Jumat, 06 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lima Desain Kantor di Indonesia Ini Bikin Betah Lembur

Posted: 06 Dec 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kenyamanan adalah salah satu aspek penting yang dibutuhkan saat melakukan sesuatu terutama dalam lingkungan pekerjaan, seperti desain kantor. Desain kantor harus bisa menciptakan suasana senyaman mungkin bagi para pekerjanya.

Perusahaan yang bergerak dibidang kreatif, tentunya harus memiliki kantor yang unik dan menarik. Selain bisa membuat nyaman pekerjanya, hal itu juga membantu untuk mendapatkan ide-ide baru yang cemerlang atau bahkan gak mau cepat pulang.

Bukan hanya di luar negeri, kantor-kantor di Indonesia juga gak kalah unik, lho. Berikut adalah kantor-kantor yang siap memanjakan karyawannya.

1. Tokopedia

Sumber : nakabear.blogspot.com

Perusahaan e-commerce Tokopedia memiliki konsep open office. Warna hijau yang mendominasi kantornya selaras dengan brand Tokopedia. Salah satu fasilitas unik yang ada dalam perusahaan startup Tokopedia adalah area bermain khusus. Kapan lagi menemukan ayunan di dalam kantor?

2. Google Indonesia

Sumber : media.rooang.com

Tak heran kalau kantor Google masuk ke dalam salah satu kantor yang unik dan kreatif. Dengan konsep desain creative workspace, Google membantu karyawannya untuk menumbuhkan inspirasi.

Saking nyamannya mereka bisa lupa kalau sedang bekerja.

3. Unilever Indonesia

Sumber : Idntimes.com

Unilever Indonesia masuk ke dalam salah satu kantor yang mewah nan megah, lho. Dibangun dengan desain ramah lingkungan, Unilever bahkan menggunakan kaca khusus untuk mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam gedung. Selain itu, mereka juga memiliki banyak ruang untuk melampiaskan stres.

4. Ogilvy & Mather

Sumber : merahputih.com

Memiliki kesan romantis, kantor ini akan terasa hangat dan tenang saat kamu memasukinya. Kantor Ogilvy ini bisa membuat karyawannya tetap fun meskipun dikejar banyak kerjaan.

5. GoJek

Sumber : arsitag.com

Menjadi perusahaan yang mendapat gelar 'unicorn', GoJek memiliki desain kantor yang membat karyawannya dijamin nyaman dan betah. Warna hijau yang mendominasi kantor GoJek sesuai dengan ciri khas dari brandnya. Fasilitas menarik lainnya, yaitu mini bioskop. Seru banget kan?

 

Penulis : 

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Libur Nataru, Menhub Blusukan ke Terminal Pulo Gebang

Posted: 06 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan keseiapan Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Kedatangannya ini demi memastikan kesiapan pelayanan demi menghadapi kenaikan penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pantauan Liputan6.com, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (7/12/2019). Setibanya Budi Karya di Terminal Pulo Gebang, langsung melakukan kordinasi dengan jajarannya.

Kemudian Budi Karya berserta rombongan melakukan tinjauan ke loket penjualan tiket bus yang terletak di lantai 1 Terminal Bus Pulo Gebang dan melakukan interaksi dengan sejumlah penumpang yang sedang membeli tiket bus.

Setelah melakukan pengecekan penjualan tiket, Budi Karya melakukan simulasi check in tekei online atau e-ticketing bus antar provinsi.

Menhub pun melakukan pengecekan kesiapan teknis armada bus yang akan mengantarkan penumpang dari Terminal Pulo Gebang ke berbagai daerah tujuan, baik dari sisi rem dan ban.

Menhub: Kerja dengan Presiden Itu Capek, Tapi Happy

Menhub Budi Karya Sumadi memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI) di Jakarta, Selasa (16/7/2019). AVGI resmi hadir sebagai lembaga independen dan profesional yang berkomitmen memajukan industri Esports di tanah air. (Liputan6.com/HO/Bon)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengungkapkan rasa bangganya selama menjabat sebagai menteri di pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan, meskipun capek dengan segala aktivitas sebagai pembantu presiden namun dirinya tetap merasa senang.

"Capek tapi menyenangkan. Kerjanya memang lebih melelahkan tapi happy sekali," kata Menhub Budi dalam acara jumpa pers akhir tahun di Kantornya, Jakarta, Kamis (5/12).

Menhub mengatakan, sebagai pembantu presiden memang dirinya kerap kali mendapatkan berbagai tantangan dari kepala negara. Menurutnya, bekerja di bawah tantangan itu lah yang kemudian menjadi sebuah kesenangan bagi dirinya.

"Dan beliau (Presiden) memberikan amanah lima Bali baru memberikan tantangan. Jadi saya pikir kita sebagai ptofesional mencapai satu perbaikan, senang kalau ada tantangan," kata dia.

Di sisi lain, Menhub Budi juga mengakui ada hal lain yang membuat dirinya merasa capek salah satunya ketika membaca komentar dari netizen di media sosial.

Menhub Heran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia heran, masih ada saja masyarakat yang mencibir segala kerja keras dan upaya yang dibangun di Kementerian Perhubungan.

Namun, dirinya tidak ingin terlalu mempersoalkan hal tersebut. Lantaran semua kritikan yang diberikan kepada masyarakat lewat sosial media menjadikan sebuah masukan yang ke depannya akan terus diperbaiki oleh pihaknya.

"Yang capek itu sosmed itu loh yang kadang-kadang sedikit aja ada kata-kata kita sudah berbuat banyak tapi ada satu lalat di bandara misalnya itu kemana mana jadi saya pikir itu memang cape deh tapi justru itu yang membuat kita hidup dengan kritik itu yang ke depannya itu biasnaya dapat pesan-pezan surat cinta," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Berkilau Dian Sastro Saat berpose di Karpet Merah Festival Film Macau 2019

Posted: 06 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo baru-baru ini didapuk menjadi salah satu juri dalam International Film Festival and Award Macau (IFFAM) 2019 di Macau, China. Ia duduk bersama sineas Peter Ho-Sun Chan yang salah satu filmnya, Perhaps Love, menjadi film penutup dalam Venice Film Festival 2005.

Pemeran film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) tersebut membagikan kebahagiaannya melalui akun instagram pribadinya @therealdisastr, Kamis, 5 Desember 2019. Ia mengunggah  foto tanda pengenal dengan tali berwarna biru sebagai salah satu juri di IFFAM dan sebuah buku profil tentang dirinya.

Dalam unggahan selanjutnya, Dian Sastro berpose sambil memegang tanda pengenalnya. Perempuan kelahiran Jakarta tersebut tersenyum lebar dengan balutan jas berwarna biru tua yang ia kenakan saat menghadiri konferensi pers IFFAM 2019.

Saat pembukaan IFFAM 2019 yang ke-4, Kamis malam, Dian Sastro tampil dengan anggun dan memesona. Menurut keterangan di akun Instagramnya, ia mengenakan gaun rancangan desainer Yogie Pratama.

Gaun lengan panjang berwarna silver dengan detail kristal Swarovski itu berkilauan saat disorot kamera. Dibantu stylist Vannie Astecat, ia memadukannya dengan clutch berbentuk persegi panjang dan open toe high heels warna senada.

Tak ketinggalan, ia menyempurnakan penampilan dengan anting Chandelier berbentuk bunga dari Mondial di mana ia menjadi brand ambassador bagi toko perhiasan lokal itu. Ia juga mengenakan cincin bermata motif bunga yang melingkar di jari tengah Dian Sastro.

Vannie Astecat dikenal banyak menata gaya para pesohor papan atas Indonesia. Ia juga menangani tampilan Bunga Citra Lestari dan Afgan.

 

Pengalaman Berharga

Dian Sastro bersama keempat juri lainnya. (dok. instagram @therealdisastr/ https://www.instagram.com/p/B5ssUmKhYwt// Tri Ayu Lutfiani)

 

Berdasarkan informasi yang tertera di akun instagram IFFAM 2019 @iffamacauditemani, Dian ditemani oleh empat juri lainnya, yaitu Peter Chan Ho-sun, Tom Cullen, Ellen Eliasoph, dan Midi Z.

Festival film tersebut akan berlangsung selama lima hari, yaitu pada 5–10 Desember 2019. Festival film itu dibuka dengan pemutaran film Jojo Rabbit di Macau Cultural Center.

Sebagai produser sekaligus pemeran film Guru-guru Gokil yang tayang 2020 mendatang, Dian Sastro akan menonton berbagai film dari belahan dunia sekaligus belajar bersama dengan para pembuat film lainnya. Sebuah pengalaman yang sangat membanggakan baginya menjadi salah satu juri dalam kompetisi tersebut. (Tri Ayu Lutfiani)

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Joyland Festival 2019

Posted: 06 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang kembalinya Joyland Festival 2019 menyita perhatian publik. Setelah lima tahun vakum, akhirnya kembali bangun dengan konsep yang berbeda.

Meski Joyland Festival 2019 sempat tertidur selama lima tahun, namun semangatnya tak meredup. Buktinya, acara berkonsep piknik di tengah taman kota ini menampilkan banyak hal baru.

Festival Joyland Festival 2019 ini digelar selama dua hari yaitu 7-8 Desember 2019 di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno. Seperti biasanya acara ini dihadiri para partner terbaik, hal itu diungkapkan Ferry Dermawan, selaku Program Director Joyland Festival 2019.

"Lewat Joyland Festival 2019, kami ingin menciptakan sebuah pengalaman yang khas untuk kota Jakarta. Kami ingin orang berkumpul dan merayakan kesenian dengan level yang seru. Jadi, pastikan datang dan mengambil bagian," ungkapnya.

 

3 Nama

Joyland (Foto: Ayu Ester Simanjuntak)

Ferry sangat mempercayai kemampuan tiga nama yang dipilihnya untuk merancang program yang ramah untuk setiap kalangan di Joyland festival 2019 yaitu Efek Rumah Kaca, Soleh Solihun dan Anggun Priambodo.

Simak berikut lima fakta menarik Joyland Festival 2019, sebelum menyaksikan secara langsung.

 

1. Himbara Memudahkan Bertransaksi

Joyland (Foto: Ayu Ester Simanjuntak)

Rudi As Asturridha, selaku Vice President Bank Mandiri, serta perwakilan dari Himbara hadir saat konferensi pers pada Selasa (3/12/2019) di Jalan Kemang Selatan, Jakarta. Ia menjelaskan, "Himbara akan mempermudah pengunjung dengan tidak menyediakan transaksi tunai. Transaksi akan menggunakan aplikasi yang berbasis digital agar tidak repot."

Jadi setiap pengunjung yang hadir tidak perlu membawa uang cash dan takut hilang saat festival berjalan.

 

2. Komika Wajah Baru

Soleh Solihun ditunjuk sebagai kurator yang akan menkurasi para komika yang akan stand up di Joyland Festival 2019. Soleh menjelaskan bahwa ia akan mengolaborasi antara komika terkenal dengan wajah baru.

"Kan ini adalah festival yang memberi kesempatan pada banyak musisi yang kurang dikenal. Jadi untuk komikanya juga saya berusaha 50:50 lah gitu, antara yang terkenal dan yang kurang," ujar Soleh di lokasi yang sama.

"Jadi ada Oki Rengga, mantan kiper PSMS, pesepakbola profesional lah dia, sebelum jadi komika. Biarpun olahrgawan, tidak banyak yang tahu kalau dia orangnya lucu," tambah Soleh di tempat yang sama.

 

3. Endah N Rhesa BakaTampil Romantis

Endah Widiastuti mewakili Endah N Rhesa menyambut antusias acara ini. Mereka sangat senang dan bangga bisa berperan di Joyland Festival 2019.

"Sebenarnya sempat minta ke Ferry untuk diajak main di Joyland karena acaranya yang keren dam cocok untuk semua kalangan," kata Endah.

Endah menjelaskan di Joyland Festival 2019, ia akan lebih banyak melakukan adegan romantis di atas panggung, bersama pasangannya.

 

4. Bukan Film biasa

Anggun Priambodo ditunjuk Plainsong Live untuk bertanggung jawab atas Cinerillaz. "Gue janji penonton akan bisa menikmati film pendek fiksi, dokumenter, eksperimental dan animasi terkini yang diproduksi dua tahun terakhir oleh sineas dan seniman Indonesia," papar Aggun.

Anggun Priambodo juga menjelaskan bahwa setiap film akan diberi jeda dan intensitas musik yang bermain.

 

5. Tempat Nyaman

Endah Widiastuti menjelaskan bahwa Joyland adalah festival yang sangat nyaman dan ramah sekali untuk setiap usia pengunjung yang datang. Setiap musikus hebat akan tampil dan mampu memberi kesan kenyamanan pada pengunjung.

(Ayu Ester Simanjuntak/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indonesia All Stars vs Arsenal Siaran Langsung di SCTV

Posted: 06 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bali - Indonesia All Stars masih tampil di U-20 International Cup 2019. Mereka bakal memperebutkan tempat ketiga melawan Arsenal di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Sabtu (7/12/2019).

Ini bakal menjadi laga ulangan bagi kedua tim. Pada laga pembuka U-20 International Cup, Indonesia All Stars menang 3-1 atas Arsenal.

Ketika itu, gol Indonesia All Stars dicetak oleh M Supriadi, Theo Numberi, dan Irfan Jauhari. Arsenal membalas melalui sepakan Sam Greenwood dari tendangan penalti.

Kini pada perebutan tempat ketiga, Indonesia All Stars sudah siap melawan Arsenal, meski menelan dua kekalahan dari Real Madrid (4-5) dan Inter Milan (0-1).

Live streaming Indonesia All Stars vs Arsenal akan dimulai 15.00 WIB di SCTV. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Indonesia All Stars vs Arsenal silakan klik di sini...

 

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 7 Desember 2019

Pukul 15.00 WIB

Indonesia All Stars vs Arsenal

Venue: Stadion Kapten I Wayan Dipta

Live di SCTV

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalur Kereta Bogor-Sukabumi Belum Bisa Dilewati Akibat Longsor

Posted: 06 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jalur lintasan kereta api (KA) Bogor-Sukabumi, sampai saat ini belum bisa dilalui sejak Jumat (6/12/2019) malam. Sebab landasan jalur rel mengalami longsor sepanjang 15,6 meter.

Kepala Humas PT Kereta Api (Persero) Daops I Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, jalur lintasan kereta api masih dalam perbaikan akibat longsor antara jalur stasiun Parung Kuda - Cicurug, tepatnya KM 28+2/3.

"PT KAI menetapkan untuk sementara waktu perjalanan KA lintas Sukabumi-Bogor dan sebaliknya dibatalkan pada hari ini," ujar Eva, Sabtu (7/12/2019).

Untuk memaksimalkan penanganan longsor yang berdampak pada prasarana jalur rel tersebut, PT KAI menurunkan sebanyak 200 personil untuk memperbaiki rel yang menggantung sepanjang 15,6 meter.

"Proses perbaikan dilakukan melalui kordinasi bersama PT Daop 1 Jakarta dengan Satker DJKA Kementerian Perhubungan," terang Eva.

Sejumlah perangkat material berupa pilar penyangga, bantalan kayu, rel baja untuk penguat jalur dan batu balas telah disiapkan.

Hingga siang ini pembuatan konstruksi penyangga pemadatan tanah di lokasi longsor serta pengerukan lumpur menggunakan escavator di lokasi masih berlangsung.

"Kami mengucapkan permohonan maaf atas kondisi tersebut dan mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa KA Pangrango untuk beralih ke moda transportasi lain. Saat ini lintasan masih dalam perbaikan. Targetnya hari ini selesai," kata dia. 

Longsor

Sebelumnya, hujan deras menyebabkan tanah landasan jalur rel kereta api Bogor-Sukabumi longsor, Jumat (6/12/2019) malam.

Longsor terjadi di antara jalur stasiun Parung Kuda-Cicurug, tepatnya KM 28+2/3 di Kampung Cicewol, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi sekitar pukul 20.00 WIB. Kondisi rel menggantung sepanjang kurang lebih 7 meter.

Pada saat kejadian, longsor tersebut tidak mengganggu perjalanan KA karena operasional kereta lokomotif terakhir telah melalui lokasi longsor.

Namun begitu, bencana longsor menyebabkan jadwal perjalanan pertama KA Pangrango dari Stasiun Sukabumi menuju Bogor mengalami gangguan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Salman: Rakyat Saudi Marah Akibat Penembakan di Markas AL Florida

Posted: 06 Dec 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jeddah - Raja Salman dari Arab Saudi angkat bicara soal penembakan yang terjadi di pangkalan udara Pensacola, Florida. Pelaku penembakan adalah letnan asal Arab Saudi yang sedang melakukan pelatihan penerbangan.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku sudah dihubungi oleh Raja Salman. Trump pun menyampaikan simpati Raja Salman via Twitter beberapa jam usai penembakan terjadi pada Jumat pagi, 6 Desember 2019 waktu setempat. 

"Raja Salman dari Arab Saudi baru saja menelepon untuk mengungkapkan rasa berduka citanya dan memberikan simpatinya ke keluarga dan sahabat dari kesatria yang terbunuh dan terluka dalam serangan yang terjadi di Pensacola, Florida," tulis Trump seperti dikutip Sabtu (7/12/2019).

Pada twit berikutnya, Donald Trump menyampaikan bahwa rakyat Arab Saudi merasa marah atas penembakan yang terjadi. Trump juga menulis bahwa rakyat Saudi mencintai Amerika Serikat.

"Sang Raja juga mengatakan rakyat Saudi sangat marah oleh aksi barbar si penembak, dan orang ini tidaklah mewakili dalam bentuk apapun perasaan rakyat Arab Saudi yang mencintai rakyat Amerika," ujar Trump.

Masih lewat Twitter, Presiden Trump berkata sudah berbicara dengan Gubernur Florida Ron DeSantis terkait penembakan. Pihak Gedung Putih pun menyebut akan terus memonitor investigasi yang berlanjut.

Penembakan terjadi di Pangkalan Udara Pensacola milik Angkatan Laut AS. Pelaku merupakan bagian dari militer Arab Saudi dan sedang menjalani program pelatihan selama tiga tahun.

Total 4 Orang Tewas

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Perwira militer asal Arab Saudi menjadi tersangka penembakan massal di Pangkalan Udara Angkatan Laut Pensacola di Florida. Ia merupakan bagian dari militer Saudi yang sedang ikut latihan terbang di pangkalan itu.

Dilansir CNN, Sabtu (7/12/2019), penembakan terjadi pada Jumat pagi 6 Desember oleh warga Arab Saudi bernama Mohammed Alshamrani yang berpangkat Letnan Dua. Pelaku menewaskan tiga orang serta melukai setidaknya 11 orang lain.

Senjata yang digunakan pelaku adalah jenis pistol tangan (handgun). Ia tewas setelah adu tembak dengan dua petugas yang ikut terluka. Total korban pun menjadi empat orang, termasuk pelaku.

FBI sudah mengambil alih investigasi kasus ini. Kasus penembakan ini belum ditetapkan sebagai kasus terorisme.

Nama-nama korban sejauh ini belum dirilis, sampai pihak berwajib menghubungi keluarga mereka.

Pelaku mulai latihan di AS pada Agustus 2017 sebagai bagian dari program tiga tahun. Pihak Kementerian Pertahanan Amerika menyebut pelaku belajar penerbangan dasar, pelatihan pilot, dan Bahasa Inggris.

Gubernur Florida Ron DeSantis meminta pemerintah Arab Saudi agar bertanggung jawab pada korban serta mempertanyakan pelatihan militer warga asing. Namun, pihak militer berkata kehadiran murid internasional adalah hal wajar dan ada ratusan murid asing di pangkalan Pensacola.

"Selalu ada murid-murid internasional yang berlatih di sini, karena tempat ini bagus sebagai tempat latihan. Ini adalah pelatihan berkualitas bagus," ujar Commading Officer dari Pangkalan Udara Pensacola, Kapten Tim Kinsella.

Insiden penembakan ini terjadi tak lama usai pria diduga petugas militer menembak dua orang di Pearl Harbour pada Rabu siang 4 Desember 2019. Pelaku yang merupakan anggota Angkatan Laut AS bunuh diri di lokasi kejadian.

Jejak Digital Penembak

Ilustrasi Foto Penembakan dengan Senjata Api (iStockphoto)

FBI menyebut masih belum mengetahui motif dari penembakan. Para investigator juga sedang mencari tahu bagaimana pelaku yang merupakan warga asing bisa mendapatkan senjata api.

Pelaku seharusnya belajar di AS hingga Agustus 2020. Sumber CBS News menyebut investigator sudah berbicara dengan warga Saudi lainnya yang terkait penembakan. Hingga kini belum ada penahanan atau penetapan tersangka.

Middle East Media Research Institute menemukan jejak digital di Twitter yang diduga milik si penembak. Pelaku berkata tidak membenci orang Amerika, tetapi ia marah karena kebijakan AS yang mendukung Israel.

"Apa yang saya lihat dari Amerika adalah mendukung Israel yang merupakan bentuk penjajahan negara Muslim," tulis akun tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganda Putri Tenis Indonesia Persembahkan Emas SEA Games 2019

Posted: 06 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putri Tenis Indonesia Beatrice Gumulya/Jessy Rompies berhasil mempersembahkan emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Berlaga di final SEA Games, Sabtu (7/12/2019), Indonesia menang 2-0 atas gada Thailand Peangtarn/Tamarine Tanasugarn.

Beatrice/Jessy hanya membutuhkan dua game saja untuk kalahkan ganda putri Thailand ini di final tenis SEA Games 2019. Pada set 1, Indonesia menang 6-3.

Pada set kedua, Indonesia juga kembali menang dengan 6-3. Sebelumnya tunggal putri Indonesia, Aldila Sutjadi terlebih dahulu memenangkan emas pada Jumat (6/12/2019).

Pada laga final, Aldila mengalahkan petenis Vietnam Sabanna Ly dengan 6-0, 7-5.

Di SEA Games 2019, tenis berpeluang mempersembahkan emas kembali lewat ganda campuran Aldila Sutjadi/Critopher rungkat. Indonesia menghadapi Thailand di final.

Klasemen SEA Games 2019

Berikut klasemen SEA Games 2019 hinga pukul 11:53 WIB (situs SEA Games 2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saut Situmorang: KPK Masih Bisa OTT Sebelum Dewan Pengawas Dibentuk

Posted: 06 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memastikan lembaganya masih bisa menggelar operasi tangkap tangan (OTT) sebelum keberadaan dewan pengawas diresmikan.

Menurut Saut, lembaga antirasuah masih menggunakan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 69 D UU KPK yang baru, yakni UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Kita kan hari ini masih pakai UU lama. Kita pakai pasal 69 D," ujar Saut saat dikonfirmasi, Sabtu (7/12/2019).

Pasal 69 D berbunyi soal ketentuan peralihan sebelum Dewan Pengawas terbentuk, pelaksanaan tugas dan wewenang KPK dilaksanakan berdasarkan ketentuan sebelum Undang-Undang.

"(Pasal) 69 D itu kan menegaskan bahwa kami sebelum ada dewan pengawas masih pakai UU lama. Jadi kalau sampai hari ini belum ada OTT, bukan berarti kita enggak kerja. Hari ini saja kita masih melakukan proses penyelidikan, target-target baru," kata Saut.

Soal Pilkada 2020

Terkait akan berlangsungnya Pilkada 2020 mendatang, Saut memastikan pihaknya tak ragu untuk menangkap calon kepada daerah yang dalam proses Pilkada memberi atau meneria suap.

Menurut Saut, sejak UU baru diberlakukan, KPK bukan tidak mau melakukan OTT, melainkan lantaran belum ada pihak yang bisa ditangkap oleh tim penindakan.

"Jadi, kalau enggak ketemu ya karena memang enggak ketemu. Enggak bisa dipaksa juga ya (OTT). Tetapi proses itu masih jalan, sampai hari ini, proses penyelidikan, orang baru, target baru itu masih jalan. Tetapi kalau belum ketemu (yang di OTT) ya memang belum ketemu saja," kata Saut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mirip dengan Benda Asli, Seniman Ini Ciptakan 7 Ilusi Optik dengan Lukisan 3D

Posted: 06 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang seniman lukis bukanlah pekerjaan yang mudah dan instan. Perlu usaha dan megnhabiskan banyak waktu untuk berlatih dalam melukis. Terlebih lagi kini melukis memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah 3D.

Melukis dengan teknik 3D saat ini memang tengah diganderungi para seniman muda. Tak lagi hanya melukis secara klasik yaitu 2D, lukisan 3D kini sedang diminati. Sayangnya, tak semua seniman bisa menghasilkan lukisan 3D yang mirip dengan benda asli.

Seorang seniman bernama Marcello Barenghi asal Italia ini punya bakat yang luar biasa dlaam menggambar 3D. Lewat unggahannya di media sosial dan web resminya, ia membagikan karyanya yang bikin takjub.

Hanya gunakan pensil warna dan kertas putih polos, ia mampu menghasilkan lukisan benda sehari-hari yang mirip dengan aslinya. Keren dan bikin takjub, berikut ini Liputan6.com rangkum dari Instagram @marcellobarenghi 7 potret hasil karyanya, Sabtu (7/12/2019).

1. Marcello Barenghi adalah seniman asal Italia yang gemar menggambar 3D.

Seniman Marcello Barenghi buat gambar 3D mirip dengan benda asli, bikin takjub. (Sumber: Instagram/@marcellobarenghi)

2. Ia menggambar benda sehari-hari yang mirip banget dengan aslinya.

Seniman Marcello Barenghi buat gambar 3D mirip dengan benda asli, bikin takjub. (Sumber: Instagram/@marcellobarenghi)

3. Bahkan detail gambarnya pun bikin takjub siapapun yang melihatnya.

Seniman Marcello Barenghi buat gambar 3D mirip dengan benda asli, bikin takjub. (Sumber: Instagram/@marcellobarenghi)

4. Jelly ini mirip banget kan dengan yang aslinya?

Seniman Marcello Barenghi buat gambar 3D mirip dengan benda asli, bikin takjub. (Sumber: Instagram/@marcellobarenghi)

5. Bahkan jam tangan ini mirip banget dengan yang asli ya?

Seniman Marcello Barenghi buat gambar 3D mirip dengan benda asli, bikin takjub. (Sumber: Instagram/@marcellobarenghi)

6. Butuh latihan bertahun-tahun agar Marcello Barenghi mampu menghasilkan karya yang laur biasa ini.

Seniman Marcello Barenghi buat gambar 3D mirip dengan benda asli, bikin takjub. (Sumber: Instagram/@marcellobarenghi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Medali SEA Games 2019: Indonesia Masih Posisi Dua

Posted: 06 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Indonesia masih amankan posisi dua klasemen medali SEA Games 2019. Hingga Sabtu (7/12/2019) pukul 11:53, Indonesia berhasil mengoleksi 42 emas, 42 perak dan 48 perunggu.

Indonesia berada di posisi kedua klasemen SEA Games 2019 dengan torehan total medali 132. Emas terakhir diraih dari cabang tenis ganda putri dari Beatrice Gumulya/Jessy Rompies.

Selain tenis, cabang dayung juga mempersembahkan emas lewat pasangan Ferdiansyah / Al Ghiffari Denri di nomor Rowing Pair SEA Games 2019. Sedangkan tim sepeda Indonesia hanya meraih perak di Road Event Team Time Trial putra.

Indonesia tinggal membutuhkan empat medali lagi untuk memenuhi target 45 medali emas SEA Games 2019. Pemerintah memang menargetkan posisi dua untuk event dua tahunan ini.

SEA Games 2019 masih berlangsung hingga tanggal 11 Desember. Indonesia masih berpeluang untuk mengamankan posisi kedua. Posisi Indonesia masih ditempel ketat oleh Vietnam yang ada di posisi ketiga.

Klasemen SEA Games 2019

Berikut klasemen SEA Games 2019 hinga pukul 13:53 WIB (situs SEA Games 2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kecewa Internal Garuda Indonesia Masih Bobrok

Posted: 06 Dec 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif mengaku kecewa atas penyelundupan komponen motor gede (moge) Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia.

Terlebih, yang diduga melakukan penyelundupan adalah Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau Ari Ashkara. Menurut Laode, Garuda Indonesia seolah tak berkaca dari kasus suap pengadaan mesin dan pesawat yang menjerat mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar.

"Kalau sekarang kasusnya (suap Emirsyah Satar) saja baru mau disampaikan ke pengadilan sudah ada lagi kejadian yang sama di Garuda, ya kecewalah. Masyarakat kecewa dan KPK juga kecewa seperti itu," kata Laode Syarif saat dikonfirmasi, Sabtu (7/12/2019).

Laode Syarif kecewa lantaran kasus suap terhadap Emirsyah Satar baru saja dilimpahkan tim penyidik ke jaksa penuntut umum untuk disidangkan di Pengadilan Tipikor. Belum juga disidangkan, sudah ada lagi kasus di PT Garuda Indonesia yang menjadi sorotan.

Laode Syarif mengatakan, manajemen PT Garuda Indonesia seharusnya menjadikan kasus yang menjerat Emirsyah sebagai momentum untuk memperbaiki internal.

"Garuda itu kan pernah tergelincir dengan kasus yang sangat besar. Oleh karena itu saya pikir kasus Pak Emirsyah Satar itu kita jadikan momentum untuk memperbaiki manajemen Garuda," kata Syarif.

 

Aliran Suap Eks Dirut Garuda

Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (4/12/2019). Emirsyah diperiksa sebagai tersangka dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin dari Airbus dan Rolls-Royce ke PT Garuda Indonesia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hal senada dikatakan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Menurut Febri, seharusnya manajemen PT Garuda Indonesia memperbaiki tata kelola yang dinilai masih bobrok.

Apalagi, KPK juga menemukan dalam kasus Emirsyah Satar aliran suap sebesar Rp 100 miliar yang disinyalir turut dinikmati oleh pejabat di PT Garuda Indonesia. Saat awal mengungkap kasus suap di Garuda, KPK hanya menemukan suap sebesar Rp 20 miliar.

Penerimaan terhadap diduga para petinggi Garuda Indonesia dan pihak lainnya itu akan dibeberkan di Pengadilan Tipikor dalam dakwaan jaksa penuntut umum KPK.

"Mestinya tidak terjadi lagi ya kalau pengendalian internal di Garuda Indonesia berjalan setelah penanganan perkara ini. Kami juga pada proses investigasi awal kan cukup dibantu manajemen Garuda pada saat itu, mestinya (kasus Emirsyah) ini jadi pembelajaran agar tidak ada lagi yang namanya fee apalagi rekayasa seolah-olah itu masuk pada rekening lain dan terjadi lagi baik di Garuda Indonesia atau BUMN lain," kata Febri, Jumat, 6 Desember 2019 malam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesuaikan Pajak, Harga Mobil Daihatsu Naik Rp2 Jutaan

Posted: 06 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pajak kendaraan baru atau tarif BBN-KB DKI Jakarta mengalami kenaikan 2,5 persen menjadi 12,5 persen. Mulai berlaku 11 Desember 2019, beberapa pabrikan otomotif akan melakukan penyesuaian harga di bulan terakhir tahun ini.

Meski mengaku akan melakukan penyesuaian, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CS Division Head PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation (DSO) menegaskan, pihaknya baru melakukan kenaikan harga apabila peraturan baru sudah berlaku.

"Belum ada kenaikan untuk Jakarta sehubungan dengan tarif BBN-KB yang naik 2,5 persen. Kita sekarang juga masih melihat sampai kenaikan itu diimplementasikan. Intinya kita akan menyesuaikan harga di bulan Desember kalau ada penyesuaian tarif," kata Hendra di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (6/11).

Saat disinggung penyesuaian tarif yang dilakukan Daihatsu sudah memperhitungkan kenaikan pajak yang mungkin terjadi tahun depan, Hendra menegaskan pihaknya masih melihat kenaikan pajak di bulan ini terlebih dahulu.

"Belum tahu kalau yang awal tahun. Kami masih fokus yang bulan Desember ini terlebih dahulu," ujar Hendra.

Kenaikan Harga Daihatsu

Terkait kisaran harga, kenaikan yang mungkin terjadi pada mobil Daihatsu berkisar Rp2 jutaan hingga Rp5 jutaan. Semuanya tergantung dari jenis kendaraan.

"Kenaikan 2,5 persen itukan dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), mungkin rangenya antara Rp2 jutaan sampai Rp5 jutaan, tergantung dari itu tipe apa dulu," tuturnya.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Praktisi Soroti Lambannya Kemenhub Tetapkan Tarif Angkutan Penyeberangan

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Kesulitan pelaku usaha angkutan penyeberangan yang semakin kritis, akibat evaluasi dan penetapan tarif moda transportasi itu berlarut-larut hingga 1,5 tahun, dinilai lambat diatasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Bambang Haryo Soekartono, praktisi dan pemerhati sektor transportasi logistik, evaluasi tarif angkutan penyeberangan komersial antarprovinsi yang sangat lamban itu, tidak sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo agar aparat pemerintah melayani perizinan dengan cepat.

"Usulan evaluasi tarif sama seperti perizinan karena menyangkut pelayanan publik. Presiden Jokowi sudah memberikan batas perizinan maksimal tiga jam. Kenyataannya bertele-tele hingga 1,5 tahun," ujarnya, Kamis (5/12/2019).

Kondisi diperparah dengan birokrasi yang panjang, karena melibatkan tiga instansi, yakni Kemenhub, Kemenko Maritim dan Investasi, serta Kementerian Hukum dan HAM.

Dia mengatakan, Kemenhub melanggar aturannya sendiri yakni Keputusan Menhub Nomor 58 Tahun 2003, tentang Mekanisme Penetapan dan Formulasi Perhitungan Tarif Angkutan Penyeberangan. Aturan itu menyatakan evaluasi tarif harus dilakukan setiap enam bulan sekali.

"Evaluasi tarif sudah 1,5 tahun tapi belum juga ditetapkan, sementara tarif belum naik dalam tiga tahun terakhir," ungkapnya.

Dia menilai, berlarut-larutnya evaluasi tarif menunjukkan Kemenhub kurang peduli terhadap kondisi angkutan penyeberangan dan perintah percepatan perizinan dari Presiden Jokowi.

Pada era orde baru saja, lanjut Bambang Haryo, birokrasi evaluasi tarif dipangkas dengan menghilangkan mekanisme melalui DPR RI. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 21/1992 tentang Pelayaran.

Ketentuan ini diperkuat dengan Peraturan Presiden (PP) Nomor 82/1999 tentang Angkutan di perairan, yang menyebutkan penetapan tarif cukup melalui Menhub.

"Jadi birokrasi tarif yang panjang dan bertele-tele saat ini merupakan suatu kemunduran. Tidak sesuai dengan jargon Presiden Jokowi untuk memangkas hambatan usaha dan birokrasi," katanya.

Menurutnya, Kemenhub bukan hanya menunda penetapan tarif, melainkan juga mencicil kenaikan tarif angkutan penyeberangan selama tiga tahun ke depan.

Padahal, perhitungan tarif sudah sangat transparan, karena pendapatan dari penjualan tiket langsung diketahui oleh pemerintah melalui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Pemerintah mengetahui bahwa pendapatan itu sulit untuk menutupi keselamatan dan kenyamanan pelayaran.

"Sebagai sarana (alat angkut) sekaligus prasarana publik yang supermassal, angkutan penyeberangan sangat vital karena tidak tergantikan oleh moda transportasi lain. Ini yang harus dilindungi oleh negara agar kondisi usaha kondusif, demi menjamin keberlangsungan angkutan antarpulau serta keselamatannya," ujarnya.

Anggota Komisi V DPR DRI Periode 2014-2019 sekaligus Dewan Pembina Gapasdap ini menyadari, kenaikan tarif bukan kebijakan populer bagi pemerintah. Namun keselamatan publik tidak boleh dikorbankan demi popularitas.

Dampak kenaikan tarif sebenarnya tidak signifikan terhadap harga barang yang diangkut, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Dia menggambarkan, jika sebuah truk mengangkut 30 ton beras. Atau senilai Rp300 juta yang mana 30 ton, dengan harga beras Rp10.000 per kg diangkut melintas ke Merak-Bakauheni. Maka truk tersebut akan membayar tambahan tarif Rp 150.000 dengan asumsi dikenakan kenaikan tarif teringgi yakni 38 persen.

Dampak kenaikan tarif itu terhadap harga beras yang termasuk komoditas bawah, hanya Rp 5 per kg atau 0,05 persen. Jika yang diangkut produk bernilai tinggi, kenaikan tarifnya tentu menjadi relatif lebih rendah.

"Kenaikan itu mungkin sangat kecil bagi pemilik barang, tetapi bagi operator angkutan penyeberangan sangat besar. Artinya untuk menjaga kelangsungan usaha dan menjamin keselamatan nyawa publik," ujarnya.

Bambang Haryo mengingatkan kepada pemerintah termasuk Kemenhub, bahwa kondisi angkutan penyeberangan saat ini sangat memprihatinkan. Bahkan, banyak perusahaan yang kesulitan keuangan, kesulitan membayar gaji tepat waktu dan mencicil tagihan.

 

Penetapan Subsidi PSO

Bambang Haryo Soekartono, Praktisi dan Pemerhati Sektor Transportasi Logistik menyotoyi lambannya Kemenhub menetapkan tarif angkutan penyeberangan (Liputan6.com / Nefri Inge)

Ada beberapa perusahaan terpaksa dijual ke investor baru, karena tidak sanggup lagi menanggung beban. Ini akibat dari kurangnya perhatian pemerintah, yang selalu menunda-nunda kenaikan tarif.

Menurut dia, seharusnya tarif penyeberangan tidak perlu diatur pemerintah. Karena pemerintah tidak sanggup memberikan subsidi Public Service Obligation (PSO), seperti yang diberikan untuk kereta api kelas ekonomi dan komuter.

"Kenapa diskriminatif, Kereta Api (KA) diberikan PSO tetapi pelayaran tidak. Padahal, kapal penyeberangan sangat vital dan tidak bisa digantikan dengan moda lain. Sedangkan KA masih bisa diganti dengan moda darat lain, seperti bus, mobil pribadi atau sepeda motor," ungkapnya.

Jika pemerintah tidak sanggup atau tidak mau memberikan PSO kepada angkutan penyeberangan, tarifnya harus diserahkan kepada mekanisme pasar. Apalagi, tarif untuk penyeberangan di lintas komersial.

Bambang Haryo mengatakan, bertele-telenya masalah tarif ini membuktikan Kemenhub tidak paham tentang pentingnya angkutan penyeberangan dan tidak peduli dengan konsep kemaritiman yang menjadi jargon Presiden Jokowi.

"Kemenhub lebih memperhatikan transportasi darat daripada kemaritiman. Ini sangat disesalkan, padahal nyatanya tol laut itu adalah penyeberangan, bukan seperti kapal tol laut yang sekarang tidak menentu jadwalnya," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Sosial Kerap Bikin Ibu-Ibu Milenial Cemas

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran media sosial bisa memiliki sisi positif dan negatif. Termasuk dalam menjadi orangtua, kehadiran media sosial bisa membuat ibu-ibu milenial cemas. Hal itu seperti disampaikan psikolog keluarga Saskhya Aulia Prima

Menurut Saskhya ada tiga hal penyebab kecemasan ibu milenial. Pemicunya antara lain social media shaming (dipermalukan di media sosial), paradox of choices (pilihan dan keputusan) serta expectation to be perfect (obsesi untuk menjadi sempurna).

"Salah satu pemicu kecemasan yang banyak dialami ibu masa kini atau milenial, adalah mom shaming. Sebuah tindakan yang mengkritisi secara berlebihan tentang pola asuh. Padahal, yang mengkritisi pun enggak punya background sesuai," ujar Saskhya saat ditemui dalam acara My Baby Momversity di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

"Kalau dulu hanya dikritik suami dan mertua, sekarang tetangga online," lanjutnya. 

 

Terobsesi Menjadi Sempurna

Ilustrasi gawai ibu dan anak (iStockphoto)

Mom shaming dapat menyebabkan ibu tersinggung, merasa gagal, dan bisa meningkatkan risiko depresi. Ibu juga jadi bingung memilih hal yang terbaik untuk diri sendiri dan anak yang malah membuat kegalauan. Hal ini merupakan paradox of choices.

Ternyata, kita bingung pola asuh mana yang harus dipilih. Akhirnya dicoba satu persatu, tapi kita jadi nggak percaya diri dengan apa yang dilakukan dan membuat pertumbuhan anak kurang optimal," ujar Saskhya.

Ibu milenial juga cenderung ingin menjadi seseorang yang sempurna dalam hal keluarga. Obsesi (expectation to be perfect) ini bisa membawanya pada kecemasan karena ingin segala sesuatunya sempurna.

"Setiap ibu pasti memiliki kegagalan, tapi yang dibutuhkan adalah konsistensi untuk tetap menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak. Konsisten kan bukan harus sempurna," kata Saskhya.

 

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Garuda Indonesia, Ini Deretan Maskapai Bintang 5 di Dunia

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia kini tengah menjadi sorotan masyarakat terkait skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton. Bahkan pelaku yang menyelundupkan yaitu Direktur Utama maskapai plat merah itu sendiri, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang disebut Ari Askhara.

Padahal, selama ini Garuda Indonesia menyandang predikat sebagai maskapai bintang 5 di dunia dari Skytrex. Bintang 5 ini merupakan predikat pelayanan terbaik di dunia. Tidak banyak maskapai di dunia yang memiliki status bintang 5 ini.

"Kasus-kasus tersebut menjadi cerminan nyata bahwa banyaknya pernghargaan yang dikantongi oleh beberapa BUMN selama ini, belum menjadi jaminan profesionalisme," kata Pengamat Ekonomi Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita kepada Liputan6.com, Sabtu (7/12/2019).

Dikutip dari laman Skytrax, setidaknya hanya ada 9 maskapai di dunia yang berlabel bintang 5. Maskapai tersebut yaitu All Nippon Airways (ANA), Asiana Airlines, Cathay Pasific, Hainan Airlines, Qatar Airways, Singapore Airlines, Lufthansa, EVA Air dan Garuda Indonesia.

Penobatan Skytrax terhadap maskapai-maskapai tersebut berdasarkan hasil penilaian para penumpangnya. Peringkat bintang maskapai penerbangan diberikan setelah penilaian dan analisis mendalam tentang standar kualitas produk dan layanan maskapai, yang mencakup lingkungan onboard dan bandara.

 

Garuda Indonesia, Maskapai Bintang 5 Kok Selundupkan Harley?

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi saat konferensi pers penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Garuda Indonesia merupakan maskapai berlebel Bintang 5 dari Skytrax. Di dunia, lebel Bintang 5 ini hanya dimiliki delapan maskapai, yaitu All Nippon Airways (ANA), Asiana Airlines, Cathay Pasific, Hainan Airlines, Qatar Airways, Singapore Airlines, EVA Air dan Garuda Indonesia.

Lalu, dengan statusnya tersebut, mengapa Garuda Indonesia justru menjadi aktor dalam penyelundupan barang mewah seperti Harley Davidson dan sepeda Brompton?

"Kasus penyelundupan onderdil Harley Davidson di Garuda adalah sisi gambar lain dari banyaknya kasus korupsi di tubuh BUMN. Kasus-kasus tersebut menjadi cerminan nyata bahwa banyaknya pernghargaan yang dikantongi oleh beberapa BUMN selama ini, belum menjadi jaminan profesionalisme," kata Pengamat Ekonomi Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita kepada Liputan6.com, Sabtu (7/12/2019).

Ronny menegaskan, kasus Garuda Indonesia ini harus menjadi peringatan bagi Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurutnya, jika korupsi dan kasus penyelundupan bisa terjadi, maka relasi patrimonial BUMN dengan aktor-aktor politik juga berpeluang sama untuk terjadi.

"Artinya, jika BUMN bisa menjadi ajang pemenuhan kepentingan pribadi direksi, maka BUMN pun sangat mungkin menjadi ajang pemenuhan kepentingan partai politik dan lembaga kekuasaan lainya, sebagaimana santer dibakarkan selama ini bahwa BUMN adalah ATM partai-partai," tegas dia.

Saran untuk Menteri BUMN

Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo.

Untuk itu, dirinya menyarankan kepada Erick Thohir untuk melakukan pembenahan BUMN secara keseluruhan.

"Jadi, sekedar pergantian SDM saja tentu tak cukup. Harus dilakukan pembehanan sistem, dan itu harus dimulai dari kementerian BUMN dan Deputi-Deputi yang membawahi BUMN-BUMN. Mekanisme rekruitmen direksi harus benar-benar menggunakan merit system dengan reward dan punishment yang jelas," terang dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irfan Hakim Minta Maaf Tak Raih Panasonic Gobel Awards 2019

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Irfan Hakim menjadi salah satu presenter yang masuk nominasi Panasonic Gobel Awards 2019 untuk kategori Presenter Pencarian Bakat Terfavorit, Jumat (6/12/2019) malam. Ia harus bersaing dengan Gilang Dirga, Omesh Ananda, Ramzi, dan Andhika Pratama.

Namun, dewi fortuna tak berpihak pada Irfan Hakim. Ia harus rela dikalahkan oleh Omesh Ananda yang keluar sebagai pemenang dan peraih Panasonic Gobel Awards 2019.

Meski begitu, Irfan Hakim tak berkecil hati. Itu terlihat dari unggahannya di Instagram Stories, ia tertawa bersama istri Gilang Dirga dan Omesh Ananda.

Di unggahan lainnya, ia juga meminta maaf kepada penggemarnya karena tak berhasil menjadi peraih penghargaan bergensi tersebut.

 

Minta Maaf

Potret kebersamaan Irfan Hakim dengan binatang perliharaannya. (Sumber: Instagram/@irfanhakim75)

"Sorry gaes, gue kalah gue nggak dapat pialanya. Tapi it's ok. Omesh selamat, congratulation," ujarnya sambil menikmati aksi panggung Iwan Fals.

 

Pimpinan Indosiar

Irfan Hakim (Foto: Instagram/@irfanhakim75)

Tak hanya untuk para penggemar, Irfan Hakim meminta maaf. Bahkan, saat di atas panggung ia juga meminta maaf kepada Siwi Achmad, selaku Direktur Program dan Produksi Indosiar.

 

Diledek

Rupanya, kekalahan Irfan Hakim ini menjadi bahan empuk bagi Ruben Onsu di atas panggung. Irfan diledek habis-habisan oleh bapak tiga anak ini.

 

Raih Penghargaan

Seperti diketahui, Ruben Onsu berhasil mendapatkan piala Panasonic Gobel Awards 2019 untuk kategori Presenter Entertainment Variety & Talkshow Terfavorit.

 

Kedua Kali

Penghargaan ini bukan yang pertama bagi Ruben Onsu. Melalui Instagramnya, Sabtu (7/12/2019), Ruben mengatakan ini merupakan piala kedua baginya di acara yang sama.

Tak Marah

Walau mendapat ledekan dari Ruben Onsu, itu tak membuat Irfan Hakim marah ataupun berkecil hati. Ia menanggapinya dengan tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Jago Gebuk Drum, Drummer Down Syndrome Ini Angkat Budaya Nusantara Lewat Koleksi Hiasan Kepala

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak down syndrome perlu didandani semenarik mungkin. Itu adalah kalimat pertama yang dilontarkan Emsyarfi ketika ditemui di Depok, Jumat pagi. Ia adalah seorang ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus down syndrome. Sambil berkisah, ia sibuk menata beberapa akesesoris kepala yang dimiliki Imansyah Aditya Fitri atau akrab dipanggil Adit. Aksesoris kepala yang dimiliki sangat beragam mulai dari ikat kepala Bali, Padang, Palembang, hingga kupluk dari Peru.

Emsyarfi menganggap menampilan anaknya sangat penting. Menurutnya, kalau dibiarkan dengan gaya aslinya mungkin orang-orang tidak peduli. Ia membuat penampilan Adit semenarik mungkin supaya orang-orang menghargainya.

"Saya mengimbau semua keluarga yang punya anak berkebutuhan khusus, tampilkan lah anakmu dalam kondisi terbaik supaya mereka dihargai. Penampilan itu bisa diolah, bisa dikreasikan, bisa direka-reka. Siapa bilang ABK tidak bisa ditampilkan dengan lebih menarik, mereka bisa," kata Emsyarfi.

Sedapat mungkin Emsyarfi mencari kekhasan agar Adit memiliki ciri. Adit adalah penyandang down syndrome yang memiliki bakat di bidang musik khususnya memainkan drum. Ia sudah sering melakukan pentas di berbagai daerah di Indonesia. Baru-baru ini ia tampil dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Glora Bung Karno Jakarta.

Di setiap penampilannya, adit selalu menggunakan aksesoris kepala. Hingga kini, koleksinya mencapai satu lemari penuh. Emsyarfi mengatakan, aksesoris kepala itu sebagian beli dan sebagian lagi hadiah dari keluarga atau orang lain.

Seiring waktu, orang-orang mengetahui bahwa Adit suka memakai aksesoris kepala. Pada akhirnya jika ada kerabat atau kenalan yang bepergian ke suatu kota, mereka biasanya membelikan oleh-oleh berupa aksesoris kepala untuk Adit. Orang mulai saling berbagi kepedulian.

"Awalnya pakai buff, saya pikir kenapa kita mempopulerkan budaya luar. Kita juga bisa mempopulerkan budaya lokal," katanya.

Maka dari itu, mulai lah Adit mengenakan berbagai jenis aksesoris kepala dari berbagai daerah di Indonesia. Terkadang, ada penjual ikat kepala yang memberikan dagangannya kepada Adit secara cuma-cuma dengan permintaan agar  produknya itu dipromosikan. "Dengan demikian, kami yang mulanya tidak kenal menjadi saling kenal. Silaturahmi berjalan, kita membantu promosi produk usaha lokal dan hasil baiknya akan kembali kepada kita," ucap Emsyarfi.

Peran Penting Ibu Sebagai Manajer

Emsyarfi Ibunda Adit di Depok (6/12/2019)

 

Emsyarfi menambahkan, anak berkebutuhan khusus jika dihargai sebagaimana mestinya maka ia dapat menjadi jembatan bagi satu keluarga dengan keluarga lain untuk saling menguatkan. Hal ini dapat membuat persaudaraan menjadi lebih baik. Pada akhirnya, hubungan kekerabatan pun ikut meluas.

Tidak hanya penampilan saja yang harus diperhatikan. Ketika hendak pentas, tentunya pemilihan lagu juga penting. Sebagai ibu, Emsyarfi bertugas menjadi manajer Adit. Ia tidak hanya bertanggungjawab terhadap makanan, pakaian, pendidikan, dan materi saja. Tapi ia juga merasa harus mampu menyesuaikan permainan drum dengan acara yang digelar.

Misal, penonton yang hadir adalah orang-orang tua, maka Adit harus memainkan lagu yang cocok untuk mereka dengar. Sebaliknya, jiika penonton hadir dari kalangan anak muda, maka Adit sebaiknya membawakan lagu yang enerjik. Semua pengkonsepan ini berada di tangan Emsyarfi.

"Walau pun berkebutuhan khusus, tapi tetap saja permainan di panggung harus bagus dan sesuai. Jika tidak, maka bukan hanya penonton yang merasa tidak nyaman tapi kami pun akan merasa malu," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [Feature] Konser Didi Kempot Bikin Hati Ambyar

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Didi Kempot menyapa penggemarnya jelang tampil pada konser bertajuk

Didi Kempot menyapa penggemarnya jelang tampil pada konser bertajuk

Ratusan lagu yang rata-rata bertema Patah Hati tercipta dari tangan dingin Didi Kempot yang kini berusia 52 tahun. Pria yang identik dengan rambut gondrong klimis terkuncir rapi tersebut juga mendapat julukan

Ratusan lagu yang rata-rata bertema Patah Hati tercipta dari tangan dingin Didi Kempot yang kini berusia 52 tahun. Pria yang identik dengan rambut gondrong klimis terkuncir rapi tersebut juga mendapat julukan "The Godfather of Broken Heart" dari para penggemarnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penggemar Didi Kempot saat menyaksikan konser

Penggemar Didi Kempot saat menyaksikan konser

Dalam setiap penampilannya, Didi Kempot selalu membangun interaksi yang hangat dengan penggemarnya. Cidro, Stasiun Balapan, Banyu Langit, Pamer Bojo serta Suket Teki menjadi lagu yang paling ditunggu yang bisa membuat penggemarnya larut bernyanyi dan berjoget bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam setiap penampilannya, Didi Kempot selalu membangun interaksi yang hangat dengan penggemarnya. Cidro, Stasiun Balapan, Banyu Langit, Pamer Bojo serta Suket Teki menjadi lagu yang paling ditunggu yang bisa membuat penggemarnya larut bernyanyi dan berjoget bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kini, penggemar penyanyi kelahiran Surakarta, 52 tahun silam ini tidak lagi terbatas. Hampir dalam setiap penampilan Didi Kempot, penonton dari kalangan milenial memadati area dan bergoyang bersama seirama alunan musik campursari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kini, penggemar penyanyi kelahiran Surakarta, 52 tahun silam ini tidak lagi terbatas. Hampir dalam setiap penampilan Didi Kempot, penonton dari kalangan milenial memadati area dan bergoyang bersama seirama alunan musik campursari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Didi Kempot saat tampil pada konser bertajuk

Didi Kempot saat tampil pada konser bertajuk

Didi Kempot saat tampil pada konser bertajuk

Didi Kempot saat tampil pada konser bertajuk

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-22 Vs Myanmar di Semifinal SEA Games 2019

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi ujian berat saat menghadapi Myanmar pada semifinal cabor sepak bola SEA Games 2019. Keduanya belum pernah bertemu karena berbeda grup.

Timnas Indonesia U-22 berada di posisi runner up grup B usai mengoleksi 9 poin. Sedangkan Myanmar berada di posisi satu di grup A sehingga kedua tim bertemu.

Kemenangan 4-0 lawan Laos menjadi penentu Timnas Indonesia U-22 ke semifinal SEA Games 2019. Gol Saddil Ramdani, Osvaldo Haay (2) dan Bagas Adi Nugroho menjadi penentu Indonesia lolos.

Status itu mempertemukan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan dengan juara Grup A Myanmar. Sementara semifinal lain menghadirkan Vietnam vs Kamboja.

Misi Timnas Indonesia U-22 mengakhiri paceklik medali emas SEA Games sejak 1991 pun semakin dekat terwujud.

Berikut ini jadwal siaran langsung Timnas Indonesia U-22 vs Laos di SEA Games 2019 yang disiarkan di RCTI.

Jadwal Timnas Indonesia U-22

Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol yang dicetak Saddil Ramdani ke gawang Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019). Indonesia berhasil melaju semifinal setelah mengalahkan Laos 4-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sabtu, 7 Desember 2019

Myanmar vs Indonesia

Rizal Memorial Stadium, Manila

15.00 WIB

RCTI

Hasil Pertandingan Indonesia

Pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol yang dicetak Saddil Ramdani ke gawang Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019). Indonesia berhasil melaju semifinal setelah mengalahkan Laos 4-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

26 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Thailand

29 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Singapura

1 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 1-2 Vietnam

3 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 8-0 Brunei

5 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 4-0 Laos

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-22

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyadi

Belakang: Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Dodi Alekvan Djin, Rachmat

Irianto, Asnawi Mangkualam, Firza Andika

Tengah: ZULFIANDI, Syahrian Abimanyu, Sani Rizki Fauzi, EVAN DIMAS, Feby Eka Putra, Saddil

Ramdani, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Irkham Zahrul Milla

Depan: Muhammad Rafli

Ket: Huruf kapital=pemain senior

 

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bocah 7 Tahun Terperangkap Dalam Mesin Mainan

Posted: 06 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang bocah laki-laki masuk ke dalam mesin untuk mendapatkan mainan. Ia berhasil diselamatkan petugas pemadam kebakaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 7 Poin Utama Hasil Pertemuan RI dan Australia di Sela BDF ke-12

Posted: 06 Dec 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Bali - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan tujuh poin utama dari pertemuan bilateral berkonsep "2+2" antara Indonesia dengan Australia yang digelar di Bali, Jumat 6 Desember 2019.

"Ini adalah pertemuan '2+2' pertama di masa pemerintahan baru, hal ini menunjukkan kuatnya ikatan hubungan antara Indonesia-Australia dan komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama berdasarkan asas kesetaraan dan saling menghormati integritas wilayah negara lain," ujar Menlu Retno dalam pernyataan pers bersama seperti dikutip dari Antara News, Sabtu (7/12/2019).

Bersama Menlu Retno, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri pertemuan tersebut. Keduanya berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dan Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds.

Ketujuh poin utama dari pertemuan "2+2" Menhan-Menlu Indonesia dan Australia yang dipaparkan oleh Menlu Retno adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Indonesia dan Australia sebagai mitra yang menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan, telah memiliki kemitraan strategis komprehensif, dan kedua negara akan segera menyelesaikan rencana aksi untuk menerapkan kemitraan tersebut.
  • Poin kedua adalah mengenai apresiasi Indonesia atas dukungan Australia terhadap konsep ASEAN Outlook on the Indo-Pacific -- yang digagas Indonesia -- serta terhadap sentralitas ASEAN.
  • Ketiga, Indonesia dan Australia sepakat untuk memperkuat hubungan kerja sama di kawasan Pasifik, khususnya menyangkut isu perubahan iklim serta pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan perempuan.
  • Pada poin keempat, Menlu Retno menekankan komitmen kedua negara atas ekonomi yang terbuka dengan menjalankan prinsip kerja sama perdagangan investasi yang adil dan saling menguntungkan, termasuk meningkatkan proses perjanjian kerja sama perdagangan komprehensif.
  • Sementara poin kelima dan keenam mencakup isu ancaman terorisme, keamanan siber, serta pengutamaan partisipasi perempuan dalam proses penciptaan perdamaian dan keamanan.
  • Ketujuh, Indonesia menyampaikan undangan kepada Australia untuk hadir dalam konferensi internasional mengenai diplomasi digital yang akan diselenggarakan tahun depan di Indonesia.

"Selain itu kita juga melakukan pertukaran pikiran mengenai beberapa isu kawasan dan isu internasional, antara lain terkait dengan Palestina, Afghanistan, dan Rakhine State," ujar Retn.

Indonesia-Australia Berencana Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Bersama

Bendera negara Australia - AFP

Sebelumnya, pemerintah Indonesia dan Australia membahas rencana kedua negara untuk melakukan pengiriman pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) secara bersama atau co-deployment.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi serta Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds dan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mendiskusikan hal itu dalam pertemuan bersama atau "2+2" meeting di Bali, Jumat (6/12/2019) seperti dikutip dari Antara News.

"Kami juga akan membahas kemungkinan untuk pertama kali melaksanakan co-deployment dalam operasi pasukan penjaga perdamaian (peacekeeping operations) untuk PBB. Jadi ini mungkin sesuatu yang baru yang akan kami rintis, mudah-mudahan kami akan mencapai hal itu," ujar Prabowo kepada wartawan.

Linda Reynolds menyebut rencana co-deployment tersebut sebagai bentuk pendalaman kerja sama untuk isu penjaga perdamaian, bantuan kemanusiaan, serta penanggulangan bencana.

"Ini adalah bab baru yang sangat menarik dari relasi di bidang pertahanan kami. Indonesia adalah negara sepuluh besar yang berkontribusi dalam pengiriman pasukan penjaga perdamaian PBB, dan Australia sangat menghormati pengalaman Indonesia di bidang ini," kata Reynolds.

Selengkapnya di sini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Legendaris Langganan Tempat Syuting Sinetron, Megah Banget

Posted: 06 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta sinetron 2000-an tentunya sudah tak asing lagi dengan sinetron-sinetron tentang kehidupan rumah tangga hingga kolosal. Tak hanya para aktor dan aktrisnya yang sukses memberikan kisah yang menarik, lokasi syutingnya pun tak lepas menjadi tempat yang ikonik.

Salah satu aktor yang terkenal dengan aksi laga, Afdhal Yusman, membagikan kenangan saat syuting bersama Genta Buana Paramita Indosiar. Afdhal Yusman telah banyak membintangi serial kolosal, FTV dan sinetron drama. Lewat channel YouTube-nya, Afdal baru-baru ini membagikan kenangan dan bernostalgia ke rumah legendaris yang kerap dijadikan lokasi syuting hunian orang kaya tersebut. 

Rumah megah dan legendaris itu bernama Puri Bagas Nauli. Hampir semua sinetron produksi Genta Buana Paramita era satu dekade ke belakang memakai rumah tersebut. Penasaran seperti apa kini penampakannya?

Berikut ini 6 potret rumah legendaris yang kerap dijadikan lokasi syuting sinetron hingga film, dilansir dari YouTube channel milik Afdhal Yusman oleh Liputan6.com, Sabtu (7/12/2019). 

1. Bagi pecinta sinetron 2000-an pasti sudah familiar dengan penampakan rumah mewah ini.

Intip mewahnya isi rumah Genta Buana yang sering dijadikan tempat syuting sinetron dan film. (Sumber: YouTube/Afdhal Yusman)

2. Rumah legendaris ini sering kali dijadikan lokasi syuting terutama produksi Genta Buana Paramita.

Intip mewahnya isi rumah Genta Buana yang sering dijadikan tempat syuting sinetron dan film. (Sumber: YouTube/Afdhal Yusman)

3. Menurut Afdhal, kondisi isi rumah ini masih sama seperti 13 tahun yang lalu.

Intip mewahnya isi rumah Genta Buana yang sering dijadikan tempat syuting sinetron dan film. (Sumber: YouTube/Afdhal Yusman)

4. Ia juga menunjukkan sudut-sudut ruangan yang kerap dijadikan adegan sinetron yang ia bintangi dulu.

Intip mewahnya isi rumah Genta Buana yang sering dijadikan tempat syuting sinetron dan film. (Sumber: YouTube/Afdhal Yusman)

5. Afdhal mengatakan jika rumah itu memiliki banyak kamar dan sering disediakan untuk keperluan syuting.

Intip mewahnya isi rumah Genta Buana yang sering dijadikan tempat syuting sinetron dan film. (Sumber: YouTube/Afdhal Yusman)

6. Sisi halaman belakang serta kolam renangnya pun masih sama namun kondisinya sedikit tak terawat.

Intip mewahnya isi rumah Genta Buana yang sering dijadikan tempat syuting sinetron dan film. (Sumber: YouTube/Afdhal Yusman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Video Viral, Polisi Bantu Ibu Melahirkan di Hutan

Posted: 06 Dec 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video viral seorang anggota polisi dari Polsek Gondomanan Bojonegoro membantu persalinan seorang Ibu di kawasan hutan. Persalinan terpaksa dilakukan karena sang Ibu mengalami kontraksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Larang BUMN Bagi-bagi Suvenir Saat RUPS

Posted: 06 Dec 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang isinya larangan bagi-bagi cindera mata atau suvenir usai penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk perusahaan non Tbk. Surat Edaran tersebut adalah SE-8/MBU/12/2019 tentang Larangan Memberikan Souvenir atau Sejenisnya.

Dikutip Liputan6.com melalui salinan SE tersebut, ditegaskan tujuan penerbitan Surat Edaran ini adalah untuk efisiensi dan perwujudan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) pada Persero dan Perum.

"Dalam rangka efisiensi dan penerapan tata kelola perusahaan yang balk (good corporate governance), setiap penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham pada Persero dan Rapat Pembahasan Bersama pada Perum, dilarang untuk memberikan souvenir atau sejenisnya kepada siapapun," tulis SE tersebut.

Hanya saja, Erick Thohir masih memberikan sedikit kelonggaran pelaksanaan RUPS untuk BUMN berstatus Tbk. Hanya saja dia menggaris bawahi pemberian suvenir kepada pihak pemegang saham selain negara harus memperhatikan kewajaran dan kepentingan perusahaan.

SE tesebut ditandatangani pada 5 Desember 2019.

Hasil Gebrakan Erick Thohir Baru Bisa Dilihat 3 Bulan ke Depan

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menteri BUMN Erick Thohir membuat gebrakan dengan mengangkat empat pejabat ke dalam susunan direksi dan komisaris utama di PT Pertamina (Persero). Keempat nama tersebut antara lain Emma Sri Martani sebagai Direktur Utama, serta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Budi Gunadi Sadikin dan Condro Kirono selaku Komisaris Utama.

Selain nama-nama tersebut, Erick dikabarkan akan turut mengangkat wajah-wajah lama seperti Susi Pudjiastuti, Rudiantara, Ignasius Jonan, Pahala Nugraha Mansury, hingga Chandra Hamzah ke dalam susunan petinggi di perusahaan BUMN.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah Redjalam masih mempertanyakan kebijakan Erick Thohir yang kembali menarik tokoh-tokoh yang telah lama dikenal publik.

"Saya belum tahu persis apa yang menjadi tujuan pak Erick Thohir dengan banyak menempatkan mantan-mantan pejabat di BUMN," ujar Piter kepada Liputan6.com, Selasa (26/11/2019).

Namun, ia menganggap, beberapa nama seperti Ahok dan Chandra Hamzah terkesan dimaksudkan untuk meningkatkan pengawasan guna menjadikan perusahaan milik negara menjadi lebih bersih dan efisien.

"Saya kira tujuannya akan berbeda dengan Rudiantara dan Pahala karena posisinya adalah dirut, yang artinya bisa langsung mengambil keputusan atau eksekusi," dia menambahkan.

 

Jangan Berekspektasi Tinggi

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terlepas dari nama-nama top tersebut, Piter menganjurkan agar publik jangan berekspetasi terlalu tinggi kepada mereka. Menurutnya, diperlukan waktu sekitar 3 bulan untuk menunggu gebrakan dari wajah-wajah baru tersebut.

"Nama-nama yang sudah ditunjuk sebagai komut dan dirut BUMN harus menunjukkan gebrakannya selama 3 bulan ke depan. Itu yang akan lebih meyakinkan kita bahwa mereka ditunjuk benar-benar untuk meningkatkan kinerja BUMN," imbuh Piter.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Gelar Rakernas Hari Ini, Bahas Apa?

Posted: 06 Dec 2019 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) digelar hari ini, Sabtu (7/12/2019). Rencananya PAN akan membahas agenda tunggal yaitu rencana penyelenggaraan Kongres PAN pada tahun depan.

Asman Abnur nama yang diusung sebagai calon Ketua Umum PAN menyampaikan, selain penetapan kongres 2020, Rakernas kali ini juga akan membahas internal partai. 

"Pertama hari ini dalam undangannya menetapkan tanggal dan tempat kongres, dan kemudian agendanya juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan internal partai, hanya dua agenda itu," ucap Asman di Millenium Hotel, Jakarta Pusat. 

Dijelaskan oleh Asman, pembahasan internal partai terkait dengan masalah keanggotaan dan membahas langka-langka partai PAN ke depannya.

"Internalnya kalau nggak salah keanggotaan, masalah konsolidasi, masalah kemajuan partai itu lebih ke internal," sambungnya.

Kandidat Calon Ketua Umum PAN

Asman Abnur nama yang diusung sebagai calon Ketua Umum PAN terlihat datang bersama Bima Arya (Foto: Merdeka)

Rakernas PAN tahun ini mengusung tema 'Bersatu Meraih Kemenangan'. Rakernas ini juga diikuti oleh pengurus harian, ketua majelis pertimbangan partai, ketua mahkamah partai, ketua dan sekretaris DPD provinsi, serta ketua DPD kabupaten/kota sebagai peninjau.

Kongres diperkirakan akan dilaksanakan pada Februari atau Maret 2020. Sejumlah nama mencuat sebagai kandidat calon ketua umum (caketum) PAN. Antara lain, Hanafi Rais, Mulfachri Harahap, Bima Arya, Asman Abnur, dan petahana Zulkifli Hasan.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatap Semifinal SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-22 Dapat Bocoran dari Eks Pelatih Myanmar

Posted: 06 Dec 2019 08:37 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi Myanmar pada semifinal SEA Games 2019 Filipina di Stadion Rizal Memorian, Manila, Sabtu (7/12/2019). Mantan pelatih kubu lawan Gerd Zeise memberi dukungan ke Tim Merah-Putih.

Gerd Zeise, pelatih asal Jerman sempat jadi pelatih Timnas Myanmar pada periode 2011-2015 (U-19 dan U-23) serta 2015–2018 (Senior). Ia sempat berduel melawan Indra Sjafri di perebutan posisi ketiga Piala AFF U-18 2018 silam.

Gerd Zeise yang tengah ada di negaranya mengirimkan pesan singkat ke koleganya, Edy Syahputra, agen pemain asing. Selain memberi dukungan, ia juga menyampaikan masukan buat Evan Dimas cs.

"Sampaikan salam kepada kolega saya Indra Sjafri. Dia adalah pelatih yang hebat dan tahu bagaimana mengalahkan Myanmar. Timnas Myanmar U-18 yang Timnas Indonesia permalukan dengan skor 7-1 di Yangon di ajang Piala AFF U-18 2018 adalah tim yang sama di SEA Games 2019," kata Gerd Zeise.

Menyangkut taktik permainan Gerd Zeise berpesan. "Indonesia harus menjaga berkonsentrasi, mereka harus menyerang dengan tempo tinggi sejak awal, jangan biarkan permainan Myanmar berkembang. Jangan biarkan permainan langsung mereka merajalela," timpal pelatih kelahiran 6 September 1952 itu.

Myanmar diyakini mantan pelatihnya bakal menggeber permainan serangan balik cepat mematikan. Untuk itu Timnas Indonesia U-22 tak boleh lengah, terutama saat transisi menyerang ke bertahan.

"Lakukan pressing yang ketat, saat pemain Timnas Indonesia U-22 kehilangan bola, dalam hitungan 10 detik segera beralih kembali dan bertahan dengan sangat kompak. Hati-hati betul dengan serangan balik mereka yang cepat. Jaga penguasaan bola dengan operan aman dan temukan jalan untuk melakukan operan dalam di belakang garis bek mereka," kata Gerd Zeise.

 

Hati-hati Tendangan Bebas

Timnas Indonesia U-22 kalah 1-2 dari Vietnam  di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Myanmar bukan lawan enteng. Status mereka juara Grup A dengan rekor mentereng tiga kali menang dan sekali raihan imbang. Satu-satunya hasil draw yang mereka dapat adalah saat menghadapi Malaysia dengan skor 1-1.

Gerd Zeise menyebut Myanmar amat kuat saat mengeksekusi bola mati. Oleh karena itu Timnas Indonesia U-22 tak boleh melakukan banyak pelanggaran di area berbahaya di area sekitar kotak penalti.

"Hati-hati dengan set piece mereka, Kaki kiri Myat Kaung Khan sangat berbahaya. Tendangannya juga sangat bertenaga dan terarah," ujar mantan pelatih New Radiant SC tersebut. 

Skuat Garuda punya kenangan manis di laga terakhir melawan Myanmar. Indonesia terakhir kali bertemu Myanmar pada SEA Games 2017. Duel kedua tim terjadi pada perebutan perunggu. Saat itu Indonesia mampu menang dengan skor meyakinkan 3-1.

"Akhir pekan ini akan jadi pertandingan yang sama antara Indonesia Vs Myanmar layaknya SEA Games 2017. Dan saat itu tim asuhan Luis Milla pantas menang. Saya berdoa untuk hasil yang sama dengan penggemar dan pendukung sepakbola Indonesia. Bertarung, bertarung sekuat yang kalian bisa, permainan Indonesia amat brilan," ucap Gerd Zeise.

Disadur dari Bola.com (Ario Yosia/Ario Yosia, published 7/12/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Letak Cincin di Jari Bisa Ungkap Kepribadian, Cek di Sini

Posted: 06 Dec 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cincin nampaknya menjadi salah satu perhiasan yang kerap digunakan oleh banyak wanita di seluruh dunia. Dengan mengenakan cincin seorang wanita merasa penampilannya lebih menarik.

Nyatanya tak banyak yang tahu bahwa letak cincin pada jari tangan bisa mengungkapkan karakter seseorang. Berikut deretan karakter seseorang dilihat dari letaknya mengenakan cincin.

Artikel tentang letak cincin di jari bisa ungkap kepribadian menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang alasan wanita sulit membuka kembali hatinya.

Sementara itu artikel tentang deskripsi menu kocak di ojek online menjadi yang terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Di Jari Mana Kalian Pakai Cincin? Jawabannya Bisa Ungkap Kepribadian

ilustrasi cincin/copyright Pixabay

Nyatanya tak banyak yang tahu bahwa letak cincin pada jari tangan bisa mengungkapkan karakter seseorang. Berikut deretan karakter seseorang dilihat dari letaknya mengenakan cincin.

Selengkapnya...

2. 3 Alasan Wanita Sulit Membuka Hati Pada Pria yang Mendekatinya

Jomblo bahagia. (Ilustrasi: kellyminter.com)

Ternyata ada beberapa alasan mengapa wanita sulit membuka hatinya. Untuk kamu yang sedang patah hati ditolak wanita idaman, ini alasan yang kerap kali membuat seorang wanita sulit memberikan perasaan dan hatinya untukmu.

Selengkapnya...

3. 7 Deskripsi Menu Makanan di Aplikasi Ojek Online, Kelewat Nyeleneh

foto: Brilio

Memang rupanya tak sedikit restoran atau tempat makan yang mencantumkan deskripsi makanan nyeleneh di aplikasi ojek online. Tak sedikit deskripsi menu makanan tersebut bikin pembeli geleng-geleng kepala.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar PSS vs Persib, Tonton Eksklusif di Vidio Premier

Posted: 06 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Duel sengit bakal berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (7/12/2019). PSS Sleman bakal menjamu Persib Bandung pada pekan ke-31 Shopee Liga 1 2019.

Fokus bagi tim berjulukan Super Elang Jawa dalam menjamu Maung Bandung, adalah membalaskan kekalahan pada pertemuan pertama. PSS dipaksa menyerah 0-1 di kandang Persib lewat gol tunggal Erwin Ramdani.

Sementara saat ini situasinya PSS sudah benar-benar aman bertahan di Liga 1. Berbeda dengan Persib Bandung yang masih perlu berjuang untuk benar-benar aman dari zona degradasi, di mana Persib terpaut 11 poin dari Badak Lampung FC dan Kalteng Putra dengan menyisakan empat pertandingan hingga akhir musim.

Selain itu, masih ada target lain yang berpeluang diambil PSS, yakni finis di 10 besar klasemen akhir. PSS beruntung tidak ada pemainnya yang absen akibat akumulasi kartu.

Selain di Indosiar, pertandingan PSS Sleman vs Persib Bandung pada pukul 18.30 WIB dapat disaksikan melalui Vidio Premier, secara berlangganan melalui link ini....

 

 

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Purwaka Yudhi, Asyraq Gufron, Derry Rachman (belakang); Guilherme Batata, Dave Mustaine, Ocvian Chanigio (tengah); Sidik Saimima, Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan (kiper); Henhen Herdiana, Achmad Jupriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus (belakang); Frets Butuan, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (tengah); Kevin van Kippersluis, Ezechiel N'douassel (depan)

Pelatih: Robert Alberts

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jesica Fitriana Raih 2nd Runner Up Miss Supranational 2019, Bagaimana Perjalanannya?

Posted: 06 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putri Pariwisata Indonesia 2019 Jesica Fitriana berhasil kampiun sebagai 2nd runner up Miss Supranational 2019 yang malam puncaknya berlangsung di Polandia, Sabtu (7/12/2019), waktu setempat.

Beberapa waktu sebelum penyelenggaraan, lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Jumat, 6 Desember 2019 perempuan 24 tahun tersebut mengungkap perjalanan hingga sampai di titik sekarang.

"Akhirnya, waktu yang ditunggu sudah tiba. Hari ini adalah grand final Miss Supranational 2019," tulisnya mengawali. Jesica menambahkan, ia hanya lulusan biasa yang tak punya pengalaman tampil di depan penonton.

"Saya bahkan tak tahu bagaimana berjalan di runway," sambungnya.

Semua langkah yang diambil ternyata diawali mimpi ingin jadi seperti salah satu karakter putri Disney, Rapunzel. Jesica menganggap semua usahanya selama dua tahun sudah mendekatkannya pada asa tersebut.

Ia bercerita sempat jadi korban perundungan karena berat badan tidak proporsional. Fakta inilah yang membuatnya justru bersemangat mengadaptasi gaya hidup sehat dan belajar mencintai diri sendiri.

"Saya juga sempat tertekan karena omongan haters," tambahnya.

Tapi, masa-masa sulit itu berhasil dilalui. Jesica sekarang mengaku sangat dicintai banyak orang yang kemudan menjelma jadi sistem pendukungnya. "Tahun ini, saya belajar dan telah tumbuh jadi orang lebih baik, lantaran bisa merepresentasi negara saya, Indonesia," imbuhnya.

Sekarang, Jesica berharap bisa jadi inspirasi bagi banyak orang, telebih anak pengidap HIV/AIDS untuk terus hidup demi menggapai mimpi-mimpi mereka. Kontes kecantikan, dalam kacamata perempuan kelahiran Bogor, Jawa Barat tersebut, membuatnya belajar banyak hal.

Tak hanya untuk diri sendiri, tapi juga bisa diperpanjang manfaatnya dengan berbagi pada orang lain. "Saya ingin berterima kasih pada semua pihak yang sudah mendukung saya melewati perjuangan hidup saya. Tolong tetap doakan saya dan harapkan saya beruntung. Terima kasih," tandas Jesica Fitriana

2nd Runner Up Miss Supranational 2019

Puteri Indonesia Pariwisata 2019 Jesica Fitriana tampil membawakan kostum nasional di Miss Supranational 2019. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B5fB7lWFpM3/Dinny Mutiah)

Sementara, Jesica Fitriana meraih posisi 2nd runner up Miss Supranational 2019, mahkota kontes kecantikan bergengsi ini dibawa pulang wakil Thailand, Anntonio Porsild, disusul Yana Haenisch sebagai 1st runner up.

Posisi 3rd runner-up disabet Janick Maceta Del Castillo dari Peru dan 4th runner-up oleh wakil Venezuela, Gabriela De La Cruz. Ajang Miss Supranational 2019 sendiri diikuti 79 perempuan dari berbagai belahan dunia.

Sebelumnya, kostum nasional yang dikenakan Jesica sudah lebih dulu meraih 2nd runner up. Kostum bertajuk "The Precious; Boru ni Raja" yang mengusung adat Batak itu merupakan karya desainer Jember Fashion Carnaval, Ayu Davira.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KCI Tambah Perjalanan KRL Lintas Bekasi Mulai Hari Ini

Posted: 06 Dec 2019 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai hari ini menambah jumlah perjalanan KRL di lintas Bekasi. Penambahan ini bagian dari peningkatan pelayanan perusahaan.

Selain itu, hal ini juga bagian dari evaluasi terhadap pelaksanaan GAPEKA 2019.

"Upaya memenuhi harapan para pengguna dilakukan melalui rekayasa pola operasi sehingga perjalanan KRL di jam-jam sibuk dapat bertambah," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019).

Perjalanan yang ditambah adalah untuk relasi Manggarai - Tambun dan kembali lagi dengan relasi Tambun - Manggarai. Jadwal keberangkatannya adalah KLB D1/10358 (Manggarai - Tambun) yang berangkat pukul 05.05 WIB dan KLB D1/10367 (Tambun - Manggarai) yang berangkat pukul 06.18 WIB.

Penambahan ini melengkapi rekayasa pola operasi sebelumnya yang telah dimulai sejak Kamis 5 Desember 2019 yaitu KA 1327 (Bekasi - Manggarai - Jakarta Kota) yang berangkat pukul 06.13 WIB dan KA 1331 (Bekasi - Manggarai - Jakarta Kota) yang berangkat pukul 06.26 WIB.

PT KCI mengharapkan masyarakat terutama yang biasanya naik dari Stasiun Tambun dapat memanfaatkan tambahan jadwal keberangkatan ini.

"Setelah kereta mengakhiri perjalanan di Stasiun Manggarai pengguna dapat transit untuk berganti kereta ke stasiun tujuannya," tegas Anne.

Anne menegaskan, dengan pilihan jadwal keberangkatan yang semakin bertambah, pengguna juga dihimbau untuk tetap mengutamakan keselamatan, tidak berdesakan dan memaksakan diri naik ke dalam KRL yang telah penuh.

 

Tiket MRT dan KRL Bakal Terintegrasi Mulai 2020

Rangkaian kereta commuter line saat melintas di dekat Stasiun Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (29/12/2015). Untuk mengakomodasi penumpang pada malam pergantian tahun, KRL Commuter Line akan beroperasi 24 jam. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah melakukan integrasi tiket Mass Rapid Transit (MRT) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Dua moda transportasi massal ini akan memiliki tiket yang sama.

Bila sebelumnya masing-masing moda transportasi tersebut memiliki sitem tiket sendiri, maka ke depannya pengguna dua transportasi ini akan menggunakan satu kartu yang sama.

"Sekarang sudah terintegrasi antar moda yang satu dengan yang lainnya," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, Senin (2/12).

Integrasi tiket ini sudah mendapat restu dari Bank Indonesia pada 14 November lalu. Sehingga nantinya akan memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi massal.

Bambang menegaskan, saat ini prosesnya sudah berjalan secara teknis di lapangan. PT KCI, kata Bambang, sudah siap melakukan integrasi. Hanya saja, masih ada kendala dari MRT dalam pemasangan alat.  Diperkirakan integrasi ini bisa mulai diterapkan pada awal tahun 2020.

"Insya Allah nanti kuartal pertama tahun 2020 bisa digunakan," ujar Kepala BPTJ.

 

Moda Transportasi Lain

Sejumlah sepeda motor melintas di jalur Transjakarta di Jalan Galunggung, Jakarta, Kamis (7/2). Pelanggaran lalu lintas tersebut disebabkan kurangnya disiplin dan kepatuhan hukum dari pengguna jalan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jika ini sudah berjalan, kata Bambang, masyarakat tak perlu repot dalam membeli kartu saat berpindah moda transportasi, khususnya antara MRT dan KRL. Sebab, keduanya sudah terintegrasi.

Tidak hanya itu, BPTJ juga bakal melakukan hal serupa terhadap moda transportasi lainnya yang belum terintegrasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Madrid Vs Espanyol: Pantang Terpeleset

Posted: 06 Dec 2019 08:25 PM PST

Madrid - Real Madrid akan menghadapi Espanyol pada laga pekan ke-16 La Liga di Santiago Bernabeu. Real Madrid wajib menang untuk menjaga persaingan dengan Barcelona.

Saat ini, Real Madrid berada di peringkat kedua pada klasemen sementara La Liga. Los Blancos hanya kalah selisih gol dari dari Barcelona.

Karena itu, kemenangan atas Espanyol akan menjadi hal yang krusial untuk Real Madrid. Kemenangan tersebut nantinya bisa menjadi bekal bagi Los Blancos untuk menjaga persaingan.

Setelah main kandang kontra Espanyol, pasukan Zinedine Zidane akan memainkan tiga partai kandang secara berurutan. Ini dimulai dengan lawatan ke markas Club Brugge di matchday pemungkas fase grup Liga Champions (12/12/2019), kemudian disambung dengan duel kontra Valencia (16/12/2019) dan kontra Barcelona di La Liga (19/12/2019).

Real Madrid tak terkalahkan dalam delapan laga terakhirnya di semua kompetisi. Real Madrid perlu menjaga tren positif ini sampai melawan Barcelona nanti. Pertama, melawan Espanyol, mereka harus bisa mengamankan tiga poin.

Espanyol sedang terpuruk pada musim ini. Dalam lima laga terakhirnya di La Liga, tetangga Barcelona ini empat kali kalah dan cuma sekali seri. Hingga pertandingan ke-15, mereka pun baru bisa mengumpulkan sembilan poin.

Real Madrid sangat diunggulkan menang. Jika sampai terpeleset, itu bisa merusak momentum, dan berpengaruh terhadap kepercayaan diri mereka di laga-laga berikutnya.

Data dan Fakta

Ilustrasi logo La Liga Spanyol. (dok. Google)

Prakiraan susunan pemain

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Valverde, Casemiro, Modric; Isco, Benzema, Bale

Pelatih: Zinedine Zidane

Espanyol (5-3-2): Diego Lopez; Pipa, David Lopez, Bernardo, Calero, Pedrosa; Granero, Marc Roca, Darder; Wu Lei, Calleri

Pelatih: Pablo Machin

5 Pertemuan Terakhir

  • 28-01-2019 Espanyol 2-4 Real Madrid (La Liga)
  • 23-09-2018 Real Madrid 1-0 Espanyol (La Liga)
  • 28-02-2018 Espanyol 1-0 Real Madrid (La Liga)
  • 02-10-2017 Real Madrid 2-0 Espanyol (La Liga)
  • 18-02-2017 Real Madrid 2-0 Espanyol (La Liga)

5 Pertandingan Terakhir Real Madrid

  • 07-11-2019 Real Madrid 6-0 Galatasaray (UCL)
  • 10-11-2019 Eibar 0-4 Real Madrid (La Liga)
  • 24-11-2019 Real Madrid 3-1 Sociead (La Liga)
  • 27-11-2019 Real Madrid 2-2 PSG (UCL)
  • 30-11-2019 Alaves 1-2 Real Madrid (La Liga)

5 Pertandingan Terakhir Espanyol

  • 08-11-2019 Espanyol 6-0 Ludogorets (UEL)
  • 10-11-2019 Atletico 3-1 Espanyol (La Liga)
  • 24-11-2019 Espanyol 1-1 Getafe (La Liga)
  • 29-11-2019 Frencvaros 2-2 Espanyol (UEL)
  • 01-12-2019 Espanyol 2-4 Osasuna (La Liga)

Prediksi Bola.com

Real Madrid 60-40 Espanyol

Real Madrid jelas lebih unggul dari Espanyol. Meski tidak tampil meyakinkan, Real Madrid berpeluang besar meraih kemenangan karena komposisi skuat yang dimiliki. Saat ini, mental Espanyol sedang suram. Karena itu mereka akan sulit untuk menghadapi Real Madrid yang berstatus sebagai tim unggulan.

Disadur dari Bola.net (Gia Yuda Pradana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Adik Sendiri, Ini 6 Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia

Posted: 06 Dec 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pelantun lagu "Kutunggu Kau Putus", Sheryl Sheinafia baru saja merayakan pertambahan usianya yang ke-23 tahun pada 4 Desember 2019 silam. Dari laman instagramnya, sejumlah ucapan dari selebriti dan rekannya pun membanjiri kolom komentar gadis kelahiran Jakarta ini. 

Berbeda dari yang lain, Vidi Aldiano pun mengucapkan selamat ulang tahun pada Sheryl lewat unggahan di laman instagram pribadinya. Sembari mengucapkan selamat, Vidi Aldiano juga mengatakan bahwa Sheryl sudah ia anggap layaknya adik sendiri. 

"Ga pernah punya adik cewe, sampai beberapa tahun yang lalu bertemu dengan anak Sagi gila, yang sedang berulang tahun hari ini.  I'm so blessed that I have an actual little sister now thanks to you. Stay lit, awesome, weird, and stay happy ya dek. You know I love you so much. Happy birthday, @sherylsheinafia!" tulis Vidi Aldiano di laman instagramnya pada Kamis (5/12/2019) 

Penyanyi, presenter sekaligus aktris ini memang terlihat akrab dengan Vidi Aldiano.  Sheryl dan Vidi pernah berkolaborasi dalam lagu "I Don't Mind' bersama Jevin Julian.  Enggak jarang, keduanya terlihat sering manggung bersama. 

Enggak cuma itu aja, Sheryl saat ini juga tengah menjalin asmara dengan adik Vidi Aldiano, Vadi Akbar.  Wajar saja deh, kalau dua seleb muda ini memang terlihat layaknya kakak dan adik. Penasaran seperti apa potret kebersamaan Vidi dan Sheryl?  Berikut Liputan6.com ulas dari akun instagram Vidi dan Sheryl, momen kebersamaan Vidi dan Sheryl bak adik kakak, Sabtu (7/12/2019). 

1. Bersama Jevin Julian, Sheryl dan Vidi berkolaborasi dalam lagu

Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia (Sumber: Instagram//vidialdiano//sherylsheinafia)

2. Sama-sama terjun di dunia musik, enggak jarang keduanya kerap tampil bersama loh!

Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia (Sumber: Instagram//vidialdiano//sherylsheinafia)

3. Layaknya adik sendiri nih!

Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia (Sumber: Instagram//vidialdiano//sherylsheinafia)

4. Beda usia 6 tahun, keduanya memang terlihat seperti kakak adik ya!

Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia (Sumber: Instagram//vidialdiano//sherylsheinafia)

5. Enggak cuma itu aja, Sheryl saat ini tengah menjalin asmara dengan Vadi Akbar, adik Vidi Aldiano.

Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia (Sumber: Instagram//vidialdiano//sherylsheinafia)

6. Keseruan Vidi dan Sheryl saat berkunjung di Negeri Sakura. Akrab banget ya!

Momen Kebersamaan Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia (Sumber: Instagram//vidialdiano//sherylsheinafia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Heroik TNI dan Warga Papua Ganti Bendera Bintang Kejora dengan Merah Putih

Posted: 06 Dec 2019 08:12 PM PST

Liputan6.com, Papua - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Yonif 754 Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) bersama warga berhasil menurunkan bendera Bintang Kejora di atas Tower Navigasi, Jalan Yos Sudarso, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua pada Jumat 6 Desember 2019.

Bendera Bintang Kejora tersebut sempat berkibar setinggi 30 meter sejak 17 Agustus 2019. Bersama warga sekitar, TNI berhasil menurunkan bendera yang biasa digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu dan menggantikannya dengan bendera Merah Putih.

Dansatgas Pamrahwan Yonif 754/ENK Kostrad Letkol Inf Dodi Nur Hidayat mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih di Asmat ini dipimpin langsung oleh Letda Inf Laksono selaku Danpos Satgas Pamrahwan Yonif 754/ENK.

Menurut Dodi, penurunan bendera Bintang Kejora ini mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat. Dodi mengatakan, masyarakat di Asmat menyatakan bahwa Asmat adalah bagian dari NKRI.

"Aksi heroik ini merupakan salah satu bentuk dan wujud ketegasan warga masyarakat Asmat yang mewakili seluruh masyarakat Papua bahwa mereka sangat mencintai Indonesia," ucap Dodi dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/12/2019).

Dodi menegaskan tidak ada bendera yang bisa berkibar di wilayah Papua selain bendera Merah Putih. Sebab, Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Tegaskan Asmat Papua Bagian NKRI

Warga Papua dan TNI mengganti bendera bintang kejora dengan merah putih. (Ist)

Salah satu warga Asmat, Alowisius yang ikut mengibarkan bendera Merah Putih di atas tower tersebut juga menegaskan bahwa dirinya adalah bagian dari NKRI.

"Bendera saya hanya bendera Merah Putih, tidak ada yang lain lagi. Kita masyarakat Papua, kita cinta terhadap Indonesia dan kita cinta terhadap bendera Merah Putih," ungkap Alowisius.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Letnan Arab Saudi Lakukan Penembakan Massal di Markas AL Florida, 4 Orang Tewas

Posted: 06 Dec 2019 08:10 PM PST

Liputan6.com, Florida - Perwira militer asal Arab Saudi menjadi tersangka penembakan massal di Pangkalan Udara Angkatan Laut Pensacola di Florida. Ia merupakan bagian dari militer Saudi yang sedang ikut latihan terbang di pangkalan itu.

Dilansir CNN, Sabtu (7/12/2019), penembakan terjadi pada Jumat pagi 6 Desember oleh warga Arab Saudi bernama Mohammed Alshamrani yang berpangkat Letnan Dua. Pelaku menewaskan tiga orang serta melukai setidaknya 11 orang lain.

Senjata yang digunakan pelaku adalah jenis pistol tangan (handgun). Ia tewas setelah adu tembak dengan dua petugas yang ikut terluka. Total korban pun menjadi empat orang, termasuk pelaku.

FBI sudah mengambil alih investigasi kasus ini. Kasus penembakan ini belum ditetapkan sebagai kasus terorisme.

Nama-nama korban sejauh ini belum dirilis, sampai pihak berwajib menghubungi keluarga mereka.

Pelaku mulai latihan di AS pada Agustus 2017 sebagai bagian dari program tiga tahun. Pihak Kementerian Pertahanan Amerika menyebut pelaku belajar penerbangan dasar, pelatihan pilot, dan Bahasa Inggris.

Gubernur Florida Ron DeSantis meminta pemerintah Arab Saudi agar bertanggung jawab pada korban serta mempertanyakan pelatihan militer warga asing. Namun, pihak militer berkata kehadiran murid internasional adalah hal wajar dan ada ratusan murid asing di pangkalan Pensacola.

"Selalu ada murid-murid internasional yang berlatih di sini, karena tempat ini bagus sebagai tempat latihan. Ini adalah pelatihan berkualitas bagus," ujar Commading Officer dari Pangkalan Udara Pensacola, Kapten Tim Kinsella.

Insiden penembakan ini terjadi tak lama usai pria diduga petugas militer menembak dua orang di Pearl Harbour pada Rabu siang 4 Desember 2019. Pelaku yang merupakan anggota Angkatan Laut AS bunuh diri di lokasi kejadian.

Raja Arab Saudi Ikut Berduka Cita

Raja Salman salat Idul Fitri di Masjidil Haram. (SPA)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan bahwa Raja Salman dari Arab Saudi telah menelepon. Sang raja turut mengecam penembakan yang terjadi dan menegaskan rakyat Arab Saudi marah akibat peristiwa itu. 

"Raja Salman dari Arab Saudi baru saja menelepon untuk mengungkapkan rasa berduka citanya dan memberikan simpatinya ke keluarga dan sahabat dari kesatria yang terbunuh dan terluka dalam serangan yang terjadi di Pensacola, Florida," tulis Trump pada Jumat kemarin waktu setempat.

"Sang Raja juga mengatakan rakyat Saudi sangat marah oleh aksi barbar si penembak, dan orang ini tidaklah mewakili dalam bentuk apapun perasaan rakyat Arab Saudi yang mencintai rakyat Amerika," ujar Trump.

Gedung Putih masih memonitor kejadian ini dan telah menghubungi pejabat setempat untuk menawarkan bantuan.

Jejak Digital

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

FBI menyebut masih belum mengetahui motif dari penembakan. Para investigator juga sedang mencari tahu bagaimana pelaku yang merupakan warga asing bisa mendapatkan senjata api.

Pelaku seharusnya belajar di AS hingga Agustus 2020. Sumber CBS News menyebut investigator sudah berbicara dengan warga Saudi lainnya yang terkait penembakan. Hingga kini belum ada penahanan atau penetapan tersangka.

Middle East Media Research Institute menemukan jejak digital di Twitter yang diduga milik si penembak. Pelaku berkata tidak membenci orang Amerika, tetapi ia marah karena kebijakan AS yang mendukung Israel.

"Apa yang saya lihat dari Amerika adalah mendukung Israel yang merupakan bentuk penjajahan negara Muslim," tulis akun tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Proyek Jembatan Hanyut Disapu Banjir Bandang

Posted: 06 Dec 2019 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah proyek jembatan yang baru selesai 60 persen pengerjaannya hanyut disapu banjir bandang yang terjadi di Bogor. Tidak ada korban dalam peristiwa ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Derasnya Banjir Seret Kendaraan Warga di Bandung

Posted: 06 Dec 2019 08:02 PM PST

Fokus, Bandung - Sebagaimana terekam dalam video amatir ini, derasnya terjangan air yang melintas di permukiman warga di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ini membuat sejumlah kendaraan warga ikut terseret.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (7/12/2019), banjir di kawasan ini juga masih mungkin meningkat, karena hingga menjelang malam, hujan masih terus mengguyur.

Buruknya resapan air dan gundulnya hutan di sekitar perkampungan membuat Kecamatan Kertasari selalu rawan banjir saat musim hujan.

Wilayah lain di Kabupaten Bandung yang tergenang banjir, yakni Kecamatan Banjaran. Sama seperti di Kecamatan Kertasari, banjir di wilayah ini pun kiriman dari kawasan hulu, yakni Pangalengan.

Tak hanya ratusan rumah warga yang terendam, beberapa ruas jalan ikut terendam dengan ketinggian air sekitar 1 meter. Seperti di Jalan Raya Kamasan yang menghubungkan wilayah kabupaten ke Kota Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cara Laporkan Anak Dibawah 13 Tahun Pakai Instagram

Posted: 06 Dec 2019 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Instagram membatasi pengguna minimal berusia 13 tahun. Akun di bawah 13 tahun harus mencantumkan keterangan di bio.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Bentrok Antar Ormas Islam di Kampung Jokowi

Posted: 06 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Solo Bentrok antar ormas terjadi di depan kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Solo yang terletak di Jalan Honggowongso, Solo, Jumat, 7 Desember 2019. Bentrokan terebut melibatkan elemen ormas Islam yang menggelar demo kasus Gus Muwafiq di Mapolresta Solo dengan pemuda Nahdlatul Ulama (NU) yang berjaga di depan Kantor PCNU Solo.

Ketua PCNU Solo, Mashuri menyayangkan terjadinya aksi bentrokan yang melibatkan Banser dan Pagar Nusa dengan sekelompok massa ormas Islam peserta aksi demo terkait kasus Gus Muwaffiq yang awalnya menggelar demo di depan Mapolresta Solo.Bentrokan terjadi ketika para peserta demo pulang melintasi depan  Kantor PCNU Solo.

"Berangkatnya tidak lewat kantor NU Solo, tapi pulangnya lewat depan kantor dan saling provokasi. Bahkan, sempat ada lempar-lemparan batu, tongkat dan bambu," kata dia di Solo, Jumat, 6 Drsember 2019.

Menurut Mashuri untuk menghindari terjadi bentrokan, PCNU sejak awal sudah menghimbau kepada petugas keamanan untuk meniadakan aksi demo terkait kasus yang menimpa Gus Muwafiq.

Hanya saja demo tersebut tetap digelar pada hari Jumat dan peserta aksi saat pulang malah melewati depan Kantor PCNU Solo yang di depannya juga terjadi konsentrasi massa dari Banser dan Pagar Nusa.

"Tiga hari kemarin, saya sudah berusaha untuk mengerem melalui aparat serta melalui forum ukhuwah ustaz Alim untuk menyampaikan agar tidak ada aksi untuk hari Jumat. Tapi ternyata mereka tetap membikin aksi. Ya sudah, tapi kalau tetap aksi jangan sampai lewat depan Kantor NU, namun ternyata pulangnya malah lewat depan Kantor NU," dia menjelaskan kronologi bentrok ini.

Simak video pilihan berikut ini:

Kronologi Bentrokan

Wakapolresta Solo AKBP Iwan Saktiadi saat ditemui di lokasi bentrokan di depan Kantor PCNU Solo, Jumat (6/12).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Usai bentrok, kepolisian langsung memediasi pimpinan dua kelompok ormas Islam tersebut. Proses mediasi dua perwakilan massa berlangsung di tengah jalan yang memisahkan antara massa peserta aksi dengan pemuda NU.

"Kami menyampaikan sudah lan jangan terjadi bentrokan. Kita bicaranya untuk saling menahan diri. Kita malu harus tetap mengedepankan ukhuwah Islamiyah. Terus akhirnya massa mundur. Tapi sempat ada provokasi lagi tapi bisa diredam," ucapnya.

Wakapolresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi  mengatakan dari hasil indentifikasi bahwa massa yang terlibat gesekan di depan Kantor PCNU Solo melibatkan dua kelompok yakni dari peserta aksi demo yang tergabung dalam Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dan kelompok massa yang berjaga di depan Kantor PCNU.

"Kelompok yang melaksanakan unjuk rasa tadi berasal dari DSKS," sebutnya.

Gesekan dua massa ormas Islam itu terjadi ketika massa peserta aksi demo melintasi depan Kantor PCNU Solo untuk kembali ke titik awal pemberangkatan yang letaknya tak jauh dari kantor tersebut. Namun, saat melintasi depan Kantor PCNU Solo terjadi provokasi di antara dua ormas tersebut.

"Informasinya rombongan setelah kembali dari aksi demo melintas ke arah titik kumpul mereka di awal. Sempat terjadi gesekan dan salah paham karena ada yang teriak-teriak, akhirnya ya Alhamdulillah belum terjadi baku hantam," ucap Iwan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluruh Pulau Di NTT Bakal Diterangi Listrik PLN di 2020

Posted: 06 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menargetkan seluruh pulau di Nusa Tenggara Tenggara Timur (NTT) berlistrik pada 2022. Sebagian besar listrik di NTT ini nantinya akan bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara Supangkat Iwan Santoso mengatakan, di NTT terdapat 1.100 lebih pulau.

Dari banyaknya pulau tersebut 44 diantaranya pulau berpenghuni dan yang‎ sudah mendapat pasokan listrik dari PLN baru 29 pulau. PLN pun menargetkan akan menyambung listrik 15 pulau pada triwulan pertama 2020.

"Kita diminta 17 Agustus 2020 ditargetkan‎ rasio elektrifikasi 100 persen," kata Iwan, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Untuk melistriki 15 pulau di NTT tersebut, PLN akan menggunakan PLTS dengan kapasitas rata-rata 500 kilo Watt (kW) per pulau. Kemudian listrik tersebut disimpan dalam baterai agar masyarakat bisa menggunakan listrik pada malam hari.

Menurut Iwan, PLTD tidak dijadikan pilihan untuk menerangi 15 pulau di NTT tersebut karena biaya angkut Bahan Bakar Minyak (BBM) tinggi.‎ Sedangkan PLTS tidak ada biaya pengadaan sumber energi.

 

Sistem Jaringan Terpusat

Suasana perbaikan Menara Sutet di Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

PLN akan menerapkan sistem jaringan terpusat (komunal) untuk melistriki pulau di NTT. Rata-rata per rumah tangga akan menjadi pelanggan 450 Volt Amper (VA).

"Tidak pakai PLTD karena bawa minyaknya mahal sekali (ke pulau-pulau), waktu pakai PLTD punya peroperangan, biaya produksi listriknya Rp 12 ribu per hari untuk 2 lampu saja. Masih murah ini (PLTS)," paparnya.

Dia mengungkapkan, biaya yang dibutuhkan untuk melistriki setuap satu pulau yang berisi 50 sampai 400 rumah mencapai Rp 200 miliar. Anggaran ini akan dialokasikan dari kas internal.

"Pembangkit komunal,kalu paki jaringan kontraktornya nggak kuat uangnya terbatas, kita percepat kita bantu," tandasnya.

Tunggakan Pelanggan PLN di Jayapura hingga Sentani Capai Rp4,8 Miliar

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Manajemen PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura membentuk Tim Pemutusan dan Penyambungan (Tusbung) Gabungan UP3 dan ULP.

Tim akan bekerja di wilayah Jayapura, Abepura dan Sentani. Tim Tusbung terdiri dari 20 pegawai PLN dan 40 pegawai mitra kerja.

Manager Bagian Pelayanan Pelanggan dan Pemasaran UP3, Laurance Malau menyebutkan tujuan Tusbung untuk mengamankan pendapatan perusahaan, sekaligus  untuk membudayakan pelanggan dalam mendisiplinkan diri membayar listrik tepat waktu, khusus pengguna pasca bayar.

Kata Malau, pelanggan di Jayapura, Abepura dan Sentani yang menggunakan listrik pasca bayar tercatat 90 ribu pelanggan, dengan total tunggakan mencapai Rp4,8 miliar.Tagihan tersebut termasuk pelanggan umum, vertikal dan pemda.

Malau menyebutkan dengan membayar listrik tepat waktu, masyarakat membantu pembangunan kota/kabupaten, karena setiap pembayaran listrik ada pajak penerangan jalan yang disetorkan ke pemda masing-masing.

"Kami optimis harus nihil tunggakan hingga akhir tahun ini. Kegiatan Tusbung sebagai semangat dalam melayani pelanggan. Memastikan pelanggan membayar listrik tepat waktu, guna membangun disiplin untuk diri sendiri dan listrik adalah kebutuhan utama," jelasnya, katanya, Rabu 4 Desember 2019.

Kegiatan Pemutusan Listrik yang dilakukan serempak di semua ULP lingkup UP3 Jayapura, sesuai dengan surat pemberitahuan yang dilaksanakan mulai tanggal 3 Desember hingga 31 Desember 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal U-20 International Cup: Indonesia All Stars vs Arsenal di Tempat Ketiga

Posted: 06 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Bali - Indonesia All Stars akan memperebutkan posisi ketiga di U-20 International Cup pada Sabtu (7/12/2019) di Bali. Tim asuhan Eko Purdjianto akan melawan Arsenal.

Ini bakal menjadi laga ulangan bagi kedua tim. Pada laga pembuka U-20 International Cup, Indonesia All Stars menang 3-1 atas Arsenal.

Ketika itu, gol Indonesia All Stars dicetak oleh M Supriadi, Theo Numberi, dan Irfan Jauhari. Arsenal membalas melalui sepakan Sam Greenwood dari tendangan penalti.

Kini pada perebutan tempat ketiga, Indonesia All Stars sudah siap melawan Arsenal, meski menelan dua kekalahan dari Real Madrid (4-5) dan Inter Milan (0-1).

Duel Indonesia All Stars vs Arsenal bakal disiarkan langsung di SCTV. Lihat jadwal selengkapnya di halaman berikut.

 

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 7 Desember 2019

Pukul 15.00 WIB

Indonesia All Stars vs Arsenal

Venue: Stadion Kapten I Wayan Dipta

Live di SCTV

 

Hasil Indonesia All Stars

1 Desember 2019, Indonesia All Stars 3-1 Arsenal

3 Desember 2019, Real Madrid 5-4 Indonesia All Stars

5 Desember 2019, Inter Milan 1-0 Indonesia All Stars

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Android 10 di Nokia 9 PureView Curi Perhatian

Posted: 06 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang Nokia 9 PureView yang mendapatkan pembaruan sistem operasi ke Android 10 menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Jumat (6/12/2019).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah kontribusi smartphone 5G terhadap pasar smartphone premium dan Amazon yang merancang chipset khusus pusat data.

Selengkapnya simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Nokia 9 PureView Sudah Bisa Cicipi Android 10

Seiring waktu semakin banyak smartphone yang bisa mendapatkan pembaruan OS ke Android 10. Kali ini giliran Nokia 9 PureView.

Dilansir GSM Arena, Jumat (6/12/2019), para pengguna Nokia 9 PureView akan mendapatkan notifikasi pembaruan Over The Air (OTA). Namun sebelumnya, pengguna harus memastikan smartphone tersebut sudah memiliki patch keamanan terbaru.

Patch keamanan tersebut dibutuhkan sebelum melakukan pembaruan. Pengguna bisa mengakses Settings, lalu pilih About untuk memastikan sudah memiliki patch keamanan November.

Selengkapnya baca di sini

2. Smartphone 5G Sumbang 5 Persen untuk Segmen Premium Per Q3 2019

Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iStockphoto)

Perusahaan riset pasar Counterpoint merilis data pangsa pasar smartphone premium global berdasarkan pengiriman per kuartal (Q3) 2019. Pangsa pasar mengalami penurunan 7 persen year-over-year (YoY) pada Q3 2019, tapi kehadiran 5G dinilai sedikit membantu.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (6/12/2019), Counterpoint mengungkapkan 5G sedikit membantu mengontrol penurunan pengapalan smartphone premium global. Smartphone 5G menyumbang 5 persen dari total produk premium yang dikirim pada periode Juli hingga September 2019.

Samsung saat ini memimpin segmen smartphone 5G dengan 74 persen, diikuti LG 11 persen, dan Vivo dengan 5 persen pangsa pasar. Menurut analisis, adopsi awal 5G di Tiongkok, Korea Selatan, dan Amerika Utara sangat membantu.

Selengkapnya baca di sini

3. Amazon Rancang Chipset untuk Pusat Data

Ilustrasi chipset, prosesor.

Pusat data adalah salah satu sektor yang tengah mengalami pertumbuhan sejak beberapa tahun belakangan ini. Dalam kinerja dan pemrosesan di suatu perangkat, chipset berperan penting, tak terkecuali perangkat di pusat data. 

Amazon sebagai perusahaan yang juga memiliki anak usaha di sektor pusat data berbasis komputasi awan, yakni AWS, merancang sebuah chipset yang secara khusus ditujukan untuk pusat data. 

Selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Mengenali Ada Percikan Asmara di Kantor

Posted: 06 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan di kantor nggak sebatas rekan kerja, bisa juga muncul perasaan cinta. Jadi, jangan kaget jika ada rasa cinta karena banyaknya waktu yang dihabiskan di kantor, percintaan di lingkungan kerja pun lumrah.

Untuk mengetahui apakah sedang ada cinta-cintaan di kantor, Pakar Body Language Allan dan Barbara Pease dalam bukunya yang berjudul The Body Language in The Work Place menjelaskan ada beberapa petunjuk yang bisa dilihat dari jarak jauh dikutip dari situs Health pada Sabtu, 7 Desember 2019.

1. Kedekatan

Menurut Pease, ketika orang merasa lebih dekat secara emosional maka jarak mereka juga semakin dekat.

2. Kepemilikan

Pease bilang, Anda bisa memperhatikan gerak-gerik akrab yang samar-samar mengindikasikan bahwa orang ini 'miliknya'.

"Seorang wanita mungkin menepis kotoran dari pakaian pria untuk menunjukkan pria itu sudah ada yang punya," kata Pease.

Atau bagi pria, dia akan meletakkan tangannya di punggung wanita untuk menunjukkan dia melindunginya.

 

Ciri Lainnya

Untuk Anda yang sudah berkeluarga, pastikan 7 fasilitas berikut ini ada di kantor Anda  (iStockphoto)

3. Bahasa tubuh genit

Pease mengatakan, wanita biasanya menyentuh bagian tubuh sendiri seperti mengusap leher saat berbicara, mengarahkan lutut pada objek yang disukainya saat duduk. Atau bersolek dengan memainkan rambut dan membasahi bibirnya.

"Bagi pria, biasanya mengaitkan ibu jari pada ikat pinggang, merapikan pakaian, dan menatap lama-lama," katanya.

4. Sentuhan

Pease menyarankan perhatikan sentuhan berulang atau penuh perasaan. Sentuhan tangan mengindikasikan tingkat keintiman yang lebih tinggi ketimbang sentuhan di lengan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dayung Tambah Lagi Pundi-Pundi Emas Kontingen Indonesia di SEA Games 2019

Posted: 06 Dec 2019 07:59 PM PST

Manila - Indonesia menambah koleksi medali emas pada SEA Games 2019 di Triboa Bay, Subic, Filipina pada Sabtu (7/12/2019) pagi.

Kali ini dari cabang olahraga dayung SEA Games 2019. Indonesia menempati podium pertama nomor pair lewat Ferdiansyah dan Denri Al Ghiffari. Ferdiansyah dan Denri finis pertama dengan catatan waktu 6 menit 58,46 detik.

Posisi kedua diraih pasangan Thailand, Nuttapong Sangpromcharee/Jaruwat Saensuk dengan catatan waktu 7 menit 5,09 detik.

Medali perunggu diraih oleh Vietnam, Truong Le Mau/Linh Phan Manh dengan catatan waktu 7 menit 06,87 detik.

Sementara di nomor lighteweigt single sculls putra, Kakan Kusmana meraih medali perunggu dengan catatan waktu 7 menit 39,54 detik. Medali emas direbut Filipina dan perak milik Thailand.

Dengan demikian, untuk sementara di SEA Games 2019, Indonesia mengumpulkan 42 medali emas, 40 perak, dan 48 perunggu.

Disadur dari Bola.com (Wiwig Prayugi/Aning Jati, published 7/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdana, Angela Merkel Kunjungi Kamp Nazi di Auschwitz

Posted: 06 Dec 2019 07:55 PM PST

Liputan6.com, OÅ›wiÄ™cim - Angela Merkel untuk pertama kalinya mengunjungi kamp kematian Nazi Auschwitz selama menjadi kanselir Jerman.

Auschwitz yang berlokasi di Polandia, menjadi saksi bisu penyiksaan yang dialami orang Yahudi akibat penindasan Partai Sosialis Nasional Jerman atau Nazi.

Dilaporkan AFP, Jumat (6/12/2019), kunjungan Merkel ke Auschwitz dianggap mengandung pesan politik. Ia datang ditemani Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan penyintas Auschwitz berusia 87 tahun, Bogdan Stanislaw Bartnikowski.

Merkel memulai kunjungannya dengan melewati slogan Nazi Arbeit macht frei (Bekerja akan memberimu kemerdekaan) yang masih menggantung di gerbang Auschwitz.

Angela Merkel menyebut pemerintahannya akan senantiasa melawan tindakan kebencian terhadap penganut Yahudi.

"(Prioritas pemerintah) berjuang melawan anti-semitisme dan segala bentuk kebencian," ujar Merkel.

Kanselir Merkel juga mengheningkan cipta selama satu menit di hadapan Tembok Kematian yang menjadi tempat eksekusi tembak, dan Merkel juga masuk ke lokasi ruang gas Auschwitz  serta ruang kremasi.

Para korban ruang gas umumnya tak tahu nasib yang menanti mereka. Prajurit Nazi hanya menyuruh mereka mandi, kemudian disuruh masuk ke ruang gas dan dibunuh dengan gas Zyklon B. Setelah itu, prajurit Nazi membakar korban. Rambut dan perhiasan milik korban juga diambil oleh prajurit Nazi, demikian laporan Auschwitz.org.

Para dokter Jerman juga melakukan beragam eksperimen terhadap para tahanan. Ada yang untuk tujuan medis, demi perusahaan obat, atau terkait kepentingan pribadi si dokter. Total ada 1,1 juta orang yang dikirim ke Auschwitz.

Pada kunjungan ini pula Angela Merkel mengumumkan sumbangan sebesar 60 juta euro atau Rp 934 miliar (1 euro = Rp 15.567) kepada Yayasan Auschwitz-Birkenau.

Darurat Nazi dan Ekstremis Sayap Kanan Menghantui Kota Dresden di Jerman

Ilustrasi Bendera Jerman (pixabay.com)

Sebuah kota di Jerman timur telah mendeklarasikan "darurat" Nazi, mengatakan kota itu memiliki masalah serius dengan organisasi sayap kanan, kelompok fasis, dan anti-Islam.

Dresden, ibu kota Saxony, telah lama dipandang sebagai benteng sayap kanan dan merupakan tempat kelahiran Pegida (Gerakan Eropa Patriotik melawan Islamisasi Barat) yang anti-Islam, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin, 4 November 2019.

Anggota Kota Dresden --yang dinominasikan sebagai Ibu Kota Kebudayaan Eropa 2025-- kini telah menyetujui resolusi yang mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kata 'Nazinotstand' berarti (mirip dengan keadaan darurat iklim) bahwa kita memiliki masalah serius. Masyarakat demokratis terancam," kata anggota dewan lokal Max Aschenbach, yang memperlihatkan isi mosi darurat Nazi itu kepada BBC.

Aschenbach, dari partai politik satir berhaluan kiri, Die Partei, mengatakan dia yakin perlunya mengambil tindakan karena politikus tidak melakukan langkah yang cukup untuk "memposisikan diri mereka dengan jelas" terhadap sayap kanan.

"Permintaan itu merupakan upaya untuk mengubahnya. Saya juga ingin tahu orang seperti apa yang saya duduk di dewan kota Dresden," katanya.

Resolusi itu mengakui bahwa "sikap dan tindakan ekstremis sayap kanan ... semakin sering terjadi" dan menyerukan kota itu untuk membantu para korban kekerasan sayap kanan, melindungi kaum minoritas dan memperkuat demokrasi.

Aschenbach mengatakan mengadopsi mosi tersebut menunjukkan komitmen dewan kota untuk membina "masyarakat bebas, liberal, demokratis yang melindungi minoritas dan dengan tegas menentang." Nazi.

Apa yang Dimaksud dengan Darurat Nazi?

Ilustrasi situasi di Kamp Auschwitz Nazi (Remember.org)

"Resolusi Aschenbach" --mengutip nama pengusulnya, Max Aschenbach-- diajukan ke pemungutan suara oleh dewan kota Dresden pada Rabu 30 November 2019 malam dan disetujui dengan 39 suara melawan 29 yang menentang, menurut laporan media setempat.

Partai Demokrat Kristen (CDU) yang memerintah Jerman adalah di antara mereka yang menolak resolusi tersebut.

"Dari sudut pandang kami, ini merupakan provokasi," Jan Donhauser, ketua Kelompok Dewan Kota CDU, mengatakan kepada BBC.

"'Keadaan darurat' berarti keruntuhan atau ancaman serius terhadap ketertiban umum. Itu tidak berlaku sementara. Lebih jauh, fokus pada 'ekstremisme sayap kanan' tidak adil terhadap apa yang kita butuhkan. Kita adalah penyeimbang bagi sayap (kiri) liberal," lanjutnya.

"Tatanan dasar demokratis yang bersih dari kekerasan adalah yang terpenting, tidak peduli dari mana pihak ekstremis itu datang," katanya.

Donhauser menambahkan bahwa "mayoritas luas" warga Dresden adalah "bukan ekstremis sayap kanan atau anti-demokrasi".

Anggota Dewan Kota Max Aschenbach mengatakan, kota itu tidak diwajibkan untuk mengambil tindakan apa pun setelah adopsi resolusinya, tetapi bahwa "secara teoritis, tindakan yang ada harus diberikan prioritas yang lebih tinggi dan keputusan di masa depan harus mengikuti ini."

Sementara menentang resolusi tersebut, Partai CDU mengatakan pihaknya berharap untuk "memperkuat institusi yang paling cocok untuk memerangi kekerasan yang bermotif politik."

Kai Arzheimer, seorang profesor politik Jerman yang telah banyak menulis tentang ekstremisme sayap kanan, mengatakan dampak utama resolusi itu adalah simbolis, tetapi itu bisa berarti bahwa lebih banyak uang akan dialokasikan untuk program memerangi ekstremisme di masa depan.

"Saya tidak berpikir bahwa kota Jerman lainnya telah menyatakan 'darurat Nazi'. Resolusi terhadap ekstremisme sayap kanan tidak begitu biasa," katanya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Pertemuan Myanmar Vs Timnas Indonesia di SEA Games: Garuda Muda 5 Kali Takluk

Posted: 06 Dec 2019 07:55 PM PST

Manila - Timnas Indonesia U-22 akan bertemu Myanmar pada babak semifinal SEA Games 2019 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Sabtu (7/12/2019). Sejarah mencatat, kedua negara tak mendominasi satu sama lain ketika berhadapan di pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Sejak SEA Games 1977, kedua negara berjumpa 11 kali. Timnas Indonesia memenangi lima partai di antaranya, dua kali seri, dan empat pertandingan sisanya memihak untuk Myanmar.

Pertemuan pertama kedua kesebelasan di SEA Games terjadi pada 1977 di Malaysia. Kala itu, Timnas Indonesia dan Myanmar saling sikut untuk memperebutkan tempat ketiga.

Namun, wasit menganugerahi Myanmar dengan medali perunggu sebab para pemain Timnas Indonesia tidak kunjung menginjakkan kaki di atas lapangan setelah ditunggu selama 15 menit.

Adapun, kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Myanmar berlangsung pada babak semifinal SEA Games 1987. Empat gol dari Rully Nere, Herry Kiswanto, Ricky Yacobi, dan Robby Darwis hanya mampu dibalas sekali oleh Than Toe Aung.

Kali terakhir kedua negara bertemu adalah pada SEA Games 2017. Berjumpa pada perebutan medali perunggu, Timnas Indonesia, yang sejak SEA Games 2017 menganut format U-22, berhasil membungkam Myanmar 3-1.

Untuk ke-12 kalinya sepanjang SEA Games, kedua kesebelasan bakal beradu kuat di atas lapangan. Peluang kedua negara relatif imbang. Myanmar adalah kampiun Grup A setelah menyisihkan tuan rumah Filipina dan Malaysia.

Adapun, Timnas Indonesia U-22 melaju ke semifinal beratribut runner-up Grup B. Armada Indra Sjafri itu terpaut satu poin dari Vietnam yang keluar sebagai juara grup.

Rekor Pertemuan Myanmar Vs Timnas Indonesia

Timnas Myanmar U-22 di SEA Games 2019. (Bola.com/Dok. MFF)
  • SEA Games 1977: Myanmar - Timnas Indonesia (Timnas Indonesia U-22 tidak hadir sehingga wasit memberikan medali perunggu untuk Myanmar)
  • SEA Games 1979: Timnas Indonesia 2-1 Myanmar
  • SEA Games 1983: Timnas Indonesia 2-1 Myanmar
  • SEA Games 1987: Timnas Indonesia 4-1 Myanmar
  • SEA Games 2001: Timnas Indonesia U-23 0-1 Myanmar
  • SEA Games 2005: Timnas Indonesia U-23 0-0 Myanmar
  • SEA Games 2007: Timnas Indonesia U-23 0-0 Myanmar
  • SEA Games 2009: Myanmar 3-2 Timnas Indonesia U-23
  • SEA Games 2013: Timnas Indonesia U-23 1-0 Myanmar
  • SEA Games 2015: Myanmar 4-2 Timnas Indonesia U-23
  • SEA Games 2017: Timnas Indonesia U-22 3-1 Myanmar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Gejala Penyakit Anoreksia yang Jarang Disadari, Kenali Sejak Dini

Posted: 06 Dec 2019 07:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anoreksia kerap dikaitkan dengan cara menurunkan berat badan yang tidak sehat dan sangat ekstrem. Penderita anoreksia menganggap dirinya kelebihan berat badan, bahkan saat mereka terlalu kurus. Orang dengan anoreksia akan secara ekstrem memonitor berat badan, menghindari jenis makanan tertentu seperti membatasi kalori.

Anoreksia bukan hanya sekadar dampak dari diet berlebihan. Gangguan makan ini juga merujuk pada cara mengatasi masalah emosional yang sangat tidak sehat dan mengancam jiwa. Seiring waktu, anoreksia dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga kematian.

Orang-orang yang paling berisiko mengidap anoreksia adalah wanita di usia remaja dan dewasa muda. Meski pria dan wanita lebih tua juga dapat mengalami anoreksia. Anoreksia biasanya tidak cepat didiagnosis karena penderita dan orang disekitarnya biasanya tidak tahu bahwa mereka mengalaminya.

Banyak faktor pertimbangan secara medis untuk mendiagnosis anoreksia. Namun, ada tanda dan gejala umum seseorang sedang mengidap anoreksia. Berikut gejala anoreksia yang jarang disadari, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Sabtu (7/12/2019).

Mencuci perut untuk mengontrol berat badan

Mencuci perut untuk mengontrol berat badan| ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kecenderungan purging atau pembersihan perut adalah karakteristik umum dari anoreksia. Perilaku pembersihan ini seperti muntah yang diinduksi sendiri dan penggunaan obat-obatan tertentu seperti pencahar atau diuretik secara berlebihan.

Penderita anoreksia tipe binge eating/purging kerap melakukan ini. Aktivitas pembersihan bisa menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Obsesi dengan pemantauan makanan, kalori dan diet

Obsesi dengan pemantauan makanan, kalori dan diet (foto: shutterstock)

Gejala anoreksia lainnya adalah kekhawatiran konstan terhadap asupan makanan. Orang dengan anoreksia mungkin mencatat setiap makanan yang mereka konsumsi, termasuk air. Terkadang, mereka bahkan menghafal kandungan kalori dari makanan. Ini disebabkan oleh kekhawatiran akan kenaikan berat badan. Mereka yang menderita anoreksia dapat menurunkan asupan kalori secara dramatis dan melakukan diet ekstrem.

Pola ini akan membatasi asupan gizi yang dapat mengubah suasana hati dan meningkatkan perilaku obsesif tentang makanan. Penurunan asupan gizi juga dapat memengaruhi hormon dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti kehilangan massa tulang, serta masalah reproduksi, mental dan pertumbuhan.

Perubahan mood dan emosi

Ilustrasi mood. Sumber foto: unsplash.com/Gabriel Matula.

Orang yang didiagnosis dengan anoreksia sering memiliki gejala kondisi lain juga, termasuk depresi, kegelisahan, hiperaktif, perfeksionisme, dan impulsif. Kontrol diri yang ekstrem juga sering terjadi pada anoreksia. Karakteristik ini dimanifestasikan dengan membatasi asupan makanan untuk mencapai penurunan berat badan.

Seseorang dengan anoreksia juga bisa menjadi sangat sensitif terhadap kritik, kegagalan dan kesalahan. Ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang mengatur suasana hati, nafsu makan, motivasi dan perilaku.

Merasa memiliki citra tubuh negatif

Ilustrasi perut.  (iStockphoto)

Anoreksia ditandai dengan memiliki citra tubuh negatif dan perasaan negatif terhadap fisiknya. Bentuk dan daya tarik tubuh adalah masalah kritis bagi penderita anoreksia. Konsep citra tubuh melibatkan persepsi dan perasaan mereka tentang tubuh mereka.

Penderita anoreksia cenderung merasa dirinya tidak punya berat badan ideal. Anoreksia secara signifikan melebih-lebihkan ukuran tubuhnya. Pemeriksaan tubuh berulang adalah karakteristik lain dari anoreksia. Contoh perilaku ini termasuk melihat diri di cermin, memeriksa ukuran tubuh dan mencubit lemak pada bagian-bagian tertentu dari tubuh.

Olahraga berlebihan

ilustrasi olahraga/photo By TuiPhotoEngineer (Shutterstock)

Penderita anoreksia bisa berolahraga berlebihan untuk menurunkan berat badan. Beberapa orang dengan anoreksia juga mengalami perasaan bersalah yang hebat ketika olahraga tidak terlaksana. Berjalan, berdiri, dan lebih sering gelisah adalah jenis aktivitas fisik lain yang biasa terlihat pada anoreksia.

Olahraga berlebihan sering hadir dalam kombinasi dengan tingkat kecemasan, depresi, dan kepribadian serta perilaku obsesif yang tinggi.

Penolakan Makan

Ilustrasi diet | unsplash.com/@thoughtcatalog

Pola makan yang tidak teratur dan tingkat nafsu makan rendah adalah tanda-tanda penting dari anoreksia. Jenis anoreksia restriktif ditandai dengan penolakan terus-menerus akan rasa lapar dan penolakan untuk makan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Orang dengan anoreksia dapat merasakan penurunan berat badan lebih memuaskan daripada makan. Ini dapat membuat mereka ingin terus membatasi asupan makanan.

Melakukan ritual makan

Ilustrasi Diet | unsplash.com/@louishansel

Perilaku obsesif tentang makanan dan berat badan sering memicu kebiasaan makan berorientasi kontrol. Orang dengan anoreksia akan melakukan kebiasaan makan yang sama setiap harinya atau bersifat kumpulsif. Ritual semacam ini bisa meredakan kecemasan, menghadirkan kenyamanan, dan menghasilkan rasa kontrol.

Beberapa ritual makanan yang paling umum terlihat pada anoreksia termasuk makan dalam urutan tertentu, makan perlahan dan mengunyah berlebih, pengaturan makanan di atas piring, makan di waktu yang sama setiap hari, memotong makanan menjadi potongan kecil, menghitung porsi dan kalori, dan membatasi menu tertentu.

Penurunan berat badan yang ekstrem

Ilustrasi diet (dok Unsplash/Ossid Duha Jussas Salma)

Penurunan berat badan yang berlebihan adalah tanda utama anoreksia. Tanda ini adalah tanda yang paling terlihat. Tingkat keparahan anoreksia tergantung pada sejauh mana seseorang menekan berat badannya. Penurunan berat badan ini adalah hasil dari kombinasi masalah tubuh, olahraga berlebihan, pembatasan makanan, dan penggunaan obat pengontrol berat badan.

Namun, perubahan berat badan pada seseorang bisa sulit untuk diketahui dan mungkin tidak cukup untuk mendiagnosis anoreksia. Karena itu, semua tanda dan gejala lain perlu dipertimbangkan untuk membuat penentuan yang akurat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarang Tawon Vespa di Tangerang Dimusnahkan dengan Obor Api

Posted: 06 Dec 2019 07:48 PM PST

Fokus, Tangerang - Berbekal api obor, petugas pemadam kebakaran, Jumat malam, memusnahkan sarang tawon vespa yang berada di loteng salah satu rumah warga di Kecamatan Tigaraksa, Tangerang, Banten.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (7/12/2019), dengan hati-hati petugas melakukan pemusnahan, karena sarang hewan penyengat ini berdiameter 1,2 meter dan di dalamnya banyak terdapat tawon vespa berukuran besar.

Menurut pemilik rumah, keberadaan sarang tawon di rumahnya sudah lama diketahui. Namun, tak menduga akan terus membesar. Hingga Jumat siang salah satu tawon menyengat dirinya.

"Saya tersengat tadi pagi, saya minta suami untuk mendatangi kantor damkar. Alhamdulillah sudah dieksekusi," ucap Windi si pemilik rumah. 

"Kita laksanakan eksekusi sarang tawon ini selalu malam. Karena kalau siang hari tawon ini terlalu agresif," jelas petugas damkar Tangerang Sugita.

Saat pemusnahan sarang tawon dilakukan, seorang warga yang sedang menyaksikan kerja petugas pemadam tersengat hewan dan dilarikan ke klinik terdekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Mojokerto Dorong Pembangunan Wilayah Bebas Korupsi

Posted: 06 Dec 2019 07:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur mengingatkan pentingnya pembangunan wilayah bebas korupsi (WBK) . Selain itu juga wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), sekaligus penerapan whistle blowing system (WBS).

"Jika zona integritas WBK dan WBBM sudah kerap digaungkan di masyarakat, WBS dalam acara ini dikenalkan sebagai sistem di mana setiap orang bisa mengadukan pelanggaran yang diketahuinya dengan aman tanpa rasa takut," kata Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi, pada sosialisasi dan evaluasi pembangunan zona integritas WBK, WBBM sekaligus penerapan WBS, di Mojokerto, Kamis, 5 Desember 2019, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan, tindak pidana korupsi, pungutan liar, maupun pelayanan publik yang dirasa buruk, dengan WBS, semua orang bisa menjadi agen perubahan dengan ikut mengawasi.

"Semua bisa ikut mengawasi dan terawasi (melalui WBS), sehingga niat-niat berbuat curang bisa dicegah dan direduksi. Harapan kami supaya ada pengendalian dan penegakan integritas di setiap individu Aparatur Sipil Negara (ASN)," kata dia.

Pungkasiadi juga menegaskan, sebagai abdi masyarakat, ASN harus membuktikan integritasnya dalam melayani masyarakat. Sebagai konsekuensi atas tanggungjawab tersebut, maka wajib diterapkan Zona Integritas di tubuh organisasi perangkat daerah (OPD).

Dia menuturkan, penerapan pembangunan zona integritas adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Mojokerto mewujudkan good, clean, and clear government dengan membenahi kinerja OPD, mengubah kultur ASN menjadi profesional, serta mengedepankan pelayanan di Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

"Kami wajib membangun instansi yang bersih, bebas korupsi, serta berjiwa melayani. Tidak boleh ada pungli, maupun pelayanan buruk. Maka dari itu, dibutuhkan partisipasi semua. Mulai pucuk pimpinan hingga pelaksana," kata dia.

Selanjutnya

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Kabupaten Mojokerto Djoko Wijayanto, mengatakan WBS merupakan sebuah aplikasi yang dibangun sebagai bentuk penerapan reformasi birokrasi.

"Reformasi birokrasi didasarkan dari beberapa masalah birokrat seperti kurangnya kualitas dalam pelayanan publik, sistem pengawasan internal yang belum mampu berperan sebagai quality assurance, praktik manajemen SDM yang belum optimal dalam meningkatkan profesionalisme, serta masalah lainnya," katanya.

Ia mengatakan, aplikasi ini dibuat dengan kerja sama bersama Diskominfo dan masyarakat dapat mengunduh di perangkat lunak.

"Kami harap aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam pengaduan tindak pidana korupsi dan sejenisnya," katanya.

Pada 2019, Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengajukan 12 OPD yang diusulkan masuk penilaian WBK oleh Kementerian PAN RB, antara lain Dispendukcapil, DPMPTSP, RSUD dr. Soekandar, Kecamatan Puri, Kecamatan Gedeg, Kecamatan Jetis, Kecamatan Gondang, Kecamatan Kemlagi, Puskesmas Puri, Puskesmas Bangsal, Puskesmas Jatirejo, dan Puskesmas Gondang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalami Kasus Salon Kecantikan Ilegal di Jakarta, Polisi Panggil Ivan Gunawan

Posted: 06 Dec 2019 07:38 PM PST

Fokus, Jakarta - Lantaran membuka praktek salon kecantikan di salah satu rumah di kawasan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan tanpa izin, dua warga negara asing asal Tiongkok ditangkap petugas Polres Metro Jakarta Utara. Mereka diciduk pertengahan November lalu. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (7/12/2019), polisi telah memeriksa sejumlah saksi. Termasuk beberapa dari mereka yang tercatat pernah menggunakan jasa salon kecantikan ini. Salah satunya perancang busana sekaligus presenter Ivan Gunawan.

Ivan mengakui pernah ke salon tersebut pada tahun 2016 lalu. Namun, ia mengaku kaget ketika kini tahu salon langganannya itu berpraktik tanpa izin.

"Ya pertanyaannya sesuai prosedur dari kepolisian," ujar Ivan. 

"Kami mencoba memeriksa para saksi, apakah kaitan dengan masalah bagaimana prosesnya pada saat menjadi customer dan juga bagaimana proses kegiatannya pada saat itu," kata Kasatreskrim Polres Jakut Kompol Wirdhanto.

Salon ini menetapkan tarif Rp 6 juta hingga Rp 9 juta untuk sekali operasi pengangkatan sekaligus pembentukan kelopak mata. Kini dua orang warga asal Tiongkok yang bekerja di salon tersebut ditahan dan berstatus tersangka. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: