Kamis, 26 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


NBA: Hajar Bucks, Celtics Lanjutkan Momentum Kebangkitan

Posted: 26 Oct 2017 10:18 PM PDT

Boston Celtics berhasil meraih kemenangan ketiga beruntun di NBA 2017-2018. Celtics mempermalukan tuan rumah Milwaukee Bucks 96-89 di UW-Milwaukee Panther Arena, Milwaukee, Kamis (26/10/2017) atau Jumat (27/10/2017) WIB.

Kemenangan ini membuat Celtics sekaligus membalas kekalahan dari Bucks saat melakoni laga kandang pertama musim ini, 18 Oktober 2017.

 

Celtics unggul hingga 10 poin pada kuarter pembuka. Namun, Celtics gagal memasukkan tujuh tembakan pertama pada kuarter kedua. Setelah Malcolm Brogdon menyamakan kedudukan, Giannis Antetokounmpo melakukan dunk yang membawa Bucks berbalik memimpin 44-43 saat halftime.

Celtics memasukkan lima tembakan tiga angka untuk kembali memimpin 72-69 pada akhir kuarter ketiga. Bucks sempat mendekat pada kuarter keempat. Namun, kombinasi duet maut Kyrie Irving dan Al Horford menjaga keunggulan Celtics hingga laga usai.

Horford dan Irving menjadi mesin pencetak angka Celtics pada laga ini. Horford mengemas 27 poin, sedangkan Irving 24 poin.

Persentase tembakan masuk Celtics (42,3) sebenarnya kalah dari Bucks (45). Namun, Celtics lebih efisien dari lemparan bebas dengan memasukkan 19 dari 22 kesempatan. Sebaliknya, Bucks cuma memasukkan delapan dari 14 lemparan bebas.

Kunci kemenangan Celtics lainnya adalah membatasi pergerakan bintang Bucks, Giannis Antetokounmpo. Kerja keras Horford, Daniel Theis, Semi Ojeleye, dan Aron Baynes membuat Antetokounmpo tak bisa leluasa menyerang ring Celtics.

Penjagaan ketat pemain bertahan Celtics membuat Antetokounmpo mencetak kurang dari 30 poin untuk pertama kali pada musim ini. Pebasket asal Yunani itu mengakhiri laga dengan 28 poin, 10 rebound, tujuh assist, dan tiga steal.

Khris Middleton dan Brogdon masing-masing menambah 15 poin untuk Bucks.

Milwaukee Bucks menjamu Celtics pada laga ini di markas lama mereka, UW-Milwaukee Panther Arena yang dikenal dengan nama Mecca. Mecca menjadi kandang Bucks sejak musim 1968-1969 sampai musim 1987-1988 sebelum pindah ke markas mereka saat ini, BMO Harris Bradley Center.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Ritel Modern Miniso Bertahan dari Gempuran e-Commerce

Posted: 26 Oct 2017 10:16 PM PDT

Perkembangan era digital di sektor perdagangan seiring kemunculan beragam situs jual beli online (e-commerce) turut menggerus pasar ritel modern berkonsep offline. Untuk mengatasi hal ini, para pemain ritel pun dituntut untuk mengikuti perkembangan di era digital ini.
 
Salah satunya dilakukan Miniso, retail modern asal Jepang. ‎Vice General Manager Miniso Indonesia Natalia K Elda mengatakan, untuk bisa bertahan di era digital ini, pihaknya mengembangkan bisnis dengan membuka toko resmi di beberapa e-commerce di Indonesia.
 

 
Menurut dia, saat ini Miniso mulai untuk membuka toko resmi di beberapa e-commerce seperti Lazada, JD.id, Shopee, Tokopedia dan Blibli. Hal ini selain sebagai upaya ritel untuk bertahan di tengah lesunya bisnis ritel, juga menjadi cara perusahaan untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
 
"Melalui e-commerce, kami ingin menjangkau konsumen yang di daerahnya belum ada toko Miniso," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (27/10/2017).
 
Menurut Natalia, perkembangan dunia digital memang sulit untuk dibendung, terlebih dengan munculnya beragam pemain e-commerce baik lokal maupun global. Namun tren ini harusnya bisa menjadi peluang bagi peritel untuk meningkatkan penjualannya melalui online.
 
"Apalagi akses internet serta penggunaan smartphone yang meningkat semakin memudahkan penggunanya untuk berbelanja online," dia menjelaskan.
 
Meski demikian, kata Natalia, pihaknya juga tetap akan fokus pada pengembangan gerai offline di sejumlah daerah. Hingga 2018, Miniso menargetkan memiliki 200 gerai yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.
 
Saat ini, Miniso telah memiliki lebih dari 50 gerai di Indonesia yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Palembang dan Bali. Hingga akhir tahun ini, Miniso menargetkan akan membuka 100 gerai dan diharapkan ada lebih dari 200 gerai pada 2018.
 

Rencana penutupan gerai ritel Debenhams pada akhir 2017 kembali menuai perhatian. PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) selaku pengelola menyebut, salah satu penyebab tutupnya gerai ritelnya terkait keberadaan toko online.

"Di seluruh dunia, tren berbelanja generasi milenial telah beralih dari department store. Mereka lebih memilih untuk berbelanja di gerai specialty store. Hal ini juga terjadi di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia," ujar Head of Corporate Communication MAP, Fetty Kwartati, dalam keterangannya, Kamis (26/10/2017).

Pola perubahan tren belanja ini, menurut dia, tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi global secara keseluruhan. "Keputusan untuk menutup gerai-gerai tersebut diambil setelah mempertimbangkan perubahan tren ritel secara global," kata dia

Hal lain, dikatakan Fetty, seiring langkah perseroan melakukan upaya restrukturisasi. Saat ini MAP tengah melakukan konsolidasi bisnis department store. Perusahaan akan fokus pada gerai ritel lain miliknya, seperti SOGO, SEIBU, dan Galeries Lafayette.

Sejalan dengan tren pasar saat ini, MAP juga akan terus berinvestasi pada bisnis active, fashion dan food and beverage. Indonesia juga melihat pertumbuhan signifikan industri e-commerce yang berdampak pada offline store.

Menanggapi transisi digital ini, dia mengungkapkan, MAP telah meluncurkan gerai online MAPEMALL. Perusahaan akan secara intens berupaya mengembangkan bisnis O2O sebagai bagian dari visi perusahaan untuk menjadi peritel omni channel terdepan di Asia.

"Selain itu, hal yang lebih penting adalah terlihatnya perkembangan positif dari berbagai inisiatif perusahaan. Hasil kinerja yang positif untuk semester pertama 2017 telah diikuti dengan kinerja keuangan yang kuat di kuartal ketiga, ditandai oleh pertumbuhan penjualan yang signifikan. Kami percaya inisiatif strategis ini akan menunjang pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang dan meningkatnya nilai pemegang saham," kata dia.

Hingga September 2017, MAP mengoperasikan 1.916 gerai ritel di 69 kota di Indonesia. 

Tonton Video Pilihan Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Sorotan Dunia, Berapa Kecepatan Terens Puhiri?

Posted: 26 Oct 2017 10:10 PM PDT

Terens Puhiri mencuri perhatian dunia. Kecepatan pemain Pusamania Borneo FC tersebut kini ramai dibicarakan di media sosial dan jadi sorotan media-media luar negeri. 

Terens Puhiri mendunia setelah mencetak gol ke gawang Mitra Kukar dalam lanjutan Liga 1, 23 Oktober lalu. Saat itu, Terens melakukan solo run dengan kecepatan spektakuler dari daerah pertahanan sendiri sebelum akhirnya berhasil memperdayai kiper Naga Mekes. 

Cuplikan gol tersebut kini tersebar di berbagai media. Bahkan media asal Inggris, DailyMail, menduga Terens lebih cepat dari pemain Manchester City, Leroy Sane, yang jadi tercepat di Liga Inggris. Sane diketahui memiliki kecepatan lari hingga 35.48 km per jam (22.05 mph).

Bila dikonversi ke dalam satuan panjang meter, maka Sane hanya butuh waktu kira-kira 10 detik untuk berlari sejauh 100 meter. Angka yang fantastis bagi seorang pesepak bola. Kecepatan seperti ini biasanya dimiliki oleh sprinter-sprinter ternama, seperti usain Bolt. 

Kecepatan Terens Puhiri, tentu sulit diketahui secara pasti. Sebab teknologi milik Liga 1 belum semutahir Premier League. 

Pemain berusia 21 tahun itu juga tidak pernah mengukurnya. Dia mengaku hanya berusaha memberikan yang terbaik bagi timnya. Namun dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Terens mengaku sudah maksimal saat mencetak gol ke gawang Mitra Kukar, Senin lalu. 

 

Sejumlah media berusaha mencari tahu kecepatan Terens saat mencetak gol ke gawang Mitra Kukar. Salah satunya Digg.com, yang melakukan perhitungan secara manual   mengacu pada jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan Terens saat mencetak gol.

Lalu seberapa cepat Terens berlari?

Menurut Digg.com, kecepatan Terens, kira-kira 19 mil per jam atau sekitar 30,58 km per jam. Angka ini muncul dengan asumsi lapangan FIFA panjangnya mencapai 120 yards atau 110 meter. Dalam cuplikan video terlihat Terens berlari dari jarak sekitar 35 yard (32 m).

Penunjuk waktu pada layar menunjukkan, Terens berlari mulai 69:52 dan mencapai jarak sekitar 30 yard atau 27,4 meter dari gawang lawan pada 69:52. Jadi untuk jarak sejauh 55 yards atau setara 50,2 meter, Terens kira-kira hanya membutuhkan waktu enam detik. 

Dengan demikian, kecepatan yang Terens mencapai 19 meter per jam. Sebagai catatan, saat mencetak rekor lari 100 meter, kecepatan Usain Bolt mampu mencapai 23,3 meter per jam. Bedanya, Bolt diuntungkan karena tidak harus tampil selama 69 menit sebelumnya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diledek LGBT oleh Nikita Mirzani, Evelyn: Emang Gue Pikirin!

Posted: 26 Oct 2017 10:10 PM PDT

‎Nikita Mirzani terlibat perseteruan dengan Evelyn Nada Anjani. Dalam sebuah video yang beredar, keduanya bahkan saling melempar cacian. Setelah itu, Nikita Mirzani pun melayangkan sindiran kerasnya melalui akun media sosial.

Bintang film Nenek Gayung itu meledek seseorang dengan sebutan lesbian alias penyuka sesama wanita. Meski tak menyebut nama, namun banyak yang meyakini bahwa sindiran itu dialamatkan Nikita Mirzani untuk Evelyn Nada Anjani.

Ditemui di acara Insert Awards, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2017) malam, Evelyn Nada Anjani pun memberikan komentarnya.

"Bodo amat, emang gue pikirin? Hahaha. Biarin ajalah, aku enggak pernah tanggapin omongannya dia juga," kata Evelyn Nada Anjani.

Mantan istri Aming itu mengaku belum ada penyelesaian positif terkait permasalahannya dengan Nikita Mirzani. Namun, Evelyn menganggap saat ini ‎dirinya tak perlu menanggapi Nikita Mirzani.

"Enggak aku tanggapi juga kan. Sudahlah enggak usah dibahas, sudah selesai juga kan," tuturnya.

Selain itu, Evelyn juga mengaku terkejut ketika Aming membelanya terkait masalah dengan Nikita Mirzani. "Aku juga enggak mengerti. Karena awalnya dia (Nikita) yang berkoar-koar, jadi mungkin Kak Aming-nya sebal. Aku juga enggak tahu dan enggak mau ikut campur," ujar Evelyn Nada Anjani. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Tepat Tangani Luka Bakar Akut

Posted: 26 Oct 2017 10:07 PM PDT

Luka bakar yang dialami korban ledakan pabrik kembang api di Kosambi, Kabupaten Tangerang mencapai 80 persen. Pada tahap ini, korban mengalami kerusakan jaringan kulit yang parah.

Luka bakar ini merusak lapisan luar kulit (epidermis) dan seluruh jaringan di bawah kulit (dermis). Kondisi kulit kering dan kasar, warna kulit juga hitam, putih, coklat, atau kuning.

Pada area kulit yang terbakar terjadi pembengkakan dan berkurangnya sensitifitas di ujung saraf. Ini karena jaringan saraf sudah hancur, dikutip dari WebMD, Jumat (27/10/2017).

Penanganan darurat yang harus dilakukan petugas medis berupa pembersihan dan debriding (mengeluarkan kulit dan jaringan mati dari daerah yang terbakar) dini.

Prosedur ini bisa dilakukan di bak mandi khusus di rumah sakit atau melalui pembedahan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Korban yang mengalami luka bakar akut bisa melakukan pencangkokan kulit atau penggunaan kulit sintetis. Dilansir dari Stanford Children's Health, pencangkokan kulit diperlukan agar menutupi area yang terluka.

Prosedur ini dilakukan dengan mengambil bagian kulit yang tidak terbakar. Kemudian bagian kulit tersebut digunakan menutupi menutupi area yang terkena luka bakar.

Pada tahap akhir, perawatan intensif pun dapat diterapkan. Korban diberikan antibiotik intravena (IV) untuk mencegah infeksi dari kulit yang terbakar. Pemberian antibiotik salep dapat membantu meringankan luka bakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi Tepat Berbelanja dan Antar Paket dengan Mudah

Posted: 26 Oct 2017 10:07 PM PDT

Industri e-commerce saat ini tumbuh pesat di Tanah Air berkat berkembangnya Internet dan smartphone yang terus meningkat. Perkembangan ini juga membawa dampak pada sektor digital lainnya, yaitu jasa pengiriman dan penerimaan paket (kurir) berbasis teknologi/digital yang ditawarkan perusahaan logistik. Salah satu layanan kurir yang sudah 2 tahun eksis di Tanah Air adalah Ninja Xpress dari perusahaan logistik asal Singapura, Ninja Van.

Sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi, Ninja Express menawarkan jasa pengiriman dan penerimaan paket yang menawarkan sistem real time. Sebelum masuk ke Indonesia, Ninja Xpress sudah eksis sebelumnya di Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Kini memasuki tahun ke dua di Indonesia, Ninja Xpress mampu mendistribusikan paket-paket logistik ke area Jawa dan kota besar lainnya.

Sistem yang ditawarkan bisa membantu para pelaku e-commerce untuk mengaksesnya 24 jam. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kerjasama-kerjasama yang terjadi bersama beberapa partner seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Salestock, Berrybenka, VIP Plaza dan masih banyak yang lainnya. 

Dengan teknologi dan pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya, maka Ninja Xpress menjadi solusi tepat memenuhi kebutuhan masyarakat di kota besar ini.

Penasaran jasa apa yang ditawarkan secara lengkap? kunjungi www.ninjaxpress.co

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Chicago Bulls Raih Kemenangan Perdana

Posted: 26 Oct 2017 10:04 PM PDT

Chicago Bulls akhirnya bisa meraih kemenangan perdana di NBA 2017-2018. Bulls menekuk Atlanta Hawks 91-86 di United Center, Chicago, Kamis (26/10/2017) atau Jumat (27/10/2017) WIB.

Rookie Lauri Markkanen menjadi pahlawan kemenangan Bulls. Pebasket asal Finlandia itu memasukkan tembakan tiga angka krusial saat laga tersisa 48,5 detik lagi untuk membuat Bulls unggul 90-86.

Markkanen mengakhiri pertandingan dengan mencatat dobel-dobel 14 poin dan 13 rebound. Ini merupakan dobel-dobel kedua Markkanen pada NBA 2017-2018. Sebelumnya dia juga mencatat dobel-dobel saat Bulls kalah 77-87 dari Spurs, 21 Oktober 2017.

Markkanen menjadi pemain kedua sepanjang sejarah Bulls yang mencetak dobel-dobel lebih dari sekali pada empat laga awal karier di NBA.

Total ada tiga pemain Bulls yang mencatat dobel-dobel pada laga ini, yaitu Markkanen, Justin Holiday, dan David Nwaba. Holiday mencetak 13 poin dan 10 rebound, sedangkan Nwaba mengemas 15 poin dan 11 rebound dari bangku cadangan.

Pemain terproduktif Bulls ialah Robin Lopez yang mengemas 16 poin. Dua pemain Bulls lain yang mengakhiri laga dengan dua digit angka adalah Denzel Valentine dan Jerian Grant yang sama-sama mencetak 11 poin.

Kunci kemenangan Bulls selain banyaknya pemain yang produktif mencetak poin adalah dominan dalam rebound. Bulls mengoleksi total 62 rebound berbanding 40 milik Hawks.

Marco Belinelli memimpin Hawks dengan 23 poin. Kent Bazemore menambah 16 poin dan Mike Muscala menyumbang 14 angka.

Bulls sebenarnya tertinggal 37-39 saat halftime. Namun, tuan rumah berbalik unggul pada kuarter ketiga dan memimpin 65-59 menuju kuarter terakhir.

Kedua tim bergantian memimpin perolehan angka pada kuarter keempat. Namun, tembakan tiga angka Markkanen pada menit terakhir tak bisa dijawab oleh Hawks. Bulls pun mempertahankan keunggulan hingga laga usai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Jasad Pria Asal Peru 'Menghela Napas' Saat Hendak Dikubur

Posted: 26 Oct 2017 10:03 PM PDT

Keluarga besar Watson Franklin Mandujano Doroteo, seorang pemuda asal Peru yang dinyatakan meninggal dunia beberapa waktu lalu, dibuat kaget dengan penampakan tak biasa dari jasad salah satu anggota keluarganya.

Saat upacara pemakaman akan dimulai, dan jasad Doroteo sudah dimasukkan ke dalam peti, tiba-tiba ada gerakan otot perut korban yang bergerak.

Dikutip dari laman Independent.co.uk, Jumat (27/10/2017), tulang rusuk Doroteo seakan-akan naik turun menunjukkan bahwa pria tersebut masih menghela napas.

Sebelumnya, Doroteo dinyatakan meninggal dunia oleh dokter setelah mengalami demam dan menggigil pasca-operasi pencabutan akar gigi pada 21 Oktober 2017.

Ketika melihat adanya tanda-tanda kehidupan, keluarga Doroteo langsung menelepon tim medis untuk kembali menjalani pemeriksaan.

Menurut laporan dari surat kabar Argentina Los Andes, dokter yang telah tiba di kediaman Doroteo percaya bahwa jasad pria itu menunjukkan tanda-tanda kehidupan nyata.

Tak lama setelah melihat tanda-tanda keajaiban tersebut, Doroteo langsung dikeluarkan dari peti dan dipindahkan ke rumah sakit.

Namun, belum lama setelah dibawa ke rumah sakit pria itu kembali dinyatakan meninggal dunia. Kerabat terdekat dari Doroteo menyebut pria itu sebenarnya masih hidup namun telah lama terbius oleh obat-obatan yang diberukan oleh dokter saat menjalani operasi gigi.

"Mereka memberikan diazepam," ujar salah satu kerabat Doroteo.

Tak banyak kasus gerakan otot perut yang ditunjukkan oleh jasad seseorang saat upacara pemakamannya berlangsung. Namun, ada beberapa kasus di mana seseorang bangkit dari peti jenazah setelah dilaporkan meninggal dunia.

Pada Maret 2014, Walter Williams yang kala itu berusia 79 tahun ditemukan hidup kembali saat beberapa orang tengah mengoleskan balsen di tubuhnya. Tentu kejadian ini membuat banyak orang kebingungan sekaligus takut.

Hal serupa pernah terjadi di Mesir tahun 2012. Upacara pemakaman seorang pelayan membuat dokter di sana kebingungan. Pasalnya, ia tiba-tiba hidup kembali setelah mengalami serangan jantung mendadak saat tengah bekerja.

Pada tahun 2014, seorang gadis Filipina yang masih berusia tiga tahun dilaporkan terbangun dari peti mati. Yang membuat seram, ia membuka sendiri peti mati tersebut.

Dokter yang tiba di tempat, menyatakan bahwa ia telah hidup kembali dan semua orang membatalkan upacara pemakaman tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Laudya Cynthia Bella dapat Julukan Iron Man Langkawi

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Laudya Cynthia Bella sedang menikmati indahnya Korea Selatan. Kepergiannya ke sana tak bersama sang suami, Engku Emran maupun anak sambungnya, Engku Aleesya.

Padahal, Engku Emran tengah membutuhkan dukungan dari orang-orang tercintanya. Seperti diketahui Emran merupakan seorang triathlete atau pelaku olahraga triathlon, yaitu berenang, bersepeda, dan berlari.

Laudya Cynthia Bella pergi ke Korea Selatan tanpa suami dan anak (Foto: Instagram)

Sayangnya, Laudya Cynthia Bella tak dapat memberikan dukungan secara langsung pada suaminya. Untunglah Engku Emran tetap mendapat sokongan dari seorang perempuan. Dia adalah putri semata wayangnya.

Melalui sebuah gambar dan tulisan di atas kertas bergaris, Engku Aleesya memberi semangat pada Engku Emran. Ia berharap ayahnya bisa mendapat peringkat di bawah 100.

Gambar ini pun dibagikan suami Laudya Cynthia Bella di akun Instagramnya, baru-baru ini. "The kind of motivation i need. T-22 Bring it on #ironmanlangkawi703 #swimbikerun #tridaddy #trihubby," tulisnya sebagai keterangan gambar.

Anak sambung Laudya Cynthia Bella ini pun mendapat pujian dari warganet. Lebih dari 75 ribu peselancar Instagram pun menyukai gambarnya.

Jauh dari Laudya Cynthia Bella, sang suami dapat support dari cewek lain (Foto: Instagram)

"Aleesya cocok jd desainer, gambarnya bagus, sederhana n pas cara dia menggambrkn urutan situasi, good job aleesya...smart kid," tulis @zanah23nurullah.

Akun @noris_abduljamil menambahkan, "Hehe... Extrinsic Motivation for Intrinsic Motivation for a father... Good Girl... nice handwriting."

"Semangatt wat ayah @iamkumbre aleesya anak soleha..masyaallah," timpal akun @novienovi11.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merchandise Rossi Kuasai MotoGP Malaysia

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Valentino Rossi boleh saja gagal menjadi juara MotoGP 2017. Perolehan poinnya sangat jauh dari Marc Maquez dan Andrea Dovizioso di klasemen MotoGP. 

 
Meski begitu, merchandise Valentino Rossi menguasai penjualan pernak pernik MotoGP di Sirkuit Sepang yang sudah dimulai sejak Jumat (27/10/2017). Status sebagai pembalap legendaris tak pelak lagi membuat Rossi begitu digemari pecinta MotoGP.
 
Berdasarkan pengamatan Liputan6.com, ada sekitar 8 booth yang khusus menjual merchandise Rossi. Didepannya tentu diembel-embeli tambahan kata resmi.
 
Uniknya, tak terlihat ada booth khusus yang menjual merchandise Marc Marquez. Pernak-pernik pembalap Repsol Honda ini tampak digabung dengan merchandise pembalap lain.
 
Harga merchandise Rossi bervariasi mulai dari 40 ringgit  sampai 200 ringgit. Merchandise cukup bervariasi mulai dari stiker, dompet, boneka, gantungan kunci, topi, kaos dan jaket.
 
"Di saat balapan seperti ini kami bisa menjual banyak sekali merchandise. Itu dimulai sejak Jumat sampai Minggu," kata Roslan, salah satu penjaga booth Merchandise Rossi.
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bangun 4 Rusun di Kalbar Tahun Depan

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun empat twin block rumah susun di Kalimantan Barat pada tahun depan. Pembangunan hunian vertikal ini salah satunya untuk memenuhi kebutuhan rumah di provinsi tersebut.

Kepala Satuan Kerja Non-Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Kalimantan Barat Kementerian PUPR, Martinus Tandi Rante mengatakan, rencananya twin block tersebut akan dibangun di empat kabupaten atau kota, yaitu Pontianak, Ketapang, Sintang, dan Bengkayang.

"Rencananya ada empat twin blok, itu membangun baru. Satu untuk mengatasi kekurangan di Pontianak, satu di Ketapang, satu di Sintang, satu di Bengkayang. Itu se-Kalimantan Barat, karena daerah lain (selain Pontianak) juga butuh," ujar dia di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (27/10/2017).

‎Dia mengungkapkan, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan empat twin block ini mencapai Rp 76 miliar. Namun secara total, kebutuhan anggaran untuk perumahan di Kalimantan Barat pada 2018 mencapai Rp 150 miliar.

"Kalau total dengan BSPS (bantuan stimulan perumahan swadaya‎)‎, saya mau tangani 4.500 unit BSPS, rusun empat unit, rumah khusus 1 unit. Jadi total sekitar Rp 150 miliar. Untuk satu rumah susunkalau empat tingkat itu bisa Rp 17 miliar-19 miliar. Di sini agak mahal karena pondasi bawahnya sampai 24 meter pancangnya," dia menjelaskan.

Menurut dia, setiap twin block terdiri dari 200 unit hunian, sehingga secara total akan ada 800 unit rumah susun dari empat twin block tersebut. Untuk waktu pengerjaan, diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan.

"(Satu twin block) Sekitar 200 unit, kita memang masih banyak kekurangan tapi anggaran. Kita sebenarnya usul 7-8 (bangun rusun) tapi yang dialokasikan cuma empat rusun," kata dia.

Nantinya, twin block yang terbangun akan diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), mahasiswa, dan pegawai negeri sipil (PNS) di Kalimantan Barat.

"Nanti diatur pemda, misalnya untuk perguruan tinggi jadi mahasiswa tidak perlu sewa rumah. Untuk MBR juga nanti mereka sewa, misalnya Rp 200 ribu per bulan. ASN (PNS) juga yang golongan 1 kan gajinya cuma berapa," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tidak Jatuh, Motor Ini Bisa Menyeimbangkan Diri Sendiri

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Motor dengan tampilan futuristik dengan penggerak listrik ini dipajang di panggung utama. Honda Riding Asist-E menjadi salah satu jagoan utama pada ajang Tokyo Motor Show tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Cloud dan IoT Jadi Target Baru Serangan Hacker

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Dalam jangka waktu beberapa bulan, pelanggaran siber berskala besar, termasuk serangan ransomware WannaCry dan Petya mengguncang perusahaan di seluruh dunia dan menegaskan kebutuhan untuk mengamankan aset penting dan mencegah hilangnya data.

Di luar desktop dan server tradisional, perusahaan perlu mulai berpikir untuk melindungi platform lain yang menjadi sasaran empuk para penjahat siber. Di Indonesia, ada ribuan PC di berbagai sektor, termasuk sektor layanan kesehatan, perkebunan, dan jasa terinfeksi WannaCry.

Maraknya penggunaan perangkat mobile, dan pengunaan umum teknologi cloud dan Internet of Things (IoT) telah membuka platform baru serangan. Internet Security Threat Report (ISTR) Volume 22 Symantec, mengungkapkan bahwa pengamatan pada 2016 menunjukkan semakin banyak ancaman terhadap platform yang kian popular dan kemungkinan akan semakin bertambah di tahun ini.

Ketidakamanan Perangkat

Berbicara tentang perangkat IoT, banyak orang memikirkan jam tangan pintar (smartwatch) dan asisten rumah pintar termasuk Google Home atau Amazon Echo. Namun, perangkat yang paling sering menjadi sasaran adalah yang sederhana, seperti router atau kamera yang terhubung dengan internet.

Percobaan yang dilakukan oleh Symantec yang disebut IoT honeypot menemukan peningkatan dua kali lipat dalam upaya penyerangan terhadap perangkat IoT selama 2016 dan saat aktivitas puncaknya, rata-rata perangkat diserang dalam dua menit sekali.

Tidak seperti komputer desktop atau laptop, yang software keamanannya sudah terpasang dan menerima pembaruan keamanan secara otomatis, hanya ada satu perlindungan terhadap perangkat IoT, yaitu dengan kata kunci dan nama pengguna default yang mudah ditebak.

Password default masih menjadi kelemahan keamanan terbesar untuk perangkat IoT, dan password yang paling umum diuji oleh penyerang adalah 'admin'.

Menurut Gartner, sebanyak 8,4 miliar perangkat yang terhubung akan digunakan pada 2017, naik 31 persen dari 2016, mencapai 20,4 miliar pada 2020. Saat perusahaan manufaktur harus menjaga keamanan produk yang diluncurkan di pasar, penting juga bagi perusahaan untuk menyadari risiko dan kerentanan yang dihadapi perangkat-perangkat tersebut.

Ancaman Email

Tren paling penting yang diamati selama 2016 adalah peningkatan jumlah malware pada email. Angka tersebut melonjak dari 1 dari 220 email pada 2015, menjadi 1 dari 131 email pada 2016.

Email berbahaya ini menyerang perusahaan dalam berbagai skala, biasanya disamarkan sebagai faktur atau tanda terima dalam lampiran. Meski merupakan alat komunikasi vital, email juga menjadi salah satu sumber utama gangguan bagi pengguna akhir dan perusahaan.

Gangguan ini bisa berupa email yang tidak diinginkan dalam bentuk spam, hingga ancaman yang lebih berbahaya, seperti propagasi ransomware atau kampanye spear-phishing yang ditargetkan.

Saat lebih dari setengah semua email (53%) adalah spam, semakin banyak dari spam tersebut juga mengandung malware. Peningkatan malware yang dibawa oleh email sebagian besar didorong oleh operasi spamming malware yang jadi profesional.

Penulis malware dapat mengalihdayakan kampanye spam mereka ke grup khusus yang menjalankan kampanye spam besar. Besarnya skala operasi malware email menunjukkan penyerang memperoleh banyak keuntungan dari serangan semacam ini dan kemungkinan email akan terus menjadi salah satu target utama serangan pada 2017.

Celah di Cloud

Aplikasi cloud, seperti Office 365, Google, dan Dropbox menjadi semakin umum digunakan untuk berbagi informasi sensitif antara sistem TI perusahaan, aplikasi seluler, dan layanan cloud.

Pada akhir 2016, rata-rata perusahaan menggunakan 928 aplikasi cloud, naik dari 841 di awal tahun. Namun, sebagian besar CIO menganggap organisasi mereka hanya menggunakan sekitar 30 atau 40 aplikasi cloud.

Pengadopsian aplikasi cloud yang meluas di perusahaan, ditambah dengan perilaku pengguna yang berisiko, bahkan yang tidak disadari oleh perusahaan, memperluas cakupan serangan berbasis cloud.

Ini adalah bendera merah besar yang harus mulai diperhatikan oleh para pemimpin bisnis saat ini. Mengingat data yang tersimpan di cloud dapat dibagi secara internal, eksternal, dan bahkan dengan publik. Seringkali, tidak adanya kebijakan dan prosedur mengenai cara penggunaan layanan cloud bisa meningkatkan risiko penggunaan aplikasi cloud.

Walaupun serangan terhadap cloud masih dalam masa awal, pada 2016 terjadi gangguan layanan cloud yang disebabkan oleh kampanye denial of service (DoS). Ini merupakan peringatan mengenai rentannya layanan cloud terhadap serangan berbahaya.

Aplikasi berbagi berkas/file-sharing yang popular tidak dapat sepenuhnya mengurangi risiko keamanan siber terhadap data dari penyalahgunaan oleh karyawan atau penyusupan akun oleh hacker.

IoT, email, dan cloud mungkin merupakan perbatasan serangan baru namun perpaduan platform-platform tersebut terbukti mematikan, menempatkan data perusahaan dan pelanggan pada risiko yang lebih besar. Banyak perangkat IoT mengumpulkan data pribadi dan bergantung pada layanan cloud untuk menyimpan di online database.

Jika database tersebut tidak cukup aman, privasi dan keamanan pelanggan berisiko. Perusahaan tidak dapat dan tak boleh meremehkan tingkat risiko tersebut atau membiarkannya terbuka terhadap serangan dari ancaman-ancaman baru.

Karena jumlah penyerang meningkat, ada banyak langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan dan konsumen untuk melindungi diri mereka. Sebagai langkah awal, Symantec merekomendasikan langkah-langkah terbaik berikut ini:

• Siapkan diri: Gunakan solusi intelijen ancaman tercanggih untuk membantu kamu menemukan indikator dari penyusupan dan merespons insiden dengan lebih cepat.

• Bersiap menghadapi hal terburuk: Manajemen insiden memastikan kerangka keamanan kamu dioptimalkan, terukur dan berulang, serta pelajaran yang didapat digunakan untuk memperbaiki kerangka keamanan. Pertimbangkan untuk menambahkan bantuan dengan pakar pihak ketiga untuk mengelola krisis.

• Melakukan pertahanan berlapis: Terapkan strategi pertahanan berlapis guna mengatasi vektor serangan di gateway, mail server, dan endpoint. Strategi ini harus juga mencakup otentikasi dua faktor, deteksi intrusi atau sistem perlindungan (IPS), perlindungan malware kerentanan situs web, dan solusi gateway untuk keamanan web di seluruh jaringan.

• Memberikan pelatihan berkelanjutan tentang email berbahaya: Mendidik karyawan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh email spear-phishing dan serangan email berbahaya lainnya, termasuk kemana mereka harus melapor saat terjadi upaya tersebut.

• Pantau sumber daya: Pastikan untuk memonitor sumber daya dan jaringan dari perilaku tidak wajar dan mencurigakan, serta menghubungkannya dengan intelijen ancaman dari para ahli.

(Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Dia Juara LPM 2017 Penerus Tex Saverio

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Lomba Perancang Mode 2017 menobatkan Astika Suprapto sebagai pemenang tahun ini. Ia menggantikan Tex Saverio yang menang tahun lalu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Panik Saat Ponsel Kena Air, Ini 3 Langkah Menyelamatkannya

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

Saat terendam air, komponen smartphone milikmu bisa rusak dan fungsinya jadi terganggu. Kecuali smartphone kamu telah dibekali fitur tahan air.

Nah, pernah enggak sih kamu panik gara-gara smartphone kamu kecipratan air? Panik gara-gara ada banyak data penting di dalam smartphone, seperti foto, dokumen dan video. 

Agar kamu tidak terlalu panik lagi, kami punya cara memperbaiki dan mencegah smartphone yang rusak karena air. Berikut ulasannya.

1. Simpan di Butiran Silika Gel

Silika gel berfungsi untuk menyerap kelembaban. Karena itu saat smartphone kamu terkena cipratan air dan ada yang merembes ke dalam smartphone, segera lepas semua bagian smartphone yang bisa dilepas dan masukkan ke dalam tumpukan silika gel. Dalam keadaan darurat, silika gel bisa digantikan dengan beras.

 

Jangan pernah mengeringkan smartphone yang kena air dengan hair dryer. Pasalnya hair dryer akan menembakkan uap panas yang bisa merusak komponen luar dan dalam smartphone. Belum lagi jika masih ada air di dalam komponen smartphone kamu, bisa menyebar semakin luas dan kerusakannya makin parah.

3. Daftar Asuransi Khusus Smartphone

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kamu pasti akrab dengan ungkapan itu, bukan? Alih-alih bingung menyelamatkan smartphone yang terkena air, kenapa tidak kamu buat langkah pencegahan smartphone rusak akibat terkena air saja. Caranya adalah dengan daftar asuransi khusus smartphone TecProtec.

Apa itu TecProtec? TecProtec adalah asuransi khusus yang akan memberikan tambahan perlindungan dari hal yang tidak ditanggung oleh garansi resmi. Saat garansi resmi hanya menjamin software dan komponen hardware, TecProtec menjamin perlindungan sata smartphone terkena air, terjatuh, atau hilang karena dijambret.

Sumber: https://jalantikus.com/news/19824/solusi-smartphone-kena-air-tecprotec/

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah 4 Pemenang Lomba Perancang Mode 2018

Posted: 26 Oct 2017 10:00 PM PDT

LPM atau Lomba Perancang Mode kembali mengeluarkan nama-nama pemenangnya di panggung Jakarta Fashion Week 2018. LPM yang telah berlangsung sejak 1979 ini merupakan wadah pencarian bakat bagi para perancang muda di Indonesia.

Beberapa desainer kenamaan yang namanya berasal dari LPM adalah Samuel Wattimena, Carmanita, Chossy Latu, Edward Hutabarat, Itang Yunaz, Musa Widyatmodjo, Albert Yanuar, dan Billy Tjong. Tahun ini, untuk ke 28 kalinya, LPM kembali mencari talenta baru dengan tema Urban Identity di panggung Jakarta Fashion Week 2018.

Para peserta diharuskan mempresentasikan desain busana ready to wear untuk gaya hidup urban dengan mengeksplorasi wastra atau budaya lokal. Masing-masing peserta berkesempatan menunjukkan enam busana karya mereka.

Pada tahap semifinal, para peserta ditantang untuk membuat satu look menggunakan dua potong busana dari Levi's. Dari sekitar 360 pendaftar, LPM berhasil menyisihkan 10 orang yang akhirnya berhasil menunjukkan enam koleksi busana masing-masing di panggung Jakarta Fashion Week 2018.

 

Kesepuluh orang ini unjuk gigi dengan berbagai koleksi busana yang luar biasa dengan ciri khas masing-masing. Setelah melalui proses penjurian, terpilihlah empat orang di antaranya, yaitu Astika Suprapto sebagai pemenang pertama dengan tema Misplaced, Caramia Sitompul sebagai pemenang kedua dengan tema City Light Vibes Only, Anthony Tandiyono sebagai pemenang ketiga dengan tema Sinful Light, dan Retnayu Jiwangga sebagai pemenang favorit dengan tema Order of The East.

Para pemenang di atas dianggap telah memenuhi beberapa kriteria yang menjadi penilaian, yaitu konsep desain, kreativitas, pengetahuan tentang mode, teknik pembuatan, daya pakai, daya jual, dan penampilan busana. Sedangkan pemenang favorit dipilih berdasarkan pilihan publik melalui SMS dan like di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mana yang Lebih Kuat, Motif Batik Parang Barong atau Gunungan?

Posted: 26 Oct 2017 09:58 PM PDT

Dalam kesempatan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat mengenakan batik bermotif Parang Barong, sementara Presiden Jokowi sendiri mengenakan batik bermotif Gunungan. Warganet yang melihat pertemuan tersebut heboh, terus membandingkan motif batik mana yang lebih tinggi maknanya.

Neneng Iskandar, salah seorang pencinta kain Nusantara dari Himpunan Wastra Prema saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (27/10/2017) mengatakan, batik motif Parang yang dikenakan Anies Baswedan sebenarnya ada tiga jenis menurut ukuran, yaitu Parang Klitik, Parang Gendreh, dan Parang Barong. Motif Parang Barong untuk ukuran yang paling besar, dan dahulu hanya dipakai para raja. Sementara dari jenisnya, motif Parang Barong juga ada beberapa.

"Yang dipakai Pak Anies itu Parang Rusa Barong, itu gambarnya menyerupai senjara. Punya konotasi merusak, tapi sebenarnya melindungi. Ibu-ibu zaman dulu juga sering pakai batik motif ini untuk menggendong bayi. Dipercaya bisa menjadi pelindung bagi bayi digendongan dari anasir-anasir jahat yang tidak terlihat," ungkap Neneng.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, batik Parang Barong merupakan batik tulis yang hanya bisa dibuat oleh mereka yang sudah pandai membatik. Mengingat motifnya yang rumit, tidak sembarang orang bisa membuat batik jenis ini.

"Tapi kalau orang yang sudah mahir, hanya dibantu garis saja tanpa membuat pola, mereka sudah bisa membuat motif batik ini," kata Neneng.

Menurut Neneng, baju batik motif Gunungan yang dikenakan Presiden Jokowi juga memiliki filosofi kehidupan yang sangat mendalam. Motif Gunungan yang memiliki beberapa ragam hias, menurut Neneng, punya makna yang menggambarkan alam semesta. Motif batik ini juga sering digunakan para pemain wayang untuk menggambarkan alam semesta.

"Gunungan itu isi jagat raya, semua ciptaan Tuhan ada di situ. Itu pusat dari segala kehidupan. Motif ini menyimbolkan makna keseimbangan alam. Ada corak pohon kehidupan di dalamnya, yang filosofinya pohon bisa menjadi tempat berteduh yang akarnaya kuat tidak mudah goyah. Kalau ada gunungan berarti ada kehidupan," ungkap Neneng.

Neneng Iskandar sendiri mengatakan, seiring berjalannya waktu, tidak ada lagi istilah motif batik yang lebih tinggi dibandingkan dengan motif batik lainnya, karena motif batik punya arti dan maknanya sendiri-sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Minggat, Ibu Hamil Nekat Gelapkan Uang Toko

Posted: 26 Oct 2017 09:50 PM PDT

Linda Bella N, perempuan yang sedang hamil muda, dibekuk aparat Polsek Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur. Sebab, kasir toko busana ini diduga menilap atau menggelapkan uang perusahaan tempatnya bekerja hingga Rp 24 juta.

Kasus ini bermula saat perempuan berusia 22 tahun asal Kalijaten Selatan, Rusunawa Ngelom Blok D2-2, Taman Sidoarjo, itu memanfaatkan jabatannya sebagai kasir untuk menggelapkan uang perusahaan. Rencananya, uang haram itu untuk membiayai persalinan anak pertamanya.

"Kami mendapatkan laporan dari pemilik toko busana, yakni CV Cipta Busana di Jalan Kopi Nomor 12/II," ucap Kanit Reskrim Polsek Pabean Cantikan, Ajun Komisaris Polisi Tritiko, di Surabaya, Kamis, 26 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, Linda ditangkap pada Senin, 23 Oktober 2017. Aksi ibu hamil itu diketahui setelah pemilik mengaudit keuangan toko. Ternyata, pemilik perusahaan di bidang konveksi itu menemukan ketidaksesuaian antara jumlah barang yang terjual dan pendapatan.

Tritiko mengatakan pula, modus penggelapan Linda adalah tidak memasukkan uang setoran hasil penjualan baju oleh marketing ke dalam pembukuan. Agar aksinya tak ketahuan, dia juga menyembunyikan nota setoran tersebut.

"Kemudian saat ditanya pemilik toko, dia mengaku jika marketing memang belum ada yang menyetor, sehingga pemilik atau korban percaya," tutur Tritiko.

Namun, setelah dicek silang oleh perusahaan, justru marketing sudah menyetor. Bahkan, mereka memiliki bukti setoran tersebut. "Dari sanalah kecurigaan mengarah kepada tersangka. Hingga akhirnya kasus ini dilaporkan," Tritiko membeberkan.

Adapun Linda mengakui menggelapkan uang perusahaan lantaran butuh uang untuk biaya bersalin anak pertamanya. Ia juga mengaku, selama empat bulan tak diberi nafkah oleh suaminya yang pergi entah ke mana. Atas dasar itulah, ide untuk menggelapkan uang perusahaan muncul.

"Saya terpaksa melakukannya, untuk biaya lahiran anak. Sekalian saya mau urus cerai karena suami saya minggat," tutur Linda sembari menundukkan kepala.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ari Lasso Bikin Wagub DKI Jakarta Jingkrak-Jingkrak

Posted: 26 Oct 2017 09:50 PM PDT

Bukan cuma selebritas dan musikus yang hadir di konser perayaan perjalanan karier 25 Tahun Ari Lasso di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2017).

Sejumlah tokoh penting seperti Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono juga ikut menyaksikan aksi Ari Lasso di atas panggung.

Sama seperti penonton lainnya, Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono tampak menikmati jalannya konser yang disuguhkan mantan vokalis Dewa 19 itu. Hanya saja, Sandiaga Uno jauh lebih ekspresif saat mendengar penyanyi favoritnya melantunkan lagu bernuansa rock.

Malam itu, Ari Lasso membawakan tembang lawas milik Bon Jovi berjudul "It's My Life". Hampir semua penonton beranjak dari bangku dan menggerakkan anggota badan mereka sebagai tanda menikmati lagu tersebut.

Tak terkecuali dengan Sandiaga Uno. Pria berkacamata ini juga antusias dengan lagu itu. Alhasil, sepanjang lagu dinyanyikan Ari Lasso, ia asyik berjoget dan berjingkrak.

Usai menyaksikan konser, Sandiaga Uno mengaku puas. Ia merasa terhibur dengan aksi Ari Lasso di atas panggung.

"Lumayanlah untuk melepas penat seminggu sudah kerja," ungkap Sandiaga Uno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lengkapi Berkas RJ Lino, KPK Periksa Eks Dirut PT Pelindo II

Posted: 26 Oct 2017 09:46 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Direktur Utama Pelindo II Petrus Orias Moedak. Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan 3 unit Quay Container Crane (QCC) di Pelindo II, yang menjerat mantan Dirut Pelindo II RJ Lino.

"Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RJL (RJ Lino) terkait kasus pengadaan QCC di Pelindo," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (27/10/2017).

Seperti diketahui, Petrus Orias tidak sampai satu tahun mengemban jabatan sebagai Direktur Utama PT Pelindo II (Persero)‎.

Pria asal NTT ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelindo II Persero menggantikan Djarwo Surjanto. Kini, Orias menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Bukit Asam (PT BA).

Terkait kasus ini, KPK juga sudah beberapa kali memeriksa beberapa mantan pejabat PT Pelindo II, seperti mantan Direktur Teknik Pelindo II Ferialdy Noerlan dan Manajer Senior Peralatan PT Pelindo II, Haryadi Budi Kuncoro.

RJ Lino ditetapkan sebagai tersangka kasus pengadaan tiga unit QCC saat menjadi Dirut Pelindo. RJ Lino memerintahkan penunjukan langsung terhadap perusahaan asal Tiongkok, Wuxi Huangdong Heavy Machinery sebagai pelaksana proyek pengadaan tersebut.

RJ Lino sendiri terakhir diperiksa penyidik sebagai tersangka pada 5 Februari 2016 lalu.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

28 Korban Selamat Ledakan Pabrik Mercon Masih di Rumah Sakit

Posted: 26 Oct 2017 09:45 PM PDT

Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Harry Kurniawan memastikan korban selamat ledakan pabrik kembang api yang dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang dan RS Anak dan Bunda BUN Kosambi, tersisa 28 orang.

"Data korban luka dan hidup sampai pukul 24.00 WIB berkurang jadi 28 orang," kata Harry, Jumat (27/10/2017).

Dari 28 pasien yang masih dirawat itu, khusus di RSUD Kabupaten Tangerang masih ada 7 orang.

"Semalam 3 di ICU, tadi pagi dapat kabar yang di ICU jadi 4 orang karena memang lukanya cukup serius, sisanya 3 orang di kamar perawatan," kata Harry.

Hingga kini, pihaknya juga masih mencari 7 pekerja yang belum ketahuan nasibnya. Sementara 47 orang dinyatakan tewas dan 46 pekerja lainya luka-luka, total yang bekerja di pabrik kembang api itu ada 103 orang.

"Kemarin masih 10 orang, dua korban semalam sudah ditemukan, satu orang tadi pagi mereka bertiga itu selamat, atas nama Nur Yulia, Ridwan dan Tajudin," kata Harry.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

 

Hari ini polisi akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) meledaknya pabrik mercon di Kompleks Pergudangan 99, Kosambi Kabupaten Tangerang, Banten.

"Ya, hari ini kita akan olah TKP di lokasi kejadian," ungkap Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Harry Kurniawan di Tangerang, Jumat.

Menurut Harry, olah TKP dilakukan untuk mengetahui penyebab ledakan dan kebakaran hebat tersebut. Sebab, hingga kini polisi belum mengetahui pasti penyebab ledakan hebat yang menewaskan 47 karyawan itu.

Seperti diketahui, kebakaran hebat terjadi di pabrik sekaligus gudang mercon di Jalan Salembaran Jati, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, pada Kamis 26 Oktober 2017 pagi atau sekitar pukul 09.00 WIB.

Akibatnya, 47 karyawannya tewas terbakar. Sementara 46 lainnya masih dalam perawatan intensif di RSUD Tangerang, RS Anak dan Bunda BUN Kosambi dan RS Mitra Husada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sisa Musim Jadi Ajang 'Jualan' Pemain Mitra Kukar

Posted: 26 Oct 2017 09:45 PM PDT

Mitra Kukar meraih hasil kurang memuaskan pada kompetisi musim ini. Menargetkan mampu menembus papan atas klasemen Liga 1, tim berjuluk Naga Mekes justru menjadi langganan papan tengah sepanjang musim.

Pelatih Mitra Kukar, Yudi Suryata menargetkan meraih hasil positif pada sisa kompetisi menghadapi Persib Bandung (27 Oktober), Bhayangkara FC (3 November) dan Persiba Balikpapan (11 November).

Menurutnya, dalam sisa pertandingan tersebut para pemain bisa menunjukan kualitasnya agar bisa tetap bertahan di Mitra Kukar atau bahkan menjadi ajang 'jualan' agar bisa dilirik tim lain.

"Kami akan berusaha tampil maksimal menjelang detik-detik akhir kompetisi. Ini diharapkan sebagai ajang etalase bagi seluruh pemain sehingga mudah dalam memperlancar ke depannya baik di tim atau mencari klub lagi," kata Yudi.

"Diharapkan semua pemain berusaha keras tampil maksimal meskipun peluang kami untuk ke papan atas kecil, tapi harus tetap tampil secara profesional."

Meski musim ini menunjukan inkonsistensi permainan, Yudi menegaskan peluang untuk menggapai target cukup terbuka lebar termasuk ketika menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (27/10/2017).

"Minimal kita mendapatkan poin tandang termasuk di sini (Persib). Kebetulan kami juga terpuruk di kandang tapi kita mampu mengganti di tandang. Peluang tetap ada," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tanah Capai Rp 5 Juta/m2, Rusun Sulit Dibangun di Pontianak

Posted: 26 Oct 2017 09:45 PM PDT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pemenuhan kebutuhan perumahan di Pontianak terhalang oleh tingginya harga lahan di kota tersebut. Hal tersebut seperti yang juga dikeluhkan oleh Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.‎

Kepala Satker SNVT Penyediaan Perumahan Kalimantan Barat Kementerian PUPR, Martinus Tandi Rante mengatakan, saat ini harga lahan di Kota Pontianak bisa mencapai Rp 5 juta per meter persegi.

Tingginya harga tahan tersebut membuat proyek pembangunan perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi tak ekonomis.

"Harga lahan memang tinggi, harganya bisa Rp 5 juta per meter persegi. Bayangkan kalau misalnya harganya Rp 2 juta saja itu sudah berapa. Jadi memang mahal," ujar dia di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (27/10/2017).

Menurut Martinus, pihaknya sudah menawarkan proyek pembangunan perumahan kepada pemerintah kota Pontianak. Namun hal tersebut sulit terealisasi karena masalah kesediaan lahan.

‎"Jadi di samping kami bangun rumah swadaya, kami juga membangun rumah tapak, sepanjang pemda ada tanahnya. Kemudian kami membangun rumah vertikal. Kami sudah tawarkan, kalau Walikota siap, kami siap bangun rumah susun 3-4 lantai. Tapi yang masalah lahannya, kalau ada sertifikatnya kita harus beli," kata dia.

Meski demikian, kata Martinus, pembangunan pemukiman bagi masyarakat di wilayah lain di Kalimantan Barat terus dilakukan. Yang tahun ini akan diresmikan yaitu rumah susun di Kabupaten Sintang.

"(Proyek pembangunan) Banyak, rumah susun di Sintang itu sudah hampir 100 persen. Kemudian revitalisasi 9 rusun di Angkatan darat, Angkatan Udara, perguruan tinggi juga. Jadi kita rehab semua," tandas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duka Thailand Memuncak di Hari Kremasi Mendiang Raja Bhumibol

Posted: 26 Oct 2017 09:42 PM PDT

Masa berkabung nasional di Thailand mencapai puncaknya pada Kamis malam. Seluruh negeri mengucapkan selamat jalan untuk yang terakhir kalinya kepada mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dalam sebuah upacara kremasi agung.

Pukul 22.00 waktu setempat, Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun memimpin upacara kremasi sang ayah di krematorium kerajaan di Sanam Luang.

Seperti dikutip dari Bangkok Post, Kamis (27/10/2017), asap naik dari krematorium pada Kamis pukul 11.30. Fenomena tersebut sekaligus menandai, dimulainya "perjalanan" terakhir mendiang Bhumibol.

Raja Maha Vajiralongkorn juga memimpin upacara kremasi yang diadakan pada pukul 17.00. Momen ini hanya simbolis dan ditandai dengan peletakan bunga kremasi di guci kerajaan. Setelah Raja Maha Vajiralongkorn, proses serupa juga akan diikuti oleh pemimpin umat Buddha tertinggi di Thailand, keluarga kerajaan, bangsawan asing dan pejabat asing. Momen-momen tersebut membuat rakyat Negeri Gajah Putih tak kuasa meneteskan airmata.

Raja Maha Vajiralongkorn akan kembali ke krematorium kerajaan pada hari ini untuk melanjutkan serangkaian upacara kremasi. Kelak, benda-benda peninggalan dan abu mendiang Bhumibol akan dibawa melalui sebuah prosesi seremonial ke Grand Palace.

Peninggalan Bhumibol akan ditempatkan di Dusit Maha Prasat Throne Hall, sementara abu akan diangkut ke Kuil Emerald Buddha dan ditempatkan di Phra Si Rattana Chedi, sebuah pagoda utama di kuil tersebut.

Lalu pada hari Minggu, peninggalan Bhumibol akan dipindahkan ke Chakri Maha Prasat Throne Hall di Grand Palace di mana mereka akan ditempatkan secara permanen. Sementara itu, abunya akan "diabadikan" di dasar patung Phra Buddha Shinnasee di kuil Wat Bowonniwet Vihara.

Dilansir situs Travel Wire Asia, upacara kremasi Bhumibol diselenggarakan mulai dari 25 Oktober hingga 29 Oktober.

Prosesi bersejarah pada Kamis disaksikan langsung oleh jutaan orang yang tumpah ruah di dan sekitar Sanam luang. Kerumunan massa juga terjadi di sejumlah replika di sekitar Bangkok dan provinsi-provinsi lain di seluruh negeri.

Sementara, di dunia maya, setiap warga Thailand dilaporkan menyaksikan jalannya prosesi melalui berbagai saluran.

Dalam memimpin jalannya prosesi demi prosesi, Raja Maha Vajiralongkorn didampingi oleh Putri Maha Chakri Sirindhorn dan anggota kerajaan lainnya.

Kemegahan prosesi kremasi mendiang Bhumibol tak menghentikan air mata rakyat Thailand. Mereka masih saja terisak dan meratapi kepergian Bhumibol yang dijuluki pemersatu Thailand.

"Saya sangat mencintai raja. Saya tak bisa berkata-kata. Hati dan pikiran kami ditujukan pada 'ayah' kami tercinta," ujar Piyarporn Supaporn (53), ibu rumah tangga dari Rayong.

Malichan Puangchompoo (69) yang berasal dari Yasothon mengatakan, "Ini merupakan momen bersejarah dalam hidup saya, saya tidak pernah membayangkan bisa sedekat ini dengan krematorium..."

Lalu lintas di ibu kota Thailand dikabarkan cukup lancar, kecuali di sejumlah titik yang menjadi pusat peletakan karangan bunga.

Upacara kremasi akbar mendiang Bhumibol ditaksir menelan biaya US$ 90 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Bhumibol wafat pada Kamis, 13 Oktober 2016. Pemimpin monarki terlama di dunia itu mengembuskan napas terakhir pada usia 88 tahun setelah sebelumnya sejak pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.

Bhumibol naik takhta pada 9 Juni 1946, menggantikan sang kakak, Raja Ananda Mahidol. Kala itu ia berusia 19 tahun dan tercatat menjadi raja ke-9 dari Dinasti Chakri atau dijuluki pula Raja Rama IX.

Ia berkuasa selama 70 tahun. Sepanjang monarki Thailand, sosok Bhumibol disebut sebagai satu-satunya raja terpopuler di kalangan rakyatnya.

Era Bhumibol dimulai ketika Thailand tengah dilanda masa-masa kritis menyusul perkembangan negara itu menjadi monarki konstitusional. Kehadirannya kala itu dianggap sebagai pemersatu bangsa, membangkitkan kembali semangat monarki yang dinilai telah lama ditinggalkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Dukung Ridwan Kamil, PDIP Sokong Dedi Mulyadi?

Posted: 26 Oct 2017 09:42 PM PDT

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar disebut-sebut bakal mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan anggota DPR RI, Daniel Muttaqien, sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan bertarung pada Juni 2018.

Ridwan Kamil membenarkan adanya komunikasi dirinya dengan Partai Golkar. Namun, hingga kini belum ada keputusan soal dukungan Partai Beringin itu padanya.

"Iya betul saya sudah ditelepon Pak Nurdin Halid (Ketua Harian DPP Partai Golkar)," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 26 Oktober 2017.

Posisi tawar yang dibangun Gerindra, menurut Kang Emil, adalah meminta posisi calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

"Golkar meminta syarat posisi wakil gubernur. Saya bilang kepada Pak Nurdin, itu harus dikomunikasikan dulu bersama PPP," ucap pria berkacamata tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi menanggapi santai situasi ini. Ia mengaku akan menjelaskan posisinya pada pekan depan.

"Enggak apa-apa. Santai saja. Minggu depan deh saya sampaikan semuanya. Tempatnya nanti saya kasih tahu," kata Bupati Purwakarta dua periode tersebut saat dikonfirmasi.

Di sisi lain, PPP sudah mendeklarasikan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jabar, untuk mendampingi Ridwan Kamil.

Sikap berbeda ditunjukan PDIP dalam membangun posisi politik di Pilkada Jabar 2018. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut malah mengundang Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi dalam acara Curah Gagasan di Hotel Horison, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 25 Oktober lalu.

Usai memberikan sambutan, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, Dedi Mulyadi memiliki kedekatan khusus dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarno Putri.

"Kami memiliki kedekatan. Tetapi pindah tidaknya seseorang dari partai politik, itu merupakan pilihan pribadi. PDIP tidak ada niatan mendorong orang yang memiliki pilihan partai untuk pindah," ujar Hasto.

Hasto juga melihat gagasan yang disampaikan Dedi Mulyadi, sangat dibutuhkan masyarakat Jabar. Kendati, ia juga mengonfirmasi, seluruh tokoh yang diundang memiliki kesempatan politik yang sama untuk diusung PDIP di Pilkada Jabar 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Justin Bieber - Selena Gomez Jalan Bareng Lagi, Pertanda Balikan?

Posted: 26 Oct 2017 09:40 PM PDT

Justin Bieber dan Selena Gomez tampaknya tak akan pernah benar-benar berpisah. Dua sejoli yang menjalin hubungan putus-nyambung sejak tahun 2011 itu terus menerus dihubung-hubungkan hingga kini.

Selena Gomez dan Justin Bieber (Digitalspy)

Dilansir dari E! News, Kamis (26/10/2017), Justin Bieber diam-diam mengunjungi kediaman Selena Gomez di Los Angeles, baru-baru ini. Keduanya pun dikabarkan beberapa kali jalan bareng setelah Selena menjalani tindakan transplantasi ginjal, September lalu.

Meskipun begitu, seorang sumber memastikan bahwa hubungan keduanya hanya sebatas teman dan tak ada lagi percikan asmara di antara mereka. Namun tak dipungkiri, Selena Gomez dan Justin Bieber tentu tak akan melupakan kenangan indah mereka begitu saja.

"Mereka punya sejarah panjang dengan satu sama lain, jadi mereka menempatkan satu sama lain di ruang spesial hati mereka," tutur seorang sumber.

Lagipula, Selena Gomez telah menjalani hubungan cinta dengan The Weeknd sejak beberapa bulan lalu. Pelantun "The Heart Wants It Wants" itu pun mengaku jatuh cinta dan menikmati masa-masa romantis bersama sang kekasih.

Kedekatan Selena Gomez dan The Weeknd yang tersiar beberapa waktu lalu nampaknya tak membuat Justin Bieber bahagia. Mendengar Justin berkomentar tak enak soal musik baru The Weeknd, Selena meminta restu Justin. (AFP/Bintang.com)

Justin Bieber pun sadar bahwa dirinya hanya seorang mantan kekasih yang ingin tetap berhubungan baik. Bukannya cemburu, pelantun "Sorry" itu justru mendoakan hal terbaik untuk hubungan Selena Gomez dan The Weeknd.

"Justin sangat senang karena Selena telah menemukan pria baik yang akan memperlakukan dirinya dengan baik. Dia tidak punya opini buruk soal The Weeknd," ujar sumber lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Polri Imbau Keluarga Korban Ledakan Gudang Mercon Melapor

Posted: 26 Oct 2017 09:37 PM PDT

Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramatjati Kombes Edy Purnomo mengimbau keluarga korban ledakan gudang mercon Tangerang untuk segera melapor. Hal ini, kata Eddy, untuk mempermudah proses identifikasi korban.

"Segera melaporkan ke RS ke Posko Post Mortem," ujar Eddy di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (27/10/2017).

Tak hanya itu, ia meminta agar yang datang melapor adalah keluarga terdekat, bukan keluarga jauh.

"Yang dibawa keluarga terdekat, itu yang pasti. Keluarga terdekat, jangan keluarga jauh. Contoh keluarga terdekat misalnya istri, anak, bapak, ibu," ucapnya.

Tak lupa, Eddy mengimbau agar keluarga korban yang datang juga membawa identitas diri dari kerabatnya yang diduga menjadi korban.

"Terus semua kelengkapannya dibawa, seperti ijazah, KTP, KK, rekam medik, dan rekam gigi kalau ada. Foto-foto semua foto, terutama yang tampak giginya, foto korban terutama," kata Edy Purnomo.

Menurut dia, hingga saat ini berdasarkan data yang diterima, sudah ada sekitar 32 keluarga korban melapor. Eddy menegaskan, upaya mengidentifikasi para korban sangat sulit dilakukan karena korban tak hanya terbakar, tapi ada juga kejadian meledak.

"Ada 32 (keluarga korban melapor). Kesulitannya sangat tinggi, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama," ujar Eddy Purnomo.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

 

Hari ini polisi akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) meledaknya pabrik mercon di Kompleks Pergudangan 99, Kosambi Kabupaten Tangerang, Banten.

"Ya, hari ini kita akan olah TKP di lokasi kejadian," ucap Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Harry Kurniawan, di Tangerang, Jumat.

Menurut Harry, olah TKP dilakukan untuk mengetahui penyebab ledakan dan kebakaran hebat tersebut. Sebab, hingga kini polisi belum mengetahui pasti penyebab ledakan hebat yang menewaskan 47 karyawan itu.

Seperti diketahui, kebakaran hebat terjadi di pabrik sekaligus gudang mercon di Jalan Salembaran Jati, Desa Cengklong, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, pada Kamis, 26 Oktober 2017 pagi atau sekitar pukul 09.00 WIB.

Akibatnya, 47 karyawannya tewas terbakar. Sementara 46 lainnya masih dalam perawatan intensif di RSUD Tangerang, RS Anak dan Bunda BUN Kosambi dan RS Mitra Husada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker: Usut Kasus Kecelakaan Kerja di Gudang Mercon

Posted: 26 Oct 2017 09:34 PM PDT

Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengusut tuntas kasus kecelakaan kerja yang terjadi di gudang mercon milik PT Panca Buana Cahaya Sukses yang berlokasi di Desa Belimbing, Kabupaten Tangerang, Banten.
 
"Kalau memperhatikan dahsyatnya kejadian, serta banyak korban meningeal dan luka karena tak dapat menyelamatkan diri, diduga kuat ada pelanggaran Keselamatan  dan Kesehatan Kerja. Kasus ini harus diusut tuntas," ujar Hanif, Kamis (26/10/2017).
 
Terkait hal ini, dirinya telah menginstruksikan kepada Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK dan K3), Sugeng Priyanto, untuk melakukan pengusutan tuntas.
 
Melihat banyaknya korban serta temuan lapangan yang menunjukkan bahwa kondisi pintu gerbang pabrik yang selalu terkunci, diduga kuat perusahaan tersebut tidak memiliki Sistem Menejemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sebagaimana yang telah ditentukan oleh pemerintah.  Salah satu ketentuan yang diatur dalam SMK3 adalah perusahaan harus mampu menanggulangi kebakaran, serta menyediakan akses jika terjadi kondisi kegawat daruratan.
 
"Jika memang terjadi pelanggaran K3, pihak perusahaan harus bertanggung jawab, dan dikenai sanksi," ucap Hanif.
 
Kepada para korban, pemerintah menjamin terselaksananya pemberian hak-hak korban. Baik hak bagi ahli waris pekerja yang meinggal, hak pengobatan bagi korban terluka, maupun hak-hak lainnya.
 
Kepolisian terus melakukan pemeriksaan di tempat kejadian. Informasi sementara yang dihimpun menyebutkan, perusahaan tersebut mempekerjakan 103 pekerja. Dari jumlah tersebut, ditemukan 47 korban meninggal serta 43 luka-luka.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Motif Ibu Kandung Cekik Putrinya hingga Tewas

Posted: 26 Oct 2017 09:33 PM PDT

Penyidik Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Palangka Raya, Kalimantan Tengah, telah mengetahui motif MU (40) menganiaya anak kandungnya dengan mencekik Dwi Anggraini (14), siswi SMPN 9 Palangka Raya, menyusul penetapan tersangka oleh penyidik.

Kapolres Palangka Raya, AKBP Lili Warli, menyebut MU kerap menganiaya putrinya lantaran kesal terhadap korban. Temperamen MU yang tinggi tersebut diduga dipicu oleh faktor ekonomi. Ibu itu diketahui menjadi orangtua tunggal yang harus merawat tiga anak.

"Pengakuan pelaku dia memukul korban lantaran kesal. Pertama, saat korban menstruasi, darahnya berceceran di kasur tempat tidur. Menurut dia, korban membantah kala diingatkan, makanya dia (pelaku) memukul korban," kata Lili, Kamis, 26 Oktober 2017.

Saat ditanya apakah ada pelaku lain dalam kasus ini, Kapolres menegaskan MU merupakan tersangka tunggal. MU juga telah mengakui hal itu.

"Karena saat korban ditemukan tergeletak, yang di TKP hanya ibu dan kakak kandung korban," ucapnya.

Sebelumnya, MU (40), ibu kandung siswi SMPN 9 Palangka Raya, Dwi Anggraini, ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Unit Perlindungan Anak dan Perempuan (PPA) Satreskrim Polres Palangka Raya, pada Rabu, 25 Oktober 2017.

Penetapan tersangka tersebut menyusul pengakuan MU yang acapkali memukul korban. Terlebih hasil visum maupun autopsi korban, dengan melalui gelar perkara, menguatkan bukti telah terjadi penganiayaan berat terhadap remaja putri itu hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Para Putri Kerajaan Thailand di Prosesi Kremasi Raja Bhumibol

Posted: 26 Oct 2017 09:32 PM PDT

Putri Thailand, Maha Chakri Sirindhorn berbaris saat mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Maha Chakri Sirindhorn, merupakan putri sulung dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AP Photo/Sakchai Lalit)

Putri Thailand, Maha Chakri Sirindhorn berbaris saat mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Maha Chakri Sirindhorn, merupakan putri sulung dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AP Photo/Sakchai Lalit)

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama anggota keluarga kerajaan lainnya mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). (AP Photo/Kittinun Rodsupan)

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama anggota keluarga kerajaan lainnya mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). (AP Photo/Kittinun Rodsupan)

Putri Thailand Chakri Sirindhorn (kiri ) dan Putri Ubolratana mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Ubolratana  adalah anak pertama dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AFP Photo/Royal Thai Bureau)

Putri Thailand Chakri Sirindhorn (kiri ) dan Putri Ubolratana mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Ubolratana adalah anak pertama dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AFP Photo/Royal Thai Bureau)

Ekspresi Putri Thailand, Maha Chakri Sirindhorn saat mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Maha Chakri Sirindhorn, merupakan putri sulung dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AP Photo/Kittinun Rodsupan

Ekspresi Putri Thailand, Maha Chakri Sirindhorn saat mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Maha Chakri Sirindhorn, merupakan putri sulung dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AP Photo/Kittinun Rodsupan

Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn, Putri Ubolratana, Putri Bajrakitiyabha dan Putri Sirivannavari Nariratana saat mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (27/10). (AFP Photo/Anthony Wallace)

Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn, Putri Ubolratana, Putri Bajrakitiyabha dan Putri Sirivannavari Nariratana saat mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (27/10). (AFP Photo/Anthony Wallace)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Plastik, Minuman Berpemanis Juga Bakal Kena Cukai

Posted: 26 Oct 2017 09:30 PM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengupayakan untuk mengenakan cukai pada produk plastik. Salah satu upayanya, berkomunikasi dengan DPR agar merestui rencana cukai plastik tersebut.

Tak hanya plastik, pemerintah juga mewacanakan untuk mengenakan cukai dari produk-produk minuman yang berbahan baku pemanis atau berkarbonasi.

Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menjelaskan, pengenaan cukai terhadap minuman berpemanis ini bertujuan mengurangi konsumsi masyarakat terhadap bahan baku tersebut yang menjadi penyebab banyaknya penyakit seperti gula dan obesitas.

"Untuk itu kita melihat bahwa salah satu cara mengendalikannya adalah jangan sampai konsumsi zat-zat minuman berpemanis itu berlebihan. Makanya harus kita kendalikan," jelas Heru di Kompleks Kementerian Keuangan, Jumat (27/10/2017).

Hanya saja rencana ini masih dalam wacana. Untuk mewujudkannya, masih memerlukan berbagai mediasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti salah satunya para pelaku industri minuman itu sendiri.

"Faktornya itu harus ada 4 yang kita pertimbangkan. Pokonya kita tidak bisa gegabah," tegas dia.

Empat faktor yang dimaksud oleh Heru adalah Pertama, pertimbangan dari sisi kesehatan. Kedua, industri makanan dam minuman. Ketiga adalah tenaga kerja, dan ke empat dari sisi penerimaan negara.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo pernah mengusulkan agar pemerintah mengenakan cukai untuk minuman ringan berpemanis, kendaraan bermotor, dan bahan bakar minyak (BBM). Usulan pungutan cukai atas tiga objek baru ini akan meningkatkan penerimaan negara dengan kontribusi hingga Rp 169 triliun.

Khusus untui minuman berpemanis, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), minuman ringan berpemanis berpotensi memicu obesitas. Hal ini sesuai dengan Undang-undang (UU) Cukai, bahwa cukai dikenakan untuk mengendalikan konsumsi karena berakibat buruk ke kesehatan, dan lainnya.

"Cukai bisa jadi instrumennya dan optimasi penerimaan negara karena dari data WHO, penyebab utama kematian adalah diabetes. Ada 47 juta orang Indonesia menderita obesitas yang berisiko menimbulkan penyakit jantung, pengeroposan tulang, dan sebagainya," terang dia. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Derrick Rose Serang New York Knicks

Posted: 26 Oct 2017 09:30 PM PDT

Derrick Rose menyerang mantan klubnya New York Knicks. Pemain yang berposisi sebagai point guard itu mengaku lebih bahagia bermain di Cleveland Cavaliers mulai NBA 2017-2018.

Rose bergabung dengan Knicks musim panas lalu. Dia berstatus free agent setelah tidak memperpanjang kontraknya. Kepada New York Post, Rose mengungkapkan alasannya memilih bergabung dengan Cavaliers ketimbang bertahan di Knicks. 

Eks pemain Chicago Bulls itu mengaku tidak bahagia selama bermain di Knicks sehingga memilih pindah ke Cavaliers.

"Tidak ada kebebasan bersama Knicks. Di sini saya mendapat kebebasan," ujar pemain 29 tahun itu.

Rose memang mampu tampil bagus di awal musim NBA 2017-2018. Dia mencetak rata-rata 13,5 poin dari dua pertandingan awal bersama Cavaliers.

Meski belum bisa membuat poin di atas 30, Rose mulai menemukan sentuhan emasnya di Cavaliers. Beberapa kali penetrasi cepat Rose yang jadi ciri khas Rose mampu memukau fans Cavaliers.

"Pelatih Tyronn Lue dan tim telah melakukan tugas luar biasa membiarkan saya bermain seperti yang saya ingin mainkan," lanjut Rose.

Sayangnya Rose kemudian harus menepi di tiga pertandingan terakhir akibat mengalami cedera pergelangan kaki. Tanpa Rose, Cavaliers kalah dua kali dan menang sekali saja. LeBron James terpaksa digeser menjadi point guard.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Bocah yang Alami Tulang Retak Sejak dalam Kandungan

Posted: 26 Oct 2017 09:30 PM PDT

Bocah perempuan berusia enam tahun memiliki kelainan tulang sejak masih dalam kandungan. Kondisi itu sangat parah sehingga membuat dia mudah mengalami rusuk dan patah pada tulang saat melakukan gerakan ringan, seperti bersin.

Bocah bernama Zoe Lush terlahir dengan kondisi tulang yang retak. Menurut para dokter, tulang belulangnya sangat halus sehingga bahkan bersin pun bisa membuat tulang rusuknya patah. Dia juga tidak boleh terjatuh karena hal itu bisa membunuhnya, seperti dikutip dari laman Boldsky, Jumat (27/10/2017).

Saat menjalani kehamilan, ibu Zoe yang bernama Chelsea menjalani ultrasonografi (USG) empat dimensi. Betapa terkejutnya dia saat dokter mengatakan bahwa bayi yang dikandungnya mengalami patah tulang di bagian rusuk, lengan dan kaki. "Dokter berkata bayi saya mengalami kondisi yang amat parah dan mungkin tidak akan berhasil untuk dilahirkan," ucap Chelsea.

Meski Chelsea menyadari kondisi yang dialami bayinya, namun dia bersikeras untuk mempertahankan kehamilannya dan tetap melahirkan Zoe. "Saya menentang saran medis dan akhirnya berhasil melahirkan Zoe melalui operasi sesar. Ini merupakan keputusan sulit, tapi saya bahagia saat melihat putri cantik saya lahir," ucapnya.

Zoe terlahir dengan kondisi langka yang disebut osteogenesis imperfecta, yaitu kelainan genetik yang ditandai dengan tulang rapuh yang mudah patah. Kondisi ini menimpa 1 dari 15.000 orang di Inggris dan hingga 50.000 orang di AS.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Dokter menyadari bahwa Zoe menderita kondisi patah tulang yang langka. Kondisi ini menyebabkan Zoe harus tinggal di rumah sakit selama seminggu, di mana dia menerima perawatan IV yang disebut pamidronate. Perawatan ini membantu memperkuat tulang secara internal dan itu adalah komponen utama dalam mengurangi patah tulang.

Menurut ibunya, Zoe mengalami kondisi yang sangat rapuh. Dokter mengatakan, Zoe mengalami retak hampir pada semua tulang di tubuhnya. Selain itu, dokter juga mengatakan penampilan Zoe nampak seperti orang yang dipenggal setelah tulang-tulang di lehernya mulai hilang.

Untuk membantu mengurangi beban yang dialami Zoe, dokter juga memasukkan batang logam ke dalam anggota tubuh bocah tersebut dan dia telah menjalani operasi leher untuk menstabilkan tulang belakangnya.

Selain itu, Zoe juga mendapatkan terapi fisik secara teratur, karena ini membantu dia dalam memperkuat otot-ototnya. "Terapi telah banyak membantunya, karena patah tulang telah menjadi berkurang dibandingkan sebelumnya," ucap ibu Zoe.

Dalam menjalani keseharian, Zoe senang bermain dengan saudara laki-lakinya yang berusia 3 tahun. Mereka suka memanggang, melukis dan bermain bersama. Di mata Chelsea, Zoe merupakan anak yang cantik dan membanggakan, dia tidak malu untuk berteman dengan siapa saja.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Apple Tanggapi Rumor Keterbatasan Suplai iPhone X

Posted: 26 Oct 2017 09:30 PM PDT

CEO Apple, Tim Cook, mengatakan Apple akan berusaha keras untuk memproduksi iPhone X sebanyak mungkin. Pernyataan Cook itu merupakan tanggapannya atas berbagai laporan yang beredar tentang keterbatasan suplai iPhone X.

Dilansir Softpedia, Jumat (27/10/2017), dalam sebuah sesi wawancara dengan Buzzfeed, Cook ditanya mengenai kemungkinan suplai iPhone X yang sangat terbatas. Ia tak membantah secara tegas rumor tersebut, tapi juga tidak memastikan suplai iPhone X akan bisa memenuhi permintaan konsumen.

"Kami akan melihat apa yang terjadi. Kami akan bekerja sekeras untuk membuat iPhone X sebanyak mungkin," kata Cook ketika berdiskusi tentang keterbatasan suplai iPhone X pada awal kehadirannya di pasar.

Laporan mengenai keterbatasan unit iPhone X saat awal peluncurannya, sudah beredar sejak beberapa hari lalu. Apple disebut hanya menyiapkan tiga juta unit iPhone X untuk penjualan perdananya pada 3 November 2017, padahal smartphone itu akan dijual di berbagai negara.

Selain itu, Apple juga dilaporkan hanya menyiapkan antara 20-30 juta unit iPhone untuk tahun ini. Proses produksi yang rumit menjadi penyebab keterbatasan pasokan produk.

Menurut laporan Nikkei Asian Review, pengapalan awal iPhone X diprediksi hanya berkisar 20 juta unit, setengah dari jumlah yang direncanakan untuk tahun ini. Hal tersebut disebabkan Apple belum juga berhasil menyelesaikan berbagai isu teknis terkait komponen untuk fitur pengenalan wajah Face ID pada iPhone X. Ini bukan satu-satunya kendala yang dihadapi Apple.

iPhone X merupakan smartphone pertama Apple yang menggunakan layar OLED dan tidak memiliki tombol Home fisik. Pada periode produksi massal, dilaporkan ada cacat produksi dalam proses perekatan untuk panel OLED. Hingga akhirnya, sebagian besar masalah tersebut bisa diselesaikan pada Juli 2017.

Setelah itu, muncul masalah baru mengenai perakitan modul autentikasi wajah. Para mitra manufaktur Apple juga disebut hanya mampu meningkatkan first pass yield (FPY) menjelang akhir September 2017.

Apple pun terus berusaha meningkatkan pasokan iPhone X, termasuk bernegosiasi dengan sejumlah manufaktur mengenai produksi tambahan komponen-komponen tertentu.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Cate Blanchett Berambisi Jadi Ini di Thor: Ragnarok

Posted: 26 Oct 2017 09:27 PM PDT

Salah satu daya tarik film Thor: Ragnarok adalah akting Cate Blanchett sebagai Hela, Sang Dewi Kematian. Uniknya, ternyata aktris 48 tahun ini mengaku bahwa Hela adalah peran yang ia impikan selama ini.

Hal tersebut diungkapkannya dalam sebuah video promo Thor: Ragnarok bertajuk "A Motivational Message from Thor: Ragnarok's Cate Blanchett" yang diunggah Marvel Entertainment di YouTube pada 23 Oktober 2017.

Meskipun sudah berusia 47 tahun, Cate Blanchett tetap terlihat mempesona dan awet muda. (Foto: cate-blanchett.com)

Uniknya, video tersebut dikemas dengan gaya motivator sembari menunjukkan sisi aktingnya yang mencekam. "Jangan pernah menyerah dengan mimpimu. Selalu percaya pada dirimu. Kamu bisa menjadi apa pun yang kau inginkan di dunia ini," katanya dalam video itu.

"Maksudku, lihatlah aku, dengan sedikit kerja keras dan banyak dedikasi. Aku memenuhi mimpiku untuk menjadi... Dewi Kematian," ujarnya dengan tatapan bengis dan latar belakang langit mendung yang diiringi potongan adegan Hela dalam Thor: Ragnarok.

Cate Blanchett pun masih memasang mimik wajah dingin dan bengis, mengakhiri kata-katanya dengan menyampaikan, "Ada pertanyaan?"

Thor Ragnarok. (Entertainment Weekly)

Di luar ekspresi wajah dinginnya, video tersebut membuat Cate Blanchett banjir pujian. "Suaranya begitu memesona," kata pemilik akun Sapphira Glow di komentar video tersebut. "Video motivasi terbaik," tulis NE Happy Wolf. "Dia murni jahat," ujar yang lainnya.

Dalam Thor: Ragnarok, Cate Blanchett memerankan Hela, Dewi Kematian yang kembali ke Asgard untuk mengklaim takhta negeri para dewa itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karya Ready to Wear 2 Desainer Indonesia di Panggung JFW 2018

Posted: 26 Oct 2017 09:24 PM PDT

Koleksi busana siap pakai atau yang biasa dikenal dengan ready to wear menjadi tren untuk fashion saat ini. Anda dapat tampil dengan memesona dengan busana yang mudah didapatkan bahkan secara online. Melihat hal ini e-commerce khusus fashion Zalora menggandeng dua desainer kenamaan tanah air menampilkan karya ready to wear mereka dalam perhelatan mode akbar Jakarta Fashion Week 2018.

Kolaborasi ini menghadirkan koleksi kapsul dari Barli Asmara dan Ikat Indonesia by Didiet Maulana. Selain dipamerkan pada pecinta fashion di Jakarta Fashion Week 2018. koleksi ini juga akan dijual secara eksklusif di platform Zalora.

Dalam kolaborasi ini, Zalora dan dua desainer ini menghadirkan koleksi busana siap pakai yang mengikuti tren terkini dan modern, dengan twist yang ceria. Koleksi ini mengusung tema Press Play, kedua desainer mengambil inspirasi dari karakter wanita yang mandiri. Lembut namun tangguh hingga feminin dan tetap sporty.

Koleksi ini diperuntukan untuk para wanita sophisticated yang masih menjaga sisi karakter playful mereka. Keseluruhan busana juga didesain dapat dikenakan dari pagi hingga malam sesuai dengan kebutuhan.

"Kami sanggat bangga dapat mengajak Barli Asmara dan Didiet Maulana untuk menjadi bagian dari Zalora. Ini adalah pertama kalinya sebuah e-commerce di Indonesia melakukan kolaborasi yang mendalam dengan desainer Indonesia untuk meluncurkan sebuah koleksi bersama. Busana-busana yang dihadirkan malam ini tak hanya mengusung gaya khas dari para desainer namun juga memiliki relevansi dengan pelanggan Zalora,"  kata Anthony Fung CEO Zalora Indonesia saat konferensi pers Jakarta Fashion Week pada Kamis (27/10/2017).

 

 

Barli Asmara mengambil inspirasi dari feminitas wanita. Terkenal akan ciri khasnya yang banyak menggunakan detail tiga dimensi serta kerajinan tangan dalam negeri, ia kemudian mentranslasikan idenya ke dalam koleksi dalam bentuk ruffles yang berjuntai hingga aksen kerut pada busana.

Namun, karena ia meyakini tak ada seorang wanita pun yang 100 persen hanya menggemari gaya feminin saja, ia menggunakan palet warna monokromatis yang cenderung gelap seperti hitam, abu-abu, navy dan putih. Material yang digunakan juga beragam, mulai dari katun, scuba hingga crepe.

Sementara Didiet Maulana untuk labelnya Ikat Indonesia, menggabungkan tradisi dan gaya kontemporer Indonesia yang dirancang untuk wanita modern. Terinspirasi oleh pagoda Bali, koleksi ini mencerminkan filosofi arsitektur Bali yang menghadirkan siluet modern dan digital menggunakan teknik ikat tradisional.

Prinsip-prinsip simetri yang penuh harmoni membentuk elemen inti dari koleksi ini, sambil menyoroti penjajaran bentuk organik dan struktural pagoda. Narasi filsafat Bali yang menghormati individualitas muncul lewat fleksibilitas pakaian serta kenyamanan tanpa mengorbankan estetika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daihatsu Upayakan Mobil Listrik di Indonesia Akan Terjangkau

Posted: 26 Oct 2017 09:23 PM PDT

Daihatsu Motor Company tak hanya ingin sekadar dianggap sebagai spesialis mobil kompak saja. Namun dalam hal teknologi, perusahaan asal Jepang ini juga diklaim sangat mumpuni.

Bahkan, seperti era saat ini, Daihatsu tidak hanya mempersiapkan diri untuk menghadirkan mobil listrik di pasar Jepang saja. Sebab, Daihatsu mempertimbangkannya untuk Indonesia.

Namun sama seperti Jepang, President DMC Ltd, Koichiro Okudaira mengatakan, untuk Indonesia, Daihatsu tengah memikirkan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan berupa mesin hibrida dan listrik.

"Karena Daihatsu sudah berbicara dengan Airlangga Hartanto (Menteri Perindustrian RI), beliau juga pikir pasar Indonesia harus ada mobil hibrida dan listrik juga. Jadi tentu saja kami juga berpikir seperti itu," ungkap Koichiro saat ditemui di booth Daihatsu di ajang Tokyo Motor Show ke-45, Tokyo, Jepang, Kamis (26/10/2017).

Koichiro meyakini untuk memasarkan mobil listrik di Indonesia, dipastikan dapat membuat harga jual akan sangat tinggi.

Namun begitu, kata dia, Daihatsu berusaha untuk membuat mobil listrik dan memasarkannya dengan harga lebih terjangkau.

Saat ditanya apakah murahnya mobil yang dipasarkan Daihatsu nanti karena mendapatkan insentif dari pemerintah Indonesia, Koichiro menegaskan hal itu belum dilakukan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Indonesia memang menjadi salah satu market yang menggiurkan bagi sejumlah pasar otomotif nasional. Tak terkecuali Daihatsu.

Namun pertanyaan timbul, dengan banyaknya investasi di Tanah Air, bagimana harapan principal Daihatsu terhadap pemerintah Indonesia, khususnya dalam hal mengembangkan mobil listrik?

Kata Koichiro, saat ini belum ada permintaan yang jelas. Akan tetapi, jika ada permintaan seperti infrastruktur bukan tidak mungkin hal itu bisa direalisasikan.

"Karena mobil listrik itu harus ada stasiun mobil listrik juga. Jadi untuk pemerintah Indonesia saya berharap infrastrukturnya harus ada terlebih dahulu," ucap Koichiro.

Saat ini Daihatsu memiliki Pusat Penelitian & Pengembangan atau Research and Development Center (R&D Center) di ADM, di bawah bimbingan pihak prinsipal, yaitu Daihatsu Motor Company (DMC), Jepang.

Pusat R&D Daihatsu sendiri dibangun di atas lahan seluas 25 hektar, di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Fasilitas ini diklaim menjadi terlengkap dan terbesar di Indonesia, yang meliputi Design Building dan Engineering Building, Test Course dengan 24 macam kondisi jalan di Indonesia, empat tipe tanjakan, test banjir, dan lumpur.

R&D Center Daihatsu di Indonesia yang dibangun sejak 2011 yang sengaja dibangun untuk mewujudkan komitmen Daihatsu dalam memajukan industri otomotif Tanah Air, serta menyiapkan ADM sebagai product base Daihatsu di luar Jepang, sekaligus menjadi aset nasional yang membanggakan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dasar Pertimbangan Pemerintah Menaikkan Cukai Rokok

Posted: 26 Oct 2017 09:15 PM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana menaikkan cukai hasil industri tembakau atau rokok pada tahun depan. Adapun rata-rata kenaikan cukai ini sebesar 10,04 persen.

Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi mengatakan keputusan yang akan diambil tersebut sudah mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari kesehatan hingga masa depan industri rokok.

"Memang kebijakan rokok ini harus pertimbangkan paling tidak 4 faktor. Pertama tentunya kesehatan, kedua, industri rokok termasuk di dalamnya petani tembakau. Yang ketiga adalah tenaga kerja, dan keempat tentunya penerimaan negara," kata Heru di Kompleks Kementerian Keuangan, Jumat (21/10/2017).

Heru juga menegaskan, kenaikan cukai ini tidak semata-mata mendukung industri rokok sebagai penyumbang penerimaan cukai paling dominan saat ini. Selain itu mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat ke depannya.

Untuk masalah kesehatan ini, dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan rencana kenaikan cukai rokok mendapat restu dari Menteri Kesehatan.

Memang, diakui Heru, industri rokok dalam satu tahun terakhir mengalami penurunan produksi yang signfikan. Kenaikan cukai ini dinilai sudah win-win solution bagi semua pihak.

"Tentunya kita tak ingin berpihak ke salah satu tapi yang penting kita mengharmonisasi 4 faktor tadi," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara mengungkapkan, besaran kenaikan rata-rata tarif cukai rokok sebesar 10,04 persen per 1 Januari 2018. Namun dia enggan menyebut kenaikan rata-rata harga jual eceran rokok di tahun depan.

"Sudah ada rinciannya di PMK. Nanti saja tunggu keluar dalam satu atau dua hari ini. Yang pasti prosentasenya persis seperti yang diumumkan Bu Menteri (tarif cukai)," terang Suahasil di kantornya.

Untuk diketahui, tarif cukai rokok di 2017 rata-rata naik sebesar 10,54 persen. Sementara harga jual eceran rokok kenaikannya rata-rata 12,26 persen pada tahun ini.

Dalam aturan yang baru ini, kata Suahasil, pemerintah akan menyederhanakan layer cukai hasil tembakau dari 12 layer menjadi 10 layer di 2018. Ini juga merupakan target pemerintah jangka panjang untuk memangkas layer menjadi lima layer dalam beberapa tahun mendatang.

"Secara umum, kita ingin ada penyederhanaan layer dari 12 menjadi 10 layer. Roadmap-nya jadi lima layer. Tapi itu beberapa tahun, tidak langsung. Jadi ada periode transisi," ujarnya.

Suahasil lebih jauh memperkirakan akan ada penurunan jumlah produksi rokok di tahun depan. Meski tidak menyebutkan penurunan volume produksi rokok, dia mengaku sudah memproyeksikan dampaknya ke penerimaan.

"Kalau produksi turun, kita sudah estimasi berapa ke penerimaan. Cukai dipungut di produsen, jadi dengan kenaikan tarif sekian, harga rokok bakal naik. Memang rokok adalah salah satu komoditas yang peredarannya ingin kita awasi. Kita bisa kurangi konsumsi, karena punya dampak negatif," jelasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rhoma Irama Jadi Imam Salat Jumat di Masjid Balai Kota

Posted: 26 Oct 2017 09:15 PM PDT

Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama tiba-tiba mendatangi Balai Kota, Jakarta Pusat. Kedatangannya, kata Rhoma, guna memenuhi undangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ada jadwal di sini, mau salat Jumat, (jadi) khatib, imam di Masjid Fatahillah, cuma itu aja," kata Rhoma di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017).

Namun saat ditanyakan mengenai tema apa yang akan disampaikan, Rhoma enggan menjawab. Hal terpenting, kata dia, yakni ucap syukur akan adanya pemimpin baru di Ibu Kota.

"Tentunya dengan harapan sesuai dengan tagline daripada Anies-Sandi. Bahwa warga Jakarta harus sejahtera dan bahagia," ujar dia.

Sebagai pendukung Anies-Sandi, Raja Dangdut tersebut mengharapkan masyarakat Jakarta dapat menjaga kerukunan umat beragama hingga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab, Jakarta merupakan pusat pemerintahan di Indonesia.

"Sebagai Ibu Kota itu harus mencerminkan persatuan umat Islam, persatuan antarumat beragama. Khususnya, Jakarta lebih baik dan lebih maju," ujar Rhoma.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Malaysia: Rossi Akui Gaya Balapnya Ketinggalan Zaman

Posted: 26 Oct 2017 09:15 PM PDT

Jelang MotoGP Malayasia di Sirkuit Sepang, Minggu (27/10/2017), Valentino Rossi membuat sebuah pengakuan. Menurut pembalap MotoGP asal Italia tersebut, gaya membalap yang selama ini digunakannya sudah ketinggalan zaman.

Selama ini, Rossi terkenal sebagai pembalap yang gampang marah. Dia pernah adu mulut dengan Marc Marquez, Max Biaggi, hingga pembalap debutan MotoGP, Johann Zarco.

 

Pada MotoGP Australia, pekan lalu, Rossi akhirnya menyadari, dengan banyaknya pembalap yang agresif, amarah bukan menjadi solusi yang baik untuk memecahkan masalah. Di Phillip Island, minggu lalu, ada tujuh pembalap yang memperebutkan podium.

"Saat ini Anda perlu pendekatan baru. Saya mungkin harus melupakan cara saya membalap beberapa tahun lalu. Marah tidak akan meraih apa pun," ucap Rossi, dikutip dari Motor Sport.

"Ada beberapa peraturan untuk diikuti, dan yang pertama adalah tidak mengarahkan motor ke pembalap lainnya, tapi mungkin saya salah. Mungkin saya sedikit kuno, tapi saya harus beradaptasi," ujar mantan pembalap Honda dan Ducati itu.

Sepanjang MotoGP 2017, Rossi menyadari ada banyak pembalap yang agresif di lintasan, selain dirinya. Beberapa pemain yang agresif sepanjang tahun ini adalah, Zarco, Marquez, hingga Jack Miller.

"Tahun ini saya juga sangat agresif, jadi saya bukanlah orang yang bisa diajak bicara. Satu-satunya perbedaan adalah beberapa tahun lalu akan menjadi seperti ini pada tiga putaran terakhir, saat ini pada 25 putaran terakhir," kata pembalap MotoGP berusia 38 tahun itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Resmi Ditahan KPK, Bupati Nganjuk Minta Maaf

Posted: 26 Oct 2017 09:15 PM PDT

Bupati Nganjuk Taufiqurrahman resmi ditahan KPK. Ia langsung meminta maaf kepada masyarakat Nganjuk atas dugaan suap yang dituduhkan padanya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desainer Generasi Enam IFF Siap Jadi Label Papan Atas Indonesia

Posted: 26 Oct 2017 09:15 PM PDT

IFF atau Indonesia Fashion Forward adalah program inkubasi desainer muda hasil kerjasama dengan Jakarta Fashion Week, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, British Council, dan Center for Fashion Enterprise sejak tahun 2012. Melalui IFF ini kemampuan para desainer ditingkatkan untuk menembus pasar global.

Sudah ada lebih dari 40 desainer dan label Indonesia yang masuk ke dalam program IFF, antara lain Major MInor, Tex Saverio, Yosafat Dwi Kurniawan, Dian Pelangi, Albert Yanuar, Patrick Owen, Toton, Peggy Hartanto, Norma Hauri, dan Billy Tjong. Ketat dan pesatnya perkembangan bisnis para desainer lulusan IFF membuat para mitra dalam dan luar negeri antusias melakukan kolaborasi.

Contohnya adalah 12 desainer terbaik IFF yang menampilkan koleksi terbaik mereka di Galeries Lafayette melalui program Fashion Lab. Hal ini memang wadah bagi desainer lokal Indonesia untuk memperkenalkan karya terbaik mereka. Di tahun 2018 ini, IFF kembali memilih tujuh orang desainer sebagai generasi keenam, yaitu Danjyo Hiyoji, Reves Studio, Pvra, At The Studio, Mazuki, Etterette by Vivian Lee, dan Kami.

 

Danjyo Hiyoji merupakan label ready to wear yang didirikan pada tahun 2009 yang didirikan oleh Dana Maulana dan Liza Masitha. Rêves Studio adalah label ready-to-wear yang didirikan oleh Karina Widjaja dan Karina Pricilla, menghadirkan pakaian yang klasik dan elegan untuk wanita masa kini.

Rêves Studio memiliki ciri khas desain asimetris dengan detail kain bertekstur serta jahitan yang rapi. Pvra merupakan salah satu label aksesori yang mengawali tren sandal berhias manik-manik di pasar lokal yang didirikan tahun 2015 oleh Kara Nugroho dan Putri Katianda.

At The Studio merupakan proyek baru yang diciptakan oleh ATS The Label dengan konsep pakaian kasual dan basic. At The Studio seringkali bermain dengan warna netral dengan kesan edgy.

Sedangkan Mazuki menghadirkan pakaian bergaya kontemporer untuk pria dan wanita. Label ini memiliki ciri khas desain terstruktur dan rapi dengan penggunaan bahan-bahan yang nyaman.

Etterette by Vivian Lee menyuguhkan busana wanita dengan garis desain yang tajam, tetapi berlekuk lembut. Ketika digunakan, busana ini akan memberikan tampilan yang feminin, elegan, dan tangguh.

Terakhir adalah Kami. Label ini menghususkan diri dalam tema busana modest wear yang trendi dan feminin, tetapi tanpa menunjukkan lekuk wanita. Kami yang dulunya bernama Kami Idea baru saja usai melakukan proses rebranding.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokumen Pembunuhan JFK Dirilis, Sejumlah Fakta Baru Terungkap

Posted: 26 Oct 2017 09:14 PM PDT

Sejumlah dokumen rahasia pembunuhan Presiden Amerika Serikat John Fitzgerald Kennedy telah dirilis oleh otoritas AS pada 26 Oktober 2017 waktu setempat.

Beberapa dokumen yang telah diungkap ke publik menguak fakta mengejutkan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Dokumen itu menjelaskan Lee Harvey Oswald bertemu dengan seorang agen intelijen Uni Soviet (KGB). Demikian seperti dikutip News.com.au, Jumat (27/10/2017).

Menurut dokumen tersebut, pertemuan itu terjadi dua bulan sebelum Oswald menembak JFK. Dan diduga, agen KGB itu bertanggung jawab atas rangkain proses pembunuhan presiden ke-35 AS tersebut.

Pertemuan itu bermula ketika Oswald mengunjungi Kedutaan Uni Soviet di Mexico City pada 28 September 1963. Di sana ia bertemu dengan Valeriy Vladimirovich Kostikov, agen senior untuk 'Departemen ke-13 KGB', unit khusus yang anggotanya diduga bertugas untuk operasi pembunuhan.

Dalam dokumen JFK itu juga disebut bahwa Oswald berada di Meksiko selama enam hari.

Sementara itu pada salah satu dokumen lain, Biro Investigasi Federal AS (FBI) dilaporkan baru mengetahui pertemuan itu pada 1 Oktober 1963, sebulan sebelum penembakan JFK.

Dokumen itu juga menunjukkan bahwa sejumlah agen FBI dikritik habis oleh para Komite Senator AS karena tak mampu membaca dan mencegah gerak-gerik Oswald lebih dini selama ia berada di Meksiko.

Rilis itu menguak informasi mengejutkan baru seputar pembunuhan JFK. Amerika Serikat pada Kamis 26 Oktober waktu setempat telah merilis sekitar 2.800 dari kisaran 3.100 dokumen rahasia. Presiden Trump menjaga sisa dokumen lain tetap rahasia atas usulan Agensi Intelijen Pusat AS (CIA) dan FBI.

Sebuah undang-undang, The President John F. Kennedy Assasination Records Collection Act 1992 mewajibkan seluruh dokumen seputar kasus itu diungkap ke publik 25 tahun kemudian, tepatnya pada 2017 ini. Tenggat waktu pengungkapan dokumen itu adalah Kamis 26 Oktober 2017.

 

Presiden AS Donald Trump menginginkan agar dokumen seputar pembunuhan Presiden JFK dipublikasikan lebih banyak ketimbang kuantitas yang telah ada sekarang. Namun, akibat beberapa agensi pemerintah -- beberapa di antaranya adalah CIA dan FBI -- yang mengungkapkan keberatan atas rencana rilis tersebut, maka beberapa dokumen dinyatakan tetap dirahasiakan.

Terkait hal tersebut, sebelum dokumen itu dirilis pada Kamis 26 Oktober, Trump dihadapkan pada dua pilihan. Merilis seluruh 3.100 dokumen tanpa sensor atau mempublikasikan 2.800 dokumen namun melibatkan badan intelijen dan penegak hukum untuk menyunting naskah tersebut.

Trump pun memilih opsi kedua, yang justru ia sesali.

"Presiden sangat tidak suka dengan berbagai redaksional tersebut. Ia menganggap para agensi itu tak memiliki semangat hukum," jelas seorang pejabat Gedung Putih yang meminta tak disebutkan namanya.

Sementara itu, Juru Bicara Kepresidenan Sarah Sanders mengatakan, "Presiden menuntut transparansi dari para agensi dan meminta mereka meminimalisir redaksional tanpa penundaan lebih lama."

Seperti dikutip dari CNN, berbagai agensi intelijen dan lembaga penegak hukum di AS berbondong-bondong melayangkan surat kepada Trump. Isinya meminta agar sang presiden menahan untuk mempublikasikan dokumen tersebut -- terutama yang berkaitan dengan mereka -- dan meminta agensi meredaksi naskah tersebut.

Sekarang, lembaga yang meminta agar dirahasiakan pada hari Kamis akan memiliki waktu lima bulan untuk melakukan tinjauan sekunder atas dokumen tersebut. Usai itu, mereka harus mengajukan argumentasi dan melapor kepada US National Archive mengapa mereka yakin dokumen tersebut harus tetap dirahasiakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temui Anies, Warga Bukit Duri Tanya Kelangsungan Hidup Mereka

Posted: 26 Oct 2017 09:10 PM PDT

Puluhan warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, mendatangi Balai Kota, Jakarta, untuk bertemu Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Warga yang sebagian besar ibu-ibu ini antusias menunggu kedatangan orang nomor satu dan nomor dua di Ibu Kota. Bersama dengan kuasa hukumnya, Vera Soemarwi dan warga lainnya langsung mendekati Anies setibanya di Balai Kota.

Vera mewakili warga Bukit Duri meminta waktu luang Anies untuk bertatap muka dengan warga. Vera ingin membahas kelangsungan hidup mereka.

Namun, Anies mengatakan dirinya akan mengatur waktu untuk berdiskusi dengan warga Bukit Duri. Kemungkinan, pertemuan akan dilakukan pada November.

"Saya sudah berencana, rencananya awal bulan depan. Jadi begitu tenang kita siapin rencana supaya rembukan itu bukan rembukan untuk ngumpulin problem, tapi untuk langkah ke depan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Di depan kuasa hukum dan warga Bukit Duri, Anies menyatakan telah bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk membicarakan konsolidasi tanah yang ada di Bukit Duri.

"Itu untuk membicarakan konsolidasi tanah, supaya bisa dimanfaatkan," ujar dia.

Salah satu warga Bukit Duri kemudian menanyakan soal selendang pemberiannya kepada Anies ketika masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

"Itu ada di mobil, tidak pernah saya bawa. Terus jadi pengingat bagi saya ini adalah amanat dari ibu di sebuah kampung yang jadi puing," ujar Anies.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Jokowi Terima Kunjungan Mantan PM Jepang Beserta Para Pengusaha di Istana

Posted: 26 Oct 2017 09:05 PM PDT

Mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda (tengah) berjalan di halaman Istana Merdeka saat melakukan kunjungan, Jakarta, Jumat (27/10). Dalam kunjungannya, Fukuda hadir bersama para pengusaha Negeri Sakura. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda (tengah) berjalan di halaman Istana Merdeka saat melakukan kunjungan, Jakarta, Jumat (27/10). Dalam kunjungannya, Fukuda hadir bersama para pengusaha Negeri Sakura. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda (keempat kiri) berdialog dengan Presiden Joko Widodo saat kunjungannya di Istana Merdeka, Jumat (27/10). Kunjungan ini juga membahas kerjasama dalam bidang ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda (keempat kiri) berdialog dengan Presiden Joko Widodo saat kunjungannya di Istana Merdeka, Jumat (27/10). Kunjungan ini juga membahas kerjasama dalam bidang ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jumat (27/10). Pertemuan bilateral tersebut diselenggarakan guna membahas potensi kerja sama kedua negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jumat (27/10). Pertemuan bilateral tersebut diselenggarakan guna membahas potensi kerja sama kedua negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jumat (27/10). Kunjungan ini juga membahas kerjasama dalam bidang ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jumat (27/10). Kunjungan ini juga membahas kerjasama dalam bidang ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seru, Touring Keliling Malaysia Naik Moge Honda

Posted: 26 Oct 2017 09:04 PM PDT

Sebanyak 23 orang dari Indonesia beruntung bisa mengikuti touring menggunakan motor gede (moge) Honda. PT. Astra Honda Motor (AHM) mengajak mereka menjelajahi Malaysia dalam rangkaian touring Honda Asian Journey 2017.

Gelaran turing ini digelar selama empat hari pada 26-29 Oktober 2017 dan diikuti oleh 58 pencinta big bike Honda dari 6 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, India dan Malaysia.

Di antara beberapa motor besar yang digunakan dalam Honda Asian Journey 2017 beberapa di antaranya adalah Honda CB500 series, Honda CBR650R, Honda CBR1000RR, Honda X-ADV, Honda VFR1200X, Honda Africa Twin, Honda Goldwing dan model big bike Honda lainnya.

Kontan saja hal ini menghadirkan kebanggaan berkendara dan pengalaman eksklusif karena bisa mencoba langsung mengendarai berbagai model big bike Honda.

Liputan6.com menjadi salah satu peserta yang mengikuti perhelatan ini. Dengan menempuh jalur kurang lebih 560 kilometer, rute pertama yang ditempuh adalah menyusuri jalur kota Malaka.

Namun sebelumnya, para peserta diharuskan mengikuti sesi latihan keselamatan berkendara menggunakan big bike Honda di Melaka International Motorsport Circuit.

Selain itu para peserta juga mendapatkan arahan dari para instruktur. Teriknya panas tak membuat peserta beranjak untuk memperhatikan. Kami sempat menjajal beberapa big bike antara lain Honda CBR 650R dan Honda VFR1200X.

Performa tinggi big bike Honda memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan saat mencoba sirkuit.

Setelah menjalani sesi latihan, para peserta memulai perjalanan touring Honda Asian Journey 2017 menuju kota Malaka yang berada di pesisir Selat Malaka. Momen ini dimanfaatkan peserta touring untuk menguji performa kecepatan big bike Honda di jalanan lurus highway.

Memasuki kota Malaka, peserta dapat merasakan sensasi kelincahan big bike Honda di tengah kepadatan kendaraan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Dalam keterangannya, Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan konsumen big bike Honda di Indonesia yang berpartisipasi pada gelaran ini dapat merasakan pengalaman berharga dalam mengendarai sepeda motor big bike Honda bersama para pecinta big bike Honda lainnya dari berbagai negara Asia. Selain itu pada gelaran touring ini, para peserta dapat merasakan jajaran big bike Honda yang dijual di seluruh dunia.

"Melalui gelaran touring spesial ini, kami ingin memberikan pengalaman tak terlupakan kepada para konsumen big bike Honda dengan merasakan sensasi touring menjelajahi negeri tetangga serta merasakan perfoma berbagai motor big bike Honda yang berperforma tinggi, menyenangkan di berbagai kondisi jalan, serta memberikan kebanggaan saat dikendarai," ujar Thomas.

Sekadar informasi, 23 pencinta big bike Honda yang ikut serta dalam rangkaian Honda Asian Journey 2017 terdiri dari 14 konsumen big bike Honda yang berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bali dan Makassar yang merupakan konsumen jaringan main dealer sepeda motor Honda yaitu PT Wahana Makmur Sejati, Astra Motor Jakarta, PT Daya Adicipta Motora, Astra Motor Jawa Tengah, Astra Motor Yogyakarta, Astra Motor Bali dan Astra Motor Makassar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Oposisi Rusia Ingin Mempersenjatai Wartawannya, Ada Apa?

Posted: 26 Oct 2017 09:04 PM PDT

Surat kabar pendukung oposisi Rusia, Novaya Gazeta, mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk memberi pelatihan senjata sekaligus membekali wartawan mereka dengan senjata tak mematikan. Hal tersebut demi melindungi diri dari serangan yang mungkin terjadi.

Gagasan itu mencuat di tengah lonjakan kekerasan terhadap "para pembangkang" di Rusia. Dalam pekan ini saja, seorang jurnalis ditikam di bagian leher di kantor radio Ekho Moskvy yang berhaluan liberal.

"Jika negara tidak siap untuk melindungi kami, kami akan melindungi diri sendiri," ujar Sergei Sokolov dari surat kabar Novaya Gazeta seperti dikutip dari The Guardian pada Jumat (27/10/2017).

Ia menambahkan, "Ketika wartawan mendapati diri mereka tak berdaya berhadapan dengan hukum jalanan dan ketidakdisiplinan aparat penegak hukum, maka tidak ada jalan lain".

Sebelumnya, salah seorang editor di Novaya Gazeta, Dmitry Muratov mengatakan bahwa sejumlah karyawan di media tersebut akan menjalani pelatihan senjata dan membeli "senjata traumatis".

Penggunaan senjata api diatur ketat di Rusia. "Senjata traumatis" yang menggunakan peluru karet lazim digunakan untuk melindungi diri, namun juga dapat memicu kerusakan yang mematikan.

"Saya akan mempersenjatai jajaran redaksi. Kami juga akan membekali jurnalis dengan sarana keamanan lainnya. Kami pun akan membuat kesepakatan resmi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri Rusia. Saya tidak punya pilihan lain," ungkap Muratov di kantor radio Ekho Moskvy.

Pavel Kanygin, responden khusus Novaya Gazeta mengatakan bahwa ia siap menggunakan senjata non-mematikan untuk membela diri. "Saya tidak melihat ini buruk dari sisi kami. Ini bentuk pertahanan," ujarnya kepada AFP.

Juru bicara Presiden Vladimir Putin pada Kamis waktu setempat menegaskan bahwa ia tidak melihat alasan untuk memberikan keamanan ekstra bagi awak media.

"Sayangnya, setiap dari kita menjadi sasaran dari orang gila," kata Dmitry Peskov seraya menambahkan bahwa Novaya Gazeta bebas menerapkan tindakan apa pun asalkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Selama dua dekade terakhir, Novaya Gazeta telah "kehilangan" sejumlah jurnalisnya termasuk wartawan investigasi Anna politkovskaya. Ia ditembak di pintu masuk apartemennya di Moskow pada tahun 2006.

Wartawan Rusia Rentan Pembunuhan

Menjadi wartawan di Rusia adalah profesi yang mengerikan. Apalagi jika media tempat bekerjanya adalah oposisi. Profesi ini terkenal membawa maut semenjak 1990an. Namun, puncaknya adalah kematian  wartawan investigasi Anna politkovskaya yang ditembak di pintu masuk apartemennya di Moskow pada tahun 2006.

Laporan Lembaga Perlindungan Wartawan Internasional (Committee to Protect Journalists) melaporkan dari tahun 1993 hingga 2017, ada 58 wartawan Rusia tewas saat menjalankan pekerjaannya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Baikan, Jessica Iskandar dan Ruben Onsu Masih Canggung

Posted: 26 Oct 2017 09:04 PM PDT

Perseteruan Jessica Iskandar dan Ruben Onsu mulai mereda. Keduanya dikabarkan sudah berbaikan. Namun, sepertinya hal itu masih meninggalkan bekas di hati Jessica Iskandar dan Ruben Onsu.

Pasalnya, hubungan keduanya jadi tak secair dan sehangat dahulu. Seperti pada momen yang terlihat di acara Insert Awards di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kami (26/10/2017) malam.

Ketika Jessica Iskandar yang tengah diwawancara, Ruben Onsu melintasi red carpet sambil menggendong buah hatinya Thalia Putri Onsu. Jessica Iskandar pun coba menyapa Ruben Onsu.

"Hai, mau ke mana?" kata Jessica Iskandar. "Hai, Jess. Bye," jawab Ruben Onsu.

Meski coba meredakan gosip miring tentang hubungan mereka, namun momen canggung itu masih terlihat di wajah Jessica Iskandar dan Ruben Onsu. Padahal sebelumnya, presenter yang akrab disapa Jedar dan Bensu itu selalu akrab dengan candaan.

"Sudah (bermaafan) kok. Sudah baik-baik saja, daaah," ujar Jessica Iskandar seraya mengklarifikasi. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cekikan Ibu Kandung Akhiri Nyawa Putrinya

Posted: 26 Oct 2017 09:03 PM PDT

Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial MU (40) resmi ditetapkan sebagai tersangka pembunuh anak kandungnya, Dwi Anggraini (14). Ia diduga mengakhiri nyawa putrinya sendiri dengan mencekik.

Penyidik Unit Perlindungan Anak dan Perempuan (PPA) Sat Reskrim Polres Palangka Raya menetapkan MU sebagai tersangka pada Rabu, 25 Oktober 2017. Sebelumnya, polisi memeriksa sejumlah saksi secara maraton dan menyita sederet barang bukti berupa kayu, gayung, dan lainnya.

Polisi juga meminta keterangan dokter forensik yang memeriksa dan mengautopsi jasad korban. Selain itu, polisi juga memeriksa kejiwaan MU dan melakukan gelar perkara. Hasil visum dan gelar perkara itu menguatkan dugaan terjadinya penganiayaan berat terhadap remaja putri yang masih bersekolah di SMPN 9 Palangka Raya.

"Dari hasil gelar perkara dengan menghadirkan ahli forensik, dapat disimpulkan bahwa kematian korban diduga akibat cekikan, sehingga korban sulit bernafas. MU adalah pelaku tunggal," kata Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli melalui Kasat Reskrim AKP Ismanto Yuwono, Kamis, 26 Oktober 2017.

Ismanto menyatakan penganiayaan yang diakhiri dengan cekikan itu terjadi di rumah mereka. Korban akibatnya menderita luka lebam di sekujur tubuh dan tak kuat lagi bertahan.

"Motifnya masih kita kembangkan lagi. Kita juga telah melakukan tes urine, tapi hasilnya negatif. Sedangkan tes kejiwaan, MU berperilaku normal meskipun pernyataannya sering berubah-ubah. Tapi hasil resminya masih kita tunggu," kata Ismanto.

Ibu kandung itu kini terancam Pasal 80 (4) Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Selain itu, ia juga bisa dikenai Pasal 44 ayat 3 UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), yang ancaman hukumannya 15 tahun penjara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Sebelumnya, remaja putri ditemukan dalam kondisi sangat mengenaskan dengan beberapa luka lebam di tubuhnya. Remaja warga Komplek Perumahan Bukit Ketimpun II itu, dianiaya hingga meninggal dunia pada Senin, 23 Oktober 2017.

Kasus penganiayaan remaja itu terungkap setelah warga sekitar rumah korban mendengar teriakan dari dalam rumah korban. Teriakan tersebut kontan mengundang sejumlah warga untuk datang.

Ketika warga masuk ke dalam rumah, korban sudah tergeletak di lantai. Saat itu, diperkirakan korban masih bernafas.

"Saat kami masuk, kami lihat dia (korban) sudah terjatuh di lantai. Badannya penuh pasir," ujar seorang warga yang enggan menyebutkan nama.

Melihat kondisi korban seperti itu, warga langsung membawanya ke puskesmas terdekat di Jalan Tjilik Riwut Km 11 menggunakan mobil. Namun, nyawa korban tidak tertolong.

"Ketika kami angkat, ada luka memar di tubuhnya. Di tangannya ada biru-biru. Kami bawa ke puskesmas, tapi sampai di sana sudah meninggal," katanya terbata-bata.

Jenazah remaja putri itu akhirnya dimakamkan pada Selasa, 24 Oktober 2017 di TPU Muslimin, Jalan Tjilik Riwut Km 12, Palangka Raya, oleh warga dan keluarga.

Sementara itu, si ibu kandung yang kini menempati sel tahanan Mapolres Palangka Raya membantah jika dia kerap melakukan kekerasan terhadap anaknya DA. Walau sering memarahi, dia mengaku hanya menggunakan suara saja, tidak memukul secara membabi buta.

"Kalau mukul, ya sewajarnya saja. Kemarin itu saya memang memukul dia, beberapa kali menggunakan tangan, ada juga pakai gayung. Cuma itu baru kemarin saja saya lakukan. Tapi, saya menyesal telah melakukan hal seperti itu," ujar MU saat ditanya oleh penyidik di Ruang Pelayanan Khusus (RPK) Unit PPA Polres Palangka Raya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Bunuh Diri Massal Paling Ngeri, Manfaat Lain Bedak Bayi

Posted: 26 Oct 2017 09:01 PM PDT

Bunuh diri menjadi cara paling brutal untuk mengakhiri hidup. Aksi nekat ini kerap dilakukan sendiri-sendiri tanpa diketahui orang lain. Namun, ada pula aksi bunuh diri yang dilakukan secara bersama-sama atau massal.

Seperti yang pernah terjadi di Bali, pada 1906 silam. Waktu itu, pasukan kerajaan Bali lakukan bunuh diri massal agar tidak ditangkap dan diperbudak tentara Belanda.

Artikel yang menceritakan bunuh diri massal di Bali dan beberapa tempat lain menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

SAementara itu, artikel yang mengungkap manfaat lain bedak bayi mampu menempati urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel seputar penyakit langka yang membuat bobot bayi bertambah drastis pada urutan ketiga terpopuler.

Berikut top 3 Citizen6:

1. 5 Kasus Bunuh Diri Massal Paling Mengerikan, Ada di Bali Juga

Mengakhiri hidup dengan bunuh diri memang menjadi cara penyelesaian yang dianggap brutal dan menakutkan. Banyak orang tak setuju dengan aksi bunuh diri, karena dianggap sebagai tindakan yang salah.

Mungkin bagi sebagian orang bunuh diri merupakan pilihan yang tepat. Namun nyatanya, kasus bunuh diri secara masal pernah terjadi. Berikut merupakan sejumlah kasus bunuh diri massal yang tercatat sejarah.

Selengkapnya..

2. Bisa Hilangkan Bau Kaki di Sepatu, Ini 7 Manfaat Lain Bedak Bayi

edak bayi mungkin salah satu benda yang paling serbaguna dan paling mudah ditemukan. Bedak bayi tak hanya baik bagi kulit buah hati Anda tapi juga memiliki kegunaan lain.

Selengkapnya..

3. Derita Penyakit Langka, Bayi Berusia 10 Bulan Beratnya 30 Kg

Luis Manuel dari Tecoman, Meksiko, jadi bocah paling diperbincangkan di tempatnya karena berat badannya yang mencapai 30 kilogram. Bobotnya sama dengan anak laki-laki berusia 9 tahun, padahal ia baru berusia 10 bulan.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: