Minggu, 08 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pilihan MPV Bekas Berkualitas Senilai Mitsubishi Xpander Ultimate

Posted: 08 Oct 2017 10:10 PM PDT

Saat ini pilihan mobil keluarga multi guna kelas bawah semakin meriah, dengan kehadiran dua model baru, Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander.

Namun, dari geliat kedua model anyar tersebut, mobil baru dari pabrikan berlambang tiga berlian ini sangat mencuri perhatian.

Bagaimana tidak, dari pertama launching Mitsubishi Xpander sudah mengantongi banyak surat pemesanan alias SPK, yaitu sebesar 23 ribu unit.

Hadir dengan enam tipe, Mitsubishi Xpander dibanderol mulai Rp 189,050 juta untuk tipe GLX M/T, Rp 208,550 juta untuk tipe GLS M/T, Rp 214,550 juta untuk tipe Exceed M/T, Rp 224,950 juta untuk tipe Exceed A/T, Rp 237,150 juta untuk Sport A/T, dan Rp 245,350 juta Ultimate A/T (OTR Jakarta).

Namun, bagi yang berniat memboyong Mitsubishi Xpander ke garasi rumah, memang harus bersabar, pasalnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja mendistribusikan model barunya tersebut kepada yang sudah melakukan inden.

Nah, untuk yang memiliki dana memboyong Mitsubishi Xpander varian tertinggi, yaitu Ultimate dan malas melakukan inden dan menunggu, ada beberapa pilihan mobil bekas dengan spesifikasi, baik mesin dan kenyamanan yang setara, bahkan melebihi Mitsubishi Xpander. Namun yang perlu diingat, PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) tahunan yang dimiliki oleh mobil bekas tersebut bisa lebih mahal dibanding Xpander Ultimate.

Berikut, pilihan mobil bekas di daerah Jakarta dengan harga yang mendekati Mitsubishi Xpander Ultimate, yang ditawarkan di situs Oto.com:

Pilihan mobil bekas dengan harga Mitsubishi Xpander (Oto.com)

Toyota Kijang Innova

Untuk pilihan pertama, Toyota Kijang Innova G 2.0 A/T 2016, dengan transmisi otomatis. Model ini dibekali mesin 4 silinder segaris, 16 Katup, DOHC, VVT-i, berkapasitas 1.998 cc. Dengan unit tersebut, Toyota Innova mampu memuntahkan daya hingga 134 Tk pada 5.600 rpm.

Untuk banderolnya, mobil ini dibanderol Rp 250 juta, dengan jarak tempuh masih 19 ribu km.

Mazda Biante

Untuk mobil MPV pilihan berikutnya, Mazda Biante Skyactiv 2013, transmisi otomatis. Model ini hadir dengan menawarkan kabin lapang serta fleksibel. Suasana lega hadir dari konfigurasi kursi baris kedua dan ketiga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang. Pintu geser untuk mengakses baris kedua menjadi daya tarik tersendiri.

Mazda Biante memiliki dimensi panjang 4.715 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.835 mm. Model ini ditawarkan dengan harga Rp 239 juta.

Toyota Sienta (Foto:Oto.com)

Toyota Sienta

Pilihan selanjutnya, datang dari MPV pintu geser milik Toyota, Sienta. Model yang ditawarkan tipe Q CVT 2016, dengan transmisi CVT.

Toyota Sienta dipersenjatai mesin 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-i, dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 105 Tk dan torsi 140 Nm. Untuk jarak tempuh, Toyota Sienta ini memiliki catatan jarak tempuh sebesar 4.556 km, dan dibanderol Rp 239,5 juta.

Hyundai H-1

Alternatif lain bisa didapat dari Hyundai H-1 Xg CRDi Next Gen transmisi otomatis, tahun 2013. Model ini memiliki catatan perjalanan sebesar 48.337 km.

Untuk harganya, model ini ditawarkan Rp 248 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Anak di Pulo Gadung Diduga Jadi Korban Pencabulan Tetangga

Posted: 08 Oct 2017 10:10 PM PDT

Nasib malang menimpa dua bocah berinisial F (9) dan D (6) di Kelurahan Pisangan Timur, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Dua bocah kakak beradik itu diduga menjadi korban pencabulan tetangganya sendiri.

Kecurigaan itu muncul saat warga melihat ada perubahan sikap pada diri dua anak yatim itu. Belakangan, keduanya kerap murung. Bahkan anak-anak itu menangis ketakutan saat didekati.

Relawan Tim Reaksi Cepat Kemensos Farid Ari Fandi mengatakan, saat ini dua anak tersebut dalam pengawasannya. Ia bersama tetangga korban bernama Desi yang juga merupakan pemerhati anak dari Jaringan Pendidikan Nusantara telah mengantar F dan D melakukan visum di RS Polri.

"Saya dilaporkan Mbak Desi ada kejadian ini. Karena beliau dekat rumahnya dengan korban. Sejak itu kita berdua sampai hari ini dampingi korban," ujar Farid saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Farid mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan tim dokter RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur terkait kondisi sang anak.

"Tadi hasil psikolog RS Polri Kramatjati menyatakan memang terjadi (dugaan pencabulan)," kata dia.

Namun Farid tidak membeberkan secara detil hasil visum tersebut. Berdasarkan informasi, Ibu kedua anak itu telah meninggal dunia.

Meski begitu, sang ayah jarang berada di rumah lantaran bekerja menjaga gerbang kampung. Kakak beradik yang masih sangat kecil ini pun kerap hanya tidur berdua tanpa pendamping orangtua.

Kapolsek Pulogadung Kompol Sukadi membenarkan adanya informasi terkait dugaan pencabulan yang menimpa warganya. Hanya saja, hingga saat ini belum ada laporan kepolisian resmi dari pihak korban atau warga yang mendampinginya.

"Saya mendapatkan informasi itu Sabtu (7/10/2017) kemarin. Memang sampai sekarang belum ada laporan tertulis, tapi kami tetap melakukan penyelidikan," ujar Sukadi kepada Liputan6.com.

Langkah polisi masih terkendala laporan kepolisian, meski beberapa info telah dikantongi. Polisi juga belum bisa meningkatkan kasus itu ke tahap penyidikan dan menangkap pelakunya.

"Kami tentu dorong pihak korban atau yang mendampingi segera melapor, karena ini kan delik aduan. Informasinya mereka juga sudah melakukan visum di RS Polri," kata Sukadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Thailand Ambil Hikmah Kekalahan dari Timnas Indonesia U-19

Posted: 08 Oct 2017 10:10 PM PDT

Kapten Thailand U-19, Nattawut Chootiwat menerima kekalahan timnya 0-3 dari Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017). Menurutnya Thailand U-19 banyak melakukan kesalahan dalam laga uji coba itu.

Salah satu kesalahan Thailand U-19 terjadi di akhir-akhir babak pertama. Kiper Thailand, Suthipong Pisansub melakukan blunder yang berhasil dimanfaatkan pemain Timnas Indonesia U-19, Witan Sulaeman menjadi gol.

"Pertandingan ini sangat bagus untuk kami yang akan mengikuti Kualifikasi Piala Asia, November mendatang," kata pemain yang menggunakan nomor punggung 11 itu.

"Ada beberapa kesalahan yang kami lakukan. Kesalahan kami berhasil dimanfaatkan Indonesia untuk mencetak tiga gol," ujar Nattawut menambahkan.

Pemain kelahiran 24 Juni 1999 itu mengatakan, kekalahan dari Garuda Nusantara bakal memberikan efek positif bagi Thailand U-19. "Ini menjadi sebuah perbaikan untuk kami agar bisa lebih baik lagi ke depan," ucap Nattawut.

Selain menerima tantangan timnas Indonesia U-19, Thailand juga bakal latih tanding melawan klub lokal Indonesia, Borneo FC U-19. Laga ini bakal berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, 11 Oktober mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPD RI : Gebu Minang Bangkitkan Perekonomian Rakyat

Posted: 08 Oct 2017 10:02 PM PDT

Pengusaha-pengusaha kecil yang menjamur akan meningkatkan perekonomian rakyat yang pada akhirnya akan membuat Indonesia makmur. Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia sekaligus KetuaUmum DPP Gebu Minang, Oesman Sapta, saat memberikan sambutan dalam acara silaturahmi akbar perhimpunan keluarga Minang Jawa Barat di hotel Grand Asrilia, Bandung, Sabtu (7/10/2017). "Hampir setiap bulan kita berkeliling untuk membangkitkan perekomian melalui orang-orang Minang di seluruh Indonesia," ujar Oesman.

Selanjutnya, ia berpesan agar orang Minangkabau bisa memanfatkan kesempatan-kesempatan dalam pembangunan ekonomi kecil, menengah, dan besar. Ia berharap, orang Minangkabau di perantauan bisa bekerja sama dan menjaga martabat. "Pertahankan selama hidup orang Minang yang tidak pernah bermasalah di daerah-daerah tempat merantau", ucap Oesman.

Dalam acara tersebut, ia juga mengukuhkan pengurus DPW Gebu Minang Provinsi Jawa Barat, yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Deddy Mizwar. Deddy mengatakan bahwa di Jawa Barat yang berpenduduk 47 juta jiwa ini, Suku Minangkabau menempati urutan terbanyak sebagai perantau. "Ini sebuah momentum yang harus disyukuri untuk memperkuat kekeluargaan," kata Deddy.

Usai acara, Oesman mengunjungi festival kuliner Minang yang didatangkan langsung dari Sumatera Barat. Ia mengatakan, rendang adalah makanan favoritnya karena telah diakui secara internasional sebagai makanan terenak.

Gebu Minangatau atau Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau adalah suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi masyarakat Minang yang berada di perantauan di bidang ekonomi dan kebudayaan.(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siti Badriah Sedih Ditinggal Nikah Haydar Ali Assegaf?

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Siti Badriah sempat disebut-sebut sebagai kekasih Haydar Ali Assegaf. Namun, pada Senin (9/10/2017), Haydar justru mengunggah foto pernikahannya dengan seorang wanita yang diketahui bernama Mila.

Sepertinya pernikahan pesinetron Tukang Bubur Naik Haji ini membuat sedih Siti Badriah. Ia pun mengunggah foto mengenakan jaket denim ke akun Instagramnya.

 Haydar Ali Assegaf resmi nikahi Sitta Jamila Assegaf (Foto: Instagram)

Pelantun "Suamiku Kawin Lagi" ini pun memunggungi kamera, namun wajahnya dipalingkan ke arah kanan. Tampak wajah Siti Badriah bersedih. Lantaran ditinggal menikah Haydar Ali?

"Allah punya rencana yang jauhhhh lebih baik..Percayalah," tulisan Siti Badriah sebagai keterangan foto ini seolah menunjukkan dirinya tak masalah dengan pernikahan haydar.

Sebanyak lebih dari 7 ribu pengguna Instagram menyukai foto dan keterangan Siti Badriah. Dan tak sedikit juga yang memberi kekuatan pada pedangdut 25 tahun ini.

"Betul banget kak allah punya rahasia yg kita tidak pernah tau yakinlah allah sdah minyiap kan sebuah hadiah yg jauh lebih indah buak kaka," tulis akun @badriaholic.wonosari.

 Siti Badriah sedih ditinggal nikah Haydar Ali Assegaf? (Foto: Instagram)

Sementara akun @syafa_navisa menambahkan, "Ya cedih lg cedih lg,semoga kakak diberikan kelancaran rezeki & jodoh."

Dan akun @putryzulkha melanjutkan, "Sabar ya... Aku pun d posisi km, ketika rencana kita d gagalkan Allah, berarti kita hrus yakin ada rencananya yg lbh baik. keep tawakal... Aku yakin krn Allah maha adil.... Love you sibad."

Seperti diketahui, Siti Badriah dan Haydar Ali Assegaf merupakan teman spesial. Namun Haydar tak mau menyebut kedekatan tersebut sebagai pacaran.

"Kalau dibilang pacaran ya enggak pacaran, dibilang enggak pacaran juga kayak pacaran. Kita sahabatan dekat banget," ujar Siti Badriah beberapa waktu lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Maria Walanda Maramis Mendidik Perempuan Minahasa

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Lahir dari keluarga kurang mampu, mendapat diskriminasi karena dirinya seorang perempuan, Maria Walanda Maramis justru berjuang untuk membebaskan kaumnya dari keterbelakangan pendidikan. Gelar pahlawan nasional layak disandangnya.

Maria lahir pada 1 Desember 1872 di Kema Sulawesi Utara. Oleh orang tuanya, yakni pasangan Bernadus Maramis dan Sarah Rotinsulu, dia diberi nama lengkap Maria Josephine Catharina Maramis. Maria adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakak perempuan bernama Antje, dan kakak laki-laki bernama Andries Alexander Maramis atau yang kemudian dikenal sebagai saah satu pahlawan nasional AA Maramis.

"Pasangan Bernadus dan Sarah hidup sederhana sebagaimana keluarga-keluarga lainnya yang hidup di desa Kema, pesisir Timur Minahasa. Pekerjaan Pak Maramis adalah seorang pedagang yang memanfaatkan hari pasar di pesisir pantai ketika pelabuhan Kema sedang ramai," ungkap sejarawan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ivan RB Kaunang saat diwawancarai Liputan6.com.

Tidak ada data barang dagangan jenis apa yang diperjualbelikan oleh Pak Maramis. Dia hanya disebutkan bekerja sebagai pedagang. Tidak pula diketahui sebagai pedagang besar atau kecil. Namun, dapat dipastikan bahwa barang yang dijual adalah hasil-hasil laut dan pertanian atau barang lainnya. Barang itu yang ditukarkan dengan pedagang lain yang ditemui ketika kapal barang tiba di pelabuhan Kema.

"Sehingga memang bisa disimpulkan keluarga ini hidup dalam kesederhanaan," cerita Ivan.

Di usia 6 tahun, orangtua Maria meninggal secara berturut-turut di tahun yang sama akibat penyakit kolera. Maria menjadi yatim piatu bersama kedua orang saudaranya. Bersama kedua saudaranya, dia diasuh dan dibesarkan pamannya Essau Rotinsulu, serta tinggal di Airmadidi, Minahasa Utara.

"Maria hanya mampu menamatkan pendidikan tiga tahun di Sekolah Rakyat atau Sekolah Pribumi, tidak dapat lagi melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Kakaknya yang laki-laki, Andries akhirnya disekolahkan oleh pamannya ke Hoofdenschool atau sekolah raja di Tondano," ungkap Ivan.

Essau, paman Maria adalah seorang kepala distrik dan dihormati. Rumah pamannya sering didatangai banyak kalangan, mulai dari para petani, nelayan, sampai mereka yang berpendidikan, yakni para guru dan penulong (guru agama) Injil. Tidak hanya itu, banyak kalangan pejabat juga sering bertamu di rumah pamannya, seperti misalnya teman-teman sesama kepala distrik atau utusan-utusan dari Residen Manado yang berkududukan di Manado.Maria Walanda Maramis mendidik perempuan Minahasa. (wikipedia)"Di rumah pamannya ini, Maria hampir menghabiskan seluruh masa remaja, masa muda dalam hidupnya. Senang atau pun tidak senang, Maria harus dapat menjalani kehidupan ini," tutur Ivan.

Langsung atau tidak langsung tata cara menyambut tamu, menyapa tamu, mempersilahkan tamu masuk, menata rumah tangga dan seterusnya, lama kelamaan mulai dilakoni Maria. Istri pamannya memberikan ruang kepada Maria dan Antje untuk belajar mengenai hal itu. Begitu pun dengan cara berpenampilan, mulai dari kepala sampai kaki dan estetika seluruh tubuh harus diperhatikan.

"Maria tidak hanya mampu memasak makanan-makanan sehari-hari, makanan khas Minahasa, tetapi juga tahu memasak makanan Eropa. Dari sini lah dia mulai belajar keterampilan," ujar Ivan sambil menambahkan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang dia dapat inilah yang di kemudian hari dipakai untuk mendidikan perempuan-perempuan Minahasa.

Maria mengakhiri masa mudanya saat disunting pemuda Jozef Frederik Calusung Walanda, seorang guru yang baru menyelesaikan studinya di Pendidikan Guru di Ambon. Pada 22 Oktober 1891 atas restu kedua orangtuanya, dan terutama pamannya, Mayor Ezau Rotinsulu, Maria Josephine Catherina Maramis kemudian menikah dengan Jozef Frederik Calusung Walanda di rumah gereja di Maumbi.

"Di Maumbi ini Maria berkenalan dengan seorang pendeta asal Belanda, Ten Hoeve dan istrinya. Maria kemudian banyak belajar lagi tentang keterampilan dari Nyonya Hoeve," Ivan menambahkan.

Ilustrasi belajar

Pendidikan di zaman kolonial memberi dampak pada penciptaan golongan elit baru, dan mereka memang dipersiapkan pemerintah kolonial untuk menduduki posisi-posisi dalam menjalankan administrasi pemerintahan kolonial.

"Untuk kaum bumiputera, pada umumnya diwarisi oleh anak-anak para kepala walak, para bangsawan, dan orang-orang yang memiliki kedudukan tinggi di masa itu," kata  sejarawan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ivan RB Kaunang.

Pemerintah kolonial mulai membangun kantor-kantor yang dapat menjangkau dan menampung mereka yang telah mengecap pendidikan cukup tinggi di masa itu, khususnya tenaga kerja bumiputera yang berpendidikan.

"Golongan terdidik inilah yang mulai mewarnai pergeseran kehidupan dari yang tradisional kepada kehidupan yang meniru modern. Gaya hidup mulai menunjukkan gaya Eropa dan ketergantungan pada uang untuk hidup lebih baik," ujar dia.

Satu hal dicatat adalah keberanian generasi ini untuk mengambil nilai-nilai yang baru sebagai bagian proses perubahan masyarakat Minahasa. Namun demikian, semaju apa pun kaum bumiputera berusaha dapat sederajat dengan orang Belanda, tetap saja diskriminasi rasial menjadi tantangan bagi kaum bumiputera.

"Faktor inilah yang kemudian menjadi pedorong utama munculnya kaum pergerakan, sehingga periode ini disebut dalam sejarah Indonesia, sejarah pergerakan nasional," papar akademisi Fakultas Ilmu Budaya Unsrat Manado ini.

Sepanjang periode awal abad ke-20, kesadaran memajukan bangsa mulai terasa di kalangan pribumi, dengan lahirnya berbagai organisasi kemasyarakatan yang ingin memajukan rakyat. Dari organisasi ini lahirlah beberapa tokoh pergerakan kebangsaan di daerah.

Tahun 1912 lahir "Rukun Minahasa" suatu organisasi yang didirikan di Semarang yang kemudian disebut Perserikatan Minahasa dengan tokohnya J.H Pangemanan. Tahun 1915 lahir di Tomohon, organisasi "Pangkal Setia" dengan menghimpun guru-guru Kristen sehingga disebut Perserikatan Guru-Guru Kristen di Minahasa yang diprakarsai oleh A.M Pangkey dan J.U Mangowal.

"Tujuannya pun sama yaitu memajukan pendidikan dan pengajaran selain berusaha adanya gereja yang otonom di Minahasa terpisah dari gereja Belanda," ungkap Ivan.

Pada tanggal dan bulan yang sama, 8 Juli 1917, ketika PIKAT berdiri, pada saat yang sama ada juga organisasi yang didirikan di Amurang, namanya Perserikatan Maupuupusan oleh Ny. J. Sahelangi.

Beberapa organisasi, baik sebelum berdirinya PIKAT atau sesudahnya, banyak diantaranya dipengaruhi oleh ideologi PIKAT dengan berbagai gerakan yang dilakukan oleh Maria melalui tulisan-tulisan Ibu Maria di beberapa media yang beredar di waktu itu.

"Pidato dan sambutan Maria di banyak tempat isinya adalah mengangkat harkat dan martabat perempuan di Minahasa," ujar dia.

Setahun sebelum berdirinya PIKAT usaha-usaha ke arah itu sudah dipikirkannya. Di zamannya, tampak jelas di mata Maria, banyak gadis-gadis Minahasa setelah menanjak dewasa tidak siap menghadapi masa depannya untuk berumah tangga.

"Apalagi tidak sekolah atau pendidikannya rendah, keadaan yang miskin di desa, dan lain sebagainya," ujar dia.

Maria sangat memperhatikan kondisi tersebut. Dengan pengalaman yang ada, terutama ketika berada di Maumbi dan banyak belajar tentang urusan rumah tangga, Maria memantapkan tekadnya. Apalagi dia mencermati, setelah lulus sekolah desa, sekolah pribumi, maka gadis-gadis di Minahasa tidak tahu lagi apa yang harus diperbuat.

Melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tidak tersedia cukup persyaratan untuk mereka sebagai gadis desa. Banyak di antara mereka yang mengadu nasib ke ibu kota ke residenan Manado, tetapi tidak dilengkapi dengan keterampilan yang cukup.

"Alasan-alasan itulah yang mempercepat kesadaran Maria untuk mempersiapkan mereka berbarengan dengan cita-citanya untuk mengangkat kaum perempuan dari keterbelakangan dan ketertinggalan, dan kebodohan," papar Ivan.

PIKAT atau Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya didirikan di Maumbi, 8 Juli 1917 oleh Maria, dan direstui Pemerintah Belanda. Sebagai langkah awal, Maria mengusulkan, dimulai dahulu dengan mendata, mengumpulkan sejumlah gadis remaja yang mau mendapatkan pelajaran kerumahtanggaan.

"Namun, kendalanya mereka tak punya gedung, dan peralatan belajar ketrampilan. Di sinilah mereka menerapkan mapalus atau gotong-royong untuk memenuhi kebutuhan itu," kata Ivan.

Pada rapat pengurus dan anggota PIKAT, Maria mengusulkan adanya suatu rumah tinggal bagi para gadis yang akan belajar di sekolah PIKAT. Kelak, sekolah PIKAT untuk para gadis yang belajar kerumahtanggaan ini disebut dengan Huishoudschool.

"Rumah tinggal para gadis ini kemudian dikenal dengan Wisma Maria, Huize of Maria atau Asrama PIKAT Maria," ujar Ivan.

Seorang warga Belanda, Tuan Bollegraf merelakan sebuah rumah besarnya digunakan sebagai rumah tinggal (asrama) atau wisma bagi gadis-gadis di sekolah PIKAT. Rumah itu tidak disewakan tetapi dipinjamkan oleh Tuan Bollegraf.

"Sekolah PIKAT akhirnya memiliki rumah tinggal bagi gadis-gadis yang mau belajar. Beberapa perabotan milik Tuan Bollegraf dapat digunakan," ungkap Ivan.

Tercatat pada waktu itu, empat orang gadis sebagai siswa pendaftar pertama. Adapun syarat untuk menjadi murid, mereka harus sudah lulus sekolah HIS dan paling tidak telah berumur 16 tahun. Mula-mula hanya dikhususkan gadis-gadis Minahasa, tetapi kemudian setelah mendapat bantuan dari pemerintah, sekolah ini mulai menerima murid secara terbuka luas untuk anak-anak Indonesia.

Kurikulum sekolah pun mulai disusun dengan empat orang gadis sebagai murid pertama, sambil menunggu pendaftaran murid-murid lainnya. Mereka diberi pelajaran kerumahtanggaan, mereka harus mencuci pakaian mereka sendiri, menjahit, menyulam, membersihkan tempat tidur, membersihkan rumah dan pekarangan serta memasak.

Juga diajarkan bagaimana mengurus diri mereka sendiri, hidup bersih, berpakaian rapi dan sopan, serta banyak hal yang berkaitan dengan masa depan mereka sebelum berumahtangga. "Tujuannya adalah, bagaimana melalui sekolah ini dapat mendidik perempuan-perempuan Minahasa, selain memiliki pengetahuan tetapi juga keterampilan," papar Ivan.

Dalam perkembangan selanjutnya, mata pelajaran semakin maju, dengan adanya kursus-kursus tambahan di luar jam pelajaran di sekolah yang dikelola oleh Huishoudschool. Mereka juga mengundang seorang guru yang berkompeten di bidangnya dan sesuai kebutuhan masyarakat, dalam hal ini gadis-gadis di masa itu, termasuk ibu-ibu yang berminat.

"Para siswa yang sampai tamat mengikuti kursus-kursus yang dibuka untuk umum diberikan sertifikat keahlian yang dapat digunakan untuk melamar kerja," papar Ivan.

Selanjutnya pada tanggal 16 Juni 1919, PIKAT dan sekolahnya yang terletak di di Jalan Ahmad Yani Manado mendapat pengakuan hukum dari pemerintah dengan Nomor 66 tanggal 16 Juni 1919. Dua tahun lamanya berjuang dan barulah terasa hasil yang sangat memuaskan.

Pimpinan PIKAT, pengurus sekolah, orang tua murid dan masyarakat umum sudah dapat melihat dan merasakan hasil-hasilnya dari keterampilan gadis-gadis yang sudah menyelesaikan pelajaran di sekolah PIKAT. Sekolah PIKAT kemudian diresmikan pada tahun 1919 dan disebut dengan nama Huishoudschool.

Maria Walanda Maramis mendidik perempuan Minahasa. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Dalam perkembangannya, para isteri pembesar dan orang-orang terkemuka di Manado-Minahasa berganti-ganti menjadi anggota pengurus dan pimpinan sekolah, demikian halnya dengan pengelolaan wisma Maria. Hal ini memberikan kemudahan Huishodschool mendapat pengaruh kalangan elit di Minahasa.

Pada 1926 pengurus PIKAT membeli tanah di Sario dan di atas tanah itu dibangun gedung PIKAT. Pada tahun 1932, PIKAT mendirikan Opleiding School voor vak onderwijs Zeressen atau Sekolah Guru Putri Kejuruan sebagai kelanjutan dari huishoudschool.

"Artinya, bagi remaja putri yang sudah tamat Huishoudschool atau dari HIS dapat melanjutkan ke sekolah kejuruan ini," ujar sejarawan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ivan RB Kaunang.

Murid-murid yang mendaftar untuk penerimaan pertama kali lebih kurang 20 orang, sedangkan guru-gurunya adalah lulusan Opleideng School voor Onderwijs, Jakarta.

Dalam perjalanannya, tidak ada keberhasilan dan kemajuan tanpa hambatan. Ada-ada saja orang yang tidak menyukai kemajuan yang dicapai organisasi PIKAT dan Huishoudschool-nya. Desas-desus dan rumor di masyarakat berkembang tentang sekolah Huishooudschool ini dengan rupa-rupa tanggapan, seperti sekolah ini tidak akan bertahan lama dan ejekan-ejekan lainnya yang tidak enak didengar telinga.

Ada saja orang yang mempertanyakan, apa saja yang dikerjakan oleh sekolah Maria ini dengan Huishoudschool-nya, apakah mereka mendidik gadis-gadis Minahasa untuk menjadi huishoudster? Suatu kalimat ejekan yang bermakna buruk.

"Huishoudster dapat disamakan dengan nyai atau yang dapat disamakan seperti selir-selir kerajaan, lebih kasar lagi gundik. Dan macam-macam kata ejekan yang dapat memerah telinga itu tak membuat langkah Maria surut," kata Ivan.

100 tahun PIKAT berkarya

Suatu hari di bulan April 1924, di kala mentari mulai terbenam, Maria dipanggil menghadap Sang Pencipta. Dia dimakamkan di pekuburan keluarga di Desa Maumbi, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. "Ini kuburan Marian Walanda Maramis dan suaminya," ungkap Nova Sondakh, perempuan yang sehari-harinya bekerja mengurus kompleks pemakaman itu.

Tahun 2017 ini, genap 100 tahun PIKAT berkarya untuk perempuan Minahasa dan Indonesia. Mei 2017 silam, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise ikut hadir di Manado untuk merayakan satu abad keberadaan organisasi itu.

"Maria tidak hanya bercita-cita, namun mampu mewujudkan dalam aksi nyata," ujar Yohana dalam sambutannya pada buku "Maria Walanda Maramis, Jangan Lupakan PIKAT Anak Bungsuku" karya Ivan RB Kaunang.

Selain ratusan cabang PIKAT yang berdiri di berbagai penjuru nusantara, salah satu peninggalannya adalah gedung asrama berlantai tiga, dengan 4 kamar untuk tamu, 18 kamar di lantai dua, dan 16 kamar di lantai tiga. Berdiri megah di Jalan Sam Ratulangi Manado. Semuanya hanya dikhususkan untuk penginapan asrama putri dengan membayar sewa per bulan.

"Ini salah satu bukti karya besar ibu Maria," ungkap salah satu pengelola Asrama Pikat.

Atas kerja keras yang konsisten dan jasa-jasanya itu, Maria dianugerahi gelar pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI Nomor 12/K/1969 tanggal 20 Mei 1969. Dalam surat yang ditandatangani Presiden Soeharto itu, Maria bersama dua tokoh lainnya yakni Arie F Lasut dan Christina Martha Tiahahu dianugerahi gelar pahlawan nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gantung Sepatu, Pirlo Jadi Asisten Conte?

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Andrea Pirlo belum mau membicarakan rencananya usai gantung sepatu Desember mendatang. Legenda sepak bola Italia itu juga membantah bakal bereuni dengan Antonio Conte di Chelsea.

Pirlo saat ini sudah berusia 38 tahun. Dia merasa sudah waktunya untuk memberikan kesempatan bagi pemain muda.

Salah satu rumor yang beredar menyebutkan ia akan menjadi salah satu staf pelatih Conte. Apalagi ia punya hubungan yang baik dengan Conte yang juga berasal dari Italia.

Maklum keduanya pernah bekerja sama ketika di Juventus dan timnas Italia. Mereka memenangkan enam gelar Serie A, dua Liga Champions, dan Piala Dunia.

"Menjadi asisten Conte? Banyak orang yang bilang begitu. Tetapi saya masih punya waktu untuk memikirkan," ucap Pirlo.

Pirlo saat ini membela New York City. Ia telah bermain dalam 15 laga musim ini meski belum mampu mencetak gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penurunan Suku Bunga Acuan BI Pacu Permintaan Hunian Apartemen

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7 day reverse repo rate berdampak positif pada bisnis properti. Penurunan suku bunga acuan tersebut berdampak pada penurunan bunga kredit pemilikan apartemen (KPA) yang kemudian menurunkan bunga KPA dan memacu permintaan akan hunian vertikal.

Marketing Director Green Pramuka City, Jeffry Yamin mengatakan, tren positif pertumbuhan penjualan hunian vertikal di Jakarta mulai terjadi sejak semester kedua tahun ini. Penjualan ini diprediksi terus terjadi hingga tahun depan.

"Saya optimis pertumbuhan hunian vertikal akan semakin positif terutama pada tahun depan mengingat pemerintah konsisten dengan upaya menjaga stabilitas makroekonomi dan konsumsi di dalam negeri," kata dia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Biasanya, lanjut Jeffry, perbankan tidak butuh waktu lama merespon penurunan suku bunga BI tersebut dalam bentuk suku bunga KPA. Penurunan suku bunga KPA akan langsung dimanfaatkan konsumen.

"Sudah pasti industri properti akan langsung merasakan manfaat tersebut karena konsumen yang sebelumnya menahan keinginan belanja properti akhirnya mendapat kelonggaran," dia menjelaskan.

Dia menuturkan, pasar properti di Jakarta yang sempat stagnan sejak 2014 hingga 2016. Namun, di awal 2017 mulai bergeliat.

Menurutnya, jelang akhir tahun 2017 diperkirakan pasar properti akan semakin optimistis setelah melalui Pilkada DKI. Lantaran, hal itu membuat konsumen menahan keinginan investasi pada hunian vertikal.

"Sementara mulai semester kedua tahun ini, konsumen mulai berani berinvestasi pada hunian vertikal di tengah Jakarta yang strategis, terjangkau dan efisien dibandingkan jika mereka memiliki hunian di pinggiran Jakarta," tandas dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

Bank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan 7 Days Repo Rate selama dua kali sebesar 25 basis poin pada Agustus dan September ini. Pelonggaran kebijakan moneter ini untuk memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo memberikan sinyal bahwa hingga akhir tahun, BI akan mempertahankan suku bunga acuan terserbut.

"Kami lihat dengan menurunkan bunga ini, tingkat bunga ini sudah cukup memadai. Cukup memadai itu sebenarnya adalah ungkapan yang kami rasa cukup," kata Agus di Hotel Intercontinental, Bandung, Kamis (28/9/2017).

Berbagai faktor yang menjadikan kelonggaran ini dinilai cukup dikarenakan sampai saat ini angka inflasi Indonesia sudah terjaga sesuai dengan yang diharapkan. Tidak hanya itu, transaksi berjalan Indonesia yang dinilai Agus sudah cukup sehat, dimana hingga akhir tahun akan defisit di bawah 2 persen dari Gross Domestic Product (GDP).

Agus mengaku memang masih ada beberapa sentimen global yang masih menjadi perhatian dunia, seperti rencana kenaikan suku bunga oleh The Fed, serta gejolak yang ada di semenanjung Korea. Namun demikian, angka ini sudah cukup mampu untuk menahan gempuran luar negeri terserbut dengan tetap menjaga kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kita sudah antisipasi kondisi global. Kita juga lihat intermediasi perbankan juga harus ditingkatkan dan kita lihat ini juga baik untuk pertumbuhan ekonomi. Kita lihat dengan kita menurunkan bunga ini, tingkat bunga ini sudah cukup memadai," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Menawan Selebritas di Pernikahan Laudya Cynthia Bella

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Pasangan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran baru saja menggelar resepsi ke dua pernikahan mereka yang digelar di The Diamond Inter Continental Hotel, Dago Pakar, Bandung, (Minggu (8/10/2017). Berbeda dari pesta sebelumnya yang digelar secara terbatas di negara sang suami Kuala Lumpur, kini pesta yang digelar di Bandung ini lebih banyak dihadiri oleh kerabat serta teman-teman terdekat.

Rona kebahagiaan juga terlihat dari banyaknya wajah pesohor dunia hiburan yang mengunggah foto mereka di akun Instagram miliknya bersama kedua mempelai yang sedang merayakan hari bersejarahnya tersebut. Penasaran siapa saja dan bagaimana gaya mereka saat menghadiri pernikahan Laudya Cynthia Bella dengan Engku Emran? Simak berikut ini.

1. Bunga Citra Lestari

 

8.10.17 #BAE

A post shared by Bunga Citra Lestari (@bclsinclair) on

Bunga Citra Lestari datang bersama sang suami Ashraf Sinclair yang kebetulan memiliki kewarganegaraan yang sama dengan Engku Emran. Pada kesempatan tersebut, Bunga Citra Lestari tampil serasi dengan sang suami dengan mengenakan nuansa warna putih. Pilihan long dress berpotongan wrap dengan aksen kerah lebar serta lengan yang dipermanis dengan aksi ruffle terlihat membuat dress putih tersebut tampak memukau. Tak hanya itu, riasan minimalis serta tatanan rambut side sleek juga semakin menyempurnakan tampilan BCL malam itu. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

 

 

Pengusaha sekaligus selebgram, Medina Zein juga terlihat berfoto dengan kedua mempelai yang tengah berbahagia tersebut. Berbalut busana modest wear sederhana dengan aksi hijab satin bernuansa keemasaan, gaya Medina sukses terlihat klasik dan mewah.

 

Congratulations for this couple that I love, happily ever after 😍❤️ #BAE

A post shared by Medina Zein Azhari (@medinazein) on

Artis muda berbakat Prilly juga ikut memposting dengan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran. Terlihat prilly tampil minimalis dengan dress beraksen laser cut dibagian dadanya. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai natural serta tampilannya tersebut dipermanis dengan aksen anting yang memberikan pernyataan pada gaya sederhananya tersebut.

 

I can't even describe my feelings right now. So happy for you ka! Bahagia terus yaa! Love you ❤

A post shared by Prilly Latuconsina (@prillylatuconsina96) on

Cut Tary juga menjadi salah satu selebritas yang menghadiri pesta pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran di Bandung. Aktris cantik ini terlihat tampil kasual dengan paduan serba putih dari padu padan long vest serta celana bernuansa senada. Tak ketinggalan sebuah clutch cantik keemasan turut menambah gaya kasualnya tersebut.

 

Wishing you a lifetime of love and happiness @laudyacynthiabella & Emran. #BAE

A post shared by Cut Tary (@cuttaryofficial) on

Pada pesta pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran, Ayu Dewi didaulat untuk membawakan acara pesta tersebut. Bertugas sebagai MC di pernikahan sang sahabat, Ayu Dewi terlihat tampil totalitas dengan mengenakan long dress bernuansa kebiruan yang dipermanis dengan aksen bordir bermotif floral. Gaya rambut Ayu Dewi serta riasannya pun terbilang sederhana sehingga menyajikan total look yang sederhana namun menjanjikan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pengembangan Pesawat Terbang Bertenaga Listrik

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Seiring dengan semakin populernya mobil listrik, dunia penerbangan juga semakin terbuka pada sumber tenaga alternatif yang ramah lingkungan.

Beberapa perusahaan dirgantara kini tengah mengembangkan pesawat terbang tenaga listrik, baik sebagai pesawat latih maupun pesawat penumpang, berkat kemajuan teknologi baterai dan motor listrik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airbus Terancam Didenda Gara-gara Dugaan Suap

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Tom Enders, CEO Airbus, pada Jumat lalu memperingatkan bahwa pabrikan pesawat Eropa tersebut mungkin menghadapi denda terkait dengan pernyidikan korupsi yang sedang berlangsung, termasuk terkait suatu penjualan jet-jet tempur kepada Austria.

Melalui surat kepada para pegawai yang juga dibaca oleh AFP, "Kita sedang disidik terkait dugaan pelanggaran peraturan anti-suap dan anti-korupsi."

"Kita berada dalam situasi ini karena kita memutuskan pada tahun lalu untuk mengungkapkan isu-isu yang kita temukan sendiri kepada pihak berwenang dan lembaga-lembaga penyidik. Ini adalah tindakan yang tepat."

Dikutip dari The Local pada Senin (9/10/2017), ia lanjut mengatakan, "Ini akan menjadi proses panjang dan membawa beberapa konsekuensi, termasuk denda besar terhadap perusahaan."

Sebuah unit usaha Airbus di Paris dilaporkan membangun jejaring perusahaan-perusahaan cangkang (shell companies) terkait dengan Vector Aerospace yang berkedudukan di London.

Dulunya, perusahaan itu adalah anak perusahaan yang melakukan jasa perawatan pesawat terbang bagi kelompok Airbus.

Sistem demikian memungkinkan kelompok tersebut memberikan "suap kepada para pembuat keputusan di Austria" ketika Wina sedang mempertimbangkan pembelian jet-jet militer Eurofighter seniliai 1,7 miliar euro, demikian menurut laporan majalah Der Spiegel pada Jumat lalu.

Beberapa pemeriksaan juga dimulai di Prancis dan Inggris mengacu kepada dugaan korupsi di cabang penerbangan sipil Airbus yang berkedudukan di Inggris.

Walau tidak menyebut sumber, Der Spiegel juga melaporkan bahwa pihak jaksa penuntut "sedang mempersiapkan dakwaan" terhadap beberapa calon tersangka kasus Austria.

Mengacu kepada sumber-sumber anonim, majalah itu melaporkan, "Para penyidik internal mengemukan lebih dari 100 kemungkinan pembayaran korupsi dalam 3 angka jutaan (euro)."

Tapi, jaksa penuntut Hildegard Baeumler-Hoesl di Munich mengatakan kepada AFP pada Jumat lalu bahwa para penyidik "sejauh ini hanya memiliki sedikit bukti korupsi."

 

Ilustrasi pesawat Eurofighter Typhoon 7L-WB milik Angkatan Udara Austria. (Sumber Wikimedia Commons)

Para penyidik di Bavaria sudah mulai mengamati Airbus sejak 2012 dan, menurut Baeumler-Hoesl, pemeriksaan korupsi terkait penjualan jet-jet Austria "akan segera berlalu."

Pihak berwenang Austria juga melakukan investigasi terhadap Airbus setelah mengajukan dakwaan pada Februari lalu dan menyatakan perusahaan itu membayar "komisi" di bawah meja senilai antara 183 juta hingga 1,1 miliar euro.

Menteri Pertahanan Hans Peter Doskozil menuduh Airbus dan konsorsium Eurofighter sengaja membohongi Wina tentang harga penjualan, waktu pengiriman, dan perangkat teknis 18 jet Eurofighter yang dimaksud.

Bulan lalu, Airbus membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Pengacara perusahaan menyebutnya "tanpa dasar fakta maupun dasar legal."

Dalam surat kepada para pegawai yang disebut sebelum ini, Enders mengatakan, "Selagi proses berlangsung, kita kemungkinan akan sering mendapat liputan media."

Enders sekaligus memperingatkan adanya "kebocoran dan upaya oleh individu-individu dengan niat terselubung untuk mengusik manajemen puncak melalui penyebaran tuduhan palsu."

"Dengan kata lain, bersiaplah untuk masa-masa guncang dan membingungkan."

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien DBD Wajib Diopname, Kapan Waktu yang Tepat?

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Orang yang terkena demam berdarah dengue (DBD) ternyata tidak selalu diopname. Ketika seseorang didiagnosis DBD, dokter dapat menganalisis kondisi pasien, apakah perlu diopname atau tidak.

Jika kondisi demam atau panas kurang dari tiga hari, pasien tidak perlu diopname. Cukup dengan berobat jalan.

"Ya, pasien bisa berobat jalan. Kita (dokter) memberikan obat untuk menghilangkan gejalanya. Kalau dia (pasien) demam atau panas, ya dikasih obat penurun demam atau panas," papar Dr. dr Leonard Nainggolan, SpPD, KPTI (Fluid Therapy for Dengue) ditemui acara  "Manfaat Minuman Elektrolit untuk Pasien DBD dan Diare" di Century Park Hotel Senayan, Jakarta, ditulis Senin (9/10/2017).

Pasien juga disarankan terapi cairan. Cairan elektrolit, yang mengandung gula dan elektrolit dapat membantu mengganti cairan yang hilang.

Ini karena DBD terjadi kebocoran plasma dari dalam pembuluh darah (yang mengandung cairan air, gula, cairan elektrolit).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Kondisi pasien DBD yang mengalami penurunan trombosit kurang dari 100.000 perlu diopname. Pasien membutuhkan perawatan intensif untuk menaikkan trombosit.

Hal darurat lain, jika gejala DBD makin parah. Seperti pasien mengalami shock, kejang, perdarahan, mual, dan muntah. Maka, pasien harus mendapatkan perawatan. 

Demi memeroleh hasil pemeriksaan DBD yang rinci, pasien juga bisa melakukan cek darah di laboratorium. Jadi, dokter dapat memutuskan dengan tepat, apakah pasien hanya membutuhkan rawat jalan atau harus diopname.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kritik Pencemaran Air, Mahasiswa Ini Buat Es Krim Limbah

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Es krim memang selalu jadi kesukaan banyak orang. Rasa yang disajikan biasanya manis dan segar, sehingga sangat cocok untuk dimakan saat musim panas atau kemarau.

Namun, tiga mahasiswa dari Universitas Taiwan membuat 100 jenis es krim stik yang terbilang unik. Sayangnya, kamu akan berpikir dua kali untuk mencoba es krim buatan mereka.

Ketiga mahasiswa tersebut tidak sungguhan membuat es krim untuk dikonsumsi, melainkan sebagai sebuah proyek seni. Melansir Taiwan News, Senin (9/10/2017), proyek seni tersebut dinamakan sebagai "100% Pure Sewage Ice Works" atau es murni terbuat dari air kotoran. Bahan dasar dari es krim ini tentu mereka kumpulkan dari air limbah di banyak daerah di Taiwan.

Source: thisiscolossal.com

 

 

(thisiscolossal.com)

Pada awalnya mereka akan mendinginkan sampel air yang telah diambil. Kemudian mereka akan cetak dan awetkan dengan menggunakan polyester resin.

Walaupun terdengar sangat mudah, proyek seni itu ternyata membutuhkan satu tahun penuh untuk menyelesaikannya. Mulai dari mengumpulkan sampel air, membuat cetakan, sampai dengan membuat seratus bungkus dari sampel es krim. Bungkus es krim yang dibuat juga disertakan dengan kode nomor serta tempat asal di ambilnya sampel air.

Source: thisiscolossal.com

Dari luar es krim yang mereka buat memang terlihat cantik dan menarik. Tak sedikit pula terdapat sampah, kotoran, sampai dengan cacing di dalam es krim tersebut. Para mahasiswa yang membuat proyek itu dilatarbelakangi kampanye polusi air yang tidak berjalan efektif di Taiwan.

Agar dapat menjangkau kesadaran masyarakat, para mahasiswa itu menggunakan strategi dengan pendekatan psikologis. Upaya yang mereka lakukan yaitu dengan membuat sesuatu yang disukai banyak orang, seperti halnya sebuah es krim.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Psikolog: Media Sosial Picu Krisis Kepercayaan Diri pada Remaja

Posted: 08 Oct 2017 10:00 PM PDT

Media sosial (medsos) tak selamanya bersifat informatif dan positif. Menurut pengamatan Jean Twenge, psikolog di San Diego State University, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, ternyata bisa memicu krisis kepercayaan diri bagi pengguna--khususnya kalangan remaja.

Twenge berujar, media sosial menciptakan pola keterikatan secara rutin, yang 'mengikat' pengguna untuk terus membukanya demi mengakses informasi.

"Akan tetapi, sayangnya ini juga mengisolir mereka. Akibatnya, para remaja tidak memiliki waktu untuk keluarga dan teman-temannya. Kontak sosial mereka seolah-seolah terblokir," kata Twenge.

Karena terisolir, remaja akan terus mengandalkan media sosial sebagai temannya. Di saat lingkungan sekitar dapat menerima keterbukaan informasi yang lebih agresif, ia justru akan menjadi yang tertinggal.

"Media sosial itu memang menghubungkan pengguna, entah dengan ke pengguna lain atau ke informasi baru. Padahal tidak juga, ini dapat mengurangi rasa percaya diri mereka. Mereka lupa kontak sosial lebih berguna. Kontak sosial banyak bentuknya, menerima informasi baru dari mulut ke mulut, berkomunikasi dengan kerabat, dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Menurut Twenge, masalah terjadi pada remaja yang lahir di periode 1995-2012. Generasi ini sudah mengenal smartphone dan menganggapnya sebagai perangkat utama.

Mirisnya, jumlah remaja yang lahir pada periode tersebut mengaku jarang menemui teman-temannya. "Sejak 2000, mengalami penurunan 40 persen. Dan pada 2015, cuma ada 56 persen remaja yang pergi bersosialisasi," imbuh Twenge.

Twenge juga mengungkap, remaja modern ini juga dianggap lambat untuk belajar dan berkembang. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu sendiri di dalam kamar, terus-terusan 'tenggelam' di dalam linimasa media sosial.

"Mereka bisa stress dan depresi karena terus-terusan seperti ini," ucapnya.

Sebelumnya, penelitian juga mengungkap media sosial dapat memicu efek depresi pada pengguna remaja. Penelitian telah dilakukan ke subjek kalangan remaja berumur 13-17 tahun yang sering menggunakan smartphone-nya untuk 'berinteraksi' di jejaring sosial.

Mengutip informasi laman The Independent, penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti asal Kanada, International Association of Cyber Psychology, Training & Rehabilitation (iACToR) dengan melakukan observasi pada 750 subjek yang merupakan remaja dari berbagai institusi pendidikan di wilayah Ontario.

Penelitian yang juga dipublikasikan lewat jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking ini mengungkap penggunaan medsos yang terlampau berlebihan rupanya mampu menunjukkan indikasi si pemilik jejaring sosial memiliki masalah gangguan mental dan memicu depresi.

"Kapasitas penggunaan jejaring sosial harusnya dibatasi sebagaimana mestinya. Jika digunakan terus menerus dalam jangka waktu berjam-jam, hal tersebut akan menciptakan rasa candu bagi para pengakses," ungkap tim peneliti.

Menurutnya, hal itu mengubah cara pandang pengguna bahwa jejaring sosial termasuk ke hal primer di dalam kehidupan pengguna. Bahayanya, penggunaan jejaring sosial secara berlebihan dapat berdampak negatif pada penggunanya.

"Jejaring sosial berfungsi sebagai alat komunikasi dan pencari informasi jika memang dibutuhkan. Namun hal tersebut bisa berubah fungsi 360 derajat menjadi sebuah 'pengisi dahaga' penggunanya ketika sedang kesepian," tambahnya.

Observasi yang telah dilakukan tim peneliti menyimpulkan sebagian besar dari 750 subjek anak remaja tersebut memang kerap kali tidak memiliki kegiatan apa-apa khususnya pada waktu malam hari. Oleh karena itu, mereka mengakses jejaring sosial sebagai 'teman' agar bisa mengisi kesepian mereka.

"Hal ini menunjukkan bahwa mereka mengalami tanda depresi, jika ini terus dilakukan, mereka akan melakukan hal lebih ekstrem seperti tindakan bunuh diri atau cyberbullying," tukasnya.

Mereka menambahkan, seharusnya ketika kesepian para anak remaja bisa melakukan kegiatan positif yang lebih menggaet mereka ke perkembangan fisik dan mental yang lebih sehat, seperti berolahraga, membaca buku, mendengarkan musik dan masih banyak lagi.

"Sudah seharusnya fungsi dari jejaring sosial dibatasi. Selagi masih ada waktu dan belum terlambat, kini peran orang tua yang harus mengawasi anak mereka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fahira Idris Apresiasi Polres Jakarta Pusat

Posted: 08 Oct 2017 09:51 PM PDT

Senator Jakarta, Fahira Idris, mengapresiasi Kepolisian Resort Metro Jakarta Pusat (Jakpus) yang berhasil mengamankan setidaknya 51 pengunjung sauna, yang disinyalir melakukan pesta gay berkedok spa di Bilangan Gambir, Jakarta Pusat. Tempat sauna ini juga diduga menyediakan prostitusi sesama jenis.

"Saya mengapresiasi jajaran Polres Jakpus dan juga warga sekitar yang proaktif melapor dugaan praktik pelanggaran hukum di lingkungannya kepada polisi. Saya yakin praktik seperti ini (pesta seks dan prostitusi sesama jenis) masih ada, di terutama di kota-kota besar di Indonesia. Semakin sering terungkap dan terciduk, semakin baik," ujar Fahira, di Jakarta (8/10/2017).

Menurutnya, pengungkapan kasus serupa juga berhasil dilakukan Polda Metro pada Mei 2017, tepatnya pesta seks kaum gay di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Barat. Artinya, pada 2017 ini sudah dua kasus pesta gay di Jakarta yang berhasil diungkap. Ini menandakan praktik-praktik seperti ini, tidak tertutup kemungkinan, sering berlangsung di Kota Jakarta.

"Padahal ancaman hukumannya cukup berat. Jika dijerat dengan Undang-Undang Pornografi mulai dari membuat, menyiarkan (publikasi), menawarkan, memperjual belikan, dan menyediakan pornografi, ancamannya bisa 15 tahun penjara. Kalau ada pesta seks sesama jenis pasti ada penyelenggaranya dan pasti ada publikasinya, walau untuk kalangan terbatas. Jadi saya harap polisi menjerat para pelaku dengan Undang-Undang Pornografi karena semua unsur terpenuhi," ujar Fahira, Ketua Komite III DPD.

Bukan hanya melakukan penindakan hukum, sanksi lain harus diberikan pihak berwenang, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terhadap siapa saja yang terkait dengan praktik pornografi ini.

"Jika itu benar itu sauna, izin usahanya harus segera dicabut. Pemilik dan pengelola gedung juga harus diperingati untuk hati-hati menyewakan gedungnya agar tidak disalah gunakan untuk melakukan praktik-praktik yang melanggar hukum. Saya juga mengimbau warga untuk tidak ragu melapor jika melihat ada gelagat yang mencurigakan di lingkungannya," ucap Fahira.(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teuku Zacky Umbar Keseksian Sang Istri di Media Sosial

Posted: 08 Oct 2017 09:50 PM PDT

Rumah tangga Teuku Zacky dan sang istri, Ilmira Usmanova, terkenal jauh dari kabar miring. Setelah resmi menikah pada 2009, pasangan tersebut seakan hidup bahagia tanpa masalah yang berarti.

Kemesraan mereka pun kerap diumbar Teuku Zacky melalui akun Instagram pribadinya. Salah satunya melalui beberapa foto yang diunggah sang aktor baru-baru ini.

 Selain sebagai momen bersama buka dan sahur bersama, bagi yang memilki anak kecil juga dimanfaatkan untuk memberikan pengertian pada anak-anak tentang ibadah puasa.  (Instagram/teukuzacky)

Dalam foto itu, Teuku Zacky dan Ilmira Usmanova tampak berpose di kolam renang. Keduanya pun terlihat menikmati es kelapa muda, langsung dari batoknya.

Para pengguna Instagram pun langsung menaruh perhatian pada foto itu. Terlebih, tubuh bagian atas Ilmira Usmanova terlihat jelas. Hal itu lantas membuahkan kontroversi publik.

Ada pengguna Instagram yang menganggap tak pantas perilaku Teuku Zasky tersebut. Namun, tak sedikit pula yang menyatakan bahwa pose itu merupakan hal wajar yang biasa dilakukan orang di kolam renang.

 

"Nggak malu mas istrinya dipamer2in gitu ? Dilihatin banyak orang loh. Suami yg baik itu harusnya bisa menjaga kehormatan istri bukan malah mengumbarnya," tulis @dwi.narendra.2.

"Mau dikamar...mau di kolam.renang...klau da HALAL ma...enak aja dilihat...," sindir @ulfacipa.

"Perasaan tuch wajar aja..kan dia pakai baju renang bknnya ngak..gak mgkn donk berenang pakai baju sekolah..cuma org yg punya pikiran kotor aja yg anggap dia tuch gak pake apa2," sahut @mel_tsun.

Teuku Zacky dan Ilmira Usmanova resmi menikah pada 5 April 2009. Pasangan berbahagia itu kemudian dikaruniai dua anak yang bernama Teuku Zio Zafiero Adam dan Aishakyra Zara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Sensasi Bermain Lempar Kapak di Dalam Ruangan

Posted: 08 Oct 2017 09:47 PM PDT

Sebuah kapak yang menancap di papan sasaran di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Sebuah kapak yang menancap di papan sasaran di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Pengunjung bersiap melemparkan kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Pengunjung bersiap melemparkan kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Pengunjung bersiap melemparkan kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Pengunjung bersiap melemparkan kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Seorang wanita melemparkan sebuah kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Seorang wanita melemparkan sebuah kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Ekspresi seorang pria saat melemparkan sebuah kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Ekspresi seorang pria saat melemparkan sebuah kapak ke arah sasarannya saat ia bermain melempar kapak di Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

Stumpy's House di Eatontown, New Jersey, (6/10). (AFP Photo/Jewel Samad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Inter, Pelatih AC Milan Bakal Terapkan Taktik Baru

Posted: 08 Oct 2017 09:45 PM PDT

AC Milan akhir pekan nanti akan menghadapi rival abadi mereka Inter Milan di lanjutan Serie A. Ini adalah pertandingan terpenting untuk Milan musim ini.

Saat ini AC Milan posisinya berada di luar empat besar dan telah kehilangan tiga dari tujuh pertandingan awal Serie A. Karenanya, pelatih Milan Vincenzo Montella sangat ingin melihat perubahan di tubuh timnya.

La Gazzetta dello Sport melaporkan Montella akan mencoba taktik baru yang bisa membantu timnya mengatasi rival satu kota mereka itu. Pelatih asal Italia tersebut, dilaporkan mencoba formasi 3-4-1-2 saat sesi latihan hari ini, Senin (9/10/2017).

Dalam skema itu, Suso atau Bonaventura akan bermain sebagai gelandang serang di belakang dua striker utama.

Sementara itu, AC Milan dalam laga uji coba mengalahkan tim primavera 3-1. Gol kemenangan Milan dibuat Bonaventura, Borini dan José Mauri.

Pada laga ini, Borini bermain sebagai pemain sayap kanan bersama Montolivo. Sedangkan, Mauri di posisi tengah bersama Franck Kessié dan Lucas Biglia.

Pemain AC Milan, Andre Silva berselebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang HNK Rijeka dalam laga Grup D Liga Europa di San Siro, Kamis (28/9). Bertindak sebagai tuan rumah, Rossoneri –julukan Milan– sukses meraih kemenangan 3-2. (AP/Luca Bruno)

Pemain andalan AC Milan Kalinic tidak bisa bermain pada laga nanti karena masih cedera. Sedangkan, Andre Silva absen karena akan membela timnas Portugal.

Silva telah memiliki awal yang baik musim ini dengan mencetak gol di Liga Europa dan tim nasional. Hanya, masalahnya, mantanstriker Porto tersebut belum mencetak gol pertamanya di Serie A.

Kemungkinan Montella akan menempatkannya sebagai starter saat melawan Inter. Silva belum lama ini mencetak satu gol dalam kemenangan timnya 2-0 atas Andorra di laga kualifikasi Piala Dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasabah RI Transfer Rp 18,9 T ke Singapura Bukan Hanya Seorang

Posted: 08 Oct 2017 09:40 PM PDT

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah mendapatkan laporan terkait transfer dana sebesar US$ 1,4 miliar atau Rp 18,9 triliun (asumsi kurs 13.500 per dolar Amerika Serikat) milik nasabah Indonesia beberapa bulan lalu.

Dana tersebut ditransfer dari Guernsey ke Singapura melalui Standard Chartered Plc pada akhir 2015 silam.

Demikian disampaikan Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin kepada Liputan6.com, seperti ditulis di Jakarta, Senin (9/10/2017). "PPATK sudah terinfo beberapa bulan yang lalu," kata dia.

Kiagus mengatakan, pemilik dana tersebut bukan satu orang. Ditanya mengenai dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan penghindaran pajak, Kiagus mengatakan, penghindaran pajak terkait dengan TPPU.

Menurutnya, dengan nominal yang tidak sedikit, ada dugaan dana tersebut berkaitan dengan TPPU.

"Tindak pidana pajak merupakan salah satu tindak pidana asal TPPU. Kalau melihat mutasi uang tersebut kemana-mana kemungkinan besar unsur TPPU terpenuhi. Pemiliknya tidak satu orang," jelas dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ken Dwijugiasteadi mengaku telah mengantongi identitas pemilik dana tersebut. Namun, pihaknya enggan menyebut identitasnya.

"(Siapa orang itu?) Oh enggak boleh (kasih tahu)," kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta.

Lebih lanjut, Ken meminta pada pemilik dana tersebut segera melakukan pembetulan surat pemberitahuan (SPT). "Kasih tahu ya, suruh ikut betulin SPT," tutup dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengaku telah menelusuri transfer dana sebesar US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 18,9 triliun milik nasabah Indonesia dari Guernsey, Inggris ke Singapura melalui Standard Chartered Plc. Hasil pelacakan tersebut telah diserahkan kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan.

"PPATK sudah melakukan analisis sejak beberapa bulan lalu, dan hasilnya sudah kami kirim ke Ditjen Pajak," kata Wakil Kepala PPATK, Dian Ediana Rae saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Dia mengungkapkan, PPATK menyerahkan laporan hasil penelusuran transfer dana jumbo itu kepada Ditjen Pajak karena diduga aliran duit tersebut dalam rangka pengelakan atau pengemplangan pajak (tax evasion).

Pemilik dana sekitar Rp 18,9 triliun itu, diakui Dian, bukan hanya nasabah individu atau perorangan. Melainkan sejumlah perusahaan dan pengusaha berkewarganegaraan Indonesia.

"Kami kirim ke Ditjen Pajak karena memang dugaan sementara adalah tax evasion (tax fraud). Yang kami sampaikan sejumlah perusahaan dan pengusaha WNI," tegas Dian.

Saat ini, Dian mengungkapkan, Ditjen Pajak tengah melakukan investigasi atas hasil analisis dari PPATK terkait kasus tersebut. Dengan demikian, dia meminta seluruh pihak untuk bersabar menunggu hasil investigasi Ditjen Pajak.

"Benar atau tidaknya dugaan itu (tax evasion), tergantung hasil investigasi Ditjen Pajak sebagai pihak yang berwenang urusan ini. Untuk detilnya, lebih baik menanti hasil investigasi atas hasil analisis kami itu," ujarnya.

PPATK, sambungnya, akan terus berkoordinasi dengan Ditjen Pajak dan aparat penegak hukum untuk melihat apakah ada tindak pidana lain, misalnya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), selain pengelakan pajak maupun tax fraud.

"Kalau soal indikasi TPPU bisa saja. Kami tidak akan buru-buru menyimpulkan itu. PPATK masih terus mendalami kemungkinan TPPU-nya. Jadi supaya tidak menimbulkan simpang siur, tunggu hasil investigasi Ditjen Pajak," kata Dian.

Saat dikonfirmasi terpisah, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama enggan menjelaskan secara lebih rinci mengenai hasil analisis PPATK maupun investigasi yang dilakukan Ditjen Pajak.

"Informasi itu (transfer dana) pasti kami tindaklanjuti. Tapi untuk saat ini belum ada yang bisa saya sampaikan," dia menegaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-32, Herjunot Ali Akhirnya Punya Akun Instagram

Posted: 08 Oct 2017 09:40 PM PDT

Aktor Herjunot Ali baru saja berulang tahun ke-32 pada Minggu (8/10/2017). Bukannya dia yang mendapat kado, Junot justru memberikan hadiah spesial kepada para penggemarnya.

Tepat di hari ulang tahunnya kemarin, Herjunot Ali akhirnya memutuskan untuk memulai cerita serunya di Instagram. Di saat selebritas lain sudah lebih dulu eksis di media sosial, kekasih Tatjana Saphira itu baru sekarang membuat akun Instagram.

Herjunot Ali akhirnya bikin akun Instagram [foto: instagram]

"Aku berumur 32 tahun hari ini dan terima kasih untuk semua doa. Ok, dan sekarang aku siap. Halo Instagram, aku ingin mengenal kalian. Kita kenalan dong... Nama kamu siapa, kamu dari mana? dan apa yang kamu suka dalam hidup?" tulis Herjunot Ali di unggahan pertamanya.

Sebelum para warganet, Herjunot Ali lebih dulu memperkenalkan dirinya. Bintang film Realita, Cinta dan Rock'n Roll itu mengungkapkan kalau dirinya juga mencintai dunia fotografi.

"Aku duluan, namaku Junot, dari Jakarta. Yang memesona buatku dalam hidup adalah hiu dan fotografi jalanan. Sekarang giliran kalian.." katanya disambut komentar antusias para warganet.

 Herjunot Ali dan Tatjana Saphira

Tak hanya penggemar, sang kekasih pun ikut antusias menyambut Herjunot Ali di Instagram. "AKHIRNYA, selamat datang di Instagram!!! Banyak hal yang aku pelajari darimu setiap harinya, jadi aku tak sabar untuk melihat hal-hal yang menginspirasi yang akan kamu bagikan melalui tempat barumu @herjunotali.studio," kata Tatjana Saphira.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Tampil Cantik dengan Gaun Pengantin Pastel

Posted: 08 Oct 2017 09:39 PM PDT

Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran telah sah menjadi suami istri pada bulan lalu. Pernikahan tersebut digelar di negara asal sang suami Malaysia. Namun, kebahagiaan suami istri ini ternyata juga dibagikan pada masyarakat Indonesia. Pada Minggu (8/10/2017), Bella dan Emran juga menggelar resepsi pernikahan yang kedua di Kota Bandung.

Bertempat di Intercontinental Bandung, Laudya Cynthia Bella bersanding dengan sang suami dalam balutan busana pastel. Bella menggunakan gaun nude dilengkapi taburan payet rancangan Ayu Dyah Andari.

Pada bagian luar, gaun ini dilengkapi dengan outer lace yang panjang hingga menjuntai ke bagian belakang. Sentuhan aksen embroidery berbentuk dedaunan mempermanis penampilan wanita kelahiran Bandung ini. Hijab segiempat polos bernuansa senada dengan gaun melengkapi penampilannya.

Sementara sang suami, Engku Emran, tampil serasi dengan Laudya Cynthia Bella dengan setelan jas bernuansa cokelat. Pada bagian dalam Engku menggunakan kemeja putih yang dilengkapi dasi bernuansa hitam yang menambah gagah penampilannya.

 

Sementara untuk makeup, Laudya Cynthia Bella menggunakan riasan dari makeup artist Andy Chun. Andy Chun memberikan riasan pengantin yang terlihat flawless pada Bella.

Makeup Bella ini terlihat berfokus pada riasan mata yang dibuat smokey eyes. Sementara warna nude dipilih untuk polesan bibir senada dengan gaunnya. Selamat menempuh hidup baru, Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Liburan Memacu Adrenalin? 6 Wahana Dufan Wajib Kamu Coba

Posted: 08 Oct 2017 09:39 PM PDT

Mencari liburan yang memacu adrenalin di kawasan Jakarta tidaklah sulit. Kamu cukup mengunjungi Dunia Fantasi atau Dufan yang berada di wilayah Jakarta Utara.

Sudah puluhan tahun Dufan menjadi tujuan favorit liburan kalangan anak muda hingga dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Selain tempat bermain anak-anak, Dufan selalu menawarkan beberapa wahana yang mampu memacu adrenalin dan menguji keberanian seseorang. 

Berikut ini adalah 6 wahana Dufan yang selalu berhasil memacu adrenalin dan dijamin kamu tidak berhenti berteriak.

1. Kora-Kora

Wahana Kora-kora ini berbentuk menyerupai Kapal Bajak Laut. Kapal akan bergerak maju dan mundur, kamu akan dibuat seperti dalam ayunan. Pilih tempat duduk paling belakang untuk lebih memacu adrenalin kamu. Semakin berada di belakang, badanmu akan terasa jatuh langsung ke bawah.

2. Pontang-Pontang

Hampir mirip seperti ombang-ombang, namun pontang-pontang memiliki kecepatan putaran yang seolah-olah bertabrakan dengan yang lain. Terdapat satu tiang penyangga yang sangat besar dengan 3 jari-jari besar yang membentang ke samping. Di ujung jari tegantung 4 tempat duduk yang masing-masing bisa ditempati untuk dua orang.

Makin lama putaran, makin cepat terasa dibanting ke kiri dan kanan, belum lagi sensai hampir bertabrakan dengan yang lain membuat para pemain menjerit sekencang-kencangnya.

3. Kicir-Kicir

Dilihat dari bentuknya, kicir-kicir seperti lingkaran dengan jari-jari raksasa. Di ujung jari terdapat kursi yang bisa kamu duduki. Begitu dimulai, kicir-kicir akan berjalan normal naik turun berputar sesuai dengan naik turun jari-jari.

Kamu akan merasakan sensasi yang dimiliki kicir-kicir berputar 360 derajat ke segala arah.

Semakin lama putaran, makin kencang bangku dan kamu ikut dalam putaran ke sana ke mari. Kamu akan merasakan sensasi yang dimiliki kicir-kicir berputar 360 derajat ke segala arah beberapa menit dan membuat pemain berteriak.

4. Hysteria

Wahana ini memiliki tiang setinggi 60 meter dengan keliling menara seperti cincin besar. Terdapat 12 tempat duduk lengkap dengan pengamannya, pilih deretan kursi dua orang ini akan lebih memacu adrenalin mu.

Wahana Hysteria memiliki tiang setinggi 60 meter dengan keliling menara seperti cincin besar.

Wahana ini mirip dengan kursi pelontar sehingga kamu akan dilontarkan dari bawah ke atas dengan kecepatan penuh sampai ke titik teratas dari permainan ini. Dari titik teratas, kamu akan dijatuhkan dengan cepat membuat jantung seperti lepas.

5. Halilintar

Halilintas sering kali disebut sebagai Roller Coaster atau Jet Coaster-nya Dufan. Satu kereta halilintar bisa membawa 12 pengunjung.

Kamu akan dibawa meluncur kencang, terjun dan meliuk-liuk dengan kereta. Pilih tempat paling depan atau paling belakang untuk merasakan sensasi yang lebih berbeda. Yang paling ekstrem tentu ketika kamu dibawa ke jalur rel berbentuk 360 derajat dengan posisi seperti orang salto.

6. Tornado

Ingin benar-benar menguji keberanian seseorang? Tantang dia untuk menaiki wahana Tornado. Tornado bisa jadi wahana paling ekstrem yang ada di Dufan. Puluhan orang dapat duduk berjejer di atas kursi khusus depan dan belakang, dibatasi sebuah tiap penyangga besar sebagai ikatan.

Permainan dimulai dengan perlahan membawa pemain ke atas udara dan berputar ke kiri dan ke kanan. Setelah diputar-putar dan naik ke atas, wahan tiba-tiba berbalik. Kamu akan duduk dengan kepala ke bawah, di tahan sesaat, setelah itu di putar ke depan dan ke belakang yang membuat orang-orang berteriak histeris.

Ketika merasa permainan akan berakhir, ternyata tornado masih bergerak dan lagi-lagi membuat pengunjung berteriak.

Nah, itulah 6 wahana Dufan yang selalu memacu adrenalin. Siapkan fisik dan staminamu karena kalau di akhir pekan sudah tentu kamu harus sabar mengantri. Mengantri untuk naik wahana memang wajar terjadi, namanya juga favorit para pengunjung. Tapi, untuk mengantri tiket masuk Dufan tidak perlu lagi kamu cemaskan.

Kini, beli tiket dufan sangat mudah karena kamu bisa beli di Tokopedia. Tidak lagi harus menunggu antrian di loket, sekarang kamu dapat mengecek harga & membeli tiket masuk Dunia Fantasi di Taman Impian Jaya Ancol secara online dengan mudah & cepat di Tokopedia. Caranya gampang, kamu tinggal memilih jenis tiket yang diinginkan, lalu klik beli.

Prosesnya praktis & mudah dengan banyaknya metode pembayaran yang tersedia, dari ATM transfer, virtual account, kartu kredit/debit, sampai pembayaran di gerai terdekat. Nikmati juga berbagai promo & diskon eksklusif khusus untuk pengguna TokoCash.

Selain beli tiket dufan, di Tokopedia kamu juga bisa beli tiket Kereta Murah, banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan. Tokopedia, Situs Shopping terbaik di Indonesia. Untuk urusan hiburan dan liburan, mulai dari Tokopedia.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir KPK: Kami Tunggu Novel Baswedan Sehat

Posted: 08 Oct 2017 09:37 PM PDT

Sahabat Novel Baswedan mengungkap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu akan kembali bekerja pertengahan November 2017. Namun, KPK belum bisa memastikan hal tersebut.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan pihaknya masih menunggu kesehatan Novel pulih.

"Kami berharap perkembangan kesehatan Novel semakin membaik dan setelah menurut dokter cukup, tentu Novel kita harap bisa kembali bersama-sama kami untuk terlibat aktif dalam kerja pemberantasan korupsi di KPK," ujar Febri kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Menurut dia, Novel masih dalam perawatan intensif di Singapura. Dia akan menjalani operasi tahap kedua di Oktober 2017.

Sebelumnya, operasi mata tahap pertama Novel Baswedan terjadi pada 17 Agustus 2017. Operasi tersebut berjalan lancar.

"Bahkan untuk mata kanan sudah ada perbaikan di sana meskipun tentu proses penyembuhan masih dibutuhkan," ucap Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menurut salah satu teman dekat Novel Baswedan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Novel bisa kembali ke Tanah Air dan menjalankan tugasnya di KPK pada awal atau pertengahan November 2017 nanti.

"Novel tentu, sudah tidak sabar kembali bertugas sebagai penyidik KPK, untuk menuntaskan berbagai PR kasus-kasus korupsi yang ia tangani," ujar Dahnil dalam siaran persnya, Senin (9/10/2017).

Pada sisi lain, kata Dahnil, kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan belum mengalami perkembangan.

"Kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan yang ditangani Kepolisian, setelah 180 hari atau lebih dari 6 bulan, justru sampai detik ini terasa semakin gelap dan tidak jelas," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiya ini.

Bahkan, ujar Dahnil, kasus tersebut justru semakin kabur dengan isu berbagai tuduhan dugaan kriminalisasi yang dialamatkan kepada Novel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Novel Baswedan Kembali Aktif di KPK pada November 2017

Posted: 08 Oct 2017 09:32 PM PDT

Perkembangan kesehatan penyidik senior Novel Baswedan berangsur membaik. Setelah operasi tahap pertama pada mata sebelah kiri Novel pada 17 Agustus 2017, normalnya Novel akan masuk kamar operasi kembali untuk operasi tahap kedua 3-4 bulan.

Namun, Novel tidak perlu menunggu selama itu untuk melakukan operasi tahap kedua. Rencananya, operasi tahap kedua pada mata Novel akan dilakukan pada sekitar pertengahan Oktober ini.

Bahkan, menurut salah satu teman dekat Novel Baswedan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Novel bisa kembali ke Tanah Air dan menjalankan tugasnya di KPK pada awal atau pertengahan November 2017 nanti.

"Novel tentu sudah tidak sabar kembali bertugas sebagai penyidik KPK, untuk menuntaskan berbagai PR kasus-kasus korupsi yang ia tangani," ujar Dahnil dalam siaran persnya, Senin (9/10/2017).

Pada sisi lain, kata Dahnil, kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan belum mengalami perkembangan.

"Kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan yang ditangani Kepolisian, setelah 180 hari atau lebih dari 6 bulan, justru sampai detik ini terasa semakin gelap dan tidak jelas," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah ini.

Bahkan, ujar Dahnil, kasus tersebut justru semakin kabur dengan isu berbagai tuduhan dugaan kriminalisasi yang dialamatkan kepada Novel.

Sebelumnya, operasi mata Novel Baswedan tahap pertama di Singapura telah dilakukan pada 17 Agustus 2017.

Novel Baswedan harus menjalani perawatan di Negeri Singa setelah disiram air keras oleh dua pengendara motor pada 11 April 2017, seusai salat Subuh di Masjid Al-Ihsan dekat rumahnya.

Mata Novel mengalami kerusakan, sehingga ia harus menjalani perawatan di Singapura sejak 12 April 2017.

Novel adalah salah satu penyidik senior KPK yang tengah menangani kasus korupsi pengadaan KTP-elektronik (KTP-el) dan kasus-kasus besar lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

18 Kecamatan di Garut Siaga I Bencana

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Sebanyak 18 kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, termasuk kategori Siaga I bencana tahun ini. Apa saja yang akan dilakukan pemerintahan Kota Dodol tersebut saat ini?

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan bahwa sekalipun terbilang rawan bencana dengan kewaspadaan tingkat tinggi, lembaganya telah menerapkan mitigasi bencana di hampir seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

"Secara teknis Kamis ini (12 Oktober 2017) kami akan melakukan rapat koordinasi semua pihak, untuk mengimplementasi zona mana saja yang akan menjadi prioritas," ucap Rudy, selepas apel di lapangan Setda Garut, Senin (9/10/2017).

Masuknya musim hujan, menurut dia, memang menjadi ancaman tersendiri bagi Garut yang termasuk wilayah dengan kategori ancaman bencana terbanyak kedua secara nasional. Namun, adanya mitigasi bencana serta kesigapan semua pihak termasuk masyarakat di sekitar zona bencana, menyebabkan hal itu bukan hal yang harus dipersoalkan.

"Makanya saya minta masyarakat tetap selalu waspada," ia mengingatkan.

Untuk mendukung pelaksanaan teknis di lapangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Garut telah menyiapkan anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) hingga Rp 5 miliar untuk menanggulangi bencana alam, terutama memasuki musim penghujan ini. "Seluruhnya Rp 8 miliar, namun yang Rp 3 miliar sudah digunakan," kata Bupati Garut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Jalur lalu lintas Cisompet-Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tertutup longsor, beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Selain itu, menurut Bupati Rudy, Pemkab Garut telah mengantisipasi ancaman bahaya longsor yang setiap saat mengintai dan berpotensi menimbulkan kerusakan infrastruktur masyarakat. Lembaganya telah menerjunkan tiga alat berat yang setiap saat siap digunakan.

"Ada tiga alat berat yang sudah disebar. Pertama, untuk daerah Singajaya dan Cihurip, kedua di daerah Pameungpeuk, ketiga di Cisompet," ujarnya.

Adapun Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Dadi Djakaria mengakui, masuknya musim hujan menyebabkan lembaganya siaga terus menerima informasi adanya bencana dari masyarakat.

"Kami siap melaksanakan apa yang diperintahkan Pak Bupati, apalagi saat ini dalam cuaca yang ekstrem," katanya.

Untuk mewujudkan respons cepat tanggap yang diharapkan Pemkab Garut, BPBD mengakui kekurangan sumber daya manusia (SDM) di lapangan. "PNS atau ASN kita hanya 28 orang, dan sisanya dibantu non-PNS, sehingga kami kesulitan dan tidak bisa disiagakan di seluruh titik bencana," Dadi membeberkan.

Hingga tahun lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, dari total 494 kabupaten dan kota se-Indonesia, tiga wilayah di Jawa Barat memiliki ancaman bencana paling tinggi. Posisi pertama Kabupaten Garut, disusul Sukabumi, dan Tasikmalaya.

Beberapa titik yang kerap terjadi bencana alam, terutama banjir dan longsor secara tak terduga antara lain Jalur Selatan seperti longsor, yakni Jalan Raya Pameungpeuk-Garut, kemudian Bungbulang, Cisewu, dan Talegong.

Akibatnya, tak jarang material longsor menutup badan jalan, sehingga mengganggu arus lalu lintas yang menghubungkan Garut Kota dengan wilayah selatan Garut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Setya Novanto Tak Hadir di Persidangan Andi Narogong

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Ketua DPR RI Setya Novanto hari ini dijadwalkan bersaksi dalam sidang perkara korupsi e-KTP dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong. Namun, Ketua Umum Partai Golkar itu kemungkinan tidak dapat hadir dalam sidang proyek yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu.

"Beliau kan masih pemulihan kesehatan, sulit bisa hadir. Kalau beliau sehat, saya kira akan datang. Kan beliau taat pada hukum, kalau tidak sakit pasti datang," ujar Pengacara Setnov, Fredrich Yunadi, saat dikonfirmasi, Senin (9/10/2017).

Menurut Fredrich, Novanto hari ini dijadwalkan melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Premier Jakarta Timur. Penyakit jantung yang diidapnya belum sembuh.

"Sepengetahuan saya, beliau hari ini ada check up ya. Kan kemarin waktu keluar dari RS Premier dijadwalkan dokter hari ini melakukan check up," jelasnya.

Selain Novanto, hari ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga akan menghadirkan beberapa saksi lain dalam sidang terdakwa Andi Narogong. Mereka di antaranya, mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

 

 

Dalam dakwaan perkara ini, nama Novanto kerap disebut sebagai kunci anggaran di DPR. Novanto juga disebut telah menerima aliran dana sekitar 11 persen dari bancakan, atau sekitar Rp 574 miliar.

Novanto sendiri sempat ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun tersebut. Namun penetapan tersangka terhadap Novanto dianggap tidak sah dalam putusan praperadilan oleh Hakim Cepi Iskandar.

Dalam perkara ini, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor telah memvonis dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto masing-masing 7 dan 5 tahun penjara

Namun pihak KPK melakukan banding atas materi putusan perkara tersebut. Sebab, dalam putusan, nama-nama anggota DPR yang disebut menerima uang suap dalam dakwaan tiba-tiba menghilang.

Sementara Andi Narogong, dia sudah didakwa telah melakukan korupsi secara bersama-sama dengan Setya Novanto, Ketua Konsorsium PNRI Isnu Edhi Wijaya, Sekjen Kemendagri Diah Anggraini, dan Drajat Wisnu Setyawan selaku ketua panita pengadaan barang dan jasa di Ditjen Dukcapil Kemendagri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibantai Timnas Indonesia U-19, Pelatih Thailand Bela Kipernya

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Juara AFF U-18, Thailand dipermalukan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Minggu (8/10/2017) dalam laga uji coba. Pada pertandingan tersebut, Indonesia menang 3-0.

Timnas Indonesia U-19 mencetak unggul lebih dahulu jelang babak pertama berakhir. Kiper Thailand, Suthipong Pisansub melakukan kesalahan yang berhasil dimanfaatkan Witan Sulaeman.

Garuda Nusantara berhasil menambah dua gol lagi ke gawang Thailand melalui Abimanyu dan Saddil Ramdani di babak kedua.

Pelatih Thailand, Marc Alavedra Palacios enggan menjadikan Suthipong kambing hitam. Menurut Mark, kesalahan seperti yang dilakukan kiper Thailand itu bisa terjadi di sepak bola.

"Ini merupakan sepak bola, selalu ada kesalahan. Kami membuat sedikit kesalahan. Salah satu kesalahan ada pada kiper kami," katanya, dikutip dari Federasi Sepak Bola Thailand (FAT).

"Tapi, saya tidak menganggap Suthipong melakukan kesalahan. Dia melakukan banyak penyelamatan hebat di pertandingan sebelumnya. Lagi pula ini hanya uji coba, tidak masalah. Di laga resmi tidak boleh terjadi," ujar Marc menambahkan.

Marc memilih untuk memaafkan kesalahan yang dilakukan Suthipong ketimbang menyalahkannya. "Siapa pun bisa melakukan kesalahan. Saya paham kalau kiper hanya ingin menunjukkan kemampuannya. Tapi saya tahu kiper sudah melakukan kesalahan dan tidak akan mengulanginya lagi," ucapnya.

Selain menerima tantangan timnas Indonesia U-19, Thailand juga bakal latih tanding melawan klub lokal Indonesia, Borneo FC U-19. Laga ini bakal berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, 11 Oktober mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aurel Hermansyah Tepergok Datangi Toko Perhiasan Bareng Pacar

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Jalinan asmara Aurel Hermansyah dan Rabbani Zaki kembali jadi perbincangan hangat. Pasangan ABG ini kedapatan mengunjungi sebuah toko perhiasan di salah satu pusat perbelanjaan.

Aktivitas ini dibocorkan oleh pegawai rumah tangga Aurel, Suwarsiha. Dalam akun Instagramnya ia menuliskan, "@aurelie.hermansyah kakak," tulisnya dalam keterangan foto, Minggu (9/10/2017).

Bak paparazi, Suwarsiha memotret aktivitas Aurel Hermansyah dan kekasihnya secara candid. Dengan pakaian kasual, putri Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini berjalan memasuki toko perhiasan tersebut.

Dalam foto berikutnya, Aurel Hermansyah dan Rabbani Zaki pun terlihat memilah milih perhiasan yang terpajang dengan cantik di etalase. Kunjungan mereka ke toko perhiasan ini tentu saja menimbulkan teka-teki. Sejumlah warganet berasumsi keduanya akan melangsungkan pertunangan.

"Horeeeee kak loly mau tunangan ama kak bani y," tulis warganet pemilik akun @prettypigevi. "Mau beli cincin kawin yachh naacchhh ketauan," ungkap pemilik akun @giovanakristianti.

"Hayoo ka aurel..ciyee slmet ya... moga lncar," tutur pemilik akun @lathifatun.nuri. "Tunangan ya teng," tambah warganet dengan nama akun @mkey_fitri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyanyi Indonesia Ini, Dipuji Jennifer Hudson dan Miley Cyrus

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Maharasyi Hansa bukan hanya lolos ke acara ajang bernyanyi di Amerika. Ia pun mendapat pujian dari penyanyi Jennifer Hudson dan Miley Cyrus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawa Ponsel ke Toilet, Risiko Terinfeksi Bakteri Berbahaya?

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Anda mungkin tidak bisa lepas dari ponsel. Bahkan Anda pun tetap asyik berselancar Internet saat di toilet. Tapi, kebiasaan membawa ponsel ke toilet, ternyata berdampak buruk.

Anda akan berisiko sakit karena terkena infeksi bakteri. Menurut Dr. Paul Matewele, ahli Mikrobiologi di London Metropolitan University, Inggris, menyentuh ponsel saat Anda menggunakan toilet dan mencuci tangan dapat meninggalkan bakteri di perangkat ponsel.

Bakteri akan masuk ke dalam tubuh Anda dengan mudah. Hal ini karena ponsel selalu disentuh dan dibawa oleh Anda, dilansir dari New Idea, Senin (9/10/2017).

Selain itu, di toilet juga Anda menyentuh dudukan kloset, wastafel, dan kran. Seluruh bagian tersebut banyak terdapat bakteri, seperti E. coli, yang menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus," jelas dr Paul.

Ada juga bakteri C. diff, yang dapat menyebabkan diare, sementara itu acinetobacter menyebabkan infeksi pernapasan menular.

  

Simak video menarik berikut ini:

Untuk mencegah penyebaran kuman, sebaiknya ponsel harus ditaruh di tas atau saku. Hal ini agar ponsel tidak terkontaminasi kuman dari toilet.

Jika Anda tetap harus membawa ponsel ke toilet, pastikan Anda mencuci tangan, sebelum dan sesudah buang air.

"Hal utama adalah berlatih mencuci tangan secara teratur dan sebersih mungkin," kata dr Paul.

Anda juga bisa membersihkan ponsel dengan lap antibakteri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Fitur Polling Instagram Dianggap Permalukan Pengguna

Posted: 08 Oct 2017 09:30 PM PDT

Beberapa hari lalu, Instagram menghadirkan fitur teranyarnya pada Stories, yakni "Polling" atau jajak pendapat.

Fitur ini hadir dalam bentuk stiker dan bisa ditempel pada foto maupun video yang diunggah ke Stories pengguna. Pengikut pun bisa langsung memilih polling yang ditampilkan.

Baik pengikut maupun pengguna sama-sama bisa melihat langsung persentase polling. Tanpa bersifat anonim, pembuat polling bisa melihat siapa saja yang sudah mengikuti polling dan apa yang menjadi pilihannya.

Rupanya, fitur ini dianggap mempermalukan sebagian pengguna Instagram. Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Independent, Senin (9/10/2017), sejumlah pengguna merasa malu lantaran sadar kalau polling ini tak bersifat anonim.

Sejumlah orang yang merasa dipermalukan oleh fitur baru Instagram Stories ini pun mengeluhkan hal tersebut di situs microblogging Twitter.

Sebagian terkejut lantaran mereka memilih jawaban yang cukup memalukan dan baru sadar kalau identitas mereka tidak ditutupi.

Pengguna dengan akun @SalimaHayes misalnya, menuliskan keluhannya di Twitter. "Duh, aku memilih "yes" dan "no" di polling Instagram orang dan tidak sadar mereka bisa melihat pilihanku. Bye," cuitnya.

Pengguna lain, @samjamescorrie pun merasa dipermalukan oleh Instagram. "Oooo, ternyata jawaban di polling Instagram Story ditunjukkan kepada si pembuat polling. Saya telah membuat bencana," katanya.

Ada juga pemilik akun @John_bond_ yang mencuitkan, dirinya telah memilih berbagai hal negatif pada polling Instagram orang.

Sekadar diketahui, sebenarnya Instagram melalui unggahan blog-nya tanggal 3 Oktober lalu telah mengumumkan, baik persentase polling maupun nama pemilih beserta opsi pilihannya tak bersifat anonim.

Nah, untuk kamu yang sedang menyukai fitur Polling pada Instagram Stories, jika tak ingin malu dengan jawabanmu, jangan pilih opsi memalukan ya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pilkada, Polri Gelar Apel Kasatwil di Akpol Semarang

Posted: 08 Oct 2017 09:23 PM PDT

Polri menggelar Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2017. Seluruh Kapolda dan Kapolres hadir sebagai peserta.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, apel kali ini bertemakan Polri yang Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya) dalam rangka mengamankan Pilkada Serentak 2018.

Berbeda dari penyelenggaran sebelumnya, Apel Kasatwil tahun ini digelar di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah. Padahal acara serupa tiap tahun digelar di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta.

"Tahun ini kami ambil tempat di Akpol dengan tujuan utama kembali ke nostalgia lama di almamater ini. Karena sebagian besar para Kepala Satwil adalah lulusan Akpol," kata Tito dalam sambutannya di acara Apel Kasatwil, Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/10/2017).

Apel Kasatwil, sambung Tito, nantinya akan berlangsung selama tiga hari. Dalam acara tersebut para undangan yang terdiri dari 546 anggota polri itu akan diberikan arahan dari Presiden Jokowi, Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, hingga Menkominfo Rudiantara.

"Selama tiga hari akan diisi pemateri. Nanti akan diisi Menkopolhukam Wiranto, Mendagri, Menkominfo, Panglima TNI, Kepala BIN, DKPP, Bawaslu dan KPU, serta beberapa stakeholder lain yang terkait Pilkada," terang Tito.

Dalam pembukaan Apel Kasatwil, turut hadir Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Presiden dijadwalkan memberikan arahan kepada para peserta apel.

Selain itu, beberapa pejabat lembaga dan pemerintahan juga tampak hadir. Antara lain Menkopolhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Ketua Mahkamah Konstitusi Arif Hidayat, serta beberapa pejabat lainnya.

Dalam pidatonya saat HUT ke-71 Bhayangkara di Silang Monas, Jokowi menyatakan Polri perlu mempersiapkan diri untuk mengamankan Pilkada serentak 2018, serta pemilihan legislatif dan Pilpres serentak 2019. Agar potensi kerawanan yang ada tidak berkembang menjadi konflik yang luas.

Jokowi mengatakan Polri sudah membuktikan berhasil mengamankan 101 Pilkada serentak 2017 di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Pilkada terbilang cukup baik dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Di tengah perkembangan tantangan yang semakin kompleks ini, kata Jokowi, Polri seyogyanya bisa menjaga nilai kebinekaan. Seluruh masyarakat harus menyadari betul kebinekaan dan keragaman merupakan kodrat bangsa Indonesia.

"Polri harus terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Untuk itu, Polri harus menjaga soliditas internal dan selalu bertindak profesional," Jokowi mengimbau.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Heran Ada Pria Enggan Bayar Parkir hingga Aniaya Petugas

Posted: 08 Oct 2017 09:22 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat heran dengan tindakan seorang pria yang melepaskan tembakan dan menganiaya petugas di Mal Gandaria City. Apalagi, pria itu menganiaya petugas dengan alasan keberatan membayar parkir pada Jumat 6 Oktober 2017.

"Masak pakai mobil dinas, masalah parkir saja berapa sih? Iya enggak?" kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (9/10/2017).

Dia menilai sikap penembak di pusat perbelanjaan itu adalah bentuk arogansi dari seseorang yang mengaku sebagai aparat. "Ini menunjukkan, maaf ya, arogansi, arogansi aparat, mentang-mentang (aparat)," ucap Djarot.

Oleh karena itu, mantan Wali Kota Blitar itu menyayangkan sikap pelaku tersebut. "Ini tidak baik, tidak baik," tandas Djarot.

Sebelumnya, seorang pria bernama Anwari diduga melakukan penganiayaan terhadap petugas parkir di Mal Gandaria City (Gancit), Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Insiden yang terjadi pada Jumat 6 Oktober malam itu diduga dipicu persoalan pembayaran parkir.

Peristiwa ini terekam kamera pengintai atau CCTV yang berada di parkiran mal tersebut. Dalam rekaman, terlihat seseorang melayangkan pukulan kepada petugas parkir saat mendekati pelaku.

Tak hanya dipukul, dalam rekaman itu, pelaku juga meminta petugas parkir yang ketakutan tersebut untuk bersujud di hadapannya. Bahkan, terlihat juga petugas parkir itu mencium kaki pelaku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Polisi pun telah menetapkan mantan dokter di RSPAD itu sebagai tersangka. Polisi juga menahan dokter Anwari, tersangka kasus penganiayaan seorang juru parkir di Mal Gandaria City.

"Sudah kami tahan, tapi besok akan dibawa ke Polres (Metro Jaksel)," kata Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Kurniawan saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (8/10/2017).

Meski demikian, kasus tersebut tetap diproses di Polsek. Polisi menerapkan pasal penganiayaan terhadap tersangka.

"Untuk yang pasal senjata api masih dikembangkan," kata Kurniawan.

Pemeriksaan sementara, senjata api tersebut diperoleh dari rekannya sekitar tahun 2000-an. Namun, siapa teman tersangka yang dimaksud, polisi masih menyelidikinya. "Masih kami selidiki," kata Kurniawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Setoran, Dirjen Pajak Minta Kepala Kanwil Siaga 24 Jam

Posted: 08 Oct 2017 09:21 PM PDT

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi mengeluarkan instruksi yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Pajak agar siap siaga 24 jam dalam mengamankan penerimaan pajak. Instruksi ini menyusul realisasi setoran yang baru mencapai 59 persen sepanjang Januari-September 2017.

Dari informasi yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Senin (9/10/2017), Dirjen Pajak mengeluarkan instruksi nomor INS-05/PJ/2017 tentang Pengamanan Penerimaan Ditjen Pajak Tahun 2017.

Instruksi ini dikeluarkan di Jakarta pada 5 Oktober 2017 dan diteken Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi.

Dirjen Pajak dalam rangka kegiatan pengamanan penerimaan Ditjen Pajak Tahun 2017, dengan ini memberikan instruksi kepada para kepala kantor wilayah Ditjen Pajak untuk:

1. Mengaktifkan selama 24 jam perangkat telepon genggam yang dilengkapi fitur panggilan video (video call), antara lain facetime, whatsapp video

2. Dalam hal penggalian potensi penerimaan pajak, pemanggilan Wajib Pajak yang telah mengikuti program amnesti pajak hanya boleh dilakukan oleh kepala kantor wilayah Ditjen Pajak

3. Melaksanakan instruksi Dirjen Pajak dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab.

"Instruksi ini mulai berlaku pada tanggal dikeluarkan," tulis instruksi Dirjen Pajak.

Dari data Ditjen Pajak, realisasi total setoran pajak di luar Pajak Penghasilan Minyak dan Gas (PPh Migas) atau pajak nonmigas sebesar Rp 732,1 triliun atau 59 persen hingga 30 September ini dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 sebesar Rp 1.241,8 triliun. Pencapaian tersebut tumbuh negatif 4,70 persen dibanding realisasi Januari-September tahun lalu.

Jika termasuk PPh Migas, total penerimaan Ditjen Pajak sebesar Rp 770,7 triliun atau 60 persen dari target APBN-P 2017 sebesar Rp 1.283,6 triliun. Sementara pertumbuhan setoran pajak termasuk PPh Migas di periode sampai akhir September ini terkontraksi 2,79 persen dibanding periode yang sama 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HD Stainless Steel Motor Kustom Terbaik Kustomfest 2017

Posted: 08 Oct 2017 09:20 PM PDT

Kustomfest 2017 - "No Boundaries" telah menentukan pemenang dari berbagai kelas yang dilombakan. Harley-Davidson Softail Evolution garapan rumah modifikasi Kromworks asal Jakarta dinobatkan sebagai Best Kustom Bike Show Kustomfest 2017.

Harley-Davidson Softail Evolution full kustom berbahan stainless steel jawara Kustomfest 2017. (ist)

Andika Pratama adalah pribadi di balik kesuksesan motor kustom yang dinamakan "The Stone" itu. Berkat tangan dinginnya, Harley-Davidson Softail Evolution lansiran 1995 menyabet gelar paling diagungkan dalam lebarannya pecinta kustom kulture tersebut.

Motor berlabur krom ini menyita perhatian dewan juri karena dibuat full custom dari bahan stainless steel. Material ini dianggap memiliki tingkat kerumitan sangat tinggi dalam proses pengerjaannya.

Harley-Davidson Softail Evolution full kustom berbahan stainless steel jawara Kustomfest 2017. (ist)

"Kita mengenal bahan stainless steel sangat sulit untuk dibentuk, dan ini membuat para juri memilih motor ini," terang Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi saat pengumuman pemenang di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Minggu (8/10) malam.

Lebih lanjut pria yang karib disapa LT itu menyebut jika motor ini telah dicoba oleh para juri, dan hasilnya laik jalan. "Jadi tidak hanya asal bikin tapi motor juga harus bisa dipakai," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Berikut daftar pemenang Kustomfest 2017:

BEST KUSTOM BIKE SHOW KUSTOMFEST 2017: ANDIKA PRATAMA - HD SOFTAIL EVOLUTION

MOTOR

KATEGORI BIKE MAIN CLASS >250CC

AMERICAN STOCK KUSTOM: MUHAMMAD ALFIANDINI LAZUARDI - HD SPORTSTER XR

AMERICAN CHOPPER & BOBBER: BETH ALBICHAR QL - HD SPORTSTER 1200 CC

EUROPEAN CHOPPER BOBBER: ENRYCO RIVANO - TRIUMPH T120

JAPAN CHOPPER & BOBBER: GUSTI NGURAH AGUNG MAHENDRA - YAMAHA XS 650

ALL PRO STREET: FRANKY MORRY YASASHII - HD EVO

ALL BAGGER: TEDJA WIJAYA - HD ROAD KING

ALL CAFERACER: IMANUEL PRAKOSO - HONDA CB 400FFA

MAIN CLASSS: SUGIARTO - YAMAHA SR 400

HONDA SCRAMBLER: GREGORIUS PERDANA - HONDA GL 100

CLUB STYLE CLASS BY ANAK ELANG HARLEY DAVIDSON OF JAKARTA: YOGESWARA ANAGHA - HD EVO

HONDA THE BATTLE OF DREAM: AYA SOFIA - ORIGINAL

BEST PAINT KUSTOM BIKE SHOW: INICAFONY PRASASTI - KAWASAKI KZ200

BEST PEOPLE CHOICE BIKE: M. YUSUF ADIB MUSTOFA - HANDMADE V-TWIN 815CC

 

KATEGORI NITROHEAD <250CC

CHOPPY CUB: DONNY MAY RENDRA - ASTREA IMPRESSA 2001

OLD & RETRO: INICAFONY PRASASTI - KAWASAKI KZ200

FFA NITROHEAD: I KOMANG SARAS TRIWIGUNAWAN - BINTER KZ200

 

MOBIL

KATEGORI HOT ROD & KUSTOM CAR SHOW

BEST HOT ROD: JOS DHARMAWAN / PPMKI BALI - ORIGINAL V8

BEST LOW RIDER: IPANG (KUPU-KUPU MALAM) - CHEVROLET BLAZER

BEST MUSCLE CAR: VICTOR - MUSCLE CARBEST KUSTOM AIRKOOLED: FAHMI / KURNIAWAN - VOLKSWAGEN

BEST JAPAN RETRO KUSTOM CAR: DIAN PRIHANTARA - MITSUBISHI LANCER SL

BEST PICK-UP: JOS DHARMAWAN / PPMKI BALI - CHEVROLET

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dragon Ball Super Perkenalkan Alien Terkuat

Posted: 08 Oct 2017 09:20 PM PDT

Salah satu anime yang sedang menjadi bahan pembicaraan fans saat ini adalah Dragon Ball Super. Serial ini mengisi jeda 10 tahun sebelum cerita dalam chapter 517 volume 42 yang merupakan akhir kisah manga ciptaan Akira Toriyama ini.

Dragon Ball Super saat ini memiliki konsep yang sangat unik dan luas dengan diperkenalkannya 10 universe (alam semesta) yang berbeda-beda. Bahkan, setiap alam semesta memiliki dewa kehancurannya masing-masing termasuk Beerus yang sudah terlebih dahulu bertemu dengan Son Goku dan kawan-kawan.

Seiring perkembangan jalan cerita, Son Goku dan para kerabatnya mengikuti turnamen sejagat raya mewakili salah satu dari 10 alam semesta yang ada. Mereka harus bertempur demi semesta mereka yang akan dihapus kalau kalah. Dari situ, diperkenalkanlah beberapa karakter kuat dari semesta masing-masing termasuk Hit dan Jiren.

Kini, Dragon Ball Super sudah mencapai episode ke-110 dan Son Goku telah melawan karakter alien bernama Jiren yang berasal dari semesta lain. Kekuatan Jiren yang setara dengan para dewa kehancuran, membuat Son Goku nyaris seimbang. Sayangnya, ia malah kewalahan dan akhirnya terpojok.

 

Tampilan visual baru Dragon Ball Super turut memunculkan dua karakter dari film Dragon Ball Z: Battle of Gods.

Di media sosial, para pecinta manga Dragon Ball dibuat terperanjat dengan kuatnya Jiren meskipun Son Goku memiliki transformasi baru. Bahkan, saking banyaknya pemirsa episode baru tersebut, beberapa situs layanan streaming anime seperti Crunchyroll dan Funimation sempat sulit untuk diakses.

Anime Dragon Ball Super sendiri mengudara sejak 5 Juli 2015 melalui saluran Fuji TV. Serial ini mengudara 18 tahun setelah Dragon Ball GT mengudara. Kisahnya juga mengikuti cerita manga aslinya.

Serial Dragon Ball Super menjadi kisah alternatif dua film sebelumnya, Battle of Gods dan Resurrection 'F' yang bertindak sebagai pengisi jeda 10 tahun jelang ending komik Dragon Ball pada chapter 517.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Gagal MU: Kualitas Saya dan Mou Beda Tipis

Posted: 08 Oct 2017 09:15 PM PDT

David Moyes masih bersikukuh kinerjanya di MU tidak gagal. Manajer asal Skotlandia itu bahkan mengklaim ia punya kualitas setara Jose Mourinho.

Moyes menggantikan Alex Ferguson yang pensiun tahun 2013. Sayangnya, ia hanya bertahan kurang dari setahun di Old Trafford.

Pasalnya, MU hanya berada di posisi ketujuh saat itu dan hanya membawa timnya meraih satu gelar. Yakni Community Shield.

"Saya datang ke MU pada masa transisi. Tidak hanya Alex Fergusin yang keluar, tetapi juga CEO David Gill mundur," kata Moyes seperti dilansir Soccerway.

"Memang benar saya mengambilalih tim pemenang saat itu. Tetapi saya tidak diberikan banyak uang seperti Chelsea dan Manchester City saat mereka mengganti manajer," ujarnya menambahkan.

Moyes pun membandingkan dirinya dengan manajer MU saat ini Mourinho. Walau Mou sendiri mampu menyumbang tiga gelar pada musim pertamanya.

"Anda lihat dia juga hanya membawa MU finis di posisi keenam. Jadi kualitas kami sebenarnya tidak berbeda jauh jika saya diberikan pemain yang saya minta seperti Gareth Bale dan Cesc Fabregas," ujar Moyes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hati-Hati, Foto Longsor Pangandaran Ini Ternyata Hoax

Posted: 08 Oct 2017 09:15 PM PDT

Belakangan beredar foto-foto bohong bencana longsor di Pangandaran. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, langsung membantah foto tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rambut Palsu ala Disney Princess bagi Anak-Anak Penderita Kanker

Posted: 08 Oct 2017 09:15 PM PDT

Sebuah kegiatan amal yang inspiratif dapat membawa nilai positif yang lebih besar. Dilansir dari Cosmopolitan, Sabtu (07/10/2017), seorang perawat ortopedi paruh waktu, Holly Christensen, berhasil meluncurkan sebuah projek amal bagi anak-anak penderita kanker pada September 2015. Ide kegiatan amal yang diberi nama The Magic Yarn Project ini, muncul saat Holly membuat rambut palsu pertama ketika anak perempuannya didiagnosis menderita kanker.

 

Princess Arli wears her rainbow hair beautifully. 💖 #curechildhoodcancer #themagicyarnproject

Sebuah kiriman dibagikan oleh @themagicyarnproject pada

Dirinya mengetahui bahwa kemoterapi dapat membuat rambut anaknya rusak dan rontok. Namun Holly juga tidak ingin kulit kepala putrinya iritasi akibat menggunakan rambut palsu yang biasa dijual di toko. Hal ini pun akhirnya memotivasi dirinya menciptakan wig atau rambut palsu yang terbuat dari benang lembut. Wig tersebut juga dikreasikan semirip mungkin dengan rambut Rapunzel, salah satu Disney Princess yang disukai putrinya.

 

¡Hermosa historia para compartir! Holly Christensen es una mujer de Alaska que desde el momento en que se enteró que la hija de dos años de un gran amigo era diagnosticada con cáncer quiso mantener la sonrisa de esta hermosa niña ya que sabia que perdería sus rizos como consecuencia de la quimioterapia. Además de haber sido enfermera oncóloga, Holly tiene una gran corazón💜 ya que creó una peluca de hilo (lana) de color amarillo que se parecía al cabello de #Rapunzel, para demostrarle a esta pequeña que seguía siendo una Princesa👸. . Luego de que Holly entregó la primera peluca a la hija de su amigo (foto abajo a la izquierda) muchos padres comenzaron a pedirlas para sus hijas, quienes también pasaban por proceso de quimioterapia. Y así fueron creciendo los pedidos de pelucas divertidas. Holly decidió impartir un taller para voluntarios y además creó #TheMagicYarnProject, donde ahora decenas de mujeres toman lanas de colores y crean bellas pelucas, a veces inspiradas en personajes de Disney y otras, en base a pedidos especiales o creaciones propias (foto de Holly, a la derecha, con una voluntaria). #CaritoDeMiCorazón💜

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fundación #CaritoDeMiCorazón💜 (@fundacioncarito) pada

Sejak itu dirinya mulai mengumpulkan teman-temannya untuk membantu membuat wig bagi anak-anak lain yang menderita penyakit kanker dengan cara menggalang dana melalui Facebook.

Hingga kini telah lebih dari 3.000 relawan yang menghasilkan hampir 4.000 wig bertemakan karakter Disney Princess digunakan oleh anak-anak penderita kanker di 29 negara. Holly menegaskan bahwa rambut-rambut palsu tersebut sangat mudah untuk dibuat dan dipelajari.

Untuk membuat satu buah wig dibutuhkan waktu lebih kurang dua jam, tergantung desain yang diinginkan. Hingga kini mereka telah membuat beberapa karakter Disney seperti Anna dan Elsa dari Frozen, Ariel The Little Mermaid, Aurora Sleeping Beauty, Belle Beuty and The Beast, Cinderella, Jack Sparrow dari Pirates of the Caribbean, Rapunzel dan beberapa superhero seperti Spiderman serta Turtles Ninja.

Bagi Anda yang ingin bergabung dan ikut membantu menyebar kegembiraan bagi anak-anak penderita kanker di seluruh dunia, Anda bisa mengunjungi situs The Magic Yarn Project untuk ikut berpartisipasi.

 

 

I'm so excited and proud to reveal what I've been working on... an Elsa wig from the popular movie, Frozen!!!! ❤️ It's a project that is dear to my heart as it reminds me to try new things, live life to the fullest and to always be brave. My cousin's 5 year old daughter was diagnosed with medulloblastoma (brain cancer) this summer. She's a lovely firecracker and it was devastating news. As many know, chemo and radiation cause hair loss, so it wasn't a surprise that she lost hers pretty quickly. My heart felt compelled to put my creativity towards a good cause and make something playful for her. Long story short, I stumbled upon this amazing non-profit organization in Alaska, The Magic Yarn Project @themagicyarnproject, that makes beautiful yarn wigs for brave children all over the world battling cancer. They provide fantastic tutorials, so I set out to make an Elsa wig! It all started with crocheting a beanie (picked up a crochet hook for the first time... @mjsoffthehook had a great tutorial on Youtube), then followed the tutorials and added a statement piece snowflake... voila!! I invite you all to check out The Magic Yarn Project website www.themagicyarnproject.com . I feel truly inspired by their cause. There is something about selfless giving that is so rewarding. With cancer and childhood illness touching the lives of so many people, I hope more will see the opportunities to brighten someone's day. And even better yet, support great causes like this one, because a combination of smiles, laughter and play is the best medicine! 😄 Making this gift gave me so much joy, my heart is brimming with happiness - I'm teary eyed just thinking about it! This brave and beautiful warrior is my hero 💪 #diy #craft #cancer #childcancerawareness #child #cancersucks #mjsoffthehook #themagicyarnproject #crochet #elsa #frozen #disney #wig #yarn #play #happy #instagood #love #hair #cute #beautiful #girl #fashion #family #feelgood #joy #pretty #sparkle #november #saricaalice

Sebuah kiriman dibagikan oleh saricaalice (@saricaalice) pada

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menwa Dibuat Untuk Membela Negara

Posted: 08 Oct 2017 09:10 PM PDT

Anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar, Hardi Susilo, mengatakan membela negara merupakan sebuah kehormatan. Hal ini disampaikann di hadapan ratusan Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Lampung, saat mengikuti Sosialisasi Empat Pilar MPR RI,  Minggu (8/10/2017). Ia memberi contoh, banyak negara yang mengadakan wajib militer. "Tetangga kita Singapura, mengadakan wajib militer. Pertahanan negara tak mungkin hanya dilakukan oleh tentara," ujar Hardi.

Untuk itulah Menwa diadakan. Sebagai alumni Menwa, Hardi menceritakan sejarah Menwa. Dikatakannya, resimen ini dirintis mulai 1959. Para jenderal yang sedang menempuh pendidikan di Amerika Serikat, berpikir tak mungkin prajurit diisi oleh jurusan militer saja. Dari pemikiran ini maka di berbagai kampus dilakukan pendidikan perwira cadangan (Pacad).

Selanjutnya pada 1964, Jenderal Nasution membentuk kesatuan mahasiswa secara sukarela. Pendidikan ini dimassalkan, sehingga pendidikan militer ada yang wajib, ada pula yang sukarela.

Menjadi Pacad, diakuinya ada sebuah keinginan untuk mempunyai hak dan kewajiban yang sama ketika terjadi peperangan.

Keberadaan Menwa selepas reformasi, menurut Hardi, berbeda masa sebelumnya. Pada masa Orde Baru, keberadaan Menwa berada di bawah SKB 3 Menteri. Dirinya pun ingin mengembalikan posisi Menwa seperti dulu."Sekarang keberadaan Menwa diserahkan ke kampus-kampus, disamakan dengan kegiatan mahasiswa lainnya seperti olahraga dan seni," ucap Hardi.(*) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Momen Emosional Petenis Non Unggulan Ini Kantongi Gelar di China Terbuka

Posted: 08 Oct 2017 09:10 PM PDT

Petenis Prancis, Caroline Garcia terlihat terkejut setelah mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka, Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tak diunggulkan itu mengalahkan Halep 6-4, 7-6. (NICOLAS ASFOURI/AFP)

Petenis Prancis, Caroline Garcia terlihat terkejut setelah mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka, Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tak diunggulkan itu mengalahkan Halep 6-4, 7-6. (NICOLAS ASFOURI/AFP)

Petenis Prancis, Caroline Garcia menutup wajahnya dengan tangan usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka, Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tak diunggulkan itu mengalahkan Halep 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia menutup wajahnya dengan tangan usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka, Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tak diunggulkan itu mengalahkan Halep 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia duduk di lapangan usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Garcia, menjadi juara dengan mengalahkan Simona Halep 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia duduk di lapangan usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Garcia, menjadi juara dengan mengalahkan Simona Halep 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia bereaksi usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tidak diunggulkan itu mengalahkan Halep lewat skor 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia bereaksi usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tidak diunggulkan itu mengalahkan Halep lewat skor 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia merayakan kemenangan atas petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tidak diunggulkan itu mengalahkan Halep lewat skor 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia merayakan kemenangan atas petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tidak diunggulkan itu mengalahkan Halep lewat skor 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia merayakan kemenangan atas petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tidak diunggulkan itu mengalahkan Halep lewat skor 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia merayakan kemenangan atas petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Petenis Prancis yang tidak diunggulkan itu mengalahkan Halep lewat skor 6-4, 7-6. (AP/Ng Han Guan)

Petenis Prancis, Caroline Garcia mengangkat trofi yang diraihnya usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Garcia, menjadi juara dengan mengalahkan Halep 6-4, 7-6. (NICOLAS ASFOURI/AFP)

Petenis Prancis, Caroline Garcia mengangkat trofi yang diraihnya usai mengalahkan petenis nomor satu dunia Simona Halep pada final China Terbuka di Beijing, Minggu (8/10). Garcia, menjadi juara dengan mengalahkan Halep 6-4, 7-6. (NICOLAS ASFOURI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Film, Angelina Jolie Hampir Jadi Agen Rahasia

Posted: 08 Oct 2017 09:10 PM PDT

Sepanjang hidupnya, Angelina Jolie tak asing memainkan karakter menarik di sejumlah film. Salah satunya adalah sebagai agen CIA dalam Salt.

Namun tak cuma di film saja, Angelina Jolie ternyata pernah benar-benar hampir terlibat sebagai agen dalam sebuah operasi rahasia di kehidupan nyata. Hal ini, terkuak dalam kumpulan dokumen setebal 40 ribu halaman milik International Criminal Court (ICC) yang baru-baru ini bocor.

Dilansir dari People, Senin (9/10/2017), dokumen yang dibocorkan kepada situs berita investigatif Mediapart ini, memuat keterangan bahwa Angelina Jolie sempat ditawari menjadi umpan untuk menangkap penjahat perang asal Uganda, Joseph Kony.

Joseph Kony, adalah seorang pemimpin gerilyawan Uganda Lord's Resistance Army yang menentang pemerintahnya. Oleh pemerintah Uganda, ia dituding telah menculik puluhan ribu anak-anak untuk dijadikan tentara dan budak seks. Tahun 2005, ICC memutuskan bahwa Kony bersalah atas kejahatan perang. Sejak saat itu ia menjadi buruan, tapi hingga kini Kony masih belum berhasil ditangkap.

"Dia (Angelina Jolie) memiliki gagasan untuk mengundang Kony makan malam lalu menangkapnya," begitu salah satu isi email yang dikirim oleh petinggi ICC kala itu, Luis Moreno Ocampo, seperti dilaporkan The Sunday Times.

"Lupakan seleb yang lain, dialah satu-satunya. Dia sangat bahagia bisa menangkap Kony. Dia sudah siap. Mungkin Brad (Pitt) juga akan ikut," tulis Moreno Ocampo dalam email yang lain.

(Kevin Winter/Getty Images/AFP)

Moreno bahkan sempat mengirim email pada Angelina Jolie, untuk menanyakan apa Brad Pitt bersedia ikut bersamanya.

"Brad sangat suportif. Mari mendiskusikan perkara logistik. Salam cinta Xxx," tulis Angelina Jolie dalam email balasannya.

Hanya saja, meski kedua pihak sama-sama bersemangat, operasi ini ternyata tak menjadi kenyataan, bahkan sampai Moreno Ocampo menyelesaikan masa jabatannya di ICC pada 2012.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Akan Olah TKP Sauna Lokasi Pesta Gay Siang Ini

Posted: 08 Oct 2017 09:08 PM PDT

Polres Metro Jakarta Pusat akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di klub T1 Sauna yang menjadi lokasi pesta gay di Harmoni. Olah TKP tersebut akan dilaksanakan pada Senin, 9 Oktober 2010 siang nanti.

"Iya, olah TKP nanti siang jam 13.00 WIB," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Tahan Marpaung saat dihubungi Liputan6.com.

Pantauan Liputan6.com, ruko dua lantai tersebut terlihat sepi meski beberapa ruko sebelahnya tetap beroperasi. Di depan ruko dengan pintu bercat biru tersebut juga sudah tampak garis polisi melintang.

Segel penutupan dan pelarangan tempat usaha dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga tampak tertempel di tembok tempat yang berkedok spa tersebut.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Pusat telah menetapkan enam tersangka. Keenam orang itu adalah HE, GG, GCMP, NA, TS, dan K. Namun, tersangka HE hingga kini masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Para tersangka dalam kasus pesta seks gay ini adalah pegawai tempat spa, pengelola, hingga kasir. Adapun 51 pengunjung yang diduga melakukan pesta seks akan dipulangkan dan statusnya akan dijadikan saksi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Polres Metro Jakarta Pusat menangkap 51 orang dalam pesta seks gay di tempat sauna di kawasan Ruko Plaza Harmoni, Gambir, Jakarta Pusat. Polisi masih menyelidiki kaitan kelompok penyelenggara pesta gay ini dengan jaringan internasional.

"Saat ini masih menyelidiki lama waktu beroperasinya, termasuk apakah masuk dalam jaringan internasional atau tidak," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Raden Argo Yuwono di Polres Jakarta Pusat, seperti dikutip Antara, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Terlebih, dari 51 pengunjung pesta seks gay itu, tujuh di antaranya berkewarganegaraan asing. Ketujuh WNA itu berasal dari China, Thailand, dan Malaysia.

Polisi telah menetapkan lima orang di antaranya sebagai tersangka dalam kasus pesta seks gay ini. Kelimanya yakni GG, pemilik sauna; GCMP, penanggung jawab sauna; NS sebagai kasir; TS, pekerja administrasi; dan KN sebagai pemberi keperluan tamu.

"Sedangkan tersangka HI kabur dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO)," ujar Argo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beasiswa S2 Dwi Hartanto dari Kemkominfo, Bukan Belanda

Posted: 08 Oct 2017 09:04 PM PDT

Kementerian Komunikasi dan Informasi RI (Kemkominfo) membenarkan bahwa pihaknya pernah memberikan beasiswa kepada Dwi Hartanto untuk berkuliah di Tenhnische Universiteit Delft di Belanda.

"Kemenkominfo pernah memberikan beasiswa kepada Dwi Hartanto pada tahun 2007 untuk program S2," ujar Noor Iza Kepala Biro Humas Kemenkominfo, kepada Liputan6.com, Senin (9/10/2017) pagi.

Noor Iza juga mengatakan, setiap tahun Kemenkominfo selalu memberikan beasiswa kepada mahasiswa. Untuk memperoleh beasiswa tersebut, ada proses seleksi yang harus dijalani.

"Bagi mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa di dalam maupun luar negeri, ada serangkaian proses seleksi yang harus mereka jalani terlebih dahulu," ujar Noor Iza.

Dwi Hartanto sendiri adalah seorang mahasiswa yang mengenyam pendidikan tinggi di Belanda. Pemuda itu mengaku telah mendulang segudang prestasi di bidang aeronautika. Kabar prestasinya itu pun banyak dimuat di berbagai media di Tanah Air.

Februari lalu, Dwi mengaku telah menamatkan studi doktoralnya di TU-Delft bidang kedirgantaraan, dengan beasiswa dari pemerintah Belanda

Pada saat itu, tim Liputan6.com berusaha untuk mewawancarai Dwi via Skype. Dengan alasan kesibukan, Dwi menyampaikan bahwa dirinya belum dapat diwawancarai.

Dwi bahkan mengaku pernah ikut kompetisi riset teknologi kedirgantaraan bergengsi di Jerman pada Juni 2017, yang diikuti oleh ESA (Eropa), NASA (AS), DLR (Jerman), ESTEC (Belanda), JAXA (Jepang), UKSA (Inggris), CSA (Kanada), KARI (Korea), AEB (Brazil), INTA (Spanyol), dan negara-negara maju lain.

Dwi mengaku berhasil memenangi kompetisi itu. Dwi mengklaim berhasil "menyikut" seluruh lawan dan sukses duduk di puncak podium tertinggi dalam bidang kategori riset Spacecraft Technology.

Ia memenangi kompetisi itu dengan mengusung riset yang berjudul "Lethal weapon in the sky" atau senjata yang mematikan di angkasa. Dwi juga mengaku, dari hasil riset tersebut, beberapa teknologi utama sudah berhasil ia patenkan bersama timnya.

"Sesuai dengan judul dalam risetnya, saya dan tim mengembangkan pesawat tempur modern yang disebut sebagai pesawat tempur generasi ke-6," ujar Dwi pada Juni lalu.

"Berawal dari keberhasilan saya dan tim saat diminta untuk membantu mengembangkan pesawat tempur EuroTyphoon di Airbus Space and Defence menjadi EuroTyphoon NG (Next Generation/yang sekarang dalam tahap testing tahap akhir) yang mempunyai kemampuan tempur jauh lebih canggih dari generasi sebelumnya dari segi engine performance, kecepatan, aerodinamik, serta teknologi (avionik) tempurnya," lanjutnya menjelaskan segala kegemilangannya.

Namun, Dwi telah mengakui hal tersebut sebagai kebohongan belaka. Hal ini ia sampaikan dalam sebuah tulisan yang berjudul "Klarifikasi dan Permohonan Maaf" seperti dikutip dari situs resmi PPI Delft.

"Melalui dokumen ini, saya bermaksud memberikan klarifikasi dan memohon maaf atas informasi-informasi yang tidak benar tersebut," ujar Dwi menguak kebohongannya.

Permohonan maaf sebanyak lima lembar yang diparaf oleh Dwi di atas materai itu juga mengklarifikasi seluruh pengakuan palsu dan sesumbar Dwi atas klaim prestasi yang telah ia sebutkan.

Berita itu memuat segudang prestasi yang dicapai Dwi, seperti telah memenangi kompetisi antar space agency di Jerman, memenangi hadiah 15.000 euro, membuat riset dan teknologi 'Lethal weapon in the sky', tengah mengembangkan pesawat tempur generasi ke-6, dan sedang membantu memutakhirkan pesawat tempur varian EuroTyphoon.

Pada akhirnya, dalam surat tersebut, pria yang sempat digadang-gadang sebagai "the next Habibie" itu mengatakan, "Saya mengakui itu adalah kebohongan semata."

"Teknologi 'Lethal weapon in the sky' dan klaim paten beberapa teknologi adalah tidak benar dan tidak pernah ada," lanjutnya.

"Saya memanipulasi template cek hadiah yang kemudian saya isi dengan nama saya disertai nilai nominal 15.000 euro, kemudian berfoto dengan cek tersebut. Foto tersebut saya publikasikan melalui akun media sosial saya dengan cerita klaim kemenangan saya."

Kemudian ia menambahkan, "Saya tidak pernah memenangi lomba riset teknologi antar-space agency dunia di Jerman pada 2017."

Dalam surat itu, Dwi juga menjelaskan, proyeknya dalam mengembangkan pesawat tempur EuroTyphoon di Airbus Space and Defence menjadi EuroTyphoon NG juga tidak benar.

Ia bahkan memohon maaf karena telah mengaku sebagai lulusan S3 TU-Delft bidang kedirgantaraan.

KBRI Den Haag mencabut gelar penghargaan Dwi Hartanto, mahasiswa Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi di Belanda, setelah pemuda itu diketahui terlibat skandal klaim prestasi palsu.

Melalui surat tertanggal 15 September 2017 yang dicap dan ditandatangani Dubes RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja, KBRI secara resmi mencabut gelar penghargaan yang sebelumnya diberikan oleh pihak kedutaan kepada Dwi Hartanto.

"Menimbang, (a) bahwa setelah pemberian penghargaan kepada Dr. Ir. Dwi Hartanto terdapat dinamika dan perkembangan di luar praduga dan iktikad baik," jelas surat tersebut, seperti yang Liputan6.com kutip dari laman resmi KBRI Belanda, ina.indonesia.nl, pada Minggu (8/10/2017).

"(b) bahwa dinamika dan perkembangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a mengharuskan adanya perubahan atas keputusan pemberian penghargaan dimaksud, (c) bahwa untuk itu dipandang perlu mencabut Keputusan Kepala Perwakilan Republik Indonesia tentang Penghargaan kepada Dr. Ir. Dwi Hartanto," lanjut surat tersebut.

Surat itu kemudian menetapkan, "Keputusan Kepala Perwakilan Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda Nomor SK/023/KEPPRI/VIII/2017 tentang Penghargaan kepada Dr. Ir. Dwi Hartanto dicabut dan dinyatakan tidak berlaku."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Selektif Memajaki e-Commerce

Posted: 08 Oct 2017 09:04 PM PDT

Direktorat Jendral Pajak akan mengeluarkan aturan perihal perpajakan bagi para pelaku bisnis e-commerce dalam waktu dekat. Aturan ini dibuat demi menciptakan level of playing field bagi pelaku industri di Indonesia, lebih spesifik terkait perpajakan.

Direktur Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menilai, pemerintah harus selektif dan berhati-hati dalam menentukan pihak mana saja yang wajib membayar pajak.

"Mengingat e-commerce adalah sektor yang baru tumbuh, maka akan lebih baik Pemerintah lebih hati-hati agar kebijakan yang diambil tidak men-discourage para pelaku," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (9/10/2017).

Bagi Yustinus, Dirjen Pajak perlu mengidentifikasi dan klasifikasi secara jelas, terkait model bisnis dan skala bisnis yang ada. Pelaku start up seyogianya mendapat perlakuan berbeda (insentif), agar dapat tumbuh kembang dengan baik, difasilitasi, dan terus dijaga agar kelak dapat berkontribusi maksimal bagi negara.

Dia mengusulkan, terkait pungutan pajak ini, pemerintah dapat fokus pada registrasi, yaitu dalam hal pendataan dan pendaftaran para pelaku, menjadi pelaku wajib pajak melalui representative office yang ada. Sementara untuk pelaku luar negeri dan/atau menjadi pengusaha kena pajak.

"Domain kewenangan ada di Kominfo, namun sebaiknya tidak masuk ke ranah pajak. Saat registrasi mereka sekaligus ditetapkan sebagai wajib pajak dan/atau pengusaha kena pajak sesuai kondisi," usul Yustinus.

Dia juga menggarisbawahi, memaksakan menjadi BUT tanpa mengubah UU PPh seyogianya tidak dilakukan demi kredibilitas Pemerintah. Hal ini untuk menciptakan keadilan antara pelaku domestik dan yang berdomisili di luar negeri harus diciptakan equal playing field dengan kebijakan yang menjamin perlakuan setara. "Maka koordinasi Kominfo dan DJP menjadi sangat penting," tegasnya.

Terlepas dari hal itu, menurutnya, bisnis e-commerce adalah fenomena cukup baru dan semakin penting dalam dunia bisnis dan perekonomian Indonesia. Maka pengaturan e-commerce menjadi sangat penting dan relevan agar memberi kepastian bagi investor, pelaku, dan masyarakat sebagai konsumen.

Maka upaya pemerintah menerbitkan aturan yang secara khusus mengatur e-commerce, menurut dia, layak diapresiasi. Lebih dari itu, aturan ini diharapkan mampu menangkap dinamika bisnis yang sangat cepat, padat modal, dan sensitif terhadap regulasi yang tidak responsif.

"Maka rumusan aturan yang komprehensif, jelas, mengedepankan kepastian, kompatibel dengan pengaturan di negara lain, memberi insentif yang tepat – sangat dibutuhkan," tutup dia.

Tonton Video Pilihan Ini:

Pemerintah akan memberi perlakuan berbeda untuk pajak e-commerce. Khususnya, untuk tarif pajak pertambahan nilai (PPN).

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi mengatakan, aturan terkait pajak e-commerce akan keluar pekan depan.

"Tarifnya ada perubahan, ya untuk online tarifnya beda itu aja. PPN-nya," kata dia di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Sayangnya, Ken belum menerangkan secara rinci terkait tarif tersebut. Dia meminta untuk menunggu aturan tersebut dirilis. "Nanti tinggal persetujuan dulu, minggu depanlah keluar, kok," ujar Ken.

Tarif PPN tersebut akan menyenangkan semua pihak. "Yang pasti menyenangkan, mudah-mudahan bisa menyenangkan semua pihak," ujar dia.

Lebih lanjut, Ken mengatakan, ketentuan tersebut nantinya akan berlaku pada semua pelaku bisnis e-commerce. "Hampir semua kena, yang berhubungan dengan tata cara pembelian online ya semuanya harus tunduk pada aturan itu," tandas dia.

Sebelumnya, Head of Tax, Infrastructure, and Cyber Security Division Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA) Bima Laga mengatakan, ada sejumlah catatan yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pajak pada pelaku bisnis online.

"Kemarin kan wacana dari Badan Kebijakan Fiskal (BKF) mau diubah dari self assessment menjadi official, sehingga para penjual itu bisa dikenakan pajaknya," kata dia kepada Liputan6.com.

Menurutnya, itu akan membutuhkan waktu yang lama karena mengubah ketentuan yang berlaku saat ini dalam bentuk self assessment. "Tapi saya rasa kalau itu diubah itu akan mengubah undang-undang, dan itu akan membutuhkan waktu cukup lama," ungkap dia.

Catatan selanjutnya, kata dia, perlunya kesetaraan antarpemain bisnis online. Skema pajak tersebut juga mesti menyentuh pemain bisnis online luar negeri.

"Kedua, kalau kita bicara e-commerce marketplace harus ada level playing field antara lokal dan luar. Karena pasar kita sekarang banyak dinikmati pangsa luar yang belum memberikan kontribusi apa-apa," ujar dia.

Terlepas dari itu, dia mengimbau supaya pemerintah mendorong edukasi sehingga pelaku usaha rutin melaporkan pajak mereka. Kemudian, pemerintah juga perlu menjelaskan keuntungan daripada membayar pajak kepada pelaku usaha.

"Apakah mereka mengajukan KUR lebih mudah untuk modal usaha, atau apa pun itu, kalau literasi berhasil dengan baik, akan ada tahap selanjutnya. Baru bicara tarif ideal seperti apa," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potongan Cumi Bisa Menari, Misteri Purbakala Garut

Posted: 08 Oct 2017 09:03 PM PDT

Potongan daging atau makanan laut yang telah disajikan sebagai hidangan makan seharusnya tidak bisa bergerak lagi. Namun, karena beberapa faktor, potongan tubuh hewan tersebut terkadang bisa bergerak.

Seperti potongan cumi yang bisa bergerak ketika walaupun sudah disajikan dalam mangkuk makanan. Sebuah video dengan judul "Dancing Squid" baru-baru ini menjadi perbincangan viral pengguna jejaring sosial. Dalam video terlihat tentakel cumi-cumi dalam mangkuk makanan masih bisa bergerak-gerak seperti hidup ketika disiram dengan kecap.

Artikel seputar video tersebut menjadi yang paling populer di kanal Citizen6, Liputan6.com. Diikuti artikel yang membahas sejumlah peninggalan purbakala di wilayah Garut pada posisi kedua.

Sementara itu, artikel tentang manfaat tidur siang yang bisa perbaiki mood hingga daya ingat menempati urutan ketiga terpopuler.

Berikut top 3 Citizen6:

1. Ini Alasan Potongan Cumi Bisa Menari Saat Disiram Kecap Asin

Makanan seafood seperti cumi-cumi memang menjadi salah satu yang difavoritkan banyak orang. Namun, apakah kamu pernah mencoba memakan cumi secara hidup-hidup?

Sebuah video dengan judul "Dancing Squid" baru-baru ini menjadi perbincangan viral pengguna jejaring sosial. Dalam video terlihat tentakel cumi-cumi dalam mangkuk makanan masih bisa bergerak-gerak seperti hidup ketika disiram dengan kecap.

Selengkapnya..

2. 3 Misteri Peninggalan Purbakala di Garut yang Bikin Penasaran

Tanah Indonesia sudah didiami manusia sejak ribuan tahun lalu. Bahkan, bukti-bukti peninggalan purbakala yang ditemukan menunjukkan, Indonesia telah menjadi hunian bagi manusia purba.

Sebut saja Pithecantropus Erectus dan Homo Soloensis yang diduga hidup sebelum abad Masehi. Kerangka dan tulang-belulang manusia purba itu ditemukan di beberapa lokasi di Indonesia.

Selengkapnya..

3. Perbaiki Mood hingga Daya Ingat, Ini 4 Manfaat Tidur Siang

Tidur siang sering kali diasumsikan sebagai bentuk kemalasan. Padahal, lebih dari itu tidur siang baik untuk otak dan juga kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat tidur siang yang justru dianjurkan setiap hari, melansir Bufferapp, Minggu (8/10/2017).

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akal-akalan Apotek Nakal di Makassar Simpan Ribuan Obat PCC

Posted: 08 Oct 2017 09:02 PM PDT

Satuan Narkoba Polrestabes Makassar menggerebek sebuah apotek nakal yang diketahui menjual bebas obat PCC di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 7 Oktober 2017.

Apotek nakal tersebut diketahui bernama Apotek Sehat yang beralamat di Jalan Gunung Merapi, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Dalam penggerebekan, petugas menemukan ribuan obat PCC yang disembunyikan di dalam laci meja yang tampak sengaja dimodifikasi.

"Obat jenis PCC ditemukan dalam laci meja kasir yang sudah dimodifikasi," kata Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, AKBP Diary Estetika, di sela-sela memantau anggotanya mengamankan ribuan obat jenis PCC dari Apotek Sehat.

Menurut Diary, pemilik Apotek Sehat bernama Steven diduga membuat meja dengan laci khusus tersebut untuk menyembunyikan obat jenis PCC yang kebanyakan langganannya adalah kalangan remaja. Jika melihat meja tersebut secara kasat mata, tidak diketahui di dalamnya terdapat ribuan obat jenis PCC.

"Dalam laci tersebut ditemukan obat jenis PCC, di antaranya bermerek Karnopen 165 paket, Somadril 577 biji, PCC 308 biji, Tramadol 200 biji dan Pirex 125 biji," dia menjelaskan.

Selain barang bukti ribuan obat jenis PCC, anggota Satnarkoba Polrestabes Makassar turut meringkus empat pelaku.

Keempat orang tersebut masing-masing pemilik apotek yang juga sebagai pengawas apotek, Steven, karyawan apotek Intan, pembeli F Sorang, dan juru parkir apotek yang diam-diam menyambi menjual obat PCC dari apotek tersebut, Ammok.

"Statusnya belum kita tingkatkan jadi tersangka, peran dari pelaku masih kita dalami dan sementara diperiksa," Diary menandaskan. 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi PC untuk Main Gim Assassin's Creed Origins Terungkap

Posted: 08 Oct 2017 09:01 PM PDT

Jelang peluncuran gim Assassin's Creed Origins pada akhir bulan Oktober 2017 ini, Ubisoft mengungkap spesifikasi minimum dan rekomendasi PC untuk bisa memainkan gim seri Assassin's Creed tersebut.

Dikutip dari laman Techspot, Senin (9/10/2017), spesifikasi minimun PC yang bisa memainkan Origins adalah prosesor Intel Core i5-2400s ( 2.5 GHz) atau AMD FX-6350 (3.9 GHz) atau lebih tinggi. Kamu juga butuh kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 660 atau AMD R9 270, RAM 6GB.

Perlu diingat, spesifikasi di atas hanyalah persyaratan minimum saja, jadi kamu hanya bisa bermain gim ini dalam pengaturan grafis yang rendah.

Namun bagi kamu yang ingin bermain seri terbaru Assassin's Creed ini dengan grafis yang lebih tinggi butuh spesifikasi berikut, prosesor Intel Core i7- 3770 (3.5GHz) atau AMD FX-8350 (4GHz).

Kamu juga butuh kartu grafis Nvidia GeForce GTX 760 atau AMD R9 280X, dan RAM 8GB. Dengan spesifikasi hardware PC di atas, kamu dapat memainkan Assassin's Creed Origins hingga resolusi 1080p dengan 60fps.

Sekadar informasi, Assassin's Creed Origins akan meluncur di platform PC, PlayStation 4, dan Xbox One pada 27 Oktober 2017.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terancam Tak Lolos, Pelatih Timnas Argentina Bela Lionel Messi

Posted: 08 Oct 2017 09:00 PM PDT

Publik terancam tak bisa melihat aksi Lionel Messi di Piala Dunia 2018. Itu karena timnas Argentina tengah dalam situasi sulit dalam persaingan di klasemen kualifikasi zona Amerika Selatan.

Penyebabnya adalah kala Lionel Messi dan kawan-kawan gagal memenangi pertarungan kontra Peru di Estadio Alberto Jose Armando, Jumat (6/10/2017) pagi WIB. Di laga itu, Argentina hanya bisa mengakhiri laga dengan skor kacamata.

Hanya mendapat satu poin, Argentina pun menempati urutan keenam klasemen. Mereka kalah selisih gol dari Peru yang duduk di batas terakhir zona playoff atau urutan kelima. Namun, bukan berarti peluang Argentina sudah tertutup.

Masalahnya, Argentina wajib memenangi duel terakhir kontra Ekuador di Estadio Olimpico Atahualpa, Rabu (11/10/2017) pagi WIB. Mereka juga akan bergantung pada hasil laga Peru melawan Kolombia di Estadio Nacional de Lima pada waktu yang sama.

"Saya tak melihatnya sebagai noda (karier Lionel Messi) dan seharusnya tidak seperti itu," jawab pelatih Oscar Tabarez apakah karier Messi bakal tercoreng jika Argentina tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, seperti dilansir Soccerway.

"Ada banyak pemain hebat dalam sejarah sepak bola yang bukan seorang juara dunia dan mereka tidak ternoda dengan itu, setidaknya untuk saya. Selain itu, Messi masih bermain. Anda tak bisa tahu apa yang akan terjadi," jelasnya.

 

Sejatinya, kiprah karier Messi bersama Argentina sudah menjadi perdebatan. Banyak yang penilai penampilan Messi tak sebaik seperti saat berseragam Barcelona. Padahal, ia menjadi pemain yang mampu melakukan segalanya di Barcelona.

Lionel Messi (Barcelona). (AFP/Lluis Gene)

Lihat saja torehan gol Messi di Barcelona yang mencapai 521 gol dari 594 laga. Sudah banyak pula gelar yang dimenangkannya. Pemain 30 tahun itu telah meraih delapan gelar Liga Spanyol, lima Copa del Rey, tujuh Piala Super Spanyol, empat Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan tiga Piala Dunia Antarklub.

"Ia pemain hebat, tapi ia tidak bisa melakukan semuanya. Ini olahraga tim. Ia bermain dengan pujian sebagai yang terbaik. Sepak bola tidaklah mudah. Tidak selalu pemain terbaik bisa mengatasi semuanya," ucap Tabarez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setya Novanto Akan Hadiri Sidang E-KTP? Ini Kata Pengacara

Posted: 08 Oct 2017 09:00 PM PDT

Setya Novanto dijadwalkan menjadi saksi di persidangan kasus dugaan megakorupsi KTP Elektronik atau E-KTP. Namun, pengacara Fredrich Yunadi memastikan kliennya tidak akan hadir dalam sidang hari ini.

"Keadaan (Setya Novanto) masih dalam keadaan pemulihan, bed rest," kata Frederich saat dihubungi Liputan6.com, Senin (9/10/2017).

Dengan kondisi tersebut, dipastikan Novanto tidak dapat bersaksi untuk terdakwa Andi Narogong. "Masih perlu pemulihan," kata Frederich.

Sidang perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP bakal kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin 9 Oktober 2017.

Sidang dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong itu akan mendengarkan keterangan dari saksi-saksi.

Setya Novanto sempat dijadikan tersangka korupsi e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun, penetapan tersangka terhadap Novanto dibatalkan hakim Cepi Iskandar dalam putusan praperadilan.

Meski status Novanto sebagai tersangka gugur, KPK tetap akan mengejar dan melengkapi bukti keterlibatan Novanto dalam perkara yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu. Apalagi, dalam dakwaan e-KTP, Novanto disebut menerima aliran dana sebesar Rp 574 miliar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: