Minggu, 15 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Terungkap Seberapa Panjang Rambut Anne Avantie

Posted: 15 Dec 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya deretan busana rancangannya, tampilan desainer Anne Avantie juga punya ciri khas. Di samping selendang batik yang selalu dimanfaatkan sebagai aksesori, tata rambut perempuan yang akrab disapa Bunda Anne ini telah jadi identitasnya.

Di banyak kesempatan, Anne biasanya memanfaatkan tatanan berupa gelung atau sanggul berukuran cukup besar dengan poni membelah rambutnya, serta tak lupa sematan bunga kamboja putih sebagai pemanis.

Tapi, pada unggahan berupa video singkat di akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu, seberapa panjang rambut Anne Avantie akhirnya terungkap. "Baru kali ini bunda mau nunjukin rambut bunda sepanjang ini sebenarnya," ucap Anne sembari menyisir rambutnya.

Tampak di sana, panjang rambut sang desainer melebihi pinggang. Dengan rambut hitam sepanjang itu, Anne mengatakan, saat ditata seperti tampilan biasa, perempuan 53 tahun tersebut tak menggunakan konde tambahan lagi.

Anne Avantie pun memberikan tutorial tatanan rambut saat sedang tidak pergi. Mulai dari kunciran bermaterial beludru, sampai kain batik tak terlalu panjang, semua dilibatkan dalam tatanan satu ini. 

Tutorial Tatanan Rambut ala Anne Avantie

Anne Avanie berikan tutorial tatanan rambut panjangnya lewat sebuah video di akun Instagram-nya. (dok. Instagram @anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/B5_jLF3AnPr/)

Setelah mennyisir rambutnya, Anne Avanti menguncirnya jadi kuncir kuda menggunakan kunciran beludru yang menambah volume bentukan gelung. Kemudian, rambut yang sudah dikuncir tersebut ditata jadi konde dengan menyisipkan rambutnya ke dalam kunciran tersebut.

"Setelah digelung, dikasih (kunciran) beludru lagi," ucap Anne. Setelahnya, sang desainer memakai aksesori berupa kain batik yang disebutkan sebagai senjata pamungkas.

Kain tersebut digulung di sekitar gelung yang sudah terbentuk dan diputar sekali lagi supaya tidak ada kain menggantung. "Semoga keingintahuan tentang rambut bunda bisa mengobati rasa penasaran," tandas Anne sebagai keterangan video tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai yang Jadi Jadi Armada Taksi Online

Posted: 15 Dec 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Grab resmi berkolaborasi dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia(HMMI). Kerjasama dua perusahaan tersebut, menjadikan Hyundai Ioniq untuk dioperasikan sebagai layanan mobilitas kendaraan listrik.

Kehadiran Hyundai Ionic Electric juga menandai awal perjalanan Hyundai dan Grab Indonesia untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan di negara ini. Pada tahap awal kemitraan, Grab Indonesia akan mengoperasikan 20 unit Hyundai Ionic Electric di DKI Jakarta pada awal 2020.

Dijelaskan Yoon Seok Choi, Presiden Direktur PT HMMI, pihaknya berkomitmen untuk memimpin elektrifikasi di bawah Strategi 2025, dengan fokus pada penyajian produk dan layanan yang paling diinginkan oleh pelanggan.

"Kami merasa terhormat atas kemitraan dengan Grab ini, yang disertai dukungan dari pemerintah dalam merangkul masa depan mobilitas dengan kendaraan listrik. Indonesia adalah pasar besar dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan negara ini dengan masa depan," ujar Yoon Seok Choi, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (16/12/2019).

Berbicara spesifikasi, Hyundai Ionic adalah generasi penerus kendaraan ramah lingkungan menarik dari pabrikan asal Korea Selatan, yang merupakan kombinasi dari inovasi, kecanggihan, kinerja dan gaya yang bersumberdayakan 100 persen listrik.

Teknis

Hyundai Ionic Electric memiliki kapasitas baterai 38,3 kWh, dan dapat diisi ulang hingga 80 persen hanya dalam 57 menit dengan fast-charging (50-kW).

Ketika baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric mampu menempuh jarak mengemudi hingga 373 km (berdasarkan NEDC).

Melansir laman global Hyundai, jantung elektris Ioniq sanggup menghembuskan daya hingga 134 Tk dengan torsi 295 Nm.

Sebagi informasi, dimensi mobil ini 4.470 mm x 1.820 mm x 1.475 mm. Sebagai pembanding, sedan kompak Honda berukuran 4.442 mm x 1.694 mm x 1.477 mm. Jarak poros 2.700 mm, lebih panjang 100 mm dari City.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redmi K30 Varian 5G Bakal Hadir dengan RAM 12GB

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Redmi K30 versi 5G sudah diperkenalkan sejak beberapa hari lalu, begitu pula varian yang tersedia. Namun menurut laporan terbaru, ternyata ada varian RAM dan ROM yang berbeda dari sebelumnya.

Informasi ini diketahui dari laman badan sertifikasi Tiongkok, TENAA, beberapa waktu lalu. Dikutip dari Gizmochina, Senin (16/12/2019), ada empat varian Redmi K30 yang akan diperkenalkan. Seperti biasa, empat varian tersebut terdiri dari kapasitas RAM dan memori yang berbeda.

Menurut TENAA, ada varian RAM 6GB+ROM 64GB, RAM 6GB+ROM 128GB, RAM 8GB+ROM 128GB, dan RAM 8GB+ROM 256GB. Akan tetapi, selain empat model itu, ada pula varian kelima yang dibekali RAM 12GB+ROM 512GB.

Dengan varian RAM dan ROM tersebut, Redmi K30 dapat menjadi salah satu perangkat kelas menengah yang patut diperhitungkan. Hanya tinggal menunggu waktu apakah Redmi benar-benar akan merilis varian dengan RAM dan ROM paling besar tersebut.

Tidak hanya spesifikasi yang besar, daftar ini juga mengungkap warna lain dari Redmi K30, yaitu black dan green.

Dua warna tersebut sebelumnya padahal tidak diungkap saat peluncuran. Karenanya, ada kemungkinan varian warna tersebut dan spesifikasi RAM 12GB akan diperkenalkan sebagai produk khusus.

Menurut rencana, Redmi K30 varian 5G akan mulai dijual pada Januari 2020 di Tiongkok, tapi belum dapat dipastikan kapan smartphone ini akan menyambangi pasar global.

Redmi K30 Varian 5G Tampil dengan Layar 120Hz dan Snapdragon 765G

Xiaomi akan umumkan Redmi K30 versi 5G. (Doc: Xiaomi)

Setelah mengumumkan Redmi K30, Xiaomi juga mengumumkan varian 5G untuk lini smartphone seri Redmi K terbaru mereka.

Selain prosesor, kedua varian Redmi K30 tampil dengan layar 6,67 inci FHD+ 120Hz dengan rasio 20:9, HDR 10, dan Gorilla Glass 5, dikutip dari laman Gizchina, Kamis (12/12/2019).

Seperti kebanyakan seri ponsel pintar di pasaran saat ini, Redmi K30 akan hadir dengan lubang di layar untuk mengakomodisi kamera selfie ganda.

Sementara untuk kamera utamanya, Xiaomi menyematkan empat lensa di bodi belakang smartphone.

Untuk mendongkrak performa Snapdragon 765, perusahaan asal Tiongkok itu juga menyediakan opsi RAM hingga 8GB dan memori internal sebesar 256GB.

Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4500mAh, dan kemampuan fast charging yang mampu mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 68 menit.

Baru Tersedia di Tiongkok

Boks ritel Redmi K30 (screenshot via GSM Arena)

Lebih lanjut, Redmi K30 versi 4G (standar) saat ini baru dijual di Tiongkok dengan banderol harga USD 227 (sekitar Rp 3,1 jutaan).

Sementara itu, Redmi K30 5G baru akan mulai dijual pada Januari 2020 seharga USD 284 atau dikisaran Rp 3,9 juta untuk varian standar.

Sedangkan untuk varian 8GB+256GB akan dijual seharga Rp 5,7 juta.

Sayang, masih belum diketahui dengan pasti kapan kedua smartphone ini melakukan debut internasional mereka.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edhy Prabowo Ingin Produksi Tambak Udang 500 Ribu Ton per Tahun

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Panjangnya sekitar 99.093 kilo meter. Namun Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut hanya 10 persen dari panjang tersebut yang baru dimanfaatkan. Pemanfaatannya pun masih belum maksimal.

"Saya yakin 10 persen itu juga belum maksimal," kata Edhy dalam sambutanya dalam acara Temu Stakeholders Pendidikan dan Bisnis Kelautan dan Perikanan, di Gedung Mina Bahari III, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (16/12).

Laporan yang diterima Edhy dari 1 hektar lahan bila dimanfaatkan oleh pengusaha untuk tambak udang bisa menghasilkan 50 ton udang tiap tahunnya. Jumlah ini makin meningkat drastis bila pelaku usaha melakukan superintensif. Hasilnya bisa 80 ton dalam sekali panen. Bahkan laporan dari Batu di Kabupaten Baru bisa panen 150 ton per hektar.

"Betul kita melihat itu akan berpikir limbahnya gimana?," kata Edhy.

Edhy Prabowo melanjutkan, berdasarkan data yang diterima, 1 hektar limbah udang bisa mencemari 26 hektar laut. Namun, saat ini sudah ada aturan instalasi pengelolaan air limbah tambak superintensif. Sehingga tidak boleh lagi limbah dibuang langsung sebelum dipastikan aman dari pencemaran.

"Makanya tugas kita ke depan bukan hanya memproduksi tapi perlu mempertahankan lingkungan," ujar Edhy.

Sementara itu, para pembudidaya seperti nelayan tambak baru bisa menghasilkan 1 ton udang per tahun. Jika dibandingkan dengan pengusaha, tentu saja terjadi perbedaan yang sangat jauh, "Ini ada gape besar," ucap Edhy.

Sebaliknya yang punya nelayan kita, para pelaku budidaya kita, masyarakat baru 1 ton pertahun. Kalau kita ambil angka 50 ton per ha ini ada gape yang besar.

Edhy Prabowo melanjutkan, di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, KKP lewat Direktorat Jenderal Budidaya telah bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Bank Mandiri. Hasil kerja sama ini mampu meningkatkan hasil tambak udang sampai 7 ton per hektar dalam sekali panen.

Artinya, lanjut Edhy, anggap saja itu 10 ton. Kalau dari 1 ton bisa naik 5 ton setahun. Lalu dari 300 ribu hektar lahan yang dimiliki dimanfaatkan maksimal misalnya 100 ribu hektar. Maka produksi udang secara nasional akan menghasilkan 500 ribu ton udang dalam satu tahun.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Produksi Udang Saat Ini

Produksi Udang

Sementara saat ini produksi udang Indonesia saat ini baru 200 ribu ton tiap tahunnya. Tugas dari pemerintah saat ini meningkat hasil udang sebanyak 500 ribu ton selama 5 tahun.

"Berarti tugas dari pemerintah untuk meningkatkan selama 5 tahun 2,5 kali cukup kita lakukan 1 tahun," ujar Edhy .

Terkait pasarnya, kata Edhy China sudah menunggu hasil produksi Aqua culture dari Indonesia. Peluang bisnis sektor ini juga sangat terbuka. Bila dilihat dari neraca perdagangan dengan negara lain, Indonesia tertinggal di peringkat ke tujuh. Posisi pertama ditempati India.

Untuk mencapai itu semua, kata dia KKP harus fokus dan percaya dengan kemampuan sendiri. "Harapannya kita bisa melakukan dengan mudah," tutup Edhy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Natal, 7 Inspirasi Kado yang Murah Meriah untuk Orang Tercinta

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Natal, biasanya tukar kado menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan. Selain sebagai ajang untuk berkumpul bersama keluarga dan mempererat keakraban, tukar kado juga sebagai bukti bahwa kita mengasihi orang tersebut.

Untuk beberapa orang, mungkin akan kesulitan untuk menemukan kado Natal yang cocok dengan harga yang terjangkau.

Namun kamu tidak perlu khawatir, beberapa kado ini bisa kamu berikan untuk orang tercinta. Selain harganya yang murah, beberapa kado ini juga dijamin akan membuat kenangan yang menyenangkan bagi individu yang menerima kado darimu.

Berikut deretan kado yang cocok untuk kamu berikan pada orang cinta menjelang Hari Natal:

1. Atribut Natal

Ilustrasi pohon natal (iStock)

Kado pertama yang bisa kamu berikan pada orang tercinta yakni atribut Natal, seperti topi sinterklas, gantungan pintu berbentuk lonceng, atau lampu warna-warni yang menjadi penghias pohon Natal.

Selain harga yang murah, atribut Natal juga bisa memberikan kenangan tersendiri bagi seseorang yang menerima kado darimu.

Ingat ya, yang terpenting bukanlah harga dari kado tersebut, tapi, bagaimana kamu dapat memberikan yang terbaik bagi seseorang yang kamu cintai menjelang Hari Natal. Suatu harga bukanlah menjadi tolak ukur untuk kado dapat dikatakan bagus dan memiliki makna.

2. Mug

Pernah tidak sengaja minum air rendaman kuas cat? Gelas ini bisa mengingatkan Anda.

Hal mudah yang dapat kamu berikan menjelang Hari Natal adalah mug. Kamu dapat memberikan mug untuk orang yang kamu sayangi. Selain harganya yang terjangkau, mug juga sangat berguna dan akan selalu digunakan apabila didapat dari seseorang yang dicintai.

Kamu juga bisa mencari mug dengan gambar variasi yang berbeda. Toko-toko yang menjual mug juga akan menyediakan variasi yang unik sehingga akan membuat kado Natalmu lebih spesial.

3. Sweater

Sweater natal dari kristal

Biasanya menjelang Hari Natal, cuaca berubah menjadi sangat dingin. Nah, kamu bisa memberikan sweater bagi seseorang yang spesial buatmu.

Jangan salah, sweater ini tidak akan menguras isi dompetmu kok. Selain harganya yang cukup terjangkau, sweater juga sangat mudah untuk didapatkan.

 

4. Hiasan Dinding

Pada zaman ini, kebanyakan seseorang menggunakan kamera ponsel untuk menangkap sebuah momen tertentu.

Kado dalam urutan keempat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, kamu dapat membeli lukisan ataupun bingkai foto yang sudah berisi foto dengan seseorang yang kamu cintai.

Untuk harga, tidak perlu khawatir. Hiasan di dinding ini tidak akan membuatmu mengeluarkan banyak uang.

Bagaimana, apa kamu tertarik untuk membelinya? Selain memiliki harga yang cukup terjangkau, hiasan di dinding juga bisa memberikan kesan yang hangat dan mudah diingat.

5. Scrapbook

(sumber: istockphoto)

Nah, selanjutnya kamu bisa mencari scrapbook dan diisi berbagai foto kenanganmu bersama seseorang yang kamu sayangi.

Harganya sudah pasti sangat pas di kantong, bahkan scrapbook berisi foto-foto ini nantinya akan menjadi kado yang romantis yang bisa kamu berikan sebagai hadiah di Hari Natal.

6. Sarung Bantal Bergambar

Sarung bantal dengan nama (https://www.etsy.com/)

Untuk kado yang satu ini, kamu akan dengan mudah mendapatkannya. Kamu juga bisa membeli berbagai sarung bantal dengan gambar yang cocok untuk kamu berikan pada seseorang yang kamu sayangi.

Untuk ukuran bantalnya pun beragam, kamu tinggal menyesuaikannya saja dengan yang kamu butuhkan saat ingin membeli sarung bantal tersebut.

 

7. Aksesoris

(Sumber: iStockphoto)

Kado yang terakhir ini bisa kamu berikan, seperti gelang, cincin, jam tangan ataupun kalung. Tidak melulu harus emas atau pun perak, yang terpenting adalah makna dari kado yang kamu berikan.

Kamu juga bisa memberikan gelang kulit bertuliskan namamu dan nama pasanganmu, atau kamu juga dapat memberikan sebuah jam tangan untuk kekasihmu. 

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Haru 5 WNI asal Sulut Ditahan di Filipina Sebelum Dipulangkan ke Indonesia

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manado - Raut penuh sukacita nampak di wajah sejumlah anggota keluarga yang menjemput lima Warga Negara Indonesia (WNI) asal Sulawesi Utara (Sulut) yang dideportasi atau dipulangkan ke Manado melalui jalur penerbangan Davao Filipina – Manado, Jumat (13/12/2019) sore.

Kelima WNI itu adalah Suparlan Mokoginta, Herison Pamikiran (50), Jimbris Dalema (24), Yustron Damal (41), dan Sopian Undingan (32). Mereka ditahan oleh otoritas Filipina atas tuduhan ilegal entry dan smuggling.

Menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Suparlan dkk tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 15.23 WITA, setelah terbang dari Davao pada pukul 13.15 waktu setempat.

Kedatangan mereka yang didampingi dua petugas dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Filipina langsung disambut pihak keluarga.

Proses selanjutnya adalah penandatanganan sejumlah dokumen berita acara penyerahan lima WNI kepada pihak keluarga yang dipimpin oleh Fungsi Protokoler Konsuler dan Pelayanan Perlindungan WNI Gufron Hariyanto, dan Staf Tekhnis Imigrasi KJRI Davao City Galih Perdhana.

"Dengan ini kami menyerahkan 5 WNI ini kepada para keluarga masing-masing. Dengan pesan, jangan mengulang lagi kesalahan. Harus melengkapi dokumen-dokumen jika melintas batas ke Negara lain," ujar Gufron.

Usai menyerahkan para WNI kepada pihak keluarga, Galih mengatakan beberapa di antara WNI itu ada yang diputus bersalah oleh pengadilan, sehingga berakibat dideportasi.

"Kejadian ini sejak Maret dan April 2019 dan mengalami proses kepengurusan yang sangat lama dengan beberapa intansi terkait yang berada di Filipina seperti Badan Anti Terorisme dan kemudian berakhir di Imigrasi," ucap Galih.

Menurut Galih, pihak KJRI juga sudah bertemu dengan Komisioner di Filipina terkait WNI yang ditahan. Tetapi prosesnya memang relatif lama. Beberapa hari yang lalu semua urusan melalui surat sudah selesai.

10 WNI Masih Ditahan di Filipina

5 WNI asal Sulut dipulangkan di Indonesia setelah sempat ditahan di Filipina melalui Bandara Sam Ratulangi, Manado. (Foto: Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

"Itu pun WNI kita ketika mau dilepaskan harus 3 jam sebelum keberangkatan pesawat, bahkan pengawalannya ketat sampai di pintu pesawat," katanya.

Menurut dia, banyaknya insiden di Filipina Selatan, terutama terkait terorisme berakibat pada ketatnya pergerakan orang asing yang masuk dan keluar.

"Kami mengimbau jangan sampai terjadi lagi walaupun memang jarak kita dengan dengan Filipina dari Pulau Balut, Sulawesi Utara hanya lima jam," ujarnya.

Gufron menambahkan, untuk penanganan WNI yang ada di luar negeri pihaknya semaksimal mungkin diupayakan bisa cepat dipulangkan.

"Saya juga akan komunikasikan dengan Pemda setempat terutama yang ada di daerah perbatasan agar kiranya dapat mensosialisasikan terkait pelintas batas," kata Gufron.

Gufron bilang, KJRI tidak melarang warga Indonesia untuk melintasi perbatasan. Tetapi mereka harus memiliki dokumen dan surat yang lengkap dan di jalur laut yang aman dilintasi.

"Saya juga memohon kepada media yang memiliki jaringan yang luas untuk membantu kami untuk mensosialisasikan hal ini," ujarnya.

Diketahui masa penahanan lima WNI itu bervariasi mulai dari tiga bulan, hingga 1 tahun 8 bulan. Hingga kini, masih ada 10 WNI lagi yang ditahan di Filipina dengan tuduhan dokumen illegal.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chacha Frederica Hamil 4 Bulan, Gelar Selamatan

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Empat tahun Chacha Frederica, dan sang suami merajut bahtera rumah tangga. Namun, belum juga ada suara tangisan bayi dalam rumah mereka.

Dengan sabar Chacha Frederica menanti buah cintanya dengan Dico Ganinduto. Akhirnya, jelang perayaan pernikahan keempat, Chacha dinyatakan mengandung.

Hal itu diungkapkan Chacha Frederica melalui akun Instagram, Minggu (15/12/2019). Ia mengaku ini merupakan kado paling istimewa yang didapatinya.

"Aku baru tau aku hamil tgl 16 September 2019, klo di hitung mundur saat aku anniversary ke - 4 kmarin ternyata aku sdh mengandung 2 minggu .. bener2 hadiah ulang tahun pernikahan dari Allah SWT ❤," cerita Chacha Frederica.

 

Merahasiakan

Chacha Frederica (Foto: Instagram/@chafrederica)

Chacha sempat merahasiakan kehamilannya ini. Ia nikmati sendiri segala proses perubahaan pada tubuhnya.

"Ada bnyk alasan kenapa aku memang gak mau cerita2 dulu, keep it private dan bener2 menikmati perubahan dlm diri aku sendiri.. intinya i need my own time dan blm bs basa basi cerita2 A to Z ke org2 ttg kehamilan aku yg tiba2 dan tdk di sangka2 ... Hadiah dari Allah... MasyaAllah," tambahnhya.

 

Gelar Selamatan

Chacha Frederica (Foto: Instagram/@chafrederica)

Pada Sabtu (14/12/2019), Chacha Frederica, menggelar acara syukuran dan doa bersama atas kehamilan wanita yang kini berhijab.

"Banyak cinta dan doa untuk kami hari ini ... Alhamdulillahirobil'alamin ... Yaa Rabb balaslah kebahagian yg berlipat2 ganda bagi org2 yg membuat kami bahagia hari ini atas izin-Mu ... Aamiin ya Rabb Terima kasih semua nya ... bsk aku bagi cerita ttg kebahagiaan hari ini yaa...," lanjutnya di unggahan lainnya. 

Terlambat

Dalam acara tersebut, Chacha memanggil penjeramah yaitu Ustaz Maulana. Sayangnya, pengisi acara Islam Itu Indah terlambat datang.

"Walaupun Qodarulloh beliau hadirnya terlambat dan acara sdh selesai, jadi yaah minta wejangan private aja deh gpp.. yg penting isi nya bs aku share disini..," paparnya.

Beri Donasi

Dalam acara syukuran, Chacha Frederica terlihat cantik mengenakan gamis berwarna cokelat susu. Ditambah dengan hijab panjangnya.

Diakuinya, baju yang dikenakan tersebut akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan untuk saudara-saudara kita di Palestina.

 

Custom

Chacha menjelaskan baju yang dipakainya tersebut merupakan baju baru.

"Sebelum aku mulai cerita aku ttg Acara Doa' bersama dan syukuran kmarin, blh yaa pertama2 aku share bentuk baju aku yg akan di lelang yg InsyaAllah hasilnya akan di kirimkan melalui #ELFoundation @elfoundation.id untk saudara2 kita di Palestina ... baju ini custom... special dibuat oleh #Elzatta dan aku yg ... kalau menurut kalian kita mulai buka lelang dari harga brp yaa?..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Prestasi Luar Biasa Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, Bukti Usia Bukan Halangan

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Guangzhou - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, sekali lagi membuktikan usia tak menghalangi untuk berprestasi tinggi. Bukti terbaru diberikan Ahsan/Hendra dengan menjuarai BWF World Tour Finals 2019, di Guangzhou, China, Minggu (15/12/2019). 

Pasangan berjuluk The Daddies tersebut menggenggam trofi turnamen bergengsi tersebut setelah mengalahkan ganda Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, pada laga final BWF World Tour Finals 2019. Mereka menang dua gim langsung 24-22, 21-19.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil membawa pulang gelar dari ajang bergengsi tersebut. Wakil Indonesia lain yang juga menapak final, Anthony Sinisuka Ginting, harus puas dengan status runner up. Ginting takluk dari pemain Jepang, Kento Momota, pada partai puncak tersebut. 

Ganda putra Indonesia yang berstatus nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang juga difavoritkan di turnamen ini kandas di semifinal.

Pasangan berjuluk Minions tersebut gagal melewati adangan pasangan Jepang, Endo/Watanabe. Tetapi, ganda putra Jepang itu gagal naik podium utama karena tak mampu menaklukkan The Daddies.

Prestasi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di BWF World Tour layak diberi kredit tinggi. Usia mereka tak lagi muda. Hendra sudah berusia 35 tahun, sedangkan Ahsan 32 tahun. Namun, mereka belum lelah mengejar prestasi. 

Berikut ini torehan fantastis Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sepanjang 2019 yang membuktikan usia tak menghalangi terus berprestasi. 

1. Kembali Juarai All England

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjuarai All England 2019 yang berlangsung di Arena Birmingham, Minggu (10/3). Di final Hendra/Ahsan menang 11-21, 21-14, 21-12 atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik. (AFP/Oli Scarff)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjuarai All England 2019 setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, lewat kemenangan tiga gim 11-21, 21-14, 21-12 di Birmingham Arena, Inggris, pada 10 Maret 2019. 

Ini merupakan titel All England yang kedua bagi Ahsan/Hendra sebagai pasangan. Mereka kali pertama jadi juara All England pada 2014. 

Saat meraih gelar All England kedua ini, Ahsan sudah berusia 31 tahun, sedangkan Hendra 34 tahun. Hebatnya, Daddies menyabet gelar di turnamen bulutangkis tertua di dunia itu saat berstatus unggulan keenam. 

Namun, mental juara Ahsan/Hendra berbicara. Mereka perlahan tapi pasti menyingkirkan satu persatu lawan hingga melangkah ke podium tertinggi. 

2. Juara Selandia Baru Terbuka

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kanan) dan Mohammad Ahsan. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berhasil menjadi juara Selandia Baru Terbuka 2019 setelah di pertandingan final mampu mengalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, lewat rubber gim di Event Finda Stadium, pada 5 Mei 2019.

Sempat kehilangan gim pertama, Ahsan/Hendra mampu menjadi juara dengan skor akhir 20-22, 21-15, dan 21-17.

Mohammad Ahsan pun mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil mereka torehkan di Selandia Baru Terbuka 2019. Ahsan pun menegaskan pentingnya turnamen tersebut untuk persiapan mereka ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

"Saya ucapkan syukur alhamdullilah, terima kasih kepada suporter yang telah memberikan dukungan luar biasa di sini. Turnamen ini sangat berarti bagi kami karena ini merupakan awal dari semua perjalanan menuju Olimpiade," ujar Ahsan saat diwawancara di tepi lapangan setelah memastikan diri menjadi juara Selandia Baru Terbuka 2019.

3. Sabet Medali Emas Kejuaraan Dunia

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan meraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 usai nmengalahkan Takuro Hoki / Yugo Kobayashi dari Jepang pada laga final di Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019). (foto: PBSI)

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mencetak rekor di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, setelah memenangi gelar ketiga pada edisi 2019 di Basel, Swiss.

Ahsan/Hendra meraih juara setelah mengalahkan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, lewat pertarungan tiga gim dengan skor 25-23, 9-21, dan 21-15 di St Jacobshalle, Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019) malam WIB.

Menariknya, Ahsan/Hendra tak pernah mengalami kekalahan saat tampil dalam turnamen tersebut, sebagai pasangan.

Ini merupakan gelar Kejuaraan Dunia untuk kali ketiga bagi mereka sebagai pasangan. Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sebelumnya sudah dua kali menyabet medali emas Kejuaraan Dunia. Gelar pertama diraih pada 2013 di Guangzhou (China), kemudian pada 2015 di Jakarta.

Pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013, Ahsan/Hendra menggenggam medali emas setelah di final mengalahkan ganda Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen. 

Adapun pada final Kejuaraan Dunia 2015, Ahsan/Hendra naik podium utama setelah menumbangkan ganda China, Liu Xiaolong/Qiu Zihan. 

4. Menengi BWF World Tour Finals 2019 dengan Cetak Rekor Unik

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, mencetak rekor fantastis dan langka setelah menjuarai BWF World Tour Finals 2019.

Berdasarkan catatan Badmintalk, Ahsan/Hendra menjadi ganda putra pertama di dunia yang meraih tiga gelar bergengsi dalam satu tahun.

Gelar tersebut ialah All England 2019, Kejuaraan Dunia 2019, dan BWF World Tour Finals 2019.

Ahsan/Hendra menutup rangkaian turnamen bulutangkis tahun 2019 dengan menjuarai BWF World Tour Finals 2019 di Guangzhou, Minggu (15/12/2019).

Pada partai final, pasangan berjulukan The Daddies ini mengalahkan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan skor 24-22 dan 21-19.

Bagi Ahsan/Hendra, ini merupakan gelar keempat dari rangkaian BWF World Tour. Sebelumnya, mereka menjuarai Singapura Terbuka, All England, dan Selandia Baru Terbuka.

5. Kukuh Bercokol di Peringkat 2 Dunia Ganda Putra

Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berpose dengan trofi dan medali seusai mengalahkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang pada final BWF World Tour Finals 2019 di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China (15/12/2019). Ahsan/Hendra menang  24-22, 21-19.  (AP Photo/Andy Wong)

Tua-tua keladi. Begitulah sebutan yang tepat bagi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Meskipun tak lagi muda, mereka masih mampu tampil kompetitif melawan pemain-pemain muda dunia. 

Buktinya Ahsan/Hendra masih mampu bercokol di peringkat kedua ranking dunia BWF. The Daddies hanya kalah dari kompatriot mereka, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang menguasai posisi pertama. 

Ahsan/Hendra mulai menempati peringkat dua dunia sejak 6 Agustus 2019. Mereka sempat turun ke peringkat ketiga pada 12 November 2019. Namun, sepekan berselang Ahsan/Hendra berhasil kembali ke posisi kedua dan bertahan sampai sekarang.  

 

6. Berhasil Tembus 11 Final pada Tahun Ini

Kevin Sanjaya / Marcus Fernaldi Gideon melawan Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan pada final ganda putera Indonesia Open 2019. The Minions menang mudah 2 gim dengan skor 21-19 21-16 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Keperkasaan Ahsan/Hendra bisa dilihat dari keberhasilan menembus 11 final pada tahun ini. Empat di antaranya berbuah gelar. 

Hebatnya, tiga gelar di antaranya diraih pada Kejuaraan Besar, yaitu All England, Kejuaraan Dunia, dan BWF World Tour Finals. Menariknya, sebagian besar kegagalan Ahsan/Hendra di laga final karena dijegal sesama ganda Indonesia, Kevin/Marcus. 

Berikut 11 final Ahsan/Hendra sepanjang 2019: 

1. Indonesia Master - kalah

2. All England - juara 

3. Singapura Terbuka - kalah

4. Selandia Baru Terbuka - juara 

5. Indonesia Open - kalah

6. Jepang Terbuka - kalah

7. Kejuaraan Dunia - juara

8. China Terbuka - kalah

9. Denmark Terbuka - kalah

10. Hong Kong Terbuka - kalah

11. BWF World Tour Finals 2019 - juara. 

7. Melaju Mulus di Jalur Menuju Tiket Olimpiade 2020

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (dok. PBSI)

Pada usia yang tak lagi muda, Ahsan/Hendra punya kesempatan besar kembali mencicipi, bahkan merebut medali emas, pada Olimpiade 2020. 

Setiap negara bisa menurunkan maksimal dua wakil di masing-masing sektor. Jika berkaca pada ranking dunia, Ahsan/Hendra berpeluang jadi wakil Indonesia dari sektor tunggal putra. The Daddies masih bercokol di peringkat kedua, hanya kalah dari Kevin/Marcus yang memuncaki peringkat dunia. 

Ahsan/Hendra kini harus berusaha menjaga performa mereka pada tahun depan untuk makin memuluskan jalan meraih tiket Olimpiade 2020. 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 16/12/2019)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pembalap Top Eropa Ramaikan Balapan di Boyolali

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seri terakhir Trial Game Asphalt International Championship 2019 digelar di Boyolali 13-14 Desember 2019. 3 pembalap top eropa ikut meramaikan ajang ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Cuma Promotif dan Preventif, Enam Hal Ini Harus Ada di Pelayanan Kesehatan Primer

Posted: 15 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencapai Universal Health Coverage, pelayanan kesehatan primer tidak bisa hanya sekadar promotif dan preventif saja. Setidaknya, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi pada fasilitas kesehatan seperti klinik dan puskesmas agar menjadi ideal bagi masyarakat.

Center for Indonesia's Strategic Development Initiatives (CISDI) menyatakan, untuk mencapai Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) pelayanan kesehatan primer membutuhkan transformasi pada enam blok yaitu: kepemimpinan atau tata kelola, pembiayaan pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, produk dan teknologi medis, informasi dan riset, serta pemberian layanan kesehatan.

"Kalau ada satu komponen yang tidak kelihatan atau hilang, itu berarti layanan kesehatan primernya tidak bertransformasi dan tidak bisa menjadi penggerak utama Universal Health Coverage," kata Diah Saminarsih, Ketua Dewan Pembina dan Pendiri CISDI pada Health Liputan6.com, ditulis Senin (16/12/2019)

"Jangan berpikir bahwa layanan kesehatan primer itu cukup pada promotif dan preventif, tapi harus tetap ada enam guiding blocks ini," kata Diah di Jakarta pada Jumat pekan lalu.

"Pelayanan kesehatan primer yang benar itu adalah yang promotif, preventif, kuratif, paliatif," tambahnya.

Bantu Masalah JKN

Diah Saminarsih, Ketua Dewan Pembina dan Pendiri CISDI (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Diah menambahkan, layanan kesehatan primer yang kuat juga menjadi cara untuk membantu keluar dari permasalahan Jaminan Kesehatan Nasional.

"Kalau layanan kesehatan primernya tidak kuat, JKN-nya saja tidak tercapai, jangankan Universal Health Coverage."

Diah mengatakan, apabila layanan kesehatan primer tidak bisa memberikan pelayanan bagi pengguna JKN dengan baik, orang tersebut lantas akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar. Tentu saja, ini akan menyebabkan beban pembiayaan yang juga lebih berat.

"UHC tidak sama dengan JKN. Karena UHC mensyaratkan ada orang, biaya, layanan, obat, dan teknologi. Sementara JKN kita baru sampai berbicara pada kepesertaan. Jadi baru sampai pada kita harus bisa menampung kepesertaan 300 juta orang, tapi belum sampai pada yang lain," kata Diah.

"Indonesia saat ini baru mengarah ke sana," tambahnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valentino Rossi Akhirnya Bisa Naik Podium Lagi

Posted: 15 Dec 2019 09:58 PM PST

Liputan6.com, Abu Dhabi- Valentono Rossi mengalami masa-masa suram di MotoGP 2019. Pembalap Italia itu sudah lama tak bisa naik podium. Menjelang akhir tahun 2019, Rossi akhirnya bisa merasakan podium lagi, walau bulan di balapan MotoGP.

Rossi sukses naik podium di ajang balap ketahanan mobil Gulf 12 Hours di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab, akhir pekan kemarin. Rossi menempati podium ketiga. Rossi turun di ajang Gulf 12 Hours bersama saudaranya Luca Marini dan teman dekatnya Alessio 'Uccio' Salucci.

Mereka bertiga memperkuat tim Monster VR46 Kessel. Juara dunia MotoGP sembilan kali ini menggunakan mobil Ferrari 488. Rossi cs turun di kelas Pro-Am dan hanya kalah dari pembalap yang memakai Audi R8s.

"Kami sangat senang dengan hasil balapan ini. Kami yang pertama di kategori kami, tetapi untuk finis ketiga dalam keseluruhan balapan adalah kepuasan yang luar biasa," ujar Rossi seperti dikutip dari Crash.

Pencapaian bagus di Gulf 12 Hours ini setidaknya dapat mengobati Rossi di MotoGP 2019. Praktis Rossi cuma naik podium dua kali di MotoGP 2019. Dia terakhir kali naik podium pada April lalu.

12 Jam

Balapan Gulf 12 Hours di bagi dua sesi, masing-masing enam jam. Para pembalap mengitari sirkuis Yas Marina yang merupakan penyelenggaran balapan Formula 1.

Rossi menyelesaikan pembukaan enam jam di posisi keenam dan pertama dikelasnya. Rossi mengambil alih kemudi dari Marini di tahapan terakhir saat bertarung dengan dua pembalap Attempto Racing. Meski terkena penalti lima detik, Rossi mampu merebut podium ketiga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Temui Putra Mahkota Uni Emirat Arab Bahas Kerjasama Investasi

Posted: 15 Dec 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Putera Mahkota Uni Emirat Arab (UEA), Pangeran Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan di Abu Dhabi, Senin (16/12/2019).

Luhut mengatakan, dalam lawatannya ke Uni Emirat Arab membawa pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu juga untuk memastikan kerja sama antar pemerintah (Governement to Government/G to G) dan kesepakatan bisnis selama ini berjalan dengan baik.

"Ini juga persiapan awal untuk kunjungan kenegaraan Presiden pada bulan Januari mendatang," kata Luhut, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (15/12/2019).

Beberapa nota kesepahaman yang akan ditandatangani antara lain di bidang energi, kesehatan, pendidikan, dan Sovereign Wealth Fund (SWF).

Selain itu, lanjut Menko Luhut, pertemuan ini juga untuk mempersiapkan nota kesepahaman untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dimana Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) akan menjadi partner penting bagi Indonesia.

"Indonesia saat ini juga sedang memproses Omnibus Law untuk memberikan kepastian hukum bagi SWF ini," tambahnya.

 

Potensi Kerjasama Lainnya

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan saat wawancara khusus di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (17/5) Luhut berbagi cerita tentang masalah komunis, Poso dan pemilihan Ketua Partai Golkar. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di bidang petrokimia dan petroleum, beberapa kerja sama yang telah disepakati adalah kesepakatan antara Pertamina dan Adnoc untuk pengembangan kilang di Balongan.

Selain itu juga ada kerjasama antara Masdar dan PLN untuk kesepakatan pembangunan panel tenaga surya terapung 145 GW, Pertamina dan Mubadala untuk pengembangan kilang di Balikpapan, EGA dan Inalum untuk pengembangan smelter dan hydropower berbasis 500 ribu ton per tahun aluminium smelter di Kalimantan Utara dan Chandra Asri dan Adnoc dengan kontrak jangka panjang.

Kemudian, kesepakatan di bidang agrikultur yang akan mengambil lokasi di Elite Agro, Jawa Barat dan juga Kalimantan Tengah, serta MoU antara DP World dan Maspion untuk area industri terintegrasi (120 hektar).

 

Selanjutnya

Luhut Binsar Pandjaitan kini menjabat sebagai Menkopolhukam di pemerintahan era Presiden Joko Widodo

Dalam lawatan kali ini, Luhut juga menyampaikan apresiasi Presiden Jokowi atas Kedutaan Besar RI dan kediaman Dubes yang telah berlokasi di wilayah strategis di Abu Dhabi.

Selain itu juga dibahas mengenai pembangunan Masjid Agung di Solo Jawa Tengah, yang direncanakan konstruksi awalnya akan dimulai pada Januari 2020 mendatang.

"Kami berharap, UEA akan menjadi mitra dan sahabat untuk mengembangkan beberapa proyek karbon di Indonesia," tutup Luhut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai, Bikin Geleng-Geleng

Posted: 15 Dec 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu kota dengan inovasi luar biasa dan juga megah, Dubai. Dubai adalah satu dari tujuh kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA). Dubai terletak di sepanjang pantai selatan Teluk Persia di Jazirah Arab. Banyak rumor mengatakan Dubai sebagai kota metropolitan yang mewah.

Selain itu kota ini terkenal dengan kota yang bergelimang harta. Sudah bukan rahasia lagi bila tempat mewah di Dubai terkenal di seluruh dunia. Warganya pun juga memiliki kebiasaan hidup bermewah-mewahan yang cukup unik.

Terkenal sebagai kota yang penuh dengan kemewahan dan gemerlap, tak heran jika Dubai selalu dikait-kaitkan dengan emas. Di Dubai, emas sendiri sudah bukan hal yang asing. Banyak tersebar ATM emas, mobil emas, ponsel emas, bahkan makanan emas.

Mencampur serbuk emas di makanan memang sudah bukan hal yang baru lagi. Mulai dari es krim hingga cokelat berlapis emas sudah ada di mana-mana. Di Dubai ternyata tak hanya itu saja makanan yang berlapis emas. Berikut 6 makanan serba emas di Dubai yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

1. Cupcake Emas

Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai (sumber: arabianbussiness)

Emas di negeri ini ternyata tidak hanya digunakan untuk pajangan tapi juga untuk dimakan. Cupcake di Dubai tidak hanya tepung, kacang vanila, mentega dan cokelat tapi ada emas 23 karat di lapisan luarnya. Cupcake ini dibanderol dengan harga $ 1.000 atau Rp 14 juta.

2. Burger Emas

Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai (sumber: arabianbussiness)

Begini sensasi memakan burger dengan kemewahan. Burger ini terbuat dari 300 gram daging sapi berkualitas dan resep rahasia dari koki. Untuk menambah nilai spesial, burger ini dilapisi oleh emas 24 karat. Jika ingin menikmati makanan spesial ini bisa berkunjung ke Maison Rouge dengan membawa uang $100 atau Rp 1,4 juta.

3. Sandwich Emas

Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai (sumber: arabianbussiness)

Terbiasa hidup dengan kemewahan, menu sarapan di Dubai pun juga harus mewah. Tak seperti bahan pada umumnya, bahan yang ada di dalam sandwich memiliki nilai yang mahal.

Bagian dalam sandwich terdiri dari keju, emas, irisan truffle Perigord hitam. Untuk menikmati sandwich mewah ini kamu harus merogoh kocek hingga Rp 1,1 juta.

4. Pizza Emas

Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai (sumber: arabianbussiness)

Royal Pizza Dubai menjadi pizza paling mahal yang tadinya menjadi makanan untuk keluarga kerajaan. Pizza ini berisi taburan jamur ​truffle putih Italia​, jamur black Perigord truffles, foie gras dari Prancis, bunga saffron Mongra, kaviar Beluga yang direndam Dom Perignon, jamur matsusake Jepang, dan emas lembaran. Seporsi pizza ini bisa dinikmati dengan harga sekitar Rp 2,7 miliar.

5. Steak Emas

Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai (sumber: arabianbussiness)

Salah satu restoran di Dubai yang meluncurkan menu baru, yaitu steak berlapis emas 24 karat. Restoran Prime 68, yang terletak di JW Marriot Marquis Hotel ini, menyajikan daging prime cut seberat 360 gram dengan taburan serpihan emas. Untuk menikmatinya, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 1,3 juta.

6. Dimsum Emas

Makanan Serba Emas yang Ada di Dubai (sumber: arabianbussiness)

Di Dubai ada sebuah restoran yang menyediakan menu khas China yang mewah. Restoran ini menawarkan sajian dimsum bertabur emas. Dim sum yang terbuat dari daging lobster ini memiliki sedikit cita rasa wasabi, dikemas dengan mewah, lalu diberi garnish lembaran emas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Mandiri Prediksi Terjadi Ledakan Transaksi Sehari Sebelum Natal

Posted: 15 Dec 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Consumer and Retail Transactions PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Hery Gunardi memproyeksikan jumlah transaksi pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan meningkat mencapai 2.725 per detik. Angka ini melonjak dari rata-rata jumlah transaksi Bank Mandiri yang hanya mencapai 800-1.000 transaksi per detik.

"Pada dasarnya kalau di akhir tahun tepatnya pada momen sebelum Natal, transaksi akan mengalami kenaikan," kata Hery saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Hery mengatakan, jumlah transkasi tersebut akan terjadi satu hari sebelum pelaksanaan Natal atau tepatnya pada 24 Desember 2019 mendatang. Di mana, kata dia pada hari tersebut masyarakat banyak yang menarik uangnya baik di ATM maupun di cabang-cabang Mandiri.

"Ledakan terjadi sebelum sehari natal 24 Desember. Ada transaksi banyak, dalam bentuk cash atau elektronik. Lonjakan terjadi di tanggal 23 juga. Tapi masih dalam koridor aman," kata dia.

Dia melanjutkan, untuk jumlah transaksi di Bank Mandiri pada pelaksanaan tahun baru diperkirakan sedikit menurun dibanding Natal.

"Tanggal 30-31 Desember 2019 lebih rendah 2.464 per detik," tandasnya.

 

Persiapan Uang Tunai

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seperti diketahui, PT Bank Mandiri (Persero) menyiapkan dana tunai sebesar Rp 33,5 triliun atau sekitar Rp 1,1 triliun per hari untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26 persen dibandingkan periode normal.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kapolri Serah Terimakan Jabatan Kabaharkam, Kabareskrim dan Beberapa Kapolda

Posted: 15 Dec 2019 09:52 PM PST

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menandatangani dokumen saat serah terima jabatan sejumlah perwira di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Selain melantik Kabareskrim baru, Kapolri memimpin serah terima jabatan 13 perwira. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menandatangani dokumen saat serah terima jabatan sejumlah perwira di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Selain melantik Kabareskrim baru, Kapolri memimpin serah terima jabatan 13 perwira. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyaksikan penandatanganan dokumen saat memipin serah terima jabatan di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Jabatan Kabaharkam diserahkan kepada Irjen Agus Andrianto. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyaksikan penandatanganan dokumen saat memipin serah terima jabatan di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Jabatan Kabaharkam diserahkan kepada Irjen Agus Andrianto. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memasangkan lencana kepada sejumlah perwira saat serah terima jabatan  di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Posisi Kapolda Papua Barat selanjutnya diisi oleh Brigjen Tornagogo Sihombing.  (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memasangkan lencana kepada sejumlah perwira saat serah terima jabatan di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Posisi Kapolda Papua Barat selanjutnya diisi oleh Brigjen Tornagogo Sihombing. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memasangkan lencana kepada sejumlah perwira saat serah terima jabatan  di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Komisaris Jenderal Firli Bahuri dari jabatan semula Kepala Baharkam Polri menjadi Analis Kebijakan Baharkam Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memasangkan lencana kepada sejumlah perwira saat serah terima jabatan di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Komisaris Jenderal Firli Bahuri dari jabatan semula Kepala Baharkam Polri menjadi Analis Kebijakan Baharkam Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Suasana serah terima jabatan sejumlah perwira di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Suasana serah terima jabatan sejumlah perwira di Mabes Polri Jakarta, Senin (16/12/2019). Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim). (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Nataru, Pelabuhan Merak Operasikan 20 Mesin Tiket Mandiri

Posted: 15 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, mengoperasikan 20 unit Vending Mesin, untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Sebanyak 13 unit berada di terminal reguler, dan tujuh unit di terminal eksekutif.

"Ada vending mesin, kita edukasi supaya (penumpang) bisa menggunakan, sehingga bisa mengambil tiket sendiri," kata General Manager (GM) PT ASDP Fefrry Indonesia Cabang Merak, Solikin, ditemui di Terminal Eksekutif Merak, Senin (16/12/2019).

Cara menggunakan mesin pembelian tiket secara mandiri itu, calon penumpang harus menyiapkan KTP dan e-money. Kartu identitasnya ditempelkan pada mesin, kemudian terdata identitasnya sebagai bukti manifest penumpang.

Setelah itu, tempelkan kartu e-money ke mesin tersebut, untuk melakukan pembayaran atau pembelian tiket. Kemudian aka keluar tiket penumpang pejalan kaki.

"Nanti ada petugas yang mengarahkan. Pembelian tiket secara manual pun masih disiagakan," terangnya.

Selama libur Nataru, PT ASFP Ferry Indonesia Cabang Merak yang mengelola Pelabuhan Merak mengklaim telah melakukan berbagai macam perbaikan, seperti manajemen lalulintas di dalam pelabuhan hingga fasilitas toilet.

"Secara infrastruktur kita berbenah, begitupun flow (jalur) kendaraan dan penumpang harus seefektif mungkin, untuk memudahkan ke kapal. Ada 69 armada (kapal), yang siap beroperasi 64," jelasnya.

Guna antisipasi cuaca buruk, Pelabuhan Merak akan berkoordinasi dengan BMKG dan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Merak, untuk mengantisipasi terjangan cuaca buruk di perairan Selat Sunda dan gelombang tinggi di pelabuhan, yang bisa mengakibatkan kapal gagal sandar.

"Cuaca ekstrim kita bekerjasama dengan BMKG dan KSOP, cuaca yamg masih bisa digunakan (untuk berlayar) pelayaran itu berdasarkan BMKG dan KSOP," ujarnya.

 

Puncak Arus Nataru di Bandara Soetta, Penumpang Diprediksi Naik 2 Persen

Bandara Soekarno Hatta Terminal 3.

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), PT Angkasa Pura II, memprediksi puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru 2020, akan terjadi pada tanggal 20 dan 29 Desember 2019.

"Diprediksi untuk puncak arus mudiknya akan terjadi pada 20 dan 29 Desember 2019. Dengan pergerakan pesawat sekitar 1 persen, sementara persentase pergerakan penumpang 2 persen," tutur Agus Hariyadi, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu 11/12/2019).

Untuk tanggal 20 Desember diprediksi akan dipenuhi oleh para penumpang yang akan merayakan Natal di kampung halaman, sementara pada 29 Desember diperkirakan akan dipenuhi oleh penumpang yang akan berlibur untuk merayakan malam pergantian tahun.

Agus juga menuturkan, destinasi atau penerbangan domestik masih menjadi primadona. "Setidaknya ada lima penerbangan domestik yang masih menjadi primadona, antara lain Denpasar Bali, Surabaya, Kualanamu, Makasar dab Yogyakarta," tutur Agus.

Penerbangan Internasional

Bandara Soetta Bakal Operasikan Terminal Berbiaya Murah

Lalu untuk penerbangan internasional yang biasanya dilakukan calon penumpang untuk menghabiskan malam pergantian tahun, negara Singapura dan Kualalumpur Malaysia, masih menjadi favorit. Selanjutnya adalah negara Jeddah Arab Saudi, Hongkong dan Don Muang Thailand.

Agus juga mengungkapkan, arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2020, diprediksi akan terjadi pada 5 Januari 2020. Untuk itu, Agus mengaku bila berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Angkasa Pura II dan juga seluruh stakeholder terkait.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gibran dan Bobby Masuk Radar Nasdem untuk Pilkada 2020

Posted: 15 Dec 2019 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Nasdem Saan Mustopa mengakui nama putra dan menantu Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, masuk radar partainya sebagai bakal calon kepala daerah. Namun, belum ada keputusan apapun dan masih dalam tahapan penjaringan.

Bobby Nasution mendaftar dalam Pilkada Kota Medan melaui Partai Golkar, sedangkan Gibran mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo dari PDIP.

"Di sana ada nama Bobby masuk di penjaringan Nasdem untuk Medan. Tapi sama juga dengan di Solo," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

"Mungkin juga jika ada kesepakatan koalisi dan Gibran juga melakukan penjajakan dengan Nasdem itu jadi bahan pertimbangan untuk mengusung atau tidaknya pilkada kota Solo," lanjutnya.

Dia mengatakan, tidak menjadi masalah ketika Nasdem berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung Gibran di Pilkada Solo 2020.

"Jadi untuk Nasdem tidak ada persoalan yang terlalu serius ketika Gibran daftar sebagai calon dari PDIP," ucap Saan.

Saan menyebut, mekanisme pengusungan calon kepala daerah dari Nasdem akan diputuskan melalui Badan Pemenangan Pemilu yang dipimpin Prananda Paloh dan dikonsultasikan dengan Ketua Umum Surya Paloh.

"Nanti Bappilu yang akan memutuskan dan tentu dikonsultasikan dengan ketum," ucap Saan.

Bobby Daftar Pilkada

Bobby mendaftarkan diri sebagai balon Wali kota Medan ke Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Medan, Jalan Gaot Subroto, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Kedatangan Bobby didampingi pamannya, Doli Sinomba Siregar

Bobby Afif Nasution secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Medan ke Partai Golkar. Hal ini sebagai bentuk keseriusan dirinya untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan 2020 mendatang.

Bobby mendaftarkan diri sebagai balon Wali kota Medan ke Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar Medan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Kedatangan Bobby didampingi pamannya, Doli Sinomba Siregar.

Bobby Nasution beserta rombongan diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Medan, HM Syaf Lubis, dan puluhan kader partai berlambang beringing tersebut. Bagi Bobby, Partai Golkar merupakan bagian dari keluarganya.

"Saya dan Golkar memiliki niat yang sama, mengembalikan kebanggaan Kota Medan. Partai Golkar keluarga saya, ini niat sama-sama untuk membenahi sudut pandang kita terhadap Medan," kata Bobby, Jumat (13/12/2019).

Bobby mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan para kader Partai Golkar terhadap dirinya. Bobby menilai, semangat ini ditujukan bukan hanya untuk dirinya, melainkan kepada masyarakat Kota Medan.

"Bukan hanya untuk saya, ini semangat untuk mengembalikan citra Kota Medan sebagai kota ketiga terbesar di Indonesia," ucap menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Istri Kahiyang Ayu tersebut juga mengaku memiliki niat, dan sangat memohon doa untuk sama-sama membangun Kota Medan.

"Saya kembalikan formulir, mudah-mudahan kita jaga semangat kita, semangat membenahi Medan," tegasnya.

Ketua DPD Partai Golkar Medan, HM Syaf Lubis menyebut, Bobby Nasution merupakan kandidat ke-16 yang mendaftar di Partai Golkar. Siapapun yang ditunjuk Dewan Perwakilan Pusat (DPP) nantinya, Partai Golkar Medan siap memenangkan.

"Kita siap untuk memenangkan, semoga semangat ini terus terjaga untuk membangun Kota Medan," sebutnya.

Mengenai peluang Parttai Golkar mengusung Bobby, Syaf menegaskan akan menyerahkan sepenuhnya ke DPP Partai Golkar.

"Kita serahkan semua ke DPP," katanya menambahkan.

Gibran Daftar Pilkada ke PDIP

Gibran menyerahkan berkas pendaftaran Walkot Solo di DPD PDIP Jateng. (Foto: Liputan6.com/Felek Wahyu)

Gibran Rakabuming Raka yang sempat tidak bisa mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo lewat DPC PDI Perjuangan Solo, akhirnya berhasil mendaftarkan diri lewat partai banteng moncong putih.

Ditemani keluarga dan relawan, Gibran mendaftarkan diri pada Kamis (12/12/2019) tepat jam 12.00 WIB. Diterima Baginda, ketua tim pendaftaran calon Bupati dan Walikota di DPD PDI Perjuangan Provinsi Jateng, Gibran menyatakan datang ke Panti Marhaen untuk mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota. 

"Terima kasih saya telah diterima di kantor DPD PDI  Perjuangan Jawa Tengah. Maksud dan tujuan saya datang ke sini adalah untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo," kata Gibran Rakabuming Raka saat diterima tim pendaftaran DPD PDI Perjuangan.

Gibran yang datang pukul 12.00 WIB menyerahkan persyaratan satu menit kemudian. Menerima berkas pendaftaran, selang 5 menit tanpa berpindah tempat Gibran langsung mengembalikan berkas yang seharusnya diisi.

Usai menerima pengembalian berkas, Baginda, Ketua tim pendaftatan DPD PDI Perjuangan Provinsi Jateng menjelaskan akan melakukan pengecekan berkas. 

Pukul 12.24 WIB Gibran didampingi ketua tim pendaftaran langsung menggelar keterangan pers. Di mana, hasil pengecekan kelengkapaan berkas Gibran dinyatakan lengkap sehingga Gibran dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo.

"Setelah melalui verifikasi tim di DPD, semua berkas telah dipenuhi. Artinya Mas Gibran sah sebagai bakal calon Wali Kota," ungkap Baginda yang disambut riuh pendukung Gibran yang hadir di Aula Panti Marhaen.

Dinyatakan sah sebagai bakal calon, Gibran Rakabuming Raka mengucapkan terimakasih pada massa pendukungnya dari Solo. Pasalnya, mereka rela datang ke Kota Semarang untuk mengantarnya mendaftarkan diri.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Karya Anak Bangsa di Balik Pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Posted: 15 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jalan tol layang Jakarta-Cikampek telah resmi beroperasi. Tol sepanjang 38 km ini diharapkan dapat menambah kelancaran kapasitas Tol Jakarta-Cikampek yang sudah ada di bawahnya.

Uniknya, selama pembangunan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) menggunakan Teknologi Sosrobahu yang merupakan hasil karya anak bangsa bernama Tjokorda Raka Sukawati. 

Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, teknologi Sosrobahu merupakan suatu teknologi yang sangat diperlukan dalam mengatasi kesulitan membangun kontruksi jalan di atas jalan yang sudah beroperasi dan padat volume kendaraan, seperti halnya di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Dengan Teknologi Sosrobahu, pembuatan pier head dilakukan sejajar garis jalan, sehingga tidak memerlukan ruang bebas yang luas dan setelah selesai dilakukan pemutaran.

"Bila memakai teknik konstruksi konvensional, dipastikan sebagian besar lajur jalan akan ditutup dan membuat kemacetan jalan lebih padat," ungkap keterangan di laman tersebut.

Penerapan Teknologi Sosrobahu pada Jalan tol layang Jakarta-Cikampek merupakan penerapan yang kedua kalinya pada konstruksi jalan tol.

Setelah sebelumnya pada 27 Juli 1988, penggunaan teknologi Sosrobahu atau landasan putar bebabuts hambatan untuk pertama kalinya digunakan di Indonesia pada Jalan Tol Wiyoto-Wiyono.

Kehadiran jalan tol ini menjadi pemisah antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Nantinya Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek dibawahnya, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama kendaraan Golongan I dapat menggunakan tol layang Jakarta-Cikampek.

Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka Gratis

Tol layang Jakarta-Cikampek.

Usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (12/12) lalu, tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) akan dibuka untuk pengguna jalan pada 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menyatakan bahwa jalan tol ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif.

"Mulai besok pagi, pengguna jalan, khususnya yang menempuh jarak jauh, dapat mulai menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu," ujar Heru dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Heru juga mengingatkan kembali akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini.

"Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah," jelas Heru.

Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, Heru menjelaskan bahwa pengguna jalan dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR, sementara untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR.

"Sedangkan untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8," kata Heru. 

Tol Layang Jakarta-Cikampek Gratis hingga Akhir Tahun

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (dok: PUPR)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Elevted sepanjang 36,4 kilometer (Km). Setelah diresmikan, jalan tol layang ini mulai beropasi pada 20 Desember 2019 mendatang dan akan dibuka secara gratis.

Presiden Jokowi mengaku sudah berkomunikasi kepada pihak operator Jasa Marga untuk tidak memungut biaya kendaraan roda empat pasca dioprasionalkannya jalan tol terpanjang di Indonesia itu. Dia pun sepakat, masa tenggat uji coba atau digrastiskan hingga akhir tahun 2019.

"Ini Alhamdulillah Jalan Tol Elevated Jakarta Cikampek telah selesai. Dan ini tadi saya sudah bertanya ke pemilik akan digratiskan sampai nanti tahun baru," katanya di sela-sela peresmian Jalan Tol Japek II Eleveted, di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Tol Layang Jakarta-Cikampek sepanjang 36,4 Kilo meter (Km) masing-masing terdapat dua jalur, lebih sedikit dari jalan tol Jakarta-Cikampek yang sudah lama beroperasi sebelumnya dengan empat jalur.

Nantinya jalan tol Layang Jakarta-Cikampek akan mengurangi volume kendaraan yang melintasi jalan tol Jakarta-Cikampek yang sudah beroperasi sebesar 30 persen. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanessa Angel Dikabarkan Sudah Menikah, Ini 6 Faktanya

Posted: 15 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengenai Vanessa Angel memang selalu mencuri perhatian. Setiap kali ia mengunggah potret di media sosial Instagramnya @vanessaangelofficial pasti selalu langsung banjir komentar netizen. Vanessa pun memang sering kali mengunggah potret dan keterangan Instagram yang mengundang perhatian para netizen.

Seperti halnya saat liburan ke Jepang. Artis 27 tahun ini pun menuliskan keterangan bahwa ia mencari alamat Kakek Sugiono. Selain itu ia juga mengunggah potretnya di atas tumpukan uang yang tak kalah mengundang heboh netizen.

Namun kabar mengenai Vanessa Angel pun baru-baru ini tak kalah mengejutkan. Dikabarkan bahwa Vanessa Angel baru saja melangsungkan pernikahan dan kini sedang jadi perbincangan. Awalnya, kabar mengenai pernikahan Vanessa Angel ini diketahui melalui unggahan InstaStory milik sang manajer Joana Kania @joanakania.

Setelah dikonfirmasi kepada sang manajer, ternyata Vanessa Angel pun memang benar telah menikah. Hal ini pun disampaikan langsung oleh manajer Vanessa Angel, Joana. Pernikahannya pun dilangsungkan, Minggu (15/12/2019).

Berikut 6 fakta Vanessa Angel yang dikabarkan sudah menikah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

1. Awal mula kabar pernikahan Vanessa Angel

Vanessa Angel (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)

Tanpa ada angin maupun hujan, Vanessa Angel baru-baru ini dikabarkan sudah menikah. Selain itu banyak sekali beredar potretnya saat berpelukan dengan pria yang terlihat mengenakan pakaian pengantin.

Dengan busana layaknya seperti seorang pengantin, terdapat juga poster menerangkan bahwa Vanessa Angel menikah dengan seorang pria. Hal itu diketahui lewat postingan sang manajer di Insta Story akun Instagramnya.

Postingan sang manajer ini lentar menyebar di akun-akun gosip. Hingga kini kabar pernikahan Vanessa Angel menjadi perbincangan hangat di media sosial.

2. Wajah suami masih ditutupi beserta namanya yang ada di poster

Vanessa Angel. (Instagram @vanessaangelofficial)

Saat beredar foto pernikahannya, wajah sang suami pun masih tertutupi. Tak diketahui siapa pria yang kini menjadi suami Vanessa Angel. Tak hanya wajah, namanya pun belum diketahui.

Lewat postingan sang manajer di akun Instagram, tak ada keterangan siapa nama dan juga seperti apa wajah suami wanita 27 tahun itu.

3. Sempat diduga settingan, namun sang manajer membenarkan pernikahan tersebut

Vanessa Angel (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)

Melihat dari unggahan Instagram milik Vanessa Angel, terlihat bahwa tidak ada unggahan mengenai pernikahannya. Bahkan saat ia mengenakan kebaya putih hanya ada di Insta Story yang kontennya berupa endorse. Banyak pula yang menyebut bahwa ini hanya settingan.

Namun kabar mengenai pernikahan Vanessa Angel ini dibenarkan oleh manajer Vanessa Angel, Joana. Pernikahan Vanessa dan suaminya dilangsungkan, Minggu (15/12/2019).

"Kemarin sore. Yang pasti sudah sah suami istri," papar manajer Vanessa Angel saat dihubungi Liputan6.com melalui WhatsApp, Senin (16/12/2019).

4. Lokasi yang digunakan Vanessa Angel dan suami untuk menikah

Di hari raya Idul Fitri, setiap orang memiliki tradisi dalam merayakannya. Termasuk jenis makanan yang menjadi santapan hidangan, termasuk si  cantik Vanessa Angel yang tak takut menjadi gendut setelah lebaran. (Instagram/vanessaangelofficial)

Acara pernikahan ini pun dilangsungkan di rumah sang manajer Vanessa Angel, yaitu Joana, di kawasan Depok, Jawa Barat.

"Di kediaman saya. Cinere Depok," ujar Joana mengutip dari Kapanlagi, Senin (16/12/2019).

Selain itu prosesi pernikahan ini berlangsung secara tertutup. Hanya kerabat dekat saja yang menghadiri pernikahan tersebut.

5. Mahar pernikahan Vanessa Angel

Vanessa Angel. (Bayu Herdianto/Kapanlagi.com)

Setiap pernikahan seleb, tentu sebagai penggemar penasaran dengan mahar saat menikah. Pernikahan Vanessa Angel dengan seorang pria yang masih belum diketahui identitasnya ini ternyata maharnya cukup sederhana.

Seperti halnya pasangan suami istri yang menikah, pernikahan Vanessa Angel ini maharnya seperti pasangan menikah pada umumnya.

"Cincin emas dan seperangkat alat sholat," ungkap Joana mengutip dari Kapanlagi oleh Liputan6.com, Senin (16/12/2019).

6. Suami Vanessa Angel bukan dari kalangan artis

Vanessa Angel (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)

Siapapun tentu penasaran dengan siapa Vanessa Angel menikah. Sebelumnya Vanessa pernah menjalin hubungan dengan pria bukan kalangan artis, yaitu Bibi Ardiansyah. Tapi dalam perjalanan cinta, hubungan keduanya pun harus berpisah.

Menurut penuturan sang manajer, Vanessa Angel menikah dengan kalangan pengusaha.

"Pengusaha. Kayaknya itu aja yang aku perlu jawab ya. Detailnya bukan kapasitas aku untuk jawab," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Keseruan Peserta Top 9 D'Academy Asia 5 Jalan-jalan Bareng

Posted: 15 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah ajang kompetisi menyanyi dangdut terbesar di Asia digelar Indosiar. Acara bertajuk D'Academy Asia 5 ini diikuti oleh 7 negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Lagi dan lagi, D'Academy Asia 5 selalu memberikan kejutan menarik yang bisa membuat para penonton terhibur, salah satunya melalui segmen Kepoin D'Academy Asia 5.

Kepoin D'Academy Asia 5 kali ini akan membagikan keseruan peserta Top 9 D'Academy Asia 5 bertamasya bersama dan seru-seruan bareng.

Penasaran bagaimana keseruannya? Saksikan selengkapnya di channel Indosiar hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bunga Flamboyan Mulai Bermekaran, Ini 5 Potret Surabaya Bak Negara Jepang

Posted: 15 Dec 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim hujan, Surabaya kini punya wajah baru. Bunga Flamboyan mulai bermekaran di beberapa sudut Kota Pahlawan ini. Kota Surabaya semakin berwarna dengan mekarnya bunga yang memiliki warna oranye kemerahan ini. 

Sebelumnya, Kota Surabaya telah dipercantik dengan mekarnya bunga Tabebuya. Bahkan bunga Tabebuya sempat menjadi perbincangan hangat masyarakat. Bunga Sakura khas Jepang tersebut ditanam di sepanjang jalan besar di Kota Surabaya. Saat mekar pun pemandangan berbeda menjadi daya tarik tersendiri. 

Kini giliran bunga Flamboyan yang menghiasi pemandangan Surabaya. Salah satu tempat yang ditumbuhi bunga Flamboyan adalah di sepanjang jalan Benteng Kedung Cowek. Bunga Flamboyan yang mekar di Benteng Kedung Cowek Surabaya ini bahkan menarik pengunjung berdatangan meski musim hujan. 

Warna bunganya yang memikat yaitu oranye kemerahan ini membuat Kota Surabaya bak negara Jepang. Penasaran seperti apa penampakan bunga Flamboyan yang mulai bermekaran? Berikut ini 5 Potret keindahannya di Kota Surabaya yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019). 

1. Bunga Flamboyan memiliki nama genus Delonix berasal dari kata Yunani delos artinya mencolok.

Tak hanya bunga Tabebuya, kini bunga Flamboyan di Surabaya mulai bermekaran. (Sumber: Instagram/@lovesuroboyo)

2. Pohon berasal dari Madagaskar ini semakin mempercantik sudut Kota Surabaya di musim penghujan.

Tak hanya bunga Tabebuya, kini bunga Flamboyan di Surabaya mulai bermekaran. (Sumber: Instagram/@lovesuroboyo)

3. Tak kalah dengan bunga Tabebuya, bunga Flamboyan juga sukses membuat Surabaya seperti Jepang.

Tak hanya bunga Tabebuya, kini bunga Flamboyan di Surabaya mulai bermekaran. (Sumber: Instagram/@lovesuroboyo)

4. Banyak yang ingin berfoto dengan bunga flamboyan sebagai latar belakangnya.

Tak hanya bunga Tabebuya, kini bunga Flamboyan di Surabaya mulai bermekaran. (Sumber: Instagram/@surabaya)

5. Bunganya yang berwarna merah siap menyambut rintik hujan di Surabaya.

Tak hanya bunga Tabebuya, kini bunga Flamboyan di Surabaya mulai bermekaran. (Sumber: Instagram/@surabaya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Akan Panggil Mendagri soal Kepala Daerah Punya Rekening Kasino

Posted: 15 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengusut dugaan kepala daerah menyimpan uang di kasino di luar negeri. Dugaan tersebut berdasarkan temunan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait transaksi uang kepala daerah ke luar negeri.

"Tentu komisi II akan mendesak di masa sidang berikutnya Kemendagri untuk segera menyelesaikan persoalan ini," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Saan menduga, temuan PPATK itu tidak hanya dilakukan satu dua kepala daerah, tetapi banyak temuan lain. Karenanya, agar temuan tersebut menjadi lebih jelas, Komisi II DPR akan memanggil Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk meminta keterangan terkait kabar kepala daerah menyimpan uang di kasino luar negeri dalam rapat di masa sidang berikutnya.

"Nah hal-hal seperti itu Kemendagri harus proaktif dan DPR khususnya Komisi II dalam hal ini tentunya akan sesegera mungkin dalam sidang nanti untuk mengagendakan dengan Kemendagri untuk membahas soal dana parkir di kasino itu," jelas Saan.

Minta PPATK Mengungkap

Ilustrasi uang koin (iStock)

Saan menyarankan kepada pihak PPATK untuk mengungkap kepala daerah mana yang memakirkan duitnya ke kasino di luar negeri. Agar, kata Saan, tidak memunculkan spekulasi publik.

Politikus Nasdem itu meminta PPATK kordinasi dengan Kemendagri untuk mengusut temuannya tersebut.

"Jadi pertama bupati mana, kepala-kepala daerah-daerah di mana, kedua, tingkat kebenarannya, itu harus kemendagri berkoordinasi," ucapnya.

Temuan PPATK

Ilustrasi (iStock)

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mencium adanya transaksi keuangan yang dilakukan sejumlah kepala daerah di luar negeri untuk kemudian disimpan di rekening kasino.

Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) mengatakan, nominal uang dalam valuta asing yang disimpan di rekening kasino tersebut juga tak kecil, yakni sekitar Rp 50 miliar.

"Kami menelusuri adanya transaksi keuangan beberapa kepala daerah yang diduga melakukan penempatan dana dalam bentuk valuta asing. Jumlahnya pun signifikan, sekitar Rp 50 miliar (yang disimpan) ke rekening kasino di luar negeri," jelas Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin di Gedung PPATK, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Tak hanya di luar negeri, PPATK merinci temuan adanya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Tanah Air selama 2019. Seperti penyelundupan benih lobster, penyelundupan telepon seluler, hingga masalah narkotika.

"Ada juga korupsi pembangunan jalan dan jembatan, kasus perdagangan satwa liar, perdagangan manusia, perkara terorisme, dugaan korupsi helikopter, ada juga TPPU kepala daerah," bebernya

Hasil analisis yang dilakukan PPATK terhadap kasus pencucian uang sepanjang tahun ini pun cukup besar, kurang lebih 547 laporan hasil analisis dan 450 informasi pada periode Januari-November 2019.

"Kita juga sudah menyampaikan ke berbagai penegak hukum hal tersebut. Juga kami ikut berkontribusi dalam berbagai satgas seperti satgas cyber pungli, satgas waspada investasi. Kita selalu ikut aktif dalam hal ini, termasuk di dalamnya adalah pencegahan penyalahgunaan usaha-usaha haji, umrah dan investasi lainnya," tuturnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hutan, Sydney Darurat Kesehatan Masyarakat

Posted: 15 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratusan kebakaran hutan yang dipicu oleh perubahan iklim telah berkobar di seluruh Australia selama berbulan-bulan, dengan kobaran api besar membakar bagian utara Sydney, menghancurkan beberapa rumah dan kebakaran di kota-kota dekat Perth.

Kota terbesar Australia sedang menghadapi "darurat kesehatan masyarakat" karena asap kebakaran hutan yang telah mencekik Sydney selama berminggu-minggu. Para dokter terkemuka memperingatkan pada Senin, 16 Desember, setelah rumah sakit melaporkan lonjakan dramatis dalam kunjungan korban.

Lebih dari 20 kelompok medis termasuk Royal Australasian College of Physicians yang mewakili 25.000 dokter dan peserta pelatihan, merilis pernyataan bersama yang menyerukan pemerintah Australia untuk mengatasi polusi udara beracun. Demikian mengutip dari Channel News Asia, Senin (16/12/2019).

Polusi Udara Meningkat Drastis

Ilustrasi polusi udara. (iStockphoto)

Asap telah menghasilkan polusi udara hingga 11 kali lipat 'berbahaya' di beberapa bagian Sydney dan New South Wales.

Departemen kesehatan negara bagian New South Wales mengatakan, pihaknya mencatat peningkatan 48 persen dalam jumlah orang yang mengunjungi ruang gawat darurat rumah sakit dengan masalah pernapasan dalam pekan yang berakhir 11 Desember dibandingkan dengan rata-rata lima tahun.

Dilaporkan Channel News Asia, kunjungan melonjak 80 persen pada 10 Desember, ketika kualitas udara turun di Sydney hingga 20.000 penduduk kota terbesar Australia untuk berbaris sebagai para demonstran pada hari berikutnya.

"Polusi udara di NSW adalah keadaan darurat kesehatan masyarakat," kata Aliansi Iklim dan Kesehatan, "Asap dari kebakaran hutan sangat berbahaya karena tingginya tingkat partikel kecil (PM2.5)"

Aliansi Iklim dan Kesehatan meminta pemerintah untuk mengambil tindakan segera untuk mengurangi emisi, dengan mengatakan perubahan iklim memperburuk kebakaran hutan yang memiliki "dampak buruk pada kesehatan manusia."

Perubahan Iklim, Faktor Kebakaran Hutan

Kabut di daerah Sydney. (iStockphoto)

Aliansi Iklim dan Kesehatan mengatakan bahwa peristiwa polusi udara yang diakibatkan oleh kebakaran hutan akan terjadi lebih sering dan merupakan akibat dari perubahan iklim. Pemerintah diharapkan untuk bertindak secara cepat dan mendalam agar mengurangi emisi gas rumah kaca, yang mendorong perubahan iklim.

Perdana Menteri Scott Morrison, pekan lalu membuat pengakuan bahwa perubahan iklim adalah salah satu "faktor" di balik kebakaran, tetapi membela catatan Australia tentang pengurangan emisi dan gagal mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini.

Enam orang telah tewas dan lebih dari 700 rumah hancur dan sedikitnya tiga juta hektar (7,4 juta hektar) lahan terbakar musim kebakaran hutan ini.

Kebakaran Hutan Sebagai Tantangan Besar

Kebakaran yang menghancurkan telah memusatkan perhatian pada perubahan iklim. (iStockphoto)

Data resmi menunjukkan 2019 berada di jalur untuk menjadi salah satu tahun terpanas dan paling kering di Australia. DIprediksi oleh peramal, minggu ini Australia akan mengalami gelombang panas dan memecahkan rekor suhu.

Kebakaran yang menghancurkan telah memusatkan perhatian pada perubahan iklim, dengan para ilmuwan mengatakan bahwa kobaran api datang lebih awal dengan intensitas lebih dari biasanya. Hal ini dikarenakan pemanasan global dan kekeringan yang berkepanjangan, juga penyebab dari kota kehabisan air minum sehingga memaksa petani meninggalkan lahan mereka.

Bendahara Josh Frydenberg, pada hari Senin memilih kebakaran hutan dan kekeringan sebagai tantangan domestik terbesar bagi perekonomian, karena telah mengambil seperempat poin persentase dari pertumbuhan PDB dan mengurangi hasil pertanian dengan "jumlah yang signifikan" selama dua tahun.

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jacqueline Wong Jawab Isu Jatuh Miskin Setelah Skandal Perselingkuhan

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong Setelah Jacqualine Wong tersandung skandal perselingkuhan dengan Andy Hui, ia diterpa sejumlah rumor miring. Berbagai isu ini tak bisa segera dipastikan kebenarannya, karena sejak skandal ini menyeruak aktris 30 tahun ini langsung mengungsi ke Amerika Serikat.

Tak heran, momen kedatangan Jacqueline Wong di Hong Kong pada Sabtu (14/12/2019) tak disia-siakan media massa lokal untuk meminta klarifikasi.

Salah satu rumor yang beredar adalah Jacqueline Wong mengalami kesulitan keuangan setelah skandal ini menyeruak.

Banyak Rumor

Jacqueline Wong (Instagram/ jacquelinebwong)

Dilansir dari Today Online, Jacqueline Wong tak memberikan jawaban pasti atas rumor ini. "Setelah insiden itu, ada banyak rumor dan aku tak akan meresponsnya," tutur Jacqueline.

Dituntut?

Jacqueline Wong (Instagram/ jacquelinebwong)

Sementara The Strait Times melaporkan bahwa Jacqueline sempat ditanya apakah ia dituntut oleh perusahaan karena kampanye pemasaran yang gagal digelar gara-gara munculnya skandal tersebut.

Atas pertanyaan ini, Jacqueline disebut menjawab bahwa ia tidak sedang berada dalam masalah keuangan.

Ganti Nama?

Di luar masalah keuangan, reporter juga menanyakan kebenaran kabar bahwa Jacqueline Wong hendak ganti nama dan beralih profesi ke bisnis properti.

"Aku tidak mengganti namaku dan aku tidak mengganti karierku," tuturnya.

Sang Mantan

Aktris Provocateur ini juga ditanya apakah sang mantan, Kenneth Ma, tahu tentang kepulangannya ke Hong Kong. Namun, ia menolak menjawabnya.

Kesalahan

Seperti diberitakan sebelumnya, Jacqueline Wong mengaku menyesal telah melakukan hal tak pantas dengan Andy Hui yang telah beristri. "Aku membuat kesalahan dan berusaha sekeras mungkin untuk hidup dengannya, belajar darinya," tuturnya.

 

Move On

Ia juga menyatakan ingin meninggalkan skandal ini di masa lalu. "Aku merasa aku harus move on dan tetap berjalan dan melangkah ke depan."

Jacqueline Wong tak mau lagi merespons pertanyaan tentang skandal ini pada masa mendatang. Alasannya, ia merasa sudah mengatakan semua hal yang ingin ia sampaikan soal masalah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Indosiar Persib vs Badak Lampung, Eksklusif di Vidio

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung siap tampil mati-matian saat bertemu Badak Lampung FC pada pekan ke-33 Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Senin (16/12/2019). Persib butuh menang untuk memenuhi ambisi finis di urutan lima besar. 

Namun, Persib tidak boleh lengah. Sebab tim lawan, Badak Lampung sudah tidak punya beban. Pasukan Milan Petrovic bakal tampil lepas setelah dipastikan degradasi musim depan.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun mengaku sudah mengantisipasi permainan Laskar Saburai. Supardi Nasir dan kawan-kawan diminta untuk tidak membiarkan permainan tim tamu berkembang.

Menghadapi Badak Lampung yang nothing to lose,  Robert mengingatkan Persib Bandung untuk meningkatkan kewaspadaan. Untuk itu ia mengarahkan anak asuhnya untuk tidak lengah sejak menit awal pertandingan.

"Saya pikir Badak Lampung masih akan memainkan gaya bermain yang sama dengan sebelumnya, mereka bermain dengan rapat di belakang dan banyak memainkan umpan panjang ke lini depan saat menyerang," ujar pelatih Persib Bandung ini menambahkan.

Jadwal Persib vs Badak Lampung

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, berusaha menghadang laju striker PSM Makassar, M Rahmat pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion GBLA, Bandung, Rabu, (5/7/2017). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Senin, 16 Desember 2019

15.30 WIB, Persib vs Badak Lampung

Stadion Si Jalak Harupat

Live: Indosiar

Untuk menyaksikan pertandingan ini, Anda juga bisa klik dan berlangganan video premium dengan mengklik tautan ini. 

Jadwal Persib Selanjutnya

Gelandang Persib Bandung, Ghozali Siregar, berusaha melewati gelandang TIRA Persikabo, Guntur Triaji, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persib kalah 1-2 dari TIRA. (Bola.com/Yoppy Renato)

Minggu, 22 Desember 2019

18.30 WIB, PSM Makassar vs Persib

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Pantau Realisasi Program Subsidi Kargo Perintis Papua

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan program jembatan udara berjalan dengan lancar sesuai rencana strategis Kemenhub.

Dalam pelaksanaannya, Direktur Angkutan Udara Maria Kristi Endah Nurni turut melakukan monitoring pelaksanaan progran subsidi kargo perintis di Papua

Dirinya menyatakan telah memantau beberapa bandara yang ada di Papua. Ada beberapa bandara yang memiliki peran strategis dalam pendistribusian kargo subsidi di Papua, yaitu bandara Tanah Merah Boven Digoel, bandara Oksibil Pegunungan Bintang dan bandara Timika.

"Kami telah memantau program subsidi kargo di beberapa bandara di Papua untuk mengevaluasi, mengkoordinasikan dan mensinergikan peran seluruh stakeholder di lapangan," ujar Maria, mengutip keterangan resmi, Senin (16/12/2019).

Selain memantau aktivitas di bandar udara, Maria juga mendatangi gudang yang menjadi tempat penampungan barang kebutuhan pokok dan memastikan pelayanan subsidi Kemenhub berjalan dengan baik kepada seluruh masyarakat.

 

Tekan Disparitas Harga

Pencarian tim SAR gabungan di Timika untuk Twin Otter PK - CDC seri 400 yang memiliki base di Bandara Timika. (Liputan6.com/Humas Polda Papua/Katharina Janur)

Maria menerangkan, program subsidi kargo berorientasi untuk menekan disparitas harga, khususnya bahan pokok di kota dan di distrik-distrik wilayah Papua.

"Melalui subsidi angkutan udara kargo perintis, pemerintah terus berupaya hadir, khususnya untuk melayani kebutuhan daerah-daerah yang secara geografis memang tidak dimungkinkan dijangkau oleh sarana transportasi di luar pesawat terbang di Papua", ungkap Maria.

Pelayanan dan kerja keras setiap bandar udara, lanjut Maria, menjadi kunci suksesnya program angkutan udara kargo perintis di Papua.

"Pelayanan dan kerja keras Bandara jadi kunci utama. Saya mengapresiasi kerja keras seluruh stakeholder di seluruh Bandar Udara yang telah berupaya untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam program Subsidi Angkutan Udara Kargo Perintis ini," ungkapnya.

 

Mempermudah Akses

Megahnya Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat. (Foto: Septian Deny/Liputan6.com)

Sebagaimana diketahui, Subsidi Angkutan Udara Perintis Kargo dan Subsidi Angkutan Udara Penumpang merupakan Program Pemerintah, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, guna mempermudah akses transportasi masyarakat di wilayah Terisolir, Terluar, Tertinggal dan Perbatasan (3TP).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi II DPR Minta Kasus Rekening Kepala Daerah di Kasino Diusut Tuntas

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera meminta agar kasus kepala daerah melakukan transaksi keuangan dan disimpan di rekening kasino luar negeri tidak diabaikan.

"Kami mendorong PPATK untuk menindaklanjuti sesuai peraturan. Kedua, PPATK dapat menyampaikannya pada Mendagri sebagai Pembina Kepala Daerah," kata Mardani saat dikonfirmasi, Senin (16/12/2019).

Ia menyebut temuan itu adalah musibah dan kasus besar yang harus diselesaikan.

"Tentu ini musibah. Kepala Daerah adalah Pembina Utama daerah bersangkutan. Bagaimana dapat menjadi pembina dan teladan jika perilakunya jauh dari standar moral dan etika Ini kasus besar, harus diselesaikan tuntas," ujarnya.

Diketahui, jumlah uang kepala daerah dalam valuta asing itu disebutkan setara dengan puluhan miliar rupiah. Yakni sekitar Rp 50 miliar.

"Kami menelusuri adanya transaksi keuangan beberapa kepala daerah yang diduga melakukan penempatan dana dalam bentuk valuta asing. Jumlahnya pun signifikan, sekitar Rp 50 miliar (yang disimpan) ke rekening kasino di luar negeri," jelas Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin di Gedung PPATK, Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

 

Respons Mendagri

Atas laporan itu, Kemendagri langsung merespons. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku akan berkoordinasi dengan PPATK tentang temuan tersebut.

Tito juga akan menanyakan ke PPATK terkait kepala daerah yang diduga menempatkan dana ke rekening kasino di luar negeri. Jika terbukti benar, Ia akan melakukan pendalaman kepada kepala daerah tersebut.

"Kita tanya dulu ke PPATK. Kemudian nanti mungkin kalau ada perlu pendalaman kita bisa saja menanyakan ke yang bersangkutan. Kalau memang betul ada datanya," ucap Tito.

Mantan Kapolri itu pun mempersilakan penegak hukum melakukan penyelidikan dari temuan PPATK. Kemendagri juga bisa melakukan penyelidikan lewat inspektorat dalam rangka pengawasan.

"Kalau seandainya pihak lain juga mau melakukan penyelidikan, penegak hukum, ya bisa juga. Dari Kemendagri bisa juga menanyakan dalam rangka pengawasan vertikal, kita akan ada inspektorat," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Pepet Inter Milan

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus memetik poin penuh ketika menjamu Udinese dengan kemenangan 3-1. Di sisi lain, Inter Milan hanya imbang kontra tuan rumah Fiorentina.

Dua hasil berbeda itu membuat Inter Milan dan Juventus sama-sama mengoleksi 39 poin di klasemen Liga Italia setelah memainkan 16 pertandingan.

Tapi, Inter Milan masih memuncaki klasemen Liga Italia, sedangkan Juventus di tempat kedua. Selisih gol I Nerazzurri lebih baik ketimbang I Bianconeri, sehingga mereka lebih di atas.

Sementara itu, Napoli harus menyerah 1-2 dari tamunya, Parma. Kekalahan itu membuat Dries Mertens dan kawan-kawan merosot ke peringkat ketujuh klasemen Liga Italia.

Dua klub asal ibu kota, AS Roma dan Lazio, berurutan menduduki peringkat keempat dan ketiga klasemen Liga Italia. AS Roma mengumpulkan 32 poin, dan Lazio sudah mengoleksi 33 poin.

Posisi AC Milan

Striker AC Milan Krzysztof Piatek coba melewati kiper Sassuolo Gianluca Pegolo pada laga Serie A di Stadio San Siro, Minggu (15/12/2019). (AP Photo/Antonio Calanni)

Cagliari secara mengejutkan masih nangkring di posisi kelima klasemen. Atalanta menyusul di tempat keenam dengan raihan 28 poin.

AC Milan, yang imbang 0-0 lawan Sassuolo di San Siro, sekarang merangkak ke peringkat ke-10 usai mendulang 21 poin. Berikut klasemen Liga Italia usai pekan ke-16.

Klasemen Liga Italia

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO : Ornamen Pohon Natal Terbakar di Sleman City Hall

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ornamen pohon natal yang ada di Sleman City Hall (SCH) terbakar, minggu (15/12/2019). Kejadian ini diakibatkan korselting listrik, sehingga membuat bagian belakang pohon natal tersebut terbakar. Tidak ada korban jiwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Inspirasi Gaya Fashion Vidi Aldiano yang Memesona

Posted: 15 Dec 2019 09:30 PM PST

Pelantun 'Nuansa Bening' ini juga terkenal sebagai seleb yang sadar betul soal penampilan. Vidi pun selalu membiasakan diri untuk tampil sebaik mungkin. Salah satunya gaya formal penyanyi kelahiran Jakarta yang simpel dan bisa kamu tiru. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

Pelantun 'Nuansa Bening' ini juga terkenal sebagai seleb yang sadar betul soal penampilan. Vidi pun selalu membiasakan diri untuk tampil sebaik mungkin. Salah satunya gaya formal penyanyi kelahiran Jakarta yang simpel dan bisa kamu tiru. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

Terkenal dengan padu padan yang memesona, gaya Vidi yang satu ini juga bisa kamu tiru untuk pergi ke acara formal. Pria bernama lengkap Oxavia Aldiano ini mengaku suka warna monokrom, biru dongker, dan cokelat. Warna-warna ini bisa membuat kamu terlihat lebih trendi. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

Terkenal dengan padu padan yang memesona, gaya Vidi yang satu ini juga bisa kamu tiru untuk pergi ke acara formal. Pria bernama lengkap Oxavia Aldiano ini mengaku suka warna monokrom, biru dongker, dan cokelat. Warna-warna ini bisa membuat kamu terlihat lebih trendi. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

Mengenai gaya berpakaian favoritnya, ternyata pria berdarah Tionghoa-Minang ini lebih memilih untuk mengenakan jaket. Outer motif dipadukan dengan kaus polos bisa terlihat fashionable. Celana pendek juga bisa jadi inspirasi gaya untuk hangout. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

Mengenai gaya berpakaian favoritnya, ternyata pria berdarah Tionghoa-Minang ini lebih memilih untuk mengenakan jaket. Outer motif dipadukan dengan kaus polos bisa terlihat fashionable. Celana pendek juga bisa jadi inspirasi gaya untuk hangout. (Liputan6.com/IG/@vidialdiano)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Ida Siap Perluas Kesempatan Kerja PMI di Luar Negeri

Posted: 15 Dec 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) akan berkesempatan bekerja di luar negeri. Oleh karena itu, Menteri Ketanagakerjaan Ida Fauziyah optimistis Kartu Prakerja akan memperluas kesempatan kerja tersebut, dengan Kartu Prakerja kompetensi PMI. Dengan cara itu, Menteri Ida optimis PMI bakal meningkat dan mampu bersaing memperebutkan lowongan kerja di luar negeri.

"Kementerian Ketanagakerjaan akan bekerja keras di level hulu untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja migran. Salah satunya dengan memperbanyak berbagai pelatihan kerja menggunakan skema kartu prakerja," ujar Ida Fauziah saat Rapat Koordinasi Atase Ketenagakerjaan dari 12 negara penempatan PMI di Kuala Lumpur Malaysia (13/12).

Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kemenaker, Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Atnaker Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei Darussalam, Riyad, Jedah, Qatar, Kuwait, dan lain-lain.

Ida menjelaskan sesuai Undang-Undang Perlindungan Pekerja Migran pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri hanya bisa dilakukan jika mereka mempunyai kompetensi. Dengan program Kartu Pekerja calon PMI akan mendapatkan berbagai macam pelatihan tanpa dipungut biaya karena ditanggung pemerintah.

"Dengan skema ini kita bisa memberangkatkan calon PMI yang berkompeten sehingga tidak diremehkan", katanya.

Mantan Ketua Umum Fatayat PBNU tersebut mengatakan berkerja di luar negeri merupakan salah satu opsi bagi Angkatan kerja di tanah air. Menurutnya kesempatan kerja di dalam negeri masih agak terbatas, sehingga kesempatan kerja di luar negeri bisa dipilih sebagai salah satu opsi.

"Di samping memperluas kesempatan kerja di dalam negeri, pemerintah juga perlu memperluas kesempatan kerja di luar negeri," katanya.

Namun, kata Ida, kesempatan kerja di luar negeri harus mempertimbangkan beberapa hal seperti perlindungan pekerja migran dan pengupahan yang layak. Selama ini persoalan terbesar PMI adalah lemahnya perlindungan, kelayakan upah dan minimnya kompetensi PMI.

"Upaya perluasan kesempatan kerja harus dibarengi dengan upaya serius untuk memperkuat perlindungan PMI di luar negeri, meningkatkan kompetensi calon PMI dan negosiasi pengupahan" katanya.

Dia pun meminta optimalisasi peran Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) Kemenaker di luar negeri. Menurutnya Atnaker mempunyai peran strategis dalam melindungi dan memperluas kesempatan kerja PMI di luar negeri.

"Atnaker adalah garda terdepan dalam perlindungan PMI, maka peran dan kinerjanya harus terus diperkuat " tegas Ida.

Atnaker, lanjut Ida harus mampu melakukan inovasi dan terobosan dalam bekerja melindungi PMI di luar negeri. Salah satunya dengan membuat system yang terintegrasi terkait dengan data personal PMI di luar negeri. Dengan demikian Atnaker bisa terus melakukan pemantauan terkait kondisi kesehatan, kesejahteran, dan keselamatan PMI.

"Sistem tersebut harus dalam bentuk digital yang terintegrasi dengan data kita di tanah air," katanya.

Selain mengurai berbagai persoalan ketenagakerjaan di berbagai negara, forum ini juga menghasilkan beberapa rekomendasi penting.

Forum ini salah satunya merekomendasikan kepada Kemenaker untuk meninjau MOU dengan beberapa negera, meningkatkan negosiasi untuk meningkatkan standar pengupahan, membangun sistem perlindungan yang efektif, meningkatkan kapasitas atnaker, serta melakukan berbagai terobosan untuk perluasan kesempatan kerja sektor formal di luar negeri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Indonesia Capai USD 15,34 Miliar di November 2019

Posted: 15 Dec 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statiktik (BPS) mencatat nilai impor Indonesia pada November 2019 mencapai USD 15,34 miliar atau naik 3,94 persen dibanding Oktober 2019. Namun demikian, jika dibandingkan November 2018 mengalami penurunan sebesar 9,24 persen.

"Adapun impor nonmigas November 2019 mencapai USD 13,21 miliar atau naik 1,55 persen dibanding Oktober 2019, namun jika dibandingkan November 2018 turun 5,91 persen," ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (16/12).

Suhariyanto mengatakan, impor migas pada November 2019 mencapai USD 2,13 miliar atau naik 21,60 persen dibanding Oktober 2019. Angka tersebut turun sebesar 25,55 persen dibandingkan November 2018.

Peningkatan impor nonmigas terbesar November adalah golongan mesin dan perlengkapan elektrik sebesar USD 146,8 juta (8,13 persen), sedangkan penurunan terbesar adalah golongan serealia sebesar USD 69,8 juta (22,83 persen).

Tiga negara pemasok barang impor nonmigas terbesar selama Januari-November 2019 ditempati oleh Tiongkok dengan nilai USD 40,51 miliar (29,68 persen), Jepang USD 14,50 miliar (10,63 persen), dan Thailand USD 8,68 miliar (6,36 persen).

Nilai impor semua golongan penggunaan barang baik barang konsumsi, bahan baku/penolong, dan barang modal selama Januari-November 2019 mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya masing-masing 6,07 persen, 11,40 persen dan 4,81 persen.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Jokowi: 5 Tahun Lagi Kita Tak Impor Bahan Petrokimia

Presiden Jokowi memberikan sambutan pada sosialisasi PPh final UMKM di Sanur, Sabtu (23/6). Mengenakan pakaian adat Bali, Jokowi mensosialisasikan penurunan tarif pajak PPh kepada lebih dari seribu pelaku usaha. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru polyethylene milik PT Chandra Asri Petrohemical Tbk (Chandra Asri) di Cilegon, Banten, pada hari ini. Pabrik tersebut memiliki realisasi investasi sebesar USD 380 juta.

Jokowi menyadari bahwa salah satu masalah besar yang masih dihadapi Indonesia, yakni defisit transaksi berjalan dan perdagangan. Impor petrokimia dan migas adalah yang paling memberatkan neraca perdagangan.

"Barang-barang yang kita produksi di dalam negeri bahan bakunya, kebanyakan masih impor. Termasuk di dalamnya yang paling besar adalah petrokimia. Juga yang namanya impor minyak dan gas. Itu yang paling besar dan memberatkan neraca perdagangan," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap pabrik yang mampu memproduksi 400 ribu ton Polyethylene per tahun ini, dapat menyelesaikan masalah neraca perdagangan.

Salah satu caranya yaitu, dengan membuka investasi sehingga dapat memghentikan impor bahan petrokimia. "Feeling saya mengatakan 4 atau 5 tahun lagi kt sudah tidak mengimpor lagi bahan-bahan petrokimia dan justru bisa kita ekspor," lanjut dia.

Dia menurturkan, kebutuhan Polyethylene mencapai 2,3 juta ton per tahun. Sementara, kapasitas produksi nasional masih 780 ribu ton. Sehingga, mau tak mau Indonesia mengimpor 1,52 juta Polyethylene ton per tahunnya.

"Jangan berikan dong peluang peluang seperti ini ke negara lain. Kalau kita bisa membuat sendiri knp harus impor. Segera selesaikan, Kalau bisa jangan 4 tahun, 2 tahun selesai, dikebut," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 33,5 Triliun

Posted: 15 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) menyiapkan dana tunai sebesar Rp 33,5 triliun atau sekitar Rp 1,1 triliun per hari untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26 persen dibandingkan periode normal.

"Dalam menghadapi libur Nataru Bank Mandiri siapkan dana tunai Rp33,5 triliu. rata rata Rp 1,1 triliun per hari," ujar Direktur Consumer and Retail Transactions Bank Mandiri, Hery Gunardi di Kantornya, Jakarta, (16/12).

Dari besaran tersebut, Bank Mandiri mengalokasikan sekitar 85 persen untuk kebutuhan dana di mesin ATM. Sedangkan 15 persen untuk kebutuhan di kantor-kantor cabang.

"Antisipasi ini dapat membantu masyarakat merayakan Hari Raya Natal dengan kedamaian dan menikmati suasana pergantian tahun dengan penuh sukacita," katanya.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah. Sementara intuk mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, pihaknya juga akan melakukan optimalisasi llimit pengisian ATM sampai dengan 31 Desember 2019.

"Langkah ini akan dilengkapi dengan penerapan sistem monitoring kecukupan uang dan operasional mesin-mesin ATM agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Hery.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Jaringan Elektronik Banking

Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri di Mal Pondok indah 2, Jakarta, Sabtu (20/7/2019). Sejumlah nasabah Bank Mandiri mengeluhkan perubahan drastis saldo di rekening yang mengalami pengurangan dan ada juga yang mengalami penambahan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di samping jaringan ATM, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

Seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa informasi rekening, transaksi transfer, transaksi pembayaran listrik, air, telepon/handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet, atau pembelian Iisi ulang pulsa.

"Khusus pada libur bersama tanggal 24 Desember 2019 dan hari Natal tanggal 25 Desember 2019, kami juga akan mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh llndonesia secara bergantian untuk memberikan layanan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina. Rinciannya, 128 cabang pada tanggal 24 Desember dan 78 cabang pada tanggl 25 Desember," kata Hery.

Sedangkan pada musim Ilibur Tahun Baru, sebanyak 414 kantor cabang akan dioperasikan di seluruh Indonesia dengan perincian, 324 cabang pada 31 Desember dan 90 cabang pada 1 Januari 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Keterampilan Masyarakat Desa, BLK Komunitas Dekatkan Akses Pelatihan

Posted: 15 Dec 2019 09:15 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah meluncurkan program Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas, untuk mempercepat peningkatan kompetensi masyarakat. Program BLK itu diharapkan dapat mejadi akses peningkatan keterampilan bagi komunitas masyarakat, terutama di pedesaan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindharno, dalam siaran pers Biro Humas, menjelaskan bahwa salah satu tujuan program BLK Komunitas adalah mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa yang jauh dari kota.

Hal ini mengingat lembaga pelatihan, baik milik pemerintah maupun swasta, umumnya terletak di jantung kabupaten/kota.

"Jadi BLK Komunitas tidak hanya membantu komunitas di lembaga keagamaan, namun juga warga yang di sekitar BLK Komunitas dapat mengikuti pelatihan," katanya.

Soes menjelaskan, saat ini BLK Komunitas baru memiliki satu program kejuruan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Ke depan, Kemnaker akan terus melakukan upgrading kejuruan sesuai dengan perkembangan industri.

"Seperti otomotif, dulu pakai karburator, kemudian menjadi CDI, engine, kemudian listrik. Ini akan terus disesuaikan dengan perubahan yang ada," terangnya.

BLK Komunitas sendiri merupakan unit pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan atau lembaga keagamaan non pemerintah. Tujuannya untuk memberikan pelatihan vokasi sebagai bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian kejuruan sesuai kebutuhan pasar kerja.

Salah satu penerima program ini adalah Pondok Pesantren Edi Mancoro di Semarang, Jawa Tengah. BLK ini menyelenggarakan program pelatihan komputer, mencakup pelatihan Computer Office Assistant (COA) dan desain grafis.

Direktur BLK Komunitas Pesantren Edi Mancoro, M. Yaki Pamungkas, menjelaskan bahwa pelatihan di BLK Komunitas ini diikuti santri pesantren, warga desa sekitar pesantren, dan beberapa warga dari daerah lain. Umumnya, warga yang ikut pelatihan berpendidikan lulusan SD, SMP, dan SMA.

BLK Komunitas di Pesantren ini berjalan efektif sejak 2018. Pada tahun itu, BLK Komunitas menyelenggarakan lima paket pelatihan dan pada 2019 sebanyak enam paket pelatihan (tiap paket diikuti 16 peserta).

"Sebagian dari mereka ada yang bekerja di advertising, bekerje freelancer sebagai desainer grafis, ada juga yang membuka usaha mandiri," terang Yaki.

Berdasarkan penuturan salah satu alumni BLK Komunitas Pesantren Edi Mancoro, Rizki Eka Utami, pelatihan di BLK Komunitas mampu meningkatkan keterampilannya. Sebelumnya, Eka bekerja sebagai reseller olshop. Namun setelah mengikuti pelatihan di BLK ini, kini Eka dapat membuat desain produk sendiri yang disesuaikam dengan kebutuhan customer.

"Sekarang aku sudah bisa desain kaos sendiri. Dan aku juga sudah bisa excell, jadi bisa melalukan pembukuan keuangan," terang Eka.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pemenang Lomba Penulisan Cerpen Urbanhype Dewan Kesenian Surabaya

Posted: 15 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Kesenian Surabaya (DKS) melalui program Majelis Sastra Urban mengumumkan para pemenang lomba menulis karya sastra cerita pendek (cerpen) "Urbanhype" berhadiah total Rp 20 juta setelah merampungkan proses penjurian.

Ketua Panitia Ribut Wijoto mengungkapkan naskah yang masuk dalam lomba cerpen tingkat nasional ini sebanyak 125 judul dari para cerpenis yang berasal dari berbagai provinsi se-Indonesia.

"Mayoritas peserta, dilihat dari biodatanya, karya-karyanya sudah terbiasa dimuat di media massa. Namun, beberapa peserta juga masih pemula. Sejumlah sastrawan senior juga ikut mengirimkan karya untuk lomba ini," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Minggu, 15 Desember 2019, seperti dikutip dari Antara.

Ia memastikan, dewan juri yang terdiri dari Budi Darma, Mashuri dan Bramantio, selama proses penjurian, tidak diberi tahu nama-nama peserta.

"Juri hanya menerima karya cerpen beserta nomor urut pesertanya. Mereka tidak tahu karya-karya tersebut milik siapa. Bahkan sampai penandatanganan berita acara lomba, juri belum tahu nama-nama pemenang. Mereka hanya tahu judul-judul cerpen pemenangnya," ucapnya.

Setelah dewan juri menetapkan karya-karya pemenang, panitia kemudian mencocokkan dengan nama-nama penulisnya. Ribut mengumumkan juara utama adalah cerpen berjudul "Cityscape", karya Novresheila Estu Y.

 

Lima juara

Lima juara impresif terdiri dari cerpen berjudul Joe dan Clara, karya Y Agusta Ahir, Angin Subuh (Nashrullah Ali Fauzi), Di Bawah Pohon Trembesi (Muhammad Naufal Mahdi), Amin si Anak Punk (Rella Mart), dan Dobol (Dewanto Amin Sadono).

Selain itu 10 juara favorit adalah cerpen berjudul Apartemen Tengah Kota (M. Agung Triwijaya), Etika Merebut Harta Mertua (Ardi Wina Saputra), Go-kill (Mochamad Nasrullah), Kisah Patah Hati yang Picisan (Adhimas Prasetyo), Nudis Club (Eko Darmoko), Sarapan Pengundang Tangis dan Tawa (B.E. Raynangge).

Kemudian, Sebuah Firman yang Menetas Lantas Menetes dalam Kepala (Norilla), Sebuah Usaha Menulis Cerita Pendek (B.E. Raynangge), Semester Ini Saka Tetaplah si Tambun (Dimas Styawan), dan Transkrip Tabu (Ferry Fansuri).

"Hadiah akan diserahkan pada saat acara 'Festival Sastra Jawa' yang digelar DKS bekerja sama dengan Paguyuban Pengarang Sastra Jawa Surabaya pada Jumat malam, 27 Desember mendatang. Penyerahan hadiah sekaligus meluncurkan penerbitan buku kumpulan cerpen karya 16 pemenang," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap Distribusi Gula PTPN III, KPK Periksa Arum Sabil

Posted: 15 Dec 2019 09:15 PM PST

Ketum Dewan Pembina DPP APTRI, Arum Sabil menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). Arum diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Pemasaran PTPN III (Persero) sekaligus merangkap Komisaris Utama PT KPBN, I Kadek Kertha Laksana. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketum Dewan Pembina DPP APTRI, Arum Sabil menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). Arum diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Pemasaran PTPN III (Persero) sekaligus merangkap Komisaris Utama PT KPBN, I Kadek Kertha Laksana. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Dewan Pembina DPP APTRI, Arum Sabil menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019).  Arum diperiksa diperiksa sebagai saksi terkait menerima suap pengelolahan Distribusi gula di PTPN III. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Dewan Pembina DPP APTRI, Arum Sabil menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). Arum diperiksa diperiksa sebagai saksi terkait menerima suap pengelolahan Distribusi gula di PTPN III. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Dewan Pembina DPP Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Arum Sabil menunggu panggilan penyidik akan menjalani pemeriksaan terkait kasus suap pengelolahan Distribusi gula di PTPN III di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Dewan Pembina DPP Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Arum Sabil menunggu panggilan penyidik akan menjalani pemeriksaan terkait kasus suap pengelolahan Distribusi gula di PTPN III di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketum Dewan Pembina DPP APTRI, Arum Sabil menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). Arum diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Pemasaran PTPN III (Persero) sekaligus merangkap Komisaris Utama PT KPBN, I Kadek Kertha Laksana. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketum Dewan Pembina DPP APTRI, Arum Sabil menunggu akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/12/2019). Arum diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Pemasaran PTPN III (Persero) sekaligus merangkap Komisaris Utama PT KPBN, I Kadek Kertha Laksana. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Pemotor di Mojokerto Ini Tak Patut Ditiru jika Ingin Viral

Posted: 15 Dec 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Inilah rekaman video aksi dari dua perempuan pengendara sepeda motor di Mojokerto, Jawa Timur, yang viral di media sosial, karena aksi yang mereka lakukan.

Dalam rekaman ini mereka berboncengan sambil membawa ember berisi air dan kemudian asyik mandi di atas motor yang mereka kendarai, di jalan negara, Kecamatan Puri, Mojokerto. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 14 Desember 2019.

Seakan tak peduli dengan keselamatannya dan membahayakan pengguna jalan lain, keduanya yang tidak menggunakan helm ini terus melaju, hingga akhirnya keduanya berhenti di pinggir jalan, sambil melanjutkan aktivitas mandi di muka umum.

Sebelumnya juga pernah beredar aksi serupa yang dilakukan dua remaja, sama seperti kedua perempuan tersebut. Kedua remaja ini mengendarai sepeda motor sambil keramas dan mandi. Aksi ini dilakukan di Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Empu Nala, Kota Mojokerto.

Polisi dari Polresta Mojokerto tidak tinggal diam, mereka langsung menyelidiki sekaligus mengidentifikasi para pelaku. Mereka akan diberikan sanksi tegas atas perbuatan mereka.

"Kami juga akan melakukan pembinaan kepada mereka, kemungkinan masih pelajar dan akan memberikan pembinaan kepada pelajar-pelajar di sekolah, jika mereka ingin viral, maka jangan melakukan hal yang membahayakan untuk dirinya maupun masyarakat pada umumnya," kata AKP Marita Dyah, Kasatlantas Polresta Mojokerto.

Aksi ini memang sengaja dibuat oleh mereka untuk diunggah ke internet, sehingga menjadi viral dan mereka mendapat keuntungan. Namun, apa yang dilakukan mereka melanggar aturan berlalu lintas, serta bisa mengganggu pengendara lainnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Perayaan Ulang Tahun Arsy Hermansyah di Candi Prambanan, Seru Banget

Posted: 15 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Arsy Hermansyah, putri pertama pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty ini baru saja merayakan ulang tahunnya pada Sabtu (14/12/2019) lalu. Gadis cilik bernama lengkap Arsy Addara Musicia Nurhermansyah ini kini genap berusia 5 tahun.

Berbeda dari perayaan putri seleb lainnya, adik dari Aurel Hermansyah ini merayakan ulang tahun di Candi Prambanan. Bukan tanpa alasan Anang dan Ashanty menggelar acara ulang tahun Arsy Hermansyah di Candi Prambanan.

Dalam laman Instagramnya, Ashanty mengungkapkan putrinya sangat menginginkan ulang tahun di candi. Berkat bantuan tim dan pihak Candi Prambanan, ulang tahun Arsy berhasil digelar di sana.

"Bday arsy kali ini Luar Biasa buat arsy dan buat kita semua. Arsy pengen banget ngerayain di candi katanya, dan akhirnya kesampean berkat team semua. makasih buat pihak candi prambanan yg udah mengizinkan, dan mewujudkan keinginan acio, buat kalian yg belum pernah, wajib kesini!!! Banyak edukasi buat anak2 tentang budaya Indonesia.. and thanks to my batik team hermansyah hehe mau liat full keseruan kita jangan sampe ketinggalan, caranya Subscribe youtube the hermansyahA6 yaa," tulis Ashanty sebagai keterangan foto pad Sabtu, 14 Desember 2019.

Dihelat di Candi Prambanan dengan adat Jawa yang kental, keluarga A6 ini tampil memukau dengan busana berunsur adat Jawa yang mereka kenakan. Pesta ulang tahun Arsy pun berlangsung sederhana dan penuh kebahagiaan. Berikut Liputan6.com ulas momen perayaan ulang tahun Arsy Hermansyah, Senin (16/12/2019).

1. Beda dari yang lainnya, putri pasangan Anang dan Ashanty, Arsy merayakan ulang tahunnya di Candi Prambanan.

Ulang Tahun Arsy di Candi Prambanan (Sumber: Instagram//ashanty_ash/

2. Gadis yang kini genap berusia 5 tahun ini tampil cantik dengan kostum Roro Jonggrang.

Ulang Tahun Arsy di Candi Prambanan (Sumber: Instagram//ashanty_ash/

3. Tak hanya Arsy, kakak dan kedua orangtuanya juga kompak mengenakan busana yang berunsur Jawa.

Ulang Tahun Arsy di Candi Prambanan (Sumber: Instagram//ashanty_ash/

4. Ashanty mengungkapkan putrinya sangat menginginkan ulang tahun di candi. Berkat bantuan tim, ia pun berhasil mewujudkannya.

Ulang Tahun Arsy di Candi Prambanan (Sumber: Instagram//ashanty_ash/

5. Pesta ulang tahun adik Aurel Hermansyah ini pun berlangsung sederhana dan penuh kebahagiaan.

Ulang Tahun Arsy di Candi Prambanan (Sumber: Instagram//ashanty_ash/

6. Tak hanya merayakan ulang tahun Arsy saja, keluarga ini juga sekaligus belajar tentang kebudayaan Indonesia. Salut deh!

Ulang Tahun Arsy di Candi Prambanan (Sumber: Instagram//ashanty_ash/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta Kesehatan: Air Nanas Panas untuk Obat Kanker, Hoaks

Posted: 15 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pekan lalu beredar pesan melalui WhatsApp Group (WAG) yang mengaitkan konsumsi air nanas panas dengan pengobatan kanker. Tak hanya itu, beberapa nama tenaga medis pun ikut dicantumkan di dalamnya seperti Profesor Khairul Huseinn dan DR. dr. Rahyussalim, SpOT. 

Berikut isi pesan tersebut:

Air Nanas panas

tolong sebarkan !! tolong sebarkan !!

Profesor Khairul Huseinn dari Rumah Sakit Umum Angkatan Darat Jakarta menekankan bahwa jika setiap orang yang menerima buletin ini dapat meneruskan sepuluh salinan kepada orang lain', pasti setidaknya satu kehidupan akan diselamatkan ...

Saya telah melakukan bagian saya, semoga Anda juga dapat membantu bagian Anda. terima kasih!

Air nanas panas bisa menyelamatkan Anda seumur hidup

Lihatlah lagi, lalu beri tahu yang lain,

Sebarkan cinta keluar!

Nanas panas ~ dapat membunuh sel kanker!

Potong 2 hingga 3 serpihan nanas tipis dalam secangkir, tambahkan air panas, itu akan menjadi "air alkali", minum setiap hari, itu baik untuk siapa saja.

Air nanas panas melepaskan zat anti kanker, yang merupakan kemajuan terbaru dalam pengobatan kanker yang efektif di bidang medis.

Sari buah nanas panas memiliki efek untuk membunuh kista dan tumor. Terbukti untuk memperbaiki semua jenis kanker.

Air nanas panas dapat membunuh semua kuman dan racun dari dalam tubuh akibat dari alergi

Jenis pengobatan dengan ekstrak nanas hanya menghancurkan sel-sel ganas, itu tidak mempengaruhi sel-sel sehat.

Selain itu, asam amino dan polifenol nanas dalam jus nanas dapat mengatur tekanan darah tinggi, efektif mencegah penyumbatan pembuluh darah dalam, menyesuaikan sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.

Setelah membaca, beri tahu yang lain, keluarga, teman, sebarkan cinta! Jaga kesehatan Anda sendiri.

(DR. dr. Rahyussalim, SpOT) FK UI

Penelusuran Fakta

ilustrasi buah nanas/copyright unsplash/Julien Pianetti

Tim Health Liputan6.com melakukan penelusuran fakta terhadap pesan tersebut. Kami mencoba menghubungi salah satu nama yang tercantum dalam pesan. 

Melalui sambungan telepon, DR. dr. Rahyussalim, SpOT mengonfirmasi bahwa ia tak pernah membuat pesan tersebut. Bahkan ia mendapat kiriman pesan serupa dari rekannya. 

"Nama saya dicantumkan oleh orang lain," ujar dr Rahyussalim, pada Senin (16/12/2019).

"Entah itu ada orang iseng atau apa," tambahnya. 

Jika dicermati, memang ada kejanggalan dalam pesan tersebut. Dr dr Rahyussalim adalah seorang dokter spesialis orthopedi konsultan tulang belakang. Sementara, isi pesan yang disebarkan lewat WAG itu bukan membahas mengenai kesehatan tulang. 

 

YKI: Sama Sekali Enggak Betul

Selanjutnya, kami pun mengonfirmasi khasiat air nanas panas untuk mengobati kanker pada ahlinya. Health-Liputan6.com bertanya pada Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof DR. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FINASM, FACP.

Dengan sigap, pria yang karib disapa Prof Aru menyanggah isi pesan tersebut. Menurutnya, pesan yang disebarkan itu bohong belaka. Bahkan ia pun menyebut, pesan serupa yang mencantumkan tanaman berbeda seperti misalnya jengkol, petai, atau pun mentimun yang disebut-sebut bisa mengobati kanker mudah ditemukan di media sosial. 

"Sama sekali enggak betul. Dan, kadang-kadang walaupun (mencantumkan sumber) dari luar negeri, itu beberapa zat itu diteteskan ke sel kanker di laboratorium, sel kankernya mati. Lalu, mereka bilang bisa untuk ngobatin, padahal sama sekali enggak," jelas Prof Aru.

Terkadang, oknum penyebar pesan hoaks kesehatan itu menemukan kesamaan kandungan zat tertentu dalam obat dan buah lantas secara gegabah mengatakan buah terebut bisa menjadi obat.

"Kadang-kadang kandungan yang dicantumkan itu, ada kandungan X dalam obat kanker lalu dalam buah-buahan juga ditemukan kandungan sejuta X, mereka bilang sudah bisa," lanjut Prof Aru. 

Meski begitu, Prof Aru tidak berkeberatan kalau orang yang sedang berobat kanker mengonsumsi buah-buahan. "Nah itu, komplimenter, menunjang agar badannya lebih sehat dan pasti ada manfaatnya."

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Menkominfo Harus Berani Evaluasi Proyek USO

Posted: 15 Dec 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Telekomunikasi Herus Sutadi menilai proyek Universal Service Obligation (USO) yang dikerjakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) banyak yang tidak efisien dan menjadikan lembaga tersebut seolah-olah operator yang berkompetisi dengan pelaku usaha di lapangan.

Maka dari itu, ia meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk tidak alergi melakukan evaluasi terhadap proyek tersebut.

"Proyek USO dan BAKTI harus dievaluasi oleh Menkominfo Johnny G Plate. Apa sudah benar dan sesuai dengan amanah Undang-undang No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi," kata pria yang juga dikenal sebagai Direktur Indonesia ICT Institute Heru Sutadi itu.

Melalui keterangannya, Senin (16/12/2019), ia mengimbau Menkominfo jangan mendengar laporan dari bawahan saja.

"Menkominfo harus turun ke lapangan, mendengarkan pelaku usaha, agar tahu fakta yang terjadi di lapangan itu seperti apa," ucap Heru menegaskan.

 

Masyarakat Belum Sepenuhnya Menikmati Fasilitas Tol Langit?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menyatakan Palapa Ring akan mulai beroperasi pada akhir 2018 (Foto: Ist)

Menurut Heru, sejak Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) berubah nama menjadi BAKTI, terjadi pergeseran dalam menggelar jaringan telekomunikasi dengan penggunaan dana USO.

BAKTI seperti terfokus pada penyediaan infrastruktur secara parsial dalam kapasitas besar, namun dengan proses pengadaan yang tidak sesuai kaidah USO. Akibatnya, masyarakat belum bisa menikmati layanan telekomunikasi secara end-to-end.

"Jargon Tol Langit dengan Palapa Ring dan Satelit Indonesia Raya (SATRIA) yang didengungkan seperti obat mujarab untuk semua masalah penggelaran jaringan telekomunikasi di Indonesia. Padahal, keduanya itu hanya backbone, belum menyentuh backhaul dan last miles alias end to end," paparnya.

Heru berujar, utilisasi dari Palapa Ring yang ia dengar dari lapangan masih rendah, sehingga proyek yang dibuat BAKTI ini perlu diaudit ulang.

 

Berpotensi Rugikan Negara

Peresmian jaringan telekomunikasi proyek USO di salah satu site yang berada di Desa Purui, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Foto: XL)

Heru mengingatkan USO adalah kewajiban penyediaan akses dan layanan kepada masyarakat di wilayah USO oleh para operator secara gotong royong, sementara program yang diusung BAKTI adalah menjual jaringan backbone kepada para operator untuk berbisnis di wilayah USO.

"Duit USO kan titipan operator, lalu yang punya duit sekarang seolah berkompetisi dengan tempat dia titipin duit. Kalau begini buat apa ada sumbangan USO," tukasnya.

Ditambahkannya, pembiaran program dari BAKTI yang tidak efektif dan efisien karena tidak sesuai dengan kaidah USO akan berpotensi menimbulkan sunk cost besar.

"Program BAKTI yang tidak efektif dan efisien akan membebani APBN, industri yang membayar iuran USO, dan merugikan negara," pungkasnya.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tesla Cybertruck Siap Masuk Indonesia

Posted: 15 Dec 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla seperti tidak habis-habis membuat kejuatan di industri otomotif dunia. Paling anyar, jenama yang dipimpin oleh Elon Musk ini, resmi merilis pikap listrik pertamanya, Cybertruck.

Desain model ini sendiri tidak seperti kendaraan niaga pada umumnya. Cybertruck memiliki desain futuristis dan cenderung mirip mobil konsep atau mobil di film sci-fi.

Dengan model yang tidak biasa ini, Tesla Cybertruck ternyata direncanakan juga untuk masuk ke pasar Indonesia. Truk listrik dari Negeri Paman Sam ini, tentu saja akan dibawa oleh salah satu import umum Tanah Air, yang memang sudah biasa memasukan berbagai model Tesla, yaitu Prestige Image Motorcars.

"Iya, Cybertruck (masuk Indonesia) 2022. Rencananya memang masih rada lama. Memang ada pasarnya? Belum tahu, memang untuk stok dulu, tapi sudah ada peminatnya," jelas rudy Salim, EO Prestige Image Motorcars, saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lanjut Rudi, untuk harganya sendiri memang belum diketahui dengan pasti. Namun, sepertinya banderol pikap listrik canggih ini akan sama atau di bawah model termurah Tesla saat ini, yaitu Model 3.

"(Harganya) akan sama atau di bawah Model 3 saat ini, tapi kalau berubah lagi, kia belum tahu juga," tegasnya.

Harganya

Sebagai informasi, pikap listrik Tesla ini baru akan diproduksi pada 2021. Bodi pikap listrik ini terbuat dari baja stainless, dan memiliki jangkauan hingga 800 km.

Di negara asalnya, Cybertruck dibanderol dimulai dari USD 39.990 atau Rp 563 juta hingga USD 76.900 atau Rp 1 miliar.

Sebelum resmi meluncur, Tesla telah membuka preorder Cybertruck di Amerika Serikat dan memungkinkan pembeli potensial untuk melakukan pemesanan truk dengan memberikan uang tanda jadi $100 atau setara Rp1.4 juta dan dapat dikembalikan secara utuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kondisi Anya, Bocah 5 Tahun yang Tertabrak Harley di Bogor

Posted: 15 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Kondisi Anya Septia, bocah perempuan yang ditabrak sepeda motor Harley Davidson di Jalan Pajajaran, Kota Bogor pada Minggu, 15 Desember, mulai membaik.

Saat ini, bocah berusia lima tahun ini masih menjalani perawatan di ruang Melati Rumah Sakit PMI Bogor. "Kondisi pasien hari ini membaik," kata Kepala Humas RS PMI Bogor, Dr. Niken Kurniadika Senin (16/12/2019).

Menurutnya, luka yang diderita Anya tidak parah. Dia hanya mengalami luka lecet di wajah. Sementara luka di kepala masih menunggu hasil CT scan. Namun demikian, Anya mengalami gangguan psikis akibat insiden kecelakaan tersebut.

"Yang penting dari keluarga selalu mendampinginya supaya kondisi (psikisnya) tetap stabil," kata dia.

Niken mengatakan, belum bisa memastikan kapan pasien diperbolehkan pulang. Karena yang bisa menentukan hanya pihak dokter yang menanganinya.

"Kapan pulang, kondisinya bagaimana itu hanya dokter yang menanganinya," ujar Niken.

Insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara Harley Davidson di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, tidak hanya mengakibatkan korban luka, tetapo juga korban tewas.

Keduanya menjadi korban kecelakaan saat menyeberang jalan dekat halte RS PMI Bogor untuk menuju Lapangan Sempur sekitar pukul 07.00 WIB.

Siti Aisyah (52), nenek Anya Septia, tewas setelah ditabrak motor warna hitam berpelat nomor B 4754 NFE. Siti mengembuskan nafas terakhirnya beberapa saat setelah tiba di RS PMI Bogor.

Keluarga Harap Usut Tuntas

Roni (55), suami Siti Aisyah, mengatakan pihak keluarga telah mengikhlaskan kepergian istrinya. Namun dia berharap polisi tetap mengusut kasus ini hingga tuntas.

"Saya harap begitu. Pihak perwakilan dari penabrak sih kemarin sudah datang, minta diselesaikan secara kekeluargaan," ucap Roni.

Roni bercerita, setelah mendapat kabar istri dan cucunya mengalami kecelakaan lalu lintas dekat halte RS PMI, ia bergegas menuju lokasi kejadian. Jarak antara rumah dengan tempat kejadian berkisar 500 meter.

Setelah tiba, dia berusaha mencari tahu identitas penabrak istri dan cucu kesayangannya itu. Namun bukan informasi yang dia dapat, Roni justeru malah mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari oknum polisi lalu lintas.

"Saya sempet ketemu sama yang nabraknya lalu saya nanya nama dan SIM, STNK. Pas nanya malah dibentak sama dua polisi. Kamu siapa? Bapak jangan ikut campur ini urusan petugas. Ya wajar dong kita kan nanya nama, lagipula saya suaminya korban," ujar Roni.

Setelah mendengar kabar istrinya yang sudah berada di ruang IGD RS PMI meninggal dunia, ia langsung meninggalkan lokasi kejadian dan menuju rumah sakit.

"Sewaktu jalan ke rumah sakit saya sempat papasan muka dengan si penabrak, ngobrol sebentar lalu saya tinggalin," ungkapnya.

Hingga kini, polisi masih enggan memberikan keterangan lebih lanjut terkait kasus kecelakaan lalu lintas yang menewaskan seorang nenek dan melukai bocah perempuan oleh seorang pengendara sepeda motor Harley Davidson. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Ini Lokasi Titik Terdalam Bumi

Posted: 15 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Antartika - Titik terdalam di Bumi kontinental telah diidentifikasi. Lokasinya berada di Antartika Timur, di bawah Denman Glacier.

Dikutip dari BBC, Senin (16/12/2019), ngarai yang penuh es ini mencapai 3,5 km (11.500 kaki) di bawah permukaan laut. Hanya di lautan saja lembah masih lebih dalam.

Penemuan ini diilustrasikan dalam peta baru Benua Putih yang menggambarkan bentuk batuan dasar di bawah lapisan es dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Fitur-fiturnya akan sangat penting bagi pemahaman kita tentang bagaimana kutub selatan mungkin akan berubah di masa depan.

Sebagai perbandingan, daratan paling terbuka di bumi, di pantai Laut Mati, hanya 413 m (1,355 kaki) di bawah permukaan laut.

Temuan baru menunjukkan, misalnya, punggung bukit yang sebelumnya tidak dikenal akan menghambat mundurnya gletser yang mencair di dunia yang memanas, dan sebagai alternatif, sejumlah medan yang mulus dan miring dapat mempercepat penarikan.

"Tidak diragukan lagi, ini adalah potret paling akurat dari apa yang ada di bawah lapisan es Antartika," kata Dr Mathieu Morlighem, yang bekerja pada proyek ini selama enam tahun.

University of California, Irvine, sedang mempresentasikan kompilasi barunya, yang disebut "BedMachine Antarctica", di Pertemuan Musim Gugur American Geophysical Union. Ini juga diterbitkan secara bersamaan di jurnal Nature Geoscience.

Peta ini pada dasarnya mengisi semua celah dalam survei udara di benua itu.

Menggunakan Fisika

Palung dalam Denman memiliki lebar 20 km dan panjang 100 km, semuanya dipenuhi es. (Liputan6/BBC/BedMachine/UCI)

Selama beberapa dekade, instrumen radar telah melintasi Antartika, dan mengirim arus gelombang mikro untuk mengintip melalui es dan melacak topografi batuan yang mendasarinya.

Tetapi masih ada area yang luas di mana hanya ada sedikit bahkan tidak ada data.

Solusi Dr Morlighem adalah menggunakan beberapa ilmu fisika – konservasi massa – untuk menutup lubang-lubang ini.

Misalnya, jika diketahui berapa banyak es yang masuk ke lembah dan seberapa cepat es itu bergerak, volume es itu dapat dikerjakan, dan akan memberi wawasan tentang kedalaman dan kekasaran dasar lembah yang tersembunyi itu.

Untuk Denman Glacier selebar 20 km, yang mengalir ke arah laut di Queen Mary Land, pendekatan ini mengungkapkan es akan turun hingga lebih dari 3,500m di bawah permukaan laut.

"Parit di lautan lebih dalam, tapi ini adalah ngarai terdalam di darat," jelas Dr Morlighem.

"Ada banyak upaya untuk menyuarakan tempat tidur Denman, tetapi setiap kali mereka terbang di atas ngarai - mereka tidak bisa melihatnya di data radar."

"Palung itu begitu mengakar sehingga Anda mendapat gema dari dinding lembah dan mereka membuatnya mustahil untuk mendeteksi pantulan dari lapisan gletser yang sebenarnya," katanya kepada BBC News.

Sebagai perbandingan, titik samudera terdalam - di Palung Mariana di Pasifik barat - jatuh hanya sejauh 11 km di bawah permukaan laut.

Ada pula ngarai darat yang dapat digambarkan memiliki sisi lebih tinggi, seperti Yarlung Tsangpo Grand Canyon di Cina, namun lantainya berada di atas permukaan laut.

BedMachine Antartika

Instrumen udara digunakan untuk memetakan Antartika, tetapi masih ada kesenjangan data yang sangat besar. (Liputan6/BBC/Polagrap)

Sebagian besar dari apa yang ada di BedMachine Antartika mungkin sekilas tidak terlihat berbeda dari bedmaps sebelumnya. Tetapi, pada pemeriksaan lebih dekat, ada beberapa detail menarik yang akan menghasilkan diskusi besar di antara para pakar kutub.

Misalnya, di sepanjang Pegunungan Transantarctic ada serangkaian gletser yang memotong dari dataran tinggi timur benua dan memberi makan ke Laut Ross.

Data baru menunjukkan punggungan tinggi yang duduk di bawah gletser ini akan membatasi kecepatan di mana mereka dapat mengeringkan dataran tinggi.

Hal ini akan menjadi penting jika pemanasan di masa depan mengganggu kestabilan es yang saat ini mengapung di atas Laut Ross.

"Jika sesuatu terjadi pada Rak Es Laut Ross - dan saat ini tidak apa-apa, tetapi jika sesuatu terjadi - kemungkinan besar tidak akan memicu keruntuhan Antartika Timur melalui 'gerbang' ini. Jika Antartika Timur terancam, itu bukan dari Laut Ross," kata Dr Morlighem.

Berbeda dengan situasi di Pegunungan Transantarctic, BedMachine Antartika menemukan beberapa halangan untuk mundur cepat Gletser Thwaites. Kira-kira seukuran Inggris, aliran es yang dahsyat ini berakhir di Laut Amundsen bagian barat benua.

Ini mengkhawatirkan para ilmuwan karena es duduk di tempat tidur yang miring kembali ke tanah - geometri yang cenderung membantu penarikan. Dan peta baru hanya mengungkapkan dua punggung bukit – sekitar 30 km dan 50 km di hulu dari garis grounding Thwaites saat ini – yang dapat bertindak sebagai rem potensial.

BedMachine Antarctica akan dimasukkan ke dalam model iklim yang mencoba untuk memproyeksikan bagaimana benua dapat berevolusi ketika suhu di bumi meningkat pada abad-abad mendatang.

Mendapatkan simulasi yang realistis dari model-model ini tergantung pada kepemilikan informasi yang lebih tepat tentang ketebalan lapisan es dan jenis medan di mana ia harus meluncur.

Rekan kerja Dr. Emma Smith dari Alfred Wegener Institute Jerman menggunakan analogi: "Bayangkan jika Anda menuangkan sekumpulan tetesan pada permukaan datar dan menyaksikan bagaimana itu mengalir keluar. Kemudian tuangkan tetesan yang sama pada permukaan dengan banyak benjolan dan benjolan, lereng dan punggung bukit yang berbeda – cara menyebarnya akan sangat berbeda. Dan persis sama dengan es di Antartika," katanya.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di Toko Mebel Karawang, 3 Orang Tewas

Posted: 15 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Hanya dalam sekejap, kebakaran telah melalap toko mebel yang ada di Jalan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat, Minggu, 15 Desember 2019 malam.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (16/12/2019), api diduga berasal dari lahan kosong di belakang toko dan menjalar ke dan melalap seluruh isi toko termasuk sepeda motor dan mobil.

Lima unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api. Petugas juga memecahkan kaca karena mendapat kabar ada tiga orang yang terjebak kebakaran.

Sayangnya, ketiga orang tersebut sudah tidak bernyawa saat ditemukan, sementara kebakaran baru berhasil dikuasai setelah petugas berjuang selama lima jam.

"Korban ini yang satu babysitter, satu pembantu, dan anaknya sendiri masih kecil. Damkar (yang diturunkan) 5 unit bantuan," kata Kepala BPBD Karawang Asep Wahyu.

Ketiga korban tewas kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Karawang. Menyusul kebakaran ini, polisi menerjunkan personelnya untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilo Teens Festival Beri Ruang dan Ajak Anak Muda Unjuk Bakat Seni

Posted: 15 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adanya festival kreativitas penting bagi anak muda agar lebih kreatif dalam mengekspresikan bakat dan hobinya. Hilo Teen kembali menggelar Hilo Teen Festival 2019 untuk keenam kalinya. Kali ini, grand final festival anak muda itu digelar di Epicentrum Walk pada Sabtu (14/12/19).

Hilo Teen Festival berinovasi mewadah ribuan siswa SMP dan SMA Se-Jabodetabek meningkatkan kompetensinya dari berbagai sisi. Ada berbagai ajang unjuk gigi kreativitas yang menjadi fokus dari festival tersebut.

Siswa SMP dan SMA dapat menunjukkan kemampuan mereka di Hilo Teen Festival lewat ARTivity, yaitu pembuatan hasil karya recycling dari kardus dan bungkus kemasan Hilo Teen menjadi barang yang memiliki nilai lebih. Ada pula ARTalent atau ajang pencarian bakat seni tari, musik, dan vokal, serta ada edukasi gaya sehat melalui Teen Body Move atau senam kekinian bagi anak muda.

"Tahun ini banyak anak Indonesia yang lebih berbakat. Bahkan enggak kalah dari tahun sebelumnya," ujar salah satu juri, Nicky Riyant, saat ditemui Liputan6.com di Epicentrum Walk, Sabtu (14/12/19).

 

 

Selanjutnya

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Peserta juga menampilkan seni tari yang beragam. Mulai dari tari tradisional hingga modern. Selain lomba tari dan vokal, Hilo Teen Festival juga mengadakan lomba cosplay, yaitu kompetisi mirip dengan tokoh game dan anime.

Memiliki tagline 'Tumbuh Tuh ke Atas,' dalam acara ini pengunjung dapat menikmati berbagai keseruan. Di antaranya bermain game VR atau game offline, seperti basket.

Pengunjung juga bisa berkesempatan mendapatkan hadiah Smartwatch. Acara Hilo Teen Festival 2019 ditutup dengan penampilan dari Nicky Riyant dan Hivi.

Berikut foto-foto keseruan Hilo Teen Festival 2019:

 

 

Penampilan bintang tamu

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Stan Artivity

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Penampilan tarian daerah

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Penampilan tarian daerah

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Penampilan tarian modern

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Penampilan tarian daerah

Doc: Liputan6.com/UlyaKaltsum

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senyum Bahagia Toni-Ann Singh di Pelukan Orangtua Usai Jadi Miss World 2019

Posted: 15 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Toni-Ann Singh, wakil Jamaika yang berhasil menyandang gelar Miss World 2019. Momen bersejarah itu telah berlangsung di ExCeL London, London, Inggris, Sabtu, 14 Desember 2019, waktu setempat.

Perempuan berusia 23 tahun tersebut mantap melaju dari babak 40 besar, 12 besar, dan 5 besar. Toni-Ann Singh menyisihkan dua pesaingnya di babak tiga besar Miss World 2019, Ophely Mezino dari Prancis dan Suman Rao asal India.

 
Toni-Ann Singh berada di pelukan kedua orangtuanya usai memenangkan Miss World 2019. (dok. Instagram @toniannsingh/https://www.instagram.com/p/B6GHvSQBZIX/?hl=en/Putu Elmira)

Potret-potret yang mengabadikan momen bahagia tidak henti dibagikan Toni melalui akun Instagram pribadi. Satu di antaranya, saat ia tersenyum semringah memakai mahkota Miss World di pelukan kedua orangtuanya.

Berdasarkan mention, ayah Toni diketahui bernama Bradshaw Singh dan sang ibunda, Jahrine Bailey..

"Jika ibu dan ayah saya adalah akarnya dan saya adalah pohonnya, maka benar-benar pekerjaan apa pun yang saya lakukan, apa pun yang dapat saya ubah di dunia, itu adalah buah dari kerja keras mereka," tulisnya di kolom caption.

Ibunda Miss World 2019 ini juga tampak mengunggah potret ketika memeluk putrinya yang baru menang kontes kecantikan sejagat tersebut.

Ia menuliskan pujian dan rasa bangga pada Toni-Ann. "Putriku, kamu telah membuat kami semua bangga. Pekerjaan baru saja dimulai," tulis Jahrine di Instagramnya @jahrinebailey.

Unggahan Perdana Usai Menang Miss World 2019

Miss Jamaika, Toni-Ann Singh berpose seusai terpilih menjadi Miss World 2019 pada grand final di ExCeL, London, Sabtu (14/12/2019). Toni-Ann, 23, akan menggantikan tugas Miss World 2018 Vanessa Ponce untuk setahun ke depan. (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Sebelumnya, Toni-Ann Singh membagikan unggahan perdananya setelah memenangkan Miss World 2019. Unggahan itu menampilkan ia duduk sembari melambaikan tangan dan memakai mahkota.

"Jamaika saya, Jamaika yang manis, kita berhasil! Wah we seh? LIKKLE BUT WE TALLAWAH. Hati saya dipenuhi cinta dan syukur. Terima kasih banyak telah mempercayai saya dan mendorong saya percaya pada diri sendiri. Saya tak hanya merasa terhormat, tetapi juga rendah hati menjadi Miss World ke-69," tulisnya pada Minggu, 15 Desember 2019.

Toni turut berterima kasih pada keluarga dan teman-temannya. Ia juga mengungkapkan rasa cinta mendalam yang ditujukkan pada ibunda. "Anda adalah kekuatan saya, pendukung/pemandu sorak/penggemar nomor satu saya dan sahabat terbaik saya," lanjutnya.

Ia tak hanya mengucapkan terima kasih atas cinta dan dukungan yang telah diberi, tetapi juga menuliskan pesan menyentuh yang memotivasi dan menginspirasi.

"Kepada gadis kecil di St. Thomas, Jamaika dan semua gadis di seluruh dunia, mohon percaya pada diri sendiri. Ketahuilah bahwa Anda layak dan mampu mencapai impian Anda. Mahkota ini bukan milik saya, tetapi milikmu," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Stevia Sebagai Pengganti Gula Alami, Lebih Menyehatkan

Posted: 15 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gula terkenal sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Efek ini membuat orang berbondong-bondong menjauhi konsumsi gula. Produk pemanis rendah kalori menjadi pilihan untuk masalah ini.

Ada berbagai macam produk pemanis yang dijual di pasaran. Salah satu bentuk pemanis alami yang sedang populer adala stevia. Stevia digunakan sebagai alternatif yang sehat untuk pemanis di banyak makanan dan minuman.

Stevia biasa dikonsumsi dalam produk pemanis yang dijual bebas. Stevia juga bisa didapat dengan menanam tanamannya dan menggunakan daunnya untuk mempermanis makanan dan minuman. Beberapa manfaat dikaitkan dengan penggunaan stevia sebagai pengganti gula.

Manfaat ini termasuk diet, diabetes, tekanan darah, dan masih banyak lagi. Berikut manfaat stevia sebagai pengganti gula yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

Mengenal stevia

Pohon Stevia (dok. Pixabay/13082/Fairuz Fildzah)

Stevia atau yang juga disebut Stevia rebaudiana adalah tanaman yang merupakan anggota keluarga krisan, subkelompok dari keluarga Asteraceae. Stevia adalah tanaman yang rasanya sangat manis yang telah digunakan untuk memaniskan minuman dan membuat teh sejak abad ke-16.

Tanaman stevia berasal dari Paraguay dan Brasil. Namun, kini tanaman ini telah tersebar ke seluruh dunia. Stevia digunakan sebagai pemanis non-nutrisi dan suplemen herbal.

Pemanis non-gizi adalah yang mengandung sedikit atau tidak ada kalori. Stevia juga dikenal tidak mengandung aditif buatan sebagai pemanis buatan.

Komponen rasa manis dalam pemanis stevia terbentuk secara alami. Karakteristik ini dapat bermanfaat bagi orang yang lebih suka makanan dan minuman yang bersumber dari alam. Jumlah kalori rendah memenuhi syarat Stevia menjadi alternatif yang sehat untuk kontrol diabetes atau penurunan berat badan.

Aman untuk diabetes

Diabetes / Sumber: iStcokphoto

Stevia tidak meningkatkan kadar gula darah saat dicerna. Ini berarti pemanis ini aman digunakan oleh penderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemanis stevia tidak berkontribusi terhadap kalori atau karbohidrat dalam makanan.

Stevia juga tidak berpengaruh pada glukosa darah atau respon insulin. Sebuah studi menunjukkan efek minimal stevia terhadap glukosa darah, kadar insulin, tekanan darah, dan berat badan.

Dalam salah satu studi ini, subjek dengan diabetes tipe 2 melaporkan bahwa stevia memicu penurunan signifikan dalam glukosa darah dan respon glukagon setelah makan. Efek ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Kontrol berat badan

Berat badan | unsplash.com/@happyveganfit

Stevia mengandung kalori yang sangat kecil. Stevia bisa menjadi bagian dari diet seimbang untuk membantu mengurangi asupan energi tanpa mengorbankan rasa.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 oleh Journal of Medicinal Plants Studies, menggunakan stevia sebagai pengganti gula membantu mencegah obesitas dan kondisi terkait obesitas seperti kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Stevia juga membantu meningkatkan rasa kenyang setelah makan, meskipun asupan kalori lebih rendah. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menemukan bahwa orang yang menggunakan Stevia tidak merasa lebih lapar atau memiliki lebih banyak keinginan terhadap gula daripada orang yang mengonsumsi gula biasa.

Turunkan kolesterol

Turunkan kolesterol

Dilansir dari Livestrong, menurut sebuah penelitian tahun 2009, bubuk daun stevia dapat membantu mengelola kolesterol. Peserta studi mengonsumsi 400 mililiter ekstrak stevia setiap hari selama satu bulan.

Studi ini menemukan stevia menurunkan kolesterol LDL (buruk) kolesterol, dan trigliserida tanpa efek samping negatif. Stevia juga juga meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Cegah kanker pankreas

Cegah kanker pankreas

Stevia mengandung banyak sterol dan senyawa antioksidan, termasuk kaempferol. Studi telah menemukan bahwa kaempferol dapat mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

Stevia tidak menumpuk di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki efek terapeutik terhadap penderita kanker, cystic fibrosis, diabetes, hipertensi, peradangan, hingga kerusakan gigi.

Stabilkan tekanan darah

Stabilkan tekanan darah (Ilustrasi/iStockphoto)

Glikosida tertentu dalam ekstrak stevia telah diteliti dapat melebarkan pembuluh darah. Stevia juga dapat meningkatkan ekskresi natrium dan keluaran urin. Sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa stevia berpotensi membantu menurunkan tekanan darah.

Studi ini menunjukkan bahwa tanaman stevia memiliki tindakan kardiotonik. Tindakan kardiotonik menormalkan tekanan darah dan mengatur detak jantung. Glikosida dalam stevia dapat mencegah diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular, kanker, masalah ginjal dan penyakit usus.

Aman untuk gigi

Ilustrasi Foto Gigi (iStockphoto)

Gula dikenal dapat merusak gigi, mengganti gula dengan stevia bisa menjadi pilihan menarik. Daun stevia apat membantu kesehatan gusi dan gigi ketika dikunyah. Ini karena daun stevia memiliki sifat antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Stevia membantu seseorang mengonsumsi lebih sedikit gula. Ini dapat meminimalkan risiko kerusakan gigi berlubang yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih.

Aman untuk anak

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Makanan dan minuman yang mengandung stevia dapat memainkan peran penting dalam mengurangi kalori dari pemanis yang tidak diinginkan dalam makanan anak-anak. Kini ada banyak produk yang mengandung stevia alami.

Ini membuat anak bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis tanpa tambahan kalori saat beralih ke diet rendah gula. Gula dan kalori berlebih pada anak dapat menyebabkan obesitas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Jadi Freelancer? Yuk Ikuti Bursa Kerja Mandiri

Posted: 15 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Talent Indonesia menggelar acara Bursa Kerja Mandiri yang berlangsung tanggal 16 Desember hingga 17 Desember 2019 di Innovation Room, Kementerian Ketenagakerjaan.

Berbeda dengan job fair pada umumnya, bursa kerja ini khusus bertujuan memberikan pengalaman langsung pada para pekerja mandiri (freelancer) di sektor jasa seperti kecantikan, kebugaran, kebersihan, reparasi, konstruksi hingga otomotif.

Dalam membuka gelaran ini, Sekretaris Jenderal Kemenaker Khairul Anwar menyatakan bursa kerja ini juga dapat mendorong angkatan kerja dengan kualitas terbaik dapat menemukan pekerjaannya, sesuai dengan skill dan kemampuannya.

"Inisiatif menyelenggarakan Bursa Kerja Mandiri sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengajak pelaku industri untuk sama-sama berkontribusi mewujudkan SDM unggul," ujar Khairul saat pembukaan Bursa Kerja Mandiri di Kementerian Ketenagakerjaan, Senin (16/12/2019).

Saat ini, banyak start up penyedia aplikasi dengan bisnis model yang mempertemukan antara supply dengan demand. Ditambah, maraknya gaya hidup yang ditawarkan memberikan peluang pada para freelancer untuk mengembangkan skill dan memperluas pasar mereka.

Khairul menambahkan, tercatat ada ratusan peserta yang mengikuti bursa kerja ini. Angka tersebut menunjukkan meningkatkan antusiasme masyarakat untuk bisa bekerja dengan mandiri daripada mengandalkan lowongan dari perusahaan-perusahaan.

"Diharapkan Bursa Kerja Mandiri ini dapat membuka lebih banyak peluang kepada pekerja mandiri dalam mendapatkan pendapatan tambahan," imbuhnya.

Adapun platform digital yang turut berpartisipasi ialah GoClean, GoMassage, Montir, Tukang.com, SmartBiker dan lainnya.

RS Pelni Buka Lowongan Kerja Terbaru, Anda Berminat?

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Dalam memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia, Rumah Sakit Pelni membuka kesempatan buat Anda untuk bergabung dan berkontribusi dalam membantu mewujudkan Indonesia sehat melalui pelayanan kesehatan Rumah Sakit Pelni.

Kali ini, Rumah Sakit Pelni membuka lowongan kerja untuk posisi Tenaga Pemasaran. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 21 Desember 2019.

Sekadar informasi, pada 21 April 2019, Rumah Sakit Pelni berusia 101 tahun. Dalam pengabdiannya selama 1 abad ini, Rumah Sakit Pelni mewarnai sejarah pelayanan kesehatan kepada masyarakat Jakarta dan Indonesia.

Diawali dari pembangunan pada tahun 1918 oleh arsitek kelahiran Tulungagung berkewarganegaraan Belanda, yakni Frans Johan Louwrens Ghijsels, di mana saat itu bernama: KPM Ziekenhuis (rumah sakit KPM) yang khusus beroperasional melayani anak buah kapal dan keluarga dari sebuah perusahaan pelayaran Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, KPM Ziekenhuis melakukan perubahan bersamaan dengan nasionalisasi aset KPM menjadi Pelayaran Nasional Indonesia, baik dari sisi nama menjadi Rumah Sakit Pelni, penambahan fasilitas, sumber daya manusia, dan segmen pasien yang dilayani.

Pada 2014 menjadi salah satu momen penting bagi Rumah Sakit Pelni dalam fase perubahan berikutnya, karena melalui program Jaminan Kesehatan Nasional, Rumah Sakit Pelni menjadi pionir rumah sakit BUMN anak perusahaan PT Pelni (Persero) yang menjadi mitra strategis BPJS Kesehatan dalam melayani pasien hingga saat ini.

Mengutip laman Instagram @forumhumasbumn, berikut persyaratan bagi para pelamar kerja dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut:

Tenaga Pemasaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Persyaratan:

1. Pendidikan S1 Komunikasi/Marketing Komunikasi

2. Usia maksimal 25 tahun

3. Belum menikah

4. IPK minimal 3,00

5. Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Power Point)

6. Menguasai tata naskah penulisan

7. Diutamakan wanita

8. Pengalaman minimal 1 tahun

9. Berpenampilan menarik, rapi, dan santun.

 

Jika Anda tertarik, simak syarat dan ketentuannya dan segera kirimkan berkas lamaran Anda melalui e-mail ke : bagianrekrutsdmrspelni@gmail.com

Ingat, pendaftaran lowongan kerja hanya dibuka hingga 21 Desember 2019.

Selamat mencoba lowongan kerja tersebut dan semoga sukses!

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecewa, Jurgen Klopp Mengaku Malas Rayakan Gol Liverpool

Posted: 15 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku sudah tidak mau lagi merayakan gol-gol anak asuhnya di lapangan. Padaha, Klopp selalu dikenal sebagai pelatih nyentrik yang doyan meluapkan emosi.

Teranyar, Liverpool tampil impresif untuk mengalahkan Watford 2-0 pada laga lanjutan Premier League 2019/20, Sabtu (14/12/2019). Kali ini dua gol kemenangan The Reds diborong Mohamed Salah, di babak pertama dan di ujung babak kedua.

Liverpool bisa saja menang lebih besar. Di babak kedua, ketika skor masih 1-0, Sadio Mane mencetak gol sundulan dengan memanfaatkan umpan Xherdan Shaqiri. Namun, gol itu dianulir lantaran offside, VAR mengonfirmasi.

Kehadiran VAR inilah yang mengubah sikap Klopp di tepi lapangan. Musim ini adalah musim debut VAR di Premier League, tentu sudah menghasilkan banyak maslah. Standar VAR berubah-ubah, beberapa kali justru merugikan. Juga, wasit utama tidak bisa melihat langsung tayangan ulang di monitor.

Sejak saat itulah Klopp tidak lagi merayakan gol Liverpool. Pada kasus offside Mane kemarin, dia terlihat tidak merayakan gol, tapi juga tidak memprotes keputusan offside. Klopp sekarang tidak bisa langsung merayakan gol timnya.

Tak Mau Rayakan Lagi

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp bereaksi saat bersua Napoli, pada Matchday 2 Liga Champions 2018-20019, Kamis (4/10/2018).  (AFP / Alberto Pizzoli)

"Sejujurnya saya tidak tahu apakah itu offside. Saya tidak lagi merayakan gol, sebab Anda harus menunggu orang lain mengatakan itu benar-benar gol," buka Klopp di Sky Sports.

"Saya kira ada satu umpan sebelumnya yang mungkin offside, tapi soal offside Sadio itu, saya tidak bisa melihatnya."

Langkah Perlahan

Klopp pun membantah gagasan bahwa Liverpool sudah pasti juara musim ini. The Reds memang kian kukuh di puncak klasemen dengan 49 poin dari 17 pertandingan.

Mereka unggul 10 poin dari Leicester City di peringkat kedua dan 14 poin dari Manchester CIty di peringkat ketiga. Hanya kesalahan sendiri yang bisa membuat Liverpool gagal juara musim ini.

"Saya kira saya sudah mengatakan ini sampai 500 kali, Desember, khususnya Januari, Anda harus membuktikan daya tahan Anda, itulah yang paling penting. Kami telah membuktikan itu, tapi Watford pun demikian," sambung Klopp.

"Anda [media] boleh membuat penilaian lebih awal, tapi kami tidak bisa begitu. Kami hanya perlu memulihkan diri dan memasuki pertandingan berikutnya," tutupnya.

 

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (penulis Richard Andreas, published 16/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal tentang Viral Video Honorer DKI Masuk Got

Posted: 15 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari ini viral video pegawai honorer K2 di lingkungan DKI Jakarta disuruh masuk ke dalam got saat perpanjangan kontrak Penyedia Jasa Lainnya Perseorangan (PJLP).

Belakangan diketahui video pegawai honorer K2 itu diambil di wilayah Jelambar, Jakarta Barat dan mereka adalah petugas PPSU dan administrasi Kelurahan Jelambar.

Dalam video tersebut, terlihat para pegawai dimandori beberapa orang berpakaian PNS. PNS itu yang memandori itu berdiri di atas got.

Bergerak cepat, Tim Inspektorat gabungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kota Jakarta Barat pun memeriksa lurah Jelambar, Jakareta Barat, Agung Tri Atmojo.

Tak hanya Lurah Jelambar, panitia kegiatan tersebut juga turut diperiksa. Apabila terbukti bersalah, maka Lurah Jelambar terancam kehilangan jabatannya dan menjadi staf biasa.

Berikut 5 hal mengenai viral video pegawai honorer K2 di lingkungan DKI Jakarta disuruh masuk ke dalam got dihimpun Liputan6.com:

 

Lurah Jelambar Diperiksa

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Seluruh pihak yang terlibat dalam peristiwa yang viral video pegawai honorer K2 di lingkungan DKI Jakarta disuruh masuk ke dalam got itu telah diperiksa.

Termasuk salah satunya adalah Lurah Jelambar, Agung Triatmojo.

"Seluruh Panitia dan Lurah selaku kepala unitnya diperiksa Tim Gabungan Inspektorat dan BKD, tingkat provinsi hingga Jakarta Barat," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 14 Desember 2019.

Nantinya, kata dia, seluruh pihak yang terlibat dalam peristiwa yang viral itu diperiksa terkait dugaan kelalaian dalam mekanisme tata cara perpanjangan kontak PJLP.

"Hasil pemeriksaan diserahkan ke atasan sesuai dengan PP 53 tahun 2010 tentang Hukum Disiplin PNS," pungkas Chaidir.

 

Terancam Dipecat

Crystal, karyawan yang dipecat berfoto dengan anaknya yang tengah sakit, Jason. (Ilustrasi: Pexels.com)

Menurut Chaidir, Lurah Jelambar Agung Triatmojo itu terancam dicopot dari jabatannya terkait video viral pegawai honorer K2 di lingkungan DKI Jakarta yang diduga disuruh masuk ke dalam got.

Dia mengatakan, Agung dan pihak terkait peristiwa yang viral itu telah diperiksa. Apabila terbukti bersalah, maka Lurah Jelambar terancam kehilangan jabatannya dan menjadi staf biasa.

"Apabila hasil BAP (berita acara pemeriksaan) disimpulkan, bahwa dugaan terhadap indisipliner atasan langsung akan menjatuhkan hukuman disiplin dari ringan sampai dengan berat dengan pembebasan jabatan lurahnya," kata Chaidir.

"Sanksi beratnya pencopotan jabatan lurah, geser jadi staf," tegas dia.

 

Wali Kota Jakbar Tunggu Hasil Pemeriksaan

Ilustrasi Foto PNS.  (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi menunggu hasil pemeriksaan tim Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI terhadap Lurah Jelambar Agung Tri Atmojo terkait pegawai honorer K2 masuk got untuk "tes lapangan."

"Tunggu hasil tim pemeriksaan itu, nanti rekomendasi apa kita tindak lanjuti," ujar Rustam dikutip dari Antara, Jakarta, Minggu, 15 Desember 2019.

Rustam mengatakan, kemungkinan pejabat yang terlibat dalam kegiatan sejumlah pegawai honorer K2 yang masuk ke dalam got, akan dicopot untuk sementara waktu.

"Tapi secara bertingkat sesuai kesalahan nanti ada sanksi," kata Rustam.

 

Pengakuan Lurah Jelambar

Banyak desa di Indonesia yang masih membutuhkan air bersih, mari bersama membangun bak penampung dan pipanisasi melalui Mata Air Indosiar. (Ilustrasi: i.huffpost.com)

Rustam mengatakan, berdasarkan pengakuan Lurah Jelambar puluhan pegawai honorer K2 berada di dalam got, bukan dalam rangkaian tes syarat perpanjangan kontrak Penyedia Jasa Lainnya Perseorangan (PJLP).

Namun, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka selebrasi atau bagian dari euforia setelah menjalani serangkaian tes, kemudian "nyemplung" di dalam got keruh dengan ketinggian air di atas satu meter.

Sementara pengakuan Lurah Jelambar kepada Rustam, dirinya tidak berada di lokasi saat peristiwa tersebut terjadi.

Rustam sendiri menyayangkan adanya tindakan tersebut, yang dirasanya sangat berlebihan dan kurang pantas.

"Keterlaluan lah kalau gitu, itu saja persoalannya bukan proseduralnya. Tapi kelakuan yang keterlaluan itu jangan ke got lah kalau mau itu," kata Rustam.

 

Bukan Perploncoan

Anggota DPRD DKI Fraksi Demokrat Mujiyono.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menyatakan, video honorer masuk got yang viral di media sosial bukan perploncoan.

"Saya sudah telepon Pak Walkot (Wali Kota Jakarta Barat Rustam), tidak ada plonco-plocoan. Orang mereka semua ketawa-ketawa kok plonco," ujarnya Mujiono kepada Liputan6.com, Senin (16/12/2019).

Mujiyono menyatakan, jika benar itu adalah perploncoan pastikan mereka dalam kondisi tertekan. Dia meyakini, para hororer tersebut masuk ke got untuk perayaan usai tes.

"Itu kejadiannya kan sebelum 29 November. Usai tes mungkin mereka mau membuktikan "ini lho saya biasa aja masuk got'. Jadi ketawa-ketawa aja mereka," jelasnya.

Terkait adanya ASN yang ada di video tersebut, dia menyatakan saat itu memang proses tes, jadi ada ASN yang memantau.

"Lurahnya lagi ga ada di tempat. Keluar," singkatnya.

Mujiyono menyatakan kasus ini sudah clear. Semula pihaknya berencana memanggil Wali Kota Jakbar dan jajarannya terkait hal ini, namun hal itu dibatalkan setelah mendengar keterangan langsung dari pihak terkait.

"Apalagi lurahnya juga sudah dipanggil inspektorat. Jadi kita tunggu saja hasilnya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: