Kamis, 19 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gara-Gara Ponsel, Honda Vario Ludes Terbakar

Posted: 19 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya sistem kelistrikan karena modifikasi, kesalahan menaruh benda pada kendaraan bermotor juga dapat memicu terjadinya percikan api yang menjadi penyebab utama kendaraan terbakar.

Salah satu yang menjadi perhatian terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram @fakta.indo. Terlihat Honda Vario yang sedang terparkir di depan rumah secara tiba-tiba terbakar.

Sebelum membesar, terlihat adanya api di dalam jok motor yang membuat panik seisi rumah. Saat seorang wanita berusaha membuka jok motor, api tersebut secara cepat menyebar dan membakar motor.

Tak diketahui apakah api yang membakar dapat dengan cepat dipadamkan dan motor dapat diselamatkan. Meski demikian, ini bisa menjadi pelajaran berharga agar pemilik kendaraan tak sembarangan meletakan benda di bawah jok kendaraan.

"Sebuah motor terbakar akibat ponsel hape disimpan di dalam jok motor," tulis keterangan video.

Komentar Warganet

Terlihat Honda Vario yang sedang terparkir di depan rumah secara tiba-tiba terbakar. (@fakta.indo)

"Mungkin hp nya tidak dimatikan total terus data internet nya menyala yah sudah panas hp nya," tulis @regabayuprnd.

"Motivasinya apa ya HP di taruh jok," tulis @silfius.24.

"Kalau terkena panas berlebih bisa meledak, karena berpotensi bahaya...Dengan adanya pemicu lain seperti aki dan bensin tentunya bisa memberikan efek lebih besar...mohon hati" 🙏 mode pesawat aja," tulis @oxa_yudha07.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tahun Menikah, Ini 7 Potret Mesra Tora Sudiro dan Mieke Amalia

Posted: 19 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tora Sudiro dan Mieke Amalia merupakan pasangan seleb yang dipertemukan dalam satu acara komedi. Bekerja bersama membuat benih-benih cinta mulai tumbuh di antara Tora Sudiro dan Mieke Amalia.

Sempat merasakan pahitnya gagal dalam membina hubungan rumah tangga, Tora Sudiro dan Mieke Amalia memutuskan untuk berlanjut ke pelaminan pada 19 Desember 2009 silam. Kini pernikahan keduanya telah genap menginjak usia 10 tahun.

Dari pernikahan sebelumnya, Tora dan Mieke sama-sama memiliki dua putri cantik. Kebahagiaan keduanya semakin lengkap sejak kehadiran Jenaka Mahila Sudiro yang lahir pada 21 Maret 2012.

Meski sempat diterpa masalah, Tora dan Mieke tetap bertahan dan mengarungi bahtera pernikahan bersama. Keduanya kerap membagikan momen kebersamaan di akun Instagram.

Menjalin rumah tangga selama satu dekade, Tora dan Mieke terlihat semakin mesra. Berikut potret Tora Sudiro dan Mieke Amalia dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019).

1. Berawal dari cinlok, Tora dan Mieke menikah pada 19 Desember 2009 silam.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

2. Menjalin rumah tangga selama satu dekade, Tora dan Mieke terlihat semakin mesra

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

3. Meski sempat diterpa masalah, Tora dan Mieke tetap bertahan dan mengarungi bahtera pernikahan bersama.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

4. Dari pernikahan tersebut, Mieke dan Tora dikaruniai seorang putri bernama Jenaka Mahila Sudiro.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

5. Meski sudah 10 tahun menjalin rumah tangga, kebersamaan mereka terlihat bak ABG pacaran.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

6. Mereka kerap menunjukkan kemesraan dengan cara yang unik.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

7. Begini gaya Tora dan Mieke saat mengenakan pakaian couple.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Cara Gunakan Pasta Gigi, Pasangan Suami-Istri Ini Putuskan Bercerai

Posted: 19 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan tentunya menginginkan hubungan yang awet dan selalu pengertian satu sama lain. Terlebih lagi jika sudah dalam ikatan pernikahan.

Mereka menginginkan pernikahan yang akan langgeng hingga maut memisahkan dan dapat menghadapi permasalahan bersama. Namun sayangnya, meski sudah menikah pun setiap pasangan pasti memiliki permasalahan. Mulai dari masalah besar hingga masalah sepele sekalipun.

Bahkan masalah kecil dapat menjadi besar dan berakhir fatal. Seperti yang dialami oleh pasangan asal Malaysia ini. Mereka memutuskan untuk bercerai hanya karena memiliki pandangan berbeda soal menggunakan pasta gigi.

Bahkan Badan Statistik Malaysia mencatat jika sebagian besar pasangan mengajukan perceraian karena alasan sepele bahkan hal tak masuk akal.

Berbeda Cara Pakai Pasta Gigi

Pasangan suami istri ini putuskan bercerai karena berbeda cara gunakan pasta gigi. (dok.foto @zhuwei06191973/Pixabay/Dinny Mutiah)

Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Jumat (20/12/2019) seorang staf Persatuan Kebangsaan Hak Asasi Manusia Malaysia (HAKAM) mengatakan jika ada pasangan yang mengajukan perceraian dnegan alasan sepele.

Pasangan tersebut memutuskan mengajukan perceraian lantaran perbedaan pendapat dan perilaku menggunakan pasta gigi. Pasangan tersebut selalu bertengkar karena alasan tersebut.

"Suaminya suka mengeluarkan pasta gigi dari bagian ujungnya sementara istrinya itu suka mengeluarkan pasta giginya dnegan memencet dari bagian tengah." ucap staf HAKAM, dikutip dari World of Buzz.

Kerap bertengkar dan sudah merasa tak tahan, mereka pun mengunjungi Pengadilan Syariah untuk mengajukan surat perceraian.

Resmi Bercerai

Pasangan suami istri ini putuskan bercerai karena berbeda cara gunakan pasta gigi. (ilustrasi)

Meski sebelumnya masing-masing pasangan dan staf pengadilan mencoba melakukan mediasi, sayangnya suami-istri ini resmi untuk bercerai.

Staf HAKAM mengatakan jika itu bukanlah pertama kalinya mereka menemukan situasi konyol sebagai alasan perceraian banyak orang. Sebelumnya, seorang wanita mengajukan perceraian lantaran suaminya sangat pendiam.

Sang suami memang orang yang pendiam sejak kecil. Wanita itu merasa bosan. Bahkan dengan keluarga istrinya, suami itu juga tetap tak banyak bicara. Wanita itu pun tak bisa terima dan akhirnya bercerai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

150 UMKM Binaan BRI Unjuk Gigi di Depan Pembeli dari Mancanegara

Posted: 19 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT BRI (Persero) Tbk resmi menggelar "UMKM Export BRILian Preneur 2019". Acara ini diselenggarakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 20-22 Desember 2019 di Assembly Hall JCC, Jakarta. Gelaran ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat ini.

Direktur utama BRI Sunarso mengatakan, BRI telah menyalurkan pembiayaan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 701 triliun. Pembiayaan tersebut disalurkan kepada 5,5 juta nasabah. Dari total tersebut, terdapat 1,2 juta nasabah yang naik kelas.

"Kami membina melalui inkubator bisnis agar UMKM naik kelas. Kami juga aktif dalam membangun kemitraan dengan para UMKM tersebut," kata Sunarso.

Kegiatan yang diadakan selama tiga hari ini mencakup coaching clinic. Salah satu tema dalam coaching clinic tersebut adalah bagaimana untuk mendapatkan sertifikasi produk halal.

Selain itu juga diadakan talkshow dan business matching.

"Gelaran akbar ini diikuti oleh tak kurang 150 UMKM binaan BRI dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) serta puluhan pembeli potensial dari mancanegara, seperti dari Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia," jelasnya.

Sunarso mengungkapkan, tujuan acara ini bukan hanya UMKM naik kelas tapi juga meningkatkan daya saing secara global dan membuka peluang ekspor.

"Kami berharap BRI makin bisa memfasilitasi UMKM berkelanjutan dengan meningkatkan penyempurnaan," kata dia.

 

Pesan Jokowi

Presiden Joko Widodo menghadiri peresmian pembukaan UMKM Export BRIlianPreneur 2019 di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Begitu pun yang diungkapkan Presiden Jokowi. Ia mengaku senang dan bangga dengan diadakan acara untuk UMKM ini. Hal tersebut bisa mendorong berkembangnya UMKM.

"Kita tahu kalau pasar domestik kita besar, saya tidak mau dibanjiri oleh produk impor. Memang tidak mudah, kita tidak bisa menutup diri," kata Jokowi.

Menurutnya cara agar mampu bersaing dengan produk global, dari berbagai sisi seperti meningkatkan produk kemasan, harga, kualitas, kita harus menang.

Meskipun kontribusi dalam ekpor masih di Indoneaia masih didominasi oleh usaha besar.

"Saya optimis ekspor usaha besar meskipun angkanya 85,6 persen, gak apa-apa artinya 14 persen itu oleh kontribusi UMKM, tapi melihat projek-projek yang dipamerkan saya optimis,"

Menurutnya bagian-bagian tersebut akan membanjiri pasar-pasar ekspor.

"Kalau kita konsolidasikan dengan baik. Sehingga betul-betul kita mampu bersaing dengan negara lain," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Dibanjiri Karangan Bunga Jelang Pelantikan Firli Cs

Posted: 19 Dec 2019 09:08 PM PST

Petugas kepolisian berdiri di dekat karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas kepolisian berdiri di dekat karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang perempuan bermain ponsel di dekat  karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang perempuan bermain ponsel di dekat karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas kepolisian berdiri di dekat karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas kepolisian berdiri di dekat karangan bunga ucapan selamat yang berjejer di sekitar Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Papan karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat terhadap dilantiknya pimpinan KPK periode 2019-2023. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Artis K-Pop Ini Warnai Rambutnya jadi Biru, Mana Favoritmu?

Posted: 19 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesona idol Korea memang tak ada habisnya. Mulai dari gaya hidup, gaya berpakaian, perawatan kecantikan, sampai model rambut.

Gaya rambut juga menjadi salah sat hal penting dalam menunjang penampilan. Beberapa model rambut, seperti Chin Bob dan high ponytail sempat menjadi tren rambut ala Korea.

Bukan hanya model potongan rambut saja, mewarnai rambut juga bisa menjadi hal yang dapat mengubah penampilan kamu, lho.

Selanjutnya

Sumber : theshonet.com

Bagi seleb Korea, berganti warna rambut sudah menjadi cara untuk mengeskpresikan kepribadian dan kreativitas mereka.

Saat ini rambut biru sedang popular di kalangan idol Korea, lho. Berikut 5 idol K-pop yang mengecat rambutnya menjadi warna biru.

1. Seolhyun AOA

Sumber : kapanlagi.com

Tak seperti idol lainnya, Seolhyun termasuk idol yang jarang mengubah gaya rambutnya. Diketahui saat ini Seolhyun mengubah warna rambutnya menjadi biru. Terlihat fresh dan berani, Seolhyun banjir pujian warganet di laman instagramnya.

2. Yeonjun TXT

Summber : kanal247.com

Kembali bersama album barunya berjudul "The Dream cHAPTER: MAGIC, salah satu member TXT, Yeonjun membuat penggemar menggila dengan tampilan barunya. Rambut bewarna biru membuat ia terlihat mencolok.

3. IU

Sumber : insertlive.com

Muncul dengan lagu-lagu baru dalam albumya, IU juga mengubah tampilan rambutnya. Warna biru pada rambutnya sesuai dengan single keduanya bertajuk "Blueming".

4. V BTS

Sumber : wowkeren.com

Meski sering mengganti warna rambutnya, penampilan baru V tetap mengejutkan para penggemarnya. Ia semakin terlihat memesona karena rambut birunya. Gimana menurut kalian?

5. Ahn Yujin IZ*ONE

Sumber : Idntimes.com

Bak Sailormoon, Yujin terlihat cocok dengan warna biru pada rambutnya. Dengan gaya rambut barunya, ia semakin terlihat menonjol dan menarik.

Bagaimana, kamu berniat untuk mengubah warna rambutmu menjadi biru seperti mereka?

 

Penulis : 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Andien Aisyah Memakai Sepatu Roda Saat Anak Main Skuter

Posted: 19 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bermain bersama anak jadi saat yang menyenangkan. Apalagi, sang anak mulai besar dan mulai lincah bermain skuter, seperti yang dialami oleh Andien Aisyah.

Salah satu alasan itulah yang membuatnya kemudian bersepatu roda untuk mengejar anaknya, Anaku Askara Biru atau Kawa, saat sang anak main skuter atau push bike.

"Soalnya melesatnya udah nggak pake ancang-ancang. Kalo nggak menyamakan ama speednya dia pasti keteteran banget ??," tulis ungkap Andien, 17 Desember 2019.

Dua kali Kawa melesat saat Andie sedang membuka bagasi mobilnya. Yang lebih mengejutkan putranya sempat hilang saat bermain skuter.

"Bayangin aja, dua kali Kawa hilang di GBK (Gelora Bung Karno) pas kita lagi masih buka bagasi siap-siapin barang.. Dianya udah melesat. Ditemuin di minimart, lagi ngambil semangka ama batere ??," ungkap Andien Aisyah.

Anak Hilang

(Instagram/andienaisyah)

Beberapa warganet menanggapi unggahan terbaru Andien, terutama soal anaknya dua kali hilang. Seorang warganet mengungkapkan terkait anaknya yang hilang.

"@andienaisyah anak pertamaku ilang sekali di PIM rasanya jantung udh copot.... abis itu mata jelalatan dan mulut kaya toa selalu kalo lagi di tempat umum....," komentar @dieth.

Andien pun menanggapi dan merasakan apa yang dialami akun tersebut."@dieth Hhaha iya kayaknya kalo ilang di mall lebih panik pasti ya krn hectic. I feel you, adikku dulu waktu kecil jg pernah di mall di Surabaya," jelas Andien.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri Terompet Cirebon Terpukul Isu Bakteri dan Kertas Tulisan Arab

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cirebon - Biasanya, momen pergantian tahun menjadi kesempatan perajin terompet di Desa Jamblang, Kabupaten Cirebon untuk memenuhi permintaan pasar.

Namun, belakangan para perajin terompet Cirebon tersebut mengeluh karena pembelian menurun. Padahal, terompet menjadi salah satu mainan yang banyak dipakai masyarakat dalam menyambut pergantian tahun.

Salah seorang perajin terompet Desa Jamblang Carti mengaku, penurunan jumlah pesanan sudah terasa dalam dua tahun terakhir.

"Embusan isu adanya bakteri dan bahan yang digunakan membuat terompet adalah kertas yang bertuliskan Arab. Omzet terasa penurunannya jutaan rupiah," kata dia, Rabu (18/12/2019).

Dia menyebutkan, sebelumnya para perajin terompet di Desa Jamblang Kabupaten Cirebon membuat 2.000 hingga 3.000 kodi dalam sekali produksi. Tiap tahun, kata dia, motif dan desain terompet pun berbeda-beda.

Sejak diembuskannya isu bakteri dan tulisan Arab dalam bahan baku kertas di terompet, Carti hanya melayani 500 kodi pesanan terompet.

"Mau tidak mau dan kebanyakan desain dan motif terompet hasil produksi tahun lalu," kata dia.

Dia menyebutkan, harga satu kodi terompet bervariatif sesuai dengan jenis dan bentuk terompet itu sendiri. Mulai dari Rp40 ribu hingga Rp70 ribu per buah.

Imbas isu bakteri dan tulisan Arab tersebut, Carti terpaksa tidak lagi mempekerjakan orang untuk membuat pesanan Terompet Cirebon. Padahal sebelumnya, Carti mampu mengajak lima orang membantunya membuat pesanan terompet.

Bertahan Hidup

Seorang perajin terompet asal Desa Jamblang Kabupaten Cirebon mengeluh pesanan menurun gara-gara isu bakteri dan tulisan arab di kertas. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Setelah sepi ya saya sendiri yang bikinnya sambil jagain warung yang saya buka ini. Pengecer juga hanya bisa menjual satu kodi terompet sekarang," aku dia.

Sementara itu, Abdullah anak pertama Carti mengaku usaha terompet yang dibangun oleh keluarganya ini sudah 14 tahun. Dia menyebutkan, terompet dengan desain merupakan yang paling laku dijual. Harga terompet naga sendiri bisa mencapai Rp100 ribu per kodi.

"Sekarang digudang saja masih sisa bahan baku buat 1.000 kodi terompet yang biasa, dan kita jual dengan jenis terompet ini dalam sekodi kita jual Rp8 ribu," dia menjelaskan.

Untuk tetap bertahan hidup, dia bersama keluarga membuat dan menjual mainan hingga ke Brebes, Tegal, Pati, dan Tanggerang. Menurut dia, ada perbedaan signifikan ketika menjual mainan dan terompet. Dia menyebutkan, sebelum terjadi penurunan omzet, terompet hasil produksinya bisa menerima pesanan hingga ke Makassar dan Bau-bau.

"Kalau usaha terompet itu untungnya kecil tapi omzetnya besar, beda sama jualan mainan yang harus sampai ke luar kota dan itu bisa menghabiskan biaya operasional yang besar," dia menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Pilkada Surabaya, Ketua DPP PAN Jatim Masfuk Datangi Machfud Arifin

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPW PAN Jatim Masfuk mendatangi kediaman mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin guna membahas rencana Pemilihan Kepala Daerah Kota Surabaya, Kamis, 19 Desember 2019.

"Saya melihat beliau ini layak menjadi Wali Kota Surabaya dan saya yakin kemajuannya nanti akan semakin pesat," ujar Masfuk kepada wartawan usai pertemuan.

Meski mantan Bupati Lamongan dua periode itu mengaku kedatangannya yang utama adalah silaturahim, namun diakuinya Machfud Arifin mempunyai kans menjadi suksesor Tri Rismaharini untuk lima tahun ke depan, dilansir dari Antara.

Pengalamannya memimpin hingga menjadi orang nomor satu di jajaran kepolisian se-Jatim, ditambah keberhasilan mengantar Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin meraih suara tertinggi saat Pemilihan Presiden 2019 di Jatim sebagai ketua TKD, membuat Machfud Arifin memiliki modal berharga.

"Saya kira kita patut bangga kepada beliau, pekerja keras, punya visi dan sering melakukan terobosan," ucapnya sekaligus mengakui peluang partainya memberi tiket ke Machfud Arifin.

Surabaya, kata Masfuk, ke depan harus dipimpin oleh tokoh yang memiliki visi dan berani mengambil keputusan cepat untuk menjadi semakin lebih baik.

 

Menyerahkan Semua kepada Masfuk

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Sementara itu, Machfud Arifin merasa senang kehadiran sahabatnya tersebut dan mengaku menyerahkan semuanya kepada Masfuk terkait Pilkada Surabaya 2020.

"Beliau yang punya kursi kok, kalau saya kan tidak. Saya biasa bergaul dengan teman-teman. Ngopi dan makan bareng, itu saja. Kebetulan saya kangen sama beliau, jadi ketemuan ini," kata MA, sapaan akrabnya.

Bagi dia, tokoh sekaliber Masfuk tidak bisa dipandang sebelah mata, terlebih keberhasilannya membangun Lamongan menjadi kabupaten yang semakin maju.

Sementara itu, pada Rabu (18/12) malam, MA bersilaturahim ke kediaman pribadi Rois Aam PBNU KH Miftachul Akhyar di Ponpes Miftachussunnah di kawasan Kedung Tarukan Surabaya.

Turut hadir mendampingi MA adalah Wasekjen GP Ansor Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) beserta Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) PWNU Jatim dr Ivan Rofian.

MA menjadi salah satu yang namanya disebut-sebut bakal maju pada Pilkada 23 September 2019 melalui jalur partai politik.

Meski belum mengikuti proses penjaringan di partai politik yang sudah membuka pendaftaran, namun kans-nya maju menguat karena sejumlah pimpinan partai di Jatim menyampaikan sinyalnya.

Di Pilkada tahun depan, MA disebut-sebut akan berpasangan dengan Maia Estianty yang merupakan artis kelahiran Surabaya sekaligus cicit Pahlawan Nasional HOS Tjokroaminoto.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Siap Dihukum Jika Tak Mampu Penuhi Listrik Industri Smelter

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berkomitmen menyediakan pasokan listrik untuk industri pengolahan dan pemurnian (smelter). Perusahaan tersebut pun siap dikenakan penalti jika listrik tidak tersedia.

Pelaksana tugas Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, ‎PLN telah mengantisipasi meningkatnya permintaan listrik, dengan membangun infrastruktur kelistrikan berupa pembangkit dan jaringan transmisi. Seiring dengan bertambahnya industri khususnya smelter.

"PLN siap melistriki industri smelter dan melakukan best effort untuk menyediakan listrik secara kompetitif," kata Inten, dalam rapat koordinasi kesiapan PLN melistriki industri smelter, di Kantor Direktorat Jenderal Ketenaga Listrikan, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Menurut Inten, PLN pun siap dipenalti jika tidak mampu memenuhi permintaan listrik dari industri smelter. Namun, dia pun meminta pelaku industri sama-sama berkomitmen menyerap pasokan listrik yang disediakan PLN.

"‎Kami juga mohon komitmen sama-sama, kapan pun PLN akan best effort siapkan listrik dan kami siap dipenalti. Dengan catatan bapak siap kami siap," tuturnya.

 

Tambah Infrastruktur Kelistrikan

Progress sebaran pembangkit listrik dan jaringan tranmisi yang telah dibangun PT. PLN demi program 35.000 MW untuk Indonesia.

Saat ini total pasokan listrik‎ nasional yang tersedia mencapai 62.372 Mega Watt (MW), transmisi 56.899 Kilo Meter sirkit (KMs), jaringan distribusi 58.081 Mega Volt Amper (MVA).

Untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan listrik, PLN akan menambah pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayah Sulawesi yang menjadi konsentrasi pembangunan smelter, yaitu pembangkit dengan kapasitas total 5.422 MW.

"COD (beroperasi) sampai akhir tahun 2019 1000 MW lagi, mudah-mudahan sisanya 23.000 MW yang masih konstruksi bisa selesai 2020 - 2021," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adian Napitupulu Pasang 5 Ring Jantung, Cek Kondisi Orang yang Perlu Alat Itu

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu dikabarkan kolaps dalam penerbangan Jakarta-Palangkaraya terkait tugas DPR Komisi I. Dalam penerbangan, Adian merasa badannya lelah dan lemas.

Salah satu koleganya, yang juga politikus PDIP Eva Sundari Kusuma menyebut, Adian Napitupulu sudah pasang lima ring jantung dan perokok berat.

Menyoal ring jantung seperti yang terpasang pada tubuh Adian Napitupulu, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay menjelaskan, kapan seseorang yang harus menggunakan alat tersebut.

"Kenapa seseorang dipasang ring jantung? Ya, karena dia punya riwayat serangan jantung dan fungsi jantung melemah," jelas Vito melalui kiriman video kepada Health Liputan6.com, Kamis (19/12/2019).

"Dua kondisi itu membuat dia akan cepat lelah dan sesak napas. Pemasangan ring jantung yang dibantu obat-obatan agar keluhan tersebut tidak sering muncul. Tujuannya orang yang punya riwayat jantung bisa melakukan kegiatan sehari-hari."

Melebarkan Pembuluh Darah

Ring jantung melebarkan pembuluh darah.

Ring jantung juga berperan melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Pembuluh darah mengalir ke otot jantung yang memberikan makanan nutrisi.

Aliran darah juga lancar dan fungsi jantung menjadi lebih baik. 

"Nanti, orang yang sudah pasang ring jantung bisa kembali bekerja, produktif, dan melakukan hal seperti biasanya. Tentu dengan batasan. Kalau dia melakukan olahraga ekstrem atau aktivitas berat, maka dia akan lebih cepat lelah. Ingat, ini berlaku orang yang punya fungsi jantung menurun," tambah Vito, yang berpraktik di Siloam Hospital Lippo Village.

"Bagaimana kalau orang yang ternyata setelah dicek jantung, ada masalah di pembuluh jantungnya. Dalam hal ini, fungsi jantung masih kuat, hanya ada penyempitan pembuluh darah di jantung, yang berisiko serangan jantung. Setelah ring dipasang, fungsi jantung tetap normal, aliran darah normal sehingga olahraga tetap bisa. Asalkan dia bukan seorang atlet."

Beri Kelegaan Bernapas

Ring jantung beri kelegaan terhadap pernapasan. | unsplash.com/@enka80

Pemasangan ring jantung juga melegakan pernapasan pasien jantung. Sesak napas pada pasien akan berkurang.

"Ring jantung memberikan kelegaan terhadap pernapasan. Ini mengurangi keluhan (sesak napasnya). Tentunya, juga mengurangi risiko serangan jantung," Vito menerangkan. 

Proses pemasangan ring jantung menggunakan teknik bedah invasif, bukan operasi terbuka. Stent dimasukkan melalui pergelangan tangan atau paha, kemudian pipa kecil ditujukan hingga ke pangkal pembuluh darah koroner pada jantung.  

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Cetak Gol Fantastis, Catatan Hang Time-nya Masih Simpang Siur

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Genoa - Cristiano Ronaldo kembali mengundang decak kagum lewat gol yang dicetaknya ke gawang Sampdoria, Rabu (18/12/2019) atau Kamis dini hari WIB. Tidak hanya menjadi penentu kemenangan Juventus dalam laga ini, CR7 menghibur penonton lewat tandukan spektakuler menyambut umpan Alex Sandro. 

Ronaldo seakan melayang di udara sebelum menyundul bola ke gawang Emil Audero Mulyadi. Aksi mantan pemain MU itu belakangan banyak dikaitkan para pebasket NBA saat melakukan slam dunk. 

Pelatih Sampdoria, Claudio Ranierri, bahkan dibuat terbelalak oleh gol ini. "Ronaldo melakukan sesuatu yang Anda lihat di NBA, dia menggantung di udara selama satu setengah jam," ujarnya usai laga. 

Berbagai media telah mengupas gol spektakuler tersebut. Mengulas tentang tinggi dan lamanya Ronaldo melayang di udara sebelum melepaskan tandukan mematikan ke gawang Sampdoria. Namun hasilnya tidak seragam, Utamanya terkait waktu melayang atau hang time Ronaldo di udara. 

Sebagian percaya bahwa Ronaldo melayang selama 1,5 detik. Angka yang sangat fantastis mengingat selama ini manusia normal rata-rata bisa melayang di bawah 1 detik. Bahkan legenda basket NBA, Michael Jordan yang dianggap punya hang time terlama, maksimal hanya mengukir waktu 0,9 detik. 

 

 

  

Berapa Hang Time Ronaldo?

Pemain Juventus, Leonardo Bonucci, Gianluigi Buffon dan Cristiano Ronaldo merayakan kemenangan atas Sampdoria pada laga Serie A 2019 di Stadion Luigi Ferraris, Rabu (18/12). Juventus menang 2-1 atas Sampdoria. (AFP/Marco Bertorello)

Dailymail, yang juga ikut membahas gol spektakuler Ronaldo berpendapat berbeda. Menurut media asal Inggris itu, waktu hang time Ronaldo tidak sampai 1,5 detik tapi hanya 0,7 detik. Sementara tinggi lompatan ronaldo saat menjangkau bola mencapai 8 feet 7 inci atau sekitar 2,65 meter. 

Lalu berapa sebenarnya waktu melayang Ronaldo saat menjebol gawang Sampdoria? 

Dalam setiap lompatan, hukum Newton tetang gerak jatuh bebas sangat mempengaruhi. Seperti di mana gaya gravitasi bumi sebesar 9.81 m/s2 akan menarik sesaat setelah kaki meninggalkan tanah.

Namun untuk menghitung waktu melayang atau hang time di udara, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari tinggi awal, kecepatan awal saat melakukan lompatan, dan nilai akselerasi saat Anda kembali turun ke bawah. Ini berlaku untuk lompatan yang dilakukan secara vertikal.

 

Hukum Fisika di Balik Gol Ronaldo

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, Mencetak gol ke gawang Sampdoria pada laga Serie A 2019 di Stadion Luigi Ferraris, Rabu (18/12). Juventus menang 2-1 atas Sampdoria. (AP/Luca Zennaro)

Sementara gerakan Cristiano Ronaldo dan Michael Jordan lebih mengarah kepada parabola yang dipengaruhi oleh beberapa faktor tambahan, seperti kecepatan awal dan kemiringan lompatan. 

Dalam gerakan parabola, terdapat tiga teori yang mendasari, yakni operasi vektor, gerak jatuh bebas, dan gerak lurus beraturan dan bukan beraturan. Dari ketiga teori ini, kemudian disusun rumus untuk selanjutnya bisa menentukan tinggi maksimum, waktu melayang, hingga jarak maksimum. 

Dari semua teori ini hang time atau waktu melayang dikategorikan sebagai waktu tempuh benda saat meninggalkan tanah hingga mendarat lagi di tanah. Rumusnya: tT = 2 x tp di mana tp dapat dihitung dengan rumus vosinθ)/g. Vo merupakan kecepatan awal saat benda meninggalkan tanah sementara sinθ adalah sudut elevasi. Sedangkan g adalah simbol untuk gravitasi dengan nilai 9.81 m/s2.

Selengkapnya bisa Anda saksikan pada tautan ini. 

Meski demikian, berapapun waktu hang time-nya, gol Ronaldo ke gawang Sampdoria tetap fantastis. Apalagi gol itu menjadi penentu kemenangan Juventus setelah sempat imbang 1-1. Berkat kemenangan ini, Juventus pun kembali ke puncak klasemen sementara Serie A dengan 42 poin. 

Saksikan juga Video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Tegaskan Siap Cerai Lagi dengan Angel Lelga

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Vicky Prasetyo dinyatakan masih berstatus resmi sebagai suami dari Angel Lelga. Gugatan cerai yang dilayangkan olehnya akhir tahun lalu dinyatakan gugur oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan.  

Saat ini pun, Vicky Prasetyo mengaku masih memegang surat nikah yang sah terkait pernikahannya dengan Angel Lelga. 

Hal itu disampaikan Vicky Prasetyo saat ditemui di kawasan Mampang Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019). 

"(Buku nikah) ada di aku. Dikembalikan oleh Pengadilan Agama," kata Vicky Prasetyo. 

 

Permohonan Cerai

Sejak awal, hubungan Angel Lelga dan Vicky Prasetyo memang selalu jadi bahan pembicaraan. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah pun masih dibicarakan dan disebut hanya sekedar settingan. (Instagram/vickyprasetyo777)

Menyusul keputusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan itu, kini giliran Angel Lelga yang melayangkan permohonan cerai dari Vicky Prasetyo. Untuk itu, keduanya akan dihadirkan dalam agenda mediasi saat sidang perceraian nanti. 

 

Siap Hadir

Vicky melihat permintaan sang istri masih biasa. Tapi waktu mintanya yang tidak tepat. Selain itu, Angel Lelga juga makin manja belakangan ini. (Instagram/vickyprasetyo777)

Vicky Prasetyo sendiri menegaskan akan siap hadir dalam agenda mediasi dengan Angel Lelga nanti.  

"Datang dong. Kita Insya Allah (datang), kalau diberi kesehatan kita hadapi," kata Vicky Prasetyo. 

 

Siap Menghadapi

Vicky Prasetyo dengan tegas menyatakan siap menghadapi masalah apapun yang menimpanya.  

"Saya ketemu Nyi Loreng aja siap. Ketemu siapa aja nggak ada masalah," tegas Vicky Prasetyo.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parakerja, Platform Kerja untuk Disabilitas Menuju Industri 4.0

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menggandeng Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dan Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin), perusahaan penyedia platform kerja untuk disabilitas, Parakerja, merilis aplikasi penunjang kemandirian penyandang disabilitas bernama Parakerja.co.id.

Startup ini juga memiliki visi untuk membantu penyandang disabilitas dan non-disabilitas dalam meningkatkan aksebilitas dan kompetensi kerja menuju era industri 4.0

CEO Parakerja Rezki Achyana mengatakan aplikasi berbasis web dan Android ini dibuat untuk memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan modul pembelajaran dan pelatihan kerja.

"Dengan adanya aplikasi parakerja, disabilitas serta non-disabilitas akan mudah mendapatkan modul pembelajaran. Utamanya mengenai bahasa isyarat yang di Indonesia sendiri tidak ada lembaga atau pun tempat khusus untuk belajar bahasa isyarat, baik offline maupun online," kata Rezki melalui keterangannya, Jumat (20/12/2019).

Ia memaparkan aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur unggulan yang tidak ada di aplikasi sejenis, seperti Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo), di mana pengguna bisa belajar bahasa tuli langsung dari penyandang disabilitas Tuli, lengkap dengan isyarat per kata, contoh kalimat, dan latihan komunikasi.

"Juga ada fitur Konsultasi untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai dunia disabilitas, dan menjadi sumber jawaban dalam mendidik anak-anak disabilitas, yang dijelaskan oleh para pakar dan ahli di bidangnya," Rezki menambahkan.

Ditambah fitur Tematik yang merupakan media belajar inovatif dan interaktif untuk pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB). Dengan demikian, belajar secara digital di sekolah menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Tak lupa fitur Vokasional guna mempersiapkan disabilitas memasuki dunia kerja, dengan pembinaan melalui video yang aksesibel dan mudah dipahami.

 

4 Fokus Utama

"Ada 4 hal yang jadi fokus utama Parakerja yaitu aksesbilitas, edukasi, kreativitas, dan pemberdayaan. Cuma untuk versi awal ini kami berfokus di bahasa isyarat karena merupakan hal paling pokok dalam hal kesetaraan antara penyandang disabilitas dan non-disabiltas," ucap Rezki.

Tidak hanya memberi modul pembelajaran, aplikasi parakerja.co.id juga menawarkan kesempatan magang dan bekerja bagi penyandang disabilitas dengan memberikan sertifikasi keahlian di suatu bidang kerja.

"Hal ini bertujuan agar ke depan para penyandang disabilitas mempunyai legalitas untuk bekerja di sebuah perusahaan," ujarnya menambahkan.

 

Gandeng Perusahaan Penyedia VR

Terhitung sejak aplikasi ini diluncurkan, startup Parakerja telah berkolaborasi dengan enam SLB yang tersebar di lima kota, termasuk yang terbaru adalah dengan SLB N 2 Jakarta untuk program digitalisasi SLB.

Selain itu, Parakerja juga menggandeng perusahaan Virtual Reality Nasional, Millea Lab, untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kapabilitas teman-teman difabel melalui teknologi VR dan AR.

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Dear Netizen: Sneakers Compass, Produk Lokal yang Fenomenal

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Sepatu sneakers Compass tengah jadi fenomena di kalangan anak muda. Produk asli Indonesia ini ternyata berhasil memincut hati konsumen lokal, utamanya pencinta sneakers.

Ribuan orang bahkan rela mengantre di ajang Wall of Fades, beberapa waktu lalu, demi mendapatkan koleksi terbaru Compass untuk Darahku Biru yang merupakan desain dari Pot Meets Pop dan sepatu Compass 98 Vintage desain oleh Old Blue Co. Namun perilisan itu akhirnya ditunda karena suatu hal.

Terlepas dari itu, menarik menyaksikan fenomena menjulangnya pamor Compass, sebagai produk lokal unggulan. Lantas, apa kelebihan sneakers ini? Inikah indikasi bahwa produk lokal sudah naik kelas dan bisa bersaing dengan brand-brand asing?

Nah untuk membahas fenomena ini, "Dear Netizen" kali ini akan mengangkat tema "Sneakers Compass, Produk Lokal yang Fenomenal" dengan nara sumber Khairiyyah Sari, seorang Fashion Consultant.

Jadi, jangan lewatkan Live Streaming "Dear Netizen: Sneakers Compass, Produk Lokal yang Fenomenal" , Jumat 20 Desember 2019, mulai pukul 15.00 WIB yang dipandu oleh host Istiarto "Itho" Sigit, melalui tautan ini.....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Sebut Christmas Carol Bentuk Kesetaraan Warga Jakarta

Posted: 19 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan menjelaskan adanya Christmas Carol di sejumlah stasiun MRT Jakarta merupakan bentuk kesetaraan kesempatan yang diberikan Pemprov kepada warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Terawan Petakan RS yang Butuhkan Serum Anti Bisa Ular Kobra

Posted: 19 Dec 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto buka suara soal fenomena ular kobra yang mewabah dibeberapa titik di Jabodetabek. Selain itu, Menkes Terawan mengatakan tidak hanya ular yang sedang mewabah, melainkan juga ada kalajengking dan sengatan lebah.

Terawan menegaskan serangan para binatang berbisa itu sangat berbahaya dampaknya bila tak cepat ditangani. Karenanya, Kementerian Kesehatan tengah memetakan rumah sakit yang memiliki kecendrungan korban yang meningkat.

"Nanti saya cek karena vaksin kan individual yang paling kita dorong karena tak semua daerah kan ular yang kena, ada tawon, kalajengking," kata Terawan saat ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Menkes Terawan mengamini jika vaksin atau penawar bisa ular saat ini belum tersedia di tiap rumah sakit. Menurutnya hal ini dikarenakan vaksin hakekatnya disesuaikan dengan ancaman di wilayah terkait.

"Kalau ancamannya tak ada buat apa? Kalau cuma disediain aja, anggarannya buat apa? Kan tak efisien," jelas Terawan.

Daftar RSUD DKI yang Miliki Serum Anti Bisa Ular

Mengutip data Dinas Kesehatan DKI, berikut daftar RSUD yang memiliki serum anti bisa ular atau SABU. Berikut daftarnya:

Jakarta Pusat

- RSUPN Cipto MAngunkusumo

- RSPAD Gatot Soebroto

- RSUD Tarakan

- RS Islam Cempaka Putih

Jakarta Utara

- RSPI Sulianti Saroso

- RS Pantai Indah Kapuk

Jakarta Barat

- RSUD Cengkareng

- RS Mitra Keluarga Kalideres

Jakarta Selatan

- RSUP Fatmawati

- RSUD Pasar Minggu

- RSUD Jati Padang

- RS Suyoto

Jakarta Timur

- RSUP Persahabatan

- RS Haji Jakarta

- RSU Adhyaksa

Kepulauan Seribu

- RSUD Kepulauan Seribu.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tak Ingin Pasar Indonesia Dibanjiri Produk Impor

Posted: 19 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan UMKM Export BRIlianPreneur 2019 di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019). Dalam kesempatan itu Jokowi yakin bahwa produk lokal mampu bersaing dan bahkan lebih unggul dibanding dengan produk dari luar negeri.

"Kita tahu pasar domestik kita besar dan saya tidak mau pasar kita dibanjiri oleh produk impor. Enggak mau," kata Jokowi di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Tetapi kata dia bukan hal mudah untuk meningkatkan hal tersebut. Sebab ada ekonomi terbuka dan tidak dapat dipungkiri. Oleh karena itu, Jokowi ingin agar para pengusaha di Indonesia bersaing dengan produk asing. 

"Caranya hanya satu, bagaimana kita bisa berkompetisi dengan produk impor itu. Entah dari sisi harga disain, kemasan, harus menang," ungkap Jokowi.

Artinya kata dia, jangan sampai meninggalkan pasar domestik dan terlalu konsentrasi ke ekspor sehingga dalam negeri diserbu barang luar.

"Pasar dalam negeri dikuasai, namun setelah itu masuk ke pasar global untuk naikkan devisa," ungkap Jokowi.

Dia menjelaskan kontribusi ekspor masih didominasi pengusaha-pengusaha besar. Tetapi Indonesia tidak boleh berkecil hati. Sebab dia yakin usaha kecil atau umkm akan go internasional.

"Tapi melihat produk yang dipamerkan saya optimistis tidak lama lagi barang ini akan banjir pasar ekspor kalau kita konsolidasikan pasar dengan baik dan standar produk juga dibangun dengan baik sehingga betul-betul kita kampu bersaing dengan negara lain," ungkap Jokowi.

328 Ribu Pelaku UMKM Gabung Digital Economy Ecosystem Melalui RKB BRI

Press Conference UMKM Export BRILian Preneur 2019 di Kantor Pusat BRI, Jakarta (18/12).

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia. Melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di Indonesia, Bank BRI mengakselerasi para pelaku UMKM agar go modern, go digital, go online dan go global sehingga tercipta digital economy ecosystem. Hingga kini tercatat sebanyak 328.810 UMKM telah menjadi anggota di 54 RKB BRI di seluruh Indonesia.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo menjelaskan bahwa Bank BRI secara berkala melakukan berbagai pelatihan dan pengembangan kapasitas terhadap pelaku UMKM. "Melalui program BRIncubator, hingga saat ini tercatat sebanyak 3.994 pelatihan telah dilakukan oleh RKB di seluruh Indonesia," tambahnya. 

Anggota RKB BRI juga diberikan pelatihan untuk memperluas akses pasar secara online melalui blanja.com dan Indonesia Mall. "Kami berusaha mendorong agar para pelaku UMKM melek teknologi sehingga mampu untuk menjadi teknopreneur sehingga meningkatkan produktivitas mereka," ujar Hari.

Puluhan anggota RKB BRI yang terpilih akan hadir dalam UMKM EXPORT BRILIAN PRENEUR 2019 yang akan diselenggarakan pada 20-22 Desember mendatang di JCC, Jakarta. "Dengan ikut serta dalam event tersebut, Bank BRI berupaya untuk membuka akses serta memperluas jaringan pemasaran bagi anggota RKB sehingga mereka mampu melakukan ekspor dan bersaing di pasar global," pungkas Hari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Camille Schrier Terpilih sebagai Miss America 2020

Posted: 19 Dec 2019 08:45 PM PST

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier (kiri) saat memenangkan kompetisi Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier dihampiri oleh Miss Georgia Victoria Hill yang keluar sebagai runner-up. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier (kiri) saat memenangkan kompetisi Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier dihampiri oleh Miss Georgia Victoria Hill yang keluar sebagai runner-up. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier (kiri) saat memenangkan kompetisi Miss America di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier dihampiri oleh Miss America 2019  Nia Franklin (tengah) dan Miss Georgia Victoria Hill. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier (kiri) saat memenangkan kompetisi Miss America di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier dihampiri oleh Miss America 2019 Nia Franklin (tengah) dan Miss Georgia Victoria Hill. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier saat dinobatkan sebagai Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier dipakaikan mahkota oleh Miss America 2019  Nia Franklin. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier saat dinobatkan sebagai Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier dipakaikan mahkota oleh Miss America 2019 Nia Franklin. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier (kiri) saat dinobatkan sebagai Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier terpilih sebagai Miss America 2020. (AP Photo/Charles Krupa)

Ekspresi Miss Virginia Camille Schrier (kiri) saat dinobatkan sebagai Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier terpilih sebagai Miss America 2020. (AP Photo/Charles Krupa)

Miss Virginia Camille Schrier (tengah) mendapat selamat dari kontestan lainnya setelah memenangkan Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier terpilih sebagai Miss America 2020. (AP Photo/Charles Krupa)

Miss Virginia Camille Schrier (tengah) mendapat selamat dari kontestan lainnya setelah memenangkan Miss America 2020 di kasino Mohegan Sun, Uncasville, Connecticut, Amerika Serikat, Kamis (19/12/2019). Camille Schrier terpilih sebagai Miss America 2020. (AP Photo/Charles Krupa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier hingga Potong Gigi

Posted: 19 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ely Sugigi baru-baru ini menjadi pusat perhatian usai melakukan treatment potong gigi. Pelawak yang mengawali kariernya di dunia entertainment sejak 2006 ini terus memperbaiki penampilannya. Treatment potong gigi Ely ditemani oleh Aditya Gumelar. 

"Bukan tidak bersyukur dari Allah, tapi dengan hinaan orang netizen yang suka ngatain maka aku mempercantik diri. Tidak apa-apa kan, tidak dosa. Aku potong sedikit, tuh cakep kan," kata Ely Sugigi dalam sebuah video Instagram Story pada akun @ellysugigi_real_ (19/12/2019).

Terlepas dari keputusannya melakukan treatment potong gigi, ia merupakan pelawak yang namanya mulai dikenal publik usai memerankan karakter Kiyem di Anugerah Cinta yang tayang 2016. Sepanjang kariernya, perempuan kelahiran 16 Oktober 1971 ini sudah membintangi 8 judul sinetron dan 1 judul film berjudul Maju Kena Mundur Kena Returns pada 2016.

Kini penampilan Ely semakin menawan dengan balutan hijab dan gigi yang rapi. Berikut Liputan6.com rangkum dari KapanLagi.com dan Instagram @ellysugigi_real_, transformasi Ely Sugigi, Jumat (20/12/2019).

1. Ely Sugigi, pelawak yang memulai karier sejak 2006. Pada saat itu ia ikut memeriahkan acara televisi swasta sebagai penonton bayaran.

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier Hingga Potong Gigi (sumber: Instagram.com/ellysugigi_real_)

2. Berkat bakat melawaknya, tak disangka Ely akhirnya terjun di dunia entertainment. Ditambah bakat aktingnya, membuat nama Ely makin dikenal publik.

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier Hingga Potong Gigi (sumber: Instagram.com/ellysugigi_real_)

3. Puncaknya, ia bisa memerankan karakter Kiyem di sinetron Anugerah Cinta pada 2016.

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier Hingga Potong Gigi (sumber: Instagram.com/ellysugigi_real_)

4. Setelah itu, tawaran bermain sinetron dan film silih berdatangan. Sepanjang kariernya ia sudah membintangi 8 judul sinetron dan 1 judul film.

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier Hingga Potong Gigi (sumber: Instagram.com/ellysugigi_real_)

5. Sampai sekarang Ely masih aktif di dunia entertainment dan terlibat dalam sinetron Ogah Rugi memerankan karakter Ella.

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier Hingga Potong Gigi (sumber: Instagram.com/ellysugigi_real_)

6. Baru-baru ini, Ely Sugigi melakukan treatment potong gigi. Penampilan barunya ini banjir pujian.

6 Potret Transformasi Ely Sugigi dari Awal Karier Hingga Potong Gigi (sumber: Instagram.com/ellysugigi_real_)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Renang Gagal Capai Target di SEA Games 2019, Siman: Pelatnas Belum Maksimal

Posted: 19 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa menilai persiapan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Indonesia selama ini belum maksimal. Menurut dia, pelatnas kerap dilakukan secara mendadak menjelang kejuaraan.

"Persiapannya (kurang). Kita kan Pelatnasnya juga katanya ada break, belum tau juga mulainya kapan," ujar Siman.

Dengan Pelatnas yang dilakukan mendadak, maka atlet Indonesia, tidak akan bisa menyaingi kualitas atlet luar negeri seperti Singapura yang pada SEA Games 2019 lalu sangat mendominasi pada cabang renang.

Siman menambahkan, program Pelatnas di Singapura berjalan berkelanjutan dan tanpa putus. Bahkan seusai SEA Games 2019 Filipina, tim Singapura saat ini tengah melakukan training camp di Australia untuk persiapan Olimpiade 2020 Tokyo.

Apabila Indonesia juga mau berprestasi di kejuaraan multi event maupun olimpiade, Siman berujar, maka pemerintah harus segera memulai program Pelatnas yang setidaknya berjalan selama satu tahun.

"Pelatnas itu satu tahun minimal karena saat SEA Games 2017, kita dapat empat emas kan itu satu tahun persiapannya," kata Siman.

 

Gagal Capai Target

Pada SEA Games 2019 Filipina, hasil timnas renang Indonesia memang gagal mencapai target meraih empat medali emas. Mereka hanya mampu menyumbangkan satu keping emas melalui Siman pada nomor 50 m gaya punggung.

"Harapannya persiapan lebih baik lagi, bukan persiapan instan atau singkat yang hanya tiga bulan. Karena renang gak boleh ada waktu kosongnya. Kalau berhenti renang tiga hari saja, water feel-nya beda banget," ucapnya.

Hingga saat ini, Siman mengaku belum mengetahui kapan tepatnya Pelatnas akan dimulai. Ia kini tengah beristirahat sepulang berkompetisi di SEA Games 2019, dan akan kembali berlatih pada Januari tahun depan bersama klubnya. (Ant)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bermula dari Curiga Tekanan Darah Tinggi, Vidi Aldiano Tahu Dirinya Idap Kanker Ginjal

Posted: 19 Dec 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu yang lalu, penyanyi Vidi Aldiano mengungkapkan dirinya didiagnosis dengan kanker ginjal stadium tiga. Hal ini membuatnya harus mendapatkan operasi di Singapura.

Usai menjalani operasi, penyanyi yang terkenal lewat lagu Nuansa Bening itu akhirnya mengungkapkan bagaimana dirinya pertama kali mengetahui bahwa dia memiliki kanker di ginjalnya.

Dalam unggahannya di akun resmi Youtubenya, Vidi Aldiano mengatakan bahwa semua itu bermula dari pemeriksaan karena suaranya sempat hilang. Saat itu, diketahui bahwa dia mengalami tekanan darah tinggi yang tidak biasanya dia alami. Keluarganya pun juga tak punya sejarah hipertensi.

"Waktu itu gua mikir, mungkin ah gua lagi stres karena suara gua hilang, gak bisa nyanyi. Mungkin makan gua juga jorok. Jadi gua diamin," kata penyanyi 29 tahun itu dikutip Jumat (20/12/2019).

Hingga, ketika melakukan vaksinasi, dia mulai menyadari bahwa tekanan darahnya menandakan sesuatu yang tidak wajar. Dalam ceritanya, Vidi mengatakan bahwa dia tidak merasakan gejala apapun.

Lakukan USG

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/galleryvidi)

Pada Oktober 2019, Vidi melakukan skrining lengkap di Singapura. Entah mengapa, dia memasukkan tes USG pada bagian perutnya. Saat itulah, mulai terkuak bahwa dirinya memiliki sebuah benjolan di ginjalnya.

Saat itu, dokter mengatakan kepadanya: "I think you need to check itu."

Usai melakukan pemeriksaan MRI di Jakarta, Vidi mengungkapkan bahwa beberapa dokter yang ditemuinya mengatakan dirinya memiliki kista. Namun, hal tersebut tidak bisa diangkat karena letaknya yang berada di tengah dan berisiko merusak fungsinya.

"Gua anaknya kan agak lumayan parno ya untuk urusan kesehatan. Jadi dari stu gua stop minuman yang warna-warna. Gua yang tadinya ngopi banget setiap hari, akhirnya setop kopi, even teh, gua cuma minum air putih aja dari situ," ungkapnya.

Syok

Mulai Belajar Jalan, Ini 6 Momen Vidi Aldiano Jalani Proses Pemulihan (sumber: Instagram.com/varecords_)

Barulah usai pemeriksaan berikutnya di Singapura di Desember, dokter ginjal mengatakan kemungkinan bahwa kista yang ada di ginjalnya sesungguhnya adalah kanker atau tumor.

"Gua pada saat itu lumayan syok," ujarnya. Dia pun diminta melakukan CT scan lanjutan. Pemeriksaan dari Jakarta juga dikirimkannya ke dokter ginjal di Singapura. Terungkaplah bahwa itu adalah sebuah kanker di ginjal kirinya

"Dari situ lumayan gelap hidup sih jujur hidup gua. I don't know how to respond. I don't know how to feel," katanya.

Ketika kembali ke Singapura, Vidi mengetahui bahwa kanker ginjalnya berada di stadium tiga yang nyaris menyebar ke pembuluh darah. Saat itulah, dia memutuskan untuk melakukan pengangkatan ginjal.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Motoran Bareng Presiden Jokowi, Erick Thohir Jadi Sorotan Karena Ini

Posted: 19 Dec 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeliling menggunakan motor kustom miliknya. Mengenakan jaket merah dan helm retro, mantan Gubernur DKI Jakarta ini tampak didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir.

Menjajal perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Erick Thohir langsung menjadi sorotan karena tak menggunakan helm. Hal itu diketahui melalui unggahan video Instagram pribadinya.

"Diajak pak Presiden @Jokowi mengunjungi perbatasan Indonesia dan Malaysia naik motor. Saya dibonceng Danpaspampers, Bang Maruli," tulis Erick dalam keterangan video.

Beragam komentar diberikan warganet terkait video yang dibagikan. Namun, perhatian masyarakat langsung tertuju pada helm yang tak digunakan Erick Thohir.

"Pak Pakai Helm pak biar selamat..," tulis @imhernawan.

"Kok gak pake helm pak ? Nanti di tangkap polisi loo," tulis @edhy.riswandy.

"Stay safe Pak, helmnya jgn lupa dipakai," tulis @suwandiali11.

 

Menjajal perbatasan trans-Kalimantan yang terletak di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Erick Thohir langsung menjadi sorotan karena tak menggunakan helm. Hal itu diketahui melalui unggahan video Instagram pribadinya.

Berikut Spesifikasi Motor Kustom Jokowi:

Pelek Depan : Aluminium ukuran 3.00-16

Pelek Belakang : Aluminium ukuran 3.50-16

Fork Depan : Tipe upside down

Ban Depan & Belakang : 5.00-16

Lampu Depan : LED 5.75 inch

Lampu Sein : Aftermarket

Lampu Stop : Aftermarket

Stang : Model drag bar

Spion : Aftermarket

Tangki : Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)

Spakbor depan & belakang : Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)

Cover Body samping : Handmade by Katros Garage (pelat galvanis 1,2 mm)

Jok : Kulit jok sintetis warna hitam

Knalpot : Custom full stainless

Kawasaki W175 Jokowi (Foto: Katros Garage)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Saat Hewan di Kebun Binatang Guatemala Dapat Hadiah Natal

Posted: 19 Dec 2019 08:37 PM PST

Seorang petugas berkostum Sinterklas kepada bayi jerapah bernama Fito sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando  ESTRADA/AFP)

Seorang petugas berkostum Sinterklas kepada bayi jerapah bernama Fito sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando ESTRADA/AFP)

Seekor singa bernama Guapo melihat hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando  ESTRADA/AFP)

Seekor singa bernama Guapo melihat hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando ESTRADA/AFP)

Gajah bernama Trompita mencoba membuka hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando  ESTRADA/AFP)

Gajah bernama Trompita mencoba membuka hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando ESTRADA/AFP)

Beruang bernama Prohor membawa hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando  ESTRADA/AFP)

Beruang bernama Prohor membawa hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando ESTRADA/AFP)

Seekor harimau mengendus hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando  ESTRADA/AFP)

Seekor harimau mengendus hadiah yang dibawa pengunjung sebagai bagian dari tradisi Natal di La Aurora Zoo, Guatemala City pada Kamis (19/12/2019). Hari Natal yang jatuh pada 25 Desember membuat sejumlah kebun binatang turut merayakannya dengan cara yang unik. (Orlando ESTRADA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Persiapan Pernikahan Mewah Jessica Iskandar, Ada Doorprize Apartemen

Posted: 19 Dec 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Jessica Iskandar dan Richard Kyle akan segera melangsungkan pernikahan. Kabarnya, pasangan ini akan menggelar pernikahannya pada Maret 2020 mendatang. Menjelang hari bahagianya tersebut, sejumlah persiapan sedang dilakukan oleh wanita berusia 31 tahun ini.

Melakukan semua persiapan pernikahannya sendiri, tak dipungkiri jika Jessica Iskandar cukup stres.

"Tekanan bawaan nikah kali ya. Orang suka bilang kalau nikah stres, ada apalah, apalah, terus sekali seumur hidup. Kalau aku mungkin kebawa omongan orang. Jadi stres ada dikit tapi bisa diatasi," jelasnya.

Meski demikian, Jedar sudah merampungkan beberapa hal untuk pernikahan impiannya. Kabarnya, Jedar akan memberikan doorprize apartemen di momen sakral tersebut. Apartemen tersebut berlokasi di BSD, Tangerang Selatan.

"Jangan khawatir nanti hadiahnya ada sebuah unit apartemen," kata Jessica Iskandar kepada Julian Jacob dalam video di channel YouTube miliknya.

Tak cuma persiapkan doorprize apartemen, ada beberapa hal lain yang menarik di pesta perniakahan Jessica Iskandar dan Richard Kyle mendatang. Penasaran apa saja? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019).

1. Doorprize Apartemen

Menikah awal tahun 2020 mendatang, ini persiapan Jessica Iskandar untuk momen spesialnya dengan Richard Kyle. (Sumber: Instargram/@inijedar)

Jessica Iskandar awalnya berbincang dengan Julian Jacob yang merupakan kekasih Marion Jola seputar kehidupannya. Lewat video di channel YouTube Jessica Iskandar, Julian justru menanyakan kapan pernikahan Jessica dan Richard Kyle. 

Jessica Iskandar pun memberikan jawaban. Ibu satu anak ini menyebut jika pernikahannya akan digelar awal tahun depan. Selain itu ia menyebut jika telah menyiapkan sebuah doorprize mewah yakni sebuah apartemen berlokasi di BSD, Tangerang Selatan.

"Jangan khawatir nanti hadiahnya ada sebuah unit apartemen," kata Jessica Iskandar pada Julian.

2. Banyak Endorsement

Menikah awal tahun 2020 mendatang, ini persiapan Jessica Iskandar untuk momen spesialnya dengan Richard Kyle (Sumber: YouTube/Jessica Iskandar)

Menggelar pernikahan di dua kota yakni Bali dan Bandung, Jessica Iskandar juga mengaku jika momen pernikahannya ini banyak endorsement yang ia terima. Mengingat akan menggelar pernikahan 3 hari di Bandung dan 3 hari di Bali, tentunya mereka membutuhkan biaya yang fantastis. 

Jessica merasa beruntung, pasalnya pernikahannya tak terbebani karena banyak endorment. 

"Banyak endorse, Jadi aku makasih sama Tuhan, semuanya, banyak yang sayang, dukung, banyak yang bantu," ungkapnya. 

3. Gunakan Undangan Digital

Menikah awal tahun 2020 mendatang, ini persiapan Jessica Iskandar untuk momen spesialnya dengan Richard Kyle (Sumber: YouTube/Jessica Iskandar)

Selain pesta pernikahannya dilakukan di dua kota dan ada doorprize apartemen, Jessica juga membagikan persiapan lainnya. Lewat video lain di channel YouTube-nya, Jessica mengatakan jika pesta pernikahannya memakai undangan digital. 

Setiap tamu akan dikirim undangan secara digital yakni lewat pesan WhatssApp. 

"Jadi kita mau bikin undangan secara masa kini zaman now," kata Jessica Iskandar dikutip dari channel YouTubenya.

4. Masuk Pakai Barcode

Menikah awal tahun 2020 mendatang, ini persiapan Jessica Iskandar untuk momen spesialnya dengan Richard Kyle (Sumber: YouTube/Jessica Iskandar)

Dalam pesan WhatsApp, para tamu undangan akan mendapatkan link barcode. Barcode inilah yang dijadikan penanda bahwa orang yang datang adalah benar tamu undangan dan bisa masuk ke venue acara pernikahan Jessica Iskandar dan Richard Kyle. Selain itu syarat masuk, barcode tersebut akan menunjukkan meja serta tempat duduk para tamu undangan.

Cara ini juga untuk mengantisipasi tamu tak diundang. Pihak penyelenggara pernikahan akan menyediakan alat khusus untuk melakukan scan barcode tersebut. 

"Ini alat untuk check in scanner. Jadi pas dateng ke resepsinya kalian dapet whats app. Nanti kalian pencet nanti ada keluar barcode," ungkapnya. 

5. Serba Mewah

Menikah awal tahun 2020 mendatang, ini persiapan Jessica Iskandar untuk momen spesialnya dengan Richard Kyle. (Nurwahyunan/Fimela.com)

Pernikahan Jessica Iskandar dan Richard Kyle yang akan digelar 2020 mendatang akan berlangsung mewah. Mulai dari venue acara, dekorasi hingga makanan. 

"Di Bandung dan di Bali, persiapan udah 80 persen, dekor makanan, tim fotografer, dokumentasi, mobil. Untuk yang belum hotel tempat menginap, itu di Bandung belum ada, di Bali belum ada yang untuk keluarga besar," kata Jessica Iskandar. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Monotaro.id Rilis Katalog ke-3, Bikin Belanja Kebutuhan Kantor Jadi Lebih Mudah

Posted: 19 Dec 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Monotaro.id, toko online perkakas industri dan kebutuhan kantor menawarkan metode jitu untuk berbelanja bagi para pelanggan. Diharapkan denga metode ini para pelanggan lebih mudah dan nyaman dalam berbelanja.

E-commerce penyedia kebutuhan industri dan kantor terbesar di Indonesia ini menyadari bahwa terdapat berbagai tipe pelanggan yang memiliki preferensi berbeda-beda dalam cara mencari produk maupun berbelanja.

Oleh sebab itu, Monotaro.id selalu menyediakan metode alternatif selain berbelanja secara online melalui website. Salah satu contohnya dengan tetap menyebar flyer yang dikirim secara rutin setiap bulan ke pelanggan.

Cara lain yang dijalankan adalah dengan memberikan buku katalog yang terbit setiap tahun ke pelanggan. Buku katalog tersebut baik untuk produk umum maupun katalog private brand.

Kali ini katalog umum edisi ke-3 telah terbit. Terdapat lebih dari 1 juta produk yang telah Monotaro.id pasarkan saat ini. Pelanggan bisa menemukan lebih dari 10 ribu produk paling populer dan direkomendasikan 3 ribu merek favorit.

Dengan menggunakan katalog ini, Monotaro.id percaya banyak pelanggan setia yang akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan pencarian produk.

Katalog ini tersusun berdasarkan kategori produk, pengelompokan berdasarkan material produk, hingga pengurutan berdasarkan ukuran popular maupun harga.

Berbagai merek baru pun bisa pelanggan dapat di sini, tentunya dengan membawa berbagai produk unggulan yang telah kami pastikan kualitasnya agar sesuai dengan penggunaan dan pemanfaatannya.

Setelah menemukan produk yang diinginkan, jangan lupa untuk menggunakan berbagai fitur dari Monotaro.id yang akan memudahkan berbelanja, baik dalam hal administrasi maupun pembayaran, seperti:

●     Online Quotation yang memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk mencetak sendiri Surat Penawaran saat dibutuhkan seperti halnya untuk meminta persetujuan dari atasan. Lihat lebih lengkap disini.

 ●     Multiple Login, mempermudah perusahaan mengelola pembelanjaan dari beberapa staff purchasing/procurement dalam 1 akun. Lihat lebih lengkap disini.

 ●     Integrated Approval System, mempercepat dan mempermudah permintaan persetujuan atasan dengan mengajukannya secara online (via email) dan otomatis setiap transaksi dilakukan. Lihat lebih lengkap disini.

 ●     Faktur Pajak dan Invoice, untuk melengkapi kebutuhan administrasi bagian keuangan perusahaan. Lihat lebih lengkap disini.

 ●     Pembayaran Tempo (TOP/Terms Of Payment), sistem pembayaran termin/berjangka, agar proses pembayaran dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Lihat lebih lengkap disini.

Dan tentunya masih banyak fitur lainnya yang akan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam berbelanja kebutuhan perusahaan. 

Bagi Anda yang ingin memesan Katalog monotaro.id Edisi ke-3, silakan klik disini, gratis dan tentunya akan membuat pengalaman berbelanja Anda semakin nyaman dan mudah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Smartphone Baru Redmi 9 yang Pakai Helio G70 Paling Dicari

Posted: 19 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Redmi 9 akan menjadi smartphone pertama buatan Xiaomi yang memakai chip baru MediaTek Helio G70, paling populer di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (19/12/2019).

Berita lain yang juga cukup populer kemarin, termasuk kemunculan Samsung Galaxy A01, dan pengguna keluhkan tak bisa akses smartphone gara-gara Gboard bermasalah.

Lebih lengkapnya simak berita paling populer berikut ini.

1. Redmi 9 Akan Pakai Prosesor Baru MediaTek Helio G70?

Xiaomi, perusahaan teknologi asal Tiongkok ini baru saja meluncurkan seri smartphone teranyarnya, Redmi 8 dan Redmi 8A.

Meski baru dijual di pasaran, dalam kenyataanya Xiaomi (atau Redmi) sudah bersiap untuk meluncurkan penerus lini Redmi 8, yakni Redmi 9.

Dilansir dari GizChina, Kamis (19/12/2019), Redmi 9 diyakini akan menjadi smartphone pertama perusahaan yang memakai chip baru milik MediaTek, yaitu Helio G70.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Diam-Diam Samsung Umumkan Galaxy A01

Samsung dilaporkan telah mengumumkan smartphone terbarunya, Galaxy A01. Smartphone ini hadir tanpa acara pengumuman meriah.

Dilansir GSM Arena, Kamis (19/12/2019), Samsung Galaxy A01 hadir dengan layar Infinity-V berukuan 5,7 inci. Layarnya memiliki panel LCD dengan resolusi 720p dan desain melingkar di tiap sudut.

Smartphone ini dilengkapi kamera depan 5MP, dan dua kamera belakang. Untuk kamera belakang, resolusinya adalah 13MP dan 2MP depth sensor.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Gboard Bermasalah, Pengguna Sampai Tidak Bisa Buka Kunci Layar

Aplikasi keyboard Google, Gboard, dilaporkan sedang mengalami masalah. Hal ini diketahui dari keluhan para pengguna yang banyak beredar di laman bantuan Android, Reddit, termasuk Twitter.

Masalah ini membuat Gboard tidak dapat digunakan seperti biasa. Bahkan, seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (19/12/2019), sejumlah pengguna kesulitan masuk ke perangkatnya, sebab tidak bisa mengetik PIN atau password untuk membuka kunci layar.

Dari laporan yang diterima, masalah ini muncul setelah Google menggulirkan update untuk Gboard beberapa hari lalu. Salah satu manufaktur yang dilaporkan banyak terdampak masalah ini adalah Motorola.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Saya Sudah Bicara dengan Dubes China Tentang Uighur

Posted: 19 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, secara langsung terkait Uighur.

Diketahui, Mahfud memang sudah bertemu secara tertutup di kantornya 5 Desember 2019 yang lalu.

"Saya sudah bicara dengan Dubes China tentang Uighur khusus. Saya tanya tentang Uighur. Orang Indonesia banyak bertanya, banyak protes," ujar Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Menurut dia, di China banyak sekali para pemeluk agama Islam.

"Kecuali Uighur, karena Uighur mempunyai agenda sendiri di luar kerangka negara," ungkap Mahfud.

Karena itu, kata dia, semua diserahkan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menanganinya.

 

Lihat Langsung

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, mempersilakan masyarakat Indonesia untuk melihat langsung kondisi muslim di Uighur, China. Dia menampik adanya pemberitaan adanya tindakan intimidasi dan aksi kekerasan oleh pemerintah China.

Duta Besar memastikan wilayah Xinjiang, kawasan yang banyak ditempati muslim Uighur, kondisinya aman.

"Silakan jika ingin berkunjung, beribadah, dan bertemu dengan masyarakat muslim Uighur. Persoalan di Xinjiang sama dengan kondisi dunia lain. Ini upaya kami memerangi radikalisme dan terorisme," ucap Xiao Qian saat bertemu Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, di Kompleks Istana Kepresiden Jakarta, Rabu 18 Desember 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bagaimana Akhir Polemik Pemakzulan Donald Trump?

Posted: 19 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta DPR AS resmi memakzulkan Presiden Donald Trump terkait 2 dakwaan yaitu inervensi Pilpres AS 2016 serta menghalang-halangi investigasi penyelidikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahagia Penyuluh Pertanian Sambut Kostratani di Tanah Kalimantan Barat

Posted: 19 Dec 2019 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta "Kita ingin kalbar menjadi lumbung ketahanan pangan di tingkat nasional". Tegas Yessi Melania anggota Komisi IV DPR RI membuka Rakor Evaluasi UPSUS dan sosialisasi Kostratani wilayah provinsi Kalimantan Barat. "Kita ingin dengan Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) petani mendapatkan penyuluhan dan pelatihan hingga sarpras yang memadai hingga dapat panen 2 sampai 3 kali dalam setahun". Pontianak (20/12/2019).

"Kostratani menjadi perhatian besar pemerintah pusat untuk penyuluh pertanian Indonesia". Ujar Prof. Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. "Anggaran penyuluhan naik 2 kali lipat. Ini perhatian nyata Mentan SYL, Syahrul Yasin Limpo dalam pembangunan pertanian Indonesia". Tegas Prof. Dedi disambut tepuk tangan para penyuluh dan jajaran kepala dinas lingkup pertanian hingga pejabat yang menangani penyuluhan serta petugas data dari 14 dinas pertanian Kabupaten dan 75 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan di Kalimantan Barat.

"Kostratani menjadi pusat pergerakan pertanian langsung di kecamatan, di desa". Ujar Prof. Dedi. Kostratani dibangun dari tingkat pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten hingga kecamatan. "Kenapa Kecamatan? Karena sesungguhnya pertanian itu ada di kecamatan, ada di desa-desa". Tegas Prof Dedi. "Sehingga pusat gerakan pembangunan pertanian harus di kecamatan langsung disawah".

Prof. Dedi menambahkan Kostratani adalah BPP yang terpadu dengan IT, disana ada komputer, internet hingga drone yang terkoneksi dalam Agricultural War Room (AWR) di pusat yaitu korstratanas Kementerian Pertanian. Menteri pertanian bisa langsung mengecek melalui AWR kecamatan mana yang sudah melaporkan luas tambah tanam (LTT) hingga daerah mana yang sedang mendapat curah hujan tinggi hingga berpotensi banjir. Melalui Korstratani yang terintegrasi dalam AWR Mentan SYL secara cepat dapat melakukan pencegahaan hingga penanganan.

Kostratani memiliki peran sebagai pusat data dan informasi, pusat pergerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, hingga pusat pengembangan jejaring kemitraan. Kostratani menjadi center of excellence pembangunan pertanian di kecamatan. Karena itu Penyuluh harus tangguh itu yang akan kita gerakkan di Korstratni.

Penyuluh itu otak nya petani jika penyuluh nya pintar maka petani juga akan pintar. Jadilah penyuluh yang dirindukan dicintai oleh petani. Keberhasilan penyuluh adalah disaat keberadaanya diperlukan oleh petani.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Mahfud Md, Menkes Terawan Bahas soal Angka Kematian Ibu dan Anak

Posted: 19 Dec 2019 08:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendatangi kantor Menko Polhukam Mahfud Md. Dalam pertemuan singkat yang berlangsung sekitar 30 menit, Terawan mengaku ditanyakan seputar angka kematian ibu dan anak.

"Angka kematian ibu dan anak itu berkaitan, kalau ketahanan turun itu akan mempengaruhi kesehatan global," kata Terawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Menko Mahfud pun memberi masukkan bagaimana supaya pelayanan kesehatan bisa semakin baik, sehingga BPJS bisa diberikan, termasuk imunisasi dan vaksinasi yang ditingkatkan dan angka stunting yang dapat ditekan.

"Hal itu termasuk dalam ketahanan jangka panjang karena kalau man powernya tidak sehat di kemudian hari otomatis ketahanan kita tak baik," jelas Terawan.

Terawan berkeyakinan jika masalah kesehatan itu berpengaruh banyak ke bidang ketahanan. Menurut dia, kesehatan Indonesia sekarang sudah on the track ditandai dengan angka stunting, kematian ibu dan bayi yang kian menurun.

"Semua turun cuma kita ingin lebih (turun)," Terawan menandasi.

Perencanaan Kehamilan yang Tak Matang

Mengutip data Komite Ilmiah Internasional Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (ICIFPRH) yang dirilis medio 2018/2019 angka kematian ibu (AKI) di Indonesia masih tinggi. Berada pada 305 per 1.000 kelahiran hidup.

Menurut peneliti Komite ICIFPRH, Meiwita Budhiharsana dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), peyebab AKI tinggi disebabkan oleh perencanaan kehamilan yang kurang matang, semisal melahirkan yang terlalu banyak, terlalu dekat, terlalu muda, atau terlalu tua.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Pengamanan Khusus Saat Natal dan Tahun Baru di Papua

Posted: 19 Dec 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapuspen TNI Sisriadi mengatakan, tak ada pengamanan khusus saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Papua. Menurut dia, wilayah Papua dan sekitarnya tetap akan menggunakan standar pengamanan yang sudah ada.

"Tidak ada (pengamanan khusus). Papua tetap menggunakan satuan yang sudah tergelar di sana," ujar Sisriadi di Mabes TNI, Jakarta Timur, Jumat (20/12/2019).

Sisriadi mengatakan, pasukan TNI tetap akan menjaga wilayah Papua seperti biasa saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Menurut dia, kondisi di Papua sudah mulai membaik.

"Di Papua itu kan sesuai permintaan polisi. Polisi bilang sudah selesai, selesai. Karena ini kan kita membantu Polisi dalam rangka penegakkan hukum. Jadi operasi yang digelar di Papua, selain operasi yang dilakukan TNI seperti operasi pengamanan perbatasan, itu operasi TNI sendiri, tapi yang operasi lainnya adalah operasi penegakkan hukum yang membantu Polri," kata Sisriadi soal pengamanan Natal dan tahun baru di Papua.

 

Terus Bersinergi

Personel gabungan TNI, Polri, dan pemerintahan mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri 2018 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (6/6). Operasi kepolisian ini bersandi 'Operasi Ketupat 2018'. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sisriadi pun berharap warga Papua bisa merayakan Natal dan Tahun Baru 2020 dengan damai. Menurut Sisriadi, TNI dan Polri akan terus bersinergi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Papua.

"Kami hanya mengharap masyarakat Papua bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan penuh kedamaian, itu saja. Jadi kita tidak berharap mereka melakukan apa-apa," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ricuh Demonstrasi UU Kewarganegaraan Baru di 15 Kota India, 3 Orang Meninggal

Posted: 19 Dec 2019 08:23 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Protes maut meledak di setidaknya 15 kota di India pada Kamis, 19 Desember 2019. Meskipun ada larangan ketat untuk mengadakan pertemuan publik di beberapa daerah, kemarahan publik atas undang-undang kewarganegaraan baru yang kontroversial dianggap diskriminatif oleh banyak orang terus meningkat. 

Menurut laporan CNN, Jumat (20/12/2019), setidaknya tiga orang tewas dalam demonstrasi itu, ketika ribuan orang turun ke jalan-jalan di seluruh sisi kota.

Dua orang tewas akibat luka-luka yang diderita saat demonstrasi di kota Mangalore, di negara bagian selatan Karnataka, kata seorang dokter senior di Rumah Sakit Highland kepada CNN.

Satu lagi orang tewas akibat cedera senjata api selama protes di Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh utara, menurut seorang dokter senior di Universitas Medis King George di kota itu.

Kegiatan di New Delhi Seakan Terhenti

Demontrasi UU Kewarganegaraan Anti Islam di India. (Source: AFP/ Sajjad Hussain)

Di ibu kota India, New Delhi, upaya pihak berwenang untuk mencegah demonstrasi terbukti tidak efektif ketika kerumunan besar masyarakat membuat sebagian wilayah pusat kota terhenti.

Beberapa stasiun metro ditutup, dengan Delhi Metro Rail Corporation mengutip "alasan keselamatan dan keamanan yang tiba-tiba."

Lalu lintas yang padat juga mendorong maskapai Air India dan Indigo untuk menawarkan pengembalian uang penuh untuk semua penerbangan domestik dan internasional keluar dari ibu kota.

Kerumunan besar masyarakat juga berkumpul di kota-kota besar termasuk Mumbai, Kolkata, Hyderabad dan Chennai.

Pada tengah hari, polisi telah menahan 70 orang di selatan Kota Bengaluru setelah pengunjuk rasa menolak untuk membubarkan diri dari dua lokasi. Hal yang menjadi pemicu protes itu adalah kemarahan nasional atas Citizenship Amendment Act (CAA), yang ditandatangani menjadi undang-undang minggu lalu.

Undang-undang itu berjanji untuk mempercepat kewarganegaraan India bagi minoritas agama dari tiga negara tetangga yang tiba sebelum 2015 - tetapi jika mereka bukan Muslim.

Para pengkritik mengatakan undang-undang itu tidak konstitusional karena mendasarkan kewarganegaraan pada agama seseorang dan akan semakin meminggirkan 200 juta komunitas Muslim yang kuat di India.

Koneksi Internet Sempat Diputus

Demontrasi UU Kewarganegaraan Anti Islam di India. (Source: AP/ Ashwini Bhatia )

Pemerintah India telah berupaya untuk memadamkan keresahan atas pengesahan UU tersebut.

Pekan lalu, pihak berwenang menutup internet di empat negara bagian timur laut setelah protes keras meledak.

Dan pada hari Kamis, hukum era kolonial yang mencegah pertemuan empat orang atau lebih - dikenal sebagai Bagian 144 - diberlakukan di tiga wilayah.

Polisi New Delhi memberlakukan Pasal 144 di sekitar Benteng Merah sebelum protes hari Kamis, setelah polisi menolak izin untuk pawai.

Undang-undang itu juga diberlakukan di Bengaluru, dan di seluruh negara bagian Uttar Pradesh - yang terbesar dan terpadat di India.

Penyelenggara aksi nasional menyerukan agar orang-orang berkumpul tanpa batasan larangan.

"Bagian 144 yang dipaksakan oleh polisi adalah upaya untuk menggagalkan pawai kami. Ini tidak akan menghalangi kami. Kami akan berkumpul di sana untuk pawai kami," Yogendra Yadav, pendiri Swaraj Abhiyaan, sebuah kelompok yang mengorganisasi pawai itu mengatakan kepada CNN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akuisisi Bank Permata oleh Bangkok Bank Dorong Proses Konsolidasi

Posted: 19 Dec 2019 08:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan PT Astra International Tbk (Astra) dan Standard Chartered Bank (Stanchart) untuk melepas kepemilikan sahamnya di PT Bank Permata Tbk kepada Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) dinilai sejumlah analis sangat positif bagi industri perbankan.

Masuknya raksasa finansial asal Thailand itu membuat sektor perbankan Indonesia didukung oleh pemodal-pemodal besar di dunia.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital, Marolop Alfred Nainggolan menjelaskan, penjualan saham Bank Permata ke Bangkok Bank membuat sektor finansial, khususnya perbankan memiliki dukungan modal besar.

"Di luar Bank BUMN, pemegang saham bank besar di Indonesia adalah raksasa finansial dunia," jelas Marolop dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (20/12/2019).

Sejumlah bank besar di Indonesia mayoritas memiliki mitra strategis dari lembaga keuangan asing. Misalnya, OCBC NISP dengan pemodal Singapura, Bank BTPN dengan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) asal Jepang dan Bank Danamon yang telah diakuisisi oleh Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG).

Bank BTPN kemudian merger dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBC Indonesia) yang juga dimiliki oleh SMBC pada Februari 2019. Sementara Bank Danamon juga merger dengan Bank Parahyangan yang sebelumnya sudah diakuisisi MUFG pada Mei 2019 lalu.

"Masuknya Bangkok Bank tentu akan mendorong proses konsolidasi perbankan Indonesia. Langkah ini sejalan dengan strategi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bagus buat industri perbankan nasional," ujar Marolop.

Lebih jauh Marolop menyatakan, dengan dukungan finansial yang kuat, Bank Permata dapat mengakselerasi bisnisnya dengan lebih kuat dan lebih siap untuk berkompetisi di industri finansial yang makin ketat saat ini.

"Hubungan Bank Permata dengan Astra Group yang akan tetap terjaga pasca akuisisi juga akan menjadi salah satu faktor penguat bagi bank ini di masa depan. Bangkok Bank dengan pengalamannya tentu punya strategi yang sudah teruji. Apalagi masyarakat Indonesia dan Thailand memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda," imbuhnya.

 

Bangkok Bank Caplok Permata

Bangkok Bank

Bangkok Bank telah sepakat menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Standard Chartered dan Astra untuk mengakuisisi total 89,12 persen kepemilikan sahamnya di Bank Permata. Transaksi disepakati sebesar 1,77 kali lipat dari nilai buku Permata pada 30 September 2019 dengan harga pembelian indikatif Rp 1.498 per saham.

Sebagai salah satu bank tertua di negara gajah putih, Bangkok Bank memiliki jaringan internasional di 14 negara dengan pinjaman internasional melalui jaringan ini menyumbang 17 persen dari total pinjaman Bank.

Sampai September 2019, total aset bank ini mencapai sekitar USD 140 miliar atau lebih dari Rp 1.400 triliun. Sebagai perbandingan, BRI sebagai bank dengan aset terbesar di Indonesia per 30 September 2019 memiliki aset Rp 1.305 triliun.

Selama bertahun - tahun, Bangkok Bank telah mengadopsi strategi menghubungkan kawasan Asia untuk mendukung klien melakukan ekspansi ke luar negeri, dan jaringan internasional Bangkok Bank telah menjadi faktor penting dalam keberlanjutan pertumbuhan bisnisnya.

 

Strategi Utama

Sithi-Amnuai, Chairman Bangkok Bank, mengatakan bahwa ekspansi internasional merupakan strategi utama bank. Indonesia khususnya adalah fokus utama bagi Bangkok Bank

"Indonesia adalah salah satu ekonomi utama yang tumbuh paling cepat di Asia dengan fundamental makroekonomi yang sangat mendukung, demografi yang menguntungkan, dan dengan peningkatan integrasi regional ASEAN," katanya dalam konferensi pers.

Chartsiri Sophonpanich, Presiden Direktur Bangkok Bank, menambahkan berdasarkan pengalaman langsung kami di Indonesia dan pemahaman mendalam tentang sektor perbankan.

"Kami meyakini bahwa sektor perbankan Indonesia siap untuk terus tumbuh dan tetap mempertahankan marjin yang sehat." tutup dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentingnya Alisson Becker bagi Liverpool

Posted: 19 Dec 2019 08:20 PM PST

Liverpool- Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, terkesan dengan performa apik kiper Alisson Becker saat bersua Monterrey pada laga semifinal Piala Dunia Antarklub 2019. Klopp mengakui jika The Reds sangat mengandalakn Alisson.

Melakoni laga di Khalifa International Stadium, Rabu (18/12/2019) malam WIB, Alisson menjadi tembok kukuh di bawah mistar gawang Liverpool. Kiper Timnas Brasil itu berhasil menggagalkan peluang yang didapat Monterrey.

Berdasarkan statistik di situs resmi FIFA, Alisson mementahkan tujuh dari delapan tembakan tepat sasaran yang diperoleh Monterrey. Berkat penampilan apik eks kiper AS Roma tersebut, skuat Si Merah mengunci kemenangan dengan skor 2-1.

Sepasang gol Liverpool disarangkan Naby Keita pada menit ke-12 dan Roberto Firmino menit ke-90+1. Adapun gol tunggal Monterrey dicetak Ramiro Funes Mori pada menit ke-14.

"Yang Anda butuhkan adalah Allison Becker, Allison Becker. Dia ada di sana pada saat-saat yang menentukan. Pertandingan ini berjalan sangat sulit dan kemudian Anda bisa menyerahkannya kepada para pemain," puji Klopp.

"Kami telah membawa beberapa pemain muda dan melihat apa yang bisa kami lakukan secara bijak. Liverpool ingin bermain di final dan melihat apa yang bisa kami lakukan," tambahnya.

 

Hadapi Flamengo

Pemain Liverpool merayakan kemenangan atas Monterrey pada laga semifinal Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium, Qatar, Kamis, (19/12). Liverpool menang 2-1 atas Monterrey. (AP/Hassan Ammar)

Kemenangan atas Monterrey membuat Liverpool lolos ke final Piala Dunia Antarklub 2019, dan akan menghadapi Flamengo. Juara Copa Libertadores 2019 itu menembus partai puncak setelah mengalahkan Al Hilal dengan skor 3-1, pada 17 Desember 2019.

Rencananya, duel Liverpool versus Flamengo akan berlangsung di Khalifa International Stadium, 21 Desember mendatang.

"Laga yang sulit (kontra Flamengo), pertandingan yang sangat sulit. Tetapi, kami menonton pertandingan Flamengo (melawan Al Hilal), saya banyak melihat dan kami akan menonton lebih banyak pertandingan," kata Klopp.

"Kita akan melihat siapa yang menghadapi situasi dengan lebih baik, siapa yang memiliki keputusan yang lebih tepat. Kami akan menjadi lawan yang berbeda, tentu saja," ucap manajer asal Jerman itu.

Sumber: BBC, FourFourTwo

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat/Editor Wiwig Prayugi, Published 20/12/2019)

Video:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Poin Mencintai Diri Sendiri yang Dibahas di Rexona X Fimela

Posted: 19 Dec 2019 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan percaya diri perempuan Indonesia, Rexona hadir dengan sejumlah inovasi baru. Ya, Rexona berupaya untuk memenuhi kebutuhan perempuan Indonesia apapun aktivitasnya.

Salah satu wujud nyata bahwa Rexona peduli dengan perempuan Indonesia pada khususnya, dengan menggelar acara sharing session bertajuk Beautiful As You Are. Acara yang digelar Rexona X Fimela ini, berhasil menarik ratusan pendaftar.

Namun sayangnya hanya 35 orang beruntung yang bisa mengikuti acara Rexona X Fimela. Kali ini, Rexona digelar di The Shalimar Boutique Hotel, Malang, Jawa Timur pada Jumat 22 November 2019.

Sama seperti disejumlah acara sebelumnya, dekorasinya bernuansa pink yang sangat lucu. Girly banget! Oh ya, lantaran dekorasinya yang menarik dan Instagramable, jadi hampir di setiap sudut acara ini layak dijadikan spot untuk berfoto.

 

(Adrian Putra/Fimela.com)

Selain dekorasi yang cantik, para peserta yang hadir tak sabar mendengar sharing dari beauty vlogger, Star Irawan. Dalam acara itu, Star menjelaskan tentang pentingnya mencintai untuk diri sendiri, dengan segala kekurangannya.

Star pun memberikan pandangannya tentang self love. "Kenapa aku selalu terlihat enjoy dan nggak capek? Jawabannya adalah mencintai semua pekerjaan yang kita lakukan dan sebelum itu kita harus mencintai diri sendiri. Self love," jelas Star.

Jadi, kata Star, ada tiga poin yang dilakukan agar seseorang dapat mencintai diri sendiri. Pertama memaafkan diri. Mungkin tak sedikit orang yang memaafkan orang lain, tapi untuk diri sendiri, sulit.

 

 

(Adrian Putra/Fimela.com)

"Kalu kita merasa gagal dan tidak bisa memaafkan diri sendiri, itu akan berputar dipikiran hingga akhirnya berpikir negatif pada diri sendiri. Ingat, memaafkan diri sendiri itu bisa membangun kepercayaan diri," tambah Star.

Kedua adalah self award atau mengerti diri sendiri. Ketiga adalah self concept. "Jangan berbicara negatif soal diri kita sendiri. Abis bangun tidur, berdiri, bersyukur, bisa membuat sesuatu yang jauh lebih baik dari kesalahan yang pernah aku lakukan. Kita ngomong sama diri kita sendiri aja," terang pemilik channel YouTube Sarap TV ini.

"Aku ngomong berdasarkan pengalaman diri sendiri. Dari yang buruk dan baiknya sudah pernah aku rasakan," jelas Star. Gimana tertarik buat ikut kegiatan Rexona x Fimela? Tenang karena awal Desember nanti Rexona x Fimela bakalan mampir Ke Bali. Untuk kamu yang ada di Bali, silahkan langsung daftar ke sini.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Spanyol: Barcelona dan Real Madrid Bersaing Ketat

Posted: 19 Dec 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - La Liga Spanyol telah memasuki pekan ke-17. Barcelona dan Real Madrid masih bersaing ketat di puncak klasemen.

Kedua tim saling duel tengah pekan ini. Namun mereka akhirnya hanya berbagi hasil imbang 0-0.

Barcelona masih menjadi pemuncak klasemen La Liga Spanyol dengan koleksi 36 poin. Real Madrid berada di posisi kedua namun kalah selisih gol.

Sementara posisi ketiga klasemen masih ditempati oleh Sevilla. Mereka mengoleksi 31 poin dari 17 laga.

Berikut klasemen La Liga Spanyol selengkapnya:

 

Klasemen La Liga

Logo La Liga (Istimewa)
 

 

Jadwal La Liga

Jadwal La Liga Spanyol

Sabtu, 21 Desember 2019

03.00 WIB, Eibar Vs Granada

19.00 WIB, Mallorca Vs Sevilla

22.00 WIB, Barcelona Vs Deportivo Alaves

Minggu, 22 Desember 2019

00.30 WIB, Villarreal Vs Getafe

03.00 WIB, Real Valladolid Vs Valencia

18.00 WIB, Leganes Vs Espanyol

20.00 WIB, Osasuna Vs Real Sociedad

22.00 WIB, Real Betis Vs Atletico Madrid

Senin, 23 Desember 2019

00.30 WIB, Levante Vs Celta Vigo

03.00 WIB, Real Madrid Vs Athletic Club

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat dan Bacaannya, Dapatkan Keutamaannya

Posted: 19 Dec 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya tentunya harus diketahui oleh setiap muslim. Shalat witir adalah shalat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah shalat sunnah yang dikerjakan di hari itu. Shalat witir bertujuan mengganjilkan shalat yang dikerjakan.

Shalat witir mungkin lebih dikenal sebagai shalat penutup setelah shalat tarawih di bulan Ramadan. Namun, shalat witir tak hanya dilakukan usai mengerjakan shalat tarawih saja, bisa dikerjakan tiap harinya sebagai penutup ibadah di malam hari.

Tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya tidak jauh berbeda dengan shalat biasa. Dalam mengerjakan shalat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula keseluruhan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019) tentang tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya.

Waktu dan Niat

Salat malam (sumber: iStockphoto)

Sebelum mengetahui tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya, kamu tentu perlu tahu terlebih dahulu waktu pelaksanaan dan niatnya.

Waktu shalat witir

Waktu shalat witir terbentang sejak setelah shalat Isya' hingga terbitnya fajar. Sehingga, melaksanakan shalat witir selain di waktu yang telah disebutkan, merupakan mubah hukumnya. Menurut hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengerjakan shalat witir pada pada akhir malam.

Niat Shalat Witir 3 Rakaat 1 Kali Salam

Berikut ini bacaan niat shalat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam. 

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatain (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.

Artinya :

"Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa".

Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat dan Bacaannya

Tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan shalat biasa. Perbedaannya hanya pada pengucapan niat saja. Berikut tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya:

Membaca Niat

Tata cara shalat witir yang pertama adalah membaca niat yang dapat dilakukan baik dalam hati maupun secara lisan. Setelah membaca niat, lakukan takbiratul ikhram.

Takbiratul Ihram

Tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya selanjutnya adalah melaksanakan takbiratul ihram, setelah membaca niat. Takbiratul Ihram dilakukan setelah membaca niat yaitu dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga untuk laki-laki, dan sejajar dengan dada untuk perempuan, sambil membaca:

"Allaahu akbar"

Kemudian kedua tangan disedekapkan pada dada dan membaca do'a iftitah:

"Kabiiraa wal hamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahi bukrataw waashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahirabbil 'aalamiin. Laa syariika lahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin."

Membaca Al-Fatihah

Tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah. Berikut adalah bacaan do'anya:

"Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maalikiyaumiddiin. Iyyaaka na'budu waiyyaaka nasta'iinu. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an'amta 'alaihim ghairil maghdhuubi 'alaihim waladhdhaalliin. Aamiin."

Membaca Suratan Pendek

Jika melakukan tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya disunnahkan membaca surat Al A'la pada rakaat pertama dan surat Al Kafirun pada rakaat kedua. Sedangkan pada rakaat ketiga membaca 3 surat yaitu Al Ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Nas.

Ruku'

Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, tata cara shalat witir selanjutnya adalah ruku'. Bacaannya adalah:

"Subhaana rabbiyal 'adziimi wa bihamdih". (3x)

 

Tata Cara Shalat Witir 3 Rakaat Selanjutnya

I'tidal

Setelah ruku', kemudian bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca:

"Sami'allaahu liman hamidah."

Bacaan saat I'tidal:

"Rabbanaa lakal hamdu mil'us samaawati wa mil 'ulardhi wa mil 'umaasyi'ta min syai'in ba'du."

Sujud

Tata cara shalat witir setelah I'tidal adalah melakukan sujud. Saat sujud, bacalah tasbih sebanyak tiga kali:

"Subhaana rabbiyal a'laa wa bihamdih." (3x)

Duduk di antara dua sujud

Setelah sujud, lakukan duduk di antara dua Sujud dan membaca:

"Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii."

Selanjutnya, setelah melakukan sujud lanjutkan dengan rakaat kedua hingga ketiga seperti urutan yang dijelaskan di atas. Pada rakaat ketiga, lakukan lah tahiyat akhir seperti yang akan dijelaskan selanjutnya.

Tahiyat Akhir

Bacaan doa tahiyat akhir adalah sebagai berikut:

"attahiyaatul mubaarakaatush shalawaa-tuth thayy1baatu lillaah. assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. assalaamualainaa wa'alaa `ibaadillaahish shaalihhn. asy-hadu al laa ilaaha illallaah, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullaah. allaahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad. wa alaa aali sayyidinaa muhammad. kama shallaita 'alaa sayyidinaaibraahiim. wa'alaa aali sayyidinaa ibraahiim wabaarik-'alaa sayyidinaa muhammad wa-'alaa aali sayyidinaa muhammad. kamaa baarakta alaa sayyidinaa ibraahiim. wa 'alaa aali sayyidinaa ibraahiim fil'aala miina innaka hamiidum majiid."

Salam

Selesai Tahiyatul Akhir, lakukan salam dengan menengok ke kanan dan ke kiri bergantian sambil membaca:

"Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh."

Doa Shalat Witir

Doa Shalat Witir. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setelah melaksanakan tata cara shalat witir 3 rakaat dan bacaannya, disunnahkan membaca dzikir berikut sebanyak tiga kali:

Subhaanal malikil quddus

Setelah membaca dzikir, berikut adalah doa setelah shalat witir yang dapat diamalkan.

Allohumma inni a'udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu'aafaatika min 'uqubatik, wa a'udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an 'alaik, anta kamaa atsnaita 'ala nafsik

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaanMu dari kemarahanMu, dan dengan keselamatanMu dari hukumanMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksaMu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diriMu sendiri.

Keutamaan Shalat Witir

Ilustrasi salat | Via: mychaya.com

Sangat Ditekankan Rasulullah

"Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menambahkan satu sholat kepada kalian, maka lakukanlah sholat tersebut di antara sholat Isya dan sholat Subuh, yaitu sholat witir, sholat witir". (HR. Ahmad; shahih) 

Diwasiatkan Dikerjakan Setiap Hari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu beliau berkata: "Kekasihku (Muhammad) shallallahu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur". (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah Mencintai Witir dan Merupakan Amalan Ahli Al-Qur'an

"Wahai ahli Al Quran, lakukanlah sholat witir. Karena sesungghnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir." (HR. An Nasa'i dan Ibnu Majah; shahih) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terkuak, Kelemahan Dasar Pemain Sepak Bola Indonesia

Posted: 19 Dec 2019 08:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pelatih asal Jerman, Timo Scheunemann ungkap kelemahan dasar pemain sepak bola Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Lucu Driver Ojek Online Dapat Penumpang Curhat Galau Percintaan

Posted: 19 Dec 2019 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat naik ojek online, tak jarang pengemudi mengajak penumpang berbicara. Ini dilakukan untuk membuat kesan ramah dan agar penumpang mau memberikan mereka rating yang bagus.

Menariknya, ada kalanya justru penumpang yang curhat ke pengemudi. Terlebih bila penumpang memiliki masalah cinta, maka driver ojek online pun bisa menjadi sasaran curhat mereka.

Artikel tentang gaya nyeleneh anjing saat tidur pulas menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang arti dari singkatan yang sering digunakan sehari-hari.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang kelakuan kocak orang perbaikin barang setengah mati. 

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bikin Bingung Driver Ojek Online, 6 Momen Dapat Penumpang Galau

Doc: Instagram.com

Tak jarang, penumpang yang naik ojek online akan curhat masalah percintaan mereka kepada pengemudi. Tak percaya, berikut beberapa contohnya.

Selengkapnya...

2. 7 Momen Orang Mencoba Terlihat Keren dengan Fashion tapi Berlebihan

Doc: Brightside.me

Orang-orang di kumpulan foto berikut ini mencoba terlihat trendi dengan segala cara. Sayang, mereka tak memakai sense of fashion. Alhasil, beberapa hasilnya aneh dan membuat gelak tawa.

Selengkapnya...

3. Stop Lapisi Dudukan Kloset dengan Tisu, Ini Alasannya

(brightside.me)

Beberapa individu bahkan sangat menjaga kebersihan dirinya saat masuk ke dalam toilet umum. Biasanya publik, khususnya para perempuan terbiasa menempatkan sehelai tisu gulung--yang disediakan di toilet umum-- untuk melapisi dudukan kloset.

Hal tersebut dimaksudkan agar mencegah mikroba masuk ke kulit. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melapisi dudukan toilet dengan tisu tidak menjamin melindungimu dari bakteri.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Jabar Usulkan Tiga Solusi Perkuat Pelayanan Publik dan Pemerataan Pembangunan

Posted: 19 Dec 2019 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan tiga solusi guna meningkatkan pelayanan publik dan pemerataan pembangunan di Jabar manakala menerima kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (19/12/19).

Solusi pertama adalah pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Dengan penduduk nyaris 50 juta jiwa, kata Emil –sapaan Ridwan Kamil, 27 pemerintah daerah kabupaten/kota tidak dapat memberikan pelayanan publik secara optimal.

Emil pun mencontohkan Kab. Bogor yang berpenduduk sekira 5-6 juta, tapi hanya dipimpin oleh satu Bupati. Sedangkan, salah satu provinsi di Indonesia yang berpenduduk kurang dari 5 juta jiwa dipimpin oleh satu gubernur dan 17 pemerintah daerah kabupaten/kota.

"Yang sudah siap (DOB) sudah banyak, kalau pakai rasio di Jawa Timur harusnya di Jawa Barat itu 40 daerah. Saya dengar dari pusat, (DOB) banyak yang gagal. Tapi, saya bilang definisi yang kurang berhasil itu di luar Jawa karena SDM (Sumber Daya Manusia), dan lain-lain. Tapi, di Jawa Barat ini secara SDM sangat siap," kata Emil.

"Kami buktikan (Kab.) Banjar dan (Kab.) Pangandaran. Ini adalah DOB baru yang selalu mendapat penghargaan. (Itu) menandakan dua DOB kami yang namanya Pangandaran dan Banjar adalah wajah keberhasilan dari pemekaran wilayah. Bahkan, Pangandaran saya laporkan tingkat penganggurannya terendah seluruh Jawa Barat."

"Sehingga opsi satu, kami mohon agar ada perjuangan politik agar rakyat kita bisa kita layani lebih cepat," tambahnya.

Apabila pemekaran tingkat dua tidak dapat dilakukan, pemekaran desa dapat menjadi solusi selanjutnya. Emil pun meminta desa-desa di Jabar yang wilayahnya luas dan penduduknya banyak agar dapat dimekarkan.

"Jika daerah tingkat duanya tidak bisa, mohon desa-desa kami juga karena jaraknya besar-besar, penduduknya banyak, bisa dimekarkan, sehingga kesejahteraan dan pelayanan bisa lebih dekat," ucapnya.

Solusi yang terakhir adalah keadilan fiskal. Hal itu berkaitan dengan kebijakan anggaran pemerintah pusat, yang mana besaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk daerah ditentukan oleh jumlah daerah, bukan jumlah penduduk.

"Jadi, penduduk kami lebih banyak tapi dukungan dari pusat kita bisa gapnya Rp 15 triliun lebih sedikit. Jadi, satu orang di Jawa Timur itu dibiaya Rp 1 juta per kapita per orang oleh pusat, warga Jawa Barat hanya Rp 600 ribu," kata Emil.

"Kalau memang tidak bisa DOB dimekarkan, tolong buatlah sebuah keadilan politik keuangan di mana berbanding lurusnya jangan dengan jumlah daerah, tapi dengan jumlah penduduk."

"Jadi, saya kira tiga harapan itu bisa membawa perubahan signifikan terhadap Jawa Barat," imbuhnya.

Komisi II DPR RI yang diketuai Saan Mustofa akan menyampaikan usulan DOB Jabar ke pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Nanti kita akan sampaikan, karena banyak sekali (usulan DOB). Komisi II hampir tiap hari menerima aspirasi terhadap DOB. Tapi kebanyakan dari timur, dari Jawa Barat sendiri belum pernah ada yang datang terkait dengan DOB," kata Saan.

Saan pun mengatakan, pihaknya akan berdikusi dengan Kemendagri untuk membuka moratorium. Selain itu, dia bakal mendorong supaya DOB dapat direalisasikan.

"Kami akan mendiskusikan dengan Kemendagri untuk membuka moratorium, tapi moratorium yang terbatas. Dibukanya terbatas untuk daerah-daerah yang sangat penting dan memang objektifnya sangat membutuhkan DOB," ucapnya.

"Kalau moratoriumnya disepakati untuk dibuka kembali, baru kita akan bicara masuk dari Jawa Barat itu kira-kira dari yang dimasukan mana dulu yang diprioritaskan untuk dilakukan DOB."

"Tapi kita dari Komisi II nanti akan berusaha mendorong semaksimal mungkin agar DOB ini bisa diwujudkan," kata Saan mengakhiri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DKPP Harjono Jadi Dewan Pengawas KPK

Posted: 19 Dec 2019 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atah Jokowi akan melantik lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (20/12/2019). Salah satu nama yang dikabarkan akan mengisi posisi tersebut adalah Ketua Dewan Kehormatan Pelaksanaan Pemilu Harjono.

Harjono sendiri telah membenarkan hal tersebut. Dia mengaku telah dihubungi oleh pihak Istana untuk dilantik sebagai Dewan Pengawas KPK.

"Iya benar saya sudah dihubungi," ucap Harjono saat dikonfirmasi, Jumat (20/12/2019.

Selain Harjono, sejumlah nama santer dikabarkan mengisi posisi itu. Ada nama mantan Ketua KPK jilid I, Taufiequrachman Ruki, hakim Albertina Ho dan mantan hakim agung Artidjo Alkostar, hingga mantan Ketua MK Hamdan Zoelva.

Namun, belum ada kepastian apakah nama-nama Dewan Pengawas KPK itu juga akan dilantik pada Jumat siang ini. Saat ditanya ke Harjono, dia mengaku tak mengetahuinya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atalia Imbau Ibu Hamil untuk Aktif Periksa Kesehatan Demi Mencegah Stunting

Posted: 19 Dec 2019 08:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Ridwan Kamil meminta kepada para ibu hamil untuk menjaga kesehatan dengan aktif memeriksakan kandungannya ke Puskesmas, Posyandu, maupun dokter.

Imbauan itu termasuk dalam upaya TP PKK Provinsi Jabar yang bergerak dari hulu ke hilir untuk menekan angka stunting atau masalah gizi pada anak di provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini.

"Banyak sekali capaian-capaian Kota Bandung yang patut kita banggakan. Namun hari ini saya juga agak dikagetkan dengan data bahwa ada kasus kurang gizi dan penderita stunting di kota besar seperti ini," ucap Atalia usai melakukan Siaran Keliling (Sarling) dengan kunjungan ke rumah salah satu balita penderita stunting di Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Kamis (19/12/19).

Atalia menambahkan, angka stunting juga bisa ditekan dengan dukungan dan komitmen dari seluruh pihak terkait. "Dan harapan kami mudah-mudahan tidak ada kasus baru setelah ini, jadi kita akan pantau mulai dari Puskesmas termasuk Posyandu supaya ibu hamil betul-betul didorong terkait dengan pola asuh, pola makan, termasuk sanitasinya," ujarnya.

Untuk diketahui, stunting adalah kondisi gizi kronis pada balita yang disebabkan karena kurang asupan gizi sejak dalam kandungan sampai usia dua tahun atau 1000 hari pertama kehidupan. Bila balita telah menginjak usia lebih dari dua tahun, maka upaya penanganan akan lebih sulit dilakukan.

Untuk itu, Atalia mengajak para orang tua khususnya ibu untuk rutin memantau tumbuh kembang balitanya dengan memeriksakan ke posyandu sehingga stunting diketahui lebih awal dan segera dilakukan penanganan penghentiannya.

Dalam agenda Sarling kali ini, Atalia juga lebih dulu mengunjungi Posyandu Mawar RW 09 Kelurahan Merdeka. Menurutnya, Posyandu tersebut dapat menjadi percontohan bagi posyandu-posyandu lainnya karena selain tertata dengan baik, para kadernya pun masih dalam usia produktif sehingga dapat memaksimalkan kinerja kader.

"Mereka juga mengembangkan TOGA (Tanaman Obat Keluarga), jadi ada kelompok ibu-ibu pencinta TOGA, termasuk juga punya tempat pengembangbiakan ikan. Jadi ini bisa jadi percontohan bagi posyandu-posyandu lainnya," puji Atalia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jabar Dedi Supandi turut mengapresiasi Posyandu Mawar karena telah mendukung program pemerintah baik Provinsi Jabar maupun Kota Bandung dalam upaya meningkatkan taraf kesehatan dan kesejahteraan warga masyarakat dengan memberikan salah satu pelayanan kesehatan terbaik.

Selain itu, Dedi juga memuji inovasi yang telah dibuat oleh Posyandu Mawar, yaitu POMAGA (Kelompok Ema Toga RW Salapan), di mana setiap rumah diwajibkan memiliki dan menanam lima jenis TOGA. Juga adanya pembentukan Kawasan SEBENTAR KOK (Sehat Bersih Tanpa Asap Rokok).

"Terima kasih atas inovasinya. Ini inovasi yang luar biasa dan perlu dicontoh oleh kawasan lain. Perlu kami sampaikan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan terus berkiprah untuk meningkatkan kinerja Posyandu baik itu revitasisasi peran posyandu maupuan revitasiasi pokjanal posyandu ," kata Dedi.

"Ini menjadi penyemangat bagi kita semua, karena baru kita kunjungi dan lihat langsung sekarang kalau di lingkungan TNI pun Posyandu berkiprah dengan sangat baik," tutupnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pertanda Fuel Pump Motor Injeksi Perlu Dicek

Posted: 19 Dec 2019 08:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fuel pump yang mulai lemah bisa menyebabkan pembakaran tidak optimal pada sepeda motor injeksi. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap performa berkendara.

Fuel pump sendiri memang punya fungsi vital untuk sepeda motor injeksi. Distribusi bahan bakar ke injektor menjadi tanggung jawabnya.

Maka itu, para pemilik sepeda motor injeksi perlu memahami tanda-tanda fuel pump melemah, sebelum kendaraan mati total. Berikut tiga tanda fuel pump melemah menurut Wahana Honda:

1. Lampu Indikator Berkedip

Tanda paling mudah dipahami yakni kedipan pada check engine lamp. Jika lampu indikator tersebut berkedip, sudah bisa dipastikan ada masalah pada sepeda motor.

Jika itu terjadi, segera bawa sepeda motor injeksi ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan. Biasanya bengkel akan melakukan pemeriksaan menggunakan full pressure gauge untuk mendeteksi masalah tersebut.

Jika ternyata rusak, maka harus diganti. Sayangnya jika mengganti fuel pump harus satu paket dengan beberapa komponen lain seharga Rp 800 ribuan.

 

2. Motor Susah Menyala

Pemilik sepeda motor injeksi juga perlu curiga saat kendaraan susah dinyalakan. Sebab, bisa jadi biang kerok masalahnya ada pada fuel pump.

Dalam kondisi normal, sepeda motor injeksi akan langsung nyala ketika electric starter ditekan. Tapi jika harus menekan electric starter berkali-kali tapi motor tetap tidak menyala, segeralah ke bengkel.

3. Suara Dengungan Pelan

Saat posisi kunci motor ON, sepeda motor injeksi akan berdengung. Suara dengungan itu berasal dari fuel pump yang memompa bensin secara otomatis.

Jika suara dengungan tersebut pelan, bisa jadi fuel pump sepeda motor injeksi sedang tidak beres. Hal itu harus segera ditangani, atau jika tidak masalah sepeda motor injeksi akan merembet ke mana-mana. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan soal Serapan Anggaran DKI Tak Tembus 80 Persen

Posted: 19 Dec 2019 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyerapan anggaran Provinsi DKI Jakarta pada 2019 belum menembus 80 persen. Padahal, target penyerapan untuk tahun ini sebesar 85 persen dari nilai anggaran Rp 86,89 triliun.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penyerapan anggaran belum maksimal karena memang penerimaan pemprov pada tahun ini, menurun.

"Kita mengalami penurunan pemasukan," kata Anies usai mengunjungi Gudang Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (20/12/2019).

Anies menyakini penyerapan anggaran akan terus dilakukan. Setidaknya, lanjut dia, Pemprov DKI menyerap 84 persen anggaran jelang tutup tahun 2019.

"Target serapannya insyaallah akan tercapai. Enggak (85 persen), 84. Di atas 82, yang penting mungkin 83-84 persen," ujar Anies.

Senada dengan Anies Baswedan, Sekretaris Daerah Saefullah mengatakan angka valid terkait nilai penyerapan anggaran akan terlihat pada akhir Desember, tepatnya pukul 19.00 WIB.

 

74 Persen

Meski belum menembus persentase 80 persen, Saefullah yakin pihaknya mampu menyerap anggaran secara optimal.

"Kami bisa bayar kok. Saya rasa. Lebih baiklah. Pokoknya selalu lebih baik dari tahun lalu," kata Saefullah, Kamis sore.

Mengutip data dari https://publik.bapedadki.net/pb/Komposisi penyerapan anggaran DKI pukul 10.30 WIB Jumat (20/12/2019), masih di 74 persen. Penyerapan ini dengan rincian total belanja langsung dan tidak langsung sebesar Rp 58 triliun, dari alokasi daftar pengisian anggaran sebesar Rp 77,8 triliun.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berseluncur Seru di Atas Salju ICEFest 2019 yang Bikin Ketagihan

Posted: 19 Dec 2019 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apa rasanya bermain salju tapi di dalam ruangan yang bersuhu dingin seperti di kutub? Sensasi inilah yang ditawarkan di ICEFEST 2019 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, hingga 29 Desember 2019.

Memiliki luas sekitar 15 meter, area bermain salju ini memiliki tema 'Happy Snow Park'. Para pengunjung yang mayoritas adalah anak-anak akan merasakan sensasi bermain salju di desa. 

Fasilitas bermain dengan salju ala-ala itu dilengkapi dengan perosotan. Jadi, anak yang bermain akan menaiki ban karet, kemudian didorong untuk meluncur bebas di atas es halus menyerupai salju. 

"Asyik banget. Aku sudah dua kali naik seluncuran, mau naik lagi sih, cuma harus antre. Mungkin mau coba permainan salju lain," ujar Chaca, pengunjung berusia 9 tahun yang didampingi ibunya saat bermain.

Dia dan pengunjung anak lain pun berbaur, mencoba untuk membuat boneka salju versi mini. Ada juga pengunjung lain yang mencoba lempar-lemparan bola salju.

Di tengah area, ada mesin menyerupai blower standing. Setiap beberapa menit dia akan mengeluarkan serbuk es halus, sehingga membuatnya seperti hujan salju. 

Maka tak heran, di dalam arena Happy Snow Park ini, suhu udaranya sangat dingin atau sekitar 10 derajat Celcius. Anak-anak yang bermain salju sampai mengenakan jaket atau busana khas musim dingin, lengkap dengan sepatu bot dan sarung tangan.

Namun, bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan winter, tidak perlu khawatir. Sebab, penyedia wahana memfasilitasi kaus kaki, sarung tangan, dan sepatu bot untuk bermain.

 

 

Biaya Masuk

Anak-anak bermain salju di ICEFest 2019 yang berlangsung di ICE BSD hingga 29 Desember 2019. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Wahana bermain dengan salju itu dihadirkan untuk menegaskan kesan winter village yang menjadi tema utama ICEFest 2019. Ada biaya tambahan yang dikenakan di luar biaya masuk ke arena festival.

Biaya masuknya dibandrol Rp 90 ribu termasuk pendamping, atau Rp 70 ribu tanpa pendamping, dengan waktu bermain selama 30 menit. Sementara, sarung tangan dan kaus kaki bisa dibeli dengan harga Rp10 ribu per pasang. 

Presiden Direktur PT Indonesia International Expo Ryan Adrian, wahana salju ini sengaja dihadirkan sebagai upaya menghadirkan sensasi musim dingin di Eropa atau negara bersalju lainnya.

"ICEFest hadir mengangkat kisah persahabatan ILO dan Aiden di Desa Happy Village yang diharap dapat memberikan edukasi yang dikemas dengan hiburan kepada anak-anak," katanya. 

Sementara, untuk tiket masuk atau pasportnya, dikenakan Rp 50 ribu per pengunjung. Bila pengunjung adalah nasabah BCA, akan ada potongan harga lagi untuk menikmati semua wahana di area Ice Fest tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaleidoskop Global 2019: Jangkrik Hitam di Makkah hingga Budak Seks Jepang

Posted: 19 Dec 2019 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang 2019 banyak peristiwa menarik yang terjadi di dunia. Untuk mempermudah pembaca, Liputan6.com merangkumnya dalam Kaleidoskop 2019.

Sejumlah peristiwa sempat menjadi sorotan warga dunia. Salah satu berita yang sempat menarik lebih dari 1 juta pembaca datang dari berita di bulan Mei. Berita itu mengenai lima tempat terlarang yang harus Anda buang jauh-jauh dari daftar destinasi wisata, salah satunya The Red Zone, Prancis.

Mundur ke bulan April, artikel sains yang membahas tentang anggota tubuh sempat menarik perhatian masyarakat Global di tahun 2019. Selama ini orang yang berkacamata dianggap sangat pintar. Mereka yang berkacamata dinilai punya tingkat kecerdasan lebih. Padahal menurut sebuah penelitian dari University of Edinburgh, tak hanya orang berkacamata yang menggambarkan kecerdasan.

Berita menarik lainnya juga datang dari kabar mengenai ucapan bos taksi di Malaysia yang menolak kehadiran Gojek dengan menyebut Indonesia sebagai negara miskin yang kini tengah jadi sorotan. Berita ini dibaca lebih dari 1,2 juta pembaca pada bulan Agustus.

Lalu berita menarik lainnya mengenai kabar dari pemeran tayangan telenovela yang banyak diminati di Indonesia pada era 1990-an dan awal 2000-an. Banyak sinetron dari Meksiko, Kolombia, atau Venezuela yang menghiasi layar kaca tanah air. Cerita telenovela yang penuh drama dan para pemerannya yang cantik serta ganteng membuat pemirsa jatuh hati.

Dalam artikel kaleidoskop berikut, kanal Global Liputan6.com mengajak para pembaca untuk menengok kembali beberapa peristiwa signifikan yang terjadi sepanjang tahun 2019, di bawah ini:

Januari

Ilustrasi jangkrik hitam dari famili Gryllidae atau true crickets (Wikimedia / Creative Commons)

Segerombolan jangkrik hitam mengerubungi Makkah dan Masjidil Haram, memicu wabah hama di seluruh kota dan membuat warga bingung dengan fenomena tersebut.

Foto dan video jangkrik dari famili true crickets (Gryllidae) yang tampak bertebaran berkat badai yang melanda kota itu, beredar di media sosial pada awal pekan ini. Beberapa gambar dan video menunjukkan ribuan serangga di sekolah, rumah dan Masjidil Haram, demikian seperti dikutip dari The National, Jumat (11/1/2019).

Simak selengkapnya...

Februari

Ilustrasi golongan darah. (US Navy/Public Domain)

Kabar dirawatnya mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono di Rumah Sakit National Unniversity Singapura tengah menjadi sorotan, termasuk soal kanker darah yang diidapnya. 

Istri dari Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono itu berobat di Negeri Singa sejak 2 Februari 2019, dan masih harus menjalani berbagai perawatan kesehatan hingga sekarang.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan kanker darah.

Berikut ulasannya…

Maret

Ilustrasi Gempa Bumi. (iStockphoto)

Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang Peru bagian selatan, 67 kilometer bagian utara-barat laut Juliaca pada kedalaman 258 kilometer. Hal itu dilaporkan oleh Badan Geologi Amerika Serikat, United States Geological Survey (USGS).

Gempa itu terekam pada pukul 04.50 waktu setempat, dan dapat dirasakan hingga di negara tetangga. Sejumlah negara yang dimaksud adalah Brasil, Chile, dan Bolivia, sebagaimana dikutip dari laman Express.co.uk pada Jumat (1/3/2019).

Baca selengkapnya…

April

Seorang Gadis di Bali Memiliki Mata Biru yang Indah. (Sumber Foto: instagram @adi_py)

Selama ini orang yang berkacamata dianggap sangat pintar. Ini adalah stereotip yang berkembang di masyarakat.

Mereka yang berkacamata dinilai punya tingkat kecerdasan lebih dibandingkan mereka yang tidak menggunakan. Hal tersebut terjadi karena mereka dinilai sering membaca.

Menurut sebuah penelitian dari University of Edinburgh, mungkin ada beberapa yang benar soal ini.

Namun, para peneliti d universitas itu juga menemukan bahwa anggota dan kondisi tubuh seseorang juga mampu menggambarkan tingkat kecerdasaan.

Selengkapnya di sini...

Mei

The Red Zone di Prancis. (Wikimedia Commons)

Banyak orang terbiasa berwisata untuk menghilangkan penat, atau sekedar untuk mengisi waktu luang. Tempat tujuan wisata dapat bermacam-macam, mulai dari pantai, pegunungan, maupun objek wisata buatan.

Beberapa di antara mereka sering memilih untuk mengadakan turisme ke luar negeri. Misalnya berwisata ke negeri empat musim saat semi, atau merasakan salju di musim dingin. Sejumlah pelancong juga ingin mengunjungi tempat-tempat tidak biasa namun indah. Misalnya, berwisata di daerah gurun dengan menunggang unta, atau menikmati pemandangan Sphinx di Negeri Piramida.

Melansir situs List Verse pada Selasa (14/5/2019), berikut lima tempat terlarang yang harus Anda buang jauh-jauh dari daftar destinasi wisata.

Simak selengkapnya…

Juni

Ilustrasi Gempa Bumi. (iStockphoto)

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter dilaporkan menghantam Selandia Baru, tepatnya di wilayah perairan dekat Pulau Kermadec di utara negara itu.

Gempa yang menghantam kawasan konservasi tersebut sempat mendapat peringatan tsunami, meski kemudian dinyatakan aman beberapa saat setelahnya.

Dikutip dari The Straits Times pada Minggu (16/6/2019), gempa terjadi pada pukul 10.55 pagi waktu setempat.

Berikut ulasannya… 

Juli

Jika biasanya wajah Sia selalu tertutup wig, kali ini ia memperlihatkan wajah aslinya. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Awalnya beberapa selebritas ini menyembunyikan wajahnya. Baik itu dalam kegiatan sehari-hari maupun di atas panggung saat bernyanyi dan bermain musik. Itu semua mereka lakukan dengan berbagai alasan.

Salah satunya untuk menyemangati diri sendiri sehingga terus rajin berkarya. Dengan pilihan ini, tentu banyak penggemar yang penasaran dengan wajah asli mereka.

Namun, lambat laun identitas dan wajah para selebritas ditunjukkan. Bahkan ada yang bertahun-tahun baru menunjukkan wajahnya ke publik.

Baca selengkapnya…

Agustus

ilustrasi Malaysia. (AFP)

Ucapan bos taksi di Malaysia yang menolak kehadiran Gojek dengan menyebut Indonesia sebagai negara miskin kini tengah jadi sorotan.

Dalam video viral yang membuat gelombang kemarahan orang Indonesia, Pendiri Big Blue Taxi Datuk Shamsubahrin Ismail menyatakan Malaysia adalah negara yang kaya, di mana para pemuda tidak miskin seperti rekan-rekan mereka di Indonesia.

Shamsubahrin juga mengatakan, Gojek bisa berkembang di Indonesia karena jalan rayanya yang terlalu sempit untuk kendaraan.

Selengkapnya di sini…

September

Emoji. (sumber: emojipedia)

Di era modern ini, layanan berkirim pesan sudah tak lagi memanfaatkan surat atau, dalam kasus yang amat kuno, burung merpati. Terlebih sejak hadirnya ponsel pintar. Salah satu aplikasi berkirim pesan yang diunduh banyak penduduk dunia adalah WhatsApp.

Fitur yang disediakan oleh anak perusahaan Facebook ini memungkinkan kita untuk berkirim pesan lintas platform tanpa dikenakan biaya reguler seperti SMS, karena pemakai WhatsApp hanya membutuhkan paket data internet atau jaringan Wi-Fi untuk berkirim teks, foto, video, dokumen, kontak, lokasi, hingga pesan suara.

Kenali arti dari 9 emoji WhatsApp berikut agar obrolan kita lebih bermanfaat dan kita bisa memahami lawan bicara kita dengan benar, seperti dikutip dari Bright Side, Sabtu (28/9/2019).

Simak selengkapnya di sini…  

Oktober

Bintang-bintang lawas telenova. (Instagram/Televisa/Pinterest)

Tayangan telenovela berjaya di Indonesia pada era 1990-an dan awal 2000-an. Banyak sinetron dari Meksiko, Kolombia, atau Venezuela yang menghiasi layar kaca tanah air.

Cerita telenovela yang penuh drama dan para pemerannya yang cantik serta ganteng membuat pemirsa jatuh hati. Misalnya Marimar, Betty La Fea, dan Carita de Angel.

Lalu, bagaimana kabar para bintangnya saat ini? Seperti apa penampilan aktris telenovela idola seperti Maria Mercedes dan Esmeralda?

Berikut ulasannya…

November

ilustrasi bumi. (NASA)

Anda mungkin merasa sudah mengetahui segala hal saat ini. Buku, internet dan laman berita menjadi sumber informasi yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.

Namun, jangan mengaku kalau Anda sudah tahu segalanya jika belum mengetahui beberapa fakta unik di bawah ini.

Dilansir dari sebuah akun Instagram @factourism melalui Brightside, Sabtu (2/11/2019), berikut adalah fakta-fakta unik nan receh --mungkin bagi sebagian orang-- yang ternyata terjadi di tengah-tengah kita:

Baca selengkapnya di sini…

Desember

Bukti Perdana Video 'Budak Seks' Jepang di Korea Ditemukan. (US NATIONAL ARCHIVES/BBC)

Tentara Kekaisaran Jepang era Perang Dunia ke-2 terungkap pernah meminta pemerintahnya menyediakan budak seks (jugun ianfu). 

Fakta ini terkuak oleh kantor berita Kyodo di Jepang setelah memeriksa dokumen-dokumen zaman perang. Hal ini memperkuat dugaan bahwa fenomena budak seks memang diketahui pemerintah Jepang.

Masalah budak seks telah menjadi sumber perselisihan yang menyakitkan antara Korea Selatan dan Jepang. Para wanita itu tak hanya dari Korea, tapi juga Taiwan dan Australia, Filipina serta Jepang.

Pada 1993, Sekretaris Kabinet yang saat itu menjabat, Yohei Kono, juru bicara pemerintah, meminta maaf atas sistem 'wanita penghibur' dan mengakui keterlibatan militer Jepang dalam mengambil perempuan di luar kehendak mereka.

Selengkapnya di sini…

 

Reporter: Jihan Fairuzzia dan Deslita Krissanta Sibuea

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Kemendagri, PPATK Bahas Rekening Kasino Kepala Daerah?

Posted: 19 Dec 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin mendatangi Kementerian Dalam Negeri untuk audiensi dengan Mendagri Tito Karnavian.

"Ada banyak hal ingin kami selesaikan dengan kemendagri," kata Badaruddin di Gedung Kemendagri, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Saat ditanya kedatangannya apakah terkait kepala daerah yang diduga menaruh uangnya di rekening kasino luar negeri, Badaruddin enggan menjelaskan detail. "Belum, belum, nanti," ucapnya.

Adapun pertemuan kali ini adalah pertemuan pertama antara PPATK dengan Kemendagri usai temuan rekening kasino menghebohkan publik.

 

Laporkan ke Penegak Hukum

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin mendatangi Kementerian Dalam Negeri untuk audiensi dengan Mendagri Tito Karnavian.

"Kenapa PPATK tidak panggil saja orang yang bersangkutan? Minta penjelasan, kalau perlu laporkan ke penegak hukum yang lain yang bisa memanggil kalau PPATK tidak bisa memanggil. Daripada dipublikasikan membuat kegaduhan dan kecurigaan satu sama lain. Kan akan lebih bijaksana kalau seperti itu," kata Jazilul di kompleks Parlemen Senayan, Selasa (17/12/2019).

Politisi PKB itu membandingkan temuan rekening kasino kepala daerah dengan temuan terkait narkoba namun tak ada keberlanjutan. Ia menilai lebih baik PPATK melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum daripada membuat efek kejut.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Pastikan Jabar Kondusif Jelang Natal dan Tahun Baru

Posted: 19 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan, perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Tanah Pasundan akan berlangsung aman dan nyaman. Sebab, kata Emil—sapaan Ridwan Kamil, kondusivitas dan keamanan di Jabar terjaga.

"Kalau dari laporan Pak Kapolda (Jabar) dan Pangdam (III/Siliwangi), Jawa Barat hari ini sangat kondusif," kata Emil usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 dalam Rangka Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (19/12/19).

"Silahkan warga untuk bersukacita dalam menyambut tahun baru dan kepada umat Kristiani silahkan mengambil kegiatan dengan aman, nyaman. Insyaallah, kepolisian dan TNI akan mengawal dengan cara elegan, dengan cara yang baik," tambahnya.

Selain itu, Emil meminta kepada semua pihak untuk ikut serta dan bekerja sama dalam menjaga kondusivitas. Pasalnya, kata dia, semua pihak memiliki tanggung jawab dalam menciptakan kondisi aman dan nyaman.

"Saya kira rasa aman dan nyaman ini bukan hanya tupoksi (tugas pokok dan fungsi)-nya TNI/Polri. Tapi, adalah tanggung jawab dari kita semua. Kalau tidak ada pemantik atau hal-hal buruk dari kelompok masyarakat, rasa aman, nyaman pasti akan selalu hadir," ucapnya.

"Jadi, saya imbau tolong jaga sama-sama, semua orang juga ingin beribadah seperti halnya kita juga ingin beribadah di waktu yang kita inginkan. Dan semuanya juga ingin kondusif, jadi jangan memulai sesuatu yang kurang baik. Harga dari kondusivitas ini mahal."

"Atas nama pemerintah provinsi (Jawa Barat) saya mengucapkan selamat kepada warga yang akan merayakan dan selamat bertugas kepada Kapolri dan TNI," kata Emil melanjutkan.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memastikan keamanan dan kondusivitas di Jabar selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Dia juga meminta kepada masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

"Saya pastikan, saya bersama Pangdam III/Siliwangi menjamin keamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kita menjamin itu pasti," kata Rudy.

"Diusahakan perayaan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya yang penting aman. Kalau memang tidak perlu konvoi kenapa harus konvoi? Tapi saya imbau kalau pun itu (konvoi) sampai terjadi, kita akan mengamankan semua," tambahnya.

Rudy menyatakan, pihaknya pun akan berupaya mengurai titik-titik kemacetan di Jabar. Salah satunya dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas, termasuk di daerah Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek).

"Pastinya dengan hari-hari yang lalu Japek-nya akan menolong dan membantu memperlancar (arus kendaraan). Tapi, kalau dengan jumlah (kendaraan) nanti, kalau menumpuk, itu pasti tetap macet. Titik tumpuknya akan di Jawa Barat, kita akan berusaha mengurai. Dan rekayasa lalu lintas sudah disiapkan semua," ucapnya.

Polda Jabar akan menerjunkan 18.330 personel dalam Operasi Lilin Lodaya 2019 yang berlangsung dari 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020. Sedangkan, TNI akan menurunkan 5.200 personel. Kemudian, instansi lain yang terkait akan melibatkan 4.029 personel.

Secara nasional, Operasi Lilin Lodaya 2019 melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan, terdiri dari 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait, seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, dan instansi lainnya.

Jumlah tersebut akan disebar di 1.792 titik pos pengamanan, 745 pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu di seluruh wilayah Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Dalam amanatnya, Kapolri menyatakan bahwa operasi kali ini mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

"Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," kata Budi membacakan amanat Kapolri.

"Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna untuk mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah," tambahnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeruji Besi Menanti Oknum Mahasiswa Pengedar Ratusan Pil Setan di Rembang

Posted: 19 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Rembang - Tim Satres Narkoba Polres Rembang meringkus dua orang pemuda warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Diketahui, keduanya tertangkap tangan saat mengedarkan ratusan narkoba jenis pil setan, atau yang biasa disebut pil Yolam.

Mereka adalah Susanto (22) warga Desa Plawangan RT 03 RW 01, Kecamatan Kragan, dan Ryantono (20) warga Desa Pandangan Wetan RT 06 RW 02, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang.

Wakapolres Rembang Kompol Tamlikhan menjelaskan, tersangka Ryantono saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa. Dari tangan tersangka didapat barang bukti pil setan sebanyak 200 butir siap edar.

Sementara dari tersangka Susanto didapat barang bukti pil setan, sebanyak 16 butir. Keduanya ditangkap di berbeda lokasi dan disebut tidak saling mengenal satu sama lain.

"Pertama ini Ryantono alias Sabar seorang mahasiswa ya asal Rembang, dan Susanto ini warga Rembang. BB sebanyak 216 butir pil berbahaya ini dengan simbol Y di tengahnya, masing-masing disimpan di 3 plastik. 2 plastik berisi 200 butir dari Ryantono, dan 1 plastik berisi 16 butir dari Susanto," kata Tamlikhan dalam jumpa pers di kompleks Balai Kartini Rembang, Kamis (19/12/19).

Keduanya ditengarai berperan sebagai pengedar dan menyasar kalangan anak muda bahkan pelajar di wilayah Rembang. Mereka mengakui mendapatkan barang haram tersebut dari wilayah Jawa Timur.

"Keduanya pengedar, mengedarkan kepada anak-anak muda bahkan sampai pelajar juga tidak menutup kemungkinan ini. Mereka mengaku dapat dari Jawa Timur, diedarkan di Rembang," jelasnya.

Kini kedua tersangka dan barang bukti telah diamankan di Mapolres Rembang guna penyidikan lebih lanjut. Keduanya dikenakan Pasal 197 subsider Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman 10 sampai 15 tahun penjara.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: