Selasa, 10 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ujian Nasional Dihapus 2021, Ini Penjelasam Mendikbud Nadiem Makarim

Posted: 10 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) untuk pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA sudah muncul sejak beberapa tahun silam. Wacana tersebut kembali muncul ketika Nadiem Makariem resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Beberapa bulan terakhir wacana tersebut dikaji, kini Nadiem Makarim menegaskan bahwa Ujian Nasional atau UN 2020 merupakan yang terakhir. Dalam artian, pada tahun 2021 ujian nasional dihapus dan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

"Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter," jelas Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Bukan tanpa alasan, mantan CEO Gojek menghapus ujian nasional. Menurut Nadiem ada alasan dibalik penghapusan UN tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas penjelasan Mendikbud tentang pengapusan ujian nasional 20121, Rabu (11/12/2019) 

1. UN digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Siswa kelas VIII belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan di halaman sekolah Mts. Hidayatul Umam di Cinere, Depok, Kamis (7/11/2019). Kementerian PPPA melaksanakan kegiatan hari belajar di luar kelas yang serentak di seluruh Indonesia pada Kamis (7/11). (merdeka.com/Arie Basuki)

Meski ujian nasional pada tahun 2021 dihapuskan, namun penyelenggaraan UN akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minumum dan Survei Karakter.  Kompetensi tersebut terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa,  kemapuan bernalar matematika dan penguatan pendidikan karakter.

"Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter," jelas Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

2. Kurang Ideal untuk Mengukur Prestasi Belajar

Siswa mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Cipinang 03, Jakarta, Senin (22/4). Siswa SD sederajat menjalani USBN mulai hari ini hingga 24 April 2019 dengan tiga mata pelajaran yang diujikan. (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Mantan CEO Gojek ini menyebutkan Ujian Nasional dianggap kurang ideal untuk mengukur prestasi belajar para siswa. Materi UN dianggap terlalu padat, sehingga cenderung berfokus pada hafalan, bukan kompetensi.

"Kedua (alasannya) ini sudah menjadi beban stres antara guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu," ucap Naidem saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

 

 

3. Semangat UN untuk Mengasesmen Sistem Pendidikan

ujian nasional

Enggak bisa dipungkiri, kalau elama ini Ujian Nasional (UN) dianggap hal menyeramkan bagi semua anak. Bahkan tak sedikit dari mereka berpendapat, bertahun-tahun mengemban pendidikan, tapi kelulusannya hanya ditentukan dalam ujian yang berlangsung dalam hitungan hari.

Padahal, menurut Mendikbud semangat UN adalah untuk memberi mengasesmen atau memberi penilaian sistem pendidikan di Indonesia. Baik itu sekolahnya, geografinya, maupun sistem pendidikan secara nasional.

 

4. Tak Menyentuh Karakter Siswa

PPSDM Geominerba menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) khusus untuk siswa SMK.

Lebih jauh, Nadiem menyebutkan ujian nasional hanya menilai satu aspek, yakni kognitifnya.  Bahkan belum menyentuh aspek kognitif, tapi lebih kepada penguasa materi. Sehingga belum menyentuh karakter siswa secara keseluruhan. 

"Dan belum menyentuh karakter siswa secara lebih holistik," pungkas Nadiem Makarim pada Rabu (11/12/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karyawan Ini Hias Ruangan Bosnya dengan Kertas Kado, Detail dan Unik

Posted: 10 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membungkus hadiah atau kado adalah hal yang jarang dilakukan sendiri oleh sebagian orang saat ingin memberikan kejutan. Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan jasa petugas toko untuk membungkus suatu hadiah. Namun, hal berbeda dilakukan oleh dua orang karyawan yang ingin memberi kejutan kepada bosnya dengan membuat desain unik. 

Setelah diizinkan mengambil cuti, Jo Thornely dan rekan kerjanya menutupi seluruh bagian ruangan kantor bosnya dengan menggunakan kertas kado yang meriah. Keduanya mendesain dengan cara membungkus segala sesuatu yang ada di ruangan tersebut. Mulai dari dinding, kursi, bahkan hingga benda-benda kecil seperti pensil dan koin yang ada di atas meja.

Thornely mengaku bahwa membutuhkan waktu sekitar tiga setengah jam untuk membungkus seluruh ruangan tersebut. Thornely dan rekan kerjanya membeli 10 gulungan kertas kado dan menghabiskan total sekitar Rp 420.000 ribu.

Keduanya juga memastikan tidak terdapat perada atau logam pada kertas itu, sehingga bisa didaur ulang di kemudian hari. Tak hanya berdua, karyawan lainnya juga ikut membantu menghias ruangan bos tersebut. Desain ruangan pun jadi tampak beda.

"Yang lain juga turun untuk membantu membungkus beberapa barang. Jadi, rasanya seperti sebuah kolaborasi yang sangat bagus, meskipun kami melakukannya dengan penuh tawa." Tutur Thornely seperti dikutip Liputan6.com dari insider, Rabu (11/12/2019).

Membungkusnya secara detail

Hias Ruangan Bosnya dengan Kertas Kado (Sumber: insider.com)

Thornely mengatakan ada beberapa barang yang sulit untuk dibungkus. Meski begitu, ia dan rekan kerjanya terlihat bersemangat dan membungkusnya secara detail. Usahanya tersebut tidak sia-sia, Thornely mengungkapkan bahwa bosnya sangat senang ketika mendapat kejutan seperti itu dari karyawannya.

"Ia berjalan berkeliling memeriksa segala sesuatu dan tertawa. Ia terbiasa mendekorasi kantornya setiap bulan Desember, dan bos benar-benar mengerti bahwa itu adalah cara kami untuk mengatakan terima kasih telah menjadi bos yang baik."

Tak sesuai dugaan, ketika Thornely dan rekan kerjanya menawarkan untuk membersihkan kertas kado tersebut, bosnya justru tidak ingin dibersihkan dan ingin menyimpannya selama mungkin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil: Peringatan HAM ke-71 Jadi Momentum Masyarakat Peduli pada HAM

Posted: 10 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Bandung Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan nilai yang universal dan telah dimuat dalam Konstitusi Republik Indonesia, baik dalam pembukaan UUD 1945 maupun dalam batang tubuhnya, serta dipertegas dalam Amandemen UUD 1945.

Memperingati Hari HAM Sedunia pada 10 Desember untuk tahun ini, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa penegakan HAM bukan hanya amanah konstitusi, tapi perlu dijunjung agar nilai-nilai kemanusiaan menjadi dasar hubungan antara pemerintah dengan rakyat.

Sehingga, pemerintah harus menjamin hak-hak politik dan hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya (ekosob) serta mampu memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan juga memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Pemerintah juga harus memenuhi hak atas pendidikan dan kesehatan bagi seluruh masyarakat, pemenuhan hak-hak dasar bagi kelompok-kelompok terpinggirkan serta penyandang disabilitas, serta kelompok minoritas.

Diakui Emil, sapaan Ridwan Kamil, HAM di Tanah Air memang masih menghadapi berbagai persoalan. Namun, pemerintah pusat maupun daerah terus bersinergi menyelesaikan masalah HAM.

"Saya harap, seluruh jajaran pemerintahan baik di pusat maupun daerah mempercepat upaya penyelesaian permasalah-permasalahan HAM tersebut secara baik," ucap Emil dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 Tahun 2019 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (10/12/19).

Di Jabar sendiri, lanjut Emil, isu HAM menjadi salah satu perhatian khusus bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembinaan Sadar Hukum (Darkum) bagi desa/kelurahan di 27 kabupaten/kota se-Jabar.

Saat ini pun, Jabar sudah memiliki 2.770 desa/kelurahan Sadar Hukum, jumlah terbanyak di Indonesia. Deklarasi Sadar Hukum di Jabar juga telah menjangkau tingkat institusi pendidikan setara SMA, SMK, dan MA.

"Saya berharap melalui Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) dan HAM, pelajar mampu menjadi kepanjangan tangan pemerintah menularkan kesadaran ke seluruh lapisan masyarakat," kata Emil.

"Semoga Peringatan HAM ke-71 Tahun 2019 ini dijadikan momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki kesadaran mengenai hak asasi manusia," tutup Emil.

 

Ranham 2020-2024 fokus kepada kelompok rentan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Mahfud MD sementara itu berujar, penegakan HAM bukan melulu soal penegakan hukum semata.

Apalagi, sejak era reformasi sudah banyak kemajuan dalam pembangunan perlindungan HAM di Indonesia. Hak-hak politik seperti penguatan demokrasi, kebebasan pers, kemandirian partai politik, menguatnya DPR, dan meluasnya kekuatan civil society bisa ditunjuk sebagai bukti betapa Indonesia mengalami kemajuan soal HAM.

"Sebelum reformasi, penegakan terhadap HAM sangat hegemonik, tetapi sekarang sudah bebas," ucap Mahfud MD.

"Untuk masalah ekosob, sudah sangat banyak yang dilakukan oleh pemerintah melalui program-program pembangunan ekonomi, pengurangan angka kemiskinan, pemerataan pendidikan, kebijakan afirmasi, bantuan-bantuan sosial, dan sebagainya," imbuhnya.

Mahfud MD pun meminta masyarakat untuk menyelesaikan masalah HAM melalui instrumen hukum yang tersedia. "Kita harus bersikap kesatria untuk menyelesaikannya berdasar kesepakatan yang harus dituangkan dalam hukum," ujarnya.

Menurut Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly, pada pertengahan 2019 ini Kemenkumham bersama Sekretariat Bersama (Setber) Rencana Aksi Nasional HAM (Ranham) sudah menyusun Ranham 2020-2024 atau Ranham generasi kelima.

Ranham ke depan akan fokus pada penyelesaian isu-isu HAM dari kelompok rentan, yakni perempuan, anak, penyandang disabilitas dan masyarakat hukum adat. Selain itu, Kemenkumham juga mendorong penerapan pelayanan publik yang berbasis HAM.

Peduli terhadap HAM, Jabar raih penghargaan dari Kemenkumham

Dalam Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 Tahun 2019 di Gedung Merdeka ini, Kemenkumham juga memberikan penghargaan kepada pemda yang dinilai peduli terhadap HAM.

"Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik dari unsur pemerintah, lembaga, masyarakat sipil, maupun masyarakat pada umumnya, yang telah bahu membahu sepanjang tahun 2019 untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik bagi penghormatan, perlindungan, serta pemenuhan dan penegakan HAM," ucap Yasonna.

Berikut Pemerintah Provinsi Pembina Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkumham RI:

  • Gubernur Jawa Barat
  • Gubernur Bangka Belitung
  • Gubernur DKI Jakarta
  • Gubernur Kepulauan Riau
  • Gubernur DI Yogyakarta
  • Gubernur Sumatera Barat
  • Gubernur Sumatera Utara
  • Gubernur Riau
  • Gubernur Jambi
  • Gubernur Sumatera Selatan
  • Gubernur Bengkulu
  • Gubernur Jawa Tengah
  • Gubernur Jawa Timur
  • Gubernur Banten
  • Gubernur Bali
  • Gubernur Kalimantan Tengah
  • Gubernur Kalimantan Selatan
  • Gubernur Kalimantan Timur
  • Gubernur Sulawesi Tenggara
  • Gubernur Sulawesi Barat
  • Gubernur Sulawesi Utara
  • Gubernur Sulawesi Selatan

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Oknum Pelajar SMP di Banyuwangi Mencuri di 11 TKP Berbeda

Posted: 10 Dec 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petualangan pencuri cilik asal Banyuwangi, berakhir di tangan Tim Buser Polres setempat. Pelaku spesialis pencuri emas dan barang berharga di rumah kosong di 11 TKP, dan berstatus pelajar SMP itu, diringkus berkat rekaman kamera cctv di salah satu rumah korban yang menderita kerugian hingga Rp 90 juta.

Dalam video amatir rekaman cctv, pelaku berinisial MPA berhasil masuk rumah korbannya di wilayah Kecamatan Muncar, Banyuwangi beberapa waktu lalu. Pelaku yang masih berstatus pelajar SMP tersebut, masuk ke salah satu pintu kamar korban, dan menguras barang berharga namun tak berhasil.

Saat pelaku mulai bingung dan berjalan mondar-mandir dalam rumah, wajahnya terekam cctv. Meski seolah terlihat sadar terekam kamera pengintai itu, pelaku tetap saja nekat melanjutkan aksinya, dan berhasil menggasak belasan perhiasan emas, serta beberapa unit handphone milik Astuti, warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, hingga menderita kerugian mencapai Rp. 90 juta. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 5 Desember 2019.

Dari hasil penyelidikan polisi, ternyata pelaku yang masih berusia 14 tahun ini, sudah membobol rumah di 11 TKP berbeda. Aksinya selalu dilakukan sendiri, saat mengetahui rumah korbannya sedang kosong ditinggal pergi.

Kepada polisi, tersangka mengaku awalnya mencuri karena iseng. Sukses melakukan aksi pertama, MPA melanjutkan ke pencurian-pencurian berikutnya. Uang hasil curian ia gunakan sendiri untuk berfoya-foya.

"Ada seorang anak berinisial MPA, melakukan 363 (pasal tentang pencurian) diawali dengan memasuki rumah orang tanpa izin, kemudian mengambil barang orang berupa perhiasan berjumlah 13 perhiasan dan 2 buah handphone dengan kerugian lebih kurang Rp 90 juta, yang sudah beraksi di 9 TKP, sementara yang diproses 2 TKP dengan kasus yang sama dan untuk sementara masih belum diproses hukumannya, karena masih di bawah umur," kata AKBP Arman Asmara Syarifuddin, Kapolresta Banyuwangi.

Karena pelaku masih di bawah umur, proses pemeriksaan pelaku akan dikoordinasikan dengan pihak Bapas, dan KPAI. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 tentang pencurian. Polisi juga menerapkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak atas kasus ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia dan Malaysia Berkomitmen Tingkatkan Perlindungan Pekerja Migran

Posted: 10 Dec 2019 09:35 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya meningkatkan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia, Indonesia ambil sikap. Salah satunya bekomitmen menyelesaikan sejumlah prosedur penempatan dan pelindungan PMI yang belum terselesaikan yang dibantu oleh Pemerintah Malaysia. 

Hal itudibahas saat Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima kunjungan dari, Menteri Dalam Negeri Kerajaan Malaysia, Tan Sri Dato' Hj. Muhyiddin bin Hj. Mohd. Yassin, di Kantor Kemnaker, Jakarta, Selasa (10/12).

Usai melakukan pertemuan, Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa Pemerintah Malaysia sangat terbuka terhadap semua hal yang berkaitan dengan penempatan dan pelindungan PMI untuk dibicarakan bersama.

"Intinya Pemerintah Malaysia sangat welcome untuk semua hal bisa dibicarakan, bisa didiskusikan, termasuk isu beberapa MoU untuk pekerja domestik yang belum ada pembaruan," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker menjelaskan, MoU antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia tentang Penempatan Pekerja Sektor Domestik berakhir sejak 2016. Indonesia sendiri sudah mengajukan pembaruan MoU sejak tahun 2015. Namun hingga saat belum mendapat kesepakatan.

"Ini juga didorong, kami meminta untuk segera ada respon atau tanggapan propose yang sudah kami ajukan," jelas Menaker.

Selain pembaruan MoU untuk penempatan pekerja sektor domestik, pertemuan ini juga membahas kebijakan sepihak (uniteral) dari Pemerintah Malaysia. Kebijakan sepihak tersebut diantaranya kebijakan double medical chek-up serta kebijakan imigrasi seperti Foreign Worker Centralized Management System (FWCMS), e-VDR (Visa Dengan Rujukan), dan Imigration Security Clereance (ISC).

"Untuk itu, Indonesia meminta agar kebijakan-kebijakan tersebut ditinjau kembali dan perlu mendapat kesepakatan bersama. Sehingga, tidak ada salah satu pihak yang dirugikan," terang Menaker.

Plt. Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker, Aris Wahyudi, menambahkan, Indonesia telah mengajukan draft MoU yang mencakup inisiasi penempatan melalui mekanisme One Channel Recruitment. Dengan pertemuan kedua Menteri pada hari ini, diharapkan proses pembaruan MoU dapat segera terselesaikan.

"Ke depan, semua pihak harus mengkonkritkan kebijakan One Channel dalam rekrutmen. Agar semua terkonsolidasi, terkoordinasi, dan terdata," ujar Aris.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Tuntas Beri Bantuan untuk 3.760 Rumah di Bengkulu

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 3.760 unit rumah di Bengkulu. Program BSPS di provinsi tersebut dialokasikan untuk 10 kabupaten/kota, 36 kecamatan dan 104 desa.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menyampaikan, 10 kabupaten/kota penerima bantuan tersebut antara lain Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 426 unit, Kabupaten Lebong 567 unit, Kabupaten Rejang lebong 695 unit, Kabupaten Seluma 784 unit, Kabupaten bengkulu Selatan 179 unit.

Selain itu, Kabupaten Mukomuko 214 unit, Kabupaten Kaur 216 unit, Kota Bengkulu 83 unit, Kabupaten Bengkulu Tengah 322 unit, dan Kabupaten Kepahiang 264 unit.

"Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR pada tahun 2019 menyalurkan BSPS tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Anggaran Program BSPS di Bengkulu sebesar Rp 65,625 miliar. Saat ini pelaksanaan pembangunan rumahnya telah selesai 100 persen," jelasnya, Selasa (11/12/2019).

Khalawi menambahkan, Program BSPS merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan rumah layak huni. Masing-masing rumah tidak layak huni (RTLH) mendapatkan bantuan dana stimulan Rp 17,5 juta rupiah untuk meningkatkan kualitas rumah dan Rp 35 juta untuk pembangunan rumah baru.

"Bantuan swadaya ini diberikan kepada masyarakat dalam bentuk bahan material dan upah tukang. Bantuan ini merupakan stimulus dan mungkin jumlah bantuannya tidak seberapa dibandingkan nilai keswadayaan masyarakat. Saya harapkan ini bisa menjadi trigger bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus membangun rumah yang layak huni," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah mengatakan, adanya bantuan perumahan melalui Program BSPS ini jelas sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan rumah layak huni. Bantuan tersebut memang bersifat stimulan dan diharapkan bisa meningkatkan semangat warga yang mendapatkan bantuan untuk terus berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Provinsi Bengkulu memang masih banyak rumah yang tidak layak huni. Totalnya ada 18 ribu lebih RTLH. Program BSPS ini bisa membuat rumah menjadi layak huni dan tentunya menjadikan suasana rumah berbeda dan lebih baik," kata Dedy.

Kementerian PUPR Siap Bedah 5.700 Rumah Pasca Gempa di Sulteng

Rumah subsidi. Dok Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan menyalurkan program bedah rumah untuk 5.700 unit rumah pasca gempa di Sulawesi Tengah.

Setiap rumah yang dibedah nantinya akan mendapatkan dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) berupa peningkatan kualitas rumah swadaya senilai Rp 17,5 juta.

"Kementerian PUPR akan terus membantu masyarakat di Sulteng khususnya di Palu untuk bangkit pasca bencana alam dengan menyalurkan program BSPS atau bedah rumah," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Minggu (24/11/2019).

Menurut Khalawi, program bedah rumah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang tidak layak huni.

"Jika rumah masyarakat layak huni tentunya akan tercipta generasi muda Indonesia ke depan yang sehat, cerdas dan memiliki daya saing. Program BSPS ini kami salurkan ke seluruh wilayah Indonesia dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat," terangnya.

Dia menambahkan, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, pemerintah tidak akan tinggal diam jika masih ada rumah yang tidak layak. Pihaknya akan pro aktif dengan melakukan pendataan rumah masyarakat.

Adanya program bedah rumah juga mendorong pola gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu dikarenakan dalam proses pembangunannya masyarakat harus melaksanakan pembangunan rumah secara berkelompok.

Perhatikan Sanitasi

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah menjadi salah satu primadona bagi Pemda untuk meningkatkan kualitas RTLH masyarakat di daerah.

Khalawi berharap, setelah mendapatkan dana BSPS, masyarakat tidak hanya fokus dalam membangun rumah tapi juga perlu memperhatikan sanitasi yang ada khususnya kamar mandi yang ada di dalam rumah.

"Secara ekonomi mereka tidak mampu memperbaiki rumahnya dan pemerintah menyalurkan dana BSPS senilai Rp 17,5 juta sebagai stimulan agar masyarakat sekitarnya serta saudaranya saling membantu dan akhirnya terwujudlah rumah yang layak," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tak Ada Ujian Nasional di Tahun 2021, Diganti Apa?

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan Ujian Nasional akan dihapus pada tahun 2021. UN dianggap kurang ideal jadi tolak ukur prestasi belajar. Diganti apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Tertekan, Namun Potensi Penguatan Terbuka Lebar

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini. Namun potensi apresiasi masih terbuka lebar.

Mengutip Bloomberg, Rabu (11/12/2019), rupiah dibuka di angka 14.015 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.019 per dolar AS. menjelang siang rupiah tertekan hingga ke level 14.038 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.015 per dolar AS hingga 14.038 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun , rupiah masih mampu menguat 2,45 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.025 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.004 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah diperkirakan kembali terapresiasi. "Dalam perdagangan hari ini rupiah kemungkinan akan menguat terbatas," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Dari eksternal, pejabat China mengharapkan Presiden AS Donald Trump untuk menunda kenaikan tarif yang terancam ditetapkan pada hari Minggu (15/12), sehingga memberikan lebih banyak waktu untuk menegosiasikan kesepakatan perdagangan antara kedua pihak.

AS sendiri telah menambah tarif bea masuk 25 persen untuk produk-produk China senilai USD 250 miliar dan 15 persen retribusi atas impor China senilai USD 110 miliar selama perang dagang yang sudah berlangsung sekitar 20 bulan.

Rencananya tarif baru akan mulai berlaku pada 15 Desember terhadap produk-produl impor dari China senilai 160 miliar dolar AS termasuk barang-barang konsumen seperti smartphone dan mainan.

Di luar pembahasan tarif, masalah yang diperdebatkan dalam pembicaraan saat ini adalah desakan AS bahwa China harus melakukan peningkatan pembelian pertanian, yang disebut Trump sebagai komponen terbesar dari kesepakatan fase satu.

Ibrahim memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 13.985 per dolar AS hingga 14.045 per dolar AS.

 

Chatib Basri Prediksi Rupiah Stabil di 2020

Teller menghitung mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta, Selasa (15/10/219). Hari ini rupiah ditutup melemah terhadap dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Muhammad Chatib Basri memprediksi rupiah akan stabil di tahun 2020. Namun di tahun selanjutnya, rupiah akan mengalami gejolak.

Chatib menjelaskan hal itu karena The Fed atau bank sentral Amerika Serikat (AS) yang dipastikan akan kembali mengerek suku bunga acuannya di 2021.

Dia mengungkapkan hal itu itu berdasarkan hasil survei dari anggota rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang menyebut jika tingkat suku bunga The Fed masih akan datar (flat) pada 2019-2020. Namun, pada 2021-2022 hasil survei menunjukkan bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuannya di 2021.

"Berarti rupiah akan stabil di 2019-2020 dan bahwa mungkin rupiah akan bergejolak di 2021-2022," kata dia, di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (10/12).

Hal itu, kata dia, otomatis akan menggoyang kebijakan di emerging market atau negara berkembang termasuk Indonesia. Sebab saat The Fed menurunkan suku bunga acuannya, arus modal akan mengalir ke emerging market. Namun ketika mereka menaikkan suku bunga acuannya maka modal tersebut akan keluar dari emerging market dan beramai-ramai masuk ke AS.

"Jika itu kondisi yang ada maka mungkin kita akan punya gambaran rupiah yang relatif stabil di tahun ini dan tahun depan sekitar Rp14.500 atau dalam rentang dalam asumsi pemerintah," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Prank Selebriti Tanah Air Ini Sempat Tuai Kritikan Netizen, Terbaru Aida Saskia

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksi prank yang kerap dianggap candaan kini tengah digemari oleh para pembuat konten. Biasanya prank dilakukan oleh orang yang memiliki pengikut banyak di media sosial atau publik figur. 

Ramainya video prank yang banyak mengundang viewer, para publik figur Tanah Air pun tak mau melewatkan kesempatan tersebut. Banyak YouTuber hingga para selebriti berlomba-lomba mencari konten prank menarik. Namun sayangnya, beberapa diantaranya justru menuai kritikan dari para netizen karena dinilai tidak pantas.

Sebagian besar netizen menyoroti jika isi kontennya tidak berfaedah hingga membahayakan. Tak sedikit pula yang berasumsi jika seleb tersebut hanya untuk keperluan pansos alias panjat sosial dan mendokrak popularitas semata.

Terbaru yaitu aksi prank bunuh diri yang dilakukan oleh pendangdut, Aida Saskia. Lewat Instagram Live, dirinya melakukan aksi bunuh diri dengan meminum cairan pembersih lantai.

Sempat buat heboh, ternyata aksi Aida tersebut baru diketahui jika hanyalah sebuah prank. Tak hanya Aida, beberapa seleb sebelumnya juga pernah tuai kritikan netizen. Siapa saja mereka?

Berikut ini 5 seleb Tanah Air yang sempat tuai kritikan lantaran konetn prank-nya, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

1. Aida Saskia

Tuai komentar netizen, konten prank selebriti ini justru panen kritikan. (Sumber: Instagram/@aidasaskia.new/@berita_gosip)

Banyak netizen yang sempat panik melihat siaran langsung dari Aida di akun Instagram pribadinya pada Senin, (9/12/2019) malam lalu. Dalam siarannya, Aida berusaha meminum cairan pembersih lantai yang tentu saja beracun dan mematikan.

Sudah membuat heboh masyarakat, sang manajer menjelaskan jika itu hanyalah prank semata.

"Iya itu prank. Jadi ada acara ulang tahun temennya. Jadi bikin itu. Tapi kita udah kasih tahu ke temen-temen wartawan juga kalau ini prank," ujar Madi seperti dikutip dari KapanLagi.com.

Setelah dikonfirmasi jika hanya prank, netizen pun ramai melontarkan kritikan ke pendangdut tersebut. 

2. Atta Halilintar

Tuai komentar netizen, konten prank selebriti ini justru panen kritikan. (Sumber: Instagram/@attahalilintar)

Beberapa waktu lalu, YouTuber terkenal Atta Halilintar juga sempat tuai kritikan netizen. Atta menyamar sebagai orang gila dengan makeup yang mendukung serta busana yang dekil untuk meyakinkan orang-orang yang akan dijadikan bahan konten pranknya.

Sayangnya aksi dari Atta Halilintar ini justru panen kritikan dan hujatan dari para netizen melalui komentar channel di YouTubenya. Banyak yang menuding bahwa Atta telah melakukan plagiat dari konten Baim Wong yang lebih dulu melakukan aksi menyamar tersebut. 

Tak hanya itu, Atta juga beberapa kali menerima kritikan. Seperti konten 'PRANK CEWE MATRE Settingan! ENJOY! Miskin Setia kah dia? SAVAGE!'. Banyak yang menilai sang wanita merasa tak nyaman merupakan hal yang wajar jika didatangi pria yang penyamar seperti Atta.

3. Uya Kuya

Tuai komentar netizen, konten prank selebriti ini justru panen kritikan. (Sumber: Instagram/@king_uyakuya)

Presenter terkenal yang kini jug akerap mengisi konten di YouTube, Uya Kuya jug atak luput dari kritikan netizen. Uya Kuya pernah membuat konten prank berselingkuh dengan seorang wanita, Chant Felicia dalam video berjudul 'Istri Grebek Suami Selingkuh Sama Artis Wanita di Kamar Apartement' untuk istrinya.

Walaupun hanya nge-prank dengan mengetes istrinya, tindakan yang dilakukan Uya ramai mendapatkan komentar negatif dari masyarakat. Apalagi aksinya berhubungan dengan rumah tangga.

 

4. Nino Kuya

Tuai komentar netizen, konten prank selebriti ini justru panen kritikan. (Sumber: Instagram/@nino_kuya)

Tak hanya Uya Kuya, anaknya Nio Kuya pun alami hal yang sama.  Salah satu konten yang pernah dibuatnya adalah mengerjai sang ayah dengan berani membakar sepatu kesayanganya. Sepatu itu yaitu Nike Air Jordan X Cartwright yang ditaksir seharga Rp 200 juta.

Menyulut kemarahan Uya Kuya, ternyata aksi itu hanya prank. Nino juga menyampaikan tujuan videonya untuk menghargai barang-barang asli dan tidak menggunakan barang palsu.

Sementara, sepatu yang dibakarnya memiliki harga Rp 2,3 juta. Meski demikian, videonya menuai beragam kecaman dari netizen.

5. Raffi Ahmad

Tuai komentar netizen, konten prank selebriti ini justru panen kritikan.(Dok.Instagram/@raffinagita1717/https://www.instagram.com/p/B5u4gfIBFQZ/Komarudin)

Aksi prank yang dilakukan Raffi Ahmad beberapa waktu lalu semapat menarik perhatian publik. Isi pank tersebut yaitu Raffi Ahmad ingin meminta izin untuk menikah lagi dengan meyakinkan keluarganya. 

Awalnya ibunda dan mertuanya sudah curiga jika itu hanya bercanda, namun dengan akting yang meyakinkan keduanya sempat menangis. Meski hanya prank ke Amy Qanita, sang mertua Rieta Amilia dan Nagita Slavina, Raffi AHmad panen kritikan dari netizen. 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: Siaran Langsung Borneo FC Vs Persib di Indosiar Hari Ini

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Samarinda - Duel seru akan tersaji di stadion Segiri, Samarinda saat Borneo FC menantang Persib Bandung dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Rabu (11/12/2019) WIB. Baik Borneo dan Persib sama-sama ingin memetik poin penuh.

Borneo ingin menang demi memperbesar peluang lolos ke Piala AFC musim depan. Sementara, Persib berhasrat menang untuk memperbaiki peringkat di tabel klasemen Shopee Liga 1 2019.

Borneo saat ini berada di peringkat kedua dengan 49 poin, hanya unggul satu dari Persipura Jayapura di peringkat ketiga. Shopee Liga 1 2019 sendiri tinggal menyisakan tiga partai lagi.

Di sisi lain, Persib Bandung menempati posisi ke-10 dengan 42 poin. Dari 31 pertandingan, Persib baru mengantongi 10 kemenangan, 12 imbang, dan 9 kalah.

Pada pertemuan pertama di Bandung, laga berakhir dengan skor imbang 2-2. Diprediksi, laga di stadion Segiri pun bakal ketat seperti pada pertemuan pertama.

Selain Borneo vs Persib, masih ada beberapa laga menarik lainnya. Berikut jadwal lengkap Shopee Liga 1 2019 selengkapnya.

Jadwal Liga 1

11 Desember 2019

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSS Sleman (Indosiar)

17.45 WIB, Borneo FC vs Persib (Indosiar)

18.30 WIB, Barito Putera vs PSM Makassar (Vidio)

Jadwal Lainnya

12 Desember 2019

15.30 WIB, Persebaya vs Arema FC (Indosiar)

15.30 WIB, Badak Lampung vs Bhayangkara FC (Vidio)

17.45 WIB, Bali United vs Tira Persikabo (Indosiar)

18.30 WIB, Kalteng Putra vs Persipura (Vidio)

13 Desember 2019

15.30 WIB, Persija vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB, PSIS Semarang vs Semen Padang (Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harbolnas 12.12, Headphone Bluetooth Rp 1,5 Juta Bisa Dibeli Cuma Rp 275 Ribu

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia layanan end-to-end solutions Egogo Hub Indonesia memeriahkan Harbolnas 12.12 dengan menggelar ajang Electronic Days.

Menggandeng Tokopedia, gelaran tersebut memberikan diskon hingga 81 persen. Dua produsen audio kelas dunia, Soul Electronics (AS) dan Nakamichi (Jepang), akan menjadi pendukung utama Electronic Days.

Veer Seddarassan, Head of Brand Strategy Egogo mengatakan bukan tanpa alasan Soul dan Nakamichi menjadi pendukung utama Electronic Days.

"Dua brand audio terkemuka itu ingin lebih banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia melalui kualitas suara perangkat audio yang baik," kata Veer melalui keterangannya, Rabu (11/12/2019).

Veer menambahkan selama ini hanya kalangan menengah atas yang bisa menikmati kualitas audio dari Soul dan Nakamichi.

"Nah, berkat adanya potongan harga hingga 81 persen, semua kalangan bisa menikmati kualitas suara dari Soul dan Nakamichi," ujarnya.

Mengenai detail harganya, Veer membocorkan kalau headphone Bluetooth Soul Prime Wireless yang harga normalnya Rp 1,5 juta bisa dibeli hanya Rp 275 ribu selama Electronic Days.

 

Potongan Harga Lainnya

"Lalu Nakamichi Soundbase 2.1 Music System yang harga normalnya Rp 5,5 juta dapat potongan 50 persen. Semua brand pendukung akan memberi diskon dengan nilai terkecil 20 persen," ungkapnya.

Untuk diketahui, selain Electronics Days, Egogo Hub juga menggelar Beauty Days yang akan didukung penuh oleh Tuft dan WCKD.

Egogo Electronic Days akan berlangsung pada 12-15 Desember, sementara Beauty Days pada 16-21 Desember 2019. Keduanya hanya digelar di Tokopedia.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iko Uwais dan 6 Artis yang Pernah Tolak Adegan Ciuman

Posted: 10 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tantangan sebagai aktor maupun aktris adalah ketika bertemu skenario yang melibatkan adegan ciuman. Beberapa artis Indonesia seperti Titi Kamal, Irwansyah, hingga Iko Uwais pun pernah mendapatkannya.

Namun menariknya, baik Iko Uwais maupun Titi Kamal, memilih untuk tidak mengambil tawaran itu. Hingga kini, mereka konsisten untuk tidak beradegan ciuman.

Bila kita telusuri, memang tak ada satupun film-film yang dibintangi Iko Uwais baik di Indonesia maupun Hollywood yang memperlihatkan adegan tersebut.

Penolakan Artis Lain

(Adrian Putra/Fimela.com)

Begitu pula dengan artis-artis lainnya yang secara terang-terangan menolak untuk melakukan adegan dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air itu.

Alasan Menolak

Irwansyah

Nah, mengapa mereka tak mengambil tawaran itu. Ternyata alasan yang sempat dikemukakan pun bermacam-macam.

Beberapa artis mengatakan bahwa mereka menolak karena menghargai pasangan masing-masing. Ada juga yang menolak karena sudah mendalami ajaran agamanya.

Siapa Lagi?

Rasanya menarik juga ya bila kita sedikit mengupasnya. Berikut ini hasil pilihan Kapanlagi.com, artis-artis Indonesia yang pernah menolak adegan ciuman dalam sebuah film.

1. Iko Uwais

Iko Uwais (Deki Prayoga/bintang.com)

Banjir tawaran main di film-film Hollywood dan negara lain, tak membuat Iko Uwais terlena.

Suami Audy Item ini mengaku tak pernah mau melakukan adegan ciuman karena dirinya mengaku tak nyaman.

2. Titi Kamal

Titi Kamal (Daniel Kampua/Fimela.com)

Beda lagi dengan Titi Kamal yang tak mau beradegan ciuman karena memiliki kesepakatan tersendiri dengan suaminya, Christian Sugiono.

"Dan kita sama-sama bisa jalani, masih banyak film lain yang enggak harus begitu," terangnya dalam sebuah pernyataan.

3. Irwansyah

Irwansyah

Aktor Irwansyah yang sudah hijrah mendalami agama Islam, tentu saja menolak adegan ciuman untuk sebuah film. Bahkan, suami Zaskia Sungkar ini pun menolak adegan berpelukan.

"Film religi ayo, drama juga enggak ada masalah. Asal enggak ada cium-ciuman, peluk-pelukan," ungkapnya.

4. Nia Ramadhani

Foto Ekslusif Nia Ramadhani. (Fotografer: Bambang E. Ros/Fimela.com, Digital Imaging: Iqbal Nurfajri/Fimela.com/ Stylist: Wisnu Genu/Fimela.com, Dress: Fendi)

Nia Ramadhani sempat ditanya wartawan perihal tawaran beradegan ciuman untuk sebuah film. Jawabannya pun sungguh tak terduga.

"Kalau gua beradegan begitu (ciuman), gua pasti dikunci di depan rumah," ceplos Nia Ramadhani.

5. Ge Pamungkas

(Instagram/gepamungkas)

Aktor sekaligus komika Ge Pamungkas pun memilih untuk tak mengambil tawaran beradegan ciuman maupun bermesraan untuk film.

Alasan Ge pun cukup mengharukan. Ia mengaku tak ingin anaknya kelak melihatnya beradegan seperti itu.

6. Joanna Alexandra

Nama indah tersebut juga merupakan gabungan dari nama Joanna dan suaminya. Di balik nama itu juga mengandung makna yang menjadi doa untuk sang buah hati. (Adrian Putra/Bintang.com)

Sementara itu, aktris Joanna Alexandra yang tak pernah pilih-pilih peran, masih enggan mengambil tawaran untuk hal-hal tertentu.

Salah satunya, tentu saja bila ia terlibat adegan ciuman dalam film yang hendak diambilnya.

7. Tora Sudiro

(Agus Apriyanto/KapanLagi.com)

Biarpun sempat beradegan ciuman dengan Surya Saputra saat memerankan seorang gay di film Arisan, Tora Sudiro tetap menolak untuk melakukan adegan serupa dengan aktris yang berlainan jenis.

"Saya kadang pengin main adegan serius, adegan romantis. Walaupun saya sudah enggak menerima ciuman ya, mohon maaf nih para wanita. Mohon maaf, saya menolak banget," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Anak Kedua, Ini 7 Potret Kebersamaan Marissa Nasution dan Keluarga Kecilnya

Posted: 10 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis cantik, Marissa Nasution tengah mengandung anak kedua. Wanita yang lebih dikenal sebagai VJ Marissa ini mengabarkan kabar bahagia tersebut melalui media sosial. 

Pada unggahannya di Instagram, ia memperlihatkan foto hasil USG hamil keduanya itu. Dalam foto USG tersebut, wajah sang anak sudah terlihat jelas. Ia memiliki hidung mancung seperti kedua orangtuanya.

"Selamat Pagi udah keliatan si hidung mancung. Boy or Girl?" tulis Marissa Nasution di caption fotonya, dikutip Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

Seperti diketahui sebelum hamil anak kedua, artis cantik Marissa Nasution mengandung bayi kembar. Namun salah satu janin yang dikandungnya tak bisa diselamatkan karena mengalami TTTS atau Twin to Twin Trasfusion Syndrome.

Satu bayinya lagi dapat lahir dengan selamat. Buah hatinya tersebut diberi nama Alai Moana. Sejak menikah dengan Benedikt Brueggemann, kehidupan rumah tangganya memang tak pernah diterpa gosip miring.

Berikut potret kebersamaan artis cantik Marissa Nasution dan keluarga kecilnya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019).

1. Marissa Nasution dan Benedikt Brueggemann menikah pada 2017 silam.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

2. Keduanya telah dikaruniai anak perempuan cantik bernama Alai Moana.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

3. Sejak menikah dengan Benedikt Brueggemann, kehidupan rumah tanggan Marissa memang tak pernah diterpa gosip miring.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

4. Setelah dua tahun menikah, kini Marissa Nasution tengah hamil anak kedua.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

5. Potret Marissa Nasution dan keluarga kecilnya saat menghabiskan waktu di pantai.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

6. Bersama sang suami, Marissa merayakan ulang tahun putri pertamanya.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

7. Saat mirror selfie, baby Alai terlihat begitu bahagia.

Marissa Nasution (Sumber: Instagram/@marissaln)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima Militer Myanmar Kena Sanksi AS Akibat Pelanggaran HAM Rohingya

Posted: 10 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Amerika Serikat (AS) baru saja memberikan sanksi keras pada pemimpin militer Myanmar akibat kasus Rohingya. Panglima militer Min Aung Hlaing juga tak luput dari sanksi.

Dilaporkan Al Jazeera, Rabu (11/12/2019), pemberian sanksi AS ini akibat dugaan pelanggaran HAM kepada etnis Rohingya dan kelompok minoritas lain. Langkah AS bertepatan dengan Hari HAM Sedunia dan hadirnya pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi di Mahkamah Internasional PBB di Den Haag.

Menurut laporan Kementerian Keuangan, ada empat orang yang kena sanksi: Panglima Militer Myanmar Min Aung Hlaing, Wakil Panglima Militer Soe Win, serta Than Oo dan Aung Aung yang memimpin divisi infantri yang melakukan pelanggaran HAM serius di Rakhine.

Dalam pernyataannya, Kemenkeu AS meminta agar pelanggaran HAM serius di Myanmar harus berhenti dan menyebut kebijakan militer Min Aung Hlaing merugikan setengah juta orang etnis Rohingya yang harus menyelamatkan diri ke negara tetangga.

"Aksi militer Min Aung Hlaing bertanggung jawab pada operasi keamanan brutal yang dimulai pada Agustus 2017 di Rakhine State dan mengakibatkan lebih dari 500.000 orang melarikan diri ke Bangladesh. Dalam periode tersebut, kelompok minoritas terbunuh atau terluka akibat tembakan, seringkali ketika mereka sedang kabur, atau akibat senjata tajam prajurit; yang lainnya ada yang terbakar sampai tewas di rumah mereka sendiri," tulis pernyataan Kementerian Keuangan AS.

Sanksi yang diberikan AS adalah implementasi dari UU Akuntabilitas HAM Dunia Magnitsky (Magnitsky Act). Sanksi ini membekukan aset yang dimiliki para petinggi militer Myanmar di AS atau yang dikelola warga AS. Pebisnis AS juga dilarang berbisnis dengan pihak yang terkena sanksi.

Tak hanya Rohingya, pihak AS juga memberi sanksi pada pelanggar HAM serius di negara Sudan Selatan, Pakistan, dan Slovakia. Kebanyakan pelanggaran HAM yang disorot merupakan aksi penguasa yang membunuh lawan-lawan politiknya atau rakyat kecil.

Nama Magnisty di UU ini terinspirasi dari Sergei Magnitsky, seorang akuntan pajak asal Rusia. Pria itu tewas di penjara Rusia pada usia 37 tahun setelah membongkar korupsi besar-besaran yang dilakukan pejabat Rusia.

Sidang Rohingya Digelar PBB, Ini Respons Kementerian Luar Negeri

Sekitar 200.000 Rohingya berunjuk rasa di kamp pengungsian Bangladesh memperingati 'Hari Genosida'. (AFP)

Sidang kasus Rohingya digelar oleh Mahkamah Internasional PBB di Den Haag, Inggris. Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi juga dihadirkan di persidangan itu, sebab ia juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Myanmar.

Pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia menyebut menghargai karena Suu Kyi mau datang ke Den Haag. Ia berharap Suu Kyi bisa memperjelas posisi negaranya terkait Rohingya di hadapan dunia internasional. 

"Kita merupakan salah satu ngara yang aktif dalam mencoba memfasilitasi penangangan isu kemanusiaan di provisi Rakhine. Kita melilhat ini proses yang dihadiri secara langsung oleh Aung San Suu Kyi yang tentunya kita hormati bahwa beliau datang untuk menjelaskan apa yang menjadi posisi pemerintahannya," ujar Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah di Jakarta pada Selasa (10/12/2019).

Selama ini pemerintah Myanmar memang kerap menyangkal bahwa negaranya melakukan pelanggaran HAM kepada etnis Rohingnya. Berdasarkan laporan Badan Pengungsi PBB, ada 730 ribu pengungsi Rohingya. PBB juga melihat ada indikasi genosida yang terjadi.

Teuku menyebut saat ini sidang Rohingya di PBB masa ada dalam tahap awal. Ia pun enggan memberi banyak komentar terkait kasus ini, namun ia memastikan Indonesia memiliki pendekatan tersendiri untuk menyelesaikan konflik di Rakhine secara bilateral.

Ketika ditanya apakah Kedutaan Besar Indonesia di Belanda akan mengawasi persidangan ini, Teuku berkata pemerintah pasti melakukan pengawasan.

"Tanpa harus mengawasi (oleh Kedutaan) kita bisa mengikuti di pemerintahan," jelas Teuku.

Persidangan Rohingnya juga sudah dimulai di Den Haag. Gambia sebagai pelapor berkata tindakan Myanmar mengganggu hati nurani masyarakat internasional sehingga tak bisa didiamkan.

"Dalam ucapan Edmund Burke (negarawan Irlandia), 'Satu-satunya yang diperlukan untuk memenangkan kejahatan adalah orang-orang baik tak melakukan apapun,'" ujar Jaksa Agung Gambia Abubacarr Marie Tambadou seperti dikutip The Guardian.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bio One Sempat Bikin Lawan Mainnya Gegar Otak

Posted: 10 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktor Bio One dikenal luas sebagai artis cilik. Namun, perannya dalam film Rembulan Tenggelam di Wajahmu berhasil mengubah imej tersebut. Ia bertransformasi menjadi sosok yang dewasa dalam film produksi Max Pictures ini. 

Bio One sudah memiliki ketertarikan dalam film ini sejak pertama kali membaca skripnya. Melalui perannya sebagai Raihan, Bio One dapat membangun citranya yang baru sebagai aktor.

"Pas baca skrip tertarik karena ini film yang serius, karena gue enggak bisa menghilangkan image gue kayak anak kecil, orang masih menganggap gue anak kecil," kata Bio One di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

 

Serius

Anya Geraldine dan Bio One liburan ke Gorontalo [foto: instagram/anyageraldine]

"Tapi karena ini film yang serius, fighting yang serius, dan emosinya kompleks, jadi gue ambil. Susah, sih," ia menyambung pernyataan.

 

Cedera

Anya Geraldine-Bio One. (Instagram/anyageraldine)

Bio One juga menceritakan pengalamannya saat pengambilan gambar adegan laga. Ia sempat membuat lawan mainnya mengalami cedera. Beruntung lukanya tidak fatal. 

"Kemarin salah satu fighter-nya pas syuting gue banting gegar otak. Dia pingsan dan dibawa ke rumah sakit, tapi tiga hari kemudian dia enggak kenapa-kenapa," jelasnya.

 

Dibanting

"Sebenarnya bukan kelepasan sih, jadi harusnya gue bantingnya ke meja, tapi mentalnya ke pinggir meja," aktor 21 tahun ini menyambung pernyataan.

 

Pemain

Film Rembulan Tenggelam di Wajahmu juga dimainkan oleh Arifin Putra, Anya Geraldine, Aryo Wahab, Kiki eks CJR, Ari Irham. Film ini tayang di seluruh bioskop Tanah Air pada 12 Desember 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derita Pengusaha Tekstil, Tenaga Kerja Mahal hingga Serbuan Asing

Posted: 10 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menyebutkan bahwa banyak pabrik tekstil Indonesia yang gulung tikar. Pada September tahun ini Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat 9 hingga 10 pabrik sudah tutup produksi.

Bahlil mengungkapkan, banyak faktor yang membuat pabrik tekstil tidak mampu bertahan. Salah satunya adalah serbuan produk impor. Selain itu, faktor upah juga menjadi salah satu isu penting di industri ini.

"Yang pertama tenaga kerja, upah, upah itu sudah mulai naik. Kedua penetrasi impor tinggi," kata dia, di kantornya, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Selain itu, HPP (harga pokok produksi) dalam negeri cukup tinggi sebab bahan baku masih mahal. "Kan memang agak mahal karena mesin-mesin kita agak tua perlu peremajaan," ujarnya.

Namun Bahlil mengungkapkan pihaknya masih menunggu data angka pasti dari asosiasi tekstil soal jumlah pabrik yang sudah tutup hingga kini.

"Belum, kita belum punya data, kita nanti data teknisnya saya lagi minta teman-teman API dan APSyFI (Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia) untuk melaporkan di hari Rabu. Kami akan tindak lanjuti di Rabu," ujarnya.

 

Masalah Lain

Pekerja Pabrik Tekstil. Dok Kemenperin

Dalam kesempatan serupa, Ketua Umum APSyFI Ravi Shankar menyebutkan ada beberapa faktor yang membuat tekstil Indonesia kurang kompetitif dan kalah di pasar sendiri.

"Kita sudah sampaikan beberapa permasalahan yang membuat kita tidak kompetitif, masalah gas, masalah PLN, masalah aturan perpajakan, masalah aturan kepabeanan, lingkungan," ungkapnya.

Oleh karena itu dia meminta pemerintah dapat segera mengharmonisasikan kebijakan antar kementerian dan lembaga terkait.

"Kadang-kadang kepentingan ini ada beberapa hal yang perlu disinkronisasikan. Kita harap BKPM bisa sinkronkan, harmonisasi regulasi, seperti itu," tutupnya.

Reporter : Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewi Perssik Beri Ucapan Haru untuk Ibunda, Ini 7 Potret Kedekatannya

Posted: 10 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Dewi Perssik baru-baru ini mengunggah foto ulang tahun sang ibunda di akun Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, terlihat Dewi bersama sang suami tengah melakukan video call dengan sang ibunda yang tengah berulang tahun. 

Hal ini pun terlihat dari foto ibu Dewi Perssik yang tengah memegang kue ulang tahun lengkap dengan angka 63 diatasnya serta ucapan doa di keterangannya. Wanita asal Jember, Jawa Timur ini pun memberikan ucapan ulang tahun sekaligus doa bagi sang ibunda. Ia juga mengingat jika orang pertama yang biasanya memberikan ucapan ulang tahun ialah mendiang sang ayah.

"biasanya orang yang pertama kali mengucapkan dan mendoakan mamine ultah yaitu papine..jangan sedih ya mi.. pasti papine tetap mengucapkan yg pertama walaupun jasadnya tidak bersama kita lagi." tulis pedangdut cantik Dewi Perssik di keterangan foto yang diunggah pada Selasa (10/12/2019) kemarin.

Sebelumnya Dewi Perssik memang dikenal sebagai salah satu artis papan atas yang dekat dengan kedua orang tuanya. Bahkan, saat sang ayah tengah sakit, wanita yang akrab disapa Depe ini setia menemani hingga akhir hayatnya. Kini, Depe yang hanya memiliki seorang ibu pun terlihat lebih manja dan sering menghabiskan waktu bersama.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @dewiperssikreal, Rabu (11/12/2019) berikut ini beberapa potret kedekatan pedangdut Dewi Perssik dan sang ibunda.

1. Meski tengah tak bersama, Dewi Perssik tetap memberikan doa dan ucapan selamat ulang tahun untuk ibunda tercinta.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

2. Beberapa waktu lalu ia juga mengajak sang ibunda berlibur di pulau Dewata.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

3. Kedekatan dan keakraban juga sangat terlihat di antara keduanya.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

4. Dewi juga tak malu-malu untuk mengunggah foto saat dirinya tengah bermanja dengan sang ibu.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

5. Keduanya juga kerap tampil kompak dengan busana senada.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

6. Ditinggal oleh sang ayah untuk selama-lamanya, Dewi pun kerap mengunggah kebersamaannya dengan sang ibunda.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

7. Penampilan Dewi saat akan menghadiri sebuah acara dengan sang ibunda dan keponakannya ini juga terlihat kompak.

Dewi Perssik (sumber: Instagram/dewiperssikreal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Revisi Aturan Dinas Luar Negeri, Sri Mulyani Ingin Pejabat Tertib Pakai Uang Negara

Posted: 10 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja merevisi aturan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 227/PMK.OS/2016 mengenai tata cara pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri. Pelaksanaan perjalanan dinas kemudian diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 181 tahun 2019.

Sri Mulyani mengatakan, revisi aturan tersebut dilakukan agar pejabat yang menjalankan tugas ke luar negeri lebih tertib menggunakan uang negara. Kementerian Keuangan berupaya agar dapat membiayai perjalanan luar negeri sesuai peruntukannya.

"Urus standar untuk penggunaan uang negara itu diatur setertib mungkin. Kita tetap coba akomodatif atas kebutuhan berbeda dari kementerian lembaga atau daerah," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/12).

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah terus mendesain dan mengatur besaran alokasi dana yang diterima pejabat saat menjalankan tugas sesuai kebutuhan. Selain itu, pemerintah juga mengatur jumlah pegawai yang berangkat.

"Untuk itu kita terus perbaharui dan perbaiki mulai dari satuan biayanya standarnya, hingga kepantasan. Berapa jumlah, supaya tadi terjadi satu rombongan begitu banyak dari sisi efisiensi, efektifitas dan kepantasan akan terus diperbaiki," papar Sri Mulyani.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Terbitkan Aturan Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). Barang bukti selundupan tersebut dikemas dalam 18 kardus berwarna cokelat. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 181 tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri. Aturan tersebut merupakan revisi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 227/PMK.OS/2016.

Perubahan aturan tersebut dilakukan untuk mewujudkan pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri secara lebih efisien dan efektif dengan tetap memperhatikan prinsip good governance. Adapun poin penting perubahan aturan ini adalah pembatalan perjalanan dinas.

"Ketentuan BAB IXA diubah, sehingga berbunyi sebagai berikut, Dalam hal Perjalanan Dinas Jabatan dan perjalanan dinas Pindah tidak dapat dilaksanakan karena alasan tertentu, pelaksanaan Perjalanan Dinas Jabatan dan perjalanan Dinas Pindah dapat dilakukan pembatalan," kutip merdeka.com dari laman kemenkeu.go.id, Jakarta, Selasa (10/12).

Kedua, pembatalan untuk Perjalanan Dinas Jabatan ebagaimana dimaksud pada ayat satu dilakukan dengan surat pernyataan pembatalan yang diterbitkan oleh pejabat yang menerbitkan Surat Tugas. Ketiga, pembatalan Perjalanan Dinas Jabatan sebagaimana

dimaksud pada ayat dua dilakukan dalam hal adanya keperluan dinas jabatan lainnya yang sangat mendesak/ penting dan tidak dapat ditunda.

Biaya yang timbul atas pembatalan pelaksanaan perjalanan Dinas Jabatan dan Perjalanan Dinas Pindah dapat dibebankan pada DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) satuan kerja berkenaan. Dalam pembebanan biaya pembatalan perjalanan dinas, wajib menyampaikan dokumen Surat Pernyataan Pembatalan Tugas Perjalanan Dinas Jabatan dari pejabat yang menerbitkan Surat Tugas.

"Dalam hal Perjalanan Dinas Jabatan atas dasar undangan dari pihak lain, Surat Pernyataan Pembatalan Tugas Perjalanan Dinas Jabatan dilampiri dengan surat undangan atau surat pemberitahuan pengundang," jelas aturan tersebut.

Peraturan tersebut berlaku efektif sejak diundangkan pada 5 Desember 2019. Peraturan tersebut ditandatangi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Berikut Isi Peraturan Menteri Keuangan nomor 181 tahun 2019 tentang tata cara pelaksanaan perjalanan dinas luar negeri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Inilah Pemenang Tebak Skor Manchester City vs Manchester United

Posted: 10 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagaimana sahabat Bola.Liputan6.com? Derby Manchester pekan lalu seru kan. Seperti pameo bola itu bulat, hasil akhir memang selalu sulit ditebak. Tuan rumah juga tidak melulu jadi pemenang. Buktinya, Manchester City saja kalah 1-2 dari Manchester United (MU).

Sekilas nih mengenai jalannya pertandingan di Etihad Stadium, Minggu dini hari WIB (8/12/2019) lalu. Dalam duel ini, MU tampil penuh percaya diri. Pada menit ke-23, Setan Merah yang menjadi tim tamu sudah unggul 1-0 lewat penalti Marcus Rashford. 

Hanya enam menit berselang, MU kembali berhasil menggandakan keunggulannya. Kali ini lewat Anthony Martial. Tendangannya ke tiang dekat gagal dibendung oleh Ederson. Sementara City memperkecil ketertinggalan lewat Nicolas Otamendi menit 85. 

Hasil ini membuat MU kini naik ke posisi lima klasemen sementara. Mereka memiliki 24 poin dari 16 pertandingan. Sementara Manchester City tertahan di peringkat tiga. Anak asuh Pep Guardiola tidak beranjak dari posisinya di perolehan 32 angka dengan jumlah laga sama.

Sejak awal ternyata tidak sedikit sahabat Bola.liputan6.com yang memprediksi MU bakal mengalahkan City di Etihad Stadium. Bahkan sebagian sukses menebak skor dengan tepat. 

Meski demikian, hanya ada satu pemenangnya. Siapa dia? 

 

Pemenang Kuis Tebak Skor

Dari 10 jawaban yang benar, satu pemenang yang beruntung akhirnya jatuh ke tangan Jajang Sasmita dengan nomor telepon 082211xxxxxx. Untuk hadiahnya, tim Liputan6.com akan menghubungi yang bersangkutan. Dan bagi yang belum beruntung, terima kasih atas partisipasinya dan tetap ikuti kuis-kuis tebak skor dari Bola.Liputan6.com selanjutnya. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Cinta Mitra Farazandeh di Tengah Kondisinya Jadi Disabilitas

Posted: 10 Dec 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mitra Farazandeh, seorang perempuan disabilitas berusia 41 tahun yang tinggal di desa kecil Iran utara. Mitra berbagi cerita soal kisah cinta hidupnya.

Dikutip dari BBC Indonesia, Rabu (11/12/2019), meski menjadi disabilitas, Mitra mengaku pernah merasakan cinta. Menurutnya, saat berusia 11 tahun merupakan pertama kalinya ia jatuh cinta dengan anak tetangganya.

Mitra mengatakan, perasaan seperti itu sulit diterimanya. Saat itu, dirinya merasa bukan manusia karena kondisi disabilitasnya.

Mitra pun sempat merasa tak pantas hidup. Ia menanti saat-saat untuk tutup usia. Mitra memiliki tubuh yang kecil dan hidup di atas gerobak kayunya dalam kesehariannya.

Selama 14 tahun, Mitra memendam perasaan cinta untuk dirinya sendiri. Ia pun kemudian memutuskan untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya kepada sang pria dan keluarganya.

Si pria pun menyambut cintanya, namun keluarga Mitra tak setuju. Selama beberapa tahun, Mitra pun merasa hidupnya seperti di neraka.

Meski begitu, cinta Mitra kepada si pria membuat dirinya mampu mengajarkan untuk mencintai dirinya sendiri. Selama 30 tahun mencintai si pria, keduanya tak pernah bersama.

Menurut Mitra, pada kenyataannya, seperti apa pun kondisinya, meski seorang disabilitas, ia tetap seorang perempuan yang memiliki perasaan dan keinginan memiliki seorang kekasih.

"Sayangnya, orang-orang dalam budaya kami merasa perempuan seperti saya tak pantas untuk mecintai dan dicintai. Inilah yang menyakitkan saya," kata Mitra.

"Fakta bahwa ayah saya tak mengizinkan saya bersama dengan seseorang yang saya cintai sungguh menyakitkan saya," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulog Kembangkan Beras Bervitamin Buat Atasi Masalah Gizi Buruk

Posted: 10 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog menginisiasi rencana aksi pemerintah pusat dan daerah dalam pemanfaatan beras bervitamin guna percepatan pencegahan dan penanganan stunting serta anemia.

Wakil Direktur Utama Perum Bulog, Gatot Trihargo, menyampaikan bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang memiliki tujuan yang sama untuk penyediaan tambahan gizi bagi masyarakat, maupun dengan konsumen di setiap lini untuk penyediaan pangan sehat bergizi.

Dia berharap, beras fortifikasi yang dikembangkan Bulog ini dapat menjadi jembatan integrasi kebijakan antar program pemerintah sehingga dapat mengurangi serta menangani prevalensi stunting dan anemia di Indonesia.

Hal tersebut dapat diimplementasikan melalui integrasi dengan program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) serta program pangan lainnya.

"Dengan integrasi kebijakan, diharapkan dapat menghasilkan SDM berkualitas dan mampu menjadi motor penggerak pembangunan bangsa yang kreatif, produktif dan berdaya saing tinggi," ujar Gatot di Gedung Serbaguna Oryza Bulog, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Adapun beras fortifikasi atau beras bervitamin yang akan disalurkan oleh Bulog merupakan beras sehat yang diperkaya dengan beberapa mikronutrien seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, vitamin B12, zat besi dan seng (Zn).

 

Mampu Atasi Gondok

Pekerja menurunkan beras bulog di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, (16/2). Kementerian Pertanian mencatat harga beras Desember 2014 hingga Januari 2016 memang mengalami kenaikan, namun berangsur turun pada pekan kedua Februari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berbicara fortifikasi pangan di Indonesia bukan hal yang baru. Pada 1986, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah berhasil mengatasi masalah penyakit gondok melalui kebijakan yang mewajibkan fortifikasi garam dengan iodium.

Pada 2003, Pemerintah juga telah mewajibkan fortifikasi tepung terigu dengan enam jenis vitamin dan mineral. Fortifikasi minyak goreng dengan vitamin A juga sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu dan sedang dalam proses untuk diwajibkan.

"Oleh karena itu, terkait dengan tugas Bulog untuk mendukung program Pemerintah dalam intervensi gizi sensitif melalui peningkatan akses pangan bergizi, Bulog telah berinovasi dengan menyiapkan beras fortifikasi yang salah satunya dapat disalurkan kepada masyarakat berpendapatan rendah dengan harapan dapat semakin berdaya ungkit untuk percepatan perbaikan gizi masyarakat," ungkap Gatot.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Halima Aden dan Perjuangannya Kembali ke Kamp Pengungsian

Posted: 10 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Halima Aden, model berhijab pertama yang kariernya begitu cemerlang, tak hanya di Amerika Serikat, namun dunia. Sebagai model kenamaan, Halima menuturkan, dirinya jarang sekali berada di rumah.

"Hanya Amerika Tengah dan Antartika yang belum pernah saya sambangi," katanya di salah satu sesi conference Jakarta Halal Things 2019 di Jakarta, Sabtu, 7 Desember 2019, saat menjelaskan seberapa sibuk jadwalnya sebagai supermodel.

Kendati sudah melanglang buana dan merasakan lusinan runway fashion show, Halima Aden sebagai Duta UNICEF malah berkeinginan kembali ke akar, pulang ke kamp pengungsian di Somalia yang pernah jadi tempat bernaung selama tujuh tahun sebelum bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat.

"Tidak banyak anak yang besar di kamp pengungsian dan mau kembali ke sana setelah mendapat suaka. Tapi, saya mau melakukan itu karena saya harap ada seseorang yang berbuat demikian saat saya masih tinggal di sana (kamp pengungsian)," ucapnya.

Hal yang dimaksud sempat jadi mimpinya adalah orang datang untuk memberi semangat, orang datang untuk menembarkan mimpi supaya anak-anak kamp pengungsian tetap berupaya demi mewujudkannya.

"Perjalanan ini saya sebut kembali ke akar dan itulah wajah Somalia yang saya kenal sekarang. Saya belum pernah kembali setelah pindah ke Amerika Serikat di usia tujuh tahun," papar Halima Aden.

Hidup di Kamp Pengungsian

Special Show with Halima Aden di Jakarta Halal Things 2019 di Senayan City Jakarta, 7 Desember 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

"Kami menjalani hidup yang baik dan buruk selama di kamp pengungsian," cerita Halima Aden soal tujuh tahun awal hidupnya. Ketidakcukupan kebutuhan jadi salah satu faktor ratapan saat kecil.

Ia bahkan bercerita sempat tak makan selama tiga hari berturut-turut. "Belum lagi berbicara gigitan kalajengking dan kasus serupa yang terus membuntuti kami para pengungsi selama tinggal di kamp," imbuhnya.

Di sisi lain, segala keterbatasan yang dimiliki membuat Halima merasa jadi bagian dari satu komunitas dengan kecenderungan saling melengkapi, saling menyayangi, dan ada untuk satu sama lain, terutama di saat-saat sulit.

"Saya tidak tahu gambaran masa kecil orang lain, tapi saya bersyukur melewati masa kecil saya sebagaimana telah saya lalui. Semua proses itu, saya pikir, membentuk pribadi saya yang sekarang," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Pengganti Ujian Nasional

Posted: 10 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memastikan Ujian Nasional (UN) pada 2021 akan ditiadakan. Mendikbud telah menyiapkan pengganti UN yang disebut dengan konsep Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. 

Menurut Nadiem, konsep ini merupakan penyederhanaan dari ujian nasional yang begitu kompleks. Konsep yang digunakan adalah asesmen yang mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan para siswi. Materi yang dinilai adalah literasi dan numerasi.

"Literasi itu bukan hanya kemampuan membaca. Literasi adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan. Kemampuan memahami konsep di balik tulisan tersebut," kata Nadiem dalam sebuah acara di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Sedangkan numerasi, kata Nadiem, ialah kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka. "Ini adalah dua hal yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi mulai 2021," tuturnya.

Nadiem menegaskan, konsep asesmen kompetensi pengganti ujian nasional itu bukan lagi berdasarkan mata pelajaran maupun berdasarkan penguasaan konten atau materi.

"Ini berdasarkan kompetensi minimum yang dibutuhkan murid-murid untuk bisa belajar apa pun mata pelajarannya," ujar mantan bos Gojek Indonesia itu.

 

Survei Karakter

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri (SMPN) 1, Cikini, Jakarta, Senin, (22/4). Sebanyak 4.279.008 siswa mengikuti UNBK tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) yang dilaksanakan mulai 22 April hingga 25 April. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain asesmen kompetensi, Mendikbud juga akan memberlakukan konsep survei karakter. Survei karakter ini digunakan untuk mengetahui iklan karakter anak di sekolah.

"Untuk mengetahui ekosistem di sekolahnya bagaimana implementasi gotong-royong. Apakah level toleransinya sehat, apakah well-being atau kebahagiaan anak itu sudah mapan, apakah ada bullying terjadi?" kata Nadiem.

Survei itu, kata Nadiem, digunakan untuk menjadi tolok ukur supaya sekolah-sekolah memberikan umpan balik bagi kegiatan pembelajarannya.

Mas Nadiem, sapaan akrabnya di Kemendikbud itu, juga menerangkan bahwa asesmen dan survei tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan jenjang satuan pembelajaran. Sementara ujian nasional selama ini berada di akhir jenjang.

Ada dua alasan mengapa hal ini dilakukan di tengah jenjang. Yang pertama, kata Nadiem, adalah untuk memberikan waktu bagi sekolah dan para guru melakukan perbaikan sebelum sang anak lulus.

"Dan yang kedua karena dilakukan di tengah jenjang ini tidak bisa dilakukan sebagai alat seleksi untuk siswa. Tidak lagi menimbulkan stres bagi anak-anak dan orangtua karena formatif asesmennya," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Aliya Rajasa Pakai Kebaya, Cantik dan Elegan

Posted: 10 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya kehidupan para selebriti Tanah Air saja yang kerap menjadi sorotan publik. Namun juga kehidupan para tokoh politik juga kerap menuai perbincangan warganet. Termasuk, Siti Ruby Aliya Rajasa atau kini akrab disapa Aliya Yudhoyono.  

Menjadi publik figur, menantu presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini kegiatannya tak pernah luput dari sorotan media. Mulai dari aktivitas politik, kehidupan sehari-hari, hingga penampilannya. 

Dalam unggahan terbaru Aliya, ibu tiga anak ini tampil anggun dan elegan dalam busana kebaya bewarna ungu.  Ya, kebaya sendiri bukanlah busana yang asing lagi dikenakan oleh wanita asal Palembang ini.

Dalam beberapa kesempatan adik ipar Annisa Pohan sering mengenakan berbagai model kebaya. Meski telah memiliki tiga buah hati, penampilan istri Ibas ini tetap tampil elegan dan menawan. Tak heran kalau Aliya selalu mendapatkan pujian dari banyak pihak. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 pesona Aliya Rajasa dalam balutan kebaya, Rabu (11/12/2019) 

1. Dalam acara pernikahan, Aliya Rajasa tampil anggun dalam balutan kebaya bewarna ungu muda.

Aliya Rajasa Pakai Kebaya (Sumber: Instagram/ruby_26)

2. Aliya tampil memesona dalam balutan kebaya bewarna merah yang dipadukan dengan kain saat HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Aliya Rajasa Pakai Kebaya (Sumber: Instagram/ruby_26)

3. Kebaya dan kain tenun memang membuat penampilan adik ipar Annisa Pohan ini semakin elegan ya!

Aliya Rajasa Pakai Kebaya (Sumber: Instagram/ruby_26)

4. Menggunakan kebaya bewarna hitam, penampilan ibu tiga anak ini terlhat awet muda

Aliya Rajasa Pakai Kebaya (Sumber: Instagram/ruby_26)

5. Enggak selalu dengan rambut yang disanggul, menantu SBY ini tampil cantik dengan kebaya bewarna hijau muda dan rambut yang terurai.

Aliya Rajasa Pakai Kebaya (Sumber: Instagram/ruby_26)

6. Saat mengandung baby Gaia, berkebaya hijau dengan perhiasan ia tampil serasi disanding Ibas.

Aliya Rajasa Pakai Kebaya (Sumber: Instagram/ruby_26)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK Terima Gugatan soal Koruptor Ikut Pilkada

Posted: 10 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menerima sebagian uji materi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, khususnya pasal 7 ayat (2) huruf g. Gugatan ini diajukan oleh ICW dan Perludem.

Adapun pasal 7 ayat (2) huruf g berbunyi: "Tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau bagi mantan terpidana telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana"

"Mengadili, dalam provisi mengabulkan permohonan provisi para pemohon untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan, mengabulkan permohonan para pemohon untuk sebagian," kata Ketua Majelis Hakim MK Anwar Usman di ruang persidangan MK, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Dia juga menyebut dalam putusannya, pasal 7 ayat (2) huruf g, bertentangan dengan Undang-undang Dasar 1945.

"Dan tidak mempunyai hukum mengikat secara bersyarat, sepanjang tidak dimaknai telah melewati jangka waktu 5 tahun setelah mantan terpidana selesai menjalani pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap," ucap Anwar.

Sehingga, kata dia, pasal 7 ayat (2) huruf g berubah bunyinya menjadi:

Calon gubernur dan calon wakil gubernur, calon bupati dan calon wakil bupati, serta calon wali kota dan calon wakil wali kota sebagaimana dimaksud pada ayat 1 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih kecuali terhadap pidana yang melakukan tindak pidana kealfaan dan tindak pidana politik dalam pengertian suatu perbuatan yang dinyatakan sebagai tindak pidana dalam hukum positif hanya karena pelakunya mempunyai pandangan politik yang berbeda dengan rezim yang berkuasa.

2. Bagi mantan terpidana telah melewati jangka waktu 5 tahun setelah mantan terpidana selesai menjalani pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan secara jujur atau terbuka mengumumkan mengenai latar belakang jati dirinya sebagai mantan terpidana.

3. Bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang-ulang.

Kemudian dia kembali menegaskan, MK menolak permintaan ICW dan Perludem yang meminta masa jeda waktu sebanyak 10 tahun. MK hanya memberikan waktu 5 tahun bagi mantan napi usai menjalankan pidana penjara, untuk bisa mencalonkan diri dalam Pilkada.

"Menolak permohonan pemohon untuk selain dan selebihnya," putus Anwar.

Pertimbangan

Dalam pertimbangannya, anggota Majelis Hakim MK Suhartoyo menjelaskan, usai melihat fakta empirik dengan mengembalikan ke masyarakat untuk memilih calon pemimpin, ternyata tidak sepenuhnya menghadirkan pemimpin yang bersih, jujur dan berintegritas.

"Sejumlah fakta empirik membuktikan kepala daerah yang terpilih yang pernah menjalankan masa pidana yang menjadi calon kepala daerah hanya mengambil alternatif mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana, ternyata mengulangi kembali melakukan tindak pidana. Dengan kata lain, orang yang bersangkutan telah menjadi pelaku kejahatan berulang atau residivis," jelas Suhartoyo.

Menurut dia, di alam demokrasi dengan kenyataan seperti itu, pihaknya tidak memberikan toleransi terhadap keadaan tersebut.

"Sebab demokrasi bukan berbicara tentang perlindungan hak-hak individual, tetapi juga ditopang dengan nilai-nilai moralitas, diantaranya nilai kepantasan-probality, kesalehan-piousness, kewajaran-fairness, kemasukakalan-reasonableness, Dan keadilan-justice," tegas Suhartoyo.

"Sebab hakekat demokrasi sesungguhnya, tidak semata-mata pada peletakan pemenuhan kondisi siapa yang memperoleh sesuatu suara terbanyak rakyat, dia yang berhak memerintah. Melainkan lebih kepada tujuan akhir yang hendak diwujudkan, yaitu hadirnya pemerintahan yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Sehingga memungkinkan kehadiran kesejahteraan," lanjut dia.

Dia pun menjelaskan, pihaknya tak menerima permintaan 10 tahun dan memilih 5 tahun, lantaran menyesuaikan mekanisme 5 tahunan dalam pemilihan umum, sebagaimana putusan MK Nomor 04/PUU-XII/2009.

"Dipilihnya jangka 5 tahun untuk adaptasi, bersesuaian dengan mekanisme 5 tahunan dalam pemilihan umum atau pemilu di Indonesia. Baik pemilu legislatif, pemilu Presiden dan wakil presiden, dan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah," pungkasnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah 9 Tahun dari Belgia Daftar Kuliah S3 Teknik Listrik

Posted: 10 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Amerika Serikat - Seorang anak ajaib, Laurent Simons (9), dari Belgia akan mendaftar program S3 di salah satu universitas Amerika Serikat.

Simons mendaftarkan diri setelah orangtuanya menarik ia keluar dari salah satu perguruan tinggi di Belanda.

Orangtua Simons mengatakan, ia akan hadir di perguruan tinggi AS (yang tidak disebutkan namanya) dan belajar untuk gelar S3 dalam bidang teknik listrik, demikian dilansir VOA, yang dikutip dari CNN, Selasa (10/12/2019).

Menurut penjelasan PHDStudies, Gelar Ph.D (Doctor of Philosophy) atau S3, biasanya diberikan setelah menyelesaikan penelitian mendalam di bidang studi tertentu dan menghabiskan waktu kurang lebih 4 tahun untuk diselesaikan.

Selesaikan 3 Tahun dalam 10 Bulan

Laurent Simons mendapatkan gelar teknik listrik. (Liputan6/AFP)

Saat ini Simons sedang belajar di Universitas Teknologi Eindhoven (TUE).

Orangtuanya ingin dia menyelesaikan program teknik yang seharusnya 3 tahun menjadi 10 bulan, sebelum ulang tahunnya pada 26 Desember. Dengan begitu, dia bisa menjadi lulusan universitas berusia 9 tahun pertama di dunia.

Orangtuanya menolak tawaran TUE untuk membuat Simons lulus pada pertengahan 2020.

TUE mengatakan, tidak mungkin bagi Simons untuk menyelesaikan kuliah sebelum berusia 10 tahun, sementara ia juga sedang mengembangkan "wawasan, kreativitas, dan analisis kritis."

TUE juga memperingatkan agar tidak memberi "tekanan berlebihan pada siswa berusia 9 tahun ini," yang katanya, memiliki "bakat yang belum pernah dilakukan sebelumnya."

Mendapat Kesempatan

Orang tuanya ingin Simons lulus sebelum ulang tahunnya pada 26 Desember. (Liputan6/CNN)

Alexander Simons, ayah Simons, mengatakan bahwa ia dan istrinya menarik putra mereka dari TUE karena ia menerima tawaran dari salah satu sekolah di Amerika.

Maka tidak mungkin bagi Simons untuk membagi waktunya antara kedua sekolah tersebut.

"Kadang-kadang, Anda harus membuat pilihan," kata Alexander Simons kepada CNN.

"Jika dia melepaskannya, kamu tidak pernah tahu apakah dia akan mendapatkan kesempatan itu lagi," tambahnya.

Jika Laurent Simons lulus sebelum ulang tahunnya, ia akan melampaui posisi Michael Kearney, yang lulus dari University of Alabama pada 1984 di usia 10.

Kearney menjadi lulusan perguruan termuda di dunia, dan hal tersebut diakui oleh Guinness World Records.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Incar Kelas Dunia, Pertamina Bangun Pusat Teknologi Pelumas

Posted: 10 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Lubricants, sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) akan melakukan pembangunan Lubricants Technology Center (LTC). Tempat ini sebagai perwujudan visi menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan merupakan Integrated Technology Solution, dimulai dari teknologi dalam pengembangan (R&D) hingga teknologi dalam after sales services serta pusat customer education, dan satu-satunya di Indonesia yang dimiliki oleh Produsen Pelumas.

Ceremonial Groundbreaking sendiri dilakukan oleh Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero), Basuki Trikora Putra, yang didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Ageng Giriyono bersama jajaran Direksi serta Dewan Komisaris PT Pertamina Lubricants di area pembangunan LTC di Plumpang, Jakarta Utara, Senin (9/12).

Dijelaskan Basuki Trikora Putra, Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina(Persero), teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan inovasi produk dan services yang sesuai dengan kebutuhan pasar terutama untuk menjawab tantangan di masa depan.

"LTC menjadi investasi strategis untuk Pertamina Group dalam mengintegrasikan manusia, data, dan informasi sehingga mampu mendorong terobosan-terobosan serta solusi yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri Pelumas serta kemajuan SDM dan ekonomi secara keseluruhan," ujar Basuki Trikora Putra, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

LTC menggabungkan seluruh fasilitas teknologi dan pelayanan pelumas dalam satu area, yakni Laboratorium Pengembangan Produk (Bench & Engine Test) untuk mendukung riset terapan pemilihan teknologi additive dan mengembangkan formulasi produk pelumas yang paling suitable (Product Development), Oil Clinic Monitoring untuk After Sales Services dan Pusat Edukasi dan Pelatihan Pelanggan melalui ILMA (Integrated Lubrication Management Academy).

Persaingan industri

Menurut Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono, saat ini, untuk memenangkan persaingan industri yang semakin ketat, khususnya industri pelumas dibutuhkan komitmen untuk menjadi lebih inovatif dan advance, dalam hal pengembangan produk dimasa depan melalui fasilitas riset dan lab yang lebih komprehensitf.

"Selain itu, kami juga mengutamakan services untuk konsumen dalam hal jasa pemeriksaan dan laboratorium teknis serta pelatihan-pelatihan bersama expertise kami dalam hal pelumas maupun sistem pelumasan secara keseluruhan. Kami berharap keberadaan LTC akan memperkuat eksistensi Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas yang terpercaya dan mendukung bisnis services yang semakin dibutuhkan di masa mendatang," tegasnya.

LTC akan dibangun di area seluas 12.500 m2 dan luas bangunan 12.000 m2, dengan tiga lantai yang di desain dengan konsep green dan environmentally-friendly dengan fasilitas yang terintegrasi dan berstandar internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Mulai Gulirkan Android 10 untuk Galaxy S10e

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah merilis update One UI 2 berbasis Android 10 untuk Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus beberapa waktu lalu. Menyusul dua model itu, Galaxy S10e kini juga dipastikan mendapatkan pemutakhiran One UI 2.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (11/12/2019), sama seperti Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus, Samsung sudah menggulirkan versi stabil dari One UI 2 untuk pengguna Galaxy S10e di seluruh dunia.

Adapun update ini berukuran sekitar 2GB, sehingga pengguna Galaxy S10e perlu menyiapkan ruang kosong sebesar itu untuk dapat mengunduh One UI versi terbaru.

Bersama dengan pembaruan ini, Samsung turut menyertakan patch keamanan untuk 1 Desember 2019. Perlu diketahui, One UI 2 sendiri membawa sejumlah perubahan.

Salah satunya adalah desain ikon dan animasi yang dibuat lebih mulus. Tidak hanya itu, Samsung juga memperkenalkan navigasi baru berbasis gesture di update kali ini.

Perubahan juga dilakukan untuk fitur Dark Mode yang dibuat lebih gelap. Namun perlu diingat, kemungkinan Samsung merilis One UI 2 secara bertahap, sehingga belum seluruh pengguna memperolehnya.

Pengguna Galaxy S10 Sudah Bisa Unduh Android 10 Versi Stabil

Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Awal bulan ini, Samsung akhirnya merilis versi stabil Android 10 untuk seri Galaxy S10. OS terbaru Android tersebut sudah menyambangi Jerman, dan diyakini akan hadir di lebih banyak negara.

Dilansir GSM Arena, para pemilik Samsung Galaxy S10 di Jerman sudah mulai menerima pembaruan software Android 10. Itu artinya, pengguna Galaxy S10 bisa mendapatkan pembaruan One UI versi 2.0.

Software ini memakan ruang penyimpanan sebesar 1,9GB. Pembaruan ini juga mencakup patch keamanan Desember. Kehadiran di Jerman diyakini sebagai pertanda bahwa lebih banyak negara juga akan segera mendapatkan pembaruan serupa.

Samsung Galaxy S10 merupakan salah satu seri smartphone Samsung yang sebelumnya dijadwalkan bisa mencicipi Android 10. Seri flagship tahun lalu Galaxy S9 dan Note 9 juga akan mendapatkan pembaruan serupa.

Selain itu, dari seri Galaxy A yang akan mendapatkan pembaruan ke Android 10 antara lain A90 5G, A80, A70, A60, A20, A9, dan A8.

Samsung Galaxy Fold Bisa Dipesan di Indonesia Mulai 13 Desember

Galaxy Fold. (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Lebih lanjut, Samsung akan segera merilis smartphone lipat Galaxy Fold di Indonesia. Konsumen di Indonesia akan bisa melakukan pre-order mulai 13 Desember 2019 melalui situs resmi Samsung.

Pantauan Tekno Liputan6.com, untuk dapat memiliki smartphone ini cukup melakukan registrasi dengan memasukkan data diri di samsung.com/id/smartphones/galaxy-fold/galaxylaunchpack/. 

Dalam situs resmi Samsung juga tertulis, konsumen melalui registrasi tersebut juga berkesempatan menjajal Galaxy Fold secara langsung. Di dalam boks penjualan Galaxy Fold nanti akan terdapat smartphone, charger, Galaxy Buds, dan case khusus.

Sayangnya, hingga kini belum ada informasi mengenai harga dan paket penjualan Samsung Galaxy Fold di Indonesia.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderkid Barcelona Tidak Sadar Pecahkan Rekor Liga Champions

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Milan- Wonderkid Barcelona Ansu Fati jadi buah bibir di laga pamungkas fase grup Liga Champions 2019-2020. Fati mencetak satu gol kala Barcelona mempermalukan Inter Milan 2-1, Rabu (11/12/2019) dinihari WIB.

Pada laga di Giuseppe Meazza itu, Fati mencetak gol di menit 86. Saat itu skor masih imbang 1-1. Gol Fati ini membuat Inter Milan gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Kekalahan dari Barcelona membuat Inter harus puas berada di posisi tiga Grup F. La Beneamata turun kasta berlaga ke Liga Europa.

Selain membuat Inter Milan tersungkur, gol Fati ini sangat spesial. Pemuda Spanyol itu berhasil memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang membuat gol di Liga Champions.

Fati membuat gol untuk Barcelona pada usia 17 tahun dan 40 hari. Rekor sebelumnya dipegang oleh Peter Ofori-Quaye yang berumur 17 tahun dan 194 hari ketika membuat gol di tahun 1997.

 

 

Tidak Sadar

Fati ternyata tidak sadar baru saja masuk buku sejarah Liga Champions. Dia baru tahu setelah staf pelatih Barcelona memberitahunya usai pertandingan.

"Mereka baru saja memberitahu saya. Saya sangat senang dengan gol ini dan dengan keberhasilan tim meraih kemenangan," ujar Fati kepada Barca TV.

Terus Belajar

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Ansu Fati ke gawang Inter Milan pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)

"Ini mimpi, segalanya nampak berjalan dengan begitu cepat, sekarang saya hanya menikmati tentang diri saya dan belajar dari yang terbaik," tegas Fati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Industri Kecil, Kemenperin Gelar Semarak Festival IKMA 2019

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar acara Semarak Festival Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) 2019 di Balai Kartini, Jakarta. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kemajuan sektor IKMA secara nasional.

"Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Kemenperin untuk turut berperan dalam peningkatan daya saing produk serta sumber daya manusia khususnya pada sektor IKMA," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka acara di Jakarta, Rabu (11/12).

Agus mengatakan, pemerintah tengah memberikan perhatian tinggi pada peran generasi muda melalui penumbuhan wirausaha-wirausaha baru. Kombinasi antara kuantitas dan kualitas baik dari sisi produk maupun sumber daya manusia akan menjadi keunggulan dalam penumbuhan dan pengembangan IKMA.

"Terdapat lima hal dalam kegiatan ini yang jika disandingkan akan membentuk sektor IKMA yang berdaya saing, yaitu pemanfaatan era digital, kreativitas, produk dan SDM yang berkualitas, promosi dan pemasaran, serta kemitraan" jelas Agus.

Agus menyampaikan salah satu kegiatan yang dilakukan pada acara ini adalah penganugerahan lenghargaan "Startup4Industry". Adapun maksud dari program Startup4Industry adalah untuk mendukung transformasi digital industri manufaktur dengan mencetak startup penyedia teknologi bagi industri kecil dan menengah.

"Disinilah aspek pemanfaatan era digital yang diharapkan dapat menumbuhkan startup dengan produk berbasis industri generasi keempat, menjembatani antara inovasi dengan kebutuhan industri serta memunculkan success story startup sebagai techno provider industri," ujarnya.

Kemudian aspek berikutnya adalah kreativitas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan ruang kreatif yang lebih luas kepada generasi muda adalah memberikan penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition.

"Kami ingin memperkenalkan lebih dekat tentang alas kaki pada generasi muda, agar industri kreatif di sektor alas kaki dapat semakin berkembang," tuturnya.

Selanjutnya aspek yang ketiga adalah produk dan SDM yang berkualitas, di mana Kementerian Perindustrian sangat mendukung aspek ini dengan memberikan fasilitasi untuk pengembangan produk kepada IKMA.

 

Fasilitas Sertifikasi

Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan komponen kendaraan bermotor di industri logam Bengle, Tegal, Rabu (10/10). Kementerian Perindustrian menargetkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) tumbuh 11 persen hingga akhir 2018 . (Liputan6.com/HO/Eko)

Adapun fasilitas tersebut yakni Fasilitasi Sertifikasi untuk berbagai komoditi, Restrukturisasi Mesin/Peralatan IKM,Fasilitasi Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Fasilitasi SNI, Sertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), dan Sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP).

Kemudian, Penerapan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), Ijin Edar bagi IKM Kosmetik, Bantuan Cetak Kemasan, Kekayaan Intelektual dan Test Report Mesin TTG.

"Selain itu kami juga memberikan fasilitasi untuk pengembangan SDM diantaranya untuk Sertifikasi Kompetensi Kerja Barista, Pakaian Jadi, Teknis Reparasi AC dan Finishing Mebel Kayu," ungkap Agus.

Sementara untuk aspek keempat adalah promosi dan pemasaran. Di mana Kementerian Perindustrian juga memfasilitasi IKM untuk mengikuti pameran sebagai bentuk promosi dan meningkatkan pangsa pasar.

Dan aspek terakhir adalah Kemitraan. Dalam menghadapi suasana persaingan yang semakin kompetitif, kerjasama dalam bentuk kemitraan usaha merupakan suatu strategi untuk dapat mengembangkan perusahaan.

"Pada kesempatan ini akan dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dalam rangka Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri dan Pemberdayaan Produk Lokal yang dilakukan antara BPIPI dengan PT Pierro Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan potensi produk lokal alas kaki sekaligus pembinaan SDM industri," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Abai, Ini 5 Tanda Paru-Paru Anda Sakit dan Minta Bantuan

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Udara segar dan bebas polusi menjadi sesuatu yang sulit diperoleh. Secara tak langsung, ini akan memengaruhi paru-paru Anda.

Bila Anda memerhatikan tanda-tanda yang diberikan tubuh bahwa paru-paru Anda bermasalah, Anda bisa mengobatinya atau cukup pergi ke tempat yang masih memiliki udara bersih. Berikut tanda-tanda itu seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Nyeri punggung dan bahu

Meskipun ini gejala yang terjadi, punggung, bahu, atau bahkan nyeri dada dapat mengindikasikan awal kanker paru-paru. Jika terdeteksi pada tahap awal, ini bisa diobati.

Jika rasa sakit ini lebih kuat dan bertahan lebih lama dari sakit punggung biasa atau jika Anda sering mengalaminya, pergi ke dokter merupakan ide yang baik.

 

2. Batuk

Ilustrasi Foto Batuk (iStockphoto)

Batuk bisa menjadi indikasi penyakit sederhana seperti flu, tapi juga bisa merupakan gejala penyakit kronis. Penting untuk mengetahui cara membedakan berbagai jenis batuk.

Batuk akut dan sub-akut mungkin merupakan tanda-tanda kanker paru-paru, terutama jika dikombinasikan dengan gejalan lain seperti batuk darah.

 

3. Napas pendek

Jika Anda mengalami kesulitan saat bernapas, hal ini tidak boleh diabaikan, karena terkadang bisa saja itu tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius. (Foto: Webmd)

Napas pendek paling sering disebabkan oleh kondisi jantung atau paru-paru, seperti asma atau alergi. Jika Anda mengalami ini, adalah ide yang baik untuk mencoba cari tempat yang bebas polusi. Anda juga bisa mencoba latihan rutin yang lebih efisien. Pastikan untuk menghubungi dokter jika Anda sering mengalami sesak napas.

 

4. Mata dan kulit kuning

Mata Kuning? Waspadalah Gejala Penyakit Berikut Ini!

Ini bisa menjadi indikator masalah hati yang juga dapat disebabkan oleh kanker paru-paru. Sakit kuning adalah suatu kondisi yang mengubah kulit Anda menjadi kuning. Ini juga memengaruhi bagian putih mata Anda, menjadikannya kuning pucat, atau kuning tua pada penyakit yang telah akut.

 

5. Kurang energi

5 Cara Atasi Badan Lemas Akibat Heat Stroke (Angelo-Cordeschi/Shutterstock)

Semua orang pasti merasa lelah, ini sesuatu yang normal. Kurang tidur atau stres dapat menjadi penyebab kelelahan Anda. Tapi jika Anda sering merasakan hal ini, batuk tak kunjung hilang, kehilangan nafsu makan, Anda mungkin memiliki kondisi medis yang mendasarinya. Segera periksakan diri ke dokter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Kedutaan Australia Gelar Seminar Ask Me Anything

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang non-disabilitas yang ingin menanyakan sesuatu mengenai disabilitas namun merasa takut untuk melontarkannya langsung pada penyandang disabilitas. Hal ini melatarbelakangi Kedutaan Australia untuk menggelar seminar bertajuk "Ask Me Anything".

Acara ini digelar untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember lalu. Para pembicara datang dari tokoh-tokoh disabilitas Indonesia dan Australia.

Pembicara-pembicara tersebut antara lain Vanessa Vlojkovic dari Youth Disability Advocate Western Australia; Ankie Yudistia Founder Thisable Enterprise sekaligus Staf Khusus Presiden; Ananda Sukarlan komposer dan Pianis; dan Bahrul Fuad, seorang konsultan Disability and Social Inclusion Programme.

Wakil Duta Besar Australia Allaster Cox berharap melalui acara tersebut para penyandang disabilitas dapat lebih memiliki akses.

"Difabel harus memiliki kesempatan yang sama dan diberi akses yang memadai," kata Cox di Kedutaan Australia, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

 

Disabilitas Tak Selalu Bawaan Lahir

Salah satu bahasan dalam acara ini adalah disabilitas ternyata tidak hanya bawaan lahir. Menurut Angkie, disabilitas tuli yang ia alami bukan bawaan lahir.

"Waktu umur 10 tahun saya demam tinggi dan menjadi seperti ini," kata Angkie.

Demikian juga dengan Bahrul, disabilitas yang ia alami berawal dari demam tinggi. "Kemudian dokter menyuntik paha kiri saya sebanyak 4 kali dan akhirnya saya tidak bisa berjalan," ujarnya. 

Seorang pengunjung difabel, Margo, merasakan manfaat bisa bertemu rekan-rekan difabel lain dengan digelarnya "Ask Me Anything". Namun dia merasa waktu yang diberikan kurang. 

"Bagus, tapi waktunya kurang jadi jawaban-jawaban dari pembicara pun kurang memuaskan. Tapi selebhinya bagus, jadi bisa ketemu teman-teman difabel," kata Margo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Nyanyian Saksi Mahkota Kasus Vina Garut di Pengadilan

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Sidang Lanjutan kasus video syur Vina Garut di Pengadilan Negeri Garut, Jawa Barat, dengan agenda mendengar keterangan tiga saksi ahli, tidak berjalan mulus.

"Saksi ahli yang hadir hanya satu, yang dua lagi berhalangan hadir," ujar Jaksa Penuntut Umum Dapot Dariarma, di Pengadilan Negeri Garut, Selasa (10/12/2019) sore.

Menurutnya, keterangan satu saksi ahli dari tim forensik siber polda Jawa Barat menemukan bukti baru, jika adegan syur 3 in 1 tersebut, berasal dari smartphone milik Rayya, pelaku lainnya yang telah meninggal dunia.

"Keterangan saksi ahli menyesuaikan antara fakta dan kejadian sebenarnya yang berasal dari HP para pelaku," kata dia.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan saksi ahli, menemukan banyaknya file video adegan gangbang tersebut, yang ditemukan dari dua HP yang disita untuk kepentingan pemeriksaan.

Rinciannya sekitar 15 video syur Vina Garut langsung dibuat menggunakan HP Rayya. Sedangkan sisanya ada yang hasil mendownload, kemudian disebarkan lagi.

"Keterangan saksi ahli sangat diharapkan menyocokan tanggal, bulan kejadian perkara, dengan fakta sebenarnya yang dibuka dari hp para terdakwa," papar dia.

Tanggapan Kuasa Hukum

Dengan pengawalan ketat aparat, VN, salah satu terdakwa video syur Vina Garut, hanya tertunduk sambil menunggu jalannya sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Soni Sonjaya, kuasa hukum terdakwa Wely menyayangkan ketidakhadiran dua saksi ahli lainnya dalam sidang lanjutan Vina Garut yang ketiga hari ini.

"Padahal jika selesai ketiga saksi ahli, nanti tinggal giliran saksi mahkota yang berbicara," ujar dia.

Menurut Soni, kehadiran seluruh saksi ahli yang diagendakan hari ini, penting untuk mengungkap secara jelas kronologi kasus itu dari segi teknologi IT yang digunakan.

"Sekarang saksi mahkota belum bisa (bersaksi), sebab keterangan ahli IT masih setengah-setengah," kata dia.

Soni menambahkan, selain soal ketidakhadiran dua saksi ahli, keterangan kuasa hukum VN, terdakwa lainnya, yang menyatakan jika klien mereka adalah korban, tidak benar.

"Sudah jelas-jelas bahwa klien kami adalah pelanggannya, mana mungkin dia (VN) korban," ungkap dia.

Seperti diketahui, dalam sidang perdana, tiga terdakwa kasus video syur Vina Garut, yakni Vina, Wely, dan Dodi terancam pasal berlapis, dalam kasus yang menjeratnya.

Beberapa pasal yang didakwakan yakni pasal 4 ayat 1 undang-undang pornografi dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Kedua, Pasal 8 juncto 34 Undang-Undang Pornografi dengan ancaman 10 tahun.

Sidang selanjutnya akan digelar Selasa pekan depan dengan agenda yang masih sama, mendengar keterangan dua saksi ahlinya yang berasal dari Mabes Polri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inter Milan Tersingkir dari Liga Champions, Digilas Barcelona 1-2

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lanjutan Liga Champions pertemukan Inter Milan dari Barcelona hari Rabu (11/12) dini hari. Inter Milan gagal melaju ke babak 16 besar usai disikat Barcelona 1-2.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meninggal Karena Komplikasi, Vokalis Roxette Marie Fredriksson 17 Tahun Lawan Tumor Otak

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dunia musik mancanegara kembali kehilangan salah satu musikus senior. Vokalis grup duo Roxette, Marie Fredriksson dikabarkan meninggal dunia pada 9 Desember pagi waktu setempat.

Wanita 61 tahun itu diketahui meninggal setelah menjalani perjuangan melawan penyakit yang telah dideritanya selama sekitar 17 tahun.

"Marie Fredriksson meninggal pada 9 Desember pagi karena komplikasi dari penyakitnya," kata sebuah pernyataan resmi yang dirilis, dikutip dari Express pada Rabu (11/12/2019).

Marie didiagnosis tumor otak pada tahun 2002 setelah ditemukan pingsan di dapur usai berolahraga. Ketika dia kehilangan penglihatan di mata kanan dan pendengaran yang menurun karena tumor, dia dinyatakan memiliki harapan hidup hanya 25 persen.

Diminta Fokus pada Kesehatannya

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson (Foto: Instagram/@rockklassiker)

Marie diketahui melakukan perawatan kemoterapi dan radiasi. Tiga tahun kemudian, dia dan Roxette kembali mengadakan tur namun tumornya kembali.

Di tahun 2016, Marie harus berhenti melakukan tur karena dokternya meminta dia untuk fokus pada kesehatannya.

Dalam otobiografinya, Marie menuliskan bahwa dia mau tidak mau harus berdamai dengan rasa sakit yang dialaminya karena radiasi.

"Begitulah cara penyakit itu keluar. Saya telah kehilangan bertahun-tahun karena penyakit ini. Itu juga kesedihan karena usia. Namun setiap hari saya berpikir merasa bersyukur bisa duduk di sini. Dan masih bisa bernyanyi," ujarnya.

Single Terakhir Marie

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson (Foto: Instagram/@dondiario)

Sarah Lindsell dari Brain Tumour Charity mengatakan lebih dari 11.700 orang dalam setahun, didiagnosis tumor otak primer. Ini berarti dalam satu hari, setidaknya ada 32 pasien baru.

Lindsell menambahkan, banyak orang yang mengalami komplikasi kesehatan jangka panjang usai didiagnosis dan pengobatan tumor otak. Beberapa di antaranya seperti kehilangan penglihatan, pendengaran, serta cedera radiasi.

"Kami sangat sedih mendengar kematian Marie Fredriksson dan hati kami, ditujukan untuk keluarga dan teman-temannya," kata Lindsell dikutip dari Hereford Times.

Tahun 2018 lalu, Marie mengeluarkan single terakhirnya yang berjudul "Sing Me A Song." Dalam lagu itu, dia menuliskan sebuah lirik yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi: "Cinta yang kumiliki dan kuberikan. Membuatku sulit untuk mengucapkan selamat tinggal.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koleksi Mobil Mewah Iis Dahlia dan Suami yang Merupakan Pilot Garuda Indonesia

Posted: 10 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Suami Iis Dahlia, Satrio Dewandoro, namanya ikut dibicarakan terkait kasus penyelundupan motor Harley Davidson melalui maskapai Garuda Indonesia.

Sebab saat itu, suami Iis Dahlia lah yang menjadi pilot pesawat tersebut dengan rute Toulouse - Jakarta.

Terlepas dari permasalahan tersebut, Iis Dahlia dan suaminya memang dikenal sebagai keluarga kaya. Selain memiliki rumah yang megah, suami Iis Dahlia juga memiliki beberapa koleksi mobil mewah yang terparkir di garasi rumahnya.

Hal itu diketahui lewat channel YouTube Raffi Billy And Friends yang berjudul "Raffi dan Billy Main ke Rumah Mewah Iis Dahlia" yang diunggah pada 12 Mei 2019, part 1.

 

Porsche Cyaman

Tangkapan Layar YouTube

Digarasi rumah Iis Dahlia terparkir mobil Porsche Cyaman berwarna hitam dua pintu. Mobil tersebut ditaksir dengan harga sekitar Rp3,8 miliar.

2 Alphard

Tangkapan Layar YouTube

Mobil Toyota Alphard juga terpakir di garasi rumah Iis Dahlia dan suaminya. Tak hanya satu, ada dua mobil Toyota Alphard berwarna putih.

Untuk satu mobil Alphard seperti milik Iis Dahlia ditaksir berharga Rp 1,4 miliar.

Jeep Rubicon

Tangkapan Layar YouTube

Ada juga Jeep Rubicon berwarna hitam yang menjadi salah satu koleksi mobil mewah Iis Dahlia dan suami. Mobil tersebut harganya ditaksir bisa lebih dari Rp1,5 miliar.

 

HRV

Tangkapan Layar YouTube

Iis Dahlia dan Satrio juga memiliki mobil dengan harga di bawah Rp1 miliar. Di garasi tampak terpakir mobil Honda HRV yang saat ini dibanderol dengan harga Rp300 jutaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Gigi Berlubang, Jangan Sepelekan

Posted: 10 Dec 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gigi berlubang adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Lubang bisa terbentuk di gigi mulai dari ronggal kecil dan akan membesar secara bertahap. Gigi berlubang bisa disebabkan berbagai faktor. Ini bisa termasuk kombinasi antara penumpukan bakteri di mulut, malas membersihkan gigi, dan kebiasaan makan makanan manis. 

Siapa pun yang memiliki gigi dapat mengembangkan gigi berlubang, termasuk bayi. Beberapa kasus gigi berlubang ringan memang tidak menimbulkan rasa sakit. Ini menyebabkan orang begitu mengesampingkan dampak negatif dari gigi berlubang ini.

Gigi berlubang bisa menyimpan bakteri merugikan. Bakteri-bakteri ini tak hanya buruk untuk kesehatan mulut, melainkan bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bakteri pada gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi parah jika tak segera ditangani.

Berikut penyakit yang bisa timbul akibat gigi berlubang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(11/12/2019).

Abses gigi

Ilustrasi sakit gigi

Abses gigi terjadi karena adanya penumpukan nanah yang terbentuk di dalam gigi atau gusi. Abses biasanya berasal dari infeksi bakteri, seringkali yang menumpuk di pulpa lunak gigi.

Bakteri masuk melalui rongga gigi, serpihan, lubang atau retakan pada gigi dan menyebar sampai ke akar. Infeksi bakteri dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan di ujung akar.

Kondisi ini bisa terjadi akibat gigi berlubang yang tidak segera ditangani. Bakteri di mulut dapat menyebar di dalam jaringan lunak gigi atau gusi. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan abses.

Membiarkan abses gigi begitu saja dapat menyebabkan komplikasi yang serius, bahkan mengancam jiwa.

Gingivitis

Gingivitis

Gingivitis adalah peradangan gusi yang biasanya terjadi karena lapisan plak, atau bakteri, menumpuk di gigi. Gingivitis adalah jenis penyakit periodontal yang tidak merusak, tetapi gingivitis yang tidak diobati dapat berkembang menjadi periodontitis.

Penyebab paling umum dari radang gusi adalah penumpukan plak bakteri di antara dan di sekitar gigi. Ini yang juga menyebabkan gigi berlubang. Tanda gingivitis termasuk gusi merah dan bengkak serta mudah berdarah saat menyikat gigi.

Gigi berlubang akan menyimpan bakerti, meyebabkan plak dan akhirnya bisa mengiritasi gusi.

Infeksi gusi (periodontitis)

Infeksi gusi (periodontitis)

Periodontitis adalah infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi. Ini merupakan komplikasi lanjutan dari gingivitis. Gigi berlubang yang tidak segera ditambal akan menyebarkan bakteri yang meninfeksi gigi.

Periodontitis dapat menyebabkan gigi kendur atau menyebabkan kehilangan gigi. Periodontitis juga dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Sinusitis

Ilustrasi Penyakit Sinusitis (Sumber: Istockphoto)

Sinusitis juga bisa disebabkan oleh gigi berlubang. Sinusitis adalah peradangan pada sinus udara paranasal yang disebabkan oleh infeksi. Sinus adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga ini terletak di tulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid). Selain itu juga di antara hidung dan mata (ethmoid).

Infeksi odontogenik atau infeksi yang berasal dari dalam gigi. Sinusitis odontogenik dianggap bertanggung jawab atas 40% dari semua kasus sinusitis maksilaris.

Rongga sinus sangat dekat dengan mulut dan bisa saling memengaruhi. Kesehatan gigi juga menjadi salah satu faktor yang dapat memicu penyakir sinusitis. Bakteri penyebab infeksi gigi yang bersarang di mulut dapan menyebar ke rongga sinus jika tak segera ditangani.

Penyakit jantung

Ilustrasi penyakit jantung (foto: shutterstock)

Selama bertahun-tahun, banyak penelitian telah menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi lebih mungkin juga memiliki kesehatan jantung yang buruk, termasuk serangan jantung. Kesehatan gigi yang buruk meningkatkan risiko infeksi bakteri dalam aliran darah, yang dapat memengaruhi katup jantung.

Kesehatan mulut dan penyakit jantung dihubungkan oleh penyebaran bakteri dari mulut ke bagian lain dari tubuh melalui aliran darah. Ketika bakteri ini mencapai jantung, mereka dapat menempel pada area yang rusak dan menyebabkan peradangan.

Ini dapat menyebabkan penyakit seperti endokarditis, infeksi pada lapisan dalam jantung.

Stroke

Ilustrasi stroke (iStockphoto)

Masalah gigi seperti gingivitis, periodontitis, dan kehilangan gigi semuanya berhubungan dengan peradangan dan infeksi. Infeksi telah terbukti meningkatkan risiko stroke. Terkadang peradangan dan infeksi dapat membuat darah lebih mungkin untuk membeku, menyebabkan stroke.

Jika masalah gigi yang serius tetap tidak diobati untuk waktu yang lama, peradangan dan infeksi yang disebabkan oleh gigi dan gusi yang tidak sehat dapat menyebabkan stroke iskemik.

Demensia

Demensia (SpeedKingz/Shutterstock)

Periodontitis juga dapat meningkatkan risiko demensia di kemudian hari. Beberapa studi telah mengungkapkan keterkaitan antara demensia dengan masalah gigi. Misalnya, peneliti dari Seoul National University di Korea Selatan meneliti hubungan antara periodontitis kronis dan demensia.

Analisis mengungkapkan bahwa orang yang telah menerima diagnosis periodontitis kronis memiliki risiko 6 persen lebih tinggi terkena demensia. Risiko itu sangat signifikan bagi mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hajar Nuggets, Sixers Masih Sempurna di Laga Kandang NBA

Posted: 10 Dec 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Philadelphia- Philadelphia 76ers belum tersentuh kekalahan di laga kandang NBA 2019-2020. Ben Simmons dan kawan-kawan berhasil menang 97-92 ketika menjamu Denver Nuggets di Wells Fargo Center, Rabu (11/12/2019).

Kemenangan atas Nuggets ini membuat rekor menang Sixers di kandang pada NBA 2019-2020 menjadi 13-0. Secara keseluruhan Sixers menang tiga kali beruntun.

Sukses Sixers meraih kemenangan kandang ke-13 ini sedikit banyak juga terbantu dengan cederanya point guard Nuggets Jamal Murray.

Murray terpaksa meninggalkan lapangan di pertengahn kuarter satu setelah bertabrakan dengan Ben Simmons. Murray merupakan mesin angka Nuggets musim ini.

Center Joel Embiid jadi bintang kemenangan Sixers di laga NBA kali ini. Embiid hampir membuat triple double dengan 22 poin, 10 rebound dan enam assists.

 

Embiid

Embiid juga memegang peran penting di momen krusial. Embiid dengan tenang menyelesaikan dua hadiah free throw saat Sixers hanya unggull 95-92 dengan terisa 18,9 detik lagi.

Tobias Harris menyusul dengan 20 poin. Simmons sendiri hanya membuat tujuh poin, sembilan rebound dan tujuh assists. Di kubu Nuggets, Will Barton finis dengan 26 poin, tujuh rebound dan tujuh assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Staf DPR Terkait Suap Terhadap Imam Nahrawi

Posted: 10 Dec 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan staf DPR RI Teuku Salsabil Ali dalam kasus dugaan suap terhadap mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Teuku Salsabil akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan asisten pribadi Menpora Miftahul Ulum.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MIU (Miftahul Ulum)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (11/12/2019).

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Menpora Imam Nahrawi dan asisten pribadinya Miftahul Ulum sebagai tersangka suap dana hibah KONI. Selain suap, keduanya juga dijerat gratifikasi.

Imam Nahrawi melalui Ulum diduga telah menerima uang total Rp 26,5 miliar.

Uang tersebut merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora, kemudian jabatan Imam sebagai Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora.

Untuk Kepentingan Pribadi

KPK menduga uang tersebut diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak Iain yang terkait.

Sebelumnya, KPK sudah lebih dahulu menetapkan lima orang tersangka dalam kasus ini. Kelima orang tersebut terjaring operasi tangkap tangan tim penindakan pada 18 Desember 2018.

Mereka adalah Deputi IV Kemenpora Mulyana (MUL), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo (AP), Staf Kemenpora Eko Triyanto (ET), Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH), dan Bendahara Umum KONI Jhony E. Awuy (JEA).

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Gerbang Kertasusila, Pemerintah Harus Kembangkan Daerah Lain

Posted: 10 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diharapkan tetap fokus memperhatikan daerah lain di Jawa Timur meski Peraturan Presiden sudah diteken terkait percepatan pembangunan ekonomi pada Gerbang Kertosusila dan wilayah sekitarnya.

Presiden Jokowi teken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi pada Gerbang Kertosusila, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru dan Kawasan Selingkar Wilis dan lintas selatan pada 20 November 2019.

Doren ekonomi Universitas Airlangga Surabaya, Rahma Gafmi mengatakan, penandatangan perpres itu menunjukkan ada keinginan untuk menghubungkan wilayah di Jawa Timur. Pemerintah pusat dan daerah bersama fokus mengembangkan daerah-daerah yang masuk Gerbang Kertasusila. Meski demikian, Rahma mengharapkan  pemerintah  tidak meninggalkan daerah lain yang minim konektivitas.

"Jadi daerah yang minim diconnectedkan (dihubungkan-red) dengan daerah yang surplus seperti Trenggalek, Ngawi. Ada upaya bangun industri ke daerah," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Rabu (11/12/2019).

Ia ingin pengembangan daerah di Gerbang Kertasusila beriringan dengan daerah lain. Hal itu diharapkan dapat menciptakan multiflier efek ekonomi. Dengan sama-sama mengembangkan daerah-daerah di Jawa Timur secara merata, menurut Rahma juga dapat menekan tingkat ketimpangan. Ia menuturkan, tingkat ketimpangan di Jawa Timur termasuk tinggi. Tercatat rasio gini di Jawa Timur sekitar 0,37 persen pada Maret 2019.

"Fokus ke daerah minus tadi memberikan sesuatu yang urgent untuk meningkatkan infrasstruktur, sumber daya manusia, dan material. Ini harus dipermudah investor," ujar dia.

Lebih lanjut ia menuturkan,  pertumbuhan investasi dapat memperluas kesempatan kerja. Hal ini bagi penting karena untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jokowi Perpres Percepatan Pembangunan Kawasan Gerbang Kertosusila

Simpang Susun Jombang di ruas tol Jombang-Mojokerto. (Foto: Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Pemerintah berupaya mempercepat pembangunan ekonomi Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbang Kertosusila).

Selain itu percepatan pembangunan di wilayah sekitarnya meliputi Tuban, Bojonegoro, dan Jombang, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS), dan kawasan Selingkar Wilis dan lintas selatan.

Percepatan pembangunan ini untuk  meningkatkan daya saing kawasan yang berdampak pada pertumbuhan investasi dan peningkatan ekonomi nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun teken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi pada gerbang Kertosusila, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru dan kawasan Selingkar Wilis dan lintas selatan. Penandatanganan Perpres ini dilakukan pada 20 November 2019. Demikian mengutip Setkab, Selasa, 3 Desember 2019.

Berdasarkan Perpres ini, untuk meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi kawasan yang berdampak pada perekonomian regional dan nasional dilakukan percepatan pembangunan atas:

a.Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan dan wilayah sekitarnya meliputi Tuban, Bojonegoro, dan Jombang yang selanjutnya dalam Peraturan Presiden disebut Kawasan Gerbangkartosusila.

b.Kawasan Bromo-Tengger-Semeru yang selanjutnya dalam Peraturan Presiden ini disebut kawasan BTS,

c.Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Untuk mendukung dan memberikan nilai tambah pembangunan kawasan sebagaimana dimaksud, menurut PP ini dilakukan pengembangan antara lain kawasan selingkar Ijen, dan kawasan Madura dan kepulauan.

"Percepatan pembangunan ekonomi kawasan Gerbangkartosusila, kawasan BTS, dan kawasan Selingkar Wilis dan lintas selatan sebagaimana dimaksud, serta pengembangan Kawasan Selingkar Ijen dan Kawasan Madura dan kepulauan sebagaimana dimaksud dilakukan secara terpadu, terintegrasi, dan berkelanjutan dalam Rencana Induk Pembangunan Kawasan yang selanjutnya disebut sebagai Rencana Induk," bunyi pasal 2 ayat (1) Perpres ini.

 

Sumber Pendanaan

PP menyebutkan, dalam pelaksanaan rencana induk yang dimaksud, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendampingi atas ketersediaan dokumen perencanaan, penyiapan dan pelaksanaan.

Rencana induk sebagaimana dimaksud tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Presiden ini, berfungsi sebagai:

a.pedoman bagi menteri dan kepala lembaga untuk menetapkan kebijakan sektoral dalam rangka pelaksanaan percepatan pembangunan Kawasan Gerbangkertosusilo, Kawasan BTS, Kawasan Selingkar Wilis, dan lintas selatan, kawasan selingkar ijen, kawasan Madura, dan kepulauan di bidang tugas masing-masing yang dituangkan dalam dokumen rencana strategis masing-masing kementerian/lembaga sebagai bagian dari dokumen perencanaan pembangunan

b.Pedoman untuk penyusunan kebijakan percepatan pembangunan kawasan Gerbangkertosusila, kawasan BTS, kawasan Selingkar Wilis, dan lintas selatan, Kawasan Selingkar Ijen dan Kawasan Madura, dan kepulauan pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota terkait.

Menurut PP ini, pendanaan untuk pelaksanaan percepatan pembangunan ekonomi di kawasan ini dapat bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), kerja sama pemerintah dengan badan usaha, dan sumber pembiayaan lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Menteri Koordinator Bidang Perekonomian melakukan pengendalian, monitoring, dan evaluasi terhadap pelaksanaan Peraturan Presiden ini, dan melaporkan kepada Presiden paling kurang satu kali dalam enam bulan dan sewaktu-waktu apabila diperlukan," bunyi pasal 9 Perpres ini.

Untuk mengubah atas daftar proyek dalam rencana induk berdasarkan hasil evaluasi pengembangan kawasan, menurut PP ini, perubahan ditetapkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian setelah mendapat persetujuan presiden.

"Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 12 Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H.Laoly pada 25 November 2019.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Cari Cara Agar Indonesia Tak Dibanjiri Produk Tekstil China

Posted: 10 Dec 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hari ini megadakan rapat tertutup dengan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) dan Asosiasi Produsen Serat Sintesis dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI). Agenda rapat tersebut membahas kendala industri [tekstil](https://www.liputan6.com/bisnis/read/4099128/fokus-safeguard-tekstil-jangan-di-hulu-dan-hilir-tapi-di-tengah?source=search "") di tanah air. 

Bahlil mengungkapkan, permasalahan utama industri tekstil saat ini adalah gempuran produk impor. Hal itu membuat produk dalam negeri kalah di pasaran.

"Kita tahu akhir-akhir ini banyak produk dari luar Indonesia yang melakukan penetrasi yang sangat luar biasa sekali sampai kemudian kalau cek di pasar-pasar maupun di Tanah Abang itu sudah susah kita mendapatkan made in Indonesia, made in negara lain saja, kira-kira begitu," kata dia, di kantornya, Jakarta, Rabu (11/12).

 

Kendati demikian dia mengaku belum memperoleh data angka pasti impor tekstil ke Indonesia. Namun dipastikan impor tekstil sudah sangat deras dan bukan menjadi sebuah hal yang rahasia lagi.

"Bukan rahasia umum lagi kan garmen kita kan banyak impor dari negara lain terutama dari China kan," ujarnya.

Bahlila berharap ke depannya produk dalam negeri yang akan menguasai pasar. "Nah kita harapkan ke depan gimana kita pelihara market kita untuk disuplai dari produk-produk dalam negeri," tambahnya.

Hal itu, kata dia, dapat terwujud dengan koordinasi antara pengusaha dan pemerintah. Salah satunya dengan regulasi yang selaras.

"Memang itu bukan hanya kerja pengusaha. harus ada sinergi antara pengusaha dan pemerintah. Regulasi yang harus kita kasih ke mereka jangan memberatkan. Ketika regulasi memberatkan pengusaha maka mereka tidak akan kompetitif dengan produk-produk impor," ujarnya.

Dengan adanya komunikasi yang baik, Bahlil berharap regulasi yang ada akan menguntungkan kedua belah pihak yaitu pemerintah dan pengusaha tekstil.

"Nah harapan kita ke depan adalah ini sinergi yang kemudian melahirkan keputusan yang win-win, menguntungkan pengusaha dan negara," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Sebutan Sunset pada Industri Tekstil Nasional Rugikan Pengusaha

Pekerja Pabrik Tekstil. Dok Kemenperin

Ketua Umum Ikatan Ahli Tekstil Indonesia (IKATSI) Suharno Rusdi mengaku heran dengan narasi yang menyebut jika tekstil sudah masuk kategori industri sunset (meredup). Pandangan demikian dinilai merugikan industri tekstil karena membuat pemerintah dan investor jadi ikutan enggan memperkuat tekstil.

Menurut dia, sebutan jika industri tekstil sudah redup karena ekonom melihat industri tekstil di negara maju. Padahal, industri tekstil di negara seperti Jepang masih hidup, namun mereka membuka pabriknya di luar negeri.

Selain itu, terbukti bahwa negara-negara lain mulai menggenjot tekstil mereka bahkan mulai mengalahkan Indonesia.

"Vietnam itu sunshine. Bangladesh sunrise. China enjoy. Kita kemakan oleh definisi kita," ujar Suharno di diskusi tekstil INDEF, Rabu (30/10/2019) di Jakarta.

"Ini menjadikan investor-investor asing enggan masuk ke sini. Itu sangat berpengaruh sekali," ujarnya.

Tercatat, per tahun 2018 ekspor tekstil dan apparel Vietnam dan Bangladesh jauh mengalahkan Indonesia. Ekspor Indonesia hanya USD 13,2 miliar, sementara Vietnam mencapai USD 39,8 miliar dan Bangladesh USD 67,1 miliar.

Suharno juga berharap pemerintah tidak mengabaikan institusi pendidikan tinggi tekstil. Pasalnya, jumlah pendidikan tinggi tekstil di Indonesia masih kalah banyak dibanding negara-negara lain. Inovasi tekstil di negara lain juga semakin terus maju.

"Amerika saja perguruan tingginya masih ada 100 lebih. Nanti kan tidak hanya baju biasa, ada baju anti peluru, anti radiasi segala macam, sekarang orang renang saja pakai baju enggak tenggelam," tegas Suharno.

Ia pun berharap ada rebranding industri tekstil agar tidak lagi disebut industri sunset, melainkan industri potensial yang punya potensi besar bagi perekonomian negara.

Saran lain yang Suharno sebut untuk memperbaiki industri tekstil adalah restrukturisasi demi menghadapi revolusi industri 4.0, klasterisasi industri agar mendukung green industry dan efisiensi logistik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Pembuatan Manekin Anatomi Tubuh Manusia

Posted: 10 Dec 2019 08:45 PM PST

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka tangan di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka tangan di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka tulang rusuk di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka tulang rusuk di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka organ tubuh di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka organ tubuh di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka tulang manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan kerangka tulang manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menggantung kerangka tulang manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menggantung kerangka tulang manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan organ tubuh manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja menyelesaikan pembuatan organ tubuh manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja mencocokkan organ pada manekin anatomi tubuh manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja mencocokkan organ pada manekin anatomi tubuh manusia di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Manekin anatomi tubuh manusia dipajang di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Manekin anatomi tubuh manusia dipajang di Cinangka, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019). Manekin anatomi tubuh berbahan fiber tersebut dibuat untuk alat peraga pendidikan dan kesehatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Bek Vietnam Minta Maaf Usai Cederai Evan Dimas di Final SEA Games 2019

Posted: 10 Dec 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Manila - Gelandang pengatur serangan timnas Indonesia U-22, Evan Dimas Darmono, tidak bisa bermain penuh saat bertemu Vietnam di babak final SEA Games 2019, Selasa (10/12/2019). Evan harus meninggalkan lapangan pada menit ke-22 usai mengalami cedera engkel. 

Tanpa Evan, alur serangan timnas Indonesia U-22 berantakan. Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri kesulitan menemukan alternatif permainan tanpa pemain Barito Putera itu. 

Kesempatan ini dimanfaatkan Vietnam untuk menghancurkan timnas Indonesia U-22 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina. Tiga gol berturut-turut dari Doan Van Hau, Do Hung Dung, dan Doan Van Nao bersarang di gawang Nadeo Argawinata. Timnas Indonesia U-22 harus mengubur mimpinya membawa medali emas cabor sepak bola SEA Games 2019 dan mengulang kesuksesan yang diraih Indonesia di SEA Games 1991 setelah kalah 0-3. 

Evan Dimas tidak hanya keluar dari arena pertarungan. Cedera engkel yang dialami membuat Evan tidak bisa berjalan normal dan harus menggunakan kursi roda ke podium. 

Doan Van Hau menjadi aktor antagonis di balik cedera Evan. Pelanggaran yang dilakukannya terhadap Evan sangat berbahaya. Meski luput dari pengamatan wasit, Van Hau pun 'dihukum' oleh netizen Indonesia dengan berbagai kata makian di akun media sosialnya. 

 

 

Momen Menyentuh Evan-Van Hau

Proses terjadinya gol sundulan yang dicetak bek Vietnam, Doan Van Hau, ke gawang Timnas Indonesia U-22 pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12). Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Van Hau sadar telah mencederai Evan. Usai pengalungan medali Van Hau segera turun dari podium dan menghampiri Evan yang berada di kursi roda di barisan timnas Indonesia U-22. 

Sembari menenteng boneka dan bunga, Van Hau kemudian memeluk Evan. Evan balas memeluk pemain berusia 20 tahun itu sembari menepuk-nepuk pundaknya. Setelah berjabat tangan, Van Hau lalu meninggalkan Evan dan kembali bergabung dengan timnas Vietnam. 

Tertangkap Kamera Suporter

Kesedihan Evan Dimas, tak hanya mengalami cedera namun juga gagal menyabet medali emas SEA Games 2019. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan).

Tidak terdengar apa yang disampaikan Van Hau kepada Evan. Namun momen ini sempat tertangkap kamera salah seorang pendukung Vietnam, Kuong Lao. Dia mengunggah momen menyentuh itu di salah situs berbagi video ternama dengan judul Van Hau Evan Dimas. 

Video itu juga ditayangkan oleh media Vietnam, plo.vn. Situs berita berbahasa Vietnam itu memberi judul Klip: 'Aksi menyentuh Van Hau meminta maaf kepada bintang timnas Indonesia U-22'. Intip video Van Hau menghampiri Evan Dimas pada tautan ini.

Kubur Mimpi Emas

Bagi Evan, pelanggaran Van Hau sangat menyakitkan. Bukan hanya karena membuat engkelnya kesakitan, benturan itu juga mengubur mimpinya mempersembahkan emas bagi Indonesia. Medali yang sudah sejak 1991 tidak pernah lagi dibawa pulang ke Tanah Air. 

Apalagi, Evan Dimas termasuk pemain yang paling bersemangat melabuhkan emas sepak bola SEA Games di Filipina ini. Sebelum laga final, dia sempat mengunggah harapan untuk bisa mewujudkan mimpi itu di media sosialnya.

 

Pintu Maaf Evan Dimas

Meski demikian, Evan tidak mengambil permasalahan ini secara personal. Usai pertandingan, dia mengaku menerima permintaan maaf Van Hau. 

"Saya tidak tahu dia sengaja atau tidak. Dia sempat minta maaf kepada saya dan saya secara pribadi memaafkan. Tidak ada sakit hati," kata Evan Dimas setelah pertandingan.

"Akan tetapi, dalam sepak bola ya kita sama-sama ingin menang. Saya rasa memang apa pun hasilnya harus disyukuri," ujar Evan Dimas.

 

Saksikan Video Warganet yang Marah lantaran Cederanya Evan Dimas

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Beberkan Jenis Kebijakan yang Ampuh Tarik Investasi

Posted: 10 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar ditopang oleh konsumsi rumah tangga. Meski demikian, negara tidak bisa terus menerus mengandalkan sektor ini karena daya beli dan pola konsumsi masyarakat berubah dengan cepat dari waktu ke waktu.

Investasi akan menjadi salah satu sektor yang harus digenjot supaya turut menyumbang porsi pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jumlah besar. Kebijakan pemerintah juga harus disesuaikan untuk mencapai tujuan itu.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menyatakan, sinergitas kebijakan ekonomi harus dilakukan untuk mendapat regulasi yang pro pertumbuhan dan investasi.

"Yang saya maksud adalah sinergitas kebijakan moneter, fiskal dan sektor rill," ujar Piter kepada Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

Kebijakan moneter tentu berkaitan dengan pengendalian rupiah hingga suku bunga. Untuk fiskal, alokasi Anggara Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus tepat sasaran.

Sementara dari sektor riil, adanya Omnibuslaw yang sedang dirancang pemerintah merupakan langkah awal yang bagus.

"Omnibuslaw yang merupakan kebijakan sektor riil itu akan memangkas regulasi berbelit dalam bidang usaha, sehingga dapat juga menarik investor untuk menanamkan modal di Indonesia. Saya kira ini langkah yang sangat baik," ujarnya.

Jika kebijakan ini berjalan beriringan, maka bukan hanya investor yang semakin berminat menanamkan modal di Indonesia, tapi pertumbuhan bisnis lokal juga dapat semakin berkembang.

Sementara, saat ini pemerintah sedang mengebut penyelesaian 2 Omnibuslaw sektor ekonomi, yaitu Omnibuslaw Cipta Lapangan Kerja yang digabung dengan Pengembangan UMKM dan Omnibuslaw tentang Fasilitas Perpajakannya. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan pembahasan regulasi bersama DPR akan diadakan Januari 2020 mendatang.

Sri Mulyani Waspada Investasi Tumbuh di Bawah 5 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto:Merdeka.com/Wilfridus S)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai investasi tumbuh melambat dibawah 5 persen tahun ini.

Menurutnya, pemerintah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen namun tidak dengan investasi. Menyikapi hal tersebut, pemerintah pun menggelontorkan berbagai insentif.

"Pertumbuhan ekonomi memang di atas 5 persen, tetapi kita mesti mewaspadai investasi yang tumbuh di bawah 5 persen. Kita memberikan tax allowance, tax deduction, untuk meningkatkan competitiveness," ujarnya di Hotel Westin, Jakarta, Rabu (4/12).

Untuk tahun yang akan datang, pemerintah akan lebih gencar melakukan terobosan baru menarik investasi. Di antaranya menyederhanakan aturan investasi yang diatur dalam Omnibus Law. Omnibus Law sudah mulai dibahas sejak era Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Sering rapat di kabinet, di tempat wapres, makan siang-malam, dan menghilangkan halangan investasi. Ada 72 UU yang menghalangi dan di-address dalam Omnibus Law. Kemenkeu akan sampaikan omnibus law ke DPR pada Desember," ujar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunai tersebut menambahkan, pemerintah akan terus melakukan penyesuaian kebijakan agar sesuai dengan tantangan ekonomi yang dihadapi. "Saya terus adjust kebijakan fiskal agar sesuai dengan tantangan yang kita hadapi," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Ledakan di Monas Tak Pengaruhi Investasi ke Indonesia

Tim gabungan Polri-TNI melakukan olah TKP ledakan granat asap di kawasan Monas, Selasa (3/12/2019). Dua anggota TNI terluka dalam peristiwa itu. (Radityo Priyasmoro/Liputan6.com)

Sebuah ledakan terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (3/12) pagi. Ledakan di Monas dari granat asap itu mengakibatkan dua orang anggota TNI mengalami luka berat.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan ketidakamanan situasi seperti ledakan di Monas bisa memengaruhi iklim investasi. Namun sejauh ini, akibat ledakan di pusat pemerintahan itu tidak membuat investor mencabut dana di proyek yang sedang dibangun.

Begitu juga dengan proyek jangka pendek. "Tergantung, kita lihat nanti ke depan," kata Airlangga di kantor Kemenko Bidang Maritim dan Investasi Jakarta, Selasa (3/12).

Untuk itu semua pihak perlu memberikan dukungan untuk melawan radikalisme. Tak boleh juga takut dengan tindak teror.

"Kita enggak boleh takut sama terorisme, tapi harus perangi terorisme," katanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Gaya Memukau Naysila Mirdad saat Pemotretan, Bak Putri Negeri Dongeng

Posted: 10 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal Naysila Mirdad? Artis cantik ini sudah menghiasi layar kaca sejak 2005. Kepiawaiannya di dunia peran memang tidak diragukan lagi. Bakat aktingnya memang sudah turun menurun dari kedua orangtuanya. 

Naysila Mirdad merupakan anak ke tiga dari pasangan Lydia Kandou dan Jamal Mirdad. Hampir seluruh keluarganya pernah berkecimpung di dunia peran.

Artis cantik kelahiran Jakarta, 23 Mei 1988 ini menjadi salah satu artis papan atas Tanah Air. Namun kehidupan pribadinya jarang diterpa gosip tak sedap atau kabar miring.

Sempat istirahat sejenak dari jadwal syuting Naysila Mirdad muncul kembali menyapa penggemarnya melalui pemotretan yang memukau. Bidikan lensa fotografer profesional tersebut membuat Naysila Mirdad terlihat bak putri dari negeri dongeng.

Pemotretan ini pun dibanjiri pujian para penggemarnya. Meski sudah berusia 31 tahun, Naysila terlihat cantik dan awet muda. Berikut 6 gaya artis cantik Naysila Mirdad saat pemotretan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019).

1. Naysila Mirdad tampil anggun dengan gaun panjang berwarna pastel.

Naysila Mirdad (Sumber: Instagram/@fdphotography90)

2. Gaun yang lembut tersebut membuat Naysila Mirdad terlihat bak putri kerajaan.

Naysila Mirdad (Sumber: Instagram/@fdphotography90)

3. Naysilla mengenakan makeup bernuansa nude, ia terlihat begitu feminim.

Naysila Mirdad (Sumber: Instagram/@fdphotography90)

4. Pemotretan kali ini Naysilla Mirdad menata rambut panjangnya dengan gaya wavy hair, berpotongan poni depan yang cantik.

Naysila Mirdad (Sumber: Instagram/@fdphotography90)

5. Saat bergaya membaca buku, Naysila Mirdad terlihat bak putri negeri dongeng.

Naysila Mirdad (Sumber: Instagram/@fdphotography90)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Shopee Liga 1 2019 Barito Putera Vs PSM Makassar di Vidio

Posted: 10 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Banjarmasin - Barito Putera akan meladeni PSM Makassar dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Rabu (11/12/2019) WIB di stadion Demang Lehman, Martapura, Rabu (11/12/2019). Tim tuan rumah diprediksi bakal bermain ngontot demi terhindar dari degradasi.

Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman (Djanur) pun meminta timnya waspada agar tidak kecolongan.

"PSM Makassar adalah tim papan atas. Mereka memiliki materi pemain andal di setiap lini. Jadi, kami harus mewaspadai mereka," ujar Djanur kepada Bola.com

Di sisi lain, PSM Makassar ingin memperbaiki performa mereka dalam beberapa laga terakhir, terutama di laga tandang. Pelatih PSM, Darije Kalezic mengungkapkan dua penyebab hal tersebut terjadi.

"Kami hanya sering kehilangan fokus dan konsentrasi sehingga membuat kesalahan sendiri. Terutama di laga tandang," kata Darije.

Hasil laga tandang PSM memang terbilang minor. Juku Eja jadi satu-satunya tim yang tak pernah menang di markas lawan di Shopee Liga 1 2019 musim ini. Dari 15 partai tadang, PSM tiga kali bermain imbang dan menelan 12 kekalahan.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 Barito Putera vs PSM Makassar akan disiarkan di Vidio mulai pukul 18.30 WIB. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk live streaming Barito Putera vs PSM Makassar, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Adhitya Harlan (kiper); Andri Ibo, Dandi Maulana, Donni Monim, Ronny Beroperay (tengah); Bayu Pradana, Kosuke Uchida; Rizky Pora, Samsul Arif, Rafael Silva (tengah); Francisco Torres (depan).

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Taufik Hidayat (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanda Hamidah Ambil Hikmah Gagal Nyaleg dan Bercerai Lagi

Posted: 10 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kembali melangkah ke karpet merah membuat Wanda Hamidah berbunga-bunga. Selasa (10/12/2019), Wanda Hamidah memperkenalkan film anyar Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan kepada publik.

Meski bukan pemeran utama, Wanda Hamidah lega. Ia melewati banyak hal setahun terakhir. Beberapa di antaranya menyakitkan. Wanda Hamidah gagal melenggang ke Senayan dalam pemilihan legislatif April lalu.

Rumah tangganya dengan Daniel Patrick Hadi Schuldt pun kandas di tahun yang sama. Dua ujian ini dihadapi Wanda Hamidah dengan tegar. Ia mencoba mengambil hikmah dari rentetan peristiwa ini.

The Art of Struggling

Wanda Hamidah. (Nurwahyunan/bintang.com)

"Banyak waktu untuk saya mengeksplorasi diri, enggak harus bekerja nine to five. Salah satunya bisa kembali berkesenian, yoga, mengurus anak dengan lari sana lari sini lalu lari ke sana lagi. Sekarang fleksibel dan lebih bahagia," ujar Wanda Hamidah.

Ditemui di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, ia mengakui, membesarkan empat anak bukan hal mudah. Wanda Hamidah menyebut ini sebagai the art of struggling.

Kalah Menang Sudah Biasa

Wandah Hamidah. (Foto: instagram.com/wanda_hamidah)

"Mengantar anak, bekerja, pindah ke sini, lalu jemput anak lagi. Kalau melakukannya dengan senang, enggak akan terasa capai," imbuhnya. Terkait kegagalan di pemilihan legislatif, itu menyebut itu hal lumrah.

Wanda Hamidah menepis isu yang menyebutnya stres lantaran gagal jadi wakil rakyat. "Sudah biasa. Artinya saya di politik, kan sudah lama. Saya aktif di politik sejak tahun 1998. Menang kalah buat saya hal biasa. Dan ketidakterpilihan saya, maksud saya belum berhasil," ujar bintang film Dapunta Pengejar Angin.

Waktu Mepet

Wanda Hamidah. (Galih W/dok. Bintang.com)

Wanda Hamidah mengulas, ia tak terpilih menjadi wakil rakyat akibat banyak faktor. Salah satunya, waktu persiapan yang sangat mepet. Ini menjadi koreksi baginya.

"Ini menjadi koreksi bagi saya. Ke depan, kalau mau serius saya enggak boleh bekerja dengan waktu mepet. Kalau mau maju harus mempersiapkan sejak lama," beri tahu Wanda Hamidah.

Rumah Tangga Sudah Selesai

Wanda Hamidah (Deki Prayoga/bintang.com)

Ia masih aktif mengajar yoga, jadi pembicara di sejumlah forum, dan tetap menekuni profesi sebagai notaris PPAT. Sempat pula beredar isu, Wanda Hamidah berupaya menutupi perceraian kedua. Ini pun ditepisnya.

"Rumah tangga saya sudah selesai. It is over. Dunia hiburan bukan kehidupan saya sehari-hari. Karena satu dan lain hal saya kembali ke dunia film dan akhirnya bertemu rekan media lagi. Memang (rumah tangga) kami berakhir tahun ini. Tapi kami berdua berkomitmen memprioritaskan anak," pungkas aktris kelahiran Jakarta, 21 September 1977.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tol Layang Japek Siap Dipakai Saat Natal dan Tahun Baru 2020

Posted: 10 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tol layang Jakarta-Cikampek dipastikan akan segera diresmikan Presiden Jokowi. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan tol layang Japek akan bisa dipakai saat Natal dan Tahun Baru 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paket Ponsel Bakal Tingkatkan Jumlah Pengguna Netflix di Indonesia?

Posted: 10 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Netflix resmi merilis paket berlangganan khusus perangkat mobile (Paket Ponsel) di Indonesia dengan harga Rp 49 ribu per bulan.

Paket ini melengkapi paket berlangganan yang sudah ada sebelumnya yakni paket Basic (Rp 109 ribu), Standard (Rp 139 ribu), dan Premium (Rp 169 ribu).

Kehadiran Paket Ponsel di Indonesia seiring dengan kebiasaan masyarakat di Tanah Air dalam mengakses internet yang sebagian besar dilakukan dengan perangkat mobile.

Namun, apakah kehadiran Paket Ponsel bakal mendongkrak jumlah pelanggan Netflix di Tanah Air?

Communication Manager Netflix, Kooswardini Wulandari mengatakan, kehadiran Paket Ponsel akan membuat lebih banyak pengguna internet di Indonesia tahu tentang Netflix.

"Karena permasalahan utamanya adalah bagaimana mengubah kebiasaan orang, dari yang biasanya menonton TV atau DVD menjadi streaming. Jadi, di Indonesia Netflix ingin memperkenalkan kebiasaan nonton streaming konten on demand," tutur Kooswardini di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Tujuan lainnya adalah untuk membuat orang tetap dan terus berlangganan Netflix.

"Kami ingin membuat orang stay dan terus berlangganan Netflix, karena di Netflix tidak ada iklan, semuanya dibiayai oleh biaya langganan, oleh karenanya kami membuat konten original," ujar dia.

Potensi Indonesia

Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Netflix sendiri tidak menyebut jumlah penggunanya di Indonesia. Namun secara global, jumlah pelanggan Netflix ada 158 juta 190 negara di dunia.

Sementara itu menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengakses internet di Indonesia jumlahnya 170 juta jiwa. Bisa dibilang, masih ada cukup ruang bagi Netflix untuk berkembang di Indonesia.

"Pertumbuhannya sangat pesat terutama untuk di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari channel media sosial kita, banyak orang yang mengikuti rekomendasi. Terus judul-judul serial original seperti Stranger Things dan Vagabound itu trending," tuturnya.

Oleh karenanya, Kooswardini menyebut, tantangan Netflix di Indonesia adalah bagaimana membuat pengguna tetap mau berlangganan Netflix.

Terus Tambah Konten Indonesia

Netflix (Mashable.com)

Kooswardini menyebut, pihak Netflix terus menambah konten-konten Indonesia.

Saat ini bukan konten original yang banyak dibuat, melainkan akuisisi film atau konten milik pihak lain.

"Kami ingin menambah konten-konten Indonesia, meski belum ada konten original, kami lakukan dengan akuisisi. Makanya sekarang sedang aktif berbicara dengan berbagai partner, hasilnya banyak tambahan film lokal baru seperti Ngenest dan Koala Kumal," tutur Kooswardini.

Persaingan Itu Bagus

Netflix (digitaltrends.com)

Kooswardini mengatakan, saat ini fokus Netflix adalah pada pengguna. Oleh karenanya, ia menyebut bahwa persaingan adalah hal yang baik bagi pengguna.

"Dengan banyaknya persaingan OTT itu bagus, karena yang perlu dibangun di sini adalah bagaimana mengubah perilaku pengguna, dari konten free jadi berbayar. Dari yang belum biasa streaming jadi senang streaming," katanya.

Oleh karena itu, Netflix menganggap banyaknya persaingan justru makin besar kesempatan mengedukasi konsumen untuk beralih ke gaya hidup streaming.

(Tin/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Marie Fredriksson, Vokalis Roxette yang Meninggal Dunia di Usia 61 Tahun

Posted: 10 Dec 2019 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka tengah menyelimuti industri musik dunia. Pasalnya, vokalis dari grup musik Roxette, Marie Fredriksson meninggal dunia pada Senin (9/12/2019) pagi waktu setempat. Marie Fredriksson meninggal dunia di usia 61 tahun setelah kurang lebih 17 tahun berjuang melawan penyakit yang dideritanya. 

Tentu saja kabar meninggalnya vokalis Roxette ini cukup mengejutkan publik. Pasalnya, Marie merupakan penyanyi yang memiliki karier cemerlang di Swedia, bahkan sebelum bergabung dengan Roxette.

Dilansir Liputan6.com dari theguardian.com pada Rabu (11/12/2019) kabar meninggalnya Marie Fredriksson ini pun disampaikan oleh pihak keluarga melalui sebuah surat kabar asla Swedia, Expressen.

"Dengan sangat sedih kami harus mengumumkan bahwa salah satu artis kami yang terbesar dan paling dicintai telah tiada," uangkap pihak keluarga dari Marie Fredriksson.

Marie sendiri memang diketahui telah menderita tumor otak sejak 2002 silam. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019) berikut ini beberapa fakta terkait Marie Fredriksson, vokalis band Roxette yang meninggal dunia di usia 61 tahun

1. Sempat membuat grup punk

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson (Foto: Instagram/@dondiario)

Sebelum dikenal sebagai vokalis dari Roxette, rupanya Marie Fredriksson sempat membuat sebuah grup band punk bernama Strul. Band tersebutlah yang membawa Marie dalam ajang festival musik pada 1979. Akan tetapi, grup band Strul tidak bertajal lama.

Setelah bubar ia pun membuat sebuah proyek tersendiri bernama MaMas Barn. Bahkan, dirinya telah merilis album pertamanya berjudul Het Vind pada 1984. Wanita yang lahir pada 30 Mei 1958 ini tak hanya berhenti disitu saja.

Kesuksesannya pun terus berlanjut saat merilis lagu Den Sjunde Vagen pada 1986 dan Efter Stormen pada 1987.

2. Membentuk Roxette bersama Per Gessle

Roxette (via Pinterest)

Sempat menjalani karier sebagai penyanyi solo, pada 1986 dirinya pun membentuk grup Roxette bersama Per Gessle. Karier grup Roxette pun melejit setelah mengeluarkan lagu The Look.

Bahkan, grup yang beranggotakan dua orang tersebut mulai memasuki panggung internasional setelah lagu mereka berhasil memuncaki tangga lagu Billboard. Berkiprahnya karier Roxette pada saat ini pun bertepatan dengan mulai mandeknya karier solo Marie Fredriksson.

3. Divonis tumor otak

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson (Foto: Instagram/@rockklassiker)

Terus mengalami kesuksesan di industri musik, rupanya hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi kesehatannya. Pada September 2002 lalu, Marie Fredriksson sempat mengalai kejang-kejang di kamar mandi dan mengalami retak pada tengkoraknya. Ia pun dibawa ke rumah sakit dan menjalani berbagai rangkaian pengobatan.

Setelah menjalani MRI, Marie pun divonis oleh pihak rumah sakit jika dirinya menderita tumor otak. Tak sampai disitu saja, dirinya juga diberi tahu jika memiliki peluang hidup sebanyak 25 persen saja.

4. Tetap merilis lagu

Vokalis Roxette, Marie Fredriksson (Foto: Twitter/@therealroxette)

Marie Fredriksson pun harus menjalani berbagai rangkaian rehabilitasi dan pengobatan tumor otak yang dideritanya. Meski begitu, dirinya tetap menjalani rekaman lagu sebagai penyanyi solo. Di tahun 2004 ia pun berhasil merilis lagu berjudul The Change dan Min baste van pada 2006.

5. Mengadakan tur dunia

Marie Fredriksson dan Per Gessle pun sempat mengadakan reuni untuk band Roxette yang sempat meraih kesuksesan di era 90-an. Keduanya pun merilis kembali beberapa album dan mengadakan tur dunia.

Meski sempat divonis memiliki peluang hidup sebesar 25 persen, Marie justru tak berhenti untuk membuat karya. Dirinya pun kembali merilis lagu berjudul Nu sebagai penyanyi solo.

6. Mengundurkan diri dari dunia hiburan

Meski terus berkarya menciptakan lagu, akan tetapi dirinya tetap menjalani rangkaian pengobatan yang diperlukan. Hal ini pula mengakibatkan Marie memiliki masalah kesehatan akibat terapi radiasi yang dijalaninya.

Marie Fredriksson pun memilih untuk mengundurkan diri pada 2006 lalu karena masalah kesehatan akibat pengobatan radiasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Angelika mengatakan...

Saya tidak dapat cukup berterima kasih kepada Dr EKPEN TEMPLE kerana telah membantu saya mengembalikan kegembiraan dan ketenangan dalam perkahwinan saya setelah banyak masalah yang hampir menyebabkan perceraian, alhamdulillah saya bermaksud Dr EKPEN TEMPLE pada waktu yang tepat. Hari ini saya dapat mengatakan kepada anda bahawa Dr EKPEN TEMPLE adalah jalan keluar untuk masalah itu dalam perkahwinan dan hubungan anda. Hubungi dia di (ekpentemple@gmail.com)