Minggu, 01 Desember 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Alasan Shawn Mendes Batalkan Konser

Posted: 01 Dec 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Alasan Shawn Mendes Batalkan Konser

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Nama-Nama Bakal Calon Ketua Umum DPP Golkar

Posted: 01 Dec 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sembilan tokoh Partai Golkar telah melakukan pendaftaran sebagai bakal calon Ketua Umum DPP Partai Golkar sejak pendaftaran dibuka Kamis 28 November 2019.

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Munas Partai Golkar, Christina Aryani mengatakan, dari sembilan bakal calon ketua umum yang telah mengambil formulir, dua di antaranya sudah mengembalikan berkas pendaftaran itu.

"Ada sembilan orang yang mengambil formulir sebagai bakal calon ketum. Dua sudah mengembalikan berkas pendaftaran yaitu Ridwan Hisjam dan Ali Yahya," kata Christina, di Jakarta, Senin (2/12/2019), seperti dilansir Antara.

Beberapa nama lain yang telah mengambil formulir pendaftaran calon Ketua Umum Golkar antara lain Airlangga Hartarto, Bambang Soesatyo, Indra Bambang Utoyo, dan Agun Gunandjar Sudarsa.

"Pak Airlangga saya dengar dari panitia akan menyerahkan berkas jam 15.00 hari ini," kata Christina.

 

Batas Akhir Penyerahan Formulir

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar itu mengatakan batas akhir pengembalian formulir atau berkas pendaftaran yakni pukul 22.00 WIB.

Munas Golkar 2019 akan diselenggarakan pada Selasa (3/12) hingga Jumat (6/12). Munas Partai Golkar akan dibuka Presiden Joko Widodo.

Meskipun sejumlah polemik mewarnai internal Partai Golkar menjelang pelaksanaan Munas, namun sejumlah politisi senior Golkar meyakini Munas Golkar tidak akan menimbulkan perprcahan apalagi sampai menyulut terciptanya partai baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paus Fransiskus Kecam Perilaku Konsumtif Saat Natal

Posted: 01 Dec 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya turun salju, penurunan harga alias diskon besar-besaran sudah menjadi "tradisi" dari Hari Raya Natal di berbagai negara.

Tren belanja Natal ternyata tidak membuat Paus Fransiskus senang. Ia mengecam kelakuan konsumtif yang disebutnya sebagai virus yang menyerang iman.

Dilaporkan DW, Senin (2/12/2019), Paus Fransikus pun mengingatkan bahwa makna hidup bukanlah berarti menimbun materi. Para jemaah di Vatikan pun ia ajak supaya jangan terlena "cahaya konsumsi yang menyilaukan" yang akan banyak muncul di musim natal ini.

"Jika kamu hidup demi materi, maka hal itu tidak akan terasa cukup, rasa tamak tumbuh, orang lain pun malah (dianggap) menjadi penghalang dalam kompetisi," ujar Paus pada sebuah misa di Vatikan.

Paus Fransiskus juga menyayangkan budaya konsumerisme sedang merajai dunia. Menurutnya, tingkah konsumtif membuat orang percaya bahwa kehidupan bergantung pada apa yang mereka miliki, bukan kepada iman.

Statista memperkirakan belanja musim liburan natal tahun ini akan menembus USD 729,3 miliar atau Rp 10.301 triliun (US$ 1 = Rp 14.124), dan itu baru untuk satu negara saja, yakni Amerika Serikat.

Di AS, belanja musim dingin atau natal dimulai ketika belanja Thanksgiving di akhir November dan terus menyambung hingga Natal. Tahun ini, warga AS rata-rata menghabiskan hingga US$ 846 (Rp 11,9 juta) untuk hadiah natal.

Jangan Tamak dan Konsumtif

Paus Fransiskus berbincang saat menggelar jamuan makan siang di Aula Paul VI, Vatikan, Minggu (17/11/2019). Paus Fransiskus mengundang sekitar 1.500 orang miskin, tunawisma, imigran dan pengangguran untuk makan siang dalam memperingati Hari Orang Miskin Sedunia. (AP/Alessandra Tarantino)

Pada hari Natal tahun lalu, Paus Fransiskus juga mengungkap kritikan serupa pada budaya konsumerisme. Ia pun mengajak jemaah agar merenung supaya sadar bahwa kehidupan tidak perlu bergantung pada materi.

"Mari kita bertanya pada diri sendiri: Apa saya benar-benar butuh materi dan resep-resep rumit agar bisa hidup? Bisakah saya hidup tanpa segala barang-barang ekstra yang tak diperlukan ini dan memberikan hidup rasa sederhana yang lebih besar?" ujar Paus Fransiskus pada misa malan Natal di Vatikan.

Paus Fransiskus pun menyayangkan bahwa masih banyak orang kelaparan setiap harinya, tetapi banyak orang yang menghamburkan uang demi belanja.

"Zaman sekarang, bagi banyak orang makna hidup ada dalam memiliki, dalam kebanyakan memiliki materi. Rasa tamak menandai sejarah manusia, bahkan hari ini terdapat paradoks, ada beberapa yang makan malam dengan mewah, sementara banyak yang tidak bisa makan roti untuk bisa bertahan hidup sehari-hari," kata Paus Fransikus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malas ke SPBU, Coba Layanan Baru dari Pertamina

Posted: 01 Dec 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menghadirkan layanan baru bernama 'Pertamina Delivery Service'. Layanan jemput bola ini ditujukan bagi konsumen yang "malas" ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Kalau misal konsumen agak males ke SPBU, bisa nih daripada ngantri mending call 135," terang Arif Wahyu Perdana, Sales Branch Manager PT Pertamina di Istora Senayan, Jakarta, akhir pekan lalu.

Dirinya menjelaskan, untuk saat ini produk yang bisa dilayani hanya Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Adapun cakupan wilayah yang dijangkau meliputi Jakarta, Bogor Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Lalu berapa isi dan harganya?

"Isi dari satu drigennya berisi 10 liter dan maksimal pembeliannya 30 liter. Karena masih dalam promo jadi harganya masih persis di SPBU," tuturnya.

Sekadar informasi, layanan ini buka dari jam 8 pagi hingga 8 malam. "Tapi kondisi tergantung dari permintaan. Misal mereka pesan sekarang tapi minta dikirim besok juga bisa. Kami menerima request dari konsumen," Arif menambahkan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, saat ini di wilayah DKI Jakarta ada sekira 20 titik. "Sebenernya penyebaraannya itu kan mengcover area. Intinya kami memasang titik suplly yang mengcover seluruh DKI Jakarta. Kami targetkan 45 titik untuk market trial untuk supply point, jadi kita ingin mendekatkan dengan konsumen," ujar Arif.

 

Menguntungkan dan Memudahkan

Layanan seperti ini memang memudahkan. Pesanan bahan bakar minyak (BBM) akan diantar oleh petugas menggunakan sepeda motor sehingga relatif cepat sampai.

Tidak hanya menguntungkan bagi pemilik mobil premium yang malas ke SPBU, layanan ini juga memudahkan pemilik mobil yang dalam keadaan darurat lantaran kehabisan bensin di jalan untuk mendapatkan BBM.

"Layanan ini sudah berjalan sejak Oktober, jadi premium call 135 sudah beroperasi. Kalau butuh dimana sudah bisa diantar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PP Diteken Jokowi, Pemerintah Obral Insentif Pajak bagi Investor

Posted: 01 Dec 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali memberikan insentif pajak bagi para investor. Hal ini dalam rangka mendorong dan meningkatkan kegiatan penanaman modal langsung, baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, berkembangnya sektor usaha, kepastian hukum guna perbaikan iklim usaha yang lebih kondusif bagi kegiatan penanaman modal langsung di bidang-bidang usaha tertentu dan di daerah.

Guna mendorong investasi, pemerintah memandang perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Fasilitas Pajak Penghasilan untuk Penanaman Modal di Bidang-bidang Usaha Tertentu dan/atau di Daerah-Daerah Tertentu.

Atas pertimbangan tersebut, pada 12 November 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2019 Tentang Fasilitas Pajak Penghasilan untuk Penanaman Modal di Bidang-bidang Usaha Tertentu dan/atau di Daerah-Daerah Tertentu.

Menurut PP ini, kepada Wajib Pajak badan dalam negeri yang melakukan Penanaman Modal pada Kegiatan Usaha Utama, baik Penanaman Modal baru maupun perluasan dari usaha yang telah ada:

1. Di bidang-bidang Usaha Tertentu sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Pemerintah ini;

2. Dan/atau Bidang-bidang Usaha Tertentu dan di Daerah-daerah Tertentu sebagaimana tercantum dalam Lampiran, II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Pemerintah ini, dan memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu, dapat diberikan fasilitas Pajak Penghasilan.

"Kriteria sebagaimana dimaksud meliputi: a. memiliki nilai investasi yang tinggi atau untuk ekspor; b. memiliki penyerapan tenaga kerja yang besar; atau c. memiliki kandungan lokal yang tinggi," bunyi Pasal 2 ayat (3) PP dikutip dari laman Setkab, Senin (2/12/2019).

Fasilitas Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, berupa:

A. pengurangan penghasilan neto sebesar 30 persen dari jumlah nilai Penanaman Modal berupa aktiva tetap berwujud termasuk tanah, yang digunakan untuk Kegiatan Usaha Utama, dibebankan selama 6 (enam) tahun masing-masing sebesar 5 persen per tahun;

B. penyusutan yang dipercepat atas aktiva tetap berwujud dan amortisasi yang dipercepat atas aktiva tak berwujud yang diperoleh dalam rangka Penanaman Modal, dengan masa manfaat dan tarif penyusutan serta tarif amortisasi ditetapkan.

Untuk penyusutan yang dipercepat atas aktiva tetap berwujud:

a) bukan bangunan Kelompok I, masa manfaat menjadi 2 tahun, dengan tarif penyusutan berdasarkan metode garis lurus sebesar 50 persen atau tarif penyusutan berdasarkan metode saldo menurun sebesar 100 persen yang dibebankan sekaligus;

b) bukan bangunan Kelompok II, masa manfaat menjadi 4 tahun, dengan tarif penyusutan berdasarkan metode garis lurus sebesar 25 persen atau tarif penyusutan berdasarkan metode saldo menurun sebesar 50 persen;

c) bukan bangunan Kelompok III, masa manfaat menjadi 8 tahun, dengan tarif penyusutan berdasarkan metode garis lurus sebesar 12,5 persen atau tarif penyusutan berdasarkan metode saldo menurun sebesar 25 persen;

d) bukan bangunan Kelompok IV, masa manfaat menjadi 10 tahun, dengan tarif penyusutan berdasarkan metode garis lurus sebesar 10 persen atau tarif penyusutan berdasarkan metode saldo menurun sebesar 20 persen;

e) bangunan permanen, masa manfaat menjadi 10 tahun, dengan tarif penyusutan berdasarkan metode garis lurus sebesar 10 persen;

f) bangunan tidak permanen, masa manfaat menjadi 5 tahun, dengan tarif penyusutan berdasarkan metode garis lurus sebesar 20 persen.

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

2. Untuk amortisasi yang dipercepat atas aktiva tak berwujud:

a) Kelompok I, masa manfaat menjadi 2 tahun, dengan tarif amortisasi berdasarkan metode garis lurus sebesar 50 persen atau tarif amortisasi berdasarkan metode saldo menurun sebesar 100 persen yang dibebankan sekaligus;

b) Kelompok II, masa manfaat menjadi 4 (empat) tahun, dengan tarif amortisasi berdasarkan metode garis lurus sebesar 25% (dua puluh lima persen) atau tarif amortisasi berdasarkan metode saldo menurun sebesar 50 persen;

c) Kelompok III, masa manfaat menjadi 8 (delapan) tahun, dengan tarif amortisasi berdasarkan metode garis lurus sebesar 12,5 persen atau tarif amortisasi berdasarkan metode saldo menurun sebesar 25 persen;

d) Kelompok IV, masa manfaat menjadi 10 tahun, dengan tarif amortisasi berdasarkan metode garis lurus sebesar 10 persen atau tarif amortisasi berdasarkan metode saldo menurun sebesar 20 persen.

C. Pengenaan Pajak Penghasilan atas dividen yang dibayarkan kepada Wajib Pajak luar negeri selain bentuk usaha tetap di Indonesia sebesar 10 persen, atau tarif yang lebih rendah menurut perjanjian penghindaran pajak berganda yang berlaku;

D. Kompensasi kerugian yang lebih lama dari 5 tahun tetapi tidak lebih dari 10 tahun, dengan ketentuan sebagai berikut: tambahan 1 tahun untuk Penanaman Modal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) yang dilakukan Wajib Pajak; tambahan 1 tahun apabila Penanaman Modal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) dilakukan di kawasan industri dan/atau kawasan berikat.

Kemudian, tambahan 1 tahun apabila Penanaman Modal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) dilakukan pada bidang energi baru dan terbarukan; tambahan 1 tahun apabila mengeluarkan biaya untuk infrastruktur ekonomi dan/atau sosial di lokasi usaha paling sedikit Rp 10 miliar.

Penggunaan Komponen Dalam Negeri

Ilustrasi: Pajak Foto: Istimewa

Selanjutnya, tambahan 1 tahun apabila menggunakan bahan baku dan/atau komponen hasil produksi dalam negeri paling sedikit 70 persen (tujuh puluh persen) paling lambat tahun pajak ke-2; tambahan 1 tahun atau 2 tahun:

a) tambahan 1 tahun apabila menambah paling sedikit 300 orang tenaga kerja Indonesia dan mempertahankan jumlah tersebut selama 4 tahun berturut-turut;

b) tambahan 2 tahun apabila menambah paling sedikit 600 (enam ratus) orang tenaga kerja Indonesia dan mempertahankan jumlah tersebut selama 4 (empat) tahun berturut-turut; tambahan 2 (dua) tahun apabila mengeluarkan biaya penelitian dan pengembangan di dalam negeri dalam rangka pengembangan produk atau efisiensi produksi paling sedikit 5 persen dari jumlah Penanaman Modal dalam jangka waktu 5 (lima) tahun; dan/atau tambahan 2 (dua) tahun apabila melakukan ekspor paling sedikit 30 persen dari nilai total penjualan dalam suatu tahun pajak, untuk Penanaman Modal pada bidang usaha yang dilakukan di luar kawasan berikat.

"Tambahan kompensasi kerugian sebagaimana dimaksud diberikan atas kerugian pada tahun pajak pertama, tahun pajak kedua, dan/atau tahun pajak ketiga sejak saat mulai berproduksi komersial," bunyi Pasal 3 ayat (2) PP ini.

Fasilitas Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, dapat dimanfaatkan sejak: saat mulai berproduksi komersial, untuk pengurangan penghasilan neto sebesar 30 persen dari jumlah nilai Penanaman Modal sebagaimana dimaksud ; diterbitkan keputusan persetujuan pemberian fasilitas Pajak Penghasilan, untuk:

1) penyusutan yang dipercepat atas aktiva tetap berwujud dan amortisasi yang dipercepat atas aktiva tak berwujud sebagaimana dimaksud;

2) pengenaan Pajak Penghasilan atas dividen yang dibayarkan kepada Wajib Pajak luar negeri selain bentuk usaha tetap di Indonesia sebesar 10 persen, atau tarif yang lebih rendah menurut perjanjian penghindaran pajak berganda yang berlaku sebagaimana dimaksud;

3) tambahan kompensasi kerugian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf d angka 1 dan angka 2; keputusan penambahan jangka waktu fasilitas kompensasi kerugian, untuk tambahan kompensasi kerugian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hurufd angka 3, angka 4, angka 5, angka 6, angka 7, dan angka 8.

"Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku setelah 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diundangkan," bunyi Pasal 13 Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2019 yang diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 13 November 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Frederika Alexis Cull Bergaun Mini di Karantina Miss Universe 2019

Posted: 01 Dec 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull tengah menjalani karantina Miss Universe 2019 yang dimulai pada 28 November 2019 lalu bersama 85 finalis lainnya. Grand final bakal diselenggarakan pada 8 Desember 2019 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Selama masa karantina Miss Universe 2019, perempuan berusia 20 tahun ini menghadiri beragam aktivitas. Sebut saja hari registrasi saat tiba di Negeri Paman Sam hingga makan malam di perayaan Thanksgiving.

Fred, biasa ia disapa, juga hadir dalam makan malam di Hotel Atlanta Marriott Marquis. Kala itu, Frederika tampil cantik dalam balutan gaun mini berlengan panjang karya desainer Lukman Abadi.

Gaun berlatar warna hitam itu dipenuhi dengan beragam motif seperti ujung panah berwarna silver. Rambutnya ditata bun lengkap dengan sepatu hak tinggi yang juga berwarna hitam.

Polesan makeup membuatnya tampil kian memesona. Tak ketinggalan, selempang putih bertuliskan Indonesia turut dikenakan Frederika.

"Ready for dinner! Thank you @lukmanabadi for this super cute dress Styled by @revashion," tulis Frederika dalam kolom keterangan potret yang diunggah pada 1 Desember 2019.

Tampilan Anggun Frederika

Frederika Alexis Cull di karantina Miss Universe 2019. (dok. Instagram @frederikacull/https://www.instagram.com/p/B5grzmRF5n-/Putu Elmira)

Frederika Alexis Cull juga mengenakan gaun mini lainnya saat kegiatan di masa karantina Miss Universe lainnya. Ia sempat mengunggah potret lainnya masih di akun Instagram pribadi.

Kali ini, Frederika tampil dalam balutan gaun mini yang juga berlengan panjang. Gaun v-neck tersebut turut hadir dengan sentuhan kain transparan pada bagian pinggang hingga lutut yang dipenuhi payet-payet cantik.

Gaun tersebut tidak lain adalah persembahan Windauia yang di-styling oleh fashion stylist, Alva Susilo. Penampilan ini juga dipadu tata rambut bun, sepatu hak tinggi bernuansa nude, tas, selempang Indonesia, makeup serta polesan lipstik merah.

Dalam kolom keterangan potret, Frederika meluapkan antusiasmenya mengikuti rangkaian kegiatan selama karantina ajang bergengsi, Miss Universe 2019.

"So excited for our schedule ahead and getting to know my Miss Universe sisters more! Outfit #2 from @windauia styled by the amazing @alvasus," tulisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nasi merupakan makanan pokok Indonesia, enggak jarang hampir di setiap warung makan pasti disediakan nasi putih. Menjadi makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indoenesia, ada istilah yang menyebutkan 'belum merasa makan kalau tidak makan nasi'.

Biasanya nasi putih disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, telur, tempe. Tapi nyatanya, enggak cuma lauk pauk aja, banyak juga orang Indonesia yang menambahkan nasi saat makan mi.

Sudah menjadi hal yang wajar di Indonesia, jika makan mi dicampur dengan nasi. Meski sudah mengetahui bahwa keduanya adalah sumber karbohidrat, tapi tetap saja banyak orang mengonsumsi mi dan nasi secara bersamaan. 

Saking ketergantungan dengan nasi, terkadang orang-orang sering mencampurkan segala makanan dengan nasi. Enggak cuma mi aja loh yang dicampur nasi, beberapa makanan di bawah ini juga menjadi lauk tak lazim saat mengonsumsi olahan beras tersebut. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret nasi campur lauk nyeleneh, Senin (2/12/2019).

 

 

1. Nasi campur pisang goreng, biar kenyang.

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia (Sumber: 1cak)

2. Duh, gimana ya rasanya makan nasi campur es krim?

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia (Sumber: 1cak)

3. Makan nasi lauknya roti kering, karena terlalu banyak roti kering waktu lebaran.

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia (Sumber: 1cak)

4. Lebih gereget dari mie campur nasi, ini nasi putih lauknya nasi kuning.

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia (Sumber: 1cak)

5. Makan nasi campur mie campur pizza. Kebayang enggak bakal sekenyang apa?

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia (Sumber: 1cak)

6. Makan nasi lauk uang aja deh, biar hemat.

6 Potret Nasi Campur Lauk Nyeleneh Ini Cuma Ada di Indonesia (Sumber: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Zodiak Ini Tak Segan Memulai Perpisahan

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sulit untuk menyangkal bahwa beberapa individu jauh lebih mungkin daripada orang lain untuk memulai percakapan yang menakutkan. Beberapa zodiak tahu persis apa yang mereka inginkan dan tak ragu untuk mengakhiri hubungan.

Ini tidak berarti mereka kejam. Hanya saja, mereka jarang merasa menyesal tentang putus cinta. Apa saja zodiak-zodiak tersebut, ini dia seperti dilansir dari Elite Daily.

1. Aries

Aries jarang memiliki alasan untuk mempertanyakan perasaan mereka. Ketika sebuah hubungan tak lagi bekerja untuk mereka, mereka cukup tidak antusias untuk mengakhirinya.

Aries benci terperangkap dalam diskusi panjang yang berlarut-larut sehingga mereka cenderung membuat keputusan dengan cepat dan impulsif daripada membicarakan semuanya. Aries juga memiliki kecenderungan untuk jujur pada suatu kesalahan.

Mereka tidak melihat titik memalsukan atau menyelamatkan hal-hal yang tak berfungsi dan ketika hubungan tampaknya gagal, mereka akan menjadi orang pertama yang pergi. Saat Anda seyakin Aries, Anda selalu bisa mempercayai insting Anda.

 

2. Leo

Pasangan zodiak bertengkar. (Foto: Vera Arsic/ Pexels)

Leo adalah pemimpin yang murah hati dan setia tapi orang yang paling mereka lindungi di atas semuanya adalah mereka sendiri. Meski tanda api ini adalah milik orang-orang yang mereka sayangi, Leo lebih tahu terlalu dekat dengan siapa pun.

Ketakutan terbesar Leo adalah dihina, jadi Anda lebih baik percaya mereka akan menghindari putus dengan cara apa pun. Leo juga keras kepala dan begitu mereka memutuskan sesuatu, tak ada jalan untuk kembali.

Selain itu, Leo juga menyukai hal-hal mewah. Status mereka sebagai lajang pasti akan memberi mereka banyak rasa kasihan dan dukungan.

 

3. Capricorn

Pasangan zodiak bertengkar. (Foto: Vera Arsic/ Pexels)

Capricorn bukan orang-orang yang memiliki hubungan pribadi, jadi pada kesempatan langka mereka menemukan diri mereka berpacaran dengan seseorang, mereka cenderung tidak terlalu ikat. Tak seperti Aries dan Leo, Capricorn jauh lebih impulsif tapi itu hanya karena mereka lebih menyukai rasionalitas daripada romansa.

Capricorn selalu memikirkan masa depan daripada hidup sebentar dan mereka ingin memastikan siapa pun yang mereka kencani cocok dengan rencana 10 tahun mereka. Bagi mereka, berpacaran bukan masalah hati. Ini masalah strategi.

Jika mereka tak melihat hubungan yang bertahan lama, mereka akan menggigitnya sejak awal dan bukannya menariknya keluar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rezky Aditya Dianggap Menantu Gentleman oleh Ayah Citra Kirana

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Citra Kirana dan Rezky Aditya telah resmi menjadi pasangan suami istri sejak Minggu (1/12/2019). Mereka menggelar pesta pernikahan di Bandung, Jawa Barat.

Setelah Citra Kirana dan Rezky Aditya resmi menikah, orangtua Citra Kirana menyampaikan beberapa pesan untuk mereka. Namun, sebelumnya ayah Citra Kirana menyampaikan pujian kepada Rezky Aditya.

Ayah Citra Kirana menganggap Rezky Aditya cukup jantan karena berani menemuinya langsung untuk meminta izin menikahi putrinya.

 

Luar Biasa

Citra Kirana dan Rezky Aditya (Sumber: Instagram/imagenic)

"Papa lihat Rezky juga sangat mencintai Citra, dengan beraninya dateng menghadap ke Bandung empat bulan yang lalu. Empat bulan lalu Rezky menghadap om di Bandung, itu om hargai itu luar biasa. Karena banyak mantu om yang nggak berani menghadap om. Mantu yang gentleman, yang berani," kata ayah Citra Kirana, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019).

 

Tak Menyangka

Citra Kirana dan Rezky Aditya (Foto: Instagram/@citraciki)

Hal yang sama juga disampaikan oleh ibunda Citra Kirana. Malahan sang ibunda tidak menyangka Citra Kirana akan menikah dengan Rezky Aditya yang sejatinya sudah kenal selama lebih dari 10 tahun.

 

Kenal Lama

"Tante udah kenal lama, udah sejak tahun 2010, 2011 lah. Jadi mereka berdua dulu emang temenan di lokasi syuting, syuting bareng-bareng dan waktu itu nggak ada apa-apa sih," tuturnya.

 

Berjodoh

"Kayaknya Allah sudah menjodohkan mereka ketemu lagi di 2019 dan dengan gentleman-nya Rezky dateng meminta restu dari om dan tante. Ya kita nilai kepastian dan keyakinannya gimana ya udah," tambah mama Citra Kirana.

 

Pesan

Sementara itu, dalam kesempatan itu juga sang ayah memberikan beberapa pesan untuk kehidupan rumah tangga Citra Kirana dan Rezky Aditya.

 

Saling Mencintai

"Nasehat buat Rezky ya semoga baik-baik selalu, awet ya pernikahan, saling mencintai," jelas papa Citra Kirana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paten Smartphone Layar Lipat LG Mirip dengan Huawei Mate X

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini di pasaran baru ada dua smartphone layar lipat yang beredar, yakni Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X.

Walau tidak sepopuler Galaxy Fold dan Mate X, Royale FlexPai merupakan smartphone layar lipat pertama di dunia yang muncul di pasaran.

Memasuki 2020, dapat dipastikan akan semakin banyak lagi perusahaan teknologi yang memperkenalkan smartphone layar lipat buatan mereka, salah satunya adalah LG.

Dikutip dari LetGoDigital via Gizchina, Senin (2/12/2019), LG mematenkan gambar smartphone layar lipat baru yang kurang lebih mirip dengan Huawei Mate X.

Sebelumnya, LG juga telah mengajukan bentuk desain gambar smartphone layar lipat. Paten itu termasuk ponsel layar lipat dengan pena stylus, model flip, layar lipat sisi atasnya, kiri dan kanan, dan lain-lain.

Mirip dengan Mate X

Dari laporan terakhir, LG baru saja mengajukan panten desain Den Haag International Design System pada Mei 2019, dan baru dirilis ke publik pada 29 November 2019.

Sepintas, desain ponsel layar lipat LG yang baru ini terlihat sedikit mirip Huawei Mate X.

Berdasarkan sketsa paten dan rendering milik LetGoDigital, ponsel ini memiliki desain flip-out (tampilan layar di luar) dengan tiga kamera dan beberapa sensor di samping.

Sayang, LG masih belum mengonfirmasi kapan smartphone layar lipat ini tiba di pasaran.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pemuda Tiongkok yang Gagal Ginjal Usai Organnya dijual Demi Ponsel

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Semahal-mahalnya ponsel, kesehatan jauh lebih berharga. Pelajaran hidup itulah yang bisa diambil dari kasus seorang pemuda Tiongkok bernama Wang Shangkun yang harus gagal ginjal hanya demi membeli gawai.

Shangkun, yang Januari lalu berusia 25, rela menjual salah satu ginjalnya demi membeli gawai terbaru keluaran raksasa teknologi Apple pada 2011 lalu. Akibatnya, Wang harus banyak menghabiskan waktunya berbaring di tempat tidur sembari rutin menjalankan cuci darah karena gagal ginjal.

Dilansir dari Mirror pada Senin (2/12/2019), tahun 2011, Wang dikabarkan ingin menunjukkan iPhone terbaru kepada teman-temannya saat itu. Namun, keluarganya hidup dalam kemiskinan sementara harga ponsel itu sangatlah mahal.

Wang yang saat itu masih berusia 17 tahun memutuskan untuk menjual ginjalnya secara diam-diam di pasar gelap.

"Kenapa aku memerlukan dua ginjal? Satu saja sudah cukup," kata remaja asal provinsi Anhui itu seperti dikabarkan media setempat.

Kompensasi Tak Sebanding Dampaknya

Ilustrasi Ginjal (iStockphoto)

Wang akhirnya pergi ke Chenzou, Provinsi Hunan, untuk melakukan operasinya. Dua ahli bedah melakukan pengangkatan ginjal secara ilegal.

Namun, remaja ini hanya dibayar 22 ribu yuan. Angka ini hanya 10 persen dari total keuntungan. Sisanya disimpan oleh perantara dan dokter yang melakukan prosedur itu. Dengan uang itu, Wang tetap membeli gawai yang ia dambakan.

Ketika sang ibu tahu bahwa iPhone dan iPad yang dibeli putranya dengan uang hasil menjual ginjal, ia pun menelepon polisi. Dikutip dari Daily Mail, pada April 2012, sembilan orang yang terlibat dalam prosedur itu mendapatkan hukuman.

Tiga perantara dipenjara selama tiga sampai lima tahun. Sementara dua dokter bedah mendapatkan kurungan selama tiga tahun. Selain itu, pengadilan memutuskan keluarga Wang mendapat 1,47 juta yuan.

Namun, apa yang diterima keluarga itu tidak tampaknya tidak sebanding dengan risikonya. Kondisi kesehatan Wang terus menurun. Dia mengalami gagal ginjal dan kecacatan.

Sehari-hari, Wang lebih sering berbaring di tempat tidur dan memerlukan cuci darah rutin. Selain itu, dia juga harus meninggalkan studinya dan hidup dengan bantuan sosial.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bus Masuk ke Jurang di Tunisia, 22 Tewas

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kecelakaan fatal terjadi di Tunisia. Kecelakaan diduga karena sopir gagal mengemudi di sebuah tikungan tajam, kejadian ini menyebabkan 22 penumpang tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Kecamatan Rawan Bencana Longsor di Banten

Posted: 01 Dec 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Banten Curah hujan mulai meningkat pada akhir tahun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Provinsi Banten pun meminta masyarakat waspada terhadap potensi pergerakan tanah.

Kabupaten ini terdiri dari daerah perbukitan dan pegunungan yang berpotensi longsor ketika curah hujan dengan intensitas sedang sampai lebat melanda.

"Kewaspadaan ditingkatkan supaya bisa mengurangi risiko kebencanaan, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun material," ujar Kepala Pelaksana Harian Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, di Lebak, Minggu (1/12/2019) seperti dilansir dari Antara.

Ada 14 kecamatan di Lebak yang rawan longsor dan tanah bergerak, meliputi, Kecamatan Banjarsari, Muncang, Leuwidamar, Bayah, Cipanas, Gunungkencana, Lebakgedong, Cimarga, Sobang, Cibeber, Cilograng, Pangarangan, Cihara, dan Cigemblong. Daerah itu berada di kaki gunung Halimun Salak.

Menurut Kaprawi, wilayah itu didiami puluhan ribu kepala keluarga. "Jika hujan terus menerus sebaiknya warga mengungsi ke tempat yang lebih aman," ucapnya.

BPBD Lebak juga sudah berkoordinasi dengan TNI, Polri, PMI, Dinkes, kecamatan, DPUPR, PLN, relawan dan desa untuk mengatasi bencana itu. Tujuannya, untuk mempercepat pemulihan infrastruktur jika terjadi tanah bergerak atau longsor.

Ia juga sudah mempersiapkan peralatan evakuasi seperti, pakaian pelampung, perahu karet, logistik, obat-obatan, gergaji mesin, tenda, dan dapur umum. Ambulans dan angkutan operasional roda empat serta motor juga sudah siap.

"Saat ini kami mengoptimalkan kesiagaan sehubungan dengan meningkatnya curah hujan selama 24 jam di posko utama untuk melayani masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana," kata Kaprawi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Loyalis: Sepekan Ini Airlangga Hartarto Komunikasi dengan DPD Golkar

Posted: 01 Dec 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Politisi Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Airlangga Hartarto terus menggalang dukungan jelang Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar. Salah satunya dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar.

"Pak Airlangga itu dalam seminggu ini memang membangun komunikasi dengan seluruh ketua DPD provinsi dan kabupaten kota," kata Doli, Senin (2/12/2019).

Langkah ini, kata dia, juga menjadi upaya ketua umum Golkar ini untuk menjalin komunikasi yang intensif dengan DPD.

"Sekarang kita mau membuat tradisi baru, komunikasi ketua umum itu harus juga terjadi dengan ketua-ketua DPD kabupaten kota," ucap loyalis Airlangga Hartarto ini.

"Nah, terutama menjelang Munas ini kan saya kira kita ingin membahas membicarakan juga tentang mau dibawa ke mana Golkar lima tahun ke depan," imbuh dia.

Doli menilai, langkah Airlangga tersebut positif dan wajar jelang Munas. Komunikasi terkait visi dan program-program kerja memang sudah selayaknya dilakukan oleh calon Ketum.

"Jadi, harus ada penyampaian gagasan gagasan harus ada diskusi-diskusi tentang visi tentang program. Jadi saya kira apa yang dilakukan oleh Pak Airlangga itu kan positif-positif saja buat Golkar. Jadi Munas ini harus diisi dengan hal-hal positif bukan hanya sekedar pertarungan atau kompetisi merebut Ketua Umum," Doli menandaskan.

Bantah DPD Golkar Dipaksa Dukung Airlangga

Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kanan) bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kiri) dan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kedua kiri) saat menghadiri Rapimnas Partai Golkar di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). (Liputan6.com/Johan Tallo)

 

Pendukung Airlangga Hartarto membantah adanya intimidasi dan pemaksaan terhadap pengurus DPD II demi kepentingan Munas Golkar. Sebab dukungan yang diterima Airlangga murni merupakan aspirasi DPD ketika pertemuan DPD II di Bali.

"Tidak ada pemaksaan, kalau dipaksa kan mereka pasti enggak mau datang. Alhamdulillah datang semua itu kemarin," kata Politisi Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, Senin (2/12/2019).

Dia mengatakan pertemuan tersebut merupakan upaya Airlangga untuk memperkuat tradisi komunikasi di internal partai beringin tersebut. "Nah, bahwa kemudian mereka menyatakan dukungan kepada Pak Airlangga, ya saya kira itu kan aspirasi yang datang dari mereka. Sekarang kan era ini era terbuka, era yang demokratis," tegas Doli.

Karena itu, dia sekali lagi menegaskan bahwa dukungan yang diberikan oleh DPD II dalam pertemuan di Bali tersebut merupakan aspirasi mereka sendiri tanpa adanya paksaan.

"Jadi, saya kira enggak ada lah orang yang mau ditekan-tekan kalau mereka mau dipaksa saya kira mereka enggak datang dan tidak menyuarakan dukungan ke pak Airlangga. Tetapi faktanya, dalam diskusi itu mereka menyampaikan dukungan dan meminta kembali Pak Airlangga jadi Ketua Umum. Mereka kita undang, kalau mereka merasa dipaksa kan mestinya tidak datang," ucap dia.

Doli mengaku tak habis pikir dengan sejumlah tuduhan yang dilontarkan kubu Bambang Soesatyo. Sebab semua langkah Airlangga selalu dinilai negatif di mata kompetitor.

"Saya bingung juga ini, semua apa yang dilakukan Pak Airlangga dibilang tidak fair, kemudian tidak adil, tidak demokratis, ginilah, saya kira siapapun yang ingin menjadi caketum saya kira ikuti saja aturan main yang sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara dan itu semua pasti berdasarkan AD/ART," tegas Doli.

Setiap calon Ketua Umum, kata dia, bisa menjalan langkah-langkah untuk menggalang dukungan jelang Munas. Jadi tidak perlu dipersoalkan jika sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dan ini kan terbuka, enggak ada juga yang larang si kandidat itu untuk mengundang senior-senior enggak ada juga yang larang mereka undang DPD-DPD. Kita juga tahu kok. Ada kandidat yang undang DPD-DPD II yang lain. Toh kita juga enggak ada persoalkan. Kenapa ketika Pak Airlangga mengundang DPD II dipersoalkan? Ngundang senior dipersoalkan? Gitu loh," imbuhnya.

 

Merdeka: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa UIN Jogja Meninggal Terperosok ke Sumur saat Imami Salat

Posted: 01 Dec 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kematian selalu menjadi misteri dan datangnya tidak bisa diprediksi. Seorang mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bernama M Sirajul Milal meninggal dunia saat menjadi imam salat Isya di Pesantren Ilmu Giri, Imogiri, Bantul, Sabtu 30 November 2019.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jogja itu meninggal dunia setelah terperosok ke dalam sumur yang ada di bawah musala berbentuk panggung dengan bahan bambu. Lokasi sumur berada persis di bawah tempat imam.

"Saat sujud rakaat ketiga, korban tiba-tiba terperosok ke dalam sumur yang ada di bawahnya (tempat korban menjadi imam)," ujar Kapolsek Imogiri Kompol Anton Nugroho, Minggu 1 Desember 2019.

Mengetahui Sirajul terperosok ke dalam sumur, rekan-rekannya langsung meminta bantuan warga setempat untuk mengevakuasi korban yang terjatuh di sumur dengan kedalaman sekitar tujuh meter tersebut.

Usai dievakuasi, Sirajul segera dilarikan ke RSUD Panembahan Senopati. Namun nyawa mahasiswa UIN Jogja berusia 22 tahun itu tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia dengan luka lebam di bagian wajah.

 

Lantai Musala Lapuk

Ilustrasi sumur (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Anton mengungkapkan, insiden itu terjadi diduga akibat bagian lantai musala yang sudah lapuk. Lantai musala panggung itu terbuat dari bahan bambu dan triplek.

"Jadi itu murni kecelakaan ya. Karena sudah ada visum dan penyelidikan dari Inafis Polres Bantul. Jenazah korban sudah diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan," ucap Anton.

 

Reporter: Purnomo Edi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cabor Menembak Tambah 2 Medali Emas Indonesia di SEA Games 2019

Posted: 01 Dec 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Manila - Indonesia menambah dua medali emas lagi di SEA Games 2019. Kali ini, dua medali emas itu disumbang dari cabang olahraga menembak, Senin (2/12/2019).

Emas pertama dari cabang olahraga menembak di SEA Games 2019 berasal dari Tjabu Rio di nomor WA 1.500 PC. Atlet berusia 26 tahun itu mengalahkan rekan senegaranya, Sarfin Sihombing.

Duo Indonesia itu juga mengalahkan atlet Malaysia, Jantan Hintu, yang harus puas di posisi ketiga.

Cabang olahraga menembak juga menyumbang medali emas dari nomo mixed benchrest air rifle (light varmint). Emas itu disumbangkan oleh Baja Tirano.

Di nomor ini, Indonesia juga meraih medali perunggu dari Wahyu Putra Aji. Sedangkan medali perak diraih atlet Filipina, Celedonio Tayao.

Tambahan tersebut membuat kontingen Indonesia sudah mengoleksi lima medali emas SEA Games 2019. Sisanya, Indonesia sudah mengoleksi delapan perak dan tujuh perunggu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Mencukur Bulu Hidung Secara Alami, Mudah dan Aman

Posted: 01 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bulu hidung berfungsi menyaring racun, debu, dan polutan lainnya yang masuk ke dalam hidung. Namun terkadang bulu hidung dapat mengganggu kenyamanan terutama bulu hidung terlihat panjang atau sedikit keluar.

Pada beberapa orang dengan bulu hidung yang lebat hingga keluar, kerap membuat pemiliknya merasa terganggu. Ya, kondisi tersebut sangat mengganggu penampilan serta menurunkan rasa percaya diri.

Untuk mengatasinya, mencabut bulu hidung dirasa cara paling tepat untuk menghilangkan bulu hidung yang mengganggu tersebut. Namun, kamu perlu berpikir ulang untuk melakukan metode mencukur bulu hidung tersebut.

Pasalnya ada beberapa risiko kesehatan yang mengintai ketika mencabut paksa bulu hidung. Oleh karena itu, kamu membutuhkan cara mencukur bulu hidung secara aman dan mudah untuk memperkecil dampak buruknya.

Berikut ada empat cara mencukur bulu hidung dengan mudah dan aman yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/12/2019).

Menggunakan Gunting Khusus

Mencabut Bulu Hidung

Apabila merapikan bulu hidung dirasa sangat kamu butuhkan, maka kamu tetap bisa melakukannya dengan langkah aman. Para pakar menyarankan untuk menggunakan gunting khusus bulu hidung.

Gunting ini berukuran kecil dan memiliki ujung yang bulat, sehingga mencegah terjadinya lecet atau peradaran saat menggunting bulu hidung. Sebelum menggunakannya, pastikan gunting tersebut dalam keadaan steril dan dilakukan dalam ruangan dengan pencahayaan baik.

Jangan memangkas semua bulu hidung, cukup gunting bulu hidung yang memang terlihat panjang dan keluar dari lubang hidung. Setelah selesai, keluarkan potongan bulu hidung dengan menghembuskan napas lewat hidung.

Apabila dilakukan dengan benar, maka segala komplikasi akibat mencabut bulu hidung tidak akan terjadi dan bulu hidung yang panjang tidak akan lagi mengganggu penampilan.

Menggunakan Alat Cukur

Jangan Mencabut Bulu Hidung

Selain gunting khusus, kamu juga bisa menggunakan pemangkas manual atau pemangkas listrik. Cara aman menggunakan alat cukur ini dengan mendongkakkan kepala ke belakang dan masukkan pemangkas hidung di saluran hidung.

Jangan memasukkannya terlalu dalam. Pemangkas listrik dapat digunakan hanya dengan satu tangan untuk memangkas rambut dengan cepat dan efisien, sedangkan pemangkas manual perlu digunakan dua tangan.

Pangkaslah bulu hidung yang keluar dari hidung. Pemangkas hidung dirancang dengan aman, sehingga kamu tidak perlu khawatir terluka. Bersihkan hidung dengan cara sebelumnya ketika sudah selesai.

Laser Hair Removal

Cara Mencukur Bulu Hidung Secara Alami

Cara mencukur bulu hidung dengan aman selanjutnya kamu bisa memanfaatkan laser hair removal. Metode mencukur rambut ini biasanya dapat ditemui di klinik-klinik kecantikan terpercaya.

Metode mencukur bulu hidung ini perlu dikerjakan oleh dokter kulit, agar efek samping seperti iritasi ataupun selaput lendir terluka bisa diminimalkan. Walaupun metode mencukur bulu hidung ini terbilang mahal, namun hasilnya sangat memuaskan.

Cara mencukur bulu hidung tidak disarankan untuk melakukannya dengan waxing atau mencabuti bulu hidung. Kedua metode ini bisa memunculkan rasa sakit dan bisa menimbulkan infeksi atau bengkak di hidung.

Menggunakan Pinset

Cara Mencukur Bulu Hidung Secara Alami

Menggunakan pinset untuk mencukur bulu hidung memang akan terasa sedikit lebih menyakitkan dibandingkan menggunakan gunting dan pemangkas khusus. Pangkas bulu hidung di ruangan yang terang dengan menggunakan cermin.

Pilihlah bulu hidung yang dirasa mengganggu dan ingin kamu hilangkan. Untuk mengatasi rasa sakitnya, kamu bisa mengusapkan es batu di area sekitar hidung sehingga bulu hidung yang tercabut tidak terasa begitu sakit.

Setelah selesai, bersihkan pinset dengan larutan antiseptik atau sabun dan air untuk menjaga kesterilannya.

Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Kondisi pertama yang kerap dirasakan setelah mencabut bulu hidung adalah rasa nyeri dan iritasi. Apabila bulu hidung dicabut dengan keras hingga berdarah, maka penderitanya akan mengalami mimisan.

Selain itu, kuman seperti bakteri dan parasit dari telapak tangan dapat masuk langsung ke rongga hidung dan menyebabkan infeksi akar rambut hingga bisul. Walaupun berukuran kecil, bisul akan terasa nyeri.

Ketika bulu hidung dicabut, secara tidak langsung kamu akan kehilangan faktor pertahanan terhadap debu dan kotoran dalam udara. Akibatnya, berbagai kotoran akan mudah masuk ke dalam saluran pernapasna dan memicu peradangan saluran pernapasan, termasuk radang paru-paru.

Parahnya, bahaya mencabut bulu hidung bisa mengakibatkan komplikasi seperti infeksi otak. Hal ini dikarenakan daerah sekitar hidung dan mulut merupakan bagian tubuh dengan struktut anatomi yang unik dan kompleks.

Area ini kaya akan pembuluh darah balik (vena), di mana aliran darah dari hidung dan otak bertemu dan bermuara di sinus kavernosus di otak. Saat kamu mencabut bulu hidung sampai menyebabkan perdarahan, ini juga bisa menjadi sarang bagi bakteri.

Darah merupakan media yang sangat baik untuk tumbuhnya bakteri. Bakteri yang berkembang biak tersebut dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menjalar ke otak, menyebabkan gumpalan di pembuluh darah otak dan di sinus kavernosus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendapatan BUMN Capai Rp 210 Triliun, 76 Persennya Disumbang 15 Perusahaan

Posted: 01 Dec 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa pendapatan yang diraih dari seluruh BUMN hingga akhir November 2019 mencapai Rp 210 triliun. Sayangnya, hanya sedikit perusahaan yang mampu menyumbang pendapatan tersebut. 

Erick menjelaskan, saat ini terdapat 142 BUMN yang beroperasi di Indonesia. Dari jumlah tersebut hanya sedikit yang menyumbang pendapatan. Tepatnya, 76 persen dari total Rp 210 triliun hanya disumbang dari 15 perusahaan.

"Bagaimanapun, mengatur dan me-manage 142 BUMN memang hal yang unik dan tidak mudah. Dari pendapatan Rp 210 triliun, 76 persennya berasal dari 15 perusahaan saja," ujar Erick dalam pemaparannya di rapat bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Senin (2/12/2019). 

Posisi ini, menurut Erick, bukan sebuah prestasi. Erick juga tidak ingin pendapatan BUMN terus mengandalkan 15 aperusahaan tersebut.

"Tidak ada yang tahu ke depannya seperti apa. Perbankan saja nasibnya tidak tahu 10 tahun ke depan akan bagaimana, kalau sudah ada e-payment dan lain-lain," tutur Erick.

Oleh karenanya, Erick akan melakukan antisipasi dan mencari jalan keluar agar posisi keuangan seluruh kementerian BUMN bisa merata dan sehat.

"Nah ini, bagaimana strategi jangka menengah hingga jangka panjangnya, kami bukan hanya menyelesaikan tugas tapi bagaimana membangun fondasi, agar ke depan siapapun yang menjalankan bisa ikut transparan," tutup Erick.

Sri Mulyani Sebut 7 BUMN Masih Rugi meski Dapat Suntikan Modal Pemerintah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengikuti rapat kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (29/9). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengakui bahwa alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama periode 2015-2018 belum berjalan optimal. Hal itu tercermin dari adanya tujuh BUMN yang masih saja mengalami kerugian pada 2018.

Sri Muyani merincikan secara tren kinerja keuangan BUMN penerima PMN sejak 2015 dan 2016 masing-masing mengalami pencapaian sama. Pada periode itu, dari beberapa BUMN yang disuntik modal pemerintah masing-masing sebanyak 33 perusahaan BUMN mengalami keuntungan dan delapan mengalami kerugian.

Pada 2017 kemudian, tren kerugian BUMN mengalami penurunan dengan banyaknya Perseroan yang mengalami keuntungan. Adapun pada periode itu, hanya tiga BUMN yang merugi, sementara 38 BUMN tercatat hasil positif. 

Namun pada 2018, Bendahara Negara itu menyayangkan lantaran BUMN yang mengalami kerugian kembali naik sebanyak tujuh perusahaan. Sementara yang mengalami keuntungan sebanyak 34 Perseroan.

"Kerugian pada tujuh BUMN yaitu PT Dok Kodja Bahari, PT Sang Hyang Seri, PT Power Solution Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, PT Pertani, Perum Bulog, dan PT Krakatau Steel," katanya dalam rapat di Komisi XI, di DPR RI, Jakarta, Senin (2/12).

Sri Mulyani menyampaikan, kerugin terjadi pada tujuh BUMN itu juga bukan tanpa sebab. Misalnya saja, untuk PT Krakatau Steel beban keuangan selama kontruksi menjadi salah satu utama Perseroan itu mengalami kerugian.

Kemudian untuk, Perum Bulog sendiri terdapat kelebihan pendapatan atas penyaluran rasta sehingga Bulog harus melalukan pembenahan koreksi pendapatan di 2018. Selain itu, kerugian yang disebabkan oleh PT Dirgantara Indonesia yakni akibat adanya pembatalan kontrak dan order tidak mencapai target.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hina Apple di Twitter, Huawei Berdalih Diretas

Posted: 01 Dec 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dilaporkan menghina Apple melalui akun Twitter miliknya di Brasil. Namun, perusahaan kemudian berdalih akun Twitter tersebut telah diretas.

Dilansir Softpedia, Senin (2/12/2019), Huawei Brasil beberapa hari lalu mengunggah twit yang kini telah dihapus, mengejek warga Brasil yang disebut tidak akan bisa membeli smartphone Huawei.

Kemudian melalui twit setelahnya, akun tersebut juga menargetkan Apple dengan kalimat yang tidak sopan dan diakhiri dengan kalimat "We are the best!" atau "Kami yang terbaik".

Setelah kedua twit tersebut dihapus, Huawei menjelaskan bahwa akun Twitter miliknya telah diretas. Itu sebabnya pesan ofensif tersebut berakhir di ranah maya.

Terkait dengan twit mahalnya ponsel Huawei di Brasil, perusahaan mengatakan memahami pesan tersebut. Huawei pun berjanji akan memberikan diskon yang lebih besar untuk konsumen di negara tersebut.

Kementerian Pertahanan Spanyol Batasi Pegawai Pakai Perangkat Huawei

Huawei P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Lebih lanjut, Huawei saat ini tengah menghadapi masalah terkait pembatasan bisnisnya oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). Tak hanya itu, kini smartphone Huawei juga dilarang digunakan oleh para pegawai Kementerian Pertahanan Spanyol.

Kementerian Pertahanan Spanyol dilaporkan memblokir akses semua perangkat Huawei dari server datanya, termasuk email pegawai. Hal ini dilaporkan oleh media Spanyol, La Informacion.

Dilansir GSM Arena, kebijakan pemerintah tersebut hanya berlaku di lingkungan kementerian pertahanan. Pemerintah Spanyol tidak memblokir perangkat Huawei untuk konsumen.

Akses Data ke Server

Para pegawai Kementerian Pertahanan Spanyol masih diizinkan menggunakan perangkat Huawei.

Namun, mereka harus menggunakan perangkat lain di luar Huawei untuk mengakses data dari server kementerian, termasuk email.

Sambungan koneksi ke server akan langsung diputus, jika pegawai masih menggunakan perangkat Huawei untuk mengakses server.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedagang Mulai Naikkan Harga Rokok, Tertinggi di Sibolga

Posted: 01 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, rencana kenaikan cukai rokok pada Januari mendatang sudah mulai terasa di November 2019. Para pedagang mulai menaikkan harga rokok secara perlahan.

"Rokok kretek selalu menyumbang inflasi 0,01 persen. Di pedagang sana sudah mengantisipasi kenaikan pada Januari. Pedagang tidak akan menaikan seperti itu (drastis)," ujarnya di Kantor BPS, Senin (2/11).

Suhariyanto mengatakan, kenaikan harga rokok terpantau terjadi di 50 kota. Kenaikan harga rokok tertinggi terjadi di Sibolga, Sumatera Utara. Lalu disusul oleh Tegal, Madium dan Pontianak.

 

"Naiknya pelan-pelan. Ini terjadi kenaikan di 50 kota. Kenaikan tertinggi di Sibolga. Kemudian di beberapa kota seperti Tegal Madiun Pontianak naik 2 persen. Jadi pedagang naikin tipis-tipis. Supaya enggak kaget," paparnya.

Suhariyanto menambahkan, untuk tahun depan, kenaikan harga rokok terhadap inflasi tidak akan langsung besar. Sebab, sudah diantisipasi pedagang pada tahun ini.

"Januari seberapa besar dampaknya mungkin enggak akan terlalu besar karena sudah di antisipasi," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Rokok Bisa Selamatkan Target Penerimaan Bea Cukai di 2019

Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimis target penerimaan bea cukai pada APBN 2019 yang sebesar Rp 208,8 triliun dapat tercapai.

Menurut laporan DJBC, penerimaan total bea dan cukai hingga 12 November 2019 baru mencapai Rp 165,46 triliun atau sekitar 79,24 persen.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi menyampaikan, jumlah penerimaan tersebut didominasi oleh realisasi cukai sebesar Rp 131,06 triliun, yang mayoritas berasal dari cukai hasil tembakau.

Dia melanjutkan, penerimaan cukai hasil tembakau atau rokok secara tren biasa melonjak pada akhir tahun. Oleh karenanya, ia yakin itu dapat membantu DJBC untuk memenuhi target penerimaan bea cukai di 2019.

"Secara historis, penerimaan cukai rokok selama ini pasti besar di bulan Desember. Oleh karena itu, fluktuasi penerimaannya akan meningkat di bulan Desember," ujar dia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, seperti dikutip Kamis (14/11/2019).

"Penerimaan (cukai rokok) di Desember kira-kira dua-tiga kali lipat dari bulan normal. Itulah yang meyakini kita penerimaan total dari bea dan cukai bisa sesuai target," dia menambahkan.

Heru kemudian memaparkan, realisasi bea masuk dan bea keluar hingga 12 November ini tercatat masih minus atau lebih kecil dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun ia tak khawatir, sebab total penerimaan masih didominasi oleh realisasi cukai yang meningkat secara year on year.

"Overall bisa ditutup oleh penerimaan cukai yang lebih besar dari tahun lalu, 16,65 persen. Sehingga total kita masih tumbuh sebanyak 9,13 persen (dari periode yang sama di 2018)," tukas Heru. 

Kemenkeu Tunda Penyederhanaan Tarif Cukai Rokok hingga 2020

Petugas memperlihatkan rokok ilegal yang telah terkemas di Kantor Dirjen Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Keuangan tidak melakukan simplifikasi atau penyederhanaan cukai rokok hingga 2020. Hal tersebut dengan mempertimbangkan keberlangsungan industri rokok dalam negeri.

"Simplifikasi itu masih harus mempertimbangkan banyak hal. Baik jenis, golongan, maupun besar kecilnya perusahaan itu," ujar Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (31/10).

Heru mengatakan, simplifikasi cukai rokok berpotensi mematikan industri rokok. Sementara jika industri rokok dalam negeri mati, maka rokok ilegal akan semakin besar masuk ke Indonesia.

"Kalau mereka mati, mereka akan ruang ilegal. Itu concern kita tapi terlalu banyak layer juga bisa dijadikan lagi ruang untuk ilegal juga," jelasnya.

Dia menambahkan, pertimbangan-pertimbangan tersebut menjadi alasan bagi pemerintah untuk tidak melakukan simplifikasi tahun ini dan tahun depan.

"Pemerintah perlu memperhatikan dua pertimbangan tadi. Nah untuk 2020, pemerintah menganggap layer yang seperti PMK 152 bisa kita berlakukan sampai tahun depan," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Momen Eksklusif Kemenangan di SCTV Awards 2019

Posted: 01 Dec 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun televisi SCTV kembali memberikan apresiasi tinggi bagi para insan industri hiburan tanah air lewat acara SCTV Awards 2019.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, SCTV Awards 2019 memberikan penghargaan bagi para pelaku industri hiburan baik itu dari dunia musik, film, maupun layar kaca.

Pada kesempatan kali ini SCTV akan membagikan tayangan eksklusif pemenang SCTV Awards 2019.  Bukan hanya itu, SCTV juga membagikan eksklusif interview para pemenang kali ini.

Penasaran seperti apa keseruannya? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Nyeleneh Main Game di Kamar Mandi Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 01 Dec 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pencinta game, bermain game sudah menjadi bagian dari hidupnya. Tidak bisa kalau sehari tanpa main game. Selain itu, cukup banyak pengorbanan yang dilakukan oleh para gamer ini demi karakternya di dunia game.

Seperti membeli barang di dalam game, hingga berlangganan menjadi member tertentu untuk mendapatkan barang-barang ekslusif yang tersedia dalam game. Tak heran uang yang dikeluarkan bagi pencinta game biasanya tak sedikit.

Saat ini ketagihan untuk bermain game banyak dirasakan oleh orang. Orang-orang seperti ini biasanya akan bermain game di setiap kesempatan. Bahkan di tempat yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya.

Seperti halnya potret yang diunggah oleh akun instagram @anam_chennel, Senin (2/12/2019). Ia mengunggah beberapa potret gamer yang bermain di dalam kamar mandi. Tak tanggung-tanggung, ia membawa serta satu set komputer dan headphonenya ke dalam kamar mandi.

Berikut 5 potret nyeleneh ketagihan game yang Liputan6.com kutip dari Instagram @anam_chenel, Senin (2/12/2019)

1. Begini jadinya kalau sudah ketagihan bermain game

Main game di kamar mandi (Sumber: Instagram/anam_chenel)

2. Bahkan di kamar mandi pun tetap bermain game

Main game di kamar mandi (Sumber: Instagram/anam_chenel)

3. Walau di kamar mandi, gamer ini menyiapkan kopi untuk melepas kantuk saat bermain game

Main game di kamar mandi (Sumber: Instagram/anam_chenel)

4. Bagi para gamer bermain game memang tak bisa ditinggal.

Main game di kamar mandi (Sumber: Instagram/anam_chenel)

5. Begini potretnya saat kamar mandi disulap jadi tempat bermain game

Main game di kamar mandi (Sumber: Instagram/anam_chenel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harris Sumbang Perak Wushu SEA Games 2019 dengan 7 Jahitan di Lengan

Posted: 01 Dec 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Atlet wushu Indonesia, Harris Horatius berhasil mempertontonkan aksi spartan di Wushu SEA Games 2019. Meski lengan mendapatkan 7 jahitan, dia masih berhasil rebut medali perak untuk Indonesia.

Atlet kelahiran Medan, Sumatra Utara 24 tahun silam itu tampil meyakinkan memperagakan gerakan-gerakan wushu nomor seni atau Taolu kombinasi golok dan toya (Nandao/Nangun) di World Trade Center, Manila, Senin (2/12/2019).

Harris mengumpulkan total poin 19,260 dari kombinasi kedua nomor itu untuk membawa pulang medali wushu SEA Games 2019 pertama bagi Indonesia, setelah di hari sebelumnya target timnas wushu Indonesia meleset dan gagal mengamankan tiga medali emas yang dipertandingkan hari itu.

"Puas, saya sangat bangga dan sangat bahagia. Semoga peraihan medali ini bisa membuat seluruh Bangsa Indonesia juga ikut bangga dan bahagia," kata Harris seperti dikutip antara.

Harris hanya terpaut 0,02 poin dari atlet Brunei Darussalam Mohammad Adi Solihin Roslan yang keluar sebagai juara nomor kombinasi itu dan unggul 0,01 poin dari atlet Vietnam Quoc Khanh Pham yang finis peringkat tiga untuk medali perunggu SEA Games 2019.

 

Kecelakaan saat Latihan

Acara pelepasan Tim Wushu Indonesia ke SEA Games 2019 yang dilakukan Menpora Zainudin Amali di kediamannya Widya Chandra Jakarta, Rabu (27/11/2019). (Dok. Istimewa)

Sebelum bertolak ke Filipina, Harris mengalami insiden ketika berlatih yang menyebabkan lengan kirinya terluka karena terkena golok.

"Harus dijahit bagian tangan kiri,ada tujuh jahitan sebelum sampai ke sini," kata Harris.

Namun juara nomor Taolu Nanquan dan Nangun SEA Games 2015 itu tak gentar turun di arena WTC dan telah lulus dengan perak di dua hari pelaksanaan cabang wushu.

"Performa tidak terpengaruh, puji Tuhan Harris bisa mengontrol, tetap atur mulai dari pemanasan, pikiran, mental dan seluruhnya."

Harris tak bisa lebih berpuas diri lagi dengan medali perak sekembalinya ke pesta olahraga se-Asia Tenggara itu setelah melewatkan edisi 2017 di Kuala Lumpur.

"Setelah absen mungkin tantangannya adalah harus balik lagi setelah mengalami kesibukan-kesibukan, jadi Harris sudah maksimal di sini," katanya.

 

Hasil Lain

Pada hari yang sama dipertandingkan dua nomor wushu taolu lainnya yaitu Taijijian putra, di mana Bobie Valentinus Gunawan hanya finis peringkat empat sementara medali emas nomor itu jatuh ke tangan Choon How Loh dari Malaysia, kemudian perak direbut atlet tuan rumah Jones Llabres Inso dan perunggu lari ke Brunei Darussalam lewat Yu Hosea Wong Zheng.

Kemudian di nomor kombinasi Taolu Daoshu/Gunshu, Seraf Naro Siregar dan Edgar Xavier Marvelo masih akan melakoni laga final pada Selasa setelah merampungkan nomor Daoshu hari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI Prediksi Jumlah Penumpang Naik 4 Persen Saat Libur Nataru

Posted: 01 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah mengoperasikan KA Dharmawangsa dengan rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasar Turi. KA ini merupakan bagian dari KA baru yang dioperasikan untuk meningkatkan kapasitas KAI, khususnya dalam menghadapi Natal dan tahun baru (Nataru).

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, pada masa nataru kali ini, pihaknya memperkirakan jumlah penumpang akan mengalami kenaikan dibanding hari-hari biasa.

"Saat nataru, semua staf kita harus turun kelapangan, karena prediksi kita jujmlah penumpang naik 4 persen. Dari 5,6 juta penumpang menjadi 5,9 juta penumpang," kata Edi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Hingga kini, KAI sudah menjual tiket KA untuk perjalanan nataru. Setidaknya sekitar 30-40 persen tiket sudah terjual. "Untuk rute paling favorit itu seperti Surabaya, Jogja, Solo," tegas Edi.

Saat ini, KAI sudah meningkatkan pelayanannya dalam pemesanan tiket KA. Jika sebelumnya pembelian tiket KA bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan, kini hanya bisa 60 hari sebelum keberangkatan.

"Kita berharap nanti tahun baru kereta api menjadi opsi bagi calon pemudik," pungkas Edi.

 

KAI Luncurkan Kereta Dharmawangsa, Rute Jakarta-Surabaya

(Fotografer: Pebrianto Eko Wicaksono

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan Kereta Api Dharmawangsa, dengan rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (PP). Peresmian pengoperasian KA Dharmawangsa ini dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Pasar Senen.

"Dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, kami berharap dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan KA para pelanggan yang ingin ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekaligus dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta api dalam setiap perjalanannya," kata Edi di Stasiun Pasar Senen, Senin (2/12/2019).

Bertambahnya KA baru keberangkatan di wilayah Daop 1 Jakarta ini, sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

Jadwal keberangkatan KA Dharmawangsa dimulai pukul 8.25 WIB dari Pasar Senen, dengan beberapa pemberhentian di stasiun Pagadenbaru, Cirebon Perujakan- Brebes- Tegal- Pekalongan- Waleri-Semarang Tawang-Ngrombo-Randublatung-Cepu-Bojonegoro- Babat- Lamongan dan akan berakhir di stasiun Surabaya Pasar Turi pada Pukul 19.30 WIB.

KAI menawarka nsetiap perjalanannya KA Dharmawangsa akan memakan waktu tempuh selama 11 jam 5 menit (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi). KA ini memiliki tiga kereta eksekutif dengan kapasitas 150 tempat duduk (TD) dan enam kereta ekonomi dengan kapasitas 636 TD. Dengan demikian jumlah keseluruhan yang disediakan adalah 786 TD.

Harga Tiket

Kereta api melintas di jalur dwiganda atau double-double track (DDT) di kawasan Cipinang, Jakarta, Jumat (12/4). DDT segmen Jatinegara-Cakung mulai digunakan pada hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara untuk harga tiket KA Dharmawangsa, PT KAI menerapkan tarif batas bawah dan batas atas, yakni dari stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi untuk weekday kelas Eksekutif seharga Rp 350-390 ribu. Sedangkan, untuk kelas Ekonomi Rp 150 ribu.

Untuk weekend, kelas eksekutif Rp 350-480 ribu, dan kelas ekonomi Rp 150-160 ribu.

Terkait nama yang diberikan oleh PT KAI, pada KA yang baru diluncurkan ini dinamakan "Dharmawangsa", ternyata ada filosofinya.

"Filosofi dinamakan KA Dharmawangsa karena, Dharmawangsa sendiri adalah nama seorang Raja Lerajaan Medang, yaitu mertua sekaligus paman dari Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan. Kerajaan Medang yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan kerajaan besar yang menurunkan raja-raja besar di Pulau Jawa. Maka, diharapkan dengan diluncurkannya KA Dharmawangsa ini, PT KAI ke depannya semakin besar, jaya, dan terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," jelas Edi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

U-20 International Cup: Pelatih Arsenal U-18 Kagumi Permainan Indonesia All Stars

Posted: 01 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Denpasar- Arsenal U-18 harus mengakui ketangguhan Timnas Indonesia U-20 All Stars saat keduanya bertemu pada ajang U-20 International Cup yang diselenggarakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Di laga perdana yang disiarkan langsung oleh SCTV, The Gunners junior dihantam tim asuhan Eko Purjianto 3-1.

Pelatih Arsenal U-18, Kenneth Joseph Gillard mengaku kecewa dengan performa anak asuhnya di laga pertama mereka di U-20 International Cup itu. Katanya, Ben Arron Cottel dan kawan-kawan bermain jauh di bawah standar kualitas mereka.

"Kami bermain sangat santai, sementara tim Indonesia bermain sangat kuat. Kami tidak mau berdalih apapun dalam kekalahan ini. Yang pasti, saya kecewa dengan permainan anak asuh saya. Ada beberapa hal yang miss dan kami tak bisa mencapai target yang ditentukan tim," kata pelatih yang karib disapa Ken itu usai laga, Minggu (1/12/2019).

Ia mengakui perbedaan cuaca antara Indonesia dan Eropa mungkin saja berpengaruh pada performa anak asuhnya. Pun halnya stamina, di mana mereka baru beberapa hari saja tiba di Indonesia dan langsung menjalani laga krusial.

Namun, Ken tak mau hal itu dijadikan dalih kekalahan timnya. Semestinya, kata dia, cuaca dan kondisi apapun pemain harus siap beradaptasi. "Bagaimanapun cuacanya, tim harus mampu bermain maksimal. Tim saya tak tampil secara maksimal," tutur dia.

Di sisi lain, Ken menilai Indonesia menampilkan permainan yang cukup apik di laga pertama U-20 International Cup 2019. "Mereka mampu tampil baik dan rata-rata pemain mereka kuat dan performanya maksimal," tutur dia.

Jaga Keseimbangan

Diakuinya, 20 menit di babak awal timnya mampu menjaga keseimbangan. Tetapi setelahnya semuanya buyar dan tim sulit menjaga kekompakan. Ken menilai Indonesia cukup jeli dan cekatan dalam memanfaatkan peluang.

"Tim Indonesia jeli dan cekatan memanfaatkan peluang yang ada. Indonesia mampu memanfaatkan segala celah," papar dia.

Kapten tim Arsenal U-18, Ben Arron Cottrel juga mengakui ketangguhan Timnas Indonesia U-20 All Stars. "Pertandingan tadi berjalan cukup menantang. Indonesia tampil cukup kuat. Pertandingan ini akan menjadi bahan evaluasi kami dalam menatap pertandingan berikutnya," kata dia. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat New National Stadium, Venue Utama Olimpiade 2020

Posted: 01 Dec 2019 09:30 PM PST

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium akan menjadi stadion utama dalam penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade 2020.  (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium akan menjadi stadion utama dalam penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade 2020. (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium akan didapuk sebagai tempat digelarnya berbagai pertandingan cabang atletik dan sepak bola. (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium akan didapuk sebagai tempat digelarnya berbagai pertandingan cabang atletik dan sepak bola. (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). Komite Olahraga Jepang mengatakan jika alokasi dana untuk pembangunan New National Stadium adalah sekitar 155 miliar yen. (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). Komite Olahraga Jepang mengatakan jika alokasi dana untuk pembangunan New National Stadium adalah sekitar 155 miliar yen. (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium awalnya hanya berkapasitas 48 ribu kursi, namun kini 80 ribu kursi. (Kyodo News via AP)

Pandangan udara menunjukkan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium awalnya hanya berkapasitas 48 ribu kursi, namun kini 80 ribu kursi. (Kyodo News via AP)

Pemandangan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium menggunakan desain dari arsitek mahsyur Jepang, Kengo Kuma, dan mengusung tema yang ramah lingkungan. (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

Pemandangan New National Stadium, Tokyo, Jepang, Sabtu (30/11/2019). New National Stadium menggunakan desain dari arsitek mahsyur Jepang, Kengo Kuma, dan mengusung tema yang ramah lingkungan. (Masanori Takei/Kyodo News via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Shawn Mendes Batal Konser di Brasil, Ini Sebabnya

Posted: 01 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Shawn Mendes membatalkan rencana konsernya di Sao Paulo, Brasil. Melalui akun Twitternya ia menjelaskan pita suaranya sakit sehingga tidak bisa bernyanyi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DAY6 Semringah Melihat Antusiasme Penggemar di Konser Jakarta

Posted: 01 Dec 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Konser dua hari DAY6 di Indonesia akhirnya tuntas pada Minggu (1/12/2019). Selama dua hari manggung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Jae dkk tampil dengan energik.

Dalam konser yang dipromotori oleh Mecimpro ini, DAY6 membawakan lagu-lagu andalannya selama lebih dari dua jam. Mulai dari "Time of Our Life", "Colors", "Sweet Chaos", "You Were Beautiful", "Congratulations", dan lainnya.

Sepanjang konser, DAY6 sering berkomunikasi dengan penonton. Sebagian besar dengan bahasa Inggris, beberapa kali dalam bahasa Korea, bahkan kadang nyeplos dengan bahasa Indonesia. 

Antusias

Konser DAY6 di Jakarta.

Salah satu kalimat pertama yang diucapkan Jae DAY6 adalah kekagumannya atas antusiasme My Day, sebutan bagi penggemar band ini, dalam konser tersebut.

"Wow! Aku sudah tahu hari ini akan berjalan dengan hebat!" tutur Jae DAY6 di awal konser.

Diajak Berdiri

Konser DAY6 di Jakarta.

Young K juga ikut memanaskan suasana, dengan meminta semua penonton berdiri, termasuk bagi mereka yang berada di tribun.

"Apakah kamu siap nge-groove bersama kami? Merasakan musik bersama kami?" teriaknya, disambut sorak sorai antusias penonton.

Amazing!

Dalam konser hari kedua tersebut, pertukaran energi antara My Day dan DAY6 begitu terasa. Kelima personel DAY6 merespons koor dan fan chant dari penggemar dengan aksi yang kian bertenaga, dan senyum semringah yang tak lepas dari wajah mereka.

"Amazing! Amazing! Aku bisa ngomong seperti ini sepanjang malam," kata Jae.

Ganti Bernyanyi

Bahkan dalam beberapa lagu, My Day "menggantikan" posisi para musikus ini dengan menyanyikan lagu, dan para personel DAY6 memainkan musiknya.

"Suara kalian benar-benar bagus banget," kata Wonpil dengan bantuan penerjemah.

Warna-warni Flash Light

Konser DAY6 di Jakarta.

Tak hanya itu, di pertengahan konser, penonton juga menyiapkan kejutan untuk para personel DAY6. Salah satunya adalah kertas filter warna-warni yang ditempelkan di flash light ponsel milik penonton.

Saat para penonton kompak menyalakannya, venue konser tampak cantik dengan kelap-kelip lampu kecil ini. Young K bahkan ingin mengabadikannya dalam bentuk potret.

"Bisakah kita berfoto sambil lampunya dimatikan, aku ingin ini terlihat," kata dia.

 

Penutup

Melihat antusiasme penonton, di akhir penampilannya DAY6 bahkan memberikan "bonus" dengan menyanyikan lagu "My Day".

Setelahnya, satu demi satu mereka lantas mengungkap rasa terima kasihnya kepada penggemar di Indonesia.

"Terima kasih banyak. Suatu kehormatan bisa berbagi momen ini dan ada bersama kalian. Kami datang dari jauh dan bisa bersama kalian, kalian semua hebat," kata Young K.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cerita Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak, Kocak

Posted: 01 Dec 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamu tentu sudah tidak asing dengan istilah 'The Power of Emak-Emak'. Istilah ini memang cukup populer di tengah masyarakat. Istilah 'The Power of Emak-Emak' digunakan untuk menggambarkan perilaku ibu-ibu yang kerap menjadi sorotan karena aksi nekatnya dalam menghadapi segala sesuatu.

Kelakuan emak yang selalu penuh kejutan dengan keberanian ini selalu sukses bikin orang lain geleng kepala dibuatnya.

Nyatanya enggak kalah dari para emak-emak, bapak-bapak juga punya kelakuan yang absurd. Enggak jarang, kelakuan absurd bapak ini tertangkap kamera dan viral di media sosial. Dari tagar 'BapakbapakMahBebas' menunjukkan kelakuan absurd yang cuma bisa bapak-bapak lakukan. Kira-kira bapak kamu gini juga enggak ya?

Penasaran seperti apa kelakuannya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas 6 cuitan yang tunjukkan kelakuan absurd bapak-bapak, Senin (2/12/2019).

1. Iya, memang lagi mengurangi kopi sih. Tapi bukan mengurangi yang gini.

6 Cuitan Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak (Sumber: Twitter/AlfiNurul20

2. Siapa yang bapaknya kayak gini? Harusnya pakai emot menangis, tapi malah pakai emot ketawa.

6 Cuitan Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak (Sumber: Twitter/sheelakmla

3. Cara cepat mengeringkan hewan tanpa pakai hairdryer, cuma bapak-bapak yang punya ide kreatif gini.

6 Cuitan Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak (Sumber: Twitter/milahirna_nin

4. Biar kesemutannya hilang, jadi pakai kapur anti semut. Oke deh pak!

6 Cuitan Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak (Sumber: Twitter/hdnbintang

5. Kata bapak, hewan ini cuma muncul di akhir bulan loh.

6 Cuitan Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak (Sumber: Twitter/enggale

6. Ngotot minta hotspot padahal jaraknya jauh. Bapak-bapak mah bebas ya.

6 Cuitan Ini Tunjukkan Kelakuan Absurd Bapak-Bapak (Sumber: Twitter/dwichaerunnisaa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Disabilitas Celebral Palsy Buktikan Mampu Menari Dari Atas Kursi Roda

Posted: 01 Dec 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita penyandang disabilitas celebral palsy, Ashleigh Ritchie yang berasal dari Sunderland, Tyne and Wear, Inggris mulai belajar seni saat usianya 16 tahun.

Dengan kondisinya tersebut, ia berharap dapat menghilangkan stigma negatif orang-orang tentang para penyandang disabilitas melalui menari dan pertunjukan kursi roda.

Dilansir dari metro.co.uk, Senin (2/12/2019), meski sudah belajar seni sejak usia 16 tahun, Ritchie mengubah jalur kariernya setelah diberi tahu bahwa dia tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan dan berada di bidang yang salah.

Wanita berusia 38 tahun ini ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa penyandang disabilitas juga bisa menunjukkan bakat tari dan mampu memberikan hasil terbaik kepada penonton yang menyaksikannya.

Ritchie merancang koreografinya semaksimal mungkin untuk bisa ditampilkan di hadapan banyak orang. Biasanya, penari dengan pengguna kursi roda hanya menari dengan gerakan sederhana di atas kursi rodanya.

"Anda bisa menjadi siapa pun yang Anda inginkan ketika Anda menari. Saya menikmati semuanya tetapi saya melakukan sesuatu yang tidak banyak orang lakukan, yaitu keluar dari kursi roda. Ketika seseorang berpikir tentang penari kursi roda, mereka hanya menganggap mereka duduk di kursi. Orang-orang datang dan melihat Anda karena mereka ingin melihat Anda melakukan sesuatu yang berbeda, dan itu tidak biasa bagi orang cacat," cerita Ritchie.

Menurutnya, masih banyak masyarakat menganggap penyandang disabilitas adalah negatif. Dengan menari, Ritchie ingin mengubah pandangan mereka yang salah terhadap para penyandang disabilitas.

 

Raih Penghargaan dan Buat Channel YouTube

Ashleigh Ritchie, penyandang disabilitas celebral palsy mampu menari dari atas kursi rodanya. (YouTube Ashleigh Ritchie: Ritch-Ability)

Ritchie mulai kembali ke dunia tari sejak 2015 lalu dan membuatnya meraih penghargaan Dance City's Creative Summer, tempat ia kemudian merancang koreografinya sendiri.

Pekerjaannya ini digunakan Ritchie sebagai rehabilitasi untuk para penyandang disabilitas dan bisa dipamerkan, baik di sekolah maupun masyarakat.

Tetapi kendalanya saat ini adalah soal dana. Meskipun sudah mengajukan permohonan dana, namun Ritchie masih belum berhasil mendapatkan bantuan dana untuk mengangkat tempat tarinya itu.

Sebagai gantinya, Ritchie membuat saluran YouTube sendiri, dengan harapan mendapatkan dukungan dari penonton channel-nya dan bisa mendapat penghasilan dari video tersebut.

"Rasanya ketika Anda ditolak, Anda harus membuktikan diri. Saya harap saluran saya bisa naik, sehingga saya dapat menggunakan uang itu untuk menjalankan tempat tari saya dan membantu orang lain," kata Ritchie.

Ritchie mengatakan, konten yang dibuatnya berfokus pada pendidikan tentang penyandang disabilitas untuk menunjukkan apa yang bisa dihasilkan oleh mereka.

"Saya telah mencapai prestasi dalam menari dan saya ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka juga bisa," ujar Ritchie.

Mulai dari pembuatan video sampai dengan mengedit kontennya, Ritchie lakukan itu sendiri dengan bantuan dari pasangannya bernama Graham.

Menurut Ritchie, dalam videonya dia memerangi pemahaman masyarakat yang menganggap para penyandang disabilitas tidak akan pernah bisa punya rumah, tidak bisa melakukan hal yang disukai, tidak akan pernah bisa duduk, dan tidak akan pernah punya pacar.

Meski begitu, dirinya yakin sebenarnya banyak juga mereka yang tidak bermaksud seperti itu. Hanya saja, kurangnya kesadaran dan pemahaman terhadap penyandang disabilitas membuat masyarakat menjadi diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

"Secara umum, kadang orang-orang memandang saya dengan aneh karena saya memiliki pasangan yang sehat atau kadang-kadang mereka akan bertanya apa itu ketidakmampuan Graham alih-alih hanya menerima bahwa ia sehat," kata Ritchie.

"Saya tidak perlu berpikir orang ingin melakukan diskriminasi, saya pikir mereka tidak memiliki pengetahuan. Saya bukan satu-satunya orang yang menghadapi diskriminasi, tetapi sudah jauh lebih baik sekarang karena ada orang yang dapat mendidik masyarakat. Masyarakat ingin belajar sekarang, mereka belum mendapatkan pengetahuan," sambung dia.

Ritchie mengatakan ia telah diberdayakan melalui pekerjaannya dalam kesetaraan dan memberi saran kepada organisasi, seperti Disability North dan tim Metrocentre di Tyne and Wear.

"Di masa lalu, pekerjaan dan kecacatan tidak selalu berjalan beriringan, tetapi sekarang tidak sesulit dulu berkat metode seperti rehabilitasi dan pekerjaa. Itu membuat dunia menjadi tempat yang jauh lebih beragam," tutup Ritchie.

 

(Annisa Suryanie)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Jatuh di San Antonio, 3 Orang Tewas

Posted: 01 Dec 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Texas - Pesawat kecil jatuh di bagian utara bandara internasional San Antonio, Texas pada Minggu 1 Desember petang waktu setempat atau Senin (2/12/2019) waktu Jakarta. Tiga orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan tersebut.

Menurut Kepala Pemadam Kebakaran Bandara San Antonio, Charles Hood, pesawat nahas itu sedang dalam perjalanan dari Sugarland menuju Boerne ketika mengalami gangguan mesin dan dibelokkan ke bandara internasional San Antonio.

Hood mengatakan, departemennya sedang menunggu telepon dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dan Administrasi Penerbangan Federal untuk tahap penyelidikan selanjutnya.

Pesawat bermesin tunggal itu jatuh di tepi jalan dan menewaskan seluruhnya tiga orang penumpang.

 

Hancur di Trotoar

Ilustrasi Pesawat Jatuh (iStockphoto)

Pilot ingin melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional San Antonio, kata Hood, tetapi akhirnya menabrak jalan.

"Saya pikir saya mendengar suara mobil menabrak beberapa tempat sampah. Tapi bukan itu yang terjadi," kata Catherine Law (26), kepada afiliasi CNN, KABB-TV.

Kecelakaan itu dilaporkan pada pukul 18.30 waktu lokal. Pesawat itu ditemukan di trotoar jalan dan dalam keadaan hancur.

"Tidak ada bangunan komersial yang terkena, juga tidak ada kompleks apartemen yang rusak. Sungguh tragis, itu bisa jauh lebih buruk," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Peroleh Tambahan Produksi Gas dari 3 Lapangan Migas

Posted: 01 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat penambahan produksi gas Indonesia sebesar 40 juta kaki kubik per hari ‎(Million Standard Cubic Feet Per Day/MMSCFD), berasal dari proyek hulu migas Bison, Iguana, dan Gajah-Puteri (BIGP) di Wilayah Kerja (WK) Natuna Sea Block A.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu P Taher mengatakan,‎ proyek hulu migas Bison, Iguana, dan Gajah-Puteri ‎yang dioperasikan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Premier Oil telah menyalurkan gas pertamanya. Proyek ini berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 2 tahun dengan total estimasi biaya investasi sebesar USD 325 juta.

"Hal ini merupakan upaya konkret untuk terus meningkatkan profil produksi Hulu Migas Indonesia," kata Wisnu, di Jakarta, Senin (2/12/2019).

 

Cadangan gas yang terdapat pada proyek BIG-P adalah sebesar 93 miliar kaki kubik fit (BCF), nantinya gas akan disalurkan melalui infrastruktur eksisting yang berada dalam WK Natuna Sea Block A.

Sednagkan ‎produksi gas dari lapangan Bison sekitar 15 MMSCFD dan dari lapangan Iguana sekitar 25 MMSCFD. Uji kinerja sumur Bison dan Iguana berhasil diselesaikan dan secara paralel uji aliran gas terintegrasi dari kedua sumur pada laju alir gabungan 40 mmscfd juga diselesaikan dengan sukses.

Menurutnya, keberhasilan pengerjaan proyek BIGP menjadi bukti lanjut kemampuan Premier Oil, dalam melaksanakan siklus proyek dari eksplorasi hingga produksi.

"SKK Migas menyambut baik adanya tambahan produksi gas dari proyek BIGP,"ujarnya.

Premier Oil selaku operator WK Natuna Sea Block A memiliki kepemilikan saham sebanyak 28,67 persen sedangkan sisanya dimiliki oleh beberapa pihak yaitu KUFPEC, Pertamina, PTT, dan Petronas.

PGN Jajaki Beli Gas dari Blok Masela

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) menyatakan, sudah ada calon pembeli gas Blok Masela‎ yang melakukan pendekatan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pencarian pembeli gas hasil produksi Blok Masela sedang dilakukan. SKK Migas bersama Inpex Corporation sebagai operator Blok Masela terus melakukan penawaran gas.

"Secara kan memang Inpex dengan SKK Migas berjalan bersama untuk mencari pembeli. Ya sedang proses," kata Dwi, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Menurut Dwi, salah satu kandidat yang akan membeli gas hasil produksi Blok Masela adalah PT Perusahaan‎ Gas Negara (PGN). Saat ini PGN sebagai subholding gas di bawah PT Pertamina (Persero).

‎"PGN tentu iya pasti ngambil dalam negeri. Pertamina kan diwakili PGN," tuturnya.

Dwi melanjutkan, PGN sudah melakukan komunikasi dengan lembaganya untuk menjajaki pembelian gas dari Blok Masela. Namun sampai saat ini belum ada kandidat kuat yang akan membeli gas bumi tersebut.

"Belum lah (kandidat terkuat). PGN sudah mulai berkomunikasi," tandasnya. 

Kementerian ESDM Minta SKK Migas Segera Cari Pembeli Gas Blok Masela

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), untuk mempercepat pencarian pembeli gas Blok Masela.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, pembeli gas Blok Masela menjadi faktor kemajuan pembangunan lapangan gas abadi tersebut. Sebab itu, SKK Migas perlu segera mencari pembeli gas hasil pengolahan Blok Masela.

"Saya cuma titip pesan ke SKK Migas, cepat-cepat cari pembeli gas Blok Masela. Itu saja," kata Djoko, di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Jika SKK Migas tak segera memutuskan masalah pembeli gas ini, dikhawatirkan akan membuat proyek tersebut kembali molor.

"Dirjen Migas mendorong pembeli gas Blok Masela untuk segera diusahakan. proyek tidak molor lagi," ujarnya.

Djoko mengungkapkan, SKK Migas merupakan regulator yang diberikan kewenangan melakukan penjualan gas dari hasil produksi blok migas dalam negeri. Pemerintah pun tidak memberikan syarat khusus pembeli gas Blok Masela.

"Makin cepat makin baik. peraturannya kan SKK Migas menunjuk pembeli, siapa terserah. mau jual sendiri mau lewat orang. pokoknya pesan saya cuma satu Masela," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bocah 6 Tahun Tewas Terjepit Bianglala Pasar Malam di Situbondo

Posted: 01 Dec 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah 6 tahun, warga Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Jawa Timur tewas saat naik permainan bianglala. Kepala korban terjepit besi penyangga permainan, hingga patah tulang lehernya. Korban meninggal sesaat setelah dilarikan ke Puskesmas terdekat. Sementara polisi memeriksa pengelola permainan. 

Wahana permainan bianglala atau komedi putar ini, yang menyebabkan tewasnya Marsela Dwi Mariska. Bocah 6 tahun, asal Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Situbondo. Marsela tewas setelah terjepit tiang besi penyangga permainan tersebut. Berikut diberitakan Fokus, 29 November 2019.

Insiden ini terjadi pada Rabu malam, saat Marsela bersama orangtuanya, Muhsin (47), datang ke pasar malam di Taman Lanceng, Kecamatan Kapongan. Kepada orangtuanya, Mariska meminta untuk menaiki permainan bianglala. Lantaran Muhsin takut ketinggian, Mariska naik permainan tersebut sendirian.

Saat bianglala mulai berputar, korban berniat melihat ayahnya yang berada di bawah. Tanpa disadari, kepala korban yang keluar dari rantang permainan terjepit tiang besi penyangga. Korban pun meninggal dunia saat mendapat perawatan medis Puskesmas terdekat.

Atas insiden tersebut, pihak Polsek Kapongan mulai memeriksa pengelola pasar malam itu. Pascakejadian, pihak kepolisian telah memanggil beberapa saksi baik panitia maupun operator permainan bianglala. Pihak Polsek belum bisa menetapkan tersangka, karena masih dalam proses penyelidikan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Mojokerto Ingatkan Hal Ini Saat Peringatan Hari AIDS Sedunia

Posted: 01 Dec 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Mojokerto Jawa Timur menargetkan tidak ada lagi kasus kematian karena AIDS pada 2030.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Mojokerto Pungkasiadi, pada Gebyar Peringatan Hari AIDS 2019. "Tree Zeroes harus digapai tahun 2030. Yakni tidak ada lagi penderita baru (Zero New HIV Infection), tidak ada lagi orang meninggal karena AIDS (Zero AIDS Related Death), dan tidak ada lagi stigma negatif terhadap orang dengan HIV AIDS/ODHA (Zero Stigma and Discrimination)," ujar dia pada peringatan hari AIDS yang mengusung tema "Saya Berani Saya Sehat, Bersama Masyarakat Meraih Sukses" di Taman Ghanjaran Trawas, Mojokerto, Minggu, 1 Desember 2019, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan, data kumulatif dinas kesehatan menunjukkan pada 2009 hingga September 2019, sedikitnya ada 725 orang yang teridentifikasi, dan 254 orang di antaranya telah mendapat pengobatan Anti Retroviral atau ARV di 5 layanan kesehatan Kabupaten Mojokerto.

"Sepanjang Januari hingga September 2019 saja, sudah ditemukan 82 orang yang teridentifikasi dan telah berobat di beberapa Puskesmas. Saya mengajak semua masyarakat untuk menjauhi penyakitnya, bukan orangnya," ujar dia.

Ia menuturkan, pemerintah juga telah meluncurkan strategi penanggulangan AIDS bernama STOP (Suluh, Temukan, Obati, dan Pertahankan). "Ini artinya dinas terkait bersama lembaga masyarakat yang berkecimpung pada penanganan HIV AIDS, bersama-sama memberi penyuluhan pada masyarakat yang belum memahami apa itu AIDS," katanya.

Dari sini, kata dia, diharapkan muncul kesadaran bagi mereka yang merasa rentan agar mau tes dan menjalani penanganan selanjutnya apabila benar-benar terdeteksi.

"Para petugas kesehatan yang menangani pengobatan, juga harus bisa mempertahankan kondisi pasien apabila sudah membaik," katanya.

Peringatan Hari AIDS Sedunia yang diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Mojokerto, turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi, Forkopimca, Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Mojokerto, OPD, serta masyarakat.

Hal yang Perlu Diketahui Seputar HIV dan AIDS

HIV/AIDS (iStockphoto)

Sebelumnya, Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodefienciency Virus) yang menyerang sistem kekebalan tubuh. 

Orang yang terinfeksi AIDS disebut ODHA (Orang dengan HIV/AIDS). Mereka yang didiagnosis AIDS pasti sudah tertular HIV. 

Ada tingkatan stadium pada invidu yang positif tertular HIV. AIDS merupakan stadium akhir. 

"AIDS adalah stadium terminal dari infeksi HIV. Seseorang yang terinfeksi HIV belum disebut AIDS, tapi dia sudah mengalami HIV positif. Seiring berjalannya waktu bisa menjadi AIDS," kata dr. Juanli, RFP, AWP saat ditemui di acara Donor Darah Massal, Unika Atma Jaya, Jakarta Selatan.

Gejala HIV AIDS

Juanli mengatakan, individu yang terkena HIV pada awalnya mungkin tak menunjukkan gejala. Atau gejala yang muncul tampak seperti tanda penyakit pada umumnya, seperti berkeringat di malam hari, flu, mengalami ruam merah di kulit, serta diare kronis. 

Cek darah akan menjadi semacam skrining apakah seseorang tertular HIV atau tidak. 

"Saat pertama terkena HIV, mungkin tidak menunjukkan gejala. Nah, itu yang kadang sulit. HIV dapat diidentifikasi dengan melakukan pemeriksaan darah. Kalau dia tidak melakukan pemeriksaan darah, dia tidak akan tahu," kata dr. Juanli.

Penyebaran virus HIV dapat terjadi melalui pertukaran cairan tubuh terutama darah atau cairan mani, dan ibu yang menyusui.

Orang yang berisiko tinggi terkena HIV adalah orang yang suka gonta-ganti pasangan dan melakukan seks berisiko serta tidak menggunakan pengaman, pengguna narkoba yang menggunakan jarum suntik secara bergantian, dan trnfusi darah. 

 

Mitos dan Fakta Penularan HIV AIDS

Seorang wanita menunjukkan bunga mawar dan buku panduan saat peringatan Hari AIDS Sedunia di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/12/2019). Kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang penyakit AIDS dan mengajak untuk peduli serta tidak menjauhkan penderita AIDS. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Banyak mitos yang masih berkembang liar di masyarakat terkait HIV/AIDS yang menyebut bahwa HIV dapat menyebar lewat salaman dan ciuman. Hal ini lalu dibantah oleh dr. Juanli yang menyebut bahwa bersalaman dan ciuman dengan orang yang positif HIV adalah hoaks.

"Jadi salaman tidak bisa menularkan HIV dan ciuman pun tidak, menggunakan toilet bersama juga tidak," tambah dr. Juanli.

Orang yang AIDS masih dapat melakukan hubungan badan dengan menggunakan pengaman. Namun, Juanli menyarankan bahwa orang yang positif AIDS perlu menghindari melakukan hubungan seksual agar tidak terjadi penularan.

"Mereka masih bisa berhubungan seksual, cuma harus pakai pengaman. Kalau boleh diganti, bukan dengan penetrasi antara kelamin laki-laki dan perempuan. Namun dengan cara yang lain. Tapi sebaiknya dihindari," ucap Juanli. 

Sementara, anak yang mendapatkan asupan ASI dari ibu yang positif AIDS sangat berisiko tertular. Disarankan ibu yang positif HIV memberikan anak susu formula agar tidak tertular HIV dari air susu ibu.

"Seorang ibu yang HIV positif dilarang sangat untuk menyusui. Walaupun di satu sisi itu memang dilematis, namun di satu sisi itu untuk menghentikan penularan HIV," terang Juanli.

Orang dengan HIV/AIDS harus minum obat antivirus selama sisa hidupnya untuk bertahan dari virus yang sewaktu-waktu dapat menyebabkan infeksi oportunistik. 

"Selain mengonsumsi obat anti HIV, orang dengan HIV/AIDS harus tetap menjaga pola hidup dengan baik. Dan yang terpenting adalah ODHA harus menyetop penyebarannya atau penularannya," kata dr. Juanli.

Virus HIV yang terpapar udara suhu ruangan akan cepat mati, karena PH di luar sangat berpengaruh pada virus tersebut. Bila dibandingkan, virus Hepatitis B atau Hepatitis C justru lebih menular daripada HIV.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Rani di Sinetron Candy? Ini 7 Potret Terbaru Nimaz Dewantary

Posted: 01 Dec 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Nimaz Dewantary atau yang memiliki nama lengkap Nimaz Indryastuti Dewantary ini mulai dikenal luas setelah bermain sinetron Candy pada 2007 lalu. Tak hanya dikenal sebagai pemain sinetron saja, akan tetapi Nimaz juga pernah bemain dalam film layar lebar.

Dalam sinetron Candy yang telah membesarkan namanya, ia berperan sebagai Rani, sahabat Candy yang diperankan oleh Rachel Amanda. Bahkan dalam film layar lebar judul, I Love You, Om ia pun kembali bermain dengan Rachel.

Tak hanya meniti karier di industri hiburan Tanah Air saja, akan tetapi ia juga pernah membintangi sebuah drama Korea berjudul Love Distance. Drama perpaduan Indonesia dan Korea ini juga turut dibintangi oleh Brandon Salim pada 2018 lalu.

Meski sudah jarang terlihat di layar kaca, akan tetapi Nimaz Dewantary pun masih aktif mengunggah berbagai kegiatan di akun Instagram pribadinya. 12 tahun berlalu semenjak sinetron Candy, penampilan dari Nimaz pun tak banyak berubah. Ia pun semakin terlihat dewasa dan memesona.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @nimazdewantary, Senin (2/12/2019) berikut ini beberapa potret terbaru dari Nimaz Dewantary sang sahabat Candy di sinetron Candy.

1. Nimaz cukup sering mengunggah foto bersama sang kekasih di akun Instagram pribadinya.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

2. Ia juga cukup aktif mengunggah foto saat tengah berolahraga bersama teman-teman.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

3. Tak hanya berolahraga, akan tetapi Nimaz juga sempat mengunggah foto liburan dengan para sahabat di akun Instagram.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

4. Perempuan kelahiran 17 November 1993 ini pun diketahui cukup rutin berolahraga.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

5. Penampilannya kini pun terlihat semakin dewasa.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

6. Meski begitu, paras ayu dari Nimaz ini tak banyak berubah sejak bermain sinetron Candy.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

7. Nimaz juga termasuk dalam deretan selebritis yang jauh dari gosip.

Nimaz Dewantary (Sumber: Instagram/nimazdewantary)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Merah Putih Berkibar, Lifter Windy Aisyah Raih Medali Emas Angkat Besi

Posted: 01 Dec 2019 09:14 PM PST

Lifter Windy Aisyah sikap hormat saat naik podium usai mendapatkan medali emas SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah sikap hormat saat naik podium usai mendapatkan medali emas SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah bersiap melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah bersiap melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah bersiap melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah bersiap melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah bersiap melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah bersiap melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah melakukan angkatan saat SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah mengibarkan bendera usai mendapatkan medali emas SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Lifter Windy Aisyah mengibarkan bendera usai mendapatkan medali emas SEA Games 2019 cabang angkat besi nomor 49 kg di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Windy Aisyah meraih emas dengan total angkatan 104 kg. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Sebut 7 BUMN Masih Rugi meski Dapat Suntikan Modal Pemerintah

Posted: 01 Dec 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengakui bahwa alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama periode 2015-2018 belum berjalan optimal. Hal itu tercermin dari adanya tujuh BUMN yang masih saja mengalami kerugian pada 2018.

Sri Muyani merincikan secara tren kinerja keuangan BUMN penerima PMN sejak 2015 dan 2016 masing-masing mengalami pencapaian sama. Pada periode itu, dari beberapa BUMN yang disuntik modal pemerintah masing-masing sebanyak 33 perusahaan BUMN mengalami keuntungan dan delapan mengalami kerugian.

Pada 2017 kemudian, tren kerugian BUMN mengalami penurunan dengan banyaknya Perseroan yang mengalami keuntungan. Adapun pada periode itu, hanya tiga BUMN yang merugi, sementara 38 BUMN tercatat hasil positif.

Namun pada 2018, Bendahara Negara itu menyayangkan lantaran BUMN yang mengalami kerugian kembali naik sebanyak tujuh perusahaan. Sementara yang mengalami keuntungan sebanyak 34 Perseroan.

"Kerugian pada tujuh BUMN yaitu PT Dok Kodja Bahari, PT Sang Hyang Seri, PT Power Solution Indonesia, PT Dirgantara Indonesia, PT Pertani, Perum Bulog, dan PT Krakatau Steel," katanya dalam rapat di Komisi XI, di DPR RI, Jakarta, Senin (2/12).

Sri Mulyani menyampaikan, kerugin terjadi pada tujuh BUMN itu juga bukan tanpa sebab. Misalnya saja, untuk PT Krakatau Steel beban keuangan selama kontruksi menjadi salah satu utama Perseroan itu mengalami kerugian.

Kemudian untuk, Perum Bulog sendiri terdapat kelebihan pendapatan atas penyaluran rasta sehingga Bulog harus melalukan pembenahan koreksi pendapatan di 2018. Selain itu, kerugian yang disebabkan oleh PT Dirgantara Indonesia yakni akibat adanya pembatalan kontrak dan order tidak mencapai target.

Repoorter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Sri Mulyani Curhat Semua Kementerian Minta Anggaran Naik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, setiap saat selalu mendapat curhatan dari berbagai kementerian dan lembaga mengenai kekurangan anggaran. Bahkan, beberapa kementerian mengaku lebih penting dibandingkan dengan kementerian lainnya.

"Ada yang minta senjata kita bagus, polisi minta gajinya dinaikkan, supaya dia tertib, semua itu kebutuhan. Itu yang saya dengar sebagai menteri keuangan, everybody says penting. Padahal, semuanya itu penting, sosial itu penting, kesehatan penting, pendidikan penting," ujarnya di Kampus UI, Depok, Rabu (27/11/2019).

Pada dasarnya, kata Sri Mulyani, semua kementerian memiliki tujuan dan fungsi yang sangat penting bagi Indonesia. Termasuk kementerian yang dipimpin oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Apalagi ada mas Nadiem sekarang, penting banget, PUPR penting, Pak Prabowo penting banget, jadi semua orang itu bilang penting. Kalau saya sudah tidak lagi terlalu sensitif lagi dengan kata penting, karena semua penting," papar Sri Mulyani.

Oleh karena semua penting, maka dalam penyusunan anggaran dan kebijakan fiskal, pemerintah melakukan penyaluran secara hati-hati dan tepat sasaran. Kebijakan fiskal terus dijaga kesehatan dan kredibilitasnya agar sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

"APBN itu banyak tujuannya, sementara penerimaan negara tidak selalu sama, selalu berubah. Oleh karena itu, ekonomi harus bisa tetap tumbuh sehat dan tumbuh merata, agar tercapai kemakmuran itu dan bisa dinikmati nanti melalui pemerataan lapangan pekerjaan. Cara untuk mencapai itu bisa dilakukan melalui APBN, dan tidak statis," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

Sri Mulyani Ingatkan Para Menteri Laporkan Kebutuhan Anggaran 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2019). Pemerintah bersama Komisi XI DPR RI kembali melakukan pembahasan mengenai asumsi dasar makro dalam RAPBN 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengingatkan agar seluruh pos kementerian yang diisi oleh menteri baru dapat segera melaporkan kebutuhan anggarannya untuk di 2020. Mengingat tinggal beberapa bulan lagi tahun buku anggaran 2019 segera ditutup.

"Kita langsung sampaikan bapak ibu menteri, 2020 tinggal 2 bulan dan dokumen anggaran sampaikan di November," kata Sri Mulyani saat ditemui di Jakarta, Kamis (31/10).

Sri Mulyani menyampaikan dua bulan ini memang menjadi paling krusial, karena biasanya belanja dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengalami akselerasi. 

Sehingga dalam hal ini perlu ditekankan agar kemudian setiap kementerian memiliki tanggung jawab terhadap anggarannya masing-masing.

"Kemarin karena ada kabinet baru kita langsung agenda pertama adalah rapat untuk berikan briefing terutama menteri baru mengenai tanggung jawab mereka untuk jaga agar momentum akselerasi budget eksekusi 2019 bisa jalan dan juga untuk 2020," jelas dia.

"Apalagi banyak menteri muda ide banyak, make sure ide itu tidak terjadi slowdown dari sisi belanja. Jangan sampai kita lagi banyak inisiatif, tapi yang di tangan tidak dieksekusi. Ini jadi tantangan," ucap Sri Mulyani.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aprilia Siapkan Penantang Honda CBR 150R, Harga Rp24 Jutaan

Posted: 01 Dec 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aprilia dikabarkan akan terjun di segmen sportsbike 150 cc sejak awal 2019. Motor penantang Honda CBR 150R ini direncanakan meluncur di akhir tahun 2019 atau awal 2020.

Dilansir Motosaigon.vn, rumor baru menyebut bahwa calon pesain Yamaha YZF-R15, Suzuki GSX-R 150, dan Honda CBR 150R itu akan dirilis dalam waktu dekat.

Menariknya, pabrikan asal Italia itu tak akan membanderol motor bernama Aprilia RS 150 ini terlalu. tinggi. Sumber yang sama menyebut bahwa harga motor ini nantinya berkisar di angka VND40 jutaan, setara Rp24,4 jutaan (Kurs VND1 = Rp0,61).

Jika benar, nominal tersebut jauh lebih murah dibanding Yamaha YZF-R15. Di Vietnam, sportsbike itu dibanderol VND79 juta, sekitar Rp48,2 jutaan. Tingginya angka itu tak terlepas dari statusnya sebagai produk CBU (completely built-up) atau diimpor secara utuh dari Indonesia.

Secara fisik, Aprilia RS 150 memiliki desain yang identik dengan kakaknya di segmen 1.000 cc, Aprilia RSV4. Motor ini memiliki fairing minimalis yang tetap terkesan sporty.

Hanya saja, memang tak terlalu banyak fitur yang disematkan. Lampu-lampu Aprilia ini masih menggunakan bohlam. Instrumen panelnya juga belum full-digital.

 

Prediksi Mesin

Geser ke sektor kaki-kaki, terpasang suspensi depan upside-down dan monoshock swing-arm di belakang. Kedua rodanya masing-masing dikawal single-disc brake dengan sistem pengereman ABS.

Untuk urusan performa, Aprilia RS 150 diprediksi akan mengusung mesin 1-silider 150 cc liquid cooled. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 17,7 Tk dengan torsi maksimum mencapai 14 Nm.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Video Persiapan All Star U20 International Cup 2019

Posted: 01 Dec 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - SCTV siap menyiarkan pertandingan Indonesia All Stars di U-20 International Cup 2019. Ajang ini bakal berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 1 hingga 7 Desember 2019.

Ajang U-20 International Cup 2019 diikuti empat tim. Selain Indonesia All Stars, ada juga tim-tim eropa papan atas seperti, Real Madrid, Inter Milan, dan Arsenal.

Pada kesempatan kali ini SCTV membagikan bagimana persiapan para pemain All Star U20 dalam ajang International Cup 2019.

Penasaran seperti apa persiapannya? Saksikan selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratu Elizabeth II Rekrut Direktur Perjalanan Kerajaan, Gajinya Bikin Terkejut

Posted: 01 Dec 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beragam elemen dalam kerajaan Inggris diatur oleh masing-masing posisi pekerjaan, seperti soal perjalanan. Ratu Elizabeth II tengah mencari direktur baru untuk mengatur perjalanan kerajaan.

Dilansir Hello Magazine, Senin (2/12/2019), Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan lain diketahui kerap keliling dunia. Maka dari itu, mereka membutuhkan orang yang dapat mengorganisir berbagai hal.

Sebut saja soal logistik dan pelayanan perjalanan yang aman, efisien, hemat biaya, serta sesuai rencana. Tak jarang, perjalanan tersebut adalah bagian dari tugas resmi keluarga kerajaan Inggris.

Posisi yang ditawarkan diiklankan di LinkedIn, layanan berorientasi bisnis dan pekerjaan yang beroperasi lewat situs web dan aplikasi seluler. Nantinya, yang menjabat posisi ini akan bekerja di London, namun akan sering bepergian di Inggris dan luar negeri.

Calon yang beruntung akan mendapat gaji hingga 85 ribu Pound sterling atau sekitar Rp1,5 miliar per tahun dan akan bekerja 37,5 jam per pekerjaan. Meski begitu, direktur perjalanan ini harus fleksibel karena ada persyaratan untuk "on call cover".

Para calon pelamar harus memiliki pengalaman dalam operasi dan manajemen keuangan perjalanan, serta logistik di dalam curriculum vitae. Selain itu, juga harus punya kepemimpinan, manajemen, dan keterampilan komunikasi yang baik.

Persyaratan

Para anggota keluarga Kerajaan Inggris menghadiri upacara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II di Istana Kensington. (dok. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Bagi yang menempati posisi direktur perjalanan kerajaan, kemungkinan besar tidak dapat disentuh dan harus memiliki kemampuan menganalisis situasi yang kompleks. Tak kalah penting, dapat memberi nasihat berdasarkan masalah yang terjadi.

Sebagai direktur perjalanan, para calon juga akan diminta meneliti dan menegosiasikan nilai kontrak uang, juga opsi untuk perjalanan, sembari memastikan keselamatan, serta keamanan. Posisi ini bertanggung jawab pada keseluruhan pengaturan perjalanan udara dan mengawasi operasi penerbangan helikopter Ratu, kereta kerajaan, juga menyediakan logistik untuk pergerakan Pengadilan dan Kunjungan Negara.

Jika Anda memenuhi syarat dengan memiliki pengalaman dan keterampilan di atas, pendaftaran untuk direktur perjalanan kerajaan akan ditutup pada 20 Desember 2019.

The Royal Household secara teratur mengiklankan pekerjaan di Istana Buckingham, Istana St James, Clarence House, Windsor Castle, dan lainnya, termasuk mencari posisi untuk kepala pelayan, tukang kebun, asisten rumah tangga, asisten ritel, dan administrator properti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Misteri Rumah Gurita di Bandung, Cuitan Warganet Ini Viral

Posted: 01 Dec 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rumah gurita yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini disebut-sebut sebagai urban legend karena banyaknya misteri dan cerita-cerita horor yang dipercayai oleh masyarakat kebanyakan. Dari banyaknya misteri yang beredar di kalangan masyarakat, misteri yang paling lekat hingga sekarang adalah rumah gurita tersebut adalah tempat dilakukannya ritual-ritual sesat.

Diketahui, nama 'Rumah Gurita' diciptakan karena adanya patung gurita raksasa yang berada di atap rumah tersebut yang berwarna hitam dan dihiasi dengan mata yang berwarna merah. Banyaknya misteri dan cerita horor yang beredar, membuat salah satu warganet mencoba membagikan pengalamannya mengenai rumah gurita tersebut.

Melalui akun Twitter miliknya @pecintavans, pria pemilik akun Twitter tersebut bercerita mengenai pengalamannya yang sudah lama tinggal di sekitaran rumah gurita. Ia juga memberikan pandangannya mengenai rumah gurita tersebut. Menurutnya, rumah gurita sangat memiliki nilai seni mengingat untuk membuat sebuah patung gurita adalah hal yang tidak mudah.

 

"Dibalik semua cerita horrornya memang patung gurita ini menurut saya pribadi memiliki nilai seni yang sangat tinggi karena bagaimana pengerjaan yang begitu rumit dan teliti untuk membuat sebuah patung yang sangat besar diatas atap rumah tersebut," tulisnya.

Bukan hanya membagikan pandangannya dan pengalamannya, pria tersebut juga mengupas beberapa misteri yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah rumah gurita sebagai digunakan sebagai gereja sesat.

"Oke kita bahas satu satu mitos teori yang melekat pada rumah ini Yang pertama sebagai gereja sesat Kenapa bisa sampai disebut begitu karena rumah ini bernomor 666 yang saat erat kaitannya dengan sekte penyembah setan dan memicu para warga untuk berasumsi demikian," tulisnya lagi.

1. Jadikan Film

Sumber: Google

Karena dianggap memiliki nilai mistis tersendiri, rumah gurita ini juga sempat diangkat menjadi film. Pada tahun 2014, Jose Poernomo menjadikan rumah gurita tersebut sebagai sebuah film yang dibintangi oleh beberapa artis tanah air, seperti Boy William, Shandy Aulia, Kemal Palevi dan Maria Sabta. Film tersebut bergenre horor romantis dan ditayangkan pada 30 Oktober 2014 tepat pada saat Halloween Eve.

2. Viral dan Respon Warganet

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Cuitan yang diunggah pada 28 November 2019 ini pun viral di media sosial dan berhasil disukai sebanyak 20 ribu lebih dan juga sudah dibagikan sebanyak 5 ribu lebih. Tidak hanya itu, cuitan tersebut juga menuai banyak komentar dari warganet seperti,

"Dulu pas magrib sengaja nyari ini rumah rame-rame sama temen, lumayan pusing juga nyarinya Akhirnya nemu tp liatnya dari jarak yg gak terlalu dekat, denger mitos dari warga sekitar katanya rumah ini gak berpintu. Cuma ada lubang sekitar 50cm tiap sisi rumah buat akses masuknya:(," tulis akun Twitter @rowaon.

"Temen gue tinggal tetanggaan sama rumah itu. Percaya gak percaya, semua teori itu gak bener. Yang punya rumah cuma seneng sama seni, tapi bukan kolektor juga. Dalemnya banyak banget benda-benda seni. Gurita emang dibikin buat nutupin si toren aer," tulis warganet lainnya.

"Coba guritanya warna merah pasti disangka itu rumah pemilik takoyaki bukan sekte," ujar warganet lainnya.

3. Edit Nyeleneh

Iseng aja ya warganet di Twitter.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Siap Sebar Android 10, Rilisan 2017 Tidak Kebagian

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung secara bertahap telah mengumumkan jadwal kehadiran update Android 10 untuk perangkat besutannya. Perusahaan asal Korea Selatan itu sudah mengungkap jadwal rilis untuk wilayah Israel, India, Tiongkok, dan terbaru Filipina.

Meski sudah dirilis, jadwal bergulirnya Android 10 untuk tiap model perangkat di masing-masing wilayah ternyata berbeda. Kendati demikian, daftar perangkat yang mendapatkannya tidak berbeda.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (2/12/2019), daftar perangkat yang akan mendapatkan Android 10 dimulai dari model 2018 hingga terkini. Karenanya, model perangkat Samsung yang rilis 2017 tidak bisa merasakan Android 10.

Untuk itu, pengguna Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 yang rilis dua tahun lalu tidak dapat menjajal Android terbaru yang dibalut dengan tampilan One UI 2.0. Hal ini juga berlaku untuk pengguna Galaxy A yang diluncurkan pada 2017.

Sementara kebanyakan smartphone yang rilis tahun lalu dipastikan mendapatkan Android 10, baik model flagship hingga kelas menengah. Beberapa model smartphone itu termasuk lini Galaxy S10, Galaxy S9, lini Galaxy M 2018, Galaxy A 2018, lini Galaxy J 2018, dan tablet.

Adapun jadwal rilis Android 10 ini akan dimulai awal bulan depan dan digulirkan secara bertahap hingga beberapa bulan. Karenanya, pengguna perangkat Samsung harus bersabar untuk dapat menjajal Android terbaru itu.

Pengguna Galaxy S10 Sudah Bisa Unduh Android 10 Versi Stabil

Tampilan sensor sidik jari di layar Samsung Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/Andina Librianty

Sebelumnya, Samsung sendiri sebenarnya telah merilis versi stabil Android 10 untuk seri Galaxy S10. OS terbaru Android tersebut sudah menyambangi Jerman, dan diyakini akan hadir di lebih banyak negara.

Dilansir GSM Arena, Minggu (1/12/2019), para pemilik Samsung Galaxy S10 di Jerman sudah mulai menerima pembaruan software Android 10. Itu artinya, pengguna Galaxy S10 bisa mendapatkan pembaruan One UI versi 2.0.

Software ini memakan ruang penyimpanan sebesar 1,9GB. Pembaruan ini juga mencakup patch keamanan Desember. Kehadiran di Jerman diyakini sebagai pertanda bahwa lebih banyak negara juga akan segera mendapatkan pembaruan serupa.

Samsung Galaxy S10 merupakan salah satu seri smartphone Samsung yang sebelumnya dijadwalkan bisa mencicipi Android 10. Seri flagship tahun lalu Galaxy S9 dan Note 9 juga akan mendapatkan pembaruan serupa.

Selain itu, dari seri Galaxy A yang akan mendapatkan pembaruan ke Android 10 antara lain A90 5G, A80, A70, A60, A20, A9, dan A8.

Samsung Galaxy Fold Bisa Dipesan di Indonesia Mulai 13 Desember

Satu hari digunakan, layar Galaxy Fold kembali rusak. (Doc: TechCrunch/ Brian Heater)

Lebih lanjut, Samsung akan segera merilis smartphone lipat Galaxy Fold di Indonesia. Konsumen di Indonesia akan bisa melakukan pre-order mulai 13 Desember 2019 melalui situs resmi Samsung.

Pantauan Tekno Liputan6.com, untuk dapat memiliki smartphone ini cukup melakukan registrasi dengan memasukkan data diri di samsung.com/id/smartphones/galaxy-fold/galaxylaunchpack/. 

Dalam situs resmi Samsung juga tertulis, konsumen melalui registrasi tersebut juga berkesempatan menjajal Galaxy Fold secara langsung. Di dalam boks penjualan Galaxy Fold nanti akan terdapat smartphone, charger, Galaxy Buds, dan case khusus.

Sayangnya, hingga kini belum ada informasi mengenai harga dan paket penjualan Samsung Galax

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Korban Teroris Jembatan London Merupakan Alumni Universitas Cambridge

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Polisi telah mengungkap dua korban penusukan teroris di Jembatan London pada Jumat, 29 November 2019, waktu setempat. Keduanya ternyata lulusan Universitas Cambridge yang sedang menyelenggarakan program sosial Learning Together.

Dilaporkan BBC, sosok pertama adalah Jack Merritt (25) yang baru lulus S2 jurusan kriminologi di Universitas Cambridge. Ia juga merupakan koordinator program Learning Together yang mengajak mahasiswa kriminologi untuk memahami langsung kehidupan narapidana.

Bapak korban, David, berkata putranya merupakan sosok yang selalu membela yang lemah. Sebelum tewas di Jembatan London, Jack juga berencana membangun masa depan bersama kekasihnya, Leanne.

Korban lain adalah Saskia Jones (23) yang juga baru lulus S2 dari universitas dan jurusan yang sama. Jones baru saja lulus dari Cambridge tahun lalu, kemudian menjadi volunteer di Learning Together.

"Saskia adalah sosok yang menyenangkan, baik hati, dan memberi pengaruh positif di pusat kehidupan banyak orang," ujar pihak keluarga.

Saskia Jones baru-baru ini juga mendaftar di program rekrumen kepolisian. Ia berminat di program dukungan kepada korban.

Profesor Loraine Gelsthrope, direktur institut kriminologi di Universitas Cambridge, juga memberikan pujian kepada kedua korban teroris Jembatan London.

Kepada Saskia, ia berkata wanita itu memiliki sifat yang hangat, kecerdasan yang kreatif, dan percaya bahwa narapidana pantas mendapat kesempatan rehabilitasi.

Sementara, Profesor Gelsthrope menyebut Jack Merritt memiliki passion besar di bidang sosial dan hukum pidana. Merritt juga disebut sebagai sosok kreatif, pemberani, serta mendukung politik berdasarkan cinta kasih.

Jack Merritt

Jack Merritt, korban penusukan di dekat London Bridge. Dok: Instagram via Cambridge Independent

Jack Merritt merupakan lulusan S2 dari Universitas Cambridge pada 2017 lalu. Merritt itu adalah satu dari dua korban tewas.

Dilaporkan Business Insider, Merritt belajar kriminologi di Cambridge pada tahun 2016-2017. Ia melanjutkan studinya di universitas ternama itu usai mendapat gelar S1 Hukum di Universitas Manchester.

Selain belajar di Cambridge, ia ternyata juga staff universitas. Info dari situs resmi universitas menyatakan Jack Merritt adalah koordinator program Learning Together. Program itu mengajak mahasiswa kriminologi untuk secara langsung mempelajari kehidupan narapidana.

BBC melaporkan ketika insiden penusukan terjadi pada Jumat siang, 29 November 2019 waktu setempat, korban sedang mengadakan konferensi Learning Together di gedung Fishmonger Hall, dekat Jembatan London. Pelaku juga hadir di acara.

Pelaku bernama Usman Khan diketahui aktif dalam program Learning Together sebagai bagian studi kasus. Ia juga pernah memberikan apresiasi dalam bentuk puisi di brosur Learning Together.

Bapak dari korban penusukan di Jembatan London menuliskan di Twitter bahwa mendiang putranya merupakan sosok pembela yang lemah. Ia menegaskan putranya pasti tidak mau kematiannya justru dipakai sebagai justifikasi adanya hukum pidana bersifat drakonian atau kejam.

"Putra saya, Jack, yang terbunuh dalam serangan ini, tidak akan mau kematiannya dipakai sebagai alasan adanya lebih banyak hukuman drakonian atau untuk menahan lebih banyak orang tanpa sebab jelas," tulis Davit Merritt pada twit yang ia hapus.

"R.I.P. Jack, kamu adalah semangat yang rupawan yang selalu berpihak kepada kaum yang tertindas," ucapnya menambahkan.

Saskia Jones

Korban kedua dalam teror Jembatan London telah diungkap Polisi Metropolitan, bernama Saskia Jones. (AP)

Teror di Jembatan London menewaskan dua orang. Korban pertama dari aksi penusukan itu adalah Jack Merritt (25), pria lulusan S2 dari Universitas Cambridge pada 2017.

Korban kedua dalam teror itu juga telah diungkap Polisi Metropolitan, yakni Saskia Jones (23) wanita yang juga lulusan Universitas Cambridge dari Stratford-upon-Avon.

Keluarga mengungkap, Jones merupakan orang yang memiliki "pengaruh lucu, baik, positif di pusat kehidupan banyak orang."

"Dia memiliki perasaan menyenangkan yang nakal dan murah hati sampai-sampai selalu ingin melihat yang terbaik pada semua orang. Dia bertekad menjalani kehidupan sepenuhnya dan memiliki kehausan yang luar biasa akan pengetahuan, memungkinkannya untuk menjadi yang terbaik yang dia bisa," ungkap keluarga Jones dalam pernyataannya yang dikutip dari The Guardian, Senin (2/12/2019). 

"Saskia memiliki hasrat besar untuk memberikan dukungan yang tak ternilai bagi para korban ketidakadilan pidana, yang membawanya ke titik baru-baru ini melamar program rekrutmen lulusan polisi, yang ingin berspesialisasi dalam dukungan korban. Ini adalah waktu yang sangat menyakitkan bagi keluarga. Saskia akan meninggalkan kekosongan besar dalam hidup kita dan kita akan meminta privasi kita sepenuhnya dihormati. "

Saskia Jones diungkap polisi sebagai korban teror London Bridge sehari setelah Jack Merritt (25) diidentifikasi ayahnya sebagai orang lain yang dibunuh Usman Khan dalam serangan pisau pada Jumat 29 November.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusaahaan Ini Tawarkan Isi Apartemen Modal Rp 19 Juta, Minat?

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nikah di usia muda, lalu langung miliki hunian layak di kawasan elit. Ternyata inilah yang diidamkan kaum milenial untuk masa depannya.

Terlebih, beberapa waktu lalu, tim situs jual-beli properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian pasangan muda. Dari hasil survei tersebut, diketahui 62 persen pasangan muda ingin tinggal di rumah yang memiliki aksesibilitas yang baik dan memiliki kemudahan dalam sarana transportasi umum, salah satu pilihannya yakni apartemen yang berada di daerah penyangga ibu kota.

Hal tersebut pun dimanfaatkan, Rose Ville (RV) Interior Gallery untuk menyediakan penawaran Home in One Solutions di kawasan Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

General Manager RV, Febry Sastrawidjaya mengatakan, dengan adanya pasangan millenial yang tidak ingin menghabiskan waktu dan biaya hanya untuk mendesain interior apartemennya, pihaknya miliki tawaran lebih menarik.

"Biasanya pasangan millenial memilih apartemen tipe studio, nah kami menawarkan dengan Rp 19.995.000 sudah bisa isi furniture dari bangun tidur sampai tidur lagi," kata Febry.

 

Gratis Konsultasi

Rumah Anna Faris.(Apartement Therapy)

Lalu, masih difasilitasi pula gratis konsultasi desainer interior, termasuk pemasangan dan ongkos kirim furniturenya. Tak hanya furniture, desainer interior tersebut pun akan juga merekomendasikan pemilihan hal-hal yang bersifat customize seperti pemilihan wallpaper, cyrtain, customize cabinet, hingga bahan lainnya.

Sebut saja merk ternama seperti Rosewood Living Group, lalu merk interior seperti Marble Art, Aidi dan merk kitchen set ternama lainnya, yang akan mengisi fasilitas interior calon kliennya.

Dengan penawaran tersebut, Febry berharap, empat poin utama yang selalu diharapkan seorang klien dalam mengisi interior rumahnya, bisa terwujud. Yakni keindahan, sesuai dengan karakter dan kebutuhan.

"Lalu budget yang value for money, pelayanan yang terpadu dan terkoordinir, ddvis Interior Design atau konsultan tata ruang dalam yang obyektif, serta pengalaman dan memiliki taste yang bagus," ungkap Febry. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-22 vs Brunei di SEA Games 2019

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 gagal meraih poin maksimal di laga ketiga Grup B cabor sepak bola SEA Games 2019. Minggu (1/12), Garuda Muda tak berdaya di hadapan Vietnam 1-2.

Unggul lebih dahulu lewat gol Sani Rizki, Timnas Indonesia U-22 malah harus menelan pil pahit. Dua gol Vietnam membuyarkan mimpi untuk memuncaki klasemen Grup B.

Namun begitu, peluang Indonesia lolos ke fase selanjutnya masih terbuka. Pasalnya, masih ada dua pertandingan yang bisa dimanfaatkan, salah satunya menghadapi Brunei Darussalam.

Peluang menang terbuka sangat lebar lantaran Brunei merupakan tim terlemah di Grup B. Namun begitu, Indonesia tetap harus waspada agar bisa mendapat hasil maksimal.

Berikut jadwal siaran langsung Timnas Indonesia U-22 vs Brunei yang akan disiarkan RCTI.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Brunei

Bek Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, berusaha merebut bola saat melawan Vietnam U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12). Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

3 Desember 2019

19.00 WIB, Timnas Indonesia U-22 vs Brunei Darussalam

Stadion Binan

Live RCTI

Klasemen Grup B

Klasemen Grup B Sepak Bola SEA Games 2019 matchday ke-3. (Bola.com/Dody Iryawan)

Hasil Timnas Indonesia U-22 di Grup B

26 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Thailand

29 November 2019

Timnas Indonesia U-22 2-0 Singapura

01 Desember 2019

Timnas Indonesia U-22 1-2 Vietnam

 

Jadwal Indonesia Selanjutnya

5 Desember 2019

Jam 15.00 WIB: Timnas Indonesia U-22 vs Laos (Stadion Rizal Memorial), RCTI dan TVRI

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-22

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyadi

Belakang: Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Dodi Alekvan Djin, Rachmat

Irianto, Asnawi Mangkualam, Firza Andika

Tengah: ZULFIANDI, Syahrian Abimanyu, Sani Rizki Fauzi, EVAN DIMAS, Feby Eka Putra, Saddil

Ramdani, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Irkham Zahrul Milla

Depan: Muhammad Rafli

Ket: Huruf kapital=pemain senior

Saksikan Video Terkait Timnas U-22 di SEA Games di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Messya Iskandar, Model Seksi yang Menolak Tes Urine Saat Berada di Bali

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Messya Iskandar, menjadi perbincangan masyarakat. Pasalnya, ia menolak untuk menjalani tes urine saat berada di kelab malam di Bali.

Saat itu, model seksi ini sedang makan malam bersama temannya. Tak hanya itu, Messya Iskandar juga mengaku minum minuman beralkohol.

Sedang asyik bercengkrama, para polisi gabungan ini menghampiri meja Messya Iskandar.

Messya Iskandar bersama dua teman wanitanya pun langsung menolak diajak untuk dibawa. 

Ogah

Messya Iskandar (Foto: Instagram/@messyaiskandar25)

Hal itu terlihat dari video yang diunggah Messya Iskandar, di Instagram Stories, Minggu (1/12/2019).

"Masa kami yang dibawa, mereka enggak dibawa? Enggak masuk akal tahu enggak sih, kalau mau dibawa semua, jangan kita doang," terang Messya dalam video tersebut. 

Tes Urine

Messya Iskandar (Foto: Instagram/@messyaiskandar25)

Selain itu, Messya Iskandar menolak saat disuruh untuk melakukan tes urine.

Dicurigai

Messya Iskandar (Foto: Instagram/@messyaiskandar25)

"Terus di suru test urine, masa cuma kita doang yg di suru test urine yg lain kagak, alasan nya kara kita di curigai," tulisnya menyertai video unggahan lainnya.

Ramai

Messya Iskandar mengaku heran dengan perlakuan yang diterimanya kala itu.

"Emng kalo club di bali kalo rajia cuma waga indonesia nya aja yg di tes urine? Kalian tau kan di mexicola itu rame bgt manusia, masa bisa di table kamu doang yg di kerumi polisi, tdi malam," paparnya.

 

Tak Masuk Akal

Bagi Messya Iskandar, tak masuk akal tuduhan yang dilontarkan padanya. "Nga masuk akal kata nya kita di curigai emng nya kami ngapain? Kami cuma minum alkhol bukan nyabu," terangnya.

 

Membentak

Dalam video tersebut, tampak Messya Iskandar yang tak terima dengan tuduhan tersebut marah-marah pada petugas. Bicaranya pun terdengar seperti membentak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Teken SK UMK Jabar 2020 Buruh Tetap Demo, Ada Apa?

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Ridwan Kamil telah menetapkan surat keputusan upah minimum kota atau SK UMK Jabar 2020 pada Sabtu (30/11/2019) lalu.

Para buruh telah menerima salinan SK UMK itu pada 1 Desember 2019. Akan tetapi, buruh Jabar tetap akan menggelar demonstrasi.

Sebelumnya besaran UMK Jabar 2020 memang mendapatkan kecaman dari kelompok buruh karena hanya berbentuk surat edaran atau SE. SE dianggap melanggar undang-undang.

Salah satu perwakilan Aliansi Buruh Jawa Barat dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Sabilar Rosyad mengatakan aksi unjuk rasa yang hendak dilakukan karena masih adanya indikasi praktek persetujuan upah murah terhadap buruh olehRidwan Kamil.

"Tadi yang saya sampaikan kan, kenapa kita melakukan aksi? Karena di diktum tujuh point d, Gubernur masih membuka peluang adanya upah padat karya. Gitu loh?," kata Sabilar melalui telepon, Bandung, Minggu, 1 Desember 2019.

Aksi unjuk rasa rencananya akan dilakukan selama tiga hari mendatang, yaitu dari tanggal 2 - 4 Desember 2019. Akan tetapi, dia bilang belum ada rencana buruh melakukan mogok massal, untuk melihat perkembangan usai unjuk rasa pada hari pertama.

Pada SK Nomor 561/Kep.893-Yanbangsos/2019 tentang upah minimum kabupaten dan kota di daerah Provinsi Jawa Barat 2020, diktum ke-7 point d menyebutkan pengusaha termasuk industri padat karya tidak mampu membayar UMK 2020 sebagaimana dimaksud pada diktum kedua, pengusaha dapat melakukan perundingan bipartit bersama buruh atau serikat pekerja di tingkat perusahaan dalam menetukan besaran upah, dengan persetujuan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Simak video pilihan berikut ini:

Daftar UMK di Jabar Tahun 2020

Ilustrasi - Buruh Bandung berdemonstrasi menuntut kenaikan UMK. (Foto: Liputan6.com/Arie Nugraha)

Berikut daftar UMK di Jabar Tahun 2020 :

 

Kabupaten Karawang (Rp4.594.324)

Kota Bekasi (Rp4.589.708)

Kabupaten Bekasi (Rp4.498.961)

Kota Depok (Rp4.202.105)

Kota Bogor (Rp4.169.806).

Kabupaten Bogor (Rp4.083.670)

Kabupaten Purwakarta (Rp4.039.067)

Kota Bandung (Rp3.623.778)

Kabupaten Bandung Barat (Rp3.145.427)

Kabupaten Sumedang (Rp3.139.275)

Kabupaten Bandung (Rp3.139.275)

Kota Cimahi (Rp3.139.274)

Kabupaten Sukabumi (Rp3.028.531)

Kabupaten Subang (Rp2.965.468).

Kabupaten Kabupaten Cianjur (Rp2.534.798)

Kota Sukabumi (Rp2.530.182)

Kabupaten Indramayu (Rp2.297.931)

Kota Tasikmalaya (Rp2.264.093)

Kabupaten Tasikmalaya (Rp2.251.787)

Kota Cirebon (Rp2.219.487)

Kabupaten Cirebon (Rp2.196.416)

Kabupaten Garut (Rp1.961.085)

Kabupaten Majalengka (Rp1.944.166)

Kabupaten Kuningan (Rp1.882.642)

Kabupaten Ciamis (Rp1.880.654)

Kabupaten Pangandaran (Rp1.860.591)

Kota Banjar (Rp1.831.884).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari Penyandang Cacat Internasional atau Hari Disabilitas Internasional adalah peringatan internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.

Pemerintah Kota Surabaya mempunyai cara tersendiri dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional. Melalui Dinas Pendidikan Surabaya menggelar acara semarak disabilitas "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul" yang diadakan di Kompleks Balai Pemuda, Minggu (1/12/2019).

Dalam kegiatan ini melibatkan 2.500 pelajar berkebutuhan khusus dari 50 SD inklusi dan 25 SMP inklusi di Kota Surabaya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret semarak perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya, Senin (2/12/2019).

1. Setiap tanggal 3 Desember selalu diperingati dengan Hari Disabilitas Internasional di seluruh dunia.

Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya (sumber:Instagram/dispendiksby)

2. Pemerintah Kota Surabaya memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan meriah.

Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya (sumber:Instagram/dispendiksby)

3. Acara ini dibuka langsung oleh Wali Kota Surabaya Risma di Kompleks Balai Pemuda.

Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya (sumber:Instagram/dispendiksby)

4. Pemerintah Kota Surabaya mengangkat tema pada semarak perayaan Hari Disabilitas Internasional yaitu Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul.

Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya (sumber:Instagram/dispendiksby)

5. Dalam kegiatan ini melibatkan 2.500 pelajar berkebutuhan khusus dari 50 SD inklusi dan 25 SMP inklusi di Kota Surabaya.

Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya (sumber:Instagram/dispendiksby)

6. Acara ini ditutup dengan pawai bersama dengan memakai busana-busana kreasi yang unik dan menarik.

Potret Semarak Perayaan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya (sumber:Instagram/dispendiksby)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gema Salawat di Ruang Sidang First Travel

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Puluhan korban kasus first travel kembali mendatangi ruang persidangan. Sebelum sidang dimulai, korban bersama-sama bersalawat mendoakan nasib mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nama Pasien Sama, RS di New Jersey Salah Transplantasi Ginjal

Posted: 01 Dec 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah sakit di New Jersey, Amerika Serikat salah melakukan transplantasi ginjal. Dilaporkan bahwa organ tersebut tertukar karena dua pasien memiliki nama dan usia yang sama.

Dikutip dari CBS News pada Senin (2/12/2019), kedua pasien di Lourdes Hospital Transplant Center tersebut sama-sama membutuhkan transplantasi ginjal.

Pasien pertama, yang berusia 51 tahun, diketahui telah mendapatkan prosedur transplantasi organ pada 18 November lalu. Namun, sehari setelah operasi, seorang staf rumah sakit menyadari bahwa pasien pertama tidak seharusnya mendapatkan ginjal tersebut.

Beruntungnya, organ tersebut cocok dengan tubuh penerima. Karena apabila tidak, bisa jadi malah berbahaya bagi pasien tersebut. Dikutip dari Fox News, pihak rumah sakit secara sukarela melaporkan kesalahan tersebut ke departemen kesehatan New Jersey.

Perbaiki Sistem Pengenalan Identitas

Ilustrasi Ginjal (iStockphoto)

Pihak rumah sakit juga melakukan transplantasi pada pasien kedua yang belum mendapatkan prosedur tersebut enam hari kemudian. Walau begitu, tidak diketahui apakah keduanya sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Kedua individu yang membutuhkan ginjal menerima organ dalam waktu seminggu dan keduanya baik-baik saja," kata juru bicara Virtua Health, Daniel Moise kepada Fox News.

Direktur medis rumah sakit tersebut juga dikabarkan telah meminta maaf secara pribadi kepada pasien. Mereka juga menegaskan akan memperbaiki sistemnya.

"Kesalahan sebesar ini jarang terjadi dan meskipun dalam keadaaan yang tidak biasa dari pasien yang identitasnya serpa, verifikasi lanjutan akan mencegah kesalahan ini," tulis Dr. Reginald Blaber, Chief Clinical Officer fasilitas kesehatan tersebut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: