Senin, 14 September 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


DPR Setujui Anggaran MK Rp 61 Miliar Tangani Perselisihan Hasil Pilkada

Posted: 14 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DPR RI melalui Komisi III, Senin 14 September 2020 kemarin, menyepakati usulan tambahan anggaran Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menangani perkara perselisihan hasil Pilkada 2020 yang nilainya mencapai Rp 61 miliar.

"Anggaran untuk penanganan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota sebesar Rp61.243.350.000," kata Sekretaris Jenderal MK Guntur Hamzah, seperti dilansir dari Antara, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, pengajuan tersebut untuk Tahun Anggaran 2021 karena Pilkada 2020 baru mulai diadakan pada 9 Desember 2020, sementara anggaran untuk itu belum tersedia.

Untuk diketahui, penanganan perselisihan hasil Pilkada 2020 akan dimulai Januari sampai Maret 2021.

"Komisi III DPR RI juga menerima usulan tambahan anggaran Rp 2,5 miliar yang diajukan MK untuk dana dukungan Pilkada. "Ini juga untuk penanganan perkara," jelas Guntur.

 

Pengajuan Lain

Selain itu, MK juga mengajukan tambahan anggaran untuk pelaksanaan Bimbingan Teknis Hukum Acara bagi partai politik dan para penyelenggara sebelum pelaksanaan Pilkada serta anggaran untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk pemahaman hak konstitusional warga negara yang mencapai Rp 22.645.800.000.

MK juga meminta tambahan anggaran untuk penanganan perkara PUU, SKLN, dan perkara lainnya sebesar Rp 92 miliar.

Seluruh total pengajuan tambahan anggaran MK untuk tahun anggaran 2021 yang dapat diterima oleh Komisi III DPR RI dalam rapat kerja tersebut mencapai Rp 248,7 miliar.

Tambahan anggaran tersebut terbagi atas program penanganan perkara konstitusi tadi yang jumlahnya sebesar Rp182.275.310.000 dan program dukungan manajemen sebesar Rp 66.443.330.000.

Adapun program dukungan manajemen, kata Guntur, untuk anggaran pembiayaan enam poin pengadaan barang dan jasa, yaitu: revitalisasi data center, pengadaan data recovery center, pengadaan perlengkapan ruang sidang, pengadaan lift orang dan barang, rehabilitasi ruang server atau peladen back up data, serta penyelenggaraan internship dan recharging program di Mahkamah Konstitusi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WFH Lagi, Berikut Tips Menyimpan Helm Agar Tak Mudah Rusak

Posted: 14 Sep 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diterapkan Pemerintah DKI Jakarta, Senin (14/92020). Hal ini membuat sebagian warga harus kembali bekerja dari rumah, karena kapasitas ruangan dibatasi.

Tak hanya itu, para bikers yang gemar melakukan touring juga harus menunda kegiatan karena kebijakan yang dilakukan pemerintah.

Selain menyimpan kendaraan, helm yang cukup lama tak digunakan juga harus disimpan dengan baik. Apabila pemilik salah melakukan penyimpanan, bukan tidak mungkin helm akhirnya dihinggapi jamur dan menjadi penyebab utama bau tak sedap.

Agar hal ini terjadi, berikut panduan menyimpan helm yang tak terpakai selama PSBB, seperti dilansir Federal Oil.

1. Cuci Sebelum disimpan

Sebelum disimpan, sebaiknya cuci dan bersihkan dahulu helm kesayangan. Setelah dicuci, jangan lupa menjemur pelindung kepala hingga benar-benar kering.

Selsai helm dijemur, pemilik juga wajib membersihkan helm menggunakan kain halus. Bersihkan debu yang mengkin saja menempel saat dijemur.

 

2. Gunakan Sarung Helm

Gunakan sarung atau cover helm untuk menghindari adanya debu yang menempel saat disimpan. Ikat yang rapat, agar debu tidak mudah masuk.

3. Simpan Di Tempat Khusus

Simpanlah helm di tempat khusus atau menggunakan rak yang tertutup. Jangan simpan helm di tempat yang mudah ditempati hewan, seperti kecoa dan cicak.

4. Lepas Busa

Jangan lupa membuka busa sebelum helm disimpan. Sebaiknya busa atau padding dilepas dan disimpan terpisah dari shell apabila tidak dipakai dalam waktu lama.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejati DKI Jakarta Kembalikan Berkas John Kei ke Polda Metro Jaya

Posted: 14 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta mengembalikan berkas kasus penyerangan John Kei ke Polda Metro Jaya.

Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, mengatakan berkas penyidik Kepolisian terkait John Kei belum lengkap.

"Tim Jaksa Peneliti Kejati DKI Jakarta mengembalikan berkas perkara pidana atas nama tersangka JK (John Kei)," tulis Nirwan dalam siaran persnya, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, pihaknya menemukan adanya kekurangan syarat formil dan materiil yang memang harus dilengkapi penyidik Polda Metro Jaya.

"Tim menemukan adanya kekurangan syarat formil dan materiil yang perlu dilengkapi pihak penyidik," jelas Nirwan.

Dia menuturkan, pengembalian berkas ini wajar sebagaimana Pasal 138 ayat 2 KUHAP, di mana jika hasil penyidikan belum lengkap, Penuntut Umum mengembalikan berkas perkara kepada Penyidik disertai petunjuk tentang hal yang harus dilakukan untuk dilengkapi.

"Penyidik masih melengkapi berkas perkara itu sebagaimana petunjuk sebelumnya yang disusun dari hasil penelitian tim Jaksa Peneliti," dia menandasi.

 

Sidang Anak Buah John Kei

Sidang perdana kasus pengrusakan rumah Nus Kei yang dilakukan oleh anak buah John Kei digelar di Pengadilan Negeri (PN), Kota Tangerang, Kamis (10/9/2020).

Sidang tersebut digelar secara virtual dengan agenda pembacaan dakwaan dan kronologi kejadian oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dalam dakwaannya, JPU PN Tangerang, Haerudin menyebutkan, John Kei sempat mengumpulkan anak buahnya di kediamannya. Pertemuan itu diduga sebagai rencana untuk membunuh Nus Kei karena John Kei sendiri sempat bertanya hukuman apa yang pantas bagi seorang pengkhianat, dan kemudian dijawab 'mati' oleh anak buahnya.

"Pada 20 Juni 2020 bertempat di Jalan Tytyan Indah Utama X, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jhon Kei bertemu anak buahnya mengatakan kepada anak buahnya tabrak dan rusak rumah Nus Kei dan bawa Nus Kei hidup atau mati," ujar JPU kepada Majelis Hakim.

Kemudian para anak buah John Kei didakwa dengan pasal 340 KUHP, pasal 460 KUHP, pasal 170 ayat 2 KUHP, dan pasal 412 KUHP. Namun, dakwaan tersebut ditolak oleh tim penasehat hukum terutama pada pasal 340 KUHP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Tunjuk Keponakannya Rahayu Saraswati Jadi Waketum Gerindra

Posted: 14 Sep 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra periode 2020-2025. Hal ini diungkapkan Waketum Demisioner Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Awalnya, Dasco menepis kabar Rahayu terinfeksi Covid-19. Dia bilang, saat ini Rahayu sedang menjalani masa orientasi untuk menjadi Waketum Gerindra.

"Terhadap isu calon wakil wali kota Tangerang Selatan Saudari Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang katanya mengidap Covid-19 perlu kami sampaikan bahwa berita itu tidak benar," kata Dasco kepada wartawan, Selasa (15/9/2020).

"Yang ada pada saat ini saudari Saraswati sedang orientasi di Partai untuk beberapa hari ke depan, karena yang bersangkutan ditunjuk untuk menjadi salah satu wakil ketua umum Partai Gerindra periode 2020-2025," sambungnya.

Dengan begitu, kata Dasco, hal tersebut membantah kabar bahwa putri Hashim Djojohadikusumo tersebut mengidap Covid-19.

"Ini sekaligus membantah spekulasi-spekulasi yang beredar di luar," kata Wakil Ketua DPR ini.

 

Ketua Divisi Advokasi Perempuan

Partai Nasdem mendeklarasikan dukungan kepada pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikoesoemo di Lubana Sengkol, Tangerang Selatan, Selasa (1/9/2020). (Ist)
Partai Nasdem mendeklarasikan dukungan kepada pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikoesoemo di Lubana Sengkol, Tangerang Selatan, Selasa (1/9/2020). (Ist)

Rahayu Saraswati sebelumnya menjabat sebagai Ketua Divisi Advokasi Perempuan di kepengurusan Partai Gerindra periode 2015-2020. Dia juga pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Gerindra pun telah menyelenggarakan kongres dan menyerahkan struktur kepengurusan partai periode 2020-2025 ke Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelum struktur yang baru sah, saat ini baru ada dua pengurus resmi Gerindra, yakni Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum dan Ahmad Muzani selaku Sekretaris Jenderal. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kantongi Identitas, Polisi Buru KKB Papua Penembak 2 Warga di Intan Jaya

Posted: 14 Sep 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua tukang ojek menjadi korban penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Mamba, Wabogombugapa Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Polisi menduga KKB tersebut dipimpin oleh Karel Tipagau dan Undius Waker.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, aparat gabungan TNI/Polri masih mengejar para pelaku penembakan tersebut.

"Diduga pelaku penembakan tersebut adalah kelompok KKB yang dipimpin oleh Karel Tipagau dan Undius Waker," ujar Kamal dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, saat menerima laporan, polisi langsung mendatangi TKP dan mengevakuasi korban penembakan KKB ke Puskesmas Bilogai sebelum dipindah ke Mimika. Sejak saat itu pula polisi mengejar pelaku. 

"Melakukan pengejaran terhadap pelaku, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut telah ditangani oleh Mapolres Intan Jaya," kata Kamal.

 

Luka Tembak dan Senjata Tajam

Menurut Kamal, korban penembakan berinisial LAM (33) yang mengalami luka tembak di bawah pusar. Dia juga mengalami luka sayat di atas kening.

Sementara korban kedua, FR (23) menderita luka tembak di lengan tangan sebelah kanan dan dalam kondisi stabil.

Dia menuturkan, kedua tukang ojek itu menjadi korban penembakan saat mereka berada di Wabogombugapa, Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulama Cirebon Siapkan 15 Calon Pengganti Sultan Baru Keraton Kasepuhan

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Polemik di Keraton Kasepuhan Cirebon usai penobatan Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin masih bergulir. Sejumlah ulama dan akademisi menggelar seminar dalam rangka pelurusan trah Sunan Gunung Jati.

Tokoh Pemuda Ponpes Benda Kerep KH Muhtadi Mubarok mengatakan, pada perjalanannya sudah ada persiapan pengganti Sultan Baru. Dia mengaku, sudah menerima 15 nama dari keluarga Kasultanan Cirebon.

"Kita akan susun agenda besar, yaitu pelantikan sultan baru. Sejauh ini sudah ada 15 nama-nama yang disodorkan yang semuanya berasal dari trah asli Sunan Gunung Jati," tutur Muhtadi usai seminar ulama dan akademisi terkait sejarah Kacirebonan di aula Masjid At Taqwa, Kota Cirebon, Senin (14/9/2020).

Sayangnya, Muhtadi belum menyebutkan siapa 15 nama yang diajukan keluarga Kasultanan Cirebon tersebut. Dia mengatakan, 15 nama tersebut akan menjadi fokus para ulama.

Fokus ulama untuk menemukan siapa Sultan baru yang diklaim adalah trah langsung Sunan Gunung Jati. Dia menyebutkan, 15 nama tersebut nantinya akan masuk dalam struktur inti di Keraton Kasepuhan Cirebon.

"Kita akan libatkan 500 ulama, bukan hanya ulama di Cirebon tapi juga dari Banten untuk menggodok 15 nama yang sudah diusulkan," ujar dia.

Dia menyebutkan, seminar lanjutan akan digelar pekan depan melibatkan ulama dari Ponpes Ciwaringin, Kempek, Buntet dan Gedongan. Agenda utama dari seminar ini adalah persiapan menuju pelantikan sultan baru.

Setelah pelantikan, direncanakan akan digelar jumenengan yang akan dilaksanakan di Keraton Pakungwati area Keraton Kasepuhan Cirebon. Menurut Muhtadi, rencana jumenengan ini akan digelar tanpa mengundang banyak orang.

"Pemerintahan daerah undangannya kita tembuskan, namun yang pasti jumenengan tidak akan melibatkan banyak orang. Kita akan tunjukkan bagaimana sistem pemilihan sultan dalam Islam," jelas Muhtadi.

 

Dianggap Sah

Prosesi penobatan Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Luqman Zulkaedin. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Prosesi penobatan Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Luqman Zulkaedin. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Dalam seminar, ulama dari beragam pondok pesantren mengeluarkan fatwa. Fatwa tersebut terdiri dari sembilan poin.

Di antaranya adalah jika Luqman bukanlah trah atau nasabnya tidak tersambung dengan Sunan Gunung Jati, kemudian isi lainnya adalah tanah keraton harus dikelola oleh keluarga Sunan Gunung Jati.

"Isi fatwa juga antara lain haramnya keraton ditempati oleh yang bukan trah, bukan trah, kemudian wajibnya sultan yang baru trah Sunan Gunung Jati taat kepada NKRI. Fatwa ulama ini dikeluarkan oleh ulama dari wilayah III Cirebon," sebut Muhtadi.

Muhtadi menambahkan, para ulama dan akademisi bukan kali ini saja menggelar seminar serupa. Di seluruh seminar tersebut, menurutnya, terdapat banyak persamaan, yaitu sama-sama menyatakan jika Luqman bukan nasab dari Sunan Gunung Jati.

"Nasab Luqman ke Sunan Gunung Jati tidak nyambung. Keraton itu milik pribadi kanjeng Sunan Gunung Jati, bukan milik umum karena dihibahkan dari Mbah Kuwu Cirebon ke Sunan Gunung Jati. Tidak pernah diwariskan dan dibagikan kepada siapa pun," sebut dia.

Sebelumnya, pihak keluarga PRA Luqman Zulkaedin mengatakan penobatan sultan sudah sah. Usai penobatan, Luqman mengklaim merupakan penerus sah dari Kasultanan Cirebon yang didirikan Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati pada abad ke 15 sebagai pusat syiar Islam.

"Oleh karenanya seluruh adat istiadat dan tradisi yang berjalan di Keraton Kasepuhan berdasarkan kalender Islam. Alhamdulillah, hingga saat ini, adat istiadat dan tradisi serta silsilah Kasultanan Kasepuhan Cirebon masih tetap terjaga sampai saat ini, dari mulai Sunan Gunung Jati sampai Sultan Sepuh XIV dan saat ini diteruskan oleh kami sebagai Sultan Sepuh XV," ujar Luqman.

Pada masa hidupnya, menurut Luqman, Almarhum Sultan Sepuh XIV telah menetapkan dirinya sebagai penerus sultan sebagai tradisi turun temurun, yang dilaksanakan dari sejak era Sunan Gunung Jati ratusan tahun yang lalu, di mana pengganti Sultan adalah putra Sultan.

Dia menyebutkan, penobatan tersebut diperkuat dengan paspor dari Lembaga Peneliti dan Pentashih Nasab, Asyraf Azmatkhan Ahlulbait Internasional.

"Lembaga peneliti telah menerbitkan buku paspor nasab untuk kami, dan baru saja diserahkan secara resmi oleh Alhabib Prof. Dr.KH.R. Shohibul Faroji Azmatkhan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengganti Bioskop, Begini Keseruan Nonton Film Bareng di Tengah Pandemi

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Di tengah pandemi Corona Covid-19, para pengusaha dipaksa untuk melakukan terobosan baru untuk mendorong laju perekonomian usahanya. Langkah tersebut dilakukan untuk tetap dapat membiayai biaya operasional serta mencegah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Selain masalah perekonomian, masa pandemi ini juga menambah tingkat kejenuhan publik. Aktivitas-aktivitas yang biasanya memulihkan diri dari kepenatan akibat pekerjaan, kini mulai ditunda. Seperti halnya menonton bioskop, konser, dan belanja di pusat berbelanjaan. 

Di balik itu semua, keterbatasan menjadi peluang bagi pengusaha untuk membuat inovasi baru. Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah video yang viral di TikTok ini.

Dalam video yang diunggah akun TikTok bernama @sheryl_azalia memperlihatkan bagaimana tempat penginapan di Bandung menyulap tempatnya untuk menonton bioskop ala pandemi. Tampak pihak penginapan tetap memberlakukan social distancing dengan cara estetik yang pastinya disukai kalangan muda. 

Suasana Bioskop Tampak Cantik

(@sheryl_azalia/tiktok.com)
(@sheryl_azalia/tiktok.com)

Pihak hotel tampak menyediakan beberapa tenda yang telah diberi jarak dengan tenda lainnya. Tenda tersebut juga dihiasi dengan lampu kekinian sehingga terlihat kian romantis. 

Selain itu, pengunjung difasilitasi berbagai camilan seperti keripik, berondong jagung, dan minuman. Pengunjung juga disediakan selimut untuk membuatmu semakin nyaman ketika menonton film.

Akun @sheryl_azalia mengatakan, untuk menikmati menonton film ala pandemi ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 98.000 per orang. 

@olienggg

##fyp ##fypシ ##sharingiscaring ##foryoupage ##bandung

♬ original sound - Sheryl Azalia

Respons Warganet

Unggahan nonton bioskop di musim pandemi ini menarik perhatian warganet. Sebagian dari mereka tertarik untuk mencoba mencari suasana baru seperti yang dilakukan hotel di Bandung tersebut.

Ada pula warganet yang masih jomblo dan ingin merasakannya tapi terganjal karena tidak memiliki pasangan untuk menemani nonton.

"Mau kesana tapi lupa gua ga punya pasangan," tulis akun @opiqh.

"Beli tiketnya dimana plis. Terus ada jadwalnya gitu ga," kata akun @ridanfz.

"Daerah rumah gua juga ada namanya layar tancep. Filmnya bagus lagi suzana," balas akun @ancandyss.

"Mau sama pacar tapi gapunya gimana dong," sahut akun @chupascupss. 

"Nunggu ada pacar dulu," balas akun @defleury11. 

Penulis:

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Disiplin Protokol Kesehatan, Indonesia Kalah dari Jepang

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir membeberkan perkembangan terkini kasus Corona di Indonesia. Saat ini, tingkat kesembuhan Corona di Indonesia mencapai 71,51 persen dengan tingkat kematian 3,99 persen dan kasus aktif 24,50 persen

Erick bilang, jika dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Italia, Indonesia masih dalam posisi yang lebih baik, terutama dari tingkat kesembuhan.

"Prancis tingkat kesembuhan 23,37 persen, tingkat kematian kurang lebih 8,11 persen, kasus aktif 68,52 persen. Lalu kalau kita bandingkan dengan AS itu kesembuhan 59,25 persen, kematian 2,96 persen, kasus aktif 37,79 persen," kata Erick dalam webinar Transportasi Sehat, Indonesia Maju Kemenhub, Selasa (15/9/2020).

Erick juga bilang, Italia memiliki tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lebih tinggi dari Indonesia yaitu 74,24 persen, namun tingkat kematian yang lebih tinggi yaitu 12,38 persen, dan kasus aktif 13,38 persen.

"Jadi kalau kita bandingkan Indonesia dengan Prancis, Amerika, dan Italia kita dalam kondisi yang lebih baik," kata Erick.

Kendati, bila dibandingkan dengan Jepang, Indonesia masih kalah. Dengan kedisiplinan yang tinggi, Jepang memiliki tingkat kesembuhan hingga 88,94 persen dan tingkat kematian yang sangat rendah, di bawah 2 persen.

"Kalau kita bandingkan dengan Jepang yang memang kita ketahui bagaimana masyarakatnya punya tingkat disiplin yang luar biasa, tingkat kesembuhannya 88,94 persen, kematiannya di bawah 2 persen dan kasus aktifnya 9,15 persen," ujar Erick.

Secara keseluruhan, Erick bilang kasus Covid-19 di Indonesia mendekati rata-rata global dengan tingkat kesembuhan 72,04 persen, tingkat kematian 3,18 persen, dengan kasus aktif 24,78 persen. Tentunya, tren kesembuhan harus ditingkatkan lagi dan tren kematian serta kasus aktif harus lebih ditekan.

"Penting sekali tingkat kematian menjadi prioritas untuk menjaga tren kita yang awalnya 8 persen, turun, turun, akhirnya sekarang bisa hit 3,99 persen. Tidak lain ini karena tentu protokol yang terus kita sempurnakan," ujarnya.

Erick Thohir Pastikan Vaksin Covid-19 Halal dan Terdaftar BPOM

Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir memastikan vaksin Covid-19 yang akan diproduksi untuk masyarakat Indonesia tersertifikasi halal.

Erick bilang, pihaknya telah mengirim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ke Uni Emirat Arab (UAE) untuk memastikan kehalalan vaksin tersebut. Hal ini dilakukan setelah Indonesia melakukan kerjasama dengan perusahaan farmasi asal UAE, G42.

Setelahnya, BPOM juga akan dikirim ke Cina bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk tujuan yang sama pada bulan Oktober 2020 mendatang.

"Kita juga pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar kita. Oleh karena itu, kita kirim BPOM ke UAE dan Insya Allah ke Cina, Oktober ini bersama MUI," ujar Erick dalam webinar, Selasa (15/9/2020).

Erick menyatakan, MUI juga hadir pada saat uji klinis ke-3 terhadap vaksin asal Sinovac dimulai di Bandung beberapa waktu lalu. Dengan demikian, kehalalan vaksin ini dapat terjamin.

"Oleh karena itu, kemarin saya datang kepada Pak Wakil Presiden (KH Ma'aruf Amin), bahwa proses ini kita dukung dan kita jaga kehalalan vaksin," tambahnya.

Dalam laporannya kepada Wapres KH Ma'ruf Amin beberapa hari lalu, Erick mengatakan Indonesia akan mendapat 30 juta dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2020 dan 300 juta dosis untuk 2021.

Vaksin tersebut merupakan hasil kerja sama beberapa BUMN farmasi dengan lembaga dan instansi farmasi mancanegara seperti PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac Biotech yang berasal dari Cina.

Sinovac sendiri sudah berkomitmen menyediakan 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini apabila proses uji klinis tahap 3 berjalan lancar. Sedangkan untuk tahun depan, akan diproduksi hingga 250 juta dosis untuk Indonesia.

Selain itu, Erick juga melaporkan bahwa PT Kimia Farma juga telah menggandeng perusahaan asal UEA, Grup 42 (G42) dan akan memperoleh 10 juta dosis vaksin pada akhir 2020, kemudian ditambah lagi sebanyak 50 juta dosis yang akan diterima Indonesia pada akhir kuartal I-2021.

"InsyaAllah, akhir tahun ini ada 30 juta (vaksin) dan tahun depan ada 300 juta. Tetapi sebagai catatan, dari total kita dapatkan 330 juta mungkin 340 juta," tutur Erick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentingnya Mengajarkan Bahasa Tubuh pada Anak Tunanetra

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membangun interaksi dan hubungan sosial adalah tantangan besar bagi sebagian anak dengan disabilitas netra. Terkait dengan tunanetra, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi anak dalam membangun kehidupan sosialnya.

Menurut peneliti dari Universitas Pendidikan Indonesia Didi Tarsidi, anak dengan disabilitas netra cenderung lebih suka bermain di dalam ruangan ketimbang di luar. Mereka menghindari tempat terbuka yang luas terutama yang tidak memiliki tanda jalan atau guiding block sebagai tanda rujukan.

Hal ini dapat mempersempit gerak anak dalam berinteraksi sosial. Faktor lainnya adalah densitas sosial, yaitu jumlah anak di tempat tertentu. Semakin banyak anak di tempat itu, semakin banyak kesempatan yang tersedia untuk interaksi sosial.

"Akan tetapi, McGaha dan Farran menemukan bahwa anak tunanetra lebih menyukai tempat dengan densitas sosial yang rendah. Hal ini dapat dipahami karena semakin tinggi densitas sosial akan semakin tinggi pula tingkat kebisingannya, sehingga isyarat-isyarat auditer yang diterimanya pun menjadi lebih kompleks dan membutuhkan konsentrasi ekstra untuk menyaringnya," tulis Didi dalam penelitiannya, dikutip pada Sabtu (12/9/2020).

Bagi tunanetra, indera pendengaran merupakan substitusi utama untuk indera penglihatan. Oleh karena itu, untuk dapat diterima oleh kelompok sosialnya, anak tunanetra membutuhkan bantuan khusus untuk mengatasi kesulitannya dalam memperoleh keterampilan sosial, seperti keterampilan untuk menunjukkan ekspresi wajah yang tepat, menggelengkan kepala, melambaikan tangan, atau bentuk-bentuk bahasa tubuh lainnya.

Pentingnya Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh adalah postur atau gerakan tubuh termasuk ekspresi wajah dan mata yang mengandung makna pesan. Bahasa tubuh merupakan sarana komunikasi yang penting untuk melengkapi bahasa lisan di dalam komunikasi sosial.

"Menurut istilah yang dipergunakan oleh Jandt (Supriadi, 2001), ini merupakan bahasa non-verbal kinesics. Jika bahasa tubuh anak tidak sesuai dengan bahasa tubuh kawan-kawannya, maka sosialisasinya dapat terganggu."

Bahasa tubuh, dapat menjadi sumber kesalahan komunikasi atau justru memperlancarnya bila dipahami dengan baik. Bahasa tubuh yang luwes, yang terintegrasikan ke dalam pola perilaku sebagaimana yang dapat diamati pada anak non-tunanetra pada umumnya, sangat kontras dengan bahasa tubuh yang terkadang sangat kaku yang dapat diamati pada banyak anak tunanetra.

Tiga ekspresi bahasa nonverbal lainnya yang diidentifikasi oleh Jandt, yaitu proxemics (jarak berkomunikasi), haptics (sentuhan fisik), serta cara berpakaian dan berpenampilan, juga memerlukan cara yang berbeda bagi anak tunanetra untuk mempelajarinya.

"Bila kita menghendaki agar anak tunanetra diterima dengan baik di dalam pergaulan sosial di masyarakat luas, mengajari mereka menggunakan bahasa nonverbal merupakan suatu keharusan."

Mengajarkan keterampilan sosial (termasuk di dalamnya penggunaan bahasa nonverbal) kepada anak tunanetra dapat merupakan tugas yang sangat menantang karena keterampilan tersebut secara tradisi dipelajari melalui modeling dan umpan balik menggunakan penglihatan.

Bahasa nonverbal, yang pada umumnya diperoleh anak non tunanetra secara insidental melalui proses modeling, harus diajarkan secara sistematis kepada anak yang tunanetra. Akan tetapi, sejumlah peneliti telah berhasil dalam mengajarkan keterampilan sosial kepada anak tunanetra melalui prinsip-prinsip behavioristic atau dengan membiasakannya menggunakan bahasa tubuh dalam kesehariannya.

Infografis Ancaman Kelaparan Global Akibat Pandemi Corona

Infografis Ancaman Kelaparan Global Akibat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ancaman Kelaparan Global Akibat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur RK: Kapasitas Tempat Tidur RS COVID-19 di Jabar Masih Terkendali

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan keterisian rumah sakit masih terkendali, meski saat ini jumlah kasus COVID-19 mengalami peningkatan. Persentase keterisian rumah sakit di Jawa Barat berada di angka 44 persen.

Kata Ridwan, sebelumnya angka keterisian rumah sakit ini sempat naik turun, dan pernah di angka 30 persen.

Dia juga menyebut bahwa angka kesembuhan COVID-19 di Jabar masih di bawah angka ideal.

"Problem di Jabar itu saya sampaikan apa adanya, tingkat kesembuhannya kurang-kurang optimal. Masih di angka 53 persen, idealnya kami ingin di 70 persen. Nah, akibatnya, ini menyebabkan proporsi ini belum ideal tapi tingkat kematiannya sangat rendah, kita di 2.14 persen," ujar Ridwan dalam keterangan daring dari Puskesmas Garuda, Bandung, Senin, 14 September 2020.

Ridwan mengatakan soal keterisian rumah sakit ini nantinya secara teknik dilakukan pengalihan. Ridwan mencontohkan keterisian rumah sakit di Kota Depok lebih dari 60 persen, maka pasien itu akan dirujuk ke rumah sakit di daerah lain yang paling dekat dan masih mumpuni menampung pasien

Alasan Ridwan mencontohkan soal tersebut di Kota Depok, karena di daerah itu kondisinya hampir serupa dengan Jakarta. Keterisian rumah sakit di Kota Depok diakui oleh Ridwan sudah kritis.

"Makanya saya ke sana untuk mengecek dan mencari solusi terhadap proses ini. Karena Depok ini satu frekuensi sekali dengan Jakarta," sebut Ridwan.

Soal Isolasi Mandiri

Ridwan menjelaskan untuk kebijakan isolasi mandiri dilakukan di rumah sakit seperti diputuskan oleh Pemerintah Jakarta, maka di Jawa Barat akan diserahkan kepada kesiapan masing-masing pemerintah kabupaten dan kota setempat.

Proses isolasi mandiri di rumah atau di rumah sakit dianggap tidak berbeda. Terpenting ungkap Ridwan, orang yang mengisolasi mandiri tidak bepergian dan tidak menularkan kepada orang lain.

"Kalau di rumah ternyata terjamin, ya sudah seperti yang kita lakukan sekarang. Kalau tidak terjamin, ya kita tarik (ke rumah sakit). Tapi memang jika ke rumah sakit, fasilitasnya juga harus ada. Makanya sekarang masih dibahas khusus untuk apakah OTG ini, diambil ditarik ke fasilitas negara atau cukup masih di rumahnya. Belum ada kesimpulan tadi pagi," tutur Ridwan.

Berdasarkan data dari Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar) pada Senin, 14 September 2020 pukul 16.36 WIB, jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 14.591 orang. Pasien dalam ruang isolasi atau dalam perawatan 6.443 orang, selesai dilakukan isolasi atau sembuh 7.849 orang dan meninggal 299 orang.

Sementara itu kasus kontak erat sebanyak 44.824 orang, diantaranya 7.473 masih dikarantina. Kasus suspek 74.311 orang dan 1.944 orang masih diisolasi atau dalam perawatan. Sementara kasus probable sebanyak 1.108 orang, 129 orang diantaranya masih diisolasi atau dalam perawatan.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vivo Pastikan V20 dan V20 SE Hadir di Indonesia, Boyong Kamera Selfie 44MP

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vivo mengkonfirmasi kehadiran smartphone terbaru Vivo V20 series ke Indonesia. Ada dua smartphone di seri ini yang akan dirilis di Indonesia, yakni V20 dan V20 SE.

Konfirmasi kehadiran Vivo V20 series ini diumumkan melalui video teaser yang ada di akun media sosial Vivo.

"Kami sangat senang mengonfirmasi kehadiran generasi terbaru V-Series untuk masyarakat Indonesia," ujar Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma dalam keterangan resmi Vivo, Selasa (15/9/2020).

Ia menambahkan, "Vivo V20 dan V20 SE akan hadir dengan inovasi dan fitur yang ditingkatkan dan menawarkan kemampuan smartphone terbaik untuk mendukung kegiatan konsumen."

Dalam teaser yang dibagikan, Vivo V20 mengusung kamera depan beresolusi 44MP dengan Eye Autofocus.

Dukungan Eye Tracking

Tampilan Vivo X50 Pro yang baru meluncur. (Kredit: Vivo)
Tampilan Vivo X50 Pro yang baru meluncur. (Kredit: Vivo)

Kamera depan ini juga memiliki dukungan Eye Tracking yang mampu mengenali bagian mata dan wajah meski pengguna sedang bergerak. Dengan demikian, hasil foto dan video diklaim lebih jernih dan tetap fokus.

"Selain keunggulan di kamera depan, masih banyak rangkaian kejutan lain yang akan ditawarkan oleh Vivo V20 dan V20 SE. Jadi, nantikan kejutan lainnya tentang produk terbaru ini dalam waktu dekat," tutup Edy. 

 

Tentang V20 Series

Vivo X50 Pro kini sudah dapat dipesan kembali dalam tahap ketiga pre-order. (Dok. Vivo)
Vivo X50 Pro kini sudah dapat dipesan kembali dalam tahap ketiga pre-order. (Dok. Vivo)

Dilansir GSM Arena, Kamis (10/9/2020), Vivo V20 akan menjadi suksesor V19 yang dirilis di India pada Mei lalu. Smartphone ini akan hadir dengan tiga kamera belakang.

Sama seperti V19, V20 juga memiliki dua kamera depan. Kamera selfie utama dengan sensor 44MP, sementara yang kedua untuk pengambilan gambar ultrawide.

Spesifikasi lainnya belum diketahui. Namun berdasarkan bocoran gambar, smartphone tersebut akan mendukung jaringan 5G.

Selain V20, Vivo dilaporkan sedang menyiapkan V20 SE dan V20 Pro.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Laundry Tradisional Ala India

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi  ini masih populer di India, meskipun ada teknologi modern dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, meskipun ada teknologi modern dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, meskipun ada teknologi modern dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Dhobis, atau tukang cuci, menunggu pakaian yang digantung kering di antrean setelah dicuci di tepian Sungai Gomti di Lucknow, India, 12 September 2020. Dhobi adalah pekerja binatu tradisional yang mencuci pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Dhobis, atau tukang cuci, menunggu pakaian yang digantung kering di antrean setelah dicuci di tepian Sungai Gomti di Lucknow, India, 12 September 2020. Dhobi adalah pekerja binatu tradisional yang mencuci pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Dhobis, atau tukang cuci, menunggu pakaian yang digantung kering di antrean setelah dicuci di tepian Sungai Gomti di Lucknow, India, 12 September 2020. Dhobi adalah pekerja binatu tradisional yang mencuci pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Anjing liar duduk di mana dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Anjing liar duduk di mana dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Anjing liar duduk di mana dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Seorang dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, India, 12 September 2020. Dhobi adalah pekerja binatu tradisional yang mencuci pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Seorang dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, India, 12 September 2020. Dhobi adalah pekerja binatu tradisional yang mencuci pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Seorang dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, India, 12 September 2020. Dhobi adalah pekerja binatu tradisional yang mencuci pakaian dengan tangan dan menjemurnya di bawah sinar matahari. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi  ini masih populer di India, meskipun ada teknologi modern dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, meskipun ada teknologi modern dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

Dhobi, atau tukang cuci mencuci kain di tepi Sungai Gomti di Lucknow, 12 September 2020. Pekerjaan yang telah ada selama beberapa generasi ini masih populer di India, meskipun ada teknologi modern dengan penghasilan setiap keluarga sekitar 100-200 dollar AS per bulan. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Rey Mbayang saat Pakai Baju Hitam, Modis Bikin Terpesona

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Vokalis grup musik ADAM ini juga dikenal lebih sering pakai baju dan outfit yang sederhana namun tetap fashionable. Gaya tatanan rambutnya juga sukses menunjang penampilannya. (Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)
Vokalis grup musik ADAM ini juga dikenal lebih sering pakai baju dan outfit yang sederhana namun tetap fashionable. Gaya tatanan rambutnya juga sukses menunjang penampilannya. (Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)

Vokalis grup musik ADAM ini juga dikenal lebih sering pakai baju dan outfit yang sederhana namun tetap fashionable. Gaya tatanan rambutnya juga sukses menunjang penampilannya. (Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)

Bukan hanya jago di bidang musik dan punya suara merdu, penampilan suami aktris cantik Dinda Hauw ini banyak digemari fansnya. Tampil serba hitam, tak sedikit yang memuji selera fashion pria asal Manado ini.(Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)
Bukan hanya jago di bidang musik dan punya suara merdu, penampilan suami aktris cantik Dinda Hauw ini banyak digemari fansnya. Tampil serba hitam, tak sedikit yang memuji selera fashion pria asal Manado ini.(Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)

Bukan hanya jago di bidang musik dan punya suara merdu, penampilan suami aktris cantik Dinda Hauw ini banyak digemari fansnya. Tampil serba hitam, tak sedikit yang memuji selera fashion pria asal Manado ini.(Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)

Bergaya sporty serba hitam lengkap dengan sepatu kets putih, penampilan pria berusia 22 tahun ini bikin terpesona. (Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)
Bergaya sporty serba hitam lengkap dengan sepatu kets putih, penampilan pria berusia 22 tahun ini bikin terpesona. (Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)

Bergaya sporty serba hitam lengkap dengan sepatu kets putih, penampilan pria berusia 22 tahun ini bikin terpesona. (Liputan6.com/IG/@rey_mbayang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Arab Saudi Longgarkan Lockdown, Umrah Dibuka?

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Arab Saudi berencana mulai melonggarkan lockdown negaranya. Sejumalah penerbangan mulai dibuka, namun pembukaan secara menyeluruh baru dimulai awal 2021.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Rekam Jejak Ade Firman Hakim di Layar Lebar, dari Soekarno Hingga Ratu Ilmu Hitam

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ade Firman Hakim meninggal dunia pada Senin (14/9/2020) kemarin. Berpulang di usia relatif muda yakni 31 tahun, Ade Firman Hakim mewariskan sejumlah film apik sekaligus laris.

Debut Ade Firman Hakim di layar lebar dimulai lewat peran Andy di film Bebek Belur (2010). Kariernya terdongkrak setelah dipercaya membintang biografi Soekarno: Indonesia Merdeka pada 2013.

Setelahnya, peran dan proyek yang menghampiri sang aktor kian beragam dari sejarah hingga horor. Mengenang Ade Firman Hakim, Showbiz Liputan6.com merilis 6 rekam jejak sang aktor di layar lebar. Simaklah.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Ade Firman Hakim di film Soekarno. (Foto: Instagram @cinema.21)
Ade Firman Hakim di film Soekarno. (Foto: Instagram @cinema.21)

Dirilis pada tanggal cantik 11-12-13 alias 11 Desember 2013, Soekarno: Indonesia Merdeka bisa dibilang titik balik keaktoran Ade Firman Hakim. Memerankan Chaerul Saleh, porsi perannya tak dominan.

Meski demikian, di tangan Ade Firman Hakim, sosok Chaerul Saleh tampak bersahaja, natural, sekaligus meyakinkan. Ditonton hampir sejuta orang, bersama Soekarno, karier akting Ade Firman Hakim menjulang.

 

2. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Ade Firman Hakim dalam Guru Bangsa: Tjokroaminoto. (Foto: Instagram @adefirmanhakim)
Ade Firman Hakim dalam Guru Bangsa: Tjokroaminoto. (Foto: Instagram @adefirmanhakim)

Dari Hanung Bramantyo, Ade Firman Hakim jatuh ke pelukan sineas Garin Nugroho yang memotret kehidupan Guru Bangsa Tjrokroaminoto. Di sini, ia memerankan Musso yang kemudian menjadi salah satu tokoh komunis Tanah Air di era 1940-an.

Aktingnya mengimbangi performa sejumlah bintang nomor wahid seperti Reza Rahadian dan Maia Estianty. Guru Bangsa Tjokroaminoto sendiri salah satu film terbaik pada tahunnya.

 

3. Midnight Show (2016)

Ade Firman Hakim dalam Midnight Show. (Foto: Koleksi Pribadi Gandhi Fernando)
Ade Firman Hakim dalam Midnight Show. (Foto: Koleksi Pribadi Gandhi Fernando)

Kejutan diberikan Ade Firman Hakim dengan membintangi film horor penuh darah Midnight Show. Mengisahkan kasus pembunuhan dalam pertunjukan tengah malam di bioskop, ia memerankan Guntur.

Guntur salah satu pengunjung yang diduga sebagai dalang pembunuhan di bioskop. Tidak dinyana, ia sendiri malah mati terbunuh. Digarap intens, kehadiran Ade Firman Hakim di film ini sukses mengecoh penonton.

4. Bid'ah Cinta (2017)

Poster film Bidah Cinta. (Foto: Instagram @kaningapictures)
Poster film Bidah Cinta. (Foto: Instagram @kaningapictures)

Inilah puncak karier Ade Firman Hakim. Dalam film bertema agama karya Nurma Hakim, ia memerankan Sandra, transpuan yang bikin geger penduduk karena salat memakai mukena.

Ade sukses menghidupkan Sandra yang kontrversial, menuai simpati sekaligus menyentil nurani penonton. Akting Ade Firman Hakim diganjar nomine Pemeran Pendukung Pria Terpuji di Festival Film Bandung 2017.

5. 22 Menit (2018)

Ade Firman Hakim dalam 22 Menit. (Foto: Instagram @adefirmanhakim)
Ade Firman Hakim dalam 22 Menit. (Foto: Instagram @adefirmanhakim)

Kisah sukses Ade Firman Hakim berlanjut saat memerankan polisi bernama Firman yang menjalankan tugas di jalan protokol di Ibu Kota. Siapa sangka, di jalan itu bom meledak.

Terinspirasi dari kisah nyata ledakan di kedai kopi dekat pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin, film 22 Menit mengangkat kembali nama Ade Firman Hakim. Pasalnya, 22 Menit ditonton hampir 800 ribu orang.

6. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Ade Firman Hakim dalam Ratu Ilmu Hitam. (Foto: Instagram @adefirmanhakim)
Ade Firman Hakim dalam Ratu Ilmu Hitam. (Foto: Instagram @adefirmanhakim)

Ada banyak pasangan dalam film Ratu Ilmu Hitam. Yang bikin penonton penasaran sekaligus curiga tentu saja Maman-Siti, diperankan dengan amat meyakinkan oleh Ade Firman Hakim dan Sheila Dara Aisha.

Tak banyak bicara dan seolah hanya jadi "tim hore" di rumah sarat teror, tapi merekalah salah satu pemegang kunci di akhir kisah. Ratu Ilmu Hitam sukses meneror lebih dari 900 ribu penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG vs Marseille Ribut, Payet Pasang Wajah Neymar di Tubuh Anjing

Posted: 14 Sep 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Keributan yang terjadi di laga PSG vs Marseille tidak selesai di lapangan hijau. Gelandang Marseille, Dimitri Payet membawa sisa-sisa keributan tersebut ke media sosialnya.

Seperti dilansir Goal, Payet mengunggah foto grup musik rap asal Prancis, Bande Organisee. Namun ia mengganti wajah-wajah para personel dengan wajahnya dan beberapa rekan serta pelatih Marseille, Andre Villas-Boas.

Dalam foto tersebut, Payet mengganti wajah anjing yang digendong salah satu personel dengan wajah bintang PSG, Neymar. Di saat yang sama, wajah si penggendong diganti dengan wajah salah satu rekan Payet di Marseille, Alvaro Gonzalez.

Neymar dan Gonzalez memang terlibat perkelahian di laga tersebut. Neymar menuding Gonzalez telah berkata rasis kepadanya.

Atas insiden itu, wasit memberi kartu merah kepada Neymar. Dalam laga itu, wasit mengeluarkan total lima kartu merah dan 14 kartu kuning.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 1-0 bagi Marseille. Gol tunggal dalam pertandingan tersebut dicetak Florian Thauvin pada menit ke-31.

Bagi PSG, ini adalah kekalahan kedua beruntun di Liga Prancis 2020/21. Sebelumnya pada pekan pertama, mereka juga kalah 0-1 dari Lens.

 

Meminta Maaf

Neymar berdebat dengan Alvaro Marseille, kiri, selama pertandingan antara Paris Saint-Germain dan Marseille di Parc des Princes di Paris, Prancis, Minggu, 13 September 2020. (AP Photo / Michel Euler)
Neymar berdebat dengan Alvaro Marseille, kiri, selama pertandingan antara Paris Saint-Germain dan Marseille di Parc des Princes di Paris, Prancis, Minggu, 13 September 2020. (AP Photo / Michel Euler)

Di sisi lain, Neymar sendiri lalu meminta maaf lantaran mendapat kartu merah tersebut. Akan tetapi, ia bersikukuh Gonzalez telah bertindak rasis.

"Kemarin saya berkelahi dan saya dihukum kartu merah karena saya ingin memukul pemain yang menyerang saya," kata Neymar seperti dilansir Goal.

"Saya kalah di pertandingan dan kurang bijaksana," ujarnya menambahkan.

Unggahan Payet

Dimitri Payet mengejek Neymar di unggahan instagramnya, (Instagram @payetdimitri27)
Dimitri Payet mengejek Neymar di unggahan instagramnya, (Instagram @payetdimitri27)

Klasemen Liga Prancis

 

 

Saksikan Video Neymar di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Pertanian Sumba Timur, Kementan Beri Bantuan Sejumlah Alsintan

Posted: 14 Sep 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Sumba Timur Kementerian Pertanian membuktikan dukungannya untuk pertanian di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementan menyalurkan sejumlah alat dan mesin pertanian (alsintan).

Bantuan Alsintan yang diberikan Ditjen PSP Kementan berupa 1 Unit Traktor Roda Empat, 10 unit Hand Traktor, dan 7 Unit Pompa Air. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan mekanisasi sudah harus diterapkan petani di seluruh Indonesia.

"Tentu saja kita ingin pertanian Tanah Air maju, mandiri, dan modern. Oleh karena itu, kita mendorong petani agak menggunakan alsintan untuk mendukung mendukung aktivitas," tuturnya, Selasa (15/9/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Sarwo Edhy, mengatakan alsintan memiliki banyak manfaat yang akan dirasakan manfaatnya oleh petani.

"Salah satu dampak yang bisa dirasakan oleh petani dengan menggunakan alsintan adalah peningkatan indeks pertanaman yang mendukung peningkatan produksi. Karena, dengan alsintan proses pertanian menjadi lebih cepat dan efektif," tuturnya.

 

Alsintan untuk Aktvitas Hulu Sampai Hilir

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy.
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy menambahkan, alsintan bisa dimanfaatkan petani untuk aktivitas dari hulu sampai hilir.

"Alsintan bisa mendampingi aktivitas petani dari olah tanah, tanam, panen hingga pasca panen. Bahkan hingga ke packing. Semua aktivitas itu akan sangat efisien bisa dilakukan dengan alsintan," tuturnya.

Sementara Anggota Komisi IV DPR Yohanis Fransiskus Lema atau yang akrab disapa Ansy Lema menjelaskan, bantuan Alsintan itu adalah hasil kerja sama Komisi IV dengan Ditjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian (Kementan).

"Selanjutnya bantuan Alsintan itu didistribusikan kepada setiap kelompok tani penerima bantuan," terangnya.

Ansy itu menjelaskan bantuan Alsintan tersebut merupakan wujud konkret dari respon Kementan terhadap keluhan petani yang disuarakan oleh Anggota Komisi IV DPR RI itu dalam berbagai kesempatan rapat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Puji Transisi Kekuasaan Jepang dari Shinzo Abe ke Yoshihide Suga Berjalan Mulus

Posted: 14 Sep 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat Liberal di Jepang telah memilih Yoshihide Suga sebagai ketua partai untuk mengganti Shinzo Abe yang mundur karena sakit. Sebagai ketua partai penguasa, Suga mendapat tiket emas untuk perdana menteri Negeri Sakura. 

Kementerian Luar Negeri AS memuji mulusnya transisi kekuasaan yang terjadi di Jepang. Demokrasi di Jepang dinilai transparan dan mendengarkan rakyat. 

"Prosesnya transparan, dan ini adalah proses yang melibatkan kehendak masyarakat Jepang. Ini adalah sebuah proses demokrasi dan ini memastikan stabilitas dalam transisi," ujar David R. Stilwell, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Biro Asia Timur dan Asia Pasifik dalam telekonferensi Selasa (15/9/2020). 

"Apa yang Anda lihat di Jepang, Anda bisa melihat bentuk pemerintah yang sangat stabil dan resilien. Dan hasilnya diperkirakan merupakan pilihan yang sangat bagus untuk Jepang," lanjut Stilwell.

Stilwell juga membandingkan demokrasi di Jepang dengan negara-negara lain yang mengabaikan kehendak rakyat di daerah Asia-Pasifik. Ia mencontohkan sistem kekuasaan di China yang prosesnya ia sebut tidak dewasa. 

Pemerintah Amerika Serikat juga memuji mantan Perdana Menteri Shinzo Abe yang memimpin Jepang dari 2012 hingga 2020. Shinzo Abe dianggap sukses mengatasi lika-liku isu yang menerpa Jepang. 

""PM Abe telah menjabat begitu lama dan berdasarkan perspektif saya telah melaksanakan kerja yang sangat baik dalam menavigasi sejumlah isu-isu sulit, dan saya tahu AS sangatlah memuji PM Abe," ujar Stilwell.

David Stilwell berkata tak sabar ingin bekerja sama dengan Yoshihide Suga. Rencananya, parlemen Jepang akan memilih perdana menteri baru pada Rabu 16 September.

 

Jalan Yoshihide Suga Menuju Kursi PM

Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga menunjukkan plakat nama era baru Kekaisaran Jepang, Reiwa, di Tokyo, Senin (1/4). Reiwa, menjadi nama era yang baru yang mengganti Era Heisei seiring persiapan pengunduran diri Kaisar Akihito pada 31 April mendatang. (AP/Eugene Hoshiko)
Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga menunjukkan plakat nama era baru Kekaisaran Jepang, Reiwa, di Tokyo, Senin (1/4). Reiwa, menjadi nama era yang baru yang mengganti Era Heisei seiring persiapan pengunduran diri Kaisar Akihito pada 31 April mendatang. (AP/Eugene Hoshiko)

Kemarin, Yoshihide Suga terpilih menjadi ketua partai penguasa di Jepang, yakni Partai Demokrat Liberal. Suga mengalahkan dua pesaingnya dalam pemilihan internal partai ini.

Dilaporkan Mainichi, ada 394 anggota parlemen dari Partai Demokrat Liberal yang ikut pemilihan, serta 141 delegasi dari daerah. Hasilnya, Suga meraih 377 suara.

Kemenangan Yoshihide Suga jauh di atas dua pesaingnya, yakni mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba yang hanya mendapat 68 suara, dan mantan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida yang mengantongi 89 suara.

Yoshihide Suga merupakan Ketua Sekretaris Kabinet pemerintah. Ia juga orang dekat Shinzo Abe.

Faksi terbesar di Partai Liberal Demokrat turut memberi dukungan pada Suga dengan total 98 suara.

Kemenangan Suga dalam pemilihan ini memuluskan jalannya untuk menjadi perdana menteri Jepang. Rencananya, pemilihan akan dilakukan oleh parlemen pada Rabu 16 September mendatang.

Bila Yoshihide Suga menjadi perdana menteri, maka ia hanya akan menjabat sampai tahun depan untuk menghabiskan sisa masa jabatan Shinzo Abe. Setelahnya, Jepang akan melaksanakan pemilu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik 4,1 Persen, Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp 6.078 Triliun

Posted: 14 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia per Juli 2020 tumbuh melambat, yang tercatat sebesar USD 409,7 miliar atau setara Rp 6.078 triliun (kurs rupiah 14.835 per dolar AS). Total tersebut terdiri dari ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) sebesar USD 201,8 miliar dan ULN sektor swasta (termasuk BUMN) sebesar USD 207,9 miliar.

"Pertumbuhan ULN Indonesia pada Juli 2020 tercatat 4,1 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 5,1 persen (yoy). Perkembangan ini didorong oleh menurunnya pertumbuhan ULN swasta di tengah pertumbuhan ULN Pemerintah yang relatif stabil," jelas Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Selasa (15/9/2020).

Adapun ULN Pemerintah pada akhir Juli 2020 tercatat sebesar USD 199,0 miliar atau tumbuh 2,3 persen (yoy), relatif stabil dibandingkan pertumbuhan bulan Juni 2020 sebesar 2,1 persen (yoy).

Perkembangan ini, kata Onny, disebabkan adanya penarikan sebagian komitmen lembaga multilateral dan penerbitan Samurai Bonds untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan, termasuk untuk penanganan pandemi COVID-19 dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"ULN Pemerintah dikelola secara terukur dan berhati-hati untuk mendukung belanja prioritas Pemerintah, yaitu sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial (23,6 persen dari total ULN Pemerintah), sektor konstruksi (16,5 persen), sektor jasa pendidikan (16,4 persen), sektor jasa keuangan dan asuransi (11,9 persen), serta sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (11,8 persen)," papar dia.

Utang luar negeriswasta pada Juli 2020 tercatat tumbuh 6,1 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Juni 2020 sebesar 8,3 persen (yoy). Perkembangan ini dipengaruhi oleh berlanjutnya perlambatan pertumbuhan ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (PBLK) dan kontraksi ULN lembaga keuangan (LK).

"ULN PBLK tumbuh 8,7 persen (yoy), melambat dari pertumbuhan bulan sebelumnya 11,5 persen (yoy). Sementara itu, ULN LK terkontraksi 2,2 persen (yoy), sedikit meningkat dari kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 1,9 persen (yoy)," sebut Onny.

Pangsa ULN Terbesar

Petugas bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih belum beranjak dari level Rp 13.500-an per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih belum beranjak dari level Rp 13.500-an per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun sejumlah sektor dengan pangsa ULN terbesar, yakni mencapai 77,2 persen dari total ULN swasta adalah sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin (LGA), sektor pertambangan dan penggalian, dan sektor industri pengolahan.

Onny juga membeberkan struktur ULN Indonesia yang tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir Juli 2020 tercatat sebesar 38,2 persen, meningkat dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 37,4 persen.

"Struktur ULN Indonesia tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang dengan pangsa 89,1 persen dari total ULN," kata Onny.

Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus meningkatkan koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menyokong pembiayaan pembangunan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat mempengaruhi stabilitas perekonomian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pertumbuhan Utang Luar Negeri Indonesia 2019
Pertumbuhan Utang Luar Negeri Indonesia 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Bridesmaid Sang Sahabat, Ini 6 Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana

Posted: 14 Sep 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan kini tengah menyelimuti pasangan Audi Marissa dan Anthony Xie. Pasangan yang sudah menjalin hubungan selama 3 tahun ini sudah melangsungkan pernikahannya pada 12 September 2020. Kebahagiaan yang menyelimuti Audi dan Anthony Xie juga dirasakan oleh kerabat dekat keduanya. Banyak rekan artis yang menghadiri pernikahan Audi dan Anthony.

Salah satu artis yang hadir dan menjadi bridesmaid di pernikahan Audi Marissa dan Anthony Xie adalah Ochi Rosdiana. Dua bintang sinetron ini sudah terlihat dekat menjalin persahabatan cukup lama. Kebahagiaan yang tengah dirasakan artis berusia 25 tahun ini juga dirasakan oleh Ochi Rodiana. Ochi pun menuliskan caption manis untuk sang sahabat yang kini sedang diselimuti perasaan bahagia.

"Bahagia selalu ya cha 🤍 " tulis Ochi di laman Istagram pribadinya.

kerap terlibat dalam satu project, Audi Marissa dan Ochi Rosdiana sudah terlihat dekat sejak lama. Dua bintang sinetron ini cukup sering habiskan waktu bersama. Kebersamaan keduanya yang selalu terlihat hangat dalam berbagai momen pun tak jarang disebut bak saudara kandung.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana, Selasa (15/9/2020).

1. Ochi Rosdiana menjadi bridesmaid Audi di hari pernikahannya pada 12 September 2020.

Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/ochi24)
Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/ochi24)

2. Kerap terlibat dalam satu project, dua bintang sinetron ini sudah terlihat sangat dekat bak saudara kandung.

Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/audimarissa)
Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/audimarissa)

3. Audi dan Ochi tak jarang habiskan waktu liburan bersama hingga ke luar negeri.

Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/ochi24)
Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/ochi24)

4. Ini adalah momen Audi Marissa dan Ochi Rosdiana saat liburan ke Korea Selatan sekitar 2 tahun yang lalu.

Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/audimarissa)
Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/audimarissa)

5. Sahabat yang selalu kocak dan kompak ini selalu berhasil menarik perhatian warganet.

Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/audimarissa)
Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/audimarissa)

6. Terpaut usia 4 tahun tak heran jika dua bintang sinetron Anak Langit ini sudah terlihat klop satu sama lainnya.

Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/ochi24)
Potret Kebersamaan Audi Marissa dan Ochi Rosdiana. (Sumber: Instagram.com/ochi24)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Indonesia Surplus USD 2,3 Miliar di Agustus 2020

Posted: 14 Sep 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 2,33 miliar pada Agustus 2020.

"Pada bulan Agustus pada bulan Agustus tahun 2020 ini mengalami surplus sebesar USD 2,33 miliar. Surplus ini ini masih jauh lebih besar dibandingkan posisi neraca perdagangan Agustus tahun 2019 yang ada waktu itu juga mengalami surplus, tetapi hanya USD 92,6 juta," ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam video konferensi, Selasa (15/8/2020).

Sebagai informasi, surplus pada bulan Agustus tersebut lebih rendah dibandingkan Juli 2020 sebesar USD 3,26 miliar.

"Kita berharap ke depan ekspor kita akan semakin membaik sehingga kita juga akan meningkat dan ekonomi cepat pulih kembali," imbuh Kecuk.

Secara rinci, neraca perdagangan Indonesia terhadap Amerika Serikat (AS) tercatat surplus USD 1,042 miliar, Filipina USD 451,9 juta, dan India USD 425,3 juta.

"Pada bulan Agustus ini dengan beberapa negara neraca perdagangan kita mengalami surplus dengan Amerika Serikat pada bulan Agustus ini kita kita mengalami surplus USD 1,0 miliar, dengan Filipina kita mengalami surplus USD 451 juta dengan India kita surplus USD 425 juta," sebut Kecuk.

Neraca Dagang Surplus, Bukti Ekonomi Indonesia Positif Selama Pandemi

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan kinerja ekspor dan impor Indonesia pada Agustus 2019 menurun. Total ekspor Indonesia mencapai US$ 14,28 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Perdagangan akan memaksimalkan dan memusatkan perhatian terhadap produk yang berkembang saat masa pandemi covid-19 untuk menjaga perkembangan ekonomi kedepannya.

"Karena itu, kita harus melihat apa saja yang bisa dimaksimalkan saat ini. Kementerian Perdagangan sendiri melihat ada tiga kategori yang bisa optimalkan dalam perdagangan yaitu, produk apa yang positif selama pandemi, produk baru apa muncul akibat pandemi dan produk apa yang pulih pasca pandemi," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Menurut Agus, meskipun pandemi di satu sisi menghambat jalannya ekonomi, tetapi disisi lain juga mempunyai peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan. Ia menyebut perdagangan sendiri akan menjadi kunci dalam masa pandemi ini.

Bahkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, mengatakan perdagangan adalah indikasi nyata dari berjalannya ekonomi masyarakat, baik di sektor riil maupun keuangan.

Untuk perdagangan luar negeri saja, Jerry menyebut Indonesia sampai saat ini masih mencatat surplus hingga USD 5,5 miliar. Artinya,  kinerja ekonomi Indonesia masih bisa disebut positif dan harus terus dijaga.

"Kondisinya memang banyak negara sedang mengalami masa sulit. Kita bersyukur masih bisa mencatat surplus yang cukup baik. Tapi tentu saja kita harus bekerja keras untuk menjaga dan meningkatkannya," Kata Jerry.

Kata Jerry, Kementerian Perdagangan saat ini tengah terus mengupayakan transformasi dalam perdagangan, termasuk penggunaan teknologi digital.

Dirinya menilai masa pandemi ini merupakan momentum yang tepat untuk memaksimalkan teknologi, seperti di e-commerce, dan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanti-Wanti Erick Thohir Soal Pilkada: Kita Tak Mau Ada Gelombang Kedua Covid-19

Posted: 14 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan segera dilaksanakan, meski pandemi Covid-19 belum berakhir. Pesta demokrasi ini diperkirakan bakal memicu perkumpulan massa yang akan mempengaruhi tren penyebaran virus.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menegaskan, Pilkada harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Karena jika tidak, gelombang Covid-19 yang lain bisa saja muncul.

Kata Erick, pihaknya sudah mengeluarkan pernyataan keras soal penyelenggaran Pilkada serentak ini.

"Kita kemarin undang calon-calon (kepala daerah), kita buat statement keras. Pilkada sukses, Covid-19 gagal, itu kegagalan calon pemimpin. Protokol Covid-19 harus jadi prioritas karena kita tidak mau ada second dan third wave yang ganggu kehidaupan masyarakat," ujar Erick dalam webinar, Selasa (15/9/2020).

Untuk itu, pihaknya berfokus untuk menekan angka penyebaran virus terutama di 8 provinsi yang menyumbang jumlah kasus tertinggi. Jakarta sendiri, kata Erick, kapasitas testingnya memenuhi standar World Health Organization (WHO).

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan tempat memadai untuk isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kita juga siapkan isolasi pada OTG yang kebetulan juga perumahannya tidak memadai. Di Jakarta ada wisma atlet. Di tempat lain kita cari hotel-hotel," tutur Erick.

Tak hanya itu, untuk memperketat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, pemerintah juga telah meluncurkan operasi yustisi yang bekerja sama dengan TNI dan Polri. Kendati, Erick menegaskan operasi ini tidak bermaksud menimbulkan kesan represif (pemaksaan).

"Operasi yustisi jangan disalahartikan resperesif. Ini akan diprioritaskan pada masyarakat, karena jumlah OTG banyak, OTG Covid-19 ini bisa mengakibatkan fatality kepada masyarakat yang punya kondisi comorbid," kata Erick.

Puan: Kampanye Pilkada Harus Kreatif dan Jaga Protokol Kesehatan

Ketua DPR RI Puan Maharani Saat Menghadiri ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). (Sumber foto: dokumentasi DPR).
Ketua DPR RI Puan Maharani Saat Menghadiri ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA). (Sumber foto: dokumentasi DPR).

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta seluruh calon kepala-wakil kepala daerah menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan Covid-19 pada seluruh tahapan Pilkada 2020. Menurut Puan, para pasangan calon kepala daerah dituntut kreatif saat kampanye di masa pandemi agar tidak ada kerumunan.

"Kampanye Pilkada harus semakin kreatif, agar visi dan misi calon tetap tersampaikan ke masyarakat dan protokol cegah Covid-19 harus tetap terjaga," kata Puan, Selasa (15/9/2020).

 

Politisi PDIP itu mengungkapkan, para calon kepala-wakil kepala daerah, para pendukungnya, serta masyarakat harus sama-sama saling mengingatkan penerapan protokol kesehatan pada saat kampanye. Semua aktivitas kampanye, harus dilakukan dengan mengenakan masker, sering cuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

"Batasi pertemuan-pertemuan yang berkerumun," ujarnya.

"Kita semua wajib melaksanakan protokol Covid-19 untuk menyukseskan Pilkada 2020," Puan melanjutkan.

Banyak Pelanggaran

Kekhawatiran Puan didasari laporan Badan Pengawas Pemilu, ada 243 bakal pasangan calon kepala-wakil kepala daerah yang diduga melanggar protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Temuan dugaan pelanggaran itu terjadi pada pendaftaran calon 4-6 September 2020.

Dugaan pelanggaran itu dilakukan sebanyak 141 bakal pasangan calon yang melanggar protokol kesehatan pada hari pertama dan 102 bakal pasangan calon yang melanggar pada hari kedua.

"Perketat protokol cegah Covid-19 agar pilkadanya berhasil, sukses, berjalan lancar, tidak ada klaster Covid-19 di pilkada," sambungnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adiezty Fersa Istri Gilang Dirga Jawab Tantangan Label dengan Single Yang Nyata Nyata Saja

Posted: 14 Sep 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adiezty Fersa yang juga dikenal sebagai istri Gilang Dirga, telah meluncurkan single terbarunya, "Yang Nyata Nyata Saja" pada awal September 2020 ini. Jadwalnya pun terbilang tepat waktu.

Di tengah pandemi Covid-19, Adiezty Fersa memang masih terus mendapat dukungan penuh dari pihal label rekamannya, Afe Records. Wanita yang juga penari profesional ini pun menyampaikan motivasi atas lagu barunya.

"Lagu yang easy going ini untuk menghibur para penikmat musik Indonesia agar merasakan lagu cinta yang manis," ujar Adiezty Fersa yang akrab disapa Adiez itu dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

Tidak Menyerah

Ingin punya anak usai sang istri keguguran, Gilang Dirga nomer satukan kesehatan. (instagram/gilangdirga)
Ingin punya anak usai sang istri keguguran, Gilang Dirga nomer satukan kesehatan. (instagram/gilangdirga)

Adiez kini tengah sibuk sebagai host dan bintang tamu di sejumlah acara televisi. Bahkan bersama suaminya, ia sibuk mengisi konten kanal Adiez Gilang. Namun berkat dukungan dari pihak label, perilisan single "Yang Nyata Nyata Saja" sukses dijalankan.

"Enggak menyangka teman-teman di Afe Records tidak menyerah, malah mengajak untuk terus berkarya, sangat senang bisa berada di tim seperti ini," ujar Adiez.

Menjadi Tantangan

Gilang Dirga dan istrinya Adiezty Fersa saat peluncuran single 'Kini (Aku Bebas)'.
Gilang Dirga dan istrinya Adiezty Fersa saat peluncuran single 'Kini (Aku Bebas)'.

Menurut Adiezty Fersa, lagu barunya ini memiliki dinamika tertentu yang ditanggapinya sebagai sebuah tantangan tersendiri demi kemajuannya dalam bermusik.

"Akhir-akhir ini tim Afe Records memang menginginkan aku menyanyikan lagu yang lebih 'bernyanyi', sehingga sering diberikan lagu-lagu yang lebih mengenalkan karakter suara aku dan lagu dengan genre easy pop seperti ini yang cocok untuk warna suaraku," jelas Adiez.

 

Dibantu Pelatih

Dalam hal pengusaan teknik bernyanyi untuk lagunya, Adiez masih dibantu vocal trainer alias pelatih vokal. Sementara itu penggarapan musik dan vocal director-nya ditangani langsung oleh art and repertoire dari Afe Records, Tengku Shafick.

"Kak Shafick memang yang memilihkan lagu ini untuk aku, yang tak kusangka lagu ini ternyata dibuat oleh eksekutif produser aku sendiri, pak Hendy Ahmad," terang Adiez.

 

Tema Lagunya

Lagu baru Adiez ini memiliki tema mengenai seseorang yang pernah tersakiti oleh cinta. Namun tiba-tiba ia kedatangan cinta baru yang mengobati luka lamanya. Sayangnya, tak mudah baginya untuk menerima cinta baru karena ia butuh pembuktian untuk meyakinkan hatinya. Sehingga ia pun mengatakan, "Yang nyata-nyata saja, sayangku…"

 

Kata Para Pelaku di Balik Layar

"Lagu ini pada intinya ingin menceritakan bahwa luka hati oleh cinta akan bisa diobati oleh cinta yang baru, yang lebih baik dari sebelumnya," ujar Hendy Ahmad selaku eksekutif produser sekaligus pencipta lagu ini.

"Karenanya aku memilihkan lagu ini untuk Adiezty Fersa untuk menyampaikan pesan lagu karena warna suaranya sangat cocok dan yakin Adiez bisa membawakannya dengan baik," jelas Shafick.

 

Harapan

"Semoga lagu ini bisa menggambarkan hati-hati yang terluka, dan gambaran bagi cinta-cinta baru yang berharap jadi obat untuk luka cinta lama...," harap Adiez dengan lagunya.

"Bagaimana perasaan hati yang terluka itu, dan semoga lagu ini diterima oleh penikmat lagu di Indonesia," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Senior Bentak Mahasiswa Baru saat Ospek Daring, Ini Tanggapan Unesa

Posted: 14 Sep 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video di layanan percakapan mengenai kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang dilakukan secara daring melalui zoom.

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP Unesa) dalam video berdurasi sekitar 30 detik tersebut terlihat tiga orang terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan.

Salah satu orang itu ada yang menanyakan ikat pinggang kepada mahasiswa baru dan membalas jawaban mahasiswa baru dengan nada membentak.

Video yang juga diunggah di tiktok tersebut, seorang senior menanyakan mengenai ikat pinggang.

"Ikat pinggang mu mana?"," kata senior.

"Ikat pinggang diperlihatkan," ujar senior.

Kemudian dijawab. "Enggak ada kak," tutur mahasiswa baru.

Lalu ada celetukan dari senior lainnya dengan nada tinggi. "Enggak dibaca tata tertibnya," ujar senior dengan nada tinggi.

Selanjutnya mahasiswa baru itu meminta maaf. "Maaf kak," kata dia.

Lalu ditimpali dengan ucapan oleh senior, "maaf,maaf," ujar senior.

Menanggapi hal tersebut, Unesa pun menyampaikan sejumlah pernyataan mengenai video kegiatan mahasiswa Unesa saat PKKMB.

"Kami menyayangkan kejadian tersebut namun juga mengakui adanya kesalaan dalam koordinasi pelaksanaan PKKMB pada salah satu fakultas di Unesa," ujar Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/9/2020).

Ia menambahkan, pihaknya bersama pimpinan kemahasiswaan dari fakultas terkait telah mengevaluasi sekaligus bimbingan kepada mahasiswa yang bersangkutan. "Dan seluruh masalah yang ada akan diselesaikan dengan cara kekeluargaan," tutur dia.

Jadi Catatan Evaluasi

Prof Nurhasan menuturkan, pihaknya mendukung pelaksanaan PKKMB guna menambah wawasan terkait dunia kampus untuk mahasiswa baru agar cepat beradaptasi dalam menyukseskan pembelajaran di lingkup pendidikan tinggi tanpa ada aksi kekerasan dalam bentuk apapun.

Oleh karena itu, diharapkan dapat tercipta lingkungan institusi pendidikan yang kondusif dan aman demi terciptanya lulusan yang berkualitas.

Prof Nurhasan mengatakan, pihaknya menjadikan ini sebagai catatan evaluasi penting yang diharapkan menjadi masukan untuk perbaikan dalam pengelolaan kegiatan kemahasiswaan ke depan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas semua perhatian berupa kritik ataupun saran kepada Unesa. Kondisi ini dapat dilihat sebagai kecintaan masyarakat pada institusi pendidikan," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Daftar Harga Vaksin Covid-19 yang Diproduksi Indonesia

Posted: 14 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus berupaya menyediakan vaksin untuk menyetop penyebaran virus corona (Covid-19). Targetnya itu akan mulai tersedia sekitar 30 juta dosis pada kuartal IV 2020 ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus berkoordinasi dengan berbagai lembaga dunia untuk memproduksi vaksin Covid-19. Salah satunya dengan G42 Uni Emirat Arab (UAE).

Negara Timur Tengah tersebut bekerjasama dengan Kimia Farma dan berkomitmen untuk menyediakan 10 juta dosis vaksin untuk akhir 2020.

"Kemudian kita melalui G42 telah melakukan juga kerjasama untuk mendapatkan akses. Saat sekarang sedang melakukan clinical trial di UAE. Akses vaksin kita 60-110 juta (secara keseluruhan)," ungkapnya dalam sesi teleconference, Selasa (15/9/2020).

Selain itu, ia memaparkan, pemerintah juga menggalang kerjasama dengan Sinovac Biotech, AstraZeneca, Gavi, dan CEPI untuk mempabrikasi vaksin corona. Airlangga pun memperkirakan varian harga dari bermacam dosis vaksin tersebut.

"Melalui Gavi dan CEPI ini harga daripada vaksin diperkirakan akan lebih rendah, sekiar USD 3-5. Sedangkan Sinovac itu antara USD 10-20," terang dia.

Jika dirupiahkan, dengan nilai tukar rupiah sekarang 14.870 per dolar AS (JISDOR), maka untuk harga vaksin termurah di Rp 44.610 hingga termahal dari Sinovac mencapai Rp 297.400.

Tak hanya itu, ia menambahkan, pemerintah juga berinisiatif memproduksi vaksin Covid-19 buatan anak bangsa, yakni vaksin merah putih. Rencananya, itu bakal disediakan memasuki kuartal III 2021 mendatang.

Airlangga pun mengingatkan, proses vaksinasi tidak serta merta akan sukses dilaksanakan dalam satu kali. Sebab, ada beberapa jenis vaksin yang harus disuntikan beberapa kali guna memberikan kekebalan tubuh terhadap virus corona.

"Ini berbagai vaksin memang jenis imunisasinya berbeda, ada yang satu kali dan dua kali. Sinovac tampaknya dua kali. Kemudian ada yang diperkirakan satu kali. Sehingga akan berbeda metode dan harganya," ujarnya.

Erick Thohir: Warga Mampu Tak Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker tersebut di antaranya membahas perkembangan tentang uji vaksin untuk COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (27/8/2020). Raker tersebut di antaranya membahas perkembangan tentang uji vaksin untuk COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemerintah tengah gencar melakukan langkah percepatan penanganan wabah Covid-19. Salah satunya dengan percepatan pemenuhan kebutuhan vaksin Covid-19.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menyatakan, pihaknya terus menjajaki peluang kerja sama dengan berbagai lembaga kesehatan dan perusahaan farmasi internasional. Hal ini dilakukan agar kebutuhan vaksin nasional tercukupi.

"Yang seperti tadi dilaporkan ke Pak Presiden, bahwa selain kita terus melakukan pendekatan dengan AstraZeneca, CanSino, Pfizer, kita terus melakukan kerja sama dengan CEPI (Coalition for Epidemic Prepareness Inovation) dan GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunization)," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (14/9/2020).

Erick juga menjelaskan, ada dua skema vaksinasi massal yang rencananya dimulai awal tahun depan, yaitu gratis dan berbayar. Skema gratis diberikan kepada masyarakat yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Sedangkan, skema berbayar ditujukan untuk masyarakat yang lebih mampu secara finansial.

"Ini menjadi bagian yang diutamakan dalam periode beberapa bulan ke depan untuk vaksinisasi," katanya.

Sebelumnya, Indonesia telah melakukan kerja sama dengan perusahaan farmasi luar negeri. Seperti kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac Biotech dari Tiongkok.

Sinovac disebutkan telah berkomitmen untuk menyediakan 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini, jika uji klinis tahap 3 yang sedang dilakukan berjalan lancar. Sementara untuk tahun depan, akan diproduksi lagi 250 juta dosis untuk Indonesia.

Kemudian, PT Kimia Farma juga telah bekerja sama dengan Grup 42 (G42) dari Uni Emirat Arab (UEA) dan memperoleh kesepakatan 10 juta dosis vaksin pada akhir tahun 2020. Untuk tahun 2021, jumlahnya ditambah lagi sebanyak 50 juta dosis.

"Insya Allah, di akhir tahun ini ada 30 juta (dosis) dan di tahun depan ada 300 juta. Tetapi sebagai catatan, dari total kita dapatkan 330 juta mungkin 340 juta," kata Erick beberapa waktu silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfuz Sidik: Kehadiran Partai Gelora Diperhitungkan di Pilkada 2020

Posted: 14 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Partai Gelora telah menandatangani 135 dukungan terhadap pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2020. Baik itu, untuk pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.

Dari 135 dukungan tersebut, maka Partai Gelora mengikuti 50 persen dari 270 Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

"Kita tidak bicara menang atau kalah, tetapi sebagai partai baru, Partai Gelora mengikuti 135 pilkada. Ini mengindikasikan kehadiran Partai Gelora diperhitungkan di konteks pilkada," kata Sekretaris Jenderal DPN Partai Gelora Indonesia Mahfuz Sidik dalam keterangan di Jakarta, Senin, 14 September 2020. 

Mahfuz juga menjelaskan, 135 dukungan itu terdiri dari 7 pemilihan gubernur (pilgub), 37 pemilihan walikota dan 91 pemilihan bupati. Dari 135 Pilkada tersebut, Partai Gelora berkoalisi dengan berbagai partai politik, termasuk dengan PKS.

"Adapun tujuh pilgub yang diikuti adalah pemilihan gubernur di Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Kalimatan Utara. Sementara di pemilihan gubernur Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, Partai Gelora absen," lanjut Mahfuz. 

Dukungan Partai Gelora antara lain diberikan kepada pasangan Nasrul Abit -Indra Catri di Pilgub Sumbar yang disokong oleh Partai Gerindra. 

Di Pilkada Kota Makassar, Partai Gelora bersama Partai Nasdem, Gerindra dan PBB mendukung pasangan Mohammad Ramdhan Moh Ramdhan Pamanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma).

Di Pilkada Kota Tangerang Selatan, Partai Gelora mendukung pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan yang didukung Partai Golkar dan PPP. Kemudian di Pilkada Sumbawa, Partai Gelora mendukung pasangan Nurdin Ranggabarani-Burhanuddi Jafar Salam disokong Partai Demokrat dan PPP. 

Pilkada Solo

Sementara di Pilkada Solo, Partai Gelora mendukung pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakoso yang didukung PDIP.

"Partai Gelora menilai putra sulung Presiden Jokowi, Gibran berpotensi memenangi Pilkada Solo," kata Mahfuz.

Selain itu, Partai Gelora juga mendukung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby A Nasution di Pilkada Kota Medan yang berpasangan dengan Aulia Rahman Rajh.

"Pasangan Bobby-Aulia yang didukung PDIP, Gerindra, Nasdem, PPP, PAN PSI dan Hanura juga memiliki potensi besar memenangi Pilkada Medan," tambahnya. 

Sedangkan di Pilkada Kabupaten Rokan Hulu, Partai Gelora berkoalisi dengan PKS, Gerindra, PDIP, Demokrat, Hanura dan Nasdem mendukung pasangan Sukiman-Indra Gunawan.

Koalisi dengan PKS  juga terjadi di Pilkada Kota Surabaya. Partai Gelora bersama PKB, Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, PKS, PPP dan Nasdem mendukung pasangan bersama Machfud Arifin-Mujiaman.

Partai Gelora tidak hanya mendukung pasangan calon yang didukung partai politik saja sebagai pengusungnya. Tetapi juga mendukung pasangan calon independen atau perseorangan.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Mesra Chef Juna dan Kekasih

Posted: 14 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar program acara kuliner, tentunya sudah tak asing lagi dengan sosok Chef Juna. Pemilik nama lengkap Junior Rorimpandey ini merupakan seorang chef profesional. Namanya makin melambung usai menjadi juri di ajang kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi swasta Tanah Air.

Pembawaannya yang tegas membuat Chef Juna justri semakin digemari. Maka tak heran jika kehidupannya selalu menarik perhatian. Salah satunya hubungan asmara pria kelahiran 20 Juli 1975 ini. Usai putus dari Atries Angel, kini Chef Juna tengah dekat dengan seorang wanita yang berprofesi sebagai DJ dan penyanyi.

Wanita cantik tersebut bernama Citra Anidya. Meski Chef Juna belum mengumukan secara pasti hubungannya dengan Citra Anidya, keduanya kerap terlihat bersama. Anggota dari duo vokal Black Champagne ini juga kerap membagikan momen bersama Chef Juna.

Keduanya kerap menghabiskan waktu bersama, mulai dari memasak hingga sekadar bersantai. Jarang terekspos oleh media, Chef Juna dan Citra Anidya terlihat makin lengket. Berikut potret mesra Chef Juna dan Citra Anidya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/9/2020).

1. Setelah putus dari Atries Angel, Chef Juna dikabarkan berpacaran dengan Citra Anidya.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

2. Meski jarang terekspos, Chef Juna dan Citra terlihat menghabiskan waktu bersama.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

3. Pria 45 tahun ini dan Citra Anidya juga terlihat makin lengket di berbagai kesempatan.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

4. Keduanya juga sering menunjukkan kebersamaan saat sedang bersantai.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

5. Tak sedikit orang yang mendoakan agar Chef Juna dan teman duet Mitha The Virgin ini berjodoh.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

6. Meski beda profesi, keduanya tampak saling cocok saat memasak bareng.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

7. Selain mesra, Chef Juna dan Citra Anidya juga selalu terlihat kompak. Seperti kali ini, kompak mengenakan busana hitam.

Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)
Chef Juna dan Citra Anidya (Sumber: Instagram/ncit90)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura

Posted: 14 Sep 2020 09:30 PM PDT

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)
Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

Seorang anak menyentuh instalasi lentera menjelang perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur di Singapura (14/9/2020). (Xinhua/Then Chih Wey)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Corbuzier Bikin Jas, Ukuran Tangannya Disebut Seperti Paha Badak

Posted: 14 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier dikenal sebagai selebritas yang gemar tampil rapi dan maskulin. Dalam setiap penampilannya, Deddy Corbuzier memilih gaya formal dengan setelan jas dan kemeja. Tak heran, Deddy Corbuzier memerlukan banyak jenis pakaian dengan gaya tersebut.

Untuk kebutuhan penampilannya, Deddy Corbuzier memutuskan memesan setelan jas kepada desainer Samuel Wongso. Sang desainer menerima dengan antusias pesanan jas Deddy Corbuzier.

Samuel Wongso melakukan sejumlah tahapan untuk mengerjakan jas yang diminta sang mentalist yang kini lebih dikenal sebagai presenter dan YouTuber. Tahap pertama adalah fitting.

Curhat di Instagram

Samuel Wongso mengunggah foto sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. (https://www.instagram.com/p/CEblHE1FkJv/)
Samuel Wongso mengunggah foto sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. (https://www.instagram.com/p/CEblHE1FkJv/)

Di tahap ini, tubuh Deddy Corbuzier diukur agar setelan jas yang dipesan sesuai bentuk tubuhnya yang atletis. Tapi kemudian, sang desainer menemukan fakta menarik dari hasil tahap pengukuran itu.

Samuel Wongso kemudian mengunggah fotonya sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. Ia juga bercerita mengenai pengalaman membuat jas sang pesohor.

Paha Badak

Samuel Wongso mengunggah foto sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. (https://www.instagram.com/p/CEblHE1FkJv/)
Samuel Wongso mengunggah foto sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. (https://www.instagram.com/p/CEblHE1FkJv/)

"Suatu kali ada wartawan bertanya sama gue, jas siapa yang paling sulit dibuat lalu apa tantangannya bikin jas. Gue selalu jawab semua bisa teratasi alias gampang," tulis Samuel Wongso sebagai keterangan foto.

"Tapi setelah gue ukur @mastercorbuzier mungkin bakalan dia paling susah, 'repot banget tangannya sepaha badak,' cuit Samuel Wongso berkelakar.

 

Direspon Deddy Corbuzier

Samuel Wongso mengunggah foto sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. (https://www.instagram.com/p/CEblHE1FkJv/)
Samuel Wongso mengunggah foto sedang mengukur tubuh Deddy Corbuzier di akun Instagram terverifikasi miliknya. (https://www.instagram.com/p/CEblHE1FkJv/)

Unggahan Samuel Wongso kemudian diketahui Deddy Corbuzier. Melalui akun Instagram, Deddy Corbuzier merespons. Bukannya marah, Deddy Corbuzier justru tertawa melihat ungkapan jujur Samuel Wongso.

"Hahahaha as*****," tulis Deddy Corbuzier.

Reaksi Warganet

Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Warganet ikut tergelitik dengan unggahan Samuel Wongso tentang pengalamannya membuat jas untuk Deddy Corbuzier. Mereka ikut memberi komentar di foto-foto yang diunggah Samuel Wongso.

"Badak tak bercula ya bang...😂," tulis akun @zaki.oxberlin.

"Tangannya sebesar perutmu😌," sambung akun @mjsehonanda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YouTube Music Tembus 500 Juta Unduhan

Posted: 14 Sep 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seiring waktu, jumlah unduhan YouTube Music terus bertambah. Google terus berupaya menambah pengguna YouTube Music, termasuk dengan membundelnya dengan YouTube Premium.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (15/9/2020), aplikasi YouTube Music kini telah mencapai 500 juta unduhan. Pencapaian ini membuatnya menjadi salah satu aplikasi paling populer.

YouTube Music merupakan aplikasi streaming musik yang dikembangkan oleh YouTube, anak usaha Google. Aplikasi ini merupakan kompetitor dari Spotify dan Apple Music. Setiap video musik atau lagu yang ada di YouTube, bisa diputar di YouTube Music.

YouTube Music pertama kali dirilis pada 2015. Pada 2018 YouTube mengumumkan versi baru dari YouTube Music, termasuk desktop player berbasis pada website dan desain baru aplikasi mobile.

Viral, Film Pendek Tilik Berhasil Raup 3 Juta Views di YouTube

Film Tilik. (Foto: Dok. Ravacana Films)
Film Tilik. (Foto: Dok. Ravacana Films)

YouTube merupakan layanan berbagi video paling populer di dunia. Layanan tersebut berisi berbagai jenis konten mulai dari musik hingga film. Banyak konten video yang menjadi viral di YouTube.

Film pendek Tilik beberapa waktu lalu menjadi perhatian publik. Penonton film garapan sutradara Wahyu Agung Prasetyo ini pun melejit dengan cepat dalam beberapa hari usai diunggah di YouTube.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (21/8/2020), saat artikel ini ditulis, film tersebut sudah mendapat sekitar 3,2 juta views. Padahal, film baru diunggah pada 17 Agustus 2020.

Peningkatan jumlah views ini juga terbilang cepat. Sebab, dari akun sang sutradara, @whyagungprstyo pada 20 Agustus 2020 atau kemarin, film ini dilaporkan baru mendapat 1 juta views.

Sinopsis Tilik

Dalam waktu satu hari, film Tilik mendapatkan lebih dari 2 juta views. Selain filmnya yang mendapat respons positif, salah satu karakternya yakni Ibu Tedjo, juga sempat ramai diperbincangkan di Twitter.

Karakter Ibu Tedjo mendapat sorotan, sebab karakter ini menjadi salah satu pusat dalam film. Dia digambarkan sebagai sosok yang suka memperbicangkan orang lain, meski belum mengetahui kebenarannya.

Adapun dikutip dari sinopsis film ini, Tilik mengisahkan perjalanan serombongan ibu-ibu menaiki truk untuk menjenguk (tilik) Bu Lurah di Rumah Sakit di Kota.

Perbincangan maupun perdebatan dalam perjalanan itu, yang lantas menjadi kisah utama dalam film ini.

Tilik sendiri sudah berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Film Pendek Terpilih dalam Piala Maya 2018, Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018, dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelapor Sesalkan Dewas KPK Tunda Putusan Sidang Etik Firli Bahuri

Posted: 14 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, selaku pelapor menyesalkan penundaan sidang putusan dugaan pelanggaran kode etik dengan terperiksa Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri. Rencananya sidang digelar hari ini, namun diundur hingga 23 September 2020.

"Menyesalkan atas penundaan sidang pembacaan putusan dengan alasan tes PCR Covid-19," ujar Boyamin saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Boyamin mengatakan, Dewas KPK harus tetap memberikan penjelasan lengkap terkait penundaan ini. Sebab, menurut Boyamin, publik telah menunggu putusan pelanggaran etik terkait dugaan gaya hidup mewah Firli Bahuri.

"Setidaknya ada penjelasan yang lengkap atas penundaan tersebut," kata Boyamin.

Diberitakan sebelunya, sidang putusan dugaan pelanggaran etik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri batal digelar hari ini, Selasa (15/9/2020). Sidang ditunda hingga 23 September 2020 mendatang.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, penundaan sidang lantaran 3 anggota dewas KPK akan menjalani tes swab PCR. Sebab, ketiga anggota dewas tersebut dalam beberapa hari terakhir kontak dekat dengan pegawai KPK yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Yang sudah akan swab diutamakan anggota majelis etik, karena kemaren kan terus berinteraksi dengan pegawai tesebut," ujar Ali saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Ali mengatakan, ketiga anggota dewas KPK yang akan menjalani tes swab adalah Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, dan Syamsuddin Haris.

"Pak THP, Bu AH, dan Pak SH," kata Ali.

Ali mengatakan, usai menjalani tes swab PCR, para anggota dewas tersebut akan bekerja dari rumah sambil menunggu hasil tes. Maka dari itu, sidang dugaan pelanggaran etik Firli ditunda sementara waktu.

"Habis swab nanti BDR (bekerja dari rumah) dahulu sampai ada hasil tes," kata Ali.

Diberitakan sebelumnya, sidang putusan dugaan pelanggaran etik dengan terperiksa Ketua KPK Komjen Firli Bahuri dan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap batal digelar, Selasa (15/9/2020). Sidang putusan ditunda hingga 23 September 2020 mendatang.

"Rencana persidangan etik Dewan Pengawas KPK dengan terperiksa YP, Pegawai KPK dan FB, Ketua KPK ditunda dari jadwal Selasa, 15 September 2020 menjadi Rabu, 23 September 2020," ujar Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding dalam keterangannya, Senin (14/9/2020) malam.

Tes Swab

Ipi mengatakan, Dewas KPK memutuskan menunda sidang putusan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan KPK. Menurut Ipi, salah satu anggota Dewas KPK pernah berinteraksi dengan pegawai yang terkonfirmasi positif.

"Dari hasil tracing internal ditemukan indikasi interaksi antara pegawai yang positif Covid-19 dengan anggota Dewas KPK. Sehingga pada hari Selasa akan dilakukan tes swab sejumlah pihak terkait," kata Ipi.

Sidang dugaan pelanggaran etik terhadap Firli digelar Dewas KPK atas aduan dari Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI).

MAKI melaporkan Firli lantaran dalam peraturan yang dikeluarkan Dewas KPK, tetulis insan KPK dilarang bergaya hidup mewah. MAKI menduga Firli melanggar peraturan tersebut karena menumpangi helikopter bertuliskan PK-JTO saat perjalanan dari Baturaja menuju Palembang, Sumatera Utara.

Firli diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku 'Integritas' pada Pasal 4 Ayat (1) huruf c atau Pasal 4 Ayat (1) huruf n atau Pasal 4 Ayat (2) huruf m dan/atau 'Kepemimpinan' pada Pasal 8 ayat (1) huruf f Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor: 02 Tahun 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal China Masuki Perairan Tanah Air, Begini Respons Indonesia

Posted: 14 Sep 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan pada 14 September 2020, bahwa Indonesia memprotes masuknya kapal garda pantai China ke perairan Tanah Air. 

Dilansir VOA Indonesia, Selasa (15/9/2020), kapal China tersebut diidentifikasi sebagai CCG 5204, dan terlihat di perairan Natuna Utara, pada 12 September. Wilayah perairan itu, diketahui merupakan zona ekonomi eksklusif Indonesia dekat provinsi Kepulauan Riau.

Dalam tanggapannya, Juru bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah menyampaikan kepada AFP, "Setelah isu itu, kementerian mengatakan pada Minggu 13 September, berkomunikasi dengan perwakilan China di Jakarta untuk meminta klarifikasi".

Sementara menurut Badan Keamanan Maritim Indonesia, kapal itu bersikeras berpatroli di wilayah yang disebut China sebagai "sembilan garis putus-putus", sebuah wilayah yang diklaim Beijing tetapi diperebutkan negara-negara tetangganya.

"Kementerian menegaskan kembali kepada perwakilan China bahwa tidak ada tumpang tindih antara zona ekonomi eksklusif Indonesia dan perairan China," jelas Faizasyah.

Kapal Telah Meninggalkan Daerah Perairan

KRI Imam Bonjol 383 adalah kapal yang digunakan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk menangkap kapal Cina yang diduga menangkap ikan di perairan Natuna beberapa waktu lalu, Kepulauan Riau, Kamis (23/6). (Foto: Setpres)
KRI Imam Bonjol 383 adalah kapal yang digunakan Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk menangkap kapal Cina yang diduga menangkap ikan di perairan Natuna beberapa waktu lalu, Kepulauan Riau, Kamis (23/6). (Foto: Setpres)

Kapal meninggalkan daerah perairan tersebut pada 14 September, menurut badan keamanan maritim.

Indonesia menolak klaim sembilan garis putus-putus China, dan menyatakan bahwa hal itu melanggar Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Tak hanya itu, Indonesia juga sedang berupaya untuk menghentikan kapal asing yang menangkap ikan di perairannya. 

Langkah tersebut dilakukan dengan alasan merugikan ekonomi miliaran dolar setiap tahun dan mengklaim wilayah di ujung selatan Laut Cina Selatan itu sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Untuk berpatroli di perairan kepulauan Natuna, pada Januari 2020 Indonesia mengerahkan jet tempur dan kapal perangnya, dalam perselisihan dengan Beijing setelah kapal-kapal China, baik kapal penjaga pantai maupun kapal penangkap ikan, memasuki wilayah tersebut.

Meskipun adanya klaim tumpang tindih dari negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Malaysia, Negeri Tirai Bambu tersebut mengklaim sebagian besar Laut China Selatan. 

Infografis Klaim Sepihak China di Laut Natuna

Infografis Klaim Sepihak China di Laut Natuna. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Klaim Sepihak China di Laut Natuna. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langgar Aturan PSBB, Satpol PP Tutup Paksa Warung dan Restoran di Jaktim

Posted: 14 Sep 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur menutup secara paksa dua warung makan dan restoran di kawasan Rawamangun karena melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat, Selasa (15/9/2020).

"Kita melaksanakan Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 tentang PSBB bahwa aturannya kembali ke fase awal," kata Kasatpol PP Kecamatan Pulogadung, Andik Sukaryanto, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa.

Dua tempat usaha itu dipergoki petugas Satpol PP masih mempersilakan konsumen makan dan minum di meja dan kursi yang tersedia.

Razia yang dipimpin Andik ini dilakukan dengan meninjau satu per satu ruko tempat makan dan minum untuk memastikan ketiadaan konsumen di dalamnya selama PSBB ketat.

"Yang diperbolehkan hanya take away. Silakan pesan, lalu bawa pulang. Jangan ada yang makan atau minum di tempat," ujar Andik.

Terhadap pengusaha yang diketahui melanggar aturan, petugas langsung membuat berita acara pemeriksaan (BAP) di tempat dan dijatuhi sanksi sesuai Pergub 79 Tahun 2020 tentang sanksi PSBB.

"Kita cek rumah makan lalu ada dua yang masih melayani makan di tempat. Akhirnya kita segel tutup sementara 1 x 24 jam," kata Andik.

Bakal Diperpanjang Jika Kasus Terus Naik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor 959 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

Pada Kepgub yang ditandatangani Anies pada 11 September 2020 itu, disebutkan pengetatan PSBB Jakarta dapat diperpanjang hingga Oktober mendatang bila kasus Covid-19 terus meningkat.

"Dalam hal terjadi peningkatan kasus baru Covid 19 secara signifikan berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi, pemberlakuan PSBB dapat diperpanjang selama 14 hari berikutnya, sampai 11 Oktober 2020," kata Anies dalam Kepgub tersebut yang dikutip Liputan6.com, Senin (14/9/2020).

Kendati begitu, keputusan perpanjangan PSBB akan dilakukan berdasarkan hasil evaluasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DKI Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

53 Warga Terjaring Operasi Razia Masker di Kota Bogor

Posted: 14 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim gabungan menggelar operasi penegakan protokol kesehatan Covid-19 di dua titik lokasi di Kota Bogor, Selasa (15/9/2020). Dalam operasi tersebut, sebanyak 53 pengendara terjaring petugas gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Kota Bogor, lantaran tak menggunakan masker.

Puluhan pengendara itu terjaring di cek point Simpang Mawar, Kecamatan Bogor Tengah dan Padjajaran, Kecamatan Bogor Utara. Mereka dihukum denda administrasi sebesar Rp 50 ribu, ada pula yang mendapat hukuman sosial.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jabar Brigjen Edsy S. Tambunan yang turut mengecek operasi gabungan protokol kesehatan mengatakan, operasi ini agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

"Kegiatan sekarang mulai peneguran sampai penindakan terhadap warga yang tidak pakai masker. Supaya mereka ingat kena sanksi dan pelanggar ini mengingatkan lagi ke keluarganya," ujar Edsy.

Menurutnya, setiap Polres di wilayah Jabar sudah diperintahkan untuk ikut membantu pemerintah daerah melaksanakan operasi masker.

"Kita punya target setiap Polres itu melakukan operasi masker di dua titik dan secara mobile. Setiap Polsek juga satu titik dan mobile," kata dia.

Mengingat di Kota dan Kabupaten Bogor kasus positif Covid-19 masih terus bertambah, sehingga fokus operasi penegakan protokol kesehatan dilakukan wilayah tersebut.

"Kita lihat pola yang kita gunakan ini kasus Covid-19 menurun enggak. Mudah-mudahan menurun ya," ucapnya.

Secara umum, tingkat kesadaran masyarakat Kota Bogor tinggi untuk menerapkan protokol kesehatan khususnya memakai masker.

"Apalagi di Stasiun Bogor, tadi saya pantau cukup bagus, semua penumpang pakai masker. Pihak PT KAI juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pengetatan dan penguatan protokol kesehatan sebagai antisipasi kebijakan DKI Jakarta. Penguatan dilakukan bersama unsur TNI Polri dan organisasi pemuda, serta tokoh agama.

"Setiap hari kita terus berkeliling untuk memastikan warga selalu sadar bahwa bahaya selalu mengintai," kata Bima.

Kepatuhan Warga Baik

Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) saat meninjau Stasiun Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/6/2020). Bima Arya mengunjungi Stasiun Bogor untuk melihat kesiapan aparat keamanan mengantisipasi antrean panjang serta penerapan protokol kesehatan pada penumpang KRL. (merdeka.com/Arie Basuki)
Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) saat meninjau Stasiun Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/6/2020). Bima Arya mengunjungi Stasiun Bogor untuk melihat kesiapan aparat keamanan mengantisipasi antrean panjang serta penerapan protokol kesehatan pada penumpang KRL. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sejauh ini, Bima melihat tingkat kepatuhan warga Kota Bogor cukup tinggi. Namun demikian Pemkot Bogor akan terus mengintensifkan operasi di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor.

"Kita sudah sepakat dengan Ibu Bupati Bogor untuk bersama-sama melakukan operasi penegakan protokol kesehatan," terangnya.

Usai mengecek operasi masker Wakapolda beserta Kasdam III Siliwangi, Danrem 061 Suryakencana, Dansat Brimob Polda Jabar, Kapolresta Bogor Kota, Wali Kota Bogor, dan Dandim 0606 Kota Bogor meninjau Pasar Bogor dan kawasan niaga Suryakencana.

Di dua lokasi tersebut aparat gabungan membagikan masker kain kepada para pedagang Pasar Bogor serta melakukan sosialisasi terkait pola hidup bersih dan mengingatkan untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan. (Achmad Sudarno)

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prilly Latuconsina Ajak Masyarakat Ikhlas dan Bersyukur Jalani PSBB

Posted: 14 Sep 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini membuat banyak orang bereaksi baik pro maupun kontra. Di tengah banyaknya respons tersebut, Prilly Latuconsina ikut bersuara.

Prilly Latuconsina menyadari bahwa PSBB tentunya akan berimbas sangat besar dengan banyak hal, dari pekerjaan hingga pendapatan. Namun di balik itu semua, Prilly Latuconsina meyakini bahwa ada hikmah yang bisa diambil.

Hal itu disampaikan Prilly Latuconsina melalui unggahan di Instagram terverifikasi miliknya pada Senin (14/9/2020).

"Psbb lagi ya? yuk tarik nafas dan bersyukur. sudah pasti kerjaan di undur, jadwal berantakan, bisnispun menurun. Tapi semua ini pasti ada hikmahnya," tulis Prilly Latuconsina.

 

Kilas Balik

Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)

Berkaca dari pengalamannya, Prilly Latuconsina mengaku sempat kewalahan di awal penerapan PSBB fase pertama. Bahkan, Prilly Latuconsina mengatakan bahwa kala itu ia lebih sering bersedih.

"Flashback awal-awal di Rumah aja, aku sangat memaksakan diri untuk tetap produktif. Setiap hari berjam-jam didepan laptop, meeting Zoom tanpa henti sampai lupa istirahat padahal di rumah. Sehingga kemarin kalau mau di inget-inget, lebih banyak airmata dari tawa," ungkap Prilly Latuconsina.

 

Bersyukur dan Ikhlas

Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)

Dari situ, Prilly Latuconsina menyadari bahwa yang seharusnya dilakukan saat ini adalah untuk menerima dan menghadapi semua masalah yang ada. Ia juga mengajak masyarakat untuk bersyukur dan ikhlas.

"Akhirnya sekarang duduk melihat jalan sambil merenung dan sadar "i shouldn't push myself like that" Jadiiii sekarang aku memutuskan untuk lebih tenang dan menerima. Apapun masalah yang dihadapi, tetap harus bersyukur dan ikhlas, tetap usaha tapi tidak memaksakan, dan memberikan waktu untuk diri sendiri," kata Prilly Latuconsina lagi.

 

Pelangi Setelah Badai

Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)
Prilly Latuconsina. (Instagram/prillylatuconsina96)

Satu yang ia yakini adalah akan ada kebahagiaan setelah segala cobaan yang telah dilewati.

"Mungkin akan jarang update di sosmed, mungkin akan jarang bikin konten tapi gapapa jalani apa yang didepan mata, koreksi diri dan be happy. Semangat semuanyaa akan ada pelangi setelah badai. Bismillah abis ini akan ada kebahagiaan untuk kita semua. Cheers," tutup Prilly Latuconsina. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Urus Adiknya Berusia 2 Tahun, Gadis Remaja Ini Digugat Orang Tuanya

Posted: 14 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merawat dan membesarkan buah hati adalah hal penting bagi setiap orang tua. Bukan hanya itu saja pekerjaan mendidik anak juga tak kalah penting agar sang buah hati bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik. 

Namun rupanya kenyataan tak seperti yang diharapkan. Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial. Sepasang orang tua menolak untuk merawat dan menjaga anak keduanya yang baru berusia 2 tahun. Kabar tersebut meluas hingga menjadi viral dan perdebatan netizen.

Terlebih lagi sang orang tua memaksa anak pertamanya yang berusia 22 tahun untuk menjaga dan membesarknya adiknya tersebut. Rupanya alasan orang tua itu tak mau merawat anak keduanya lantaran tak mampu membiayai hidupnya.

Mereka memaksa anak pertamanya untuk membawa dan merawat adiknya yang masih balita itu. Menolak perintah orang tuanya, sang gadis remaja tersebut akhirnya digugat oleh orang tuanya.

Tak Mampu Mengasuh

Ilustrasi bayi. (dok. Unsplash.com/Alex Pasarelu/@bellefoto)
Ilustrasi bayi. (dok. Unsplash.com/Alex Pasarelu/@bellefoto)

Kejadian yang kontroversial itu terjadi di China. Menurut beberapa laporan berita di China, pasangan yang selama beberapa tahun bertahan hidup dari tunjangan bulanan anak memutuskan untuk memiliki anak kedua.

Namun rupanya mereka baru menyadari bahwa sebenarnya tidak mampu mengasuh anak tersebut. Jadi, orang tua itu meminta putri mereka yang berusia 22 tahun bernama Le Le untuk membesarkan adiknya yang masih balita.

Sementara Le Le  adalah gadis yang mampu menghidupi dirinya sendiri selama kuliah, dikutip dari Oddity Central oleh Liputan6.com, Selasa (15/9/2020). Dia juga bermimpi membangun karier untuk dirinya sendiri. Tetapi betapa kagetnya Le Le ketika dia mendengar perintah tentang 'pekerjaan' baru dari orang tuanya yang menurutnya tidak masuk akal tersebut.

Digugat ke Pengadilan

Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)
Ilustrasi palu hakim pengadilan. (Sumber Pixabay)

Setelah mendengar hal itu, Le Le langsung menolak untuk membesarkan adiknya di saat orang tua mereka masih ada. Mendapat penolakan, orangtua Le Le menggugatnya di pengadilan. Setelah merambah ke jalur hukum, justru Le Le kalah dalam oengadilan.

Ia pun diperintahkan oleh pengadilan untuk bertanggung jawab atas saudara laki-lakinya yang berusia 2 tahun. Pengadilan mengabulkan tuntutan orangtua Le Le karena menggunakan Pasal 29 Undang-Undang Perkawinan Republik Rakyat China. Menurut UU tersebut, orang dewasa yang orang tuanya telah meninggal atau tidak dapat merawat anak di bawah umur, memiliki kewajiban untuk menjaga saudara mereka.

Dikritisi Netizen

Kisah yang tak baisa terjadi ini telah menimbulkan banyak kontroversi di media sosial. Hampir  74 juta orang mendiskusikannya di situs Weibo. Sebagian besar menghujat keputusan pengadilan yang dianggap tidak adil terhadap gadis 22 tahun itu. Masalahnya, orang tuanya tidak bertanggung jawab ketika mereka memutuskan untuk memiliki anak kedua.

Menurut situs berita China Two Eggz, sejak negara Tirai Bambu itu menghapus kebijakan satu keluarga dua anak, sebagian besar pasangan berlomba memiliki banyak anak tanpa mempertimbangkan kemampuan terlebih dahulu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Airlangga Sebut Kondisi Jakarta Sangat Pengaruhi Ekonomi Nasional

Posted: 14 Sep 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta tertekan paling dalam setelah Bali pada triwulan II-2020. Tercatat pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota ini -8,22 persen.

"DKI pertumbuhannya tertekan paling dalam, yaitu minus 8, kedua setelah Bali," kata Airlangga dalam sambutannya di acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom: Tranformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Airlangga melanjutkan, pertumbuhan ekonomi di Bali paling tertekan mengalami kontraksi hingga -10 persen. Namun, DKI menjadi yang tertinggi karena masuk dalam 10 provinsi penyumbang PDB terbesar.

Selain itu, DKI Jakarta memiliki realisasi tinggi dan sangat berdampak pada kegiatan perekonomian. "DKI seperti kita ketahui efeknya sangat besar terhadap kegiatan perekonomian nasional," kata Airlangga.

Selain DKI Jakarta, beberapa provinsi lainnya juga mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Misalnya di Jawa Timur yang pertumbuhannya -5,9 persen, Jawa Barat -5,8 persen, Jawa Tengah -5,94 persen, Kalimantan Timur -5,46 persen, dan Banten -7,4 persen.

Sementara itu, beberapa provinsi yang pertumbuhan ekonomi terkontraksi tidak terlalu dalam, yakni Sumatera Utara -2,37 persen, Riau -3,22 persen, Sulawesi Selatan -3,87 persen dan Sumatera Selatan -1,37 persen. Daerah-daerah ini masih bisa tetap tumbuh lantaran ditopang sektor pertanian atau sektor perkebunan yang tidak terlalu terdampak oleh pandemi.

"Kuta lihat sektor pertanian dan perkebunan ini yang kurang berpengaruh akan pandemi ini," kata Airlangga.

Begitu juga dengan sektor pertambangan dan penggalian. Airlangga menyebut sektor dua sektor ini bisa menjadi pembangkit perekonomian nasional.

Khususnya pada penggalian nikel di Sulawesi dan industri pengolahan, kontruksi dan perdagangan. Lima sektor ini masih bisa jadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Lima sektor yang bisa mengungkit perekonomian nasional," kata dia.

Merdeka.com

Pemberlakuan PSBB Jakarta Bikin Ekonomi Kuartal III Kembali Minus

Pekerja melintasi trotoar saat jam pulang kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (14/9/2020). Selama PSBB, Pemprov DKI Jakarta mewajibkan perusahaan nonesensial untuk membatasi 25 persen dari total pekerja yang bekerja di kantor guna memutus penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Pekerja melintasi trotoar saat jam pulang kantor di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (14/9/2020). Selama PSBB, Pemprov DKI Jakarta mewajibkan perusahaan nonesensial untuk membatasi 25 persen dari total pekerja yang bekerja di kantor guna memutus penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat mulai Senin, 14 September 2020. Dalam PSBB ini hanya ada 11 bidang usaha yang diperbolehkan tetap beroperasi.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, dunia usaha mendukung keputusan Gubernur tersebut. Namun, ia menyebut bagi pengusaha kebijakan ini membuat ekonomi Jakarta akan terhenti kembali, di mana berbagai sektor usaha jasa akan tutup dan konsumsi rumah tangga dipastikan menurun.

Selama saat Krisis 1998 ia pun memproyeksikan, PSBB membuat pertumbuhan ekonomi Jakarta di kuartal 3 berpotensi minus. Sebab, pertumbuhan ekonomi Jakarta kuartal dua saja terkontraksi minus 8,22 persen di atas nasional yang terkontraksi minus 5,32 persen.

"Bagi pengusaha kebijakan ini amat berat, akan tetapi harus kita terima dan dukung karena ambang batas penyebaran virus Covid 19 semakin meningkat. Kebijakan ini tentu akan membuat ekonomi Jakarta stagnan kembali di mana aktivitas perkantoran akan tutup,"kata Sarman kepada Liputan6.com, Kamis (10/9/2020).

Lantaran, berbagai sektor usaha yang tutup seperti pusat perdagangan, mal, kafe, restoran, hotel, termasuk pembatasan operasional transportasi pelaku UMKM, seluruh aktivitas perkantoran dan operasional berbagai usaha di luar 11 sektor yang dikecualikan, serta berbagai aktivitas masyarakat akan tutup dan dibatasi.

Kata Sarman, pelaku usaha sangat memaklumi kebijakan tersebut karena merupakan suatu pilihan sulit bagi Gubernur DKI Jakarta. Namun, dalam situasi dan kondisi seperti ini, keputusan harus segera diambil dan keselamatan dan kesehatan masyarakat di atas segala-galanya.

Padahal, di sisi lain ekonomi Jakarta baru mulai bergairah dalam dua bulan terakhir, meskipun masih dengan pembatasan-pembatasan protokol kesehatan.

"Sehingga diberlakukannya kembali PSBB akan memperpanjang masa penantian pengusaha hiburan malam yang sudah hampir 6 bulan tutup dan hingga saat ini belum diizinkan buka," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Arab Saudi Bakal Izinkan Umrah hingga COVID-19 Indonesia Tembus 10 Besar di Asia Terpopuler

Posted: 14 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik datang dari Kerajaan Arab Saudi. Mulai Selasa (15/9/2020), Arab Saudi mulai buka pintu untuk perjalanan internasional. 

Selama berbulan-bulan, Arab Saudi tutup pintu akibat COVID-19. Proses ibadah umrah dan haji tahun ini lantas terganggu. Indonesia termasuk negara yang resmi membatalkan perjalanan haji tahun ini. 

Pembukaan travel di Arab Saudi akan dilaksanakan secara bertahap. Saat ini yang mendapat izin perjalanan internasional baru warga Arab Saudi dan warga negara Teluk. 

Berita mengenai Arab Saudi mendapat sambutan positif dari pembaca kanal global Liputan6.com hari ini. 

Dua artikel terpopuler lain membahas COVID-19, termasuk kasus di Indonesia yang tembus 10 besar di Asia.  Berikut daftar selengkapnya dalam Top Global:

1. Siap-Siap Umrah, Arab Saudi Izinkan Orang Asing Masuk Negaranya Mulai 15 September

Umat muslim melakukan Tawaf mengelilingi Kakbah selama umrah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Senin (2/3/2020). Semenjak pemerintah Arab Saudi melarang kegiatan umrah, tempat paling suci umat Islam ini menjadi terlihat lebih sepi dari biasanya. (AP Photo/Amr Nabil)
Umat muslim melakukan Tawaf mengelilingi Kakbah selama umrah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Senin (2/3/2020). Semenjak pemerintah Arab Saudi melarang kegiatan umrah, tempat paling suci umat Islam ini menjadi terlihat lebih sepi dari biasanya. (AP Photo/Amr Nabil)

Kabar gembira datang dari Kerajaan Arab Saudi. Mulai Selasa 15 September 2020, warga internasional mulai diizinkan masuk ke negara tersebut.

Pada tahap pertama ini, warga Saudi seperti pebisnis, mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri, hingga pasien yang butuh perawatan medis bebas keluar-masuk Arab Saudi.

Arab Saudi pun juga akan membahas pelonggaran ibadah umrah.

Baca selengkapnya...

2. Kasus COVID-19 Indonesia Masuk 10 Besar Asia pada Hari Pertama PSBB Ketat di Jakarta

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut worldometers.info/coronavirus, ada 49 negara yang masuk dalam daftar negara Asia.

Indonesia berada di urutan ke-9 negara di Asia dengan kasus infeksi Virus Corona COVID-19 tertinggi. Posisi teratas diduduki oleh India.

Baca selengkapnya...

3. Nekat Demo Akibat Ajakan di Grup Teori Konspirasi COVID-19

Pesepeda melewati Stasiun Flinders Street yang kosong selama lockdown atau penguncian wilayah di Melbourne, Kamis (6/8/2020). Negara bagian Victoria, hotspot COVID-19 di Australia, melakukan lockdown dan menutup bisnis ritel sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. (AP Photo/Andy Brownbill)
Pesepeda melewati Stasiun Flinders Street yang kosong selama lockdown atau penguncian wilayah di Melbourne, Kamis (6/8/2020). Negara bagian Victoria, hotspot COVID-19 di Australia, melakukan lockdown dan menutup bisnis ritel sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. (AP Photo/Andy Brownbill)

Polisi di Melbourne, Australia, menangkap 74 demonstran anti-lockdown di Queen Victoria Market. Para demonstran itu terpicu grup teori konspirasi COVID-19 di media sosial. Mereka juga bersikap anarkis.

"Banyak pengunjuk rasa yang agresif dan mengancam kekerasan kepada petugas," ujar kepolisian seperti dilaporkan BBC, Senin (14/9/2020).

Baca selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Komisi IV DPR: Menteri Edhy Prabowo Tak Hadir Rapat karena Belum Sehat

Posted: 14 Sep 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dijadwalkan rapat kerja (raker) dengan komisi IV DPR RI pada Selasa ini. Salah satu agenda raker tersebut adalah evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2020 dan rencana anggaran 2021. 

Namun, rapat yang dipimpin oleh ketua komisi IV Sudin ini tidak dihadiri oleh Menteri Edhy Prabowo karena masih dalam perawatan. Sebelumnya Menteri Edhy Prabowo dikabarkan positif Covid-19 usai kunjungan kerja ke Kalimantan Timur pada 1-2 September 2020.

Tak hanya Menteri Edhy Prabowo, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono dan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan Artati Widiarti juga tak hadir dalam rapat kali ini.

"Sebelum mulai, saya menerima 3 pucuk surat kuasa. Pertama ditandatangani oleh Menteri KKP Edhy Prabowo, kuasanya ditujukan kepada Antam Novambar untuk menghadiri rapat kerja hari ini," ujar Sudin di ruang rapat komisi IV, Selasa (15/9/2020). Antam Novambar merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selanjutnya, Aryo Hanggono diwakilkan kepada Agus Dermawan yang merupakan Plt. Sekretaris Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP.

Sedangikan Artati Widiarti memberikan surat kuasa kepada Berny Achmad Subki yang merupakan Sekretaris Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP.

"Saya rasa kita semua menyetujui surat kuasa ini ya, karena yang bersangkutan masih belum sehat. Insha Allah rapat kerja yang akan datang ketiganya bisa menghadiri rapat kerja," kata Sudin melanjutkan rapat yang kemudian dilakukan secara terbuka.

Sebelum pemaparan, Sekjen KKP Antam Novambar juga meminta doa agar para koleganya di KKP termasuk Menteri Edhy Prabowo yang sedang sakit segera disembuhkan.

"Semoga para sahabat kita yang sakit segera diangkat penyakitnya dan kita-kita yang di sini berdoa semoga dijauhkan dari marabahaya. Amin," tuturnya.

Pengamat: KKP Harus Terbuka soal Kabar Menteri Edhy Prabowo Positif Covid-19

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Ambon pada 31 Agustus 2020. (Dok KKP)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Ambon pada 31 Agustus 2020. (Dok KKP)

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan positif covid-19, namun kabar tersebut didapat dari Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan yang mendapatkan informasi dari staf Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Hingga kabar tersebut ramai diperbincangkan publik, pihak KKP sampai saat ini belum memberikan keterangan resmi terkait keadaan Menterinya.

 

Menanggapi hal itu, Pengamat Kebijakan Kesehatan Indonesia Dr. Hermawan Saputra, mengatakan seharusnya pihak sekelas pejabat Menteri segera memberikan kabar atau validasi informasi, sehingga memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Ini kan berkaitan dengan validasi informasi. Bahwa setiap orang yang dicurigai pernah mendapatkan kontak erat dengan penderita positif covid-19, kemudian dia terpapar resiko apalagi menimbulkan gejala maka dia wajib memeriksakan dirinya atau wajib diperiksakan, ditelusuri lebih lanjut," kata Hermawan kepada Liputan6.com, Selasa (8/9/2020).

Tak terkecuali baik untuk masyarakat awam atau pejabat publik. Justru seharusnya yang menjadi teladan adalah pejabat itu sendiri, ada banyak pejabat bahkan mengumumkan dirinya positif covid-18.

Ia menyebut seperti Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta beberapa pejabat yang terbuka informasi. Oleh karena itu seharusnya ada contoh yang baik dari pejabat.

Lebih lanjut Hermawan menjelaskan, ada dua sisi yang menjadi perhatiannya yakni jika pejabat itu sudah ditangani rumah sakit maka humas rumah sakit yang akan diminta informasinya. Tetapi jika terkait dengan lembaga negara seperti Kementerian, yang juga ada humas Kementerian atau ada asisten Menteri yang bisa menyampaikan atas nama kelembagaan.

"Selaku pejabat Kementerian tidak perlu ditutup-tutupi, artinya memang ini bukan stigma negatif, tidak perlu menjadi parno atau  hal menakutkan justru harus disampaikan kepada publik. Kita dulu ada Menteri Budi karya Sumadi yang pernah kena covid-19, bahkan Menteri Budi cukup terbuka informasinya," ujarnya.

Demikian ia menegaskan kembali, seharusnya Menteri Edhy Prabowo dan pejabat lainnya bisa belajar dari Menteri Perhubungan Budi Karya, dimana hal itu bisa menjadi contoh penanganan khusus untuk level Menteri.

"Artinya belajar dari Menteri Budi Sumadi, bahkan rakyat juga ikut mendoakan kesembuhan beliau, itu bagian dari keberkahan," pungkasnya.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gudang Mebel dan Rumah di Pasuruan Terbakar, Diduga Akibat Korsleting

Posted: 14 Sep 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diduga korsleting listrik, dua rumah dan dua gudang mebel di Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu dini hari ludes terbakar.

Kencangnya angin, dan banyaknya bahan yang mudah terbakar, membuat api cepat membesar, dan sulit dipadamkan. Api baru dapat dipadamkan 3 jam kemudian, setelah empat unit mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan.

Dua rumah, dan dua gudang mebel yang saling bersebelahan, masing-masing milik Hadi Sutikno dan Soleh, di Kelurahan Sebani, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Minggu dini hari, ludes terbakar.

Sebuah video amatir, sempat merekam saat api mulai membesar dan tak terkendali. Kencangnya angin, dan banyaknya bahan mudah terbakar, seperti bahan spon, kursi, dan lemari di dalam gudang mebel, membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Api kemudian menjalar ke dua rumah, dan gudang lainnya yang bersebelahan. Beruntung, pemilik rumah bersama anggota keluarganya, berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api. Menurut warga, Ahmad Nasta'in, api diduga muncul pertama kali dari gudang mebel.

"Yang terbakar ini gudang busaan, terbakar dua gudang, dua rumah," kata Ahmad Nasta'in, Warga Gadingrejo Pasuruan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa  ini. Namun akibat kebakaran, dua pemilik rumah, dan gudang mebel mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Dugaan sementara, karena hubungan pendek listrik di gudang.

"Diduga masih belum pasti, tapi kemungkinan korsleting listrik, yang terbakar ini dua gudang dan dua rumah, ini untuk PMK dari kota 3 unit, dan dibantu oleh satu PMK kabupaten," ujar Catur Aldoko, Petugas BPBD Kota Pasuruan.

Api baru dapat dipadamkan 3 jam kemudian, setelah empat unit mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Polisi tengah melakukan penyelidikan, untuk mengetahui sebab pasti kebakaran. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 14 September 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lestarikan Tradisi dan Budaya di Tengah Pandemi, Dieng Culture Festival Digelar Virtual

Posted: 14 Sep 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Semarang Gelaran Dieng Culture Festival 2020 akan berlangsung secara virtual pada 16-17 September 2020. Hal itu sebagai langkah pelestarian tradisi dan budaya di tengah pandemi Covid-19.

Tradisi yang memasuki tahun ke-11 tersebut mengalami penyesuaian-penyesuaian baik konsep hingga teknis pelaksanaannya. Selain secara virtual, ada beberapa acara yang dihapuskan seperti kirab budaya, penerbangan lampion, kongkow budaya dan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.

Ketua Panitia Dieng Culture Festival, Alif Fauzi mengatakan, konsep tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni menyesuaikan standar operasional prosedur penanganan Covid-19.

"Tentu sesuai dengan standar operasional prosedur. Kalau tahun sebelumnya memang punya target pengunjung tapi kalau tahun ini tidak harus datang. Cukup dari rumah saja," ujarnya usai audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, Senin (14/9/2020).

Beberapa kali digelar, Dieng Culture Festival mampu menghadirkan sekitar 100 ribu pengunjung. Namun, untuk tahun ini pihaknya menargetkan viewer di akun media sosial yang nantinya menayangkan secara virtual.

"Iya, kalau saat ini targetnya adalah viewer di media sosial yang menayangkan secara virtual. Meski virtual, ini sebagai langkah pelestarian budaya," lanjutnya.

 

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo audiensi dengan Ketua Panitia Dieng Culture Festival, Alif Fauzi.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo audiensi dengan Ketua Panitia Dieng Culture Festival, Alif Fauzi.

Agenda Dieng Culture Festival 2020

Alif menjelaskan, rangkaian kegiatan dibuka Rabu (16/9/2020) pagi dengan beberapa agenda, seperti webinar dan penampilan kesenian tradisi. Dilanjut malam dengan pertunjukan musik jazz di atas awan. Sedangkan keesokan harinya, tradisi potong rambut gimbal.

"Semua acara tentu sesuai protokol kesehatan, dan disaksikan di rumah saja melalui media sosial seperti YouTube, Facebook dan Instagram. Untuk potong rambut gimbal kami siapkan undangan 50 orang VIP," terangnya.

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo audiensi dengan Ketua Panitia Dieng Culture Festival, Alif Fauzi.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo audiensi dengan Ketua Panitia Dieng Culture Festival, Alif Fauzi.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung kegiatan tersebut yang dilaksanakan secara virtual. Namun, penyelenggara diharapkan mampu membuat kegiatan tetap memiliki daya tarik, meski disaksikan melalui media sosial.

"Itu bagus dilaksanakan secara virtual. Tidak harus datang untuk menyaksikannya," ujarnya.

Ia mencontohkan gelaran Panggung Kahanan yang pernah dilakukan secara rutin di rumah dinasnya, beberapa bulan lalu. Kegiatan tersebut dikemas menarik sehingga penonton selalu menantikan pertunjukan berikutnya.

"Seperti Panggung Kahanan itu, disaksikan lewat media sosial," tandasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Sebagian Besar KKB Sudah Tinggalkan Tembagapura Papua

Posted: 14 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Timika - Beberapa bulan ini kelompok kriminal bersenjata (KKB) bercokol di Distrik Tembagapura, Papua. Kepala Kepolisian Resor Mimika, Papua, AKBP IGG Era Adhinata menyebut, sebagian besar dari kelompok ini telah meninggalkan lokasi, kembali ke wilayah masing-masing.

"Setelah meninggalnya salah satu pimpinan KKB Kali Kopi atas nama Hengky Wanmang, dari hasil monitoring kami diketahui sebagian besar KKB yang masuk ke wilayah Distrik Tembagapura sudah kembali ke wilayah mereka. Kelompok yang kembali itu yakni Kelompok Lekagak Telenggen dan lainnya," kata AKBP Era Adhinata di Timika, seperti dilansir Antara, Senin 14 September 2020.

Menurut dia, kepolisian masih memonitoring masih ada atau tidaknya KKB di Distrik Tembagapura, seperti di Kampung Baluni dan Jagamin, kawasan Aroanop. Termasuk Kampung Waa-Banti, Kimbeli, dan Opitawak yang berdekatan dengan Kota Tembagapura.

"Kami masih terus melakukan monitoring. Yang jelas sebagian besar sudah balik ke wilayahnya, yang sekarang tertinggal di sana yaitu KKB yang memang ada di wilayah Mimika," ujar Era Adhinata.

Untuk mengecek kepastian situasi keamanan di wilayah Waa-Banti, Kimbeli dan Opitawak benar-benar sudah steril dari keberadaan KKB, lanjut dia, unit-unit intelijen akan dikerahkan ke lokasi-lokasi itu dalam waktu dekat.

 

Jika Aman, Seribuan Warga yang Mengungsi Dikembalikan

Jika memang kondisi keamanan di wilayah itu benar-benar aman dari KKB, polisi bersama Pemkab Mimika dan PT Freeport Indonesia akan mengembalikan seribuan warga tiga kampung itu yang sementara ini mengungsi ke Timika sejak awal Maret.

"Tentu kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan PT Freeport Indonesia karena saat masyarakat turun dari Tembagapura ke Timika atas permintaan mereka sendiri mengingat situasi keamanan pada saat itu memang tidak aman," jelas Era.

Sebelumnya, lebih dari seribuan warga Waa-Banti, Kimbeli dan Opitawak diungsikan sementara waktu ke Timika sejak awal Maret lalu saat beberapa kelompok KKB dibawah komandan operasi Lekagak Telenggen memasuki wilayah Distrik Tembagapura pada Februari.

Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw beberapa waktu lalu menyebut rombongan besar KKB termonitor masuk ke wilayah Distrik Tembagapura pada 14 Februari 2020.

Rombongan besar KKB yang merupakan gabungan dari empat kelompok itu dipimpin oleh Lekagak Telenggen selaku komandan operasi.

Lekagak Telenggen sendiri diketahui merupakan pimpinan KKB Yambi yang bermarkas di Kabupaten Puncak Jaya.

Ikut dalam rombongan besar itu, KKB Yambi, KKB Ilaga pimpinan Militer Murib, KKB Tembagapura pimpinan Seltius Waker dan KKB Ugimba pimpinan Guspi Waker.

Kelompok-kelompok ini kemudian bergabung dengan KKB yang ada di wilayah Mimika yang dikenal sebagai 'Kelompok Kali Kopi' pimpinan Joni Botak dan Hengky Wanmang.

 

Pimpinan KKB Tewas

Hengky Wanmang sendiri akhirnya tewas saat tim gabungan TNI-Polri menggerebek markasnya di kawasan Kali Kopi, Mimika pada 16 Agustus lalu.

Setelah memasuki kawasan Distrik Tembagapura, gabungan KKB itu kemudian melakukan sejumlah teror penembakan dan gangguan keamanan khususnya di kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia baik di Tembagapura, bahkan melakukan penyerangan ke pusat perkantoran Freeport di Kuala Kencana yang menewaskan seorang pekerja berkewarganegaraan Selandia Baru, Graeme Thomas Wall pada 30 Maret lalu.

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Turtleneck, Kaus Berkerah yang Jadi Item Fesyen Wajib Perempuan Dunia

Posted: 14 Sep 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di antara sederet tumpukan busana yang Anda miliki, apakah turtleneck berada di dalamnya? Kaus berkerah tinggi itu memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya jadi basic fashion item yang dikenakan oleh banyak perempuan ternama di dunia. 

Siapa yang menyangka bila turtleneck awalnya adalah seragam para atlet? Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 14 September 2020, turtleneck merupakan seragam pertandingan para atlet polo pada 1980. Pemakainya kemudian meluas ke kalangan pria kelas pekerja pada abad ke-19 di dunia Barat.

Lalu, bagaimana turtleneck diadopsi oleh para perempuan? Hal itu dimulai lewat kemunculan karakter fiksi Gibson Girl karya seniman Charles Dana Gibson pada akhir abad 19. Gibson Girl digambarkan sebagai ikon perempuan ideal yang atraktif, aktif, dan independen. Karakter itu diperlihatkan lewat ilustrasi wajah perempuan yang mengenakan high neckline.

Turtleneck semakin populer setelah dipakai para artis sensual semacam Marilyn Monroe dan Jayne Mansfield. Tetapi, aura turtleneck menjadi berbeda saat dikenakan Audrey Hepburn dalam film Funny Face pada 1957. Aktris kelahiran Belgia itu memerankan tokoh perempuan yang enerjik dan punya misi akademis meski memutuskan berkarier sebagai model di Paris.

"I am different," ucap karakter yang diperankan Audrey saat menjelaskan alasannya mengenakan turtleneck. Bahkan hingga masa tuanya, pemeran film Breakfast at Tiffany's itu masih terlihat memakai turtleneck saat menghadiri jumpa pers sebagai salah satu duta Unicef pada 1992.

Turtleneck juga lekat pada sosok Jackie O. Mantan ibu negara Amerika Serikat itu sempat terlihat mengenakan turtleneck saat bersepeda mengelilingi Central Park. Momen itu terjadi setelah lima tahun kepergian suaminya karena ditembak di tengah kunjungan dinas ke Dallas, Texas, pada 22 November 1963.

Sangat Dinamis

Alexandria Ocasio-Cortez, politikus asal Amerika Serikat, saat berbicara tentang corona di distrik pemilihannya, (dok. Johannes Eisele/AFP)
Alexandria Ocasio-Cortez, politikus asal Amerika Serikat, saat berbicara tentang corona di distrik pemilihannya, (dok. Johannes Eisele/AFP)

Turtleneck membuktikan diri sebagai item fesyen yang timeless. Dipadukan dengan banyak gaya, tetaplah menawan. Busana itu mampu memancarkan kesan elegan dan kuat dari pemakainya, termasuk para aktivis perempuan di era 70-an hingga politikus perempuan di era sekarang.

Salah satunya adalah Alexandria Ocasio-Cortez, politikus asal Amerika Serikat berusia 30 tahun. Ia mengenakan turtleneck saat menyampaikan persoalan penanganan corona di distrik yang diwakilinya, yaitu Bronx dan Queens. 

Kesederhanaan model turtleneck juga menarik perhatian para perancang fesyen dunia, dari Jil Sander, Phoebe Philo, hingga Victoria Beckham. Mereka kerap tampil di penutup show hanya dengan memadukan item tersebut dengan celana panjang saja. Jil dan Phoebe bahkan menjadikan turtleneck sebagai busana kerja hingga di acara resmi seperti jumpa pers.

Bagaimana dengan perempuan di Indonesia? Sederet nama terlihat sering mengenakannya, seperti Najwa Shihab dan Mira Lesmana. Terkait hal itu pula, Uniqlo meluncurkan kampanye terbaru bertajuk "Woman In Progress" untuk merayakan kepiawaian turtleneck sebagai simbol dari perempuan kuat, percaya diri, passionate, berani, dan nyaman dengan dirinya sendiri. Selain Najwa dan Mira, bergabung pula Adinia Wirasti dan Cinta Laura. 

"Turtleneck juga dijadikan simbol untuk menyuarakan progress setiap insan tersebut yang memiliki pengaruh luas lewat bakat dan pencapaian, juga dipastikan menjadi tren sepanjang tahun 2020. Tahun dari pembuktian kapasitas seluruh lapisan society, to strive and be happy," demikian pernyataan rilis tersebut.

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bakal Sediakan 30 Juta Vaksin Covid-19 Akhir Tahun Ini

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah berkomitmen untuk menyediakan 30 juta dosis vaksin pada akhir 2020 ini.

Airlangga mengatakan, pemerintah ingin segera menyetop penyebaran virus corona di Tanah Air. Sehingga apa yang harus dilakukan yakni dengan segera memperoleh akses terhadap vaksin.

"Pemerintah sudah melakukan uji klinis vaksin bukan hanya yang sedang berlangsung di Indonesia, tapi juga di China, Brazil, Bangladesh, Turki, dan ini diharapkan selesai di bulan Desember (2020). Akses vaksin yang diperoleh besarnya adalah 250-300 juta," jelasnya dalam sesi teleconference, Selasa (15/9/2020).

Sebagai proyeksi, ia memperkirakan pada kuartal IV tahun ini Indonesia akan memiliki 30 juta dosis vaksin. Sehingga pada 2021 mendatang akan terdapat 300 juta dosis vaksin Covid-19.

"Sekarang 30 juta sudah komitmen untuk bisa diberikan di kuartal IV (2020), sehingga nanti di kuartal pertama (2021) kita sudah bisa melakukan vaksinasi subjek kepada keberhasilan dalam pengetesan clinical trial," ujar Airlangga.

Tidak berhenti di situ, ia melanjutkan, pemerintah juga terus menggalang kerjasama dengan G42 Uni Emirat Arab (UAE). Negara Timur Tengah tersebut bekerjasama dengan Kimia Farma dan berkomitmen untuk menyediakan 10 juta dosis vaksin untuk akhir 2020.

"Kemudian kita melalui G42 telah melakukan juga kerjasama untuk mendapatkan akses. Saat sekarang sedang melakukan clinical trial di UAE. Akses vaksin kita 60-110 juta (secara keseluruhan)," pungkasnya.

 

Erick Thohir: Warga Mampu Tak Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)
Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir pastikan 1,5 juta tenaga kesehatan disuntik vaksin COVID-19 awal 2021 saat bertemu IDI di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/9/2020). (Dok Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

Pemerintah tengah gencar melakukan langkah percepatan penanganan wabah Covid-19. Salah satunya dengan percepatan pemenuhan kebutuhan vaksin Covid-19.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menyatakan, pihaknya terus menjajaki peluang kerja sama dengan berbagai lembaga kesehatan dan perusahaan farmasi internasional. Hal ini dilakukan agar kebutuhan vaksin nasional tercukupi.

"Yang seperti tadi dilaporkan ke Pak Presiden, bahwa selain kita terus melakukan pendekatan dengan AstraZeneca, CanSino, Pfizer, kita terus melakukan kerja sama dengan CEPI (Coalition for Epidemic Prepareness Inovation) dan GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunization)," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (14/9/2020).

Erick juga menjelaskan, ada dua skema vaksinasi massal yang rencananya dimulai awal tahun depan, yaitu gratis dan berbayar. Skema gratis diberikan kepada masyarakat yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Sedangkan, skema berbayar ditujukan untuk masyarakat yang lebih mampu secara finansial.

"Ini menjadi bagian yang diutamakan dalam periode beberapa bulan ke depan untuk vaksinisasi," katanya.

Sebelumnya, Indonesia telah melakukan kerja sama dengan perusahaan farmasi luar negeri. Seperti kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac Biotech dari Tiongkok.

Sinovac disebutkan telah berkomitmen untuk menyediakan 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini, jika uji klinis tahap 3 yang sedang dilakukan berjalan lancar. Sementara untuk tahun depan, akan diproduksi lagi 250 juta dosis untuk Indonesia.

Kemudian, PT Kimia Farma juga telah bekerja sama dengan Grup 42 (G42) dari Uni Emirat Arab (UEA) dan memperoleh kesepakatan 10 juta dosis vaksin pada akhir tahun 2020. Untuk tahun 2021, jumlahnya ditambah lagi sebanyak 50 juta dosis.

"Insya Allah, di akhir tahun ini ada 30 juta (dosis) dan di tahun depan ada 300 juta. Tetapi sebagai catatan, dari total kita dapatkan 330 juta mungkin 340 juta," kata Erick beberapa waktu silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Beroperasi, Ini Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Saat PSBB

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik kendaraan bermotor berkewajiban tetap membayar pajak kendaraan di masa pandemi Corona Covid-19. Menjadi salah satu alternatif, warga DKI Jakarta bisa menyambangi Samsat Keliling meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tengah berlaku saat ini.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @humaspajakjakarta, Selasa (15/9/2020), lokasi pelayanan Samsat Keliling berada di lima lokasi berbeda.

Beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, masyarakat yang hendak membayar pajak bisa melakukan pembayaran di hari Senin hingga Jumat.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, pemilik kendaraan bisa datang ke Halaman Parkir Samsat Pusat. Sedangkan Samsat Keliling untuk wilayah Jakarta Utara tersedia di Halaman Parkir Samsat Utara.

Khusus wilayah Jakarta Barat tersedia di Halaman Parkir Samsat Barat dan wilayah Jakarta Selatan di Halaman Parkir Polda. Sementara di wilayah Jakarta Timur, Samsat Keliling tersedia di Halaman Parkir Samsat Timur.

Persyaratan Pembayaran Pajak Kendaraan

Sementara itu, untuk syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor sebagai berikut:

1. Tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari 1 tahun

2. Membawa KTP Pemilik asli beserta fotokopi

3. Membawa BPKB asli beserta fotokopi

4. Membawa STNK asli beserta fotokopi

5. Surat kuasa disertakan materai dan fotokopi KTP penerima kuasa apabila dikuasakan

Motor Menganggur karena PSBB, Jangan Lupa Pakai Standar Tengah

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat diberlakukan di DKI Jakarta mulai 14 September 2020. Untuk mencegah bertambahnya kasus Corona Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar perkantoran menerapkan sistem work from home (WFH). 

Seperti PSBB jilid 1 pada April lalu, berbagai jenis kendaraan akan lebih banyak menghabiskan waktunya di garasi, termasuk sepeda motor pribadi. Hal ini sebenarnya bisa berdampak buruk, salah satunya di bagian ban.

"Kalau ban motor dibiarkan terus bisa berisiko retak, bahkan pecah. Karena itu, meskipun WFH saat pandemi Corona Covid-19 ini pemilik tetap harus melakukan perawatan," jelas Haninda Candra, pemilik toko R2 Ban di Kediri, Jawa Timur, saat dihubungi redaksi Otosia.

Haninda menyebut bahwa perawatan ban ini cenderung mudah. Secara keseluruhan, ada 5 langkah yang perlu dilakukan Otolovers agar ban motor tetap awet saat WFH akibat Corona Covid-19.

Pertama, perhatikan tekanan ban dan jangan terlalu keras, secara angka di kisaran 25 Psi. Hal ini perlu dilakukan agar karet ban tidak cepat pecah, terutama ban dengan usia yang cukup tua, sekitar 3-5 tahun.

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Penyebab Kucing Batuk, Jangan Sepelekan

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kucing batuk tak boleh disepelekan. Seperti manusia, kucing juga bisa mengalami batuk. Batuk pada kucing berarti ada sesuatu yang mengiritasi tenggorokan, saluran udara, atau paru-parunya.

Kucing yang batuk akan mengeluarkan suara yang kasar. Mulut kucing biasanya terbuka lebar dan lehernya menjulur. Seringkali, kucing berdiri saat batuk. Batuk pada kucing juga bisa bersifat kering atau berdahak.

Beberapa kucing mungkin biasa batuk sesekali. Jika kucing memiliki batuk berdarah, berlanjut selama lebih dari beberapa hari, parah, berulang secara konsisten, atau jika kucing tampak sakit atau berat badannya turun, penting untuk segera membawanya ke dokter.

Batuk umumnya merupakan gejala dari masalah yang mendasari, seperti penyakit sistem pernapasan atau kardiovaskular. Mengetahui penyebab kucing batuk bisa membuatmu lebih waspada dan segera mencari perawatan tepat.

Berikut 9 penyebab kucing batuk, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/9/2020).

Asma

Ilustrasi kucing/pixabay.com
Ilustrasi kucing/pixabay.com

Asma kucing adalah penyebab utama batuk pada kucing. Ini adalah penyakit saluran napas bagian bawah. Asma terjadi akibat iritan yang masuk ke saluran udara dan menyebabkan peradangan. Penyebab asma meliputi paparan serbuh sari, debu kotoran kucing, jamur, asam rokok, parfum, obesitas, dan stres.

Saat kucing terserang asma, ia mungkin mengeluarkan suara batuk. Mereka mungkin juga terengah-engah, mulut ternganga, dan mengembangkan warna kebiruan pada gusi. Asma bisa memburuk dengan cepat. Jika tidak segera ditangani, kucing mungkin tidak bisa bernapas sama sekali.

Masalah sistem pernapasan

Ilustrasi kucing (dok.unsplash)
Ilustrasi kucing (dok.unsplash)

Batuk yang tiba-tiba dapat mengindikasikan infeksi saluran pernapasan atas yang umum terjadi pada kucing. Selain batuk, gejala lain bisa berupa bersin, hidung tersumbat, pilek, ingus, tersedak, dan nafsu makan berkurang.

Biasanya, batuk pada kucing berhubungan dengan bronkitis yaitu infeksi yang mempengaruhi saluran udara kecil atau bronkiolus. Berbagai virus dan bakteri dapat menyebabkan bronkitis pada kucing. Batuk pada kucing juga bisa menjadi tanda pneumonia, yang dapat didiagnosis dengan sinar-X.

Alergi

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Benda asing di paru-paru bisa menyebabkan batuk. Ini bisa terjadi jika kucing menghirup sesuatu. Alergi pada kucing memiliki penyebab dan gejala yang mirip dengan asma.

Jika kucing memiliki alergi, sistem kekebalannya menjadi terlalu sensitif terhadap zat tertentu sehari-hari dan mulai mengidentifikasinya sebagai zat berbahaya. Alergi bisa disebabkan oleh makanan, tumbuhan, kutu, obat-obatan, parfum, plastik, asap, dan masih banyak lagi.

Tanda-tanda alergi yang paling umum pada kucing meliputi gatal, sering menggesekkan badan, kepala gemetar, bersing, batuk, mengi, muntah, diare, hingga kembung.

Bola rambut

Ilustrasi gambar kucing anggora (sumber: Pixabay)
Ilustrasi gambar kucing anggora (sumber: Pixabay)

Bola rambut atau hairball adalah penyebab umum kucing batuk. Bola rambut adalah sekumpulan kecil rambut atau bulu yang terkumpul di dalam perut hewan. Bola rambut pada kucing lebih mungkin muncul pada ras berbulu panjang, seperti Persia dan Maine Coons.

Saat kucing melakukan grooming, struktur kecil seperti kait di lidahnya menangkap bulu yang rontok. Bulu ini kemudian tertelan dan melewati saluran pencernaan. Beberapa rambut bisa tertinggal di dalam perut dan membentuk bola rambut. Biasanya, kucing akan memuntahkan bola bulu untuk menyingkirkannya.

Saat kucing batuk sebelum mengeluarkan hairball, itu sebenarnya bukan batuk. Bunyi itu adalah muntah dan berasal dari saluran pencernaan, bukan saluran pernafasan. Beberapa gejala bola rambut yang umum termasuk tersedak, tercekik, dan muntah.

Gagal jantung kongestif

Ilustrasi Kucing Credit: freepik.com
Ilustrasi Kucing Credit: freepik.com

Ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah ke dalam tubuh, cairan bisa kembali ke paru-paru. Kondisi ini disebut dengan gagal jantung kongestif. Gagal jantung kongestif menyebabkan batuk pada anjing dan manusia. Kondisi ini juga bisa dialami kucing.

Kucing dengan gagal jantung kongestif akan batuk, kesulitan bernapas, menunjukkan kelemahan dan kehilangan nafsu makan. Dalam kasus yang parah, kucing bisa mati mendadak.

Cacingan

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Cacingan juga bisa jadi penyebab kucing batuk. Cacing juga bisa memengaruhi pernapasan. Kondisi ini sering kali ditandai dengan gejala batuk. Batuk juga bisa disebabkan oleh makanan kucing yang tidak tercerna dengan baik karena adanya cacing di pencernaan.

Cacing yang biasa menyerang kucing adalah cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang. Kesehatan kucing bisa sangat menurun akibat cacingan. Gejala cacingan lainnya bisa meliputi muntah dan BAB disertai cacing, penurunan berat badan, diare, bulu kusam, gejala kelesuan lainnya.

Cacing jantung

Ilustrasi kucing peliharaan. (dok. pexels.com/Buenosia Carol)
Ilustrasi kucing peliharaan. (dok. pexels.com/Buenosia Carol)

Beberapa jenis cacing bisa masuk ke jantung dan paru-paru, menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Jenis cacing yang kerap ditemukan adalah cacing jantung atau heartworm. Cacing jantung disebarkan oleh nyamuk dan gejalanya mirip dengan gejala asma.

Penyakit ini lebih sering terjadi di daerah yang hangat dan lembap. Kucing memiliki risiko yang lebih rendah untuk terinfeksi penyakit heartworm dibandingkan anjing. Namun, tetap penting mengetahui gejala yang bisa terjadi. Tanda-tanda cacing jantung termasuk mengi, muntah, tersedak, lesu, dan penurunan berat badan.

Kanker paru-paru

Ilustrasi kucing (dok.unsplash/ Milada Vigerova)
Ilustrasi kucing (dok.unsplash/ Milada Vigerova)

Kanker di rongga dada seringkali menyebabkan batuk pada kucing. Karsinoma adalah tumor paru primer yang paling umum pada kucing. Beberapa tumor dapat dikontrol dengan pengobatan. Jika tidak, operasi bisa menjadi pilihan.

Tanda-tanda umum penyakit ini seperti nafsu makan yang buruk, penurunan berat badan, napas yang cepat dan sesak. Kelesuan, mengi, muntah, demam, atau ketidakseimbagan tubuh juga dapat terlihat.

Kalung yang ketat

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Masalah sederhana juga bisa menyebabkan kucing batuk. Ini seperti kalung atau colar yang terikat kecang atau ketat.

Tekanan pada batang tenggorokan kucing dapat menyebabkan kerusakan dan menyebabkan batuk. Kucing bisa batuk dan tersedak akibat kalung yang terlalu kencang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penuh Semangat, Aksi Pria Bersihkan Meja Makan Rapi dan Cepat

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Video karyawan rumah makan membersihkan meja makan dengan penuh semangat viral di media sosial. Karyawan itu juga membersihkannya dengan rapi dan cepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdana Dalam 2 Bulan, Victoria Australia Laporkan Nol Kematian Akibat COVID-19

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Victoria - Negara Bagian Victoria di Australia pada Selasa 15 September 2020 melaporkan nol kematian akibat Virus Corona COVID-19 dalam sehari. Ini untuk pertama kalinya dalam dua bulan.

Otoritas Negara Bagian Victoria mengatakan bahwa terdapat 42 orang yang dinyatakan positif mengalami COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (15/9/2020), jumlah kasus tersebut merupakan peningkatan yang kecil dari angka yang dirilis pada hari sebelumnya, dan jauh lebih sedikit dari puncak infeksi saat 700 kasus terdeteksi pada Agustus 2020.

Sebelumnya, rumah bagi seperempat dari 26 juta populasi Australia itu sempat mencatat nol kematian akibat COVID-19 pada 13 Juli.

Saat ini, Negara Bagian Victoria memiliki sekitar 75 persen dari lebih dari 26.700 kasus di Australia dan 90 persen dari 816 kematian akibat Virus Corona COVID-19. 

Melbourne, yang merupakan kota terpadat kedua di Australia, telah menerapkan lockdown ketat yang diperpanjang hingga 28 September mendatang.

Namun dengan penurunan yang stabil dalam beberapa kasus COVID-19, beberapa pembatasan telah dilonggarkan pada 14 September, dimana warga diizinkan meninggalkan rumah mereka untuk waktu yang lebih lama seperti untuk pergi berolahraga.

Dalam pelonggaran tersebut, pihak berwenang juga mempersingkat jam malam. 

Negara Bagian Queensland Hanya Laporkan Satu Kasus COVID-19

Jalan Swanston yang kosong pada malam hari di kawasan pusat bisnis Melbourne selama lockdown, Rabu (5/8/2020). Negara bagian Victoria, hotspot COVID-19 di Australia, melakukan lockdown dan menutup bisnis ritel sebagai upaya mengekang penyebaran virus corona.  (AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)
Jalan Swanston yang kosong pada malam hari di kawasan pusat bisnis Melbourne selama lockdown, Rabu (5/8/2020). Negara bagian Victoria, hotspot COVID-19 di Australia, melakukan lockdown dan menutup bisnis ritel sebagai upaya mengekang penyebaran virus corona. (AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)

Sementara di Negara Bagian Queensland, terdapat satu kasus baru COVID-19 yang dilaporkan pada hari Selasa (15/9). 

Kasus infeksi tersebut dialami oleh seorang pelancong yang kembali dari luar negeri, dan kini telah menjalani karantina.

Virus Corona COVID-19 dilaporkan telah tertangani secara efektif di sebagian besar negara bagian dan wilayah lain di Australia. 

Dengan berkurangnya jumlah kasus COVID-19, Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah beralih untuk menghidupkan kembali ekonomi nasional yang terdampak, dengan meluncurkan serangkaian kebijakan untuk menurunkan harga gas guna mendorong pemulihan manufaktur.

Dalam pidatonya di Newcastle, PM Scott Morrison menyatakan, "Kami terus mengupayakan yang terbaik daripada hampir setiap negara maju lainnya di dunia dalam hal melindungi kehidupan dan mata pencaharian".

"Jika kita tertutup, kita tidak hidup berdampingan dengan virus, virus sebenarnya menghalangi kita untuk hidup," ujarnya. 

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona.

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Sebanyak 40 Persen Orang Tertular Covid Setelah Makan di Restoran

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi Covid-19 mungkin masih banyak dari kalian yang pergi keluar rumah dan makan di restoran. Ada baiknya kalian tak melakukan hal tersebut guna meminimalisir risiko tertularnya virus tersebut.

Pasalnya sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa sekitar 40 persen kasus positif Covid terjadi usai sang pasien makan di restoran.

Artikel tentang sebanyak 40% orang tertular Covid usai makan di restoran menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan zodiac yang dikatakan memiliki sifat sangat sensitif.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang seniman Jerman yang ubah masker jadi karya seni memukau.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 40 Persen Kasus Positif Covid Tertular Setelah Makan di Restoran

Ilustrasi wanita di restoran. (dok. unsplash/Novi Thedora)
Ilustrasi wanita di restoran. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Tak ada solusi yang tepat untuk memastikan Anda tak terkena virus Corona, tapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan risiko Anda. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, ini bukan hanya tetang apa yang Anda lakukan, tapi juga apa yang tidak Anda lakukan saat Covid masih menyebar.

Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa satu aktivitas dikaitkan dengan sekitar 40 persen kasus positif Covid. Aktivitas tersebut yakni makan di restoran.

Selengkapnya…

2. Miliki Sifat Sensitif, 4 Zodiak Ini Mudah Tersinggung

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Ketika berkomunikasi dengan orang lain, ada baiknya kita berhati-hati ketika mengucapkan sesuatu. Pasalnya kita tak pernah tau apakah orang tersebut akan tersinggung dengan perkataan kita atau tidak.

Orang yang sensitif terkadang memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan yang lainnya. Ya, mereka kan sangat mudah tersinggung dengan perkataan yang mungkin saja kita anggap biasa.

Selengkapnya…

3. Unik, Seniman Ini Ubah Masker Jadi Karya Seni Memukau

foto: IG/@iconeo
foto: IG/@iconeo

Masker telah menjadi bagian dalam kehidupan hampir seluruh orang di dunia saat ini. Ya, sejak pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia, kita diwajibkan untuk mengenakan masker ketika keluar rumah. Hal ini guna mencegah penularan virus tersebut.

Sama seperti benda-benda penting lainnya seperti dompet dan ponsel, sebagian besar juga tentu menyimpan masker kemana saja mereka pergi di dalam tas.  

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir Surut, Nelayan India Berburu Ikan

Posted: 14 Sep 2020 09:00 PM PDT

Seorang nelayan India melempar dahan pohon ke air untuk menarik ikan saat mereka meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin, (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Seorang nelayan India melempar dahan pohon ke air untuk menarik ikan saat mereka meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin, (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang nelayan India melempar dahan pohon ke air untuk menarik ikan saat mereka meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin, (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang nelayan India di atas perahu memancing ikan di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Seorang nelayan India di atas perahu memancing ikan di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang nelayan India di atas perahu memancing ikan di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang bocah lelaki India mendorong sepedanya saat seorang nelayan meletakkan jaringnya di air banjir yang surut di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Seorang bocah lelaki India mendorong sepedanya saat seorang nelayan meletakkan jaringnya di air banjir yang surut di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang bocah lelaki India mendorong sepedanya saat seorang nelayan meletakkan jaringnya di air banjir yang surut di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang nelayan India mendayung perahu saat senja di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Seorang nelayan India mendayung perahu saat senja di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Seorang nelayan India mendayung perahu saat senja di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Nelayan India meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Nelayan India meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Nelayan India meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Nelayan India meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Nelayan India meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Nelayan India meletakkan jala ikan mereka saat senja di surutnya air banjir di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Nelayan India mendapatkan ikan saat memancing di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)
Nelayan India mendapatkan ikan saat memancing di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

Nelayan India mendapatkan ikan saat memancing di air banjir surut di sawah di pinggiran Gauhati, India, Senin (14/9/2020). (AP Photo / Anupam Nath)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: