ibunya yang merupakan orang Skotlandia, sementara sang ayah dari Hong Kong. Lisa pun sempat membagikan sederet momen terkait perayaan kemenangannya melalui akun Instagram pribadi.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih. Terima kasih keluarga saya, pendukung, nominator saya dan semuanya di TVB. Beberapa minggu terakhir ini adalah minggu-minggu yang paling sibuk, tetapi luar biasa dalam hidup saya," tulisnya pada akhir Agustus lalu.

Lisa melanjutkan bagaimana ia telah banyak belajar, tumbuh, dan merasakan begitu banyak dukungan yang diberikan. Ia mengakui masih dilingkupi perasaan terkejut atas kemenangan tersebut.

"Hong Kong selalu memiliki tempat khusus di hati saya dan saya tidak sabar untuk mengambil kesempatan ini untuk terus menyebarkan cinta dan kegembiraan," lanjutnya.

Jadi Favorit

Lisa Marie Tse, perawat Skotlandia yang berhasil menyabet gelar Miss Hong Kong 2020. (dok. Instagram @lisamarie_tse/https://www.instagram.com/p/CEi2bI6gmAE/?hl=en)
Lisa Marie Tse, perawat Skotlandia yang berhasil menyabet gelar Miss Hong Kong 2020. (dok. Instagram @lisamarie_tse/https://www.instagram.com/p/CEi2bI6gmAE/?hl=en)

Meski kurang fasih berbahasa Kanton, Lisa menjadi favorit penggemar untuk memenangkan mahkota. Ia pun mencuri atensi ketika membawakan lagu China bertajuk Shanghai Tang.

Lisa lulus dari Edinburgh Napier University sebelum akhirnya bekerja sebagai perawat di rumah sakit Skotlandia. "Saat saya berusia 17 tahun, ayah saya mendorong saya untuk datang ke Hong Kong dan mengikuti kontes Miss Hong Kong, tetapi saya tidak tertarik pada saat itu, karena saya memiliki begitu banyak teman di Skotlandia," katanya.

Ia menjadi satu-satunya finalis luar negeri yang masuk 10 besar. Lisa menyebut ingin mengembangkan kariernya di Hong Kong dan ibunya juga akan ikut pindah bersamanya.

Sementara itu, runner-up Miss Hong Kong diraih oleh Rosita Kwok Pak-yin. Kemudian, gelar Miss Friendship dinobatkan kepada Maisie Kwong Mei-suen.

 

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Pakai Avatar Facebook untuk Chatting di WhatsApp

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Avatar Facebook kini sudah dapat dipakai oleh lebih banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kehadiran avatar ini menarik sebab memungkinkan pengguna mengekspresikan dirinya dalam tampilan animasi.

Lewat avatar ini, pengguna Facebook dapat merespons unggahan teman atau kerabat, termasuk menjadikannya Profile Picture.

Cara membuat Avatar Facebook ini pun sempat kami bahas di artikel sebelumnya. Namun pada artikel ini, Tekno Liputan6.com akan membahas cara memanfaatkan Avatar Facebook ke platform lain, khususnya WhatsApp.

Jadi, kamu dapat menggunakan Avatar ini tidak hanya di platform Facebook saja. Lantas, seperti apa cara untuk memanfaatkan Avatar di WhatsApp? Cek langkah mudahnya berikut ini.

  1. Buka aplikasi Facebook dan pilih ikon tiga garis yang ada di pojok akan untuk mengakses menu profilmu.
  2. Lalu, klik Avatars untuk membuka avatar yang sudah kamu buat sebelumnya.
  3. Setelahnya, klik ikon Stickers yang ada di pojok kanan atas.
  4. Pilih sticker yang akan kamu gunakan dalam percakapan, klik dan pilih More Options..., lalu kirimkan ke percakapan di WhatsApp.
  5. Namun untuk memakai sticker lain, kamu perlu mengaksesnya kembali mengikuti langkah pertama.
  6. Untuk itu, saran kami, kamu dapat menyimpan terlebih dulu seluruh sticker Avatar Facebook di perangkatmu agar dapat lebih mudah mengaksesnya.

Terakhir, kamu juga dapat menjadikan Avatar Facebooksebaagi Profile Picture WhatsApp. Caranya, kamu tinggal pilih sticker yang diinginkan dari aplikasi WhatsApp, klik tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Set as My Profile Picture.

Facebook Perluas Kehadiran Fitur Avatar untuk Pengguna

Cara bikin Avatar Facebook (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Cara bikin Avatar Facebook (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beberapa bulan lalu, Facebook baru saja mengumumkan telah menggulirkan fitur avatar untuk pengguna di Amerika Serikat. Fitur ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan secara global tahun lalu.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna Facebook untuk membuat tampilan virtual dirinya. Dikutip dari The Verge, Kamis (14/5/2020), avatar ini nantinya dapat digunakan di kolom komentar, stories, maupun Messenger.

"Banyak interaksi sekarang ini dilakukan secara online. Karenanya, penting untuk mengekpresikan dirimu secara personal di Facebook," tutur Head of Facebook App Fidji Simo dalam unggahan di akunnya.

Hadir Sejak 2019

Facebook Luncurkan Avatar
Facebook Luncurkan Avatar

Fitur Avatar sendiri pertama kali memulai debutnya di Australia pada pertengahan tahun lalu. Lalu, fitur ini mulai digulirkan secara bertahap ke negara lain seperti Kanada dan beberapa negara di Eropa.

Untuk membuatnya, pengguna yang dapat langsung mengakses tombol wajah tersenyum di kolom komentar Facebook atau Messenger, lalu pilih stiker.

Raksasa mediai sosial ini menyebut tidak menggunakan foto selfie atau foto profil pengguna dalam tahap awal pembuatan avatar, sehingga pengguna harus membuat avatarnya benar-benar dari awal.

Oleh sebab itu, Facebook menyediakan banyak pilihan kategori bagi pengguna saat membuat avatarnya, mulai dari  warna kulit dan gaya rambut yang beragam, hingga aksesoris tambahan seperti hijab. 

Perusahaan mengatakan ingin membuat avatar ini lebih realistis, sehingga dapat benar-benar menjadi perwujudan pengguna, alih-alih sekadar tampilan yang imut atau lucu.2 dari 3 halaman

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Ungkap Tes PCR Bisa Hasilkan Positif COVID-19 Palsu

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain rapid test, tes Polymerase Chain Reaction (PCR) perlu dilakukan untuk menguji apakah seseorang benar-benar terinfeksi COVID-19 atau tidak. Namun sebuah studi terbaru yang dilakukan ilmuwan Inggris menemukan, tes PCR bisa menujukkan adanya hasil positif palsu.

Studi yang dilakukan oleh anggota Center for Evidence-based Medicine (CEBM) Universitas Oxford dan Universitas Inggris Barat ini mengamati 25 studi tentang uji polymerase chain reaction (PCR) - tes yang sangat sensitif yang banyak digunakan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki virus di sistem mereka.

Tes tersebut memberikan hasil positif atau negatif, yang menurut para ilmuwan sama dengan hasil seseorang terkena virus yaitu konfirmasi berarti positif dan tidak terkonfirmasi berarti negatif. 

Tetapi mereka menemukan, tes tersebut ternyata tidak terdeteksi dalam jangka waktu yang lebih lama. Ini berarti seseorang yang dites positif mungkin memiliki virus di sistem mereka, tetapi belum tentu menularkannya.

Materi genetik lain yang terdeteksi mungkin juga merupakan fragmen dari virus mati - yang telah ditangani oleh sistem kekebalan tubuh.

Salah satu penulis penelitian, Profesor Carl Heneghan dari CEBM, mengatakan kepada majalah The Spectator bahwa ada masalah dengan cara pemeriksaan virus. Hal ini juga yang kemungkinan menjadi latar belakang mengapa jumlah kasus di Inggris meningkat tetapi jumlah kematian akibat COVID-19 tetap statis.

"Saat Anda melakukan tes, Anda hanya mendapat jawaban "ya" atau "tidak", tanpa indikasi berapa banyak virus dalam sampel atau seberapa besar kemungkinannya merupakan infeksi aktif. Seseorang yang menyebarkan virus aktif dalam jumlah besar, dan orang dengan sisa fragmen dari infeksi yang telah dibersihkan, akan menerima hasil tes positif yang sama," katanya, seperti dikutip BBC.

Prof Heneghan pun menyampaikan bukti yang menunjukkan bahwa infektivitas virus Corona tampaknya menurun setelah sekitar satu minggu.

Dia menambahkan, meskipun tidak mungkin tapi untuk memeriksa setiap tes untuk melihat apakah ada virus aktif, kemungkinan hasil positif palsu dapat dikurangi jika para ilmuwan dapat menentukan di mana titik batas atau standar hasil pemeriksaan.

Ia pun menyarankan penggunaan banyak alat uji berbeda dan cara membaca yang berbeda untuk melihat hasil yang lebih efektif.

 

 

Risiko Positif Palsu

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

Di sisi lain, Public Health England setuju jika kultur virus atau metode "pembiakan virus" dapat menunjukkan apakah virus aktif dapat berkembang biak dan menyebar, atau hanya fragmen virus mati yang tidak akan tumbuh di laboratorium, atau pada seseorang.

Namun Prof Ben Neuman, dari University of Reading menyampaikan pada BBC bahwa kultur virus dari sampel pasien bukanlah hal sepele.

"Tinjauan ini berisiko sebab salah menghubungkan kultur Sars-CoV-2 dari sampel pasien, akan meningkatkan kemungkinan risiko penyebarannya," katanya.

Prof Francesco Venturelli, seorang ahli epidemiologi di wilayah Italia di Emilia-Romagna, pada bulan Maret, mengatakan tidak ada kepastian tentang berapa lama virus tetap dapat menular selama masa pemulihan.

"Beberapa penelitian berdasarkan kultur virus melaporkan sekitar 10% pasien masih memiliki virus yang dapat hidup setelah delapan hari," katanya.

Para penulis menulis makalah ini di jurnal online Medrxiv. Penulis peneliti menambahkan, tes PCR secara berkala di setiap negara yang terlibat dalam pandemi tetap diperlukan. Sebab tes PCR bekerja dengan mengambil sampel DNA dari seseorang sejauh ini masih menjadi tes penting untuk melihat adanya virus dalam tubuh.

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Alugoro, Kapal Selam Pertama Indonesia yang Bikin Takjub ASEAN

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia patut berbangga diri karena menjadi negara pertama di ASEAN yang bisa merakit kapal selam sendiri, bernama Alugoro.

Kapal Selam Alugoro adalah kapal selam ke-3 dari batch pertama kerjasama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero).

Produksi kapal selam ini juga mendapat perhatian khusus mulai dari pemberian nama Alugoro hingga keseriusan pemerintah melanjutkan proyek dengan menyuntikkan PMN ke PT PAL Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo sendiri meninjau proyek ini langsung ke Surabaya.

Berikut fakta-fakta tentang Alugoro, kapal selam pertama Indonesia yang bikin takjub ASEAN, sebagaimana dirangkum Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

1. Asal Usul Nama Alugoro

Nama kapal selam Alugoro diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut berupa Gada yang digunakan oleh para ksalria atau bangsawan lainnya.

Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu menikah dengan Dewi Erawati.

2. Dibangun di Indonesia

Menhan Ryamizard Ryacudu meluncurkan kapal selam KRI Alugoro - 405 di Surabaya. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Menhan Ryamizard Ryacudu meluncurkan kapal selam KRI Alugoro - 405 di Surabaya. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelum Alugoro, Indonesia juga membuat KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. Dua kapal selam pertama dibangun di Korea Selatan dan saat ini telah dioperasikan.

Sedangkan, Alugoro-405 dibangun di PT PAL Indonesia. Hal tersebut merupakan kontribusi positif bagi kemajuan industri pertahanan terutama PT PAL dalam rangka proses alih teknologi menuju kemandirian produksi dalam negeri di bidang teknologi pengembangan alutsista TNI.

3. Bisa Menyelam Hingga 310 Meter

Kapal Selam Alugoro sendiri harus menjalani beberapa tahapan tes lain seperti Sea Acceptance Test (SAT) atau tes berlayar di perairan terbuka hingga tahapan Final Completion, sebelum akhirnya dapat beroperasi penuh (Comissioning).

Dalam menjalani tahap demi tahap, kemampuan menyelamnya semakin meningkat.

Pada awalnya, Alugoro berhasil melaksanakan tahapan First Trimming Test pada 24 Oktober 2019 di dermaga kapal selam PT PAL Indonesia (Persero).Tes ini membutuhkan kondisi perairan yang tenang dan memiliki kedalaman antara 15 hingga 18 meter.

Kemudian, pada 20 Januari 2020, kapal selam Alugoro menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali. NDD merupakan bagian dari 53 item SAT Kapal Selam Alugoro. Tahapan NDD dinyatakan berhasil, Alugoro mampu menyelam hingga kedalaman 250 meter.

Lalu pada 4 Maret 2020, Alugoro telah berhasil menjalani tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD) hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali. Artinya, kemampuan menyelamnya sudah tembus 310,8 meter.

 

4. Di ASEAN, Hanya Indonesia yang Bisa Membuat

Kapal Selam Alugoro buatan PT PAL. Dok PAL
Kapal Selam Alugoro buatan PT PAL. Dok PAL

Dalam catatan Liputan6.com, tidak semua negara bisa membuat kapal selam. Untuk di kawasan ASEAN saja, hanya Indonesia yang mampu membuat. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Periode Kabinet Kerja Ryamizard Ryacudu.

"Tidak semua punya kapal selam, tidak semua negara punya kapal selam. Kita sudah bisa membuat. Different effect-nya sudah jelas," kata Ryamizard pada April 2019 silam, mengutip pemberitaan Liputan6.com.

5. Pengembangan Proyeknya Bakal Lanjut Di 2021

Proyek kapal Selam Alugoro dilanjutkan tahun depan. Hal ini dibuktikan dengan rencana penyuntikan modal berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) ke PT PAL Indonesia untuk pengembangan kapal selam. Nilainya mencapai Rp 1,3 triliun.

Adapun, rencana tersebut sudah tercantum dalam dokumen Buku II Nota Keuangan Beserta RAPBN Tahun Anggaran 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gereja Katolik Kembali Terapkan Misa Daring Usai Minahasa Berstatus Zona Merah

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Sejak beberapa pekan terakhir, kegiatan ibadah di sejumlah gereja di Minahasa, Sulut, sudah mulai dijalankan. Namun ditetapkannya kembali status zona merah penyebaran Covid-19, membuat sejumlah gereja mengubah kembali kebijakan ibadah di Minahasa.

Salah satunya yang dilakukan oleh Gereja Katolik Paroki St Antonius dari Padua Tataaran, Kecamatan Tondano Selatan, Minahasa. Sebelumnya, misa di Paroki Tataaran telah dilaksanakan secara langsung dengan menghadirkan umat. Misa tersebut mengikuti tata protokol kesehatan Covid-19.

Pastor Paroki St Antonius dari Padua Tataaran Troy Kalengkongan Pr menyatakan, misa pada hari Minggu (6/9/2020), tidak bisa lagi dihadiri umat. Sementara waktu umat mengikuti misa melalui live streaming yang dimulai pukul 09.00 Wita.

"Demikian juga misa harian belum dapat dihadiri umat, kecuali ada penerimaan sakramen baptis dan pernikahan," ujarnya.

Maka misa akan dilaksanakan misa di luar hari Minggu dengan yang hadir di dalam gereja di Minahasa tidak lebih dari 20 orang.

 

Pemberkatan

Dia menjelaskan belum ada pelayanan misa di luar gereja yaitu misa di rumah umat atau tempat lainnya. Akan tetapi, pelaksanaan misa di luar gereja ini adalah misa requiem.

"Itu pun dalam koordinasi dan izin pemerintah setempat," ujar Pastor Troy.

Untuk pelayanan sakramen minyak suci tetap dilaksanakan sesuai permintaan umat. Untuk umat yang meminta sakramen di rumah sakit, harus seizin pihak rumah sakit.

"Pesta pelindung wilayah rohani, stasi, kelompok kategorial dirayakan dalam misa khusus di gereja, dihadiri pengurus inti WR atau stasi atau KK. Umat ikut melalui live streaming di rumah," ujarnya.

Dia mengatakan, berbagai jenis pemberkatan tetap dilayani di gereja. Kecuali pemberkatan rumah, tempat kos, tempat usaha, dan peletakan batu pertama dapat dilaksanakan di lokasi.

"Peribadatan dan perkumpulan apapun atas nama gereja atau wilayah rohani, stasi, kelompok kategorial, arisan dan lain-lain yang mengatasnamakan gereja Katolik belum diizinkan," dia menegaskan.

Pastor Troy mengajak agar umat di Minahasa menjaga diri dengan rajin mencuci tangan, mengenakan masker, menggunakan handsanitizer, berolahraga, menjaga kebersihan dan mempraktikkan pola hidup sehat.

"Semua ketentuan yang disebut dalam surat ini berlaku sementara, sampai adanya perubahan status zona Covid-19 di Minahasa atau sampai dikeluarkannya petunjuk baru dari pemerintah," ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mobil Van Ini Disulap Jadi Barbershop

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Sebuah mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop atau tempat pangkas rambut terlihat di jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)
Sebuah mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop atau tempat pangkas rambut terlihat di jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Sebuah mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop atau tempat pangkas rambut terlihat di jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Seorang tukang cukur memotong rambut pelanggan di mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)
Seorang tukang cukur memotong rambut pelanggan di mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Seorang tukang cukur memotong rambut pelanggan di mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Seorang tukang cukur terlihat di dalam mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)
Seorang tukang cukur terlihat di dalam mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Seorang tukang cukur terlihat di dalam mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Seorang tukang cukur memotong rambut pelanggan di mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)
Seorang tukang cukur memotong rambut pelanggan di mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

Seorang tukang cukur memotong rambut pelanggan di mobil van atau truck yang diubah menjadi barbershop di sebuah jalan di tengah pandemi virus corona COVID-19, di Mexico City, pada Minggu (6/9/2020). (Photo by CLAUDIO CRUZ / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penantang Gibran di Pilwalkot Solo Klaim bukan Pasangan Boneka

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Bagyo Wahono dan FX Suparjo resmi mendaftarkan diri di Pilwalkot Solo, Jawa Tengah. Keduanya bakal melawan pasangan Gibran-Teguh yang didukung banyak parpol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Misano Akhir Pekan Ini: Ambisi Suzuki Tuntaskan Hasrat

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Suzuki saat ini masuk sebagai salah satu kandidat kuat peraih juara atau podium saat MotoGP Misano digelar akhir pekan ini. Kans Suzuki memenangkan MotoGP Misano memang terbuka jika melihat hasil di seri sebelumnya.

Pembalap Suzuki, Joan Mir hampir menang di MotoGP Styria. Sayangnya, bendera merah yang dikibarkan membuatnya gagal meraih podium.

Namun demikian, Suzuki patut waspada. Pasalnya, beberapa pembalap seperti dari KTM dan Ducati punya peluang untuk masuk ke podium.

MotoGP bakal menyambangi Misano untuk dua seri beruntun. Sirkuit yang legendaris ini direncanakan untuk pertama kali bakal ditonton oleh 10 ribu penonton.

Ini bakal jadi kali ketiga Valentino Rossi cs melakoni seri ganda pada musim 2020 yang terganggu pandemi Covid-19. Sebelumnya di Jerez dan Red Bull Ring.

MotoGP musim 2020  telah menuntaskan lima balapan. Tersisa sembilan seri dengan ajang penutup berlangsung di Portimao pada 22 November mendatang.

Berikut jadwal MotoGP Misano:

Jadwal MotoGP Misano

ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi motogp (Liputan6.com/Abdillah)

Jumat, 11 September 2020

14:55-15:40 WIB: FP 1

19:10-19:55 WIB: FP 2

 

Sabtu, 12 September 2020

14:55-15:40 WIB: FP 3

18:30-19:00 WIB: FP 4

19:10-19:25 WIB: Kualifikasi 1 (Q1)

19:35-19:50 WIB: Q2

 

Minggu, 13 September 2020

14:20-14:40 WIB: Pemanasan

19:00 WIB: Race

Jadwal Selanjutnya

Waktu-Ajang (Sirkuit)

20 September - MotoGP Emilia Romagna (Sirkuit Misano)

27 September - MotoGP Catalunya (Sirkuit Catalunya)

11 Oktober - MotoGP Prancis (Sirkuit Le Mans)

18 Oktober - MotoGP Aragon (Sirkuit Motorland Aragon)

25 Oktober - MotoGP Teruel (Sirkuit Motorland Aragon)

8 November - MotoGP Eropa (Sirkuit Ricardo Tormo)

15 November - MotoGP Comunitat Valenciana (Sirkuit Ricardo Tormo)

22 November - MotoGP Portugal (Sirkuit Portimao)

Hasil di MotoGP Styria

Posisi-Asal-Tim (Motor)

1. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)

2. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

3. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)

4. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

5. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)

6. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

7. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

8. Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

9. Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

10. Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)

11. Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)

12. Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

13. Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)

14. Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)

15. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

16. Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

17. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)

18. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

19. Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

20. Michele Pirro ITA Ducati Team (GP20)

21. Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)

DNF

Maverick Vinales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu Memarahi Sarwendah, Betrand Peto Bela Ibunya Habis-Habisan

Posted: 06 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ruben Onsu secara mendadak memarahi istrinya, Sarwendah, dengan nada bicara yang tinggi. Betrand Peto yang sedang berada di kamarnya pun mendengarkan dan langsung menghampiri kedua orangtuanya.

Tampak momen Ruben Onsu marah-marah itu diunggah di kanal YouTube The Onsu Family dalam video berjudul 'The Onsu Family - Lagi-Lagi Ayah Ngetest Rasa Sayang Onyo!!' yang diunggah 6 September 2020.

Mengetahui Sarwendah dimarahi oleh Ruben Onsu, Betrand Peto rupanya benar-benar tak terima. Padahal kenyataannya Ruben tak serius marah kepada sang istri, melainkan hanya akting.

Tujuan Utama

Selanjutnya ada artis senior Debby Sahertian. Ruben tak pernah melupakannya, karena Debby lah yang mengajarkannya pertama kali menjadi pembawa acara talk show di televisi. (Instagram/ruben_onsu)
Selanjutnya ada artis senior Debby Sahertian. Ruben tak pernah melupakannya, karena Debby lah yang mengajarkannya pertama kali menjadi pembawa acara talk show di televisi. (Instagram/ruben_onsu)

Tujuan utamanya adalah menguji rasa sayang Betrand kepada Sarwendah. Skenarionya, Ruben memarahi Sarwendah karena barang yang dicarinya tak kunjung ketemu. Ruben memarahinya dengan nada bicara tinggi.

"The Onsu mau ngelihat gak bagaimana sebenernya kita pengin tahu Onyo ketika tahu kalau seandainya Bunda Ayah marahin. Kayak apa ya dia reaksi marah balik ke Ayah. Percaya enggak? Ketika Bunda lagi Ayah marahin, Onyo akan diem saja atau belain Bunda? Kita lihat," Ruben memaparkan.

 

Tak Curiga

Betrand Peto Putra Onsu, kini semakin berbahagia bersama keluarga Ruben Onsu dan Sarwendah. Sejak menjadikan Betrand sebagai putra angkat mereka, Ruben dan Sarwendah memang sangat menyanyangi anak laki-laki tersebut. (Instagram/betrandpetoputraonsu)
Betrand Peto Putra Onsu, kini semakin berbahagia bersama keluarga Ruben Onsu dan Sarwendah. Sejak menjadikan Betrand sebagai putra angkat mereka, Ruben dan Sarwendah memang sangat menyanyangi anak laki-laki tersebut. (Instagram/betrandpetoputraonsu)

Saat mendengar Ruben berteriak, Betrand langsung menghampiri kamar kedua orangtuanya. Di sana, ia berusaha untuk menanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Tak ada rasa curiga di benak Betrand bahwa ia tengah diuji oleh Ruben dan Sarwendah.

 

Tak Mau Keluar Kamar

Berkali-kali Betrand bertanya tentang apa yang terjadi hingga Ruben marah-marah. Kala itu, Ruben dan Sarwendah sudah berkali-kali meminta Betrand untuk keluar kamar dengan dalih bahwa hal tersebut adalah urusan orangtua. Namun, Betrand menolak dan ingin berada di kamar untuk melindungi Sarwendah.

Betrand tak mau pergi dari kamar Ruben dan Sarwendah. Ia mengaku akan berada di sana selama Ruben marah-marah kepada Sarwendah. Betrand mengaku ingin melindungi Sarwendah dari amukan Ruben. Berkali-kali saat tak bersama Betrand, Ruben terlihat tertawa.

 

Betrand Angkat Suara

"Yah, bisa pelan-pelan enggak?" tanya Betrand mendengar Ruben berteriak.

"Enggak. Kenapa you ikut campur? Emang I marah sama you?" jawab Ruben.

"I belain Bunda. I belain Bunda I," jawab Betrand.

 

Malah Cekcok

Di kamar, justru Ruben yang akhirnya terlibat cekcok dengan Betrand. Betrand benar-benar membela Sarwendah dan tak terima sang ibunda dimarahi oleh Ruben. Berkali-kali Betrand diminta tak ikut campur, ia menolak. Betrand merasa bahwa dirinya anak pertama yang harus membela Sarwendah.

 

Akting Berhasil

Akting Ruben dan Sarwendah berhasil membuat Betrand percaya bahwa mereka terlibat keributan hebat. Betrand pun benar-benar melindungi Sarwendah dari amukan Ruben. Ujian dari Ruben berhasil, Betrand memang menyayangi Sarwendah dan tak terima ibunya dimarahi. (Merdeka)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Rombongan Moge Serobot Lampu Merah di Tangsel

Posted: 06 Sep 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Tangsel - Sebuah video rombongan motor gede alias moge menerobos lampu merah yang diduga dikawal oleh anggota polisi di Jalan Raya BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), viral di media sosial.

Dalam video amatir yang disebarluaskan pengendara motor lain berdurasi 28 detik itu, rombongan moge berjumlah lebih dari lima motor itu, menerobos lampu merah. Di depan mereka, terdapat dua motor yang diduga dikendarai petugas polisi, tampak mengawal dengan membunyikan sirene.

Video yang disebarluaskan akun @tangsel.life itu, sudah ditonton oleh 58 ribu warganet. Hampir 600 warganet juga mengencam aksi pengendara moge yang menerobos lampu merah tersebut.

Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan, AKP Bayu Marfiando membantah bila petugas yang diduga anggota polisi itu, adalah anak buahnya.

"Sudah pasti bukan. Yang pasti anggota Lantas Polres Tangsel kemarin sore enggak ada yang melakukan pengawalan apapun," tegasnya.

Gambar Video Kurang Jelas

Bahkan saat ini, pihaknya tengah menyelidiki, apakah benar yang mengawal para moge tersebut adalah anggota kepolisian ataukah pengendara moge yang membunyikan sirene pada saat berkendara.

"Kita masih pastikan apa betul polisi atau bukan," ujar Bayu.

Dia pun memohon bantuan masyarakat ataupun rekan media, bila mengetahui atau mempunyai video yang lebih jelas, maka bisa hubungi Polres Tangsel.

"Mohon bantuan rekan media juga kalau ada gambar yang lebih jelas," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguat di Awal Pekan, Rupiah Masih Rawan Terkoreksi

Posted: 06 Sep 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan awal pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (7/9/2020), rupiah dibuka di angka 14.705 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.750 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.705 per dolar AS hingga 14.747 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,36 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.754 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.792 per dolar AS.

Meski dibuka menguat, nilai tukar (kurs) rupiah pada awal pekan ini dinilai rawan terkoreksi dipengaruhi menurunnya angka pengangguran AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures di Jakarta, Senin, mengatakan, pada akhir pekan lalu telah dirilis data tenaga kerja AS yang hasilnya cukup bagus sehingga bisa mendorong penguatan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya.

"Rupiah berpotensi tertekan terhadap dolar AS di hari Senin ini," ujar Ariston, dikutip dari Antara, Senin (7/9/2020).

Angka pengangguran AS turun dari 10,2 persen pada Juli 2020 menjadi 8,2 persen pada Agustus 2020.

Sentimen lainnya yaitu memanasnya kembali hubungan AS dan China setelah AS berencana mem-blacklist perdagangan dengan perusahaan semi konduktor terbesar China, SMIC.

"Isu ini bisa memberikan tekanan ke aset berisiko, termasuk rupiah," kata Ariston.

Hari ini, lanjutnya, beberapa data ekonomi global dari China dan Jerman akan menjadi perhatian pasar karena pasar masih mencari petunjuk soal indikasi pemulihan ekonomi global di tengah kondisi pandemi, yaitu data neraca perdagangan China pada Agustus dan data produksi industri Jerman pada Juli.

"Bila kedua angka ini lebih bagus dari proyeksi, penurunan aset berisiko mungkin bisa tertahan," ujarnya.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp14.650 per dolar AS hingga Rp14.680 per dolar AS.

 

Dolar AS Tertekan, Rupiah Menguat Terbatas ke 14.705 per Dolar AS

Teller menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat tipis pada perdagangan Jumat pekan ini. Investor tengah menunggu data tenaga kerja AS. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (4/9/2020), rupiah dibuka di angka 14.705 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.777 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.705 per dolar AS hingga 14.792 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,68 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.792 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.818 per dolar AS.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan diprediksi menguat, namun terbatas.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston di Jakarta, Jumat, mengatakan penguatan dolar AS terlihat tertahan pagi ini. Dolar AS tertekan terhadap nilai tukar regional.

"Kemungkinan pasar mengambil sikap wait and see menunggu hasil data tenaga kerja AS non farm payrolls yang akan dirilis malam ini," ujarnya.

Data tersebut, lanjut Ariston, bisa menentukan arah selanjutnya bagi pergerakan dolar AS. Data yang memburuk bisa mendorong pelemahan dolar AS ke depannya dan sebaliknya.

"Rupiah kemungkinan bisa coba menguat terhadap dolar AS hari ini, tapi kemungkinan penguatannya tidak banyak, karena dari dalam negeri sendiri ada faktor potensi perlambatan pemulihan ekonomi dan penyebaran virus corona yang masih meninggi," katanya.

Terkait wacana perpanjangan kebijakan berbagi beban atau burden sharing antara pemerintah dan Bank Indonesia hingga 2022, Ariston memperkirakan hal itu masih akan menjadi perhatian pasar.

"Bisa jadi, isu itu belum ter-counter," ujarnya.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah bergerak di kisaran 14.680 per dolar AS hingga 14.850 per dolar AS. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas

Posted: 06 Sep 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau kucing kerap bertingkah kompak dengan banyak orang. Hal itulah yang membuat kucing menjadi hewan peliharaan favorit. Saking dekatnya, orang dan kucing bahkan bisa kompak untuk berbagi tempat tidur.

Ya, kucing dan orang yang sudah sangat kompak ini biasanya sampai tidur bersama. Mulai dari tidur dengan kompak memakai earphone hingga tidur dengan kucing memegangi HP, jadi bukti kocaknya kekompakan kucing dan majikannya ini.

Kekompakan kucing dengan majikannya ini diabadikan dan disebarluaskan di media sosial. Tak disangka potret kekompakan orang dan kucing ini menjadi viral. Banyak orang tak menyangka, ternyata orang dan kucing bisa sekompak ini.

Penasaran kan dengan potret kekompakan kucing dengan orang saat tidur? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret kekompakan kucing dengan orang saat tidur, Senin (7/9/2020).

1. Astaga, sampai berbagai earphone coba.

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

2. Majikannya sampai ngalah tidur di bawah dong.

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

3. Ya ampun, bisa kompak satu selimut gitu coba.

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: 1cak.com)
6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: 1cak.com)

4. Bener-bener keakraban yang hakiki.

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: 1cak.com)
6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: 1cak.com)

5. Kerja sama dengan kucing yang sangat bermanfaat.

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/sukijan.id)
6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/sukijan.id)

6. Ternyata kucing bisa juga ya niruin gerakan orang.

6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/thevfxbro)
6 Potret Kompak Orang dan Kucing Saat Tidur Ini Bikin Gemas (sumber: Instagram.com/thevfxbro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Hati-Hati Klaster Covid-19 di Kantor, Keluaga, dan Pilkada

Posted: 06 Sep 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan agar penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19 tak hanya fokus di tempat-tempat publik saja. Dia meminta jajarannya untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor, keluarga, serta pilkada.

"Hati-hati, ini perlu saya sampaikan. Hati-hati yang namanya klaster kantor. Yang kedua, klaster keluarga, hati-hati. Yang terakhir, juga klaster Pilkada. Hati-hati ini, agar ini selalu diingatkan," kata Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (7/9/2020).

Dia mengatakan, banyak masyarakat yang merasa sudah aman dari penularan Covid-19 saat berada di rumah dan di kantor. Hal itu membuat masyarakat lupa menerapkan protokol kesehatan.

"Karena di rumah kita sudah merasa aman. Justru di situlah, yang kita harus hati-hati dalam perjalanan masuk kantor kita juga sudah merasa aman, sehingga kita juga lupa di dalam kantor protokol kesehatan," kata Jokowi.

Selain itu, dia meminta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menteri Kesehatan, serta TNI-Polri fokus mencegah penyebaran Covid-19 di semua klaster. Jokowi menilai apabila penanganan Covid-19 membaik maka perekonomian Indonesia dapat kembali pulih.

"Sekali lagi kalau penanganan Covid baik, kalau kesehatan baik, ekonominya juga akan membaik," ucap Jokowi.

Kasus Covid-19 pada 6 September 2020

Petugas medis mengambil sampel lendir saat tes usap (swab test) pegawai kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Tes swab yang dilakukan terhadap seluruh pegawai kecamatan Sawah Besar itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas medis mengambil sampel lendir saat tes usap (swab test) pegawai kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Tes swab yang dilakukan terhadap seluruh pegawai kecamatan Sawah Besar itu sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Covid-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Jumlah kasus positif Corona atau Covid-19 di Indonesia bertambah 3.444 orang pada Minggu (6/9/2020). Hingga kini, 194.109 orang sudah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Lalu, untuk jumlah kasus sembuh ada 2.174 orang. Sedangkan jumlah kumulatif yang dinyatakan sembuh sebanyak 138.575 orang.

Kemudian, untuk pasien meninggal berjumlah 85 orang dan total akumulatif ada 8.025 orang.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Provinsi DKI Jakarta mencatatkan penambahan kasus tertinggi terkait infeksi Covid-19 di Indonesia.

Dilaporkan sebanyak 1.176 kasus positif terjadi di Jakarta. Sedangkan untuk kasus sembuh mencapai 801 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Santri Banyuwangi Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah

Posted: 06 Sep 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Banyuwangi melaporkan adanya 73 santri di salah satu pondok pesantren yang sembuh dari covid 19, Minggu (6/9/2020). Sehingga total santri yang dinyatakan sembuh kini ada 83 orang.

"Alhamdulillah, data dari Dinas Kesehatan yang kami terima menyatakan jika santri yang dinyatakan sembuh terus bertambah dan kini mencapai 83 santri. Semua pihak terus berupaya agar dalam masa karantina ini kondisi santri terus membaik sehingga yang masa karantinanya telah selesai bisa segera dinyatakan sembuh," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Minggu (6/9/2020).

Anas mengaku terus memantau pelaksanaan masa karantina para santri, terutama pada sisi penanganan sosial. Misalnya pelaksanaan dapur umum yang setiap harinya menyediakan 18.000 kotak makan untuk santri selama masa karantina.

"Kemarin siang saya tinjau kesana lagi. Semua relatif lancar. Tidak ada keterlambatan, semua makanan terkirim dengan baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Terima kasih untuk relawan, TNI/Polri, dan seluruh pihak manapun yang bekerja keras untuk membantu penanganan covid di pondok pesantren," kata Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan penanganan secara medis di pondok pesantren terus dilakukan. Petugas medis standby di sana 24 jam untuk memantau pelaksanaan karantina di sana maupun melakukan pemeriksaan kesehatan para santri.

"Karantina terus berjalan, bahkan pemilahan santri juga telah dilakukan. Insha Allah, minggu depan santri-santri ini akan selesai menjalani masa karantina. Bagi yang tidak bergejala, bisa segera dinyatakan sembuh," kata Rio, panggilan akrab Widji Lestariono.

Rio juga mengatakan pada hari ini ada penambahan 11 kasus baru covid 19. Sembilan di antaranya adalah hasil penelusuran kontak erat pasien konfirm sebelumnya.

"Sehingga jumlah kasus Covid di Banyuwangi kini 862, dengan 182 pasien sembuh, dan 18 meninggal dunia. Yang masih dalam perawatan ada 662 orang.

Dalam kesempatan ini, Rio kembali mengingatkan akan adanya potensi klaster perkantoran. Untuk mencegah hadirnya klaster baru COVID-19 protokol kesehatan perlu digalakkan, terutama di lingkungan kantor.

 

Anas mengaku terus memantau pelaksanaan masa karantina para santri, terutama pada sisi penanganan sosial. Misalnya pelaksanaan dapur umum yang setiap harinya menyediakan 18.000 kotak makan untuk santri selama masa karantina.
Anas mengaku terus memantau pelaksanaan masa karantina para santri, terutama pada sisi penanganan sosial. Misalnya pelaksanaan dapur umum yang setiap harinya menyediakan 18.000 kotak makan untuk santri selama masa karantina.

Rio menjelaskan langkah-langkah menerapkan protokol kesehatan di dalam ruangan kantor. Di antaranya memperhatikan jumlah orang dengan menyesuaikan ukuran ruangan, menjaga sirkulasi ruangan, mematikan pendingin ruangan bila perlu, serta tidak berlama-lama berada di ruangan.

"Maka dari itu, disarankan sebaiknya kalau rapat atau berkantor tidak terlalu lama di dalam satu ruangan yang tertutup," imbuhnya.

Rio pun mengingatkan kembali pada warga untuk terus disiplin pada protokol kesehatan 3M. 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun kepada para pegawai.

"Meningkatnya kasus-kasus baru dalam beberapa minggu terakhir di Banyuwangi ini harus menjadi perhatian banyak orang untuk terus patuh pada protokol kesehatan. Pakai masker jika berkomunikasi dengan orang meskipun teman satu kantor. Terapkan 3M," pungkasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Perjanjian Abraham, Donald Trump Telepon Raja Salman

Posted: 06 Sep 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Raja Salman dari Arab Saudi berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait Perjanjian Abraham antara Uni Emirat Arab dan Israel. Perjanjian itu melingkupi normalisasi hubungan diplomasi dan bisnis. 

UEA adalah negara Jazirah Arab pertama yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel meski ditentang Palestina. Pekan lalu, Arab Saudi mengizinkan pesawat rute UEA-Israel untuk melewati wilayah udara kerajaan. 

"Hari ini Presiden Donald Trump berbincang dengan Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi. Presiden Trump memuji Presidensi G20 Arab Saudi dan menyambut pembukaan ruang udara Saudi untuk penerbangan antara Israel dan Uni Emirat Arab," ujar Deputi Asisten Presiden AS, Judd Deere via Twitter, seperti dikutip Senin (7/9/2020).

Presiden Trump juga menjelaskan pentingnya Perjanjian Abraham, serta membahas isu regional Raja Salman. Selain itu, Trump meminta agar Raja Salman membantu dalam hal negosiasi. 

"Presiden Trump menyorot hal signifikan dari Perjanjian Abraham dan mendiskusikan cara-cara menunjang keamanan dan kesejahteraan regional. Presiden Trump juga mendorong Arab Saudi untuk menegosiasi dengan negara-negara Teluk lain untuk menyelesaikan pertikaian," ujar Judd Deere.

Sebelumnya, penasehat senior presiden AS, Jared Kushner, berkata sedang berusaha agar lebih banyak negara-negara Timur Tengah menjalin diplomasi dengan Israel. Jared Kushner merupakan salah satu tokoh sentral yang mendukung Perjanjian Abraham.

Ada dua negara yang dikabarkan tertarik menjalin relasi dengan Israel, yakni Bahrain dan Oman. Pekan lalu, Bahrain juga mengizinkan pesawat Israel-UAE untuk melewati wilayah udara negara mereka.

Setelah Arab Saudi, Giliran Bahrain Izinkan Israel Gunakan Wilayah Udaranya

Bendera Israel dan Uni Emirat Arab berjejer di jalan di kota pesisir Israel, Netanya, pada 16 Agustus 2020. (AFP/Jack Guez)
Bendera Israel dan Uni Emirat Arab berjejer di jalan di kota pesisir Israel, Netanya, pada 16 Agustus 2020. (AFP/Jack Guez)

Bahrain menyusul Arab Saudi untuk mengizinkan Israel memasuki wilayah udara mereka. Mirip seperti aturan Saudi, aturan ini hanya berlaku untuk rute perjalanan ke Israel. 

Kebijakan diumumkan oleh Kementerian Transportasi dan Telekomunikasi Bahrain. Bahrain tak secara eksplisit menyebut nama Israel. 

Negara jazirah tersebut hanya menyebut bahwa semua negara yang ingin ke Uni Emirat Arab boleh menggunakan wilayah udara mereka. 

"Bahrain akan mengizinkan semua penerbangan yang datang dan berangkan dari Uni Emirat Arab (UEA) ke semua negara untuk melewati wilayah udaranya," tulis Bahrain News Agency seperti dikutip Jumat lalu.

Pengumuman itu di-retweet oleh Avi Berkowitz, seorang pejabat Gedung Putih yang aktif dalam negosiasi dengan Israel. Avi Berkowitz juga merupakan orang dekat Jared Kushner, penasihat dan menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mendukung normalisasi diplomatik Israel.

Jared Kushner dan Avi Berkowitz sama-sama ikut di penerbangan perdana yang mengunjungi UEA dari Israel. 

Pemerintah Bahrain berkata mendapat permintaan itu dari otoritas penerbangan UEA. Tak diketahui apakah Amerika Serikat terlibat dalam lobi-lobi. 

Bulan lalu, media Israel melaporkan bahwa Bahrain siap mengikuti UEA untuk melakukan normalisasi diplomatik denagan Israel, meski belum ada kabar mengenai jadwalnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

73 Santri di Pesantren Banyuwangi Sembuh dari COVID-19

Posted: 06 Sep 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mencatat 73 orang santri di salah satu pondok pesantren yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. Total santri yang sudah sembuh mencapai 83 orang.

"Alhamdulillah, data dari Dinas Kesehatan yang kami terima santri yang dinyatakan sembuh terus bertambah dan kini mencapai 83 orang santri. Semua pihak terus berupaya agar dalam masa karantina ini kondisi santri terus membaik sehingga yang masa karantinanya telah selesai bisa segera dinyatakan sembuh," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin, (7/9/2020).

Ia menuturkan, pihaknya terus memantau pelaksanaan masa karantina para santri, terutama pada sisi penanganan sosial, seperti pelaksanaan dapur umum yang setiap harinya menyediakan 18.000 porsi makanan untuk santri selama masa karantina.

"Kemarin siang saya tinjau ke sana lagi, semua relatif lancar. Tidak ada keterlambatan, semua makanan terkirim dengan baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam, terima kasih untuk relawan, TNI/Polri dan seluruh pihak manapun yang bekerja keras untuk membantu penanganan COVID-19 di pondok pesantren," tutur Anas.

Memantau Pelaksanaan Karantina di Pesantren

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono menuturkan, penanganan secara medis di pondok pesantren terus dilakukan.

Petugas medis siap di lokasi 24 jam untuk memantau pelaksanaan karantina maupun melakukan pemeriksaan kesehatan santri.

"Karantina terus berjalan, bahkan pemilahan santri juga telah dilakukan. Insya-Allah minggu depan santri-santri ini akan selesai menjalani masa karantina. Bagi yang tidak bergejala bisa segera dinyatakan sembuh," kata Rio, sapaan akrab dr Widji Lestariono.

Menurut Rio, pada Minggu, 6 September 2020 juga dilaporkan penambahan 11 kasus baru COVID-19 dan sembilan kasus di antaranya adalah hasil penelusuran kontak erat pasien positif sebelumnya.

"Sehingga jumlah kasus COVID-19 di Banyuwangi hingga hari ini tercatat 862 kasus, dengan rincian 182 pasien sembuh dan 18 orang meninggal dunia, serta masih dalam perawatan ada 662 orang," paparnya.

 

Potensi Klaster Perkantoran

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Ia kembali mengingatkan akan ada potensi klaster perkantoran untuk mencegah hadirnya klaster baru COVID-19 dengan protokol kesehatan perlu digalakkan, terutama di lingkungan kantor.

Rio menuturkan, langkah-langkah menerapkan protokol kesehatan di dalam ruangan kantor, di antaranya memperhatikan jumlah orang dengan menyesuaikan ukuran ruangan, menjaga sirkulasi ruangan, mematikan pendingin ruangan bila perlu, serta tidak berlama-lama berada di ruangan.

"Maka dari itu, disarankan sebaiknya kalau rapat atau berkantor tidak terlalu lama di dalam satu ruangan yang tertutup," ujar dia.

Ia juga meminta warga untuk terus disiplin pada protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

"Meningkatnya kasus-kasus baru dalam beberapa minggu terakhir di Banyuwangi ini harus menjadi perhatian banyak orang untuk terus patuh pada protokol kesehatan. Pakai masker jika berkomunikasi dengan orang meskipun teman satu kantor," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Duluan FTV SCTV Rebecca Klopper, Entah Ayam Apa yang Merasuki Cintaku di Vidio

Posted: 06 Sep 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Rebecca Klopper semakin dikenal publik. Miniseri Magic in Love yang ia bintangi sukses mencuri perhatian penonton SCTV. Bukan hanya itu, aktris kelahiran 21 November 2001 ini diketahui bermain dalam sejumlah judul FTV.

Salah satunya adalah FTV SCTV terbaru berjudul Entah Ayam Apa yang Merasuki Cintaku. Rebecca Klopper beradu akting dengan Qausar Harta. Dua pemain muda seperti Antonio Blanco Jr dan Fay Nabila juga hadir dalam FTV tersebut.

Diceritakan, Marlina (Rebecca Klopper) adalah seorang gadis yang senang bermain ayam sejak kecil. Maklum, ayah Marlina adalah peternak ayam. Hal itu membuat ia membawa ayam kesayangannya kemanapun dirinya pergi.

Hingga pada suatu hari Marlina dipertemukan dengan Andra (Qausar Harta). Ayam kesayangannya kabur ke tempat syuting Andra. Meskipun berjumpa dalam keadaan yang kurang menyenangkan, namun takdir tetap menyatukan mereka.

Seperti apa kelanjutan kisahnya? Nonton duluan FTV SCTV Entah Ayam Apa yang Merasuki Cintaku di aplikasi dan situs streaming Vidio. Klik di sini untuk menonton.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pastikan Tak Akan Tunda Proses Hukum Calon Kepala Daerah

Posted: 06 Sep 2020 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak akan menunda penanganan kasus dugaan korupsi yang melibatkan calon kepala daerah di Pilkada 2020.

"KPK saat ini tidak akan menunda proses hukum terhadap perkara siapapun termasuk terhadap perkara yang diduga melibatkan para calon kepala daerah," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Dia memastikan proses hukum di KPK tidak akan terpengaruh oleh politik. Apalagi, kata dia, ada syarat dan prosedur ketat dalam undang-undang terkait penetapan tersangka dan masa penahanan.

"KPK yakin proses hukum di KPK tidak akan terpengaruh oleh proses politik tersebut. Karena proses hukum di KPK sangat ketat, syarat dan prosedur penetapan tersangka, penahanan dan seterusnya melalui proses yang terukur berdasarkan kecukupan alat bukti dan hukum acara yang berlaku," kata Ali.

Sebelumnya, KPK masih mempertimbangkan untuk membuat kebijakan mengenai penundaan proses hukum terhadap calon kepala daerah (cakada) yang mengikuti Pilkada 2020.

"Kami memahami pertimbangan penundaan proses hukum bagi peserta pilkada agar proses hukum tidak disalahgunakan pada kepentingan politis, KPK masih akan mempertimbangkan kebijakan seperti itu apakah diperlukan atau tidak," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dilansir Antara, Jakarta, Sabtu (5/9/2020).

 

Sesuai Aturan

Ghufron meyakini proses hukum di KPK sesuai peraturan, sehingga tidak akan terintervensi oleh tekanan maupun desakan politik dari pihak tertentu selama masa pilkada ini.

Dia mengatakan, setiap kasus yang ditangani oleh KPK telah ditentukan standar operasional-nya. Seseorang tidak mungkin bisa ditetapkan sebagai tersangka maupun ditahan tanpa memenuhi syarat dan prosedur yang sangat ketat tersebut.

Menurut dia, kelanjutan proses hukum menjadi bagian dari tanggung jawab KPK kepada masyarakat dalam memberikan informasi dan data terkait para peserta yang akan berkontestasi.

"Malah ini adalah bagian dari tanggung jawab KPK untuk memberikan data agar jangan sampai proses politik yang biaya dan keterlibatan masyarakatnya tinggi, namun tidak mengungkapkan semua sisi dari para cakada agar Pilkada 2020 ini mampu menemukan pemimpin daerah yang berintegritas, bukan sekadar sukses pilkada secara formal," ujar Ghufron.

"Untuk itu KPK masih akan mempertimbangkan hal tersebut apakah akan ditunda atau tidak," imbuh dia.

 

Beda dengan Polri

Kebijakan KPK ini bebeda dengan sikap Polri. Sebelumnya, Polri mengeluarkan kebijakan akan menunda proses hukum terhadap peserta Pilkada Serentak 2020.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis telah menerbitkan surat telegram tentang instruksi kepada jajarannya mengenai penundaan proses hukum terhadap calon kepala daerah selama rangkaian pilkada berlangsung.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2544/VIII/RES.1.24./2020 tertanggal 31 Agustus 2020.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, seperti dilansir Antara menuturkan, penundaan proses hukum ini penting agar tidak terjadi konflik kepentingan selama pilkada serentak dan mencegah dimanfaatkannya Polri oleh pihak tertentu untuk kepentingan politik.

Surat telegram tersebut, kata dia, untuk mewujudkan profesionalisme dan menjaga netralitas kinerja Polri dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat bidang penegakan hukum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Penyebab Asam Urat dan Jenis Makanan yang Harus Dihindari Menurut Dokter

Posted: 06 Sep 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Umumnya asam urat atau yang biasa juga disebut gout, kerap muncul mendadak dan disertai bengkak, kemerahan, hangat, serta terasa tidak nyaman pada bagian sendi tertentu. Penyebab asam urat ternyata dipengaruhi beragam faktor.

Banyak yang mengira jika penyakit nyeri sendi yang sering muncul di malam hari ini hanya menyerang orang dengan usia lanjut. Padahal, saat ini asam urat tidak hanya menyerang lansia, bahkan orang dengan usia yang relatif masih muda bisa memiliki risiko asam urat yang cukup tinggi. Jika sudah terkena asam urat, maka akan membuat segala aktivitas menjadi terganggu.

Melansir dari Friday, sebuah studi di Inggris yang sudah melakukan kegiatan penelitian selama 15 tahun, menyatakan bahwa sejak 2012 kasus asam urat pada usia muda meningkat sekitar 30 persen. Umumnya keluhan akan penyakit tersebut datang dari penderita dengan rentang usia 20-30 tahun.

Penyebab asam urat sendiri, baik di usia lanjut maupun usia muda sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mungkin tidak disadari sudah menjadi bagian gaya hidup. Salah satunya faktor pemilihan makanan dan minuman yang menjadi konsumsi sehari-hari. Kebiasaan memilih makanan yang kurang tepat bisa menjadi penyebab asam urat cepat muncul.

Di bawah ini Liputan6.com melansir dari Klikdokter.com mengenai apa saja penyebab asam urat serta apa saja jenis makanan yang perlu dihindari, Senin (7/9/2020).

1. Konsumsi makanan tinggi purin

Ilustrasi Asam Urat Credit: pexels.com/JimdeRamos
Ilustrasi Asam Urat Credit: pexels.com/JimdeRamos

Salah satu penyebab asam urat yaitu adanya konsumsi makanan yang mengandung purin cukup tinggi. Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, apabila terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, makanan laut serta daging merah dapat menjadi pemicu asam urat.

Selain berbagai jenis makanan, ternyata purin juga terdapat di jenis minuman. Beberapa jenis minuman yang mengandung purin yaitu minuman manis dan alkohol. Kebiasaan mengonsumsi minuman tersebut dapat menjadi penyebab asam urat yang perlu dihindari.

2. Kelebihan berat badan

Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: unsplash.com/iyunmai
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: unsplash.com/iyunmai

Selain penyebab asam urat karena konsumsi makanan tinggi purin, kondsi tubuh yang memiliki berat badan berlebih juga berisiko menyebabkan tubuh memproduksi asam urat terlalu banyak. Hal tersebut akhirnya membuat kadar asam urat dalam tubuh melonjak dan membuat ginjal menjadi kesulitan ketikan akan membuang asam urat dari tubuh.

3. Kurang konsumsi serat

ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash
ilustrasi diet makan sayur/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Jika tidak ingin timbul asam urat, maka sangat disarankan bagi penderita asam urat untuk mengonsumsi serat. Makanan dengan kandungan serat mampu memperlancar proses metabolisme tubuh. Ada beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi para penderita asam urat. Tapi jenis sayuran tersebut haruslah memiliki kandungan atioksidan tinggi seperti labu siam dan wortel.

Selain itu serat dapat memperlambat proses penyerapan nutrisi agar purin yang terserap tubuh bisa diproses lebih lambat, sehingga kadar asam urat tetap terjaga.

Namun, meski serat sangat baik untuk penderita asam urat, sayangnya tidak semua jenis sayuran baik dikonsumsi penderita asam urat. Ada beberapa sayuran yang justru menjadi penyebab asam urat seperti asparagus, lentil, bayam, kembang kol, serta jenis kacang-kacangan.

4. Memiliki riwayat penyakit tertentu

Ilustrasi Asam Urat Credit: pexels.com/Matthias
Ilustrasi Asam Urat Credit: pexels.com/Matthias

Penyebab asam urat ini dijelaskan oleh dr. Anita Amalia Sari bahwa terdapat beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan ginjal yang ternyata bisa menjadi penyebab asam urat.

Adanya konsumsi obat tertentu juga bisa menambah tinggi risiko terkena asam urat. Beberapa jenis obat tersebut yaitu obat-obatan jenis diuretic tiazid, aspirin dosis rendah, serta obat-obatan pada pasien transplantasi organ.

5. Faktor genetik

Ilustrasi Gejala asam urat  (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Gejala asam urat (Sumber: Pixabay)

Dilansir dari New York Times, penyebab asam urat ini berperan cukup besar menjadi penyebab asam urat. Hal tersebut dijelaskan oleh Dr. Kenneth G. Saag dari University of Alabama.

Bahkan sejalan dengan hal tersebut, jurnal BMJ pernah menyebutkan bahwa makanan hanya berkontribusi sebesar 1 persen. Sedangkan sekitar 24 persen dari penyebab asam urat berkaitan dengan faktor genetik.

Sedangkan menurut UK Gout Society, sekitar 1 dari 10 pasien asam urat mewarisi penyakit dari orang tuanya. Hal tersebut turut menjelaskan mengapa seseorang yang memiliki riwayat asam urat dalam keluarganya akan lebih cepat mengalami asam urat dibanding orang yang tidak memiliki riwayat asam urat di dalam keluarga, terutama ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi.

Makanan dan minuman penyebab asam urat

ilustrasi makanan yang harus dihindari pemilik asam urat/pexels
ilustrasi makanan yang harus dihindari pemilik asam urat/pexels

Sebagai salah satu penyebab asam urat, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi dari makanan atau minuman dengan kandungan purin tinggi. Berikut ini makanan dan minuman yang memiliki kandungan purin tinggi:

1. Kacang

Kacang-kacangan sebenarnya memiliki kadar purin sedang, namun jika konsumsi berlebihan tetap meningkatkan risiko asam urat. Jenis kacang yang dimaksud adalah kacang kering dan berbagai olahannya seperti tahu dan tempe.

2. Sarden

Sarden adalah makanan dengan kandungan purin tinggi. Itulah mengapa pastikan menhindari makanan ini jika memang menderita asam urat.

3. Kerang

Makanan ini perlu diwaspadai, sebab kerang mengandung purin sekitar 136 mg per gram. Namun, selain kerang, purin juga terdapat di beberapa jenis makanan laut, seperti udang, kepiting, dan lobster.

4. Daging merah

Daging merah merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan purin sedang yaitu 9-100 mg per 100 gram. Jika memang ingin mengonsumsi daging merah, maka usahakan maksimal hanya konsumsi 50-75 gram saja.

5. Olahan susu

Selain susu yang masih murni, produk olahan susu lain seperti keju juga memiliki kandungan prin cukup besar. Meski begitu susu dan olahannya masih dalam kadar makanan mengandung purin kategori menengah.

6. Minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol seperti bir bisa meningkatkan risiko asam urat. Jadi, apabila tidak ingin terserang asam urat, ada baiknya untuk menghindari penyebab asam urat tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ada Kesempatan, Simak Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 7

Posted: 06 Sep 2020 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 7 akan ditutup pada siang ini. Namun demikian, masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar program ini.

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 akan ditutup pada pada hari ini pukul 12.00 WIB.

Sementara bagi masyarakat yang belum mendaftar program Kartu Prakerja sama sekali, ikuti 8 langkah sebagai berikut:

1. Buka situs https://www.prakerja.go.id

2. Login, bagi yang sudah terdaftar silakan login email dan password. Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik 'Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku'. Lalu klik daftar.

3. Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email.

4. Lalu verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir.

5. Kemudian masukkan data diri dan nomor HP. Setelah itu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.

6. Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.

7. Setelah itu, tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil atau pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

8. Pilih pelatihan yang diinginkan. Pastikan Anda mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang Anda pilih.

Program Kartu Prakerja Gelombang 7 Sasar 800 Ribu Peserta

Kartu Prakerja
Kartu Prakerja

Sebelumnya, pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 pada Kamis kemarin. Adapun kouta untuk kali ini masih sama seperti gelombang ke-6 sebelumnya, yakni mencapai 800 ribu peserta.

"Kalau setiap gelombang kami bisa konsisten menerima 800 ribu, maka dalam 4 gelombang seluruh kuota sudah akan terpenuhi," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, saat dihubungi, Jumat (4/9/2020).

Sampai dengan gelombang ke-6 pihaknya mencatat sudah ada 3 juta penerima manfaat kartu Prakerja. Sehingga masih kurang sekitar 2,6 juta lagi dari target yang ditetapkan pemerintah sebanyak 5,6 juta orang.

Di samping itu, dirinya juga menyampaikan, dari beragam pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan, yang paling banyak diambil adalah pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran, teknologi informasi, keuangan, bahasa asing, gaya hidup, perkantoran, dan makanan minuman.

Sementara terkait dengan pelatihan tatap muka, pihaknya masih belum bisa memastikan akan dimulai. Sebab, masih harus berkomunikasi dengan tim gugus tugas.

"Untuk pelatihan tatap muka dalam kondisi pandemi saat ini harus dikoordinasikan dengan BNPB dan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19," katanya.

Kemudian mengenai insentif sendiri, pihaknya mengklaim sudah dibayarkan kepada penerima manfaat Kartu Prakerja. Bahkan, setiap harinya ada pembayaran. Insentif pertama diberikan setelah penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihan pertamanya, sudah menerima sertifikat, sudah memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang telah diikutinya.

"Jumlah totalnya belum bisa kami sampaikan sekarang karena sangat dinamis," kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Pelatihan Pemasaran Jadi Favorit Peserta Kartu Prakerja

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar rapat virtual dengan kepala desa dan camat se-Banyuwangi.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menggelar rapat virtual dengan kepala desa dan camat se-Banyuwangi.

Sebelumnya, pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 7 pada Kamis, 3 September 2020. Ini merupakan program lanjutan setelah gelombang 6 ditutup pada Senin, 31 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Sampai dengan gelobang 6, Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mencatat sebanyak 3 juta peserta telah terdaftar. Di antaranya, paling banyak memilih pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran.

"Dari beragam pelatihan yang ditawarkan oleh Lembaga Pelatihan, yang paling banyak diambil adalah pelatihan mengenai penjualan dan pemasaran," beber Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Liputan6.com, Jumat (4/9/2020).

Menyusul setelahnya, lanjut Louisa, ada bidang teknologi informasi, keuangan, bahasa asing, gaya hidup, perkantoran, dan makanan minuman yang juga banyak diambil oleh Peserta Kartu Prakerja.

Melansir dari laman Instargram @prakerja.go.id, salah satu alumni Kartu Prakerja, Ariska, telah berhasil membuka peluang karier melalui pelatihan tentang cara membuat aneka jajanan pasar.

Ariska adalah pegawai yang dirumahkan pada masa pandemi. Namun, setelah mempelajari cara membuat donat lewat pelatihan, Ariska pun mulai berjualan donat. Ia mengaku, hasil jualannya lebih besar dari gaji sebelumnya saat ia bekerja.γ…€γ…€

Bukan cuma itu, melalui pelatihan tersebut, Ariska juga mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi tentang cara jualan melalui grup Whatsapp yang dibuat bersama instruktur dan peserta pelatihan lainnya. γ…€γ…€

Lainnya, ada Bayu, alumni Kartu Prakerja gelombang kedua yang mengikuti pelatihan tentang membuat kedai kopi kekinian dengan modal minim. Setelah mengikuti pelatihan dan berkonsultasi bersama instruktur dan peserta lainnya, kini Bayu bisa mempraktikkan ilmunya dengan membuka kedai kopi di halaman rumah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Mendagri Tindak Tegas Calon Pilkada Tidak Patuhi Protokol Kesehatan

Posted: 06 Sep 2020 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menindak tegas bakal pasangan calon (bapaslon) yang membawa massa saat pendaftaran pilkada. 

"Saya minta Pak Mendagri urusan yang berkaitan dengan klaster pilkada ini betul-betul ditegasi betul. Diberikan ketegasan betul," kata Jokowi saat sidang kabinet Paripurna terkait penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi 2021 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (7/9/2020).

Tidak hanya Tito yang diperintahkan untuk menindak tegas. Polri juga harus tegas  untuk bisa mencegah adanya penularan baru. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan para bapaslon harus taati sesuai peraturan dalam PKPU yang haru memperhatikan protokol kesehatan.

"Polri juga berikan ketegasan mengenai ini. Aturan main di pilkada. Karena jelas di PKPU-nya sudah jelas sekali. Jadi ketegasan, Mendagri dengan Bawaslu biar betul-betul ini diberikan peringatan keras," ungkap Jokowi.

Sebelumnya diketahui pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) peserta Pilkada Serentak 2020 sudah berlangsung sejak tanggal 4 September kemarin dan akan berakhir hari ini. Kemendagri kembali mengingatkan bapaslon tidak membawa massa saat menyerahkan berkas pendaftaran mengingat kondisi pandemi belum berakhir.

"Mendagri sudah mengimbau agar pada saat pendaftaran bapaslon cukup perwakilan partai politik dan petugas administrasi pendaftaran saja. Tapi ternyata masih banyak yang membawa massa pendukung dalam jumlah besar," kata Kementerian Dalam Negeri, melalui Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Politik dan PUM), Bahtiar, dikutip dalam keterangan pers, Minggu (6/9/2020).

Aturan

Bahtiar menegaskan, para bapaslon sudah tahu aturan yang tertera dalam PKPU No. 6 Tahun 2020 terkait pendaftaran bakal pasangan calon harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Dalam Pasal 50 ayat 3 PKPU No.6 Tahun 2020, pendaftaran bapaslon hanya dihadiri oleh ketua dan sekretaris parpol pengusul dan atau bapaslon perseorangan," ungkap Bahtiar.

Karena itulah, dia mengingatkan kembali agar aparat keamanan dan penegak hukum untuk menindak bapaslon yang melanggar aturan. Sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Peraturannya sudah jelas, jadi bagi yang melanggar protokol kesehatan harus mendapatkan sanksi. Mohon kepada pimpinan parpol untuk mengingatkan paslonnya. Begitu pula dengan bapaslon perserorangan," tegas Bahtiar.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Coba, Instagram Stories Kini Tampil di Facebook

Posted: 06 Sep 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Facebook untuk membuat seluruh aplikasinya terintegrasi ternyata kian gencar dilakukan. Terbaru, pengguna dimungkinkan untuk mengunggah konten Instagram Stories ke platform Facebook.

Dikutip dari The Verge, Senin (7/9/2020), fitur ini memang masih sebatas uji coba, tapi menunjukkan keseriusan Facebook membuat seluruh platform miliknya memberikan pengalaman penggunaan yang terintegrasi.

Untuk sekarang, uji coba fitur ini masih terbatas untuk sejumlah pengguna saja. Facebook pun mengatakan terbuka terhadap masukkan (feedback) dari pengguna mengenai kehadiran fitur tersebut.

Perlu diketahui, fitur ini sebenarnya tidak langsung membuat Instagram Stories pengguna muncul untuk seluruh pengguna Facebook.

Jadi, akun yang dapat melihat Stories tersebut sebenarnya hanya followers pengguna yang memang menghubungkan akun Instagram dan Facebook-nya.

Oleh sebab itu, perusahaan memastikan konten Stories yang muncul di Facebook, dilihat orang yang sama dengan di Instagram. Seluruh jumlah views maupun tanggapan untuk Stories itu nantinya tetap ditampilkan di Instagram.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama Facebook mencoba melakukan integrasi dengan Instagram. Bulan lalu, raksasa media sosial itu diketahui mulai menggabungkan Facebook Messenger dan Instagram Direct.

Facebook Mulai Gabungkan Instagram dan Messenger

Messenger, Logo Messenger. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Messenger, Logo Messenger. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Bulan lalu, Facebook mulai mengintegrasikan sistem chat untuk Instagram dan Messenger. Sebuah pembaruan untuk fitur tersebut diketahui sudah menyambangi sejumlah pengguna iOS dan Android.

Dilansir dari The Verge, Minggu (16/8/2020), sejumlah pengguna melihat pembaruan di aplikasi Instagram dengan keterangan "There's a New Way to Message on Instagram".

Selain itu ada daftar fitur termasuk yang disebut dengan "a new colorful look for your chats," atau tampilan chat lebih berwarna.

Setelah pengguna menekan opsi pembruan, ikon DM yang biasa di kanan atas Instagram diganti dengan logo Facebook Messenger.

Fitur-fitur baru lainya termasuk chat di Instagram juga lebih berwarna daripada sebelumnya, lebih banyak reaksi emoji, serta opsi swipe-to-reply, dan "chat with friends who use Facebook."

Namun, untuk saat ini pengguna masih belum bisa mengirim pesan ke pengguna Facebook dari Instagram.

Penegasan Facebook

Bingung mengetahui bagaimana jika pesan Anda sudah dibaca di Facebook Messenger? Berikut caranya.
Bingung mengetahui bagaimana jika pesan Anda sudah dibaca di Facebook Messenger? Berikut caranya.

Kehadiran pembaruan ini dinilai mempertegas rencana Facebook untuk menyatukan seluruh platform pesannya.

Saat ini, Facebook memiliki tiga layanan pesan yaitu Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Facebook sebelumnya dilaporkan akan membangun kembali infrastruktur dasarnya.

Raksasa media sosial tersebut berharap bisa membuat pengguna yang hanya ada di satu aplikasi bisa terhubung ke aplikasi-aplikasi lain Facebook.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menilik Kondisi Pasar Global di Tengah Pengembangan Vaksin Covid-19

Posted: 06 Sep 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hal yang paling dinantikan oleh seluruh dunia saat ini adalah pengembangan vaksin yang aman dan efektif untuk penanganan Covid-19.

Sehingga dengan adanya vaksin bisa menandakan akhir pandemi dan akan meningkatkan kepercayaan investor sebagai pendahulu pemulihan ekonomi. Tetapi investor di Wall Street cenderung mengambil pendekatan menunggu dan melihat.

Hingga akhir Agustus, jumlah resmi kasus Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 23 juta dengan 800.000 kematian. Ini mengejutkan, karena wabah pada Desember lalu hanya dinyatakan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada Maret tahun ini.

Dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Senin (7/9/2020) dalam kurun waktu singkat, banyak negara yang mengalami penurunan PDB dengan seperti Amerika Serikat -32,9 persen, Inggris, -21,7 persen, Meksiko -18,9 persen, Italia -17,3 persen, Filipina -16,5 persen, Singapura -13,2 persen, dan Indonesia -5,32 persen.

Apakah pemulihan ekonomi sudah di depan mata?

Pemulihan diharapkan, meskipun kemungkinan besar akan bergelombang. Saat ini, sebagian besar negara telah melihat semacam pemulihan di kuartal kedua dan ketiga.

Meskipun penyebaran pandemi terus berlanjut dan kekhawatiran akan gelombang infeksi berikutnya, sebagian besar negara tidak dapat melakukan penguncian lagi.

Banyak negara juga waspada untuk jatuh dari jurang resesi karena paket stimulus dan moratorium pinjaman berakhir. Pada tingkat yang lebih mikro, perusahaan harus mampu melewati masa-masa sulit ini selama perekonomian tetap terbuka dan perusahaan beradaptasi dengan zaman.

Namun, masih ada kekhawatiran tentang pengangguran yang tinggi dan perubahan perilaku pelanggan dengan berkurangnya pengeluaran. Di situlah letak risiko kegagalan stimulus ekonomi dan deflasi.

 

Dampak Vaksin Covid-19

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Lalu apa dampak vaksin Covid-19 di pasar global?

Pasar terus bergerak, seringkali dengan cara spontan, menurut berita terbaru tentang perawatan Covid-19 dan kandidat vaksin, seringkali bergerak di atas 1 deviasi standar.

Misalnya, pada 18 Mei, Moderna Inc, sebuah perusahaan farmasi AS, merilis laporan uji coba Fase 1 dari kandidat vaksin Covid-19 yang menunjukkan ke-45 partisipan telah menghasilkan antibodi. Pasar saham melonjak lebih dari 3 persen.

Kemudian pada 19 Mei, muncul laporan yang memperingatkan investor bahwa hasil uji coba tidak meyakinkan. Data tentang antibodi penetral hanya tersedia untuk delapan pasien, dan dengan mempertimbangkan kurangnya bukti apakah antibodi akan bertahan, pasar saham secara tidak terduga merespons dengan penurunan.

Diperlukan setidaknya 12 hingga 18 bulan agar vaksin melalui pengembangan dan uji klinis, dan skenario yang mungkin adalah vaksin yang berfungsi siap pada pertengahan hingga akhir 2021.

Jadi, produsen sarung tangan karet dan masker wajah dapat mengharapkan konsumsi tetap tinggi setidaknya untuk satu tahun lagi.

Sektor-sektor yang terpukul parah oleh Covid-19, seperti maskapai penerbangan, industri pelayaran dan hotel, serta sektor perjalanan dan perhotelan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih sepenuhnya.

Namun ini akan menjadi kesempatan bagi nilai saham yang telah dipukul turun harganya, untuk bersinar.

Mungkin vaksin dapat menjadi indikator positif untuk memulai pemulihan ekonomi, mirip dengan kondisi sebelum pandemi. Namun, lebih banyak kabar baik dibutuhkan sebelum pasar pulih sepenuhnya dan vaksin mungkin tidak cukup.   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: