Jumat, 20 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Meski Hujan, Ini 5 Potret Risma Atur Lalu Lintas di Simpang Darmo Surabaya

Posted: 20 Dec 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Surabaya, Tri Rismahrini, memang kerap kali turun ke masyarakat untuk melihat situasi yang ada di kota yang ia pimpin. Risma memang sosok pemimpin yang kerap kali disorot oleh publik. Bahkan dirinya telah menjadi idola masyarakat tak hanya di Surabaya.

Baru-baru ini Risma kembali melakukan aksinya turun ke jalan. Hal ini diawali ketika dirinya melihat situasi macet parah di Simpang Darmo depan KBS pada Senin (16/12/2019) lalu. Melihat volume kendaraan semakin meningkat di jam pulang kerja, Risma turut mengatur lalu lintas.

Sesekali Risma berteriak ke arah pengendara mobil yang berjalan lambat sehingga semakin menghambat jalur kendaraan lain. Risma juga berdialog dengan Dinas Perhubungan dan linmas yang bertugas sembari duduk di kursi roda.

Momen Risma turun ke jalan ini pun dibagikan lewat Instagram Dinas Perhubungan Surabaya. Bahkan meski hujan mengguyur dan semakin malam, Risma masih memantau arus lalu lintas.

Ditanggapi beragam opini netizen yan gbangga, berikut ini 5 potret aksi Risma di Simpang Darmo, Surabaya turut atur lalu lintas yang mecet, dirangkum oleh Liputan6.com, Sabtu (21/12/2019) dari Instagram @dishubsurabaya.

1. Inilah aksi Wali Kota Surabaya, tri Rismaharini saat berada di Simpang Darmo.

Simpang Darmo di Surabaya macet total, Risma ikut atur lalu lintas meski hujan. (Sumber: Instagram/@dishubsurabaya)

2. Dirinya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan serta petugas lalu lintas untuk mengatur kemacetan parah.

Simpang Darmo di Surabaya macet total, Risma ikut atur lalu lintas meski hujan. (Sumber: Instagram/@dishubsurabaya)

3. Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitiya Prajatara pun membenarkan jika Risma ikut atur kendaraan di Simpang Darmo.

Simpang Darmo di Surabaya macet total, Risma ikut atur lalu lintas meski hujan. (Sumber: Instagram/@dishubsurabaya)

4. Meski dibantu dengan kursi roda, Risma terus memantau arus lalu lintas.

Simpang Darmo di Surabaya macet total, Risma ikut atur lalu lintas meski hujan. (Sumber: Instagram/@dishubsurabaya)

5. Semakin malam dan turun hujan, Risma masih berada di Simpang Darmo untuk mengawasi kemacetan.

Simpang Darmo di Surabaya macet total, Risma ikut atur lalu lintas meski hujan. (Sumber: Instagram/@dishubsurabaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses di Wushu SEA Games 2019, Edgar Xavier Dapat Tambahan Bonus Rp 150 Juta

Posted: 20 Dec 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartanto membagikan bonus untuk atlet wushu dan ofisial yang membantu Indonesia raih medali di SEA Games 2019, Sabtu (21/12/2019). Edgar Xavier Marvelo yang meraih dua emas pada nomor perorangan dan beregu meraih bonus 150 juta.

 Edgar Xavier  merebut emas di nomor daoshu gunshu diganjar bonus Rp 100 juta. Peraih emas Wushu nomor beregu  duilian atas nama Edgar Xavier Marvelo, Haris Horatius, dan Seeaf Naro Siregar diguyur Rp 50 juta per orang dari PB WI.

Kemudian, peraih perak diberikan penghargaan Rp 50 juta. Penerima bonus medali perak antara lain Ade Permana (sanda 48 kg), Pratama Laksamana Pandu (sanda 52 kg), Yusuf Widiyanto (sanda 56 kg), dan Haris Harotius (taolu nandao nangun dan taolu nanquan).

Sedangkan peraih medali perunggu mendapatkan masing-masing Rp 25 juta. Mereka yaitu  Abdul Haris Sofyan (sanda 65 kg) dan Rosalina Simanjuntak (sanda 48 kg) yang menjadi aktor peraih perunggu SEA Games 2019.

Selain atlet, pelatih dan manajer yang membantu persiapan di Wushu SEA Games 2019 juga mendapat bonus sebesar Rp 20 juta. Sebelumnya, atlet dan ofisial juga mendapatkan bonus dari pemerintah. Edgar Xavier misalnya meraih Rp 850 juta.

"Bonus tadi diberikan di luar dari apa yang diapresiasi pemerintah. Ini sebagai tali asih saja kepada atlet, pelatih, dan manajer," ujar Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartanto saat membuka Wufest Taolu Championship 2019, Sabtu (20/12/2019)

 

 

 

Jadi Teladan

Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier, beraksi pada SEA Games 2019 (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Menpora Zainuddin Amali pada kesempatan itu memuji perjuangan seluruh atlet khususnya Edgar Xavier. Maklum, Edgar saat itu harus berjuang keras di saat sang ayah meninggal dunia sebelum bertanding.

"Edgar akan kita jadikan model dan contoh. Dia jadi inspirasi buat kita semua," katanya.

Dia juga berharap Wushu bisa masuk ke Olimpiade. 

"Mudah-mudahan Wushu dipertandingkan di Olimpiade karena sudah sesuai arahan Presiden Jokowi. Kami harus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Saya minta PB WI mepersiapkan atletnya sebaik mungkin," ujarnya.

Menpora dan Ketum PB WI membuka langsung kejuaraan wushu kelompok umur bertajuk Wufest Taolu Championship 2019 di Jakarta, Sabtu (20/12/2019).  Kejuaraan ini untuk kelompok umur 6 hingga 15 tahun dan merupakan hasil kolaborasi antara PB WI denga Siwo Jaya.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres: Dua Tantangan Terbesar Bangsa Bisa Dikikis dengan Kesetiakawanan Sosial

Posted: 20 Dec 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyakini nilai-nilai kesetiakawanan sosial mampu mengatasi dua tantangan besar bangsa, yakni intoleransi dan kemiskinan. Dua tantangan ini bisa mengancam keutuhan bangsa bila tidak serius diatasi.

Menurut Wapres, intoleransi bisa dalam bentuk perbedaan agama, etnisitas, perbedaan pendapat, juga perbedaan sikap politik.

"Sikap intoleransi ini semakin hari semakin menguat. Intoleransi bila dibiarkan bisa menjadi bibit tumbuhnya radikalisme, dan bahkan dalam bentuk ekstrem bisa menjadi bibit terorisme," kata Wapres dalam sambutannya pada acara Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/12/2019).

Hadir didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin, Wapres menyatakan, nilai kesetiakawanan sosial bisa mengikis intoleransi dengan mengembangkan sikap saling menghargai perbedaan, baik perbedaan agama, atau perbedaan lainnya.

"Dengan semangat toleransi, bisa memperkuat dan menjaga karakter masyarakat Indonesia yang majemuk," katanya.

Masalah kedua, adalah masalah kemiskinan dan ketimpangan sosial. Menurut Wapres, memang selama pemerintahan Joko Widodo angka kemiskinan sudah berhasil ditekan di bawah 1 digit, hingga mencapai 9,41 persen.

Namun bagi Wapres, angka itu setara dengan sekitar 25 juta jiwa masyarakat kurang mampu. Di lain pihak, angka ketimpangan antara yang kaya dan miskin juga masih cukup lebar.

"Banyak kasus konflik sosial yang akarnya sebenarnya adalah lebarnya ketimpangan pendapatan. Usaha peningkatan pendapatan dengan program pemberdayaan masyarakat hanya bisa terlaksana bila dalam jiwa masyarakat memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi," kata Wapres.

Kesetiakawanan sosial bisa menumbuhkan kerelaan untuk membantu. Usaha besar membantu usaha kecil, kelompok kaya membantu yang kurang mampu.

"Maka akan terjadi transfer kapasitas ekonomi untuk menutup ketimpangan ekonomi," kata Wapres.

Dalam kesempatan itu Menteri Sosial Juliari P. Batubara melaporkan kepada Wapres, bahwa Kesetiakawanan Sosial adalah nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran, sikap, dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat, dan harga diri setiap warga negara Indonesia.

Mensos menekankan, di dalam masyarakat Indonesia tumbuh jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih. "Ini harus terus dikembangkan, direvitalisasi, didayagunakan dalam kehidupan berbangsa," kata Mensos, yang hadir didampingi istri, Grace Claudia P Batubara.

Menurut Mensos, saat ini bangsa Indonesia masih berhadapan dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial yang meliputi kemiskinan, keterlantaran, ketunaan, keterpencilan dan kebencanaan yang jumlahnya tidak kecil.

"Sementara pemerintah memiliki kemampuan terbatas, sehingga diperlukan peran serta masyarakat. Maka kesetiakawanan sosial masa kini adalah instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendirisendiri maupun secara bersamaan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera,," kata Mensos. Di lain pihak, peringatan HKSN diharapkan dapat menjadi "alat pengungkit" untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di masyarakat, yang dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/ kota," kata Mensos.

Dalam kesempatan ini, tak lupa Mensos menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Baik dari jajaran pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, TNI-Polri, unsur non pemerintah, dunia usaha, para relawan, dan berbagai unsur masyarakat yang lain.

Hadir dari Kementerian Sosial, hampir seluruh pegawai di semua level. Pada kesempatan tersebut pula, dilakukan penyerahan pataka HKSN dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, yang akan menjadi tuan rumah HKSN 2020.

Pada puncak Peringatan HSKN 2019 yang dihadiri sekitar 1000 orang tersebut, dilakukan pula penganugerahan Satya Lencana Kebhaktian Sosial oleh Presiden RI Joko Widodo kepada sejumlah pihak. Hadir pula sejumlah kepala daerah dari berbagai penjuru tanah air. Acara dimeriahkan dengan tarian rakyat yang diperagakan secara kolosal, dan iringan Paduan Suara SMA 3 Banjarbaru.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lalin Jakarta-Cikampek Padat Jelang Natal dan Tahun Baru

Posted: 20 Dec 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Volume kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek pada libur Natal dan Tahun Baru 2020, terus mengalami peningkatan, sehingga terjadi kepadatan sejak Sabtu (21/12/2019) dini hari tadi hingga siang hari ini. Kepolisian kemudian memperpanjang jalur contraflow di jalur Cikampek-Jakarta dari KM 47-61.

"Contraflow diperpanjang mulai KM 47 hingga KM 61," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Bima Gunawan Jauharie, Sabtu siang.

Perpanjangan Contra Flow, lanjut Bima, untuk mengurai kepadatan panjang hingga GT Cikampek Utama.

Sementara dari pantauan Liputan6.com, kepadatan terjadi sepanjang Tol Cikampek hingga GT Cikampek Utama. Polisi sudah memberlakukan sistem satu arah atau oneway sejak pukul 07.00 WIB dari GT Cikampek Utama Km 70 hingga Kalikakung, Semarang.

 

Buka Tutup Rest Area

Jalur contraflow di Jakarta-Cikampek diperpanjang. (Liputan6.com/Abramena)

Rest Area 57 Tol Cikampek diberlakukan buka tutup, karena terjadi penumpukan masuk rest area untuk istirahat setelah menjalani perjalanan panjang.

"Rest area KM 57 diberlakukan buka tutup, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan masuk rest area," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bappenas Ingin Ada Pusat Budaya di Ibu Kota Baru

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menginginkan klaster khusus yang dibangun di dalam bukit yang ada di ibu kota baru nanti. Klaster ini nantinya akan dibangun museum, tempat edukasi anak-anak (sains dan teknologi), lalu tempat pertunjukan.

Dijelaskannya, dari lima desain yang lolos, tidak ada desain yang menampilkan sisi tradisional da budaya. Mayoritas lebih ke desain yang futuristik.

 

"Nah bentuknya itu telungkupkan bukitnya, gedungnya saya mau bikin di dalam bukit, lalu untuk lalu lintasnya dibuat kereta yang bisa digunakan untuk 1 sampai 12 orang . Jadi orang bisa milih, lalu muter. Nah, tapi juga ada selasar untuk jalan kaki," jelas Suharso dalam acara Malam Apresiasi Media 2019, di Fairmont Hotel, Jakarta, seperti ditulis Sabtu (21/12/2019).

Selain itu, ia juga berharap di sekitar pembangunan kluster khusus tersebut bisa menggunakan listrik dengan tenaga yang ramah lingkungan.

"Jadi saya bilang ke presiden, Pak, ini menggairahkan, menggiurkan, dan menantang," ujarnya.

Kendati begitu, ia juga menyarankan kepada Presiden agar adanya rencana kedua. Rencana tersebut adalah dengan tidak mengandalkan seluruhnya dari sayembara desain. Karena menurutnya dalam pembangunan ibu kota baru harus dipertimbangkan secara matang.

Seperti halnya yang disampaikan oleh presiden, bahwa dengan dibangunnya ibu kota baru bukan sekadar memindahkan ibu kota, melainkan juga memindahkan kebiasaan-kebiasaan lama dan digantikan dengan kebiasaan baru dan menghasilkan inovasi baru.

"Saya mengatakan pencarian totalitas, jadi semuanya pindah begitupun dengan cara berpikirnya lebih bagus lagi dan seterusnya lebih baik lagi," pungkasnya.

Jokowi: Tidak Ada Klaster Industri dan Pabrik di Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi didampingi Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil memberikan keterangan pers rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Senin (26/8/2019). Lokasi Ibu Kota berada di wilayah Kabupaten Pejaman Penajam Pasar utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kaltim. (Liputan6 com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa ibu kota baru yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akan bebas dari pabrik.

Jokowi menekankan tidak akan ada pembangunan klaster industri yang berpotensi menciptakan polusi dan pencemaran lingkungan.

Tidak ada klaster industri, tidak ada pabrik, harus ditekankan," ujar Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Balikpapan, Rabu (18/12/2019).

Menurut Jokowi, ibu kota baru nantinya akan menjadi kota hijau yang ramah lingkungan. Untuk itu, Jokowi telah meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyiapkan sejumlah bibit pohon untuk menghijaukan lokasi.

"Bu Siti Nurbaya juga sudah siapkan kebun bibit seluas 100 hektare. Ini baru mencari tempat datar sehingga akan disiapkan bibit fast growing spesies, ekaliptus, akasia. Tapi juga ada pohon asli di sini, kampar, kapur, ulin, bengkirai, itu yang mau disiapkan," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk pengendalian tata kota. Yang jelas, Jokowi tidak ingin ibu kota negara yang baru menjadi kota kumuh.

"Kalau dibiarkan bisa saja kita akan memiliki kota yang padat karena pemda tidak mengendalikan sesuai dengan kemampuan daya dukung yang ada," ucap Jokowi.

Konsep Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi meninjau ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Adapun lahan yang disiapkan untuk pembangunan ibu kota baru seluas 56 ribu hektare. Ibu kota baru akan berkonsep smart city, green city, dan kompleks city.

Ibu kota baru dirancang dengan sistem cluster, di mana nantinya akan ada cluster kesehatan, pendidikan, pemerintahan, hingga inovasi. Di cluster pemerintahan, nantinya akan dibangun Istana Kepresidenan dan gedung-gedung kementerian.

Jokowi telah memutuskan lokasi Istana Kepresidenan di ibu kota yaitu, di puncak Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Tak hanya untuk cluster pemerintahan, Jokowi mengatakan secara paralel juga akan dibangun cluster kesehatan, pendidikan, riset dan inovasi, serta pusat keuangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Risma: Terlibat Tawuran dan Merasa Jagoan, Apa Ingin Jadi Transformer?

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengumpulkan anak-anak yang terlibat masalah kenakalan. Risma mengingatkan dan memberikan motivasi kepada anak-anak tersebut untuk tidak lagi mengulangi kenakalannya.

Sebanyak 101 anak yang terlibat kasus tawuran, minuman keras, bolos sekolah, balap liar hingga putus sekolah didampingi para orangtua. Para anak-anak tersebut diberi pengarahan di Lantai 4 Gedung Siola, Kamis 19 Desember 2019.

Sebelum memberikan nasihat, Tri Rismaharini meminta anak-anak yang bermasalah itu dibagi dalam dua kelompok yaitu terlibat kenakalan dan putus sekolah. Terhadap anak yang putus sekolah, mereka diminta menulis di secarik kertas alasan tak sekolah dan kegiatannya selama putus sekolah, sekaligus menyertakan nama dan alamat rumah.

Setelah itu, Risma bertanya ke satu per satu anak yang terlibat tawuran. Ia kaget,karena dari sekian anak yang terlibat tawuran, beberapa di antarannya perempuan. "Anak-anakku, sekarang ibu tanya kenapa kalian terlibat tawuran. Apakah kalian merasa jagoan, seperti transformer ?," tanya Wali Kota Risma.

Risma prihatin dengan perilaku anak-anak yang telibat kenakalan ini. Di hadapan anak-anak, ia menegaskan, orangtua mereka telah bersusah payah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan sekolah. Namun, ternyata perilaku anak-anak tersebut justru mengecewakan.

"Betapa susahnya orang tua kalian mencari uang, mengumpulkan sepuluh ribu, dua puluh ribu. Agar kalian bisa mengubah nasib keluarga. Tapi apa yang kalian lakukan? Kalian sia-siakan kepercayaan orang tua," tegasnya.

Perempuan pertama yang menjabat Wali Kota Surabaya ini mengingatkan, aksi tawuran bisa berdampak pada masalah hukum. Ia menceritakan, banyak anak-anak akibat kenakalannya terjerat masalah hukum. "Coba itu kalian pikirkan tidak? Kalau sudah begitu yang susah siapa. Pasti orang tua juga," kata dia.

Untuk itu, Risma meminta agar tidak mengulangi aksi tawuran. Ia menegaskan, akan menyerahkan ke aparat penegak hukum, jika perkelahian masih saja terjadi. Namun, saat ia bertanya kepada orangtua, bagaimana perasaannya atas perilaku anak-anak mereka, beberapa anak justru terdengar tertawa. Sontak, hal itu menyulut emosi Wali Kota.

"Orangtua kalian tertawakan. Kalian pikir kalian siapa mentertawakan orang tua kalian. Kalian gak punya hati, sudah berani sama orangtua. Orangtua sudah membesarkanmu dengan susah payah," ucapnya.

Tak sekadar memberikan nasihat, Presiden UCLG Aspac ini juga memotivasi anak-anak dengan menghadirkan beberapa anak dari keluarga tak mampu yang justru berhasil dalam menempuh jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Salah satunya, Novi. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

"Dulu, saya lihat Novi ngemis atau jualan koran di pertigaan Ngagel Jaya. September, dia lulus Fakultas Hukum Unair dengan nilai terbaik," ungkapnya.

Diberi kesempatan untuk menceritakan masa kecilnya hingga berhasil dalam studinya, Novi mengungkapkan, hampir 10 tahun ia jadi pengamen di jalanan. Namun, sejauh itu, Novi tak pernah terlibat masalah kenakalan.

"Jangankan tawuran, merokok saja tak pernah. Meski, ada teman yang seperti itu (nakal). Tapi Mbak Novi (saya, red) tak terpengaruh ke hal-hal seperti itu," tuturnya.

Meski orangtuanya berprofesi sebagai tukang becak. Namun, Novi pantang menyerah, ia berhasil menyelesaikan kuliahnya cumlaude, dengan nilai IPK 3,94.

Setelah mengenalkan beberapa anak yang sukses dalam studinya. Risma meminta, seluruh anak yang terlibat masalah kenakalan meminta maaf dan mencium kaki orang tua mereka. Beberapa orangtua yang berada di ruangan, nampak menangis, mendengar nasihat dan motivasi yang diberikan Wali Kota Surabaya.

Sementara itu, untuk anak-anak yang putus sekolah akibat bolos dan kenakalannya, Tri Rismaharinimeminta mereka untuk kembali bersekolah. Ia memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk mengurus masalah tersebut.

Usai bertemu dengan anak-anak yang terlibat kenakalan dan orangtuanya, Risma menyampaikan, kenakalan anak-anak tersebut sebagian besar hanya ikut-ikutan karena jalinan pertemanan.

"Kalau ikut-ikutan membela teman itu yang bahaya. Mudah dikompori. Intinya, ini supaya mereka tak gampang terpengaruh dengan hal-hal intmidasi dan sebagainya. Mereka mudah sekali dipengaruhi," kata dia kepada para awak media.

Ia mengungkapkan, saat ini untuk mengantisipasi tawuran dan aksi kriminalitas, di sejumlah kawasan telah dipasang CCTV yang bisa memonitor dengan detail. "Kita sudah uji coba. Gerak gerik yang terpantau, terkoneksi dengan data base kependudukan," ujar dia.

Pada 2019, terdapat CCTV yang bisa menangkap dengan jelas obyek yang terpantau. CCTV tersebut dipasang di sejumlah wilayah. Pemerintah kota Surabaya bekerjasama dengan kepolisian dalam menindak atas pelangggaran yang tertangkap kamera.

Selanjutnya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya, Chandra Oratmangun mengaku, anak-anak yang bermasalah dengan kenakalan tersebut sebelumnya terjaring operasi Satpol PP, Linmas dan Kepolisian.

"Setelah terjaring, kita outreach, kemudian kita lakukan kunjungan, selanjutnya diberi pendampingan dan motivasi dengan melibatkan psikolog, ibu-bapaknya juga dipanggil," kata Chandra

Ia mengaku, upaya Wali Kota Risma dengan mengumpulkan anak-anak bermasalah beserta para orang tuanya selama ini memiliki dampak positif. Dari pengalaman sebelumnya, mereka yang terlibat kenakalan, sudah ada perubahan yang lebih baik. "Mereka yang terlibat tawuran yang kita kumpulkan saat ini, tak ada yang terlibat sebelumnya," paparnya.

Sebagai diketahui, sebanyak 101 anak yang terlibat masalah kenakalan merupakan siswa yang masih mengenyam pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Mereka terjaring operasi aparat pemerintah kota dan kepolisian sejak September. Dari penelusuran DP5A, rata-rata anak-anak tersebut terlibat kenakalan, karena kurangnya perhatian dari orangtua mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Natal dan Tahun Baru, Jalur Selatan Ruas Cilacap Dirundung Longsor

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Cilacap - Masa libur Natal dan tahun baru tiba bersamaan dengan meningkatnya intensitas hujan di sejumlah wilayah, termasuk di Cilacap, Jawa Tengah. Akibatnya, risiko bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor pun meningkat.

Di Cilacap, longsor dan banjir lumpur terjadi di jalur penghubung utama Purwokerto-Bandung, di Desa Padangjaya, Kecamatan Majenang, Jumat sore (20/12/2019). Timbunan tanah berasal dari bukit yang ada di utara jalan tersebut.

Material longsor berupa tanah yang menimbun badan jalan sempat membuat arus kendaraan tersendat. Panjang jalan yang tertutup itu mencapai sekitar 100 meter.

Antrean kendaraan ini diperkirakan mencapai satu kilometer dari lokasi. Kendaraan dari arah barat dan timur, bahkan sempat tidak bisa bergerak sebelum timbunan longsor ditepikan oleh warga dengan alat seadanya.

"Tanah mulai turun ke jalan setelah hujan. Sekitar jam empat sore tadi (kemarin)," kata Bahtiar.

Bahtiar bilang, tanah longsor ini terjadi bersamaan dengan hujan lebat yang mengguyur kawasan ini. Secara perlahan, air bercampur lumpur menutup jalan lantaran di sisi utara jalan tidak mampu menampung.

Kepala Desa Padangjaya, Tursino memastikan perkampungan warga terbebas dari lumpur tersebut. Material longsor di atas jalan kemudian dialirkan melalui irigasi di selatan yang tembus sampai ke sungai kecil di sisi barat.

"Rumah warga aman," kata Tursino.

Simak video pilihan berikut ini:

Longsor Dipicu Bukit Gundul

Ilustrasi - Jalan ambles. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Menurut dia, longsor terjadi karena bukit di utara jalan gundul tanpa ada pohon besar. Ini setelah ada penebangan yang dilakukan Perhutani di lahan seluas kurang lebih 20 hektare.

"Karena tidak ada pohon besar, tanah gembur dan mudah hanyut," katanya.

Menurutnya, tanah longsor ini menjadi yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya jalan hanya tergenang air dan tidak pernah tercampur lumpur.

Untuk membersihkan jalan, Pemadam Kebakaran (Damkar) Majenang yang menerjunkan satu unit mobil pemadam untuk menyemprot lumpur agar hanyut ke saluran air sisi selatan. Pembersihan baru selesai pada Jumat malam, sekitar pukul 20.30 WIB.

Pengawas Lapangan PPK PJN Perbatasan Jabar-Wangon, Pujiono mengatakan jalur antara Wangon, Banyumas hingga Dayeuhluhur, Cilacap memang rawan longsor dan amblesan. Bahkan, ada sejumlah ruas jalan yang butuh penanganan khusus.

Di antaranya di wilayah Sengkala, perbatasan Karangucung-Cilacap dengan Lumbir, Banyumas. Jalan kerap ambles lantaran kondisi tanah yang labil. Peralihan musim dari kemarau ke penghujan menyebabkan permukaan jalan berubah.

"Tanah di situ labil sekali. Kalau kena kemarau susut, kalau kena hujan mengembang," kata Pujiono.

Untuk mengantisipasi longsor, Bina Marga mendirikan Posko Siaga Bencana di Jalur Nasional Lintas Selatan (JLS) perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat. Posko didirikan di Cijalu, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, mulai Jumat (20/12/2020) hingga Sabtu (5/1/2019).

Posko Siaga Bencana Masa Natal dan Tahun Baru

Perbaikan jalan di JLS Jateng, Sengkala, Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Pujiono mengatakan, pendirian posko ini dilakukan untuk mengurangi risiko terhambatnya kendaraan pada masa libur natal dan tahun baru akibat tertimbunnya jalan nasional ini. Pasalnya, jalur perbatasan Jawa Tengah-Jabar adalah wilayah medan berbukit terjal.

Longsor bisa sewaktu-waktu terjadi di wilayah ini. Kondisi tanah di wilayah ini juga labil sehingga rawan ambles atau pergerakan tanah. Intensitas hujan yang meningkat pada Desember dan Januari ini berrisiko memicu bencana alam.

"Tetap kami siaga lebaran ada, siaga Natal juga ada. Seperti kami mau mendirikan Posko di Cijalu, Majenang, Seharusnya (persiapannya) sudah ini, sehingga tanggal 20 sudah siap, siaga," ucap Pujiono.

Di Posko Siaga Bencana Natal dan tahun baru, Bina Marga menyiagakan alat berat agar penanganan bencana bisa lebih cepat. Selain itu, ada pula petugas piket yang bisa cepat bergerak untuk penanganan kerusakan lebih kecil, misalnya, jalan yang tiba-tiba berlubang.

Pujiono mengungkapkan, berdasar survei, ada sejumlah titik yang menjadi perhatian Bina Marga pada musim libur Natal dan tahun baru kali ini. Di antaranya, di Sengkala Kecamatan Lumbir, Banyumas, Tayem Timur Kecamatan Karangpucung, Cilacap, Cimanggu, Majenang, dan Cikukun, Wanareja, Cilacap.

Namun begitu, Pujiono mengklaim, secara umum jalan lintas selatan ruas perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah hingga Wangon, Banyumas siap dilalui pemudik pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2019-2020 ini.

Namun begitu, dia mengakui masih ada sejumlah ruas yang bergelombang. Dia berkilah, pada masa libur natal dan tahun baru ini, Bina Marga mengutamakan agar jalan bisa dilalui dengan lancar.

"Pihak kami siap siaga terus mas. Kami mengutamakan jalan lancar dulu," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Live Streaming Eksklusif Vidio Premier: Kalteng Putra vs Persija di Indosiar

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Persija Jakarta harus berkunjung ke markas Kalteng Putra pada laga pamungkas Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Sabtu (21/12/2019). Nasib kedua tim sama-sama sudah dipastikan di Liga 1 2019.

Macan Kemayoran sudah pasti bertahan di Liga 1, sementara Kalteng Putra sudah dipastikan terdegradasi ke Liga 2.

Persija Jakarta saat ini berada di peringkat ke-13 dalam klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 41 poin dari 33 laga. Sedangkan Kalteng Putra menempati dasar klasemen Shopee Liga 1 2019.

Kalaupun berhasil meraih kemenangan atas Persija, tim asuhan Gomes de Oliveira itu maksimal hanya bisa menempati peringkat ke-16 atau posisi teratas di zona degradasi.

Tak lagi bisa menyelamatkan diri untuk bertahan di Liga 1, Kalteng Putra tetap memiliki motivasi saat menghadapi Persija. Gomes de Oliveira memastikan para pemainnya akan memberikan penampilan terbaik dalam laga terakhir itu demi para penggemarnya, apalagi Kalteng Putra tak berhasil meraih satu kemenangan pun dalam empat laga terakhirnya.

Selain di Indosiar, pertandingan Kalteng Putra vs Persija bisa disaksikan juga melalui live streaming eksklusif di Vidio dengan berlangganan di tautan ini...

Prakiraan Susunan Pemain

Kalteng Putra (4-4-2): Dimas Galih Pratama (kiper); Dendi Agustian Maulana, OK John, Abdul Rahman, Wasyiat Hasbulla (belakang); Maldini Pali, Dadang Apridianto, Takuya Matsunaga, Aliazer Elthon Maran (tengah); Patrich Wanggai, Eydison (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Xandao, Ryuji Utomo, Novri Setiawan (belakang); Rohit Chand, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riko Simanjuntak, Heri Susanto, Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ALE Geek Battle: 203 Peserta Terpilih Ikut Kelas Programming Expert

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) menggelar program ALE Geek Battle, yang merupakan kompetisi untuk membangun aplikasi di atas platform Rainbow ALE, hasil kerjasama dengan pemerintah Indonesia dan Dicoding.

Program ini menargetkan beasiswa bagi 1.500 pendaftar untuk mengikuti kelas dasar pemrograman. Dalam kurun waktu dua minggu pendaftaran yang dibuka sejak awal November, program ini berhasil menarik 4.122 peserta, jauh melebihi target yang ditetapkan.

Di tahap selanjutnya, ALE mengumumkan 203 peserta terbaik yang berhasil lulus dari kelas Android Pemula dan berhak untuk mengikuti Kelas Programming Expert.

Dari 203 peserta yang mengikuti Kelas Android Lanjutan, nantinya akan dipilih 30 peserta terbaik yang akan bertarung di kompetisi ALE GeeK Battle pada 2 Januari sampai 28 Februari 2020 mendatang.

Adios Purnama, Country Manager Alcatel-Lucent Enterprise Indonesia mengatakan melalui program ini perusahaan ikut mendorong ekonomi digital.

"Kami berusaha ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memberikan kesempatan kepada semua pekerja Indonesia di usia produktif untuk memiliki kemampuan digital dengan mengikuti kelas Android Pemula secara gratis," ujar Adios melalui keterangannya, Sabtu (21/12/2019).

 

 

 

Pengumuman Pemenang

ALE Geek Battle. Dok: geekbattle.al-enterprise.co.id

Ia menambahkan antusiasme tenaga kerja Indonesia ternyata cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pendaftar yang melebihi target.

"Ini menandakan bahwa para pekerja di Tanah Air sangat membutuhkan program-program pelatihan yang bisa membantu meningkatkan kemampuan digital dan daya saing mereka," ucapnya memungkaskan.

Puncak rangkaian kegiatan ini adalah pada 19 Maret 2020, di mana pemenang ALE Geek Battle akan diumumkan. Para pemenang berkesempatan mendapatkan kontrak kerja ALE dengan total kontrak mencapai Rp 100 juta untuk tiga orang pemenang.

 

Tujuh Juri

Selain itu, ALE juga mengumumkan nama tujuh juri yang akan terlibat dalam kompetisi ini. Antara lain Adios Purnama, Country Manager ALE Indonesia; Novse Hardiman, Communication Pre-Sales Manager ALE SEA; dan Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., PhD., Dosen dan Pakar IT.

Lalu Aditya Satrya, Kepala Pengembangan IT Pusat Layanan Digital Jawa Barat; Ibnu Sina Wardy, Founder GITS Indonesia; Sidiq Permana, CIO NBS Indonesia; serta Narenda Wicaksono, CEO Dicoding.

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Diego Michiels Dikaruniai Anak Perempuan

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola Diego Michiels kembali membawa kabar bahagia. Saat ini ia sudah resmi menyandang status sebagai seorang ayah.

Ya, istrinya yang bernama Dhea Simatupang telah melahirkan bayi perempuan dengan selamat. Hal ini diketahui dari unggahan Instagram Stories Diego Michiels.

Dalam unggahan itu pula, terungkaplah nama sang buah hati. Bayi mungil ini diberi nama yang sangat indah.

"Anceyra Aisyah Michiels," tulis Diego Michiels sebagai keterangan videonya. Anceyra terlihat mengenakan pakaian berwarna pink dan bandana berwarna senada. Ia tampak sangat aktif.

Ucapan

Diego Michiels (Foto: Instagram/@borneofc.id)

Unggahan tersebut mendapat respons dari para warganet. Mereka memberi ucapan selamat kepada Diego Michiels dan Dhea Simatupang yang telah dikaruniai buah hati.

"Selamat datang di dunia Anceyra Aisyah Michiels. Selamat capt ku," tulis pemilik akun @fariddonlego.

"Selamat atas kelahiran anaknya captku. Semoga menjadi anak yang patuh dna pintar," tulis @danuharyo.

Pernikahan

Diego Michiels (Sumber: Instagram/diegomichiels24x)

Diego Michiels menikah dengan Dhea Ananda Boru Simatupang pada Juli 2019. Acara pernikahan Diego Michiels dan Dhea Ananda dilangsungkan di Samarinda, Kalimantan Timur.

Mahar

Pria kelahiran Belanda ini mengucap ijab kabul dalam satu tarikan napas menggunakan bahasa Indonesia. Terungkap bahwa mahar yang diberikan berupa cincin emas seberat 10 gram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Arsenal Resmi Dilatih Asisten Pep Guardiola

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Asisten pelatih Manchester City, Mikel Arteta berbincang dengan pelatih Pep Guardiola sebelum pertandingan melawan Oxford United di perempat final Piala EFL Carabao di Stadion Kassam, Inggris (18/12/2019). The Gunners resmi merekrut Mikel Arteta untuk menggantikan Unai Emery. (AP Photo/Leila Coker)

Asisten pelatih Manchester City, Mikel Arteta berbincang dengan pelatih Pep Guardiola sebelum pertandingan melawan Oxford United di perempat final Piala EFL Carabao di Stadion Kassam, Inggris (18/12/2019). The Gunners resmi merekrut Mikel Arteta untuk menggantikan Unai Emery. (AP Photo/Leila Coker)

Gelandang Arsenal Mikel Arteta (tengah) mengangkat trofi Community Shield setelah mengalahkan Chelsea 1-0 di Stadion Wembley, London pada  2 Agustus 2015. Arsenal mengikat Arteta selama tiga setengah musim. (AP Photo/Jon Super)

Gelandang Arsenal Mikel Arteta (tengah) mengangkat trofi Community Shield setelah mengalahkan Chelsea 1-0 di Stadion Wembley, London pada 2 Agustus 2015. Arsenal mengikat Arteta selama tiga setengah musim. (AP Photo/Jon Super)

Gelandang Arsenal, Mikel Arteta mengontrol bola saat melawan Bayern Munchen pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Munich, Jerman selatan pada 11 Maret 2014. Arteta menyerap pelajaran dari Pep Guardiola yang merupakan pelatih terbaik di dunia. (AFP/Johannes Eisele)

Gelandang Arsenal, Mikel Arteta mengontrol bola saat melawan Bayern Munchen pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Munich, Jerman selatan pada 11 Maret 2014. Arteta menyerap pelajaran dari Pep Guardiola yang merupakan pelatih terbaik di dunia. (AFP/Johannes Eisele)

Gelandang Arsenal Mikel Arteta (kanan) berselebrasi dengan Mesut Ozil  usai mencetak gol dari titik penalti ke gawang Crystal Palace pada pertandingan Liga Inggris di Selhurst Park di London pada 26 Oktober 2013. Sejak 2016, Arteta sudah jadi asisten pelatih di Manchester City.  (AFP/Ian Kington)

Gelandang Arsenal Mikel Arteta (kanan) berselebrasi dengan Mesut Ozil usai mencetak gol dari titik penalti ke gawang Crystal Palace pada pertandingan Liga Inggris di Selhurst Park di London pada 26 Oktober 2013. Sejak 2016, Arteta sudah jadi asisten pelatih di Manchester City. (AFP/Ian Kington)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilema antara Kebersihan dan Iman, Tenaga Kesehatan Ini Ciptakan Jilbab Steril Sekali Pakai

Posted: 20 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Farah Roslan merasa tidak nyaman ketika dirinya diminta keluar dari sebuah pelatihan tenaga kesehatan karena memakai jilbab yang dianggap tidak steril. Di sisi lain, dia juga tidak ingin melepasnya.

"Saya telah menggunakannya sepanjang hari, yang jelas tidak bersih dan ideal," kata tenaga kesehatan asal Malaysia ini seperti dilansir dari New York Post pada Sabtu (21/12/2019).

Dilema pun muncul. Dia sadar bahwa penggunaan jilbab yang sama terus menerus sepanjang hari tidaklah bersih. Di sisi lain wanita yang pernah menempuh pendidikan di Inggris itu juga tidak ingin melepasnya.

Maka dari itu, Farah, yang kala itu masih menjadi mahasiswa kedokteran di University Hospital of Derby and Burton NHS Foundation Trust, kembali ke Malaysia untuk mencari inspirasi.

Dia pun menguji dan mendesain sebuah kain untuk hijab yang tidak mahal, sekali pakai, serta bisa digunakan di rumah sakit.

Disambut Baik oleh Tempatnya Bekerja

Farah Roslan menciptakan jilbab sekali pakai yang digunakan untuk sebuah rumah sakit di Inggris (Tangkapan Layar New York Post/Royal Derby Hospital)

Inovasi ini disambut baik oleh tempatnya bekerja, Royal Derby Hospital. Selain itu, temuannya juga sudah bisa diterapkah bagi para staf beragama Islam di rumah sakit tersebut sejak awal bulan Desember ini.

"Saya sangat senang visi saya telah menjadi kenyataan dan jilbab ini sekarang tersedia untuk semua staf," kata Farah yang saat ini sudah menjadi seorang dokter.

"Kami bangga menjadi pimpinan nasional dalam praktik yang baik dan inklusivitas," tulis pihak rumah sakit dalam pernyataan resmi mereka.

Gill Tiernye, ahli bedah konsultan yang merupakan mentor dari Farah ketika ia masih mehasiswa kedokteran mengungkapkan bahwa dilema semacam ini sesungguhnya sudah ada. Namun, masalah tersebut tak banyak digaungkan hingga muridnya muncul dan memberikan solusinya.

"Itu tidak membutuhkan biaya banyak dan mudah-mudahan pengaruhnya sangat besar," kata Tierney.

Farah berharap agar nantinya rumah sakit di seluruh Inggris bisa mengadopsi jilbab yang telah disetujui dokter ini. Untuk saat ini, penutup kepala tersebut baru tersedia di rumah sakit tempatnya bekerja.

"Saya benar-benar bahagia dan tidak sabar untuk melihat apakah kami bisa mendukung ini secara nasional," ujar Farah.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akui Sakit Autoimun Selama 8 Tahun, Ini 7 Potret Terbaru Cantika GAC

Posted: 20 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini grup vokal Gamaliel Audrey Cantika (GAC) menjadi perbincangan publik. Pasalnya, GAC yang telah menghiasi belantika musik Indonesia selama 10 tahun memutuskan untuk rehat sementara.

Namun para personelnya tak berhenti untuk berkarya, salah satunya Cantika Abigail. Wanita kelahiran 12 Juli 1993 ini melanjutkan kariernya menjadi penyanyi solo, setelah grup musik GAC resmi vakum pada Agustus lalu.

Cantika juga sudah merilis lagu solo perdana bertajuk Start Over pada Oktober lalu. Tak hanya itu, ia juga dibantu oleh Gamaliel, rekannya di GAC yang bertindak sebagai vocal director. Kini lagu tersebut sudah dinikmati oleh banyak orang.

Terlepas dari itu, baru-baru ini Cantika mengejutkan publik dengan pengakuannya yang sudah 8 tahun mengidap penyakit autoimun. Kabar tersebut ia sebarkan melalui akun Instagramnya.

Wanita 26 tahun ini juga menceritakan bahwa, ia sedang melakukan perawatan untuk melawan penyakitnya. Berikut potret terbaru Cantika Abigail dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (21/12/2019).

1. Setelah GAC resmi memutuskan untuk rehat sementara, Cantika melanjutkan kariernya menjadi penyanyi solo.

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

2. Cantika juga sudah merilis lagu solo perdana bertajuk Start Over pada Oktober lalu.

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

3. Meski menjadi penyanyi solo, Cantika sempat merasa tidak percaya diri karena terbiasa tampil dengan GAC

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

4. Tak hanya bersuara merdu, wanita 26 tahun ini juga memiliki paras cantik.

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

5. Melalui akun Instagramnya, Cantika mengaku bahwa sudah mengidap penyakit autoimun selama 8 tahun.

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

6. Meski sakit, Cantika masih tetap menjalani aktivitas seperti biasanya.

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

7. Personel GAC ini juga sedang melakukan perawatan untuk melawan penyakit autoimun yang diidapnya.

Cantika GAC (Sumber: Instagram/@abigailcantika)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Kapal Pesiar Bertabrakan di Pelabuhan Meksiko, 6 Orang Terluka

Posted: 20 Dec 2019 09:49 PM PST

Liputan6.com, Mexico City - Sebuah kapal pesiar menabrak kapal lain ketika mencoba berlabuh di resor Cozumel, Karibia pada Jumat, 20 Desember 2019. Insiden tersebut mengakibatkan salah satu kapal rusak dan enam penumpang luka ringan.

Dilansir dari AP News, Sabtu (21/12/2019), pihak pelayaran internasional Carnival Cruise Line mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal Carnival Glory sedang bermanuver di pelabuhan ketika "melakukan kontak" dengan Carnival Legend di pagi hari.

Video yang direkam oleh penumpang dan diposting di media sosial menunjukkan kecelakaan bising yang bergerak secara lambat. Sebagai dampaknya, kejadian tersebut membuat sebagian sisi kapal Glory tampak ringsek di buritan.

Cruise Line mengatakan pihaknya sedang menilai kerusakan, tetapi "tidak ada masalah yang berdampak pada kelayakan kapal dari keduanya."

Menurut laporan, dikatakan enam penumpang telah dilarikan ke ke pusat medis Glory untuk mengevaluasi cedera ringan yang dialami. 

Menurut situs web Carnival Cruise Line, kapal Carnival Glory berlayar dari New Orleans ke Karibia dan Terusan Panama. Memiliki panjang 952 kaki dengan kapasitas 2.980 orang.

Sedangkan Kapal Carnival Legend beroperasi dari berbagai pelabuhan di Amerika Serikat dan Eropa ke berbagai tujuan. Dengan panjang kepal 963 kaki dan kapasitas penumpang 2.124.

Kesaksian Penumpang

Ilustrasi Kapal Pesiar. (AFP PHOTO/TIZIANA FABI)

Salah satu penumpang bernama Jordan Moseley mengatakan dia sedang makan pagi di Carnival Legend ketika kecelakaan terjadi. Demikian dikutip dari The Guardian. 

"Tiba-tiba kami merasakan kapal bergoyang ke satu sisi dan kemudian kembali ke tempatnya," kata Moseley kepada Reuters.

"Beberapa menit kemudian, direktur pelayaran mengumumkan bahwa Carnival Glory telah menabrak kapal kami saat berlabuh karena angin kencang dan kondisi laut yang ekstrem di Cozumel."

Sebuah video yang diambil dari dek atas Karnaval Glory, menunjukkan puing-puing kapal jatuh ke geladak sedangkan sebagian lagi tercebur ke dalam air yang bergolak.

Gambar-gambar lain dari kapal yang mengalami kerusakan menunjukkan pagar di sepanjang buritan Carnival Glory mengalami kerusakan pada sudut sekitar 45 derajat, memperlihatkan interior kapal yang bengkok dan hancur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Firli Bahuri Cs Dituntut Tuntaskan Kasus BLBI dan Century

Posted: 20 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memiliki lima pemimpin baru periode 2019-2023 yang diketuai Firli Bahuri. Mereka dituntut bisa menuntaskan kasus korupsi kelas kakap seperti Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dan kasus Bank Century.

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Indra, jika Firlis cs bisa menuntaskan dua kasus kakap itu, maka keraguan masyarakat soal integritasnya memberantas korupsi akan sedikit memudar.

"Harapan besar pemberantasan korupsi menjadi progresif. Century, BLBI, e-KTP itu salah satu (kasus yang) menyangkut lingkaran kekuasaan. Dan mudah-mudahan empat tahun ke depan (Firli cs) amanah. Tanggung jawab menanti mereka," ujar Indra dalam diskusi di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Hal senada dikatakan politikus Gerindra Hendarsam Marantoko. Menurutnya, tunggakan kasus-kasus dengan kerugian negara yang besar harus menjadi agenda utama Firli cs yang baru saja dilantik menjadi komisioner KPK pada Jumat, 20 Desember 2019 kemarin.

"Memang banyak tunggakan perkara besar yang menjadi agenda pokok KPK saat ini. Kasus Century itu terang benderang. Itu merupakan suatu gebrakan kalau (pimpinan) KPK (yang baru) melakukan signifikansi dalam pemberantasan korupsi," kata Hendarsam.

 

Jadi Ajang Pembuktian

Lima pimpinan KPK periode 2019-2023 berpose usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Komjen Firli Bahuri ditetapkan sebagai Ketua KPK, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango sebagai wakil Ketua. (Foto: Biro Pers Setpres)

Apalagi, kasus korupsi BLBI, Century, dan e-KTP disinyalisasi melibatkan banyak pejabat negara. Ini akan menjadi pembuktian, jika Firli cs mampu mengungkapnya, maka narasi pelemahan KPK dengan akan sedikit menghilang.

"Kasus BLBI itu perampokan terencana. Century itu pelaku utamanya masih belum terang. Kalau mereka bisa melakukan upaya tindakan ini saya rasa bisa menjawab," kata Hendarsam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berimajinasi Sambil Tuntaskan Misi Bersama Anak Jelang Hari Ibu

Posted: 20 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apalagi yang lebih berharga di Hari Ibu dari ikatan keluarga yang kuat, terutama hubungan antara ibu dan anak? Banyak cara untuk membangunnya, termasuk salah satunya dengan berpetualang bersama.

Lewat Sentuhan Ibu-World of Imagination, anak-anak dan para ibu diajak untuk menuntaskan misi bersama. Berlokasi di Econvention dan Allianz Ecopark Ancol, ada empat zona yang harus dijelajahi agar misi bisa dituntaskan.

Zona pertama adalah Dunia Hutan yang terletak di area indoor. Menggandeng Sembilan Matahari, area tersebut menawarkan sensasi bertualang ke hutan lewat video mapping

Jangan bayangkan seperti hutan biasanya yang penuh pepohonan, ruangan berpendingin buatan itu lowong di bagian selasar. Hanya dindingnya saja yang ramai. Anak-anak akan diajak mengucap mantra yang berbau pesan sponsor demi menuntaskan misi. Begitu di titik terakhir, ekspresi anak-anak yang diajak mencoba pertama kali beragam.

Ada yang ketakutan, ada yang penasaran, tetapi ada yang tak puas lantaran tak sesuai harapannya. "Hanya satu saja?" ucap salah satu bocah lelaki yang merupakan keponakan aktris Julie Estelle, Jumat, 20 Desember 2019.

 

Lewat empat zona berbeda, World of Imagination membawa misi khusus menyambut Hari Ibu. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Bagi orang dewasa, area itu bisa jadi membosankan, bisa jadi tempat seru untuk bereksplorasi swafoto. Beberapa sudut bisa menjadi latar menarik untuk foto Anda. Misalnya saja berpose di sela-sela 'akar' yang menggantung. Kesannya misterius tetapi tetap ciamik.

Bila sudah puas di Dunia Hutan, beranjaklah ke lapangan terbuka tempat tiga zona lain berada. Jaraknya sekitar 150 meter. Tak terlalu jauh, tetapi cukup menguras energi dan keringat mengucur deras lantaran matahari siang di Ancol cukup terik. Maka itu, jangan lupa membawa topi dan mengisi botol minum dengan cukup. 

Dari ketiga zona yang ada, Anda akan diarahkan menuju Dunia Pasir terlebih dulu. Hamparan pasir keabu-abuan di kanan kiri jalan setapak menjadi properti, buka untuk dimainkan. Anda justru akan diajak bermain di dalam labirin. Sebelum itu, ibu dan anak akan dipersilakan naik ke rumah panggung demi mencari jalan keluar terbaik.

Nah, barulah permainan pasir berada di akhir zona tersebut. Menurut Brigitta Dewi Pricilia selaku Brand Executive Nivea Body and Care, wahana permainan itu diciptakan sebagai kelanjutan dari kampanye pentingnya imajinasi yang digaungkan sejak 2017.

"Tahun lalu menggunakan konsep musikal, kali ini kami mengemasnya dengan menghadirkan taman bermain," ujarnya.

 

Berbayar

Lewat empat zona berbeda, World of Imagination membawa misi khusus menyambut Hari Ibu. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Dua zona lainnya adalah Dunia Angin dan Dunia Air. Lantaran tantangan di dua zona itu cukup tinggi, panitia membatasinya hanya untuk anak berusia enam tahun ke atas dan tinggi minimal 110 cm. 

Misalnya saja di Dunia Angin, terdapat perosotan yang cukup tinggi dan curam. Meski disiapkan alat pengaman diri, anak-anak yang berusia lebih kecil dikhawatirkan takut untuk menuruninya. Sebagai gantinya, panitia menyiapkan wahana khusus bagi anak di bawah 6 tahun yang akan diisi dengan kegiatan DIY dan mendongeng bersama Kak Aio.

Gitta mengklaim seluruh wahana mengandung pesan khusus yang berkaitan dengan hubungan ibu dan anak. "Ini bukan hanya taman bermain, tapi kami ingin tanamkan nilai juga di dalamnya  agar anak lebih positif ke depannya," ujarnya.

Taman bermain ini tak gratis. Anda harus membayar Rp150 ribu per orang, atau Rp450 ribu sepaket untuk dua orang dewasa dan dua anak-anak. Tiket bisa dibeli online maupun langsung di tempat.

Tiket tersebut hanya bisa dipakai untuk satu sesi permainan. Setiap hari terdiri dua sesi, yakni mulai pukul 10.00--15.00 WIB dan pukul 16.00--21.00 WIB. Khusus sesi malam akan ditampilkan secara glow in the dark.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool Juara Paruh Musim

Posted: 20 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool belum tersentuh oleh para pesaingnya di klasemen Liga Inggris 2019/20. The Reds mengantongi 49 poin, hasil dari 16 menang, dan sekali imbang.

Raihan tersebut membuat Liverpool berpeluang besar menjadi juara paruh musim Liga Inggris. Pasalnya, pesaing terdekat mereka, Leicester City baru mengemas 39 poin.

Paruh pertama Liga Inggris 2019/20 hanya menyisakan satu pertandingan lagi. Di laga itu, Leicester City harus meladeni tuan rumah, Manchester City, Minggu (22/12/2019).

Pasukan Brendan Rodgers jelas harus berhati-hati. Man City sebagai tuan rumah dan juara bertahan pastinya ingin meraih poin penuh demi menjaga persaingan dengan Liverpool.

Sementara itu, Arsenal yang baru saja mengganti nakhoda ke Mikel Arteta tercecer di peringkat ke-10. Dari 17 laga, Meriam London baru mengantongi 22 poin.

Berikut klasemen Liga Inggris selengkapnya.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Berangkatkan Peserta Mudik Gratis Reguler dan Disabilitas Nataru 2019

Posted: 20 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bekerjasama dengan PT Jasa Raharja hari ini memberangkatkan Mudik Gratis Natal 2019 & Tahun 2020 dengan mengalokasikan 53 Bus.

Dirktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyebutkan Selain masyarakat umum, mudik gratis Nataru kali ini untuk pertama kalinya juga melibatkan penyandang disabilitas.

"Kita juga harus ingat bahwa ada saudara kita penyandang disabilitas, kita siapkan kendaraan," kata dia, saat acara pelepasan, di Terminal Pulogebang, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Dia mengungkapkan pendaftaran yang dimulai pada hari Rabu tanggal 18 November 2019 s/d 18 Desember 2019 tersebut mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Oleh karena itu dia berharap mudik tahun depan yang diselenggarakan Kemenhub, kuota kendaraan untuk mudik gratis dapat bertambah.

"Tahun depan bisa ditambah lagi harapan saya karena ternyata peminatnya masih banyak," ujarnya.

 

Tujuan Mudik

Mudik Gratis Natal 2019 & Tahun 2020 (dok: Merdeka.com)

Adapun kuota mudik gratis reguler yang diberangkatkan kali ini terdiri dari tujuan Solo​​ 23 Bus, Yogyakarta​ 15 Bus, Semarang​: 5 Bus, Boyolali​ 3 Bus, Purwokerto​ 1 Bus, Malang ​ 2 Bus dan Surabaya​ 1 Bus.

Sedangkan untuk peserta disabilitas tujuan Solo​​: 3 Bus (1 Bus Akses, 1 Bus Elf, 1 Bus Medium). Terdiri dari Tunanetra​ 36 Orang, Pemakai Kursi Roda​: 6 Orang serta Pendamping​ 7 Orang.

Pemberangkatan Bus Mudik NATARU Tahun 2019 dilakukan di pada 6 (enam) terminal secara serentak yaitu Terminal Pulo, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Jatijajar, Terminal Kalideres, Terminal Poris Plawad dan Terminal Mengwi Bali.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

D'Masiv Siap Sajikan Sesuatu yang Baru pada 2020 Mendatang

Posted: 20 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - D'Masiv telah melewati banyak hal sepanjang tahun 2019 ini. Termasuk ketika sebuah video viral di mana sang vokalis, Rian D'Masiv, sempat diketahui bersitegang dengan pemain bas mereka, Rai D'masiv.

Beruntung hal tersebut bukan menjadi masalah yang besar bagi D'Masiv. Rian D'Masiv, sang vokalis, mengatakan bahwa hal-hal seperti itulah yang justru bisa membuat D'Masiv bisa bertahan sampai saat ini.

Ke depannya, bahkan D'Masiv sudah menyiapkan hal yang baru bagi para penggemarnya. Yaitu sebuah album yang spesial direkam di studio kenamaan di Inggris, Abbey Road Studio.

Dinamika

D'Masiv (Deki Prayoga/Fimela.com)

"D'Masiv sudah mau 17 tahun, personil masih 5. Walau ada dinamika kehidupan ada berantem, itu biasa. Tapi kita tetap berlima, dan kemarin habis rekaman di Abbey Road studio, di London rencana akan rilis album live di awal Maret," kata Rian D'Masiv pada Jumat (20/12/2019) di Ancol, Jakarta Utara.

Karya yang Beda

Pulang Umrah, Personil D'Masiv Ketagihan Salat Berjamaah (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selain itu, D'Masiv memiliki wacana untuk membuat karya yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Yaitu D'masiv akan membuat karya-karya dalam bahasa Inggris.

Resolusi

"Nah resolusi D'Masiv itu merekam lagu dalam bahasa Inggris, saya sudah siapin lagunya ada 5. Karena sekarang sudah serba digital. Dan dengan adanya YouTube dan sosmed, dan kesempatan bisa didengar orang luar besar sekali," lanjutnya.

Mimpi Besar

D'Masiv memiliki mimpi besar di balik rencananya itu. Mereka berharap karyanya bisa didengar tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga mendunia.

Senang dan Kaget

"Jadi kita punya mimpi, akhirnya kemaren dalem setahun belakangan ini aku nulis lirik bahasa Inggris dan kalau keluarga dengar mereka senang dan kaget karena enggak kayak D'Masiv. Katanya kayak band bule gitu," tutup Rian D'Masiv.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Berangkatkan 2.120 Pemudik Gratis dan Disabilitas di Terminal Pulogebang

Posted: 20 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan 2.120 pemudik gratis melalui Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Disediakan juga bus khusus untuk mengantar para disabilitas.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi menyampaikan, pemberangkatan mudik gratis disabilitas menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) menjadi yang pertama kali dilakukan.

"Biasanya menggunakan bus pariwisata. Tapi sekarang bekerjasama dengan perusahaan otobus di terminal," tutur Budi di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (21/1/2/2019).

Budi menyebut, ada 55 bus yang disediakan untuk menuju sejumlah wilayah. Di antaranya Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Purwokerto.

"Sebetulnya pemerintah siapkan angkutan bus ini bukan sekedar membantu saja, tapi juga berharap di 2020 ada perubahan fundamental terhadap cara pandang masyarakat untuk angkutan bus," jelas dia.

Untuk disabilitas, lanjutnya, ada 20 orang diberangkatkan hari ini dengan menggunakan dua bus ramah anak dan disabilitas. Sementara nanti disusul lagi 30 pemudik penyandang disabilitas pada 26 Desember 2019.

"Ada yang sebelumnya 17 orang disabilitas yang mudik ke Medan dan NTT kami berangkatkan dengan pesawat. Ada di antara mereka yang 16 tahun tidak pernah kembali ke NTT," Budi menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masyarakat NTT Sambut Gembira Program Mudik Gratis Nataru Pelindo III

Posted: 20 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore sangat mengapresiasi program bus gratis untuk para penumpang kapal laut jelang hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang diselenggarakan oleh Pelindo III dimana hal tersebut sangat dibutuhkan oleh para penumpang kapal di NTT.

"Program tersebut akan memudahkan warga kupang untuk menemui keluarga dan sanak saudara, dan ini merupakan program yang luar biasa sangat saya apresiasi menunjukkan bahwa Pelindo III telah peduli ke masyarakat NTT, semoga dimanfaatkan oleh semua masyarakat khususnya penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Tenau Kupang," ujarnya.

Sementara, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan pemberian layanan mudik gratis natal dan tahun baru 2019 ini merupakan terobosan baru dan program pertama yang diadakan oleh Pelindo III karena melihat antusias warga dan pemerintah daerah yang mendukung program mudik gratis yang diadakan sebelum-sebelumnya.

"Ini adalah terobosan dan inovasi baru kami sebagai wujud nyata kepedulian Pelindo III dalam berbagi kebahagiaan bersama serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang kapal yang sandar di pelabuhan Pelindo III, selain itu hal ini juga untuk lebih mendekatkan Pelindo III kepada masyarakat, sesuai dengan pesan Menteri BUMN bahwa BUMN harus bisa melayani dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkas Doso.

"Dalam hal ini kami ingin memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memberikan layanan angkutan mudik berupa bus gratis ke sejumlah kota mengingat cukup tingginya jumlah pemudik natal dan tahun baru yang singgah di pelabuhan kami sehingga kami harapkan mereka mendapatkan kenyamanan dalam program ini," tambahnya.

 

(Foto: @Pelindo III)

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terbaru dalam rangka menyambut mudik natal dan tahun baru 2019 ini Pelindo III memberikan pelayanan berupa angkutan mudik bus gratis ke sejumlah kota tujuan di bawah regional lingkup kerja Pelindo III.

Layanan angkutan mudik gratis natal dan tahun baru atau nataru tahun ini merupakan layanan nataru pertama yang di sediakan oleh Pelindo III. Rencananya sebanyak 20 ribu pemudik pada moment natal dan tahun baru 2019 yang akan menikmati fasilitas dari Pelindo III ini melalui bus gratis yang disediakan oleh Pelindo 3 dan selama perjalanan juga diberikan makan dan minum serta dilindungi asuransi selama perjalanan dengan bus gratis yang disediakan.

 

(Foto: @Pelindo III)

Fasilitas angkutan bus mudik gratis ini akan diselenggarakan di tiga pelabuhan di bawah naungan Pelindo III di antaranya adalah pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya dan Tenau Kupang Nusa Tenggara Timur.

Dari tiga pelabuhan tersebut para pemudik akan langsung di antar sampai ke sejumlah kota tujuan menggunakan bus diantaranya menuju Soe dan Kefa untuk wilayah pelabuhan No: PRS.04HUMAS/XII-2019 Tenau Kupang, Solo dan Jogja untuk wilayah pelabuhan Tanjung Mas serta Bojonegoro, Kediri, Ngawi dan Madiun untuk penumpang dari wilayah pelabuhan Tanjung Perak.

 

(Foto: @Pelindo III)

Seremonial pemberangkatan angkutan bus gratis natal dan tahun baru ini sendiri dilakukan di Pelabuhan Tenau Kupang, jumat (20/12) dan dipimpin langsung oleh Direktur Sumber Daya Manusia Toto Heli yanto. Ratusan pemudik laut yang sandar di pelabuhan Tenau Kupang langsung mendapatkan fasilitas bus gratis dari Pelindo 3 yang sudah tersedia di area pelabuhan dan akan mengantar mereka Soe dan Kefa.

"kita sediakan bus gratis untuk para pemudik natal dan tahun baru 2019 ini di sejumlah pelabuhan milik Pelindo III harapannya semoga seluruh pemudik khususnya yang tiba di Pelabuhan Tenau Kupang ini bisa memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas ini. Angkutan mudik bus gratis ini tidak cuma di sini tapi juga di pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung Mas," ujar Toto.

Sember, salah satu penumpang yang ikut dalam program bus gratis, mengungkapkan bahwa saat ia turun dari kapal dan tahu ada bus gratis ia dan keluarganya segera bergegas naik dan ternyata memang betul-betul gratis, dapat snack dan infonya juga selama perjalanan akan dilindungi oleh asuransi yang semuanya ditanggung oleh Pelindo III.

Fasilitas angkutan mudik gratis ini nanti mulai bisa dinikmati para penumpang di tiga pelabuhan tersebut sejak tanggal 18 desember hingga tanggal 25 desember 2019. Penumpang pun tidak perlu repot mendaftar namun bisa langsung menggunakan fasilitas bus yang sudah di sediakan oleh Pelindo III di masing masing pelabuhan. Rencananya kegiatan ini akan menjadi pelayanan rutin Pelindo III tiap tahunnya kepada masyarakat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Minum 7 Pil Tidur Hingga Sesak Napas, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Posted: 20 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak yang pintar tentu menjadi dambaan bagi setiap orangtua, terutama anak yang pintar dan berprestasi dalam pelajaran. Namun, orangtua hendaknya juga tetap menerima dan menyayangi anaknya meski tidak pintar dalam pelajaran.

Sebaiknya orangtua tidak memarahi anaknya secara berlebihan ketika ia tidak mampu memahami pelajaran. Pada dasarnya setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing.

Selain itu jika dimarahi secara berlebihan juga dapat berpengaruh buruk pada mental sang anak. Bahkan juga dapat berpengaruh terhadap orangtua itu sendiri.

Dilansir dari World of Buzz, baru-baru ini Seorang ibu di Wuhan, China nekat meminum 7 pil tidur untuk menenangkan diri. Pasalnya, wanita bermarga Xu ini kehilangan kesabaran saat mengajari putranya yang baru berusia 7 tahun untuk ujian akhir. Namun sang anak belum mampu mengerjakan soal tersebut.

 

Mendapat penangan medis

Wanita Ini Minum 7 Pil Tidur Hingga Sesak Napas (Sumber: worldofbuzz.com)

Ibu tersebut berusaha menjelaskan soal-soal PR matematika. Namun setelah beberapa waktu mengajari soal yang sama, anaknya belum mampu untuk mengerjakan soal tersebut.

Karena dilanda kecemasan akan waktu ujian akhir anaknya yang semakin dekat, Xu pun mulai kehabisan kesabaran. Xu dan anaknya mulai berdebat dan sang suami berusaha menengahi. Hingga akhirnya suami Xu mengambil alih untuk mengajari anaknya.

Xu kemudian pergi ke kamarnya namun ia masih dalam perasaan marah. Tanpa pikir panjang, ia nekat menelan 7 butir obat tidur sekaligus dengan maksud menenangkan diri. Bukan menjadi lebih tenang, namun Xu mendadak menjadi pusing dan sesak napas. Ia kemudian memanggil suaminya.

Suami Xu langsung mengantarnya ke rumah sakit. Beruntung ia segera mendapat penanganan tenaga medis yang profesional dan dapat diselamatkan. Dokter yang menangani Xu pun sempat tertawa mendengar alasan Xu minum obat tidur 7 butir sekaligus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Janjikan Perbaikan 16 Terminal Besar pada 2020

Posted: 20 Dec 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melakukan revitalisasi terminal di seluruh Indonesia. Rencananya, ada sekitar 16 besar yang akan diperbaiki.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi menyampaikan, ini menjadi pekerjaan rumah besar dalam mengubah persepsi masyarakat terhadap moda transportasi darat.

"Ada tantangan kita bagaimana masyarakat mengakses simpul-simpul transportasi darat. Termasuk yang disabilitas. Tahun depan kita akan perbaiki 16 terminal dan yang di Sukabumi itu akan dibangun cukup megah, sehingga mengakomodir teman-teman yang disabilitas juga," tutur Budi di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (21/12/2019).

Budi belum sepenuhnya merinci terminal mana saja yang dimaksudkan mendapat proyek revitalisasi. Yang pasti, seluruh fasilitas akan dimaksimalkan demi kemudahan dan kenyamanan pengguna transportasi darat.

"Untuk di DKI apa yang sedang dibangun ini dengan Jaket atau Jakarta Electronic System ini. Saat semua sudah settle, semua baik, sistem, insfrastruktur, dan sarana prasarana semua baik, kita akan rayakan dengan baik juga," jelas dia soal revitalisasi terminal.

 

Electronic Ticket

Bus terparkir di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa (28/5/2019). H-8 Lebaran, tercatat hingga sore ini jumlah penumpang yang akan berangkat di Terminal tersebut menuju kota di Jawa Tengah, Barat, Timur, dan Sumatera mencapai 4.488 orang dengan jumlah bus AKAP 176 bus.(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Nantinya, program Jakarta Electronic akan diadopsi ke seluruh terminal di Indonesia. Salah satu kegunaannya adalah memberikan kemudahan menikmati fasilitas di terminal bus lewat electronic ticket.

"Itu sistem untuk masyarakat jadi sekarang tidak perlu bayar langsung (saat beli tiket bus), tapi bisa online. Ini mempermudah masyarakat kita. Insyaallah dalam waktu dekat akan ada perubahan tidak hanya sistemnya tapi juga ekosistemnya," Budi menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memanggang Daging di Kabin Mobil Bermodalkan Suhu Panas

Posted: 20 Dec 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warganet Facebook bernama Stu Pengelly, melakukan eksperimen dengan mobil yang panas. Dia mencoba memanggang daging di dalam Datsun Sunny di Perth, Australia.

Sekadar informasi, suhu Perth mencapai 40 derajat Celcius beberapa hari ini. Meninggalkan anak, orang tua, atau hewan peliharaan di dalam mobil akan berakibat fatal meskipun hanya beberapa menit. 

Stu meletakkan 1,5 kg daging babi ke dalam wadah. Daging itu dimasukkan ke dalam salah satu mobilnya, Datsun Sunny, selama 10 jam. Setelah 10 jam, daging ini matang. Demikian seperti dikutip dari Auto Evolution.

Dia juga memantau perkembangan suhu di dalam mobil. Setelah tiga jam percobaan dimulai, suhu mobil mencapai 81 derajat celcius.

"Pesan saya adalah jangan meninggalkan siapa pun atau sesuatu yang berharga bagimu di dalam mobil yang panas," kata Stu.

 

Dipantau dari Luar

Jika melihat ada orang, anak kecil, atau hewan peliharaan yang terkunci di dalam mobil, Stu berpesan untuk segera mengeluarkannya.

"Ini bukan pelanggaran untuk melakukan ini dan kamu bisa menyelematkan nyawa. Mohon waspada," kata dia.

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Transformasi Menakjubkan Reza Rahadian Jadi BJ Habibie Bikin Warganet Kagum

Posted: 20 Dec 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya memiliki kemampuan akting yang mumpuni, seorang aktris dan aktor juga harus rela bertransformasi demi sebuah peran di film yang dibintangi. Tak jarang aktris dan aktor yang merubah penampilannya jadi jauh berbeda demi memerankan sebuah film.

Hal ini juga yang baru saja dilakukan salah satu aktor ternama di Tanah Air, Reza Rahadian. Menjadi pemeran utama di film Habibie & Ainun, membuat dirinya harus bertransformasi menjadi sosok eyang Habibie. Tak hanya dari akting, tapi juga dari segi penampilan.

Artikel tentang transformasi Reza Rahadian menjadi BJ Habibie menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang cosplay low budget kocak.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang cara ampuh basmi serangga di rumah. 

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Transformasi Reza Rahadian Jadi BJ Habibie, Warganet: Mirip Banget

Transformasi Makeup Reza Rahadian Jadi BJ Habibie (Sumber: Instagram/orlandobassi)

Melalui akun Instagram-nya @officialpilarez, Reza membagikan proses transformasi dirinya menjadi sosok Habibie dengan bantuan efek makeup prostetik.

Selengkapnya...

2. 5 Cosplay Low Budget yang Super Kreatif, Nyeleneh tapi Bisa Dicoba

Sumber : boredpanda.com

Ada beberapa cara dan trik untuk kamu yang ingin tetap bercosplay, meskipun tak memiliki tabungan yang banyak atau merasa sayang untuk membeli barang-barang tersebut. Kamu bisa membuat baju dan properti sendiri sehingga meminimalisir pengeluaran untuk membeli kostum. Seperti yang dilakukan pria bernama Anuchat ini.

Selengkapnya...

3. 6 Cara Alami dan Ampuh Basmi Serangga di Rumah Tanpa Insektisida

Ilustrasi Serangga (iStockphoto)​

Biasanya hal yang paling sering digunakan yakni insektisida atau semprotan pembasmi serangga. Hanya saja, bahan kimia pada semprotan serangga tersebut bisa membuat risiko bagi kesehatan.

Namun nyatanya, ada lo bahan alami yang dijamin ampuh membasmi serangga di rumah.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon', Pemuda Tampan Asal Banyuwangi

Posted: 20 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu pecinta musik dangdut pasti udah enggak asing lagi dengan lagu 'Mundur Alon-Alon'. Enggak kalah dari lagu 'Entah Apa yang Merasukimu', lagu dengan lirik yang galau dan menyentuh ini sempat viral beberapa waktu yang lalu.

Enggak cuma terkenal di Indonesia aja, lagu ini juga beken hingga negeri tetangga, Malaysia. Pemuda asal Banyuwangi, Jawa Timur ini bernama Ilux ID lah yang melantunkan lagu ini. Di unggah sejak Mei 2019, video klip lagu Mundur Alon-Alon saat ini sudah ditonton sebanyak 80 juta lebih orang di YouTube loh! 

Sebelum menciptakan lagunya sendiri, Ilux kerap kali meng-cover lagu-lagu pop yang kemudian ia jadikan koplo dan diunggah di kanal youtube miliknya. Meski jarang terlihat di layar kaca televisi, namun Ilux hingga saat ini masih aktif bernyanyi dari satu panggung ke panggung lainnya. 

Berkat lagunya yang viral, Ilux pun juga sempat berkolaborasi dengan Nella Kharisma menyanyikan lagunya. Punya suara yang lembut dan mendayu, enggak salah kalau banyak orang yang kagum dengan Ilux. Jadi, penasaran kan gimana potretnya? Berikut Liputan6.com ulas dari akun instagaram Ilux, potret Ilux pelantun lagu 'Mundur Alon-Alon', Sabtu (21/12/2019) 

 

1. Punya lirik yang menyentuh, lagu berlirik bahasa jawa berjudul 'Mundur Alon'Alon' pun viral di media sosial.

Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon' (Sumber: Instagram//ilux.id)

2. Nah, ini dia potret pelantunnya, Ilux ID. Punya suara yang lembut membuat pemuda asal Banyuwangi ini dikagumi oleh banyak orang.

Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon' (Sumber: Instagram//ilux.id)

3. Di unggah sejak Mei 2019, video klip lagu Mundur Alon-Alon saat ini sudah ditonton sebanyak 80 juta lebih orang di YouTube loh!

Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon' (Sumber: Instagram//ilux.id)

4. Berkarier di dunia musik tahun 2018 lalu, Ilux setidaknya sudah mengeluarkan lebih dari 20 lagu.

Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon' (Sumber: Instagram//ilux.id)

5. Sebelum menciptakan lagunya sendiri, pria berkacamata ini kerap meremix lagu pop yang kemudian ia jadikan koplo dan diunggah di kanal YouTube miliknya.

Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon' (Sumber: Instagram//ilux.id)

6. Berkat lagunya yang viral, saat ini Ilux pun aktif bernyanyi dari satu panggung ke panggung lainnya. Sukses selalu ya buat Ilux!

Ilux Pelantun Lagu 'Mundur Alon-Alon' (Sumber: Instagram//ilux.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Natal dan Tahun Baru, Basarnas Banten Siaga Jaga Selat Sunda

Posted: 20 Dec 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Cilegon - Tiga kapal dan satu helikopter disiagakan Badan SAR Nasional (Basarnas), untuk menjaga libur natal dan tahun baru 2020. Dua kapal bersandar di Pelabuhan Merak dan satu lainnya di Pelabuhan Indah Kiyat, Kota Cilegon, Banten.

Kepala Basarnas Banten, Marsdya Bagus Puruhito mengatakan, helikopter dan kapal tersebut akan berpatroli mulai dari Lampung hingga ke Banten secara rutin. Terutama saat perayaan pergantian tahun dari 2019 ke tahun 2020 di wilayah Anyer hingga Carita.

"Di penyeberangan Merak-Bakauheni kita siapkan tiga kapal, KN Padi, Karna dan Sadewa, mereka melaksanakan patroli bergantian. Dengan selat tidak begitu lebar, tiga kapal plus helikopter sudah cukup," kata Bagus saat ditemui di Posko Basarnas Banten yang berlokasi di Dermaga 3 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (21/12/2019).

Bagus menambahkan, Posko SAR tak hanya ada Pelabuhan Merak saja, tetapi juga ada di ruas tol Tangerang-Merak (Tamer), Anyer, Carita, hingga Pulau Sangiang.

Basarnas pun menghimbau, kepada masyarakat yang akan berwisata selalu berhati-hati. Sebab, saat ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga rawan terjadi bencana longsor, banjir bandang, hingga gelombang tinggi.

"Sekarang musim hujan, longsor, banjir itu salah satu kesiapsiagaan Basarnas Banten. Di tengah (Pulau Sangiang) kita siapkan rip boat disitu mempercepat respons time dan reaksi. SAR di darat kita siapkan di wisata Anyer dan Pandeglang," terangnya.

Menurut Bagus, pihaknya membuka 353 posko SAR di seluruh Indonesia. Meski begitu, pihaknya mengaku, masih kekurangan personil untuk melakukan operasi SAR.

"Idealnya itu 10.000 orang. Saat ini personil kita baru 3.500 orang. Kita terus meminta ke Men-PAN RB agar bisa terus ditambah personilnya," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal Cerai Istri, Ayah di Samarinda Tega Cabuli Putri Kandungnya

Posted: 20 Dec 2019 09:01 PM PST

Patroli, Samarinda - Tak bermoral. Itulah kata yang pantas diberikan bagi seorang tersangka di Samarinda, Kalimantan Timur, yang mencabuli anak kandungnya yang masih berusia 13 tahun.

Pria 54 tahun ini berdalih melakukan perbuatan bejat tersebut usai bercerai dan ditinggal pergi oleh istrinya yang telah menikah dengan pria lain. 21 kali sudah aksi itu dilakukannya. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (21/12/2019), kasus ini terungkap setelah istri pelaku mendapat informasi dari korban. Istri pelaku pun langsung melaporkannya ke polisi.

Sementara, di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, seorang tersangka mencabuli anak tirinya. Aksi jahat itu bahkan telah dilakukan 60 kali sejak korban masih duduk di bangku kelas enam SD hingga kini memasuki jenjang SMP.

Bahkan, tersangka mengancam korban dengan senjata golok jika tak mau melayani nafsu bejatnya.

Dengan alasan tidak tertarik lagi dengan istrinya yang sudah tua, dia melakukan perbuatan cabulnya saat sang istri tak berada di rumah.

Pelaku kini telah ditangkap Polsek Buay Sandang Aji dan jajaran Polres Ogan Komering Ulu Selatan. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana 15 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Vladimir Putin Kedapatan Masih Pakai Windows XP

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penguasa negara adidaya Rusia, Presiden Vladimir Putin, kedapatan masih menggunakan sistem operasi Windows XP di desktop komputernya.

Hal ini terungkap melalui salah satu foto yang dirilis oleh pihak Kremlin pada November 2019.

Seperti yang dilansir The Guardian, Sabtu (21/12/2019), potret tersebut memperlihatkan Putin sedang duduk di mejanya selama sesi konfrensi video dengan WorldSkills Union.

Di mejanya, tampak sebuah monitor komputer yang menampilkan laman utama Windows XP. Kamu dapat mengetahuinya dengan jelas dari desain dan warna taskbar yang khas.

Temuan ini cukup menarik, mengingat Microsoft sudah menghentikan pembaruan terhadap Windows XP sejak 2014.

Rentan Terhadap Virus dan Celah Keamanan

Lebih lanjut, Microsoft menyebutkan Windows XP sangat rentan terhadap virus dan celah keamanan karena sudah tidak mendapatkan pembaruan software lagi.

Namun di Rusia, tampaknya lebih sulit untuk meng-update OS perangkat yang digunakan ke versi yang baru.

Disebutkan, pejabat pemerintahan memang tidak dimaksudkan untuk menggunakan software asing karena kekhawatiran aksi spionase oleh pihak asing.

Dengan ini, Windows XP menjadi sebagai OS terakhir yang disertifikasi untuk digunakan oleh pihak pemerintah.

 

Berencana Pakai OS Linux

Informasi, pemerintah Rusia sempat direncanakan akan beralih ke OS Astra Linux buatan mereka sendiri.

Namun, karena OS tersebut belum siap rencana itu pun harus ditunda hingga belum diketahui dengan pasti kapan.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Rencana Ekspor Benih Lobster, Siapa yang Diuntungkan?

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan da Perikanan Edhy Prabowo tengah mewacanakan untuk membuka keran ekspor benih Lobster. Padahal, selama kepemimpinan Susi Pudjiastuti, hal ini dilarang.

Rencana Edhy ini mengundang perhatian berbagai kalangan, termasuk Susi Pudjiastuti sendiri. Lalu, apa untung ruginya ekspor Lobster ini?

Direktur Eksekutif Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita menjabarkan, pertama, jika ditanya nelayan pencari benih Lobster, pelarangan ekspor ini tentu saja akan menjadi bencana bagi mereka, karena akan menghilangkan pangsa pasarnya (demand).

"Logikanya jelas, sudah pasti mereka tidak bisa menjual lagi tangkapannya kepada eksportir benih lobster, karena aktifitasnya dilarang," tegas dia kepada Liputan6.com, Sabtu (21/12/2019).

Kedua, hal ini jelas menguntungkan pengusaha yang cenderung tak mau repot dalam pengembangan industri hilirisasi hasil laut. Sejumlah trader yang selama ini menjadi penyelundup, dikatakan Ronny, kini menjadi legal.

"Teknsinya dalam kasus ekspor benih lobster ini, cukup biayain pengepul atau beli dari pengepul, kumpulkan di warehaouse di pelabuhan, lalu lempar ke luar negeri dengan selisih harga yang lumayan. Ya lumayan dapat margin buat kejayaan pengusahanya, lumayan dapat margin buat ngurus ijin, dan lumayan juga dapat buat pelicin sana sini," kata Ronny.

 

Pemerintah Tak Usah Repot

Kantong berisi ribuan benih baby lobster disita polisi dari penyelundup dengan tujuan Malaysia. (Liputan6.com/M Syukur)

Ketiga, menurut Ronny, dari sisi pemerintah, ekspor benih lobster ini jelas lebih gampang. Dalam hal ini hanya tinggal memberikan izin ekspor peruashaan dan menerima pajak dari hasil ekspor tersebut.

"Makin banyak ekspor, maka akan makin banyak devisanya, banyak PNBP-nya, dan berprestasilah institusi tersebut dimata penguasa, di tengah badai defisit yang terus mengancam. Birokrat tak perlu berfikir bagaimana membuat Indonesia menjadi negara yang jaya dalam komoditas lobster dewasa, dengan kualitas dunia, tak banyak birokrat meluangkan waktu untuk memikirkan itu," paparnya.

Ditegaskan Ronny, jika kebijakan ini dilaksanakan, maka pemerintah akan kehilangan moment dalam membangun industri lobster di Indonesia. Di sisi lain lobster di perairan Indonesia terancam punah.

"Artinya, KKP hilang kesempatan untuk ikut menambah kesejahteraan. Lalu peluang untuk mendapatkan devisa berpuluh-puluh kali lipat dibanding devisa benih beberapa tahun mendatang, juga akan nihil. Artinya, pemerintah juga hilang kesempatan untuk dapat bagian pajak yang lebih besar di masa mendatang," ujar Ronny.

Sulit Dikembalikan

Petugas menunjukkan barang bukti benih lobster saat rilis penyelundupan benih lobster di Gedung Dittipidter Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/8/2019). Bersama KKP, Polisi mengungkap penyelundupan 57.058 ekor benur jenis pasir dan jenis mutiara 203 ekor. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Yang harus digaris bawahi, kata Ronny, sekali larangannya dicabut, akan susah melarang lagi dan diperkirakan rencana kebijakan-kebijakan strategis terkait budi dayanya, akan terus mundur.

"Baik karena faktor ekonomi politik (relasi pengusaha dan penguasa) di satu sisi maupun karena alasan menolong defisit dagang yang terus memburuk. Jadi kalau tak dimulai, apalagi dibuat mundur dengan pencabutan pelarangan, maka tak akan pernah mulai. Sayonara masa depan Komoditas Lobster Nasional," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merakit, Lagu Paling Inklusif di Indonesia

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pertunjukan perkusi yang dipersembahkan kawan-kawan tuli dan Yura Yunita dalam acara 'Merakit Ruang Kolaborasi', Minggu (15/12/2019), ternyata merupakan ide dari salah satu penyandang tuli bernama Galuh. Perempuan yang sering disapa Bunda oleh Yura ini memiliki mimpi untuk bermain musik sejak puluhan tahun lalu.

"Sebenarnya ini mimpi saya sejak lama. Selama puluhan tahun belum pernah merasakan bermain musik dan menikmati orang bernyanyi. Ini adalah tahun terbaik untuk saya karena ketemu lagu 'Merakit', lagu paling inklusif di Indonesia, semua orang bisa menikmatinya," kata Galuh melalui penerjemah bahasa isyarat di Jakarta Selatan.

Ia juga berterima kasih kepada Yura yang menurutnya telah berhasil membuat orang-orang dengan disabilitas merasa setara dan bisa menikmati musik. Dengan acara ini, Galuh juga ingin menunjukkan bahwa bahasa isyarat itu mudah dan memiliki tataran sastra dan kedalaman jiwanya sendiri.

Penampilan perkusi ini diikuti oleh sekitar 25 penyandang tuli yang melingkar di bawah panggung. Setiap hentakan diberi intruksi oleh seorang instruktur musik dari Touch and Play. Lagu yang dibawakan adalah lagu 'Merakit' dari Yura Yunita.

(Daniel Kampua/Fimela.com)

Inspirasi di Balik Lagu 'Merakit'

Inspirasi di Balik Lagu 'Merakit'

 

Sementara, Yura mengungkapkan pelajaran yang ia dapat dari kolaborasi ini. Ia menyebut, ternyata bahasa isyarat juga ada bahasa seninya bukan hanya bahasa sehari-hari. Ia juga berharap, ke depannya semua orang dapat lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Jangan menghindar, emang biasanya kita takut salah kalau ingin memulai obrolan dengan teman tuli padahal mereka juga bisa secasual itu, mulai lah buka komunikasi," kata Yura.

Yura juga berkisah, lagu 'Merakit' ini terinspirasi dari seorang gadis tuna netra bernama Delia. Bahkan, Delia tampil dalam video klip lagu 'Merakit' dan ikut serta memeriahkan acara dengan menyanyikan beberapa lagu.

"Tuhan mempertemukan aku dengan Delia saat aku di titik terendah. Ternyata jika kita membuka hati, banyak hal untuk kita pelajari. Kayaknya kalau aku gak ketemu Delia mungkin gak ada lagu dan album 'Merakit' ini," kata Yura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Lokasi di Indonesia Disapa Gerhana Matahari Cincin, Cek Waktunya

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana Matahari Cincin (GMC) sebentar lagi menyapa sejumlah lokasi di Indonesia pada 26 Desember 2019. Gerhana akan tiba di waktu berbeda antara satu tempat dengan dengan lainnya.

Saat gerhana matahari cincin terjadi, intensitas cahaya matahari akan berkurang, sehingga suasana siang hari akan terasa seperti sore hari. Perubahan serupa juga dialami oleh wilayah lain di Indonesia yang mengalami gerhana sebagian.

Bedanya, wilayah yang dilintasi gerhana sebagian hanya melihat piringan Matahari perlahan-lahan dilahap Bulan. Tidak ada cincin api yang tampak di langit.

Perlu diketahui, Gerhana matahari cincin kali bukan yang pertama di Indonesia. Sebelumnya GMC juga juga melewati wilayah Indonesia pada tahun 1998, 2002 dan 2009.

GMC 2009 bahkan terjadi bertepatan dengan perayaan 100 tahun penggunaan teleskop oleh Galileo dalam Tahun Astronomi Internasional. Tahun ini, GMC akan jadi penutup rangkaian perayaan 100 Tahun IAU yang merayakan pencapaian astronomi dalam 100 tahun terakhir.

Setelah tahun 2019, gerhana matahari cincin berikutnya yang melewati wilayah Indonesia baru akan terjadi tanggal 31 Mei 2031 dan melintasi wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Dalam peristiwa gerhana cincin matahari ini, pengamatan dilakukan di area yang dilintasi jalur cincin, di antaranya yaitu Sibolga, Siak, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Entikong, Tanjung Selor, dan Pulan Derawan.

Para pengamat yang berada dalam jalur cincin atau di dalam jalur garis merah akan dapat mengamati cincin api Matahari atau gerhana matahari cincin. Yang menarik, durasi cincin terlama akan terjadi di wilayah Siak, Riau, yakni 3 menit 40 detik. Di luar jalur merah atau di luar wilayah cincin, para pengamat dapat menikmati Gerhana Matahari Sebagian. 

Simak video pilihan berikut ini:

Cek Waktu Gerhana Cincin Matahari

Catat waktu tahapan terjadinya Gerhana Matahari Cincin di beberapa bagian di Indonesia yang disampaikan Gerhana.info:

Untuk Indonesia bagian barat, lokasi pertama dimulainya gerhana cincin (U1) : 10:34:43 WIB Maksimum: 12:17:36 WIB Lokasi terakhir berakhirnya gerhana cincin (U4) :  14:00:53 WIB

Adapun lokasi Indonesia bagian tengah, lokasi pertama dimulainya gerhana cincin (U1) : 11:34:43 WITA Maksimum: 13:17:36 WITA Lokasi terakhir berakhirnya gerhana cincin (U4) :  15:00:53 WITA

Dan untuk Indonesia bagian timur, lLokasi pertama dimulainya gerhana cincin (U1) : 12:34:43 WIT Maksimum: 14:17:36 WIT Lokasi terakhir berakhirnya gerhana cincin (U4) :  16:00:53 WIT

Jangan khawatir, wilayah lainnya masih bisa menikmati detik-detik saat Bulan menutupi Matahari. Hanya saja, piringan Bulan tidak membelakangi Matahari secara sempurna layaknya sebuah cincin.

Nadiyah Fitriyah / PNJ

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tembak Pelaku Pencuri Kendaraan Bermotor di Surabaya

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meringkus pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) usai kedapatan bersembunyi di sebuah rumah kos, Jalan Bulak Banteng, Surabaya, Jawa Timur.

Polisi pun menembak pelaku lantaran berusaha melawan hendak ditangkap. "Mereka berusaha melawan petugas ketika dilakukan penyergapan di dalam rumah kos. Terpaksa kami lakukan tindakan (penembakan)," tutur Kanit Resmob, Satreskrim Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Jumat, 20 Desember 2019, seperti dikutip dari Merdeka.com.

Adapun ketiga pelaku tersebut masih remaja. Tiga pelaku spesialis curanmor itu antara lain berinisial FR (19), NA (19), FR (19). Pelaku tersebut kos di Jalan Bulak Banteng, Surabaya.

Dalam kurun waktu satu tahun, tiga pelaku itu telah menjelajahi sebanyak 20 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Surabaya.

"Mereka beraksi melakukan pencurian motor sebanyak 20 TKP di Surabaya," tutur Bima.

Bima menuturkan, modus operandi ketiga pelaku ini dengan mencari sasaran, sambil membawa alat yang disediakan. "Pelaku merusak kunci, kemudian dibawa ke tempat kos dan selanjutnya dijual ke Madura dengan harga Rp 3 juta," tutur Bima.

Barang Bukti yang Disita

Barang bukti yang disita antara lain Honda Vario L4987 LX, Honda Beat L 5820 DB, Yamaha Mio L 5853 SG. Tiga motor tersebut merupakan hasil curian yang disimpan di dalam tempat kos.

Kemudian motor sarana Honda Beat L 3901 PO, sebuah kunci Y, dua mata kunci baja runcing, satu kunci L, satu pelat nomor motor L5531 EW, dua mata kunci baja runcing, selembar STNK motor L 3865 YU, selembar STNK motor L 3804, satu kunci untuk membongkar pelat nomor kendaraan.

Bima menuturkan, ketiga pelaku selalu mengonsumsi sabu setelah motor yang mereka curi laku dijual. Sabu yang dibeli dikonsumsi bersama-sama di dalam kamar kos.

"Bukti lain yang kami temukan di dalam kamar kos pelaku yakni seperangkat alat hisap beserta pipetnya," kata Bima.

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Philippe Coutinho Punya Masa Depan Cerah Usai Tinggalkan Barcelona

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Philippe Coutinho memang dicap sebagai transfer gagal di Barcelona. Dibeli dengan transfer 120 juta pounds dari Liverpool pada 2017 lalu, Coutinho tak memberi dampak yang banyak.

Pada awal musim ini, 2019-2020, Barcelona pun meminjamkan Philippe Coutinho ke Bayern Munchen selama satu musim. Klub asal Bavaria itu punya opsi untuk mempermanenkan Coutinho musim depan.

Coutinho, winger asal Brasil ini kini punya masa depan yang cerah di Munchen. Di Barcelona, dia tak bisa berbuat apa-apa.

Namun Phillipe Coutinho mulai mendapatkan banyak dukungan di Munchen. Penampilan apik saat Munchen kalahkan Werder Bremen 6-1 salah satunya.

Pada pertandingan itu, Philippe Coutinho ukir prestasi hebat dengan mencetak tiga gol dan dua assist. Ini rekor terbesarnya selama karier.

 

Dukungan Pelatih

10. Philippe Coutinho - Coutinho bergabung dengan skuat Barcelona dengan nilai transfer mencapai 120 juta euro. (AFP/Federico Gambarini)

Coutinho juga mendapatkan dukungan dari pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick. Dia kini sudah mencetak 7 gol dan 5 assist di 21 laga.

Rata-rata golnya yaitu satu gol per 96 menit. Coutinho bakal terus di Munchen?

"Dia ada dalam permainan terbaiknya dan berada di trek yang benar. Tak mudah datang ke Jerman dan langsung klop," kata Flick seperti dikutip Goal.com.

Dukungan juga datang rekan-rekannya seperti David Alba dan Robert Lewandowski. Mereka ingin Coutinho bertahan di Munchen.

"Kalau Anda melihat pertandingan hari ini, kami harus membelinya bukan?" kata Alaba.

"Itulah gaya bermainnya hari ini, mengolah bola dan bergerak. Bagaimana dia melakukannya itu luar biasa. Kami butuh pemain seperti itu," Lewandowski menimpali.

 

Siap Menjual

Barcelona pun tak akan menarik keputusannya. Kini, Barcelona siap menjualnya dengan banderol yang mungkin kurang dari 120 juta pounds.

Saat ini, Barcelona juga sudah bisa bernapas lega karena beban gaji berkurang. Mereka juga mendapatkan uang 8,5 juta euro sebagai uang peminjaman.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tasya Farasya Tegur Seleb yang Promosikan Barang Abal-Abal

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ramainya endorsement yang dilakukan oleh artis atau selebgram ternyata menarik perhatian Tasya Farasya. Makeup guru kondang di YouTube itu prihatin karena tak sedikit produk yang ia ragukan keamanannya, ternyata ikut dipromosikan oleh para tokoh kenamaan tersebut.

Tak tahan, Tasya Farasya beberapa waktu lalu akhirnya mengeluaran teguran di Instagram. Memang tak ada nama yang ia sebut di dalamnya, tapi ia menggunakan kalimat yang terbilang menohok.

"Dear "SELEBGRAM/PROMOTOR/ORANG YANG NYARI DUIT DARI PROMOSIIN BARANG" Lo tau ga kalo behel "murah" yang lo promosiin dan lo bilang "langganan lo" padahal nggak lo buka dari bungkusnya itu bisa bikin gigi orang lain mengalami kerusakan fatal, bisa lepas dari gusinya?" tulis Tasya Farasya via Instagram Story.

Minta Direnungkan

Tasya Farasya. (dok.Instagram @tasyafarasya/https://www.instagram.com/p/B4cT1qAlOkr/Henry)

Tak hanya soal behel, Tasya Farasya juga mengingatkan bahaya produk lain seperti produk pelangsing, pemutih, atau makeup palsu. Ia menyayangkan produk-produk tersebut seolah-olah digunakan sang endorser, padahal kenyataannya tidak demikian.

"Apa kalo tau hal2 itu lo masi bisa enjoy hasil uang lo itu? Dan tau bahwa ribuan mungkin jutaan orang menderita gara2 yang lo post doang? Bahkan lo sendiri juga ga akan berani pake produk2 yang lo promosiin itu? Renungkan lahh" tulis Tasya Farasya.

Unggahan ini kemudian di-pin oleh Tasya di profile Instagram miliknya.  

Unggahan Tasya Farasya (Instagram/ tasyafarasya)

Kebakaran Jenggot

©Instagram/tasyafarasya

Sikap keras yang ditunjukkan Tasya Farasya tersebut ternyata membuat sebagian kalangan kebakaran jenggot. Bahkan salah satu pemilik akun menghubungi Tasya via pesan pribadi.

Komentar ini, kemudian diunggah lagi oleh Tasya, Jumat (20/12/2019) kemarin.

Doa yang Tidak Pantas

"Banyak2 introspeksi mbak. Jangan banyak nyinyirin orang. Jangan nganiaya orang, jangan nyusahin urusan orang," begitu petikan dari komentar panjang pemilik akun tersebut.

Bahkan di salah satu kalimatnya sang pemilik akun mendoakan hal yang tidak pantas kepada Tasya.

 

Reaksi Tasya

Meski begitu, Tasya santai saja menanggapi hal ini. "Yang doain jelek2 ada, semoga yang doain aku bagus2 banyak dan Allah maha mengetahui segala sesuatu," tuturnya."

 

Jadi Trending Topic

Sikap Tasya Farasya ini ternyata mendapat dukungan luas dari warganet. Bahkan Tasya Farasya sempat masuk dalam trending topic di Twitter Indonesia.

Reaksi Warganet

"Nothing but massive respect for Tasya Farasya," tutur Ernest Prakasa via Twitter.

"Masih banyak skincare aman+murah di mini market,klo ga cocok ya pake yg alami2 aja gitu. Beberapa wanita indonesia merasa cantik itu punya wajah putih, glowing. Dan rata2 pada pingin yg instan,bodoamat sm resiko'a.krna yg bner2 bpom biasa'a proses'a cukup lama. #tasyafarasya," kata @erviaaaaa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [Feature] Tawa Sendu Badut Ibu Kota

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Sebuah foto Suharno saat awal karir sebagai badut menghiasi meja ruang tamu rumah. Sebelum menjadi badut, Suharno berkerja sebagai petugas keamanan di sebuah perumahan kawasan Kebayoran. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebuah foto Suharno saat awal karir sebagai badut menghiasi meja ruang tamu rumah. Sebelum menjadi badut, Suharno berkerja sebagai petugas keamanan di sebuah perumahan kawasan Kebayoran. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membersihkan salah satu kostum badut di kamar rumah. Tahun 1991 tepatnya Suharno memulai karir sebagai badut panggilan yang saat itu bertarif Rp300 ribu per sekali tampil. Dirinya mengaku secara otodidak belajar menjadi badut sulap. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membersihkan salah satu kostum badut di kamar rumah. Tahun 1991 tepatnya Suharno memulai karir sebagai badut panggilan yang saat itu bertarif Rp300 ribu per sekali tampil. Dirinya mengaku secara otodidak belajar menjadi badut sulap. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat latihan tampil sebagai badut di kamar rumah. Suharno juga bekerja sampingan sebagai ojek online. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat latihan tampil sebagai badut di kamar rumah. Suharno juga bekerja sampingan sebagai ojek online. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno mengendarai motor dengan penuh tas perlengkapan usai tampil sebagai badut di kawasan Kenari, Jakarta. Seiring berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi yang didapat dari profesi ojek online, Suharno bangkit mempromosikan jasanya via media sosial. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno mengendarai motor dengan penuh tas perlengkapan usai tampil sebagai badut di kawasan Kenari, Jakarta. Seiring berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi yang didapat dari profesi ojek online, Suharno bangkit mempromosikan jasanya via media sosial. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membersihkan wajah usai tampil sebagai badut. Saat ini tarif jasa badut Suharno dibanderol Rp500 hingga Rp1,5 juta per sekali tampil, tergantung permintaan sulap yang diinginkan. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membersihkan wajah usai tampil sebagai badut. Saat ini tarif jasa badut Suharno dibanderol Rp500 hingga Rp1,5 juta per sekali tampil, tergantung permintaan sulap yang diinginkan. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membagikan kartu nama ke warga usai tampil sebagai badut. Meskipun memiliki pekerjaan sampingan ojek online, Suharno lebih mencintai profesi badut panggilan, menurutnya menjadi suatu kebanggaan dan dapat menghibur diri ketika aksinya mampu menghibur anak-anak. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membagikan kartu nama ke warga usai tampil sebagai badut. Meskipun memiliki pekerjaan sampingan ojek online, Suharno lebih mencintai profesi badut panggilan, menurutnya menjadi suatu kebanggaan dan dapat menghibur diri ketika aksinya mampu menghibur anak-anak. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membawa koper sulapnya saat akan tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno membawa koper sulapnya saat akan tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Perlengkapan sulap di dalam koper Suharno. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Perlengkapan sulap di dalam koper Suharno. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat tampil menghibur sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat tampil menghibur sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat mempromosikan jasanya via media sosial. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat mempromosikan jasanya via media sosial. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat siap tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno saat siap tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno merias diri sebelum tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno merias diri sebelum tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno merias diri sebelum tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suharno merias diri sebelum tampil sebagai badut. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggur Merah Baik untuk Kesehatan?

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Minum terlalu banyak alkohol tidak baik untuk kesehatan. Namun, jika ada satu jenis alkohol yang paling mungkin dipilih, itu adalah anggur. Anggur, terutama anggur merah telah dipelajari peneliti secara luas.

Bukti menunjukkan, seperti yang dilansir pada laman Medicalnewstoday, mengonsumsi alkohol dapat membantu orang hidup lebih lama, dapat terlindung dari kanker tertentu, dan meningkatkan kesehatan mental sekaligus jantung.

Menurut American Heart Assosiation, setiap alkohol dalam jumlah sedang, tidak lebih dari satu gelas per hari, dapat membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari radikal bebas yang merusak sel.

Di wartakan pada laman Thehealty, dipaparkan mengenai efek yang dialami kesehatan tubuh dari mengonsumsi wine, atau anggur merah.

Kesehatan Usus yang Lebih Baik

Sebuah studi 2019 dalam Journal of Gastroenterology menemukan bahwa orang yang minum anggur merah memiliki keanekaragaman bakteri baik yang lebih besar dalam usus mereka dibandingkan dengan orang yang tidak minum anggur merah.

Anggur merah memiliki bakteri yang lebih beragam dan proporsi yang lebih besar daripada beberapa jenis alkohol lain. Bakteri ini dianggap  mampu membantu pencernaan, fungsi kekebalan tubuh, dan manajemen berat badan. 

Dalam studi tersebut, peminum anggur merah punya lebih kecil kemungkinan mengalami obesitas dan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) yang lebih rendah daripada mereka yang tidak meminumnya. Para peneliti juga menemukan bahwa minum anggur merah selama dua minggu sudah cukup untuk dapat melihat efeknya.

Jantung, Tulang, dan Otak Meningkat

Ilustrasi Wine (iStockphoto)

 Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Etanol dan polifenol yang terkandung dalam anggur secara bersamaan dapat membantu melindungi penyakit terhadap kardiovaskular kronis, sebagian besar penyakit jantung. Menurut laporan yang diterbitkan dalam Canadian Jouenal of Clinical Nutrition, tanin yang juga terkandung dalam anggur merah seringkali dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

"Antioksidan dalam anggur meningkatkan kolesterol HDL yang menyehatkan jantung serta menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat," kata Kristine Arthur, MD, dokter sepesialis penyakit dalam Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California. Arthur juga memaparkan bahwa HDL dapat membantu mencegah penumpukan plak "buruk" di arteri, yang juga dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

Tulang Lebih Kuat

Para peneliti telah menemukan bahwa minum berat berkaitan dengan osteoporosis. Namun, para penelitian juga telah menemukan bahwa tulang bisa lebih kuat pada wanita menopause yang minum rata-rata sekitar satu gelas per hari.

Sebuah studi pada 2017 di PLoS One mendukung pernyataan tersebut. "Alkohol dapat memengaruhi penyerapan kalsium, yang dari waktu ke waktu dapat memengaruhi kemampuan membangun tulang yang kuat," kata Arthur. 

Hal yang paling penting untuk diketahui adalah aktivitas fisik teratur memainkan peran penting dalam menjaga tulang kuat dan sehat. 

Otak Tajam Lebih Lama

Fungsi otak dapat menurun seiring bertambahnya usia. Tetapi asupan alkohol moderat — misalnya, dengan minum satu gelas anggur di malam hari — dapat dikaitkan dengan penurunan yang lebih lambat.

Sebuah analisis yang diterbitkan pada 2014 dalam Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang berusia 65 tahun keatas yang minun minuman beralkohol dalam jumlah ringan hingga sedang, terutama anggur, memiliki volume otak total yang lebih besar daripada yang bukan peminum alkohol.

Walaupun volume total otak tidak sama dengan fungsi kognitif, otak diketahui akan mengalami atrofi -- kerusakan otak dengan kondisi seperti penyakit alzheimer dan demensia, sehingga total volume otak yang lebih besar adalah pertanda baik.

 

Penulis: Lorenza Ferary

Saksikan Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Pria Panjat Pohon 27 Meter Tanpa Alat Pengaman

Posted: 20 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria 65 tahun sangat cekatan memanjat pohon kelapa setinggi 27 meter tanpa alat pengaman. Dari keterampilannya tersebut ia bisa menghasilkan uang Rp 348 ribu dalam sehari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Perban Karena Tak Punya Sepatu, Atlet Lari Cilik Ini Raih 3 Medali Emas

Posted: 20 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Media sosial baru-baru ini diramaikan dengan kisah seorang gadis berusia 11 tahun asal Filipina. Kisahnya viral di Facebook lantaran kemunculannya di sebuah perlombaan lari yang diikuti oleh beberapa sekolah.

Gadis manis tersebut bernama Rhea Ballos. Dirinya hadir dalam perlombaan tersebut sebagai perwakilan sekolahnya dalam ajang Iloilo Sports Council Meet. Ia dipilih karena memiliki bakat dan tekad yang kuat untuk mengikuti lomba lari tersebut.

Namun keikutsertaannya bukan hanya menjadi perwakilan sekolahnya saja tetapi mencuri perhatian publik hingga viral di media sosial. Rhea tak menggunakan sepatu selayaknya atlet lari lainnya. Ia justru menggunakan perban yang dililitkan serta memberikan gambar logo 'Nike' dengan spidol hijau. .

Menggunakan perban sebagai alas kakinya untuk berlari, ternyata keluarga Rhea tak sanggup membeli sepatu kets merek ternama yang kerap digunakan untuk para atlet lari. Hal tersebutlah yang membuat Rhea memilih untuk membalut kakinya dengan perban.

Sukses Raih 3 Medali Emas

Gadis berusia 11 tahun asal Filipina berhasil raih 3 medali emas cabang lari tanpa sepatu. (Sumber: Facebook/Predirick B. Valenzuela, Ilustrasi)

Dilansir dari Nextshark oleh Liputan6.com, Sabtu (21/12/2019) Rhea Ballos menjadi perwakilan sekolahnya dan masuk dalam nomor lari kategori anak antar sekolah di Iloilo, Filipina.

Punya tekad kuat bahkan tanpa sepatu, Rhea berhasil menyabet 3 medali emas. Ia berhasil mengalahkan lawannya yang berlari dengan persiapan serta peralatan lengkap bak atlet. Tiga nomor lari yang berhasil dijuarai Rhea yaitu 400 meter, 800 meter dan 1.500 meter.

Ramai di media sosial, kisah ini berawal dari Facebook yang diunggah oleh Predirick B. Valenzuela. Postingannya tersebut bahkan sudah meraih 1,3 ribu likes dan seribu kali dibagikan sejak Sabtu (7/12/2019) lalu.

New design of spike shoes Made in Philippines NIKE Congratulations RHEA BULLOS of Balasan 3GOLDS 400m dash ELem Girls 800m run Elem Girls 1500m run Elem Girls

Posted by Predirick B. Valenzuela on Monday, 9 December 2019

Viral dan Banjir Pujian Netizen

Gadis berusia 11 tahun asal Filipina berhasil raih 3 medali emas cabang lari tanpa sepatu. (Sumber: Facebook/Predirick B. Valenzuela)

Kisah Rhea yang hanya beralaskan perban sebagai pengganti sepatu, membuat banyak orang menyoroti dirinya. Bahkan beberapa foto aksinya saat mewakili sekolah tersebut tak hanya viral di Facebook tapi juga di Twitter.

Tak sedikit netizen yang memberikan pujian dan kagum pada sosok bocah berusia 11 tahun tersebut. Bahkan sebagian orang memberikan tag kepada Nike agar bocah manis itu diberikan sepatu sebagai penghargaan. Tak cuma Nike, toko olahraga terkenal di Filipina yaitu Titan 22 juga tak luput dari tag para netizen.

Berkat ramai di media sosial, co-founder Titan 22 Jeffery Cariaso, langsung menanggapi soal kisah Rhea Ballos. Cariaso langsung meminta kontak Rhea dan bersedia memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada Rhea, diktuip dari Nextshark.

Dalam sebuah wawancara, Rhea mengaku jika dirinya punya mimpi bisa mewakili Filipina di ajang South East Asian Games alias SEA Games suatu hari nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panas Usai Pemakzulan, Nancy Pelosi Undang Donald Trump Pidato 4 Februari

Posted: 20 Dec 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Tokoh Partai Demokrat terkemuka di Kongres AS, Nancy Pelosi, telah menulis surat kepada Presiden Donald Trump yang berisi undangan untuk memberikan pidato kenegaraannya pada 4 Februari, di tengah pertempuran pemakzulan partisan yang terjadi saat ini.

Pidato tahunan tersebut akan dilakukan selama atau segera setelah persidangannya di Senat, di mana ia kemungkinan akan dibebaskan. Demikian mengutip dari BBC, Sabtu (21/12/2019). 

Ketua DPR Pelosi mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa dia akan "dimakzulkan selamanya, terlepas apa pun yang dilakukan Senat".

Baik pihak Demokrat maupun Republik masih belum menyepakati kapan sidang Senat mendatang akan berlangsung.

Apa Isi Suratnya?

Surat undangan Nancy Pelosi kepada Donald Trump untuk memberikan pidato kenegaraan di tengah tegangnya pemakzulan Presiden AS. (Source: Twitter/ @Drew_Hammill)

Surat yang dikirim oleh Pelosi pada Jumat, 20 Desember 2019 dimulai dengan pengingat kepada Trump tentang "pemisahan kekuasaan" yang diabadikan dalam Konstitusi AS.

Tiga pilar penting dalam Konstitusi AS, yakni yudisial, eksekutif, dan legislatif,  katanya adalah sederajat yang bertindak sebagai alat pengawasan terhadap satu sama lain.

"Dalam semangat untuk menghormati Konstitusi kami, saya mengundang Anda untuk menyampaikan pidato kenegaraan," tulisnya, seraya menambahkan, "Terima kasih atas perhatian Anda pada masalah ini".

Juru bicara Gedung Putih, Hogan Gidley mengatakan bahwa Trump telah menerima undangan untuk berpidato.

Seorang anggota partai Republik terkemuka di kongres AS, Senator Texas John Cornyn, bereaksi terhadap undangan tersebut dengan tagar "#somanymixedsignals".

"Kurasa dia berharap Trump masih ada di kantor kalau begitu," tulisnya dalam akun Twitter resmi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Puji 5 Anggota Dewan Pengawas KPK

Posted: 20 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Gerindra, Hendarsam Marantoko meminta, masyarakat tak berburuk sangka terhadap lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru saja dilantik Presiden Jokowi.

Dia menilai, wajar jika ada keraguan terhadap dewan pengawas. Apalagi, mereka dipilih oleh eksekutif. Ia khawatir dewan pengawas disusupi kepentingan.

"Memang saya juga bertanya-tanya, dewan pengawas seharusnya jangan dipilih eksekutif, khawatir conflict of interest," ujar Hendarsam, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Namun, penilaiannya perlahan berubah saat mengetahui lima dewan pengawas KPK diisi oleh para tokoh yang paham tentang pemberantasan korupsi. Menurutnya, kelima anggota dewan pengawas itu punya rekam jejak yang mumpuni di sektor penegakan hukum.

"Saya harus berfikiran baik kelima figur memiliki kredibilitas yang luar biasa. Jangan lupa, mereka menyatakan tidak akan mencampuri urusan teknis penyidikan," tukasnya.

Dewan Pengawas KPK Dilantik

5 Anggota Dewan Pengawas KPK jelang pelantikan di Istana Negara, Jumat (20/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi melantik Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Adapun Dewan Pengawas KPK yang dilantik yakni Tumpak Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsuddin Haris.

Upacara pelantikan ini diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 140/P tahun 2019 tentang pengangkatan Dewan Pengawas KPK. Dalam Keppres ini, Ketua Dewan Pengawas KPK adalah Tumpak Panggabean. Sedangkan keempat lainnya merupakan anggota dewan pengawas.

Mereka kemudian membacakan sumpah dan janji Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Doakan Arteta Sukses di Arsenal

Posted: 20 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, London - Manajer Manchester City, Pep Guardiola mendoakan kesuksesan bagi mantan asistennya, Mikel Arteta. Seperti diketahui, Arteta baru saja memilih menjadi pelatih kepala Arsenal.

"Arteta telah menjadi pelatih hebat bagi Manchester City. Saya mendoakan yang terbaik baginya. Saya yakin, dia siap," kata Guardiola seperti dilansir Sportskeeda.

Arsenal akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Arteta usai memecat Unai Emery dari kursi pelatih kepala. Sebelum resmi menunjuk Arteta, jabatan itu dipegang pelatih sementara, Freddie Ljungberg.

Dengan menjadi pelatih Arsenal, Arteta meninggalkan posnya sebagai asisten manajer Pep Guardiola di Manchester City. Oleh Arsenal, ia diganjar kontrak selama 3,5 tahun.

Bagi Arteta, Arsenal bukanlah klub asing. Ia adalah mantan kapten sekaligus gelandang klub berjuluk Meriam London tersebut.

 

Dedikasi Luar Biasa

Pengalaman menjadi asisten dari Pep Guardiola tentu membuat Mikel Arteta memiliki pengetahuan strategi yang sepaham dengan mentornya dalam meracik tim. (AFP/Oli Scarff)

Arteta menjadi asisten Guardiola selepas pensiun sebagai pemain pada 2016. Guardiola pun punya kesan bagus terhadap mantan koleganya tersebut.

"Dia telah menunjukkan dedikasi, kerja keras dan pengetahuna sepak bola selama berada di sini. Dia benar-benar berkontribusi terhadap pencapaian klub dalam beberapa tahun terakhir," kata Guardiola.

Selama menjadi tangan kanan Guardiola, Arteta sukses antara lain memberi gelar juara Liga Inggris bagi Manchester City (2 kali), Piala FA (1 kali), dan Piala Liga (1 kali).

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Polisi Musnahkan Ribuan Miras dan Narkoba di Jakarta

Posted: 20 Dec 2019 08:41 PM PST

Patroli, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan memusnahkan barang bukti hasil pengungkapan kasus sepanjang tahun 2019 berupa minuman keras, narkoba dan berbagai senjata.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (21/12/2019), 3 ribu lebih minuman keras, 9 ribu gram lebih ganja dan 3 ribu gram lebih sabu dimusnahkan dengan cara digilas dan dibakar.

Sementara, 2 ribu lebih ekstasi dihancurkan dengan diblender.

Dalam setahun ini Polres Metro Jakarta Selatan telah mengungkap 2.500 ratus lebih kasus kejahatan di wilayahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arteta Baru Sejam Jadi Pelatih Arsenal, Tagar ArtetaOut Langsung Jadi Trending Topic

Posted: 20 Dec 2019 08:35 PM PST

London - Arsenal belum genap 24 jam mengumumkan Mikel Arteta sebagai manajer baru. Namun, reaksi di dunia maya sungguh mengagetkan karena tagar #artetaout sudah menjadi trending topic di media sosial Twitter. 

Mikel Arteta direkrut pada Jumat (20/12/2019), sebagai manajer permanen menggantikan Unai Emery yang dipecat pada 29 November 2019. Sebelumnya saat memecat Unai Emery, Arsenal sempat memercayakan nakhoda tim kepada pelatih sementara Freddie Ljungberg. 

Namun, di tangan Ljungberg Arsenal malah makin terpuruk. Arsenal akhirnya bergerak cepat dengan merekrut Arteta yang selama 3,5 tahun terakhir menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City. 

Arsenal mengikat Arteta selama tiga setengah musim. Pria asal Spanyol itu langsung menghadapi tantangan berat. Arteta harus segera membangkitkan The Gunners yang sedang terseok-seok di peringkat ke-10 Premier League. 

The Gunners benar-benar sedang diterpa krisis. Klub yang bermarkas di London Utara tersebut hanya meraup satu kemenangan dalam 12 pertandingan terakhir di seluruh kompetisi. 

"Saya tahu banyak pekerjaan besar di sini. Namun saya percaya mampu melaksanakan tugas. Saya realistis semua tidak akan tercapai dalam waktu dekat. Tapi skuat tim saat ini memiliki kualitas serta banyak pemain muda yang muncul dari akademi," kata Arteta saat diperkenalkan sebagai manajer baru Arsenal. 

Ironisnya, kedatangan Mikel Arteta tak disambut hangat sebagian suporter. Mereka tampaknya kecewa karena Arsenal tak mendatangkan pelatih yang lebih berpengalaman dan punya nama besar seperti Carlo Ancelotti atau Mauricio Pochettino. 

Imbasnya, kata kunci #artetaout langsung mencuat belum jam setelah pengumuman resmi Mikel Arteta jadi manajer Arsenal. Bahkan tagar tersebut  sempat menjadi trending topic di Indonesia maupun dunia. Berikut ini beberapa cuitan dari warganet soal Mikel Arteta. 

 

1. Fans yang Sangat Aneh

"Fans Arsenal sangat aneh. Bagaimana mungkin Anda membikin trending #welcomearteta dan #artetaout di saat bersamaan.

2. Arteta Belum Masuk Kantor, tapi Sudah Didesak Lengser

3. Arteta Out Begitu Awal?

4. Sulit Percaya pada Arteta

"Saya bilang sejak awal. Jangan percaya Arteta adalah dalang di sepak bola. Yang dia lakukan hanya memberikan bola ke Bacary Sagna saat bermain dulu. #artetaout."

5. Arsenal Butuh Gelandang, Bukan Manajer

"Arteta direkrut saja sebagai pemain, Arsenal butuh gelandang untuk menggantikan Xhaka dibanding manajer #artetaout."

 

6. Benar-benar Aneh

7. Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal ke Arteta

"Arteta terima kasih untuk bukan apa pun, tapi ini saatnya mengucapkan selamat tinggal.#ArtetaOut."

8. Ramalan Masa Depan

"Orang yang memulai tagar #ArtetaOut kemungkinan dari masa depan. Fans Arsenal, waspadalah!"

9. Mencoba Memahami Keanehan Ini

"Reaksi saya saat berusaha memahami mengapa #ArtetaOut trending bersamaan dengan #Artetain."

10. Tahu Alasan Jadi Trending

"Alasan mengapa #ArtetaOut menjadi trending kami semua penasaran mengapa ini jadi trending."

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitr/Yus Mei Sawitri, published 21/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Dukung Kejagung Berantas Oknum Pembobol Jiwasraya

Posted: 20 Dec 2019 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN, mengapresiasi rekomendasi yang diberikan oleh DPR RI terkait permasalahan Jiwasraya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, apa yang dilakukan DPR RI sejalan dengan koordinasi yang telah dilakukan oleh kementerian BUMN, kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung untuk penyelesaian kasus Jiwasraya.

"Kasus hukum yang melibatkan oknum-oknum akan diusut tuntas oleh pihak Kejaksaan Agung," kata Erick kepada wartawan, Sabtu (21/12/2019).

Untuk itu Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan saat bersamaan akan melakukan restrukturisasi di Jiwasraya.

"Pemerintah sejak tahun 2006 sampai hari ini sudah konsisten mencari solusi atas persoalan ini," tegas Erick.

Imbas Gagal Bayar, Komisi VI Minta Polisi Cekal Direksi Lama Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima meminta kepada penegak hukum dan pemerintah untuk melakukan pencekalan terhadap direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode sebelumnya yakni 2013-2019. Hal ini sebagai buntut panjang dari kasus tunggakan polis pembayaran kepada nasabah.

"Komisi VI DPR merekomendasikan penyelesaian permasalahan Jiwasraya lewat penegakan hukum tetap dijalankan dimulai dengan melakukan pencekalan terhadap Direksi Jiwasraya periode 2013-2016," ujar Aria Bima saat ditemui di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Seperti diketahui, polis jatuh tempo Jiwasraya pada periode Oktober hingga Desember sebesar Rp 12,4 triliun. Seementara total tunggakan yang harus dibayarkan perusahaan terhadap nasabah sebesar Rp 16,3 triliun.

Senada dengan Arya, Anggota Komisi VI lainnya, Muhtarudin, mengatakan pertimbangan pencekalan terhadap direksi lama tersebut untuk memberikan hukuman kepada jajaran lama. Nantinya apabila ada salah satu direksi yang memang terbukti ketauan bermain dalam permasalahan Jiwasraya, akan dicekal.

"Ini kita berikan shock therapy kepada pihak-pihak yang barangkali ada indikasi bermain dengan peesoalan ini bahwa kami DPR tidak main-main. Ini menunjukan keseriusan kami terhadap penyelamatan uang-uang rakyat," jelas dia.

Kendati begitu, dirinya tidak menjelaskan secara lebih rinci bentuk pencekalan seperti apa yang akan diberikan kepada jajaran direski lama. Terlebih dirinya harus berkomunikasi dengan Komisi VI lainnya dan pihak terkait lainnya.

Panggil Direksi Lama

Pimpinan BP Batam hadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI guna melaporkan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN TA 2108 di ruang rapat Komisi VI DPR RI, Gedung Nusantara 1, Lt. 1, Jakarta (18/7/19).

Selain melakukan pencekalan, dirinya juga berencana akan memanggil jajaran direksi lama untuk memintai keterangan dan pertanggungjawaban mengenai persoalan gagal bayar. "Kita akan bicarakan internal. Iya memungkinkan untuk itu memanggil," imbuh dia.

Lebih jauh, dalam kasus ini Anggota Fraksi Golkar ini juga mengendus adanya mafia pasar modal yang ikut bermain dalam kasus ini. "Indikasi itu saya melihat ada. Nggak mungkin main sendiri. Ini melibatkan banyak orang apalagi sampe triliunan. Apalagi ini terjadi pembiaran yang begitu lama," tandasnya

Saksikan Viddeo Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Flamengo Bersiap Hadapi Liverpool di Final Piala Dunia Antarklub 2019

Posted: 20 Dec 2019 08:30 PM PST

Pelatih Flamengo, Jorge Jesus (kanan) berbicara dengan gelandang Willian Arao selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo lolos ke final final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah menang dengan skor 3-1 atas Al Hilal. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pelatih Flamengo, Jorge Jesus (kanan) berbicara dengan gelandang Willian Arao selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo lolos ke final final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah menang dengan skor 3-1 atas Al Hilal. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pelatih Flamengo, Jorge Jesus (kiri) berbicara dengan penyerang Gabriel Barbosa selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo akan bertanding melawan Liverpool pada final Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pelatih Flamengo, Jorge Jesus (kiri) berbicara dengan penyerang Gabriel Barbosa selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo akan bertanding melawan Liverpool pada final Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium. (AP Photo/Hassan Ammar)

Para pemain Flamengo melakukan pemansan selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo lolos ke final final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah menang dengan skor 3-1 atas Al Hilal. (AP Photo/Hassan Ammar)

Para pemain Flamengo melakukan pemansan selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo lolos ke final final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah menang dengan skor 3-1 atas Al Hilal. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pemain Flamengo, Rafinha melakukan pemansan selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo akan bertanding melawan Liverpool pada final Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium. (AP Photo/Hassan Ammar)

Pemain Flamengo, Rafinha melakukan pemansan selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo akan bertanding melawan Liverpool pada final Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium. (AP Photo/Hassan Ammar)

Gelandang Flamengo, Diego melakukan pemansan selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo lolos ke final final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah menang dengan skor 3-1 atas Al Hilal. (AP Photo/Hassan Ammar)

Gelandang Flamengo, Diego melakukan pemansan selama sesi latihan tim di Doha, Qatar (19/12/2019). Flamengo lolos ke final final Piala Dunia Antarklub 2019 setelah menang dengan skor 3-1 atas Al Hilal. (AP Photo/Hassan Ammar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Cara agar Produk Lokal Tembus Pasar Dunia

Posted: 20 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sulit dipungkiri, bukan perkara mudah bagi sebuah produk menembus kancah dunia. Namun tak sedikit pula karya anak bangsa yang telah dapat apresiasi dan sukses menembus pasar internasional. Lalu, apa saja cara yang dapat diterapkan produk lokal agar mendunia?

"Mencari nama (brand) yang eye catching itu perlu agar gampang disebutkan misalnya oleh orang Amerika. Kendala global pemilihan nama brand," kata fashion consultant Khairiyyah Sari kepada Liputan6.com saat Dear Netizen, Jumat, 20 Desember 2019.

Sari, begitu ia akrab disapa melanjutkan, produk lokal kini memang telah banyak yang berjaya. Namun penting pula memperhatikan sisi peningkatan kualitas yang disesuaikan dengan pasar negara yang dituju.

"Ingin masuk pasar AS atau Jepang harus tahu karakter buyer di sana seperti apa dan juga harus sering piknik, melihat kondisi di sana," tambahnya.

Marketing juga menjadi faktor yang tak kalah penting serta dari sisi bujet. "Karena tidak bisa dipungkiri, media sosial bisa bikin sponsor di Instagram atau Facebook, tapi nilai plus kalau memiliki teman influencer dan itu sangat berpengaruh," kata Sari.

Ketika bertolak ke Amerika Serikat tahun lalu, Sari bercerita ia sempat berbincang dengan salah seorang rekannya mengenai branding strategic. "Kalau mau cepat dikenal, bisa pakai influencer dan nggak perlu yang followers-nya jutaan tapi ada targetnya," lanjutnya.

Faktor-Faktor Penting untuk Mendunia

Khairiyyah Sari. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Didukung oleh poin-poin di atas, kekuatan produk pun perlu jadi fokus. Taste dalam sebuah brand yang dibuat dapat dibangun lewat pengembangan dan pencarian inspirasi dari berbagai hal dan tempat.

"Mencari inspirasi dari berbagai macam termasuk sering piknik kalau di Indonesia memang lebih ke alam, tapi kalau mau ke big city harus save money dan pergi keluar negeri. Fashion di New York lebih pada bisnis, kalau desain ke Paris Fashion Week," kata Sari.

Sari menegaskan memiliki etika bisnis sesuai negara tujuan tak kalah penting, begitu pula untuk tetap humble. Sementara itu, sisi lain yang perlu menjadi bekal adalah modal.

"Punya brand itu juga harus punya modal. Ketika nggak punya modal, kurator atau konsultan dapat memberi saran bahwa perlu investor," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS: Konsep Dewan Pengawas KPK Bermasalah

Posted: 20 Dec 2019 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi telah melantik lima anggota dewan pengawas (dewas) KPK di Istana Kepresidenan, Jumat 20 Desember 2019. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Indra mengaku, partainya tetap konsisten tak mendukung adanya dewan pengawas di lembaga yang kini dipimpin Komjen Firli Bahuri.

Menurut anggota Komisi III DPR 2009-2014 ini, bukan individu dewan pengawas yang menjadi persoalan, melainkan konsep tentang dewan pengawas itu sendiri.

"Bagi saya bukan personelnya yang bermasalah, tetapi konsepnya yang bermasalah. Ditakutkan kalau konsepnya bersamalah, personelnya juga akan ikut bermasalah," ujar Indra dalam diskusi di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Menurutnya, dengan adanya konsep dewan pengawas di KPK, penindakan yang dilakukan lembaga antirasuah akan melemah. "Kita tahu, tindak pidana korupsi ini terjadinya sangat cepat, bisa terjadi karena perencanaan maupun tidak, kalau harus izin dewas dan ketinggalan dalam menangkap maka pidananya akan hilang," kata dia.

Menurut Indra, sejatinya tim penindakan KPK tak perlu izin, cukup memberitahukan kepada atasan. Namun yang dia takutkan, ketika tim akan melakukan penyadapan dan harus izin dewan pengawas, momen terjadinya tindak pidana suap akan hilang.

"Seharusnya tidak perlu izin, cukup pemberitahuan, sehingga kalau ada abuse of power dalam penyadapan, dewasnya hanya cek dan ricek, sehingga momentum tindak pidananya tidak lewat," kata dia.

"Dewas ini manusia juga, saya tidak meragukan dewas yang sudah dipilih ini, tetapi yang menjadi persoalan adalah dewas ini manusia juga, kalau yang akan disadap adalah koleganya, orang dekatnya, atau orang yang memilihnya, itu menjadi persoalan sendiri," Indra menambahkan.

Indra mengatakan, izin penindakan kepada dewan pengawas akan melemahkan pemberantasan korupsi. Menurutnya, KPK tak perlu diawasi oleh dewan pengawas, lantaran sudah diawasi oleh Komisi III DPR RI.

"Potensi-potensi terjadi kebocoran (saat penindakan) atau kelemahan lainnya harus kita tutup. Koruptor ini orang hebat, punya kekuasaan, punya dana, dan punya orang-orang yang juga hebat," kata dia.

Meski UU baru KPK sudah diundangkan dan dewan pengawas sudah dilantik, Indra tetap berharap, Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pegganti Undang-undang (Perppu).

"Seperti saat terjadinya demonstrasi besar-besaran, pemerintah menyatakan akan menerbitkan Perppu, dan bagi kami Perppu memang jalan terbaik," kata Indra.

Dewan Pengawas KPK Dilantik

5 Anggota Dewan Pengawas KPK jelang pelantikan di Istana Negara, Jumat (20/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi melantik Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Adapun Dewan Pengawas KPK yang dilantik yakni Tumpak Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsuddin Haris.

Upacara pelantikan ini diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 140/P tahun 2019 tentang pengangkatan Dewan Pengawas KPK. Dalam Keppres ini, Ketua Dewan Pengawas KPK adalah Tumpak Panggabean. Sedangkan keempat lainnya merupakan anggota dewan pengawas.

Mereka kemudian membacakan sumpah dan janji Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian Ini Ujungnya Bikin Ngakak

Posted: 20 Dec 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekuel film kisah cinta Habibie dan Ainun kembali hadir, berbeda dengan film Habibie & Ainun sebelumnya, kali ini kisah yang diangkat menceritakan masa remaja keduanya. Film tersebut menampilkan aktor dan aktris berbakat yaitu Maudy Ayunda dan Jefri Nichol.

Kendati demikian, Habibie dan Ainun 3 masih menempatkan Reza Rahadian sebagai pemeran utama sekaligus pengantar cerita. Pria kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 ini berperan sebagai Eyang Habibie muda dan Eyang Habibie Tua. Saat menjadi BJ Habibie di kala tua, Reza harus menggunakan makeup prostetik agar tampak serupa dengan mendiang BJ Habibie.

Nyatanya makeup Reza Rahadian enggak cuma mirip dengan BJ Habibie aja loh, beberapa warganet justru merasa Reza nampak serupa dengan sejumlah tokoh. Waduh, memang deh kelakuan warganet selalu ada-ada saja!

Penasaran seperti apa potretnya? Kira-kira kamu setuju enggak ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas cocoklogi transformasi wajah Reza Rahadian, Sabtu (21/12/2019).

 

1. Ternyata selama ini yang jadi Voldemort itu Reza Rahadian guys!

Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian (Sumber: Twitter/Sangjuwita

2. Mungkin Reza Rahadian jadi stuntmannya kiper Shaolin Soccer~

Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian (Sumber: Twitter/coffebit

3. Sama-sama berkepala plontos, Reza bertransformasi jadi pemain Tuyul dan Mbak Yul nih.

Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian (Sumber: Twitter/poncoiskandar30

4. Loh Reza kok jadi gini?

Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian (Sumber: Twitter/Ahmadsukrii

5. Reza Rahadian siap menggantikan Ahmad Dhani di Dewa 19 nih.

Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian (Sumber: Twitter/OposisiPodcast

6. Enggak perlu pakai casting, Reza cocok nih jadi si Ipin. Setuju enggak?

Cocoklogi Transformasi Wajah Reza Rahadian (Sumber: Twitter/OposisiPodcast

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Pastikan Pogba Tetap di Manchester United Musim Ini

Posted: 20 Dec 2019 08:20 PM PST

Manchester - Rumor mengenai kepindahan Paul Pogba dari Manchester United (MU)dipastikan tidak benar. Manajer Ole Gunnar Solskjaer mengonfirmasi langsung bahwa manajemen klub tidak memiliki niat melepasnya.

Pogba baru bermain sebanyak enam kali di semua kompetisi musim ini. Gelandang asal Prancis itu sudah absen membela Manchester United sejak bermain imbang dengan Arsenal pada 30 September silam.

Cedera membuat Pogba urung tampil lagi buat The Red Devils. Akan tetapi, ia kini sudah kembali menjalani latihan dan siap kembali merumput.

Dengan sisa kontrak yang tinggal 18 bulan lagi, besar peluang United kehilangan Pogba. Apalagi, berdasarkan klaim AS, Real Madrid diisukan tertarik memboyong eks Juventus itu dari Old Trafford.

Akan tetapi, Solskjaer menegaskan bahwa Pogba tidak untuk dijual. Manchester United bahkan siap membantu pemain berusia 26 tahun itu untuk menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya.

"Dia adalah pemain yang fantastis, berkarakter, dan kami semua senang dengan keberadaannya di sini. Semua berita yang berkembang hanyalah teori. Saya pastikan dia bertahan di sini," kata Solskjaer.

"Saat dia kembali dia akan bermain bagus dengan senyum khasnya dan melakukan seperti apa yang ia lakukan saat pertama kali datang ke sini."

"Pogba sangat penting. Semua orang tahu dia adalah satu di antara pemain terbaik di dunia. Dia butuh waktu untuk kembali bugar dan saya yakin dia akan memberikan perubahan, kami siap membantunya," pelatih Manchester United itu memungkasi.

Sudah Bisa Bermain sebelum Pergantian Tahun?

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berhasil mencetak dua gol dan satu assist sekaligus membantu timnya menang 4-1 atas Bournemouth di Old Trafford, pada laga pekan ke-20 Premier League, Minggu (30/12/2018). (AP Photo/ Jon Super)

Solskjaer sangat berharap Pogba bisa segera bermain. Akan tetapi, manajer asal Norwegia itu tidak mau memaksakan situasi agar si pemain bisa bugar 100 persen.

"Saya harap dia bisa kembali sebelum tahun baru. Saya tidak akan memaksanya. Kami butuh dia dalam kondisi 100 persen bugar, saya tidak berani mengambil risiko," ucap Solskjaer.

"Dia sudah berlatih, tapi tidak dengan kami. Itu berita bagusnya, dia sudah mulai berlatih kembali," ujarnya lagi.

Sumber: AS

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani/Aning Jati, published 21/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: