Kamis, 26 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


5 Artis yang Dapat Hadiah Mobil Mewah Saat Sweet Seventeen

Posted: 26 Dec 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan ulang tahun ke 17 atau sweet seventeen merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi para remaja. Di usia ini pun selalu saja ada hadiah yang istimewa seperti mobil mewah, terutama di kalangan artis Indonesia.

Beberapa di antara mereka mendapatkan kado mobil mewah dari orang tua mereka saat menginjak usia 17 tahun. Dilansir dari Brilio.net, berikut daftar artis yang mendapatkan kado mobil dari orang tua saat usia 17 tahun:

1. Nikita Willy

Dikenal tajir melintir, di usia yang masih muda, Nikita Willy mendapatkan hadiah fantastis dari orangtuanya saat ulang tahun yang ke-17. Dia mendapatkan kado mobi mewah tipe Cadillac Escalade ESV berwarna putih dari orangtuanya. Mobil tersebut dibanderol seharga Rp 3,4 miliar.

2. Felicia Hutapea

Hotman Paris Hutapea juga memberikan hadiah mobil mewah kepada Felicia Hutapea saat usianya genap 17 tahun. Mobil yang diberikan Hotman adalah mobil sport Bentley Mulsane yang ditaksir harganya mencapai Rp 9 miliar.

 

3. Bastian Steel

Bastian Steel di lokasi syuting sinetron Pengantin Dini (Fimela.com/Bambang E. Ros)
Bastian Steel di lokasi syuting sinetron Pengantin Dini (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Bastian Steel juga mendapatkan hadiah mobil mewah saat ulang tahun ke 17 dari kedua orangtuanya. Mobil tersebut adalah Alphard tipe terbaru pada 2018 lalu. Mobil tersebut diperkirakan memiliki harga mencapai Rp 1 miliar.

4. Dul Jaelani

Dul Jaelani pun mendapatkan sebuah mobil mewah sebagai kado ulang tahun ke-17 tahun dari sang Ibunda, Maia Estianty. Maia memberikan satu unit mobil keluaran Mercedes-Benz GLA 200 berjenis SUV yang ditaksir harganya mencapai Rp 679 jutaan.

5. Devano Danendra

Devano Danendra mendapatkan kado mobil mewah dari sang Ibunda, Iis Dahlia. Dia menerima satu unit mobil mewah Mercedes-Benz CLA 200. Mobil tersebut ditaksir harganya mencapai Rp 890 jutaan. Tentu ini menjadi hadiah fantastis yang diberikan Iis untuk Devano.

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Bakal Tulis Ulang Isi Alkitab dan Al-Qur'an di Tengah Isu Uighur

Posted: 26 Dec 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Beijing - China rencananya akan menulis ulang isi Alkitab dan Al-Quran. Upaya itu digadang-gadang demi mencerminkan nilai nasionalis di tengah isu Uighur, yang menuduh pemerintah negara tersebut telah melakukan tindakan keras.

Kitab suci keluaran baru nanti, tidak akan mengandung konten apapun yang berlawanan dengan keyakinan Partai Komunis, menurut pihak berwenang dari partai berkuasa di China.

Paragraf yang dianggap salah oleh badan sensor akan diubah atau diterjemahkan kembali.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (27/12/2019), walaupun Alkitab dan Al-Qur'an tidak disebutkan secara spesifik, partai tersebut menyebutkan "evaluasi komprehensif klasik agama yang bertujuan pada konten tak sesuai dengan perkembangan zaman."

Mandat itu diberikan pada bulan November selama pertemuan yang diadakan oleh Komite Urusan Etnis dan Agama Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, yang mengawasi masalah etnis dan agama di Tiongkok.

Konferensi Antar Pemuka Agama

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Enam belas pakar, pemegang kepercayaan dan perwakilan masing-masing agama yang berbeda dari Komite Sentral Partai Komunis China menghadiri konferensi bulan lalu, menurut Kantor Berita Xinhua.

Pertemuan tersebut diawasi oleh Wang Yang, Ketua Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China.

Wang menekankan bahwa otoritas agama harus mengikuti instruksi Presiden Xi dan menafsirkan ideologi agama yang berbeda sesuai dengan 'nilai-nilai inti Sosialisme' dan 'persyaratan era', surat kabar Prancis Le Figaro melaporkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Harga Sweater yang Dipakai Putra Meghan Markle di Kartu Natal

Posted: 26 Dec 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle tengah menghabiskan waktu liburan di Kanada. Pasangan yang menikah pada Mei 2018 tersebut tampil bersama sang buah hati, Archie, di kartu ucapan Natal yang dirilis baru-baru ini.

Dilansir Daily Mail, Jumat (27/12/2019), dalam kartu Natal, Archie terlihat mengenakan sweater dari brand Inggris, Boden, seharga 65 pound sterling atau setara Rp1,1 juta.

Pangeran Harry dan Meghan Markle terlihat tersenyum bersama bayi Archie yang juga tertawa semringah dalam kartu Natal. Potret hangat kebersamaan mereka dibagikan lewat akun Twitter The Queen's Commonwealth Trust pada Senin, 23 Desember 2019.

Pasangan ini diyakini telah mengabadikan potret itu di Kanada, di mana mereka menikmati waktu istirahat selama enam minggu dari tugas kerajaan.

Penggunaan sweater warna grey cashmere itu memastikan tubuh mungil Archie tetap hangat di tengah suhu dingin Kanada, sesuai dengan deskripsi prodk yang dimaksud, yakni anak kecil tetap hangat.

Jumper yang dikenakan Archie memiliki tiga kancing di bagian depan dan dihiasi wajah beruang kutub di tengah. Sweater rajutan yang kini telah ludes terjual secara online ini hadir dalam beberapa ukuran.

Di Balik Potret

Kartu Natal 2019 pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang juga memperlihatkan anak mereka, Archie Harrison. (dok. Twitter @queenscomtrust)
Kartu Natal 2019 pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang juga memperlihatkan anak mereka, Archie Harrison. (dok. Twitter @queenscomtrust)

Keterangan lain soal sweater ini adalah ideal untuk pelukan hangat dan dapat dicuci dengan mesin cuci. Meski dikenal sebagai brand asal Inggris yang esensial,  Boden dipilih Harry dan Meghan karena mengusung konsep fesyen keberlanjutan.

"Kami ingin Anda memakai barang yang dibeli dari kami untuk waktu yang sangat lama. Kami ingin desain kami hidup di dalam lemari pakaian Anda dan tetap berada di luar landfill," begitu bunyi pernyataan di situs mereka.

Selain itu, brand ini juga berkomitmen menciptakan lingkungan kerja yang sehat untuk semua orang yang terlibat dalam pembuatan ragam produk.

Sementara dalam potret, Archie bersikap manis sembari menatap ke bawah lensa kamera. Potret manis ini diabadikan oleh teman Meghan dan Harry, Janina Gavankar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Sungkar Berdamai dengan Medina Zein, Proses Hukum Tetap Berjalan

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan pertemanan Zaskia Sungkar dan Medina Zein sempat retak beberapa waktu lalu. Lantaran kasus yang diduga menjerat sang suami, Irwansyah.

Namun, saat Zaskia Sungkar berulang tahun 22 Desember 2019, ada yang berbeda. Ya, Zaskia dan Medina Zein berpose sangat akrab.

Bahkan Zaskia Sungkar dan Medina Zein berpelukan. Seolah-olah tak ada masalah di antara mereka sebelumnya.

Pose mesra dengan Zaskia Sungkar ini pun diunggah di Instagram Story Medina Zein.

 

Direspons

Zaskia sungkar - Medina Zein (Foto: Instagram/@nenk_update)
Zaskia sungkar - Medina Zein (Foto: Instagram/@nenk_update)

Tak sampai situ saja, unggahan Medina Zein ini mendapat respons dari Zaskia Sungkar. Ia pun ikut mempostingnya di Instagram Story.

 

Buka Suara

Zaskia sungkar - Medina Zein (Foto: Instagram/@zaskiasungkar15 @medinazein)
Zaskia sungkar - Medina Zein (Foto: Instagram/@zaskiasungkar15 @medinazein)

Kembali terlihat akrab dengan Zaskia Sungkar, Medina Zein buka suara. Ia mengaku hubungannya dengan Zaskia masih terjalin baik.

 

Perbaiki Hubungan

"Jadi ya sebenarnya kan aku sahabatan sama dia. Jadi ya mencoba memperbaiki hubungan aja," tutur Medina Zein, saat dihubungi melalui telepon, Senin (23/12/2019).

 

Hukum Tetap Berjalan

Ia mengungkap meski komunikasinya kembali hangat, namun proses hukum yang menjerat Irwansyah masih tetap berjalan.

" Kalau proses kepolisian masih berjalan. Itu kan urusan perusahaan. Kalau pertemanan ya aku sebenarnya sama dia nggak ada masalah apa-apa," tutur Medina.

 

Dihubungi Zaskia Sungkar

Menurut Medina, kembali baiknya hubungan dia dengan Zaskia, karena katanya Zaskia yang lebih dahulu menghubungi dia.

 

Balas Niat Baik

"Ya kan kalau orang niat baik masa aku bales nggak baik. Jadi dia yang contact aku duluan sih," ungkap Medina. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Desak Manajemen Boyong Bek Real Madrid

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, London - Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho dilaporkan telah memberi tahu klub bahwa dirinya ingin merekrut Raphael Varane dari Real Madrid. Bek asal Prancis ini juga dianggap terbuka dengan gagasan bermain di Liga Inggris di tengah spekulasi bahwa ia sedang mencari tantangan baru.

Mourinho adalah manajer yang mendatangkan Varane saat dirinya menjadi manajer Real Madrid. Karenanya, pelatih asal Portugal itu dilaporkan tertarik untuk reuni di London Utara.

Mourinho sebenarnya sudah mengupayakan hal serupa ketika ia menjabat manajer Manchester United (MU). Tapi, upayanya membawa Varane pindah dari ibukota Spanyol gagal.

El Desmarque melaporkan bahwa Mourinho sekarang mendesak Daniel Levy untuk mencoba merekrut Varane. Pemain belakang Real Madrid ini didatangkan untuk memperkuat garis pertahanannya.

Ajukan Tawaran

Spurs sejauh ini telah kebobolan 15 gol dan hanya mencatatkan satu clean sheet dalam sembilan pertandingan Mourinho sejauh ini. Karenanya dia sangat ingin memboyong pemain dengan posisi bek selama jendela transfer Januari.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Spurs sedang mempersiapkan tawaran sekitar 80 juta euro (68,3 juta pounds) untuk bek tengah yang memenangkan Piala Dunia itu. Meskipun Madrid kemungkinan besar akan bertahan dengan biaya yang lebih besar.

Ogah Tinggalkan Madrid

Pemain Real Madrid Raphael Varane menendang bola ke gawang Espanyol pada La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Sabtu (7/12/2019). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)
Pemain Real Madrid Raphael Varane menendang bola ke gawang Espanyol pada La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Sabtu (7/12/2019). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

Sebelumnya, Varane juga mengakui dirinya ogah meninggalkan klub yang sudah melambungkan namanya itu.

Sebaliknya, Varane ingin masuk dalam bagian siklus baru Real Madrid. Ya, dia yakin Real Madrid akan bangkit dan memulai siklus baru musim depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKKBN Harap Materi Kesehatan Reproduksi Masuk Kurikulum Sekolah

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Demi meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo berharap materi tersebut dapat masuk ke dalam kurikulum sekolah. Pembicaraan ini dilakukan Hasto dengan menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, pada Kamis, 26 Desember 2019. 

"Kami dengan Kemendikbud sudah ada perjanjian kerja sama tapi masih secara umum terkait Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Kalau diizinkan, materi kesehatan reproduksi bisa masuk kurikulum di sekolah," ungkap Hasto kepada Nadiem sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (27/12/2019).

"Materi kesehatan reproduksi nanti lewat modul-modul yang sangat terseleksi. Kami ingin menindaklanjuti kerja sama ini dalam bentuk yang lebih rinci lagi dan juga terkait materi kependudukan dan pembangunan keluarga. Kami siap menyiapkan materinya."

Adanya rencana memasukkan materi kesehatan reproduksi menjadi salah satu upaya BKKBN membekali generasi muda agar siap membentuk keluarga kelak. Untuk mewujudkan generasi yang unggul dimulai memahami lebih dalam tentang kesehatan reproduksi. 

"Saat ini, generasi sekarang banyak yang tidak berkualitas. Salah satunya karena keluarga tidak mempersiapkan diri soal proses reproduksinya. Maka, stunting, kematian ibu dan bayi tinggi. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, (membentuk) keluarga harus dipersiapkan sejak dini," lanjut Hasto.

Perlu Waktu Masuk Kurikulum Sekolah

Audiensi dengan Kepala BKKBN Hasto pada Kamis (26/12/2019), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan perlu waktu materi kesehatan reproduksi masuk kurikulum di sekolah. (Humas BKKBN)
Audiensi dengan Kepala BKKBN Hasto pada Kamis (26/12/2019), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan perlu waktu materi kesehatan reproduksi masuk kurikulum di sekolah. (Humas BKKBN)

Mendengar pendapat Hasto, Nadiem mengatakan materi kesehatan reproduksi yang akan masuk ke dalam kurikulum sekolah membutuhkan waktu lama.  

"Karena harus menunggu struktur kurikulum yang baru. Dan (saat ini) kami arahnya merampingkan substansi. Ada arahan Presiden Joko Widodo untuk penyederhanaan kurikulum pendidikan. Perlu revitalisasi kurikulum atau simplifikasi," ucap Nadiem di hadapan Hasto.

"Masuk dalam kurikulum harus ada proses redefinisi--merumuskan batasan dengan melihatnya dari sudut lain. Hal ini harus disiapkan secara matang. Saya harap BKKBN segera menyiapkan materi-materi terkait kesehatan reproduksi yang benar-benar penting. Sehingga mudah dipahami guru dan murid. Siapkan saja materi-materi yang akan masuk dalam kurikulum."

Hasto menerangkan beberapa pembahasan materi kesehatan reproduksi seperti seputar melahirkan dan pencegahan AIDS.

"Kami akan menjelaskan hal-hal praktis dan penting untuk disampaikan di sekolah, termasuk juga mengenai persalinan di bawah usia 20 tahun. Ini karena ukuran panggul belum mencapai 10 cm. Tentunya, mereka belum mengerti. Sirkumsisi (sunat) bisa diterangkan untuk pencegahan AIDS. Hal-hal seperti ini penting untuk disampaikan," terangnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 31 Warga Binaan di Rutan Surabaya Dapat Remisi Natal

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berkah Natal dirasakan warga binaan yang beragama nasrani di Rutan Klas 1 dan Rutan Klas 2A perempuan, Surabaya, di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Total 31 warga binaan mendapatkan remisi Natal antara 15 hari hingga 2 bulan. Bahkan seorang di antaranya bisa langsung menghirup udara bebas, setelah mendapat remisi 1 bulan.

Momen kebahagiaan Natal juga dirasakan warga binaan penganut nasrani di Rutan Klas 1 dan Rutan Klas 2A perempuan Surabaya, di Medaeng, Sidoarjo, Rabu pagi. Para warga binaan merayakan Natal dengan ibadah bersama di Gereja Efesus Rutan Klas 1 Surabaya.

Di sini, sebanyak 24 warga binaan laki-laki dan 7 warga binaan perempuan, mendapatkan remisi atau potongan masa tahanan, antara 15 hari hingga 2 bulan.

Salah satu warga binaan yang mungkin tak melupakan momen Natal tahun ini adalah Maximianus. Warga Surabaya ini tak dapat menutupi keharuannya, mendengar namanya disebut mendapatkan remisi 1 bulan yang berarti selesai masa tahanannya, alias bebas. Dirinya mengaku tak menyangka akan mendapatkan remisi. Karena itu, remisi ini dirasakan sebagai berkat Natal yang tak akan terlupakan setelah 1 tahun 3 bulan berada dalam masa tahanan.

Tak hanya pemberian remisi, khusus pada momen Natal ini, pihak Rutan memberikan hari kunjungan khusus, kepada keluarga warga binaan untuk menjenguk. Bukan hanya untuk warga nasrani saja, tapi untuk seluruh keluarga warga binaan beragama lain. Demikian diberitakan pada Liputan6, 26 Desember 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 E-commerce Enabler Indonesia

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan E-commerce telah mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir.

Riset berjudul "Navigating Market Opportunities in Indonesia's E-Commerce" dari SIRCLO menyebut, penjualan ritel e-commerce Indonesia diprediksi menyentuh angka USD 15 miliar (sekitar Rp 210 triliun) pada 2018 dan akan meningkat lebih dari empat kali lipat pada tahun 2022, yakni USD 65 miliar (sekitar Rp 910 triliun).

Berpijak pada riset tersebut, pasar ritel online yang tadinya hanya menyumbang sekitar 8 persen dari total penjualan pada tahun 2018, diprediksi akan menembus 24 persen pada tahun 2022.

Hal yang juga patut disoroti adalah keberhasilan e-commerce ini didukung oleh faktor lain, salah satunya e-commerce enabler. Ia merupakan perusahaan yang menyediakan layanan strategi digital end-to-end ke unit bisnis lain yang ingin menjual produknya secara online.

Model bisnis B2B ini, walau terhitung masih baru di industri ini, menghadirkan layanan beragam, seperti produksi konten, pembuatan halaman Official Store di marketplace, eksekusi pemasaran, integrasi kanal penjualan online, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Di Indonesia, inilah enam e-commerce enabler terbaik yang memiliki portofolio klien beragam:

SIRCLO

SIRCLO melayani ratusan pemilik usaha untuk meningkatkan penjualan di berbagai marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Blibli.com. Perusahaan ini menangani proses penjualan end-to-end di marketplace, mulai dari pengaturan stok hingga pemasaran produk. SIRCLO mengelola lebih dari 200 merek, dengan sejumlah klien global seperti Reckitt Benckiser, KAO, L'OrĂ©al, Eiger, Levi's, dan Unilever.

SIRCLO merupakan perusahaan lokal yang didirikan pada 2013 dan secara eksklusif beroperasi di pasar Indonesia. Hal ini memberikan keuntungan bagi SIRCLO yang dinilai memiliki pengetahuan mendalam seputar ekosistem E-commerce tanah air. 

aCommerce

E-commerce enabler yang berdiri pada 2013 dan berpusat di Bangkok, Thailand ini menjalankan kegiatan operasional di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sejumlah kliennya yang tercatat pernah dikelola antara lain Adidas, Abbott, Samsung, dan Nescafe.

Jet Commerce

Pertama kali didirikan pada 2017 sebagai mitra distribusi resmi Alibaba.com, Jet Commerce kemudian memperluas portofolionya ke industri E-commerce dengan menyediakan layanan terpadu untuk merek yang ingin berjualan secara online. Perusahaan ini beroperasi di sejumlah negara yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Tiongkok. Portofolionya meliputi Pedigree, Oppo, Sariayu, dan Shiseido.

LincGroup (8Commerce)

LincGroup awalnya berfokus pada manajemen rantai pasok (supply chain management). Kini LincGroup membuka unit bisnis khusus untuk eCommerce enabler bernama 8Commerce. Layanan ini meliputi pembuatan strategi pemasaran digital, operasional toko, manajemen kanal digital, pergudangan, dan pengiriman produk. Sama halnya seperti SIRCLO, 8Commerce secara eksklusif menjalankan kegiatan operasionalnya di Indonesia.

SCI E-Commerce

E-commerce enabler asal Singapura ini menangani berbagai merek di Asia Tenggara dan Tiongkok. Tahun 2017, SCI E-commerce mulai beroperasi di Indonesia dan bermitra dengan lapak marketplace Bukalapak, Tokopedia, JD.id, dan Tmall Global. SCI E-commerce sedang menangani klien seperti Vivo, Mondelez International, dan Eversoft.

Intrepid Group

Perusahaan asal di Vietnam yang berdiri pada 2017 ini telah mendapatkan pendanaan awal senilai USD 2 juta sebelum melebarkan sayap ke Filipina dan Singapura.

Pada bulan Januari 2019 Intrepid Group mulai menawarkan jasanya di Indonesia untuk menjangkau pasar konsumen lebih luas melalui kanal dan strategi E-commerce yang tepat.

E-commerce enabler memainkan peran vital dalam melayani kebutuhan merek dan marketplace. Selain itu, mereka juga menawarkan solusi end-to-end supaya setiap merek dapat menjangkau pasar lebih luas. 

Menurut data SIRCLO, industri E-commerce Indonesia berkontribusi lebih dari setengah nilai ekonomi digital pada tahun 2019 dan diprediksi akan mendominasi sektor digital hingga 60 persen pada tahun 2025 mendatang.

Nilai kapitalisasi pasar (market cap) E-commerce pada tahun 2019 mencapai USD 21 miliar (sekitar Rp 294 triliun). Angka ini melampaui sektor ekonomi digital lain, seperti pariwisata online (USD 10 miliar atau setara dengan Rp 140 triliun) dan industri ride-hailing atau jasa transportasi online (USD 6 miliar atau setara dengan Rp 84 triliun). Nilai ini pun diperikirakan akan mengalami peningkatan hingga menyentuh USD 82 miliar (sekitar Rp 1.148 triliun) pada tahun 2025 mendatang.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Eks Suami Putri Norwegia Tewas Bunuh Diri

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ari Behn adalam mantan suami Putri Norwegia, Martha Louise. Behn ditemukan tewas bunuh diri pada 25Desember 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GMC 2019 Sudah Ditulis Tahun 1861 Dalam Kitab Ilmu Falak Pulau Penyengat

Posted: 26 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Tanjung Pinang - Langit Tanjung Pinang beruntung disapa fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) secara sempurna. Masyarakat menjadi saksi ketika berkumpul di dataran Laman Bunda Gedung Gonggong.

Menurut Evan Iriawan Akbar Ketua Tim  Peneliti Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), GMC di Kota Tanjung Pinang, Kepri menjadi tempat terbaik di antara 6 wilayah dan 25 kota di Indonesia.

"GMC Tanjung Pinang lebih lama dan sempurna dibandingkan Singkawang," kata Akbar, Kamis (26/12/2019).

Kondisi bulan sedang berada fokus  di atas langit Tanjungpinang, sehingga bayangan gerhana matahari cincin tampak jelas. Menurut Evan jalur GMC dimulai dari India, Aceh, Padang, Batam, Tanjung Pinang, Kalimantan Utara, Tanjungpelor kemudian Samudra Pasifik.

Terjadinya GMC di Tanjung Pinang ini sudah diprediksi oleh Tengku Akhmad, seorang ahli falak. Prediksi itu secara faktual terdokumentasikan dalam sebuah buku Ilmu Falak Pulau Penyengat yang ditulisnya tahun 1861.

Wali Kota Tanjung Pinang Syahrul mengatakan dalam buku tersebut ditulis bahwa peristiwa GMC bisa dilihat di Tanjung Pinang, mengulang sejarah.

"Sebelumnya sudah  pernah terjadi ratusan tahun silam di sini, dan yang terjadi sekarang sudah tercatat," kata Wali Kota Tanjung Pinang. 

Dalam kitab itu juga disebutkan GMC akan terulang kembali setelah 135 tahun.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Total 223, Pemerintah Baru Kelar Bangun 92 Proyek Strategis di 2019

Posted: 26 Dec 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hingga akhir 2019, Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah rampung baru mencapai 41 persen dari target. Adapun total keseluruhan PSN yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 56/2018 adalah sebanyak 223 proyek.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengungkapkan 41 persen atau 92 PSN yang telah rampung tersebut memiliki nilai investasi Rp 467,4 triliun.

"Hingga akhir tahun ini sebanyak 92 proyek telah tuntas dengan nilai investasi Rp 467,4 triliun," kata dia, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/12).

Sementara itu, 30 proyek lainnya saat ini masih dalam tahap transaksi dan penyiapan. Ditambah dengan 1 program industri penerbangan.

Selain 223 PSN tersebut, pemerintah juga menargetkan tiga program lainnya yakni program kelistrikan, program industri pesawat terbang serta pemerataan ekonomi dengan total investasi sebesar Rp 4.202 triliun.

Wahyu mengungkapkan, di akhir 2020 nanti ditargetkan penyelesaian proyek mencapai 95 persen atau sebanyak 141 proyek.

"Kita target 141 proyek dengan nilai Rp 801,4 triliun," ujarnya.

 

Proyek

Jalan Tol ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 (dok: Hutama Karya)
Jalan Tol ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 (dok: Hutama Karya)

Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dalam laman resminya, dalam Perpres No. 56/2018 disebutkan yang termasuk PSN adalah 15 sektor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ke- 15 sektor tersebut terdiri dari jalan tol dan jalan nasional serta sarana prasarana kereta antarkota dan dalam kota sebanyak 69 proyek.

Kemudian proyek revitalisasi bandara, pembangunan 7 bandara baru, program 1 juta rumah, pembangunan kilang minyak, energi sampah, dan proyek pipa gas/terminal LPG sebanyak 11 proyek.

Selanjutnya PSN untuk air minum sebanyak 8 proyek, bendungan/jaringan irigasi serta tanggul penahan banjir sebanyak 51 proyek, kawasan ekonomi khusus/kawasan industri prioritas, pariwisata, smelter, perikanan dan kelautan serta infrastruktur pendidikan.Yayu Agustini Rahayu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi Single, 4 Zodiak Ini Diprediksi Akan Bertemu Jodoh di 2020

Posted: 26 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tinggal hitungan hari, tahun 2020 akan segera datang. Setiap orang pasti ingin memulai tahun baru dengan catatan yang baik. Banyak harapan dan keinginan yang muncul di tahun baru ini, salah satunya adalah jodoh.

Menurut ilmu astrologi terdapat zodiak yang diprediksi menjadi paling beruntung pada 2020. Keberuntungan tersebut meliputi berbagai aspek, khususnya terkait hal percintaan.

Bertemu jodoh merupakan dambaan setiap orang yang belum memiliki kekasih atau menikah. Status yang sudah lama sendiri, perlahan akan membuat seseorang merasa bosan dan ingin segera bertemu dengan cinta sejati.

Kabar baiknya, untuk beberapa zodiak di 2020 menjadi kesempatan untuk menemukan jodohnya. Berikut 4 zodiak yang diprediksi akan bertemu jodoh dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019).

1. Aries

Aries (sumber: iStockphorto)
Aries (sumber: iStockphorto)

Karakter yang tertutup dan tak mudah membiarkan orang lain masuk ke dalam kehidupanmu, merupakan salah satu alasan yang membuatmu betah untuk sendiri. Namun jika mau berubah dan mulai membuka hati, maka di tahun 2020 diprediksi akan bertemu jodohnya.

Orang yang berzodiak Aries akan dipertemukan dengan seseorang yang mencintainya dengan tulus, ikhlas dan menerima kekurangan serta kelebihannya dengan baik. Seseorang yang akan menjadi jodoh Aries bisa orang baru di hidupnya atau orang yang sudah lama ia kenal.

2. Sagitarius

Sagitarius (Sumber foto: unsplash.com)
Sagitarius (Sumber foto: unsplash.com)

Memiliki sisi optimis yang tak pernah surut membuat para Sagitarius tampaknya tak pernah menyerah begitu saja soal mendapatkan pasangan. Sagitarius akan terus berpikir positif, meski keadaan tidak selalu mulus.

Para sagitarius akan menarik lawan jenis dengan aura cerahnya yang dipenuhi banyak sekali rasa percaya diri sehingga kemungkinan besar di tahun 2020 akan bertemu dengan jodohnya.

3. Virgo

Ilustrasi Pacaran (iStockPhoto)
Ilustrasi Pacaran (iStockPhoto)

Pada 2020 Virgo akan mendapatkan kesejahteraan baik secara material maupun emosional. Kesabaran virgo selama ini akan membuahkan hasil yang mengesankan. Orang yang berzodiak Virgo akan dipertemukan dengan jodohnya di tahun 2020 baik itu di awal, di pertengahan atau di akhir tahun 2020.

Tahun depan adalah tahun yang penuh kebahagiaan dan keberkahan bagi virgo. Namun, tidak perlu terburu-buru. Jalani saja dulu agar tidak timbul rasa kecewa di kemudian hari.

4. Capricorn

Ilustrasi pacaran (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi pacaran (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Tahun 2019 merupakan tahun terberat bagi sebagian para Capricorn karena tengah melupakan masa lalunya. Akibatnya Capricorn sering menekan dirinya dengan segala kesibukan yang ada hingga tak memikirkan urusan asmara.

Namun, karena pesonanya yang terlihat susah didekati, membuat lawan jenis terpikat hingga jatuh hati pada sosok Capricorn yang terkesan misterius. Zodiak ini juga diprediksi akan menemukan jodohnya di tahun yang akan datang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY Soal Jiwasraya: Salahkan Saja Masa Lalu

Posted: 26 Dec 2019 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Staf Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan mengungkap, sikap Presiden keenam RI ini terkait masalah asuransi Jiwasraya. Kasus itu sebelumnya dibilang Presiden Joko Widodo merupakan persoalan 10 tahun lalu, tak lain menyinggung pemerintahan SBY.

Ossy menjelaskan, SBY kedatangan tamu yang menyatakan kasus Jiwasraya ini akan dibawa mundur ke tahun 2006. Pertemuan tersebut dilakukan Kamis (26/12) kemarin.

"Dengan tenang SBY menjawab: kalau di negeri ini tak satupun yang mau bertanggungjawab tentang kasus Jiwasraya, ya. Salahkan saja masa lalu," ujar Ossy melalui Twitter, Jumat (27/12/2019).

SBY mengatakan, masyarakat tahu krisis Jiwasraya terjadi dua tahun terkahir. Jika tidak ada yang mau bertanggungjawab, kata dia, salahkan saja pemerintahan di 2006.

"Jika ini pun tak ada yang bertanggungjawab, ya sudah, salahkan saja tahun 2006. Para pejabat tahun 2006 juga masih ada, mulai dari saya, Wapres JK, Menkeu SMI (Sri Mulyani), Men BUMN dll. Tapi, tak perlu mereka harus disalahkan," kata SBY.

 

Karut Marut BUMN

Ossy menyebut, SBY mendengar informasi karut marut BUMN saat ini. SBY menduga akan disalahkan lagi dengan kekacauan BUMN hari ini.

"Saya juga dapat informasi; katanya sekarang banyak BUMN (termasuk sejumlah bank) yang bermasalah. Mulai dari keuangan yang tak sehat, utang yang sangat besar sampai dugaan penyimpangan (melanggar aturan). Kalau begini, jangan-jangan saya lagi yang disalahkan. Begitu respons SBY," kata Ossy.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Muncul, Ini 5 Kabar Terbaru Markus Horison yang Baru Kehilangan Buah Hati

Posted: 26 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terdengar kabarnya, Markus Horison, si legenda timnas Indonesia muncul dengan kabar duka. Pemilik nama lengkap Markus Haris Maulana ini baru saja kehilangan buah hatinya.

Pria berusia 38 tahun ini dikenal sebagai penjaga gawang. Prestasi gemilang ia raih kala memperkuat Tim Nasional Indonesia pada Piala Asia 2007 dan AFC Cup 2008 silam. Berkat kerja kerasnya Markus Horison terpilih menjadi nominator Pemain Terbaik Asia Tahun 2008. Ia juga menjadi bintang saat bertanding piala AFF 2010.

Pemain sepak bola asal Sumatra Utara ini telah menorehkan prestasi dan kebanggaan bagi Indonesia. Namun kini, namanya sudah cukup jarang menghiasi lapangan hijau. Lewat unggahan Instagram pribadinya, dirinya membagikan kabar duka meninggalnya buah hatinya yang baru lahir.

"MAISARA ALESHA RIHIHINA..insya allah surga y anaku tunggu umi dan ayah insya allah disurga nanti.Aamiin," tulisnya di laman Instagram pribadi Markus Horison, dikutip oleh Liputan6.com, Jumat (27/12/2019).

1. Kabar Duka

Kabar duka datang dari Markus Horison yang baru saja kehilangan buah hatinya. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)
Kabar duka datang dari Markus Horison yang baru saja kehilangan buah hatinya. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)

Lewat Instagramnya @markoesharison81, ia mengunggah potret terakhir putri kecilnya yang baru saja lahir. Diunggah pada Selasa (24/12/2019) lalu kolom komentarnya pun dibanjiri ucapan belasungkawa oleh netizen.

Dikutip dari tulisan caption yang ia bagikan, bayinya meninggal pada Jumat (20/12/2019) lalu. Markus juga membagikan foto dirinya saat berada di samping makam buah hatinya tersebut.

Tak hanya Markus, istrinya pun menuliskan ucapan kepada buah hatinya. Seperti dilansir dari akun istrinya @bylqisjuwitaningsih ia juga menuliskan hal senada dengan Markus.

"Maisara alesha rihihina..tunggu umi & ayah di surga ya de.." tulisnya.

2. Markus Tergabung dalam Partai Politik

Kabar duka datang dari Markus Horison yang baru saja kehilangan buah hatinya. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)
Kabar duka datang dari Markus Horison yang baru saja kehilangan buah hatinya. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)

Markus Horison memang sempat mengalami cedera. Hal itu membuat performanya semakin menurun di lapangan hijau.

Kabarnya Markus tergabung dalam salah satu partai politik Indonesia. Ia terjun ke panggung politik dan telah resmi menjadi kader.

3. Bermain di Klub Luar Negeri

Markus bersama klub Timor Leste. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)
Markus bersama klub Timor Leste. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)

Meski tergabung dalam parpol, Markus tetap menjaga performanya dengan bergabung di klub luar negeri. Diketahui jika Markus tergabung dalam klub di Timor Leste pada 2017 lalu.

Ia masuk dalam klub Assalam FC. Markus mengaku jika gaji di luar negeri lebih besar dari pada di Indonesia. Mantan suami Kiki Amalia ini pun mengambil kontrak 10 bulan.

4. Ikuti Pelatihan di PSSI

Markus Horison ikuti program lisensi C oleh PSSI bersama pemain sepak bola lainnya. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)
Markus Horison ikuti program lisensi C oleh PSSI bersama pemain sepak bola lainnya. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI sempat membuka kursus pelatihan. Markus juga sempat bergabung dalam kesempatan tersebut.

Markus bersama Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur dan Cristian Gozales turut dalam program pelatihan lisensi C tersebut. Program ini diketahui untuk bisa menjadi pelatih klub di Indonesia.

5. Jadi Pelatih Liga 2

Jadi pelatih kiper di  Aceh United. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)
Jadi pelatih kiper di Aceh United. (Sumber: Instagram/@markoesharison81)

Dari program yang ia ikuti, Markus berhasil mendapatkan lisensi untuk menjadi pelatih. Pria berkepala plontos itu bergabung dalam klub asal Aceh untuk melatih.

Dirinya melatih kesebelasan liga dua dan menjabat sebagai pelatih penjaga gawang. Klub Aceh United merupakan klub pertama di mana ia menjadi pelatih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sponsori Manchester City 4 Tahun, Berapa Jiwasraya Gelontorkan Duit?

Posted: 26 Dec 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan asuransi Jiwasraya sempat menjadi sponsor klub sepakbola Inggris, Manchester City. Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga melihat hal ini tidak etis, karena kondisi keuangan Jiwasraya yang tidak baik.

Lebih lanjut, dirinya membeberkan rincian biaya yang dikeluarkan oleh Jiwasraya untuk menggaet klub tersebut. "Jadi nilai sponsorship setelah pajak itu Rp 7,5 miliar per tahun," ungkap Arya di Kementerian BUMN, Jumat (27/12/2019).

Kemudian, terdapat biaya kunjungan senilai Rp 4 miliar yang bersifat tentatif. Biaya itu digelontorkan jika klub melakukan kunjungan ke Indonesia.

Kemudian, ada pula biaya souvenir Jiwasraya dengan logo klub senilai Rp 1 miliar per tahun. Lalu, biaya konsultan sebesar Rp 1 miliar per tahun.

Menurut Arya, kontrak kerjasama Jiwasraya dengan Manchester City berlangsung selama 4 tahun dari tahun 2014 hingga 2018.

"Setelah kontrak selesai, distop oleh Indra Widjaja (Direktur Pemasaran Korporat)," ujarnya.

Kementerian BUMN: Sudah Jelek Jiwasraya Masih Nekat Sponsori Manchester City

PT Asuransi Jiwasraya Persero).
PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan keheranan ketika perusahaan asuransi Jiwasraya nekat mengubah laporan keuangan demi menjadi sponsor salah satu klub sepakbola, Manchester City.

Padahal, menurut Arya, kinerja Jiwasraya sudah "jelek" dan harusnya tidak melakukan hal demikian. "Kalau kita lihat posisi (laporan keuangan) 2014 posisi Jiwasraya jelek. Dia masih bisa backup dirinya jadi sponsor klub Manchester City," ujar Arya di Kementerian BUMN, Kamis (26/12/2019).

Dia juga mempertanyakan langkah perusahaan yang seharusnya pembayaran klaim nasabah menggunakan hasil investasi, bukan dari premi-premi nasabah yang baru. "Itu namanya gali lubang tutup lubang," imbuhnya.

Arya melanjutkan, agar operasional Jiwasraya bisa terselamatkan, maka jalan keluarnya adalah membentuk holding BUMN asuransi yang sedang diproses dan ditargetkan selesai pada kuartal 1 atau 2 tahun depan.

Kemudian, alternatif lainnya adalah menjual aset keuangan perusahaan terutama saham dengan nilai undervalue.

"Kita akan jual aset saham undervalue, itu nilainya bisa Rp 5 triliun ke atas. Kita harapkan Rp 5,6 triliun atau hampir Rp 6 triliun," ujarnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Laga Boxing Day, Liverpool Cukur Leicester City 4-0

Posted: 26 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liverpool berpesta gol saat menang 4-0 atas rival terdekat Leicester City di King Power Stadium, Jumat (27/12). Gol Liverpool dicetak Roberto Firmino (2), James Milner dan Alexander Trent-Arnold.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Liverpool Pantang Sebut Alexander-Arnold Bek Sayap Terbaik Dunia

Posted: 26 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Leicester - Trent Alexander-Arnold tampil mengesankan saat Liverpool menang 4-0 atas Leicester City di King Power Stadium, Jumat (27/12/2019) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Dia mencetak satu gol dan tiga assist.

Dengan catatannya di laga Leicester City vs Liverpool, Alexander-Arnold telah menyumbang delapan assist dan dua gol untuk timnya. Dia juga membantu The Reds meraih 17 kemenangan dari 18 pertandingan Liga Inggris musim ini.

Kendati demikian, manajer Liverpool, Jurgen Klopp menolak menyebut Alexander-Arnold sebagai bek sayap terbaik dunia. Menurutnya bek berusia 21 tahun itu masih belum sempurna.

"Jujur saja, saya tidak terlalu tertarik. Kami tidak mencari pemain terbaik, biarkan saya mengatakan ini. Kami mencoba membuat pemain sendiri," kata Klopp, dikutip dari situs resmi klub.

"Alexander-Arnold memainkan pertandingan yang sangat bagus, tapi bukan laga yang sempurna. Itu tidak sempurna, hanya bagus. Saya tidak bisa membandingkan dengan pemain lain, karena hanya menonton pertandingan Liverpool," ucap pria asal Jerman itu menambahkan.

 

Kokoh di Puncak Klasemen

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (tengah) melambaikan tangan kepada para suporter ketika mereka merayakan kemenangan atas Leicester City pada pertandingan Liga Inggris di King Power Stadium, Leicester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Liverpool menang 4-0. (Oli SCARFF/AFP)
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (tengah) melambaikan tangan kepada para suporter ketika mereka merayakan kemenangan atas Leicester City pada pertandingan Liga Inggris di King Power Stadium, Leicester, Inggris, Kamis (26/12/2019). Liverpool menang 4-0. (Oli SCARFF/AFP)

Dengan kemenangan atas Leicester City, Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris. The Reds sudah mengantongi 52 poin, unggul 13 angka dari Leicester City yang berada di posisi kedua.

"Anda mungkin berpikir kalau angkanya dari 10, 11, sekarang 13 poin. Sebenarnya, kami tidak merasakan jarak itu, kami tidak memikirkannya sama sekali," ujar Klopp.

"Bahkan, sebelum pertandingan (melawan Leicester City), kami tidak membahasnya sama sekali. Itu sama sekali tidak menarik," kata mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

 

Statistik Alexander-Arnold

Berikut ini statistik Alexander-Arnold bersama Liverpool di Liga Inggris 2019/20:

Main: 18

Menang: 17

Clean sheet: 4

Gol: 2

Assist: 8

Umpan: 1.122

Umpan panjang akurat: 87

Intersep: 27

Clearance: 39

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dekat Sejak Remaja, Ini 6 Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso

Posted: 26 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kedekatan antara Maia Estianty dan Ari Lasso tidak perlu dipertanyakan lagi. Sama-sama terjun di dunia musik dan berasal dari daerah yang sama yaitu Jawa Timur, membuat dua seleb ini klik satu sama lain. 

Ditambah, keduanya didapuk menjadi juri dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Saat di layar kaca televisi, dua seleb asal Jawa Timur ini pun sangat sering bercanda. Tingkah kocak mereka pun selalu sukses menghibur para penonton. 

Namun, siapa sangka rupanya Maia dan Ari Lasso sudah berteman sejak lama. Dua seleb ini rupanya sudah saling mengenal sejak remaja. Dari laman Instagram Maia Estianty, Maia mengatakan Maia dan Ari sama-sama menjadi saksi sejarah masa mereka. Persahabatan yang awet ya!

Dua seleb asal Jawa Timur ini juga sudah dekat dengan keluarganya masing-masing. Maia terlihat akrab dengan istri Ari Lasso, Vita Dessy. Begitu juga sebaliknya, Ari Lasso juga terlihat akrab dengan putra bungsu Maia, Dul. 

Dilansir dari akun Instagram Maia dan Ari Lasso, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan Ari Lasso dan Maia Estainty, Jumat (27/12/2019).

1. Siapa sangka, rupanya Maia dan Ari Lasso sudah dekat sejak remaja loh!

Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram/ari_lasso/
Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram/ari_lasso/

2. Lebih dari satu dekade bersama, persahabatan dua seleb asal Jawa Timur ini masih awet hingga saat ini.

Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram//maiaestiantyreal
Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram//maiaestiantyreal

3. Sama-sama terjun di dunia musik membuat dua seleb ini klik satu sama lain.

Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram//maiaestiantyreal
Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram//maiaestiantyreal

4. Saking dekatnya, Ari sampai tak mau kursinya berjauhan dari Maia saat menjadi juri di Indonesian Idol loh!

Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram///ari_lasso/
Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram///ari_lasso/

5. Enggak bisa dipungkiri deh, kalau tingkah kocak mereka saat di layar kaca televisi selalu sukses menghibur para penonton.

Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram//maiaestiantyreal
Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram//maiaestiantyreal

6. Enggak cuma dekat dengan Maia, Ari Lasso juga terlihat akrab dengan putra bungsu Maia, Dul Jaelani. Sahabat yang kompak deh!

Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram/ari_lasso/
Potret Persahabatan Maia Estianty dan Ari Lasso (Sumber: Instagram/ari_lasso/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Keanu Reeves di Cyberpunk 2077 Jadi Action Figure

Posted: 26 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aktor ternama Keanu Reeves, yang menjadi karakter Johnny Silverhand di gim Cyberpunk 2077, kini tersedia sebagai action figure (figur karakter).

Mengutip Kotaku, Jumat (27/12/2019), McFarlane Toys mengantongi lisensi selama tiga tahun untuk memproduksi action figures yang berbasis pada gim yang akan dirilis pada April 2020 mendatang itu.

Selain Johnny Silverhand, ada pula karakter lainnya, yakni V.

Action figure V akan dibanderol dengan harga USD 24,99 atau sekitar Rp 350 ribu. Sementara action figure Johnny Silverhand akan dibanderol dengan harga USD 39,99 atau sekitar Rp 550 ribu.

Saat ini pre-order untuk action figure tersebut sudah dibuka.

Ukuran File Gim Cyberpunk 2077 Tembus 80GB

Pada ajang E3 2019, CD Projekt Red mengungkap tanggal peluncuran gim terbaru mereka, yakni Cyberpunk 2077. Meluncur di pasaran pada tahun depan, gim ambisius besutan CD Projekt Red ini ternyata bakal hadir dengan ukuran file yang tidak kecil.

Berdasarkan laporan Game Pressure via Ubergizmo, Minggu (29/6/2019), ukuran file instal Cyberpunk 2077 mencapai angka 80GB.

Namun perlu kamu ingat, informasi ini didapat ketika Game Pressure melakukan pre-order gim tersebut untuk konsol PS4.

Karena Cyberpunk 2077 juga bakal meluncur di Xbox One dan PC, ada kemungkinan ukuran file gim tersebut akan berbeda satu sama lain--kemungkinan hanya beda tipis.

Untuk memberikan sedikit gambaran, ukuran file Cyberpunk 2077 ini dua kali lebih besar dari gim The Witcher 3 buatan CD Projekt Red sebelumnya.

Deskripsi Singkat Cyberpunk 2077

:ebih lanjut, Cyberpunk 2077 mengambil latar belakang cerita futuristik dengan berbagai teknologi canggih dan mobil terbang di mana-mana.

Menakjubkannya, pengembang berhasil membuat kejutan dengan menampilkan aktor Keanu Reeves di atas panggung, yang ternyata terlibat di dalam gim tersebut.

Sebagai informasi, Cyberpunk 2077 dijadwalkan bakal meluncur di pasaran pada 16 April 2020, dan saat ini sudah tersedia bagi kamu yang ingin pre-order.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wendy Red Velvet Cedera Serius Usai Jatuh dari Panggung, SBS Gelar Investigasi

Posted: 26 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Wendy Red Velvet mengalami kecelakaan yang terbilang mengerikan pada Rabu (25/12/2019). Kala itu ia jatuh dari panggung dengan tinggi sekitar dua meter saat sedang menjalani geladi resik acara musik akhir tahun stasiun TV SBS.

Insiden ini menyebabkan tulang panggul dan pergelangan tangan Wendy Red Velvet patah, sedang wajahnya mengalami cedera.

Setelah kejadian ini, SBS sempat merilis permintaan maaf. Namun publik geram karena permohonan maaf ini ditujukan kepada penggemar dan pemirsa acara musik ini, bukan kepada Wendy, Red Velvet, maupun agensinya, SM Entertainment.

Setelah menuai kritikan pedas dari publik, SBS akhirnya mengeluarkan permohonan maaf secara resmi kepada Wendy Red Velvet.

Minta Maaf

Wendy Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)
Wendy Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)

"Saat geladi resik untuk Gayo Daejon pada 25 Desember, sebuah kecelakaan terjadi. SBS memohon maaf dengan tulus kepada Wendy Red Velvet yang mengalami cedera, juga kepada keluarga, anggota Red Velvet, dan penggemar," begitu pembukaan permintaan maaf ini, seperti dilansir dari Soompi, Jumat (27/12/2019).

Kerja Sama dengan SM

Wendy Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)
Wendy Red Velvet (SM Entertainment via Soompi)

SBS mengatakan pihaknya bekerja sama dengan SM Entertainment sejak peristiwa tersebut terjadi dan mengaku berusaha sebaik mungkin menyediakan perawatan untuk Wendy.

Usai Kecelakaan

Stasiun TV ini juga menjelaskan kondisi yang terjadi setelah insiden nahas ini terjadi.

"Tepat setelah kecelakaan terjadi pada 25 Desember, staf menutup area dan memanggil layanan gawat darurat agar Wendy bisa segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pemeriksaan menyeluruh," tutur juru bicara SBS.

 

Investigasi Internal

SBS juga menyebutkan pihaknya tengah menyelidiki kejadian ini.

Mereka menjelaskan, "Kami telah memulai investigasi internal untuk mengetahui detail pastinya dari kecelakaan ini, dan setelah kami memahami secara penuh penyebabnya, kami akan memastikan kecelakaan serupa tak akan terjadi lagi."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB Incar Birokrat untuk Pilkada Surabaya 2020

Posted: 26 Dec 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Cabang (DPC)PKB Kota Surabaya masih survei sejumlah nama untuk dicalonkan sebagai Wali Kota Surabaya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat 2020.

Adapun DPC PKB Kota Surabaya melirik birokrat Pemkot Surabaya untuk dicalonkan sebagai wali kota Surabaya pada Pilkada setempat 2020.

"Ada nama birokrat di jajaran Satpol PP Pemkot," tutur Wakil Ketua III DPC PKB Surabaya Badru Taman, seperti dikutip dari Antara, Jumat (27/12/2019).

Akan tetapi, pihaknya masih survei sejumlah nama yang beredar di permukaan, termasuk beberapa nama yang digadang-gadang maju dari PKB antara lain mantan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri dan mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Bila di antara nama-nama tersebut sudah dipastikan naik dan lolos survei, kata dia, pihaknya sangat besar kemungkinan lebih memilih calon dari kalangan bawah yang sudah dikenal masyarakat "Kota Pahlawan".

Di sisi lain, beberapa elemen dan organisasi masyarakat Surabaya, seperti Paguyuban Bendera Arek-arek Suroboyo (PBAS) berkomitmen mengawal dan membantu memenangkan calon yang didukung nantinya.

"Posko-posko relawan di seluruh kecamatan di Surabaya sudah ada. Dulu saat Pilkada sudah dua kali membantu Bu Risma dan menang," ujar Ketua PBAS, Cak Narto.

Persiapan KPU Surabaya Hadapi Pilkada 2020

Pilkada serentak
Pilkada serentak

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 31 kecamatan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 154 kelurahan dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di 4.121 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 mulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020.

Divisi Hukum dan Pengawasan Komisioner KPU Surabaya, Soeprayitno mengatakan jadwal tahapan pembentukan badan adhoc tersebut sesuai Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (SK KPU) Surabaya Nomor: 379/PP.01.2-Kpt/3578/KPU-Kot/XI/2019 sebagai perubahan atas SK KPU Kota Surabaya Nomor: 330/HK.03-Kpt/3578/KPU-Kot/IX/2019 tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020.

"SK tersebut sebagai turunan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16/2019 sebagai perubahan PKPU Nomor 15/2019 tentang Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota," kata dia seperti dikutip dari Antara, Minggu, 1 Desember 2019.

Mengawali pendaftaran Badan Adhoc tersebut, lanjut dia, KPU Surabaya bakal menyampaikan pengumuman serta sosialisasi dengan menyasar banyak pihak/elemen kota, meski pada PKPU 16/2019 tahapan ini jelas disebutkan.  "Targetnya, banyak pihak yang berpartisipasi," kata mantan jurnalis ini.

Selain itu, kata dia, ini menjadi bagian upaya menjaga agar tidak ada badan adhoc beririsan dengan Partai Politik (Parpol) maupun pihak atau tim peserta. Dari mekanisme awal ini diharapkan ke depan saat tahapan penjaringan ada banyak masukkan masyarakat mengenai calon Badan Adhoc.

Akan ada kanal tersendiri bagi masyarakat menyampaikan masukkan. Menurut dia, peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya juga diharapkan dalam menyampaikan masukkan atanama-nama calon Badan Adhoc yang nantinya ada.

Selanjutnya

Selain itu, kata dia, anggota DPRD Surabaya sebagai representasi rakyat bisa mengambil bagian dalam pengawasan seiring pembiayaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota oleh APBD yang selanjutnya dikonversi menjadi APBN. Terlebih kucuran anggaran tersebut atas persetujuan DPRD Surabaya.

"Terwujudnya KPU sebagai lembaga yang berintegritas dan mandiri menjadi harapan kami," ujarnya.

Menilik PKPU 16/2019 dan SK turunannya, kata dia, PPK memiliki masa kerja sejak 1 Februari-30 November 2020, PPS 23 Maret-30 November 2020, dan KPPS 23 Agustus-30 September 2020. Adapun kebutuhan PPK sebanyak 155 orang, PPS sebanyak 462 orang dan KPPS sebanyak 30.289 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemlu Berkomitmen Bebaskan Satu WNI yang Masih Tersandera Abu Sayyaf

Posted: 26 Dec 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf telah bertemu dengan keluarganya. Sementara satu WNI lainnya masih disandera.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan akan semaksimal mungkin membebaskan satu WNI yang masih tersandera itu.

Setelah berhasil dibebaskan oleh militer Filipina dalam sebuah kontak senjata pada Minggu 22 Desember 2019, dua warga negara Indonesia yang sempat disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan kembali bertemu keluarganya. Demikian menurut VOA Indonesia, Jumat (27/12/2019). 

Menlu Retno Marsudi kemudian menggelar serah terima dua WNI tersebut kepada pihak keluarga, di Kementerian Luar Negeri, Kamis 26 Desember. Dua Warga Negara Indonesia yang ditahan selama 90 hari oleh kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan itu adalah Maharudin Lunani (48 tahun) dan Samiun Maneu (27 tahun).

Satu WNI yang Masih Jadi Sandera

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat upacara serah terima dua ABK WNI di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Maharudin Lunani (48) dan Samiun Maneu (27) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina berhasil dibebaskan pada 22 Desember 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat upacara serah terima dua ABK WNI di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Maharudin Lunani (48) dan Samiun Maneu (27) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina berhasil dibebaskan pada 22 Desember 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara putra Maharuddin, Muhammad Farhan, hingga kini masih disandera oleh kelompok Abu Sayyaf.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah terus menyelesaikan proses pembebasan Muhammad Farhan.

Menlu Retno menegaskan yang paling penting kedepan adalah upaya preventif agar tidak jatuh lagi korban di masa yang akan datang.

Hal tersebut telah disampaikan kepada pihak Filipina dan akan kembali lagi disampaikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Indonesia, Malaysia dan Filipina, kata Retno, telah memiliki pola kerja sama trilateral untuk menjamin keamanan di perairan Sulu dan sekitarnya dan itu perlu diintensifkan.

"Jadi kita perlu mengintensifkan kerja sama tersebut sehingga upaya prevensi ini dapat kita lakukan dan dapat mencegah jatuhnya korban lain di kemudian hari," kata Retno.

Dua WNI yang berhasil dibebaskan dan satu WNI yang masih ditahan tersebut adalah nelayan. Mereka diculik kelompok Abu Sayyaf September lalu ketika sedang mencari ikan di perairan Tambisan, Lahad Datu, Negara Bagian Sabah, Malaysia, yang berdekatan dengan Filipina selatan.

Ketiganya berasal dari Baubau dan Wakatobi, Sulawesi Tenggara dan bekerja di kapal milik perusahaan Malaysia.

Sebelumnya, beredar pesan melalui Video dimana mereka menyatakan telah disandera pada 24 September lalu dan meminta Presiden Joko Widodo membebaskan mereka dari kelompok Abu Sayyaf yang meminta tebusan Rp 8 milliar.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pembebasan sandera tidak pernah mudah dan kali ini bahkan jatuh korban dari pihak militer Filipina. Ucapan duka cita lanjutnya sudah disampaikan langsung kepada pihak Filipina.

"Saya langsung waktu itu telepon dari Hanoi kepada beliau (komandan ) untuk mengucapkan terima kasih dan duka cita. Jadi sekali lagi kami semua mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia, mudah-mudahan saudara Muhammad Farhan akan segera dibebaskan,"ungkap Menlu Retno.

Seorang tentara Filipina dan seorang anggota Abu Sayyaf tewas dalam baku tembak yang berlangsung selama 30 menit di pegunungan Panamao di Pulau Jolo, Filipina.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepolisian Tangkap 2 Bos Fintech Ilegal Warga China

Posted: 26 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polres Jakarta Utara menangkap dua warga negara asal China yang diduga otak dari pinjaman online ilegal (Financial technology/fintech) PT Baraccuda Fintech Indonesia. Mereka adalah Feng Qian alias OL sebagai Direktur Utama dan Dian Xiao Liang alias TD sebagai wakil direktur.

Dua WNA ini sudah masuk daftar pencarian orang sejak polisi melakukan penggeledahan di sebuah ruko kawasan Pluit Village, Penjaringan Jakarta Utara 20 Desember lalu.

Pada 23 Desember, tiga tersangka sudah ditangkap karena diduga melakukan pemerasan dan pengancaman melalui media elektronik. Tiga tersangka itu yakni WN China Li, AR dan DS warga negara Indonesia.

OL dan TD ditemukan berada di Batam Center yang merupakan pelabuhan untuk menyebrang menuju Singapura. Polisi mensinyalir dua tersangka hendak menyeberang ke Singapura.

"Penangkapan DPO PT BR di daerah Batam Center," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi di Kantor Polres Jakarta Utara, Jumat (27/12/2019).

Kasus ini terungkap setelah adanya pelaporan dari warga berinisial MI ke Polres Jakarta Utara. Dalam laporannya, MI mengaku mendapatkan ancaman dan pemerasan oleh debt collector dari aplikasi pinjaman online Dompet Kartu.

Saat melakukan penagihan, para penagih utang kerap memberikan ancaman kepada IM, keluarga dan kerabatnya. Mereka juga melakukan pencemaran nama baik dan melakukan fitnah.

Dompet Kartu merupakan salah satu aplikasi pinjaman online dibawah PT Baraccuda Fintech Indonesia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

 

13 Kali Ganti Nama

Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com
Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Sejak tahun 2018 perusahaan ini sudah 13 kali berganti nama aplikasi. Sebelas diantaranya sudah ditutup.

Beberapa aplikasi yang sudah ditutup yakni Gagahijau, Uangberes, hingga Dompetkartu. Sementara dua aplikasi yang masih aktif yakni Kascash dan Tokotunai.

Budhi menuturkan, korban fintech ilegal ini rata-rata masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan uang tunai. Hal ini bisa terlihat dari jumlah uang yang dipinjamkan kisaran Rp 500 ribu sampai Rp 2,5 juta. "Korbannya rata-rata masyarakat kelas bawah," kata Budhi.

Dalam kasus ini para tersangka diancam Undang-Undang Nomor 19 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 368 juncto Pasal 310 juncto Pasal Kitab Hukum Undang-undang Pidana, serta Undang-Undang nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Polisi juga akan mempertimbangkan mereka akan terjerat UU no 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya

Posted: 26 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Muntah merupakan kondisi umum yang dialami kucing. Muntah sering didahului dengan air liur, menjilat bibir, menelan terlalu banyak, atau bahkan menguap. Kucing yang muntah bisa ditandai dengan kontraksi perut yang kuat dan kepala yang terayun-ayun.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kucing muntah. Muntah disebabkan oleh apa pun yang mengiritasi lambung atau mencegah isi lambung bergerak maju di sepanjang saluran pencernaan kucing. Sebagai majikan yang baik, penting untuk mengetahi penyebab kucing muntah.

Muntah pada kucing bisa berarti masalah ringan seperti hairballs hingga fatal seperti keracunan atau penyakit. Mengetahui penyebab kucing muntah dapat menentukan penanganan apa yang dibutuhkan kucing.

Penting untuk dicatat apa yang dimuntahkan kucing, seberapa banyak dia muntah, seberapa sering muntah, dan apakah muntah itu berhubungan dengan makan atau minum. Berikut penyebab kucing muntah dan cara mengatasinya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019).

Hairballs

Hairballs
Hairballs

Hairballs atau bola rambut menjadi penyebab umum muntah pada kucing. Saat kucing merawat dirinya sendiri, bulu-bulunya yang rontok tersangkut di duri kecil seperti sisir di lidahnya. Karena kucing tidak bisa memuntahkan bulu itu, ia menelannya, dan jika terlalu banyak menggumpal di perut, bulu-bulu tersebut akan memakan ruang. Ini yang membuat kucing dapat memuntahkan makanannya.

Kucing juga akan memuntahkan bola rambut dari perutnya dan terkadang bisa disertai busa atau cairan kuning. Hairballs bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Untuk mengatasi hairballs, rawat bulu kucing secara teratur.

Makan terlalu cepat

Makanan kucing  (sumber: Pixabay)
Makanan kucing (sumber: Pixabay)

Kucing yang makan terlalu cepat atau makan berlebihan mungkin akan muntah. Masalah ini biasa terjadi di rumah dengan banyak kucing di mana kucing diberi makan bersama dan merasa mereka harus bersaing untuk mendapatkan mangkuk makanan.

Cobalah untuk memberi setiap kucing satu mangkuk makanan. Trik lain adalah menggunakan mangkuk makanan dengan benjolan di tengahnya, yang akan memaksa kucing untuk makan lebih lambat. Muntah uga bisa merupakan hasil dari perubahan pola makan yang tiba-tiba atau aktivitas yang kuat setelah makan.

Alergi makanan

Makanan kucing  (sumber: Pixabay)
Makanan kucing (sumber: Pixabay)

Beberapa kucing juga dapat mengalami gejolak pencernaan dari sensitivitas dan alergi makanan. Perhatikan baik-baik perilaku yang ditunjukkan kucing Anda sebelum dan sesudah makan. Selain muntah, apakah ia mengalami diare, botak, atau kulit gatal. Beberapa kucing mungkin membutuhkan makanan khusus atau terapeutik untuk mengatasi masalahnya.

Jika kucing muntah dan mengalami gejala alergi lain seperti diare, bulu rontok, dan gatal, segera bawa kucing ke dokter hewan. Jangan mencoba mendiagnosis alergi kucing di rumah, karena mengubah makanannya sendiri bisa membuat perut kucing lebih bermasalah.

Makan benda yang tidak bisa dicerna

Makanan Kucing (Sumber: Pixabay)
Makanan Kucing (Sumber: Pixabay)

Ini mungkin alasan paling umum kucing muntah. Ketika kucing mengonsumsi zat yang tidak dapat dicerna baik itu tanaman rumahan, rumput, kertas toilet, bagian dari mainan, atau bahkan bulu mereka sendiri tubuh mereka menolak dan sering muntah dalam bentuk empedu.

Jika Anda memiliki tanaman di rumah, kucing mungkin ingin mengunyah daunnya, yang bisa menyebabkan kucing muntah. Kucing biasanya akan memuntahkan kembali benda-benda yang ia makan ini. Untuk menghindari penyebab muntah kucing satu ini, jauhkan kucing dari benda-benda yang bisa ia kunyah dan pastikan tanaman di sekitarnya tidak beracun.

Hamil

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)
Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Tidak cuma manusia yang bisa merasakan morning sickness saat hamil. Kucing pun mengalami hal yang sama.

Meski tak semua kucing mengalaminya, pada tahap awal kehamilan, kucing Anda mungkin mengalami mual dan kurang nafsu makan. Dengan gelombang hormon dan perubahan rahimnya, kucing mungkin menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

Fase ini akhirnya akan memudar setelah beberapa minggu pertama berlalu. Untuk memastikan kucing hamil atau tidak, Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk diagnosis yang lebih tepat.

Infeksi dan parasit

Ilustrasi kucing (iStock)
Ilustrasi kucing (iStock)

Dalam kasus yang jarang terjadi, parasit internal dapat menyebabkan muntah. Parasit internal ini seperti cacing tambang, cacing gelang, cacing pita, dan cacing kuku. Infeksi bakteri dan virus seperti salmonella dan giardia juga dapat menyebabkan muntah.

Kondisi ini biasa diiringi dengan diare, penurunan berat badan dan kurangnya nafsu makan. Jika Anda melihat bukti adanya cacing di muntahan atau kotoran kucing, pergilah ke dokter hewan dan berikan obat cacing.

Keracunan

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)
Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Ketika kucing makan sesuatu yang beracun, mekanisme perlindungan tubuh mereka melawan untuk menghilangkan racun, biasanya melalui muntah. Racun umum termasuk makanan manusia tertentu, tanaman tertentu, obat-obatan manusia, insektisida, dan bahan kimia tertentu.

Kasus keracunan bisa fatal bagi kucing. Keracunan biasa disertai dengan diare pada kucing. Berikan asupan cairan yang cukup pada kucing untuk mengatasi dehidrasi, dan segera bawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Cara menangani kucing yang muntah

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Walaupun muntah kucing Anda mungkin merupakan akibat dari sesuatu yang kecil, ia juga bisa dikaitkan dengan masalah yang lebih serius. Jika muntah kucing Anda tampaknya tidak berhubungan dengan kebiasaan makan atau konsumsi sesuatu yang tidak dapat dicerna, kunjungi dokter hewan.

Warna dan isi muntahan bisa sangat menentukan apa yang menyebabkan kucing muntah. Misalnya, kuning dan berbusa biasanya berarti bola rambut, tetapi empedu kuning tebal dapat menjadi pertanda masalah ginjal serius atau infeksi. Jika muntah kuning ini disertai dengan kelesuan, kehilangan nafsu makanatau perilaku abnormal, Anda harus segera mencari perhatian medis untuk kucing.

Jika Anda curiga kucing telah memakan sesuatu yang beracun, hubungi dokter hewan segera untuk instruksi pertolongan pertama. Kucing yang muntah darah selalu membutuhkan perhatian dokter hewan segera.

Perawatan untuk muntah kucing pada akhirnya akan tergantung pada penyebabnya, tetapi ada beberapa cara untuk membantu kucing menghindari gangguan perut, termasuk menawarkan porsi makan yang lebih kecil, menyediakan banyak air segar, dan menahan kucing untuk keluar memakan makanan beracun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patah Hati Atas Keputusan Brexit, Pejabat Uni Eropa Kirim 'Surat Cinta'

Posted: 26 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, London - Seorang pejabat ternama Uni Eropa menuliskan 'surat cinta' kepada Inggris. Di dalamnya, ia tuliskan rasa sakit hati yang mendalam terkait Brexit dan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Ia pun menuliskan: "Anda akan selalu diterima kembali dengan baik."

Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans menulis surat itu melalui The Guardian.

"Sejak saya bersekolah di Inggris, Anda selalu menjadi bagian dari saya. Dan sekarang kamu pergi, itu melukai hati saya," ujarnya dalam tulisan tersebut. 

Inggris memiliki waktu hingga 31 Januari 2020 untuk meninggalkan Uni Eropa

Dilansir dari BBC, Jumat (27/12/2019), para anggota parlemen telah melewati kesepakatan Brexit usulan Perdana Menteri Boris Johnson pada tanggal 20 Desember, hanya delapan hari setelah Partai Konservatifnya memenangkan mayoritas dalam pemilihan umum.

Hal ini kemudian akan memicu periode transisi negosiasi, yang dipastikan Perjanjian Penarikan Johnson tidak akan melampaui tahun 2020.

Apa Isi Suratnya?

Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson. (AFP)
Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson. (AFP)

Wakil presiden eksekutif Komisi Eropa itu mengawali suratnya dengan mengatakan dia "baru-baru ini membaca buku surat cinta yang menyenangkan ke Eropa. Dan itu membuat saya merenungkan cinta saya pada Inggris".

Timmermans yang merupakan warga negara Belanda mengingat waktunya di Sekolah Internasional Inggris, St George di Roma dan mengatakan bahwa, selama hidupnya, "Inggris selalu ada di sana. Sebagai bagian dari diri saya."

Dia menambahkan: "Aku tahu kamu sekarang. Dan aku mencintaimu. Untuk siapa kamu dan apa yang kamu berikan padaku. Aku seperti kekasih lama."

Dia mengatakan Inggris berpikir itu "unik dan berbeda" tetapi ini "mungkin kurang dari yang Anda pikirkan".

Timmerman menerima adanya perbedaan antara semua negara anggota yang dapat menjadi kekuatan positif dan negatif, dan bahwa hal-hal dapat "dengan cepat keluar dari kendali".

Dia mengatakan Inggris masih dalam dua pikiran tentang Uni Eropa, dan "Saya melihat hal itu menyakiti Anda".

Dia menulis: "Sejujurnya, saya merasa sangat terluka ketika Anda memutuskan untuk pergi. Tiga tahun kemudian saya sedih bahwa anggota keluarga kami ingin memutuskan hubungan dengan kami."

"Tetapi pada saat yang sama saya menemukan kenyamanan dalam pemikiran, bahwa ikatan keluarga tidak akan pernah benar-benar terputus. Kami tidak akan pergi dan Anda akan selalu disambut untuk kembali."

Sejumlah postingan di media sosial bernada positif mengenai surat itu.

Mantan pemimpin Partai Hijau, Natalie Bennett, rekan sejawat House of Lords yang baru, menulis di akun Twitternya bahwa surat itu adalah "Sesuatu untuk diingat. Dan terima kasih."

Sekretaris Buruh dan Sekretaris Transportasi Andrew Adonis juga berkomentar di akun Twitternya tentang kembalinya Inggris: "Hanya masalah waktu".

Brexiteers, sebutan bagi mereka yang mendukung hengkangnya Inggris dari Uni Eropa merasa kurang terkesan. Mantan sekretaris jendral UKIP Paul Oakley menulis: "Yuck. Sama seperti mantan yang melekat, Frans Timmermans telah menulis surat ke Inggris yang merindukan kita kembali ke Uni Eropa."

Bagaimana Perkembangan Brexit Saat Ini?

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Dengan asumsi Parlemen Eropa juga memberi lampu hijau, Inggris secara resmi akan meninggalkan UE pada 31 Januari dengan kesepakatan penarikan - dan kemudian akan memasuki masa transisi yang dijadwalkan berakhir pada 31 Desember 2020.

Selama periode ini, Inggris secara efektif akan tetap berada di serikat pabean Uni Eropa dan pasar tunggal - tetapi akan berada di luar lembaga-lembaga politik dan tidak akan berada di anggota Parlemen Eropa di Inggris.

Prioritas utama saat ini adalah untuk menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan UE, dalam waktu yang singkat.

UE dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menyetujui mandat negosiasi formal, dan itu berarti pembicaraan formal baru akan dimulai pada bulan Maret.

Ini bukan hanya kesepakatan dagang yang perlu diselesaikan. Inggris harus menyetujui bagaimana negaranya akan bekerja sama dengan UE dalam hal keamanan dan penegakan hukum.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlari 250 Kilometer untuk Peringati 15 Tahun Tsunami Aceh

Posted: 26 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terhitung 15 tahun sudah gelombang tsunami memporak-porandakan Aceh. Meski bencana ini terjadi pada 2004 lalu, kepedihan masih membekas hingga kini. Tak sedikit anak yang menderita secara mental maupun psikologis atas bencana yang merenggut keluarga mereka.

Mengenang kembali momen pilu itu, lima pelari Indonesia, yaitu Gatot Sudariyono, Beny Syaaf, Nicky+ Hogan, Carla Felany dan Vonny Anggraini, pada September lalu berlari sejauh 250 kilometer dari Meulaboh, Aceh Barat, sampai Banda Aceh.

Aksi ekstrem ini memiliki tujuan mulia yaitu menggalang dana untuk anak-anak di Aceh, bersama SOS Children's Village, sebuah organisasi kepedulian terhadap anak, terutama anak-anak yang berisiko kehilangan pengasuhan atau sudah kehilangan pengasuhan.

Salah seorang pelari, Carla mengaku maraton ini merupakan hal yang sangat menantang karena umumnya jarak untuk lari maraton hanya sekitar 120 kilometer. "Ini bukan cuma soal fisik ya, pas hari ke tiga tuh rasa capeknya kayak menempa mental juga," kata Carla pada video yang diputarkan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Desember 2019.

Panas terik dan hujan mereka tetap lalui saat berlari. Mencicil jarak 60 kilometer di hari pertama, 60 kilometer di hari kedua, 70 kilometer di hari ketiga dan 60 kilometer di hari terakhir.

Dalam waktu empat hari, mereka berlima sampai ke garis finish. Para pelari disambut oleh air mata suka cita dan sambutan meriah anak-anak yang sudah menanti.

Anak-Anak Aceh Telah Bangkit

Gatot Sudariyono, Carla Felany, Nicky Hogan, Vonny Anggraini dan Beny Syaaf di Galeri Indonesia Kaya, Kamis, 26 Desember 2019. (dok. Liputan6.com/Adhita Diansyavira)
Gatot Sudariyono, Carla Felany, Nicky Hogan, Vonny Anggraini dan Beny Syaaf di Galeri Indonesia Kaya, Kamis, 26 Desember 2019. (dok. Liputan6.com/Adhita Diansyavira)

Perubahan besar terjadi dalam kurun waktu 15 tahun ini. Deputy Nation Director SOS Childrens Patria Banteng mengungkapkan keprihatinannya saat mendarat di Aceh pascabencana pada 2004. Ia menggambarkan kondisi mental break down orang-orang, baik anak-anak maupun orang dewasa yang terlihat putus asa.

"Saya lihat orangtua melakukan kekerasan fisik ke anaknya, ya namanya anak, dia lapar dan haus, sedangkan saat itu sulit untuk mendapatkannya, rumah mereka hancur dan orangtua juga pasti bingung anaknya rewel, ya sudah jadi timbullah kekerasan," ujar Patria.

Namun kini, Aceh sudah berbenah. SOS Children's Village membantu membangun kembali Aceh. Organisasi yang berdiri sejak 1972 itu juga membuat program untuk anak-anak Aceh yang saat itu kehilangan keluarganya dan membantu mereka mendapatkan kembali hak pengasuhan.

SOS Children's Village telah membantu sekitar 120 anak-anak korban bencana tsunami. Mereka tinggal di 15 rumah bersama ibu asuh di masing-masing rumah. Ibu asuh tersebut juga termasuk korban bencana yang selamat dan sukarela untuk mengurus anak-anak seperti dalam keluarga pada umumnya.

Pendidikan juga menjadi sorotan organisasi ini. SOS Children's Village mendirikan tiga buah sekolah dan turut mendukung anak-anak dengan potensi yang mereka miliki, seperti bela diri taekwondo, wall climbing, menari, dan masih banyak lagi.

Village Director Banda Aceh 2009-2016 Anna Joestiana menambahkan, bukan hal mudah untuk membuat semangat anak-anak korban tsunami ini pulih setelah tsunami terjadi. Kesabaran menjadi kunci utama untuk menuntun anak-anak mendapatkan kembali rasa percaya dirinya.

"Yang pertama pasti harus sabar, lalu sering diajak ngobrol dan beri sedikit sentuhan fisik, seperti dirangkul," ujar Anna, Kamis, 26 Desember 2019. (Adhita Diansyavira)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeep Wrangler Rubicon Jadi Mobil Dinas Bupati Karanganyar, Warnanya Ngejreng

Posted: 26 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jeep Wrangler Rubicon seharga Rp1,9 miliar resmi menjadi mobil dinas Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Mobil berwarna orange yang dibeli dengan uang rakyat tersebut telah dipasang plat nomor merah AD 1 F.

Mobil berkarakter off-road dengan mesin 2.000cc tersebut tiba di rumah dinas bupati pada Selasa (24 /12) sore. Nampak sumringah saat mencoba mobil dua pintu tersebut, Juliyatmono menegaskan pihaknya akan menggunakan kendaraan dinas sesuai kebutuhan.

"Dan ini memang off-road. Ini kalau naik gunung kemana mana memang sesuai. Dan memang tepat, bagus itu," ujar Juliyatmono seperti dilansir Merdeka.com.

Ia menambahkan, mobil dinas baru dengan mesin matik tersebut tidak membutuhkan perawatan khusus dan layak digunakan untuk medan-medan terjal.

"Nanti kita coba di Waduk Jlantah, Jatiyoso, di Segorogunung. Tadi saya coba sendiri, ya hanya muter-muter rumah," katanya.

Terkait pemilihan warna orange, Juliyatmono beralasan warna tersebut merupakan warna yang paling banyak diminta pembeli.

"Warnanya yang ada ini. Ternyata warna ini katanya yang paling best seller," pungkas dia.

Anggaran Mobil Dinas

Sebelumnya, Plt Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Karanganyar, Narimo menyatakan, Pemkab menganggarkan Rp2,1 miliar untuk membeli mobil dinas baru.

Uang sebesar itu dianggarkan melalui APBD Perubahan. Namun sesuai hasil lelang mobil mewah tersebut dibeli dengan harga Rp1,989 miliar.

"Rubicon dipilih karena kondisi geografis Kabupaten Karanganyar yang merupakan gunung dan perbukitan. Banyak lokasi yang harus ditempuh lewat tanjakan dan turunan tajam," kilahnya.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Wolves vs Manchester City

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, West Midlands - Laga Boxing Day Liga Inggris masih menyisakan satu pertandingan lagi. Pertandingan itu bakal berlangsung di Molineux Stadium pada Jumat (28/12/2019) atau Sabtu dini hari WIB.

Dalam jadwal Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers akan menjamu Manchester City. Kedua tim saat ini sedang dalam tren yang positif.

Manchester City datang ke kandang Wolves dengan mencatatkan empat kemenangan beruntun. Sedangkan Wolves berbekal kemenangan 2-1 atas Norwich City.

Wolves bukanlah lawan mudah bagi Manchester City. Dalam dua pertandingan sebelumnya, Manchester City selalu menelan kekalahan dari Wolves.

Jika meraih kemenangan atas Wolves, Manchester City bakal menggeser posisi Leicester City di posisi kedua. Saat ini, The Citizens berada di posisi ketiga dengan mengemas 38 poin.

Lihat jadwal Liga Inggris di halaman selanjutnya.

Jadwal Pertandingan

Sergio Aguero. (AFP/Glyn Kirk)
Sergio Aguero. (AFP/Glyn Kirk)

Sabtu, 28 Desember 2019

Pukul 02.45 WIB

Venue: Molineux Stadium

Live di Mola TV

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Mendikbud Nadiem, Kepala BKKBN Bahas Materi Kesehatan Reproduksi

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk membahas materi kesehatan reproduksi di sekolah. Pertemuan keduanya berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, kemarin (26/12/2019).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Kemendikbud Jakarta Pusat, Hasto berharap BKKBN bisa bekerja sama  tentang materi memahami kesehatan reproduksi.

"Kami mengemban tugas dari Presiden yang sangat erat. Tentunya, terkait masalah mempersiapkan generasi yang unggul dari hulu. Dalam hal ini, program keluarga berencana, yakni merencanakan berkeluarga," kata Hasto di hadapan Nadiem sebagaimana keterangan tertulis kepada Health Liputan6.com, Jumat (27/12/2019).

"Akan tetapi, saat ini generasi sekarang banyak yang tidak berkualitas. Salah satunya karena keluarga tidak mempersiapkan diri soal proses reproduksinya. Maka, stunting, kematian ibu dan bayi tinggi. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, (membentuk) keluarga harus dipersiapkan sejak dini."

Materi kesehatan reproduksi di sekolah dinilai menjadi bekal bagi generasi muda bangsa mempersiapkan diri berumah tangga dan membentuk keluarga kelak. Sehingga, lewat kerja sama yang ada informasi mengenai kesehatan reproduksi, kependudukan, serta persiapan membentuk keluarga bisa masuk ke dalam materi pembelajaran di sekolah. 

Rencana Materi Kesehatan Reproduksi

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ruang Menteri, Gedung A lt.2 Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat pada Kamis (26/12/2019) soal materi kesehatan reproduksi di sekolah. (Humas BKKBN)
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ruang Menteri, Gedung A lt.2 Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat pada Kamis (26/12/2019) soal materi kesehatan reproduksi di sekolah. (Humas BKKBN)

Menyoal kesiapan membentuk rumah tangga, Hasto menerangkan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sudah ke BKKBN beberapa waktu lalu.

"Beliau meminta kami terlibat aktif dalam sertifikasi pranikah. Saat ini juga BKKBN telah memiliki program di sekolah melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja," tambahnya.

Menanggapi kesehatan reproduksi, Nadiem mengungkapkan kesehatan reproduksi masih kurang dipahami masyarakat. Oleh karena itu, materi kesehatan reproduksi di sekolah dapat lebih dikemas baik agar membuka pemahaman tentang kesehatan reproduksi.

"Saya tahu selama ini program birth control BKKBN banyak digrecokin tokoh masyarakat. Ya, karena adanya misinformasi dan kurangnya pemahaman masyarakat. Misal, birth control tidak boleh digunakan, vaksinasi dibilang haram, dan lain-lain," ujar Nadiem kepada Hasto. 

"Jadi, cara terbaik adalah memasukan materi sex education. Nanti rencana akan bagaimana (materi kesehatan reproduksi), apakah semua materinya bisa masuk ke pelajaran. Kemudian akan di bungkus menjadi seperti apa. Hal ini perlu dipersiapkan dengan matang. Sekarang ini materi terkait reproduksi kan disisipkan dalam pelajaran Biologi dan IPA."

Dalam audiensi tersebut, hadir Staf Ahli Bidang Manajemen Kemendikbud Hamid Muhammad, Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani, serta Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN M Rizal Martua Damanik.  

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bursa Saham Ditutup Jokowi pada 30 Desember, 2 Januari 2020 Buka Kembali

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menutup perdagangan saham di pasar modal tahun ini pada 30 Desember 2019. Selang tiga hari sesudahnya, perdagangan saham akan kembali dibuka pada 2 Januari 2020.

Berdasarkan informasi yang didapat dari BEI, Jumat (27/12/2019), kedua acara seremonial tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi akan hadir dan meresmikan penutupan perdagangan saham pada 30 Desember 2019. Sementara pada 2 Januari Jokowi juga turut menandatangani sertifikat peresmian pembukaan perdagangan saham di 2020.

Selain Jokowi, kedua acara seremonial ini akan ikut dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, serta Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi.

Dengan ditutupnya perdagangan saham pada 30 Desember 2019 dan baru dibuka pada 2 Januari 2020, maka sesi perdagangan akan diliburkan sementara selama 3 hari.

BEI Catat Investor Milenial Capai 60 Persen

Empat perusahaan yang melakukan Penawaran Umum Perdana (PUP) saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia, Selasa (9/7/2019).
Empat perusahaan yang melakukan Penawaran Umum Perdana (PUP) saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia, Selasa (9/7/2019).

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi mencatat adanya lonjakan pertumbuhan investor bagi generasi milenial. Saat ini investor saham generasi milenial bahkan tembus mencapai 60 persen dari total investor saham berada di BEI.

"Kini jumlah investor pasar modal telah mencapai 2 juta investor dan terus tumbuh dalam 5 tahun terakhir. Hal yang menarik, pertumbuhan jumlah investor millenial telah mencapai 60 persen," kata dia di Jakarta, Kamis (31/10).

Di samping itu, jumlah perusahaan tercatat di BEI juga terus tumbuh. Sejauh ini sudah ada 656 perusahaan emiten yang tercatat di Bursa.

"Kami juga telah memfasilitasi 42 perusahaan untuk listing di BEI sejak awal tahun ini. Bahkan, saat ini ada 36 calon perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana sampai akhir tahun 2019," ujarnya.

 

 
 

 

Sebelumnya, Direktur PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Syafruddin mencatat jumlah investor perorangan atau Single Investor Identification (SID) di pasar modal yang tercatat di mencapai 1,5 juta orang. Dari jumlah tersebut didominasi oleh investor anak muda atau kaum milenial.

Data menunjukkan untuk investor rentang usia 21-30 tahun sebanyak 34,08 persen, kedua usia 31-40 tahun sebanyak 25,64 persen, ketiga 41-50 tahun sebanyak 19,16 persen, usia 51-60 sebanyak 10,98 persen, usia 61-70 tahun sebanyak 4,23 persen dan usia di atas 70 tahun sebanyak 1,52 persen.

"Usia masih muda-muda. Kalau dari jenis kelamin juga terlihat pria masih lebih banyak mencapai 59,4 persen. Sisanya perempuan. Dari pendidikan juga terlihat lulusan S1 51 persen, minimal pendidikan SMA banyak juga sekitar 31 persen," kata Syafruddin di Solo, Jawa Tengah, ditulis Minggu (18/9).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Kado Tiket ke Italia, Ini 7 Potret Persahabatan Ruben Onsu dan Ivan Gunawan

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain karier dan kisah asmara, ada banyak hal seputar kehidupan selebriti yang tak kalah menarik untuk dibahas, salah satunya adalah kisah persahabatannya. Seperti persahabatan Ruben Onsu dan Ivan Gunawan.

Diketahui, Ruben Onsu dan Ivan Gunawan sudah menjalin persahabatan sejak 14 tahun lalu. Kekompakan keduanya tak perlu diragukan lagi. Chemistry kuat di anatara Ruben dan Ivan, membuat keduanya kerap jadi langganan memandu berbagai program acara bersama.

Menjalin persahabatan selama belasan tahun, kehadiran keduanya pun menjadi berarti dalam kehidupan masing-masing. Tak hanya kompak dalam penampilan, Ruben Onsu dan Ivan Gunawan juga saling mendukung dalam hal apapun.

Seperti diketahui Ivan Gunawan akan berulang tahun pada 31 Desember 2019. Mengetahui sahabatnya akan berulang tahun, suami Sarwendah ini memberi hadiah istimewa untuk desainer terkenal tersebut.

Ruben rupanya memberi Ivan Gunawan kado berupa tiket pesawat ke Italia. Tak tanggung-tanggung, demi sahabatnya ia membelikan tiket kelas bisnis. Berikut potret persahabatan Ruben Onsu dan Ivan Gunawan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (27/12/2019).

1. Ivan Gunawan menghadiri Christmas Dinner yang diadakan Ruben Onsu dan keluarganya.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

2. Keduanya kerap jadi langganan memandu berbagai program acara bersama.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

3. Momen seru Ruben Onsu dan Ivan Gunawan saat mandi bersama di sungai.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

4. Ivan Gunawan turut hadir saat proses persalinan anak kedua Ruben dan Sarwendah.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

5. Kedua presenter ini sudah menjalin persahatan selama 14 tahun.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

6. Selain berbagi kebahagiaan, Ivan Gunawan dan Ruben Onsu juga sering curhat masalah masing-masing.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

7. Keduanya memiliki selisih usia 2 tahun saja, bak kakak adik.

Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)
Ruben Onsu dan Ivan Gunawan (Sumber: Instagram/@ivan_gunawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Tim Esports Paling Tajir di Dunia

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Esports kini tidak lagi jadi sebuah hobi belaka. Pasalnya, olahraga bermain gim online ini bisa memberi penghasilan yang sangat besar bagi mereka yang berprestasi.

Seperti olahraga, esports juga bisa dimainkan bersama tim. Bahkan, ada sejumlah tim yang kini sudah jadi jagoan, memenangkan sejumlah kompetisi, dan mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang tidak sedikit. Siapa saja mereka?

Berikut adalah 5 tim esports yang paling tajir di dunia, sebagaimana dikutip dari Esports Observer, Jumat (27/12/2019).

5. Paris Saint-Germain-LGD: Rp 47,3 Miliar

Paris Saint-Germain-LGD merupakan tim esports profesional untuk gim Dota 2. Tim ini dibentuk atas kemitraan antara klub sepakbola Prancis Paris Saint-Germain dan organisasi esports Tiongkok LGD Gaming pada April 2018.

Tim esports ini pernah membawa pulang hadiah senilai USD 3,4 juta (Rp 47,3 miliar) dari sejumlah kompetisi pada tahun 2019.

4. Tim Lazarus: Rp 59 Miliar

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)
Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Lazarus memiliki berbagai keahlian dalam gim. Keenam pemain di tim ini mengikuti kejuaraan Fortnite World Cup sehingga memiliki enam kesempatan untuk memenangkan permainan.

Dari situ, dua pemainnya mendapatkan posisi kedua dan ke-17. Lazarus mendapatkan hadiah uang tunai senilai USD 2,35 juta.

Kemudian, babak kualifikasi dalam turnamen Fortnite lainnya, Lazarus memenangkan hadiah senilai USD 1,3 juta. Total, tim ini mendapatkan USD 4.22 juta (setara Rp 59 miliar).

Tim Lazarus juga mengikuti kompetisi Counter Strike:Global Offensive (CS-GO), Hearthstone, PUBG, dan lain-lain.

"Pada 2020, kami akan terus mengembangkan dan mengikuti berbagai kompetisi untuk menambah portofolio di dunia esports," kata CEO Lazarus Esports, Charlie Watson.

3. NRG Esports: Rp 73,4 Miliar

Dota 2. (Doc: EsportsOnly)
Dota 2. (Doc: EsportsOnly)

Tim NRG melesat ke posisi ketiga sebagai tim esports paling tajir di dunia. Total, tim ini mendapatkan uang dari kemenangannya di berbagai kompetisi dengan total nilai USD 5,28 juta atau setara Rp 73,8 miliar.

Tim ini memainkan berbagai gim untuk dalam kompetisinya, yakni Fortnite, CS:GO, Dota 2, Apex Legend, Call of Duty, dan sejumlah gim lainnya.

"2019 merupakan tahun yang sangat kompetitif bagi tim NRG. Semua tim kami memenangkan berbagai kejuataan dan mengklaim jadi dua kali juara dunia," kata CEO NRG, Any Miller.

2. Team Liquid: Rp 131 Miliar

Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.
Fortnite Battle Royale, cabang e-sports pertama yang dilirik pihak militer Amerika Serikat.

Team Liquid memiliki salah satu portofolio berbagai kemenangan di bidang gim online. Mereka mendapatkan kemenangan dari berbagai kompetisi, antara lain untuk Dota 2, CS:GO, League of Legends, dan Fortnite.

Total, Team Liquid mendapatkan uang tunai sebesar USD 9,4 juta atau setara Rp 131 miliar pada 2019.

Angka ini dikumpulkan dari berbagai perlombaan yang diikuti, misalnya tim Dota 2 mendapatkan USD 5,08 juta, tim CS:GO mendapatkan USD 2,31 juta, dan tim League of Legend mendapatkan USD 455 ribu.

1. Tim OG: Rp 221,5 Miliar

Fortnite World Cup Finals 2019. (Doc: Dexerto)
Fortnite World Cup Finals 2019. (Doc: Dexerto)

Tim esports terkaya nomor satu di dunia adalah tim OG. Total kekayaannya adalah USD 15,84 juta atau setara Rp 221,5 miliar.

Tim ini menjadi juara untuk kompetisi Dota 2 International 2019 dengan hadiah senilai USD 15,81 juta.

Tak hanya itu, kekayaan tim ini juga didukung dengan kemenangan mereka atas kompetisi Smash Bros yang berhadiah USD 900 ribu.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memaknai Ayat-Ayat Allah dari Tsunami dan Gerhana Matahari Cincin di Aceh

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Seorang ulama asal Aceh, Ustaz Faizal Adriansyah, menyebut dalam kitab suci umat Islam Al-Quran dijelaskan bahwa gempa bumi yang diikuti gelombang tsunami 15 tahun silam dan peristiwa gerhana matahari cincin yang terjadi kali ini dan bakal terulang merupakan cerminan ayat-ayat Allah SWT.

"Ya, baik gempa, tsunami, dan gerhana adalah ayat-ayat Allah SWT. Kita bisa bicara ayat Allah itu ada yang tertulis, yakni Al Quran. Tapi ada ayat yang tidak tertulis, berupa alam," katanya usai menjadi khatib shalat gerhana matahari di Masjid Oman Al Makmur, Banda Aceh, Kamis, 26 Desember 2019, dilansir Antara.

Menurutnya, peristiwa gempa bumi disusul gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai puluhan meter yang meluluhlantakkan daratan Aceh 15 tahun silam, dianggap sebagai musibah, terutama di daerah pinggiran pantai yang menelan korban sekitar ratusan ribu jiwa.

Sedangkan peristiwa gerhana, seperti Gerhana Matahari Cincin merupakan peristiwa alam yang langka, karena planet bumi, bulan serta, matahari sejajar yang sudah diisyaratkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa kiamat sangatlah dahsyat yang berawal dari runtuhnya langit.

"Hanya saja tsunami itu, bencana yang menimpa kita. Maka orang bertanya kenapa tidak ada salat? Ya waktu tsunami, enggak ada salat. Tetapi salatnya sebelum tsunami, seperti memenuhi masjid, melaksanakan ibadah dengan baik sehingga kita berdoa kepada Allah SWT agar tidak akan ada bencana," katanya.

Faizal yang merupakan penasihat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Aceh menjelaskan, tidak ada kaitan antara peristiwa gempa bumi dan gelombang tsunami dengan gerhana matahari meski berbeda 15 tahun.

Ia menjelaskan, bencana di bumi ini cuma terjadi sebagian saja. Walau alam semesta ini akan hancur, lanjutnya, bukan hanya bumi saja, melainkan ruang angkasa jika sudah waktunya.

"(Memaknai dua peristiwa alam ini) yang penting masyarakat di Aceh, pertama mereka bangkit dari ujian Allah SWT ini agar kembali membangun dan mendoakan syuhada tsunami. Sementara untuk ke depan, perbanyak kita medekatkan diri kepada Allah SWT," katanya.

"Mendekatkan diri kepada Allah SWT itu, akan menghindari dari bencana. Insya Allah," kata Faizal Adriansyah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gerhana matahari kali ini bertepatan dengan kejadian fenomena alam gempa bumi dan gelombang tsunami yang meluluhlantakkan sejumlah wilayah daratan Aceh akibat interaksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia di kawasan Perairan Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Pada Minggu, 26 Desember 2004, provinsi berjuluk "Serambi Mekkah" ini diguncang gempa bumi berkekuatan 9,1 Skala Richter (SR) di laut dan titik episentrum yang memiliki jarak sekitar 149 kilometer dari Meulaboh, Aceh Barat.

Gelombang tsunami yang terjadi mencapai ketinggian 30 meter dan menewaskan total 230.000 jiwa di 14 negara, dan menenggelamkan sejumlah permukiman pesisir. Indonesia merupakan negara yang dampaknya paling parah, selain Sri Lanka, India, dan Thailand.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ribuan Ikan Mati di Kali Lamong, Nelayan Harap Ada Perhatian Pemerintah

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Diduga tercemar limbah perusahaan, ribuan ekor ikan di muara Kali Lamong, Gresik, Jawa Timur, mati. Nelayan, bersama pihak desa, langsung menyisir ke arah hulu sungai, mencari penyebab matinya ribuan ekor ikan tersebut. Lantaran mencari ikan menjadi mata pencaharian tetap mereka sehari-hari.

Sebuah video amatir memperlihatkan para nelayan memungut ribuan ekor ikan mati mendadak di muara Kali Lamong, Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik Jawa Timur. Meski ikan-ikan itu sudah mulai berbau busuk, nelayan tetap mengambilnya untuk dijemur, dan diolah kembali. Berikut videonya pada Liputan6, 26 Desember 2019.

Ribuan ekor ikan yang mati, seperti ikan belanak, krapu, dan kakap besar, berukuran 2 kilogram. Akibat ribuan ekor ikan mati, hasil tangkapan nelayan desa setempat menurun dratis, sejak 2 hari terakhir. Peristiwa ini diduga akibat pencemaran limbah perusahaan, yang tergolong parah, sebab banyak ikan kakap besar ikut mati.

Bersama nelayan, pihak desa, langsung menyisir menggunakan perahu, menuju arah hulu sungai, mencari penyebab kematian ikan. Namun, setelah 1 jam penyisiran tidak ditemukan limbah yang diduga menjadi penyebab kematian ribuan ekor ikan di muara Kali Lamong.

Dugaan adanya pencemaran limbah itu, Dinas Lingkungan Hidup setempat, sudah mengambil sampel air Kali Lamong yang diduga tercemar limbah perusahaan. Peristiwa ribuan ekor ikan mati di muara Kali Lamong ini terjadi kesekian kalinya, dalam setahun ini.

Nelayan berharap pemerintah lebih serius mengusut perusahaan yang diduga membuang limbah di Kali Lamong, yang mengakibatkan ribuan ekor ikan mati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Paduan Suara Gereja Katolik Mater Dei Diiringi Tabuhan Rebana

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua hari lalu seluruh umat Kristiani baru saja merayakan Natal. Sampai kini momen tersebut nampaknya masih menjadi perbincangan. Terlebih lagi perayaan Natal yang dilaksanakan di Gereja Katolik Mater Dei, Kelurahan Lamper Kidul, Kota Semarang.

Ya, ada yang berbeda dari momen perayaan Natal di sana. Pasalnya proses misa Natal di gereja tersebut berlangsung cukup unik. Anak-anak paduan suara di gereja tersebut melantunkan lagu-lagu rohani diiringi dengan tabuhan rebana dari grup rebana Pondok Pesantren Roudlotul Solihin, Sayung, Kabupaten Demak.

Sebuah akun twitter @istnadaa mengunggah video yang memperlihatkan kolaborasi tersebut. Pada video berdurasi 40 detik tersebut terlihat puluhan anak menyanyikan lagu berjudul Nandur Rukun dan diiringi oleh tabuhan rebana para santri yang duduk di bangku gereja.

Dikutip dari Merdeka, pengasuh Ponpes Roudlotul Solihin, KH Abdul Qodir mengatakan, keikutsertannya dalam memeriahkan Natal tahun ini adalah untuk meneguhkan kembali semangat kebersamaan dan keberagaman. Selain itu, visi pondok pesantren yang dipimpinnya adalah mencetak santri yang inklusif yang mau menerima perbedaan.

 

Banjir pujian

FOTO: TWITTER/@istnadaa
FOTO: TWITTER/@istnadaa

Tentu saja video yang menunjukkan kolaborasi tak biasa ini mengundang decak kagum warganet yang menontonnya. Video tersebut bahkan telah ditonton lebih dari 126 ribu kali dan mendapat banyak pujian dari warganet.

"Gak kebayang kalau toleransi macam gini ada di seluruh daerah di Indonesia, bakalan kuat banget ini bangsa. Bakalan jadi bangsa yg disegani bangsa lain," kata akun @wirianto_pw.

"beragam itu indah," komentar @mchrezki.

"Luar biasa, inilah definisi dari kasih.Tuhan memberkati & menganugerahkan kedamaian bagi Indonesiaku," kata pemilik akun @EsTehMa47610423.

"Bisa adem juga warga +62," timpal @MHusni4.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sensasi Lomba Renang di Danau yang Hampir Beku

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta London memiliki tradisi unik di hari natal dan bertepatan dengan musim dingin. Sejumlah warga gelar perlombaan renang di danau pusat kota yang suhunya mencapai 3-4 derajat celcius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaleidoskop 2019: 6 Artis yang Melahirkan Bayi Menggemaskan

Posted: 26 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi kita akan ditinggalkan tahun 2019. Namun belum lengkap bila tidak menyimak Kaleidoskop 2019 tentang kisah sejumlah selebritas di Tanah Air dengan berbagai macam pemberitaannya. .

Selebritis melahirkan menjadi salah satu pemberitaan yang menyedot perhatian publik. Ini juga dimasukkan dalam kaleidoskop 2019. Apalagi ada selebritis yang akhirnya di karuniai momongan setelah bertahun-tahun menikah.

Ada pula selebritis yang menginginkan untuk memberikan adik untuk anak pertamanya yang lebih dulu hadir membingkai kebahagiaan pernikahan mereka.

Di 2019, ada sejumlah selebritas yang mendapatkan momongan, yang menjadi buah bibir masyarakat. Mereka ikut menyoroti sekaligus  berbahagia dengan kehadiran anak selebritis.

Berikut ini, daftar enam bayi selebritas yang menggemaskan di tahun 2019 yang dirangkum oleh Liputan6.com dalam Kaleidoskop 2019.

 

1. Raisa

Anak Pertama Raisa dan Hamish Daud
Anak Pertama Raisa dan Hamish Daud

Raisa melahirkan buah cintanya dengan Hamish Dau Selasa (12/2/2019) dini hari, melalui persalinan caesar. Berjenis kelamin perempuan Raisa dan Hamish Daud memberikan nama anaknya Zalina Raine Wyllie.

Awalnya Raisa sempat menutup-nutupi kelahirannya dan wajah sang buah hati dan sempat membuat penasaran publik. Namun perlahan pelantun "Mntan Terindah' itu mulai memperlihatkan wajah sang anak melalui akun media sosialnya Instagramnya.

2. Sarwendah

Thalia Putri Onsu. Anak pertama dari pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah ini berjenis kelamin perempuan. Lahir pada Jumat, 5 Juni 2015  di RS Bunda secara Caesar dengan berat 2,724 kg dan panjang 48 cm. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Thalia Putri Onsu. Anak pertama dari pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah ini berjenis kelamin perempuan. Lahir pada Jumat, 5 Juni 2015 di RS Bunda secara Caesar dengan berat 2,724 kg dan panjang 48 cm. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Melalui persalinan secara caesar, Sarwendah melahirkan anak keduanya dengan Ruben Onsu pada Rabu (5/5/2019) di Thomson Medical Singapore.

Berjenis kelamin perempuan, Sarwendah dan Ruben Onsu sepakat memberi nama anaknya Thania Putri Onsu. Kelahiran anak kedua Sarwendah sempat menjadi sorotan publik lantaran saat itu Ruben tengah diancam oleh teror ilmu hitam.

Oleh karenanya, Ruben Onsu memilih untuk melahirkan putri keduanya di Singapura.

3. Aura Kasih

Aura Kasih melahirkan (Sumber: Instagram/aurakasih/eryckama_ral/)
Aura Kasih melahirkan (Sumber: Instagram/aurakasih/eryckama_ral/)

Aura Kasih melahirkan anak pertamanya dengan Eryck Amara, Minggu (16/6/2019). Hal itu diketahui melalui akun Instagramnya, sesaat ia melahirkan bayi perempuan yang ia beri nama Arabella.

Aura melahirkan putri kecilnya melalui persalinan caesar, namun beberapa orang di sosial media sempat mempertanyakan kelahiran putrinya. Sebab baru menikah beberapa bulan ia sudah melahirkan anak pertama.

Banyaknya opini publik yang beredar luar dan justru menggiring hal yang negatif, Sampai akhirnya Aura pun mulai angkat suara. Bahwa sebelume menikah resmi dengan Eryck Amaral pada 26 Desember 2018, ia telah menikah secara siri di Bangkok, Thailand pada bulan September 2018

4. Kartika Putri

Perjalanan Kehamilan Kartika Putri (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)
Perjalanan Kehamilan Kartika Putri (Sumber: Instagram/kartikaputriworld)

Kartika Putri melahirkan buah hati pertamanya dengan Habib Usman Bin Yahya pada Jumat, (18/10/2019) tepat pukul 04.29 WIB. Berjenis kelamin perempuan Kartika Putri memberi nama anaknya, Khalisa Aghnia Bahira.

"Allahuakbar Bismillah Alhamdulillah telah lahir putri kami Khalisa Aghnia Bahira, Jumat, 18 Oktober 2019 jam 4.29 WIB. Dengan berat 3,25 kg dan tinggi 51 cm," tulis Kartika dalam unggahan Instagramnya.

Yang menarik, Kartika Putri melahirkanya bukan di rumah sakit melainkan di rumahnya sendiri.

"Karena aku yang super mendadak gak mau ke rumah sakit dan kekeh sendiri tuk ke stay dirumah untung ada tim bidan @eriemarjoko @ichabudis @linawati3257 @vhieamoer @ade.tafrikhah yang luar biasa sabar, baik, dan pastinya melakukan dengan hati dijam berapapun siap datang ... hahahaha untuk menolong aku dan baby @khalisaworld," lanjut Kartika Putri.

5. Nikita Mirzani

Namun berbeda dengan gaya Nikita saat sedang hari raya Idulfitri. Nikita saat sedang merayakan hari raya Idulfitri bersama ketiga anaknya, Laura Meizani, Azka Raqila, dan Arkana Mawardi mengenakan pakaian yang serba tertutup. (Liputan6.com/IG/nikitamirzanimawardi_17)
Namun berbeda dengan gaya Nikita saat sedang hari raya Idulfitri. Nikita saat sedang merayakan hari raya Idulfitri bersama ketiga anaknya, Laura Meizani, Azka Raqila, dan Arkana Mawardi mengenakan pakaian yang serba tertutup. (Liputan6.com/IG/nikitamirzanimawardi_17)

Nikita Mirzani melahirkan anak ketiga dari pernikahannya dengan Dipo Latief, Minggu (28/4/2019). Berita bahagia ini dikabarkan oleh salah satu sahabat Nikita Mirzani, Fitri Salhuteru, melalui Instagram Stories miliknya.

"Telah lahir putra dari nikita pukul 07.01 wib dengan berat 2.3 kg panjang 46 cm," tulisnya.

Tak hanya itu, ia juga mengabarkan Nikita Mirzani dan bayinya berada dalam kondisi sehat.

"Terima kasih atas doa kalian semua. semoga Allah membalas kebaikan kalian semua," tutur Fitri menambahkan.

Yang menarik, Nikita Mirzani melahirkan Arkana Mawardi saat tengah menjalani sidang isbat cerai dengan Dipo Latief di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

6. Ratna Galih

Ratna Galih
Ratna Galih

Ratna Galih sempat membuat heboh tentang penyakit yang membuat perutnya terlihat membesar. Menurut penjelasannya, bahwa di perutnya terdapat cairan yang membuatnya semakin membesar.

Namun dibalik semua itu, Ratna Galih ternyata tengah mengandung bayi kembar melalui proses bayi tabung. Ia akhirnya melahirkan sepasang bayi kembar pada 5 juli 2019 yang diberi nama Shaldy Ararya Sawkani dan Shelma Ararya Sawkani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berkas P21, Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Segera Jalani Persidangan

Posted: 26 Dec 2019 08:57 PM PST

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro tiba untuk pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro usai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro usai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Dirut Perum Jasa Tirta II Djoko Saputro usai pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Berkas perkara Djoko Saputro terkait kasus suap pengadaan pekerjaan jasa konsultasi di Perum Jasa Tirta II tahun 2017 telah lengkap (P21) dan siap disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat SiMoDIS, Pemerintah Pantau Nilai Ekspor-Impor Pengusaha per 1 Januari 2020

Posted: 26 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan tingkatkan kepatuhan pengusaha melalui implementasi Sistem informasi Monitoring Devisa terintegrasi Seketika (SiMoDIS) per 1 Januari 2020.

Pada tahap pertama, sistem ini akan mengintegrasikan arus dokumen ekspor dan impor dari DJBC dan arus uang yang terdapat di Bank Indonesia.

Dengan adanya sistem yang terintegrasi ini, pemerintah dan Bank Indonesia dapat melakukan rekonsiliasi data impor/ekspor dengan transaksi devisa secara komprehensif dan terintegrasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kepatuhan terhadap kewajiban pelaporan devisa.

Hal tersebut diharapkan dapat mendukung pengendalian defisit neraca transaksi berjalan.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, SiMoDIS memberikan informasi yang lengkap tentang nilai ekspor dan nilai impor yang sesungguhnya, berdasarkan nilai Devisa Hasil Ekspor (DHE) dan Devisa Pembayaran Impor (DPI).

"Hasil dari rekonsiliasi data tersebut akan digunakan sebagai salah satu indikator untuk penyusunan profiling kepatuhan pengusaha. Di mana pengusaha yang masuk golongan patuh akan diberikan status yang Iebih baik daripada pengguna yang dianggap tidak patuh," kata Heru di Gedung Ditjen Bea dan Cukai, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menyampaikan, SiMoDIS bermanfaat guna mendukung perumusan kebijakan dengan informasi DHE dan DPI yang lebih akurat dan terkini.

"Dari sisi pelapor (eksportir, importir dan perbankan) SiMoDIS meningkatkan efisiensi pelaporan karena mengurangi beban pelaporan dan memberikan umpan balik informasi secara cepat dan online. Selain itu SiMoDlS menyediakan informasi penawaran dan permintaan valas dari kegiatan transaksi ekspor dan impor secara cepat, tepat, dan akurat," tuturnya.

Bea Cukai Mulai Terapkan Pengiriman Dokumen Ekspor-Impor Secara Online

Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Memasuki awal 2019, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki strategi baru dalam rangka merespons tuntutan industri yang sudah memasuki tahap industri 4.0. Salah satunya dengan menerapkan sistem online pengiriman dokumen impor, ekspor, dan manifest secara menyeluruh mulai 1 Januari 2019.

Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai Agus Sudarmadi mengatakan, ‎ini merupakan salah satu dari sekian banyak inovasi yang dilakukan oleh Bea Cukai dalam meningkatkan sentuhan teknologi informasi di seluruh kantor Bea Cukai dari Sabang sampai Merauke.‎ Hal tersebut guna meningkatkan kemudahan berusaha Indonesia sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengembangan sistem ini merupakan lanjutan pengembangan dari sistem yang sudah ada yang memungkinkan pengguna jasa mengirimkan dokumen impor, ekspor, dan manifest dari mana saja dan kapan saja ke seluruh Kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia.‎

"Sistem ini telah ditunggu oleh perusahaan, banyak perusahaan memberikan apresiasi karena dengan ini, sistem perusahaan dapat langsung terkoneksi dengan sistem yang ada di Bea Cukai tanpa harus melakukan re-entry," ujar dia di Jakarta, Selasa (1/1/2019).

Menurut Agus, penggunaan internet ini merupakan salah satu agenda Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC) dalam rangka membangun smart customs and excise system untuk menciptakan proses bisnis yang mudah, murah, cepat, transparan, efektif dan efisien.

Dengan begitu akan dapat lebih meningkatkan layanan ekspor dan impor, menciptakan equal treatment bagi pengguna aplikasi ekspor, impor serta manifest, serta memiliki cakupan sistem lebih luas tanpa terbatas waktu dan tempat dalam melakukan pengiriman data.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ramai-Ramai Berburu Diskon di London Sehari Setelah Natal

Posted: 26 Dec 2019 08:43 PM PST

Pemburu diskon melihat sepatu selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)
Pemburu diskon melihat sepatu selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon melihat sepatu selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon antre untuk membayar selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)
Pemburu diskon antre untuk membayar selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon antre untuk membayar selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon melihat sepatu selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)
Pemburu diskon melihat sepatu selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon melihat sepatu selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon berlindung dari hujan dengan belanjaan mereka selama Boxing Day di London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)
Pemburu diskon berlindung dari hujan dengan belanjaan mereka selama Boxing Day di London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pemburu diskon berlindung dari hujan dengan belanjaan mereka selama Boxing Day di London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pembeli mencari barang diskon selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)
Pembeli mencari barang diskon selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

Pembeli mencari barang diskon selama Boxing Day di department store Selfridges, London, Kamis (26/12/2019). Boxing Day merupakan tradisi hari belanja terbesar tahunan yang diperingati setiap 26 Desember atau sehari setelah Natal dan menjadi hari libur nasional di Inggris. (Niklas HALLE'N/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salahkan Saja Masa Lalu, SBY Angkat Bicara soal Carut Marut Jiwasraya

Posted: 26 Dec 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal masalah yang terjadi di Asuransi Jiwasraya. Respons tersebut diungkapkan oleh Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan.

Melalui akun Twitter @OssyDermawan, Ossy mengungkapka jika pada Kamis (26/12/2019) kemarin, SBY menerima tamu yang menyinggung soal kasus Jiwasraya. Menurut tamu tersebut, kasus Jiwasraya akan ditarik ke 2006, saat SBY menjabat Presiden RI.

"Kamis 26-12-2019, SBY menerima sejumlah tamu. Ada yg menyampaikan bahwa sepertinya kasus Jiwasraya mau ditarik mundur ke th 2006," dikutip dari cuitan Ossy Dermawan, Jumat (27/12/2019).

Menurut Ossy, jika tidak ada pihak yang bersedia bertanggung jawab atas masalah yang menimpa Jiwasraya, maka tidak masalah jika masa lalu yang disalahkan.

"Dengan tenang SBY menjawab: Kalau di negeri ini tak satupun yg mau bertgg jwb ttg kasus Jiwasraya, ya.. salahkan saja masa lalu. (lanjut)," kata dia.

Namun demikian, lanjut Ossy, sebenarnya krisi besar yang dialami oleh Jiwasraya baru terjadi dalam 2 tahun terakhir.

"Yg rakyat ketahui, krisis besar Jiwasraya terjd 2 th terakhir, 2018-2019. Jika ini pun tak ada yg bertgg jwb, ya sudah, salahkan saja th 2006. Para pejabat th 2006 jg msh ada, mulai dr saya, Wapres JK, Menkeu SMI, Men BUMN dll. Tapi, tak perlu mereka hrs disalahkan. (lanjut)," jelas dia.

"Saya juga dapat informasi; katanya skrg banyak BUMN (termasuk sejumlah bank) yg bermasalah. Mulai dr keuangan yg tak sehat, utang yg sangat besar sampai dengan dugaan penyimpangan (melanggar aturan). Kalau begini, jangan-jangan saya lagi yg disalahkan. Begitu respons SBY," tutup Ossy.

 

Demi Bertahan Hidup, Jiwasraya Bakal Jual Saham Undervalue

PT Asuransi Jiwasraya Persero).
PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga membeberkan opsi langkah memulihkan kondisi keuangan perusahaan asuransi, Jiwasraya, yang saat ini sedang bermasalah.

Opsi tersebut, antara lain dengan melepas saham undervalue yang dimiliki perusahaan. Ini adalah opsi pemulihan alternatif setelah pembentukan holding BUMN asuransi yang akan rampung kuartal I-II tahun 2020.

"Kita akan melakukan penjualan aset finansial, saham undervalue, itu diharapkan bisa Rp 5 triliun ke atas," ujar Arya di Kementerian BUMN, Kamis (26/12/2019).

Arya menyatakan, nilainya mungkin saja bisa lebih dari itu. Harapannya saham undervalue Jiwasraya akan bernilai Rp 5,6 triliun bahkan Rp 6 triliun.

Nantinya, kata dia, yang akan menjadi fokus restrukturisasi ialah pembayaran klaim nasabah.

"Nasabah kan (nanti) dibayar, belum sama bunganya dulu, yang penting penyelamatan dulu. Saya nggak mau ngomong total utang pokoknya," ujar Arya.

Di sisi lain, Arya juga sempat menyinggung bahwa Jiwasraya melakukan make up laporan keuangan demi menjadi sponsor klub bola asal Inggris, Manchester City.

"Kita lihat posisi (laporan keuangan) 2014, posisi Jiwasraya jelek, dia masih membackup dirinya sebagai sponsor klub Manchester City. Dikira bisa bayar pakai uang nasabah," tuturnya. 

Kementerian BUMN: Sudah Jelek Jiwasraya Masih Nekat Sponsori Manchester City

Kapten Manchester City, Vincent Kompany, mengangkat trofi juara Premier League 2018-2019, Minggu malam WIB (12/5/2019). (AFP/Glyn Kirk)
Kapten Manchester City, Vincent Kompany, mengangkat trofi juara Premier League 2018-2019, Minggu malam WIB (12/5/2019). (AFP/Glyn Kirk)

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan keheranan saat mengetahui jika perusahaan asuransi Jiwasraya nekat mengubah laporan keuangan demi menjadi sponsor salah satu klub sepakbola, Manchester City.

Padahal, menurut Arya, kinerja Jiwasraya sudah "jelek" dan harusnya tidak melakukan hal demikian. "Kalau kita lihat posisi (laporan keuangan) 2014 posisi Jiwasraya jelek. Dia masih bisa backup dirinya jadi sponsor klub Manchester City," ujar Arya di Kementerian BUMN, Kamis (26/12/2019).

Dia juga mempertanyakan langkah perusahaan yang seharusnya pembayaran klaim nasabah menggunakan hasil investasi, bukan dari premi-premi nasabah yang baru. "Itu namanya gali lubang tutup lubang," imbuhnya.

Arya melanjutkan, agar operasional Jiwasraya bisa terselamatkan, maka jalan keluarnya adalah membentuk holding BUMN asuransi yang sedang diproses dan ditargetkan selesai pada kuartal 1 atau 2 tahun depan.

Kemudian, alternatif lainnya adalah menjual aset keuangan perusahaan terutama saham dengan nilai undervalue.

"Kita akan jual aset saham undervalue, itu nilainya bisa Rp 5 triliun ke atas. Kita harapkan Rp 5,6 triliun atau hampir Rp 6 triliun," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hendak Tawuran, Polisi Gerebek Rumah Pemuda Pembuat Anak Panah Busur

Posted: 26 Dec 2019 08:38 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Jajaran kepolisian Polsek Makassar, Sulawesi Selatan, menggerebek sekelompok pemuda di halaman salah satu sekolah dasar di Jalan Jalahong, Kecamatan Makassar, Rabu sore.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (27/12/2019), di lokasi ini, polisi juga menemukan beberapa mesin dan bahan baku untuk produksi senjata tajam, seperti mesin gurinda, paku, dan besi untuk membuat anak panah busur serta 18 anak panah busur yang telah siap digunakan.

Polisi juga menangkap sembilan pemuda, dua di antaranya merupakan pembuat anak panah.

Dalam pemeriksaan, salah satu pelaku mengaku senjata tajam yang dibuatnya akan digunakan untuk tawuran saat malam perayaan tahun baru.

"Ada 18 anak panah, iya dipakai untuk jaga diri, kan ada perang (tawuran)," kata tersangka pembuat senjata tajam AR.

"Di TKP ditemukan sembilan orang, empat di antaranya anak-anak yang saat ini kita melakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap kepemilikan atau pun pembuatan busur ini," ucap Kapolsek Makassar Kompol Kodrat M Hartanto.

Operasi serupa akan terus digelar polisi untuk mengamankan malam perayaan tahun baru 2020 dan menekan angka kriminalitas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin De Bruyne Punya Peran Krusial di Manchester City

Posted: 26 Dec 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Kiper Manchester City, Ederson, memuji kualitas rekannya, Kevin De Bruyne. Menurut dia, gelandang Timnas Belgia itu memiliki peran yang krusial di skuat The Citizens.

Kevin De Bruyne bergabung dengan Man City pada 30 Agustus 2015. Sejak saat itu, De Bruyne langsung memegang peranan vital di lini tengah City.

Pemain berusia 28 tahun tersebut berhasil mengantarkan Manchester City meraih banyak gelar, termasuk dua trofi Premier League yang diraih dalam dua musim terakhir.

Selama memperkuat City, Kevin De Bruyne sudah membuat 196 penampilan di semua kompetisi. Dari sekian kesempatan itu, dia mampu mencetak 47 gol dan 78 assist.

"Kita semua sadar akan kualitas Kevin De Bruyne. Dia adalah pemain yang luar biasa. Dia mencetak gol dengan kedua kakinya, dia sangat bagus dalam umpan silang dan dia memiliki visi yang luar biasa dalam memberikan umpan kunci," ujar Ederson.

"Dia adalah pemain yang sangat penting bagi Manchester City, baik dalam menciptakan peluang dan finishing. Dia banyak berkontribusi bagi tim pada musim ini, dan saya berharap dia bisa mempertahankan level yang sama," lanjutnya.

 

Gelandang Terbaik di Dunia

(AFP/Ben Stansall)
(AFP/Ben Stansall)

Kevin De Bruyne mampu tampil di level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, Ederson tak ragu menyebut De Bruyne sebagai satu di antara gelandang terbaik di dunia.

"Bagi saya, dia berada di jajaran tiga gelandang terbaik di dunia. Dia telah bermain di level yang sangat tinggi tidak hanya musim ini, tetapi juga pada musim sebelumnya," kata kiper Timnas Brasil itu.

"Saya menilai pantas baginya untuk dianggap sebagai tiga gelandang terbaik di dunia saat ini," ucap Ederson.

Sumber asli: Manchester City

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Aga Deta/Published: 26/12/2019)

Video:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada 19 Ribu Perkara Masuk ke MA Sepanjang 2019

Posted: 26 Dec 2019 08:33 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Jelang akhir tahun 2019 Mahkamah Agung (MA) menyampaikan hasil kinerjanya selama satu tahun. Ketua MA, Hatta Ali menyebutkan, sepanjang 2019 ada 19.370 perkara yang diregister lembaga peradilan.

Hatta tidak menyebut jumlah perkara di tahun sebelumnya, namun jumlah perkara di 2019 meningkat sebesar 13 persen.

"Implementasi pencapaian dan kinerja terus menunjukan hasil yang positif. Tahun ini tercatat perkara yang diregister Mahkamah Agung 19.370 perkara, naik," kata Hatta, Jakarta, Jumat (27/12).

Selain itu, kata Hatta, MA selama satu tahun ini berhasil memutus 20.021 perkara atau meningkat 13,5 persen. Jumlah ini melebihi dari perkara yang masuk.

Dari jumlah itu, Hatta menuturkan MA masih menyisakan 255 perkara untuk segera diputus. Angka ini belum final. Sebab, saat ini proses persidangan masih terus berjalan.

 

Kebut Sidang Putusan

Ia menambahkan, agar memperkecil jumlah sisa perkara, para hakim 'mengebut' segera melakukan sidang putusan bagi terdakwa yang masa penahanannya segera berakhir.

Sementara itu, dia mengungkapkan hasil capaian kinerja MA selama satu tahun ini merupakan rekor terbaik bagi lembaga tempat bernaungnya para wakil Tuhan.

"Jumlah sisa perkara 2019 memecahkan rekor hasil terbaik yang pernah dicapai oleh Mahkamah Agung. Tertinggi pencapaiannya, luar biasa dan data ini masih dinamis yang 255 perkara," ujarnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Huawei Gandeng Developer Karena Tak Bisa Pakai Layanan Google

Posted: 26 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak tidak bisa lagi memakai layanan Google di perangkat mobile-nya, Huawei mulai memperkuat kerja sama dengan para developer lokal.

Artikel tentang langkah agresif Huawei tersebut menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com.

Tak hanya itu, artikel lain yang juga populer kemarin termasuk informasi kapan Gerhana Matahari Cincin bakal terjadi lagi, dan nama Kemkominfo muncul di Pornhub.

Lebih lengkapnya simak berita paling populer berikut ini.

1. Tak Bisa Pakai Layanan Google, Huawei Kian Agresif Gaet Developer

Huawei mulai memperkuat kerja sama dengan para developer India untuk membuat layanan mobile lokal, yang bisa ditawarkan dengan smartphone miliknya di negara tersebut.

Langkah ini dinilai sebagai upaya Huawei menyiapkan alternatif dari layanan Google, Google Mobile Services (GMS).

Dilansir The Economic Times, Kamis (26/12/2019), ketidakpastiaan nasib Huawei untuk kembali bisa menggunakan layanan-layanan Google, membuat perusahaan harus bergerak cepat.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Setelah Hari Ini, Kapan Gerhana Matahari Cincin Bakal Terjadi Lagi?

Sebagian wilayah Indonesia hari ini bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin. Fenomena ini terjadi ketika Bulan berada segaris dengan Bumi dan Matahari.

Namun, piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari, sehingga piringan Matahari tidak tertutup secara sempurna. Hal inilah yang menyebabkan piringan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengah dan terang di bagian pinggirnya.

Di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin bisa diamati di Padang Sidempuan, Duri, Batam, Siak, Karimunbesar, Tanjung Batu, Bintang, Tanjung Pinang, Singkawang, Pemangkas, dan Sambas.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Akun Terverifikasi atas Nama Kemkominfo Ada di Situs Porno

Netizen menemukan akun atas nama Kemkominfo di salah satu situs porno. Bahkan, akun itu mendapatkan centang biru (terverifikasi) di situs porno tersebut.

Temuan ini pertama kali diungkap oleh akun @sleepyheadbonzo pada tanggal 23 Desember kemarin.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menakjubkan, Detik-Detik Penampakan Gerhana Matahari Cincin

Posted: 26 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Daerah Siak Riau menjadi salah satu lokasi tempat warga menyaksikan fenomena langka gerhana matahari cincin. Lewat kacamata khusus atau teleskop, mereka menikmati gerhana matahari cincin yang menakjubkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Doncic Kembali, Mavericks Kalahkan Spurs

Posted: 26 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Dallas- Kembalinya point guard Luka Doncic membawa dampak positif bagi Dallas Mavericks. Doncic langsung membantu Mavericks menang 102-98 ketika menjamu San Antonio Spurs pada lanjutan NBA, Jumat (27/12/2019) pagi WIB.

Doncic absen di empat laga NBA terakhir Mavericks. Eks pemain Real Madrid tersebut mengalami cedera pada pergelangan kakinya.

Pemain 20 tahun itu langsung menandai comeback dengan aksi menawan. Doncic nyaris membuat triple double dengan 24 poin, 10 rebound dan delapan assists.

Pada kuarter pertama, Mavericks terlambat panas. Spurs mampu unggul 24-20. Baru di kuarter dua, Mavs mendominasi pertandingan. Mereka berbalik unggul lima poin saat jeda babak pertama.

Mavericks sempat unggul jauh 102-85 di kuarter empat. Namun secara luar biasa Spurs bangkit dengan membuat 13 angka beruntun.

 

Hampir Terkejar

Fans Mavs makin ketar-ketir manakala Doncic gagal melesakkan dua lemparan bebas. Beruntung Derrick White gagal memanfaatkan peluang. Tembakan tiga angkanya saat laga tersisa enam detik meleset dari sasaran.

Selain Doncic, Tim Hardaway Jr juga bermain bagus dengan menyumbangkan 17 angka untuk Mavericks.

Sedangkan di kubu Spurs, DeMar DeRozan memimpin perolehan angka dengan 21 angka, 16 diantaranya di paruh kedua pertandingan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Saham Perusahaan Erick Thohir, Jiwasraya Untung Rp 2,8 Miliar

Posted: 26 Dec 2019 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan jika pembelian saham perusahaan media milik Erick Thohir, Mahaka Media, oleh Jiwasraya memberi keuntungan bagi perusahaan sebesar Rp 2,8 miliar.

Menurut Arya, persentase keuntungannya mencapai 18 persen.

"Jadi untung ketika Jiwasraya beli saham Mahaka. Persentase keuntungannya 18 persen lebih, beda sama dia beli saham lain, saham gorengan," ujar Arya dalam pernyataannya kepada awak media, Jumat (27/12/2019).

Arya menjelaskan, Jiwasraya membeli saham Mahaka pada tanggal 23 Januari 2014 dengan harga per lembar Rp 95 dan nilai total Rp 14,9 miliar.

 

Kemudian, Jiwasraya menjual saham tersebut dua kali pada 17 Desember 2014. Pertama, dia menjual saham per lembarnya Rp 114 dengan nilai sekitar Rp 11 miliar.

"Lalu di hari yang sama dia jual lagi Rp 6 miliar, per lembarnya Rp 112. Jadi terbukti ketika jual dua kali di hari yang sama, itu dia beli di market karena ada perbedaan harga sampai dengan Rp 2," tuturnya.

Setelah dihitung, ternyata perusahaan asuransi tersebut mendapat untung yang cukup besar dari pembelian saham Mahaka. Arya menyatakan, justru keuntungan ini melebihi bunga bank bahkan bunga produk mereka, JS Saving Plan.

Sebelumnya, Arya menegaskan jika pembelian saham Mahaka memang dilakukan berdasarkan mekanisme pasar.

"Dia (Jiwasraya) beli di market. Kalau di market kan bebas mau siapa jual siapa beli, bukan investasi gimana, dia kan bebas jual beli kalau di market," ungkap Arya.

Demi Bertahan Hidup, Jiwasraya Bakal Jual Saham Undervalue

PT Asuransi Jiwasraya Persero).
PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga membeberkan opsi langkah memulihkan kondisi keuangan perusahaan asuransi, Jiwasraya, yang saat ini sedang bermasalah.

Opsi tersebut, antara lain dengan melepas saham undervalue yang dimiliki perusahaan. Ini adalah opsi pemulihan alternatif setelah pembentukan holding BUMN asuransi yang akan rampung kuartal I-II tahun 2020.

"Kita akan melakukan penjualan aset finansial, saham undervalue, itu diharapkan bisa Rp 5 triliun ke atas," ujar Arya di Kementerian BUMN, Kamis (26/12/2019).

Arya menyatakan, nilainya mungkin saja bisa lebih dari itu. Harapannya saham undervalue Jiwasraya akan bernilai Rp 5,6 triliun bahkan Rp 6 triliun.

Nantinya, kata dia, yang akan menjadi fokus restrukturisasi ialah pembayaran klaim nasabah.

"Nasabah kan (nanti) dibayar, belum sama bunganya dulu, yang penting penyelamatan dulu. Saya nggak mau ngomong total utang pokoknya," ujar Arya.

Di sisi lain, Arya juga sempat menyinggung bahwa Jiwasraya melakukan make up laporan keuangan demi menjadi sponsor klub bola asal Inggris, Manchester City.

"Kita lihat posisi (laporan keuangan) 2014, posisi Jiwasraya jelek, dia masih membackup dirinya sebagai sponsor klub Manchester City. Dikira bisa bayar pakai uang nasabah," tuturnya. 

Kementerian BUMN: Sudah Jelek Jiwasraya Masih Nekat Sponsori Manchester City

Kapten Manchester City, Vincent Kompany, mengangkat trofi juara Premier League 2018-2019, Minggu malam WIB (12/5/2019). (AFP/Glyn Kirk)
Kapten Manchester City, Vincent Kompany, mengangkat trofi juara Premier League 2018-2019, Minggu malam WIB (12/5/2019). (AFP/Glyn Kirk)

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan keheranan saat mengetahui jika perusahaan asuransi Jiwasraya nekat mengubah laporan keuangan demi menjadi sponsor salah satu klub sepakbola, Manchester City.

Padahal, menurut Arya, kinerja Jiwasraya sudah "jelek" dan harusnya tidak melakukan hal demikian. "Kalau kita lihat posisi (laporan keuangan) 2014 posisi Jiwasraya jelek. Dia masih bisa backup dirinya jadi sponsor klub Manchester City," ujar Arya di Kementerian BUMN, Kamis (26/12/2019).

Dia juga mempertanyakan langkah perusahaan yang seharusnya pembayaran klaim nasabah menggunakan hasil investasi, bukan dari premi-premi nasabah yang baru. "Itu namanya gali lubang tutup lubang," imbuhnya.

Arya melanjutkan, agar operasional Jiwasraya bisa terselamatkan, maka jalan keluarnya adalah membentuk holding BUMN asuransi yang sedang diproses dan ditargetkan selesai pada kuartal 1 atau 2 tahun depan.

Kemudian, alternatif lainnya adalah menjual aset keuangan perusahaan terutama saham dengan nilai undervalue.

"Kita akan jual aset saham undervalue, itu nilainya bisa Rp 5 triliun ke atas. Kita harapkan Rp 5,6 triliun atau hampir Rp 6 triliun," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan dan Lazio Bikin Persaingan di Liga Italia Makin Seru

Posted: 26 Dec 2019 08:20 PM PST

Milan - Mantan pelatih AC Milan, Arrigo Sacchi, menilai Inter Milan dan Lazio membuat persaingan di Serie A semakin menarik. Pasalnya, kedua tim itu mampu bersaing dengan Juventus dalam perburuan titel juara.

Juve menguasai sepak bola Italia dalam delapan musim terakhir, khususnya di Serie A. Musim ini I Bianconeri tetap dicalonkan untuk meraih Scudetto yang kesembilan secara beruntun.

Akan tetapi, pada musim ini ada Inter Milan yang bangkit dan bisa memberikan perlawanan ketat kepada Juventus. Hal tersebut tak lepas dari pergantian pelatih dan penambahan sejumlah amunisi berkualitas di I Nerazzurri.

Pertarungan keduanya pun berlangsung ketat. Juve dan Inter silih berganti menguasai puncak klasemen Serie A.

Saat ini Inter Milan jadi penguasa klasemen sementara dengan raihan 42 poin. Juventus sebenarnya juga meraih angka yang sama, namun kalah selisih gol.

Saat perhatian semua terfokus kepada Inter Milan dan Juventus, Lazio secara perlahan datang mendekati keduanya. Saat ini, mereka berada di peringkat ketiga klasemen sementara Serie A dengan koleksi 36 poin.

 

Berpeluang Memangkas Jarak

Para pemain Lazio merayakan kemenangan setelah meraih trofi Piala Super Italia 2019. Lazio menaklukkan Juventus dengan skor 3-1, Minggu (22/12/2019).  (AFP / Giuseppe Cacace)
Para pemain Lazio merayakan kemenangan setelah meraih trofi Piala Super Italia 2019. Lazio menaklukkan Juventus dengan skor 3-1, Minggu (22/12/2019). (AFP / Giuseppe Cacace)

I Biancocelesti juga berpeluang memangkas jarak tersebut. Sebab, mereka baru bermain 16 kali, sedang Juve dan Inter Milan 17 kali.

"Tim Juve yang mendominasi lebih dari delapan tahun sekarang harus berurusan dengan tidak hanya paket kejutan Lazio, tetapi juga Inter-nya Antonio Conte," tulis Sacchi di La Gazzetta dello Sport.

"Inter akan menjadi lawan yang tangguh sampai akhir. Semangat dan motivasi tim mereka sudah sangat tinggi, kemampuan pelatih mereka tak perlu dipertanyakan," lanjutnya.

"Ini akan menjadi perburuan gelar yang lebih tidak pasti dan seimbang daripada musim sebelumnya. Saya harap ini akan lebih menghibur dan bahwa pada akhirnya, tim yang paling pantas menang adalah yang terbaik," serunya.

 

Pujian untuk Inter Milan

Pelatih Inter Milan Antonio Conte (tengah) mengawasi anak asuhnya berlatih jelang menghadapi Barcelona pada laga terakhir fase grup Liga Champions di Appiano Gentile, Italia, Senin (9/12/2019). Inter Milan akan menjamu Barcelona di Giuseppe Meazza. (Miguel MEDINA/AFP)
Pelatih Inter Milan Antonio Conte (tengah) mengawasi anak asuhnya berlatih jelang menghadapi Barcelona pada laga terakhir fase grup Liga Champions di Appiano Gentile, Italia, Senin (9/12/2019). Inter Milan akan menjamu Barcelona di Giuseppe Meazza. (Miguel MEDINA/AFP)

Arrigo Sacchi kemudian memuji penampilan Inter Milan. Dia terkesan dengan anak asuh Antonio Conte itu setelah menang 4-0 atas Genoa, meski tidak diperkuat Lautaro Martinez dan Marcelo Brozovic.

"Nerazzurri, meski banyak pemainnya yang cedera, dengan nyaman menghajar Genoa 4-0. Inter bermain sangat baik pada akhir pekan, dengan gerakan bagus dan kemajuan nyata dalam sepak bola mereka," ujarnya.

"Itu formasi 3-5-2 yang biasa, tetapi dengan interpretasi yang jauh lebih menyerang, baik dari tiga bek, tetapi di atas semuanya, Cristiano Biraghi dan Antonio Candreva di sayap," tuturnya.

"Perkembangan terbesar bagi Inter adalah pressing-nya, yang membuat Genoa selalu dalam kebingungan," seru Saachi.

Inter Milan akan dihadapkan pada laga berat melawan Napoli setelah libur Natal. Sementara Juventus akan berduel melawan Cagliari.

Sumber asli: Gazzetta dello Sport

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Dimas Ardi Prasetya/Published: 26/12/2019)

Video:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polres Jakbar Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba Usai Menangkap Mantan Model

Posted: 26 Dec 2019 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polres Jakarta Barat berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba jenis sabu, ekstasi, ganja, dan happy five selama bulan Desember 2019.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (27/12/2019), tujuh orang ditetapkan tersangka yang keseluruhannya berperan sebagai kurir.

Satu di antara kurir sabu diketahui seorang mantan model. Polisi menyita barang bukti 3 kilogram sabu, 34 kilogram ganja, 200 butir pil ekstasi, dan 220 butir happy five.

Kasus ini berawal dari tertangkapnya DY yang merupakan mantan model.

Setelah dikembangkan, polisi meringkus tiga pengedar ganja di Cipayung, Jakarta Timur dengan barang bukti 34 kilogram ganja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

Numpang promo ya Admin^^
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^