Sabtu, 07 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


DPRD DKI Yakin Revitalisasi TIM Dilakukan Profesional

Posted: 07 Dec 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta yakin revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) akan dilakukan profesional meski adanya pemangkasan penyertaan modal daerah (PMD).

"Memang akan menghambat. Tapi direksi Jakpro pasti punya rencana setelah pemotongan itu, karena saya kira mereka cukup siap dan profesional untuk itu," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz dikutip dari Antara, Jakarta, Sabtu 7 Desember 2019.

Diketahui, setelah sebelumnya mendapat PAD Rp 200 miliar di 2019, PT Jakpro mengusulkan PMD sebesar Rp 600 miliar untuk kegiatan revitalisasi TIM dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020.

Akan tetapi, DPRD DKI Jakarta memangkas PMD yang diajukan Jakpro sebanyak Rp 400 miliar hingga hanya disetujui PMD sebesar Rp 200 miliar dalam KUA-PPAS 2020 karena pembangunan hotel di sana tidak disetujui oleh anggota dewan.

Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menyatakan akan tetap revitalisasi TIM dengan angka PMD yang telah disepakati DPRD DKI Jakarta tersebut.

Awalnya dalam revitalisasi ini, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut berencana membangun fasilitas baru seperti hotel, pusat kuliner dan galeri seni yang akhirnya pembangunan hotel tidak disepakati lantaran menjadi polemik.

Akan tetapi, Dwi memastikan dengan PMD yang disepakati, pihaknya akan terus melanjutkan revitalisasi galeri seni dan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin.

"Tahapannya sudah ada, kami akan tuntaskan di 2021," tuturnya, Jumat (6/11/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Makan Kentang

Posted: 07 Dec 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet.

Rasanya yang enak, bisa diolah menjadi apa saja, dan bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lain membuat kentang menjadi salah menu pilihan saat sedang diet. Bahkan ada metode diet kentang. Metode ini diyakini cukup ampuh untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari US News, kentang merupakan bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Biasa digunakan untuk pengganti nasi, kentang tergolong umbi-umbian karena ditanam di dalam tanah.

Ada banyak jenis kentang, namun yang populer di Indonesia adalah kentang berwarna kuning cerah.  Kentang bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus, maupun dikukus.

Kalau Anda sedang ingin menurunkan berat badan, kentang bisa digunakan sebagai alternatif makanan enak. Karena mengandung karbohidrat yang tinggi, kentang bisa membuat Anda merasa kenyang walaupun tidak makan nasi.

Cara diet kentang cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi kentang sepanjang hari sebanyak sekitar 1-2,5 kilogram kentang per hari.

Tanpa Pakai Minyak

ilustrasi kentang/copyright Shutterstock

Ada banyak variasi diet kentang tapi yang populer adalah dari penulis Tim Steele, yaitu hanya mengonsumsi kentang variasi putih dengan tidak menggunakan makanan lain. Metode memasak yang boleh digunakan adalah memanggang, mengukus, dan merebus, tanpa menggunakan minyak.

Diet kentang bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, tapi juga bisa untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan proses pencernaan, dan meningkatkan sumber energi pada tubuh Anda.

Itu karena kentang kaya akan nutrisi seperti adanya vitamin B6, vitamin C, serta kalium. Dalam satu kentang berukuran sedang yang dikonsumsi bersama kulitnya, hanya menghasilkan 110 kalori. Selain itu kentang juga mengandung 2 gram serat, 3 gram protein, natrium, dan rendah lemak.

Kalau sudah merasa jenuh hanya makan kentang saja, Anda bisa menambahkan sumber protein (seperti ikan) dan lemak sehat (seperti minyak zaitun), yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dalam kentang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada SCTV dan Indosiar di Jakarta Halal Things 2019, Ini Kemeriahannya

Posted: 07 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada pameran menarik yang digelar akhir pekan ini di Jakarta yang diberi tajuk Jakarta Halal Things 2019. Acara ini berlangsung di Senayan City (TPH) selama 2 hari tanggal 7 – 8 Desember 2019.

Jakarta Halal Things 2019 bertemakan "Halal for Everyone". Sesuai tajuk acara ini merupakan event yang berisikan halal exhibition, conference, dan charity concert.

Dan, sebagai stasiun televisi terdepan di Indonesia, SCTV dan Indosiar juga akan mengisi acara di Jakarta Halal Things dengan membawa program andalannya.

Pada momen Jakarta Halal Things 2019, Indosiar akan menghadirkan Uyaina Arshad sebagai pemenang ajang pencarian bakat bagi para muslimah di Asia yaitu Puteri Muslimah Asia yang digagas Indosiar untuk pertama kalinya pada tahun 2018 lalu.

Program Andalan Indosiar

Jakarta Halal Things 2019 digelar di Senayan City, Jakarta, 7 dan 8 Desember 2019

Uyaina Arshad merupakan salah satu peserta dari Malaysia yang akrab di panggil Yana ini saat kompetisi  mampu mengalahkan 7 kontestan dari 5 Negara di Asia diantaranya Brunei Darussalam, Indonesia, Singapore, Timor Leste dan Turki.

Selain bergelar sebagai pemenang Puteri Muslimah Asia, Yana juga dikenal di Indonesia sebagai Host berbagai program Indosiar seperti Akademi Sahur Asia (Aksi Asia) 2018, Akademi Sahur Indonesia (Aksi) 2019, Golden Memories Asia, Dangdut Academy Asia 4 dan Dangdut Academy Asia 5.

Pada hari Sabtu, 7 Desember 2019, Yana berbincang bersama Pratiwi Kusuma (News Anchor Fokus Indosiar) dalam bahasan "Puteri Muslimah: More Than A Beauty Pageant".

Sehat Jadi Ibadah di SCTV

Ustaz Solmed (Galih W. Satria/bintang.com)

Sementara SCTV pun menghadirkan SEJADAH (Sehat Jadi Ibadah) langsung di tengah-tengah acara Jakarta Halal Things. Program terbaru dari SCTV yang tayang setiap hari pukul 06.00 WIB ini merupakan talkshow seputar kesehatan dan religi yang membahas mengenai berbagai tema dari sisi islami serta kesehatan oleh Ustadz Solmed dan Dr. R Cahyono, Sp Naturophaty (Pakar Naturopati) dan dipandu oleh Cing Abdel.

Naturopati adalah konsep pencegahan dan pengobatan penyakit alternatif yang berdasarkan ideologi vitalisme, yaitu keyakinan adanya energi khusus, disebut juga dengan energi vital yang mengendalikan proses biologis dalam tubuh manusia seperti metabolisme, reproduksi, pertumbuhan, perkembangan dan adaptasi. Mereka hadir, Minggu, 8 Desember 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekap Medali SEA Games 2019: Indonesia Butuh 4 Emas Lagi untuk Penuhi Target

Posted: 07 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manila - Indonesia belum beranjak dari peringkat kedua klasemen perolehan medali SEA Games 2019 Filipina. Hingga hari ini (8/12/2019) pukul 12.00 WIB, Indonesia telah merebut 56 medali emas.

Selain itu, kontingen Merah Putih juga sudah mengoleksi 52 perak dan 66 perunggu. Itu berarti Indonesia hanya butuh empat medali emas lagi untuk memenuhi target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo yakni 60 emas.

Posisi puncak klasmen medali SEA Games 2019 masih ditempati tuan rumah Filipina, yang hingga pukul 12.00 WIB telah meraih 92 emas, 69 perak, dan 70 perunggu. Artinya, Indonesia butuh 36 medali emas lagi untuk menyamai perolehan tuan rumah sejauh ini. 

Kemarin (7/12/2019), jumlah medali emas Indonesia di SEA Games 2019 masih 51 keping. Tambahan lima medali emas hari ini disumbangkan dari cabang olahraga menembak, panahan, dan dayung.

Menembak menambah satu emas dari Ahmad Rifqi Mukhlisin di nomor mixed metallic silhouette air rifle. Ahmad Rifqi mengalahkan atlet Indonesia lainnya, Hadika Aubrey Sarendriya di partai final.

Dari Panahan

Sea Games 2019 - Cabor - Panahan (Adreanus Titus)

Lalu, panahan ikut menyumbang emas pertama mereka di SEA Games 2019 hari ini lewat Riau Ega Salsabilla, Hendra Purnama, dan Arif Pangestu di nomor Team Recurve Putra dengan menaklukkan Malaysia di final.

Kemudian dari dayung atau rowing, dua emas datang dari nomor perahu naga 4 seater 500 meter putra dan perahu naga 22 seater 500 meter campuran. Lalu, satu emas lainnya di nomor pair women melalui pasangan Julianti dan Yayah Rokayah.

Klasemen SEA Games 2019

Klasemen 5 besar Perolehan Medali SEA Games 2019 hingga Minggu (8/12) pukul 12.00 WIB

1. Filipina 92 emas 69 perak 70 perunggu

2. Indonesia 56 emas 52 perak 66 perunggu

3. Vietnam 49 emas 52 perak 67 perunggu 

4. Thailand 41 emas 57 perak 63 perunggu

5. Singapura 37 emas 30 perak 41 perunggu

Video SEA Games 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPW PAN Sumut Sebut Dukungan 30 DPW kepada Zulhas Hanya Klaim

Posted: 07 Dec 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 30 pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN menyatakan dukungan pada  Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk kembali maju mencalonkan diri sebagai Ketum PAN.  Deklarasi itu disampaikan pada Sabtu (7/12/2019) malam atau tak lama setelah Rakernas PAN diselenggarakan. 

Meski demikian, ada 4 DPW PAN lain yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan Sumatera Utara tidak hadir dalam deklarasi dukungan itu.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumut Yahdi Khoir Harahap membantah bahwa pihaknya mendukung Zulhas meski tidak hadir dalam deklarasi tersebut.

"Sumut enggak ke sana, Sumut ke Mulfachri Harahap," kata Yahdi saat dikonfirmasi, Minggu (8/12/2019).

Menurut Yahdi, deklarasi itu adalah klaim. Ia menyebut yang mememiliki suara di tingkat DPW adalah Ketua dan Sekretaris. "Kalau klaim 30 ya itu namanya klaim, klaim pengakuan, bisa saja, sah-sah saja mendukung," kata yahdi."

"Antara Ketua dan sekretaris belum tentu sama juga suara (dukungan)," tambahnya.

Yahdi menyatakan deklarasi itu tidak berarti mayoritas pemilik suara mendukung Zulhas.

"Kan gini, yang punya hak suara di Kongres itu tidak hanya DPW PAN, tapi ketua DPD, Ketua dan sekretaris DPW dan ketua DPD. Itu total suara 500-an suara, Itulah yang menentukan. Bukan DPW saja, kan belum tentu," jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Butuh Penyegaran di Tubuh PAN

Ia menilai, adanya deklarasi belum menentukan final  kemenangan salah satu calon Ketum PAN. "Sekarang tergantung calon ketum meyakinkan DPD. Kan belum tentu juga DPW bisa membawa gerbongnya,"ucapnya.

Figur Ketum PAN yang baru, lanjut Yahdi, dibutuhkan PAN saat ini. Sebab, hasil Pemilu 2019 lalu tidak memuaskan.

"Kami menilai perlu ada yang lebih baik, PAN tidak terllau sukses pada pemilu,  perlu penyegaran kepemimpinan. Kita perlu pemimpin karakter dan identitas jelas, jadi warna partai reformis harus jelas,' ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pajak Kendaraan Baru Naik, Honda Pastikan Tak Ada Revisi Harga

Posted: 07 Dec 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kenaikan tarif BBN-KB DKI Jakarta naik menjadi 12,5 persen dari sebelumnya 10 persen. Perubahan tersebut akan mulai berlaku pada 11 Desember 2019 mendatang.

Menanggapi hal ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan pihaknya tidak akan menaikan harga jual kendaraannya, meski pabrikan lain tengah bersiap melakukan revisi.

"Jakarta enggak ada kenaikan harga Desember ini. Mungkin karena saya bicara gini merek lain enggak jadi naik. Kami pokonya tidak, pabrikan lain mungkin," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy di Senayan, Jakarta.

Untuk menutupi kenaikan 2,5 persen yang terjadi, Yusak mengaku pihaknya banyak melakukan efisiensi sejak peraturan ini diberitahukan.

"Kami banyak melakukan efisiensi di internal. Jadi banyak strategi. Ini sudah 4 bulan lalu. Kami juga sudah bersiap dari lama kami harus bagaimana," ujarnya.

 

Tahun Depan

Meski demikian, HPM belum bisa memberikan komentarnya terkait kenaikan harga yang mungkin terjadi tahun depan.

"Kenaikan harga bisa dari BBN, operational cost, inflasi salary, material sama spesifikasi mau ganti atau tidak. Belum kami putuskan tahun depan bagaimana," tuturnya.

Sebagai informasi, salinan Peraturan Daerah (Perda) Pemprov DKI Nomor 6 Tahun 2019 mengenai Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBN-KB menyebut, penyesuaian tarif merupakan upaya mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor dan mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IPO Terbesar di Dunia, Saudi Aramco Jual Saham Rp 119 Ribu per Lembar

Posted: 07 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, London - Perusahaan minyak raksasa Saudi Aramco melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Ini adalah IPO terbesar sepanjang sejarah karena dalam penawaran ini Saudi Aramco akan meraup dana segar USD 25,6 miliar atau Rp ‭359,345 triliun (estimasi kurs 14.037 per dolar AS).

Mengutip CNN Business, Minggu (8/12/2019), perusahaan minyak dan gas (migas) yang dimiliki oleh pemerintah Arab Saudi ‬ini akan menjual 3 miliar saham dengan harga 32 riyal per lembar saham atau USD 8,53 per lembar saham. Jika dirupiahkan, harga saham tersebut Rp 119.735 per lembar saham.

Dengan harga tersebut, IPO Saudi Aramco ini akan mengalahkan rekor IPO terbesar yang sebelumnya dibukukan oleh perusahaan teknologi asal China yaitu Alibaba (BABA). Perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma tersebut IPO pada 2014.

Nilai valuasi Saudi Aramco dipatok sebesar USD 1,7 triliun atau senilai Rp 2.484 triliun. Nilai tersebut menyalip valuasi Apple Inc sebagai perusahaan dengan valuasi terbesar di dunia dengan nilai valuasi USD 1,15 triliun.

Pada bulan lalu, Saudi Aramco mengatakan bahwa perusahaan akan menjual sekitar 1,5 persen dari 200 miliar saham.

Langkah melepas saham ini merupakan era baru liberalisasi ekonomi di Arab Saudi. Hal ini memberikan sinyal kepada investor bahwa Arab Saudi siap untuk masuk ke era baru yaitu terbuka untuk investor asing.

Ini juga merupakan salah satu visi yang dijalankan oleh Putra Mahkota Kerajaan Mohammed bin Salman untuk membuka bisnis ke industri lainnya di luar migas. rencana tersebut diharapkan bisa berjalan pada 2030.

Hingga kini Aramco belum menyatakan kapan tepatnya IPO dimulai. Namun sebelumnya sempat beredar kabar jika perusahaan tersebut dijadwalkan melepas saham pada 11 Desember 2019.

Kilang Minyak Diserang Drone, Saudi Aramco Tetap IPO

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Sebelumnya, dua fasilitas kilang minyak Saudi Aramco diserang pesawat tanpa awak (drone). Namun serangan tersebut tidak menciutkan nyali perusahaan untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Mengutip Bloomberg, Rabu 18 November 2019, sejumlah bank telah ditunjuk untuk mempersiapkan rencana IPO perusahaan migas tersebut.

Adapun Aramco sudah menunjuk JP Morgan Chase & Co sebagai pemimpin rencana IPO, bersamaan dengan bank lainnya yaitu Morgan Stanley, Bank Nasional Saudi, Bank of America Merrill Lynch, Goldman Sachs, Credit Suisse, Citigroup, HSBC Holdings, dan Samba Financial Group.

Dari serangan drone tersebut, diketahui produksi perusahaan migas raksasa itu kehilangan sekitar 5,7 juta barel per hari. Jumlah itu setara dengan 5 persen dari pasokan dunia.

Dengan adanya insiden ini, para pejabat Aramco semakin tidak optimistis terkait proses pemulihan produksi minyak bakal berlangsung cepat.

"Lebih dari 70 persen adanya peluang penundaan IPO Aramco, jika mereka menginginkan penilaian saham yang lebih tinggi. Biaya risiko menjadi faktor pertimbangan para investor terhadap Aramco sebelum serangan ini benar-benar perlu diubah," ujar Analis Saham Al Dhabi Capital, Mohammed Ali Yasin.

Adapun dalam aksi korporasi ini Saudi Aramco berencana melepas 1 persen sahamnya untuk memperoleh pendanaan sebesar USD 20 miliar. Kemudian akan melepas kembali 1 persen sahamnya di tahun 2020 ke pasar internasional.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Dewas BPJS Ketenagakerjaan Maafkan RA Terkait Tuduhan Pelecehan Seksual

Posted: 07 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan anggota Dewan Pengawan BPJS Ketenagakerjaan, Syafri Adnan Baharuddin (SAB) memaafkan segala tuduhan dilakukan mantan bawahannya, RA. Diketahui, RA sebelumnya menuduh SAB melakukan pelecehan seksual terhadapnya hingga SAB diberhentikan dari jabatannya.

"Saya telah memaafkan segala fitnah keji dan tidak benar terhadap saya dan semua telah dibuktikan di jalur hukum," kata SAB saat jumpa pers di Hotel Ibis, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).

Diketahui, peradilan telah mementahkan gugatan yang dilayangkan RA atas alasan bahwa permasalahan RA dengan SAB adalah perselisihan hubungan industrial sehingga tidak dapat diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selain itu, Bareskrim Polri juga telah mengeluarkan surat keterapan Ditreskrimum tentang pengehentian penyelidikan terhadap laporan polisi nomor: LP/B/0006/I/2019/Bareskrim tanggal 3 Januari 2019 bahwa mulai tanggal 31 Juli 2019 penyelidikan atas laporan RA terhadap mantan petinggi BPJS-TK dihentikan karena tak cukup bukti.

"RA juga sudah memberikan surat permohonan maaf kepada saya bermaterai disaksikan kedua orangtuanya dan dimediasi Polri, menyatakan bahwa tuduhan kepada SAB adalah tidak benar," jelas SAB dengan menunjukkan copy surat bermaterai tersebut kepada media.

 

Sujud Syukur

Usai hal tersebut, SAB pun melangsungkan nazarnya dengan sujud syukur dan berterimakasih kepada Tuhan bahwa seluruh kasus yang mencemarkan nama baiknya sudah selesai.

"Agama saya melarang untuk mengintimidasi orang yang tak berdaya, jadi sudahlah saya anggap selesai ini masalah," SAB menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korupsi hingga Penggusuran Masyarakat Adat, Ini Skandal Kacaunya SEA Games 2019

Posted: 07 Dec 2019 09:01 PM PST

Manila - Laporan tentang buruknya persiapan dan koordinasi, serta foto-foto yang menunjukkan belum rampungnya pembangunan fasilitas SEA Games 2019 menimbulkan dugaan tentang kemungkinan salah urus dana lebih dari Rp 2 triliun.

Pesta olahraga se-Asia Tenggara atau SEA Games telah dimulai sejak Sabtu 30 November di Manila, Filipina. Namun laporan tentang tim atlet yang terlantar di bandara dan harus menunggu berjam-jam untuk bisa masuk dan beristirahat di kamar hotel mereka menjadi viral di media sosial. Demikian dikutip dari DW Indonesia, Minggu (8/12/2019). 

Dalam sebuah pernyataan singkat kepada DW, Senator Filipina Franklin Drilon mengatakan dia akan mendesak Senat untuk mengadakan penyelidikan pengeluaran anggaran SEA Games dan meminta Komisi Audit untuk memeriksa penggunaan dana pesta olahraga ini.

Dilon yang merupakan senator oposisi pemerintah ini mempertanyakan alokasi dana SEA Games yang berada di bawah Departemen Luar Negeri (DFA), yang menurutnya, tidak memiliki mandat penyelenggaraan olahraga.

Pihak SEA Games Minta Audit Ditunda

Pemain Timnas Indonesia, Osvaldo Haay dan Sani Rizky, berdoa usai melawan Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil melaju semifinal setelah mengalahkan Laos 4-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Kami menyambut baik adanya investigasi dan audit atas dana publik yang digunakan setelah penyelenggaraan pertandingan ini selesai. Kami meminta agar saat ini kami diizinkan fokus pada penyelenggaraan SEA Games," Jarie Osias, Juru Bicara Komite Penyelenggara Olimpiade Asia Tenggara di Filipina (PHISGOC), mengatakan kepada DW.

"(Penyelidikan oleh Senat) tidak akan jadi terlambat pada saat itu. (Karena) kami diharuskan menyerahkan laporan likuidasi dan buku-buku kami diaudit pada akhir tahun ini," jelas Osias.

Sebanyak 11 negara di Asia Tenggara berlaga di 56 cabang olahraga dengan lebih dari 500 pertandingan yang akan berlangsung hingga 11 Desember 2019.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga telah memerintahkan penyelidikan terpisah terhadap dugaan kesalahan pengelolaan dana.

"Kantor Kepresidenan juga akan melakukan penyelidikan terpisah terkait penyimpangan dan ketidakteraturan dalam administrasi SEA Games segera setelah pertandingan (berakhir)," ujar Juru Bicara Presiden, Salvador Panelo, dalam sebuah pernyataan. Dalam jumpa pers pekan lalu, Panelo bertekad akan meminta pertanggungjawaban terhadap pihak yang terkait. 

Masyarakat Adat Tergusur

Ilustrasi bendera Filipina (AFP/Noel Cells)

Selain skandal korupsi, penggunaan tanah komunitas adat Aeta untuk ajang ini juga menjadi berita utama di Filipina. Komunitas adat Aeta tinggal di pinggiran New Clark City yang sekarang menjadi pusat penyelenggaraan SEA Games.

Wilayah pegunungan yang oleh suku Aeta dianggap sebagai rumah telah diratakan. Tanah-tanah pertanian mereka juga telah rata guna memberi jalan bagi perangkat berat seperti buldoser untuk membangun kompleks olahraga, antara lain yaitu stadion berkapasitas 20.000 kursi dan "desa" bagi para atlet.

Sekitar 200 keluarga dari suku Aeta dilaporkan terusir ketika arena olahraga ini dibangun. Namun aktivis mengatakan akan ada sekitar 50.000 orang dari suku Aeta dan 10.000 petani yang kehilangan tempat tinggal jika rencana untuk mengubah 9.450 hektar lahan menjadi kota metropolis modern berhasil diselesaikan.

Namun Vivencio Dizon, Kepala Eksekutif Bases Conversion Development Authority (BCDA), yang mengawasi proyek ini mengklaim bahwa tidak ada komunitas adat yang dipindahkan.

Pia Montalban, aktivis organisasi kelompok seniman Kamandang, mengatakan kepada DW bahwa awal pekan ini saja ada sekitar 500 keluarga dari suku Aeta yang diberi tahu bahwa mereka punya waktu satu minggu untuk pindah.

"Ada banyak perdebatan tentang siapa yang dipindahkan: Aeta atau petani? Mereka adalah manusia. Mereka terusir dan pemerintah tidak berbuat cukup untuk membantu mereka," kata Montalban. Ia juga berpendapat bahwa orang-orang Aeta tidak diberi kompensasi yang layak.

"Orang-orang Aeta tidak pernah dilibatkan dalam perencanaan. Relokasi ini telah sepenuhnya mengubah cara hidup mereka," ujar Zenaida Brigada Pawid, mantan komisioner Komisi Nasional Masyarakat Adat (NCIP), kepada DW.

"Kami tidak menentang pembangunan, tetapi pemerintah perlu mempersiapkan orang-orang ini untuk menghadapi dampak pembangunan. Anda tidak bisa hanya memberi kompensasi kepada suku Aeta seperti dengan memberi mereka toko untuk menjual produk atau membuat mereka mengenakan pakaian adat hanya untuk dipamer-pamerkan," Pawid menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kotak Ungkap Alasan Pilih Melly Mono untuk Gantikan Tantri Sementara

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kotak telah resmi menunjuk Melly Mono, mantan vokalis She, untuk menggantikan posisi Tantri sebagai vokalis. Tantri Kotak sendiri untuk beberapa waktu ke depan memutuskan cuti manggung karena akan melahirkan anak kedua. 

Kotak menggelar konferensi pers untuk mengumumkan hal tersebut. Dalam kesempatan itu pula, Kotak menjelaskan alasan mengapa mereka memilih Melly Mono mengisi lini vokal sementara, selama Tantri rehat.  

Hal itu disampaikan oleh Tantri langsung di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019). 

"Kita akan merilis lagu judulnya Inspirasi Sahabat. Memilihnya nama Melly Mono karena udah ada list nama vokalis perempuan dan laki-laki. Kali ini pengin ada sentuhan beda entah itu cross gender atau cross genre. Tapi jadinya tetep vokalis perempuan," kata Tantri Kotak.

Menentukan

Kotak Band bersama dengan vokalis pengganti sementara Melly Mono

Sementara itu, Tantri Kotak sendiri belum menentukan berapa lama dirinya akan mundur menjadi vokalis Kotak. Setidaknya, hingga Tantri kembali ke kondisi optimal pasca melahirkan. 

"Belum tahu (berapa lama). Nunggu saya minimal bentuk badannya normal. Beberapa bulan ke depan lah," kata Tantri Kotak lagi. 

 

 

Selektif

Kotak Band (Deki Prayoga/bintang.com)

Melly Mono sendiri menyambut baik niat Kotak yang mengajaknya menjadi vokalis. Padahal, selama ini Melly Mono mengaku cukup selektif dalam bekerja sama dengan orang lain.

 

Yakin

Namun untuk Kotak, Melly Mono merasa yakin untuk menerima tawaran tersebut. 

"Aku luamayan picky orangnya. Karena aku akan kerja sama orang itu, benang merahnya sama gak kayak aku. Aku lihat Kotak gimana reputasinya. Aku tahu Kotak gimana reputasinya, seperti apa, jadi buat aku gak ada keraguan buat langsung terima. Kenal sama Cella (gitar) Tantri (vokal) Chua (bass) udah lama," kata Melly Mono. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi Terjebak Friendzone? Coba Lakukan 7 Trik Ini Sebelum Terlambat

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terjebak dalam lingkaran friendzone memang enggak nyaman dan tentu tidak menyenangkan. Istilah untuk sebuah situasi dalam pertemanan, ketika salah satu individu pria atau wanita menginginkan perasaan yang lebih akrab atau lebih dari sekadar teman. Saat itulah marak istilah friendzone. Mungkin salah satu dari kamu pernah merasakan situasi ini?

Terjebak dalam situasi friendzone memang tidak mudah. Apalagi saat dia yang kamu suka malah menjauh ketika mengetahui perasaanmu yang sebenarnya. Terkadang hal seperti ini membuat frustrasi. Namun, semua masalah tentu memiliki jalan keluar masing-masing, seperti cara menyikapi situasi friendzone itu sendiri.

Jika kamu terjebak dalam situasi friendzone, coba lakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Memikirkan Risiko

Hubungan persahabatan yang kuat bisa saja menjadi rusak hanya karena perubahan status dari pertemanan menjadi hubungan percintaan.

Penting untuk memikirkan apakah hubungan persahabatanmu sudah pantas beralih menjadi hubungan asmara atau belum. Kira-kira risiko apa yang akan kamu ambil?

2. Mencari Kegiatan Bersama Orang Lain

Ilustrasi teman. Sumber foto: unsplash.com/Simon Maage.

Bukan menjauhinya, tetapi memberi jeda sebentar untuk melakukan relaksasi. Supaya dapat menenangkan pikiran dan perasaan yang ada untuknya. Salah satu caranya adalah mencari kegiatan dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Hal ini bisa membantu memproses perasaan yang ada untuknya. 

3. Jalani Seperti Biasa

Meski kelihatan asyik bisa berdekatan hampir setiap waktu, tapi pacaran sama teman sekantor ada sulitnya juga. (Foto: pexels.com)

Meskipun terasa sulit, tetap menjadi diri sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk menyikapi friendzone. Dengan mengurangi waktu dan perasaan yang kamu dedikasikan untuknya, kamu enggak akan merasa rugi saat hubungan friendzone berakhir.

4. Siap Menerima Konsekunsi

Pasangan zodiak bertengkar. (Foto: Vera Arsic/ Pexels)

Setiap keputusan pasti memiliki konsekuensi, baik sesuai harapan maupun tidak. Kamu harus siap kalau dia memilih untuk tetap menjadi seorang sahabat.

5. Jangan Berubah

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Happy Together from Shutterstock

Setelah saling mengetahui rasa yang ada, apa pun hasilnya tetaplah menjadi diri sendiri. Menjauh bukanlah solusi yang bijak. Sangat disayangkan kalau hubungan pertemanan yang erat rusak hanya karena salah satunya memiliki rasa.

7. Tahu Batasnya

ilustrasi friend zone/Photo by mentatdgt from Pexels

Meskipun telanjur terbawa perasaan, kamu harus tahu batas. Bilang 'tidak' saat kamu memang tak menginginkannya dan katakan 'ya' saat memerlukannya. Meskipun dia terasa istimewa di matamu,  selalu mengistimewakannya juga bukan hal yang bagus lo.

Penulis: 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD Imbau Pemilihan RW di Surabaya agar Kondusif

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengimbau semua pihak agar bisa menahan diri untuk tetap menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) yang digelar di sejumlah wilayah di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Pegang teguh aturan, tidak usah ditafsirkan, tidak usah dipolitisir dan tidak usah simpangi (dilanggar). Ini untuk semua pihak, baik masyarakat, panitia maupun lurah dan camat," kata Adi Sutarwijono di Surabaya, Minggu (8/12/2019), seperti dilansir Antara.

Imbauan tersebut disampaikan Adi Sutarwijono karena belakangan ini ada kabar soal proses dan tahapan pemilihan Ketua RW di Surabaya yang masih rawan gesekan antarpendukung.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini mengatakan, semua pihak terkait termasuk masyarakat agar berpegang teguh kepada atauran yang ada seperti halnya Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya, Peraturan Daerah (Perda) dan Peratuan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 5 Tahun 2007.

Menurut aturan tersebut disusun oleh pemerintah bersama DPR untuk menjamin pembentukan RT/RW agar bisa berjalan secara transparan. "Untuk pelaksanaannya, aturan tersebut juga telah dikonsultasikan ke berbagai pihak."

Terkait masih banyaknya persoalan yang memicu suasana tidak kondusif di proses dan tahapan pemilihan Ketua RW di beberapa wilayah di  Surabaya, Adi meminta agar masyarakat tetap menjaga kondusifitas karena aturan yang ada tidak bisa memuaskan semua pihak.

"Memang tidak bisa memuaskan semua pihak, namun tidak bertentangan dengan aturan manapun/diatas, dan bisa dijalankan," katanya.

Selanjutnya

Diketahui pemilihan Ketua RW 01 Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya pada Sabtu 9 November 2019 berlangsung tidak kondusif karena ketua RW terpilih dianulir kemenangannya oleh pihak Kecamatan Wonokromo tanpa alasan yang jelas.

Berawal dari pemilihan yang berlangsung pada Sabtu 9 November 2019 Ketua RW Terpilih Kuncoro berhasil memenangkan pemilihan RW dengan meraih 22 suara. Lalu pada Senin, 25 November 2019, pihak Kecamatan menggelar rapat koordinasi untuk membacakan putusan dari kecamatan Kuncoro telah sah terpilih oleh warga.

Kuncoro lantas diminta pihak kelurahan untuk membuat surat pernyataan bahwa lebih dari 50 persen RT sepakat untuk melanggengkan Kuncoro menjadi RW periode 2020-2022. Namun, pada Jumat 6 Desember 2019 tiba-tiba mendapatkan pemberitahuan dari pihak kecamatan bahwa RW 01 perlu untuk diadakan pemilihan ulang dan membentuk panitia pemilihan ulang dan surat pernyataan tersebut sudah tidak berlaku. Ketua RW Terpilih Kuncoro pun lantas menyatakan keberatannya.

Ia mengaku geram terhadap pihak Kecamatan Wonokromo yang secara sepihak menganulir kemenangannya berdasarkan usulan dari pihak Kelurahan Sawunggaling. "Tanpa koordinasi kok diadakan pemilihan ulang," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Pertumbuhan Startup, UI Buka Co-working Space

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) menghadirkan ruang kerja komunal (co-working space) guna mendorong pertumbuhan startup di lingkungan kampus.

Peresmian fasilitas yang berlokasi di Gedung Perpustakaaan UI ini dilakukan oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir Muhammad Anis., M.Met.

Juga turut didampingi Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA selaku Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerja Sama; Prof. Sidharta Utama Ph.D, CFA selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Administrasi Umum; serta Dr. drg Nia A.I Noerhadi MDSC., Sp.Ort.(K)., Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit–Unit Usaha (DPPU) UI.

Nia Noerhadi mengatakan kehadiran co-working space yang diberi nama UI Works ini merupakan salah satu upaya UI dalam menyediakan ruang kerja untuk menunjang kegiatan usaha para startup binaan agar bisa survive.

"Ini juga merupakan bentuk kontribusi nyata UI menumbuhkembangkan ekonomi kreatif serta mendukung program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (8/12/2019).

 

Pilihan Ruang Kerja

Co-working Space UI Works. Dok: Universitas Indonesia

UI Works sendiri menyediakan beragam pilihan ruang kerja, baik untuk kerja sendiri, bersama, ruang rapat maupun kantor ukuran kecil dengan berbagai fasilitas.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain meja, kursi, jaringan internet, sofa, locker akses menggunakan fasilitas, dan database Perpustakaan Universitas Indonesia bagi pengunjung non-UI.

Memperkenalkan Fasilitas Lain

Pada kesempatan sama, Rektor UI juga menandatangani prasasti Unit Layanan Terpadu-Sentra Informasi dan Pelayanan Publik, yang merupakan bentuk reformasi birokrasi di UI dalam mengintegrasikan seluruh layanan yang diberikan kepada stakeholder UI dalam satu atap.

Selain itu, Rektor juga meresmikan Kantin Prima sebagai fasilitas yang diberikan untuk para karyawan Pusat Administrasi Universitas Indonesia.

Dengan adanya peresmian beberapa fasilitas tersebut diharapkan dapat memberikan peningkatan pelayanan bagi seluruh stakeholder UI.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sampah Plastik Jadi Berkah di Desa Cinta

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut Bagi warga Kampung Nangewer, Desa Cinta, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang berada di ring satu PGE Karaha, sampah plastik terutama bungkus kopi adalah berkah.

"Tikar, topi, kantong (tas jinjing), pas bunga, tempat buku ini, seluruhnya dari bungkus kopi pak," ujar Aas Waspiah, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri, membuka obrolan dengan jajaran manajerial PGE Area Karaha, Jumat (6/12/2019).

Menggunakan pakaian kerudung hitam serta dandanan alakadarnya, Aas nampak telaten menjelasakan program daur ulang sampah yang ia kerjakan bersama warga lainnya di sekitar kampung yang berada di ring satu PGE Karaha tersebut.

"Produk kami sudah ada yang pesan pak, tapi belum banyak," ujarnya.

Menurutnya, upaya daur ulang sampah plastik menjadi barang jadi, sudah berlangsung lama. Namun sejak dua tahun terakhir, program itu mendapat perhatian Pertamina. "Kami mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan," kata dia.

Perusahaan energi kebanggan negeri itu kata dia, menaruh harapan besar dengan program daur ulang sampah, yang sejalan dengan program jangka panjang Pertamina.

"Saya sekarang hanya motor penggeraknya, pengelolaan dilakukan langsung masyarakat," ujar dia.

Area Manager PGE Karaha, Mawardi Agani menyatakan, melihat keseriusan Aas dan rekan dalam mendaur ulang sampah plastik menjadi produk berdaya guna, lembaganya siap memfasilitasi produk mereka di pasaran. 

Simak video pilihan berikut ini:

Saung Cinta Lembur Kuring

Di atas hamparan perbukitan warga desa Cinta, nampak dengan asri sebuah bangunan Saung Cinta Lembur Kuring berdiri dengan gagah, hasil swadaya warga dengan bantuan CSR Pertamina PGE Area Karaha (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

"Nanti bisa dijual juga di Pertamina kan banyak binaan kami juga," kata dia.

Tidak hanya itu, banyaknya produk yang dihasilkan, mendukung Aas untuk dijadikan sebagai tokoh Local Hero Pertamina dari Kabupaten Garut. "Perjuangannya tidak sia-sia bisa menjadi inspirasi yang lain," kata dia.

Dalam kesempatan itu, setelah melakukan bersih-bersih jalan desa, sekitar 150 pegawai PGE Karaha dan warga Cinta, kemudian meresmikan penggunaan 'Saung Cinta Lembur Kuring'.

Banguna dua lantai semi permanen ini difungsikan sebagai bale warga yang khusus dibangun Pertamina. "Saung ini multi fungsi silahkan pergunakan bagi warga," kata dia.

Selain digunakan sebagai tempat pemilahan dan pengolahan sampah yang telah dikumpulkan warga, juga bisa digunakan sebagai tempat sharing pengetahuan, taman bacaan, area bermain hingga tempat pengajian warga.

"Kami sediakan juga perpusatakaan mini di dalamnya," ujar dia.

Dalam dua tahun terakhir, warga desa Cinta terbiasa mengolah sampah. Untuk sampah organik didaur ulang menjadi pupuk dalam penghijauan, sementara  anorganik diolah menjadi bahan tepat guna.

"Untuk jenis botol plastik kemasan, kaleng makanan, kardus dan sejenisnya yang bernilai ekonomis dikumpulkan dan dijual kepada pengepul sampah," kata dia.

 

Penghijauan Lingkungan

Menggunakan peralatan seadanya, nampak deretan polibag telah ditanamani tanaman pertanian daun bawang di salah satu pekarangan rumah warga desa Cinta, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sedangkan sampah anorganik lainnya seperti kemasan kopi sachet, kantong kresek didaur ulang menjadi produk tas, tikar, pas bunga dan lainnya. "Produk kami sudah dipamerkan di ajang nasional," ujar Aas menegaskan.

Mawardi menyatakan, sejak pertama kali beroperasi 2017 lalu, perusahaanya terus melakukan inovasi termasuk pola pemberdayaan yang tepat bagi masyarakat yang berada di ring satu perusahaan.

"Kalau di Kamojang ada bu Yanti, di Karaha ini ada bu Aas, semoga beliau ini bisa menjadi pelopor program pemberdayaan perusahaan kami," ujar dia bangga.

Juru Bicara PGE Area Karaha Asmaul Husna menambahkan, selain daur ulang sampah menjadi produk berdaya guna, warga sekitar Desa Cinta terbiasa melakukan penghijauan lingkungan sekitar.

"Mereka biasa memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman pangan yang bernilai ekonomis seperti daun bawang dan cabe rawit," ujarnya.

Mereka secara gotong royong melakukan penyemaian bibit, termasuk penanaman bibit tanaman di pekarangan rumahnya. "Hasil panen juga akan diperoleh secara bersamaan," kata dia.

Untuk menghasilkan keuntungan yang optimal, para warga kemudian menjual hasil tanaman dan membaginya kepada mereka, sesuai porsi bibit dan luasan lahan yang ditanam.

Bersih-Bersih Desa

Sekitar 150 warga desa Cinta serta Manajerial Area PGE Karaha, tengah melakukan bebersih desa Cinta, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

"Kadang mereka pun membagikan bibitnya bagi warga lainnya di kampung tetangga, agar juga dapat menerapkan kegiatan sejenis," ujar dia.

Sebagai rangkaian kegiatan memperingati ulang tahun PGE ke-13 dan PT Pertamina yang ke-63, Pertamina terus memberi pelayanan bagi masyarakat. Mengusung tema ulang tahun 'Geothermal Beyond Energy', PGE Are Karaha melakukan aksi #AkuPeduliBumi yang digelar sejak awal November 2019 lalu.

"Salah satu aksi nyatanya yakni aksi bebersih desa di lima desa ring satu PGE di Garut-Tasikmalaya," ujar Mawardi.

Dalam kegiatan itu, masyarakat diajak membersihkan lingkungan masing-masing dengan cara memungut sampah botol plastik, puntung rokok, kemasan makanan, dan laina.

"Kami juga mengajak warga untuk mulai melakukan pemilahan sampah, mana yang dapat didaur ulang dan mana yang kemudian dapat diolah menjadi pupuk," papar dia.

Selain aksi bebersih desa, perusahaan ujar dia, memberikan edukasi  mengenai persoalan sampah dan pengelolaannya, booth activity hingga aksi teatrikal yang dipusatkan di area kampus Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

Butuh Sentuhan Inovasi

Menggunakan alas tikar dari bungkus kopi, nampak manajerial PGE are Karaha menikmati diskusi ramah dengan warga di Saung Cinta Lembur Kuring Desa Cinta, Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Aas mengaku, meskipun bahan baku bungkus kopi cukup melimpah, namun dibutuhkan sentuhan inovasi teknologi agar produk yang ia hasilkan, mampu bersaing di pasaran.

"Misalnya restelting tas yang bagus, kemudian packaging yang menarik," kata dia.

Saat ini pangsa pasar produk berkualitas daur ulang cukup luas, namun hal itu perlu ditopang dengan peningkatan kualitas yang dihasilkan.

"Makanya kami terus berinovasi bagaimana agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas," ujar dia.

Dengan upaya itu, maka produk handmade dukungan CRS PGE Area Karaha, bakal mampu bersaing di pasaran. Selain produknya terbilang unik, juga bisa dijadikan sebagai kampanye kesadaran lingkungan.

"Secara tidak langsung, semakin banyak yang menggunakan, diharapkan semakin tinggi kesadaran masyarakat mengelola lingkungan," kata dia.

Ia mencontohkan, produk fashion PKBM An-Nur Ibun, Bandung yang merupakan binaan Pertamina PGE Area Kamojang, mampu bersaing di pasaran dengan adanya sentuhan teknologi.

"Jika sudah ditemukan cara yang tepat (Inovasi) saya yakin produk kami bakal sangat laku di pasaran," kata dia.

Hal itu diperkuat dengan respon positif dari warga, saat mengikuti ragam kegiatan pameran produk UKM dan handmade.

"Pengunjung terkejut, ternyata bungkus kopi pun kalau diolah bisa menjadi produk yang berkualitas," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Bermusik, Adit Jalani Bisnis Kue Drummer Cookies

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Down Syndrome tak menghentikan Adit untuk berkarya. Selain lihai bermain drum, ia juga sedang menjalani usaha rumahan bersama ibunya, Emsyarfi. Kue-kue kering menjadi pilihan Emsyarfi dan Adit dalam usaha ini. Dimulai dengan kue kacang, nastar, hingga keripik.

"Anak saya ini walau disabilitas harus tetap mandiri finansial. Kalau orangtuanya sudah tidak ada ia tidak perlu bergantung pada orang lain hanya sekadar untuk makan. Tidak semua orangtua memiliki deposito atau tabungan yang cukup untuk kelangsungan hidup anaknya yang memiliki keterbatasan," kata Emsyarfi ketika ditemui di Depok Jumat lalu.

Emsyarfi melihat, bermain drum itu bukan lahan utama dan 100 persen dapat menyokong kehidupan Adit. Terlebih, sebagian besar pentas drum Adit untuk kegiatan amal. Contohnya di acara komunitas, mereka acap kali diundang tanpa diberi bayaran dan bahkan membiayai ongkos dan kebutuhannya sendiri.

Diawali dengan Hubungan Baik

Emsyarfi mulai memutar otak, ia mencari kegiatan yang cocok untuk Adit di luar kegiatan pentas dan sekolah. Dengan keahliannya, Emsyarfi mulai membuat kue dan mengajarkan Adit.

"Awalnya dibagi-bagi ke saudara dan teman kemudian beredar dari mulut ke mulut. Usaha ini diawalai adanya hubungan baik dengan teman-teman, jaringan-jaringan sebanyak mungkin dan akhirnya akan pulang kepada kita," ujar Emsyarfi.

Adit tidak melakukan usaha ini dari hulu ke hilir sendirian. Tentu Emsyarfi bertindak sebagai guru yang mengarahkan Adit untuk bekerja sesuai keahliannya.

Adit diberi tugas seperti mencetak, mengepak, memberi label, dan mengantarkan ke pembeli. Sedang membakar, menggoreng, belanja ke pasar menjadi tugas Emsyarfi karena Adit tidak mampu melakukan hal-hal tersebut sendiri, juga pertimbangan keamanan.

"Saya tidak ingin menampilkan sisi kasihan dari Adit kepada orang. Saya tidak menjual kesedihan itu,  saya yakin dengan bantuan seseorang yang dipercaya atau beberapa orang yang dipercaya Adit bisa makan dari brand itu," kata Emsyarfi.

Emsyarfi menandaskan, tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang hanya impian. Di awal boleh bermimpi tapi jika dibarengi dengan usaha dan perjuangan inshaAllah mimpi itu akan pulang dalam bentuk nyata di depan mata.

"Itu yang saya rasakan beberapa tahun terakhir, tandasnya".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarot Minggu Ini: Ada Beberapa Tawaran Bisnis

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Simak prediksi Tarot Minggu Ini periode 8 - 14 Desember 2019

Seven of Cups

Kartu tarot Six of Wands menggambarkan adanya banyak pilihan di hadapanmu. Ada mimpi, simbol, dan pertanda. Ambil jeda waktu sejenak untuk menentukan pilihan, tidak perlu terburu-buru. Intuisimu akan menunjukkan pilihan terbaik untukmu.

Bisnis dan Keuangan

Ada beberapa tawaran bisnis dalam minggu ini. Pelajari dahulu semua dengan cermat dan bijak. Jangan terburu-buru memutuskan. Yang tampak bagus dan menguntungkan belum tentu cocok untukmu.

 

Pekerjaan dan Kesehataan

Pekerjaan

Emosi yang kurang stabil di tempat kerja hanya akan merugikanmu. Belajarlah untuk memahami yang terjadi dan berpikirlah dengan cerdas. Tidak ada yang bermaksud merugikanmu. Mereka hanya berusaha menyelamatkan diri sendiri.

Kesehatan

Waspada demam berdarah dan penyakit lain yang biasa muncul pada awal musim penghujan. Tingkatkan daya tahan tubuhmu.

Konsultasi pribadi Dewi Tarot: 082242056585

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Potret Hidup Badut Syiar

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Semula, Yahya (38 tahun) hanya guru mengaji biasa pada Panti Asuhan Darussalam An'nur, kawasan Sudimara Pinang, Kota Tangerang, Banten. Setiap mengajar ia selalu mengenakan pakaian ala badut dengan riasan wajah, hidung merah membesar serta peci putih menghiasi kepalanya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Semula, Yahya (38 tahun) hanya guru mengaji biasa pada Panti Asuhan Darussalam An'nur, kawasan Sudimara Pinang, Kota Tangerang, Banten. Setiap mengajar ia selalu mengenakan pakaian ala badut dengan riasan wajah, hidung merah membesar serta peci putih menghiasi kepalanya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Yahya memiliki kesenangan pada dunia hiburan khususnya badut. Menghibur dan mengundang gelak tawa  anak-anak adalah sesuatu yang amat bernilai bagi hidupnya. Terkadang ia mengajak anak bungsunya  yang suka dipanggil

Yahya memiliki kesenangan pada dunia hiburan khususnya badut. Menghibur dan mengundang gelak tawa anak-anak adalah sesuatu yang amat bernilai bagi hidupnya. Terkadang ia mengajak anak bungsunya yang suka dipanggil "Bacil" atau badut cilik mengajar bersama. (merdeka.com/Arie Basuki)

Yahya mengaku sempat ada kebimbangan dalam dirinya apakah ia tetap menjadi badut atau guru mengaji. Sampai akhirnya seorang ustad senior memberikan memberikan solusi dengan perumpamaan kisah Abunawas yang kerap melucu tapi tetap berdakwah, menjadi seorang Badut Syiar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Yahya mengaku sempat ada kebimbangan dalam dirinya apakah ia tetap menjadi badut atau guru mengaji. Sampai akhirnya seorang ustad senior memberikan memberikan solusi dengan perumpamaan kisah Abunawas yang kerap melucu tapi tetap berdakwah, menjadi seorang Badut Syiar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Terkadang Yahya membonceng anaknya yang berusia 4,5 tahun – dengan dihiasi ala badut berangkat pergi mengajar. Tegur sapa serta lambaian tangan kerap dijumpai sepanjang jalan yang ia lewati. Polos dengan tampang lucu yang mengalir tanpa dibuat buat. (merdeka.com/Arie Basuki)

Terkadang Yahya membonceng anaknya yang berusia 4,5 tahun – dengan dihiasi ala badut berangkat pergi mengajar. Tegur sapa serta lambaian tangan kerap dijumpai sepanjang jalan yang ia lewati. Polos dengan tampang lucu yang mengalir tanpa dibuat buat. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sehari-hari Yahya menyampaikan pelajaran tentang nilai-nilai moral, adab dan ahlak. Lebih dari 45 anak-anak yang rata-rata yatim piatu ia ajari ilmu tentang agama Islam secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sehari-hari Yahya menyampaikan pelajaran tentang nilai-nilai moral, adab dan ahlak. Lebih dari 45 anak-anak yang rata-rata yatim piatu ia ajari ilmu tentang agama Islam secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun. (merdeka.com/Arie Basuki)

Iqro, tajwid, tauhid, fiqih, dan ilmu agama lainnya menjadi materi ajar yang sehari-hari Yahya sampaikan kepada anak didiknya. Yahya terus  membina anak-anak agar menjadi generasi yang baik dan berbudi pekerti luhur. (merdeka.com/Arie Basuki)

Iqro, tajwid, tauhid, fiqih, dan ilmu agama lainnya menjadi materi ajar yang sehari-hari Yahya sampaikan kepada anak didiknya. Yahya terus membina anak-anak agar menjadi generasi yang baik dan berbudi pekerti luhur. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sambil berpakaian ala badut, Yahya tetap mengajarkan mengaji kepada anak-anak. Hanya satu yang ia inginkan dari anak-anak didiknya yaitu menjadi generasi yang berguna bagi agama, orang tua dan bangsa. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sambil berpakaian ala badut, Yahya tetap mengajarkan mengaji kepada anak-anak. Hanya satu yang ia inginkan dari anak-anak didiknya yaitu menjadi generasi yang berguna bagi agama, orang tua dan bangsa. (merdeka.com/Arie Basuki)

Untuk membiayai kehidupan pribadinya bersama istri dan anak tercinta, setiap akhir pekan Yahya kerap dipanggil sebagai badut penghibur di acara pesta ulang tahun dan beragam kegiatan lainnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Untuk membiayai kehidupan pribadinya bersama istri dan anak tercinta, setiap akhir pekan Yahya kerap dipanggil sebagai badut penghibur di acara pesta ulang tahun dan beragam kegiatan lainnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bersama buah hatinya, Yahya berkomitmen terus menyampaikan pelajaran tentang moral, adab dan akhlak kepada anak didiknya. Yahya mengaku semua yang dilakukan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. (merdeka.com/Arie Basuki)

Bersama buah hatinya, Yahya berkomitmen terus menyampaikan pelajaran tentang moral, adab dan akhlak kepada anak didiknya. Yahya mengaku semua yang dilakukan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. (merdeka.com/Arie Basuki)

Tanpa mengharapkan imbalan apapun, Yahya mencoba terus membagi semua pengetahuan yang dimilikinya, terlebih ilmu tentang agama Islam yang dimilikinya kepada anak didiknya. Semuanya berlandaskan pengabdian untuk sesama. (merdeka.com/Arie Basuki)

Tanpa mengharapkan imbalan apapun, Yahya mencoba terus membagi semua pengetahuan yang dimilikinya, terlebih ilmu tentang agama Islam yang dimilikinya kepada anak didiknya. Semuanya berlandaskan pengabdian untuk sesama. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final SEA Games: Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam, Siaran Langsung Televisi

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke final cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019. Pasukan Indra Sjafri ini akan kembali bertemu Vietnam untuk memperebutkan medali emas.

Ini merupakan ketujuh kalinya Indonesia mencapai final sepak bola putra SEA Games 2019. Dari enam penampilan sebelumnya, timnas hanya dua kali berjaya pada 1987 dan 1991.

Garuda Muda kini berusaha merebut emas ketiga. Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi Vietnam yang menaklukkan mereka pada pertemuan di fase grup.

Ketika itu timnas sempat memimpin melalui Sani Rizki. Namun, Vietnam mencuri kemenangan lewat gol Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc.

Timnas Indonesia U-22 kini berkesempatan balas dendam alias revans kepada Vietnam. Berikut ini jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di final sepak bola SEA Games 2019 yang akan ditayangkan oleh RCTI.

Jadwal Pertandingan

Sejumlah penggawa Timnas Indonesia U-22 merayakan gol ke gawang Laos yang dicetak oleh Osvaldo Haay. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Selasa, 10 Desember 2019

19.00 WIB, Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

Venue: Rizal Memorial Stadium, Manila

Live: RCTI

Road to Final

Para pemain dan official Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan atas Myanmar U-22 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

26 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Thailand

29 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Singapura

1 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 1-2 Vietnam

3 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 8-0 Brunei

5 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 4-0 Laos

7 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 4-2 Myanmar (Semifinal)

Skuat Timnas Indonesia U-22

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyadi

Belakang: Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Dodi Alekvan Djin, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Firza Andika

Tengah: ZULFIANDI, Syahrian Abimanyu, Sani Rizki Fauzi, EVAN DIMAS, Feby Eka Putra, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Irkham Zahrul Milla

Depan: Muhammad Rafli

 

Huruf kapital=pemain senior

Saksikan Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyelamatan Kepala Kucing Tersangkut Kaleng Makanan

Posted: 07 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita menyelamatkan kepala kucing yang tersangkut di kaleng makanan. Penyelamatan berhasil tanpa melukai kucing tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Ini 4 Seleb yang Akan Bermain di Film Horor KKN di Desa Penari

Posted: 07 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu sempat viral cerita horor dengan judul KKN di Desa Penari. Sebuah cerita yang sangat menyedot perhatian netizen Indonesia hingga menjadi perbincangan di dunia maya, baik itu di Twitter hingga Instagram.

Kisah ini berawal dari sebuah utas cuitan akun Twitter bernama @SimpleM81378523. Memiliki cerita yang menarik, kisah horor KKN di Desa Penari pun viral dan beberapa kali menjadi trending topic.

Selang beberapa waktu, kisah ini pun dibukukan dan langsung laris di pasaran. Tak lama kemudian muncul kabar bahwa cerita horor ini akan difilmkan oleh produser ternama, Manoj Punjabi. Menyambut kisah horor yang sedang viral, tentu para netizen yang telah menyukai kisah ini pun penasaran dengan para pemainnya.

Memang sebelumnya, Manoj Punjabi merasahasiakan siapa sutradara yang akan menggarap film ini. Namun belakangan, diketahui Awi Suryadi yang akan menjadi sutradara. Tak hanya itu, film ini pun sebentar lagi akan masuk proses syuting.

Setelah mengetahui siapa sutradaranya, tentu para pecinta cerita KKN di Desa Penari penasaran dengan siapa saja pemeran dari karakter-karakternya yang ikoniknya. Berikut 4 seleb yang akan main di film KKN di Desa Penari seperti Liputan6.com lansir dari Kapanlagi, Minggu (8/12/2019).

1. Tissa Biani menjadi pemeran Nur dalam film KKN di Desa Penari

(Daniel Kampua/Fimela.com)

Usai diketahui siapa sutradaranya, tentu para pemerannya sudah ditentukan. Apalagi proses syuting akan mulai dilaksanakan 10 Desember 2019 mendatang.

Awi sang sutradara pun menyebut nama yang sebenarnya sudah menjadi perbincangan netizen.

"Pemain yang udah bocor itu Tissa Biani, banyak yang udah tahu. Di film ini dia jadi Nur," jelas Awi.

2. Adinda Thomas menjadi Widya dalam KKN di Desa Penari

Adinda Thomas (Instagram/adindathomas)

Selain nama Nur, ada sebuah karakter yang menjadi karakter-karakter penting dalam cerita KKN di Desa Penari, yaitu Widya. Sosok Widya ini disebut sebagai tokoh sentral. Diketahui pula sosok Widya akan diperankan oleh Adinda Thomas.

3. Achmad Megantara memerankan Bima

Achmad Megantara (Fimela.com/Daniel Kampua)

Achmad Megantara bukan kali pertama memerankan karakter Bima, sebelumnya ia pernah memerankan karakter bernama Bima di The East. Kini ia pun akan memerankan karakter Bima yang menjadi salah satu tokoh kunci dari cerita KKN di Desa Penari.

4. Karakter Ayu akan diperankan Aghniny Haque

Aghniny Haque. (Foto: instagram.com/aghninyhaque)

Karakter Ayu dalam cerita KKN di Desa Penari tak kalah penting dari Bima dan Widya. Apalagi dalam cerita, Ayu lah yang memiliki inisiatif untuk melakukan KKN di desa tersebut. 

Sebagai pembaca cerita KKN di Desa Penari, tentu masih penasaran dengan pemeran Wahyu yang dalam cerita menjadi seorang karakter kocak. Namun sampai saat ini belum diketahui siapa pemeran Wahyu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Lazio, Pelatih Juventus Salahkan Kartu Merah

Posted: 07 Dec 2019 08:49 PM PST

Roma- Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, menyalahkan kartu merah sebagai biang keladi timnya takluk saat dijamu Lazio pada laga Serie A tadi malam. Juventus main dengan sepuluh pemain setelah Juan Cuadrado mendapat kartu merah di pertengahan babak kedua.

Juventus takluk dari Lazio dengan skor 1-3. Kekalahan tersebut membuat Bianconeri gagal mengambil alih posisi puncak klasemen dari Inter Milan yang bermain imbang dengan AS Roma.

Maurizio Sarri mengatakan kalau kartu merah yang diterima Cuadrado telah menjadi pembeda di laga tersebut.

"Kami tampil bagus pada babak pertama. Seharusnya kami bisa mencetak gol lebih banyak," ujar Sarri.

"Babak kedua, terjadi banyak insiden. Kami harus menerima keputusan buruk. Tetapi, ketika masih 11 lawan 11, kami bisa menjaga keseimbangan."

"Semuanya berubah karena kartu merah yang kami terima. Itu benar-benar mengubah situasi pertandingan dan kami dirugikan," ungkap Sarri.

Kekalahan dari Lazio menjadi kekalahan pertama Juventus pada Serie A musim 2019-20. Pada laga berikutnya, Juventus akan berhadapan dengan Udinese.

Bantahan untuk Kartu Merah

Aksi pemain Juventus, Paulo Dybala, saat berhadapan dengan Lazio. (Alberto Pizzoli)

Maurizio Sarri mengatakan kalau Juan Cuadrado seharusnya hanya mendapat kartu kuning dari pelanggaran yang ia lakukan. Namun, wasit membuat keputusan setelah melihat VAR.

"Pelanggaran yang dilakukan Juan tidak pantas mendapat kartu merah. Hal itu karena bola akan melebar, jadi itu bukan kesempatan untuk mencetak gol bagi Lazio. Saya setuju jika itu kartu kuning, tetapi tidak kartu merah"

"Kami kehilangan kendali karena kartu tersebut. Setelah itu, banyak kesalahan yang dilakukan para pemain Juventus," ujar Sarri.

Sumber: Football Italia

Disadur dari Bola.com (Penulis Aditya Wicaksono/Editor Aning Jati, Published 8/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEA Games 2019: Lechia Gdansk Puji Performa Egy Maulana Vikri di Timnas Indonesia U-22

Posted: 07 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Manila - Performa Egy Maulana Vikri bersama timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019 ternyata tak lepas dari pengamatan timnya, Lechia Gdansk. Klub asal Polandia itu pun menyertakan salah satu penampilan Egy ke situs resminya.

"Egy Maulana Vikri telah mencetak gol bagi Indonesia," tulis Lechia dalam situs resminya.

Penampilan Egy di SEA Games 2019 yang disorot Lechia adalah saat laga melawan Myanmar di semifinal. Lechia menyebut, Egy tak hanya mencetak gol melainkan assist.

"Gelandang Lechia, Maulana Vikri mencetak gol bagi tim Indonesia U-23 dalam kemenangan 4-2 atas Myanmar di semifinal SEA Games. Ia digantikan Witan Sulaiman pada menit 105," tulis Lechia.

"Egy juga membuat satu assist untuk gol pertama bagi rekan-rekannya," tulisnya lagi.

Seperti diketahui, timnas Indonesia U-22 menang 4-2 atas Myanmar dalam laga SEA Games 2019, Sabtu (8/12/2019) WIB di Rizal Memorial Stadium, Filipina. Sebelum menang, keunggulan 2-0 timnas Indonesia U-22 sempat disamakan Myanmar.

Namun gol Osvaldo Haay dan Evan Dimas membuat timnas Indonesia U-22 akhirnya melenggang ke babak final SEA Games 2019. Di partai puncak, tim asuhan Indra Sjafri sudah ditunggu Vietnam.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam

Timnas Indonesia U-22 merayakan keberhasilan ke final SEA Games 2019 setelah mengalahkan Myanmar 4-2 di semifinal di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12/2019). (Bola.com/ M. Iqbal Ichsan)

Jadwal Final SEA Games 2019

Selasa 10 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam U-22

Live: RCTI

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalteng Rawan Dijadikan Tempat Persembunyian dan Latihan Teroris

Posted: 07 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kalimantan Tengah (Kalteng) rawan menjadi tempat pelarian dan persembunyian teroris. Terutama setelah gencarnya operasi penumpasan teroris di Aceh dan Poso.

Situasi itu membuat kelompok teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) mencari tempat baru. Kelompok jaringan dari Abu Hamzah ini diduga berpencar dan kabur ke daerah-daerah pelosok untuk bersembunyi.

Penangkapan 33 terduga teroris di Kota Palangkaraya dan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menjadi bukti adanya pelarian teroris Aceh ke Kalteng.

Kasubdit Kamneg Ditintelkam Polda Kalteng AKP Purba mengakui, wilayah hukumnya rawan menjadi tempat persembunyian teroris karena secara geografis merupakan daerah perbukitan. Hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah dialiri oleh sungai besar dan kecil.

"Itu sudah kami antisipasi dengan deteksi dini melalui koordinasi dan komunikasi secara intensif di daerah-daerah yang dianggap rawan," kata Purba di Mapolda Kalteng, Kamis (5/12/2019).

Penangkapan terduga teroris di Kota Palangkaraya dan Kabupaten Gunung Mas, membuktikan deteksi dini yang digencarkan kepolisian berjalan optimal. Peningkatan pengamanan mulai digelar pascabom Bali tahun 2002.

Kala itu, Ali Imron sebagai koordinator lapangan peledakan Bom Bali dan tersangka lain Mubarok ditangkap di tempat persembunyiannya di Pulau Tanjung Brukang, di lepas pantai Samarinda, Kalimantan Timur. Ali Imron dan Mubarok akan melarikan diri ke Sabah Malaysia. Pasalnya, Pulau Tanjung Brukang berada di perbatasan Malaysia dan Indonesia.

"Wilayah Kalteng itu cukup luas jalur persembunyiannya. Hutannya nyambung dengan Kalimantan Barat dan provinsi lainnya hingga Malaysia," kata dia.

Bahkan, lanjut Purba, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) telah menetapkan Kalimantan merupakan jalur pelarian dan digunakan kelompok teroris untuk melakukan persembunyian. Utamanya Kalimantan Tengah karena dianggap paling strategis.

"Tempat kita ini beberapa kali jadi pelarian mereka. Dari Kaltim ke sini, dari Kalbar juga ke sini sampai latihan pun di sini. Paling enak, strategis. Jalurnya itu lewat air dari Sulawesi ke Kalimantan, ada juga dari Filipina," bebernya.

Pengamanan mengantisipasi masuknya teroris baik dari Aceh maupun Poso, tidak sekadar dengan mempertebal pasukan melalui operasi cipta kondisi dan patroli. Kepolisian mengintensifkan pendekatan terhadap masyarakat agar segala potensi ancaman sekecil apa pun segera dilaporkan.

Penangkapan terduga teroris di Palangkaraya dan Gunung Mas, menurut dia, bermula dari informasi masyarakat adanya aktivitas pendatang yang mencurigakan.

"Kala itu Polda dan Densus 88 akhirnya berhasil mengamankan 33 orang. 2 orang diantaranya buron dari Poso dan Aceh. Keduanya ini yang mendanai mereka tinggal dan berlatih di sini," terangnya.

 

Deteksi Dini Masuknya Teroris

Dir Intelkam Polda Kalteng AKBP Tommy Walder Napitupulu menyatakan, sistem keamanan berupa deteksi dini diutamakan mengantisipasi masuknya jaringan teroris maupun paham radikal di daerahnya. Sistem itu terbukti efektif.

"Sejak konflik Sampit tahun 2000 silam, kita dan pemerintah daerah, tokoh lintas agama serta tokoh adat terus bersinergi untuk melakukan deteksi dini baik itu penyebaran paham radikal maupun meredam pertikaian antaretnis agar tak berkembang," ungkapnya.

Salah satu bukti nyata deteksi dini yaitu, kepolisian memperoleh informasi mengenai adanya orang asing yang menumpang di rumah warga di daerah perkotaan Palangka Raya. Setelah berkoordinasi dengan Detasemen Khusus 88 Anti-Teror, pihaknya langsung menangkap dua pasangan suami istri serta 14 lainnya yang dicurigai sebagai terduga teroris.

Setelah melalui hasil pengembangan terhadap 18 orang yang sudah diamankan sebelumnya, petugas gabungan langsung meluncur ke Kabupaten Gunung Mas kemudian berhasil mengamankan 15 orang lainnya.

Kelompok ini merupakan jaringan Abu Hamzah yang bergeser ke Gunung Salak Aceh setelah digerebek Densus 88. Meteka kemudian mengumpulkan anggotanya di Kalimantan Tengah untuk mengasingkan diri, serta mengumpulkan logistik dan merencanakan aksi teror di beberapa daerah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Trey Smith, Putra Will Smith yang Jarang Tersorot

Posted: 07 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Will Smith mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Baik itu masyarakat Indonesia ataupun mancanegara. Will Smith sendiri dikenal sebagai seorang aktor, penyanyi sekaligus komedian.

Tak hanya Will Smith saja, akan tetapi anak-anaknya juga terjun ke industri hiburan mengikuti jejak sang ayah. Jaden Smith menjadi anak Will Smith yang paling sering tersorot media. Namun, ada pula putra dari aktor kelahiran 25 September 1968 ini yang jarang tersorot oleh media, ia adalah Trey Smith.

Pria yang memiliki nama lengkap Willad Carroll Smith ini memang jarang tersorot oleh media. Meski begitu, dirinya cukup aktif membagikan kegiatannya pada media sosial. Beberapa kali juga Trey membagi foto bersama sang ayah di akun Instagram pribadinya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @treysmith0011, Minggu (8/12/2019) berikut ini beberapa potret Trey Smith putra Will Smith yang jarang tersorot.

1. Meski jarang tersorot oleh media, akan tetapi Trey Smith juga memiliki banyak penggemar loh.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

2. Ia juga sering mengunggah berbagai aktivitasnya di akun Instagram pribadinya.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

3. Berbeda dengan Jaden Smith yang memilih menggeluti dunia tarik suara dan akting, Trey justru lebih memilih menjadi seorang DJ.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

4. Ia juga selalu mendukung karier sang ayah. Bahkan Trey juga hadir di pemutaran film Aladdin beberapa waktu lalu.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

5. Meski jarang terlihat bersama di layar kaca, ia justru sering mengunggah foto bersama sang ayah dan adik tercinta.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

6. Tak hanya Trey saja, akan tetapi Will Smith juga beberapa kali mengunggah foto bersama sang putra.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

7. Kekompakan juga terlihat di antara keduanya.

Trey Smith (Sumber: Instagram/treysmith0011)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Persipura: Menyempurnakan Pesta Juara

Posted: 07 Dec 2019 08:35 PM PST

Jakarta- Misi Bali United di Shopee Liga 1 2019 telah berhasil dicapai. Tim berjulukan Serdadu Tridatu ini sukses menjadi juara. Kini Bali United ingin menyempurnakan pesta juara dengan meraih kemenangan saat menjamu Persipura Jayapura.

Bali United akan meladeni perlawanan Persipura di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (8/12/2019). Armada Stefano Cugurra Teco ingin membahagiakan para pendukung dengan raihkan poin penuh.

"Kami masih punya empat pertandingan terakhir dengan tiga di antaranya di kandang. Kami harus menikmati semua pertandingan bersama suporter," ujar Stefano Cugurra Teco, pelatih Bali United, dilansir dari laman klub.

"Tentunya kami akan main lebih enjoy dan tanpa tekanan ketika sudah dipastikan juara. Seperti yang saya katakan, kami saat ini harus menikmati sisa pertandingan terutama saat bermain di kandang. Saat bermain di markas Semen Padang, kami jauh dari suporter, dan sekarang kami ingin merayakan semuanya bersama mereka," kata Teco.

Teco meminta kalangan pendukung Bali United untuk memadati Stadion Kapten Dipta. Momen kebersamaan ini telah ditunggu oleh skuat Serdadu Tridatu guna merayakan pesta juara di hadapan puluhan ribu suporter yang selama ini setia mendampingi perjuangan mereka.

"Kami yakin stadion akan penuh seperti halnya pertandingan kandang sebelumnya. Jadi, kami wajib masuk ke lapangan dengan semangat tinggi dan kerja keras menghadapi Persipura yang pastinya juga mengincar poin. Saya rasa semua orang akan menikmati pertandingan nanti," imbuh pelatih asal Brasil ini.

Persipura Bidik Posisi Kedua

Titus Bonai kini menjadi tulang punggung Persipura Jayapura. (Bola.com/Aditya Wany)

Sementara itu, Persipura datang ke Gianyar dengan motivasi tinggi. Tim Mutiara Hitam itu mengincar poin penuh untuk mengamankan posisi kedua.

Saat ini, Persipura berada di peringkat ketiga dengan 47 poin dari 30 pertandingan. Boaz Solossa cs. tertinggal dua poin dari Borneo FC yang bercokol satu setrip di atasnya.

 

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, tetap yakin Bali United tidak akan main setengah hati di depan pendukungnya. 

"Pertandingan akan tetap menarik. Saya tahu pribadi Teco. Dia sosok yang selalu serius di setiap pertandingan. Dia pasti tak ingin malu di kandang. Meski juara sudah di tangan, Bali United akan menjaga harga diri," kata Jacksen.

Itulah mengapa, Jacksen Tiago menyiapkan skuat terbaik untuk mencuri poin agar Persipura tetap bisa bersaing di papan atas. 

"Kami tak bisa lagi meraih juara. Target berikutnya, kami ingin jadi runner-up agar tampil di level Asia. Kami harus kerja keras meraih poin di Bali," ujarnya. 

Keseriusan Persipura menatap duel ini dibuktikan dengan kedatangan Boaz Solossa dkk. di Bali sejak Senin (2/122019). 

"Kami sudah tiba di Bali lima hari lalu. Ini bentuk keseriusan kami menghadapi Bali United. Semua pemain Persipura sangat antusias meladeni sang juara," tuturnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Shopee Liga 1 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (k); Dias Angga, Willian Pacheco, Gunawan Dwi Cahyo, Ricky Fajrin (b); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (t); Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic (d)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (k); Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Valentino Telaubun (b); Muhammad Tahir, Ibrahim Conteh, Oh In-kyun (t); Boaz Solossa, Titus Bonai, Mamadou Samassa (d)

Pelatih: Jacksen Tiago

 

Prediksi Bola.com

Bali United Vs Persipura Jayapura: 55-45

Meski sudah menjadi juara, Bali United tidak akan melepas pertandingan melawan Persipura. Apalagi, tujuan Serdadu Tridatu adalah menyempurnakan gelar dengan kemenangan di kandang. Maka, Bali United layak diunggulkan pada partai ini.

Disadur dari Bola.com (Penulis M Adiyaksa/Editor Aning Jati, Published 8/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEA Games 2019: Perahu Naga Pastikan Dua Emas untuk Merah Putih

Posted: 07 Dec 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Manila - Cabang olahraga dayung atau rowing dari nomor traditional boat race atau perahu naga langsung memastikan dua emas SEA Games 2019 Filipina pada hari ini (8/12/2019).

Dua emas itu datang dari nomor perahu naga 4 seater 500 meter putra dan perahu naga 22 seater 500 meter campuran. Torehan itu membuat emas kontingen Indonesia semakin bertambah dan mendekati target Presiden Joko Widodo yakni sebanyak 60 emas.

Di nomor perahu naga 4 seater 500 meter putra SEA Games 2019, Indonesia menaklukkan Myanmar, yang harus puas meraih medali perak. Medali perunggu nomor ini direbut Thailand.

Sementara di nomor perahu naga 22 seater 500 meter campuran, Indonesia menundukkan Thailand, yang akhirnya berada di posisi kedua alias medali perak. Filipina harus puas dengan medali perunggu di nomor ini.

Raihan ini membuat cabor dayung sudah menyumbang empat emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina. Dua emas lainnya diperoleh dari pasangan Julianti dan Yayah Rokayah pada nomor pair women dan Ferdiansyah/Denri Al Ghiffari dari nomor pasangan putra.

Video Pilihan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Label Fashion Kurang Laris, Berapa Kerugian Victoria Beckham?

Posted: 07 Dec 2019 08:32 PM PST

Jakarta - Sukses di bidang hiburan, Victoria Beckham kini sudah beralih ke dunia fashion dan kecantikan. Namun kiprahnya di bidang fashion tidak terlalu cemerlang dibandingkan di dunia kecantikan.

Label fashion Victoria dilaporkan telah mengalami kerugian sampai dengan 12,3 juta poundsterling (sekitar Rp224 miliar) dalam setahun karena permintaan untuk pakaian mewahnya yang terus berkurang alias kurang laku.

Dilansir dari Mirror dan Antara, kerugian perusahaan tersebut tumbuh sebesar 20 persen selama tahun 2019 sejak Desember 2018.

Penyebabnya adalah rendahnya angka penjualan. Ralph Toledano, selaku pengelola bisnis fashion tersebut mengatakan penjualan pakaian dan aksesori yang dijual mengalami stagnasi selama periode tersebut, setelah bertahun-tahun bergabung dalam industri fashion.

Dalam sebuah wawancara dengan The Business of Fashion, ia mengatakan, "kinerja itu sesuai dengan harapan, jadi kami tidak terkejut. Tujuan kami bukan untuk mencapai profit sesegera mungkin".

Toledano menambahkan pihaknya masih sangat yakin dengan keberlangsungan merek fashion milik Victoria tersebut.

Masih Termasuk Pasangan Terkaya

David dan Victoria Beckham di karpet merah British Fashion Awards 2014, London, Inggris. (JUSTIN TALLIS / AFP)

"Aku sangat yakin bahwa takdir ada di tangan kita. Kami punya bakat besar seperti Victoria (Beckham)," tambah Toledano.

Perusahaan fashion ini dikendalikan oleh Victoria bersama dengan suaminya, David Beckham, di bawah naungan Beckham Brand Holdings. Terlepas dari hasil keuangannya, pasangan ini masih berusaha keras.

Mereka berada di peringkat 372 pada Sunday Times Rich List atau daftar keluarga terkaya di Inggris di tahun ini. Kekayaan gabungan Victoria dan David diperkirakan mencapai 355 juta poundsterling atau sekitar Rp6,4 triliun.'

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Buat Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan, 7 Hasilnya Mengagumkan

Posted: 07 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang seniman dapat terinspirasi dari berbagai hal di sekitar untuk berkarya. Membuat suatu karya seni dapat diwujudkan dengan berbagai cara. Bahkan dengan cara yang tidak biasa dilakukan oleh orang pada umumnya.

Selain itu, seorang yang kreatif dan imajinatif dapat mewujudkan karya seninya dengan media apapun. Tak terkecuali dengan foto sayuran dan foto hewan.

Seperti postingan karya seni di akun Instagram @les.creatonautes. Berkat kepiawaiannya memanipulasi foto, seniman asal Perancis tersebut dapat mengubah dan mengkombinasikan berbagai foto sayuran dengan foto hewan. Sehingga seolah-olah sayuran itu menjadi bagian dari hewan tersebut.

Alhasil dengan mengkombinasikan foto sayuran dan hewan, seniman ini dapat menghasilkan karya seni berupa ilustrasi perpaduan sayuran dan hewan yang sangat unik dan mengagumkan.

Selain itu, sang seniman juga mendapat berbagai pujian dan respon dari warganet karena karyanya yang unik. Penasaran seperti apa ilustrasi perpaduan foto tersebut? Berikut ilustrasi perpaduan sayuran dengan hewan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (8/12/2019).

1. Seniman ini membuat burung merak yang indah dari perpaduan kubis dan merak.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

2. Meski jarang terpikirkan, seniman ini membuat jamur yang sekilas terlihat seperti wajah singa.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

3. Siapa sangka kalau sayuran bisa berubah menjadi bentuk kuda yang unik ini.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

4. Bunga kol mentah diubah menjadi wajah burung.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

5. Sayuran mentah ini bertransformasi menjadi seekor ikan.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

6. Kentang yang biasa dimakan ini menyerupai kepala anjing jenis terrier.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

7. Jamur yang mudah didapatkan, diubah menjadi gajah yang unik.

Ilustrasi Perpaduan Sayuran dan Hewan (Sumber: Instagram/@les.creatonautes)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Badak Lampung Vs Persija Jakarta Eksklusif di Vidio Premier

Posted: 07 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Duel krusial akan dijalani Badak Lampung dan Persija Jakarta dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Sabtu (8/12/2019) WIB di Stadion Sumpah Pemuda. Kedua tim sangat membutuhkan tiga poin demi menjaga peluang bertahan di Liga 1 musim depan.

Badak Lampung saat ini masih berada di peringkat ke-17 klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Tim berjulukan Laskar Saburai itu mengoleksi 30 poin dari 30 penampilan.

Di saat yang sama, Persija Jakarta datang ke Bandar Lampung bukan untuk mencari satu poin. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu membutuhkan kemenangan agar makin menjauhi zona degradasi.

Saat ini, Persija Jakarta masih belum aman. Posisi ke-12 yang diduduki oleh Riko Simanjuntak dan kawan-kawan rawan terancam. Macan Kemayoran yang meraup 38 poin dari 30 laga, hanya unggul tujuh angka dari zona degradasi.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Badak Lampung vs Persija Jakarta akan dimulai pukul 18.30 WIB. Selain di Indosiar, pertandingan juga dapat disaksikan melalui vidio premier secara berlangganan melalui link ini.

Prediksi Susunan Pemain

Perseru Badak Lampung FC (4-3-3): Daryono (k); Kelvin Wopi, Bojan Malisic, Anthony Golec, Miftah Sani (b); Saepulloh Maulana, Akbar Tanjung, Arthur Bonai (t); Fernandinho Junior, Marquinhos Vidal, Suhandi (d)

Pelatih: Milan Petrovic

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (k); Xandao, Fachruddin Aryanto, Novri Setiawan, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (t); Riko Simanjuntak, Heri Susanto, Marko Simic (d)

Pelatih: Edson Tavares

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Raih Emas Pertama SEA Games 2019 dari Cabang Panahan

Posted: 07 Dec 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Manila - Tim panahan yang beranggotakan Riau Ega Salsabilla, Hendra Purnama, dan Arif Pangestu menambah pundi-pundi medali emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Parade Ground, Minggu (8/12/2019), tim panahan Indonesia itu mengalahkan Malaysia dengan skor 5-4 di babak final Team Recurve Putra SEA Games 2019.

Tim Malaysia sendiri beranggotakan Haziq Kamaruddin, Mohamad Khairul, dan Muhamad Zolkepeli.

Ini menjadi medali emas pertama Indonesia di SEA Games 2019 dari cabang panahan. Indonesia masih berpeluang menambah dua medali emas lagi dari cabang panahan melalui nomor mixed team recurve dan individual recurve.

Dengan raihan tersebut, kontingen Indonesia sudah mengemas 52 medali emas di SEA Games 2019. Indonesia sudah berada di posisi kedua.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjar Tempel Mobil Dinas dengan Stiker Nek Aku Korupsi Ora Slamet

Posted: 07 Dec 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin 3.000 pelajar yang menggelar aksi antikorupsi. Dalam kegiatan itu, Ganjar mengajak ribuan pelajar menempel sticker anti korupsi di sejumlah mobil dinas Pemprov Jateng.

Sticker bertuliskan 'Nek Aku Korupsi, Ora Slamet' itu ditempel di mobil-mobil pelat merah Pemprov Jateng.

Demo di tengah Car Free Day itu semakin meriah dengan adanya instalasi mosaik. Ribuan kertas warna warni ditempelkan para pelajar dan warga pada sembilan panel. Sebelumnya mereka menuliskan harapan, doa, kritik, dan dukungan untuk pemberantasan korupsi. Sembilan panel itu kemudian digabung membentuk gambar tikus dicoret.

"Saya senang dan bangga pada pelajar yang hebat-hebat ini, mereka menegaskan diri untuk siap menjadi agen anti korupsi. Sejak dini kami ajak mereka untuk terlibat, merasakan, mengkritik bahkan mencaci terhadap hal-hal berbau korupsi," kata Ganjar, Minggu (8/12/2019).

Menurut Ganjar, aksi demonstrasi yang digelar oleh para pelajar itu merupakan hal yang luar biasa. Mereka berani untuk menyerukan perlawanan terhadap praktik korupsi demi masa depan bangsa.

"Tadi keren, ada seruan mereka misalnya, PNS yang koruptor, tidak usah masuk kantor, langsung didor. Ini merupakan ungkapan kejengkelan dari mereka yang mudah-mudahan menjadikan mereka generasi berintegritas," tegas Ganjar.

 

Antikorupsi Diterapkan sejak Dini

Kepedulian anak muda akan gerakan antikorupsi lanjut Ganjar memang penting diterapkan sejak dini. Mulai dari hal-hal kecil, semisal tidak mencontek, disiplin masuk sekolah, tidak berbohong dan lainnya.

"Mereka kelak akan menjadi pemimpin bangsa, semoga ini awal yang bagus untuk menanamkan integritas. Saya minta guru-guru membimbing," tegasnya.

Reporter : Hery H Winarno

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Kunci Penentu Timnas Indonesia U-22 ke Final SEA Games 2019

Posted: 07 Dec 2019 08:20 PM PST

Jakarta- Timnas Indonesia U-22 sukses melaju ke final SEA Games 2019. Berjumpa Myanmar pada babak semifinal di Rizal Memorial Stadium, Sabtu (7/12/2019), Tim Garuda Muda menang 4-2 lewat perpanjangan waktu.

Namun, kemenangan Timnas Indonesia U-22 harus didapatkan melalui jerih payah. Myanmar mampu menahan armada Indra Sjafri 2-2 di waktu normal.

Timnas Indonesia U-22 unggul dua gol lebih dulu melalui Evan Dimas Darmono pada menit ke-57 dan Egy Maulana Vikri menit ke-72. Saat satu kaki tim berjulukan Garuda Muda ini telah menapak babak final, Myanmar tiba-tiba bangkit.

Pasukan Velizar Popov berhasil mencetak dua gol dalam kurun waktu dua menit. Pertama, sepakan Aung Kaung Mann pada menit ke-79 mampu memperdaya kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata.

Gol tersebut berawal dari kesalahan Zulfiandi saat menguasai bola. Aung Kaung Mann lalu merebutnya dan mengecoh Bagas Adi Nugroho sebelum melancarkan tendangan keras ke gawang Timnas Indonesia U-22.

Semenit berselang, suasana mencekam. Timnas Indonesia U-22 yang sangat dominan, terpaksa menerima kenyataan. Myanmar sukses mencetak gol penyeimbang kedudukan. Kejadian sebenarnya dapat dihindarkan. Namun, kiper Nadeo Argawinata melakukan kecerobohan.

Umpan terobosan pemain Myanmar gagal ditangkap dengan sempurna oleh Nadeo. Bola liar lalu dirampas oleh Win Naing Tun. Dari sudut sempit, pemain yang baru masuk pada babak kedua itu berhasil menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-22.

Andy Setyo dan kawan-kawan terdiam. Garuda Muda seakan tidak percaya Myanmar dengan mudahnya mampu menyamakan kedudukan. Hingga waktu normal usai, skor tidak berubah. Timnas Indonesia U-22 terpaksa meladeni Myanmar minimal hingga babak tambahan.

Untungnya, stamina para pemain Timnas Indonesia U-22 masih dalam kondisi bugar. Garuda Muda tetap tampil habis-habisan saat extra time. Buktinya, dua gol kembali tercipta.

Osvaldo Haay kini tidak lagi membuang peluang. Memanfaatkan umpan terukur dari Asnawi Mangkualam, winger berusia 22 tahun ini telah menunggu di tiang kedua untuk menyambar bola. Sebelumnya, pemain Persebaya Surabaya ini berulang kali gagal memanfaatkan kesempatan untuk mencetak gol dalam waktu normal.

Kemenangan 4-2 Timnas Indonesia U-22 atas Myanmar ditutup oleh gol Evan Dimas Darmono pada menit ke-113. Sebelum wasit Coimbatore Ramaswamy Srikrishna asal India meniup peluit panjang, Myanmar terpaksa bermain dengan sepuluh orang. Aung Naing Win diganjar kartu merah langsung setelah menendang Osvaldo, yang juga dihadiahi kartu kuning.

Berikut Bola.com merangkum tiga pemain kunci Timnas Indonesia U-22 di babak semifinal SEA Games 2019:

Evan Dimas Darmono

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Evan Dimas, berusaha melepaskan tendangan saat melawan Myanmar U-22 di di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (M Iqbal Ichsan)

Peran Evan Dimas untuk Timnas Indonesia U-22 baru menonjol setelah gol pertama Timnas Indonesia U-22 lahir. Sepakannya memanfaatkan umpan mendatar Egy Maulana Vikri pada menit ke-57 berhasil memecah kebuntuan.

Evan kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-113. Sepanjang laga, pemain berusia 24 tahun ini mampu menjaga irama permainan dan menjadi jenderal lapangan tengah Timnas Indonesia U-22.

Saddil Ramdani

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Saddil Ramdani, mengontrol bola saat melawan Thailand U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11). Indonesia menang 2-0 atas Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Peran Saddil Ramdani begitu besar terhadap kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Myanmar. Gelandang berusia 20 tahun ini memang tidak mencetak gol maupun assist. Namun, kontribusinya sangat nyata.

Pergerakan Saddil di sisi sayap kerap merepotkan lini pertahanan Myanmar. Aksinya beberapa kali berhasil menciptakan peluang bagi rekan-rekannya, terutama untuk Osvaldo Haay yang banyak membuang peluang.

Egy Maulana Vikri

Penyerang Indonesia, Egy Maulana Vikri, saat melawan Chinese Taipei pada laga AFC U-19 di SUGBK, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang 3-1 atas Chinese Taipei. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Satu di antara penampilan terbaik Egy Maulana Vikri hadir ketika ia membantu Timnas Indonesia U-22 lolos ke final. Gelandang berusia 19 tahun ini mampu membukukan satu gol dan satu assist.

Serupa seperti Saddil. Egy yang menyisir sisi sayap gemar merepotkan lini belakang Myanmar. Bermodalkan kecepatan dan kelincahan, pemain Lechia Gdansk ini kerap melahirkan peluang bagi Garuda Muda.

Disadur dari Bola.com (penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Benediktus Gerendo, published 8/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Istri Ngidam Jagung Tak Dituruti, Curhatannya Bikin Nyesek

Posted: 07 Dec 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pasangan suami istri, tentu haruslah saling memahami. Apalagi saat sang istri hamil, sang suami pun harus pengertian dengan kemauan istri yang sedang ngidam. Terkadang ngidam istri pun bermacam-macam, ada berupa makanan ada juga sesuatu yang mungkin tak rasional.

Namun sebagai suami siaga, tentunya harus memahami dan selalu menjaga isti. Jangan sampai ketika istri ngidam sesuatu, namun tidak dapat memenuhinya. Apalagi yang diidamkan adalah hal sepele, seperti makan jagung.

Kejadian seperti ini pun dialami oleh seorang netizen yang diunggah di media sosial Facebook dengan nama akun Kisah Rumah Tangga, Sabtu (30/11/2019). Dari penuturannya curhatan ini berasal dari istri yang sedang hamil dan memiliki suami yang sangat hemat untuk mengeluarkan uang.

Namun membaca curhatannya yang diunggah oleh akun Facebook Kisah Rumah Tangga, ternyata uang yang dimiliki pasangan suami istri tersebut berasal dari warisan yang dimiliki istri usai ayahnya meninggal di bulan Maret 2019. Namun sampai saat ini suaminya tak pernah memberikannya uang. Bahkan saat istrinya sangat ini makan jagung, sang suami tak mau membelikannya dengan alasan berhemat.

Berikut kisah istri ngidam jagung tak dituruti yang Liputan6.com kutip dari Facebook Kisah Rumah Tangga, Minggu (8/12/2019).

Curhatan istri ingin makan jagung melalui akun Facebook Kisah Rumah Tangga

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Buka Puasa dan Sahur / Sumber: iStockphoto

Kisah ini berawal dari seorang istri yang curhat melalui akun Facebook Kisah Rumah Tangga yang diunggah, Sabtu (30/11/2019). Dalam kisahnya sang istri ini baru berumur 18 tahun dan telah menikah dengan suaminya selama 5 bulan.

Dalam pernikahannya yang baru 5 bulan ini sang istri pun ternyata telah hamil 4 bulan. Saat kehamilan, memang wajar seorang ibu hamil ngidam. Seperti halnya yang dialami olehnya, ia pun ngidam ingin makan jagung yang ditaksir harganya Rp 7 ribu.

Namun saat ia meminta kepada suaminya untuk dibelikan jagung, ternyata sang suami menolak dengan alasan untuk berhemat. Selain itu, selama pernikahannya sang suami pun tidak pernah memberikannya uang sama sekali.

Suami tak membelikan istri jagung dengan alasan berhemat, namun nyatanya ia memiliki hobi memodifikasi motornya

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ternyata sang suami yang tidak mau membelikan istrinya jagung ini gemar memodifikasi motornya. Ia pun baru saja membeli onderdil untuk motornya saat ia menolak permintaan sang istri meminta jagung.

Hal ini pun diketahui istri setelah ia meminta jagung dan diantarkannya pulang, ia mengecek ponsel milik suaminya. Padahal uang di kartu ATM milik sang istri selama ini dipegang suaminya dengan alasan untuk berhemat. Apalagi sang istri memiliki sejumlah warisan setelah ayahnya meninggal Maret 2019.

Sang istri pun juga mengaku bahwa ia selama ini sudah tak pernah beli makeup maupun baju baru. Sempat ia meminta baju baru namun sang suami menolak dengan alasan uangnya untuk bayar rumah sakit dan kebutuhan anaknya nanti. Meski suaminya menolak istri untuk membelikannya baju, namun sang suami ini malah membeli ponsel baru dan rem untuk motornya.

Curhatan istri melalui akun Facebook Kisah Rumah Tangga

Assalammualaikum warga krt saya isteri berumur 18 tahun, saya berkahwin dngn suami saya hampir 5 bulan, sy sekarang...

Posted by Kisah Rumah Tangga on Saturday, November 30, 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Status WhatsApp Kocak Ayah Kekinian

Posted: 07 Dec 2019 08:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pesan WhatsApp menjadi semakin populer sejak bisa membagikan status. Status tersebut bisa berupa gambar, video, atau tulisan. Tak jauh berbeda dengan Instagram.

Lucunya, orang-orang tua yang memakai WhatsApp ternyata makin suka membuat status di sana. Apalagi caranya pun mudah.

Namun, yang namanya orang tua, terlebih bapak-bapak, pasti memiliki selera humor yang ajaib. Tak percaya, simak saja status-status bapak berikut ini yang kocak meski garing.

Artikel tentang deretan status WhatsApp bapak-bapak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang enam foto yang bikin ngakak sendiri setelah diteliti.

Sementara itu artikel tentang chat kocak teman sekolah yang bikin geleng kepala menjadi yang terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Status WhatsApp Bapak-Bapak, Garing tapi Kocak

Doc: Instagram.com

Lucunya, orang-orang tua yang memakai WhatsApp ternyata makin suka membuat status di sana. Apalagi caranya pun mudah.

Namun, yang namanya orang tua, terlebih bapak-bapak, pasti memiliki selera humor yang ajaib. Tak percaya, simak saja status-status bapak berikut ini yang kocak meski garing.

Selengkapnya...

2. Terlihat Biasa, 6 Foto Ini Malah Bikin Ngakak Setelah Diteliti

Doc: Instagram.com

Seringkali kamu hanya melihat sebuah foto secara sekejap. Tanpa disadari, ada informasi-informasi yang terlupakan dari foto-foto tersebut.

Jika tidak melihat sebuah foto dengan baik, akan sangat memalukan bila kamu berkomentar tanpa mengetahui esensinya. Nah, deretan foto di bawah ini terlihat biasa. Tapi bila kamu melihatnya secara teliti, hasilnya berbeda.

Selengkapnya...

3. 7 Chat Kocak ke Teman Sekolah Ini Bikin Geleng Kepala

Doc: Instagram.com

Zaman dahulu, interaksi dengan teman sekolah terputus saat pulang dari sekolah. Namun kini tidak lagi. Sejak ada teknologi pesan singkat, berkomunikasi dengan teman sekolah jadi terasa lebih mudah.

Tak perlu menunggu waktu, kamu bisa langsung bertanya dengan teman tentang apa yang terjadi di sekolah bila kamu tidak masuk. Kamu juga bisa membahas soal pekerjaan rumah dan masalah lainnya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara Sukses Uji Coba 'Hadiah Natal' untuk AS di Situs Rudal

Posted: 07 Dec 2019 08:02 PM PST

Liputan6.com, Pyongyang - Kantor berita nasional Korea Utara melaporkan bahwa pemerintah telah melakukan suatu uji coba yang sangat penting di situs rudalnya, Sohae Satellite launching Ground pada Sabtu, 7 Desember 2019. 

Menurut data dari Korean Central News Agency (KCNA) , uji coba tersebut telah berjalan dengan lancar dan menghasilkan sesuatu yang sangat sukses. Hal tersebut juga akan menjamin perubahan posisi strategis Korea Utara di masa depan, seperti dikutip dari CNN, Minggu (8/12/2019). 

Namun hingga kini, masih belum jelas tentang apa yang sebenarnya diuji. 

Pada awal bulan ini, Korea Utara telah mewanti-wanti bahwa pihaknya akan mengirimkan 'hadiah natal' bagi Amerika Serikat. Tetapi, mengenai isi hadiah tersebut, bergantung pada hasil pembicaraan antara kedua belah pihak.

 

Serupa Seperti 2017 Lalu

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di zona demiliterisasi Korea (DMZ), Desa Panmunjom pada Minggu (30/6/2019).  Ini adalah kali pertama seorang presiden AS menginjakkan kaki di negara tersebut. (AP Photo/Susan Walsh)

Di 2017 lalu, Korea Utara merujuk pada uji coba pertama dari "intercontinental ballistic missile" (ICBM) sebagai 'hadiah' untuk AS, tepat pada hari kemerdekaan AS, 4 Juli. Peristiwa tersebut mengakibatkan tensi hubungan yang sangat panas selama berbulan-bulan antara kedua negara. 

Duta Besar Korea Utara untuk PBB mengatakan pada Sabtu, 7 Desember 2019 bahwa topik mengenai denuklirisasi tidak dibahas dalam perundingan bersama AS. Ia hanya mengatakan bahwa pihaknya hanya ingin memaksimalkan waktu untuk membahas agenda politik domestik. 

"Kami tidak perlu berbicara panjang dengan Amerika sekarang, denuklirisasi tidak lagi menjadi pembahasan dalam perundingan," ujar Dubes Kim Song melalui sebuah pernyataan. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jateng Jadi Kunci Pengembangan Sektor Perikanan di Jawa

Posted: 07 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan bahwa Jawa Tengah (Jateng) merupakan provinsi kunci yang tak boleh diabaikan untuk pengembangan sektor perikanan. Oleh karena itu, Jateng akan menjadi salah satu fokus pembangunan industri kelautan dan perikanan ke depannya.

"Saya sudah berbicara dengan Pak Gubernur Jateng. Pada prinsipnya beliau sudah searah, tinggal bagaimana kita jalankan teknisnya karena implementasi adalah kunci. Hari ini saya datang ke salah satu pembenihan ikan di Jateng. Kita siap untuk membangun ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (8/12/2019).

Ia menambahkan, dirinya juga sudah berbincang dengan para Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, termasuk Jateng, di Rakornas Kementerian Kelautan dan Perikanan 2019 yang dilangsungkan pada 4-5 Desember lalu. Tiap daerah telah diminta untuk menyampaikan program-program yang ingin diprioritaskan di wilayahnya ke DPR.

Menteri Edhy mengatakan bahwa anggaran tak menjadi masalah utama melainkan bagaimana menciptakan iklim industri perikanan yang kondusif ke depannya.

"Iklim yang kondusif jadi kunci. Jangan belum mulai apa-apa, pelaku usaha sudah suruh bayar IMB dan sebagainya. Kami baru selesai Rakornas dengan seluruh stakeholders. Beri kami waktu untuk mengevaluasi dan merumuskan Permen-Permen yang ada. Tidak akan lama tapi saya tidak mau gegabah," ucapnya.

 

Keluhan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menerima audiensi perwakilan Shrimp Club Indonesia (SCI), Petambak Muda Indonesia (PMI), dan Asosiasiasi Pengusaha Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan Indonesia (AP5I). (Dok KKP)

Pengolah hasil perikanan dari Purwarejo Agung Prasetyo mengatakab, selama ini para pengolah terkendala oleh beratnya persaingan dengan produk impor yang memiliki harga jual yang cenderung lebih rendah karena diproduksi secara massal.

Menurutnya, ongkos produksi sudah sangat tinggi, mulai dari bahan baku sampai sarana produksi yang lain sehingga ketika dilempar ke pasar pun harganya sudah tinggi. Sementara itu, pengolah harus bersaing dengan produk-produk impor yang kemasannya sudah cantik dan harganya murah.

"Sebenarnya dari kualitas pengolahan, kami yakin teman-teman pengolah tidak kalah," kata dia. 

Merespons hal ini, Edhy mengatakan bahwa persaingan pasar dengan pengusaha-pengusaha besar memang menjadi tantangan. Meskipun begitu, ia menilai bahwa produk dalam negeri memiliki keunggulan atas keabsahan sertifikasi halal dibandingkan dengan produk impor.

"Nah, bagaimana membuat keunggulan ini jadi nilai ekonomi? Mari kita cari jalan keluar, kita cari model bisnisnya. Kalau perlu, kita bangun pusat pasar industri olahan. Kita kumpulkan di satu titik supaya ada efisiensi. Saya yakin ini luar biasa," terangnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Nokia 2.3 Paling Populer

Posted: 07 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang smartphone Nokia 2.3 yang kemampuan baterainya dapat tahan hingga dua hari menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Sabtu (7/12/2019).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah artikel mengenai bos Asus yang membahas tentang gaming smartphone dan TKDN di Indonesia serta Vivo X30 yang akan hadir pada 16 Desember mendatang.

Selengkapnya, simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Nokia 2.3 Bisa Nyala hingga 2 Hari

Nokia 2.3 resmi meluncur dengan mengusung desain simpel dan material polimer. Smartphone ini memiliki bentang layar 6,2 inci beresolusi 720 piksel dengan bezel cukup tebal.

Mengutip GSM Arena, Sabtu (7/12/2019), di bagian samping smartphone ada tombol khusus untuk Google Assistant. Bagian belakangnya memiliki penutup berstektur 3D Nano dengan pola bergaris untuk tambahan pegangan.

Selengkapnya baca di sini

2. Bos Asus Bicara Soal Smartphone Gaming dan TKDN di Indonesia

Asus Chairman, Jonney Shih. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Asus baru saja memperkenalkan ROG Phone II ke Indonesia. Sesuai namanya, smartphone ini hadir sebagai perangkat gaming yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni.

Turut hadir dalam acara peluncuran ROG Phone II adalah Chairman Asus Jonney Shih. Saat bertemu dengan tim Tekno Liputan6.com, Jonney mengungkap alasan Asus baru memboyong ROG Phone ke Indonesia.

"Kami akhirnya memutuskan untuk memboyong ROG Phone II ke Indonesia, karena sebelumnya perlu memenuhi soal TKDN. Namun, kini berhasil memenuhinya," tuturnya saat ditemui usai peluncuran ROG Phone II.

Selengkapnya baca di sini

3. Vivo X30 Hadir 16 Desember 2019

Kamara depan Vivo V17 Pro berkemampuan 32MP dan 8MP. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Vivo mengungkapkan smartphone terbarunya, X30, akan diumumkan pada 16 Desember 2019. Menjelang waktu pengumuman, bocoran tentang Vivo X30 kian banyak muncul di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (7/12/2019), Vivo mengumumkan tanggal kehadiran X30 di media sosial Tiongkok, Weibo. Perusahaan mengungkapkan X30 akan hadir dengan dukungan 5G.

Selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Masalah Kulit Selain Jerawat

Posted: 07 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya jerawat, permasalahan kulit beraneka ragam jenisnya. Mengenali masalah kulit dapat membantu Anda untuk dapat segera menanganinya.

Melansir laman Reader's Digest, berikut 7 permasalahan kulit selain jerawat yang bisa dialami siapa saja.

Rosacea

Rosacea merupakan penyakit kulit kronis (jangka panjang), gangguan inflamasi yang berbeda dengan jerawat.

Dokter kulit Dhaval G. Bhanusali di New York memaparkan, "Meskipun ada beberapa jenis, dua yang paling umum adalah kemerahan pipi dan penebalan kulit di sekitar pipi, serta benjolan seperti jerawat umumnya lebih di area tengah wajah."

Tidak seperti jerawat, masalah kulit Rosacea umumnya dipicu oleh respons histamin yang berhubungan dengan makanan pedas, kafein, dan alkohol. Dalam perawatan biasanya menggabungkan perubahan pola makan dan gaya hidup, dan beralih ke formula perawatan kulit non-iritasi.

Folliculitis

Folliculitis adalah peradangan pada folikel rambut, ditandai dengan kecil, jerawat merah, yang mungkin berisi nanah (menyerupai Whiteheads). Penyakit ini bisa terasa gatal atau pun menyakitkan.

Dalam kasus yang lebih parah dapat menjadi luka seperti kerak. Folliculitis dapat muncul di seluruh tubuh — khususnya daerah yang mudah terkenaa gesekan, seperti paha, bokong, leher, dan ketiak.

Menurut dermatolog New York City, Francesca Fusco, folliculitis dapat disebabkan oleh bakteri dan datang dalam beberapa versi. Dalam kasus ringan, penyakit ini dapat diobati dengan non-resep benzoil peroksida dan asam salisilat berbasis pembersih (seperti PanOxyl Acne berbusa cuci dengan 10% benzoil peroksida), tisu, dan krim. Untuk kasus yang lebih parah memerlukan antibiotik oral.

 

 

Keratosis pilaris

Keratosis pilaris

Keratosis pilaris adalah kondisi kulit kronis, ditandai dengan kulit kasar (merah, putih, atau kulit berwarna) benjolan -- biasanya di lengan atas dan kaki yang terasa seperti amplas.

Dr Bhanusali mengatakan bahwa benjolan kecil ini disebabkan oleh jumlah abnormal keratin yang menghalangi folikel rambut. Kondisi ini tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan gatal dan kulit kering.

Ahli dermatologi New York City Debra Jaliman, merekomendasikan mengobati keratosis pilaris dengan topikal retinoid dan krim yang mengandung asam salisilat dan asam laktat untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencegah folikel tersumbat.

Perioral dermatitis

Perioral dermatitis terjadi karena ruam wajah peradangan seperti bentil-bentil yang bakterinya biasa terlihat di sekitar mulut. Penyebab paling umum adalah penggunaan steroid topikal, tetapi juga dapat disebabkan oleh fluoridasi dalam pasta gigi.

Dermatolog New York City Bobby buka, MD, menyarankan untuk menghentikan semua penggunaan topikal steroid (baik resep dan OTC), krim wajah berat, dan pasta gigi.

Sebaceous hyperplasia

Sebaceous hyperplasia

Hiperplasia sebaceous merupakan kondisi genetik yang ditandai dengan benjolan yang berwarna daging, berbentuk donat yang berkembang di dahi, pipi, hidung, dan dagu.

Hiperplasia sebenarnya adalah kelenjar minyak yang membesar. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit kulit jinak, namun beberapa orang memilih untuk menghilangkannya demi alasan estetika.

Salah satu pilihan pengobatan disebut elektrodesikasi, sebuah perangkat yang memberikan arus listrik ke dalam kulit untuk membantu mengurangi munculnya lesi ini.

Ingrown hairs

Rambut tumbuh ke dalam adalah rambut yang terbalik dan tumbuh kembali ke dalam kulit yang menyebabkan benjolan terangkat.

Menurut Dr Fusco, ingrown hairs dapat terlihat persis seperti jerawat dan muncul dengan benjolan putih, merah, atau "bawah tanah" kista.  Ingeown paling umum muncul di sekitar zona bikini, ketiak, dagu, pipi, dan leher bagian atas pada wanita dan pria.

Banyaknya rambut yang tumbuh ke dalam akan hilang dengan sendirinya, namun jika tidak hilang dengan sendirinya atau mengalami infeksi, segera konsultasikan dengan dokter.

Basal cell carcinoma

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang lambat tumbuh, berasal dari lapisan dasar epidermis. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan, termasuk sinar matahari.

Sel basal terlihat seperti mengkilap, benjolan tembus cahaya atau merah muda dengan pembuluh darah kecil dan sering disalahartikan sebagai kista jerawat persisten. 

 

Penulis: Lorenza Ferary

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naomi Zaskia Tegaskan Belum Berhijab Pulang Umrah

Posted: 07 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, Naomi Zaskia tengah menjalani ibadah umrah bersama ibunda, dan juga rekannya Aiman Ricky. Layaknya selebritas, ia kerap memperlihatkan keberadaannya baik di akun Instagram, maupun Instagram Stories.

Naomi Zaskia mengunggah sebagian foto-fotonya saat beribadah. Penampilannya sangat berbeda.

Ya, wanita yang dikabarkan menjalin asmara dengan Sule ini menunjukkan wajahnya bersinar meski ditutupi dengan hijab.

Pada satu kesempatan, Naomi Zaskia memberikan kesempatan para penggemarnya untuk mengajukan pertanyaan atau bercerita di Instagram Storiesnya. Tentu saja, tak sedikit yang mengajukan pertanyaan untuknya.

 

 

 

Bakal Berhijab Seterusnya?

Naomi Zaskia tengah menjalankan ibadah umrah, tampil cantik dengan hijab. (Sumber: Instagram/@naonomnom)

Seorang warganet penasaran akan penampilan Naomi Zaskia setelah pulang umrah nanti. "Apa bakal pake hijab terus sehabis ini?"

Naomi memberikan penjelasan, "Hmmmm.... Mungkin insyaallah suatu saat pas aku udah siap lahir batin, aku mau.Tapi, untuk sekarang, mungkin belum..."

 

Suatu Hari Nanti

Naomi Zaskia tengah menjalankan ibadah umrah, tampil cantik dengan hijab. (Sumber: Instagram/@naonomnom)

Naomi Zaskia menegaskan, bahwa saat ini ia tengah kontrak dengan pekerjaannya sebagai selebritas yang membuatnya kesulitan untuk menutup auratnya.

"Tuntutan pekerjaan juga, tapi balik lagi, insyallah, one day;)," tambahnya.

 

Mementingkan Pekerjaan

Tak puas sampai di situ, Naomi kembali dicecar pertanyaan bahwa ia lebih mementingkan pekerjaan dibanding dengan menutup auratnya.

"Jadi lebih penting pekerjaan dari pada pakai kerudung? hehe," tanya warganet. 

 

Serius

Masih dengan respons yang sama, tanpa memakai emosi Naomi menjelaskan bahwa dia ingin istikamah. "Jangan salah tangkap dulu :). Aku ingin benar-benar serius. Untuk sekarang kalau mau paksa, kan memang belum siap?," balas Naomi.

 

Berbagi Pengalaman

Tak hanya mengenai hijab, Naomi yang membagikan pengalaman seru selama di Tanah Suci juga diingatkan warganet.

"Cuma mau nny. Ke mekkah niat ibadah atau niat snapgram? hehe sorry nanya sebelumnya," ingatkan warganet.

 

Ini Niatnya

Sepertinya Naomi Sazkia mulai memanas dan geram, sehingga ia hanya merespos dengan santai namun diujungnya bertanya kembali.

"Niatnya berbagi ke viewers, ngeliatin yang baik-baik, membawa postive vibes shayanaankk. Ibadah juga, tapi kok kamu ngatur-ngatur?" timpal Naomi.

(Ayu Ester Simanjuntak/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petaka dalam Pesta Ulang Tahun Pemuda Kupang

Posted: 07 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Pesta ulang tahun Hans Duli, di RT 12/RW 05 Kelurahan Airnona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang yang semula penuh kegembiraan berubah mencekam. Itu setelah sang pemilik hajat, menusuk tamu sekaligus kawannya sendiri, Hulu Steven Rihi (21).

Peristiwa tersebut dipicu salah paham antara keduanya di tengah pesta yang sedang berlangsung. Salah paham, ditambah minuman keras, menyebabkan Hans gelap mata dan berujung penusukan.

Kasat reskrim Polres Kupang Kota, Iptu Bobby Jacob Mooynafi mengatakan penganiayaan ini terjadi pada Rabu, 4 Desember 2019, sekitar pukul 20.00 WIB. Semula, keduanya terlibat sebuah pembicaraan.

Tetapi, entah apa yang memicu, Hulu tersinggung dan lantas melempar putung rokok ke Hans. Lantas, keduanya bertengkar hebat.

"Pelaku yang dalam keadaan emosi mencabut pisau dari pinggang dan menikam korban persis di bagian punggung," ujarnya kepada wartawan, Jumat (6/12/2019).

Simak video pilihan berikut ini:

Penangkapan Pelaku Penusukan

Polisi Kupang menangkap pelaku penganiayaan dalam pesta Ultah di Kupang. (Foto: Liputan6.com/Ola Keda)

Usai menikam korban, pelaku sipat kuping. Korban dilarikan ke rumah sakit dan mendapat sembilan jahitan.

Kerabat korban kemudian mendatangi Mapolres Kupang Kota melaporkan kasus penganiayaan ini dengan laporan polisi nomor LP/B/1248/XII/2019/SPK Resor Kupang Kota, tanggal 5 Desember 2019.

Usai menerima laporan itu, anggota Jatanras Subdit III Dit Reskrimum Polda NTT bergerak cepat memburu pelaku. Kamis (5/12/2019) subuh, polisi berhasil membekuk pelaku di seputaran Kapadala Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota raja, Kota Kupang.

Pelaku kemudian diserahkan ke Polres Kupang Kota untuk diperiksa. Kini pelaku ditahan.

"Pelaku sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Barang bukti pisau juga sudah diamankan," dia menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sosialisasi Sistem Seleksi CPNS 2019/2020, BKN V Jakarta Gelar Simulasi CAT

Posted: 07 Dec 2019 08:00 PM PST

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi tes CPNS berbasis CAT diadakan Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi tes CPNS berbasis CAT diadakan Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi tes CPNS berbasis CAT diadakan Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi tes CPNS berbasis CAT diadakan Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini bertujuan untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon peserta antri untuk mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Calon peserta antri untuk mengikuti simulasi tes CPNS 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT) di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Simulasi ini untuk pengenalan dan sosialisasi sistem seleksi CPNS 2019 yang akan digelar dengan sistem CAT. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rowing Sumbang Medali Emas di SEA Games 2019

Posted: 07 Dec 2019 07:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menambah emas di SEA Games 2019 siang ini. Kali ini emas datang dari cabang rowing.

Adalah pasangan Julianti dan Yayah Rokayah yang menyumbang emas SEA Games 2019 pada nomor pair women. Keduanya mengalahkan pasangan Vietnam dan Myanmar yang masing-masing meraih perak dan perunggu.

Julianti dan Yayah mencatatkan waktu 7 menit, 33,86 detik. Sementara pasangan Vietnam, Le Thi Hien/ Pham Thi Hue mencatatkan waktu 7 menit, 38,92 detik.

Sementara pasangan Myanmar, Latt Shwe Zin/ Win Nilar mencatatkan waktu 7 menit, 42,75 detik untuk meraih medali perunggu.

Sumbangan emas dari Rowing membuat kontingen Indonesia meraih 52 emas, 48 perak, dan 64 perunggu di SEA Games 2019 hingga siang hari ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapor Penampilan Pemain Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2019

Posted: 07 Dec 2019 07:50 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-22 sukses lolos ke laga puncak SEA Games 2019 Filipina. Kemenangan 4-2 atas Myanmar di semifinal yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019), membawa Tim Garuda Muda semakin dekat dengan emas SEA Games yang sudah lama dirindukan.

Dalam laga semifinal, Timnas Indonesia U-22 menaklukkan Myanmar dengan skor 4-2 lewat babak tambahan. Timnas Indonesia U-22 unggul dua gol lebih dulu lewat Evan Dimas Darmono dan Egy Maulana Vikri.

Namun, setelah itu pertahanan Timnas Indonesia U-22 lengah dan kemasukan dua gol hanya dalam 2 menit. Dua gol yang dicetak Aung Kaung Mann dan Win Naing Tun memanfaatkan kesalahan pemain Timnas Indonesia U-22, yaitu Zulfiandi dan Nadeo Argawinata.

Namun, tim besutan Indra Sjafri ini bisa bangkit. Pada babak tambahan, Osvaldo Haay dan Evan Dimas membuat kedudukan menjadi 4-2 dan bertahan hingga laga usai.

Timnas Indonesia U-22 sebenarnya bisa menang lebih telak karena dalam laga ini banyak peluang yang terbuang. Pelatih kawakan asal Malang, Ghusnul Yakin, mengakui jika Indonesia layak ke final.

"Serangan yang dilakukan sudah bervariasi, terutama babak kedua. Hampir semua pemain depan punya peluang," jelas mantan pelatih Arema ini soal performa Timnas Indonesia U-22.

Berikut rapor pemain Timnas Indonesia U-22 di pertandingan semifinal SEA Games 2019 menurut Ghusnul Yakin.

 

Lini Pertahanan

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Egy Maulana, menyundul bola saat melawan Myanmar U-22 di di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (M Iqbal Ichsan)

Nadeo Argawinata: 6,5

Sebuah kesalahan membuat nilai Nadeo berkurang. Tangkapan yang lepas berujung dengan gol kedua Myanmar yang membuat skor imbang 2-2 hingga waktu normal usai. Tapi di luar itu, Nadeo sebenarnya kiper yang bagus.

 

Asnawi Mangkualam: 7,5

Jika dibandingkan dengan laga-laga sebelumnya, di semifinal Aswani agak menurun. Maklum, tenaganya mungkin sudah terkuras. Baru di pengujung pertandingan dia mulai rajin naik ke depan dan sebuah assist bisa diberikan.

 

Andy Setyo: 7

Sebuah kesalahan dilakukannya ketika salah umpan dan membuat Myanmar dapat peluang emas di awal babak kedua. Tapi, di luar itu penampilan Andy Setyo terbilang lumayan.  

 

Bagas Adi: 7,5

Tak hanya disiplin mengawal pertahanan. Tapi, juga memberikan assist lewat tendangan bebas untuk gol kedua yang dicetak Egy Maulana Vikri.

 

Firza Andika: 7

Baru kembali setelah cedera. Penampilannya terlihat belum maksimal karena beberapa kali kehilangan bola.

 

Lini Tengah

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Evan Dimas, berusaha melepaskan tendangan saat melawan Myanmar U-22 di di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (M Iqbal Ichsan)

Evan Dimas: 8

Menciptakan dua gol dalam laga ini. Seperti biasa, permainannya sederhana tapi efektif.

 

Zulfiandi: 6,5

Tidak semaksimal seperti laga-laga sebelumnya. Gol pertama Myanmar karena Zulfiandi kehilangan bola.

 

M. Rafli: 6,5

Masih belum menemukan top performa di SEA Games. Entah apa yang terjadi. Padahal dia punya skill bagus. Mungkin karena sempat cedera. Dalam pertandingan ini, Rafli mengisi posisi gelandang serang untuk membantu Osvaldo Haay yang menjadi penyerang utama.

Lini Serang

Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol yang dicetak Evan Dimas ke gawang Myanmar U-22 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Egy Maulana Vikri: 8

Babak kedua dia baru memperlihatkan permainan sesungguhnya. Akselerasinya sukses melewat sejumlah pemain lawan. Sebuah assist diberikan untuk gol pertama yang dicetak Evan Dimas juga lewat tusukannya. Sebuah gol juga disumbangkannya.

 

Osvaldo Haay: 8

Mengawali pertandingan sebagai ujung tombak yang dibantu oleh Rafli di belakangnya. Meski begitu, dia yang menciptakan peluang emas pertama Indonesia. Pada babak tambahan, dia menyumbangkan sebuah gol.

 

 

Saddil Ramdani: 8

Tusukannya dari sektor sayap membuat pertahanan Myanmar berantakan. Mayoritas peluang yang didapatkan Indonesia bermula dari kakinya.

 

Supersub

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Myanmar U-22 di di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12). Indonesia menang 4-2 atas Myanmar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sani Rizky Fauzi: 7,5

Dia jadi gelandang yang agresif. Meski posturnya kecil tapi berani duel dan skillnya bagus.

 

Dodi Alex: 7

Turun sebagai bek kiri. Lebih sering bertahan ketimbang bantu serangan.Tapi dia bisa membuat pemain sayap Myanmar tak berkembang.

 

Rachmat Irianto: 7

Gelandang petarung. Masuk ketika lini tengah butuh pemain yang bisa memotong serangan lawan dari lini tengah.

 

Witan Sulaeman: 7

Menjadi pemain yang paling terakhir masuk dalam skema kali ini. Witan melengkapi penyegaran komposisi pemain Timnas Indonesia U-22 di babak tambahan yang memang memperbolehkan masing-masing tim menambah satu pergantian pemain lagi.

Disadur dari Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 DPW PAN Deklarasi Dukung Zulhas, DPP: Itu Aspirasi

Posted: 07 Dec 2019 07:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 30 pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN menyatakan dukungannya kepada  Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk kembali maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PAN.  Deklarasi itu disampaikan pada Sabtu 7 Desember 2019 malam atau tak lama setelah Rakernas PAN berlangsung. 

Waketum DPP PAN Totok Daryanto menyatakan, deklarasi itu merupakan bagian dari aspirasi kader.

"Kalau ada klaim dukung dan tidak (salah satu calon) itu bagus. Artinya dinamika berpolitik berjalan. Soal deklarasi DPW itu kan bisa dilihat sendiri, benar atau tidak? Kan ada fotonya, ada beritanya," kata Totok kepada Liputan6.com, Minggu (8/12/2019).

Menurut Totok, deklarasi 30 DPW itu adalah sebuah kenyataan yang tidak bisa dihindari. "Dukungan itu memang aspirasi mereka, semoga saja semua pihak bisa memahami realitas yang berkembang di kader PAN, sebagai kenyataan yang tidak bisa diingkari," jelasnya.

Semua pihak di PAN, lanjut Totok, diharapkan bisa bijak dalam menyikapi pendapat dan aspirasi tiap kader. Hal itu hendaknya dapat ditampung terlebih dahulu.

"Jadi kita harus bijak, kalau ada aspirasi itu bagaimana, apakah akan dibungkam atau diterima. (Seharusnya) aspirasi ya harus didengarkan," katanya.

Totok menyebut alasan adanya deklarasi itu lantaran saat Rakernas, DPW tidak diberi kesempatan menyampaikan langsung aspirasi. "Mereka tidak puas karena dalam Rakernas tidak bisa terbuka menyatakan dukungan," tuturnya. 

 

Demokrasi PAN Berjalan

Adanya berbagai ungkapan dukungan atau deklarsi dari berbagai pendukung masing-masing caketum PAN, menurut Totok adalah hal baik bagi jalannnya demokrasi, terutama di internal PAN. "Kalau kongres ya biar ramai lah, masa mau sepi-sepi aja," ia menandaskan.

Diketahui, 30 pengurus DPW PAN menyatakan dukungan agar Zulkifli Hasan kembali maju mencalonkan diri sebagai Ketum PAN. 

Ketua DPW PAN NTB, Muazzim Akbar menyatakan bawha 30 DPW PAN sudah meminta dan mendukung Zulkifli Hasan untuk menjadi ketua umum PAN periode 2020-2025. Meski demikian, ada 4 DPW PAN lainnya yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan Sumatera Utara tidak hadir dalam deklarasi dukungan ke Zulkifli Hasan itu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diego Simeone Pede Bakal Dipertahankan Atletico Madrid

Posted: 07 Dec 2019 07:35 PM PST

Jakarta Diego Simeone tak yakin Atletico Madrid babak di tengah rumor bahwa Arsenal ingin menjadikannya manajer permanen berikutnya.

Diego Simeone sedang ada dalam tekanan, Atletico hanya memenangi satu dari tujuh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Serangkaian hasil yang mengecewakan ini membuat Atletico Madrid merosot ke urutan keenam di La Liga dan juga mereka membutuhkan kemenangan atas Lokomotiv Moscow pekan depan untuk menjamin lolos ke fase knock-out Liga Champions.

Rumor panas berkembang menyebut Simeone bakal dipecat jika kinerja klub tak membaik dalam beberapa pekan ke depan. Akan tetapi pelatig asal Argentina mengklaim ini tidak terjadi dan dia menghadapi tekanan yang sama seperti musim lainnya.

"Dalam delapan tahun saya di sini, selalu ada spekulasi sesaat. Namun, kami bergerak maju dengan kesabaran dan banyak energi. Saya tidak berpikir ada lebih banyak kritik daripada di musim lain," kata Diego Simeone.

 

Terbiasa Menghadapi Tekanan

Diego Simeone (AP/Andreas Gebert)

"Tanggung jawab yang saya miliki sangat besar. Saya menganggapnya dan membagi beban dengan pemain, klub, orang-orang yang bekerja di ruang ganti. Kita semua memiliki tanggung jawab, bagian yang saya pikul penting dan saya sedang mencari solusi sehingga semuanya kembali ke situasi terbaik, yaitu untuk menang. Ketika Anda menang, semuanya terlihat jauh lebih baik," tutur Diego Simeone. 

Simeone disebut-sebut sebagai kandidat untuk mengambil alih jabatan manajer permanen di Arsenal setelah pemecatan Unai Emery baru-baru ini. Namun, tampaknya ia tidak berniat meninggalkan ibu kota Spanyol dalam waktu dekat.

Kepindahan ke London hanya akan menjadi pilihan jika ia dipecat. Jadi pelatih Atletico Madrid sejak 2011, Simeone dinilai sukses menjaga eksistensi klub, sekalipun tiap musim klub kehilangan pemain-pemain penting. Kekalahan dari Barcelona 1-2 pada pekan lalu mengingatkan para penggemar dan media bahwa Atletico tengah musim transisi untuk kesekian kali.

Musim Transisi

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, memberikan instruksi kepada pemainnya saat melawan Juventus pada laga ICC di Stadion Solna, Stockholm, Sabtu (10/8). Atletico menang 2-1 atas Juventus. (AFP/Jonathan Nackstrand)

"Perubahan akan datang dan, alih-alih mengenai tiang, bola akan masuk," kata Diego Simeone.

"Kami harus tetap sabar dan tahu bahwa kami berada di tahun transisi."

Atletico Madrid ditinggal sejumlah pemain penting pada musim musim panas lalu. Antonie Griezmann, Diego Godin, Rodri, Lucas Hernandez, Juanfran, Filipe Luis, dan Gelson Martins  pindah klub. Simeone membangun ulang tim dengan rekrutan-rekrutan anyar macam Joao Felix yang butuh waktu untuk nyetel dengan tim.

Sumber: Metro

Disadur dari Bola.com (Ario Josia,published 7/12/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Tahun Berlalu, Ini Kabar Terbaru 8 Pemain Sinetron Senandung Masa Puber

Posted: 07 Dec 2019 07:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu generasi 90-an tentu saja tak asing dengan sinetron satu ini. Senandung Masa Puber merupakan salah satu sinetron yang memiliki cukup banyak penonton setia.

Berkat bakat akting dari masing-masing artis hingga jalan cerita yang apik membuat Senandung Masa Puber menjadi salah satu sinetron favorit para remaja angkatan 2000-an. Memiliki jalan cerita soal kisah cinta masa remaja, persahabatan hingga keluarga membuat sinetron ini cukup populer salama masa penayangan dari 2003 hingga 2004.

Meski sudah tak tayang lagi di layar kaca Indonesia, akan tetapi para pemain dari Senandung Masa Puber ini pun masih eksis hingga sekarang. Tentu saja, perubahan penampilan menjadi hal yang cukup signifikan terlihat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (8/12/2019) berikut ini beberapa potret terbaru dari para pemain Senandung Masa Puber.

1. Raffi Ahmad yang berperan sebagai Diaz ini pun sukses menjadi seorang entertainer loh.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/raffinagita1717)

2. Ada pula Arifin Putra yang menjadi Rangga sahabat dari Diaz nih. Kini, Arifin Putra lebih sering bermain dalam film laga.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/ arifinputra_)

3. Pemeran Vicky yang cukup nakal di sinetron Senandung Masa Puber ini diperankan oleh Irwansyah loh. Saat ini Irwansyah pun masih aktif bermain sinetron dan memiliki beberapa usaha.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram /irwansyah_15)

4. Ada pula Bunga Citra Lestari yang memerankan tokoh Cintya, anak baru dari luar negeri yang cukup popular nih. Kini, Bunga Citra Lestari masih aktif di dunia entertain dan memiliki lagu tersendiri.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/ bclsinclair)

5. Hengky Kurniawan yang berperan menjadi Kakak Diaz dalam Senandung Masa Puber ini, kini menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung Barat.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/hengkykurniawan)

6. Laudya Cynthia Bella yang berperan sebagai Sofi. Kini Bella sudah jarang muncul di layar kaca dan telah menjadi istri dari Engku Emran, pengusaha asal Malaysia.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/ laudyacynthiabella)

7. Lala Karmela yang memainkan sosok Wulan, penggemar Diaz. Kini Lala Karmela memang jarang terlihat di layar kaca sebagai pemain sinetron, akan tetapi dirinya aktif menjadi penyanyi.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/ lalakarmela)

8. Teman dari Sofi, Rini yang diperankan oleh Zaskia Adya Mecca ini pun mulai jarang terlihat di layar kaca. Ia pun lebih menikmati perannya menjadi ibu rumah tangga.

Pemain Senandung Masa Puber (Sumber: YouTube/MVP Hits/ Instagram/ zaskiadyamecca)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Akhirnya Clean Sheet, Klopp: Sudah Lupa Rasanya

Posted: 07 Dec 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, bersyukur timnya kembali clean sheet setelah dua bulan tidak melakukannya. The Reds menang 3 -0 di kandang Bournemouth, Sabtu (7/12/2019).

Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita, dan Mohamed Salah mencatatkan nama mereka di papan skor untuk Liverpool. Kemenangan itu mengokohkan Liverpool di puncak klasemen sementara Liga Inggris.

Terakhir kali Liverpool membukukan clean sheet ketika menang 1-0 di kandang Sheffield United pada 28 September lalu. Klopp mengaku senang dan berharap Virgil van Dijk dan kawan-kawan kembali melakukannya di laga-laga selanjutnya.

"Jujur saya sudah lupa bagaimana rasanya!" ucap Klopp, seusai pertandingan lawan Bournemouth, seperti dilansir situs resmi Liverpool.

"Rasanya luar biasa kami seharusnya lebih banyak melakukannya," jelas pelatih berpaspor Jerman ini.

Pada laga berikutnya, Liverpool harus melawat ke markas Red Bull Salzburg di Austria pada Selasa (11/12) waktu setempat atau Rabu (12/12) dini hari WIB dalam pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions musim ini. Para pemain The Reds berhasrat clean sheet lagi.

Sangat Dibutuhkan

Para pemain Liverpool merayakan gol. (AFP/Paul Ellis)

"Jelas semua orang di dalam ruang ganti sudah menantikannya, sekarang kami harus bisa melakukannya lebih sering," ujar mantan pelatih Borussia Dortmund ini.

"Pertandingan berikutnya adalah momen ketika clean sheet sangat dibutuhkan, melawan Salzburg. Sungguh menyenangkan bisa merasakannya lagi," tutur Klopp.

Butuh Imbang

Liverpool hanya butuh hasil imbang untuk memastikan mereka lolos ke babak 16 besar Liga Champions, dengan menyegel peringkat kedua Grup E. Di Liga Inggris, The Reds berada di posisi teratas dengan koleksi 46 poin dari 16 pertandingan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Jateng Ganjar Pimpin Demo 3.000 Pelajar Antikorupsi

Posted: 07 Dec 2019 07:29 PM PST

Liputan6.com, Semarang - Sebanyak 3.000 pelajar dari berbagai sekolah di Jawa Tengah menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Gubernur Jateng, Jl Pahlawan Kota Semarang, Minggu (8/12). Uniknya, aksi demo dalam rangka peringatan hari antikorupsi sedunia (Hakordia) 2019 itu dipimpin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sejak pagi, ribuan pelajar itu sudah memenuhi kawasan Simpanglima Kota Semarang. Sambil berjalan menuju depan kantor Gubernuran, mereka meneriakkan yel-yel anti korupsi dan mengangkat tinggi poster-poster berisi tuntutannya.

Uniknya, poster yang dibawa para pelajar itu tidak seperti poster demo biasanya. Khas dengan generasi millenial, kalimat-kalimat unik seperti 'Jangan Makan Uangku, Makan Saja Mantanku', 'Cukup Atiku Sing Ambyar, Negoroku Ojo', 'Mending Ketemu Tikus Tanah, Dibanding Tikus Berdasi', dan lainnya, menghiasi poster-poster mereka.

Sesampainya di depan kantor Gubernuran, ribuan pelajar itu langsung satu komando dan menggelar aksi. Ganjar yang mengenakan kaos putih bertuliskan 'Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi' dan berikat kepala merah putih, langsung naik panggung memimpin aksi.

"Tadi malam saya mendapat kabar, ada ribuan pelajar yang mau demo melawan korupsi. Saya minta para orator, ayo langsung ke atas panggung," kata Ganjar.

Satu persatu perwakilan pelajar berorasi dengan lantang. Mereka memompa semangat generasi muda untuk melawan segala bentuk praktik korupsi yang telah menyengsarakan nasib rakyat.

"Kita sebagai generasi muda, mari kita beriktiar mewujudkan Indonesia dan Jawa Tengah bebas korupsi. Walaupun masih muda, tapi jiwa dan semangat kita membara," kata Intan Latifah, salah satu orator dari SMAN 1 Purwanegara Banjarnegara.

"Kalau PNS jadi koruptor, nggak usah ngantor, tapi langsung didor. Koruptor harus dihukum mati," timpal M Aji Kurniawan, orator dari SMK Negeri Jateng di Pati.

Tak hanya memimpin aksi demo, Ganjar juga mengajak ribuan pelajar itu menempel sticker anti korupsi di sejumlah mobil dinas Pemprov Jateng. Sticker bertuliskan 'Nek Aku Korupsi, Ora Slamet' itu ditempel di mobil-mobil pelat merah Pemprov Jateng.

Demo di tengah Car Free Day itu semakin meraih dengan adanya instalasi mosaik. Ribuan kertas warna warni ditempelkan para pelajar dan warga pada sembilan panel. Sebelumnya mereka menuliskan harapan, doa, kritik, dan dukungan untuk pemberantasan korupsi. Sembilan panel itu kemudian digabung membentuk gambar tikus dicoret.

"Saya senang dan bangga pada pelajar yang hebat-hebat ini, mereka menegaskan diri untuk siap menjadi agen anti korupsi. Sejak dini kami ajak mereka untuk terlibat, merasakan, mengkritik bahkan mencaci terhadap hal-hal berbau korupsi," kata Ganjar .

 

PNS Koruptor Tak Usah Masuk Kantor

Menurut Ganjar, aksi demonstrasi yang digelar oleh para pelajar itu merupakan hal yang luar biasa. Mereka berani untuk menyerukan perlawanan terhadap praktik korupsi demi masa depan bangsa.

"Tadi keren, ada seruan mereka misalnya, PNS yang koruptor, tidak usah masuk kantor, langsung didor. Ini merupakan ungkapan kejengkelan dari mereka yang mudah-mudahan menjadikan mereka generasi berintegritas," tegasnya.

Kepedulian anak muda akan gerakan anti korupsi lanjut Ganjar memang penting diterapkan sejak dini. Mulai dari hal-hal kecil, semisal tidak mencontek, disiplin masuk sekolah, tidak berbohong dan lainnya.

"Mereka kelak akan menjadi pemimpin bangsa, semoga ini awal yang bagus untuk menanamkan integritas. Saya minta guru-guru membimbing," tegasnya.

Ganjar pun menegaskan bahwa para pelajar yang hadir dalam acara tersebut telah resmi menjadi agen antikorupsi. Mereka diminta ikut mengawasi seluruh kegiatan di sekolah, seperti pungutan, pembangunan sarana prasarana hingga di lingkungan masing-masing.

"Anak-anak ini akan menjadi agen saya untuk melawan korupsi. Kepala sekolah dan guru harus bertanggungjawab dalam pengelolaan sekolahnya, karena anak-anak ini akan mengawasi. Maka kita harapkan ke depan, akan tumbuh kesadaran jaga sekolahku, jaga puskesmasku, dan semua akan berintegritas," tutupnya.

Reporter : Hery H Winarno

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: MU Bungkam Manchester City 2-1 di Etihad Stadium

Posted: 07 Dec 2019 07:15 PM PST

Pemain Manchester City David Silva (kiri tengah) berebut bola dengan pemain Manchester United Jesse Lindgard pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester City David Silva (kiri tengah) berebut bola dengan pemain Manchester United Jesse Lindgard pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester United Fred bereaksi setelah benda-benda dilemparkan kepadanya pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (Mike Egerton/PA via AP)

Pemain Manchester United Fred bereaksi setelah benda-benda dilemparkan kepadanya pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (Mike Egerton/PA via AP)

Pemain Manchester City Raheem Sterling bereaksi setelah kehilangan kesempatan untuk mencetak gol ke gawang Manchester United pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester City Raheem Sterling bereaksi setelah kehilangan kesempatan untuk mencetak gol ke gawang Manchester United pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester United Marcus Rashford (kanan) mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester United Marcus Rashford (kanan) mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain bereaksi terhadap barang-barang yang dilemparkan oleh penggemar Manchester City terhadap pemain Manchester United pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain bereaksi terhadap barang-barang yang dilemparkan oleh penggemar Manchester City terhadap pemain Manchester United pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester United Marcus Rashford (tengah) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Pemain Manchester United Marcus Rashford (tengah) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 Dibayangi Kelelahan Jelang Final SEA Games 2019

Posted: 07 Dec 2019 07:15 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 harus bermain hingga babak tambahan ketika mengalahkan Myanmar 4-2 di laga semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, Sabtu (7/12/2019) di Manila, Filipina.

Laga itu menguras energi para pemain Garuda Muda karena harus bermain hingga 120 menit. Memulihkan kondisi fisik harus dilakukan para pemain Timnas Indonesia U-22 sebelum partai final melawan Vietnam, Selasa (10/12/2019).

Tim dokter Timnas Indonesia U-22 berupaya memulihkan stamina Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Hal itu dilakukan agar anak-anak asuhan Indra Sjafri berada dalam kondisi bugar saat pertandingan final.

Berbagai cara akan dilakukan tim dokter untuk mengembalikan dan memulihkan tenaga para pemain Timnas Indonesia U-22. "Kami akan mencoba untuk mengembalikan tenaga mereka," ungkap dokter Timnas Indonesia U-22, Syarif Alwi, seperti dilansir Antara.

Menurut dokter yang biasa disapa Papi itu, beberapa metode untuk mengembalikan tenaga dan kebugaran para pemain Garuda Muda yakni dengan terapi es, fisioterapi serta pijatan.

Pemberian Suplemen

Timnas Indonesia U-22 merayakan keberhasilan ke final SEA Games 2019 setelah mengalahkan Myanmar 4-2 di semifinal di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12/2019). (Bola.com/ M. Iqbal Ichsan)

Selain itu, juga ada pemberian suplemen untuk mempercepat pemulihan fisik. "Setelah laga melawan Myanmar di semifinal, anak-anak memang terlihat sangat kelelahan," beber Syarif.

Timnas Indonesia U-22 menjalani jadwal padat selama SEA Games 2019, di mana mereka sudah bertanding sejak 26 November 2019. Jeda dari satu pertandingan ke pertanidngan lain hanya satu hari.

6 Pertandingan

Walau demikian, dari enam pertandingan yang telah dilalui, Garuda Muda menang lima kali dan sekali kalah. Kini, Timnas Indonesia U-22 lolos ke final dan bertekad mengakhiri paceklik medali emas sepak bola SEA Games, setelah terakhir memenangkannya pada 1991.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

REBACCA ALMA LOAN COMPANY mengatakan...

PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR BERLAKU SEKARANG.


Pencari Pinjaman yang Terhormat,


Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.


Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika berminat silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.


kami memberikan yang berikut;

*Perbaikan rumah

* Pinjaman Inventor

* Kredit Mobil

* Pinjaman Konsolidasi Utang

* Jalur Kredit

* Pinjaman Kedua

* Pinjaman Bisnis

*Pinjaman pribadi

* Pinjaman Internasional.


Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


Semoga berhasil,

PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.