Selasa, 22 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pengadilan AS Dakwa Wanita Kanada Kirim Surat Beracun Risin untuk Donald Trump

Posted: 22 Sep 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pascale Ferrier, wanita berusia 53 tahun dari Quebec, Kanada, ditangkap karena tuduhan mengirim surat beracun risin ke Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ia langsung menjalani sidang dakwaan pada pengadilan federal di Buffalo, New York pada Selasa 22 September.

Ia didakwa telah mengancam keselamatan Presiden Amerika Serikat, seperti mengutip laman Channel News Asia, Rabu (23/9/2020).

Melalui penerjemah Prancis-Inggris, ia meminta perwakilan dari pengacara yang ditunjuk pengadilan. Hakim AS Kenneth Schroeder mengajukan pengakuan tidak bersalah atas namanya, yang memberinya lebih banyak hak pada tahap ini dalam persidangan.

Menurut dakwaan yang dipublikasikan, Ferrier mengirim amplop ke Gedung Putih yang berisi risin, protein nabati yang sangat beracun yang berasal dari biji tanaman jarak.

"Saya menemukan nama baru untuk Anda: 'Badut Tiran Jelek' Saya harap Anda menyukainya," tulis catatan dalam surat itu, menurut seorang teknisi bom agen khusus FBI yang mengajukan pernyataan tertulis sebagai bagian dari pengaduan pidana.

"Anda menghancurkan AS dan membawanya pada bencana," lanjut surat itu. 

"Serahkan dan hapus lamaranmu untuk pemilihan ini. Jadi aku membuat 'Hadiah Khusus' supaya kamu membuat keputusan. Hadiah ada dalam surat ini."

"Jika tidak berhasil, aku akan mencari resep yang lebih baik untuk racun lain, atau aku mungkin akan menggunakan senjataku saat aku bisa datang. Selamat menikmati! ROH REBEL GRATIS."

Surat Beracun Risin untuk Pejabat AS

Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)
Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)

Sebelumnya, terdapat sejumlah insiden yang juga melibatkan amplop beracun risin kepada pejabat AS dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2018, seorang pria Utah didakwa dengan tuduhan membuat ancaman terkait ricin kepada Presiden Donald Trump, Direktur FBI Christopher Wray dan pejabat federal lainnya, dengan semua surat "berisi bahan biji jarak".

Dua orang telah divonis dan dijatuhi hukuman penjara dalam insiden terpisah mengirimkan surat-surat tercemar ke Barack Obama saat dia menjadi presiden.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama PSBB Ketat DKI, 64 Rumah Makan dan 14 Perkantoran di Jaktim Disegel

Posted: 22 Sep 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 64 rumah makan dan 14 perkantoran disegel oleh Satpol PP Jakarta Timur selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat.

"Data hasil penindakan PSBB diperketat dari 14 September 2020 sampai 23 September 2020 jumlah Resto, cafe, atau rumah makan yang disegel ada 64 unit. Sedangkan perkantoran atau tempat kerja yang disegel berjumlah 14 unit," kata Kepala Satpol PP Kota Jakarta Timur Budhy Novian dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Budhi menjelaskan, penertiban rumah makan dan perkantoran mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta tak melarang rumah makan beroperasi selama masa PSBB ketat, asalkan tidak melayani pelanggan untuk makan di tempat.

"Nah yang disegel kedapatan menyediakan layanan makan di tempat harusnya take away, pesan antar atau pesan bungkus," ujar dia.

Begitu pun perkantoran. Saat ini kapasitas karyawan dalam gedung perkantoran dibatasi maksimal hanya 25 persen.

"Sementara perkantoran yang kami segel tidak mengatur dan melakukan pembatasan kapasitas karyawan 50 persen dan 25 persen dalam satu waktu," ucap dia.

 

Segel Dipasang 3 Hari

Budhi menyebut, segel dipasang paling lama 3x24 jam. Namun, demikian pemilik tak bisa sembarangan mencabut segel.

Dia menyebut harus ada perjanjian di atas materai yang berbunyi akan menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan siap dikenakan sanksi progresif jika mengulangi pelanggaran.

"Yang bersangkutan harus mengajukan permohonan ke Satpol PP perihal pencabutan segel dengan melampirkan persyaratan penerapan protokol kesehatan dan surat pernyataan menggunakan materai," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester United Incar Mutiara Terpendam Barcelona

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) terus masuk dalam pusaran spekulasi bursa transfer musim panas tahun ini. Setan Merah dikabarkan belum berhenti memburu pemain dan tengah mengiincar Ousmane Dembele. 

Pemain asal Prancis itu sebenarnya masih menyisakan kontrak selama dua tahun lagi bersama Barcelona. Namun MU bisa menebusnya dengan harga 100 juta euro atau setara Rp1,7 Triliun.

Menurut Daily Record seperti dilansir dari Marca, Manchester United terarik memboyong Dembele ke Old Trafford. Hanya saja, MU tidak ingin membelinya secara permanen tapi hanya ingin meminjamnya.

Barcelona sendiri punya keinginan lain. Blaugrana ingin melepas pemain berusia 23 tahun itu secara permanen demi menambah pemasukan klub di tengah situasi sulit pandemi virus Corona COVID-19.

Manchester United dan Barcelona kabarnya telah bertemu untuk membicarakan hal ini. Meski demikian, belum diketahui apakah kedua pihak menemukan kata sepakat terkait nasib Dembele.

 

Alternatif Sancho?

Borussia Dortmund memposting foto Jadon Sancho yang tengah tersenyum untuk mengejek Manchester United (MU). Sancho adalah target utama MU di bursa transfer musim panas 2020. (foto: twitter.com/BlackYellow)
Borussia Dortmund memposting foto Jadon Sancho yang tengah tersenyum untuk mengejek Manchester United (MU). Sancho adalah target utama MU di bursa transfer musim panas 2020. (foto: twitter.com/BlackYellow)

Manchester United sebelumnya telah dikaitkkan dengan sejumlah nama yang berpotensi menambah kekuatan lini serangnya. Satu nama yang sempat rampai diperbincangkan adalah Jadon Sancho.

Namun, MU tidak mau membayar harga yang diminta Borussia Dortmund, yaitu lebih dari 100 juta pound. Setelah pembicaraan berminggu-minggu, CEO MU Ed Woodward menghentikan upaya mendapatkan Sancho.

Gagal mendapatkan Sancho, Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer pun terus bergerilya mencari alternatif lain.

 

Mutiara Terpendam Barcelona

1. Ousmane Dembele - Ousmane Dembele kesulitan menemukan performa terbaiknya sejak pindah ke Barcelona pada 2017 lalu. Pemain asal Pransic ini hanya lima kali tampil di pertandingan La Liga pada musim 2019/2020 ini. (AFP/Lluis Gene)
1. Ousmane Dembele - Ousmane Dembele kesulitan menemukan performa terbaiknya sejak pindah ke Barcelona pada 2017 lalu. Pemain asal Pransic ini hanya lima kali tampil di pertandingan La Liga pada musim 2019/2020 ini. (AFP/Lluis Gene)

Dembele, bergabung dengan Barcelona pada tahun 2017. Pemain kelahiran 15 Mei 1997 itu diboyong dari Borussia Dortmund dengan harga 10 juta euro plus bonus lainnya yang mencapai 40 juta euro.

Kehadiran Dembele tidak lama setelah Barcelona melepas Neymar ke Paris Saint Germain (PSG). Pemain asal Brasil itu dilepas ke Paris dengan harga yang diperkirakan mencapai 222 juta euro. 

Dembele pun tercatat sebagai pemain termahal kedua bersama Paul Pogba saat pindah ke MU.

 

Berjuang Keras

Sayang, harga yang ditebus Barcelona belum setara dengan hasil diberikan Dembele selama ini. Musim ini, Dembele bahkan tengah berjuang keras  untuk mendapat tempat di skuat inti Barcelona.

Sedangkan musim lalu, pemain berusia 23 tahun itu hanya bermain 17 laga akibat mengalami cedera.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Pandemi, Perbankan Syariah Tetap Tumbuh Positif 9,22 Persen

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi, perbankan syariah di Indonesia menunjukkan tren perkembangan positif. Perbankan syariah tumbuh positif 9,22 persen (yoy) atau Rp 545,39 triliun.

"Walau di tengah pandemi Covid-19, aset perbankan syariah Indonesia pada semester I-2020 mencapai Rp 545,39 triliun, tumbuh 9,22 persen," tulis akun Instagram @ojkindonesia, Jakarta, Rabu (23/9).

Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan syariah juga mengalami peningkatan di semester ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan DPK perbankan syariah yakni Rp 430,209 triliun, meningkat dibandingkan tahun 2019 yakni Rp 425,29 triliun.

Begitu juga dengan Pembiayaan Yang Disalurkan (PYD) perbankan syariah dalam periode yang sama yakni Rp 377,525 triliun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan capaian pada tahun 2019 yakni Rp 365,125 triliun.

Adapun market share perbankan syariah pada Juni 2020 sebesar 6,18 persen dari bank konvensional. Porsi tersebut disumbangdari bank umum syariah sebanyak 65,33 persen, unit usaha syariah 32,17 persen dan BPR syariah 2,5 persen.

Bank syariah menjadi kontributor terbesar dalam mendukung keuangan syariah. Total aset dari bank umum syariah sampai semester I-2020 sebesar Rp 356,33 triliun. DPK dari bank umum syariah tercatat Rp 293,37 triliun dan PYD sebesar Rp 232,86 triliun.

Unit usaha syariah mencatatkan aset di semester I-2020 sebesar Rp 175,45 triliun. DPK dari unit usaha syariah yakni Rp 127,95 triliun dan PYD sebesar Rp 134,16 triliun. Sementara aset dari BPR Syariah tercatat Rp 13,61 triliun dengan DPK Rp 8,89 triliun dan PYD sebesar Rp 10,5 triliun.

Merdeka.com

Pemerintah Komitmen Bangun Ekosistem Ekonomi Syariah

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah terus berkomitmen dalam membentuk sebuah sistem keuangan ekonomi syariah di Tanah Air. Salah satunya melalui peraturan perundang-undangan hingga kebijakan yang mengedepankan prinsip dan nilai-nilai ekonomi syariah.

"Sekarang kita perlu untuk terus membangun ekosistem ini dengan mulai dari policy regulasi instrumen dan juga langkah-langkah yang sifatnya bisa menjawab kebutuhan umat secara inklusif," kata Sri Mulyani dalam acara Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah (FREKS) 2020 di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Dia mengatakan, Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki kebhinekaan namun mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Oleh karena itu, Indonesia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk memberikan jawaban mengenai relevansi nilai-nilai Islam di dalam kehidupan dunia dan di dalam negeri.

"Kita di Indonesia yang begitu bineka dan memiliki kemajuan dan Islam tetap bisa dilaksanakan secara baik. Isu-isu dari mulai industri keuangan industri makanan, industri farmasi, bahkan industri manufaktur, industri lifestyle termasuk tourism ini tentu merupakan suatu isu dan peningkatan aktivitas ekonomi di mana umat Islam ingin menyampaikan atau dalam hal ini melaksanakan etika dan nilai-nilainya namun pada saat yang sama bisa melaksanakan kegiatan ekonomi bersama dengan umat yang lain," kata dia.

Pemerintah terus berpikir untuk menciptakan prinsip-prinsip keadilan di dalam kita mengembangkan ekosistem dan ekonomi dan keuangan syariah. Pemerintah juga mendorong dengan berbagai instrumen dan kebijakan-kebijakan di dalam ekosistem ekonomi dan keuangan syariah, baik itu dari sisi kegiatan industri keuangan syariah maupun dari sisi industri riil.

"Ekspor produk halal kita akan didorong tentu memanfaatkan keanggotaan Indonesia di dalam forum organisasi negara-negara Islam," kata dia.

Berdasarkan data Organisasi Kerjasama Islam (OKI), pada 2018 produk halal Indonesia ke negara-negara anggota tersebut mencapai USD 45 miliar. Jumlah itu setara dengan 12,5 persen dari total perdagangan Indonesia yang mencapai USD 369 miliar dolar.

"Kita berharap pada tahun-tahun kedepan pertumbuhan itu bisa terus dipertahankan," kata dia.

Kendati begitu, Bendahara Negara ini menyadari adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi banyak sekali kinerja ekonomi-ekonomi dari negara-negara di dunia. Ini merupakan tantangan yang tidak mudah. Sebab, akan berdampak pada industri halal di Indonesia.

"Kita juga harus melihat negara-negara anggota OKI mungkin akan dihadapkan pada tantangan dari covid dan pasti juga akan mempengaruhi kemampuan mereka terhadap barang-barang ekspor Indonesia," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 22 September 2020

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur masih mencatatkan tambahan pasien positif COVID-19. Tercatat ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 97 orang di Surabaya pada Selasa, 22 September 2020.

Dengan ada tambahan itu, total kasus positif COVID-19 mencapai 13.797 orang. Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 110 orang menjadi 11.925 orang.

Di satu sisi, pasien meninggal karena COVID-19 di Surabaya bertambah enam orang menjadi 1.031 orang.

Pasien konfirmasi dalam perawatan sebanyak 841 orang. Demikian mengutip lawancovid-19.surabaya.go.id, Rabu (23/9/2020):

Untuk kasus Corona COVID-19 per wilayah per 22 September 2020 di Surabaya:

Surabaya Barat:

Konfirmasi: 1.990 orang

Sembuh: 1.736 orang

Meninggal: 140 orang

Surabaya Pusat:

Konfirmasi: 1.628 orang

Sembuh: 1.346 orang

Meninggal: 158 orang

Surabaya Utara hingga Selatan

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Utara:

Konfirmasi: 2.218 orang

Sembuh: 1.979 orang

Meninggal: 178 orang

Surabaya Timur:

Konfirmasi: 4.331 orang

Sembuh: 3.759 orang

Meninggal: 281 orang

Surabaya Selatan:

Konfirmasi: 3.630 orang

Sembuh: 3.105 orang

Meninggal: 274 orang

10 Kelurahan dengan Kasus COVID-19 Terbanyak di Surabaya per 22 September 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

1.Kelurahan Mojo: 354 orang

2.Kelurahan Tanah Kali Kedinding: 279 orang

3.Kelurahan Kalirungkut: 233 orang

4.Kelurahan Wonokromo: 223 orang

5.Kelurahan Ngagel Rejo: 207 orang

6.Kelurahan Pacarkembang: 192 orang

7.Kelurahan Morokrembangan: 191 orang

8.Kelurahan Putat Jaya: 190 orang

9. Kelurahan Sememi: 185 orang

10.Kelurahan Kemayoran: 178 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alvaro Morata Balik ke Juventus, Georgina Rodriguez Ikutan Senang

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Juventus baru saja memastikan kembalinya penyerang Alvaro Morata. Pria Spanyol itu didapat dari Atletico Madrid dengan status pinjaman selama setahun.

Kedatangan Morata ke Juventus bakal membuat pacar Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez ikut senang. Giorgina diketahui memiliki hubungan baik dengan istri Morata, Alice Campello.

Kedatangan Georgina Rodriguez dan Alice terbangun saat pasangan mereka sama-sama bermain untuk Real Madrid. Menurut laporan Mundo Deportivo, Alice dan Georgina beberapa kali hangout bareng.

Meski Ronaldo dan Morata kemudian harus berganti klub, kedatangan Alice dan Georgina tetap terbangun. Alice dan Georgina saling mengikuti akun media sosial. Keduanya juga sering memberikan komentar pada foto yang diunggah di Instagram.

Saat Morata bersama Atletico Madrid bertemu Juventus di Liga Champions, Alice turut hadir di Allianz Stadium. Pada kesempatan tersebut Alice menemui Georgina dan menonton pertandingan bareng-bareng.

 

Bisa Bersama-sama

Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film
Model dan aktris Argentina-Spanyol Georgina Rodriguez tiba untuk pemutaran film

Kini Alice bisa kembali dekat dan hangout bareng Georgina lagi. Pasalnya Juventus meminjam Morata setahun dengan opsi perpanjangan masa peminjaman setahun lagi.

Untuk meminjam Morata, Juventus harus membayar mahar 10 juta euro per musimnya. Juve juga punya opsi mempermanenkan Morata.

 

Jika ingin mempermanenkan Morata tahun depan Juve harus membayar 45 juta euro. Sedangkan jika dipermanenkan tahun 2022, maka Juve menyerahkan mahar 35 juta euro.

Ronaldo sendiri masih terikat kontrak bersama Juventus dua musim lagi. Saat dibeli tahun 2018, pria Portugal itu dikontrak empat musim.

2 Musim

Saksikan Video menarik berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ezviz Rilis Kamera Pengawas Berlensa Ganda dengan Kecerdasan Buatan

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ezviz baru saja memperkenalkan kamera pengawas luar ruangan terbarunya, C3X. Kamera berkoneksi Wifi ini diklaim sebagai high-end smart camera pertama yang memiliki konfigurasi lensa ganda.

Inovasi tersebut memungkinkan Ezviz C3X menghasilkan gambar/video cerah dan berwarna (color night vision), bahkan di situasi lingkungan minim cahaya tanpa bantuan lampu sorot.

Hal ini dapat dicapai berkat kehadiran dua lensa yang menangkap informasi pencahayaan dan informasi warna secara independen. Kemudian mensinergikan kedua informasi tersebut sehingga menghasilkan visualisasi yang jernih, detail, dan warna realistis.

Kamera pengawas ini dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) deep learning yang memungkinkan C3X mampu mendeteksi orang dan kendaraan, serta membedakan pergerakan dari hewan atau objek yang tidak signifikan.

Howard Yoeng, Country Manager Ezviz Indonesia, menuturkan C3X adalah smart camera paling canggih saat ini. Beragam fitur andalan telah disematkan ke dalam perangkat ini, seperti perlindungan proaktif, komunikasi dua arah, dan dukungan media penyimpanan micro-SD.

"Ditambah fitur penglihatan malam hari yang revolusioner dan teknologi kecerdasan buatan, kami yakin C3X akan menjadi produk kamera pengawas paling populer tidak hanya di kalangan konsumen rumah, namun juga di pasar bisnis kecil menengah," kata Yoeng melalui keterangannya, Rabu (23/9/2020).

 

Perlindungan Proaktif

Kamera pengawas Ezviz C3X. Dok: Ezviz
Kamera pengawas Ezviz C3X. Dok: Ezviz

Perlindungan proaktif yang ada antara lain suara alarm dan lampu sorot yang sudah terintegrasi ke dalam perangkat, di mana pengguna dapat mengkustomisasi pesan suara sebagai peringatan saat terdeteksi gerakan dalam zona pengawasan.

Pemasangan yang praktis menjadikan EZVIZ C3X sebagai perangkat smart camera yang mudah untuk digunakan. CX3 juga dilengkapi sertifikasi IP67 yang menjamin ketahanan dari potensi kerusakan akibat debu dan air.

 

Harga

Meramaikan peluncuran C3X, Ezviz menawarkan harga spesial bagi kamu yang tertarik dengan perangkat smart camera terbaru ini.

Harga normal dari Ezviz C3X dimulai Rp 1.599.000, namun kamu dapat membeli perangkat ini dengan harga spesial Rp 1.399.000 di Ezviz Official Store di Tokopedia, mulai 24 September hingga 27 September 2020.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cara Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi Entaskan Kemiskinan

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Seorang pegawai bekerja di pabrik penggulungan sutra di Wilayah Lingyun, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, 17 April 2020. Guangxi melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di daerah miskin dan pelaksanaan proyek air minum. (Xinhua/Zhou Hua)
Seorang pegawai bekerja di pabrik penggulungan sutra di Wilayah Lingyun, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, 17 April 2020. Guangxi melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di daerah miskin dan pelaksanaan proyek air minum. (Xinhua/Zhou Hua)

Seorang pegawai bekerja di pabrik penggulungan sutra di Wilayah Lingyun, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, 17 April 2020. Guangxi melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di daerah miskin dan pelaksanaan proyek air minum. (Xinhua/Zhou Hua)

Qin Yongling menunjukkan telur ayam dari peternakannya di Desa Renyuan, Kota Jinji, Wilayah Wuxuan, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China, 18 Juni 2020. Guangxi melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di daerah miskin dan pelaksanaan proyek air minum. (Xinhua/Cao Yiming)
Qin Yongling menunjukkan telur ayam dari peternakannya di Desa Renyuan, Kota Jinji, Wilayah Wuxuan, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China, 18 Juni 2020. Guangxi melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di daerah miskin dan pelaksanaan proyek air minum. (Xinhua/Cao Yiming)

Qin Yongling menunjukkan telur ayam dari peternakannya di Desa Renyuan, Kota Jinji, Wilayah Wuxuan, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China, 18 Juni 2020. Guangxi melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di daerah miskin dan pelaksanaan proyek air minum. (Xinhua/Cao Yiming)

Para siswa belajar di sebuah sekolah di Kota Zhongliang, Wilayah Otonom Etnis Yao Jinxiu, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, 4 Juni 2019. Guangxi merelokasi 710.000 lebih warga miskin dari lingkungan alam yang tidak ramah serta meningkatkan kualitas pendidikan. (Xinhua/Lu Boan)
Para siswa belajar di sebuah sekolah di Kota Zhongliang, Wilayah Otonom Etnis Yao Jinxiu, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, 4 Juni 2019. Guangxi merelokasi 710.000 lebih warga miskin dari lingkungan alam yang tidak ramah serta meningkatkan kualitas pendidikan. (Xinhua/Lu Boan)

Para siswa belajar di sebuah sekolah di Kota Zhongliang, Wilayah Otonom Etnis Yao Jinxiu, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, 4 Juni 2019. Guangxi merelokasi 710.000 lebih warga miskin dari lingkungan alam yang tidak ramah serta meningkatkan kualitas pendidikan. (Xinhua/Lu Boan)

Foto atas menunjukkan Wei Jinlin (kiri) dan keluarga berdiri pada tangga rumah lama mereka di Desa Dongjia, Kota Lihu Yao, 11 Januari 2018, sementara foto bawah menunjukkan Wei dan istrinya istirahat di depan rumah baru mereka di Nandan, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China. (Xinhua/Zhou Hua)
Foto atas menunjukkan Wei Jinlin (kiri) dan keluarga berdiri pada tangga rumah lama mereka di Desa Dongjia, Kota Lihu Yao, 11 Januari 2018, sementara foto bawah menunjukkan Wei dan istrinya istirahat di depan rumah baru mereka di Nandan, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China. (Xinhua/Zhou Hua)

Foto atas menunjukkan Wei Jinlin (kiri) dan keluarga berdiri pada tangga rumah lama mereka di Desa Dongjia, Kota Lihu Yao, 11 Januari 2018, sementara foto bawah menunjukkan Wei dan istrinya istirahat di depan rumah baru mereka di Nandan, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China. (Xinhua/Zhou Hua)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu 2 Kali Ingin Bunuh Diri, Diselamatkan Betrand Peto

Posted: 22 Sep 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presenter kondang Ruben Onsu bercerita kepada Eko Patrio tentang masalah psikologis yang dialaminya. Ayah dari tiga orang anak ini ternyata memiliki gangguan paranoid.

Di tengah perbincangan tersebut, Eko Patrio bertanya pada Ruben Onsu, apakah pernah terlintas di pikirannya keinginan untuk mengakhiri hidup? Dengan tegas, ia menjawab, pernah.

"Karena menurut gue itu solusi. Selesai hidup gue, sudah. Gue tuh capek sama diri gue sendiri, karena terlalu banyak yang gue urusin," kata Ruben Onsu di YouTube Sikopat Channel, dengan judul "Betrand Peto Berkali-kali Menggagalkan Niat Bu**h Diri Ruben Onsu", Senin (22/9/2020).

Pisau

Ruben Onsu (Youtube/ SIKOPAT CHANNEL)
Ruben Onsu (Youtube/ SIKOPAT CHANNEL)

Keinginann untuk bunuh diri tersebut muncul setahun belakangan. Suami Sarwendah itu kerap ingin mengakhiri hidup menggunakan pisau dapur.

"Kalau bolak-balik dapur lihat pisau kayak mikir, bukan dilewatin malah mikir lihat pisau. Ambil enggak, ambil enggak, berarti nanti rumah ada pembunuhan. Tapi kan enggak ada pembunuhan, orang gue sendiri bunuh diri," jelasnya.

Diselamatkan

Ruben Onsu (Youtube/ SIKOPAT CHANNEL)
Ruben Onsu (Youtube/ SIKOPAT CHANNEL)

Ruben memang tak menceritakan detail masalah apa yang tengah dihadapinya saat itu. Tapi untungnya, pihak keluarga menyelamatkannya saat perbuatan nekad tersebut hendak dilakukan.

"Ya karena ada satu hal yang susah gue ceritain, tapi yang bikin gue itu adalah tiba-tiba suara bini gue yang manggil, 'Yang, ini ini' lewat lagi," paparnya.

"Kalau yang kedua Betrand. Dia kan dikit-dikit (memanggil) 'Ayah, Ayah' jadi ketika ada panggilan itu, suara itu manggil gue," sambungnya.

Beban

Mendengar cerita Ruben Onsu, Eko Patrio langsung berpikir bahwa Ruben Onsu membutuhkan sosok teman untuk berbagi cerita. Namun artis berusia 37 tahun ini adalah tipe orang yang sangat tertutup.

Ruben juga merasa bahwa beban hidupnya sangat berat untuk dipikul. "Wah, seandainya lu bisa jadi gue sehari dua hari aja gue pengin tahu lu reaksinya gimana," ujarnya.

Pelarian

Jika pikirannya sudah terlalu penat, Ruben Onsu memiliki cara sendiri untuk meredakan. Berbelanja adalah pelariannya.

"Belanja. Gue tuh receh banget nyenengin hati gue. Gue stres, marah, kesal, gue mau ke Plaza Senayan ah, walaupun intinya cuma beli kolor, udah senang," ia mengakhiri.

 

Simak juga informasi berikut ini:

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen DJ Natalie Holscher Memeluk Islam, Sule Jadi Saksi

Posted: 22 Sep 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris sekaligus DJ Nathalie Holscher menjadi sorotan publik karena keputusannya untuk menjadi seorang mualaf. Wanita kelahiran 14 Desember 1992  ini juga mengunggah momen saat menjadi mualaf di akun Instagram pribadinya pada Selasa (22/9/2020) lalu.  

Dalam momen tersebut, Youtuber yang akrab disapa Nate ini tampil dengan baju berwarna putih. Ia juga terlihat berbeda dengan mengenakan hijab. Keputusan untuk memeluk agama Islam, diakui Nathalie sebagai momen yang sudah ia inginkan sebelumnya. Ia juga mengaku Tuhan memberikan kelembutan pada hatinya sehingga mantap dengan keputusan yang dibuat.

"Di hari selasa pukul 17:17 wib ALLAH SWT melembutkan hati saya untuk memeluk agama ISLAM yang sebelumnya sudah saya inginkan untuk memeluk agama islam. terimakasih MUALAF CENTER INDONESIA @steven.indra.wibowo yang telah membimbing saya dalam proses syahadat secara syariat . dan terimakasih untuk @ferdinan_sule sudah menjadi saksi". ujar Nathalie melalui laman Instagramnya pada Selasa (22/9/2020) lalu. 

Nathalie mengucapkan dua kalimat syahadat dibantu seorang pembimbing. Tak hanya itu saja, terlihat komedian Sule menjadi saksi dalam proses mualaf DJ cantik ini. Nampaknya, momen mualaf Natalie Holscher dilakukan di kediaman ayah Rizky Febian ini. 

Kebersamaan Sule dan Nathalie bukan terjadi pada kali ini saja. Sebelumnya, Sule menemani Nathalie dalam menghapus tato di tubuhnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen DJ Nathalie Holscher memeluk agama Islam, Rabu (23/9/2020). 

 

1. Pada Selasa (22/9/2020), Natalie Holscher memutuskan untuk memeluk agama Islam. Dalam momen tersebut, Nate tampil berhijab.

Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:Instagram/panjikomara
Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:Instagram/panjikomara

2. Dibantu seorang pembimbing, wanita berusia 27 tahun ini mengucapkan kalimat syahadat.

Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:Instagram//irfannursandie/
Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:Instagram//irfannursandie/

3. Setelah selesai, Natalie Holscher, pembimbing dan para saksi megucapkan syukur dan memanjatkan doa.

Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:YouTube/Vertizone TV
Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:YouTube/Vertizone TV

4. Komedian Sule menjadi saksi dalam proses mualaf DJ sekaligus YouTuber ini. Nampaknya, acara berlangsung di kediaman Sule.

Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:
Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:

5. Bersama sule dan pembimbing, wanita yang akrab disapa Nate ini menunjukkan sertifikat mualafnya.

Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:Instagram//nathalieholscher
Momen Natalie Holscher Memeluk Islam (Sumber:Instagram//nathalieholscher

6. Sebelumnya, Sule menemani wanita kelahiran 14 Desember 1992 untuk menghapus tato di tubuhnya.

Sule tantang DJ Nathalie Holscher untuk hapus tato. (Sumber: YouTube/Nathalie Holscher)
Sule tantang DJ Nathalie Holscher untuk hapus tato. (Sumber: YouTube/Nathalie Holscher)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Hal Terkait Subsidi Kuota Belajar Kemendikbud

Posted: 22 Sep 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Portal Kuota Belajar guna memudahkan tersedianya informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen, tentang bantuan kuota internet 2020.

Portal Kuota Belajar Kemendikbud ini dapat diakses melalui laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Pada membagikan subsidi kuota internet ini, Kemendikbud turut melibatkan pihak operator seluler untuk memvalidasi nomor.

"Nomor yang valid inilah yang akan kita berikan ke provider. Di mana provider akan melihat posisi dari nomor-nomor tersebut, di mana nomor tersebut bisa saja mungkin tidak aktif, mungkin juga pascabayar, mungkin juga masa tenggatnya tinggal sedikit. Nah, ini harus dilakukan perbaikan dulu," ucap Koordinator Substansi Tata Kelola TIK Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud Aries Setyo Nugroho, Selasa 8 September 2020 lalu.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Evy Mulyani, daftar laman dan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan kuota belajar tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi kekhawatiran disalahgunakan.

"Dalam daftar tersebut terdapat 19 aplikasi pembelajaran, 5 video conference, 22 website, dan 401 website universitas yang sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan PJJ," ujar Evy Selasa, 22 September 2020.

Berikut deretan hal terkait Kuota Belajar Kemendikbud dihimpun Liputan6.com:

 

Gunakan Dana BOS

Guru memperlihatkan dua kartu perdana Tri dan Telkomsel beserta kuota gratis yang dibagikan kepada wali murid di SDN Serua Indah I dan II, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (15/9/2020). Program Kartu Perdana itu untuk mendukung kegiatan belajar secara online saat covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru memperlihatkan dua kartu perdana Tri dan Telkomsel beserta kuota gratis yang dibagikan kepada wali murid di SDN Serua Indah I dan II, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (15/9/2020). Program Kartu Perdana itu untuk mendukung kegiatan belajar secara online saat covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na'im mengatakan, kepala sekolah memiliki otoritas untuk menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai bantuan terhadap kuota internet siswa dan guru.

Dia menuturkan, pihak Kemendikbud sifatnya hanya mengizinkan penggunaan dana tersebut untuk bantuan kuota bagi siswa dan guru selama menjalankan pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19.

"Ya memang itu yang mengelola kepala sekolahnya. Kami sudah memberikan fleksibilitas, sudah memberikan policy ya, BOS itu bisa menggunakan kuota data," kata Ainun kepada Liputan6.com, Kamis, 13 Agustus 2020.

Dia meminta, agar Kepsek bisa berkoodinasi dengan Pemerintah Daerah setempat, dalam hal ini dinas pendidikannya. terkait peruntukan dana BOS digunakan untuk kuota internet sebagaimana telah diizinkan Kemendikbud.

"Ya cuman kan, itu kan masuk anggarannya Pemda juga," jelas Ainun.

 

Valiadasi Nomor Terlebih Dahulu

Guru membagikan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis kepada siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Pamulang, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru membagikan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis kepada siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Pamulang, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mekanisme pemberian subsidi kuota internet oleh Kemendikbud akan turut melibatkan pihak operator seluler.

Koordinator Substansi Tata Kelola TIK Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud Aries Setyo Nugroho menyebut, pihak sekolah atau kampus akan menyetor nomor ponsel calon penerima ke sistem yang telah disediakan Kemendikbud.

Kemudian Kemendikbud akan mengirimkan ke pihak operator berdasarkan sortiran operator yang digunakan oleh para calon penerima. Aries mengatakan, pihak operator tidak akan langsung mengirimkan bantuan tersebut, tapi akan memverifikasikannya terlebih dahulu.

"Nah, nomor yang valid inilah yang akan kita berikan ke provider. Di mana provider akan melihat posisi dari nomor-nomor tersebut, di mana nomor tersebut bisa saja mungkin tidak aktif, mungkin juga pascabayar, mungkin juga masa tenggatnya tinggal sedikit. Nah, ini harus dilakukan perbaikan dulu," ucap Aries dalam acara Sosialisasi Verval Nomor Ponsel Terkait Program Bantuan Kuota Internet yang disiarkan secara daring, Selasa, 8 September 2020.

"Dalam artian, nomor harus valid, tercatat oleh provider dan dilakukan verifikasi oleh opsel (operator seluler) dan akan diberikan note atau catatan," lanjut dia.

Dari catatan tersebut, kata Aries, pihak sekolah atau kampus harus memperbaiki data nomor ponsel yang memiliki kendala. Misalnya seperti tidak aktif dan lainnya.

"Nah setelah perbaikan selesai semua, baru dilakukan penandatanganan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) yang akan memperkuat kedudukan dari pada Kemendikbud dalam hal ini terkait proses datanya," ujar Aries.

Aries menjelaskan, nomor yang telah ditandatangani SPTJM baik oleh kepala sekolah maupun pihak rektor, Kemendikbud kemudian menyerahkan kembali ke pihak operator seluler. Data terakhir ini sudah merupakan data yang paling valid setalah dilakukan verifikasi oleh operator.

"Akan kita berikan kepada pihak provider untuk kita injek kuota sesuai dengan kebutuhannya," sebut dia.

 

Berikan Subsidi Kuota Internet, Bukan Pulsa

Guru memperlihatkan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis yang dibagikan kepada 845 siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu guna mendukung program pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru memperlihatkan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis yang dibagikan kepada 845 siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu guna mendukung program pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Setelah itu, lanjut Aries, pihak operator seluler akan memberikan data ke Kemendikbud menyangkut nomor yang sudah berhasil diberikan subsidi kuota internet.

"Jadi ada lagi balikan data yang akan kita terima dari provider dan akan kita salurkan kepada sekolah ataupun kampus," tutur dia.

Sementara bagi nomor yang gagal diberikan subsidi kuota, pihak kampus atau sekolah mesti kembali memperbaikinya.

"Dan begitulah seterusnya di mana akan terjadi proses perputaran data yang setiap hari akan dilakukan perbaikan," terang Aries.

Aries menegaskan, bantuan yang dikirim bukan dalam bentuk pulsa, melainkan kuota internet. Hal itu demi mencegah jual beli pulsa dari penerima subsidi.

"Yang kita berikan bantuan bukan pulsa ya Bapak/Ibu tapi paket kuota data. Sehingga dalam harapan kami tidak ada lagi jual beli pulsa," pungkas Aries.

 

Kemendikbud Sudah Terbitkan Petunjuk Teknis

Guru membagikan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis kepada siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Pamulang, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru membagikan kartu perdana Telkomsel dan Kuota 10 GB gratis kepada siswa kelas 7, 8 dan 9 SMPN 18, Pondok Benda, Pamulang, Tangsel, Kamis (10/9/2020). Program Kartu Perdana Merdeka itu untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kemendikbud terbitkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Petunjuk teknis (juknis) ini menjadi pedoman dalam penyaluran bantuan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik sehingga dapat mendukung penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi ovid-19.

"Bantuan kuota data internet diberikan kepada siswa, mahasiswa, pendidik dan guru, serta dosen," ujar Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na'im dalam keterangan tulis, Senin, 21 September 2020.

Diterangkan dalam petunjuk teknis tersebut bahwa bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi; dan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.

Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Sementara itu paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

 

Jadwal Pembagian

Para siswa belajar online di Tenda Wifi gratis di taman warga RT 013, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020). Tenda belajar tersebut menyediakan fasilitas wifi gratis bagi anak-anak sekolah yang terkendala dengan mahalnya kuota internet. (merdeka.com/Imam Buhori)
Para siswa belajar online di Tenda Wifi gratis di taman warga RT 013, Jakarta Timur, Rabu (12/8/2020). Tenda belajar tersebut menyediakan fasilitas wifi gratis bagi anak-anak sekolah yang terkendala dengan mahalnya kuota internet. (merdeka.com/Imam Buhori)

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama 4 (empat) bulan dari September sampai dengan Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:

1. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.

2. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:

1. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.

2. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:

1. Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.

2. Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

 

Cara Dapatkan

Guru membagikan dua kartu perdana Tri dan Telkomsel beserta kuota gratis kepada wali murid di SDN Serua Indah 1 dan II, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (15/9/2020). Program Kartu Perdana tersebut untuk mendukung kegiatan belajar secara online di masa pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Guru membagikan dua kartu perdana Tri dan Telkomsel beserta kuota gratis kepada wali murid di SDN Serua Indah 1 dan II, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (15/9/2020). Program Kartu Perdana tersebut untuk mendukung kegiatan belajar secara online di masa pandemi covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Untuk dapat menerima bantuan kuota internet, satuan pendidikan/lembaga penyelenggara pendidikan PAUD serta jenjang pendidikan dasar dan menengah harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Setelah itu, operator satuan pendidikan memastikan diri sudah terdaftar di Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan (http://sdm.data.kemdikbud.go. id), dan menginput data nomor ponsel pendidik dan peserta didik di aplikasi Dapodik.

Sedangkan di jenjang pendidikan tinggi, perguruan tinggi wajib terdaftar di aplikasi PDDikti (https://pddikti.kemdikbud.go. id), dan pengelola PDDikti perguruan tinggi menginput data nomor ponsel mahasiswa dan dosen ke aplikasi PDDikti.

Setelah itu, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud mengumpulkan data nomor ponsel pendidik dan peserta didik dari aplikasi Dapodik dan PDDikti.

Operator seluler bekerja bersama Pusat Data dan Teknologi Informasi untuk mengecek apakah nomor-nomor ponsel tersebut statusnya aktif.

Pemimpin dan operator satuan pendidikan dapat melihat hasil pengecekan operator seluler pada laman verifikasi validasi (http://vervalponsel.data. kemdikbud.go.id) dan PDDikti.

"Sebagai salah satu mekanisme untuk memastikan kebenaran data, pemimpin satuan pendidikan perlu menerbitkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas kebenaran data nomor ponsel yang terinput," tutur Ainun.

Sementara untuk PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah, pemimpin satuan pendidikan mengunggah SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) pada laman verifikasi validasi (http://vervalponsel.data. kemdikbud.go.id).

Sedangkan untuk jenjang pendidikan tinggi, pemimpin satuan pendidikan mengunggah SPTJM pada laman kuota dikti (http://kuotadikti.kemdikbud. go.id).

Operator seluler akan mengirimkan bantuan kuota data internet kepada nomor ponsel yang aktif dan telah dipertanggungjawabkan dalam SPTJM sesuai jadwal penyaluran.

Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama dan kedua memiliki masa berlaku masing-masing 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Sedangkan bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat yang dikirim secara bersamaan di November akan berlaku selama 75 (tujuh puluh lima) hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Setiap penerima bantuan hanya dapat menerima bantuan kuota data internet untuk 1 (satu) nomor ponsel setiap bulannya.

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan memantau pelaksanaan pengadaan bantuan kuota data internet. Apabila terdapat indikasi penyimpangan, masyarakat dapat melaporkannya kepada Kemendikbud," pesan Ainun.

 

Luncurkan Portal Kuota Belajar

Ilustrasi internet gratis
Ilustrasi internet gratis

Kemendikbud meluncurkan portal Kuota Belajar guna memudahkan tersedianya informasi bagi guru, siswa, mahasiswa, dan dosen, tentang bantuan kuota internet 2020.

Portal Kuota Belajar dapat diakses melalui laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud, Evy Mulyani menyatakan, daftar laman dan aplikasi pembelajaran yang dapat diakses menggunakan kuota belajar tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi kekhawatiran kuota internet disalahgunakan.

Daftar tersebut juga memuat aplikasi dan video conference yang utama dan secara umum banyak sekali digunakan dalam Pembelajan Jarak Jauh (PJJ) sehingga diyakini memadai untuk pemenuhan kebutuhan PJJ.

Evy mengimbau guru, siswa, mahasiswa, dan dosen dapat mengakses laman tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bantuan kuota data internet tersebut.

"Dalam daftar tersebut terdapat 19 aplikasi pembelajaran, 5 video conference, 22 website, dan 401 website universitas yang sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan PJJ," ujar Evy, Selasa, 22 September 2020.

Dijelaskan dalam laman tersebut, kuota internet dari Kemendikbud dibagi dua. Ada kuota umum dan kuota belajar.

Kuota belajar ini hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang telah Kemendikbud siapkan guna mendukung pembelajaran jarak jauh.

Program bantuan kuota internet tersebut merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan aspirasi masyarakat terkait tantangan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi, untuk memfasilitasi pembelajaran daring seluruh guru, siswa, dosen, dan mahasiswa, khususnya di masa pandemi.

"Pemerintah berkomitmen untuk memastikan tidak hanya sebagian tetapi seluruh guru, siswa, dosen, dan mahasiswa dapat terbantu," tegas Evy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanta Ginting Kenang Pertama Kali ke Amerika Serikat Bermodalkan Yes dan No Saja

Posted: 22 Sep 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanta Ginting, menjadi aktor papan atas di Indonesia. Saat remaja, Tanta sempat menjalani kehidupan di Amerika Serikat.

Di akun Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (22/9/2020), Tanta Ginting, menceritakan masa lalunya.

Tak hanya itu, Tanta Ginting juga mengunggah foto kecilnya. Gambar itu diambil pada 1994 silam.

 

Pindah ke Amerika

Pemain film Police Evo 2 (Daniel Kampua/Fimela.com)
Pemain film Police Evo 2 (Daniel Kampua/Fimela.com)

Di tahun yang sama, Tanta Ginting pindah ke Amerika Serikat. Ada cerita lucu saat itu.

"Ini gw di tahun 1994. Pindah ke amerika dengan modal "Yes" dan "No" doang," tulisnya yang diunggah di feed Instagram pribadinya.

 

Sembunyi

Tanta Ginting (Foto: Instagram/@tantaginting)
Tanta Ginting (Foto: Instagram/@tantaginting)

Lantaran tak bisa bahasa Inggris dengan lancar, Tanta Ginting pun ngumpet agar tak kena bully dari teman-temannya.

"Karena ga bisa bahasa inggris, dan takut di bully, selama SMA gw kebanyakan sembunyi di ruang musik, dan ngutak ngatik piano," lanjutnya.

 

Sebagai Napak Tilas

Pengalaman yang diceritakan pemain film "Ratu Ilmu Hitam" dan "Gundala" ini dianggapnya sebagai napak tilas.

"Napak tilas. Waktunya melihat kembali jejak hidup...Biar ga gadget aja yg di review, sekali sekali hidup jg di review," tulisnya sebagai keterangan gambar.

 

Penasaran

Rupanya, cerita Pria kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1981 ini bikin penasaran warganet. Bahkan ada yang menanyakan apakah pemilik nama asli Tanta Jorekenta Ginting sempat mengalami bullying.

"Tapi ternyata di bully gak pas waktu di SMA ?" tanya akun @s.ardyoctaviand.

Tanta pun memberi jawbaan, "@s.ardyoctaviand d bully sih gak. Tp kalo mau ikutan main basket, selalu ga kepilih, kecuali ada yg butuh banget. Hahahaha."

Namun tak sedikit yang mmberikan pujian pada perjuangan Tanta. "keren bg🔥," ujar akun @gerianta14.

"Keren bet sumpah bang, udh lu lucu lg orgnya 😭 mau dah punya doi ke lu awokwok," timpal akun @siloloy_.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Lantik Purbaya Yudhi Sadewa Jadi Ketua Dewan Komisioner LPS

Posted: 22 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Purbaya Yudhi Sadewa sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain Purbaya, Jokowi juga melantik Didik Madiyono, Luky Alfirman, dan Destry Damayanti sebagai anggota Dewan Komisioner LPS.

"Demi Allah saya bersumpah akan setia pada UU Dasar tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi yang diikuti mereka dalam pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020).

"Akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," tegas Jokowi yang diikuti para komisioner LPS.

Purbaya diketahui menjabat selaku Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dia menggantikan Halim Alamsyah sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS.

Lepaskan posisi di Kementerian

Purbaya Yudhi Sadewa
Purbaya Yudhi Sadewa

Dengan jabatan barunya, Purbaya melepas posisinya di kementerian. Sebagai informasi, Halim Alamsyah menjabat Ketua LPS sejak 24 September 2015.

Sebelum terjun ke LPS, Halim memulai kariernya sebagai staf analisis kredit di Bank Indonesia pada 1982. Kariernya mulai melesat setelah Halim berkonsentrasi pada bidang regulasi, pengawasan dan penelitian perbankan dan keuangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langgar Aturan, Izin 14 Eksportir Benih Lobster Bakal Dicabut Sementara

Posted: 22 Sep 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Komisi IV DPR menyepakati aturan pencabutan sementara izin 14 eksportir benih bening lobster (BBL) yang terbukti menyalahi aturan perundang-undangan terkait manipulasi jumlah benih yang akan diekspor.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat kerja KKP dengan Komisi IV di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (22/9/2020). Pencabutan sementara izin hanya berlaku untuk ekspor benih lobster, sedangkan proses budidaya lobster milik 14 eksportir tetap boleh berjalan.

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar menjelaskan, kasus tersebut sudah dilimpahkan ke pihak berwenang. Selama proses penyelidikan dan penyidikan berlangsung, izin ekspor para eksportir pun sudah ditangguhkan.

"Perusahaan tidak dapat mengeluarkan BBL sampai dengan penyelidikan atau penyidikan selesai dilakukan oleh pihak berwenang," ujar Antam dalam keterangan resmi, Rabu (23/9/2020).

Lebih lanjut, selisih jumlah BBL yang akan dikirim ke Vietnam dengan yang dilaporkan para eksportir kurang lebih mencapai 1,12 juta benih. Jumlah BBL yang melebihi aturan pun berbeda beda dari tiap eksportir.

Bahkan, kata Antam, ada satu ekspotir yang mengelak disebut melanggar aturan lantaran jumlah benihnya yang akan diekspor lebih sedikit dari yang dilaporkan.

"Jadi satu perusahaan tidak mengakui karena hasil pemeriksaan fisik justru lebih rendah dari dokumen yang dibuktikan," terang Antam.

Dari hasil pemeriksaan, alasan eksportir memalsukan data jumlah BBL demi meminimalisir kerugian akibat adanya perbedaan harga jual di pasar ekspor dengan harga beli di nelayan. Kemudian juga untuk mengurangi kerugian akibat kematian BBL.

Kendati, Antam bilang, para eksportir lobster ini sudah mengakui kesalahan dan siap menerima sanksi dan membayar denda.

Seperti diberitakan sebelumnya, upaya penyelundupan 1,12 juta benih bening lobster itu terjadi sepekan lalu di Bandara Soekarno Hatta. Benih yang sudah siap dikirim ke Vietnam tersebut terlapor sebanyak 1,5 juta benih. Namun setelah diperiksa lagi oleh petugas Bea Cukai, jumlahnya ternyata lebih banyak dari itu.

KKP Gagalkan Penyelundupan 38 Ribu Benih Lobster di Surabaya

Lobster segar hasil tangkapan nelayan pantai selatan Garut, Jawa Barat, tengah melimpah saat imlek tahun ini (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)
Lobster segar hasil tangkapan nelayan pantai selatan Garut, Jawa Barat, tengah melimpah saat imlek tahun ini (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyita sebanyak 38.252 ekor benih bening lobster (BBL) di Bandara Juanda, Surabaya. Benih bening lobster yang diambil dari perairan Banyuwangi tersebut bakal diselundupkan ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Badan Karantina, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP Rina mengungkapkan, KKP telah menyerahkan benih bening lobster tersebut ke Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) untuk dilepasliarkan.

"Benih bening lobster sempat dititipkan ke Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya I untuk mendapatkan penanganan khusus. Untuk kasusnya juga sedang ditangani oleh kepolisian," kata Rina dalam keterangannya, Jumat (28/8/2020).

Sementara Dirjen PRL, Aryo Hanggono memastikan, benih bening lobster tersebut dilepasliarkan di perairan Gili Ketapang, Probolinggo. Pemilihan lokasi ini sudah sesuai dengan kriteria sebagaimana tertuang dalam Surat Rekomendasi Ditjen PRL Nomor: B.617/DJPRL/VII/2020 tanggal 07 Juli 2020 tentang Rekomendasi Lokasi Pelepasliaran Lobster.

Tercatat, sebanyak 37.952 ekor benih bening lobster jenis pasir dilepasliarkan. Sedangkan sisanya digunakan untuk keperluan barang bukti oleh kepolisian.

"Perairan Gili Ketapang, Probolinggo mempunyai kondisi perairan yang bersih dan terdapat ekosistem terumbu karang yang tumbuh baik sebagai habitat Lobster. Kami berharap lobster yang dilepasliarkan dapat tumbuh dan bermanfaat bagi ekosistem perairan dan sumberdaya perikanan serta masyarakat di wilayah ini," jelas Aryo.

Dikatakan Aryo, pelepasliaran ini menjadi yang ketiga kalinya di wilayah Jawa Timur. Sebelumnya, KKP juga telah melakukan pelepasliaran 32.400 ekor benih bening lobster selundupan yang digagalkan oleh Polresta Banyuwangi dan 31.065 ekor BBL selundupan yang dibongkar berkat sinergitas dengan Polres Sidoarjo.

Restocking

Ilustrasi lobster | Chait Goli dari Pexels
Ilustrasi lobster | Chait Goli dari Pexels

Ditjen Pengelolaan Ruang Laut juga turut mengawal restocking 2 persen lobster hasil budidaya ke alam. Aryo mencontohkan pelepasliaran 100 ekor lobster hasil budidaya di Taman Wisata Pasir Putih Kabupaten Situbondo pada 11 Agustus 2020 silam.

"Lokasi restocking masuk dalam Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Situbondo, Jawa timur," terang Aryo.

Restocking ini dikawal langsung oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar. Lobster yang dilepas merupakan jenis pasir berukuran 80-100 gram hasil budidaya dari PT Fishindo Lintas Samudra yang dilakukan pada bulan Mei dengan tebar benih sebanyak 6.000 ekor dan Survival Rate (SR) 70 persen. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Mencuci Handuk dan Waktu yang Tepat untuk Menggantinya

Posted: 22 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips mencuci handuk perlu benar-benar diperhatikan setiap orang. Banyak orang tidak sadar betapa pentingnya mencuci dan menjaga kebersihan handuk setiap kamu menggunakannya. Padahal, handuk digunakan setiap hari setelah mandi.

Tips mencuci handuk sesuai dengan waktunya, dan menggantinya pada saat yang tepat perlu kamu terapkan. Hal ini mungkin sering kali dianggap sepale banyak orang, namun jika tidak rutin dibersihkan atau tidak diganti setelah beberapa waktu, handuk yang kotor dapat menimbulkan penyakit.

Handuk bisa menjadi sumber kuman yang tentunya berbahaya bagi tubuh. Bahkan, handuk merupakan salah satu media yang disukai bakteri, jamur, dan mikroba lainnya utnuk berkembang biak. Menjaga kebersihan handuk mandi yang bersentuhan langsung dengan kulit menjadi sangat penting.

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain, untuk menghindari kuman berpindah anatar penggunanya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/9/2020) tentang tips mencuci handuk.

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Handuk

Handuk (Sumber foto: thinkstockphotos.com)
Handuk (Sumber foto: thinkstockphotos.com)

Menurut pakar waktu yang tepat untuk mencuci handuk adalah setelah tiga-empat hari pemakaian. Seperti Liputan6.com kutip dari KlikDokter, Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi dan patologi dari New York University School of Medicine mengatakan handuk sebaiknya digunakan maksimal 3 kali. Itupun dengan catatan kamu bisa mengeringkannya dengan baik. Hal ini karena handuk yang lembap, basah, dan tidak kering sempurna akan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur.

Anjuran ini menjadi tidak berlaku apabila handuk yang digunakan sudah berbau. Aroma tak sedap biasanya berasal dari pertumbuhan mikroba pada handuk yang kotor tersebut. Jika kondisinya demikian, handuk harus segera dicuci menggunakan detergen.

Sedangkan handuk tangan, yang biasanya digunakan untuk mengelap tangan yang basah setelah mencuci tangan, sebaiknya dicuci lebih sering, yakni setiap 2-3 hari sekali. Namun, jika handuk digunakan bersama-sama, sebaiknya cuci setiap hari. Ini dikarenakan frekuensi penggunaannya yang lebih sering dibandingkan handuk mandi.

Aturan mengganti handuk mandi berbeda untuk handuk yang digunakan saat berolahraga di pusat kebugaran atau gym. Kamu sebaiknya segera mengganti handuk mandi tiap kali pakai. Demikian juga dengan handuk yang kamu gunakan ketika sakit, handuk mandi yang dipakai tamu di rumah, atau handuk yang sudah terjatuh di lantai, tidak boleh digunakan lagi dan harus segera dicuci.

Untuk menekan pertumbuhan jamur, biasakan untuk menjemur handuk sesudah dipakai. Bukan menumpuknya begitu saja karena membuat handuk lembap lebih lama seperti dikatakan pakar kesehatan dari New York, Keri Petersen.

Bila kamu biasa menjemur handuk di dalam kamar mandi dengan ventilasi udara terbatas usahakan agar pintunya dibuka. Aliran udara yang masuk mengurangi kelembapan di area basah ini.

Tips Mencuci Handuk

Ilustrasi handuk (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi handuk (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Tips mencuci handuk mandi harus dilakukan hingga bersih dari kotoran dan kuman. Berikut tips mencuci handuk yang perlu diperhatikan:

- Saat mencuci handuk baiknya terpisah alias tidak dicampur dengan item yang lain. Telebih jangan dicuci bersamaan dengan pakaian atau lap yang terkontaminasi bakteri. Seperti liputan6.com kutip dari Medical Daily, pakar kebersihan, Lisa Ackerly, meyakini bila mencuci bersamaan akan membuat bakteri berpindah.

- Handuk mandi serta jenis pakaian yang langsung bersentuhan dengan kulit seharusnya dicuci dengan suhu tinggi dan menggunakan produk deterjen pencerah pakaian (oxygen bleach) yang aman. Jika memiliki kulit sensitif, kamu bisa menggunakan produk pencuci pakaian yang berbahan lembut dan terlabel "hypoallergenic".

- Handuk mandi yang dipakai bersama atau digunakan oleh orang yang mengalami infeksi, handuk mandi yang digunakan setelah olahraga, digunakan saat memasak, ataupun yang sudah kotor oleh cairan tubuh seperti urine, muntah atau tinja, sangat berisiko menyebarkan kuman. Oleh karena itu, handuk mandi yang berisiko tinggi ini disarankan untuk dicuci menggunakan suhu air 60 derajat Celcius dengan deterjen bubuk dan bahan pemutih (bleach).

- Setelah selesai mencuci handuk mandi, jemur di tempat yang kering atau terkena sinar matahari langsung, untuk membantu membunuh kuman.

- Hindari meninggalkan cucian atau handuk mandi yang sudah dicuci terlalu lama di mesin cuci, karena dapat menyebabkan berkembangnya kuman. Segera jemur atau pindahkan ke mesin pengering setelah proses pencucian selesai. Kemudian, pastikan untuk membersihkan permukaan handuk atau pakaian dari apa pun sebelum menyetrika dan melipatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangkitkan Ekonomi, Menristek Bambang Tawarkan Sistem Teknologi Baru

Posted: 22 Sep 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro memahami Indonesia saat ini tengah mengalami disrubsi akibat pandemi Covid-19. Bahkan dalam pertumbuhan ekonomi pun sudah mengalami penurunan signifikan, dan berpotensi memasuki resesi.

"Intinya kita tinggal menunggu pengumuman dari Badan Pusat Statistik mengenai kinerja perekonomian di triwulan 3," kata dia dalam webinar, Rabu (23/9/2020).

Oleh karena itu, untuk menangkal pelemahan yang terjadi maka harus dilakukan berbagai upaya agar Indonesia bisa bertahan di dalam masa pandemi ini. Saah satunya dengan menyiapkan pondasi yang kuat untuk perekonomian pasca pandemi.

Dia pun menawarkan solusi agar bisa memitigasi dampak ekonomi yang pasti signifikan terkoreksi akibat pandemi.

"Kami menawarkan dari segi teknologi, pendekatan less contact economy atau ekonomi minim kontak," kata dia.

Ekonomi minim kontak merupakan kondisi gabungan antara masyakarat yang ingin kegiatan ekonomi berjalan, tetapi pada saat yang sama menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Dengan begitu, ekonomi tetap produktif dan masyarakat tetap sehat.

"Maka solusinya ekonomi minim kontak yang ditandai dengan hyper connectivity antar manusia, tapi tidak lagi secara fisik atau tatap muka, tapi melalui teknologi informasi dan komunikasi," ujar Bambang.

Karena, menurutnya, jika kembali ke masa lalu, masyarakat masih berharap ekonomi akan seperti kondisi sebelum ada pandemi sulit. Karenamemakan waktu lama apalagi penyebaran wabah Covid-19 tampak masih tinggi.

"Artinya jangan sampai new normal itu diartikan back to the past," ujarnya.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

Corona Bikin Pertumbuhan Ekonomi Sulit Diproyeksi

Suasana gedung bertingkat nampak dari atas di kawasan Jakarta, Senin (7/11). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III 2016 mencapai 5,02 persen (year on year). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Suasana gedung bertingkat nampak dari atas di kawasan Jakarta, Senin (7/11). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III 2016 mencapai 5,02 persen (year on year). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah berulang kali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional di 2020. Pada Maret-April lalu, pemerintah memberikan pandangan kepada DPR ekonomi di 2020 bakal berada dikisaran minus 0,4 persen hingga positif 2,3 persen.

Kemudian berdasarkan data hingga Juli dan Agustus pemerintah kembali memperkecil proyeksi pertumbuhan. Di mana, saat ini berada di kisaran minus 1,1 persen hingga 0,2 persen.

Wakil Menteri Keuangan RI Suahasil Nazara mengakui jika Pemerintah tengah kesulitan dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 2020 dan 2021 secara solid. Menurut dia, kesulitan diakibatkan oleh kondisi serba tidak pasti selama pandemi Corona berlangsung.

"Ya memang sangat sulit melakukan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang solid. Proyeksi yang solid ini menjadi sulit, di tengah pandemi Covid-19 ini," kata Suahasil dalam webinar bertajuk 'Dualisme Peran UMKM di Tengah Krisis Ekonomi Nasional', Sabtu (19/9).

Hal ini tercatat dari perbedaan data oleh Pemerintah maupun sejumlah lembaga riset internasional atas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 dan 2021 mendatang. Dimana Kementerian Keuangan memprediksi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia antara -0.4 sampai 1.0. Kemudian tahun 2021 tingkat pertumbuhan ekonomi dipatok antara 4.5 sampai 5.5 persen.

Sementara lembaga dana moneter atau IMF meramalkan tingkat ekonomi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini -0,3. Kemudian untuk 2021, angka pertumbuhan ekonomi diprediksi mencapai 6.1 persen.

Lalu, Bank Dunia meramalkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 ialah 0.0 persen. Sedangkan angka pertumbuhan tahun depan sebesar 4.8 persen.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) sendiri memproyeksikan tingkat pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini antara -3.9 sampai -2.8 persen. Sementara untuk tahun 2021 angka pertumbuhan ekonomi Indonesia dipatok antara 2.6 hingga 5,2 persen.

Sedangkan, Bank Pembangunan Asia Atau ADB memprediksi ekonomi Indonesia tahun ini -1.0 persen. Lalu, untuk tahun depan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia diyakini mencapai 5,3 persen.

Terakhir, Bloomberg (median) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 mencapai 0.5 persen. Kemudian untuk 2021, angka pertumbuhan ekonomi nasional dipatok sebesar 5.5 persen.

"Ini mereflesikan sulitnya membuat proyeksi ke depan. Jadi ibaratnya tuh, mau dibilang bahwa kita lewati dulu tahun ini. Lewati dulu masa sekarang. Karena membuat proyeksi kedepan Itu tidak semudah yang kita pikirkan," tegasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pasangan AS 50 Tahun Bersama, Meninggal Akibat COVID-19 Selang Beberapa Menit

Posted: 22 Sep 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Carolina Utara Kisah haru datang dari pasangan suami-istri di North Carolina ini telah bersama selama lebih dari 50 tahun. Mereka meninggal dunia setelah berjuang bersama dalam perawatan COVID-19

Dikutip dari CNN, Senin (21/9/2020), Johnny Lee (67) dan istrinya Cathy Darlene (65) mulai merasakan gejala COVID-19 pada awal Agustus, lalu kehilangan indera penglihatan lebih dari dua hari di bulan September. Pasangan tersebut menghembuskan nafas terakhir di dalam ruang rawat yang sama dengan jarak yang berdekatan.

"Ibu dan Ayah hidup sudah bersama selama 50 tahun, mereka meninggal dengan bergandengan tangan, sekarang mereka berjalan di surga bergandengan tangan," kata Shane Peoples, putra mereka.

"Pesan yang ingin disampaikan keluarga kami adalah bahwa COVID-19 itu nyata. Ini bukan tipuan atau lelucon. Orang tua kami melakukan tindakan pencegahan yang tepat tetapi secara tragis masih tertular virus," tambahnya.

 

 

Dirawat di Rumah Sakit Sama

Doc: Quora
Doc: Quora

Mereka berdua merupakan penduduk asli North Carolina dan tinggal di Salisbury.

Johnny, bertugas di Angkatan Darat AS selama lebih dari 17 tahun dan pensiun dari Departemen Koreksi Carolina Utara beberapa tahun yang lalu.

Sedangkan Darlene bekerja di Rowan Family Physicians, di mana dia dipekerjakan oleh LabCorp dan seharusnya pensiun pada 1 September, sehari sebelum dia dan suaminya meninggal.

Darlene mengalami demam pada 1 Agustus dan menjalani tes COVID-19 pekan itu. Shane mengatakan bahwa pada 10 Agustus dia dinyatakan negatif, namun keluarga meyakini bahwa itu adalah negatif palsu karena dia kemudian dinyatakan positif di rumah sakit.

Johnny mulai mengalami gejala pada 5 Agustus dan dinyatakan positif pada 7 Agustus. Kemudian pada 11 Agustus, keduanya dirawat di unit COVID-19 di rumah sakit setempat, Novant Health Rowan Regional Medical Center, karena kesulitan bernapas akibat penyakit sebelumnya.

"Darlene menderita tekanan darah tinggi, fibromyalgia dan diabetes tipe 2. Sedangkan Johnny menderita radang paru-paru semenjak dua tahun lalu yang menyebabkan beberapa kerusakan pada paru-parunya," imbuh Shane.

 

 

Penyakit Bawaan Menyebabkan Kondisi Johnny Kian Memburuk

Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Insung Yoon
Ilustrasi rumah sakit/dok. Unsplash Insung Yoon

"Pada 1 September, kami diberi tahu bahwa mereka tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup. Ayah dapat terus hidup dengan ventilator tetapi tidak akan pernah lepas darinya. Sedangkan, organ-organ ibu gagal berfungsi," kata Shane.

Keesokan harinya, mereka ditempatkan di ruangan yang sama secara bersebelahan. Mereka dilepas dari ventilator dan meninggal selang beberapa menit.

Pasangan tersebut meninggalkan tiga anak dan sembilan cucu mereka. 

"Orang tua saya bukan hanya menjadi berkat bagi saya, namun juga untuk keluarga kami dan bagi setiap orang yang bertemu dengan mereka. Saya hanya berharap semua orang dapat melihat mereka melalui mata saya," imbuh Shane.

 

Reporter: Ruben Irwandi

 

Siapa yang Perlu Cek Kesehatan ke RS?

Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Siapa yang Perlu Cek Corona ke RS? (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Napi Bandar Narkoba di Lapas Tangerang Dipindah ke Nusakambangan

Posted: 22 Sep 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan memindakan 58 narapidana bandar Narkoba dan 2 napipidana umum dari Lapas Kelas I Tangerang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti menjelaskan, 30 narapidana bandar narkoba dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan, dan 30 napilainnya akan dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Cilegon, pada Selasa, 22 September 2020.

"Narapidana yang dipindahkan adalah narapidana dengan kategori pidana hukuman pidana tinggi, seumur hidup, dan mati," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Rika menegaskan, pemindahan ini tak ada kaitannya dengan napi asal China yang bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang.

Dia menyatakan, pemindahan ini merupakan rangkaian kegiatan pemindahan napi bandar narkoba, yang telah dilakukan sebelumnya kepada lebih dari 300 orang dari beberapa wilayah Indonesia seperi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Barat.

"Pemindahan ini adalah wujud komitmen tegas perang terhadap narkoba dari Jajaran Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, juga sebagai bagian upaya deteksi dini terhadap hal-hal yang bisa menjadi ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban di lapas," ujar dia.

Tak Main-Main

Dia menjelaskan, seluruh jajaran Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, tidak main-main dan berkomitmen penuh dalam pelaksanaan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Massa Serang polisi yang Tengah Memberikan Imbauan Covid-19

Posted: 22 Sep 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi membubarkan massa yang berusaha menyerang polisi yang tengah memberikan imbauan covid-19. Massa marah karena sebelumnya dilarang berdemo oleh Polres Mimika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Outfit Syahrini dan Reino Barack Saat Liburan Perdana di Masa Pandemi

Posted: 22 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Syahrini dan Reino Barack melakoni liburan perdana di masa pandemi. Melalui akun Instagram-nya @princessyahrini, sang penyanyi membagikan momen bersantai menikmati panorama menawan bersama Reino.

Mengingat pandemi masih berlangsung dan perjalanan internasional masih sangat terbatas, pasangan ini memilih menghabiskan waktu di kawasan Bromo, Jawa Timur dan Magelang, Jawa Tengah. Kendati, pilihan destinasi tak merampas ciri khas tampilan perempuan 38 tahun tersebut.

Di sejumlah kesempatan, Syahrini tampak memakai produk dari lini busana milik adiknya, SYH by Aisyahrani. Secara padu-padan, tampilannya tetap terkesan mewah, namun dengan kombinasi effortless.

1. Atasan Cerah

Di jet pribadi menuju Bromo, Syahrini mengenakan atasan cerah berwarna kuning mencolok. Motif dan warnanya pun senada dengan masker, tas, dan sandal yang dipakai. Fahion items tersebut diketahui keluaran label sang adik dengan produk tas personalisasi sebagai primadonanya.

Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/CFQ-ZWoh10y/?igshid=3xynsuj1f4ko)
Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/CFQ-ZWoh10y/?igshid=3xynsuj1f4ko)

2. Padanan Simpel

Menjelajah area Bromo, pasangan suami istri ini tampak menggunakan mobil jeep. Kala itu, Syahrini mengenakan outfit super simpel dengan atasan lengan panjang, legging ungu, sepatu putih, ditambah aksesori topi, serta kacamata.

Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/CFWuM76splY/?igshid=1lgckem5qa99a)
Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/CFWuM76splY/?igshid=1lgckem5qa99a)

3. Serba Biru

Berfoto di akomodasi pilihan keduanya, Syahrini dan Reino tampak berbusana senada. Memakai kacamata sebagai pelengkap, pelantun Sesuatu ini mengenakan long dress electric blue yang kontras dengan sandalnya. Sementara, sang suami terlihat nyaman dengan crew neck berwarna senada.

 

4. Santai Berpiyama

Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrinihttps://www.instagram.com/p/CFYQm4jskJd/?igshid=1sk82kzx793n2)
Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrinihttps://www.instagram.com/p/CFYQm4jskJd/?igshid=1sk82kzx793n2)

Berpindah ke area sekitar Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Syahrini tampak menikmati panorama sekitar yang didominasi warna hijau menyegarkan.

Berpadan topi lebar, Syahrini memakai piyama motif polkadot klasik. Tak lupa kacamata untuk menghalau terik sinar matahari, sekaligus memberi sentuhan mewah pada tampilannya.

Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/CFbBYNBs7hU/?igshid=j4zc1h4vmqeg)
Outfit Syahrini liburan ke Bromo bareng Reino Barack. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/CFbBYNBs7hU/?igshid=j4zc1h4vmqeg)

5. Stripes Long Dress

Pada potret berlokasi di Enam Langit by Plataran, Syahrini kembali memperlihatkan padanan busana terkesan mewah. Ia memakai stripes long dress yang potongannya memberi kesan jenjang di bagian kaki.

Busana ini dipadankan dengan topi lebar berwarna hitam. Nuansa monokrom pun dipilih Reino dengan padanan kaus putih dan celana hitam.

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Keselamatan Bersama, Jangan Lupakan Perawatan Ban

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi salah satu komponen yang wajib diperiksa dan dirawat oleh pemilik mobil. Pasalnya, si karet bundar ini merupakan bagian yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan, dan pastinya berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Namun, perawatan perawatan ban kerap terlupakan bila tidak dalam kondisi bocor atau kempis, itu sebabnya dibutuhkan pengecekan secara berkala oleh pemilik mobil agar tetap aman saat berkendara.Dijelaskan Boediarto, Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyampaikan pentingnya peran ban mobil dalam memastikan kondisi berkendara aman dan nyaman.

"Pengecekan dan perawatan dapat dilakukan oleh pengguna dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan udara, melakukan spooring dan balancing, serta mempersiapkan kondisi ban cadangan," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (22/9/2020).

Adapun poin utama yang diperlukan dalam pengecekan ban mobil adalah sebagai berikut:

1) Cek Tekanan Udara

Poin ini adalah poin pertama yang sangat mendasar dari rutinitas pengecekan ban. Anda dapat dengan mudah melihat sekeliling mobil, apakah ada ban yang kempes atau tekanan udaranya berkurang. Selain demi keamanan dan kenyamanan, tekanan udara yang sesuai dengan spesifikasi akan membuat usia ban lebih panjang dan juga hemat bahan bakar.

Jika tekanan udara pada ban kurang, maka resiko untuk mengalami pecah ban lebih besar. Karena dinding samping ban akan dipaksa selalu bersentuhan dengan jalan dan pada akhirnya menjadi aus atau tipis sehingga tidak akan kuat menahan bobot mobil.

 

2) Ukuran Standar Tekanan Udara

Untuk melihat ukuran tekanan udara sesuai standar pabrikan, Anda bisa melihat pada stiker yang biasanya terdapat pada pilar B bagian kanan pintu depan mobil, pada sisi pengemudi. Atau biasanya juga tersedia informasinya pada buku manual kendaraan.

Tekanan udara maksimum yang diijinkan pabrikan ban juga biasanya tercetak di dinding ban, jangan melampaui batas ini.

3) Melakukan Rotasi Ban

Pada jarak waktu tertentu, melakukan rotasi atau perpindahan posisi keempat ban mobil memang diperlukan. Gunanya agar tingkat keausan ban akan menyebar secara merata, sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Ada banyak cara melakukan rotasi ban, disesuaikan dengan jenis ban yang digunakan. Rotasi ban ini direkomendasikan untuk dapat dilakukan tiap kelipatan 10 ribu km

4) Rutin Spooring dan Balancing

Selain rotasi ban, setiap kendaraan juga diharuskan untuk melakukan pengecekan berkala terhadap kondisi kelurusan ban. Mungkin lebih dikenal dengan istilah spooring dan balancing.

Idealnya perawatan spooring dan balancing ini dilakukan setiap 10.000km, bersamaan dengan rotasi ban. Jika Anda merasakan setir mobil terasa bergetar atau sudah tidak lurus lagi. Atau jika anda berjalan lurus, kemudian mobil akan cenderung ke kanan atau ke kiri. Itu dapat menjadi indikator untuk melakukan spooring dan balancing.

5) Perhatikan Muatan Beban Kendaraan

Usia ban juga ditentukan oleh gaya berkendara Anda, salah satunya dengan menjaga kapasitas beban sesuai dengan yang dianjurkan. Jangan melebihi kapasitas beban angkut karena akan mengganggu fungsi ban dan juga pengereman serta berpotensi mebahayakan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Selain itu, gaya mengemudi akan menentukan kondisi ban.

Contohnya jika Anda terlalu sering melakukan pengereman dan menikung di kecepatan tinggi. Maka kondisi ban akan cepat aus, selain itu gaya mengemudi seperti itu lebih berbahaya

6) Periksa Kondisi Ban Cadangan

Pengemudi tidak tahu kapan akan membutuhkan ban cadangan, jadi sebaiknya kondisi ban cadangan selalu diperhatikan. Meskipun fungsinya sebagai cadangan, tapi harus tetap dipastikan bahwa ban cadangan akan berfungsi baik saat akan digunakan. Untuk itu, rawat ban serep dengan memeriksanya secara berkala, baik itu tekanan udara maupun tampilannya.

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Saleh hingga Annas Maamun, KPK 'Hattrick' Tangkap Gubernur Riau

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Masyarakat dan petinggi pemerintahan Provinsi Riau begitu akrab dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sejak lembaga anti rasuah itu dibentuk, sudah puluhan pejabat di Bumi Lancang Kuning berurusan dengan penyidik.

Mulai dari anggota DPRD, kepala dinas, karyawan swasta, bupati hingga gubernur, pernah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Bahkan, KPK hattrick karena tiga kali berturut-turut menahan tiga Gubernur Riau.

Mulai dari Gubernur Saleh Yazid, lanjut ke gubernur dua periode, Rusli Zainal. Berikutnya suksesor Rusli dari Partai Golkar, Annas Maamun, yang sebelumnya dua periode menjabat Bupati Rokan Hilir.

Untuk Saleh dan Rusli, KPK menahan berdasarkan pengembangan dari tersangka lainnya. Sementara, Annas mengalami nasib sial begitu berada di rumah pribadinya di Cibubur.

Saleh Djasid sudah lama bebas karena terjerat pengadaan alat pemadam kebakaran. Sedangkan, Rusli yang dijuluki kolega separtainya sebagai bapak pembangunan Riau masih menjalani hukuman di Lapas Pekanbaru.

Sementara Annas Maamun cukup beruntung setelah mendapat grasi dari Presiden Joko Widodo. Hukuman 7 tahun dalam suap alih fungsi hutan Riau dikurangi sehingga Annas kini sudah dinyatakan bebas.

Akibat hattrick ini, Riau sempat masuk lima daerah supervisi KPK. Penerus Annas, yaitu Arsyadjuliandi Rachman dan Syamsuar lebih berhati-hati menjalankan roda pemerintahan meskipun terpaan isu korupsi selalu disematkan pihak lain.

Berikut kasus korupsi yang menyerat tiga gubernur tersebut:

 

 

1. Saleh Yazid

Gubernur Riau periode 1999-2003, Saleh Yazid. (Liputan6.com)
Gubernur Riau periode 1999-2003, Saleh Yazid. (Liputan6.com)

Gubernur Riau pertama berurusan dengan KPK adalah Saleh Yazid. Gubernur periode 1999-2003 itu ditahan KPK karena terlibat kasus alat pemadam kebakaran (damkar) senilai Rp15,2 miliar.

Dalam kasus itu, Saleh divonis 4 tahun dan denda sebesar Rp200 juta, subsider 6 bulan penjara.

Pria kelahiran Pujud, 13 November 1943 itu terbukti melanggar Pasal 2 ayat 1 juncto Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 KUHP.

Majelis hakim menyatakan Saleh terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang bertujuan untuk menguntungkan pihak lain, yaitu PT Istana Saranaraya dan sejumlah orang.

Dalam kasus ini, Saleh merasa tidak bersalah. Hal ini menjadi pertimbangan memberatkan hakim sebelum memvonis mantan Bupati Kampar itu.

2. Rusli Zainal

Gubernur Riau 2003-2008 dan 2008-2013, Rusli Zainal. (Liputan6.com)
Gubernur Riau 2003-2008 dan 2008-2013, Rusli Zainal. (Liputan6.com)

Sesudah Saleh, Gubernur Riau 2 periode (2003-2008 dan 2008-2013) Rusli Zainal juga berurusan dengan KPK. Ia tersangkut dugaan korupsi PON dan izin kehutanan di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dalam kasus ini, Rusli divonis 14 tahun penjara di Pengadilan Tipikor Pekanbaru. Sewaktu banding ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru, hukumannya dikurangi 2 tahun.

Rusli dinilai secara sah dan meyakinkan oleh majelis hakim melanggar 3 dakwaan KPK. Dalam kasus kehutanan, Rusli dinilai terbukti melanggar Pasal 2 ayat 2 juncto Pasal 18 UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP juncto Pasal 56 ayat 1 KUHP.

Rusli diinilai melanggar hukum karena mengesahkan Rencana Kerja Tahunan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman (RKT-IUPHHKHT) terhadap belasan perusaan kayu di Pelalawan. Pengesahan itu menyebabkan penebangan hutan alam dan merugikan negara senilai Rp265 miliar.

Dalam kasus suap PON, Rusli Zainal dinilai terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Rusli juga terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Menurut hakim saat itu, Bachtiar, Rusli terbukti memerintah pemberian suap ke anggota pansus Lapangan Menembak PON Riau senilai Rp900 juta. Ia juga dinilai memerintahkan suap Rp9 miliar ke Kahar Muzakkir dan Setya Novanto, anggota DPR RI.

Perintah penyuapan itu dipercayakan Rusli ke mantan Kadispora Riau Lukman Abbas.

Terakhir, Rusli dinilai terbukti menerima uang Rp500 juta dari PT Adhi Karya, sebagai pemulus penambahan anggaran PON dari pusat senilai Rp290 miliar.

3. Annas Maamun

Mantan Gubernur Riau, Annas Maamun. (Liputan6.com)
Mantan Gubernur Riau, Annas Maamun. (Liputan6.com)

Berakhirnya masa jabatan Rusli Zainal dan diselenggarakannya Pilkada sempat membuat harapan terpilihnya pemimpin baru yang bebas korupsi. Annas Maamun kemudian terpilih setelah melepas jabatannya sebagai Bupati Rokan Hilir.

Hanya saja setelah beberapa bulan dilantik, Annas, ditangkap KPK di kawasan Cibubur karena menerima sejumlah uang dari pengusaha terkait alih fungsi lahan.

Kasus ini kemudian mengungkap korupsi lainnya yang dilakukan pria dipanggil Atuk itu.

Adalah Riki Hariansyah, anggota DPRD Riau 2009-2014 datang ke KPK dan menceritakan sejumlah rekannya di dewan telah menerima janji Rp1,2 miliar dari Annas untuk membahas RAPBD-Perubahan 2014 dan RAPBD murni 2015.

Untuk kasus ini, Annas belum pernah menjalani sidang. Kondisi fisik yang hampir 80 tahun membuatnya tak bisa dipindahkan ke Lapas di Riau karena selalu jatuh sakit ketika mendengar akan dibawa ke Pekanbaru.

Kasus Annas terungkap saat KPK melakukan operasi tangkap tangan pada 25 September 2014 di Cibubur, Jakarta Timur bersama 9 orang lainnya. Dalam kasus suap alih fungsi hutan 140 hektare di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, KPK menyebut Annas menerima Rp2 miliar.

Dalam persidangan, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung memvonis Annas hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan. Ditingkat kasasi, hukuman Annas menjadi 7 tahun.

Majelis hakim menyatakan Annas terbukti menerima suap sebesar US$ 166,100 dari Gulat Medali Emas Manurung dan Edison Marudut.

Gulat dan Edison meminta area kebun sawit di Kabupaten Kuantan Sengingi seluas 1.188 hektare, Bagan Sinembah di Kabupaten Rokan Hilir seluas 1.124 hektare, serta Duri Kabupaten Bengkalis seluas 120 hektare masuk ke revisi rencana tata ruang tata wilayah atau bukan kawasan hutan di Provinsi Riau.

Selain itu, Annas terbukti menerima hadiah uang sebesar Rp500 juta dari Gulat agar memenangkan PT Citra Hokiana Triutama milik Edison dalam pelaksana proyek pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau.

Annas juga didakwa menerima uang Rp3 miliar untuk melicinkan lokasi perkebunan empat perusahaan di Kabupaten Indragiri Hulu. Hanya saja dakwaan ini tidak terbukti.

Dari kasus tersebut, KPK bahkan telah menetapkan tersangka korporasi, yakni PT Palma Satu. KPK menyangka anak usaha PT Duta Palma Group itu menyuap Annas terkait revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau tahun 2014.

Selain menetapkan tersangka korporasi, KPK juga menetapkan pemilik PT Duta Palma, Surya Darmadi dan Legal Manager PT Duta Palma Suheri Terta menjadi tersangka. Nama terakhir divonis bebas di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

KPK menyangka ketiga pihak itu menyuap Annas Rp3 miliar untuk mengeluarkan lokasi perkebunan milik PT Duta Palma dari kawasan hutan. Dengan begitu, produk perusahaan sawit tersebut mendapat predikat Indonesian Suistanable Palm Oil yang bisa diimpor ke luar negeri.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Jaga Berat Badan, Pakar Gizi Sarankan Konsumsi Kedelai

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika dikonsumsi dengan cukup, ada banyak manfaat dari kedelai. Salah satunya adalah untuk menjaga berat badan atau dimasukkan dalam program diet.

Menurut Rimbawan, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan bahwa di dalam kedelai sesungguhnya juga terdapat karbohidrat, protein, dan lemak.

"Kombinasi ketiganya itu ternyata kalau kita konsumsi, dia tidak akan dengan cepat menaikkan kadar gula darah kita," kata Rimbawan dalam sebuah seminar daring pada Senin (21/9/2020).

Rimbawan, yang juga Ketua Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB tersebut mengatakan, hal inilah yang membuat kedelai memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

"Karena itu kalau kemudian kita makan kedelai dan produk-produk kedelai, maka kita mengharapkan tidak adanya peningkatan kadar glukosa dalam darah, sehingga cepat naik kemudian turun lagi," ujarnya.

Buat Kenyang Lebih Lama

Ilustrasi susu kedelai (dok. Pixabay.com/bigfatcat/Putu Elmira)
Ilustrasi susu kedelai (dok. Pixabay.com/bigfatcat/Putu Elmira)

Rimbawan mengatakan, hal tersebut diperlukan apabila seseorang harus mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh atau untuk mengendalikan berat badan.

"Karena dengan kadar glukosa darah tidak naik tinggi dengan cepat, maka kemudian kita akan merasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak ingin makan," kata Rimbawan.

Ia menambahkan, dibandingkan kentang, kedelai lebih mampu menaikkan kadar glukosa darah namun kemudian tetap stabil.

Sehingga, Rimbawan merekomendasikan konsumsi kedelai sebagai salah satu pilihan bagi mereka yang ingin mengendalikan berat badan agar tidak melonjak dengan cepat. Saran ini juga berlaku bagi orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan.

"Bagi yang obesitas, yang kelebihan berat badan, maka pilihannya adalah mengonsumsi pangan yang indeks glikemiknya rendah," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek 6 Fakta dan Mitos Virus Corona yang Muncul di Bulan September

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona masih menjadi momok menakutkan bagi penduduk di seluruh dunia. Hingga Rabu, 23 September 2020, sudah ada 31,5 juta orang di seluruh dunia yang terinfeksi covid-19.

Bahkan, di Indonesia, tercatat sudah ada 253 ribu kasus virus corona. Sebanyak, 9.837 orang sudah meninggal dunia akibat wabah ini. Namun, sudah 184 ribu orang Indonesia yang dinyatakan sembuh dari virus corona.

Hingga saat ini, penyebaran virus corona masih belum diketahui bakal berakhir kapan. Bahkan, yang lebih parah lagi, hoaks soal virus corona semakin berkembang hingga bulan ini.

Berikut ini enam hoaks virus corona yang muncul di bulan September, seperti dikutip dari AFP Fact Check:

1. Hoaks soal tabel banyak negara yang membeli alat tes virus corona sejak tahun 2018.

Faktanya: Tabel itu mencantumkan alat kesehatan yang dibeli secara impor dan ekspor pada tahun 2018. Namun oleh Bank Dunia diklasifikasikan sebagai produk Covid-19 pada bulan April 2020. Bank Dunia mengklasifikasikannya untuk mempermudah penggunaan melawan pandemi virus corona.

 

Hoaks Video Tangkal Corona

Ilustrasi Konspirasi Covid-19 Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Konspirasi Covid-19 Credit: pexels.com/pixabay

2. Video hoaks menahan napas bisa mengetahui adanya virus corona.

Faktanya: WHO dan para ahli membantah video tersebut. Teknik menahan napas tidak bisa mendiagnosis penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Rumah sakit India yang disebutkan dalam video di postingan Facebook tersebut juga sudah membantah teknik menahan napas tersebut.

3. Video hoaks staf medis Rusia berpesta untuk merayakan penutupan ruang isolasi rumah sakit.

Faktanya: Postingan video yang mengklaim itu merupakan kegembiraan tim medis setelah Rusia meluncurkan vaksin covid-19 adalah salah. Itu merupakan video tim medis di RS King Saud, Arab Saudi setelah menutup bangsal isolasi kesehatan.

 

Hoaks Unjuk Rasa

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

4. Foto hoaks unjuk rasa di Seoul menentang adanya virus corona.

Faktanya: Di Facebook beredar foto dan video yang menyebut unjuk rasa menolak adanya virus corona di Seoul, Korea Selatan. Namun faktanya, foto tersebut sudah ada di Internet pada Oktober 2019, empat bulan sebelum kasus pertama virus corona muncul di Korea Selatan.

5. Foto hoaks unjuk rasa menentang adanya lockdown di Berlin, Jerman.

Faktanya: Foto hoaks ini muncul di akhir bulan Agustus hingga awal September 2020, yang menggambarkan adanya unjuk rasa menentang lockdown di Berlin. Namun, foto tersebut merupakan festival musik di Berlin pada tahun 1997.

 

Hoaks Selawat Raja Thailand

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Miroslava Chrienova via Pixabay

6. Hoaks Raja Thailand Gelar Salawat demi Mencegah Corona

Faktanya: Sebuah video yang diklaim Raja Thailand, Vajiralongkorn tengah menggelar salawat untuk keselamatan rakyatnya dari wabah virus corona Covid-19 beredar di media sosial. Dalam video tersebut, Raja Thailand Vajiralongkorn tampak berdiri sambil membuka tangannya seraya berdoa. Ia terlihat mengenakan setelan jas hitam.

Namun faktanya, video tersebut merupakan peristiwa saat Raja Thailand Vajiralongkorn menghadiri acara peringatan Maulid Nabi pada April 2019 dan tidak ada kaitannya dengan wabah virus corona Covid-19.

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Super Eropa: Bayern Munchen Diuji oleh Sevilla

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Bayern Munchen bakal bersua Sevilla di Piala Super Eropa 2020. Laga seru ini bakal dihelat di Puskas Arena, Budapest, Jumat dini hari WIB, 25 September.

Piala Super Eropa adalah ajang yang mempertemukan juara Liga Champions dengan kampiun Liga Europa. Seperti diketahui, Bayern Munchen ialah kampiun Liga Champions, sementara Sevilla juara Liga Europa.

Bayern Munchen juara Liga Champions usai mengalahkan Paris Saint-Germain 1-0 dalam laga final. Sedangkan Sevilla memupus ambisi Inter Milan pada laga puncak dengan skor 3-1.

Menurut catatan, Bayern Munchen baru sekali memenangkan Piala Super Eropa, yakni pada 2013. Saat itu, wakil Bundesliga Jerman itu mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti 5-4 (2-2).

 

 

Sevilla

ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)
ilustrasi Sepak Bola (Liputan6.com/Abdillah)

Bagi Sevilla, ini adalah kali keenam tampil di Piala Super Eropa. Sebelumnya, wakil Spanyol itu pernah ambil bagian pada 2006, 2007, 2014, 2015, dan 2016.

Dari lima kesempatan sebelumnya, Sevilla sekali memenangkan Piala Super Eropa, yakni 2015. Ketika itu, Sevilla mengalahkan Barcelona dengan skor telak 3-0.

 

 

Jadwal

Jumat, 25 September 2020

02.00 WIB, Bayern Munchen vs Sevilla

Puskas Arena, Budapest

 

 

Rekor Pertemuan

11-04-2018, Bayern Munchen 0-0 Sevilla (Liga Champions)

03-04-2018, Sevilla 1-2 Bayern Munchen (Liga Champions)

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Umumkan Android 11 untuk Android TV, Ini Deretan Fitur Barunya

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kehadiran Android 11 untuk Android TV. Pengumuman ini dilakukan menyusul diluncurkannya Android 11 untuk perangkat mobile sekitar dua minggu lalu.

Meski sama-sama Android 11, pembaharuan yang hadir untuk Android TV ini sedikit berbeda dari perangkat mobile. Mengingat ini ditujukan untuk kebutuhan smart TV, fokus pembaharuan ditujukan untuk keperluan memutar video atau hiburan.

Kendati demikian, seperti dikutip dari Android Central, Rabu (23/9/2020), beberapa fitur inti Android 11 akan hadir di Android TV. Beberapa di antaranya manajemen memori yang ditingkatkan maupun fitur keamanan yang diperbarui.

Sementara untuk fitur lain, Android 11 untuk Android TV kini mendukung auto low latency dan low latency media decoding. Lalu, ada dukungan untuk tuner framework baru dengan Media CAS dan ekstensi untuk implementasi HAL dari HDMI CEC.

Peningkatan juga dilakukan untuk dukungan gamepad di sistem operasi anyar ini. Hal ini disebut menunjukkan upaya Google untuk memberikan fokus lebih untuk layanan Stadia di TV.

Terakhir, Google juga memungkinkan mode baru untuk uji coba bagi para pengembang. Dengan mode anyar ini, pengembang aplikasi dapat menguji coba aplikasi yang dibuatnya secara langsung ke Android TV dalam waktu lebih cepat.

Namun perlu diingat, Android 11 saat ini belum digulirkan ke Android TV. Google mengatakan kini tengah bekerja sama dengan para rekanan untuk menghadirkannya dalam beberapa bulan ke depan.

Google Resmi Luncurkan Android 11

Android 11. Dok: Google
Android 11. Dok: Google

Google akhirnya secara resmi meluncurkan update untuk sistem operasi (operating system, OS) buatannya, yakni Android 11.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Android 11 akan meluncur lebih dulu untuk perangkat Google Pixel, seperti seri Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3A, Pixel 4, dan Pixel 4A.

Selain seri Pixel, Android 11 juga bisa diunduh untuk ponsel OnePlus, Oppo X2 dan Reno 3 melalui program open beta mereka masing-masing, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu (9/9/2020).

Google mengatakan, Android 11 akan meluncur ke lebih banyak mitra vendor dan smartphone lain dalam beberapa bulan mendatang.

Sayang, perusahaan tidak mengungkap tanggal pasti kapan Android 11 ini akan meluncur secara global.

Android 11 sendiri hadir dengan sejumlah fitur baru, walaupun secara keseluruhan, update kali ini tidak terlalu fokus pada fungsionalitas baru.

Akan tetapi, raksasa mesin pencari itu lebih fokus pada pengalaman pengguna mengoptimalkan kemampuan smartphone lewat Android 11 ini.

Fitur Baru di Android 11

Android 11 resmi meluncur ke smartphone Pixel, OnePlus, dan Oppo. (Liputan6.com/ Yuslianson)
Android 11 resmi meluncur ke smartphone Pixel, OnePlus, dan Oppo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Salah satu perubahan besar yang hadir di Android 11 adalah bagaimana Google mengelompokkan notifikasi dari aplikasi perpesanan ke bagian mereka sendiri.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan bubble interface serupa dengan Facebook Messenger sehingga lebih mudah diakses.

Fitur lain yang juga Google tambahkan, termasuk kendali media baru, tampilan screenshot yang baru, dan menu kendali smart home (dapat diakses dengan menekan lama tombol power).

Selain itu, perusahaan juga kini memperkenalkan pengaturan permission (izin) yang lebih ketat, dan masih banyak lagi.

Meski Android 11 juga tersedia di beberapa ponsel di pasaran saat ini, Google tetap sejumlah fitur eksklusif untuk perangkat Pixel mereka.

Adapun fitur tersebut, termasuk AR-location, fungsi Google Smart Reply yang terintegrasi di Gboard ke lebih banyak aplikasi chatting, dan folder pintar.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kenalkan, SPOT Si Robot Anjing Pendeteksi Masker

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Selain menjaga jarak sosial, SPOT meningkatkan kemampuan deteksi masker dan pemetaan 3D tanpa teknologi lidar. (Xinhua/Then Chih Wey)
SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Selain menjaga jarak sosial, SPOT meningkatkan kemampuan deteksi masker dan pemetaan 3D tanpa teknologi lidar. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Selain menjaga jarak sosial, SPOT meningkatkan kemampuan deteksi masker dan pemetaan 3D tanpa teknologi lidar. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Uji coba ini bagian dari upaya melawan penyebaran COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)
SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Uji coba ini bagian dari upaya melawan penyebaran COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Uji coba ini bagian dari upaya melawan penyebaran COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Selain menjaga jarak sosial, SPOT meningkatkan kemampuan deteksi masker dan pemetaan 3D tanpa teknologi lidar. (Xinhua/Then Chih Wey)
SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Selain menjaga jarak sosial, SPOT meningkatkan kemampuan deteksi masker dan pemetaan 3D tanpa teknologi lidar. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Selain menjaga jarak sosial, SPOT meningkatkan kemampuan deteksi masker dan pemetaan 3D tanpa teknologi lidar. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Uji coba ini bagian dari upaya melawan penyebaran COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)
SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Uji coba ini bagian dari upaya melawan penyebaran COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

SPOT, robot anjing yang dapat mendeteksi apakah pengunjung memakai masker atau tidak menjalani uji coba putaran keduanya di Bishan Park Singapura, 22 September 2020. Uji coba ini bagian dari upaya melawan penyebaran COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Perkuat Sinergi dengan Akademisi dalam Penanganan Covid-19

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menangani pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian nasional, Pemerintah membutuhkan peran berbagai pihak, tidak terkecuali para akademisi. Pemerintah pun membuka lebar pintu sinergitas dengan kalangan akademisi dalam menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh akademisi, dalam hal ini peneliti UI atas kontribusi yang diberikan kepada Pemerintah untuk membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

Pihaknya mendorong diselenggarakannya pertemuan rutin dengan UI untuk membahas isu-isu strategis dan mengharapkan masukan kebijakan, guna percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Sebelumnya, pada Kamis (17/9) lalu, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso hadir dalam penyampaian hasil kajian kebijakan (policy brief) Universitas Indonesia (UI).

Di hadapan Susiwijono, para peneliti dan akademisi UI menyampaikan kajian dan rekomendasi untuk mengendalikan pergerakan masyarakat dan meningkatkan perilaku Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak (3M).

Adapun beberapa rekomendasi yang diberikan oleh Tim Sinergi Mahadata UI antara lain perlunya meningkatkan perilaku di rumah saja (stay at home) dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam melakukan 3M, serta membatasi aktivitas masyarakat dan pergerakan ke luar kota.

Selain itu, diperlukan juga pembangunan sistem informasi data dan pusat data yang terkoneksi, terintegrasi dan tersinkronisasi, mengefektifkan TLI, akselerasi efektivitas penyaluran stimulus fiskal dan perlindungan sosial, mind-mapping regulasi untuk mendesain kebijakan pusat dan daerah yang sinergis dan kolaboratif, serta perlunya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) maupun Peraturan Perundang-Undangan lainnya sesuai kebutuhan.

"Kami juga tentu membutuhkan masukan kebijakan dari Perguruan Tinggi, terutama Universitas Indonesia, untuk membantu Pemerintah menekan peningkatan Covid-19," tutur Susiwijono.

Airlangga: Waktu Pemulihan Ekonomi Akibat Covid-19 Tak Selama saat Krisis 1998

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ditunjuk untuk menyampaikan hasil Sidang Kabinet Paripurna yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin, 7 September 2020.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ditunjuk untuk menyampaikan hasil Sidang Kabinet Paripurna yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin, 7 September 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut waktu pemulihan dari guncangan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 relatif lebih cepat dibandingkan periode krisis yang terjadi pada tahun 1998 maupun 2008. Apalagi, keduanya butuh waktu bertahun-tahun.

"Kalau kita lihat kedalaman dari segi harga saham, di krisis Asia 1997-1998 itu butuh 7-8 tahun untuk kembali ke semula. Kemudian untuk krisis global di tahun 2008, butuh waktu 2 tahun," kata dia dalam acara diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Pada periode Krisis Asia 1997-1998, nilai tukar terdepresiasi hingga 566 persen. Saat periode krisis Global 2008, nilai tukar terdepresiasi hingga 39,6 persen. Saat ini nilai tukar relatif stabil dan telah bergerak menuju ke level sebelum Pandemi Covid-19.

"Namun kita juga harus melihat gas dan rem. Kita tetap harus menjaga kepercayaan publik karena ekonomi ini tidak semuanya faktor fundamental, tapi juga ada faktor sentimen terutama di sektor capital market," sambung Airlangga.

Dia juga menjelaskan, penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi membutuhkan rencana jangka menengah hingga tahun 2022-2023. Beberapa program utama yang akan disasar antara lain program yang berkaitan dengan kesehatan, bantuan sosial, padat karya untuk menjaga demand, restrukturisasi, dan transformasi ekonomi.

Di tahun 2021, biaya penanganan Covid-19 akan tetap berfokus pada kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pembiayaan korporasi, serta sektoral Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

"Pemerintah Pusat juga mendorong agar masing-masing Pemerintah Daerah menjalankan program, memacu perekonomiannya, serta melakukan belanja barang dan belanja modal. Dengan demikian, secara agregat kita bisa menjaga pertumbuhan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Haru Kucing yang Setia Kunjungi Makam Tuannya Setiap Hari

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kucing dikatakan memiliki sifat yang sangat setia kepada tuannya. Tak heran, banyak individu memilih kucing sebagai hewan peliharaannya.

Baru-baru ini di media sosial viral kisah seekor kucing yang setia mengunjungi makam tuannya yang telah meninggal dunia setiap hari.

Kisah ini pertama kali diunggah akun Facebook Hazlynn Nozi di grup Facebook Kelab Pencinta Kucing Malaysia. Pada unggahannya, terlihat seekor kucing yang diketahui bernama Nana itu duduk di samping makam almarhum ayahnya.

Nana merupakan peliharaan sang ayah. Menurut keterangan yang ditulis Hazlynn, setiap kali keluarganya mengunjungi makam sang ayah, Nana selalu ikut menemani mereka.

foto: Facebook Hazlynn Nozi
foto: Facebook Hazlynn Nozi

Kunjungi makam tuannya setiap hari

foto: Facebook Hazlynn Nozi
foto: Facebook Hazlynn Nozi

Nana bahkan setiap hari mengunjungi makam tuannya yang terletak dekat rumah Hazlynn. Di foto yang lain Nana terlihat duduk dengan ekspresi sedih di hari pertama ayah Hazlynn selesai dimakamkan. Sejak itulah Nana hampir setiap hari datang ke makam ayah Hazlynn.

"Makam ayah berada di belakang masjid. Dan masjid itu berada di sebelah rumah kami. Setiap pagi Nana pulang ke rumah untuk makan, kaki-kakinya basah oleh embun rupanya dia baru pulang dari makam ayah," tulis Hazlynn.

Bikin warganet haru

Kisah kesetiaan Nana rupanya mencuri perhatian dan membuat warganet terharu.

"Allahuakbar.. hebat sekali rasa cinta binatang kesayangan Nabi ini pada tuannya," Kata seorang warganet.

"Itulah, hewan saja masih mau mengasihi tuannya yang sudah tiada. Kita manusia kadang malah lupa dengan orang-orang tercinta yang sudah meninggal dunia," timpal warganet lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sang Pemilik Lalai, Ratusan Ikan Koi Mendadak Mati

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang penghobi ikan di kawasan Lampung, mendapati ratusan ikan koi miliknya mati di kolam. Ia mengakui, penyebab matinya ikan tersebut karena dirinya lalai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luna Maya Masih Sering Dapat Ucapan Ultah dari Ariel NOAH

Posted: 22 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Luna Maya belum lama ini merayakan ulang tahunnya yang ke-37 pada 26 Agustus kemarin. Saat itu, Luna Maya merayakannya bersama dengan keluarganya di Bali. 

Di hari ulang tahunnya itu, Luna Maya banyak mendapatkan ucapan spesial. Salah satunya dari orang yang pernah menjadi kekasihnya.

Dia adalah Ariel NOAH, Luna Maya mengaku mantan kekasihnya itu masih sering memberikan ucapan ulang tahun untuknya. Seperti apa ceritanya?

 

Ucapan Ariel

Luna Maya mengakui kalau dirinya masih menyayangi sang mantan, Ariel Noah.
Luna Maya mengakui kalau dirinya masih menyayangi sang mantan, Ariel Noah.

Luna Maya mengungkapkan hal itu saat menjadi bintang tamu di acara RUMPI bersama Feni Rose. Setelah dipancing oleh Feni Rose, Luna akhirnya mengatakan Ariel juga memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk dirinya.

"Ariel ngucapin (ulang tahun) enggak?" tanya Feni Rose.

"Dia ngucapin. Tapi, telat ngucapinnya," ungkap Luna Maya.

"Oh biar enggak kelihatan banget kali yaa pengin banget ngucapin makanya di telat-telatin," ledek Feni Rose.

Berhubungan Baik

Luna Maya
Luna Maya

Luna juga mengungkapkan bahwa hubungannya dengan Ariel NOAH saat ini masih terjalin dengan sangat baik. Ia bahkan mengaku terkadang masih menjalin komunikasi dengan baik.  

"Memang, kalau setiap salah satu dari kita ultah, ya, pasti ngucapin. Setiap hari besar apa juga (memberi ucapan)," kata Luna. 

Seperti diketahui, Ariel dan Luna Maya sempat menjalin hubungan asmara pada tahun 2004, namun hubungan keduanya harus kandas di tengah jalan.

Diledek

Lebih lanjut, Feni Rose menanyakan kepada Luna Maya apakah ia masih sering mengikuti perkembangan kehidupan mantan kekasihnya. Dengan santai Luna menjawab bahwa ia masih sering melihat kehidupan Ariel melalui media sosial.  

"Ya, kan, dia terkenal. Pasti update, dong. Di Instagram, pas explore, ada. Ya, kita teman ajalah karena dia baik," ujar Luna Maya.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Kota Wuhan Usai Hadapi Covid-19, Gelar Festival hingga Masuk Sekolah

Posted: 22 Sep 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak virus pandemi Corona Covid-19 mulai meluas ke beberapa negara di dunia, Kota Wuhan, China sebagai lokasi pertama ditemukannya kasus tersebut sempat menjadi kota mati. Selama 76 hari, Kota Wuhan menghadapi situasi sulit akibat Covid-19 yang menelan ratusan ribu jiwa. Setidaknya ada 11 juta warga Wuhan terisolasi akibat kebijakan lockdown

Kini kota yang berada di provinsi Hubei ini mulai menunjukkan kegiatan mereka. Sebelumnya pada Maret 2020, pihak berwenang China menghentikan seluruh aktivitas penerbangan internasional karena menyebarnya COVID-19 secara global. Namun kini menurut laporan media nasional China, CCTV News, sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Korea Selatan, T'way telah mendarat di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan pada 16 September 2020.

Selain itu hampir 1,4 juta siswa melanjutkan kelas di sekitar 2.800 taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah di seluruh kota. Pembukaan kembali sekolah menengah dilakukan sejak Mei 2020 lalu. Hal itu juga berlaku bagi kampus yang telah membuka semester baru pada September 2020.

Tak hanya kegiatan tersebut, Wuhan bahkan telah menggelar berbagai kegiatan hiburan serta festival. Beberapa waktu lalu beredar foto ribuan warga Wuhan memadati sebuah acara festival musik tanpa mengindahkan protokol kesehatan kembali yang digelar hingga akhir Agustus 2020. Selain itu, Wuhan juga baru saja menggelar festival besar yakni Wuhan Beer Festival  2020.

Usai dihantam pandemi Corona Covid-19 dan mengklaim tak ada lagi ditemukannya kasus baru, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 potret terbaru Kota Wuhan yang mulai ramai, Rabu (23/9/2020).

1. Ribuan siswa SMA di Wuhan mengikuti pembukaan semester baru pada 1 September 2020 lalu. Sekitar 1,4 juta siswa kembali masuk sekolah.

Kota Wuhan kembali bangkit dan ramai usai diteror pandemi Covd-19. (Sumber: Xinhua News)
Kota Wuhan kembali bangkit dan ramai usai diteror pandemi Covd-19. (Sumber: Xinhua News)

2. Sempat buat heboh, ribuan warga Wuhan menonton acara musik di sebuah taman air atau water park pada 15 Agustus 2020 lalu.

Corona Berlalu, Warga Wuhan Pesta di Kolam: Orang-orang menonton pertunjukan musik sambil bermain air di sebuah taman air atau water park di Wuhan, provinsi Hubei, China, 15 Agustus 2020. Mereka berpesta saat Wuhan kembali ke kehidupan normal setelah sempat terdampak parah oleh COVID-19. (STR/AFP)
Corona Berlalu, Warga Wuhan Pesta di Kolam: Orang-orang menonton pertunjukan musik sambil bermain air di sebuah taman air atau water park di Wuhan, provinsi Hubei, China, 15 Agustus 2020. Mereka berpesta saat Wuhan kembali ke kehidupan normal setelah sempat terdampak parah oleh COVID-19. (STR/AFP)

3. Festival musik lainnya digelar pada 4 Agustus 2020 tampak disambut antusias usai pencabutan kebijakan karantina, dihadiri ribuan penonton.

Sejumlah orang berpartisipasi dalam festival musik di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 4 Agustus 2020. Wuhan kembali pulih sejak karantina terkait COVID-19 dicabut. (Hector Retamal/AFP)
Sejumlah orang berpartisipasi dalam festival musik di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 4 Agustus 2020. Wuhan kembali pulih sejak karantina terkait COVID-19 dicabut. (Hector Retamal/AFP)

4. Tak hanya acara musik, masyarakat juga baru saja menggelar Wuhan Beer Festival 2020. Acara ini diharapkan sebagai bentuk stimulasi ekonomi.

Kota Wuhan kembali bangkit dan ramai usai diteror pandemi Covd-19. (Sumber: Xinhua News)
Kota Wuhan kembali bangkit dan ramai usai diteror pandemi Covd-19. (Sumber: Xinhua News)

5. Dalam acara tersebut terlihat ribuan pengunjung memadati lokasi festival meski beberapa tampak tak menggunakan masker.

Kota Wuhan kembali bangkit dan ramai usai diteror pandemi Covd-19. (Sumber: Xinhua News)
Kota Wuhan kembali bangkit dan ramai usai diteror pandemi Covd-19. (Sumber: Xinhua News)

6. Selain itu, pemerintah China juga mulai membuka bandara internasional termasuk Beijing dan Shanghai.

Para penumpang menunggu untuk menaiki pesawat di Bandara Liuji di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, China (29/3/2020). Layanan penerbangan penumpang domestik kembali beroperasi di Hubei, wilayah yang sempat terdampak COVID-19, kecuali layanan di Bandara Internasional Tianhe Wuhan. (Xinhua/Xie Jianfei)
Para penumpang menunggu untuk menaiki pesawat di Bandara Liuji di Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, China (29/3/2020). Layanan penerbangan penumpang domestik kembali beroperasi di Hubei, wilayah yang sempat terdampak COVID-19, kecuali layanan di Bandara Internasional Tianhe Wuhan. (Xinhua/Xie Jianfei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Sidang Perdana, Jaksa Pinangki Berhijab Panjang

Posted: 22 Sep 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang perdana kasus dugaan suap dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) penanganan fatwa MA Djoko Tjandra. Penampilannya saat berhadapan dengan majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pun berbeda.

Jaksa Pinangki mengenakan hijab panjang berwarna pink, lengkap dengan pakaian sejenis gamis yang cerah. Dia juga memakai faceshield dan masker.

Ketua Majelis Hakim, IG Eko Purwanto sendiri mempersilakan jaksa Pinangki memasuki ruang sidang sekitar pukul 10.06 WIB.

"Silakan terdakwa atas nama Pinangki Sirna Malasari dihadirkan ke dalam ruang persidangan," tutur Eko memimpin sidang di lokasi, Rabu (23/9/2020).

Agenda sidang perdana ini adalah pembacaan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tidak banyak komentar yang dilontarkan jaksa Pinangki sebelum memasuki ruang sidang.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Hari Setiyono sebelumnya mengungkapkan bagaimana isi proposal 'Action Plan' yang disusun jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) untuk mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra. 

Diawali pada November 2019, jaksa Pinangki bersama Anita Kolopaking dan Andi Irfan Jaya bertemu Djoko Tjandra di kantornya kawasan The Exchange 106 Lingkaran TrX Kuala Lumpur, Malaysia.

"Saat itu, DJoko Soegiarto Tjandra setuju meminta terdakwa Pinangki Sirna Malasari dan Anita Kolopaking untuk membantu pengurusan fatwa ke Mahkamah Agung RI melalui Kejaksaan Agung," tutur Hari dalam keterangannya, Kamis (17/9/2020).

Hal itu bertujuan agar pidana Djoko Tjandra berdasarkan Putusan PK Nomor: 12 PK/Pid.Sus/2009 Tanggal 11 Juni 2009 tidak dapat dieksekusi, sehingga dia dapat kembali ke Indonesia tanpa harus menjalani pidana.

 

Sanggupi Permintaan

Hari mengatakan, jaksa Pinangki dan Anita Kolopaking yang menyanggupi permintaan tersebut bersedia memberikan bantuan dengan permintaan imbalan uang sebesar 1 juta USD. Namun penyerahannya melalui pihak swasta yakni Andi Irfan Jaya selaku rekan jaksa Pinangki.

"Hal itu sesuai dengan proposal 'ACTION PLAN' yang dibuat oleh terdakwa PSM dan diserahkan oleh Andi Irfan Jaya kepada Djoko Soegiarto Tjandra," jelas dia.

Selain itu, jaksa Pinangki, Andi Irfan Jaya, dan Djoko Tjandra juga bersepakat untuk memberikan uang sejumlah 10 juta USD kepada pejabat di Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung untuk keperluan mengurus permohonan fatwa MA melalui Kejagung.

Kemudian, lanjut Hari, Djoko Tjandra memerintahkan adik iparnya yaitu almarhum Herriyadi Angga Kusuma untuk memberikan uang kepada jaksa Pinangki melalui Andi Irfan Jaya di Jakarta sebesar 500 ribu USD sebagai Down Payment (DP). Andi Irfan Jaya lantas langsung menyerahkan uang tersebut ke jaksa Pinangki yang sebagian diberikan ke Anita Kolopaking sebesar 50 ribu USD sebagai pembayaran awal jasa penasehat hukum.

"Sedangkan sisanya sebesar 450 ribu USD masih dalam penguasaan terdakwa Pinangki Sirna Malasari. Namun dalam perjalanannya, ternyata rencana yang tertuang dalam 'ACTION PLAN' tidak ada satu pun yang terlaksana," kata Hari.

Djoko Tjandra yang kecewa lantas pada bulan Desember 2019 membatalkan action plan dengan cara memberikan catatan pada kolom notes dari proposal action plan itu lewat tulisan tangan 'NO'.

Hari menyebut, sisa uang sebesar 450 ribu USD yang berada dalam penguasaan jaksa Pinangki ditukarkan ke valas melalui sopirnya atas nama Sugiarto dan Beni Sastrawan. Uang hasil penukaran kemudian digunakan untuk dibelikan mobil BMW X-5, pembayaran dokter kecantikan di Amerika, sewa Apartemen atau Hotel di New York Amerika, pembayaran dokter home care, pembayaran kartu kredit, dan transaksi lain untuk kepentingan pribadi.

"Serta pembayaran sewa Apartemen Essence Darmawangsa dan Apartemen Pakubowono Signature yang menggunakan cash atau tunai USD," Hari menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Diprediksi Makin Merosot, Ternyata Ini Penyebabnya

Posted: 22 Sep 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 pada perdagangan hari ini, Rabu (23/9) menjadi Rp 1.007.000 per gram dari posisi kemarin di Rp 1.009.000 per gram. Harga emas terus menurun sejak Rabu (16/9) turun Rp 7.000 ke posisi Rp 1.030.000 per gram.

Dikutip laman logammulia.com, emas dijual mulai ukuran 0,5 gram hingga 1.000 gram. Sementara itu, harga jual kembali emas Antam atau buyback turun Rp 3.000 ke posisi Rp 904.000 per gram.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi harga emas terus mengalami penurunan setelah sempat mencapai level tertinggi, baik di tingkat global maupun nasional. Penurunan Ini didorong optimisme pasar terhadap kemajuan pengembangan vaksin anti Corona.

"Salah satu penyebab utama anjloknya harga emas atau logam mulia ini, karena masalah kemajuan vaksin sudah ditemukan di berbagai negara termasuk Indonesia," jelas dia saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (23/9).

Ibrahim mengatakan semakin dekatnya kehadiran vaksin anti Corona di ruang lingkup masyarakat global akan menciptakan suatu kepastian dalam berinvestasi. Sehingga wajar jika pelaku pasar mulai beralih ke instrumen investasi lainnya, seperti saham dan obligasi.

"Artinya kan, sektor investasi logam mulia mulai berkurang peminatnya. Dengan adanya vaksin orang akan lebih ke arah saham dan obligasi lagi," ujar dia.

Selain itu, anjloknya harga emas dunia juga dipengaruhi oleh penguatan indeks dollar. "Hal ini dipengaruhi optimisme Federal Reserve Amerika Serikat (AS) atas kebijakannya menurunkan suku bunga hingga 2023 ketika pasar tenaga kerja mencapai lapangan kerja maksimum dan inflasi berada di jalur untuk melebihi target inflasi 2 persen," imbuh dia.

Oleh karena itu, harga emas diproyeksi bakal mengalami tren penurunan kedepannya. Seperti bulan September ini emas berpeluang turun ke angka USD 1.919 per ounce, kemudian merosot ke USD 1.860 hingga USD 1.794 di kuartal IV.

"Peluang harga emas internasional terjun bebas ke USD 1.919, USD 1.860 dan USD 1.794 sangat besar sekali. Angka tersebut sesuai dengan data teknikal (W1) di metatrader," terangnya.

Sehingga, tutup Ibrahim, saat ini bukan waktu yang tepat bagi masyarakat untuk berinvestasi logam mulia.

"Karena ada harapan akan di bawah Rp 1 juta (per gram). Jadi, jangan sampai menyimpan emas terlalu lama baiknya," tukasnya Ibrahim.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com     

Turun Lagi, Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 2.000 per Gram

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 menjadi Rp 593 ribu per gram pada perdagangan hari ini, Jakarta, Selasa (15/11). Di awal pekan harga emas Antam ada di angka Rp 595 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 menjadi Rp 593 ribu per gram pada perdagangan hari ini, Jakarta, Selasa (15/11). Di awal pekan harga emas Antam ada di angka Rp 595 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga emas Antam atau emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun Rp 2 ribu per gram menjadi Rp 1.007.000 per gram pada hari ini, Rabu (23/9/2020). Sebelumnnya logam mulia ini dipatok di harga Rp 1.009.000 oer gram.

Demikian pula harga buyback emas Antam turun Rp 3 ribu menjadi Rp 904 ribu per gram. Harga buyback merupakan patokan bila Anda menjual maka Antam akan membelinya di harga Rp 904 ribu per gram.

Sementara harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 10.220.000, sementara untuk ukuran 20 gram dijual Rp 19.890.000.

Ini merupakan harga emas Antam yang dijual di Pulogadung, Jakarta. Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.54 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam belum termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Anda bisa memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen) jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Berikut daftar harga emas Antam:

* Pecahan 0,5 gram Rp 533.500

* Pecahan 1 gram Rp 1.007.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.954.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.906.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.815.000

* Pecahan 10 gram Rp 9.565.000

* Pecahan 25 gram Rp 23.787.000

* Pecahan 50 gram Rp 47.495.000

* Pecahan 100 gram Rp 94.912.000

* Pecahan 250 gram Rp 237.015.000

* Pecahan 500 gram Rp 473.820.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 947.600.000.

Harga Emas Turun Lagi Menanti Kepastian The Fed

Harga jual emas batangan Antam ukuran satu gram dibanderol di harga Rp 599.000 per gram, Jakarta, Senin (10/10). Jumlah itu tidak mengalami perubahan dari harga perdagangan akhir pekan kemarin, yakni Rp 599.000 per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Harga jual emas batangan Antam ukuran satu gram dibanderol di harga Rp 599.000 per gram, Jakarta, Senin (10/10). Jumlah itu tidak mengalami perubahan dari harga perdagangan akhir pekan kemarin, yakni Rp 599.000 per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga emas turun untuk sesi kedua berturut-turut pada hari Selasa karena dolar naik mendekati puncak dua bulan. Di sisi lain investor mengawasi dengan cermat pernyataan dari pejabat Federal Reserve AS tentang keadaan ekonomi.

Jalan ke depan untuk ekonomi tetap tidak pasti dan bank sentral AS akan berbuat lebih banyak jika diperlukan, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kepada panel kongres pada hari Selasa.

Secara terpisah, Presiden Federal Reserve Chicago Charles Evans mengatakan ekonomi AS berisiko resesi, jika Kongres AS gagal meloloskan paket fiskal.

Dikutip dari CNBC, Rabu (23/9/2020), harga emas di psar spot turun 0,4 persen menjadi USD 1,904.34 per ounce, membalikkan kenaikan sebelumnya. Emas berjangka AS turun 0,2 persen pada 1.907,60 per ounce.

Aksi jual tajam di seluruh kelas aset pada hari Senin menyeret emas turun ke level terendah sejak 12 Agustus, di USD 1.882,70.

"Ketika kita melihat emas dan ekuitas turun pada saat bersamaan, investor membutuhkan uang tunai. Logam mulia selalu menjadi sumber yang baik untuk menghasilkan uang. Itu adalah faktor kemarin, tetapi hari ini kami pikir sebagian besar dolar dan teknis," kata Chris Gaffney, presiden pasar dunia di TIAA Bank.

"Dolar mempertahankan kekuatannya dan pada dasarnya itu membebani harga emas," tambahnya.

Dolar mencapai level tertinggi sejak akhir Juli terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, dengan kurangnya kemajuan Washington dalam mencapai kesepakatan stimulus fiskal.

Harapannya adalah bahwa lewatnya Hakim Ruth Bader Ginsburg akan menciptakan perpecahan tambahan antara Demokrat dan Republik, yang akan mengarah pada kemungkinan yang lebih kecil dari rencana stimulus yang diajukan, kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

Meningkatnya kasus virus corona telah membayangi harapan pemulihan ekonomi yang cepat dan mendorong bank sentral untuk melonggarkan sikap moneter mereka, membantu harga emas naik sekitar 25 persen sepanjang tahun ini.

Tapi, harga emas telah mengupas keuntungan sejak mencapai rekor puncak pada Agustus karena Kongres AS selama berminggu-minggu tetap menemui jalan buntu mengenai ukuran dan bentuk RUU tanggapan virus korona berikutnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Perluas Lumbung Pangan Nasional di Sumsel, NTT, dan Papua

Posted: 22 Sep 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi siap melakukan perluasan lumbung pangan nasional atau food estate di Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Sumatera Selatan.

"Sudah mulai pengerjaan di lapangan untuk provinsi yang lain di Papua, NTT, dan Sumatera Selatan," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan secara daring tersebut, Rabu (23/9/2020).

Ekspansi ini, kata Jokowi, tidak untuk mengesampingkan dua titik awal lumbung pangan yang sudah dicanangkan, yakni Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Dia menegaskan dua titik tersebut bisa menjadi prioritas sebagai antisipasi langkah impor.

"Ini mengantisipasi perubahan iklim mengurangi ketergantungan kita impor pangan," jelas Jokowi.

Lumbung pangan nasional digerakkan Jokowi berbasis korporasi petani. Kegiatan yang sudah berjalan di Kalimantan Tengah adalah dengan intensifikasi dan ekstensifikasi lahan rawa melalui pengembangan sistem hulu sampai hilir.

 

Lumbung Pangan Padi di Kalteng Mulai Tanam Penuh pada 2021

Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto memberikan keterangan saat meninjau lahan yang akan dijadikan
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto memberikan keterangan saat meninjau lahan yang akan dijadikan

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan lumbung pangan atau food estate padi di Kalimantan Tengah (Kalteng) seluas 165 ribu ha bisa mulai tanam penuh pada 2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menerangkan, pengembangan lumbung pangan di Kalteng terbagi untuk tanaman padi di lahan aluvial eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG) seluas 165 ribu ha yang dikerjakan Kementerian Pertanian, serta untuk tanaman singkong dengan leading sektor Kementerian Pertahanan seluas 60 ribu ha.

Sebagai tahap awal, ia melanjutkan, akan mulai dikerjakan peningkatan dan rehabilitasi irigasi seluas 32 ribu ha pada Oktober 2020. Itu terdiri dari 30 ribu ha di kawasan dengan kondisi sawah dan irigasi baik, serta 2.000 ha di Kecamatan Dadahup.

"Untuk tanaman padi dimulai dengan perbaikan saluran irigasi dan perbaikan jalan masuk (aksesibilitas) menuju kawasan food estate pada Oktober 2020. Sisanya 133 ribu ha akan dilanjutkan nanti 2021," jelas Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020).

"Sehingga akhir tahun 2021 kawasan estate padi seluas 165 ribu ditargetkan selesai dikerjakan seluruhnya dan bisa mulai tanam secara utuh pada 2021. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 6,47 triliun," dia menambahkan.

Dalam pengembangan lumbung pangan di berbagai wilayah, Menteri Basuki meneruskan, turut dilakukan kegiatan pengembangan irigasi baru seluas 25 ribu ha di Jambo Aye, Batang Asai, Slinga, Bintang Bano, Tingal, Karau, dan Amandit.

Kemudian rehabilitasi dan peningkatan irigasi 250 ribu ha di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Food Estate Kalteng), Cikunten, Manganti, Batang Ilung, dan Batanghari.

"Termasuk irigasi tambak dan jaringan Irigasi Tanah (JIAT) dengan alokasi anggaran sebesar Rp 12,5 triliun," sambung Menteri Basuki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota TNI Tersangka Kasus Perusakan Polsek Ciracas Jadi 66 Orang

Posted: 22 Sep 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - TNI menetapkan satu lagi anggota TNI Angkatan Darat (AD) sebagai tersangka kasus perusakan Polres Ciracas dan sejumlah lokasi lainnya di kawasan Jakarta Timur. Kini, 66 anggota TNI yang statusnya naik menjadi tersangka dalam perkara tersebut.

Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis menyampaikan, sudah ada 125 anggota TNI yang diperiksa terdiri dari AD, Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

"Jumlah tersangka oknum TNI Angkatan Darat saat ini sebanyak 58 orang dari 26 satuan. Sebanyak lima orang personel dimintai keterangan, dari lima orang personel tersebut satu orang sudah dinaikkan statusnya sebagai tersangka dan yang sisanya tetap dilakukan pendalaman," tutur Eddy saat konferensi pers soal Polres Ciracas, Rabu (23/9/2020).

Menurut dia, untuk tersangka dari TNI AL sebanyak tujuh orang dan dari TNI AU ada satu orang. Pihaknya kini masih terus melanjutkan pemeriksaan penyelidikan dan penyidikan kasus pengerusakan Polres Ciracas.

"Mendalami atau pun mengungkap tersangka lainnya yang belum terungkap seperti yang tertera di dalam beberapa bukti-bukti yang kita miliki. Kita punya ada rekaman, kemudian ada foto, kemudian ada data handphone, kita berusaha dan bekerja bersama-sama dengan instansi terkait lainnya untuk mengungkap siapa saja yang ada bukti-bukti tersebut," kata Eddy.

 

Ganti Rugi

Hingga kini Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI telah menetapkan puluhan anggota TNI dari lintas kesatuan sebagai tersangka dalam aksi penyerangan di Polsek Ciracas tersebut.

Pihak TNI juga sudah mengganti kerugian yang ditimbulkan dalam aksi massa itu. Lebih dari seratus orang yang menerima ganti rugi dengan total lebih dari setengah miliar rupiah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resesi di Depan Mata, Ini Dampak Terburuk yang akan Melanda Indonesia

Posted: 22 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru-baru ini merevisi forecast pertumbuhan ekonomi kuartal 3.

Dalam perhitungannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal 3 diperkirakan minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen. Angka tersebut lebih dalam jika dibandingkan dengan proyeksi semula, yakni sebesar minus 2,1 persen hingga 0 persen.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal 2 terkontraksi hingga 5,32 persen. Dengan demikian, Indonesia dipastikan resesi karena akan mengalami kontraksi PDB dua kuartal berturut-turut, yakni kuartal 2 dan 3.

Menghadapi kenyataan tersebut, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara menyebutkan kemungkinan terburuknya adalah bertambahnya angka kemiskinan. Sehingga pemerintah harus tanggap dalam memberikan jaring pengaman sosial.

"Persiapan pemerintah mengantisipasi gelombang PHK yang merata di hampir semua sektor. Jika angka pengangguran tidak bisa tertolong dengan jaring pengaman, maka yang ada resiko ke angka kemiskinan yang naik dan ancaman konflik sosial makin tinggi. Jadi segera tambah BLT untuk pengangguran, korban PHK, dan pekerja informal," kata Bhima kepada Liputan6.com, Rabu (23/9/2020).

Untuk itu, Bhima menekankan kepada pemerintah untuk kembali melakukan kalkulasi terhadap bantuan atau subsidi yang dikucurkan. "Nominal BLT pun harus lebih besar dari sebelumnya, idealnya Rp 1,2 juta per orang per bulan selama 3-6 bulan. Bantuan berupa sembako juga bisa difokuskan ke daerah daerah yang padat penduduk seperti Jabodetabek," jelas dia.

Menilik akar dari krisis kali ini, Bhima menyembutkan penanganan wabah covid-19 perlu menjadi fokus utama. Menurutnya, kegiatan ekonomi akan turut bergerak seiring dengan membaiknya penanganan wabah.

"Langkah pemerintah juga penting untuk menjamin pengendalian wabah berjalan optimal dan cepat. Ini kan akar masalahnya karena aktivitas ekonomi macet saat pandemi, maka solusinya adalah tangani masalah kesehatan dengan lebih serius. Semakin cepat pandemi tertangani semakin cepat recovery," ujar Bhima.

Lonjakan Harga CPO Cs jadi Penyelamat Ekonomi Indonesia?

Ilustrasi CPO 4 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi CPO 4 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Di tengah prediksi ekonomi Indonesia terus minus, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan masih ada harapan adanya pemulihan kinerja ekonomi. Terutama kegiatan manufaktur dan adanya perbaikan harga sejumlah komoditas pada kuartal III tahun ini.

Sebelumnya, Menkeu memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III terkontraksi 2,9 persen.

"Kemenkeu yang tadinya melihat ekonomi kuartal III minus 1,1 persen hingga positif 0,2 persen, dan yang terbaru per September 2020 ini minus 2,9 persen sampai minus 1,0 persen. Negatif teritori pada kuartal III ini akan berlangsung di kuartal IV. Namun kita usahakan dekati nol," kata Sri Mulyani dalam APBN kita, Selasa (22/9/2020).

Adapun harga sejumlah komoditas yang disebut naik, diantaranya minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang menjadi andalan ekspor pemerintah.

Selain itu, Menkeu juga menyinggung soal harga minyak dunia yang masih naik. Bahkan melebihi asumsi pada Perpres 54/2020. Dimana baseline asumsi harga ICP (Indonesia Crude Price) ialah USD 38/barel untuk harga rata-rata sepanjang tahun 2020.

"Ini dilihat dari berbagai harga komoditas, harga minyak di atas USD 40 per barel, lebih tinggi dari asumsi di Perpres yang masih di USD 35, USD 36 dan sekarang sudah ada di atas USD 40 per barel," kata Sri Mulyani.

Lainnya, ada harga emas, yang disebut Sri Mulyani terus naik seiring dengan posisinya sebagai aset safe haven (aman investasi).

"Harga komoditas lain ada perbaikan, emas safe haven dari situasi ketidakpastian makannya melonjak di Agustus dan masih bertahan tinggi di September. LNG turun tajam di September, dari harga tembaga juga mengalami kenaikan," kata dia.

Menkeu menjelaskan, harga CPO merangkak naik setelah tertekan luar biasa di Mei dan Juni sehingga sudah terlihat pulih di Agustus dan September. Sementara untuk batu bara belum menunjukkan adanya pemulihan.

"Batu bara belum ada pemulihan, masih shock, sejak Mei dan belum ada tanda pemulihan, harga stabil. Jadi dalam hal ini RI, komoditas batu bara masih tertekan, CPO membaik, LNG ada perbaikan meski masih labil," jelas Sri Mulyani. 

Siap-Siap Resesi, Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Indonesia Kuartal III Minus 2,9 Persen

Ilustrasi Grafik Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/MarkusSpiske
Ilustrasi Grafik Pandemi Covid-19 Credit: pexels.com/MarkusSpiske

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 mencapai minus 2,9 hingga minus 1,0 persen. Ini artinya Indonesia siap-siap menuju jurang resesi.

Sementara secara keseluruhan di 2020, Kemenkeu memprediksi pertumbuhan ekonomi akan mencapai minus 1,7 sampai minus 0,6 persen.

"Kementerian Keuangan melakukan revisi forecast pada bulan September ini, yang sebelumnya kita memperkirakan untuk tahun ini adalah minus 1,1 hingga positif 0,2 persen. Forkes terbaru kita pada bulan September tahun 2020 adalah pada kisaran minus 1,7 hingga minus 0,6," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam APBN Kita, Rabu (23/9/2020).

Sementara perkiraan berbagai institusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia belum banyak mengalami revisi. Dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 diprediksi minus.

"Kalau kita lihat berbagai institusi yang melakukan forkes terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia belum ada update, namun kira-kira mereka rata-rata sekarang memproyeksikan ekonomi Indonesia tahun 2020 semuanya pada zona negatif kecuali bank dunia yang masih pada posisi nol," kata Menkeu.

Rinciannya, OECD memperkirakan -3,3 persen. Ini lebih baik dari yang tadinya diperkirakan OECD antara 3,93 hingga minus 2,8 persen (yoy). ADB memperkirakan Indonesia mengalami kontraksi 1 persen (yoy), Bloomberg - 1 persen (yoy), IMF di - 0,3 persen (yoy), dan Bank Dunia 0 persen (yoy).

"Ini artinya negatif teritori kemungkinan akan terjadi pada Kuartal ke-3. Dan mungkin juga masih akan berlangsung untuk kuartal ke-4 yang kita upayakan untuk bisa mendekati nol atau positif," tutur Menkeu.

Sementara untuk tahun 2021, pemerintah tetap menggunakan perkiraan sesuai dengan yang dibahas dalam RUU APBN 2021, yaitu antara 4,5 hingga 5,5 persen (yoy) dengan forecast titiknya 5,0 persen (yoy).

OECD tahun depan memperkirakan Indonesia tumbuh di 5,3 persen, ADB juga pada kisaran 5,3 persen, Bloomberg median di 5,4 persen, IMF 6,1 persen, dan World Bank di 4,8 persen.

"Semua forecast ini semuanya subject to, atau sangat tergantung kepada bagaimana perkembangan kasus covid-19 dan bagaimana ini akan mempengaruhi aktivitas ekonomi," pungkas Menkeu.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet di Berbagai Perangkat, Anti Lemot

Posted: 22 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup manusia. Semamkin majunya zaman, internet dengan mudah bisa diakses oleh semua manusia di seluruh dunia.

Dengan menggunakan internet, tidak ada lagi pemisah jarak dan waktu yang menghambat tersampaikannya sebuah informasi baru. Bahkan, apa yang sedang terjadi di negara lain dapat dengan mudah diketahui hingga Indonesia, begitupun sebaliknya.

Sayang, dengan kebutuhan internet yang tinggi, sinyal internet terkadang justru tidak bisa diandalkan. Bayangkan saja ketika sedang streaming YouTube tiba-tiba mengalami buffer. Tentu hal tersebut membuat pengalaman menonton menjadi tidak menyenangkan. Itulah mengapa penting untuk mengetahui bagaimana cara mempercepat koneksi internet tersebut.

Bisa saja masalah koneksi tersebut karena jaringan yang lagi eror atau bisa dikarenakan kesalahan dalam pengaturan PC atau laptop. Namun sebenarnya cara mempercepat koneksi internet bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu repot-repot memanggil teknisi khusus agar koneksi internet tidak lemot.

Agar lebih jelas bagaimana cara mempercepat koneksi internet baik di PC atau smarthone Anda, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut, Rabu (23/9/2020).

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Paling Dasar

Ilustrasi anak dan laptop | August de Richelieu dari Pexels
Ilustrasi anak dan laptop | August de Richelieu dari Pexels

1. Periksa kecepatan internet

Cara mempercepat koneksi internet yang pertama dengan mengetahui kondisi dari kecepatan internet Anda terlebih dahulu. Sebab, dengan mengetahui kecepatan internet tersebut, Anda bisa mengetahui apakah kecepatan yang tertera pada data termasuk optimal untuk paket internet langganan dari ISP (Internet Service Provider) Anda atau tidak.

 

2. Matikan program yang tidak dibutuhkan

Pada sistem operasi Windows biasanya ada beberapa program yang berjalan di latar belakang. Program tersebut bisa saja tetap beroperasi meski tidak Anda buka sebelumnya. Berbagai program yang beroperasi tersebut masih bisa terhubung ke internet dan akan mengurangi kecepatan internet Anda.

Cara untuk mematikan program yang berjalan di latar belakang tersebut, yaitu dengan Task Manager atau bisa gunakan shortcut CTRL + Shift + Esc. Kemudian buka tab Startup dan pilih program yang Anda ingin matikan (klik > disable).

 

3. Bersihkan berkas sampah

Kemudian cara mempercepat koneksi internet yang juga efektif yatu dengan menghapus "Berkas sampah" atau biasa disebut junk dan cache. Keberadaan berkas tersebut dapat membuat penuh ruang memori internal perangkat yang digunakan. Selain itu, membersihkan berkas junk tersebut bisa meningkatkan responsivitas browser saat melakukan akses internet.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Selanjutnya

Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels
Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels

4. Blokir iklan

Mungkin cara mempercepat koneksi internet bisa dibilang berlaku ke semua perangkat, baik itu Windows, MacOS, bahkan Android sekalipun. Pada perangkat Windows atau MacOS, Anda dapat menggunakan ekstensi browser pada Google Chrome seperti uBlock Origin yang berfungsi memblokir iklan. Sedangkan pada perangkat Android Anda bisa menggunakan aplikasi seperti AdGuard.

Memanfaatkan pemblokir iklan sangat ampuh untuk menaikkan kecepatan internet. Hal ini karena browser yang digunakan akan mendeteksi IP address penyedia iklan, kemudian langsung memuat laman situs web yang ingin Anda tuju. Selain itu, cara ini juga berguna untuk menurunkan konsumsi kuota internet.

 

5. Cek perangkat yang tersambung

Hal ini penting dilakukan terutama bagi Anda yang menggunakan Wi-Fi di rumah. Sebab jika tidak diawasi, bisa saja orang asing "mencuri" koneksi Wi-Fi tersebut. Apabila sudah terlalu banyak yang menyambung, maka bukan tidak mungkin koneksi Anda akan menjadi lemot.

Untuk mengetahui jumlah perangkat yang tersambung ke jaringan internet Anda, dengan menggunakan software tambahan atau membuka IP address yang digunakan router Anda di browser. Kemudian login dengan detail akun yang diberikan oleh pihak ISP.

Atau Anda bisa juga menggunakan beberapa aplikasi gratis yang tersedia secara online untuk mengecek jumlah perangkat yang terhubung.

 

6. Restart router

Router internet butuh di-restart agar sistem yang terdapat di dalamnya bisa kembali "bersih" dari berbagai kode pemrosesan hasil koneksi yang terhubung ke puluhan hingga ratusan situs web. Cara untuk restart router tersebut sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol power dua kali pada router.

Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Terakhir

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

7. Periksa kabel ethernet

Apabil menggunakan sambungan ethernet konvensional atau biasa disebut kabel LAN, baik ke laptop atau komputer, maka ketika sinyal lemot bisa jadi karena kabel ethernet mengalami gangguan atau mungkin saja rusak.

 

8. Aktifkan data saver

Cara mempercepat koneksi internet selanjutnya dengan mengaktifkan fitur data saver. Biasanya fitur ini ada di browser Google Chrome. Fitur ini pada esensinya berfungsi menghemat kuota data internet. Tapi, fitur ini juga bisa meningkatkan kecepatan internet di smartphone. Data saver dapat mengurangi muatan sebuah situs agar ukurannya lebih kecil.

 

9. Cek letak router

Cara mempercepat koneksi internet yang terakhir dengan memperhatikan letak dari router yang digunakan. Sebab, letak router memengaruhi kecepatan koneksi. Apabila meletakkan router di belakang barang yang berserakan maka berpotensi memperburuk sinyal Wi-Fi.

Hal tersebut juga berlaku jika diletakkan di ruangan yang tertutup beton, cor, atau metal. Sebab, material kuat tersebut dapat menghalau gelombang Wi-Fi. Selain itu, semakin jauh Anda dari sumber Wi-Fi, akan membuat sinyal semakin lemah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WandaVision Jadi Serial Marvel yang Pertama Kali Tiba di Disney Plus

Posted: 22 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marvel akhirnya mengumumkan serial pertamanya yang akan tiba di Disney Plus. Setelah beberapa syuting terhambat pandemi, rupanya WandaVision berhasil dirampungkan terlebih dahulu.

Bahkan, serial WandaVision dijadwalkan siap untuk tayang pada Desember tahun ini. Sebuah trailer bernuansa unik untuk serial Marvel Cinematic Universe ini pun sudah bisa disaksikan di dunia maya.

Dalam video trailer WandaVision, digambarkan bahwa Wanda Maximoff alias Scarlet Witch berada di era pertengahan abad 20. Mengejutkannya, ia tinggal bersama Vision yang berwujud manusia.

Realita yang Lain

WandaVision. (Marvel Studios/Disney)
WandaVision. (Marvel Studios/Disney)

Namun, ada kesan bahwa di serial ini Wanda seperti sedang bereksperimen dengan kekuatan sihirnya untuk menciptakan realita yang lain. Ia juga seolah terobsesi untuk bisa bersama Vision selamanya.

 

Hidup Lagi

WandaVision. (Marvel Studios/Disney)
WandaVision. (Marvel Studios/Disney)

Bahkan, ada beberapa adegan di trailernya yang menyiratkan bahwa Vision hidup lagi setelah ia digambarkan tewas dibunuh dalam film Avengers: Infinity War.

 

Tersambung ke Doctor Strange 2

Rencananya, serial ini akan berjumlah enam episode dan menjadi babak keempat Marvel Cinematic Universe. Bahkan, sejumlah kabar menyebutkan bahwa serial ini akan menjadi pemicu konflik dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

 

Para Pemain Lain

Menariknya lagi, serial ini juga menampilkan tiga karakter lain yang pernah tampil di film-film Marvel sebelumnya. Mereka adalah Monica Rambeau dari film Captain Marvel, Darcy Lewis dari film Thor, dan Jimmy Woo dari film Ant-Man and the Wasp.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan Barcelona, Arturo Vidal Resmi ke Inter Milan

Posted: 22 Sep 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Inter Milan akhirnya resmi merekrut Arturo Vidal, Selasa waktu setempat (22/9/2020). Pemain asal Cile tersebut diboyong dari Barcelona dengan harga diperkirakan mencapai 1 juta euro plus bonus.

Arturo Vidal pindah setelah dua musim memperkuat Blaugrana. Ini menjadi kali kedua pemain berusia 33 tahun tersebut merasakan ketatnya persaingan di pentas sepak bola Liga Italia, Serie A. 

Sebelumnya, Vidal juga sempat memperkuat Juventus yang ditangani oleh Antonio Conte pada tahun 2011-2015. Kini keduanya kembali bertemu. Conte dipercaya menangani Inter Milan sejak musim lalu. 

Musim lalu, Vidal sempat bermain 43 kali untuk Barcelona. Meski demikian, penampilan Vidal tidak cukup meyakinkan bagi pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda itu tidak memasukkan Vidal dalam rencananya, begitu juga dengan Ivan Rakitic dan Arthur Melo. 

 

Pesan Messi

Arturo Vidal puji kemenangan Barcelona atas Rayo Vallecano (BENJAMIN CREMEL / AFP)
Arturo Vidal puji kemenangan Barcelona atas Rayo Vallecano (BENJAMIN CREMEL / AFP)

Meski demikian, kehadiran Vidal di Barcelona telah meninggalkan kesan mendalam bagi kapten Barcelona, Lionel Messi dan sejumlah pemain senior lainnya, termasuk Luis Suarez. Saat mengetahui Vidal akan pindah, mereka ramai-ramai menyampaikan ucapan perpisahan kepada Vidal. 

"Aku mengenalmu karena kita saling berhadapan di lapangan dan kami tampak seperti fenomena bagiku. Tapi kemudian aku beruntung bertemu denganmu secara pribadi dan kami bahkan lebih mengejutkanku," bunyi pesan perpisahan yang disampaikan Messi kepada Arturo Vidal.

Sampaikan Salam Perpisahan

Gelandang Barcelona, Arturo Vidal saat mengikuti sesi latihan tim di stadion San Paolo di Naples, Italia (24/2/2020). Barcelona akan bertanding melawan Napoli pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Filippo Monteforte)
Gelandang Barcelona, Arturo Vidal saat mengikuti sesi latihan tim di stadion San Paolo di Naples, Italia (24/2/2020). Barcelona akan bertanding melawan Napoli pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Filippo Monteforte)

Vidal juga sudah menyampaikan ucapan perpisahannya kepada Barcelona. Dalam pernyataannya, Vidal mengaku tidak akan pernah melupakan tim berjuluk Blaugrana tersebut.

Seperti apa kata-kata perpisahan Vidal kepada Barcelona, selengkapnya ada di halaman selanjutnya.

Barcelona di Hati

"Hari ini saya mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang di FC Barcelona, setelah menjalani dua musim yang menyenangkan di klub hebat ini. Saya sangat bangga mengenakan kostum ini dan bermain dengan pemain dan orang-orang hebat. Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada keluarga, rekan setim, para pelatih, dokter, staf dan semua fans yang luar biasa yang selama ini menunjukkan cintanya kepada saya," kata Vidal seperti dilansir dari AS.

"Hari ini saya mengawali tingkatan baru dalam hidupku tapi mereka akan selalu di hatiku. Sampai ketemu lagi, dan selalu Visca Barca!"

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Bandung Terima Kiriman 20 Ribu Masker dari Suwon, Korea Selatan

Posted: 22 Sep 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung mendapat bantuan alat pelindung diri (APD) masker dari Kota Suwon, Korea Selatan. Rincian bantuan berasal dari sister city itu, berupa masker jenis KF94 atau KF80 sebanyak 20 ribu masker dengan nilai Rp296.712.000.

Wali Kota Bandung yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Oded M. Danial menghaturkan terima kasih atas kolaborasi dan perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Suwon untuk Pemkot Bandung dalam upaya menekan pertumbuhan pandemi.

"Alhamdulillah, Pemkot Bandung kembali mendapatkan bantuan masker. Kali ini dari Kota Suwon. Mudah-mudahan ini dapat membantu Pemkot Bandung menekan penyebaran COVID-19 di Kota Bandung," ujar Oded dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Rabu, 23 September 2020.

Kota Suwon, Korea Selatan merupakan sister city (kota bersaudara) sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerja Sama Kota Bersaudara pada 25 Agustus 1997 lalu.

Oded memastikan, Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung akan menginventarisir data permohonan dan menyalurkan bantuan sesuai mekanisme dan ketersediaan masker.

"Nanti secepatnya akan menyalurkan masker tersebut. Disesuaikan dengan permohonan dan data yang diterima sesuai dengan kebutuhan dan mekanisme tertib administratif," kata Oded.

 

20 Ribu Masker

Bantuan masker secara simbolis diberikan oleh Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bandung, Duddy Prayudi kepada Oded. Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kepala Disdagin yang juga Koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Elly Wasliah.

Duddy Prayudi mengatakan bahwa bantuan ini didasari atas kerja sama sister city antara Pemerintah Kota Suwon dengan Pemkot Bandung.

"Pemkot Suwon berinisiasi untuk memberikan bantuan masker kepada Kota Bersaudara atau sister city di seluruh dunia berupa masker. Alhamdulillah Kota Bandung mendapatkan 20.000 masker," tuturnya.

Duddy menambahkan, seluruh proses administrasi dan biaya pengiriman masker menjadi tanggung jawab Pemkot Suwon.

Artinya ucap Duddy, Pemkot Bandung hanya menerima bantuan saja. Seluruh proses administrasi dilakukan oleh Pemkot Suwon.

"Kita berkoordinasi dengan Bea Cukai," jelas Duddy.

Tak hanya masker, ia pun berharap mendatang ada beberapa sister city yang dapat memberikan bantuan APD lainnya untuk kebutuhan penanganan COVID-19 di Kota Bandung. (Arie Nugraha)

Infografis Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Akibat Pencemaran Udara, 5,5 Juta Warga DKI Terinfeksi Saluran Pernafasan

Posted: 22 Sep 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan ada jutaan warga Ibu Kota terinfeksi saluran pernafasan akibat pencemaran udara. Untuk biaya pengobatannya pun diperkirakan mencapai Rp 6,8 triliun.

"Pakar mengatakan 5,5 juta kasus penyakit disebabkan oleh pencemaran udara per tahunnya di Jakarta. Itu hampir 11 kasus setiap menitnya," kata Anies dalam diskusi virtual, Rabu (23/9/2020).

Karena hal itu, dia menyatakan pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah pihak agar adanya peningkatan kualitas udara yang lebih bersih di Jakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, dalam kerja sama tersebut juga dinyatakan kunci pengendalian polusi udara ada tiga aspek. Yakni science, kebijakan, dan komunikasi.

"Lebih dari beberapa dekade, tingkat polusi udara di kota-kota telah meningkat, seiring pertumbuhan ekonomi. Sama seperti di Jakarta, polusi di Jakarta juga berbahaya bagi kesehatan kita semua, seperti yang pedoman standar internasional dari WHO," papar Anies Baswedan.

 

 

Dampak Udara yang Baik

Selain itu, dia juga menyatakan sejumlah kota besar di dunia telah membuktikan dengan kualitas udara yang baik dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Pada akhirnya, ekonomi dan ekologi datang dari rute yang sama. Kami harus memastikan, perkembangan ekonomi dan kegiatan ekologi bisa saling berdampingan," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria yang Mengklaim Reinkarnasi Yesus Kristus Ini Dibekuk Pasukan Khusus Rusia

Posted: 22 Sep 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Siberia - Pemimpin sekte Agama terkemuka bernama Sergei Torop ditangkap di wilayah terpencil bagian Siberia, oleh pasukan keamanan Rusia, kata polisi.

Sergei Torop dikenal oleh pengikutnya sebagai Vissarion, ia mendirikan gereja yang dikenal sebagai Church of the Last Testamen atau Gereja Perjanjian Terakhir di wilayah Krasnoyarsk, Siberia pada tahun 1991.

Dirinya ditangkap bersama dengan dua pemimpin lain dalam kelompok tersebut. Mereka dituduh atas pemerasan uang, kekerasan fisik dan  psikologis bagi pengikutnya.

Dikutip dari BBC, Rabu (23/9/2020), Torop, Vadim Redkin, dan Vladimir Verdenikov dicurigai dikarenakan "mendirikan asosiasi keagamaan yang aktivitas tersebut melibatkan kekerasan terhadap individu dan menyebabkan luka tubuh yang parah pada dua orang atau lebih," kata juru bicara Komite Investigasi Rusia.

"Mereka (pengikutnya) menggunakan uang dan juga menggunakan psikologis terhadap mereka," katanya seperti dikutip dari media pemerintahan.

Mantan Polisi Lalu Lintas Klaim Titisan Yesus Kristus

Ilustrasi interogasi polisi. Source: newsinc.com
Ilustrasi interogasi polisi. Source: newsinc.com

Torop merupakan seorang mantan polisi lalu lintas yang berusia 59 tahun. Ia dilaporkan telah menarik ribuan pengikutnya sejak mendirikan kelompok agama tak lama setelah pecahnya Uni Soviet. Beberapa orang percaya dia adalah reinkarnasi Yesus Kristus.

Torop ditahan oleh pasukan keamanan setelah operasi khusus pada hari Selasa, dan video di TV Rusia menunjukkan seorang pria dengan seragam kamuflase sedang memimpin dua pria ke sebuah helikopter. Seorang penduduk lokal menulis di halaman Facebook bahwa empat helikopter dan puluhan pria bertopeng telah tiba di daerah tersebut, sebelum mereka mulai mencari rumah dan bangunan di dekatnya.

Pengikut Gereja Perjanjian Terakhir mendirikan sebuah pemukiman, yang dikenal sebagai Kota Matahari, di wilayah Kuraga di Siberia pada tahun 1995. Beberapa ratus anggota tinggal di pemukiman lain di wilayah tersebut.

Kemudian beberapa ratus anggota tinggal di pemukiman lain di wilayah tersebut. Pada tahun 2000, Kementerian Kehakiman Rusia mengatakan sekte tersebut telah mengumpulkan 10.000 pengikut di seluruh dunia.

Pengikut Torop Tidak Diizinkan untuk Merokok, Minum, atau Menukar Uang

Ikuti tips sederhana ini untuk jadikan rambut ikal tanpa alat catok. (Foto: Unsplash)
Ikuti tips sederhana ini untuk jadikan rambut ikal tanpa alat catok. (Foto: Unsplash)

Para pengikutnya tidak boleh merokok, minum, atau menukar uang, dan haarus hidup untuk kebutuhan sehari-hari. Orang-orang yang percaya kepada ajaran Torop juga tidak boleh mengonsumsi daging, kopi, teh, gula, roti, ragi, dan produk gandum, lapor BBC Ruia.

Kelompok ini menggabungkan elemen Gereja Ortodoks rusia dengan adanya tema reinkarnasi, serta persiapannya untuk kiamat yang akan datang.

 

Reporter : Romanauli Debora

Silahkan Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga 22 September, 224.924 Peserta Telah Ikut Tes SKB CPNS 2019

Posted: 22 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tahun ini, setelah sempat tertunda akibat adanya wabah Covid-19 yang masuk ke Indonesia beberapa bulan lalu.

Tercatat, hingga 22 September 2020 pukul 15.50 WIB, terdapat 224.924 peserta yang telah hadir dan melaksanakan tes SKB CPNS di seluruh Indonesia.

"Data peserta hadir ikuti SKB #CPNS2019, dari 499 instansi yang menggunakan CAT BKN hingga 22 September 2020 pukul 15.50 WIB sebanyak 224.924 peserta," demikian dikutip dari akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid, Rabu (23/9/2020).

Sebagai informasi, pelaksanaan SKB CPNS 2019 secara keseluruhan akan mulai digelar pada 1 September hingga 12 Oktober 2020. Jadwal pelaksanaan tersebut disampaikan dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor K 26-30/V 116-4/99 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019.

Pelaksanaan SKB CPNS 2019 dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat meski PSBB. Menurut data BKN per 21 September 2020, seluruh instansi pusat sudah melaksanakan tes SKB CPNS 2019. Sementara instansi yang belum melaksanakan tes berasal dari daerah.

Pelaksanaan dan materi SKB CPNS dilakukan dengan CAT serta dapat pula berupa Tes potensi akademik, Tes praktik kerja, Tes bahasa asing, Tes fisik atau kesamaptaan, Psikotes, Tes kesehatan jiwa, dan/atau Wawancara.

Tes SKB tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 jenis atau bentuk tes.

Tersisa 8 Instansi Daerah Belum Laksanakan SKB CPNS

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan jika sebanyak 425 instansi tengah atau telah melangsungkan tahap ujian SKB CPNS, hingga 21 September 2020. Itu terdiri dari 28 instansi pusat dan 397 instansi daerah.

Sementara masih tersisa 8 instansi yang akan dan belum melaksanakan tes SKB. Kedelapan instansi tersebut merupakan pemerintah daerah yang secara jadwal memang belum melaksanakan tes SKB CPNS.

Ini diungkapkan  Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono kepada Liputan6.com, Senin (21/9/2020).

Tercatat, jumlah peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun formasi 2019 mencapai lebih dari 213 ribu orang.

"Total peserta SKB CPNS formasi tahun 2019 yang mengikuti seleksi berbasis CAT BKN hingga Senin, 21 September berjumlah 213.392 orang," kata 

Ternyata tak semua hadir mengikuti SKB. Paryono melaporkan jika ada sebanyak 3.121 peserta yang tidak hadir dalam pelaksanaan tes SKB CPNS. Adapun total peserta pada tahap seleksi kali ini sebanyak 255.974 orang.

Berdasarkan informasi yang diberikan BKN, per Senin (21/9/2020) hari ini, ada sebanyak 131 instansi yang menghelat tes SKB CPNS di 46 titik lokasi (tilok).

Kemudian, sudah ada 73 instansi yang telah menyelesaikan pelaksanaan tes SKB CPNS hingga hari ini. Sebanyak 73 instansi tersebut terdiri dari 22 instansi pusat dan 51 instansi daerah.

Bikin Takjub, Peserta CPNS Asal Tegal Raih Skor SKB Sempurna Hingga 500

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pemerintah tengah menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda beberapa waktu lalu imbas masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia.

Ada hal menarik dalam pelaksanaan SKB CPNS 2019 ini. Ternyata, salah seorang peserta berhasil meraih skor SKB sempurna yaitu 500 dan menempati peringkat pertama di lokasi tesnya.

Hal ini diungkapkan melalui akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid, lengkap dengan lampiran bukti peraihan skornya.

"Salah satu peraih skor tertinggi pada SKB #CPNS2019 adalah pelamar formasi Pengelola Akuntansi di Kab Tegal. Kalian yang belum ikut ujian, auto merasa terpacu nggak nih dengan skor itu. Tapi ingat belajar giat pun jangan sampai lupa untuk jaga kesehatan, ya," demikian dikutip Minggu (20/9/2020).

Pelamar tersebut diketahui bernama Nastiti Wikan Mahanini. Di bawahnya, terdapat pula nama lain yang mendapat skor SKB 380, 375 dan 355.

Beragam reaksi netizen terlontar atas hal ini, mulai dari kagum hingga membandingkan dengan soal tes yang mereka hadapi, salah satunya di formasi keguruan.

"Wah kemaren saya juga udah liat yang 500 di Bandar Lampung, malah ada yang sampe 1 sesi 2 orang nilainya 500 tapi saya lupa di daerah mana. Hebat, sempurna banget! Tapi rasanya bukan formasi keguruan, karna untuk keguruan soalnya susah-susah sekali untuk pendagogik," tulis akun @bangtaniexs.

"Saya dikhianati soal keguruan minnnn masa guru bk dikasih soal pedagogi guru mapel pdhl kan beda banget :((( berasa sia sia materi kuliah selama ini," cuit akun @marcindil.

"Gilaaaaaa wkwkwk kemarin di formasi guru geografi jabar ,gak ada yg sampai 300, soal nya unpredictable banget min," ungkap akun @StefanoRiyan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Olivia Bakal Melahirkan Bayi Laki-Laki

Posted: 22 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usia kandungan Chelsea Olivia, sudah memasuki delapan bulan. Artinya, tak lama lagi ia akan melahirkan buah hati keduanya.

Namun, Chelsea Olivia belum juga memberitahu jenis kelamin bayi yang ada dalam kandungannya. Tak sedikit teman-teman selebritas Tanah Air yang penasaran.

Apalagi, saat Chelsea Olivia, bersama sang suami, Glenn Alinskie dan buah cintanya, Nastusha akan memecahkan sebuah balon berwarna hitam yang bertuliskan "Boy or Girl" ini.

 

Beri Tebakan

Chelsea Olivia - Glenn Alinskie (Foto: Instagram/@glennalinskie)
Chelsea Olivia - Glenn Alinskie (Foto: Instagram/@glennalinskie)

Dalam akun Instagram terverifikasi miliknya, Glenn Alinskie, memperlihatkan keseruannya bersama sang istri, dan anaknya untuk memberitahu jenis kelamin calon anak keduanya, Selasa (22/9/2020).

"2nd baby!! BOY or GIRL?" tulis Glenn Alinskie sebagai keterangan foto.

 

Ini Kata Selebritas Tanah Air

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Instagram/chelseaoliviaa)
Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie (Instagram/chelseaoliviaa)

Para selebritas Tanah Air pun menebak calon anak kedua Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie.

"It's a boy!!!😍😍😍😍," tulis Margin Wieheerm, kekasih Ali Syakieb.

Hal senada juga dikatakan Intan Rj, "Booyyyyy 😍😍😍😍."

"TEBAKANKU BENER! I'M SO HAPPY FOR YOUR LITTLE FAM KA GLEN!!" tambah Felicya Angelista.

 

Dibocorkan

Chelsea Olivia - Glenn Alinskie (Foto: Instagram/@glennalinskie)
Chelsea Olivia - Glenn Alinskie (Foto: Instagram/@glennalinskie)

Tak tahan untuk memberi kabar bahagia ini, Glenn Alinskie akhirnya membocorkan jenis kelamin calon anak keduanya tersebut.

"Feeling so happy and blessed and anxious for the arrival of our baby BOY," tulisnya dalam unggahan berikutnya.

 

Tak Sabar

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie mengaku tak sabar menanti kehadiran sang buah hati keduanya ini.

"We are all waiting for you little man..," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Radius Pencarian Korban Banjir Bandang Diperluas

Posted: 22 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pencarian korban banjir bandang Cicurug Sukabumi hingga radius 30 Km. Tim SAR gabungan membagi 2 tim ada yang menyusuri Sungai dan menyusuri bantaran Sungai Citatih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Bendera Amerika Tandai 200 Ribu Kematian Covid-19 di Negeri Paman Sam

Posted: 22 Sep 2020 09:30 PM PDT

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)
Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)
Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)
Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)
Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)
Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)
Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Aktivis dari COVID Memorial Project meletakkan ribuan bendera Amerika berukuran kecil di di halaman National Mall di Washington, Selasa (22/9/2020). Ribuan bendera itu menandai 200 ribu nyawa yang hilang akibat virus corona Covid-19 di Amerika Serikat. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bocoran Harga OnePlus 8T

Posted: 22 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus akan mengumumkan smartphone 8T dalam sebuah acara online pada 14 Oktober 2020.

Menyusul konfirmasi kehadiran smartphone tersebut, bocoran informasi tentang OnePlus 8T pun kembali beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Rabu (23/9/2020), salah satu informasi yang beredar adalah mengenai harga jualnya. OnePlus 8T dilaporkan akan dijual lebih mahal daripada OnePlus 8 ketika rilis.

OnePlus 8T varian RAM 8GB dan memori internal 128GB dibanderol 799 euro. Sementara varian RAM 12GB dengan memori internal 256 seharga 899 euro.

Sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai harga jual OnePlus 8T.

Spesifikasi OnePlus 8T

Tampilan OnePlus 8  (Sumber: OnePlus)
Tampilan OnePlus 8 (Sumber: OnePlus)

Menurut laporan, OnePlus 8T akan hadir dengan refresh rate layar 120 Hz, baterai 4.500 mAh, pengisian daya baterai 65W, dan chipset Snapdragon 865+. Kamera utamanya memiliki resolusi 48MP.

OnePlus 8T diprediksi akan menjalankan OS Android 11.

 

Tak Ada OnePlus 8T Pro

Sejumlah sumber mengklaim tidak akan ada OnePlus 8T pada tahun ini. Terlebih lagi, pihak OnePlus hanya mengonfirmasi kehadiran OnePlus 8T.

Pengumuman OnePlus 8T itu disampaikan oleh OnePlus melalui akun resmi perusahaan di Twitter.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruang Isolasi Penuh di RS Rujukan, Pemkab Ponorogo Siapkan Balai Desa

Posted: 22 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur akan menyiapkan ruang isolasi di balai desa seiring ruang isolasi di rumah sakit  (RS) dan shelter COVID-19 penuh. Di sisi lain, kasus COVID-19 masih meningkat.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan, ruang-ruang isolasi yang ada di desa kembali diaktifkan dan meningkatkan peran satgas desa. Ruang isolasi di balai desa lantaran ruang isolasi penuh baik di RS rujukan dan shelter COVID-19 yang ada di Jalan Trunojoyo. 

"Saat ini seluruh ruang isolasi yang tersedia RS rujukan yang ada di Ponorogo dalam kondisi penuh terisi pasien confirm positif maupun suspek. Shelter COVID-19 yang ada di Jalan Trunojoyo juga terisi penuh dengan pasien confirm," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Pemkab Ponorogo memanfaatkan ruang isolasi di balai-balai desa yang total mencapai 1.500.  Ipong menuturkan, pasien-pasien yang tanpa gejala dan dengan gejala dengan ringan bisa diisolasi di balai desa. Dengan demikian, RS bisa lebih optimal untuk merawat pasien dengan gejala sedang dan berat.

"Tempat isolasi di balai desa sudah ada sejak Mei 2020. Sekarang tinggal bersih-bersih dan rapihkan. Sama menambah beberapa fasilitas seperti kamar mandi misalnya," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Ipong mengatakan, pihaknya tidak memanfaatkan hotel sebagai ruang isolasi lantaran pihak hotel tidak bersedia dan anggaran yang dimiliki tidak cukup. "Kamar hotel di Ponorogo juga tidak terlalu banyak," ia menambahkan.

Perkembangan COVID-19 di Ponorogo

Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Bola.com/Pixabay)

Selain itu, Ipong menyampaikan ada tambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 20 orang pada Selasa, 22 September 2020. Sementara itu, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 11 orang.

Data kasus konfirmasi COVID-19 di Kabupaten Ponorogo antara lain sembuh sebanyak 288 orang, meninggal 13 orang, dan isolasi 84 orang. "Total 385 orang," ujar Ipong.

Imbauan kepada Warga

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Ipong menuturkan agar masyarakat tetap waspada dengan saling menjaga, saling peduli dan melindungi. Langkah dilakukan seperti saat beraktivitas di luar rumah dengan menyiapkan beberapa helai masker kain, memakai masker dengan benar dan tepat, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Selain itu juga meningkatkan imunitas tubuh dengan olahraga, gembira, berpikir positif, makan dengan makanan bernutrisi dengan istirahat cukup, menerapkan ekstra disiplin terhadap protokol kesehatan terutama jika terpaksa harus pergi dan pulang dari zona merah.

"Berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujar dia.

Kemudian meningkatkan kewaspadaan dan monitoring kedatangan warga dari zona merah, aktifkan peran Satgas COVID-19 yang ada di desa dan kelurahan untuk membantu upaya pemutusan rantai penularan di lingkungannya.

Kemudian jika terpaksa harus tetap bekerja dan melakukan kegiatan di luar rumah untuk tidak bersentuhan dengan anggota keluarga lain sebelum mandiri. Segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen.

"Jangan menggantung pakaian dan masker yang telah dipakai di luar rumah," ujar dia.

Selanjutnya bersihkan handphone, tas, benda lain yang dibawa dari luar dengan disinfektan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Curahan Hati Lidya Pratiwi Usai Bebas dari Penjara, Sempat Ingin Bunuh Diri

Posted: 22 Sep 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Lidya Pratiwi baru-baru ini kembali menjadi sorotan publik. Sebelumnya, pesinetron yang telah dinyatakan bebas murni dari penjara terkait kasus pembunuhan pada 2006 ini sempat mencuri perhatian publik karena mulai terlihat dihadapan publik.

Lidya Pratiwi sendiri diketahui telah bebas murni pada 24 November 2018 setelah sebelumnya mendapatkan bebas bersyarat di 2013. Sudah 7 tahun keluar dari jeruji besi, wanita kelahiran 14 Januari 1987 ini memang memilih tak langsung kembali berkecimpung di dunia entertain Indonesia.

Perubahan penampilan pun terlihat ketika Lidya Pratiwi tengah berjalan-jalan di sebuah mal. Namun, rambut hitam sebahu pun masih terlihat sebagai salah satu ciri khasnya sejak lama.

Melalui sebuah wawancara, yang dilansir Liputan6.com dari channel YouTube SCTV, wanita 33 tahun ini mengaku memiliki trauma tersendiri setelah terseret kasus yang menimpanya pada 2006 lalu. Bahkan, Lidya Pratiwi juga membeberkan curahan hatinya yang selama ini terpendam pada publik.

Dilansir Liputan6.com dari channel YouTube SCTV, berikut ini beberapa curahan hati Lidya Pratiwi usai dinyatakan bebas murni, Rabu (23/9/2020).

1. Tak menyangka masih dikenali

Lidya Pratiwi (Sumber: Kapanlagi.com)
Lidya Pratiwi (Sumber: Kapanlagi.com)

Melalui wawancaranya, Lidya Pratiwi mengaku cukup terkejut jika dirinya masih dikenali. Meski begitu, pemain Ande-Ande Lumut ini juga mengapresiasi karena tak sedikit yang masih ingin mengetahui kabar mengenai dirinya. Mendapatkan bebas bersyarat, Lidya Pratiwi pun menginginkan membuka lembaran baru dalam hidupnya.

"Enggak pernah berpikir akan ada fase-fase yang menghitung ulang, mendapat kebebasan. Yaudah selesai aja semuanya. Sperti ini jalan hidup aku yaudah aku terima, berusaha dengan ikhlas, tapi kenyataannya kan Tuhan masih memberikan jalan lain." ujarnya.

2. Putus asa dan trauma

Lidya Pratiwi (YouTube/ SuryaCitraTelevisi(SCTV))
Lidya Pratiwi (YouTube/ SuryaCitraTelevisi(SCTV))

Mendapatkan vonis hukuman penjara 14 tahun, membuat Lidya merasa sangat putus asa. Pada 2013, Lidya pun telah bisa menghirup udara bebas. Namun rupanya, setelah melangkah keluar dari penjara, pesinetron satu ini justru merasakan putus asa serta trauma.

"Pada saat keluar itu, serba takut ketemu orang, karena semua orang tahu, udah bukan rahasia lagi apa yang menimpa aku dan siapa penyebabnya." lanjutnya.

3. Hilang kepercayaan

Bukan hanya merasa putus asa dan trauma saja, akan tetapi setelah mendapatkan vonis penjara, Lidya juga kehilangan rasa percaya pada orang lain. Pasalnya, dalam kasus pembunuhan yang menyeret namanya, Lidya Pratiwi diketahui dijadikan sebagau umpan dalam pembunuhan model papan atas Naek Gonggom Hutagaling. Sedangkan sang paman yang diketahui menjadi pelaku divonis seumur hidup, serta sang ibu yang mendapat tuntutan hukuman mati.

"Karena keluarga adalah lingkungan pertama yang jadi garda utama aku. Tapi aku jatuh karena mereka." Papar Lidya.

4. Pernah hampir bunuh diri

Keputusasaannya atas kejadian-kejadian sebelumnya membuat pemain Untung Ada Jinny ini pernah berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

"Pernah, pernah berpikir seperti itu, pernah berupaya untuk seperti itu. Sampai berdiam diri, masa sih tidak ada kesempatan lagi untuk aku untuk memulai semuanya. Pelan-pelan berpikir masih ada hari besok yang lebih baik"

Meski telah berupaya untuk membuka lembaran baru di kehidupannya, akan tetapi ia mengaku masih belum bisa menghapus luka lama. Pasalnya, jika kembali ke dunia entertain ia pun harus kembali berusaha dari nol dan berjuang bukan dengan cara instan.

5. Pilih mengganti nama

Salah satu cara yang dilakukan untuk membuka lembaran baru ialah dengan mengganti nama. Lidya Pratiwi pun memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Maria Eleanor. Ia pun berharap jika nama barunya bisa mengangkat beban yang tengah dipikul. Ia juga berharap bisa melangkah untuk lebih hati-hati kedepannya. Ia juga sangat berterima kasih jika dipanggil dengan nama barunya, Maria.

Bahkan, ia juga mengaku akan sangat bahagia bila mendapatkan kesempatan untuk kembali bergabung di dunia sinetron Tanah Air.

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku  

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemenkes.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: