Sabtu, 14 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dosen Ini Kaget Fotonya Gendong Bayi Mahasiswi Viral

Posted: 14 Dec 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Abdul Gaffar Karim tak menyangka fotonya menggendong anak mahasiswi jadi viral.

Foto dia sedang menggendong bayi mahasiswi yang diunggah di Facebook-nya pada Kamis lalu (12/12/2019) sudah di-like 7.700 kali dan di-share oleh lebih dari 2.400 akun.

"Niat saya awalnya hanya sedikit menyentil kolega-kolega. Makanya, kaget kok sampai seperti ini (viral, Red)," kata Abdul Gaffar Karim, dikutip JawaPos.com Sabtu(14/12/2019).

Kaprodi S-1 Politik Pemerintahan menuturkan, ketika itu dirinya sedang mengajarkan mata kuliah politik dan hukum desentralisasi di ruang pascasarjana FH UII.

Seorang mahasiswi meminta izin menyampaikan presentasi terlebih dahulu karena akan mengurus anaknya yang menangis.

"Saya tahu, dia baru melahirkan. Lantas, saya tanya, lho di mana anaknya," ucap doktor politik lulusan UGM tersebut.

Ternyata anaknya di ruang sebelah. Dia meminta mahasiswi itu membawa si bayi lucu tersebut masuk. Sepanjang mahasiswi presentasi, Abdul Gaffar bersedia menggendong bayi tersebut.

"Apalagi, pada dasarnya saya suka sekali sama anak kecil. Kalau ketemu anak kecil di mana saja, pengin nggendong," katanya, lantas tertawa.

Rupanya, adik ipar mahasiswi itu melihat, kemudian memotretnya. Lalu, mengirimkan di WAG.

Dosen lulusan S-2 Flinders University, Australia, itu lantas mengunggahnya di media sosial. Tujuannya, mengingatkan kolega.

"Selama ini kesadaran untuk memberikan ruang bagi seorang ibu membawa anaknya di ruang publik masih kurang di Indonesia," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Toni-Ann Singh dari Jamaika Jadi Juara Miss World 2019

Posted: 14 Dec 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ajang kontes kecantikan Miss World 2019 telah memiliki juara baru. Miss Jamaica, Toni Ann Singh menggantikan Miss World 2018 Vanessa Ponce de Leon dari Meksiko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Spanyol Nanti Malam: Real Madrid Tandang ke Valencia

Posted: 14 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Real Madrid mendapat ujian tak ringan di pekan 16 La Liga. Los Blancos harus bertandang ke Mestalla melawan tuan rumah Valencia, Senin (16/12/2019).

Laga ini menjadi pemanasan bagi Real Madrid sebelum bertemu rival abadinya Barcelona pada laga La Liga selanjutnya.

Kemenangan jadi harga mati bagi Real Madrid di laga kontra Valencia. Pasalnya tiga angka akan membuat pasukan Zinedine Zidane memuncaki klasemen La Liga.

Real Madrid saat ini berada di posisi dua dan cuma tertinggal satu poin saja dari Barcelona yang bertengger di puncak klasemen La Liga.

Barcelona sendiri sudah turun bertanding di pekan 16 dan harus puas bermain imbang 2-2 dengan Real Sociedad.

Simak jadwal lengkap La Liga nanti malam di halaman selanjutnya:

 

Minggu

18:00 WIB, Getafe vs Real Valladolid (Bein Sports)

20:00 WIB, Celta Vigo vs Mallorca (Bein Sports)

22:00 WIB, Espanyol vs Real Betis (Bein Sports)

Senin

00:30 WIB, Sevilla vs Villarreal (Bein Sports)

03:00 WIB, Valencia vs Real Madrid (Bein Sports)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Single Baru Joko In Berlin Direkam di Eropa

Posted: 14 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Joko In Berlin (JIB) kembali meluncurkan single terbarunya berjudul Euphoria. Sebelumnya, band yang beranggotakan Mellita Sarah (vocal), Frans Maknawi (bass) dan Popo Fauza,  (composer, arranger dan music producer), serta Marlond Sihombing (drum) sukses dengan lagu Senja.

Selain itu, Joko In Berlin  juga turut melibatkan  musisi strings orchestrator, Alvin Witarsa yang pernah terlibat di film Gundala, Bumi Manusia, dan Si Doel The Movie 2.

Untuk menghasilkan musik yang berkualitas, Joko In Berlin teah membawa single terbarunya ini untuk direkam di benua Ceko.

"Kami melibatkan Alvin Witarsa  sebagai  strings orchestrator  di lagu ini recorded by Czech Symphony Orch at Czech TV Studio, Prague, Czechoslovakia," kata Popo Fauza saat peluncuran lagu Euphoria di Jakarta, belum lama ini. 

 

Menggabungkan

Joko In Berlin

Joko In Berlin yang bergabung di bawah label dan manajemen 7 Octave Music mengatakan bahwa mereka selalu berbagi tugas untuk meciptakan musik berkualitas.

"Kita saling berkontribusi lagu. Untuk arransemen di handle saya, Sedangkan lirik dan lagu Euphoria diciptakan Mellita dan Frans isi bass track nya," kata Popo Fauza.

 

Warna-warni

Joko In Berlin

Sedangkan untuk suara drumnya, Joko In Berlin dibantu oleh musisi dari Sukabumi bernama Aditya Harrison.

"Stay colorful (untuk liriknya), temannya memilih kehidupan yang warna warni. Share your intense excitement and happiness to the people who need," sahut Mellita.

 

Sentuhan

Di lagu terbarunya ini ternyata berbeda dengan single sebelumnya. Joko In Berlin memberi sentuhan nada dan lantunan irama yang lebih cepat atau nge-beat. Namun, mereka tetap konsisten dengan genre musik indie power pop. 

"Kalau mood lagu sebelumnya (Senja) itu lebih nyantai tapi single baru ini lebih up tempo-nya, isian arransemen lebih komplek, mulai dari hiasan ambience sounds belum lagi  ditambah 33 strings player," ujar Mellita 

 

Syuting

Selain itu, Joko In Berlin juga merilis video musik Euphoria di channel YouTube pribadinya. Video berdurasi 4.26 detik garapan Adiwinoto berlokasi di Czechoslovakia.

"Video clip syutingnya di kereta api perjalanan dari Prague ke Dresden. Sebagain besar syuting di old town Prague. Cuaca saat itu dingin banget. Apalagi syuting di mobil terbuka sambil jalan sudah dingin kena angin kenceng," pungkas Popo Fauza.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkapan Bahagia Toni-Ann Singh Usai Dinobatkan Jadi Miss World 2019

Posted: 14 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui proses penjurian yang cukup panjang, Toni-Ann Singh dari Jamaika berhasil menyandang gelar Miss World 2019. Perhelatan ini diselenggarakan di ExCeL London, London, Inggris, Sabtu, 14 Desember 2019, waktu setempat.

Perjalanan di kontes kecantikan ini bermula di masa karantina. Toni, begitu ia akrab disapa, kemudian menjadi salah satu finalis yang menembus babak 40 besar berlanjut 12 besar, lima besar, hingga membawa pulang gelar Miss World 2019.

Toni-Ann Singh tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya setelah menjadi Miss World 2019. Hal tersebut terlihat dari pesan panjang yang ia sampaikan melalui akun Instagram pribadi.

"Jamaika saya, Jamaika yang manis, kita berhasil! Wah we seh? LIKKLE BUT WE TALLAWAH. Hati saya dipenuhi cinta dan syukur. Terima kasih banyak telah mempercayai saya dan mendorong saya percaya pada diri sendiri. Saya tak hanya merasa terhormat, tetapi juga rendah hati menjadi Miss World ke-69," tulis Toni pada Minggu (15/12/2019).

Perempuan berusia 23 tahun ini juga berterima kasih untuk keluarga dan teman-temannya. Cinta dan dukungan yang diberi membuat Toni mencurahkannya ke seluruh dunia.

Lewat kesempatan ini, Toni juga menyampaikan rasa cintanya yang mendalam kepada ibunda tercinta, Jahrine Bailey. Bagaimana ia ingin menjadi seperti sang ibunda.

"Anda adalah kekuatan saya, pendukung / pemandu sorak / penggemar nomor satu saya dan sahabat terbaik saya." lanjut Miss World 2019.

Pesan Menyentuh dari Toni-Ann Singh

Miss Jamaika, Toni-Ann Singh berpose seusai terpilih menjadi Miss World 2019 pada grand final di ExCeL, London, Sabtu (14/12/2019). Toni-Ann, 23, akan menggantikan tugas Miss World 2018 Vanessa Ponce untuk setahun ke depan. (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Toni-Ann Singh tak hanya mengucapkan rasa terima kasih atas cinta dan dukungan yang telah diberi kepadanya. Ia juga menuliskan pesan menyentuh yang memotivasi dan menginspirasi.

"Kepada gadis kecil di St. Thomas, Jamaika dan semua gadis di seluruh dunia, mohon percaya pada diri sendiri. Ketahuilah bahwa Anda layak dan mampu mencapai impian Anda. Mahkota ini bukan milik saya, tetapi milikmu," tulis Toni.

Ia menekankan, darimana pun berasal dan apapun yang dihadapi dalam hidup, tak apa-apa untuk bermimpi karena setiap orang memiliki tujuan. Selain itu, Toni juga menyampaikan pesan kepada franchise Miss Jamaica World.

"Kepada franchise @missjamaicaworld, terima kasih telah memberi kesempatan pada saya dan memberi jalan. Saya tidak akan mencapai impian saya tanpa usaha Anda. Kepada @hon.oliviagrange, Anda memegang tangan saya dan mengangkat kepala saya tinggi-tinggi. Saya tidak mungkin mencapai sejauh ini tanpamu," lanjutnya.

Sebelum menutup pesan yang cukup panjang, Toni menuliskan rasa terima kasih kepada Tuhan yang telah mengizinkannya berjalan menuju tujuannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Tidur Cukup untuk Kecantikan, Baik untuk Wajah

Posted: 14 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tidur cukup untuk kecantikan bisa didapatkan dengan tidur minimal 8 jam setiap malamnya. Menurut penelitian, tidur yang cukup pada malam hari bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat. Tidak hanya itu, hal ini juga menyebabkan kondisi tubuh akan menjadi lebih fit dan segar.

Manfaat tidur cukup untuk kecantikan baik untuk kesehatan wajah. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan wajahmu sebelum tidur agar terhindar dari masalah kulit. Jadikanlah kamar tidur sebagai tempat yang nyaman untuk beristirahat, bukan untuk bekerja atau menonton TV.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas selama 8 jam, kamu bisa melakukan ritual tertentu sebelum memejamkan mata, seperti mandi air hangat, meditasi, atau membaca buku. Hindari mengonsumsi makanan berat, cokelat, kafein, dan alkohol karena bisa membuatmu susah tidur. Selain itu, matikan juga seluruh alat elektronik, ponsel, dan lampu ketika ingin tidur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/12/2019) tentang manfaat tidur cukup untuk kecantikan.

Terlihat Lebih Muda

Ilustrasi wajah/copyright shutterstock

Kantong Mata dan Garis-garis Halus Berkurang

Manfaat tidur cukup untuk kecantikan yang pertama adalah mengurangi kantong mata dan garis-garis halus pada wajah. Jika memiliki kantong mata akibat kurang istirahat, kamu bisa memudarkannya dengan tidur yang nyenyak. Begitu pula dengan garis-garis halus atau kerutan pada wajah.

Dua kondisi ini bisa tersamarkan, karena pada saat tidur, tubuh melakukan perbaikan jaringan tubuh yang rusak, termasuk kulit. Efek positif lainnya yaitu kamu akan terbangun dengan kulit wajah yang bercahaya.

Membuat Kulit Kenyal dan Halus

Tidur yang cukup juga dapat membuat kamu terlihat lebih muda. Hal ini karena ketika mendapat waktu tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi kolagen atau zat protein yang membuat kulit kenyal dan halus serta hormon pertumbuhan yang bisa memperbaiki sel dan jaringan kulit.

Sebaliknya, kolagen akan dirusak oleh hormon stres kortisol yang dikeluarkan oleh tubuh pada saat kurang tidur. Kurang tidur bisa membuat mata terlihat bengkak dan kulit wajah menjadi pucat. Efeknya bertambah parah jika hal ini terjadi terus-menerus, seperti muncul garis-garis halus dan lingkaran hitam di bawah mata serta kulit yang tampak kusam. 

Memperbaiki Kulit Wajah

Ilustrasi Perawatan Wajah (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Penyerapan Produk Perawatan Wajah Lebih Efektif

Banyak produk perawatan wajah yang harus digunakan pada malam hari saat kamu tidur. Alasannya, karena aliran darah pada kulit meningkat di malam hari, sehingga memudahkan krim terserap dengan cepat. Tentunya kamu memiliki produk krim malam ini sebagai perawatan kecantikan wajah.

Krim yang digunakan pada malam hari ini biasanya mengandung retinol atau retinoic acid. Krim wajah jenis ini paling pas dipakai saat malam hari. Senyawa ini juga akan bekerja dengan efektif saat kulit tidak terpapar sinar matahari. Dengan tidur yang cukup, maka penyerapan produk krim tersebut akan menjadi lebih efektif.

Perbaikan Jaringan Kulit Berjalan Optimal

Tidur yang cukup juga dapat memperbaiki kulit wajah. Setelah seharian beraktivitas terkena sinar matahari dan polusi, kulit menjadi tidak sehat. Tidur yang cukup memungkinkan proses perbaikan jaringan kulit berjalan optimal.

Hal ini disebabkan karena asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah ke kulit saat kamu tidur akan meningkat. Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur malam yang cukup dapat memperlambat atau mencegah penuaan dini pada kulit.

Merelaksasi Tubuh dan Pikiran

Ilustrasi Bangun Tidur. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tubuh Langsing

Tidak hanya bagi kulit, manfaat tidur cukup juga bisa membuat tubuh langsing. Kurang tidur bisa memicu pertambahan berat badan. Kondisi ini membuat kamu ingin mengonsumsi apa pun dengan kalap. Saat begadang, tubuh juga akan memproduksi lebih banyak ghrelin (hormon yang membuat kamu merasa lapar) dan lebih sedikit leptin (hormon yang membuat kamu merasa kenyang) ketika kamu kurang tidur.

Kondisi kurang tidur juga membuat metabolisme tubuh menjadi kacau. Kemampuan tubuh memecah zat-zat makanan menjadi energi menjadi terhambat. Hasilnya, zat-zat tersebut menumpuk menjadi lemak. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu cukup tidur.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat tidur cukup untuk kecantikan juga bisa terlihat dari pancaran inner beauty kamu. Kemampuan berpikir, konsentrasi, serta ingatan kamu akan lebih optimal ketika mendapat tidur malam yang berkualitas. Dengan cukup tidur kamu bisa dengan cepat menyerap informasi baru.

Merelaksasi Tubuh dan Pikiran

Tidur bisa membantu merelaksasi tubuh dan pikiran. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi mood kamu akan terbangun dengan jiwa raga yang segar dan bisa membuatmu merasa lebih nyaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming BWF World Tour Finals 2019: Ahsan / Hendra vs Endo / Watanabe, Eksklusif di Vidio Premier

Posted: 14 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Ajang bergengsi bulu tangkis BWF World Tour Finals 2019 sampai di laga puncak, Minggu (15/12/2019). Lima laga dari lima sektor akan dipertandingkan hari ini dan melibatkan dua wakil dari Indonesia.

Dua wakil Indonesia yang akan bertanding di final BWF World Tour Finals 2019 adalah Anthony Ginting di sektor tunggal putra dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Satu hal yang menarik kedua wakil Indonesia akan berhadapan dengan pebulutangkis asal Jepang.

Anthony Ginting akan menghadapi rivalnya asal Jepang, Kento Momota, pada pertandingan final kedua. Sementara itu pada pertandingan final terakhir, Ahsan/Hendra pun menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang pada laga semifinal berhasil menyingkirkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Pertandingan Final BWF World Tour Finals 2019 yang termasuk pertarungan Anthony Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dapat disaksikan melalui Vidio Premier mulai pukul 12.00 WIB dengan mengklik tautan ini.

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2019

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan saat berlaga di final Hong Kong Open 2019, Minggu (17/11/2019). (foto: PBSI)

Ganda campuran

12.00 WIB: Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong

 Tunggal Putra

13.00 WIB: Kento Momota vs Anthony Sinisuka Ginting

Ganda Putri

14.00 WIB: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara/Cheng Qing Chen, Jia Yi Fan

Tunggal Putri

15.00 WIB: Chen Yu Fei vs Tai Tzu Ying

Ganda Putra

16.00 WIB: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

 

Saksikan Video BWF World Tour Finals 2019 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Hukuman Mati Tidak Buat Jera Para Koruptor

Posted: 14 Dec 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wacana hukuman mati yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai pro kontra. Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas menyambut baik hal tersebut. Tetapi jika ini diterapkan tidak akan membuat efek jera para koruptor.

"Tidak ada efek jera, kita lihatlah contohnya di KPK untuk hukuman maksimal enggak usah hukuman mati, KPK indeks persepsi kita turun," kata Andi saat diskusi 'korupsi dihukum mati, retorika Jokowi?" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/12).

Walaupun tidak anti dengan hukuman mati, dia meminta jika hal itu dilakukan dan diterapkan secara selektif. Termasuk jika hukuman itu sudah masuk dalam revisi KUHP.

"Tapi saya mau menyatakan bahwa hukuman mati itu betul-betul bisa dilakukan secara selektif," kata Andi.

"Artinya Bahwa hukuman mati itu adalah sebuah realitas politik. Kita tidak boleh menafikan bahwa katakanlah pengambil kebijakan, pembuat UU bersama DPR masih menganggap hukuman mati ini tidak jadi salah satu untuk menekan tindak pidana korupsi. Termasuk perubahan fundamental, teori hukuman mati," kata Supratman.

 

Mencuat di Hari Antikorupsi

Perihal hukuman mati ini mendadak mencuat di Hari Antikorupsi Sedunia, usai seorang anak SMK 57 Jakarta bernama Harley Hermansyah bertanya kepada Presiden Jokowi, mengapa koruptor tak langsung dihukum mati kala terbukti bersalah.

Presiden Jokowi pun menjawab hal itu memungkinkan saja bila ada masyarakat berkehendak bisa dimasukkan dalam RUU Tipikor.

"Kalau masyarakat berkehendak seperti itu dalam rancangan UU Pidana Tipikor itu dimasukkan," kata Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia dan Jepang Makin Mesra Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Posted: 14 Dec 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mendorong pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air, Indonesia dan Jepang terus menjalin kerjasama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk mobil ramah lingkungan.

Langkah strategis ini, diwujudkan melalui sinergi antara Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (RI) dengan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Perindustrian (Ministry of Economy, Trade and Industry/METI) Jepang.

Dijelaskan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, Harjanto, pihak Jepang memberikan gambaran tentang pengembangan industri kendaraan listrik.

"Adapun yang kami bahas, antara lain mengenai kebijakan pengembangan industri otomotif kedua negara. Selain itu, tren dan aktivitas penggunaan kendaraan listrik serta pengembangan baterai di dunia," jelas Harjanto, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (14/12/2019).

Dirjen ILMATE menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tersebut guna saling berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai standarisasi dan regulasi teknis yang diimplementasikan di kedua negara. Salah satunya adalah pemanfaatan energi baru terbarukan (biofuel).

Bahkan, menurut Harjanto, kedua belah pihak membicarakan terkait perkembangan investasi dan insentif untuk pengembangan industri kendaraan listrik. Apalagi, Indonesia-Jepang telah lama menjadi mitra strategis dalam menjalin kerja sama ekonomi.

Di sektor alat transportasi, Jepang merupakan investor terbesar di Indonesia sampai dengan triwulan III tahun 2019, dengan nilai sebesar Rp7,46 Triliun. Di sektor otomotif, Jepang juga adalah salah satu kisah sukses dari para investor yang ingin terus menanamkan modalnya di Tanah Air, di mana produsen otomotif jepang skala global telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor

"Kami sampaikan, pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 dan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019, yang bertujuan mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik. Kami jelaskan secara komprehensif kepada mereka, sehingga bisa mendapatkan pemahaman yang jelas," paparnya.

Harjanto menambahkan, guna menarik investor dalam pengembangan kendaraan listrik ini, Pemerintah Indonesia akan memfasilitasi pemberian insentif fiskal seperti tax holiday. "Di antaranya kami fokus membidik investasi untuk pembuatan baterai, electric motor, dan power control unit, yang menjadi tiga komponen utamanya. Insentif tersebut diberikan sepanjang investasi mereka sekitar USD50 juta atau mereka melakukan proses industrialisasi di dalam negeri," imbuhnya.

Regulasi Turunan Perpres

Pada kesempatan yang sama, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Kemenperin RI, Putu Juli Ardika menyampaikan, pihaknya sedang ditugaskan untuk menyusun empat Peraturan Menteri Perindustrian. Ini sebagai regulasi turunan pada Perpres No.55/2019 tentang tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Aturan tersebut antara lain terkait roadmap industri kendaraan di dalam negeri serta fasilitasi tentang skema CKD, IKD dan part by part," ungkapnya. Putu pun mengemukakan, dalam upaya mengakselerasi produksi kendaraan listrik, pemerintah menargetkan pada tahun 2022 Indonesia mampu memproduksi baterai untuk kendaraan listrik.

"Sudah banyak investor yang komitmen ingin memproduksinya, termasuk bahan bakunya. Untuk itu, kami akan mempercepat menyusun aturan-aturannya. Kami juga mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi umum," tandasnya.

Potensi industri otomotif di Indonesia saat ini, ditopang melalui 18 pabrikan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang telah beroperasi dengan kapasitas produksi mencapai 2,26 juta unit per tahun dan jumlah tenaga kerja sebanyak 38 ribu orang. Dari sisi produksi dan penjualan otomotif nasional, pada 2013 hingga 2018 telah mencapai rata-rata di atas 1,2 juta unit per tahun. Hal ini tentunya banyak industri komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi tersebut.

"Dengan tren industri mobil listrik di kancah global, Indonesia menargetkan produksi mobil bertenaga listrik bisa mencapai 20 persen dari total produksi pada tahun 2025. Artinya, nanti ada 400 ribu unit," ujar Putu.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Ikan Penis Terdampar di Pantai Gegerkan California

Posted: 14 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan makhluk merah muda berdenyut terdampar di sepanjang Pantai Drake, California Utara. Makhluk jenis cacing yang disebut ikan penis itu muncul ke permukaan setelah badai musim dingin menyapu pasir-pasir pantai.

Menurut Bay Nature Magazine, ribuan ikan penis terdampar di Pantai Drake pada pekan lalu. Temuan makhluk seperti sosis tersebut sempat membuat geger warga setempat.

Organisme falus ini sangat umum berada di sepanjang pantai Barat Amerika Utara, tetapi mereka menghabiskan seluruh hidup mereka di lubang berbentuk U di bawah pasir, sehingga hanya sedikit pengunjung pantai yang menyadari keberadaannya.

Badai musim dingin yang baru saja melanda California Utara membawa gelombang kuat yang menghanyutkan beberapa kaki pasir dari zona intertidal, meninggalkan semua ikan penis di permukaan.

 

 

Santapan Lezat

View this post on Instagram

SHOOK 😳 Thousands of these marine worms—called fat innkeeper worms, or "penis fish"—were found on Drake's Beach last week! These phallic organisms are quite common along the West coast of North America, but they spend their whole lives in U-shaped burrows under the sand, so few beachgoers are aware of their existence. ⛈🌊 A recent storm in Northern California brought strong waves that washed away several feet of sand from the intertidal zone, leaving all these fat innkeeper worms exposed on the surface. 🏖 Next time you go to the beach, just think about the hundreds of 10-inch, pink sausages wiggling around just a few feet under the sand. 🙃 . . Get the full story in our new #AsktheNaturalist with @california_natural_history via link in bio! (📸: Beach photo courtesy David Ford; Worm photo by Kate Montana via iNaturalist)

A post shared by Bay Nature Magazine (@baynaturemagazine) on

Seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (15/12/2019), hamparan ikan penis ini menjadi santapan lezat burung camar dan berang-berang, ikan lain, hiu dan pari.

Tak hanya hewan, ikan penis ternyata juga menjadi kelezatan bagi sebagian orang. Seperti Korea Selatan, mereka menyebutnya gaebul.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:WOW: Cacing Laut Berukuran Raksasa]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukti Cinta Sejati, Pria Ini Kunjungi Makam Istrinya Tiap Hari

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria dari Malaysia, baru-baru ini membuktikan bahwa cinta ia kepada istrinya akan tetap ada meski wanita yang paling disayang itu telah berpulang ke Pencipta.

Setiap harinya, pria bernama Khairul Azwan Razali ini mengunjungi makam istrinya, Nur Syamimi Alia sebagai bentuk cintanya yang tetap ada hingga kapanpun.

Melansir dari Sinar Harian, Minggu (15/12/2019), Khairul menceritakan bahwa ia akan mengunjungi makam istrinya usai bekerja. Selain itu, ia juga pernah mengunjungi makam Nur pada jam 02.00 pagi waktu setempat.

"Memang setiap hari saya berziarah ke kuburannya, kadang dua kali sehari, kalau habis kerja malam saya juga pergi. Pernah saya ke sana jam 2 pagi," kata Khairul.

Kisah tersebut ia bagikan melalui akun Twitter miliknya bernama @azwan_kar. Dalam unggahannya, Khairul memperlihatkan sebuah foto saat momen pernikahan ia dan istrinya. Di samping foto pernikahan tersebut, ia juga memperlihatkan saat dirinya tengah mengunjungi pemakaman istrinya. 

Unggahan yang dibagikan pada 8 Desember 2019, itu pun mencuri perhatian warganet. Mereka bahkan merespons dengan ikut mendoakan dan memberikan semangat untuk Khairul.

"Semoga kau terus kuat dan tabah bro.. betul, org lain takkan faham apa yg kau lalui.. kau sendiri je boleh faham boleh rasa.. Cuma aku nak kau tahu kau masih ada orang sekeliling yg masih sayangkan kau.. Jadi, kuatkan diri kuatkan hati. Moga rahmat Allah utk kau dan Alllayarhamah," tulis akun @miyoldaus.

"Even ndak kenal, hrp bro bersabar dan stay strong," sahut akun lainnya.

Penyebab Istrinya Meninggal Dunia

(twitter.com/@azwan_kar)

Dalam keterangan kepada Sinar Harian, Khairul mengungkapkan penyebab kematian istrinya dikarenakan penyakit kanker yang dialaminya. Rupanya, Nur sudah mengidap penyakit tersebut sejak 2016, sebelum memutuskan untuk menikah dengan Khairul.

"Saya mengenali istri sudah lama, jadi lebih tahu tentang kesehatannya. Dia mulai sakit pada 2016 dan dokter memberi tahu ada kanker," tuturnya.

Ia menambahkan, keputusan untuk menikahi Nur karena ia memiliki niat untuk menjaganya, "Niat ingin menjaganya, kami disatukan pada 18 juni tahun lalu dan sempat bersama selama 18 bulan saja," kata Khairul.

Pesan Terakhir dari Istrinya

(twitter.com/@azwan_kar)

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Nur mengungkapkan pesan terakhirnya untuk Khairul agar terus menjaga kedua orangtua serta adik-adiknya itu.

"Bila sayang xdok dh, abg tolong jaga umi abah dan adik-adik kita neh," keterangan dalam foto yang diunggah Khairul.

Tak disangka, twit yang ditulisnya beredar hingga menjadi perbincangan viral warganet. Hingga kini, unggahan tersebut berhasil disukai sebanyak 26 ribu dan sudah dibagikan hingga 18 ribu.

Penulis:

Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan Orangtua Dilarang Membandingkan Kakak dengan Adik

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta "Adik, emang kamu enggak bisa rajin gitu kayak kakak?", "Lihat dong, kakak kan pemberani, adik jangan penakut" dan sederet kalimat pembanding mungkin pernah orangtua sampaikan ke kakak atau adik.

Beberapa orangtua seringkali tidak menyadari bahwa kalimat yang diucapkan dapat mengecilkan hati anak. Salah satunya yaitu saat orangtua mulai membandingkan anaknya.

Beberapa orangtua menganggap bahwa hal tersebut dapat memotivasi anak untuk menjadi lebih baik. Padahal anak-anak cenderung merasa kecewa dan sedih saat orangtuanya melakukan hal itu. Berikut dampak buruk membandingkan anak seperti dilansir Boldsky.

1. Menurunkan rasa percaya diri

Membandingkan anak dengan orang lain dapat menurunkan rasa percaya diri pada anak. Jika ayah atau ibu mengatakan pada anak bahwa dia tidak bisa melakukan sesuatu dibandingkan dengan orang lain, maka anak akan menjadi tidak percaya diri.

Dia akan mulai meragukan kemampuannya untuk menyelesaikan suatu. Hal ini justru dapat membuat anak tidak ingin mencoba lagi.

2. Menimbulkan kecemburuan

Jika orangtua membandingkan anak dengan teman atau saudaranya, maka dia akan memiliki kecenderungan untuk membenci orang itu. Hal ini bisa disebabkan oleh kecemburuan yang dirasakan karena orang lain mendapat pengakuan lebih baik darinya.

Jangan sampai orangtua menumbuhkan rasa benci pada diri anak. Hal ini dapat membuat anak membenci semua orang yang dianggap lebih baik darinya.

 

3. Memunculkan pikiran negatif

ilustrasi saudara/copyright Shutterstock

Setiap anak harus diberikan motivasi untuk selalu berpikiran positif. Hal ini dapat membuat anak memiliki kepribadian yang optimistis. Namun jika orangtua membandingkan anak dengan orang lain, pikiran negatif akan dengan cepat tumbuh pada anak. Hal ini dapat membuat anak merasa takut untuk mengambil keputusan atau mencoba hal baru.

4. Merusak hubungan

Membandingkan anak dengan orang lain dapat merusak hubungan orangtua dan anak. Tidak ada anak yang ingin dibandingkan dengan orang lain, terutama oleh orangtuanya.

Anak akan cenderung merasa sedih dan marah pada orangtua saat mereka melakukannya. Jika hal ini terjadi maka anak berisiko untuk menyimpan dendam dan membenci orangtuanya.

5. Anak jadi ragu kemampuan diri

Orangtua yang membandingkan anaknya dengan orang lain seringkali berharap bahwa anaknya dapat termotivasi. Namun hal itu justru adalah cara yang salah. Dengan membandingkan anak dengan orang lain, anak akan meragukan dirinya sendiri.

Dia akan merasa tidak mampu dan tidak cukup baik dalam menghadapi sesuatu. Lebih parah lagi, anak akan mengalami depresi karena terlalu sering dibandingkan dengan orang lain.

Penulis: Audila Rima Ndani/Dream.co.id

Saksikan Juga Video Menarik Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Energi Panas Bumi, Jurus Jitu Lepas dari Ketergantungan Minyak Bumi

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Bagi Pertamina Georhermal Energy (PGE) area Karaha, kelestarian hutan Karaha yang berada di perbatasan Garut - Tasik, Jawa Barat, adalah segalanya.

Tak pelak saat perayaan hari jadi PGE ke 13, perusahaan energi kebanggaan negeri tersebut, menjadikan isu kelestarian lingkungan, menjadi perhatian utama.

General Manager PGE Area Karaha Roy Bandoro Swandaru mengatakan, menggunakan tema 'Beyond Energi' pada perayaan hari jadi PGE tahun ini, diharapkan mampu menjadi penyemangat keberlangsungan energi nasional yang ramah lingkungan.

"Pengembangan energi panas bumi itu tidak hanya soal energi semata, namun banyak multiple effect yang dihasilkan," ujar dia, Jumat (12/12/2019).

Menurutnya, semakin optimal produksi energi dari sumber panas bumi, memberikan banyak manfaat untuk sektor energi nasional. "Salah satunya ada penghematan energi secara nasional," kata dia.

Kondisi tersebut ujar dia, sejalan dengan target pemerintah, untuk mengurangi ketergantungan impor bahan bakar minyak (BBM) nasional saat ini.

"Samakin impor kita berkurang, semakin banyak devisa negara yang terselamatkan," kata dia.

Kedua, produksi energi dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan, mampu menekan efek panasan global saat ini.

"Emisi rumah kaca dengan sendirinya akan berkurang, ketika kelestarian alam sekitar tetap dijaga," ujarnya.

Ketiga, pengembangan energi nasional melalui panas bumi, ikut andil membantu pembangunam infrastrktur daerah, tempat produksi berlangsung.

"Kalau kami membuka panas bumi, maka bisa dipastikan ada infrastruktur artinya kami bangun jalan, jembatan, sehingga banyak akses yang terbangun," papar dia.

Terakhir pembangunan energi panas bumi, mampu memberikan alih teknologi bagi masyarakat, bagaimana memanfaatkan potensi yang ada, dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan.

"Bagi kami semakin alamnya terjaga, semakin baik buat keberlangsungan produksi energi kami," ujar dia.

Target Terdekat

Jajaran manajerial PGE Area Karaha, Tasikmalaya, Jawa Barat tengah berpoto bersama bersama warga mitra binaan perusahaan sebelum perayaan HUT PGE  (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Roy menambahkan, sebagai perusahaan yang baru beroperasi, keberadaan PGE area Karaha, terys berupaya mengejar target potensi energi yang ada.

"Target kami teedekat, bagaimana produksinya bisa mencapai 30 Megawatt sesuai potensi yang ada," kata dia.

Saat ini total sumur PGE area Karaha yang berproduksi mencapai lima titik, satu sumur injeksi dan empat sumur monitoring. "Sebagai perusahaan baru memang produksinya belum kontinyu, masih ada fluktuatif," ujarnya.

Dengan semakin masifnya kampanye kelestarian lingkungan, lembaganya berharap ketersediaan energi panas bumi semakin meningkat.

"Jika seluruh sumur yang ada beropersi optimal, kami optimis produksi kami mampu mencapai target sesuai potensi yang ada,"  papar dia.

PLTP Karaha memanfaatkan energi bersih dan ramah lingkungan. Pemanfaatannya akan menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 202ribu ton CO2/tahun.

Dengan beroperasinya PLTP Karaha milik PGE tersebut maka total kapasitas terpasang PGE adalah 617 MW, terdiri dari Kamojang -Jawa Barat 235 MW, Lahendong - Sulawesi Utara 120 MW, Ulubelu- Lampung 220 MW, Sibayak - Sumatera Utara 12 MW dan Karaha -Jawa Barat 30 MW.

Donor Darah

Donor darah, menjadi salah satu kegiatan perayaan HUT PGE ke-13 yang dilakukan PGE area Karaha, Tasikmalaya, Jawa Barat (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Selain berolahraga, kegiatan puncak perayaan HUT PGE area Karaha diisi ragam kegiatan mulai melakukan donor darah. Sebanyak 100 labu darah dari pekerja dan warga mitra binaan perusahaan berhasil disumbangkan ke PMI Tasikmalaya.

"Memang kegiatan sosial donor darah ini rutin dilaksanakan, dan sekarang bertepatan dengan moment HUT Pertamina dan PGE," ujar Juru Bicara PGE Area Karaha Asmaul Husna.

Menurutnya, sebagai bentuk taggung jawab perusahaan, lembaganya terus memberikan perhatian terutama pemberdayaan bagi masyarakat.

"Salah satunya dengan pengembangan usaha, apa potensi mereka kita bantu hingga mandiri," ujarnya.

Selain pemberdayaan ekonomi, kewajiban lainnya yang akan diberikan perusahaan bagi masyarakat, terutama diring satu perusahaan antara lain, pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat; Kesehatan; dan Lingkungan.

"Kami juga berkontribusi pada pembangunan sektor infrastruktur masyarakat," ujar dia.

Beberapa kegiatan yang digelar selama penyambutan HUT PGE yang dilakukan sejak 12 November hingga 12 Desember ini, yakni 'Bebersih Desa', donor darah, PGE Karaha go to Campus, hingga pertandingan olahraga.

"Intinya bagaimana upaya mendekatkan kami dengan warga atau sebaliknya, sebagai bagian dari startegi jangka panjang perusahaan," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Presiden Erdogan Kepincut Program Wali Kota Risma

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) baru saja menjadi keynote speaker dan tamu kehormatan dalam acara International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki pada 11-12 Desember 2019.

Forum ini diadakan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk mengarusutamakan peran dari perempuan di berbagai sektor, termasuk politik. Tahun ini, forum dihadiri oleh para tokoh perempuan dari sekitar 20 negara.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sayap Perempuan, Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai politik yang didirikan dan saat ini masih dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Dua program wali kota Risma yang bikin tertarik Presiden Erdogan menarik perhatian pembaca di Liputan6.com. Ingin tahu berita terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Minggu (15/12/2019):

1. Dua Program Wali Kota Risma yang Bikin Tertarik Presiden Erdogan

 Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) baru saja menjadi keynote speaker dan tamu kehormatan dalam acara International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki pada 11-12 Desember 2019.

Forum ini diadakan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk mengarusutamakan peran dari perempuan di berbagai sektor, termasuk politik. Tahun ini, forum dihadiri oleh para tokoh perempuan dari sekitar 20 negara.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Sayap Perempuan, Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai politik yang didirikan dan saat ini masih dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Mahasiswa Kedokteran Unusa Raih Medali Emas di SEA Games 2019

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan Nur Alimah Priambodo, mahasiswi semester 5 Prodi S1 Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).

Nur Alimah menyabet medali emas ski air SEA Games ke-30 di Filipina. Dia menyabet emas untuk nomor cable ski mixed team.

Tim ski air yang terdiri dari Nur Alimah Priambodo, Safira Widodo, Emilia Hampp, Muhammad Putu, Ade Hermana, dan Dimas Suprihono, menyabet emas pada pertandingan yang digelar Minggu, 8 Desember 2019.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Polisi Dalami Kasus Mobil Lamborghini yang Terbakar di Surabaya

Polrestabes Surabaya masih mengumpulkan beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait perkembangan kasus mobil Lamborghini yang mengeluarkan asap di jalanan, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 8 Desember 2019.

"Beberapa saksi masih dikumpulkan supaya nanti punya informasi yang utuh. Karena ini merupakan bagian dari penyelidikan reserse Polda juga yang mengembangkan kasus serupa," tutur Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho, Jumat (13/12/2019).

Terkait kelengkapan surat-surat kendaraan mewah itu, Sandi mengatakan jika memang benar mobil itu tak dilengkapi dengan surat. Bahkan pelat nomor polisi yang terpasang di mobil juga palsu.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gadis 12 Tahun Menderita Tumor Sebesar Bola Sepak di Leher

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang gadis India berusia 12 tahun menderita penyakit langka. Tumor sebesar bola sepak tumbuh di lehernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Star Wars Sambangi Fortnite

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, Fortnite kerap melakukan crossover dengan pihak lain untuk memperkaya desain karakter yang ada di dalam gim. Terbaru, gim ini kedatangan karakter dari film Star Wars.

Dikutip dari The Verge, Minggu (14/12/2019), ada tiga skin anyar yang dapat dimainkan kali ini, yaitu Rey, Finn, dan Sith Trooper. Tiga skin anyar ini hadir sekaligus menandai rilisnya film Star Wars: The Rise of Skywalker.

Seluruh skin tersebut sudah dapat dibeli dari toko di Fortnite. Tidak hanya itu, pemain juga dapat membeli glider berdesain Tie Fighter dari First Order, emote Star Wars, hingga banner.

Seluruh skin yang ada dijual dengan harga 1.500 v-bucks atau sekitar USD 15 (Rp 209 ribu). Sementara untuk glider Tie Fighter dapat diperoleh dengan harga 1.200 v-bucks.

Hadirnya tiga skin anyar ini menambah konten crossover antara Fortnite dengan Star Wars. Sebelumnya, ada skin Stormtrooper yang rilis bersamaan dengan keluarnya gim Star Wars Jedi: Fallen Order.

Perlu diketahui, hubungan Epic Games sebagai pengembang Fortnite dengan Disney terbilang memang sudah terjalin cukup lama. 

Saat film Avengers rilis, ada sejumlah skin karakter yang dirilis, bahkan ada modus gim terbatas yang mengambil kisah dari Infinty War dan Endgame.

Epic Games Putuskan Rilis Fortnite di Google Play Store

Fortnite resmi meluncur di perangkat Android. Liputan6.com/ Yuslianson

Di sisi lain, berdasarkan laporan terkini dari 9to5Google, Selasa (10/12/2019), Epic Games akhirnya memutuskan untuk menyerah dan mengumumkan akan merilis Fortnite ke Play Store.

Lewat keputusan tersebut, perusahaan juga berharap Google akan mempertimbangkan kebijakan tentang pembagian keuntungan antar pengembang dan Google.

Raksasa mesin pencari itu memberikan tanggapannya terkait pernyataan Epic dengan mengatakan,"Android memberikan pilihan pengembang untuk mendistribusikan aplikasi dari toko pihak ketiga."

"Google Play memiliki model bisnis dan kebijakan billing yang memungkinkan kami berinvestasi di platform dan tool untuk membantu pengembang membangun bisnis mereka, dan menjaga keamanan pengguna," tulis Google.

Fortnite Siap Berlaga di Android Tanpa Jalur Play Store

Gim Fortnite di Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Padahal, setahun lalu, Epic Games selaku pengembang Fortnite mengambil jalur berbeda dalam hal pendistribusian pada pengguna Android.

Dikutip dari The Verge, Senin (6/8/2018), gim tidak akan tersedia di Play Store. Epic Games memilih untuk merilis gim ini langsung melalui situs resminya.

Nantinya, pengguna tinggal mengunduh program installer Fortnite untuk memasang gim di perangkat yang kompatibel.

Keputusan ini, menurut CEO Epic Games, Tim Sweeney, tidak lepas dari upaya perusahaannya untuk berhubungan langsung dengan pemain.

"Epic menginginkan hubungan langsung dengan pengguna di seluruh platform yang memungkinkan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya internet," tutur Sweeney.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmara Abigail Ungkap Pernah Di-bully Guru, Begini Kisahnya

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki cerita tak terlupakan di masa sekolah, termasuk pengalaman dengan guru. Hal ini juga dirasakan oleh bintang film Perempuan Tanah Jahanam, Asmara Abigail.

Bukan kenangan yang menyenangkan, Asmara Abigail memiliki pengalaman kurang baik dengan gurunya saat duduk di bangku SMA. Asmara Abigail mengaku pernah di-bully alias dirundung.

"Di-bully guru. Tapi di-bully guru lebih ke akademis," cerita Asmara Abigail saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dibilang Hitam

Asmara Abigail. (Bambang E Ros/Fimela.com)

Selain dirundung karena nilai akademis, Asmara Abigail juga menjadi korban perundungan sejumlah teman karena memiliki kulit yang berwarna gelap.

"Tapi kalau fisik lebih sering di-bully teman. Biasalah dibilang hitam. Dulu aku kurus banget. Jadi sudah kecil banget, kurus, hitam pokoknya buruk rupalah dianggapnya," ungkap Asmara Abigail kepada Showbiz Liputan6.com.

Pengin Cepat Lulus

Asmara Abigail (Bambang E Ros/© Fimela.com)

Ketidaknyamanan itu membuat Asmara Abigail ingin cepat menamatkan sekolah. Ia akhirnya menemukan suasana yang lebih menyenangkan saat menempuh pendidikan di universitas.

"Dari TK sampai SMA di sekolah yang sama. Jadi aku pengin cepat lulus SMA supaya bisa pilih kuliah yang aku mau, jurusan yang aku mau dan bertemu lingkungan baru," ia menyambung.

 

Bebas Pilih Kuliah

Asmara Abigail (Sumber: Instagram/asmaraabigail)

"Orangtua memang membebaskan untuk pilih kuliah dan jurusan sesuai yang aku mau tanpa membatasi. Jadi aku menunggu bisa lulus dan say goodbye," beri tahu Asmara Abigail.

Meski disinggung soal nilai, Asmara Abigail tak merasa down sama sekali. Sebab, ia selalu mendapat masukan yang positif dari keluarga.

Tujuan Baik

Asmara Abigail (Sumber: Instagram/asmaraabigail)

Selain itu, Asmara Abigail percaya bahwa guru menyinggung nilai akademis dengan tujuan baik yakni memotivasinya agar belajar lebih giat lagi. Bicara soal sekolah dan cerita guru, kisah para pengajar di dunia pendidikan kerap diusung ke layar lebar.

Film Indonesia pernah menampilkan cerita guru seperti Laskar Pelangi dan Sokola Rimba. Dalam waktu dekat, ada Guru-guru Gokil yang dibintangi Gading Marten dan Dian Sastrowardoyo. Dian tak hanya menjadi pemain. Ia juga bertindak sebagai produser di bawah naungan BASE Entertainment.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Dita Agusta Hidup Serumah Bersama 250 Kucing

Posted: 14 Dec 2019 09:00 PM PST

Begitu membuka pintu utama Rumah Kucing Parung (RKP), puluhan ekor kucing bertebaran di berbagai sudut. Ada yang duduk di atas kulkas, berdiri di atas wastafel, tidur di atas lemari dan tempat duduk tamu ataupun berjalan hilir mudik bermain bersama di lantai ruang tamu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Begitu membuka pintu utama Rumah Kucing Parung (RKP), puluhan ekor kucing bertebaran di berbagai sudut. Ada yang duduk di atas kulkas, berdiri di atas wastafel, tidur di atas lemari dan tempat duduk tamu ataupun berjalan hilir mudik bermain bersama di lantai ruang tamu. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemandangan ini tidak biasa bagi tamu yang pertama kali berkunjung ke Rumah Kucing Parung (RKP) di RT 01/07 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Kemang, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemandangan ini tidak biasa bagi tamu yang pertama kali berkunjung ke Rumah Kucing Parung (RKP) di RT 01/07 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Kemang, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sang pemilik rumah, Dita Agusta bersama suami dan ketiga anaknya, sudah lebih dari lima tahun hidup berdampingan bersama kucing-kucing lokal yang dibuang oleh pemiliknya atau dipungut dari jalanan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sang pemilik rumah, Dita Agusta bersama suami dan ketiga anaknya, sudah lebih dari lima tahun hidup berdampingan bersama kucing-kucing lokal yang dibuang oleh pemiliknya atau dipungut dari jalanan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kegemaran keluarganya pada kucing ras bermula saat masih tinggal di Bekasi sepuluh tahun silam yang menjadi awal kecintaannya pada binatang ini. Saat ia memelihara lima ekor kucing ras, kerapkali kucing-kucing liar datang meminta makan ke rumahnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kegemaran keluarganya pada kucing ras bermula saat masih tinggal di Bekasi sepuluh tahun silam yang menjadi awal kecintaannya pada binatang ini. Saat ia memelihara lima ekor kucing ras, kerapkali kucing-kucing liar datang meminta makan ke rumahnya. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dita merasa kasihan dan berpikir siapa lagi yang akan merawat kucing-kucing tersebut selain dirinya. Selanjutnya kucing-kucing lokal dipelihara di rumah dan berkembang menjadi tiga puluh ekor. Namun, seiring berjalannya waktu, keluarganya mendapat protes dari para tetangga. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dita merasa kasihan dan berpikir siapa lagi yang akan merawat kucing-kucing tersebut selain dirinya. Selanjutnya kucing-kucing lokal dipelihara di rumah dan berkembang menjadi tiga puluh ekor. Namun, seiring berjalannya waktu, keluarganya mendapat protes dari para tetangga. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dita bersama suami memutuskan pindah dan menjadikannya tempat tinggalnya sekarang sebagai Rumah Kucing Parung. Kepedulian dan kecintaan pada kucing lokal mendasarinya untuk selalu merawat kucing-kucing yang telantar di jalanan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Dita bersama suami memutuskan pindah dan menjadikannya tempat tinggalnya sekarang sebagai Rumah Kucing Parung. Kepedulian dan kecintaan pada kucing lokal mendasarinya untuk selalu merawat kucing-kucing yang telantar di jalanan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kini, sekitar 250 kucing lokal hidup bersamanya dengan beragam kondisi. Ada rusak penglihatannnya, kaki tinggal tiga, patah tak berekor, dan lain-lain. Namun kesemuanya Dita pelihara dengan penuh kecintaan dan kasih sayang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kini, sekitar 250 kucing lokal hidup bersamanya dengan beragam kondisi. Ada rusak penglihatannnya, kaki tinggal tiga, patah tak berekor, dan lain-lain. Namun kesemuanya Dita pelihara dengan penuh kecintaan dan kasih sayang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sekitar satu juta rupiah sehari dia habiskan untuk merawat kucing-kucing lokal tersebut. Biaya tersebut digunakan untuk membeli pakan, pasir khusus, tisu, vitamin, obat-obatan, dan biaya rumah sakit hewan bagi kucing yang sakit parah. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sekitar satu juta rupiah sehari dia habiskan untuk merawat kucing-kucing lokal tersebut. Biaya tersebut digunakan untuk membeli pakan, pasir khusus, tisu, vitamin, obat-obatan, dan biaya rumah sakit hewan bagi kucing yang sakit parah. (merdeka.com/Arie Basuki)

Selain dana pribadi, Dita juga menerima beragam sumbangan dari para donatur yang peduli  pada kucing lokal. Rumah Kucing Parung juga terbuka bagi para adopter kucing. Untuk yang ingin mengadopsi kucing, hanya perlu membawa meterai untuk perjanjian surat adopsi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Selain dana pribadi, Dita juga menerima beragam sumbangan dari para donatur yang peduli pada kucing lokal. Rumah Kucing Parung juga terbuka bagi para adopter kucing. Untuk yang ingin mengadopsi kucing, hanya perlu membawa meterai untuk perjanjian surat adopsi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sedangkan bagi yang akan memberikan kucing, persyaratannya adalah memberi donasi Rp250 ribu per ekor untuk biaya sterilisasi. Sterilisasi dimaksudkan menurunkan sifat agresif agar kucing lebih tenang dan menghindari sifat-sifat perebutan teritorial antar pejantan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sedangkan bagi yang akan memberikan kucing, persyaratannya adalah memberi donasi Rp250 ribu per ekor untuk biaya sterilisasi. Sterilisasi dimaksudkan menurunkan sifat agresif agar kucing lebih tenang dan menghindari sifat-sifat perebutan teritorial antar pejantan. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Sebut Jakarta Kota dengan Jumlah Pejalan Kaki Paling Rendah di Dunia

Posted: 14 Dec 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, Jakarta merupakan kota dengan jumlah pejalan kaki paling rendah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di dunia. Oleh karena itu, Anies mengajak semua warga untuk lebih sering berjalan kaki maupun bersepeda.

"Kita sedang mendorong supaya masyarakatnya mau berjalan kaki. Jakarta ini dari kota-kota besar di seluruh dunia, kita adalah kota dengan jumlah pejalan kaki paling rendah," kata Anies di  Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Minggu (15/12/2019).

Saat ini, Anies menyebut warga Jakarta masih lebih memilih berpergian menggunakan kendaraan motor. Ia mengajak mulai saat ini agar sepeda tidak sekadar dipandang sebagai alat berolahraga, melainkan juga harus dianggap sebagai transportasi.

"Kita cenderung naik kendaraan beroda. Begitu keluar rumah, naik motor, naik mobil. Jarang sekali berjalan kaki," katanya.

Untuk mendorong warga, Pemprov DKI sedang memperlebar trotoar dan jalur sepeda. Harapannya warga bisa termotivasi dan terbiasa berjalan kaki dan bersepeda. 

"Jadi nanti insyaallah dengan trotoar yang sudah dilebarin, jalan kaki akan lebih leluasa. Kemudian ini penting, anak kita diajak berjalan kaki, terbiasa berjalan kaki. Jalan kaki itu sehat apalagi kalau dikerjakan rutin, tidak hanya di hari Minggu," kata Anies.

Mantan Mendikbud itu mengatakan selain lebih sehat, bersepeda juga tidak menambah polusi di Jakarta. "Harganya murah, tidak ada polusi," ucap Anies

 

Pergub Jalur Sepeda

Diketahui, Anies sudah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penyediaan jalur sepeda. Dengan terbitnya Pergub tersebut, maka pelanggar dan penerobos jalur sepeda akan diberikan sanksi.

Pergub dengan nomor 128 tahun 2019 tentang Penyediaan Jalur Sepeda diterbitkan pada 20 November 2019.

Dalam Pergub itu dijelaskan kawasan yang disediakan untuk jalur sepeda yakni Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Salemba Raya, Jalan Proklamasi, Jalan Penataran, Jalan Pramuka, Jalan Pemuda, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Lalu Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Tomang Raya, Jalan Kyai Caringin, Jalan Cideng Timur, Jalan Cideng Barat, Jalan Kebon Sirih, Jalan Fachrudin, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

Sedangkan kendaraan yang diperbolehkan untuk lewat di jalur sepeda yakni sepeda listrik, sepeda biasa, otopet, skuter, hoverboard, dan unicylce.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Bangun Daerah, Pemda Paling Banyak Habiskan APBD buat Belanja Pegawai

Posted: 14 Dec 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) membeberkan rasio belanja pemerintah daerah (pemda) hingga November 2019.

Dari data Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA), serapan anggaran pemerintah provinsi Gorontalo menyentuh angka 83,57 persen, tertinggi dari provinsi lainnya. Sedangkan serapan terendah dilakukan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta, yang baru sebesar 40 persen.

"Penyebabnya banyak, salah satunya function-based budgeting atau money follow function, yang menyebabkan ketidaksesuaian penganggaran APBD dengan perencanaan baik pusat maupun daerah," ujar peneliti KPPOD Lenida Ayumi di Jakarta, Minggu (15/12/2019).

Lebih lanjut, dalam rasio serapan anggaran pemerintah provinsi pada 2018 juga menunjukkan bahwa belanja pegawai dan kebutuhan operasional lain menduduki persentasi terbesar.

"Dari Rp 349,6 triliun, 26 persen anggaran terserap untuk belanja pegawai, 35 persen operasional lain sedangkan untuk modal hanya 17 persen," lanjut Lenida.

Hal ini dinilai berpotensi menimbulkan kerugian publik karena seharusnya masyarakat bisa menikmati fasilitas serta sarana dan prasarana yang dibangun dengan dana negara lebih cepat.

Oleh karenanya, mekanisme integrated budgetary control harus diterapkan terutama bagi daerah operasional baru (DOB) agar integrasi dari hulu ke hilir bisa terjadi, sehingga serapan anggaran dapat maksimal.

"Integrated budgetary control ini sudah diterapkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa sehingga pengeluaran belanja negara dan daerah terawasi dengan baik," tutur Lenida.

Selain itu, budgeting yang dilakukan harus sesuai dengan program pembangunan pemerintah.

PPATK: Sejumlah Kepala Daerah Punya Rekening Kasino Rp 50 Miliar di Luar Negeri

Gedung PPATK (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mencium adanya transaksi keuangan yang dilakukan sejumlah kepala daerah di luar negeri untuk kemudian disimpan di rekening kasino.

Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) mengatakan, nominal uang dalam valuta asing yang disimpan di rekening kasino tersebut juga tak kecil, yakni sekitar Rp 50 miliar.

"Kami menelusuri adanya transaksi keuangan beberapa kepala daerah yang diduga melakukan penempatan dana dalam bentuk valuta asing. Jumlahnya pun signifikan, sekitar Rp 50 miliar (yang disimpan) ke rekening kasino di luar negeri," jelas Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin di Gedung PPATK, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Tak hanya di luar negeri, PPATK merinci temuan adanya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Tanah Air selama 2019. Seperti penyelundupan benih lobster, penyelundupan telepon seluler, hingga masalah narkotika.

"Ada juga korupsi pembangunan jalan dan jembatan, kasus perdagangan satwa liar, perdagangan manusia, perkara terorisme, dugaan korupsi helikopter, ada juga TPPU kepala daerah," beber dia.

Hasil analisis yang dilakukan PPATK terhadap kasus pencucian uang sepanjang tahun ini pun cukup besar, kurang lebih 547 laporan hasil analisis dan 450 informasi pada periode Januari-November 2019.

"Kita juga sudah menyampaikan ke berbagai penegak hukum hal tersebut. Juga kami ikut berkontribusi dalam berbagai satgas seperti satgas cyber pungli, satgas waspada investasi. Kita selalu ikut aktif dalam hal ini, termasuk di dalamnya adalah pencegahan penyalahgunaan usaha-usaha haji, umrah dan investasi lainnya," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal

Posted: 14 Dec 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini kabar mengejutkan datang dari penyanyi Tanah Air, Vidi Aldiano. Melalui akun Instagramnya, penyanyi 29 tahun ini memberikan kabar bahwa dirinya mengidap penyakit kanker ginjal. Sebelum terkena kanker ginjal ini, Vidi mengungkapkan bahwa ia didiagnosis memiliki kista.

Kabar ini sontak mengejutkan banyak pihak, khususnya penggemarnya. Akibat sakit yang dideritanya pelantun 'Nuansa Bening' ini harus bolak-balik ke Singapura untuk melakuan serangkaian pemeriksaan. Selain itu dokter juga menyarankan, ia harus melakukan operasi pengangkatan kanker, sebelum semakin menyebar.

Dalam video yang diunggah pada Jumat (13/12/2019) tersebut, ia juga meminta maaf karena harus membatalkan beberapa jadwal manggung. Pria bernama lengkap Oxavia Aldiano ini juga meminta doa agar proses operasi pengankatan kanker di ginjalnya berjalan dengan lancar.

Vidi Aldiano melakukan operasai pengangkatan kanker di rumah sakit Mount Elizabeth Novena, Singapura. Nampak selama operasi Vidi juga terus didampingi oleh keluarga. Kini kondisi pelantun 'Ready for Love' sudah mulai stabil.

Berikut 6 potret terbaru Vidi Aldiano usai operasi pengangkatan kanker ginjal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/12/2019).

1. Diketahui operasi pengangkatan kanker ginjal Vidi berjalan dengan lancar. Kini ia sudah diperbolehkan kembali ke kamar untuk pemulihan.

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/galleryvidi)

2. Terlihat juga keluarga teman duet Sherina Munaf ini setia mendampingi dan memberi support.

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/indrawatiacin)

3. Meski sudah kembali ke kamar, namun kondisi Vidi masih terus dipantau. Beberapa alat masih terpasang untuk memantau penyanyi kelahiran 29 Maret 1990 ini.

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/yuanitarohali)

4. Walaupun masih terbaring lemah, Vidi tetap memberikan senyuman terbaiknya untuk para penggemar.

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/yuanitarohali)

5. Vidi Aldiano juga mengucapkan banyak terima kasih pada penggemar dan masyarakat yang telah mendoakan dan memberikan dukungan.

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/indrawatiacin)

6. Semoga cepat sembuh dan sehat kembali ya Vidi.

Potret Kondisi Terbaru Vidi Aldiano Usai Operasi Pengangkatan Kanker Ginjal (sumber: instagram/vidialdiano)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tanpa Kawhi Leonard, Clippers Diseruduk Bulls

Posted: 14 Dec 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Chicago- Los Angeles Clippers secara mengejutkan kalah di kandang Chicago Bulls pada lanjutan NBA, Minggu (15/12/2019) siang WIB. Absennya Kawhi Leonard membuat Clippers takluk 106-109.

Pada laga NBA di United Center ini, Leonard tak dimainkan karena bermasalah dengan lututnya. Dua pemain pilar Clippers lainnya yakni Lou Williams dan Patrick Beverly juga absen akibat cedera.

Tanpa ketiga starternya, Clippers awalnya masih tampil meyakinkan. Pada kuarter pertama mereka unggul lima poin dari Bulls.

Bahkan Clippers sempat memimpin 15 poin di pertengahan kuarter dua sebelum Bulls mengejar lewat 19-6 run sehingga hanya tertinggal tiga poin saat jeda babak pertama.

Bulls berbalik unggul di kuarter tiga. Pada kuarter terakhir, pertarungan semakin sengit. Drama terjadi di detik-detik akhir jelang laga usai.

Saat skor imbang 106-106, Zach LaVine muncul sebagai mimpi buruk bagi Clippers. LaVine menerobos pertahanan Clippers dan melakukan layup saat laga tersisa 5,4 detik.

 

Gagal Overtime

LaVine mendapat bonus satu lemparan bebas karena dilanggar Montrezl Harrel. Free throw dieksekusi dengan baik oleh LaVine.

Clippers gagal memaksakan overtime setelah tembakan tiga angka Paul George saat buzzer meleset dari sasaran.

LaVine di laga ini total membuat 31 angka untul Bulls. Center Lauri Markkanen juga main bagus dengan 13 poin dan 17 rebound.

George sendiri hanya menyumbang 27 angka. Harel yang jadi pengumpul poin terbanyak Clippers dengan sumbangsih 30 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amnesty International: Hukuman Mati Tidak Menimbulkan Efek Jera

Posted: 14 Dec 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menegaskan, pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait hukuman mati hanyalah retorika ketegasan. Sebab, hukuman mati hanya seolah terlihat tegas padahal dalam praktiknya lembek.

"Studi hukuman mati seperti di Kanada tidak menimbulkan efek jera karena lebih mencerminkan kegagalan sistem pemerintahan, seperti kalau ada gratifikasi, berarti sistem pencegahan yang tidak beres. 143 negara mengakhiri eksekusi hukuman mati dan itu adalah negara penandatangan konvensi antikorupsi," kata Usman dalam diskusi Cross Check by Medcom di Upnormal Coffee, Jakarta, Minggu (15/12/2019).

Dia juga mengutip studi di California, Amerika Serikat yang mengatakan bahwa pelaksanaan hukuman mati lebih mahal dari hukuman seumur hidup. Sebab, saat praktiknya banyak tenaga sumber daya disiapkan seperti pengamanannya, proses dan sebagainya.

Selain itu, Usman memandang, soal metode eksekusi hukuman mati, seperti dipenggal atau suntik mati adalah hukuman kejam dan tak manusiawi.

"Saya tak melihat argumen atau bukti yang memadai untuk mendukung hukuman mati, jadi apa pun kejahatannya harus menghindari praktik hukuman mati ini," Usman menandasi.

Hukuman Mati Koruptor

Wacana hukuman mati bergulir usai Presiden Jokowi mengutarakannya saat Hari Antikorupsi Sedunia 2019. Kala itu Presiden Jokowi coba menjawab pertanyaan hukuman mati bagi koruptor dari seorang siswi SMK 57 Jakarta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Arsenal Vs Manchester City: Kans The Gunners Putus Rekor Negatif

Posted: 14 Dec 2019 08:35 PM PST

London - Arsenal akan menjamu sang juara bertahan Liga Inggris, Manchester City, dalam laga pekan ke-17 Premier League yang digelar di Emirates Stadium, Minggu (15/12/2019) malam WIB. The Gunners berpeluang memutus rekor negatif kontra Manchester City dalam laga kali ini.

Arsenal selalu kalah dalam lima bentrokan terakhir melawan Manchester City di semua kompetisi. The Gunners berpeluang memutus tren negatif tersebut, karena sang lawan sedang dilanda inkonsistensi.

Selain itu, The Citizens juga dinilai sudah kurang bersemangat mengejar Liverpool dalam perburuan gelar juara Premier League.

Pekan lalu, bersama manajer interim Freddie Ljungberg, Arsenal sukses memutus winless streak sembilan pertandingan. Mereka memutusnya dengan kemenangan 3-1 atas tuan rumah West Ham United melalui gol Gabriel Martinelli, Nicolas Pepe, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Setelah itu, Arsenal memastikan diri menjadi juara grup di Liga Europa lewat hasil imbang 2-2 dalam laga kontra Standard Liege. Sempat tertinggal dua gol, Arsenal mengamankan posisi puncak dan lolos ke babak 32 besar berkat gol-gol Alexandre Lacazette serta Bukayo Saka.

Arsenal kembali main kandang, tapi lawannya kali ini sangat berat. City mungkin masih agak terluka setelah kalah 1-2 menjamu sang rival sekota Manchester United pekan lalu.

The Citizens kini tertinggal 14 poin dari Liverpool. Manajer Josep Guardiola bahkan mengisyaratkan kalau timnya sudah menyerah di liga.

Namun, City baru saja memenangi laga terakhirnya di fase grup Liga Champions. Mereka menekuk tuan rumah Dinamo Zagreb 4-1 lewat hattrick Gabriel Jesus dan satu gol Phil Foden.

City mungkin sudah tak terlalu bersemangat lagi di Premier League. Namun, itu bukan berarti mereka bakal terus mengalah hingga akhir musim nanti. Arsenal tetap perlu berjuang ekstrakeras jika ingin meraih poin di laga nanti.

 

Data dan Fakta

  • Perkiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Leno; Maitland-Niles, Sokratis, Chambers, Kolasinac; Torreira, Guendouzi; Pepe, Ozil, Martinelli; Aubameyang.

Manajer: Freddie Ljungberg (interim).

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Otamendi, Fernandinho, Zinchenko; Gundogan, Rodri, De Bruyne; Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Sterling.

Manajer: Josep Guardiola.

 

  • Head-to-Head dan Performa

Head-to-Head

03-02-2019 Manchester City 3-1 Arsenal (EPL)

12-08-2018 Arsenal 0-2 Manchester City (EPL)

02-03-2018 Arsenal 0-3 Manchester City (EPL)

25-02-2018 Arsenal 0-3 Manchester City (Piala Liga)

05-11-2017 Manchester City 3-1 Arsenal (EPL)

5 Pertandingan Terakhir Arsenal

29-11-2019 Arsenal 1-2 Frankfurt (UEL)

01-12-2019 Norwich 2-2 Arsenal (EPL)

06-12-2019 Arsenal 1-2 Brighton (EPL)

10-12-2019 West Ham 1-3 Arsenal (EPL)

13-12-2019 Standard Liege 2-2 Arsenal (UEL)

5 Pertandingan Terakhir Manchester City

27-11-2019 Manchester City 1-1 Shakhtar (UCL)

30-11-2019 Newcastle 2-2 Manchester City (EPL)

04-12-2019 Burnley 1-4 Manchester City (EPL)

08-12-2019 Manchester City 1-2 Manchester United (EPL)

12-12-2019 Dinamo Zagreb 1-4 Manchester City (UCL)

 

Statistik dan Prediksi

Arsenal cuma menang 1 kali dalam 11 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Arsenal tanpa kemenangan dalam 4 laga kandang terakhirnya di Premier League.

Arsenal selalu kebobolan 2 gol dalam 2 laga kandang terakhirnya di Premier League.

City cuma menang 3 kali dalam 8 laga terakhirnya di semua kompetisi.

City tanpa clean sheet dalam 6 laga terakhirnya di Premier League.

City mencetak minimal 2 gol dalam 7 dari 8 laga tandang terakhirnya di Premier League.

Prediksi skor akhir: Arsenal 2-2 Manchester City.

 

Sumber: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 13/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Final BWF World Tour Finals: Anthony Ginting vs Kento Momota, Eksklusif di Vidio Premier

Posted: 14 Dec 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Perhelatan BWF World Tour Finals 2019 sudah sampai di ajang final, Minggu (15/12/2019). Lima pertandingan dari lima sektor akan dipertandingkan hari ini dan melibatkan dua wakil dari Indonesia.

Dua wakil Indonesia yang akan bertanding di final BWF World Tour Finals 2019 adalah Anthony Ginting di sektor tunggal putra dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Satu hal yang menarik kedua wakil Indonesia akan berhadapan dengan pebulutangkis asal Jepang.

Anthony Ginting akan menghadapi rivalnya asal Jepang, Kento Momota, pada pertandingan final kedua. Sementara itu pada pertandingan final terakhir, Ahsan/Hendra pun menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang pada laga semifinal berhasil menyingkirkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Rangkaian pertandingan final yang akan digelar pada hari ini akan dimulai dari sektor ganda campuran. Dua pasangan tuan rumah, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, akan berhadapan untuk menjadi yang terbaik di turnamen ini.

Setelah Anthony Ginting menghadapi Kento Momota di laga kedua, rangkaian pertandingan final akan berlanjut dengan mempertandingkan sektor ganda putri. Pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara akan berhadapan dengan pasangan tuan rumah, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Setelah itu, final sektor ganda putri akan mempertemukan pebulutangkis China, Chen Yu Fei, dan pebulutangkis Chinese Taipei, Tai Tzu Ying. Dan rangkaian final BWF World Tour Finals 2019 berakhir dengan mempertandingkan ganda putra, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kontra pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pertandingan Final BWF World Tour Finals 2019 yang termasuk pertarungan Anthony Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dapat disaksikan melalui Vidio Premier mulai pukul 12.00 WIB dengan mengklik tautan ini.

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2019

Ganda campuran

12.00 WIB: Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong

 Tunggal Putra

13.00 WIB: Kento Momota vs Anthony Sinisuka Ginting

Ganda Putri

14.00 WIB: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara/Cheng Qing Chen, Jia Yi Fan

Tunggal Putri

15.00 WIB: Chen Yu Fei vs Tai Tzu Ying

Ganda Putra

16.00 WIB: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

 

Saksikan Video BWF World Tour Finals 2019 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal BWF World Tour Finals 2019 Hari Ini: Live di TVRI dan Vidio

Posted: 14 Dec 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- BWF World Tour Finals 2019 akan menggelar partai final sepanjang hari Minggu (15/12/2019). Indonesia punya dua wakil di pertandingan puncak ini.

Dua wakil Indonesia yang akan bertanding di final BWF World Tour Finals 2019 adalah Anthony Ginting di sektor tunggal putra dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Satu hal yang menarik kedua wakil Indonesia akan berhadapan dengan pebulutangkis asal Jepang.

Anthony Ginting akan menghadapi rivalnya asal Jepang, Kento Momota, pada pertandingan final kedua. Sementara itu pada pertandingan final terakhir, Ahsan/Hendra pun menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang pada laga semifinal berhasil menyingkirkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Rangkaian pertandingan final yang akan digelar pada hari ini akan dimulai dari sektor ganda campuran. Dua pasangan tuan rumah, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, akan berhadapan untuk menjadi yang terbaik di turnamen ini.

Setelah Anthony Ginting menghadapi Kento Momota di laga kedua, rangkaian pertandingan final akan berlanjut dengan mempertandingkan sektor ganda putri. Pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara akan berhadapan dengan pasangan tuan rumah, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Setelah itu, final sektor ganda putri akan mempertemukan pebulutangkis China, Chen Yu Fei, dan pebulutangkis Chinese Taipei, Tai Tzu Ying. Dan rangkaian final BWF World Tour Finals 2019 berakhir dengan mempertandingkan ganda putra, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kontra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Laga final BWF World Tour Finals 2019 ini akan disiarkan langsung TVRI serta Video Premier mulai pukul 12.00 WIB.

 

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2019, Minggu 15 Desember

Ganda campuran

12.00 WIB: Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong

Ganda Putri

14.00 WIB: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara/Cheng Qing Chen, Jia Yi Fan

Tunggal Putri

15.00 WIB: Chen Yu Fei vs Tai Tzu Ying

Wakil Indonesia

Keberhasilan menang dalam dua laga membuat Anthony Ginting mendapatkan tiket untuk lolos ke babak semifinal BWF World Tour. (AFP/Stringer)

Tunggal Putra

13.00 WIB: Kento Momota vs Anthony Sinisuka Ginting

Ganda Putra

16.00 WIB: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Toleransi, Uni Emirat Arab Tambah Gereja dan Sinagoge

Posted: 14 Dec 2019 08:21 PM PST

Liputan6.com, Dubai - Uni Emirat Arab (UEA) makin fokus untuk menggencarkan toleransi di kalangan masyarakatnya. Fasilitas tempat ibadah tiga agama samawi, Islam, Krisitiani, dan Yahudi, akan diakomodasi lewat pembangunan proyek Abrahamic Family House.

Dilaporka VOA Indonesia, Minggu (15/12/2019), kompleks itu tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah namun juga berbagai kegiatan yang menekankan pada dialog antar agama.

Prakarsa membangun Abrahamic Family House ini lahir saat kunjungan Paus Fransiskus Februari lalu ke Uni Emirat Arab. Beberapa bulan kemudian, tepatnya bulan September, bersama Imam Besar al-Azhar, Sheikh Ahmed el-Tayeb, ia membuat deklarasi bersama yang mendorong persaudaraan antar umat manusia. Salah satu wujud deklarasi itu adalah membuat kompleks rumah ibadah Abrahamic Family House.

Kompleks yang luar biasa luas itu akan berdiri di pulau Saadiyat. Karena ukurannya yang raksasa dan desainnya yang fenomenal, kelak kompleks itu menjadi atraksi tersendiri bagi Abu Dhabi.

Direncanakan tuntas dibangun pada 2022, kompleks itu dirancang oleh arsitek kelas dunia Sir David Adjaye. Adjaye yang kelahiran Tanzania dikenal publik AS sebagai orang yang mendesain Museum Nasional Sejarah dan Budaya Masyarakat Amerika Keturunan Afrika yang baru selesai dibangun di Washington DC. 

Komisi Tinggi Persaudaraan Manusia membantah kalau kompleks itu kelak hanya akan menjadi atraksi turis atau museum. Menurut komisi itu, kompleks itu akan menjadi tempat ibadah rakyat Uni Emirat Arab yang sangat beragam. Sebagaimana diketahui, negara itu menjadi pusat destinasi bagi jutaan pekerja asing, dan agama mereka sangat beragam.

Komisi itu mencatat, Muslim merupakan kelompok terbesar di negara itu, namun ada ratusan ribu warga Kristiani - umumnya Katolik - dan lebih dari 3000 orang Yahudi. Rencana besar Uni Emirat Arab ini dilahirkan bersamaan dengan pengakuan bahwa tahun 2019 sebagai tahun toleransi beragama.

 

Sambutan Dunia Internasional

Paus Fransiskus berpidato di Nagasaki, Jepang pada Minggu (24/11/2019). (Source: AP/ Eugene Hoshiko)

Banyak orang menyambut rencana pendirian kompleks ibadah ini, termasuk Chris Wadelton dari Gereja Katolik St Phillip Neri di Maryland.

"Saya kira dalam lingkungan kita hidup sekarang ini, di mana kekerasan semakin menjadi-jadi, terutama kekerasan terkait agama, di berbagai penjuru dunia seperti di Srilanka Selandia Baru, Timur Tengah, gagasan ini sungguh menyegarkan. Kerukunan antar agama penting untuk menjaga keharmonisan dunia, kata Wadelton. 

Namun tak sedikit yang menentang, Paus Fransiskus mendapat kritikan tajam dari penganut Katolik tradisionalis. Mereka menuduhnya mendukung sinkretisme atau menyatukan berbagai agama dan kepercayaan.

Namun delegasi Vatikan yang mengiringi kunjungan Paus ke Uni Emirat Arab membantahnya. Ia mengatakan, setiap agama memegang identitasnya masing-masing di kompleks itu.

Dalam pidatonya usai menandantangani deklarasi bersama, Paus menekankan pentingnya kerukunan beragama.

"Persaudaraan antara manusia dari semua bangsa dan kebudayaan, persaudaraan antara orang-orang yang punya perbedaan pendapat namun bisa menghormati dan mendengar pandangan orang lain, dan juga persaudaraan antara orang-orang yang berlainan agama, sangatlah penting. Perbedaan yang ada antara kita bukanlah sesuatu yang mencegah kita melakukan kebaikan ataupun sesuatu yang membahayakan, tapi sumber kekayaan," kata Paus.

Masjid Agung Sheikh Zayed

Raline Shah selama di Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. (Instagram @ralineshah)

Terlepas dari pro dan kontra, Uni Emirat Arab merupakan negara yang saat ini memiliki berbagai kemegahan yang merupakan hasil hasil karya manusia. Satu di antaranya adalah Masjid Agung Sheikh Zayed. Bangunan warna putih ini memiliki 82 kubah dengan empat menara yang menjulang setinggi 100 meter.

Masjid Agung ini dapat menampung sebanyak 41 ribu jamaah, dan hanya dipergunakan saat hari besar keagamaan Idul fitri, Idul Adha, dan salat Jumat.

Masjid yang terletak di Abu Dhabi ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Saat berkunjung ke masjid ini, pengunjung diharuskan memakai pakaian tertutup dan sopan. Pihak pengelola pun menyediakan baju gamis khas Arab, yaitu Abaya untuk perempuan, sementara laki-laki tidak diperkenankan menggunakan celana pendek.

Saking banyaknya pengunjung, tak heran ketika masuk ke dalam masjid, pengunjung harus melewati keamanan berlapis. Yang menarik, usai melewati pintu keamanan, pengunjung akan disuguhkan sebuah mal sebelum menyeberang ke dalam masjid. 

Bangunan utama masjid ini dilapisi oleh karpet yang dibuat oleh ratusan seniman wanita selama dua tahun. Ini menjadi karpet terbesar di dunia. Pola yang ada di dalam karpet pun mempunyai arti tersendiri, yakni agar para jamaah dapat membuat garis lurus ketika mereka akan melakukan salat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Kekasih Pilot, Ini 6 Potret Kemesraan Nimaz Dewantary dan Radifan Mirza

Posted: 14 Dec 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Nimaz Dewantary atau yang memiliki nama lengkap Nimaz Indryastuti Dewantary ini mulai dikenal luas setelah bermain sinetron Candy pada 2007 lalu. Gadis cantik kelahiran 17 November 1993 ini juga pernah membintangi sebuah drama Korea berjudul Love Distance.

Tak hanya kariernya sebagai publik figur yang curi perhatian, tetapi juga soal kisah asmaranya. Alumni jurusan Psikologi di salah satu kampus di Jakarta ini diketahui memiliki kekasih seorang pilot bernama Muhammad Radifan Mirza.

Punya kekasih dari sekolah penerbangan, membuat Nimaz beberapa kali harus merasakan hubungan jarak jauh alias LDR. Meski sudah menjalin hubungan sejak 2014 silam, keduanya hingga kini masih langgeng dan tetap mesra bak pasangan baru.

Ketika bertemu, keduanya menghabiskan waktu bersama dengan mengunjungi beberapa tempat wisata hingga hanya sekadar makan malam bersama. Hal ini diketahui lewat unggahan foto di media sosial milik Nimaz. Penasaran bagaimana gaya pacaran aktris cantik dengan kekasihnya yang seorang pilot ini?

Berikut 6 potret kemesraan Nimaz dan Radifan Mirza yang sudah terjalin sejak 2014 hingga kini dirangkum dari Instagram @nimazdewantary oleh Liputan6.com, Minggu (15/12/2019).

1. Nimaz dan Radifan Mirza sudah menjalin hubungan asmara sejak 2014 silam.

Momen kemesraan Nimaz Dewantary dengan kekasihnya yang seorang pilot. (Sumber: Instagram/@nimazdewantary)

2. Meski LDR, keduanya selalu memiliki quality time bersama.

Momen kemesraan Nimaz Dewantary dengan kekasihnya yang seorang pilot. (Sumber: Instagram/@nimazdewantary)

3. Bahkan pasangan ini menyempatkan bertemu sambil liburan di beberapa negara seperti di Singapura ini.

Momen kemesraan Nimaz Dewantary dengan kekasihnya yang seorang pilot. (Sumber: Instagram/@nimazdewantary)

4. Bahkan mereka pernah berlibur ke Jepang bersama nih!

Momen kemesraan Nimaz Dewantary dengan kekasihnya yang seorang pilot. (Sumber: Instagram/@nimazdewantary)

5. Meski keduanya memiliki profesi yang berbeda, Nimaz dan Mirza saling mendukung satu sama lain.

Momen kemesraan Nimaz Dewantary dengan kekasihnya yang seorang pilot. (Sumber: Instagram/@nimazdewantary)

6. Radifan Mirza juga kerap menemani Nimaz menghadiri berbagai acara kala tak ada kegiatan.

Momen kemesraan Nimaz Dewantary dengan kekasihnya yang seorang pilot. (Sumber: Instagram/@nimazdewantary)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Bermain Cantik, Klopp Tetap Senang dengan Cara Liverpool Gilas Watford

Posted: 14 Dec 2019 08:20 PM PST

Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui timnya tak tampil bagus saat bersua Watford pada laga pekan ke-17 Premier League. Meski begitu, Klopp senang The Reds tetap mampu mendulang tiga poin.

Menjamu Watford di Stadion Anfield, Sabtu (14/12/2019) malam WIB, Liverpool menguasai jalannya laga. Berdasarkan statistik di situs resmi Premier League, The Reds mencatatkan 67,8 persen penguasaan bola, berbanding 32,2 persen milik Watford.

Tampil dominan, Liverpool berhasil membuka keunggulan pada menit ke-38. Umpan dari Sadio Mane mampu dituntaskan Mohamed Salah menjadi gol dengan tendangan kaki kanan.

Masuk menit ke-50, Mane berhasil membobol gawang Watford. Akan tetapi, gol tersebut dianulir VAR karena pemain berusia 27 tahun itu berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Xherdan Shaqiri.

Tak puas dengan hanya satu gol, Liverpool terus mengurung pertahanan The Hornets. Namun, skuat Si Merah kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Watford.

Gol kedua pun akhirnya tercipta pada menit ke-90. Salah kembali membobol gawang Watford, kali ini setelah meneruskan umpan dari Divock Origi. Sampai laga usai, skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool tetap bertahan.

Bukan Penampilan Tercantik

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Mohamed Salah ke gawang Watford pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (14/12). Liverpool menang 2-0 atas Watford. (AFP/Paul Ellis)

Jurgen Klopp menyebut Liverpool tak memperlihatkan penampilan yang cantik. Kendati begitu, dia senang The Reds berhasil mengoleksi tiga poin.

"Laga tadi bukan pertandingan tercantik, tetapi saya lebih dari senang dengan hal itu. Pada tahap ini Anda harus menunjukkan ketahanan dan saya percaya kami melakukan itu hari ini. Kami memiliki begitu banyak pertandingan, tetapi kami senang dengan kemenangan ini," ujar Klopp.

"Watford memiliki peluang, tetapi kami berhasil mencetak gol. Kami bisa membuat permainan lebih mudah bagi kami, tetapi sangat intens untuk terus-menerus bertanggung jawab atas pertandingan yang dijalani," lanjutnya.

Dengan kemenangan tersebut, Liverpool masih nyaman berada di puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 49, hasil dari 16 kemenangan dan sekali imbang. Di sisi lain, Watford menempati dasar klasemen dengan sembilan poin.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat/Aning Jati, published 15/12/2019)

Video:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Menebak Kepribadian Seseorang Dilihat dari Bentuk Jari Kaki

Posted: 14 Dec 2019 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kepribadian dan karakter diri yang berbeda-beda. Untuk kamu yang telah mengenal seseorang sejak lama, tentu bukan hal yang sulit untuk mengetahui karakternya. Namun, berbeda jika kamu baru mengenalnya ya.

Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lihat dari seseorang untuk menebak kepribadiannya. Salah satunya bisa dilihat dari bentuk tubuh, yaitu jari kaki. Ya, banyak dari kita yang memiliki bentuk jari kaki berbeda-beda. Nah, penasaran seperti apa kepribadian seseorang dilihat dari jari kakinya?

Artikel tentang intip karakter seseorang dilihat dari bentuk jari kakinya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang momen orang atasi masalah yang kelewat jenius.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang tak banyak yang tahu, ternyata pakai sepatu tanpa kaus kaki berbahaya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Intip Karakter Seseorang Dilihat dari Bentuk Jari Kakinya

foto: mobilelikez

Manusia nampaknya merupakan mahluk Tuhan yang paling unik. Pasalnya setiap bagian tubuh manusia dikatakan bisa menentukan seperti apa kepribadian orang tersebut.

Tak hanya dari wajah, bentuk kaki rupanya bisa menjadi petunjuk karakter yang dimiliki seseorang. Dilansir dari Mobilelikez, berikut macam-macam kepribadian seseorang dilihat dari bentuk jari kakinya.

Selengkapnya...

2. Kreatif Banget, 7 Momen Orang Atasi Masalah Ini Kelewat Jenius

foto: Brightside

Saat menjalani hidup sehari-hari, kita tentu tak jarang mengalami kesulitan. Setiap orang pun memiliki cara berbeda-beda dalam menghadapi setiap kesulitan tersebut.

Beruntung, tak sedikit orang yang menganggap kesulitan-kesulitan tersebut dengan santai. Mereka bahkan memiliki cara yang kelewat unik dan jenius.

Selengkapnya...

3, Tak Banyak yang Tahu, Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Ternyata Berbahaya

ilustrasi sepatu/Photo by Apostolos Vamvouras on Unsplash

Menggunakan sepatu ketika beraktivitas nampaknya menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Sepatu menjadi salah satu alas paling nyaman yang bisa melindungi kaki dibandingkan dengan sandal.

Namun ada salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan ketika mengenakan sepatu yaitu tidak memakai kaus kaki. Banyak yang menganggap mengenakan sepatu tanpa kaus kaki terasa lebih nyaman dan santai.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Final BWF World Tour Finals 2019, Eksklusif di Vidio

Posted: 14 Dec 2019 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Ajang BWF World Tour Finals 2019 akan menggelar partai puncak sepanjang Minggu (15/12/2019). Dari lima laga final, Indonesia masih memiliki dua wakil.

Dua wakil Indonesia yang akan bertanding di final BWF World Tour Finals 2019 adalah tunggal putra Anthony Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Satu hal yang menarik kedua wakil Indonesia akan berhadapan dengan wakil Jepang.

Anthony Ginting akan menghadapi rivalnya asal Jepang, Kento Momota, pada pertandingan final kedua. Sementara itu pada pertandingan final terakhir, Ahsan/Hendra pun menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang pada laga semifinal berhasil menyingkirkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Rangkaian pertandingan final yang akan digelar pada hari ini akan dimulai dari sektor ganda campuran. Dua pasangan tuan rumah, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, akan berhadapan untuk menjadi yang terbaik di turnamen ini.

Setelah Anthony Ginting menghadapi Kento Momota di laga kedua, rangkaian pertandingan final akan berlanjut dengan mempertandingkan sektor ganda putri. Pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara akan berhadapan dengan pasangan tuan rumah, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Setelah itu, final sektor ganda putri akan mempertemukan pebulutangkis China, Chen Yu Fei, dan pebulutangkis Chinese Taipei, Tai Tzu Ying. Dan rangkaian final BWF World Tour Finals 2019 berakhir dengan mempertandingkan ganda putra, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kontra pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pertandingan Final BWF World Tour Finals 2019 yang termasuk pertarungan Anthony Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dapat disaksikan melalui Vidio Premier mulai pukul 12.00 WIB.

Link Live Streaming

Pada laga kedua Anthony Ginting berhasil bangkit dengan mengalahkan Chen Long dua set langsung dengan 21-12 dan 21-11. (AFP/Stringer)

Untuk menyaksikan kiprah Anthony Sinisuka Ginting dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan via live streaming eksklusif di Vidio silakan berlangganan di tautan ini...

Jadwal Final

Ganda campuran

12.00 WIB: Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong

Ganda Putri

14.00 WIB: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara/Cheng Qing Chen, Jia Yi Fan

Tunggal Putri

15.00 WIB: Chen Yu Fei vs Tai Tzu Ying

Tunggal Putra

13.00 WIB: Kento Momota vs Anthony Sinisuka Ginting

Ganda Putra

16.00 WIB: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Ingatkan Potensi Polarisasi Masyarakat pada Pilkada 2020

Posted: 14 Dec 2019 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri mengingatkan masih adanya potensi polarisasi masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mendatang.

Pelaksana tugas Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar mengatakan, semua pihak mesti berperan aktif untuk mengantisipasi polarisasi masyarakat karena Pilkada 2020, utamanya pada media sosial, yang memungkinkan setiap orang membuat konten sesuai kehendaknya masing-masing.

"Hati-hati dengan produksi konflik yang ditimbulkan media sosial, ada hoaks, dan lain-lain, apalagi mendekati hari pelaksanaannya, biasanya suasana menjadi panas," kata dia di Jakarta, Minggu (15/12/2019).

Kampanye hitam atau negatif yang berpotensi memecah belah masyarakat, kata dia harus dilawan, caranya dengan membuat kampanye-kampanye positif.

"Di sinilah peran peserta Pilkada dan Parpol agar ikut serta meminimalisir suasana panas dan konflik di tengah masyarakat," kata Bahtiar seperti dikutip Antara.

Kemudian, menurut Bahtiar, politik identitas, politisasi SARA juga diduga masih akan menjadi ancaman pada Pilkada 2020 yang akan digelar di 270 daerah.

Kerja Sama Semua Pihak

Ancaman dan potensi itu kata dia perlu menjadi perhatian bersama agar bisa diantisipasi seluruh komponen bangsa, terutama bagi daerah yang akan menggelar pesta demokrasi.

"Memang butuh kerja sama semua pihak, pemerintah, penyelenggara, peserta, juga masyarakat untuk melawan ancaman Pilkada 2020 ini," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Beramal, Para Peserta Berlari Hampir Bugil di Santa Speedo Run

Posted: 14 Dec 2019 08:03 PM PST

Peserta memulai lomba menyusuri Boylston Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Acara yang menjadi tradisi tahunan  tersebut bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak setempat yang membutuhkan. (Joseph Prezioso/AFP)

Peserta memulai lomba menyusuri Boylston Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Acara yang menjadi tradisi tahunan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak setempat yang membutuhkan. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berjalan menyusuri Newbury Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Speedo Run adalah perlombaan lari menjelang Natal dengan peserta pria hanya menggenakan celana dalam dan wanita memakai bikini beserta topi ala Sinterklas. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berjalan menyusuri Newbury Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Speedo Run adalah perlombaan lari menjelang Natal dengan peserta pria hanya menggenakan celana dalam dan wanita memakai bikini beserta topi ala Sinterklas. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berjalan menyusuri Newbury Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Acara yang menjadi tradisi tahunan  tersebut bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak setempat yang membutuhkan. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berjalan menyusuri Newbury Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Acara yang menjadi tradisi tahunan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak setempat yang membutuhkan. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berbaris di Boylston Street sebelum lomba Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Speedo Run adalah perlombaan lari menjelang Natal dengan peserta pria hanya menggenakan celana dalam dan wanita memakai bikini beserta topi ala Sinterklas. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berbaris di Boylston Street sebelum lomba Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Speedo Run adalah perlombaan lari menjelang Natal dengan peserta pria hanya menggenakan celana dalam dan wanita memakai bikini beserta topi ala Sinterklas. (Joseph Prezioso/AFP)

Peserta memulai lomba menyusuri Boylston Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Acara yang menjadi tradisi tahunan  tersebut bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak setempat yang membutuhkan. (Joseph Prezioso/AFP)

Peserta memulai lomba menyusuri Boylston Street selama Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Acara yang menjadi tradisi tahunan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan donasi untuk membantu anak-anak setempat yang membutuhkan. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berbaris di Boylston Street sebelum lomba Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Speedo Run adalah perlombaan lari menjelang Natal dengan peserta pria hanya menggenakan celana dalam dan wanita memakai bikini beserta topi ala Sinterklas. (Joseph Prezioso/AFP)

Pelari berbaris di Boylston Street sebelum lomba Santa Speedo Run di Boston, Massachusetts, Sabtu (14/12/2019). Speedo Run adalah perlombaan lari menjelang Natal dengan peserta pria hanya menggenakan celana dalam dan wanita memakai bikini beserta topi ala Sinterklas. (Joseph Prezioso/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Kemarau Panjang Hantui Riau 2020

Posted: 14 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead memprediksi Provinsi Riau akan mengalami kemarau panjang hingga tujuh bulan lamanya pada 2020 mendatang.

"Berdasarkan catatan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) bahwa 2020 khusus di Riau diperkirakan akan ada tujuh bulan musim kemarau. Dari 12 bulan hanya lima bulan basah, selebihnya kering," katanya kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu (14/12/2019).

Dia menjelaskan musim kering pada 2020 diprediksi akan terjadi empat bulan pertama di awal tahun sejak Februari. Setelah itu, Riau akan memasuki musim penghujan dan diprediksi kembali dilanda musim kering pada Agustus hingga Oktober 2020.

Dia mengatakan, kondisi kemarau yang melanda Riau lebih lama dibandingkan dengan 2019 ini. Padahal, dia mengatakan pada 2019 ini provinsi Riau sudah cukup parah dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat dua kali periode musim kemarau melanda wilayah itu.

"Kebakaran 2019 yang lumayan mengagetkan kita. Terjadi di luar dugaan. Tentu kita tidak ingin terulang lagi," ujarnya.

Nazir menuturkan, pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Pekerjaan Umum dan BRG telah berulang kali melakukan rapat koordinasi.

Hasilnya, dia menambahkan seluruh unsur di atas sepakat untuk memetakan dan melakukan pencegahan dengan pemulihan gambut di sejumlah kesatuan hidrologis gambut (KHG) secara bersama-sama.

"Semua unsur tadi sepakat untuk turun dengan basis KHG atau lansekap. Sudah ada enam lansekap yang kita survey turun lewat udara dan akan memutuskan lansekap mana saja yang digarap," urainya.

"Kalau dahulu kita sering kerja di KHG tapi agak parsial, sekarang kita bersama-sama. Kemudian semua Pokmas (kelompok masyarakat) juga rapatkan barisan," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perilaku Peduli Lingkungan, Solusi Cegah Banjir Berulang

Posted: 14 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Solok Selatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan, perilaku lebih peduli terhadap lingkungan adalah solusi tepat mencegah banjir berulang. Dalam hal ini, banjir berulang yang terus terjadi setiap tahunnya.

Pesan tersebut disampaikan Doni saat memberikan ceramah kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada Jumat, 13 Desember 2019. Ia juga berkesempatan meninjau dampak banjir dan menyerahkan bantuan dana siap pakai (DSP) 500 juta untuk penanganan banjir di sana.

"Kesuksesan mengubah perilaku harus didukung oleh tiga tungku sajarangan, yaitu ninik mamak (penghulu dari lembaga adat), cadiak pandai (golongan orang Minangkabau yang dianggap cerdik dan ulama," terang Doni sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Minggu (15/12/2019).

"Seperti kita kita ketahui, orang Minangkabau memiliki filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Artinya, sudah sejak lama orang Minang diingatkan untuk tidak merusak alam sesuai dengan perintah Al-Qur'an."

Adanya perubahan vegetasi, lanjut Doni, seperti penebangan pohon dan penanaman sayur di kemiringan lebih dari 30 derajat bisa mengakibatkan longsor dan banjir.

Tidak Merusak Hutan

Usai meninjau lokasi banjir bandang di Desa Bolapapu, Kulawi, Sigi, Sulawesi Tengah pada Sabtu (14/12/2019), Kepala BNPB Doni Monardo berpesan agar tidak merusak alam. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Saat meninjau banjir bandang di Sigi, Sulawesi Tengah pada Sabtu (14/12/2019), Doni juga berpesan masyarakat menjaga alam. Dengan mematuhi aturan untuk tidak merusak hutan.

"Jagalah alam supaya alam menjaga kita," pesan Doni.

Senada dengan Doni, Bupati Sigi, Irwan Lapata pun meminta masyarakat agar mematuhi aturan untuk terus menjaga alam. Masyarakat diimbau terus menjaga alam dengan baik.

"Saya mengimbau masyarakat terus menjaga alam. Jangan melakukan perambahan hutan dan patuhi ketentuan yang berlaku (tidak merusak alam)," ujarnya. 

Usai meninjau lokasi banjir bandang di Desa Bolapapu, Kulawi, Sigi, Sulawesi Tengah. Doni meminta aktivitas penebangan pohon liar dihentikan.

"Kita harus jaga bersama sama, bencana adalah urusan bersama. Setop tebang pohon liar," tutup Doni.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata-Kata Romantis Rob Clinton untuk Chelsea Islan

Posted: 14 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Chelsea Islan sempat dikabarkan menjalin hubungan dengan Rob Clinton Cardinal. Cowok berparas ganteng itu diketahui bukanlah artis, melainkan pemilik tim e-Sport Onic dan juga seorang politisi, tepatnya kader Partai Golkar.

Chelsea Islan dan Rob Clinton Cardinal mulai digosipkan memiliki hubungan spesial karena sering kedapatan hadir di berbagai event secara bersamaan. Namun seperti biasa, Chelsea tak pernah mau bicara mengenai kisah cintanya. Hubungan keduanya pun lantas bikin banyak orang penasaran.

Nah dalam beberapa waktu terakhir, Rob rupanya mulai berani go public. Lewat beberapa postingan Instagram-nya, Ia seakan memberikan kode jika hubungannya dan Chelsea Islan memang lebih dari sekadar teman biasa.

 

Postingan Cinta

Rob Cardinal bersama Chelsea Islan

Pada 30 Oktober lalu, Rob mengunggah foto dirinya bersama Chelsea dalam balutan warna sephia. Mereka berdua terlihat mengenakan dress formal seakan tengah bersiap-siap menghadiri sebuah acara. Sebuah caption bernada cinta pun dituliskan oleh Rob.

"Cinta dan tawamu adalah satu-satunya hal yang kubutuhkan dalam hidup ini," tulis Rob sambil menautkan akun Instagram Chelsea.

 

Liburan Bareng

Chelsea Islan tersenyum (Instagram/chelseaislan)

Pada Jumat (13/12/2019) kemarin, Rob lagi-lagi mengunggah sebuah foto kebersamaannya dengan Chelsea. Kali ini, mereka berdua terlihat sedang liburan bersama di Jepang. Pasangan ini bahkan kompak mengenakan kimono yang begitu cantik.

"Kamu tahu kalau kamu sedang jatuh cinta ketika kamu tak bisa tidur. Karena pada akhirnya kamu sadar, realita itu lebih indah daripada mimpi," tulis Rob pada caption foto postingannya.

 

Tanggapan Warganet

Mendapati postingan romantis Rob, warganet pun yakin jika keduanya sudah resmi pacaran. Bahkan beberapa publik figur juga turut berkomentar pada postingan tersebut, seperti salah satunya desainer Samuel Wongso.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A71 dan Galaxy A51 Paling Dicari

Posted: 14 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja merilis dua smartphone anyarnya di lini Galaxy A, yakni Galaxy A51 dan Galaxy A71. Spesifikasi dari kedua smartphone itu paling dicari para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/12/2019) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang meluncurkan pinjaman online bernama Ceria.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Samsung Akhirnya Umumkan Galaxy A71 dan Galaxy A51, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Samsung akhirnya mengumumkan kehadiran dua smartphone anyarnya di lini Galaxy A, yakni Galaxy A51 dan Galaxy A71.

Sama seperti generasi sebelumnya, dua smartphone ini mengambil desain yang cukup identik.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (13/12/2019), kedua smartphone ini mengambil gaya desain Galaxy S10 dengan layar punch hole. Bedanya, lubang diletakkan di bagian tengah layar.

Baca selengkapnya di sini

2. Bidik Milenial, BRI Rilis Aplikasi Pinjaman Online Ceria

Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan pinjaman online bernama Ceria. Dengan peluncuran ini, BRI menjadi bank BUMN pertama yang memiliki aplikasi pinjaman online.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menyebutkan bahwa pinjaman online ini diluncurkan untuk menyasar generasi millenial yang saat ini tengah tumbuh dengan pesat.

"Menyesuaikan dengan gaya hidup millenial yang serba praktis, aplikasi Ceria diciptakan sudah fully digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature," kata Handayani melalui keterangannya, Sabtu (14/12/2019).

Baca selengkapnya di sini

 

3. Samsung Galaxy Fold Hadirkan Teknologi eSIM, Bisa Dipakai di Indonesia?

Foto Samsung Galaxy Fold (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Smartphone layar lipat Samsung Galaxy Fold yang baru diluncurkan di Indonesia rupanya sudah mendukung teknologi eSIM.

Namun menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile Taufiq Furqan, eSIM di Galaxy Fold belum bisa dipakai di Indonesia.

Meski begitu, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini menyebut telah berdikusi dengan operator terkait penerapan eSIM pada Galaxy Fold.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel PSM Makassar Vs PSS Sleman di Vidio

Posted: 14 Dec 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Makassar - PSM Makassar akan menjamu PSS Sleman pada pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019, Minggu (15/12/2019) di stadion Mattoangin, Makassar. Laga ini akan menjadi perpisahan pelatih PSM, Darije Kalezic.

Ya, pelatih berusia 50 tahun itu telah mengumumkan akan mundur dari PSM usai pertandingan ini. Ketidakcocokan visi-misi dengan manajemen klub diduga menjadi penyebabnya.

Selama melatih PSM, Darije sukses memberi trofi Piala Indonesia. Itu merupakan trofi pertama PSM sejak 19 tahun yang lalu.

Kemenangan atas PSS pun tampaknya menjadi kado perpisahan yang wajib diberikan Wiljan Pluim dkk. Meskipun, tambahan tiga poin tidak berarti apapun selain peningkatan peringkat di papan klasemen.

PSM saat ini berada di peringkat ke-9 klasemen Shopee Liga 1 2019. Dari 32 pertandingan, Juku Eja meraup 43 poin, hasil dari 13 kali menang, 4 imbang, dan 15 kali kalah.

Live streaming Shopee Liga 1 2019 PSM Makassar vs PSS Sleman akan dimulai pukul 18.30 WIB di O Channel. Dapatkan link live streaming PSM Makassar vs PSS di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming PSM Makassar vs PSS Sleman, silakan klik di sini...

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompi (kiper): Asnawi Mangkualam, Hasim Kipuw, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang): Rizky Pellu, Marc Klok, M. Arfan (tengah): Rizky Eka, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian (depan)

Pelatih Darije Kalezic

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Purwaka Yudhi, Ikhwan Ciptady, Derry Rachman (belakang); Guilherme Batata, Dave Mustaine, Wahyu Sukarta, Rangga Muslim (tengah); Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Hari Ini, Siaran Langsung Televisi

Posted: 14 Dec 2019 07:55 PM PST

Jakarta - Sebelum menuju partai pamungkas Shopee Liga 1 2019 (34), pekan ke-33 Liga 1 2019 masih akan menyajikan duel-duel seru seperti halnya PSM Makassar menjamu PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar.

Kendati, juara Shopee Liga 1 2019 sudah diketahui sejak pekan ke-30, yakni Bali United. Tiga tim yang terdegradasi di akhir musim ini juga sudah dipastikan, yaitu Semen Padang, Kalteng Putra, dan Badak Lampung.

Namun, partai PSM Makassar dan PSS Sleman tetap menjanjikan pertarungan seru. Ini jadi laga kandang terakhir tim Juku Eja pada musim ini. Sang pelatih, Darije Kalezic, sudah menyatakan tidak akan melatih PSM lagi pada musim depan.

Ia menggunakan partai kandang terakhir pada musim ini untuk mengucap salam perpisahan pada suporter yang sudah setia mendampingi perjuangan tim asuhannya. Alhasil, Darije bertekad memberikan hadiah perpisahan berupa kemenangan.

Raihan tiga poin juga akan membawa PSM ke peringkat lebih baik di akhir klasemen. Jadi, kemenangan pada laga ini bak harga mati buat Rizky Pellu dkk.

Sebaliknya, PSS datang ke Makassar dengan beban lebih ringan. Tim Elang Jawa sudah memastikan bertahan di Shopee Liga 1. Partai sisa pada musim ini akan dijadikan sebagai ajang eksperimen menjajal skema-skema anyar yang akan diterapkan sang pelatih, Seto Nurdiyantoro.

Namun, tentu, PSS tak ingin jadi bulan-bulanan lawan sehingga dipastikan mereka tetap bermain ngotot saat menghadapi PSM.

Pencinta sepak bola Indonesia bisa menyaksikan duel PSM Makassar versus PSS Sleman di Indosiar serta live streaming laga Shopee Liga 1 2019 di Vidio. Berikut jadwal pertandingan dan siaran langsungnya:

Jadwal Pertandingan

PSS Sleman meraih kemenangan 3-2 atas PSM Makassar dalam laga seru pada pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (23/8/2019).(Bola.com/Vincentius Atmaja)

Minggu (15/12/2019)

PSM Makassar vs PSS Sleman

Stadion: Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar

Jam: 18.30 WIB

Live: Indosiar

Live Streaming: Vidio

Disadur dari Bola.com (Aning Jati/Rizki Hidayat, published 15/12/2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diskriminasi Sawit, Indonesia Gugat Uni Eropa ke WTO

Posted: 14 Dec 2019 07:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia melalui Perutusan Tetap Republik Indonesia(PTRI) di Jenewa, Swiss resmi mengajukan gugatan terhadap Uni Eropa (UE) di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). Gugatan diajukan terhadap kebijakan Renewable Energy Directive II (RED II) dan Delegated Regulation UE

Kebijakan-kebijakan tersebut dianggap mendiskriminasikan produk kelapa sawit Indonesia.

"Indonesia resmi mengirimkan Request for Consultation pada 9 Desember 2019 kepada UE sebagai tahap inisiasi awal dalam gugatan. Keputusan ini dilakukan setelah melakukan pertemuan di dalam negeri dengan asosiasi/pelaku usaha produk kelapa sawit dan setelah melalui kajian ilmiah, serta konsultasi ke semua pemangku kepentingan sektor kelapa sawit dan turunannya," ungkap Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam keterangannya, Minggu (15/12/2019).

Menurut Mendag, gugatan ini dilakukan sebagai keseriusan Pemerintah Indonesia dalam melawan diskriminasi yang dilakukan UE melalui kebijakan RED II dan Delegated Regulation.

Kebijakan-kebijakan tersebut dianggap mendiskriminasi produk kelapa sawit karena membatasi akses pasar minyak kelapa sawit dan biofuel berbasis minyak kelapa sawit. Diskriminasi dimaksud berdampak negatif terhadap ekspor produk kelapa sawit Indonesia di pasar UE.

"Dengan gugatan ini, Indonesia berharap UE dapat segera mengubah kebijakan RED II dan Delegated Regulation serta menghilangkan status high risk ILUC pada minyak kelapa sawit,"pungkas Mendag Agus.

 

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana menjelaskan, melalui kebijakan RED II, UE mewajibkan mulai tahun 2020 hingga tahun 2030 penggunaan bahan bakar di UE berasal dari energi yang dapat diperbarui.

Selanjutnya, Delegated Regulation yang merupakanaturan pelaksana RED II mengategorikan minyak kelapa sawit ke dalam kategori komoditas yangmemiliki Indirect Land Use Change (ILUC) berisiko tinggi.

Akibatnya, biofuel berbahan baku minyak kelapa sawit tidak termasuk dalam target energi terbarukan UE, termasuk minyak kelapa sawit Indonesia.

"Pemerintah Indonesia keberatan dengan dihapuskannya penggunaan biofuel dari minyak kelapasawit oleh UE. Selain akan berdampak negatif pada ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke UE,juga akan memberikan citra yang buruk untuk produk kelapa sawit di perdagangan global," ujar Wisnu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asma, Kurangi Konsumsinya

Posted: 14 Dec 2019 07:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan yang harus dihindari penderita asma dipengaruhi oleh kandungannya. Mengurangi berbagai jenis makanan ini dapat meminimalkan kambuh yang biasa terjadi pada penderita asma. Pilihan diet tertentu ternyata dapat membantu kamu mengelola kondisi asma.

Asma sendiri merupakan salah satu gangguan pernapasan yang kerap terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya, asma pertama kali muncul pada usia lima tahun atau kurang. Namun, seiring bertambahnya usia, biasanya gejala asma yang diderita akan semakin ringan, meski ada juga yang tidak menampilkan perubahan signifikan.

Jenis makanan yang harus dihindari penderita asma harus benar-benar diperhatikan. Pola makan yang mengonsumsi makanan segar dan bergizi dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh serta meringankan gejala asma yang kamu derita.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/12/2019) tentang jenis makanan yang harus dihindari penderita asma.

Hindari Makanan yang Mengandung Sulfit

ilustrasi udang/copyright By MaraZe from Shutterstock

Jenis makanan yang harus dihindari penderita asma pertama adalah makanan mengandung sulfit. Sulfit merupakan jenis pengawet yang diduga akan memperburuk gejala asma.

Kandungan sulfit ini bisa kamu temukan di berbagai makanan seperti buah hingga seafood. Umumnya, sulfit ditemukan di dalam anggur, buah kering, acar, udang, lemon botolan, atau jus jeruk nipis.

Hindari Makanan yang Bikin Kembung

Kacang polong (Foto: insockmonkeyslippers)

Makanan makanan yang menimbulkan gas berlebih dalam sistem pencernaan akan memberikan tekanan pada diafragma, terutama bila sejak awal kamu sudah memiliki gangguan refluks asam lambung. Hal ini dapat mengakibatkan sesak napas yang akan sulit dihindari.

Tidak hanya itu, hal ini juga berlaku bila kamu sering makan dengan porsi besar. Karena itu, jika memiliki gangguan asam lambung, sebaiknya kamu menghindari makan kacang polong, kubis, minuman berkarbonasi, bawang, dan juga gorengan. Jangan lupa juga untuk menghindari makan dengan porsi besar.

Hindari Makanan yang Mengandung Salisilat

ilustrasi kopi/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Selanjutnya, penderita asma juga harus menghindari makanan yang mengandung salisilat. Salisilat adalah senyawa kimia yang muncul secara alami dan kadang ditemukan dalam makanan.

Meskipun jarang terjadi, beberapa orang dengan asma mungkin sensitif terhadap salisilat yang ditemukan dalam kopi, teh, dan beberapa rempah-rempah.

Hindari Makanan Berbahan Pengawet

Ilustrasi pewarna makanan (sumber: iStockphoto)

Jenis makanan yang harus dihindari penderita asma selanjutnya adalah makanan berbahan pengawet, Pengawet kimia, perasa, dan pewarna sering ditemukan dalam makanan olahan dan makanan cepat saji. Sebagian penderita asma mungkin akan sensitif terhadap bahan tersebut.

Hindari Konsumsi Makanan yang Menyebabkan Alergi

Hindari Konsumsi Makanan yang Menyebabkan Alergi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk olahan susu, kerang, gandum, dan kacang sering menimbulkan alergi. Salah satu gejala alergi makanan yang paling menyiksa adalah sesak napas asma. Jadi, untuk meminimalkan kekambuhan gejala sesak napas, sebaiknya hindari makanan yang umumnya menyebabkan alergi.

Hanya saja, bila kamu ingin meningkatkan kondisi tubuh secara keseluruhan sekaligus mengurangi kekambuhan asma, rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, magnesium, apel, dan pisang bisa jadi solusi tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Janji Dukung Putra Terbaik Sumbar di Pilkada 2020

Posted: 14 Dec 2019 07:48 PM PST

Liputan6.com, Padang - DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjanjikan akan mendukung putra terbaik daerah dalam Pilgub Sumatera Barat (Sumbar) 2020.

Ketua DPP Partai Nasdem Teritorial Sumatera 2 Willy Aditya mengatakan, untuk nama sosok yang akan didukung masih dirahasiakan dan pihaknya menjanjikan akan membuat kejutan.

"Kami akan munculkan pasangan terbaik dan saat ini kami terus melakukan komunikasi dengan partai lain," kata Willy di Padang, Sumbar, Minggu (15/12/2019).

Ia mengatakan, sudah ada beberapa nama yang mendaftarkan diri agar mereka didukung dalam Pilgub Sumbar 2020.

"Kami masih melihat-lihat tokoh yang ada dan kami lakukan survei kepada masyarakat untuk melihat calon yang akan didukung," katanya seperti dikutip Antara.

Ia menjelaskan, standar pilkada itu di setiap daerah sama, yakni menghimpun semua tokoh masyarakat, internal partai, dan akademisi untuk mencari tokoh terbaik.

"Tokoh itu harus memiliki kemauan membanguan negeri dan kuat berdasarkan survei," kata dia.

Harus Koalisi

Ia mengatakan Nasdem memiliki tiga kursi di DPRD Sumbar dan harus menjalin koalisi untuk dapat mengusung pasangan calon.

"Komunikasi terus kami jalin dengan beberapa partai dan tentu untuk mencari sosok yang tepat untuk Sumatera Barat," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sinterklas Merahkan Jalanan New York City

Posted: 14 Dec 2019 07:41 PM PST

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berkumpul untuk acara tahunan Santacon di Father Duffy Square, New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, para peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berkumpul untuk acara tahunan Santacon di Father Duffy Square, New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, para peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Santacon terjadi secara tradisional di hari Sabtu kedua tiap Desember. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Santacon terjadi secara tradisional di hari Sabtu kedua tiap Desember. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berada di Celtic Pub saat berpartisipasi  dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Santacon terjadi secara tradisional di hari Sabtu kedua tiap Desember. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berada di Celtic Pub saat berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Santacon terjadi secara tradisional di hari Sabtu kedua tiap Desember. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas mengantre untuk memasuki bar dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas mengantre untuk memasuki bar dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Santacon terjadi secara tradisional di hari Sabtu kedua tiap Desember. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Santacon terjadi secara tradisional di hari Sabtu kedua tiap Desember. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berdiri di tengah hujan saat berpartisipasi  dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

Orang-orang yang berpakaian seperti Sinterklas berdiri di tengah hujan saat berpartisipasi dalam acara tahunan Santacon di New York City, Sabtu (14/12/2019). Dalam acara tersebut, peserta berkeliling bar untuk menyambut datangnya liburan Natal. (Gabby Jones/Getty Images/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gangster Sebar Virus Flu Babi Afrika di China dengan Drone

Posted: 14 Dec 2019 07:38 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah China mendeteksi adanya kawanan gangster yang sengaja menyebar virus demam babi Afrika (african swine flu) agar peternak rela menjual babi mereka dengan harga murah. Setelahnya, para gangster tersebut menjual lagi babi itu dengan harga normal.

Dilaporkan South China Morning Post, Minggu (15/12/2019), pola kejahatan gangster ini ada yang berupa sengaja menyebar hoaks terkait tersebarnya virus, hingga memakai drone untuk menjatuhkan objek yang terinfeksi virus itu di peternakan.

Hoaks sengaja disebar gangster agar peternak mengira virus sudah menyebar luas. Tak hanya itu, gangster bahkan sengaja menaruh makanan terinfeksi di kandang babi sampai meninggalkan bangkai-bangkai babi di pinggir jalan demi mengecoh peternak.

Berdasarkan laporan resmi pemerintah China, daging babi yang mereka beli dari peternak kemudian diselundupkan ke provinsi lain dan dijual sebagai daging sehat. Padahal, pemerintah sedang mencegah transportasi babi atau ternak antar provinsi untuk mengendalikan virus flu babi Afrika.

Lokasi yang dipilih gangster itu adalah daerah-daerah yang harga babi sedang meroket karena menipisnya stok akibat virus. Saat ini, China sedang krisis daging babi dan stok nasional berkurang 40 persen akibat wabah flu babi.

Konsumsi babi di China mencapai 60 persen dari konsumsi daging secara keseluruhan. Menipusnya stok pun membertakan bisnis restoran-restoran kecil. Akibat wabah ini, pemerintah memusnahkan 41 persen populasi babi.

Keuntungan dari tiap babi bisa mencapai 1.000 yuan atau Rp 2 juta (1 yuan = Rp 2.003). Di provinsi Yunnan saja, aparat berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 10 ribu babi hidup, beberapa di antaranya terinfeksi virus.

Dalam sehari, polisi berkata gangster bisa menyelundupkan hingga 4.000 ekor babi. Oknum dokter hewan dan pejabat pemerintah pun disuap gangster agar memalsukan sertifikat kesehatan babi-babi tersebut.

Restoran Pusing

Ilustrasi daging babi (iStockphoto)

Pemalsuan sertifikat kesehatan babi turut menjadi sebab penyebaran virus. Di kota Lichuan, provinsi Hubei, wabah tersebar akibat seorang dokter hewan memalsukan sertifikat babi yang sakit.

Para gangster sengaja melakukan ini karena permintaan daging babi di China sedang melonjak hingga Hari Raya Imlek pada Januari mendatang. Harga daging babi pun diprediksi segera naik antara 65 sampai 75 yuan.

Hingga 80 persen restoran kecil di Shanghai kena dampak akibat berkurangnya stok daging babi dan melonjaknya harga. Pemilik restoran pun menjadi pelik karena mereka tak berani menaikan harga.

"Kita tidak berani menaikan harga jual karena kebanyakan pelanggan kita sensitif terhadap langkah tersebut. Mereka tidak akan kembali jika melihat harga naik bahkan satu atau dua yuan per makanan," ujar Wang, pemilik rantai restoran Yi Mian Qian.

Inflasi pangan pun terjadi di China. Indikator Consumer Price Index (CPI) naik 3,8 persen pada Oktober, tertinggi sejak Januari 2012.

Sementara, analis Rabobank memperkirakan China akan mengimpor 4,6 juta daging babi tahun depan demi menyetok suplai.

China Genjot Swasembada Babi Pasca-Wabah

Ilustrasi bayi babi mutan. (AP)

China menggenjot upaya untuk menstabilkan pasokan daging babi mereka, setelah diguncang oleh wabah flu babi Afrika atau African Fever Swine (AFS). Jutaan babi ternak (hog) pun mati dan peternak berhenti membiakan hewan mereka.

Dilaporkan Business Time, pemerintah China menyebut babi ternak mereka menurun 41 persen dibanding Oktober tahun lalu. Sementara, banyak analis dan orang dalam industri menyebut persedian babi sebetulnya merosot 60 persen atau lebih.

ementerian Bidang Pertanian dan Pedesaan China pun mengeluarkan rencana tiga tahun untuk mengebut pemulai produksi babi. Targetnya adalah swasembada 70 persen ternak babi di wilayah tenggara China.

Wilayah-wilayah yang ditargetkan adalah provinsi Jiangsu, Zhejiang, Guangdong, dan Fujian, termasuk kota Tianjin, Beijing, dan Shanghai. Wilayah di barat seperti Sichuan juga akan didorong untuk swasembada meski tidak dalam taraf tinggi.

Provinsi Hunan, Hubei, dan Guangxi direncanakan tetap menjadi area penghasil ternak babi yang akan menyuplai ke berbagai daerah di China.

Rencana yang baru dilaksankan awal Desember ini menargetkan agar stok babi berhenti jatuh dan mulai meningkat pada akhir tahun ini. Pada akhir 2020, produksi diharapkan bisa pulih.

Insentif lain yang pemerintah China berikan adalah pemberian dukungan finansial pada peternak, serta simplifikasi perizinan lahan. Rencana pemerintah juga berupaya mencegah dan mengendalikan penyebaran flu babi Afrika.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Pensiun dari MotoGP, Valentino Rossi Berniat Turun di Ajang Balap Mobil

Posted: 14 Dec 2019 07:35 PM PST

Abu Dhabi - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku sudah memiliki rencana yang akan dilakukan jika nantinya pensiun dari MotoGP. Rossi mengaku tertarik menjajal balap mobil 24 hours.

Pada masa jeda MotoGP, pembalap asal Italia itu mengikuti ajang balap Gulf 12 Hours 2019 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Kamis (12/11/2019). Dalam ajang tersebut, The Doctor tampil bersama Luca Marini dan Alessio 'Uccio' Salucci.

Ketiganya mengendarai mobil Ferrari 488 GT3. Valentino Rossi pun mengaku sudah menerka-nerka ajang balap mobil apa saja yang akan diikuti jika kariernya di MotoGP berakhir.

"Saya selalu bilang, ketika sudah 'selesai' dengan motor, saya ingin menjalani satu dekade di dunia balap mobil. Kami sudah melihat-lihat, dan menurut saya mesin macam ini paling cocok untuk saya. Akan ada 5-6 balapan per musim yang bisa saya lakoni," tuturnya.

Rossi pun cenderung memilih ikut dalam ajang balap ketahanan mobil bergengsi seperti 24 Hours of Le Mans, yang merupakan salah satu seri FIA WEC (kejuaraan dunia balap ketahanan mobil).

Pembalap dengan tujuh gelar juara dunia MotoGP itu juga mengaku ingin turun di ajang 24 Hours of Spa, yang digelar di sirkuit ikonik Formula 1, Spa-Francorchamps, Belgia. Selain itu, Rossi ingin menjajal 24 Hours of Nurburgring.

"Ada 24 Hours of Le Mans, 24 Hours of Spa, yang mungkin bakal paling menarik untuk mobil-mobil jenis ini. Saya juga ingin turun 24 Hours of Nurburgring, yang digelar di trek yang sangat saya sukai," ungkap Valentino Rossi.

 
 
 
View this post on Instagram

Qualifying day at Yas Marina Circuit,ready for tomorrow ✊🏼 📸 @camilss #Gulf12hours

A post shared by valeyellow46 (@valeyellow46) on

Masa Depan

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat menjalani tes hari pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Selasa (19/11/2019). (AFP/Jose Jordan/STR)

Pembalap 40 tahun itu pun menyatakan akan segera mengambil keputusan terkait masa depannya di MotoGP, mengingat kontraknya dengan Yamaha akan habis pada akhir 2020 mendatang.

"Tahun depan bakal krusial. Pada akhir 2020, kontrak saya akan habis, jadi saya harus mengambil keputusan untuk lanjut atau tidak. Sayangnya, harus dilakukan dengan cepat. Jelas ini semua akan sangat tergantung pada hasil balap saya," ujarnya.

"Kami telah melakukan beberapa perubahan di dalam tim, dan kita lihat saja nanti apakah kami bisa lebih kompetitif dan lebih cepat. Jika saya harus lanjut dengan keadaan sulit seperti tahun ini, lebih baik saya tak lanjut," pungkasnya.

Musim ini, Rossi hanya mengoleksi dua podium, dan belum menang lagi sejak MotoGP Assen, Belanda, pada 2017 lalu. Dia akan kembali mengendarai YZR-M1 di uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, 7-9 Februari 2020.

Sumber asli: Sky Sport

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Anindhya Danartikanya/Published: 14/12/2019)

Video:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming TVRI Final BWF World Tour Finals 2019: Aksi 2 Wakil Indonesia

Posted: 14 Dec 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Ajang BWF World Tour Finals 2019 sudah memasuki partai final, Minggu (15/12/2019). Lima laga di partai puncak dari lima sektor akan dipertandingkan. Indonesia sendiri masih punya dua wakil.

Dua wakil Indonesia yang akan bertanding di final BWF World Tour Finals 2019 adalah Anthony Ginting di sektor tunggal putra dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Satu hal yang menarik kedua wakil Indonesia akan berhadapan dengan pebulutangkis asal Jepang.

Anthony Ginting akan menghadapi rivalnya asal Jepang, Kento Momota, pada pertandingan final kedua. Sementara itu pada pertandingan final terakhir, Ahsan/Hendra pun menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang pada laga semifinal berhasil menyingkirkan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Rangkaian pertandingan final yang akan digelar pada hari ini akan dimulai dari sektor ganda campuran. Dua pasangan tuan rumah, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, akan berhadapan untuk menjadi yang terbaik di turnamen ini.

Setelah Anthony Ginting menghadapi Kento Momota di laga kedua, rangkaian pertandingan final akan berlanjut dengan mempertandingkan sektor ganda putri. Pasangan Jepang, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara akan berhadapan dengan pasangan tuan rumah, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Setelah itu, final sektor ganda putri akan mempertemukan pebulutangkis China, Chen Yu Fei, dan pebulutangkis Chinese Taipei, Tai Tzu Ying. Dan rangkaian final BWF World Tour Finals 2019 berakhir dengan mempertandingkan ganda putra, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe kontra pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Klik di sini untuk link live streaming Final BWF World Tour Finals 2019 yang disiarkan di TVRI mulai pukul 12.00 WIB.

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2019, Minggu 15 Desember

Ganda campuran

12.00 WIB: Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong

Ganda Putri

14.00 WIB: Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara/Cheng Qing Chen, Jia Yi Fan

Tunggal Putri

15.00 WIB: Chen Yu Fei vs Tai Tzu Ying

Jadwal Wakil Indonesia

Pada laga kedua Anthony Ginting berhasil bangkit dengan mengalahkan Chen Long dua set langsung dengan 21-12 dan 21-11. (AFP/Stringer)

Tunggal Putra

13.00 WIB: Kento Momota vs Anthony Sinisuka Ginting

Ganda Putra

16.00 WIB: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

 

Saksikan Video BWF World Tour Finals 2019 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toni-Ann Singh dari Jamaika Sabet Gelar Miss World 2019

Posted: 14 Dec 2019 07:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toni-Ann Singh, perwakilan Jamaika dinobatkan sebagai Miss World 2019. Grand final kontes kecantikan ini berlangsung di ExCeL London, London, Inggris, Sabtu, 14 Desember 2019, waktu setempat.

Sebelumnya, Miss World 2019 mengumumkan finalis yang berhasil masuk 40 besar. Setelah melalui seleksi ketat, akhirnya nama-nama yang lolos 12 besar disebutkan.

Ada pun perwakilan yang masuk 12 besar meliputi Kenya, Nigeria, Brasil, Meksiko, India, Nepal, Filipina, Vietnam, Jamaika, Prancis, Rusia, dan Kepulauan Cook. Hingga menuju lima besar yang meloloskan wakil Nigeria, Brasil, Jamaika, India, dan Prancis.

Baru di babak tiga besar, Miss Jamaica World 2019 berhasil mengungguli dua pesaingnya di babak tiga besar yakni Ophely Mezino dari Prancis dan Suman Rao dari India.

Sementara wakil Indonesia, Princess Megonondo, langkahnya harus terhenti di babak 40 besar dan masuk 10 besar Beauty With a Purpose. Program ini dimenangkan oleh perwakilan Nepal, Anushka Shrestha.

Tak hanya menyabet gelar Miss World 2019, Toni-Ann Singh juga memenangkan Talent Competition mengalahkan dua pesaing lainnya yakni Rikkiya Brathwaite dari Kepulauan Virgin Inggris dan Naomi Colford dari Kanada.

Mengenal Toni-Ann Singh

Miss World 2019 yang baru saja dinobatkan, Miss Jamaika Toni-Ann Singh (kiri) memeluk ibunya pada grand final di ExCeL, London, Sabtu (14/12/2019). Toni-Ann, 23, akan menggantikan tugas Miss World 2018 Vanessa Ponce untuk setahun ke depan. (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Dilansir dari situs resmi Miss World, Minggu (15/12/2019), Toni-Ann Singh merupakan mahasiswa studi psikologi di Florida State University yang bercita-cita menjadi dokter medis. Saat ini, ia berusia 23 tahun.

Sebelumnya, perempuan dengan tinggi badan 167 sentimeter ini telah bekerja sebagai presiden asosiasi mahasiswa Karibia di kampusnya. Saat waktu senggang, Toni, begitu ia akrab disapa, hobi menyanyi, memasak, vlogging, hingga jadi sukarelawan.

Maka tidak heran, kecintaannya pada dunia tarik suara membuat Toni berhasil memenangkan Talent Competition di Miss World 2019. Bakat istimewanya adalah menyanyikan opera klasik.

Ibu menjadi sosok yang sangat penting dalam kehidupan Miss World 2019. Sang ibu disampaikan telah memfasilitasi mimpi-mimpinya lewat beragam dukungan yang diberikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Layang Jakarta-Cikampek Diprediksi Tekan Kepadatan 40 Persen

Posted: 14 Dec 2019 07:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek memprediksi Tol Layang Jakarta-Cikampek mampu mengurangi kepadatan jalan Tol Jakarta-Cikampek sekitar 40 persen.

"Prediksinya bisa kurangi kepadatan di jalur bawah hingga 40 persen dari kondisi saat ini," kata General Manager Traffic PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JJLC) Aprimon di Simpang Susun Cikunir, Bekasi, Minggu (15/12/2019).

Hari ini, mulai pukul 06.05 WIB, jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek sudah bisa digunakan atau dilewati kendaraan golongan 1 non-bus dan untuk sementara tanpa tarif (gratis).

Dengan kondisi seperti itu, kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, rasio antara kapasitas jalan dengan volume kendaraan (VC Ratio) akan meningkat.

"Selama ini, khususnya di ruas Cikunir-Karawang Barat VC Ratio-nya sudah di atas satu. Jika berkurang 40 persen volumenya, maka rasionya bisa meningkat ke 0,7," kata Heru seperti dikutip Antara.

Dengan VC Ratio sebesar itu, maka pengguna jalan tol di ruas itu memungkinkan pengguna jalan leluasa pindah jalur karena sudah tidak padat lagi.

Sementara itu, Aprimon mengimbau pengguna jalan tol layang sepanjang 38 kilometer (km) itu untuk tidak memacu kendaraan di atas 80 km per jam.

"Kami sarankan 60-80 km per jam demi keselamatan dan kenyamanan," katanya.

Pihaknya menyiapkan delapan lokasi untuk tempat berputar ke arah sebaliknya (u turn) guna evakuasi jika terjadi kecelakaan atau kondisi darurat lainnya.

"Tempat istirahat terdekat setelah melewati jalan tol layang ini di KM 50 sehingga sebaiknya semuanya dipersiapkan baik pengguna maupun kendaraannya," katanya.

Sudah Komplit

Ketika awak media mencoba jalan tol layang tersebut di rute arah Jakarta-Cikampek maupun sebaliknya, kondisi lajur jalan tol memang sudah bisa dilalui.

Rambu dan perlengkapan jalan tol sudah komplit. Hanya saja, ketika kendaraan melintas pada setiap sambungan girder (expansion joint) masih terasa sedikit ketidakrataan.

Namun operator tol layang ini pada pekan lalu telah menyatakan kesiapannya untuk memberi perhatian serius atas hal itu sehingga penggunanya akan lebih aman dan nyaman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Mohamad Cahyo Jatmiko, Teman Curhat Kekeyi yang Jadi Sorotan

Posted: 14 Dec 2019 07:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama YouTuber Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka atau Kekeyi sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Nama Kekeyi mulai melejit sejak video tutorial makeupnya menggunakan balon sebagai beauty blend-nya. Hingga sekarang, Kekeyi masih tetap eksis di channel Youtube Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka.

Channel YouTube-nya kini sudah memiliki 531 ribu subscriber. Beberapa waktu lalu, namanya menjadi perbincangan hangat lantaran dekat dengan seseorang lelaki tampan bernama, Rio Ramadhan. Hubungan keduanya viral karena dituding settingan.

Tiga bulan pacaran, hubungan keduanya tiba-tiba harus kandas di tengah jalan. Hal ini diketahui dari curhatan Kekeyi di Instagram pada Rabu (11/12/2019). Belum lama putus, ternyata wanita 24 tahun ini punya cara agar tak larut dalam kesedihan.

Baru-baru ini ia curhat dengan sahabatnya yang bernama Mikko. Hubungan persahabatan Kekeyi dan Mikko ini langsung membuat heboh netizen. Sosok sahabat laki-laki mantan Rio Ramadhan ini sukses bikin netizen gagal fokus.

Berikut 6 potret Mohamad Cahyo Jatmiko yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/12/2019).

1. Mohamad Cahyo Jatmiko atau akrab disapa Mikko ini ternyata adalah seorang YouTuber.

Potret Mohamad Cahyo Jatmiko (sumber: instagram/_mikko22)

2. Mikko sendiri sudah membuat channel YouTube-nya sejak 24 Mei 2019 dan pernah berkolaborasi dengan Kekeyi.

Potret Mohamad Cahyo Jatmiko (sumber: instagram/_mikko22)

3. Cowok asal Nganjuk ini diketahui lebih muda dari Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka.

Potret Mohamad Cahyo Jatmiko (sumber: instagram/_mikko22)

4. Hubungan keduanya adalah sahabat bahkan sudah seperti kakak dan adik.

Potret Mohamad Cahyo Jatmiko (sumber: instagram/_mikko22)

5. Sosok cowok jago silat ini sukses mencuri perhatian publik lantaran dirinya menjadi teman curhat Kekeyi.

Potret Mohamad Cahyo Jatmiko (sumber: instagram/_mikko22)

6. Banyak netizen yang dibuat gagal fokus dengan ketampanan Mikko ini.

Potret Mohamad Cahyo Jatmiko (sumber: instagram/_mikko22)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Pembalap Ikuti Indodrag Championship di Tangerang

Posted: 14 Dec 2019 07:10 PM PST

Liputan6.com, Tangerang- Ratusan pembalap meramaikan kejuaraan balap drag race bertajuk Indodrag Championship pada FDR Day di Alun-Alun Tiga Raksa sejak Sabtu hingga Minggu (15/12/2019) hari ini.Ada 13 kelas drag race yang memperebutkan piala Kapolres di FDR Day dengan hadiah jutaan rupiah.

"Tidak hanya itu saja, juara umum Indodrag Championship akan mendapatkan hadiah motor Honda Genio!" kata Zandhy Utama, FDR sales & marketing division head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR seperti rilis yang diterima media.

Selain itu, setiap peserta yang mendaftar Indodrag di FDR Day akan dapat satu (1) set ban FDR untuk digunakan saat balapan. Adapun ban yang akan didapatkan adalah ban FDR Drax ukuran 50/90-17 TT untuk ban depan dan Drax Slick ukuran 60/80-17 TT untuk ban belakang.

"Kami sudah siap dengan 1200 ban Drax," kata Zandhy.

FDR juga akan berikan dukungan teknis untuk peserta drag race Indodrag Championship dengan menyiapkan jasa pemasangan ban gratis untuk peserta balap dan pengunjung yang membeli ban FDR.

"Kami harap masukan dari pembalap yang sudah menggunakan ban FDR bisa kami gunakan untuk terus meningkatkan performa ban balap drag FDR," ujarnya.

FDR baru-baru ini mengeluarkan Drax Slick, ban balap drag race dengan ukuran baru, yaitu 60/80-17 TT. Drax Slick ukuran ini punya konstruksi yang berbeda, bentuknya tidak kotak, tapi profil ban seperti bentuk huruf 'U'.

"Profil ban Drax yang seperti huruf 'U' ini menguntungkan karena setelah start pembalap jadi bisa memacu motornya lebih cepat untuk raih catatan waktu yang lebih baik," kata Jimmy Handoyo, technical service & development department head PT SRI.

 

 

Dihibur Dewi Perssik

Dewi Perssik ramaikan indodrag championship di FDR Day Tangerang (istimewa)

FDR Day Tangerang menggabungkan acara kumpul komunitas motor dengan drag race. Selain drag race, FDR Day diisi dengan berbagai acara seperti kontes modifikasi, games antar komunitas, bazar dari ban FDR serta sponspor acara.

"Pengunjung juga akan dihibur oleh penampilan dari Dewi Perssik dan penampilan seru lainnya sebelum puncaknya pengumuman pemenang motor bagi pengunjung beruntung yang sudah registrasi di FDR Day," ujar Zandhy.

Pada hari Sabtu (14/12/2019), komunitas motor yang hadir di FDR Day akan dipuaskan dengan berbagai acara seperti kontes modifikasi, games antar komunitas, bazar dari ban FDR serta sponspor acara.

Tidak hanya kumpul komunitas, setiap acara FDR akan selalu membawa pesan FDR Riding Culture, yaitu nilai Safe, Care dan Respect atau keselamatan, kepedulian dan saling menghormati. Kali ini untuk mengusung nilai Care, FDR bekerja sama dengan Kampung Berseri Astra binaan PT SRI yang merupakan lembaga non profit yang fokus pada kegiatan mendaur ulang plastik bekas menjadi barang baru yang bermanfaat.

Biasanya di setiap acara pasti banyak sampah botol plastik sisa minuman kemasan. Daripada botol-botol plastik tersebut hanya terbuang sia-sia saja, FDR mengajak para pengunjung untuk mengumpulkannya di booth daur ulang FDR untuk kemudian diolah oleh tim dari Kampung Berseri Astra.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: