Kamis, 12 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Barang Impor Masih Dominasi Penjualan via E-Commerce

Posted: 12 Dec 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat beberapa tahun terakhir ini. Namun sayangnya, e-commerce di Indonesia diserbu produk impor dan penjual asing lantaran saat ini karakteristik e-commerce masih tanpa batas.

Penelitian Ekonomi LIPI, Nika Pranata menyebutkan tren impor barang melalui e-commerce perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Data dari Dirjen Bea Cukai menunjukan bahwa sepanjang 2018, secara rata–rata jumlah barang kiriman impor melalui e-commerce meningkat 10,5 persen per bulan sedangkan dari sisi nilai transaksi melonjak 22 persen dari tahun sebelumnya.

Diungkapkan pula bahwa tren tersebut terjadi akibat dari mudahnya konsumen Indonesia untuk membeli barang dari luar negeri. Bahkan, beberapa platform e-commerce besar di Indonesia menyediakan fasilitas kepada penjual asing untuk membuka toko online di Indonesia.

"90 persen itu produknya ya impor. Yang dijual yang 90 persen itu bukan lewat e-commerce nya tapi produk yang dijualnya, tapi impor lewat jalur biasa," kata dia, di kantornya, Jumat (13/12).

 

Alasan Pilih Produk Impor

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Terkait hal ini, LIPI melalui Pusat Penelitian Ekonomi LIPI telah melakukan survey kepada 1.626 pembeli dan penjual online di seluruh Indonesia.

Dua alasan utama konsumen berbelanja langsung dari luar negeri adalah karena produknya langka di pasar Indonesia dan harga barangnya yang relative lebih murah.

"Jika permasalahan ini tidak ditindaklanjuti dengan cermat, maka hal tersebut mengancam keberlangsungan usaha produsen dan penjual online di Indonesia," ujarnya.

 

 

 

Rekomendasi Solusi

Calon Konsumen membuka aplikasi situs belanja online di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Konsumen berburu diskon di salah satu situs jual beli online yang menawarkan beragam potongan harga khusus pada hari belanja online nasional (Harbolnas). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Nika menambahkan berdasarkan beberapa temuan penelitian dan pembelajaran dari kasus Tiongkok, tim peneliti merumuskan beberapa rekomendasi kebijakan. Dalam rangka melindungi produsen dan penjual online Indonesia.

"Dirjen Bea Cukai perlu untuk mengenakan PPN sebesar 10 persen kepada semua barang impor berapapun nilai transaksinya. Hal ini untuk menciptakan kesetaraan perpajakan antara penjual dalam negeri dan penjual asing," ujarnya.

Jika itu tidak dilakukan, maka untuk barang dengan harga di bawah 75 dollar AS (USD), pelaku usaha dalam negeri akan kalah bersaing. Pada harga tersebut, penjual asing tidak dikenakan biaya apapun, sedangkan transaksi di Indonesia dikenakan PPN sebesar 10 persen.

Dia menyebutkan saat ini serbuan produk impor di ecommerce terus bertambah. Mencapai 4 persen dari total impor secara keseluruhan.

"Sekarang baru sekitar 4 persen dari total yang umum, tapi itu meningkatnya pesar jadi per bulanya rata-rata 10 persen. Karena 3-4 tahun yang lalu baru 1 persen hya bisa dibayangkan jadi 4 persen," ujarnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggaran Pilkada Rp 1 Miliar Sudah Masuk Rekening KPU Surabaya

Posted: 12 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Surabaya dikucurkan secara bertahap. Sebagian anggaran pelaksanaan Pilkada Surabaya 2020 sebesar Rp 1.000.326.000 atau Rp 1 miliar suah masuk ke rekening Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya untuk penggunaan 2019.

Anggaran itu sebagian dari total anggaran sebesar Rp 101,24 miliar. "Anggaran pilkada digulirkan secara bertahap," kata Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya, Soeprayitno di Surabaya, Kamis, 12 Desember 2019, seperti mengutip Antara.

Dia menuturkan, KPU Kota Surabaya tetap mengedepankan dan berpedoman pada regulasi yang ada. Hal ini menjadi prinsip bersama komisioner berikut Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Satuan Kerja (Satker) yang berkantor di Jalan Adityawarman 87 Surabaya tersebut.

"Penggunaan anggaran mengikuti peraturan perundang-undangan," ujar dia.

Sementara itu, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi selaku Penerima Anggaran (PA) telah menyerahkan penuh pengelolaan dan pertanggungjawaban anggaran kepada Sekretaris KPU Sunarno Aristono selaku Kuasa Pengelola Anggaran (KPA) seiring Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM).

Tahapan Pilkada Terdekat

ilustrasi Pilkada serentak

Untuk tahapan pilkada terdekat, KPU Surabaya telah mengumumkan penyerahan persyaratan dokumen dukungan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya jalur perseorangan pada 25 November 2019 hingga 8 Desember 2019.

KPU Surabaya telah menggelar sosialisasi kepada bakal pasangan calon perseorangan dan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pilkada Surabaya 2020 pada 11 Desember 2019.

Nur Syamsi mengatakan, aplikasi Silon tersebut untuk memudahkan bagi para bakal calon untuk bisa mengetahui jumlah dukungan dan persebaran dukungan.

"Aplikasi Silon tersebut dimaksudkan untuk memudahkan bagi para bakal calon perseorangan dan juga KPU, seperti mempermudah dalam mengetahui jumlah dukungan dan persebaran dukungan, terlebih bisa juga untuk mengetahui dan mendeteksi kegandaan internal dari masing-masing calon," kata dia.

Sesuai Keputusan KPU Surabaya Nomor 358/PL.02.2- Kpt/3578/KPU-Kot/X/2019 Tentang Persyaratan Jumlah Minimum Dukungan dan Persebarannya Bagi Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020, dokumen yang diserahkan bakal calon pasangan perseorangan, yakni 138.565 Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dengan persebaran paling sedikit di 16 Kecamatan di Surabaya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Kesiapan Polaruid Polda Jatim Hadapi Libur Akhir Tahun

Posted: 12 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Natal dan Tahun Baru, pihak Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Jatim mencek alat material khusus atau Almatsus. Sebagai kesiapan pengamanan wilayah laut dan pantai di Jawa Timur. Selain itu, 12 armada kapal milik Polairud Polda Jatim juga disiagakan untuk pengamanan wilayah laut di Jawa Timur.

Untuk menjaga keamanan laut, jelang Natal dan Tahun Baru, pihak Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Jatim mencek terhadap alat material khusus atau Almatsus.

Beberapa alat pengamanan di laut diperiksa di antaranya, kamera neck vision, kamera flir, alat komunikasi bawah air, hand pouemp, radiasi nuklir, drone air shuter, monitor, tactical, hingga alat pelontar tali.

Menurut Direktur Kepolisian dan Udara, Polairud Polda Jatim, Kombes. Pol. Arnapi, jelang Natal dan Tahun Baru, pihaknya siap mengamankan mobilitas masyarakat terutama di wisata pantai di Jawa Timur.

Serta meningkatkan patroli guna meminimalisir kejahatan di wilayah perairan Polda Jatim. Kejahatan yang rawan adalah terutama peredaran narkoba melalui jalur laut. Berikut diberitakan Liputan6, 10 Desember 2019.

Selain itu, Pihak Polairud Polda Jatim juga menyiapkan 12 armada kapal patroli untuk disiagakan di lokasi wisata sepanjang pesisir laut Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fasilitas Umum Unik Ini Bantu Permudah Hidup, Bikin Nyaman

Posted: 12 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas memang tak ada batasnya. Banyak orang berkreasi dengan tujuan mempermudah kehidupan sehari-hari. Maklum masalah akan muncul tiap hari dan membutuhkan kreativitas untuk mengatasinya. Salah satunya adalah menghadapi masalah bidang fasilitas umum. 

Fasilitas umum tentu menjadi sebuah aspek yang sangat penting. Dimana fasilitas ini mencakup kebutuhan banyak orang, sehingga menjadikannya penting untuk ada di lingkungan masyarakat. 

Seringkali masyarakat yang menggunakan toilet, barang bawaannya tertinggal. Tentu selain menghimbau masyarakat untuk lebih hati-hati, desain toilet agar barang bawaan tak tertinggal tentu dibutuhkan. Ini hanya salah satu contoh masalah saja yang menuntut kreativitas.

Nah, berikut 7 fasilitas umum unik hasil kreativitas yang bisa bantu permudah hidup yang Liputan6.com lansir dari brightside, Jumat (13/12/2019)

1. Sebuah tangga darurat yang mampu menyala dalam kegelapan

Fasilitas umum unik (Sumber: Brightside)

2. Merasa frustasi, kamu dapat memukul kantong ini saat di jalanan

Fasilitas umum unik (Sumber: Instagram/donttakethisthewrongway_  )

3. Gagang pintu toilet jadi tempat menaruh barang bawaan

Fasilitas umum unik (Sumber: Brightside)

4. Pijakan kaki untuk pesepeda saat di pesimpangan jalan

Fasilitas umum unik (Sumber: Brightside)

5. Fasilitas kandang anjing di depan mall untuk menjaga anjing tetap hangat meski tak boleh masuk area mall

Fasilitas umum unik (Sumber: Brightside)

6. Tempat penitipan skateboard dengan kuci yang aman

Fasilitas umum unik (Sumber: Brightside)

7. Fasilitas toilet yang memiliki lampu penanda untuk memberitahukan penggunanya

Fasilitas umum unik (Sumber: reddit/CliffbytheSea)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Larang BUMN Bentuk Anak Usaha

Posted: 12 Dec 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir resmi melarang BUMN membentuk anak usaha lagi. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (Permen) BUMN Nomor SK-315/MBU/12/2019.

Beleid ini diterbitkan pada 12 Desember 2019 dan telah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, serta pejabat Kementerian BUMN lain.

Dikatakan, keberadaan anak perusahaan dan perusahaan patungan yang memiliki bidang usaha atau fokus bisnis yang sama dinilai perlu dikonsolidasikan dalam rangka efektifitas pengelolaannya.

Dalam diktum kesatu permen tersebut, disebutkan:

1. Menghentikan sementara waktu (moratorium) pendirian anak perusahaan perusahaan patungan di lingkungan BUMN sampai dengan Menteri BUMN melakukan pencabutan atas kebijakan tersebut.

2. Kementerian BUMN melakukan review terhadap going concern anak perusahaan dan perusahaan patungan yang kinerjanya tidak baik dan mengambil keputusan terbaik berdasarkan pengkajian, dengan melibatkan direksi BUMN.

3. Moratorium dan review sebagaimana Diktum KESATU angka 1 dan angka2 berlaku terhadap perusahaan afiliasi yang terkonsolidasi ke BUMN termasuk cucu perusahaan dan turunannya.

Beleid ini telah berlaku sejak diterbitkan dan berakhir hingga Erick Thohir mencabut keputusan ini, sehingga jika ada BUMN yang hendak membentuk anak usaha lagi, maka sudah dipastikan akan ditolak hingga waktu tertentu.

Erick Thohir Tergelitik, Ada Cucu Usaha BUMN Bernama Garuda Tauberes Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kaget mengetahui PT Garuda Indonesia memiliki anak usaha yang diberi nama Garuda Tau Beres Indonesia. Dia mengaku belum mengetahui bidang apa yang diurus oleh PT Garuda Tau Beres Indonesia.

"Yang menarik kalau di situ mohon maaf buat saya sih menggelitik, ada cucu perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tau Beres Indonesia. Nggak tau bidang apa. Bayangkan ada itu," ujar Menteri Erick sembari tertawa di Kantor DJP, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Menteri Erick mengatakan, pihaknya masih mempelajari mengenai PT Garuda Tau Beres Indonesia. Jika ke depan anak usaha tersebut ternyata tidak memiliki kinerja bagus maka akan dilakukan evaluasi.

"Saya akan keluarkan kepmen untuk anak buah, cucu perusahaan harus dapat review. Jangan sampai menggerogoti perusahaan yang sehat," jelas Erick Thohir.

 

Jasa Pengiriman Logistik

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memberi paparan saat mengunjungi Kantor Liputan 6 di SCTV TOWER, Jakarta, Senin (10/12). Kunjungan Erick Thohir dalam rangka roadshow ke beberapa media. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Adapun PT Garuda Tau Beres Indonesia adalah anak usaha Garuda Indonesia yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. Menurut laman resmi, perusahaan tersebut, beralamat di Jalan Gunung Sahari Raya No. 52 Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ujian Nasional Dihapus 2021, Ini 7 Komentar Tokoh dari Jokowi hingga Syafii Ma'arif

Posted: 12 Dec 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan bahwa Ujian Nasional akan dihapuskan. Penyelenggaraannya pun hanya dilakukan sampai 2020 saja. Di tahun 2021 nantinya UN akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

"Penyelenggaraan UN tahun 2021, akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter," ungkap Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Selain kabar mengenai Ujian Nasional (UN) yang dihapuskan Nadiem Makarim pun juga menetapkan empat pokok kebijakan pendidikan yang disebut Merdeka Belajar. Kebijakan ini pun disesuaikan dari arahan Presiden dan Wakil Presiden untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Usai diumumkannya bahwa UN akan dihapuskan sejumlah tokoh nasional pun banyak mengomentari kebijakan dari Nadiem Makarim. UN yang setiap tahunnya dilaksanakan sebagai tolok ukur lulus tidaknya siswa ini pun menjadi sebuah perbincangan hangat.

Baik netizen maupun tokoh pun memiliki komentarnya masing-masing soal Ujian Nasional dihapus. Berikut 7 komentar tokoh dari Jokowi hingga Syafii Ma'arif yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/12/2019).

1. Jokowi mendukung kebijakan Nadiem Makarim soal penghapusan Ujian Nasional

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menkeu Sri Mulyani menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Daerah serta Dana Desa Tahun 2020 kepada Mendikbud, Nadiem Makarim di Istana Negara, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Soal penghapusan Ujian Nasional yang selama ini menjadi tolok ukur lulus tidaknya siswa tentu menjadi sebuah perbincangan hangat.

"Sudah diputuskan oleh Mendikbud, bahwa UN mulai tahun 2021 sudah dihapus. Artinya sudah tidak ada UN lagi tahun 2021," kata Jokowi di Tol Layang Jakarta-Cikampek, Kamis (12/11/2019).

Mengenai kebijakan yang dilakukan oleh Mendikbud, Nadiem Makarim mendapat dukungan dari Jokowi. Jokowi menyatakan dukungannya terhadap kebijakan Nadiem.

"Nanti sudah dihitung, saya kira kita mendukung apa yang sudah diputuskan Mendikbud," ucapnya.

2. Wakil Presiden Ma'ruf Amin setuju dengan konsep baru pengganti UN

Wakil Presiden Ma'ruf Amin  saat menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin setuju dengan konsep baru yang diusulkan Menteri Pendidikan Nadiem Makariem sebagai pengganti UN.

Namun dia meminta agar hal tersebut dapat diuji kembali, sehingga jadi alat ukur untuk tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

"Akan diuji, apakah bisa jadi alat ukur dan tingkatkan pendidikan," kata Ma'ruf di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Kamis (11/12/2019).

3. Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau jangan terburu-buru

Puan Maharani memberikan pidato pertamanya sebagai Ketua DPR RI 2019-2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Sidang paripurna pelantikan pimpinan DPR dipimpin Abdul Wahab Dalimunthe. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Puan meminta Nadiem tak buru-buru memutuskan UN dihapus. Dia meminta Nadiem menelaah lebih jauh wacana tersebut sebelum 2021.

"Jangan terburu-buru kita lihat, jangan merugikan anak murid, siswa, orangtua, yang pasti kualitas gurunya harus ditingkatkan," ujar Puan.

Puan Maharani, ketua DPR RI menyoroti kebijakan dari Mendikbud, Nadiem Makarim soal penghapusan UN. Ia pun meminta Nadiem untuk menjelaskan kriteria kelulusan siswa setelah UN dihapuskan.

"Mendikbud menjelaskan ke publik yang pasti, kan yang harus kita tanyakan ke Mendikbud apa kriterianya kelulusan anak itu di SMA, SMP, atau di SD kalau enggak ada UN. Kalau mau masuk perguruan tinggi itu kita akan menggunakan apa?" ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

4. Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, penyelenggaraan UN hanya membuat siswa dan guru terbebani

Juru Bicara DPP PKB Syaiful Huda. (Istimewa)

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengatakan, pihaknya akan melaksanakan rapat kerja bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nadiem Makarim hari ini, Kamis (12/12/2019).

"Hari ini raker dengan Komisi X, kita ingin mendapatkan penjelasan UN lebih detail," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (12/12/2019).

Sebelumnya, Syaiful menilai pelaksanaan Ujian Nasional selama ini hanya membuat anak didik hingga guru terbebani, bahkan stres.

"Sejak awal kita dukung hapus, karena UN kita bikin stres. Sekolah, guru, anak didik, bupati ikut stres juga. Karena (bupati) kan ingin daerahnya menjadi unggulan berprestasi," kata Syaiful.

Politikus PKB itu mengatakan sudah saatnya ada perubahan format UN untuk menjawab tantangan zaman.

5. Anggota Komisi X PDIP-P Andreas Hugo Pareira, pengganti UN harus memperhatikan hubungan dunia pendidikan dengan dunia kerja

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira saat menjadi Pembicara, Jakarta, Kamis (10/3/2016). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dunia pendidikan memang diharapkan memiliki hubungan yang kuat dengan dunia kerja. Di mana para siswa yang lulus nantinya dapat menghadapi dunia kerja dengan baik. Hal ini pun disampaikan oleh Anggota Komisi X PDIP-P Andreas Hugo Pareira.

"Metode evaluasi dengan asesmen kompetensi minimum ini harus memperhatikan link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja untuk melahirkan generasi muda Indonesia yang siap masuk dunia kerja yang sesuai dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari lembaga pendidikan dan bidang kerja yang dibutuhkan untuk melahirkan tenaga-tenaga kerja profesional," ujar Andreas kepada wartawan, Kamis (12/12).

6. Tanggapan MPR soal penghapusan Ujian Nasional

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid hadiri Pengajian NU dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid memberi komentar mengenai penghapusan Ujian Nasional oleh Nadiem Makarim. Ia tidak ada masalah dengan penghapusan UN, namun ia memberi catatan agar tidak menghilangkan pendidikan Pancasila di sekolah.

Menurut Jazilul, UN hanyalah alat untuk mengukur hasil belajar, oleh karena itu bentuknya bisa diganti apa saja. Dia menyerahkan keputusan UN pada Mendikbud dan mitra kerjanya yakni Komisi X DPR RI.

"Soal UN atau tidak, nanti biar Komisi X sama Pak Nadiem yang membicarakan. Concern kami di MPR, pendidikan ini kaitannya dengan pendidikan kebangsaan, Pancasila ini perlu penguatan. Apa Pak Nadiem juga tidak berpikir itu?" ujar Jazilul di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

7. Syafii Maarif meminta Nadiem Makarim tidak serampangan mengganti UN

Buya Syafii Maarif optimistis Ahok bisa pimpin BUMN (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Syafii Maarif meminta Mendikbud Nadiem Makarim tidak buru-buru menghapus ujian nasional (UN).

"Jangan serampangan. (Pendidikan) ini bukan Gojek," kata Syafii seusai menghadiri pengukuhan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir sebagai guru besar UMY di Yogyakarta, Kamis (12/12/2019).

Rencana penghapusan UN oleh mendikbud tidak bisa direalisasikan secara instan. Rencana itu, kata dia, harus diputuskan secara hati-hati serta perlu ditinjau dari berbagai perspektif.

"Harus dikaji ulang secara mendalam dengan melibatkan pakar pendidikan yang mengerti betul itu ya," kata dia.

Syafii khawatir jika akhirnya dihapus, UN yang selama ini dipandang sebagai penjaga mutu belajar siswa, akhirnya akan membuat para siswa tidak sungguh-sungguh lagi dalam belajar.

"Di mana-mana Ujian Nasional itu ada. Untuk menjaga mutu," kata dia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di Penjara Tahanan Politik dan Aktivis Riyadh, 3 Napi Tewas

Posted: 12 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Riyadh - Arab Saudi mengumumkan pada Kamis 12 Desember 2019 bahwa 3 tahanan meninggal dan 21 lainnya terluka, dalam kebakaran di Penjara Al-Malaz di ibu kota Saudi, Riyadh.

"Kebakaran terjadi di satu bangsal penjara pada pukul 05.00 pagi waktu setempat (02.00 GMT)," kata Direktorat Penjara Umum mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diberitakan Saudi Press Agency dan dikutip dari AP, Jumat (13/12/2019).

Media Saudi, mengutip para pejabat, melaporkan bahwa kebakaran terjadi pada pukul 05.00 pagi di Bangsal 7 Penjara Al-Malaz.

Para narapidana (napi) dievakuasi, dan kobaran api berupaya dipadamkan oleh tim pertahanan sipil sebelum mencapai bangsal dan merembet ke bangunan di dekatnya.

Mereka yang terluka kemudian dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Menggelar Penyelidikan Lebih Lanjut

Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Setelah korban dievakuasi, pihak berwenang menyatakan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Penyelidikan atas penyebab kebakaran telah diluncurkan. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan," ujar Mayor Jenderal Ayoub bin Nahit.

Penjara yang terletak di pusat Riyadh itu adalah tempat tahanan politik dan aktivis hak asasi manusia dihukum. Di dalamnya ada narapidana pria dan wanita.

The Star memberitakan bahwa menurut sebuah laporan yang diterbitkan pada tahun 2011, Human Rights Watch menemukan foto menunjukkan penjara Al-Malaz dengan penghuni yang penuh sesak di dalam sel komunal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia di Kandang Thailand, Menanti Debut Pelatih Baru

Posted: 12 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali menuai hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam laga terakhir, Timnas Indonesia kalah 0-2 di kandang Malaysia.

Ini merupakan kekalahan kelima bagi Tim Garuda di ajang yang sama. Sebelumnya, mereka kalah melawan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan UEA.

Meski demikian langkah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 belum usai. Masih ada tiga laga lagi yang harus dijalani Andik Vermansah dan kawan-kawan.

Namun dari tiga laga tersebut, Timnas Indonesia hanya sekali bermain kandang yakni saat melawan UEA. Sementara dua laga lainnya yakni melawan Thailand dan Vietnam harus dimainkan di kandang lawan.

Tantangan semakin berat karena laga ini menjadi debut pelatih baru usai PSSI memecat Simon McMenemy. Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022:

 

Jadwal Timnas

Suporter Timnas Indonesia U-22 jelang final SEA Games 2019 kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila (10/12/2019). (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

26 Maret 2020, Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020, Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020, Vietnam Vs Indonesia

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Progres Pembangunan PLTA Jatigede 2x55 MW Capai 73,18 Persen

Posted: 12 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah 1 (UIP JBT 1) terus mengebut pembangunan konstruksi pembangkit listrik dan jaringan transmisi di Regional Jawa Bagian Tengah (Jawa Barat, Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta).

Salah satunya ditunjukkan dengan progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede 2x55 MW yang saat ini sudah mencapai 73,18 persen.

Terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, PLTA Jatigede telah berhasil menyelesaikan pekerjaan Top Heading Excavation (penggalian saluran air di headrace tunnel) sepanjang 2.218,73 m telah berhasil tembus pada oktober 2019.

"Hal ini merupakan salah satu miles stone penting dalam progres pengerjaan PLTA," ungkap Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah Vice President Public Relation PLN dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

 

Menurut dia, PLN UIP JBT I terus berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan proyek pembangkit listrik, khususnya pembangunan PLTA sebagai upaya peningkatan bauran energi baru terbarukan.

PLTA Jatigede 2x55 MW akan jadi produk pertama dari PLN UIP JBT I yang ditargetkan selesai pada 2020 dan dapat mendukung upaya pemerintah mencapai rasio elekstrifikasi 100 persen pada 2020.

 

Terowongan Penghubung

PT PLN mengatakan progres proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Jatigede berkapasitas 2 x 55 Mega Watt sudah mencapai 19,04% dan diperkirakan dapat beroperasi pada 2019, Jawa Barat, Kamis (6/4). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Headrace Tunnel berfungsi sebagai terowongan penghubung penampungan air dengan penstock, juga terhubung dengan power station. Lewat terowongan ini, air tampungan waduk Jatigede mengalir menuju penstock dan seterusnya memutar turbin pembangkit listrik.

"Target penyelesaian pekerjaan dalam waktu dekat untuk PLTA Jatigede yakni pelapisan dinding terowongan menggunakan beton," kata dia.

Sejak pembangunannya, hingga 2019, PLTA Jatigede berhasil menyerap tenaga kerja hingga 980 orang, dan jumlah ini akan terus bertambah seiring makin banyaknya pekerjaan dan target selesai.

Diharapkan nantinya PLTA Jatigede mampu meningkatkan kapasitas dan keandalan pasokan energi listrik di daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Keluarga Cut Tari Saat Richard Kevin Minta Restu untuk Meminang

Posted: 12 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjalin hubungan asmara, Richard Kevin dan Cut Tari akhirnya sah menjadi suami istri. Richard Kevin menikahi Cut Tari dengan maskawin berupa cincin bermata berlian seberat 7,8 gram.

Usai prosesi akad nikah, kakak Cut Tari, Teuku Muhammad Gadaffi, menceritakan perjalanan cinta adiknya dengan Richard Kevin. Keduanya sudah berpacaran selama dua tahun.

"Kenalnya mungkin sudah dua tahunan ya, maksudnya pacarannya sudah dua tahunan. Nah, mereka pun menutuskan untuk nikah tahun ini," kata Teuku Muhammad Gadaffi di Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2019).

Setelah mantap ingin meminang Cut Tari, Richard Kevin menemui keluarga besar untuk meminta izin. Tanpa pikir panjang, keluarga Cut Tari pun memberi doa restu.

Serius

Cut Tari dan Richard Kevin (Foto: Instagram/@deecehasan)

"Pertama karena saya memang sudah kenal sama Kevin-nya juga, itu waktu mereka pacaran ya. Saya juga sudah sempat dikenalin juga, kita juga mikirnya untuk serius ya, bukan untuk main-main," paparnya.

Baik dan Bertanggung Jawab

Cut Tari dan Richard Kevin resmi menikah hari ini Kamis (12/12/2019) dan resepsi dilakukan di Taman Kadjoe, Ampera, Jakarta Selatan. (Sumber: Instagram/@carol_18s)

"Apalagi sampai dikenalkan sama saya berarti hubungannya sudah sangat serius ya. Begitu mereka memutuskan untuk menikah, saya enggak kaget ya, karena memang dari awal mereka pengennya ke sana (nikah)," lanjutnya.

Teuku Muhammad Gadaffi juga mengungkap sosok Richard Kevin. Di matanya, Richard adalah sosok pria yang baik dan bertanggung jawab.

Tidak Kaku

"Kalau Kevin sendiri sih Insyaallah sebagai laki-laki yang bertanggung jawab, komunikasi sama saya juga baik-baik saja, enggak kaku maksudnya, ya nyantai lah," Teuku Muhammad Gadaffi menjelaskan.

 

Tinggal di Mana?

Lebih lanjut, setelah menikah rencananya Cut Tari akan tinggal di rumah suaminya. "Mungkin di rumah Kevin. Sementara di rumah ibu saya dulu. Setelah itu akan tinggal di rumah Kevin," ia mengakhiri.

Satu Tarikan Napas

Richard Kevin mengucap ijab kabul dengan lantang dalam satu tarikan napas. Para saksi pun menyatakan pernikahan mereka telah sah.

Ijab Kabul

"Saya terima nikah dan kawinnya Cut Tari Aminah Anasya binti Teuku Joeransjah, Dengan maskawin tersebut dibayar tunai," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Esports Tak Capai Target di SEA Games 2019, Pemerintah Evaluasi Timnas Indonesia

Posted: 12 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dengan berakhirnya gelaran SEA Games 2019 di Filipina, Pemerintah sudah bersiap untuk melakukan evaluasi tentang apakah masing-masing cabang olahraga (cabor) memenuhi targetnya.

Sebagai salah satu cabor baru, esports di SEA Games 2019 memang menjadi target perolehan medali emas bagi masing-masing negara peserta, termasuk Indonesia.

Seperti diketahui, sebelum berangkat ke Filipina kontingen esports Indonesia ditargetkan untuk merebut tiga medali emas.

"Iya, target medali itu ditetapkan pada saat sebelum berangkat ke Filipina," ucap Sekretaris Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga, Aris Subiyono, saat ditemui di sela-sela acara Dunia Games League 2020, Kamis (12/12/2019).

"Prediksi medali yang diperoleh sudah diukur berdasarkan kekuatan timnas esports di masing-masing nomor gim yang dipertandingkan. Namun kenyataanya saat pertandingan di luar dugaan."

Karena hal tersebut, pemerintah berencana untuk melakukan evaluasi seluruh kontingen esports Indonesia.

"Nanti bersama dengan pihak terkait kami akan mengevaluasi hasil masing-masing nomor yang dipertandingkan, karena hasil ini akan menjadi pertimbangan dana binaan yang bakal diterima untuk persiapan event selanjutnya," ucap Aris.

Tetap Berangkatkan Tim Esports ke Asean Games 2020?

Lebih lanjut, Aris juga menjawab pertanyaan media, apakah pemerintah akan tetap berangkatkan timnas esports yang sama ke Asean Games 2020.

"Terlalu dini untuk menjawabnya. Performa timnas esports di SEA Games 2019 masih belum dievaluasi, juga belum diketahui berapa nomor yang dipertandingkan," kata Aris.

Ia menambahkan, "Kami (pemerintah) akan tetap berangkatkan pemain-pemain esports terbaik ke Asean Games, toh peluang untuk menjadi cabor yang menyumbang medali ada dan memang kita punya kekuatan di hal tersebut."

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Penyebab Banyaknya Ular di Permukiman

Posted: 12 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fenomena kemunculan ular kobra di perumahan warga menghantui beberapa daerah di Indonesia, seperti Citayam Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kabupaten Jember, Jawa Timur dan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rachmat, menjelaskan temuan ular kobra di kawasan hunian bukan hal aneh. Kejadian ini sangat alamiah natural dan logis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Diancam, Pria Ini Bacok Suami Mantan Istrinya dengan Parang

Posted: 12 Dec 2019 09:29 PM PST

Patroli, Kulon Progo - Ahmad Kustiyanto langsung dibekuk Satreskrim Polres Kulon Progo sesaat setelah membacok suami mantan istrinya. Korban mengalami luka di bagian kepala dan tangan dengan parang. 

Kejadian berawal saat korban mendatangi rumah mantan istrinya yang telah menikah dengan Kustiyanto tersebut untuk meminta berkas-berkas sang anak demi kepentingan beasiswa.

Namun, bukanya berkas yang diminta, korban malah terlibat cekcok dan mengancam pelaku.

"Terjadi perselisihan antara korban dan pelaku. Dengan semakin emosinya pelaku, kemudian pelaku masuk ke dalam rumah, dan keluar rumah sudah membawa sebilah parang. Dengan parang tersebut pelaku melakukan penganiayaan," kata Kasubag Humas Polres Kulon Progo AKP Sudjarwo, seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (13/12/2019). 

Sementara itu, pelaku mengaku dirinya mendapat ancaman dari korban. Hal itu membuat dirinya tersulut emosi. 

"Dia menarik baju saya dulu, lalu dia mengancam saya dan teman-teman. Saya langsung panas, dan saya sudah diancam selama 2 tahun, saya cuma diam saja," ucap pelaku Ahmad Kustiyanto.

Kini residivis yang sudah dua kali masuk penjara itu terkena pasal penganiayaan dengan ancaman hukuman 7 tahun kurungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Ada BBM Keliling Saat Mudik Natal dan Tahun Baru

Posted: 12 Dec 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan, seluruh instansi pemerintah bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Termasuk juga stabilitas situasi saat mudik.

"Misalnya tempat penjualan bahan bakar jadi tidak hanya di SPBU, tapi ada juga mobil berjalan yang menjajakannya di berbagai tempat. Juga ada tangki sementara, semacam jeriken, sehingga orang tak harus jauh-jauh kalau mau mencari, itu sudah dipersiapkan Pertamina," tutur Mahfud di Auditorium STIK-PTIK Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Sejauh ini, lanjutnya, pemerintah sudah mempetakan sejumlah titik rawan macet, kecelakaan, hingga soal kebutuhan bahan bakar saat natal dan tahun baru. Hanya saja, Mahfud enggan membeberkan saat ini.

"Bahkan titik-titik yang biasa-biasa saja, yang artinya secara rutin dijaga, itu sudah disiapkan semua," jelas Mahfud.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono menambahkan, pihaknya masih mengkaji kendaraan pengangkut bahan bakar keliling di tol. Sebab pengadaannya sendiri masih belum dimungkinkan terjadi.

"Kalau di tol BBM keliling nggak mungkin ya, di arteri dipersiapkan seperti tahun sebelumnya. Tadi Pertamina sudah siapkan langkah antisipasi ya, sudah maksimal lah, bagus dapat koordinasi dengan tol. Tadi sudah tahu apa yang memang dia perbuat semaksimal mungkin di bagian masing-masing untuk arus mudik nataru ini," kata Istiono.

Kemudian soal lokasi penempatan kendaraan BBM keliling untuk natal dan tahun baru, bisa diatur secara situasional. Sambil melihat setiap perubahan titik kebutuhan akan bahan bakar.

"Pas puncaknya saja, kayaknya pas puncaknya mereka harus antisipasi," Istiono menandaskan.

 

Waspada Cuaca Jelang Tahun Baru

Menko Polhukam, Mahfud Md menunjukkan tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Gedung KPK, Jakarta, Senin (2/12/2019). Diberitakan sebelumnya, KPK mengimbau para menteri untuk melaporkan kekayaan mereka ke KPK. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md meminta masyarakat dapat ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban jelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Termasuk juga waspada menghadapi cuaca dan musim penghujan.

"Berdasarkan BMKG mulai Desember memasuki musim penghujan sehingga berpengaruh pada keamanan dan keselamatan seluruh anggota penyeberangan, baik darat, laut, maupun udara," tutur Mahfud dalam Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Kepolisian 'Lilin 2019' di Auditorium STIK-PTIK Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Menurut Mahfud, untuk perlancar arus transportasi jelang Natal dan Tahun Baru, pemerintah berencana membuka tol fungsional di beberapa ruas. Di antaranya ruas Tol Balikpapan, tol di Manado, juga Jakarta Cikampek.

"Ekspektasi masyarakat tinggi terhadap pembukaan ruas tol sehingga tidak menimbulkan kemacetan parah," jelas dia.

Meski begitu, pemerintah sebagai pemberi fasilitas harus bisa mengelola dengan baik agar bisa bermanfaat secara menyeluruh.

"Kehadiran infrastruktur tersebut harus diantisipasi sehinga kejadian breksit yang terjadi 2016 tidak terulang lagi," Mahfud menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Cara Meresensi Buku Non Fiksi, Beda dengan Buku Fiksi

Posted: 12 Dec 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penting untuk mengenal cara meresensi buku non fiksi. Hal ini dikarenakan ada beberapa perbedaan dari cara meresensi buku non fiksi dengan buku fiksi.

Namun, perbedaan keduanya tidak berbeda cukup jauh. Perbedaan cara meresensi buku non fiksi dengan buku fiksi dikarenakan jenisnya yang berbeda.

Pada buku non fiksi memiliki sifat yang lebih kaku daripada buku fiksi yang penuh imajinasi dan ringan. Walaupun buku non fiksi bersifat nyata, bukan berarti kamu tidak boleh meresensinya.

Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan untuk meresensi buku non fiksi. Berikut cara meresensi buku non fiksi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/12/2019).

Mengenal tentang Resensi Buku

Ilustrasi Meresensi (Sumber: Istockphoto)

Sebelum mengetahui cara meresensi buku non fiksi, penting untuk mengenal terlebih dahulu secara luas resensi buku. Sebelumnya, resensi buku merupakan bentuk evaluasi kritis terhadap sebuah buku.

Bukan hanya berupa ringkasan, namun di dalamnya kamu memberikan komentar berupa kelebihan, kekurangan, dan informasi yang sudah kamu peroleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Meresesni buku merupakan sebuah karya tulis yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada orang lain tentang keberadaan buku tersebut secara lengkap. Baik untuk luar atau ekstrinsik atau unsur dalam atau intrinsik.

Apa Bedanya Meresensi Buku Fiksi dengan Non Fiksi?

Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dalam resensi buku fiksi ataupun buku non fiksi. Terkait perbedaan kedua jenis buku tersebut, meresensinya hanya membutuhkan waktu sampai akhirnya menjadi mahir.

Meresensi buku fiksi merupakan suatu bentuk resensi yang membahas mengenai buku yang berbau fiksi atau bersifat tidak nyata dan belum tentu benar adanya cerita di dalamnya. Contoh buku fiksi seperti cerpen, novel, drama, dogeng, legenda, dan lain sebagainya.

Dalam meresensi buku fiksi biasanya terdapat unsur-unsur dalam karya fiksi seperti alur cerita, penokohan, sudut pandang, latar cerita, nilai-nilai, gaya bahasa, dan bagian paling menarik dalam cerita tersebut.

Sedangkan pada buku non fiksi, lebih ke arah normal seperti teknis dan membahas lebih dalam tentang isi buku, manfaat buku tersebut, kelebihan, dan kekurangan serta alasan mengapa harus membaca buku tersebut.

Unsur yang Harus Ada saat Meresensi Buku Fiksi dan Non Fiksi

Ilustrasi menulis (dok. Pixabay.comStockSnap/Putu Elmira)

Cara meresensi buku non fiksi sedikit berbeda dengan buku non fiksi. Hal ini dikarenakan buku fiksi merupakan jenis buku yang sifatnya tidak nyata, khayalan, imajinasi, dan hanya sebuah cerita yang diciptakan.

Sehingga untuk meresensi buku fiksi harus benar-benar mengenai isi cerita, alur cerita hingga pada konflik-konflik di dalamnya. Ketika meresensi buku fiksi paling tidak harus menjawab beberapa unsur seperti;

- Ceritanya tentang apa.

- Alur cerita seperti apa. Menari atau tidak beserta alasannya.

- Tokoh dalam buku fiksi ada siapa saja. Jelaskan karakter serta berikan tokoh favorit.

- Gaya penulisan seperti apa; nada penulisan, penggunaan bahasa, dan kualitas cerita.

- Pesan atau nasihat yang bisa diambil.

- Cantumkan harga bukunya.

Sedangkan pada buku non fiksi, resensi bukunya lebih bersifat kaku. Hal ini dikarenakan bukun non fiksi yang akan di resensi merupakan buku-buku yang behasannya bersifat nyata seperti buku pendidikan, dan lain sebagainya yang sejenis.

Ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan dalam tata cara meresensi buku non fiksi seperti;

- Apa tujuan kamu menulis resensi buku non fiksi tersebut.

- Seberapa besar keberhasilan penulis dalam menyampaikan informasi terhadpa pembaca lewat buku tersebut.

- Cantumkan kelebihan dan kekurangannya.

- Jelaskan inti pembahasannya dan apa manfaat yang didapatkan.

- Cantumkan harga buku.

 

Cara Meresensi Buku Non Fiksi

Ilustrasi Menulis (Ilustrasi: dharakinfotech.com)

Buku non fiksi merupakan jenis buku yang ditulis secara objektif, berdasarkan data, penelitian, atau dari kajian literature. Isi pesan dari buku non fiksi selain objektif juga bersifat informatif.

Informatif yang dimaksud dalam buku non fiksi adalah memberikan informasi dan data terbaru. Berkebalikan dengan buku fiksi, buku non fiksi dari segi teknis penulisannya terpaku pada aturan dan standar aturan.

Mengingat buku non fiksi ini ada banyak sekali turunannya yang tidak bisa disebutkan satu-satu. Ada yang termasuk buku non fiksi seperti buku pendidikan, buku motivasi, buku tips dan trik, dan masih banyak jenis lainnya.

Walaupun buku non fiksi, bukan berarti buku jenis ini tidak bisa diresensi. Buku non fiksi masih tetap bisa di  resensi. Terkait dari teknis, memang sama persis dengan buku fiksi.

Hanya ada sedikit perbedaan saja, seperti dalam penulisan resensi fiksi kerap menyantumkan unsur intrinsik, sedangkan pada resensi buku non fiksi tidak perlu memasukannya. Sisanya, terkait penyantuman unsur dan lalngkah penulis resensi sama persis. Berikut cara meresensi buku non fiksi secara runtunt:

Mengenal Prinsip Penulisan Resensi

Ada beberapa prinsip resensi buku non fiksi. Pertama, peresesnsi harus memilih objek resensi bukunya apa. Apakah buku pendidikan atau buku motivasi. Kenali juga media mana yang ingin kamu kirimkan hasil resensi buku non fiksi mu. Karena setiap media memiliki karakteristik jenis buku yang diresensi.

Kedua, mengenal dan menguasai objek resensi menjadi hal penting yang harus dikuasai oleh penulis. Peresensi yang tidak menguasai objek resensi, tentu saja akan terkendala dalam melakukan review buku. Ketiga, barulah kamu mengulas dan menimbang objek resensi termasuk menulis hasil resensi itu sendiri.

Struktur Resensi

Cara meresensi buku non fiksi juga perlu memerhatikan strukturnya. Ada beberapa poin struktur yang perlu diperhatikan.

Poin pertama judul resensi, yang ditentukan dan dibuat oleh peresensi. Kedua, pendahuluan, yaitu prolog yang kamu paparkan dibagian awal memulai menulis resensi. Pastikan pendahuluan tetap ditulis tetap menarik. Ketiga, barulah masuk ke inti resensi yang kamu buat. dibagian terakhir, adalah penutup atau kesimpulan.

Itulah beberapa cara meresensi buku non fiksi yang perlu kamu kuasai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi Menkes Terawan Bayar Selisih Kenaikan Iuran BPJS Peserta Mandiri Kelas III

Posted: 12 Dec 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto punya solusi terhadap kenaikan iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2020, khususnya untuk peserta mandiri kelas III. 

Sebelumnya, Komisi IX DPR RI menginginkan agar peserta JKN mandiri kelas III tidak mengalami kenaikan. Para wakil rakyat itu berharap masyarakat tetap membayar Rp25.500, bukan Rp42.000.

 

"Solusi alternatifnya, Penerima Bantuan Iuran (PBI) kan defisitnya 127 persen. Dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 soal kenaikan iuran BPJS Kesehatan, iuran PBI jadi surplus pada tahun 2020," tegas Terawan usai rapat dengan Komisi IX DPR RI, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, kemarin (12/12/2019). 

"Setelah kami hitung-hitung, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) saja surplus. Nah, bagian surplus ini membantu subsidi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) peserta kelas III. Itu aja sih simpel."

Tidak Timbulkan Peraturan Baru

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bersama BPJS Kesehatan dan DJSN rapat Komisi IX DPR RI soal iuran BPJS Kesehatan dan pengadaan alat kesehatan di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta pada Kamis (12/12/2019). (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Solusi yang ditawarkan Terawan merupakan hasil kesepakatan Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Keputusan tersebut dinilai tidak mendorong adanya peraturan baru lagi.

"Jadi, BPJS Kesehatan dan DJSN setuju, alternatif pemanfaatan surplus PBI untuk membayar selisih peserta BPJS kelas III. Kami sudah menyepakati dan dorong. Ya, karena tidak menimbulkan peraturan baru dan aneh-aneh. Cukup keputusan dari dewan direksi," kata Terawan menegaskan.

Menyoal urusan defisit, Terawan menekan, nanti akan ditutupi dengan cara efisiensi. Dilihat kebocorannya di mana. 

"Yang saya waktu itu pernah sampaikan. Misalnya, dokter jangan berlebihan melakukan tindakan," ujarnya.

Dijalankan per 1 Januari 2020

Warga mengurus iuran BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Senin (4/11/2019). Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia memprediksi akan terjadi migrasi turun kelas peserta BPJS Kesehatan akibat kenaikan iuran 100 persen pada awal 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemanfaatan surplus PBI untuk membayar selisih peserta BPJS Kesehatan kelas III rencananya terealisasi per 1 Januari 2020. 

"Realisasinya 1 Januari 2020, ya wong uangnya sudah ada dan jelas," Terawan menambahkan. 

Adapun kesimpulan alternatif tersebut juga disetujui seluruh anggota Komisi IX DPR RI, yang mana kalimat lengkapnya:

Komisi IX DPR RI mendukung langkah Kementerian Kesehatan RI, BPJS Kesehatan, dan DJSN untuk memanfaatkan surplus Dana Jaminan Sosial (DJS) sebagai alternatif solusi untuk membayar selisih kenaikan iuran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) kelas III sejumlah 19.961.569 jiwa.

Kementerian Kesehatan RI dan BPJS Kesehatan menjamin per 1 Januari 2020 dapat diimplementasikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Erick Thohir soal Kerja Sama Mahaka Group dengan Garuda Indonesia

Posted: 12 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan isu mengenai kerja sama perusahaan miliknya Mahaka Group dengan PT Garuda Indonesia. Menurutnya, kerja sama tersebut hanya sebatas kerjasama media dengan BUMN.

"Saya rasa, namanya perusahaan media dan OR pasti sudah berjalan sebelum saya menjabat. Sama kek teman-teman disini tidak mngkin tidak kerja sama dengan BUMN atau pemerintah," ujarnya di Kantor DJP, Jakarta, Jumat (13/12).

Dia mengatakan, selama bekerjasama tidak ada aturan yang dilanggar oleh kedua perusahaan. "Catatan penting kerjasama itu sudah berjalan. Kalaupun ada baru, selama tidak menyalahi peraturan tidak masalah," jelasnya.

Erick Thohir melanjutkan, tidak ada jaminan bisnis berjalan mulus bagi perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaannya. Dia menegaskan, apabila terdapat kecurangan maka harus dicopot.

"Jangan pikir sudah kasih kerjaan ke perusahaan saya dan ada kasus tidak baik atau korupsi dan tidak akan dicopot. Ya pasti akan makin saya copot. Saya bukan tipe apalagi nilainya cuma ratusan juta, saya bukan takabur ya buat saya sendiri Alhamdulillah sudah cukup," jelasnya.

"Jadi kalau hal-hal itu nanti misal direksi atau temen-temen memanfaatkan untuk hanya kedekatan dengan saya itu tidak berguna seperti sudah disuarakan sebelumnya yang penting bekerja baik, makin banyak yang ngirim gambar yang ini bagus, yang ini bagus malah saya pertanyakan," tandas Erick Thohir.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Erick Thohir Bakal Bongkar BUMN yang Rakus Bisnis

Menteri BUMN Erick Thohir saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, Menteri BUMN Erick Thohir akan mengusut perusahaan milik negara yang meraup lahan kerja di luar lingkup bisnis intinya.

"Kami ingin buat semua BUMN kembali ke core business masing-masing. Itu tetap mekanisme bisnis," tegas Arya di Novotel Hotel Cikini, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dia lantas memberikan contoh adanya 85 hotel yang dimiliki sejumlah perusahaan pelat merah. Namun, hotel-hotel tersebut tak semuanya menjadi bagian dari BUMN perhotelan, yakni PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau Inna Hotel Group.

Beberapa diantaranya dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) Tbk dan PT PANN Multi Finance. Perusahaan tersebut merambah bisnis perhotelan guna menambal kas pemasukan.

"PT PANN punya hotel besar di Bandung. Saya tanya, apakah itu menguntungkan? Mereka bilang iya pak, itu buat bantu kami bayar gaji-gaji (karyawan)," ungkap Arya.

Tak hanya perhotelan, Arya juga menyoroti aksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang membuka rumah sakit. Lalu juga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mencomot bisnis di bidang logistik, dimana itu seharusnya dijalankan oleh PT Pos Indonesia (Persero).

"Ternyata logistik buka hanya punya PT Pos. Di BUMN perkebunan ada, Pelindo dan Garuda juga. Semua ada bisnis logistik," cibir dia.

Fakta tersebut dianggapnya jadi tantangan untuk bisa mengembalikan tiap BUMN untuk dapat bergelut di core business-nya masing-masing. "Ini tantangan kita ke depan," tandasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Mudik Natal dan Tahun Baru, Mahfud Md Minta Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

Posted: 12 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md meminta masyarakat ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban jelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Termasuk juga waspada menghadapi cuaca dan musim penghujan.

"Berdasarkan BMKG mulai Desember memasuki musim penghujan sehingga berpengaruh pada keamanan dan keselamatan seluruh anggota penyeberangan, baik darat, laut, maupun udara," tutur Mahfud dalam Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Kepolisian 'Lilin 2019' di Auditorium STIK-PTIK Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Menurut Mahfud Md, untuk memperlancar arus transportasi jelang natal dan tahun baru, pemerintah berencana membuka tol fungsional di beberapa ruas. Di antaranya ruas tol Balikpapan, tol di Manado, juga Jakarta-Cikampek.

"Ekspektasi masyarakat tinggi terhadap pembukaan ruas tol sehingga tidak menimbulkan kemacetan parah," jelas dia.

 

Agar Peristiwa Brexit Tak Terulang

Meski begitu, pemerintah sebagai pemberi fasilitas harus bisa mengelola dengan baik agar bisa bermanfaat secara menyeluruh.

"Kehadiran infrastruktur tersebut harus diantisipasi sehingga kejadian Brexit (GT Brebes Timur) yang terjadi 2016 tidak terulang lagi," Mahfud menandaskan.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Sepatu Perban Saat Lomba Lari, Bocah 11 Tahun Rebut 3 Medali Emas

Posted: 12 Dec 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kisah haru beredar di media sosial Facebook baru-baru ini. Seorang gadis punya cara unik membuat 'sepatu kets; agar bisa ikut lomba lari.

Bagi mereka yang berasal dari kalangan tak mampu, memiliki sepatu kets dengan merek ternama bukanlah hal mudah. Begitu pula dengan Rhea Bullos di Balasan, Filipina.

Melansir dari World of Buzz, Kamis, 12 Desember 2019, Rhea merupakan perwakilan sekolah dasarnya dalam ajang Iloilo Sports Council Meet.

Ia dipilih karena memiliki bakat dan tekad yang kuat untuk mengikuti lomba lari. Namun, keluarganya tak mampu membelikan Rhea sepatu kets dengan merek ternama.

Bocah berusia 11 tahun itu tak ingin larut dari persoalan sepatu. Ia tak menjadikan hal itu sebagai penghalang untuk mengikuti lomba lari.

Tiga Medali Emas

Bocah berusia 11 tahun membuat sepatu dari perban untuk mengikuti lomba lari di Filipina (Dok.Facebook/Prederick B Valenzuela_)

Potret gadis pelari ini viral setelah Prederick B Valenzuela mengunggah dari laman akun Facebooknya, baru-baru ini. Berbeda dari sepatu peserta lain, Rhea hanya menggunakan perban yang dililitkan di kedua pergelangan dan telapak kakinya.

Perban itu dibentuk menyerupai sepatu terkenal. Sebagai merek, ia memberikan simbol centang di bagian atas perban.

Perjuangan Rhea berbuah manis, ia berhasil memenangkan tiga medali emas sekaligus. Ia menang untuk kategori 400 meter, 800 meter dan 1.500 meter.

Perjuangan Rhea mencuri perhatian publik, termasuk media setempat. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bercita-cita untuk mewakili Filipina dalam ajang SEA Games kelak.

Tentu saja, perjuangan dan cita-cita Rhea jadi buah bibir warganet. Tak sedikit warganet ingin memberikan donasi untuk Rhea atas kisah mengharukannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Mobil Terbaru Toyota Tahun Depan, Ada Mobil Listrik?

Posted: 12 Dec 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun pabrikan otomotif di Indonesia berlomba-lomba memberikan produk terbaik untuk menarik minat konsumen dan menjadi yang terbaik dari sisi penjualan.

Hal itu pula yang dilakukan pabrikan Jepang, Toyota. Vice President PT. Toyota Astra Motor, Henry Tanoto mengaku pihaknya akan memperkenalkan beberapa produk unggulan di tahun depan.

"Tahun depan kita akan mengenalkan beberapa model baru yang merupakan hasil dari riset, studi kita selama beberapa tahun di sini," katanya di SCBD, Jakarta.

Guna mendukung kendaraan ramah lingkungan, Toyota juga akan menghadirkan lebih banyak line up mobil listrik bagi masyarakat di Tanah Air.

"Tahun 2020 kita akan ada banyak line up baru lagi untuk hybrid. Untuk plug in hybrid kita akan segera mengenalkan di awal tahun," ujar Henry.

Siap Menghadirkan Baterai EV

Meski enggan mengungkapkan hadirnya kendaraan listrik murni, Henry mengaku akan menghadirkan baterai EV (electric vehicles).

"Kita berdoa saja semoga tahun depan kita bisa menghadirkan baterai EV (electric vehicles) ke Indonesia," tuturnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md Pantau Aksi Sweeping Jelang Natal dan Tahun Baru

Posted: 12 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan, aksi sweeping yang dilakukan oknum kelompok tertentu juga menjadi perhatian jelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Menurutnya, kegiatan masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru berpengaruh pada peningkatan mobilitas masyarakat yang berpotensi terhadap kerawanan kamtibnas.

"Aksi-aksi ancaman teror, sweeping swasta oleh oknum tertentu, intoleransi antarumat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin," tutur Mahfud Md dalam Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Kepolisian 'Lilin 2019' di Auditorium STIK-PTIK Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Mahfud Md menyebut, potensi gangguan kamtibnas semacam inilah yang menjadi bahan pertimbangan meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas kementerian hingga lembaga terkait.

"Operasi ini tugas wajib untuk menjamin kelancaran ibadah natal dan tahun baru yang diharapkan berjalan aman dan damai tanpa gangguan apapun," kata Mahfud Md.

Diinfokan ke Intelijen

Kombes Argo Yuwono resmi menjabat sebagai Karo Penmas Humas Mabes Polri. (Nanda Perdana Putra/Liputan6.com)

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Argo Prabowo Yuwono menambahkan, potensi kerawanan terkait aksi sweeping memang telah diinformasikan oleh pihak intelijen.

"Contoh ada bencana alam, banjir, longsor. Kemudian ada sweeping, narkoba, dan terorisme. Semuanya kita lakukan secara preventif. Kita ke depankan tindakan preventif dan preemtive. Kita sampaikan agar masyarakat ikut sama-sama kelancaran pengamanan di tahun 2019 ini," Argo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Depresi, Ibu di Wonogiri Ajak 2 Anaknya Bunuh Diri Minum Racun

Posted: 12 Dec 2019 09:02 PM PST

Patroli, Wonogiri - Kedatangan jenazah wanita berusia 30 tahun serta jenazah anak bungsunya yang berusia 8 tahun di rumah duka di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Kamis, 12 November kemarin disambut duka warga dan keluarganya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (13/12/2019), warga tidak menyangka, sang ibu nekat memberi racun pada minuman dua anaknya hingga anak bungsunya meregang nyawa.

Sedang, anak sulungnya selamat dan mendapat perawatan di rumah sakit.

Kenekatan sang ibu meminum racun yang dicampur susu, diduga karena impitan masalah dalam keluarga. Sementara, sang suami sedang berada di Surabaya.

"Korban sekarat, kemudian mbahnya dipanggil. Lalu tetangga sebelah mengabari tetangga yang lain, lalu masuk bareng-bareng," kata warga bernama Sarmun.

Demi menyelidki peristiwa di balik kematian ibu dan anak, petugas kepolisian melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian.

"Kita temukan ada minuman bekas susu dua gelas, ada juga surat wasiat yang ditulis korban. Bahwa kalau korban meninggal nanti meminta dikubur jadi satu dengan anak-anaknya," ujar Kapolsek Purwantoro Iptu Aris Joko Narimo.

Anak pertama korban kini dalam perawatan intensif di rumah sakit. Selain memulihkan kesehatan, petugas medis juga akan menangani kejiwaannya demi menyelamatkan masa depan bocah berusia 10 tahun tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laura’s Greetings Bisnis Kartu Ucapan Karya Seniman Down Syndrome

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Laura Barret (42) adalah seorang penyandang down syndrome yang gemar menggambar. Hobi menggambar sejak kecil mengantarkan ia pada bisnis kartu ucapan yang dinamai "Laura's Greetings".

Lee yang setahun terakhir bekerja untuk Barret melihat potensinya dan mulai menggerakan Laura's Greetings. Lee dan suami, Hiva, melihat kemampuan Laura sebagai potensi untuk mendatangkan pendapatan melalui seni.

Orangtua Laura sendiri sepakat untuk mengikutsertakan Laura dalam Laura's Greetings hanya ketika wanita itu mau membuat karya. Semua aspek bisnis termasuk produksi, pemenuhan permintaan, pembayaran diurus oleh Lee.

"Laura's Greetings bertujuan untuk memberdayakan seniman-seniman dengan keterbatasan intelektual. Setiap kartu didesain oleh seniman dengan disabilitas intelektual," dikutip dari themighty.

Mengedukasi orang mengenai disabilitas intelektual

foto: instagram karenjp0915

Lauras's Greetings memiliki sebuah akun instagram yang sebagian besar menampilkan karya Laura dan penyandang disabilitas lainnya.

"Kami juga menggunakan itu sebagai platform untuk memperkenalkan seniman-seniman kami, memberikan orang-orang kesempatan untuk lebih belajar tentang seniman-seniman yang mendesainkan kartu-kartu mereka dengan mengedukasi orang tentang disabilitas intelektual. Kami berharap untuk menyibak stigma keliru tentang orang dengan keterbatasan intelektual," kata Lee.

Laura sangat bangga dapat bergabung dalam Laura's Greetings. Laura berkata, bagian favoritnya dalam bisnis ini adalah ketika mengirimkan kartu-kartu hasil karyanya dan memberitahukan teman-temannya bahwa ia adalah salah satu seniman yang berada di belakang Laura's Greetings.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bermain Seri, Arsenal Jadi Juara Grup Liga Europa

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Arsenal ditahan imbang Standard Liege 2-2 di lanjutan Liga Europa. Hasil seri tetap membawa The Gunners jadi juara grup F dan melaju ke babak 32 besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Gandeng IPB Teliti Fenomena Kerang Hijau di Pantai Karawang

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Kemunculan secara tiba-tiba tumpukan kerang hijau di pesisir Pantai Karawang, disebut-sebut berkaitan dengan pencemaran minyak yang sebelumnya terjadi di kawasan tersebut.

Mengetahui hal itu, PT Pertamina Hulu Energi – Offshore North West Java (PHE ONWJ), langsung menerjunkan Tim Quality Health Safety Security Environment (QHSSE) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka melakukan pemantauan di lapangan dan mengambil sample kerang hijau tersebut untuk dilakukan uji laboratorium.

"Kami berupaya memastikan dan memonitor perkembangan di lapangan, sudah diambil sample biota laut seperti kerang, ikan, dan kualitas air laut," ungkap Vice President Relations Pertamina Hulu Energi Ifki Sukarya, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (12/12/2019).

Ifki menambahkan, monitoring pengambilan sample ini akan membutuhkan proses, namun ia memastikan hasilnya akan disampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Dikatakan Ifki, PT Pertamina Hulu Energi – Offshore North West Java (PHE ONWJ) akan melaksanakan program pemulihan lingkungan sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.101/MENLHK/SETJEN/KUM.1/11/2018 tentang Pedoman Pemulihan Lahan Terkontaminasi Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Saat ini PHE ONWJ telah mengajukan Rencana Pemulihan Fungsi Lingkungan Hidup (RPFLH) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Kami berkomitmen melakukan program pemulihan lingkungan dan sosial masyarakat pasca insiden lalu. Untuk menjalankan program-program yang akan kami laksanakan, tentunya harus sesuai prosedur yang berlaku dan kami telah mengajukan persetujuan ke KLHK," ungkap Ifki.

Sebelumnya diberitakan tumpukan kerang hijau muncul dengan jumlah yang sangat banyak di pesisir Pantai Karawang. Fenomena langka itu sempat membuat geger warga di wilayah Muara Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Karawang. Warga bahkan sempat memburu kerang-kerang tersebut dan menganggapnya sebagai berkah.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Dear Netizen: Ular Cobra Teror Warga, Fenomena Apa?

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Teror ular Cobra masih terus menghantui. Beberapa hari terakhir, teror cobra juga menggegerkan warga di Citayam, Bogor, Kabupaten Jember, Jawa Timur dan Kabupaten Gunungkidul, serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Masyarakat pun jadi khawatir. Mereka takut, ular-ular ini akan membahayakan keluarganya.

Fenomena apa yang sebenarnya tengah terjadi? Mengapa ular-ular cobra itu tiba-tiba saja keluar dari sarangnya dan masuk ke dalam lingkungan hunian manusia?

Nah untuk membahas masalah ini, "Dear Netizen" kali ini akan mengangkat tema "Ular CobraTeror Warga, Fenomena Apa?" dengan nara sumber Dr. Amir Hamidy, peneliti Herpetologi dari LIPI. Seperti biasa, Dear Netizen akan dipandu dua host: Istiarto Sigit dan Nadya Laras.

Jadi, jangan lewatkan Live Streaming "Dear Netizen: Ular Cobra Teror Warga, Fenomena Apa?", Jumat 13 Desember 2019, mulai pukul 15.00 WIB melalui tautan ini.....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Beri Diskon Harga Tiket hingga 40 Persen

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai nasional Garuda Indonesia berikan potongan harga (diskon) hingga 40 persen untuk rute-rute tertentu. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung mobilitas para pengguna jasa sekaligus untuk menindaklanjuti komitmen pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM dalam menyediakan akses transportasi udara yang terjangkau bagi masyarakat.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan bahwa potongan harga tersebut berlaku untuk pembelian tiket Garuda Indonesia baik melalui Online Travel Agent (OTA), Mobile Apps, Website maupun Ticketing Office Garuda Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Pemberian potongan harga ini berlaku untuk periode perjalanan pada tanggal 10 Desember 2019 - 31 Januari 2020. Potongan harga berlaku pada hari-hari tertentu di rute-rute domestik tertentu," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Adapun rute-rute domestik tersebut di antaranya Balikpapan-Yogyakarta, Biak-Makassar, Denpasar-Ambon, Denpasar-Kupang, Jakarta-Balikpapan, Jakarta-Palangkaraya, Jakarta-Nias, Jayapura-Nabire, Mamuju-Makassar, Palu-Makassar, Timika-Nabire, Yogyakarta-Makassar. Potongan harga tersebut berlaku pada setiap hari Selasa dan Kamis.

Sedangkan untuk rute Jakarta-Jayapura potongan harga berlaku pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Sementara itu rute Jakarta-Silangit potongan harga berlaku pada hari Jumat dan Minggu.

"Langkah Garuda Indonesia ini merupakan upaya Perusahaan dalam memberikan kesempatan bagi para pengguna jasa untuk dapat merayakan momen khusus ini bersama dengan keluarga dan kerabat yang jauh," kata dia.

Kursi Tambahan

Dalam penerbangan Jakarta-Padang, seluruh awak pesawat Garuda Indonesia diawaki oleh perempuan, Jumat (21/4). Eksistensi perempuan ditampilkan Garuda Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kartini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain memberikan potongan harga, Garuda Indonesia juga telah menyiapkan 30.630 kursi tambahan (extra seat) untuk penerbangan domestik dan internasional sebagai langkah antisipasi menghadapi kenaikan jumlah penumpang selama periode peak season Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kenaikan jumlah penumpang ini diperkirakan mulai pada 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. kursi tambahan yang disiapkan Garuda Indonesia terdiri dari 17.496 kursi untuk frekuensi penerbangan tambahan dan 13.134 kursi dengan pengoperasian armada yang lebih besar.

"Namun demikian, kami akan terus memantau perkembangan dari kebutuhan pasar selama periode peak season ini berlangsung jika diperlukan penyesuaian kapasitas penerbangan lebih lanjut", lanjut Pikri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal penerbangan dan promosi lainnya, silakan hubungi contact center Garuda Indonesia 24-jam di nomor 08041807807 atau melalui media sosial resmi Garuda Indonesia yaitu Twitter @garudacares dan @IndonesiaGaruda, Instagram @garuda.indonesia, dan Facebook Garuda Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Inter Milan Kokoh di Puncak

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia telah memasuki pekan ke-15. Persaingan semakin sengit jelang paruh musim ini.

Inter Milan masih menjadi pemuncak klasemen Liga Italia. Mereka mengoleksi 38 poin dari 15 laga.

Sementara posisi kedua diisi oleh Juventus. Si Nyonya Tua hanya terpaut dua poin dengan Inter Milan.

Sedangkan posisi ketiga diisi oleh Lazio. Klub ibukota mengoleksi 33 poin dari 15 laga.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya:

 

Klasemen Liga Italia

Logo Serie A 2019/2020 (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)
 

 

Jadwal Liga Italia

Jadwal Liga Italia

Sabtu, 14 Desember 2019

21.00 WIB, Brescia Vs Lecce

Minggu, 15 Desember 2019

00.00 WIB, Napoli Vs Parma

02.45 WIB, Genoa Vs Sampdoria

18.30 WIB, Hellas Verona Vs Torino

21.00 WIB, Bologna Vs Atalanta

21.00 WIB, Juventus Vs Udinese

21.00 WIB, AC Milan Vs Sassuolo

Senin, 16 Desember 2019

00.00 WIB, Roma Vs SPAL

02.45 WIB, Fiorentina Vs Inter Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wacana Pengenalan Wajah untuk Registrasi Kartu SIM, Pemerintah Harus Jamin Keamanan Data

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat telekomunikasi, Heru Sutadi, menegaskan pemerintah harus bisa menjamin keamanan data masyarakat terkait wacana face recognition (pengenalan wajah) untuk registrasi kartu SIM prabayar.

Terlebih lagi, registrasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) sejauh ini dinilai belum optimal dengan masih banyaknya SMS spam.

"Jadi memang registrasi yang kemarin dijalankan tidak benar-benar mulus, justru jadi pertanyaan sekarang spam setiap hari ada. Pasti ada sesuatu yang salah dengan registrasi tersebut," kata Heru dalam acara Huawei Media Camp 2019 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (13/11/2019).

Pengenalan wajah, kata Heru, bisa memperbaiki sistem registrasi yang telah ada. Namun harus ada jaminan perlindungan data yang kuat agar tidak ada lagi SMS spam, dan penyalahgunaan.

"Ada negara lain sudah mulai pakai face recognition (untuk registrasi kartu SIM), diperbankan kita juga ada. Caranya memang lebih modern pakai aplikasi, tapi bagaimana setelah itu datanya dilindungi," sambungnya.

Oleh sebab itu, menurutnya, harus ada regulasi baru jika pengenalan wajah tersebut akan diterapkan nanti. Perubahan pertama pada Peraturan Menteri (Permen) soal registrasi prabayar.

Pemerintah dinilai harus menerapkan peraturan yang tegas terhadap pihak-pihak yang menyalahgunakan data masyarakat, termasuk yang mengirim spam dan ditelusuri tujuannya. Hal ini termasuk memproses secara hukum.

 

Pihak Penyimpan Data

Heru mengatakan, para pemangku kepentingan harus benar-benar menentukan opsi terbaik untuk menyimpan data masyarakat. Jangan sampai memberikan akses kepada pihak.

"Ini menyangkut data masyarakat, data ini disimpannya dimana di operator atau pemerintah, karena nanti pakai aplikasi. Saya lebih cenderung datanya disimpan di pemerintah, tapi pemerintah harus bisa jamin datanya tidak akan disalahgunakan. Tidak dibagi ke pihak ketiga, dan tersimpan aman datanya," tutur Direktur Indonesia ICT Institute tersebut.

Jaminan keamanan data ini sangat penting, mengingat banyaknya identitas masyarakat yang disimpan.

"Jangan karena semua sudah face recognition, kemudian dipublikasikan seenaknya, tidak boleh. Hal ini karena KTP, wajah kita, nomor semuanya jadi satu, orang akan menjadi lebih mudah lagi mengenali kita," jelasnya.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kalah Dengan Keanu Reeves, 19 Desember 2019 Hari Reza Rahadian Nasional

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keanu Reeves merilis dua film besar pada 21 Mei 2021 yakni John Wick 4 dan The Matrix. Tak heran jika warganet menetapkan 21 Mei 2021 sebagai Hari Keanu Reeves. Reza Rahadian seolah tak mau kalah.

Kamis (19/12/2019) mendatang, Reza Rahadian meluncurkan dua film besar, yakni Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan serta Habibie dan Ainun 3. Publik berharap besar pada dua film anyar Reza Rahadian ini.

Imperfect serta Habibie dan Ainun 3 diharapkan mampu meraih sejuta penonton agar genap 15 film Indonesia yang tembus sejuta penonton tahun ini. Muncul istilah baru, 19 Desember 2019 akan menjadi Hari Reza Rahadian Nasional.

Malah Bingung

Reza Rahadian. (Adrian Putra/bintang.com)

Terkait merilis dua film besar di hari yang sama, Reza Rahadian berkomentar. "Haduuuh…Saya bingung, nih terus terang," seloroh Reza Rahadian kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Aktor peraih empat Piala Citra ini tidak menyangka dua film yang dibintanginya akan dirilis di jaringan bioskop pada tanggal yang sama.

Nyaris Tak Pernah Terjadi

Reza Rahadian dan Jessica Mila (Daniel Kampua/Fimela.com)

"Sejauh ini penentuan jadwal rilis film, kan kuasanya produser (berdiskusi dengan jaringan bioskop). Jadi saya tidak bisa menentukan film saya akan rilis kapan," beri tahu bintang film My Stupid Boss dan Perempuan Berkalung Sorban.

"Kebetulan sekarang dua film saya rilis bareng. Dan itu nyaris tak pernah terjadi sepanjang karier saya," imbuh Reza Rahadian. Dalam Habibie dan Ainun 3, Reza Rahadian memerankan tokoh nyata B.J. Habibie. 

Sama-Sama Menantang

Reza Rahadian. (Liputan6.com/IG/officialpilarez)

Di film Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan, Reza Rahadian menghidupkan karakter fiktif, Dika. Bagi Reza, keduanya menantang. Anggapan memerankan tokoh nyata lebih susah ketimbang fiktif tak sepenuhnya tepat.

"Saya rasa masing-masing punya kesulitan. Memerankan tokoh setengah biopic kalau menurut Ernest. Tapi dari skenarionya jelas bicara kehidupan Rara dan Dika, ini dialami Meira Anastasia dan Ernest Prakasa," ia menjelaskan.

Pujian Buat Jessica Mila

Reza Rahadian dan Jessica Mila Bintangi Film Baru dari Ernest Prakasa

Karenanya selama syuting Imperfect, Reza Rahadian berdiskusi intens dengan pasangan Ernest-Meira agar karakter Dika lebih hidup. Beruntung, Reza Rahadian punya lawan main setangguh Jessica Mila.

"Bekerja sama dengan Jessica Mila kali pertama. Menyenangkan bekerja sama dengan aktris yang saya tahu persis kerja kerasnya seperti apa. Ia melakukan tugas yang seharusnya dikerjakan semua aktor. Ada pencapaian fisiologis, ada pencapaian emosional. Ada eskalasi emosi yang diperlihatkan. Saya senang spirit Mila selama syuting," pungkasnya.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Iklan Produk Jaman Dulu, Bikin Nostalgia Masa Kecil

Posted: 12 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memasarkan produk, sebuah perusahaan biasanya membuat iklan untuk kemudian disiarkan di televisi atau dipasang di media cetak, seperti koran dan majalah.

Produk-produk tersebut terdiri dari berbagai jenis makanan atau perlengkapan rumah tangga yang digunakan sehari-hari. Sangat berbeda dengan sekarang, dulu produk makanan atau perlengkapan rumah tangga tak sebanyak saat ini. Tak heran, ada deretan merek yang kerap kali menjadi andalan banyak keluarga Indonesia.

Berbagai merek tersebut tentu saja masih eksis hingga kini. Itu lantaran kualitasnya yang baik. Kamu mungkin seringkali melihat iklan produk-produk tersebut setiap hari saat ini, namun apakah kamu tahu seperti apa penampakan iklan-iklan tersebut puluhan tahun lalu?

Akun Twitter dengan nama @MSAndiP8, belum lama ini mengunggah deretan iklan jadul berbagai merek ternama yang saat ini kerap kamu konsumsi dan gunakan. Berikut 10 potretnya:

1. Sudah eksis sejak dulu nih

foto: Twitter @MSAndiP8

2. Memang cuma Rinso yang membersihkan paling bersih

foto: Twitter @MSAndiP8

3. Siapa yang minum susu ini sejak kecil?

foto: Twitter @MSAndiP8

4. Kalau ini sih legend banget nih

foto: Twitter @MSAndiP8

5. Logonya sedikit berubah ya sekarang

foto: Twitter @MSAndiP8

6. Kendaraan serbaguna pilihan keluarga bahagia

foto: Twitter @MSAndiP8

7. Botolnya tak berubah

foto: Twitter @MSAndiP8

8. Ada yang familiar dengan model iklannya?

foto: twitter @akumaujadii

9. Ternyata merek deodoran ini juga sudah eksis sejak dulu ya

foto: twitter @asarahhusein

10. Namanya sedikit berubah ya sekarang

foto: @kurehatsejenak

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan OSO Tolak Tawaran Jokowi Jabat Wantimpres

Posted: 12 Dec 2019 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) menolak tawaran Presiden Joko Widodo menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Selain karena tak memenuhi syarat Wantimpres, OSO mengaku ingin fokus membangun Hanura.

"Saya nggak mau setengah-setengah, saya harus bangun partai ini dari nol, from zero to hero," ungkap OSO di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Pengusaha asal Kalimantan Barat ini mengaku telah berkomitmen dengan jajaran pengurus dan kader untuk membesarkan Hanura. Karena itu, OSO tak tergiur dengan tawaran jabatan apapun, termasuk Wantimpres.

"Ini komitmen besarkan partai dengan segala kekurangan, risiko dan konsekuensi. Teman saya di partai berjuang susah payah terus saya tinggalkan untuk kepentingan pribadi, saya pikir ini tidak berakhlak," ujarnya.

OSO tak keberatan Hanura berada di luar struktur pemerintahan. Dia juga berjanji akan tetap mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam menjalankan roda pemerintah lima tahun ke depan.

"Di dalam maupun di luar sama saja, walau di luar kita bisa berikan kontribusi ke pemerintah," ucap dia.

Ditawari Jokowi

Sebelumnya, OSO mengaku mendapat tawaran dari Jokowi untuk menjabat sebagai anggota Wantimpres. Namun, OSO menolak karena alasan tak memenuhi syarat Wantimpres.

Syarat yang dimaksud adalah Wantimpres tidak boleh merangkap jabatan di partai politik.

"Pak Presiden sudah tahu sikap saya. Saya sampaikan ke Pak Pratikno, jangan dikira saya tolak tanpa alasan," kata OSO.

OSO mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang telah mengajak dirinya masuk ke lingkaran pemerintah. Dia merasa belum saatnya untuk duduk di kursi Wantimpres guna memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan pemerintahan.

"Saya memutuskan untuk sementara akan terus bersama teman-teman seperjuangan (di Partai Hanura)," ujarnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalur Kereta Api Jakarta-Surabaya Kembali Lancar

Posted: 12 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Blora - PT KAI menyatakan jalur rel kereta api kembali lancar usai insiden anjloknya kereta api (KA) pengangkut semen di Kawasan Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Alhamdulillah, sudah lancar untuk kedua arah," ungkap Krisbiantoro, Manajer Humas Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, Jumat pagi (13/12/2019).

Krisbiantoro menyampaikan, jalur rel dari hulu maupun hilir yang tertutup gerbong KA bermuatan semen itu telah dievakuasi dengan menggunakan bantuan crane khusus dari Cirebon dan Solo. Ditanya soal perbaikan material dan jalur rel Jakarta-Surabaya, KAI mengungkapkan sudah memperbaikinya. 

"Rel sudah diganti dan penyebab saat ini masih dalam pengusutan," ujar dia. 

PT KAI khususnya Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya insiden tersebut sehingga kereta api anjlok di kawasan Stasiun Doplang.

"Kami atas nama seluruh petugas KAI Daop 4 Semarang memohon maaf yang sebesar-besarnya atas musibah yang terjadi. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk normalisasi jalur agar bisa lancar kembali," ungkap Krisbiantoro. (Ahmad Adirin)

Perjalanan 8 KA Terganggu Imbas Kereta Pengangkut Semen Anjlok

Kereta Api (KA) barang bermuatan semen anjlok saat menuju Stasiun Kalimas Surabaya pada Kamis, 12 Desember 2019. (Foto: Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Sebelumnya, sebanyak delapan kereta api (KA) mengalami gangguan jadwal pemberangkatan lantaran gerbong bermuatan semen menutupi dua jalur kawasan stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Manajer Humas Daop 4 PT KAI, Krisbiyantoro menyampaikan, kereta api yang mengalami gangguan adalah KA 266 Maharani dengan andil lambat 31 menit, KA 4 Argo Anggrek dengan andil lambat 20 menit, KA 267 Maharani dengan andil lambat 16 menit, KA 136 Dharmawangsa dengan andil lambat 24 menit.

Kemudian KA 113 Jayabaya dengan andil lambat 15 menit, KA 133 Gumarang dengan andil lambat 37 menit, KA 129 Harina dengan andil lambat 38 menit, dan KA 81 Sembrani dengan andil lambat 20 menit. 

"Diperkirakan pukul 1.00 WIB dini hari jalur 2 atau jalur hulu akan bisa dilalui dan jalur kedua arah baik hulu maupun hilir akan normal kembali," terang Krisbiantoro kepada Liputan6.com, Kamis malam, 12 Desember 2019.

Dia mengungkapkan, tafsiran rintang jalan (rinja) selama 8 jam, mulai dari jam 17.00 WIB. Sedangkan evakuasi gerbong selama 5 jam dan perbaikan jalur  selama 3 jam.

Personel gabungan hingga saat ini berada di lokasi, terdiri atas petugas balai teknik perkeretaapian, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan personel PT KAI. "Untuk saat ini penyebabnya masih dalam pengusutan Mas," ungkap juru bicara KAI. 

Anjloknya KA di jalur rel yang melintas Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora ini sontak membuat warga sempat panik. Sebab, suara dentuman ketika anjloknya kereta api mengagetkan warga.  Pascaanjloknya KA, jalur rel menjadi lumpuh sebab tumpahan semen berhamburan dan menutup jalur rel di wilayah setempat.  (Ahmad Adirin)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Dua Pesawat Garuda Nyaris Bertabrakan di Bandara Soekarno-Hatta

Posted: 12 Dec 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua pesawat Garuda Indonesia hampir bertabrakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Hal itu diduga pilot salah mendengar instruksi dari petugas di menara Air Traffic Control (ATC) akibatnya dua pesawat Garuda Indonesia saling berhadapan di salah satu jalan penghubung, antara landas pacu dengan apron atau taxiway di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Kemarin itu pesawat yang baru landing kurang dengar perintah tower. Perintahnya yang harusnya ke kiri, pilot ini ke kanan," ujar Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta, Herson, Jumat (13/12/2019).

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 11.26 WIB, keduanya adalah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan masing-masing, GA649 (PK-GMH) rute Ternate (TTE) - Bandara Soetta (CGK). Dan pesawat GA246 dengan resgistrasi PK-GRR rute Bandara Soetta (CGK) - Banyuwangi (BWX).

Pesawat GA649 dari Ternate baru saja mendarat (landing) di Bandara Soetta. Sedangkan GA246 hendak menuju landas pacu (Runway) untuk take off.

Pesawat yang baru landing ini pilot mendapat arahan untuk berbelok ke kiri masuk ke jalur 1 (NP1), namun yang terjadi pilot mengarahkan pesawat belok ke kanan masuk ke jalur 2 (NP2).

Masih Diselidiki

Pada saat bersamaan, pesawat Garuda yang tengah bersiap take off dengan rute Cengkareng - Banyuwangi, sudah berada di posisi jalur 2 (NP2). Hingga akhirnya, membuat kedua pesawat dalam kondisi berhadapan atau head on.

"Akhirnya pesawat yang baru landing langsung ditarik atau towing keluar dari NP2, lalu pesawat yang persiapan take off melanjutkan persiapannya atau taxi out," kata Herson.

Herson pun mengaku, untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan. "Sampai saat ini, masih penyelidikan," ujarnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Hari Ini: Siaran Langsung Persija Jakarta Vs Madura United

Posted: 12 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laga penentuan akan dihadapi Persija Jakarta dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Jumat (13/12/2019) WIB. Macan Kemayoran harus menang dari Madura United jika ingin tetap bertahan di kasta tertinggi untuk musim depan.

Persija Jakarta saat ini berada di peringkat ke-15 dengan 38 poin. Dalam 31 pertandingan, anak asuh Edson Tavares baru meraup 9 kemenangan, 11 imbang, dan 11 kalah.

Shopee Liga 1 2019 hanya tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. Meskipun begitu, posisi mereka rawan digusur Badak Lampung yang mengoleksi 33 poin dan duduk di peringkat ke-16.

Bagi Persija, menghadapi Madura United bukan perkara mudah. Marco Simic dkk. jelas harus memeras keringat demi mendapatkan tiga poin.

Selain laga Persija Jakarta vs Madura United, masih ada laga lain yang juga tak kalah seru. Berikut jadwal Shopee Liga 1 2019 selengkapnya.

 

Jadwal Liga 1

Shopee Liga 1 - Persija Jakarta Vs Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat 13 Desember 2019

18.30 WIB, PSIS Semarang vs Semen Padang, O Channel

18.30 WIB, Persija Jakara vs Madura United, Indosiar

Klasemen Liga 1

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kalah dari Rennes, Lazio Gagal Lolos ke 32 Besar Liga Europa

Posted: 12 Dec 2019 08:45 PM PST

Pemain Lazio Marco Parolo (kiri) menendang bola saat menghadapi Rennes pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Pemain Lazio Marco Parolo (kiri) menendang bola saat menghadapi Rennes pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Pemain Rennes Joris Gnagnon (tengah) mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Pemain Rennes Joris Gnagnon (tengah) mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Pemain Rennes Joris Gnagnon (kedua kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Pemain Rennes Joris Gnagnon (kedua kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Reaksi para pemain Lazio setelah pemain Rennes Joris Gnagnon mencetak gol ke gawang mereka pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Reaksi para pemain Lazio setelah pemain Rennes Joris Gnagnon mencetak gol ke gawang mereka pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Ekspresi pemain Lazio Felipe Caicedo setelah timnya kalah dari Rennes pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

Ekspresi pemain Lazio Felipe Caicedo setelah timnya kalah dari Rennes pada pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Roazhon Park, Rennes, Prancis, Kamis (12/12/2019). Lazio gagal lolos ke 32 besar Liga Europa setelah kalah dari Rennes 2-0. (AP Photo/David Vincent)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPATK Setor Pajak ke Negara Rp 4,9 Triliun sejak 2013

Posted: 12 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan, lembaga selama jangka waktu 2013-2019 telah menyumbangkan pemasukan negara dari sektor pajak sekitar Rp 4,9 triliun.

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin menyampaikan, perolehan uang tersebut berasal dari tindak lanjut terhadap 296 hasil analisis.

"Jadi selama kurun waktu 2013 sampai 11 Desember 2019, PPATK telah bantu penerimaan negara dari pajak sebesar Rp 4,972 triliun," terang Kiagus di Kantor PPATK, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Di luar hal tersebut, ia menjelaskan, terdapat juga potensi penerimaan pajak yang belum dibayar sebesar Rp 30,9 miliar.

"PPATK juga berkontribusi atas penerimaan negara bukan pajak atas proses penegakan hukum tindak pidana di bidang perpajakan sebesar Rp 470,9 miliar," sambung Kiagus.

 

Meningkatkan Penerimaan Negara

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin (Dok: Athika)

Lebih lanjut, PPATK disebutnya akan terus berkomitmen meningkatkan penerimaan negara, dan juga berkontribusi terhadap data-data kepada Direktorat Jenderal Pajak serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

"Karena salah satu tugas PPATK yang diberikan Jokowi adalah membantu meningkatkan penerimaan negara, khususnya penerimaan pajak dan bea cukai," pungkas Kiagus.

PPATK: Indonesia Butuh Aturan Baru Cegah Pencucian Uang

Gedung PPATK (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menilai, tindak pidana korupsi, penyuapan, penyelundupan barang hingga pencucian uang jadi alasan terbesar bocornya sumber penerimaan negara.

Tak hanya itu, tindak kejahatan tersebut turut menurunkan kepercayaan investor sebelum pihaknya menanamkan modalnya. Untuk itu, diperlukan aturan untuk mengungkap identitas pemilik manfaat (beneficial owner/BO) dari perusahaan.

"Kepercayaan investor tergantung data yang akurat dan transparan terkait pemilik manfaat perusahaan (beneficial owner). Adanya peraturan tentang pengungkapan beneficial owner akan memudahkan investasi," ujar Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Pengaturan BO sendiri dicantumkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 tahun 2018 tentang Penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat Atas Korporasi dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Dalam jangka waktu lama, penerapan aturan ini tak hanya bisa menggaet kepercayaan investor, tapi bisa mengungkapkan aktor yang juga bertanggung jawab dalam kasus selain pencucian uang dan korupsi, misalnya kebakaran hutan, kerusakan lingkungan hingga hilangnya pendapatan negara dari pajak.

"Pengetahuan tentang pemilik manfaat perusahaan ini tentu akan mengungkap siapa sesungguhnya pemilik perusahaan, sehingga bisa menutup celah yang menjadikan perusahaan ruang kejahatan untuk kepentingan pribadi," ujar Kepala PPATK.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Adik di Bogor Jatuh ke Jurang Saat Bersihkan Rumput

Posted: 12 Dec 2019 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang kakak beradik jatuh ke dalam jurang di Kampung Sukasari 1, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Ali (37) dan Soleh (45) terperosok saat membersihkan alang-alang di ketinggian kurang lebih 10 meter dari permukaan Sungai Ciliwung, Jumat (13/12/2019) sekitar pukul 07.30 WIB.

Akibat insiden tersebut, Ali menderita patah kaki sebelah kiri dan kakaknya mengalami luka robek di kepala akibat terbentur batu.

Kejadian tersebut berawal saat adik kakak itu sedang membersihkan alang-alang di selokan tepat di bibir Sungai Ciliwung. Saat Ali memijakkan kakinya, tiba-tiba tanah yang dipijak ambles, hingga dia ikut terperosok ke jurang.

Korban sempat memegang baju kakaknya, sehingga keduanya sama-sama jatuh ke dalam jurang dekat rumah mereka. "Setelah menerima laporan, kami dari BPBD bersama tim SAR lain langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi korban," kata Komandan Regu Tim Rescue BPBD Kota Bogor, Maruli Sinambela.

Keduanya Selamat

Setelah sekitar 1,5 jam kemudian, kedua kakak beradik ini berhasil dievakuasi di antara tebing dan tepi sungai. Tim rescue menarik kedua korban menggunakan tandu yang diikat dengan tali dari kedalaman 15 meter menuju bibir sungai.

"Adiknya sempat pingsan, tapi syukurnya keduanya selamat," ujar Maruli.

Kedua kakak beradik itu kemudian langsung dibawa ke Rumah Sakit PMI Bogor untuk mendapat penanganan medis.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Koko Ari di Luar Lapangan, Bek Muda Potensial Persebaya

Posted: 12 Dec 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persebaya tak habis-habisnya mengorbitkan pemain muda potensial. Kali ini Green Force mengorbitkan bek bernomor punggung 3 bernama Koko Ari Araya. Koko sudah menjalani debutnya bersama Persebaya pada laga melawan Bhayangkara FC, Minggu (8/12/2019).

Koko masuk menggantikan Novan Setya pada menit 81 dan bermain di posisi bek kanan. Meski hanya tampil 9 menit, Koko berhasil mengantarkan Persebaya menang telak atas Bhayangkara FC dengan skor 4-0. Laga yang digelar di stadion Gelora Bung Tomo tersebut menjadi momen tak terlupakan bagi pemuda kelahiran Surabaya, 9 Januari 2000.

"Saya tidak menyangka kalau diberi kesempatan debut. Pemain senior juga memberi motivasi dan semangat," ujar Koko Ari Araya seperti Liputan6.com kutip dari Bola.com, Selasa (10/12/2019).

Koko diprediksi akan menjadi pemain andalan Persebaya di masa depan. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @kokoari3, potret Koko Ari di luar lapangan, Jumat (13/12/2019).

1. Koko Ari Araya, idola baru Bonek Mania yang baru saja menjalani debut Liga 1 bersama Persebaya pada laga vs Bhayangkara FC, Minggu (8/12/2019).

5 Potret Koko Ari di Luar Lapangan, Bek Muda Potensial Persebaya (sumber: Instagram.com/kokoari3)

2. Koko merupakan pemain berposisi bek yang sangat berprestasi di tim muda Persebaya. Ia pernah memenangkan Elite Pro Academy League 2019.

5 Potret Koko Ari di Luar Lapangan, Bek Muda Potensial Persebaya (sumber: Instagram.com/kokoari3)

3. Koko menjadi harapan baru bagi Bonek Mania. Ia bisa meneruskan tradisi pemain kelahiran Surabaya yang menjadi pemain Persebaya.

5 Potret Koko Ari di Luar Lapangan, Bek Muda Potensial Persebaya (sumber: Instagram.com/kokoari3)

4. Kemampuan Ari memang selalu terasah di Persebaya U-19. Ia termasuk bagian yang dibawa ke Australia pada tahun lalu.

5 Potret Koko Ari di Luar Lapangan, Bek Muda Potensial Persebaya (sumber: Instagram.com/kokoari3)

5. Kini nama Koko selalu diikutsertakan dalam skuad Persebaya asuhan Aji Santoso. Seperti saat bertamu ke Bali jelang laga antara Persebaya melawan Bali United.

5 Potret Koko Ari di Luar Lapangan, Bek Muda Potensial Persebaya (sumber: Instagram.com/kokoari3)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Kembali Uji Coba Rudal Balistik, Jatuh di Samudra Pasifik

Posted: 12 Dec 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Washington, D.C - Amerika Serikat menguji coba rudal balistik jarak menengah pada Kamis 12 Desember 2019 waktu setempat. Ini adalah tes kedua dalam empat bulan, rudal ofensif yang dilarang oleh perjanjian senjata AS-Rusia yang dikeluarkan Washington pada bulan Agustus.

"Angkatan Udara meluncurkan rudal yang dikonfigurasi secara konvensional dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di barat laut Los Angeles sekitar pukul 08.30 pagi waktu setempat (16.30 GMT)," menurut juru bicara pangkalan itu seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (13/12/2019).

"Rudal yang diluncurkan di darat itu terbang lebih dari 500 kilometer sebelum jatuh ke Samudra Pasifik," kata Pentagon.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Robert Carver mengatakan bahwa data yang dikumpulkan dan pelajaran yang diperoleh dari tes ini, akan menginformasikan pengembangan kemampuan jarak menengah di masa depan. 

Uji coba pada hari Kamis waktu AS ini adalah yang kedua dari peluncuran rudal berkemampuan nuklir jarak menengah, yang diluncurkan sejak Washington keluar dari Traktat Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) 1987 dengan Moskow.

Traktat Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) 1987 melarang pengujian rudal, termasuk rudal jelajah yang diuji pada bulan Agustus.

Sinyal untuk Korea Utara?

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Tidak terkait dengan Traktat Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) 1987, pada 2 Oktober, Angkatan Udara AS meluncurkan rudal balistik antar benua Minuteman 3 yang tidak bersenjata dari Vandenberg. Saat itu mengirimkan kendaraan uji ulang ke Atol Kwajalein 4.200 mil jauhnya di barat Pasifik.

Uji coba itu juga bisa jadi sebuah sinyal bagi Korea Utara, yang telah menunjukkan ancaman nuklir lintas Pasifik dengan beberapa uji coba rudal balistik jangka pendek, menengah dan panjang yang berhasil.

Menolak sanksi yang didukung PBB, Pyongyang baru-baru ini mengisyaratkan bahwa mereka mungkin melakukan tes lain sebagai "hadiah Natal" jika AS tidak datang dengan konsesi dalam hubungan bilateral pada akhir tahun.

 

Memperingati Korea Utara

Ilustrasi Korea Utara (AFP)

Sebelumnya pada Rabu 11 Desember, duta besar AS untuk PBB, Kelly Craft, memperingatkan Pyongyang tentang konsekuensi jika melanjutkan uji senjata utama di tahun baru.

"Uji coba rudal dan nuklir tidak akan memberikan keamanan yang lebih besar bagi DPRK," kata Craft, merujuk pada Korea Utara dengan nama resminya, Republik Rakyat Demokratik Korea.

"Kami percaya bahwa DPRK akan berpaling dari permusuhan dan ancaman lebih lanjut, dan bukannya membuat keputusan berani untuk terlibat dengan kami," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap Pelaku Pembunuhan Seorang Perempuan di Gresik

Posted: 12 Dec 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku pembunuhan mayat wanita, yang ditemukan membusuk di sebuah kamar kos di Gresik, akhirnya diringkus polisi. Pelaku adalah kekasih gelap korban yang dibekuk di tempat pelariannya di Kalimantan Timur. Kepada polisi, tersangka nekat membunuh karena sering dimintai uang.

Pelaku adalah UN (53), warga Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Setelah sepekan diburu, UN dibekuk polisi di wilayah Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Pria yang berprofesi sebagai jagal sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kramat Langon, Kecamatan Gresik Kota ini, membunuh Kasniti (49), warga Sidokumpul, Kecamatan Gresik Kota. Pembunuhan di kamar kos pelaku di kawasan Jalan Panglima Sudirman Gresik, diperkirakan terjadi 5 bulan lalu.

AKBP Kusworo Wibowo, Kapolres Gresik mengatakan, pengungkapan kasus bermula dari penemuan mayat perempuan membusuk di salah satu kamar di rumah kos milik Muhani. Korban bahkan pernah dilaporkan keluarganya ke polisi, karena tiba-tiba menghilang dari rumah, 5 bulan lalu.

Dari pengakuan tersangka terungkap, motif tersangka menghabisi nyawa korban dilatar belakangi persoalan asmara, dan jengkel karena sering dimintai uang mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Korban yang telah menjalin asmara dengan pelaku selama 7 tahun, akhirnya dibekap dengan menggunakan bantal hingga tewas. Usai membunuh korban, pelaku mengunci kamar kos dan kabur ke Kalimantan Timur.

Tersangka dijerat dengan Pasal 338 KUHP Tentang Pembunuhan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. Demikian diberitakan pada Liputan6, 10 Desember 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengembang Siap Sasar Kelas Menengah dan Bawah Properti di Tahun Depan

Posted: 12 Dec 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta -Sudah saatnya pengembang besar mulai membidik di kelas menengah dan bawah. Selama ini pengembang sudah berfokus kepada kalangan atas dan menengah. Namun keadaan berubah.  Sejalan dengan hal tersebut, saat ini PT Modernland Realty mulai menyasarkan proyeknya melalui konsep township di bawah harga Rp1 miliar. 

Pengembang melihat adanya ceruk pasar dalam mengakomodasi kebutuhan perumahan di kelas menengah dan bawah. Kondisi tersebut coba dilakukan oleh PT Modernland Realty Tbk. yang mendiversifikasi segmentasi dengan membidik pasar kelas menengah dan menengah bawah pada 2020.

Investor Relations Assistant Manager Modernland Realty Eliza Saliman mengatakan, perseroan sedang mencoba peluncuran township baru dengan harga di bawah dari Rp1 miliar.

"Kami lagi mencoba diversifikasi dengan keberadaan township di Cilejit. Rumah yang berharga jual rendah. Kami sudah bisa menjual sekitar 1.000 unit," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengakomodir hunian di kisaran Rp1,25 miliar untuk proyek di Jakarta Garden City, Cakung.

Eliza memproyeksikan segmen bisnis residensial pada tahun depan tidak akan berbeda jauh dengan tahun ini. Hanya saja, untuk lahan industrial kemungkinan akan ada peningkatan. Untuk penjualan lahan industrial, pihaknya berekspektasi bisa lebih baik di tahun depan dan khususnya untuk penanaman modal asing. Namun untuk merealisasikannya, pemerintah harus ikut serta mendukung.

Sementara itu, Direktur PT Metropolitan Land Tbk. Olivia Surodjo mengatakan perseroan akan mengakomodir kebutuhan pasar menengah dan menengah bawah. Pasalnya, saat ini permintaan tengah banyak datang dari kelas sosial tersebut.

"Kalau perumahan di bawah Rp1,5 miliar, masih banyak di perumahan kami karena memang banyak proyek diarahkan kesana," katanya.

Sebagai informasi, proyek kelas menengah dan kelas menengah bawah adalah Metland Cibitung, Metland Cileungsi, Metland Transyogi, dan Metland Tambun. Harga rumah di kelima proyek itu berkisar antara Rp360 juta—Rp2,2 miliar.

Senada dengan Rumah.com, memperkirakan untuk tahun 2020 pasar properti di Indonesia akan lebih positif setelah sempat tertahan pertumbuhannya pada 2019. Perkiraannya, indeks harga properti hunian pada 2020 akan mengalami kenaikan 6%-9% year on year (y-o-y). Sementara indeks suplai properti hunian akan mengalami pertumbuhan pada kisaran 5% (y-o-y) hingga akhir 2020.

Ike Hamdan, Head of Marketing Rumah.com menyatakan bahwa penyerapan suplai properti hunian masih akan datang dari rumah tipe kecil dan menengah dengan harga di bawah Rp750 juta.

Untuk sisi suplai, disarankan pihak pengembang memberikan alokasi perhatian lebih pada properti residensial kelas menengah dan menengah atas. Dapat dilakukan dengan menonjolkan prospek investasi dan dukungan transportasi umum di sekitar properti.

Sementara itu, terhadap properti residensial seken, disebutkan bahwa minatnya hampir sama besar dengan properti residensial baru. Dalam hal ini, pencari hunian cenderung mengutamakan lokasi dan sarana transportasi umum yang terdapat di sekitar hunian.

Josua Pardede, Chief Economist Bank Permata menambahkan penjualan properti di kuartal III masih tumbuh 13,95%. Hal ini didorong oleh penjualan rumah tipe sedang dan besar, serta dorongan pemerintah, seperti kebijakan pelonggaran Loan To Value (LTV) dan penurunan suku bunga acuan yang membuat iklim properti makin prospektif.

Ditambahkan lebih lanjut bahwa backlog properti atau short supply perumahan diperkirakan mencapai 15 juta unit untuk tahun 2020.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menaker kepada PMI: Jangan Berangkat Sebelum Siap

Posted: 12 Dec 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pekerja migran Indonesia (PMI) harus mempersiapkan diri dengan kompetensi yang memadai. Dia juga menegaskan, agar mendapat perlindungan dan jaminan sosial, PMI harus mengikuti prosedur legal.

Menurutnya, calon pekerja migran harus memenuhi tiga syarat, yaitu memiliki kompetensi, memiliki kemampuan bahasa dan budaya negara setempat dan mengikuti prosedur resmi yang legal. "Jangan berangkat sebelum siap," tegas Ida Fauziyah saat berdialog interaktif dengan para PMI di shelter KBRI Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada kesempatan tersebut, Ida mendengarkan keluhan para PMI. Mereka mengalami beberapa masalah seperti gaji yg tidak dibayar oleh majikan, mengalami pelecehan seksual, kekerasan, dan lain lain.

Menanggapi persoalan tersebut, Ida berkomitmen untuk memperkuat perlindungan terhadap PMI. "Pemerintah akan terus berusaha memperkuat perlindungan terhadap PMI", tandasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Menaker juga menyapa PMI yg sedang beraktivitas di dapur shelter KBRI Kuala Lumpur. Ida Fauziyah juga sempat menyicipi masakan yg dibuat oleh ibu-ibu PMI tersebut.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BWF World Tour Finals 2019: Tumbang di Laga Pamungkas, Ahsan / Hendra Gagal Juara Grup B

Posted: 12 Dec 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Guangzhou - Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mengakui keunggulan Lee Yang/Wang Chi-lin (Chinese Taipei) pada laga terakhir Grup B BWF World Tour Finals 2019. Ahsan/Hendra menyerah 18-21, 18-21 di Tianhe Gymnasium, Jumat (13/12/2019).

Hasil ini tidak memengaruhi posisi Ahsan/Hendra di BWF World Tour Finals 2019. Mereka sudah memastikan tiket ke semifinal berkat kemenangan di dua laga sebelumnya.

Namun, Ahsan/Hendra gagal menempati posisi teratas Grup B. Dengan begitu, peringkat dua dunia tersebut harus bertemu juara Grup A. Saat ini posisi teratas grup tersebut ditempati Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang).

Harus menang untuk menjadi juara grup, Ahsan/Hendra gagal mendapat momentum di awal pertandingan. Kalah start 0-3, mereka terus tertinggal. Pada akhirnya Ahsan/Hendra merelakan gim pembuka.

Ahsan/Hendra memberikan perlawanan di gim kedua. Namun, setelah sempat unggul 2-0 dan 7-5, mereka keteteran menghadapi kebangkitan lawan.

Berbalik memimpin 9-7, Lee/Wang kemudian mempertahankan momentum untuk mengamankan kemenangan dan menjuarai Grup B BWF World Tour Finals 2019.

Jadwal Wakil Indonesia

(ilustrasi)

12.00 WIB: Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

13.00 WIB: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok)

13.00 WIB: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Du Yue/Lin Yin Hui (Tiongkok)

14.00 WIB: Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen (Denmark)

18.00 WIB: Jonatan Christie vs Kento Momota (Jepang)

19.00 WIB: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Embiid Bawa Sixers Hancurkan Celtics

Posted: 12 Dec 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Boston- Philadelphia 76ers sukses mempermalukan tuan rumah Boston Celtics pada lanjutan NBA di TD Garden, Jumat (13/12/2019) pagi WIB. Performa menawan center Joel Embiid membuat Sixers menang 115-109.

Embiid menjadi pencetak angka terbanyak Sixers di laga NBA kali ini. Embiid membuat double- double dengan 38 poin, 13 rebound ditambah enam assists.

Tak cuma menjadi penampil terbaik, Embiid juga memegang peran penting di momen krusial akhir pertandingan.

Embiid menyelesaikan lima dari enam free throw di akhir laga. Pria Kamerun ini juga melakukan blok penting menggagalkan tembakan center Celtics Daniel Theis saat laga tersisa 14,8 detik.

Pertemuan Celtics dengan Sixers berlangsung ketat sejak awal. Tak ada tim yang mampu unggul double digit di laga lanjutan NBA ini.

Kokoh

Kemenangan ini memantapkan Sixers di klasemen Wilayah Timur dengan rekor menang-kalah 19-7. Sixers berada di urutan Celtics memiliki rekor 17-7.

Sixers menempati urutan tiga Wilayah Timur. Sedangkan Celtics berada di urutan empat.

Bintang Celtics Kemba Walker sebenarnya juga bermain cemerlang di laga ini. Walker membuat 29 poin dan delapan assists. Sayangnya Jayson Tatum dan Jaylen Brown tampil di bawah performa terbaik. Tatum cuma membuat 15 poin, Brown dengan delapan poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Persija Jakarta Terancam Degradasi

Posted: 12 Dec 2019 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta terancam degradasi dari Shopee Liga 1 2019. Macan Kemayoran berada di peringkat ke-15 dengan 38 poin.

Tim asuhan Edson Tavares itu hanya berjarak lima poin dari zona degradasi yang saat ini ditempati Kalteng Putra, Semen Padang, dan Badak Lampung.

Kalteng Putra yang berada di posisi buncit sudah pasti terdegradasi. Sementara, Semen Padang dan Badak Lampung masih berpeluang bertahan.

Dengan kedua klub itulah, Persija Jakarta harus bersaing untuk tetap di Liga 1 musim depan. Hal ini tentu ironis mengingat Persija sejaitnya berstatus juara bertahan Shopee Liga 1 2019.

Juara musim ini sendiri telah jatuh ke tangan Bali United. Namun tim-tim lain masih bersaing untuk finis sebagai runner up.

Sejauh ini, Borneo FC dan Persipura Jayapura menjadi tim yang paling berpeluang. Pasalnya, mereka sama-sama mengoleksi 49 poin dan duduk di posisi kedua serta ketiga.

Berikut klasemen Shopee Liga 1 2019 selengkapnya.

 

Klasemen Shopee Liga 1 2019

 

 

Jadwal Shopee Liga 1 2019

Jumat 13 Desember 2019

18.30 WIB, PSIS Semarang vs Semen Padang, O Channel

18.30 WIB, Persija Jakara vs Madura United, Indosiar

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel PSIS vs Semen Padang di Shopee Liga 1

Posted: 12 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- PSIS Semarang siap duel lawan Semen Padang di lanjutan Shopee Liga 1 pekan ke-32 , malam ini. Di pertandingan yang akan dihelat di Stadion Moch Soebroto, Magelang ini sebagai tuan rumah, PSIS mengusung misi mengamankan tiket ke musim depan.

Saat ini, PSIS berada di peringkat ke-13 dengan 40 poin dari 31 laga Shopee Liga 1. Secara matematis, nilai mereka itu masih bisa disusul tim-tim lain di bawah mereka, di zona degradasi.

Maka itu, lawan Semen Padang jadi kesempatan mereka untuk mengamankan tiket ke musim depan. Bahkan, jika mereka mampu memenangkan tiga pertandingan tersisa, PSIS merangsek ke papan tengah.

Di sisi lain, laga ini juga bagai duel hidup mati bagi Semen Padang. Dengan menempati posisi ke-17 dengan 31 poin, mutlak, mereka harus menang jika ingin memelihara peluang tidak terdradasi.

Live Streaming O Channel PSIS vs Semen di Shopee Liga 1 dapat Anda saksikan mulai pukul 18.30 WIB. Dapatkan link Link Live Streaming O Channel PSIS vs Semen di Shopee Liga 1 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk Link Live Streaming O Channel PSIS vs Semen di Shopee Liga 1 silakan klik di sini...

Perkiraan Pemain

PSIS (4-2-3-1)

Jandia Eka Putra; Fredyan Wahyu, Wallace, Safrudin Tahar, Frendy Saputra; Finky Pasamba, Cantillana; Bayu Nugroho, Hari Nur, Septian David M; Bruno Silva

Pelatih: Bambang Nurdiansyah

Semen Padang (4-4-2)

Rendy Oscario; Dedi Gusmawan, Syaeful Anwar, Roni Rosadi, Dedi Hartono; Flavio, F Kristof Yoku, Leo Guntara, Yoo Hyun-goo; Karl Marx, Vanderlei

Pelatih: Eduardo Almeida

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengunjung Kini Bisa Masuk Area Check In Terminal 2 Domestik Bandara Soetta

Posted: 12 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menerapkan konsep baru di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno-Hatta. Mulai hari ini, setiap pengunjung, pengantar penumpang atau pengguna jasa lainnya, boleh memasuki area check-in setelah melewati pemeriksaan keamanan pintu masuk gedung terminal atau pre screening di Gate 2, Gate 3 dan Gate 4.

Hal tersebut lantaran Daerah Keamanan Bandar Udara dari Daerah Keamanan Terbatas atau Security Restricted Area, menjadi Daerah Sisi Darat atau Landside Area di Terminal 2D dan 2E. Hal ini dilakukan untuk efektifitas Program Keamanan Bandara atau Airport Security Programme yang mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor: PM. 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

"Pre screening tersebut dilakukan agar tetap menjamin keamanan semua orang yang berada di dalam gedung terminal, meski telah ditetapkan sebagai daerah publik," tutur Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang kepada wartawan, Jumat (13/12/2019).

Sebelumnya, yang diperbolehkan AP II untuk masuk ke area tersebut adalah penumpang yang memiliki dokumen angkutan udara atau tiket penerbangan, dan karyawan yang memiliki pas bandar udara yang menggunakan kartu tanda pengenal. Sedangkan bagi pengunjung dan pengantar penumpang hanya diizinkan berada di lobi terminal atau di luar area check-in saja.

"Konsepnya sama seperti yang diberlakukan di Terminal 3. Setiap pengunjung dan pengantar penumpang dapat masuk ke area check-in, dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan keamanan terhadap barang bawaannya pada saat memasuki gedung terminal," ujar Febri.

 

Bisa Berbelanja

Bandara Soekarno Hatta Terminal 3.

Febri mengatakan, tak hanya sampai di area check-in, pengunjung dan pengantar penumpang juga diperbolehkan untuk berbelanja atau sekedar makan di tenant yang ada di area Shoping Arcade.

Di Terminal 2D dan 2E, terdapat 76 tenant yang terdiri dari 50 tenant food & beverage dan 26 retail. Diantaranya, Bon Bon Voyage, Blue Sky Lounge, Imperial Kitchen, Warung Soto Nikmat, Starbucks, Coffee Bean, Papa Jack, Bumbu Desa, Kimia Farma, Polo, Angker, Bakmitopia, Bakso Cak Eko, Bakso Afung dan tenant-tenant lainnya.

Tak hanya itu, di Terminal 2 domestik juga terdapat sejumlah spot swafoto (selfie) yang sangat instagramable. Terminal 2D dan 2E sebelumnya merupakan terminal yang digunakan untuk melayani penerbangan internasional.

 

CCTV

Ditjen Imigrasi Menyiapkan Counter Khusus Bagi Jemaah Haji yang Pulang ke Tanah Air. (Foto: Istimewa).

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, setiap barang bawaan penumpang atau bagasi tercatat dilakukan pemeriksaan di area setelah check-in counter. Di terminal 2D dan 2E dilengkapi kurang lebih 120 kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV).

"Pemeriksaan keamanan tambahan (pre screening) akan dilakukan terhadap barang bawaan pengguna jasa yang memasuki area check-in, SCP Pintu 2, Pintu 3 dan Pintu 4," tutur Febri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Royalti Nikel Naik, Antam Tetap Optimis

Posted: 12 Dec 2019 08:30 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan royalti nikel naik menjadi 10 persen. Meski ada perubahan itu, PT Antam Tbk justru tak khawatir. 

"Perusahaan mengapresiasi langkah Pemerintah mengubah komposisi royalti komoditas nikel untuk tujuan hilirisasi. Royalti bijih nikel memang naik, tetapi untuk feronikel turun dari empat persen menjadi dua persen," ujar Plh SVP Corporate Secretary, Dede Izudin.

Melihat laporan kuartalan perusahaan berkode emiten ANTM ini, memang feronikel merupakan kontributor penjualan terbesar kedua selama sembilan bulan pertama tahun 2019 (9M19).

Dalam laporan tertulis, di 9M19 volume produksi feronikel ANTM mencapai 19.052 ton nikel dalam feronikel (TNi) dengan tingkat penjualan feronikel sebesar 19.703 TNi atau naik sebesar tiga persen dibandingkan periode 9M18 sebesar 19.149 TNi.

Penjualan feronikel di 9M19 merupakan kontributor terbesar kedua dari total penjualan bersih ANTM, dengan nilai penjualan sebesar Rp3,61 triliun atau 15 persen dari total penjualan bersih 9M19.

Menurut Dede, tarif royalti feronikel yang turun diharapkan membawa dampak positif di tahun depan.

"Penerapan tarif royalti feronikel yang baru bagi Antam cukup favorable meskipun untuk bijih nikel naik. Pada 2020 sudah tidak ada lagi ekspor bijih nikel, sehingga optimalisasi kinerja komoditas feronikel dan emas menjadi penting," jelas Dede.

Dalam laporan tertulisnya, komoditas emas memang menjadi kontributor terbesar penjualan ANTM selama 9M19.

Nilai penjualan bersih ANTAM di 9M19 tercatat sebesar Rp24,53 triliun, tumbuh signifikan 23 persen dibandingkan capaian penjualan 9M18 sebesar Rp19,95 triliun.

Komoditas emas merupakan komponen terbesar pendapatan Antam, berkontribusi sebesar Rp17,03 triliun atau 69 persen dari total penjualan bersih 9M19.

Di tahun ini Perusahaan berupaya mengoptimalkan kinerja produksi dan penjualan untuk menggenjot PNBP.

Tahun lalu saja ANTM telah menyetorkan PNBP sebesar Rp576 miliar. Perusahaan juga diapresiasi oleh Kementerian ESDM pada Subroto Award sebagai salah satu pemberi PNBP terbesar di sektor pertambangan.

Antam juga masuk tiga nominasi kategori Perusahaan dengan pembayar PNBP terbaik, Perusahaan dengan pembayar PNBP terbesar, dan Perusahaan tambang yang melaksanakan hilirisasi terintegrasi terbaik oleh Indonesian Mining Association (IMA).

 

(*) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dua Pesawat Garuda Nyaris Adu Moncong di Soekarno-Hatta?

Posted: 12 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral rekaman dua pesawat Garuda saling berhadapan di aprron Bandara Soekarno-Hatta. Pilot Garuda salah mendengarkan instruksi yang diberikan petugas ATC.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: