Minggu, 08 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


10 Manfaat Daun Kelor untuk Anak, Bisa Mencerdaskan Otak

Posted: 08 Dec 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan serta tumbuh kembang anak merupakan salah satu kewajiban yang perlu dipahami orang tua dengan baik. Ada banyak bentuk usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembangnya agar tetap baik alias terbebas dari gangguan.

Salah satu bentuk usaha yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi anak, maka akan memperkecil risiko munculnya penyakit yang tidak diinginkan. Bentuk pemenuhan nutrisi untuk anak bisa Anda peroleh dari bahan makanan yang mudah ditemukan, salah satunya daun kelor.

Daun kelor adalah bahan makanan yang punya segudang nutrisi. Daun kelor punya nutrisi tinggi yang mampu mencukupi kebutuhan gizi anak. Selain mudah ditemukan, mengolah daun kelor juga tidak sulit dan tentunya disukai anak.

Berikut manfaat daun kelor untuk anak beserta cara mengolahnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Meningkatkan Metabolisme

Manfaat Daun Kelor (Sumber: iStock)

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Manfaat daun kelor untuk anak pertama dipercaya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Hal ini dikarenakan daun kelor mempunyai nutrisi berlipat ganda dari jenis makanan lainnya.

Pada satu gram daun kelor menghasilkan tujuh kali vitamin C seperti jeruk, empat kali kalsium pada susu, empat kali vitamin A pada wortel, dan tiga kali potasium pada pisang. Daun kelor juga kaya serat mineral dan zat besi.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses penyerapan nutrisi untuk menghasilkan katabolisme atau energi yang digunakan sehari-hari. Anak biasanya memiliki metabolisme yang tinggi, terlebih saat masa pertumbuhan.

Apabila anak sedang sakit, maka metabolisme dalam tubuhnya akan langsung turun. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral sehingga baik untuk meningkatkan metabolisme anak.

Lancarkan Pencernaan dan Optimalkan Tumbuh Kembang

Daun Kelor (sumber: iStockphoto)

Melancarkan Sistem Pencernaan Anak

Manfaat daun kelor untuk anak mampu membantu melancarkan pencernaan. Manfaat ini didapatkan karena daun kelor punya serat yang tinggi.

Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin, kalsium, dan mineral juga membantu penyerapan nutrisi melalui pencernaan.

Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Daun kelor mengandung zat besi yang tinggi, sehingga mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Memenuhi kebutuhan zat besi pada anak merupakan salah satu yang perlu diperhatikan untuk tumbuh kembang anak.

Hal ini dikarenakan zat besi pada daun kelor mampu membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Apabila anak kekurangan zat besi, maka akan membuat tubuhnya lemas dan tidak fokus.

Kekurangan zat besi pada anak akan menimbulkan penyakit anemia dan defisiensi besi.

 

Baik untuk Pertumbuhan Tulang dan Massa Otot

ilustrasi anak / Photo by Nghĩa Phạm from Pexels

Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat daun kelor untuk anak selanjutnya mampu memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kalsium empat kali lebih besar daripada susu.

Jadi, apabila mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu pertumbuhan tulang anak. Selain kalisum, daun kelor juga memiliki kandungan fosofr yang baik untuk tulang.

Meningkatkan Massa Otot

Otot terbentuk dari protein yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Pada  daun kelor juga mengandung asam amino essensial.

Kandungan asam amino essensial pada daun kelor ini mampu membuat massa otot anak meningkat. Massa otot bukan berarti 'membesarkan otot' namun lebih pada mengukur bagaimana anak pulih dari kelelahan beraktivitas dan seberapa besar metabolisme aerobik maupun anaerobik pada anak.

Mencerdaskan Otak dan Jaga Kesehatan Rambut

Daun Kelor / Foto: Istimewa

Mencerdaskan Otak

Untuk menjaga kesehatan otak, Anda bisa memberikan daun kelor pada anak untuk merasakan manfaatnya. Adanya kandungan asam folat dan asam amino pada daun kelor, merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk otak.

Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang tidak kalah penting baik untuk mengoptimalkan kerja otak anak.

Jaga Kesehatan Rambut

Manfaat daun kelor untuk anak juga bisa untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat ini didapatkan karena daun kelor memiliki kandungan vitamin dan asam amino yang dapat membantu pembentukan protein keratin pada rambut.

Protein ini merupakan materi dasar penyusun lapisan kulit manusia yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

Meringankan Luka dan Jaga Kelembapan Kulit

Daun kelor (iStockphoto)

Meringankan Luka dan Bekasnya

Di masa pertumbuhannya, anak cenderung aktif saat sedang main dan malakukan aktivitas lainnya. Risiko terjadi cedera pada anak sangat mungkin terjadi karena keaktifannya.

Ketika anak terluka saat melakukan kegiatannya, jangan terlalu cemas berlebihan. Anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk mengobati luka pada anak.

Selain menyembuhkan luka, manfaat daun kelor juga dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah adanya bekas luka.

Jaga Kelembapan Kulit

Manfaat daun kelor selanjutnya yang bisa dirasakan adalah ampuh melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan daun kelor mengandung vitamin E yang terkenal ampuh untuk melembapkan kulit.

Menjaga kelembapan kulit pada anak sangat diperlukan. Pastikan anak Anda tidak mengalami kulit kering hingga mengalami iritasi. Daun kelor juga dapat mengobati ruam-ruam di kulitnya.

Cara Mengolah Daun Kelor untuk Anak

Manfaat Daun Kelor (Sumber: iStockphoto)

Untuk mendapatkan manfaat daun kelor, Anda bisa memberikan beberapa olahan masakan atau minuman untuk anak. Tidak sulit mengolah daun kelor agar dapat dikonsumsi oleh anak.

Untuk menjadikannya masakan lezat, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai makanan seperti sayur bening, sup, dan lain sebagainya. Apabila daun kelor terasa pahit dan anak tidak menyukainya, Anda bisa menambahkan kapur sirih ketika merebusnya.

Sedangkan untuk minuman, Anda bisa daun kelor yang masih muda dan yang sudah dikeringkan. Tumbuk daun kelor yang sudah kering, lalu dihaluskan. Seduh bubuk daun kelor dengan air panas dan tambahkan madu untuk mendapatkan rasa yang nikmat.

Selain dikonsumsi sebagai makanan dan minuman, daun kelor juga dapat dijadikan untuk mengobati luka. Cara menggunakan daun kelor sebagai penyemuhan luka cukup mudah. Cukup cuci bersih daun kelor dan rendam hingga teksturnya lembek. Setelah itu, tempelkan saja pada luka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Masih Jadi Negara Berkembang, Transaksi Berjalan RI Bakal Tetap Defisit

Posted: 08 Dec 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan transaksi berjalan bisa surplus jika Indonesia sudah masuk kategori negara maju. Sebab, saat itu dengan pendapatan per kapita yang tinggi, Indonesia bisa membiayai pembangunan sendiri tanpa bergantung besar pada modal ataupun barang asing.

"Selama masih menjadi negara berkembang, Indonesia akan tetap membutuhkan modal asing," ujar Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Endy Dwi Tjahjono, saat ditemui di Labuan Bajo, Senin (9/12/2019).

Saat ini, menurutnya, pemerintah sudah berada di jalur yang tepat terkait kebijakannya dalam mengatasi defisit transaksi berjalan. Diantara menggalakan program biodiesel dengan target B100 bertujuan menekan impor migas, memproduksi sendiri baterai mobil listrik, dan lain sebagainya.

"Kita punya nikel besar. Kalau itu bisa berhasil maka RI akan menjadi pusat produksi baterai listrik. Ketiga tentu produksi dari mobil listriknya sendiri. Mudah-mudahan ke depan kalau bisa menjadi pusat mobil listrik itu bisa membantu," tuturnya.

 

Perbaiki Sektor Jasa

Ekonom BNI, Ryan Kiryanto (Foto: Waliyadin/Liputan6.com)

SVP Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia (BNI), Ryan Kiryanto, menambahkan upaya pemerintah dalam memajukan industri pariwisata sudah benar.

Selain biodiesel, industri pariwisata menjadi salah satu alat efektif dalam memperbaiki defisit transaksi berjalan karena mendatangkan devisa.

"Catatan Bank Dunia itu manage your natural asset itu bicara wisata atau tourism," ucapnya.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan ialah memperbaiki sektor jasa Tanah Air. Salah satunya dengan mendatangkan diaspora untuk bekerja di Indonesia alih-alih mempekerjakan pekerja asing.

"Optimalkan SDM domestik. Diaspora suruh pulang sehingga tidak perlu bayar upah pakai Dolar," tuturnya.

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyeleneh Abis, Ilmuwan Ini Ciptakan Minuman Beralkohol dari Kotoran Gajah

Posted: 08 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Minuman beralkohol sudah bukan menjadi minuman yang asing di berbagai belahan dunia. Tidak sedikit orang yang suka minum minuman keras atau alkohol untuk melepas penat di akhir pekan. Bahkan di beberapa negara minuman beralkohol digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Bahan dari minuman beralkohol sendiri yang paling terkenal adalah anggur atau beras. Tapi ternyata tidak hanya dua bahan ini saja yang digunakan untuk membuat minuman beralkohol.

Beberapa ilmuwan belum lama ini diketahui berhasil menciptakan minuman beralkohol dari bahan yang tidak lazim. Diketahui para ilmuwan ini memanfaatkan kotoran gajah untuk membuat minum yang identik dengan bahan anggur tersebut.

Ilmuwan asal Afrika Selatan bernama Les dan Paula Ansley inilah yang mendapat ide unik tersebut. Penemuan ini tentu saja membuat para penikmat minuman beralkohol penasaran.

Minuman Beralkohol dari Kotoran Gajah

Indlovu (sumber: gazettenet)

Kedua ilmuwan ini terinspirasi dari para penjaga hutan yang menceritakan bahwa gajah-gajah di kawasan tersebut memakan berbagai jenis bunga dan buah yang tumbuh di hutan tersebut. Akhirnya, ilmuwan bernama Les dan Paula Ansley pun melakukan observasi langsung ke lokasi gajah-gajah tersebut tinggal, seperti yang Liputan6.com lansir dari Gazettenet, Senin (9/12/2019).

Mereka juga menjelaskan bahwa gajah memang hanya bisa memakan dan mencerna sebagian buah yang mereka konsumsi sehari-hari. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku minuman beralkohol, karena sisa makanan tersebut akan ikut terbuang dengan kotoran yang keluar dari gajah tersebut.

Bahkan keduanya selama setahun sengaja berkeliling Afrika Selatan demi mendapatkan bahan baku unik untuk membuat minuman. Berbekal informasi ini, Les dan Paula Ansley kemudian mengumpulkan kotoran gajah segar di Botlierskop Private Game Reserve, dekat Teluk Mossel, Afrika Selatan.

 

Dapat Menghasilkan 3.000-4.000 Botol

Indlovu (sumber: gazettenet)

Mereka mengungkapkan, di dalam kotoran gajah terdapat varietas botani dengan khasiat luar biasa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama minuman. Untuk menghasilkan 3.000-4.000 botol minuman beralkohol, kotoran yang dibutuhkan setidaknya lima kantong besar kotoran gajah.

Tahapan untuk memproses kotoran ini, diawali dengan mengeringkan tumpukan kotoran gajah terlebih dahulu, lalu digiling, sampai akhirnya dicuci untuk menghilangkan unsur pasir yang terdapat di dalamnya. Sisa kotoran gajah tersebut hanya berupa bunga, daun dan buah yang sudah disantap oleh mamalia terbesar tersebut.

Sebagian besar orang yang membeli minuman dari kotoran gajah ini adalah orang-orang yang penasaran dengan rasa dan aromanya. Satu botol gin bermerek Indlovu ini dibanderol seharga Rp 450 ribu. Hingga kini, minuman yang terbuat dari kotoran gajah ini masih dijual secara online dengan jumlah terbatas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus PDIP Laporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri

Posted: 08 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -A Debat Rocky Gerung di Forum Indonesia Lawyers Club (ILC) berbuntut panjang. Dia dilaporkan atas ucapannya yang menuding Presiden tidak memahami Pancasila.

Adalah Politisi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat yang melaporkan ke Bareskrim Polri, Senin (9/12/2019). Henry menilai ucapan Rocky Gerung sebagai bentuk penghinaan.

"Saya akan ajukan ahli yang bisa menerangkan bahwa ucapan itu bagian penghinaan," kata Henry di Bareskrim Polri, Senin (9/12/2019).

Henry berpendapat bahwa tujuan dari Rocky Gerung adalah untuk mempermalukan Presiden Jokowi. Hal itu dilihat dari nada dan bahasa tubuh sinis Rocky Gerung serta ucapannya yang tendensius.

Sehingga Rocky Gerung memenuhi unsur pirana seperti yang terkatub pada Pasal 310 KUHP.

Dijelaskan bahwa setiap orang yang sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal.

"Beberapa yurispudensi juga mengatakan tujuan untuk mempermalukan orang yang diserang sudah memenuhi unsur tidak ada tujuan lain kecuali mempermalukan bukan kritik. Kalau kritik bukan seperti itu caranya," kata dia.

Henry membawa rekaman video, transkip dan saksi bahkan ahli-ahli untuk memperkuat dalam membuat laporan polisi.

"Video rekaman dan transkrip dari rekaman dia waktu acara ILC yang terakhir itu. Dia (Rocky Gerung) mengatakan bahwa Presiden tidak paham Pancasila, tidak mengerti Pancasila, Presiden hanya hafal Pancasila tapi tidak paham. Saya melihat ucapan itu keterlaluan," ucap dia.

 

Harus Dihormati

Henry melihat dari sisi hukum. Pertama Pancasila sebagai dasar negara, sumber dari segala sumber hukum, sebagai falsafah dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan, Presiden sebagai Kepala Pemerintahan, sebegai pemegang kekuasaan tertinggi di angkatan bersenjata (TNI), Presiden adalah hasil pemilihan langsung dari rakyat Indonesia.

"Artinya sosoknya harus dihormati oleh rakyat Indonesia bahkan bangsa bangsa asing pun melakukan penghormatan kepada Presiden sehingga saya tidak terima kepada orang yang mengatakan Presiden tidak paham Pancasila. Saya bisa membuktikan Presiden bahwa sangat Paham Pancasila," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebijakan Ari Askhara Bikin Banyak Karyawan Garuda Indonesia Masuk Rumah Sakit

Posted: 08 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) menyambut baik pencopotan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara dari Direktur Utama Garuda Indonesia.

Sekretaris ‎Jenderal Ikagi Jacqueline Tuwanakotta mengungkapkan, Ikagi senang dengan keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir tersebut, sebab‎ selama dia menjabat banyak penyalahgunaan wewenang jabatan.

‎"Saat ini karyawan sudah merasa senang ketika yang terjadi Ari Askhara diturunkan, dicopot, banyak karyawan yang bersyukur, bahagia, karena selama beliau memimpin banyak sekali kerusakan di PT Garuda Indonesia," kata Jacqueline, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Menurutnya, Ari Askhara arogan saat menjabat sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia dan menjatuhkan sanksi yang tidak jelas penyebabnya.

‎"Contoh lakukan kesalahan sedikit langsung dipindahkan ke Papua, kemudian kesalahan yang harusnya masuk dalam pembinaan, tiba-tiba di grounded, tidak boleh terbang, itu banyak dan sering," tuturnya.

 

Hingga Opname

Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo.

Dia melanjutkan, Ari Askhara pun mengeluarkan kebijakan yang merugikan karyawan, mengenai jam kerja yang melebihi batas.

Hal ini diterapkan pada penerbangan Jakarta-Sidney yang dipaksa harus pulang pergi dalam satu hari. Padahal, harusnya ada rentang waktu 3 sampai 4 hari.

"Itu beri dampak tidak bagus kepada awak kabin, sekarang sudah ada 8 orang yang diopname. Menurut mereka itu masih masuk jam kerja dan terbang. Tapi dalam pengaturan seharusnya tidak boleh abaikan yang namanya static risk management system, itu yang seharusnya tidak boleh diabaikan," tandasnya.

DPR Minta Garuda Indonesia Diaudit Secara Menyeluruh

Onderdil motor Harley Davidson dan sepeda Brompton yang diselundupkan menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia saat konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Harley Davidson dan sepeda Brompton diselundupkan dari Prancis ke Indonesia. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

DPR meminta pemerintah untuk melakukan audit secara menyeluruh PT Garuda Indonesia (Persero). Hal ini usai terkuaknya penyelundupan Haley Davidson dan sepeda Brompton‎ yang dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia nonaktif I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara.

‎Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mengatakan, terkuaknya penyelundupan Harley dan Brompton harus menjadi momen Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan pembenahan terhadap Garuda Indonesia, baik di sisi operasional maupun kinerja keuangan.

"Sekali lagi ini jadi momentum perbaiki kinerja BUMN secara umum, apalagi Garuda mengalami defisit bertahun-tahun," kata Marwan, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Menurut Marwan, sebagai langkah awal pembenahan Garuda Indonesia harus diaudit secara menyeluruh. Bahkan, jika proses tersebut dirasa belum cukup, maka perlu dilakukan audit forensik.

"Perlu audit forensik melibatkan auditor independen, tentu BPK juga," tuturnya.

Marwan melanjutkan, dengan dilakukan audit forensik maka akan diketah‎ui penyimpangan yang terjadi di Garuda Indonesia selama ini saat Ari Askhara menjabat. Setelah itu perlu dilakukan efisiensi agar maspakai pelat merah ini tidak terus mengalami kerugian.

Dengan dibenahinya Garuda Indonesia, dia berharap sebagai maskapai penerbangan nasional mampu bersaing secara domestik, regional dan global.

"Kita ingin Garuda mampu bersaing di global, harus juga kompetitif di domestik dan regional," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Terima Delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana

Posted: 08 Dec 2019 09:45 PM PST

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno dan Menkes Terawan Agus Putranto. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno dan Menkes Terawan Agus Putranto. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno dan Menkes Terawan Agus Putranto. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensesneg Pratikno dan Menkes Terawan Agus Putranto. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima dan beraudiensi dengan delegasi Aksi Stop TBC Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro (ketiga kiri) beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga

Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro (ketiga kiri) beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga

Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro (ketiga kiri) beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga

Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro (ketiga kiri) beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/12/2019). Delegasi Aksi Stop TBC Dunia itu dipimpin oleh Ketua Forum Stop TB Partnership Indonesia (FSTPI) Arifin Panigoro. (Liputan6 com/Angga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Jurus Pimpinan Pemerintah Daerah Cegah Korupsi

Posted: 08 Dec 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 9 Desember merupakan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia. Untuk memperingatinya, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK pun menyelenggarakan berbagai macam kegiatan.

Tak hanya sehari, lembaga antirasuah ini melakukan serangkaian giat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 di KPK yang telah berlangsung sejak tanggal 6 hingga 13 Desember 2019.

Lewat rangkaian kegiatan tersebut, KPK mengajak seluruh pihak membangun kesadaran dan semangat perlawanan terhadap korupsi melalui pendekatan humanis.

Rupanya, tak hanya KPK, gerakan pencegahan antikorupsi ini juga digalakkan oleh pimpinan-pimpinan pemerintah daerah atau Pemda.

Misalnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menggelar aksi antikorupsi bersama para pelajar di Provinsi Jawa Tengah pada Minggu, 8 Desember 2019

Dalam kegiatan itu, Ganjar mengajak ribuan pelajar menempel sticker anti korupsi di sejumlah mobil dinas Pemprov Jateng. Stiker bertuliskan Nek Aku Korupsi, Ora Slamet ditempel di mobil-mobil pelat merah Pemprov Jateng.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kebumen, Jawa Tengah menerapkan whistle blowing system. Yaitu, sebuah sistem yang memungkinkan seseorang bisa mengadukan dugaan korupsi yang akan atau sudah terjadi di sebuah instansi di mana si pelapor bekerja.

Berikut berbagai ragam cara pimpinan-pimpinan Pemerintah Daerah untuk mencegah korupsi dihimpun Liputan6.com:

Stiker dari Ganjar Pranowo

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sebanyak 3.000 pelajar dari berbagai sekolah di Jawa Tengah menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Gubernur Jateng, Jl Pahlawan Kota Semarang, Minggu, 8 Desember 2019.

Uniknya, aksi demo dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 itu dipimpin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sejak pagi, ribuan pelajar itu sudah memenuhi kawasan Simpanglima Kota Semarang. Sambil berjalan menuju depan kantor Gubernuran, mereka meneriakkan yel-yel anti korupsi dan mengangkat tinggi poster-poster berisi tuntutannya.

Uniknya, poster yang dibawa para pelajar itu tidak seperti poster demo biasanya. Khas dengan generasi millenial, kalimat-kalimat unik seperti 'Jangan Makan Uangku, Makan Saja Mantanku', 'Cukup Atiku Sing Ambyar, Negoroku Ojo', 'Mending Ketemu Tikus Tanah, Dibanding Tikus Berdasi', dan lainnya, menghiasi poster-poster mereka.

Sesampainya di depan kantor Gubernuran, ribuan pelajar itu langsung satu komando dan menggelar aksi. Ganjar yang mengenakan kaos putih bertuliskan 'Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi' dan berikat kepala merah putih, langsung naik panggung memimpin aksi.

"Tadi malam saya mendapat kabar, ada ribuan pelajar yang mau demo melawan korupsi. Saya minta para orator, ayo langsung ke atas panggung," kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga mengajak ribuan pelajar menempel stiker bertuliskan 'Nek Aku Korupsi, Ora Slamet' di mobil-mobil pelat merah Pemprov Jateng.

Demo di tengah Car Free Day itu semakin meriah dengan adanya instalasi mosaik. Ribuan kertas warna warni ditempelkan para pelajar dan warga pada sembilan panel.

Sebelumnya mereka menuliskan harapan, doa, kritik, dan dukungan untuk pemberantasan korupsi. Sembilan panel itu kemudian digabung membentuk gambar tikus dicoret.

"Saya senang dan bangga pada pelajar yang hebat-hebat ini, mereka menegaskan diri untuk siap menjadi agen anti korupsi. Sejak dini kami ajak mereka untuk terlibat, merasakan, mengkritik bahkan mencaci terhadap hal-hal berbau korupsi," kata Ganjar, Minggu 8 Desember 2019.

Menurut Ganjar, aksi demonstrasi yang digelar oleh para pelajar itu merupakan hal yang luar biasa. Mereka berani untuk menyerukan perlawanan terhadap praktik korupsi demi masa depan bangsa.

"Tadi keren, ada seruan mereka misalnya, PNS yang koruptor, tidak usah masuk kantor, langsung didor. Ini merupakan ungkapan kejengkelan dari mereka yang mudah-mudahan menjadikan mereka generasi berintegritas," tegas Ganjar.

Kepedulian anak muda akan gerakan antikorupsi lanjut Ganjar memang penting diterapkan sejak dini. Mulai dari hal-hal kecil, semisal tidak mencontek, disiplin masuk sekolah, tidak berbohong dan lainnya.

"Mereka kelak akan menjadi pemimpin bangsa, semoga ini awal yang bagus untuk menanamkan integritas. Saya minta guru-guru membimbing," tegasnya.

 

Pemkab Kebumen Terapkan Whistle Blowing System

Peserta kompetisi mandiri Hackaton 2016 saat berlomba membuat aplikasi di Jakarta, (26/2). Ajang adu kreativitas developer IT ini digelar Bank Mandiri untuk mengembangkan bibit digital technopreneur potensial di Tanah Air.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah meraih penghargaan tiga kali berturut-turut pada 2015-2017 dalam tata kelola pemerintahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keberhasilan ini memicu kabupaten atau kota di Jawa Tengah mereformasi birokrasi.

Semangatnya sama, menjauhkan korupsi di lembaga pemerintahan. Kebumen adalah salah satu yang lantas bertekad membersihkan diri.

Di wilayah pesisir selatan Jawa ini Pemkab menerapkan Whistle blowing System, sebuah sistem yang memungkinkan seseorang bisa mengadukan dugaan korupsi yang akan atau sudah terjadi di sebuah instansi di mana si pelapor bekerja.

Inovasi sistem ini harapannya mampu mencegah tindakan koruptif. Dan untuk mencapai good governance Pemkab terus berupaya mencegah korupsi.

"Di antaranya, dengan Peraturan Bupati Tentang Pengendalian Gratifikasi, pembangunan aplikasi Whistle blowing System, dan Kanal Pengaduan Saber Pungli Sidumas," kata Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, Kamis, 21 November 2019.

Dia mengatakan Pemkab juga menetapkan organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai zona integritas dan secara konsisten meningkatkan manajemen pencegahan korupsi melalui Korsupgah atau koordinasi supervisi Pencegahan KPK.

Program E-Budgeting

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat peluncuran program Jakarta Satu di Balai Kota, beberapa waktu lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berterimakasih kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena telah mengapresiasi langkah pemerintahnya memperbarui pengaturan anggaran elektronik atau e-budgeting.

"Saya berterima kasih kepada KPK. Spirit-nya adalah memang membuat proses budgeting itu transparan, kemudian kita bisa mengendalikan perilaku orang," kata Anies di CFD Jakarta, Minggu, 3 November 2019.

Anies mengakui memang dalam sebuah organisasi kerap ditemui aktor yang kurang rajin atau tidak jujur. Itu sebabnya, sistem mesti menaklukkan aktor-aktor yang bermasalah tersebut. Termasuk di dalam sistem e-budgeting.

"Tapi kalau sistem itu hanya berfungsi jika penggunanya jujur, jika penggunanya rajin, maka akan kecolongan terus. Karena itulah, yang kita lakukan adalah upgrading agar kita bisa memastikan tidak ada penyimpangan lagi," katanya.

Menurut Anies, sistem e-budgeting saat ini tidak bisa mengetahui motif dari kesalahan seorang pegawai menginput anggaran. Hal ini menurutnya lebih dikarenakan kurang menunjangnya sistem saat ini.

"Kalau ada penyimpangan seperti anggaran yang lucu-lucu itu, tidak bisa dibedakan ini adalah (akibat) kemalasan, ini adalah keteledoran, atau ini adalah titipan. Tidak bisa dibedakan itu. Kenapa? Ya karena sistemnya bebas gitu," papar Anies Baswedan.

"Tapi bila nanti di-upgrade, kita akan bisa cek itu, karena ada verifikasi-verifikasi. Ini contoh yang akan kita lakukan," ia menambahkan.

Anies sendiri mengatakan untuk lebih lengkapnya terkait pembaruan e-budgeting akan diinformasikan pada saat peluncuran nanti.

"Dan kami mengetahui (kelemahan sistem e-budgeting) ini sejak tahun lalu. Tapi ya itu tadi, kami ini di pemerintahan. Kalau ada masalah, ya dikoreksi, diperbaiki, bukan diramaikan. Insyaallah nanti segera beres," tutup dia.

Cara Walikota Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama manajer operasional Sanggar Batik Semarang 16, Endah Purwanti. (foto: Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melakukan sejumlah cara untuk mengantisipasi setiap celah yang berpotensi menjadi pintu awal gratifikasi maupun korupsi di jajarannya.

Salah satunya adalah dengan mengajak para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk berperan memerangi gratifikasi dan korupsi.

Hal itu diwujudkan melalui sosialisasi bersama para istri ASN yang terhimpun dalam organisasi Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita dengan menggandeng SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) Pusat, di Gedung Lokakrida, Kompleks Balai Kota Semarang, Rabu 20 Februari 2019.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dilakukan pula pembacaan deklarasi Perempuan Anti Korupsi Kota Semarang yang dipimpin oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Semarang, Ana Agus Riyanto.

"Di balik seorang pria hebat, ada istri yang hebat pula. Sebaliknya, di balik suami yang tidak hebat, ada istri atau wanita yang merongrong suaminya itu. Karenanya, pasangan suami istri harus berjalan seiringan dan saling mendukung satu sama lain," ujar Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang tersebut.

Hendi menjelaskan, saat ini roda pemerintahan Kota Semarang terus didorong menuju pemerintahan yang transparan, terbuka, clear and good government. Karenanya, saat ini sistem pemerintahan di Kota Semarang sudah dirancang untuk tidak ada celah bagi gratifikasi.

"Sehingga, di rumah jangan sampai digoda atau diributi berbagai keinginan yang tidak sesuai dengan kemampuan," imbuhnya.

Hendi menyakini, istri memegang peran penting untuk selalu mengingatkan suami agar tidak tergoda untuk menerima gratifikasi.

Melalui sosialisasi yang dilakukan itu, harapannya para istri akan semakin tahu celah-celah gratifikasi sehingga akan lebih kuat berkomitmen untuk melawannya.

Menurut Hendi, ada dua kelompok yang berpotensi terjerat perbuatan gratifikasi serta KKN, yakni kelompok yang tidak mau tahu alias ndableg dan kelompok yang tidak tahu. Untuk kelompok pertama, diyakini Hendi, sudah sangat minim ada di jajarannya. Namun, untuk kelompok yang tidak tahu, pemberian gratifikasi dianggap sebagai ucapan terima kasih yang wajar.

"Kalau dirasa ada yang kurang wajar, langsung ditanyakan saja kepada suami dan tegas menolak kalau ada hal-hal yang sifatnya gratifikasi dan korupsi," tegasnya.

 

(Rizki Putra  Aslendra)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Psikolog Sarankan Orangtua Tak Cium Bibir Anak, Ini 3 Alasannya

Posted: 08 Dec 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan setiap orangtua dalam mengekspresikan kasih sayangnya kepada anak mereka mungkin berbeda. Ada sebagian orang tua yang terbiasa untuk mencium bibir anak mereka. Namun, hal ini pun akhirnya menimbulkan perdebatan mengenai wajar atau tidaknya jika orangtua mencium bibir anak mereka. 

Secara biologis, hal tersebut memang sangatlah tidak disarankan. 

Menurut seorang penulis buku The Power Of Your Child's Imagination, ia menyampaikan bahwa bibir merupakan zona sensitif seksual yang kemudian dapat membangkitkan gairah seksual.  

Ia menyarankan bahwa anak-anak boleh diberikan sentuhan kasih sayang seperti menciumnya pada bagian dahi, pipi, atau tangan. Namun bibir berbeda karena ujung saraf yang lebih banyak dan lebih sensitif terhadap rangsangan.

Selain dari sisi biologis, ternyata dari sisi psikologi pun, seorang psikolog menyampaikan hal yang sama bahwa sebaiknya orangtua tidak mencium anaknya di bagian bibir. 

Dikutip dari BrightSide, Minggu (8/12/2019), ini 3 alasan psikologisnya: 

 

1. Anak menjadi tidak paham mengenai batasan privasi

Saking sayangnya kepada anak, sejumlah orangtua kerap terbiasa mencium bibir anaknya. Namun hal ini ternyata dicap tidak baik

Menurut seorang psikolog bernama Charlotte Reznick, bibir dan mulut adalah area pribadi pada tubuh anak.

Ketika orangtua mencium bibir anaknya, hal itu akan menunjukkan kepada mereka bahwa batas tubuh mereka terbuka dan seseorang dapat masuk ke area tersebut tanpa masalah.

Selain itu, hal ini juga termasuk dengan pakaian ketat, mencekok mereka untuk memaksa makan, dan bercanda secara agresif.

Dengan demikian, orangtua dapat meningkatkan risiko anak mereka mengalami "victim syndrome" dengan ketidakmampuan untuk mengatakan "tidak" dan mengelola batas-batas pribadi mereka sendiri.

2. Tidak higienis

Gading Marten dan Gempi (Sumber: Instagram/@gadiiing)

Dokter, dan terutama dokter gigi, memperingatkan bahwa ada sejumlah besar mikroba di mulut kita yang mungkin tidak menginfeksi orang dewasa, tetapi dapat ditularkan ke anak-anak dan sangat membahayakan mereka.

Dan karena anak memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah, Charlotte Reznick menjelaskan, beberapa infeksi berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh mereka melalui air liur.

3. Anak mungkin akan berani mencium orang lain sebagai ungkapan kasih sayang

Pemain Brasil, Neymar mencium putranya, Davi Lucca di sela sesi latihan di Sochi, Rusia, Jumat (29/6). Neymar mengajak putranya saat mengikuti latihan bersama Timnas Brasil di Piala Dunia 2018. (Adrian DENNIS/AFP)

Anak mungkin akan mulai berperilaku sebagaimana orangtua mengajarkan mereka di rumah. Mereka mungkin akan mencium anak-anak lain atau orang dewasa di bibir sebagai cara untuk mengungkapkan kasih sayang. 

Psikolog menunjukkan bahwa anak-anak belajar sesuatu dengan cara meniru. Jadi mereka mungkin mencoba mengulangi gerakan yang sama dengan yang lain, tanpa menyadari implikasi intim dari gerakan ini. Inilah sebabnya mengapa psikolog merekomendasikan hanya mencium pipi atau dahi anak. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Tolak Usung Eks Koruptor Maju Pilkada 2020

Posted: 08 Dec 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pihaknya telah mengimbau pengurus Partai di tingkat DPC maupun DPD agar tak mengajukan mantan napi korupsi untuk ikut Pilkada 2020.

Meskipun dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 18/2019 tidak secara tegas melarang eks napi korupsi ikut kontestasi Pilkada.

Menurut dia, tidak dicantumkannya larangan bagi mantan napi korupsi, sekaligus menguji keseriusan partai dalam upaya pemberantasan korupsi. Termasuk dengan tidak mengajukan mantan napi korupsi sebagai calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah.

"Maka kemudian terpulang kepada keseriusan partai politik untuk mengajukan atau tidak mengajukan mereka. Tentu saja itu menjadi komitmen partai tersebut, apakah dia serius melakukan pemberantasan korupsi atau tidak," kata dia di Jakarta, Senin 9 Desember 2019.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, lanjut dia, Gerindra telah mengimbau pengurus partai di daerah agar tidak mengajukan bakal calon yang pernah menjadi napi korupsi. Dia yakin ada kader lain yang lebih baik. 

"Sebaiknya, kami minta di teman-teman di DPC, DPD untuk tidak mengajukan nama-nama mereka. Toh nama-nama lain masih ada. Masih banyak. Kalau tidak ada ya silakan. Tapi masa tidak ada kira-kira begitu," jelasnya.

Muzani menambahkan, saat ini partainya tengah melakukan seleksi terhadap kader yang bakal maju di Pilkada 2020. 

"Kami akan melakukan jejak para calon," ucap Muzani.

Menurut Muzani, partainya tak ingin calon kepada daerah yang didukung punya rekam jejak terlibat kasus korupsi.

"Ingatan masyarakat jejak yang bersangkutan di masyarakat akan sangat terpatri. Sehingga ini akan memengaruhi tingkat kepercayaan yang bersangkutan untuk dapat memenangkan pilkada," tutup dia.

 

Peraturan KPU

Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) berkaitan dengan Pilkada 2020. Dalam PKPU, tidak dicantumkan larangan mantan koruptor maju dalam pilkada.

Hal ini tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota.

Dalam aturan, hanya mantan terpidana bandar narkoba dan terpidana kejahatan seksual yang tak boleh maju pilkada. Hal ini tertuang dalam Pasal 4 ayat 1 huruf h.

Pasal 4 ayat (1) berbunyi: Warga Negara Indonesia dapat menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:huruf h: "Bukan mantan terpidana bandar narkoba dan bukan mantan terpidana kejahatan seksual anak," berikut bunyi pasal yang dikutip, Jumat (6/12/2019).

Sedangkan mengenai mantan koruptor muncul dalam pasal 3A ayat 3 dan ayat 4. Namun, bukan larangan.Pasal 3A ayat 3 berbunyi: Dalam seleksi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara demokratis dan terbuka sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mengutamakan bukan mantan terpidana korupsi.

Pasal 3A ayat 3 berbunyi: Bakal calon perseorangan yang dapat mendaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota diutamakan bukan mantan terpidana korupsi.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi Harbolnas Diprediksi Capai Rp 8 Triliun

Posted: 08 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dan Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia Ignatius Untung resmi meluncurkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Nilai transaksi Harbolnas yang akan digelar selama dua hari pada 11-12 Desember ini ditargetkan akan naik menjadi Rp 8 triliun.

Ignatius Untung mengatakan, target Rp 8 triliun tersebut meningkat dari nilai transaksi Harbolnas di tahun sebelumnya yang sekitar Rp 6,8 triliun.

Dia pun optimis target tahun ini bisa tercapai lantaran adanya partner baru sebagai fasilitator pembayaran, yakni LinkAja.

"Target tahun ini Rp 8 triliun, optimis tercapai karena ada partner baru. Tahun ini kita gandeng 1 partner baru. Kita gandeng LinkAja juga. Enggak harus yang transaksinya online, bisa offline juga, tapi pembayaran online," ujar dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Menurut laporannya, Harbolnas 2019 mulanya diminati oleh 300 pelaku usaha online yang mendaftar. Namun hanya 235 peserta yang kemudian lulus seleksi.

 

Produk Lokal

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Sementara itu, Mendag Agus Suparmanto berharap produk lokal dapat menduduki posisi yang sangat bergengsi di hati para penyuka belanja saat perayaan Harbolnas 2019.

"Kami harap acara ini dapat memberi manfaat bagi seluruh stakeholder e-commerce, khususnya UMKM dalam meningkatkan skala usaha dan memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produknya lebih efisien dengan jangkauan global," tuturnya.

Jelang Harbolnas, Mendag Serukan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto naik sepeda untuk mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Rejosari Solo, Jumat (6/12).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan membeli produk dalam negeri. Apalagi sebentar lagi ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang, di mana produk dalam negeri dan impor bersaing dan diperjualbelikan di e-commerce. 

"Tujuan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri ini juga untuk menggugah kesadaran dan nasionalisme masyarakat, bangga menggunakan produk dalam negeri," kata Mendag Agus saat membuka acara Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri, di Thamrin City, Jakarta, Sabtu (7/12). 

Mendag Agus menjelaskan produk dalam negeri saat ini sudah banyak yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar atau barang impor. Bahkan dari segi kualitas, produk dalam negeri dinilai sudah jauh lebih unggul. 

"Kalau kualitas tentu tidak diragukan lagi produk kita ini jauh lebih bagus," ujarnya.

Terutama untuk produk-produk batik. Dia sangat optimis kualitas batik Indonesia sudah sangat bagus dan bersaing.

Selain itu, dengan membeli produk dalam negeri dia menyebutkan masyarakat telah membantu perekonomian Indonesia. Sebab dalam satu produk lokal, terdapat ratusan bahkan ribuan pekerja UMKM yang terlibat di dalamnya. 

"Beli produk dalam negeri sama saja selamatkan ekonomi bangsa, karena ada ratusan atau ribuan pekerja dalam negeri dalam satu produk yang dibeli," ujarnya.

Setelah itu, mendag Agus melanjutkan acaranya dengan berkeliling ke toko-toko batik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kasus Harley Garuda Tengah Diinvestigasi

Posted: 08 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian BUMN dan Kemenhub tengah berkoordinasi mengivestigasi kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda. Wamen BUMN berjanji investigasi tetap dalam koridor hukum yang berlaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Romy Rafael Menggunakan Sepatu yang Tahan Sakit

Posted: 08 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pakar hipnoterapi Romy Rafael mengaku sangat memperhatikan kesehatan kakinya. Oleh sebab itu, dirinya pun tidak sembarangan dalam pemilihan sepatu.

Sembarangan memilih sepatu akan membuat kaki menjadi sakit. Meski terlihat sederhana, Romy Rafael menceritakan bagaimana bagian tumitnya akan terasa sakit jika memilih sepatu yang salah.

"Pakai sepatu sih sederhana aja mikirnya. Tapi kalau meremehkan hal kecil, bisa-bisa tumit menjadi sakit. Awalnya memang nggak apa-apa, tapi ingat waktu, semakin lama dengan gravitasi akan semakin berpengaruh," ujar Romy Rafael saat ditemui di Seibu, Grand Indonesia, baru-baru ini.

 

Berdiri

Romy Rafael bersama istrinya Ury Rafael saat perkenalan program Shop & Win Bocoroco di Seibu, Grand Indonesia.

Romy tak sembarang bicara. Pekerjaannya di dunia entertainmen membuatnya harus sering berdiri. Bahkan, pernah dirinya nyaris seharian berdiri sehingga menimbulkan rasa pegal.

"Makanya saya beneran belinya Bocoroco, memang sudah lama dicari. Kalau salah pilih sepatu, dua jam saja sudah sakit ini kaki. Apalagi kalau jalan di aspal, lama-lama juga bisa bikin sakit kaki kan," ujar Romy Rafael.

 

Mahal

Romy Rafael bersama istrinya Ury Rafael saat perkenalan program Shop & Win Bocoroco di Seibu, Grand Indonesia.

Meski sepatu yang digunakannya mahal, namun dirinya tak mempermasalahkannya. Baginya, yang terbaik adalah kesehatan kakinya hingga tidak menyebabkan sakit.

"Kalau mahal relatif ya, yang jelas manfaat kesehatan pada sepatu harus ada. Karena salah satu yang paling mahal adalah kesehatan," ujar Romy Rafael.

 

Aktifitas

Saat ini, Romy Rafael pun menjalani aktifitasnya di dunia entertainmen dengan lancer. Selain pemilihan sepatu yang terbaik untuk kesehatan, dirinya juga memiliki prinsip 10 10 10.

"Saya ini selalu mikir 10 10 10. Apa itu? Kalau melakukan sesuatu akan berdampak apa pada 10 jam ke depan, 10 hari ke depan sampai 10 tahun ke depan," katanya.

 

Kompak

Romy Rafael bersama penyanyi Rani saat perkenalan program Shop & Win Bocoroco di Seibu, Grand Indonesia.

Sementara itu, artis penyanyi yang juga model, Rani sepakat dengan apa yang dikatakan Romy Rafael. Menurutnya, pemilihan alas kaki yang tepat akan membuat kaki menjadi tidak sakit.

"Kemarin ada acara seharian pulang jam 10, emang comfort banget sih sepatu ini. Bukan teori ya. Saya sudah membuktikannya.  Pengalamannya luar biasa banget. Saya sangat nyaman dan badan nggak berasa pegal," kata Rani.

Rani pun menceritakan bagaimana sahabatnya salah dalam memilih sepatu sehingga membuat badannya menjadi sakit.

"Ada teman saya maunya cepat pulang karena nggak tahan kakinya sakit. Saya ingin teman merasakan kebahagiaan dan kenyamanan seperti saat saya memakainya," ujar Rani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Peminat, Spotify Belum Ada Rencana Hadir di Nintendo Switch

Posted: 08 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo Switch tak dimungkiri telah hadir sebagai konsol hybrid yang diminati banyak orang. Karenanya, sejumlah peningkatan fitur terus dinantikan para pengguna.

Salah satu kemungkinan yang ternyata cukup ditunggu adalah kehadiran aplikasi streaming musik. Hal itu diketahui dari permintaan pengguna di portal Spotify Community.

Dikutip dari Nintendo Life, Senin (9/12/2019), ada sebuah akun bernama Erboda yang meminta Spotify untuk menjalin kerja sama dengan Nintendo Switch agar dapat hadir di konsol tersebut.

Permintaan itu dilayangkan sejak 2017, beberapa bulan setelah Switch pertama meluncur. Sejak pertama kali diunggah, permintaan itu menerima 11 ribu votes dari pengguna lain yang juga memiliki permintaan serupa.

Namun setelah hampir dua tahun dilayangkan, Spotify akhirnya memberikan jawaban. Hasilnya, layanan streaming itu mengaku belum memiliki informasi apapun terkait kehadirannya di Switch.

"Hei teman, staf Spotify di sini. Kami selalu berusaha meningkatkan pengalaman Spotify di banyak platform, tapi kami belum memiliki informasi yang dapat dibagi saat ini," tulis perwakilan perusahaan menjawab permintaan tersebut.

Meski tidak membeberkan jawabannya detail, dapat diasumsikan Spotify memang belum memiliki rencana hadir di platform Nintendo Switch. Akan tetapi, bukan tidak mungkin, hal tersebut dapat berubah di masa depan.

Kendati Spotify belum ada di Switch, sebenarnya masih ada aplikasi hiburan lain yang dapat dinikmati di konsol itu, seperti YouTube dan Hulu. Nah, kalau menurutmu apakah Spotify perlu hadir di Switch?

Stylus untuk Nintendo Switch Rilis Akhir Tahun

Nintendo Switch akan kedatangan 100 gim. (Sumber: Polygon)

Di sisi lain, Nintendo baru saja mengumumkan akan kembali menghadirkan gim Dr. Kawashima Brain Training atau yang dikenal sebagai Brain Age ke Switch. 

Sebagai pendukung gim ini, Nintendo juga menyertakan stylus dalam bundel pembelian. Namun seperti dilansir dari Nintendo Life, Kamis (3/10/2019), stylus tersebut ternyata juga akan dijual sebagai produk terpisah.

Rencananya, stylus khusus Switch  ini akan tersedia di Jepang pada Desember 2019 dan dijual dengan harga 864 yen (Rp 113 ribu).

Sayang, belum dapat dipastikan apakah stylus ini akan tersedia untuk pasar di luar Jepang, mengingat Nintendo saat ini baru mengumumkan kehadiran gim Brain Age untuk pasar Negeri Sakura saja. 

Untuk informasi, Brain Age merupakan gim yang sebelumnya hadir untuk Nintendo DS. Gim ini berkolabroasi dengan neurosaintis Dr. Ryuta Kawashima untuk menghadirkan beragam gim asah otak.

Selain stylus, gim ini sebenarnya juga memanfaatkan fungsi unik lain dari Switch. Salah satunya adalah memanfaatkan kamera IR di Joy-Con untuk bersuten.

Di sisi lain, kehadiran stylus ini dapat membuka kesempatan bagi gim lain yang ingin memanfaatkan aksesoris tersebut untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Oleh sebab itu, menarik menunggu rencana Nintendo selanjutnya dengan kehadiran stylus sebagai aksesoris pendukung Switch. 

Kontroler Bergaya SNES Hadir untuk Nintendo Switch

Kontroler berdesain SNES untuk Nintendo Switch (sumber: Nintendo)

Sebelumnya, Nintendo juga mengumumkan kehadiran kontroler bergaya Super-NES untuk Nintendo Switch. Informasi ini diungkap dalam event Nintendo Direct beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, kontroler bergaya SNES ini akan dijual langsung oleh Nintendo. Namun, kontroler ini hanya ditujukan untuk anggota Nintendo Switch Online.

Sama seperti Joy-Con, kontroler ini tidak membutuhkan dongle nirkabel dan dapat diisi daya dengan kabel USB. Nantinya, perangkat ini akan dijual satuan dengan harga USD 29,99 atau sekitar Rp 426 ribu.

Harga ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari kontroler Joy-Con yang dijual sepasang dengan harga USD 59,99 atau sekitar Rp 849 ribu. Namun untuk versi SNES ini, Nintendo membatasi empat unit untuk satu orang.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam di Final SEA Games 2019, Siaran Langsung Televisi

Posted: 08 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 berambisi meraih medali emas sepak bola SEA Games 2019. Garuda Muda -julukan timnas Indonesia U-22- telah sukses melangkah hingga ke final.

Sebelumnya di semifinal SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-22 menyingkirkan Myanmar. Egy Maulana Vikri dkk. menang 4-2 dalam pertandingan selama 120 menit.

Di partai puncak, Timnas Indonesia U-22 menantang Vietnam, yang menyingkirkan Kamboja dengan skor telak 4-0.

Duel melawan Vietnam menjadi partai ulangan bagi Timnas Indonesia U-22. Kedua tim sudah bertemu saat babak fase Grup B. Ketika itu, Garuda Muda kalah 1-2.

Medali emas SEA Games 2019 menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia U-22. Pasalnya, Garuda Muda terakhir kali meraih medali emas SEA Games pada tahun 1991.

Berikutini jadwal Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2019 yang akan disiarkan di RCTI.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

Timnas Indonesia U-22 kalah 1-2 dari Vietnam pada laga lanjutan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Selasa, 10 Desember 2019

Pukul: 19.00 WIB

Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

Venue: Rizal Memorial Stadium

Live di RCTI

 

Road To Final

26 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Thailand

29 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Singapura

1 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 1-2 Vietnam

3 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 8-0 Brunei

5 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 4-0 Laos

7 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 4-2 Myanmar

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Eks Koruptor Boleh Maju Pilkada, Mahfud Md: Putusan MK Begitu

Posted: 08 Dec 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, tak ada masalah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk Pilkada 2020, yang tak melarang mantan napi korupsi mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Menurut dia, aturan itu sudah sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ya memang putusan MK-nya begitu," kata Mahfud di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dia menegaskan, jika ada yang mempermasalahkan, lebih baik digugat ke MK, bukan justru menyalahkan PKPU.

"Kalau mau menggugat ya putusan MK, jangan PKPU-nya," pungkasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) berkaitan dengan Pilkada 2020. Dalam PKPU, tidak dicantumkan larangan mantan koruptor maju dalam pilkada.

Hal ini tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota.

Dalam aturan, hanya mantan terpidana narkoba dan terpidana kejahatan seksual yang tak boleh maju pilkada. Hal ini tertuang dalam Pasal 4 ayat 1 huruf h.

Pasal 4 ayat (1) berbunyi: Warga Negara Indonesia dapat menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

huruf h: "Bukan mantan terpidana bandar narkoba dan bukan mantan terpidana kejahatan seksual anak,".

Bukan Larangan

Sedangkan mengenai mantan koruptor muncul dalam pasal 3A ayat 3 dan ayat 4. Namun, bukan larangan.

Pasal 3A ayat 3 berbunyi: Dalam seleksi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara demokratis dan terbuka sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mengutamakan bukan mantan terpidana korupsi.

Pasal 3A ayat 3 berbunyi: Bakal calon perseorangan yang dapat mendaftar sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota diutamakan bukan mantan terpidana korupsi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Edhy Cari Solusi Bereskan Proyek Keramba Jaring Apung yang Mangkrak

Posted: 08 Dec 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menawarkan solusi atas mangkraknya proyek keramba jaring apung (KJA) offshore yang digarap PT Perikanan Nusantara (Perinus) Persero.

Proyek gagal itu ada di Sabang, Pangandaran dan Karimun Jawa. Padahal KKP sudah mengucurkan dana sebanyak Rp 114 miliar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut kondisi KJA sudah rusak. Tak mau menyalahkan pihak manapun, Edhy memilih memperbaiki kerusakan. Dia juga sudah mengajak Kementerian BUMN  untuk mencari jalan keluar.

"Secara prinsip jalan keluarnya ada," kata Edhy di Gedung Mina Bahari III Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/12).

 

Edhy Prabowo mengaku sudah meminta Menteri BUMN Erick Tohir untuk duduk bersama. Hanya saja, pertemuan itu belum terlaksana lantaran Erick harus mendampingi Presiden Jokowi dalam sebuah acara. Namun, soal ini dia sudah diskusikan dengan wakil menteri BUMN  informal.

Edhy berharap bisa mengetahui perkembangan kerja sama yang dilakukan atas kerusakan yang terjadi atau perlu ada perbaikan. Sebab, sampai saat ini proyek tersebut belum diterima secara resmi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Kita akan ajak PT Perinus sebagai pengelola perusahaan yang membangun ini akan diarahkan seperti apa," kata Edhy menerangkan.

Sebenarnya KKP kata Edhy Prabowo, secara prinsip belum menerima hasil pembangunan tersebut. Pihaknya bisa saja melakukan tuntutan.  Namun dia memilih jalan keluar lain.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Komunikasi dengan Dirut Perinus

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)

Edhy menyebut Direktur Utama PT Pernius (Persero)  yang baru sudah datang untuk berkomunikasi. Tinggal kata Edhy menunggu keputusan selanjutnya. Sebab dia sudah menawarkan solusi.

Misalnya BUMN memberikan pengakuan utang kepada KKP. Sambil disaat yang sama dilakukan perbaikan setelah itu baru diserahterimakan. Namun dia memberikan catatan kalau tempat KJA harus dipindah.

"Kita  sudah mencari tempat dan sudah mengusulkan nama-nama tempatnya," kata Edhy.

Salah satu alternatif KJA di Sabang dipindahkan ke Aceh di Simeulue atau di Singkil. Lalu KJA di Pangandaran dipindahkan ke wilayah sekitar Jawa Barat yang air lautnya tenang.  "Air laut yang tenang kita akan taruh di Lampung,'" sambung Edhy.

Sementara KJA di Karimun Jawa bisa dipindah ke daerah Brondong di Bali. Jika usulan ini diterima, KKP akan menyerahkan program itu kembali ke PT Perinus untuk dikelola. Nantinya KKP akan memberikan program pembangunan. Misalnya jenis ikan yang dipelihara,

"Kita tinggal memberikan tentang pembangunannya sepeti apa, akan dipelihara ikan apa, entah lobster kita enggak tahu," kata #dhy mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Cepat Belajar Membaca Alquran dengan Lancar untuk Pemula

Posted: 08 Dec 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat belajar membaca Alquran bisa kamu terapkan di rumah. Sebenarnya, belajar membaca Alquran tidak begitu sulit. Apalagi sebagai umat Islam, kamu tentunya harus bisa membaca Alquran karena bacaan saat shalat berasal dari Alquran juga. Sedangkan shalat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim.

Untuk bisa membaca Alquran dengan baik dan lancar, tentunya kamu harus mengetahuinya dari dasar terlebih dahulu. Mulai dari mengenal huruf hijaiyah hingga mengenal tanda baca. Selain itu, kamu juga harus membaca Alquran dengan tajwid yang benar.

Cara cepat belajar membaca Alquran harus dipraktikkan. Bagaimanapun juga, jika kamu sudah mengetahui berbagai cara yang cepat dalam belajar membaca Alquran, jika tidak dipraktikkan tetap saja tidak akan ada hasilnya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara cepat belajar membaca Alquran dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

Mengenal Huruf Hijaiyah dan Memahami Tanda Baca

Membaca Alquran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mengenal Huruf Hijaiyah

Cara cepat belajar membaca Alquran yang pertama adalah dengan mengenal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah sendiri ialah huruf ejaan bahasa arab sebagai bahasa asli Alquran. Bisa dikatakan bahwa huruf hijaiyah seperti huruf abjad (A B C D E) di dalam Bahasa Indonesia, sehingga jika kamu ingin lancar dalam membaca Alquran, kamu harus belajar dan mengerti akan huruf hijaiyah dan ejaannya.

Jadi untuk menerapkan cara cepat belajar membaca Alquran ini, kamu perlu terlebih dahulu mengenal huruf hijaiyah yang berjumlah 29 huruf ini. Semua huruf ini wajib dihafal jika ingin bisa membaca alquran. Ada yang pengucapannya seperti huruf latin, ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal, dan sebagainya.

Selain mengenal bentuk-bentuk huruf hijaiyah secara satu persatu, kamu juga harus mengetahui bagaimana huruf tersebut jika disambung dengan huruf lain. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kamu harus mengetahui makhraj-nya, yaitu merupakan tempat keluarnya huruf.

Memahami Tanda Baca (Harakat)

Cara cepat berlajar membaca Alquran kedua setelah mempelajari huruf hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat di dalam Alquran. Tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

Sebagai contoh, jika dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O sebagai huruf vokal, maka di bahasa Arab ada harakat. Berbagai tanda baca seperti Fathah, Kasrah, Dammah, Tasydid, dan Sukun wajib kamu pahami.

Kamu bisa mempelajarinya secara lebih mendalam dengan membaca buku atau belajar secara langsung dengan ustaz atau guru mengaji.

Memahami Tajwid dan Mulai dari Surat Pendek

Membaca Alquran. (merdeka.com/Arie Basuki)

Memahami Tajwid

Cara cepat belajar membaca Alquran selanjutnya ialah dengan memahami tajwid Alquran. Ilmu tajwid Alquran ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Alquran secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas.

Sederhananya, bacaan tajwid ini bisa dikatakan sebagai Grammar nya dalam Bahasa Inggris. Adapun Grammar dalam Bahasa Arab sendiri antara lain bacaan Idzhar, bacaan Idgham, bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya. Memahami tajwid ini sangat penting agar kamu tidak salah dalam membaca Alquran.

Mulai dari Surat Pendek

Cara cepat belajar membaca Alquran selanutnya adalah dengan mulai dari surat pendek terlebih dahulu. Pada awal-awal pembelajaran pilihlah dari surat-surat pendek terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar membaca surat pendek, barulah mulai mencoba dengan surat yang panjang.

Selain itu, membaca dengan tartil yaitu pelan tapi pasti bisa membuat kamu lebih cepat pandai. Selalu berlatih dengan memperhatikan benar panjang pendeknya bacaan yang sedang dibaca.

Cari Guru Mengaji dan Belajar dari Sumber Terpercaya

Membaca Alquran (merdeka.com/Arie Basuki)

Cari Guru Mengaji

Cara cepat belajar membaca Alquran yang sangat efektif tentunya dengan mencari guru mengaji. Dengan adanya guru mengaji, kamu tentunya akan lebih mudah memahami berbagai macam pemaham dalam Alquran.

Karena untuk dapat membaca Alquran memerlukan proses. Kamu dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca Alquran secara privat. Dengan begini, kamu bisa lebih cepat pandai dalam membaca Alquran.

Carilah ustaz atau ustazah untuk membimbing dan mendampingi dalam proses belajar mengaji. Dengan adanya Ustaz atau ustazah akan sangat membantu untuk belajar membaca Al-Qur'an secara terbimbing.

Belajar dari Sumber Terpercaya

Jika kamu kesulitan untuk mencari guru pendamping, kamu juga bisa mengikuti cara cepat belajar membaca Alquran dair sumber terpercaya. Sumber terpercaya di sini maksudnya adalah sumber buku, video, dan lain-lain.

Jika kamu ingin belajar Alquran secara otodidak atau mandiri sebenarnya sangat memungkinkan, karena sekarang ini sudah banyak panduan membaca alquran misal dari video belajar ataupun dari youtube. Permasalahan utama belajar Alquran otodidak adalah tidak ada yang mengkoreksi jika bacaan salah.

Membuat Jadwal, Sunguh-sungguh, dan Latihan Rutin

Membaca Alquran / Sumber: iStockphoto

Membuat Jadwal Membaca Alquran

Dalam cara cepat belajar membaca Alquran, tidak ada kata terlambat. Siapkan dan alokasikan waktu terbaik kamu untuk belajar membaca Alquran. Kesungguhan dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Alquran menjadi salah satu kunci agar kamu bisa baca Alquran dengan cepat.

Kamu juga bisa membuat jadwal membaca Alquran setiap harinya. Misalnya kamu mengalokasikan waktu setelah subuh atau setelah maghrib untuk membaca Alquran. Dengan melaksanakannya secara rutin, akan membuatmu lebih cepat pandai.

Belajar dengan Sunguh-sungguh

Cara cepat belajar membaca Alquran harus dilakukan dengan sungguh sungguh, rajin dan tidak putus asa. Karena harus selalu diingat bahwa membaca Alquran itu merupakan ibadah dan akan mendapatkan pahala.

Dalam melakukan suatu kebaikan tentunya akan selalu ada halangan atau godaan dari setan. Dengan meniatkan diri untuk bersungguh-sungguh dalam belajar Alquran, kamu bisa mengacuhkan godaan setan tersebut dan pandai membaca Alquran dengan cepat.

Latihan atau Praktik dengan Rutin

Cara cepat belajar membaca Alquran yang paling penting tentunya adalah rutin melakukan latihan dan praktik. Kamu tidak akan bisa membaca Alquran dengan fasih, kalau tidak pernah mempraktikkannya secara langsung.

Sebaiknya ketika sedang praktik membaca Alquran ada yang membimbing seperti guru ngaji atau orang tua kalian sendiri. Hal ini berguna agar ada yang membenarkan ketika salah membaca Alquran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru Rock n Love, Kolaborasi Akting Ricky Harun dan Indah Permatasari

Posted: 08 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Miniseri SCTV terbaru berjudul unik Guru Rock n Love. Kisahnya tentang kehidupan Runi (21th) cewek cantik, mandiri, pintar) sedang bahagia, tapi bukan karena akan Wisudadi jurusan arsitek melainkan karena dia mendapatkan kontrak rekaman buat band rocknya –The Misqueen.

Dalam Guru Rock n Love ini juga dikisahkan Runi memang bercita cita jadi vocalis band rock terkenal. Bersama dengan teman satu bandnya; Dito (gitaris), Aldi (bassis) dan Reza (drummer) mereka sudah siap menjemput impian. Runi sebenarnya kuliah karena dipaksa ayahnya.

Ayah RUNI nggak setuju Runi nge-band. Dia mau Runi menjadi arsitekseperti dirinya. Makanya Runi berusaha lulus secepat mungkin. Yang penting ijazah sudah di tangan dan bikin ayahnya puas. Di hari wisuda, Runi diantar oleh The Misqueen yang berdandan full punthkrock sementara Runi berkebaya cantik, langsung dari salon.

Iring-iringan motor mereka bikin Bima (25 , pengusaha,tampan, cool, dan tegas) yang lagi jalan ke mobilnya kecipratan lumpur dari comberan. Bima marah besar dan menendang motor rombongan. Terjadi salah paham. Bima jadi jiper juga melihat muka dan dandanan The Misqueen yang serem-serem.

Runi kesal karena Bima terkesan sombong dan memandang rendah anak band. Namun karena buru-buru, Runi harus pergi. Bagaimana kisah miniseri SCTV Guru Rock n Love selanjutnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Kalau Rakyat Menghendaki, KPK Bisa Masuk dalam UUD 1945

Posted: 08 Dec 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menghadiri acara Hari Antikorupsi Sedunia di gedung KPK, Senin pagi. Pada kesempatan itu dia menyampaikan, Undang-Undang KPK yang baru jangan dijadikan kemunduran bagi lembaga itu.

"Menyelenggarakan Hari Antikorupsi Sedunia dan saya berharap KPK ke depan tetap menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan lebih gencar lagi dalam pemberantasan korupsi. Dan, UU yang baru tidak menjadi halangan bagi KPK," ucap Bamsoet di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Agus Rahardjo sebagai pimpinan KPK, karena telah bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang diberikan negara dalam hal pemberantasan korupsi.

"Dan kita harap apa yang sudah dikerjkaan Pak Agus dan kawan-kawan dilanjutkan oleh penggantinya nanti dengan Sebaik-baiknya," sambung Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga menanggapi saran Saut Situmorang yang mengharapkan KPK masuk dalam amandemen Undang-Undang Dasar 1945.

"Amandemen kan banyak pro-kontra. Ada ingin amandemen, ada yang tidak. Tapi kalau desakan publik memang harus KPK masuk dalam UUD 45 kenapa tidak," kata Bamsoet.

Dia mengatakan, pihaknya membuka ruang kepada siapa pun yang memiliki aspirasi, mengingat tugas-tugas KPK sangat penting bagi urat nadi ekonomi.

"Jadi, manakala rakyat menghendaki agar KPK masuk dalam konstitusi, kita siap membuka pintunya lebar-lebar," sambung Bamsoet.

Mengawal Keberadaan KPK

Sebagai Ketua MPR, dia berjanji akan terus mengawal keberadaan KPK agar tetap ada dalam sistem ketatanegaraan dan dia juga mendorong DPR untuk dapat menjaga KPK agar tetap bisa bekerja dengan sebaik-baiknya.

"Kalau MPR itu bekerja disoal kebangsaan, yang praktik politik sehari-hari politik praktis adalah DPR. Tugas saya mendorong terus DPR bekerja sama dengan KPK dalam hal pemberantasan korupsi, khususnya di Komisi III," papar Bamsoet.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konsumsi Rumah Tangga Kuartal IV 2019 Diprediksi Naik

Posted: 08 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SVP Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto memprediksi tingkat konsumsi rumah tangga Indonesia pada kuartal IV 2019 akan meningkat 5,02 persen dari kuartal sebelumnya sebesar 5,01 persen.

Adapun, peningkatan tersebut disebabkan beberapa hal, salah satunya pengeluaran saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Hampir dipastikan konsumsi rumah tangga naik jelang dan saat Natal dan Tahun Baru. Yang terdampak positif itu perdagangan hotel dan restoran," ujar Ryan di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (9/11/2019).

Pada akhir tahun, masyarakat akan merayakan natal dan tahun baru dengan pulang kampung atau berlibur di tempat wisata tertentu.

Tentunya, mereka akan memesan hotel untuk akomodasi, menyewa kendaraan untuk bepergian dan belanja makan dan minum sehari-hari. Belum lagi, mereka akan membayar tiket wisata hingga membeli souvenir.

Menurutnya, konsumsi rumah tangga tertahan di kuartal-kuartal sebelumnya sehingga pada kuartal IV, rumah tangga melakukan pengeluaran besar-besaran.

 

NAik 5,05 Persen

Ilustrasi berbelanja

Secara keseluruhan, diprediksi pertumbuhan konsumsi rumah tangga naik di angka 5,05 persen, stabil bila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya yang juga sebesar 5,05 persen.

Konsumsi rumah tangga masih jadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Beberapa kebijakan yang sudah dan akan dikeluarkan pemerintah dianggap mendukung lonjakan konsumsi ini.

"Contohnya, kenaikan Upah Minimum Regional, itu saya kira cukup bagus untuk menopang pertumbuhan ekonomi ke depan," imbuhnya.

BPS Sebut Konsumsi Rumah Tangga Kuartal III 2019 Menurun

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal III 2019 sebesar 5,02 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2019 yang sebesar 5,05 persen yoy.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia Kuartal III 2019 dipengaruhi beberapa hal. Dari sisi pengeluaran jumlah konsumsi rumah tangga masih tumbuh positif sebesar 5,01 persen.

Posisi pertumbuhan konsumsi rumah tangga Kuartal III 2019 tersebut naik tipis dibading periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,01 persen. Namun jika dibandingkan Kuartal II 2019 posisi konsusmsi rumah tangga mencapai 5,17 persen atau menurun jika dibanding posisi sekarang.

"Konsumsi rumah tangga masih cukup bagus 5,01 persen. Ada beberapa yang tumbuh tinggi dan beberapa tertahan," ujarnya di Kantornya, Jakarta, Selasa (5/11).

Kepala BPS menyebutkan, salah satu pertumbuhan terhadap konsumsi rumah tangga bisa dilihat dari komponen makanan dan minuman, selain restoran yang tumbuh sebesar tumbuh 5,18 persen. Kemudian diikuti dengan komponen kesehatan dan pendidikan sebesar persen. Sementara sisanya mengalami perlambatan.

"Komponen kesehatan dan pendidikan di mana pada kuartal III 2019 mencapai 7,4 persen jauh lebih kuat dibanding periode sebelumnya. Karena di pendidikan ada tahun ajaran baru pada Juli," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Zozibini Tunzi, Peraih Mahkota Miss Universe 2019 Asal Afrika Selatan

Posted: 08 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta beauty pageant pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu ajang bergensi Miss Universe. Tahun ini nampaknya para penggemar beauty pageant mendapatkan banyak kejutan. Zozibini Tunzi, perwakilan Afrika Selatan berhasil merebut gelar Miss Universe 2019.

Setelah melalui perjalanan panjang berkompetisi dengan 89 peserta, perempuan 26 tahun ini melenggang ke tiga besar bersama 2 negara, yaitu Puerto Rico dan Meksiko. Grand final Miss Universe 2019 dilaksanakan di Georgia, Atlanta, Amerika Serikat, Minggu, 8 Desember 2019, waktu setempat.

Langkah demi langkah pasti ditunjukkan Tunzi sejak masa karantina, 20 besar, hingga akhirnya menang sebagai Miss Universe 2019. Perempuan kelahiran Tsolo ini berhasil mengungguli dua pesaingnya yakni Madison Anderson dari Puerto Rico dan Sofía Aragón dari Meksiko.

Tunzi merupakan Miss Universe kedua dari Afrika Selatan. Sebelumnya Afrika Selatan pernah menyabet gelar Miss Universe pada 2017 yang diwakili oleh Demi-Leigh Nel-Peters. Berikut 7 pesona Zozibini Tunzi Miss Universe 2019 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

1. Selain menjadi Miss Universe kedua dari Afrika Selatan, Zozibini Tunzi juga merupakan peserta kulit gelap kelima yang menjadi pemenang.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

2. Tunzi lahir di Tsolo, Afrika Selatan dan merupakan keturunan asli Afrika.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

3. Lulusan manajemen hubungan masyarakat di Cape Peninsula University of Technology ini juga dikenal sangat aktif dalam kegiatan sosial sejak kecil.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

4. Sebelumnya perempuan kelahiran 18 September 1993 ini pernah mengikuti ajang Miss Afrika Selatan pada tahun 2017 dan hanya berhasil hingga 26 besar.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

5. Tak menyerah, Tunzi kembali membuktikan bahwa diri layak dengan menyabet juara di Miss Afrika Selatan 2019.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

6. Tunzi memukau di babak tiga besar Miss Universe 2019 dengan memberikan pernyataan terakhir mengenai hal penting yang perlu disampaikan pada perempuan muda saat ini.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

7. Zozibini Tunzi berharap tidak ada lagi orang yang melihat kecantikan hanya dari penampilan semata.

Pesona Zozibini Tunzi (sumber: instagram/zozitunzi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEA Games 2019: Praveen / Melati Sumbang Emas Kedua dari Cabor Bulutangkis

Posted: 08 Dec 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Manila - Indonesia menambah lagi satu medali emas dari cabang olahraga bulutangkis di SEA Games 2019. Pada Senin (9/12/2019) siang WIB, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Oktavianti sukses merebut emas.

Pada partai final yang digelar di Muntinlupa Sport Complex, Praveen/Melati mengalahkan pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie lewat rubber game, 21-19, 19-21 dan 23-21.

Pertemuan Melatih dengan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie berlangsung ketat sejak awal. Praveen Jordan/Melati Oktavianti seharusnya bisa mengakhiri perlawanan wakil Malaysia itu dua set langsung.

Sayangnya banyaknya kesalahan sendiri yang dibuat pasangan Praveen/Melati membuat Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie bisa memaksakan rubber set.

Di set penentuan, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie kembali memberikan perlawanan sengit. Beruntung bagi Praveen/Melati, di momen krusial Goh Soon Huat membuat dua kesalahan beruntun.

Pengembalian Goh Soon Huat melebar sehingga Praveen Jordan/Melati Oktavianti dipastikan meraih medali emas.

 

 

Dua Emas Lagi

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di semifinal SEA Games 2019. (PBSI)

Medali emas dari Praveen/Melati ini menjadi emas yang kedua yang didapat Indonesia dari cabor Bulutangkis. Sebelumnya beregu putra juga merebut emas SEA Games 2019.

Indonesia masih berpeluang menambah dua emas dari bulutangkis di SEA Games 2019. Tunggal putri Ruselli Hartawan lolos ke final dan bertemu Kisona Selvaduray. Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berjumpa Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (Thailand).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Sri Mulyani Bikin Anak Buah Tak Mau Korupsi

Posted: 08 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara pada Acara KPK Mendengar dalam rangka Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (9/12).

Dalam kesempatan tersebut, dia bercerita bagaimana dulu korupsi merajalela di Indonesia. Bahkan ada anggapan, tak korupsi maka tak bisa hidup.

"Semenjak KPK pertama dibentuk dan pimpinan KPK, pertama waktu itu kebetulan saya jadi Menkeu juga dan kami termasuk diskusi awal bagaimana membangun Indonesia yang waktu itu dipersepsikan sebagai suatu negara yang korupsinya sangat sistemik dan sangat struktural sehingga orang menganggap kalau enggak korupsi malah enggak bisa hidup," ujarnya.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah tak tinggal diam menyaksikan korupsi terjadi. Waktu itu, pemerintah mulai menyusun strategi dengan menginisiasi gerakan anti korupsi yang dimulai dari mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai berbenah diri berani melawan korupsi.

"Waktu itu dibuat strategi bagaimana memulai gerakan anti korupsi terutama yang membuat untuk ASN menjabat menjadi ASN dan pejabat yang jujur itu adalah mungkin. Kalau dulu tidak mungkin karena gajinya juga pas untuk hidup sehingga jadi satu alasan untuk korupsi," jelasnya.

Dari sisi Kementerian Keuangan, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mulai mendesain penghasilan yang layak bagi ASN. Agar mencapai penghasilan yang layak, Kementerian Keuangan juga memperbaiki penerimaan negara melalui pajak dan bea cukai.

"Bahwa karena memang gajinya habis untuk satu minggu atau 10 hari. Oleh karena itu, strategi dari awal adalah bagaimana meningkatkan reformasi di dalamnya, meningkatkan tunjangan. Untuk bisa mencapai itu harus ada keuangan negara yang sehat. Oleh karenanya kita membuat fokus di Kemenkeu di reformasi 2005-2006, di area Kemenkeu yang mengenerate penerimaan, bea cukai dan pajak dua instansi fokus," tandas Sri Mulyani.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Masih Temukan Korupsi di Ditjen Pajak, Sri Mulyani Marah Besar

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku sangat jengkel sebab masih ada pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang melakukan tindakan koruptif. Kondisi tersebut membuat citra seluruh pegawai Ditjen Pajak tercoreng.

"Jadi dalam konteks sekarang sedang bersihkan birokrasi untuk semakin bersih, kita lihat beberapa failed. Ada di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) yang masih terjadi korupsi," ujarnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Setidaknya, dalam catatan Sri Mulyani, dua kasus yang sangat ekstrem pernah terjadi di Ditjen Pajak. Pertama terdapat petugas pemeriksa wajib pajak yang melakukan tindak korupsi dan kedua kepala kantor pajak yang berperan sebagai mafia pajak. "Kita punya dua ekstrem case dan saya jengkel soal itu," tegasnya.

Untuk itu, dia meminta Inspektorat Jenderal Kemenkeu untuk memberikan sanksi paling berat untuk memberi efek jera berupa pemecatan langsung. Sayangnya, pemecatan langsung membutuhkan proses yang panjang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

"Jadi kalau dibilang PP 53 halangi kita, cari cara lain aja. Kalau Bu Irjen dan Pak Sekjen datang menyampaikan ke meja saya (soal tindakan pemecatan pegawai yang koruptif) itu sudah berapa lama prosesnya. Saya disitu sudah jengkel itu," paparnya.

Rusak Citra

Menteri Keuangan, Sri Mulyani melambaikan tangan saat tiba menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, korupsi yang dilakukan segelintir oknum pada akhirnya merusak citra institusi tersebut. Perilaku tersebut juga membuat kepercayaan masyarakat jadi hilang terhadap Kemenkeu.

"Itu bagian dari betul-betul menakutkan kita. Karena nila-nila setitik itulah membuat kita disaksikan masyarakat 'oh kalau pajak memang identik begitu dari dulu, itu terjadi di semua KPP'. Kan kesel. Padahal 349 KPP kerja bener hanya karena satu semua persepsi jadi begitu. Saya selalu kesel banget soal itu," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejaksaan Agung Segera Pecat 2 Jaksa Kejati DKI yang Peras Saksi Kasus Korupsi

Posted: 08 Dec 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan (JAMWas) sedang memproses status dua jaksa di Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta yang terbukti memeras saksi dalam sebuah kasus korupsi. Kedua jaksa itu berinisial YRM dan FYP.

Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin mengatakan, putusan ini akan dipercepat tanpa perlu menunggu hasil sidang di pengadilan.

"Ini sedang dalam proses terkait status keduanya," kata Burhanuddin soal dua jaksa pemeras di Badan Diklat Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Dalam kasus ini, kejaksaan telah menemukan sejumlah bukti pemerasan oleh keduanya. Bukti itu berupa uang dan bukti transfer dari korban.

"Ada bukti transfer yang kami temukan dan uang Rp 50 juta, saat penangkapan," ujar Burhanuddin.

Atas perbuatannya, status dari kedua jaksa tersebut telah dinonaktifkan setelah status hukumnya dinaikan menjadi penyidikan dan keduanya ditetapkan sebagai tersangka. Kini, keduanya telah ditahan di Rutan Kejaksaan Agung.

Dibantu Makelar Kasus

Gedung Kejaksaan Agung Jakarta.

Sebelumnya, dua jaksa atas nama inisial YRM dan FYP telah ditangkap pada Sabtu 30 November 2019 lalu karena dugaan pemerasan. Keduanya menjabat sebagai Kasi Penyidikan pada Aspidsus Kejati DKI (YRM) dan Kasubsi Tipikor dan TPPU pada Aspidsus Kejati DKI (FYP).

Keduanya memeras saksi kasus dugaan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan PT Dok dan perkapalan Koja Bahari (Persero) pada 2012–2017 atas nama M Yusuf.

Keduanya dibantu oleh seorang makelar kasus atas nama Cecep yang kini juga sudah ditahan. Kasus itu sendiri tengah ditangani oleh Pidsus Kejati DKI.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Lucu Kepala BKKBN Saat Jadi Dokter di Pedalaman Kalimantan

Posted: 08 Dec 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Palangka Raya Gelak tawa memenuhi ruangan saat Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo SpOG(K) menceritakan kenangan lucu ketika bertugas menjadi dokter pedalaman Kalimantan Timur di tahun 1990-an.

"Di pedalaman kan enggak ada toilet. Saya harus buang air di jamban yang ada di pinggir sungai. Jambannya dari kayu seperti itu," tutur Hasto di hadapan pegawai BKKBN di Kantor BKKBN Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (9/12/2019).

"Waktu itu, saya sendiri enggak nyangka aja. Soalnya saya sebagai dokter biasanya melakukan penyuluhan, "Kalau buang air ya jangan di sungai.' Eh, saya malah ikutan buang air di situ," ceritanya. 

Ketiadaan jamban mau tak mau membuat Hasto saat itu buang air di sungai. "Saya baru menginap semalam. Ya, besoknya harus buang air. Mau bagaimana ya? Enggak ada toilet," ujar Hasto.

"Lalu saya diberitahu kepala kampung setempat, katanya, enggak apa kalau dokter buang air di sungai. Sudah biasa orang-orang di sini."

 

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat berkunjung ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (Foto: Fitri Haryanti/Liputan6.com)

Menyuntik Pasien di Perahu

Ilustrasi suntik (AP/Seth Wenig)

Tak cuma itu kenangan yang ia ingat selama bertugas di pedalaman Kalimantan. Salah satu yang ia ingat lainnya ketika menyuntik pasien yang ingin program KB di atas perahu.

"Sempat saat praktik dulu enggak di daratan. Jadi, kalau ada pasien yang mau suntik KB ya di perahu."

Di tengah bertugas di pedalaman, Hasto menerangkan, pernah ingin pulang tapi masih banyak warga yang hendak berobat kepadanya.

"Pernah dua hari saya belum pulang. Padahal, sudah kehabisan baju dan bekal. Tapi banyak warga yang minta menunggu saya datang," tambahnya.

Pengalaman itu membuat Hasto sangat memahami beratnya menjadi tenaga kesehatan yang bertugas di pedalaman. Walaupun tidak mudah banyak warga menantikan pelayanan kesehatan.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Ciri Khusus Burung Hantu dan Fungsinya yang Unik

Posted: 08 Dec 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Burung hantu merupakan kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Terdapat ciri khusus burung hantu beserta fungsinya yang unik. Ciri khusus burung hantu yang unik ini membuatnya berbeda dengan jenis burung lainnya.

Di dunia barat, burung hantu merupakan simbol kebijaksanaan. Namun di beberapa tempat di Indonesia burung hantu dianggap pembawa pertanda maut. Oleh karena itu namanya burung hantu. Walaupun begitu, enggak semua tempat di Indonesia menyebut burung ini sebagai burung hantu.

Keunikan burung hantu ini terdapat pada fisiknya. Ciri khusus burung hantu mulai dari mata, wajah, hingga bulunya memiliki fungsi yang sangat berbeda dengan jenis burung lainnya.

Untuk mengenal lebih jauh lagi seputar burung hantu, berikut ciri khusus burung hantu beserta fakta-fakta unik lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

Ciri Khusus Burung Hantu

(sumber: pixabay)

Punya Kepala yang Bisa Berputar 135 derajat

Kepala yang bisa berputar melebihi burung jenis lainnya merupakan salah satu ciri khusus burung hantu. Namun, kepala burung hantu yang dapat berputar 360 derajat adalah mitos.

Faktanya, burung-burung termasuk burung hantu hanya bisa memutar lehernya 135 derajat. Sehingga total kepala burung hantu berputar adalah 270 derajat.

Menurut para ilmuwan, adaptasi tulang, pembuluh darah dengan reservoir ontraktil, dan jaringan pembuluh darah pendukung yang memungkinkan burung hantu untuk memutar kepalanya seperti itu.

Memiliki Mata Tubular

Ciri khusus burung hantu yang kedua ada pada matanya. Mata burung hantu tidak berbentuk bulat seperti hewan lainnya. Mata burung hantu berbentuk tabung yang masuk jauh ke dalam tengkoraknya.

Kondisi matanya tersebut yang membuat burung hantu melihat dengan cara memutarkan kepalanya. Mata burung hantu ini membantu mereka untuk melihat dalam gelap dan jarak pandang yang jauh, sehingga dapat melihat mangsa dari jarak jauh sekalipun. Sedangkan melihat jarak dekat, penglihatan burung hantu nampak buram.

Ciri Khusus Burung Hantu

Ilustrasi burung hantu. (BBC)

Punya Pendengaran Super

Burung hantu mampu mendengar mangsanya yang berada di bawah tanah, di balik tanaman, hingga di salju. Hal ini dikarenakan telingan burung hantu berbentuk asimetris, yang letaknya jauh dari kepala.

Kondisi inilah yang membuat burung hantu mampu mendengar suara pada jarak lokasi yang cukup jauh.

Bentuk Wajah yang Unik

Ciri khusus burung hantu lainnya adalah memiliki bentuk wajah yang berbeda dengan jenis burung lainnya. Burung hantu cenderung memiliki wajah yang mirip dengan manusia. Dimana kedua belah matanya menghadap ke depan sehingga tampak menyeramkan.

Pada jenis burung hantu celepuk atau barn owl umumnya memiliki wajah mirip seperti bentuk love. Namun, rata-rata semua jenis burung hantu memiliki wajah layaknya topeng.

 

Ciri Khusus Burung Hantu

(sumber: pixabay)

Bentuk Paruh

Paruh burung hantu bengkok ke bawah dan tajam serta mempunyai bulu jambul yang lembut. Bentuk paruhnya ini berfungsi untuk menangkap mangsa dan memakannya.

Terbang Secara Lembut

Ciri khusus burung hantu berikutnya terletak pada sayap. Sayap burung hantu memiliki bulu khusus yang memacah turbulensi menjadi arus yang lebih kecil, yang mengurangi suara ketika terbang.

Ya, tidak seperti kebanykan burung. Burung hantu tidak membuat suara saat terbang. Bulunya yang lembut berfungsi meredam suara.

Ciri Khusus Burung Hantu

(sumber: wikimedia commons)

Bisa Berkamuflase

Banyak burung hantu tidur di siang hari. Untuk melindungi diri, burung hantu dapat mengubah warna pada bulu-bulunya, seperti burung hantu Afrika. Burung hantu tersebut sengaja membiarkan dirinya berbaur dengan lingkungannya.

Suaranya Bisa Membuat Bising yang Mengganggu

Burung hantu mampu membuat beragam bentuk panggilan lewat suara khasnya. Mulai dari pekikan hingga derit. Apabila sarang burung hantu sedang terancam, maka derit keras burung hantu akan terdengar sangat mengganggu.

Burung Hantu Bertelur

Layaknya jenis burung lainnya, burung hantu berkembang biak dengan bertelur. Telur burung hantu berwarna putih dan bercangkang keras. Telur akan dierami oleh burung hantu betina. 

Pakan Burung Hantu dan Jangan Dijemur

(sumber: wikimedia commons)

Pakan Burung Hantu

Apabila kamu memelihara burung hantu, pakan yang biasa diberikan adalah serangga jenis jangkrik. Berikan jangkrik saat pagi dan malam hari, dengan ukuran porsi secukupnya.

Pemberiannya dapat dilakukan dengan cara meletakkan jangkrik pada wadah. Kemudian letakkan saja pada tempat yang mudah dijangkau oleh burung hantu. Makanan juga dapat diberikan dengan cara menyodorkan jangkrik pada mulut atau paruh burung secara langsung.

Begitu juga untuk memberikan minum ke burung hantu. Cukup letakkan ke dalam wadah atau memberikannya langsung pada paruh burung. Untuk makanan tambahan, kamu bisa memberinya ikan-ikan berukuran kecil, tikus kecil, atau burung-burung kecil.

Jangan Dijemur di Tempat Panas

Burung hantu termasuk jenis burung nokturnal yang begitu sempurna. Pada saat siang hari, burung ini justru berada pada tempat persembunyiannya.

Pada saat malam hari, burung keluar dari persembunyiannya untuk memburu makanan. Apabila sudah kenyang, barulah burung hantu kembali pada tempat persembunyiannya.

Akan tetapi, jika dipelihara, burung hantu masih dapat aktif pada waktu hari yang terang. Sehingga burung hantu dapat dikeluarkan dari ruangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertema Pokemon hingga Doraemon, 4 Kafe Unik Ini Wajib Dikunjungi Saat ke Tokyo

Posted: 08 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tokyo merupakan salah satu kota favorit bagi sebagian orang. Keunikan yang ada di Tokyo membuat orang tertarik untuk mendatanginya. Mulai dari budaya, fashion, hingga kulinernya memiliki ciri khas tersendiri.

Bicara mengenai kuliner, Tokyo terkenal dengan restoran yang memiliki desain unik dan lucu. Yuk, simak 4 restoran di Tokyo yang akan membuatmu tertarik untuk makan di sana!

1. Kawai Monster Kafe

Sumber : YuKepo.com

Belum lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke Jepang tanpa berkunjung ke kafe yang satu ini. Mengusung konsep kawai ala Harajuku, restoran ini penuh dengan warna-warni. Bukan hanya desain interiornya saja, melainkan makanan yang disajikan juga bewarna pelangi.

Masuda Sebastian adalah seniman visual yang merancang kafe tersebut. Kawai Monster Kafe ini juga pernah digunakan untuk membuat sebuah video klip dari penyanyi terkenal, yaitu Kyari Pumyu Pumyu.

2. Pokemon Kafe

Sumber : artforia.com

Ini saatnya kamu menangkap mereka! Ya, kafe dengan tema pokemon ini bukan hanya menyajikan makanan dan minuman. Terdapat beragam jenis merchandise lucu yang membuat kamu ingin memilikinya.

Selain dekorasinya yang ciamik, kamu juga akan melihat boneka koki Pikachu yang menggemaskan, lho

3. Moomin House Cafe

Sumber : keepo.me

Seolah mengetahui perasaan seorang jomblo, kafe ini mengusung konsep anti kesepian. Moomin House Cafe menyuguhkan tema yang unik untuk dikunjungi.

Kafe ini penuh dengan aksesori kuda nil sesuai dengan namanya. Uniknya, di setiap meja hanya disediakan satu kursi untuk satu orang dan sebuah boneka kuda nil.

4. Fujiko F. Fujio Museum Cafe

Sumber : pinterest.com

Kafe doraemon ini adalah bagian dari Museum Fujiko F. Fujio. Museum tersebut didirikan sebagai apresiasi terhadap karya Fujiko F. Fujio. Ia adalah senima yang menghidupkan karakter robot kucing kesayangan Nobita.

Tak jauh berbeda dengan museumnya, Kafe ini menyuguhkan makanan dan minuman bertemakan doraemon dan kawan-kawannya. Bagaimana, tertarik untuk datang? 

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Campak Mewabah di Samoa, Korban Tewas Terus Bertambah

Posted: 08 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Samoa - Samoa mengatakan Sabtu, 7 Desember 2019, jumlah korban tewas akibat campak telah naik menjadi 65. Kebanyakan korban adalah anak-anak.

Kementerian Kesehatan mengatakan 103 kasus baru telah dilaporkan sejak Jumat, 6 Desember 2019.

Angka terbaru itu dikeluarkan setelah lockdown dua hari, memungkinkan pemerintah melakukan kampanye imunisasi massal.

Kementerian itu mengatakan hampir 90 persen populasinya telah menerima vaksin campak. Demikian dikutip dari VOA Indonesia, Senin (9/12/2019).

Pulau di Pasifik Selatan itu telah menyatakan keadaan darurat karena virus itu telah menginfeksi lebih dari 4.500 orang.

Sekolah-sekolah ditutup sementara.

"Fakta bahwa ada anak yang meninggal dunia karena penyakit yang bisa dicegah vaksin seperti campak, terus terang memicu kemarahan dan merupakan kegagalan kolektif untuk melindungi anak-anak yang paling rentan di dunia," kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreysus, Dirjen WHO awal pekan ini.

"Untuk menyelamatkan nyawa, kita harus memastikan semua orang mendapat manfaat dari vaksin -yang artinya berinvestasi pada imunisasi dan layanan kesehatan berkualitas sebagai hak bagi semua," lanjutnya.

Tingkat vaksinasi campak massal di seluruh dunia "stagnan selama hampir satu dasawarsa," kata laporan WHO.

Tingkat vaksinasi campak di Samoa turun dari 59% pada 2017 menjadi 31% pada 2018, menurut WHO dan UNICEF, "terutama karena misinformasi dan ketidakpercayaan di kalangan orangtua." 

Disebabkan Turunnya Tingkat Vaksinasi

Ilustrasi suntik vaksin campak (AP/Seth Wenig)

Situasi di negara kecil tersebut dipersulit dengan rendahnya tingkat vaksinasi campak di antara penduduknya, yang jumlahnya hanya di bawah 200.000 orang. Hanya 31% dari populasi telah divaksinasi sebelum epidemi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Tingkat vaksinasi di Samoa menurun drastis pada tahun 2018. Angka yang rendah itu diperburuk oleh kecelakaan medis yang menewaskan dua bayi yang diberi vaksin yang salah dicampur, menyebabkan keterlambatan yang lebih luas dan ketidakpercayaan dalam program vaksinasi. Hal itu juga menyebabkan banyak orang tua takut untuk membawa anak-anaknya untuk mendapatkan vaksinasi.

Keputusan untuk menutup layanan pemerintah selama dua hari adalah yang terbaru dari serangkaian langkah drastis yang diambil pemerintah Samoa untuk menghentikan berjangkitnya penyakit yang diperkirakan hampir dieliminasi secara global, tetapi telah kembali secara berbahaya dalam beberapa tahun terakhir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Firli Bahuri hingga Ganjar Pranowo di Peringatan Hari Antikorupsi

Posted: 08 Dec 2019 09:01 PM PST

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri  peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Indar Parawansa menghadiri  peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Indar Parawansa menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Indar Parawansa menghadiri  peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Indar Parawansa menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyapa Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyapa Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam Mahfud Md menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam Mahfud Md menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya, Pemotor Ini Biarkan Bocah Berdiri di Motor Berjalan

Posted: 08 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Denpasar - Aksi berbahaya yang melibatkan bocah saat sedang berkendara dengan motor kembali terekam kamera ponsel dan viral di media sosial.

Seperti dilansir akun Instagram @fakta.indo, terlihat seorang pemotor membiarkan bocah yang harusnya duduk di belakang saat kendaraan berjalan justru dibiarkan berdiri.

Tanpa alat keselamatan seperti helm dan jaket, bocah tersebut dengan santai berdiri sambil berpegangan pada pundak pengendara motor.

Aksi ini tentu sangat berbahaya, apabila bocah tersebut kehilangan keseimbangan saat pemotor akan berputar arah dan berbelok, anak tersebut bisa saja jatuh dan mengalami luka serius.

Terlebih, pengendara tengah memacu kendaraannya di jalan raya yang ramai kendaraan. Dalam keterangan video diketahui aksi motor tersebut terjadi di Denpasar.

 

Komentar Warganet

Terlihat seorang pemotor membiarkan balita yang harusnya duduk di belakang saat kendaraan berjalan justru dibiarkan berdiri. (@fakta.indo)

"Waktu kecil pernah gitu tapi di belakangnya ada emak," tulis akun @zydansuryadi98.

"Gw boncengin anak yg duduk aja msh kuikat pakai selendang,tktnya ngantuk jatuh.ni berdiri gitu,klo berdiri hrsnya ada yg bonceng & pegangi anak," tulis akun @yannieupit.

"Anaknya lebih murah daripada telor yg kalo dibawa aja pake diiket, dijagain biar ga pecah," tulis @budiarto.didik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hal yang Ditakuti Anak dengan Down Syndrome dan Cara Menanganinya

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seperti anak pada umumnya, anak dengan down syndrome juga memiliki ketakutan masing-masing. Namun, anak dengan down syndrome cenderung memiliki rasa takut yang lebih besar dari anak biasa. Contohnya, Imansyah Aditya Fitri atau akrab disapa Adit. Menurut ibunya, Emsyarfi, Adit sangat takut dengan gelap, suara keras, dan bahkan polisi.

Emsyarfi tidak tahu mengapa Adit takut gelap dan suara bising. Ia menduga ketakutan Adit terhadap polisi lantaran ia sering menonton sinetron dan melihat adegan polisi menangkap penjahat. Setiap kali melihat polisi, Adit sontak menutup telinga dan berjongkok.

Untuk menangani hal ini, Emsyarfi biasanya menenangkan Adit dengan cara memberi pengertian dan memanggil polisi tersebut untuk berbicara langsung dengan Adit.

"Saya panggil aja polisinya, suruh Adit bersalaman dan polisi menjelaskan bahwa mereka itu baik dan hanya menangkap penjahat," kata Emsyarfi ketika ditemui di Depok, Jumat lalu.

Takut Gelap dan Suara Bising

Sama halnya dengan suara bising, Emsyarfi berkisah mereka dulu tinggal di perkampungan dan sering ada penebang pohon yang menggunakan mesin. Saat mendengar suara mesin penebang pohon, Adit biasanya langsung histeris dan tidak terkontrol saking takutnya.

Jika demikian, Emsyarfi terpaksa memboyong Adit  menggunakan sepeda motor ke tempat yang dirasa aman dari kebisingan tiap kali ada penebang pohon.

"Akhirnya saya bujuk Adit untuk bertemu penebang pohon. Seperti biasa saya suruh adit bersalaman dan meminta penebang pohon untuk menjelaskan bahwa ia hanya sedang bekerja," ujar Emsyarfi.

Lain halnya dengan ketakutan Adit akan gelap. Saking takutnya, Adit bisa saja menangis keras sampai pipis di celana.

"Kalau mati lampu, yang pertama kita tanyakan adalah Adit. Di mana adit dan dengan siapa, sebisa mungkin kami membuatnya tenang. Mungkin kebanyakan anak down syndrome memang sangat takut pada gelap," pungkas Emsyarfi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: Derby Jawa Timur, Persebaya vs Arema di Batakan

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Malang - Pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 bakal berlangsung mulai Rabu (11/12/2019). Bakal banyak duel seru di laga ini.

Dalam jadwal Shopee Liga 1 2019 tengah pekan ini akan ada derby Jawa Timur yang berlangsung di Stadion Batakan. Persebaya Surabaya akan menghadapi Arema FC.

Dalam laga ini, Persebaya bakal menjadi tuan rumah. Laga ini tidak bisa digelar di kandang Bajul Ijo, Stadion Gelora Bung Tomo karena dikejar waktu.

Panitia penyelenggara pertandingan Persebaya sudah coba mengurus perizinan untuk laga kontra Arema, di Surabaya, bersamaan dengan laga menjamu Bhayangkara. Namun, tenggat dari LIB dan waktu dikeluarkannya izin kepolisian tidak selaras.

Lihat jadwal Shopee Liga 1 2019 pekan ke-32 di halaman selanjutnya.

 

 

Jadwal Pertandingan

11 Desember 2019

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSS Sleman (Indosiar)

17.45 WIB, Borneo FC vs Persib (Indosiar)

18.30 WIB, Barito Putera vs PSM Makassar (Vidio)

 

12 Desember 2019

15.30 WIB, Persebaya vs Arema FC (Indosiar)

15.30 WIB, Badak Lampung vs Bhayangkara FC (Vidio)

17.45 WIB, Bali United vs Tira Persikabo (Indosiar)

18.30 WIB, Kalteng Putra vs Persipura (Vidio)

 

13 Desember 2019

15.30 WIB, Persija vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB, PSIS Semarang vs Semen Padang (Indosiar)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Petugas Damkar Evakuasi Ratusan Sarang Tawon di Bandung

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyatakan telah menanggulangi 215 laporan sarang tawon sampai dengan bulan November 2019. Laporan tersebut berasal dari warga di 31 kecamatan yang ada.

Menurut anggota Pusat Data Pengendalian dan Operasi (Pusdalop) Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Bima Pratama, sebagian besar sarang tawon yang berada di permukiman warga ini jenis vespa. Pada saat dilakukan evakuasi, sebut Bima, terdapat warga bahkan petugas yang tersengat.

"Nah, untuk sementara karena kita belum mempunyai peralatan anti lebahnya yang jaring seperti itu, kita biasanya pakai APD yang biasa kita pakai di lokasi kebakaran. Tetap sarung tangan kita pakai, cuma yang membedakannya kita pakai helm motor," kata Bima saat dihubungi, Bandung, Rabu, 4 Desember 2019.

"Kadang-kadang helm full face, kadang-kadang helm yang biasa. Tapi tetap sih kadang suka ada lah yang satu dua (petugas) yang kena juga. Kemarin ada yang evakuasi juga, dia tersengatnya di dekat sekitar pelipis, seputar matanya bengkak," dia menambahkan.

Bima menjelaskan serangan tawon ini cukup berbahaya meski saat evakuasi, petugas sudah mengenakan peralatan pengamanan yang maksimal. Belum lagi, ucap Bima, saat kondisi petugas sedang tidak fit dapat menyebabkan kematian.

Sedangkan, serangan tawon ke warga lanjut Bima, disebabkan melakukan evakuasi sendiri sehingga tidak terukur hasilnya dan balik menyerang. Waktu yang tepat melaksanakan evakuasi sarang tawon oleh Dinas Penanggulangan dan Pemadaman Kebakaran Kabupaten Bandung, yaitu dilakukan pada malam hari.

"Karena pada malam hari, dipastikan seluruh tawon berada dalam sarangnya, sehingga hasil evakuasi berjalan lancar. Caranya dengan menyumbat lubang masuk ke sarang menggunakan busa dan disemprot BBM Pertalite agar tawonnya mati. Yang susah saat sarang tawon bentuknya tidak utuh akibat evakuasi oleh warga," jelas Bima.

 

Penyebab Banyak Sarang Tawon

Sepanjang 2019, Ratusan Sarang Tawon Dievakuasi Damkar Kabupaten Bandung. (LIputan6.com/Arie Nugraha)

Apabila menemukan sarang tawon tidak utuh, maka petugas Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran akan menunggu satu sampai tiga hari mendatang. Selain susah untuk mengikis habis, tawon yang hendak dibasmi tidak akan tuntas seluruhnya.

Bima menerangkan ukuran sarang tawon yang berhasil dievakuasi oleh petugas Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran sebesar kepalan tangan sampai ukuran seperti dua tabung galon air. Tetapi ada juga yang bentuknya merembet layaknya kertas di pemukiman warga, dengan ukuran sekira 1x1 meter panjangnya.

"Banyaknya sarang tawon ini kemungkinan disebabkan berkurangnya pasokan makanan tawon di hutan. Banyaknya areal perumahan yang dekat dengan hutan. Kemudian laporan warga atas serangan tawon meningkat usai adanya pemberitaan kematian manusia akibat tawon," ujar Bima.

Jika dirata-ratakan per harinya, terdapat enam laporan warga ke Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kabupaten Bandung untuk dilakukan evakuasi sarang tawon. Sayangnya, disebabkan kurangnya petugas dan peralatan hanya setengahnya yang dapat ditindaklanjuti setiap hari.

Jumlah penanganan sarang tawon tahun ini diklaim oleh Dinas Penanggulangan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung meningkat dibandingkan tahun 2018. Pada tahun sebelumnya, jumlah penanganan sarang tawon di angka 109 laporan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sulawesi Barat Ekspor Pisang Kepok ke Malaysia

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak semua pihak di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) untuk dapat mengekspor berbagai produk pertanian secara langsung.

Menurut menteri yang akrab disapa SYL ini, lewat cara tersebut maka pemerintah daerah dan masyarakat setempat dapat menerima keuntungan yang lebih besar.

"Saya bangga dengan petani, pelaku usaha agribisnis dan dinas terkait semua yang telah mampu ekspor. Ini membuktikan pesan Bapak Presiden untuk ekspor dan investasi telah sampai. Kita kawal dan tingkatkan terus," tuturnya saat melepas ekspor produk turunan sawit (RBD Palm Olein) dan pisang kepok untuk tujuan China dan Malaysia di halaman SMK Kakao Sulawesi Barat, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Senin (9/12/2019).

Berdasarkan data dari sistem automasi perkarantinaan IQFAST di wilayah kerja Karantina Pertanian Mamuju, komoditas unggulan ekspor dari Sulawesi Barat sendiri berasal dari Kabupaten Pasang Kayu, Mamuju Tengah, dan Mamuju yang didominasi turunan olahan sawit berupa RBD Palm Olein, RBD Palm Stearin, dan Palm Kernel Oil dengan tujuan ekspor ke China dan Jepang.

Selain itu, Mentan SYL menambahkan, Provinsi Sulbar memiliki beberapa potensi komoditas unggulan lain yang selama ini hanya dilalulintaskan ke daerah lain untuk kemudian diekspor.

Seperti rumput laut, yakni sebanyak 105,6 ribu ton (potensi ekspor pada 2019) dengan tujuan ekspor ke China, Argentina, Australia, Jerman, Prancis, Belanda, namun masih melalui Makassar.

Komoditas lainnya antara lain kacang mede sebanyak 26 ribu ton dengan tujuan ekspor ke China, UEA, Belgia, Australia, Jerman, Belanda, Turki. Lalu kakao biji yang mencapai 12,8 ribu ton dengan tujuan ekspor China, Jepang, Jerman, Belanda, Rusia, dan Amerika.

Kemudian ada juga sarang burung walet yang memiliki potensi ekspor sebanyak 212,5 kg dengan tujuan pengiriman ke Hong kong, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

Lesunya Ekspor Sawit

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Lebih lanjut, SYL menyampaikan bahwa ekspor sawit yang pernah mengalami kelesuan selama dua tahun lantaran diterpa isu negatif juga menjadi pembelajaran bersama.

Dia mengimbau agar giat peningkatan ekspor produk pertanian tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun harus dikerjakan bersama.

"Dibandingkan tahun 2018, ekspor produk turunan sawit dari Sulbar telah meningkat tajam yaitu menjadi 17,8 ton dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 24 ribu ton," tukas dia.

Mentan Syahrul Yasin Limpo Yakin Ekspor Pertanian Bisa Naik 100 Persen

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kementerian Pertanian (Kementan) melepas sebanyak 110 ton komoditas pertanian senilai Rp 2 miliar ke tiga negara tujuan. Negara-negara tersebut adalah Brasil, Italia dan Singapura.

Pelepasan ekspor yang dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) pada Senin kemarin terdiri dari pupuk organik 54 ton senilai Rp 108,6 juta dengan negara tujuan Singapura, bunga cengkeh 10 ton sebesar Rp 877,8 juta tujuan Brasil, dan biji kopi robusta 46 ton senilai Rp 1,02 miliar tujuan Italia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengutarakan, dengan dilepasnya ratusan ton komoditas pertanian ini membuktikan bahwa ekspor merupakan ruang yang cukup bagus untuk memfasilitasi berbagai komoditas yang ada di Indonesia sehingga bisa dikenal dan dinikmati oleh negara luar.

"Ini telah membuktikan ekspor kita memiliki ruang yang cukup bagus untuk menjadi bagian yang mengenergi ekonomi kita dan memfasilitasi berbagai komoditi yang kita miliki," ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (3/12/2019).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini juga mengungkapkan, bahwa dirinya berkomitmen mendorong seluruh eksportir bisa berakselerasi lebih tinggi lagi dalam melakukan ekspor komoditas pertanian.

"Jatim memiliki segalanya. Saya berkomitmen mendorong seluruh eksportir kita bisa akselerasi lebih tinggi," sambungnya.

Selain itu, Syahrul Yasin Limpo menegaskan, dengan dilepasnya ekspor komoditas pertanian ini menjadi salah satu keyakinan bahwa ke depan ekspor bisa ditingkatkan lagi sampai 100 persen. Ini menjadi pemantik agar terus meningkat kualitas komoditas pertanian berkualitas sehingga target tiga kali lipat ekspor bisa tercapai.

"Seperti yang selalu diingatkan Bapak Presiden, saat ini kita tengah memasuki era kompetisi antarnegara yang semakin sengit. Kita tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi. Saya mengajak para pelaku usaha Jawa Timur untuk memberi masukan agar kita mampu menggenjot ekspor, mencapai target kita bersama," tegasnya.

"Dan saya berharap, kepada seluruh dunia usaha agribisnis dengan potensi dan iklim yang telah terbangun ini dapat terus ditingkatkan. Tiga kali loncatannya dalam 5 tahun ke depan," dia menandaskan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Puluhan Ular Kobra Resahkan Warga Citayam Bogor

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Teror ular kobra meresahkan warga Citayam Bogor. Dalam beberapa hari warga berhasil menangkap 30 ekor ular kobra berukuran kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Video YouTube Terpopuler di Indonesia

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menonton video adalah salah satu hal yang sering kita lakukan, tak terkecuali di Youtube, yang banyak menyediakan berbagai konten video menarik.

YouTube dikenal luas oleh masyarakat, sehingga banyak orang yang menghabiskan waktu kosongnya menggunakan aplikasi ini untuk menonton video kesukaan mereka.

Di akhir tahun 2019 ini, YouTube merilis daftar sepuluh video terpopuler yang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Juga seperti tahun lalu, video edutainment dan lagu kover lokal, ada di urutan teratas.

Selain itu, tahun 2019 ini diramaikan video-video positif yang kreatif, yang menimbulkan tawa, haru, dan perasaan lainnya.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 10 video yang paling banyak ditonton, dikomentari, dan dibagikan oleh orang Indonesia pada tahun 2019.

10 Video YouTube Terpopuler di Indonesia

  1. Prabowo VS Jokowi - Epic Rap Battles Of Presidency
  2. Kartun Lucu - Kisah Aneh saat Berkemah!
  3. TINGKAH LAKU BETI DI PUASA PERTAMA
  4. GOKIL!! BUKA PUASA PAKE 15 KFC DI CAMPUR 2 BOTOL SAOS SAMYANG NUCLEAR
  5. The Onsu Family - Hari Pertama Betrand Sekolah
  6. Kasus VIRAL KKN di DESA PENARI! (RANGKUMAN SEMUA VERSI) | #NERROR
  7. Dibalik suara imutnya, Ziva bisa membuat semua juri terpukau - AUDITION 1 - Indonesian Idol 2020
  8. MERRY PAMIT SETELAH 13 TAHUN BEKERJA…
  9. CERITA KEHIDUPAN EPS.18 - MANCING EMOSI
  10. KEJUTAN SPESIAL, SULE & ANDRE DATENG KE OVJ | OPERA VAN JAVA (17/04/19) PART 2

(Michael Alementa/Why) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilot Garuda Indonesia Berisi Harley Davidson Adalah Suami Iis Dahlia

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Garuda Indonesia jadi sorotan karena membawa muatan berisi Harley Davidson. Muatan itu dibawa dari rute penerbangan Garuda Indonesia dari Toulouse ke Jakarta.

Di media sosial, bukan cuma barang bawaan Garuda Indonesia yang bikin heboh. Pilot Garuda yang membawa Harley Davidson juga jadi perhatian warganet.

Rupanya, salah satu pilot Garuda yang membawa Harley Davidson dalam penerbangan itu bernama Satrio Dewandoro.

Nama sang pilot memang terdengar tak asing. Belakangan diketahui, nama tersebut merupakan suami pedangdut Iis Dahlia.

 

 

 

 

Dibenarkan Iis Dahlia

Iis Dahlia dan suami (Sumber: Instagram/isdadahlia)

Kata Iis Dahlia, sang suami merupakan pilot Garuda yang berisi Harlvey Davidson dan juga sepeda Brompton. Melalui Instagram, ia membenarkan bila sang suami merupakan pilot Garuda yang heboh dengan berisi Harley dan Brompton.

 

Jawaban Iis Dahlia

Iis Dahlia dan suami (Sumber: Instagram/isdadahlia)

"Banyak media yang bertanya kepada saya perihal apakah betul suami saya yang membawa pesawat (Garuda Indonesia) yang dari Toulouse ke Jakarta. Jawabannya ya," kata Iis dari Instagram Stories.

 

Bikin Heboh

Infografis Skandal Harley & Brompton Selundupan di Garuda (Liputan6.com/Triyasni)

Harley Davidson yang dibawa Garuda dalam penerbangan dari Toulouse menuju Jakarta sukses menyita perhatian masyarakat. Kabarnya, merek motor gede tersebut dibawa dengan cara yang ilegal.

 

 

 

 

Tak Bisa Menjelaskan

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Iis Dahlia sudah membenarkan jika sang suami merupakan pilot Garuda yang membawa Harley Davidson itu. Tetapi sebagai istri, Iis Dahlia tak punya kapasitas untuk menjawab berbagai hal mengenai masalah tersebut ke masyarakat.

"Dia (Satrio) salah satu crew yang aktif namun jika ada yang ingin ditanyakan lebih dari itu silahkan menghubungi pihak yang berwenang dalam hal ini Garuda Indonesia karena bukan kapasitas saya sebagai istri dari suami saya untuk menjawab," Iis Dahlia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepak Terjang Frederika Alexis Cull hingga Masuk 10 Besar Miss Universe 2019

Posted: 08 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan panjang telah dilalui Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull untuk unjuk gigi di Miss Universe 2019. Jauh sebelum gegap gempita grand final kontes kecantikan ini, ia telah mempersiapkan banyak hal yang juga dibantu berbagai pihak.

Satu di antaranya soal deretan busana yang melibatkan sejumlah desainer ternama Tanah Air. Sebut saja National Costume bernuansa cokelat keemasan yang dirancang oleh Mayaratih Couture dan aksesori didesain oleh Morpachio.

Ada pula kebaya dari Anne Avantie, busana Winter Look dari Revashion, gaun malam oleh Tex Saverio, gaun karya Hian Tjien dan satu gaun lagi untuk dari Priyo Oktaviano yang dipakai Frederika di Miss Universe 2019.

Perempuan berusia 20 tahun ini lantas mengikuti masa karantina Miss Universe 2019 mulai 28 November 2019 bersama 85 finalis lainnya. Grand final diselenggarakan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Minggu, 8 Desember 2019, waktu setempat.

Sebelumnya, ia tampil menawan dalam balutan gaun warna meraah tua karya Tex Saverio. Ada pun gaun super memesona tersebut mengusung tajuk Spirit of Phoenix dengan sentuhan aksesori dari Rinaldy Yunardi.

Tampilan tersebut terlihat ketika Frederika tampil dalam babak malam pra-eliminasi Miss Universe 2019 pada Jumat, 6 Desember 2019. Tata rambutnya dibuat bun, memakai sepatu hak tinggi hitam, dan polesan makeup oleh Bubah Alfian.

Masuk ke grand final, perempuan berdarah Inggris-Lampung ini berhasil masuk sebagai lima finalis dari region Afrika Asia Pasifik bersama Afrika Selatan, Nigeria, Vietnam, dan Thailand untuk Top 20 Miss Universe 2019.

Lima finalis dari region Eropa meloloskan finalis dari Albania, Prancis, Islandia, Kroasia, dan Portugal. Dari region Amerika yang masuk adalah Puerto Rico, Peru, Republik Dominika, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara, lima finalis lainnya yang mendapatkan wild card dan otomatis masuk Top 20 adalah dari negara Filipina, Venezuela, India, Brasil, dan Kolombia. Setelah itu tahapan berlanjut pada 10 besar.

Langkah Frederika Terhenti di 10 Besar

Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull saat berlaga di panggung grand final Miss Universe 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Pembawa acara Miss Universe 2019, Steve Harley dengan lantang menyebut Indonesia masuk dalam Top 10. Frederika Alexis Cull pun maju ke tengah panggung sembari tersenyum semringah.

Bersamaan dengan momen itu, ada sebuah video singkat yang diputar. Menampilkan profil singkat Fred, begitu ia akrab disapa, bicara soal isu yang dibawa di kontes internasional ini.

Sebelum itu, ia menyampaikan jadi salah satu kontestan termuda di Miss Universe 2019, di mana ia baru saja menginjak usia 20 tahun.

"Saya memiliki yayasan sendiri bernama Voice For The Voiceless. Kami meningkatkan kesadaran isu mengenai 75 juta anak-anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran," kata dalam video.

Frederika juga melanjutkan, akta kelahiran sebenarnya sangat membantu kehidupan anak-anak baik untuk pendidikan, perlindungan, hingga masa depan. "Isu ini berpengaruh pada negara saya dan seluruh dunia," lanjutnya.

Frederika Alexis Cull mengenakan bikini two pieces di Swimsuit Session Top 10 Miss Universe 2019. (Screenshot Instagram @frederikacull/https://www.instagram.com/p/B5z-KHdnXkK/Putu Elmira)

Top 10 Miss Universe 2019 adalah dari negara Amerika Serikat, Kolombia, Puerto Rico, Afrika Selatan, Peru, Islandia, Prancis, Indonesia, Thailand, dan Meksiko. Pada babak 10 besar ini, Fred tampil dalam balutan bikini two pieces bermotif leopard warna hitam putih di Swimsuit Session.

Berlanjut Top 5 yang meloloskan Thailand (Paweensuda Drouin), Afrika Selatan (Zozibini Tunzi), Puerto Rico (Madison Anderson), Meksiko (Sofía Aragón), dan Kolombia (Gabriela Tafur).

Miss Universe 2018 Catriona Grey menyematkan mahkota kepada Miss Afrika Selatan, Zozibini Tunzi, seusai dinobatkan menjadi Miss Universe 2019 pada malam final di Tyler Perry Studios, Atlanta, Minggu (8/12/2019). Zozibini Tunzi, 26, dinobatkan menjadi Miss Universe 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Lalu Top 3 diduduki oleh Meksiko (Sofía Aragón), Afrika Selatan (Zozibini Tunzi), Puerto Rico (Madison Anderson).

Hingga pada akhirnya, perwakilan Afrika Selatan, Zozibini Tunzi sukses membawa pulang gelar dan mahkota Miss Universe 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Sulit Urus Perizinan, KPK Dorong Pemerintah Singkronisasi PTSP dan OSS

Posted: 08 Dec 2019 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkap banyaknya keluhan soal perizinan dari para pengusaha. Karenanya Agus mendorong permasalahan ini diperlukan koordinasi dan supervisi yang lebih kuat dari pemerintah.

"Salah satu dikeluhkan oleh pengusaha itu adalah masalah perizinan, masalah ini memerlukan kordinasi dan supervisi yang lebih kuat salah satunya dengan mendorong online single submision atau OSS," kata Agus saat berpidato di Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Agus melanjutkan, selain OSS dalam waktu bersamaan sebetulnya pemerintah juga telah menerapkan PTSP atau Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang menurut Agus sudah mendapat pencapaian hingga 60 persen.

"Mengsingkronkan OSS dan PTSP itu satu agenda sendiri yang cukup besar oleh karena itu kami sangat berharap pengawasan terhadap singkroniasi ini agar lebih diintensifkan," jelas Agus.

 

Tak Beratkan Beban Kerja

Agus berharap, singkronisasi OSS dan PTSP nantinya tidak lagi memberatkan beban kerja terkait perizinan ke depannya. Sebab, kedepan banyak Undang-Undang dan kebijakan sektor yang seolah-olah memberikan beban tambahan pada mereka yang bekerja di perizinan di daerah-daerah.

"Ini pasti memerlukan perhatian yang lebih besar lagi, nah mengsingkronkan OSS dan PTSP itu satu agenda sendiri yang cukup besar," Agus menandasi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Beri Kesempatan Penyandang Disabilitas untuk Berkarier

Posted: 08 Dec 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengakomodasi hak-hak penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus) dalam proses penerimaan karyawan. Hal ini untuk memberikan kesempatan yang sama kepada para penyandang disabilitas untuk bisa berkarier.

"BUMN ini memberlakukan prosedur sama, antara calon pegawai (karyawan) biasa dengan calon pegawai disabilitas," ujar Executive Vice President Talent Development PLN, Karyawan Aji dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Sesuai peraturan dalam bentuk SK Direksi tentang Rekrutmen, kepada calon pegawai disabilitas diberikan sejumlah kemudahan, yaitu dalam operasional pelaksanaan ujian (test), mereka boleh didampingi dan disiapkan pendamping khusus dari pihak PLN selaku penguji, apabila diperlukan. Demikian juga untuk tes kesehatan, maka ujian dilakukan dengan mengakomodasi kondisi disabilitasnya.

Pada 2019 ini, papar Aji, ada 3 penyandang disabilitas yang sedang mengikuti pelatihan (training) sambil bekerja (on the job training) yang rata-rata memiliki kemampuan bekerja yang bagus kinerjanya, baik dalam hal soft competency maupun hard competency, yakni Maharezta Putra Perkasa di UP3 Klaten, Pelayanan Pelanggan; Rendra Aji Saputra di UIW Riau dan Kepri, Remunerasi dan Benefit; serta Willy Hendrawan di bidang Recruitment and Onboarding Development, Divisi Talenta Development.

Yang jelas, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan orang awam pada umumnya, termasuk dalam pekerjaan dan kewirausahaan. Hal ini tertuang dalam UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Demikian juga bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui pengumumannya Nomor. 01/PANPEL.BKN/CPNS/XI/2019 tentang seleksi calon pegawai negeri sipil Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2019.

Kriteria Pelamar Disabilitas

Penyandang disabilitas menjaga booth pada acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019 di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Acara ini mengangkat tema 'Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengenai kriteria pelamar, salah satunya dicantumkan tentang persyaratan pelamar disabilitas.

Disabilitas yang diperbolehkan adalah yang mengalami keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir (bukan disabilitas intelektual, mental, atau sensorik), dengan ketentuan mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi. Contohnya amputasi, celebral palsy (kelainan kongenital pada gerakan, otot, atau postur) dan orang kecil.

Dengan demikian, tidak ada alasan untuk diskriminatif terhadap disabilitas. Semua orang berhak dan mempunyai aksesibilitas yang sama dalam proses rekruitmen di BUMN, termasuk meniti karier di perusahaan milik negara ini.

Sementara itum Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia Kementerian Perindustrian, Yedi Sabaryadi mengemukakan, secara umum proses rekrutmen untuk calon pegawai disabilitas, mengikuti arahan dan kebijakan Kementerian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara) dan Reformasi Birokrasi.

"Berdasarkan proses rekrutmen dari tahun 2017, ada satu penempatan pegawai disabilitas yang lolos seleksi CPNS pada Balai Riset dan Standardisasi Industri - Medan, dan yang bersangkutan ditempatkan sebagai Pengelola Barang Milik Negara (BMN). Di tahun 2018 ada juga pegawai disabilitas yang bekerja pada Direktorat Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) dengan posisi sebagai analis statistik," papar Yedi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Potret Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Posted: 08 Dec 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Lamborghini berwarna emas dan merah terbakar pada Minggu, 8 Desember 2019. Mobil mewah itu bernomor polisi L 568 WX terbakar di depan Konjen China, Jalan Mayjend Sungkono No.105, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya.

Melansir dari instagram resmi Dishub Surabaya @dishubsurabaya, mobil tersebut berhenti di pinggir jalan dengan mengeluarkan asap pada bagian belakang mobil. Hal ini diperkirakan karena radiator mobil yang terbakar. Situasi dinyatakan kondusif saat pukul 13.30 WIB.

 

Mobil lamborghini terbakar di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dishub Surabaya)

Berdasarkan keterangan BPB dan Linmas Surabaya, mobil Lamborghini ini dimiliki oleh Lany Kusuma Wardhani. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. "Enggak ada (korban jiwa-red)," saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat, Senin (9/12/2019).

Mobil lamborghini terbakar di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dishub Surabaya)

Saat menangani kejadian tersebut, unit yang diberangkatkan yaitu satu unit Walung Kadung dan tiga unit tim orang-orong.

Proses evakuasi mobil dilakukan oleh Tim Damkar Surabaya, BPB dan Linmas, Satpol PP, serta Tim Derek Dinas Perhubungan Surabaya. Saat evakuasi, mobil Lamborghini ini di bawa ke Satpas Colombo bersama instansi terkait karena tidak mempunyai kelengkapan surat.

Mobil lamborghini yang terbakar ini pun ramai di media sosial. Di laman instagram @dishubsurabaya, unggahan mobil lamborgini ini menuai ratusan komentar. Hingga artikel ini ada sekitar 108 komentar.

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Jokowi Tak Hadiri Harkodia di KPK: Bagi Tugas dengan Pak Ma'ruf

Posted: 08 Dec 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi absen atau tak menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang digelar di Gedung KPK, Jakarta, pada Senin (9/12/2019). Dia memilih menghadiri acara Prestasi Tanpa Korupsi di SMKN 57 Jakarta.

Jokowi hanya mengutus Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memenuhi undangan KPK. Alasannya, Jokowi ingin memberikan kesempatan kepada Ma'ruf Amin untuk menyaksikan langsung acara puncak Harkodia.

"Setiap tahun saya hadir, hanya ini kan Pak Ma'ruf belum pernah ke sana, ya bagi-bagi lah masa setiap tahun saya terus," ungkap Jokowi di SMKN 57 Jakarta, Senin (9/12/2019).

Jokowi tak banyak bicara soal harapan KPK agar menghadiri acara Harkodia sekaligus membawa 'kado' peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) atas Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ya enggak apa-apa menunggu, tapi yang hadir Pak Maruf," ucapnya.

Berharap Perppu

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang usai menyampaikan keterangan terkait pengembangan kasus korupsi e-KTP di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (13/8/2019). KPK menetapkan empat tersangka baru sehingga hingga kini telah memproses 14 orang yang terlibat dalam kasus tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang berharap, Presiden Jokowi hadir pada acara puncak Harkodia. Tak sekadar datang, Saut menginginkan Jokowi membawa serta 'kado' perppu.

"Apakah (Presiden) datang, kita tidak tahu. Kalau datang bawa perppu itu keren. Kalau nggak jadi perppu bagaimana? Tidak keren," kata dia di Jakarta, Minggu, 8 Desember 2019.

"Saya belum tahu, tapi saya berharap hadirlah, apakah wakil, atau pak Jokowi. Pak Jokowi lah yang hadir biar bisa salaman terakhir kali, salam-salaman sama kami berlima kan, bila perlu meluk presidennya. Ya kan, kita berharap dia hadir besok, tapi belum tahu," sambung dia.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Obral Diskon Avtur di Periode Natal dan Tahun Baru

Posted: 08 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memberikan promo harga avtur berupa diskon sebesar 20 persen. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung kelancaran transportasi udara selama masa Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, diskon tersebut berlaku mulai tanggal 9 Desember 2019 hingga 31 Januari 2020 di beberapa bandara di wilayah Timur Indonesia.

"Kami memberikan diskon harga avtur dengan harapan bisa membantu kelancaran transportasi untuk masyarakat sekaligus mendukung sektor transportasi udara di Indonesia," katanya," kata Fajriyah, di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Secara lebih spesifik bandara yang diberikan diskon avtur merupakan bandara-bandara transit untuk penerbangan terusan ke daerah yang lebih terpencil lagi, seperti Manado, Ambon, Kupang, dan beberapa bandara transit lainnya.

Pemilihan bandara-bandara tersebut berdasarkan pada data peningkatan kebutuhan avtur yang cukup tinggi selama masa liburan Nataru. Rata-rata kenaikan konsumsi avtur di bandara tersebut mencapai lebih dari 20 persen.

"Pada periode ini memang banyak masyarakat yang berpergian baik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru ataupun Liburan. Apalagi juga bertepatan dengan masa liburan anak sekolah," tabahnya.

 

Layani Avtur di 68 Titik

PT Pertamina (Persero) Marekting Operation Region (MOR) VII memastikan stok dan distribusi avtur sangat aman dan lancar.

Seperti diketahui, Pertamina melayani pengisian avtur untuk penerbangan di 68 titik bandara Indonesia, termasuk di wilayah timur maupun bandara perintis.

Dengan kehandalan infrastruktur distribusi kami yang tersebar, Pertamina bisa melayani pengisian avtur bahkan untuk bandara yang berada di lokasi yang sulit terjangkau.

"Ini adalah bukti komitmen kami untuk melayani masyarakat Indonesia," tandasnya.

Pengamat: Penjualan Avtur oleh Swasta Picu Impor BBM

PT Pertamina (Persero) Marekting Operation Region (MOR) VII memastikan stok dan distribusi avtur sangat aman dan lancar.

Pemerintah diminta kembali untuk mempertimbangkan rencana penjualan avtur oleh pihak swasta. Pasalnya, penjualan avtur oleh pihak swasta dikhawatirkan akan memicu peningkatan impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

Hal ini tentunya tidak sejalan dengan upaya pemerintah membenahi defisit neraca berjalan dan defisit neraca perdagangan.

Pengamat Energi Sofyano Zakaria mengatakan, badan usaha swasta yang berjualan avtur belum memiliki fasilitas produksi di dalam negeri, dengan begitu avtur yang dijual di Indonesia harus diimpor.

"Sebagai pemain baru avtur, maka pemain baru sangat bisa dipastikan akan impor avtur," kata Sofyano, di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Menurut Sofyano, jikan badan usaha swasta dibiarkan mengimpor avtur, maka tidak sejalan dengan upaya pemerintah membenahi defisit neraca berjalan dan neraca berjalan.‎ Pasalnya, defisit nerca migas akan semakin membesar.

"Ini bertentangan dengan program pemerintah yang ini mengurangi defisit migas," ujarnya.

Pemerintah seharusnya mewajibkan badan usaha swasta ‎yang ingin menjual avtur di Indonesia membangun fasilitas produksi di dalam negeri, selain itu juga mewajibkan menjual avtur di bandara yang terletak di wilayah terpencil.

"Pemerintah harus tegas menolak pemain baru avtur, jika tak bisa produksi avtur didalam negeri dan mewajibkan juga untuk memiliki sarana dan fasilitas avtur," tandasnya.

‎Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyataan, Pertamina sudah tidak lagi mengimpor avtur guna memenuhi kebutuhan transportasi udara di dalam negeri.‎ Bahkan dengan modernisasi kilang Cilacap, avtur Pertamina sudah ekspor.

"Mulai Maret 2019 kami sudah tidak impor solar dan avtur, khusus avtur Juni 2019 kami sudah ekspor, kita sudah mandiri kita tidak impor, kita sudah upgrade kilang Cilacap sehingga menghasilkan lebih banyak," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungan Kerja ke Hong Kong, BNP2TKI Tegaskan Terkait Perlindungan PMI

Posted: 08 Dec 2019 08:45 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Sejalan dengan diberlakukannya UU No. 18 Tahun 2017, tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Plt. Kepala BNP2TKI Tatang Budie Utama Razak didampingi Kepala Biro Hukum dan Humas Sukmo Yowuno melakukan kunjungan kerja ke KJRI Hong Kong, pada 4-8 Desember 2019. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan pelindungan PMI di Hong Kong. 

Tatang melakukan serangkaian kegiatan seperti pertemuan dengan para Home Staf, tokoh masyarakat dan BUMN di Hong Kong, pertemuan dengan Asosiasi Agency di Hong Kong, pertemuan dengan Ministry of Labour Hongkong, pertemuan dengan Asosiasi Agency di Macao, pertemuan dengan Department of Labour Macao dan Pertemuan dengan Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI).

Saat pertemuan dengan Home Staf, Organisasi Kemasyarakatan, para pegawai BUMN, para diaspora dan tokoh masyarakat, Tatang menyampaikan, bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi dengan angkatan kerja lulusan SMA yang cukup tinggi.

"Pemerintah tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan tenaga kerja profesional untuk mengisi peluang kerja di beberapa negara tujuan penempatan PMI," ujar Tatang, di Hong Kong beberapa waktu lalu.

Perwakilan Komisi Persamaan Kesempatan di Hong Kong menyampaikan, bahwa kebutuhan Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) untuk merawat penduduk usia lanjut di Hong Kong mencapai 600 ribu orang. Mereka sangat mengharapkan adanya peningkatan kemampuan atau keterampilan untuk merawat orang lanjut usia serta kemampuan bahasa.

Selanjutnya Tatang juga melakukan pertemuan dengan Asosiasi Agency di Hong Kong. Pihak KJRI menyampaikan masih terjadinya 'overcharging' kepada PLRT yang baru bekerja di Hong Kong.

Dia menyampaikan, akan melakukan investigasi apabila ada pengaduan terkait dengan hal tersebut, yaitu dengan memanggil Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) dan pihak agency Hong Kong. Apabila terbukti maka akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

"Indonesia akan lebih mementingkan untuk menempatkan PMI yang bekerja di sektor formal dan saat ini pemerintah Indonesia telah mengirimkan PMI formal ke negara Jepang, Korea, Jerman, Arab Saudi dan beberapa negara Eropa," jelas Tatang.

Plt. Kepala BNP2TKI dengan didampingi dengan Konsul Jenderal RI di Hong Kong, juga mengadakan pertemuan dengan Department of labour Hong Kong SAR. Plt Kepala BNP2TKI menyampaikan, pemerintah Indonesia ingin memastikan bahwa pelindungan hukum, ekonomi dan sosial telah diberikan secara maksimal kepada PLRT yang sedang bekerja di Hong Kong.

Selain itu, Plt. Kepala BNP2TKI didampingi dengan Konsul Jenderal RI Hong Kong juga mengadakan pertemuan dengan 15 agency yang tergabung dalam Association of Indonesia-Macau Migrant Workers Employment Agencies (AIMS), Plt Kepala BNP2TKI juga melakukan pergtemuan dengan Deputy Director Labour Affairs Bureau (DSAL). Pada Minggu 8/12/ 2019, Plt. Kepala BNP2TKI menghadiri pertemuan dengan Jaringan BMI Hong Kong dengan di hadiri sekitar 250 PLRT yang sedang bekerja di Hong Kong.

Kepada para PMI Hong Kong, Tatang menyampaikan bahwa berdasarkan UU No. 18 Tahun 2017, P3MI tidak diperkenankan untuk melakukan perekrutan calon PMI langsung ke desa-desa. P3MI hanya boleh melakukan seleksi calon PMI pada Dinas Kabupaten/Kota yang telah mendaftar calon PMI yang akan bekerja ke luar negeri.

Tatang berpesan, agar PLRT yang sedang bekerja di Hong Kong selalu mematuhi hukum ketenagakerjaan di Hong Kong serta hukum yang berlaku secara umum. Jika mengalami masalah dengan majikan cepat melapor dan berkoordinasi dengan KJRI Hong Kong.

Dalam kesempatan tersebut, Jaringan BMI Hong Kong menyampaikan kepada Konsulat Jenderal RI di Hong Kong untuk selalu meningkatkan pelayanan bagi BMI, khususnya dalam pembuatan paspor yang dilayani di kantor KJRI Hong Kong. Jaringan BMI meminta agar KJRI Hong Kong untuk menertibkan agency-agency yang masih melakukan 'over charging' kepada PMI yang baru kerja di Hong Kong.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ma'ruf Amin Hadiri Peringatan Hari Antikorupsi di KPK

Posted: 08 Dec 2019 08:41 PM PST

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). Hari Antikorupsi Sedunia diperingati setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). Hari Antikorupsi Sedunia diperingati setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin setibanya menghadiri acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin setibanya menghadiri acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019). KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berfoto bersama dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berfoto bersama dalam acara Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019 di Gedung Penunjang KPK, Jakarta, Senin (9/12/2019) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Pilih Royke Tumilaar Jadi Dirut Bank Mandiri

Posted: 08 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir dipastikan akan mengangkat Royke Tumilaar sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Royke menggantikan Kartika Wirjoatmodjo yang sebelumnya telah dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN.

"Dari pak Erick, Dirut Mandiri Royke Tumilaar," ucap Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga kepada merdeka.com di Jakarta, Senin (9/12).

Royke Tumilaar akan disahkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri yang dijadwalkan akan dimulai pukul 14.00 WIB siang ini.

Royke merupakan sosok internal dari Bank Mandiri. Sebelumnya, Royke menjabat sebagai Direktur Corporate Banking Bank Mandiri.

Erick Thohir Tunjuk Chatib Basri Jadi Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia Periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Penunjukan ini akan diresmikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Senin 9 Desember 2019.

"Saya bersyukur Pak Chatib Basri mau masuk dalam jajaran Komisaris Bank Mandiri, Mantan Menteri dengan reputasi yang sangat baik mau berkeringat ikut membenahi BUMN. Semoga menjadi sinyalemen positif bagi Bank Mandiri," jelas Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Minggu (8/12/2019).

 

Tanggapan Chatib Basri

Chatib Basri (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dengan masuknya Chatib Basri dalam jajaran pimpinan Bank Mandiri ini, Erick berharap mampu meningkatkan kinerja Bank Mandiri secara nasional serta menjadikannya sebagai pemain financial services yang disegani di Asia Tenggara.

"Ini sebuah kehormatan buat saya. Menjadi Wakil Komisaris Utama di bank sebesar Mandiri bukanlah hal yang mudah, ini sekaligus sebuah tantangan. Apalagi Pak Menteri meminta fungsi Komisaris saat ini betul-betul dijalankan dengan baik," ujar Chatib.

"Saya berharap kinerja Mandiri terus meningkat dan disegani dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi," tutup Chatib Basri. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Official Trailer 2 Habibie & Ainun 3

Posted: 08 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Habibie & Ainun 3 dibintangi oleh Maudy Ayunda dan Reza Rahardian. Film ini akan tayang di bioskop Tanah Air pada tanggal 19 Desember 2019.

Habibie dan Ainun 3 mengisahkan masa remaja Ainun (Maudy Ayunda) yang cerdas semasa sekolah. Film Habibie dan Ainun 3 ini adalah prekuel dari kisah Ainun semasa muda.

Pada kesempatan kali ini MD Pictures mempersembahkan Official Trailer 2 Habibie & Ainun 3. Penasaran seperti apa? Yuk, simak selengkapnya di channel MD Pictures hanya di Vidio.

Saksikan trailernya di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Desain Kamar Hotel Tak Biasa Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 08 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menikmati waktu liburan akhir pekan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari liburan bersama keluarga ataupun hanya liburan singkat di hotel yang lebih dikenal dengan staycation.

Tentu saja, liburan staycation ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang tak memiliki waktu luang banyak. Bahkan, kamu juga bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan pihak hotel untuk bersantai.

Akan tetapi, rupanya tak semua masyarakat bisa menikmati fasilitas yang baik. Bahkan beberapa hotel memiliki desain kamar tak biasa yang bisa bikin kamu geleng kepala.

Seperti yang dilansir Liputan6.com dari Brightside, Senin (9/12/2019) beberapa desain kamar hotel tak biasa ini pun menjadi sorotan. Berikut ini beberpa kamar hotel yang memiliki desain tak biasa.

1. Biasanya pihak hotel pun akan menawarkan kamar dengan pemandangan alam. Namun lain cerita jika pemandangan alam seperti lautnya hanya terlihat seperti ini.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

2. Dikiranya ukuran tv cukup besar. Tapi rupanya ukuran layar TV kurang dari setengah dan berada di tengah.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

3. Duh, harus hati-hati nih kalau masuk kamar.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

4. Jauh juga nih jaraknya ke tisu toilet.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

5. Bisa menyebabkan banyak korban terutama di jari kaki nih.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

6. Bisa-bisa toilet kamar hotelnya kebanjiran nih.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

7. Susah juga kalau cerminnya model seperti ini.

Desain hotel (Sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia: Ledakan Pemain Muda di SEA Games 1991 Bakal Terulang pada 2019?

Posted: 08 Dec 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 di Filipina dari cabang olahraga sepak bola. Kala itu, Tim Garuda diperkuat sejumlah pemain muda berbakat.

Timnas Indonesia memboyong 18 pemain ke SEA Games 1991. Dari 18 nama, ada 10 pemain muda yang memiliki masa depan cerah, mulai Sudirman, Rochy Putiray, Widodo Cahyono Putro, hingga Peri Sandria.

Pelatih Tim Garuda saat itu, Anatoli Fyodorich Polosin, memadukan pemain muda tersebut dengan beberapa pemain senior macam Robby Darwis, Hanafing, Eddy Harto, dan juga sang kapten, Ferril Raymond Hattu.

Kombinasi pemain junior dan senior itu terbukti berjalan baik. Di bawah tempaan keras Polosin, Timnas Indonesia tampil impresif di SEA Games edisi ke-16 tersebut.

Meski lebih mengandalkan permainan fisik ketimbang menerapkan gaya penampilan indah, Tim Garuda mampu tampil gemilang. Timnas Indonesia tak sekalipun menelan kekalahan, dan berhasil meraih medali emas SEA Games 1991.

Setelah mengalahkan Malaysia (2-0), Vietnam (1-0), Timnas Indonesia yang lebih banyak menurunkan pemain lapis kedua pada pertandingan ketiga kontra Filipina. Indonesia pun tertinggal 0-1 dari Filipina pada paruh pertama.

Kendati begitu, Tim Merah-Putih mampu bangkit pada paruh kedua. Suntikan semangat yang diberikan Polosin di ruang ganti mampu membawa dampak positif.

Bola hasil penalti Raymond Hattu dan gol dari striker muda Rocky Putiray, membawa Timnas Indonesia berbalik unggul dan mengunci kemenangan 2-1 atas Filipina. Indonesia pun melenggang ke semifinal sebagai juara Grup B dengan nilai sembilan dari tiga pertandingan.

Pada fase semifinal, Tim Garuda menghadapi lawan yang tak kalah sengit. Robby Darwis dkk. bersua Singapura di Rizal Memorial Stadium, Manila, 2 Desember 1991.

Duel pun berjalan sengit sejak menit awal. Singapura yang kala itu diperkuat Fandi Ahmad dan V. Sundrammorthy, mampu merepotkan barisan belakang Timnas Indonesia.

Skor 0-0 bertahan selama 120 menit, dan penentuan pemenang harus dilakukan lewat adu penalti. Pada babak tos-tosan, Timnas Indonesia mampu memetik kemenangan dengan skor 4-2, dan berhak lolos ke final.

Berjumpa Thailand pada Partai Puncak

Timnas Indonesia di SEA Games 1991. (Bola.com/Repro)

Pada partai puncak Timnas Indonesia berjumpa tim kuat di Asia Tenggara, Thailand. Menghadapi Thailand di Stadion Rizal Memorial, Tim Garuda tak diunggulkan, baik oleh publik sendiri ataupun media-media luar.

Pasalnya, anak asuh Anatoli Polosin itu lebih mengandalkan kekuatan fisik ketimbang permainan cantik. Selain itu, Timnas Indonesia juga menghadapi Thailand, yang mengincar gelar keempat di SEA Games.

"Sejauh yang saya lihat di media-media, waktu itu kami memang tidak diunggulkan," ujar Sudirman, libero Timnas Indonesia saat itu.

"Hasil uji coba kami jelek, main bola saat itu juga tidak cantik, dan tidak punya pola permainan yang bagus. Kami hanya punya mental pemenang," lanjut Sudirman yang ketika SEA Games 1991 masih berusia 22 tahun.

Berstatus underdog, Timnas Indonesia mampu tampil mengejutkan. Bermain tak kenal lelah, pemain Indonesia mampu merepotkan Timnas Thailand. Skor 0-0 bertahan hingga babak extra time dan laga berlanjut ke adu penalti.

Eksekutor pertama kedua tim, Raymond Hattu dan Attapon Busbakom, menjalankan tugas dengan baik dan membuat skor menjadi 1-1. Thailand kemudian unggul 2-1 setelah tendangan Maman Suryaman mampu ditepis.

Kedudukan berubah menjadi 3-2 untuk Thailand setelah eksekutor ketiga dari kedua tim sama-sama berhasil mengeksekusi penalti. Yusuf Ekodono lantas mengawali kebangkitan Tim Garuda setelah mengelabui kiper Thailand, Chaiyong.

Kiper Timnas Indonesia, Eddy Harto, kemudian menjadi penentu setelah menahan tembakan Suksok. Tekanan adu penalti makin terasa setelah Widodo C. Putro dan Ranachai Busbakom gagal membobol gawang lawan.

Namun, Timnas Indonesia akhirnya membalikkan keadaan setelah bola sepakan 12 pas Sudirman tak mampu dihalau kiper lawan. Setelah itu, Eddy Harto yang waktu itu berusia 29 tahun, memastikan kemenangan 4-3 untuk Tim Garuda, setelah memblok eksekusi Pairot.

Timnas Indonesia menang dan berpesta setelah memastikan medali emas kedua sepanjang sejarah partisipasi di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Sebelumnya, Indonesia meraih medali emas SEA Games 1987 di Jakarta.

"Masih bisa saya rasakan bagaimana tegangnya kami waktu itu. Terpenting, Indonesia tak hanya bisa menang di Jakarta," ujar Eddy Harto beberapa waktu lalu.

Kejutan Pemain-Pemain Muda Tim Garuda

Sudirman, saat menerima pengalungan medali emas sepak bola SEA Games 1991. (Boal.com/Dok. Pribadi)

Pada SEA Games 1991, pelatih Timnas Indonesia saat itu, Anatoli Fyodorich Polosin, tidak peduli dengan status pemain bintang di Timnas Indonesia. Hal itu pula yang membuat pelatih asal Rusia itu berani menepikan pemain sekelas Ricky Yakob, yang tidak dibawa ke Manila.

Dia juga tak khawatir memanggil pemain-pemain muda untuk membela Timnas Indonesia, sebut saja Sudirman (22 tahun), Rochy Putiray (21 tahun), Widodo Cahyono Putro (21 tahun), hingga Peri Sandria (22 tahun).

Sebelum di bawa ke Manila, nama-nama yang dipanggil mendapatkan latihan fisik keras. Selama tiga bulan, fisik seluruh pemain digenjot dengan materi latihan yang di luar batas kemampuan pemain kala itu.

Pemain muntah-muntah dan kabur dari pemusatan latihan jadi hal yang lumrah.

"Kami pun latihan sehari tiga kali dan dominan fisik," ujar Sudirman ketika mengenai materi latihan yang diterapkan Polosin.

"Saking capeknya, kami sampai malas mandi. Bahkan pemain seperti Fachry (Husaini) hingga Jaya (Hartono) tidak kuat dan memilih mundur. Saat latihan dengan menaiki gunung, Kas Hartadi sampai menangis. Dia bilang bal-balan opo iki kok pake naik gunung segala," tambahnya.

Tempaan keras yang diterapkan Polosin membawa dampak positif. Fisik pemain Timnas Indonesia mengalami peningkatan drastis. Pelatih yang tak mahir berbahasa Indonesia itu bisa membuat pemain berlari menempuh jarak 4 kilometer dalam waktu 15 menit. Standar VO2Max pemain pun sudah sesuai dengan pemain Eropa.

Latihan keras dan taktik yang diterapkan Polosin berbuah manis. Timnas Indonesia menjadi raja Asia Tenggara dengan catatan tak terkalahkan sepanjang SEA Games 1991.

Polosin yang didampingi Vladimir Urin dan Danurwindo itu membawa anak asuhnya mengalahkan Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, dan menang adu penalti atas Thailand pada laga final.

Beberapa pemain muda Timnas Indonesia saat itu juga tampil gemilang dan mencuri perhatian, yakni, Widodo C. Putro, Rochy Putiray, dan Sudirman.

Widodo yang menjadi motor serangan Indonesia, mampu mencetak satu gol, sedangkan Rochy Putiray berhasil mengoleksi dua gol, dan Sudirman merupakan tembok kukuh Timnas Indonesia di jantung pertahanan.

"Setelah penendang penalti Thailand gagal melakukan tugasnya, saya dan rekan-rekan setim langsung berhamburan ke arah Eddy Harto. Kami mengejar Eddy Harto dan menggotong dia bak pahlawan. Kami pun bersukacita di sana (Stadion Rizal Memorial)," kenang Sudirman.

Berpeluang Ulangi Sejarah 28 Tahun Silam

Para pemain dan official Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan atas Myanmar U-22 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bagaikan deja vu, Timnas Indonesia U-22 berpeluang mengulangi sejarah 28 tahun lalu tersebut. Tim asuhan Indra Sjafri itu berhasil lolos ke final SEA Games 2019.

Duel juga bakal berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019) malam WIB. Namun kali ini, Tim Garuda Muda akan menghadapi Vietnam.

Performa Timnas Indonesia U-22 pun bak sebuah ledakan yang mampu mengejutkan banyak pihak. Tergabung di Grup B bersama Thailand, Singapura, Vietnam, Brunei, dan Laos, Evan Dimas dkk. berhasil lolos ke semifinal dengan status runner-up dengan mendulang 12 poin.

Dari lima laga di Grup B, Timnas Indonesia memetik kemenangan atas Thailand (2-0), Singapura (2-0), Brunei (8-0), dan Laos (4-0). Satu-satunya laga yang berakhir dengan kekalahan adalah kontra Vietnam (1-2).

Pada semifinal, Sabtu (7/12/2019), Timnas Indonesia U-22 berhadapan dengan Myanmar. Tim Garuda Muda sempat kerepotan meladeni permainan Myanmar. Setelah menjalani laga selama 120 menit, Indonesia menang 4-2 atas Myanmar.

Dalam laga final, Timnas Indonesia U-22 akan kembali bersua Vietnam. Kepastian itu didapat setelah Timnas Vietnam berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor 4-0.

Andai mampu mengalahkan Vietnam, Timnas Indonesia U-22 tak hanya menuntaskan dendam, namun juga meraih medali emas ketiga sepanjang sejarah SEA Games sekaligus mengulangi prestasi 1991.

Lantas, mampukah armada asuhan Indra Sjafri mewujudkan hal tersebut? Layak untuk dinantikan.

Disadur Bola.com (Penulis Rizki Hidayat / Editor Aning Jati, Published 09/12/2019)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Raihaanun Raih Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2019

Posted: 08 Dec 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemeran utama wanita terbaik dalam FFI 2019 diraih oleh Raihaanun. Ia meraih Piala Citra lewat aktingnya dalam film 27 Steps of May.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: