Minggu, 29 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Harga Cabai Keriting dan Bawang Merah Naik Awal Pekan Ini

Posted: 29 Oct 2017 10:15 PM PDT

Harga cabai keriting merah dan bawang merah mengalami kenaikan di pasar tradisional. Kenaikan ini imbas dari kondisi cuaca yang buruk.

Sutamaji (50), pedagang Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan mengatakan, cuaca yang buruk mempengaruhi jumlah pasokan di Pasar Induk Kramat Jati. Di Pasar Induk, pedagang biasa memasok bahan pangan.

"Pasokannya agak kurang, biasa kalau musim hujan," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Senin (30/10/2017).

Pedagang menjual cabai keriting merah Rp 30 ribu per kg awal pekan ini. Pekan lalu, harga cabai keriting merah Rp 25 ribu per kg.

Saat ini pedagang memasok cabai keriting merah dengan harga Rp 28 ribu per kg di Pasar Induk Kramat Jati. Mulanya, pedagang memasok dengan harga Rp 20 ribu per kg.

Sementara, harga bawang merah naik menjadi Rp 30 ribu per kg pekan ini. Pekan lalu, pedagang menjual bawang merah sebesar Rp 25 ribu per kg.

"Dari Pasar Induk bawang merah Rp 25 ribu per kg, kemarin-kemarin Rp 20 ribu per kg," paparnya.

Berikut pantauan harga bahan pangan di Liputan6.com

1. Cabai

Harga cabai keriting merah naik dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Harga cabai rawit merah stabil di Rp 20 ribu per kg.

2. Bawang

Harga bawang merah naik Rp 5 ribu per kg. Saat ini pedagang menjual bawang merah Rp 30 per kg. Sebelumnya, pedagang menjual dengan harga Rp 25 ribu per kg.

Sementara, harga bawang putih stabil di Rp 30 ribu per kg. Harga ini sama dibanding pekan sebelumnya.

3. Bahan pangan lain

Harga bahan pangan lain terpantau stabil. Pedagang menjual kentang Rp 15 ribu per kg, timun Rp 8 ribu per kg, daun bawang Rp 20 ribu per kg, dan kol Rp 7 ribu per kg.

Sementara, harga tomat Rp 10 ribu per kg, seledri Rp 30 ribu per kg, dan kacang panjang Rp 18 ribu per kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Senyuman Kim Jong-Un saat Mengunjungi Pabrik Kosmetik Korea Utara

Posted: 29 Oct 2017 10:15 PM PDT

Ditengah konfrontasi dengan Amerika Serikat terkait isu nuklir, pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un malah santai mengunjungi pabrik kosmetik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekad Gelandang Bali United Jaga Peluang Juara Liga 1

Posted: 29 Oct 2017 10:10 PM PDT

Gelandang Bali United, Muhammad Taufiq, mengaku antusias menghadapi Sriwijaya FC, Senin (30/10/2017). Dia mengajak rekan-rekannya fokus pada sisa pertandingan kompetisi untuk menjaga peluang Bali United juara Liga 1.

Bali United bersaing dalam perebutan gelar juara Liga 1 dengan PSM Makassar dan Bhayangkara FC. Tim berjuluk Serdadu Tridatu tersebut hanya terpaut dua poin dari rival yang membagi pemuncak klasemen sementara.

Menurut Taufiq, tiga laga sisa termasuk kontra Sriwijaya FC wajib dimenangkan. Seluruh pemain Bali United dalam kondisi on fire untuk menghadapi Laskar Wong Kito usai mencuri satu poin di kandang Barito Putra.

"Melawan Sriwijaya FC, semua pemain sudah sangat siap dan antusias menghadapi pertandingan tersebut. Kami punya beberapa hari persiapan sebelum pertandingan dan persiapan yang panjang tersebut akan kami manfaatkan untuk memantapkan persiapan," kata Taufiq dilansir dari laman resmi klub.

Bali United juga tak hanya memiliki kans juara kompetisi musim ini. Striker asing Sylvano Comvalius di ambang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi di Indonesia.

Hingga pekan ke-31, Comvalius sudah melesakkan 33 gol. Pemain asal Belanda tersebut tinggal selangkah lagi menyamai rekor gol penyerang Manstrans Bandung Raya Peri Sandria yang mencetak 34 gol di Liga Indonesia musim 1994/1995.

Setelah menjamu Sriwijaya FC di Stadion I Wayan Dipta, Bali United dijadwalkan bertandang ke markas PSM Makassar, Senin (6/11/2017). Serdadu Tridatu menutup Liga 1 dengan pertandingan kandang melawan Persegres Gresik United pada 12 November.

"Yang lebih penting saat ini kami harus fokus mengumpulkan poin demi poin karena kami sudah masuk ke periode krusial. Tanpa melihat lawan yang akan kami hadapi, saya bisa katakan semua pertandingan sangat penting saat ini," ucap Taufiq.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaklukkan Jalanan Malaysia Demi Bertemu Marquez

Posted: 29 Oct 2017 10:10 PM PDT

Gelaran Honda Asian Journey 2017 yang menempuh perjalanan di Malaysia juga menyusuri kawasan Genting Highland, Jumat (27/10/2017). Hal ini terbilang unik karena jalur yang ditempuh relatif menanjak dengan diselingingi udara dingin dan berkabut. Maklum, daerah tersebut berada di atas 2000 mdpl.

Sebelumnya, para bikers yang terdiri dari konsumen Honda dan jurnalis dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan India telah menempuh perjalanan menyusuri kota Melaka.

Total perjalanan yang ditempuh dari kota Melaka menuju Genting Highland sejauh 193 km. Di etape awal, rombongan memulai touring dari Malaka menuju Bukit Tinggi dilanjutkan etape kedua menuju Genting Highland.

Peserta touring sempat berisitirahat sejenak untuk bersantap siang di Bukit Tinggi yang memiliki bangunan-bangunan ala kerajaan.

Seperti disebutkan di atas, di etape menuju Genting Highland para peserta melewati perjalanan berkelok-kelok tajam dan berbukit ditemani dengan pemandangan yang indah menjadi suguhan untuk peserta touring sembari merasakan akselerasi tinggi, handling motor yang stabil, tenaga melimpah, serta posisi berkendara yang nyaman pada model-model big bike Honda yang semakin memudahkan bikers menuntaskan touring dengan aman dan nyaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Setelah bermalam di Genting Highland, rombongan touring memulai perjalanan menuju Sepang International Circuit Malaysia untuk menyaksikan langsung gelaran sesi kualifikasi MotoGP .

Pada hari ketiga ini, rombongan menerabas jalanan berliku dan berbukit sepanjang 36 km, sebelum memasuki kota Kuala Lumpur yang padat dengan kendaraan. Dari Kuala Lumpur, rombongan melanjutkan perjalanan ke Sepang dengan jarak 80 km. Perjalanan hari ketiga ditutup dengan seluruh peserta rombongan Honda Asian Journey menuju ke ibukota Malaysia, Kuala Lumpur untuk menghadiri acara meet and greet bersama pebalap MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Pada hari terakhir dalam rangkaian touring Honda Asian Journey 2017, peserta touring kembali menuju sirkuit Sepang dari Kuala Lumpur untuk menyaksikan performa hebat pembalap Honda di atas motor RC213V pada gelaran balap MotoGP. Seluruh pencinta big bike Honda asal Indonesia berkesempatan untuk mengunjungi paddock Repsol Honda Team.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdoa di Ultah Syahnaz Sadiqah, Jeje: Semoga Bisa Selamanya

Posted: 29 Oct 2017 10:10 PM PDT

Adik kandung Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah, tengah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-24, Senin (30/10/2017). Sang kekasih, Jeje Govinda pun telah merancang kejutan manis untuk pesinetron tersebut.

Momen bahagia itu pun diabadikan melalui sejumlah foto yang diunggah di Instagram pribadi Syahnaz Sadiqah. Dekorasi warna-warni, lengkap dengan balon dan bunga terlihat menghiasi kediaman artis asal Bandung tersebut.

 

Syahnaz Sadiqah pun merasa bersyukur lantaran punya pacar yang rela menghabiskan waktu untuk membahagiannya. "makasih pacarrr yang udh bikinin surpriseeee, ajakinn semuanya, dekorin rumah,hemm udh mau menyibukan diriii! pkknya i'm so lucky to have youuu babyyyyyy," tulis Syahnaz Sadiqah dalam keterangan foto yang menunjukkan pose dirinya dengan sang kekasih.

Tak kalah manis dengan perlakuannya di hari spesial sang kekasih, ucapan Jeje Govinda untuk Syahnaz Sadiqah pun terasa istimewa. Pasalnya, Jeje tak hanya berdoa hal terbaik untuk Syahnaz Sadiqah, tetapi juga kelanjutan hubungan mereka.

"Happy Birthday Sayangkuuu..Gak kerasa udah 2 tahun ngerayain ulang tahun kamu bareng aku. Semoga bisa selamanya bareng ya sayang.Doaku semoga kamu panjang umur, selalu sehat, lancar karier dan rezeki nya. Dan semoga smua rencana kita kedepan dilancarkan," tulsi Jeje Govinda di Instagram pribadinya.

 

Seperti yang diketahui, Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda telah berencana membawa hubungan mereka ke jenjang yang lebih serius. Rencananya, setelah menggelar acara lamaran, 14 November 2017, pasangan itu akan menikah awal 2018 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sajian Kuliner Bernafaskan Kontemporer Hadir di Seminyak

Posted: 29 Oct 2017 10:01 PM PDT

Seminyak Bali merupakan distrik yang tak pernah usai menghadirkan ragam atraksi menarik untuk dikunjungi. Baru-baru ini, sebuah restoran berkonsep unik hadir dan wajib masuk ke dalam bucket list Anda jika sedang mengunjungi Bali.

Salazón merupakan restoran dan bar dengan konsep interior bertemakan chic-industrial dan memiliki keunikan tersendiri dari restoran-restoran lainnya yang hadir di Bali. Yang membuat Salazón berbeda ialah karena fokus terhadap proses memasak menggunakan kayu bakar, daging dan ikan yang diawetkan, diasap serta dipanggang.

Gaya interior bernafaskan industrial serta didukung dengan menu masakan kontemporer yang disajikan membawa kita seakan merasakan suasana metropolita di New York, Paris, atau juga Sidney di Bali

Keistimewaan lainnya yang dihadirkan Salazón adalah oven Scotch seberat 5,8 ton. Oven kayu bakar ini tetap menyala 24 jam sehari pada suhu yang berbeda untuk menghasilkan berbagai makanan mulai dari roti hingga ikan, unggas dan daging panggang. Oven ini menggunakan tiga jenis kayu untuk menghasilkan bara api yang digunakan untuk memanggang, mengasapi dan seluruh proses memasak lainnya di dapur, bahkan abu kayu dari proses pembakaran ini pun digunakan. Oven Scotch ini memberikan panas ke seluruh dapur dan merupakan inspirasi bagi keseluruhan konsep Salazón.

Karena seluruh bahan dan menu makanan merupakan hasil produksi tersendiri dari Salazón, maka Executive Chef Paul Lewis merencanakan menu dengan masak, dan menggunakan timeline yang berbeda dalam proses pengeringan karena panjangnya proses. Pengeringan daging dan pengasaman bahan-bahan tentu memakan waktu yang berbeda dengan proses untuk membuat cold cuts dari bebek, ikan, burung dara, ayam, daging babi dan daging sapi. Ikan tenggiri Spanyol dikeringkan selama 9 hari, untuk menghilangkan bau amisnya dan memberi cita rasa yang halusdan lezat.

Berkunjung ke Salazón, Anda wajib mencoba menu Chopped Tuna – dry aged loin yang menjadi favorit para pengunjung. Selain itu, Tartare dry aged daging sapi - 4potongan daging sapi yang berbeda, digabungkan dengan lemak daging sapi yang telah diasinkan,garam, merica, daun bawang dan kemudian disajikan dengan krim terung, acar dan kerupuk rumput laut;Chorizo ​​Sanga – chorizo yang dikeringkan selama 30 hari, brioche, saus tomat buatan sendiri dan adas;atau babi guling yang populer. Semua makanan mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup akan memberikan cerita berkesan untuk Anda dan orang terkasih. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara Gelar Latihan Evakuasi Warga Sipil, Persiapan Perang?

Posted: 29 Oct 2017 10:01 PM PDT

Sebuah laporan yang belum terkonfirmasi menyebut, Korea Utara tengah melakukan latihan evakuasi warga sipil secara besar-besaran. Latihan itu diduga dilakukan pekan lalu.

Laporan itu datang dari media milik Amerika Serikat yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, NK News. Media itu memperoleh informasi dengan mengutip sejumlah sumber anonim.

NK News melaporkan, beberapa kota beserta seisi warga di tepi pantai timur Korut diduga tengah melakukan latihan persiapan perang, di antaranya simulasi penanganan kondisi gelap gulita serta skenario evakuasi.

Menurut laporan tersebut, wilayah Pyongyang tidak termasuk yang melakukan latihan evakuasi tersebut. Demikian seperti dikutip dari News.com.au, Senin (30/10/2017).

Seorang jenderal bintang purnawirawan militer Korsel, Chun In-bum mengatakan kepada NK News, "Saya belum pernah mendengar latihan seperti itu sepanjang karier saya. Namun jika benar adanya, saya tidak terkejut. Mereka (Korut) mungkin mulai menyadari betapa seriusnya situasi saat ini."

Sementara itu, seorang pembelot dari Korut mengatakan kepada NK news, "Saya mengingat bahwa latihan serupa pernah dilaksanakan saat saya masih tinggal di Pyongyang. Biasanya dilakukan tiga kali dalam setahun, serta dalam kurun waktu ketika Korsel dan Amerika Serikat tengah melakukan latihan militer gabungan."

Namun, Letnan Jenderal (Purn.) Chun In-bum turut menaruh curiga bahwa latihan 'persiapan perang yang dilakukan warga sipil' di Korut hanya semata-mata propaganda dari Kim Jong-un. Propaganda itu ditujukan oleh Kim Jong-un untuk menanamkan 'persepsi situasi krisis' kepada para warga sipil Korut.

"Pada masa ketika pengeboman telah semakin presisi, latihan tersebut mungkin menunjukkan betapa abainya Korut dengan sejumlah teknologi perang saat ini. Atau, bisa saja mereka melakukan kampanye propaganda, menakut-nakuti warga mereka sendiri agar mereka taat kepada pemerintah," jelas Chun.

Bukan Pertama Kali

Ini bukan kali pertama Korut memerintahkan warga sipil untuk melakukan simulasi guna menghadapi potensi perang. Pada 2013, otoritas memerintahkan warga sipil di Pyongyang untuk menutupi seluruh kendaraan di kota dengan kain kamuflase.

Pada tahun yang sama, Pyongyang juga mendesak menyelenggarakan latihan evakuasi warga sipil besar-besaran. Saat itu, tensi antara Korut dengan Korsel tengah meninggi.

Demikian pula pada 1994, simulasi waga sipil yang bersiap menghadapi serangan udara di Pyongyang dan beberapa kota hampir menjadi rutinitas sehari-hari.

 

Jika benar adanya, latihan seperti yang dilaporkan oleh NK News itu terjadi di tengah tensi tinggi yang disebabkan oleh aktivitas pengembangan rudal balistik dan bom nuklir Korut.

Korut, dalam beberapa bulan terakhir, telah memicu kekhawatiran global dengan melakukan uji coba nuklir keenam dan sejumlah tes rudal yang -- menurut klaim mereka -- mampu mencapai daratan AS.

Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un pun belakangan intens bertukar retorika ancaman perang.

Selain itu, langkah Korut untuk menyelenggarakan latihan persiapan perang bagi warga sipil terjadi jelang kunjungan Presiden Trump ke Asia.

Bulan depan, Presiden ke-45 AS itu akan melakukan lawatan ke Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam dan Filipina.

Trump diharapkan akan menyampaikan pidato di Parlemen Korsel serta mengunjungi sebuah pangkalan militer AS di Negeri Ginseng pada 7-8 November.

Berbagai pihak khawatir, Kim Jong-un mungkin berencana untuk melakukan tes rudal atau uji coba nuklir bertepatan dengan lawatan Trump ke Korsel.

Tak hanya itu, pejabat AS dan pengawal Trump juga mungkin harus khawatir dengan 10.000 artileri dan 50 misil jarak pendek milik Korut yang berada di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ). Persenjataan itu dapat dengan mudah menjangkau Seoul yang hanya berjarak sekitar 50 km dari perbatasan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, yang baru saja mengunjungi Seoul pekan lalu, telah berulang kali menekankan bahwa solusi diplomatik adalah langkah prioritas untuk mengurangi ketegangan. Ia juga mengatakan bahwa Washington "tidak terburu-buru berperang" dan tujuannya adalah "bukan perang".

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Perilaku yang Sebabkan 90 Persen Perceraian

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Semua pernikahan pasti memiliki risiko untuk perceraian. Para ahli berhasil mengamati hanya dalam 15 menit interaksi untuk memprediksi tingkat akurasi perceraian sebanyak 90%.

Angka yang luar biasa, bukan? Lantas, bagaimana para ahli dapat memprediksi hal ini? Ada empat perilaku yang ternyata harus dihindari karena menyebabkan kemungkinan perceraian yang lebih besar.

Dilansir dari yourtango.com, Senin (30/10/2017), berikut ini adalah beberapa perilaku yang menyebabkan 90% perceraian

1. Tuduhan

Kecenderungan untuk menyalahkan atau menuduh pasangan akan membuat situasi semakin buruk, percayalah. Jika Anda ingin memiliki hubungan pernikahan yang berkualitas, cobalah menganggap sebuah keraguan sebagai kebaikan, bukan keburukan yang dilakukannya.

2. Melindungi diri sendiri

Hal ini sebenarnya selaras dengan perilaku menuduh atau menyalahkan pasangan. Ketika ada masalah yang terjadi, Anda selalu berusaha membelokkan dan mempertahankan diri sendiri, serta menyalahkan pasangan.

Hal ini sejujurnya sangat tidak produktif dan benar-benar merusak. Apakah Anda salah satu yang selalu melakukan hal ini di dalam hubungan pernikahan?

 

3. Mematikan karakter

Dua perilaku di atas pada akhirnya akan melemahkan pasangan, menghilangkan karakteristiknya, dan membuat orang lain berfokus pada aspek negatif, berasumsi, dan berprasangka. Jika berlangsung dalam jangka pendek saja bisa menghancurkan harga diri seseorang, bagaimana jika hal ini berlangsung terus menerus dalam hubungan pernikahan Anda?

4. Pengasingan

Ini adalah perilaku di mana Anda senang tidak berusaha untuk menyelesaikan masalah. Terkadang Anda bisa berlaku pasif, di lain waktu agresif, membuat pasangan merasa tidak pasti dan ditinggalkan. Tidak heran, bukan jika beberapa perilaku di atas cenderung menyebabkan perceraian?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP Usai Balapan di Sepang

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Meski minim drama, balapan MotoGP Malaysia 2017 di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017), membuat pertarungan menuju gelar juara dunia semakin sengit. Andrea Dovizioso sukses menjaga asa lewat kemenangannya.

Sejatinya, Marc Marquez berpeluang besar mengunci gelar pada MotoGP Malaysia. Itu karena pembalap Repsol Honda tersebut mengantongi modal keunggulan 33 poin atas Dovizioso. Sayang, The Baby Alien gagal menunjukkan kecepatan terbaiknya.

Ia hanya bisa finis di urutan keempat. Artinya, ia cuma mampu menambah 13 poin. Di saat yang bersamaan, Dovizioso sukses merebut podium juara dengan waktu 44 menit 51,497 detik, unggul 17,763 detik atas Marquez.

Dengan hasil itu, Dovizioso memaksa pertarungan gelar juara dunia akan ditentukan pada seri terakhir atau MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 12 November 2017. Masalahnya, saat ini Dovizioso terpaut 21 poin dari Marquez.

Untuk menjadi juara dunia, skenario sulit harus dilewati Dovizioso pada MotoGP Valencia. Selain merebut podium juara, pembalap Italia itu harus berharap Marquez meraih hasil buruk atau minimal finis di urutan ke-12.

 

Klasemen MotoGP 2017

1. Marc Marquez 282

2. Andrea Dovizioso 261

3. Maverick Vinales 226

4. Valentino Rossi 197

5. Dani Pedrosa 185

6. Johann Zarco 154

7. Jorge Lorenzo 137

8. Danilo Petrucci 121

9. Cal Crutchlow 104

10. Jonas Folger 84

11. Alvaro Bautista 75

12. Jack Miller 73

13. Scott Redding 64

14. Aleix Espargaro 62

15. Andrea Iannone 60

16. Pol Espargaro 55

17. Alex Rins 46

18. Loris Baz 45

19. Karel Abraham 30

20. Tito Rabat 29

21. Hector Barbera 27

22. Bradley Smith 24

23. Michele Pirro 18

24. Mika Kallio 11

25. Sam Lowes 5

26. Katsuyuki Nakasuga 4

27. Sylvain Guintoli 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SF, Artis Terciduk Narkoba Satu Manajemen dengan Awkarin

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Polisi mencokok artis muda berinisial SF dan kekasihnya CG di kawasan Tangerang pada 23 Oktober 2017 lalu, terkait kasus kepemilikan narkoba. Dari tangan keduanya, polisi berhasil mengamankan dua bungkus ganja sebesar 80 gram.

Belakangan, diketahui jika SF pernah berakting dalam sejumlah Fim Televisi (FTV) dan film bioskop. Ia juga tergabung dalam sebuah manajemen yang juga menaungi Awkarin, yang selama ini dikenal sebagai YouTuber dan selebgram yang kontroversial.

Nama SF ada di akun Instagram manajemen bernama The A Team atau A Team Management. Di salah satu unggahan foto akun tersebut, terselip wajah cantik SF yang tengah berpose menggunakan t shirt berwarna cokelat.

"welcome to the family! @safiracrespin," tulis akun The A Team sekaligus mengonfirmasi keberadaan SF dalam manajemen yang dikelola mereka.

Seperti diketahui, penangkapan SF karena kasus narkoba langsung mendapat perhatian dari masyarakat. Di lini masa, penelusuran mengenai identitas SF pun tak kalah masifnya.

SF diketahui pernah berakting di film 24/7 yang dibintangi oleh Lukman Sardi dan Dian Sastrowardoyo. Namanya juga dikenal sebagai model iklan sekaligus foto di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Harus Lebih Realistis Pasang Target Penerimaan Pajak

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Pemerintah diminta lebih realistis dalam menetapkan target penerimaan pajak. Sebab, selama beberapa tahun terakhir, realisasi penerimaan pajak hampir tak pernah mencapai target.

Pengamat Ekonomi Faisal Basri mengatakan, selama kurun waktu 20016-2014, realisasi penerimaan pajak ‎rata-rata sebesar 96 persen dari target. Penerimaan pajak hanya melewati target pada 2008, yaitu sebesar 107 persen saat terjadi commodity boom.

"Pada 2 tahun pemerintahan Presiden Jokowi, (realisasi pajak) melorot ke 82 persen. Tanpa penerimaan dari tax amnesty, realisasi penerimaan pajak di 2016 hanya sekitar 74 persen," ujar dia di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Selain itu, rendahnya rasio pajak di Indonesia juga menjadi penghambat realisasi pajak. Bahkan dalam 5 tahun terakhir rasio pajak cenderung menurun.

Faisal mengungkapkan, pada 2012 rasio pajak di Indonesia memang sempat menyentuh angka 11,4 persen. Namun setelah itu terus menurun menjadi 11,3 persen di 2013, 10,9 persen di 2014, 10,8 persen di 2015, 10,4 persen di 2016 dan di 2017 diperkirakan hanya mencapai 10,1 persen.

"Jadi tax ratio kita turun terus, sedangkan di negara-negara lain naik. Jadi kita pada level yang masih rendah justru turun terus dalam 5 tahun terakhir," tandas dia.

Sebelumnya, Kepala Ekonom PT Samuel Sekuritas Tbk, Lana Soelistianingsih, memperkirakan target penerimaan pajak sebesar Rp 1.283,6 triliun akan kembali meleset di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017. Proyeksinya akan terjadi kekurangan (shortfall) penerimaan pajak sekitar lebih dari Rp 200 triliun.

"Kalau melihat realisasi penerimaan pajak dalam dua tahun terakhir yang hanya sekitar 83-85 persen, maka untuk tahun ini pun diperkirakan masih ada shortfall," ujar Lana saat berbincang dengan Liputan6.com.

Untuk diketahui, capaian penerimaan pajak hingga September 2017 sebesar Rp 770,7 triliun atau 60 persen dari target Rp 1.283,6 triliun di APBN-P 2017.

Lana memprediksi, penerimaan pajak akan shortfall lebih dari Rp 200 triliun dengan asumsi realisasi sama dengan dua tahun sebelumnya 83-85 persen. "Tapi kalau realisasi penerimaan pajak bisa 90 persen dari target, maka shortfall di tahun ini berkurang sekitar lebih dari Rp 150 triliun," jelasnya.

Menurut Lana, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak harus kerja keras mengejar target penerimaan pajak, mengingat reformasi perpajakan belum berjalan optimal.

Salah satunya, saran Lana, dengan mengejar potensi penerimaan dari pajak pertambahan nilai (PPN). Menurutnya, masih ada ruang untuk menggenjot setoran pajak dari PPN ketimbang pajak penghasilan (PPh).

"PPN masih bisa dikejar, karena masih ada ruang. Tapi PPh harus agak sedikit ditahan, karena PPh bisa menimbulkan efek menurunkan konsumsi. Tapi kalau PPN kan asal ada transaksi, otomatis ada PPN," Lana menerangkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berantas Kecoak dengan Ramuan Bawang Merah dan Baking Soda

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Tak banyak yang tahu, kecoak merupakan spesies purba yang bertahan hingga kini. Kecoak lebih sering dianggap sebagai hewan mengganggu karena sifat mereka yang suka merusak.

Tambahan lagi, hewan yang terlihat tidak berbahaya ini sesungguhnya bisa menyebarkan penyakit dan bakteri. Karena itu, kecoak harus diberantas dari rumah Anda.

Banyak semprotan pembunuh serangga dan kecoak yang dijual di pasaran. Sayangnya, kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. Mungkin, sudah saatnya Anda mencoba bahan-bahan alami untuk membasmi kecoak seperti di bawah ini.

Bahan:

  • Satu sendok teh baking soda
  • Satu siung bawang merah

Caranya:

  • Potong bawah menjadi tipis-tipis dan campur dengan baking soda.
  • Letakkan ramuan tersebut di dekat tempat persembunyian kecoak.
  • Ulangi proses ini beberapa kali dan rumah Anda akan bebas dari kecoak.

Karena menggunakan bahan alami, Anda tak perlu khawatir dengan efek bahan kimia dari ramuan pemberantas kecoak tersebut. Malahan, ramuan ini sangat aman untuk Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unboxing Xiaomi Mi A1, Duet Dahsyat Android One dan Kamera Ganda

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Smartphone berkamera ganda notabene dibanderol dengan harga tinggi. Uniknya, hal tersebut tak berlaku sama sekali bagi Xiaomi. Ya, perusahaan teknologi ini memang kerap menjual perangkatnya dengan harga kompetitif yang ramah di kantong, tetapi spesifikasinya tetap tak kalah saing.

Mi A1, contohnya. Smartphone terbaru vendor yang berbasis di Beijing tersebut berani mendobrak pasar segmen mid-level, dengan menghadirkan fitur yang seharusnya dimiliki kelas smartphone premium.

Salah satu fitur utama yang diunggulkan Xiaomi pada Mi A1 adalah kehadiran kamera ganda. Tak cuma itu, smartphone ini juga merupakan seri Xiaomi pertama yang hadir dengan Android One.

Jadi, antarmukanya tak menggunakan MIUI, melainkan Android Stock murni seperti perangkat Pixel dan Nexus. Pengalaman menggunakan smartphone ini pun terasa lebih cepat dan tidak lagging.

Beruntung, Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba lebih dulu Mi A1. Kami pun melakukan prosesi unboxing untuk mengecek apa saja isi dari paket boks penjualan smartphone ini. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa saksikan unboxing Mi A1 pada video di bawah ini.

Untuk spesifikasi, Mi A1 memiliki layar 5,5 inci Full HD dengan kamera ganda masing-masing beresolusi 12MP (megapiksel). Satu kamera Mi A1 ditujukan untuk foto wide-angle dan satunya telephoto.

Beranjak ke dapur pacu, smartphone dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 625, RAM 4GB, dan memori internal 64GB. Smartphone ini mengusung kapasitas baterai 3.080mAh dan dilengkapi USB tipe C untuk pengisian daya dan transfer data.

Smartphone berbodi metal ini memiliki tiga varian warna, yakni black, rose gold, dan gold. Untuk keamanan, smartphone ini juga tersemat fitur fingerprint scanner yang ada di bodi belakangnya.

Mi A1 sendiri sudah tersedia di Indonesia dan bisa dibeli seharga Rp 3,099 juta.

(Jek/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagi, Pos Brimob Tembagapura Ditembak

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Penembakan pos Brimob di Tembagapura terjadi lagi. Diduga pelaku penembakan adalah kelompok Ayub Waker.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sayuran Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kamu Langsing

Posted: 29 Oct 2017 10:00 PM PDT

Salah satu kunci mendapatkan badan langsing adalah rajin makan sayuran. Sayangnya, banyak yang menganggap sayuran kurang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, seperti misalnya protein.

Saat berbicara tentang protein, biasanya kita tak akan berpikir tentang sayuran. Padahal, ada juga sayuran yang kaya akan nutrisi penting ini.

Melansir Women's Health, Senin (30/10/2017), pakar nutrisi Emily Gilbert, R.D., membocorkan sayuran-sayuran apa saja yang memiliki kandungan protein paling tinggi.

Namun harus diingat, "Protein tumbuhan adalah protein yang tidak lengkap. Artinya, mereka tidak mengandung semua asam amino yang diperlukan," ujar Gilbert.

Untuk mendapatkan semua asam amino yang dibutuhkan tubuh, pastikan kamu mengombinasikan enam sayuran sehat di bawah ini dengan gandum utuh:

1. Kacang polong

Setengah cangkir kacang polong mengandung 3,5 gram protein.

2. Bayam

Anda akan mendapatkan tiga gram protein dari setengah cangkir bayam.

3. Kentang panggang

Kentang berukuran sedang mengandung tiga gram protein. Memanggang kentang adalah cara terbaik memakannya.

4. Brokoli

Brokoli tidak hanya kaya aserat (2,6 gram setiap setengah cangkir), brokoli juga kaya akan protein. Satu porsi brokoli mengandung dua gram protein.

5. Jagung

Walau secara teknis jagung adalah biji-bijian, tapi masih bisa kita golongkan sebagai sayuran. Setengah cangkir butiran jagung mengandung dua gram protein sehat.

6. Cuciwis

Kurang begitu terkenal, cuciwis sebenarnya adalah sumber protein yang kaya. Setiap setengah bungkis cuciwis mengandung dua gram protein, bersama 247 mg potasium, dan 110 mikrogram vitamin K.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

[vidio:tips cara membersihkan brokoli]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Berita Liputan 6 Siang SCTV

Posted: 29 Oct 2017 09:59 PM PDT

Program berita dengan sajian informasi terkini, aktual, tajam dan terpercaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN: Narkoba Ancam Generasi Muda Indonesia

Posted: 29 Oct 2017 09:56 PM PDT

Saat ini Indonesia sedang genjarnya memerangi narkoba. Bahkan slogan Indonesia Darurat Narkoba diucapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada setiap kesempatan.

Namun, apakah benar Indonesia Darurat Narkoba?

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistiandriatmoko menegaskan memang Indonesia kini memasuki darurat narkoba mengingat tingginya prevalensi pengguna barang terlarang tersebut yang telah mencapai 4,2 juta penduduk Indonesia.

"Faktanya pada 2014 tercatat 1,6 juta jiwa sebagai coba pakai, 1,4 juta jiwa teratur pakai, dan sisanya pecandu narkoba," ujar Sulistiandriatmoko saat ditemui Liputan6.com di BNN, Kamis (26/10/2017).

Angka tersebut, lanjut dia, diberikan BNN ke Presiden Jokowi. Setelah meilhat angkat itu, Presiden mengintruksikan bahwa Indonesia Darurat Narkoba. Dan harus perangi narkoba.

Selain itu, angka itu terus bertambah setiap tahunnya. Survei terakhir pada 2016, angka penyalahgunaan narkoba naik 3,6 persen. Untuk kalangan pelajar, hampir semua pelajar Indonesia pernah melakukan narkoba, baik itu coba pakai sampai teratur pakai.

Sebagai contoh, diantara 100 mahasiswa atau pelajar Indonesia, 4 orang diantaranya pernah menggunakan narkoba dengan kategori coba pakai. Selain itu, diantara 100 mahasiswa atau pelajar di Indonesia, 2 diantaranya menjadi penyalahgunaan narkoba teratur pakai.

"Sisanya dari angka itu 1,9 persen menjadi pemakai narkoba sepanjang tahun 2016," imbuh Sulistiandriatmoko.

Dari angka itu, lanjut Sulistiandriatmoko, berdasarkan penangkapan atau pengungkapan mengenai narkoba, hampir seluruh wilayah Indonesia pernah terjadi peredaran narkoba.

"Hal ini kalau dibiarkan, bangsa Indonesia akan kehilangan generasi muda," tutur Sulistiandriatmoko.

Dari angka tersebut, pada 2014 Indonesia mengalami kerugian materil mencapai Rp 6,3 Triliun. Untuk itu, lanjut Sulistiandriatmoko, perlu adanya respon cepat dari masyarakat dan lembaga lain yang terkait untuk menanggulangi bahaya narkoba untuk generasi muda Indonesia.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Tugas Negara, Setnov Mangkir Lagi dari Panggilan KPK

Posted: 29 Oct 2017 09:55 PM PDT

Ketua DPR Setya Novanto dipastikan mangkir alias tak akan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut dijelaskan oleh kuasa hukum Novanto, Friedrich Yunadi.

"Kan sudah mengirim surat (tak bisa hadiri pemeriksaan KPK)," ujar Friedrich saat dikonfirmasi, Senin (30/10/2017).

Menurut Friedrich, Novanto sudah mengirimkan surat kepada KPK melalui Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI. Ketua Umum Partai Golkar tersebut tak bisa hadir karena tugasnya sebagai Ketua DPR.

"Surat dikirimkan tadi (pagi). Surat langsung dikirim oleh Kesetjenan DPR. Bapak (Novanto) sedang ada tugas negara," kata dia.

Namun, Friedrich tak menjelaskan lebih jauh terkait keberadaan Novanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

 

 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengaku lembaga antirasuah sudah menerima surat dari Novanto. Menurut Febri, surat tersebut dengan kop sebagai Ketua DPR.

"Karena kesibukan sebagai Ketua DPR RI dan kegiatan kunjungan ke konstituen di daerah pemilihan selama masa reses, maka panggilan belum dapat dipenuhi," kata Febri.

Setya Novanto sejatinya akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasis korupsi e-KTP. Novanto akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

Novanto bukan kali ini saja mangkir dari panggilan penyidik KPK. Saat masih menjadi tersangka, Novanto dua kali mangkir dengan alasan kesehatan.

Dalam sidang dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong juga Novanto dua kali mangkir. Alasan pertama karena kondisi kesehatan dan kedua harus menghadiri acara ulang tahun Partai Golkar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Jangan Bekerja Sembrono untuk Rakyat

Posted: 29 Oct 2017 09:45 PM PDT

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memberikan wejangan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mengelola keuangan negara secara profesional. Pasalnya, nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikelola Kemenkeu mencapai Rp 2.220 triliun di tahun depan.

Pesan ini disampaikan Sri Mulyani saat Pidato Upacara Peringatan Hari Oeang ke-71 dan Hari Sumpah Pemuda di lapangan kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin Pagi (30/10/2017).

Sri Mulyani mengatakan, perekonomian dunia menunjukkan momentum pertumbuhan yang membaik di 2017. Hal ini membuka peluang bagi kebangkitan kembali aktivitas ekspor dan investasi di Indonesia.

"Kita harus memanfaatkan momentum ini dengan terus memperbaiki pelayanan publik dan dunia usaha, terus berinovasi dalam kebijakan dan instrumen untuk mendorong agar perekonomian Indonesia dapat meningkat pertumbuhannya, pemerataannya dan makin mampu menciptakan kesempatan kerja, serta mengurangi kemiskinan," ujar Sri Mulyani.

Untuk itu, dia berpesan, seluruh pegawai Kemenkeu harus mampu menjaga pelaksanaan APBN 2017 yang tinggal dua bulan Iagi. Pemerintah masih menghadapi tantangan untuk mencapai target penerimaan negara sebesar Rp 1.736,1 triliun.

"Saya minta seluruh jajaran Pajak, Bea Cukai dan PNBP untuk terus bekerja tekun dan keras memenuhi target tersebut. Laksanakan tugas dengan profesional, kompeten, teliti, sehingga penerimaan negara dapat tercapai, namun perekonomian tetap dapat terjaga momentum pemulihannya," pesannya.

"Jangan bekerja sembrono dan menyulitkan rakyat dan dunia usaha. Tetap santun dan melayani dengan tulus serta penuh pengabdian," pesan Sri Mulyani.

Pemerintah, katanya, telah mendapatkan persetujuan DPR untuk melaksanakan APBN 2018 pada 25 Oktober 2017.

Dengan asumsi dasar makro ekonomi 2018, meliputi pertumbuhan ekonomi 5,4 persen, inflasi 3,5 persen, nilai tukar rupiah 13.400 per dolar Amerika Serikat (AS), suku bunga SPN 5,2 persen, serta harga minyak US$ 48 per barel.

Sedangkan pengeboran minyak bumi diperkirakan mencapai 800 ribu barel per hari dan pengeboran gas bumi 1,2 juta barel per hari.

Maka postur APBN tahun depan direncanakan akan mengumpulkan pendapatan negara 2018 sebesar Rp 1.894,2 triliun dan belanja negara sebesar Rp 2.220,7 triliun.

Sri Mulyani menekankan, kualitas belanja negara pun diarahkan untuk pengurangan kemiskinan dan kesenjangan guna menciptakan keadilan dan perlindungan sosial pada masyarakat, penciptaan kesempatan kerja, dan pembangunan infrastruktur.

"Kita harus terus fokus membangun APBN yang kuat dan efektif dalam mencapai target-target pembangunan. Kita juga harus fokus memerangi pemborosan, ketidakefisienan, korupsi dan kebocoran anggaran negara," ujarnya.

"APBN adalah uang rakyat yang harus sepenuhnya kembali pemanfaatannya untuk menciptakan kemakmuran rakyat yang berkeadilan," Sri Mulyani menerangkan.

Dia berpesan, Kementerian Keuangan harus terus meningkatkan komunikasi dengan segenap pemangku kepentingan secara efektif dan tepercaya. Langkah-langkah dalam komunikasi publik yang sesuai dengan media dan cerdas serta tepat dalam isi, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan mewujudkan dukungan publik pada kebijakan pembangunan. Dengan demikian diharapkan masyarakat dapat terlibat dan berpartisipasi aktif dalam implementasi kebijakan tersebut.

Di sisi lain, Sri Mulyani menjelaskan, Indonesia telah terpilih menjadi tuan rumah Annual Meetings IMF-World Bank 2018 di Bali. Untuk mempersiapkan pertemuan yang akan dihadiri oleh 15 ribu peserta dari 189 negara ini, Indonesia telah menyiapkan serangkaian kegiatan bertajuk Voyage to Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersebut adalah untuk mengoptimalkan manfaat pertemuan tersebut bagi Indonesia serta menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia layak dan siap untuk menjadi tuan rumah Annual Meetings IMF-World Bank 2018.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, kata Sri Mulyani, menunjukkan kepercayaan dunia atas reputasi dan stabilitas ekonomi, politik, keamanan serta kemajuan pembangunan Indonesia yang saat ini telah menjadi middle-income country.

"Pelaksanaan Annual Meeting 2018 adalah momentum bagi kita untuk menunjukkan kepada dunia internasional bahwa kondisi perekonomian Indonesia stabil dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi global," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pecundangi Real Madrid, Girona Anggap Biasa-biasa Saja

Posted: 29 Oct 2017 09:45 PM PDT

Pelatih Girona Pablo Machin menegaskan timnya tidak akan larut dalam kemenangan bersejarah mereka atas Real Madrid.

Dalam pertemuan kompetitif pertama, Girona mencatat kemenangan menakjubkan. Mereka menang tipis 2-1 setelah sempat tertinggal terlebih dahulu.

Tapi Machin tak ingin larut dalam kegembiraan. Ia hanya ingin pemain Girona tetap fokus pada laga selanjutnya.

"Jelas ada perayaan, tapi saya belum melihat ada botol sampanye," kata Machin usai pertandingan, Senin (30/10/2017).

"Kami menunjukkan kedewasaan kami dengan tidak menunjukkan euforia berlebihan setelah peluit dibunyikan."

"Ini adalah tim yang matang dan kami tahu bahwa kami memiliki kesempatan untuk mengalahkan tim hebat," kata pria berusia 43 tahun, yang membimbing klub Catalan itu promosi ke La Liga.

Machin kemudian mengatakan, jika ditanyakan kepada dirinya tiga tahun lalu, mungkin dikira pertanyaan gila.

Girona sekarang duduk di posisi 12 di musim perdana mereka di La Liga. Mereka sudah mencatat tiga kemenangan dan tiga kali imbang dari 10 pertandingan.

Striker Real Madrid Cristiano Ronaldo membawa bola ke tengah lapangan usai gawangnya kebobolan dari Girona saat pertandingan La Liga di stadion Montilivi di Girona, Spanyol (29/10). (AP Photo/Manu Fernandez)

Sebelumnya, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menegaskan ia tak khawatir usai timnya secara mengejutkan kalah dari Girona pada pekan ke-10 Liga Spanyol. Los Blancos dipecundangi klub promosi itu dengan skor 1-2 di Estadi Municipal de Montilivi, Minggu (29/10/2017) malam WIB.

Hasil ini membuat Real Madrid tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen, Barcelona. Sang juara bertahan tetap di posisi ketiga dengan 20 poin.

"Kami kehilangan tiga poin hari ini, tidak terduga, tapi itu tidak mengubah apa pun," kata Zidane kepada wartawan setelah laga seperti dilansir Soccerway.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nafa Urbach dan Giring Nidji Dinobatkan Jadi Duta Sahabat Anak

Posted: 29 Oct 2017 09:40 PM PDT

Hati Nafa Urbach terguncang ketika dirinya tahu sang putri, Mikhaela, menjadi incaran oknum pedofilia. Ia lantas melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib.

Laporannya pun langsung diproses dan pelaku berhasil diciduk dan ditindaklanjuti. Rupanya keseriusan Nafa Urbach dalam mengusut kasus pedofilia ini menarik perhatian Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Kanit V Cyber Crime Kompol James Hutajulu bersama Nafa Urbach memberi keterangan kepada awak media terkait kasus pedolfilia anak Nafa Urbach di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (10/10). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Minggu (29/10/2017) kemarin, Nafa Urbach didaulat menjadi Duta Sahabat Anak oleh LPAI. Nafa tidak sendiri, LPAI juga memberikan kepercayaan yang sama kepada Giring Nidji.

"@giring lets work / kami siap kerja buat anak indonesiaaa doakan kami yahhh semuaa , supaya kami bisa memberikan yg terbaik untuk generasi bangsa ini," ungkap Nafa Urbach di Instagram pribadinya.

Mantan istri Zack Lee itu bahkan sudah punya banyak rencana yang akan ia lakukan sebagai Duta Sahabat Anak. Salah satunya yakni mengunjungi anak-anak yang mengalami pelecehan dan kekerasan seksual di usia dini.

"Saya mau menjenguk anak yang di perkosa oleh bapak kandungnya sendiri , krn saat ini kondisi anak dan ibu sangat memprihatinkan," paparnya.

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menobatkan Nafa Urbach dan Giring Nidji sebagai Duta Sahabat Anak [foto: instagram/nafaurbach]

Nafa Urbach mengaku prihatin dengan banyaknya anak-anak di bawah umur yang menjadi pekerja seks. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang tak mau meninggalkan pekerjaan tersebut.

Senada dengan Nafa Urbach, Giring Nidji juga miris melihat sata ini banyak terjadi perdagangan anak di dunia maya. "Karena masa depan bangsa ini ada di tangan anak anak kita, jadi jangan sampai masa bahagia mereka di rengut oleh para predator anak," ujar Giring.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Atin Korban Pabrik Kembang Api Dibawa ke Pekalongan

Posted: 29 Oct 2017 09:39 PM PDT

Korban tewas akibat ledakan dan terbakarnya pabrik kembang api di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten bertambah. Atin Puspita (32) yang sebelumnya kritis di ruang ICU RSUD Tangerang meninggal dunia pada Minggu malam 29 Oktober 2017 sekitar pukul 22.00 WIB.

"Iya, meninggal dunia tadi malam sekitar pukul 10.00 malam di ICU," ujar Humas RSUD Tangerang Yudi, Senin (30/10/2017).

Yudi mengatakan, Atin mengalami luka bakar 75 persen di tubuhnya. Atin juga sudah mendapat penanganan operasi beberapa hari lalu dan kemudian mendapat perawatan kembali ke ruang ICU.

Dia menjelaskan, luka bakar yang dialami Atin mengenai berbagai organ vital, seperti area pernapasan dan bagian dada.

"Korban Ibu Atin ini datang pertama kali dari RS BUN bersama dengan korban lain Bu Nurhayati yang sudah lebih dulu meninggal dunia," tutur Yudi.

Jenazah almarhumah sudah dibawa oleh keluarga ke daerah asalnya di Pekalongan, Jawa Tengah. "Sudah diserahkan tadi jam 8 pagi," ujar Yudi.

Sementara itu, sebanyak 27 karyawan lain masih mendapat perawatan intensif di RSUD Tangerang, RS BUN Kosambi dan RS Mitra Husada.

 

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan tiga orang tersangka. Ketiga tersangka yakni pemilik pabrik Indra Liyono, Direktur Operasional Andri Hartanto, dan pekerja bernama Subarna Ega.

Indra dan Andri dijerat dengan Pasal 359 KUHP yakni kelalaian yang mengakibatkan kematian orang lain dan Pasal 74 UU Ketenagakerjaan mengenai larangan mempekerjakan anak. Sedangkan tersangka Subarna Ega dijerat dengan Pasal 359 KUHP.

Subarna diduga lalai ketika melakukan pengelasan di pabrik sehingga percikan api menyambar bahan baku pembuatan kembang api dan menyebabkan kebakaran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

800 Kios Hangus dalam Kebakaran Pasar Atas Bukittinggi

Posted: 29 Oct 2017 09:38 PM PDT

Sebanyak 800 kios pedagang di pusat pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, hangus dalam kebakaran yang terjadi pada Senin pagi tadi. Wali Kota Bukittingi, M Ramlan Nurmatias, mengatakan bahwa 800 kios itu terdiri dari kios pakaian, sepatu dan konveksi.

Ia menyampaikan data ini berdasarkan penghitungan petugas di lapangan, dan juga jumlah kios yang ada di gedung yang terbakar. Para pedagang diharapkan bersabar karena pemerintah setempat segera menyediakan lokasi penampungan untuk tempat berdagang sementara.

"Nanti siang kami rapat dulu dengan semua perangkat daerah untuk mencari solusi," ucap Wali Kota Bukittinggi, Senin (30/10/2017), dilansir Antara.

Ramlan menjelaskan, pusat pertokoan Pasar Atas yang terbakar itu sedang dalam masa perbaikan pada bagian depan. Akibat kebakaran tersebut, perbaikan tidak akan dilanjutkan karena melihat kondisi secara keseluruhan, gedung pertokoan memang tidak bisa digunakan lagi.

"Pasar ini kan bangunan lama. Pernah terjadi beberapa kali kebakaran pula sebelumnya, lalu sempat terdampak gempa bumi. Memang perbaikan menyeluruh diperlukan," ujarnya.

Saat ini, pihak berwenang belum dapat memberikan keterangan menyangkut kerugian dan penyebab kebakaran dari peristiwa yang terjadi di pertokoan yang umumnya menjual produk kerajinan bordir kerancang tersebut.

Hingga siang ini, petugas sedang melakukan pendinginan di lokasi dan kondisi di pelataran objek wisata Jam Gadang ramai oleh masyarakat dan tumpukan barang-barang dagangan yang berhasil diselamatkan oleh pedagang.

Sementara dalam upaya pemadaman kebakaran, sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran dari sembilan kota dan kabupaten di Sumbar turut membantu pemadaman didukung 100 lebih personel.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

Pusat Pertokoan Pasar Atas Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, terbakar pada Senin (30/10/2017) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. (Capture video: Istimewa/Media Sosial)

Sebelumnya, para pedagang terutama yang kiosnya berada di dekat gedung pusat pertokoan Pasar Atas Bukittinggi, panik mencoba menyelamatkan barang-barang dagangan.

Sejumlah warga dan pedagang lainnya ramai melihat dan membantu menyelamatkan barang dagangan yang masih bisa diselamatkan.

Ramainya warga dan tumpukan barang dagangan yang sudah diselamatkan menyebabkan kesulitan petugas pemadam kebakaran dalam upaya pemadaman.

Salah seorang pedagang pakaian di pusat pertokoan tersebut, Eri (40) mengatakan semua barang dagangannya telah habis dan tidak ada yang bisa diselamatkan.

"Sampai di pasar kondisi sudah tidak mungkin lagi untuk masuk ke kedai menyelamatkan barang jadi dipasrahkan saja," kata dia, dilansir Antara, Senin (30/10/2017) pagi.

Ketika itu, pemadaman api masih diupayakan oleh petugas kebakaran dari Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, dan daerah lainnya. Pagi tadi, belum dapat diketahui jumlah toko yang terbakar serta kerugian akibat kebakaran tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Panggil Setya Novanto Terkait Kasus E-KTP

Posted: 29 Oct 2017 09:37 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua DPR RI Setya Novanto. Novanto akan dimintai keterangan seputar korupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik, atau e-KTP.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ASS (Direktur PT Quadra Solution-Anang Sugiana Sudihardjo)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (30/10/2017).

Dalam kasus e-KTP ini, KPK pernah menjerat Ketua Umum Partai Golkar tersebut sebagai tersangka. Dia berkali-kali mangkir dalam pemeriksaan sebagai tersangka hingga akhirnya memenangkan proses praperadilan.

Novanto juga dua kali mangkir dalam proses persidangan dengan terdakwa korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong. Novanto sempat meminta agar jaksa KPK membacakan BAP miliknya, namun ditolak.

Dalam sidang perkara ini, nama Novanto disebut sebagai kunci anggaran DPR terkait kasus tersebut. Dalam dakwaan juga nama Novanto disebut menerima uang sekitar Rp 574 miliar atau sekitar 11 persen dari jumlah bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun.

Selain Novanto, penyidik KPK juga memanggil mantan bos Gunung Agung Made Oka Masagung, Husni Fahmi staf di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan seorang pengacara Arie Pujianto.

"Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ASS," kata Febri.

Anang Sugiana Sudihardjo merupakan tersangka kelima dalam kasus yang ditaksir merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun setelah dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, politikus Golkar Markus Nari dan Andi Narogong.

 

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto tampak sehat dan semringah selama menghadiri rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Partai Golkar. Baik saat melakukan prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan hingga tasyakuran dan santunan 530 anak yatim di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat.

Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyampaikan, ekspresi tersebut merupakan bentuk rasa syukur Setya Novanto yang mampu terus melalui problem. Seperti berhasil sehat kembali dari penyakitnya dan terbebas dari status yang disematkan KPK padanya yakni tersangka megakorupsi e-KTP.

"Ya semua itu disyukuri. Kita ini kan di atas langit ada langit dan di atas itu semua Tuhan. Dan kepada-Nya kita meluapkan rasa syukur," tutur Priyo di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (20 Oktober 2017).

Terlebih, menurut Priyo, acara yang digelar hari ini sarat dengan warna religius. Sebab itu, sudah sewajarnya setiap orang yang datang dan turut hadir akan terlihat bahagia.

"Dalam hidup kita, kalau ada momen-momen yang religius, semua, siapa pun akan tersentuh. Apalagi kita sebagai umat beragama dan saya melihat Pak Novanto berbinar ketika mengusap kepala anak yatim tadi. Ini ekspresi kegembiraan dan luapan kasih sayang," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Knicks Kejutkan Cavaliers

Posted: 29 Oct 2017 09:37 PM PDT

New York Knicks mengejutkan runner-up NBA musim lalu, Cleveland Cavaliers, untuk meraih kemenangan 114-95 di Quicken Loans Arena, Senin (30/10/2017) WIB. Big man Kristaps Porzingis menjadi mesin pencetak angka Knicks.

Porzingis mencatat double-double dengan 32 poin dan 12 rebound. Pebasket asal Latvia itu mengukir rekor sebagai pemain pertama sepanjang sejarah Knicks yang mencetak 30 poin atau lebih dalam empat dari lima laga awal musim NBA.

Tim Hardaway Jr menjadi pencetak angka terbanyak Knicks pada laga ini dengan 34 poin plus delapan assist dan empat rebound. Hardaway memenangi duel melawan bintang Cavaliers, LeBron James, dengan memasukkan 11 dari 19 tembakan, termasuk lima tembakan tiga angka.

James hanya mengemas 16 poin pada laga ini. Kevin Love memimpin Cavaliers dengan 22 poin. Derrick Rose yang kembali bermain setelah absen empat laga karena cedera pergelangan kaki kiri mencetak 15 poin.

Cavaliers unggul 13-10 pada awal kuarter pertama. Namun, produktivitas Hardaway membawa Knicks balik memimpin 29-19 menuju kuarter kedua.

Cavaliers sempat menyamakan skor menjadi 49-49 pada pengujung kuarter kedua, tapi Knicks bisa kembali menjauh. Tambahan tujuh angka beruntun membuat Knicks memimpin 62-54 saat halftime.

Kuarter ketiga mutlak menjadi milik Knicks. Tim tamu bahkan sempat unggul hingga 17 poin. Cavaliers berusaha memangkas keunggulan Knicks pada kuarter keempat. Namun, selisih poin yang sudah terlalu jauh membuat usaha James dkk. tak membuahkan hasil.

Knicks memberikan Cavaliers kekalahan keempat dari lima gim terakhir NBA. Kemenangan ini sekaligus membuat Knicks memutus rentetan 10 kekalahan dari Cavaliers sejak 30 Oktober 2014.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rifat: Orang Indonesia Suka Mobil Sesuai Kebutuhan

Posted: 29 Oct 2017 09:34 PM PDT

Sukses fenomenal Mitsubishi Xpander menjaring peminat usai launching di GIIAS 2017 menunjukkan fenomena tersendiri. Orang Indonesia kini mulai melirik multi-purpose vehicle (MPV) alias mobil multi guna untuk tunggangan sehari-hari.

Tapi, benarkah orang Indonesia sudah melupakan family car, yang sempat booming di Indonesia sejak akhir tahun 1990-an? Lalu, apa bedanya family car dengan MPV?

"Menurut saya, definisi untuk family car dan MPV sendiri masih abu- abu," ujar pereli top nasional, Rifat Sungkar. "Yang jelas, orang Indonesia lebih menyukai mobil yang sesuai dengan kebutuhan."

Rifat mencontohkan, untuk keluarga kecil orang memilih menggunakan mobil kecil. Mungkin tipe sedan, jika memang orang tersebut mampu.

"Keluarga kecil pasti tak akan memilih family car yang memiliki daya penumpang banyak. Karena mubazir-kan?" Rifat melanjutkan.

Maka itu, kata Rifat, begitu muncul mobil model MPV, orang Indonesia seperti mendapat apa yang mereka inginkan. Sebab, sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Orang Indonesia sangat terbantu dengan adanya MPV. Sebab, mobil tersebut memang didesain sesuai dengan kebutuhan. Namanya saja mobil multi guna," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) siap memasarkan mobil fenomenal mereka, Mitsubishi Xpander secara global. Menariknya, desain yang digunakan tak akan berubah alias sama dengan yang dijual di Indonesia.

Dengan begitu, dipastikan, nantinya, desain Xpander di Indonesia akan sama persis dengan yang diniagakan di negara-negara lain.

"Ini jenis desain dan karakter untuk ASEAN dan Indonesia," kata Tsunehiro Kunimoto, Head of Global Design Mitsubishi Motors Corporation. Demikian dilaporkan langsung jurnalis Liputan6.com di arena Tokyo Motor Show 2017, Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, baru-baru ini.

Kunimoto menyebut, meski dirancang dan dikembangkan berdasar selera orang Indonesia, Xpander telah mewakili bahasa desain dan filosofi Mitsubishi. Di Indonesia sendiri, Mitsubishi membutuhkan waktu tak kurang dari tiga tahun untuk melakukan riset.

"Xpander memang didesain dan dibuat untuk pasar Indonesia," ujar Kunimoto. "Tapi, filosofi desainnya bukan hanya untuk Indonesia. Itu filosofi desain global Mitsubishi untuk semua mobil kami," tambahnya.

Jadi, lanjut Kunimoto, tidak akan ada perbedaan terkait konsep Xpander. "Semuanya sama, yang beredar di Indonesia, ASEAN, dan global," katanya.

Selain desain yang lebih besar ketimbang kompetitor di kelasnya, Xpander juga punya kelebihan lain. Kabin mobil ini memiliki kompartemen penyimpanan barang yang cukup banyak. Itu juga mewakili desain Xpander secara global.

Untuk tahap awal pemasaran ke luar Indonesia, Mitsubishi Xpander rencananya akan terlebih dahulu dipasarkan di negara-negara ASEAN, terutama Filipina dan Thailand, mulai awal 2018.

Seperti diketahui, Mitsubishi Xpander mencatat sukses fenomenal usai dipasarkan di GIIAS 2017, Agustus lalu. Hingga kini, surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk Xpander diklaim telah mencapai lebih dari 27 ribu unit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Prewedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Bikin Iri Netizen

Posted: 29 Oct 2017 09:31 PM PDT

Pernikahan Kahiyang Jokowi dan Bobby Nasution tinggal menghitung hari. Sebelum berlangsungnya hari bersejarah dalam hidup mereka, Kahiyang dan Bobby telah mengabadikan momen romantis mereka dalam foto prewed yang indah.

Mengangkat tema tradisional dengan sentuhan modern, foto prewed Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution terlihat romantis dalam suasana senja dengan sinar mentari terbenam yang memesona. Foto-foto prewed ini dibagikan Kahiyang lewat akun Instagram pribadinya, @ayanggkahiyang.

Lokasi foto prewed yang dipilih merupakan destinasi wisata yang romantis dan favorit di Indonesia, yaitu Bali dan Borobudur. Keindahan destinasi wisata ini semakin menambah romantis potret dua insan yang sedang jatuh cinta ini. Mereka direncanakan akan mengikat janji pada 8 November 2017.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa foto prewed Kahiyang Jokowi dan sang kekasih Bobby Nasution dalam suasana senja yang romantis, berikut potretnya yang diambil dari akun instagram @ayanggkahiyang pada Senin (30/10/2017).

1. Pantai

Destinasi pertama yang dipilih menjadi lokasi prewed adalah pulau Nusa Penida, Bali. Siapa yang tidak tersihir melihat keindahan pantai di Bali. Pantai Nusa Penida menjadi saksi kisah cinta Kahiyang Jokowi dan Bobby Nasution.

Tidak hanya itu, keindahan pantai ini juga menjadi background yang sempurna untuk mengabadikan foto mereka yang berpegangan tangan menyisiri pantai dengan pasir yang putih. Keduanya terlihat mengagumkan dalam balutan busana batik yang tradisional dengan sentuhan desain yang edgy dan modern.

 

 

 

2. Gunung

Setelah di pantai, Kahiyang dan Bobby Nasution memilih gunung sebagai background foto prewed mereka. Dengan pose berhadapan dan berpegangan tangan, foto ini diabadikan dengan keindahan gunung terlihat di bagian belakang. Terlihat suasana senja yang romantis pada foto yang didominasi pemandangan hijau menyegarkan.

Kahiyang terlihat cantik bak putri dalam balutan gaun dengan gradasi warna oranye dan putih. sementara Bobby terlihat gagah bak pangeran dalam balutan setelan jas bernuansa kecokelatan.

3. Candi Borobudur

Foto prewed ketiga pasangan kekasih ini memilih destinasi wisata yang juga menjadi keajaiban dan warisan dunia, Candi Borobudur. Kahiyang dan Bobby berpose ceria ditemani dua ekor gajah dengan bangunan candi terlihat di belakangnya.

Kahiyang terlihat anggun dalam balutan kebaya putih yang dipadukan dengan kain dan selendang batik berwarna cokelat senada. Sementara Bobby terlihat rapi dan tampan dalam balutan kemeja batik dan celana bernuansa cokelat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Dokter di Bekasi Belum Sebanding dengan Jumlah RS

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Ikatan Dokter Indonesia Kota Bekasi, Jawa Barat, mengumumkan hingga saat ini wilayah ini membutuhkan tambahan profesi dokter karena jumlahnya belum sebanding dengan banyaknya rumah sakit penyedia layanan.

"Bisa dikatakan, Kota Bekasi masih kekurangan dokter ahli penyakit. Sebab, sejumlah dokter ahli yang ada sekarang masih kewalahan membagi waktu kerja di 40 rumah sakit yang ada," kata Ketua IDI Kota Bekasi Komarudin di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, jumlah dokter di Kota Bekasi saat ini berjumlah 2.800 orang yang terdiri atas dokter umum sebanyak 1.500 orang, dokter tamu 500 orang, dokter spesialis 500 orang, dan 300 lainnya tercatat sudah tidak praktik lagi.

Bila merujuk pada aturan Surat Tanda Registrasi (STR), kata dia, seorang dokter hanya diperbolehkan bekerja maksimal di tiga rumah sakit demi menjaga mutu pelayanan.

"Tapi nyatanya, ada yang bisa bekerja hingga di lima rumah sakit sekaligus karena keahliannya sangat dibutuhkan," katanya.

Faktanya, kata Komar, ada sekitar 500 dokter tamu yang merupakan sebutan bagi profesi dokter yang beraktivitas lintas wilayah.

"Mereka yang datang dari luar kota, lalu membuka praktik atau ikut bekerja pada rumah sakit di Kota Bekasi. Mereka disebut sebagai dokter tamu, karena datang dari Jakarta, Bogor, Depok, hingga Tangerang," katanya.

Operasional 40 rumah sakit di Kota Bekasi beragam, mulai dari tipe D dan C yang sudah melayani pengobatan penyakit yang butuh penanganan dokter spesialis.

"Idealnya, seluruh rumah sakit kebutuhan spesialisnya sudah harus ada. Misalkan, kebutuhan dokter satu rumah sakit sebanyak delapan dokter ahli, maka itu wajib diberikan. Jadi setiap rumah sakit sedikitnya ada delapan dokter ahli," katanya.

Menurut Komar, sejauh ini belum ada aturan seputar pembatasan dokter di area Kota Bekasi, sehingga setiap dokter yang datang dengan maksud bekerja, tidak dibatasi.

"Sehingga wajar, kalau banyak dokter tamu yang datang untuk masuk ke rumah sakit di Kota Bekasi. Status dan keahliannya beraneka ragam, mulai dari dokter umum sampai dokter spesialis," katanya.

(Andi Firdaus/AntaraNews) 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Benda dari 'Dunia Alien' Masuk ke Tata Surya, Berbahaya?

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Sebulan yang lalu, astronom menemukan sebuah benda misterius yang keberadaannya tertangkap teleskop Pan-STARRS 1 di Hawaii. Hingga kini, para ilmuwan di seluruh dunia mencoba untuk melacak benda kecil yang bergerak cepat dan melintasi sistem tata surya kita itu.

NASA tidak yakin apakah benda tersebut merupakan sebuah komet atau asteroid. Badan Antariksa Amerika Serikat itu bahkan tak tahu dari mana asalnya, seperti dari "dunia alien". 

Namun, perilaku objek tersebut tak seperti bebatuan yang ada di tata surya kita. Hal itu menimbulkan dugaan bahwa benda yang dijuluki A/2017 U1 -- nama sebelumnya C/2017 U1 -- berasal dari luar tata surya kita.

Jika dugaan benar, NASA mengatakan bahwa benda itu akan menjadi objek interstellar atau antarbintang pertama yang diamati dan dikonfirmasi oleh para astronom.

"Kami telah menunggu hari ini selama berpuluh-puluh tahun," ujar Manajer Center for Near-Earth Object Studies, Paul Chodas, dalam sebuah keterangan media seperti dikutip dari CNN, Senin (30/10/2017).

"Dalam teori telah lama disebutkan bahwa objek seperti itu benar-benar ada -- asteroid atau komet bergerak di antara bintang-bintang dan biasanya melintasi tata surya kita. Namun, ini menjadi benda yang terdeteksi untuk kali pertama. Sejauh ini, semua hal mengindikasikan bahwa itu adalah benda antarbintang, tapi data lebih banyak diperlukan untuk mengonfirmasinya," jelas Chodas.

NASA mengatakan, saat ini para astronom mengarahkan teleskop yang ada di Bumi dan angkasa luar untuk melacak A/2017 U1 demi mendapat data.

Untuk saat ini, para ilmuwan memperkirakan bahwa A/2017 U1 memiliki diameter kurang dari 400 meter dan bergerak dengan kecepatan 91.800 kilometer per jam.

Objek itu ditemukan pada 19 Oktober 2017 oleh teleskop Pan-STARRS 1 milik University of Hawaii, di Haleakala.

Seorang peneliti postdoktoral di Univeristy of Hawaii Institute for Astronomy, Rob Weryk, merupakan ilmuwan pertama yang mengidentifikasi objek tersebut. Ia dengan segera menyadari ada hal berbeda tentang benda itu.

"Pergerakannya tak dapat dijelaskan baik menggunakan gambaran soal orbit komet atau asteroid di tata surya," ujar Weryk.

"Objek ini datang dari luar tata surya," imbuh dia.

Meski masih menjadi misteri, A/2017 U1 -- nama sebelumnya C/2017 U1 --   tak menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Setelah melintasi sistem tata surya kita, para ilmuwan memperkirakan objek tersebut melaju ke konstelasi Pegasus.

"Ini merupakan orbit paling ekstrem yang pernah saya lihat," ujar seorang ilmuwan di Center for Near-Earth Object Studies, Davide Farnocchia.

"Objek itu sangat cepat dan dalam lintasan tersebut, kami dapat mengatakan dengan percaya diri bahwa objek ini sedang berjalan keluar tata surya dan tak akan kembali lagi," imbuh Rafnocchia.

Objek tersebut kemungkinan akan mendapat nama lebih baik dibanding A/2017 U1. Namun karena objek tersebut merupakan benda baru, International Astronomical Union harus memiliki peraturan baru untuk memberi nama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca-Kebakaran Pabrik Kembang Api, Kemnaker Bentuk Tim Evaluasi

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Pasca-terjadinya kebakaran di pabrik kembang api PT Panca Buana Cahaya Sukses di Tangerang, Banten, yang menewaskan 47 pekerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membentuk tim evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan yang menggunakan bahan berbahaya.

"Saya instruksikan kepada jajaran pengawasan ketenagakerjaan untuk membentuk tim evaluasi K3 bekerja sama dengan instansi lain. Terutama pada perusahaan yang menggunakan bahan berbahaya. Tugas tim ini nantinya adalah memastikan pemenuhan standar K3 di industri yang menggunakan bahan berbahaya," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Hanif menyatakan, ia melihat adanya dugaan kuat pelanggaran K3 pada pabrik tersebut.‎ "Tidak terpenuhinya standar K3 di pabrik, seperti tidak adanya jalur evakuasi, tak memadainya sarana dan prasarana K3 di pabrik dan sebagainya," kata dia.

Selain itu, ada juga pelanggaran lain, seperti adanya pekerja anak, hanya sebagian pekerja didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, masalah kontrak kerja, serta pengupahan. Dari jumlah 103 pekerja, hanya 27 orang yang didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan.

Terkait pelanggaran perusahaan terhadap norma-norma K3 dan norma ketenagakerjaan lain, pengawas ketenagakerjaan akan mendalami serta menindaklanjutinya secara tegas dan profesional.

"Tak ada kata main-main untuk pelanggaran ketenagakerjaan apalagi menyangkut nyawa dan nasib pekerja," ungkap Hanif.

Pabrik kembang api PT Panca Buana Cahaya Sukses terbakar pada Jumat, 27 Oktober 2017. Kebakaran yang disertai ledakan mengakibatkan 48 orang tewas, 46 luka-luka. Sebagian di antaranya dalam kondisi kritis. Mereka dirawat di sejumlah rumah sakit, seperti RS Bun, RSUD Tangerang, dan RS Ciputra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sriwijaya FC Akan Main Bertahan di Kandang Bali United

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Pelatih Sriwijaya FC Hartono Ruslan sudah menyiapkan startegi khusus untuk timnya jelang pertandingan melawan Bali United, Senin (30/10/2017). Dia bakal fokus pada organisasi pertahanan agar tak jadi bulan-bulanan tuan rumah di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Bentrokan kedua tim di penutup pekan ke-32 Liga 1 diprediksi bakal berlangsung sengit. Bali United mengincar poin kemenangan untuk menjaga peluang juara kompetisi musim ini.

Sementara SFC yang lolos dari degradasi juga tak ingin kalah. Sebab juara ISL 2011/2012 tersebut bertekad memperbaiki posisi klasemen yang saat ini masih tertahan di peringkat 14.

"Bali United merupakan tim yang sangat kuat. Untuk antisipasi penyerang Bali United, kami sudah siapkan lini pertahanan dengan organisasi yang benar agar tidak menjadi bulan bulanan pemain Bali United," ujar Hartono Ruslan dilansir dari laman baliutd.com.

Pelatih asal Malang tersebut juga mengungkapkan SFC akan tampil dengan kekuatan penuh karena tidak ada pemain yang absen baik, karena cedera atau akumulasi kartu. Hartono hanya meminta pemainnya untuk menikmati permainan dan tenang agar bisa mencuri poin.

 

"Kami tidak kendor. Kami masih mengejar posisi sepuluh besar di klasemen akhir nanti walau jadwal akhir kami cukup berat. Tapi kami akan penuhi target tersebut," ucap Hartono.

"Kami akan berusaha memenangi laga sisa di kompetisi. Tetapi kita tetap akan bermain enjoy dan tenang," tutur sang pelatih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sindir Haters, Ayu Ting Ting Gunakan Kata-Kata Bijak

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Ayu Ting Ting tampaknya bisa disebut sebagai salah satu selebritas yang tahan banting menghadapi haters. Tak peduli berapa jumlah tanggapan negatif di kolom komentar unggahan di Instagram pribadinya, Ayu Ting Ting tetap terdiam.

 Ayu Ting Ting (Nurwahyunan/bintang.com)

Kalaupun beraksi, ibu satu anak itu tak ragu mengunggah kata-kata bijak, meski para pembenci tak gentar menghinanya. Seperti yang terlihat dalam sebuah foto di Instagram pribadi Ayu Ting Ting, Senin (30/10/2017).

Foto itu menunjukkan kata-kata bijak, sekaligus kutipan hadis yang diriwayatkan Muslim. "DihadapanNya, kita semua sama. 'Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan parasmu, melainkan dengan hatimu.'," begitu tulisan yang diunggah Ayu Ting Ting.

Para penggemar pun langsung menyambut baik unggahan di pagi hari tersebut. Seperti kata pemilik akun @ocharifin, "Bentul atuh neng @ayutingting92 .... di mata Allah SWT semua sama. Yg hanya amal dan kebaikan yg membedakannya."

 

Namun lagi-lagi, haters Ayu Ting Ting justru mengambil sisi negatif dari unggahan tersebut. Mereka menganggap pelantun "Alamat Palsu" itu hanya mengutip kata-kata bijak, tanpa mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari.

"Naah makanya ka ayu jangan sombong. Kan statusnya gtu. Asli nya jangan sombong dong. Kalo di TV sama asli kk beda bgt..," tulis @mirdasyahwa.aina.

"statusnya sich ok....cuma kelakuanmu yg gak ok," sindir @ncahndezo.

"Soksokan post ini,kalau hati lu baik. Lu gaakan ngedeketin suami orang. Sampe nyakitin istrinyaa. Sesama wanita harusnnya lu bisa tau perasaan nagitaa," ungkap @srhwln88.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondisi Somalia Usai Serangan Bom Al-Shabab

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Al Shabab menyerang Ibu kota Somalia dengan bom. Kejadian tersebut menewaskan 23 orang, dan melukai 30 orang lebih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi Bill Gates, Bos Amazon Kini Jadi Orang Terkaya di Dunia

Posted: 29 Oct 2017 09:30 PM PDT

Gelar orang terkaya di dunia kini tidak lagi dipegang oleh pendiri Microsoft Bill Gates. Gelar prestisius itu kini dipegang oleh bos Amazon, Jeff Bezos.

Ya, sejak Jumat 27 Oktober 2017, Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia. Hal ini terjadi karena Bezos mendapat tambahan kekayaan sebesar US$ 7 miliar (sekitar Rp 94,5 triliun) dalam semalam.

Sebagaimana dikutip CNBC, Senin (30/10/2017), nilai saham Amazon melonjak setelah mempublikasikan laporan pendapatannya.

Berdasarkan kalkulasi CNBC dan data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan pria pendiri perusahaan wisata luar angkasa SpaceX itu ditaksir melebihi US$ 90 miliar (sekitar Rp 1.216 triliun).

Jeff Bezos pun sah menjadi orang terkaya di dunia menggantikan Bill Gates, yang kini menduduki posisi orang terkaya nomor dua di dunia. 

Sekadar diketahui, ini bukan pertama kalinya Bezos menjadi orang terkaya di dunia. Sebelumnya dia pernah menjadi orang terkaya di dunia Juli lalu. Namun, esok harinya nilai saham Amazon turun sehingga posisi orang terkaya tetap kembali pada Bill Gates.

Sebenarnya tidak hanya kekayaan Bezos yang bertambah, tetapi juga Gates. Laman yang sama menyebut, nilai saham Microsoft melonjak dan hal ini membuat kekayaan Gates bertambah US$ 550 juta (sekitar Rp 7,4 triliun) menjadi US$ 88,5 miliar (sekitar Rp 1.195,9 triliun). Jika dibadingkan, harta Bezos memang lebih banyak.

Namun begitu, gelar orang terkaya di dunia tampaknya memang tidak abadi. Bisa saja Bezos kembali disalip Gates jika nilai saham Microsoft naik kembali atau nilai saham Amazon mengalami penurunan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keseruan 1O1 Travel Sketch di Kota Bogor

Posted: 29 Oct 2017 09:24 PM PDT

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, The 1O1 Hotel bersama komunitas Bogor Sketcher dan Sketchwalker menggelar event 1O1 Travel Sketch, yaitu menggambar beragam destinasi wisata menarik yang ada di Kota Bogor. Ratusan orang, termasuk orangtua dan anak-anak turut ambil bagian dalam event yang digelar selama dua hari, 28 dan 29 Oktober 2017.

Selain bertujuan mendekatkan kembali anak-anak pada kesenian, 1O1 Travel Sketch juga ingin mengangkat kembali seni menggambar, khususnya sketsa, dalam kaitannya dengan promosi pariwisata. Seni sketsa sama halnya dengan seni fotografi, punya sisi gugahnya sendiri, sehingga mampu menciptakan daya pikat bagi orang yang melihat.

Di akhir acara para seniman sketsa yang terlibat melelang hasil sketsanya. Hasil dari penjualan disumbangkan kepada masyarakat Pulo Geulis untuk mengembangkan desa tersebut menjadi kampung wisata, seperti yang dicita-citakan Pemkot Bogor.

Selain Bogor, 1O1 Travel Sketch sendiri akan terus digelar secara berturut-turut di beberapa tempat di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Palembang, Bandung, Malang, Jakarta, dan terakhir akan digelar di Bali dalam skala internasional.

Berikut foto-foto keseruan 1O1 Travel Sketch Bogor:

 

Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.Foto: AhFoto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.

https://www.vidio.com/watch/1100608-1o1-travel-sketch

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Lagi, Korban Ledakan Pabrik Kembang Api Meninggal Dunia

Posted: 29 Oct 2017 09:22 PM PDT

Setelah lima hari menjalani perawatan di ruang ICU RSUD Kabupaten Tangerang, Atin Puspita, salah satu korban kebakaran pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Banten, kini meninggal dunia.

Sebelumnya kondisi korban kritis karena menderita luka bakar di atas 85 persen. Rencananya jenazah Aatin akan dibawa ke rumah duka di Pekalongan, Jawa Tengah, untuk dimakamkan.

Saksikan tayangan selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, siang ini pukul 12.00 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenapa Krisdayanti Tak Hadir di Ultah Anak Anang-Ashanty?

Posted: 29 Oct 2017 09:20 PM PDT

Anang dan Ashanty menggelar pesta ulang tahun anak kedua mereka, Arsya Akbar Pemuda Hermansyah, Minggu (29/10/2017). Perayaan yang digelar di sebuah hotel di Jakarta itu berlangsung dengan sangat meriah.

Di momen tersebut, keluarga Krisdayanti beserta anak-anaknya turut diundang. Namun rupanya istri Raul Lemos itu tak hadir. Ya, kedatangan Krisdayanti hanya diwakili oleh kedua anaknya saja, Amora dan Kellen.

Ketidakhadiran Krisdayanti dalam pesta ulang tahun tersebut membuat Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah merasa kehilangan. Dalam Instagram sang ibunda, Aurel dan Aziel melakukan protes.

"Ga pernah dateng deh mimiii klo di undang," tulis Aurel Hermansyah di kolom komentar salah satu unggahan foto Krisdayanti. "Enggak dateng acara arsya," kata Azriel menimpali.

Jika dilihat, di hari yang sama, Krisdayanti menghadiri acara lain bersama Raul Lemos. Meski begitu, sang diva pop Tanah Air ini tetap memberi doa yang baik untuk Arsya Hermansyah.

Ia juga mengungunggah keceriaan Amora dan Kellen di ulang tahun Arsya. "Amora & Kellen di Birthday party adik Arsya pemuda," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pertimbangkan Periksa Ahok-Djarot dalam Korupsi Reklamasi

Posted: 29 Oct 2017 09:19 PM PDT

KPK tengah mendalami keterlibatan korporasi dalam korupsi reklamasi pulau di utara Jakarta. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif tidak menampik kemungkinan KPK memeriksa mantan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

"Belum tahu, belum tahu (pemanggilan Ahok-Djarot). Tapi kalau penyidik atau penyelidik kami menganggap penting, pihak-pihak yang dianggap mengetahui akan dimintai keterangan," kata Laode Syarif di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Dalam pengambangan kasus reklamasi ini, KPK sudah memeriksa Sekda Pemprov DKI Saefullah pada Jumat, 27 Oktober 2017. Dasar panggilan pemeriksaan terhadap Saefullah, yakni surat perintah penyelidikan, Nomor Sprin.Lidik-75/01/07/2017 tanggal 25 Juli 2017 dengan objek penyelidikannya, yakni korporasi.

Namun, Laode Syarif tak mau merinci apa yang didalami dan korporasi mana yang tengah dibidik KPK. "Itu masih pengembangan kasus yang lama. Iya. (Pengembangan ke korporasi) itu salah satu yang dipikirkan," ujar Laode Syarif.

Salah satu yang tengah didalami pihak KPK terkait reklamasi Pulau G. Izin pelaksanaan Pulau G dikantongi oleh PT Muara Wisesa Samudera yang juga anak usaha PT Agung Podomoro Land.

Perkara ini sudah lebih dulu menjerat mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja, mantan Anggota DPRD Mohamad Sanusi, dan anak buah Ariesman, Trinanda Prihantoro. Ketiganya telah divonis bersalah terkait suap pembahasan Raperda Reklamasi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tak mau memberikan tanggapan terkait kasus dugaan korupsi reklamasi yang tengah diselidiki KPK. Salah satu yang didalami oleh lembaga antirasuah terkait reklamasi Pulau G.

"Kalau soal itu (penyelidikan) saya enggak mau komentar," ujar Sandi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 29 Oktober 2017.

Penyelidikan baru kasus tersebut mencuat saat KPK memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Saefullah pada Jumat, 27 Oktober 2017 kemarin.

Terkait pemeriksaan Saefullah di KPK, Sandi juga tak mau berkomentar. Dia hanya tersenyum kepada awak media ketimbang memberikan pernyataan terkait hal tersebut.

"Saya enggak mau komentar soal itu," kata Sandiaga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gadis Remaja di Cengkareng Tertembak Peluru Nyasar

Posted: 29 Oct 2017 09:18 PM PDT

Kasus peluru nyasar terjadi di Jalan Bambu Larangan, Cengkareng Barat, Jakarta Barat pada Minggu, 29 Oktober 2017 siang. Akibat peluru nyasar tersebut, seorang gadis remaja bernama Indah Sopiah harus mendapatkan perawatan serius di rumah sakit. Peluru dari senapan angin menembus pelipisnya hingga bersarang di kepala.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Senin (30/10/2017), insiden terjadi saat tersangka memainkan senapan angin milik tetangganya untuk berburu burung di lahan kosong sekitar tempat tinggal mereka. Diduga tersangka tidak menguasai senapan, sehingga saat senapan dimainkan, peluru tiba-tiba mengenai korban saat sedang menonton televisi di rumah yang bersebelahan dengan rumah pelaku.

Pelaku yang sempat kabur akhirnya berhasil di ringkus tiga jam setelah kejadian oleh anggota ‎Polsek Cengkareng, Jakarta Barat, berikut senapan angin yang mengenai korban.

Polisi masih mendalami kasus ini, bahkan polisi juga terus menguji senapan yang digunakan oleh tersangka untuk memastikan penyebab melesatnya peluru yang mengenai korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuda di Padalarang Tega Habisi Nyawa Neneknya Sendiri

Posted: 29 Oct 2017 09:16 PM PDT

Tangis Saodah tak terbendung begitu mengetahui Jua, ibu kandungnya tidak bernyawa. Nenek berumur 69 tahun itu menderita luka belasan tusukan pada sekujur tubuh hingga nyawanya tidak tertolong dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Senin (30/10/2017), ironisnya, pelaku penusukan adalah Roni Abdul Aziz, anak Saodah sekaligus cucu korban. Usai menganiaya sang nenek dalam rumahnya, di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Aziz yang diduga dipengaruhi obat keras langsung kabur.

Setelah perburuan hampir 24 jam, aparat Satreskrim Polsek Padalarang berhasil membekuk Aziz. Pemuda berumur 20 tahun tersebut selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Sartika Asih Bhayangkara Kota Bandung untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Tak pernah terlintas di pikiran Saodah, buah hatinya tega menghabisi nyawa nenek yang merawatnya sejak lahir. Padahal tersangka juga dikenal rajin beribadah dan selalu hidup rukun serumah dengan korban.

Polisi hingga kini masih menyelidiki kepastian motif tersangka membunuh neneknya sendiri. Awalnya penganiayaan berujung kematian ini dipicu rasa jengkel pelaku terhadap korban. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka terancam hukuman maksimal 20 tahun kurungan atau penjara seumur hidup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Malaysia: Iannone Kesulitan Membalap Saat Hujan

Posted: 29 Oct 2017 09:15 PM PDT

Pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone mengalami hasil yang buruk di MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu (29/9/2017). Start di posisi ke-9, Iannone sempat menyodok ke posisi enam dan tujuh.

Meski begitu, posisinya terus turun seiring ausnya ban. Dia harus rela finis di posisi ke-17 dan tak mendapatkan satu poin pun.

Ini menjadi kegagalan yang mengecewakan untuk Suzuki Ecstar. Soalnya, mereka sempat optimistis saat Iannone mampu rebut posisi ke-5 kala sesi pemanasan (warming up) dengan catatan waktu lap 2 menit 0,657 detik.

Iannone mengakui kesulitan membalap dalam kondisi hujan. Dia kesal karena gagal menjaga momentum bagus sejak kualifikasi.

"Sulit untuk menggambarkan seperti apa balapan ini. Saat hujan semuanya jadi sulit, termasuk untuk membalap. Ini sangat disayangkan karena kami sangat cepat saat sesi pemanasan di pagi hari," ujarnya seperti dikutip situs resmi Suzuki.

"Saat balapan, motornya sangat sulit dikebut. Saya bahkan tak bisa angkat motor usai keluar dari tikungan. Saya tak merasakan grip di ban belakang atau depan. Sulit untuk bersaing di kondisi seperti ini."

Tak hanya Iannone, Alex Rins mengalami masalah lebih parah usai terjatuh di lap keenam. Meski bangkit kembali dan ganti motor GSX-RR, dia mengambil jalan pintas saat balapan. Ini membuat dia didiskualifikasi karena melanggar sehingga dapatkan black flag penalty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Disangka, 5 Kebiasaan Buruk Ini Tanda dari Orang Cerdas

Posted: 29 Oct 2017 09:15 PM PDT

Siapa yang tidak ingin menjadi orang cerdas? Semua orang tentunya ingin. Sayangnya, di dunia, semua orang tampak berusaha melanggar kebiasaan buruk dan menghilangkan jejak begitu saja.

Padahal, orang keburu menghakimi orang dengan perilaku ini tidak cerdas. Namun, menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam Bussiness Insider, ternyata 5 kebiasaan buruk merupakan tanda dari orang cerdas, seperti dilansir dari mydomaine.com, Senin (30/10/2017). Penasaran?

1. Selalu menunda-nunda sesuatu

Sebagian besar peneliti sepakat bahwa kebiasaan menunda-nunda sesuatu adalah kualitas negatif yang harus dihindari. Namun tidak dengan beberapa profesor penelitian lainnya yang menganggap menunda-nunda sesuatu adalah tanda dari kreativitas dan gagasan besar dari pelakunya.

2. Bergosip

Sebuah studi tentang gosip menemukan bahwa berbagi informasi untuk membantu orang lain dapat membuat Anda merasa lebih baik. Anda bisa merasa lebih tenang dan menurunkan detak jantung, jenis gosip yang berbeda dari menyebarkan rumor dan menjatuhkan orang lain.

3. Terlambat

Keterlambatan dapat mempengaruhi hubungan Anda secara pribadi dan profesional. Namun, ada penelitian yang membuktikan bahwa terlambat juga merupakan cermin dari kepribadian positif yang dimiliki seseorang.

Orang-orang yang memiliki kebiasaan terlambat cenderung optimistis, walau sedikit tidak realistis. Mereka biasanya melakukannya karena berpikir mereka dapat meraih lebih banyak hal dalam waktu singkat, tanda dari orang cerdas.

 

4. Meja kerja yang berantakan

Meja kerja yang berantakan tentu menakutkan bagi orang lain, namun sebuah penelitian mengatakan bahwa ada sisi positif di sini. Sebuah studi menemukan lingkungan kerja yang tidak teratur, seperti meja kerja yang berantakan dapat meningkatkan preferensi orang terhadap tujuan yang jelas.

5. Berkhayal

Berkhayal terkait dengan kreativitas. Sebuah studi yang pernah diterbitkan menemukan bahwa membiarkan pikiran mengembara dapat membantu pemecahan masalah yang kreatif.

Menariknya, ada jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan seseorang saat berkhayal, yaitu selama 12 menit. Jika Anda sedang ada proyek yang sulit, coba luangkan waktu untuk berkhayal, karena ini juga tanda dari orang cerdas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Skema Baru Tunjangan Kinerja Pegawai Pajak

Posted: 29 Oct 2017 09:15 PM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan skema baru tunjangan kinerja pegawai pajak akan berlaku pada 2018. Kebijakan tersebut menyusul ditandatanganinya revisi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai perombakan skema tunjangan kinerja pegawai pajak.

"Perpres sudah diteken Jokowi dan akan diterapkan mulai tahun depan," ucap Hadiyanto usai mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang ke-71 di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Dia menjelaskan, karena aturan ini baru akan berlaku tahun depan, tunjangan kinerja pegawai pajak tahun ini masih mengikuti Perpres Nomor 37 Tahun 2015, yakni berbasis realisasi penerimaan pajak pada tahun sebelumnya.

"Tahun ini masih pakai perpres lama, dan untuk kinerja tahun depan pakai perpres baru," tegasnya.

Dia menyebut, dengan aturan yang baru, skema pemberian tunjangan kinerja bagi pegawai pajak bukan hanya berbasis realisasi penerimaan pajak, tapi juga berdasarkan beban kinerja dan lokasi atau wilayah kerja.

"Formulanya lebih detail. Contohnya ada perbedaan antara kantor satu dengan kantor lain sesuai bobot dan tanggung jawab," Hadiyanto menjelaskan.

Perubahan skema tunjangan kinerja ini, diharapkannya dapat menciptakan keadilan dan lebih meningkatkan kinerja pegawai pajak.

"Perpres terbaru semanganya memberikan keadilan, mendorong motivasi, dan menggambarkan apresiasi dengan kinerjanya. Jadi diharapkan teman-teman di Ditjen Pajak bisa berkinerja lebih baik lagi untuk mencapai target yang telah ditetapkan," paparnya.

 

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak, Puspita Wulandari sebelumnya pernah mengungkapkan, dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 37 Tahun 2015, tunjangan kinerja untuk pegawai pajak di tahun-tahun berikutnya akan diberikan dengan mempertimbangkan realisasi penerimaan pajak pada tahun sebelumnya.

"Skema Perpres 37 Tahun 2015 ukuran kinerjanya single, yakni penerimaan pajak secara keseluruhan. Sedangkan Ditjen Pajak punya 341 kantor, ada kantor yang secara penerimaan 100 persen, tapi mereka harus menerima tukin sama dengan yang tidak 100 persen," kata dia.

Oleh sebab itu, Puspita menambahkan, dalam Perpres baru sesuai arahan Menkeu, parameter pemberian tunjangan kinerja bagi pegawai di lingkungan Ditjen Pajak ditambah, bukan hanya realisasi penerimaan sebagai basis perhitungan tukin.

"Tapi nanti diubah menurut beban kerja kantor, ada LTO Khusus, KPP Pratama, dan lainnya. Jadi Account Representative (AR) dengan grade 11 di KPP Pratama misalnya beda dengan AR grade 11 di LTO Khusus yang punya target atau beban kerja lebih tinggi," dia menerangkan.

Indikator selanjutnya untuk menentukan besaran tukin, ujar Puspita, adalah klasifikasi wilayah kerja. Ada lima wilayah yang menjadi patokan, yakni wilayah paling mahal dan paling murah, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Paling murah sudah ditetapkan di Solo, dan Papua yang paling mahal.

"Selanjutnya tetap ikut pada grade lampiran di Perpres 37, jadi sesuai dengan grade-nya," tegas Puspita.

Puspita menyatakan, dengan skema baru ini, pembayaran tunjangan kinerja didasarkan pada kinerja dan situasi. Kinerja diukur secara individual ada lima layer, yakni mulai dari stars, gold, average, under average, dan poor.

"Perubahan skema ini sudah didiskusikan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pada dasarnya Pak Jokowi sudah setuju, karena skema baru ini diharapkan lebih memotivasi pegawai pajak dengan segala usaha dan bebannya, dia akan dibayar pantas," tutur Puspita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Badut Hibur Anak-Anak Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Posted: 29 Oct 2017 09:11 PM PDT

Kelompok teater Drama Therapy menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). Anak-anak pengungsi tertawa senang saat menonton hiburan sulap dan badut tersebut. (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). Anak-anak pengungsi tertawa senang saat menonton hiburan sulap dan badut tersebut. (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Sejumlah pengungsi Rohingya menonton hiburan dari kelompok teater Drama Therapy di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Sejumlah pengungsi Rohingya menonton hiburan dari kelompok teater Drama Therapy di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy melakukan atraksi untuk menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy melakukan atraksi untuk menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). Para pemain teater ini menampilkan atraksi, sulap dan melawak badut untuk menghibur pengungsi Rohingya. (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). Para pemain teater ini menampilkan atraksi, sulap dan melawak badut untuk menghibur pengungsi Rohingya. (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy mengenakan kostum badut menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

Kelompok teater Drama Therapy mengenakan kostum badut menghibur anak-anak pengungsian Rohingya di kamp pengungsi Kutupalong, Bangladesh (28/10). (AFP Photo/Tauseef Mustafa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Lionel Richie Siap Hamil dari Ayah 3 Anak?

Posted: 29 Oct 2017 09:10 PM PDT

Jatuh ke pelukan Scott Disick yang merupakan ayah tiga orang anak, Sofia Richie terus mendapat sorotan publik. Tak hanya itu, mantan Kourtney Kardashian itu malah kerap menggoda putri Lionel Richie tersebut di depan umum.

Dikabarkan Ace Showbiz, belum lama ini, Scott Disick sempat bercanda mengenai rencananya untuk punya anak lagi. Tentunya candaannya itu ditujukan kepada putri Lionel Richie yang saat ini sedang menjadi kekasihnya.

Sofia Richie merupakan anak perempuan dari penyanyi, penulis lagu, aktor dan produser rekaman, Lionel Richie dan Diana Alexander Richie, seorang perancang busana. (doc.dailymail.com)

Banyak yang menduga, candaan Scott itu dilontarkannya lantaran Kylie Jenner yang merupakan adik mantan kekasihnya dikabarkan hamil. Seorang kerabat dekat mengutarakan hal itu.

"Melihat anggota klan Kardashian-Jenner hamil, Scott bercanda dengan Sofia setiap saat tentang apa yang akan terjadi jika dia (Sofia) akhirnya hamil - meskipun dia (Scott) tidak terburu-buru untuk memiliki anak," kata orang terdekat itu kepada HollywoodLife.com.

Sofia Richie, mantan kekasih Justin Bieber kini tengah berbahagia lantaran baru saja memiliki kekasih yang baru. Dia adalah Scott Disick, mantan kekasih Kourtney Kardashian. Keduanya pun tampak bahagia saat ini. (Instagram/richieupdates)

Sumbernya itu menambahkan, "Dia (Scott) suka melihat reaksi di wajahnya (Sofia) dan menganggapnya tak ternilai harganya." Ia melanjutkan bahwa pengusaha 34 tahun itu adalah orang yang suka mengerjai yang lain dengan cara seperti itu. "Tapi jangan salah, dia benar-benar menikmati saat dirinya dan Sofia menghabiskan waktu bersama," sumber tersebut menambahkan.

Scott Disick sendiri sempat dikabarkan tak masalah andai putri Lionel Richie suatu saat mengandung anaknya. "Scott jelas tidak berusaha untuk membuat Sofia hamil, tapi dia tidak akan melawannya jika kesalahan terjadi," kata seorang sumber kepada HollywoodLife.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oladipo Hukum Spurs Kekalahan Kedua NBA 2017-2018

Posted: 29 Oct 2017 09:07 PM PDT

Indiana Pacers mengalahkan San Antonio Spurs 97-94 dalam lanjutan musim reguler NBA 2017-2018 di Bankers Life Fieldhouse, Senin (30/10/2017) WIB. Victor Oladipo menjadi pahlawan kemenangan tuan rumah melalui tembakan tiga angka saat pertandingan menyisakan 10 detik.

Pacers selama ini kerap kesulitan memasukkan tembakan penentu kemenangan pada 20 detik terakhir pertandingan. Paul George punya 15 kesempatan selama berkarier bersama Pacers, tapi selalu gagal.

Namun, Oladipo langsung sukses pada kesempatan pertamanya. Oladipo datang ke Pacers pada musim panas lalu bersama Domantas Sabonis sebagai bagian dari trade George ke Oklahoma City Thunder.

Aksi Oladipo sekaligus memberikan kemenangan langka Pacers atas Spurs. Kemenangan ini merupakan yang ketiga bagi Pacers dari 20 gim terakhir kontra Spurs sejak 2007.

Oladipo yang merupakan mantan bintang Universitas Indiana mengakhiri pertandingan dengan 23 poin dan lima assist. Sabonis menambah 22 poin dan 12 rebound. Oladipo selalu menjadi pencetak angka terbanyak Pacers dari enam laga musim ini.

LaMarcus Aldridge memimpin Spurs dengan 26 poin dan delapan rebound. Pau Gasol mengemas 17 poin, tujuh rebound, lima block, dan lima assist.

Hasil ini menandai kekalahan kedua Spurs secara beruntun setelah memenangi empat laga awal musim ini. Pelatih kepala Spurs Gregg Popovich harus menunggu untuk menyejajarkan diri dengan Phil Jackson di peringkat keenam dalam daftar pelatih dengan rekor kemenangan terbanyak di NBA.

Spurs tampak akan memenangi pertandingan setelah membuka kuarter keempat dengan keunggulan 82-73. Namun, Pacers mampu bangkit dan berbalik unggul 89-85 saat laga tersisa 3:06 menit berkat sumbangan angka Oladipo dan Sabonis.

Spurs kembali unggul 94-92 setelah Danny Green mencetak lima poin beruntun. Namun, tembakan tiga angka Oladipo membawa Pacers kembali memimpin 95-94.

Aldridge lalu gagal memasukkan bola lewat jump shot. Cory Joseph yang dilanggar saat merebut bola rebound tembakan Aldridge sukses memasukkan dua lemparan bebas.

Patty Mills punya peluang menyamakan skor untuk memaksa laga berlanjut ke overtime. Namun, tembakan tiga angka Mills sesaat sebelum buzzer gagal menembus jaring Pacers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Menata Rumah Seluas 5x6 Meter

Posted: 29 Oct 2017 09:06 PM PDT

Punya rumah mungil sebenarnya memberi banyak kemudahan bagi penghuninya. Dengan luasan terbatas, Anda bisa lebih ringan dan hemat waktu ketika bersih-bersih.

Sayangnya ada beberapa masalah yang kerap ditemui pemilik rumah mungil. Seperti kesulitan menata ruangan tetap rapi dan ruang penyimpanan yang selalu kurang.

Kunci penataan ruang sempit sebenarnya terletak pada pemilihan furnitur yang tepat. Saat ini hadir ragam furnitur yang memiliki fungsi ganda.

Misalnya kasur yang bisa dilipat menjadi sofa ruang tamu maupun tempat duduk yang bagian dalamnya bisa digunakan untuk laci penyimpanan barang. Atau ada juga set meja makan yang bisa dilipat menempel pada dinding ketika tidak dipakai.

Jadi jika luas rumah Anda hanya sekitar 5×6 meter, ada banyak cara kreatif yang bisa Anda coba ketika mendekorasi. Lihat inspirasinya dari Rumah.com berikut ini.

Simak juga: Mau Rumah Minimalis Sederhana Harga Rp200 Jutaan? Ada! 

Sumber foto: home-designing.comDesain rumah pertama karya Yelena Potemkin mengedepankan konsep modern dengan dominasi warna monokrom hitam dan krem. Meski demikian, sentuhan warna hijau juga turut membuat ruangan terlihat segar dan hidup.
 
Dengan luas ruang komunal sekitar 29 meter persegi, Anda bisa menata dua ruangan sekaligus. Area santai di sebelah kiri diisi oleh lemari kabinet, sofa couple dan televisi. Sementara di sebelah kanan ada kitchen set dan meja makan minimalis yang berwarna serba hitam.
Sumber foto:  home-designing.comUntuk Anda yang ingin memberi sentuhan stylish pada ruangan yang sempit, pilih warna warni cerah dan corak yang berani dalam furniturnya. Desainer interior Catherine Remizov berani memadukan perabot warna putih dan corak zebra demi memberi kesan klasik sekaligus mewah.

Dengan luas ruang sekitar 20 meter persegi, Anda bisa menghadirkan ruang bersantai sekaligus dapur yang dipisahkan oleh partisi cermin. Di malam hari, sofa kulit tersebut bisa disulap menjadi ranjang double bed yang nyaman.

Baca juga: Rumah Mungil Anda Terlihat Membosankan? Ini Cara Atasinya!

Sumber foto:  home-designing.com

Jika Anda tak punya kabinet atau lemari yang cukup besar untuk menyimpan koleksi pakaian atau sepatu, maka desain karya Stanislav Aynulov ini bisa memberi inspirasi segar. Dengan membuat mezzanine kecil di dalam ruangan, set sofa sebagai tempat bersantai terlihat lebih stand out.

Tidak hanya itu, ternyata bagian bawah sofa adalah laci serbaguna sebagai pengganti lemari pakaian. Sementara itu, Anda bisa meletakkan kursi dan meja di sebelahnya tanpa mengganggu area satu sama lain.

Demi membuat ruangan seluas 28 meter persegi ini terlihat unik, permainan lampu gantung warna warni dan karpet geometri memberi peranan yang signifikan.

Sumber foto:  home-designing.com

Bila Anda punya bujet lebih untuk membuat funitur custom, maka tak ada salahnya mencontek karya desainer Eugene Han berikut ini.

Guna memenuhi kebutuhan kamar tidur tamu atau kasur bersantai, sebuah ranjang lipat dibuat menempel pada dinding ruang tamu. Anda tinggal menariknya ke bawah jika sewaktu-waktu butuh tempat berbaring yang lebih nyaman.

Tak bisa memiliki rumah besar bukan lagi alasan untuk tidak segera membeli rumah. Sebab, rumah mungil pun bisa dibuat menarik. Tertarik mencari rumah baru? Simak pilihannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan!

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkan Draf Revisi UU Ormas pada Awal 2018

Posted: 29 Oct 2017 09:02 PM PDT

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan pemerintah berkomitmen melakukan revisi UU Ormas. Ia menargetkan usulan draf dari pemerintah akan rampung pada awal 2018.

"Rencananya, awal tahun kita siapkan konsep dari pemerintah. Nanti akan kita koordinasikan dengan Kementerian Hukum dan HAM," kata Tjahjo di kantornya, Senin (30/10/2017).

Ia mengungkapkan, perubahan nantinya bersifat terbatas. Pemerintah tidak akan membuka diskusi pada hal prinsip.

Tjahjo mencontohkan, pemerintah tetap tegas pada hal berkaitan dengan komunisme, ateisme, marxisme, dan ajaran yang serupa. Sikap serupa berlaku bagi ideologi yang berseberangan dengan ideologi bangsa.

"Apalagi yang ingin mengubah ideologi Pancasila, UUD 1945," kata Tjahjo.

Pada isu yang lain, pemerintah siap duduk bersama untuk menyempurnakan UU Ormas. Ia meyakini semua fraksi di DPR telah mempersiapkan masukan.

"Saya yakin DPR baik secara kelembagaan dan secara fraksi-fraksi juga sudah daftar inventarisasi masalah mana-mana yang perlu direvisi," pungkasnya.

Pemerintah saat ini masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait uji materi Perppu Ormas yang sudah disahkan jadi UU melalui rapat pripurna DPR. Beberapa organisasi menyatakan akan mengajukan uji materi tersebut. 

Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah siap melaksanakan apa pun keputusan MK.

"Pemerintah masih menunggu keputusan MK apa pun itu kan tahapan-tahapan yang dibuka, tetap memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk melakukan upaya-upaya hukum," kata Tjahjo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Tahun, Motor Trail Honda Sudah Bisa Digeber Konsumen

Posted: 29 Oct 2017 09:02 PM PDT

Motor trail Honda tidak lama lagi akan diluncurkan. Meski belum ada informasi mengenai detail waktunya, setidaknya itu bisa diterka dari rencana pengiriman unit ke konsumen.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya menyebut konsumen sudah bisa melakukan pemesanan dan bakal mendapatkan unitnya di akhir tahun. Bukan tidak mungkin bulan depan (November) menjadi waktu peluncuran motor trail bermesin 150 cc tersebut.

Sementara itu, PT Wahana Makmur Sejati (Wahana) selaku dealer utama sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang mengakui telah menerima pemesanan motor trail yang kabarnya bakal dinamai Honda CRF150.

"Trail kita sudah bukan inden tapi namanya apa kita belum tahu. Booking fee-nya Rp 2,5 juta dengan kisaran harga Rp 30-35 juta," terang Head of Marketing Wahana Ario saat ditemui di acara Honda Dream Cup 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (30/10).

Sayang ia tidak bisa menyebutkan berapa angka pemesanan yang sudah diterima karena datanya masih dipegang oleh dealer-dealernya atau belum dilaporkan ke pusat. Menyoal waktu pengiriman unit, Wahana mengupayakan bisa dilakukan akhir tahun ini.

"Kami upayakan delivery akhir tahun. Cuma kita janjikan ke konsumen awal tahun tapi diusahakan bisa datang di akhir tahun ini karena takutnya ada pergeseran jadwal produksi," kata Ario.

Lebih lanjut ia menyebut, konsumen yang melakukan inden motor trail Honda ini ada yang merupakan konsumen pengguna brand kompetitor.

"Ada yang beberapa dari seberang (kompetitor). Jadi mereka memikirkan kalau Honda pasti aftersales-nya lebih baik. Dan ini kan model baru pasti peminatnya lebih banyak," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Tolak RUU Israel soal Aneksasi Tepi Barat Yerusalem

Posted: 29 Oct 2017 09:01 PM PDT

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menentang rencana pemungutan suara yang akan dilakukan pemerintah Israel atas sebuah rancangan undang-undang kontroversial. Kabar itu datang dari seorang pejabat AS yang anonim.

Rancangan undang-undang itu, menurut seorang pejabat AS, akan memberikan Israel wewenang untuk melakukan aneksasi secara de facto atas sejumlah permukiman Yahudi di sekitar Yerusalem. Demikian seperti dikutip dari Strait Times, Senin (30/10/2017).

RUU tersebut akan menyerap sebagian besar permukiman di Tepi Barat, Yerusalem untuk masuk ke dalam teritori Israel. Penyerapan permukiman itu dilakukan dengan cara memperbesar batas kota.

"Saya pikir wajar jika AS menentang hal itu (voting RUU), karena kami yakin hal itu akan mengganggu prinsip-prinsip dasar untuk memajukan negosiasi secara damai," kata seorang pejabat AS yang anonim.

Permukiman yang terkena dampak atas RUU itu adalah Maale Adumim, Beitar Illit, Efrat, Givat Zeev, dan blok Gush Etzion.

Menteri Intelijen dan Transportasi Yisrael Katz, yang mendorong RUU tersebut berencana menambah 150 ribu orang Israel ke penduduk Yerusalem, memperkuat etnis Yahudi di kawasan.

Berbagai pihak yang menentang RUU itu menilai, legislasi tersebut adalah langkah Israel untuk melakukan aneksasi penuh secara sepihak terhadap seluruh permukiman di Tepi Barat Yerusalem.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menunda proses pemungutan suara RUU tersebut yang akan dilakukan oleh komite kabinet.

Menurut jadwal yang semula ditetapkan, proses pemungutan suara akan dilakukan pada Minggu, 29 Oktober. Namun, menurut pejabat Israel kepada Agence France Presse, voting ditunda atas alasan, demi "persiapan diplomatik".

Seperti dikutip dari Haaretz, Netanyahu mengatakan bahwa Israel akan berdiskusi terlebih dahulu dengan Amerika Serikat sebelum melanjutkan voting RUU tersebut.

"Kami tengah berkomunikasi dengan AS. Saat ini kami tengah berkoordinasi dan berbicara dengan mereka, demi mempromosikan dan mengembangkan permukiman di sana (Tepi Barat Yerusalem)," kata Netanyahu seperti dikutip dari Haaretz.

RUU tersebut telah dibahas oleh pemerintah Israel sejak tahun lalu. Netanyahu awalnya setuju untuk mendorong pengesahan RUU itu pada bulan Juli menyusul sebuah serangan di Temple Mount Yerusalem yang menewaskan dua petugas polisi.

Namun sejauh ini, RUU itu belum mencapai tahap pemungutan suara yang paling awal sekalipun.

Penundaan voting RUU tersebut dapat dianggap sebagai sebuah sinyal bahwa PM Netanyahu mungkin berada di bawah tekanan dari AS. Washington sendiri, selama ini, tengah mencari cara untuk memulai kembali perundingan damai Israel - Palestina yang sempat terhenti beberapa waktu silam.

"RUU itu memicu tekanan internasional dan berbagai isu hukum. Netanyahu belum akan melanjutkan RUU tersebut saat ini," kata seorang pejabat Israel yang tak disebutkan namanya.

Selain itu, jika RUU tersebut tetap diloloskan oleh Israel dan AS tetap membiarkan hal itu terjadi, berbagai pihak memprediksi akan terjadi kecaman besar dari komunitas internasional.

Bagi sebagian besar masyarakat internasional, status permukiman Israel, yang dibangun di Tepi Barat Yerusalem, harus diputuskan lewat perundingan damai yang melibatkan pihak Palestina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: