Selasa, 17 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Indonesia Jadi Tuan Rumah Dialog Soal Hubungan Beragama di Asia Selatan dan Tenggara

Posted: 17 Dec 2019 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - International Dialogue Centre (KAICIID) yang bermarkas di Vienna, Austria bekerjasama dengan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan menggelar forum dialog regional pada 18-19 Desember 2019 di Jakarta.

Lebih dari 65 pemuka agama serta pembuat kebijakan dari lima negara berbeda diperkirakan hadir dalam acara tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk saling memahami dan berkomunikasi antar komunitas agama di wilayah Asia Selatan hingga Asia Tenggara.

Forum dialog tersebut bertemakan "Memupuk Dialog Religius Antar dan Intra Agama untuk Mencegah dan Memitigasi Konflik di Asia Selatan dan Tenggara".

Dinamika antara dan intra agama di Asia Selatan dan Tenggara meningkat dalam satu dekade terakhir. Berkembangnya intoleransi, baik dalam sisi agama maupun etnis, telah menyebabkan perpecahan dan bahkan konflik keamanan di banyak negara di daerah tersebut.

Workshop ini bertujuan untuk menjadi platform dialog dan tukar pikiran antar pemuka agama tentang hubungan beragama di Asia Selatan dan Tenggara, memfasilitasi kerjasama antar pemuka agama dan memupuk hubungan dengan pemangku kebijakan di tingkat regional.

"Jika kita ingin melawan efek intoleransi, yang menjadi tren mengkhawatirkan bukan hanya di Asia Tenggara, tapi di seluruh dunia, kita harus fokus akan kebutuhan untuk berintegrasi dengan berbagai ideologi, beragam cara hidup, dan berbagai keyakinan agama," kata Sekjen KAICIID Faisal bin Muammar.

Ia juga menyampaikan bahwa agama bisa saja dijadikan alat manipulasi politik oleh sejumlah pihak. Lima miliar orang di dunia memiliki afiliasi keagamaan, hal itu membuat agama menjadi suatu hal penting dalam menentukan identitas seorang. Dalam keadaan seperti itu, manusia akan cendrung bereaksi secara ekstrim jika agama yang mereka yakini mengalami penyerangan.

Peran Pemuka Agama

Faisal bin Muammar, Sekjen KAICIID. (Liputan6.com/Benedikta Miranti T.V)

Topik utama yang akan dibahas di acara tersebut termasuk peran pemuka agama dalam mendeteksi sentimen kebencian dan ajakan kekerasan di di dunia maya, memfasilitasi keamanan akses ke rumah ibadah dan perlindungannya, juga beberapa tantangan yang berhubungan dengan inklusivitas di sektor pendidikan.

"Melalui pertemuan ini OIC berharap untuk lebih melibatkan pemuka agama dan pemangku kebijakan dalam sebuah dialog konstruktif tentang bagaimana masyarakat multi-agama, termasuk komunitas Muslim dan Buddha, di seluruh daerah dapat duduk bersama bukanhanya unutk kemaslahatan umatnya masing-masing tetapi untuk kebaikan seluruh manusia," ujar Sekjen OKI Dr. Yousef Al-Othaimeen.

Wakil ketua MPR sekaligus penasehat KAICIID, Hidayat Nur Wahid menyampaikan acara ini bermaksud untu mendialogkan beragam kondisi keberagamaan di Asia Tenggara dan di Asia Selatan dan berharap untuk mencari titik-titik agama yang dapat membawa ke kehidupan harmonis. 

"Agama harusnya bukan jadi hal yang dapat menimbulkan konflik tapi justru menjadi bagian dari suatu solusi," ujarnya.

Pertemuan di Jakarta ini merupakan yang kedua kalinya setelah pertemuan pertama yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada tahun 2017, yang diikuti lebih dari 70 pemuka agama dan pemangku kebijakan dari Asia Selatan dan Tenggara.

Berdasarkan masukan dari peserta pertemuan itu, KAICIID mulai menjalankan program negaranya di Myanmmar.

Program KAICIID di Myanmmar

Faisal bin Muammar, Sekjen KAICIID. (Liputan6.com/Benedikta Miranti T.V)

Sekjen KAICIID, Faisal bin Muammar menyebutkan bahwa program KAICIID di Myanmmar saat ini berjalan dengan baik. 

"Itu berjalan dengan baik dari kedua sisi. Kami membawa para pemuka agama untuk berdialog. Sejauh ini, dari pelatihan, usaha kami untuk menyatukan orang untuk saling terhubung berjalan dengan baik. Dan hal itu jadi hal yang menjanjikan bagi kita," ujar Faisal. 

Ketika ditanyai oleh awak media, Faisal menyebutkan bahwa pihaknya mendapat banyak dukungan dari para pemuka agama baik dari agama Muslim maupun Buddha.

Ia meyakini jika dialog antar agama terus berjalan dengan baik, para ekstrimis tidak lagi memiliki ruang untuk membuat kekacauan di tengah masyarakat. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Prediksi Arus Mudik Natal Terjadi Mulai Besok

Posted: 17 Dec 2019 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus mudik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) akan terjadi pada besok 19-20 Desember 2019.

Proyeksi arus mudik ini lebih cepat dari periode Nataru tahun lalu yang terjadi pada 21-22 Desember 2018.

"Perkiraan puncaknya, tanggal 19 dan 20 besok. Puncak baliknya tangal 25. Karena pertimbangan anak sekolah sudah libur lama, itu pada arus Natal," kata Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda, Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani, dalam acara diskusi persiapan angkutan mudik Nataru di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Sedangkan untuk puncak arus Tahun Baru akan terjadi pada 1-2 Januari 2020. Perkiraan ini hampir sama dengan periode Tahun Baru sebelumnya. "Pada arus Tahun Baru pucak tanggal 1 dan 2 Januari," imbuh dia.

Di sisi lain dia menambahkan, berdasarkan hasil survei litbang Kemenhub masyarakat yang melakukan mudik pada masa Nataru mayoritas akam menggunakan kendaraan pribadi. Sementara yang menggunakan bus diperkirakan akan menurun.

Data lain juga menunjukan 60 persen pemudim berasal dari wilayah Jakarta dan Bandung. Dari presentase tersebut sebanyak 70 persen masyarakat akan menyasar ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Penumpang Membludak, Kemenhub Siapkan 17 Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok

Salah satu kapal Pelni untuk melayani pemudik (Liputan6.com / Yoseph Ikanubun)

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi adanya lonjakan penumpang di pelabuhan Tanjung Priok sebesar 5 persen jelang natal 2019 dan tahun baru 2020.

Mengantisipasi hal tersebut, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok telah menyiagakan 17 kapal untuk menampung tambahan penumpang.

"Penumpang pada tahun ini di Tanjung Priok diperkirakan meningkat sebanyak 1.313 orang menjadi 27.575 orang," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Hermanta, mengutip keterangan pers, Selasa (17/12/2019).

Kapasitas 17 kapal itu ialah sebanyak 17.384 orang dengan total perjalanan sebanyak 66 voyage. Hermanta juga menegaskan untuk tetap menjaga kondusifitas penyelenggaraan angkutan laut.

 

Tak Ada Kenaikan Tarif

Ratusan Pemudik saat mengantri memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa Subuh, (14/7/2015). Meski sudah memasuki H-3 pelabuhan merak relatif normal dan belum terdapat lonjakan penumpang yang signifikan.(Liputan6.com/Johan Tallo)

Kemenhub meminta kepada petugas untuk mengawasi keselamatan pelayaran dan mengantisipasi agar tidak terjadi masalah percaloan tiket, kenaikan tarif melebihi ketentuan, penelantaran penumpang serta melakukan tindakan yang tegas terhadap setiap pelanggaran.

"Secara internal sesama petugas juga harus saling meningkatkan komunikasi untuk memperlancar tugas pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut, Jaga Kesehatannya Secara Alami

Posted: 17 Dec 2019 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kemiri untuk rambut sangat beragam, terlebih untuk menjaga kesehatan rambut secara alami. Minyak kemiri bisa kamu peroleh dengan mudah di pasaran bahkan membuatnya sendiri di rumah.

Minyak kemiri banyak digunakan untuk perawatan rambut secara tradisonal. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapat dari adanya kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Maka enggak heran banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai salah satu bahan utamanya. Selain mendapatkannya di berbagai produk perawatan rambut, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara membuatnya yang sangat mudah.

Berikut tujuh manfaat minyak kemiri untuk rambut beserta cara membuatnya sendiri di rumah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019).

Jaga Kesehatan dan Mengatasi Rambut Rontok

Rambut Rontok ©Shutterstock

Jaga Kesehatan Rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut pertama untuk menutrisi rambut. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala.

Lakukan pijatan dengan rambut dan biarkan semalaman. Keeseokan harinya bilas dengan sampo. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan rambut yang subur dan tebal.

Mengatasi Rambut Rontok

Apabila kamu memiliki masalah rambut rontok, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengtasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan protein dan mineral yang terkandung di dalam kemiri. Minyak kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

Menumbuhkan dan Jadikan Rambut Hitam Lebat

Rambut Hitam (iStockPhoto)

Menumbuhkan Rambut

Apabila kamu memiliki masalah dengan kebotakan, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk membantu mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut mampu membantu mengatasi kebotakan karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut bahkan lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya.

Jadikan Rambut Lebih Hitam

Mempunyai rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun, enggak semua orang beruntung mendapatkannya sejak lahir.

Apabila kamu berkeinginan untuk mendapatkan rambut lebih tebal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membuat rambut kembali bersinar tanpa perlu mewarnainya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri secara rutin dan sabar.

Perkuat Akar dan Mengurangi Radang Akibat Ketombe

Ketombe (Sumber: iStockphoto)

Memperkuat Akar Rambut

Salah satu penyebab rambut mudah rontok diakibatkan akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut.

Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya mampu mengurangi peradangan akibat ketombe. Manfaat ini didapatkan dari adanya asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6 yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Ilustrasi rambut beruban/copyright shutterstock

Masalah rambut yang membuat banyak orang sebal selain rontok, kering, dan bercabang adalah munculnya uban. Terlebih jika uban tersebut muncul pada usia muda.

Sebenarnya munculnya uban di usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut ini, kamu bisa melakukan perawatan rutin dengan mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut secara rutin. Dengan begitu uban akan secara perlahan menghilang.

Cara Membuat Minyak Kemiri Alami dengan Mudah

ilustrasi kemiri/copyright Shutterstock

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

Cara membuat kemiri dengan cara dibakar tidaklah sulit. Namun, karena dibakar maka ketika pemakaian saat perawatan hindari mengenai pakaian karena akan berbagau kemiri yang dibakar.

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang.

3. Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga keluar minyaknya.

4. Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Kamu bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya.

3. Setelah diparut atau diblender, peras biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.

4. Taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.

5. Kemudian masak air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.

6. Kekurangan dari metode ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama.

7. Namun minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apapun.

Cara Membuat Minyak kemiri dengan Disangrai

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.

3. Biji kemiri yang telah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus atau diblender.

4. Kemudian setelah biji kemiri dihaluskan, peras dengan menggunakan air.

Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut

Ilustrasi Rambut Sehat./Copyright pexels.com/qi bin

Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut, kamu perlu mengetahui cara menggunakannya dengan tepat. Cukup sangrai beberapa biji kemiri kemudian haluskan dengan cara diparut ataupun diblender. Setelah itu peras parutan kemiri sampai menghasilkan minyak.

Kemudian balurkan secara rutin minyak kemiri ke kulit kepala sebelum keramas dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan sampo. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai overnight treatment.

Gunakan minyak kemiri pada kepala, kemudian tutup dengan handuk dan biarkan semalaman. Esoknya bilas hingga bersih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIDA 2020 Siap Tayang di Indosiar, Jakarta sebagai Kota Terakhir Audisi

Posted: 17 Dec 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Roadshow audisi LIDA 2020 sampailah di kota terakhir, Jakarta. Audisi di ibukota digelar di kantor Indosiar, DaanMogot, Jakarta Barat, Minggu (15/12/2019) pagi hingga sore hari.

Audisi LIDA 2020 sudah digelar Indosiar sejak akhir bulan September 2019. Audisi ini diikuti oleh pria atau wanita berusia 14 – 25 tahun yang merupakan penduduk atau berdomisili di provinsi setempat.

Selain audisi secara langsung, Indosiar juga membuka audisi secara online melalui https://www.kapanlagi.com/ dangdut/audisi-liga-dangdut- 2020/. Ayo ikuti audisi LIDA 2020! Seluruh proses audisi LIDA 2020 tidak dipungut biaya apapun. Gratis! 

Inilah keseruan audisi LIDA 2020, di ibukota, seteah menyambangi 33 propinsi lainnya, sejak September lalu. 

 

Audisi LIDA 2020 di Jakarta, sebagai kota audisi terakhir, Minggu (15/12/2019) mulai pukul 09.00 WIB

Demam LIDA

Demam LIDA 2020 digelar di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019)

Selain audisi LIDA 2020 dan Demam LIDA 2020, Indosiar juga akan hadir secara langsung menyapa penggemar setianya dalam Panggung Gembira. Acara berlangsung di Pangandaran, Jawa Barat pada hari Sabtu (14/12/2019). Indosiar menayangkan live mulai pukul 07.30 WIB dan Minggu (15/12/2019) juga ditayangkan pada jam yang sama. 

Artis-artis Top

Demam LIDA 2020 digelar di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (14/12/2019)

Panggung Gembira dalam rangka Demam LIDA 2020 kali ini digelar di Lapangan Grand Pangandaran. Panggung musik ini dimeriahkan oleh sederet penyanyi dangdut ternama tanah air diantaranya Fitri Carlina, Gamma1, Selfi LIDA, Nabila LIDA, Fikoh LIDA, Ical DA, Tika BP, Evis BP, Jamila BP.

Ada juga Kuburan Band, Alam, Irwan DA, Habib DA, Rani DA, Hanan LIDA, Selvi BP, Anna BP, Vera Borneo, dan masih banyak lagi. Semakin menarik dengan dipandu oleh hots; Indra Bekti, Chika Jessica, Rara LIDA dan Jirayut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Pertandingan NBA Hari Ini: Laju Kemenangan Beruntun Lakers Terhenti

Posted: 17 Dec 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju kemenangan Los Angeles Lakers di NBA 2019/2020 terhenti di angka 14. Dengan Anthony Davis absen akibat cedera engkel, mereka menyerah 102-105 di Bankers Life Fieldhouse, Selasa (17/12/2019) atau Rabu pagi WIB.

Meski tumbang, posisi Lakers sebagai tim terbaik di Wilayah Barat NBA musim ini belum tergoyahkan. Mereka memiliki rapor 24-4, unggul jauh atas pesaing terdekat LA Clippers 20-9.

LeBron James menjadi bintang utama Lakers saat menghadapi Pacer dengan mencetak 20 poin, sembilan rebound, dan sembilan assist. Dwight Howard membantu dari bangku cadangan dan menyumbang 20 angka.

Penampilan mereka tidak cukup setelah Malcolm Brogdon memasukkan layup demi membawa Pacers memimpin. Sementara Rajon Rondo gagal menyamakan kedudukan lewat tembakan tiga poin.

Selain tumbangnya Lakers, berikut hasil pertandingan NBA hari ini:

Hasil Lengkap

NBA. (AFP/Doug Pensinger)

Pacers 105 Lakers 102

Hornets 110 Kings 102

Knicks 143 Hawks 120

Nets 108 Pelicans 108

Clippers 120 Suns 99

Jazz 109 Magic 102

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Mahfud soal Nama Artidjo dan Albertina Ho di Bursa Dewan Pengawas KPK

Posted: 17 Dec 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap sejumlah nama yang diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas KPK. Ada nama hakim Albertina Ho dan mantan hakim agung Artidjo Alkostar.

Menko Polhukam Mahfud Md tidak mau membenarkan atau menyalahkannya. Dia hanya berharap mudah-mudahan saja keduanya jadi terpilih sebagai Dewan Pengawas KPK.

"Mudah-mudahan saja," kata Mahfud, Rabu (18/12/2019).

Menurut dia, untuk kepastian nama yang terpilih menjadi Dewan Pengawas KPK yang pertama, tergantung keputusan Presiden Jokowi. Oleh karena itu, dia enggan berkomentar banyak.

"Resminya, nunggu pengumuman dari Presiden," pungkasnya soal Dewan Pengawas KPK.

 

Belum Final

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah mengungkapkan sejumlah nama untuk duduk sebagai Dewan Pengawas KPK. Namun, nama-nama itu belum difinalisasi.

"Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana," kata Jokowi.

"Ada hakim Albertine Ho, itu tapi belum diputuskan loh ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan," lanjut dia.

Dia memastikan, orang-orang yang terpilih sebagai Dewan Pengawas KPK adalah orang-orang yang baik. "Saya kira itu namanya ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik," ujar Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game

Posted: 17 Dec 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kaesang Pangarep dan Reza Arap Oktovia ini namanya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan. Kaesang terkenal sebagai anak Presiden Joko Widodo yang menggeluti usaha bisnis. Sementara Reza Arap merupakan YouTuber yang terkenal dengan konten gamingnya.

Seperti diketahui, Kaesang dan Reza Arap memang dekat sebagai sahabat. Kini keduanya bekerja sama membangun bisnis warung internet atau lebih akrab disebut warnet. Mereka membuat warnet di kawasan Sunter Agung, Jakarta Utara. Bisnis warnet keduanya diberi nama Tokyo Gamingspace.

Tokyo Gamingspace dibuka secara resmi pada 7 Desember 2019. Bisnis warnet keduanya ini mengutamakan kenyamanan pelanggan, terlihat dari PC hingga kursi yang berkualitas. Terkait harga, warnet Tokyo Gamingspace masih bisa terjangkau yakni Rp 10 ribu per jamnya untuk paket reguler.

Penasaran kan bagaimana penampakan isi warnet milik Kaesang dan Reza Arap? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penampakan isi warnet Tokyo Gamingspace, Rabu (18/12/2019).

1. Ini dia bisnis warnet milik Kaesang dan Reza Arap. Warnet keduanya diberi nama Tokyo Gamingspace.

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game (sumber: Instagram.com/mangkokku_id)

2. Tokyo Gamingspace resmi dibuka 7 Desember 2019 bertempat di kawasan Sunter Agung, Jakarta Utara.

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game (sumber: Instagram.com/tokyo.gamingspace)

3. Kaesang dan Reza Arap memang sudah bersahabat sejak lama. Namun baru kali ini mereka bekerja sama di bidang bisnis.

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game (sumber: Instagram.com/tokyo.gamingspace)

4. Warnet Tokyo Gamingspace ini sangat nyaman dengan kursi dan PC yang berkualitas.

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game (sumber: Instagram.com/tokyo.gamingspace)

5. Harganya pun cukup terjangkau yakni Rp 10 ribu per jamnya untuk paket reguler.

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game (sumber: Instagram.com/tokyo.gamingspace)

6. Tidak hanya paket reguler, masih banyak paket lainnya seperti VIP yang harganya Rp 15 ribu per jam dan battle arena harganya Rp 20 ribu per jam.

7 Penampakan Isi Warnet Milik Kaesang dan Reza Arap, Bikin Betah Main Game (sumber: Instagram.com/tokyo.gamingspace)

7. Ini dia suasana ramai saat grand opening Tokyo Gamingspace pada 7 Desember 2019.

View this post on Instagram

fixxxxx sudahh, yuk dateng!

A post shared by TOKYO GAMINGSPACE 🐇 (@tokyo.gamingspace) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baku Tembak dengan KKSB Papua, 2 Prajurit TNI Meninggal

Posted: 17 Dec 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua anggota TNI meninggal dalam baku tembak dengan kelompok sparatis di Papua atau Kelompok Kriminal Sparatis Bersenjata (KKSB) Selasa 17 Desember 2019. Dua anggota yang gugur adalah Lettu Erizal Zuhri dan Serda Rizky.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"Telah terjadi kontak senjata antara pasukan Satgas Tindak Nemangkawi TNI-Polri dengan KKSB," kata Argo saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (18/12/2019).

Argo menerangkan, peristiwa berawal saat aparat mendapat informasi dari warga Sugapa bahwa mereka yang sedang melaksanakan persiapan perayaan Natal mendapat gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan, dan perampasan serta penjarahan harta benda yang dilakukan oleh KKSB. Diduga mereka sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengemudi ojek pada bulan Oktober 2019.

"Menindaklanjuti laporan tersebut untuk melindungi keselamatan dan memberikan rasa aman kepada warga terutama menjelang perayaan Natal, Satgas Gakkum TNI bersama Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB," terang dia.

Pada saat melaksanakan patroli keamanan, lanjut dia, terjadi kontak tembak yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur.

"Pukul 15.30 WIT dilaporkan dari jajaran Nanggala 15 mengalami kontak senjata. Dilaporkan 2 personel Nanggala 15 mengalami luka tembak," ujar Argo.

Mengejar Pelaku

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Rencananya, kata Argo evakuasi korban dilaksanakan pagi tadi. Sampai Selasa sore 17 Desember 2019, Argo menerangkan bahwa masih terjadi kontak senjata di sana.

Sementara menurut Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman, pasca kontak tembak Satgas Gakum TNI-Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap kelompok tersebut. Diketahui mereka melarikan diri ke dalam hutan.

Pihak TNI menjamin keamanan masyarakat menjelang perayaan Natal pasca kejadian itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apkasi Optimistis Omnibus Law Bawa Angin Segar Investasi ke Daerah

Posted: 17 Dec 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mendukung penuh upaya pemerintah pusat menyusun sejumlah Omnibus Law untuk mengakselerasi pertumbuhan investasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air.

"Kita semua tahu, di mana-mana ada perlambatan ekonomi. Situasi ekonomi global serba tidak pasti, sehingga perlu antisipasi. Omnibus Law yang sedang disiapkan pemerintah bisa menjadi daya ungkit bagi investasi di daerah, yang ujungnya adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran," ujar Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas seusai mengikuti pembukaan Musrenbangnas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 di Istana Negara, Senin (16/12/2019).

Anas mengatakan, Omnibus Law yang terkait perpajakan, cipta lapangan kerja, dan UMKM akan bermuara ke kesejahteraan masyarakat di daerah. Omnibus Law alias UU "sapu jagat" itu bakal merevisi 82 UU sekaligus.

"Kami yakin dengan Omnibus Law yang akan diajukan secara bertahap oleh pemerintah pusat ke DPR pada Desember 2019 dan Januari 2020 bakal menjadi tonggak baru yang menggeliatkan ekonomi daerah. Saya kira kawan-kawan bupati antusias menyambut ini dengan mendukung penyederhanaan regulasi pada klaster yang berkaitan dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Terkait investasi di daerah, Anas menambahkan, daerah sudah semakin pro-aktif menata birokrasi sehingga perizinan investasi bisa semakin cepat.

"Daerah-daerah kini semua berbenah, spiritnya sudah sesuai arahan Pak Jokowi. Soal investasi, semuanya satu suara bahwa itu menjadi jawaban di tengah tantangan ekonomi yang berat saat ini. Dengan investasi tumbuh, ada penciptaan lapangan, ujungnya ada peningkatan konsumsi yang bisa menggerakkan ekonomi daerah," ujarnya.

Bukti keseriusan daerah dalam menata perizinan, sambung Anas, salah satunya adalah dengan semakin banyak kabupaten yang berpacu membangun Mall Pelayanan Publik di mana perizinan diintegrasikan. "Termasuk diintegrasikan dengan sistem ke pemerintah pusat," jelasnya.

Daerah, sambung Anas, juga bertekad terus mengefisienkan biaya investasi. "Banyak daerah berhasil menurunkan Incremental Capital Output Ratio atau ICOR-nya, yang menunjukkan biaya investasi makin efisien. Memang belum semua, tapi ada paradigma bersama bahwa jangan lagi ada ekonomi biaya tinggi untuk menumbuhkan investasi," papar Anas yang juga Bupati Banyuwangi.

Anas menambahkan, dengan segala keterbatasan fiskal, daerah akan bekerja keras menyambungkan infrastruktur yang telah dibantu pemerintah pusat ke berbagai sentra ekonomi di tingkat lokal, sesuai arahan Presiden Jokowi dalam pembukaan Musrenbangnas RPJMN.

"Fokus pembangunan infrastruktur yang dibiayai APBD adalah koneksi dari infrastruktur besar yang dibangun pemerintah pusat seperti tol, bandara, atau pelabuhan ke kawasan sentra pertanian dengan berbagai subsektornya dan kawasan pariwisata untuk memberi nilai tambah ke ekonomi UMKM dan kawasan perdesaan. Apalagi, dana desa juga terus ditambah oleh pemerintah pusat. Jadi skemanya nyambung," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: YPP SCTV-Indosiar Bakti Sosial Operasi Katarak bagi Warga Jombang

Posted: 17 Dec 2019 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, YPP, SCTV-Indosiar kembali menyelenggarakan Bakti Sosial Operasi Katarak bekerja sama dengan TNI AL Armada II Surabaya, serta RSUD Jombang, Jawa Timur.

Kegiatan operasi katarak gratis yang diikuti 50 pasien katarak dari keluarga kurang mampu tersebut disambut antusias masyarakat Jombang.

Kegiatan bakti sosial diselenggarakan Yayasan Pundi Amal dan Peduli Kasih, YPP, SCTV- Indosiar bekerjasama dengan TNI AL serta pihak RSUD Jombang, Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Armada II TNI AL tahun 2019.

Sesuai amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), peringatan Hari Armada II difokuskan membantu masyarakat miskin, terutama masyarakat yang menderita katarak dan tidak mampu agar bisa sembuh dari sakitnya. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 17 Desember 2019.

Sebanyak 50 pasien katarak dari keluarga kurang mampu menjalani operasi tanpa dipungut biaya alias gratis. Dengan aksi sosial ini diharapkan bisa mengurangi jumlah penderita katarak di Indonesia, terutama pasien kurang mampu.

Sementara pihak rumah sakit dan pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini dan akan terus berupaya memberikan dukungan kepada pihak-pihak yang peduli kesehatan khususnya masyarakat Jombang. Karena sesuai dengan program masyarakat bisa mendengar dan melihat, bebas dari katarak.

Jadwal operasi katarak gratis ini digelar sejak Sabtu hingga Kamis depan. Dengan sasaran pasien penderita katarak dari warga Jombang dan sekitarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sekretaris MA Achmad Setyo Diperiksa KPK

Posted: 17 Dec 2019 10:08 PM PST

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo dimintai keterangan sebagai saksi tersangka Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto (HS). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo dimintai keterangan sebagai saksi tersangka Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto (HS). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo diperiksa terkait kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Tahun 2011-2016. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo diperiksa terkait kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Tahun 2011-2016. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo dimintai keterangan sebagai saksi tersangka Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto (HS). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo dimintai keterangan sebagai saksi tersangka Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto (HS). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo diperiksa terkait kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Tahun 2011-2016. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Achmad Setyo Pudjoharsoyo diperiksa terkait kasus suap dan gratifikasi pengurusan perkara di Mahkamah Agung Tahun 2011-2016. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Lakukan Secara Rutin

Posted: 17 Dec 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air hangat di pagi hari bukanlah obat ajaib yang hasilnya bisa instan. Kamu perlu melaksanakan kebiasaan tersebut secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatannya. Air hangat di pagi hari akan membantu memulai harimu menjadi lebih sehat.  

Memahami pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari tentu sangat penting. Mengonsumsi air putih secukupnya tiap hari adalah saran terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi secara optimal.

Manfaat minum air hangat di pagi hari bisa kamu dapatkan bila dilakukan dengan rutin. Kamu juga dapat menncampurkan air hangat dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Namun, perlu diperhatikan pula suhunya, jangan minum air yang terlalu panas karena dapat membakar dan membuat lidah melepuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019) tentang manfaat minum air hangat di pagi hari. 

Meredakan Flu dan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi bersin/copyright shutterstock

Meredakan Flu

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang pertama adalah dapat meredakan gejala flu. Berbagai gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan dehidrasi dapat dicegah dan diringankan dengan minum air hangat.

Uap hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Kamu  dapat menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

Melegakan Sakit Tenggorokan

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat di pagi hari ini, kamu juga dapat berkumur terlebih dahulu dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat.

Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

Meredakan Stres dan Melancarkan Sirkulasi Darah

ilustrasi perempuan bekerja/copyright By TORWAISTUDIO (Shutterstock)

Meredakan Stres

Manfaat Minum air hangat di pagi hari juga dapat membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh, termasuk otak. Efek ini dapat membuat rileks dan meringankan stres dan rasa cemas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan di pagi hari agar kamu lebih bersemangat menjalani hari.

Bahkan mandi atau minum air hangat dapat membantu agar tidur lebih nyenyak. Untuk hasil yang maksimal, jangan hanya air hangat, kamu dapat minum susu hangat untuk membantu merasa lebih tenang dan nyaman.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang bisa membantu meluruhkan simpanan lemak dan memperlancar sistem syaraf akan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah. Sebab, air hangat mampu membantu organ tubuh membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

Meredakan Nyeri Akibat Menstruasi dan Radang Sendi

copyright Shutterstock

Meredakan Nyeri Akibat Menstruasi

Manfaat minum air hangat di pagi hari juga berperan dalam meredakan rasa sakit dan nyeri haid (dismenorrhea). Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam.

Akibatnya, nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. Selain itu, manfaat minum air hangat di pagi hari biasanya lebih baik karena dapat merelaksasi otot yang kram. Ditambah lagi konsumsi air hangat dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Meredakan Sakit dan Nyeri pada Radang Sendi

Sebagian besar orang yang sedang diserang penyakit biasanya disarankan meminum air hangat. Manfaat air hangat di pagi hari akan memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Selain itu, manfaat minum air hangat di pagi hari berguna juga dalam menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

Meringankan Gejala Akalasia dan Detoksifikasi Racun

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Meringankan Gejala Akalasia

Manfaat minum air hangat di pagi hari selanjutnya adalah dapat meringankan gejala akalasia. Air hangat disebut dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Gejala umumnya adalah kesulitan menelan dan merasa ada makanan yang terjebak di kerongkongan.

Detoksifikasi Racun di dalam Tubuh

Selain mampu mengeluarkan sisa makanan, air hangat juga akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh.

Ketika kamu minum atau mandi dengan air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan membuat tubuh berkeringat. Dengan begitu, racun akan keluar melalui keringat. Selain itu, racun juga bisa keluar melalui urine ketika Anda buang air kecil.

Jadi itulah beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari. Berbagai manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika menerapkannya secara rutin tiap harinya. Tentunya minum air putih saja sudah merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh, apalagi jika ditambah air hangat di pagi hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Peringatan 1.000 Hari KH Hasyim Muzadi, Putra Ketiga Menyusul

Posted: 17 Dec 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka menyelimuti keluarga besar almarhum KH Hasyim Muzadi. Putra ketiga KH Hasyim Muzadi, Gus Hilman Wajdi (43) tutup usia pada Rabu dini hari, 18 Desember 2019 karena kecelakaan di Jalan Tol Pandaan-Malang.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur Komisaris Besar (Kombes) Polisi (Pol) Frans Barung Mangera membenarkan kecelakaan tersebut.

Kecelakaan itu terjadi antara mobil Toyota Innova yang dikendarai Hilman dengan Truk Nisan yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB di Tol Pandaan-Malang KM 63/A pada Rabu dini hari, 18 Desember 2019.

"Iya benar (korban kecelakaan)," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Mengutip nu.or.id, KH Hilman Wajdi dikenal sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Kota Malang. Hilman lahir pada 25 Maret 1976 dan putra ketiga dari KH Hasyim Muzadi. Ia meninggalkan istri Naila Izzah dan empat anak yaitu Alfa Alma Tsuroya, M Zidan Abid Fanani, Alby Achmad Syach dan Alana.

 

Peringatan 1.000 Hari Hasyim Muzadi

KH Hasyim Muzadi (tengah) mendatangi Gedung KPK (Liputan6.com/Helmi AfandiI)

Kabar duka tersebut pun tak lama dari peringatan 1.000 hari wafatnya KH Hasyim Muzadi pada 15 Desember 2019. Dilansir dari nu.or.id, pihak keluarga mengadakan acara peringatan seribu hari. Peringatan tersebut dilakukan di tiga titik antara lain di Pesantren Al-Hikam Depok, Pesantren Al-Hikam Malang dan Mimika, Papua.

Di Mimika, Papua, peringatan dilakukan di dua lokasi antara lain Pondok Pesantren Ulumul Qur'an Hasyim Muzadi SP3 dan Pondok Pesantren Darussalam Mimika Km 14.

Peringatan seribu hari wafatnya KH Hasyim Muzadi dilaksanakan pada 15 Desember 2019 yang dimulai pukul 8 pagi di Pesantren Ulumul Qur'an Hasyim Muzadi dengan tampilan shalawat para santri. Acara dilanjutkan pembacaan Yasin dan tahlil bersama Ustadz Fajar, alumni Al-Hikam Depok.

Sedangkan mengenang sosok KH Hasyim Muzadi dibawakan oleh santri angkatan ke-3, Gus Mursyid.

"KH Hasyim Muzadi ini bukan hanya pemimpin kelas daerah, tetapi kelas dunia. Beliau memulai dari pengurus anak rating NU di level dusun hingga menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama selama dua periode," ujar dia.

Mengutip kanal News Liputan6.com, Ahmad Hasyim lahir di Bangilan, Tuban, Jawa Timur pada 8 Agustus 1944. Ia anak dari Muzadi dan Rumyati. Ayahnya seorang pedagang tembakau dan Rumyati seorang penjual roti dan kue kering.

Pada usia 12 tahun, bisnis sang ayah sempat sukses mulai turun. Ekonomi keluarga Hasyim Muzadi pun dibantu bisnis sang ibu yang berjualan roti dan kue kering. Hasyim muda juga ikut membantu ekonomi keluarga.

Hasyim muda juga berkeliling kampung untuk membeli telur ayam sebagai bahan roti dari rumah warga. Hasyim membantu usai mondok di Pesantren Gontor. Setelah nyatri di Gontor dan Senori, Lasem, Jawa Tengah. Hasyim muda berkelana ke Malang, Jawa Timur. Ia pun menjalani aktivitas sebagai aktivis. Ia punya talenta berorganisasi di Nadhalatul Ulama (NU).

Hasyim aktif di semua level organisasi NU, PMII, Ansor dan menjadi ketua NU tingkat ranting, cabang hingga menjadi anggota DPRD Malang. Karier Hasyim di NU terus meroket hingga menjabat sebagai Ketua Umum PBNU periode 1999-2009.

Pada pemilihan presiden 2004, Hasyim Muzadi menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Capres Megawati Soekarnoputri Presiden RI kelima (2001-2004) Megawati Soekarnoputri.

Akan tetapi, langkahnya ini gagal menuai kemenangan. Usai itu, dalam Muktamar NU ke-31 di Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Hasyim kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar NU setelah berhasil mengungguli secara mutlak para pesaingnya termasuk KH Abdurrahman Wahid.

Sesuai ketentuan internal NU, seorang hanya boleh menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU dua periode berturut-turu sehingga dalam Muktamar NU ke-32 di Makassar, April 2010. Hasyim Muzadi digantikan Dr.KH.Said Aqil Siradj MA. Sementara Hasyim Muzadi terpilih menjabat Wakil Rais Aam PBNU (2010-2015) bersama Dr. KH.A. Musthofa Bisri mendampingi Ketua Rais Aam Dr.KH M.A Sahal Mahfudh.

Selain itu, berbeda dengan pemimpin NU sebelumnya yang masih berorientasi pada penguatan jam'iyah dan persoalan nasional. NU zaman Kiai Hasyim membuka diri berkontribusi pada persoalan dunia internasional, seperti penanggulangan terorisme, resolusi konflik, isu lingkungan dan perdamaian.

Sebagai ulama, sosok Hasyim dikenal nasionalis dan pluralis. Apa saja yang dianggap perlu bagi agama, Indonesia dan NU, Hasyim iklas melakukannya.

Kiai Hasyim memperluasnya jaringan internasional dengan membuka pengurus cabang istimewa (PCI) NU di sejumlah negara antara lain Australia, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Prancis, Jerman dan beberapa negara Timur Tengah.

Setelah PCI berdiri, Kiai Hasyim bersama Menteri Luar Negeri kala itu, Nur Hassan Wirajuda mendirikan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) pada Februari 2004. Itu dilakukan untuk menguatkan pemikiran moderat Islam dengan slogan 'Islam Rahmatan Lil Alamin'.

Ada tiga alasan mendorong Kiai Hasyim mendirikan ICIS. Pertama, momentum perubahan hubungan politik dan suhu ketegangan antara Islam dengan Barat setelah tragedi serangan terorisme 11 September 2001 atau 9/11 di Amerika Serikat.

Kedua, kampanye Amerika Serikat melawan terorisme yang secara langsung berimbas pada posisi hubungan antara Barat dengan dunia Islam. Ketiga, keberadaan ICIS juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan nilai-nilai Pancasila ke dunia.

Kini, ICIS sudah menjadi lembaga internasional yang terdaftar di Organisasi Konferensi Islam (OKI), Liga Muslim Dunia, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fotomorfosis Ashanty dan Aurel Hermansyah, dari Gemuk hingga Kurus

Posted: 17 Dec 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ashanty punya cara untuk mengisi waktu di tengah perjalanan. Salah satu keisengannya, istri Anang Hermansyah itu membuat fotomorfosis putri sambungnya Aurel Hermansyah.

Dalam fotomorfosis itu, Ashanty menuliskan mulai dari bayi, Taman Kanak-Kanak, dan SD. Dalam foto itu Aurel tampak imut dengan senyum manisnya.

"Iseng dijalan perjalanan jauh bikin ini😀 dari mulai kaka @aurelie.hermansyah lahir sampai sekarang besar..," tulis Ashanty, Senin, 16 Desember 2019.

Ashanty mengungkapkan saat kecil sangat cantik. Menurut Ashanty, Aurel sempat melewati fase gendut, lalu kurus, dan berubah-ubah.

"(wong mama @krisdayantilemos nya cantik) papa nya ganteng lohhh @ananghijau hehehe," komentar Ashanty.

Reaksi Aurel Hermansyah

Ashanty mengunggah fotomorfosis Aurel Hermansyah dari lahir hingga saat ini (Dok.Instagram/@ashanty_ash/https://www.instagram.com/p/B6IGqwrJuMQ/Komarudin)

Bagian kedua, Ashanty membuat kolase Aurel mulai dari SMP, SMA, hingga lulus pada 2016. Dalam foto SMP, Aurel tampak manis dengan rambut poni, berbeda dengan SMA, wajahnya terlihat lebih gemuk dengan kacamata.

Sementara itu, pada 2016 tampak wajahnya lebih kurus. Rambut panjangnya ia biarkan tergerai.

Dalam bagian ketiga, Ashanty membagikan foto Aurel mulai dari 2017, 2018, dan 2019. Pada foto 2017, Aurel tampak memakai topi hitam dengan wajah tersenyum.

Lain halnya pada foto 2018 dan 2019, penampilan Aurel tampak lebih serius. Boleh jadi itu sesuai dengan usianya yang mulai beranjak dewasa.

"Yaaa ampunn mom🙈🙈, tp emang bener semua org pasti pernah lewatin fase2 jelek atau gendut hahahah!! Itu nyata di foto2 itu dr ak kecil smp skrg😅🙈❤️!! Kita sama ya mom pernah gendut hahahaa," komentar Aurel Hermansyah.

Ashanty Doyan Makan

Ashanty mengunggah fotomorfosis dirinya (Dok.Instagram/@ashanty_ash/https://www.instagram.com/p/B6IGqwrJuMQ/Komarudin)

Selain Aurel, Ashanty juga membuat fotomorfosisi dirinya. Mulai bayi hingga saat ini. Ashanty mengungkapkan bahwa dirinya sempat mengalam fase gembuk saat SMP dan SMA.

"slide sebelah nya foto bunda dari lahir sampe sekarang, pernah smp/sma itu aku gendut abissss!! Cowok boro2 ngeliat hehe yg ada suka dibully karna doyan makan.. tapi manusia berubah, dan itu pasti!!," jelas Ashanty.

Ashanty kemudian diet 'gila-gilaan' hingga tubuhnya sangat kurus. Ia merasa malu melihat foto-foto masa lalunya itu. Namun, tiap hamil tubuhnya naik 28 kilogram. Menurut Ashanty, jika aslinya bagus tentu dengan perawatan akan kembali lagi kondisi tubuhnya.

"lagian bagus jelek kita semua ciptaan Allah dan harus kita syukuri itu.. mau ngapain2 buat lebih cantik asal kita nyaman itu hak setiap orang.. kaka masih enak ada yg semangatin dulu untuk diet, waktu bunda grandma itu tiap hari masak nya enak banget, mau diet rasanya susah sekali hehe untung ada 1 kejadian yg buat bunda malu dan meyakini diri sendiri harus berubah😀 plus suka dikatain anak angkat( mama nya bule papa nya ganteng anak nya gini) hehe," papar Ashanty.

Gendut atau kurus, kata Ashanty, cantik atau tidak, selama percaya diri dengan diri sendiri, punya hati baik, tak gampang nyinyir pada orang lain, tak menjatuhkan fisik orang lain. "Itu lebih dari sekadar kecantikan fisik," tegas Ashanty.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bakal Hadiri Perayaan Natal Nasional 2019 di Sentul

Posted: 17 Dec 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari Batubara didapuk menjadi ketua panitia Perayaan Natal Nasional 2019. Ari mengatakan, acara yang akan diselenggarakan pada Jumat 27 Desember 2019 di Sentul International Convention Center, Bogor ini sudah on the track persiapannya.

"Persiapan sudah, progres di lokasi sudah, persiapan undangan juga sudah, latihan pengisi acara juga sudah, semua lancar," kata Ari saat jumpa pers di Kantor Kementerian Sosial, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Mensos Ari mengatakan, Presiden Joko Widodo juga telah terjadwal menghadiri acara ini. Menurut Ari, Tim Protokoler Istana juga sudah mengonfirmasi jika presiden dapat dipastikan hadir.

"Pak Jokowi konfirmasi (hadir) semoga tak ada halangan," jelas Ari.

Membicarakan konsep acara acara, Mensos Ari mengatakan giat akan terbagi dalam dua babak. Pertama adalah pesan doa peribadatan dan kedua adalah perayaan atau selebrasi.

"Ibadah khusususnya umat Kristen sekitar 2 jam, pesan Natal dibawakan Uskup Agung Jakarta Kardinal Prof. Dr. Ignatius Suharyo, lalu nanti baru perayaan yang sifatnya lebih umum," beber Ari.

Diperkirakan Capai 10 Ribu Undangan

Menteri Sosial (mensos) Juliari Batubara (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tamu undangan sendiri diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Mereka terdiri dari kementerian lembaga dan petinggi negara. Tak lupa Ari juga mengundang perwakilan kelompok agama lain untuk dapat mempererat tali persaudaraan.

Diketahui tema perayaan natal nasional tahun 2019 mengambil tema tentang persahabatan dan kerukunan umat. Tema tersebut adalah hal yang terus disuarakan Persekutuan Gereja Indonesia dan Konferensi Wali Gereja tentang bagaimana hidup berdampingan antar umat.

"Keberagaman tak kenal perbedaan suku latar belakang, hal ini agar negara kita bisa lebih kuat, dengan merayakan keberagaman itu," Mensos Ari mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Mobil dan Motor Mewah yang Gagal Diselundupkan di Tanjung Priok

Posted: 17 Dec 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyelundupan puluhan mobil dan motor mewah berhasil digagalkan Kementerian Keuangan bersama Kepolisian Republik Indonesia, TNI, dan Kejaksaan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, modus yang digunakan dalam kasus penyelundupan kali ini adalah dengan memberitahukan barang tidak sesuai dengan isi sebenarnya.

Berdasarkan informasi masyarakat yang ditindaklanjuti dengan proses analisis terhadap inward manifest dicurigai adanya pemberitahuan yang tidak benar karena terdapat keanomalian antara netto weight barang dengan jenis barang yang diberitahukan.

"Untuk memastikan jenis barang yang sebenarnya, petugas melakukan hi-co scan kontainer dan mendapati citra yang menunjukkan barang yang diimpor berupa kendaraan roda empat. Untuk selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh," ujar Sri Mulyani seperti dilansir kanal Bisnis Liputan6.com.

Importasi kendaraan diberitahukan dalam dokumen sebagai batu bata, suku cadang mobil, aksesori, dan perkakas oleh tujuh perusahaan berbeda. Perusahaan-perusahaan tersebut mengimpor mobil dan motor mewah dari negara Singapura dan Jepang.

Penyelundupan dilakukan oleh PT SLK, PT TJI, PT NILD, PT MPMP, PT IRS, PT TNA, dan PT TSP. Dengan manifest tertanggal 29-09-2019, PT SLK kedapatan menyelundupkan mobil Porsche GT3RS dan Alfa Romeo dari Singapura dengan total perkiraan nilai barang mencapai Rp2,9 miliar, namun pemberitahuannya hanya dinyatakan sebagai refractory bricks.

Terdapat Juga Mobil Mercedes Benz dan BMW

"Potensi kerugian negara yang disebabkan mencapai Rp 6,8 miliar, sementara itu hingga saat ini terhadap barang yang diimpor oleh PT SLK masih terus dilakukan penelitian oleh DJBC," kata Sri Mulyani.

PT TJI kedapatan menyelundupkan Mercedez Benz, BMW tipe CI330 model GH-AU30, BMW tipe CI330 Series E46, Jeep TJ MPV, mobil Toyota, mobil Jimny, 8 rangka motor, 8 mesin motor, dan motor Honda Motocompo dari Jepang dengan total perkiraan nilai barang mencapai Rp 1,07 miliar.

Sementara itu, dokumen manifest tertanggal 29-07-2019 hanya menyatakan barang yang diimpor adalah front bumper assy, rear bumper, door assy, dashboard assy, dan engine hood. Potensi kerugian negara dari kasus ini mencapai Rp 1,7 miliar. Berkas perkara atas kasus ini telah lengkap dan seorang berinisial SS telah ditetapkan sebagai tersangka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barcelona Vs Real Madrid: Laga Penuh Gengsi

Posted: 17 Dec 2019 10:01 PM PST

Barcelona - Duel penuh gengsi bertajuk El Clasico, Barcelona kontra Real Madrid, bakal tersaji di Camp Nou, Kamis dini hari WIB (19/12/2019). Pertandingan kelas satu ini sempat tertunda, lantaran jadwal awal semestinya dimainkan Oktober lalu.

Ini merupakan El Clasico jilid pertama pada musim ini. Barcelona dan Real Madrid sama-sama berada dalam kondisi yang cukup ideal sehingga duel akbar ini bisa berlangsung ketat.

Barcelona berstatus juara bertahan dan pemimpin klasemen sementara. Sedangkan tim tamu, merupakan rival abadi sekaligus tim berperingkat kedua klasemen.

Barcelona tak terkalahkan dalam delapan laga terakhirnya di semua kompetisi (M6 S2 K0). Sementara itu, Madrid unbeaten dalam 11 pertandingan terakhir (M8 S3 K0).

Di La Liga akhir pekan kemarin, Barcelona dan Madrid sama-sama gagal menang di kandang lawan. Barcelona bermain 2-2 melawan tuan rumah Real Sociedad, sedangkan pasukan Zinedine Zidane seri 1-1 melawan Valencia di Mestalla.

Itulah mengapa, jika melihat performa, duel ini bisa dibilang cukup imbang. Namun, Barcelona pantas sedikit lebih diunggulkan. Selain main kandang, Barcelona juga diuntungkan dengan fakta absennya beberapa pemain bintang di tim rival.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, bakal mengandalkan trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann di lini serang. Sementara dari kubu Madrid, Karim Benzema adalah pemain yang paling berbahaya.

Messi selalu mencetak gol dan/atau assist dalam enam penampilan terakhir untuk Barcelona di semua kompetisi. Suarez juga demikian, sedangkan Griezmann tercatat mencetak tiga gol dan satu assist dalam lima penampilan terakhirnya untuk Blaugrana.

Madrid takkan diperkuat Marcelo, James Rodriguez, Marco Asensio, Lucas Vazquez, dan Eden Hazard yang cedera. Namun, Madrid, terutama di El Clasico, tetap tak bisa diremehkan.

Barisan pertahanan Barcelona benar-benar harus mewaspadai Benzema, yang mencetak sembilan gol dan tiga assist dalam delapan penampilan terakhirnya untuk Madrid di semua kompetisi.

Musim lalu, Barcelona menghajar Madrid 5-1 di tempat ini. Apakah Barcelona bakal meraih kemenangan lagi atas rival abadi?

Data - Fakta

Barcelona dan Real Madrid sama-sama berada dalam kondisi yang cukup ideal sehingga El Clasico pertama di musim ini bisa berlangsung ketat. (Bola.com/Adreanus Titus)

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Nelson Semedo, Pique, Lenglet, Jordi Alba; Rakitic, Busquets, De Jong; Messi, Luis Suarez, Griezmann.

Pelatih: Ernesto Valverde

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Dani Carvajal, Varane, Sergio Ramos, Mendy; Valverde, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Isco.

Pelatih: Zinedine Zidane

Head to Head (La Liga)

Pertemuan: 178

Barcelona menang: 72

Gol Barcelona: 288

Imbang: 34

Madrid menang: 72

Gol Madrid: 286

5 Pertemuan Terakhir

3/3/2019 Madrid 0-1 Barcelona (La Liga)

28/2/2019 Madrid 0-3 Barcelona (Copa del Rey)

7/2/2019 Barcelona 1-1 Madrid (Copa del Rey)

28/10/2018 Barcelona 5-1 Madrid (La Liga)

7/5/2018 Barcelona 2-2 Madrid (La Liga)

Disadur dari: Bola.net (Penulis/Editor: Gia Yuda Pradana. Published: 17/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJS Kesehatan dan IDI Bakal Beri Penghargaan pada Pelayanan Kesehatan yang Inovatif

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mendorong adanya inovasi pelayanan kesehatan yang bisa diterapkan secara luas.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, mereka mengerti bahwa ada banyak pihak yang memiliki inovasi di bidang pelayanan kesehatan. Sehingga, diperlukan wadah untuk menguji apakah itu bisa diemplementasikan secara umum.

"Untuk itu, sebagai upaya empowerment baik itu tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, maupun masyarakat umum, PB IDI dan BPJS Kesehatan akan memberikan penghargaan terhadap inovasi yang mendukung perbaikan mutu dan kualitas program JKN-KIS," kata Fachmi di kantor IDI, Jakarta Pusat pada Selasa (17/12/2019).

Ketua Umum PB IDI Daeng M. Faqih mengatakan inovasi harus dibutuhkan untuk mengatasi kesenjangan teknologi dan penguasaan ilmu pengetahuan di Indonesia dan di luar negeri.

Kerja Sama Tentukan Pelayanan Kesehatan Dasar

Petugas melayani warga yang mengurus iuran BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Senin (4/11/2019). Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia memprediksi akan terjadi migrasi turun kelas pada peserta akibat kenaikan iuran 100 persen pada awal 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

IDI sendiri bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk memperkuat kerja sama di bidang riset dan inovasi pelayanan kesehatan dalam rangka perbaikan dan kesinambungan program JKN-KIS.

Daeng mengatakan hal tersebut mereka lakukan untuk menentukan pelayanan kesehatan dasar yang bisa dicakup oleh JKN, berdasarkan temuan berbasis bukti.

Fachmi mengatakan, sesuai perundangan, program JKN-KIS menjamin kebutuhan dasar kesehatan. Namun, dalam implementasinya, perlu dilakukan kajian serta evaluasi berkala terkait layanan kesehatan dasar.

"Evaluasi ini harus berbasis evidence based dan riset. Kami harapkan melalui kerja sama dengan PB IDI akan memperkuat apa saja kebutuhan dasar tersebut," kata Fachmi.

Daeng mengatakan, selama ini, terkait pelayanan kesehatan, Indonesia masih mengikuti hasil evidence based yang sudah diteliti oleh negara lain.

"Kita mencoba agar evidence based kita punya sendiri. Karena kami yakin, pelayanan kesehatan itu meskipun secara universal sama, tapi ada hal-hal yang secara antropologis, biologis, itu sedikit agak berbeda," kata Daeng dalam sambutannya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Haru Pengabdian Guru SMP di Garut hingga Akhir Hayat

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - 'Hiduplah dengan mulia atau mati dengan syahid,' demikian gambaran Yusuf (58), Wakil Kepala SMPN 2 Pangatikan, Garut, Jawa Barat, yang meninggal saat bertugas mengisi e-Rapor.

Dengan penuh tanggung jawab, salah satu guru perintis di tempat mengabdinya selama ini, memilih mengisi nilai siswa didiknya dengan kondisi tubuh yang tengah sakit.

"Sudah empat hari enggak ke sekolah," ujar Kepala SMPN 2 Pangatikan, Juhanda, Selasa (17/12/2019).

Menurutnya, kabar meninggalnya Yusuf cukup mengagetkan pihak sekolah. Apalagi, sejak pekan lalu, guru dengan empat putra tersebut, izin tidak masuk sekolah dengan alasan sakit.

"Minggu malam telepon, katanya siap ke sekolah hari Senin. Soalnya harus cepat diisi e-Rapornya," kata dia.

Sebelum meninggal, Yusuf sempat mengeluh pusing hingga dibawa istirahat ke ruang kepala sekolah. "Meninggalnya jam 9 pagi di ruang kepala sekolah," kata dia.

Selain mengajar, Yusuf juga dikenal sebagai operator di sekolah yang bertanggung jawab memasukan data akademik para siswa SMPN 2 Pangatikan.

"Almarhum yang merintis SMPN 2 Pangatikan, sempat jadi Plt kepala sekolah juga," kata dia.

Juhanda mengakui, sebelum ajal menjemput, Yusuf memang diketahui memiliki riwayat penyakit asal lambung, bahkan sebelumnya meninggal sempat mengeluh sakit di dada.

Kekurangan Pengajar

Salah satu foto mediang Yusuf, salah satu pengajar SMPN 2 Pangatikan di Garut, yang meninggalkan saat mengisi e-rapot (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sepeninggal mendiang Yusuf (58), Wakil Kepala SMPN 2 Pangatikan, yang meninggal saat mengisi e-Rapor, SMPN  Pangatikan kekurangan guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Juhanda mengatakan, mendiang Yusuf memang menjadi guru teladan, ia menjadi pengajar senior di sekolah itu, sejak berpisah dari sekolah induk SMP Pangatikan.

"Beliau merintis sampai berdirinya SMPN 2 Pangatikan," ujarnya.

Saat ini, total guru SMPN 2 Pangatikan berjumlah 14, tetapi dari jumlah itu hanya dia dan Yusuf, yang berstatus PNS sedangkan 12 guru sisanya masih berstatus honorer.

"Beliau enggak mau jadi kepala sekolah, katanya sudah tua dan mau mengabdi di SMPN 2 Pangatikan," kata dia.

Selama mengabdi di SMPN 2 Pangatikan, Yusuf dikenal sebagai guru teladan dan bertanggung jawab atas semua tugas yang diberikan. "Dia meninggalkan seorang istri dan empat anak, yang bungsunya masih sekolah di SMA 11 Garut," ujar dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Orangtua untuk Anak dengan Disleksia

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak dengan disleksia atau disabilitas membaca yang mendapat bantuan ekstra di Taman Kanak-kanak (TK) atau Sekolah Dasar biasanya dapat memperbaiki kemampuan membacanya. Hal ini dapat membantunya sukses dalam belajar hingga beranjak ke SMP, SMA, dan jenjang yang lebih tinggi.

Dilansir dari mayoclinic.org, anak yang tak mendapatkan bantuan sampai ke tingkat pendidikan selanjutnya bisa mendapat kesulitan dalam belajar membaca dengan baik. Dalam mengikuti pelajaran, mereka akan tertinggal karena tidak dapat menangkap pelajaran.

"Anak dengan disleksia yang parah dapat sangat kesulitan dalam membaca, tapi mereka dapat belajar meningkatkan kemampuan membaca dan membangun strategi untuk memperbaiki kualitas hidup," tulis Mayo Clinic. Hal ini tidak lepas dari peran orangtua.

Apa yang Bisa Orangtua Lakukan?

Orangtua dapat membantu anaknya mengurangi dampak disleksia. Jika mendapatkan tanda-tanda disleksia, orangtua dapat berbicara pada dokter anak. Jika diketahui di awal, maka penanganan pun bisa segera dilakukan.

Membaca dengan suara lantang bersama anak juga dapat membantu. Hal ini sangat berguna jika dilakukan sejak anak masih berumur setengah tahun. Orangtua dapat mendengarkan audio bacaan bersama anaknya. Ketika anak sudah mulai bertumbuh orangtua dapat mebaca buku cerita bersama dan anak dapat mendengarkan setiap kata yang diucapkan.

Orangtua juga dapat berbicara pada pihak sekolah mengenai disleksia anaknya. Hal ini bertujuan agar pihak sekolah tahu masalahnya dan dapat menyesuaikan metode pembelajaran khusus bagi anak tersebut.

Orangtua tentunya harus mendorong anak agar terus melatih kemampuan membaca di luar pelajaran sekolah.

Peran orangtua tak semata mendorong anak untuk belajar membaca tapi juga harus member contoh baik untuk anak. Luangkan waktu setiap harinya untuk membaca sesuatu ketika anak sedang belajar membaca juga. Hal ini dapat memberi contoh baik kepada anak dan dapat mengubah pandangan anak bahwa membaca itu adalah hal yang menyenangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Duel Kunci yang Bisa Menentukan Hasil El Clasico Dini Hari Nanti

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona akhirnya menjamu Real Madrid pada lanjutan La Liga. El Clasico ini berlangsung di Camp Nou, Rabu (18/12/2019) atau Kamis dini hari WIB.

El Clasico ke-243 sepanjang sejarah tersebut seharusnya berlangsung 26 Oktober lalu. Laga ditunda karena mempertimbangkan faktor keamanan.

Kondisi kedua tim saat ini jauh berbeda ketimbang dua bulan lalu. Real Madrid mulai menemukan konsistensi.

Los Blancos sukses menempel Barcelona di puncak klasemen. Kedua tim sama-sama memiliki 35 poin dari 16 pertandingan. Namun, El Azulgrana unggul produktivitas gol.

Sorot mata pun tertuju ke Camp Nou. Mampukah Barcelona meraih kemenangan demi mempertahankan posisi puncak? Atau justru Real Madrid yang sukses mencuri angka.

Semua itu tergantung duel individu di lapangan. Berikut lima pertarungan kunci yang berpotensi menentukan hasil El Clasiconanti:

Jordi Alba vs Dani Carvajal

Bek Real Madrid Dani Carvajal mengontrol bola saat coba dihalau bek Barcelona Jordi Alba dalam laga El Clasico Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017). (AP Photo/Francisco Seco)

Tidak banyak pertarungan antar fullback yang semenarik duel Jordi Alba dengan sesama rekan tim nasional Spanyol, Dani Carvajal. Bek kiri Barcelona dan bek kanan Real Madrid tersebut suka menyerang.

Namun, kedua pemain juga tahu pentingnya untuk kembali ke pertahanan jika mereka menghadapi lawan yang berbahaya.

Arthur vs Casemiro

Arthur Melo. (Josep Lago/AFP)

Pertarungan gelandang di El Clasico selalu menarik, dan duel antara Arthur Melo dan Casemiro jadi salah satu duel yang patut diperhatikan. Dua pemain asal Brasil tersebut akan menempati area yang sama di lapangan.

Casemiro akan melindungi lini pertahanan Real Madrid ketika Arthur mencoba membongkarnya.

Lionel Messi vs Pagar Pemain Real Madrid

Proses terjadinya gol yang dicetak striker Barcelona, Lionel Messi, ke gawang Real Madrid pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (6/5/2018). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Josep Lago)

Lionel Messi adalah pakarnya tendangan bebas. Tembok pertahanan yang menghadapi pemain yang baru saja meraih penghargaan Ballon d'Or 2019 ini harus diatur dengan sempurna.

Masalahnya, pagar pemain tersebut seringkali tidak cukup. Jika Barcelona mendapatkan tendangan bebas di 'area Messi', maka kemampuan Real Madrid membuat tembok bakal menentukan.

Luis Suarez vs Sergio Ramos

Striker Barcelona, Luis Suarez, bersitegang dengan bek Real Madrid, Sergio Ramos, pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (6/5/2018). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Josep Lago)

Dua pemain yang paling enerjik dan intens dalam dunia sepak bola akan saling berhadapan. Bek tengah sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos, akan ditugaskan untuk menjaga penyerang Barcelona, Luis Suarez, agar tidak dapat mencetak gol.

Keduanya sudah terlibat dalam pertarungan sengit di pertandingan sebelumnya. Mereka bakal berusaha mati-matian membawa timnya meraih kemenangan.

Gerard Pique vs Karim Benzema

Bek Barcelona, Gerard Pique, berebut bola dengan striker Real Madrid, Karim Benzema, pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (28/10). Barcelona menang 5-1 atas Madrid. (AFP/Lluis Gene)

Bintang Real Madrid, Karim Benzema, dapat memberikan kemenangan bagi Los Blancos. Performa pemain asal Perancis ini membuat bek tengah Barcelona, Gerard Piqué, selalu waspada.

Benzema juga menjadi salah satu penyerang terbaik musim ini, dan El Clásico dapat menjadi pertandingan sempurna untuk menunjukkan keterampilannya sebagai pemain bernomor punggung 9 di Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Kelakuan Kocak Orang Perbaiki Barang Setengah Mati

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang saat berhadapan dengan benda yang rusak, lebih memilih untuk memperbaikinya sendiri. Segala cara dilakukan agar mereka tak perlu keluar uang.

Ini mungkin cara yang bagus karena juga bisa memancing daya kreativitas. Namun apakah aman? Belum tentu.

Berikut ini kelakuan kocak orang yang memperbaiki barang mereka seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ini mobilnya udah kaya dijahit aja

Doc: Brightside.me

2. Daripada keluar uang beli yang baru, kenapa tidak pakai sedotan?

Doc: Brightside.me

3. Lebih simpel tapi efektif

Doc: Brightside.me

4. Solasi band memperbaiki segalanya

Doc: Brightside.me

5. Ini jendelanya tahan angin ga ya?

Doc: Brightside.me

6. Bisa juga pakai sapu gitu sebagai pengganti wiper

Doc: Brightside.me

7. Udah kaya gitu kenapa ga dibuang aja ya piringnya?

Doc: Brightside.me

8. Aduh, ini aman ga sih?

Doc: Brightside.me

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beda Kebijakan Susi Pudjiastuti dengan Edhy Prabowo

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Usai Edhy Prabowo menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, sejumlah kebijakan dari menteri sebelumnya akan mengalami perubahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Siapkan Galaxy S10 Plus Varian RAM 6GB

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan menyiapkan varian baru seri Galaxy S10 Plus. Menurut laporan, Galaxy S10 Plus akan hadir dengan RAM 8GB.

Dilansir GSM Arena, Rabu (18/12/2019), Galaxy S10 Plus telah mendapatkan sertifiikasi dari regulator telekomunikasi Tiongkok, Tenaa.

Sebelumnya, smartphone Samsung ini hanya tersedia dengan RAM 8GB dan 12GB.

Berdasarkan informasi di Tenaa, varian RAM 6GB itu memiliki nomor model SM-G9750. Smartphone ini akan menjadi model internasional dari Galaxy S10 Plus.

Berdasarkan gambar yang beredar, smartphone tersebut memiliki desain serupa dengan Galaxy S10 Plus yang ada saat ini.

Galaxy S10 Plus RAM 6GB dilaporkan akan dijual di pasar berkembang, sehingga harganya bisa lebih murah daripada varian RAM 8GB yang ada sekarang.

Samsung Tepis Laporan Penjualan 1 Juta Unit Galaxy Fold

Main PUBG Mobile dengan Galaxy Fold, layar lebih besar, anti ngelag, dan tampilan High Dynamic Range graphic (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beberapa waktu lalu, Samsung dilaporkan telah berhasil menjual satu juta unit Galaxy Fold. Capaian itu diungkapkan oleh President Samsung Electronic Sohn Young-kwon.

Namun dari laporan terbaru, Samsung ternyata membantah laporan tersebut. Dikutip dari The Korea Herald, Senin (16/12/2019), perusahaan asal Korea Selatan itu menyebut ada kesalahpahamanan.

Juru bicara Samsung mengatakan, Sohn kemungkinan salah menyebut angka itu dengan target penjualan perusahaan untuk setahun. Padahal, penjualan smartphone layar lipat itu belum menyentuh angka 1 juta.

Meski belum mengungkap jumlah unit yang dijual, Samsung sebenarnya menargetkan menjual 500 ribu unit Galaxy Fold di seluruh dunia pada tahun ini.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Banjir Bandung, Ribuan Rumah Terendam

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ribuan rumah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat terendam banjir setelah diguyur hujan deras. Sebagian warga bertahan di dalam rumah karena tidak mau mengungsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayi RAN Optimistis Vidi Aldiano Akan Sembuh

Posted: 17 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vidi Aldiano diketahui saat ini tengah berjuang melawan penyakit kanker yang menggerogotinya. Kabar bahwa Vidi Aldiano mengidap sakit kanker itu jelas saja mengejutkan banyak pihak.

Pasalnya, Vidi Aldiano secara tiba-tiba membuat pengakuan di Instagram-nya mengenai penyakitnya itu.

Salah satu sahabat Vidi Aldiano yang juga terkejut mendengar fakta tersebut adalah Rayi Putra, alias Rayi RAN. Apalagi RAN dan Vidi Aldiano memiliki kedekatan satu sama lain.

Prihatin

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/vidialdiano)

"Pastinya prihatin dan ikut peduli ya sama dia, karena Vidi Aldiano sama RAN keluar (ke industri musik) waktunya enggak terlalu berjauhan," kata Rayi RAN saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

Kaget

Rayi RAN (Adrian Putra/bintang.com)

"Dan kita juga selain partner dalam industri musik tapi juga memang punya hubungan pertemanan juga. Jadi ketika mendengar itu jujur shock banget," lanjut Rayi RAN.

 

Optimistis

Kendati demikian, Rayi RAN optimistis Vidi Aldiano mendapat penanganan medis yang baik di Singapura. Ia juga berharap Vidi Aldiano akan sembuh.

 

Yakin Sembuh

"Tapi saya yakin dia sudah ditangani dengan baik oleh dokter. InsyaAllah pada waktunya akan sembuh aamiin," harap Rayi RAN.

 

Selalu Positif

Terlepas dari itu, Rayi RAN memuji sahabatnya yang selama ini selalu positif dalam menghadapi masalah yang menimpanya itu.

Tidak Menyangka

"Enggak (ngeluh) sih alhamdulillah. Vidi itu orangnya justru positif banget jadi makanya sejujurnya saya juga enggak pernah nyangka bahwa dia selama ini ada masalah itu," tutup Rayi RAN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang, Bikin Geleng Kepala

Posted: 17 Dec 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar negara Jepang pasti yang terlintas di benak adalah anime, negara disiplin dan teknologinya. Negara Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia.

Warga Jepang sendiri sangat identik dengan pekerja keras, tepat waktu, berteknologi tinggi dan punya etika yang sangat baik. Oleh karena itu, budaya Jepang sangat menarik untuk dipelajari dan dicontoh, terutama budaya yang positif.

Jepang sendiri selalu memiliki daya pikat untuk menarik wisatawan berkunjung ke sana. Negeri Sakura ini juga terkenal dengan inovasi dan penemuan-penemuan ajaib yang futuristik.  Berbagai macam kebiasaan dan aspek kehidupan sehari-hari masyarakatnya sering dianggap menarik, keren, seru, atau bahkan nyeleneh.

Keunikan-keunikan ini lah yang membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk datang ke negara matahari terbit ini. penasaran keunikan apa saja yang ada di sana? Berikut 6 keunikan yang hanya ditemukan di Jepang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019).

1. Jepang memang terkenal dengan penemuan unik yang terkadang tidak masuk akal. Contohnya seperti es krim rasa wasabi dengan topping belalang seperti ini.

Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang (sumber: akibanation)

2. Negara yang satu ini memang terkenal dengan ramennya yang lezat. Saking populernya ramen sampai dijedikan konsep untuk pemandian air panas.

Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang (sumber: akibanation)

3. Tak pernah terpikir, begini inovasi Jepang bikin water diet. Ada-ada saja memang.

Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang (sumber: akibanation)

4. Biar adil begini inovasi telur rebus yang praktis banget.

Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang (sumber: akibanation)

5. Hanya di Jepang promo film sampai sewa kontainer dan hantunya dibawa.

Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang (sumber: akibanation)

6. Inovasi yang tak pernah terpikirkan. Begini canggihnya toilet di Jepang kalau kamu BAB dan malu terdengar orang, kamu bisa nyalakan musik.

Keunikan Ini Hanya Ditemukan di Jepang (sumber: akibanation)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto: Saya Menyatakan Mundur sebagai Ketua Dewan Pembina Hanura

Posted: 17 Dec 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pertimbangan Presiden, Wiranto melepaskan jabatannya di Partai Hanura. Rabu (18/12/2019), Wiranto menyatakan mundur sebagai Ketua Dewan Pembina Hanura.

"Saat ini, saya menyatakan mundur dari Ketua Dewan Pembina Hanura. Mengapa? Ini kesadaran saya. Saya selalu berorientasi kepada tugas pokok saya. Saat ini saya ditugaskan Presiden sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden," kata Wiranto di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Menurut dia, tugas barunya lebih kompleks tapi ringan. Dia mengatakan, pengunduran dirinya tersebut bukan berarti mengkhianati partai. Dia hanya ingin fokus melaksanakan tugas negara.

"Jadi, diputar-putar. Wiranto dipecat, Wiranto mengkhianati partai, jangan. Saya sudah duluan ini," ungkap Wiranto.

Wiranto menyadari ada pihak-pihak yang mengatakan keharusan untuk mundur dari jabatan di partai sebagai Ketua Dewan Pembina Hanura. Dia lalu meminta pihak tersebut untuk teliti membaca undang-undang.

UU Nomor 19 tahun 2006, lanjut dia, hanya mengatur, Wantimpres tidak boleh rangkap jabatan di kepemimpinan partai politik.

"Dalam pasal penjelasan dalam undang-undang yang disebut pimpinan partai politik, adalah ketua umum atau sebutan lain ketua umum atau pengurus harian. Sehingga Ketua Dewan Pembina itu tak tersentuh oleh larangan rangkap jabatan," kata Wiranto.

 

Kesadaran Politik

Wiranto mengatakan, kemundurannya bukan disebabkan oleh desakan dari internal Hanura. Meski, dia tahu, beberapa kader Hanura tidak senang dengannya.

"Saya melihat, partai ini, munas ini rohnya sudah berbeda, semangatnya berbeda, dan selalu ingin berkonflik dengan Ketua Dewan Pembina. Kalau saudara seperti saya, bagaimana? Saudara kerasan?" ungkap Wiranto.

"Jadi bukan itu (ada desakan). Kesadaran politik saya. Biarlah partai ini tenang, biarlah partai ini berjuang terus. Dan saya punya tugas yang lebih penting dari Presiden. Itu, jangan dibalik-balik. Bukan desakan. Makin didesak makin enggak mau mundur," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Hanura akan menggelar Musyawarah Nasional pada 17-19 Desember di Hotel Sultan. Agendanya selain evaluasi pengurus 2017-2019, bakal ada pemilihan ketua umum dan struktur baru Hanura.

Ketua DPP Hanura Benny Rhamdani menjelaskan, telah terkonfirmasi 514 DPC dan 34 DPD dan unsur dewan pimpinan pusat akan hadir. Benny menyebut Munas diputuskan dipercepat dengan OSO sebagai calon kuat untuk memimpin kembali.

Benny menegaskan, Munas hanya untuk internal partai. Sehingga Presiden Joko Widodo dan menterinya tidak akan diundang. Mereka baru akan diundang saat peringatan HUT ke-13 Hanura yang digelar sekitar Januari 2020.

"Maka diputuskan Munas bersifat internal dan kami tidak undang pihak luar presiden menteri pimpinan parpol tokoh masyarakat dan kawan-kawan akan dihadirkan pada saat peringatan ultah partai ke 13," ujar Benny di DPP Hanura, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Wiranto, pendiri dan mantan ketum Hanura tidak diundang dalam Munas besok. Benny berdalih Wiranto bukan lagi orang internal. Dalam SK Kemenkumham yang baru merujuk struktur Munas Solo tanpa ada nama Wiranto.

"Pak Wiranto kan tidak ada dalam stuktur DPP sebagaimana SK DPP Hanura yang dikeluarkan oleh Kumham," kata Benny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Sebut Holdingisasi Bisa Bantu Selesaikan Kasus Jiwasraya

Posted: 17 Dec 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Balikpapan - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemerintah telah memiliki solusi untuk mengatasi kasus gagal bayar yang membelit PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Menurut dia, dalam enam bulan ke depan pihaknya akan melakukan holdingisasi sebagai langkah awal menyelesaikan permasalahan ini.

"Insya Allah dalam enam bulan ini kita coba persiapkan solusi-solusi yang salah satunya diawali dengan pembentukan holdingisasi pada perusahaan asuransi," kata Erick kepada wartawan di Hotel Novotel Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Menurut dia, dengan holding perusahaan asuransi menciptakan cash flow untuk membantu nasabah yang belum mendapat kepastian pembayaran polis.

Erick menuturkan bahwa persoalan Jiwasraya sebenarnya sudah terjadi sejak 2006 silam, namun tak diselesaikan. Bahkan, hingga 2011 semakin besar dan tidak tertanggulangi hingga kini. Untuk itulah, dia menyiapkan solusi jangka panjang yaitu restrukrisasi.

"Karena itu memang proses restrutktrurissi yang dilakukan sampai 10 tahun ini pasti memerlukan waktu," jelas dia.

 

Tak Bisa Bayar

PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Direktur Utama PT Jiwasraya (Persero), Hexana Tri Sasongko mengaku tidak menyanggupi untuk membayar polis jatuh tempo pada tahun ini. Di mana polis jatuh tempo Oktober hingga Desember sebesar Rp 12,4 triliun, sementara total tunggakan sebesar Rp 16,3 triliun.

"Tentu tidak bisa (membayar). Saya juga tidak bisa memastikan tanggal berapa," kata dia di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Dia menjelaskan perusahaan tidak mempunyai dana segar untuk bisa membayar polis jatuh tempo. Mengingat hingga September 2019 perusahaan masih mengantongi kerugian sebesar Rp 23 triliun.

 

Tetap Bertanggungjawab

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Kendati begitu, dirinya berjanji tetap akan bertanggungjawab untuk memenuhi tunggakan tersebut. Salah satu caranya adalah menggaet investor baik dalam dan luar negeri untuk bisa menyuntikan modal kepada perusahaan.

Selain pemulihan dari segi bisnis, Jiwasraya juga akan melakukan restrukturisasi internal. Bahkan pihaknya menjelaskan perusahaan juga akan melakukan remodeling bisnis.

"Ini harus restruk total dan remodeling bisnis. Biar profit dan tidak menjerat reatean tinggi. Digitalisasi, biar bisa efisien," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Artis Faye Nicole Terkait Kasus Pelesiran Wawan

Posted: 17 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil artis Faye Nicole Jones terkait kasus suap pemberian fasilitas dan perizinan keluar Lapas Sukamiskin. Faye Nicole akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan (TCW).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TCW," ujar Kabag Pemberitaan dan Publikasi Humas KPK Yuyuk Andriati dalam keterangannya, Rabu (18/12/2019).

Pada 16 Juli 2018, Tubagus Chaeri Wardhana, terpidana pemberian suap mantan Hakim Konstitusi Akil Mochtar terkait sengketa Pilkada Lebak Banten, keluar dari Lapas Sukamiskin.

Dia memberi uang Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husein sebanyak Rp 63 juta untuk membuat skenario jika dirinya dilarikan ke rumah sakit Rosela, Karawang dengan menggunakan ambulans.

Meski Wawan ataupun Wahid mengetahui izin tersebut tidak untuk berobat. Setibanya di rumah sakit, Wawan berpindah mobil menuju rumah sang kakak, Ratu Atut Choisiyah.

Setelah menemui sang kakak, Wawan melanjutkan perjalanan menuju Hotel Mercure Bandung. Di sana, dia menginap dengan seorang wanita tapi bukan istrinya Airin Rachmi Diany.

 

Menginap di Hotel

Tubagus Chaeri Wardhana saat turun dari mobil tahanan, Jakarta, Senin (21/3). Adik Atut Chosiyah diperiksa sebagai tersangka perkara dugaan korupsi proyek pengadaan alat kesehatan di Provinsi Banten tahun 2011-2013. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Perbuatan Wawan ini terungkap saat jaksa KPK Takdir Suhan membacakan surat dakwaan milik Wahid Husein. Belakangan diketahui teman wanita suami Wali Kota Tangerang Selatan ini adalah artis muda.

"Iya (menginap dengan artis). Pokoknya sesuai dengan surat dakwaan," ujar Jaksa KPK M Takdir Suhan saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

Hanya saja, Takdir tak mau membeberkan identitas artis yang menginap dengan Wawan tersebut. Menurut dia, dalam dakwaan Wahid Husein pun tak dicantumkan siapa nama artis yang bersama Tubagus Chaeri Wardana tersebut.

"Enggak disebut (di dakwaan), soalnya enggak kaitan dengan Wahid. Hanya (nama artis) diperhalus (menjadi) teman wanita Wawan," kata dia.

Tak hanya sekali, pada 5 Juli 2018 Wawan keluar Lapas dengan alasan mengunjungi ibunya yang sedang sakit. Namun Wawan saat itu menginap di Hotel Hilton Bandung selama 2 hari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Jiwasraya Sudah Bermasalah Sejak 10 Tahun Lalu

Posted: 17 Dec 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bahwa persoalan tunggakan pembayaran PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah terjadi sejak lama. Bahkan, masalah tersebut sudah terjadi sejak 10 tahun lalu.

Meski demikian, Jokowi sudah memerintahkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk menyelesaikan persoalan ini dengan mengedepankan perlindungan konsumen.

"Ini persoalan yang sudah lama sekali 10 tahun yang lalu. Problem ini yang dalam 3 tahun ini kita sudah tahu dan ingin menyelesaikan masalah ini. Ini bukan masalah yang ringan," ujar Jokowi kepada wartawan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bahwa pemerintah sudah memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan lama ini. Sementara itu, terkait masalah kriminal, Jokowi menyerahkannya kepada aparat penegak hukum.

"Yang jelas gambaran solusinya sudah ada, kita tengah mencari solusi itu, sudah ada masih dalam proses semua. Tapi berkaitan dengan hukum ranahnya sudah masuk ke kriminal sudah masuk ke ranah hukum," jelas Jokowi.

Permasalahan Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Sebagaimana diketahui, dugaan adanya praktik korupsi di Jiwasraya terjadi seiring dengan terbitnya produk JS Saving Plan pada 2013-2018.

Produk ini menawarkan persentase bunga tinggi yang cenderung di atas nilai rata-rata berkisar 6,5 persen hingga 10 persen. Berkat penjualan produk ini, persero memperoleh pendapatan total dari premi sebesar Rp53,27 triliun.

Direksi lama diketahui menempatkan dana nasabah pada saham-saham gorengan yang dikelola Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro seperti PT SMR Utama Tbk (SMRU), PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP), PT Hanson Internationl Tbk (MYRX), PT Rimo Internasional Lestari Tbk (RIMO), dan PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN).

Dari informasi yang dikumpulkan, saat ini Hendrisman Rahim merupakan pimpinan di perusahaan asuransi, PT Advista Life yang berafiliasi dengan PT Pool Advista Finance Tbk yang menjadi satu dari 14 perusahaan manajer investasi, pengelola portofolio investasi Jiwasraya. Sedangkan Hary Prasetyo saat ini beraktivitas di Kantor Staf Presiden.

Kementerian BUMN Bakal Gelar Audiensi dengan Nasabah Jiwasraya

Gedung Kementerian BUMN (dok: Humas KBUMN)

Hari ini belasan nasabah korban Jiwasraya mendatangi kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memperoleh kepastian pembayaran polis mereka. Namun, kedatangan mereka tak membuahkan hasil, sebab tidak sempat ditemui oleh petinggi kementerian BUMN.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga, mengungkapkan saat ini pemerintah belum menemukan solusi untuk para nasabah tersebut. "BUMN masih cari solusi," kata dia saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Dia menyebutkan hari ini tidak sempat menemui para nasabah sebab sedang berada di luar. Ke depannya kemungkinan akan ada audiensi bersama para nasabah tersebut. "Audiensi kita kan masih cari solusi terbaik. Kapan-kapan. Kita masih cari solusi," ujarnya.

Sebelumnya, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) saat ini tengah terlilit masalah keuangan. Masalah ini bermula akibat manajemen terdahulu yang salah menaruh investasi ke saham-saham "gorengan". Akibatnya, perusahaan gagal membayar polis asuransi yang jatuh tempo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Harap Kivlan Zen Kembali Sehat Usai Jadi Tahanan Rumah

Posted: 17 Dec 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan terdakwa kasus kepemilikan senjata api Kivlan Zen menjadi tahanan rumah. Hakim berharap, kondisi kesehatan Kivlan Zen segera pulih.

"Atas pertimbangan kemanusiaan, mulai tanggal 12 Desember 2019 sudah dialihkan penahanannya dari Rutan menjadi tahanan rumah dengan maksud kalau sudah dialihkan, sembuh dan bisa sidang," ujar Ketua Hakim Syaifuddin Zuhri di PN Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Keputusan Kivlan menjadi tahanan rumah berdasarkan surat penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 11 Desember 2019. Surat itu ditandatangani oleh Majelis Hakim yang menangani perkara Kivlan.

"Menetapkan, mencabut status pembantaran, mengalihkan status penahanan terdakwa Kivlan Zen dari status tahanan rumah tahanan negara ke tahanan rumah sejak 12 Desember 2019 sampai dengan 26 Desember 2019," demikian bunyi penetapan tersebut.

Sebelumnya, Kivlan Zen mengaku, kondisi kesehatannya masih turun. Kivlan menyebut dirinya terserang penyakit paru. "Saya kan kena paru-paru, terus luka kan," ujar Kivlan Zen.

Kivlan kerap batuk saat memberikan pernyataan kepada awak media. Kivlan juga sempat memperlihatkan obat-obatan yang tengah dia konsumsi. Kivlan mengaku, obat-obatan tersebut dia dapat dari RSPAD.

"Anda bisa lihat lah. Ini obat dokter, ini obat saya segini," kata Kivlan terbatuk-batuk.

Kesehatan Menurun

Terdakwa kasus dugaan kepemilikan senjata api illegal, Kivlan Zen usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019). Majelis menunda sidang yang beragendakan pembacaan eksepsi karena alasan kesehatan dan legalitas kuasa hukum terdakwa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menurut Kivlan, selama menjalani penahanan 3 bulan di POM TNI, kondisi kesehatannya terus menurun. "Mungkin saya waktu tidur kena debu di POM, kan tiga bulan ya. Debu masuk dari Pasar Rumput itu ke sel saya yang terbuka itu. Saya di Polda yang saya tidur di lantai itu, di (atas) semen dikasih kasur tipis," kata dia.

Kivlan dijadwalkan hari ini menjalani sidang dengan pembacaan eksepsi. Meski dengan kondisi kesehatan yang menurun, Kivlan mengaku, siap menjalani persidangan.

"Saya karena kasus hukum saya hadir dengan (kondisi) badan (kurang sehat), dulu juga saya sakit saya dipaksa untuk mendengar dakwaan. Juga untuk baca eksepsi enggak bisa mikir," kata dia.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Artis Ini Menikah dan Melepas Status Janda di 2019

Posted: 17 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kawin cerai menjadi hal yang sering terjadi di kalangan artis. Dalam satu tahun, pasti ada saja artis Tanah Air yang rumah tangganya bermasalah dan memilih untuk mengakhiri rumah tangganya di pengadilan. Akibatnya, banyak kalangan artis yang menyandang status janda atau duda.

Menariknya pada tahun 2019 ini menjadi hari bahagia para artis yang sudah lama menyandang status janda. Banyak kalangan artis ternama yang melepas status jandanya dan resmi melangsungkan pernikahan dengan pujaan hatinya.

Tak ayal, pernikahan artis yang resmi melapas status janda ini kerap mendapat perhatian publik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 7 artis yang menikah dan melepas status janda di 2019, Rabu (18/12/2019).

1. Usai bercerai dengan Nassar, Muzdalifah memutuskan untuk menikah kembali dengan Fadel Islami pada 26 April 2019.

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/muzdalifah999)

2. Artis cantik Lulu Tobing menikah dengan pengusaha konglomerat Bani Maulana Mulia pada 24 Agustus 2019.

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/@banimulia)

3. Di usianya yang memasuki 51 tahun, Donna Harun memutuskan untuk kembali menikah dengan pengusaha Ad Hanafiah pada 27 Juli 2019.

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/jejesoekarno)

4. Mantan istri Tommy Kurniawan, Tania Nadira menikah dengan Abdulla Alwi pada 10 Agustus 2019.

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/sheinphotos)

5. Artis cantik Dian Pelangi menyudahi statusnya sebagai janda dengan menikahi Sandy Nasution pada 17 November 2019

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/akuwedding)

6. Sama-sama menyandang status janda dan duda, Cut Tari dan Richard Kevin memutuskan menikah pada 12 Desember 2019.

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/ersamayori)

7. Rina Nose menikah dengan sutradara Josscy Aartsen di Belanda pada 22 Oktober 2019.

Artis yang Menikah dan Melepas Status Janda di 2019 (sumber:Instagram/tianseptiannugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Piala Dunia Antarklub 2019: Liverpool vs Monterrey

Posted: 17 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Doha - Piala Dunia Antarklub 2019 menyisakan satu tempat di partai final. Tempat tersebut bakal diperebutkan oleh Liverpool dan Monterrey.

Juara Liga Champions, Liverpool akan menantang klub asal Meksiko, Monterrey. Pertandingan tersebut bakal berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.

Jelang melawan Liverpoil di Piala Dunia Antarklub 2019, Monterrey berbekal kemenangan 3-2 atas klub asal Asia, Al Sadd, Minggu (15/12/2019).

Klub yang satu ini tidak bisa dianggap remeh karena Monterrey merupakan juara Liga Champions CONCACAF tahun 2019. Di ajang ini, mereka sudah memenangkan empat gelar sejak 2010.

Lihat jadwal pertandingan Piala Dunia Antarklub 2019 di halaman selanjutnya.

Jadwal Pertandingan

Trio penyerang Liverpool, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino. (AFP/Francisco Leong)

Kamis 19 Desember 2019

Pukul: 00.30 WIB

Monterrey vs Liverpool

Venue: Khalifa International Stadium, Doha

 

Jadwal Pertandingan Final

Minggu, 22 Desember 2019

Pukul: 00.30 WIB

Pemenang Semifinal 1 vs Flamenggo

Venue: Khalifa International Stadium, Doha

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi Fintech Bikin Transfer Dana Lintas Negara Lebih Murah

Posted: 17 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Startup yang bergerak di bidang financial technology (fintech) terus tumbuh dan tak bisa dimungkiri ikut menghadirkan inovasi pada industri perbankan.

Dengan mengandalkan teknologi, aplikasi mobile, dan platform yang praktis, layanan fintech menawarkan kemudahan yang belum pernah ada sebelumnya.

Salah satu fintech yang menawarkan kemudahan kepada masyarakat adalah Wallex Technologies. Startup asal Singapura ini mampu mengubah metode transfer dana internasional menjadi lebih praktis dan modern.

Wallex melihat ada dua hal utama yang perlu diperbaiki dari metode transfer dana internasional pada umumnya, yaitu proses pembayaran dan pengambilan uang.

Ketika melakukan transfer ke luar negeri, biasanya lembaga perbankan konvensional akan menetapkan biaya layanan progresif. Ini berarti, semakin tinggi dana yang ditransfer, kian besar pula beban biayanya.

Berbeda dengan perbankan konvensional, Wallex memberlakukan biaya flat hanya sebesar Rp 100.000 per transaksi, sehingga menawarkan tarif yang jauh lebih murah dibandingkan metode transfer tradisional, pembayaran dengan kartu, atau bahkan PayPal.

Selain itu, banyak bank konvensional yang memproses transfer dana lintas-negara secara offline. Pelanggan harus mendatangi kantor cabang terdekat dan melengkapi dokumen, baru bank akan melakukan pengiriman dana. Kurs yang ditawarkan pun biasanya terbatas pada kurs-kurs yang paling banyak digunakan.

Andy Putra, Country Manager Wallex di Indonesia menilai cara itu kurang efisien, terutama bagi pelanggan dengan mobilitas tinggi yang perlu menyelesaikan transfer dana sesegera mungkin.

"Wallex kemudian menciptakan platform online, di mana pelanggan bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja," kata Andy melalui keterangan tertulisnya, Rabu (18/12/2019).

Konversi ke Lebih dari 40 Mata Uang

Semua data terkait biaya, konversi kurs, kelengkapan dokumen, hingga status pembayaran, dicantumkan secara transparan dan akurat. Bahkan, pelanggan bisa melakukan konversi ke lebih dari 40 mata uang asing di 180 negara di dunia.

"Di era digital ini, semua berjalan dengan serba cepat dan serba online. Kami menghadirkan platform yang terintegrasi dan bisa diakses 24 jam sehari, sehingga setiap transaksi transfer lintas negara cuma dalam hitungan menit," Andy menambahkan.

Dengan transfer dana yang dilakukan secara digital, Wallex menjamin bahwa semua transaksi dienkripsi dengan baik, sehingga terjaga kerahasiaan maupun keamanannya. Sebagai perusahaan rintisan fintech, Wallex telah mendapatkan Lisensi Pengiriman Uang dari Bank Indonesia dan Otoritas Moneter Singapura.

 

Kemudahan Bagi Penerima Dana

Selain dalam hal pembayaran, Wallex juga berupaya untuk menghadirkan kemudahan bagi pihak penerima. Umumnya, pihak penerima harus membayarkan biaya transfer untuk setiap transaksi internasional.

Dengan begitu, biaya yang dibayarkan akan semakin besar dan tidak efisien khususnya untuk volume transfer internasional yang banyak namun dengan nominal yang kecil.

Namun dengan Wallex, pihak penerima bisa berhemat menggunakan akun bank virtual di Singapura, dan Amerika Serikat. Sehingga, transfer dana yang dilakukan hanya akan dikenakan biaya transfer lokal saja yang notabene lebih murah.

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Truk Tabrak Warung, Pemilik Masuk ke Kolong Truk

Posted: 17 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuh truk kehilangan kendali hingga menabrak sebuah warung di pinggir jalan. Pemilik warung terdorong hingga masuk ke kolong truk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Star Wars: Rise of the Skywalker Tayang di Bioskop, Simak 6 Fakta Menariknya

Posted: 17 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya jilid pamungkas dari saga terbesar sepanjang sejarah sinema dirilis di jaringan bioskop. Star Wars: The Rise of Skywalker tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu (18/12/2019).

Star Wars: The Rise of Skywalker masih diperkuat Adam Driver, Daisy Ridley, dan aktris peraih Oscar, Lupita Nyong'o. Cerita Star Wars: The Rise of Skywalker terjadi setahun setelah peristiwa di The Last Jedi.

Film ini diharapkan mampu mengulang sukses The Last Jedi yang mengeruk pendapatan kotor 1,33 miliar rupiah atau sekitar 18,66 triliun rupiah. Berencana menonton Star Wars: The Rise of Skywalker pekan ini? Sebelum melenggang ke bioskop, simak dulu 6 fakta menariknya yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Dampak Meninggalnya Carrie Fisher

Carrie Fisher dalam Star Wars: The Rise of Skywalker. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Kematian Carrie Fisher pada akhir 2016 membuat naskah film ini ditulis ulang untuk menghilangkan karakter Leia. Lucasfilm berkomitmen tidak akan menggunakan penampilan digital lagi seperti yang dilakukan di akhir Rogue One: A Star Wars Story.

J.J. Abrams mengkonfirmasi Carrie Fisher tetap muncul di seri terakhir ini dengan memanfaatkan stok gambar yang batal digunakan di The Force Awakens dan The Last Jedi. Penulis naskah dan editor dituntut kreatif memanfaatkan gambar-gambar itu sesuai kebutuhan adegan.

2. Bergabungnya Keri Russell

Keri Russell dalam Star Wars: The Rise of Skywalker. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Keri Russell baru bergabung setelah J.J. Abrams resmi menjadi penulis dan sutradara film ini. Sebelumnya Keri dan Abrams pernah bekerja sama untuk film Felicity (1998) dan Mission: Impossible III (2006).

Dalam Star Wars: The Rise of Skywalker, Keri memerankan Zorii Bliss. Keri debut di layar lebar pada 1992 lewat film Honey, I Blew Up The Kid. Ia dikenal dunia setelah membintangi film laris Dawn of The Planet of The Apes (2014).

3. Melibatkan Penulis Peraih Oscar

Para pemain Star Wars: The Rise of Skywalker. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Awalnya seri terakhir ini akan disutradarai Colin Trevorrow, yang membidani lahirnya Jurrasic World. Di tengah jalan, sang sineas mundur karena alasan perbedaan kreativitas dengan tim Lucasfilm.

Trevorrow dan Derek Connolly yang sebelumnya pernah bekerja sama untuk film Safety Not Guaranteed (2012) menulis naskah awal The Rise of Skywalker. Kemudian J.J. Abrams menggandeng Chris Terrio untuk menuliskan ulang naskah itu. Chris Terrio merupakan penulis skenario peraih Oscar lewat Argo.

4. Durasi Panjang

Daisy Ridley dalam Star Wars: The Rise of Skywalker. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Awalnya durasi Star Wars: The Rise of Skywalker diumumkan sepanjang 2 jam 35 menit. Ini seri terpanjang dari semua film Star Wars. November 2019, pihak Walt Disney mengumumkan bahwa durasi finalnya "hanya" 2 jam 21 menit.

Di Amerika Serikat, Star Wars: The Rise of Skywalker menggebrak bioskop mulai Jumat, 20 Desember 2019. Penggemar Star Wars garis keras di Indonesia tak perlu menunggu lama. Di Tanah Air, jilid pamungkas dari saga Star Wars dirilis dua hari lebih cepat.

 

5. Dari Inggris Ke Yordania

Suasana di lokasi syuting Star Wars: The Rise of Skywalker. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Proses pengambilan gambar Star Wars: The Rise of Skywalker dimulai pada 1 Agustus 2018 di studio Pinewood, Inggris, dan di lembah padang pasir Wadi Rum, Yordania. Salah satu pemain The Rise of Skywalker, Oscar Isaac, menyebut, J.J. Abrams luwes selama syuting.

"Abrams mengizinkan kami memberi improvisasi lebih dari dua film sebelumnya," ujarnya saat diwawancara IndieWire, Oktober 2018. Karena jadwal mepet, sebagian proses penyuntingan gambar dicicil di lokasi syuting.

 

6. Dua Working Title

Adam Driver dalam Star Wars: The Rise of Skywalker. (Foto: Dok. IMDb/ Walt Disney)

Dalam proses pembuatan film ada istilah working tittle alias judul sementara yang digunakan selama syuting. Judul ini biasanya tidak resmi dan diubah saat hendak dirilis di bioskop. Jelang syuting, Star Wars: The Rise of Skywalker menggunakan working title Star Wars: Black Diamond. Juni 2018, working title diubah menjadi trIXie.

Film ini juga menandai kerja sama kali kedua aktor Adam Driver dan Keri Russell. Keduanya pernah tampil bersama di pertunjukan teater berjudul Burn This.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Kirim Surat Amarah ke Ketua DPR AS Jelang Pemakzulan

Posted: 17 Dec 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Donald Trump mengecam pemakzulannya yang tinggal hitungan jam. Melalui sebuah surat, ia mengekpresikan kemarahannya kepada ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi, menuduhnya menyatakan perang terbuka terhadap demokrasi Amerika.

"Kau telah meremehkan pentingnya kata yang sangat buruk, pemakzulan!" tulis Donald Trump dalam surat itu, dikirim pada Selasa 17 Desember 2019 seperti diberitakan CNN.

Donald Trump akan menghadapi pemungutan suara soal pemakzulannya pada Rabu 18 Desember 2019, atas tuduhan dia menekan Ukraina untuk keuntungan politik pribadi. Dia diperkirakan akan dimakzulkan, kemudian disidang di Senat.

Dengan sedikit harapan untuk mengubah hasil pemungutan suara atas pemakzulannya pada hari Rabu di DPR, Trump menggunakan surat enam halaman untuk marah menentang proses tersebut dan mengecam Nancy Pelosi.

Surat itu adalah intervensi luar biasa oleh presiden, yang telah berjuang untuk menghalangi proses pemakzulan dengan mencegah para pembantunya bersaksi di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat.

Dalam suratnya, Trump mengklaim bahwa dirinya telah dicabut dari proses dasar Konstitusi AS melalui pemakzulannya. Selain itu haknya untuk menyajikan bukti juga disanggah. "Proses yang lebih adil diberikan kepada mereka yang dituduh sebagai penyihir dalam pengadilan di Salem," katanya.

"Proses yang lebih adil diberikan kepada mereka yang dituduh dalam Pengadilan Penyihir Salem," tulisnya.

Kata Ketua DPR AS

Nancy Pelosi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, memimpin delegasi Demokrat ke Konferensi Madrid. (Liputan6/AP)

Donald Trump sebenarnya diundang secara terbuka oleh ketua Demokrat dari Komite Kehakiman DPR untuk memberikan bukti dalam proses pemakzulan. Hal itu memungkinkan tim hukumnya untuk menanyai para saksi, tetapi proses tersebut ia tolak.

Wali Kota Salem, Kim Driscoll, melalui Twitter mengatakan bahwa presiden harus belajar sejarah, mengatakan hukuman dibuat tanpa adanya bukti, sedangkan kasus terhadap presiden melibatkan "banyak bukti".

Pelosi mengatakan kepada wartawan di Capitol bahwa dia belum membaca surat itu secara penuh, tetapi telah melihat esensinya dan berpikir isinya menyakitkan.

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan pemungutan suara hari Rabu tentang pemakzulan, dia mengatakan DPR akan "menggunakan salah satu kekuatan paling khusyuk yang diberikan kepada mereka oleh konstitusi".

"Selama momen yang bersejarah bagi bangsa, kita harus menghormati sumpah kita untuk mendukung dan mempertahankan konstitusi kita dari semua musuh, asing dan domestik," tambahnya.

Pada Selasa malam, protes yang mendukung pemakzulan diadakan di kota-kota di seluruh AS, termasuk New York, Boston dan Los Angeles.

Demonstran membawa plakat bertuliskan "Dump Trump", dan "Lindungi Demokrasi kami".

Hashtag #notabovethelaw dan #impeachmenteve tren di Twitter.

Surat selengkapnya ada di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelelahan, Ma'ruf Amin Batal ke Malaysia

Posted: 17 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin batal ke Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/12/2019). Ma'ruf Amin batal bertolak ke negeri jiran itu lantaran kelelahan dan dokter kepresidenan memintanya untuk beristirahat.

"Pertama-tama yang ingin saya sampaikan, dengan sangat menyesal, kami mengumumkan Wakil Presiden tidak bisa hadir ke acara di KL. KL summit, acara internasional yang rencananya dihadiri, tidak bisa dihadiri oleh bapak wapres karena apa? Karena ternyata tim dokter berkesimpulan wapres harus istirahat," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, Rabu (18/12/2019). 

Menurut dia, Ma'ruf Amin tidak sakit. Namun, Ma'ruf Amin kelelahan sehingga hanya butuh istirahat.

"Kondisinya tidak mengkhawatirkan sebenarnya, diharapkan di Kalsel bisa hadir. Yang perlu digarisbawahi, kondisinya tidak mengkhawatirkan, hanya butuh istirahat," kata Masduki.

Dia mengatakan, Ma'ruf Amin kelelahan karena rangkaian kerja Wapres yang padat. Bahkan, pada akhir pekan lalu, Ma'ruf masih berada di Banten dalam rangka kunjungan kerja. 

"Kan memang rangkaian kerja wapres ini kan luar biasa nonstop. Bahkan malam dan weekend. Terakhir weekend itu ke Banten. Makanya atas saran dokter, wapres agar istirahat," tutur Masduki.

 

Ingin Hadir di Acara Kenegaraan

Wapres Ma'ruf Amin menghadiri peringatan hari santri di Surabaya, Jawa Timur. (Dok Setwapres)

Menurut Masduki, Ma'ruf Amin butuh istirahat dalam waktu tak lama. Tim dokter, lanjut dia, menyarankan Ma'ruf Amin istirahat satu atau dua hari.

"Oleh karena itu, mohon dimaklumi. Wapres akan istirahat dalam sehari dua hari ini dan sebenarnya wapres masih menghendaki hadir di acara kenegaraan di Kalsel pada 20 Desember," ujar Masduki.

Dia mengatakan, pada acara di Kuala Lumpur, kehadiran Ma'ruf Amin diwakili oleh Menteri Luar Negeri.

 

Reporter: Intan

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Wagub Maluku Terkait Suap di Kementerian PUPR 

Posted: 17 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nataniel Orno, terkait kasus dugaan suap proyek pengerjaan jalan di Kementerian PUPR.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, Barnabas Orno akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Direktur dan Komisaris PT Sharleen Raya (JECO Group), Hong Arta John Alfred (HA).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi tersangka HA," tutur Febri dalam keterangannya, Rabu (18/12/2019).

Menurut Febri, Barnabas Orno dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan Bupati Maluku Barat Daya saat perkara tersebut terjadi. Dalam kasus ini, KPK menduga Hong Artha bersama-sama memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara, Amran HI Mustary. Amran diduga menerima uang sebesar Rp 8 miliar dan Rp 2,6 miliar dari Hong Artha.

Hong Artha sendiri merupakan tersangka ke-12 setelah sebelumnya KPK menetapkan 11 orang lainnya. Dari 11 orang tersebut, 10 diantaranya sudah divonis bersalah dan dijebloskan ke penjara.

Penetapan status tersangka terhadap Hong Artha dilakukan pada 2 Juli 2019 lalu. Namun, sejak ditetapkan sebagai tersangka setahun silam, KPK belum melakukan penahanan terhadap Hong Artha.

Kasus ini berawal dari penangkapan mantan anggota Komisi V DPR RI Damayanti pada 13 Januari 2016.

Dalam kasus itu, Amran telah divonis enam tahun penjara dan denda Rp 800 juta subsider empat bulan kurungan karena menerima Rp 2,6 miliar, Rp 15,525 miliar, dan 202.816 dolar Singapura.

Selain itu, Damayanti juga telah divonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti menerima 278.700 dolar Singapura dan Rp 1 miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Eksepsi Kivlan Zein Ditunda hingga Tahun Depan

Posted: 17 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sidang eksepsi kasus kepemilikan senjata api dengan terdakwa Kivlan Zein kembali ditunda. Penundaan dilakukan lantaran kondisi kesehatan Kivlan Zein yang menurun.

"Mohon pengertiannya, eksepsi belum dapat diajukan dan terdakwa juga masih sakit. Kita berharap mudah-mudahan sembuh, sehingga bisa bacakan eksepsi. Sidang ditunda Kamis, 2 Januari 2020," ujar Hakim Ketua Syaifuddin Zuhri di PN Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Sebelum memutuskan untuk menunda sidang, hakim Syaifuddin sempat bertanya soal kondisi kesehatan Kivlan. Mantan Kepala Staf Kostrad ABRI ini meminta hakim untuk melihat kondisinya secara langsung.

Kivlan Zein mengenakan kursi roda dengan wajah ditutupi masker. Kivlan kerap terbatuk-batuk di hadapan hakim.

"Saya terapi dua kali (dalam) satu minggu. Posisi belum sembuh," kata Kivlan.

Sebelumnya, terdakwa kasus kepemilikan senjata api Kivlan Zein mengaku kondisi kesehatannya masih turun. Kivlan mengaku terserang penyakit paru.

"Saya kan kena paru-paru, terus luka kan," ujar Kivlan Zein di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Kivlan kerap batuk saat memberikan pernyataan kepada awak media. Kivlan juga sempat memperlihatkan obat-obatan yang tengah dia konsumsi. Kivlan mengaku obat-obatan tersebut dia dapat dari RSPAD.

"Anda bisa lihat lah. Ini obat dokter, ini obat saya segini," kata KivlanZein terbatuk-batuk.

 

Salahkan POM TNI

Kivlan Zen (Foto: Dok Kejati DKI Jakarta)

Terkait dengan parunya yang kian parah, Kivlan menyalahkan kondisi saat dirinya ditahan di POM TNI. Menurut Kivlan, saat ditahan selama tiga bulan itulah paru-parunya kian parah.

"Mungkin saya waktu tidur kena debu di POM, kan tiga bulan ya. Debu masuk dari Pasar Rumput itu ke sel saya yang terbuka itu. Saya di Polda yang saya tidur di lantai itu, di (atas) semen dikasih kasur tipis," kata dia.

Kivlan dijadwalkan hari ini menjalani sidang dengan pembacaan eksepsi. Meski dengan kondisi kesehatan yang menurun, Kivlan mengaku siap menjalani persidangan.

"Saya karena kasus hukum saya hadir dengan (kondisi) badan (kurang sehat), dulu juga saya sakit saya dipaksa untuk mendengar dakwaan. Juga untuk baca eksepsi enggak bisa mikir," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Fabiano Beltrame, Bek Persib Bandung yang Resmi Jadi WNI

Posted: 17 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah penantian panjang, pemain sepak bola asal Brasil Fabiano Beltrame akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia pada Senin (16/12/2019).

Hal ini diketahui dari unggahan foto di akun instagram pribadinya, dalam unggahannya Bek Persib ini menggunakan jas hitam dan peci sambil memegang bendera Merah Putih. Diketahui bahwa dirinya telah mengambil sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, Surabaya.

Mantan bek Madura United ini menuliskan caption "Warga Negara Indonesia" yang di unggah pada Senin (16/12/2019).  Resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia, pria 37 tahun ini diharapkan memperkuat lini pertahanan Maung Bandung pada musim depan. 

Pasalnya dalam suatu wawancara Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengungkapkan Fabiano merupakan pemain dengan kualitas bagus dan punya profesionalisme yang fantastis.  Fabiano memiliki kepribadian yang bagus untuk tim Persib Bandung. 

Penasaran seperti apa sosok Fabriano Beltrame, dilansir dari akun instagram Fabiano Beltrame, berikut Liputan6.com ulas potret Fabiano, Rabu (18/12/2019).

 

1. Menggunakan jas dan berpeci hitam, pemain sepak bola asal Brasil ini mengambil sumpah WNI di Kemenkumham Surabaya.

Fabiano Beltrame (Sumber: Instagram/fabianobeltrame15)

2. Pria 37 tahun ini resmi menjadi warga negara Indonesia sejak 16 Desember 2019 lalu.

Fabiano Beltrame (Sumber: Instagram/fabianobeltrame15)

3. Sebelum bergabung dengan Persib Bandung, Fabiano merupakan bek Madura United.

Fabiano Beltrame (Sumber: Instagram/fabianobeltrame15)

4. Selain menjadi pemain sepak bola, pria kelahiran 1982 ini juga menjadi ambassador brand sepatu.

Fabiano Beltrame (Sumber: Instagram/fabianobeltrame15)

5. Di tengah kesibukannya, mantan bek Madura United ini menyempatkan waktu bersama kedua buah hatinya.

Fabiano Beltrame (Sumber: Instagram/fabianobeltrame15)

6. Ini dia momen kebersamaan Fabiano bersama putrinya, Juliana.

Fabiano Beltrame (Sumber: Instagram/fabianobeltrame15)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manisnya Hubungan Natasha Wilona dan Immanuel Caesar Hito di Sinetron Cinta Karena Cinta

Posted: 17 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Karena Cinta adalah sinetron Indonesia yang diproduksi SinemArt. Sinetron ini perdana ditayangkan pada 1 Agustus 2019, dan hadir setiap malam mulai pukul 20.30 WIB di SCTV.

Sinetron Cinta Karena Cinta dibintangi oleh artis-artis ternama Indonesia. Salah satunya, Natasha Wilona yang beradu akting dengan Imannuel Caesar Hito.

Immanuel Caesar Hito atau yang dikenal sebagai Mirza, dan Natasha Wilona yang dipercaya memerankan karakter Jenar, kerap kali membuat penonton setia SCTV baper jika melihat kemesraan Jenar dan Mirza saat beradu akting.

Ingin lihat bagaimana kompilasi momen manis manja hubungan Jenar dan Mirza di sinetron Cinta Karena Cinta? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

 

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Dihentikan, Boeing 737 Max Tetap Boleh Terbang

Posted: 17 Dec 2019 09:15 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menghargai keputusan Boeing untuk menghentikan produksi B737 MAX. Saat ini, sejumlah maskapai di Indonesia sudah memiliki pesawat jenis tersebut, seperti Lion Group dan Garuda Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubunggan Polana B Pramesti mengatakan stop produksi, tidak berarti Boing 737 MAX akan pasti tidak terbang lagi di waktu yang akan datang.

"Saat ini Ditjen Hubud sedang menunggu hasil proses sertifikasi upgrade MCAS B737 MAX oleh FAA, yang sampai saat ini belum dapat ditentukan waktu selesainya" kata Polana kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).

Sebab apabila FAA telah menyelesaikan proses sertifikasinya dan empat otoritas penerbangan yang juga melakukan sertifikasi yaitu EASA Eropa, TC Kanada, ANAC Brazil, dan CAAC China juga telah menyelesaikan sertifikasinya dan menyatakan bahwa proses upgrade MCAS tersebut dinyatakan telah memenuhi semua persyaratan yang diikuti dengan penerbitan Airworthiness Directive kemungkinan Boing 737 MAX akan terbang lagi.

"Pemerintah akan mengkaji semua informasi terkait sebagai dasar untuk menentukan pencabutan grounding MAX di Indonesia, namun sampai saat ini belum selesai proses sertifikasinya " tegas Polana.

Selain itu, hasil sertifikasi tersebut akan dibahas bersama antar otoritas penerbangan sipil di kawasan ASEAN yang memang telah memiliki konsensus untuk mengharmonisasi proses un-grounding Boeing 737MAX.

 

Tak Terbang 9 Bulan

Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Lion Air.

Indonesia bersama negara-negara lainnya telah menghentikan operasional pesawat Boeing 737MAX (grounding) jauh sebelum pemberitaan terkait dengan keputusan pihak Boeing untuk melakukan stop produksi B737MAX.

Polana menegaskan, pihaknya memiliki perhatian terhadap armada MAX yang ada di Indonesia yang sudah tidak terbang selama lebih dari 9 bulan, serta bagaimana pengaruhnya terhadap kondisi fisik pesawat tersebut.

"Kami telah dan akan terus melanjutkan komunikasi dan koordinasi dengan pihak operator penerbangan serta pabrikan dan otoritas penerbangan sipil lainnya mengenai langkah-langkah terbaik yang perlu dilakukan untuk preservasi armada tersebut selama tidak terbang," jelas Polana.

"Kami pastikan bahwa keselamatan dalam bisnis penerbangan adalah yang paling utama," tutup Polana.

Hentikan Produksi

Pekerja Boeing berjalan ke arah  jet 737 Max di Renton, Washington, Senin (16/12/2019). Boeing Co mengumumkan akan menghentikan untuk sementara waktu produksi pesawat jenis 737 MAX – yang sudah dilarang terbang – pada Januari 2020 mendatang. (AP/Elaine Thompson)

Boeing, produsen pesawat terbang asal Amerika Serikat (AS), akan menghentikan sementara produksi pesawat 737 Max pada bulan depan. Ini merupakan keputusan dewan komisaris dan juga direksi dari perusahaan.

Penghentian sementara produksi 737 Max ini menyusul krisis terburuk dalam sejarah perusahaan yang telah berdiri selama 103 tahun ini, yaitu dua kecelakaan yang menewaskan 346 orang.

Dikutip dari The News York Times, Selasa (17/12/2019), sebelumnya beberapa petinggi Boeing mengisyaratkan bahwa Boeing 737 Max akan bisa terbang sebelum akhir tahun ini. Pesawat ini memang dibebastugaskan di seluruh dunia usai kecelakaan maut tersebut.

CEO Boeing Dennis Muilenburg sendiri menyebutkan bahwa penghentian sementara produksi akan lebih efisien daripada memangkas produksi lagi.

Untuk diketahui, pada April lalu, perusahaan memangkas produksi hingga 20 persen menjadi 42 pesawat per bulan. Saat ini setidaknya ada 400 pesawat Max yang berada di fasilitas parkir utama Boeing di Washington.

Dikutip dari CNBC, dengan penghentian produksi ini, Boeing mengaku tidak akan merumahkan para pekerja di pabrik Renton, Washington, tempat 737 Max diproduksi. Beberapa pekerja dari 12 ribu orang di sana akan dipindahkan sementara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Edhy Tetap Akan Buka Keran Ekspor Benih Lobster

Posted: 17 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tidak akan mundur dari kebijakan membuka kembali keran ekspor benih lobster. Hal itu disampaikan Edhy di depan para pemangku kebijakan lingkungan ikan tangkap dalam Pertemuan Regional ke-2 Komite Pengelola Bersama Perikanan Tuna Provinsi Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, NTT dan NTB.

"Anda bisa tertawa melihat saya, tapi saya tidak akan pernah mundur," kata Edhy menegaskan, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Pantauan merdeka.com, Edhy terlihat serius mengatakan dirinya akan memperjuangkan kebijakan ekspor benih lobster. Dia bahkan tidak peduli dengan ragam ekspresi peserta pertemuan tersebut.

Baru setelah dia menjelaskan alasan pembukaan keran ekspor, para tamu undangan memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan.

Edhy menjelaskan, ekspor benih dilakukan untuk memperjuangkan keberlanjutan nelayan dan keberlanjutan alam. Untuk itu, saat ini pihaknya masih melakukan pengkajian terhadap 29 aturan yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Kami sedang mematangkan yang akhir-akhir ini jadi polemik, termasuk lobster," ucap Edhy.

Jokowi Komentari Perseteruan Susi Pudjiastuti dan Edhy Prabowo Soal Lobster

Petugas menunjukkan barang bukti benih lobster saat rilis penyelundupan benih lobster di Gedung Dittipidter Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/8/2019). Bersama KKP, Polisi mengungkap penyelundupan 57.058 ekor benur jenis pasir dan jenis mutiara 203 ekor. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjawab polemik ekspor benih lobster yang dikritik Susi Pudjiastuti. Menurut dia, kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Peabowo yang membuka keran ekspor bibit lobster harus dilhat dari sisi kemanfaatan dan lingkungannya.

"Yang paling penting menurut saya negara mendapatkan manfaat, nelayan mendapatkan manfaat, lingkungan tidak rusak. Yang paling penting itu," ujar Jokowi di Gerbang Tol Samboja-Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). 

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan ekspor bibit lobster harus ada keseimbangan. Jokowi mengatakan ekspor benih lobster jangan hanya dilihat dari sisi ekonominya saja, tapi juga aspek lingkungan yang harus dipelihara.

"Keseimbangan itu paling penting bukan hanya bilang jangan enggak. Keseimbangan itu yang harus di perlukan. Jangan juga awur-awuran, semua ditangkapin diekspor, juga enggak benar," jelas dia.

Jokowi juga menegaskan bahwa ekspor benih harus sesuai dengan aturan yang ada, tidak boleh ugal-ugalan. Hal ini untuk menghindari terjadinya penyelundupan benih lobster.

"Agar benih lobster tidak diselundupkan tidak di ekspor secara awur-awuran, tapi juga nelayan mendapatkan manfaat dari sana. Nilai tambah ada di negara kita," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma Dibikin dari Pensil Warna, 6 Ilustrasi Seleb Ini Mirip Aslinya

Posted: 17 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membuat sebuah karya seni tentu saja bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Butuh keahlian serta daya imajinasi yang cukup untuk membuat sebuah karya seni.

Namun, meski membutuhkan keahlian khusus kamu juga bisa membuat sebuah karya seni bila terus belajar. Salah satu aliran seni yang cukup memikat ialah Hyperrealisn atau Hyperrealistic. Karya seni ini merupakan seni yang dibuat dalam bentuk lukisan ataupun pahatan yang menyerupai sebuah foto dengan revolusi tinggi.

Meski tak semua orang bisa memiliki bakat dengan aliran tersebut, akan tetapi wanita asal Rusia ini mampu wujudkannya. Melalui akun Instagram @ _litvinalena_, dirinya juga sering mengunggah foto hasil karyanya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @ _litvinalena_, Rabu (18/12/2019) berikut ini beberapa potret karya ilustrasi para selebriti yang tampak nyata.

2. Bahkan, dimensi yang dihasilkan pada lukisan tersebut benar-benar sesuai.

View this post on Instagram

Вот и подходят к концу длинные новогодние праздники💫Надеюсь вам удалось отдохнуть, набраться сил, чтобы завтра ворваться в рабочие будни нового года?😉 ⚡ Я, признаться, тоже отдыхала от заказов. Рисовала немного и для души)Удалось закончить портрет Мэтта Дэймона — технически сложный, но от этого особенно интересный😌Остаётся только вручить лично! 😁 А если серьёзно, я каждый раз радуюсь, что моя работа приносит столько эмоций и радости мне и людям. С завтрашнего дня берусь за ваши заказы🤗Желаю вам приятного вечера и лёгких рабочих дней!🙌🏻 #art #artist #artwork #portrait #pencilportrait #mattdamon #pencilart #drawing #pencildrawing #арт #рисунок #рисуноккарандашом #рисунокпастелью #рисунокотруки #портретназаказ #портрет #портретыназаказ #портретымосква #рисуюназаказ #портретпофото

A post shared by Портреты на заказ 🎨 Аэрография (@_litvinalena_) on

4. Ekspresi yang tergambar di lukisan yang bermodal pensil ini pun sukses jadi perhatian.

View this post on Instagram