Minggu, 22 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


38 Tahun Tak Pernah Dikunjungi, Forkopimda Jatim Pantau Gereja Paroki Gembala yang Baik

Posted: 22 Dec 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur (Jatim) memantau kesiapan gereja-gereja di Surabaya, guna memastikan Natal di wilayah itu berjalan aman.

Pemantauan itu dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi sembari mengendarai sepeda motor. 

Salah satu gereja yang dikunjungi adalah Gereja Paroki Gembala Yang Baik Surabaya. Gereja tersebut berdiri sejak 38 tahun yang lalu tapi baru kali ini dikunjungi oleh Forkopimda Jatim. 

Pastur Kepala Gereja Paroki Gembala Yang Baik Surabaya, Romo Gregorius Kaha SVD mengaku sangat bersyukur mendapatkan atensi ini. Dia menyebut kebersamaan ini merupakan suatu hal yang harus terus dijaga. 

"Sangat bersyukur, sangat berterima kasih karena 38 tahun gereja ini berdiri dan kali ini kami dikunjungi secara istimewa, kami akan membangun kebersamaan yang selama ini kami terus lakukan di gereja ini," tutur dia, Senin (23/12/2019). 

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kunjungannya bersama rombongan Forkopimda ini ingin mendapatkan konfirmasi semua persiapan perayaan Natal bisa berjalan dengan baik. 

"Ini yang kami harapkan seluruh keharmonisan bisa kita bangun," kata Khofifah di Gereja Katolik Gembala Yang Baik Surabaya.

Khofifah Ingin Pastikan Masyarakat di Jatim Ibadah dengan Aman dan Suka Cita

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Tak hanya itu, Khofifah juga ingin memastikan jika seluruh masyarakatnya di Jatim bisa beribadah dengan aman dan penuh suka cita. 

"Di antara seluruh keragaman, kami ingin mengkonfirmasi bahwa semua bisa berjalan aman dan baik, dan penuh suka cita. Kita ingin silaturahim dengan elemen masyarakat yang akan merayakan Natal, terutama kalau di gereja ini kan akan dijadikan tempat Misa tentu kita berharap semuanya berjalan lancar," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Khofifah juga mengajak seluruh pihak senantiasa membangun keharmonisan di antara beragam suku hingga agama. Dia percaya, tingkat kerukunan beragama di Jatim masih tinggi. 

"Saya harap semuanya bisa membangun harmoni di antara kita semua, jadi keberagaman, kebhinnekaan, heterogenitas tentu harus dijadikan referensi untuk menjadi bangsa ini penuh kearifan, tetap membangun persaudaraan antarsesama manusia, persaudaraan lintas agama juga persaudaraan kebangsaan," ujar Khofifah. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBNU Ajak Warga Salat Gerhana Matahari pada 26 Desember, Begini Tata Caranya

Posted: 22 Dec 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena alam gerhana matahari cincin (GMC) akan terjadi di Indonesia pada Kamis 26 Desember 2019 mendatang. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun mengimbau masyarakat melaksanakan salat gerhana matahari.

Gerhana matahari cincin hanya bisa dilihat di beberapa wilayah tertentu di Indonesia, yakni di Sibolga (Sumatra Utara), Padang Sidempuan(Sumatra Barat), Duri (Riau), Batam dan Tanjung Pinang (Riau Kepulauan), Singkawang (Kalimantan Barat), serta Tanjung Selor (Kalimantan Utara). Sedangkan sisa wilayah Indonesia lainnya akan menyaksikan gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari akan terjadi antara pukul 10.22 WIB hingga 14.14 WIB, dengan fase-fase: awal gerhana matahari sebagian (10:22:00); awal gerhana matahari cincin (12:16:00); pertengahan gerhana matahari cincin (12:17:30); akhir gerhana matahari cincin (12:19:00); dan akhir gerhana matahari sebagian (14:14:00).

"Peristiwa langit yang sangat langka ini perlu disambut dengan penyelenggaraan salat gerhana, dzikir, kegiatan sosial, pengamatan gerhana matahari, dan kegiatan kefalakiyahan lainnya," ujar Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH A Ghazalie Masroeri dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (23/12/2019).

Tata Cara Salat Gerhana Matahari

Gerhana Matahari Cincin

Salat gerhana matahari bersifat sunah muakkadah sebagaimana pendapat kebanyakanulama. Adapun tata cara salat gerhana matahari adalah sebagai berikut:

1. Memastikan telah terjadinya gerhana matahari terlebih dahulu. Hal itu dapat dilakukan dengan melihat secara langsung ataupun menghubungi titik–titik pengamatan gerhana matahari.

2. Salat gerhana dilakukan saat gerhana matahari sedang terjadi.

3. Sebelum salat gerhana, jemaah dapat diingatkan dengan ucapan "asshalaatu jaamiah". Tidak ada azan dan iqamah sebelum salat gerhana.

4. Niat salat gerhana matahari berbunyi: "Ushollii sunnatan likusuufi-syamsi ma'muuman lillahi ta'aala". Apabila menjadi imam salat, maka kata "ma'muuman" diganti "imaaman".

5. Salat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat. Setiap rakaat terdiri dari dua kali rukuk, dan dua kali sujud.

6. Setelah rukuk pertama dari setiap rakaat membaca surat Al Fatihah dan surat lainnya kembali. Bacaan boleh dikeraskan, namun disunnahkan untuk dipelankan.

7. Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua.

8. Setelah salat gerhana, disunahkan untuk berkhotbah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Siap Lindungi Dirut Jiwasraya dari Berbagai Tekanan

Posted: 22 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melindungi Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Hexana Tri Sasongko. Sebab akibat keberaniannya membongkar kasus yang menahun di perusahaan asuransi pelat merah tersebut, Hexana mendapat berbagai tekanan.

"Kita harus lindungi beliau dari tekanan-tekanan karena beliau orang baik," kata Erick Thohir d i Jakarta, Senin (23/12).

Erick Thohir menyebut banyak figur baru di BUMN yang terbukti mau bekerja di perusahaan bermasalah. Hexana salah satu diantaranya yang diharapkan bisa melunasi utang perusahaan kepada nasabah sebanyak Rp 142 miliar.

"Ini berat sekali kalau dikerjakan sendiri makanya perlu tim bagus. Kalau Marvel kan Avengers-nya banyak. Jangan iron man sendirian," ujarnya.

Untuk itu, dia akan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dalam mengatasi masalah dari sisi korporasi. Sedangkan terkait kasus hukum, Erick menyerahkan sepenuhnya kepada Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

"Untuk kasus-kasus hukum domainnya itu di kejaksaan," tutup Erick Thohir.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Curhatan Erick Thohir, Dituduh Terima Uang Rp 200 M Terkait Jiwasraya

Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) seusai mengikuti rapat dengan Komisi VI DPR, di kompleks Parlemen,Senin (2/12/2019). Rapat membahas Penyertaan Modal Negara (PMN) pada Badan Usaha Milik Negera tahun anggaran 2019 dan 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku kecewa dengan berbagai pemberitaan tentang bungkamnya ia saat ditanya terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya beberapa waktu lalu.

Padahal saat itu dia ingin memberikan kesempatan para pelaku usaha untuk diberitakan dalam UMKM Export BRILian Preneur 2019 yang digelar BRI pada Jumat 20 Desember lalu di Jakarta Convention Center.

"Saya bungkam soal Jiwasraya kan, saya bilang hari itu kasih kesempatan UKM jualan," ujar Erick di Jakarta, Senin (23/12).

Pernyataan itu kata Erick malah diputarbalikkan. Dia bahkan dituduh menerima uang Rp 100 miliar-Rp 200 miliar untuk bungkam.

"Duit dari mana terimanya? Jangan dipolitisasi," keluh Erick Thohir

Pendiri Mahaka Grup ini menerangkan pihaknya tengah bekerja secara objektif dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya. Dia mengklaim tidak ada niat manipulasi dalam kasus ini.

"Kita mau betulin kok di sini," ungkapnya.

Sejak tahun 2006, katanya, pemerintah telah bekerja keras untuk menangani kasus yang ada di PT Asuransi Jiwasraya. Pada periode 2006-2008, otoritas sudah mengetahui masalah di Jiwasraya. Saat itu, Asuransi Jiwasraya sudah defisit sebesar Rp3,29 triliun per 31 Desember 2006.

Sejak saat itu, Jiwasraya kerap jadi perhatian dengan berbagai kasus yang terjadi. Begitu juga sepanjang tahun 2011-2017 yang diduga ada manipulasi laporan keuangan. Semua kata Erick Thohir akan diproses.

"Ada prosesnya semua karena ini sudah berjalan cukup lama dari 2006," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

90 Kata-Kata Lucu di Topi, Unik dan Bikin Gaya Makin Asyik

Posted: 22 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata lucu di topi bisa menjadikan topi yang kamu pakai lebih menarik. Topi menjadi salah satu fashion item yang banyak digunakan pria dan wanita. Tak hanya corak dan warna, kata-kata lucu di topi bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

Tak cuma sebagai pelindung kepala, topi juga populer sebagai gaya fashion dari masa ke masa. Ada berbagai macam jenis topi yang jadi tren hingga saat ini. Kata-kata lucu di topi bisa jadi nilai tambah tersendiri. Tak jarang kata-kata lucu di topi bisa mewakili perasaanmu saat menggunakannya.

Kata-kata lucu di topi bisa disisipkan agar fashionmu makin kece. Kini banyak orang yang menjual topi dengan kata-kata unik. Kata-kata lucu di topi ini bisa berupa kata-kata lucu yang singkat. Kamu pun bisa membuat kata-kata lucu di topi sendiri. Berbagai inspirasi kata-kata lucu di topi bisa kamu temukan mulai dari kata-kata kucu, singkatan, hingga bahasa daerah.

Berikut inspirasi kata-kata lucu di topi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(23/12/2019).

Kata-kata lucu di topi berisi sindiran

foto ilustrasi: pixabay

1. Cantik relatif, photoshop alternatif.

2. Cinta tahu mana mobil mana motor

3. Di balik dompet yang sehat terdapat cinta yang kuat

4. Statusnya rohani, kelakuannya rohalus

5. Kalau saja mulutmu itu BPKB, pasti sudah kugadaikan

6. Cari wifi saja! kapan cari wife?

7. Cuek adalah karakter, tapi nyuekin itu pilihan

8. Motorku jelek sejuta cerita, motormu bagus sejuta perbulan.

9. Janji-janjimu kaya parfum isi ulang, wangi tapi palsu

10. Kalau mau makan teman, sekalian pakai nasi biar kenyang

Kata-kata lucu di topi yang bernada bijak

Kata-kata lucu di topi bijak  (sumber: Pixabay)

1. Jangan menyerah pada mimpi, teruslah tidur.

2. Waktu tak dapat diputar, dijilat, apalagi dicelupin.

3. Secapek-capeknya kerja, lebih capek nganggur.

4. Hidupku terasa seperti ujian yang tidak aku pelajari.

5. Orang bodoh lebih mudah bahagia, dengan kebodohannya

6. Cantik nggak harus putih, tapi musti perempuan

7. Di waktu malam, aku tak bisa tidur. Di pagi hari, aku tak bisa bangun.

8. Dimana ada kelebihan, pastilah disitu ada kembalian.

9. Wasting time hanyalah membuang waktu

10. Jadilah orang yang selalu menjaga harkat dan martabak

Kata-kata lucu di topi dari Bahasa Jawa

Kata-kata lucu di topi Bahasa Jawa  (sumber: Pixabay)

1. lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak.

2. Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati.

3. Rino wengi aku tansah kelingan sliramu

4. Jeroning ati kangenku setengah mati

5. LDR = Lungao dewe rapopo

6. Tresnomu koyo rumah makan padang, akeh cabange

7. Uripmu koyo wit pisang. Due jantung tapi ra due ati.

8. Combro bae ana isine, masa atimu kosong

9. Kabeh tugas kuwi gampang, nek ora usah di garap.

10. Nek bojo iku tulang rusuk, berarti mantan iku fosil

Kata-kata lucu di topi pakai Bahasa Inggris

Kata-kata lucu di topi Bahasa Inggris  (sumber: Pixabay)

1. Love For All, Hatred For None

2. When nothing is going right, go left.

3. What we think, we become

4. All limitations are self-imposed

5. Reality is wrong, dreams are for real.

6. Strive for greatness

7. I solemnly swear that I am up to no good.

8. Be yourself; everyone else is already taken.

9. I was born to be awesome, not perfect.

10. Happy Ever Laughter

Kata-kata lucu di topi yang kocak

Kata-kata lucu di topi kocak  (sumber: Pixabay)

1. Senin Pasti Berlalu

2. Kamu manis aku rindu

3. JUMAT: Jodoh Untukmu Memang Akan Tiba

4. Jatuh cinta tak seperti jatuh dari pohon tomat

5. Kamu adalah alasanku tetap bertahan di tanggal tua

6. Jomblo strong, stres tak tertolong.

7. Muka kamu kayak orang susah, susah dilupakan

8. Wanita itu mulutnya emang cuma satu, satu komplek.

9. Hari ini saya hidup.

10. Kamu terdengar lebih merdu ketika mulutmu tertutup.

Kata-kata lucu di topi dari singkatan lucu

1. SUHERMAN: SUka HEran Mikiran mAsa depaN

2. PETASAN: Percintaan kita sandiwara

3. DUREN SAWIT: Duda keren sarang duwit.

4. BPJS: Belum Pernah Jadian Samasekali

5. Benci: Benar Benar Cinta

6. Coca Cola: Cowok Cakep Cowok Idola

7. CLBK = Cinta Lama Buang Kelaut

8. Ijo Lumut = Ikatan Jomblo Lucu & Imut

10. Kejora = Kelompok Jomblo Ceri

Kata-kata lucu di topi dari singkatan lucu bahasa Jawa

1. Canggih = cangkeme nggah-nggih

2. Boston = ndobos waton

3. Fitness = awake fit, atine ngenes

4. Ringgoneh = garing dingo meneh

5. Tursinah = Turu sing Genah

6. Boernas kopen = bubur panas kokopen

7. Gondes = Gondrong ndeso

8. Bimoli = Bibir Monyong Lima senti

9. Klaten = kelalen yen wes manten

10. Kerikil = Keri ing Sikil

Kata-kata lucu di topi dari singkatan lucu nama daerah

Ilustrasi Topi (iStockphoto)​

1. Purwakarta: Pura-pura ketawa padahal menderita

2. Kediri: Kemana-mana selalu sendiri

3. Manokwari: Menahan luka yang kau bawa kemari

4. Jogja: Jodoh orang gue jaga

5. Bojonegoro = Bojo Nesu mergo aku Goro

6. Klaten: Kenal lama tetep temenan

7. Cilacap: Cinta lama tak terucap

8. Jombang: Jomblo melulu bahagia nggak

9. Semarang: Semakin rindu dan saeyang

10. SOLO: SObat jombLO

Kata-kata lucu di topi dari kata-kata nyeleneh

1. Lagi Males Pakai Topi

2. Buronan Mertua

3. #Cowok Ganteng Versi Majalah Bobo

4. Cowok Keren Stok Terakhir

5. Terlihat Keren

6. Tidak Botak

7. Belum Gajian

8. Jangan Liat Nanti Naksir

9. Delete Mantan Cari Gebetan

10. Bukan Modus Tapi Tulus

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Percepat Replanting 500 Ribu Ha Kebun Sawit dalam 3 Tahun

Posted: 22 Dec 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta agar mempercepat replanting kebun kelapa sawit. Pemerintah kata dia akan menargetkan 500 ribu hektare (ha) dalam 3 tahun ke depan.

"Karena dana sawit kita besar. Terakhir 20-an triliun, yang akan kita pakai untuk replanting peremajaan kebun sawit milik petani. Target kita, 500 ribu hektare dalam 3 tahun ke depan untuk peremajaan sawit," kata Jokowi di SPBU M.T Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12).

Dia menjelaskan peremajaan kebun sawit di Indonesia susah berjalan 2 tahun. Sebab itu dia berharap proses moratorium lahan sawit akan mencapai target yang diharapkan.

"Negara lain bisa kok mencapai 7-8 ton, kenapa kita tidak? Karena penggunaan bibit sawit yang berkualitas baik. Ini proses yang sudah kita kerjakan dalam 2 tahun ini meremajakan kebun2 sawit rakyat. Ini akan kita teruskan," ungkap Jokowi.

Pemerintah juga akan menyiapkan skema khusus untuk pembiayaan replanting kebun kelapa sawit melalui platform Kredit Usaha Rakyat (KUR). Nantinya, penyaluran KUR tersebut akan ditargetkan untuk 500 ribu hektare (ha).

"Kami kembangkan KUR berbasis replanting sawit untuk 500 ribu ha," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, di Kantornya, Jakarta, Kamis (19/12).

Selain untuk replanting sawit, pemerintah juga akan menyiapkan skema KUR untuk replanting karet. Hanya saja, pihaknya mengaku masih ingin menggodok skema pembiayaan untuk KUR sawit sebelum pada akhirnya masuk ke karet.

"Kami akan bicarakan lebih lanjut dengan Perbankan ,dan Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah kami kembangkan action plan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, mengatakan pembiayaan KUR untuk program replanting sawit memang diperlukan. Sebab, bantuan pendanaan yang diberikan oleh Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebesar Rp 25 juta per hektare belum cukup.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Diskriminasi Sawit, Indonesia Gugat Uni Eropa ke WTO

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Pemerintah Indonesia melalui Perutusan Tetap Republik Indonesia(PTRI) di Jenewa, Swiss resmi mengajukan gugatan terhadap Uni Eropa (UE) di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). Gugatan diajukan terhadap kebijakan Renewable Energy Directive II (RED II) dan Delegated Regulation UE

Kebijakan-kebijakan tersebut dianggap mendiskriminasikan produk kelapa sawit Indonesia.

"Indonesia resmi mengirimkan Request for Consultation pada 9 Desember 2019 kepada UE sebagai tahap inisiasi awal dalam gugatan. Keputusan ini dilakukan setelah melakukan pertemuan di dalam negeri dengan asosiasi/pelaku usaha produk kelapa sawit dan setelah melalui kajian ilmiah, serta konsultasi ke semua pemangku kepentingan sektor kelapa sawit dan turunannya," ungkap Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam keterangannya, Minggu (15/12/2019).  

Menurut Mendag, gugatan ini dilakukan sebagai keseriusan Pemerintah Indonesia dalam melawan diskriminasi yang dilakukan UE melalui kebijakan RED II dan Delegated Regulation.

Kebijakan-kebijakan tersebut dianggap mendiskriminasi produk kelapa sawit karena membatasi akses pasar minyak kelapa sawit dan biofuel berbasis minyak kelapa sawit. Diskriminasi dimaksud berdampak negatif terhadap ekspor produk kelapa sawit Indonesia di pasar UE.

"Dengan gugatan ini, Indonesia berharap UE dapat segera mengubah kebijakan RED II dan Delegated Regulation serta menghilangkan status high risk ILUC pada minyak kelapa sawit,"pungkas Mendag Agus.

Energi Terbarukan

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana menjelaskan, melalui kebijakan RED II, UE mewajibkan mulai tahun 2020 hingga tahun 2030 penggunaan bahan bakar di UE berasal dari energi yang dapat diperbarui.

Selanjutnya, Delegated Regulation yang merupakanaturan pelaksana RED II mengategorikan minyak kelapa sawit ke dalam kategori komoditas yangmemiliki Indirect Land Use Change (ILUC) berisiko tinggi.

Akibatnya, biofuel berbahan baku minyak kelapa sawit tidak termasuk dalam target energi terbarukan UE, termasuk minyak kelapa sawit Indonesia.

"Pemerintah Indonesia keberatan dengan dihapuskannya penggunaan biofuel dari minyak kelapasawit oleh UE. Selain akan berdampak negatif pada ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke UE,juga akan memberikan citra yang buruk untuk produk kelapa sawit di perdagangan global," ujar Wisnu.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Torehan Prestasi Indonesia di Miss Supranational Bersama Jesica Fitriana Martasari

Posted: 22 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jesica Fitriana Martasari adalah model kelahiran Bogor, Jawa Barat. Jesica sendiri pernah terpilih menjadi Runner Up 2 Puteri Indonesia dalam ajang penobatan Puteri Indonesia 2019.

Yang terbaru, Jesica Fitriana kembali menorehkan prestasi di kancah internasional melalui kontes kecantikan Miss Supranational 2019. Mengenakan busana terinspirasi dari budaya suku Dayak, Jesica Fitriana tampil elegan sebagai juara ketiga atau 2nd runner up Miss Supranational 2019.

Pada kesempatan kali ini acara bertajuk Baper kedatangan Jesica Fitriana Martasari, yang akan berbincang-bincang seru membahas torehan prestasi Indonesia di Miss Supranational.

Penasaran seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Tangerang Akan Tindak Tegas Operator Bus Tak Lolos Ramp Check

Posted: 22 Dec 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, akan menindak tegas operator bus yang tidak memperhatikan kelaikan angkutannya selama periode libur Natal 2019 dan tahun baru 2020.

"Kepada masyarakat, gunakan transportasi yang resmi di terminal karena kelayakannya mudah-mudahan teruji," imbau Arief saat inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Senin (23/12/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi mengatakan, terdapat 114 unit bus yang berada di Terminal Poris Plawad selama periode angkutan Natal 2019. Pihaknya secara rutin melakukan pengecekan bus yang datang ke Terminal Poris Plawad atau pun yang akan bertolak mengangkut penumpang.

"Seluruh kelayakan kendaraan mulai hal kecil dari lampu, sen, headlamp, kemudian rem, termasuk sistem mesin kita tes. jadi kalau kendaraan itu memang tidak layak jalan secara teknis kami akan grounded untuk tidak bisa berjalan," kata Wahyudi.

Dishub Kota Tangerang menggandeng instansi lain untuk pengamanan angkutan libur akhir tahun. Seperti BNN Kota Tangerang untuk pengecekan urine sopir bus untuk menjaring sopir bus yang menggunakan obat-obatan terlarang.

"Tentunya juga instansi lain untuk pemeriksaan unit dan sopir bus. Siang nanti rencananya ada uji kesehatan oleh pihak Jasaraharja," kata Wahyudi.

Satu Bus Gagal Ramp Check

Dinas Perhubungan Kota Tangerang menemukan satu unit bus pengangkut penumpang periode libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 yang tidak layak jalan.

Bus tersebut tidak diperbolehkan beroperasi atau grounded di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang selama periode libur akhir tahun 2019. Hal tersebut terkuak setelah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

35 Kata-Kata Filosofi Kopi dengan Makna Mendalam, Cocok untuk Motivasi Hidup

Posted: 22 Dec 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata Filosofi Kopi punya makna mendalam yang dapat dijadikan motivasi hidup. Filosofi Kopi adalah salah satu kompilasi cerita pendek karya Dee Lestari yang diluncurkan pada 2006.

Sedangkan filmnya di angkat ke layar lebar pada 2015. Hal yang menarik dari cerita ini dikarenakan Filosofi Kopi memiliki kata-kata Filosofi Kopi dengan makna mendalam.

Di balik ceritanya yang menarik, diselipi oleh kata-kata Filosofi Kopi dengan makna mendalam yang bisa memotivasi hidup. Berikut kumpulan kata-kata Filosofi Kopi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019). 

Kata-kata Filosofi Kopi tentang Kehidupan

Kata-kata Filosofi Kopi (Sumber: Pixabay)

1. "Dan kopi tak pernah memilih siapa yang layak menikmatinya. Karena di hadapan kopi, kita semua sama."

2. "Cuma segelas kopi yang bercerita kepadaku bahwa yang hitam tak selalu kotor dan yang pahit tak selalu menyedihkan."

3. "Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkah ia dimengerti jika tak ada spasi?"

4. "Satu langkah kecil dari sebuah niat baik mampu membawa kita menuju sesuatu yang di luar imajinasi."

5. "Bila engkau ingin satu, maka jangan ambil dua. Karena satu menggenapkan, tapi dua melenyapkan."

Kata-kata Filosofi Kopi tentang Persahabatan

Ilustrasi sahabat (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

1. "Persahabatan kita itu kayak kopi tubruk, permukaanya kasar. Tapi ketika dicium, terus kenal lebih dalam, kamu enggak akan bisa ngelupain itu."

2. "Dalam diammu, aku mendengar banyak suara. Diammu berkata-kata."

3. "Kau sama si Jody itu bila kutengok, udah seperti biji kiri dan biji kanan. Meski ada satu yang lebih tinggi dibanding yang lain, tapi kalian ada di satu habitat yang sama."

4. "Tapi yang benar-benar membuat tempat ini istimewa adalah Ben. Ia tidak sekadar meramu, mengecap rasa, tapi juga merenungkan kopi yang ia buat."

5. "Lu sama gue tuh ibarat hati sama kepala. Hati sama kepala selalu punya masalahnya sendiri-sendiri, tapi yang satu gak bakalan bisa survive tanpa yang lain."

Kata-kata Filosofi Kopi yang Romantis

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Matheus Ferrero.

1. "Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat, karena aku ingin seiring dan bukan digiring."

2. "Cinta adalah mengalami. Membuka diri tidak sama dengan menyerahkan."

3. "Cinta yang sudah dipilih sebaiknya diikuti di setiap langkah kaki, merekatkan jemari, dan berjalanlah kalian bergandengan."

4. "Kalau saja hidup tidak berevolusi, kalau saja sebuah momen dapat selamanya menjadi fosil tanpa terganggu, kalau saja kekuatan kosmik mampu stagnan di satu titik, maka tanpa ragu kamu akan memilih satu detik bersamanya untuk diabadikan. Cukup satu."

5. "Cinta butuh dipelihara. Bahwa di dalam sepak terjangnya yang serba mengejutkan, cinta ternyata masih butuh mekanisme agar mampu bertahan."

6. "Kopi pertama pagi ini. Hitam. Seperti siluet wajahmu yg tertidur di bahuku, pada sebuah perjalanan."  

7. "Ketika kopi menjadi sahabat sejati, pagi bukan lagi sebuah misteri. Seperti kamu yang selalu ada di hati, selalu mengisi hari-hari."

8. "Ada banyak caraku untuk menanti kedatanganmu tanpa rasa bosan, Duduk manis sembari kunikmati kopiku dengan perlahan."

9. "Begitu sederhana rindu kali ini; diterbangkan harum kopi, melekat indah di lembut pipimu, lalu mewarnai detik waktu."

10. "Bulan purnama, bintang di setiap sudut langit, secangkir kopi, kejanggalan hati, merindukan sesuatu yang super sulit untuk di atasi, yaitu kamu."

Kata-kata Filosofi Kopi Patah Hati

ilustrasi patah hati/copyright Pexels/Murilo Folgosi

1. "Jangan lumpuhkan aku dengan mengatasnamakan kasih sayang."

2. "Buat apa ia pelihara luka hati yang cuma bikin matanya berair?"

3. "Sementara menunggu kopi tersaji, rinduku resah sendiri, mengaisi embun pagi, berharap menemukan jejak dirimu di sela berbatu."

4. "Cuaca demi cuaca melalui kami, dan kebenaran akan semakin dipojokkan. Sampai akhirnya nanti, badai meletus dan menyisakan kejujuran yang bersinar. Entah menghangatkan, atau menghanguskan."

5. "Ada dunia di sekelilingmu. Ada aku di sampingmu. Namun, kamu mendamba rasa sendiri itu."

6. "Kopi pertama hari ini. Pahit, gelap, dan terpendam. Seperti sepasang kekasih yang sudah lama saling bosan."

7. "Kopi pertama pagi ini. Hitam, pahit, dan penuh ampas. Seperti penolakan yang tidak tega untuk disampaikan."

8. "Kopi pertama pagi ini. Semakin pahit diteguk. Seperti kangen yang semakin tidak tuntas, semakin menyebalkan."

9. "Kopi pertama pagi ini. Pahit-manis. Seperti kata sayang terakhir dari dua orang yang saling berpisah jalan."

10. "Kopi pertama pagi ini. Terlalu manis. Seperti dua orang yg sedang melakukan pendekatan, dengan penuh kepalsuan."

Kata-kata Filosofi yang Bijak

Kata-kata Bijak (Sumber: Pixabay)

1. "Cappucino itu kopi yang genit, ketebalan dan tekstur foam harus presisi, butuh standar penampilan yang tinggi. Cappucino harus terlihat seindah mungkin, karena cappucino adalah kopi yang cocok untuk orang yang suka keindahan sekaligus kelembutan."

2. "Setiap karakter dan arti kehidupan dapat kita temukan dalam secangkir kopi. Selama ada yang namanya kopi, orang-orang dapat menemukan dirinya disini."

3. "Kita tidak bisa menyamakan kopi dengan air tebu. Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan."

4. "Kopi itu mampu menghasilkan reaksi macam-macam. Dan dia benar. Kopi tiwus telah membuatku sadar, bahwa aku ini barista terburuk. Bukan cuma sok tahu, mencoba membuat filosofi dari kopi lalu memperdagangkannya, tapi yang paling parah, aku sudah merasa membuat kopi paling sempurna di dunia."

5. "Cuaca demi cuaca melalui kami, dan kebenaran akan semakin dipojokkan. Sampai akhirnya nanti, badai meletus dan menyisakan kejujuran yang bersinar. Entah menghangatkan, atau menghanguskan."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembina Santri yang Tenggelam di Sungai Cianten Bogor Ditemukan Tewas

Posted: 22 Dec 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pembina santri yang dilaporkan hilang usai tenggelam di Sungai Cianten, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor pada Minggu (22/12/2019) siang akhirnya ditemukan.

Pembina santri yang bernama Shidqie Giantono (19) asal Dusun Sumber Sari RT000/000, Desa Hanakau, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ditemukan sudah tak bernyawa, Senin (23/12/2019) sekitar pukul 09.40 WIB.

"Sudah ditemukan 3 kilometer dari di titik lokasi terakhir dia hanyut," kata Aprianto, anggota Basarnas.

Penemuan jasad korban berlangsung saat pencarian di hari kedua. Jasad korban ditemukan persis di titik terakhir tenggelam oleh tim gabungan dari Basarnas, BPBD, Tagana, Damkar, dan sejumlah relawan lainnya.

Selanjutnya korban dievakuasi ke rumah duka dengan menggunakan mobil ambulans untuk dilakukan pemeriksaan dari dokter RSUD Leuwiliang.

"Korban akan diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan di kampung halamnnya di Lampung Barat," ujarnya.

Sebelumnya, seorang santri dilaporkan hilang tenggelam di Sungai Cianten, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor , Minggu (22/12/2019) siang. Korban tenggelam diduga karena tidak bisa berenang di sungai bersama teman-temannya.

Korban bernama Shidqie Giantino (19), asal Dusun Sumber Sari RT000/000, Desa Hanakau, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Dia merupakan seorang santri sekaligus pembina santri di Sekolah Cendikia Baznas (SCB).

 

Kronologi Kejadian

Insiden bermula, Shidqie sedang berenang di sungai bersama teman pembina lainnya yaitu Syahdan dan Pefry usai kegiatan outbond dengan santri SCB sekitar pukul 11.30 WIB. Sementara para santri lainnya memilih kembali ke sekolah mereka tak jauh dari tempat kejadian.

Mereka kemudian berinisiatif pergi ke Air Terjun Cianten. Syahdan dan Pefry pergi lebih dulu. Sementara korban terlihat masih asyik berenang di sungai. Tak lama kemudian, temannya mendengar korban berteriak kakinya keram.

Pefry lantas berupaya menolong korban dengan cara menyelam. Temannya sempat berhasil meraih tubuh korban dan berusaha mengangkatnya ke atas permukaan air. Namun derasnya arus bawah air ditambah korban tidak bisa berenang sehingga Shidqie tenggelam dan hanyut.

"Menurut rekan-rekannya, korban tidak bisa berenang. Pada saat di tempat agak dalam yang bersangkutan tenggelam," kata Kapolsek Cibungbulang Kompol Ade Yusuf.

Beberapa temannya lari dan melapor kepada warga serta aparatur setempat kemudian diteruskan kepada BPBD, Damkar Kabupaten Bogor hingga tim relawan lainnya.

Menurut dia, tim dari BPBD, Damkar, PMI, sejumlah relawan, TNI dan Polri berupaya melakukan pencarian korban dengan menyisir sekitar lokasi kejadian menggunakan perahu karet hingga penyelaman. Namun hingga Minggu sore tadi, korban belum ditemukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Luncurkan Buku Putih Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Posted: 22 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meluncurkan Buku Putih (White Book) berjudul "Indonesia Digital for Future Economy & Inclusive Urban Transformation".

Hal ini bertujuan untuk mencapai target untuk masuk jajaran 10 besar negara di dunia dengan perekonomian terbesar pada 2030 dan Visi Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia diproyeksikan akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-4 dunia.

Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, disusunnya buku putih ini merupakan wujud keseriusan pemerintah dalam sebuah sinergi yang diharapkan akan menjadi dasar dalam mengarahkan kebijakan pemerintah untuk mendorong pemerataan dan seluruh manfaat dalam pembangunan, khususnya ekonomi digital yang inklusif, adil dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Digitalisasi telah menimbulkan perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, sejalan dengan perkembangan internet yang pesat," katanya di acara yang diselenggarakan The Ritz Carlton Hotel – Pacific Place, Jakarta, Senin (23/12).

Buku ini juga merefleksikan potensi dan tantangan, status terkini serta usulan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan Indonesia Digital menuju suksesnya transformasi ekonomi bangsa dan inklusivitas urban di masa depan.

Dia menjelaskan di era revolusi industri 4.0 Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) yang andal dengan kecepatan tinggi dibutuhkan untuk menghubungkan infrastruktur ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Industri (KI) dan kawasan pariwisata, serta UMKM. Selain itu, dengan penggunaan TIK akan menimbulkan efisiensi tinggi dalam menghubungkan Sabang sampai Merauke.

"Apalagi salah satu proyek strategis nasional (PSN) yaitu Palapa Ring telah selesai pada tahun ini dengan metode KPBU. Dari 223 PSN, diperkirakan akan terselesaikan 91 proyek sampa akhir tahun ini, dan ditargetkan selesai hingga 141 PSN di tahun depan," ujarnya.

Rencana Pemindahan Ibu Kota

Sejumlah siswa mencari lokasi calon ibu kota baru pada peta saat kegiatan belajar bertema wawasan Nusantara di SDN Menteng 02, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan belajar wawasan Nusantara itu memberitahukan lokasi pemindahan ibu kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur.(merdeka.com/Imam Buhori)

Sejalan dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru ke Provinsi Kalimantan Timur, diharapkan buku putih ini bisa memberikan gambaran awal kemampuan digital lintas sektor pemerintahan untuk aplikasi layanan publik utama seperti kependudukan, kesehatan, logistik dan perhubungan, manajemen risiko bencana, serta layanan finansial.

Di samping itu, beberapa acuan standar pita lebar (Broadband Standard Recommendation), ketentuan/kebutuhan kinerja (performance requirements) untuk high data rate, dan strategi ITU 2020-2023 diharapkan dapat memberikan gambaran kebutuhan awal pemindahan IKN berbasis TIK.

Dalam kesempatan serupa, Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kemenko Perekonomian Eddy Satriya menambahkan, arah kebijakan strategis yang disampaikan dalam buku putih tersebut menekankan pada pembangunan dan pemerataan infrastruktur digital untuk memacu tumbuhnya inovasi pada industri vertikal kreatif, serta pengembangan sumber daya di bidang TIK yang andal.

Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tengara, Indonesia diperkirakan akan menanggguk pemasukan dari ekonomi Internet hingga USD 40 miliar di 2019, dengan rata-rata pertumbuhan diperkirakan mencapai 49 persen per tahunnya. Dengan jumlah pengguna Internet yang mencapai 171 juta jiwa di 2019 (Survei APJII Indonesian Internet 2019), Indonesia juga menjadi negara terdepan dalam hal penetrasi digital di kawasan ini.

Kebutuhan Konektivitas Teknologi

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

Kebutuhan konektivitas teknologi broadband terkini seperti 5G, layanan wireless broadband di rumah-rumah dan UMKM, serta penggelaran fiber optik teknologi yang kokoh menjadi fondasi paling esensial dalam merancang pembangunan infrastruktur digital.

"Ini juga akan menjadi motor penggerak utama terjadinya digitalisasi yang mendorong tumbuhnya inklusivitas dan memupus kesenjangan digital di tanah air, efisiensi di segala sektor, serta inovasi-inovasi baru, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo untuk pembangunan berkelanjutan," tutur Eddy.

Buku putih diharapkan dapat berkontribusi dalam mempercepat tersusunnya kebijakan dan regulasi yang efektif dan efisien seperti dalam menyiapkan penggantian Undang-Undang (UU) No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, dan beberapa Peraturan Pemerintah (PP) yang sudah ketinggalan zaman. "Juga dapat menjadi bahan riset untuk pengembangan telematika ke depannya," ujarnya.

Buku Putih ini berisikan 6 (enam) bab yang terdiri dari:

(1) Digital Economy Outlook;

(2) Building Indonesia Digital;

(3) Connectivity, ICT Infrastructure, and Big Data;

(4) Regulation and Ecosystem;

(5) Indonesia Sector Digitization; serta

(6) Summary and Recommendation.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lampard Bela Bek Chelsea dari Sindiran Mourinho

Posted: 22 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Pertandingan Tottenham Hotspur vs Chelsea, Minggu (22/12/2019) WIB berlangsung panas. Striker Spurs, Son Heung Min sampai dikartu merah wasit karena melanggar keras Antonio Rudger.

Kedua pemain terlibat duel memperebutkan bola dan membuat Son terjatuh. Saat itulah, kaki Son terlihat sengaja menendang ke arah dada bek Chelsea tersebut.

Selepas pertandingan, Mourinho malah menyindir Rudiger. Manajer asal Portugal itu menyebut Rudiger sebagai pemain pintar.

Tak terima pemainnya dituduh, Lampard pun bereaksi. Ia menegaskan, Son pantas mendapat kartu merah dari wasit.

"Itu kartu merah. Saya tidak tahu bagaimana dia (Mourinho, red) malah membahas yang lain," kata Lampard seperti dilansir Sportskeeda.

Lampard mengatakan, duel panas antarpemain kerap terjadi di atas lapangan. Menurutnya, Son termasuk pemain yang bakal emosi jika terlibat di dalam duel-duel seperti itu.

Manajer berusia 41 tahun itu pun menganggap reaksi Rudiger sudah wajar. "Saya tidak ingin berkomentar apapun terkait cara Rudiger menghadapinya," kata Lampard, yang mulai menukangi Chelsea sejak awal musim ini.

 

 

Tetap Hormati Mourinho

Winger Chelsea, Willian, kala mengeksekusi penalti ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga pekan ke-18 Liga Inggris, Minggu (22/12/2019) (Foto: Chelsea FC)

Lebih lanjut, Lampard mengaku tetap menghormati Mourinho. Pasalnya, ia merasa Mourinho telah banyak berkontribusi kepada kariernya saat masih bermain di Chelsea.

"Saya kira, saya melawan manajer yang benar-benar saya hormati sejak saya masih bermain dan apa yang telah dia lakukan di sepak bola," kata Lampard.

Peringkat ke-4

Chelsea menang 2-0 atas Spurs berkat dua gol Willian. Gol pertama dicetak pemain asal Brasil itu pada menit ke-12, disusul penalti pada menit 45.

Kemenangan atas Spurs membuat Chelsea bertahan di peringkat ke-4 klasemen sementara Liga Inggris. The Blues telah mengantongi 32 poin dari 18 pertandingan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompetisi Ragnarok Indonesia Championship 2020 Umbar Hadiah Rp 1 Miliar

Posted: 22 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gravity Game Link selaku publisher dari gim Ragnarok Online untuk wilayah Indonesia akan mengadakan kompetisi esport 'Ragnarok Indonesia Championship (RIC) 2020'.

Tak tanggung-tanggung, turnamen ini mengumbar total hadiah hingga sebesar Rp 1 miliar. Ragnarok Indonesia Championship 2020 merupakan turnamen berskala nasional antar Guild di gim Ragnarok Online.

Harry Choi, President of Gravity Game Link, berharap turnamen ini bisa menjadikan gim Ragnarok Online tak hanya menyenangkan, tapi juga kompetitif.

"Hadirnya Ragnarok Indonesia Championship 2020 diharapkan dapat memberikan warna terhadap Ragnarok Online sebagai gim MMORPG yang kompetitif," ujar Harry melalui keterangannya, Senin (23/12/2019).

Dalam penyelenggaraannya, turnamen esport ini menggunakan sistem pertandingan Group PVP antara 7 Pemain melawan 7 Pemain yang akan dilangsungkan di arena khusus, di mana kedua Guild yang bertanding harus saling mengalahkan seluruh Karekter dari Guild lawan. 

Pendaftaran Gratis

Pihak Gravity Game Link sendiri secara resmi mengonfirmasi bahwa jadwal penyelenggaraan turnamen Ragnarok Indonesia Championship 2020 ini akan berlangsung dari bulan Desember 2019 hingga Maret 2020.

Sementara itu bagi gamer Ragnarok Online yang tertarik untuk mengikuti turnamen bisa langsung mendaftarkan diri karena saat ini Gravity sudah membuka pendaftaran RIC 2020.

Pendaftaran rencananya akan ditutup pada tanggal 19 Januari 2020 dan bersifat gratis, serta terbuka untuk seluruh pemain Ragnarok Online.

 

Berlangsung Online

Nantinya pertandingan babak Penyisihan RIC 2020 akan berlangsung secara Online, di mana 8 Tim terbaik yang masuk babak Perempat Final akan bertanding secara offline melalui gelaran Ragnarok Festival 2020 di Jakarta untuk memperebutkan hadiah senilai Rp 1 milar.

Ragnarok Online sendiri merupakan salah satu gim terlawas yang beredar di Indonesia. Game ini bahkan telah memiliki basis penggemar dan komunitas yang banyak dan tersebar di penjuru Tanah Air.

Hadirnya turnamen Ragnarok Indonesia Championship 2020 ini juga dimaksudkan untuk memberi warna bagi game Ragnarok Online.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Running Man Bikin Ryan Reynolds Kaget Setengah Mati

Posted: 22 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Ryan Reynolds saat ini tengah sibuk mempromosikan film terbarunya, 6 Underground. Ia bahkan hadir sebagai bintang tamu di acara variety show populer Korea Selatan, Running Man.

Dilansir dari Soompi, Senin (23/12/2019), ia hadir di Running Man bersama lawan mainnya dalam film ini, Melanie Laurent dan Adria Arjona.

Sebelum bermain game dengan Ryan Reynolds dkk, cast Running Man diberi kesempatan untuk ngobrol secara kasual dengan para bintang Hollywood ini. Salah satu topik yang mereka bahas adalah tentang usia.

Rahasia Jun So Min

Ryan Reynolds dan Adria Arjona (SBS via Soompi)

Saat Ryan Reynolds dkk ditanya siapa member Running Man yang terlihat paling muda, Adria Arjona memilih Jun So Min, yang ia perkirakan berusia 27 tahun.

Namun Adria kaget ketika mendengar bahwa Jun So Min berusia 34 tahun. "Apa?! Habis ini kita harus ngobrol. Kamu harus memberi tahu rahasia-rahasiamu!" kata Adria.

Tebak Umur Ji Suk Jin

Ryan Reynolds. (AFP/Hector Retamal)

Selanjutnya, para artis Hollywood ini diminta menebak umur Ji Suk Jin. Adria menebak 36 tahun, sementara Ryan Reynolds menyebut 42 tahun.

Ji Suk Jin kemudian secara bangga mengumumkan umur sebenarnya, yang jauh dari dua angka ini dengan berkata,"Aku 54!"

 

Ayah

Adria dan Ryan Reynolds terlihat kaget bukan kepalang mendengar jawaban ini. Bintang Deadpool ini bahkan melempar candaan kepada Ji Suk Jin. "Ayah?!" kata Ryan Reynolds yang disambut tawa anggota Running Man.

 

Tato BTS

Ryan Reynolds juga sempat membuat para member Running Man tertawa dengan celetukannya soal BTS dan EXO. Awalnya, ini terjadi saat Adria Arjona ditanya apa ia tahu tentang musik K-Pop.

"Tunjukkan pada mereka tato BTS-mu," kata Ryan Reynolds menyambar, disambut tawa lawan mainnya.

 

Tato EXO

Ryan Reynolds juga bercanda dengan mengatakan punya tato EXO di bagian punggung bawahnya. Suami Blake Lively ini pun bergaya seakan menyingkap bajunya, memperlihatkan kepada Yoo Jae Suk.

Bintang Kelas Dunia

Yoo Jae Suk yang kaget berkomentar, "Bintang kelas dunia memperlihatkan kulitnya kepadaku."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Kecelakaan Beruntun di Pasuruan yang Sebabkan 7 Orang Tewas

Posted: 22 Dec 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Tujuh orang meninggal dunia akibat kecelakaan beruntun terjadi di jalan umum Malang-Surabaya, tepatnya di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Minggu, 22 Desember 2019.

Tujuh orang meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP) dan tujuh korban luka masih dirawat di rumah sakit (RS). Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Iya benar, kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 10 pagi," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, ditulis Senin (23/12/2019).

Barung menuturkan, kronologi kecelakaan itu bermula saat kendaraan trailer nomor polisi S 9066 UU yang sedang memuat alat betat (bego) yang berjalan dari arah selatan ke utara (Malang-Surabaya).

"Sesampainya di jalan tersebut, karena rem blong sehingga menabrak dari belakang sepeda motor Mio GT dan menabrak Suzuki Karimun Nopol L 1119 FE yang sedang berhenti di pinggir jalan yang hendak berbelok ke arah timur," tutur Barung.

Selanjutnya kendaraan trailer berpindah lajur sehingga menabrak gapura desa dan alat berat terjatuh ke kiri. Lalu menimpa mobil Ayla yang sedang berjalan di lajur lambat dari arah utara ke selatan (Surabaya-Malang).

"Kemudian kendaraan Ayla terguling dan tertabrak oleh kendaraan Sigra nopol W 1031 TF yang berjalan di lajur lambat dari arah utara ke selatan (Surabaya-Malang)," tutur dia.

Barung menuturkan, pihaknya telah mendatangi TKP dan melakukan tindakan pertama tempat kejadian perkara (TPTKP), mengevakuasi korban, mengamankan barang bukti dan mencatat saksi di TKP kecelakaan.

"Sampai dengan laporan kami kirim, proses evakuasi masih berlangsung dan perkembangan akan kami laporkan," tutur Barung.

Data Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan

Ilustrasi Kecelakaan Mobil (iStockPhoto)

Berikut adalah data kendaraan yang terlibat kecelakaan, yaitu:

Kendaraan kontainer Nopol S 9066 UU. Pengendara Slamet Zuhdi (48)  SOPIR, Alamat Baron Timur Kabupaten Nganjuk tidak mengalami luka. Jalil Ikrom (kernet Truck) (33). Alamat Kemantren rego, meninggal dunia (MD).

Kendaraan Sepeda motor XEON Nopol N-3418-T. Pengendara Amaulana Muslimin (Pengemudi Xeon), warga Pasuruan, wajah luka, Luka Berat (LB). Gufron (Penumpang Xeon), alamat Pejangkungan, Kembang, Pasuruan, (MD).

Kendaraan Suzuki Karimun Nopol L-1119-FE. Pengendara Aprilia Hefy Handy (24), warga Lontar terluka pada jempol tangan kiri robek, alami luka ringan (LR).

Data Penumpang

Penumpang:

1. Deni Andriatmoko (32), warga Karangkeoh, Surabaya, alami luka ringan.

2. Hari Eko Rianto (56), warga Karangkeoh, Surabaya, alami luka.

3. Marfiana Kusumawati (47) warga Karangkeoh, Surabaya, alami luka ringan

4.  Azka Aldric Novantony (3) warga Karangkeoh, Surabaya,

Kendaraan AYLA (PUTIH) NOPOL N-1702-WY. Pengendara Nurkholis, warga Plinggisan, Kraton, Pasuruan, meninggal dunia.

Penumpang:

1. Abdul Mukti alamat Pohjemtrek Pasuruan, meninggal dunia

2. Lilik, alamat Susukan Pohjentrek, meninggal dunia

3. Luluk, alamat, Plinggisan Kraton, meninggal dunia

4. Sohibatul Islamiyah, alamat Susukan, Pohjentrek, meninggal dunia

Kendaraan SIGRA NOPOL W-1031-TF. Pengendara Fiki Irawan (22), warga Sumorame, tidak mengalami luka.

Penumpang:

1. Yuni Isnaini (penumpang Sigra), warga Sidoarjo, alami luka ringan

2. Sofiri (penumpang SIGRA) warga Sidoarjo, alami luka ringan.

3. Nurhati, warga Sidoarjo, alami luka ringan.

4. Siti Marfua, warga Sidoarjo, alami luka ringan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Sekoper Cinta Jadi Pilot Project Program Nasional

Posted: 22 Dec 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Program Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita) yang digagas Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat akan menjadi pilot project program nasional dan diterapkan di seluruh Indonesia oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (23/12/19).

"Sekoper Cinta saya laporkan kemarin ke Menko PMK akan dijadikan program nasional. Keberhasilan Sekoper Cinta, secara lisan Pak Menko PMK, akan menjadikan program yang diterapkan di seluruh Indonesia," kata Emil –demikian Ridwan Kamil disapa.

Menurut Emil, Dewi Sartika, yang mampu membuat kurikulum lengkap soal peningkatan peran perempuan dan kesetaraan gender, menjadi inspirasi pihaknya meluncurkan program Sekoper Cinta. Program itu pun sudah mewisuda sekira 2.700 perempuan Jabar.

"Kita sudah siap kurikulumnya kan lengkap, ya, dari urusan ekonomi, pendidikan, anak, ketahanan keluarga, hingga mendeteksi radikalisme," ucapnya.

"Ini (Sekoper Cinta) kalau diterapkan pada seluruh perempuan se-Indonesia saya kira masalah negara bisa diselesaikan dengan penguatan," tambahnya.

Emil juga menyatakan, Dewi Sartika merupakan pahlawan yang menjadi simbol kebangkitan perempuan Jabar. "Kebangkitan perempuan Jawa Barat bisa dilihat dari sosok pahlawan Dewi Sartika. Untuk menjadi pintar kan tidak harus sekolah formal, ukurannya kan itu," katanya.

Peringatan Hari Ibu ke-91 menjadi momentum untuk terus meningkatkan kesehatan ibu. Dengan begitu, kata Emil, generasi masa depan Jabar bebas dari stunting. Selain itu, dia juga mengaku bangga bahwa saat ini kesetaraan gender makin mengemuka.

"Dua pencapaian ini (Rektor Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Bandung dipimpin oleh perempuan) melengkapi semangat kesetaraan gender yang luar biasa dari kaum perempuan dan ibu," kata Emil.

Saat upacara berlangsung, Emil membacakan pidato Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmavati. Dalam pidatonya, Bintang menyatakan bahwa Hari Ibu merupakan momentum kebangkitan bangsa atas perjuangan perempuan. Hari Ibu dideklarasikan dalam kongres Perempuan Indonesia di Yogyakarta pada 22 Desember 1928.

"Peringatan hari ibu diharapkan jadi momen penting mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan," katanya.

Menurut Bintang, perempuan Indonesia masa kini dituntut untuk aktif meraih akses dan kesempatan sama dengan laki-laki di berbagai bidang pembangunan. Hal itu akan memberikan keyakinan besar bahwa perempuan mampu meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan.

"Peringatan hari ibu ke-91 merupakan titik awal gerakan percepatan pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan dan memberikan perlindungan bagi perempuan untuk mewujudkan arahan Presiden sehingga tema yang diangkat kali ini adalah Perempuan Berdaya Indonesia Maju," pesannya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Jiwasraya Bermula dari Kelalaian OJK

Posted: 22 Dec 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kini tengah menjadi sorotan publik. Masalah ini bermula ketika perusahaan menunda pembayaran klaim produk asuransi JP Saving Plan sebesar Rp 802 miliar pada Oktober 2018.

Kala itu, Jiwasraya menyatakan pemenuhan pendanaan untuk pembayaran masih diproses. Namun hingga kini, perseroan masih belum sanggup memenuhi kewajiban, hingga total polis jatuh tempo atas produk tersebut pada Oktober-Desember 2019 mencapai sekitar Rp 12,4 triliun.

Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan, kegagalan manajemen Jiwasraya yang tak mampu memenuhi kewajiban polis jatuh tempo kepada nasabah ini berakar dari ketidakmampuan korporasi dan pemerintah selaku regulator yang seolah membiarkan masalah jadi berlarut.

"Ini soal Tata Kelola dan integritas, baik manajemen pelaku pasar dan regulator. Ada pembiaran oleh regulator dan ketidak hatian dan moral hazard manajemen," jelas Irvan kepada Liputan6.com. Senin (23/12/2019).

Irvan lantas menceritakan duduk mula permasalahan, dimana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan bahwa Jiwasraya memang terindikasi sebagai perusahaan yang secara keuangan tak sehat, khususnya sejak periode 2016-2018.

"BPK sudah melakukan Audit Investigasi 2016 untuk thn buku 2014 -2015 sudah dipublikasikan, hasilnya (MBM Tempo 15 Feb 2019.) Ada banyak temuan tapi tidak dilanjuti aparat hukum maupun OJK," tutur dia.

 

OJK abai

Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Dia kemudian menyentil Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang dianggap mengabaikan aturan hukum mengenai pelarangan sebuah perusahaan tak sehat untuk menjual produk asuransi jiwa berbalut investasi yang ditawarkan melalui bank (bancassurance).

"Ada POJK tentang Pemasaran Produk dan SE (Surat Edaran) OJK tentang Bancassurance yang melarang perusahaan dengan kondisi tidak sehat menjual produk bancassurance. OJK tidak menghentikan produk tersebut," sindir Irvan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wagub Jabar Dorong Sukabumi Jadi Destinasi Wisata Ikan Hias

Posted: 22 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meresmikan pasar ikan hias Forum Ikan Hias Sukabumi Raya (Fiss Raya) di Sub Terminal Agribisnis (STA) Bungbulang, Cibeureum, Kota Sukabumi, Minggu (22/12/19).

Pada kesempatan ini, Uu mendorong potensi produk ikan hias Sukabumi menjadi destinasi wisata di Jabar. Apalagi, Sukabumi pun terkenal sebagai pembudi daya ikan koi.

"Kami sedang berupaya untuk mengembangkan potensi apapun yang bisa menjadi wisata. Ternyata Sukabumi mempunyai potensi lain yang tidak dimiliki daerah lain, yakni potensi wisata ikan hias," kata Uu dalam sambutannya.

"Karena suasana di Jawa Barat itu ada wisata bahari, wisata rohani, termasuk wisata-wisata yang lain di dalamnya ada koi (ikan hias), maka kita mendorong supaya ini sukses. Kalau sukses wisata banyak yang datang, kalau banyak yang datang konsekuensinya adalah ekonomi Jawa Barat menyebar," paparnya.

Oleh karena itu, Uu meminta kepada pihak-pihak terkait untuk menyiapkan data otentik terkait asal usul ikan koi dari Sukabumi. Tujuannya agar bisa memperkuat bukti bahwa Sukabumi sebagai daerah asal ikan koi.

"Dan ini yang harus kita perjuangkan, bahwa aslinya ikan koi ini dari Sukabumi bukan dari kabupaten lain atau provinsi lain," kata Wagub.

"Ini untuk mengembalikan citra ikan koi yang berasal dari Sukabumi ini," ungkapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan, potensi ikan hias di Sukabumi cukup besar. Namun, lanjut dia, pihaknya mempunyai kendala soal lahan untuk budi dayanya.

"(Potensi) cukup besar, karena memang kita tidak punya lahan untuk budi daya konsumsi. Jadi, lebih banyaknya masyarakat yang dulunya pelaku perikanan akhirnya ke ikan hias. Soalnya bisa memanfaatkan di rumah tidak menggunakan lahan-lahan yang besar," ujar Kardina.

"Produknya juga banyak, cuman kita tidak bisa langsung menjual, biasanya ditampung di Bandung atau di Jakarta," jelasnya mengakhiri.

Ada berbagai jenis ikan hias dari delapan komunitas di Sukabumi yang ada di pasar ini, yakni komunitas ikan Maskoki, Cupang, Predator, Aquascape, Louhan, Discus, Arowana, dan komunitas ikan Guppy.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkumham Ingin Jadi Jualan Baju YHL Usai Pensiun

Posted: 22 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly berencana akan menjadi pedagang selepas pensiun dari jabatannya saat ini.

Kepada Liputan6.com Yasonna mengungkapkan keinginannya untuk berwirausaha menjual pakaian dengan merek yang baru saja didaftarkan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Merek fashion yang berinama YHL atau kependekan dari Yasonna Hamonangan Laoly itu baru saja terbit izin merknya pada November lalu.

Yasonna mengaku, meskipun dirinya sebagai Menkumham tidak berarti menggunakan jalan pintas untuk mendaftarkan merek fashionnya tersebut. Ia menggunakan prosedur layaknya masyarakat biasa.

"Ini prosesnya lama. Delapan bulan prosesnya. Saya daftar dulu, saya mengikuti aturan," ungkap Menteri asal Nias itu.

Ia juga menunjukkan sertifikat hak mereknya itu. Sembari memperlihatkan jaket berbahan denim warna biru laut.

Dalam sesi wawancara, Yasonna juga dengan bangga mengenakan jaket khas mereknya itu. Namun dengan jenis yang berbeda. Terlihat lebih elegan dan premium.

Ia mengaku akan menuntut siapapun yang menggunakan merk YHL bilamana ada seseorang atau badan menggunakan nama tersebut.

Pria yang semasa SMA bercita-cita menjadi pendeta itu juga mengaku bahwa semua produk di bawah bendera merk YHL itu desain olehnya. Termasuk kedua jaket tersebut.

"Dan ini sudah pernah dipakai secara massal oleh teman-teman (dalam) acara kita. Mereka pakai," jelas dia.

Yasonna yang sejak muda telah menggemari jeans itu mengaku usai pensiun akan memproduksi jenis produknya secara massal di bawah merk YHL.

"Sudah siap, kita julan lah," tutup dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal tentang Ambruknya Menara BTS Milik RRI

Posted: 22 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah Base Transceiver Stasion  atau BTS jatuh di daerah Radio Dalam, Kebayoran, Jakarta Selatan. BTS milik Radio Republik Indonesia (RRI) roboh sekira pukul 15.55 WIB pada Minggu, 22 Desember 2019.

Menurut Kasi Pos Damkar Jakarta Selatan Sugeng, robohnya BTS itu diduga akibat angin kencang yang berhembus disertai hujan.

"Satu unit BTS roboh. Karena angin saja," ujar Sugeng.

Menara BTS yang roboh menimpa sejumlah bangunan di sekitar lokasi. Tidak hanya itu, salah satu warga harus dilarikan ke rumah sakit terdekat usai tertimpa runtuhan menara BTS.

"Satu orang mengalami luka di bagian kepala, tadi dijahit, sekarang sudah di rumah," ujar Ketua RT 08 RW 02, Hafid di lokasi, Minggu, 22 Desember 2019. 

Berikut lima hal tentang jatuhnya menara BTS milik Radio RRI yang dihimpun Liputan6.com:

Diduga Jatuh Akibat Angin Kencang

Sebuah Base Transceiver Station atau BTS roboh di daerah Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/12/2019) petang. (Merdeka.com/Ronald)

Robohnya menara BTS di daerah Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dibenarkan oleh Kasi Pos Damkar Jakesel, Sugeng.

"Satu unit BTS roboh," kata Sugen saat di komfrimasi, Minggu 22 Desember 2019.

BTS yang Roboh sekitar pukul 15.55 WIB diduga karena angin kencang disertai hujan yang melanda wilayah tersebut.

 "Karena angin saja," jelas Sugeng.

 

Merusak Rumah dan Satu Warga Terluka

Sapuan angin kencang, mampu merobohkan satu pohon beringin besar yang berada di kompleks perkantoran Pemda Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriyadin)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut menara BTS yang roboh di Jalan Antena 7, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menimpa sejumlah rumah.

"Yang baru kami terima satu bajaj, teras masjid dan dua rumah," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, M Ridwan kepada Liputan6.com, Minggu 22 Desember 2019.

Dia menyebut, pihaknya menerima laporan kejadian pukul 15.55 WIB. Tidak hanya merusak rumah warga, seorang pria harus dilarikan ke rumah sakit terdekat usai tertimpa runtuhan menara BTS milik RRI ini.

"Satu orang mengalami luka di bagian kepala, tadi dijahit, sekarang sudah di rumah," ujar Ketua RT 08 RW 02, Hafid.

Menurut Hafid, korban saat itu tengah menjalankan ibadah salat ashar di sebuah masjid. Ternyata masjid tersebut tertimpa runtuhan BTS.

"Korban sedang beribadah. Langsung dibawa dan mendapatkan 3 atau jahitan di kepala. Sekitar tiga sampai empat rumah terkena dampak akibat robohnya BTS," jelasnya.

Menara BTS Dipindah

Dirut RRI Sebut Robohnya BTS di Radio Dalam Sudah Terjadi Dua Kali (Merdeka/Ronald)

Dirut RRI M Rohanuddin mengatakan, ada tiga program yang terganggu usai robohnya menara Base Transceiver Station atau BTS milik RRI yang berada di Jalan Antena 7, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Ini antena radio ketinggian 120 meter yang digunakan untuk 3 programa RRI. Ini siaran mati karena tiga program di Jakarta mati," katanya.

Rohanuddin mengatakan, kejadian serupa pernah terjadi pada 2005. Namun dengan lokasi yang berbeda tetapi tak jauh dari kejadian saat ini.

"Ini padahal pernah diperbaiki dua tahun yang lalu untuk antisipasi ini. Jadi ini sudah 2 kali terjadi. Tapi titiknya berbeda tahun 2005 peristiwa sama. Mudah-mudahan ini kejadian yang terakhir. Dengan konstruksi yang lebih bagus. Dua tahun yang lalu anginnya kencang sekali jadi roboh," jelasnya.

Sementara itu Dewan Pengawas RRI, Freddy Ndolu menambahkan, pihaknya telah mengusulkan ke pemerintah agar menara dipindahkan. Namun, lokasi yang direkomendasikan justru dijadikan Universitas Islam Indonesia (UII), Depok, Jawa Barat.

"Tower ini seharusnya sudah dipindahkan ke lokasi lain. Kami punya 18 tower di Cimanggis. Tapi pemerintah justru bangun untuk kampus UII. Harusnya menara-menara RRI ini dibangun dulu supaya selesai. Apalagi, menara kami itu full power atau high voltase. Itu harus dibangun di area khusus jauh dari permukiman warga. Sudah ada perancanaannya yang ditanda tangani oleh Presiden Soeharto," beber Freddy.

"Itu sudah zaman dulu sejak era Departemen Penerangan. Dulu ada aturannya, tapi masyarakat berkembang di sini. Sebelum warga banyak, RRI sudah di sini sejak tahun 1945. Seakan-akan tower didirikan di tengah permukiman, padahal bukan seperti itu. Padahal sebenarnya berbahaya tinggal di dekat menara ini," sambung Rohanuddin.

Sulit Membersihkan Sisa Reruntuhan

BTS roboh di Radio Dalam, Jakarta Selatan. (Merdeka.com)

Petugas Pemadam Kebakaran atau Damkar kesulitan membawa alat untuk menangani menara BTS yang roboh.

Menurut Kasi Pos Damkar Jaksel, Sugeng sampai sekarang belum dilakukan penanganan. Pasalnya, alat yang dimiliki tak bisa menjangkau lokasi.

"Sementara kita berhenti karena alat kita enggak mampu, besar," kata Sugeng saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani BTS yang roboh tersebut.

"Saat ini saya koordinasi dengan pihak terkait. Saya koordinasi dengan Pak Haji Ujang (Kasatpol Jaksel). Supaya Pak Ujang katanya berkoordinasi dengan Bina Marga," ucap Sugeng.

Pada kesempatan itu dia juga memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Enggak ada korban jiwa," kata Sugeng.

Dia menegaskan, hanya rumah warga dan bajaj yang tertimpa jatuhnya BTS tersebut.

"Cuma menimpa rumah sama bajaj saja," jelas Sugeng.

Polisi Lakukan Penyelidikan

Petugas memasang garis pembatas polisi (police line) di area ledakan sekitar Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (3/12/2019). Dalam ledakan itu dua anggota TNI menjadi korban dan mengalami luka. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pihak kepolisian langsung memeriksa beberapa orang saksi atas robohnya menara Base Transceiver Station atau BTS milik Radio Republik Indonesia (RRI) yang berada di Jalan Antena 7, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Robohnya menara tersebut ditangani oleh Polsek Kebayoran Baru.

"Itu yang nangani Polsek Kebayoran Baru ya, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan saksi-saksi ya, saksi untuk sementara baru hanya saksi di lokasi ya," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Bastoni Purnama saat dihubungi merdeka.com.

Terkait menara milik RRI, Bastoni menegaskan, tak menutup kemungkinan akan memeriksa perusahaan milik negara tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui penyebab jatuhnya menara.

"Iya akan dipanggil (pihak RRI)," katanya.

 

 

(Rizki Putra Aslendra)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Pulang ke Tanah Air pada 26 Desember

Posted: 22 Dec 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Zamboanga - Dua WNI yang menjadi korban penyanderaan kelompok Abu Sayyaf berhasil diselamatkan militer Filipina. Mereka selamat berkat operasi serangan fajar militer yang memukul mundur militan Abu Sayyaf di Panamao, wilayah selatan Filipina.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Filipina Dr Sinyo Harry Sarundajang sudah berada di Zamboanga, Filipina Selatan, untuk menemui WNI yang berhasil selamat yakni Maharudin bin Lulani dan Samiun bin Maneun.

"Sekarang saya sudah berada di kota Zamboanga. Di kota Zamboanga ini para tahanan-tahanan kita itu sudah ada di sini dua orang. Mereka ditahan sudah 90 hari yang lalu," ujar Sinyo kepada Liputan6.com, Senin (23/12/2019).

Sinyo menambahkan masih ada satu WNI lagi yang belum diselamatkan dari Abu Sayyaf, dan militer masih melakukan upaya penyelamatan. Sinyo telah menjemput dua WNI itu sekitar pukul 11 siang waktu Filipina.

Mereka ditemui di tempat tentara Western Mindanao Command (WestMinCom), yang seperti Kodam di Filipina. Sinyo juga memastikan dua WNI dalam keadaan sehat.

"Kesehatan mereka prima, bagus, mereka tidak dipukul-pukul. Sangat sehat," tegasnya.

Selanjutnya, Sinyo akan membawa dua WNI itu ke Manila pada siang ini. Rencananya, dua WNI yang jadi korban sandera Abu Sayyaf itu akan dibawa pulang ke Tanah Air pada 26 Desember mendatang.

"Kemungkinan besar tanggal 26 saya akan bawa mereka ke Jakarta. Ke Kemlu untuk menyerahkan untuk Menteri Luar Negeri dan Menlu serahkan kepada keluarga," pungkasnya. 

Sinyo juga menegaskan telah memberikan kabar duka cita dari Indonesia kepada pemerintah Filipina. Tercatat, ada seorang tentara yang gugur ketika melakukan serangan fajar pada Minggu pagi, 22 Desember 2019.

Ketika berkunjung ke markas militer, Dubes Sinyo juga menyempatkan memberi penghormatan di depan peti mati prajurit yang gugur saat melawan Abu Sayyaf. Sinyo juga sempat berbincang dengan tentara yang merupakan saudara dari prajurit tersebut.

Selain itu, Dubes juga menelepon Menlu Retno Marsudi saat memberikan penghormatannya, kemudian menyerahkan telepon genggamnya pada perwakilan militer untuk berbicara langsung dengan Menlu Retno.

"Saya telah menyampaikan berita duka dari Presiden dan Ibu Menteri Luar Negeri kepada mereka karena satu prajurit meninggal," ujar Sinyo.

Detik-Detik Serangan Fajar Tentara Filipina Bebaskan 2 WNI dari Abu Sayyaf

WNI korban sandera Abu Sayyaf berhasil diselamatkan militer Filipina. Dok: AP

Tentara Filipina berhasil menyelamatkan dua dari tiga WNI yang disandera kelompok teroris Abu Sayyaf pada September lalu. Operasi serangan fajar dikerahkan militer untuk membebaskan para sandera.

Berdasarkan laporan Manila Bulletin, Komandan Pasukan Bersenjata Filipina di Mindanao Barat, Letjen Cirilito Sobejana menyebut marinir bentrok dengan pasukan Abu Sayyaf di Panamao pada Minggu 22 Desember pukul 4.43 waktu setempat.

Pertempuran berlangsung selama 25 menit. Para tentara berhasil memukul mundur dan mengejar pasukan Abu Sayyaf. Pengejaran berlangsung di area hutan hingga tentara bentrok lagi dengan bandit Abu Sayyaf pada pukul 6.27 pagi.

Baku tembak kembali terjadi antara dua kubu selama 15 menit. Beruntung, helikopter MG520 Angkatan Udara Filipina membantu pasukan darat. Pasukan di helikopter menembakan mortar ke posisi musuh sehingga Abu Sayyaf kembali mundur.

"Selama adu tembak, dua korban berhasil melarikan diri (dari Abu Sayyaf) dan kami berhasil menolong mereka," ujar Letjen Cirilito kepada AFP.

Seorang korban dari pihak Abu Sayyaf tewas di tempat dan seorang lagi dari militer Filipina. Satu korban dari pihak militer terluka dan dibawa ke rumah sakit di Panamao. Hingga kini, militer Filipina masih mengupayakan menolong satu tersandera lain berinisial MF.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Jabar Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid dan Mushola

Posted: 22 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, terdapat sekira 100 ribu masjid dan musala yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Jabar. Emil sapaan Ridwan Kamil pun meminta masyarakat Jabar memakmurkan masjid dan musala dengan berbagai kegiatan, seperti salat subuh berjamaah keliling (Subling).

"Jumlah masjid dan musala di Jabar lebih 100 ribu ini paling banyak, tinggal makmur-kan sama masyarakat. Jangan hanya jumlahnya saja yang banyak, itulah kenapa sebagai Gubernur saya mengampanyekan subuh berjamaah keliling supaya makmur," kata Emil saat Subling di Masjid Besar Al-Ikhlas, Kab. Subang, Minggu (22/12/19).

Emil mengatakan, salah satu ciri kebangkitan umat islam adalah salat subuh berjamaah. Hal itu, kata dia, diungkapkan oleh ulama Palestina.

Maka itu, Emil juga meminta kepada kepala desa sampai Bupati/Wali Kota di Jabar untuk melakukan Subling di wilayahnya.

"Mari ramaikan masjid di salat subuh, mulai dari kepala desa, lurah, camat Bupati, Walikota ajak warganya," ucap Emil.

"Itulah kenapa visi saya Jabar Juara Lahir Batin, jadi membangun jembatan sama pentingnya dengan subuh berjamaah," tambahnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengelola Bandara Soetta Musnahkan Ribuan Barang Penumpang yang Tertinggal

Posted: 22 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernah tertinggal barang berharga di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkarang, Banten, tetapi enggan mengurusnya? Mulai sekarang wajib diurus. Soalnya bila tidak diambil maka barang berharga yang tertinggal atau tercecer, dimusnahkan oleh pengelola bandara, PT Angkasa Pura II.

Seperti yang terpantau di Garbage Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Puluhan ribu barang tercecer atau barcer, dimusnahkan dengan cara dibakar. Mulai dari bantal leher, berbagai jenis jaket atau hoodie, berbagai jam tangan, kacamata, powerbank, sepatu, pakaian dalam, hingga ikat pinggang milik calon penumpang, langsung dimusnahkan.

"Kami bagi dua, untuk yang dimusnahkan adalah bancer yang sudah tidak layak pakai, itu ada sekitar 68 koli atau 5.227 item," ujar Febri Toga Simatupang, Senior Manager of Branch Communication and Legal of PT Angkasa Pura II KCU Bandara Internasional Soekarno Hatta, Senin (23/12/2019).

Kemudian, ada lagi bancer dengan jenis yang sama namun masih layak pakai, yakni sebanyak 171 koli atau 14.558 item yang tidak dimusnahkan. Melainkan disumbangkan ke rumah yatim piatu Yayasan Satu Benih.

Pemusnahan barcer ini dilakukan sebagai tindak lanjut Peraturan Direksi PT Angkasa Pura II (Persero) Nomor : PD. 12.00/ 08/2019 tentang Sistem Manajemen Penanganan Barang Hilang atau Tertinggal (Lost Item) di Bandar Udara PT Angkasa Pura II (Persero).

 

Disimpan 30 Hari

Puluhan ribu barang tercecer dan tertinggal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimusnahkan dengan cara dibakar, Senin (23/12/2019).

Menurut Febri, barang milik penumpang yang tertinggal atau dilaporkan hilang akan disimpan maksimal 30 hari tergantung jenisnya. Apabila tidak diambil dalam masa penyimpanan tersebut, maka barang tersebut akan disumbangkan atau dimusnahkan.

"Masa penyimpanan barang hilang atau tertinggal kategori barang dilarang (prohibited items) adalah 30 hari kalender. Tapi karena ini baru, jadi diberi kesempatan batas waktu laporan sampai 3 bulan. Namun selanjutnya tetap sesuai atutan karena akan kita musnahkan per tiga bulan," tutur Febri.

Sedangkan masa penyimpanan barang hilang kategori makanan dan barang berbahaya atau dangerous goods adalah maksimal 24 jam.

Bagi pengguna jasa Bandara yang kehilangan barang di area Terminal maupun publik, dapat mengisikan formulir kehilangan pada aplikasi Indonesia Airports yang dapat diunduh di Playstore dan iOS, juga pada laman website https://soekarnohatta-airport.co.id,form ini berfungsi sebagai sistem pencatatan, pemantauan dan pencarian barang barang hilang atau Tertinggal (Lost Item). (Pramita Tristiawati)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru Diumumkan, Ini Daftarnya

Posted: 22 Dec 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota baru di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019).

Berdasarkan hasil penilaian tim juri, kelompok Nagara Rimba Nusa mendapatkan juara I, diikuti kelompok The Infinite City sebagai juara II dan kelompok Seribu Galur sebagai juara III.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyambut dengan positif pemilihan pemenang sayembara desain ibu kota baru ini.

"Ini adalah sejarah baru. Ini bisa dikolaborasikan dan jadi karya yang lebih baik," ujarnya.

Lebih lanjut, Basuki akan mengajak para desainer untuk melihat kondisi lapangan secara langsung agar desain bisa diimplementasikan dengan baik. Dirinya mengatakan, jika memungkinkan maka karya dari para desainer, baik juara I hingga juara harapan II, bisa dikolaborasikan agar saling melengkapi.

"Ini bukan desain final, kita akan ke lapangan dulu untuk melihat apakah desain bisa diimpelementasikan. Mungkin ada fine tuning di sana," imbuhnya.

Sebagai rincian, ada 5 pemenang sayembara desain terbaik yang dikategorikan menjadi juara harapan dan juara terbaik. Lima pemenang desain ibu kota baru ini berhasil menyisihkan 287 peserta lain dari tahap pengiriman karya hingga penilaian akhir.

Rincian Pemenang

Sejumlah siswa mencari lokasi calon ibu kota baru pada peta saat kegiatan belajar bertema wawasan Nusantara di SDN Menteng 02, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan belajar wawasan Nusantara itu memberitahukan lokasi pemindahan ibu kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur.(merdeka.com/Imam Buhori)

Berikut rincian pemenangnya:

- Juara Harapan II: Banua Rakyat

- Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa

- Juara III: Seribu Galur

- Juara II: The Infinite City

- Juara I: Nagara Rimba Nusa

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Irish Bella dan Ammar Zoni Umrah Bersama, Penampilannya Curi Perhatian

Posted: 22 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebriti Irish Bella dan Ammar Zoni memang selalu menjadi sorotan netizen. Keduanya kerap membagikan momen mesra di media sosial. Baik itu melalui channel YouTube hingga akun Instagram masing-masing.

Bahkan, Irish Bella dan Ammar Zoni juga kerap membagikan momen liburan di media sosial mereka. Malam pergantian tahun baru pun kerap dijadikan oleh para selebritis sebagai momen liburan bersama dengan orang terdekatnya. Namun, pasangan yang menikah pada 28 April 2019 ini lebih memilih melaksanakan ibadah umrah bersama dibandingkan liburan saat malam pergantian akhir tahun.

"Insyaallah pasti liburan yang sebagai orang muslim pasti ingin ke sana, pusat inti bumi seluruh wajah manusia ini pasti menghadap pada kabah," kata Ammar Zoni, di The Tribrata, Jakarta Selatan, pada Jumat (6/12/2019).

Irish Bella dan Ammar Zoni juga telah mengunggah beberapa potret keduanya saat persiapan umrah di akun Instagram masing-masing. Bahkan, penampilan Irish Bella yang tanpa makeup jadi sorotan netizen.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019) berikut ini beberapa potret keduanya saat melakukan umrah bersama saat libur akhir tahun.

1. Ini merupakan kali pertama keduanya melaksanakan umrah bersama.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/esqtours)

2. Baik Ammar Zoni dan Irish Bella memilih untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan di pergantian tahun.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ammarzoni)

3. Momen umrah keduanya juga dijadikan sebagai momen rehat sementara dari dunia hiburan.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ammarzoni)

4. Penampilan Irish Bella dan Ammar Zoni saat umrah pun jadi sorotan netizen.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ _irishbella_)

5. Penampilan wanita yang akrab disapa Ibel ini tetap memesona meski tanpa makeup.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ _irishbella_)

6. Keduanya tengah menikmati waktu beribadah bersama untuk menghabiskan akhir tahun.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ _irishbella_)

7. Ammar Zoni dan Irish Bella pun cukup aktif membagikan kegiatannya selama di Tanah Suci lewat akun Instagram masing-masing.

Irish Bella dan Ammar Zoni (Sumber: Instagram/ammarzoni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Penangkapan Ibra Azhari Karena Narkoba

Posted: 22 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi kembali menangkap artis Ibra Azhari karena menggunakan narkoba. Ini penangkapan kali keempat bagi adik kandung artis Ayu Azhari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Luncurkan Implementasi B30 di SPBU Pertamina

Posted: 22 Dec 2019 09:10 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) berbincang dengan petugas SPBU saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada tahun 2020 dan B50 pada tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) berbincang dengan petugas SPBU saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada tahun 2020 dan B50 pada tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) memberi sambutan saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019).  Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada tahun 2020 dan B50 pada tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) memberi sambutan saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada tahun 2020 dan B50 pada tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (kiri) meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada 2020 dan B50 pada 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (kiri) meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada 2020 dan B50 pada 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada tahun 2020 dan B50 pada tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada tahun 2020 dan B50 pada tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kanan) mendengarkan keterangan Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada 2020 dan B50 pada 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kanan) mendengarkan keterangan Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). Jokowi menargetkan implementasi program B40 pada 2020 dan B50 pada 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kiri), Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (kiri), Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri BUMN Erick Thohir, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama saat meresmikan Implementasi Program Biodiesel 30 persen (B30) di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Penyakit Langka Gaucher

Posted: 22 Dec 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyakit langka adalah penyakit yang mengancam jiwa atau menurunkan kualitas hidup pasien dengan angka kejadian kurang dari 2.000 orang pada populasi. Mengutip rilis dari Yayasan Mucopolly Sacharidosis (MPS) dan Penyakit Langka Indonesia, saat ini ada sekitar 6.000 - 8.000 jenis penyakit langka yang telah dikenali dan dihadapi oleh 350 juta orang di dunia.

Sebanyak 75 persen pasien dari penyakit langka adalah anak-anak dan hanya sekitar 5 persen pasien yang mendapat penanganan memadai. Di Indonesia, 1 dari 1.000 orang memiliki penyakit langka.

Salah satu penyakit langka yang ditemui di Indonesia yakni penyakit Gaucher. Mengutip keterangan dari Yayasan MPS dan Penyakit Langka Indonesia, penyakit ini menyebabkan penumpukan zat lemak kompleks glucocerebroside akibat defisiensi enzim glucocerebrosidase. Penumpukan terjadi secara kronis pada berbagai organ tubuh terutama hati, limpa, dan sumsum tulang.

Penyakit Gaucher bisa muncul pada masa bayi, anak-anak, dewasa, bahkan orang tua. Penyakit langka ini diturunkan secara autosomal resesif. Prevalensinya sebesar 1 di antara 40.000 bayi. Baik bayi laki-laki atau pun perempuan memiliki risiko yang sama untuk terkena penyakit langka ini.

 

Tipe Penyakit Gaucher

Ada beberapa tipe penyakit Gaucher. Pada tipe I, tidak melibatkan kelainan susunan saraf. Sedangkan pada tipe II dan III umumnya disertai gejala neurologi ringan sampai berat.

Gejala lain yang sering dijumpai pada pasien Gaucher seperti pembesaran hati, pembesaran limpa, nyeri tulang, anemia, dan penurunan jumlah trombosit disertai perdarahan.

Guna memastikan seseorang memiliki penyakit ini diperlukan pemeriksaan tulang lengkap (bone survey) guna mencari gambaran litik dan erlenmeyer flask. Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan aspirasi sumsum tulang untuk mencari sel Gaucher. Diagnosis pasti ditegakkan bila terdapat penurunan kadar enzim glucocerebrosidase atau dengan memeriksa mutasi gen GBA1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Ada Agenda Rapat, Dewan Pengawas KPK Masih Cuti

Posted: 22 Dec 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lima anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga terlihat menyambangi Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta pada Senin (23/12/2019).

Anggota Dewan Pengawas KPK, Syamsuddin Haris mengaku, hari ini belum ada agenda pertemuan maupun rapat dengan pimpinan KPK. Bahkan, ia menyebut bahwa saaat ini tengah cuti.

"Kita belum ada rapat ya karena masih pada cuti. Saya sendiri sebenarnya jadwal cuti," kata Syamsuddin Haris saat dikonfirmasi, Senin (23/12/2019).

Meski demikian, peneliti senior bidang politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini mengatakan, dirinya akan meninjau ruangan di Gedung KPK lama yang kini menjadi Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC).

"Saya siang hanya ke KPK Merah Putih kemudian meninjau ruangan di Gedung KPK lama," katanya.

Tunggu Perpres

5 Anggota Dewan Pengawas KPK jelang pelantikan di Istana Negara, Jumat (20/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Dewan Pengawas KPK belum bekerja, meski sudah dilantik Presiden Jokowi pada Jumat 22 Desember 2019 lalu.

Anggota Dewan Pengawas KPK, Harjono mengaku, masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres). Sebab, perpres tersebut bakal menjadi landasan dewan pengawas KPK bekerja.

"Masih tunggu aturan perpresnya," kata Harjono saat dikonfirmasi, Senin (23/12).

Perpres dari Presiden Jokowi ini diperlukan lantaran belum ada aturan turunan dari UU nomor 19/2019 tentang KPK yang mendasari terbentuknya dewan pengawas sebagai organ baru di tubuh lembaga antirasuah.

Pasal 37C UU nomor 19/2019 menyatakan, dalam menjalankan tugas dewan pengawas akan dibentuk organ pelaksana pengawas. Ketentuan mengenai organ tersebut diatur dengan Peraturan Presiden.

Harjono mengungkapkan, saat ini dirinya sedang berada di luar kota. Meski demikian ia mengaku, tetap berkoordinasi anggota lainnya terkait dengan pelaksanaan tugas.

"Ya belum action. Lagi koordinasi dengan yang lain," tambah dia. 

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ibu, Komunitas Generasi Milenial dan Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin Gelar Karya Sosial

Posted: 22 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Memberikan ucapan atau kado kepada ibu merupakan tradisi yang biasa dilakukan kebanyakan orang Indonesia untuk merayakan Hari Ibu. Berbeda dengan  Komunitas Sosial Generasi Milenial dan anggota BEM STAIMI  Minhaajurrosyidiin dari Ponpes Minhaajurrosyidiin yang menggelar karya sosial di Hari Ibu bertajuk "Lovely Day" atau Hari yang Indah.

Para relawan wanita membuktikan bahwa wanita mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini sesuai dengan tema Hari Ibu tahun 2019,  yaitu "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

Karya sosial ini diisi dengan khitanan massal gratis di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, Lubang Buaya, bagi seratus anak usia 7-15 tahun diwarnai dengan berbagai hiburan bagi peserta khitan, pada Minggu, 22 Desember 2019. Hadir dalam acara tersebut Lurah Lubang Buaya H. Fatoni, S.H.; Camat Cipayung Fajar Eko Satrio, . Sos., M. Si.; dan Sekretaris Wali kota Jakarta Timur Drs. H. Usmayadi, M. Si.

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Selain itu juga hadir ketua Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin sebagai tuan rumah Ir. K. H. Moh. Asy'ari Akbar, M.M. dan Rm. Johan Ferdinand Wijshijer selaku Pastor Paroki Lubang Buaya, Gereja Kalvari.

Para dokter dari Klinik Kalvari, Klinik Kampung Sawah-Servatius, Puskesmas Lubang Buaya, dan  Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin turut mendukung kegiatan ini. Sedangkan Komunitas Generasi Milenial,  mendampingi  peserta khitanan mulai dari pendaftaran sampai pemberian obat.

Mereka juga memberi edukasi tentang manfaat khitan secara medis maupun agama. Orang tua pun bahagia melihat anak-anak mereka mendapat kesempatan khitan dan merasa terbantu secara ekonomi.

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Desy Nicola membuktikan bahwa sebagai wanita ia mendapatkan kesempatan untuk mengomandoi gelaran karya sosial ini, di tengah aktivitasnya sebagai ahli nuklir. Hal serupa dirasakan oleh Ewi, relawan wanita dari Komunitas Generasi Milenial.

"Komunitas Generasi Milenial angkatan pertama  sukses menggagas rekreasi bersama penyintas kanker dan gangguan hati kronis. Saya senang sekarang  angkatan kedua, yang bernama Cahaya Pelita ini dapat kolaborasi bersama Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin menyelenggarakan khitanan massal," ucap Ewi.

"Terjun dalam karya sosial mengasah kepekaan dan rasa cinta yang besar pada kehidupan sehingga kegembiraan sesama dapat menjadi motivasi hidup seseorang," tutur wanita tangguh ini di tengah kesibukannya sebagai guru.

Ir. K. H. Moh. Asy'ari Akbar, M.M. mengungkapkan respon positifnya."Saya menyambut baik kegiatan ini karena kita membantu warga yang secara ekonomi terkendala untuk menjalankan perintah agama. Kegiatan ini bukti nyata hadirnya kerukunan beragama yang selalu terjaga di Indonesia."

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Hal senada juga diungkapkan Romo Johan Ferdinand Wijshijer sebagai motivator komunitas Gen-M ini. "Saya sangat senang. Ini melampaui toleransi, adanya persahabatan dan kesempatan antara pihak gereja dengan pondok pesantren untuk bekerja sama," serunya bangga. Ia berharap pada 2020 mendatang, kerja sama baik ini dapat terjalin kembali.

Ayutasari, perwakilan BEM juga bersemangat terlibat dalam acara ini. "Ini hal baru buat aku, tantangan baru menyiapkan hiburan untuk anak-anak bersama dengan teman baru juga," ungkapnya senang.

Aksi penuh empati ini  juga memberi kebahagiaan personal untuk para relawan agar terpacu berbuat lebih banyak lagi kegiatan sosial bagi sesama.

Penulis:

Yustina Anastasia Periyanti dan Patricia Astrid Nadia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhatan Erick Thohir, Dituduh Terima Uang Rp 200 M Terkait Jiwasraya

Posted: 22 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengaku kecewa dengan berbagai pemberitaan tentang bungkamnya ia saat ditanya terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya beberapa waktu lalu.

Padahal saat itu dia ingin memberikan kesempatan para pelaku usaha untuk diberitakan dalam UMKM Export BRILian Preneur 2019 yang digelar BRI pada Jumat 20 Desember lalu di Jakarta Convention Center.

"Saya bungkam soal Jiwasraya kan, saya bilang hari itu kasih kesempatan UKM jualan," ujar Erick di Jakarta, Senin (23/12).

Pernyataan itu kata Erick malah diputarbalikkan. Dia bahkan dituduh menerima uang Rp 100 miliar-Rp 200 miliar untuk bungkam.

"Duit dari mana terimanya? Jangan dipolitisasi," keluh Erick Thohir.

Pendiri Mahaka Grup ini menerangkan pihaknya tengah bekerja secara objektif dalam kasus PT Asuransi Jiwasraya. Dia mengklaim tidak ada niat manipulasi dalam kasus ini.

"Kita mau betulin kok di sini," ungkapnya.

Sejak tahun 2006, katanya, pemerintah telah bekerja keras untuk menangani kasus yang ada di PT Asuransi Jiwasraya. Pada periode 2006-2008, otoritas sudah mengetahui masalah di Jiwasraya. Saat itu, Asuransi Jiwasraya sudah defisit sebesar Rp3,29 triliun per 31 Desember 2006.

Sejak saat itu, Jiwasraya kerap jadi perhatian dengan berbagai kasus yang terjadi. Begitu juga sepanjang tahun 2011-2017 yang diduga ada manipulasi laporan keuangan. Semua kata Erick Thohir akan diproses.

"Ada prosesnya semua karena ini sudah berjalan cukup lama dari 2006," ujarnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Dukung Kejagung Berantas Oknum Pembobol Jiwasraya

Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir.

Kementerian BUMN, mengapresiasi rekomendasi yang diberikan oleh DPR RI terkait permasalahan Jiwasraya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, apa yang dilakukan DPR RI sejalan dengan koordinasi yang telah dilakukan oleh kementerian BUMN, kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung untuk penyelesaian kasus Jiwasraya.

"Kasus hukum yang melibatkan oknum-oknum akan diusut tuntas oleh pihak Kejaksaan Agung," kata Erick kepada wartawan, Sabtu (21/12/2019).

Untuk itu Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan saat bersamaan akan melakukan restrukturisasi di Jiwasraya.

"Pemerintah sejak tahun 2006 sampai hari ini sudah konsisten mencari solusi atas persoalan ini," tegas Erick. 

Imbas Gagal Bayar, Komisi VI Minta Polisi Cekal Direksi Lama Jiwasraya

PT Asuransi Jiwasraya Persero).

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima meminta kepada penegak hukum dan pemerintah untuk melakukan pencekalan terhadap direksi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) periode sebelumnya yakni 2013-2019. Hal ini sebagai buntut panjang dari kasus tunggakan polis pembayaran kepada nasabah.

"Komisi VI DPR merekomendasikan penyelesaian permasalahan Jiwasraya lewat penegakan hukum tetap dijalankan dimulai dengan melakukan pencekalan terhadap Direksi Jiwasraya periode 2013-2016," ujar Aria Bima saat ditemui di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Seperti diketahui, polis jatuh tempo Jiwasraya pada periode Oktober hingga Desember sebesar Rp 12,4 triliun. Seementara total tunggakan yang harus dibayarkan perusahaan terhadap nasabah sebesar Rp 16,3 triliun.

Senada dengan Arya, Anggota Komisi VI lainnya, Muhtarudin, mengatakan pertimbangan pencekalan terhadap direksi lama tersebut untuk memberikan hukuman kepada jajaran lama. Nantinya apabila ada salah satu direksi yang memang terbukti ketauan bermain dalam permasalahan Jiwasraya, akan dicekal.

"Ini kita berikan shock therapy kepada pihak-pihak yang barangkali ada indikasi bermain dengan peesoalan ini bahwa kami DPR tidak main-main. Ini menunjukan keseriusan kami terhadap penyelamatan uang-uang rakyat," jelas dia.

Kendati begitu, dirinya tidak menjelaskan secara lebih rinci bentuk pencekalan seperti apa yang akan diberikan kepada jajaran direski lama. Terlebih dirinya harus berkomunikasi dengan Komisi VI lainnya dan pihak terkait lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biar Liburan Nyaman, Perhatikan Tiga Hal Ini

Posted: 22 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masa liburan akhir tahun telah tiba. Nah, jika ingin berlibur ke luar kota, kamu disarankan untuk memperhatikan kenyamanan di dalam mobil.

Selain menempuh perjalanan jauh, bisa saja dalam perjalanan, kamu harus menghadapi kemacetan panjang sehingga mood liburan yang seharusnya gembira berubah jadi bencana.  

Biar kamu bisa berkendara dengan menyenangkan, ada tiga tips yang bisa kamu terapkan.

Dikutip dari Suzuki, Senin, 23 Desember 2019, pertama, pilihlah kendaraan mobil berkabin luas. Kabin yang luas akan membuat pengendara dan penumpang lebih leluasa bergerak sehingga kenyamanan bisa didapatkan.

Tak hanya itu, kabin yang luas juga bisa membuat kamu dan semua keluaga bisa leluasa membawa perlengkapan liburan tanpa harus takut kekurangan ruang duduk.

Jika ingin membawa lebih banyak perlengkapan atau barang tanpa mengganggu kenyamanan penumpang, kamu bisa memasang roof box di bagian atas kendaraan.

Hal Lain yang Mesti Diperhatikan

Kedua, kamu harus menyiapkan hiburan di dalam mobil. Pentingnya kehadiran hiburan atau entertainment tidak perlu dipungkiri lagi karena sangat berguna untuk mengusir rasa jenuh selama perjalanan.

Contohnya, kamu bisa mendengarkan musik, acara di radio, atau bahkan mendengarkan audio book. Dalam hal ini, head unit sebuah mobil memainkan peran yang penting.

Bahkan, mobil-mobil terbaru saat ini sudah banyak yang menyempurnakan head unit­-nya dengan sentuhan teknologi canggih, seperti bisa memutar lagu via bluetooth, dan lain-lain.

Yang ketiga, jok. Keadaan jok mungkin terkesan sering disepelekan. Tapi, banyak dari pemilik mobil yang sadar pentingnya kondisi jok mobil yang baik untuk menopang kenyamanan selama perjalanan, terutama perjalanan jauh.

Ingat, saat harus menempuh perjalanan jauh, jok yang nyaman bisa membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Untuk itu, pastikan jok kendaraan nyaman dan jika ada kerusakan sedikit apapun segera perbaiki dulu agar kenyamanan penumpang menjadi lebih terjamin.

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karya Seni Terinspirasi Stupa Candi Borobudur di Wave of Tomorrow 2019

Posted: 22 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wave of Tomorrow kembali diadakan tahun ini di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan mulai 20--29 Desember 2019. Salah satu kreator yang memamerkan karyanya di festival seni berbasis teknologi ini adalah Maika Collective Studio.

Karya Maika di Wave of Tomorrow 2019 bertajuk Arka Niskala. Saat akan memasuki instalasi, pengunjung akan disambut oleh kaca-kaca yang dirangkai sedemikian rupa dan dapat diputar.

"Kita terinspirasi dari bentuk stupa Candi Borobudur yang punya tingkatan, yang di mana tingkatan itu punya arti masing-masing. Di instalasi ini kita juga punya tingkatan tersendiri," kata Glee Ananda, creative director Maika Collective Studio kepada Liputan6.com di Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu, 22 Desember 2019.

Glee menambahkan, perumpaman segitiga tersebut adalah elemen-elemen detail yang ada di Candi Borobudur dan candi lainnya. Selain itu, terlihat pula pemakaian material bambu pada instalasi Arka Niskala.

"Bambu satu material yang unik, bisa banget dieksplorasi dan kita mencoba menantang diri coba aplikasikan bambu ke karya kita. Kebanyakan kalau kita ngomong karya teknologi, something yang futuristik tapi gimana bisa mencampurkan unsur alam terhadap karya instalasi kita," lanjutnya.

Ada beragam elemen yang turut memberi disertakan Maika lewat karya mereka mulai dari sentuhan nature, tribe, culture, hingga Nusantara. Deretan itu pula yang membuat instalasi menjadi satu kekuatan yang kokoh.

"Jadi nggak cuma dari bentuk aslinya, tapi dari filosofi yang sudah kita masukkan ke dalam instalasi," jelas Glee.

Kehadiran material kaca disebutkan Glee sebagai penemuan yang unik. Seperti yang diketahuim kaca sehari-hari dapat digunakan untuk bercermin, berias, hingga refleksi terhadap diri.

"Tapi ternyata, cermin bisa digunakan untuk sesuatu yang memantulkan cahaya, memberi bentuk-bentuk yang unik pada karya instalasi jadi menurut kita eksplorasi kaca lagi," ungkap Glee.

Pesan yang Ingin Disampaikan

Karya seni Arka Niskala tak hanya dibuat sebagai sebuah instalasi dari perjalanan eksplorasi para kreatornya, tetapi ada pula pesan-pesan lain yang ingin disampaikan kepada pengunjung.

"Tagline kita setahun belakangan ini "Nusantara for Global", kita ambil inspirasi, referensi, ide yang ada di seluruh Nusantara. Instead kita melihat atau ambil referensi dari luar, kita coba mempelajari lebih banyak lagi tentang budaya kita di rumah kita," kata Abdullah Bedi, selaku business director Maika Collective Studio kepada Liputan6.com pada kesempatan yang sama.

Abdul, begitu ia akrab disapa, menyampaikan bahwa bagian 'for global' menunjukkan sebenarnya inspirasi-inspirasi yang ada di seluruh Nusantara dapat dikemas dengan relevansi global.

Karya Arka Niskala bukan menjadi project pertama Maika yang dikemas dengan inspirasi dari seluruh Nusantara dengan relevansi global. Sebelumnya, mereka pernah menerapkan ini di Salatiga, Jawa Tengah.

"Salatiga ada membawa folklore lokal, cerita daerah sana tapi membuat projection map yang kita tembakan ke air mancur bisa dansa juga secara teknis dan packaging siap disebarkan ke seluruh dunia, tapi sebenarnya inspirasi datang negara kita sendiri," lanjutnya.

Tak hanya lewat karya di Wave of Tomorrow 2019, Maika Collective Studio berkomitmen untuk terus mengusung Nusantara for Global sebagai key message dari setiap karya mereka ke depannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Smartphone dengan Baterai Berkapasitas Jumbo

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah smartphone dengan baterai berkapasitas jumbo telah masuk ke pasar Indonesia selama 2019. Di artikel ini Tekno Liputan6.com merangkum smartphone apa saja yang memiliki baterai berkapasitas lebih dari 5.000 mAh. Selengkapnya, simak artikelnya berikut ini.

1. Galaxy M30s - 6.000 mAh

Samsung Galaxy M30s masuk ke pasar Indonesia pada 22 Oktober lalu. Layaknya seri Galaxy M lainnya, Samsung Galaxy M30s hadir dengan baterai jumbo, tepatnya 6.000mAh. Samsung mengklaim smartphone ini memiliki waktu standby hingga berhari-hari. 

Perangkat dengan layar Super AMOLED 6,4 inci ini memiliki bobot kurang dari 200 gram tepatnya sekitar 189 gram. Sementara ketebalannya hanya 8,9mm. Padahal, baterainya cukup bongsor.

Galaxy M30s hadir dengan desain layar Infinity U, di mana, lubang notch menjadi tempat untuk kamera selfie yang memiliki resolusi 16MP. Sementara bodi belakangnya terbuat dari material polikarbonat yang ketika dipegang rasanya tidak terasa wah. Pada bodi belakang tersebut ada tiga kamera utama.

Masing-masing memiliki sensor 48MP, lensa ultrawide 123 derajat 8MP, dan lensa depth sensor 5MP. Tidak hanya itu, di bodi belakang juga terdapat fingerprint scanner.

Pada bagian bawah smartphone ini terdapat port USB Type C dan jack headphone 3,5mm. Sementara di sisi kanan terdapat tombol Power dan Volume Up and Down. Pada sisi kiri terdapat slot memori card yang memuat dua SIM card dan memori internal. 

Perangkat ini menggunakan prosesor Exynos 9611 dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB untuk mendukung kinerjanya.

Redmi 8 - 5.000 mAh

Redmi 8 - Kamera Belakang dan Sensor Sidik Jari (2). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Xiaomi mengumumkan seri Redmi 8 di Indonesia pada Rabu (4/12/2019), yang tersedia dalam pilihan warna Onyx Black, Ruby Red, dan Sapphire Blue. Smartphone yang menjalankan MIUI 11 ini terdiri dari varian RAM/memori internal 3GB/32GB dan 4GB/64GB.

Redmi 8 hadir dengan prosesor octa-core Snapdragon 439, layar HD+ 6,22 inci dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Smartphone ini disokong baterai jumbo 5.000mAh, serta didukung port USB Type-C dan quick charge 3.0.

Untuk pengambilan gambar, Xiaomi melengkapinya dengan dua kamera belakang beresolusi 12MP dan 2MP. Modul 12MP disokong teknologi Artificial Intelligence (AI), sementara 2MP dengan depth sensor. Untuk foto selfie, kamera depan Redmi 8 memiliki kamera 8MP dengan fitur AI face unlock.

Oppo A9 2020

OPPO A9 2020. Liputan6.com/Keenan Pasha

Oppo A9 2020 resmi hadir di Indonesia pada 17 September lalu. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, Oppo A9 2020 mengalami peningkatan CPU sebesar 40 persen dan GPU hingga 100 persen. Ponsel ini meluncur dengan menggunakan prosesor Qualcomm 665 delapan inti (64-bit).

Oppo menyematkan RAM berkapasitas 8GB tipe LPDDR4x dan memori internal 128GB tipe UFS 2.1

Sebagai fitur andalan, ponsel ini memiliki empat kamera belakang dengan kamera utama 48 MP, lensa sudut lebar 8 MP, lensa potrait 2 MP, dan lensa monokromatik 2 MP. Ponsel ini juga memiliki kamera depan beresolusi 16 MP.

Untuk mengambil gambar lebih baik di kondisi gelap, tersedia fitur Ultra Night Mode 2.0. Tidak hanya itu itu, Oppo A9 2020 dapat mengambil video berkualitas 4K, dilengkapi teknologi EIS.

OPPO A9 2020 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim menawarkan pemakaian hingga 19 jam. Selain itu, ponsel ini dilengkapi dengan fitur pengisian daya untuk perangkat lain (reverse charging) dengan memanfaatkan fitur OTG berbekal kabel type C.

Desain yang ditawarkan OPPO mengambil gradasi tiga dimensi dan pola nano, sehingga warna ponsel ini tampak akan berubah ketika dilihat dari berbagai sisi. OPPO A9 2020 hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Marine Green dan Space Purple.

Untuk layar, ponsel ini mengadopsi layar jenis waterdrop screen terbaru yang membuat layar seluas 6,5 inci ini memiliki perbandingan bodi ke layar sebesar 89 persen.

Vivo Y19 - 5.000 mAh

Vivo Y19

Vivo resmi memboyong varian terbaru Y-Series, yakni Vivo Y19, ke pasar Indonesia pada 6 Desember lalu. Vivo Y19 didukung 6GB RAM dan 128GB ROM, serta baterai berkapasitas 5000 mAh dengan fitur Dual-Engine Fast Charging (18W).

Selain itu, smartphone berlayar 6.53 inci FHD+ Ultra All Screen itu menyematkan teknologi AI Multi-Mode Camera pada 3 lensa kamera utamanya.

Tersedia dua pilihan warna Vivo Y19, yakni Magnetic Black dan Spring White. Bodinya mengadopsi glass look finishing serta 3D desain.

Baterai Vivo Y19 juga didukung dengan fitur Reverse Charging untuk mengisi daya perangkat lain dengan menggunakan kabel USB OTG (On-The-Go).

Untuk sistem operasi, Vivo Y19 berjalan di funtouch OS 9.2 yang berbasis pada Android Pie. Untuk penyuka gim, Vivo menyematkan fitur Ultra Game Mode dan Voice Changer.

AI Multi-Mode Camera menawarkan 4 fungsi pada 3 lensa kamera belakang, yaitu 16MP Main Camera, 8MP AI Super Wide-Angle dengan fitur bokeh, serta 2MP Macro Camera.

Kamera depannya dapat menghasilkan swafoto jernih yang didukung AI Face Beauty, AI Make Up, dan Pose Master.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek, Perubahan Menstruasi Saat 20, 30, dan 40 Tahun

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menstruasi yang terjadi pada usia belasan, 20 dan 40 tahun tentu berbeda. Perubahan hormon yang berkaitan dengan usia serta pengalaman seperti kehamilan dan perimenopause turut memengaruhi kondisi tersebut. 

Seperti dilansir laman Health, dijelaskan perubahan kondisi saat menstruasi yang terjadi di usia 20, 30, dan 40 tahun.

Di usia 20-an

Sebagian besar anak muda usia 20-an berjuang dengan periode menstuasi yang tidak teratur. Lauren Streicher, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Chicago mengatakan akan mengalami kram dan nyeri payudara.

Selain itu, perubahan menstruasi lainnya yang cenderung terjadi pada usia 20-an juga berkaitan dengan kehamilan. Dalam usia ini, wanita yang sudah menikah dan memutuskan untuk mulai menggunakan kontrasepsi hormonal dapat memengaruhi menstruasi.

Pil, atau bentuk kontrasepsi hormonal seperti IUD hormonal atau Depo-Provera -- suntikan kontrasepsi -- dapat menyebabkan menstruasi terhenti. 

Usia 30 dan 40 Tahun

Tanda-Tanda Menstruasi (Sumber: iStockphoto)

Di usia 30-an

"Pada usia ini, menstruasi sebaiknya sudah teratur," kata Streicher.

Gejala seperti rasa sakit yang lebih hebat daripada kram biasa bisa jadi merupakan tanda masalah yang lebih serius. Perlu segera ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan bila mengalami hal ini. 

Salah satu masalah yang dialami wanita muda adalah endometriosis. Ditandai dengan rasa sakit yang tidak menyenangkan selama menstruasi. Kondisi ini kerap didiagnosis ketika seorang wanita berusia 30-an.

Di usia-usia ini banyak juga wanita yang hamil. Setelah kurang lebih 40 minggu tidak menstruasi, usai melahirkan anak maka haid akan datang sekitar enam minggu usai melahirkan seperti disampaikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Sherly Ross.

 

Di usia 40-an

Usia 40-an awalnya ditandai dengan fluktuasi hormon perimenopause, yang merupakan prekursor (sesuatu yang mendahului dan menunjukkan kemunculan sesuatu atau seseorang; pertanda) dalam menopause. Bila ini sudah terjadi, maka sekitar 8 sampai 10 tahun wanita tersebut bakal mengalami menopause.

"Hal yang selalu saya katakan tentang gejala perimenopause adalah tidak ada yang dapat diprediksi," kata Streicher.

 Namun, dengan ovulasi yang tidak menentu, bukan berarti tidak bisa hamil. Seorang wanita belum mengalami menopause sampai haidnya berhenti setidaknya selama satu tahun.

"Apabila Anda mengalami gejala yang tidak biasa, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter Anda," kata Ross.

Periode yang sangat tidak teratur atau perubahan drastis pada menstruasi bisa jadi merupakan tanda masalah tiroid, sindrom ovarium polikistik, atau sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Simak Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Usaha Pelindo III Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk 3 Posisi

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, yaitu PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS) kembali membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, PT Pelindo Daya Sejahtera membuka lowongan kerja untuk 3 posisi sekaligus yang mana ditunjukkan untuk lulusan D3 dan S1. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 24 Desember 2019.

Nantinya, para kandidat yang terpilih akan ditugaskan di wilayah berbeda, yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA).

Sekadar informasi, keberadaan PT Pelindo Daya Sejahtera tidak lepas dari komitmen manajemen PT Pelindo III dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja. Manajemen PT Pelindo III menilai hal tersebut dapat terwujud apabila tenaga kerja dikelola secara profesional.

Atas dasar itu, PT Pelindo III mendirikan anak perusahaan yang khusus bergerak di bidang alih daya, yaitu PT Pelindo Daya Sejahtera (PT PDS). Pendirian perusahaan dilakukan dengan cara mengakuisisi PT Persada Jasa Utama (PT PJU), perusahaan milik Koperasi Pegawai Pelindo III.

Mengutip laman rekrutmen PT Pelindo Daya Sejahtera, berikut posisi yang disediakan dan tata cara pendaftaran lowongan kerja tersebut:

1. Staff Keuangan (Kode: KEU-31)

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Penempatan: PT Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS)

Persyaratan:

1. Laki-laki / Perempuan

2. Usia maksimal 27 tahun per 1 Desember 2019

3. Pendidikan minimal D3 Perpajakan / D3 Akuntansi

4. Diutamakan memiliki pengalaman di bidang perpajakan/keuangan minimal 2 tahun

5. Diutamakan pernah bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) atau Kantor Konsultan Pajak (KKP)

6. Sehat jasmani dan rohani

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan registrasi online di Aplikasi e-Recruitment di sini 

2. Safety Officer (Kode: SFO-30)

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Penempatan: PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA)

Persyaratan:

1. Laki-laki

2. Usia maksimal 30 tahun per 1 Desember 2019

3. Pendidikan S1 (Safety/Enviromental/Heatlh)

4. Memiliki pengalaman 2 tahun, diutamakan di bidang jasa kepelabuhanan / pemeliharaan alat berat

5. Memiliki sertifikat AK3 Umum yang masih berlaku

6. Memahami OHSAS, ISO 9001, ISO 140001

7. Memahami Teknik Investigasi Insiden

8. Memahami dan menguasai SMK3

9. Mampu mengoperasikan komputer minimal MS Office

10. Tidak buta warna

11. Sehat jasmani dan rohani

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan registrasi online di Aplikasi e-Recruitment di sini 

3. Staf Legal (Kode: LG-30)

Ilustrasi penegakan hukum (Via: lintasterkininews.com)

Penempatan: PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA)

Persyaratan:

1. Laki-laki / Perempuan

2. Usia maksimal 30 tahun per 1 Desember 2019

3. Pendidikan S1 Hukum

4. Berpengalamanan sebagai Legal Drafter, HR Industrial, Pengurusan Perijinan dan Sengketa Hukum minimal 1 tahun

5. Sehat jasmani dan rohani.

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi persyaratan perusahaan, silakan segera melakukan registrasi online di Aplikasi e-Recruitment di sini 

Ingat, semua lowongan hanya dibuka hingga 24 Desember 2019.

Perhatian

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

- Selama proses rekrutmen & seleksi, pelamar tidak dipungut biaya dalam bentuk apapun.

- Hanya pelamar yang memnuhi persyaratan dan terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti proses rekrutmen & seleksi.

- Keputusan panitia rekrutmen & seleksi adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Nenek Sebatang Kara di Sumenep, Menyambung Hidup dari Seikat Sapu Lidi

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sumenep - Di usianya yang sudah renta, Dayyara (82), nenek sebatangkara warga Dusun Dik Kodik, Desa Gapura Timur, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur masih semangat menjalani hidup. Meski kondisi tubuh tak lagi segar bugar, baginya pantang meminta-minta dan mengemis demi mendapatkan uang. Dirinya lebih memilih berjualan sapu lidi. 

Setiap hari ia selalu telaten mengumpulkan daun kelapa kering yang jatuh dari pohon di sekitar rumahnya. Daun itu kemudian dikumpulkan lalu dipisahkan janur dengan lidinya. Ketika sudah banyak, lidi tersebut diikat untuk dijadikan sapu lidi.

"Dijual seribu rupiah. Kadang cuma bisa bikin satu sehari," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (22/12/2019).

Nenek Dayyara mengaku, membuat sapu lidi dari dedaunan kelapa kering yang jatuh jadi satu-satunya cara mendapatkan uang demi mmbeli beras dan bertaha  hidup. Dirinya menyadari sudah tak muda lagi untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar, apalagi tenaganya sudah tak seperti di kala muda.

"Saya sudah tidak bisa bekerja. Jadi kalau urusan makan apa adanya, meskipun hanya nasi dengan petis ikan sebagai sambal," katanya.

Setiap mempunyai uang dari hasil menjual sapu lidi, langsung dibelanjakan untuk kebutuhan makan. Ia bahkan mengaku tak pernah mengonsumsi ikan dan daging, sebab uang yang dimiliki hanya cukup beli beras atau jagung sebagai bahan panganan.

"Kalau uang sedikit saya beli jagung yang sudah digiling. Itu lebih murah dibanding beras, sehingga bisa dikonsumsi lebih lama, karena jika beli beras cuma dapat sedikit," kata Dayyara.

Penghasilan yang ia peroleh dari sapu lidi sangatlah minim, kadang sehari kalau sedang tidak banyak daun kelapa kering jatuh, hanya bisa mengumpulkan lidi jadi satu ikat yang dijual seharga Rp1000. Maka pendapatan itu dikumpulkan, lalu setelah banyak dan bisa buat beli beras langsung berbelanja kebutuhan makan tersebut.

Keadaan miris nenek Dayyara mendapat perhatian khusus Pemkab Sumenep. Bahkan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Achmad Fauzi menyempatkan datang ke rumah nenek Dayyara membawa bantuan sembako.

"Saya senang sekali bisa dibantu sama bapak Wakil Bupati. Jadi untuk sementara waktu tak lagi bingung kalau mau makan," katanya.

Achmad Fauzi mengaku akan merespons dengan cepat ketika ada informasi mengenai warga miskin yang butuh perhatian. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan warga tersebut dapat segera mendapatkan solusi.

"Sebenarnya soal warga miskin itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Melainkan juga butuh kepedulian kita bersama, agar cepat keluar dari lingkaran kemiskinan," katanya.

Warga miskin yang berpenghasilan tidak menentu memang perlu mendapat perhatian khusus, terutama lansia, supaya penderitaan yang mereka alami tidak berkepanjangan. Bahkan pihaknya akan terus memantau warga miskin yang sudah diberi bantuan, maka dari itu akan diketahui apakah ada perubahan atau kesejahteraannya.

"Kami akan terus lakukan berbagai macam cara untuk bangkitkan gairah ekonomi warga miskin. Agar daerah ini tak lagi ada warga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya," jelasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Parade Selebrasi Kemenangan Bali United

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bali United sukses menjadi juara Liga 1 2019 setelah mengoleksi 64 poin dari 34 pertandingan Shopee Liga 1 2019.

Pencapaian ini merupakan pertama kalinya klub berjulukan Serdadu Tridatu itu merasakan nikmatnya menjadi juara kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Bali United berencana untuk mengadakan parade arak-arakan trofi juara yang akan dilakukan oleh skuat Bali United di Pulau Dewata.

Acara ini akan dimeriahkan oleh Via Vallen, Giring eX Nidji, dan masih banyak lagi lainnya. Saksikan Live Streaming parade selebrasi kemenangan Bali United pada, Senin 23 Desember 2019 pukul 15.30 WIB hanya di Vidio dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagi, Warga Sumsel Tewas Dimangsa Harimau

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Satu pria tewas diduga akibat serangan harimau di Langkat, Sumatera Selatan. Jasad ditemukan sudah tidak lengkap diduga dimakan harimau.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanta Ginting Jalani Tahun 2019 Penuh Warna, Ini Ceritanya

Posted: 22 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Membintangi 5 film sepanjang tahun ini membuat Tanta Ginting bersyukur. Ia menyebut 2019 tahun penuh warna. Terkait perkembangan industri layar lebar dalam negeri, Tanta Ginting menilai kondisi film Indonesia tahun ini jauh lebih baik. Penilaian Tanta Ginting ini bukan tanpa alasan.

Tanta Ginting menyebut, genre film Indonesia pada 2019 lebih kaya. Terbit genre-genre baru yang dikemas apik dan ternyata disambut penonton.

Pada 2019, ada genre pahlawan super Gundala karya Joko Anwar yang disambut 1,69 juta penonton lebih. Ada pula film thriller Perempuan Tanah Jahanam, masih karya Joko Anwar, yang tembus 1,7 juta penonton lebih.

Lebih Merata

Tanta Ginting. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Sangat menyenangkan. Bisa dibilang hampir semua genre sukses dan lebih merata. Ada banyak pilihan saat penonton ke bioskop. Film-maker jadi lebih percaya diri dalam menyuguhkan ide baru," terang Tanta Ginting ketika dihubungi Showbiz Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini.

Kondisi ini beda dengan beberapa tahun sebelumnya, di mana film-maker tampak latah. Satu drama religi sukses, yang lain ikut-ikutan.

Hampir Semua Genre Ada

Tanta Ginting

"Sekarang, hampir semua genre ada. Lebih berwarna, tak cuma satu genre yang menjual. Horor masih punya tempat, komedi, dan biografi juga ada," beri tahu bintang film 3 Dara dan Soekarno: Indonesia Merdeka.

Meski demikian, bukan berarti industri film domestik tak punya pekerjaan rumah.

Segmen Masing-masing

Tanta Ginting. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Tanta Ginting mengingatkan pentingnya strategi promosi yang matang agar kesadaran masyarakat terhadap sebuah film terbangun sejak dini.

"Masih ada beberapa rumah produksi yang bingung menjajakan filmnya. Bagaimana membangun relasi dengan media mengingat setiap film punya karakter dan segmen masing-masing. Jadi strategi promosi itu tidak bisa di-copy paste," ulas aktor kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1981.

Strategi Yang Salah

Tanta Ginting

Pernah, Tanta Ginting diajak mempromosikan film aksi di sekolah berbasis komunitas dan agama. Ia menilai strategi ini tidak tepat sasaran. "Saat itu saya pikir strategi ini salah," Tanta Ginting mengingat. Ia menambahkan, industri film Indonesia tengah bertumbuh. Kualitasnya membaik.

"Kalau memperhatikan teknik CGI di film Gundala dan Ratu Ilmu Hitam sangat oke. Belum lagi pergerakan penonton film Habibie dan Ainun 3 serta Imperfect, sangat melegakan. Saya turut happy, sih," Tanta mengakhiri perbincangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilang 2 Tahun Lebih, Remaja di Jerman Ditemukan Dalam Lemari

Posted: 22 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Recklinghausen - Seorang remaja yang hilang selama dua setengah tahun telah ditemukan dalam kondisi tidak terluka. Ia ditemukan dalam sebuah lemari milik tersangka pornografi anak di Jerman barat.

Marvin K, remaja 15 tahun itu, ditemukan pada Jumat, 20 Desember dalam pencarian polisi di Recklinghausen, negara bagian Jerman di Rhine-Westphalia Utara.

Seorang juru bicara kepolisian Jerman mengatakan kepada CNN bahwa remaja itu hilang selama dua setengah tahun.

Saat ditemukan, dia masih mengenakan pakaian yang sama persis saat ia dikabarkan hilang.

Tersangka Merupakan Seorang Anak dan Bapak

ilustrasi polisi melakukan penyelidikan. (iStockphoto)

Polisi menggeledah rumah seorang pria, Lars H (44), yang diduga mendistribusikan foto pornografi anak.

"Para petugas menemukan seorang anak laki-laki di dalam lemari. Sebuah penyelidikan menunjukkan ini adalah remaja berusia 15 tahun yang telah lama hilang," jelas polisi Recklinghausen.

Menurut polisi, tidak ada indikasi bahwa Marvin ditahan di apartemen itu atas kehendaknya. Marvin tetap di bawah perlindungan polisi dan belum diidentifikasi karena alasan hukum.

Juru bicara kepolisian mengatakan Lars H dan pria yang dilaporkan sebagai ayahnya (77) yang berada di apartemen pada saat itu ditangkap dan dibawa pihak kepolisian.

Pada Sabtu 21 Desember, seorang hakim mengabulkan permintaan dari kantor kejaksaan umum dan mengeluarkan surat perintah penangkapan Lars H atas pelanggaran seksual yang serius. Sementara itu, ayahnya dibebaskan dari tahanan.

Selama penggeledahan berlangsung, sebuah perangkat elektronik yang merupakan unit penyimpanan data ditemukan oleh seekor anjing pelacak polisi yang terlatih. Polisi mengatakan bahwa peralatan itu sekarang sedang diselidiki. Demikian dikutip dari CNN, Senin, 23 Desember 2019.

Kembali Bersama Ibu

ilustrasi ibu dan anak. (iStockphoto)

Dilaporkan DailyMail, tetangga di Recklinghausen mengatakan bahwa mereka tidak melihat Marvin, hanya sesekali mendengar teriakan seorang laki-laki yang datang dari rumah itu. 

Ibunya, Manuela (53), mengatakan, "Dia memegang saya dengan sangat erat dan mulai gemetar." Manuela juga menambahkan bahwa anaknya mengeluh betapa tersiksanya dia tidak bisa mendapatkan udara segar karena dikurung dalam lemari selama dua setengah tahun.

Sebelum anaknya ditemukan, Manuela selalu mengatakan anaknya sudah meninggal atau berada di suatu tempat dan tidak bisa menghubunginya. Polisi juga melaporkan bahwa mereka sudah sempat bersiap untuk menyerah karena tidak bisa menemukan Marvin. 

Marvin hilang setelah dibawa ke rumah perawatan terdekat setelah kematian ayahnya, dan saat itu dia berusia 13 tahun. Dia mengucapkan selamat tinggal kepada pengasuh sebelum pergi untuk bertemu teman-temannya pada 11 Juni 2017 di pusat kota.

Dia mengirim pesan WhatsApp terakhir pada pukul 11.37 pagi, sebelum teleponnya dimatikan secara permanen.

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik

Posted: 22 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meskipun dikenal sebagai salah satu publik figur yang selalu penuh kontroversi, namun bukan rahasia lagi kalau sosok Nikita Mirzani artis yang murah hati. Tak ayal, para sahabat dan teman-teman dekatnya selalu akrab dengan ibu tiga anak ini.

Salah satu sahabat yang dikenal dekat dengan Nikita Mirzani ialah Krizna Fahrezi. Bagi kalangan artis sosok Krizna Fahrezi merupakan seorang penyanyi dan penata rambut profesional.

Hubungan Nikita Mirzani dengan Krizna Fahrezi sendiri sudah terjalin saat mereka sama-sama merintis karier. Bahkan saat wanita 33 tahun ini melahirkan, sosok Krizna Fahrezi juga lah yang menemani proses kehamilannya.

Nikita Mirzani bahkan kerap kali mengajak Krizna Fahrezi liburan bersama ke luar negeri. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret kedekatan Nikita Mirzani dan penata rambutnya yang bak kakak adik, Senin (23/12/2019).

1. Sosok Krizna Fahrezi dikenal sebagai salah penata rambut profesional dan terkenal di kalangan artis.

Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik (sumber:Instagram/kriznafahrezi)

2. Hubungan Nikita Mirzani dan Krizna Fahrezi sudah layaknya kakak adik.

Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik (sumber:Instagram/kriznafahrezi)

3. Nikita Mirzani bahkan kerap mengajak Krizna Fahrezi liburan bersama ke luar negeri.

Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik (sumber:Instagram/kriznafahrezi)

4. Saking dekatnya, bahkan saat Nikita melahirkan Krizna selalu berada di samping menemaninya.

Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik (sumber:Instagram/kriznafahrezi)

5. Tak ayal kedekatan anak-anak Nikita Mirzani dengan Krizna sudah seperti saudara sendiri.

Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik (sumber:Instagram/kriznafahrezi)

6. Hebatnya lagi, selain jadi penata rambut Nikita Mirzani ternyata Krizna juga menjadi penata rambut Ayu Ting Ting.

Potret Kedekatan Nikita Mirzani dan Penata Rambutnya, Bak Kakak Adik (sumber:Instagram/kriznafahrezi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Perampokan di Rest Area Km 626 Tol Ngawi-Kertosono Terekam CCTV

Posted: 22 Dec 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dari rekaman kamera CCTV, polisi menyelidiki kasus perampokan seorang pengendara mobil yang tengah beristirahat di rest area km 626 Tol Ngawi-Kertosono di Madiun, Jawa Timur.

Peristiwa yang berlangsung Jumat akhir pekan lalu itu, tampak seorang lelaki ke luar dari mobil mengamati situasi. Lantas pelaku menggasak harta benda seorang wanita bernama Ratna Dewi asal Sidoarjo yang tengah tertidur di mobilnya.

Seperti ditayangkan Indosiar, Senin (23/12/2019), pelaku dengan mudah merampas ponsel dan uang tunai sebanyak Rp 1,5 juta, lantaran pintu mobil dalam keadaan tak terkunci.

Sadar dirampok, korban lantas mengejar pelaku. Namun, tak berdaya lantaran pelaku melepaskan tembakan ke udara.

"Dia ambil tas, setelah itu lewat belakang, lalu masuk dan ternyata di dalam mobil itu ada sopirnya, kemudian langsung naik dan tabrak trotoar," ujar warga bernama Sela.

Polisi yang menerima laporan sempat melakukan penghadangan. Namun, mobil pelaku berhasil keluar tol terlebih dulu di wilayah Nganjuk.

Hasil penyelidikan, identitas mobil dan pelaku sudah dikantongi polisi. Dan saat ini, Tim Reserese Mobil (Resmob) pun tengah melakukan pengejaran.

"Dugaan pelaku mengarah termasuk jenis kendaraan kita sudah menguasai," jelas Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono.

Aparat mengimbau kepada seluruh pengguna kendaraan yang sedang beristirahat di rest area tetap waspada dan mengunci mobilnya jika hendak tidur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maguire Bingung Jelaskan Kekalahan MU

Posted: 22 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Bek Manchester United (MU), Harry Maguire, mengaku tak bisa menjelaskan kenapa timnya bisa kalah melawan klub kecil seperti Watford.

MU di luar dugaan tumbang 0-2 di tangan Watford pada lanjutann pertandingan Liga Inggris di Vicarage Road, Minggu (22/12/2019) malam WIB. Dalam laga itu, gol tuan rumah dilesakkan Ismaila Sarr dan Troy Deeney.

Kekalahan ini menambah penyakit MU yang susah menang melawan tim kecil. Sebelumnya, mereka juga kalah saat melawan Crystal Palace, West Ham United, Newcastle United, dan Bournemouth.

Padahal saat melawan tim-tim besar, MU justru selalu meraih poin. Mereka mengalahkan Tottenham Hotspur, Manchester City, Chelsea dan Leicester City, yang kini ada di posisi dua, juga nyaris menaklukkan Arsenal dan Liverpool, meski akhirnya mesti puas berimbang.

 

Sulit Beri Penjelasan

(AFP/Daniel Leal-Olivas)

"Itu adalah sesuatu yang tidak bisa benar-benar kami jelaskan. Kami bekerja keras dalam latihan dan hanya itu yang bisa kami lakukan, yaitu datang ke pertandingan-pertandingan ini dengan persiapan seperti laga tandang melawan Manchester City," kata Maguire kepada Sky Sports.

"Tapi, hasilnya melawan Watford mengecewakan. Saya selalu berpikir ketika Anda memainkan pertandingan ini, melawan apa yang disebut oposisi yang lebih rendah di klasemen, bahwa gol pertama sangat penting, begitu besar, dan kami memiliki peluang untuk mendapatkannya, tapi gagal," Maguire menambahkan.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Seleb Ini Pernah Ditangkap Kasus Narkoba Lebih dari 2 Kali, Terbaru Ibra Azhari

Posted: 22 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Aktor senior Ibra Azhari kembali ditangkap oleh pihak penyidik Polda Metro Jaya atas kasus narkoba. Adik aktris Ayu Azhari ini bukan kali pertama terlibat dengan pihak kepolisian.

Informasi terkait dengan penangkapan Ibra Azhari ini juga telah dibenarkan oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus pada Senin (23/12/2019) pagi. Meski telah dibenarkan, akan tetapi pihak kepolisian belum merilis informasi secara detail atas penangkapan aktor 49 tahun ini.

Namun, penangkapan Ibra Azhari pada Minggu (22/12/2019) kemarin merupakan yang keempat kalinya. Ia sebelumnya pernah ditangkap atas kasus yang sama pada 2002, 2003 dan 2010.

Tak hanya Ibra Azhari saja yang ditangkap lebih dari dua kali atas kasus narkoba. Beberapa selebriti Tanah Air juga juga pernah berurusan dengan pihak kepolisian atas penyalahgunaan barang haram tersebut. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019) berikut ini beberapa selebritis yang pernah terjerat kasus narkoba lebih dari dua kali.

1. Rio Reifan

Artis sinetron Rio Reifan (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktor Rio Reifan pun beberapa kali terlibat dengan pihak berwajib atas kasus narkoba. Ia pertama kali ditangkap oleh pihak polisi pada 2015 lalu atas penyalahgunaan narkoba.

Dirinya ditangkap di Kawasan Kalibata, Jakarta Selatan saat disinyalir akan melakukan transaksi dengan bandar narkoba. Atas kasus tersebut, Rio Reifan pun divonis penjara 1 tahun 2 bulan.

Tak lama setelah bebas, ia pun kembali ditangkap atas kasus yang sama pada 2017 lalu. Aktor sinetron tersebut ditangkap oleh piphak kepolisian di Kawasan jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat. Karena perbuatannya, Rio pun harus kembali mendekam di balik jeruji besi dan kembali bebas pada Juni 2018.

Selang satu tahu, untuk ketiga kalinya aktor kelahiran 25 Februari 1985 ini harus berurusan dengan polisi lagi atas kasus narkoba. Ia ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 0,0129 gram.

2. Jennifer Dunn

Jennifer Dunn kembali menjalani sidang lanjutan kasus narkoba yang menjeratnya.  (Deki Prayoga/Bintang.com

Aktris Jennifer Dun juga sempat membuat heboh netizen atas kasus narkoba yang dialaminya. Pada 2005 lalu saat dirinya berusia 15 tahun, Jennifer Dunn ditangkap pihak kepolisian atas dugaan penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, pada 2009 dirinya pun herus kembali berurusan dengan polisi lantaran kedapatan menggelar pesta narkoba dan seks. Ia pun harus terkurung di penjara selama kurang lebih 4 tahun.

Tak kapok berurusan dengan pihak kepolisian atas kasus narkoba. Wanita kelahiran 10 Oktober 1989 ini kembali diciduk pihak kepolisian untuk kasus yang sama.

Dirinya kembali ditangkap pada 31 Desember 2017 lalu di kediamannya di Kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Pihak kepolisian juga menamukan barangbukti sabu seberat 0.6 gram di lokasi kejadian.

3. Fariz RM

Fariz RM kembali ditangkap kepolisian karena narkoba. (Adrian Putra/Bintang.com)

Musisi Fariz RM juga pernah terlibat peyalahgunaan narkoba. Ia pertama kali ditangkap pada 2007 lalu. Saat ditangkap dalam sebuah Razia, Fariz RM pun diamankan dengan barang bukti ganja seberat 5 gram. Pada 2015 lalu, dirinya pun kembali diamankan pihak kepolisian atas kasus yang sama di Kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Tiga tahun berselang sejak penangkapannya, penyanyi kelahiran 5 Januari 1959 ini pun kembali ditangkap untuk yang ketiga kalinya. Ia pun diamankan pihak kepolisian beserta barang bukti, 2 paket klip sabu, 9 butir alprazolam, 2 pil dumolid serta bong atau alat hisap sabu.

4. Sheila Marcia

Sheila Marcia (Nurwahyunan/Bintang.com)

Aktris Sheila Marcia juga pernah terlibat penyalahgunaan narkoba. Dirinya pertama kali ditangkap pihak kepolisian pada 2008 lalu.

Setahun berselang, Sheila Marcia pun kembali ditangkap oleh pihak berwajib. Penangkapan Sheila Marcia yang kedua kalinya pun menjadi sorotan. Pasalnya, saat ditangkap dirinya tengah berbadan dua.

5. Revaldo

Revaldo (Deki Prayoga/bintang.com)

Aktor sinetron Ada Apa dengan Cinta The Series, Revaldo pertama kali ditangkap pihak kepolisian atas kasus narkoba pada 2006 lali. Dirinya terbukti memiliki sabu seberat 1 gram, satu linting ganja serta 5 butir pil ekstasi. Ia pun divonis 2 tahun penjara dan denda Rp 1 juta subside satu bulan kurungan.

Tak kapok berurusan dengan pihak kepolisian dengan narkoba, dirinya pun kembali ditangkap pada 2 Juli 2010 atas kasus yang sama. Bahkan, Revaldo ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 62 gram serta satu paket ganja. Ia pun divonis 7 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

6. Roy Marten

Roy Marten (Daniel Kampua/Fimela.com)

Ayah dari Gading Marten, Roy Marten juga pernah mendekam di penjara karena kasus narkoba. Ia pertama kali ditangkap pada 2006 lalu dengan barang bukti sabu seberat 3 gram.  Tak lama setelah bebas, Roy Marten pun kembali menjadi sorotan karena kedapatan memiliki 1,5 ons sabu dan tiga alat penghisap.

Ia kembali diamankan pada 2007 di sebuah hotel. Roy Marten pun di jatuhi hukuman tiga tahun penjara atas perbuatannya.

7. Polo 'Srimulat'

Polo termasuk salah satu anggota grup lawak Srimulat. Foto: Facebook

Anggota Srimulat, Polo juga harus berurusan dengan pihak kepolisian atas kasus narkoba pada 2000 lalu. Ia kedapatan memiliki sabu seberat 0,5 gram.

Empat tahun berselang, Polo kembali ditangkap di sebuah villa di daerah jalan Raya Bogor, Jakarta Timur. Barang bukti sabu seberat 1 gram juga turut diamankan pihak kepolisian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kegunaan Ganja yang Akan Dikirim Ke Luar Angkasa

Posted: 22 Dec 2019 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta SpaceX akan kirim ganja ke luar angkasa pada Maret 2020. Ganja yang dikirim merupakan hasil eksperimen dari Front Range Biosciences.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerangka Manusia Ditemukan di Septic Tank Milik Warga di Yogyakarta

Posted: 22 Dec 2019 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kerangka manusia ditemukan teronggok di lubang penampungan atau septic tank milik Waluyo, warga Desa Karangjati, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta,  Minggu sore kemarin. 

Polisi yang dilapori temuan ini langsung mengumpulkan data dan melibatkan Tim SAR dan relawan PMI untuk mengangkat tulang belulang manusia ini.

Tidak ada petunjuk, seperti baju atau ciri khusus. Namun, dari beberapa warga sekitar polisi mendapat informasi tentang hilangnya Selly, istri tetangga mereka bernama Edi Susanto.

Setelah lama tak melihat Selly selama satu bulan lamanya, berembus kabar wanita itu bunuh diri. Namun, warga tidak tahu kebenarannya. Warga meminta polisi menindaklanjuti kecurigaan mereka.

"Diperkirakan itu wanita, kurang tahu kalau usianya, korban bukan warga di sini," kata Ketua RT Sumarno, Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (23/12/2019). 

"Kerangka sudah dievakuasi untuk dilakukan pemeriksaan. Untuk identitas korban sementara belum bisa ditentukan, karena kondisi kerangka sudah hancur mungkin sudah 4 sampai 5 tahun," ujar Kapolsek Kasihan, Bantul, Kompol Y Tarwoco.

Selain meminta keterangan keluarga Selly, polisi juga berupaya mengungkap misteri kerangka ini dengan meminta keterangan sejumlah warga tetangga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewan Pengawas KPK Tunggu Perpres Jokowi

Posted: 22 Dec 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum bekerja, meski sudah dilantik Presiden Jokowi pada Jumat 22 Desember 2019 lalu.

Anggota Dewan Pengawas KPK, Harjono mengaku, masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres). Sebab, perpres tersebut bakal menjadi landasan dewan pengawas KPK bekerja.

"Masih tunggu aturan perpresnya," kata Harjono saat dikonfirmasi, Senin (23/12).

Perpres dari Presiden Jokowi ini diperlukan lantaran belum ada aturan turunan dari UU nomor 19/2019 tentang KPK yang mendasari terbentuknya dewan pengawas sebagai organ baru di tubuh lembaga antirasuah.

Pasal 37C UU nomor 19/2019 menyatakan, dalam menjalankan tugas dewan pengawas akan dibentuk organ pelaksana pengawas. Ketentuan mengenai organ tersebut diatur dengan Peraturan Presiden.

Harjono mengungkapkan, saat ini dirinya sedang berada di luar kota. Meski demikian ia mengaku, tetap berkoordinasi anggota lainnya terkait dengan pelaksanaan tugas.

"Ya belum action. Lagi koordinasi dengan yang lain," tambah dia. 

Dewan Pengawas KPK Dilantik

5 Anggota Dewan Pengawas KPK jelang pelantikan di Istana Negara, Jumat (20/12/2019).(Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi melantik Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Istana Negara Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

Adapun Dewan Pengawas KPK yang dilantik yakni Tumpak Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsuddin Haris.

Upacara pelantikan ini diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 140/P tahun 2019 tentang pengangkatan Dewan Pengawas KPK. Dalam Keppres ini, Ketua Dewan Pengawas KPK adalah Tumpak Panggabean. Sedangkan keempat lainnya merupakan anggota dewan pengawas.

Mereka kemudian membacakan sumpah dan janji Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikat Juventus, Pelatih Lazio: Kami Lakukan Hal Magis

Posted: 22 Dec 2019 08:35 PM PST

Roma - Pelatih Lazio tak percaya bisa menaklukkan Juventus dengan skor 3-1, Minggu (22/12/2019). Kemenangan itu sekaligus membuat Tim Elang Ibukota juara Supercoppa Italia.

Lazio yang berstatus juara Coppa Italia menghadapi Juventus sang peraih titel Serie A musim lalu di King Saud University Stadium. Kemenangan itu merupakan raihan kelima Biancocelesti.

Selain itu, Lazio juga memperpanjang rekor kemenangan atas Lazio musim ini. Pada lanjutan Serie A Italia 7 Desember silam, Ciro Immobile dkk. juga sukses mengalahkan Juventus.

Inzaghi melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang nyaris mustahil. Ia memuji performa anak asuhnya atas keberhasilan tersebut.

"Kami melakukan hal magis. Mengalahkan Juventus dua kali dalam kurun waktu dua pekan adalah hal luar biasa," kata Inzaghi usai laga.

"Saya rasa ini kemenangan yang pantas kami dapatkan. Lazio percaya bisa mengalahkan tim yang kuat, kami layak menang," katanya lagi.

Pertandingan berjalan sengit dan kedua tim saling bertukar serangan. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1 setelah Luis Alberto dan Paulo Dybala mencetak gol.

Lazio memastikan kemenangan atas Juventus menjadi 3-1 pada babak kedua. Gol dicetak oleh Senad Lulic dan Danilo Cataldi. Ini merupakan gelar Supercoppa Italia kelima buat Lazio. Sebelumnya, Biancoceleste juara pada 1998, 2000, 2009, dan 2017.

Lupakan Scudetto untuk Sejenak

Jalannya pertandingan Piala Super Italia 2019 antara Juventus vs Lazio di Stadion King Saud University, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (22/12/2019) (Foto: Juventus FC)

Lazio berada di tangga ketiga klasemen sementara Serie A dengan delapan kemenangan beruntun dan menjadi satu-satunya tim yang sukses mengalahkan Juventus dua kali dalam satu musim.

Akan tetapi, Simone Inzaghi enggan membicarakan Scudetto. Ia hanya ingin anak asuhnya menikmati kemenangan atas Juventus dan keluar sebagai juara Supercoppa Italia.

"Lupakan Scudetto, kami mau menikmati malam-malam seperti ini. Ini gelar kelima kami dan kami mau terus meraihnya di masa-masa mendatang," ujar mantan pemain Lazio itu.

"Saya tidak pernah punya masalah besar, tetapi ketika ada yang salah, saya tahu siapa yang selalu di sisi saya dan mana yang tidak. Saya mendedikasikan kemenangan ini untuk mereka," katanya memungkasi.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis Gregah, editor Wiwig, published 23/12/2019)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis-jenis Modem dan Fungsinya, Pilih Sesuai Kebutuhan

Posted: 22 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis modem ada beraneka ragam. Apabila kamu berniat ingin memasang atau menggunakan modem, kamu perlu mengenal jenis-jenis modem yang disesuaikan berdasarkan pemasangan, jaringan, dan teknologinya.

Menurut fungsinya, modem digunakan untuk menerima dan mengirim data setiap saat ketika berinteraksi online di dunia maya. Perkembangan teknologi yang semakin maju, khususnya pada penggunaan internet membuat keberadannya menjadi suatu kebutuhan penting.

Berkat adanya modem, seseorang bisa mendapatkan sinyal internet dan diterima baik oleh setiap perangkat yang terhubung dengan modem tersebut. Beragam jenis-jenis modem memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Berikut sembilan jenis-jenis modem beserta fungsinya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

Mengenal Modem

Ilustrasi Modem / Sumber: Pixabay

Sebelum mengenal beragam jenis-jenis modem, mari mengenal apa itu modem terlebih dahulu. Modem merupakan singkatan dari modulator dan demulator.

Singkatnya, modem adalah suatu perangkat komunikasi yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat diterima perangkat komputer atau monile dengan lebih baik.

Modulator berfungsi untuk menghantarkan data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa atau carrier agar dapat dikirim pemakai melalui media-media tertentu. Prosesnya disebut dengan proses modulasi. Dalam proses ini data yang berbentuk sinyal digital di komputer akan diubah menjadi sinyal analog. 

Sedangkan demulator  berfungsi untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini, data akan dipisahkan dari  frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan dirubah kembali menjadi sinyal digital agar dapat dibaca oleh pengguna komputer. 

Fungsi Modem Secara Umum

Ilustrasi Modem / Sumber: Pixabay

Lewat penjelasan pengertian modem di atas, maka kamu dapat mengetahui bahwa fungsi modem secara umum untuk mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya. Sinyal yang dikirimkan dari komputer atau laptop akan dirubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem kemudian akan ditransmisikan melalui kabel koneksi untuk diantarkan ke komputer-komputer lainnya.

Seiring perkembangan teknologi, modem telah dikembangkan dengan berbagai fitur seperti  voice modem yang dapat berfungsi sebagai saluran radio, percakapan telepon ataupun audio lainnya. Modem juga punya fungsi khusus, yaitu untuk meminimalisir tingkat kesalahan ketika melakukan transmisi sinyal dan modem juga akan memeriksa informasi yang diterima apakah dalam kondisi rusak atau tidak dengan metode checksurn. 

Apabila terjadi kesalahan dan kerusakan maka data tersebut akan dikembalikan lagi ke tempat semula atau pengirim.

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

Ilustrasi Kabel Modem / Sumber: Pixabay

Setelah mengenal modem dan fungsinya, selanjutnya mengenal jenis-jenis modem berdasarkan jaringan dan cara pemasangannya. Berikut jenis-jenis modem:

Modem Eksternal

Jenis-jenis modem pertama yaitu modem ekternal. Modem eksternal merupakan alat yang digunakan komputer agar dapat mengakses internet.

Data yang berasal dari komputer berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Apabila modem menerima data berupa sinyal analog akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

Modem eksternal biasanya dipasang di bagian luar CPU seperti serial port atau USB CP. Keunggulan modem eksternal adalah dapat mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindahkan kemanapun.

Modem Internal

Jenis-jenis modem selanjutnya modem internal. Jenis modem ini terpasang secara internal di mana sinyal analog yang tiba akan diubah menjadi sinyal digital dan secara langsung dikirim ke komputer.

Biasanya modem ini dipasang pada bagian dalam CPU seperti slot PCI. Modem internal dapat digunakan untuk card modem komputer, slot PCI, slot ISA. Keunggulan dari modem ini adalah cara pemasangan modemnya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Modem ini sering dikenal dengan On-Board Modem. 

 

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Jaringannya

Ilustrasi Modem / Sumber: Pixabay

Modem dengan Kabel

Jenis-jenis modem lainnya adalah modem dengan kabel. Jenis modem ini dapat diakses dengan menggunakan jaringan kabel seperti kabel telepon.  Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyediakan bandwith yang kuat dibandingkan dengan modem komputer.

Modem tanpa Kabel

Modem tanpa kabel atau wireless merupakan satu dari jenis-jenis modem yang tidak menggunakan kabel sebagai media perantaranya. Keunggulan dari jenis modem ini adalah dapat mudah dibawa dan dipindah kemanapun anda mau. 

Namun, modem ini sangat berpengaruh terhadap cuaca sekitar. Artinya kecepatan koneksi modem ini dapat melemah jika cuaca di sekitarnya tidak mendukung. 

Jenis-jenis Modem Berdasarkan Teknologinya

Modem Analog (modem dial-up)

Jenis modem ini dapat menerima  data dalam bentuk sinyal analog yang melalui jaringan transmisi data dan dirubah menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer ataupun sebaliknya. Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial-up melalui jaringan telepon atau dengan kata lain akses jaringan komputer melalui jalur telepon dengan menggunakan modem. 

Dial-up biasanya  digunakan secara pribadi di rumah. Komputer yang dapat menggunakan modem dial-up umumnya adalah komputer tunggal atau PC. 

Modem Digital Subscriber Line (DSL)

Modem DSL digunakan untuk  menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan yang terdedikasi (dedicated line). Teknologi ini akan membuat data yang diterima atau terkirim modem DSL menjadi data digital sehingga akses internet akan lebih cepat bila dibandingkan dengan modem analog.

Ada dua jenis modem DSL, yaitu Asymmetric Digital Subscriber Line (ASDL) dengan kecepatan download lebih cepat daripada upload dan Symmetric Digital Subscriber Line (SSL) dengan kecepatan donload sama dengan kecepatan upload.

Modem Kabel

Modem kabel merupakan perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini yang kemudian digunakan sebagai koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Untuk dapat digunakan sebagai modem kabel, komputer anda harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

Modem CDMA

Modem CDMA merupakan sistem komunikasi internet melalui jalur Code Division Multyple Acces (CDMA). Pada umumnya modem CDMA ini berbentuk seperti USB Flashdisk yang dapat anda gunakan kapanpun. Kecepatan internet CDMA dapat mencapai tiga kali lipat koneksi dial-up.  

Modem GSM

Modem jenis ini memiliki kemiripan dengan modem SDMA. Modem ini memiliki jalur komunikasi internet dengan Global System for Mobile Communication (GSM) seperti modem CDMA, Modem GSM juga berbentuk seperti USB. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV My Sweet RT Episode Perdana Senin, 23 Desember 2019

Posted: 22 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Miniseri SCTV terbaru My Sweet RT ditayangkan mulai pukul 15.30 WIB setiap Senin-Jumat. Mona bersama ketiga temannya yakni Jali, Kinoy dan Ogel konvoi dengan motornya berangkat sekolah. Di lampu merah, Mona nggak sengaja ngaca di mobil sampingnya buat ngeluarin sisa makanan yang nyelip di gigi, eh nggak tahunya kaca mobilnya terbuka.

Masih di episode perdana My Sweet RT juga bercerita tentang Rafael jijay ada cewek jorok kayak Mona yang lemparin dia tusuk gigi. Mona cs hampir aja telat masuk sekolah pas pintu gerbang mau ditutup. Papa Romi, kepala sekolah yang juga ayah Mona geleng kepala liat kelakuan Mona anaknya. Mona cs juga gak ngerjain tugas, alhasil mereka di hukum hormat ke tiang bendera.

Papa Romi suruh Mona giat belajar untuk ujian kelulusan SMA, bukan sering main atau konvoi motoran. Papa Romi ancam akan sita motor Mona kalo gak belajar. Mona yang kepandaiannya di bawah rata-rata, dengan sabar ngajarin Mona, dibantu Pipit, pembantu di rumah Mona yang masih saudara jauh dan sahabatan sama Mona.

Mona, Jali, Kinoy dan Ogel akhirnya bisa lulus walau dengan nilai pas-pasan. Papa Romi niat mau masukin Mona ke perguruan tinggi, tapi pas coba beberapa kali pendaftaran tetap saja ditolak. Mona yang kesal jalan-jalan sendirian. Dia kagum lihat Nico, cowok ganteng yang baik hati bantuin kakek buta nyebrang jalan.

Mona cs nongkrong di warungnya Mpok Indun. Nggak lama ada Jupri dan genk motornya datang. Mereka cekcok dan akhirnya terjadilah tawuran. Mona sempat lindungi anak kecil yang lewat pas tawuran, karena itu Mona jadi kena lempar kayu kepalanya dan pingsan. Mona dibawa ke klinik Rafael. Mona yang kaget ternyata Rafael adalah dokter di situ.

Dan, miniseri SCTV My Sweet RT selanjutnya....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: