Minggu, 29 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Deretan Zodiak yang Paling Percaya Cinta, Kamu Termasuk?

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki kepercayaan tersendiri soal cinta dan belahan jiwa. Tentu dengan adanya cinta, hidupmu akan lebih bahagia dan bewarn

class=
a. Nah, kekuatan cinta dan belahan jiwa ternyata juga bisa dilihat dari zodiakmu.

Nah, penasaran zodiak apa saja? Berikut tiga zodiak yang ternyata sangat percaya dengan cinta dan belahan jiwa yang mengisi kehidupannya, seperti melansir dari Elitedaily, Senin (30/12/2019).

1. Pisces

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)
Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pisces dikenal individu yang ekstrovert. Jadi tidak heran jika pemilik zodiak ini tidak bisa merasa sendiri.

Itu juga yang membuat Pisces ketika yakin dengan seseorang yang menjadi belahan jiwanya, dia benar-benar akan setia dan menyanyi sosok cinta sejatinya itu.

2. Taurus

Pemilik zodiak ini sangat percaya dan menghargai cinta. Jika ingin hidupnya bahagia, maka satu hal yang ia butuhkan dalam hidup adalah cinta.

Meski tampak keras dari luar, tapi Taurus punya hati selembut kapas dan semanis madu. Jika sudah menemukan yang tepat, ia akan mengerahkan usaha untuk membangun hubungan cinta tersebut segenap jiwanya.

3. Cancer

Cancer dikenal individu yang sensitif dan penuh cinta. Tidak heran jika ketika menjalin sebuah hubungan dengan seseorang, ia akan tulus dan setia dengan pasangannya. 

Ia juga punya cita-cita dalam hidupnya untuk menemukan belahan jiwanya dan mencintai sepenuhnya serta membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera. Karir atau yang lainnya bisa jadi nomor dua, tapi tidak untuk cinta. 

Reporter:

Febi Anindyakirana

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma Serahkan Santunan Korban Kebakaran Kampung Malang di Surabaya

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyerahkan santunan kepada korban kebakaran yang terjadi di Kampung Malang VIII RT 1 RW 5 Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 28 Desember 2019.

"Kondisinya sekarang bagaimana bu, sudah difasilitasi apa saja," kata Risma kepada salah satu korban kebakaran, Darsih (46) saat blusukan di sekitar lokasi kebakaran, Minggu, 29 Desember 2019, seperti dilansir Antara.

Peristiwa kebakaran yang terjadi pada Sabtu, 28 Desember 2019 di Kampung Malang Surabaya itu membuat pasangan suami istri, Siswanto (40) dan Darsih (46), harus rela kehilangan rumahnya. Atas kejadian tersebut, rumah yang mereka tempati, kini telah hangus dilalap si jago merah. Kedua pasangan ini pun harus rela mengungsi dan tinggal sementara di rumah tetangga.

Mendengar warganya mengalami musibah, Risma tidak tinggal diam. Bahkan, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini terjun langsung blusukan untuk melihat kondisi warganya tersebut.

Walaupun lokasi rumah korban berada di perkampungan padat penduduk dan gang sempit, tetapi hal ini tak menyurutkan niat Wali Kota Risma untuk melihat langsung kondisi kedua pasangan itu.

Sekitar pukul 08.45 WIB, Wali Kota Risma tiba didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Tegalsari Surabaya. Dari jalan gang utama menuju lokasi, Wali Kota Risma bersama rombongan harus berjalan kaki yang berjarak sekitar 100 meter lebih.

Menariknya, di sepanjang jalan gang dan sudut kampung, masyarakat terlihat begitu antusias menyambut kedatangan pejabat nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya itu. Bahkan, sesekali masyarakat juga terlihat berebut salaman dengan wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

Saat rombongan wali kota tiba di lokasi, pasangan suami istri ini pun terlihat begitu senang sebab keduanya tidak menyangka, jika orang nomor satu di jajaran Pemkot Surabaya datang langsung untuk melihat kondisi rumahnya. Dengan menggunakan kemeja hijau, Wali Kota Risma tampak mengobrol bersama kedua pasangan ini di halaman teras rumah, sembari menyerahkan santunan.

Kala itu, Risma ingin mendengar langsung keluhan dan memastikan korban sudah mendapat intervensi bantuan. Hal ini dilakukan agar treatment atau bantuan yang diberikan kepada korban sesuai dengan yang dibutuhkan.

Darsih pun langsung bercerita keluhan yang dialaminya. Diketahui, istri dari Siswanto ini sejak remaja mengalami disabilitas. Hal ini membuat kaki Darsih tak bisa digunakan sepenuhnya untuk berjalan.

Mendengar hal itu, Risma kemudian menginstruksikan jajarannya untuk menyiapkan tongkat krek, dan sepatu, agar digunakan Darsih untuk mobilitas sehari-hari. "Siapkan tongkat krek, nanti biar diukurkan sepatu juga," kata Wali Kota Surabaya Risma kepada jajarannya.

Tak hanya itu, kepada Camat Tegalsari, Risma juga menginstruksikan agar Darsih mendapat bantuan permakanan dan pembangunan rumah melalui program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK).

"Ibu Darsih tolong juga dimasukkan ke dalam list permakanan," ujarnya.

Siswantono Bersyukur

Mendengar apa yang disampaikan Wali Kota Risma, Siswantono (40) wajahnya tampak begitu sumringah. Bahkan, ia mengaku bersyukur, Pemkot Surabaya memberikan bantuan untuk perbaikan rumahnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bu Risma. Alhamdulillah rumah saya dibangun kembali. Semoga Bu Risma panjang umur, diberi rizki yang banyak dan sehat terus," kata Siswantono.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Imam Siswandi mengatakan peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 14.45 WIB, Sabtu, 28 Desember 2019.

Dengan obyek berupa rumah tinggal yang ditempati pasangan Darsih dan Siswanto. "Setelah kita cek, korban hanya mendapat bantuan berupa BPJS Kesehatan," kata Imam.

Kendati demikian, kata Imam, atas instruksi dari Wali Kota Risma, pihaknya kemudian memberikan beberapa intervensi bantuan yakni santunan berupa uang, program permakanan dan RSDK untuk perbaikan rumahnya. Selain itu, Darsih juga mendapat bantuan tongkat krek dan sepatu untuk mobilitas sehari-hari.

"Memang ibu ini (Darsih) mengalami disabilitas pada kaki sejak SMP kelas dua, sehingga untuk jalan tadi ndak bisa. Sehingga ibu wali kota tadi menginstruksikan agar diberi bantuan alat (tongkat krek) untuk mobilitas," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciputra Tawarkan Perkantoran Multifungsi untuk Startup

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab kebutuhan pengusaha pemula, para pengembang melakukan berbagai inovasi pasar untuk mengakomodasi besarnya kebutuhan ruang usaha yang efisien dan fungsional. Untuk itu, Ciputra Group melalui produk Ciputra International di Jakarta Barat, hadirkan ruang kerja modern bagi para pengusaha rintisan.

Andreas Raditya, General Manager Marketing Ciputra Group mengatakan, sejak terjadinya revolusi teknologi informasi yang menggunakan internet atau media sosial secara masif, pola bisnis pun terjadi banyak perubahan.

Misalnya pekerjaan dan meeting dengan klien tidak lagi mesti harus dilakukan di kantor. Dan dengan bantuan internet maka jarak dan waktu bukan lagi kendala.

"Imbasnya muncul trend kebutuhan perkantoran yang mengedepankan efisiensi dan fungsional. Sekarang kantor tidak perlu besar, tapi idealnya berada di lokasi strategis dengan kemudahan aksesibilitas, representatif, dan kawasan prestige," ujar Raditya, di kawasan Kantor Start-up Ciputra Internasional, Jakarta Barat, Senin (30/12/2019).

Karena itu, Ciputra International mengembangkan start-up office modern yang didesain khusus bagi para pekerja kreatif yang menginginkan kenyamanan dan efisiensi di dalam kantor.

Harga Mulai Rp 600 Jutaan

Izin telat datang ke kantor karena masih ingin melihat anjingnya yang sedang tidur, perempuan ini dapat respon mengejutkan dari si bos. (Ilustrasi: Women in the World)
Izin telat datang ke kantor karena masih ingin melihat anjingnya yang sedang tidur, perempuan ini dapat respon mengejutkan dari si bos. (Ilustrasi: Women in the World)

Perkantoran strata title ukurannya mulai dari 20 meter persegi hingga 40 meter persegi, dengan harga mulai Rp 600 jutaan ini, diyakini sangat cocok untuk perusahaan rintisan yang ingin memiliki kantor sendiri.

Terbukti produk start-up office ini memang sangat menarik pasar. "Di tower pertama, Tokopedia Care Tower 2, lantai khusus start-up office saat ini sudah terjual 90 persen. Sementara di tower kedua, Propan Tower yang baru sekitar 2 bulan dipasarkan, ada 3 lantai khusus start-up office yang ditawarkan dan sudah terjual sekitar 30 persen," tutur Raditya.

Raditya memperkirakan, tahun depan kondisi perekonomian Indonesia khususnya di DKI Jakarta semakin membaik, diikuti dengan banyaknya start-up company yang akan bermunculan. Karena itu, dia optimis penjualan start-up office Ciputra International akan meningkat tinggi.

Di samping start-up office, kata Raditya, di setiap lantai pengembang juga menawarkan unit tipikal dengan luasan hingga 300 meter persegi. "Untuk aktivitas kantornya, kami menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung, seperti ruangan meeting berbagai ukuran yang bisa disewa, service office, yang terdiri dari ruangan foto copy, printing, fax, juga receptionist," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

vidio:Keuntungan Beli Rumah Pakai Agen Properti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ZTE Axon 10 Pro Cicipi Android 10

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti para vendor lain, ZTE juga merilis OS Android 10 untuk produknya. Flagship smartphone ZTE Axon 10 Pro akhirnya mendapatkan pembaruan ke Android 10.

Dilansir GSM Arena, Senin (30/12/2019), ZTE sudah mulai merilis pembaruan ke Android 10 untuk Axon 10 Pro. Pembaruan software ini hadir dengan MiFavor 10, yang diumumkan pada November lalu.

Selain hadir dengan berbagai fitur baru, termasuk dari Android 10, smartphone ini juga mendapatkan kemampuan baru, termasuk bisa otomatis menolak panggilan telepon melalui Game assistant, optimalisasi smart screen home, nada dering grup, dan optimalisasi blacklist.

Peluncuran Android 10 saat ini sudah tersedia di Tiongkok. ZTE diharapkan akan merilis pembaruam serupa untuk negara-negara lain dalam waktu dekat.

ZTE Axon 10 Pro merupakan flagship ZTE yang diumumkan pada Februari 2019. Smartphone ini antara lain hadir dengan prosesor Snapdragon 855, layar AMOLED 6,47 inci, dan baterai 4.000mAh.

Galaxy Note 10 5G Tak Bisa Cicipi Android 10 Tahun Ini

Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho
Samsung Galaxy Note 10 Plus. Liputan6.com/Istiarto Sigit Nugroho

Samsung juga tengah menyiapkan sejumlah smartphone besutannya untuk mendapatkan pembaruan ke OS Android 10. Menurut laporan terbaru, Galaxy Note 10 5G dan Note 10 Plus 5G tidak akan mendapatkan versi stabil Android 10 pada akhir tahun ini.

Dilansir Phone Arena, kedua varian smartphone tersebut akan tetap setia dengan Android 9 sampai akhir tahun ini. Padahal varian Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus sudah mendapatkan versi stabil Android 10 beberapa waktu lalu.

Menurut pernyataan Community Manager forum Samsung di Korea Selatan, peluncuran resmi Android 10 dengan One UI 2.0 baru akan menyambangi kedua versi smartphone 5G tersebut pada 2020. Perusahaan meminta maaf atas keterlambatan tersebut, dan berjanji merilis pembaruan secepatnya pada tahun depan.

Sejauh ini pihak Samsung belum memberikan alasan keterlambatan tersebut. Namun diperkirakan ini terkait dukungan 5G pada smartphone tersebut.

OnePlus 7 Pro 5G dilaporkan mengalami hal yang sama dengan Galaxy Note 5G. Varian 4G dari smartphone OnePlus itu sudah menikmati Android 10.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Melanda Lahat, 1 Jembatan Putus 7 Rumah Hanyut

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Lahat - Satu jembatan putus, dan tujuh rumah warga di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan dikabarkan hanyut diterjang banjir akibat luapan Sungai Mulak. 

Kepala BPBD Kabupaten Lahat, Marjono, Senin (30/12/2019) mengatakan, berdasarkan laporan sementara ada tujuh rumah di Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, yang hanyut atau berpindah posisi akibat luapan air Sungai Mulak.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja banyak bangunan di sana seperti kantor camat, pasar, dan rumah warga ikut terendam," katanya seperti dikutip Antara.

Sungai Mulak tiba-tiba meluap pada Senin sekitar pukul 04.30 WIB, menyusul hujan deras yang meliputi wilayah Kabupaten Lahat sejak Minggu malam (29/12) hingga Senin pagi.

Luapan air sungai itu membanjiri permukiman warga serta mengakibatkan Jembatan Air Mulak yang menghubungkan Kabupaten Lahat dengan Muara Enim putus.

Kerusakan Jembatan Air Mulak yang berada di antara Desa Lesung Batu dan Pengentaan di Kecamatan Mulak Sebingkai tersebut mengganggu mobilitas warga sekitarnya.

"Sementara waktu jembatan tidak bisa dilewati sama sekali, untuk alternatifnya kami belum tahu," kata Marjono.

Saat ini, petugas BPBD, TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial Lahat sudah turun ke Desa Keban Agung untuk membantu warga yang menghadapi dampak banjir akibat luapan air Sungai Mulak.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ponsel Bintang Liverpool Jadi Sorotan usai Kandaskan Wolves

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Sadio Mane menjadi pahlawan kemenangan Liverpool di pekan ke-20 Liga Inggris yang berlangsung pada Minggu (29/12/2019). Dia mencetak gol tunggal kemenangan Liverpool atas Wolverhampton Wanderers di Anfield Stadium.

Usai pertandingan tersebut, Sadio Mane menjadi sorotan. Bukan aksinya dalam duel Liverpool vs Wolves, melainkan ponsel yang digengamnya.

Seperti dalam Twitter MSport, Sadio Mane ketahuan masih menggunakan ponsel yang kondisinya sudah jelek. Bahkan, layar handphone yang dimilikinya sudah retak, hampir setengah layar.

"Lihatlah layar ponselnya. Sadio Mane adalah salah satu dari kita," kicau MSport sebagai keterangan fotonya.

Tentunya hal tersebut sangat mengejutkan. Pasalnya, bintang Liverpool itu mendapat bayaran hingga 150 ribu paund sterling atau Rp 2,7 miliar per pekan.

 

Komentar Netizen

Penyerang Liverpool, Sadio Mane, melakukan selebrasi usai membobol gawang Wolverhampton Wanderers pada laga Premier League 2019 di Stadion Anfield, Minggu (29/12). Liverpool menang 1-0 atas Wolverhampton. (AP/Jon Super)
Penyerang Liverpool, Sadio Mane, melakukan selebrasi usai membobol gawang Wolverhampton Wanderers pada laga Premier League 2019 di Stadion Anfield, Minggu (29/12). Liverpool menang 1-0 atas Wolverhampton. (AP/Jon Super)

Ponsel Sadio Mane langsung mendapat perhatian dari netizen. Bahkan, ada banyak netizen yang tidak minder lagi dengan ponsel jadul miliknya.

"Ini adalah ponsel Sadio Mane. Sekarang saya sangat bangga memberi tahu kalian semua kalau saya menggunakan iPhone 4," kicau pemilik akun @fred_diaries1.

"Dengan uang yang dimilikinya, dia harusnya bisa membeli iPhone 11pro max. Anda tidak bisa membandingkan dia dengan diri Anda sendiri," timpal @blacky.

 

Statistik Mane

Berikut Sadio Mane di Liga Inggris musim ini:

Main: 18

Menang: 17

Kalah: 0

Gol: 10

Assist: 6

Umpan: 547

Sepakan: 43

Sepakan on target: 21

Kartu kuning: 1

Kartu merah: 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Abbey Ibrahim, Putri Baim dan Artika yang Jadi Penyanyi Cilik

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan suami istri Ibrahim Imran atau kerap disapa Baim dan Artika Sari Devi Putri Indonesia 2004, ternyata memiliki putri yang kini mengikuti jejaknya. Putri sulungnya Sarah Ebiela Ibrahim atau kerap disapa Abbey Ibrahim ini kini menekuni dunia musik.

Putri sulung Baim ini memang sudah diperkenalkan dengan musik sejak kecil. Bahkan pada 2017, Abbey mulai menjadi penyanyi cilik dengan meluncurkan single perdananya yang berjudul Pelangi Usai Hujan. Lagu tersebut ia nyanyikan bersama Dayana Zoelie Ibrahim, adiknya dan juga Baim, ayahnya. Lagu tersebut masuk ke dalam album solo Baim yang bertajuk Wasowakete Is a Waluwa.

Tahun 2019 ini, Abbey merilis dua single yakni Adikku Tersayang, Juli 2019 dan Melati Putih, Agustus 2019. Single Melati Putih sendiri merupakan lagu yang diciptakan oleh Guruh Soekarno Putra yang sebelumnya telah dipopulerkan oleh Tika Bisono di era 1980-an.

Lagu tersebut pun diaransemen ulang oleh Baim untuk dinyanyikan sang anak. Hal ini pun tentu menjadi bukti bahwa Baim sangat mendukung anaknya untuk terjun menjadi penyanyi cilik. Berikut 7 potret Abbey Ibahim, putri Baim dan Artika Sari Devi yang Liputan6.com, Senin (30/12/2019).

1. Begini penampilan Abbey saat berada di panggung bawakan lagu singlenya

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

2. Sudah sejak tahun 2017 jadi penyanyi cilik, Abbey sudah banyak menghibur di banyak panggung

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

3. Sebagai penyanyi cilik, Abbey pun mewarisi bakat dari kedua orang tuanya yang jadi model dan musisi

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

4. Baim yang telah lebih dulu terjun ke dunia musik sangat mendukung anak sulungnya di dunia tarik suara

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

5. Lahir tanggal 21 Oktober, Abbey pun kini baru berusia 10 tahun

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

6. Momen Abbey saat di dapur rekaman

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

7. Momen persiapan lagu terbaru pun tak lepas dari bimbingan dan arahan dari ayahnya

Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)
Abbey Ibrahim (Sumber: Instagram/abbeyabiela)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bom Mobil Meledak, 79 Warga Somalia Tewas

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bom mobil meledak di Ibu Kota Somalia, Mogaishu. 79 orang tewas, ratusan lainnya terluka akibt peristiwa ini. Presiden Somalia menduga ini adalah perbuatan kelompok separatis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangani Epilepsi dengan Perawatan Alternatif

Posted: 29 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Epilepsi adalah penyakit yang mengganggu aktivitas fisik sistem saraf. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menggambarkan epilepsi sebagai kondisi otak yang menyebabkan kejang berulang.

Kejang ini terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh jaringan fibrosa, yang menganggu sistem pesan antar sel-sel otak. Selain itu, stoke juga menjadi penyebab umum kejang ini terjadi. Terutama, pada usia diatas 65 tahun.

Hubungan antara autisme dan epilepsi, riwayat keluarga dan cidera otak merupakan penyebab utama lainnya. Namun, Epilepsy Foundation mengatakan bahwa penyebab dari penyakit ini tidak diketahui pada 60 persen orang.

Epilepsy Foundation ini juga memperkirakan bahwa 1 dari 26 orang Amerika akan terserang penyakit epilepsi selama hidup mereka. Orang dengan penyakit epilepsi memiliki berbagai pilihan perawatan, termasuk terapi alternatif.

Namun, penyakit ini merupakan kondisi yang kompleks, dan semua pilihan pengobatan alternatif harus diperhatikan untuk memastikan pengobatan yang paling efektif.

Walaupun obat anti-epilepsi (AED) membantu kebanyakan orang mengendalikan gejala mereka, pada beberapa tidak sama sekali. Selain itu, beberapa orang khawatir tentang keamanan jangka panjang dari obat-obatan tersebut.

Seperti yang diwartakan dalam laman Medicalnewstoday, dipaparkan beberapa perawatan epilepsi alternatif.

Perawatan Epilepsi Alternatif

Ilustrasi epilepsi. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi epilepsi. (Foto: Pixabay)

Ganja medis

Cannabis sativa, atau ganja telah digunakan untuk mengobati kejang selama berabad-abad. Ketertarikan dalam penggunaan ganja medis sangat kuat untuk sekitar 1 juta penduduk Amerika Serikat yang tidak mengonsumsi obat anti-epilepsi.

Charlotte's Web adalah jenis ganja yang di kembang biakkan karena mengandung kadar Cannabidiol (CBD) yang tinggi. Ganja ini diakui sejak menurunnya kondisi kejang anak dengan 2-3 bulan perawatan.

Namun, studi ilmiah memaparkan bahwa perawatan jenis ini belum membuktikan keefektifan ganja dalam mengobati epilepsi, dokter umumnya tidak merekomendasikan penggunaannya.

Diet

Diet adalah salah satu bentuk perawatan paling awal untuk epilepsi dan digunakan dengan variasi kontemporer untuk memudahkan anak-anak dan orang dewasa.

Diet ketogenik adalah diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat yang telah berhasil mengurangi kejang pada anak-anak yang tidak dapat mentolerir atau mendapatkan efek yang bagus dari obat anti-epilepsi. Diet ini memerlukan komitmen dan pemantauan yang luas.

Selain itu, diet atkins juga dapat menjadi pilihan karena diet ini tinggi protein dan juga rendah karbohidrat dan telah menunjukkan efek positif.

Perawatan Herbal

Perawatan herbal telah digunakan oleh 80 persen populasi dunia. Beberapa tumbuhan seperti chamomile, passionflower, dan valerian dapat membuat perawatan epilepsi lebih efektif dan menenangkan.

Namun, beberapa tumbuhan seperti ginkgo, ginseng, dan rempah-rempah yang mengandung kafein dan efedrin dapat memperburuk kejang.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat tidak memantau penggunaan herbal ini. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian yang lebih dan membeli ramuan herbal dari sumber terpercaya.

Vitamin

Kadar vitamin B6 yang rendah diketahui dapat menjadi pemicu kejang. Magnesium, vitamin E, serta suplemen nutrisi lainnya, telah diidentifikasi untuk mengobati epilepsi.

Orang yang mengonsumsi obat anti-epilepsi seringkali disarankan untuk mengonsumsi pula suplemen vitamin D untuk menjaga sistem tubuh agar tetap seimbang.

Seiring dengan konsumsi vitamin B6, magnesium, dan vitamin E, telah terbukti membantu mengobati epilepsi. Tiamin juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir pada penderita epilepsi.

 

Relaksasi

Ada banyak praktik yang dapat diikuti penderita epilepsi untuk membantu agar merasa lebih tenang, seperti mengendurkan otot, tidur lebih nyenyak, dan menikmati kondisi pikiran yang lebih baik.

Beberapa minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi, seperti lavender, chamomile, melati telah terbukti efektif dalam mencegah kejang ketika digunakan dengan teknik relaksasi.

 

Penulis : Lorenza Ferary

 

Saksikan Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antusias Warga Lihat Gerhana Matahari Cincin di Jember dan Pasuruan

Posted: 29 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Momen Gerhana Matahari Cincin, tak disia-siakan pelajar dan anak-anak yang sedang menikmati liburan. Mereka melihat peristiwa gerhana Matahari menggunakan kacamata khusus di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, atau Lapan, Pasuruan.

Sedangkan di Jember, Komunitas Astronomi memberi edukasi kepada pelajar, sekaligus mengamati fenomena langka itu, menggunakan kotak filter sederhana.

Sebelum menyaksikan Gerhana Matahari Cincin, petugas Lapan di Watukosek, Kecamatan Gempol, Pasuruan membagikan kacamata khusus. Anak-anak ini tergabung dalam Komunitas Pecinta Astronomi yang berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur. Secara kebetulan, fenomena Gerhana Matahari Cincin bersamaan dengan masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Selain dengan kacamata khusus, pihak Lapan juga memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin menggunakan teleskop. Berikut video liputannya pada Fokus, 27 Desember 2019.

Sementara di Jember, fenomena Gerhana Matahari Cincin, menjadi perhatian tersendiri bagi puluhan pelajar, dan anggota komunitas astronomi. Mereka berkumpul di Alun-Alun Kota, untuk mengamati fenomena langka itu secara langsung. Meski hanya menyaksikan fase Gerhana Matahari sebagian, atau parsial, namun detik-detik berlangsungnya fenomena ini tak sedikitpun luput dari pengamatan mereka, karena sekaligus untuk penelitian.

Terbatasnya jumlah teleskop membuat sebagian pelajar memanfaatkan solar box, atau kotak filter sederhana, agar dapat melakukan pengamatan Gerhana Matahari dengan aman.

Gerhana Matahari Cincin yang terjadi 26 Desember memang tidak bisa dilihat secara penuh di Jawa Timur. Namun demikian, antusiasme masyarakat melihat fenomena langka ini cukup besar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung: 10 Orang Potensi Tersangka Korupsi Jiwasraya Tak Kabur

Posted: 29 Dec 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Adi Toegarisman memastikan, 10 orang berpotensi tersangka atas kasus dugaan korupsi di perusahaan BUMN, PT Asuransi Jiwasraya tak melarikan diri ke luar negeri. Sebanyak 10 orang berpotensi tersangka itu berinisial HR, DYA, HP, MZ, DW, GL, ER, HH, BT dan AS.

"Enggak ada yang melarikan diri. Kita sudah kirim informasi ke Imigrasi sesuai prosedurnya melalui Jamintel dan sudah dilakukan pencegahan," kata Adi di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

Ia menegaskan, Kejagung sudah melakukan pencekalan terhadap 10 orang tersebut. Dengan begitu, mereka tak dapat melarikan diri atau kabur ke luar negeri.

"Iya masih dicekal. Nanti sampai berjalan prosesnya nanti akan keliatan sebetulnya siapa-siapa yang kita cekal. Tapi sudah jelas disampaikan kemarin bahwa ada 10 orang sudah kami cekal," tegas Adi.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang mencari aset-aset milik  10 orang berpotensi tersangka dugaan korupsi Jiwasraya.

"Kami akan menyelesaikan secara tuntas mencari aset-asetnya yang berkaitan dengan perkara itu. Kami sedang bekerja ya. Tolong ikutin kita, dukung supaya nanti penyelesaian perkara ini bisa utuh," ujar Adi.

Kejagung menemukan adanya dugaan korupsi di PT Jiwasraya. Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan, PT Jiwasraya menempatkan 95 persen saham di perusahaan yang berkinerja buruk. Dugaan awal potensi kerugian negara dalam kasus ini senilai Rp 13,7 triliun.

 

Dicekal

Jaksa Agung ST Burhanuddin (kiri) saat akan menyampaikan keterangan di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Keterangan terkait perkembangan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang menyebabkan kerugian Rp 13,7 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Jaksa Agung ST Burhanuddin (kiri) saat akan menyampaikan keterangan di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (18/12/2019). Keterangan terkait perkembangan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang menyebabkan kerugian Rp 13,7 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kejagung meminta Ditjen Imigrasi Kemenhumham untuk menerbitkan surat cegah dan tangkal (cekal) terhadap 10 orang ke luar negeri. Pencekalan itu dilakukan berkaitan dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi di perusahaan BUMN, PT Asuransi Jiwasraya.

"Jadi kita sudah minta untuk pencegahan ke luar negeri, cekal itu untuk 10 orang," ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2019).

Burhanuddin mengatakan, pencekalan ke luar negeri terhadap 10 orang terkait dugaan korupsi di Jiwasraya itu sudah dilakukan sejak Kamis, 26 Desember 2019 malam. Pencegahan ke luar negeri berlaku selama enam bulan.

"10 orang kita mulai minta cegah tangkal, tadi malam sudah dicekal," kata dia.

10 orang yang dicegah ke luar negeri yakni, HR, DYA, HP, MZ, DW, GL, ER, HH, BT, dan AS. Burhanuddin menegaskan, semua orang yang dicekal ini berpotensi sebagai tersangka dalam kasus gagal bayar di PT Asuransi Jiwasraya.

"Ya, betul, potensi untuk tersangka," kata dia.

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Medina Zein Positif Amfetamin, Polisi Buru Artis Lain?

Posted: 29 Dec 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Medina Zein beberapa waktu lalu diamankan pihak kepolisian. Medina Zein diamankan terkait pengembangan kasus narkoba yang menjerat kakak iparnya, Ibra Azhari.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa Medina Zein positif menggunakan amfetamin. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Yusri Yunus.

"Dit Narkoba Polda Metro Jaya beberapa hari yang lalu mengamankan salah seorang wanita berinisial MZ. Ini ada ketersangkutan hasil pengembangan dari salah satu tersangka yang sebelumnya kita amankan, yaitu Ibra ya," kata  Kombespol Yusri Yunus, Senin (30/12/2019).

Positif

Medina Zein (Sumber: Instagram/medinazein)
Medina Zein (Sumber: Instagram/medinazein)

"Ini pengembangannya, kemudian yang bersangkutan kita sudah lakukan pemeriksaan, dan juga kita tes urine positif mengandung amfetamin ya. Urine itu positif memang yang bersangkutan itu pemakai," lanjutnya.

Artis Lain?

Dari hasil pemeriksaan itu, pihak kepolisian masih akan melakukan pendalaman. Pihak kepolisian mencari tahu kemungkinan keterlibatan artis lain dalam kasus ini.

Pendalaman

"Mohon nanti dukungan teman-teman semuanya karena memang kita sedang melakukan pendalaman terhadap beberapa (barang bukti) handphone yang ada. Apakah ada keterkaitan yang lain termasuk ada beberapa artis yang lain nanti kita dalami semuanya nanti kita sampaikan kepada media," ujarnya.

 

Ditahan

Lebih lanjut, Medina Zein saat ini masih ditahan di Polda Metro Jaya.

"Sekarang MZ sudah kita lakukan penahanan di Ditres Narkoba Polda Metro Jaya," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Artis Ini Ditangkap Kasus Narkoba di 2019, Ada yang Empat Kali

Posted: 29 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 menjadi tahun yang cukup memiliki banyak kesan bagi sebagian orang. Akan tetapi, tak semua kesan yang ditinggalkan pada 2019 ini cukup baik. Nyatanya, sepanjang 2019, beberapa selebriti Tanah Air juga terjerat kasus narkoba dan harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Tak hanya sebagai pengguna saja, beberapa selebriti Tanah Air justru turut serta menjadi pengedar barang haram tersebut. Penangkapan selebriti atas kasus narkoba tentu saja cukup mengejutkan publik. Mulai dari tertangkapnya komedian Nunung, aktor muda Jefri Nichole hingga aktor senior Ibra Azhari.

Bahkan, ada pula yang harus berurusan dengan pihak kepolisian atas kasus narkoba lebih dari satu kali. Bahkan, ada yang sampai 4 kali tertangkap pihak kepolisian atas kasus yang sama.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (30/12/2019) berikut ini beberapa deretan selebriti yang tertangkap karena kasus narkoba sepanjang 2019.

Jupiter Fortessimo dan Zul 'Zivilia'

Jupiter Fortissimo (Daniel Kampua/Fimela.com)
Jupiter Fortissimo (Daniel Kampua/Fimela.com)

1. Jupiter Fortissimo

Jupiter Fortissimo harus kembali mendekam di penjara karena tertangkap kasus penyalahgunaan narkoba. Ia diamankan oleh Satuan Reserse Narkoba Polda Metro Jaya pada 11 Februari 2019 lalu di Grogol, Jakarta Barat. Sebelumnya, Jupiter juga sempat menjalani hukuman 2,5 tahun penjara atas kasus yang sama. Ia diamankan oleh pihak kepolisian beserta barang bukti satu paket sabu dan alat hisap atau bong.

Vokalis grup band Zivilia, Zulkifli alias Zul (tengah) diperlihatkan petugas Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3). Zul ditangkap terkait penyalahgunaan narkotika di kawasan Jakarta Utara, Kamis (28/2). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Vokalis grup band Zivilia, Zulkifli alias Zul (tengah) diperlihatkan petugas Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3). Zul ditangkap terkait penyalahgunaan narkotika di kawasan Jakarta Utara, Kamis (28/2). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

2. Zul 'Zivilia'

Penangkapan vokalis band Zivilia pada akhir Februari 2019 lalu juga sempat menghebohkan publik. Bukan sebagai pemakai, akan tetapi Zul juga masuk dalam jaringan pengedar narkoba. Pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa sabu seberat 9,54 kilogram serta 24.000 butir pil ekstasi. Ia juga divonis oleh majelis hakim dengan pidana penjara selama 18 tahun dan denda sebesar Rp 1 Miliar.

Sandy Tumiwa dan Edo Idol

Sandy Tumiwa (Adrian Putra/Bintang.com)
Sandy Tumiwa (Adrian Putra/Bintang.com)

3. Sandy Tumiwa

Aktor Sandy Tumiwa juga terjerat kasus narkoba pada Maret 2019 lalu. Dirinya ditangkap dengan barang bukti berupa sabu sebanyak 0,24 gram. Sandy Tumiwa diamankan pihak kepolisian bersama rekannya saat tengah melakukan pesta sabu. Bahkan, dari tes urin yang dilakukan oleh pihak kepolisian, mendapati aktor 37 tahun ini positif menggunakan narkoba. Ia ditangkap tanpa perlawanan di Hotel The Grpve, Jakarta Selatan pada 1 Maret 2019.

Eddo Charles Indonesian Idol (Foto: Twitter)
Eddo Charles Indonesian Idol (Foto: Twitter)

4.  Eddo Idol

Mantan finalis Indonesian Idol 2007, Eddo Charles atau yang dikenal sebagai Edo pun harus berurusan dengan pihak kepolisian. Ia diamankan oleh Satuan reserse Narkoba Polrestro Jakarta Barat pada 2 Maret 2019 di sebuah apartemen di Jakarta Selatan. Saat ditangkap, pihak kepolisian pun berhasil menemukan barang bukti berupa sebuah plastik klip berisi sabu serta alat hisap. Barang bukti tersebut ditemukan di lipatan bawah celana yang ia kenakan.

Agung Saga dan Nunung

Agung Saga (Sumber: Instagram/agungsaga99)
Agung Saga (Sumber: Instagram/agungsaga99)

5. Agung Saga

Aktor FTV sekaligus DJ Agung Saga juga diamankan oleh pihak kepolisian atas kepemilikkan narkoba. Ia ditangkap dengan rekannya bernama Harry Nugraha pada 9 April 2019. Penangkapan tersebut dilakukan di Kawasan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada pukul 02.00 WIB. Pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 1,49 gram dari tangan keduanya. Ia beralasan jika mengonsumsi barang haram tersebut demi meningkatkan stamina tubuh.

Pelawak Nunung dan July Jan Sambiran (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pelawak Nunung dan July Jan Sambiran (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

6. Nunung 'Srimulat'

Penangkapan komedian Nunung 'Srimulat' dan sang suami atas kasus narkoba cukup membuat heboh publik. Pasalnya, dirinya mengaku telah cukup lama mencicipi narkoba. Ia diamankan oleh pihak kepolisian di rumahnya yang berada di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada 19 Juli 2019 lalu. Video penangkapan Nunung dan sang suami Jully Jan Sembiran ini pun beredar di media sosial. Sebelum diamankan pihak kepolisian, Nunung juga mengaku telah membuang barang haram tersebut di kloset rumahnya.

Jefri Nichol, McDanny dan Reno Fenady

Jefri Nichol bermain di film DreadOut. (Adrian Putra/Fimela.com)
Jefri Nichol bermain di film DreadOut. (Adrian Putra/Fimela.com)

7. Jefri Nichol

Tak berselang lama setelah penangkapan Nunung, publik pun kembali dikejutkan dengan penangkapan aktor Jefri Nichol atas kasus kepemilikan narkoba. Bintang film Habibie & Ainun 3 ini pun diamankan pihak kepolisian pada 22 Juli 2019 di Kawasan Santa, Jakarta Selatan. Dari tangah Jefri Nichol, polisi pun mengamankan barang bukti ganja seberat 6,01 gram di rumahnya.

McDanny - Reno Fenady (Foto: Instagram/@mcdanny @renofenady)
McDanny - Reno Fenady (Foto: Instagram/@mcdanny @renofenady)

8. McDanny dan Reno Fenady

Dua komika Tanah Air McDanny dan Reno Fenady berhasil diamankan oleh Polresta Tangerang terkait kasus narkoba. Keduanya diciduk di Kawasan Salemba, Jakarta Pusat pada 25 Agustus 2019 lalu. Dari tangan kedua komika tersebut ditemukan dua paket sabu seberat 0,97 gram dan alat hisap.

Rifat Umar dan Daffa D'Academy 2

Artis Rifat Umar (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Artis Rifat Umar (Liputan6.com/Herman Zakharia)

9. Rifat Umar

Artis lenong, Rifat Umar juga ditangkap oleh Polda Metro Jaya karena kepemilikan narkoba. Ia diamankan pada 2 Oktober 2019 pada pukul 01.35 WIB di Rumah Kayu Manis, Jl. Melati, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Polisi pun mengamankan barang bukti dari tangan tersangka berupa tiga linting kertas dengan isi ganja, empat buah plastik klip sedang dan satu wadah kaleng dengan masing-masing berisi ganja. Dari hasil tes urine, Rifat Umar dinyatakan positif ganja dan metamin.

Daffa D'Academy 2 (Sumber: Instagram/da2_daffa_real)
Daffa D'Academy 2 (Sumber: Instagram/da2_daffa_real)

10. Daffa D'Academy 2

Pedangdut Daffa atau yang memiliki nama lengkap Septyan Arochman ditangkap pohak kepolisian atas penggunakan obat terlarang pada 5 Oktober 2019. Ia diamankan di jl. Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada pukul 02.00 WIB. Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya juga merilis mengenai detai penangkapan Daffa D'Academy 2 atas kasus narkoba. Saat diamankan, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 1 buah ponsel, 1 buah alat hisap, 1 buah cangklong serta sebungkus klip sabu dengan berat brutto 0,73 gram. Dari tes urine yang dilakukan oleh pihak kepolisian, Daffa juga dinyatakan positif menggunakan Amphetamin dan Methampetamin (Sabu).

Menantu Elvy Sukaesih dan Rio Reifan

Menantu Elvy Sukaesih kembali ditangkap polisi (Sumber: Polda Metro Jaya)
Menantu Elvy Sukaesih kembali ditangkap polisi (Sumber: Polda Metro Jaya)

11. Menantu Elvy Sukaesih

Suami Dhawiyah yang merupakan menantu Elvy Sukaesih pun kembali ditangkap atas kasus narkoba pada 5 Oktober 2019 lalu. Pria bernama Muhammad Basurrah Bin Anis B ini sebelumnya juga sempat diamankan oleh pihak kepolisian bersama dengan Dhawiyah dan dua kakaknya pada Februari 2018 lalu.  Menantu Elvy Sukaesih ini diamankan di daerah Cililitan, Jakarta Timur pada pukul 00.30 WIB. Saat diamankan, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa dua klip sabu dengan berat masing-masing 0,33 gram dan 0,41 gram.

Artis sinetron Rio Reifan (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Artis sinetron Rio Reifan (Liputan6.com/Herman Zakharia)

12. Rio Reifan

Pada 13 Agustus 2019 lalu, aktor Rio Reifan kembali ditangkap pihak berwajib atas kepemilikan obat-obatan terlarang. Ia ditangkap oleh Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya bersama dua orang rekannya dikediamanan Rio Reifan. Polisi juga mengamankan barangbukti berupa narkoba jenis sabu seberat 0,0129 gram.

Ibnu Rahim dan Ibra Azhari

(istimewa)
(istimewa)

13. Ibnu Rahim

Mantan bintang cilik Ibnu Rahim yang bermain dalam sinetron Madun juga ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengedarkan narkoba. Ia ditangkap pada 9 Oktober 2019 lalu di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Saat penangkapan oleh Satuan Narkoba Polres Tangerang Selatan, Ibnu tengah bertansaksi sabu dan ekstasi. Dari tangan tersangka, polisi pun menemukan barang bukti berupa sabu severat 1,06 gram dan 5 butir ekstasi serta cangklong. Ia mengaku menjual barang haram tersebut karena sepi job.

 

Ibra Azhari
Ibra Azhari

14. Ibra Azhari

Dipenghujung tahun 2019 ini, publik kembali dihebohkan atas berita penangkapan artis karena kasus narkoba. Artis senior Ibra Azhari pun ditangkap oleh pihak kepolisian untuk yang keempat kalinya. Pihak kepolisian berhasil mengamankan adik dari Ayu Azhari di rumahnya yang berada di Jalan Batu Merah, pasar Minggu, Jakarta Selatab pada 21 Desember 2019 lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam 5 Tahun, 90 Ribu Pekerja di Industri Rokok Kena PHK

Posted: 29 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Industri Hasil Tembakau (IHT) di Indonesia merupakan salah satu industri yang berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Namun, dalam beberapa tahun belakangan, industri ini mengalami penurunan volume produksi.

Saat ini hanya tersisa sekitar 700 pabrikan kecil, menengah dan besar di Indonesia. Padahal di 2007 lalu, tercatat ada lebih dari 4.000-an pabrikan.

Penurunan ini berdampak pula pada sektor tenaga kerja. Terhitung sejak 2014, lebih dari 90 ribu tenaga kerja pabrik tembakau telah mengalami pemutusan hubungan kerja.

"Kami menyadari bahwa produk tembakau merupakan produk yang memiliki resiko. Karena ini kami senantiasa berkoordinasi dan sepenuhnya menghormati upaya Pemerintah dalam mengendalikan konsumsinya. Namun selayaknya, dalam mencari solusi yang adil dan berimbang, Pemerintah turut mempertimbangkan dampak ekonomi dan sosial terhadap seluruh rantai pasok IHT. Tidak ketinggalan melibatkan dan menampung masukan para pemangku kepentingan IHT, termasuk pelaku industri," ujar Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) Muhaimin Moeftie dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Menurut dia, iklim usaha yang semakin tidak kondusif, dan hadirnya peraturan-peraturan yang kian eksesif dipercaya turut menekan industri ini lebih lanjut.

Salah satu isu yang kini tengah menjadi pembahasan luas dan menambah keresahan para pelaku IHT adalah proses revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Sejumlah poin perubahan antara lain perubahan ukuran gambar peringatan kesehatan dari 40 persen menjadi 90 persen dari total kemasan; pelarangan penggunaan bahan tambahan; dan pelarangan iklan di sejumlah media.

"Proses revisi ini mendapat penolakan dari para pelaku industri serta asosiasi. Para pemangku kepentingan seperti asosiasi industri, asosiasi petani, pedagang, hingga konsumen juga tidak pernah dilibatkan dalam proses revisi aturan ini," kata dia.

 

Aturan Saat Ini

Ilustrasi Industri Rokok
Ilustrasi Industri Rokok

Sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh asosiasi tembakau lainnya, Gaprindo meyakini bahwa PP No. 109 tahun 2012 yang berlaku saat ini sebetulnya telah mengakomodasi dengan tepat hak pelaku industri maupun hak publik.

Asosiasi mengusulkan pemerintah dapat fokus kepada upaya nyata yang dapat dilakukan untuk menekan angka prevalensi perokok, seperti edukasi dan pengendalian akses juga konsumsi rokok oleh anak serta remaja.

"Banyak sekali upaya strategis yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah perokok di bawah umur tanpa harus menekan keberlangsungan IHT, misalnya sosialisasi kepada pengecer/peritel; memasukkan materi bahaya merokok ke dalam kurikulum pendidikan; edukasi mengenai pengasuhan anak bagi orang tua; pertemuan rutin bersama kelompok pemuda di daerah, dan lainnya. Dengan edukasi yang lebih terstruktur dan menarget banyak lapisan, tentu bisa membuat langkah pencegahan perokok anak semakin efektif, bukan lantas menghukum pelaku industri secara sepihak," ujar Moeftie.

Meski upaya atas pengendalian konsumsi produk tembakau semestinya menjadi tanggung jawab Pemerintah, namun para anggota GAPRINDO juga telah ikut berkontribusi mengkomunikasikan pelarangan akses rokok oleh anak dan remaja sesuai dengan PP Nomor 109 tahun 2012.

Kedepannya Gaprindo juga menyampaikan rencana untuk melanjutkan program sosialisasi kepada peritel di lapangan. Tujuan dari program ini adalah agar para rekan pedagang tidak menjual produk rokok kepada anak dan remaja dibawah usia 18 tahun dengan alasan apapun. Dalam pelaksanaan program, Gaprindo berharap Pemerintah dapat turut serta memberikan dukungannya agar sebarannya menjadi lebih luas dan berjalan efektif.

Harapan Industri Rokok

Pekerja di sebuah perisahaan rokok di Malang. Industri rokok daerah ini terus menyusut, sulit berkembang (Zainul Arifin/Liputan6..com)
Pekerja di sebuah perisahaan rokok di Malang. Industri rokok daerah ini terus menyusut, sulit berkembang (Zainul Arifin/Liputan6..com)

Lebih lanjut, Gaprindo berharap hendaknya pemerintah mempertimbangkan untuk menghentikan proses revisi PP Nomor 109 tahun 2012. Gaprindo juga meminta Pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan untuk membuka pintu diskusi dengan industri guna menghasilkan solusi yang tepat bagi seluruh pihak.

"Sebagai industri legal yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian negara, kami berharap Pemerintah dapat lebih memperhatikan keberlangsungan industri yang menaungi 6 juta masyarakat Indonesia ini. Kekhawatiran kami, jika upaya pengendalian konsumsi ini tidak diputuskan dengan bijak dan akomodatif bagi seluruh pihak, hanya akan menimbulkan dampak lanjutan yang malah merugikan Pemerintah dan masyarakat sendiri." tambah Moefti.

Secara ekonomi, IHT di Indonesia masih menjadi penyumbang yang signifikan dalam pendapatan negara. Pemasukan pendapatan nasional cukai di tahun 2018 mencapai Rp 153 triliun berkontribusi pada setidaknya 95,8 persen cukai nasional.

Dikhawatirkan jika proses revisi PP No.109 tahun 2012 terus berlangsung tanpa melibatkan seluruh rantai pasok industri dari hulu hingga hilir, akan berdampak luas terhadap perekonomian Indonesia.

Mulai dari semakin banyaknya pabrikan-pabrikan yang terpaksa gulung tikar, yang akan menyebabkan meningkatnya angka pengangguran; hingga beralihnya konsumen dari produk resmi ke produk tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya dan menyebabkan kerugian pendapatan negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen PAS: Ahmad Dhani Akan Jalani Pidana Kedua

Posted: 29 Dec 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ahmad Dhani terpidana kasus ujaran kebencian pukul 09.35 WIB, Senin (30/12/2019), bebas dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Ade Kusmanto mengatakan, pentolan grup band Dewa 19 itu menjalani pidana keduanya di luar penjara.

Menurut Ade, Ahmad Dhanitelah selesai menjalani masa pidana pertamanya selama 1 tahun berdasar Keputusan MA No.2048K/PID.Sus/2019 tanggal 28/01/2019.

"Dan mendapatkan remisi umum susulan 2019 sebesar satu bulan," kata Ade saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dia mengatakan, Ahmad Dhani diwajibkan untuk lapor ke Kejaksaan Negeri Surabaya selama menjalani pidana keduanya tersebut.

"Dimulai tanggal 30 Desember 2019 sampai dengan 29 Juni 2020 selama 6 bulan pidana percobaan yang akan diawasi Kejari Surabaya," tandas Ade.

Disambut Meriah

Ahmad Dhani Bebas (Foto: Adrian Putra/Fimela.com)
Ahmad Dhani Bebas (Foto: Adrian Putra/Fimela.com)

Terpidana ujaran kebencian sekaligus musikus Ahmad Dhani Prasetyo menghirup udara bebas dari LP Cipinang, Jakarta. Dhani keluar dari rumah tahanan atau Rutan Cipinang pukul 09.35 WIB.

Dia keluar mengenakan kaos hitam serta kopiah. Saat keluar dari rutan, Dhani didampingi sang istri Mulan Jameela yang mengenakan kerudung merah muda panjang.

Ahmad Dhani juga dijemput ketiga anaknya, yakni Al, El serta Dul. Ketiganya seragam mengenakan kaos hitam.

Saat keluar dari rutan, Ahmad Dhani langsung diserbu awak media. Namun, dia tidak berbicara banyak. Dia hanya mengatakan, "Semua di rumah."

Ahmad Dhani juga mengangkat jarinya dengan membentuk huruf "V" dengan ibu jari dan jari telunjuknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebas dari Penjara, Ahmad Dhani Diarak Pakai Unimog

Posted: 29 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai menjalani hukuman di LP Cipinang, Jakarta, terpidana ujaran kebencian Ahmad Dhani Prasetyo resmi bebas Senin (30/12/2019), pukul 09.35 WIB.

Bersama Mulan Jameela dan ketiga anaknya, yakni Al, El serta Dul, Ahmad Dhani langsung naik ke truk bak terbuka yang sengaja dipersiapkan panitia penjemputan.

Truk yang membawa musisi tersebut ialah Mercedes-Benz Unimog 1300L. Kendaraan tersebut mengarak Ahmad Dhani dan keluarga menuju kediamannya di Pondok Indah, Jakarta.

Ahmad Dhani tersandung kasus ujaran kebencian yang pada akhirnya membuat dirinya harus hidup dibalik jeruji besi selama kurang lebih satu tahun.

Hal itu sebagaimana putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pentolan Dewa 19 itu ditahan sejak 28 Januari lalu. Sebelum ditahan di Lapas Cipinang, Ahmad Dhani sempat menghuni Lapas Medaeng, Surabaya.

Mercedes-Benz Eks Gus Dur Jadi Bintang di Jamnas Mercy

Jambore Nasional (Jamnas) Mercedes-Benz ke 14 sukses digelar akhir pekan kemarin (6-8/12). Pemilik dan penggemar Mercedes-Benz berkumpul di area Candi Prambanan, Yogyakarta.

Dalam jambore nasional ini ada sebuah mobil yang menarik perhatian para pengunjung. Mobil itu adalah sebuah Mercedez Benz 1973 W116 tipe 450 SEL V8 automatic yang dulunya kepunyaan Presiden ke 4 RI, Dr. K. H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Sedan berwarna hitam dengan interior warna merah ini terpajang rapi di salah satu sudut pameran. Mobil ini dipajang khusus dan tak menjadi satu dengan mobil lainnya.

Pemilik Mobil Gus Dur

Mobil bekas kepunyaan Gus Dur saat ini menjadi milik anggota Mercedez Benz Classic Surabaya, Levi Rici. Levi mengaku dirinya menjadi orang ketiga yang memiliki mobil itu.

Sebelumnya, Mercedes-Benz bekas milik Gus Dur ini dimiliki oleh seorang kerabat dekat Gus Dur. Lalu mobil itu ditawarkan ke Levi seharga Rp 300 juta. Merasa cocok dan tertarik, Levi pun menebus mobil tersebut.

"Kondisinya masih orisinil. Cat hingga interiornya masih orisinil. Hanya sempat dilakukan renovasi di bagian mesin. Sebab mobil ini cc besar dan tak bisa diajak jalan pelan atau putaran mesin rendah. Kalau dibawa pelan sering mati. Akhirnya saya renovasi," ungkap Levi.

Levi menceritakan mobil yang dimilikinya merupakan kendaraan pribadi milik Gus Dur. Saat pulang ke Ponpes Tebu Ireng, sambung Levi, Gus Dur kerap menggunakan mobil tersebut.

"Jadi bukan mobil dinas tapi mobil pribadi Gus Dur. Biasa dipakai kalau Gus Dur pulang ke pesantren (Ponpes Tebu Ireng). Mobil ini juga tidak pernah keluar dari Jawa Timur. Hanya dipakai Gus Dur kalau ada acara di Jawa Timur," jelas Levi.

Selama memiliki mobil bekas milik Gus Dur sejak tahun 2012, Levi mengaku jarang menggunakan mobil tersebut. Mobil hanya sesekali saja dipakai Levi untuk jalan-jalan.

"Selama memiliki mobil ini dan beberapa kali mengendarainya, saya selalu merasa nyaman, seneng dan tenang saja. Tak ada pengalaman aneh aneh dengan mobil ini," ungkap Levi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Kebakaran Australia, Warga Victoria Diminta Mengevakuasi Diri

Posted: 29 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Victoria - Melonjaknya suhu dan angin kencang telah memicu kebakaran baru di negara bagian Victoria, Australia, tempat puluhan ribu orang didesak untuk melarikan diri.

Menurut laporan dari BBC, Senin (30/12/2019), banyak turis telah memperhatikan peringatan untuk meninggalkan wilayah liburan East Gippsland - tetapi yang lain tetap memilih bertahan.

Cuaca memburuk semakin berkobar dan membuat kebakaran sebelum menjadi semakin parah pada Senin 30 Desember 2019. 

Para petugas berwenang di empat negara bagian telah bersiap menghadapi bahaya kebakaran ekstrem selama seharian penuh. 

Lebih dari 100 nyala api terus membakar hampir seluruh wilayah Australia.

Peringatan kebakaran ekstrem telah dikeluarkan untuk negara bagian Victoria, Australia Selatan, New South Wales (NSW) dan Tasmania.

Beberapa kebakaran terbesar berkobar di dekat kota Sydney di NSW, di mana lebih dari seperempat juta orang telah menandatangani petisi yang menyerukan agar kembang api Malam Tahun Baru dibatalkan dan uang anggarannya digunakan untuk memadamkan api.

Kebakaran di Victoria

Kebakaran hutan di Australia. (Source: AP/ Darren Pateman)
Kebakaran hutan di Australia. (Source: AP/ Darren Pateman)

Di wilayah Gippsland Timur, tiga kebakaran di dekat kota Bruthen, Buchan dan Bonang diperkirakan akan timbul ketika suhu melewati 40C (104F).

Pergantian angin yang kencang diprediksi mendorong mereka ke arah pantai, berpotensi melintasi dan memotong jalan utama kawasan itu.

Kebakaran yang terjadi sejak Minggu, 29 Desember 2019 di dekat Princess Highway terpaksa membuat pihak berwenang harus melakukan penutupan jalan selama beberapa jam.

Andrew Crisp, komisaris manajemen darurat negara bagian Victoria, mengatakan siapa pun di daerah di sebelah timur Bairnsdale - sekitar 280 km (175 mil) timur Melbourne - harus pindah.

Dia telah memperingatkan orang untuk mengungsi pada Senin pagi atau "selalu ada kemungkinan di mana Anda tidak akan bisa pergi lagi".

"Keadaannya kering dan akan sangat panas serta berangin. Orang-orang, keluar sekarang. Jika tidak, Anda harus tetap bertahan di kondisi tersebut dan mendengarkan peringatan sepanjang hari," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia

Posted: 29 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menurut sejarah, Surabaya sudah dibangun oleh Belanda sejak awal abad ke-20. Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini juga dikenal sangat ikonik dan mendapat julukan Kota Pahlawan. Selain itu Kota Surabaya masih memiliki sisa bangunan-bangunan kolonialnya yang masih bertahan dan terawat hingga kini.

Kini Surabaya sudah berubah menjadi salah satu kota maju di Indonesia. Banyak bangunan-bangunan besar dan jalanan luas yang berdampingan dengan bangunan lama yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Surabaya.

Kolaborasi banguanan lama dan sekarang di menjadi saya tarik sendiri sehingga Surabaya menjelma menjadi kota yang sangat indah. Enggak hanya bangunan, jalanan di Surabaya juga menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke sini.

Sedari dulunya, jalanan dan bangunan di Surabaya telah terawat dengan baik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret perbandingan jalanan zaman dulu vs sekarang di Surabaya yang bikin nostalgia, Senin (30/12/2019).

1. Kondisi jalan Tunjungan di Surabaya dengan Oranje Hotel/Hotel Majapahit di sebelah kiri pada 1950-an dan sekarang.⠀

Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)
Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)

2. Masih sepi kendaraan dan ramai kendaraan di Jalan Embong Surabaya sekitar tahun 1900 dan sekarang.

Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)
Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)

3. Jalan Veteran di Surabaya pada tahun 1920-1930-an dan sekarang. Dulu ada jalur tremnya ya.

Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)
Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)

4. Jalan Bubutan di Surabaya pada tahun 1932 dan sekarang. Jembatannya, masih bertahan dengan kokoh.

Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)
Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)

5. Perbedaan kendaraan yang melewati jalan Tunjungan di Surabaya pada tahun 1949 dan sekarang.

Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)
Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)

6. Stasiun Gubeng Lama di Surabayapada 1990-an dan sekarang. Masih nampak sama ya.

Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)
Potret Perbandingan Jalanan Zaman Dulu Vs Sekarang di Surabaya, Bikin Nostalgia (sumber:Instagram/ndonesia_tempo_doeloe)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Pekan Ke-21: Siaran Langsung di TVRI

Posted: 29 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Southampton - Di saat kompetisi lain libur Natal dan tahun baru, Liga Inggris terus menyuguhkan pertandingan menarik. Tepat di hari pertama tahun 2020, Liga Inggris bakal memainkan pekan ke-21.

Dalam jadwal Liga Inggris pekan ke-21, ada duel bigmatch antara Arsenal vs Manchester United. Pertandingan itu bakal berlangsung di Emirates Stadium, kandang Arsenal.

Ini akan menjadi pertemuan ke-191 kedua tim. Dalam 190 pertemuan sebelumnya, MU mencatatkan 81 kemenangan, sedangkan Arsenal mengantongi 64 kemenangan. Sedangkan 45 pertandingan sisanya berakhir imbang.

Salah satu pertandingan di pekan ke-21 Liga Inggris bakal ditayangkan di stasiun televisi nasional, TVRI. Duel yang dimaksud adalah Southampton vs Tottenham Hotspur yang berlangsung di St. Mary's Stadium.

Di pekan ke-20, kedua tim sama-sama hanya mendulang satu poin di pekan ke-20. Spurs bermain imbang 2-2 melawan Norwich City. Sedangkan Southampton ditahan immbang Crystal Palace (1-1).

Lihat jadwal Liga Inggris pekan ke-21 di halaman selengkapnya.

 

Jadwal Liga Inggris

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane merayakan golnya ke gawang Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (26/12/2019). (AP Photo/Petros Karadjias)
Striker Tottenham Hotspur Harry Kane merayakan golnya ke gawang Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (26/12/2019). (AP Photo/Petros Karadjias)

Rabu, 1 Januari 2020

19.30 WIB, Brighton vs Chelsea (Mola TV)

19.30 WIB, Burnley vs Aston Villa (Mola TV)

22.00 WIB, Newcastle United vs Leicester City (Mola TV)

22.00 WIB, Southampton vs Tottenham Hotspur (TVRI)

22.00 WIB, Watford vs Wolverhampton (Mola TV)

 

Jadwal Lainnya

Kamis, 2 Januari 2020

00.30 WIB, Manchester City vs Everton (Mola TV)

00.30 WIB, Norwich City vs Crystal Palace (Mola TV)

00.30 WIB, West Ham United vs Bournemouth (Mola TV)

03.00 WIB, Arsenal vs Manchester United (Mola TV)

Jumat, 3 Januari 2020

03.30 WIB, Liverpool vs Sheffield United (Mola TV

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Emak-Emak Tampar Bocah SD di Makassar

Posted: 29 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral di media sosial, seorang emak-emak melakukan pemukulan terhadap siswi sekolah dasar. Ini terjadi di salah satu Sekolah Dasar di Makassar. Hal itu disebabkan karena siswi SD tersebut bertengkar dengan anak sang Ibu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Elang Gibran, Sosok Asli di Balik Wajah Muda Habibie

Posted: 29 Dec 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekuel film kisah cinta Habibie dan Ainun kembali hadir, berbeda dengan film Habibie & Ainun 3 sebelumnya, kali ini kisah yang diangkat menceritakan masa remaja keduanya. Film tersebut menampilkan aktor dan aktris berbakat yaitu Maudy Ayunda dan Jefri Nichol.

Kendati demikian, Habibie dan Ainun 3 masih menempatkan Reza Rahadian sebagai Habibie muda dan Habibie saat tua. Usut punya usut, ternyata di balik wajah muda Reza saat beperan sebagai Habibie muda terdapat stuntman. Stuntman tersebut diperankan oleh Elang Gibran.

Dilengkapi dengan efek Pencitraan Hasil Komputer atau CGI membuat wajah Reza pun terlihat lebih muda. Tak hanya wajah saja yang nampak berbeda, tetapi juga badan. Badan Reza Rahadian pun terlihat lebih kecil daripada aslinya. 

Elang Gibran bukan orang baru di industri film, sebelumnya pria asal Yogyakarta ini pernah bermain dalam empat fim besutan Hanung Bramantyo. Dilansir dalam akun instagram Hanung, Hanung mengungkapkan Elang pernah bermain dalam film yaitu Bumi Manusia (teman kost Minke ), Kartini (Kakak Kartini ), Soekarno (Kartosuwiryo muda) dan Sang Pencerah.

Penasaran bagaimana sosoknya? Dilansir dari akun instagram Elang Gibran, berikut Liputan6.com ulas potret Elang Gibran stuntman di balik wajah muda Habibie di film Habibie & Ainun 3, Senin (30/12/2019).

 

1. Di balik wajah Reza Razahadian saat berperan sebagai Habibie remaja. Elang Gibran ialah pemeran aslinya.

Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)
Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)

2. Momen syuting Elang bersama Maudy Ayunda. Elang dianggap piawai dengan perannya sebagai Habibie muda.

Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)
Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)

3. Film Habibie Ainun 3 ini bukan film pertama pria asal Yogyakarta ini.

Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)
Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)

4. Sebelumnya Elang Gibran pernah bermain dalam empat film besutan Hanung Bramantyo.

Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)
Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)

5. Salah satunya ia berperan sebagai teman kost Minke di film Bumi Manusia.

Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)
Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)

6. Momen liburan Elang Gibran saat jelajah alam. Siapa nih yang terpesona dengan ketampanan Elang?

Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)
Elang Gibran, Pria Pemeran Asli Habibie Muda (Sumber: Instagram//elangelgibran/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pergantian Tahun, Konsumsi BBM Jakarta dan Jabar Diprediksi Naik 4 Persen

Posted: 29 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memprediksi peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat saat tahun baru akan naik. Ini seiring lonjakan masyarakat yang melakukan liburan.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) III Tengku Fernanda mengatakan, konsumsi BBM jenis gasoline atau bensin terdiri dari Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo akan naik hingga 4 persen dari konsumsi normal atau sekitar 29 ribu Kilo Liter (KL) per hari pada 31 Desember 2019.

"Untuk wilayah MOR III diperkirakan akan terjadi lagi peningkatan konsumsi BBM dan Elpiji jelang tahun baru," kata Fernanda, di Terminal BBM Tanjung Gerem, Banten, Senin (30/12/2019)‎.

Menurut Fernanda, kenaikan konsumsi BBM tersebut disebabkan banyaknya masyarakat yang akan merayakan akhir tahun di beberapa lokasi tujuan wisata di wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

Dia melanjutan, selain BBM, konsumsi Elpiji subsidi 3 kilogram (kg) akan meningkat mulai hari ini (30/12/2019) hingga 14 persen dibandingkan normal atau sekitar 7.400 Metrik Ton (MT) per hari.

"Di mana masyarakat memerlukan untuk keperluan memasak," tutur Fernanda.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi BBM Pertamina MOR III telah menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)Modular yang disipakan Pertamina MOR III di 16 titik baik di jalur tol maupun non tol, konsumsinya terus meningkat.

SPBU mini atau disebut SPBU Modular yang ditempatkan di rest area yang tidak terdapat SPBU maupun jalur rawan macet yang jarak antar SPBU sangat jauh.

Sebagian besar masyarakat memanfaatkan layanan SPBU Modular. Hal ini terbukti dari penjualan BBM jenis Pertamax melalui SPBU Modular sejak tanggal 21 Desember mencapai 50 KL, di mana pada tanggal 28 Desember tercatat konsumsi tertinggi hingga 11 KL. Sementara penjualan BBM jenis Pertamina Dex untuk SPBU Modular di MOR III sekitar 1,5 KL.‎

Libur Nataru, Pertamina Pastikan BBM di Tol Trans Jawa Aman

Sejumlah kendaraan mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Kuningan Jakarta, Sabtu (5/5). Pemerintah berencana untuk menambah subsidi solar di tengah harga minyak dunia yang sedang naik. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah kendaraan mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Kuningan Jakarta, Sabtu (5/5). Pemerintah berencana untuk menambah subsidi solar di tengah harga minyak dunia yang sedang naik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pertamina memastikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU reguler dan layanan khusus siaga di jalur Tol Trans Jawa aman. Hal ini mengantisipasi bagi masyarakat yang akan berlibur ke berbagai kota di Pulau Jawa saat Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, Pertamina memastikan SPBU yang berada di jalur Tol Trans Jawa, baik yang SPBU Regular maupun SPBU Modular telah melayani konsumen yang melakukan perjalanan liburan natal dan tahun baru yang bertepatan dengan liburan sekolah.

"Layanan SPBU telah siap dengan pasokan dalam kondisi yang cukup, termasuk mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan pasca beroperasinya tol layang Jakarta Cikampek," kata Mas'ud, di Jakarta, Selasa (24/12/2019). 

Untuk itu, Pertamina telah menyiagakan sebanyak 45 SPBU Modular, 123 SPBU Kantong, 19 titik motor kemasan dan 4 titik Kiosk Pertamax yang tersebar di sepanjang jalan tol di Trans Jawa dari Jakarta-Cikampek hingga Surabaya.

Layanan ini diluar fasilitas SPBU yang disiagakan Pertamina pada jalur utama mudik, yakni jalur Pantai Utara (Pantura) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pantai Selatan (Pansela) sebanyak 77 SPBU, dan Jalur Tol Jawa 72 SPBU.

Siapkan Tim Motor

Pemotor mengisi BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Kamis (15/6). Mulai tanggal 18 Juni-24 Juli, harga Pertamax menjadi Rp.8000 8000 yang berlaku di SPBU bertanda khusus yang tersebar di jalur mudik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemotor mengisi BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Kamis (15/6). Mulai tanggal 18 Juni-24 Juli, harga Pertamax menjadi Rp.8000 8000 yang berlaku di SPBU bertanda khusus yang tersebar di jalur mudik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mas'ud menambahkan, selain kesiapan layanan SPBU, Pertamina juga telah mengantisipasi kondisi darurat bila terjadi kemacetan, baik di jalur Tol Trans Jawa maupun di jalur nontol dengan menyiagakan tim motoris (mobile) sebanyak 200 armada.

Menurut dia, tim motoris siap siaga 24 jam dan akan bekerja menerobos kemacetan untuk mengantarkan BBM kemasan kepada konsumen yang membutuhkan.

"Mereka sudah terlatih untuk mengantar BBM Kemasan secepat mungkin agar kendaraan yang kehabisan BBM dapat melanjutkan perjalanan hingga ke tempat tujuan," ucap Mas'ud.

Komisaris Pertamina Condro Kirono menyatakan, Pertamina akan berupaya semaksimal mungkin mendukung Pemerintah untuk melayani masyarakat dalam penyediaan energi.

"Sebagai BUMN yang berperan dalam penyediaan energi nasional, Pertamina akan memberikan layanan terbaik dan terus meningkat setiap tahun. Layanan khusus pada momentum nasional ini dari tahun ke tahun terus ditingkatkan," katanya menandaskan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: LeBron James Bikin Rekor, Lakers Terkam Mavericks

Posted: 29 Dec 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles- Los Angeles Lakers meraih kemenangan penting pada lanjutan NBA, Senin (30/12/2019) siang WIB. Lakers menerkam tamunya Dallas Mavericks 108-95 di Staples Center.

Bintang Lakers LeBron James kali ini tampil kurang menggigit. Dia hanya membuat 13 poin, 13 assists dan enam rebound. Namun LeBron di laga ini sukses menorehkan rekor.

LeBron James menjadi satu-satunya pemain di NBA yang bisa membuat total 9.000 assists dan 9.000 rebound.

Kemenangan ini sekaligus memperkokoh Lakers di posisi satu Wilayah Barat NBA. Lakers meraih 26 kemenangan dan hanya kalah tujuh kali.

Lakers tampil dominan sejak awal laga. Rapatnya defense Lakers memaksa Mavericks banyak melakukan turn over. Lakers unggul 25- 19 di kuarter pertama.

 

Hingga 17 Poin

Margin keunggulan Lakers makin membesar menjadi 11 angka saat jeda babak pertama. Terlebih bintang Mavericks Luka Doncic tampil buruk dan sempat terkena cedera di penghujung kuarter dua.

Walau Doncic dapat melanjutkan pertandingan, Mavericks tetap kesulitan mengejar Lakers di kuarter tiga. Lakers bahkan sempat memimpin sampai 17 poin.

Doncic

Buruknya akurasi tembakan Doncic membuat Mavericks akhirnya harus mengakui keunggulan Lakers. Doncic membuat 19 poin, namun hanya lima tembakannya yang masuk dari 14 percobaan. Dia juga membuat enam turn over.

Anthony Davis menjadi pencetaka ngka terbanyak Lakers dengan 23 poi. Dua pemain cadangan Lakers juga memberikan kontribusi luar biasa. Dwight Howard menghasilkan 15 angka, sedangkan Kentavious Caldwell-Pope membuat 19 poin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Medina Zein Diperiksa Kasus Narkoba, Polisi: Dia Pemakai...

Posted: 29 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Lukman Azhari, Medina Zein, diketahui telah diamankan oleh pihak Polda Metro Jaya. Medina Zein diamankan pada Sabtu (28/12/2019)

Medina Zein diperiksa terkait kasus narkoba yang menjerat kakak iparnya, Ibra Azhari. Setelah menjalani pemeriksaan, polisi menemukan hasil bahwa Medina Zein positif amfetamin.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat ditemui di gedung Humas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

"Dit Narkoba Polda Metro Jaya beberapa hari yang lalu mengamankan salah seorang wanita berinisial MZ. Ini ada ketersangkutan hasil pengembangan dari salah satu tersangka yang sebelumnya kita amankan, yaitu Ibra ya," kata Kombes Yusri Yunus.

 

Pengguna Narkoba

Medina Zein (Nurwahyunan/bintang.com)
Medina Zein (Nurwahyunan/bintang.com)

"Ini pengembangannya, kemudian yang bersangkutan kita sudah lakukan pemeriksaan. Dan juga kita tes urin positif mengandung amfetamin ya. Urin itu positif memang yang bersangkutan itu pemakai," lanjutnya.

 

Masih Pemeriksaan

Medina Zein (sumber:Instagram/medinazein)
Medina Zein (sumber:Instagram/medinazein)

Dari situ, pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terkait hasil pemeriksaan dari Medina Zein. "Juga ada beberapa keterangan saksi yang sudah kita ambil termasuk beberapa temannya ini masih kita dalami semuanya," kata Yusri Yunus.

 

Kakak Ipar Ditangkap

Ekspresi artis Ibrahim Salahuddin atau Ibra Azhari saat dihadirkan dalam rilis kasus narkoba di Gedung Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/12/2019). Saat diringkus, Ibra Azhari sempat memohon kepada polisi agar tidak menangkapnya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi artis Ibrahim Salahuddin atau Ibra Azhari saat dihadirkan dalam rilis kasus narkoba di Gedung Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/12/2019). Saat diringkus, Ibra Azhari sempat memohon kepada polisi agar tidak menangkapnya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, diketahui bahwa kakak ipar Medina Zein yaitu Ibra Azhari terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

 

Empat Kali

Ibra Azhari
Ibra Azhari

Ibra Azhari dinyatakan positif menggunakan narkoba setelah ditangkap di kediamannya pada Minggu (22/12/2019). Ini menjadi kali keempat bagi Ibra Azhari tersandung kasus yang sama. Ibra Azhari dijerat dengan pasal 112 dan 114 Undang-undang No. 35 tentang narkotika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kata Sandi Terburuk Tahun 2019

Posted: 29 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kata sandi memainkan peran penting di era digital ini di mana orang-orang banyak menggunakan layanan berbasis internet. Oleh sebab itu, mereka sangat disarankan untuk menggunakan kata sandi yang kuat atau sulit ditebak.

Namun, laporan terbaru dari NordPass, yang Tekno Liputan6.com kutip pada Senin (30/12/2019), menunjukkan fakta lain. Ternyata masih ada banyak pengguna yang memakai kata sandi lemah.

Selengkapnya, simak 10 kata sandi terburuk tahun 2019 berikut ini.

  1. 12345
  2. 123456
  3. 123456789
  4. test1
  5. password
  6. 12345678
  7. zinch
  8. g_czechout
  9. asdf
  10. qwerty

 

Saran

  1. Hal pertama yang disarankan adalah menghapus akun yang sudah tidak pernah digunakan. Kunjungi haveibeenpawned.com untuk mencari tahu apakah alamat email untuk suatu layanan, pernah menjadi korban kebocoran data atau sejenisnya.
  2. Perbarui semua kata sandi secara berkala. Selain itu gunakan pula kata sandi yang unik dan rumit.

Saran (2)

  • Gunakan autentikasi dua langkah (2FA). Ia bisa berupa aplikasi pihak ketiga, data biometrik atau alat lainnya yang menambah lapisan keamanan.
  • Aktifkan pengelola kata sandi (password manager). Ia membantu pengguna untuk sinkronisasi kata sandi lintas perangkat serta mudah digunakan.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ahmad Dhani Bebas Disambut Mulan Jameela

Posted: 29 Dec 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani bebas dari Rutan Cipinang hari ini. Dhani disambut Mulan Jameela, Al, El, Dul, serta para pendukungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Simpel Mulan Jameela Saat Menjemput Ahmad Dhani

Posted: 29 Dec 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mulan Jameela senyum semringah atas bebasnya sang suami tercinta, Ahmad Dhani dari Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019). Mulan membagikan sebuah potret dalam akun Instagram pribadinya.

"Alhamdulillah ya Allah.. Ayo kita pulang ke rumah suamiku sayangMama dan anak2 udah nunggu 🤗🤗🤗😘😘😘 #maasyaaAllah #TabarakAllah," tulis Mulan sebagai keterangan foto.

Dalam potret yang dibagikan itu, Mulan tampil sederhana mengenakan hijab ungu muda dan gamis putih kotak-kotak. Sebuah tas abu-abu disangkutkan di bahunya.

Di sebelah kanannya berdiri Ahmad Dhani yang mengenakan peci hitam dan kaus warna senada. Di bagian depan kausnya, terdapat gambar Jenderal Sudirman.

Dhani meletakkan tangan kirinya ke bahu kanan Mulan Jameela, sedangkan tangan kanannya dimasukkan ke saku celana hitamnya.

Sejumlah warganet menyampaikan selamat kepada Ahmad Dhani dan juga Mulan Jameela. "selamat yaa mba.. @mulanjameela1 dan mas @ahmaddhaniofficial," komentar @vasco_ruseimy.

Ahmad Dhani Bersama Anak

Mulan Jameela mengunggah potret saat Ahmad Dhani sedang mencium anaknya (Dok.Instagram/@mulanjameela1/https://www.instagram.com/p/B4wH21iHtJC/Komarudin)
Mulan Jameela mengunggah potret saat Ahmad Dhani sedang mencium anaknya (Dok.Instagram/@mulanjameela1/https://www.instagram.com/p/B4wH21iHtJC/Komarudin)

Mulan Jameela sempat beberapa kali mengunggah potret Ahmad Dhani dalam akun Instagram pribadinya. Salah satunya saat Hari Ayah Nasional pada 12 November 2019.

Dalam foto itu, Dhani tampak memeluk dan mencium dengan mesra putranya. "Bismillahirrahmanirrahim.. Selamat Hari Ayah Nasional. "Sekuat dan sehebat apapun seorang ayah, dia bisa menitikkan air mata untuk anak2nya". Selamat berjuang untuk para ayah 🙏🏼," tulis Mulan sebagai keterangan foto.

Pada 13 Oktober 2019, Mulan juga sempat mengunggah potret Dhani sedang memeluk putranya dengan wajah tertawa.

"Bismillahirrahmanirrahim. Haloo ayank-ayankku.. InsyaaAllah bisa kumpul lagi ya cinta-cintaku 😘😘😘," tulis Mulan.

Ahmad Dhani dipindah dari Rutan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur ke Rutan Cipinang pada 13 Juni 2019 lalu. Hari ini, Senin (30/12/2019), Dhani kembali berkumpul bersama istri dan anak-anak tercintanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Begal Rampas Motor Terekam Kamera

Posted: 29 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi tindak kejahatan yang meresahkan pemilik kendaraan bermotor, pelaku perampokan atau begal tidak segan-segan melukai bahkan menghilangkan nyawa korban saat melancarkan aksinya.

Sebuah video yang memperlihatkan aksi pembegalan di jalan baru-baru ini viral di media sosial. Seperti dilansir akun Instagram @agoez_bandz4, Senin (30/12/2019), terlihat seorang wanita sedang berjuang mempertahankan kendaraannya dari pelaku begal.

Merekam dengan kamera ponsel miliknya, korban lain yang menjadi penumpang motor berinisiatif merekam pelaku sembari berteriak minta tolong.

Tak peduli aksinya direkam, kedua pelaku yang berusaha mengambil motor korban langsung melarikan diri saat kendaraannya berhasil diambil.

Dari keterangan video diketahui kejadian tersebut terjadi di kawasan Danau Mas Harun Bestari (DMBH) Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang, Rejang Lebong, pelaku yang berjumlah lima orang berhasil melancarkan aksinya di sore hari.

"Berdasarkan keterangan Fauzi (44), saudara korban saat ditemui di Mapolsek Curup, Adetia berboncengan bersama Kusmawati (18) mahasiwa di Unib, sedangkan jalan-jalan sore sekitar pukul 17.45 WIB. Saat melintas di jalan kawasan DMBH, mereka langsung dicegat, sehingga Kusmawati turun, sementara Adetia mencoba mempertahankan motornya. Sayangnya karena kalah tenaga motornya berhasil dirampas. Kusmawati sempat mengeluarkan handphonenya dan merekam aksi kriminal tersebut seraya meminta pertolongan," tulis keterangan video.

Komentar Warganet

"Semoga ajah pelaku segera di tangkap amin," tulis akun @randy_ramdaniii.

"Udah keliatan wajahnya. Tinggal tunggu keciduk," tulis @azerhafdamhaigri.

"Ga bakal lama, Video tsb sudah lbh dr cukup untuk mengungkap identitas tersangka. Ayo pak Pol.!," tulis @deanchristiano.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menewaskan 10 Orang, Roket di Yaman Serang Separatis Saat Upacara

Posted: 29 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Aden - Serangan roket terjadi ketika kelompok milisi separatis sedang melaksanakan upacara wisuda. Insiden tersebut menewaskan sekitar 10 orang dan melukai puluhan lainnya pada Minggu, 29 Desember 2019. 

Kata juru bicara milisi, yang bersekutu dengan koalisi pimpinan Arab Saudi, kelompok Houthi yang dibantu Iran bertanggung-jawab atas serangan itu.

Dilaporkan oleh VOA, Senin (30/12/2019), korban yang selamat membantu petugas bantuan mengevakuasi orang yang luka-luka ke sejumlah rumah sakit di ibukota Aden.

Sebuah video amatir menunjukkan lubang besar dimana roket-roket itu menghantam di dekat sebuah tempat dimana publik menyaksikan upacara wisuda itu.

Majed al-Shouaby, juru bicara pasukan milisi itu mengatakan kepada media Arab, kelompok Houthi menembakkan roket-roket ketika di sana sedang berlangsung parade militer dekat kota Dhalea.

Dia mengklaim bahwa orang-orang Houthi memerangi lawan mereka dari udara (menggunakan roket dan pesawat tak berawak) karena mereka tidak mampu mendaoatkan kemenangan militer dengan menggunakan pasukan mereka di darat.

Kendati demikian, kelompok Houthi masih belum menyampaikan pertanggung jawabannya atas apa yang telah terjadi. 

 

 

Bentrokan Antara Houthi dan Yaman

Tentara Yemen ketika sedang melakukan pengawasan ketat. (Source: Hani Mohammed/ AP)
Tentara Yemen ketika sedang melakukan pengawasan ketat. (Source: Hani Mohammed/ AP)

Pasukan milisi yang dilatih oleh Uni Emirat Arab (UEA) menguasai kota strategis Dhalea itu, kira-kira 140 km sebelah utara Aden.

Separatis selatan Yaman, yang ditargetkan dalam serangan hari Minggu itu, telah berperang melawan Houthi bersama pasukan lain yang setia kepada Presiden Hadi. Para separatis, yang mencari kemerdekaan untuk Yaman selatan, bentrok dengan pasukan lain yang setia kepada Hadi di Aden musim panas lalu.

Orang-orang Houthi telah berusaha merebut provinsi Dhale dari separatis selatan selama bertahun-tahun, tetapi tidak nampak banyak kemajuan. Demikian dikutip dari ABC.

Konflik di Yaman dimulai dengan pengambilalihan Sana'a oleh pemberontak Houthi pada tahun 2014. Mereka mengusir pemerintah Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi, memaksanya untuk melarikan diri ke selatan dan akhirnya ke Arab Saudi, yang memasuki perang pada tahun 2015.

Pertempuran di negara termiskin di Arab telah menewaskan lebih dari 100.000 orang dan menyebabkan jutaan orang menderita kekurangan makanan dan medis.

Konflik juga telah mendorong negara itu ke ambang kelaparan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jembatan Penghubung 3 Dusun di Bojonegoro Terputus, Warga Terisolasi

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengakibatkan banjir bandang, memutus sebuah jembatan penghubung antar desa di Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro.

Akibat peristiwa ini, sedikitnya 200 kepala keluarga atau sekitar 1.000 warga dari 3 dusun terisolir, sebab jembatan tersebut satu-satunya akses warga untuk keluar desa.

Jembatan yang putus ini berada di Dusun Mundu, Desa Nglampin, Kecamatan Ngambon, Bojonegoro. Pondasi bangunan ambruk membuat jembatan yang menjadi penghubung antar desa dan menuju kota ini, putus pada Rabu sore.

Sebelum jembatan putus, hujan turun sangat deras dan membuat banjir bandang di Desa Nglampin, termasuk di antaranya di anak sungai Gunung Kendil yang melewati desa itu. Kuatnya arus sungai, membuat pondasi jembatan tergerus, hingga ambruk. Berikut videonya pada Fokus, 27 Desember 2019.

Akibat peristiwa ini, sekitar 200 kepala keluarga atau seribuan jiwa di tiga dusun, yakni Dusun Mundu, Tamberan, dan Gondang Bojonegoro terisolir. Untuk beraktivitas, warga harus rela melintasi sungai, bahkan bergelantung di jembatan yang putus, namun hal ini tidak bisa dilakukan jika debit air sungai naik, karena arusnya cukup kuat.

Warga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah untuk segera membuat jembatan darurat, agar masyarakat bisa beraktivitas, sekolah dan lainnya. Sebab jembatan ini merupakan akses satu-satunya warga untuk keluar desa atau menuju ke kota.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Omnibus Law Bakal Hapus Upah Minimum dan Pesangon Buruh?

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak rencana pemerintah mendorong investasi dan meningkatkan lapangan kerja melalui penyusunan Omnibus Law di sektor ketenagakerjaan. 

Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan, Omnibus Law bukan cara yang tepat untuk meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja. Sebaliknya, Omnibus Law dikhawatirkan akan semakin menekan tingkat kesejahteraan para pekerja.

Berdasarkan pernyataan Menteri Perekonomian dan Menteri Ketenagakerjaan, Said Iqbal mencatat setidaknya ada lima hal mendasar yang disasar Omnibus Law.

Pertama, Menghilangkan Upah Minimum

Dampak terburuk yang secara langsung dirasakan buruh adalah hilangnya upah minimum. Hal ini terlihat dari keinginan pemerintah yang hendak menerapkan sistem upah per jam. Dengan kata lain, pekerja yang bekerja kurang dari 40 jam seminggu, maka upahnya otomatis akan di bawah upah minimum.

Belum lagi ketika pekerja sakit, menjalankan ibadah sesuai kewajiban agamanya, cuti melahirkan, maka upahnya tidak lagi dibayar karena pada saat itu dianggap tidak bekerja.

"Memang, ada pernyataan yang mengatakan jika pekerja yang bekerja 40 jam seminggu akan mendapat upah seperti biasa. Sedangkan yang di bawah itu menggunakan upah per jam," kata Iqbal.

Namun demikian, menurut dia, hal ini hanya akal-akalan. Sebab dalam praktik, akan sangat mudah bagi pengusaha untuk menurunkan jam kerja, sehingga pekerja tidak lagi bekerja 40 jam.

Di Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan disebutkan, tidak boleh ada pekerja yang mendapatkan upah di bawah upah minimum. Jika itu dilakukan, sama saja dengan kejahatan. Pengusaha yang membayar upah di bawah upah minimum bisa dipidana.

"Karena itu, berdasarkan uraian di atas, sangat terlihat jika pemberian upah per jam adalah mekanisme untuk menghilangkan upah minimum. Karena ke depan akan banyak perusahaan yang mempekerjakan buruhnya hanya beberapa jam dalam sehari," tegasnya.

Kedua, Menghilangkan Pesangon

Kaleidoskop UMP 2017
Kaleidoskop UMP 2017

Menko Perekonomian menggunakan istilah baru dalam Omnibus Law, yakni tunjangan PHK yang besarnya mencapai 6 bulan upah.

Terkait hal ini, Said Iqbal mengatakan, bahwa di dalam UU No 13 Tahun 2003 sudah diatur mengenai pemberian pesangon bagi buruh yang ter-PHK. Besarnya pesangon adalah maksimal 9 bulan, dan bisa dikalikan 2 untuk jenis PHK tertentu, sehingga bisa mendapatkan 16 bulan upah.

Selain itu, mendapatkan penghargaan masa kerja maksimal 10 bulan upah, dan penggantian hak minimal 15% dari toal pesangon dan/atau penghargaan masa kerja.

"Dengan kata lain, pesangon yang sudah diatur dengan baik di dalam UU 13/2003 justru akan dihilangkan dan digantikan dengan istilah baru, tunjangan PHK yang hanya 6 bulan upah. Padahal sebelumnya, buruh berhak mendapatkan hingga 36 bulan upah lebih," ujarnya.

Ketiga, Penggunaan Tenaga Alih Daya Diperluas

Ilustrasi: PHK Karyawan (Sumber: IEEE Spectrum)
Ilustrasi: PHK Karyawan (Sumber: IEEE Spectrum)

"Jika di UU 13/2003 outsourcing hanya dibatasi pada lima jenis pekerjaan, tampaknya ke depan semua jenis pekerjaan bisa di-outsoursing-kan. Jika ini terjadi, masa depan buruh tidak jelas. Sudahlah hubungan kerjanya fleksibel yang artinya sangat mudah di-PHK, tidak ada lagi upah minimum, dan pesangon dihapuskan," kata Said Iqbal.

Keempat, Lapangan Pekerjaan yang Teredia Berpotensi Diisi Tenaga Kerja Asing (TKA) Unskill

Terkait TKA, dalam UU 13/2003, penggunaan TKA harus memenuhi beberapa persyaratan. Antara lain, TKA hanya boleh untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tertentu. TKA yang tidak memiliki keterampilan khusus (unskill workers) tidak diperbolehkan bekerja di Indonesia. Jenis pekerjaannya pun adalah pekerjaan tertentu yang membutuhkan keahlain khusus yang belum banyak dimiliki pekerja lokal.

Selain itu, waktunya dibatasi. Dalam waktu tertentu, misalnya 3-5 tahun, dia harus kembali ke negaranya. Hal yang lain, setiap TKA harus didampingi oleh pekerja lokal. Tujuannya adalah, supaya terjadi transfer of job dan transfer of knowledge, sehingga pada satu saat nanti pekerja Indonesia bisa mengerjakan pekerjaan si TKA tadi.

Namun sayangnya, kata Iqbal, dalam omnibus law ada wacana, semua persyaratan tadi dihapus. Sehingga TKA bisa bebas sebebas-bebasnya bekerja di Indonesia. Hal ini, tentu saja akan mengancam ketersediaan lapangan kerja untuk orang Indonesia.

 

Kelima, Jaminan Sosial Terancam Hilang

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)
Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

"Dengan skema sebagaimana tersebut di atas, jaminan sosial pun terancam hilang. Khususnya jaminan hari tua dan jaminan pensiun," demikian Iqbal menjelaskan.

Menurut dia, hal ini akibat dari adanya sistem kerja yang fleksibel tadi. Sebagaimana kita pahami, agar bisa mendapat jaminan pensiun dan jaminan hari tua, maka harus ada kepastian pekerjaan.

"Mencermati wacana Omnibus Law, tidak sulit bagi kita untuk menyimpulkan bahwa ini adalah bagian untuk menghilangkan kesejahteraan para pekerja. Oleh karena itu, ini bukan hanya permasalaham pekerja, tetapi juga permasalahan seluruh rakyat Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Danar Jatikusumo

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Piton 7 Meter Tertangkap Warga Sigi Saat Makan Babi Hutan

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sigi - Warga Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Selatan dibikin heboh oleh peristiwa penangkapan ular piton sepanjang tujuh meter. Saat ditemukan, ular piton itu sedang memakan babi hutan.

Adalah Rasyidi ( 46 ), warga Desa Bangga yang pertama kali menemukan ular tersebut di kebunnya yang berjarak dua kilometer dari rumahnya, Sabtu (28/12/2019 ) sekitar pukul 16.30 Wita.

Rasyidi bercerita, ular itu tidak leluasa bergerak karena sedang memakan babi yang berukuran besar. Usai memakan hewan besar, ular piton berukuran raksasa ini cenderung lamban dan tak banyak bergerak.

Dibantu anggota keluarganya, petani cabai ini akhirnya berhasil menaklukkan hewan melata itu. Ia memilih membunuh hewan tersebut lantaran takut piton jumbo itu membahayakan jiwa keluarga dan warga lainnya.

"Saya tangkap bersama keluarga saya. Nanti saya akan bawa ke orang yang mau ambil," katanya.

Tertangkapnya ular piton berukuran besar seperti ini bukan kejadian pertama di wilayah Dolo Selatan. Pada pertengahan tahun 2019, saat banjir warga di wilayah ini juga menangkap ular yang terbawa arus Sungai Ore, sungai yang membentang di Kecamatan Dolo Selatan.

Simak video pilihan berikut ini:

Imbauan BKSDA Sulteng Terkait Keberadaan Satwa

Warga sigi menangkap piton jumbo yang sedang memakan babi hutan. (Foto: Liputan6.com/Heri Susanto)
Warga sigi menangkap piton jumbo yang sedang memakan babi hutan. (Foto: Liputan6.com/Heri Susanto)

Dihubungi Liputan6.com, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Sulteng, Haruna mengungkapkan hutan-hutan yang ada di Kabupaten Sigi memang merupakan habitat ular, termasuk piton.

Hewan ini menurutnya akan keluar dari sarang saat musim hujan atau terbawa arus sungai. Pertama lantaran terganggu habitatnya. Alasan lainnya karena bencana alam.

Haruna menerangkan, tidak ada jenis ular yang berstatus dilindungi di hutan Kabupaten Sigi sesuai PP No.8 tahun 1999 tentang perlindungan hewan. Karenanya, jika ada warga yang merasa terancam lalu menangkap bahkan membunuh hewan tersebut, tidak ada sanksi.

Namun dia juga mengingatkan agar warga senantias menjaga kelestarian alam. Sebab, hanya pihak-pihak tertentu yang memiliki izin pemanfaatan hutan.

Kalaupun mengkonsumsi atau pun menjual hewan ini, maka warga harus mematuhi aturan yang berlaku. Ia juga menyarankan agar warga melapor ke BKSDA jika menemukan ular berukuran besar di permukiman.

"Sesuai peraturan, ular itu tidak masuk dalam daftar yang dilindungi. Hanya saja ada aturan pemanfaatannya, tidak sembarang," kata Haruna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Barang Nyeleneh Ini Bisa Kamu Temukan di Pasar Barang Bekas

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasar barang bekas bisa menjadi harta karun bagi mereka yang menyukai barang-barang antik dan aneh. Di pasar barang bekas, kamu bisa menemukan benda-benda absurd tapi masih bisa digunakan.

Tak percaya, berikut ini beberapa barang nyeleneh yang bisa kamu temukan di pasar loak seperti dirangkum dari Brightside.me.

1. Pemecah kacangnya unik, ya?

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

2. Siapa yang mau pakai peniti segede ini ya?

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

3. Unik juga botol parfumnya

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

4. Agak seram sih sinterklasnya kalau gini

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

5. Kalau celananya kaya gini, kamu mau pakai enggak?

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

6. Tempat tisunya unik banget, nih

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

7. Siapa juga yang mau mandi dengan sosok kaya gini?

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merasa Dihakimi, Waspada Pertemanan Tak Sehat

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pertemanan merupakan hubungan yang terjadi karena adanya perilaku kerja sama dan saling mendukung. Pertemanan dapat memberikan pengaruh positif dan atau pun negatif pada kehidupan Anda.

Tentu saja Anda tak ingin mendapatkan pengaruh negatif dari pertemanan yang tak sehat, bukan?

Berikut ini adalah tanda bahwa pertemanan yang tak sehat sehingga Anda dapat menghindari hal itu:

1. Anda Selalu Merasa Buruk Mengenai Diri Sendiri

Seperti yang dilansir dari Health, pertemanan yang sehat dapat membuat Anda merasa postif, sedangkan pertemanan yang tak sehat dapat membuat Anda merasakan hal yang sebaliknya.

"Teman Anda mungkin secara terang-terangan menjatuhkan Anda atau menjadi lebih agresif dalam kritikan mereka," kata penulis buku Better Than Perfect, Elizabeth Lombardo.

2. Tak Pernah Yakin Posisi Anda

Selalu mempertanyakan kepada diri sendiri mengenai status dalam kelompok pertemanan Anda. Merasa tidak yakin dengan reaksi mereka terhadap Anda pada hari tertentu. Kadang mereka senang dengan keberhasilan Anda, pada waktu berbeda mereka cemburu dan pahit. Lambardo mengatakan bahwa ketidakpastian ini yang dapat membuat Anda cemas ketika bersama mereka.

3. Anda Merasa Dihakimi

Menurut psikolog klinis, Ben Michaelis, PhD, pertemanan yang tak sehat sering membicarakan individu lain di belakangnya.

"Kelompok teman yang sehat tidak menghakimi Anda dan akan menjaga rahasia Anda," ujar Lambardo.

4. Anda Merasa Tertekan untuk Melakukan Hal yang Tak Ingin Dilakukan

Tekanan sosial dapat menyebabkan norma-norma kelompok yang tidak sehat, Anda harus waspada jika Anda merasa tidak bebas mengungkapkan pikiran Anda atau bahkan menjadi malu melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani Anda.

"Anda merasa bersalah atas apa yang Anda lakukan atau mereka membuat Anda malu melakukan hal-hal yang tak Anda inginkan," kata Lambardo.

5. Ketika Menghabiskan Waktu Bersama Mereka, Anda Tak Menikmati

Berdasarkan lansiran dari Women's Health, Lambardo mengatakan bahwa bisa jadi Anda merasakan peningkatan kecemasan, sakit kepala, atau gangguan perut ketika bersama kelompok teman Anda.

6. Anda Bersaing dengan Mereka

Tak ada salahnya dengan persaingan sehat antarteman. Jika Anda dan teman-teman Anda menyukai bidang yang sama, Anda harus tetap memiliki perasaan yang baik dan menginginkan yang terbaik bagi mereka secara keseluruhan. Jika tidak, hal itu bisa menjadi racun bagi pertemanan Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo Reno3 Sedot Perhatian 1,46 Juta Calon Pembeli

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno3 dan Reno3 Pro telah diumumkan pada 26 Desember 2019. Kehadiran smartphome tersebut ternyata berhasil menarik perhatian konsumen.

Dilansir GSM Arena, Senin (30/12/2019), Oppo Reno3 dan Reno3 Pro mengumpulkan 1,46 juta registrasi dari konsumen yang tertarik di Tiongkok pada 27 Desember 2019. Sebanyak 580 ribu di antaranya berasal dari JD.com.

Angka registrasi kemungkinan saat ini sudah bertambah. Namun, angka registrasi bisa saja tidak sama dengan penjualan nanti.

Kendati demikian, jutaan konsumen yang tertarik tersebut menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap smartphone 5G terbaru Oppo itu.

Reno3 hadir dengam chipset Mediatek, Dimensity 1000L, dan dibanderol mulai dari USD 485 atau sekitar Rp 6,8 juta. Sementara varian Pro disokong prosesor Snapdragon 765G dengan harga mulai dari USD 570 atau Rp 8 jutaan.

Spesifikasi Oppo Reno3

Oppo Reno3. (Doc: Oppo)
Oppo Reno3. (Doc: Oppo)

Reno3 Pro memiliki panel OLED berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz, dan lubang di layar untuk tempat kamera selfie berkemampuan 32MP.

Guna menawarkan bermain gim yang maksimal dan bebas lag, panel layar memiliki tingkat deteksi sentuhan hingga 180Hz. Tak hanya itu, layar Reno3 Pro juga sudah mendukung HDR10+.

Dalam hal kamera, Reno3 Pro hadir dengan sensor berkemampuan 5x hybrid zoom (2x optik dan sisanya digital). Smartphone ini memiliki empat kamera utama, yakni 8MP (ultrawide-angle), 48MP kamera utama, 2MP (black and white), dan 13MP (telephoto).

Layar OLED 6,5

Oppo Reno3 Pro. (Doc: Oppo)
Oppo Reno3 Pro. (Doc: Oppo)

Sementara, Reno3 hadir dengan layar OLED 6,5 inci yang sama seperti versi Pro. Perbedaannya, kamera selfie berkemampuan 32MP ini berada di dalam notch waterdrop.

Perbedaan lainnya juga terlihat di bagian belakang smartphone. Reno3 hanya memiliki sensor utama berkemampuan 64MP, 8MP (ultrawide), sensor black and white, dan portrait.

Reno3 hadir dengan chipset terbaru milik MediaTek, yakni Dimesity 1000L dan dibantu performanya oleh GPU Mali-G77. MediaTek menyebutkan, chipset barunya ini memiliki performa hingga 4,7Gbps dan mendukung berbagai jaringan dari 2G hingga 5G.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rose BLACKPINK Sedang Belibur di Bali?

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Personel BLACKPINK, Rose diduga sedang menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru bersama keluarganya di Bali. Warganet yang melihatnya langsung membagikan rekamannya di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Barcelona Ungkap Perbedaan Liga Spanyol dan Inggris

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Gelandang Barcelona, Frenkie De Jong mengungkap perbedaan Liga Spanyol dan Liga Inggris. Menurut gelandang asal Belanda itu, Liga Inggris lebih kuat dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti dilansir Football Espana, De Jong mengaku, Liga Spanyol merupakan yang terkuat di dunia. "Anda bisa melihat dominasi tim-tim mereka di Eropa," ujar De Jong.

"Beberapa musim terakhir, klub-klub Liga Spanyol melaju cukup jauh di level Eropa dan sering memenangkan Liga Champions an Liga Europa," katanya.

"Tetapi Liga Inggris telah mendapat kekuatan lebih banyak dalam beberapa tahun terakhir," kata De Jong menambahkan.

De Jong bergabung dengan Barcelona dari Ajax Amsterdam pada awal musim ini. Meski baru berusia 22 tahun, De Jong sudah menjadi andalan pelatih Barcelona Ernesto Valverde.

Gelandang timnas Belanda itu tercatat telah tampil 24 kali dan mencetak satu gol bagi Barcelona. De Jong pun digadang-gadang sebagai penerus Andres Iniesta.

 

Skil dan Intensitas

Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)
Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)

Menurut De Jong, ada dua perbedaan mendasar antara Liga Spanyol dan Inggris. Ia menilai, Liga Spanyol lebih unggul dalam soal skil.

"Soal skil, Liga Spanyol lebih baik. Tetapi dalam hal intensitas, Liga Inggris sedikit lebih baik," katanya mengakhiri.

Liga Spanyol musim 2019/20 sedang jeda musim dingin. Barcelona sejauh ini mampu memimpin klasemen dengan 39 poin, unggul dua poin dari Real Madrid.

 

Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajaib, Penyandang Tuna Netra Ini Mampu Perbaiki Benda-Benda Sekitar Seorang Diri

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Huh Gyeong Ha mendadak kehilangan indra penglihatannya ketika berusia 25 tahun. Dalam semalam, pria itu menjadi penyandang disabilitas

Usia muda yang seharusnya dihabiskan dengan kebahagiaan malah menjadi hitam pekat dalam satu malam. Huh tiba-tiba saja mengalami kebutaan saat ia bangun tidur di suatu pagi.

"Saya kira saat itu malam hari karena tidak ada cahaya sedikit pun," ujar Huh pada SBS 'What On Earth'.

Awalnya, pria asal Korea Selatan ini bekerja sebagai bartender, sampai ketika kebutaan tiba-tiba datang. Menjadi tuna netra sempat membuatnya depresi dan ingin mengakhiri hidupnya. Untunglah, ia mampu kembali bangkit dan mulai meniti kehidupan sebagai tukang reparasi.

Dilihat dari tayangan SBS 'What On Earth' kemampuan Huh dalam memperbaiki segala jenis barang sudah tidak diragukan lagi. Saking terampilnya, terkadang orang-orang yang mempekerjakannya tidak percaya pria itu difabel. Tak sedikit yang menganggap Huh hanya pura-pura buta.

 

Terdaftar Sebagai Penyandang Tuna Netra Kategori 5

(Foto: tangkapan layar SBS 'What On Earth')
(Foto: tangkapan layar SBS 'What On Earth')

Huh terdaftar sebagai penyandang tuna netra kategori lima atau sama sekali tidak dapat menangkap cahaya. Kondisi tak menjadi penghalang Huh dalam mengerjakan pekerjaan rumit seperti menyambungkan kabel, membetulkan gagang pintu, menggergaji kayu, dan membuat kursi. Ia juga mahir membetulkan alat elektronik seperti kipas angin, panel listrik, ventilator, router, mesin karaoke, bahkan memasang pipa air dan keran wastafel.

"Dia mampu melakukan apa saja, suamiku adalah orang terbaik di dunia ini," kata istri Huh yang juga tuna netra.

Ketika menyelesaikan pekerjaannya, tak jarang Huh membentur dinding dan meninggalkan luka di kening.

"Ini adalah takdir saya, saya tidak kecewa karena saya sakit. Saya harus menjalani sisa hidup dengan rajin, lebih dari siapa pun," kata Huh.

Pantang menyerah adalah definisi hidup Huh, ia tidak menyerah pada kesulitan dan lebih memilih menantangnya.

Video kisah hidup Huh telah ditonton sebanyak 185.000 kali dengan 2.200 suka dan 288 komentar warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaleidoskop 2019: 6 Kejadian Paling Mengguncang di Jagat K-Pop

Posted: 29 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kaleidoskop 2019 yang berkaitan dengan K-Pop menunjukkan masa kelabu bagi industri hiburan dari Negeri Ginseng ini. Hampir setiap bulan muncul insiden dan skandal yang menggegerkan publik.

Di awal tahun misalnya, muncul skandal Burning Sun yang menyeret nama besar di jagat K-Pop. Lalu di sepanjang tahun muncul pemberitaan mengenai kasus hukum yang menjerat artis top Korea Selatan, mulai dari narkoba, perjudian, hingga kejahatan seksual.

Belum lagi sejumlah belasan grup idol K-Pop yang ditinggal oleh sejumlah anggotanya karena berbagai alasan. Bahkan akhir tahun ditutup dengan berita duka dari dua bintang muda. 

Dari seluruh peristiwa yang terjadi pada tahun ini, Liputan6.com merangkum enam peristiwa paling mengguncang dalam Kaleidoskop 2019. Sebagian di antaranya, memiliki dampak yang luas dalam industri K-Pop.

Simak Kaleideoskop 2019 edisi K-Pop selengkapnya, berikut ini:

1. Perceraian Song Song Couple

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Liputan6.com/IG/songjoongkionly)
Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Liputan6.com/IG/songjoongkionly)

Sejak muncul bersama dalam drama Descendants of the Sun hingga akhirnya menikah, Song Hye Kyo dan Song Joong Ki kerap dinilai sebagai pasangan ideal di jagat K-Pop.

Namun anggapan ini buyar pada pagi hari, 27 Juni 2019. Kala itu pengacara Song Joong Ki mengungkap kliennya telah mengajukan gugatan cerai terhadap Song Hye Kyo.

Tidak terungkap penyebab pasti keruntuhan rumah tangga yang hanya berjalan setahun delapan bulan ini. Yang jelas proses perceraian mereka berlangsung singkat, hanya satu bulan.

2. Skandal Kamera Tersembunyi

Jung Joon Young. (AP Photo/Lee Jin-man)
Jung Joon Young. (AP Photo/Lee Jin-man)

Skandal Burning Sun yang bergolak sejak akhir tahun 2018, tiba-tiba kembali menghangat setelah muncul salinan percakapan chatroom antara Seungri dan rekan-rekannya.

Fokus publik mengarah kepada sejumlah artis, dua di antaranya adalah Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon eks FT Island. Pasalnya, keduanya menyebarkan rekaman ilegal saat melakukan hubungan seksual. Keduanya bersama enam orang lain, menjalani proses hukum selama 2019.

Akhir November, Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon dinyatakan bersalah atas dakwaan perkosaan dan mengambil gambar secara ilegal serta menyebarkannya. Jung Joon Young divonis enam tahun penjara, sementara itu Choi Jong Hoon diganjar lima tahun penjara. Awal Desember, keduanya kompak mengajukan banding atas vonis ini.

3. Yang Hyun Suk dan Seungri

Seungri dan Yang Hyun Suk (Instagram/ seungriseyo - https://www.instagram.com/p/Bans0yTAV-y/)
Seungri dan Yang Hyun Suk (Instagram/ seungriseyo - https://www.instagram.com/p/Bans0yTAV-y/)

Dua nama besar dari YG Entertainment, mundur dari agensi raksasa ini pada 2019. Pertama adalah Seungri pada Maret 2019, diikuti Yang Hyun Suk tiga bulan kemudian.

Keduanya mundur dari YG Entertainment setelah terjerat beragam skandal yang terbilang serius. Seungri yang juga mundur dari Bigbang, dikaitkan dengan dugaan prostitusi, judi ilegal, dan skandal Burning Sun.

Sementara Yang Hyun Suk mundur dari perusahaan yang ia dirikan ini, karena terbelit skandal yang serupa dengan Seungri hingga dugaan penggelapan pajak. Skandal terakhir yang akhirnya membuat dia mundur, adalah tuduhan bahwa ia melakukan kongkalikong dengan polisi dalam kasus dugaan narkoba B.I eks iKON pada 2016.

4. Manipulasi Produce 101

Produce X 101 (Soompi)
Produce X 101 (Soompi)

Selama empat tahun berturut-turut, waralaba Produce 101 menjadi ajang survival show paling populer di Korea Selatan. Empat grup papan atas lahir dari ajang ini, mulai dari IOI, Wanna One, IZ*One, hingga X1.

Namun dalam musim keempat, muncul dugaan manipulasi yang dilakukan penyelenggara acara ini, karena kejanggalan suara di babak final Produce X 101. Kemarahan publik tak terbendung, bahkan politisi Korsel pun ikut buka suara atas masalah ini.

Proses hukum akhirnya berjalan. Dalam penyelidikan, akhirnya produser acara ini mengakui adanya manipulasi suara di seluruh musim acara ini. X1 dan IZ*ONE, bahkan tidak lagi aktif sejak kasus ini berjalan.

5. Kematian Sulli

Sulli eks f(x) (Dok.Instagram/@jelly_jilli/https://www.instagram.com/p/BfiXOSpgD4y/Komarudin)
Sulli eks f(x) (Dok.Instagram/@jelly_jilli/https://www.instagram.com/p/BfiXOSpgD4y/Komarudin)

Sepanjang hidupnya, Sulli dikenal dengan gaya hidupnya yang bebas. Tak jarang ia menerima kritik dan komentar jahat atas pilihan hidupnya ini, tapi di hadapan publik, ia selalu menanggapinya dengan santai.

Karena itulah publik terkaget-kaget mendengar kabar bahwa Sulli mengakhiri hidupnya sendiri di usia 25 tahun pada 14 Oktober 2019.

Kematian Sulli menggerakkan warga Korsel untuk lebih aktif melawan komentar jahat yang beredar di internet. Muncul wacana untuk menonaktifkan kolom tanggapan dalam pemberitaan, juga aturan pembatasan anonimitas dalam menulis komentar.

6. Kematian Goo Hara

Goo Hara (Chung Sung-Jun/Pool Photo via AP)
Goo Hara (Chung Sung-Jun/Pool Photo via AP)

Sekitar sebulan setelah kematian Sulli, dunia hiburan Korsel kembali dihantam berita duka. Sahabat Sulli semasa hidup, Goo Hara, meninggal dunia pada 24 November 2019.

Tidak ada pernyataan resmi mengenai penyebab kematian Goo Hara yang meninggal di usia 28 tahun ini. Namun ditemukan catatan tangan Goo Hara yang bernada pesimistis di lokasi penemuan jenazahnya. Selain itu, mantan anggota KARA ini juga pernah melakukan percobaan bunuh diri pada Mei 2019, tapi berhasil digagalkan.

Dalam setahun terakhir hidupnya, Goo Hara diterpa sejumlah masalah. Yang paling pelik, adalah kasus hukumnya dengan sang mantan kekasih. Pria tersebut sempat mengancam akan menyebarkan video mereka berdua saat melakukan hubungan seksual.

Setelah kematian Goo Hara, sebuah petisi yang ditandatangani lebih dari 200 ribu orang dikirim ke Blue House. Isinya, adalah tuntutan agar diberlakukan hukuman yang lebih berat bagi pelaku perekaman aktivitas seksual tanpa izin maupun orang yang menyebarkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Liputan6.com Kini Lebih Hemat Data, Yuk Update ke Versi Terbaru Sekarang!

Posted: 29 Dec 2019 08:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Liputan6.com kembali menghadirkan update terbaru guna menyajikan pengalaman membaca berita yang jauh lebih mengasyikkan dan nyaman.

Dalam update versi 3.0.7 ini aplikasi Liputan6.com memiliki fitur Lite Mode, layout baru yang lebih ringan, dan dijamin makin hemat data.

Navigasi halamannya pun menjadi makin cepat dan performa push notification kini meningkat 30 persen.

Untuk diketahui, aplikasi Liputan6.com versi lama akan berhenti beroperasi mulai 31 Januari 2020.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, update aplikasi Liputan6.com ke versi terbaru sekarang, agar kamu tetap mendapatkan berita terkini, tajam, dan terpercaya.

Silakan klik atau update aplikasi Liputan6.com di sini.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi soal Kasus Novel Baswedan: Jangan Ada Spekulasi Negatif

Posted: 29 Dec 2019 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi kinerja kepolisian yang menangkap dua penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Jokowi meminta masyarakat ikut mengawal kasus ini hingga selesai.

"Ya, ini kan, peristiwa ini sudah dua tahun. dan sekarang pelakunya sudah tertangkap. Ya kita sangat menghargai, mengapresiasi apa yang sudah dikerjakan oleh Polri. Tapi yang paling penting kawal bersama," ujar Jokowi di Kota Semarang Jawa Tengah, Selasa (30/12/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengimbau agar tidak timbul spekulasi-spekulasi negatif terkait kasus Novel Badwedan. Terlebih, penangkapan tersebut barulah proses awal dari kasus ini.

"Jangan sampai ada spekulasi-spekulasi apa yang negatif. Ini kan baru pada proses awal penyidikan dari ketemunya tersangka itu, pelaku itu. Nanti kita ikuti terus, kawal terus. Sehingga bener-bener apa yang menjadi harapan masyarakat itu ketemu. Oh ini, ya sudah," jelas Jokowi soal kasus Novel Baswedan.

 

Tersangka Polisi Aktif

Polisi mengawal dua tersangka kasus penyiramanan air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (28/12/2019). Tersangka berinisial RM dan RB dipindahkan dari Polda Metro Jaya ke Bareskrim Mabes Polri untuk penyidikan lebih lanjut. (merdeka.com/Imam Buhori)
Polisi mengawal dua tersangka kasus penyiramanan air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (28/12/2019). Tersangka berinisial RM dan RB dipindahkan dari Polda Metro Jaya ke Bareskrim Mabes Polri untuk penyidikan lebih lanjut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, polisi telah menetapkan dua anggota Polri aktif sebagai tersangka penyerangan penyidik KPK, Novel Baswedan. Dua orang inisial RB dan RM diamankan di kawasan Cimanggis, Depok, Kamis 26 Desember 2019 malam.

Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, dua tersangka itu memiliki peran yang berbeda. Argo mengungkapkan, pelaku yang menyiram cairan kimia ke Novel Baswedan adalah tersangka RB.

"Perannya ada yang nyopir ada yang nyiram, yang nyiram RB," ucap Argo, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Isyana Sarasvati dari Kecil hingga Lamaran

Posted: 29 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar menngejutkan datang dari artis cantik Isyana Sarasvati. Menutup tahun 2019 ini, Isyana Sarasvati mengejutkan publik dan menghebohkan penggemar dengan mengunggah momen lamaran. Pelantun lagu Keep Being You resmi dilamar sang pujaan hati bernama Rayhan Maditra pada Minggu (29/12).

Isyana sendiri jarang mengekspos mengenai kehidupan asmaranya di media sosial. Acara lamaran mereka juga digelar tertutup di rumah Isyana di Bandung, Jawa Barat. Momen lamaran yang berlangsung hikmat disaksikan kedua keluarga besar. Setelah resmi melangsungkan acara lamaran, penyanyi 26 tahun itu pun mengunggah foto mesra bersama calon suami di akun Instagram pribadinya.

Usut punya usut, Isyana dan Rayhan sudah menjalin kasih selama 12 tahun. Sang kekasih turut menjadi saksi perjalanan karier dan pertumbuhan Isyana. Sebelum sukses seperti sekarang sedari dulu adik Rara Sekar ini memang sudah dikenal cantik dan berbakat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ini 7 potret transformasi Isyana Sarasvati yang cantik sedari kecil, Senin (30/12/2019).

1. Isyana Sarasvati lahir di Bandung Mei 1993 dan menghabiskan masa kecil di luar negeri.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

2. Isyana melewati masa kanak-kanak di luar negeri dan menetap lebih kurang 4 tahun di Belgia.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

3. Tak hanya memiliki paras cantik tapi sedari kecil Isyana memang dikenal jenius di dunia musik.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

4. Selain pintar dalam bermusik, Isyana juga aktif di sekolah dan pernah menjadi ketua Osis.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

5. Isyana merupakan lulusan dari Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

6. Selain memiliki suara merdu, Isyana dikenal memiliki kepribadian yang humble dan kocak.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

7. Isyana Sarasvati resmi bertunangan dengan pria bernama Rayhan Maditra.

Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)
Potret Transformasi Isyana Sarasvati yang Cantik Sedari Kecil (sumber:Instagram/isyanasarasvati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Dekat Dengan Sutradara Film Star Wars, George Lucas

Posted: 29 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - George Walton Lucas, Jr pria kelahiran Modesto, California, Amerika 14 Mei 1944. George Lucas adalah seorang sutradara film, produser film, hingga penulis skenario asal Amerika Serikat yang terkenal dengan film Star Wars dan trilogi Indiana Jones.

Siapa sangka ternyata George Lucas saat remaja dirinya tidak ingin menjadi film maker, melainkan menjadi seorang pembalap. Namun, mimpinya harus kandas karena hampir terkena kecelakaan fatal.

Setelah lulus kuliah, George Lucas memantapkan pilihannya untuk menjadi seorang pilot, namun perjalanannya tidak semudah itu. Dia ditolak oleh militer Angkatan Udara karena memiliki potensi diabetes.

Penasaran seperti apa sosok George Lucas yang merintis dari awal hingga menjadikannya sutradara terkenal? Simak selengkapnya di channel kincirdotcom hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak

Posted: 29 Dec 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa, sih, yang tidak mengenal Najwa Shihab? Pembawa acara ini terkenal dengan sifat kritisnya. Perempuan yang akrab disapa Nana ini sudah aktif di dunia jurnalistik sejak 2001. Berkat sifat kritisnya, Najwa mendapatkan banyak penghargaan. Terbaru, ia mendapatkan Person of The Year 2019 dari Line Indonesia Award 2019.

Putri kedua Quraish Shihab, Menteri Agama di Kabinet Pembangunan VII di era Presiden Soeharto dan wakilnya B.J. Habibie ini, menghabiskan akhir tahun dengan menjalankan ibadah umrah bersama keluarga besarnya. Mulai dari anak dan suaminya hingga terlihat ada sang ayah, Quraish Shihab, menambah kesan hangat dari umrah yang dilakukan Najwa Shihab dan sekeluarga.

Perempuan kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini terlihat sangat cantik dengan memakai mukena saat umrah. Ia pun membagikan momen-momen hangatnya saat umrah dengan keluarga di Instagram. Mulai dari foto bersama ibunya hingga foto selfie keluarga besar di depan Kakbah menjadi momen menarik dari perjalanan umrah Najwa Shihab.

Penasaran kan bagaimana momen-momen hangat Najwa Shihab saat umrah di Tanah Suci? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen hangat Najwa Shihab bareng keluarga besarnya, Senin (30/12/2019).

1. Dengan memakai mukena motif warna abu-abu, Najwa terlihat menawan saat berada di Masjid Nabawi.

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)

2. Pembawa berita yang terkenal kritis ini juga berfoto mesra dengan sang ibu.

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)

3. Najwa menjalankan umrah bersama keluarga besarnya. Terlihat juga sang ayah, Quraish Shihab.

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)

4. Suami Najwa, Ibrahim Sjarief dan anaknya Izzat juga terlihat dalam foto saat berada di depan Ka'bah.

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)

5. Dengan memakai mukena putih, senyum bahagia tidak bisa disembunyikan dari wajah Najwa Shihab.

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)

6. Sampai sekarang, Najwa Shihab masih menjalankan umrah di Tanah Suci. Semoga ibadah Nana dan sekeluarga selalu dipermudah ya.

6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)
6 Momen Najwa Shihab Umrah Bareng Keluarga, Hangat dan Kompak (sumber: Instagram.com/najwashihab)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Warganet Usai Kemenangan Liverpool Diwarnai Kontroversi VAR Lagi

Posted: 29 Dec 2019 08:35 PM PST

Jakarta- Kontroversi mewarnai kemenangan tipis 1-0 Liverpool atas Wolverhampton Wanderers pada lanjutan Premier League di Stadion Anfield, Minggu (29/12/2019). Pecinta bola dibuat terhenyak karena gol tunggal Liverpool tetap disahkan wasit walaupun Virgil van Dijk terlihat handball dalam proses terciptanya gol tersebut. 

Liverpool mencetak gol tersebut pada menit ke-42 ketika Sadio Mane membobol jala Wolves setelah meneruskan umpan Adam Lallana. Wasit Anthony Taylor sempat mengecek VAR karena meyakini Adam Lallana handball, namun gol tetap disahkan. VAR menunjukkan Lallana tidak handball karena bola mengenai bahunya. 

Namun, wasit maupun perangkat pertandingan lain tak mempertimbangkan bahwa dua detik sebelumnya Van Dijk mengontrol bola dengan tangan kanannya sebelum melepaskan umpan yang diterima Lallana dan kemudian berbuah gol.  

Menurut The Sun, ofisial telah melihat apa yang terjadi dan memutuskan Van Dijk "tidak meyakinkan"  telah melakukan handball. 

Peristiwa lain terkait VAR juga mewarnai babak pertama pertandingan tersebut. Pada injury time babak pertama, Wolves sempat menyamakan kedudukan melalui Pedro Neto. Namun, gol tersebut dibatalkan VAR karena Jonny, yang melepaskan assist, dianggap offside. 

Keputusan kontroversial VAR pada pertandingan tersebut tentu saja menjadi perdebatan panas di media sosial. Tagar LiVARpool bahkan menjadi trending topic di media sosial Twitter. 

Seperti apa komentar netizen tentang kontroversi VAR pada laga Liverpool kontra Wolves? Berikut ini beberapa di antaranya. 

1. Rekrutan Terbaik Liverpool? Tentu Saja VAR

"Beberapa orang bilang Van Dijk rekrutan terbaik Liverpool, yang lain bilang Salah, ada juga yang bilang Mane, tapi jauh di dalam hati kita tahu rekrutan terbaiknya adalah VAR."

2. LiVARpool?

3. Bagaimana VAR Melewatkan Ini?

"Saya pikir handball yang mewarnai proses terjadinya gol ilegal. Jadi, bagaimana mungkin VAR melewatkan itu?"

4. Bahkan VAR Ingin Kami Memenangi Liga

"Bahkan VAR ingin kami memenangi liga! Ayo Reds!"

5. Rangkaian Ketidakyakinan

"Seluruh 'ketidakyakinan' menurut wasit setelah melihat VAR."

6. Lagi-lagi Liverpool Dibantu VAR

"Yang satu offside dan satunya lagi tidak. VAR kembali bekerja untuk keuntungan Liverpool lagi."

7. Mohon Maaf Premier League Sudah Dibooking Liverpool

8. VAR Merusak Sepak Bola

"Bahkan sebagai fan Liverpool, saya harus mengakui VAR merusak sepak bola."

9. VAR Pemain Terbaik Liverpool

10. Salahkan VAR, Bukan Liverpool

Disadur dari Bola.com (penulis Yus Mei Sawitri, Published 30/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sebabkan Kematian, Begini Cara Kerja Racun Ular

Posted: 29 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Awal musim hujan adalah waktunya ular kobra menetas. Mengingat punya racun berbisa, sehingga perlu antisipasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat jadi Kado Manis Jelang Akhir Tahun

Posted: 29 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan jelang akhir tahun ini. Analis memperkirakan rupiah akan terus bergerak menguat hingga pergantian tahun.

Mengutip Bloomberg, Senin (30/12/2019), rupiah dibuka di angka 13.948 per dolar AS, menguat dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.952 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.934 per dolar AS hingga 13.948 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mampu menguat 3,17 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.945 per dolar AS, menguat jika dibandingkan penutupan perdagangan pekan lalu yang ada di angka 13.956 per dolar AS.

"Dalam perdagangan Senin ini rupiah kemungkinan masih akan menguat dan ini menjadi kado akhir tahun yang manis," kata Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara, Senin (30/12/2019).

Jelang akhir tahun, investor tampaknya memilih bersikap wait and see ditengah sepinya aktifitas perdagangan dan juga minimnya sentimen.

Kesepakatan AS-China

Perang Dagang China AS
Perang Dagang China AS

Dari eksternal, sebelumnya optimisme pasar kembali meningkat pasca adanya informasi damai dagang fase satu akan ditandatangani. China mengatakan pihaknya berhubungan erat dengan Amerika Serikat pada upacara penandatanganan perjanjian perdagangan.

Ini setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia dan Presiden China Xi Jinping akan mengadakan upacara untuk menandatangani kesepakatan perdagangan yang baru-baru ini dicapai dan hal tersebut akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi global ke depan.

Ibrahim juga memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp 13.920 per dolar AS hingga Rp 13.970 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora: Penunjukan Pelatih Timnas Indonesia Sesuai Arahan Presiden

Posted: 29 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali menyebutkan bahwa penunjukkan Shin Tae-Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia yang dilakukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Selamat buat PSSI yang telah menunjuk pelatihnya Shin Tae-Yong dari Korea Selatan, sesuai dengan arahan Pak Presiden ketika PSSI menghadap ke Presiden," ujarnya saat meninjau Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (20/12/2019) sore WIB..

Menurutnya, saat itu Presiden Jokowi meminta PSSI untuk mengumumkan ke publik siapa pelatih Timnas Indonesia sebelum tutup tahun 2019.

"Beliau berharap sebelum akhir tahun PSSI sudah mengumumkan siapa yang akan melatih Timnas Indonesia yang akan berlaga pada 2021 di Piala Dunia U-20. Penunjukkan PSSI terhadap Shin Tae-Yong, pemerintah mendukung sepenuhnya," kata Zainuddin Amali.

 

Harapan Baru

Ia menganggap, kehadiran pelatih dari Korea Selatan itu menjadi harapan baru bagi timnas Indonesia, sehingga berimplikasi pada optimisme baru untuk dunia pesepakbolaan di Indonesia. Dirinya juga menyebutkan bahwa pilihan yang dijatuhkan oleh PSSI sudah tepat.

"Saya sangat mohon masyarakat kita memberikan dukungan kepada Shin Tae-Yong. Beri dia kesempatan untuk melakukam tugasnya sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan kepada PSSI. Jangan diawal awal kita sudah rewel," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, PSSI resmi memperkenalkan Shin Tae-Yong dari Korea Selatan sebagai pelatih timnas Indonesia dengan masa kerja empat tahun.

"Finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan. Shin Tae-Yong akan menjalankan proyek jangka panjang selama empat tahun," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada perkenalan resmi Shin Tae-Yong sebagai pelatih timnas di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). (Ant)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kesaksian Warga Saat Penembakan Gereja di Texas

Posted: 29 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penembakan terjai lagi di Amerika Serikat. Kali ini terjadi di sebuah gereja di kawasan Texas, saat jemaat sedang menjalankan ibadah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar 5 Smartphone Gahar Buat Main Gim di 2019

Posted: 29 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini menjadi momen bersejarah bagi gamer di berbagai negara, khususnya yang suka main gim di smartphone.

Kenapa? Di 2019, Asus dan Black Shark secara resmi mengumumkan lini ponsel pintar untuk main giim.

Namun selain dua pemain tersebut, ada pula beberapa vendor yang merilis smartphone tidak dengan embel-embel khusus gaming.

Artikel smartphone gahar untuk main gim di 2019 menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (29/12/2019).

Tak hanya itu, artikel lain yang juga populer kemarin termasuk prediksi angka pengapalan smartphone 5G Huawei yang meningkat, dan daftar aplikasi Apple paling populer di 2019.

Lebih lengkapnya simak berita paling populer berikut ini.

1. 5 Smartphone Gahar untuk Gaming di 2019

2019 tak dimungkiri menjadi tahun penting bagi kehadiran smartphone gim di Indonesia.

Alasannya, Asus dan Black Shark yang memang memiliki lini smartphone khusus bermain gim resmi hadir untuk pasar Tanah Air.

Namun selain dua pemain tersebut, ada pula beberapa vendor yang merilis smartphone tidak dengan embel-embel khusus gaming, tapi sudah mumpuni untuk digeber dengan gim kelas wahid macam PUBG Mobile atau Asphalt 9: Legends.

Baca Selengkapnya di Sini

2. Pengapalan Smartphone 5G Huawei di Tiongkok Diprediksi Tembus 100 Juta

Adopsi perangkat 5G diyakini akan semakin meningkat pada tahun depan, seiring dengan bertambahnya varian smartphone termasuk dari Huawei. Perusahaan asal Tiongkok ini diprediksi akan mengapalkan 100 juta unit smartphone 5G di Tiongkok pada tahun depan.

Dilandir GSM Arena, Minggu (29/12/2019), prediksi ini disampaikan oleh CEO Taiyo Yuden Co, Shoichi Tosaka. Taiyo Yuden merupakan manufaktur smart capasitor (kapasitor) asal Jepang.

Huawei dan ZTE diyakini sebagai dua klien utama untuk kapasitor 5G. Mengingat Taiyo Yuden merupakan salah satu produsen kapasitor terbesar di dunia, prediksi Tosaka tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, ia dinilai memiliki data yang sangat baik untuk dijadikan dasar prediksi.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Ini Daftar Aplikasi dan Gim Terbaik di 2019

Apple kembali merangkum daftar aplikasi dan gim terbaik yang meluncur di App Store pada 2019 ini.

Meskipun aplikasi YouTube, Netflix, dan Instagram masih populer, tak sedikit pula studio kecil dan indie mampu memperlihatkan kemampuan terbaik mereka ke dalam aplikasi mereka.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, aplikasi dan gim yang masuk ke dalam daftar ini dipilih langsung oleh para editor di App Store dari berbagai negara di dunia.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

michelle mengatakan...

ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q