Jumat, 13 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Diisukan Jadi Sekolah Syariah, Ini Profil SMAN 31 Jakarta

Posted: 13 Dec 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta SMA N 31 Jakarta diisukan jadi sekolah syariah sejak 2 bulan lalu lantaran menerapkan program Tahfiz Quran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Ular

Posted: 13 Dec 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seperti biasa, Kamis, 11 Desember 2019, Wagiman tengah menjajakan sayuran di Pasar Kemirimuka, Beji, Kota Depo. Tak pernah terbesit di benaknya, seekor ular akan mematuknya.

Sore itu, tanah masih lembab karena hujan. Wagiman tengah menunggu pembeli di dekat rel kereta api.

Anak ular kobra tersebut diduga muncul dari bebatuan di dekat rel kereta.

Petugas kemanan dan Ketertiban Pasar Kemirimuka, Agus mengatakan, anak ular kobra itu langsung menghilang usai mematuk Wagiman.

Peneliti Herpetologi dari LIPI, Amir Hamidy, mengungkapkan musim hujan merupakan waktu telur-telur ular menetas. Oleh karena itu, tak heran jika banyak anak ular ditemukan belakangan ini.

Dia kemudian membagi tips tentang apa yang harus dilakukan ketika bertemu atau berhadapan dengan ular. Berikut tipsnya yang dibagikan dalam acara Dear Netizen Liputan6.com, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019:

1. Tenang

Ilustrasi ular kobra. (iStockphoto)

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan ketika melihat ular adalah tenang.

Jika tidak, ular yang ada di hadapan juga akan panik. Semakin panik, ular tersebut bakal semakin agresif.

"Kita harus tenang, kalem. Tidak melakukan tindakan tiba-tiba," ujar Amir.

 

2. Sadar Diri

Ilustrasi (iStock)

Kedua adalah sadar diri. Jika tahu caranya menangani atau menangkap ular, Anda bisa lakukan sendiri.

Jika tidak, lebih baik panggil komunitas atau petugas Pemadam Kebakaran untuk membantu.

"Kalau tidak tahu menangani ular, jangan handling ular," wanti Amir.

3. Gunakan Tongkat Panjang dan Kain

Ilustrasi kobra (iStock)

Amir mengatakan, langkah ketiga adalah mencari tongkat panjang. Apalagi ketika yang dihadapi adalah kobra. Carilah tongkat sepanjang mungkin, tapi masih bisa untuk mem-block langkah ular.

Lalu, sediakan kain yang bisa digunakan untuk membungkus. Dekatkan kain ke ular tersebut.

"Ketiga, tidak handling ular dengan tangan langsung. Gunakan stik. Lalu, ular kalem kalau pakai kain. Dia bakal masuk sendiri ke kain tersebut. Jadi gunakan kain dan tongkat. Kalau ular sudah tenang sudah tenang, bisa pegang kepalanya," tutur Amir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Akhirnya Umumkan Galaxy A71 dan Galaxy A51, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Posted: 13 Dec 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya mengumumkan kehadiran dua smartphone anyarnya di lini Galaxy A, yakni Galaxy A51 dan Galaxy A71.

Sama seperti generasi sebelumnya, dua smartphone ini mengambil desain yang cukup identik.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (13/12/2019), kedua smartphone ini mengambil gaya desain Galaxy S10 dengan layar punch hole. Bedanya, lubang diletakkan di bagian tengah layar.

Untuk Galaxy A71, Samsung membekalinya dengan Snapdragon 730. Ada dua opsi RAM yang tersedia, yakni 6GB dan 8GB. Namun keduanya sama-sama memiliki memori 128GB.

Memiliki layar 6,7 inci, performa smartphone ini ditopang baterai 4.500mAh dengan fitur fast charging 25W. Sebagai penunjang keamanan, Samsung menyertakan fitur face recognition dan on-screen fingerprint.

Beralih ke sektor kamera, Galaxy A71 mempunyai empat kamera belakang. Keempat kamera belakang itu disusun dalam sebuah kotak beserta LED flash.

Adapun masing-masing lensa beresolusi 64MP (lensa utama), 5MP (depth sensor), 5MP (macro), dan 12MP (ultra-wide). Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP.

Smartphone ini hadir dalam empat pilihan warna, yaitu prism crush black, silver, blue, dan pink. Sayang, Samsung belum mengungkap harga dan ketersediannya.

Samsung Galaxy A51

Tampilan Samsung Galaxy A51 (sumber: Samsung)

Lalu untuk Galaxy A51, layar smartphone ini sedikit lebih kecil dari Galaxy A71, yaitu 6,5 inci. Perangkat ini dipersenjatai Exynos 9611

Smartphone ini hadir dengan opsi RAM dan memori yang berbeda, yakni RAM 4GB, 6GB, dan 8GB. Sementara memori internal 64GB dan 128GB.

Sebagai pendukung keamanannya, smartphone ini juga dibekali fitur face recognition dan on-screen fingerprint. Performa Galaxy A51 ditopang baterai 4.000mAh dengan fitur fast charging 15W.

Jumlah kamera belakang smartphone ini serupa dengan saudaranya, yakni empat kamera, begitu pula dengan kamera depannya yang beresolusi 32MP. Hanya yang menjadi pembeda, lensa utama perangkat ini 48MP.

Galaxy A51 juga tersedia dalam empat pilihan warna, yakni prism crush black, white, blue, dan pink. Menurut rencana, smartphone ini sudah akan dijual perdana di Vietnam pada 27 Desember.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Natal dan Tahun Baru, Citilink Beri Diskon Tiket hingga 30 Persen

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Citilink Indonesia memberikan potongan harga tiket sebesar 10 persen-30 persen yang berlaku selama periode peak seaso mulai 20 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020.

"Pemberian potongan harga tiket ini merupakan bentuk dukungan Citilink Indonesia bagi masyarakat yang akan merayakan Natal ataupun menikmati liburan Tahun Baru, terutama bagi yang akan bepergian menggunakan transportasi udara," ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Adapun jumlah kursi yang dialokasikan untuk promo ini adalah sebanyak 110.200 dan hanya berlaku untuk masa pembelian dan masa terbang selama periode 20 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020.

Selain memberikan potongan harga tiket, Citilink Indonesia juga memastikan seluruh layanan maupun operasional penerbangan dapat berjalan dengan lancar.

Selain persiapan rutin yang dilakukan seperti perbaikan dan perawatan seluruh armada Citilink Indonesia serta pengecekan kesehatan kepada seluruh aircrew seperti blood pressure check dan alcohol test untuk memastikan seluruh kru yang bertugas dalam keadaan fit to fly, selama periode Natal dan Tahun Baru juga akan dilakukan kegiatan ramp check.

Dari sisi pendukung, Citilink Indonesia juga akan memastikan persiapan call center dalam melayani penumpang, memastikan kesiapan sistem IT yang menunjang serta menerapkan piket selama 24 jam di seluruh bandara wilayah operasional Citilink Indonesia.

Pada periode ini Citilink Indonesia juga akan mengoperasikan armadanya yang terdiri dari 50 unit Airbus A320 dan 4 unit ATR 72-600 dengan 320 frekuensi penerbangan setiap harinya.

"Citilink Indonesia selalu mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan serta memastikan kelancaran seluruh operasional penerbangan sehingga penumpang dapat bepergian dengan aman dan nyaman menggunakan jasa Citilink Indonesia," tandas Juliandra.

Citilink akan Datangkan 3 Pesawat Airbus Berbadan Lebar di 2020

Dalam waktu dekat, Citilink yang merupakan anak usaha Garuda Indonesia akan menggarap rute Balikpapan-Banyuwangi.

Maskapai penerbangan Citilink berencana mendatangkan tiga unit pesawat baru jenis Airbus 330 pada 2020. Pesawat berbadan lebar ini nantinya akan digunakan untuk melayani penerbangan jarak menengah hingga jauh (long-haul).

Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, kedatangan tiga pesawat jenis Airbus ini merupakan upaya ekspansi yang dilakukan anak perusahaan, baik di pasar domestik maupun internasional.

"Citilink Airbus (330) ini rencanakan tiga unit. Penerbangannya tentu manfaatkan ke rute-rute yang butuh wide body, kelasnya lebih ke LCC," kata Pikri di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (26/11).

Adapun rute penerbangan Citilink yang akan menggunakan Airbus A330, di antaranya Semarang-Jeddah dan Tanjung Karang-Jeddah.

"Kita juga bisa gunakan untuk umrah dari Semarang dan Lampung atau di mana Garuda Indonesia tak terbang kita pakai Citilink," ucapnya.

Di samping itu, tipe pesawat ini juga akan menerbangi rute-rute gemuk saat musim sibuk (peak season). Karena menurutnya penerbangan menggunakan pesawat berbodi lebar akan lebih efisien dibandingkan menambah frekuensi (extra flight) saat musim liburan.

"Strategi kita ke depan pakai bigger aircraft. Keuntungannya bandara jadi tak padat untuk take off landing. Kami berpikir peak season kalau extra flight bandara agak berat ngaturnya. Apalagi penambahan di jam-jam sibuk jadi bisa sebabkan delay," kata dia

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Ada Tersangka, Penyidikan 2 Kasus Korupsi Proyek DAK di Sulsel Melunak?

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Hingga saat ini Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) belum juga menetapkan adanya tersangka dalam dua kasus dugaan korupsi terkait proyek DAK (Dana Alokasi Khusus) yang sebelumnya mendapat perhatian besar masyarakat Sulsel.

Kedua kasus dugaan korupsi terkait proyek DAK tersebut, masing-masing dugaan suap proyek DAK senilai Rp 49 miliar di Kabupaten Bulukumba dan dugaan korupsi proyek DAK senilai Rp 39 miliar di Kabupaten Enrekang.

"Menetapkan tersangka itu kan tidak serta merta, perlu dukungan alat bukti yang cukup. Nah, terkait kasus DAK kan perlu didalami dulu di mana unsur dugaan suapnya, speknya hingga mark-upnya," singkat Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel), Firdaus Dewilmar saat di temui di Kantor Kejati Sulsel, Jumat (13/12/2019).

Terpisah, lembaga Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi) menyayangkan sikap Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) yang hingga saat ini belum juga menetapkan tersangka dalam dua kasus dugaan korupsi terkait proyek DAK (Dana Alokasi Khusus) yang sudah bertahun ditangani tersebut.

"Kami heran sikap Kejati yang seakan melunak. Bukannya kasus DAK Bulukumba maupun DAK Kabupaten Enrekang kan sudah lama berstatus penyidikan. Itu kan artinya alat bukti sudah terpenuhi jadi tidak sulit menetapkan tersangka," ucap Kadir Wokanubun, Direktur Anti Corruption Committee Sulawesi (ACC Sulawesi).

Kadir berharap Kajati Sulsel, Firdaus Dewilmar segera menepati janjinya untuk menuntaskan seluruh penanganan kasus korupsi yang mandek bertahun. Diantaranya kedua kasus terkait proyek DAK yang dimaksud.

"Awal masuk kan Kajati pernah janji demikian. Dua kasus DAK ini sudah lama mangkrak di tahap penyidikan dan hingga saat ini tak ada tersangka. Masyarakat tentu pertanyakan komitmen Kejati," ujar Kadir.

Ia juga berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyupervisi penanganan dua kasus dugaan korupsi terkait proyek DAK yang ditaksir telah merugikan negara lumayan besar tersebut.

"KPK harusnya segera supervisi atau lebih baik lagi mengambil alih penyidikan kedua kasus DAK ini agar segera ada kepastian hukum alias tidak mengambang apalagi terkesan sengaja dihilangkan," tegas Kadir.

Diawal menjabat, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel), Firdaus Dewilmar sebelumnya telah menginstruksikan penyidiknya segera merampungkan penyidikan seluruh kasus dugaan korupsi yang merupakan tunggakan era Kajati Sulsel, Tarmizi.

"Termasuk kasus DAK Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Enrekang itu, saya sudah minta segera dituntaskan," kata Firdaus di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel), Selasa 17 September 2019.

Ia mengaku telah sepakat melakukan penyidikan bersama dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat guna membantu percepatan penuntasan kasus-kasus tunggakan yang dimaksud.

Seperti, kata dia, terkait Kasus dugaan suap DAK (Dana Alokasi Khusus) senilai Rp 49 miliar di Kabupaten Bulukumba, pihaknya menggandeng Kejari Bulukumba melakukan penyidikan bersama. Demikian juga dengan upaya penuntasan kasus dugaan korupsi DAK senilai Rp 39 miliar di Kabupaten Enrekang, penyidik Kejati Sulsel akan bersama dengan Kejari Enrekang.

"Ada yang diperiksa di sini (Kejati Sulsel) dan ada juga diperiksa di sana (Kejari setempat). Kita lihat bobotnya, kalau berat itu dikerja di sini (Kejati Sulsel)," jelas Firdaus.

Ia menargetkan penetapan tersangka dalam kasus-kasus tunggakan tersebut sesegera mungkin dilakukan.

"Jadi sekarang ini, penyidik sedang mengebut penyidikan untuk penetapan tersangka termasuk kasus DAK ini. Pokoknya tunggakan kasus tiga sampai empat bulan terakhir harus segera tuntas," tegas Firdaus.

 

Kronologi Dugaan Suap DAK Rp 49 M Kabupaten Bulukumba

Mahasiswa demo Kantor Kejati Sulsel dalam rangka menuntut penuntasan sejumlah kasus korupsi yang mangkrak (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Sejak kasus dugaan suap proyek DAK Kabupaten Bulukumba tersebut telah ditingkatkan statusnya ke tahap penyidikan, tim Penyidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulsel telah memeriksa sejumlah saksi-saksi yang terkait.

Saksi-saksi tersebut yakni saksi pelapor Andi Ichwan, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) Kabupaten Bulukumba A Zulkifli Indra Jaya, Sekretaris Daerah (Setda) Bulukumba, Andi Bau Amal, dan Rosmawaty Zasil selaku Kepala Sub Bagian Persuratan dan Tata Usaha pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bulukumba serta Bupati Bulukumba, A.M Sukri Sappewali.

Kasus ini sebelumnya ditangani tiga bulan oleh Bidang Intelijen Kejati Sulsel dan kemudian penangannya diserahkan penuh ke bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sulsel.

Kasus yang dikabarkan melibatkan Bupati Bulukumba A.M Andi Sukri Sappewali itu, dilaporkan resmi oleh Perhimpunan Pergerakan Mahasiswa (PPM) Sulsel.

Mereka pun terhitung beberapa kali berunjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel menagih kejelasan penanganan kasus yang mereka laporkan tersebut.

Ahmad Yani, yang bertindak sebagai koordinator aksi Perhimpunan Pergerakan Mahasiswa (PPM) Sulsel mengatakan unjuk rasa yang dilakukan pihaknya semata untuk mempertanyakan sejauh mana tindak lanjut kasus dugaan suap dalam mendapatkan proyek irigasi senilai Rp 49 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang telah dilaporkan pihaknya sejak dua bulan lalu.

"Kejati seharusnya mengambil langkah tegas untuk mengupas persoalan tersebut hingga ke akar-akarnya. Apalagi kesaksian seorang oknum Aparat Sipil Negara (ASN) yang membeberkan keterlibatannya dalam menyuap proyek asal Pemerintah Pusat tersebut menjadi viral di media sosial, facebook," kata Yani dalam orasinya kala itu.

Menurutnya, pengakuan oknum ASN Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba di media sosial itu sangat jelas. Dimana oknum yang bersangkutan dengan terang-terangan mengaku telah menyuap untuk memuluskan upaya Kabupaten Bulukumba mendapatkan proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 49 miliar.

Tak hanya itu, oknum ASN tersebut bahkan menyebarkan foto surat rekomendasi yang digunakan olehnya dalam mengurus upaya penyuapan agar Kabupaten Bulukumba mendapat kucuran proyek irigasi senilai puluhan miliar tersebut.

"Jadi tak hanya bukti foto rekomendasi yang diduga diberikan oleh Bupati Bulukumba kepada oknum ASN tersebut yang dibeberkan sendiri oleh oknum ASN yang bersangkutan. Tapi melalui media sosial facebook, ia juga memperlihatkan pecahan uang Rp 100.000 dan pecahan Rp 50.000," ungkap Yani.

Seharusnya kata dia, penegak hukum tidak mendiamkan berita viral yang disebarkan oleh oknum ASN itu. Melainkan tegas Yani, demi menjaga supremasi penegakan hukum, maka kasus tersebut harus segera ditindak lanjuti dengan memeriksa oknum ASN yang bersangkutan serta memeriksa bupati Bulukumba selaku terduga pemberi surat rekomendasi kepada oknum ASN dalam rangka pemulusan proyek pusat yang dimaksud.

"Kami juga sudah laporkan secara resmi bahkan membantu Kejati dengan memasukkan bukti-bukti terkait termasuk foto kegiatan proyek irigasi yang dimaksud," Yani menandaskan.

 

Kronologi Korupsi DAK Rp 39 M di Kabupaten Enrekang

Unjuk rasa menuntut penuntasan sejumlah kasus korupsi mangkrak berlangsung di Kantor Kejati Sulsel (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Bidang Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel) resmi meningkatkan status kasus dugaan penyimpangan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 39 miliar di Kabupaten Enrekang ke tahap penyidikan, Selasa 27 Agustus 2019.

Peningkatan status penanganan kasus DAK Enrekang tersebut, setelah melalui proses ekspose yang berlangsung selama tiga jam.

"Naik ke penyidikan kan tidak serta merta. Tapi ditemukan alat bukti yang cukup dan telah lalui proses ekspose yang alot," ucap Salahuddin.

Tahap selanjutnya, kata Salahuddin, tim penyidik kembali menyusun agenda pemeriksaan saksi-saksi yang sebelumnya telah diperiksa di tahap penyelidikan.

"Penyidik lakukan pendalaman kembali keterangan saksi-saksi dalam tahap penyidikan ini untuk mengetahui kedepannya siapa nantinya yang patut bertanggungjawab atas kegiatan yang diduga merugikan negara tersebut," beber Salahuddin.

Diketahui Dana Alokasi Khusus (DAK) bantuan Pemerintah Pusat senilai Rp 39 miliar tersebut, diperuntukkan untuk membiayai proyek pembangunan bendung jaringan air baku Sungai Tabang yang berlokasi di Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulsel.

Anggaran DAK tersebut kemudian dimasukkan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Enrekang di tahun anggaran 2015.

Namun dalam pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Enrekang (Pemkab Enrekang) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PUPR) Kabupaten Enrekang memanfaatkan anggaran tersebut dengan kegiatan yang berbeda. Yakni anggaran yang dimaksud digunakan membiayai kegiatan irigasi pipanisasi tertutup dan anggarannya pun dipecah menjadi 126 paket pengerjaan.

Pemkab Enrekang diduga telah melanggar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 tahun 2015 yang mengatur tentang peruntukan anggaran DAK yang dimaksud.

Selain itu, 126 paket pengerjaan yang dibiayai menggunakan anggaran DAK tersebut juga diduga fiktif. Dimana ditemukan beberapa kejanggalan. Diantaranya proses pelelangan, penerbitan Surat Perintah Kerja (SPK) hingga Surat Perintah Pencairan Anggaran (SP2D) dari kas daerah ke rekening rekanan, lebih awal dilakukan sebelum tahap pembahasan anggaran.

Proses lelang hingga penerbitan surat perintah pencairan anggaran dilakukan pada 18 September 2015. Sementara pembahasan anggaran untuk pengerjaan proyek hingga pengesahannya nanti dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2015.

Laporan kegiatan anggaran DAK tersebut diduga dimanipulasi atau laporan fiktif yang dilakukan oleh rekanan bekerjasama dengan panitia pelaksana dalam hal ini Dinas PUPR Kabupaten Enrekang guna mengejar pencairan anggaran sebelum tanggal 31 Desember 2015.

Progres pekerjaan dilapangan baru mencapai sekitar 15% - 45%. Bahkan ada yang masih sementara berlangsung hingga awal tahun 2016. Tak hanya itu, hampir 126 paket pengerjaan yang menggunakan DAK tersebut, diketahui tidak berfungsi. Sehingga tak dapat diambil azas manfaatnya oleh masyarakat Enrekang secara luas.

Hingga saat ini, terdapat 9 paket pengerjaan pipa yang bahan meterilnya masih terdapat di lokasi dan tak ada proses pengerjaan. Bahkan 6 paket pengerjaan pemasangan pipa lainnya pun diketahui anggarannya telah dicairkan namun pengerjaan tak dilakukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kebersamaan Sarwendah dengan Anak-anaknya, Jadi Sorotan Netizen

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi sekaligus istri Ruben Onsu, Sarwendah beberapa waktu belakangan memang tengah menjadi perbincangan masyarakat. Pasalnya wanita kelahiran 29 Agustus 1989 ini kerap memperlihatkan kedekatannya dengan putra angkatnya, Betrand Peto.

Kedekatan Betrand Peto dan Sarwendah ini pun menjadi bahan perbincangan. Sebelumnya, ibu dan anak ini juga menjadi perbincangan lantaran Sarwendah memberikan ASI kepada anak angkatnya itu. Netizen menilai jika kedekatan Betrand dengan Sarwendah dinilai cukup berlebihan. Terbaru, ramai pula di media sosial terkait perlakuan Betrand yang dinilai netizen kurang pantas sebagai kedekatan antara ibu dan anak.

Meski begitu, suami Sarwendah, Ruben Onsu pernah memberikan keterangan terkait dengan kedekatan sang istri dan anak angkatnya. Ia melihat kedekatan keduanya dari sisi positif.

"Pelukan-pelukan yang dilakukan oleh anak itu kalau kita melihat dari sisi positifnya itu pasti kalian akan tahu seperti apa anak ini," ujar Ruben Onsu.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @sarwendah29, Sabtu (14/12/2019) berikut ini beberapa potret kebersamaan Sarwendah dengan anak-anaknya.

1. Sarwendah sering mengunggah momen bersama ketiga anaknya di akun Instagram pribadinya.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

2. Betrand Peto juga terlihat akrab dan dekat dengan kedua putri Sarwendah.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

3. Tak hanya Sarwendah saja yang mengunggah foto di Instagram, Betrand Peto juga kerap menggunggah kedekatannya dengan Sarwendah di akun Instagram pribadinya.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

4. Sarwendah juga sering mengunggah foto saat liburan bersama anak-anaknya.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

5. Meski beberapa waktu terakhir kedekatan mereka sempat menjadi perbincangan netizen, akan tetapi baik Sarwendah dan Ruben tak terlalu memperdulikannya.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

6. Kedekatan Sarwendah dan Betrand Peto kerap menjadi perbincangan netizen karena dianggap berlebihan.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

7. Selain bersama Betrand, Sarwendah juga kerap mengunggah foto dengan kedua putrinya.

Sarwendah (Sumber: Instagram/sarwendah29)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Terawan Minta Puskesmas Aktif Tekan Angka Stunting

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Gresik Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto puskemas terus menggalakkan upaya promotif dan preventif di bidang kesehatan. Salah satunya upaya menekan stunting serta penyakit-penyakit lainnya. 

"Pokoknya galakkan ini. Saya lebih bangga kalau puskesmas bisa mencegah stunting dan penyakit lainnya. Tugas pokok kalian adalah melakukan tindakan promotif preventif," kata Terawan saat mengunjungi puskesmas di wilayah Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Jumat (13/12/2019). 

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim saat menerima kunjungan Terawan mengatakan upaya peningkatan taraf kesehatan terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Termasuk dukungan sarana prasarana alat medis yang memadai. Sebab, pemerintah daerah ingin agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

"Meningkatkan taraf kesehatan merupakan prioritas kami di pemerintah Kabupaten Gresik. Tentu kami ingin masyarakat terlayani dengan baik. Dan, kami siap melaksanakan apa yang menjadi arahan Bapak Menteri Kesehatan," kata Qosim didampingi Kepala Dinas Kesehatan Gresik Saifudin Ghozali.

Qosim juga mengatakan bahwa saat ini salah satu peran pemerintah daerah melalui dinas kesehatan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan stunting.

"Kami berikan edukasi terhadap pencegahan stunting. Karena tidak banyak masyarakat yang mengetahui penyebab terjadinya stunting dan bagaimana pencegahannya," kata Qosim di kesempatan yang sama.

Tekan Angka Kematian Ibu

Ilustrasi Foto kelahiran Bayi (iStockphoto)

 

Dia juga mengungkapkan bahwa jajarannya sudah melakukan ragam upaya untuk menekan kasus kematian ibu dan anak saat melahirkan sudah dilakukan. Caranya dengan menjaga kesehatan ibu sejak awal kehamilan didukung dengan tenaga medis yang berpengalaman. 

"Masyarakat kami berikan edukasi, terutama para kaum ibu dalam menjaga kehamilan. Mulai dari awal kehamilan hingga proses kelahiran. Semua harus ditangani dengan baik, terutama dokter dan bidan yang ada di puskesmas maupun RSUD Ibnu Sina merupakan tenaga medis yang berpengalaman dibidangnya," tambahnya.  

Di kesempatan yang sama, Terawan meminta fasilitas kesehatan seperti puskesmas menggunakan produk-produk karya anak bangsa. 

"Saya ingin semua produk Indonesia biar after sales-nya lebih mudah. Kita ingin menghidupkan perekonomian Indonesia, kita harus bangga," tuturnya. 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Tertinggal dari Inter Milan

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Milan - Inter Milan masih menduduki puncak klasemen Liga Italia dengan 38 poin, hasil dari 12 menang, 2 imbang, dan 1 kalah. Posisi Nerrazzuri -julukan Inter Milan- gagal dikudeta pesaing utamanya, Juventus.

Ya, Juventus sebetulnya punya kans menggusur Inter Milan, yang imbang 0-0 dengan AS Roma. Namun pasukan Maurizio Sarri justru kalah 1-3 oleh tuan rumah Lazio.

Akibatnya, Juventus justru tertinggal dua poin, alih-alih mengudeta Inter Milan. Kini, Cristiano Ronaldo dkk. menempati peringkat kedua dengan 36 poin.

Kendati demikian, Juventus punya kesempatan menyalip Inter Milan pada akhir pekan ini. Pasalnya, Inter akan bertandang ke Fiorentina, sementara Juventus bakal menjamu Udinese.

Sementara itu, AC Milan naik ke peringkat ke-10 setelah menjinakkan tuan rumah, Bologna 3-2. Armada Stefano Pioli kini mengoleksi 20 poin dari 15 pertandingan.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya.

Klasemen Liga Italia

 

 

Jadwal Liga Italia

Sabtu 14 Desember 2019

21.00 WIB, Brescia vs Lecce

Minggu 15 Desember 2019

00.00 WIB, Napoli vs Parma

02.45 WIB, Genoa vs Sampdoria

18.30 WIB, Verona vs Torino

21.00 WIB, Bologna vs Atalanta

21.00 WIB, Juventus vs Udinese

21.00 WIB, AC Milan vs Sassuolo

Saksikan video menarik di bawah ini

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jefri Nichol Hadiri Gala Premier, Reza Rahadian Beri Pelukan

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kejutan datang menjelang gala premier film Habibie dan Ainun 3 di Plaza Indonesia XXI Jakarta, Jumat (13/12/2019) kemarin. Jefri Nichol hadir.

Bintang film Dear Nathan dan Jailangkung itu tampak tampan mengenakan setelan jas warna putih dan dasi kupu-kupu warna hitam. Publik kaget saat nama Jefri Nichol dipanggil dan beberapa detik kemudian sang aktor muncul.

Wajahnya semringah, sementara penggemar yang telah menunggu mengelu-elukan namanya. Jefri Nichol terkejut mendapat sambutan sehangat itu. Jefri Nichol lantas membagikan perasaannya akhirnya bisa kembali melangkah ke karpet merah.

Sebuah Pelukan

Jefri Nichol (Nurwahyunan/Fimela.com)

Yang menarik, Jefri Nichol tak hanya disambut penggemar. Reza Rahadian tampak senang dengan kembalinya Jefri Nichol. Aktor peraih 4 Piala Citra itu lantas berdiri, menyambut Jefri Nichol lalu memberinya pelukan.

"Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Jefri Nichol. Menyenangkan sekali akhirnya kita bisa berkumpul dan lebih lengkap hari. Karena ini penting banget," beeri tahu Reza Rahadian kepada Showbiz Liputan6.com.

Peran Penting

Reza Rahadian. (Adrian Putra/Fimela.com)

Reza Rahadian menyebut Jefri Nichol punya peran penting di film Habibie dan Ainun 3.

"Saya senang Jefri bisa keluar, mendukung proyek Habibie dan Ainun 3 ini. Ia bisa menemui fans-fansnya dan lain-lain. Buat saya ini berkesan," imbuh bintang film Perempuan Berkalung Surban dan My Stupid Boss.

Kebanggaan Jefri

Jefri Nichol sebagai Ahmad dalam Habibie dan Ainun 3. (Foto: Dok. Instagram @hanungbramantyo)

Dalam film Habibie dan Ainun 3, Jefri Nichol memerankan Ahmad, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang jatuh hati pada Ainun. Ahmad rupanya putra dosen yang mengajar Ainun di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

"Saya bangga banget bisa terlibat dalam proyek ini. Dulu saya menonton film Habibie dan Ainun (2012) di bioskop. Saya menangis karena menyentuh sekali cerita dan aktingnya," ujar Jefri Nichol.

 

Warisan

Poster film Habibie dan Ainun 3. (Foto: Dok. MD Pictures)

Habibie dan Ainun 3 merupakan karya sineas Hanung Bramantyo. Film ini dirilis di bioskop Kamis (19/12/2019) berbareng dengan film Reza Rahadian lainnya, Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan. Terkait kembali tampil di Habibie dan Ainun 3, Reza Rahadian menyebut film tersebut sebagai warisan.

"Film ini adalah warisan dari MD Pictures tentang seorang tokoh besar Indonesia, yakni BJ. Habibie dan istri tercinta, Hasri Ainun Besari," terang Reza Rahadian seraya menambahkan, Habibie dan Ainun memberi banyak inspirasi salah satunya tentang cinta sejati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Bergidik, Pria Ini Keluarkan Cacing Pita Sepanjang 10 Meter dari Tubuhnya

Posted: 13 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Thailand bernama Kritsada Ratprachoom baru saja mengalami hal tak terduga sepanjang hidupnya. Melalui sebuah unggahan di Facebooknya, Kritsada membagikan momen yang bisa bikin orang yang melihatnya bergidik.

Pada unggahan tersebut, pria 44 tahun itu menunjukkan foto cacing pita sepanjang 10 meter yang keluar dari anusnya. Awalnya dia sempat mengira bahwa parasit tersebut merupakan tali bekas operasi. Namun betapa terkejutnya dia ketika menyadari bahwa itu adalah cacing pita.

Kisah berawal ketika pria dari Udon Thani itu baru saja mengantarkan anaknya ke sekolah. Saat mau meneruskan perjalanan ke tempat kerja, Kritsada tiba-tiba ingin buang air besar.

Begitu selesai, Kritsada merasa ada sesuatu yang menggantung di anusnya. Kritsada pun berdiri dan berusaha untuk melihat "benda" yang masih menggantung dan mirip dengan tali tersebut.

Cacing Pita Sepanjang 10 Meter

(Foto: Newsflare)

Dia pun berpikiran positif tentang tali yang dikira bekas operasi usus buntu yang dijalaninya beberapa pekan sebelumnya. Namun saat dia mulai menariknya, Kritsada merasa itu bukan seperti seutas tali karena terasa lengket dan elastis. Betapa terkejutnya Kritsada ketika sadar bahwa makhluk tersebut bergerak-gerak.

"Saya tidak pernah cacingan. Saya memang pernah mengalaminya sekali waktu masih kecil. Tapi 44 tahun terakhir ini saya tidak pernah cacingan. Saya juga tidak pernah makan daging atau sayur mentah," kata Kritsada heran dikutip dari World of Buzz.

Namun menurut laman Kid's Health, cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang terinfeksi cacing atau telurnya. Begitu berada di dalam tubuh, kepala cacing pita menempel pada dinding bagian dalam usus dan makan dari makanan yang dicerna manusia.

Saksikan video pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kriminal Surabaya Sepekan: Pencurian Tabung Elpiji dan Kotak Amal

Posted: 13 Dec 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selama sepekan, sejumlah kasus kriminal di Surabaya dan sekitarnya, serta daerah di Jawa Timur terungkap. Kasus narkoba, pencurian, dan pembunuhan menyita perhatian.

Pada awal pekan ini, polisi mengungkap kasus penemuan dua juta butir dobel L dari kantor ekspedisi di Surabaya, Jawa Timur. Polisi menemukan jutaan pil koplo itu dalam puluhan kardus yang dibalut karung putih. Selanjutnya dibuat seperti barang paket.

Kasatreskoba Polrestabes Surabaya Kompol Memo Ardian membenarkan bila pihaknya telah mengungkap kasus itu.

"Benar. Kita sita dua juta butir pil dobel L itu dari sebuah kantor ekspedisi di wilayah Semut, Surabaya," tutur Memo, Senin, 9 Desember 2019 dikutip dari Merdeka.com.

Selanjutnya, kasus pencurian juga terungkap pada pekan ini. Di Sidoarjo, seorang kakek (70) menangis histeris karena kepergok mencuri tabung elpiji di rumah seorang anggota polisi. Warga yang kesal memborgolnya. Akan tetapi, kemudian dilepas korban pemilik rumah lantaran tidak tega dan meminta kakek tersebut tidak boleh mengulangi perbuatannya lagi.

Tak hanya itu, seorang bocah nekat mencuri kotak amal masala. Hal ini lantaran membutuhkan biaya perbaikan telepon genggam yang rusak. Anak tersebut pakai telepon genggamnya untuk bermain games.

Aksi pelaku dapat digagalkan oleh warga yang memergokinya ketika mendekati kotak amal, yang sudah tiga kali digondol.

Ingin tahu berita kriminal lainnya pada pekan ini? Berikut rangkumannya yang ditulis pada Sabtu, (14/12/2019):

1.Polisi Gagalkan Pengiriman 2 Juta Pil Koplo Lewat Ekspedisi di Surabaya

Satreskoba Polrestabes Surabaya menemukan jutaan pil koplo di sebuah kantor ekspedisi di Surabaya, Jawa Timur. Ada dua juta butir pil dobel L yang terdapat dalam puluhan kardus yang dibalut karung putih kemudian dibuat seperti barang paket.

Selain barang bukti jutaan pil koplo itu, polisi juga mengamankan tiga orang yang diduga kuat terlibat dalam kasus ini.

Berita selengkapnya baca di sini

Polda Jatim Selidiki Dokumen Mobil Lamborghini

Ilustrasi Foto Penangkapan (iStockphoto)

2.Polda Jatim Selidiki Dokumen Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menyelidiki dokumen terkait mobil Lamborghini yang terbakar di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 8 Desember 2019.

Mobil Lamborghini terbakar pada Minggu siang, 8 Desember 2019 di Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya.

"Kami menyelidiki ada kecurigaan mengenai keabsahan mobil tersebut," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat, Selasa, 10 Desember 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3.VIDEO: Kakek di Sidoarjo Kepergok Curi Tabung LPG di Rumah Anggota Polisi

Seorang kakek berusia 70 tahun di Sidoarjo, Jawa Timur menangis histeris karena kepergok mencuri tabung elpiji di rumah seorang anggota polisi. Warga yang kesal melihat ulah pelaku, kemudian memborgolnya di ayunan depan rumah korban. 

Seorang kakek berusia 70 tahun di Sidoarjo, menangis histeris, setelah kepergok mencuri tabung elpiji oleh warga sekitar. Pelaku TS yang sudah berusia 70 tahun ini nekat mencuri tabung elpiji di rumah seorang anggota polisi, tapi naas, aksi pencurian ini diketahui pemilik rumah dan pelaku akhirnya ditangkap warga.

Berita selengkapnya baca di sini

4.VIDEO: Polda Jatim Olah TKP Kecelakaan Bus Pariwisata

 Petugas Unit Laka Lantas Polres Blitar dan Tim Traffic Accident Analystic Polda Jatim menggelar oleh tempat kejadian perkara kecelakaan bus pariwisata di Kecamatan Kesamben, Blitar. Selain melakukan olah TKP, polisi juga akan  meminta keterangan sejumlah saksi.

Petugas Unit Laka Lantas Polres Blitar dan Polda Jatim melakukan olah TKP kecelakaan bus pariwisata yang menewaskan 5 orang, di Kesamben, Blitar, Jawa Timur. Dalam olah TKP yang berlangsung 1 jam, polisi juga menggunakan alat leica scanner 3 dimensi yang berfungsi menggambarkan lokasi di sekitar kejadian, dan diharapkan bisa menentukan penyebab kecelakaan.

Berita selengkapnya baca di sini

Polda Jatim Amankan Pabrik Senjata Ilegal

Ilustrasi Penangkapan. IOL

5.Polda Jatim Amankan Pabrik Senjata Ilegal

Pasca penggerebekan pabrik perakit dan perdagangan senjata ilegal di Lumajang, Jawa Timur oleh Polda Jatim. Di lokasi masih dijaga Tim Cobra Polres Lumajang dan nampak sepi dari aktivitas keluarga.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pemilik pabrik senjata juga tidak lagi terdaftar sebagai anggota Perbakin Lumajang. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 9 Desember 2019.

Pabrik perakitan dan penjualan senjata airsoft gun dan air gun milik AH di Jalan Mayor Kamari Sampurno, Kelurahan Ditotrunan kini nampak sepi dari aktivitas keluarga maupun karyawan, hanya sejumlah personil dari Tim Cobra Polres Lumajang masih melakukan penjagaan di gudang, guna kepentingan penyelidikan.

Berita selengkapnya baca di sini

6.VIDEO: Polda Jatim Sita 2 Mobil Mewah Terkait Kasus Pembobolan Kartu Kredit

Tim Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim terus mengembangkan kasus tindak pidana pembobolan kartu kredit, yang diungkap 2 Desember 2019 di Jalan Balongsari Tama, Surabaya. Hasilnya, polisi menyita dua mobil mewah, dan uang Rp 2,6 miliar, dari rekening seorang wanita, kekasih otak sindikat itu.

Uang sebesar Rp 2,6 miliar ini disita Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim dari rekening NR, kekasih dari otak pembobolan kartu kredit Internasional, HK.

Dari dua buku tabungan Bank Mandiri, polisi menemukan aliran dana Rp 2,6 miliar, yang diduga dari transaksi elektronik kartu kredit sindikat hacker, pimpinan HK. Dua tabungan ini diduga sebagai tempat penampungan uang hasil kejahatan sindikat hacker atau pembobolan kartu kredit. Berikut seperti diberitakan Fokus, 9 Desember 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

7.VIDEO: Oknum Pelajar SMP di Banyuwangi Mencuri di 11 TKP Berbeda

Petualangan pencuri cilik asal Banyuwangi, berakhir di tangan Tim Buser Polres setempat. Pelaku spesialis pencuri emas dan barang berharga di rumah kosong di 11 TKP, dan berstatus pelajar SMP itu, diringkus berkat rekaman kamera cctv di salah satu rumah korban yang menderita kerugian hingga Rp 90 juta.

Dalam video amatir rekaman cctv, pelaku berinisial MPA berhasil masuk rumah korbannya di wilayah Kecamatan Muncar, Banyuwangi beberapa waktu lalu. Pelaku yang masih berstatus pelajar SMP tersebut, masuk ke salah satu pintu kamar korban, dan menguras barang berharga namun tak berhasil.

Berita selengkapnya baca di sini

8.VIDEO: Alasan Terlilit Utang, Pria Ini Nekat Jual Bom Ikan

Seorang pelaku peracik bom ikan atau bondet di Banyuwangi, Jawa Timur. Diringkus Tim Resmob Polresta Banyuwangi, Senin siang. Dari tangan pelaku, polisi menyita sedikitnya empat buah bondet siap ledak.

Tak hanya digunakan mengebom ikan, bondet hasil produksi pelaku diduga juga diindikasi untuk kejahatan seperti perampokan.AB warga Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, pelaku peracik bom ikan atau bondet digelandang Tim Resmob di Mapolresta Banyuwangi, Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Perempuan di Gresik

Ilustrasi tangkap koruptor (Via: huffingtonpost.com)

9.VIDEO: Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Seorang Perempuan di Gresik

Pelaku pembunuhan mayat wanita, yang ditemukan membusuk di sebuah kamar kos di Gresik, akhirnya diringkus polisi. Pelaku adalah kekasih gelap korban yang dibekuk di tempat pelariannya di Kalimantan Timur. Kepada polisi, tersangka nekat membunuh karena sering dimintai uang.

Pelaku adalah UN (53), warga Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Setelah sepekan diburu, UN dibekuk polisi di wilayah Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Pria yang berprofesi sebagai jagal sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kramat Langon, Kecamatan Gresik Kota ini, membunuh Kasniti (49), warga Sidokumpul, Kecamatan Gresik Kota. Pembunuhan di kamar kos pelaku di kawasan Jalan Panglima Sudirman Gresik, diperkirakan terjadi 5 bulan lalu.

Berita selengkapnya baca di sini

10.VIDEO: Polisi Tangkap DJ di Surabaya Saat Konsumsi Narkoba

 Seorang pria yang berprofesi sebagai Disc Jockey, atau DJ di Surabaya dibekuk aparat Kepolisian Polres Tanjung Perak Surabaya, karena kecanduan narkoba.

Kepada polisi, pelaku mengaku selalu menghisap ganja, sabu dan ekstasi setiap kali tampil sebagai DJ untuk menghilangkan stres serta menambah rasa percaya diri.

Aparat Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meringkus seorang pecandu narkoba yang berprofesi sebagai Disc Jockey atau DJ, di sebuah tempat hiburan malam di Surabaya.

Berita selengkapnya baca di sini

11.VIDEO: Menyamar Jadi Ojek Online, Polisi Tangkap Pengedar Sabu di Pasuruan

 Perang terhadap narkoba terus digencarkan Aparat Kepolisian di Jawa Timur. Di Pasuruan, polisi meringkus enam pengedar narkoba, yang di antaranya menyasar remaja dan pelajar sebagai pelanggan. Sementara di Banyuwangi, polisi membekuk lima anggota sindikat narkoba, dengan barang bukti sabu dan puluhan ribu pil koplo.

Dalam sebuah video amatir, terekam saat seorang pengedar sabu, digerebek anggota Reskoba Polres Pasuruan Kota, di halaman rumahnya, Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo. Untuk memuluskan penggerebekan itu, polisi menyamar sebagai pengemudi ojek online.

Berita selengkapnya baca di sini

Polrestabes Surabaya Dalami Kasus Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Mobil lamborghini terbakar di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dishub Surabaya)

12.Polisi Dalami Kasus Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Polrestabes Surabaya masih mengumpulkan beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait perkembangan kasus mobil Lamborghini yang mengeluarkan asap di jalanan, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 8 Desember 2019.

"Beberapa saksi masih dikumpulkan supaya nanti punya informasi yang utuh. Karena ini merupakan bagian dari penyelidikan reserse Polda juga yang mengembangkan kasus serupa," tutur Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho, Jumat, 13 Desember 2019.

Terkait kelengkapan surat-surat kendaraan mewah itu, Sandi mengatakan jika memang benar mobil itu tak dilengkapi dengan surat. Bahkan pelat nomor polisi yang terpasang di mobil juga palsu.

Berita selengkapnya baca di sini

13. VIDEO: Seorang Jambret Handphone di Pasuruan Babak Belur Dihajar Massa

Seorang dari tiga pelaku jambret yang beraksi di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, berhasil ditangkap dan dihakimi warga hingga babak belur. Sementara dua lainnya melarikan diri. Hanya butuh beberapa jam, Tim Resmob Polres setempat yang melakukan pengejaran berhasil meringkus keduanya.

Seorang pelaku jambret berinisial DS terekam video amatir warga, saat dipukuli warga yang geram karena aksinya di Jalan Veteran, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Nyawa  pelaku bisa selamat, setelah polisi datang ke lokasi dan mengevakuasinya ke Mapolres Pasuruan Kota.

Berita selengkapnya baca di sini

Motif Penusukan Anggota Polisi di Pamekasan

14.VIDEO: Motif Penusukan Anggota Polisi di Pamekasan karena Masalah Pribadi

 Pelaku penusukan Bripka IS, anggota Reskrim Polres Pamekasan, seorang anggota Koramil di kota yang sama langsung menyerahkan diri. Motif penusukan tersebut diduga masalah asmara perselingkuhan antara korban dengan istri pelaku. Kini pelaku menjalani pemeriksaan di Denpom V/4 Surabaya.

Pelaku penusukan terhadap Bripka Imam Sutrisno anggota Reskrim Polres Pamekasan yang terjadi Selasa 10 Desember 2019, di rumah kosong di kampung Pongkoran, Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan, Madura Jawa Timur, telah terungkap. Pelaku adalah Serda AS anggota Koramil Palengaan 0826/08 Pamekasan.

Berita selengkapnya baca di sini

15.VIDEO: Ingin Hadiri Pernikahan Anak, Seorang Tahanan Kabur dari Polresta Malang

Polresta Malang Kota berhasil menangkap satu dari empat tahanan yang kabur dari dalam tahanan. Satu tersangka yang tertangkap, mengatakan nekat kabur karena ingin menyaksikan putranya yang akan melangsungkan pernikahan.

Satu tahanan yang berhasil ditangkap berinisial AF (46), tersangka kasus narkoba, warga Jodipan Wetan, Kota Malang, Jawa Timur. AF terpaksa ditembak kakinya, karena polisi mengatakan tahanan itu, hendak kabur saat akan ditangkap, di sebuah mushola milik kerabatnya.

Berita selengkapnya baca di sini

16. VIDEO: Remaja Nekat Mencuri Kotak Amal Musala, Ini Alasannya

Akibat kecanduan bermain games di handphone, seorang bocah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, nekat mencuri kotak amal musala untuk biaya perbaikan telepon genggamnya yang rusak. Namun, aksi pelaku dapat digagalkan oleh warga yang memergokinya ketika mendekati kotak amal, yang sudah tiga kali digondol.

Seorang bocah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kini harus berurusan dengan pihak Kepolisian, lantaran tertangkap warga, saat melompat pagar musala untuk mencuri kotak amal. Aksi nekat pelaku diduga karena kecanduan games di handphone. Pelaku mencuri karena handphone miliknya rusak, dan membutuhkan biaya untuk diperbaiki.

Pengakuan pelaku ZF (13), bocah asal Kecamatan Palang, Tuban ini dirinya sudah tiga kali mencuri kotak amal yang uangnya untuk jajan dan memperbaiki handphone miliknya yang rusak.

Berita selengkapnya baca di sini 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warna-warni Escadaria Selaron, Tangga Unik di Rio de Janeiro

Posted: 13 Dec 2019 09:46 PM PST

Pejalan kaki melintasi anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Sang seniman pembuat yang bernama Jorge Selaron mempersembahkan karya seninya untuk rakyat Brasil. (Photo by David GANNON / AFP)

Pejalan kaki melintasi anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Sang seniman pembuat yang bernama Jorge Selaron mempersembahkan karya seninya untuk rakyat Brasil. (Photo by David GANNON / AFP)

Orang-orang bersantai di anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Di setiap anak tangga ada ubin keramik dengan warna yang berbeda-beda  yang berasal dari 60 negara di dunia. (Photo by David GANNON / AFP)

Orang-orang bersantai di anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Di setiap anak tangga ada ubin keramik dengan warna yang berbeda-beda yang berasal dari 60 negara di dunia. (Photo by David GANNON / AFP)

Seorang pria duduk anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Escadaria Selaron merupakan 250 anak tangga sepanjang 125 meter dengan dua ribuan ubin berwarna-warni. (Photo by David GANNON / AFP)

Seorang pria duduk anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Escadaria Selaron merupakan 250 anak tangga sepanjang 125 meter dengan dua ribuan ubin berwarna-warni. (Photo by David GANNON / AFP)

Orang-orang berswafoto di anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Sang seniman pembuat yang bernama Jorge Selaron mempersembahkan karya seninya untuk rakyat Brasil. (Photo by David GANNON / AFP)

Orang-orang berswafoto di anak tangga yang terkenal dengan nama Selaron Steps atau Escadaria Selarón di Rio de Janeiro, Brasil pada 9 Desember 2019. Sang seniman pembuat yang bernama Jorge Selaron mempersembahkan karya seninya untuk rakyat Brasil. (Photo by David GANNON / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGRI: Bagaimana Bisa Merdeka, Kalau Regulasi Tidak Memerdekakan Guru

Posted: 13 Dec 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua PB PGRI Didi Suprijadi mengatakan salah satu upaya mendukung program merdeka yakni dengan mendukung guru yang merdeka. Namun, menurut dia, saat ini guru belum merdeka sebab masih dibebani dengan berbagai regulasi yang menekan.

"Bagaimana cara untuk merdeka, kalau seandainya yang tidak memerdekakan guru bukan orang lain tetapi regulasi dan aturan yang ada di Kemendikbud. Itu yang harus dipahami betul oleh kita pelaku di pendidikan," ungkap Didi, dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Didi mengatakan, salah satu aturan yang membuat guru tidak merdeka adalah keharusan memiliki sertifikat kepala sekolah agar mendapat dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Kalau kepala sekolah tidak punya sertifikat kepala sekolah, maka dana BOS tidak akan keluar," tegas dia.

Menurut dia, dana BOS merupakan hak sekolah.

"Bayangkan dana Bos itu kan anak-anak. Kenapa kepala sekolah yang salah dana BOS-nya yang diancam," ungkapnya.

Selain itu, kata Didi, guru juga masih diberi beban membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Keharusan membuat RPP sebanyak 22 lembar juga merupakan bagian dari peraturan yang ditetapkan pemerintah.

"Yang buat RPP sampai 22 lembar itu bukan maunya guru. Maunya regulasi. Di situ letaknya," imbuhnya.

Akan Dihilangkan

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana mengatakan ke depan pihaknya akan melakukan perubahan. Salah satu contoh, RPP yang lebih sederhana.

"Nanti nggak ada lagi," kata dia.

Sementara untuk dana BOS, menurut dia, merupakan wewenang daerah. Sebagaimana diketahui, Dana BOS merupakan alokasi dana pendidikan yang diteruskan melalui transfer ke daerah berupa dana alokasi khusus (DAK) non fisik.

"Bos itu kan sekarang dana ditransfer ke daerah. Jadi dari Dikbud tidak ada ancaman-ancaman. Bahkan sekarang Dikbud itu buat SIPLAH, sistem informasi pengadaan sekolah. Sekarang guru atau sekolah mau beli apa saja, gampang tinggal ada marketplace di situ beli," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancam Polisi Prancis, Pria Berpisau Ditembak Mati Dekat Distrik Bisnis Paris

Posted: 13 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Paris - Seorang pria yang mengancam akan menyerang polisi dengan pisau ditembak mati. Ia tewas pada Jumat 13 Desember 2019 pagi waktu setempat oleh petugas di distrik bisnis La Défense dekat Paris, menurut sumber kepolisian dan serikat pekerja.

Mengutip France24, Sabtu (14/12/2019), menurut sumber kepolisian. seorang penjaga keamanan memberi tahu polisi tentang kehadiran seorang pria bersenjata pisau di lapangan depan La Défense sekitar pukul 10.30 pagi (09.30 pagi GMT).

Tiga petugas yang tengah berpatroli kemudian mendekati tersangka yang mulai berlari ke arah mereka dan berteriak, "Aku akan membunuhmu!". Ketiga petugas kemudian melepaskan tembakan.

"Tujuh tembakan dilepaskan, dua di antaranya mengenai dada dan paha tersangka," kata satu sumber serikat pekerja.

"Pria itu jatuh ke tanah dan tak bergerak lagi," kata sumber yang sama, yang juga mengatakan bahwa pria yang meninggal itu tidak membawa surat-surat identitas.

Pihak berwenang Paris mengatakan kepada orang-orang untuk menghindari daerah itu.

Identitas Pelaku Belum Dipublikasi

Ilustrasi Jenazah (iStockphoto)

Identitas pria pengancam polisi itu belum diungkapkan, tetapi sebuah barisan keamanan didirikan setelah penembakan.

Prancis telah dilanda beberapa serangan terhadap pasukan keamanannya dalam beberapa tahun terakhir, ketika negara itu telah siaga tinggi atas gelombang serangan militan yang telah menewaskan 255 orang sejak 2015.

Pada bulan Oktober, agen administrasi Mickael Harpon menikam dan membunuh empat rekannya di markas polisi Paris sebelum dia ditembak mati. Dia dikatakan sebagai pengikut kepercayaan Muslim radikal.

La Defense juga secara khusus menjadi target di masa lalu, dengan salah satu penyelenggara serangan teror Paris 2015, Abdelhamid Abaaoud, merencanakan dua serangan bunuh diri baru di daerah tersebut tepat setelah pemboman Paris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Keluarkan Surat Edaran untuk Natal dan Tahun Baru

Posted: 13 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan surat edaran terkait persiapan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Edaran ini dikirimkan ke seluruh kepala daerah.

"Surat edaran tersebut meminta kepada gubernur dan bupati wali kota agar saling berkoordinasi, mengambil langkah-langkah. Mendagri Tito Karnavian sudah paparkan dalam rapat terbatas di Istana Negara," kata Kapuspen sekaligus Pelaksana tugas Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar dalam rilisnya di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019 seperti dilansir Antara.

Melalui surat edaran, Mendagri meminta pemerintah daerah membentuk Posko Pemantauan Terpadu Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Posko berfungsi mengkoordinasikan, memfasilitasi, mengendalikan, serta memonitor persiapan dan pelaksanaan dua perayaan besar tersebut.

Pemda diajak meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat menjelang persiapan Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Poin pertama, kata Bahtiar, soal kesiapan sarana dan prasarana yakni dengan melakukan optimalisasi pembangunan, perbaikan infrastruktur, memastikan kesiapan transportasi penumpang maupun barang, kesiapan terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan.

"Memastikan titik lokasi 'rest area', memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dan ketersediaan pasokan listrik," kata Bahtiar.

Poin Selanjutnya

Poin selanjutnya dalam surat edaran Kemendagri yakni mengenai pengaturan arus lalu lintas dan barang, pemda perlu melakukan pengaturan pada lokasi yang dapat menimbulkan kemacetan, dan juga terhadap kendaraan pengangkut logistik dan bahan bakar.

Pemda juga harus melakukan pengendalian dan pengawasan harga, stok kebutuhan pokok serta bahan bakar.

"Meningkatkan kesiapsiagaan dan keterlibatan aktif dalam mencegah dan mengatasi aktivitas publik, serta melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan masyarakat sekitar," kata dia.

Pemerintah daerah diharapkan dapat menyampaikan laporan secara tertulis kepada Menteri Dalam Negeri mengenai persiapan, pelaksanaan, kemudahan transportasi, serta perkembangan situasi, kondisi ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di daerah masing-masing.

Pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Kemendagri juga meminta pemda mengoptimalkan peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam rangka mencegah atau menyelesaikan potensi-potensi gangguan melalui prinsip kearifan lokal.

Antrean kendaraan saat hendak keluar tol Jagorawi menuju jalur Puncak di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/12). Libur Natal dan Tahun Baru 2019 membuat arus lalu lintas menuju Puncak mengalami kepadatan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Pencak Silat RI, Pijat Tradisional Thailand Pun Jadi Warisan Dunia UNESCO

Posted: 13 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Pijat tradisional Thailand juga masuk dalam daftar warisan UNESCO nan bergengsi. Seperti pengakuan yang diterima untuk Pencak Silat dari Indonesia.

Nuad Thai sekarang telah jadi bagian dari Warisan Budaya Tak Benda, yang menampilkan tradisi dan praktik yang diturunkan dari generasi ke generasi. Demikian dikutip dari BBC, Sabtu (14/12/2019).

Dengan menjadi bagian dari daftar, pijatan Thailand telah diakui sebagai sesuatu yang harus dilestarikan untuk generasi mendatang.

UNESCO adalah badan PBB untuk pendidikan, budaya, dan ilmu pengetahuan. Daftar warisan budaya tak benda terpisah dari daftar warisan dunia, yang mengakui bangunan dan situs yang menonjol.

Ada 550 item dalam daftar warisan budaya - dibagi menjadi tiga kategori - dari 127 negara.

Item tersebut biasanya akan ditambahkan setiap tahun, dengan pertemuan komite tahun ini di Bogota, Kolombia.

Nuad Thai, Jenis Pijatan Tradisional yang Berbeda

Ilustrasi Pijat Wajah. (iStockphoto)

Tidak seperti pijatan konvensional, pijatan Thailand melibatkan banyak gerakan dan biasanya orang akan melihat serangkaian posisi yang berbeda.

Terapis tidak hanya menggunakan tangan mereka tetapi kadang-kadang lengan dan lutut mereka untuk memberikan tekanan. Dalam pijatan Nuad Thai, para pemijat juga tidak menggunakan minyak seperti kebanyakan pijat lainnya. 

Menurut UNESCO, praktik ini memiliki "akar dalam perawatan diri di masyarakat petani Thailand di masa lalu, (di mana) setiap desa memiliki penyembuh pijat yang akan dituju oleh penduduk desa ketika mereka mengalami sakit otot akibat bekerja di ladang".

Menurut UNESCO, daftar warisan budaya takbenda berusaha mengenali hal-hal yang "penting untuk dilestarikan bagi generasi mendatang ... (seperti) lagu-lagu yang dinyanyikan dan kisah yang diceritakan".

Ia menambahkan bahwa hal-hal ini membentuk bagian dari warisan dan juga membutuhkan upaya aktif untuk melindunginya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei PGRI Sebut 70 Persen Guru Ingin Ujian Nasional Dihapus

Posted: 13 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, akan menghapus ujian nasional (UN) di tahun 2021.

Ketua PB PGRI Didi Suprijadi mengatakan, sebenarnya dari hasil survei yang dilakukan pihaknya tahun 2012, bahwa 70 persen guru setuju ujian nasional dihapus.

"Urusan setuju tidak setuju kami dari PGRI, sudah kecil-kecilan mengadakan survei. Hampir seluruh guru 70 persen, diubah atau dihapus. Riset ini tahun 2012. Kepala Sekolah juga begitu 71 persen, begitu juga pengawas juga mengatakan seperti itu," kata Didi dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Menurut dia, survei ini pernah disampaikan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Riset tahun 2012 ini sudah disampaikan, waktu zamannya Pak SBY. Tapi, angin lalu juga," jelas Didi.

Menurut dia, penerapan ujian nasional ini bagi guru sebenarnya susah-susah gampang. Karena banyak variabel yang harus diperhatikan.

"Ada prinsip di situ, tanggung jawab, akuntabel," tegas Didi.

UN Tak Digunakan di Universitas

Di tempat yang sama, CEO Aku Pintar yang juga representasi anak milenial, Lutvianto Pebri Handoko, memandang UN itu hanya berada ditahap melihat nilai semata. Di universitas hal tersebut tidak digunakan, lantaran harus menggunakan nilai di SNMPTN.

Bahkan, masih ada paradigma, anak pintar itu jika nilai matematika atau fisikanya tinggi. Bukan yang ahli di bidang olahraga atau seni budaya.

"Masuk universitas, itu enggak dipakai lagi. Anak pintar itu ketika matematika 100, fisika 100. Padahal skill di karate atau nyanyi itu bagus," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Tak Mudah Pimpin Garuda Indonesia karena Dikelilingi Wanita Cantik

Posted: 13 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengomentari isu skandal perselingkuhan yang ada di PT Garuda Indonesia. Seperti diketahui isu ini menjadi viral setelah dibahas di media sosial oleh akun twitter @digeeembok.

Menteri Erick menjelaskan, menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah karena harus dibarengi dengan akhlak.

"Apapun yang kita kerjakan yang penting kan nomor satu akhlak kita, karakter kita, apalagi di Garuda itu semua ada. Kalau dia menjadi salah satu pimpinan, itu pasti kan mendapat nafkah yang banyak," kata dia, dalam acara Milenial Fest di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (14/12).

Selain itu, kata dia, posisi di puncak kepemimpinan sangat rentan dengan banyak godaan. Sebab seorang pemimpin merupakan pemegang puncak kekuasaan perusahaan.

"Yang problem di Garuda itu dikelilingi perempuan yang cantik-cantik. Kalau kita laki-laki kan tiga hal yang memberatkan, kekuasaan, uang dan wanita," ujar Erick Thohir.

Menurutnya, siapapun yang menjadi pemipin di Garuda pasti akan lebih berat godaannya dibanding dengan menjadi pemimpin di perusahaan lain.

"Jadi memang siapapun yang memimpim Garuda adalah tidak mudah, jauh lebih berat dari BUMN lainnya karena 3 hal itu. Perindo itu banyak hubungan dengan ikan, pelabuhan, cool storage, (gak lihat wanita), apa yang dilihat?" tutup Erick Thohir sambil tertawa.

Erick Thohir Larang BUMN Bentuk Anak Usaha

Menteri BUMN, Erick Thohir berperan sebagai pedagang bakso di Kantin Sekolah. Mungkin, figur pengusaha sukses tanah air ini bakal membuka usaha bakso sendiri.

Menteri BUMN Erick Thohir resmi melarang BUMN membentuk anak usaha lagi. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (Permen) BUMN Nomor SK-315/MBU/12/2019.

Beleid ini diterbitkan pada 12 Desember 2019 dan telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, serta pejabat Kementerian BUMN lain.

Dikatakan, keberadaan anak perusahaan dan perusahaan patungan yang memiliki bidang usaha atau fokus bisnis yang sama dinilai perlu dikonsolidasikan dalam rangka efektivitas pengelolaannya.

Dalam diktum kesatu permen tersebut, disebutkan:

1. Menghentikan sementara waktu (moratorium) pendirian anak perusahaan perusahaan patungan di lingkungan BUMN sampai dengan Menteri BUMN melakukan pencabutan atas kebijakan tersebut.

2. Kementerian BUMN melakukan review terhadap going concern anak perusahaan dan perusahaan patungan yang kinerjanya tidak baik dan mengambil keputusan terbaik berdasarkan pengkajian, dengan melibatkan direksi BUMN.

3. Moratorium dan review sebagaimana Diktum KESATU angka 1 dan angka2 berlaku terhadap perusahaan afiliasi yang terkonsolidasi ke BUMN, termasuk cucu perusahaan dan turunannya.

Beleid ini telah berlaku sejak diterbitkan dan berakhir hingga Erick Thohir mencabut keputusan ini, sehingga jika ada BUMN yang hendak membentuk anak usaha lagi, maka sudah dipastikan akan ditolak hingga waktu tertentu.  

Erick Thohir Tergelitik, Ada Cucu Usaha BUMN Bernama Garuda Tauberes Indonesia

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kaget mengetahui PT Garuda Indonesia memiliki anak usaha yang diberi nama Garuda Tau Beres Indonesia. Dia mengaku belum mengetahui bidang apa yang diurus oleh PT Garuda Tau Beres Indonesia.

"Yang menarik kalau di situ mohon maaf buat saya sih menggelitik, ada cucu perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tau Beres Indonesia. Enggak tahu bidang apa. Bayangkan ada itu," ujar Menteri Erick sembari tertawa di Kantor DJP, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Menteri Erick mengatakan, pihaknya masih mempelajari mengenai PT Garuda Tau Beres Indonesia. Jika ke depan anak usaha tersebut ternyata tidak memiliki kinerja bagus, maka akan dilakukan evaluasi.

"Saya akan keluarkan kepmen untuk anak buah, cucu perusahaan harus dapat review. Jangan sampai menggerogoti perusahaan yang sehat," jelas Erick Thohir.

Adapun PT Garuda Tau Beres Indonesia adalah anak usaha Garuda Indonesia yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. Menurut laman resmi, perusahaan tersebut, beralamat di Jalan Gunung Sahari Raya No. 52 Jakarta.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi: Liverpool Perpanjang Kontrak Jurgen Klopp

Posted: 13 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool resmi memperpanjang kontrak manajer, Jurgen Klopp hingga Juni 2024. Hal itu diumumkan langsung pihak Liverpool lewat situs resmi klub.

"Liverpool senang dapat mengumumkan Jurgen Klopp telah sepakat memperpanjang kontrak dengan klub," tulis Liverpool.

Bukan hanya Klopp, Pepijn Lijnders dan Peter Krawietz yang berperan sebagai asisten manajer juga diperpanjang kontraknya. Liverpool memutuskan memperpanjang kontrak ketiganya setelah melihat hasil dalam empat tahun ke belakang.

Menurut pihak klub, Klopp sebagai manajer telah sukses meletakan pondasi tim serta merengkuh sukses. Salah satunya tentu keberhasilan menjuarai Liga Champions dan Piala Super Eropa musim lalu.

Di musim ini, Klopp juga mampu membawa Liverpool memimpin klasemen Liga Inggris tanpa terkalahkan. Alhasil, James Milner dkk. pun diprediksi bakal merengkuh trofi juara Liga.

 

Cocok Sejak Awal

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (AFP/Paul Ellis)

Lebih lanjut, Klopp mengaku sudah cocok dengan Liverpool sejak pertama kali datang. Manajer asal Jerman itu juga mengaku senang masa baktinya di Anfield dapat bertambah.

"Ketika panggilan itu datang di musim gugur 2015, saya merasa kami sudah cocok. Sekarang, saya kira terlalu meremehkan itu," ujar Klopp.

"Kolaborasi ini dapat terus saling melengkapi hanya karena ada kepercayaan total dari kedua belah pihak dan saya dapat membuat komitmen ini berlangsung hingga 2024,' katanya mengakhiri.

 

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Laura Terjun Ke Bisnis Fashion, Ini Alasannya

Posted: 13 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kesibukan sebagai aktris dan penyanyi, Cinta Laura kini menekuni bisnis. Bersama Coneration, Cinta Laura meluncurkan bisnis fesyen busana olahraga, Corenation x Cinta Laura Kiehl.

Diakui Cinta Laura, ia terlibat langsung dalam proses produksi mereknya. Produksi dilakukan di Surabaya, Jawa Timur, sejak September 2019.

"Di sana benar-benar aku dan Shina pilih-pilih bahan bajunya sendiri, warnanya kita mix and match. Jadi kita, tuh benar-benar memotong kain sendiri," ungkap Cinta Laura di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019) kemarin.

Kampanye Busana

Cinta Laura. (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

"Terus kita tempel di kertas A4, kita sketch model bajunya. Ya kira-kira prosesnya mulai September sampai Oktober, ya. Sampai akhirnya sampel pertama jadi dan (menjalani) sesi pemotretan untuk kampanyenya Oktober," beber bintang film Jeritan Malam dan Oh Baby kepada Showbiz Liputan6.com.

Memengaruhi Masyarakat

Cinta Laura. (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

Cinta Laura senang karena impiannya untuk merilis lini busana olahraga sendiri bisa tercapai. Lewat bisnisnya, aktris kelahiran Jerman, 17 Agustus 1993, ini berharap mampu memengaruhi masyarakat luas untuk rajin berolahraga.

Gaya Hidup Sehat Banget

Eksklusif Cinta Laura Kiehl (Foto: Bambang E Ros, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Fimela.com)

"Karena kalian, kan tahu aku hidupnya sehat banget, nge-gym-nya sehat banget. Mungkin lewat media sosial juga tahu aktivitas aku di sasana atau ring tinju dan lain-lain," ia menjelaskan.

Untuk promosinya sendiri, Cinta Laura menggandeng sejumlah model dengan berbagai postur tubuh serta warna kulit. Itu ia lakukan agar semua wanita merasa percaya diri.

Beragam Model

Cinta Laura. (Liputan6.com/IG/@claurakiehl)

"Dalam kampanye aku ada model kulit gelap, ada curvy, ada yang berhijab, ada yang postur tubuhnya layaknya penari, dan representasi orang- orang yang suka berolahraga. Kamu tahu semua jenis badan, semua bentuk tubuh, semua warna berbeda," Cinta Laura mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kahiyang Ayu Berkalungkan Seekor Ular

Posted: 13 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Kahiyang Ayu kali ini berbeda dengan beberapa pemotretan sebelumnya. Dalam sebuah unggahan terbaru, Kahiyang terlihat tampil bersama sahabatnya, Irene. Potret tersebut diunggah dalam akun Instagram pribadinya.

Namun, yang unik dari potret tersebut ada seekor ular kuning yang dikalungkan di leher kedua perempuan tersebut. Warganet menyebut ular itu adalah sanca kuning. Dalam foto itu, Irene berada di depan, sedangkan Kahiyang duduk di belakangnya.

Sejumlah nama beken ikut terlibat dalam pemotretan tersebut. Mereka di antaranya @riomotret untuk urusan foto, makeup dipercayakan kepada @victoria_makeupatelier, hairdo kepada @victoriahairdesignby, stylist @doleytobing, boots oleh @langkahbylinalee, sedangkan wardrobe pada @fruthboutique.

Pemotretan dilakukan dengan latar belakang hutan yang di sekelilingnya ditumbuhi alang-alang dan pepohonan lain. Dengan nuansa kecokelatan, warna kuning ular yang dikalungkan di tubuh kedua perempuan itu terlihat jelas.

Kedua tangan Kahiyang tampak memegang tubuh ular, sedangkan ekor dan kepalanya diletakkan di paha dan bahu Irene. Kahiyang menulis judul potret itu 'Mothe Nature'.

"People usually fear what they don't know. In Bahasa Indonesia we have a saying "Tak kenal maka tak sayang". It means "If one recognizes not, there's no love given". (Orang biasanya takut dengan apa yang tidak mereka ketahui. Dalam Bahasa Indonesia kami memiliki ungkapan "Tak kenal maka tak tak sayang". Ini berarti "Jika seseorang tidak mengenali, tidak ada cinta yang diberikan")," tulis Kahiyang Ayu sebagai keterangan potret, Jumat, 13 Desember 2019.

Takut dan Geli

Kahiyang Ayu disebut mirip penyanyi Indonesia, Raisa.  (Liputan6.com/IG/ayanggkahiyang)

Kahiyang Ayu mengungkapkan bahwa tak semua ular itu berbisa. Tuhan menciptakan lingkaran hidup karena ada alasannya.

"Some snakes are actually a natural pest controller. They are very much necessary in our environment to maintain the food chain and balance the ecosystem. They eat rats and mice, which damage crops. ❤ (Beberapa ular sebenarnya merupakan pengendali hama alami. Mereka sangat diperlukan di lingkungan kita untuk menjaga rantai makanan dan menyeimbangkan ekosistem. Mereka makan tikus dan tikus, yang merusak tanaman. ❤)," jelas Kahiyang.

Warganet ramai mengomentari potret dalam kolom komentar. Tak sedikit mereka merasa geli dan takut melihat potret tersebut. Namun, ada juga yang menilai keren foto itu.

"Geli enggak mbak Ayang....sanca kuning😁," komentar akun @yantiherlanti.

"Gelii 😭😭😭 apalagi bagian bawah perutnya bergaris garis 😭😭😭," timpal @non.ticha01.

"Caantik banget kak kahiyang 😭😭❤️keren sih ini fotonya," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Azura Luna, Sosialita Asal Kediri yang Diduga Penipu Kelas Kakap

Posted: 13 Dec 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Azura Luna mendadak ramai diperbincangkan banyak orang. Pasalnya, perempuan asal Kediri tersebut diduga melakukan penipuan ke sejumlah orang dari berbagai negara. Aksi penipuan sosialita tersebut, pelan tapi pasti mulai terbongkar.

Meski beberapa kasus sudah menemui titik terang, namun Azura masih sulit untuk ditangkap. Para korbannya pun melacak dengan berbagai cara untuk mengetahui posisi keberadaan Azura. Seperti membuat sebuah laman dan grup obrolan agar informasi terkini tentang Azzura bisa diketahui.

Banyak modus-modus yang pernah dilakukan Azura Luna saat berusaha menipu. Seperti membuat penipuan lowongan pekerjaan palsu, mengaku hamil, mengaku kaya raya hingga mengaku agen travel. Dengan modus-modus penipuan tersebut, wajar apabila Azura Luna dianggap sebagai penipu kelas kakap.

Sebagai wanita yang sudah menipu banyak orang dari berbagai negara, Azura Luna saat ini dicari banyak pihak. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta-fakta Azura Luna, Sabtu (14/12/2019).

1. Latar Belakang keluarga Azura Luna

6 Fakta Azura Luna, Sosialita Asal Kediri yang Diduga Penipu Kelas Internasional

Latar belakang Azura Luna masih diragukan kebenarannya. Pasalnya, pengakuan latar belakang keluarga Azura Luna disampaikan oleh Jason, seorang ahli teknologi yang berasal dari New York. Jason mengenal Azura saat bersantai di pool bar Four Season, Hongkong pada Oktober 2018. Jason tidak menyangka pertemuan tersebut harus membuat perjalanan bisnis di Hong Kongnya penuh drama.

Jason dan Azura Luna pun menjadi dekat. Bahkan Azura menceritakan latar belakang keluarganya ke Jason. Jason mendapatkan informasi bahwa kedua orang tua Azura berasal dari India dan ayahnya blasteran Tionghoa-Belanda-Indonesia. Jason menambahkan, mereka bertemu di Madrid dan sama-sama pejuang kemanusiaan.

"Ibu saya berasal dari Gujarat, India, sedangkan ayah saya adalah blasteran Tionghoa-Belanda-Indonesia," papar Azura ke Jason seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka, Sabtu (14/12/2019).

Tidak hanya bercerita tentang latar belakang kedua orang tuanya, Azura juga mengungkapkan bahwa ia sekolah di Jerman. Ditambah lagi pengakuan Azura yang mengaku masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia. 

2. Mengaku masuk 10 besar orang terkaya di Indonesia

Kepada Jason, Azura bercerita tentang latar belakang keluarga yang masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Ia menceritakan sosok ibunya yang menjadi seorang pengacara. Bahkan ibunya pernah membantu Bill Clinton menyelesaikan masalahnya.

Tak cuma ibunya jadi pengacara hebat, Azura juga bercerita tentang sang ayah yang sudah meninggal. Ayahnya tersebut mewariskan US$ 30juta atau Rp 423,8 miliar ke Azura. Tak cukup sampai disitu, Azura juga membuat pengakuan sebagai wanita yang berpenghasilan Rp 2,1 miliar.

3. Memiliki 3 nama samaran

6 Fakta Azura Luna, Sosialita Asal Kediri yang Diduga Penipu Kelas Internasional

Jason sudah mencium hal tidak wajar dari Azura Luna. Kecurigaan Jason pun membuatnya mulai mengumpulkan bukti-bukti penipuan. Sampai pada akhirnya, Jason menemukan nama samaran yang pernah dipakai Azura Luna yakni Ally, Alexandra dan Miss M. 

Karena semakin banyak korban penipuan dari Azura Luna, membuat para korbannya mulai bergerak mencari informasi terkini tentang Azura. Akhirnya, mereka bergerak dengan membuat laman khusus untuk memanatu pergerakan Azura dan mencari fakta kebenarannya.

4. Nama asli Azura terkuak

Para korban penipuan Azura Luna membuat laman The Ripoff Report untuk membongkar fakta Azura Luna dan melacak keberadaannya. Banyak korban bercerita tentang fakta Azura Luna. Sampai pada akhirnya, melalui pesan WhatsApp, salah satu korban ada yang memberi tahu nama asli Azura Luna.

"Nama aslinya adalah Enjang Widhi Palupi, lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 27 Oktober 1978," ungkap salah seorang korban tentang fakta Azura Luna. 

5. Mengaku tidak pernah tinggal di Indonesia

6 Fakta Azura Luna, Sosialita Asal Kediri yang Diduga Penipu Kelas Internasional (sumber: Merdeka.com)

Sebagai salah satu korban penipuan, Jason menceritakan bahwa Azura Luna tidak pernah tinggal di Indonesia. Ia hanya pernah tinggal di Bali bersama mantan suaminya, Brad Kirk sebelum pada 2003 pindah ke Hongkong. Brad Kirk mengonfirmasi sudah sembilan tahun terakhir, ia sudah tidak berhubungan lagi dengan Azura.

"Saya lahir di Jeman. Saya tidak pernah tinggal di Indonesia, kecuali Bali bersama mantan suami saya," kata Jason menirukan ucapan Azura.

Azura juga menceritakan masa kecilnya yang menjelajahi Afrika Selatan, Eropa, Mali, Botswana dan sejumlah wilayah Asia. Selain itu, Azura mengaku sedang belajar Sanskrit di India dan Bahasa Arab di Mesir.

6. Azura gemar berutang

Tidak cuma menipu, sosialita asal Kediri ini juga memiliki utang menumpuk. Ia pernah memiliki utang saat tidak membayar uang sewa di Hong Kong. Diungkapkan dari Wellfine Properties, Azura menunggak hingga Rp 829 juta pada 12 Maret 2019.

Selain tidak membayar penginapan, Azura juga memiliki utang sebesar Rp 312 juta ke seorang kenalannya karena tidak membayar tagihan minuman anggur. Tak cuma minuman anggur, ia juga tidak membayar asistennya hingga beberapa bulan. Hak yang tidak didapat asistennya sebesar Rp 137 juta. Utang Azura semakin menumpuk usai berutang pada salah seorang kenalannya bernama Lori sebesar Rp 917 juta untuk menjalankan bisnis berlian. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Ular Kobra Patuk Pedagang Sayur di Depok

Posted: 13 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pedagang sayuran dipatuk anak ular kobra saat berdagang di Pasar Kemirimuka, Beji Kota Depok, Kamis, 11 Desember 2019.

Petugas Kemanan dan Ketertiban Pasar Kemirimuka, Agus mengatakan, Wagiman sedang duduk menanti pembeli. Seekor anak kobra hitam tiba-tiba mematuk kaki kanan korban. Ular kobra itu lalu langsung menghilang.

"Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB. Cuacanya baru saja turun hujan," ucap Agus saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (14/12/2019).

Agus menuturkan, Wagiman biasanya berdagang di Pasar Kemiri Barat yang Lokasinya dekat rel kereta Api. Agus menduga ular kobra itu muncul dari bebatuan di dekat rel kereta.

"Kami perkirakan ada sarang ular di sana. Padahal sama PT KAI sudah dikasih batas tembok. Tapi kenapa masih saja bisa masuk ya," heran Agus.

Terkena Patukan di Jari Kaki Kanan

Ilustrasi kobra (iStock)

Akibat kejadian ini, korban terkena patukan di jari kaki kanan. Korban pun langsung dibawa ke RSUD Kota Depok.

"Kondisinya masih perawatan masih di RSUD Depok," ucap dia.

Agus mengatakan, pihaknya berencana menyisir lokasi yang diindikasi menjadi sarang ular kobra.

"Mungkin kami kerja sama dengan Damkar. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati," tutup dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Minta UIN Banten Bangun Laboratorium Uji Syariah

Posted: 13 Dec 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Cilegon - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara wisuda sarjana dan magister Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten, Kota Cilegon. Dia berpesan kepada para wisudawan dan pihak kampus, agar mampu menjadi dan membangun laboratorium syariah, setidaknya di tingkat Provinsi Banten.

"UIN (SMH Banten) nya juga harus berani membangun laboratorium uji syariah," kata Ma'ruf Amin, dalam sambutannya di Hotel Royal Krakatau, Sabtu (14/12/2019).

Ma'ruf Amin berharap, kampus UIN SMH Banten, mampu ikut serta dalam program pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi umat Islam. Sehingga umat muslim, mampu berdaya secara ekonomi dan bisa membantu masyarakat di sekitarnya, termasuk umat beragama lainnya.

Sehingga, kata dia, angka kemiskinan di Indonesia yang saat ini mencapai 9,4 persen atau sekitar 25 juta, dapat terus turun.

"Saya juga berharap kampus ini mampu memberdayakan umat untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Karena sebagian besar kaum miskin, sebagian besar dari umat Islam," ucap Ma'ruf Amin.

Jalan Keluar Kemiskinan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat membuka Musyawarah Bersama (Mubes) di gedung Gradhika Bhakti Pradja Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (13/12/2019). Selain lima ormas tersebut, Musyawarah Bersama juga diikuti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah serta beberapa ormas Islam lainnya. (Liputan6.com/Gholi

Wapres memberikan jalan keluar untuk mengurangi kemiskinan, yang disebutnya sebagai arus baru ekonomi dan telah digembar-gemborkan sejak kampanye Pilpres 2019 bersama Jokowi.

"Pengurangan kemiskinan bukan hanya bantuan sosial yang diberikan pemerintah, tapi juga harus di dorong untuk mengembangkan kekuatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi umat, UMKM, karena itu saya mengusung arus baru ekonomi Indonesia, karenanya kita harus membangun ekonomi dari bawah, dari umat," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu di Karawang Lempar Bayinya ke Tanah hingga Tewas Lantaran Menangis

Posted: 13 Dec 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Seorang wanita berusia 40 tahun digelandang ke Polres Karawang karena membunuh bayi yang baru dilahirkannya. Dengan tega dia melempar buah hatinya itu ke tanah hanya karena menangis.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (14/12/2019), warga Banyusari ini sudah berulang kali mencoba menggugurkan kandungannya dengan meminum jamu, namun tak berhasil. Dia malu karena hamil diluar nikah.

Petugas mengamankan barang bukti selimut, kain, dan kain sprei yang digunakan untuk membungkus jasad bayi.

Usai membunuh bayinya, sang ibu lalu menguburkan darah dagingnya itu di belakang rumah. Warga yang curiga dengan adanya kuburan melaporkannya ke polisi. Polisi pun datang untuk membongkar kuburan tersebut.

Kini, dia terancam Undang-Undang Perlindungan Anak dengan pidana penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 3 miliar. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Beri Penghargaan Adikarya Wisata pada Diskotek Colosseum

Posted: 13 Dec 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta telah memilih Colosseum sebagai pemenang kategori diskotek dalam acara Anugerah Adikarya Wisata 2019. Acara ini digelar di Hotel JW Marriott Jakarta pada Jumat, 6 Desember 2019.

Dalam acara ini, sebanyak 155 nominasi dari 31 kategori bersaing dalam ajang penghargaan untuk para pelaku usaha dan pendukung usaha pariwisata di DKI Jakarta.

Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Alberto Ali mengatakan, ada tiga hal yang dinilai atas kemenangan Colosseum.

"Ada 3 hal yang diatur dedikasinya, kinerja perusahaan, lalu kontribusi terhadap pariwisata Jakarta, ada tim yang itu semua," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019).

Menurut Alberto, pemberian penghargaan kepada diskotek tidak dilarang menurut undang-undang. Dalam peraturan yang tertulis, kata Alberto, diskotek adalah salah satu tempat usaha pariwisata.

"Kan diatur dalam undang-undang bahwa diskotek masuk salah satu tempat usaha pariwisata kan, pariwisata jadi kan nggak ada yang ngelarang," tutup dia.

Sebelumnya, Anugerah Adikarya Wisata 2019 digelar tahun ini di Hotel JW Marriott. Sebanyak 155 nominasi dari 31 kategori bersaing dalam ajang penghargaan untuk para pelaku usaha dan pendukung usaha pariwisata di DKI Jakarta tersebut.

Penghargaan ini pertama kali diberikan pada 1974 dengan nama Kelapa Jaya hingga 1989. Setelah disempurnakan, namanya diubah menjadi Anugerah Adikarya Wisata dan menjadi even rutin dua tahunan sebagai medium penilaian sekaligus evaluasi bagi para pelaku usaha kepariwisataan.

"Diharapkan dapat menjadi ikon atau standar mutu kepariwisataan di DKI Jakarta yang maju dan modern," kata Deputi Gubernur DKI Jakarta Dadang Sholihin dalam sambutannya.

Jasa pariwisata memegang peranan penting dalam perekonomian Ibu Kota. Dari data yang disebutkan Dadang, jasa pariwisata menyumbang Rp 5,3 triliun pada 2018.

Penetapan pemenang berdasarkan proses penjurian oleh total 15 dewan juri yang diketuai Thamrin B. Bachri. Proses penilaian meliputi seleksi administrasi, penilaian kinerja, dan penilaian akhir dengan mengunjungi tempat usaha para nominator.

Terdapat 13 kategori bidang jasa pariwisata yang diapresiasi, meliputi akomodasi, restoran, hiburan dan rekreasi, jasa boga/katering, jasa pariwisata, kawasan pariwisata, spa, transportasi darat. Kemudian maskapai penerbangan, atraksi buatan, diklat pariwisata, media elektronik, dan bar and lounge. Masing-masing kategori diwakili satu pemenang dari lima nominasi terpilih.

Dari sektor media elektronik ada dua kategori, yakni media online dan stasiun televisi. Liputan6.com menjadi pemenang untuk kategori media online, bersaing dengan Detik.com, Kompas.com, Merdeka.com, dan Tribunnews.com. Sementara dari kategori televisi dimenangkan oleh TVRI, bersaing dengan Trans7, Net TV, Trans TV, dan Kompas TV.

Dari sektor jasa pariwisata, Dwidaya Tour menjadi pemenang kategori biro perjalanan wisata. Sementara, kategori MICE dimenangkan oleh Pactoconvex.

Dalam kategori impresariat, Ismaya Live menjadi pemenangnya. Sedangkan, JI Expo menjadi pemenang kategori Balai Pertemuan mengalahkan Balai Sidang Jakarta Convention Center dan Balai Kartini.

Dari kategori spa, Martha Tilaar Salon and Day Spa lah yang menyabet penghargaan Anugerah Adikarya Wisata 2019. Dalam kategori tersebut, Martha Tilaar bersaing dengan Taman Dari Royal Heritage Spa, Ayana Resort and Spa, Gaya Spa Wellness, dan Andaru Anti Aging Clinic and Spa.

Dari sektor kawasan pariwisata terdapat lima nominator, yakni Ancol Taman Impian, Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ragunan, dan Monas. Pemenangnya adalah TMII.

Sementara dari sektor akomodasi, terdapat empat kategori, yakni hotel bintang 5, hotel bintang 4, hotel bintang 3, dan hotel bintang 1&2. Grand Hyatt menjadi pemenang untuk kategori hotel bintang lima mengalahkan Hotel Mulia dan Shangri-La.

Sedangkan, Hotel JS Luwansa memenangkan kategori hotel bintang 4, Artotel memenangkan kategori hotel bintang 3, dan Pop Hotel Pasar Baru untuk hotel bintang 1&2.

Sementara, pemenang dari kategori bus wisata adalah Big Bird. Kategori maskapai penerbangan dimenangkan oleh Garuda Indonesia.

Dari sektor atraksi buatan, nama Kota Kasablanka menjadi pemenang untuk kategori mal. Sedangkan, Museum Macan menjadi pemenang kategori museum mengalahkan Museum Nasional dan Museum Sejarah Jakarta.

Sektor Diklat pariwisata terbagi menjadi dua bidang kategori, yakni SMK Pariwisata dan Sekolah Tinggi Pariwisata. SMK Negeri 57 menjadi pemenang kategori SMK Pariwisata dan STP Trisakti menjadi pemenang kategori Sekolah Tinggi Pariwisata.

Sektor Hiburan dan Rekreasi

Dari kategori Bar and Lounge, Skye menjadi pemenangnya. Sementara, kategori klab dan diskotik dimenangkan oleh Colosseum.

Masih dari sektor hiburan dan rekreasi, kategori golf dimenangkan oleh Damai Indah Golf yang berada di Pantai Indah Kapuk, kategori karaoke dimenangkan oleh Happy Puppy Karaoke Keluarga, dan sarana rekreasi keluarga dimenangkan oleh Jakarta Aquarium.

Terakhir dari sektor restoran, panitia membaginya ke dalam tujuh kategori yang meliputi restoran Indonesia formal dining, restoran Indonesia-tradisional, restoran Chinese food, restoran Japanese food, restoran Korean food, restoran middle east, dan restoran western food. Pemenangnya berturut-turut Bunga Rampai, Tesate, Hakkasan, Akira Back, Chung Gi Wa, Turkuaz, dan Amuz Gourmet.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Melania Bela Kritik Trump Soal Greta Thunberg, Michelle Obama Beri Semangat

Posted: 13 Dec 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terdengar tak terima dengan terpilihnya Greta Thunberg sebagai Person of the Year majalah TIME.  Ia pun memakai platform favoritnya, Twitter, untuk melancarkan ledekan kepada aktivis 16 tahun itu. 

Dilansir dari VOA Indonesia, Sabtu (14/12/2019), Trump menyebut Greta memiliki masalah dalam mengendalikan amarahnya.

"Sangat konyol. Greta harus mengatasi persoalan amarahnya," tulis Trump pada akun Twitternya, dan menambahkan bahwa dia, "harus pergi menonton film klasik bersama teman! Santai Greta, santai."

Aksi Trump ternyata dibela oleh istrinya, Melania Trump. 

Melania Trump pada Jumat, 13 Desember 2019 tampaknya memaafkan kritik suaminya terhadap Greta Thunberg yang berusia 16 tahun, mengatakan melalui seorang juru bicara bahwa putranya yang berusia 13 tahun, Barron, berada dalam kategori yang berbeda dari aktivis iklim remaja "yang melakukan perjalanan dunia dan memberi pidato. "

"Dia adalah anak berusia 13 tahun yang menginginkan dan pantas mendapatkan privasi," kata juru bicara Stephanie Grisham dalam pernyataan diemail sehari setelah Presiden Donald Trump mengomentari Thunberg karena majalah TIME menobatkannya sebagai "Person of the Year."

Pernyataan ibu negara AS atas tindakan suaminya sangat kontras dengan pekerjaan yang dia lakukan melalui inisiatif "Be Best", untuk memerangi penindasan berbasis online dan mengajar anak-anak untuk bersikap baik. Demikian dikutip dari US News.

Michelle Obama Beri Semangat Kepada Greta

Greta Thunberg, tokoh aktivis iklim muda yang terpilih jadi 'Person of the Year' di majalah TIME. (Source: Time via AP)

Sementara itu, Michelle Obama menawarkan pesan dukungan kepada aktivis krisis iklim remaja Greta Thunberg, setelah remaja berusia 16 tahun itu diejek di Twitter oleh Presiden Donald Trump. Demikian dikutip dari CNN

"Jangan biarkan siapa pun meredupkan cahaya Anda," tulis mantan ibu negara itu di Twitter, Kamis, 12 Desember 2019 kepada Thunberg.

"Seperti gadis-gadis yang saya temui di Vietnam dan di seluruh dunia, Anda memiliki begitu banyak hal untuk ditawarkan kepada kita semua."

Tanpa menyebut-nyebut Trump, mantan ibu negara itu menambahkan, "Abaikan yang meragukan Anda dan ketahuilah bahwa jutaan orang mendukung Anda."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Ampuh Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Posted: 13 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba, para pengguna mobil dan sepeda motor harus bersiap-siap menghadapi musim ini. Mobil pun perlu mendapatkan perawatan khusus selama musim hujan.

Menurut Toni Andrian Porayouw, Training & Technical Section Head Shop & Drive, setidaknya ada 5 langkah merawat mobil di saat musim hujan.

1. Jangan Buru-Buru Dilap

Pertama, setelah kehujanan jangan buru-buru untuk mengelap kendaraan. Sebab air hujan yang ada di bodi mobil seringkali mengandung partikel kasar seperti pasir dan tanah yang malah membuat mobil jadi baret.

"Bilas dan cuci kendaraan lebih dulu dengan menggunakan sampo khusus dan spons halus untuk mengangkat kotoran yang menempel di bodi," kata Toni.

Begitu juga dengan kaca mobil, perlu dilap dan dibersihkan dari jamur dan kotoran yang membandel karena dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan.

 

2. Keringkan Air Hujan

Kedua adalah mengeringkan air. Air hujan mengandung asam dan garam yang berpotensi menimbulkan jamur dan karat pada lapisan cat. Karena itu setelah dibersihkan dan dibilas segera keringkan air yang masih menempel dengan lap microfiber atau chamois untuk menjaga cat agar lebih awet dan terhidar dari jamur.

3. Perhatikan Kebersihan Kabin

Ketiga adalah memperhatikan kebersihan kabin. Ruang kabin dapat memunculkan bau tak sedap bila kondisi lembab. Interior menjadi lembab bisa disebabkan air yang masuk dari sela-sela pintu dan air yang terbawa sepatu atau sendal yang dipakai saat berkendara.

Untuk itu perlu disediakan alas kaki atau karpet tambahan untuk melapisi lantai mobil.

4. Pemilihan Tempat Parkir

Keempat adalah memperhatikan tempat saat parkir. Jika kendaaran sedang tidak digunakan, pastikan diparkir di garasi tertutup agar tidak terkena hujan dan paparan matahari langsung.

Jika garasi Anda berada di area terbuka maka gunakan cover body berbahan dan jahitannya waterproof (tahan air).

"Menutup bodi kendaraan dapat mencegah kerusakan cat yang disebakan cuaca panas dan hujan," imbuhnya.

5. Cek Kondisi Wiper

Kelima atau terakhir, pastikan wiper dalam kondisi baik. Pasalnya berkendara saat kondisi hujan wiper mempunyai peranan vital.

Untuk itu perlu dilakukan pengecekan pada kondisi wiper sebelum berkendara. Wiper yang aus tidak dapat menyisir air dengan maksimal sehingga berdampak pada jarak pandang yang berkurang dan itu cukup mengganggu sehingga sangat membahayakan keselamatan.

"Segeralah ganti wiper dengan yang baru. Selain itu perlu dipastikan juga kondisi lampu, ban, dan sistem pengereman dalam kondisi dan berfungsi dengan baik." pungkasnya.

Sumber: Otosia.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bidik Milenial, BRI Rilis Aplikasi Pinjaman Online Ceria

Posted: 13 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan pinjaman online bernama Ceria. Dengan peluncuran ini, BRI menjadi bank BUMN pertama yang memiliki aplikasi pinjaman online.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menyebutkan bahwa pinjaman online ini diluncurkan untuk menyasar generasi millenial yang saat ini tengah tumbuh dengan pesat.

"Menyesuaikan dengan gaya hidup millenial yang serba praktis, aplikasi Ceria diciptakan sudah fully digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature," kata Handayani melalui keterangannya, Sabtu (14/12/2019).

Ia mengklaim Ceria dapat mempercepat proses pengajuan pinjaman dengan waktu tak lebih dari 10 menit, dengan tenor fleksibel sampai 12 bulan.

"Kami memberikan layanan, jasa, dan bunga yang kompetitif bagi nasabah BRI yang hendak bertransaksi online melalui Ceria. Melalui proses yang cepat, bunga ringan dan aman, plafon menarik, dan program promo di beberapa e-commerce favorit," ungkapnya.

Pengajuan pinjamannya pun dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka dengan petugas bank. 

Sementara limit transaksi bisa hingga Rp 20 juta dan memiliki suku bunga kompetitif dibandingkan pinjaman online sejenis.

 

Targerkan 20.000 Millenial

Handayani menambahkan, sejumlah inovasi terus dilakukan perusahaan untuk mengakselerasi inklusi dan literasi keuangan di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, saat ini kamu sudah dapat mengunduh aplikasi Ceria untuk sistem operasi Android di Google Play Store.

BRI pun memberikan program menarik yaitu cashback hingga Rp 2 juta di Tokopedia, Panorama JTB, dan Dinomarket yang dapat dinikmati dengan metode pembayaran menggunakan Ceria.

"Kami menargetkan 20.000 millenial nasabah BRI untuk menikmati fasilitas Ceria," ucapnya memungkaskan.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Carlo Ancelotti Takkan Latih AC Milan

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

London- Arsenal dilaporkan ESPN tidak tertarik memakai jasa pelatih veteran Carlo Ancelotti sebagai manajer anyar. Manajemen The Gunners merasa Ancelotti tidak akan cocok untuk membangkitkan prestasi David Luiz dkk.

Tim Meriam London resmi memecat Unai Emery dari jabatan sebagai manajer pada 29 November 2019. Emery harus angkat kaki dari Stadion Emirates setelah Arsenal gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhir, dengan perincian tiga kekalahan dan empat hasil imbang.

Freddie Ljungberg kemudian ditunjuk sebagai manajer interim The Gunners. Di bawah asuhan Ljungberg, performa Arsenal juga tak kunjung membaik.

Arsenal hanya meraih satu kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan satu kekalahan dari empat pertandingan. Teranyar, mereka bermain 2-2 kontra Standard Liege di Liga Europa, Kamis (12/12/2019).

Situasi yang tak kunjung membaik membuat Arsenal mulai mencari sosok ideal untuk duduk di kursi manajer. Satu nama yang santer disebut bakal menangani Tim Meriam London adalah Carlo Ancelotti.

Pelatih asal Italia itu baru saja dipecat Napoli menyusul rentetan hasil yang kurang memuaskan pada musim ini. Ancelotti diharapkan mampu mendongkrak performa Arsenal, karena berhasil meraih tiga trofi juara bersama Chelsea pada periode 2009 sampai 2011.

 

Bukan Pilihan Ideal

1. Carlo Ancelotti (Napoli) -  Ancelotti ternyata adalah seorang perokok berat. Pelatih 60 tahun ini, berulang kali tertangkap kamera sedang menghisap rokok di dalam dan di luar lapangan. (AFP/Miguel Medina)

Akan tetapi, Arsenal tidak memiliki rencana untuk menawarkan jabatan manajer kepada pelatih berusia 60 tahun tersebut. Direksi klub menganggap Carlo Ancelotti bukan pilihan ideal, dan tak cocok dengan gaya bermain Arsenal.

Selain itu, Ancelotti juga enggan menangani Arsenal. Alhasil, Ljungberg masih akan memimpin The Gunners menjalani duel kontra Manchester City pada laga pekan ke-17 Premier League, di Stadion Emirates, Minggu (15/12/2019).

Sumber: ESPN

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat/Editor Aning Jati, Published 13/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Gelar Simulasi Tes CPNS 2019 di Jakarta Besok, Minat Ikut?

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah ditutup pada 10 Desember pukul 24.00 WIB. Ada lebih dari 5 juta pelamar yang telah membuat akun di portal SSCN, sementara yang melakukan submit pendaftaran mencapai 4,19 juta orang.

Pasca proses seleksi administrasi usai, tahap berikutnya dalam perekrutan CPNS yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan digelar pada 27-28 Februari 2020.

Dalam menghadapi tes tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kanreg V Jakarta coba menggelar simulasi persiapan tes CPNS 2019/2020 berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Mengutip informasi yang diberikan akun Instagram @bkngoidofficial, simulasi tes CAT ini akan dilaksanakan Minggu (15/12/2019) besok di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat pukul 06.00-11.00 WIB.

Bagi pelamar yang ingin melakukan persiapan dan latihan menghadapi tes CPNS nanti, BKN membukanya secara cuma-cuma alias gratis.

Namun secara kuota, kursi untuk ikut simulasi Computer Assisted Test ini terbatas, hanya tersedia untuk 800 peserta saja.

Bagi yang berminat ikut, BKN mengajak peserta untuk datang dan langsung mendaftar di lokasi (on the spot) dengan membawa kartu identitas berupa KTP/SIM sebagai syarat pendaftaran.

Pemerintah Kembali Buka Penerimaan CPNS di 2020?

Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Pendaftaran CPNS di 2020 akan kembali dibuka jika kuota tahun ini belum mencukupi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PARB) Tjahjo Kumolo.

Menteri Tjahjo menjelaskan hal ini bisa saja terjadi mengingat pada tahun-tahun sebelumnya seleksi CPNS di beberapa daerah jumlah peserta yang lulus tidak mencukupi kebutuhan.

"Tahun kemarin itu ada banyak daerah yang enggak lulus semua juga ada," kata dia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12).

Dia mengungkapkan saat ini tenaga yang dibutuhkan untuk CPNS adalah jurusan IT dan tenaga spesialis lainnya seperti dokter hingga ahli intelijen untuk formasi di BIN.

"Kalau ada yang memenuhi kebutuhan masih banyak maka tahun depan kalau (seleksi CPNS 2019) ini sudah selesai akan kami buka lagi," ujarnya.

Namun dia mengaku belum mengetahui kapan kira-kira seleksi CPNS 2020 bakal dibuka. Sebab untuk proses seleksi tahun ini saja memakan proses yang tidak sebentar sejak pembukaan dibuka pada 11 November lalu.

Namun dia memberikan bocoran posisi yang akan paling banyak dibutuhkan pada 2020 adalah tenaga pengajar dan kesehatan. Terutama untuk penempatan di daerah.

"Jadi ke depan kita mengutamakan untuk pengadaan tenaga guru, dan tenaga kesehatan, di tambah tenaga-tenaga penyuluhnya. Makanya kalau tahun ini sudah, kita nanti buka lagi," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com  

10 Instansi dan Formasi Favorit Pelamar CPNS 2019

Sejumlah CPNS mengikuti Presidential Lecture 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Kegiatan yang diikuti oleh 6.148 CPNS hasil seleksi tahun 2018 itu mengangkat tema Sinergi Untuk Melayani. (merdeka.com/Imam Buhori)

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melaporkan, hingga Rabu (27/11/2019) sore, jumlah pendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di portal sscn.bkn.go.id telah hampir mencapai 5 juta orang.

"#SobatBKN, update data pelamar seleksi #CPNS2019 per 27 November 2019 pukul 15:43 WIB. Sudah Membuat Akun 4.994.056," cuit BKN dalam akun Twitternya, @BKNgoid.

Angka tersebut terus meningkat, meski 241 instansi telah menutup pendaftaran dan 157 instansi beberapa jam lagi juga akan menutup pendaftaran CPNS 2019.  

Lantas, instansi dan formasi mana saja dengan jumlah pelamar terbanyak atau yang menjadi favorit pelamar CPNS 2019?

Berdasarkan data yang diberikan BKN, berikut update terbaru CPNS 2019: 

1. Kementerian Hukum & HAM : 708.488 orang

2. Kementerian Agama : 128.620 orang

3. Kejaksaan Agung : 70.584 orang

4. Pemerintah Provinsi Jawa Timur : 57.314 orang

5. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah : 53.908 orang

6. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta : 50.528 orang

7. Mahkamah Agung RI : 46.070 orang

8. Pemerintah Provinsi Jawa Barat : 36.364 orang

9. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : 29.681 orang

10. Kementerian Kesehatan : 29.299 orang 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Jerawat Seperti Apa yang Perlu Penanganan Dokter?

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa jenis jerawat yang perlu penanganan dari dokter. Jika dibiarkan malah bisa menyebabkan bekas luka bahkan membuat wajah meradang.

Pada jerawat jenis whitehead atau blackhead biasa kita sebut komedo tidak masalah bila tidak mendapatkan penangangan dokter. Asalkan memakai produk perawatan kulit yang tepat seperti water based, gel based, dan non-comedogenic serta menjalankan gaya hidup sehat bisa membuat jerawat hilang seperti disampaikan skin expert ERHA dokter Purnama Sari.

Bila jerawat yang muncul jenis papula (merah dan dan meradang) atau pustula (dasar merah dengan ujung putih) di beberapa area itu masih bisa menggunakan produk obat jerawat yang dijual bebas.

"Kalau seperti itu enggak ketemu dokter enggak apa, bisa pakai produk (obat jerawat) over the counter (OTC)," kata Purnama saat ditemui di AEON BSD Tangerang Banten beberapa waktu lalu.

Jerawat / Sumber: iStockphoto

Jika jerawat yang muncul di wajah Anda sudah masuk kategori berat yakni jenis nodul (ukuran lebih besar dari pustula dan tidak hilang meski sudah diobati) atau kistik (jerawat berukuran besar dan bengkak) sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

"Biasanya kalau sudah seperti itu, penggunaan over the counter product enggak terlalu efektif. Daripada bekasnya makin parah, sebaiknya ke dokter," kata Purnama.

Perlu Pemberian Obat Antiradang

Jerawat / Sumber: iStockphoto

Pada kasus wajah berjerawat berat apalagi peradangan yang terjadi di seluruh wajah, dokter yang mendalami kesehatan kulit akan memberikan obat antiradang.

"Kalau sudah peradangan sampai seluruh wajah, biasanya pasien sampai bilang 'Dok, wajah saya sudah nyut-nyutan'. Kalau sudah seperti itu pemakaian OTC tidak terlalu efektif. Terpaksa dokter memberika obat antibiotik dan antiinflamasi untuk meredakan peradangan," kata Purnama.

Dengan pengobatan jerawat yang terarah, peradangan pada wajah akibat jerawat bisa mereda.

"Kalau ditangani dokter (yang pakar di bidangnya) lalu pasien memakai seluruh perawatan yagn diannurkan biasanya dalam dua minggu sudah membaik, paling enggak peradangan sudah kempes," tuturnya.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Persembunyian Tahanan Kabur dari Penjara Polres Malang Kota

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Malang - Polisi menangkap Nur Kholis di areal persawahan di wilayah Kedungkandang, Kota Malang, tidak jauh dari tempat tinggalnya. Ia satu dari empat tahanan kabur dari sel Polres Malang Kota pada Senin lalu.

Nur Kholis jadi tahanan kabur ketiga yang sudah bisa ditangkap lagi. Ketiganya ditangkap di tempat dan hari berbeda. Dengan demikian, masih ada seorang tahanan lagi yang sedang diburu polisi.

"Tim kami menangkapnya kemarin malam di areal persawahan setelah mendapat informasi dari masyarakat," kata Kepala Polres Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata di Malang, Kamis, 12 Desember 2019.

Nur Cholis bersama Adrian Fairi, Sokip Yulianto dan Bayu Prasetyo kabur dari tahanan Polres Malang Kota pada Senin, 9 Desember dini hari. Mereka kabur dengan cara menggergaji terali besi bagian atap jemuran tahanan.

Begitu berhasil kabur dari tahanan, mereka berpisah menuju tempat persembunyian masing–masing. Nur Kholis naik ojek online menuju sebuah rumah kosong tak jauh dari tempat tinggalnya, tanpa membayar ongkos ojek.

Ia hanya berdiam diri di rumah kosong, tidak lama kemudian pindah bersembunyi di sawah. Saudaranya dan warga sekitar yang tahu keberadaan Kholis kemudian lapor ke polisi. Ia ditangkap pada Rabu, 11 Desember sekitar pukul 23.00.

"Dia membawa dua sikat gigi yang diruncingkan bagian gagangnya yang bisa berfungsi jadi senjata," kata Leo.

Karena hendak kabur serta membawa benda berbahaya, polisi menembak kedua kaki Nur Kholis. Tidak hanya dia, kedua tahanan kabur lainnya yang lebih dulu ditangkap juga ditembak petugas.

"Kami masih mendalami apakah sikat gigi itu juga digunakan kabur dari tahanan atau tidak," tutur Leo.

Ditembak di Tempat Persembunyian

Kapolres Malang Kota AKBP Leonardus Simarmata menunjukkan sikat gigi runcing yang disebut milik salah satu tersangka kabur dari tahanan (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Dengan demikian dari empat tahanan kabur tiga orang sudah ditangkap. Adrian Fairi lebih dulu ditangkap saat bersembunyi di rumah adiknya pada Selasa, 10 Desember dini hari. Sokip Yulianto ditangkap pada Rabu dini hari saat bersembunyi di Kabupaten Kediri.

Ketiga tahanan itu bernasib sama, ditembak petugas saat ditangkap di tempat persembunyian masing–masing. Polisi mengimbau pada satu tahanan yang belum ditangkap yaitu Bayu Prasetyo agar menyerahkan diri.

"Kami imbau lebih baik menyerahkan diri sebelum mendapat tindakan tegas dari kami," ujar Leonardus Simarmata.

Leo menyebut tiga tahanan kabur yang sudah ditangkap lagi itu tidak akan ditahan bersama tahanan lainnya. Masing–masing ditahan di sel terpisah dengan para tahanan lainnya. Pemisahan itu juga menyangkut pendalaman kasus kabur dari tahanan.

"Ya di tahanan khusus, seperti sel isolasi. Ada yang masih bungkam ketika kami interogasi," tutur Leo.

Kepolisian masih mendalami siapa otak dari para tahanan yang kabur dari sel. Termasuk dari mana mereka mendapat gergaji yang digunakan untuk memotong teralis besi tahanan. Jika ada anggota yang terlibat juga bakal disanksi tegas.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun 2019, 6 Artis K-Pop Ini Akui Berjuang Lawan Depresi dan Anxiety Disorder

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 menjadi masa-masa penuh duka bagi para penggemar K-Pop. Pasalnya, tahun ini dua bintang K-Pop meninggal dunia secara tragis, yakni Sulli dan Goo Hara. Semasa hidup, keduanya diketahui mengalami depresi karena masalah hidup dan bullying yang bertubi-tubi dari warganet.

Seperti di banyak tempat lain, masalah gangguan mental memiliki stigma negatif di Korea Selatan. Sejumlah idola K-Pop yang mengalaminya, terpaksa menyimpan rapat-rapat fakta mengenai kondisi kesehatan mental mereka demi menghindari opini negatif publik.

Namun hal ini pelan-pelan mulai berubah. Pada tahun 2019, sejumlah bintang K-Pop mengungkap perjuangan mereka melawan gangguan mental. Banyak yang mengharapkan hal ini bisa membawa angin perubahan tentang bagaimana publik memandang masalah gangguan mental.

Berikut enam artis K-Pop yang tahun ini mengungkap perjuangan mereka melawan gangguan mental:

 

1. Taeyeon SNSD

Taeyeon SNSD. (SM Entertainment/ Soompi)

Pada Juni lalu, Taeyeon SNSD mengakui lewat Instagram bahwa ia tengah bergulat melawan depresi. Saat mengungkap kondisinya ini, Taeyeon tengah diserang dengan komentar nyinyir soal keadaan mentalnya.

"Aku berjuang untuk membaik lewat pengobatan dan antidepresi. Baik itu depresi atau gangguan bipolar, tolong jangan bilang 'tsk' dan memperlakukan orang secara tidak hormat. Ada banyak pasien yang menderita," kata dia kala itu.

 

2. HyunA

HyunA (Instagram/ hyunah_aa)

Pada akhir November 2019, HyunA mengakui bahwa ia menderita depresi dan gangguan panik. Awalnya, ia tak percaya dengan diagnosis yang ia terima pada 2016 ini.

Dalam pernyataan terbukanya, HyunA mencoba untuk mempertahankan kesehatannya.

"Aku akan tetap dengan berani mencoba untuk sehat, tapi orang tak bisa jadi sempurna. Aku rasa ini belum terlambat dan aku akan mencintai dan menjaga diriku sendiri. Aku akan terus jujur dan berani seperti sekarang," tutur wanita 27 tahun ini

 

3. Leo VIXX

Leo VIXX (Soompi)

Pada November lalu, Leo VIXX mengunggah surat panjang untuk penggemarnya. Ia tak hanya menginformasikan tanggal ia berangkat wajib militer, tapi juga soal depresi dan gangguan panik parah yang ia derita sejak 2013.

Ia harus menjalani pengobatan rutin agar hal ini tak bertambah parah.

"Aku tahu benar bahwa [penggemarku] mengkhawatirkanku tanpa bisa mengatakan hal ini secara langsung kepadaku. Alasan aku bisa berjalan dengan lurus selama 7-8 tahun bersama VIXX, meski ada masa sulit yang membuatku ingin menyerah, adalah karena Starlight [penggemar VIXX]. Aku ada karena kamu ada," tuturnya.

 

4. Mina Twice

Mina Twice (Soompi)

Sejak Juli 2019, Mina Twice beristirahat sementara dari kegiatannya bersama Twice. Awalnya, JYP Entertainment yang memayungi Mina, hanya mengungkap bahwa pelantun "Feel Special" ini mengalami gangguan kesehatan.

Sebulan kemudian, JYP secara resmi mengungkap bahwa dokter telah secara resmi mendiagnosis Mina Twice dengan gangguan kecemasan, atau anxiety disorder.

 

5. S.Coups Seventeen

S.Coup Seventeen (Soompi)

Dalam konser di Indonesia pada 16 November lalu, penggemar Seventeen dibuat khawatir karena S.Coup tiba-tiba tidak melanjutkan konser karena gangguan kesehatan. Selang beberapa hari kemudian, agensi Seventeen yakni Pledis mengungkap bahwa S.Coup mengalami masalah psikis.

"Hasil [pemeriksaan] memperlihatkan ia butuh istirahat dan kestabilan, jadi setelah diskusi bersama S.Coup dan anggota Seventeen, diputuskan bahwa ia akan hiatus untuk sementara."

 

6. Kang Daniel

Kang Daniel. (Instagram/ lap_korea)

Awal Desember, agensi Kang Daniel yakni Konnect Entertainment mengumumkan kesehatan mental pelantun "Adulthood" ini mengalami gangguan. Pengumuman ini disampaikan sehari setelah Kang Daniel mengakui bahwa ia lelah menghadapi komentar jahat dan isu bohong tentang dirinya.

"Sejak paruh pertama tahun ini, Kang Daniel mengunjungi rumah sakit setelah kesehatannya turun karena daya tahan tubuh yang lemah dan mengalami kecemasan. Setelah diperiksa secara detail, dia didiagnosis dengan depresi dan serangan panik," begitu isi pernyataan Konnect.

Meski Kang Daniel berusaha keras untuk tidak menyerah dengan kondisinya, juru bicara agensinya menyebut belakangan ia memperlihatkan gangguan kecemasan yang makin parah. Demi memulihkan kesehatan mentalnya, Kang Daniel kemudian cuti dari dunia hiburan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wow, Pria Ini Makan Pisang Senilai Rp 1,7 Miliar

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pisang senilai 120 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 1,7 miliar dimakan oleh seorang pria yang merupakan seniman. Padahal, pisang mahal tersebut ditampilkan sebagai instalasi seni di galeri Perrotin di Art Basel, AS.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Selalu Buruk, Ketahui 6 Manfaat Saat Mengalami Stres

Posted: 13 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Stres sering dianggap merugikan bagi manusia. Sebenarnya ada dua jenis stres yang dialami oleh manusia, yaitu stres kronis dan stres baik. Stres kronis memang memiliki dampak yang buruk, seperti dapat mengurangi berat badan seseorang, membuat insomnia, bahkan stres kronis juga dapat merusak kesehatan mentalmu.

Bukan hanya memiliki dampak negatif, stres juga memiliki dampak yang positif loh. Stres yang memberikan manfaat bagi tubuh adalah stres yang masih dalam tingkatan ringan hingga sedang. Stres ini dapat melatih respon tubuhmu setiap harinya. Yuk simak 6 manfaat stres berikut ini!

 

 

 

1. Diri menjadi lebih kuat dan tangguh

ilustrasi hiit workout/Photo by MAX LIBERTINE on Unsplash

Stres dengan tingkat ringan hingga sedang ternyata dapat membuat kamu menjadi lebih tangguh. Di saat masalah hadir dan kamu mencoba untuk menyelesaikan lalu mencari solusinya, saat itulah dirimu akan berlatih menghadapi masalah-masalah yang akan datang di kemudian hari. Kamu akan beradaptasi dengan kondisi yang ada dan membuat mentalmu menjadi lebih kuat.

2. Melatih otak menjadi lebih cerdas

ilustrasi kacamata/Photo by Leonardo Cardozo Galves from Pexels

Ketika stres, kita akan mencari hal-hal baru untuk refresh diri. Saat itulah kamu bisa melatih kreativitas dan menjadi lebih produktif dari biasanya. Hal ini sama ketika kamu harus mengerjakan sesuatu dengan waktu yang ketat.

3. Ingatanmu menjadi lebih kuat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/file404

Ternyata stres dapat juga membantu kita untuk bisa mengingat lebih kuat. Sebab, koneksi antar sel akan meningkat saat kamu mengalami stres ringan hingga sedang. Stres dapat membantu kamu mengingat bagaimana cara mengatasi masalah bila menemui masalah yang sama.

4. Meningkatkan percaya diri

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/@sclensstudio_339

Stres dapat memaksa seseorang untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya. Dari situlah stres dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menambah keterampilan seseorang di masa depan. Meningkatnya kepercayaan diri dan ketahanan seseorang membuat kamu bisa lebih mengendalikan situasi yang terjadi. 

5. Membantumu saat belajar

ilustrasi anak belajar/copyright Shutterstock

Tingkat stres yang sedang ternyata dapat meningkatkan motivasi. Hal ini menguntungkan karena membuatmu menjadi lebih fokus saat belajar dan memungkinkan untuk menyerap pelajaran lebih banyak. Itulah sebabnya kamu bisa memahami banyak hal dalam waktu singkat saat menghadapi ujian.

6. Melindungi diri dari penyakit

Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Stres tingkat sedang rupanya dapat melindungi dirimu dari beberapa jenis penyakit. Hal ini karena kerusakan oksidatif yang terlindungi sehingga mencegah penuaan. Selain itu stres juga bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu.

 

 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat Tawuran, Polisi Amankan 5 Pelajar di Kampung Melayu

Posted: 13 Dec 2019 08:57 PM PST

Patroli, Jakarta - Lima orang pelajar langsung diamankan Tim Satuan Gerak Cepat Rajawali Polres Metro Jakarta Timur di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Jumat malam.

Saat digeledah, petugas tidak menemukan senjata tajam. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (14/12/2019), petugas malah mendapati penggaris besi serta chat pesan instan whatsapp seorang pelajar yang akan janjian tawuran dengan sekolah lain.

Guna kepentingan pemeriksaan, kelima pelajar tersebut langsung diamankan ke Mapolsek Jatinegara, Jakarta Timur. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Pengganggu di Natal dan Tahun Baru Ditindak, Ini Respons Polri

Posted: 13 Dec 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Natal dan tahun baru Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan prajurit TNI, Polri dan BIN agar terus bersinergi dalam melakukan tindakan pencegahan, penangkalan dari setiap potensi gangguan keamanan. Dia ingin ada tindak tegas terhadap pengganggu keamanan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, polisi siap menjalankan arahan Presiden dalam mengawal Natal dan tahun baru.

"Pada prinsipnya Polri akan memberikan rasa aman dan mengajak peran serta masyarakat untuk menjaga rumah kita sendiri," ucap Argo saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Argo mengatakan, Polri juga akan mengawasi jalannya pengamanan Natal dan tahun baru di beberapa titik agar tak terjadi sweeping saat umat Kristiani akan menjalankan ibadah.

"Tempat ibadah dan orang yang beribadah, parkir dan pengaturan jalan (titik fokus pengamanan jelang Natal)," sambung dia.

 

Titah Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta semua pihak menjaga toleransi dan kerukunan jelang perayaan Natal dan tahun baru. Ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas Persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kita harus terus memperkuat nilai-nilai toleransi, kerukunan, nilai-nilai persaudaraan di antara sesama anak bangsa. Sehingga dalam menjelang Natal dan tahun baru kenyamanan, rasa aman masyarakat bisa kita hadirkan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/12).

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan TNI, Polri dan BIN untuk terus bersinergi dalam melakukan tindakan pencegahan, penangkalan dari setiap potensi gangguan keamanan jelang tahun baru 2020.

"Kita ingin menghadirkan rasa aman di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy Fold Hadirkan Teknologi eSIM, Bisa Dipakai di Indonesia?

Posted: 13 Dec 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone layar lipat Samsung Galaxy Fold yang baru diluncurkan di Indonesia rupanya sudah mendukung teknologi eSIM.

Namun menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile Taufiq Furqan, eSIM di Galaxy Fold belum bisa dipakai di Indonesia.

Meski begitu, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini menyebut telah berdikusi dengan operator terkait penerapan eSIM pada Galaxy Fold.

"Memang untuk eSIM itu agar bisa digunakan kami sedang diskusi dengan operator. Jadi memang belum bisa official langsung (penggunaan eSIM di Galaxy Fold), sekarang lagi diskusi. Nanti akan kami umumkan kalau misalnya sudah bisa menggunakan eSIM," kata Taufiq di Kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Taufiq mengatakan, sejauh ini operator telko di Indonesia yang sudah bisa menggunakan eSIM barulah Smartfren.

"So far yang siap masih Smartfren," kata Taufiq.

 

Tanggapan Smartfren

Deputy Chief Executive Officer Smartfren, Djoko Tata Ibrahim. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Ditemui di tempat terpisah, Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan pihak Smartfren memang tengah menjalin diskusi dengan pihak Samsung terkait penerapan eSIM di Galaxy Fold.

Djoko mengakui, Smartfren memang bukan operator terbesar di Indonesia, namun menurutnya, Smartfren terdepan dalam teknologi.

Misalnya, layanan 4G Smartfren yang pertama komersial di pasaran. Sementara kini Smartfren jadi operator pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi eSIM.

"Sejak iPhone XR sampai sekarang bisa pakai eSIM. Kami sudah tahu bagaimana mem-bundling eSIM dengan smartphone-nya," tutur Djoko.

Berdasarkan hal inilah, Djoko memastikan Smartfren siap mendukung layanan eSIM pada Galaxy Fold. "Dengan Samsung, kami sudah mencoba mengadu engine Smartfren dengan sistem milik perangkat Galaxy Fold, supaya bisa pakai eSIM. Mudah-mudahan nanti kita bisa men-support eSIM Samsung di kemudian hari," ujar Djoko.

 

Bekerja Sama dengan Samsung

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim saat ditemui di sela peluncuran program loyalitas pelanggan Smartpoin 2.0 di Hard Rock Cafe Jakarta, Rabu (30/10/2019). Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sejauh ini, kata Djoko, pihak Smartfren sudah banyak bekerja sama dengan Samsung. Salah satu bentuknya adalah membuat paket unlimited sendiri untuk smartphone-smartphone Samsung.

"Kami memang akrab (dengan Samsung) dan siap untuk mengeskplor semua kemungkinan," kata dia.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Antrean Riuh, Rilis Sepatu Compass Darahku Biru Batal

Posted: 13 Dec 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Panitia membatalkan perilisan sepatu Compass Darahku Biru karena antrean warga yang tidak kondusif sejak malam sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab Pelatih Vietnam Enggan Terima Medali Emas SEA Games 2019

Posted: 13 Dec 2019 08:35 PM PST

Manila- Kesuksesan Vietnam merebut medali emas dari cabang olahraga sepak bola putra di SEA Games 2019 masih menyisakan cerita. Kisah menarik datang dari sang pelatih, Park Hang-seo.

Seperti diketahui, pelatih asal Korea Selatan itu mendapat kartu merah dari wasit saat pertengahan babak kedua. Asisten pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002 itu dianggap melayangkan protes berlebihan akibat kecewa dengan kinerja pengadil.

Kartu merah itu sempat jadi perbincangan hangat. Reaksi sang pelatih setelah diusir wasit asal Arab Saudi itu juga ramai dibahas. Apalagi, itu jadi sejarah baru, yakni sepanjang final di SEA Games, ada pelatih yang dikartu merah oleh wasit. 

Namun, bukan itu yang belakangan ini diperbincangkan, melainkan penolakan Park Hang-seo menerima medali emas SEA Games 2019.

Cerita berawal saat pelatih berusia 60 tahun itu tak terlihat di antara tim Vietnam dalam prosesi pengalungan medali emas untuk pemenang setelah partai final kontra Timnas Indonesia U-22 di Stadion Rizal Memorial, Manila (10/12/2019).

Park Hang-seo baru terlihat kembali setelah prosesi itu selesai. Ketika itu beberapa ofisial tim berupaya memberikan medali emas SEA Games 2019 dengan mengalungkan kepingan medali tersebut ke Park. Hanya, Park menolak mendapat kalungan medali emas.

Ia menolak menerima medali emas SEA Games 2019 yang dicapai dengan jerih payah tersebut.

Thoi Dai menulis, ada alasan istimewa di balik penolakan itu. Hal tersebut terkait jumlah kepingan medali emas yang disiapkan panpel SEA Games 2019 (PHISGOC) hanya berjumlah 25 saja. Semestinya, itu mencukupi jika mengacu kuota pemain setiap tim hanya 20 orang. 

Namun, di tim Vietnam ada total 30, termasuk tim pelatih dan ofisial, sehingga jumlah medali emas itu tak mencukupi.

Ada yang Lebih Membutuhkan

Para pemain Vietnam U-22 merayakan kemenangan atas Timnas Indonesia U-22 pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12). Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Park Hang-seo yang memahami betapa emosionalnya raihan prestasi juara di SEA Games, yang sudah dinanti Vietnam selama 60 tahun lamanya, "mengalah" alias merelakan medali emas itu untuk yang lain dalam tim Vietnam.

Ia menyadari ada yang lain, yang lebih menginginkan kepingan medali emas itu bersejarah itu untuk dijadikan kenang-kenangan.

Sikap rendah hati yang diperlihatkan Park Hang-seo ini makin membuat Vietnam kesengsem berat padanya. Belum lagi, sejak kedatangannya dua tahun lalu, ia sudah memberikan berbagai gelar serta capaian bergengsi bersama Timnas Vietnam senior dan level U-22/U-23.

Kini, pencinta sepak bola Vietnam menanti kembali tangan dingin Park Hang-seo untuk membawa Timnas Vietnam U-23 ke Olimpiade 2020 dengan finis tiga besar di Piala AFC U-23 2020.

Sumber: Thoi Dai

Disadur dari Bola.com (Penulis Aning Jati/Editor Gregah Nurikhsani, Pubslihed 14/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesempatan Menginap di Hotel Indonesia Kempinski Saat Midnight Sale di Mal Grand Indonesia

Posted: 13 Dec 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan ini di Jakarta bakal diwarnai gelaran Midnight Sale, tepatnya pada 13--14 Desember 2019. Salah satu yang berpartisipasi adalah Mal Grand Indonesia yang berlokasi dekat Bundaran HI Jakarta. Sederet promosi menarik ditawarkan demi menarik perhatian pengunjung.

Selain diskon produk, kemeriahan pesta belanja lewat tengah malam juga diwarnai dengan hadiah menginap di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta hingga tiket pesawat ke Munich dan menginap di Hotel Jahreszeiten Kempinski setempat. Program tersebut merupakan kolaborasi perdana antara mal dan hotel yang saling bertetangga itu.

Kesempatan menginap di Hotel Indonesia Kempinski juga bisa diraih lewat unggahan foto Anda yang berlatar Natal di Mal Grand Indonesia. Kali ini, mal kembali mengusung tema klasik dengan menghadirkan dekorasi bernuansa Jerman klasik di Main Atrium East Mall Lantai 1.

Tema Jerman dipilih mewakili Classical Christmas yang erat dengan budaya Eropa. Di sisi lain, Hotel Indonesia juga memiliki keterkaitan erat dengan negara Bavaria itu lantaran Kempinski selaku manajemen Hotel Indonesia berpusat di Jerman.

"Acaranya sendiri berlangsung mulai tanggal 7 Desember 2019--12 Januari 2020 di MainAtrium East Mall lantai 1 dan Fountain Atrium West Mall lantai 3A," kata Dinia Widodo, Public Relations Manager Grand Indonesia, beberapa waktu lalu.

Nuansa Jerman hadir lewat sederet dekorasi unik, seperti model rumah pedesaan di Jerman yang berwarna kebiruan. Anda juga bisa menemukan pohon Natal dengan dekorasi ginger bread berbentuk unik yang menjadi camilan khas negeri itu. Ada pula German Christmas Market dan Bavarian Folk Dance yang bakal menghibur pengunjung agar tak bosan.

Ginger bread menjadi salah satu elemen dekorasi yang dipajang di pohon Natal Mal Grand Indonesia. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Hidangan Natal

Christmas Platter tersaji secara istimewa di Paulaner Brahaus di Mal Grand Indonesia. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Tak lengkap merayakan Natal tanpa hidangan istimewa. Salah satu menu bercita rasa Jerman yang layak dicoba adalah Christmas Platter di Paulaner Brahaus Jakarta.

Disajikan di atas talenan, Anda bisa menemukan protein, karbohidrat, hingga sayuran lengkap terhidang. Sosis saja ada dua jenis, yakni ayam dan sapi, semuanya diproduksi sendiri oleh koki restoran.

Rasa sosisnya tak sama dari kebanyakan sosis bratwurst yang dijual di pasaran, sosis di sini terasa lebih kering dan lebih gampang mengenyangkan. Permukaan sosis juga lebih garing dari sosis biasanya. Meski begitu, rasanya lebih kaya lantaran bumbu rempah yang melimpah.

Di atas talenan juga terhidang bebek panggang yang dagingnya sangat lembut. Sekali makan, rasanya ingin nambah dan nambah lagi. Setidaknya itu yang terjadi pada rekan makan saya hari itu. Bila tak yakin menyantap bebek, terdapat pula ayam panggang berdaging tebal sebagai alternatif.

Sementara, sumber karbohidrat bisa didapat dari pretzel. Jangan bayangkan menyantap roti yang lembut, pretzel yang satu ini cukup liat untuk dikunyah. Rasanya juga tawar, cocok untuk mendampingi menu gurih lainnya di atas talenan itu.

Christmas Platter tersebut dihargai Rp500 ribu per paket. Saran restoran, hidangan itu bisa disantapoleh dua orang. Tetapi, dengan porsi yang menurut saya jumbo, Anda bisa menghabiskannya bersama hingga tiga teman lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ingin Hadiri Pernikahan Anak, Seorang Tahanan Kabur dari Polresta Malang

Posted: 13 Dec 2019 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polresta Malang Kota berhasil menangkap satu dari empat tahanan yang kabur dari dalam tahanan. Satu tersangka yang tertangkap, mengatakan nekat kabur karena ingin menyaksikan putranya yang akan melangsungkan pernikahan.

Satu tahanan yang berhasil ditangkap berinisial AF (46), tersangka kasus narkoba, warga Jodipan Wetan, Kota Malang, Jawa Timur. AF terpaksa ditembak kakinya, karena polisi mengatakan tahanan itu, hendak kabur saat akan ditangkap, di sebuah mushola milik kerabatnya.

Tersangka kabur bersama tiga penghuni sel lainnya, yakni SY, NC dan BP. AF mengaku, awalnya tidak berniat kabur dari dalam sel tahanan. Namun, keinginan kabur tiba-tiba muncul, setelah dirinya berhasil memotong terali besi tahanan, menggunakan gergaji yang diselundupkan keluarga salah satu tahanan yang kabur.

Kepada polisi, AF mengaku nekat kabur karena ingin menghadiri pernikahan putranya pada 13 Desember 2019. Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, jika AF mengajukan izin hadir di pernikahan putranya bisa dipertimbangkan. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 12 Desember 2019.

Sebelumnya, empat tahanan kasus narkotika Polresta Malang Kota kabur dengan menggergaji terali besi, di lokasi jemuran ruang tahanan, Senin dini hari 9 Desember. Polisi kini masih mengejar tiga tahanan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Bawa Banyak Perubahan di Kementerian BUMN

Posted: 13 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Kementerian BUMN Ferry Andrianto mengatakan, kedatangan Erick Thohir membawa banyak perubahan dari Menteri BUMN sebelumnya, Rini Soemarno.

"Gaya kepemimpinan menteri itu pasti berbeda. Dan tentunya Pak Erick hadir ke sini dengan segala macam pertimbangan, masukan, review yang sudah dilakukan oleh menteri-menteri sebelumnya," tuturnya dalam sesi diskusi Perspektif Indonesia yang digelar Smart FM di Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Menurut dia, publik berharap adanya ekstra effort dan kejelasan yang dibawa Erick Thohir dalam membangun BUMN yang sangat besar dengan aset mencapai Rp 8.000 triliun.

"Ini suatu yang tak main-main. Makanya langkah pertama yang dilakukan oleh pak Erick adalah membuat suatu komitmen BUMN itu harus bersih," ungkapnya.

 

"Nah, dengan langkah bersih-bersih ini diharapkan bisa menciptakan suatu langkah berikutnya, yaitu menciptakan pimpinan BUMN baik pengawasan maupun kepengurusan itu yang profesional," dia menambahkan.

Adapun pada masa awal kepemimpinannya, Erick telah membenahi struktur organisasi dalam beberapa perusahaan pelat merah dengan merombak sejumlah direksi dan komisaris. Ferry menambahkan, Erick Thohir selanjutnya juga akan membangun teamwork pengurus BUMN yang kompak dan solid.

Dengan adanya komitmen tersebut, Ferry kemudian meminta masyarakat untuk ikut mengawasi pergerakan sejumlah perusahaan milik negara.

"Makanya dengan komitmen tadi dengan pertimbangan bahwa ini masyarakat harus tau, masyarakat juga harus ikut mengawasi," imbuh Ferry.

Erick Thohir Larang Direksi BUMN Rugi Naik Pesawat Kelas Bisnis

Pemilik Satria Muda, Erick Thohir, memberikan sambutan saat peluncuran film 25 tahun Satria Muda di XXI Epicentrum, Jakarta, Kamis (15/11). Peluncuran ini dalam rangka peringatan hari jadi SM yang ke-25 tahun. (Bola.com/Yoppy Renato)

Menteri BUMN Erick Thohir memerintahkan pada direksi BUMN yang kinerja perusahaannya rugi untuk menggunakan pesawat kelas ekonomi ketika melakukan perjalanan dinas.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE-9/MBU/12/2019 tentang Penerapan Etika dan/atau Kepatutan dalam rangka Pengurusan dan Pengawasan Perusahaan.

Dikutip Liputan6.com dari Surat Edaran tersebut, disebutkan, maksud dan tujuan penerbitan surat edaran ini ialah sebagai upaya untuk menciptakan BUMN yang bersih dan bermartabat, efisien serta mengutamakan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) yang diwujudkan dalam penerapan etika dan/atau kepatutan dalam rangka pengurusan dan pengawasan perusahaan.

Sebagai rinciannya, dalam rangka perjalanan dinas, untuk direksi BUMN yang kinerjanya buruk hanya diperbolehkan menggunakan pesawat kelas ekonomi.

Sedangkan, BUMN berkinerja baik dapat memilih maksimal hingga kelas bisnis dengan tetap memperhatikan prinsip kewajaran serta kebutuhan dan kemampuan BUMN.

Aturan ini diarahkan agar menjadi pedoman bagi direksi BUMN untuk membuat peraturan yang sama kepada karyawan-karyawannya.

Dengan beredarnya surat ini, maka dengan otomatis Surat Edaran Menteri Negara BUMN Nomor SE-08 /MBU/ 12/2015 tanggal 23 Desember 2015 dinyatakan tidak lagi berlaku.  

Erick Thohir Larang BUMN Bentuk Anak Usaha

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri BUMN Erick Thohir resmi melarang BUMN membentuk anak usaha lagi. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (Permen) BUMN Nomor SK-315/MBU/12/2019.

Beleid ini diterbitkan pada 12 Desember 2019 dan telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, serta pejabat Kementerian BUMN lain.

Dikatakan, keberadaan anak perusahaan dan perusahaan patungan yang memiliki bidang usaha atau fokus bisnis yang sama dinilai perlu dikonsolidasikan dalam rangka efektivitas pengelolaannya.

Penjelasannya

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir berpose usai mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam diktum kesatu permen tersebut, disebutkan:

1. Menghentikan sementara waktu (moratorium) pendirian anak perusahaan perusahaan patungan di lingkungan BUMN sampai dengan Menteri BUMN melakukan pencabutan atas kebijakan tersebut.

2. Kementerian BUMN melakukan review terhadap going concern anak perusahaan dan perusahaan patungan yang kinerjanya tidak baik dan mengambil keputusan terbaik berdasarkan pengkajian, dengan melibatkan direksi BUMN.

3. Moratorium dan review sebagaimana Diktum KESATU angka 1 dan angka2 berlaku terhadap perusahaan afiliasi yang terkonsolidasi ke BUMN, termasuk cucu perusahaan dan turunannya.

Beleid ini telah berlaku sejak diterbitkan dan berakhir hingga Erick Thohir mencabut keputusan ini, sehingga jika ada BUMN yang hendak membentuk anak usaha lagi, maka sudah dipastikan akan ditolak hingga waktu tertentu.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tommy Salim Siap Kawinkan Gelar Trial Game Asphalt International Championship 2019

Posted: 13 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Boyolali - Tommy Salim siap kawinkan gelar Trial Game Asphalt International Championship (TGAIC) 2019. Ajang tersebut akan berlangsung di Sirkuit Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (14/12/2019).

Tommy, di kelas FFA 250, sudah mengantongi 181 poin dari empat seri Trial Game Asphalt yang dimainkan. Pada seri terakhir di Boyolali, rider asal Surabaya itu tertinggal tiga poin dari Farudila Adam, pembalap asal Malang.

Pada kelas lainnya, Trail 175 Open, Tommy Salim paling berpeluang menduduki tahta teritinggi. Kakak kandung Gerry Salim itu boleh disebut sudah menginjakkan 1 kakinya pada tangga juara kelas Trail 175 Open.

Dengan total poin 188, pemilik nomor 75 tersebut tinggal mencuri 20 poin saja dari moto 1 dan moto 2 yang diperlombakan atau minimal merebut 1 kali runner up. "Di kelas Trail 175 saya sedang siapkan mesin dengan spesifikasi baru. Sedangkan di FFA 250 saya tinggal menyiapkan suspensi," kata Tommy.

"Untuk peluang (kawinkan gelar), saya harus bekerja keras. Sebab sirkuitnya kecil, hanya ada satu racing line. Namun karena ini sirkuitnya sudah permanen, saya optimistis (juara) karena saya juga pembalap road race," ujarnya menambahkan tentang peluang mengawinkan gelar Trial Game Asphalt.

 

Diprediksi Hujan

Tommy Salim saat berlaga di babak kualifikasi pada seri keempat Trial Game Asphalt di Sirkuit Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (20/10/2019). (foto: istimewa)

Sirkuit Boyolali memiliki panjang sejauh 1.150 meter. Sirkuit permanen ini hanya memiliki lebar 10 meter. Selain sirkuit, faktor cuaca menjadi perhatian tersendiri untuk Tommy Salim.

Pada Sabtu sore hingga malam nanti, Boyolali diprediksi bakal turun hujan. "Kalau tiba-tiba hujan dan ban settingan kering mungkin saya harus backing. Kalau nanti memasukin tikungan, saya harus hati-hati," ujarnya.

Selain di dua nomor itu, Tommy Salim juga balapan di kelas internasional melawan tiga jagoan Supermoto dari Prancis, yakni Germain Vincenot, Sylvain Bidart, dan Maxime Lacour.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Operasi Kanker Vidi Aldiano Berjalan Lancar

Posted: 13 Dec 2019 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vidi Aldiano menjalani operasi kanker di Singapura. Vidi sempat membagikan informasi tentang penyakitnya melalui akun instagramnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengenal Pijat Tradisional Thailand yang Dibahas UNESCO

Posted: 13 Dec 2019 08:28 PM PST

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Dari spa mewah di Bangkok, tepi Pantai Phuket hingga berbagai panti pijat sederhana di daerah perkotaan, Nuad Thai atau pijat ala Thailand mudah sekali ditemukan (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Dari spa mewah di Bangkok, tepi Pantai Phuket hingga berbagai panti pijat sederhana di daerah perkotaan, Nuad Thai atau pijat ala Thailand mudah sekali ditemukan (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Pijat tradisional Thailand, Nuad Thai, bersaing mendapatkan tempat dalam daftar Warisan Budaya Nonbenda UNESCO pada pertemuan 9-14 Desember di Bogota. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Pijat tradisional Thailand, Nuad Thai, bersaing mendapatkan tempat dalam daftar Warisan Budaya Nonbenda UNESCO pada pertemuan 9-14 Desember di Bogota. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Dari spa mewah di Bangkok, tepi Pantai Phuket hingga berbagai panti pijat sederhana di daerah perkotaan, Nuad Thai atau pijat ala Thailand mudah sekali ditemukan (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Dari spa mewah di Bangkok, tepi Pantai Phuket hingga berbagai panti pijat sederhana di daerah perkotaan, Nuad Thai atau pijat ala Thailand mudah sekali ditemukan (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Pijat tradisional Thailand, Nuad Thai, bersaing mendapatkan tempat dalam daftar Warisan Budaya Nonbenda UNESCO pada pertemuan 9-14 Desember di Bogota. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Pijat tradisional Thailand, Nuad Thai, bersaing mendapatkan tempat dalam daftar Warisan Budaya Nonbenda UNESCO pada pertemuan 9-14 Desember di Bogota. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Dari spa mewah di Bangkok, tepi Pantai Phuket hingga berbagai panti pijat sederhana di daerah perkotaan, Nuad Thai atau pijat ala Thailand mudah sekali ditemukan (Romeo GACAD/AFP)

Gambar pada 3 Desember 2019, wisatawan melakukan pijat di pusat pijat tradisional Thailand di kompleks Wat Pho, Bangkok. Dari spa mewah di Bangkok, tepi Pantai Phuket hingga berbagai panti pijat sederhana di daerah perkotaan, Nuad Thai atau pijat ala Thailand mudah sekali ditemukan (Romeo GACAD/AFP)

Gambar 3 Desember 2019, instruktur Thailand melatih muridnya dari Hong Kong di sekolah pijat tradisional, luar kompleks kuil Wat Po, Bangkok. Nuad Thai atau pijat ala Thailand dibahas sebagai salah satu calon warisan budaya tak benda UNESCO pada pertemuan 9-14 Desember di Bogota. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar 3 Desember 2019, instruktur Thailand melatih muridnya dari Hong Kong di sekolah pijat tradisional, luar kompleks kuil Wat Po, Bangkok. Nuad Thai atau pijat ala Thailand dibahas sebagai salah satu calon warisan budaya tak benda UNESCO pada pertemuan 9-14 Desember di Bogota. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar 3 Desember 2019, instruktur melatih muridnya dari Chili, Prancis dan Thailand di sekolah pijat tradisional, luar kompleks kuil Wat Po, Bangkok. Berbeda dari pijat konvensional, pijat tradisional Thailand melibatkan banyak gerakan dengan serangkaian posisi yang berbeda. (Romeo GACAD/AFP)

Gambar 3 Desember 2019, instruktur melatih muridnya dari Chili, Prancis dan Thailand di sekolah pijat tradisional, luar kompleks kuil Wat Po, Bangkok. Berbeda dari pijat konvensional, pijat tradisional Thailand melibatkan banyak gerakan dengan serangkaian posisi yang berbeda. (Romeo GACAD/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Syarat BUMN Boleh Bentuk Anak Usaha

Posted: 13 Dec 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Moratorium mengenai pelarangan pembentukan anak usaha BUMN yang diatur dalam Keputusan Menteri (Permen) BUMN Nomor SK-315/MBU/12/2019 resmi dikeluarkan. Artinya, untuk sementara waktu BUMN tidak boleh membentuk anak usaha lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ujian Nasional Dihapus, Anggota DPR dan PGRI Tagih Kajian Nadiem Makarim

Posted: 13 Dec 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menghapus ujian nasional pada 2021 nanti.

Anggota DPR RI Komisi X, Putra Nababan mengatakan Nadiem harus segera menyampaikan kajiannya terlebih dahulu, agar tidak menimbulkan polemik.

"Kita minta kajiannya. Kami Komisi X meminta kajiannya berikan kepada kami. Jangan sampai nanti diputuskan, nanti kajiannya melenceng sedikit, jadi polemik lagi," kata Putra dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

Dia menegaskan, pihaknya ingin juga melihat grand design dan road map pendidikan yang akan dibawa Nadiem ke depan. Terutama setelah ujian nasional dihapus.

"Jangan ganti menteri, ganti kurikulum," tegas politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Senada, Ketua PB PGRI Didi Suprijadi menegaskan, guru itu hanya eksekutor. Sehingga, dia meminta jangan kebijakan penghapusan ujian nasional ini menjadi ajang coba-coba.

"Kami dari guru hanya melakukan. Ini jangan coba-coba. Perlu kajian memang betul. Kami setuju-setuju. Perlu hati-hati. Pengalaman yang lalu, ramai juga. Pak menteri diganti, ribut lagi. Kemudian sampai menggunakan kurikulum macam-macam," kata Didi.

 

Diganti

Nadiem Makarim (Sumber: Kemdikbud.go.id)

Sebelumnya, Nadiem Makarim menegaskan bahwa Ujian Nasional atau UN 2020 merupakan yang terakhir. Dalam artian, pada 2021 ujian nasional dihapus dan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

"Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter," jelas Nadiem.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Motif Penusukan Anggota Polisi di Pamekasan karena Masalah Pribadi

Posted: 13 Dec 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku penusukan Bripka IS, anggota Reskrim Polres Pamekasan, seorang anggota Koramil di kota yang sama langsung menyerahkan diri. Motif penusukan tersebut diduga masalah asmara perselingkuhan antara korban dengan istri pelaku. Kini pelaku menjalani pemeriksaan di Denpom V/4 Surabaya.

Pelaku penusukan terhadap Bripka Imam Sutrisno anggota Reskrim Polres Pamekasan yang terjadi Selasa 10 Desember 2019, di rumah kosong di kampung Pongkoran, Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan, Madura Jawa Timur, telah terungkap. Pelaku adalah Serda AS anggota Koramil Palengaan 0826/08 Pamekasan.

Adapun motif penusukan sendiri diduga berlatar belakang hubungan perselingkuhan antara korban dengan istri pelaku. Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari mengatakan, kasus tersebut murni masalah pribadi, dan pada saat kejadian di luar jam kedinasan.

Sementara, menurut Dandim 0826 Pamekasan, Letkol. Inf. M. Effendi, pelaku menyerahkan diri ke Kodim 0826 Pamekasan beberapa saat setelah kejadian, dan langsung diserahkan ke Subdenpom V/4-5 Pamekasan, beserta barang bukti berupa sebilah pisau sangkur.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku kemudian diserahkan ke Denpom V/4 Surabaya untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 12 Desember 2019.

Sebelumnya korban Bripka IS ditemukan tergeletak bersimbah darah di pinggir Jalan Agus Salim setelah ditusuk orang tak dikenal di bagian pinggang kirinya, di sebuah rumah kosong di kampung Pongkoran, Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan, Madura Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: