Selasa, 29 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Toyota Indonesia Kembali Mendonasikan Kijang Innova Ambulans

Posted: 29 Sep 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Langkah untuk melawan pandemi Corona Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak, termasuk PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Setelah menyalurkan serangkaian donasi untuk pemerintah daerah (Pemda) DKI Jakarta, Karawang, dan kota Bekasi, raksasa otomotif asal Jepang ini kembali menyerahkan donasi untuk pemerintah kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Donasi berupa satu unit Kijang Innova ambulans dan 3.000 face mask diserahkan melalui seremoni virtual oleh Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Edward Otto Kanter dan Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam kepada Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

"Kami menyampaikan simpati yang mendalam kepada semua pihak yang terkena dampak Covid-19 dan penghargaan tinggi kepada pemerintah dan tenaga medis yang bekerja keras di garis terdepan dalam penanggulangan pandemi ini," ujar Edward Otto Kenter, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

Kijang Innova ambulans ini merupakan hasil konversi dari salah satu supply chain TMMIN dan bagian dari aktivitas corporate social responsibility (CSR) dalam membantu menghadapi pandemi Covid-19.

"Kami mengalokasikan sebanyak 17 unit Kijang Innova ambulance untuk didonasikan ke berbagai kalangan," kata Otto.

Selain ke beberapa Pemda, sebelumnya juga telah diserahkan Kijang Innova ambulans kepada Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan pondok pesantren.

Bantuan lain

Bersama para diler, supply chain, dan afiliasi, hingga kini juga telah disalurkan 108.000 Alat Pelindung Diri (APD) dan 40.000 face mask.

Bantuan langsung berupa paket bahan pokok dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan diri guna mencegah penularan Covid-19, seperti hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan antiseptik, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya juga telah dibagikan kepada masyarakat di lingkungan sekitar dan diler di seluruh Indonesia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Penangkapan Pelaku Vandalisme di Musala Tangerang

Posted: 29 Sep 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku vandalisme musala di Tangerang ditangkap. Pemuda berinisial S (18) ini diamankan dari kediamannya yang tak jauh dari lokasi musala yang menjadi sasaran aksi vandalisme.

Aksi pemuda yang belakangan diketahui berstatus mahasiswa ini, sempat viral di media sosial. 

Dalam video berdurasi 1 menit itu memperlihatkan beberapa bagian musala seperti tembok dan lantai yang dipenuhi coretan bernada provokatif.

Polisi menangkap pelaku vandalisme usai mendapat laporan dari warga. Tersangka S langsung diciduk di rumahnya, di hari yang sama usai dia merusak fasilitas Musala Darussalam, Perumahan Villa Tangerang Elok, Selasa, 29 September 2020. 

"Petugas langsung menuju ke TKP. Berdasarkan hasil olah TKP, pemeriksaan saksi-saksi dan alat bukti yang ada, langsung diamankan semua," tutur Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ari syam Indardi, Rabu (30/9/2020).

Tak cuma merusak dinding dan lantai musala, menurut pengakuan si perekam video, Al-Qur'an milik musala juga ikut dicoret dan dirobek.

Berikut sederet fakta aksi vandalisme di musala Perumahan Villa Tangerang Elok yang dihimpun Liputan6.com

Ditetapkan Tersangka

S telah ditetapkan tersangka dalam aksi vandalisme dan perusakan fasilitas ibadah di musala Darussalam, Perumahan Villa Tangerang elok Kelurahan Kuta Jaya, Kecamatan Pasar kemis Kabupaten Tangerang, Selasa, 29 September kemarin.

Diduga, S melakukan aksinya seorang diri. Kejadian tersebut bermula, ketika Polsek Pasar Kemis mendapat laporan dari warga sekitar pukul 16.00 Wib, bahwa musala Darusaam tersebut dicorat coret orang tak dikenal.

Ditangkap di Rumahnya

Dari laporan tersebut, polisi lalu menggelar olah TKP. Selang beberap jam, polisi akhirnya berhasil meringkus terduga pelaku vandalisme bernama S.

Tersangka diamankan di rumahnya yang hanya berjarak 50 meter dari musala.

"Iya, pelaku kita amankan sekitar pukul 19.30 Wib dihari yang sama. Di rumahnya yang berdekatan dengan musala, hanya 50 meter," kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ari syam Indardi.

Pelaku pun langsung diamankan di Polresta Tangerang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Belajar dari YouTube

Dari hasil pemeriksaan, pelaku vandalisme Musala Darussalam di Perumahan Villa Tangerang Elok, Tangerang ini mengaku dirinya terinspirasi dari tontonan di YouTube.

"Dia belajar dari YouTube, tapi apa yang dia tonton dan lainnya, semua masih kita dalami," ungkap Kapolresta Tangerang, Kombes Ade Ary Syam Indradi, Rabu (30/9/2020).

Mahasiswa semester awal di sebuah kampus swasta ini bahkan merasa aksi vandalisme yang diperbuatnya, seperti mencoret bagian dalam musala, merusak fasilitas ibadah, dan merobek Al-Qur'an, sudah benar.

"Dia merasa apa yang dilakukan itu sudah benar," kata Ade.

Tidak Ada Tanda-Tanda Gangguan Jiwa

vandalisme thumbnail
vandalisme thumbnail

Saat diinterogasi penyelidik, tidak ada tanda-tanda gangguan kejiwaan pada pelaku. Misalnya, saat diajak ngobrol, S masih bisa menjawab, diajak diskusi pun masih sesuai topik.

"Semua komunikasi yang dilakukan penyelidik ditanggapi baik oleh tersangka," tutur Ade. 

Sebelumnya, kepada polisi, pelaku melakukan aksinya hanya seorang diri. Namun, petugas masih terus mendalami apakah benar-benar tersangka melakukan aksinya tersebut sendiri, atau memang ada yang menunggangi.

"Sampai saat ini dia beraksi sendiri. Kita nggak berandai-andai, penyidikan adalah fakta. Kita sedang kumpulkan faktanya," ungkap Kapolres.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 30 September: 33,5 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 23,3 Juta Pulih

Posted: 29 Sep 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kasus Virus Corona COVID-19 dikonfirmasi di Iran telah melampaui 450.000 pada 29 September 2020. Dalam 24 jam terakhir, Iran mencatat hingga 3.677 infeksi, menurut pernyataan juru bicara Kementerian Kesehatan Iran, Sima Sadat Lari kepada stasiun televisi pemerintah, ketika total kematian di negara tersebut melonjak menjadi 25.986.

Menurut Sima Sadat Lari, 207 orang telah meninggal dunia dalam 24 jam terakhir di Iran akibat COVID-19, dan total kasus infeksi mencapai 453.637, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (30/9/2020).

Virus Corona COVID-19 diketahui telah melonjak di hampir semua 31 provinsi di Iran. Tetapi pada pekan lalu, Presiden Hassan Rouhani mengatakan bahwa pemerintahannya tidak berencana untuk memberlakukan lockdown total meskipun jumlah kasus masih meningkat.

Kendati demikian, otoritas Iran menyatakan beberapa langkah pembatasan akan diberlakukan kembali di Teheran dan beberapa kota lain yang diklasifikasikan sebagai zona "merah", yang merupakan kategori tertinggi dalam skala risiko COVID-19 di negara tersebut. 

Negara yang memiliki jumlah kematian akibat COVID-19 tertinggi di kawasan Timur Tengah itu telah melonggarkan pembatasan untuk penerapan aktivitas normal pada April 2020 dalam upaya memulihkan ekonominya.

Sementara itu, pejabat kesehatan telah berulang kali memperingatkan bahwa pelonggaran pembatasan dapat menyebabkan peningkatan infeksi.

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada Rabu (30/9/2020 per pukul 11.58 WIB telah mencapai 33.561.081 kasus. 23.301.262 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan COVID-19 Dashboard by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University.

Sebanyak 1.006.576 orang di dunia tercatat telah meninggal dunia akibat COVID-19, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com.

AS Catat 7,1 Juta Kasus Virus Corona COVID-19

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

Data Johns Hopkins University juga menunjukkan bahwa India berada di posisi teratas untuk pasien pulih yakni 5.101.397 lalu Brasil sebanyak 4.237.152.

AS, negara dengan jumlah kasus terbesar di dunia, saat ini tercatat memiliki 7.190.230 infeksi dengan 2.813.305 pasien pulih.

Negara Bagian New York mencatat jumlah pasien sembuh COVID-19 terbanyak di AS, yaitu 76.649 orang pulih. 

India, Brasil, Rusia, dan Kolombia saat ini tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah AS.

India berada di posisi kedua dengan jumlah infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar di dunia, sebanyak 6.145.291 kasus. 

Selanjutnya, pasien COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Brasil, sebanyak 4.777.522 kasus.

Sementara di Rusia, 1.162.428 orang dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19, dan 948.985 pulih. 

Berada di Posisi kelima untuk kasus terbanyak, infeksi COVID-19 di Kolombia telah mencapai 824.042 dan 734.154 orang pulih.

Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global

Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dijual Mulai 1 Oktober, ORI018 Tawarkan Kupon 5,7 Persen Setahun

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal triwulan IV tahun 2020, Pemerintah berencana menerbitkan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI018 yang akan ditawarkan secara online (e-SBN) dengan minimum pemesanan Rp 1 juta.

Masa penawaran ORI018 ini dibuka pada 1 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB, dan ditutup pada 21 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB.

ORI seri ORI018 ini dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik/lokal yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID).

Dikutip dari keterangan resmi Direktorat Surat Utang NegaraDirektorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Rabu (30/9/2020), tingkat kupon dari seri ini adalah 5,70 persen per tahun. Dibayarkan pertama kali pada 15 Desember 2020, dan tanggal 15 setiap bulan selanjutnya

Proses pemesanan pembelian ORI018 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu (i) registrasi/pendaftaran, (ii) pemesanan, (iii) pembayaran dan (iv) setelmen/konfirmasi. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Sebelum melakukan pemesanan pembelian ORI, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi ORI018 yang akan dirilis pada tanggal 1 Oktober 2020 dan dapat diakses di landing page pada tautan www.kemenkeu.go.id/ori.

ORI, Awal Sejarah Indonesia Miliki Mata Uang Pertama

Oeang Republik Indonesia (ORI) adalah mata uang pertama yang dimiliki Indonesia usai merdeka.
Oeang Republik Indonesia (ORI) adalah mata uang pertama yang dimiliki Indonesia usai merdeka.

Rupiah telah lama menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia. Tapi tahukah, kapan Indonesia sebenarnya memiliki mata uang sendiri.

Tepatnya adalah pada 30 Oktober 1946, Oeang Republik Indonesia (ORI) menjadi mata uang pertama yang dimiliki Indonesia usai merdeka. ORI kemudian menjadi alat pembayaran sah dan menjadi lambang utama negara ini.

Di tengah berkobarnya api perjuangan mempertahankan Indonesia, pemerintah menetapkan Undang-undang tentang pengeluaran uang Republik Indonesia nomor 17 tahun 1946 dan UU noor 19 Tahun 1946.

Mengutip laman Kemenkeu.go.id, Rabu (30/10/2019), kala itu Menteri Keuangan diberi kewenangan untuk menetapkan hal-hal yang berkaitan dengan pengeluaran uang Republik Indonesia.

"Melalui Keputusan nomor SS/1/35 tertanggal 29 Oktober 2019, Menteri Keuangan menyatakan bahwa uang Jepang, dan Javasche Bank dinyatakan tidak berlaku. Sebagai gantinya Uang Republik Indonesia ditetapkan sebagai alat pembayaran yang sah," mengutip situs Kemenkeu.go.id.

Wakil Presiden Mohammad Hatta dalam Pidato radio melalui RRI, yogyakarta pada 29 Oktober 1946 Pukul 20.00, menyatakan tentang pemberlakuan ORI ini.

Keberadaan uang ORI ini langsung menggugurkan peredaran mata uang lain seperti uang Jepang, uang NICA, dan uang Javasche Bank yang resmi tidak berlaku lagi.

ORI pun diterima dengan perasaan bangga oleh seluruh rakyat Indonesia. Mata uang yang dicetak itu ditandatangani oleh Menteri Keuangan Alexander Andries Maramis (15 mata uang periode 1945-1947).

ORI pertama dicetak oleh Percetakan Canisius. Penerbitan uang ini dinilai penting karena uang menjadi lambang utama suatu negara merdeka serta sebagai alat untuk memperkenalkan Indonesia kepada khalayak umum.

Pemerintah kemudian memutuskan 30 Oktober sebagai Hari Keuangan Republik Indonesia karena menjadi dasar lahirnya uang emisi pertama Republik Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Tottenham Kebelet Buang Air di Tengah Laga, Mourinho Menyusul ke Toilet

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Insiden konyol mewarnai laga Tottenham Hotspur melawan Chelsea pada putaran keempat Piala Liga Inggris yang berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu dini hari tadi. Penonton sempat dibuat bingung melihat bek Spurs, Eric Dier tiba-tiba meninggalkan lapangan dan berlari menuju kamar ganti.

Anehnya lagi, langkah Dier juga diikuti oleh Pelatih Tottenham, Jose Mourinho. Dalam rekaman gambar di dalam lorong ganti pemain, pemain yang dijuluki The Special One itu tampak berjalan menyusul Dier.

Dier belakangan diketahui berlari menuju toilet karena kebelet buang air kecil. Beberapa menit kemudian dia segera ke luar dan bergegas menuju lapangan diikuti Mourinho.

"Dia (Dier) tak punya pilihan, dia harus pergi," kata Mourinho kepada Sky Sports usai laga.

"Mungkin itu hal yang normal ketika Anda benar-benar dehidrasi seperti kasus ini, saya harus menekannya untuk kembali tapi dia adalah contoh baik bagi yang lain," bebernya.

"Jika pihak berwenang tidak peduli dengan pemain, saya peduli," kata Mourinho lagi.

 

Berlangsung di Tengah Laga

Pemain Tottenham Hotspur, Erik Lamela, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada laga Piala Liga Inggris di London, Rabu (30/9/2020). Tottenham menang adu penalti dengan skor 5-4 (1-1). (Matt Dunham/Pool via AP)
Pemain Tottenham Hotspur, Erik Lamela, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Chelsea pada laga Piala Liga Inggris di London, Rabu (30/9/2020). Tottenham menang adu penalti dengan skor 5-4 (1-1). (Matt Dunham/Pool via AP)

Aksi Dier berlangsung pada babak kedua saat Spurs tertinggal 0-1 dari Chelsea. Beruntung tidak ada gol tambahan yang tercipta saat pemain berusia 26 tahun itu ke kamar mandi.

Sebaliknya, Spurs justru berhasil menyamakan kedudukan lewat Erik Lamela pada menit ke-83.

Skor imbang bertahan hingga babak normal usai dan Spurs akhirnya berhasil lolos ke babak selanjutnya usai menang adu penalti 5-4. Dalam babak tostosan ini, Dier yang menjadi penendang pertama sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

 

Panggilan Alam

Eric Dier mengaku tidak punya pilihan. Dia juga tidak membantah telah dimarahi Mourinho. 

Hanya saja Dier mengaku tidak punya pilihan. "Ya, Mourinho tidak senang tapi tidak ada yang bisa saya lakukan, alam memanggil," kata Dier kepada Sky Sports usai laga.

"Saya dengar ada peluang yang tercipta saat saya meninggalkan lapangan, tapi syukurlah mereka tidak mencetak gol dan kami bisa merebut kemenangan," beber Dier.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebriti Tanah Air sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan aktor spesialis pemeran satpam bernama Herry Ujang. Ya, Herry kerap ditunjuk perankan karakter satpam di berbagai sinetron yang ia bintangi.

Salah satu karakter yang begitu melekat di Herry adalah saat perankan Ucup di sinetron televisi swasta berjudul Tetangga Masa Gitu. Sebagai Ucup, Herry sangat totalitas beradu akting dengan Dwi Sasono, Sophia Latjuba, Chelsea Islan dan Deva Mahenra. 

Berbeda di kehidupan seni peran, Herry yang kerap terlihat mencolok ternyata sangat sederhana di kehidupan nyata. Sosok kesederhanaannya ini kerap diunggah di Instagram @herry_ujang. Beberapa momen, aktor Herry juga pernah mengunggah potret istri dan anaknya.

Penasaran kan dengan gaya aktor Herry Ujang di kehidupan nyata yang bikin pangling? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @herry_ujang, gaya Herry Ujang di kehidupan nyata, Rabu (30/9/2020).

1. Terkenal sebagai spesialis pemeran satpam yang nyeleneh, nyatanya Herry Ujang adalah sosok yang sederhana.

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)
Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)

2. Ini dia potret keluarga Herry Ujang yang jarang tersorot media.

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)
Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)

3. Saat liburan di Bali, Herry Ujang tak lupa turut mengunjungi monumen bom Bali.

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)
Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)

4. Tak hanya sinetron, Herry Ujang juga kerap tampil di berbagai pagelaran teatrikal.

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)
Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)

5. Terjun di dunia hiburan, membuat Herry memiliki kedekatan bersama rekan artis seperti berteman dengan Dede Sunandar.

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)
Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)

6. Kini di sinetron Amanah Wali, Herry tampil mencolok dengan selalu terlihat rapi dan rambut klimis belah tengah.

Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)
Spesialis Perankan Satpam, 6 Gaya Herry Ujang di Kehidupan Nyata Ini Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/herry_ujang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Leg Kedua Play-off Liga Champions Nanti Malam, Menuju Babak Utama

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions 2020/2021 menyelesaikan leg kedua play-off, Rabu (30/9/2020) atau Kamis WIB. Berlangsung tiga pertandingan sebelum babak grup. 

Tidak seperti kualifikasi, UEFA mengembalikan sistem kompetisi Liga Champions seperti semula. Artinya, hasil pertandingan ditentukan kinerja home-away.

Perubahan ini mengubah pola pikir kontestan saat bertanding. Mereka bisa sedikit tenang karena memiliki kesempatan membalikkan kedudukan di laga kedua jika mendapat hasil buruk pada pertemuan pertama.

Namun, intinya sebenarnya tetap sama. Yang membedakan hanya durasi. Kali ini tim mesti konsentrasi 180 menit atau lebih, ketimbang 90 menit saat kompetisi menggunakan format satu partai.

Berikut jadwal leg kedua play-off Liga Champions 2020/2021 malam ini:

Jadwal Pertandingan

Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)
Ilustrasi liga Champions (Liputan6.com/Abdillah)

Kamis, 1 Oktober 2020

02.00 WIB: Midtjylland vs Slavia Prague (Leg I: 0-0)

02.00 WIB: Red Bull Salzburg vs Maccabi Tel Aviv (Leg I: 2-1)

02.00 WIB: PAOK vs Krasnodar (Leg I: 1-2)

Saksikan Video Liga Champions Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pecinta Olahraga Udara Suguhkan Pertunjukan Aerobatik di Anyang

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Para pecinta olahraga udara menyuguhkan pertunjukan aerobatik pada pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)
Para pecinta olahraga udara menyuguhkan pertunjukan aerobatik pada pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Para pecinta olahraga udara menyuguhkan pertunjukan aerobatik pada pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Para pecinta olahraga udara menyuguhkan pertunjukan aerobatik pada pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)
Para pecinta olahraga udara menyuguhkan pertunjukan aerobatik pada pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Para pecinta olahraga udara menyuguhkan pertunjukan aerobatik pada pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Seorang pecinta olahraga udara tampil dalam pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)
Seorang pecinta olahraga udara tampil dalam pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Seorang pecinta olahraga udara tampil dalam pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Seorang pecinta olahraga udara tampil dalam pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)
Seorang pecinta olahraga udara tampil dalam pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

Seorang pecinta olahraga udara tampil dalam pembukaan Festival Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Udara ke-12 di Anyang, Provinsi Henan, China, 29 September 2020. Acara tersebut dibuka pada Selasa (29/9) dan akan berlangsung hingga 5 Oktober. (Xinhua/Feng Dapeng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebelet Buang Air, Eric Dier ke Toilet di Tengah Pertandingan Tottenham Hotspur Vs Chelsea

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen lucu terjadi saat pertandingan Tottenham Hotspur melawan Chelsea. Di pertengahan babak kedua, Eric Dier tiba-tiba memasuki ruang ganti. Hal ini membuat sang manajer, Jose Mourinho gusar karena timnya saat itu tengah tertinggal 0-1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sharing Session: Tingkatkan Ekonomi Lewat Jualan Produk Virtual Mitra Bukalapak di Vidio

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Potensi ekonomi dari jual beli di e-commerce diprediksi bakal meningkat tiap tahunnya. Bukalapak sebagai penyedia layanan jual beli online juga ikut berpartisipasi dalam Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diluncurkan sejak 14 Mei 2020. Tujuan gerakan ini adalah memberdayakan UMKM di tengah pandemi ini.

Selain memberdayakan UMKM, gerakan ini juga berhasil meningkatkan kunjungan ke platform Bukalapak secara signifikan. Dengan kampanye Bangga Buatan Indonesia, Bukalapak berkomitmen menjaga UMKM dan mengoptimalkan sumber daya untuk memasarkan produk-produk lokal.

Salah satunya adalah dengan berjualan produk virtual di Mitra Bukalapak. Produk virtual tersebut antara lain Kirim Uang, Tabungan Emas, Pengisian Pulsa, Voucher Listrik, Voucher Game, hingga pembayaran samsat online nasional. 

Lalu, bagaimana cara mitra Bukalapak meningkatkan ekonomi dengan berjualan produk tersebut? Saksikan Sharing Session Tingkatkan Ekonomi Lewat Jualan Produk Virtual Mitra Bukalapak di platform Vidio.

Acara akan berlangsung pada:

Hari: Rabu, 30 September 2020

Pukul: 14.00 WIB

Tema: Tingkatkan Ekonomi Lewat Jualan Produk Virtual Mitra Bukalapak

Live Streaming: Vidio

Bagi yang ingin menyaksikan Sharing Session bersama Bukalapak, Anda bisa mengakses live streaming acaranya di Vidio dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Asmirandah dan Jonas Rivanno Siapkan Nama Bayi Sejak 2 Tahun Silam

Posted: 29 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan Asmirandah memasuki usia tujuh bulan. Bersama sang suami, Jonas Rivanno, Asmirandah menyatakan kesiapannya menyambut buah hati. Ia tak henti mengucap syukur kepada Sang Khali atas kehamilan yang telah dinanti selama bertahun-tahun.

"Dari sebelum lahir sih sudah siap banget, tapi bagaimana nantinya kita belum bisa bilang seperti apa. Kami bersyukur banget, puji Tuhan banget, punya keluarga yang sangat membantu," ungkap Asmirandah.

Bintang film Dalam Mihrab Cinta dikelilingi sistem pendukung yang membantunya siap secara fisik dan mental untuk bersalin lalu membesarkan anak. Asmirandah mendapat referensi momong anak dari kakak dan adik yang lebih dulu beroleh keturunan.

Nasihat Papa dan Mama

Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)
Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)

"Papa-papa bisa ngomong ke Vanno ibu hamil tuh begini-begini. Mama memberi nasihat saya sebagai ibu baru," urai Asmirandah dalam konferensi pers virtual yang dihelat Rabu (30/9/2020).

Yang menarik, Jonas Rivanno mengaku telah menyiapkan nama bahkan jauh sebelum Asmirandah berbadan dua. "Nyiapin nama, sudah dong. Dari dua tahun yang lalu sudah nyiapin nama," serunya.

Siapkan Nama

Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)
Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)

Aktor kelahiran Surabaya, 20 Maret 1987, itu membeberkan alasan menyiapkan nama anak dua tahun sebelumnya. "Kenapa nyiapin nama dari dua tahun yang lalu? Karena buat kami itu dibawa dalam doa," Jonas Rivano menyambung.

Doa yang dilantun dari hati tiap hari sejak dua tahun lalu akhirnya terjawab. Asmirandah akan bersalin beberapa minggu lagi. Bersalin di tengah pandemi tak membuat perasaan pasutri ini jadi getir.

 

Rasanya Tetap Bahagia

Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)
Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)

"Rasanya tetap bahagia tidak ada perubahan perasaan seperti apa. Tetap bahagia karena sebentar lagi akan menimang buah hati. Memang ada beberapa hal yang harus kami perhatikan dan itu tidak pernah lepas dari kami kok," Jonas Rivanno memberi tahu.

Bersama Asmirandah ia tunduk patuh pada protokol kesehatan dan kebijakan Pemerintah terkait pencegahan penularan Covid-19. Di lokasi syuting, Jonas Rivanno ekstra hati-hati, jangan sampai membawa virus ke rumah. 

Tak Seperti Hari Biasa

Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)
Asmirandah dan Jonas Rivanno. (Foto: Rio Motret dari Instagram @asmirandah89)

"Syuting sekarang enggak kayak hari-hari biasanya. Di tengah pandemi, protokol kesehatan wajib dijalani. Memang, aku enggak bisa syuting di sembarang tempat," cetus bintang sinetron Cinta Suci.

"Dari rumah produksi sendiri menyiapkan tempat yang bisa dibilang semacam karantina, enggak bisa orang keluar masuk sembarang. Bahkan, pemain dan kru dites seminggu sekali untuk Covid-19," Jonas Rivanno mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKPM: Investasi Bisa Bawa Indonesia Keluar dari Jurang Resesi

Posted: 29 Sep 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mendorong iklim investasi di tengah pandemi Covid-19. Investasi dinilai mampu selamatkan Indonesia saat pertumbuhan ekonomi diprediksi terkontraksi pada kuartal III 2020 dan jatuh ke jurang resesi.

"Di tengah perekonomian yang melambat ini investasi diharapkan akan jadi motor penggerak utama dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, BKPM akan terus bekerja keras dalam menarik investasi masuk ke Indonesia," kata Plt Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Nurul Ichwan saat market sounding proyek Tol Gilimanuk-Mengwi dan Jembatan CH di Jawa, Rabu (30/9/2020).

Dia memaparkan, realisasi investasi pada semester I 2020 mencapai Rp 402,6 triliun. Angka tersebut sekitar 49,3 persen dari target realisasi tahun ini yang sebesar Rp 817,2 triliun.

"Untuk itu BKPM optimis target realisasi tahun 2020 akan dapat dicapai, dan dari capaian ini diharapkan akan dapat mengurangi kontraksi ekonomi yang diperkirakan masih akan berlanjut," ujar dia.

Pandemi Covid-19 disebutnya telah memukul perekonomian dunia. Nurul pun memperkirakan ekonomi nasional tetap akan tumbuh negatif di kuartal III 2020, sehingga Indonesia bakal mengalami resesi.

Nurul menambahkan, tren perlambatan ekonomi di seluruh dunia juga turut berpengaruh pada arus investasi global, yang diprediksi turun 30-40 persen. Itu tergambar pada realisasi investasi global di Juni 2020 yang berkisar 0,1-2,2 persen terhadap PDB negara asal, turun jauh dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar 0,4-16 persen terhadap PDB negara asal.

Secara kondisi, ia menyebutkan, kontraksi perekonomian dan investasi di Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara lain. Itu didorong oleh langkah pemerintah yang terus berupaya melaksanakan pembangunan infrastruktur di tengah pandemi corona.

"Pembangunan infranstruktur dan peningkatan investasi memiliki hubungan timbal balik yang positif, dimana pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi sehingga mampu merangsang usaha-usaha baru untuk dapat tumbuh dan lebih berkembang di Indonesia," tuturnya.

Resmikan Tol Manado-Bitung, Jokowi Harap Pariwisata dan Investasi Meningkat

Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap beroperasinya jalan tol Manado-Bitung, ruas Manado-Donowodu dapat meningkatkan pariwisata dan investasi di Sulawesi Utara. Terlebih, jalan tol ini hanya berjarak 12 menit dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi.

"Kita harapkan pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang lebih baik lagi nanti setelah berakhirnya pandemi yang kita hadapi sekarang ini," kata Jokowi saat meresmikan ruas jalan tol Manado-Donowodu secara virtual, Jumat (29/9/2020).

 

Menurut dia, Sulawesi Utata memiliki banyak potensi ekonomi yang harus terus dikembangkan mulai dari industri perikanan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Untuk itu, jalan tol Manado-Bitung dirancang untuk mengintegrasikan kawasan-kawasan strategis yang ada di wilayah.

Sejumlah kawasan strategis yang dimaksud Jokowi yakni, Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dan kawasan pariwisata Likupang. Jokowi meyakini dengan adanya jalan tol ini, akan semakin banyak investasi yang masuk ke Sulawesi Utara.

"Dengan tersambungnya kawasan perekonomian ini saya yakin investasi akan lebih banyak datang. Usaha-usaha baru akan tumbuh lebih banyak dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat juga pasti akan meningkat. Sulawesi Utara akan semakin berkembang," jelas Jokowi.

Jalan Tol Manado-Bitung dikelola oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

2 Seksi

Tol Manado-Bitung. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Tol Manado-Bitung. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Jalan Tol Manado-Bitung yang dibangun sejak tahun 2017 tersebut memiliki total investasi sebesar Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Jalan Tol Manado-Bitung sendiri memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Selain itu, Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. PT JMB juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan seperti dua unit Patroli Jalan Raya (PJR), tiga unit Mobile Customer Service (MCS), satu unit Rescue, satu unit Ambulance serta tiga unit Derek. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Tanri Abeng Perbaiki Kinerja 159 BUMN saat Krisis 1998

Posted: 29 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan menteri BUMN Tanri Abeng membagikan pengalaman yang pernah dilakukannya untuk memperbaiki kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada saat krisis ekonomi melanda Indonesia 1998.

Menurut menteri BUMN di era Presiden Soeharto itu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, pada masa itu terdapat 159 BUMN yang dinilai kurang sehat sehingga diperlukan upaya untuk memperbaikinya.

"Saya usulkan ke Bapak Presiden Soeharto untuk memprofitisasi, restrukturisasi dan terakhir privatisasi," kata dia di Talk Show & Awarding "Corporate ReputationBUMN (Befor & After Pandemi) Milennial's Perspective" sekaligus BUMN Brand Award 2020 dikutip dari Antara, Rabu (30/9/2020).

Dikatakannya, saat itu terbentuklah 10 holding BUMN dan salah satunya yakni memerger beberapa bank BUMN yang ada menjadi Bank Mandiri.

Menurut Tanri, saat ini BUMN mempunyai peran signifikan terhadap perekonomian negara, sehingga mampu membantu Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bergeliat.

"Setidaknya BUMN-BUMN tersebut memberikan kenyamanan dan keamanan pada bidang kesehatan kepada publik. BRI punya portofolio membantu UMKM," katanya.

Dia menilai BUMN saat ini mempunyai strategi yang jitu untuk mengatasi masalah ekonomi akibat wabah COVID-19 oleh karena itu pihaknya mengapresiasi Erick Tohir dan Budi Gunadi Sadikin terlibat mengatasi wabah tersebut terutama di bidang ekonomi.

Sementara itu Founder & CEO Iconomics Bram S. Putro menyebutkan, reputasi perusahaan tidak dibangun sekejap, tapi dibentuk dengan waktu dan proses yang panjang.

Namun, keruntuhan reputasi perusahaan bisa dalam waktu sekejap, oleh karena itu, perusahaan dan level pimpinan harus sangat memperhatikan aspek-aspek internal maupun eksternal yang bisa membahayakan reputasi perusahaan.

"Tak terkecuali perusahaan-perusahaan BUMN yang memiliki peran sebagai lembaga profit sekaligus memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mendukung program-program pemerintah. Apalagi pada masa pandemi Covid-19," katanya.

Tantangan Makin Berat

Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)
Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)

Menurut dia, tantangannya akan semakin berat bagi BUMN, dalam situasi saat ini, masing-masing BUMN tentunya akan mengelola reputasi dengan gayanya masing-masing, termasuk membangun reputasinya di mata kaum milenial.

Terkait hal itu Iconomics melihat kinerja perusahaan negara dalam menjaga reputasi terutama pada masa pandemi dan pasca pandemi Covid-19 pihaknya akan menggelar BUMN Brand Award 2020.

Dalam BUMN Brand Award 2020, perusahaan-perusahaan BUMN dinilai dari 4 indikator meliputi indikator market dominance yakni jumlah penggunaan produk dan jasa perusahaan BUMN yang disurvei.

Kemudian brand strength menyangkut jumlah responden yang mengetahui keberadaan brand, lalu aspek customer satisfaction yang dilihat dari penilaian responden terhadap kualitas layanan brand perusahaan-perusahaan BUMN.

Aspek lainnya yang dilihat mengenai persepsi responden perusahaan BUMN dalam berkontribusi sosial dan ekonomi.

Menurut Research Director Iconomics Alex Mulya, survei dilakukan kepada tiga segmen milenial meliputi early, mid-term dan late dengan mengelompokkan berdasarkan segmen pendapatan, yakni rendah, menengah dan atas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IoT Dinilai Bisa Jadi Solusi Produktif saat Pandemi Covid-19

Posted: 29 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Internet of Things (IoT) dinilai bisa menjadi solusi yang membantu menjaga produktivitas di tengah pandemi Covid-19.

Diungkapkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail, pandemi dan IoT sama-sama merupakan hal yang terkait dengan jarak.

"Selama pandemi kita diharapkan bisa bekerja dan belajar dari rumah. Diharapkan, industri juga begitu. Filosofi ini cocok dengan penerapan IoT karena IoT mengandalkan sensor dan konektivitas untuk dapat beraktivitas," kata Ismail, dalam Webinar IoT for Resilience in The Face of Pandemics, Rabu (30/9/2020).

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa ketika pandemi, IoT bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan pada gilirannya akan mengurangi dampak resesi keuangan.

Ismail menjelaskan, ketika pandemi, ketergantungan pada barang impor bisa dikurangi dan produksi dalam negeri bisa ditambah, berkat IoT. Kegiatan ekonomi pun akan berjalan dan UMKM bisa bertahan dengan go online.

"Ini adalah resep yang dibutuhkan untuk menjaga ketahanan ekonomi nasional," kata Ismail.

Selanjutnya Ismail menyebut, saat pandemi, pekerjaan dilakukan secara daring dan itu bukan sekadar pindah kerja ke ruang digital, tetapi bagaimana produktivitas kerja terus ditingkatkan.

Misalnya, dalam industri manufaktur, penggunaan IoT bisa diaplikasikan untuk mengontrol kinerja mesin di pabrik atau industri pertanian.

Dukungan IoT Saat Pandemi

Webinar tentang AIoT di masa pandemi, dihadiri oleh Dirjen SDPPI Kemkominfo Ismail dan Ketua Asosiasi ASIoT Teguh Prasetya (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)h
Webinar tentang AIoT di masa pandemi, dihadiri oleh Dirjen SDPPI Kemkominfo Ismail dan Ketua Asosiasi ASIoT Teguh Prasetya (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)h

Contoh lain, Ismail menyebut, beribadah pun bisa dibantu dengan IoT. Salah satunya adalah dengan perangkat IoT yang membantu orang membersihkan lantai masjid berbasis sensor.

Di sektor kesehatan, inovator lokal bahkan telah membuat sensor untuk mendeteksi virus melalui embusan napas. Deteksi dilakukan dengan melihat embusan napas selama beberapa detik, lalu sensor IoT akan mengenali apakah seseorang terkena Covid-19.

"Sensor IoT ini akan menjadi tambahan yang penting untuk mendeteksi Covid-19 selain menggunakan sensor suhu," tutur Ismail. Jika sensor ini diaplikasikan, pekerja bisa dipantai kesehatannya sebagai syarat untuk bekerja di kantor.

"Kreativitas IoT menjadi isu yang luar biasa manfaatnya, ketika kita bisa mengaplikasikan di konteks Indonesia. Jadi, jangan buru-buru, pikirkan idenya dan make it local, dikustomisasi lokal, karena bisnis di atas bisa terus dijalankan jika aplikasi IoT bisa dijalankan secara lokal," kata Ismail.

Kemkominfo, tutur Ismail, selalu mendukung para kreator dalam mengembangkan inovasi di bidang IoT guna membangun komunitas. "Nilai IoT adalah ketika telah menjadi platform yang dipakai umum, jadi terus bangun inovasi dan disesuaikan dengan kondisi lokal," ujar dia.

Standar Kompetensi Kerja Inovator IoT

Teguh Prasetya, Ketua Umum ASIOTI. Dok: ASIOTI
Teguh Prasetya, Ketua Umum ASIOTI. Dok: ASIOTI

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTI) Teguh Prasetya mengatakan, sejak asosiasi ini berdiri, berbagai hal dilakukan untuk membuat inovasi IoT kian maju di Tanah Air, termasuk adanya program dan peta jalan.

Teguh menilai, atas dukungan Kemkominfo, regulasi tentang AIoT juga hadir untuk mendukung penciptaan perangkat IoT yang lokal.

Bahkan pada tahun ini, Asosiasi mendapatkan kabar bahwa Menaker telah mengeluarkan Permenaker terkait Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sebagai modal untuk mendukung talenta-talenta nasional dalam menciptakan inovasi IoT.

"SKKNI ini menjadi modal bagi kita untuk tidak hanya membuat solusi IoT, tetapi juga menjamin adanya ahli-ahli yang memiliki sertifikasi nasional yang bisa diakui secara global," kata Teguh.

Dalam kesempatan ini, Teguh juga menyebut, inovasi atas IoT tidak boleh berhenti, terutama untuk menjadi solusi yang dapat diaplikasikan ketika pandemi.

(Tin//Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Kemendikbud Tidak Berikan Voucher untuk Bantuan Kuota Internet Pelajar

Posted: 29 Sep 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluruskan kabar simpang siur soal metode penyaluran bantuan kuota internet pendidikan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusdatin, Kemendikbud, Hasan Chabibie menegaskan bahwa bantuan kuota data internet diberikan secara langsung kepada nomor ponsel masing-masing penerima yang telah terdaftar, dan bukan dalam bentuk nomor baru atau nomor perdana. 

"Penyaluran kuota Kemendikbud tidak menuntut penerima bantuan menggunakan nomor baru/nomor perdana karena bantuan akan disalurkan langsung ke nomor ponsel yang didaftarkan melalui Dapodik melalui serangkaian verifikasi dan validasi," terang Hasan Chabibie dalam keterangan tulis, Selasa (29/9/2020).

Lebih lanjut, dia menerangkan, apabila terdapat bantuan kuota dengan besaran yang tidak sesuai, terlebih menggunakan nomor baru atau perdana, dapat dipastikan hal tersebut bukan bantuan resmi dari Kemendikbud.

Hal tersebut dijelaskan Hasan untuk menyanggah banyaknya kesalahpahaman masyarakat yang mengira bahwa bantuan kuota yang diberikan Kemendikbud berbentuk nomor perdana yang dibagikan oleh sekolah.

Hasan menjelaskan, terdapat dua jenis kuota yang diberikan Kemendikbud pertama kuota umum yaitu kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi seperti kuota reguler pada umumnya. Kedua adalah kuota belajar yaitu kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses ratusan laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar pada: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Hasan Chabibie juga menjelaskan alasan mengapa bantuan kuota internet pendidikan tak disalurkan melalui voucher ataupun lainnya. Kemendikbud lebih memilih menyalurkan bantuan kuota internet secara langsung dikirim ke nomor masing-masing penerima.

Menurut dia, hal itu guna menghindari potensi jual beli voucher bantuan kuota internet.

"Jangan salah voucher pulsa yang kita berikan itu bisa diperjualbelikan, bisa dikirimkan. Ini juga nanti jadi pertanyaan juga buat kita kan jangan-jangan kalau kita kasih voucher pulsa gak dipakai buat langganan kuota data untuk belajar. Ini nanti jadi persoalan lagi buat kami," kata Hasan Chabibie.

 

Bantuan Rentan Dipermainkan

Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Fatma Azaidah mengikuti pembelajaran online ajaran baru 2020/2021 di rumah, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). Kemendikbud kembali menghadirkan program Belajar dari Rumah semua level pendidikan di masa darurat pandemi Covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hasan menjelaskan, secara teknis metode penyaluran bantuan kuota internet pendidikan yang paling ideal adalah seperti yang dilakukan saat ini. Pasalnya proses verifikasi nomor telepon yang dilakukan pihaknya pun amat ketat.

"Peluang oknum yang berniat memainkan bantuan ini demi kepentingan pribadi pun bisa diminimalisir," ucap dia. 

Hasan juga menambahkan bahwa Kemendikbud membuka masukan dan aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat terkait daftar pada laman Kuota Belajar.

"Kami menerima masukan dan saran dari masyarakat untuk memberikan perkembangan aplikasi apa saja yang dapat terdaftar di laman Kuota Belajar. Aplikasi di catatan kami bukan harga mati, jadi masih bisa ditambah atas hasil diskusi bersama masyarakat. Kolaborasi dan sinergi sudah selayaknya dilaksanakan semua pihak, terutama pada masa krisis ini. Segala ikhtiar terus kami lakukan demi menjaga nyala api peserta didik", tutup Plt. Kapusdatin Kemendikbud.  

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter SWS Tersangka Kasus Aborsi di Jakpus Meninggal Akibat Covid-19

Posted: 29 Sep 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang tahanan Polda Metro Jaya meninggal akibat terpapar virus corona Covid-19. Tahanan yang meninggal itu adalah SWS (84), dokter yang terlibat praktik aborsi ilegal di Jakarta Pusat.

SWS bersama dengan 16 orang lain ditangkap oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya di sebuah klinik yang ada di Jalan Raden Saleh I Kenari, Senen, Jakarta Pusat pada Senin 3 Agustus 2020 lalu.

Kepala Bagian Humas Rumah Sakit Polri Kramat Jati, AKBP Kristianingsih menyatakan, SWS meninggal dunia pada pagi tadi. Tersangka aborsi itu meninggal setelah sempat dirawat di Ruang ICU RS Polri Kramat Jati.

"Iya benar (SWS) tadi meninggal jam 09.00 pagi di ruang ICU," kata dia saat dihubungi, Rabu (30/9/2020).

Menurut hasil pemeriksaan, Kristianingsih menjelaskan bahwa SWS terkonfirmasi positif virus corona Covid-19.

"Iya (meninggal karena Covid-19)," katanya singkat.

 

Praktik Aborsi Terbongkar Lewat Kasus Pembunuhan

Ilustrasi aborsi. (iStockphoto)
Ilustrasi aborsi. (iStockphoto)

Sebelumnya, Direskrimum Polda Metro Jaya membongkar praktik aborsi ilegal yang dilakukan dokter spesialis kandungan di Klinik dr. SWS di Jalan Raden Saleh I Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin, 3 Agustus 2020 kemarin.

Kasus ini merupakan pengembangan dari pembunuhan berencana terhadap pengusaha roti, Hsu Ming Hu (52). Polisi mencecar salah satu pelaku yang juga otak dalam pembunuhan ini yakni SS merupakan sekertaris korban.

Dari hasil mendalami keterangan SS, ternyata polisi dapat mengungkap perkara praktik aborsi ilegal.

Tersangka SS mengaku menggugurkan kandungan di Klinik dr. SWS, Jalan Raden Saleh I Kenari, Senen, Jakarta Pusat.

Pihak kepolisian pun bergerak menuju ke lokasi. Sebanyak 17 orang pun ditangkap. enam dari 17 orang yang diamankan merupakan tenaga medis. Selain tenaga medis pihak lain yang turut diamankan diantaranya pengelola, resepsionis, office boy, hingga calon pasien aborsi.

Diketahui selama hampir lima tahun klinik menjalankan praktik aborsi yang bertentangan dengan hukum. Namun demikian penyidik hanya menemukan rekap kunjungan pasien dari bulan Januari 2019 hingga 10 April 2020. Disebutkan jumlah pasien mencapai 2.638 orang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Disambar Petir, 25 Rumah Adat di NTT Hangus Terbakar

Posted: 29 Sep 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musibah dialami warga yang tinggal di situs budaya Sumba Barat Daya NTT. 25 rumah adat hangus terbakar, api dipicu sambaran petir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Gandeng ITS Pulihkan Transportasi Laut dari Covid-19

Posted: 29 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peran penting transportasi sangat terasa hingga keseluruh sektor, terlebih ditengah pandemi Covid-19. Namun, jasa transportasi bersama sektor pariwisata menjadi sektor yang paling terpukul. Bisnis sektor transportasi nasional pun telah ditekan, dan merata ke seluruh moda, terutama transportasi perairan.

Seperti diketahui, di era pandemi saat ini, sektor transportasi mengalami penurunan sebesar 30 persen pada kuartal kedua. Oleh karena itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) bekerjasama mencari jalan keluar melalui kajian dengan tema Strategi Adaptasi dan Pemulihan Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan Pada Saat dan Pasca Pandemi Covid-19.

"Pandemi memang akan menurunkan pertumbuhan ekonomi, namun tanpa upaya sigap dari pemangku kebijakan untuk selamatkan nyawa penduduk Indonesia, maka optimisme perekonomian tidak akan pernah datang," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti dalam keterangannya, Rabu (30/9/2020).

Hayati menambahkan bahwa sektor maritim bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi saja, tetapi juga sebagai simbol kekuatan dan kedaulatan negara. Bahkan berperan juga untuk menyatukan wilayah yang tersebar di Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya pemulihan bisnis sektor transportasi perairan di saat dan pasca pandemi.

Berdasarkan laporan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, untuk kondisi transportasi laut dari bulan Mei hingga saat ini telah mengalami kenaikan baik untuk angkutan penumpang maupun logistik.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo mengatakan bahwa Indonesia diuntungkan dengan luasnya wilayah, dan jumlah penduduk yang besar, hal ini menyebabkan kebutuhan angkutan logistic yang cukup tinggi.

"Kargo harus jalan, penumpang juga harus jalan, sehingga ekonomi bisa terus berjalan, namun tentu harus dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," ujar Agus.

Selain pengawasan terhadap protokol kesehatan, Kementerian Perhubungan telah memberikan relaksasi terhadap operator untuk sertifikasi kapal, perijinan, dan yang lainnya.

"Kita berikan penundaan, supaya mereka tetap dapat beroperasi dengan baik, bahkan kami juga telah memaksimalkan pelayanan dengan sistem online," tambahnya.

 

Butuh Stimulus

Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

Berdasarkan hasil rekomendasi dari kajian yang telah dilakukan oleh ITS, perlu ada stimulus untuk kembali memulihkan kondisi transportasi laut, sungai, danau, dan penyeberangan ini.

Rektor ITS, Mochammad Ashari mengatakan bahwa terdapat beberapa instrument yang telah dikemukakan, salah satunya subsidi kepada operator dengan optimalisasi pemanfaatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) berupa keringanan penangguhan pembayaran pajak, pembebasan biaya kepelabuhanan, relaksasi pinjaman, ataupun subsidi terkait biaya penerapan protokol kesehatan.

"Tanpa adanya relaksasi atau bantuan, kawan-kawan di bisnis kapal dan penyeberangan akan sulit untuk bangkit," ujar Ashari

Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan PEN, Raden Pardede mengatakan bahwa, Covid-19 ini nantinya akan berdampak pada perubahan struktur ekonomi dan akselerasi teknologi atau industry 4.0 akibat krisis menuntut adanya perubahan, terutama pada sektor transportasi.

"Post Covid ini kedepannya akan terjadi percepatan industri 4.0, dan itu harus disiapkan, termasuk di sektor transportasi," tegasnya.

Komite penanganan Covid-19 dan PEN memiliki beberapa program untuk memulihkan ekonomi di Indonesia, khususnya di sektor transportasi, diantaranya Indonesia sehat yaitu dengan memulihkan kepercayaan masyarakat, sehingga potensi kegiatan serta konsumsi masyarakat meningkat, dan diharapkan hal ini akan menggerakan investasi.

Selanjutnya adalah Indonesia bekerja, Pardede mengatakan, bahwa kedepannya pemerintah akan fokus bagaimana Indonesia bekerja dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Terakhir Indonesia tumbuh, dimana Indonesia harus mampu bertransformasi, dan beradaptasi di setiap sektor, khususnya transportasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Film Cek Toko Sebelah, Drama Keluarga Ernest Prakasa yang Penuh Komedi

Posted: 29 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cek Toko Sebelah merupakan film karya Ernest Prakasa yang dirilis pada 2016 silam. Keberanian Ernest, sebagai sutradara, penulis naskah, hingga pemeran utama dalam film ini memang patut diacungi jempol.

Dalam film ini, ia kembali menceritakan tentang kehidupannya dengan mengangkat fenomena yang terjadi pada keluarga keturunan Tionghoa. Ide cerita Cek Toko Sebelah sebenarnya berkisah seorang anak yang sudah sekolah tinggi-tinggi akan berakhir dengan menjaga sebuah toko. Problematika yang tersaji di film ini sebenarnya adalah realita sosial yang ada sudah ada di kehidupan nyata.

Menggambarkan sikap orangtua yang kerap membandingkan anak-anaknya. Mereka selalu beranggapan bahwa anak lulusan dari universitas terbaik pasti mampu meneruskan usaha milik keluarga. Sementara anak lain, yang hidupnya penuh masalah dan berantakan.

Selain Ernest Prakasa, Cek Toko Sebelah juga diperankan oleh sederet bintang ternama Tanah Air, di antaranya Dion Wiyoko, Chew Kinwah, Adinia Wirasti, Gisella Anastasia. Beberapa nominasi dan penghargaan pun diraih film ini, salah satunya Skenario Asli Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2017.

Lalu, seperti apa cerita Ernest Prakasa di film Cek Toko Sebelah? Simak sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis

Film Cek Toko Sebelah menceritakan tentang Koh Afuk (Chew Kin Wah), yang punya usaha toko kelontong. Ia merasa bahwa dirinya semakin hari semakin tua untuk mengurus bisnisnya ini, terlebih lagi setelah ditinggal oleh sang istri (Dayu Wijayanto).

Koh Afuk pun memutuskan untuk mewariskan tokonya kepada Erwin (Ernest Prakasa). Mendengar keputusan tersebut, Yohan (Dion Wiyoko) sebagai anak sulung tidak menerima apabila tokonya tersebut diberikan kepada Erwin, si anak bungsu.

Erwin pun tidak menerima keputusan untuk mewarisi toko tersebut, karena kariernya sedang naik daun dan kekasihnya Natalie (Gisella Anastasia) juga keberatan akan hal ini. Akan tetapi, Koh Afuk meyakinkan anaknya tersebut untuk mewarisi toko kelontong miliknya dengan memberikan masa percobaan selama satu bulan.

Tak semulus yang dibayangkan, karena selalu muncul masalah-masalah di toko kelontong ini. Tidak hanya internal keluarga, tetapi juga oknum yang membeli toko kelontong untuk kepentingan lain.

Lantas apa yang akan dilakukan Erwin? Apakah ia mampu meneruskan usaha ayahnya itu? Saksikan kelanjutan ceritanya dengan nonton film Cek Toko Sebelah di layanan streaming Vidio.

Jangan lupa juga untu download aplikasi Vidio dan langganan paket Vidio Premier supaya bisa nonton film lokal, Hollywood, drama Korea, tayangan olahraga favorit, dan konten-konten berkualitas lainnya.

 

Film Cek Toko Sebelah kini bisa ditonton di platform streaming Vidio.
Film Cek Toko Sebelah kini bisa ditonton di platform streaming Vidio.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Melvin Tenggara, Crazy Rich Surabaya Punya Banyak Gelar Akademik

Posted: 29 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Melvin Tenggara dikenal sebagai Crazy Rich Surabaya karena memiliki kekayaan yang fantastis. Keluarga Melvin memiliki beragam bisnis di bidang shipping, propeti sampai alat berat. Namun, ia juga memiliki bisnis kuliner sendiri. 

Dalam akun YouTube Majelis Lucu Indonesia berjudul "Ini Bisnis yang Bikin Kaya Crazy Rich Surabaya", Melvin pernah bolos sekolah ke Prancis dan Amsterdam bersama teman-temannya. Cerita Melvin kala itu cukup mengegerkan warganet.  

Meski begitu, Melvin mengungapkan pendidikan tetap harus diutamakan. Terbukti, ia memiliki banyak gelar akademik. Pria tersebut menyandang S.E., M.M., M.B.A., M.H. yang didapatkan dari S1 jurusan Ekonomi di Universitas Ciputra, S2 jurusan Ekonomi double degree di Brussels Belgia, dan S2 jurusan hukum di Universitas Pelita Harapan.

Melvin diketahui kerap mengunggah dirinya saat menggunakan mobil mewah miliknya. Bahkan, ia juga sering kali menggungah koleksi mobil mewahnya. Beberapa waktu lalu, sosok Melvin kian menarik perhatian.

Pasalnya, ia dan sejumlah komunitas pemilik super car atau mobil mewah menyumbang ratusan alat pelindung diri atau APD kepada Pemkot Surabaya pada 19 September 2020 lalu. Tak hanya itu Wali Kota Tri Rismaharini juga diajak keliling halaman Balai Kota, menumpang mobil mewah Melvin. 

 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Melvin Tenggara, Crazy Rich Surabaya, Rabu (30/9/2020). 

1. Ini dia potret Melvin Tenggara, salah satu Crazy Rich Surabaya. Keluarganya memiliki beragam bisnis, namun ia juga memiliki usaha kuliner sendiri.

Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)
Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)

2. Mengutamakan pendidikan, pria 28 tahun ini memiliki 5 gelar akademik. Ia menyandang gelar S.E., M.M., M.B.A., M.H.

Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)
Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)

3. Sosok pencinta otomotif, pengusaha ini kerap menunjukkan koleksi mobil mewahnya. Ia membutuhkan dana 1 juta untuk mengisi bahan bakar mobilnya.

Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)
Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)

4. Meski bergelimang harta, namun Melvin memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia bersama komunitas mobil mewahnya menyumpang sejumlah APD untuk Pemkot Surabaya.

Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)
Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)

6. Pria asal Surabaya ini hobi travelling bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Ini momen kebersamaan Melvin dan saudara saat berlibur di Korea Selatan.

Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)
Melvin Tenggara (Sumber: Instagram//melvintenggara/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Salut, Pria Lansia Ini Mengajar Anak-anak Selama 75 Tahun Secara Gratis

Posted: 29 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang peduli akan pendidikan, akan melakukan ragam cara untuk memfasilitasi anak-anak agar dapat mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah memfasilitasi anak-anak yang tidak mampu untuk menempuh pendidikan di bangku sekolah. Kisah pria ini salah satunya.  

Ya, menuntut ilmu tak hanya di bangku sekolah, namun juga bisa di alam dan lingkungan sekitar. Seorang pria Lansia asal India ini dengan tulus memberikan fasilitas untuk anak-anak yang kurang mampu untuk mengenyam pendidikan.

Aksi inspiratif ini sudah dilakukan selama 75 tahun dan tidak memungut biaya sepeser pun. Tentunya kisah tentang apa yang dilakukan pria lansia ini membuat warga sekitar salut dengan ketulusannya dan kepeduliannya terhadap pendidikan.

Kisah inspiratif tentang pria lansia yang mengajar anak-anak selama 75 tahun terakhir secara gratis ini dilansir Liputan6.com dari Indiatimes.com pada Rabu, (30/9/2020).

Mengajar Anak-anak Selama 75 Tahun Secara Gratis

Kisah Inspiratif. (Sumber: Twitter/ @ANI)
Kisah Inspiratif. (Sumber: Twitter/ @ANI)

Pria lansia yang berasal Odisha, India ini sudah mengajar anak-anak selama 75 tahun terakhir. Tak hanya mengajar anak-anak, pria yang bernama Nanda Prasty ini juga mengajar lansia pada malam harinya. Sehari-hari, Nanda Prasty mengajar di bawah pohon bersama murid-muridnya. Dia mengambil jeda dari mata pencaharian profesionalnya untuk mendidik anak-anak muda dari distrik Jajpur.

"Saya dulu bekerja di ladang dan melihat banyak orang di desa kami yang buta huruf. Mereka bahkan tidak dapat menuliskan nama mereka dan hanya terbatas pada jejak jempol. Saya menelepon mereka hanya untuk mengajari mereka cara tanda tangan. Tetapi setelah itu, banyak yang menunjukkan minat dan mulai membaca. Saya sekarang mengajar cicit dari siswa angkatan pertama saya, "kata Prasty dikutip Indiatimes dari ANI.

Nanda Prasty sudah diminta untuk memanfaatkan bantuan pemerintah membuat infrastruktur agar dirinya dapat mengajar dengan nyaman. Namun, hal tersebut selalu ditolak oleh pria lansia yang berasal dari Desa Bartanda ini.

Terlepas dari penolakannya, dan mengingat usia tuanya, desa telah memutuskan untuk membangun fasilitas pengajaran dan meminta lelaki lanjut usia itu untuk melanjutkan pelayanannya dengan damai.

Ketika ditemui, masyarakat desa menuturkan jika Nanda Prasty tetap semangat dan gigih ketika mengajar walaupun cuaca sedang tidak mendukung. Walaupun cuaca sedang panas hingga cuaca hujan sekalipun, pria lansia ini tetap mengajar anak-anak di bawah pohon.

 

Jadi Inspirasi

Kisah inspratif tersebut awal mula diunggah di lama Twitter ANI pada 27 September 2020. Dalam kolom komentar postingan tersebut, banyak warganet yang salut dengan niat baik pria lansia ini yang tulus mengajar anak-anak dan warga lansia lainnya. Peduli dengan pendidikan, pria lansia ini tulus mengajar selama 75 tahun terakhir walaupun tanpa di bayar dan menolak bantuan dari pemerintah.

"Kerja bagus Pak, jangan terima bantuan pemerintah."

"Pria hebat. Definisi untuk guru yang ideal."

"Dia adalah pahlawan sejati negara."

"Ini adalah guru sejati . Tuhan Memberkati."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Jaga Ketahanan Pangan, TNI AD Siap Bantu Kementan

Posted: 29 Sep 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian di bawah pimpinan Mentan Syahrul Yasin Limpo menggandeng TNI AD guna memperkokoh dukungan pendampingan, percepatan tanam dan peningkatan produksi komoditas tanaman pangan.

Melalui program food estate dan pendampingan pengembangan sapi, program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok utama, seperti padi, jagung, dan daging sapi dan komoditas pertanian lain seperti sayuran, buah, perkebunan utamanya kelapa, serta ternak itik.

"Secara umum TNI siap mendampingi seluruh akselerasi dari program Kementan baik secara teknis maupun secara fisik. Karena kalau kesiapan pangan dalam negeri kita sudah cukup maka ekspor sangat terbuka lebar," ujar Syahrul saat menandatangani MoU dengan TNI AD, Selasa, (29/9) di Kantor Pusat Kementan, di Jakarta.

Syahrul juga menyampaikan bahwa kerja sama tersebut sebagai bentuk pendampingan dalam rangka pelaksanaan program pembangunan pertanian. 

"Kerja sama yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang pertanian, pemanfaatan sarana, prasarana, serta pendampingan penerapan inovasi teknologi pertanian, serta bidang kerja sama lain dalam upaya mencapai swasembada pangan," jelasnya.

"Saya melihat respon dari TNI AD sangat luar biasa, juga angkatan lain dan Polri juga terus mendorong kami di Kementan. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI AD yang terus memberikan pendampingan dan juga didukung oleh para Bupati dan Gubernur di daerah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan bahwa pihaknya selalu siap untuk mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Kementan. Menurutnya, TNI AD dan Kementan sudah bekerja sama dibanyak kegiatan dan ke depannya akan terus membantu Kementan dalam mempersiapkan pangan.

"Ketersediaan pangan merupakan suatu tugas besar negara. Kami merasa ini bagian dari tanggung jawab dan dalam hal ini kami sekali lagi siap bersama Kementan dalam me jaga ketahanan pangan," tegasnya.

Sebagai informasi,  ada empat fokus program yang menjadi perhatian Kementan dalam menjaga ketahan pangan. Yaitu meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan. Diversivikasi pangan non beras, perkuatan cadangan pangan daerah, serta modernisasi dan mekanisasi pertanian.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung PJJ, Telkomsel Jamin Ketersediaan Jaraingan 4G Harga Murah

Posted: 29 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mendukung penuh optimalisasi layanan telekomunikasi sebagai upaya menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

"Kami menjaga api semangat belajar di tengah pandemi Covid-19 tetap terjaga," ujar SVP Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Dharma menyatakan, Telkomsel telah mempersiapkan tiga hal utama dalam menunjang kegiatan upaya ini. Pertama menjamin ketersediaan jaringan 4G dengan kualitas prima di seluruh pelosok tanah air.

Upaya tersebut dilakukan lewat langkah-langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan yang optimal dengan instansi pemerintah terkait.

"Pembelajaran ini koneksi permintaan bandwith cukup besar sebaiknya dengan jaringan 4G. Maka kami melakukan optimalisasi dengan pihak terkait," katanya.

Hal kedua yakni menyediakan kecukupan kapasitas jaringan yang mampu mengakomodir seluruh pemangku kepentingan sektor pendidikan untuk melakukan PJJ dari rumah masing-masing. Sehingga, pihaknya akan mempersiapkan penyaluran jaringan kepadatan lalu lintas data sampai ke luar negeri.

"Potensi jumlah siswa yang diberikan sangat besar sekali trafik akan sangat besar cukup kapasitas. Kami mempersiapkan kapasitas jaringan domestik maupun internasional," ungkap dia.

Ketiga, Dharma pun menjamin produk konektivitas digital dengan harga terjangkau. Artinya, harga diberikan lebih murah kepada masyarakat yang tidak menerima subsidi kouta data internet di masa pandemi saat ini.

Dia menjamin, harga yang diberikan dibawah rata-rata komersial yang biasa ditetapkan oleh Telkomsel.

"Kami pastikan kuota data harganya terjangkau dibawah rata-rata komersial di publik. Ini adalah komitmen bersama operator bersama pemerintah," ujar dia.

Ini Cara Dapatkan Kuota Belajar 45GB dari Telkomsel

Guru memperlihatkan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis yang dibagikan kepada 845 siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu guna mendukung program pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru memperlihatkan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis yang dibagikan kepada 845 siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu guna mendukung program pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Selama pandemi seluruh kegiatan belajar dan mengajar harus dilakukan di rumah secara online. Namun, kebiasaan baru itu perlu penyesuaian karena dinilai terdapat kendala yang bisa menganggu kegiatan belajar. Salah satunya kuota internet yang mencekik dan jaringan ponsel yang sering ngadat.

Seperti dilansir Liputan6.com, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti membeberkan, kendala pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online selama masa pandemi Covid-19.

Retno menyatakan, kuota internet menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan, apalagi bagi orangtua siswa yang ekonominya terdampak pandemi.

"Kuota kemudian jadi masalah karena banyak anak tidak terlayani. Kalau berdasar data kami tidak hanya di Papua yang 54 persen tidak bisa tertangani daring dari 608 siswa, tapi Kota Bogor yang sangat dekat dengan Jakarta pun masih ada 11 persen tidak terlayani secara daring," ujar Retno.

Belum lagi bagi mereka pelajar yang berada di pelosok negeri. Perlu kerja keras dan merogoh kocek yang dalam untuk belajar secara online.

Melihat hal itu, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Telkomsel memberikan bantuan kuota belajar sebesar 45 GB. Mulai dari 35GB kuota belajar Kemendikbud dan Ekstra kuota 10GB kuota belajar Telkomsel.

Dengan kuota yang besar, kamu juga bebas akses ke video conference dan portal e-learning sekolah dan kampus. Dengan jaringan yang luas tentu belajar kamu akan tetap fokus tanpa nge-lag.

Untuk mendapatkan, bagi kamu yang sudah memiliki nomor Telkomsel, daftarkan nomor ke sekolah dan kampus untuk mendapatkan kuota belajar Kemendikbud sebelum 11 September 2020.

Nah, bagi yang belum memiliki nomor Telkomsel cukup daftarkan sekolah maupun kampus ke tsel.me/perdanabelajar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Ungkap Dugaan Korupsi Anak Joe Biden di Debat Perdana Capres AS

Posted: 29 Sep 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Cleveland - Debat capres Amerika Serikat yang pertama baru saja digelar. Jalannya debat cukup panas. Capres petahana Donald Trump kerap memotong ucapan Joe Biden, dan tentunya dua kandidat saling tuduh klaim. 

Salah satu klaim yang dibeberkan Donald Trump adalah dugaan aliran dana mencurigakan yang didapat putra Joe Biden. Hunter Biden, putra bungsu Joe Biden, diduga menerima dana dari politikus Rusia dan gaji dari perusahaan gas Ukraina ketika Joe Biden masih menjabat sebagai wakil presiden. 

Dugaan konflik kepentingan itu telah bergulir cukup lama, namun pekan lalu senator AS kembali merilis laporan dugaan aliran dana yang diterima Joe Biden, yakni US$ 3,5 juta dari mantan wali kota Moskow Yuri Luzkhov. Uang ditransfer oleh istri Luzkhov

"Ingin tahu saja, mengapa wali kota Moskow, istrinya, pernah memberikan putramu US$ 3,5 juta?" kata Donald Trump di debat capres di Ohio, Rabu pagi (30/9/2020) waktu Jakarta.

"Itu tidak benar," balas Joe Biden. 

"Dia tidak mendapat US$ 3,5 juta, Joe? Dia dapat US$ 3,5 juta," kata Trump.

Trump lantas bertanya kenapa Hunter Biden mendapat gaji dari perusahaan gas Burisma di Ukraina padahal dia tak punya pengalaman di bidang energi. Selain itu, Burisma juga tersangkut kasus korupsi.

"Apakah Burisma membayarnya US$ 183 ribu per bulan tanpa pengalaman di bidang energi? Tanpa pekerjaan?" kata Trump. Donald Trump salah menyebut jumlah gaji Hunter Biden, yakni 83 ribu, bukan 183 ribu.

"Putra saya tidak melakukan itu, tidak melakukan hal salah dengan Burisma," kata Biden. 

Donald Trump terus-terusan menekan Joe Biden terkait aliran dana tersebut.

"Tak ada dari itu yang benar," ujar Joe Biden. "Itu sudah dibantah, benar-benar dibantah."

Hunter Biden Disebut Pengangguran

Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden (kanan) saat debat presiden pertama di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Julio Cortez)
Presiden Donald Trump (kiri) dan calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden (kanan) saat debat presiden pertama di Case Western University and Cleveland Clinic, Cleveland, Ohio, Selasa (29/9/2020). (AP Photo/Julio Cortez)

Presiden Donald Trump terus menekan Joe Biden tentang aliran dana yang didapatkan anaknya. Ia menyebut putra Joe Biden tak punya pekerjaan hingga Biden menjadi wapres.

"Hunter dikeluarkan dari militer. Ia dikeluarkan secara tak hormat karena penggunaan kokain. Dan ia tak punya pekerjaan sampai kamu menjadi wakil presiden," ujar Donald Trump. 

Trump juga sempat "curhat" bahwa kekayaan keluarganya justru berkurang karena ia menjadi presiden, sementara Hunter Biden dituding mendapat uang dari Rusia dan China. 

Joe Biden terus mengulang bahwa ucapan Donald Trump tidaklah benar dan putranya tak menerima dana puluhan juta dolar yang dituduhkan. Ia menyebut anaknya memiliki masalah kecanduan obat dan kini sudah pulih. 

"Saya bangga padanya," ujar Joe Biden.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekasih Brad Pitt Eksis di Runway Milan Fashion Week 2020

Posted: 29 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Model sekaligus kekasih Brad Pitt, Nicole Poturalski, baru-baru ini sontak menjadi sorotan khalayak luas. Perempuan berusia 27 tahun tersebut tampil dalam peragaan busana di runway ajang fashion bergengsi, Milan Fashion Week.

Nicole Poturalski sempat membagikan unggahan potret ketika ia beraksi di runway melalui akun Instagram pribadi. Potret tersebut mengabadikan sang model berlenggak-lenggok di catwalk dalam balutan gaun hitam di show Hugo Boss spring/summer 2020.

Dilansir dari laman InStyle, Rabu (30/9/2020), Nicole mengenakan gaun rajut maxi berwarna hitam dengan belahan di kedua sisi gaun. Tak hanya itu, ia juga terlihat memakai gelang hijau, dan flat sandal.

 

Model Nicole Poturalski saat beraksi di runway Milan Fashion Week. (dok. Instagram @nico.potur/https://www.instagram.com/p/CFmZYgEq1bN/?hl=en)
Model Nicole Poturalski saat beraksi di runway Milan Fashion Week. (dok. Instagram @nico.potur/https://www.instagram.com/p/CFmZYgEq1bN/?hl=en)

Rambut panjangnya tampak digerai indah dan tertata rapi dengan rambut yang diselipkan di telinga. Tampilan makeup natural turut melengkapi penampilannya di Milan Fashion Week.

"Thank you @boss still dreaming about this perfect show! (Terima kasih @boss masih memimpikan pertunjukan sempurna ini!)" tulis Nicole pada 26 September 2020 lalu.

Tak hanya itu, kekasih Brad Pitt ini juga turut menyampaikan terima kasih kepada tim yang telah membantu di fashion show tersebut. Pada salah satu unggahan video, terlihat ia berjalan di runway dengan penonton duduk di sisi kiri dan kanan.

 

Kedekatan Nicole dan Brad Pitt

Brad Pitt menang di Piala Oscar 2020  (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)
Brad Pitt menang di Piala Oscar 2020 (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Namun, tak tampak Brad Pitt hadir saat fashion show tersebut. Sementara, kabar hubungan Pitt dan Nicole mencuat pada Agustus lalu ketika mereka tampak naik pesawat pribadi bersama menuju istana sang aktor di Prancis Selatan.

"Mereka menghabiskan waktu bersama untuk berlibur dan menikmati kebersamaan satu sama lain saat bepergian," kata seorang sumber kepada People.

Momen tersebut bukan kali pertama mereka bersama. Keduanya pertama kali bertemu pada Agustus 2019 di pemutaran perdana film Once Upon a Time in Hollywood.

Lalu, tiga bulan kemudian, keduanya tertangkap kamera di Hollywood Bowl, Los Angeles saat konser Kanye West. Baik Nicole maupun Pitt belum mengonfirmasi bahwa mereka resmi berkencan.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Minta Jaksa Pinangki Tak Diborgol saat Masuk Ruang Sidang

Posted: 29 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat meminta Jaksa Pinangki Sirna Malasari tidak lagi diborgol saat memasuki ruang persidangan.

Hakim meminta borgol Jaksa Pinangki terlebih dahulu dilepas sebelum terdakwa kasus dugaan suap, tindak pidana pencucian uang (TPPU), dan pemufakatan jahat itu masuk ruang sidang.

"Ketika masuk ruang sidang, terdakwa tidak diborgol dan membuka borgol di luar ruang persidangan," ujar Ketua Majelis Hakim IG Eko Purwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2020).

Jaksa Pinangki sendiri masuk ke dalam ruang sidang sekitar pukul 10.40 WIB dengan mengenakan rompi tahanan berwarna merah muda dan tangan diborgol.

Eko Purwanto berharap, pada sidang berikutnya, saat Jaksa Pinangki berada di dalam ruang sidang, borgol dan rompi tahanan khas Kejaksaan Agung (Kejagung) itu sudah dilepas saat bertemu majelis hakim.

"Sidang yang akan datang tidak boleh terjadi lagi," kata Eko.

Hakim Eko menyebut, agenda sidang lanjutan terhadap Jaksa Pinangki ini merupakan pembacaan nota keberatan atau eksepsi.

"Agenda sidang hari ini memberikan kesempatan terdakwa atau penasihat hukum menyampaikan nota keberatan atau eksepsi," kata Eko.

 

Dakwaan Jaksa Pinangki

Banner Infografis KPK Ambil Alih Kasus Jaksa Pinangki? (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Infografis KPK Ambil Alih Kasus Jaksa Pinangki? (Liputan6.com/Triyasni)

Diketahui, penuntut umum mendakwa Jaksa Pinangki Sirna Malasari dengan dakwaan berlapis. Dia didakwa menerima suap USD 500 ribu dari Djoko Tjandra, melakukan pencucian uang, dan permufakatan jahat.

"Telah menerima pemberian uang atau janji berupa uang sebesar USD 500 ribu dari sebesar USD 1 juta yang dijanjikan oleh Djoko Soegiarto Tjandra sebagai pemberian fee dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya," tutur jaksa di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020).

Uang tersebut diperoleh jaksa Pinangki dari suap pengurusan mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) melalui Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk Djoko Tjandra. Hal itu agar Djoko Tjandra bisa kembali ke Indonesia tanpa harus menjalani hukuman pidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali.

Awalnya, jaksa Pinangki bertemu dengan Anita Kolopaking dan Rahmat. JPU menyebut Anita merupakan pengacara, sementara identitas Rahmat tidak disampaikan.

Jaksa Pinangki meminta Rahmat memperkenalkannya dengan Djoko Tjandra yang pada akhirnya bermaksud memberikan bantuan pengurusan hukum dan penanganan fatwa MA. Anita Kolopaking pun ikut andil dengan mengaku memiliki rekanan di MA.

"Untuk melancarkan rencana tersebut, Djoko Tjandra meminta kepada terdakwa mempersiapkan dan membuat action plan terlebih dahulu dan membuat surat ke Kejaksaan Agung menanyakan status hukum Djoko Soegiarto Tjandra, lalu terdakwa menyampaikan akan menindaklanjuti surat tersebut," ujar jaksa.

Pertemuan pun dilakukan di The Exchange 106, Kuala Lumpur Malaysia. Jaksa Pinangki awalnya menawarkan proposal action plan pengurusan fatwa MA dengan biaya USD 100 juta. Namun Djoko Tjandra hanya menyanggupi USD 10 juta.

Uang muka sebesar USD 500 ribu pun diberikan ke jaksa Pinangki melalui almarhum Herriyadi Angga Kusuma yang merupakan adik ipar Djoko Tjandra dengan perantara Andi Irfan Jaya.

"Atas kesepakatan sebagaimana dalam action plan tersebut tidak ada satu pun yang terlaksana padahal Djoko Soegiarto Tjandra sudah memberikan down payment kepada terdakwa melalui Andi Irfan Jaya sebesar USD 500 ribu sehingga Djoko Soegiarto Tjandra pada bulan Desember 2019 membatalkan action plan," kata jaksa.

Jaksa Pinangki yang telah menerima uang USD 500 ribu dari Djoko Tjandra melalui Andi Irfan Jaya, sebenarnya diminta memberikan USD 100 ribu kepada Anita Kolopaking. Namun nyatanya hanya diberikan USD 50 ribu saja.

"Sehingga terdakwa menguasai USD 450 ribu atau setidak-tidaknya sekitar sejumlah itu supaya mengurus fatwa MA melalui Kejaksaan Agung agar pidana penjara yang dijatuhkan pada Djoko Tjandra berdasarkan putusan PK nomor 12 tanggal 11 Juni 2009 tidak bisa dieksekusi sehingga Joko Tjandra bisa kembali ke Indonesia tanpa harus menjalani pidana yang bertentangan dengan kewajiban terdakwa selaku PNS atau penyelenggara negara yaitu sebagai jaksa," ujar jaksa.

Pada kurun waktu 2019-2020, jaksa Pinangki berupaya menyembunyikan asal harta kekayaannya lewat penukaran uang sebesar USD 337.600 di money changer atau senilai Rp 4,7 miliar. Dia juga meminta suaminya menukarkan mata uang USD 10 ribu atau senilai Rp 147,1 juta melalui anak buahnya.

Nilai total keseluruhan penukaran mata uang yang dilakukan terdakwa pada periode 27 November 2019 hingga 7 Juli 2020 sebesar USD 337.600, menjadi mata uang rupiah sebesar Rp 4.753.829.000.

Penggunaannya adalah untuk pembelian 1 unit mobil BMW X5 senilai Rp 1,7 miliar, pembayaran sewa Apartemen Trump International di Amerika Serikat pada 3 Desember sebesar Rp 412,7 juta, pembayaran dokter kecantikan di Amerika Serikat yang bernama dokter Adam R Kohler sebesar Rp 419,4 juta.

Kemudian pembayaran dokter home care atas nama dr Olivia Santoso untuk perawatan kesehatan dan kecantikan serta rapid test sebesar Rp 176,8 juta; pembayaran kartu kredit di berbagai bank, Rp 467 juta, Rp 185 juta, Rp 483,5 juta, Rp 950 juta; pembayaran sewa apartemen The Pakubuwono Signature dari Februari 2020-Februari 2021 sebesar USD 68.900 atau setara Rp 940,2 juta; dan pembayaran Sewa Apartemen Darmawangsa Essence senilai USD 38.400 atau setara Rp 525,2 juta.

"Maka jumlah keseluruhan uang yang digunakan oleh terdakwa adalah sebesar USD 444.900 atau setara Rp 6.219.380.900 atau setidak-tidaknya sekitar jumlah tersebut dengan tujuan untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaannya yang berasal dari hasil tindak pidana korupsi," sebut jaksa.

Dari situ, JPU mendakwa jaksa Pinangki melanggar Pasal 5 ayat 2 juncto Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi subsider Pasal 11 UU Tipikor, juga Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencucian uang.

Jaksa Pinangki juga didakwa terkait permufakatan jahat pada Pasal 15 juncto Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Tipikor subsider Pasal 15 juncto Pasal 13 UU Tipikor.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Peristiwa G30S/PKI, Warganet Doakan Para Pahlawan yang Gugur

Posted: 29 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 30 September di Indonesia setiap tahunnya diperingati sebagai peristiwa G30S/PKI. G30S/PKI atau Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia telah menjadi salah satu cacatan sejarah yang begitu melekat di benak masyarakat Indonesia.

Terlebih jika mengingat peristiwa pemberontakan yang dilakukan PKI dengan menculik dan membunuh para perwira TNI Angkatan Darat pada masa itu. Gerakan 30 September yang terjadi tahun 1965 menewaskan 7 perwira militer TNI-AD yang kemudian dianugerahi gelar pahlawan revolusi dan pahlawan nasional RI.

Meski telah lama berlalu, tragedi tersebut selalu diingat oleh masyarakat. Ada berbagai cara yang dilakukan masyarakat guna memperingati peristiwa ini. Mulai dari memutar ulang film G30S/PKI atau sekedar mengingat perjuangan para pahlawan yang gugur.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, hari ini tagar #G30SPKI pun menjadi trending. Tak sedikit warganet yang melakukan kilas balik tentang peristiwa tersebut serta tak jarang juga yang mendoakan para pahlawan yang gugur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkat Kecelakaan Masih Tinggi, Lakukan 3 Cara Ini untuk Mengurangi Angkanya

Posted: 29 Sep 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indeks kecelakaan di Indonesia masih sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan data Korlantas Mabes Polri dan Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi kenaikan fatalitas kecelakaan sebesar 33 persen, dari 8,6 persen pada 2009 menjadi 12,4 persen pada 2018.

Menurut Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Metro Jaya Herman Ruswandi, upaya mencegah terjadinya kecelakaan ada tiga, yakni pendidikan, edukasi, dan penegakan hukum.

Di bidang pendidikan, Polri telah meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang mewujudkan pendidikan berlalu lintas dalam pendidikan nasional.

Dari sisi penegakan hukum, dia menuturkan, Polda Metro Jaya telah memasang electronic traffic law enforcement (ETLE), yang menggunakan perangkat elektronik dan rekaman elektronik di Jakarta.

Awalnya, ETLE hanya mendeteksi pelanggaran lampu merah dan pelanggaran marka jalan. Namun kini, ETLE sudah dapat mendeteksi pelanggaran lampu merah, pelanggaran marka jalan, pelanggaran batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk pengaman dan menggunakan ponsel saat berkendara.

"Pengembangan ETLE tahap II dibiayai hibah Pemprov DKI Rp 38,5 miliar," ujar Herman Ruswandi, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (29/9/2020).

Lanjutnya, ETLE akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan jalan. Sebab, kecelakaan umumnya diawali dari pelanggaran.

Soal rekayasa, Polri bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan dan menekan pelanggaran lalu lintas.

Berkendara Motor Aktivitas Paling Berbahaya

Sementara itu, menurut Aan Gandhi Mulia Pawarna, Trainder Director Global Defensive Driving Center (GDDC), berkendara di di jalan raya Indonesia adalah tindakan paling berbahaya di muka bumi.

Sebab, 30 ribu orang tewas setiap tahun di jalan raya Indonesia. Mereka bisa menjadi penyebab, terlibat, dan korban kecelakaan.

"Saya berani bilang mengendarai sepeda motor adalah aktivitas paling berbahaya di Indonesia," kata dia.

Dia menegaskan, ada tiga faktor penyebab kecelakaan, yakni manusia, kendaraan, dan alam. Dari ketiga faktor itu, manusia paling dominan, yakni sekitar 90 persen.

Oleh karena itu, dia menuturkan, pengendara pengendara harus memiliki keahlian berkendara (skill) sebagai senjata pertahanan diri saat berkendara.

Kasusnya sama seperti tentara yang harus memiliki senjata saat terjun ke medan perang.

"Jadi, pengendara motor juga harus memiliki senjata saat turun ke jalan raya," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Samaneh Shabani, Wanita Iran yang Perjuangkan Hak Disabilitas di PBB

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penyandang disabilitas, COVID-19 memperburuk kesulitan sehari-hari. Kurangnya fasilitas, seperti tidak adanya kursi roda landai ke gedung dan transportasi umum yang dapat diakses, kurangnya penerjemah bahasa isyarat di pusat layanan kesehatan dan institusi publik, dan kekurangan pengasuh di rumah untuk orang-orang dengan masalah mobilitas. Kemudian akses komunikasi yang sangat terbatas juga mempersulit para penyandang disabilitas. Dimulai dari informasi  kesehatan yang disiarkan di radio dan TV yang mungkin tidak menjangkau orang-orang tunarungu dan yang mengalami gangguan pendengaran, dan masker yang semakin memperumit komunikasi.

Penyandang disabilitas di seluruh dunia pun telah lama merasakan dampak ketimpangan kini semakin meningkat secara signifikan. COVID-19 berarti satu dari tujuh orang lebih kecil kemungkinannya untuk mengakses pendidikan, perawatan kesehatan dan peluang pendapatan, lebih berjuang untuk berpartisipasi dalam komunitas mereka, dan lebih mungkin meninggal karena penyakit dan penyebab terkait.

Sejak kasus COVID-19 pertama dikonfirmasi pada bulan Februari di Iran, badan-badan PBB telah dimobilisasi untuk mendukung perjuangan nasional melawan wabah tersebut, dengan fokus untuk memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal. Perekonomian yang sudah sangat terpengaruh oleh sanksi ekonomi semakin memburuk setelah pembatasan COVID-19 diberlakukan. Hal ini menyebabkan banyak orang menganggur, rantai pasokan rusak, dan perbatasan ditutup.

 

Kisah Samaneh Shabani

Samaneh Shabani merupakan perempuan berusia 30 tahun yang pernah magang di Pusat Informasi PBB-Teheran. Terlahir tunanetra, lalu COVID-19 tiba-tiba membuat koneksi sensorik utamanya, terutama indra pendengaran dan sentuhan, tidak dapat diandalkan.

Keheningan di jalan-jalan kota yang kosong tidak hanya mengganggu, tetapi juga membingungkan kemampuannya untuk menavigasi jalan, dan kebutuhan untuk mempertahankan posisinya dengan menyentuh permukaan hingga ia rentan terkena dampak infeksi lebih besar.

Samaneh memang perempuan yang terkenal terampil dan teladan bagi banyak orang. Ia memiliki ketertarikan dengan Bahasa dan piano sejak kecil. Tekad Samaneh dalam menetapkan dan mencapai tujuannya tidak pernah terhalang oleh keterbatasan penglihatan atau oleh prasangka masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Dia dengan tegas menolak untuk menerima gagasan tentang keterbatasan.

"Saya percaya pada kenyataan hidup saya dan telah berusaha menjadi yang terbaik dari diri saya sendiri," katanya, dikutip dari UN.org.

Samaneh berkomitmen kuat untuk pendidikan tinggi yang telah membuahkan hasil yang mengesankan: Samaneh memegang gelar master dari Universitas Teheran Iran yang bergengsi, dan baru-baru ini meraih gelar PhD-nya. Disertasi tentang Kekerasan terhadap Perempuan Penyandang Disabilitas dan Akses mereka terhadap Keadilan di bawah Hukum Hak Asasi Manusia Internasional.

Sekarang sebagai dosen hukum di universitas, Samaneh terus mendukung penyandang disabilitas dengan penuh semangat, membantu mereka mempelajari hak-hak mereka dan mencari cara terbaik untuk mengatasi rintangan selama krisis ini.

Magang di PBB

Partisipasinya dalam beberapa acara menegaskan kembali betapa pentingnya komunikasi dan informasi yang akurat untuk membantu penyandang disabilitas mengatasi krisis ini.

Yang tidak kalah penting adalah betapa pentingnya mengubah persepsi publik tentang penyandang disabilitas dan sikap sosial terhadap mereka. Selain itu, membujuk para pembuat kebijakan untuk secara serius menangani masalah nyata penyandang disabilitas dengan cara yang memungkinkan mereka mengakses solusi pragmatis.

Dalam mencapai tujuan jangka panjang ini, Samaneh menjadi sukarelawan untuk Tavana, sebuah LSM yang diakui secara internasional yang berbasis di Qazvin yang prinsip dasarnya adalah memberdayakan penyandang disabilitas dan meningkatkan kesadaran publik. Ia menyebarkan kovenan nasional dan internasional seperti Konvensi Internasional Hak-Hak Penyandang Disabilitas, yang diratifikasi Iran pada 2008: "Hukum untuk Melindungi Hak Penyandang Disabilitas Iran, yang diratifikasi Parlemennya pada tahun 2018; dan terjemahan bahasa Persia dari panduan PBB tentang bagaimana negara dapat mengurangi risiko yang tidak proporsional yang dihadapi oleh penyandang disabilitas selama pandemi COVID-19.

Memanfaatkan pengalaman PBB-nya dengan baik dalam kapasitasnya sebagai penasihat Tavana, Samaneh berfungsi sebagai jembatan antara LSM ke UNIC. Usahanya menyoroti kebutuhan untuk berbagi informasi yang diverifikasi secara publik dan pentingnya terlibat dengan komunitas secara strategis dan langsung untuk mencapai hasil.

"Jika masing-masing dari kita akan mengambil tindakan sederhana untuk membantu orang yang membutuhkan seperti tetangga lanjut usia, ibu tunggal, penyandang disabilitas, kita akan menjadi lebih kuat dalam pertempuran kita dengan COVID-19," kata Samaneh.

Bangun masa depan yang lebih baik

Samaneh tidak berpuas diri dengan keterbatasan penglihatannya dan menerima bahwa hal itu menghalangi dia untuk melakukan beberapa aktivitas. Ia tetap bekerja keras, memiliki komitmen yang kuat terhadap masyarakat yang inklusif di mana para penyandang disabilitas setara di bawah hukum, dan keberhasilan kehidupan aktif yang telah ia bangun.Tetapi, dia juga seorang pragmatis dengan pemahaman yang tajam bahwa hukum, dekrit, dan konvensi hanyalah kata-kata sampai mereka diterjemahkan ke dalam perubahan yang dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan individu yang bertekad untuk melihat perubahan nyata.

Hal Ini berarti membangun landai dan bangunan ramah kursi roda, melatih dan mempekerjakan penerjemah bahasa isyarat, memasok bus dengan lift untuk mengakomodasi kursi roda dan orang-orang dengan disabilitas fungsi motorik, mencetak lebih banyak buku teks, keputusan resmi dan undang-undang penting dalam Braille, menambahkan pegangan tangan di kamar mandi, dan membuat akomodasi lain yang dapat membuat perbedaan dunia bagi seseorang yang membutuhkannya.

"Pandemi ini mengajarkan kami bahwa hanya bersama-sama kami dapat memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal," ujar Samaneh.

"Mari kita berbaik hati dan saling membantu," pungkasnya.

 

(Vania Accalia)

Infografis Drama Tragis Korban Corona di Indonesia

Infografis Drama Tragis Korban Corona di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Drama Tragis Korban Corona di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Tips Memilih Opsi Pembayaran yang Tepat dan Aman saat Belanja Online

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Studi yang dilakukan oleh Bain & Company bersama Facebook menunjukkan bahwa di tahun 2020 terjadi perubahan tren yang membentuk kebiasaan normal baru.

Dimana adopsi belanja online di Asia Tenggara, yang semula diprediksi akan mencapai 310 juta di tahun 2025, kini dikoreksi menjadi mencapai 310 juta di akhir tahun 2020.

Di Indonesia sendiri, terjadi peningkatan sebanyak hampir 10 persen dari 119 juta penduduk yang merupakan konsumen digital di tahun 2019. Menjadi 137 juta penduduk konsumen digital di tahun 2020.

"Dengan terus meningkatnya minat konsumen Indonesia akan berbelanja online, sangatlah penting bagi konsumen untuk selalu bijak dan waspada saat bertransaksi secara online. Oleh karena itu, Lazada Indonesia berkomitmen untuk selalu mengedukasi masyarakat akan perilaku berbelanja online yang aman," ujar Vice President (VP) Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto, seperti ditulis, Rabu (30/9/2020).

Menyadari bahwa opsi pembayaran yang beragam dan lengkap menjadi salah satu faktor pendukung konsumen untuk belanja online, Lazada menawarkan opsi pembayaran yang lengkap, seperti DANA, bayar di tempat (COD), kartu kredit/debit, Lazada Credit, debit instan (berbagai bank mitra), transfer via bank, cicilan, dan masih banyak cara lainnya.

"Agar dapat tercipta ekosistem serta pengalaman belanja online yang aman, tentu saja dibutuhkan kerja sama dan keaktifan para penggunanya, baik dari sisi platform, penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, selain terus mengoptimalkan platform, kami juga berkomitmen untuk terus mengedukasi para penjual dan pembeli agar dapat lebih bijak dalam memilih opsi pembayaran yang paling tepat serta mendorong perilaku belanja online yang aman," kata Sawitri.

Pada kesempatan yang sama, yakni dalam Webinar 'Belanja Hemat, Bayar Dengan Cara Tepat', Selasa (29/9), Vice President (VP) Corporate Communications DANA Indonesia, Steve Saerang menjelaskan, keamanan dalam bertransaksi menjadi hal yang penting.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk memprioritaskan keamanan dan kemudahan pada layanan dompet digital (e-wallet)nya.

"Berbagai opsi yang kami tawarkan merupakan upaya DANA untuk dapat mengakomodir kebutuhan pengguna dan utamanya menggerakkan pengguna agar semakin adaptif dalam bertransaksi digital," kata dia.

Yuk Disimak, Tips Bijak Belanja Online ala Lazada

Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle

Berbelanja secara daring bukan lagi menjadi hal baru, utamanya saat pandemi covid-19. Dimana pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan persebaran covid-19. Sehingga layanan daring menjadi solusi situasi ini.

Dalam krisis seperti sekarang, pengelolaan pengeluaran harus dilakukan dengan bijak, termasuk untuk berbelanja. VP Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto membagikan sejumlah kiat untuk berbelanja dengan bijak. Sebelum berbelanja online, tentukan barang yang ingin anda beli.

Cari tahu seluk beluk barang tersebut, mulai dari spesifikasi dan harga pasarannya. Hal ini untuk memitigasi risiko penipuan melalui penawaran dari sisi harga yang sangat menggiurkan.

Setelah itu, pastikan besaran anggaran sebelum membeli barang. "Jadi anggaran itu besarnya harus dipastikan. Jangan sampai nanti habis itu ngutang gara-gara belanja terlalu seru," ujar dia dalam Webinar Konsumen Pintar, Selasa (29/9/2020).

Jika Anda melirik promo yang ditawarkan di marketplace, perhatikan syarat dan ketentuannya. Sehingga Anda tidak merasa tertipu ketika tidak berkesempatan mendapatkan promo tersebut.

"Promo-promo itu diperhatiin mekanismenya, caranya bagaimana, berapa orang sih yang dapat. Karena kadang promo itu juga terbatas. Jadi nanti jangan tiba-tiba ngamuk-ngamuk karena kita nggak ngerti promonya, dan merasa tertipu saat belanja online," jelas Sawitri.

Setelah semua informasi tersebut, saatnya Anda meluncur untuk mencari produk yang Anda cari. Untuk hal ini, Sawitri menyarankan Anda untuk melakukan perbandingan antara toko atau penjual sebelum membeli berbelanja online.

Kemudian perhatikan ulasan konsumen, baik untuk produk maupun tokonya. Jangan lupa untuk cek juga barang lainnya yang dijual di toko tersebut.

"Kita perlu memperhatikan tokonya. Di toko ini, benar nggak sih barangnya, jenisnya berkaitan atau enggak, kok tiba-tiba dia jualan itu, atau apa gitu. Agak aneh gitu, kan? Kemudian lihat review-nya," jelas Sawitri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bentuk Buah dan Sayuran Ini Nyeleneh, Bikin Geleng Kepala

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap buah maupun sayuran pasti akan memiliki bentuk yang umum sesuai dengan bentuk lazimnya. Namun terkadang saat memanen buah maupun sayuran pun bikin petani terkejut. Karena buah maupun sayuran yang ditanamnya bisa tumbuh dengan bentuk yang tidak lazim.

Seperti halnya wortel yang tumbuh bisa menyerupai bentuk manusia yang sedang tiduran. Selain itu kentang pun bisa berbentuk seperti bebek. Bahkan buah strawberi ternyata bisa menyerupai beruang kecil. 

Potret yang tidak lazim ini pun tentu bikin orang terkejut saat pertama kali melihatnya. Namun kejadian ini memang benar terjadi.

Berikut 7 potret buah dan sayuran dengan bentuk nyeleneh yang Liputan6.com kutip dari Brightside, Rabu (30/9/2020).

1. Terlihat seperti bebek mainan, namun ini adalah kentang

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

2. Buah strawberi ini terlihat lucu seperti beruang merah yang memiliki moncong agak hijau

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

3. Terong ini pun terlihat seperti memiliki tangan yang ingin meraih pasangannya

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

4. Tomat ini terlihat lucu seperti kura-kura laut yang sedang menyelam

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

5. Melihat bentuk wortel seperti ini terlihat seperti manusia yang sedang tiduran

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

6. Paling lucu ialah tomat merah ini yang terlihat seperti kelinci

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

7. Wortel yang biasanya tumbuh tunggal memanjang ternyata malah ada yang berbentuk seperti tangan dengan lima jari

Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)
Buah dan sayur yang berbentuk nyeleneh (Sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Hoaks Terkait Uang Baru Rupiah Nominal 75 Ribu

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uang baru Rupiah pecahan 75 ribu telah diluncurkan sejak 17 Agustus 2020. Menariknya, hoaks terkait uang ini masih beredar hingga sekarang.

Hoaks tersebut mulai dari fungsi, desain, hingga alasan diterbitkannya uang Rupiah baru itu. Kabar hoaks ini ramai diviralkan melalui media sosial hingga aplikasi percakapan.

Terbaru uang pecahan Rp.75 ribu disebut bisa memainkan musik ketika digunakan bersama smartphones. Kabar hoaks ini menghebohkan dunia maya sejak pekan kemarin.

Lalu apa saja hoaks terkait uang baru Rupiah pecahan 75 ribu? Berikut rangkumannya:

 

1. Cek Fakta: Tidak Benar Uang Baru Pecahan Rp 75.000 Bukan Alat Tukar

Uang baru Rupiah pecahan Rp 75 ribu.
Uang baru Rupiah pecahan Rp 75 ribu.

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim uang baru pecahan Rp 75.000 bukan alat tukar tetapi untuk dijual.

Klaim uang baru pecahan Rp 75.000 bukan alat tukar tetapi untuk dijual tersebut diunggah akun Facebook Ghe Ghe Fung, pada 18 Agustus 2020.

Akun tersebut mengunggah keterangan sebagai berikut:

"LICIKNYA JOKOWI....

UANG YG BARU KLUAR DENGAN NILAI 75.000 ITU BUKAN ALAT TUKAR...

TAPI UNTUK DI JUAL...

KALAU KALIAN MAU...

KALIAN TUKARKAN KE BI ATAU BANK INDONESIA DENGAN MEMBAWA KTP...

SATU LEMBAR UANG SATU KTP...

TAK BOLEH LEBIH DARI SATU....

DAN NANTI KTP MU ITU AKAN DI AMBIL DATA DATANYA DAN DI GUNAKAN UNTUK MEMBUAT KTP TKA CHINA YG DIA IMPORNYA KE INDONESIA INI UNTUK DI GUNAKAN DI PILPRES 2024....

CALONNYA ADALAH AHOK DAN HARI TONE....

LALU KALIAN BAYAR 75.000 SENILAI YG TERTERA KERTAS UANG BARU ITU JUMLAHNYA...

LALU KALIAN JADIKAN KOLEKSI YG TAK BERNILAI DAN TAK BISA DI JADIKAN ALAT TUKAR UNTUK MEMBELI APAPUN...

UANG YG KALIAN BELI DARI BANK INDONESIA ITU YG MEMAKAI KTP KALIAN ITU UNTUK MEMBAYAR HUTANG NEGARA...

NAH INI TAKTIK LICIK JOKOWI UNTUK MEMERAS RAKYAT UNTUK MEMBAYAR HUTANG YG DI BUAT....

PEMERINTAH MEMBUAT HUTANG RAKYAT YG MEMBAYARNYA....

JANGAN PERNAH BELI UANG KERTAS BARU ITU...

KARENA UANG BARU ITU HANYA UNTUK KOLEKSI SEPERTI UANG MAINAN YG TAK ADA NILAINYA DAN TAK ADA GUNANYA SEBAGAI ALAT TUKAR TRANSAKSI PEMBAYARAN YG BERHARGA..."

Benarkah uang baru pecahan Rp 75.000 bukan alat tukar tetapi untuk dijual? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di artikel berikut ini...

https://kitabisa.com/campaign/bantuyesindun

2. Cek Fakta: Tidak Benar Uang Baru Pecahan Rp 75.000 Tak Bisa Dipakai untuk Belanja

BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)
BI hari ini meluncurkan uang baru edisi 75 Tahun Indonesia Merdeka. (dok.Instagram @bank_indonesia/https://www.instagram.com/p/CD-zQznBl6d/Henry)

Cek Fakta Liputan6.com mendapati kabar uang baru pecahan Rp 75.000 tidak bisa dipakai untuk belanja.

Klaim uang baru pecahan Rp 75.000 tidak bisa dipakai belanja tersebut diunggah akun Facebook Rahmad Rivai, pada 18 Agustus 2020.

Akun tersebut mengunggah tangkapan layar cuitan akun Twitter @satriohendri, berikut cuitan tersebut:

"Kabarnya uang baru Rp.75ribu ini tidak bisa dibelanjakan, jadinya seperti souvenir HUT ke 75 gitu ya,

cerdas ini pemerintah, dari program ini akan terkumpul dana segar,

cash dari rakyat sebesar Rp.75ribu kali 75juta lembar,

sekitar Rp.5,6 Triliun.

Eh beneran gini gak? #Hensat"

Unggahan tersebut pun diberikan keterangan sebagai berikut:

"DUIT MONOPOLI".

Benarkah uang baru pecahan Rp 75.000 tidak bisa dipakai untuk belanja? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com. Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Ada Gambar Suku Adat China di Uang Rupiah Baru

Beredar postingan di media sosial soal desain mata uang Rupiah yang baru. Postingan itu banyak disebarkan sejak awal pekan ini.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun bernama Agus Riyanto Al Jabbar. Dia mempostingnya pada Senin (17/8/2020).

Dalam postingannya dia memuat gambar mata uang Rupiah yang baru bernilai 75 ribu. Namun dalam gambar tersebut ada seorang anak yang dilingkari.

Postingan tersebut juga disertai dengan narasi: "Ada yg bisa menjelaskan...sejak kapan ya...suku adat China jadi bagian di indonesia"

Lalu benarkah ada gambar suku adat China di desain mata uang Rupiah yang baru? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Benarkah Uang Rupiah 75 Ribu Bisa Mainkan Musik?

Beredar viral di media sosial dan aplikasi percakapan video tentang keistimewaan uang rupiah baru bernominal 75 ribu. Dalam video uang bisa memainkan lagu disertai gambar augmented reality.

Video tersebut berdurasi 42 detik. Seorang pria menyebut uang khusus edisi kemerdekaan itu bisa memainkan lagu Indonesia Raya.

Ia memakai smartphones untuk bisa menunjukkan kelebihan uang rupiah terbaru itu. Ketika smartphones diangkat maka lagu tidak terputar lagi.

Lalu benarkah uang baru rupiah dengan nominal 75 ribu bisa memainkan musik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di artikel berikut ini...

 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Rilis Tiga Paket Bundling Smartphone Murah untuk Dukung PJJ, Ini Detailnya

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab tantangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Samsung Electronics Indonesia menghadirkan program Samsung Semangat Tetap Sekolah.

Melaui program ini Samsung memberikan kemudahan bagi para orangtua untuk dapat mendukung anaknya tetap efektif belajar, meski dilakukan di rumah.

Tentunya melalui perangkat smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Samsung juga memberikan paket bundling kuota internet eksklusif.

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi orangtua di era PJJ adalah menyediakan perangkat dan kuota internet bagi anak.

"Untuk itu Samsung menghadirkan program Semangat Tetap Sekolah untuk Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, di mana para orangtua bisa mendapatkan smartphone berkualitas dengan harga terjangkau beserta kuota internetnya," ujar Irfan melalui keterangannya, Rabu (30/9/2020).

Ia menambahkan, tentunya ini bisa memberikan ketenangan bagi orangtua, supaya mereka bisa fokus memberikan semangat bagi anaknya untuk belajar.

Lewat program Samsung Semangat Tetap Sekolah, Galaxy A01 Core dapat diperoleh hanya dengan harga Rp 999.000 untuk varian 1/16GB dan Rp 1.149.000 untuk varian 2/32GB.

Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Oreedoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp 20.000 setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi oleh pelanggan.

Selain Samsung Galaxy A01 Core, program ini juga hadir melalui paket bundling Galaxy A01 dan Galaxy A11 yang sudah dilengkapi dengan kuota internet dari Telkomsel, di mana masing masing ditawarkan dengan harga spesial Rp 1.249.000 untuk Galaxy A01 dan Rp 1.899.000 untuk Galaxy A11.

Pembeli bisa mendapatkan kedua smartphone tersebut dengan kuota internet 48GB selama satu tahun dari Telkomsel, cukup dengan membayar Rp 32.000 per bulan dari harga normal Rp 64.000 per bulannya.

 

Galaxy A01 Core

Galaxy A01 Core (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
Galaxy A01 Core (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Galaxy A01 Core menggunakan sistem operasi Android Go yang menjadikannya 15% lebih cepat untuk membuka aplikasi, menghemat penggunaan RAM hingga 270MB, sehingga pengguna dapat membuka beberapa aplikasi bersamaan dan menghemat memori hingga 900MB untuk menyimpan lebih banyak foto dan video.

Ditenagai prosesor MediaTek MT6739WW, Galaxy A01 Core dapat memaksimalkan pengalaman untuk aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) khususnya dalam penghematan kuota internet.

Misalnya melalui aplikasi Youtube GO, orangtua yang membutuhkan video tutorial mengenai pemecahan suatu mata pelajaran kepada anak, bisa langsung mengunduh materi tersebut lewat fitur download yang ada.

Jadi, ketika ingin mengulang video tersebut orangtua tidak akan menghabiskan kuota internet lagi untuk melakukan streaming di layar 5,3 inci PLS berkualitas HD+ yang ada di Galaxy A01 Core.

Siswa sering diminta untuk membuat video sebagai tugas. Fitur Google Go membantu siswa melakukan pencarian sumber informasi dari internet.

Selain itu, beragam aplikasi lain dari Android GO yang siap berkontribusi pada proses belajar-mengajar online antara lain Camera Go untuk memaksimalkan hasil foto dari kamera belakang 8MP dan 5MP kamera depan, dan Gmail Go untuk mengirim tugas

Untuk menyimpan tugas sekolah atau pekerjaan rumah anak yang banyak, orangtua juga tidak perlu khawatir karena Galaxy A01 Core juga dilengkapi dengan slot memori card external yang dapat menampung file hingga 512GB.

 

 

Galaxy A01

Samsung Galaxy A01 - Entry level smartphone terbaru Samsung untuk pasar Indonesia. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Samsung Galaxy A01 - Entry level smartphone terbaru Samsung untuk pasar Indonesia. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Galaxy A01 merupakan entry level smartphone pertama perusahaan asal Korea Selatan itu yang menjalankan One UI 2.0 berbasis pada Android 10.

Menurut Irfan, Samsung J2 Prime sempat menjadi primadona di kalangan pengguna entry level smartphone di rentang harga sejutaan. Namun, produk tersebut telah didiskontinu dan sebagai gantinya, perusahaan menghadirkan Samsung Galaxy A01.

"One UI 2.0 ini menawarkan interaksi lebih natural karena semua menu terbagi atas (dua) viewing area. Upper segment untuk informasi, lower segment untuk interaksi," ujar Irfan.

Bentang layar 5,7 inci, kata Irfan, menawarkan pandangan yang lebih immersive bagi pengguna. Selain itu, bentang layar 5,7 inci berjenis TFT LCD itu memungkinkan one-hand navigation.

"Layar 5,7 inci itu satu sampai dua tahun lalu ada di phablet. Sekarang ada di smartphone, jadi compact," ujar Irfan.

Di aspek kamera, Samsung menyematkan dua kamera utama dengan lensa 13MP dan 2MP serta satu kamera depan dengan lensa 5MP.

 

Galaxy A11

Tampak depan Galaxy A11. (Liputan6.com/ Yuslianson)
Tampak depan Galaxy A11. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Masuk ke dalam jajaran model kelas menengah, Galaxy A11 hadir dengan layar berukuran 6,4 inci dan lubang dilayar untuk tempat kamera selfie 8MP.

Di bagian belakang, Samsung menyertakan tiga kamera yang memiliki kemampuan masing-masing 13MP, 5MP (ultrawide), dan 2MP (depth sensor).

Perusahaan juga tetap menyertakan pemindai sidik jari di belakang bodi smartphone Galaxy A11.

Lebih lanjut, Galaxy A11 dilengkapi dengan prosesor berkecepatan 1.8Ghz. Sayang, Samsung tidak menyebut prosesor apa yang digunakan.

Perusahaan juga menyertakan opsi RAM 2GB/3GB, memori 32GB, dan baterai berkapasitas 4.000mAh.

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain Brighton vs MU: Saling Andalkan Lapis Kedua

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Brighton & Hove Albion berkesempatan membalas kekalahan dari Manchester United (MU) pada babak 16 Besar Piala Liga Inggris, Kamis dini hari WIB (1/10/2020), di The Amex Stadium.

MU dan Brighton baru saja terlibat sebuah duel kontroversial di Liga Inggris akhir pekan lalu. Pada laga dramatis dalam sejarah Liga Inggris itu, MU menang 3-2 lewat penalti Bruno Fernandes saat peluit panjang sudah ditiup wasit.

Namun, sepertinya tontonan yang sama tidak mungkin terjadi setelah pertarungan sengit Sabtu lalu. The Seagulls, julukan lain Brighton, kemungkinan akan menurunkan skuat pelapis dalam laga ini. Pasalnya, pekan depan mereka akan menghadapi lawan berat di Liga Inggris.

Brighton masih tanpa Yves Bissouma yang terkena skorsing, sementara Jose Izquierdo dan Florin Andone tetap absen karena cedera.

Neal Maupay sepertinya sangat ingin menebus kesalahan karena memberikan penalti terakhir untuk MU pada laga akhir pekan lalu, setelah sebelumnya memberi Seagulls keunggulan.

Lapis Kedua

Pemain Manchester United Aaron Wan-Bissaka (kiri) dan pemain Brighton Yves Bissouma berebut bola pada pertandingan Premier League di Stadion AMEX, Brighton, Inggris, Selasa (30/6/2020). Manchester United menang 3-0 dengan dua gol dicetak Bruno Fernandes. (AP Photo/Alastair Grant, Pool)
Pemain Manchester United Aaron Wan-Bissaka (kiri) dan pemain Brighton Yves Bissouma berebut bola pada pertandingan Premier League di Stadion AMEX, Brighton, Inggris, Selasa (30/6/2020). Manchester United menang 3-0 dengan dua gol dicetak Bruno Fernandes. (AP Photo/Alastair Grant, Pool)

Di lain pihak, Setan Merah juga diprediksi menurunkan pemain "kedua" dalam laga ini. Pasalnya, Ole Gunnar Solksjaer harus mempersiapkan timnya bersaing di empat besar di Liga Inggris, sekaligus bertanding di Liga Champions musim ini.

Penandatanganan tunggal United musim panas ini, Donny van de Beek belum melakukan debut penuh di Liga Inggris. Tapi, setelah dia diturunkan melawan Luton di babak terakhir, dia bisa kembali dimainkan dalam laga nanti.

Tetap Segar

Marcus Rashford mencetak gol untuk MU saat melawan Brighton (AP)
Marcus Rashford mencetak gol untuk MU saat melawan Brighton (AP)

Perubahan lebih lanjut juga diharapkan karena Solskjaer ingin menjaga skuatnya tetap segar. Pemain seperti Odion Ighalo, Jesse Lingard, Eric Bailly dan Juan Mata bisa masuk ke tim.

Dean Henderson juga diharapkan untuk mengambil sarung tangan dari David de Gea setelah clean sheet di Luton pekan lalu. Axel Tuanzebe dan Phil Jones adalah pemain MU yang absen karena cedera.

Perkiraan Susunan Pemain

Brighton & Hove Albion vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)
Brighton & Hove Albion vs Manchester United (Liputan6.com/Abdillah)

Brighton (4-2-3-1): Steele; Bernardo, Roberts, Burn, Veltman; Sanders, Propper; Gwargis, Gross, Jahanbakhsh; Gyokeres.

Pelatih: Graham Potter.

Info skuad: Bissouma (skorsing), Izquierdo (cedera), Andone (cedera), Walton (cedera), Mac Allister (meragukan).

MU (4-2-3-1): Henderson; Williams, Maguire, Bailly, Fosu-Mensah; McTominay, Fred; Lingard, van de Beek, Mata; Ighalo.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Info skuad: Tuanzebe (cedera), Jones (cedera).

Jadwal Pertandingan

Kamis, 1 Oktober 2020

01.45 WIB: Brighton & Hove Albion vs Manchester United

The Amex Stadium

Simak Video Manchester United Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Curhat Penyintas Covid-19, 'Awalnya Saya Tidak Percaya Covid-19'

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian masyarakat masih ada yang belum percaya adanya ancaman covid-19. Salah satunya Hans yang sempat ikut tidak percaya namun akhirnya terpapar virus corona. Simak kisahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stigma Negatif Jadi Kendala Pelacakan Kontak Kasus COVID-19

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Stigma negatif rupanya menjadi kendala pelacakan kontak (tracing) kasus COVID-19 di Tanah Air. Penolakan-penolakan untuk melakukan tes COVID-19 (testing) menjadi terkendala.

Kondisi tersebut juga berpengaruh terhadap upaya perawatan (treatment), yang bisa saja individu bersangkutan mengalami gejala COVID-19, tapi dirinya tidak menyadarinya. Tak ayal, penularan COVID-19 terus terjadi.

"Kendala terbesar saat ini adalah tracing atau pelacakan kontak. Karena banyaknya resistensi (penolakan) masyarakat di lapangan akibat adanya stigma negatif terhadap penderita COVID-19," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Adanya stigma negatif pun harus dihindari. Selain itu, beredar pemberitaan negatif atau hoaks yang menghilangkan rasa percaya kepada pasien yang menjadi subjek pelacakan kontak COVID-19.

 

3T yang Tidak Mudah

Tenaga medis mendata warga saat rapid test dan swab test massal Badan Intelijen Negara (BIN) di lapangan Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (2/7/2020). Dengan adanya rapid test yang digelar BIN, Pemkot Tangsel dapat melakukan tracking dan tracing lebih cepat. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Tenaga medis mendata warga saat rapid test dan swab test massal Badan Intelijen Negara (BIN) di lapangan Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (2/7/2020). Dengan adanya rapid test yang digelar BIN, Pemkot Tangsel dapat melakukan tracking dan tracing lebih cepat. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Adanya stigma negatif terhadap penderita COVID-19 membuat upaya 3T (testing, tracing, treatment) merupakan upaya yang tidak mudah.

"Sehingga membutuhkan sinergi dengan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk betul-betul memahami bahwa keterbukaan kita semuanya adalah sangat penting dalam upaya pemerintah  melakukan tracing," Wiku melanjutkan.

"Masyarakat harus terbuka terkait riwayat perjalanan dan interaksi yang telah dilakukan. Kami juga mendorong publik tidak memberikan stigma negatif terhadap mereka yang positif COVID-19."

Dukung Mereka yang Terpapar untuk Sembuh

WNI yang baru kembali dari luar negeri tiba untuk menjalani isolasi di Wisma Atlet, Pademangan, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020). Wisma Atlet Pademangan tengah mempersiapkan dua tower tambahan untuk merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
WNI yang baru kembali dari luar negeri tiba untuk menjalani isolasi di Wisma Atlet, Pademangan, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2020). Wisma Atlet Pademangan tengah mempersiapkan dua tower tambahan untuk merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wiku mengajak masyarakat saling melindungi sesama. Siapapun dapat terpapar COVID-19. Bagi mereka yang terpapar COVID-19 harus kita dukung agar sembuh dan tidak menulari ke sesama yang lainnya.

"Caranya, kita sama-sama memudarkan (menghilangkan) stigma negatif terhadap penderita COVID-19. Musuh kita bukan saudara-saudara kita atau orangnya (manusia). Tapi musuh kita adalah virusnya," imbuhnya.

"Bersikap jujur dan suportif ketika dilakukan identifikasi pelacakan kontak dengan petugas adalah hal yang sangat penting dalam mengefektifkan dan mensukseskan program 3T."

Infografis Persentase Sembuh Covid-19 13 Provinsi di Indonesia Lampaui Dunia

Infografis Persentase Sembuh Covid-19 13 Provinsi di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Persentase Sembuh Covid-19 13 Provinsi di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Film Pengkhianatan G30S/PKI, Eksekusi Adegan Penculikan Jenderal pada Malam Jumat

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yang ramai dibahas warganet pekan ini, film Pengkhianatan G30S/PKI (juga dikenal dengan judul Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI -red) karya Arifin C. Noer. Film Pengkhianatan G30S/PKI yang berdurasi 4 jam dan 30 menit ini tayang di SCTV baru-baru ini dan disambut hangat.

Inilah film yang paling sering disiarkan dan ditonton dalam sejarah sinema Indonesia. Film Pengkhianatan G30S/PKI diwarnai sejumlah kontroversi. Di era Orde Baru, film ini wajib tayang tiap 30 September.

Showbiz Liputan6.com mewawancara istri mendiang Arifin C. Noer, yakni Jajang C. Noer, yang kala itu menjabat pencatat adegan selama syuting film Pengkhianatan G30S/PKI. Hasilnya kami rangkum dalam laporan khas enam fakta di balik layar film Pengkhianatan G30S/PKI

1. Syuting 1,5 Tahun Lamanya

Sutradara film Pengkhianatan G30S/PKI, Arifin C. Noer. (Foto: Instagram @naziracnoer)
Sutradara film Pengkhianatan G30S/PKI, Arifin C. Noer. (Foto: Instagram @naziracnoer)

Ketika megaproyek film Pengkhianatan G30S/PKI digagas, ada dua sineas yang jadi kandidat kuat yakni Teguh Karya dan Arifin C. Noer. Nama yang disebut terakhir akhirnya terpilih.

"Memang dua kandidat dan Arifin yang terpilih. Saya kurang paham pertimbangannya apa saja mengingat keduanya sineas besar. Syuting film ini selama 1,5 tahun. Lama sekali, persiapannya sekitar dua bulan," Jajang mengenang.

2. Adegan Basuh Muka Dengan Darah

Poster film Pengkhianatan G30S/PKI. (Foto: Koleksi Pribadi Daniel Irawan)
Poster film Pengkhianatan G30S/PKI. (Foto: Koleksi Pribadi Daniel Irawan)

Salah satu adegan yang paling bikin merinding, saat D. I. Panjaitan diculik dan tak pernah kembali. Yang tersisa dari penculikan keji ini ceceran darah di lantai rumah. Sang putri berteriak histeris lalu membasuh wajahnya dengan darah di lantai.

"Ayahnya berdoa (kalau tidak salah) lalu dihajar dengan popor. Dibawa dari rumah lalu darahnya tercecer di lantai. Lalu ia membasuh mukanya dengan itu karena tak sempat bertemu ayahnya untuk kali terakhir," Jajang mengulas.

 

3. Musik Yang Mencekam

Indonesian Movie Actors Awards 2019 (Adrian Putra/Fimela.com)
Indonesian Movie Actors Awards 2019 (Adrian Putra/Fimela.com)

Film Pengkhianatan G30S/PKI disebut memiliki aura gloomy yang kuat dan menyisakan kesan mendalam di benak penonton. Selain cerita yang dekat dengan masyarakat Indonesia, Jajang C. Noer menyebut musik punya peran penting.

"Suasana syuting tidak mencekam. Yang bikin film ini terasa mencekam salah satunya tata musik oleh Embie C. Noer, yang menghanyutkan emosi penonton," beri tahu Jajang C. Noer saat diwawancara via telepon, Selasa (29/9/2020).

4. Syuting Penculikan Malam Jumat

Poster film Pengkhianatan G30S/PKI. (Foto: Koleksi Pribadi Daniel Irawan)
Poster film Pengkhianatan G30S/PKI. (Foto: Koleksi Pribadi Daniel Irawan)

Tahukah Anda, syuting adegan penculikan para jenderal berlangsung tiap malam Jumat. Konon, ini sama dengan kejadian sebenarnya. Jajang C. Noer membenarkan ini. "Betul, itu kebetulan sekali. Tanpa disengaja," ujar bintang film Athirah dan Berbagi Suami.

"Menurut skedul syuting (adegan penculikan) jatuh pada malam Jumat. Kami syuting dari siang tapi adegan itu diambilnya pas Kamis malam. Kami menyadarinya setelah syuting penculikan di dua rumah Jenderal," kenangnya.

5. Rp 800 Juta, Fantastis di Eranya

Piala Citra
Piala Citra

Meraih tujuh nominasi Piala Citra FFI 1984, Pengkhianatan G30S/PKI menang kategori Skenario Asli Terbaik untuk Arifin C. Noer. Rumor yang beredar, biaya produksi film ini fantastis di eranya. Pengkhianatan G30S/PKI diproduksi Perum Produksi Film Negara (PPFN) dengan dana 800 juta rupiah.

"Adegan direkam dengan pita seluloid. Kala itu, kan belum format digital seperti sekarang. Habis syuting masih ada proses panjang mencuci pita, upgrade warna, dan menata suara. Itu mahal karena dilakukan di Jepang," kata Jajang. 

6. Istri Jenderal Mengepel Darah

Sutradara film Pengkhianatan G30S/PKI, Arifin C. Noer. (Foto: Instagram @naziracnoer)
Sutradara film Pengkhianatan G30S/PKI, Arifin C. Noer. (Foto: Instagram @naziracnoer)

Ada banyak kontroversi menyertai film ini salah satunya, apakah kisahnya sesuai dengan fakta sejarah. Jajang C. Noer menyebut naskah disusun setelah melewati proses wawancara dengan pelaku sejarah. "Wawancaranya detail," ia menggarisbawahi.

Adegan Nyonya M.T. Haryono mengepel darah suaminya di lantai misalnya. "Beliau mengepel darah suaminya sendiri agar anak-anak tidak melihatnya," ujar aktris peraih 2 Piala Citra ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buron 3 Tahun, Terpidana Korupsi Dinas Pendidikan Sulbar Dicokok di Kalsel

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Mamuju - Tim Intelejen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Barat berhasil menangkap buronan kasus korupsi Dinas Pendidikan Sulawesi Barat. Ruspahri terpidana yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) ditangkap Tim di Pulau Krayan, Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat Johny Manurung mengatakan, Rusphari ditangkap pada 29 September 2020 setelah dilakukan pengintaian selama empat hari di pulau tempat pelariannya itu. Rusphari, merupakan buronan kasus korupsi yang melarikan diri sejak tiga tahun yang lalu.

"Dia tidak dapat dihadirkan di persidangan (persidangan dilakukan secara in absensia) karena terpidana melarikan diri," kata Johny kepada wartawan Selasa (29/09/2020) sore.

Johny menambahkan, Rusphari merupakan Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ar-Rahmat yang mendapat kucuran anggaran hibah sebesar Rp424 juta. Dia mendapat anggaran itu untuk kegiatan keaksaraan yang diprogramkan Dinas Pendidikan Sulawesi Barat pada 2012 lalu.

"Terpidana melakukan penyalahgunaan dana tersebut dengan cara tidak melaksanakan kegiatan berdasarkan naskah perjanjian hibah daerah dan tidak menyalurkan dana tersebut," jelas Johny.

Lanjut Johny, pada kasus ini, Kejati Sulawesi Barat mencatat kerugian negara sebesar Rp270 juta. Terdakwa Rusphari saat itu diputus bersalah oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan harus dihukum penjara selama empat tahun dan denda Rp50 juta subsider enam bulan.

"Dia diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara 270 juta subsider satu tahun enam bulan berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Mamuju No. 13/Pid.Sus/2018/PN.Mam tanggal 12 Desember 2018," tutup Jonhy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Stasiun Seoul Jelang Liburan Chuseok

Posted: 29 Sep 2020 10:00 PM PDT

Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona bersiap untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)
Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona bersiap untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona bersiap untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Seorang wanita yang mengenakan masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berlari ke kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)
Seorang wanita yang mengenakan masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berlari ke kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Seorang wanita yang mengenakan masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berlari ke kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berbaris untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)
Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berbaris untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Penumpang memakai masker untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona berbaris untuk naik kereta menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Orang-orang yang memakai masker wajah untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona menunggu kereta mereka menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)
Orang-orang yang memakai masker wajah untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona menunggu kereta mereka menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

Orang-orang yang memakai masker wajah untuk membantu melindungi dari penyebaran virus corona menunggu kereta mereka menjelang liburan Chuseok atau Hari Thanksgiving versi Korea di Stasiun Kereta Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa (29/9/2020). (AP Photo / Ahn Young-joon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Pejabat di Pemkot Tangerang Dinyatakan Positif Corona

Posted: 29 Sep 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 20 Pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tangerang Selatan, terkonfirmasi Positif Covid-19. Para pejabat tersebut telah dan tengah menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit rujukan pemerintah.

Pelaksana harian Sekda Tangerang Selatan, Bambang Noertjahyo membenarkan adanya data tersebut. Namun menurutnya, dari jumlah itu, beberapa diantaranya telah dinyatakan sembuh. 

"Yang positif sudah ada beberapa orang yang sembuh," ungkap Plh Sekda Tangsel, di Balai Kota Tangsel, Rabu (30/9/2020).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Tangsel Allin Hendarlin mengungkapkan, sekitar 20 ASN dilaporkan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab PCR.

 

Tunggu Hasil Tes

Sejumlah ASN di Pemkot Tangerang melakukan Tes Usap Corona. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Sejumlah ASN di Pemkot Tangerang melakukan Tes Usap Corona. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Allin masih enggan membeberkan lokasi kantor OPD tempat ke-20 ASN yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 itu bertugas.

"Itu jumlah sementara karena kami masih menunggu hasil tes yang belum keluar. Kami sudah melakukan penanganan terhadap ASN yang positif Covid-19," ungkapnya.

Sebelumnya, 5 Pejabat ASN Pemkot Tangsel, dinyatakan positif Covid-19, diantaranya Kepala Dinas Perhubungan, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Pejabat di Bapenda Tangsel.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Deras Sebabkan Sungai Bangkatan Binjai Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Posted: 29 Sep 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Binjai Tingginya intensitas hujan yang melanda Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan air Sungai Bangkatan meluap. Akibatnya, ratusan rumah warga yang berada di bantaran sungai kebanjiran.

Tim SAR Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sumut, AKP Sardi mengatakan, hujan yang melanda Kota Binjai terjadi sejak Selasa, 29 September 2020, sore hingga Rabu (30/9/2020) dini hari WIB.

"Luapan air Sungai Bangkatan memasuki rumah warga sekitar pukul 01.00 WIB," kata Sardi.

Dijelaskannya, luapan air Sungai Bangkatan yang merendam rumah warga di Binjai memiliki ketinggian mencapai 1,5 meter. Kondisi tersebut membuat sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Warga juga terpaksa mengevakuasi barang-barang berharga milik mereka," jelasnya.

 

Lakukan Pendataan

Ilustrasi banjir. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Ilustrasi banjir. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Disampaikan Sardi, untuk jumlah pasti rumah warga yang terendam banjir masih dalam penghitungan. Hanya saja, dipastikan rumah warga yang terendam banjir di Binjai mencapai ratusan.

"Kita belum melakukan pendataan, karena masih fokus dalam pertolongan warga yang terjebak banjir," tandasnya.

Peringatan Dini Cuaca

Ilustrasi Cuaca Hari Ini (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ilustrasi Cuaca Hari Ini (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, berdasarkan update peringatan dini cuaca Sumut tanggal 30 September 2020 yang dikeluarkan pada pukul 01.00 WIB, masih terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Update peringatan dini cuaca yang disampaikan Prakirwan BMKG Medan, kawasan yang berpotensi dilanda cuaca tersebut yaitu Deli Serdang, Langkat, Binjai, Medan, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat.

Kemudian dapat meluas ke Simalungun, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 04.30 WIB.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan 11 Mobil Sewaan

Posted: 29 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Kepolisian Resor Madiun, Jawa Timur meringkus seorang pelaku penggelapan kendaraan bermotor yang telah membawa kabur 11 unit mobil milik korban. Kemudian pelaku tersebut menggadaikan demi keuntungan pribadi.

Kapolres Madiun AKBP Bagoes Wibisono menuturkan, tersangka adalah ASD alias In, warga Madiun, Jawa Timur.

"Modusnya, tersangka menyewa kendaraan dari perseorangan, kemudian digadaikan sebagai kendaraan milik pribadi," tutur dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Rabu (30/9/2020).

Ia menuturkan, aksi tersangka tersebut terbongkar setelah polisi menerima laporan dari korban bernama Krisna, warga Madiun pada 24 September 2020.

Korban mengaku telah kehilangan satu mobil Toyota Avanza warna hitam bernomor polisi AE-1462-FL. Mobil tersebut disewa oleh tersangka sejak 7 September dan hingga korban melapor belum juga dikembalikan.

Polisi yang mendapat laporan langsung mengejar. Sehari sesudah menerima laporan, polisi berhasil menangkap In dan mendapati barang bukti mobil milik korban digadaikan di wilayah Bojonegoro.

Hasil Gadai Mobil untuk Bayar Kontrakan

Ilustrasi Penangkapan. IOL
Ilustrasi Penangkapan. IOL

Dari hasil pengembangan pemeriksaan tersangka, didapati In melakukan tindak pidana serupa 11 kali. Tidak hanya mobil, tetapi juga menggelapkan sepeda motor.

"Dari hasil keterangan pihak Satreskrim Polres Madiun, saat ini polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak tujuh unit mobil dan satu unit sepeda motor hasil kejahatan tersangka," katanya.

Aksi penggelapan tersebut telah dilakukan tersangka sejak enam bulan terakhir. Mobil-mobil tersebut digadaikan bervariasi mulai dari Rp20 juta hingga Rp30 juta per unit.

"Tergantung dari kemampuan penerima gadainya. Uang hasil gadai itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup tersangka. Seperti membayar kontrakan rumah, makan, dan lainnya," kata Bagoes.

Wilayah aksi tersangka tidak hanya menyasar di Kabupaten Madiun, tetapi juga di sejumlah daerah di eks-Keresidenan Madiun.

Ancaman Hukuman

Ilustrasi Tangkap Teroris 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi Tangkap Teroris 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUH Pidana dan/atau pasal 372 KUH Pidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama empat tahun.

Polres Madiun meminta masyarakat yang merasa kendaraannya "dilarikan" oleh tersangka dapat menghubungi ke Satreskrim Polres Madiun dengan disertai membawa bukti kepemilikan kendaraan.

"Polisi juga meminta para pengusaha rental kendaraan di wilayah Kabupaten Madiun dan sekitarnya untuk lebih berhati-hati dan waspada dengan pelaku-pelaku yang menggunakan modus operandi sewa gadai mobil rental seperti yang dilakukan oleh tersangka," pungkas Bagoes.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkat Kesembuhan COVID-19 di 99 Kabupaten/Kota Masih Kurang dari 50 Persen

Posted: 29 Sep 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tingkat kesembuhan COVID-19 di 399 kabupaten/kota mencapai 50 sampai 100 persen. Kabar tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito.

"Pada tingkat kabupaten/kota, tingkat kesembuhan bervariasi. Data per 27 September 2020, 77,6 persen atau 399 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota memiliki persentase kesembuhan 50 sampai 100 persen," terang Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

"Ini adalah hal yang baik dan perlu dipertahankan serta ditingkatkan agar kesembuhannya bisa mencapai 100 persen. Apabila penanganan kasusnya baik, maka potensi mendapatkan kesembuhan 100 persen sangat besar."

Walaupun begitu, masih 19,3 persen atau 99 kabupaten/kota lainnya yang memiliki persentase kesembuhan COVID-19 kurang dari 50 persen.

"Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah daerah masing-masing untuk meningkatkan kesembuhan dan pelayanan kesehatan dan penanganan dini," lanjut Wiku.

"Kami mohon agar kabupaten/kota, terutama pimpinan daerah yang angka kesembuhannya masih di bawah 50 persen segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas COVID-19 agar kami bisa membantu apa yang dilakukan. Agar betul-betul dapat meningkatkan angka kesembuhannya."

Kesembuhan Naik 15,1 Persen

Pekerja memotong pola di pabrik Garmen,Tangerang, Banten, Selasa (13/10/2015). Industri tekstil di dalam negeri terus menggeliat. Hal ini ditandai aliran investasi yang mencapai Rp 4 triliun (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja memotong pola di pabrik Garmen,Tangerang, Banten, Selasa (13/10/2015). Industri tekstil di dalam negeri terus menggeliat. Hal ini ditandai aliran investasi yang mencapai Rp 4 triliun (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Data Satgas COVID-19 per 27 September 2020 menunjukkan, terjadi kenaikan jumlah kesembuhan sebesar 15,1 persen dibandingkan pekan sebelumnya. 

"Kenaikan kesembuhan tertinggi dicapai oleh Jawa Barat naik 767, Riau naik 625 orang, Banten naik 573 orang, Jawa Tengah naik 483 orang, Sulawesi Selatan naik 379 orang," Wiku menyebutkan.

Ia juga menyebut provinsi dengan persentase kesembuhan COVID-19 tertinggi.

1. Maluku Utara sebesar 87,84 persen

2. Kepulauan Bangka Belitung 86,35 persen

3. Gorontalo 86,20 persen

4. Kalimantan Selatan 84,27 persen

5. Jawa Timur 83,81 persen

Apresiasi untuk Jawa Timur

(Sumber: Instagram/nabilahalfh_)
(Sumber: Instagram/nabilahalfh_)

Wiku mengapresiasi Jawa Timur yang masuk ke dalam persentase kesembuhan tertinggi pada pekan ini.

"Kami mohon agar seluruh provinsi yang bisa mencapai kesembuhan tertinggi ini tetap mempertahankan dan meningkatkannya," harapnya.

"Kebetulan pada minggu ini Jawa Timur masuk ke dalam lima besar peningkatan kesembuhan. Tentunya, perlu diapresiasi dan terus dijaga agar tetap tinggi angka kesembuhannya."

Infografis Virus Corona Berbahaya Vs DBD Mematikan

Infografis Virus Corona Berbahaya Vs DBD Mematikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Virus Corona Berbahaya Vs DBD Mematikan. (Liputan6.com/Abdillah)

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meluncur Oktober, Dealer Resmi Sudah Tawarkan Toyota Fortuner Terbaru

Posted: 29 Sep 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi debut di Thailand awal Juni lalu, Toyota Fortuner kabarnya akan segera meluncur di Indonesia. Hal itu terlihat dari penawaran yang dilakukan sejumlah dealer resmi Toyota di Jakarta.

Seorang tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya menyebut, mobil di segmen SUV tersebut akan meluncur di Tanah Air Oktober mendatang.

"Untuk pastinya saya enggak tau ya. Cuma saya dapat kabarnya itu Oktober meluncur di Indonesia. Mungkin pertengahan bulan sudah ada," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (30/9/2020).

Saat disinggung terkait pembelian unit, tenaga penjual tersebut mengaku hanya memerlukan nama dan nomor telepon calon konsumen. Setelah resmi meluncur pihaknya akan langsung menghubungi konsumen terkait.

"Saya catat saja namanya, sama minta nomor telepon yang bisa dihubungi. Nanti setelah resmi meluncur dan ada harganya akan langsung saya hubungi untuk pembelian. Konsumen enggak perlu keluar rumah, saya yang akan urus semua," ujarnya menyoal pemesanan Toyota Fortuner terbaru.

 

Mesin

Tampak lebih agresif, Toyota Fortuner terbaru memiliki grille depan yang lebih besar dengan strip bumper berwarna silver. Mobil ini juga memiliki desain lampu utama terbaru dengan Daytime Running Light.

Masuk ke dalam kabin, mobil di segmen SUV ini mendapatkan panel layar sentuh 9 inci yang mampu terhubung dengan ponsel. Menambah kenyamanan, juga dibekali kamera 360 derajat.

 

Fitur Keselamatan

Menambah fitur keselamatan, terdapat beragam fitur canggih seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, dan Lane Keeping Assist.

Untuk jantung pacu, Fortuner terbaru mendapat dua pilihan mesin yakni 2,4 liter dan 2,8 liter.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angela Lee Dilamar Pengusaha, Ini 7 Potret Kekasihnya

Posted: 29 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia sedang menyelimuti Angela Lee, presenter yang kerap hiasi layar kaca ini baru saja dilamar sang kekasih. Angela Lee mengumumkan kabar bahagia ini melalui media sosial Instagramnya saat ia pamerkan cincin yang melingkar di jari manisnya.

Diketahui bahwa kekasihnya ini bernama Alexander yang merupakan pengusaha rental mobil mewah di Jakarta. Ia pun memiliki akun media sosial Instagram dengan akun @i_am_lxa.

Selain mengunggah potretnya saat menerima lamaran, Angela Lee juga menulis curahan hatinya yang menyentuh.

"Mencintai dalam kesempurnaan itu indah, tapi lebih indah lagi mencintai dalam ketidaksempurnaan, dari kesalahan, kekurangan dari situ semakin belajar jadi yang pasangan terbaik.... ❤️ #mylast" tulis Angela Lee.

Berikut 7 potret kekasih Angela Lee yang Liputan6.com kutip dari Instagram @i_am_lxa, Rabu (30/9/2020).

1. Ini potret Alexander, pengusaha yang baru saja melamar Angela Lee

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

2. Alexander diketahui merupakan pengusaha rental mobil mewah yang ada di Jakarta

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

3. Pasangan ini kerap terlihat bersama, salah satunya saat liburan ke Filipina

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

4. Hubungan ini akan menjadi pernikahan kedua bagi Angela Lee yang sebelumnya pernah menikah dengan David Hardian

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

5. Sebelumnya Angela Lee mengunggah momen kebersamaannya dengan Alex dalam media sosial Instagramnya

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

6. Banyak netizen pun penasaran dengan hubungan keduanya

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

7. Usai unggah momen lamaran, netizen pun turut bahagia dan mendoakan hubungan keduanya

Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)
Kekasih Angela Lee (Sumber: Instagram/i_am_lxa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Depay, Barcelona Dorong Dembele Pindah ke MU?

Posted: 29 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang berakhirnya bursa transfer musim panas, Ousmane Dembele dikabarkan semakin dekat dengan pintu keluar Barcelona. Pemain asal Prancis itu tengah didorong untuk pindah ke Manchester United (MU).

Media Spanyol AS, melaporkan, Barcelona terpaksa melepas Dembele demi mendapatkan tambahan uang untuk membeli Memphis Depay dari Lyon. Pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman kabarnya lebih tertarik kepada kompatriotnya dan berharap Barcelona bisa mendatangkannya pada musim ini.

Awal September lalu, Koeman telah menyampaikan hal ini ke publilk. Menurutnya, untuk mendatangkan Depay ke Camp Nou, mereka harus menjual pemain agar tidak memberatkan klub.

Kebetulan, MU juga tengah mencari amunisi baru. Hanya saja, keterbatasan dana membuat langkah MU dalam mendekati Dembele tidak terlalu bebas. Apalagi Dembele awalnya dibandrol 100 juta euro.

MU pun berniat meminjam Dembele dari Barcelona. Namun kini kesempatan terbuka setelah Barcelona rela melepas penyerang lincah itu dengan harga miring, sebesar 50 hingga 60 juta euro saja.

 

 

Kurangi Beban Klub

Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sevilla dalam Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona meraih gelar ke-13 di Piala Super Spanyol terbanyak ketimbang tim lain. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)
Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Sevilla dalam Piala Super Spanyol di Tangier, Maroko, (13/8). Barcelona meraih gelar ke-13 di Piala Super Spanyol terbanyak ketimbang tim lain. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

Penjualan Dembele juga demi mengurangi beban klub dalam membayar gaji pemain di masa pandemi. Maklum, Dembele merupakan salah satu pemain dengan gaji tinggi di skuat Barcelona. 

 

Melempem karena Cedera

1. Ousmane Dembele - Ousmane Dembele kesulitan menemukan performa terbaiknya sejak pindah ke Barcelona pada 2017 lalu. Pemain asal Pransic ini hanya lima kali tampil di pertandingan La Liga pada musim 2019/2020 ini. (AFP/Lluis Gene)
1. Ousmane Dembele - Ousmane Dembele kesulitan menemukan performa terbaiknya sejak pindah ke Barcelona pada 2017 lalu. Pemain asal Pransic ini hanya lima kali tampil di pertandingan La Liga pada musim 2019/2020 ini. (AFP/Lluis Gene)

Dembele diboyong dari Borussia Dortmund pada 2017 lalu. Barcelona mengeluarkan dana sebesar 145 juta euro demi mendapatkan tanda tangan pemain berusia 23 tahun tersebut.

Sayang, sejak pindah ke La Liga, Dembele justru jarang main. Dia harus menepi dalam waktu cukup lama karena cedera dan hanya tampil dalam 75 laga selama tiga tahun bersama Barcelona. 

 

Kembali ke Lapangan

Pertandingan Barcelona melawan Villarreal Minggu lalu menjadi laga kompetitf pertama Dembele sejak terakhir kali tampil melawan mantan klubnya, Borussia Dortmund, November 2019.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Likuiditas Koperasi Berpotensi Picu Rush Money

Posted: 29 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengakui pandemi COVID-19 telah berdampak besar pada sektor keuangan. Seperti Bank, Industri Keuangan, Non Bank (Koperasi), dan Pasar Modal.

Koperasi yang anggotanya bergerak di bidang UMKM juga terpukul sebagai konsekuensi pembatasan aktivitas masyarakat yang mengakibatkan penurunan omset.

"Pelaku UMKM tidak dapat mengembalikan pinjaman kepada Koperasi, dan terjadilah Risiko Debitur Default (Gagal Bayar)," tutur Teten dalam keterangan resmi, Rabu (30/9/2020).

Di sisi lain, likuiditas Koperasi terganggu karena adanya peningkatan penarikan dana anggota yang cukup signifikan, tetapi tidak diimbangi dengan pemasukan dari pembayaran pinjaman anggota. Hal ini berdampak besar pada ketidakpercayaan anggota terhadap Koperasi, yang pada akhirnya terjadi Rush Money dan masalah hukum.

"Oleh karenanya, untuk mengatasi permasalahan yang ada saat ini, kebijakan yang dilakukan pemerintah melalui program PEN di antaranya Subsidi Bunga, Penempatan Dana Pemerintah, Restrukturisasi Kredit, Penjaminan Kredit Modal Kerja Baru, Pembiayaan Investasi kepada Koperasi melalui LPDB, diperlukan," ujar Teten.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, diketahui bahwa Koperasi mengalami permasalahan utama pada permodalan (46 persen) dan penjualan (36 persen), sedangkan permasalahan produksi dan distribusi sebesar 7 persen serta bahan baku 4 persen. Atas dasar itu, dibutuhkan pinjaman modal kerja, relaksasi kredit, kelancaran distribusi, dan kepastian permintaan.

Maka dari itu, dalam rangka menanggulangi dampak pandemi COVID-19, pemerintah mencanangkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan penganggaran sebesar Rp 695,20 triliun. Sektor UMKM mendapat alokasi dana sebesar Rp 123,46 triliun.

Program dirancang terdiri 3 (tiga) kategori, yakni KUMKM yang berstatus dampak bertahan mendapat; insentif pajak, menurun mendapat relaksasi dan restrukturisasi kredit, perluasan pembiayaan, serta digitalisasi dan offtaker. Sedangkan KUMKM yang berstatus dampak bangkrut mendapat; Bantuan Langsung Tunai.

Penyaluran Dana Bergulir PEN untuk Koperasi Tembus Rp 670 Miliar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Realisasi penyaluran dana bergulir kepada koperasi dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) mencapai Rp 670 miliar. Angka ini setara 67 persen dari pagu anggaran Rp1 triliun yang ditetapkan pemerintah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menegaskan dana PEN Rp1 triliun tersebut ditargetkan tersalurkan 100 persen maksimal akhir September 2020.

"LPDB-KUMKM diberi amanah untuk menyalurkan dana PEN Rp1 triliun dan per hari ini, kita sudah salurkan 67 persen," ujar Supomo saat mendampingi Menkop UKM Teten Masduki menyerahkan dana bergulir LPDB-KUMKM kepada KSP Ema Duta Mandiri di Denpasar, Bali seperti mengutip Antara, Minggu (6/9/2020).

Ia dalam rilisnya mengatakan, penyaluran dana PEN Rp 670 miliar diberikan kepada 60 koperasi mitra LPDB-KUMKM dan ditargetkan 100 koperasi akan mendapatkan pinjaman LPDB-KUMKM.

"Ini sekitar Rp 670 miliar untuk 60 koperasi mitra LPDB-KUMKM. Target sekitar 100 koperasi. Namun, program ini tidak berhenti dan akan terus jalan," katanya.

Supomo mengakui hambatan yang terjadi dalam penyaluran dana bergulir di antaranya karena kondisi pandemi COVID-19 saat ini. mulai dari pengecekan di lapangan untuk memastikan koperasi penerima pinjaman jujur dan sehat.

Selain itu, juga karena penerbangan yang juga terdampak COVID-19, sehingga tidak beroperasi.

"Hambatannya, LPDB-KUMKM dengan kondisi COVID-19 ini adalah melakukan cross check untuk memastikan koperasi tersebut sehat," ujarnya.

Namun demikian, Supomo menegaskan kondisi tersebut dapat diatasi dengan terobosan verifikasi secara online agar LPDB-KUKM bisa memastikan agar penyaluran tepat sasaran.

"Kami melakukan terobosan, verifikasi secara online untuk memastikan keberadaan koperasi dan layak mendapat pinjaman. Ini agar PEN dari pemerintah tersalur tepat sasaran dan tepat guna," tambahnya.

Ia telah menyalurkan pinjaman kepada 3 koperasi mitra di Bali sebagai bagian dari program PEN yakni Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ema Duta Mandiri yang mendapatkan pinjaman sebesar Rp5 miliar, Koperasi Guna Prima Dana sebesar Rp10 miliar, dan Koperasi Anugerah Swadana Sejahtera sebesar Rp2 miliar.

"Kami optimistis Rp1 triliun dana bergulir dapat tersalurkan hingga akhir September 2020. Sekitar 67 persen yang sudah cair," kata Supomo. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tentara Armenia Tembakkan Meriam ke Azerbaijan

Posted: 29 Sep 2020 09:45 PM PDT

Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia menembakkan meriam ke arah Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia melempar selongsong peluru saat menembakkan meriam ke Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Tentara Armenia melempar selongsong peluru saat menembakkan meriam ke Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia melempar selongsong peluru saat menembakkan meriam ke Azerbaijan di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia berpose di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Tentara Armenia berpose di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Tentara Armenia berpose di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Reaksi tentara Armenia saat berada di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)
Reaksi tentara Armenia saat berada di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

Reaksi tentara Armenia saat berada di Republik Nagorno-Karabakh, Azerbaijan, Selasa (29/9/2020). Pasukan Armenia dan Azerbaijan saling serang saat memperebutkan Nagorno-Karabakh yang memproklamirkan diri. (Sipan Gyulumyan/Armenian Defense Ministry Press Service/PAN Photo via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Ada 3 Prinsip Dasar Penanganan Banjir di Jakarta

Posted: 29 Sep 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan ada tiga prinsip dasar dalam penanganan banjir di Ibu Kota. Ketiga prinsip tersebut yakni siaga dalam memantau potensi banjir.

Kedua, kata Anies, yakni tanggap dalam merespons penanganan banjir. Kemudian penggalangan kekuatan bersama untuk menangani banjir yang terdiri dari institusi dan masyarakat.

"Banyak kejadian banjir ini justru kesempatan bagi masyarakat kita untuk gotong royong, kerja bersama. Banyak dari mereka yang ikut terlibat langsung. Dalam kesempatan ini juga ada 3 kata kunci yang harus jadi pegangan antara lain Siaga, Tanggap, dan Galang," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020).

Dia menyebut, ada sejumlah tantangan pengendalian banjir pada saat ini, antara lain akibat adanya fenomena la nina yang menandakan hujan deras, intens, dan panjang.

Selanjutnya yakni harus diimbangi dengan mitigasi untuk pencegahan penularan Covid-19 di lokasi pengungsian.

"Jika kita terbiasa bangun tenda pengungsian dan evakuasi, maka kali ini dibuat lebih banyak tendanya supaya jumlah mereka yang berada di satu tenda itu mengikuti protokol kesehatan. Ini butuh penanganan khusus dan persiapan khusus," papar Anies.

Godok Payung Hukum soal Pengungsian Korban Banjir

Warga korban banjir masih bertahan mengungsi di GOR Pengadegan, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Masih banyaknya warga yang memilih bertahan di pengungsian lantaran kondisi rumah mereka belum memungkinkan untuk ditinggali dan belum adanya arahan dari kelurahan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga korban banjir masih bertahan mengungsi di GOR Pengadegan, Jakarta, Selasa (7/1/2020). Masih banyaknya warga yang memilih bertahan di pengungsian lantaran kondisi rumah mereka belum memungkinkan untuk ditinggali dan belum adanya arahan dari kelurahan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemprov DKI Jakarta saat ini masih memproses untuk penyusunan payung hukum terkait penyediaan tempat pengungsian saat musim hujan. Sebab lokasi akan disediakan hingga dua kali lipat akibat adanya pandemi Covid-19.

"Namun saat ini belum dilakukan inventarisasi karena baru akan disiapkan Instruksi Gubernur (Ingub). Lokasi pengungsi alternatif dua kali lipat dari yang ada," kata Kapusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M Insaf saat dihubungi, Selasa (29/9/2020).

Dia menjelaskan untuk penanganan banjir di Ibu Kota akan berbeda dengan sebelumnya. Lokasi pengasingan tanpa penerapan protokol kesehatan dapat menjadi potensi penularan Covid-19.

"Penanganan musibah banjir perlu siasat berbeda. Sehingga protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 juga akan diterapkan di tempat pengungsian," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ryeowook Super Junior Minta Maaf Usai Hubungan Asmara dengan Ari Eks Tahiti Terungkap

Posted: 29 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Setalah kabar hubungan asmaranya dengan Ari eks Tahiti mencuat, Ryeowook Super Junior mengunggah pernyataan pribadinya via LYSN. Hanya saja, dalam surat yang cukup panjang ini, vokalis Super Junior tersebut justru mengutarakan permintaan maaf.

"Aku khawatir bagaimana memulainya, sembari memikirkan ELF yang pasti merasa terluka karena berita itu, apa pun yang kukatakan," begitu pembukaan surat Ryeowook Super Junior, seperti diwartakan Koreaboo, Rabu (30/9/2020).

Ia lantas mengonfirmasi hubungannya dengan Ari eks Tahiti, tanpa mengungkap nama sang kekasih.

"Aku meminta maaf karena mengumumkan bahwa ada teman yang sedang kutemui saat ini," tulisnya.

Ryeowook Super Junior menambahkan, "Teman yang kubicarakan, aku berpacaran dengannya."

Rumor Keliru

Ari eks Tahiti dan Ryeowook Super Junior (Foto via Koreaboo)
Ari eks Tahiti dan Ryeowook Super Junior (Foto via Koreaboo)

Ryeowook menyebutkan bahwa ada kesalahpahaman yang tersebar mengenai dirinya. Hal yang menurutnya tak pernah ia ucap atau bahkan pikirkan.

"Super Junior dan ELF sangat berharga bagiku. Sayangnya ada banyak rumor keliru yang beredar," tuturnya. Sekadar informasi, ELF adalah sebutan bagi penggemar Super Junior.

Tulus

Ryeowook Super Junior. (Sumber: IG/@superjunior)
Ryeowook Super Junior. (Sumber: IG/@superjunior)

Dari penjelasan Ryeowook, tersirat bahwa unggahan yang ia bagikan di Bubble dimaknai lain oleh sebagian kalangan.

"Aku telah melukai ELF-ku. Nama dan ekspresi yang dibuat di Bubble adalah tulus. Tak ada satu pun yang tak kulakukan dengan tulus," tuturnya.

Ia menambahkan, "Dalam selfie terbaru dengan bunga yang kubagikan, bunga itu diberikan kepadaku oleh anggota staf yang datang untuk menyaksikan konser."

Soal Kafe

Ryeowook Super Junior. (Sumber: IG/@superjunior)
Ryeowook Super Junior. (Sumber: IG/@superjunior)

Ryeowook menyatakan karena ia tak memiliki media sosial, Bubble adalah satu-satunya cara ia berkomunikasi dengan penggemar. Karena itu, ia berusaha sebaik mungkin melakukannya.

Ryeowook juga mengungkap soal rencananya membuat kafe untuk kegiatan orangtuanya. Hanya, sejumlah penggemar menemukan sejumlah foto Ari yang disebut-sebut berkaitan dengan kafe yang sedang direncanakan ini.

Ryeowook menyebut apa yang dikhawatirkan penggemar tak akan terjadi. Ia menambahkan, "Aku tidak tahu banyak mengenai bidang itu, jadi aku minta bantuan beberapa teman. Maaf bila aku melukaimu dengan pikiranku yang gegabah."

 

Lebih Hati-Hati

Hingga akhir suratnya, Ryeowook berkali-kali minta maaf.

"Sikapku melukai ELF. Kalian memberiku cinta dan kepercayaan, meski aku tak layak mendapatkannya, aku merasa bersalah. Aku juga meminta maaf kepada memberku yang pasti juga sangat terkejut," tuturnya.

"Mulai saat ini aku akan berpikir baik-baik sebelum bertindak," Ryeowook berjanji.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: