Senin, 02 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cerita Saksi tentang Ledakan di Monas

Posted: 02 Dec 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maryati panik saat mendengar bunyi ledakan di area Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). Kala itu, dia mengira ledakan itu berasal dari ban yang pecah.

Perempuan itu tengah melaksanakan tugasnya membersihkan jalan di depan MA ketika ledakan terjadi.

"Saya pikir itu ban mobil," katanya saat ditemui di depan Mahkamah Agung (MA), Jalan Medan Utara, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Maryati menuturkan ledakan terdengar pada pukul 07.05 WIB.

"Suara ledakan jam 7.05 WIB. Suara ledakan (hanya) sekali. Saya sedang menyapu di depan MA," kata Maryati.

Menurut Maryati ledakan tersebut terdengar sangat kencang hingga membuat telinganya pengang.

"Blegur. Saya sampai pengangan. Kuping saya pengang mas," pungkasnya.

 

Kata Polisi

Sebelumnya, sebuah ledakan terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Satu orang anggota TNI mengalami luka berat akibat luka tersebut.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, ledakan tersebut bersumber dari granat asap.

"Hasil olah TKP ini diduga granat asap yang meledak. Kita masih dalami. Tapi hasil sementara temuan di TKP ini adalah granat asap," ujar Gatot di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Gatot menuturkan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.15 WIB tadi. Saat kejadian, sejumlah anggota TNI tengah berolah raga di kawasan Monas.

"Hasil sementara kita ada korban dua anggota TNI yang sekarang dirawat di RSPAD. Lukanya satu di tangan dan satu di paha," tuturnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda: Korban Ledakan Granat di Monas Diperiksa Sore atau Besok

Posted: 02 Dec 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan terjadi di area dalam Monas, Jakarta Pusat pada Selasa pagi sekitar pukul 07.00 WIB, (3/12/2019). Dua korban ledakan yang merupakan anggota TNI kini dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, polisi akan memeriksa korban ledakan dari granat asap yang saat ini dirawat di RSPAD.

"Sampai dengan saat ini korban masih dilakukan perawatan di RSPAD, tadi Pak Kapolda dan Pangdam sudah menjenguk yang bersangkutan. Tapi memang sementara masih dalam perawatan belum bisa diambil keterangannya," ucap Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (3/12/2019).

Dia berharap, kedua korban ledakan lekas sembuh dan segera dilakukan pemeriksaan.

"Mudah-mudahan nanti sore atau besok, setelah mulai agak tenang nanti akan diambil keterangan untuk mengetahui apa yang terjadi saat itu," terang dia.

Menurut dia, bagian paling parah yang dialami oleh korban ledakan ada di bagian tangan dan paha. Setelah ledakan, keduanya masih dalam keadaan sadar.

"Cuma ini masih didalami terus karena memang kuncinya kedua korban ini keteranganya agar kita bisa mengetahui," Yusri menandaskan.

 

Granat Asap

Olah TKP ledakan di Monas, Selasa (3/12/2019). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, ledakan tersebut bersumber dari granat asap.

"Hasil olah TKP ini diduga granat asap yang meledak. Kita masih dalami. Tapi hasil sementara temuan di TKP ini adalah granat asap," ujar Gatot di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Gatot menuturkan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.15 WIB tadi. Saat kejadian, sejumlah anggota TNI tengah berolah raga di kawasan Monas.

Dia menuturkan, pihaknya sedang mendalami dari mana penemuan granat asap tersebut.

"Ini diduga granat asap yang meledak. Mungkin anggota kita barang dari mana kita sedang dalami. Karena masih melakukan pengobatan dan anggota kita mengumpukan informasi-informasi. Barang dari mana, nanti kita sampaikan lebih lanjut," kata Gatot dalam jumpa pers, Selasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Ledakan Granat Asap di Monas

Posted: 02 Dec 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ledakan di Monas terjadi Selasa (3/12/2019) pagi. Dua anggota TNI yang sedang berolah raga terluka parah.

Kapendam Jaya Letkol Czi Zulhandrie S Mata mengimbau masyarakat untuk tetap tenang terkait adanya sebuah ledakan terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dia juga meminta agar masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa.

"Diimbau masyarakat tetap tenang dan dapat beraktivitas seperti biasa," kata Zulhandrie di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Ledakan terjadi. Saksi menyebut bunyi ledakan mirip seperti ban pecah.

Awalnya, ledakan diduga berasal dari ponsel.

Polisi segera melakukan olah tempat kejadian perkara. Pantauan Liputan6.com, petugas mengumpulkan sejumlah serpihan bekas ledakan. Ada besi-besi dan ranting bekas ledakan.

Gegana dan Inafis bersiaga di Monas.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan ledakan tersebut diduga berasal dari granat asap.

Dua prajurit TNI yang menjadi korban ledakan di Monas dirawat di RSPAD.

Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman mendatangi lokasi terjadinya ledakan di Monas, Jakarta Pusat persisanya di Jalan Medan Merdeka Utara di depan Kantor Kementrian Dalam Negeri.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku sudah mendapat laporan tentang ledakan di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Dia mengatakan, polisi tengah menyelidiki ledakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Angkut Onderdil Harley Davidson Ilegal, Ini Kata Menhub

Posted: 02 Dec 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pengangkutan onderdil motor gede (moge) ilegal merk Harley Davidson pada penerbangan perdana pesawat Garuda terbaru A 330-900 yang didatangkan dari Prancis kini tengah ramai.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku instansi yang membawahi sektor penerbangan pun dimintai keterangan atas kasus ini. Lantas, apa tanggapannya?

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan resmi terkait hal tersebut. Namun, kasus itu akan ditindaki sesuai kebijakan yang ada.

 

"Saya belum dapat laporan resmi ya. Tapi karena itu adalah penerbangan perdana, tentu akan mengkaitkannya dengan regulasi," ujar dia saat Rapat Kerja (Raker) Tahunan Kementerian Perhubungan di Grand Mercure Hotel, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Kendati begitu, ia belum bisa mengklarifikasi upaya membawa onderdil Harley Davidson ilegal tersebut. "Nanti saya tunggu Ibu Dirjen (Perhubungan Udara, Polana B Pramesti) akan mengklarifikasi apa yang terjadi," sambungnya.

Saat dimintai keterangan pada saat yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti pun menolak untuk mengklarifikasi pengangkutan onderdil Harley Davidson di pesawat Garuda.

"Itu ranahnya bea cukai ya," ucap Polana singkat.

Onderdil Harley Davidson Diduga Disembunyikan di Bagasi Pesawat

Garuda Indonesia kedatangan armada A330-900 Neo.

Sejumlah oknum karyawan maskapai Garuda Indonesia, diduga membawa sparepart motor gede (moge) Harley Davidson langka keluaran 1970-an, dari Prancis ke Indonesia. Karyawan tersebut diduga membawa motor mewah dalam bentuk paketan terpisah menjadi 15 koli.

Barang mewah tersebut diketahui berada di dalam bagasi pesawat Garuda Indonesia. Menanggapi hal tersebut, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Kita mau bilang, ada beberapa karyawan kita yang bawa sparepart itu," tutur Ikhsan, saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (2/11/2019) malam.

Sparepart tersebut dibawa di dalam bagasi, bersamaan dengan karyawan tersebut yang menumpang pesawat.

Mereka terbang dari Prancis menuju Indonesia menggunakan pesawat A330-900NEO yang baru saja dipesan Garuda Indonesia.

"Pesawat baru, ada karyawan yang bertugas menjemput pesawat tersebut. Jadi, barangnya ada di dalam pesawat tersebut bersamaan dengan karyawan yang duduk di kabin," ungkap Ikhsan.

Saat tiba di area GMF Aeroasia, seluruh petugas baik dari Garuda ataupun Bea dan Cukai setempat, ikut memeriksa pesawat anyar tersebut. Barulah didapati adanya sparepart sepeda motor langka.

"Karyawan tersebut juga menyadari dan memahami, bila di GMF itu kan kawasan berikat. Jadi ada Bea dan Cukai atau petugas lainnya juga, dia akan mengikuti aturannya," kata Ikhsan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertopi Koboi Prabowo Tinjau Alutsista: 5 Tahun ke Depan Lebih Maju

Posted: 02 Dec 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto beserta jajaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melihat pameran Industri Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan di halaman Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Prabowo tampak mengenakan pakaian safari warna krem dengan topi koboi.

Pantauan merdeka.com, acara ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI AL Siwi Sukma Adji, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI AU Fahru Zaini. Mereka pun bersama-sama melihat pameran tersebut.

Alutsista yang dipamerkan di antaranya, kendaraan taktis, produk Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau kendaraan tanpa awak, produk senjata atau bom, produk kendaraan tempur (Ranpur), produk optik, produk kapal intai, produk galangan kapal, produk komunikasi, produk energi.

Adapun yang non-alutsista merupakan produk perorangan berupa helm, seragam, hingga rompi. Berdasarkan informasi, sebanyak 25 industri pertahanan swasta dalam negeri ikut serta dalam pameran ini.

"Saya minta mereka datang untuk memamerkan kemampuan mereka, sangat membanggakan, saya melihat kemampuan mereka sangat membanggakan," kata Prabowo di lokasi, Selasa (3/12).

Prabowo mengatakan, pameran alutsista ini merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan industri dalam negeri.

"Dalam pengadaan alutsista untuk kepentingan pertahanan kita, dari selama ini saya dengan wamen kita sedang keliling dan untuk mempercepat proses kita undang industri pertahanan swasta, alhamdulillah kemampuan kita sudah sangat baik sangat maju tentu ada bagian-bagian yang masih kita harus mengadakan litbang lagi," ujar dia.

 

Buat Alutsista Sendiri

Prabowo mengatakan, pameran alutsista ini merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan industri dalam negeri. (Ronald/merdeka.com)

Prabowo optimis selama lima tahun ke depan Indonesia bisa membuat alutsista sendiri dan lebih maju dari negara lain.

"InsyaAllah saya optimis lima tahun lagi kita akan lebih mandiri, lebih berdiri di atas kaki kita sendiri. Sekarang saya bangga kita sudah punya kemampuan seperti sekarang, saya kira itu sementara," dia memungkasi.

 

Reporter: Ronald/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Presiden AS Jimmy Carter Dirawat Akibat Infeksi Saluran Kemih

Posted: 02 Dec 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C - Mantan presiden AS Jimmy Carter kembali dirawat di rumah sakit, kali ini untuk menjalani perawatan terkait infeksi saluran kemih.

Yayasan Carter Center menyampaikan informasi terkait masalah kesehatan Carter yang kini berusia 95 tahun pada Senin, 2 Desember 2019. 

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (3/12/2019), Carter "dirawat di Phoebe Sumter Medical Center di Americus, Georgia, akhir pekan lalu," jelas pihak Carter Center dalam sebuah pernyataan.

"Dia merasa lebih baik dan berharap segera kembali ke rumah."

Pekan lalu, Carter - presiden AS pertama yang mencapai usia 95 - meninggalkan rumah sakit setelah menjalani operasi yang berhasil untuk meringankan tekanan pada otaknya.

Tekanan berasal dari pendarahan setelah ia jatuh baru-baru ini, kata Yayasan Carter Center dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC, Selasa 12 November 2019.

Pada Agustus 2015, Carter mengungkapkan ia menderita kanker di otaknya dan sedang menjalani pengobatan radiasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pembunuhan Hakim PN Medan, Polisi Periksa 18 Saksi

Posted: 02 Dec 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi terus mengusut kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin. Penyidik menduga korban dibunuh oleh orang dekat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Argo Prabowo Yuwono menyampaikan, pihaknya telah memanggil sekitar 18 saksi.

"Bahwa penyidik di Medan memeriksa 18 saksi. Penyidik olah TKP, Labfor, kita kumpulkan dan semua digelarkan," kata Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi) Suhadi mengutuk kasus dugaan pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin. Tragedi pilu itu terjadi Jumat, 29 November 2019 di area kebun sawit di wilayah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Kami mengucapkan belasungkawa dan mengutuk insiden ini. Kami berdoa supaya keluarga ditinggalkan diberi ketabahan dan Kepolisian cepat mendapatkan titik terang," kata Suhadi di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta Pusat, Senin 2 Desember 2019.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari keluarga korban, kata Suhadi, Jamaluddin mengaku sempat mendapatkan telepon dari kerabatnya sesaat sebelum beraktivitas rutin sebagai hakim. Namun keluarga tidak tahu persis siapa sosok yang meneleponnya.

"Ditelepon oleh sahabat kenalan beliau untuk menjemput di Kualanamu, dari rumah beliau kendalikan sendiri mobilnya," ucap Suhadi.

Almarhum dikabarkan sempat mampir ke tempat kerjanya di Kantor PN Medan. Namun rekaman CCTV atau finger print absensi tidak menemukan jejak Jamaluddin pada pagi hari sebelum ditemukan tewas.

"Sempat absen katanya, tapi hingga sampai jam 1 siang belum ada informasi datang ke kantor, hingga pukul 3 sore ditemukan di kebun kelapa sawit dekat jurang dan diduga ini ada pembunuhan," beber Suhadi.

 

Belum Ada Pengamanan Hakim

Suhadi enggan berspekulasi mengaitkan kasus dugaan pembunuhan itu dengan perkara-perkara yang ditangani Jamaluddin.

Namun dia mengamini bahwa pengamanan melekat kepada hakim hingga saat ini belum ada. Karenanya, pihaknya terus mendorong adanya pengamanan lewat UU Contempt of Court agar martabat hakim tetap agung tak cederai serta terlindungi.

"Selama ini kalau untuk perlindungan kita meminta Polri, tapi hanya yang berkaitan dengan kasus. Tapi kalau yang definitif belum ada. Kita lagi dorong lewat UU ke DPR soal itu," kata Suhadi menandaskan.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Terbaru 10 Pemain Drama Kolosal Angling Dharma, Bikin Pangling

Posted: 02 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi pencinta drama kolosal era 2000-an pasti sangat mengenal drama kolosal Angling Dharma. Sebuah drama mengisahkan tentang Prabu Angling Dharma yang memimpin kerajaan Malawapati. Drama kolosal ini pun tayang sejak 2000-an hingga 2005.

Dalam perjalanannya, Angling Dharma menyuguhkan aksi heroik akan pendekar masa lalu dengan kesaktiannya, serta contoh kebajikan yang dilakukan oleh para karakter saat memerangi kejahatan.

Drama yang dulu menjadi tontonan kesukaan masyarakat Indonesia ini telah 15 tahun berlalu. Kini banyak dari pemainnya yang kini telah banyak berubah. Baik dari penampilan hingga kegiatannya sehari-hari.

Ada yang masih berkecimpung di dunia hiburan sebagai aktor maupun artis, hingga ada yang pindah ke luar negeri untuk fokus dengan keluarganya.

Berikut kabar terbaru 12 pemain drama kolosal Angling Dharma yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019).

Kabar terbaru 10 pemain serial Angling Dharma

1. Anto Wijaya, pemeran Angling Dharma yang kini menjadi pebisnis

Anto Wijaya  (Sumber: Kapanlagi)

Tidak hanya bermain sebagai Angling Dharma, Anto Wijaya kerap memerankan tokoh pendekar yang memilih jalur kebajikan. Selain itu ia menjadi bintang dalam drama kolosal Arya Kamandanu hingga Kamapala.

Nama Anto Wijaya paling diingat saat memerankan sosok Angling Dharma. Namun kini setelah di puncak kesuksesan drama kolosalnya, Anto Wijaya menghilang dari layar kaca. Aktor yang mulai berkarier menjadi model ini rupanya kembali ke kota kelahirannya di Surabaya. Kabarnya ia lebih memilih menggeluti dunia bisnis properti dan lebih banyak berkumpul dengan keluarga.

2. Roy Jordy pemeran Suliwa yang ikonik

Roy Jordi (Sumber: Merdeka)

Selain peran Anto Wijaya sebagai pendekar di drama kolosal. Roy Jordy pun memiliki peran ikonik sebagai pendekar penjaga kebajikan. Dalam perannya di Angling Dharma ia berperan sebagai Suliwa yang dekat dengan Angling Dharma. Bahkan pada episode-episode terakhir, Suliwa lah yang menyelamatkan istri Angling Dharma, Dewi Sekarwangi dari Senopati Kalis Rowo.

Kini Roy Jordy masih berkecimpung di dunia hiburan, namun sudah tidak di layar kaca. Ia menjadi seorang Disk Jockey (DJ) dan memiliki dua orang anak. Ia juga berbisnis cafe Braga 463 di Bandung, Jawa Barat.

Kabar terbaru 10 pemain serial Angling Dharma

3. Choky Andriano pemeran tokoh pendekar antagonis Syudawirat di Angling Dharma

Choky Andriano (Sumber: Instagram/ck.andriano)

Memiliki paras tampan dan tampilan macho, Choky Andriano memerankan tokoh Syudawirat yang tergila-gila akan kekauatan. Ia pun memiliki jurus ilmu hitam bernama rengkah gunung. Bahkan ilmu ini yang menewaskan guru pertamanya di tangannya sendiri.

Kini Choky Andriano masih berkecimpung di dunia hiburan. Ia masih menghiasi layar kaca Indonesia dengan membintangi berbagai serial kolosal dan sinetron maupun FTV.

4. Rahma Azhari pernah terlibat drama kolosal Angling Dharma sebagai Galuh Parwati

Rahma Azhari

Rahma Azhari memerankan Galuh Parwati, seorang gadis kekassih dari Suliwa. Dalam penokohannya, cerita cinta keduanya cukup panjang dan berakhir tragis. Galuh Parwati meninggal namun kisah asmaranya paling berkesan dalam drama tersebut.

Kini Rahma Azhari memang sudah tak terlalu banyak menghiasi layar kaca Indonesia. Namun namanya masih tetap eksis, apalagi ia berasal dari keluarga Azhari yang terkenal.

Kabar terbaru 10 pemain serial Angling Dharma

5. Revi Mariska, pemeran Ratri Pramudita yang akui jadi pembantu setelah menikah

Revi Mariska saat menjadi bintang tamu di acara Dear Haters, SCTV Tower, Jakarta, Kamis (28/4/2016). (Liputan6.com/Herman Zakaria)

Ratri Pramudita, ialah sosok pendekar wanita cantik yang cukup sakti dalam perannya di drama kolasal Angling Dharma yang diperankan oleh Revi Mariska. Kini usai beberapa tahun dari aksinya menjadi pendekar di layar kaca, Revi Mariska disibukkan dengan kegiatannya sebagai ibu rumah tangga.

Dalam pengakuannya pada channel YouTube Revi Mariska Real, ia mengunggah video berjudul Q And A With Revi Mariska pada 28 November 2019 lalu.

"Kesibukan selain bernafas, kadang-kadang merangkap sebagai pembantu juga, nyapu, ngepel, masak. Namanya ibu rumah tangga," ujar Revi saat menjawab pertanyaan netizen tentang kesibukannya sekarang (28/11/2019).

6. Imel Putri Cahyati, sering disebut ratu drama kolosal

Potret Terbaru Imel PC Berhijab Ratu Drama Kolosal FTV 'naga-nagaan' (sumber:Instagram/imelpc)

Dalam drama kolosal Angling Dharma, Imel Putri Cahyati yang kerap disapa Imel PC memerankan beberapa karakter, yaitu sebagai Putri Sawer Seta, Nyi Wisa Hitam, Kemuning dan Ratu Wisanjaya. Selain itu ia juga berperan dalam sebuah drama kolosal lain dengan judul, Penjaga Gunung Bromo, dan Ken Arok Ken Dedes.

Penampilan Imel PC yang dulu dan sekarang rupanya sangat berbeda. Pasalnya kini Imel PC telah berhijab setelah menikah dengan seorang pejabat asal Balikpapan. Tak hanya berhijab, ia pun memlih mundur dari dunia hiburan.

Kabar terbaru 10 pemain serial Angling Dharma

7. Temmy Rahadi pemeran Raden Sombo yang kini dikenal sebagai presenter

Temmy Rahadi (Deki Prayoga/Fimela.com)

Sosok Temmy Rahadi ialah pemeran Raden Sombo dalam serial kolosal Angling Dharma. Selain bermain di Angling Dharma ia pun kerap bermain kolosal lainnya seperti Keris Empu Gandring, Mandala dari Sungai Ular.

Kini Temmy Rahadi masih berkecimpung di dunia hiburan. Ia kini lebih dikenal sebagai seorang presenter. Bahkan ia kerap menjadi presenter olahraga.

8. Lisda Oxalis pemeran Ni Sandang dalam Angling Dharma yang kini berhijab

Lisda Oxalis (Sumber: Merdeka/Instagram/lisdaoxalis)

Memiliki peran sebagai Ni Sandang di Angling Dharma, Lisda Oktaviani atau kerap disapa Lisda Oxalis sudah berperan sebagai Dewi Sukesti dalam Mahabharata. Selain itu, di tahun-tahun setelah Angling Dharma ia pun tetap berkecimpung di dunia hiburan dengan bermain drama kolosal.

Selain drama kolosal, beberapa tahun terakhir ini ia bermain sinetron yang beda sekali dari drama kolosal. Yaitu sinetron yang mengangkat drama kehidupan. Kini penampilannya juga telah berubah dan berhijab.

Kabar terbaru 10 pemain serial Angling Dharma

9. Chaterina Pamela berperan sebagai Nuri dalam Angling Dharma

Chaterina Pamela (Sumber: Instagram/chaterinepamela)

Banyak berperan dalam laga kolosal, Chaterinia Pamela sering mendapat peran antagonis. Selain Angling Dharma ia pun berperan dalam Brama Kumbara.

Sampai saat ini ia masih berkecimpung di dunia hiburan dengan terlihat awet muda seperti dahulu. Ia pun kerap membagikan kesehariannya di media sosialnya @chaterinepamela

10. Afdhal Yusman, pemeran Pangeran Angling Kusuma yang sering jadi pemeran ikonik serial kolosalnya

Afdhal Yusman (Sumber: Instagram/afdhal_yusman)

Memiliki tubuh kekar, sosok Afdhal Yusman kerap berperan menjadi pendekar penting. Dalam serial Angling Dharma ia berperan sebagai Pangeran Angling Kusuma. Tak hanya bermain Angling Dharma, ia pun kerap bermain serial kolosal lainnya.

Beberapa di antaranya ialah, Mahabharata, Misteri Gunung Merapi, Keris Empu Gandring. Sampai saat ini ia pun masih berkecimpung di dunia hiburan. Ia bermain film dan FTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Spesifikasi Lengkap Yamaha NMax Terbaru

Posted: 02 Dec 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mengalami banyak perubahan, all-new Nmax 155 baru akan dijual pada 2020. Dibanderol Rp30 jutaan, apa saja yang ditawarkan Yamaha untuk salah satu motor terbarunya itu?

Menjadi fitur andalan dan menarik perhatian, NMax terbaru telah disematkan Teknologi Comunication Control Unit (CCU) yang bisa terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect).

NMax terbaru kini menggunakan mesin 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Tak hanya itu, motor pabrikan berlambang garpu tala ini juga sudah dilengkapi fitur Stop & Start System (SSS) yang mampu menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien.

Tersedia pula teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan, air cleaner box dan cylinder head dengan katup intake yang lebih besar.

Selain itu, pengendara juga makin dimudahkan dengan adanya Smart Key System, electric power socket, LED head & tail light serta hazard lamp.

Terdapat juga fitur handlebar switch control yang memudahkan pengendara memilih tampilan informasi dan setting pada speedometer dan dual channel ABS (Anti-lock Braking System).

Pengendara juga bisa mengetahui temperatur mesin karena terdapat indikator pada speedometer.

 

Berikut Spesifikasi Lengkap Yamaha NMax

Dimensi

P X L X T : 1935mm X 740mm X 1160mm

Jarak Sumbu Roda : 1340mm

Jarak Terendah ke Tanah : 124mm

Tinggi Tempat Duduk : 765mm

Berat Isi : 132kg

Kapasitas Tangki Bensin : 7.1L      

 

Mesin  

Tipe Mesin : Liquid Cooled 4-stroke, SOHC,VVA

Jumlah / Posisi Silinder : Single cylinder

Diameter X Langkah : 58mm X 58.7mm

Volume Silinder : 155 cc

Perbandingan Kompresi : 11.6 : 1

Daya Maksimum : 11.3kW / 8000rpm

Torsi Maksimum : 13.9Nm / 6500rpm

Sistem Starter : Electric starter

Sistem Pelumasan : Wet Sump

Kapasitas Oli Mesin : 0.9 L (periodical change)

Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection

Tipe Kopling : Single dry clutch

Tipe Transmisi : Automatic      

 

Rangka    

Tipe Rangka : Underbone

Suspensi Depan : Telescopic

Suspensi Belakang : Unit Swing

Ban Depan : 110/70-13M/C 48P

Ban Belakang : 130/70-13M/C 63P

Tipe Ban : TubelessRem Depan : Hydraulic Single Disc brake

Rem Belakang : Hydraulic Single Disc brake

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKB: Kami Hargai Presiden Menolak Usulan Masa Jabatan 3 Periode

Posted: 02 Dec 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menolak tegas usulan masa jabatan presiden bisa tiga periode dan dipilih MPR. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid mengatakan menghargai apabila ada pendapat yang menolak usulan tersebut.

"Kami hormati pendapat yang menolak," kata Jazilul saat dikonfirmasi, Selasa (3/12/2019).

Meski demikian, dia juga menyatakan tetap menghargai usulan wacana presiden tiga periode.

"Kami pun menghargai yang mengusulkan. Pada saatnya akan ada waktu dan mekanisme dalam mengambil keputusan," katanya.

Ia menyebut, perlu tidaknya amandemen akan bergantung pada aspirasi masyarakat yang kini masih ditampung MPR.

"Soal perlu tidaknya amandemen tergantung kehendak rakyat yang manifestasinya melalui anggota MPR," kata Jazilul

Sementara itu, Wasekjen Demokrat Didi Irawadi menegaskan partainya menolak usulan presiden tiga periode dan dipilih kembali oleh MPR.

"Pokoknya bagi Demokrat, kekuasaan presiden dua kali masa jabatan, 2x5 tahun sebagaimana amanah UU dan itu akan kita jaga, pertahankan," kata Didi di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (3/12/2019).

Didi menyebut usulan kembali dipilih oleh MPR berarti ada agenda terselubung untuk melanggengkan kekuasaan.

"Sangat mungkin ada agenda terselubung di balik ini, ingin melanggengkan kekuasaan, entah siapa pun dia," ucapnya.

Pemilihan presiden oleh MPR, menurut juru bicara Demokrat ini telah merampas hak rakyat dan mengkhianati semangat demokrasi.

"Jangan pernah hal-hal yang sudah maju di dalam berdemokrasi dibikin mundur," katanya.

"Kan itu berarti mengambil haknya rakyat sejak tahun 2004, kan rakyat memilih langsung, hak kalian semua ini. Jadi jangan diambil hak rakyat untuk pilih langsung presidennya," ia menandaskan.

Usulan dari PBNU

Sebelumnya, PBNU mengusulkan agar presiden dan kepala daerah dipilih MPR. Jazilul mengatakan usulan itu merupakan rekomendasi dari ulama NU. Ulama itu menilai sistem pemilihan langsung menanggung biaya sosial yang terlalu besar.

"Tentu rekomendasi dari PBNU agar presiden dipilih oleh MPR bahkan kepala daerah dipilih oleh MPR berdasarkan kajian para ulama PBNU yang mempertimbangkan maslahat dan mudaratnya," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jazilul memiliki pandangan sejalan dengan pendapat ulama NU. Bahwa biaya pemilihan presiden bisa mencapai angka Rp 24 triliun. Sedangkan, menurutnya biaya dipilih MPR tidak setinggi pemilihan langsung.

Jazilul mengatakan, MPR mendengarkan masukan PBNU sebagai bahan kajian. Secara spesifik dia mengatakan, PBNU menginginkan memfungsikan kembali MPR sebagai lembaga tertinggi.

Sementara Presiden Jokowi menolak tegas wacana jabatan presiden tiga periode dan dipilih oleh MPR.

"Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode. Itu ada tiga, menurut saya, satu ingin menampar muka saya, kedua ingin cari muka, ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja," tegas Jokowi.

Jokowi menyatakan, sejak awal menolak rencana amandemen UUD 1945 untuk mengembalikan MPR sebagai lembaga tertinggi negara.

"Sejak awal, sudah saya sampaikan, saya ini produk dari pemilihan langsung," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Masih Melemah Tersengat Sentimen Global

Posted: 02 Dec 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini. Pelemahan masih disebabkan sentimen dari luar. 

Mengutip Bloomberg, Selasa (3/12/2019), rupiah dibuka di angka 14.177 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.125 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah melemah ke 14.122 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.117 per dolar AS hingga 14.129 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,86 persen.

Sedangkan Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.130 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.122 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah diprediksi melemah dibayangi sentimen perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, selain faktor meningkatnya permintaan dolar AS jelang akhir tahun, pasar masih mencermati perkembangan kesepakatan dagang AS-China.

"Isu perang dagang AS-China masih menjadi perhatian utama investor," ujar Lana dikutip dari Antara.

 

Domestik

Menyisihkan uang Rp 10.000 per hari untuk

Dari domestik, Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin mengumumkan angka inflasi untuk November 2019 tercatat sebesar 0,14 persen (mom) atau 3 persen (yoy). Secara kumulatif dari Januari hingga November, inflasi tercatat sebesar 2,37 persen (ytd).

"Dengan sisa waktu satu bulan hingga akhir tahun, tampaknya tingkat inflasi akan cukup terjaga di bawah tiga persen. Mestinya dengan tingkat inflasi yang rendah ini akan membantu daya beli masyarakat," kata Lana.

Lana memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran 14.120 per dolar AS hingga 14.140 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kapolda dan Pangdam Jenguk Korban Ledakan Monas

Posted: 02 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edi Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono mendatangi RSPAD Gatot Subroto Selasa (3/12) siang. Mereka menjenguk korban ledakan di Monas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-22 vs Brunei di SEA Games 2019

Posted: 02 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Binan, Filipina, Selasa (3/12/2019) pada laga keempat SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina.

Garuda Muda, sebutan Timnas Indonesia U-22, wajib menang besar melawan Brunei. Pasalnya, di akhir fase grup nanti, Jumat (5/12/2019), bisa saja tiga negara, Indonesia, Thailand, dan Vietnam mempunyai poin yang sama, 12. Saat ini Garuda surplus tiga gol sedangkan Vietnam surplus 12 gol. Adapun Thailand mempunyai surplus 8 gol.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri meminta pemain untuk fokus melawan Brunei Darussalam. Ia pun ingin pemain melupakan hasil kekalahan 1-2 kemarin dari Vietnam.

"Kami tentu akan bermain seperti biasa dan ingin menang melawan Brunei dengan selisih gol sebanyak mungkin. Hal ini karena penentuan lolos dari fase grup bila poin sama yakni dengan sistem selisih gol. Namun kami tidak ingin meremehkan Brunei Darussalam," kata Indra.

Lihat jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-22 vs Brunei di halaman selanjutnya.

 

 

Jadwal Pertandingan

Para pemain Timnas Indonesia U-22 (kiri ke kanan), Zulfiandi, Saddil Ramdani, Evan Dimas Darmono, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, dan Firza Andika, saat latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Rabu (27/11/2019). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Selasa, 3 Desember 2019

Pukul 19.00 WIB

Timnas Indonesia U-22 vs Brunei

Venue: Binan Football Stadium

Live di TVRI dan RCTI

 

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata; Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani; Osvaldo Haay.

Brunei (4-4-2): Mohd Jabidi Muhd Ishyra; Jaini Muhammad Nazif Safwan, Nokman Mohd Ridhwan, Aminuddin Muhammad Wafi, Basri Muhammad Abdul; Haji Sisa Mohammad Amin, Herman Abdul Hariz, Abdul Ghani Muhammad Rahimin, Azim Haziq Kasyful; Haji Ismail Nazirrudin, Said Muhd Hakeme Yazid.

Klasemen Grup B

Klasemen Grup B Sepak Bola SEA Games 2019 matchday ke-3. (Bola.com/Dody Iryawan)

Jadwal Indonesia Lainnya

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

Hasil Pertandingan Indonesia

26 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Thailand

29 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Singapura

1 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 1-2 Vietnam

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-22

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyadi

Belakang: Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Dodi Alekvan Djin, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Firza Andika

Tengah: ZULFIANDI, Syahrian Abimanyu, Sani Rizki Fauzi, EVAN DIMAS, Feby Eka Putra, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Irkham Zahrul Milla

Depan: Muhammad Rafli

Ket: Huruf kapital pemain senior 

Saksikan Video Timnas Indonesia U-22 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Model-Model Papan Atas Hadiri The Fashion Awards 2019

Posted: 02 Dec 2019 09:30 PM PST

Model Inggris, Mary Charteris berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Inggris, Mary Charteris berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Sudan Selatan-Australia, Adut Akech berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Sudan Selatan-Australia, Adut Akech berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Rosie Huntington-Whiteley berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Model Rosie Huntington-Whiteley berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Model Sara Sampaio berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Model Sara Sampaio berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Model Rusia Irina Shayk berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Rusia Irina Shayk berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Poppy Delevingne berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Poppy Delevingne berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (ISABEL INFANTES/AFP)

Model Stella Maxwell berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

Model Stella Maxwell berpose di karpet merah saat menghadiri The Fashion Awards 2019, London, Inggris, Senin (2/12/2019). The Fashion Awards adalah acara tahunan yang menyoroti orang-orang luar biasa dan bisnis berpengaruh dalam industri mode global. (Photo by Joel C Ryan/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Limbad Akhirnya Hubungi Anak Benazir Endang, Ini Percakapannya

Posted: 02 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah perseteruan memuncak, Limbad seolah menutup pintu komunikasi dengan istri kedua, Benazir Endang.

Padahal, Benazir Endang ingin bicara langsung dengan Limbad untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Belakangan juga diketahui bahwa sudah dua tahun lamanya Limbad tak pulang ke rumah Benazir Endang. Bahkan pesulap ini pun tak bisa menemui anaknya dari Benazir secara intens.

"Iya (ketemu) satu jam, dua jam, ya memang enggak lama," ungkap Benazir Endang saat menjadi bintang tamu dalam program Pagi Pagi Pasti Happy, Selasa (3/11/2019).

 

Anak Bertanya

Benazir Endang (Sumber: Brilio)

Keadaan ini membuat sang anak yang bernama Bintang diliputi kepedihan. Ia selalu bertanya mengapa Limbad jarang pulang untuk menemuinya.

"Sering (protes). 'Ayah kenapa sih enggak pernah pulang'. Saya bilang, ayah sibuk, ayah kerja dulu. Ayah sibuk, nanti akan pulang. Itu aja," istri kedua Limbad itu memaparkan.

 

Limbad Hubungi Anak

Limbad (Deki Prayoga/bintang.com)

Pada akhirnya Limbad menghubungi anaknya pada Senin (2/12/2019). Benazir Endang pun mengungkap percakapan antara ayah dengan anaknya tersebut.

"Kemarin ayahnya Bintang sempat nelpon saya waktu habis dari acara Rumpi. Nelpon langsung ke anak saya karena anak saya pegang handphone," paparnya.

 

Anak Kangen

Limbad (Nurwahyunan/bintang.com)

"Cuma bilang 'Bintang kangen ayah apa enggak'. Anak saya bilang, 'Aku kangen sama ayah'. Anak saya bilang itu aja," ia menyambung pernyataan.

 

Bicara Langsung

Benazir Endang (Sumber: Brilio)

Setelah menghadapi berbagai konflik, pertahanan Benazir Endang pun runtuh. Ia berharap bisa komunikasi langsung dengan sang suami untuk membicarakan perceraian.

"Untuk master Limbad, tolong muncul, datang, sebagaimana dulu Master meminta saya, memohon pada ibu saya baik-baik. Kita sudahi semua baik-baik saya tidak minta apa apa. Saya ingin Master menceraikan saya," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nokia Akan Ungkap Smartphone 5G di Qualcomm Snapdragon Tech Summit

Posted: 02 Dec 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nokia disebutkan akan hadir dan mengisi salah satu sesi khusus di acara tahunan milik Qualcomm, yaitu Snapdragon Summit.

Pada acara tersebut, perusahaan yang kini di bawah naungan HMD Global itu diyakini akan mengungkap smartphone 5G. Hal itu diperkuat pernyataan HMD Global CPO, Juho Sarvikas.

Melalui akun Twitter-nya, Ia mengatakan akan menghadiri dalam gelaran teknologi "Qualcomm Snapdragon Tech Summit" yang digelar di Hawaii, Amerika Serikat (AS).

"Sangat bersemangat untuk bergabung dengan @cristianoamon dan co di atas panggung @Qualcomm #SnapdragonSummit di Maui! Gabung dan saksisan via livestream pada Selasa ini untuk mengetahui lebih banyak tentang rencana 5G kami untuk smartphone Nokia #nokiamobile," tulis Sarvikas.

Dikutip dari Gizchina, Selasa (3/12/2019), HMD Global berencana untuk mengumumkan deretan smartphone 5G Nokia dengan label harga lebih murah dari ponsel 5G saat ini.

 

Harga Smartphone 5G Nokia

Seperti disebutkan di atas, HMD Global akan merilis deretan smartphone 5G dengan harga yang lebih murah.

Adapun harga ponsel pintar milik Nokia tersebut dijual dengan kisaran harga USD 500 (Rp 7 jutaan) dan USD 650 (Rp 9,1 juta).

Walau begitu, Nokia bukan satu-satunya perusahaan yang akan meluncurkan smartphone 5G dengan label harga terjangkau.

Vendor lain, seperti Xiaomi Mi Mix 3 5G--sudah dijual di pasaran saat ini--dibanderol dengan harga kurang dari Rp 7 jutaan.

 

Seri Nokia 5G?

Berdasarkan informasi saat ini, model smartphone 5G pertama Nokia yang bakal diumumkan adalah Nokia 8.2.

Smartphone ini akan hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 735, dan kamera selfie pop-up berkemampuan 32MP.

Untuk kamera belakangnya, smartphone 5G milik Nokia ini memiliki konfigurasi empat lensa dengan kamera utamanya beresolusi 64MP.

Walau diumumkan pada Snapdragon Tech Summit, Nokia akan secara resmi merilis smartphone 5G ini tahun depan di MWC 2020.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atap Aula Pendapa Kantor Kecamatan di Jember Ambruk

Posted: 02 Dec 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Atap aula pendapa Kantor Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur yang sedang diperbaiki sejak tiga bulan terakhir tiba-tiba ambruk. Hal itu menyebabkan seorang pekerja yang berada di bawahnya terluka dan dilarikan ke puskesmas setempat, Selasa pagi.

"Saya mendapat laporan dari staf di kantor kecamatan terkait dengan ambruknya atap aula pendapa kantor kecamatan pada pukul 09.00 WIB karena kebetulan pagi ini saya mengikuti kegiatan Hari Disabilitas Internasional di alun-alun Jember, sehingga saat ini saya langsung menuju ke kantor kecamatan," kata Camat Jenggawah Jumari di Jember, mengutip Antara, Selasa (3/12/2019).

Ambruknya atap aula pendapa Kantor Kecamatan Jenggawah tersebut menyebabkan seorang pekerja bangunan bernama Mohammad Havid (25), warga Kecamatan Sukorambi, mengalami cedera kaki dan dilarikan ke Puskesmas Jenggawah untuk mendapatkan penanganan medis.

Pekerja yang terluka tersebut diduga sedang bekerja di bawah aula pendapa kantor kecamatan di Jember, sehingga tertimpa reruntuhan atap yang ambruk secara tiba-tiba, meskipun tidak ada hujan dan angin kencang saat terjadi musibah itu.

"Seharusnya pengerjaan aula pendapa kantor kecamatan tersebut sudah harus selesai, namun kami tidak tahu kenapa juga belum selesai hingga awal Desember 2019," tuturnya.

Selanjutnya

Ia menuturkan, kemungkinan ambruknya bangunan itu karena rangka besi ringan dan galvalum tidak kuat menahan beban atap yang sudah dipasang eternit, tapi pihaknya tidak mengetahui pasti penyebabnya karena ambruknya bangunan itu akan diselidiki aparat kepolisian dan Dinas Pekerjaan Umum Jember.

"Kami berharap perbaikan pendapa Kantor Kecamatan Jenggawah bisa diselesaikan, agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal," kata dia.

Pantauan di lapangan, lokasi ambruknya atap aula pendapa Kantor Kecamatan Jenggawah tersebut sudah dipasang garis polisi oleh aparat kepolisian setempat dan pegawai kecamatan dan masyarakat dilarang mendekat lokasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SEA Games 2019: Tambah Empat Emas, Peringkat Indonesia Belum Berubah

Posted: 02 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Manila Kontingen Indonesia sukses menambah empat medali emas pada lanjutan SEA Games 2019, Manila, Selasa (3/11/2019) WIB. Dengan tambahan itu, Indonesia kini telah meraih total 10 medali emas.

Empat medali emas Indonesia dipetik dari Wushu (2 medali) serta Silat dan Menembak masing-masing satu medali. Untuk medali lainnya, Indonesia meraih 12 perak, dan 13 perunggu.

Kendati demikian, tambahan empat medali emas itu belum cukup menaikan peringkat Indonesia di tabel medali SEA Games 2019. Indonesia masih tertahan di peringkat ke-4 dengan total medali 35.

Posisi puncak tabel medali masih dipegang kontingen tuan rumah, Filipina. sudah 39 medali emas, 23 medali perak, dan 13 medali perunggu dikoleksinya.

Sementara itu, Vietnam dan Malaysia masing-masing masih menempati peringkat kedua dan ketiga. Dengan Malaysia, Indonesia terpaut satu emas, sedangkan dengan Vietnam, tujuh emas.

Berikut Tabel Medali SEA Games 2019 sementara.

 

Tabel Medali SEA Games

Tabel Medali SEA Games 2019 (Liputan6.com/Istimewa)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Siswa SMPN 20 Depok Terjangkit Hepatitis A

Posted: 02 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 72 orang di Depok, Jawa Barat, saat ini terjangkit hepatitis A. Dari penelusuran yang dilakukan pemerintah, ada 40 siswa dan 3 guru dari SMPN 20 Depok yang terserang penyakit ini.

Hepatitis A merupakan infeksi akut di hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) yang masuk dari mulut kemudian menginfeksi hati.

Sementara itu, video Top 6 lainnya yang tak kalah menyita perhatian datang dari Ibu Kota. 

Hari kedua beroperasi secara komersial, ternyata LRT Jakarta masih sepi penumpang. LRT Jakarta ini melayani rute dari Velodrome Rawamangun hingga ke Pegangsaan Dua dengan tarif Rp. 5.000.

Saksikan informasi lainnya, dalam Top 6 video di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edgar Xavier Persembahkan 2 Emas SEA Games 2019 untuk Mendiang Ayah, Tangis Sang Ibu Pecah

Posted: 02 Dec 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Manila - Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo mendapat dua medali emas SEA Games 2019. Keberhasilannya itu ternyata mempunyai cerita duka tersendiri bagi Edgar.

Pria asal Jakarta itu merebut emas pertama dari nomor daoshu/gunshu combined putra pada Selasa (3/12/2019). Atlet wushu asal DKI Jakarta itu merebut medali emas setelah mengumpulkan poin 9,68 di nomor gunshu yang dipertandingan pagi ini.

Tak lama setelah itu, dia menyabet emas SEA Games 2019 kedua di nomor duilian putra bersama Seraf Naro Siregar dan Harris Horatius.

Berlaga di World Trade Center, Manila, Filipina, tim wushu Indonesia mencatatkan poin tertinggi, 9,54 poin. Indonesia mengungguli Brunei (9,50), Filipina (9,49), Thailand (9,46), Malaysia (9,38), dan Singapura (9,37).

Dua medali emas itu dipersembahkan Edgar untuk sang ayah. Ya, ayah Edgar meninggal dunia pada Selasa dini hari pukul 01.00 WIB.

"Dua medali emas (SEA Games 2019) untuk Papa," ujarnya, melalui akun Instagram pribadi.

 
 
 
View this post on Instagram

2 Gold Medals, for Papa❤️

A post shared by Edgar Xavier Marvelo (@edgarmarvelo) on

Tangisan Ibu Pecah di Manila

Usai meraih medali emas SEA Games 2019, tangisan ibu Edgar, Neneng Nurosi yang hadir di Manila, Filipina, pecah. Neneng menangis dipelukan Edgar yang berbalut bendera Merah Putih.

"Indonesia Edgar Xavier Marvelo dipeluk oleh ibunya, Neneng Nurosi Nurasjati setelah memenangkan emas untuk acara Gunshu Pria. Momen emas," bunyi keterangan foto di Facebook 2019 SEA Games.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 vs Brunei: Vietnam Sudah Cambuk Garuda Muda

Posted: 02 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Manila - Selasa (3/12/2019), Timnas Indonesia U-22 kembali berakhi di SEA Games 2019 Grup B. Garuda Muda, sebutan Timnas Indonesia U-22, akan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Binan, Filipina.

Di laga ini, Timnas Indonesia U-22 berada dalam posisi terjepit usai kalah 1-2 dari Vietnam, dua hari lalu. Kekalahan itu membuat Garuda Muda berada di posisi ketiga dengan enam poin, kalah selisih poin dari Thailand.

Garuda Muda, sebutan Timnas Indonesia U-22 wajib menang besar melawan Brunei. Pasalnya, di akhir fase grup nanti, Jumat (5/12/2019), bisa saja tiga negara, Indonesia, Thailand, dan Vietnam mempunyai poin yang sama, 12. Saat ini Garuda surplus tiga gol sedangkan Vietnam surplus 12 gol. Adapun Thailand mempunyai surplus 8 gol.

"Dengan kekalahan melawan Vietnam menjadi cambuk untuk kami agar terus fokus untuk meraih kemenangan. Kami sudah lupakan kekalahan melawan Vietnam, lalu menatap pertandingan berikutnya melawan Brunei dan Laos untuk meraih kemenangan apalagi dengan skor besar," kata kapten Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo Nugroho.

Meski di atas kertas Indonesia sangat diunggulkan menang di dua laga ini, Andy tak ingin meremehkan Brunei dan Laos. Apalagi besok di Stadion Binan, Indonesia akan meladeni Brunei. Pemain asal klub Tira Persikabo bertekad membawa Indonesia lolos ke babak semi final.

"Kondisi tim saat ini bagus, mental pemain pun sudah kembali baik. Karena kami ingin bahwa di ajang SEA Games 2019 ini, kita semua bertekad mempersembahkan medali emas," ujar pemain Timnas Indonesia U-22 yang memperkuat Tira Persikabo itu.

 

Target Menang Besar

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, saat laga kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri menyadari kondisi yang dialami timnya usai kalah dari Vietnam. Faktor ini yang membuatnya menargetkan meraih kemenangan telak atas Brunei.

"Kami tentu akan bermain seperti biasa dan ingin menang melawan Brunei dengan selisih gol sebanyak mungkin. Hal ini karena penentuan lolos dari fase grup bila poin sama yakni dengan sistem selisih gol. Namun kami tidak ingin meremehkan Brunei Darussalam," ucap Indra.

 

Jadwal Pertandingan

Selasa, 3 Desember 2019

Pukul 19.00 WIB

Timnas Indonesia U-22 vs Brunei

Venue: Binan Football Stadium

Live di TVRI dan RCTI

Klasemen Grup B

Klasemen Grup B Sepak Bola SEA Games 2019 matchday ke-3. (Bola.com/Dody Iryawan)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dian Sastrowardoyo Ungkap Visi Film Guru-guru Gokil

Posted: 02 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo menujukkan konsistensinya di industri film. Selain sebagai penampil, Dian Sastrowardoyo memproduseri film Guru-guru Gokil yang berkolaborasi dengan BASE Entertainment.

First look atau foto-foto pertama dari lokasi syuting Guru-guru Gokil telah diperlihatkan kepada publik. Menyertai foto-foto itu, Dian Sastrowardoyo mengabarkan bahwa Guru-guru Gokil akan tayang di jaringan bioskop tahun depan.

Ada dua foto yang menyita perhatian pencinta film. Salah satunya, memperlihatkan Gading Marten, Dian Sastrowardoyo, Faradina Mufti, Boris Bokir, dan Kevin Ardilova.

Gading Marten Sebagai Taat

Salah satu adegan film Guru-guru Gokil. (Foto: Dok. BASE Entertainment)

Gading Marten di film Guru-guru Gokil berperan sebagai Taat. Pak Taat mengajak anak-anak untuk ikut menyelesaikan masalah dalam hidup. Taat juga dikenal punya ambisi untuk sukses namun sering gagal di tengah jalan.

Selama ini, Taat percaya bahwa kesuksesan artinya punya uang banyak. Hidup menggiring Taat untuk bekerja menjadi guru pengganti di sebuah sekolah.

Visi dalam Film

Gading Marten di lokasi syuting Guru-guru Gokil. (Foto: Dok. BASE Entertainment)

Di sanalah sudut pandang Taat tentang hidup dan kesuksesan berubah. Sementara Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Nirmala. Guru-guru Gokil digarap Dian Sastrowardoyo bersama Shanty Harmayn.

Lewat Guru-guru Gokil, Dian Sastrowardoyo menajamkan visinya untuk membuat film-film yang memiliki dekat dengan penonton.

Sudut Pandang Guru

"Guru-guru Gokil sendiri merupakan film keluarga yang berhubungan erat ke segala umur dan seluruh lapisan masyarakat. Film ini bertema pendidikan, bergenre drama komedi tentang sudut pandang guru. Jarang sekali ditemukan dalam industri perfilman kita film tentang guru. Padahal sudah banyak film di Indonesia yang bercerita tentang lingkungan sekolah," beber Dian Sastrowardoyo.

Bintang film Kartini dan Ada Apa Dengan Cinta? menambahkan, "Kehidupan guru-guru sangat menarik dan kami ingin memberi perhatian lebih pada keunikan tersebut."

Belakang Panggung

Film Guru-guru Gokil diharapkan mampu menceritakan bagian belakang panggung kehidupan para guru di Indonesia.

Dian berpendapat, "Sosok guru sangat penting karena guru terlahir untuk membentuk masa depan bangsa dengan menginspirasi cara berpikir generasi selanjutnya." Film Guru-guru Gokil juga diperkuat Asri Welas, Ibnu Jamil, Kiki Narendra dan Arswendy Bening Swara.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Diduga Granat Asap di Monas, Warga Jepang Diimbau Lebih Waspada

Posted: 02 Dec 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selasa pagi sebuah ledakan terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dua orang anggota TNI terluka akibat peristiwa tersebut.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, ledakan tersebut diduga bersumber dari granat asap.

"Hasil olah TKP ini diduga granat asap yang meledak. Kita masih dalami. Tapi hasil sementara temuan di TKP ini adalah granat asap," ujar Gatot di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Gatot menuturkan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.15 WIB tadi. Saat kejadian, sejumlah anggota TNI tengah berolah raga di kawasan Monas.

Perihal tersebut, Kedutaan Besar Jepang yang berada sekitar 2,6 km dari lokasi ledakan, dikabarkan mengeluarkan imbauan lokal.

"Ditujukan ke masyarakat Jepang terutama yang di Jakarta untuk berhati-hati kalau akan bepergian, karena lalu lintas seputar Monas ada penutupan," demikian menurut pernyataan dari pihak Kedutaan Besar Jepang kepada Liputan6.com, Selasa (3/12/2019).

Kejadian tersebut tak hanya mengejutkan bagi masyarakat Indonesia, tapi juga menjadi sorotan media asing. Sejumlah media asing pun ikut memberitakan peristiwa tersebut. 

Media dari negara tetangga, Malaysia, Malay Mail, menuliskan peristiwa tersebut dengan judul "Blast at Indonesia's national monument park in central Jakarta, say media reports."

Sedangkan media asal negeri Singa, Channel News Asia turut menuliskan dengan tajuk "Explosion at National Monument park in Jakarta, 2 military officers injured."

"Dua perwira militer terluka setelah ledakan mengguncang daerah dekat Taman Monumen Nasional di ibukota Indonesia pada Selasa (3 Desember)." tulis media tersebut. 

Beralih dari media negara Asia lainnya yaitu India bernama Hindustan Times yang tak ketinggalan menyorot peristiwa ini dengan judul "Blast in centre of Indonesian capital Jakarta, 1 person injured: Police."

Baca Selengkapnya di sini...

Monas Dibuka Tak Lama Setelah Ledakan

Suasana lokasi kejadian ledakan di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (3/12/2019).  Ledakan tersebut diduga berasal dari granat asap dan mengakibatkan dua orang anggota TNI terluka, korban langsung dievakuasi ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memastikan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat dibuka untuk umum usai ledakan diduga granat asap terjadi di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Selesai olah tempat kejadian perkara (TKP) dari laboratorium forensik nanti TKP (Monas) akan kami buka," kata Gatot dalam konferensi pers di Monas Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Gatot menjamin keamanan dan ketertiban di kawasan Monas. Dia menyatakan, aparat keamanan tetap melakukan pengamanan di lokasi ledakan Monas. Oleh karena itu, ia mempersilakan masyarakat beraktivitas seperti sediakala.

"Tidak masalah silakan masyarakat melakukan aktivitas," ujar dia.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Pramono menuturkan, ledakan di Monas tersebut terjadi pukul 07.15 WIB tadi. Saat kejadian, sejumlah anggota TNI tengah berolah raga di kawasan Monas.

"Monas masih steril tapi akan sebentar lagi dibuka seperti biasa karena ini hanya granat asap dan kita akan menyelidiki secara mendalam," ujar Gatot dalam jumpa pers di kawasan sekitar Monas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Buwas, Bulog Punya Utang Rp 28 Triliun Akibat Penugasan Pemerintah

Posted: 02 Dec 2019 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog saat ini tengah menanggung utang ke perbankan hingga Rp 28 triliun. Utang tersebut memiliki bunga berjalan setiap harinya.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso mengungkapkan perusahaan plat merah yang digawanginya tersebut terus menderita kerugian karena harus melaksanakan penugasan pemerintah. Jika tidak ada penugasan tersebut, dia optimis Bulog akan selalu mengalami keuntungan.

"Sebetulnya Bulog tidak rugi. Untung kalau kita bicara komersial, tapi kalau bicara penugasan karena ada beban bunga kemudian dengan sistem yang ada, begitu menagih pembayaran ke pemerintah itu perjalannya rada lumayan," kata dia, dikantornya, Jakarta, Selasa (3/12).

Buwas menjelaskan, kerugian akibat penugasan tersebut karena proses pencairan dana pembelian beras memakan waktu yang cukup lama yakni hingga enam bulan. Sementara Bulog membeli beras secara langsung dengan menggunakan utang dengan bunga yang memiliki bunga berjalan.

Buwas mengeluhkan total utang yang telah mencapai Rp 28 triliun tersebut belum juga bisa terbayarkan karena pemerintah belum menetapkan secara jelas proses pencairan uang yang cepat dari adanya penugasan penyerapan beras petani dari pemerintah.

"Tidak serta merta segera terbayar. Dengan proses itu begitu, kita ajukan ke pemerintah, kapan dibayar kita enggak tahu, bisa enam bulan setahun cair. Nah selama belum turun ditanggung Bulog. ini yang jadi potensi kerugian Bulog," keluhnya.

Namun demikian dia menegaskan pihaknya telah mengajukan permintaan kepada pemerintah mengenai skema dan mekanisme pembayaran dana pembelian beras penugasan tersebut langsung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN. Sehingga, Bulog tidak lagi perlu mencari dana terlebih dahulu dari perbankan yang memiliki bunga berjalan.

"Saya sudah ajukan bila mana disetujui negara bahwa CBP itu memang menggunakan anggaran APBN atau dana pemerintah. Kalau kita beli CBP ya itu pakai uang negara berarti engga ada bunganya kan. Bulog yang rawat dan simpan nanti salurkan sesuai perintah negara," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Lapak Online Bulog Diklaim Bisa Singkirkan Mafia Pangan

Bulog tak perlu melakukan operasi pasar beras. Karena jika stok beras di pasar berlebih, akan beresiko bagi petani.

Perum Bulog baru saja meluncurkan toko online yang menjual berbagai bahan pokok bernama PangananDotCom.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan, supermall pangan ini bakal mempermudah masyarakat untuk mendapatkan beras dan bahan pokok bermutu tinggi lainnya berkat teknologi yang digunakan.

Namun yang lebih penting, penerapan teknologi ini secara menyeluruh diklaim bisa menutup celah para mafia pangan untuk melakukan aksinya.

"Ke depan kalau sudah ada di seluruh Indonesia, maka nggak ada lagi yang bisa permainkan pangan. Mereka akan mati dengan sendirinya karena nggak ada peluang," tutur Budi dalam paparannya di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut, Budi menjamin masyarakat bisa mendapat kebutuhan pangan berkualitas dan akan menerima ganti rugi jika mendapat barang yang tidak sesuai lewat platform ini.

Saat ini memang masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati beras premium, terutama keluarga penerima manfaat.

Meski mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), keluarga penerima manfaat tetap kekurangan beras karena ulah mafia pangan.

"Sebanyak 30 persen beras hilang karena adanya mafia ini, ini sudah dibuktikan oleh Satgas Mafia Pangan dan Kepolisian," imbuhnya.

Oleh karenanya, lewat platform ini, Bulog juga bakal menggandeng BPNT agar distribusi beras transparan sehingga mafia pangan tidak punya kesempatan mencuri beras.

Nantinya, penyaluran BPNT lewat PangananDotCom akan dimulai Januari hingga Maret 2020 di Jabodetabek, April hingga November 2020 di Pulau Jawa, dan Desember 2020 di seluruh Indonesia. 

Bulog Luncurkan Toko Online PangananDotcom

Perum Bulog resmi luncurkan platform jual beli online kebutuhan pangan, Panganan.com.

Perum Bulog resmi luncurkan toko online kebutuhan pangan, PangananDotcom. Supermall pangan ini diresmikan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas di Kantor Bulog DKI Divre Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Selasa (26/11/2019).

Budi menyatakan, hal ini merupakan bagian dari mensukseskan program kerja Presiden ihwal ketahanan pangan.

"Bulog merespons apa yang menjadi programnya Presiden kita, salah satunya ketahanan pangan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ini membuktikan Bulog mampu mewujudkan ini, selama didukung dengan pengusaha yang punya mindset untuk merah putih," tuturnya.

Hadirnya toko resmi online ini merupakan kolaborasi dari Istoreisend E Logistic Indonesia, Shopee dan JNE.

Bulog berkomitmen menghadirkan beras berkualitas untuk masyarakat dengan turut meluncurkan 50 merek beras baru dengan berbagai macam kualitas seperti premium dan medium maupun beras khusus seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras organik.

Selain itu Bulog juga memperkenalkan beras fortifikasi yang dilengkapi dengan 8 kandungan nutrisi dan merupakan salah satu upaya Bulog untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat dan mengentaskan stunting.

"Selama ini stigma orang kepada Bulog itu berasnya beras jelek. Kita ingin menghapus stigma itu dengan turut menghadirkan beras premium di platform ini," imbuh Buwas. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat: Tak Perlu Ada Pihak yang Menjilat soal Masa Jabatan Presiden

Posted: 02 Dec 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi menolak wacana masa jabatan presiden tiga periode dan dipilih oleh MPR.

"Saya rasa sudah sikap benar beliau, dengan beliau menolak itu sikap yang benar," kata Wasekjen Demokrat Didi Irawadi di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (3/12/2019).

Menurut Didi, seharusnya tidak perlu ada pihak yang berusaha menjilat Jokowi dengan wacana masa jabatan presiden tiga periode.

"Menurut hemat saya, tidak perlu ada pihak-pihak yang ingin mengambil hati bahkan ingin menjilat presiden, lalu mengusulkan yang tidak-tidak. Yang bertentangan dengan semangat reformasi, keinginan rakyat ini," kata Didi.

Juru bicara Demokrat itu mengatakan, demokrasi yang sudah berusia 20 tahun seharusnya tidak dibuat mundur dengan wacana masa jabatan presiden tiga periode dan dipilih oleh MPR.

"Apalagi sekarang reformasi 20 tahun, harusnya bukan malah mundur dalam semangat berdemokrasi, bukannya kita mundur ke zaman kegelapan. Sudah belajar kita di demokrasi terpimpin orde dan zaman orde baru 32 tahun kekuasaan dipertahankan dengan tidak peduli semangat aspirasi rakyat," Didi menandaskan.

Menampar Muka Jokowi

Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat mengunjungi Festival Sarung Indonesia 2019, Plaza Tenggara Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (3/3). Festival ini diikuti sejumlah perajin sarung tenun dari berbagai daerah. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut pihak yang memunculkan wacana jabatan presiden tiga periode dan dipilih oleh MPR bertujuan menampar dan menjerumuskan presiden.

"Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode. Itu ada tiga, menurut saya, satu ingin menampar muka saya, kedua ingin cari muka, ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja," tegas Jokowi saat berbincang bersama awak media di Istana Merdeka Jakarta, Senin (2/12/2019).

Jokowi menyatakan, sejak awal menolak rencana amandemen UUD 1945 untuk mengembalikan MPR sebagai lembaga tertinggi negara.

"Sejak awal, sudah saya sampaikan, saya ini produk dari pemilihan langsung," ucapnya.

Jokowi meminta agar persoalan penghidupan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tidak melebar dan hanya fokus terhadap permasalahan ekonomi global.

"Jangan melebar kemana-mana, kenyataannya seperti itu kan. Presiden dipilih MPR, presiden 3 periode, presiden satu kali 8 tahun. Seperti yang saya sampaikan. Jadi, lebih baik, tidak usah amendemen. Kita konsentrasi saja ke tekanan eksternal yang bukan sesuatu yang mudah untuk diselesaikan," tegas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Lebih Dekat Alutsista Karya Anak Bangsa

Posted: 02 Dec 2019 09:09 PM PST

Salah satu produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran Alutsista TNI itu untuk meningkatkan Alutsista TNI agar  modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Salah satu produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran Alutsista TNI itu untuk meningkatkan Alutsista TNI agar modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran untuk meningkatkan Alutsista TNI agar  modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran untuk meningkatkan Alutsista TNI agar modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran Alutsista TNI itu kerjasama Kemenhan RI bersama Persatuan Industri Pertahanan Nasional (Pihantanas). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran Alutsista TNI itu kerjasama Kemenhan RI bersama Persatuan Industri Pertahanan Nasional (Pihantanas). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran untuk meningkatkan Alutsista TNI agar  modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran untuk meningkatkan Alutsista TNI agar modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat kendaraan tank pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran Alutsista TNI itu kerjasama Kemenhan RI bersama Persatuan Industri Pertahanan Nasional (Pihantanas). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat kendaraan tank pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran Alutsista TNI itu kerjasama Kemenhan RI bersama Persatuan Industri Pertahanan Nasional (Pihantanas). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran untuk meningkatkan Alutsista TNI agar  modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat produk pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Pameran untuk meningkatkan Alutsista TNI agar modernisasi, baik angkatan laut, udara, maupun angkatan darat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat persenjataan pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). Pameran tersebut kerjasama Kemenhan RI bersama Persatuan Industri Pertahanan Nasional (Pihantanas). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung melihat-lihat persenjataan pada pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI di halaman Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019). Pameran tersebut kerjasama Kemenhan RI bersama Persatuan Industri Pertahanan Nasional (Pihantanas). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rafika Sumbang Emas SEA Games 2019 dari Cabang Menembak

Posted: 02 Dec 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Manila - Kontingen Indonesia kembali menambah pundi-pundi emasnya di ajang SEA Games 2019 yang berlangsung di Fililina. Kali ini lewat Rafika Toyyiba Vudya dari cabang menembak. 

Tampil pada nomor Air Rifle 10 meter di Tampil di Marine Corps Training Center, Rafika berhasil menorehkan poin tertinggi 249,9. Rafika mengalahkan penembak andalan Singapura Ho Xiu Yi yang harus puas dengan medali perak usai menorehkan 248,2 poin. Sementara perunggu juga direbut atlet Singapura lainnya, Tan Adele Qian Xiu yang meraih 227,3 poin. 

Ini merupakan emas ketiga yang diraih Indonesia di SEA Games 2019 dari cabang menembak. Sebelumnya dua emas juga dipersembahkan oleh Tjabu Rio dan Baja Tirano. Rio yang tampil di nomor WA 1.500 PC mengalahkan rekan senegaranya, Sarfin Sihombing.

Sedangkan Tirano menyumbang emas dari nomor mixed benchrest air rifle (light varmint). Di nomor ini, Indonesia juga meraih medali perunggu dari Wahyu Putra Aji. 

Dua Emas dari Wushu

Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier, beraksi pada SEA Games 2019 cabang wushu nomor Taoulu Chanquan di World Trade Center, Manila, Minggu (1/12). Mendapat nilai 9,59, dirinya gagal meraih medali. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, di hari yang sama, Indonesia juga mendulang dua emas dari cabang wushu. Satu keping dipersembahkan oleh Edgar Xavier Marvelo yang turun di nomor daoshu.

Sedangkan satu lagi diperoleh dari nomor Duilian beregu putra yang dihuni trio Edgar Xavier, Harris Horatius, dan Seraf Naro Siregar. (Ikuti berita selengkapnya pada tautan ini).

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keberadaan Makelar Bikin Praktik Korupsi Sulit Dihilangkan

Posted: 02 Dec 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, di Indonesia masih banyak makelar yang membuat korupsi tak kunjung tuntas diberantas walau sistem sudah baik. Dia menyebut masih ada oknum yang memanfaatkan sistem untuk menarik keuntungan.

"Kita sudah mengatakan DAK itu enggak perlu pakai lobi dan enggak boleh datang mencairkan. Jadi even kalau kita sudah membuat sistem, masih ada orang yang mencoba menjadi perantara. Semuanya seharusnya tidak perlu harus datang. Tapi, di Indonesia itu banyak orang yang profesinya memang makelar. Jadi sistem pun nanti dimakelarin," ujarnya di Kantor DJP, Jakarta, Selasa (3/12).

Fenomena seperti itu, kata Sri Mulyani, tak selalu bisa dijaga dan diawasi. Untuk itu dia meminta agar seluruh pegawai Kementerian Keuangan secara bahu membahu memperbaiki sistem secara rutin dan menyeluruh.

 

"Nah hal seperti itu, saya minta temen temen Kemenkeu jangan mudah puas. Oh, kalau saya sudah ada sistem ini, berarti tugas saya untuk menghalangi korupsi sudah tidak ada. Itu tidak boleh, kita harus terus menerus memperbaiki sistem diluar our self," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, jenis korupsi tidak hanya mencuri uang melalui jasa makelar. Tetapi ada juga bentuk lain seperti inefisiensi anggaran, salah alokasi dan tidak tepat sasaran.

"Kita juga ingin memperbaiki kualitas belanja kita, jadi ada gradasinya yang korupsi barbar, ada yang inefisiensi, ada yang salah alokasi. Itu juga semuanya dampaknya juga sama jeleknya Kepada Indonesia," jelasnya.

"Kalau kita ingin maju, ya belanja kita harus tepat sasaran, efisien dan tidak dikorupsi. Jangan cuma tidak korupsi, tapi salah desainnya. Jadi ini adalah tantangan yang lebih tinggi lagi reformasi belanja negara harus kita lakukan," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Sebut Praktik Korupsi Dana Pendidikan Masih Terjadi di Daerah

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konferensi pers APBN KiTa Edisi Feb 2019 di Jakarta, Rabu (20/2). APBN 2019, penerimaan negara tumbuh 6,2 persen dan belanja negara tumbuh 10,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan praktik korupsi anggaran pendidikan masih saja terjadi oleh sejumlah oknum di daerah. Salah satu bentuknya lewat praktik 'minta jatah' dari dana BOS yang diterima sekolah.

Dia menjelaskan setelah reformasi, pengelolaan pendidikan tidak lagi hanya tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan lebih kepada pemerintah masing-masing daerah. Hal itu dilakukan demi meningkatnya pelayanan dan mendekatkan Pemerintah dengan masyarakat.

Dia menjelaskan saat ini anggaran pendidikan Indonesia mencapai Rp 507 triliun. Sekitar Rp 200 triliun disalurkan ke daerah untuk berbagai kebutuhan.

"Rp 200 triliun untuk gaji guru itu disalurkan lewat daerah, langsung ditransfer, DAU (Dana Alokasi Umum), dalam bentuk gaji guru, tunjangan profesi guru, dan sertifikasi guru," kata dia, di Kompleks Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11).

Selain itu, sekolah juga mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah alias (BOS). Penyaluran BOS dilakukan dengan cermat sehingga semua sekolah bisa mendapat bagian.

"Kemudian juga sekolah diberikan bantuan operasi sekolah. Itu dari pusat, kasih ke APBD dan langsung ke sekolah by name, by address," jelas Sri Mulyani.

Namun, dia mengakui bahwa penyaluran dana BOS yang sudah diupayakan tepat dan cermat tersebut tidak terlepas dari praktik korupsi. Sebab masih ada saja oknum di daerah yang mengambil jatah dari anggaran tersebut. "Tadinya saya pikir itu nggak mungkin ada korupsi," ungkapnya.

Salah satu bentuk korupsi yang disebut Sri Mulyani, yakni praktik minta jatah, ketika dana BOS sampai ke sekolah penerima.

"Ternyata by address terus sampai di address diminta sama yang di atasnya, 'kamu kan sudah terima minta dong saya setorannya'. Itu yang terjadi," tandas Ani.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com 

Sri Mulyani Tak Pangkas Eselon III dan IV yang Punya Fungsi Pelayanan

Menteri Keuangan Sri Mulyani, (kedua kiri) didampingi Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Gubernur BI Perry Warjiyo dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah saat konpers hasil rapat KSSK, Jakarta Selasa (31/7). (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memangkas birokrasi yang dinilai kurang penting. Salah satunya, memangkas jabatan eselon III dan IV dengan mengganti dengan artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan (robot).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sejalan dengan permintaan Presiden Jokowi menghilangkan posisi eselon III dan IV pihaknya sudah melakukan penyederhanaan eselon. Meski demikian, dia menegaskan, tak akan menghilangkan posisi eselon III dan IV.

"Eselon III dan IV kan yang merupakan fungsi yang melayani atau yang memegang satker itu tidak dihilangkan, karena itu tidak dimungkinkan dalam bentuk fungsional. Jadi ini sesuai juga dengan arahan dari Kementerian PANRB. Jadi tak seluruh eselon III dan IV memang hilang tapi yang memang dia memiliki fungsi pelayanan dan satker dia masih akan dipertahankan," ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (29/11/2019).   

Terkait penggantian eselon III dan IV dengan robot, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut, masih mengkaji secara mendalam. Menurutnya, rencana tersebut harus dilakukan dengan hati-hati agar eselon yang dialihfungikan tetap bekerja sesuai dengan kemampuannya.

"Nanti kita lihat, kan fungsi-fungsi tertentu artinya yang penting yang disampaikan Presiden bagaimana mereka bisa berfungsi secara baik sesuai dengan tugas birokrasi, atau policy making proces itu yang harus jadi fokus kita," jelasnya.

"Kita terus memperbaiki baik struktur layer nya maupun fungsinya mereka seperti yang saya sampaikan tadi harus diukur jangan sampai kemudian mereka pindah tapi kemudian tidak ada kinerja atau kontribusinya yang bisa diukur," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Fungsi Mineral bagi Tubuh Berdasarkan Jenisnya

Posted: 02 Dec 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fungsi mineral bagi tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Kebutuhan mineral dipengaruhi oleh keadaan fisiologi, umur, faktor kesehatan, cadangan dalam tubuh, serta interaksinya dengan mineral lain. Mineral juga bergantung pada sumber, bentuk yang dikonsumsi (organik atau anorganik).

Terdapat dua jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih besar, dengan ukuran konsentrasi >50 mg/kg (50 ppm). Sementara itu, mikromineral adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih kecil, tapi tetap dibutuhkan secara lengkap, dengan ukuran konsentrasi

Fungsi mineral bagi tubuh diperlukan untuk menunjang fungsi dan berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh. Diperlukan pola makan baik yang sedapat mungkin harus memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh, termasuk mineral.

Mineral, seperti dijelaskan Prof. Maggy Thenawidjaja Suhartono, Ph.D, Guru Besar Teknologi Pangan dan Gizi dari IPB, diperlukan untuk metabolisme tubuh. Ahli Biokimia ini juga menjelaskan berbagai jenis-jenis mineral yang dibutuhkan tubuh serta efeknya jika tidak terpenuhi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (3/12/2019) tentang fungsi mineral bagi tubuh.

Fungsi Mineral bagi Tubuh (Kalsium, Fosfor, Natrium, dan Klorida)

Ilustrasi Makanan yang Mengandung Kalsium (sumber: iStockphoto)

Fungsi mineral bagi tubuh tentunya beragam tergantung jenisnya. Berikut beberapa diantaranya:

Kalsium (Ca)

Berfungsi sebagai pembentuk tulang, bekerjanya saraf, kontraksi otot, dan metabolisme sel. Salah satu dampak kekurangan kalsium adalah risiko osteoporosis.

Sumber makanan yang paling baik untuk sumber kalsium adalah susu dan produk olahannya, kepiting, udang, daging ayam, dan daging sapi. Kebutuhan kalsium untuk orang dewasa per hari adalah kurang lebih 4700 mg.

Fosfor (P)

Berfungsi untuk pembentukan tulang, mempertahankan pH darah, dan untuk metabolisme energi. Kekurangan mineral ini dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan tulang, proses pertumbuhan, dan fertilisasi.

Sumber utama dari forfor adalah daging sapi, ikan, ayam, serta beberapa jenis sereal. Fosfor yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu 700 mg per hari.

Natrium (Na)

Berfungsi membantu kerja saraf dan memperbaiki pertahanan cairan. Biasanya, kekurangan natrium ini jarang terjadi.

Klorida (Cl)

Mineral yang satu ini berguna sebagai elektrolit dan memproduksi asam lambung. Juga berfungsi sebagai imun, kofaktor enzim di hati untuk metabolisme komponen toksin. Kekurangan klorida, tubuh mengalami gangguan pertumbuhan, timbul rasa pusing, lemah, dan kram.

Fungsi Mineral bagi Tubuh (Sulfur, Magnesium, Kalium, dan Zat Besi)

Makanan yang mengandung zat besi (sumber: iStock)

Fungsi mineral bagi tubuh tentunya beragam tergantung jenisnya. Berikut beberapa diantaranya:

Sulfur (S)

Berfungsi membentuk protein dan jaringan dalam tubuh. Defisiensi sulfur akan menimbulkan gangguan otot, sendi, dan kulit.

Sulfur terdapat di berbagai sumber makanan seperti ikan, susu, telur, serta ayam. Jumlah sulfur yang kamu perlukan adalah 800-900 mg/hari.

Magnesium (Mg)

Berfungsi sebagai zat pembentuk sel darah merah yang mengikat oksigen dan hemoglobin. Juga sebagai kofaktor enzim, fungsi otot, dan saraf. Kekurangan magnesium menimbulkan risiko kejadian penyakit jantung koroner, diabetes tipe-2, serta gangguan fungsi otot dan saraf.

Kamu dapat menemukan magnesium dalam berbagai jenis kacang, tahu, tempe, sayuran yang berdaun hijau, daging sapi, dan cokelat. Sementara untuk orang dewasa, magnesium yang diperlukan adalah sekitar 310-50 mg/hari.

Kalium (K)

Dibutuhkan sebagai pembentuk aktivitas otot jantung, regulasi osmosis, fungsi otot dan saraf, kofaktor enzim, dan sebagai metabolisme energi. Kekurangan kalium akan memunculkan gejala seperti diare, muntah, lemah otot, serta turunnya tekanan darah.

Zat Besi (Fe)

Berguna mengantarkan oksigen, metabolisme energi, kofaktor enzim, fungsi otak dan otot, serta memperkuat sistem imunitas dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, pertumbuhan terhambat, lemah, dan lesu.

Fungsi Mineral bagi Tubuh (Tembaga, Iodium, Selenium, dan Cobalt)

Garam / Sumber: iStockphoto

Fungsi mineral bagi tubuh tentunya beragam tergantung jenisnya. Berikut beberapa diantaranya:

Tembaga (Cu)

Serupa dengan zat besi, tembaga berfungsi sebagai kofaktor enzim, metabolisme energi, membantu fungsi saraf, bersifat antioksidan, dan melakukan sintesis jaringan pengikat. Defisiensi tembaga dapat mengakibatkan anemia, gangguan fungsi saraf, depigmentasi rambut, serta gangguan tulang.

Iodium (I)

Berfungsi sebagai pembentu zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid. Selain itu, berguna dalam fungsi reproduksi, metabolisme, dan pertumbuhan. Kasus terbanyak dari kurangnya mineral iodium adalah gondok. Kekurangan iodium juga menyebabkan tubuh kerdil, pertumbuhan terhambat, serta gangguan mental.

Saat ini sudah banyak garam yang ditambahkan iodium di dalamnya, sehingga kamu bisa mendapatkan iodium hanya dengan menggunakan garam pada masakan. Kebutuhan yang diperlukan adalah sekitar 150 mg/hari.

Selenium (Se)

Berfungsi sebagai komponen antioksidan, mengatasi racun seperti hidrogen peroksida, membantu hormon, sistem imun, dan melindungi sel dari proses oksidasi sendiri. Gangguan yang akan muncul akibat kekurangan selenium adalah masalah jantung dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa menemukan selenium di dalam bawang, susu dan produknya, serta daging ayam. Sementara selenium yang dibutuhkan adalah sekitar 30 mcg/hari

Cobalt (Co)

Berfungsi sebagai kofaktor untuk pembentukan vitamin B12 (kobalamin) yang membantu proses pembuatan sel darah merah. Kekurangan cobalt dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B12.

Fungsi Mineral bagi Tubuh (Kromium, Mangan, Zinc, dan Flourida)

Mendapatkan Imunitas Ekstra Dengan Zinc

Fungsi mineral bagi tubuh tentunya beragam tergantung jenisnya. Berikut beberapa diantaranya:

Kromium (Cr)

Berfungsi sebagai regulator hormon insulin dan pertumbuhan. Defisiensi mineral ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sumber dari kromium adalah sereal, daging, serta beberapa jenis kerang laut. Kamu hanya membutuhkan 25-35 mg kromium per hari.

Mangan (Mn)

Berfungsi sebagai kofaktor enzim, berguna untuk metabolisme energi, pembentukan tulang, juga kofaktor enzim superoksida dismutase (enzim antioksidan). Kekurangan mineral mangan dapat mengakibatkan gangguan tulang dan hati.

Mangan dapat kamu temukan di dalam udang, gandum, serta beberapa jenis biji kering, seperti wijen. Sedangkan mangan hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang mencapai 1,8-2,3 mg/hari.

Zinc (Zn)

Berguna untuk menjaga fungsi membran, sistem imun, kofaktor enzim untuk ekspresi gen, dan berfungsi sebagai antioksidan. Defisiensi zink dapat menyebabkan gangguan kulit, pertumbuhan terhambat, menurunnya kadar kolesterol baik HDL, serta menurunnya nafsu makan.

Flourida (F)

Membantu metabolisme kalsium (Ca) dan fosfor (P), komponen matriks tulang dan gigi, serta menghambat pembentukan karang gigi. Kekurangan fluorida dapat menyebabkan kerusakan gigi. 

Bayam, kacang kedelai, dan bawang adalah sumber utama dari flouridaalam sehari. Kamu hanya membutuhkan flourida sebanyak 2,5-3 mg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Disabilitas Internasional, Ma'ruf Amin Harap Disabilitas Bisa Jadi Wapres

Posted: 02 Dec 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Senayan, Jakarta, Selasa (3/12).

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf menjelaskan, pemerintah sedang mendorong hak para kaum disabilitas dan berharap para kaum disabilitas bisa berpartisipasi dalam pasar kerja.

Dia mengatakan saat ini penyandang disabilitas sudah mulai masuk dan bekerja di pemerintahan,salah satunya staf khusus presiden, Angkie Yudistia.

Ma'ruf berharap bukan hanya Angkie Yudistia yang bisa masuk istana. Dia berharap ke depannya kaum disabilitas lainnya juga bisa jadi pemimpin di Indonesia.

"Kita juga mengenal Ibu Angkie Yudistia, yang baru saja diangkat sebagai staf khusus Presiden RI mewakili generasi milenial. Siapa tahu (nantinya) bukan hanya staf khusus tapi wakil presiden," kata Ma'ruf saat membuka Hari Disabilitas Internasional di Senayan, Jakarta, Selasa (3/12).

 

Disabilitas Mampu Berprestasi

Selain Angkie, Ma'ruf juga menyebut Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra. 

"Bapak Surya Tjandra, Wakil Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) yang juga merupakan seorang penyandang disabilitas, saya harap nanti jadi menteri, bukan hanya wakil menteri," ungkap Ma'ruf.

Tidak hanya itu, Ma'ruf mengatakan seorang atlet Paralimpik Indonesia Evi Tiarani juga ikut mengharumkan bangsa. Evi Tiarani berhasil memecahkan rekor dunia di nomor 100 meter putri di ajang kejuaraan World Para Athletics Championships 2019, di Dubai, Uni Emirat Arab.

Evi Tiarani adalah penyandang tuna daksa yang membuktikan dirinya mampu berprestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa.

"Evi, Bapak Surya Tjandra dan Ibu Angkie Yudistia merupakan beberapa role model yang telah menunjukkan betapa para penyandang disabilitas di negara ini mampu memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara," ungkap Ma'ruf.

Sebab itu, Ma'ruf berpesan agar penyandang disabilitas di seluruh Indonesia bisa lebih kuat dan mampu melakukan segala hal. Dan bisa membuktikan pada masyarakat umum disabilitas mampu lebih baik.

"Kerja keras dan kemauan yang luar biasa tanpa rasa putus asa dapat meruntuhkan halangan dan mengubah persepsi masyarakat terhadap penyandang disabilitas," ungap Ma'ruf.

 

Penulis: Merdeka.com/Intan Umbari

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Keunggulan Fitur CCU pada Yamaha NMax 2020

Posted: 02 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menghadirkan kejutan menjelang akhir tahun 2019, dengan meluncurkan all new Yamaha NMax 155.

Diluncurkan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, motor pabrikan otomotif Jepang tersebut memiliki beragam fitur unggulan, salah satunya terhubung dengan smartphone.

Menjadi motor produksi Indonesia pertama yang bisa terhubung dengan smartphone, NMax terbaru mengusung Konsep "Connected". Diwujudkan melalui Teknologi Communication Control Unit (CCU), pemilik hanya perlu terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis Bluetooth.

Teknologi CCU memiliki lima keunggulan utama, berikut ulasan.

1. Parking Location

Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone) sehingga pemilik dapat dengan mudah mencari kendaraan apabila lupa memarkirkannya.

2. Phone & Message Notification

Memberikan notifikasi di layar speedometer Yamaha NMax jika ada panggilan, pesan dan email yang masuk saat sedang berkendara.

3. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery)

Membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu), serta memberikan rekomendasi terkait maintenance.

4. Fuel Consumption

Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.

5. Malfunction Notification

Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin soal Ledakan di Monas: Aman, Aman

Posted: 02 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin belum mau menanggapi ledakan di Monas yang terjadi Selasa (3/12/2019) pagi. Dia pun meminta publik menunggu hasil investigasi kepolisian.

"Tadi baru (tahu) dari media jadi kita masih tunggu ada apa siapa yang melakukan, motifnya apa," kata Ma'ruf Amin usai menghadiri acara Hari Internasional Disabilitas, Senayan, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia mengklaim, kondisi keamanan usai ledakan di Monas sudah aman. Dia yakin kepolisian bisa menjaga lokasi ring 1.

"Aman, aman aman.. aman," ujar Ma'ruf soal ledakan di Monas.

 

Jokowi Minta Polisi Usut Tuntas Ledakan di Monas

Juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman menyambangi lokasi titik terjadinya ledakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Lokasi ledakan persis di Jalan Medan Merdeka Utara depan kantor Kementerian Dalam Negeri.

Fadjroel mengatakan, Jokowi meminta polisi mengusut tuntas kasus tersebut.

"Presiden sudah mengetahui, diserahkan kepada pihak berwajib saja," kata Fadjroel di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khloe Kardashian dan Maksud di Balik Cincin Berlian dari Tristan Thompson

Posted: 02 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Tristan Thompson memenangkan kembali hati Khloe Kardashian sudah jadi rahasia umum sejak beberapa bulan lalu. Pada episode baru Keeping Up with the Kardashian, usaha ini kembali terlihat.

Kala itu, Khloe baru saja kembali dari liburan bersama teman-temannya saat menerima cincin berlian berwarna merah muda. Khloe kemudian mengingat kembali momen Tristan Thompson memberikan hadiah tersebut lewat Scott Disick.

"Tristan memberi saya sebuah kartu (bersama hadiah cincin berlian) yang di dalamnya berisi, 'Saya harap kamu mau menerima cincin ini.'. Saya langsung mengatakan, 'Tidak! Tidak! Tidak! Tidak!'," kata Khloe.

Scott yang mengantarkan hadiah tersebut mengatakan, perhiasan yang belum diketahui keluaran mana ini terlihat seperti cincin pertunangan. Khloe menanggapinya dengan menuturkan, Tristan memang sempat mengatakan padanya bahwa cincin tersemat berlian merah muda tersebut dimaksud sebagai pengikat janji.

"Saya mengatakan padanya (Tristan) bahwa saya menghargai hadiah pemberiannya. Tapi, saya pikir, saya tidak bisa menerima. Saya sangat senang melihat pribadi Tristan yang baru. Saya hanya tidak mau ada bias dari perbuatan tersebut," sambungnya.

Kendati, melansir dari laman Metro, Selasa (3/12/2019), saat menyambangi Aventura Mall, Miami, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu, Khloe Kardashian tampak memakai cincin berlian mirip dengan perhiasan pemberian Tristan. 

 

Bukan Hadiah Pertama

Tristan Thompson dan Khloe Kardashian. (Instagram/realtristan13)

Cincin berlian itu sebenarnya bukan hadiah pertama yang diberikan Tristan Thompson pada Khloe Kardashian. Sebelum pulang, tepat saat berlibur dengan kedua temannya, Malika dan Khadijah Haq, Khloe sudah lebih dulu dikejutkan dengan kalung berlian.

Khloe segera menelepon Tristan untuk berterima kasih atas hadiah tersebut. "Ya Tuhanku, kamu tak pernah sebaik ini saat kita bersama," kata Khloe. Ia pun mengutarakan kebimbangan untuk menerima hadiah tersebut.

"Saya hanya tidak mau ada ekspektasi. Pun saya menerima kalung ini, tidak akan ada yang berubah," tuturnya. Di tengah gencar upaya Tristan untuk kembali ke pelukannya, Khloe memang secara tegas hanya berhubungan demi berdampingan jadi orangtua bagi sang putri, True.

Khloe Kardashian dan Tristan Thompson sudah putus pada Februari 2019 setelah skandal perselingkuhan kedua Tristan, kini melibatkan sahabat baik Kylie Jenner, Jordyn Woods, terkuak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biro Humas Kemnaker Jajal Jadi Presenter di Studio SCTV

Posted: 02 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Biro Humas Kementerian Tenaga Kerja Indonesia berkesempatan untuk berkunjung ke News Room SCTV di SCTV Tower, Kamis (28/11/2019). Kunjungan itu merupakan rangkaian acara workshop yang diadakan oleh Biro Humas Kemenaker bersama Digi-X Liputan6. Acara dimulai selama selama dua hari ini (27-28 November) berlokasi di kantor KLY, Gondangdia, Cikini dan SCTV Tower.

Saat di studio SCTV, para peserta yang berjumlah 18 orang tersebut belajar mengenai proses pemberitaan di Liputan6. Tak hanya itu, para peserta juga berkesempatan untuk belajar menjadi presenter di depan kamera.

Pembelajaran itu dijadikan sebuah kompetisi untuk bisa tampil membawakan berita dan dinilai langsung oleh presenter Liputan6, Reza Ramadhansyah. Akhirnya terpilihlah dua peserta yang layak menjadi pemenang dalam tantangan itu.

Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Biro Humas Kemenaker, Fidia Arif mengatakan acara workshop bersama Digi-X menjadi pengalaman baru serta bisa memberikan ilmu mengenai dunia digital.

"Ini merupakan pengalaman yang baru dan tentu bisa menjadi kenangan tersendiri bagi teman-teman unit biro humas Kemenaker. Apalagi setelah diajarkan teori dan praktik, kami diajak juga untuk melihat secara langsung studio SCTV," ujar Fidia.

 

Biro Humas Kementrans saat mengunjungi news room SCTV.

Sebelumnya, lanjut Fidia para peserta dari biro humas Kemenaker juga diberikan pelatihan mengenai konten digital. mulai dari membuat konsen sampai menjepret yang bagus hanya menggunakan smartphone.

"Kalau tadi ada sesi pengambilan foto dengan smartphone. Kita diajarkan tips dan trik pada sesi tersebut. Selian itu, kita juga diberikan pelatihan mengenai media sosial agar bisa menarik kaum milenial," tutur Fidia.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan tersebut bisa memberikan ilmu baru kepada para peserta dari Biro Humas Kemenaker dan bisa menggelar pelatihan lainnya.

Sebelumnya, rangkaian acara dimulai dengan workshop. Para peserta diberikan bekal mengenai jurnalisme digital, mobile journalism atau mojo, video animation dan infographics, video content, sampai mengenai fotografi.

Mereka diajak untuk membuat tulisan siaran pers yang efektif, membuat tulisan siaran pers, dan evaluasi. Workshop itu berikan oleh Direktur Konten KLY, Wenceslaus Manggut.

Selain itu, para peserta juga diberikan pelatihan membuat konten video bersama Head of Liputan6 Digi-X,  Andi Muhyiddin. Pada sesi itu, para peserta diajak membuat video dengan ponsel dengan tema 'Satu jam mahir membuat video dengan smartphone' dan 'Membuat sequence video dengan smartphone'.

 

Biro Humas Kementrans Gelar Workshop Bersama Digi-X

Tak hanya pelatihan, peserta juga diajak untuk praktek langsung membuat video tersebut. Terlihat, para peserta sangat antusias dalam pelatihan tersebut.

Usai pelatihan membuat konten video, para peserta dari biro humas Kementrans juga diajak tur ke kantor KLY.

Untuk hari kedua, para peserta diajak untuk membuat poster dengan smartphone. Dalam hal itu, Head of Liputan6 Digi-X,  Andi Muhyiddin juga memberikan masukan aplikasi apa saja yang menunjang untuk membuat poster dengan smartphone.

Usai pelatihan tersebut, para peserta juga diberikan materi mengenai dunia media sosial. Selain itu, ada pula pelatihan mengenai fotografi bersama Head Multimedia, Bola.com, Peksi Cahyo.

Pada sesi itu, para peserta juga diberika tips dan trik untuk mendapatkan momen yang baik dalam menggunakan smartphone photography. Para peserta juga diajak langsung untuk praktik dalam pengambilan gambar yang baik dan tepat.

  

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Model iPhone 12 Bakal Mendukung 5G

Posted: 02 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para analis perusahaan layanan finansial, JP Morgan, memprediksi Apple merilis empat model iPhone dengan dukungan 5G pada semester II 2020. Keempatnya akan dibagi dalam dua kelompok, layar lebih besar dan kecil. 

Dikutip dari App Insider, Selasa (3/12/2019),  dua model iPhone 12 akan memiliki kemampuan 3D sensing di bagian belakang, dan mendukung koneksi 5G lebih cepat berbasis mmWave. 

Dalam catatannya kepada investor, JP Morgan meyakini Apple akan meningkatkan jumlah pengapalan smartphone dibandingkan tiga iPhone sebelumnya.

Apple diprediksi akan menghadirkan iPhone 12 dengan layar 5,4 inci, 6,7 inci, dan dua varian dengan 6,1 inci. Dua diantaranya akan menjadi varian Pro. 

Model 6,1 dan 6,7 inci akan menjadi varian Pro dengan spesifikasi paling tinggi. Fitur unggulannya termasuk tiga kamera belakang dan "World-facing 3D sensing".

Sementara itu, dua model lain dengan layar berukuran 5,4 serta 6,1 inci memiliki dua kamera belakang, dan tanpa fitur 3D sensing

Menurut JP Morgan, empat smartphone tersebut akan mendorong percepatan dalam siklus penggantian iPhone. Selain itu, Apple disebut juga akan merilis generasi kedua iPhone SE dengan layar OLED 4,7 inci pada periode semester I 2020.

Perubahan Strategi 2021

Tiga kamera belakang iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Lebih lanjut, Apple diperkirakan mengubah strategi peluncuran iPhone pada 2021. Berdasarkan pemeriksaan rantai suplai, JP Morgan mengatakan perubahan strategis dalam peluncuran sedang disiapkan.

Perubahan tersebut bertujuan untuk memperlancar penjualan. Apple diprediksi akan merilis dua model iPhone pada semester I 2021, diikuti dua model lain pada semester II tahun yang sama.

Selain membantu masalah musiman untuk rantai suplai dan pendapatan, perubahan ini dinilai dapat membantu Apple bersaing baik dengan para vendor kompetitif lain.  Para pesaing utama Apple seperti Samsung merilis serangkaian smartphone sepanjang tahun dengan flagship pada semester I dan II.

Perubahan ini sekaligus akan membatasi downside dari kesalahan siklus produksi, karena Apple dapat mengubah aspek desain dalam jangka waktu enam bulan.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Posted: 02 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan yang terlihat baik-baik saja di luar, ternyata belum tentu seindah kelihatannya bagi individu yang merasakannya.

Beberapa orang justru merasa tertekan saat menjalani hubungan seperti itu. Sayangnya, tidak banyak yang sadar ternyata itu adalah toxic relationship.

Nah, kamu harus tahu tanda-tanda ini agar tidak terjebak dalam toxic relationship. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya. 

1. Memiliki komunikasi yang buruk

Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

Salah satu tanda kalau kamu terjebak toxic relationship yakni memiliki komunikasi yang buruk. Jika dalam hubunganmu sering terjadi konflik dan tak bisa terselesaikan dengan baik, maka kamu perlu hati-hati.

Apalagi kalau pasanganmu melakukan kekerasan emosional, perlu kamu pikirkan apakah hubunganmu sehat atau tidak? 

2. Berbohong berulang kali

ilustrasi bohong

Dalam sebuah hubungan sudah seharusnya untuk saling jujur satu sama lain. Sebab, jujur adalah salah satu kunci langgeng dalam sebuah hubungan.

Jika pasanganmu sering menyembunyikan banyak hal darimu dan membuatmu tidak nyaman, hal tersebut menjadi tanda kalau hubunganmu tidak sehat.

3. Merasa lebih baik saat sendiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Asier+Romero

Seseorang akan merasa sangat bahagia kalau sedang bersama pasangannya. Namun, lain halnya jika kamu merasa lebih nyaman saat sendiri tanpa dirinya.

Apalagi kalau membaca buku dan bermain bersama temanmu yang justru terasa lebih menyenangkan daripada saat bersama pasanganmu. 

4. Selalu merasa lelah saat bersamanya

Ilustrasi (Sumber: Freepik)

Gerak tubuh tak bisa berbohong kalau kamu memang enggan dan merasa lelah jika sedang bersamanya. Sekalipun melakukan hal yang menyenangkan, kamu justru merasa tak ingin bersamanya. Hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi hubunganmu tidak baik-baik saja. 

5. Mengalihkan perhatian dari hubungan kamu

ilustrasi perempuan diam/copyright Shutterstock

Kalau kamu lebih suka tak membahas atau menceritakan hubunganmu dengan pasangan kepada orang lain, hal itu menjadi tanda kalau hubunganmu tidak sehat. Kamu merasa bosan dan lebih suka membahas hal lain daripada tentang si dia.

Nah, dari kelima tanda di atas, adakah salah satu tandanya dalam hubunganmu dengan si dia? 

Penulis:

Ulya Kaltsum 

Politeknik Negeri Jakarta 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu-Ibu Cantik Korban Investasi Bodong Geruduk Satreskrim Polres Serang Kota

Posted: 02 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Serang - Belasan ibu-ibu cantik menggeruduk Satreskrim Polres Serang Kota, Senin malam (2/12/2019). Mereka ingin mengadukan praktik investasi dan arisan bodong yang merugikan mereka hingga ratusan juta. 

Alin (28), salah satu korban sebelumnya telah berhasil menjebak seorang pelaku berinisial AL. Dirinya berdalih ingin meninvestasikan uang senilai Rp60 juta, tapi dengan syarat harus datang berdua bersama sang istri, yang juga pelaku utama berinisial Ys.  

"Ternyata datengnya sendirian, istrinya diumpetin sama suaminya. Yaudah saya tangkep dulu suaminya. Yang namanya suami istri, pasti tahulah di mana istrinya," katanya saat ditemui Liputan6.com. Menurut pengakuannya, Alin bahkan telah menyetor uang investasi senilai Rp80 juta dan uang arisan Rp135 juta.

Korban lainnya, Devi (32), mengaku merugi hingga Rp60 juta. Devi menginvestasikan uangnya sebesar Rp30 juta, dengan cara mennstransfer dua kali, pertama senilai Rp20 juta dan kedua kalinya sebesar Rp10 juta.

"Saya kan dapet arisan Rp60 juta, cuma ditransfer Rp30 juta. Sisanya enggak tahu kemana sama dia (AL dan Ys). Saya ikut arisan dari Januari 2019," katanya.

Korban lainnya bernama Elvina (34). Wanita karier yang tinggal di wilayah Tangerang ini bercerita kalau pelaku penipuan berinisial Ys merupakan teman kecilnya. Elvina bahkan merugi hingga Rp360 juta, yang ditransfer ke rekening Ys maupun AL sejak 2018.

Awalnya Elvina diajak Ys berbisnis catering dan berjalan lancar. Namun saat Elvina menambahkan nilai investasinya, baik modal maupun keuntungannya tak pernah kembali. Korban awalnya tak mau ambil pusing.

Elvina kemudian diajak arisan yang pengumuman pemenangnya melakui akun Instagram khusus kelompok tersebut,

"Saya juga ikut arisan yang adminnya cewek ini, kalau arisan online enggak selalu online, tapi dikocoknya live IG. Tapi kadang kita ketemu, tapi saya enggak kenal satu sama lain. Ada yang (ikut arisan) Rp100 juta, ada yang Rp250 ribu seminggu, ada yang Rp20 juta," terangnya.

Elvin menjelaskan, Ys membagi kelompok arisan sesuai nominal. Namun anggotanya tak hanya kisaran 10 sampai 20 orang setiap grup. 

"Kalau yang ada di grup itu kalau saya totalin sekitar ada Rp2 miliar. Jadi di luar grup itu bukan sama arisan, itu hanya investasi aja. Kalau termasuk arisan, bisa sampai Rp5 miliar mungkin yah," jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, para korban masih terus berdatangan ke kantor Satreskrim Polres Serang Kota dan masih dilakukan pendataan. Pihak kepolisian masih enggan memberikan komentar, lantaran korban dan terduga pelaku penipuan investasi bodong masih dalam tahap dimintai keterangan. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benazir Endang Menyesal Nikah dengan Limbad

Posted: 02 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri kedua Limbad, Benazir Endang, terlibat perseteruan dengan istri pertama, Susi Indrawati.

Puncaknya, Benazir Endang menyebut bahwa anaknya mendapat teror dari Susi. Belakangan juga diketahui bahwa Limbad jarang menemui Benazir Endang dan anaknya.

Bahkan pria yang memiliki nama panggilan Master Limbad ini pun dikabarkan sudah dua tahun tak pulang ke rumah istri kedua.

Dengan segala kejadian tak menyenangkan yang dialami Benazir Endang selama beberapa tahun terakhir, apakah ia menyimpan penyesalan telah menikah dengan Limbad?

 

Menyesal

Benazir Endang (Sumber: Brilio)

"Iya menyesal," ungkap Benazir Endang sembari menahan air matanya saat menjadi bintang tamu dalam program Pagi Pagi Pasti Happy, Selasa (3/12/2019).

 

Penegasan

Benazir Endang (Sumber: Brilio)

Uya Kuya, sebagai pembawa acara, seolah tak percaya dengan kalimat yang dilontarkan oleh Benazir Endang. Sekali lagi, ia pun menanyakan hal yang sama.

"Menyesal menikah dengan Limbad?" kata Uya Kuya. Dan jawaban Benazir tidak berubah.

 

Tak Ada Cinta

Limbad (Deki Prayoga/bintang.com)

Selain mengungkap penyesalan telah menerima pinanangan Limbad, Benazir Endang juga menyatakan bahwa tak ada lagi rasa cinta yang tersisa untuk suaminya tersebut.

"Enggak. Tidak ada," ucapnya dengan begitu yakin.

 

Minta Diceraikan

Limbad (Nurwahyunan/bintang.com)

Setelah apa yang terjadi, pertahanan Benazir Endang pun runtuh. Saat ini, tak ada hal lain yang dia inginkan selain perceraian.

"Untuk Master Limbad, tolong muncul, datang, sebagaimana dulu Master meminta saya, memohon pada ibu saya baik-baik. Kita sudahi semua baik-baik saya tidak minta apa-apa. Saya ingin Master menceraikan saya," ia mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Angga, Gamers Berjari Satu di Pentas Dunia

Posted: 02 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Angga Tribuana Putra. Disabilitas tuna daksa dan tuna rungu ini punya prestasi tingkat dunia. Walau hanya memiliki satu jari yang benar-benar berfungsi dengan baik, Ia pernah juara 2 di turnamen esports di Mumbai, India. Kini ia sedang mengikuti turnamen esports Pro Evolution Soccer Piala Presiden. Dari 54 babak, ia kini sudah mencapai babak ke 32.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebagian Wanita Masih Merasakan Tendangan Janin Usai Melahirkan

Posted: 02 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah melahirkan ada ibu yang masih merasakan adanya tendangan janin di rahimnya. Tendangan yang dirasakan oleh ibu disebut phantom fetal kick (tendangan janin hantu).

Tendangan ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan dalam beberapa kasus dapat berlangsung terjadi 10 tahun setelah melahirkan.

Disha Sasan dari Monash University di Australia beserta rekannya penasaran mengenai sensasi tendangan janin pascamelahirkan ini. Dia pun mencoba melakukan survei daring dengan bertanya kepada 197 wanita Australia yang telah melalui kehamilan. Para responden ditanyai tentang apakah mereka pernah mengalami sensasi seperti ini sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 persen wanita pernah mengalami tendangan seperti masih ada janin dalam rahimnya. Rata-rata kondisi itu berlangsung selama 6,8 tahun setelah melahirkan seperti dikutip New Scientist, Selasa (3/12/2019).

Sedangkan hampir 20 persen wanita yang pernah mengalami tendangan hantu itu mengatakan bahwa mereka bisa merasakannya hampir setiap hari, dan dua kali lipat dari proporsi mengatakan mereka dapat merasakannya lebih dari sekali dalam seminggu.

 

Reaksi Wanita dan Penyebabnya

ilustrasi Photo by Christin Noelle on Unsplash

Sebagian wanita yang merasakan phantom fetal kick menganggap kejadian ini sebagai sesuatu yang positif. Secara emosional hal tersebut membuat mereka merasa kembali bernostalgia saat hamil dan itu membuat mereka merasa terhibur.

Berbeda dengan wanita yang mengalami kelahiran traumatis, aborsi, keguguran, atau bayi meninggal usai lahir. Sensasi tendangan bayi yang mereka rasakan membuat mereka kesal dan juga bingung dengan kondisi yang dialami. Sehingga hal tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan mental ibu di masa-masa rentan mereka.

Susan Ayers di City, University of London, Inggris mengatakan bahwa penelitian tersebut tidak menggambarkan kondisi sepenuhnya mengenai jumlah wanita yang mengalami phantom fetal kicks

Lalu, apa penyebab muncul perasaan ada tendangan janin padahal sudah melahirkan?

Dilansir dari Health, terjadinya phantom fetal kicks masih belum diketahui. Philip Corlett di Yale School of Medicine mengatakan, hal ini mungkin juga tergantung pada bagaimana otak memandang tubuh.

Corlett menambahkan bahwa setelah kehamilan, otak wanita masih mengharapkan sensasi tendangan bayi terjadi hingga menyebabkan beberapa perubahan terjadi di dalam tubuh.

"Ini menggarisbawahi peran harapan dalam persepsi, yang tidak hanya ke dunia luar, tetapi juga pada tubuh Anda, dan saya pikir itu menarik," kata Corlett.

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Temukan Korupsi di Ditjen Pajak, Sri Mulyani Marah Besar

Posted: 02 Dec 2019 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku sangat jengkel sebab masih ada pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang melakukan tindakan koruptif. Kondisi tersebut membuat citra seluruh pegawai Ditjen Pajak tercoreng.

"Jadi dalam konteks sekarang sedang bersihkan birokrasi untuk semakin bersih, kita lihat beberapa failed. Ada di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) yang masih terjadi korupsi," ujarnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Setidaknya, dalam catatan Sri Mulyani, dua kasus yang sangat ekstrem pernah terjadi di Ditjen Pajak. Pertama terdapat petugas pemeriksa wajib pajak yang melakukan tindak korupsi dan kedua kepala kantor pajak yang berperan sebagai mafia pajak. "Kita punya dua ekstrem case dan saya jengkel soal itu," tegasnya.

Untuk itu, dia meminta Inspektorat Jenderal Kemenkeu untuk memberikan sanksi paling berat untuk memberi efek jera berupa pemecatan langsung. Sayangnya, pemecatan langsung membutuhkan proses yang panjang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

"Jadi kalau dibilang PP 53 halangi kita, cari cara lain aja. Kalau Bu Irjen dan Pak Sekjen datang menyampaikan ke meja saya (soal tindakan pemecatan pegawai yang koruptif) itu sudah berapa lama prosesnya. Saya disitu sudah jengkel itu," paparnya.

 

Rusak Citra

Menkeu Sri Mulyani mengumumkan besarnya tarif cukai rokok 2017 di Kantor Pusat Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Pemerintah mengeluarkan kebijakan cukai yang baru melalui Peraturan Menteri Keuangan No 147/PMK.010/2016. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, korupsi yang dilakukan segelintir oknum pada akhirnya merusak citra institusi tersebut. Perilaku tersebut juga membuat kepercayaan masyarakat jadi hilang terhadap Kemenkeu.

"Itu bagian dari betul-betul menakutkan kita. Karena nila-nila setitik itulah membuat kita disaksikan masyarakat 'oh kalau pajak memang identik begitu dari dulu, itu terjadi di semua KPP'. Kan kesel. Padahal 349 KPP kerja bener hanya karena satu semua persepsi jadi begitu. Saya selalu kesel banget soal itu," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulog Fokus Perkuat Sektor Komersil di 2020

Posted: 02 Dec 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) memaparkan kebijakan lembaganya di 2020 akan lebih berfokus pada penguatan peran komersial. Hal ini sejalan dengan berkurangnya penugasan dari pemerintah dalam penyediaan beras bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Kedepannya, Perum Bulog akan lebih meningkatkan kinerja komersial melalui penjualan komoditi pangan melalui online dan offline, juga optimalisasi aset dan penguatan anak perusahaan serta unit bisnis," kata Buwas, di kantornya, Jakarta, Selasa (3/12).

Seperti diketahui, saat ini Perum Bulog telah melakukan sejumlah inovasi bisnis, di antaranya yakni memodernisasi gudang beras yang dimilikinya secara bertahap di seluruh Indonesia, memproduksi beras bervitamin (terfonifikasi) dan terakhir merambah bisnis ecommerce dengan meluncurkan toko pangan online panganandotcom.

"Bahkan sejumlah kerjasama bisnis dengan berbagai BUMN dan pihak swasta lainnya telah dilakukan seperti penyediaan natura karyawan BNI dan BRI, penjualan sembako ke Grab Kios serta sinergi bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam memasok beras ke ritel modern," ujarnya.

Mantan Kepala BNN itu menyatakan, Perum Bulog juga memperoleh sejumlah PMN senilai Rp 2 triliun untuk mendukung penguatan komersial seperti pembangunan CAS (Control Atmosphere Storage), gudang modern kedelai, dan gudang modern beras.

Ditahun depan rencananya akan dilakukan pembangunan CDC (Corn Drying Center), serta MRMP (Modern Rice Milling Plan).

"Namun demikian, sesungguhnya Bulog membutuhkan sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan dari para regulator, berupa regulasi yang jelas dan didukung sistem penganggaran yang jelas serta mudah dilaksanakan sejak dari hulu sebagai bentuk keberpihakan kepada petani dan juga sisi Hilir sebagai bentuk keberpihakan kepada masyarakat sebagai konsumen," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Lapak Online Bulog Diklaim Bisa Singkirkan Mafia Pangan

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Perum Bulog baru saja meluncurkan toko online yang menjual berbagai bahan pokok bernama PangananDotCom.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan, supermall pangan ini bakal mempermudah masyarakat untuk mendapatkan beras dan bahan pokok bermutu tinggi lainnya berkat teknologi yang digunakan.

Namun yang lebih penting, penerapan teknologi ini secara menyeluruh diklaim bisa menutup celah para mafia pangan untuk melakukan aksinya.

"Ke depan kalau sudah ada di seluruh Indonesia, maka nggak ada lagi yang bisa permainkan pangan. Mereka akan mati dengan sendirinya karena nggak ada peluang," tutur Budi dalam paparannya di Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut, Budi menjamin masyarakat bisa mendapat kebutuhan pangan berkualitas dan akan menerima ganti rugi jika mendapat barang yang tidak sesuai lewat platform ini.

Saat ini memang masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati beras premium, terutama keluarga penerima manfaat.

Meski mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), keluarga penerima manfaat tetap kekurangan beras karena ulah mafia pangan.

"Sebanyak 30 persen beras hilang karena adanya mafia ini, ini sudah dibuktikan oleh Satgas Mafia Pangan dan Kepolisian," imbuhnya.

Oleh karenanya, lewat platform ini, Bulog juga bakal menggandeng BPNT agar distribusi beras transparan sehingga mafia pangan tidak punya kesempatan mencuri beras.

Nantinya, penyaluran BPNT lewat PangananDotCom akan dimulai Januari hingga Maret 2020 di Jabodetabek, April hingga November 2020 di Pulau Jawa, dan Desember 2020 di seluruh Indonesia. 

Bulog Luncurkan Toko Online PangananDotcom

Perum Bulog resmi luncurkan platform jual beli online kebutuhan pangan, Panganan.com.

Perum Bulog resmi luncurkan toko online kebutuhan pangan, PangananDotcom. Supermall pangan ini diresmikan oleh Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas di Kantor Bulog DKI Divre Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Selasa (26/11/2019).

Budi menyatakan, hal ini merupakan bagian dari mensukseskan program kerja Presiden ihwal ketahanan pangan.

"Bulog merespons apa yang menjadi programnya Presiden kita, salah satunya ketahanan pangan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Ini membuktikan Bulog mampu mewujudkan ini, selama didukung dengan pengusaha yang punya mindset untuk merah putih," tuturnya.

Hadirnya toko resmi online ini merupakan kolaborasi dari Istoreisend E Logistic Indonesia, Shopee dan JNE.

Bulog berkomitmen menghadirkan beras berkualitas untuk masyarakat dengan turut meluncurkan 50 merek beras baru dengan berbagai macam kualitas seperti premium dan medium maupun beras khusus seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras organik.

Selain itu Bulog juga memperkenalkan beras fortifikasi yang dilengkapi dengan 8 kandungan nutrisi dan merupakan salah satu upaya Bulog untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat dan mengentaskan stunting.

"Selama ini stigma orang kepada Bulog itu berasnya beras jelek. Kita ingin menghapus stigma itu dengan turut menghadirkan beras premium di platform ini," imbuh Buwas. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Topan Kammuri Picu Penutupan Sementara Bandara Internasional Filipina

Posted: 02 Dec 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Manila - Topan Kammuri (atau Tisoy) menghantam Filipina di tengah perhelatan negara itu menjadi lokasi SEA Games 2019. Menurut Badan cuaca nasional Filipina, badai ini bergerak ke arah barat dan kini sedang menuju daerah timur Filipina.

Dilaporkan PhilStar, otoritas cuaca Filipina PAGASA mengingatkan warga di pesisir pantai wilayah timur seperti di daerah Camarines Norte, Camarines Sor, dan Catanduanes untuk waspada gelombang setinggi tiga meter.

Peramal cuaca mengatakan bahwa Topan Kammuri akan tetap kuat, dengan angin yang kencang hingga 155 km/jam, dan embusan maksimum 235 km/jam saat dilacak di barat laut.

Sebagai imbas dari badai tersebut, Manajer Bandara Internasional Ninoy Aquino Manila mengatakan operasi kemungkinan akan dihentikan pada pukul 11.00 waktu setempat sebagai tindakan pencegahan terhadap angin kencang. Demikian dikutip dari Channel News Asia, Selasa (3/12/2019).

Hampir 500 penerbangan dibatalkan sebelum penutupan yang diharapkan, dan pihak berwenang telah memperingatkan penumpang untuk tidak datang ke bandara.

Salah satu terminal yang dikunjungi AFP, yang biasanya ramai dengan keberangkatan pagi, ditempati oleh segelintir staf dan penumpang yang terkena dampak pembatalan penerbangan.

Seorang wisatawan, Constance Benoit dari Kanada mengalami penundaan nyaris sehari untuk penerbangan kembali ke negaranya. Dia tiba di Manila dengan penerbangan Senin pagi dari Pulau Cebu, di tengah terjangan Topan Kammuri.

"Itu adalah penerbangan paling berisiko yang pernah saya rasakan dalam hidup," katanya kepada AFP. "Aku baru tahu apa itu mabuk udara."

Hingga kini, masih belum jelas kapan bandara akan dibuka kembali, tetapi pihak berwenang memberikan perkiraan dan mencatat keputusan mereka akan tergantung pada cuaca.

Kerusakan Parah

Topan Kammuri mulai menyerang Manila, Filipina, Selasa (3/12/2019). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sejauh ini sekitar 340.000 orang telah dievakuasi dari rumah mereka di wilayah Bicol. Namun, beberapa warga memilih tetap bertahan meski topan mulai menyerang.

"Angin menderu. Atapnya robek dan saya melihat satu atap beterbangan," kata warga setempat Gladys Castillo Vidal kepada AFP.

"Kami memutuskan untuk tetap tinggal karena rumah kami terbuat dari beton dua lantai ... Mudah-mudahan bisa tahan terhadap badai."

Sekolah-sekolah mulai dari PAUD hingga SMA di Manila juga sudah diliburkan mulai hari Senin pukul 12 siang. Hingga informasi Senin sore, kecepatan angin antara 140-170 km per jam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019, Siaran Langsung Persib Bandung Vs Persela Lamongan Hari Ini

Posted: 02 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan meladeni Persela Lamongan dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Selasa (3/12/2019) WIB di stadion Si Jalak Harupat. Laga ini penting bagi kedua tim yang sedang berjuang memperbaiki peringkat di tabel klasemen.

Persib Bandung sampai pekan ke-29 masih tertahan di posisi ke-9 dengan 41 poin. Tambahan tiga poin atas Persela akan membawa mereka naik ke lima besar klasemen Shopee Liga 1 2019.

Selain itu, pertandingan ini juga dapat menjadi jalan Persib kembali ke jalur kemenangan. Pada dua laga sebelumnya, Persib imbang 0-0 atas Barito Putera dan ditekuk 2-3 oleh Bali United, yang telah ditahbiskan sebagai juara.

Di sisi lain, Persela juga butuh poin penuh. Laskar Joko Tingkir sedang berjuang menjauh dari zona degradasi.

Skuat polesan Nil Maizar kini berada di peringkat ke-15 alias batas aman bertahan di Shopee Liga 1 2019. Persela mengemas 31 poin, hanya unggul 1 poin dari tim peringkat ke-16, Badak Lampung.

Selain laga Persib Bandung vs Persela, masih ada laga Shopee Liga 1 2019 lainnya yang akan berlangsung hari ini. Berikut jadwal selengkapnya.

 

Jadwal Liga 1

Para pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak Nick Kuipers ke gawang Tira Persikabo dalam laga tandang pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (14/9/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Selasa 3 Desember 2019

15.30 WIB, PSS Sleman vs Badak Lampung, Live O Channel

18.30 WIB, Persib Bandung vs Persela Lamongan, Live Indosiar

 

Klasemen Liga 1

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wawancara Khusus Dirut KTI Agus Nizar Vidiansyah: Beri Insentif untuk Bantu Jaga Lingkungan

Posted: 02 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., PT Krakatau Tirta Industri (KTI) turut menjadi satu dari 3 anak usaha berkinerja emas yang membantu menopang kinerja induk usaha.

Dalam wawancara ekslusif Liputan6.com bersama Direktur Utama KTI Agus Nizar Vidiansyah, disampaikan bahwa KTI menjalankan misi profesional dengan baik dan senantiasa menjaga lingkungan dengan memberi insentif pada masyarakat yang menggunakan aliran air permukaan di sungai yang dimanfaatkan oleh KTI.

Langkah yang dinilai efektif ini membawa kinerja perusahaan tumbuh positif sekaligus mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Presiden SBY pada 2013. Untuk kisah lebih lengkap, simak tanya jawab wawancara eksklusif di bawah ini:

Apa definisi dan peran Krakatau Tirta Industri (KTI)?

PT Krakatau Tirta Industri itu perusahaan penyedia air di kawasan industri Cilegon ini. Kalau ditanya peran KTI, sebetulnya bisa ditarik pada hal mendasar lagi, soal apa peran air di industri? Atau bahkan lebih mendasar lagi, apa peran air bagi investasi?

Sebagai contoh, beberapa waktu yang akan datang, di kawasan industri Cilegon ini, akan hadir investor besar yang akan menggelontoran dana hingga Rp 50 triliun. Persyaratan yang mereka minta adalah ketersediaan air itu cukup untuk wilayah ini.

Jadi, kalau ditanya peran untuk masyarakat itu pastilah, air bersih itu salah satu development goal, tujuan pembangunan ketersediaan air bersih buat masyarakat. Bagi industri juga itu sangat vital, kalau tidak ada air yang cukup, investasi tidak akan masuk ke wilayah ini.

Apa bisnis utama KTI?

Sebenarnya bisnis utama KTI ini penyediaan air bersih. Hanya saja ada beberapa kebutuhan khusus dari industri, misalnya mereka meminta demin water (air demineralisasi), kemudian juga meminta pengolahan air limbah dan lain sebagainya. Hal ini kemudian yang mendorong KTI untuk melakukan pengembangan bisnis melalui unit bisnis.

KTI sekarang membentuk anak usaha khusus namanya Krakatau Tirta Operasi dan Pemeliharaan (KTOP). Jadi, perusahaan ini dibentuk atas sebuah kesadaran, atau menyediakan air itu ada keterbatasannya.

Tapi untuk industri, selain terkait masalah air juga ada kebutuhan pengolahan air limbah, kemudian pembuatan air spesial misalnya demin water, atau berkadar silika rendah, atau pembuatan atau penggabungan instalasi air limbah secara terpadu di kawasan dan lain sebagainya. Itulah yang merupakan layanan-layanan dari perusahaan KTI yang kemudian dispesialisasikan ke anak perusahaan KTOP tadi.

Bagaimana sumber pengolahan air oleh KTI?

Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri Agus Nizar Vidiansyah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebagai generasi saat ini, saya sangat mengapresiasi visi dari para pendahulu yang membuat kawasan industri di sini ya. Jadi, bukan KTI tapi Krakatau Steel Group ini sejak tahun 1970-an, para pendahulu telah membuat sebuah jalur main distribusi yang arahnya itu sekitar 15-30 kilometer ke arah Cidanau di sana.

Jadi, daerah Banten ini dikaruniai sebuah kawasan alam yang sangat terberkahi, karena dia merupakan satu reservoar alami yang menyimpan air yang berasal dari 3 gunung besar, ada Pulosari, Aseupan, dan satu gunung lagi, Gunung Karang. Ketiga gunung ini kemudian yang secara langsung maupun tidak langsung secara geografis mendukung terbentuknya danau purba yang sudah diakui sebagai warisan dunia, Rawa Dano namanya.

Nah, dari Rawa Dano ini mengalir air sampai ke laut, sesaat sebelum air ini terbuang langsung ke laut, KTI mengolah air di sana. Jadi, sungai ini namanya sungai Cidanau. Kapasitasnya di musim hujan bisa sampai 4000 liter per detik, di musim kemarau kisarannya 1200-1500 liter per detik.

Dari sana disalurkan ke pipa utama KTI sepanjang kira-kira 30 km ke Cilegon. Jadi pendahulu kami sudah membebaskan lahan sepanjang 30 km untuk membuat jalur air hingga ke kawasan ini.

Dan hari ini KTI tidak hanya mengelola sungai Cidanau saja, tapi juga ada tambahan lagi 15 km lebih jauh lagi dan di lokasi tersebut kita memanfaatkan salah satu aliran sungai, namanya sungai Cipasauran, oleh karenanya kami sekarang punya air, diberi hak pengelolaan air oleh pemerintah 2400 liter per detik. Air itu lah yang dibawa oleh KTI untuk diolah menjadi air bersih, kemudian didistribusikan ke industri-industri dan pelanggan KTI lainnya.

Ada sekitar 100-an industri besar yang menggunakan air KTI, tapi tentu saja KTI juga tidak lupa memenuhi kewajiban publiknya, yaitu sebagian air KTI itu kita alirkan untuk masyarakat Cilegon, melalui PDAM. Jadi seperti itulah kira-kira proses air dari hulu hingga diterima atau dikonsumsi oleh industri maupun masyarakat.

Kemana sebaran distribusi air KTI?

Industri itu ya tentu Krakatu Steel sekitar 10-13 persen . Kemudian Krakatau Steel Group-nya, jadi anak-anak usaha Krakatau Steel sekitar segitu juga lah, jadi totalnya 26 persen. Kemudian untuk masyarakat juga sekitar 13 persen, dan sisanya masih 50 persen lebih untuk industri lainnya.

Bagaimana peran teknologi dalam pengolahan air di KTI?

Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri Agus Nizar Vidiansyah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

KTI, alhamdulillah, sampai hari ini sampai sudah mengalami seluruh teknologi yang ada di dalam pengolahan air, ada teknologi konvensional, ada yang menggunakan exchanger, ada yang menggunakan osmosis, dan bahkan kita itu dalam waktu dekat sedang bekerja sama juga dengan salah satu industri besar akan membangun teknologi pengolahan air laut.

Karena di Cilegon ini, menurut perkiraan di tahun 2035 kebutuhan airnya itu hingga 4900 liter perdetik. KTI hari ini baru sanggup menyediakan 2400 liter per detik. Makannya kita akan membangun instalasi pengolahan air laut sekitar 1000 liter per detik, dan itu totalnya baru 3400 liter per detik, dan sisanya kita masih mengaharapkan ada saluran air yang dialokasikan oleh pemerintah ke arah Cilegon, sekitar 1000 sampai 1500 liter per detik.

Jadi, teknologi sangat penting bagi KTI, dan mudah-mudahan teknologi yang semakin baik, akan membuat pengolahan air di KTI itu semakin efisien, dan ujungnya juga masyarakat, dan industri akan mendapatkan air yang lebih mudah dijangkau.

Saat ini, kekeringan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Bagaimana KTI sebagai perusahaan pengelola air dalam menanggapi hal ini?

Saya beberapa kali juga ditanya masalah ini, tapi kami selalu menjawab bahwa sebetulnya ada beberapa antisipasi yang dilakukan oleh KTI secara menyeluruh. Yang pertama, sebetulnya KTI itu komitmen penyediaan airnya dengan menghitung neraca air di musim kemarau. Jadi, kalau bilang sanggup menyediakan 2400 liter per detik, itu artinya sebetulnya hitungan kemarau. Kalau hitungan musim hujan lebih besar dari itu.

Jadi, alhamdulilah sampai hari ini kemarau itu tidak terlalu terasa pengaruhnya bagi KTI, karena komitmen kami dihitung musim kemarau, kecuali kalau ada musim kemarau yang sangat ekstrim dan sangat panjang.

Sebenarnya tahun ini kemaraunya sudah satu bulan lebih panjang dari perkiraan kami. Namun, kami punya mitigasi yang kedua, yang ini rasanya juga berkah buat KTI dan kawasan ini, karena tidak semua memiliki berkah ini.

KTI punya waduk, yang kami jadikan reservoar yang kapasitasnya 5 juta meter kubik. waduk ini sebenarnya diisi dari kelebihan-kelebihan air di musim hujan di sungai Cidanau pada musim hujan.

Nah, pada saat musim kemarau jika ketersediaan air dari sumber alaminya kurang, maka dari waduk ini kita gelontorkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi 5 juta meter kubik ini dalam hitungan kami bisa memenuhi kebutuhan 4 bulan musim kemarau. Dan secara statistik di wilayah ini, kemarau itu kisaran sekitar 4 bulanan.

Kalau musim hujan, seperti yang saya sampaikan tadi, seperti sungai Cidanau saja itu debitnya bisa 4000 liter per detik. Kita bisa tambah buat instalasi air yang lebih besar lagi dari itu. Tetapi, yang namanya bisnis air kan tidak bisa hanya berjalannya di musim hujan saja, tapi kemudian di musim kemarau kita tidak supply.

Komitmennya sepanjang waktu. Tetapi nanti jika kami sudah memiliki instalasi pengolahan air laut, itu bisa kita anggap sebagai reservoar buatan. Jadi di musim hujan mungkin kita alirkan air permukaan, kemudian di musim kemarau pengolahan air laut ini yang kita aktfikan, sehingga dengan mixing product-nya membuat cost-nya lebih efisien.

Apa teknologi yang akan dikembangkan untuk mengantisipasi kekeringan?

Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri Agus Nizar Vidiansyah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kalau teknologinya memang sudah existing ya, sekarang menggunakan teknologi membran. Hanya saja kami berharap semakin ke depan, teknologi tersebut ssemakin diproduksi masal, kemudian menjadi murah, itu dari sisi teknologi. Kalau dari sisi pembangunannya sendiri sekarang dalam tahap feasibility study, mudah-mudahan diharapkan bisa beroperasi di awal tahun 2024.

Pada dasarnya sebetulnya, pengolahan air laut itu lebih mahal dari pengolahan air permukaan. Tetapi untuk masalah ini dikawasan ini memang ada water scarcity. Keterbatasannya memang, kedua sungai tadi maksimal cuma bisa menyediakan 2400 liter per detik.

Jadi, kalau industri-industri baru yang hadir membawa investasi ke wilayah ini pasti tetap membutuhkan air, dan airnya mau nggak mau kita harus mencari dari sumber yang lain, salah satunya air laut.

Kita ada istilah membagi KTI itu ada yang 1.0 (one point o) dan 2.0 (two point o). Yang 1.0 itu misinya, adalah memenuhi sebagian besar kebutuhan air di wilayah ini.

Jadi, kalau menurut perkiraan tahun 2035 itu kebutuhan wilayah ini 4900 liter per detik, maka kita arahkan kapasitas KTI itu mendekati angka itu. Sekarang sudah 2400, nanti kemudian dengan air laut itu 1000 liter per detik. Dan kita juga sedang mencari saluran air sekitar 1000, ya totalnya akan mendekati angka tersebut, dengan berbagai teknologi.

Dan satu lagi, sebetulnya kita menamakan KTI 2.0. KTI 2.0 itu ada dua bagian besar., yang pertama adalah berkontribusi dan berpatisipasi disistem penyediaan air di wilayah-wilayah lain. Seperti sekarang KTI sedang membangun infrastruktur SPAM dengan PT PP (Persero) Tbk. di Gresik. KTI juga sedang mencoba kontribusi serupa di tempat-tempat lain, seperti di Kendari, di Bali, Palembang, dan lain sebagainya.

Kemudian selain itu, kami juga melayani kebutuhan-kebutuhan air khusus, demin water, pengolahan limbah, dan lain sebagainya, atau silika rendah.

Apa saja nilai-nilai yang dikembangkan KTI untuk menjaga lingkungan?

Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri Agus Nizar Vidiansyah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nilai yang dikembangkan KTI ada 8, mulai dari excellent, quality, dan lain sebagainya sampai ecofriendly. Dan ini secara kebetulan, huruf-huruf awalnya itu kalau kita susun, itu menjadi kata EQuIPOISE, dan ini beneran tidak pernah dimaksudkan bentuk kata itu, jadi kami menganggapnya sebagai message from beyond.

Jadi EQuIPOISE itu artinya keseimbangan, makannya tagline di KTI itu, Nurturing Nature for Harmonious and Sustainable Growth. Jadi, kita itu untuk tumbuh yang sustain, justru dengan memelihara alam. Makanya di KTI ada program-program, yang salah satu contohnya itu jasa lingkungan. Jasa lingkungan itu kita memberikan insentif kepada masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai, yang bisa menjaga kelestarian pohon-pohon.

Alhamdulilah sudah dijalankan beberapa lama, dan sekarang selain KTI, sudah ikut berkontribusi juga industri-industri sekitar sini, itu terbukti ketersediaan air di sungai Cidanau, itu memang debitnya turun di musim kemarau. Tapi ketersediaan airnya tetap seperti yang kami janjikan. Kalau di tempat-tempat lain seperti Cisadane, Ciujung dan lain sebagainya, memang turunnya sudah lebih seperti biasanya.

Tapi alhamdulilah Cidanau ini menyediakan air masih sesuai harapan kita, dia berkurang tetapi memang sudah kita perkirakan kekurangannya itu. Artinya program-program tersebut sudah memberikan hasil yang baiklah untuk kami.

Karena komitmen KTI itu program jasa lingkungan, model yang memberikan insentif kepada masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian daerah aliran sungai, akan kita perluas juga ke sungai-sungai kelolaan KTI, misalnya seperti sungai di Cipasauran, jika kita mendapatkan ijin pemanfaatan sumber daya air pada sungai di tempat-tempat yang lain.

Saat ini sungai yang dikelola KTI baru dua, Cipasauran dan Cidanau. Dan kemudian kita juga punya program KTI itu menanam satu juta pohon hingga tahun 2020, di daerah-daerah aliran sungai, dan tempat-tempat yang berpotensi jadi catchment area utnuk menangkap air.

Kita juga beri kesadaran bahwa ini adalah kepentingan bersama, tetapi tentu kita juga tidak bisa menafikan kepentingan pragmatis disaat itu. Sebenernya apa yang membuat masyarakat itu menebang pohon? Kebutuhan ekonomi kan? Oleh karenanya KTI mempunyai ide untuk mensubstitusi pemenuhan kebutuhan ekonomi, kalau masyarakat di sana tidak menebang pohon, maka kita berikan insentifnya, dan itu efektif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Fungsi Plasenta bagi Janin, Wajib Dipahami Ibu Hamil

Posted: 02 Dec 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Plasenta merupakan suatu organ dalam kandungan yang terdapat selama kehamilan. Fungsi plasenta bagi janin sebagai pertukaran produk-produk metabolisme dan produk gas antara peredaran darah ibu hamil dan janin.

Plasenta terbentuk dan berkembang di tempat melekatnya sel telur yang sudah dibuahi di dinding rahim. Fungsi plasenta bagi janin selain sebagai pemasok oksigen, pembuang karbon dioksida, dan penyedia nutrisi bagi janin, plasenta juga berperan penting dalam menyingkirkan zat berbahaya dari darah janin.

Tak heran, pertumbuhan dan perkembangan plasenta penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Karena memiliki peran yang sangat penting, maka menjaga kondisi plasenta sangat penting demi kelancaran kehamilan.

Fungsi plasenta bagi janin ini sangat penting untuk menjaga janin tetap hidup selama di dalam kandungan. Masih ada banyak lagi fungsi lainnya, berikut sembilan fungsi plasenta bagi janin yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019).

Penghasil Hormon dan Pemberi Nutrisi

Fungsi Plasenta bagi Janin (iStock)

Penghasil Hormon

Fungsi plasenta bagi janin pertama sebagai kelenjar untuk melepaskan semua hormon penting yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan bayi dan persiapan menyusui. Beberapa hormon yang dilepaskan oleh plasenta seperti Human Chorionic Gonadotropin (hCG), progesterone, estrogen, dan human lactogen plasenta.

Hormon-hormon inilah yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan aliran darah, merangsang pertumbuhan rahim, dan jaringan payudara, memperkuat lapisan rahim, dan mempercepat metabolisme tubuh ibu hamil.

Pemberi Nutrisi untuk Janin

Ketika ibu hamil makan, tubuh Anda akan memecah makanan dan protein agar masuk ke aliran darah. Selama kehamilan inilah, nutrisi yang dibawa melalui aliran darah ibu akan ikut dialirkan ke plasenta.

Proses ini berjalan melalui tali pusar yang terhubung ke bayi, asupan nutrisi ini akan ditransfer langsung ke janin. Hal inilah yang kemudian menjadi makanan bayi yang dikandung selama kehamilan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Oleh karena itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk memperhatikan dan menjaga asupan nutrisi dan gizi selama kehamilan.

 

Penghasil HCG, Estrogen dan Progesteron

Fungsi Plasenta bagi Janin /Copyright shutterstock.com

Penghasil HCG

Hormon pertama yang dihasilkan oleh plasenta disebut sebagai human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon inilah yang bertanggung jawab untuk mengehntikan siklus menstruasi dengan mempertahankan Corpus luteum di indung telur atau ovarium.

HCG memiliki efek anti-bodi, melindungi janin dari reaksi penolakan tubuh ibu hamil. HCG juga membantu janin laki-laki dengan merangsang testis untuk memproduksi testosteron.

Penghasil Estrogen

Estrogen merupakan hormon penting dalam proses proliferasi sel-sel tertentu, yaitu merangsang pembesaran payudara dan rahim. Hal ini memungkinkan pertumbuhan janin dan produksi air susu ibu.

Estrogen juga bertanggung jawab untuk meningkatkan suplai darah menjelang akhir kehamilan melalui aktivitas vasodilatasi. Kadar estrogen selama kehamilan ini dapat meningkat hingga tiga puluh kali lipat saat tidak hamil.

Penghasil Progesteron

Hormon progesteron akan membantu embrio atau sel telur yang dibuahi untuk menempel dan tertanam dalam rahim. Hormon ini juga akan mempengaruhi saluran tuba dan rahim dengan merangsang peningkatan sekresi yang diperlukan untuk menutrisi janin. Fungsi progesterone seperti hCG diperlukan untuk mencegah aborstus spontan atau keguguran guna mencegah kontraksi rahim.

Penghasil Laktogen dan Bertindak Sebagai Paru-paru

Ilustrasi ibu hamil (iStockphoto)

Penghasil Laktogen

Fungsi plasenta bagi janin berikutnya untuk menghasilkan hormon laktogen. Hormon ini identik dengan struktur hormon pertumbuhan yang ada pada setiap wanita, namun pada wanita hamil laktogen bisa mencapai seribu kali konsentrasi normal.

Tugas hormon ini untuk menghambat insulin ibu hamil, yang bertujuan agar glukosa darah tidak banyak yang masuk ke sel tubuh ibu, sehingga meningkatkan kadar glukosa darah untuk membuat lebih banyak yang tersedia bagi janin.

Bertindak Sebagai Paru-paru

Fungsi plasenta bagi janin berikutnya berguna untuk menyediakan 100 persen kebutuhan oksigen bayi. Sama seperti tubuh Anda yang menyediakan oksigen ke semua organ dan jaringan melalui aliran darah, tubuh Anda juga akan mengirimkan oksigen ke bayi melalui plasenta.

Plasenta akan mentransfer oksigen yang diperlukan bayi ke atli pusar untuk dialirkan ke aliran darah bayi. Jadi, apabila kamu bernapas, kamu juga akan bernapas untuk janin yang sedang di kandung.

 

Penyaring Zat Berbahaya dan Melindungi dari Infeksi

Ilustrasi ibu hamil (iStock)

Penyaring Zat Berbahaya

Fungsi plasenta bagi janin selanjutnya bertindak seperti ginjal, yaitu menyaring darah untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dan zat buangan yang tidak diperlukan. Misalnya saja seperti karbondioksida, yang kemudian diteruskan ke aliran darah ibu untuk kemudian dibuang oleh sistem dalam tubuh ibu.

Melindungi Bayi dari Infeksi

Fungsi plasenta bagi janin lainnya untuk melindunginya dari infeksi. Sebelum bayi dilahirkan, bayi akan mendapatkan antibody melalui plasenta.

Antibodi ini nantinya akan membantu memberikan perlindungan sistem kekebalan tubuh untuk awal kehidupan bayi. Pada beberapa situasi, plasenta dapat membantu melindungi janin dari infeksi saat berada di dalam rahim.

Apabila ibu hamil memiliki infeksi bakteri, plasenta membantu melindungi bayi dari infeksi bakteri tersebut. Namun, dalam beberapa kasus infeksi virus yang serius, plasenta mungkin tidak bisa memberikan perlindungan yang efektif.

 

Faktor Risiko Terkena Gangguan pada Plasenta

Fungsi Plasenta bagi Janin /Copyright shutterstock.com

Fungsi plasenta bagi janin dan ibu hamil sangat penting untuk kelancaran kehamilan. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan secara berkala untuk mengurangi risiko terkena gangguan pada plasenta.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat memperbesar kemungkinan ibu hamil terkana gangguan plasenta. Berikut beberapa faktor risiko yang membuat Anda lebih memungkinkan mengalami gangguan plasenta:

- Wanita hamil berusia di atas 40 tahun.

- Tekanan darah tinggi.

- Gangguan pembekuan darah.

- Ketuban pecah lebih cepat sebelum waktu bersalin.

- Ibu hamil yang mengandung bayi kembar.

- Ibu hamil yang menggunakan narkoba.

- Ibu hamil pernah mengalami cedera perut, seperti terjatuh atau perut terbentur.

- Ibu hamil pernah mengalami gangguan plasenta pada kehamilan sebelumnya.

- Ibu hamil yang pernah menjalani prosedur medis pada rahim, seperti operasi Caesar atau kuret.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dimonopoli Pertamina, Menko Luhut Sebut Banyak Perusahaan Ingin Jual Avtur

Posted: 02 Dec 2019 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendesak PT Pertamina (Persero) agar tidak memonopoli penjualan avtur di dalam negeri.

"Paling tidak dua (operator penjualan avtur) lah, jangan satu, jangan monopoli. Dimana-mana monopoli tidak bagus," tegas dia saat Rapat Koordinasi (Raker) Tahunan Kementerian Perhubungan di Grand Mercure Hotel, Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia pun menyatakan, banyak operator lain di luar Pertamina yang berebut untuk bisa menyediakan pasokan avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang.

"Orang rebutan, banyak yang mau. Tinggal nanti Kementerian Perhubungan seleksi mana kira-kira yang memenuhi standar kita juga," ucap dia.

Luhut pun mengatakan, berbagai instansi pemerintah akan segera berkoordinasi untuk mencegah penjualan avtur tidak dimonopoli oleh satu pihak.

"Avtur ya enggak mungkin satu orang. Jadi nanti kami akan rapat jam 4, nanti kita lihat," ujar dia.

Tindak ini dilakukan lantaran pemerintah ingin operator lain saling terlibat, sehingga terjadi efisiensi cost dalam penyediaan avtur pada industri penerbangan dalam negeri.

"Kenapa orang (negara) lain bisa lebih murah dari kita? Pasti ada yang salah. Orang lain enggak punya minyak, udara aja impor, kok bisa lebih murah dari kita. Tentu ada yang salah. Sekarang oleh perhubungan, oleh kami semua akan diperbaiki," tutur dia.

Pengamat: Swasta Boleh Jual Avtur tapi Harga Tak Boleh Beda

Pertamina prediksi kenaikan penyaluran avtur sekitar empat persen pada musim haji 2018 (Foto:Dok Pertamina)

Sebelumnya, harga avtur yang dijual PT Pertamina (Persero) masih dikeluhkan mahal, sehingga menjadi salah satu pemicu mahalnya tiket pesawat. Untuk membuat harga avtur turun muncul wacana swasta akan diberikan kesempatan menjual bahan bakar tersebut.

Pengamat Energi Direktur Puskepi ‎Sofyano Zakaria mengatakan, pada dasarnya harga jual eceran avtur di Indonesia harus mengacu pada Ketentuan yang diatas dalam Keputusan Menteri ESDM RI nomor 17K/10/MEM/2019, tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakat Minyak Umum Jenis Avtur Yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara. 

Dengan begitu pihak swasta yang berjualan avtur di Indonesia harus mengacu pada formula harga yang sama.

"Badan Usaha apapun tanpa terkecuali BUMN Pertamina pasti menetapkan harga jual avtur mengacu kepada ketentuan yang ditetapkan pemerintah,"‎ kata Sofyano, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dia melanjutkan, dalam struktur harga avtur Pertamina terdapat komponen PPN sebesar 10 persen, PPh dan Iuran Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Kondisi ini tentunya membuat harga avtur yang dijual Pertamina menjadi lebih tinggi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Subianto soal Ledakan di Monas: Polisi Masih Investigasi

Posted: 02 Dec 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku sudah mendapat laporan tentang ledakan di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Dia mengatakan, polisi tengah menyelidiki ledakan.

"Ya saya juga baru dengar tadi pagi, kita lihat perkembangan penyelidikan investigasi ya," kata Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, ledakan di Monas itu berasal dari granat asap. Namun, dia meminta masyarakat bersabar tentang asal muasal granat asap yang meledak.

"Saya tidak tahu yah. Nanti kan ada pihak yang selidiki, (infonya granat asap) saya tidak tahu, jangan tanya saya. Kita tunggu nanti," ujar Prabowo.

Sebelumnya, terjadi sebuah ledakan di Monas, Jakarta Pusat. Dua anggota TNI mengalami luka berat akibat luka tersebut.

 

 

Korban Dirawat

Olah TKP ledakan di Monas. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Gatot menuturkan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.15 WIB tadi. Saat kejadian, sejumlah anggota TNI tengah berolah raga di kawasan Monas.

"Hasil sementara kita ada korban dua anggota TNI yang sekarang dirawat di RSPAD. Lukanya satu di tangan dan satu di paha," tuturnya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Ribu Ton Beras Bulog Nyaris Busuk, Ini Penyebabnya

Posted: 02 Dec 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 20 ribu ton stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang disimpan oleh Perum Bulog terancam busuk. Hal tersebut terjadi karena telah berada di gudang selama 4 bulan dan belum disalurkan sehingga mengalami penurunan mutu.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Tri Wahyudi, mengungkapkan beberapa penyebab macetnya penyaluran beras tersebut sehingga mengalami penurunan mutu. Salah satunya adalah karena bencana alam.

"Banyak faktor, ada di satu daerah yang kena banjir, itu berpengaruh," kata dia, di kantornya, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia mengungkapkan, salah satu gudang Bulog terkena banjir sehingga merusak kualitas beras yang tersimpan di sana.

Faktor kedua adalah adanya pengalihan program bantuan sosial (bansos) dari beras sejahtera (rastra), ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Tadi pengalihan dari rastra ke BPNT itu pengaruh juga. Kan dari 2,3 juta ton (penyaluran untuk bansos), sekarang jadi 300 ribu ton, kan banyak. Dan beras itu kan barang mudah rusak. Coba taruh beras di rumah sebulan rusak tidak? Rusaklah. Apalagi BPNT dari 2017 untuk 45 kota, itu kan pengaruh ya, di antaranya," ungkapnya.

 

Kurang Koordinasi

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Faktor selanjutnya adalah kurangnya intensitas rapat koordinasi terbatas (rakortas) yang dipimpin Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sejak pergantian menteri baru. Sehingga, sampai saat ini Bulog belum menerima arahan dalam menyalurkan CBP.

"Belum (ada penugasan lagi), tanya Pak Menteri yang baru saja," ujarnya.

Kendati demikian dia menegaskan Bulog akan terus mengupayakan agar beras-beras yang mengalami penurunan mutu tersebut masih dapat dimanfaatkan dan tidak dimusnahkan. Salah satunya melalui jalur komersial perusahaan.

Hal itu juga bertujuan untuk menyeimbangkan kinerja keuangan perusahaan yang juga harus menjalankan segmen penugasan atau public service obligation (PSO).

"Tapi kita nggak berkecil hati, kita tetap jual komersial. Makanya tadi Pak Buwas menegaskan 2020 kita menguatkan komersial," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rebut Emas, Jauhari Johan Lewati Target di SEA Games 2019

Posted: 02 Dec 2019 08:35 PM PST

Jakarta Atlet triathlon Indonesia, Jauhari Johan mempersembahkan emas untuk Indonesia di duathlon (lari dan bersepeda) perorangan putra SEA Games 2019. Jauhari kaget bisa meraih emas karena ini melewati targetnya.

Menjalani pertandingan di Subic Bay Boardwalk, Senin (2/12/2019), Jauhari berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 1 jam 52 menit 51 detik.

Sementara itu, medali perak SEA Games 2019 diraih atlet Filipina, Joey De Los Reyes, dengan catatan waktu 1 jam 53 menit 4 detik. Finis di posisi ketiga ditempati Nattawut Srinate asal Thailand dengan catatan waktu 1 jam 53 menit 5 detik.

Dengan tetap menjaga kecepatan bersepeda dan berlari dengan tidak memaksakan menyusul lawan di depannya, Jauhari mampu membuat ritme transisi antara bersepeda dan lari dengan baik.

Selain itu, Jauhari Johan ditargetkan hanya meraih medali perak. Namun, berkat persiapan yang cukup bagus akhirnya dia mampu melampaui target dengan meraih emas.

"Memang saya tetap menjaga kecepatan lari saya dan di sepeda juga tetap menjaga kecepatan saya. Alhamdulillah, di 600 meter terakhir saya bisa mengambil posisi terdepan dan sampai finis," ujar Jauhari.

"Target awal sih medali perak SEA Games 2019, tetapi saya bersyukur bisa menyumbang medali emas," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: